Jumat, 27 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cara Jababeka Tekan Tingkat Emisi di Kawasan Industri

Posted: 27 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2020, Batiqa Hotel Jababeka bersama Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka berkolaborasi melakukan penanaman pohon trembesi di area II Kawasan Industri Jababeka.

General Manager Batiqa Hotel Jababeka Gustaf Adolf menjelaskan, tujuan kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya partisipasi positif kepada masyarakat dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.

"Setelah sukses menggelar acara CSR menanam pohon mangrove di daerah Muara Gembong pada tahun lalu, kami berterima kasih kepada tim Jababeka yang memberikan kesempatan ini (menanam pohon trembesi)," terang Adolf dikutip, Sabtu (28/11/2020).

"Hotel Batiqa Jababeka sendiri sudah menjadi bagian dari kawasan industri yang sudah hadir sejak tahun 2015. Jadi, kami sudah lima tahun di sini. Mudah-mudahan penanaman pohon trembesi ini bisa berkontribusi, bermanfaat, dan mudah-mudahan memperindah kawasan Jababeka," tambahnya.

General Manager Operational PT Jababeka Infrastruktur Aris Dwi Cahyanto menerangkan bahwa kolaborasi melalui penanaman sejumlah pohon trembesi sangat berdampak besar bagi orang yang beraktivitas di Kawasan Industri Jababeka. Karena dengan hadirnya banyak pohon, maka itu bisa mengurangi emisi karbon sekaligus mengurangi udara panas.

"Hal itu sangat penting, karena kita tahu bahwa kita berada di kawasan industri dan menjaga lingkungan sangat dibutuhkan," terang Aris.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa menarik perhatian dan menginspirasi para stakeholder untuk mengadakan program-program lingkungan seperti ini, meski Jababeka Infrastruktur sendiri sudah memiliki program Jabat (Jababeka Sahabat) Lingkungan, Jabat Sosial, Jabat Kesehatan yang diperuntukkan untuk menyelenggarakan kegiatan positif di Kawasan Industri Jababeka.

"Saya berharap lahan-lahan bisa dipenuhi pepohonan, apapun (jenis) pohonnya. Karena saat pohon itu mengeluarkan oksigen, hal itu akan memberi manfaat bagi stakeholder, yaitu tenant, tim keamanan, pengelola, dan masyarakatnya," terang Aris.

Jababeka Tawarkan Kemudahan Berinvestasi di Kawasan Industri

Plan Pembangunan Jababeka Residence
Plan Pembangunan Jababeka Residence

Menanamkan modal di Kawasan Industri Jababeka menjadi pilihan yang sangat tepat jika para investor menginginkan pendirian perusahaan secara cepat dan tepat. Pasalnya, PT Jababeka telah banyak memberikan berbagai fasilitas kemudahan untuk investor.

Salah satunya adalah kemudahan memperoleh perizinan satu pintu yang dirilis pada 2017 lalu, yaitu Jababeka Focus to Accelerate Services atau J-FAST.

President Director of PT Jababeka Infrastruktur Tjahjadi Rahardja mengatakan, J-FAST rupakan layanan terpadu satu pintu Jababeka Infrastruktur bagi investor yang mendirikan perusahaan. Apakah itu Izin mendirikan Bangunan (IMB), Hak Guna Bangunan (HGB), Izin Usaha Tetap atau Izin Usaha Industri, dan Surat Izin Usaha Perdagangan.

"Seluruh proses perizinan itu dilakukan dalam waktu 1X24 Jam. Kami bantu proses perizinan baik proses IMB, izin lingkungan, hingga pendirian perusahaan. Jadi, investor sudah bisa langsung membangun," kata Tjahjadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

Tak hanya itu, J-FAST juga bisa membantu penyusunan maupun pelaporan dokumen-dokumen yang diwajibkan oleh pemerintah, seperti dokumen Upaya Kelola Lingkungan atau Upaya Pemantauan Lingkungan, Rencana Kelola Lingkungan atau Rencana Pemantauan Lingkungan, laporan pemantauan lingkungan (Semester). Bahkan J-FAST juga menyediakan jasa menganalisa laboratorium dan lingkungan yang dibutuhkan perusahaan dalam mendirikan pabrik atau laporan.

Lebih dalam, dijelaskan Muhammad Ayub Arwin selaku Head of business development J-FAST, hadirnya J-FAST bertujuan agar waktu para investor tidak habis untuk urusan administrasi atau mengurus dokumen perizinan sehingga produktivitas mereka tidak terganggu.

"Kami sadar bahwa waktu perusahaan sangat berharga. Mereka tak ingin produktivitas perusahaan mereka terganggu. Untuk itulah JFAST hadir. Semua urusan perizinan JFAST yang akan urus dan perusahaan tinggal terima beres saja, " kata dia.

Menurut Ayub, jasa yang JFAST tawarkan mempertimbangkan aspek kelayakan, standar, dan tersertifikasi. Sehingga laporan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami selalu mengedepankan value 3T kepada klien kami, yaitu Terpercaya, Terjamin dan Terlengkap. Kami terjamin karena jasa yang kami tawarkan semua punya sertifikasinya, jadi bukan kami yang bikin sendiri.

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia 28 dan 29 November 2020 : AC Milan Dapat Lawan Berat

Posted: 27 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia pekan ke-9 akan berlangsung mulai 28 November 2020 Pemuncak klasemen Liga Italia, AC Milan bakal menghadapi ujian berat karena harus menjamu Fiorentina.

AC Milan berhasil menjaga puncak klasemen usai menang 3-1 atas Napoli akhir pekan lalu. Duel ini juga jadi pembuktian besarnya pengaruh Zlatan Ibrahimovic yang mencetak dua gol.

AC Milan sudah tak tergeser di puncak klasemen Liga Italia sejak pekan ketiga. Namun Milan tak boleh jemawa.

Apalagi AC Milan masih belum dipimpin langsung Stefano Pioli yang positif Covid-19. Milan masih dipimpin sang asisten Daniele Bonera.

Posisi AC Milan masih belum aman. Satu kali kekalahan bisa membuat tim asal kota mode ini disusul lawan.

 

Jadwal

ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo liga italia (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu (28/11/2020)

21.00 WIB Sassuolo vs Inter Milan (Live Bein Sports 2)

Minggu (29/11/2020)

00.00 WIB Benevento vs Juventus (Live Bein Sports 2)

02.45 WIB Atalanta vs Hellas Verona (Live Bein Sports 2)

18.30 WIB Lazio vs Udinese (Live Bein Sports 2)

21.00 WIB Bologna vs Crotone 

21.00 WIB AC Milan vs Fiorentina (Live Bein Sports 2)

 

 

Selanjutnya

Senin (30/11/2020)

00.00 WIB Cagliari vs Spezia (Live Bein Sports 2)

02.45 WIB Napoli vs AS Roma (Live Bein Sports 2)

 

Selasa (1/12/2020)

00.30 WIB Torino vs Sampdoria (Live Bein Sports 2)

02.45 WIB Genoa vs Parma (Live Bein Sports 2)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Penghargaan di SCTV Awards 2020, Rizky Billar: Semoga Ini Jadi Pancingan Piala-Piala Lain

Posted: 27 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rizky Billar dan Lesti Kejora memang masih menjadi sorotan di media sosial. Kedekatan mereka selalu saja mencuri perhatian warganet. Wajar jika di SCTV Awards 2020, Rizky Billar masuk ke dalam beberapa nominasi yang satu di antaranya adalah kategori Artis Paling Sosmed.

Rizky Billar yang memiliki fanbase yang cukup militan, ditambah juga dengan Leslar Lover (penggemar Rizky Billar-Lesti Kejora), membuatnya berhasil menyingkirkan puluhan nama lain di kategori ini.

Rizky Billar pun menyampaikan rasa syukurnya karena berhasil mendapat penghargaan pertamanya di SCTV Awards 2020.

"Alhamdulillah sekali dikasih kesempatan untuk memenangkan artis paling sosmed, ini enggak lepas dari dukungan  para fans saya yang jari jemarinya cepat banget untuk ngelike, seperti bilovers, leslar lovers, yang sangat militan dan selalu mendukung saya, mendoakan saya. Ini pertama kali saya dapat nominasi dan penghargaan," kata Rizky Billar pada Jumat (27/11/2020) malam.

 

Tidak Menyangka

Rizky Billar di SCTV Awards 2020
Rizky Billar di SCTV Awards 2020

Lebih lanjut, Rizky Billar mengaku tidak menyangka sama sekali bisa membawa pulang sebuah piala dari SCTV Awards 2020. Mengingat nominasi-nominasi lain pun diisi oleh nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri hiburan Tanah Air.

"Dari awal saya cukup ya udah saya berkarya aja. Pas dikasih tau masuk nominasi ya udah alhamdulillah. Ga expect apa-apa, kalau menang ya bersyukur  kalau tidak mennag ya mungkin lain kesempatan dikasih Tuhan," sambungnya.

 

Pancingan

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Rizky Billar mengakui bahwa sejauh ini, piala ini merupakan pencapaian terbesarnya. Namun ia menyatakan tidak akan berhenti berkarya dan berharap dari piala ini akan muncul lagi piala-piala berikutnya.

"Dengan satu piala ini tidak membuat saya berpuas diri, saya berharap ini menjadi piala pancingan untuk piala-piala yang akan datang lagi, semoga dengan piala ini membuat saya terus belajar, menggali potensi diri saya, insyaAllah tahun depan akan banjir piala aamiin," tutup Rizky Billar.

11 Kategori

SCTV Awards 2020
SCTV Awards 2020

Ada 11 Kategori yang ada di SCTV Awards 2020 ini. Di antaranya adalah Aktor Utama Paling Ngetop, Aktor Pendamping Paling Ngetop, Aktris Utama Paling Ngetop, Aktris Pendamping Paling Ngetop, Presenter Paling Ngetop, Pendatang Baru Paling Ngetop, Soundtrack Sinetron Paling Ngetop, Sinetron Paling Ngetop, FTV Paling Ngetop, Film Layar Lebar Paling Ngetop dan Iklan Paling Ngetop.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Antrean Pelamar Kerja Berdesakan di Bahu Jalan, Tuai Komentar Netizen

Posted: 27 Nov 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan pekerjaan memanglah bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Butuh perjuangan dan proses yang panjang demi mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan layak.

Terlebih lagi ditengah kondisi pandemi seperti ini. Perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan tentu menjadi serbuan para pelamar yang membutuhkan pekerjaan. Seperti yang baru-baru ini ramai diperbincangkan di media sosial.

Seorang pengguna media sosial TikTok, membagikan momen ratusan pelamar pekerjaan memenuhi bahu jalan di depan sebuah gerai yang diketahui membuka lowongan pekerjaan.

Dipadati ratusan orang yang mengantre, video tersebut pun langsung mencuri perhatian. Tak sedikit netizen turut membanjiri tanggapan mereka di kolom komentar pengunggah video tersebut.

Ratusan Pelamar Kerja Antre Berdesakan

Ratusan pelamar kerja memenuhi bahu jalan di tengah pandemi. (Sumber: TikTok/rendra_sekut)
Ratusan pelamar kerja memenuhi bahu jalan di tengah pandemi. (Sumber: TikTok/rendra_sekut)

Dilansir dari akun TikTok @rendra_sekut oleh Liputan6.com, Sabtu (28/11/2020) pemilik akun mengunggah sebuah video yang memperlihatkan ratusan pelamar kerja memenuhi bahu jalan. Mereka mengantre sambil membawa amplop coklat dan berdiri berdesakan di depan sebuah gerai yang kabarnya berlokasi di Serang, Banten.

Banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan saat pandemi Covid-19 diduga menjadi alasan para pelamar ini sangat antusias. Namun rupanya pembukaan lowongan pekerjaan itu berdampak membuat kerumunan.

"Ini tuh disuruh pulang, maksud gue tuh kalo buka loker tuh dikasih tau ya kuotanya cukup 50 orang gitu. Jangan dipublik, kan kasihan bro yang jauh bro," ucap pengunggah video yang diposting pada Senin (16/11/2020) lalu. 

Berlanjut ke video lain yang dibagikan pada Sabtu (28/11/2020), ia juga membagikan bagaimana ratusan pelamar tersebut mengumpulkan amplop coklat mereka ke pihak yang membuka loker. Tampak tumpukan berkas lamaran memenuhi meja yang disediakan bahkan sampai ditumpuk di lantai. 

@rendra_sekut

Kasian mreka.. #pejuangloker #fyp #geprekbensu #1212ShopeeHaul #fypシ #viral

♬ original sound - Aden Alfurqon - Aden Alfurqon

Tuai Beragam Komentar Netizen

@rendra_sekut

Balas @davidarya09 yg uda kerja bersyukur #BaikUntukHarimu

♬ Cover Itiraf - Suci Ayu Lestari

Ramai diperbincangkan, unggahan video pertama bahkan sampai ditonton lebih dari 1,2 juta kali sejak diposting. Selain ditonton, para netizen juga banyak meninggalkan beragam komentar mereka. Ada yang turut sedih karena susahnya mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi, ada pula yang mengomentari cara rekrutmen karyawan tersebut.

"Sekarang kan jaman nya dah canggihm pake email atau kirim paket lamaran ga perlu datang. Datang pas panggilan interview saja." tulis Kikoenaktauk.

"Kalau HRD nya profesional biasanya lamaran kirim by email kalau interview pun jamnya beda2 atau interview by online" timpal Ang Ry Nan her.

"Jadi makudku klo kuota 50 yg datang bakalan 50 gitu? ga mungkin." imbuh datz08.

"Bersyukurlah kalian yg masih bekerja berapapun pendapatannya," tulis mas eko aja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Tinombala Buru Jaringan MIT yang Bunuh Satu Keluarga di Sigi

Posted: 27 Nov 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Satgas Tinombala memburu kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Pencarian dilakukan pasca pembunuhan satu keluarga di Desa Lembontongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Jumat (27/12/2020).

Empat penghuni rumah yakni Yasa, Pinu, Naka alias Papa Jana, dan Pedi dilaporkan meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, kepolisian berhasil mengindentifikasi kelompok terduga teroris yang beraksi di Desa Lembontongoa Kabupaten Sigi, pada Jumat 27 November sekira pukul 20.00 WITA. Hasil penyelidikan, mengarah ke kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

"Pelaku berdasarkan keterangan saksi adalah anggota MIT. Dugaan ini kami dapati setelah mencocokan dengan gambar DPO," kata dia saat dihubungi, Sabtu (28/11/2020).

Didik mengatakan, kepolisian mengerahkan personil yang tergabung dalam Satgas Tinombala untuk mengejar para pelaku. Didik mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan pengamanan terhadap wilayah-wilayah yang diduga menjadi tempat beraktivitas para pelaku teror.

"Saat ini Polri dan TNI telah melakukan pengejaran terhadap pelaku teror," tandas dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Lokasi di Pegunungan

Berdasarkan informasi awal, peristiwa itu terjadi pada Jumat, 27 November 2020. Dalam kejadian itu, terjadi tindak penganiayaan hingga pembunuhan. Identitas keluarga tersebut adalah ayah dan ibu yakni Yasa dan Nei, kemudian anak atas nama Ulin dan suaminya, Pino. Kediamannya berada di Dusun ST 2 Lewono.

Pihak kepolisian masih menelusuri informasi tersebut dengan mendatangi TKP. Lokasinya sendiri berada di daerah pegunungan dan tidak memiliki jaringan seluler sama sekali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan dan DPR Ingin Sleman Jadi Model Pertanian Mina Padi

Posted: 27 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Komisi IV DPR ke kampung mina padi dan salak pondoh di Kabupaten Sleman DIY disambut antusias petani. Plh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Provinsi DIY Dwianta Sudibyo bertempat di Kecamatan Pakem menyambut rombongan anggota DPR tersebut menyebutkan berbagai program giat perikanan di Sleman dari waktu ke waktu meningkat bahkan mampu menyuplai 70 persen di wilayah DIY.

"Berbagai upaya terus kita lakukan untuk mengembangkan mina padi ini, salah satunya dengan kincir air," ujarnya di dusun Samberembe, Kecamatan Pakem, Sleman, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020) .

Tak hanya mina padi, andalan komoditas di Kabupaten Sleman yang paling terkenal adalah salak pondoh yang banyak ditemui di Kecamatan Turi. Komoditas ini mencakup beberapa kecamatan dan menjadi andalan ekspor ke Cina, Singapura, Arab Saudi, dan negara lain.

Dwiananta mengatakan tidak hanya berorientasi pada komoditas segar namun juga salah pondoh sudah merambah ke berbagai macam olahan.

Ketua rombongan Kunker Komisi IV DPR, I Made Urip menyampaikan kunjungannya dalam rangka fungsi pengawasan. "Hari ini kita melaksanakan tugas kontrol atau pengawasan. Kami tadi sudah melihat di lapangan tentang program unggulan di Sleman ini yaitu mina padi. Ini betul-betul luar biasa. Lahannya luar biasa suburnya," sebut Made Urip.

Para anggota komisi IV tersebut mengapresiasi model mina padi yang diakui sangat bagus. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh pembudidayaan . Luar biasa petani di Sleman ini, petaninya cukup terampil. Pemdanya menggarap dan menggali SDM nya untuk bisa meningkatkan pertanian," kata Made Urip.

Ia berharap Kabupaten Sleman mampu menjaga ketahanan pangan untuk negeri. "Kami akan selalu memberikan dukungan untuk pertanian. Apalagi Pak Dirjen Tanaman Pangan selalu rajin turun ke lapangan," cetusnya.

 

Keuntungan Ganda

Kunjungan Komisi IV DPR ke kampung mina padi dan salak pondoh di Kabupaten Sleman DIY. (Dok Kementan)
Kunjungan Komisi IV DPR ke kampung mina padi dan salak pondoh di Kabupaten Sleman DIY. (Dok Kementan)

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi yang ikut serta mendampingi kegiatan tersebut turut senang melihat percontohan kampung mina padi di Sleman tersebut. Suwandi menyebut minapadi memiliki keuntungan ganda dan ini menjadikan tambahan penghasilan bagi petani. Kemudian terkait dengan salak pondoh, orientasi ekspor menurut Suwandi harus diperluas skalanya maupun negara tujuannya.

Frans, petani minapadi yang ikut dalam acara tersebut menginginkan kawasan mina padi tersebut bisa dipromosikan ke masyarakat luas untuk meningkatkan produksi dan perekonomian.

"Model budidaya mina padi bisa menjadi mencontoh keberhasilan untuk daerah lainya sehingga perlu diperluas ke daerah lain," katanya.

Pada acara tersebut diserahkan pula bantuan pertanian oleh anggota Komisi IV DPR RI yang hadir lainnya seperti Sunarna, Yohanis Fransiskus Lema, Ichsan Firdaus, Panggah Susanto, Salim Fakhry, TA. Khalid, Endro Hermono, Abdullah Tuasikal, Charles Meikyansah, Farida Hidayati, Luluk Nur Hamidah, Muslim, Slamet, Hamid Noor Yasin, dan Ema Umiyatul.

Sebagai informasi total bantuan pemerintah Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Sleman sebesar Rp 2,8 miliar berupa sarana produksi dan alsintan tanaman pangan, rehabilitasi jaringan irigasi serta sarana pengolahan hortikultura.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020, Tampil Glamor

Posted: 27 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada Jumat (27/11/2020) telah diselenggarakan SCTV Awards 2020. Acara ini merupakan ajang penghargaan untuk memberikan apresiasi kepada para insan industri hiburan Tanah Air yang telah melahirkan karya inspiratif. Dalam SCTV Awards kali ini, banyak nama-nama pendatang baru yang masuk menjadi pemenang.

Di antara nama baru tersebut, ada tiga dari pemain sinetron 'Dari Jendela SMP' yang sukses menyabet gelar pemenang. Di antaranya yakni Sandrinna Michele sebagai 'Pendatang Baru Paling Ngetop', Aqeela Calista sebagai 'Aktris Pendamping Paling Ngetop', dan Rassya Hidayah sebagai 'Aktor Pendamping Paling Ngetop'. 

Meski tak semua pemain yang menyandang gelar sebagai pemenang di ajang penghargaan ini, namun para pemain 'Dari Jendela SMP' tetap menunjukkan kekompakkannya di atas panggung dan red carpet.

Seperti apakah potretnya? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (28/11/2020).

1. Penampilan pemain 'Dari Jendela SMP' yang kompak di atas red carpet.

Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: Instagram/@rassyahidayahreal/tagged)
Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: Instagram/@rassyahidayahreal/tagged)

2. Di atas panggung, Rey Bong dan Sandrinna Michelle sempat menunjukkan aksi romantis.

Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: Instagram/sctv)
Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: Instagram/sctv)

3. Menerima penghargaan sebagai 'Pendatang Baru Paling Ngetop', Sandrinna Michelle tampil bak seorang putri.

Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: kapanlagi.com)
Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: kapanlagi.com)

4. Sedangkan, Ratu Sofya tampil lebih glamor dengan gaun berwarna kuning.

Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: Instagram/ratusfy_)
Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: Instagram/ratusfy_)

5. Pemenang Aktor Pendamping Paling Ngetop, Rassya Hidayah tampil dengan pakaian yang colorful.

Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: kapanlagi.com)
Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: kapanlagi.com)

6. Aqeela Calista sebagai 'Aktris Pendamping Paling Ngetop' tampil dengan dress berwarna pink fanta yang mencolok.

Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: kapanlagi.com)
Potret Penampilan Pemain 'Dari Jendela SMP' di SCTV Awards 2020. (Sumber: kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membayangkan Mobil Masa Depan Peugeot Lewat Model Konsep

Posted: 27 Nov 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil konsep menjadi sesutu yang penting bagi sebagian pabrikan kendaraan di dunia. Salah satunya, adalah Peugeot yang menjadikan mobil konsep sebagai gambaran masa depan.

Bagi jenama asal Perancis ini, mobil konsep bukan sekedar sebuah konsep tanpa visi. Mobil konsep yang dikreasi Peugeot menjadi gambaran menatap masa depan dari segi desain dan teknologi secara long term.

Peugeot selalu mengembangkan mobil konsepnya, dapat dikendarai secara nyata sebagai gambaran masa depan dari visi mobilitas Peugeot.

Dengan sejarah lebih dari 210 tahun, Peugeot selalu mencari inspirasi mengenai gambaran masa depan. Pabrikan ini mengembangkan sisi kreatif namun tetap DNA berkarakter dari brand Peugeot itu sendiri.

Inspirasi didapatkan dari berbagai sumber seperti arsitektur, fashion, arts, dan berbagai hal lainnya.

Tujuannya, untuk mendapatkan berbagai inspirasi yang dapat diaplikasikan pada dunia mobilitas. Tentu saja, hal ini akan menguntungkan pengguna Peugeot di masa depan.

Dari inspirasi tersebut, Departemen Desain Peugeot langsung membuat konsep bentuk kendaraan tersebut dengan menggunakan model 3D.

"Desain ini lengkap dengan berbagai detail dengan model dengan skala 1:1. Deskripsi ini untuk melihat terjemahan dari konsep yang telah para desainer Peugeot tersebut hasilkan," tulis Peugeot dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Kolaborasi

Setelah itu, kolaborasi pun terjadi. Proyek mobil konsep ini menjadi sesuatu hal yang mengitegrasikan pemain-pemain kunci dari berbagai unit di dalam bisnis Peugeot.

Mulai dari tim Desain, tim Research & Development, tim Komunikasi, hingga tim Marketing. Mereka saling menyempurnakan rancangan mobil konsep tersebut dari berbagai sisi. Sehingga tidak sekedar dari mobil konsep semata, namun visi dari masa depan mobilitas.

Terakhir, Peugeot memperkenalkan mobil konsep di tahun 2018 di Paris Motor Show, Peugeot e-Legend. Mobil konsep tersebut seakan menghidupkan kembali nafas dari mobil legenda Peugeot 504 Coupe yang mengaspal lebih dari 50 tahun lalu.

Tidak hanya sekedar nostalgia, mobil konsep ini mengusung masa depan mobilitas dengan berbagai fitur modern, Satu hal yag pasti, mobil ini dapat mengaspal untuk dirasakan secara langsung.

 

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mohammad Idris Positif Covid-19 Usai Debat Pilkada, Pradi-Afifah Segera Test Swab

Posted: 27 Nov 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Usai mendapatkan kabar calon petahana Mohammad Idris terkonfirmasi positif Covid-19 pascadebat Pilkada Kota Depok, seluruh tim Paslon 01 yakni Pradi Supriatna-Afifah Aliya melakukan tes swab untuk terhindar dari penyebaran Corona.

Calon Wali Kota Depok, Pradi Supriatna berencana menjalani tes swab Covid-19 hari ini, Sabtu (28/11/2020). Pradi juga meminta seluruh tim yang ikut mendampingi pada debat Pilkada tahap pertama, untuk segera melakukan tes swab. 

"Sebenarnya rapid test sudah dua kali, hasil aman. Swab sudah tujuh kali. Hari ini saya mau swab lagi," ujar Pradi, Sabtu (28/11/2020).

Sementara, Pradi juga mengaku sudah siap mengikuti debat pilkada tahan kedua. Terkait tema yang akan diberikan pada debat, sudah dipelajarinya karena tidak lepas dari kehidupan masyarakat dan telah diamatinya.

"Tema tidak keluar dari Covid-19, kemudian persoalan kesehatan dan peningkatan ekonomi. Saya perhatikan masyarakat tumbuh kreativitas dalam berjualan atau berdagang," terang Pradi.

Sementara itu, Calon Wakil Wali Kota Depok, Afifah Aliya menuturkan, pasca mendapatkan kabar Idris terkonfirmasi positif, dirinya telah melakukan test swab. Hasilnya, dirinya dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan lampiran hasil tes. 

"Hasilnya Alhamdulillah negatif," terang Afifah. 

Afifah menuturkan, telah menjalani swab test pada Kamis, 26 November 2020, di Rumah Sakit Citra Arafiq. Dari hasil tes yang menyatakan negatif, membuat dirinya merasa lega. Selain dirinya, tim pendampingnya telah menjalani tes dan dinyatakan negatif Covid-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Minta Warga Depok Patuhi Protokol

Afifah mengajak masyarakat Kota Depok untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan, menjadi salah satu cara terhindar dari Corona.

"Bagaimanapun kita tetap harus patuh protokol kesehatan," ungapnya.

Terkait persiapan debat Pilkada Kota Depok tahap kedua, Afifah mengaku telah mempersiapkan dan menjaga kesehatan. Selain itu, Afifah tengah banyak belajar guna dapat menjawab pertanyaan yang diberikan moderator dan lawannya. 

"Temanya berbeda dari debat kemarin dan saya masih harus banyak belajar," tutup Afifah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Ekspor Tanah Air, KJRI Jeddah Upayakan Bus Buatan Indonesia Masuk Pasar Arab Saudi

Posted: 27 Nov 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jeddah - KJRI Jeddah tengah mengupayakan masuknya bus-bus buatan Indonesia ke pasar Arab Saudi. Upaya itu untuk mendukung pelaksanaan ibadah umrah dan haji pascapandemi COVID-19 agar dapat melayani para jemaah asal Indonesia.

KJRI Jeddah melakukan pertemuan virtual dengan Kementerian Perhubungan RI, perusahaan Karoseri bus Indonesia dan perusahaan Massaril Haram Arab Saudi.

Pertemuan membahas rencana penyediaan bus untuk musim Haji 2021 sekaligus tindak lanjut inquiry dari owner Massaril Haram, Omar Miski, yang berkeinginan untuk mendatangkan bus dari Indonesia sebagai salah satu angkutan jemaah haji dan umrah di Arab Saudi.

KJRI Jeddah juga mengundang perwakilan dari PT Adiputro dan PT Laksana. Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah, Eko Hartono mengungkapkan, Indonesia menginginkan agar pengiriman jemaah haji dan umrah asal Indonesia juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan ekonomi nasional yaitu melalui penggunaan produk Indonesia.

Dengan demikian diharapkan produk Indonesia dapat masuk ke Arab Saudi lebih banyak lagi.

Bersaing di Pasar Haji dan Umrah

Jemaah haji Indonesia  di Masjid Nabawi, usai melaksanakan sholat subuh. Foto: Darmawan/MCH
Jemaah haji Indonesia di Masjid Nabawi, usai melaksanakan sholat subuh. Foto: Darmawan/MCH

Selanjutnya, Omar menyampaikan bahwa pihaknya ingin mendatangkan bus asal Indonesia dalam waktu dekat sehingga bus produk Indonesia dapat bersaing di pasar haji dan umrah tahun 2021.

Jumlah jamaah umrah Indonesia adalah kedua terbesar setelah Pakistan, yaitu 1,2 juta jemaah. Sementara jumlah jemaah haji mencapai 231 ribu.

Omar berharap masuknya bus Indonesia tahap pertama tersebut diharapkan dapat menjadi standar untuk jenis angkutan yang berasal dari Indonesia.

Menanggapi hal itu, para perwakilan perusahaan bus menyambut baik inisiatif KJRI Jeddah dan keinginan Omar Miski serta akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan persiapan untuk dapat memenuhi ketentuan dan persyaratan yang diperlukan agar dapat masuk di pasar Arab Saudi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Nangka, Salah Satunya Dapat Cegah Kanker

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nangka merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral alami. Karena kandungannya, buah ini disebut harus dikonsumsi setidaknya seminggu sekali.

Nangka kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan melansir dari laman magforwoman.

1. Baik untuk pencernaan

Nangka kaya akan vitamin C alami. Vitamin C membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ini membantu untuk membantu kekuatan pencernaan normal tubuh. Ini juga membantu mencegah masalah sembelit. Konsumsi buah nangka membantu menjaga kesehatan tubuh.

2. Mencegah kanker

Nangka kaya akan lignan dan saponin, yang membantu mencegah penyakit kanker. Dapat memperlambat kanker yang menyebabkan radikal bebas di dalam tubuh. Nutrisi yang sama juga membantu menjaga kesehatan kulit. Ini membantu membalikkan proses penuaan pada wanita.

3. Mencegah masalah kulit

Nangka kaya akan vitamin A alami yang membantu meningkatkan tekstur kulit. Konsumsi buah nangka setiap hari bisa membuat kulit Anda bersinar. Ini juga membantu mencegah berbagai infeksi kulit. Miliki dalam berbagai bentuk untuk mendapatkan manfaatnya.

 

 

4. Baik untuk kesehatan tulang

Sebuah studi menemukan,  onsumsi susu ternyata membantu pemulihan otot pada penderita osteoarthritis
Sebuah studi menemukan, onsumsi susu ternyata membantu pemulihan otot pada penderita osteoarthritis

Buah ini kaya akan magnesium dan kalsium, juga dapat mencegah risiko radang sendi dan osteoporosis. Konsumsi buah nangka secara rutin dapat mencegah nyeri sendi pada wanita.

5. Membantu menurunkan tekanan darah

Karena nangka kaya akan kandungan kalium, ini membantu menurunkan tingkat tekanan darah tubuh. Konsumsi secara teratur dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Ini juga mencegah risiko penyakit terkait jantung dan stroke.

6. Baik untuk kesehatan darah

Buah ini kaya akan zat besi, sehingga membantu mencegah masalah anemia pada wanita. Nangka membantu untuk menyamakan kekurangan zat besi dalam tubuh. Ini membantu untuk meningkatkan fungsi normal sel darah merah dalam tubuh.

 

7. Baik untuk menurunkan berat badan

ilustrasi perut rata diet/Photo by Bill Oxford on Unsplash
ilustrasi perut rata diet/Photo by Bill Oxford on Unsplash

Nangka baik untuk menurunkan berat badan, karena mengandung lebih sedikit kalori. Ini tidak mengandung jenis lemak jenuh atau karbohidrat apa pun dan bagus untuk menurunkan berat badan. Ada banyak wanita yang memiliki nangka dalam program diet penurunan berat badan karena manfaat ini.

8. Baik untuk masalah tiroid

Nangka mengandung jejak tembaga dan mineral lain, yang membantu mencegah masalah tiroid pada wanita. Memiliki buah nangka untuk menyamakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ini membantu untuk menjaga fungsi tiroid normal.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Ada Kesempatan bagi Perubahan

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Cinta 28 periode November - 4 Desember 2020 selengkapnya

6 of Swords

Kartu tarot ini menunjukkan kesempatan untuk perubahan sudah datang. Harus berani bergerak supaya mendapatkan keharmonisan yang baru.

Permasalahan tidak bisa benar-benar selesai. Ada harapan pada situasi lebih baik. Demikian juga kehidupan cintamu dalam minggu ini.

Bergeraklah, tinggalkan cinta masa lalumu. Bukan proses yang mudah, namun kamu harus bangkit demi hidup yang lebih baik. Bawalah pengalaman dan pelajaran yang berguna.

Jomlo

Bangkit dan pergilah meskipun masih sendiri. Luka itu akan sembuh seiring waktu. Terima dan berdamailah supaya lebih ringan langkahmu.

PDKT

Apalagi yang membuatmu ragu? Tidak ada manusia sempurna.

 

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Masalah akan mendewasakan relasi kalian. Pergi bukanlah solusi terbaik. Ini jadi pilihan terakhir ketika tidak ditemukan lagi satu kata bersama.

Menikah

Perjalanan rumah tangga tidaklah mudah. Komunikasi jadi kunci keharmonisan. Bicarakan permasalahan dan temukan solusi yang bijak supaya biduk rumah tangga terus berjalan.

Saran Cinta

Tarot 5 of Swords
Tarot 5 of Swords

5 of Swords

Cobalah berdamai dengan konflik yang ada di dalam diri. Kompromi juga dengan situasi yang terjadi. Memahami dan memaafkan supaya terjadi keharmonisan dengan semua.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membangun Sarana Transportasi Publik, Penyandang Disabilitas Perlu Dilibatkan

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksesibilitas di dunia transportasi adalah hal penting yang harus tersedia agar fasilitas, sarana, dan prasarananya dapat dinikmati oleh setiap orang terutama penyandang disabilitas.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) pasal 1 ayat 1 no 42 tahun 2020 tentang Aksesibilitas Terhadap Pemukiman, Layanan Publik, dan Perlindungan Dari Bencana, aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan untuk penyandang disabilitas guna mewujudkan kesamaan kesempatan.

Sedang, menurut mahasiswa penyandang tuli Jurusan Arsitektur Universitas Bina Nusantara (Binus) Indonesia Nissi Taruli, aksesibilitas memiliki konsep dasar. Yaitu, jika mengutamakan kemudahan dalam mengakses layanan publik dan transportasi, maka akan tercipta kesetaraan.

"Dalam menciptakan akses tersebut harus ada keterlibatan penyandang disabilitas supaya bisa mengurangi hambatan-hambatan yang ada," ujar Nissi melalui juru bahasa isyarat dalam Lokakarya bersama Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, ditulis Jumat (27/11/2020).

Penyandang disabilitas dapat terlibat dalam kemajuan pembangunan di empat aspek yaitu perencanaan, perancangan, pengawasan, dan pemeliharaan.

Konsep aksesibilitas pelayanan publik mencakup sistem yang melibatkan penyandang disabilitas dan kesadaran lingkungan. Perlu juga ada interaksi untuk menimbulkan pemeliharaan agar masyarakat turut menjaga akses.

Dalam aspek pembangunan perlu dikaji tingkat kemudahan pelayanannya agar dapat terus dilakukan perbaikan. Kemudahaan penggunaan akses dapat terlihat dari uji coba akses yang dibangun.

Konsep Aksesibilitas Transportasi

Nissi menambahkan, konsep aksesibilitas untuk transportasi adalah kesetaraan dalam penggunaan sarana dan prasarana transportasi khususnya penyandang disabilitas yang berfokus pada kemandirian, keamanan, dan kenyamanan penyandang disabilitas dalam menggunakan transportasi berdasarkan kebutuhan dengan mengurangi hambatan.

Dalam PP nomor 42 tahun 2020, pengguna transportasi yang akses adalah penyandang disabilitas. Walau demikian, aksesibilitas sebenarnya bisa digunakan oleh semua orang.

"Konsep utamanya, jika penyandang disabilitas bisa menggunakan fasilitas tersebut, akan sangat menambah kemudahan dua kali lipat untuk non-disabilitas."

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemangkasan Hari Libur Akhir Tahun Tak Bakal Berpengaruh pada Pariwisata Jakarta

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memotong jatah hari libur akhir tahun tak sepenuhnya ditanggapi negatif oleh kalangan pengusaha sektor wisata. Bagi PHRI Jakarta, dipotong atau tetap seperti semula tak akan memengaruhi sektor pariwisata Jakarta secara signifikan.

"Yang terasa bagi yang di luar kota (Jakarta) ya, karena cenderung warga dari kota besar kan liburnya ke mana-mana. Saya juga baru dapat input kalau Jogja sudah teriak, tamu bakal batalkan reservasi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Jakarta Khrisnadi kepada Liputan6.com, Jumat malam, 27 November 2020.

Ia mengatakan pandemi Covid-19 membuat situasi makin tidak bisa diprediksi. Perubahan mendadak bisa sewaktu-waktu terjadi sehingga para pelancong juga tak leluasa membuat rencana perjalanan. 

"Contohnya pada waktu PSBB dibuka, kan kendor sekitar Juni-Juli. Begitu dibuka, mereka enggak keluar kota, nginep di hotel yang ada malnya, supaya anak-anaknya bisa berenang, mereka bisa belanja. Tapi kemudian diperketat lagi, kosong lagi hotel karena ngapain mereka ke hotel, malnya kan ditutup," tutur Khrisnadi.

Lagipula, hotel-hotel di Jakarta sebenarnya lebih membutuhkan pergerakan para pebisnis dari luar kota. Sementara, tamu leisure umumnya mencari tempat di luar kota untuk berwisata. Bila pemangkasan jatah hari libur benar diputuskan pemerintah, hal itu akan memengaruhi preferensi tempat di luar kota yang akan dikunjungi wisatawan, misalnya dari yang berencana melakukan perjalanan jauh, menjadi memilih destinasi-destinasi yang lebih mudah dicapai, seperti Bogor, Puncak, Carita, dan Bandung.

"Tamu lokal apa mau datang ke Jakarta? Mau belanja? Ke Lebaran masih jauh, ke Natalan juga nanggung. Pas Agustus kan ada dua kali libur tanggal merah, kemudian Oktober lima hari berturut-turut, daerah yang menikmatinya (peningkatan kedatangan tamu)," sahut dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dukung Keputusan Pemerintah

Ilustrasi tempat tidur hotel. (dok. Unsplash.com/Markus Spiske @markusspiske)
Ilustrasi tempat tidur hotel. (dok. Unsplash.com/Markus Spiske @markusspiske)

Ia mengklaim pihaknya akan mendukung apapun keputusan pemerintah, apalagi hal itu menyangkut kesehatan masyarakat. Angka kasus positif Covid-19 di DKI belakangan kembali mencetak rekor, begitu pula di rumah sakit-rumah sakit sekitar daerah penyangga yang kembali dipenuhi pasien.

"Sekarang ini sudah dicoba (pengetatan). Memang (kebijakan) trial and error, tapi siapa negara di dunia yang berhasil lakoni ini dengan baik seratus persen? Kalau dilihat dari kondisi kita, solusi ini memang terpaksa diambil goverment walau dari pengusaha pasti ada yang kesal," ucap Khrisnadi.

Meski demikian, sektor wisata tak serta-merta bisa disalahkan. Banyak kasus penyebaran infeksi Covid-19 melibatkan klaster keluarga, menandakan bahwa saat hari libur, ada kecenderungan mereka memanfaatkannya untuk mengunjungi keluarga atau sanak famili yang sudah lama tidak dikunjungi.

Saat berkumpul itulah, banyak yang lupa untuk menjalankan protokol kesehatan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak aman. Sementara, situasi di Jakarta malah diprediksi akan sangat lengang selama libur panjang akhir tahun.

"Kita harus jaga diri dewe-dewe. Cluster keluarga makin banyak. Kita secara individu harus tahu diri, jangan lengah. Kalau tidak, kita bawa pulang virus dan tulari anggota keluarga yang lain," kata dia.

 

 

Infografis Libur Aman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Nama Asli Raditya Dika, Diganti Saat Masih SD

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sosok Raditya Dika dikenal sebagai Komika, aktor, penulis, sutradara dan YouTuber. Pria kelahiran 1984 ini dikenal luas dengan berbagai bakat di dunia hiburan sejak 2004 silam. 

Meniti karier hampir 16 tahun di dunia hiburan, membuat Raditya Dika sudah mampu merasakan hasil jerih payahnya. Banyak karyanya dalam bentuk film maupun buku.

Namun, tak banyak yang tahu ada fakta menari mengenai namanya sendiri. Baru-baru ini, Raditya Dika mengungkapkan fakta menarik tersebut.

 

Bahasa Sansekerta

Raditya Dika (Liputan6.com/ Faisal R Syam)
Raditya Dika (Liputan6.com/ Faisal R Syam)

Hal itu diungkapkan oleh Raditya Dika dalam video perbincangannya bersama Helmy Yahya yang diunggah di kanal Youtube Helmy Yahya pada Selasa (24/11). Dalam kesempatan tersebut, Raditya Dika bercerita soal nama panjangnya, Dika Angkasaputra Moerwani Nasution. 

Nama tersebut diganti ketika dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Pada saat itu Ia sedang membaca buku Bahasa Sansekerta dan menemukan kata yang mencuri perhatiannya.

"Pas kelas 4 SD aku baca buku ada bahasa Sansekerta namanya Raditya, artinya matahari," tuturnya.

 

Bilang Ke Orang Tua

Pemain film Target, Raditya Dika. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemain film Target, Raditya Dika. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Setelah membaca buku Berbahasa Sansekerta tersebut, Dika lalu meminta izin untuk mengganti nama tersebut. Setelah membicarakannya dengan orang tua ternyata hal tak terduga terjadi. 

"Terus aku pulang sekolah bilang ke mama, ke orang tua, 'ma, kayaknya namaku kalau diganti jadi Raditya aja bagus deh'," tambah Raditya Dika.

 

Diperbolehkan

Hal yang tak terduga tersebut adalah orang tua Raditya Dika tidak terlalu berpikir panjang. Sang ibunda menyetujui untuk mengganti nama putranya begitu saja.

"Terus mamaku, 'ya udah boleh'. Udah habis itu berubah sampai sekarang," jelas Raditya Dika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Wali Kota Risma Jadi Trending Topic di Twitter

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menjadi perhatian warganet menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Surabaya 2020. Hal ini terkait tagar#BelaBuRisma menjadi trending topic di media sosial Twitter sejak Kamis malam, 26 November 2020 hingga Jumat, 27 November 2020.

Tagar tersebut ramai setelah video viral nyanyian yang menyudutkan Risma dinyanyikan para pendukung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Nomor Urut 2 Machfud Arifin dan Mujiaman mendapat respons warganet. Hampir 4.000 cuitan membela Risma di Twitter.

"Bu Risma orang baik yang sudah bekerja keras dan membawa Surabaya sebagai kota terbaik di dunia. Bu Risma juga peduli terhadap lansia, anak yatim membawa Surabaya ke peradaban baru. Surabaya Aman, Surabaya Go Green, Surabaya Smart City," tutur salah satu cuitan dari @jumianto_RK, seperti dikutip dari Antara,Jumat, 27 November 2020.

Artikel Wali Kota Surabaya Risma jadi trending topic di Twitter menyita perhatian di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Sabtu, (28/11/2020):

1.Wali Kota Surabaya Risma Jadi Trending Topic di Twitter, Ada Apa?

Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menjadi perhatian warganet menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Surabaya 2020. Hal ini terkait tagar#BelaBuRisma menjadi trending topic di media sosial Twitter sejak Kamis malam, 26 November 2020 hingga Jumat, 27 November 2020.

Tagar tersebut ramai setelah video viral nyanyian yang menyudutkan Risma dinyanyikan para pendukung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Nomor Urut 2 Machfud Arifin dan Mujiaman mendapat respons warganet. Hampir 4.000 cuitan membela Risma di Twitter.

"Bu Risma orang baik yang sudah bekerja keras dan membawa Surabaya sebagai kota terbaik di dunia. Bu Risma juga peduli terhadap lansia, anak yatim membawa Surabaya ke peradaban baru. Surabaya Aman, Surabaya Go Green, Surabaya Smart City," tutur salah satu cuitan dari @jumianto_RK, seperti dikutip dari Antara,Jumat, 27 November 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Meninggal Akibat COVID-19, Bupati Situbondo Punya Riwayat Penyakit Hipertensi

 Bupati Situbondo Dadang Wigiarto tutup usia karena Corona COVID-19 pada Kamis, 26 November 2020. Sebelum meninggal, kondisi kesehatan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto naik turun dan memiliki penyakit hipertensi.

Selain itu, Dadang Wigiarto sempat akan dirujuk ke rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur. Akan tetapi, ia lebih dulu meninggal usai tiga hari dirawat di Ruang Wijaya Kusuma RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo karena kondisi kesehatan naik turun.

Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo Syaifullah menuturkan telah melakukan rapat dengan pihak keluarga besera tim dokter yang sepakat untuk mengambil tindakan merujuk Bupati Dadang Wigiarto ke rumah sakit di Surabaya pada pukul 13.00 WIB.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Bertambah 39 Orang, Kasus Kematian karena COVID-19 Tembus 4.314 di Jatim

 Jawa Timur mencatatkan tambahan pasien meninggal karena COVID-19 sebanyak 39 orang. Tambahan harian pasien meninggal karena COVID-19 itu termasuk tertinggi secara nasional setelah Jawa Tengah sebanyak 51 orang pada Jumat, 27 November 2020.

Total pasien meninggal karena COVID-19 di Jawa Timur mencapai 4.314 orang hingga Jumat, 27 November 2020. Angka kematian karena COVID-19 itu termasuk tertinggi di Indonesia. Disusul DKI Jakarta sebanyak 2.607 orang dan Jawa Tengah sebanyak 2.248 orang.

Pasien positif Corona COVID-19 bertambah 428 orang. Total kasus positif COVID-19 di Jawa Timur mencapai 60.618 orang. Tambahan harian kasus baru COVID-19 di Jawa Timur termasuk terbanyak keempat di Indonesia.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris: Rencana Permainan MU vs Southampton Tergantung 2 Pemain Ini

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) akan menghadapi Southampton di pekan ke-10 Liga Inggris pada Minggu malam WIB (29/11/2020). Laga akhir pekan nanti bisa menjadi perjalanan berat buat MU.

Bertandang ke Southampton bisa terasa seperti permainan roulette berisiko tinggi akhir-akhir ini. Bisa dibilang tidak ada tim lain di Liga Inggris dengan semangat dan intensitas seperti tim calon lawan MU nanti.

Pasukan Ralph Hassenhutl mendominasi kemenangan berturut-turut di kandang melawan West Brom, Everton dan Newcastle. Tapi, di pertandingan St Mary sebelumnya mereka dihancurkan Tottenham 2-5.

Jadi pada laga nanti MU mungkin akan menempatkan Anthony Martial dan Marcus Rashford dari posisi melebar, dengan Bruno Fernandes dan Edinson Cavani mengirim mereka melalui peran yang sedikit lebih dalam.

Namun, pemain yang bakal menjadi kunci sejati MU bisa jadi Harry Maguire dan Victor Lindelof. Apalagi, Southampton harus bermain tanpa Danny Ings, salah satu penyerang terbaik di Liga Inggris. Tapi, mereka masih akan menekan, terutama karena bek tengah Setan Merah tidak selalu terlihat nyaman dengan bola di kaki mereka.

Rentan

Pemain Istanbul Basaksehir Demba Ba terjatuh saat berebut bola dengan pemain Manchester United Harry Maguire pada pertandingan Grup H Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (24/11/2020). MU memuncaki Grup H usai menang 4-1 atas Istanbul Basaksehir. (AP Photo/Dave Thompson)
Pemain Istanbul Basaksehir Demba Ba terjatuh saat berebut bola dengan pemain Manchester United Harry Maguire pada pertandingan Grup H Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (24/11/2020). MU memuncaki Grup H usai menang 4-1 atas Istanbul Basaksehir. (AP Photo/Dave Thompson)

Tingkat penyelesaian operan Maguire di Liga Inggris musim ini adalah 87,2 persen dan tingkat penyelesaian operan pendeknya, yang melewati antara lima dan 15 yard, adalah 87,9 persen. Sedangkan, Lindelof memiliki tingkat penyelesaian operan operan 91,4 persen, dan tingkat penyelesaian operan pendeknya adalah 95,9 persen.

Itu menunjukkan bahwa Maguire bisa menjadi target Southampton. Bek tengah Inggris ini bisa menguasai bola dan sangat baik dalam peran seperti itu untuk The Three Lions di Piala Dunia 2018, tetapi terkadang di MU dia terlihat rentan dalam penguasaan bola.

Diperingatkan

Pemain Manchester United Daniel James merayakan dengan Mason Greenwood usai mencetak gol ke gawang Istanbul Basaksehir pada pertandingan Grup H Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (24/11/2020). MU memuncaki Grup H usai menang atas Istanbul Basaksehir. (AP Photo/Dave Thompson)
Pemain Manchester United Daniel James merayakan dengan Mason Greenwood usai mencetak gol ke gawang Istanbul Basaksehir pada pertandingan Grup H Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (24/11/2020). MU memuncaki Grup H usai menang atas Istanbul Basaksehir. (AP Photo/Dave Thompson)

MU secara nyata sudah meningkatkan upaya mereka untuk bermain dari belakang ketika musim 2019/20 dilanjutkan pada bulan Juni. Tim yang bermain keluar dari batas kotak penalti dapat mengalami kesulitan dan kepanikan dengan cepat menyebar.

Namun, MU juga telah diperingatkan sebelumnya tentang bagaimana Southampton akan memberi tekanan pada De Gea, Maguire dan Lindelof, serta para gelandang yang berusaha keras untuk mengambil bola, siapa pun mereka dalam sistem Solskjaer.

Menjanjikan

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Lanjutan Liga Inggris di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu (21/11/2020). MU menang tipis atas West Bromwich Albion 1-0. (Alex Livesey / Pool via AP)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Lanjutan Liga Inggris di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu (21/11/2020). MU menang tipis atas West Bromwich Albion 1-0. (Alex Livesey / Pool via AP)

Sebelumnya, MU sukses menaklukkan Istanbul Basaksehir dengan skor 4-1 di laga lanjutan Liga Champions di Old Trafford, Rabu 25 November 2020.

Performa klub berjuluk Setan Merah pada laga tersebut cukup menjanjikan. Lini tengah mereka bahkan mampu mengatur kinerja penyerangan yang luar biasa.

Masih Diragukan

Boleh dibilang, basis lini tengah MU pada laga Liga Champions itu mencoba memecahkan masalah pada musim ini. Sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer, mencoba setiap kombinasi demi menggedor pertahanan setiap lawannya.

Tetapi apakah Solskjaer akan mempercayai mereka di pertandingan terbesar dan melawan tim-tim seperti Southampton yang menimbulkan ancaman serangan yang baik masih harus dilihat.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Mengapa Seseorang Menutup Mata Saat Berciuman

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan kecupan kepada pasangan seringkali dilakukan sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Beberapa individu juga menganggap bahwa kecupan mampu menenangkan hati.

Namun, pernahkah Anda memperhatikan, saat berciuman mata Anda akan reflek terpejam? Atau pernahkah Anda membiarkan mata terbuka dan membandingkannya dengan mata terpejam saat sedang berciuman?

Melansir dari Brightside, Sabtu (28/11/2020), berikut tiga alasan mengapa seseorang berciuman dengan mata tertutup.

Membantu otak lebih fokus

Ilustrasi Mencium Kening Kepala Credit: freepik.com
Ilustrasi Mencium Kening Kepala Credit: freepik.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan seorang psikolog, ketika ada banyak visual atau gangguan di sekitar, otak akan menjadi lebih sulit fokus. Hal ini membuat kemampuan kita untuk merasakan sesuatu menjadi lebih buruk.

Selain itu, dengan menutup mata saat berciuman dapat menunjukkan bahwa Anda nyaman dan aman dengan situasi yang terjadi.

Menghindari rasa canggung

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berciuman adalah salah satu hal pribadi dan intim. Ciuman dapat membuat Anda atau pasangan merasa lebih sensitif.

Untuk menghindari hal tersebut dari rasa canggung, secara otomatis Anda akan memilih untuk menutup mata sebelum mencondongkan tubuh untuk menciumnya.

Mengurangi tekanan

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Sorin Sirbu
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Sorin Sirbu

Meskipun kontak mata menjadi hal penting dalam hubungan, ciuman dengan mata terbuka bukanlah ide yang bagus.

Hal tersebut akan membuat pasangan Anda tidak nyaman. Selain itu, menutup mata saat berciuman dapat memberi sensasi lebih baik ketimbang dengan mata terbuka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luhut Minta KKP Segera Cairkan Anggaran Rp 6,65 Triliun di Awal 2021

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) tahun 2021 kepada sembilan pejabat eselon I lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jumat.

Luhut menjelaskan penyerahan tersebut harus dilakukan sebelum memasuki tahun 202. Tujuannya untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial, sesuai tema rencana kerja Pemerintah tahun 2021.

Adapun pagu alokasi anggaran KKP tahun depan sebesar Rp6,65 triliun. Luhut ingin anggaran tersebut mulai direalisasikan pada Januari 2021.

"Pagu anggaran KKP sebesar Rp6,65 triliun. Inilah menjadi penggerak roda ekonomi, sehingga harus dilaksanakan pada Januari 2021," kata Luhut di Jakarta, dikutip Sabtu (28/11/2020).

Dia merincikan pagu anggaran masing-masing unit kerja eselon I antara lain, Ditjen Perikanan Tangkap Rp 763,577 miliar. Ditjen Perikanan Budidaya Rp 1,21 triliun. Ditjen PSDKP Rp 1,07 triliun.

Kemudian Ditjen PDSPKP Rp 431,7 miliar dan Ditjen PRL Rp455,35 miliar. Sedangkan untuk BRSDMKP Rp 1,52 triliun, BKIPM Rp 603,71 miliar, Setjen Rp 497,64 miliar, dan Itjen Rp 86,76 miliar.

Luhut meminta pada pelaksanaan anggaran tahun 2021 agar semua pedoman maupun petunjuk pelaksanaan kegiatan untuk diselesaikan. Terutama yang menyangkut kegiatan bantuan pemerintah untuk masyarakat dan pemerintah daerah.

Begitu juga dengan kegiatan pengadaan barang dan jasa agar dapat dilakukan sedini mungkin. Dia juga meminta semua pegawai KKP untuk tidak ragu dalam bekerja. Luhut mengaku terbuka dan siap mendengar bila ada persoalan yang dihadapi para pegawai.

"Saya minta tidak boleh ada yang ragu dalam bekerja, karena kita bekerja untuk Republik. Sekarang saya yang bertanggung jawab di sini. Saya minta kalian kembali bekerja dengan baik, kalau ada masalah laporkan ke saya," tegasnya.

Sebagai informasi, total Satuan Kerja Pengelola APBN KKP Tahun 2021 berdasarkan kewenangannya sebanyak 397 Satuan Kerja (Satker). Terdiri dari Satker Pusat sebanyak 11 Satker, Satker UPT sebanyak 150 Satker, Satker Dekonsentrasi sebanyak 203 Satker, dan Satker Tugas Pembantuan sebanyak 33 Satker.

Sedangkan total jumlah DIPA KKP Tahun 2021 sebanyak 406 DIPA. Terdiri dari DIPA Induk sebanyak 9 dokumen dan DIPA Petikan sebanyak 397 dokumen.

Menko Luhut Ungkap Kesalahan Ekspor Benih Lobster

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan hadir secara virtual untuk menjadi keynote speaker dalam Platform Virtual The 9th Indonesia EBTKE CONEX 2020.
Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan hadir secara virtual untuk menjadi keynote speaker dalam Platform Virtual The 9th Indonesia EBTKE CONEX 2020.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah menyelesaikan rapat perdananya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim, menggantikan posisi Edhy Prabowo yang jadi tersangka KPK akibat kasus korupsi benih lobster (benur).

Seusai rapat, Luhut mengatakan, ia akan melakukan koordinasi dengan para pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar tak ada program kebijakan yang terhenti.

"Tadi saya rapat pertama dengan semua eselon I untuk melihat jangan ada pekerjaan yang terhenti semua prosesnya," kata Luhut di Gedung Mina Bahari I, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Salah satu pembahasan dalam rapat tersebut terkait izin ekspor benih lobster atau benur. Menurut dia, sebenarnya tidak ada yang salah terkait kebijakan tersebut.

"Tadi kita evaluasi sebentar mengenai benih lobster. Jadi kalau dari aturan yang ada yang dibuat Peraturan Menteri (KKP) yang dibuat tidak ada yang salah. Semua itu dinikmati oleh rakyat mengenai program ini," ujar Luhut.

Namun, KKP disebutnya tengah mengevaluasi mekanisme dari kebijakan izin ekspor benur. Sehingga untuk sementara kegiatannya dihentikan beberapa waktu, dan buka potensi akan dilanjutkan seusai evaluasi.

"Sementara yang salah tadi adalah monopoli seperti pengangkutan soal ekspor benur, itu yang tidak boleh terjadi. Kalau sudah bagus kita lihat, baru teruskan. Karena sekali lagi itu memberikan manfaat ke nelayan di pesisir selatan, dimana di situ juga harus diperhatikan siklusnya," tuturnya. 

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Belanja Online Konsumen AS Buat Rekor Tertinggi Baru di Hari Thanksgiving

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Orang-orang mengantre masuk toko saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Belanja online konsumen AS tumbuh secara tahunan (year on year) sebesar 21,5 persen, menurut data yang dirilis Adobe Analytics. (Xinhua/Joel Lerner)
Orang-orang mengantre masuk toko saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Belanja online konsumen AS tumbuh secara tahunan (year on year) sebesar 21,5 persen, menurut data yang dirilis Adobe Analytics. (Xinhua/Joel Lerner)

Orang-orang mengantre masuk toko saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Belanja online konsumen AS tumbuh secara tahunan (year on year) sebesar 21,5 persen, menurut data yang dirilis Adobe Analytics. (Xinhua/Joel Lerner)

Seorang karyawan memberi kode kepada dua pembeli untuk memasuki toko saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Black Friday tahun ini tidak akan menawarkan diskon dengan waktu terbatas sebanyak biasanya. (Xinhua/Joel Lerner)
Seorang karyawan memberi kode kepada dua pembeli untuk memasuki toko saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Black Friday tahun ini tidak akan menawarkan diskon dengan waktu terbatas sebanyak biasanya. (Xinhua/Joel Lerner)

Seorang karyawan memberi kode kepada dua pembeli untuk memasuki toko saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Black Friday tahun ini tidak akan menawarkan diskon dengan waktu terbatas sebanyak biasanya. (Xinhua/Joel Lerner)

Seorang karyawan memeriksa suhu tubuh pengunjung saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Pengecer berupaya mendorong transaksi dan menjanjikan Black Friday berlangsung sepanjang November dan Desember. (Xinhua/Joel Lerner)
Seorang karyawan memeriksa suhu tubuh pengunjung saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Pengecer berupaya mendorong transaksi dan menjanjikan Black Friday berlangsung sepanjang November dan Desember. (Xinhua/Joel Lerner)

Seorang karyawan memeriksa suhu tubuh pengunjung saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Pengecer berupaya mendorong transaksi dan menjanjikan Black Friday berlangsung sepanjang November dan Desember. (Xinhua/Joel Lerner)

Pengunjung berlari untuk mengantre saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Belanja online konsumen AS membuat rekor tertinggi baru 5,1 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.145) pada Hari Thanksgiving. (Xinhua/Joel Lerner)
Pengunjung berlari untuk mengantre saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Belanja online konsumen AS membuat rekor tertinggi baru 5,1 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.145) pada Hari Thanksgiving. (Xinhua/Joel Lerner)

Pengunjung berlari untuk mengantre saat belanja Black Friday di Fashion Outlets of Chicago, Rosemont, Illinois, Amerika Serikat (AS), 27 November 2020. Belanja online konsumen AS membuat rekor tertinggi baru 5,1 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.145) pada Hari Thanksgiving. (Xinhua/Joel Lerner)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hattrick KPK OTT Wali Kota Cimahi

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cimahi - Wali Kota Cimahi, Jawa Barat, Ajay M. Priyatna dikabarkan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat.

Penangkapan Ajay tersebut menambah panjang daftar Wali Kota Cimahi yang dicokok KPK. Wali Kota Cimahi sebelumnya yakni Itoc Tochija dan Atty Suharti juga ditangkap oleh komisi antirasuah tersebut.

Dengan demikian, seluruh pucuk pimpinan Pemkot Cimahi, sejak berdirinya kota itu pada 2001, sudah merasakan rasa malunya ditangkap oleh penyidik KPK.

Menanggapi penangkapan Ajay, Sekretaris Daerah Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan pihaknya menjadikan peristiwa penangkapan sebagai pelajaran penting, agar tidak terulang.

"Saya belum bisa berkomentar soal itu, hanya saja dulu yang pernah terjadi, jadi catatan bagi kami untuk tidak terulang," kata Dikdik di Kantor Pemkot Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat siang, dikutip Antara.

 

Wali Kota Ditangkap, Bagaimana Pemkot Cimahi?

Ajay yang merupakan Wali Kota Cimahi ketiga itu, dikabarkan ditangkap oleh tim KPK pada Jumat. Namun sejauh ini, pihak Pemkot Cimahi belum mendapat konfirmasi atas penangkapan itu.

Dikdik mengatakan Ajay rencananya bakal menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Cimahi, namun dengan karena ditangkap, Pemkot Cimahi belum bisa memastikan Ajay bakal hadir.

"Kami mohon bisa menunggu sampai mendapat info pasti dari pihak terkait," ujarnya.

Meski begitu, Dikdik memastikan hal itu tidak mengganggu pelayanan masyarakat di Pemkot Cimahi. Ia pun meminta kepada seluruh ASN di Pemkot Cimahi agar kinerjanya tidak terpengaruh dengan ditangkapnya Ajay.

"Ke depan ya kita melayani masyarakat untuk bisa melayani seperti biasa," ucap Dikdik.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Momen Anggota Parlemen Taiwan Baku Hantam dan Saling Lempar Jeroan Babi

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggota parlemen Taiwan baku hantam di tengah sidang membahas rencana pemerintah untuk mengimpor daging sapi dan babi dari Amerika Serikat. Kubu pemerintah dan kubu oposisi terlibat baku hantam dan saling lempar jeroan babi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erafone dan Urban Republic Mulai Penjualan MacBook Pro dan MacBook Air

Posted: 27 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - MacBook Pro dan MacBook Air sudah bisa dibeli secara resmi di Indonesia. Pembelian seri laptop populer MacBook ini bisa dilakukan di jaringan ritel Erajaya, Urban Republic dan gerai Erafone tertentu.

Pembelian bisa dilakukan mulai Jumat, 27 November 2020. Sebelumnya, produk-produk laptop MacBook sudah tersedia di iBox yang juga merupakan jaringan ritel Erajaya.

Sebelumnya, baik Erajaya maupun Urban Republic telah menjual produk Apple lain seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan aksesoris pendukungnya.

Wakil Direktur Utama Erajaya Group Hasan Aula mengatakan, pihaknya telah lama bekerja sama dengan Apple untuk menghadirkan smartphone, MacBook, dan berbagai aksesorisnya di Erafone dan Urban Republic.

"Dengan hadirnya seri MacBook yang sangat diminati masyarakat, kami melengkapi ekosistem Apple di jaringan ritel kami untuk membuat pengalaman berbelanja produk Apple lebih menyenangkan," katanya, seperti dikutip dari keterangan Erajaya, Sabtu (28/11/2020).

Lokasi Penjualan MacBook Pro dan MacBook Air

Apple perkenalkan seri MacBook Air teranyar. (Doc: Apple)
Apple perkenalkan seri MacBook Air teranyar. (Doc: Apple)

MacBook Pro dan MacBook Air telah tersedia di jaringan ritel Erafone Megastore PIM, Ruko Kemang, Megastore 2 Teuku Umar Bali, Megastore Cibinong City Mall Bogor, dan Megastore Galaxy Mall Surabaya.

Selain itu, MacBook Air juga tersedia di Urban Republic Gandaria City, Kota Kasablanka, Mall Kelapa Gading, Pondok Indah Mall, Senayan City, Lippo Mall Puri, Summarecon Mall Serpong, Trans Studio Mall Cibubur, dan Grand Indonesia.

Erajaya bahkan memberikan promo dan cicilan 0 persen dengan kartu kredit bank tertentu. 

Tentang MacBook

Rangkaian MacBook Air. (Doc: Apple)
Rangkaian MacBook Air. (Doc: Apple)

Sebelumnya, Apple menggelar acara live streaming bertajuk "One More Thing" pada 11 November 2020. 

Perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut memulai acara dengan memperkenalkan chipset M1 baru yang ditujukan untuk perangkat Mac. 

Adapun dua perangkat Apple yang langsung ditenagai oleh chipset anyar berbasis ARM milik perusahaan adalah MacBook Air dan MacBook Pro.

Spesifikasi MacBook Air

Seperti disebutkan sebelumnya, laptop Apple ini adalah salah satu perangkat yang mengusung chipset M1 buatan perusahaan.

MacBook Pro hadir dengan layar Retina Display berukuran 13,3 inci beresolusi 2.560 x 1.600 piksel, True Tone Technology, dan wide color (P3).

Dalam hal performa, laptop baru Apple ini sudah ditenagai chipset Apple M1 (8 core CPU), 8 core GPU, dan 16 core Neural Engine.

Untuk mendongkrak performa, MacBook Air hanya menyediakan opsi RAM 8GB dan 16GB. Sementara untuk storage-nya tersedia 512GB dan 2TB.

Spesifikasi MacBook Pro

Dalam hal spesifikasi, MacBook Pro tampil mirip dengan seri baru MacBook Air yang diumumkan oleh Apple malam tadi.

Bedanya, MacBook Pro hadir dengan memori yang lebih kecil ketimbang dari seri MacBook Air. Apple menyediakan opsi memori sebesar 256GB dan 512GB, tetapi bisa diperluas hingga 2TB.

Seri ini memiliki dua port Thunderbolt 4, jack audio 3,5mm. Apple juga menyematkan kipas pendingin, Touch Bar, dan sensor sidik jari yang terletak di atas keyboard.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian ESDM Sabet Medali Emas di Ajang Bhumandala Award 2020

Posted: 27 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mewakili Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menerima anugerah Bhumandala Kanaka (Medali Emas) dan Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) di ajang Bhumandala Award yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Penghargaan Bhumandala Kanaka diberikan kepada Kementerian ESDM atas pencapaiannya dalam pengembangan simpul jaringan informasi geospasial.

Sebagai Kementerian yang bertugas untuk mengelola Sumber Daya Alam dan penyediaan infrastruktur energi serta mitigasi bencana geologi di seluruh wilayah Nusantara, keberadaan informasi geospasial yang akurat dan dinamis, merupakan alat bantu utama dalam pengambilan kebijakan yang tepat khususnya dalam pengembangan investasi.

"Mewakili Kementerian ESDM kami mengucapkan terima kasih kepada Badan Informasi Geospasial (BIG) atas pemberian anugerah Bhumandala Award, ini akan memberikan motivasi kepada kami untuk meningkatkan kualitas ESDM One Map Indonesia yang tujuan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melayani pemberian informasi kepada masyarakat," ujar Ego, dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020). 

"Kami, Kementerian ESDM sudah 3 hingga 5 tahun ini menyiapkan data bawah permukaan, data permukaan, data sumber daya minyak, mineral, batubara, infrastruktur berikut juga mitigasi bencana geologi," lanjut Ego.

Demikian juga dengan ESDM One Map yang telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya seperti MOMI, Migas Data Repository, Portal Gas Bumi BPH Migas, serta aplikasi beberapa Kementerian dan Lembaga lainnya, bahkan mendukung Dashboard BNPB dalam penyajian mitigasi kebencanaan.

"Integrasi antar sistem ini menunjukkan bahwa pemanfaatan peta tematik yang ada di ESDM One Map berperan penting dan harus terus ditingkatkan," jelas Ego.

 

Tahun ke-4

Penyelenggaraan Bhumandala Award - Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial telah memasuki tahun keempat sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2014. Dalam perjalanannya, proses monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan selalu disinergikan dengan Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Proses evaluasi pada tahun 2020 telah menetapkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk meraih Bhumandala Kanaka (Medali Emas) untuk kategori Kementerian/Lembaga, serta Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) untuk kategori Kementerian/Lembaga Penghargaan Bhumandala Kanaka diberikan kepada Kementerian ESDM atas pencapaian dalam pengembangan simpul jaringan informasi geospasial.

Pengembangan National Data Repository (NDR) sektor energi dan mineral yang diperkuat dengan Peraturan Menteri ESDM terkait Pengelolaan NDR menunjukkan komitmen pimpinan yang kuat untuk mendukung pelaksanaan kebijakan satu data indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tegaskan Kasus Narkoba Millen Cyrus Tetap Lanjut

Posted: 27 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian menegaskan, kasus narkoba yang menyeret selebgram Muhammad Millendaru Prakasa alias Millen Cyrus tetap berlanjut.

Demikian yang disampaikan, Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Rezha Rahandhi saat dihubungi, Sabtu (28/11/2020).

Rezha mengatakan, ada keliru dalam menafsirkan pernyataannya terkait proses hukum yang sedang dihadapi oleh Millen Cyrus.

"Tidak ada yang namanya menghentikan karena saya tidak pernah mengeluarkan statement dihentikan," ujar dia.

Rezha menerangkan, dalam Undang-Undang Narkotika terdapat ketentuan khusus. Salah satunya mengatur tentang tersangka yang dinyatakan sebagai pengguna. Itu wajib mendapatkan pengobatan atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

"Di dalam UU Narkoba ada namanya lex spesialis jadi tidak ada yang dibilang kasus ini dihentikan. Kan jelas pada Pasal 127 Undang Undang Tahun 2009 tentang Narkotika ada yang namanya proses rehabilitasi," ucap dia.

Rezha mengatakan, kepolisian tetap mengusut tuntas kasus narkoba yang menimpa Millen Cyrus. Saat ini, kepolisian sedang memburu orang yang menyuplai narkoba ke Millen Cyrus. Dari keterangan, ada dua orang yakni laki-laki dan perempuan.

"Tetap aja jadi apabila DPO nya tertangkap kan bisa kita konfrontasi lagi, kita bisa jadiin dia sebagai saksi dulu, apa keterlibatannya," tandas dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Direhabilitasi

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Utara mengabulkan permintaan keluarga agar Millen Cyrus direhabilitasi.

"Iya (direhab)," singkat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Ahrie Sonta Nasution saat dihubungi, Sabtu (28/11/2020).

Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Rezha Rahandhi menjelaskan, Tim Asesmen Terpadu (TAT) dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jakarta Utara telah melakukan asesmen terhadap Millen Cyrus. Hasilnya, dinyatakan memenuhi syarat untuk menjalani rehabilitasi.

"Sudah diasesmen di Lido beberapa waktu lalu," ucap dia.

Rezha menyampaikan, kepolisian belum mengetahui berapa lama Millen Cyrus berada di panti rehabilitasi. Menurut dia, itu menjadi kewenangan BNN.

"Tergantung asesmennya Lido lagi apakah dia 3 bulan 4 bulan atau 6 bulan itu Lido yang jawab. Dari pihak keluarga sudah bermohon ke BNNK agar Millen nya ke Lido," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Posted: 27 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang dapat menyembuhkan luka bisa kamu konsumsi agar cepat sembuh. Robekan pada permukaan kulit atau jaringan di bawahnya ini biasanya disebabkan karena terjatuh, tergores, ataupun digigit binatang.

Ada 4 fase penyembuhan luka, yaitu hemostasis, inflamasi, proliferasi, dan remodeling. Hemostasis merupakan saat pembuluh darah di sekitar luka menyempit untuk mengurangi perdarahan, dan keping darah (trombosit) berdatangan dan menumpuk untuk menambal jaringan yang luka.

Kemudian fase inflamasi, yaitu saat sel darah putih (leukosit) hadir untuk membersihkan daerah luka dari kotoran dan kuman yang mencoba masuk dari luar melalui luka. Lalu, pada fase proliferasi, terjadi pembentukan jaringan kolagen dan pembuluh darah baru. Terakhir, pada fase remodeling terbentuk pematangan jaringan yang baru.

Makanan yang dapat menyembuhkan luka bisa membuat proses ini berjalan lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi dalam makanan-makanan tersebut, seperti protein, vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, seng, dan glutamine.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/11/2020) tentang makanan yang dapat menyembuhkan luka.

Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Ilustrasi daging | unsplash.com/@joseignaciopompe
Ilustrasi daging | unsplash.com/@joseignaciopompe

Daging dan Telur

Makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat salah satunya adalah daging dan telur. Hal ini berkaitan dengan kandungan protein yang tinggi dari kedua makanan tersebut. Kolagen sebagai zat yang paling vital dalam penyembuhan luka termasuk dalam jenis protein, sehingga bermanfaat untuk pembentukan dan memperbaiki luka.

Selain protein, daging dan telur juga mengandung zat besi, seng, dan glutamin yang juga berperan untuk menghentikan luka dan pembentukan jaringan-jaringan baru. Daging yang baik untuk dikonsumsi termasuk daging merah, ayam, dan ikan. Selain itu, susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga disarankan sebagai sumber protein.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C di dalam jeruk. Vitamin C ini membantu pembentukan kolagen, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga sebagai antioksidan. Selain jeruk, kentang, stroberi, dan tomat juga kaya akan vitamin C.

Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Ilustrasi wortel | Via: Science Alert
Ilustrasi wortel | Via: Science Alert

Kacang-kacangan

Makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat berikutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan, termasuk gandum, juga mengandung protein nabati. Selain itu, bahan makanan nabati ini juga sumber vitamin E dan glutamin yang baik. Keduanya berperan sebagai antioksidan yang melindungi jaringan yang luka dan membantu penyembuhannya.

Wortel

Beta karoten yang terkandung dalam wortel dan sayuran lainnya yang berwarna cerah, merupakan jenis dari vitamin A yang penting dalam pembentukan jaringan baru saat luka. Selain wortel, kamu bisa juga konsumsi brokoli, bayam, atau paprika sebagai variasi. Makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat ini juga baik dikonsumsi sehari-hari karena kandungan nutrisinya.

Makanan yang Dapat Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Ilustrasi tiram | Elle Hughes dari Pexels
Ilustrasi tiram | Elle Hughes dari Pexels

Labu

Labu sebagai makanan yang baik untuk menyembuhkan luka mengandung magnesium yang juga bagus dalam mempercepat proses pertumbuhan sel-sel kulit baru. Sehingga lapisan kulit yang rusak akibat cedera bisa segera diganti dengan lapisan kulit yang baru.

Kerang

Kerang atau tiram mengandung seng yang tinggi. Zat ini membantu pembentukan dan pematangan kolagen. Menurut penelitian, kekurangan seng dapat memperlambat proses penyembuhan dan kekuatan jaringan baru yang kurang kuat.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu, agar luka cepat sembuh, kamu harus menghindari beberapa faktor seperti infeksi pada luka, penyakit diabetes, penyumbatan pembuluh darah, dan usia tua. Konsultasikan dengan dokter tentang cara penyembuhan luka paling efektif.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolaborasi NOAH dan Christie Hartono di SCTV Awards 2020 Berujung Chemistry Romantis

Posted: 27 Nov 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan sederet artis Tanah Air di SCTV Awards 2020 yang digelar Jumat (27/11/2020) malam, sangatlah luar biasa. Salah satu aksi yang memukau pemirsa adalah kolaborasi antara NOAH dengan Christie Hartono.

Pada kesempatan ini, NOAH dan Christie Hartono berduet menyanyikan lagu "Andaikan Kau Datang" yang aslinya dipopulerkan oleh band legendaris Koes Plus. Harmonisasi keduanya pun sangat kental terasa.

NOAH membawakan part awal lagu ini dengan suara khas Ariel NOAH yang sudah tak diragukan lagi. Setelah reffrain pertama, barulah Christie Hartono mulai bernyanyi, menghasilan kolaborasi vokal yang apik di antara keduanya.

Penghayatan

Christie Hartono Kolaborasi Bersama NOAH di SCTV Awards 2020. (instagram.com/christie.ofcl)
Christie Hartono Kolaborasi Bersama NOAH di SCTV Awards 2020. (instagram.com/christie.ofcl)

Tak hanya sekadar bernyanyi. Ariel NOAH dan Christie Hartono juga terlihat sangat menghayati lagu yang mereka bawakan. Terlihat dari ekspresi yang diperlihatkan oleh mereka berdua.

 

Chemistry

Christie Hartono Kolaborasi Bersama NOAH di SCTV Awards 2020. (vidio)
Christie Hartono Kolaborasi Bersama NOAH di SCTV Awards 2020. (vidio)

Tampil di atas panggung mewah dengan konsep visual yang ciamik, sound yang keren, outfit dan wardrobe yang luar biasa, chemistry Ariel NOAH dan Christie seolah menyatu dengan penataan panggung yang apik.

 

Menggenggam Tangan

Di pengujung penampilan, chemistry Ariel NOAH dan Christie semakin kuat dan terkesan romantis. Sampai-sampai, keduanya tak ragu-ragu untuk saling menggenggam tangan.

 

Kesan Christie

Christie pun menyampaikan kesannya setelah tampil bersama NOAH. Tentunya kesan yang ditinggalkannya setelah turun dari panggung sangatlah positif.

"Deg-degan banget tapi sangat senang dan excited. Menjadi suatu kemormatan yang sangat besar banget," ujar Christie setelah manggung di sela-sela SCTV Awards 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batal Dibuka Jelang Natal, Disneyland Paris Tutup Sampai Februari 2021

Posted: 27 Nov 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Sejumlah tempat wisata ternama di dunia masih ada yang belum beroperasi di masa pandemi corona Covid-19 ini. Disneyland Paris misalnya yang masih harus ditutup saat musim liburan Natal dan Tahun Baru mendatang.

Taman hiburan di Paris ini tadinya sudah berencana akan buka kembali di pertengahan Desember untuk menyambut perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami berharap untuk bisa dibuka kembali selama musim liburan Natal, Namun pengumuman terbaru pemerintah Prancis tidak mengizinkan kami untuk membuka Disneyland Paris. Jadi kemugkinan kami akan tutup sampai 12 Februari 2021," demikian pernyataan resmi Disneyland Paris, dilansir dari laman Travel and Leisure, 25 November 2020.

Sebelumnya, Disneyland Paris sempat dibuka pada Juli 2020 silam, setelah ditutup pada Maret untuk memerangi penyebaran Covid-19. Sistem reservasi, yang berlaku untuk taman di seluruh dunia saat dibuka kembali secara bertahap, diberlakukan untuk membantu membatasi kapasitas di setiap lokasi.

Namun setelah beberapa bulan dibuka, Disneyland Paris ditutup lagi pada Oktober kemarin karena meningkatnya kasus corona di Prancis. Mereka berharap akan buka lagi pada 19 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021, tapi akhirnya destinasi wisata itu harus ditutup dari 4 Januari hingga 12 Februari 2021.

Sementara itu, untuk calon pengunjung yang sudah melakukan pemesanan tiket dapat melakukan pembatalan atau menunda kunjungan melalui laman resmi Disneyland Paris

Prancis Lockdown Kedua

Batal Dibuka Jelang Natal, Disneyland Paris Tutup Sampai Februari 2021. (dok.Instagram @disneylandparis/https://www.instagram.com/p/CIAmAHLBdn3/Henry)
Batal Dibuka Jelang Natal, Disneyland Paris Tutup Sampai Februari 2021. (dok.Instagram @disneylandparis/https://www.instagram.com/p/CIAmAHLBdn3/Henry)

Calon pengunjung yang baru melakukan reservasi akan mendapat potongan harga yang lebih murah dari harga sebelumnya. Tiket yang memiliki tanggal akan dikembalikan secara otomatis.

Pemberitaan ini muncul setelah sebelumnya Disneyland California yang diperkirakan tutup akhir tahun. Sedangkan Disney World Resort di Orlando, Florida saat ini masih tetap beroperasi. Sementara itu, Taman Disney di Hong Kong, Shanghai, Tokyo, dan Florida masih buka, dengan tindakan pencegahan keamanan baru.

Saat ini, Prancis sedang dalam masa penguncian (lockdown) kedua karena meningkatnya kasus Covid-19. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan bahwa aturan lockdown akan mulai dikurangi pada Sabtu 28 November 2020.

Hal ini memungkinkan bisnis dibuka kembali pada musim liburan dan orang-orang bisa melakukan perjalanan hingga 20 kilometer untuk berkegiatan di luar rumah.

Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas

Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Dapat Dukungan untuk Rekrut Sergio Ramos

Posted: 27 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Kabar ketertarikan Manchester United terhadap bek sekaligus kapten Real Madrid Sergio Ramos mendapat dukungan. Mantan pemain MU Dimitar Berbatov menilai Sergio Ramos akan jadi rekrutan bagus untuk MU.

Masa depan Sergio Ramos bersama Real Madrid masih belum jelas. Kontraknya di Santiago Bernabeu akan habis akhir musim nanti. Negosiasi kontrak baru belum juga menemui kesepakatan.

Di tengah ketidakjelasan tersebut muncul rumor beberapa klub besar Eropa siap menampung Ramos. Mulai dari Juventus, Paris Saint Germain hingga MU.

Keinginan MU merekrut Ramos didukung penuh Berbatov. Pria Bulgaria itu menilai Ramos masih akan sangat berguna untuk memperkuat pertahanan MU meski sudah berumur 34 tahun. Berbatov melihat belum terlambat bagi Ramos hijrah ke Liga Inggris.

"Ada banyak spekulasi tentang masa depan Sergio Ramos, menurut laporan baik pemain dan klub belum mencapai kesepakatan tentang kontrak baru. Dengan Ramos 34 tahun, mereka mungkin memperebutkan kontrak satu tahun atau dua tahun," kata Berbatov seperti dikutip dari Sportsmole.

 

Komentar

Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (3/11/2020). Real Madrid menang tipis 3-2. (AP Photo/Bernat Armangue )
Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (3/11/2020). Real Madrid menang tipis 3-2. (AP Photo/Bernat Armangue )

"Thiago Silva, yang bahkan lebih tua pada usia 36 tahun telah membuktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk pindah ke Liga Premier dan sejauh ini hal itu berjalan dengan baik untuk pemain Brasil itu."

"Saya yakin jika Ramos inin pindah ke klub seperti MU maka akan berjalan dengan baik juga untuknya. Dia dalam kondisi sangat baik, dia masih bek kelas dunia dan menurut saya masih banyak sepak bola yang tersisa dalam dirinya," lanjut Berbatov.

Pengalaman

Pengalaman segudang dan mental juara Ramos akan bisa membantu para pemain muda MU yang masih miskin pengalaman terutama di level Eropa.

Sudah lama MU tak pernah menjadi juara di Liga Inggris ataupun Liga Champions sejak Sir Alex Ferguson pensiun sebagai manajer pada tahun 2013.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Prospek Ekonomi Indonesia di 2021

Posted: 27 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk bekerja sama dengan Citibank Indonesia menyelenggarakan salah satu Expert Series dengan tema Market Outlook 2021 yang menghadirkan dua panelis yang ahli di bidangnya yaitu Wakil Ketua Kadin Shinta Kamdani dan Deputi Kemenko Maritim dan Investasi Septian Hario Seto.

Memasuki tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, pergantian kepemimpinan di Amerika Serikat dikombinasikan dengan berita vaksinasi dan perkembangan regulasi UU Cipta Kerja merupakan topik yang diperbincangkan pada kali ini. Pergantian kepemimpinan di Amerika Serikat dari administrasi Presiden Trump kepada Presiden terpilih Biden mulai terjadi di minggu ini.

Untuk Indonesia, perubahan administrasi ini berpotensi kembali dijalankannya TPP (Trans Pacific Partnership) sebagai penyeimbang RCEP yang baru-baru ini diresmikan. Namun diluar dari perubahan kepemimpinan di AS, Shinta Kamdani menyatakan bahwa fokus untuk pemreintah dan pelaku pasar Indonesia ada pada market intelligence, pemahaman produk yang diinginkan oleh negara importir dan competitive advantage.

Bergabungnya Indonesia di RCEP dipandang baik untuk menarik investasi dari beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan yang berencana untuk berinvestasi di Indonesia dikarenakan dapat menjadikan Indonesia sebagai Bagian dari regional supply chain.

UU Cipta Kerja sehingga pada akhirnya dapat mendukung evolusi Indonesia untuk menjadi supply chain yang penting sehingga dapat menjadikan Indonesia kompetitif dibandingkan dengan negara lain. Salah satu contohnya, Indonesia merupakan salah satu produser utama nickel dunia, sehingga Peran Indonesia akan sangat penting dlm pengembangan dan pertumbuhan EV battery dan electric car di dunia.

Dikombinasikan dengan investasi yang telah dilakukan dan direncanakan di Indonesia pada komoditas nikel akan baik pada perdagangan luar negeri Indonesia ke depannya.

Menurut Septian Seto, komoditas seperti nikel yang mengalami peningkatan kontribusi ekspor dari USD 1.1bn di tahun 2014 menjadi USD 9-10bn di tahun 2020.

Sovereign Wealth Fund juga merupakan salah satu topik yang banyak dibicarakan berkaitan dengan UU Cipta Kerja.

Berdasarkan pertemuan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, Septian Seto menyatakan bahwa diluar dari USD 2bn yang direncanakan diberikan oleh negara seperti AS, Pemerintah juga akan bertemu dengan pemerintah Jepang dan Saudi Arabia untuk rencana investasi pada sector-sektor infrastruktur Indonesia.

Vaksinasi masih merupakan salah satu jalan utama menuju imunitas umum (herd immunity) dimana berdasarkan timeline saat ini berpotensi terjadi pada semester dua tahun 2022.

Berdasarkan data saat ini, tantangan untuk Indonesia dalam menghadapi vaksinasi adalah pertama, distribusi atau logistic storage. Kedua, umur dan keadaan fisik yang rentan di populasi. Ketiga, harga vaksinasi terutama untuk vaksin yang telah menunjukkan efficacy yang baik. Namun demikian, mutasi yang berpotensi terjadi cukup rendah berdasarkan para ahli.

Diantara semua sektor, yang terakhir akan mengalami recovery terakhir adalah sector pariwisata yang mengandalkan turis asing.

Sementara berdasarkan pandangan PT Ashmore Asset Management Indonesia, dengan terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden US, perkembangan vaksin yang telah mencapai fase akhir, serta diluncurkannya omnibus law sebagai salah satu reformasi hukum terbesar semenjak 1998 akan memberikan dampak positif pada pasar saham secara umum dan reksa dana saham secara khusus.

Hal ini ditopang oleh kebijakan bank sentral dan pemerintah global yang masih akan aktif menggelontorkan stimulus hingga tahun 2021 sehingga mendorong tingginya likuiditas di sistem finansial. Tren kenaikan harga komoditas global juga berpotensi mengembalikan kejayaan IHSG pada masa commodity boom, dan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Ashmore Asset Management Ungkap Pandemi Covid-19 Ubah Komposisi Aset Kelolaan

Pencatatan Perdana Saham PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (Foto: Dok. BEI)
Pencatatan Perdana Saham PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (Foto: Dok. BEI)

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AAMI) memandang industri aset manajemen Indonesia merupakan salah satu sektor yang saat ini membukukan pertumbuhan jangka panjang yang baik.

Direktur Ashmore Asset Management Indonesia Arief Cahyadi Wana mengatakan, Sejak 2005 hingga akhir 2019, rata-rata pertumbuhan dana kelolaan perseroan mencapai 21 persen setiap tahunnya.

"Pertumbuhan yang di atas pertumbuhan ekonomi nasional tersebut kami percaya disebabkan oleh masih rendahnya penetrasi investasi di kalangan umum Indonesia, dan masih bertumbuhnya tingkat literasi investasi," ujarnya pasca Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Rabu (7/10/2020).

Namun demikian, Arief menambahkan, dengan adanya gejolak pandemi Covid-19 pada 2020 ini, pertumbuhan dana kelolaan mengalami disrupsi dan menurun hingga 11 persen pada 2019.

"Dana kelola reksadana terkena imbas pandemi Covid-19, terutama di awal 2020, dari posisi Rp 514 triliun pada Juni 2019 menjadi Rp 482 triliun pada Juni 2020. Ini karena tingginya kekhawatiran investor pada awal tahun dengan ketidakpastian yang terjadi," jelasnya.

Arief juga melihat adanya perubahan profil risiko dan pergerakan komposisi industri reksadana menuju kelas aset yang dianggap lebih rendah risikonya. Seperti yang terjadi pada reksadana saham yang merupakan kelas aset dengan risiko tertinggi, mengalami penurunan terbesar hingga 31 persen dibandingkan periode sebelumnya.

"Sehingga porsi kontribusinya terhadap dana pengelolaan di 22 persen pada 2020, turun dari 29 persen tahun sebelumnya," ungkap dia.

Sementara itu, reksadana pasar uang yang merupakan kelas aset dengan risiko terendah mengalami kenaikan terbesar sebanyak 11 persen. Dengan begitu, porsi kontribusi mengalami kenaikan 11 persen menjadi 13 persen.

"Latar belakang inilah yang mempengaruhi kinerja perusahaan, terutama karena Ashmore Asset Management Indonesia adalah salah satu manajemen investasi yang memiliki fokus reksadana saham sekitar 80 persen," tukas Arief. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Mike Tyson Vs Roy Jones Jr: Hiburan Menyeramkan

Posted: 27 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah 15 tahun pensiun, Mike Tyson akhirnya kembali naik ring. Petinju yang dijuluki si Leher Beton tersebut tampil dalam duel ekhsibisi 8 ronde melawan Roy Jones Jr, Minggu (29/11/2020) WIB. 

Frontline Battle--label pertarungan Mike Tyson vs Roy Jones Jr--bakal berlangsung di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Kedua petinju yang sudah berusia kepala 5 itu rela baku pukul demi tujuan amal. 

Pertarungan ini awalnya hendak digelar September 2020. Namun pihak promotor, Triller, memundurkan jadwalnya agar punya waktu lebih banyak mengumpulkan pemasukan yang lebih besar lagi. Rencananya, pendapatan dari duel ini, bakal disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. 

Label ekhsibisi sebenarnya sudah cukup menggambarkan bahwa duel Mike Tyson Vs Roy Jones Jr hanya hiburan semata. Pertarungan tidak akan sekompetitif ketika keduanya masih menjadi atlet. Apalagi keduanya kini sudah berumur, Mike Tyson 54 tahun dan Jones Jr hanya 3 tahun lebih muda.  

Komisi Atletik Negara Bagian California (CSAS) sebagai pengawas juga terkesan sangat hati-hati. Mereka telah menyiapkan sederet aturan demi mencegah kedua petinju celaka saat bertanding. Bahkan, Direktur Eksekutif CSAS, Andy Foster, sejak awal sudah memberi peringatan. Dia meminta publik jangan berharap pertemuan Tyson Vs Jones Jr tidak sekompetitif duel normal. 

Tidak ada pemenang dan tidak ada KO karena menurutnya, duel hanya sebatas hiburan semata.  

Sejak Mike Tyson pensiun 2005, pamor tinju kelas berat boleh dikatakan terus merosot. Juara demi juara muncul silih berganti, namun tidak satupun yang se-fenomenal Si Leher Beton. Karena itu wajar bila animo pecinta tinju dunia kembali meningkat saat Mike Tyson menyatakan keinginan comeback.

Publik seakan dibawa mundur ke era 90-an saat Tyson menyihir dunia lewat kepalan tangannya. Merontokkan lawan-lawannya lewat kemenangan KO yang terkadang hanya dalam hitungan detik. Era di mana panggung tinju kelas berat kembali gemerlap sejak ditinggalkan oleh Muhammad Ali.  

Tyson pensiun pada tahun 2005 setelah kariernya terus menurun seiring kehidupan yang tidak terkendali. Nama baiknya juga sempat tercemar oleh insiden melawan Evander Holyfield. Mike Tyson tak hanya kalah, tapi juga kehilangan lisensi bertanding akibat mengigit telinga Holyfield. 

Mantan petinju kelas berat, George Foreman, menganggap kembalinya Mike Tyson hanyalah "kegilaan sementara". Menurutnya, duel melawan Jones Jr ibarat pelaut tua yang merindukan masa lalunya. Walau terasa menyenangkan, kenyataan yang dihadapi terkadang tidak seperti yang diharapkan. 

"Sepertinya semua terlihat damai, menyenangkan, jadi dia ingin melakukan itu. Lalu dia pergi dan ombak besar mulai datang dan lautan bergejolak, hujan mulai turun dan angin bertiup kencang. Lalu dia pun bertanya, 'Tuhan, kenapa aku melakukan ini semua,'," ujar Foreman baru-baru ini.

"Ini terjadi kepada banyak dari kita. Dan Anda akhirnya menyadari Anda seharusnya tetap berada di tanah kering di mana semuanya aman dan nyaman. Satu hal yang berat ketika Anda memutuskan kembali lagi, Anda ingat apa yang seharusnya bisa Anda lakukan saat ini," kata Foreman.

Kedua petinju telah melakukan penimbangan, Sabtu (28/11/2020) WIB. Mike Tyson yang sudah berusia  54 tahun berhasil menurunkan berat badannya ke angka 99,97 kg. Sementara lawannya, Roy Jones Jr, yang terpaut tiga tahun lebih muda, memiliki bobot lebih ringan, yakni 95,2 kg.  

Hasil ini menunjukkan kalau kedua petinju benar-benar siap untuk tampil. Tyson bahkan sudah kehilangan 30 kg demi mendapatkan berat ideal tampil di kelas berat. Latihan demi latihan yang dilakukannya juga sudah memperlihatkan hasil. Meski tidak 100 persen, kekuatan pukulannya tetap menakutkan. Zab Judah mantan pemegang dua gelar juara dunia menjadi saksinya. Menurut judah, pukulan Mike Tyson telah merontokkan gigi salah satu lawan sparring partnernya saat latihan.

"Saya pikir Roy bisa mengatasi tamparan kecil. Dapur itu akan sangat panas," Tyson mengingatkan.

Namun Jones Jr yang pensiun 2008 lalu sudah siap meladeni Tyson. Meski sadar pukulan Si Leher Beton bisa 'membunuhnya' di atas ring, mantan juara dunia 4 kelas berbeda itu tidak gentar. 

"Saya tidak akan meladeninya di ronde pertama dan berusaha meraihnya seperti saya itu orang yang bodoh, dia seperti singa kuat," kata Jones Jr beberapa waktu lalu. "Tapi saya punya mental cheetah, yang artinya saya punya kecepatan. Kalau dia tidak cepat membunuhku, pantatnya akan jadi milikku." 

Di tengah kekhawatiran banyak pihak, apapun sepertinya masih mungkin terjadi. Apalagi, pihak promotor sepertinya tidak mau kehilangan pemasukan. Co-owner Triller, Ryan Kavanaugh seperti dilansir Express.co.uk menganggap pernyataan CSAS sebagai informasi yang keliru

"Bisa saja ada KO dan hanya akan ada satu pemenang. Siapapun yang bilang bakal tidak ada hakim atau pemenang, bisa jadi tak tahu aturan atau ada agenda lain. Tak perlu diragukan lagi, 100 persen."

Untuk menambah daya pikat pertarungan ini, pihak promotor juga menghadirkan duel-duel lain yang melibatkan pebasket NBA, selebgram hingga YouTuber. Jake Paul, YouTuber ternama bakal tampil melawan bintang NBA, Nate Robinson. Mereka akan bertarung 6 ronde di kelas cruiserweights.    

Semoga duel nostalgia ini tidak sampai kebablasan!

 

 

Aturan Pertandingan

ilustrasi tinju (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi tinju (Liputan6.com/Abdillah)

Versi CSAS:

- Pertandingan akan berlangsung sebanyak 8 ronde dengan durasi 2 menit setiap rondenya.

- Kedua petinju tidak akan mengenakan pelindung kepala

- Mike Tyson dan Roy Jones Jr akan mengenakan sarung tinju seberat 12 ons

- Jika salah satu petinju terluka parah, pertandingan bakal dihentikan

- Tidak ada pemenang dan tidak ada juri yang menghitung skor ronde demi ronde

- Sabuk juara Frontline Heavyweight  tidak akan diberikan kepada satu petinju saja

- Mike Tyson dan Roy Jones Jr akan menjalani pemeriksaan medis terlebih dulu dan kedua atlet juga harus melewati tes VADA (Voluntary Anti-Doping Agency) sebelum memasuki arena pertarungan.

Versi Promotor

- Hanya ada satu pemenang

- Kemenangan KO masih mungkin terjadi

- Penghitungan skor dilakukan juri dari WBC

Susunan Pertandingan dan Hasil Penimbangan

ilustrasi tinju (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi tinju (Liputan6.com/Abdillah)

Partai Utama

Mike Tyson vs Roy Jones Jr, WBC Frontline Championship

Jake Paul vs Nate Robinson (cruiserweight)

Badou Jack vs Blake McKernan (light heavyweight)

Viddal Riley vs Rashad Coulter (cruiserweights)

 

Partai Tambahan

Jamaine Ortiz vs Nahir Albright (lightweight)

Irvin Gonzalez Jr. vs Edward Vasquez (featherweight)

Juiseppe Cusumano vs. Nick Jones (heavyweight)

 

Venue: Staples Center, Los Angeles

Promoter: Triller

TV: PPV

Anda dapat menyaksikan pertandingan Mike Tyson vs Roy Jones Jr lewat live streaming pada tautan ini... 

Tale of Tape

Infografis Mike Tyson vs Roy Jones Jr (Abdillah)
Infografis Mike Tyson vs Roy Jones Jr (Abdillah)

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Kusalah Menilai Wanita yang Menjadi Pacar Suamiku Episode Sabtu, 28 November 2020

Posted: 27 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa Indosiar tayangkan Kisah Nyata Spesial setiap hari mulai pukul 11.30 WIB. Apa yang dikisahkan FTV Indosiar favorit ini?

Sabtu (28/11/2020) siang ini drama Kisah Nyata Spesial seperti biasa penuh hikmah.

Jangan lupa penayangan Kisah Nyata Spesial juga bisa disaksikan via live streaming Indosiar dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Gelar Sarjana di Usia Hampir 80 Tahun, Adik Mantan Wakil Presiden Jadi Wisudawan Tertua

Posted: 27 Nov 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ilmu merupakan salah satu hal yang akan kita bawa sampai mati. Maka dari itu, tidak ada batasan usia dalam menuntut ilmu. Selama semangat dan keinginan masih ada, maka seperti yang dikatakan dalam pepatah yakni "Tuntutlah ilmu setinggi langit."

Hal inilah yang dilakukan oleh Chamimah. Dengan semangat yang membara, adik kandung dari Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6, Try Sutrisno ini berhasil memperoleh gelar sarjana meski telah berusia hampir 80 tahun.

Kisah Chamimah ini pun lantas menuai respon yang positif dari warganet. Banyak yang salut atas semangat Chamimah karena ia tetap semangat meraih gelar sarjananya meski di usia yang sudah tidak muda lagi.

Berikut merupakan kisah Chamimah selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (28/11/2020).

Chamimah jadi wisudawan tertua

Jadi Wisudawan Tertua, Adik Mantan Wakil Presiden RI Raih Gelar Sarjana di Usia 80 Tahun. (Sumber: Instagram/umsurabaya)
Jadi Wisudawan Tertua, Adik Mantan Wakil Presiden RI Raih Gelar Sarjana di Usia 80 Tahun. (Sumber: Instagram/umsurabaya)

Setiap orang memiliki pencapaian dan waktunya masing-masing, di usianya yang ke-80 tahun ini, Chamimah berhasil meraih gelar Sarjana di Universitas Muhammadiyah Surabaya. 

"Kata teman-teman saya, untuk apa kuliah wong sudah pensiun, kata saya gak apa apa," ujar Chamimah dengan raut wajah yang berseri-seri.

Bersama dengan ribuan wisudawan lainnya dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Chamimah diwisuda setelah menempuh studi selama empat tahun tanpa bolos.

Adik kandung dari Wakil Presiden Republik Indonesia ke-6, Try Sutrisno ini dinyatakan lulus dari Program Studi Pendidikan Guru PAUD dengan tugas akhir yang berjudul "Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok A TK Masa Putra Bhakti Surabaya Tahun Pelajaran 2019-2020".

Ketika di hari wisudanya pada Selasa (24/11/2020), wanita yang sehari-harinya menjadi guru TK ini mengungkapkan bahwa ia mempersiapkan segalanya dengan baik. Mulai dari sholat tahajud, bangun pagi, hingga menyiapkan sarapan untuk cucunya yang masih kuliah.

 

Keseharian Chamimah

Jadi Wisudawan Tertua, Adik Mantan Wakil Presiden RI Raih Gelar Sarjana di Usia 80 Tahun. (Sumber: Instagram/umsurabaya)
Jadi Wisudawan Tertua, Adik Mantan Wakil Presiden RI Raih Gelar Sarjana di Usia 80 Tahun. (Sumber: Instagram/umsurabaya)

Sehari-harinya, Chamimah berprofesi sebagai guru TK. Ia  telah melakoni profesi ini sejak tahun 1963. Ia sudah menjadi guru selama 57 tahun.

"Saya mengajar TK itu mulai tahun 63, kemudian tahun 77 saya diangkat SD. Jadi kalau pagi mengajar TK kemudian pulang dari TK mengajar SD. Tahun 2002 saya pensiun dari SD, tapi TK saya lanjutkan sampai sekarang. Saya sudah 57 tahun sampai sekarang," sambungnya.

Selain untuk menuntut ilmu, Chamimah mengaku bahwa ia ingin menuntaskan pendidikannya hingga sarjana karena merasa malu dengan para anak buahnya yang merupakan lulusan sarjana. Ia ingin dipandang sebagai orang yang setara dan berpendidikan.

Respon warganet

Kisah dari Chamimah ini pun nampaknya menginspirasi banyak orang. Tak sedikit warganet yang memberikan apresiasi kepada wanita berusia hampir 80 tahun ini.

"Wah hebat banget, usia bukan penghalang buat melanjutkan pendidikan," tulis @christian_wjaa.

"Maa syaa Allah, bangga. Dengar ucapan nenek di akhir video seperti nasehat terkhusus buat saya, kagum... Dari penjelasan/alasan nenek bisa dilihat kalau 'kuliah itu bukan hanya sekadar kuliah, menimba ilmu dapat ijazah selesai tapi harus dapat juga keteladanan akhlak murobi-murobbiyyah lingkungan yang bersahabat sesuai syariat pilihan utama' semangattttt, semangattttt juga diriku," tulis @lailahy._

"Jujur berlinang air mata. Motivasi untuk saya dan kita semua yang harus menyelesaikan S1 nya. Terima kasih nenek sudah menjadi motivasi. Sehat selalu," tulis @moharza8

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jusuf Kalla: Kemajuan Guru Kunci Kualitas Bangsa

Posted: 27 Nov 2020 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, maju dan sejahteranya suatu bangsa bergantung pada kualitas guru. Menurut dia, untuk mendukung kedua hal tersebut, dapat dilihat dari seberapa besar inovasi yang telah dihasilkan.

"Inovasi hanya bisa dihasilkan melalui pencapaian ilmu pengetahuan, hal itu hanya bisa tercapai apabila kualitas guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan baik mutunya," kata Jusuf Kalla saat memberi sambutan acara peringatan hari guru yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), disiarkan daring, Sabtu (28/11/2020).

Jusuf Kalla menambahkan, IPTEK bagi inovasi bergantung pada kualitas guru, semakin baik kualitasnya maka semakin baik juga pencapaiannya.

"Ilmu pengetahuan suatu bangsa tentu akan berpengaruh pada inovasi yang berakibat pada kemajuan dan kesejahteraan bangsa," imbuh dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Berharap Guru Terus Belajar

JK menilai, peran PGRI selama ini sebagai tempat naungan para guru dapat terus ditingkatkan sehingga guru dapat terus menjadi lebih baik. Selain itu, JK juga berharap agar guru bisa terus belajar karena ilmu pengetahuan terus berkembang.

"Saya berterima kasih kepada PGRI yang menjadi tempat naungan para guru yang terus mendidik mereka sehingga berkualitas semakin baik, agar guru mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan," pesan JK.

JK berharap, terhadap pemerintah, persoalan internal guru terutama nasib guru honorer yang belum terangkat menjadi ASN segera mendapat jalan keluar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Perlu Restrukturisasi Kredit Cegah Tingginya Kredit Macet

Posted: 27 Nov 2020 08:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan perlunya restrukturisasi kredit sebagai akibat dampak pandemi Covid-19. Sebagaimana juga telah diperingatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa potensi kredit macet bisa membengkak sebesar 16 persen. Dalam catatan OJK per September 2020, rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) industri perbankan masih di kisaran 3,15 persen.

"Walaupun masih berada dalam batas aman, bukan berarti kita bisa menyepelekannya. Kehadiran POJK 11/2020 tentang restrukturisasi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelaku usaha, termasuk UMKM. Antara lain untuk mendapatkan penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit/pembiayaan, dan/atau konversi kredit/pembiayaan menjadi penyertaan modal sementara. Sehingga, NPL tidak meningkat mencapai 16 persen lebih," ujar Bamsoet dalam Seminar Nasional 'Restrukturisasi Keuangan dan Bisnis dalam Menghadapi Krisis Ekonomi' yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang, secara virtual di Jakarta, Jumat (27/11/20).

Turut serta antara lain Rektor UNWAHAS Semarang Prof. Dr. H. Mahmutarom, Dekan Fakultas Ekonomi UNWAHAS Khanifah. S.E., M.Si., Akt., CA, Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang Prof. Dr. KH. Noor Achmad. MA, Direktur Finance and Business Strategy MNC Group Henri Gunawan, Chief of Group Treasury and Investor Relation Kalla Group Andie Hazairin Soekamto.

Ketua DPR RI ke-20 ini mengingatkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyampaikan perkembangan terbaru terkait dengan restrukturisasi kredit perbankan yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Hingga akhir pekan lalu, 20 November, berdasarkan laporan bank-bank ke OJK, total kredit yang direstrukturisasi mencapai Rp 932,6 triliun, tercatat terbesar sepanjang sejarah. Melibatkan 7,53 juta debitur.

Dengan komposisi 5,84 juta terdiri dari debitur di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dengan outstanding Rp 369,83 triliun. Sisanya 1,69 juta dari non-UMKM dengan total kredit yang direstrukturisasi senilai Rp 562,54 triliun.

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan, dalam rangka restrukturisasi keuangan dan bisnis, perlu mengoptimalkan peran penting dari segenap pemangku kepentingan. Antara lain pemerintah melalui kebijakan fiskal berupa stimulus pajak dan belanja negara, serta investasi. Bank Indonesia melalui pelonggaran kebijakan moneter, penerapan prinsip kehati-hatian pada sistem keuangan makro atau makroprudensial, dan sistem pembayaran. Serta OJK melalui pengawasan mikroprudensial perbankan dan industri keuangan non bank.

"Fokus upaya pemulihan ekonomi harus dilakukan dengan mendorong sektor ekonomi produktif dan aman dari Covid-19, baik secara nasional maupun di masing-masing daerah. Percepatan melalui penyerapan anggaran, baik anggaran pusat (APBN) maupun daerah (APBD), juga akan memberikan dampak signifikan dalam mendorong permintaan agregat dan pemulihan ekonomi nasional," ungkap Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dalam upaya penanganan dampak pandemi Covid-19, pemerintah telah menggelontorkan dana yang cukup besar dalam APBN 2020, sebesar Rp 695,2 triliun. Anggaran ini dialokasikan untuk pembiayaan kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha, UMKM, pembiayaan korporasi, serta sektoral dan Pemda.

"Pembiayaan kesehatan sebesar Rp 87,6 triliun dialokasikan untuk belanja penanganan Covid-19, insentif tenaga medis, santunan kematian, bantuan iuran jaminan kesehatan nasional (JKN), Gugus Tugas Covid-19 dan insentif perpajakan di bidang kesehatan. Anggaran untuk perlindungan sosial sebesar Rp 203,9 triliun meliputi pembiayaan untuk program keluarga harapan (PKH), bantuan logistik/pangan/sembako, bantuan sosial untuk wilayah Jabodetabek dan luar Jabodetabek, insentif prakerja, subsidi biaya listrik, serta bantuan langsung tunai (BLT) dana desa," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, anggaran insentif usaha sebesar Rp 120,6 triliun dialokasikan untuk cadangan pengeluaran, pajak penghasilan (PPh) pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), pembebasan PPh 22 impor, pengurangan angsuran PPh, pengembalian pendahuluan, penurunan tarif PPh badan, serta stimulus lainnya.

Sementara untuk UMKM sebesar Rp 123,5 triliun diperuntukkan bagi subsidi bunga, penempatan dana untuk restrukturisasi, belanja imbal jasa penjaminan (IJP), penjaminan untuk modal kerja, PPh final UMKM DTP, serta pembiayaan investasi kepada koperasi melalui lembaga pengelola dana bergulir (LPDB) koperasi dan KUMKM.

"Ada pula pembiayaan korporasi sebesar Rp 53,6 triliun, dialokasikan untuk penempatan dana restrukturisasi padat karya, belanja imbal jasa penjaminan (IJP) padat karya, penjaminan untuk modal kerja padat karya, penyertaan modal negara, serta talangan untuk modal kerja," terang Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, pemerintah juga menyiapkan alokasi anggaran untuk sektoral dan Pemda sebesar Rp 106,1 triliun diperuntukkan bagi program padat karya kementerian/lembaga, insentif perumahan, pariwisata, dana insentif daerah (DID) pemulihan ekonomi, cadangan dana alokasi khusus (DAK) fisik serta fasilitas pinjaman daerah.

"Besarnya alokasi anggaran untuk penanganan dampak pandemi, di satu sisi adalah wujud kesungguhan pemerintah guna menangani pandemi dengan segala dampak yang ditimbulkan. Di sisi lain, alokasi anggaran yang besar ini juga mengamanatkan pentingnya monitoring yang cermat dalam pelaksanaannya, agar benar-benar transparan, akuntabel, optimal dan benar-benar memberi dampak nyata bagi kehidupan masyarakat. Khususnya, mereka yang terdampak pandemi," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Taman Safari Indonesia Gratiskan Tiket Masuk Bagi Pengendara Motor

Posted: 27 Nov 2020 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat membebaskan biaya masuk bagi pengendara sepeda motor beredar di media sosial. Kabar tersebut diunggah oleh akun Facebook Muhammad Iskandar Abdul Rajab.

Akun Facebook Muhammad Iskandar Abdul Rajab mengunggah gambar poster yang berisi pengumuman tiket masuk gratis ke Taman Safari Indonesia bagi pengendara sepeda motor.

Berikut narasinya:

PROMO AKHIR TAHUN

14 - 31 DESEMBER

GRATIS TIKET MASUK!

Khusus Pengendara Sepeda Motor

TAMAN SAFARI

Cisarua Bogor, Indonesia

"Taman safari bulan Desember gratis untuk pengendara motor ya," tulis akun Facebook Muhammad Iskandar Abdul Rajab.

Konten yang disebarkan akun Facebook Muhammad Iskandar Abdul Rajab telah beberapa kali direspons dan mendapat 1 komentar warganet.

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat membebaskan biaya masuk bagi pengendara sepeda motor.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "taman safari gratis untuk pengendara motor".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Taman Safari Indonesia Bantah Iklan Promo yang Viral di Medsos" yang dimuat situs wartakota.tribunnews.com pada 6 Desember 2019 lalu.

CISARUA, WARTAKOTALIVE.COM - Iklan promo akhir tahun mulai 30 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020 gratis masuk Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, bagi pengendara motor yang vital di media sosial ternyata tidak benar bahkan menyesatkan.

"Iklan promo yang viral di medsos itu hoax dan menyesatkan," kata Kepala Humas TSI Yulius Suprihardo kepada Warta Kota, Jumat (6/12).

Yuliuas mengaku bahwa pihaknya tidak mengeluarkan program gratis masuk bagi pengguna kendaraan bermotor ( roda dua ). "Bagi wisatawan tetap dikenakan biaya tiket normal usia 6 thn ke atas Rp 195 ribu weekday..

"Dan Rp 230 ribu untuk weekend. sudah termasuk menikmati 21 wahana dan 9 pertunjukan serta ke istana panda untuk melihat langsung satwa ikonik dunua dari Tiongkok," tegasnya..

Adapun postingan yang beredar bahwa pengguna motor gratis masuk ke TSI hanyalah merupakan perbuatan orang iseng dan bersifat guyonan semata.

"Adapun gambar yg diposting adalah singa. secara nalar tidak mungkin menggunakan kendaraan roda dua masuk ke area singa yang merupakan satwa buas. Bagi pengunjung pengguna kendaraan roda dua, akan difasilitasi bus safari untuk berkeliling satwa / safari journey," imbuhnya.

 

 

Kesimpulan

Kabar tentang Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat membebaskan biaya masuk bagi pengendara sepeda motor ternyata tidak benar.

Kabar serupa pernah viral pada akhir 2019 lalu. Namun pihak Taman Safari Indonesia tidak pernah memberikan tiket masuk gratis bagi pengendara sepeda motor. Konten yang disebarkan Muhammad Iskandar Abdul Rajab masuk kategori palsu.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Herman Khaeron: Vaksin Covid-19, Kunci Geliat Ekonomi

Posted: 27 Nov 2020 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggota Badan Sosialisasi MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron prihatin terhadap nasib sektor ekonomi selama masa pandemi. Menurutnya Covid-19 benar-benar membawa situasi yang serba sulit, terlebih bagi pengusaha UMKM. Kondisi tersebut semakin rumit, karena vaksin yang diharapkan bisa menjadi jalan keluar menghadapi Corona tak kunjung datang.

Herman Khaeron mengumpamakan, kalau sektor ekonomi adalah asap, maka Covid adalah apinya. Kalau Covidnya belum padam, maka sektor ekonomi akan terus terkendala.

"Kondisi saat ini berbeda dengan krisis tahun 1998. Pada tahun 98, UMKM menjadi obat bagi dunia usaha. Sementara sekarang ini, UMKM sudah langsung limbung begitu pandemi Covid-19 datang dan semakin terhuyung ketika Corona tak kunjung berhenti," kata Herman Khaeron menambahkan.

Pernyataan tersebut disampaikan politisi Partai Demokrat, itu dihadapan para wartawan Koordinator Parlemen pada acara Diskusi Empat Pilar dengan tema Optimalisasi Pasar Online bagi Pelaku UMKM. Acara tersebut berlangsung di Media Center MPR/DPR RI, Jumat (27/11/2020)

Selain Herman Khaeron Diskusi Empat Pilar, itu juga menghadirkan dua pembicara yang lain. Yaitu, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi UKM Eddy Satria dan Pelaku UMKM bidang Pariwisata Efthariena.

Herman Khaeron pesimis, upaya pemerintah membangkitkan sektor ekonomi, khususnya UMKM di masa pandemi bisa memberi hasil. Karena lesunya sektor ekonomi di masa pendemi, ini lebih banyak dipengaruhi oleh lemahnya daya beli masyarakat.

"Kalau hanya berbentuk optimalisasi pasar online, itu tidak akan banyak memberi hasil. Sebagian besar UMKM kita belum sepenuhnya melek teknologi, buktinya dunia pendidikan saja terkendala oleh sistem online. Paling-paling mereka hanya bisa mengerem dari kejatuhan yang makin dalam," kata Politisi Partai Demokrat itu lagi.

Selama Covid belum terkendali, kata Herman Khaeron dunia ekonomi akan terus berhenti di tempat. Sektor ekonomi akan menggeliat, kalau Covidnya teratasi. Sayangnya, saat ini Covid malah menyebar ke daerah-daerah.

Pernyataan serupa disampaikan Pelaku UMKM bidang Pariwisata Efthariena. Menurut Efthariena, selama Covid -19 usahanya berhenti total. Baru belakangan ini saja, usahanya sedikit menggeliat. Itu pun harus memenuhi protokol kesehatan. Sehingga jumlah wisatawan yang ikut harus dibatasi.

"Saat ini pariwisata menjadi kebutuhan tersier, bukan sekunder lagi. Penyebabnya karena kemampuan beli masyarakat yang rendah. Mestinya pemerintah tidak menghapus anggaran rapat di luar kota dan gathering, di kementerian atau lembaga negara. Supaya tugas-tugas aparat ke luar kota tetap berjalan, sehingga UMKM penyedia jasa seperti kami bisa tetap bekerja," kata Efthariena lagi.

Sebelumnya Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi UKM Eddy Satria mengatakan pihaknya terus menggenjot pemanfaatan media online bagi pengusaha UMKM. Ini dilakukan, mengingat kewajiban menjalankan protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama pandemi. Bahkan, sampai saat ini sudah ada 9 juta pengusaha UMKM memanfaatkan market place untuk menjalankan usahanya. Angka tersebut diharapkan terus bertambah hingga akhir tahun.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City Vs Burnley : Perbaiki Posisi dan Akurasi di Liga Inggris

Posted: 27 Nov 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester City tak biasanya menghuni papan bawah di klasemen Liga Inggris. Man City harus segera ubah posisi saat menjamu Burnley di pekan ke-10 Liga Inggris pada Sabtu (28/11/2020) malam nanti.

Hingga pekan ke-9, Manchester City baru menang tiga kali, imbang tiga kali dan kalah dua kali. Man City masih punya tabungan 1 laga karena baru main delapan kali.

Namun begitu, Manchester City harus bangkit dari keterpurukan. City juga butuh kemenangan agar kepercayaan diri di Liga Inggris kembali pulih.

Salah satu masalah yang dihadapi Manchester City yaitu produktivitas gol. Dalam enam laga Liga Inggris, City hanya mencetak 5 gol saja.

Ini jelas bukan Manchester City yang dulu. Man City terbiasa berpesta gol di gawang lawan.

 

Bukan Cetak Gol

Manchester City vs Burnley (Liputan6.com/Abdillah)
Manchester City vs Burnley (Liputan6.com/Abdillah)

Manajer Manchester City, Josep Guardiola mengaku tak khawatir soal jumlah gol. Dia lebih khawatir kalau timnya gagal membuka peluang.

"Paling penting seperti di laga terakhir, kami punya peluang lebih banyak dari lawan. Kamu bisa menang atau kalah, tapi kamu mendekati kemenangan saat punya peluang lebih banyak dari lawan," ujarnya seperti dikutip Manchestereveningnews.

"Di Liga Champions bisa cetak 20 tembakan itu prestasi besar. Satu hari kami akan cetak gol dan berada di posisi yang sepantasnya."

 

Bermasalah

Penyerang Burnley, Matej Vydra (tengah) berusaha mengontrol bola dari kawalan dua pemain Manchester City, Nicolas Otamendi dan Riyad Mahrez pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad di Manchester, Inggris (22/6/2020). City menang telak 5-0 atas Burnley. (Michael Regan/POOL/AFP)
Penyerang Burnley, Matej Vydra (tengah) berusaha mengontrol bola dari kawalan dua pemain Manchester City, Nicolas Otamendi dan Riyad Mahrez pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad di Manchester, Inggris (22/6/2020). City menang telak 5-0 atas Burnley. (Michael Regan/POOL/AFP)

Man City pantas untuk pede lawan Burnley. Selain punya skuat lebih mumpun, Burnley juga saat ini bermasalah dengan cedera pemain.

Lawan Man City, Burnley kehilangan empat pemain termasuk kiper utama Nick Pope, Jack Cork, Robbie Brady dan Dale Stephens.

Masalahnya, Burnley mulai pede. Mereka meraih kemenangan pertama saat melawan Crystal Palace pekan lalu.

"Kami kerap membuat peluang sangat baik, seperti lawan Palace. Kami harus mulai dapatkan poin," ujar manajer Burnley, Sean Dyche.

 

Rekor Pertemuan

 

1/10/20 LEC Burnley FC 0 - 3 Manchester City FC

23/06/20 LIP Manchester City FC 5 - 0 Burnley FC

04/12/19 LIP Burnley FC 1 - 4 Manchester City FC

28/04/19 LIP Burnley FC 0 - 1 Manchester City FC

26/01/19 FAC Manchester City FC 5 - 0 Burnley FC

Prediksi Susunan Pemain:

 

 

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Walker, Dias, Laporte, Mendy; Fernandinho, Rodri; Torres, De Bruyne, Sterling; Aguero

Burnley (4-4-2): Peacock-Farrell; Lowton, Tarkowski, Mee, Taylor; Gudmundsson, Westwood, Brownhill, McNeil; Wood, Rodriguez

Saksikan Video Manchester City di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspektorat Kutai Kartanegara Dorong Penyamaan Visi Mengatasi Kemiskinan

Posted: 27 Nov 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Hari Kamis, 26 November 2020, Plt Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk rapat di pendopo rumah dinasnya. Pertemuan itu terkait telah selesainya pemeriksaan kinerja atas efektifitas pengelolaan program penanggulangan kemiskinan di kabupaten itu.

"Agar kepala perangkat daerah yang dundang tidak mewakilkan dalam acara ini," bunyi undangan yang ditandatangani oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara, Taufik Hidayat.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memandang penting rapat ini mengingat masih banyak yang harus dievaluasi terkait program pengentasan kemiskinan.

Inspektur inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara, Heriansyah, menyebut pertemuan tersebut dilakukan Bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dengan penanggulangan kemiskinan. Sebab, ini adalah salah satu program dari pemerintah pusat yang merupakan visi dan misi Presiden Joko Widodo dalam usaha menurunkan angka kemiskinan.

"Dalam hal ini daerah terlibat dalam program itu. Perlu evaluasi bagaimana pemberantasan kemiskinan  di Kutai Kartanegara dengan audit BPK," kata Heriansyah kepada liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

Upaya BPK ini, tambahnya, adalah salah satu pembinaan kepada daerah hingga kemudian diberikan rekomendasi untuk langkah selanjutnya. Peran Inspektorat Kutai Kartanegara adalah mengawasi pelaksanaan rekomendasi tersebut.

"Ada dua fungsi inspektorat yakni consulting dan assurance quality. Untuk consulting, kami mendampingi OPD agar programnya dipertajam sehingga tepat sasaran," paparnya.

Menurut Heriansyah, masih ada perbedaan indikator dalam pengentasan kemiskinan di tiap perangkat daerah. Untuk itu, perlu kesamaan terkait indikator tersebut.

"Dinas ini beda sendiri indikatornya, dinas itu lain lagi. Ini harus disatukan agar nanti OPD ini sesuai Tupoksi kemudian menuangkan gagasannya melalui renstra (rencana strategis) sebagaimana tertuang dalam RPJMD," kata mantan atlet tinju ini.

Hasil audit BPK, sambungnya, harus benar-benar menjadi perhatian OPD dalam mengambil langkah kebijakan serta program. Sehingga program penanggulangan dan pengentasan kemiskinan bisa berjalan sesuai harapan.

Peran Inspektorat Kutai Kartanegara

Inspektur inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara, Heriansyah. (foto: istimewa)
Inspektur inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara, Heriansyah. (foto: istimewa)

Sementara itu, dalam posisi tugasnya sebagai pengawas, Inspektorat Kutai Kartanegara juga akan memberikan audit secara berkala. Hal ini sesuai tugasnya yakni assurance quality.

"Ada dalam bentuk audit , ada dalam bentuk review, evaluasi, bagaimana menjamin program berjalan sesuai yang arahan. Memberikan early warning sistem, kalau ada penyimpangan harus bagaimana," kata Heriansyah.

Untuk itu, tambahnya, Inspektorat Kutai Kartanegara harus berupaya memberikan pendampingan yang bisa meminimalisir resiko.

"Kita harus ciptakan mitigasi resiko. Kami adalah katalis yang membantu memecahkan masalah. Misalnya soal pengelolaan keuangan, bisa konsultasi," tambahnya.

Di sisi lain, kata Heriansyah, Inspektorat Kutai Kartanegara juga bertugas mengawal pengelolaan keuangan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Tugas berat itu untuk memastikan pengelolaan keuangan sesuai dan sinergis dengan RPJMD.

Nantinya, papar Heriansyah, pola pengawasan dan audit tidak lagi menunggu ada temuan. Upaya mitigasi resiko dikedepankan.

"Bukan lagi pada post audit, tapi pada on going audit. Pada on going audit, kita mengawasi dan memberikan arahan saat masih berproses. Kalau ada masalah atau keluar dari jalur Renstra, kita minta diperbaiki," tegasnya.

Belum Ada Kesamaan Indikator

Subhan, petambak di Kecamatan Muara Badak saat sedang memeriksa kondisi rumput laut di tambaknya.
Subhan, petambak di Kecamatan Muara Badak saat sedang memeriksa kondisi rumput laut di tambaknya.

Selain mengubah pola pengawasan, Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara juga berupaya menyamakan indikator pengentasan kemiskinan. Jika persamaan indikator saja tidak ada, kata Heriansyah, tentu sangat sulit berjalan bersama menyukseskan program Presiden Joko Widodo itu.

"Masih belum ada kesamaan indikator maupun variabel di tiap OPD. Kalau kita satu data, insya Allah bisa diatasi kemiskinan itu," kata Heriansyah.

Persoalan perbedaaan persepsi, penafsiran, hingga arah program menjadi persoalan mendasar pengentasan kemiskinan di Indonesa. Lalu, apa usaha Inspektorat Kutai Kartanegara mengatasi hal itu?

"Tentu dalam hal ini kita akan duduk bareng bersama OPD, menyikapi rekomendasi BPK. Sehingga nanti kemiskinan itu benar-benar kita tanggulangi dengan visi searah di tahun depan," katanya.

Program pengentasan kemiskinan merupakan program utama hampir di setiap daerah. Sebab, program itu merupakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya yakin setiap kepala daerah fokusnya mengatasi kemiskinan di daerahnya. Sebab hal itu merupakan hal mendasar yang jadi program utama kepala daerah," pungkasnya.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada Malang, 14 TPS Berpotensi Rawan Keterlambatan Logistik

Posted: 27 Nov 2020 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Resor (Polres) Malang melakukan pemetaan terhadap 14 tempat pemungutan suara (TPS) yang berpotensi rawan mengalami keterlambatan pengiriman logistik pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Malang 2020.

Kerawanan terkait keterlambatan pasokan logistik tersebut karena kondisi geografis dari 14 wilayah yang cukup jauh dari wilayah lainnya.

"Ada sekitar 14 TPS yang kami anggap rawan. Kerawanannya karena memang lebih pada kondisi geografis dan susah ditempuh," kata Kapolres Malang AKBP Hendri Umar di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, 27 November 2020 dilansir Antara

Beberapa wilayah yang dinilai rawan tersebut di antaranya berada di Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, dan Kecamatan Kasembon. Sebagai catatan, Kabupaten Malang merupakan wilayah terluas kedua di Provinsi Jawa Timur.

Ada pun logistik yang dikhawatirkan akan mengalami keterlambatan antara lain surat suara, kotak suara, alat pelindung diri (APD), dan sejumlah kelengkapan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) seperti masker, face shield, dan sarung tangan.

Hendri menambahkan, dengan adanya tantangan tersebut, pihaknya akan menyiapkan langkah penanganan khusus, agar logistik yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan pemungutan suara tidak mengalami keterlambatan.

"Kita pastikan ada penanganan khusus tempat yang dianggap rawan. Mungkin logistik dikirimkan lebih awal," katanya. 

Dengan melakukan pengiriman lebih awal diharapkan pasokan logistik ke wilayah rawan tidak mengalami keterlambatan. Diharapkan, pada 9 Desember 2020 pukul 07.00 WIB, seluruh TPS yang ada di Kabupaten Malang sudah dalam keadaan siap untuk pelaksanaan pemungutan suara.

 

Jumlah TPS 4.999

Sebagai informasi, jumlah TPS di wilayah Kabupaten Malang tercatat sebanyak 4.999 TPS. Pada setiap TPS, maksimal hanya bisa dihadiri tidak lebih dari 500 pemilih.

Pilkada Malang 2020 akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Pasangan nomor urut 1, Sanusi dan Didik Gatot Subroto (SanDi) merupakan pasangan petahana yang diusung oleh enam partai politik.

Enam partai politik tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kemudian pasangan nomor urut 2, Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono (LaDub) diusung oleh dua partai politik. Yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Selanjutnya pasangan nomor urut 3, Heri Cahyono dan Gunadi Handoko (Malang Jejeg) yang merupakan pasangan dari jalur perseorangan yang lolos dalam tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Buaya 2,5 Meter Berkeliaran di Parkiran Mal, Bikin Geger Pengunjung

Posted: 27 Nov 2020 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat baru saja digegerkan oleh sebuah peristiwa tak biasa lewat media sosial. Kejadian langka itu menghebohkan warga Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pasalnya seekor buaya berukuran sedang terlihat berkeliaran di area parkir di sekitar Palu Grand Mall pada Jumat (27/11/2020) siang kemarin.

Kejadian itu pun langsung menjadi perhatian netizen dan viral di media sosial. Diunggah oleh beberapa akun, kejadian tak biasa itu menyita perhatian dan tentunya  sontak membuat pengunjung mal heboh sekaligus panik.

Buat panik warga sekitar dan para pengunjung mal, beberapa orang sekitar serta pihak polisi, TNI, damkar datang untuk mengamankan buaya sang hewan reptil tersebut. 

"Buaya masuk di area parkiran Palu Grand Mall, Jum'at (27/11/2020) siang ini. Tanda tanda apa yaa?," tulis akun Instagram @ndorobeii dikutip pada Jum'at (27/11/2020) yang turut mengunggah ulang kejadian tersebut. 

 

 

Buaya 2,5 Meter Berkeliaran di Sekitar Mal

Sebuah video memperliahtkan buaya ebrkeliaran di area parkiran mal. (Sumber: Instagram/@ndorobeii)
Sebuah video memperliahtkan buaya ebrkeliaran di area parkiran mal. (Sumber: Instagram/@ndorobeii)

Dilansir dari akun Instagram @ndorobeii oleh Liputan6.com, Sabtu (28/11/2020) mengunggah video buaya yang diperkirakan memiliki panjang 2,9 meter berkeliaran di parkiran Palu Grand Mall, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (27/11/2020) siang.

Dalam video berdurasi singkat di akun Instagram itu tampak jelas buaya berukuran sedang tampak berkeliaran bebas di area parkiran mal. Terlihat pula beberapa petugas dan pengunjung mal yang berada di sekitar buaya dan siap siaga untuk menangkapnya.

Operasi Penangkapan

Sebuah video memperliahtkan buaya ebrkeliaran di area parkiran mal. (Sumber: Instagram/@soalpalu)
Sebuah video memperliahtkan buaya ebrkeliaran di area parkiran mal. (Sumber: Instagram/@soalpalu)

Mengutip dari akun Isnatgram @damkar_kotapali, buaya yang berkeliaran di sebuah mal tersebut merupakan buaya muara sungai Palu yang memiliki panjang 2,9 meter dan lingkar badan 88 cm. Penangkapan dan mengamankan buaya berjenis kelamin betina tersebut membutuhkan waktu 25 menit.

Buaya tersebut telah diamankan dan di serahkan ke pihak BKSDA Sulteng. Hingga saat ini penyebab buaya bisa memasuki dan mengakses pintu masuk area mal masih belum diketahui.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Bonita: Harimau Ternyata Bisa Berkomunikasi dengan Manusia

Posted: 27 Nov 2020 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harimau sumatra satu-satunya spesies harimau yang masih tersisa di Indonesia.  Saat ini satwa liar itu statusnya krisis (critical endangered). Diperkirakan populasinya di alam kurang dari 600 individu.

"Di lembaga ex-situ sendiri, Indonesia masih punya cadangan populasi (harimau sumatera) sebanyak 394 individu, baik di dalam maupun di luar negeri," ujar Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno saat peluncuran buku Bonita: Hikayat Sang Raja secara virtual, Jumat, 27 November 2020. 

Bonita merupakan nama yang disematkan kepada harimau betina yang pernah jadi sorotan pemberitaan selama berbulan-bulan. Si kucing besar meresahkan warga lantaran pernah menerkam manusia hingga timbul korban jiwa. Petugas juga berkali-kali gagal menangkapnya dari areal hutan Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Buku tersebut ditulis oleh jurnalis senior salah satu media online almarhum Haidir Anwar Tanjung. Sang penulis bahkan diberi penghargaan spesial Menteri LHK atas karyanya.

Wiratno menilai, buku tersebut menguraikan secara lugas tentang apa yang terjadi antara satwa liar dan manusia. "Bonita bisa berkomunikasi sebenarnya dengan manusia," ujar Wiratno.

Hal senada diungkapkan pengajar di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Muhammad Ali Imron menyebut Bonita merupakan dispersers atau individu yang sedang mencari teritori. "Karena dia relatif muda, maka dia mencari teritori. Sebenarnya, Bonita itu familiar dengan manusia," ujar Imron.

Harimau Bonita tidak takut dengan adanya truk, motor, maupun manusia. Dengan demikian, Bonita itu secara personalitas, akrab dengan manusia.

 

Menyerang karena Merasa Terancam

Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Muhammad Ali Imron menyebutkan bahwa harimau Bonita familiar dengan manusia (Dok. YouTube/ Data Konservasi KSDAE)
Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Muhammad Ali Imron menyebutkan bahwa harimau Bonita familiar dengan manusia (Dok. YouTube/ Data Konservasi KSDAE)

Imron menyebutkan dalam kasus penyerangan harimau Bonita terhadap manusia semata karena merasa terancam. Ia mencontohkan dua kasus terbunuhnya dua orang penduduk di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pertama, kasus almarhumah Jumiati itu karena latah dalam ceritanya. Ia seperti memukul-mukul dan hendak membalas ke Bonita.

"Itu yang kemudian membuat dia merasa terancam dan kemudian merasa ingin menyelamatkan juga. Kebetulan pada cerita Bang Haidir (dalam buku) kan membalikkan badannya, sehingga diterkam tengkuknya," jelas Imron.

Kedua, lanjut Imron, tukang batu itu juga membuat gangguan dengan cara melempar batu kepada Bonita. Hal itu yang membuat harimau itu menyerangnya.

Selain itu, Imron mengatakan harimau yang berkonflik dengan manusia terjadi akibat di wilayah yang sudah terdegradasi.

"Konflik itu terjadi di situ, jarang konflik terjadi di kawasan hutan yang masih bagus. Individu yang berkonflik itu karena mengalami kesulitan fisik. Selain itu, individunya agresif," ujar Imron.

Infografis Kebakaran Hutan

Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Zodiak yang Jago Perdayai Orang

Posted: 27 Nov 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penipu yang lihai dapat membuat Anda mempercayai mereka dan kemudian melarikan diri dengan sejumlah besar uang atau akan benar-benar menghancurkan kepercayaan Anda dalam hubungan. Mereka tertutup, menakutkan dan sangat percaya diri.

Orang seperti ini ada di mana-mana. Jika Anda ingin aman dari orang-orang seperti itu, maka akan membantu mengetahui bahwa zodiak-zodiak di bawah ini bisa menjadi tukang kibul yang amat lihai.

Artikel tentang tukang kibul, hati-hati bila mempercayai enam zodiak ini menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang jadi viral, warganet ini unggah rapor tahun 1956 milik sang nenek ketika SD.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang hadiri pernikahan dengan enam wanita hamil, aksi playboy Nigeria ini tuai kontroversi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tukang Kibul, Hati-Hati Bila Mempercayai 6 Zodiak Ini

ilustrasi zodiak mingguan/Photo by Quang Anh Ha Nguyen from Pexels
ilustrasi zodiak mingguan/Photo by Quang Anh Ha Nguyen from Pexels

 

1. Virgo

Keharusan mereka untuk mendapatkan sesuatu dari Anda akan mendorong mereka untuk bermain dengan Anda, itu juga dalam berbagai cara. Mereka terlalu terobsesi dengan tujuan mereka dan tidak akan peduli dengan siapa pun untuk mencapai tujuan akhir mereka.

Jadi, ketika mereka selesai dengan Anda, mereka bahkan tidak akan melihat ke belakang. Mereka mungkin juga memblokir Anda!

Selengkapnya...

2. Jadi Viral, Warganet Ini Unggah Rapor Tahun 1956 Milik Sang Nenek Ketika SD

foto: Tiktok @willi_wkwk
foto: Tiktok @willi_wkwk

Semasa sekolah tentu kita tak asing dengan yang namanya rapor. Rapor merupakan laporan nilai siswa dari berbagai mata pelajaran. Biasanya rapor akan dibagikan kepada orangtua atau wali siswa di akhir semester.

Saat pembagian rapor juga para guru akan melaporkan perkembangan masing-masing siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Rupanya laporan nilai siswa sekola dalam bentuk rapor ini telah digunakan sejak dulu. Belum lama ini akun TikTok @willi_wkwk membagikan potret rapor zaman dulu milik sang nenek.

Selengkapnya...

3. Hadiri Pernikahan dengan 6 Wanita Hamil, Aksi Playboy Nigeria Ini Tuai Kontroversi

doc: Instagram
doc: Instagram

Seorang playboy asal Nigeria yang menyebut dirinya Pretty Mike, baru-baru ini membuat kehebohan. Pria itu dikabarkan menghadiri pernikahan selebritas dengan enam perempuan hamil besar yang dia klaim telah dihamilinya.

Sebuah foto Instagram menunjukkan Mike dalam setelan merah muda cerah, berpose bersama enam wanita hamil dengan pakaian berwarna perak. Mereka semua dibawa oleh Mike mendatangi pernikahan aktor terkenal Nigeria, Williams Uchemba di Lagos pada Sabtu (21 November).

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menohok Susi Pudjiastuti: Kipas Kematian Lobster di Indonesia

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pemberitaan tertangkapnya Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo terkait kasus suap ekspor benih lobster atau benur, nama Susi Pudjiastuti turut jadi sorotan.

Hal ini lantaran Susi merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang menolak ekspor benih lobster. Pada masa jabatannya (kabinet kerja 2014-2019), Susi melarang penangkapan lobster, kepiting, dan rajungan dari spesies atau genus tertentu, yang dalam keadaan bertelur dan dalam ukuran tertentu.

Pelarangan itu diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1/2015. Spesies atau genus yang dilarang adalah lobster Panulirus spp., kepiting Scylla spp., dan rajungan dari Portunus pelagicus spp.

Susi kerap bersuara mengenai ekspor benih lobster ini di sosial media, seperti Twitter dan Instagram. Sekarang, pendapat-pendapat itu kembali mencuat lantaran apa yang selama ini diwanti-wanti oleh Susi terjawab sudah.

Seperti salah satu video yang diunggah Susi pada Februari 2019 lalu, "Ini kipas kematian untuk keberadaan lobster di Indonesia," ujar Susi seperti dikutip, Sabtu (28/11/2020).

"Apabila kita tidak peduli dan tidak mau menghentikan pengambilan benih-benih lobster, kita hanya akan memperkaya Vietnam dan Indonesia tidak akan pernah lagi lihat lobster-lobster di lautan kita," sambung dia.

Susi menyebutkan, dulu nelayan Trenggalek mampu menghasilkan 0,5 hingga 1 ton lobster besar yang diekspor dengan nilai Rp 1 hingga 2 juta. Ironisnya, kini benih lobster diperoleh dari nelayan mendapatkan harga yang sangat kecil dibandingkan harga ekspor.

"Sekarang harga lobster sudah Rp 4 juta lebih. Namun benihnya diambil dengan harga Rp 10 ribu, Rp 30, dan Rp 100 ribu. Tapi kita amenggali kematian keunahan dari lobster-lobster kita," kata Susi.

Terakhir, Susi berpesan agar pengambilan benih lobster segera dihentikan jika tak ingin lobster enyah dari laut Indonesia "Tolonglah, kalau bisa kita semua sadar, laut masa depan bangsa kita, dijaga dan hentikan pengambilan benih. Biarkan mereka hidup dan besar," tutur dia.

Informasi saja, mengutip laman instagram @idx_channel, berikut rincian harga benih lobster:

1. Harga benih / benih udang raksasa (lobster air tawar) di kisaran Rp 2.500

2. Harga benih lobster air tawar berkualitas di kisaran Rp6.000

3. Harga benih lobster air tawar ukuran 2 inchi up di kisaran Rp 3.500

4. Harga benih Lobster Air Tawar 2.5-3 inch up di kisaran Rp 5.000

5. Harga benih lobster pasir di kisaran Rp 4.500

6. Harga benih lobster mutiara di kisaran Rp 15.000 sampai Rp 20.000.

 

Sedangkan apabila sudah dewasa, harga lobster sangat tinggi.

1. Lobster batu: Rp 210.000 – Rp 400.000 per kg

2. Lobster Pakistan: Rp 400.000 per kg

3. Lobster pasir: Rp 390.000 per kg

4. Lobster bambu: Rp 250.000 – Rp 1.200.000 per kg

5. Lobster batik: Rp 900.000 per kg

6. Lobster mutiara: Rp 1.500.000 per kg

Edhy Prabowo dan Istri Belanjakan Uang Rp 750 Juta di Hawaii, untuk Apa Saja?

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (tengah) digiring petugas sesaat sebelum rilis penetapan tersangka kasus dugaan suap penetapan calon eksportir benih lobster di Gedung KPK Jakarta, Rabu (25/11/2020). Edhy ditahan KPK bersama empat orang lainnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (tengah) digiring petugas sesaat sebelum rilis penetapan tersangka kasus dugaan suap penetapan calon eksportir benih lobster di Gedung KPK Jakarta, Rabu (25/11/2020). Edhy ditahan KPK bersama empat orang lainnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait izin ekspor benih lobster atau benur. Berdasarkan hasil penyidikan, Edhy Prabowo dan istrinya juga ditemukan telah membelanjakan uang panas tersebut ketika berkunjung ke Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menyampaikan, Edhy Prabowo dan istri, Iis Rosita Dewi, telah menggelontorkan uang sekitar Rp 750 juta untuk membeli berbagai barang konsumsi pribadi.

"Uang itu digunakan untuk belanja barang mewah oleh EP (Edhy Prabowo) dan IRW (Iis Rosita Dewi) di Honolulu pada 21 sampai 23 November 2020, sejumlah sekitar Rp 750 juta. Uang itu dibelanjakan jam tangan rolex, tas Tumi dan LG, baju Old Navy," ungkap Nawawi dalam jumpa pers di Gedung KPK, seperti dikutip Kamis (26/11/2020).

KPK sendiri telah melakukan penyidikan kepada Edhy Prabowo dan istri sejak Mei 2020. Pada saat itu ditemukan kiriman uang sebesar USD 100 ribu, atau sekitar Rp 1,4 miliar (kurs Rp 14.144 per dolar AS) dari Direktur PT DPP Suharjito.

Uang tersebut dikirimkan melalui Safri yang juga merupakan Staf Khusus Menteri KKP, dan Amirul Mukminin selaku pihak swasta.

Selain itu, Safri dan Andreu Pribadi Misata (Staf Khusus Menteri KKP/Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas) pada Agustus 2020 juga kepergok menerima uang senilai Rp 436 juta dari Ainul Faqih, seorang staf istri Menteri KKP Edhy Prabowo.

Lalu pada 5 November 2020, diduga terdapat transfer dari rekening pemegang PT Aero Citra Kargo Amri dan Ahmad Bahtiar ke rekening salah satu bank atas nama Ainul Faqih. Jumlahnya sebesar Rp 3,4 miliar yang diperuntukan bagi keperluan Edhy Prabowo dan istri, serta Safri dan Andreu Pribadi Misata. 

Menko Luhut Ungkap Kesalahan Ekspor Benih Lobster

Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah menyelesaikan rapat perdananya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim, menggantikan posisi Edhy Prabowo yang jadi tersangka KPK akibat kasus korupsi benih lobster (benur).

Seusai rapat, Luhut mengatakan, ia akan melakukan koordinasi dengan para pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar tak ada program kebijakan yang terhenti.

"Tadi saya rapat pertama dengan semua eselon I untuk melihat jangan ada pekerjaan yang terhenti semua prosesnya," kata Luhut di Gedung Mina Bahari I, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Salah satu pembahasan dalam rapat tersebut terkait izin ekspor benih lobster atau benur. Menurut dia, sebenarnya tidak ada yang salah terkait kebijakan tersebut.

"Tadi kita evaluasi sebentar mengenai benih lobster. Jadi kalau dari aturan yang ada yang dibuat Peraturan Menteri (KKP) yang dibuat tidak ada yang salah. Semua itu dinikmati oleh rakyat mengenai program ini," ujar Luhut.

Namun, KKP disebutnya tengah mengevaluasi mekanisme dari kebijakan izin ekspor benur. Sehingga untuk sementara kegiatannya dihentikan beberapa waktu, dan buka potensi akan dilanjutkan seusai evaluasi.

"Sementara yang salah tadi adalah monopoli seperti pengangkutan soal ekspor benur, itu yang tidak boleh terjadi. Kalau sudah bagus kita lihat, baru teruskan. Karena sekali lagi itu memberikan manfaat ke nelayan di pesisir selatan, dimana di situ juga harus diperhatikan siklusnya," tuturnya. 

Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Benevento vs Juventus : Pembuktian Paulo Dybala

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Juventus akan dijamu Benevento pada lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion Ciro Vigorito nanti malam, Sabtu (28/11/2020). Laga ini menjadi kesempatan bagi Paulo Dybala untuk membuktikan diri.

Dybala hampir pasti akan menjadi starter di laga kontra Benevento. Pria Argentina itu bakal diduetkan dengan Alvaro Morata kerena Juventus mengistirahatkan megabintang Cristiano Ronaldo.

Ronaldo sama sekali tak dibawa ke Benevento. Juve tak mau Ronaldo kelelahan karena akan menghadapi jadwal super padat hingga akhir tahun 2020.

Laga melawan Benevento harus dimaksimalkan Dybala untuk membuktikan layak dipertahankan Juventus. Dybala sedang dalam sorotan karena tampil begitu buruk di musim 2020-2021.

Fans Juventus mulai banyak yang mengkritik Dybala. Akibat performa buruk, Juventus juga menggantung proses negosiasi kontrak baru eks pemain Palermo tersebut.

Tanpa Ronaldo, Dybala akan mendapat bantuan dari Dejan Kulusevski. Eks pemain Parma ini jadi idola baru fans Juventus dengan sudah membuat dua gol di Serie A musim ini.

Mengistirahatkan Ronaldo membuat Juventus seolah menganggap remeh Benevento. Hal ini bisa menjadi bumerang. Pasalnya tim asuhan Inzaghi cukup bagus musim ini dan berada di urutan 13.

 

 

Waspada

Benevento vs Juventus (Liputan6.com/Abdillah)
Benevento vs Juventus (Liputan6.com/Abdillah)

Juventus jelas perlu waspada. Mereka punya catatan buruk saat tandang melawan klub promosi. Juve gagal menang dalam tiga dari empat laga away terakhir ke markas klub promosi dengan catatan dua imbang dan sekali kalah.

Di musim ini, Juventus sudah dua kali membuang poin penuh saat melawan tim lemah. I Bianconeri ditahan Crotone dan Hellas Verona.

Kemenangan menjadi harga mati bagi Juventus untuk terus menjaga jarak dengan pemuncak klasemen Serie A AC Milan. Juve masih tertinggal empat poin.

Gianluca Lapadula bisa menjadi mimpi buruk bagi Juventus. Apalagi Juve masih belum bisa memainkan bek Giorgio Chiellini dan Merih Demiral akibat cedera. Untungnya Leonardo Bonucci sudah kembali bisa bermain.

Pertandingan Benevento vs Juventus menjadi duel dua teman dekat. Benevento dilatih Filippo Inzaghi, sedangkan Juventus diarsiteki Andrea Pirlo. Keduanya pernah main bareng cukup lama di AC Milan.

Prakiraan Susunan Pemain

Benevento: Montipo; Letizia, Glik, Caldirola, Maggio; Ionita, Schiattarella, Hetemaj; Insigne, Caprari; Lapadula

Juventus: Szczesny; Cuadrado, De Ligt, Danilo, Sandro; Bentancur, Arthur, Rabiot; Kulusevski; Morata, Dybala

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keseruan Berseluncur dalam Pameran Prestasi Ekonomi Nasional di Rusia

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Suasana pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Suasana pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana saat sejumlah orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Suasana saat sejumlah orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana saat sejumlah orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Sejumlah orang berseluncur saat pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Sejumlah orang berseluncur saat pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Sejumlah orang berseluncur saat pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Dua orang berseluncur saat pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Dua orang berseluncur saat pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Dua orang berseluncur saat pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Orang-orang berjalan di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional) yang didekorasi untuk perayaan Natal dan Tahun Baru di Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Orang-orang berjalan di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional) yang didekorasi untuk perayaan Natal dan Tahun Baru di Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Orang-orang berjalan di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional) yang didekorasi untuk perayaan Natal dan Tahun Baru di Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana saat orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Suasana saat orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana saat orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana saat orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Suasana saat orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Suasana saat orang berseluncur dalam pembukaan arena seluncur es di VDNKh (Pameran Prestasi Ekonomi Nasional), Moskow, Rusia, Jumat (27/11/2020). Area tersebut terbuat dari lapisan es buatan lebih dari 20.000 meter persegi. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulap Risma Hilangkan TPA Benowo dari Pandangan Mata Jelang Piala Dunia U-20

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya membangun sabuk hijau (green belt) di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Jawa Timur, yang berdekatan dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjelang Piala Dunia U-20 pada 2021.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pembangunan sabuk hijau yang merupakan wujud zona penyangga di TPA Benowo sudah dimulai dengan penanaman pohon sejak beberapa bulan lalu.

"Kami meminta jajaran Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Surabaya untuk menanam tanaman pelindung seperti pohon trembesi, flamboyan, palem jepang, palem perak yang rata-rata memiliki tinggi 2,5 meter. Tujuannya untuk menutupi pemandangan tumpukan sampah di TPA Benowo," katanya di Surabaya, Jumat (27/11/2020).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKRTH Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, sepanjang jalan yang baru dibangun oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan itu akan ditanami Pohon Ketapang Kencana dan beberapa pohon lainnya. Penanaman pohon itu sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu.

"Totalnya sampai saat ini sudah sekitar 300 pohon. Penanaman ini akan terus kami lanjutkan hingga tuntas," katanya dilansir Antara.

Sedangkan yang di sekitar TPA, ia memastikan bahwa pihaknya akan menanam pohon-pohon pelindung yang tingginya rata-rata 2,5 meter dengan tujuan untuk menutupi tumpukan sampah di TPA Benowo.

"Jadi, nanti pada saat acara Piala Dunia U-20, tumpukan sampah itu sudah tertutup oleh pohon-pohon ini, dan di sekitar TPA Benowo ini berubah menjadi taman yang ada bunganya warna-warni. Bahkan, nanti di sekitar TPA Benowo ini akan dibangun jogging track, sehingga warga juga bisa sepedaan di sini," kata Anna.

Oleh karena itu, kata dia, untuk merampungkan penanaman di tempat tersebut, ia memastikan setiap harinya ada tim khusus yang melakukan penanaman sekaligus merawat pohon-pohon dan tanaman yang sudah ditanam itu.

"Karena ini areanya sangat luas dan penanamannya terus berlanjut, kami tugaskan tim khusus di sini," demikian Anna Fajriatin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota dan Sekda Dikabarkan Positif Covid-19, Ini Penjelasan Pemkot Malang

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Malang - Masyarakat di Malang dalam satu hari ini menerima pesan berantai melalui jejaring percakapan sosial. Isinya, mengabarkan ada pejabat penting Pemkot Malang terkonfirmasi positif dan akan dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Malang.

Pejabat yang disebut-sebut tertular virus itu yakni Wali Kota Malang Sutiaji, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto dan lainnya. Pesan berantai itu juga menyebut peta sebaran Covid-19 di Malang kota berstatus zona hitam.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, Wali Kota dan Sekda memang sedang dalam kondisi tidak bugar. Karena itu keduanya tidak ke kantor, tapi tetap bekerja dari rumah. Namun belum dapat dikonfirmasi disebabkan Covid-19.

"Bapak wali kota memang tidak fit, sudah dilakukan rapid tes dan nonreaktif. Namun belum bisa beraktivitas maksimal karena juga ada masalah (kesehatan) di kaki," kata Nur Widianto melalui pesan tertulis di Malang, Jumat, 27 November 2020.

Menurutnya, belum ada rekomendasi swab test atau tes usap kepada Sutiaji lantaran dinilai hanya kelelahan akibat padatnya kegiatan. Wali Kota Malang itu diketahui terakhir kunjungan dinas luar ke Semarang pada Jumat 20 November silam.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bekerja dari Rumah

Setelah itu, sejak awal pekan Sutiaji sudah tak tampak kerja dinas kewalikotaan. Beberapa agenda dinas maupun undangan dari publik diwakilkan pada Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

Namun, orang nomor satu di Pemkot Malang itu diklaim hadir dalam kegiatan virtual. Misalnya pada Jumat ini, terlibat dalam tahlil kubro virtual atau kirim doa secara daring untuk Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto yang meninggal karena Covid-19.

Sementara Sekda Kota Malang, Wasto mulai bekerja dari rumah sejak dua hari terakhir ini. Juga tidak diketahui dengan pasti penyebab utama kondisinya yang tak bugar, sehingga tidak harus tak bekerja di kantor.

"Pak Sekda bekerja dari rumah sejak dua hari lalu, tadi pagi masih mengerjakan sejumlah berkas. Saya belum dapat informasi tentang beliau di rumah sakit," ujar Nur Widianto.

Di luar kebenaran pesan berantai itu, masyarakat tetap diminta patuh protokol kesehatan dan menjaga imunitas. Bila itu semua diterapkan akan sangat membantu menekan penyebaran Covid-19 di Malang.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peti Mati Maradona Dijadikan Tempat Berfoto, Pihak Keluarga Murka

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Buenos Aires - Keluarga Diego Maradona murka ketika peti mati atlet legendaris itu dijadikan tempat foto. Posisi peti Maradona juga sedang dibuka.

Ada tiga orang yang melakuan aksi foto di peti mati Maradona. Seorang bapak dan anak, serta satu pria lain.

Pelaku bekerja di jasa pemakaman. Mereka mengambil foto ketika peti mati Maradona sedang berada di istana kepresidenan Argentina. 

Foto itu viral di dunia maya. Sontak para fans langsung murka.

Keluarga Maradona juga berjanji akan mengambil tindakan terhadap "para jahanam" yang bertanggung jawab atas foto tersebut.

Klarifikasi

Pemain sepak bola Napoli Diego Maradona (tengah) mencoba menghindari tekel pemain Bordeaux Jean Tigana (kanan) disaksikan Alain Roche pada pertandingan final UEFA di Bordeaux, Prancis, 23 November 1988. Sebelum meninggal, Maradona dilaporkan menjalani operasi otak. (AFP PHOTO AFP/AFP/sjw)
Pemain sepak bola Napoli Diego Maradona (tengah) mencoba menghindari tekel pemain Bordeaux Jean Tigana (kanan) disaksikan Alain Roche pada pertandingan final UEFA di Bordeaux, Prancis, 23 November 1988. Sebelum meninggal, Maradona dilaporkan menjalani operasi otak. (AFP PHOTO AFP/AFP/sjw)

Salah satu orang yang mengambil foto adalah Claudio Fernandez. Ia berdiri di sebelah jenazah Maradona. Putranya juga ikut berfoto sambil mengacungkan jempol.

Dalam sebuah wawancara dengan Radio 10, Fernandez berkata keputusan mengambil foto itu terjadi secara tiba-tiba.

"Putra saya, seperti anak-anak lain, mengacungkan jempol dan mereka mengambil foto," ujarnya.

Fernandez sadar bahwa banyak orang tersinggung. Ia juga mendapat ancaman pembunuhan.

"Mereka bilang mereka akan membunuh kami, memecahkan kepala kami," ungkapnya.

Pegawai Outsourcing

Foto udara pemakaman legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, di pemakaman Jardin Bella Vista (Kamis (26/11/2020) waktu setempat. Diego Maradona meninggal karena serangan jantung pada usia 60 tahun. (AFP/Emiliano Lasalvia)
Foto udara pemakaman legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, di pemakaman Jardin Bella Vista (Kamis (26/11/2020) waktu setempat. Diego Maradona meninggal karena serangan jantung pada usia 60 tahun. (AFP/Emiliano Lasalvia)

Pihak jasa pemakaman, Sepelios Pinier, berkata tiga orang itu merupakan pegawai outsource yang membantu mengangkat peti mati.

Manajer Sepelios Pinier. Matias Picon, mengaku menyesalkan kejadian itu. Sebelumnya, Sepelios Pinier sudah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan pemakaman untuk keluarga Maradona.

"Keluarganya memiliki kepercayaan diri kepada kami, itulah mengapa kami begitu terdampak."

Matias Picon menyebut keluarganya sendiri ikut merasa sedih atas insiden yang terjadi.

"Ayah saya berusia 75 tahun dan ia menangis, saya menangis, saudara laki-laki saya juga, kita hancur," ujar Picon.

Diego Maradona meninggal pada 25 November 2020. Ia mengalami penyakit jantung.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Pribadi Presiden Bolsonaro dan Pasien Covid-19 di Brasil Sempat Terekspos

Posted: 27 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Data pribadi dan kesehatan milik pasien Covid-19 di Brasil sempat terekspos secara online.

Peristiwa ini terjadi karena seorang karyawan rumah sakit telah mengunggah spreadsheet dengan nama pengguna, kata sandi, dan kunci akses terhadap sistem pemerintah Brasil ke GitHub pada bulan ini.

Mengutip ZDNet, Sabtu (28/11/2020), kebocoran ini terungkap setelah seorang pengguna GitHub melihat spreadsheet berikut kredensialnya pada akun GitHub pribadi seorang karyawan Rumah Sakit Albert Einstein di kota Sao Paolo.

Lantas dia memberi tahu surat kabar Brasil Estadao, yang kemudian menganalisis data pasien Covid-19 itu dan menyampaikan pemberitahuan kepada rumah sakit dan Kementerian Kesehatan Brasil.

Menurut Estadao, data itu juga termasuk tokoh terkenal seperti Presiden Jair Bolsonaro, keluarga presiden, tujuh menteri pemerintah, dan gubernur tujuh belas negara bagian.

Di antara sistem pemerintah yang kredensialnya terekspos adalah database E-SUS-VE dan Sivep-Gripe.

E-SUS-VE dan Sivep-Gripe

E-SUS-VE digunakan untuk merekam pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Sementara Sivep-Gripe digunakan untuk melacak kasus rawat inap.

Kedua database tersebut berisi detail sensitif seperti nama pasien, alamat, informasi identifikasi, dan catatan perawatan kesehatan seperti riwayat medis dan pengobatan.

Belakangan spreadsheet itu akhirnya dihapus dari GitHub dan pejabat pemerintah setempat mengubah kata sandi dan mencabut kunci akses untuk mengamankan kembali sistem mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: