Senin, 16 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Live Streaming SCTV Star Blitz Episode Selasa, 17 November 2020

Posted: 16 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta SCTV menayangkan episode ke-2 Star Blitz Selasa (17/11/2020) mulai pukul 12.45 WIB.

Star Blitz adalah variety show terbaru di SCTV yang hadir setiap Senin-Jumat siang.

Anda bisa menyaksikan penayangan Star Blitz via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Rawat dengan Tepat

Posted: 16 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara memanjangkan rambut bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Memiliki rambut panjang dan sehat menjadi dambaan banyak orang. Cara memanjangkan rambut bisa membantumu menumbuhkan rambut dengan cepat.

Meskipun genetika berperan dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat, beberapa faktor lain juga ikut berperan. Cara memanjangkan rambut dengan cepat juga bisa dilakukan secara alami. Cara memanjangkan rambut bisa dilakukan dengan pemenuhan nutrisi dan perawatan rutin. 

Ada banyak cara memanjangkan rambut dengan cepat. Kamu bisa melakukan cara memanjangkan rambut ini secara rutin untuk hasil yang memuaskan. Berikut cara memanjangkan rambut dengan cepat yang berhasil Liputan6.com rangkum, Selasa(17/11/2020).

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ilustrasi rambut panjang Credit: unsplash.com/Averie
Ilustrasi rambut panjang Credit: unsplash.com/Averie

Lakukan pemotongan rutin

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi jika kamu menginginkan rambut panjang yang sebenarnya sehat, kamu perlu melakukan trimming atau pemotongan secara teratur.

Memotong sedikit ujung rambut akan menghilangkan ujung bercabang penyebab kerusakan. Menghilangkan kerusakan memberi kesan bahwa rambut tumbuh lebih cepat.

Manfaatkan minyak esensial

Minyak esensial seperti jojoba, minyak jarak, minyak kemiri, atau minyak biji labu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Mulai dari kulit kepala, gunakan sisir sikat untuk mendistribusikan minyak secara merata ke rambut sehingga tetap lembap secara alami.

Memijat rambut dengan lembut dengan minyak suam-suam kuku seperti Jojoba, Coconut, Olive, Argan, tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala tetapi juga menutrisi, merevitalisasi, dan menenangkan kulit kepala sambil juga memperkuat folikel rambut dan menciptakan yang kuat, dan panjang.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ilustrasi Rambut Panjang | unsplash.com/@arnelhasanovic
Ilustrasi Rambut Panjang | unsplash.com/@arnelhasanovic

Lakukan pijatan untuk kulit kepala

Pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Pijat kepala juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Ini juga memobilisasi minyak dari kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut.

Pijat kulit kepala dengan stimulan seperti minyak kelapa sangat meningkatkan kemungkinan rambut tumbuh panjang dan kuat. Minyak kelapa mengandung vitamin dan nutrisi esensial dan merupakan kondisioner rambut alami.

Hindari terlalu sering keramas

Menggunakan sampo untuk mencuci rambut setiap hari menyebabkan rambut kering dan kehilangan sebagian besar minyak esensial alaminya. Minyak ini bergerak dari kulit kepala ke sepanjang helai rambut, membantu menjaga kelembapan rambut, dan penting untuk rambut panjang. Keramas setiap hari hanya akan meningkatkan risiko rambut rontok dan rusak.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ilustrasi Rambut Sehat Credit: unsplash.com/Valeria
Ilustrasi Rambut Sehat Credit: unsplash.com/Valeria

Hindari catokan dan alat penataan panas

Berhentilah menata rambut secara berlebihan. Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, kamu perlu membatasi seberapa sering menggunakan alat ini.

Menurunkan suhu alat penataan rambut yang dipanaskan juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut.

Makan makanan yang tepat

Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya bergantung pada produk yang dipakai untuk rambut. Ini juga tergantung pada apa yang dikonsumsi. Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Makanan yang perlu dikonsumsi untuk cara memanjangkan rambut adalah makanan dengan biotin, vitamin A, C, D, dan E, seng, zat besi, serta omega-3 dan 6. Makanan-makanan ini dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ilustrasi rambut panjangCredit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi rambut panjangCredit: pexels.com/pixabay

Gunakan kondisioner

Cara memanjangkan rambut selanjutnya adalah rutin menggunakan kondisioner. Gunakan kondisioner secukupnya ke rambut setelah setiap keramas. Kondisioner menggantikan lipid dan protein di dalam batang rambut, dan juga menyegel kutikula untuk membantu rambut tumbuh lebih panjang.

Perawatan deep conditioning dan rekonstruksi membantu melembabkan helai rambut, memperbaiki rambut rusak dengan menghilangkan keriting dan kusam. Kondisioner membantu menciptakan rambut yang sehat sekaligus menambah panjang, kemudahan pengaturan, volume, dan kilau rambut.

Minum cukup air

Minum air putih baik untuk seluruh tubuh. Ini mengeluarkan racun dan membantu tubuh berfungsi dengan baik. Pertumbuhan rambut bergantung pada bagian tubuh lainnya untuk menjaganya tetap terhidrasi. Jadi, penting untuk memastikan selalu terhidrasi.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ilustrasi Warna Rambut Dark Brown Credit: unsplash.com/Omurden
Ilustrasi Warna Rambut Dark Brown Credit: unsplash.com/Omurden

Bilas rambut dengan air dingin

Mandi air yang sangat beruap tidak hanya buruk untuk kulit, tetapi juga membuat rambut kasar. Turunkan suhu air saat membilas rambut. Bilas dengan air dingin untuk membantu menutup kutikula dan memperkuat rambut sebelum menatanya.

Hindari membungkus rambut yang basah

Hindari membungkus rambut dengan handuk atau mengikatnya saat masih dalam keadaan basah. Rambut yang basah akan sangat rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu, disarankan untuk menepuk rambut dengan handuk hingga kering. Ini akan mencegah kerusakan rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat

Ilustrasi Warna Rambut Honey Brown Credit: unsplash.com/Kalisa
Ilustrasi Warna Rambut Honey Brown Credit: unsplash.com/Kalisa

Konsumsi cukup protein

Protein membantu rambut tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Yang terbaik adalah mendapatkan protein dari makanan. Kamu bisa mendapatkan protein dari sayuran, kacang-kacangan, yogurt, dan makanan lainnya.

Gunakan cuka sari apel

Membilas rambut dengan cuka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya tampak berkilau, sehat, dan indah. Campuran yang mengandung dua sendok makan cuka dan satu liter air dapat bertindak sebagai kondisioner alami saat digunakan untuk membilas rambut dan membantu menciptakan rambut panjang yang sehat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7.904 Desa dan Kelurahan Ditargetkan Terhubung ke 4G pada 2022

Posted: 16 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan ribuan fasilitas layanan kesehatan akan terselimuti jaringan 4G pada akhir 2020. Hal itu diungkapkan oleh Menkominfo Johnny G. Plate saat berdiskusi dengan perwakilan operator seluler, Selasa (17/11/2020).

"[Tahun] 2020 ini seluruh fasilitas layanan kesehatan akan terhubung dengan layanan sinyal 4G. Q4 2020 BAKTI Kominfo akan membangun 3.126 fasilitas layanan kesehatan dengan 4G," ujar Johnny.

Selain itu, operator seluler juga menyatakan komitmennya untuk menghadirkan jaringan 4G di desa dan kelurahan non 3T. Dengan demikian, operator seluler dan Kemkominfo diharapkan dapat menghadirkan 4G di lebih banyak wilayah pada tahun 2022 mendatang.

Pada praktiknya, nanti diharapkan akan ada pembangunan jaringan 4G untuk 4.200 desa dan kelurahan pada tahun 2021 dan 3.704 desa dan kelurahan pada tahun 2022--total 7.904. Adapun operator seluler, mereka berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan 3.435 desa dan kelurahan.

Rencananya, operator seluler juga akan melakukan peningkatan infrastruktur jaringan 3G yang sudah ada menjadi jaringan 4G untuk memperluas ketersediaan jaringan 4G secara lebih luas.

Kemkominfo Beri Akses Internet ke Puskesmas se-Indonesia untuk Bantu Atasi Covid-19

Diwartakan sebelumnya, pada awal bulan ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengakselerasi akses internet ke ribuan Puskesmas di seluruh Indonesia guna menangani Covid-19.

Diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika/ Menkominfo Johnny G. Plate, Kemkominfo menyediakan akses internet langsung dari satelit.

"Untuk menyediakan akses internet dalam waktu cepat, yaitu untuk pelayanan kesehatan, Kemkominfo mengintervensi dengan menyediakan akses internet langsung dari satelit ke 3.126 puskesmas dan fasyankes di seluruh Indonesia," kata Johnny G. Plate dalam acara live streaming Bincang Editor: Mampukah Internet RI Bantu Percepat Penanganan Covid-19 yang digelar Liputan6.com, Rabu (4/11/2020).

Sejauh ini, dari 3.126 puskesmas, Kemkominfo melalui BLU BAKTI telah menyediakan akses di 226 titik.

Menurutnya, pada kuartal ke-4 2020, Kemkominfo akan menyediakan akses internet ke 2.192 puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Hal ini dilakukan melalui kerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan BLU BAKTI.

Sementara, akses internet untuk 708 puskesmas dan fasyankes, ditargetkan Jonny akan selesai pada kuartal I 2021.

Beda BTS dengan Akses Internet

"Sehingga nanti pada 2021, ada 3.126 puskesmas dan fasyankes yang siap melakukan seluruh kegiatan pemberantasan Covid-19, melengkapi 10.134 puskesmas di Indonesia yang sudah tersedia internet," kata dia.

Johnny menegaskan, akses internet berbeda dengan BTS. Menurutnya, BTS disediakan untuk satu wilayah secara keseluruhan. Sementara akses internet merupakan akses untuk satu titik tertentu, dalam hal ini adalah puskesmas, fasyankes, atau pun sekolah.

Masih dalam rangka menangani Covid-19, di sektor pendidikan, pemerintah menyediakan subsidi gratis paket data internet yang diberikan oleh Kemdikbud untuk sekolah umum dan Kemenag untuk pesantren. Total, subsidi ini menjangkau 60 juta siswa dan pengajar di seluruh Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Targetkan 10.000 Desa Berkembang di 2024

Posted: 16 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberikan ceramah secara virtual kepada peserta Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) 11 Tahun 2020 yang diselenggarakan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Senin (16/11/2020).

Dalam ceramahnya, pria yang akrab disapa Gus Menteri ini menjelaskan tentang pemanfaatan dan penggunaan dana desa, serta arah pembangunan desa 2020-2024.

"Tentu, semua ini merujuk pada visi-misi dan arahan Presiden Joko Widodo. Minimal ada tiga hal yang menjadi fokus. Yaitu pengembangan SDM, pembangunan infrastruktur dan transformasi ekonomi," ujar Gus Menteri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Gus Menteri, tiga hal tersebut menjadi rujukan utama bagi pembangunan di desa. Namun, untuk di desa akan lebih difokuskan pada pengembangan SDM dan transformasi ekonomi.

Sedangkan untuk target capaian, Kemendes PDTT akan fokus untuk mengentaskan 5.000 desa berkembang menjadi desa mandiri dan 10.000 desa tertinggal menjadi desa berkembang.

"Jadi target capaian kita nanti adalah 5.000 desa berkembang menjadi mandiri dan 10.000 desa tertinggal menjadi berkembang," terangnya.

Terkait dengan adanya pertanyaan, apakah ada kemungkinan dari desa yang statusnya tertinggal langsung loncat menjadi desa mandiri, Gus Menteri dengan tegas menjawab hal itu sangat mungkin terjadi.

"Sangat mungkin, tetapi tentu hanya daerah-daerah khusus atau spesifik yang akan bisa menuju ke sana. Tetapi dimungkinkan adanya desa dari posisi tertinggal tidak berkembang dulu, langsung ke mandiri," jelasnya.

 

Daerah Tertinggal

Penduduk desa berjalan melalui daerah banjir di desa Radda di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (14/7/2020). Akibat musibah banjir bandang ini setidaknya sekitar 15 orang tewas dan belasan lainnya dinyatakan hilang. (AP Photo)
Penduduk desa berjalan melalui daerah banjir di desa Radda di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (14/7/2020). Akibat musibah banjir bandang ini setidaknya sekitar 15 orang tewas dan belasan lainnya dinyatakan hilang. (AP Photo)

Sedangkan untuk daerah tertinggal sendiri, 2020-2024 Kemendes PDTT menargetkan 25 daerah tertinggal dari total 62 daerah yang sampai saat ini statusnya masih tertinggal.

"Kemudian sasaran pembangunan daerah tertinggal yang menjadi target kita 2020-2024 yaitu mengentaskan 25 daerah tertinggal dari total 62 daerah tertinggal. Jadi yang kita targetkan adalah 25 dari 62 daerah tertinggal," ucap Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Untuk diketahui, P3DA 11 diikuti sebanyak 26 peserta yang terdiri dari 9 orang bupati, 3 orang Wakil Bupati, 4 orang Walikota, 1 orang Wakil Walikota, 7 Ketua DPRD, 1 Wakil Ketua DPRD, dan 1 orang Sekretaris Daerah Kabupaten.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4.462 Warga Wonosobo Terancam Kehilangan Hak Pilih di Pilkada 2020

Posted: 16 Nov 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 4.462 pemilih di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terancam kehilangan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 karena belum melakukan rekam KTP elektronik.

"Regulasi kita hanya sampai hari ini, jika tidak melakukan rekam KTP elektronik sampai hari ini, maka tidak dapat menggunakan hak suaranya, jadi terancam hak pilihnya hilang," kata Ketua KPU Kabupaten Wonosobo Asma Khozin di Wonosobo, Senin (16/11/2020).

Ia menyampaikan hal tersebut pada rapat desk pilkada di Ruang Mangoenkoesoemo Setda Kabupaten Wonosobo.

Asma menuturkan mereka yang belum melakukan rekam KTP elektronik tersebut sebagian besar adalah lansia. KPU sudah mengirimkan undangan dan surat kepada pemilih yang belum rekam KTP elektronik. Namun mereka menolak dengan berbagai alasan dan mereka minta pelayanan jemput bola ke desa atau rumah.

"Kami sudah bersurat kepada semua pemilih ini satu per satu dan sudah didatangi oleh teman PPS, namun mereka keberatan dengan berbagai alasan, tenaga biaya dan sebagainya dan mereka meminta pelayanan jemput bola ke kantor desa atau rumah," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia angka tersebut termasuk tinggi di Jawa Tengah, yaitu penyumbang tertinggi di Jateng 5,2 persen untuk yang belum rekam KTP elektronik.

Ia menyampaikan pelaksanaan tahapan pilkada telah disiapkan dengan ketat sesuai protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Pemilih di TPS menurutnya sudah dilakukan tata cara yang cukup lengkap, yakni pengecekan suhu badan dengan thermo gun, sarung tangan, cuci tangan atau hand sanitizer, dan tinta tetes.

Kemudian pengamanan untuk petugas KPPS cukup lengkap dengan mengenakan masker, face shield, sarung tangan, hazmat 1 set.

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo meminta semua pihak terkait agar memberikan dukungan secara aktif demi suksesnya penyelenggaraan tahapan pilkada.

"Bagi Forkopimda, instansi vertikal dan stakeholders terkait lainnya, saya harapkan dapat mendukung secara aktif, demi kesuksesan penyelenggaraan tahapan Pilkada 2020 di Wonosobo, agar terlaksana secara damai, aman dan demokratis, dengan mengedepankan prinsip-prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta memberikan jaminan bagi masyarakat untuk memilih sesuai pilihannya, dan tentunya bebas dari segala bentuk intimidasi, kekerasan, black campaign dan berita hoaks," tutur-nya.

Wabup berpesan kepada KPU dan Bawaslu beserta jajaran-nya, diminta agar mengoptimalkan segala daya dan upaya, untuk menyukseskan penyelenggaraan setiap tahapan pemilu, sesuai dengan kewenangan dan tupoksi masing-masing, dengan tetap menjaga independensi dan profesionalitas.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penegakan Hukum

Ia juga meminta jajaran Kejaksaan Negeri Wonosobo agar melakukan penegakan hukum dalam penyelenggaraan Pilkada 2020, sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

"Karena sebagaimana kita ketahui, pilkada saat ini memiliki kompleksitas yang tinggi, seiring dengan meningkatnya pengetahuan, perhatian dan partisipasi masyarakat, terhadap penyelenggaraan Pemilu," kata Agus.

Wabup Wonosobo mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih, mari gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya walaupun di tengah masa pandemik. Suara Anda menentukan nasib Kabupaten Wonosobo yang kita cintai ini," tuturnya.

Ia juga mengingatkan ASN agar tetap netral dalam Pilkada 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Rey Utami Setelah Bebas dari Penjara, Ingin Lebih Fokus Urus Anak

Posted: 16 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terpidana kasus ikan asin, Rey Utami memang diketahui telah menghirup udara bebas pada Minggu. 8 November 2020 lalu. Meski telah bebas satu minggu lalu, akan tetapi wanita kelahiran 24 maret 1987 ini tak langsung tampil di hadapan publik.

Bahkan, melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Rey Utami menyebut jika dirinya ingin menenangkan diri dan melepas rindu dengan sang anak tercinta. Namun, baru-baru ini Rey Utami memutuskan untuk kembali tampil di hadapan publik bahkan terlihat menghadiri beberapa acara talkshow di salah satu televisi swasta. 

Penampilan perdana Rey Utami setelah bebas dari penjara ini pun langsung menarik perhatian publik. Tampil dengan berhijab, tak sedikit netizen yang beranggapan jika wanita 33 tahun tersebut terlihat lebih tenang. Rey Utami bahkan telah kembali aktif di media sosial. Ia juga mengunggah beberapa momen aktivitasnya pada akun Instagram pribadinya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret terbaru Rey Utami setelah bebas dari penjara, Selasa (17/11/2020).

1. Sempat vakum dari media sosial, Rey Utami telah kembali aktif mengunggah kegiatan di akun Instagram pribadinya.

Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)
Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)

2. Ia juga terlihat mengunggah momen saat hadir di acara talkshow bersama dengan Melaney Ricardo dan Inul Daratista.

Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)
Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)

3. Potret Rey Utami yang kembali terlihat di layar kaca pun berhasil mencuri perhatian publik.

Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)
Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)

4. Bahkan, penampilan dengan hijab disebut netizen terlihat lebih tenang.

Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)
Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)

5. Istri dari Pablo Benua ini juga berencana aktif kembali mengunggah konten di YouTube namun dengan tema lebih Islami.

Rey Utami (Sumber: Instagram/cuapcuap_mop)
Rey Utami (Sumber: Instagram/cuapcuap_mop)

6. Cukup lama berpisah dengan sang buah hati tercinta, kini Rey Utami memlih untuk fokus dengan sang anak usai bebas dari penjar.

Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)
Rey Utami (Sumber: Instagram/reyutami)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Sembuh Bisa Terinfeksi Ulang COVID-19, Bagaimana Imunitas Terhadap Virus?

Posted: 16 Nov 2020 09:10 PM PST

Washington D.C - Apakah orang yang pernah terinfeksi COVID-19 bisa kembali tertular?

Laporan DW Indonesia yang dikutip Selasa (17/11/2020) menyebutkan, orang yang sembuh dari infeksi COVID-19 terbukti bisa terinfeksi ulang. Kasus resmi infeksi ulang Virus Corona jenis baru ada lima orang. Namun hal ini juga memicu pertanyaan baru, bagaimana fungsi imunitas terhadap SARS-CoV-2?

Kasus teranyar terinfeksi COVID-19 untuk kedua kalinya beberapa bulan setelah sembuh, dilaporkan terjadi pada seorang lelaki berusia 25 tahun dari Washoe County, Nevada, Amerika Serikat (AS). Dalam rentang waktu 48 hari, dia dua kali dinyatakan positif dua jenis infeksi SARS-CoV-2 berbeda strain.

Sebelumnya bulan April 2020 untuk pertama kali dinyatakan positif COVID-19.

Infeksi COVID-19 kedua kalinya dilaporkan terjadi bulan Juni 2020 dan memicu gejala lebih cepat dan lebih gawat dari infeksi pertama. Pasien dilaporkan mengalami demam tinggi, nyeri kepala, batuk, pusing, mual-mual dan diare. Setelahnya, ia segera dilarikan ke rumah sakit.

Dalam rentang waktu 48 hari di antara dua infeksi COVID-19, pasien dua kali menjalani tes dan hasilnya dinyatakan negatif. Ia kini kembali dinyatakan sembuh dan sudah pulang dari rumah sakit.

Hasil riset yang dirilis dalam jurnal ilmiah "The Lancet - Infectious Diseases" itu menjadi kasus re-infeksi COVID-19 kelima sedunia yang terdokumentasikan dengan resmi. Empat kasus infeksi ulang lainnya terjadi di Belgia, Belanda, Hongkong dan Ekuador.

Pertanyaan Menyangkut Imunitas

Walaupun kasus global re-infeksi SARS-Cov-2 resminya hanya lima, namun para peneliti memperkirakan ada kasus serupa yang tanpa gejala. Para peneliti mengakui, masih banyak yang belum diketahui terkait infeksi virus SARS-Cov-2, juga bagaimana reaksi sistem kekebalan tubuh.

"Namun hasil riset kami menunjukkan indikasi, mereka yang sudah terinfeksi COVID-19, tidak berati mutlak terlindungi dari infeksi berikutnya di masa mendatang,'' ujar Mark Pandori, dari Nevada State Public Health Laboratory di Nevada University, yang merupakan penulis utama riset itu. 

"Penting untuk diperhatikan, bahwa ini temuan individual dan bukan fenomena yang bisa ditarik secara general. Masih diperlukan riset berikutnya untuk tema ini", tegas Pandori lebih lanjut. Akan tetapi, adanya kemungkinan infeksi ulang COVID-19 pada beberapa pasien, memiliki dampak besar pada pemahaman imunitas. Khususnya pada saat belum adanya vaksin yang ampuh dan efektif. 

 

 

 

Terinfeksi Dua Strain Berbeda

Ilustrasi virus Corona | unsplash.com/@adamsky1973
Ilustrasi virus Corona | unsplash.com/@adamsky1973

Genom dari sampel virus pasien di Nevada dianalisis, sekuensnya dari sampel kasus April dan kasus Juni menunjukkan perbedaan genetis yang signifikan. "Ini menunjukan dengan tegas, pasien terinfeksi dua kali oleh dua strain virus SARS-CoV-2 yang berbeda", demikian kesimpulan para peneliti.

Dalam empat kasus lainnya, hanya pasien di Ekuador yang menunjukkan gejala COVID-19 berat pada infeksi pertama. ''Kami memerlukan lebih banyak riset, untuk memahami berapa lama imunitas orang yang terpapar SARS-CoV-2 bertahan? Dan mengapa pada infeksi kedua lainya, walau kasusnya jarang, namun gejalanya jauh lebih parah,'' ujar periset utama Pandori.

Sejauh ini memang hanya ada segelintir kasus resmi terinfeksi ulang COVID-19. ''Tapi itu bukan berarti kasusnya tidak banyak, karena juga banyak kasus infeksi Virus Corona yang tanpa gejala. Saat ini, kami hanya bisa berspekulasi mengenai penyebab infeksi ulang,'' ujar periset dari Nevada University itu.

 

Beragam Hipotesa

Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Menimbang gejala berat kasus infeksi ulang, para peneliti menarik beberapa hipotesa. Pasien kemungkinan terinfeksi beban virus sangat tinggi, hingga pada kasus infeksi kedua memicu reaksi imunitas tubuh jauh lebih kuat. Atau infeksi kedua muncul akibat strain virus yang lebih ganas.

Hipotesa berikutnya apa yang disebut Antibody-Dependent-Enhancement (ADE), dimana virus justru memanfaatkan sistem kekebalan tubuh, untuk menginfeksi organismenya dengan lebih masif dan kuat. Hal ini diamati dalam kasus infeksi oleh Beta-Coronavirus SARS-CoV.

Mekanismenya, antibodi yang diperkuat oleh infeksi mengikat permukaan virus, tapi tidak memeranginya. Sebaliknya membantu agar virus diterima lebih baik oleh sel tubuh. Dengan begitu perkembangbiakan virus justru didorong.

Kemungkinan lain walaupun kecil, juga menjadi pertimbangan para peneliti di AS itu. Yakni infeksi yang berlangsung kontinu, yang memicu aktivasi dan deaktivasi virusnya. Hal ini bisa terjadi jika virus SARS-CoV-2 pemicu COVID-19 mengalami mutasi, dengan laju tertentu yang tidak secepat mutasi virus influenza.

Juga ada kemungkinan penjelasan, pasien terinfeksi kedua strain virus secara bersamaan. Dalam tes bulan April, strain kedua tidak terlacak karena strain pertama sangat aktif. Sementara pada bulan Juni, strain kedua makin menguat dan strain April sudah sangat lemah. 

Para peneliti mengakui, mereka belum memiliki kemampuan untuk melakukan analisis dan penilaian reaksi imunitas tubuh maunpun keampuhannya terhadap kasus infeksi pertama. Sementara untuk kasus infeksi kedua, mereka sudah bisa menilai sepenuhnya jawaban sistem imunitas tubuh.

Sementara itu pakar imunologi Akiko Iwasaki dari Yale University, AS yang tidak terlibat penelitian itu menulis komentar: "Semakin banyak kasus infeksi ulang diketahui, akan semakin bagus karena kemiripan ilmiahnya bisa diketahui, seperti bagaimana perlindungan tubuh berfungsi dan sesering apa infeksi alamiah dengan SARS-CoV-2 memengaruhi derajat imunitas."

Informasi ini menjadi kunci untuk memahami, vaksin mana yang memiliki keampuhan untuk menciptakan imunitas personal maupun kekebalan kelompok yang disebut "herd immunity".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma Keluarkan Surat Edaran Siaga Bencana, Kelurahan Wajib Sediakan Tempat Evakuasi

Posted: 16 Nov 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya bersiap antisipasi bencana alam terutama karena perubahan cuaca sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Oleh karena itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengeluarkan surat edaran kesiapsiagaan menghadapi bencana dengan nomor: 360/10127/435.8.4/2020. Surat edaran itu ditujukan kepada camat, lurah, Ketua RT/RW se-Surabaya yang diteken pada Senin, 16 November 2020.

Surat edaran itu berisi antara lain meminta seluruh warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam hadapi perubahan cuaca sesuai informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dapat menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi air laut.

Selain itu, warga Surabaya juga diminta siap siaga untuk keadaan darurat lainnya seperti kebakaran, banjir, angin puting beliung, dan lain sebagainya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tiga Poin Penting Surat Edaran Wali Kota Risma

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma)  mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Berkaitan hal itu warga diminta untuk memperhatikan dan melaksanakan langkah-langkah berikut ini antara lain:

1.Kecamatan/Kelurahan

-Masing-masing kecamatan dan kelurahan agar menyediakan tempat aman sementara yang akan digunakan untuk lokasi evakuasi apabila terjadi bencana dan selanjutnya, mensosialisasikan tempat aman sementara itu kepada seluruh warga.

- Mengaktifkan peran forum Kelurahan Siaga Bencana

2.Rukun Warga/Rukun Tetangga

-Melakukan pendataan bagi kelompok rentan bencana (lansia, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan balita) yang ada di wilayah masing-masing

-Memastikan tiap kelompok rentan dimaksud memiliki pendamping, terutama pada saat terjadi bencana dan keadaan darurat lainnya

-Memasang rambu/tanda pada tiap rumah yang dihuni oleh kelompok rentan bencana untuk mempermudah proses evakuasi

3.Pendamping/keluarga utama

-Ketika terjadi  bencana/keadaan darurat agar tidak meninggalkan/melepaskan pengawasan pada warga/keluarganya yang termasuk pada kelompok rentan bencana dan melakukan proses evakuasi ke tempat aman sementara yang sudah ditentukan kecamatan/kelurahan.

-Apabila ada warga yang di rumahnya terdapat kelompok rentan bencana, ketika akan meninggalkan rumah dalam waktu lama, harap melapor ke tetangga dan ketua RT.

-Menyiapkan dokumen-dokumen penting penting agar dapat segera diamankan apabila terjadi bencana dan keadaan darurat lainnya

-Menghubungi command center 112 (call center 24 jam) bebas pulsa untuk layanan keadaan darurat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratu Elizabeth II Langgar Protokol Kerajaan Saat Melahirkan Pangeran Charles

Posted: 16 Nov 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Charles merayakan ulang tahunnya yang ke-72 pada 14 November lalu. Ternyata, kelahiran ayah dua anak ini pada tujuh dekade silam, menyimpan sebuah kisah pelanggaran protokol kerajaan.

Dilansir dari laman People, Selasa (17/11/2020), kelahiran Pangeran Charles pada 1948 melanggar protokol kerajaan secara besar-besaran. Aturan sebelumnya mewajibkan kelahiran anggota keluarga kerajaan disaksikan oleh seorang politisi senior, tetapi hal itu tak berlaku pada kelahiran Charles.

Ia telah mematuhi peraturan tersebut terhadap anak-anaknya sendiri. Seperti pada kelahiran putri bungsu Raja George VI, Putri Margaret, sekretaris rumah dikirim ke Skotlandia untuk menjadi saksi. Namun, harus menunggu agak lama karena kelahiran terlambat dua minggu.

Dalam kelahiran anak sulung Ratu Elizabeth II itu diputuskan segalanya akan berubah. Pelanggaran protokol terjadi atas desakan ayah Putri Elizabeth, Raja George VI yang menganggap bahwa segala sesuatunya harus dimodernisasi untuk cucunya yang pertama, yakni Pangeran Charles.

Ratu Elizabeth II melahirkan Pangeran Charles lewat operasi caesar di Istana Buckingham. Kelahirannya diumumkan pada berita larut malam di BBC ketika orang banyak berkumpul di luar istana.

Sambut Kehadiran Pangeran Charles

Ratu Elizabeth II mengunggah potret masa kecil Pangeran Charles di ulang tahun ke-72 sang putra. (Screenshot Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CHkL5NynPlB/)
Ratu Elizabeth II mengunggah potret masa kecil Pangeran Charles di ulang tahun ke-72 sang putra. (Screenshot Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CHkL5NynPlB/)

Orang-orang mencoba melihat sekilas buletin resmi yang telah dipanjang dan telah menjadi sebuah tradisi yang masih terjaga hingga kini. Pangeran Philip dilaporkan tengah bermain squash dengan sekretaris pribadinya pada saat itu.

Ia lantas berlari ke ruang persalinan setelah mendapat kabar soal kelahiran putranya. Pangeran Chales jadi pewaris saat masih kecil, ketika ibunya naik takhta pada 6 Februari 1952.

Charles, yang kala itu berusia 4 tahun, menjadi anak pertama yang menyaksikan penobatan kerajaan, bahkan menerima undangan mewah yang ramah anak sendiri. Sejak itu, ia membuat sejarah sebagai pewaris takhta tertua dan terlama yang pernah ada.

Sementara, tahun lalu, Pangeran Charles merayakan ulang tahunnya bersama anak-anak sekolah di Mumbai, India. Anak-anak tersebut membuatkan Charles kua cokelat dan bernyanyi bersama ketika ia menikmati tur dua hari di negara tersebut.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Terowongan Unik, Pemotor yang Lewat Harus Kayang atau Membungkuk

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berkendara menggunakan sepeda motor adalah bagian dari keseharian banyak penduduk Indonesia. Sebagian besar jalan di negeri ini, baik di perkotaan maupun di pedesaan setiap harinya dilintasi oleh pemotor yang tidak terhitung jumlahnya.

Moda transportasi ini paling banyak digunakan oleh masyarakat karena dianggap praktis dan bisa lebih cepat sampai ke tujuan. Apalagi melihat kondisi jalan di berbagai perkotaan saat ini semakin padat, sehingga menggunakan sepeda motor dirasa lebih mudah menembus kemacetan. 

Bahkan ada pemotor yang nekat melewati medan sulit demi sampai ke tujuan. Seperti yang terlihat pada sebuah video yang viral belakangan ini di media sosial Facebook. Video yang diunggah oleh akun Delik Sumantri itu menampilkan para pengendara sepeda motor yang tengah melintasi sebuah jalan. Namun jalan tersebut melintasi terowongan yang sempit dan rendah.

Dilansir oleh Liputan6.com dari akun Facebook Delik Dumantri, Selasa (17/11/2020) para pemotor terlihat turun dari kendaraannya dan menunduk sembari mendorong motornya agar dapat melintasi terowongan tersebut. Uniknya lagi, salah satu pengendara bahkan terlihat merebahkan badannya di atas jok motor seperti melakukan gerakan 'kayang' saat berusaha melintas.

Jadi Viral

Viral Terowongan Unik, Pemotor yang Lewat Harus Kayang dan Menunduk (Sumber: Facebook/Delik Sumantri)
Viral Terowongan Unik, Pemotor yang Lewat Harus Kayang dan Menunduk (Sumber: Facebook/Delik Sumantri)

Tak pelak aksi pengendara sepeda motor itu jadi viral dan mengundang gelak tawa dari pengguna jalan yang lainnya. Sementara di sisi lain terowongan nampak antrian pemotor lainnya yang menunggu giliran untuk melintas.

Belum diketahui secara pasti di mana lokasi terowongan itu berada. Namun diduga lokasinya berada di kawasan Brebes, Jawa Tengah. Video yang diunggah oleh Delik Sumantri itu pun menjadi viral dan mendapat berbagai tanggapan dari warganet.

"Itu atas nya rel kereta bukan Mbah? Apa masih aktif,?" komentar akun Facebook Wahyu.

"Kalo adda yg sulit ngapain lewat yg mudah mbah," tulis akun Facebook Andy Saponeeze

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Tersesat di Hutan Tengah Malam, Ini Pengakuan Sang Sopir

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cerita mobil tersesat ke hutan secara misterius sedang viral di dunia maya.  Kejadian aneh tapi nyata itu dialami oleh seorang pria bernama Adi.

Dilansir oleh Liputan6.com dari Facebook Zainal Arifin, Senin (16/11/2020) Adi mengendarai sebuah mobil Xenia berwarna putih. Kejadian itu terjadi saat Adi melakukan perjalanan pulang dari Malang menuju Surabaya.

Dalam perjalanan tersebut, ia memilih melalui jalan tol. Namun karena tidak terlalu paham jalur pulang, Adi pun memilih mengenakan petunjuk Google Maps melalui suara yang di dengarkan lewat headset. Ia juga mengaku hanya mendengar suara petunjuk Google Maps tanpa melihat petanya.

Namun saat dalam perjalanan di Tol Pandaan, ia merasa ada kejanggalan. Suara petunjuk dari Google Maps mengarahkan Adi untuk keluar Tol. Tak hanya itu, ia juga mengalami kejadian yang bikin merinding.

"Setelah jalan keluar tol di kaca sebelah kiri ada sosok perempuan ngetok. Nah saya mulai merinding saat itu. Tapi gk saya hiraukan saya tetap fokus mengemudi," ungkap Adi. Cerita pengemudi yang mengendarai mobil tersesat di hutan Pacet, Mojokerto lantas menjadi viral.   

Nyasar ke Dalam Hutan Pacet, Mojokerto

Ilustrasi hutan Indonesia (Dok.Unsplash/ Imat Bagja Gumilar)
Ilustrasi hutan Indonesia (Dok.Unsplash/ Imat Bagja Gumilar)

Kemudian setelah kurang lebih satu jam perjalanan, Adi berhenti lantaran mobilnya tak bisa berjalan seperti tersangkut sesuatu. Akhirnya ia turun dari mobil dengan menggunakan lampu senter karena lokasi sekitar sangat sepi dan tidak ada orang sama sekali.

Seketika itu, ia kaget dan baru menyadari bahwa dirinya berada di tengah area persawahan dan masuk ke dalam hutan. Adi pun merasa heran bisa melalui jalan bebatuan yang sempit karena sebelumnya ia melaju kencang dengan kecepatan 80 km per jam.

"Ya perasaan saya jalanan masih bagus, makanya mobil melaju kencang," kata Adi

Merasa ada kejanggalan, ia masuk kembali ke dalam mobil. Dengan perasaan takut, Adi langsung menghubungi nomor radio SS untuk meminta bantuan. Selanjutnya pihak radio SS meneruskan ke jajaran Polsek Pacet. Usai satu jam menunggu, Polsek Pacet dan sejumlah relawan tiba di TKP.

 

Evakuasi

Petugas dan para relawan pun langsung mengevakuasi dan membawanya ke Polsek untuk diperiksa. Beruntung Adi masih dalam keadaan selamat saat nyasar ke dalam hutan Pacet, Mojokerto. Menurut warga sekitar daerah tersebut memang dikenal angker.

Di lokasi itu, warga juga sering ditemui makhluk halus dengan berbagai wujud. Tak sedikit orang yang menyebut jika kejadian yang dialami Adi ini ada kaitannya dengan kaitannya dengan makhluk halus. Kisah adi itu menjadi viral dan mendapat berbagai respons dari warganet.

"Terkadang sesuatu yang tidak mungkin, bisa saja terjadi." tulis akun Facebook Deny.

"Keadaan apapun dan bagaimanapun Jgn sampai lupa Do'a, Semoga kita tergolong orang yg ga lupaan baca Do'a," komentar akun Junaida. 

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemampuan Individu Tuli Beradaptasi jadi Kunci Keberhasilan Sosialisasi

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan dalam pendengaran dapat menyebabkan miskinnya kekayaan bahasa yang dimiliki oleh penyandang Tuli. Hal ini pada akhirnya akan menghambat komunikasi dan penyesuaian sosial.

Komunikasi yang terhambat berpengaruh pada penyesuaian diri seseorang di lingkungannya. Interaksi sosial yang baik tidak terbangun karena penyandang tuli tidak bisa menyampaikan pesan dengan baik pada non-tuli, sebaliknya non-tuli yang mengerti bahasa isyarat jumlahnya masih minim.

Menurut peneliti  INKLUSI: Journal of Disability Studies, Vol. 3, No. 1, Dwi Sri Lestari, sulitnya berinteraksi akan membuat penyandang tuli merasa terisolasi dari lingkungannya, padahal mereka memiliki keinginan yang sama dengan individu lain dalam hal bersosialisasi (Sadjaa, 2005).

"Bagi penyandang tuli kemiskinan bahasa membuat ia tidak mampu terlihat secara baik dalam situasi sosialnya (Somantri, 2006)," tulis Dwi dalam penelitiannya dikutip Senin (16/11/2020).

Ia menambahkan, umumnya individu tuli memiliki masalah pada penyesuaian sosial. Penyesuaian sosial merupakan kapasitas untuk bereaksi secara efektif atau adekuat terhadap kenyataan yang ada di lingkungannya sehingga individu akan mampu untuk memenuhi tuntutan sosial dengan cara yang dapat diterima dan memuaskan bagi dirinya maupun lingkungannya (Nurhisan, 2011).

Penyesuaian sosial dibilang berhasil ketika individu mampu menjalin komunikasi dengan orang lain, menyelaraskan antara tuntutan dirinya dengan tuntutan lingkungan, memenuhi aturan kelompok masyarakat dan mampu menciptakan suatu relasi yang sehat dengan orang lain, mengembangkan persahabatan, dan berperan aktif dalam kegiatan sosial.

Selain itu, penyesuaian sosial tercapai jika individu dapat menghargai nilai-nilai, hukum-hukum sosial dan tradisi atau dapat dikatakan mampu bertindak sesuai dengan norma yang berlaku dan lain sebagainya.

Setiap Orang Perlu Melakukan Penyesuaian Sosial

Setiap individu yang hidup dalam suatu lingkungan perlu melakukan penyesuaian sosial agar diterima di lingkungannya dan dapat tinggal dengan baik di lingkungan tersebut.

Penyesuaian diri di lingkungan sosial dibutuhkan oleh individu di setiap tahapan perkembangannya. Fungsinya untuk membangun relasi dengan manusia lainnya sebagai makhluk sosial.

Hal ini juga berlaku bagi penyandang disabilitas, keterbatasan yang beragam membuat setiap difabel memiliki respons yang berbeda-beda terhadap cara menyesuaikan diri. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan pengalaman yang telah dilalui oleh difabel tersebut.

Penyesuaian sosial sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya "agar tercipta hubungan yang selaras antara dirinya dengan lingkungan, sehingga individu dapat berhubungan baik dengan orang lain dan dapat diterima oleh lingkungan sosialnya."

Infografis Disabilitas

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Wanita Beli iPhone 11 Seharga Rp 8 Juta, Barang yang Datang Malah Casing Bekas

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang kreator TikTok @nmffff mengalami kejadian pahit saat membeli sebuah barang melalui marketplace. Ia baru saja tertipu ketika membeli ponsel secara online.

Belanja online memang sudah menjadi tren yang cukup popular saat ini di masyarakat. Namun, berbelanja online juga memiliki berbagai risiko, seperti barang yang tak sesuai hingga penipuan.

Baru-baru ini tersebar sebuah video yang menceritakan seorang wanita yang kena tipu saat membeli iPhone 11 secara online. Melalui akun TikTok-nya, ia membagikan kisahnya yang berawal dari memesan iPhone 11 berwarna hijau di salah satu toko online.

Membeli iPhone 11 dengan harga 8 juta

Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.
Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.

Dalam videonya, ia terlihat sedang membuka sebuah paket pesanan iPhone 11 yang sudah ditunggunya. Namun, ia terkejut dan bingung karena saat paket terbuka yang ada hanyalah casing ponsel.

"Guys bantu up ya, aku habis ketipu sama orang lewat akun Shopee. Aku beli hp 8 juta tapi yang datang cuma case bekas," tulisnya dalam video.

Sebelumnya, ia sempat curiga karena status pengiriman barang dalam aplikasi tertulis bahwa pesanan tersebut telah diterima pelanggan. Padahal, ia belum menerima ponsel tersebut sama sekali.

"Aku nggak pernah sama sekali klik menerima pesanan, karena barangnya belum datang," katanya.

Barang yang sampai hanya case handphone

Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.
Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.

Mengetahui hal tersebut, ia langsung menghubungi penjual melalui pesan singkat WhatsApp. Sayangnya, ia tak mendapat respons apa pun dari penjual dan memutuskan untuk pergi mendatangi kantor pos terdekat esok harinya.

Saat datang ke kantor pos, ia menerima paket yang tertuju untuknya. Namun, keterangan barang dalam resi tersebut justru mengagetkannya karena tertulis case saja dan bukan iPhone 11.

Respons Warganet

Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.
Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.

Alih-alih mendapatkan ponsel yang diinginkan, ia justru menemukan case ponsel bekas. Sontak, ia pun geram dan langsung menghubungi penjual. Sayangnya saat dicerca pertanyaan, si penjual tiba-tiba menghilang begitu saja.

Kisah penipuan yang ia alami pun viral di media sosial dan mengundang berbagai reaksi dari warganet. Tak sedikit yang heran dengan motif wanita tersebut membeli barang elektronik dengan harga jutaan rupiah melalui online shop.

"iPhone 11 mana ada 8jt mba," tulis frauleinellent.

"Mba nya bisa langsung ke kantor shopee, mereka ada team legalnya kok dan cukup membantu, dulu kenalanku juga pernah kena penipuan gini, tapi langsung lapor polisi dihari yg sama dan ke kantor shopee esoknya," tulis yosrine.

"Sebelum beli dicek dulu ulasan, rating toko, baru order kak," tulis yaya_atmaja.

"Buat pelajaran aja sih kalo mau beli barang elektronik di atas harga 1 jt an mending beli langsung ke counter kecuali emang belanja di official store'y atau star seller tp di liat juga review dr pembeli lain," tulis ickalim23.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Riwayat Diabetes, Ini yang Dilakukan Elisa agar Tetap Sehat di Usia 60 Tahun

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki riwayat diabetes tak menjadikan Elisa Mojowarni, anggota lansia online mudah menyerah dengan kesehatannya. Buktinya, di usia 60 tahun, wanita asal Klaten ini tetap mampu mengendalikan gula darah dengan menjaga pola makan dan rutin olahraga berenang atau naik sepeda.

Elisa bercerita bagaimana ia memiliki riwayat turunan diabetes dari ayahnya. Ia pertama tahu mengalami diabetes pada 2002.

"Waktu November 2002, saya sering sekali buang air kecil, kaki saya juga sering sekali kesemutan," katanya, saat live webinar Fakta dan Mitos Seputar Diabetes di laman YouTube Geriatritv, ditulis Senin (16/11/2020).

Saat itu, kata Elisa, ia diperiksa oleh dokter dengan Gula darah sewaktu (GDS) sekitar 200. Namun kini gula darahnya sudah sekitar 150.

Bu Elisa mengatakan, sebelum pandemi, ia rutin berenang tiga kali seminggu. Namun sejak pandemi, ia kerap mengajak teman-teman untuk gowes (naik sepeda). Ia pun berbagi pengalaman gaya hidupnya.

1. Rutin minum obat

"Karena memang obat itu harus rutin diminum, itu enggak boleh jenuh. Jadi saya juga pernah mengalami kejenuhan minum obat ternyata gula darah saya naik, jadi saya diberi obat Glimepiride, itu sehari dua kali sebelum makan, lalu metformin dan acarbose itu sehari tiga kali sesudah makan. Itu kewajiban untuk diminum. Sampai sekarang memang saya harus senang obat," katanya.

2. Menjaga pola pikir 

"Ternyata kalau kita mikir sesuatu, itu juga dokter bilang, 'Bu, pokoknya sekarang ibu sebagai yang terkena penyakit diabetes itu ya harus bisa manage pola pikir. Enggak boleh stres. Kalau ada kesedihan itu juga enggak boleh terlalu dipikir," katanya.

 

3. Menjaga pola makan

Menurut Elisa, ia tidak terlalu membatasi makanan, kecuali kue-kue manis, dan sebagainya. Ia juga mengaku keluarganya tidak suka nasi merah, sehingga meminta saran dokter untuk mencari penggantinya.

"Nah ini yang tadinya saya sulit karena saya senang dengan duren, yang enak-enak lah. Membuat kadar gula saya itu naik. Jadi ya harus dibatasi pola makannya," ujarnya.

4. Sabar dan ikhlas

"Harus sabar, ikhlas, menerima bahwa penyakit yang diberikan oleh Allah kepada umatnya itu pasti ada obatnya. Jika kita tidak ikhlas nanti kita berpikir terus kok saya penyakit diabet dan seterusnya dan seterusnya. Kemudian minum obat itu juga harus. Cek kesehatan rutin itu juga harus dilakukan karena penderita diabet kemungkinan kan bisa gagal ginjal. Nah untuk menghindari itu saya setiap setengah tahun sekali itu cek kreatin fungsi ginjal saya itu masih bagus atau tidak," pungkasnya.

infografis Hari Kesehatan Nasional

Pahlawan di Bidang Kesehatan
Pahlawan di Bidang Kesehatan

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Upacara Pernikahan Tradisional di Guiyang

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Sejumlah pengantin wanita memberi hormat dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)
Sejumlah pengantin wanita memberi hormat dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Sejumlah pengantin wanita memberi hormat dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Hiasan kepala seorang pengantin wanita ditata dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)
Hiasan kepala seorang pengantin wanita ditata dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Hiasan kepala seorang pengantin wanita ditata dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Seorang pengantin pria menandatangani akta pernikahan dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)
Seorang pengantin pria menandatangani akta pernikahan dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Seorang pengantin pria menandatangani akta pernikahan dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Seorang pengantin wanita menunjukkan rasa terima kasih kepada kerabat dan kawan dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)
Seorang pengantin wanita menunjukkan rasa terima kasih kepada kerabat dan kawan dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

Seorang pengantin wanita menunjukkan rasa terima kasih kepada kerabat dan kawan dalam sebuah upacara pernikahan tradisional yang diadakan di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 16 November 2020. (Xinhua/Ou Dongqu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Hal Terkait Dicopotnya Jabatan Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat oleh Kapolri

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketidakmampuan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat menangani kerumunan yang digelar oleh massa Rizieq Shihab untuk penegakkan protokol kesehatan disebut sebagai salah satu alasan mengapa dirinya kini dicopot dari jabatannya.

Pencopotan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Dengan alasan yang sama, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi.

"Bahwa ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan maka diberikan sanksi berupa pencopotan, yaitu Kapolda Metro Jaya, kemudian yang kedua Kapolda Jawa Barat," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono Senin, 16 November 2020.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md melihat adanya ketidaktegasan pihak aparat saat sejumlah kerumunan terjadi di Ibu Kota beberapa waktu lalu.

Salah satunya saat ribuan massa pendukung dan simpatisan Rizieq Shihab menyambut kepulangannya hingga pimpinan Front Pembela Islam (FPI) menggelar dua kegiatan di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Pemerintah juga akan memberikan sanksi kepada aparat yang tidak bertindak tegas dalam memastikan terlaksananya protokol kesehatan Covid-19," ucap Mahfud Md.

Berikut sejumlah hal terkait pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat hingga tanggapan DPR yang dihimpun dari Liputan6.com: 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Alasan Pencopotan

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana beserta rombongan meninjau penerapan protokol kesehatan di kawasan industri EJIP, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/9/2020). (Liputan6/Bam Sinulingga)
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana beserta rombongan meninjau penerapan protokol kesehatan di kawasan industri EJIP, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/9/2020). (Liputan6/Bam Sinulingga)

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya, lantaran dianggap tidak menjalankan perintah menegakkan protokol kesehatan Covid-19 di wilayahnya. 

Hal ini disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin, 16 November 2020. 

"Bahwa ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Argo. 

Adapun mutasi Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat ini sesuai dengan Surat Telegram Nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

"Tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri," ucap Argo.

Digantikan Irjen Fadil Imran

Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Jabatan Kapolda Metro Jaya nantinya diisi oleh Irjen Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur.

Sementara, Jabatan Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat Aslog Kapolri.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md, meminta aparat keamanan dapat bertindak tegas kepada siapa pun yang melanggar protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Pernyataan ini dikeluarkan Mahfud Md setelah menyoroti terjadinya kerumunan massa pada sejumlah acara yang melibatkan Pimpinan FPI Rizieq Shihab.

"Kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, pemerintah minta tidak ragu dan bertindak tegas dalam memastikan protokol kesehatan dapat dilakukan dengan baik," tutur Mahfud saat konferensi pers virtual, Senin, 16 November kemarin. 

Dia menyatakan, jika aparat tak bisa tegas dalam memastikan masyarakat menjalani protokol kesehatan Covid-19, maka pemerintah akan memberikan sanksi.

Respons DPR

Ilustrasi pelantikan anggota DPR. (Antara)
Ilustrasi pelantikan anggota DPR. (Antara)

Terkait hal ini, Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry, memandang, pencopotan tersebut imbauan keras Kapolri agar seluruh jajarannya serius menegakkan protokol Covid-19.

"Saya rasa pencopotan ini merupakan sinyal imbauan keras Kapolri kepada seluruh Kapolda beserta anggotanya untuk benar-benar serius menegakkan protokol Covid-19," kata Herman kepada wartawan, Senin, 16 November.

Herman meminta, Polri tidak pandang bulu dalam penegakan hukum. Dia meminta mutasi tersebut tidak ada rasa tebang pilih.

"Kapolri juga harus memastikan bahwa mutasi ini benar-benar didasarkan pada reward and punishment yang proporsional. Jangan ada kesan tebang pilih," jelas Herman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kepanikan Saat Padang Diguncang Gempa Magnitudo 6,3

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kota Padang Sumatera Barat diguncang gempa magnitudo 6,3 Selasa (17/11) pagi. Gempa membuat warga yang sedang berada di salah satu rumah sakit panik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Awal PS5 Keluhkan Berbagai Masalah pada Konsol

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Punya konsol idaman yang baru rilis sementara orang lain masih berharap untuk memilikinya, memang hal yang menyenangkan.

Namun, berbagai masalah yang muncul pada produk awal justru bikin kesal. Hal inilah yang membuat banyak orang menyarankan untuk menunggu beberapa saat sebelum membeli produk terbaru, terutama konsol gim.

Pasalnya, dengan berbagai kesalahan pada produk awal, perusahaan pasti akan makin banyak melakukan pengujian dan perbaikan untuk produk berikutnya.

Hal ini yang terjadi pada sejumlah adopter awal PS5. Di mana, mereka melaporkan ada sejumlah masalah pada konsolnya.

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (17/11/2020), sejumlah masalah yang dimaksud mulai dari suara yang terlalu kencang, suara buzzing atau dengung, hingga sejumlah pengguna mengeluh PS5 milik mereka mengalami tak respon sama sekali.

Mereka yang konsolnya berbunyi menyebut, perangkatnya mengeluarkan suara desing yang sangat keras.

Beberapa orang pun khawatir, konsol mereka mengalami overheating atau kondisi terlalu panas. Suara terjadi karena kipas harus berputar dengan kecepatan maksimal.

Keluhkan via Twitter

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)
PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

"Tolong bantu saya, (PS5 saya) terus mendesing, belum ada dari pihak CS yang membantu menangani masalah ini," kata seorang pengguna awal PS5 di akun Twitter-nya.

Pengguna itu mengatakan, ketika PS5-nya tidak menjalankan gim, konsol tersebut tidak mengeluarkan suara desingan. Namun, begitu dipakai untuk main gim, suaranya terdengar sangat keras.

PS5 Alami Crash dan Restart Sendiri

PS5. (Doc: Sony PlayStation)
PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Masalah lain yang juga dialami pengguna adalah sejumlah konsol mengalami crash dan restart sendiri. Dalam satu kasus, ada konsol PS5 yang memasuki mode Repair, di mana konsol tersebut tak bisa dipakai sama sekali alias brick.

Para pengguna lain juga melaporkan masalah seperti kontroler DualSense yang terputus koneksinya ketika dipakai main gim.

Sejauh ini belum diketahui apakah ini terkait kerusakan hardware atau bisa diselesaikan dengan pembaruan software. Para pengguna pun disarankan menunggu informasi dan solusi dari pihak Sony.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investasi di Musi Banyuasin Lebih Mudah dengan Peta Digital Investasi

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan inovasi untuk meningkatkan potensi daerahnya.

Salah satunya dengan meluncurkan prototype peta digital investasi yaitu Kenali Potensi Investasi di Musi Banyuasin (KEPOIN Muba).

Peluncuran ini dilakukan seiring dengan peresmian Gedung Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Musi Banyuasin Sumsel, Senin (16/11/2020).

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin menekankan beberapa hal kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk memperluas jaringan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Yaitu dengan adanya integrasi antara OPD dengan DPMPTSP Musi Banyuasin. Serta menjadikan Musi Banyuasin terdepan, dalam bidang investasi dan pelayanan publik.

Dia juga mendorong untuk menggunakan teknologi semaksimal mungkin, tanpa harus tatap muka masyarakat masih bisa berurusan terkait pelayanan publik.

"Saya minta kepada Jajaran DPMPTSP dan seluruh OPD Kabupaten Muba, terus berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan teruslah berinovasi untuk memberikan kemudahan perizinan, investasi dan berusaha di Musi Banyuasin," katanya.

Karena menurutnya, hal tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik.

 

Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin (Dok. Humas Pemkab Muba / Nefri Inge)
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin (Dok. Humas Pemkab Muba / Nefri Inge)

Dia mengatakan, saat ini Indonesia masih menduduki urutan 73 dari 190 negara dunia, dalam memberikan kemudahan usaha dan aese of doing business. Yang berdasarkan laporan doing business 2020 yang rilis oleh bank dunia.

Dodi juga berharap inovasi tersebut dapat memudahkan para pelaku usaha, untuk berinvestasi di Kabupaten Musi Banyuasin. Dan juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi yang positif, baik penanaman modal dalam negeri maupun pelayanan modal asing (PMA).

"Saya harap ini dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan aktivitas penanaman modal dan terbuka lebar, sebagai daerah dengan tujuan berinvestasi," ucapnya.

Peta Digital Investasi

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza meresmikan Gedung Pelayanan Publik DPMPTSP Musi Banyuasin Sumsel (Dok. Humas Pemkab Muba / Nefri Inge)
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza meresmikan Gedung Pelayanan Publik DPMPTSP Musi Banyuasin Sumsel (Dok. Humas Pemkab Muba / Nefri Inge)

Kepala DPMPTSP Muba Erdian Syahri menuturkan, peluncuran Prototipe Peta Digital Investasi yang terintegrasi di Kabupaten Muba, setelah menjalin teknologi dan layanan agar bisa terintegrasi. Sehingga bagi investor berinvestasi tinggal mengklik peta digital tersebut.

Dia menjelaskan, peta tersebut dijelaskan sesuai dengan data yang telah masuk pada data perencanaan tata ruang, termasuk aksesibilitas transportasi, kemudian data kawasan hutan.

"Diharapkan pertengahan tahun depan, digital Map ini sudah bisa jalan dan terintegrasi dengan seluruh data yang dibutuhkan oleh investor. Terkhusus untuk menanamkan modal di Kabupaten Musi Banyuasin," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Grup A-D Liga Champions : Menanti Nasib Real Madrid dan Inter Milan

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions sebentar lagi memasuki match day ke-4. Bagi beberapa klub, laga ini bisa menjadi penentu langkah mereka di kasta tertinggi kompetisi level Eropa ini.

Persaingan seru terjadi di Grup B yang dihuni Real Madrid dan Inter Milan. Siapa sangka, kedua klub yang punya reputasi besar itu malah harus terseok-seok.

Alih-alih melaju mulus, Real Madrid dan Inter Milan malah harus berjuang hingga match day ke-4 untuk memastikan tiket ke babak 16 besar Liga Champions. Pasalnya, kedua klub meraih hasil kurang memuaskan di tiga pertandingan sebelumnya.

Akan tetapi dibanding Real Madrid, Inter Milan harus lebih bekerja keras. Pasukan Antonio Conte untuk sementara duduk di posisi juru kunci grup B.

Sementara itu, nasib berbeda dialami raksasa Eropa lainnya: Bayern Munchen, Manchester City, dan Liverpool. Ketiga tim tersebut sama sekali belum tersentuh kekalahan.

Berikut klasemen grup A-D Liga Champions.

Grup A

Bayern Munchen (AP Photo/Martin Meissner, Pool)
Bayern Munchen (AP Photo/Martin Meissner, Pool)

Grup B

Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (3/11/2020). Real Madrid menang tipis 3-2. (AP Photo/Bernat Armangue )
Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (3/11/2020). Real Madrid menang tipis 3-2. (AP Photo/Bernat Armangue )

Grup C

Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan) berebut bola dengan pemain Olympiacos Mathieu Valbuena pada pertandingan Grup C Liga Champions di Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa (3/11/2020). Manchester City mencukur Olympiacos dengan skor 3-0. (AP Photo/Dave Thompson)
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan) berebut bola dengan pemain Olympiacos Mathieu Valbuena pada pertandingan Grup C Liga Champions di Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa (3/11/2020). Manchester City mencukur Olympiacos dengan skor 3-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Grup D

Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Diogo Jota ke gawang Atalanta pada laga lanjutan Liga Champions 2020/2021 di Gewiss Stadium, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-0 atas Atalanta. (AFP/Miguel Medina)
Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Diogo Jota ke gawang Atalanta pada laga lanjutan Liga Champions 2020/2021 di Gewiss Stadium, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-0 atas Atalanta. (AFP/Miguel Medina)

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ivan Gunawan Pamer Foto Kocak Deddy Corbuzier Berambut Pirang

Posted: 16 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ivan Gunawan dan Deddy Corbuzier belum lama ini mengundang sorotan publik. Pasalnya kedua selebriti Tanah Air itu sempat perang billboard di media sosial.

Deddy Corbuzier memajang foto Igun dengan latar belakang logo podcastnya, sementara Ivan Gunawan memamerkan billboard salonnya dengan sindiran terhadap podcast Deddy.

Rupanya, 'perang' antara Deddy Corbuzier dan Ivan Gunawan tak sampai situ saja. Belum lama ini, Ivan Gunawan mengunggah sebuah potret sang presenter yang memilki rambut.

Rambut Pirang

Potret unggahan Ivan Gunawan berupa foto Deddy Corbuzier yang diedit. (Instagram @ivan_gunawan)
Potret unggahan Ivan Gunawan berupa foto Deddy Corbuzier yang diedit. (Instagram @ivan_gunawan)

Deddy Corbuzier terlihat beda dengan penampilan biasanya. Di foto tersebut, ia memiliki rambut pirang pendek dengan sedikit nuansa hitam.

Makeover Rambut

Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Kocaknya, dalam unggahan tersebut Ivan Gunawan seperti sedang mempromosikan kepiawaiannya dalam menata rambut. 

"Weekend time ! Waktunya makeover rambut buat kamu yang pengen tampil beda. Caranya gampang. Reservasi ke 081318969655 , konsultasi dengan Hairstylist kami untuk mendapatkan hasil yang warna yang kamu mau, dan voila.. Dengan warna rambut baru, kamu bakal tampil stylish sepanjang hari," tulis Ivan Gunawan dalam keterangan foto.

 

Mengundang Tawa

Alhasil, foto unggahan Ivan Gunawan ini mengundang banyak komentar dari warganet.

Bahkan, sejumlah rekan selebriti terlihat tak dapat menahan ungkapan kegelian mereka terhadap foto tersebut.

Komentar Para Selebriti

"GANGERTILAGIIII," kata Denada.

"HAHAHAHAHAHAA... Sumpahhhhh NGAKAK dr kmaren LOL!!!" celetuk Thalita Latief.

"Ngakaaakkkk," tulis Fero Walandouw.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Teken Perpres Baru, Ada Lowongan jadi Wakil Menteri Perindustrian

Posted: 16 Nov 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2020 tentang Kementerian Perindustrian pada 6 November 2020.

Di dalam aturan baru tersebut, diatur soal adanya Wakil Menteri Perindustrian. Wakil Menteri Perindustrian ini sendiri diangkat dan diberhentikan langsung oleh Presiden.

"Dalam memimpin Kementerian Perindustrian, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuaidengan penunjukan Presiden," dikutip dari pasal 2 ayat 1 Pepres 107/2020, Selasa (17/11/2020).

Dijelaskan, Wakil Menteri berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri. Wakil Menteri juga mempunyai tugas membantu Menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas Kementerian Perindustrian.

Adapun ruang lingkup bidang tugas Wakil Menteri sebagaimana dimaksud pada ayat (4), meliputi:

a. membantu Menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian Perindustrian; dan

b. membantu Menteri dalam mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Eselon I di lingkungan Kementerian Perindustrian.

"Menteri dan Wakil Menteri merupakan satu kesatuanunsur pemimpin kementerian," bunyi Pasal 3.

Menperin: Industri Manufaktur Tumbuh 5,25 Persen di Kuartal III 2020

Penggunaan robot di industri manufaktur (dok: Universal Robot)
Penggunaan robot di industri manufaktur (dok: Universal Robot)

Menteri perindustrian Agus Gumiwang mengatakan pertumbuhan sektor industri manufaktur antara kuartal II dan kuartal III 2020 sebesar 5,25 persen.

"Nah ini merupakan hal yang sangat positif yang menurut kami kira-kira kita sudah pada posisi rock bottom pada Kuartal II dan mudah-mudahan ke depan kita akan mulai menunjukkan proses pemulihan," kata Agus dalam talkshow Update KPCPEN: Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (9/11/2020).

Dirinya sangat yakin bahwa resiliensi dari sektor industri manufaktur yang ada di Indonesia ini cukup kuat, dan tinggi, serta semangat pengusaha di industri tersebut untuk tetap memberikan kontribusi terhadap ekonomi juga tinggi.

Hal itu terbukti dengan banyaknya perusahaan perusahaan industri yang mengajukan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) kepada Kementerian Perindustrian.

Selain itu, ia menyebut Purchasing Managers Index (PMI) di sektor Industri merupakan confidence para manajer di dunia industri dalam melakukan Purchasing untuk bahan baku. 

Kata Agus PMI ini sudah menunjukkan hal yang positif, jika dibandingkan ketika covid-19 mulai masuk ke Indonesia pada Februari-Maret kini berada dalam posisi menggeliat.

Dirinya  percaya sebelum berakhir 2020, PMI ini bisa masuk ke titik 50 persen,  di mana titik 50 persen  itu berarti industri dalam negeri sudah sampai pada status ekspansif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisel Bungkam Saat Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya soal Video Porno Mirip Dirinya

Posted: 16 Nov 2020 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis Gisella Anastasia atau Gisel menghadiri panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Pemanggilan ini guna pemeriksaan lebih lanjut terkait viralnya video porno mirip dirinya.

Menurut pantauan, Gisel tiba pukul 10.30 WIB. Mantan istri Gading Marten ini tiba tanpa berkata dan bergegas ke ruang pemeriksaan.

Kedatangan Gisel tidak sendiri, seorang diduga pengacara mendampinginya memasuki gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, pemanggilan Gisel oleh penyidik dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus video porno yang mirip dengannya.

"Kita memanggil seseorang inisial GA sebagai saksi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Selasa (17/11/2020)

 

2 Tersangka

Polisi telah menetapkan PP dan MN, sebagai tersangka. Mereka diamankan di dua tempat terpisah. PP ditangkap di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Sedangkan MF, dicokok polisi di daerah Sawangan, Depok.

"Motif mereka (tersangka) menyebarkan video itu untuk mendapatkan followers yang banyak," Yusri menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Iota Kategori 5 Landa Wilayah Pesisir Nikaragua, Ribuan Warga Dievakuasi

Posted: 16 Nov 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Managua- Badai siklon tropis Iota telah mencapai wilayah Nikaragua sebagai catastrophic atau bencana besar, kekuatannya sudah berada pada kategori 5 per 16 November 2020. Badai tersebut juga membuat wilayah negara di Amerika Tengah tersebut dilanda lebih banyak hujan lebat dan angin kencang. 

Maka dari itu, pihak berwenang setempat bergegas untuk mengevakuasi ribuan warga dari daerah pesisir Nikaragua dan Honduras, melihat kategori badai yang telah mencapai tingkat maksimumnya. Demikian seperti dikutip dari AFP, Selasa (17/11/2020).

Sejauh ini, Badai Iota telah menyebabkan satu orang tewas saat melanda wilayah Providencia di Pulau Karibia-Kolombia, dan menyebabkan kerusakan luas.

"Badai Iota yang kuat ini sudah berada di depan kita, sudah mencapai daratan kami", kata Marcio Baca, direktur meteorologi di Nicaraguan Institute of Territorial Studies (INETER).

Sementara itu, peramal cuasa AS di National Hurricane Center (NHC) juga memperingatkan adanya "angin besar, dan gelombang badai yang dapat mengancam nyawa serta curah hujan yang deras ... di Amerika Tengah".

Badai Iota diketahui telah menggerakkan angin dengan kecepatan 260 kilometer per jam dengan embusan yang tercatat lebih tinggi. 

 

Badai Iota Sebabkan 6 Ribu Warga Tak Dapat Akses Listrik

Ilustrasi badai (NOAA via AP)
Ilustrasi badai (NOAA via AP)

Menurut NHC, badai Kategori 5 tersebut telah menghancurkan banyak rumah, merusak pasokan listrik dan sebagian besar daerah yang terkena dampak juga "tidak dapat dihuni selama berminggu-minggu atau hingga berbulan-bulan".

Kepala polisi di Providencia, Kolonel John Fredy Sepulveda mengatakan bahwa rumah sakit setempat telah mengalami kerusakan di beberapa bagian atapnya.

6.000 orang juga dilaporkan tidak mendapat aliran listrik akibat badai Iota. 

Sementara itu, ratusan warga lokal yang berada di pantai timur laut Nikaragua dekat Kota Bilwi masih menunggu untuk dievakuasi. 

"Dengan Badai Eta kami tidak bisa keluar, tapi yang ini (Iota) lebih berbahaya," ungkap seorang warga yang bernama Marisol Ingram, yang rumah kayunya dilanda kerusakan parah oleh badai Eta.

Pada awal November 2020, badai Eta mendarat di daerah yang sama dengan badai Kategori 4, sebelum akhirnya mereda menjadi badai tropis yang memicu banjir dan tanah longsor, dan menewaskan 200 orang.

Musim badai Atlantik pada tahun 2020 telah menjadikan nama badai terbanyak dalam catatan, dengan 30 nama badai dan 13 badai siklon tropis.

Nama Badai Iota berasal dari huruf kesembilan dari alfabet Yunani.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Sistem Distribusi Vaksin COVID-19 di Indonesia

Posted: 16 Nov 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sistem distribusi untuk tahap pelaksanaan penyuntikan vaksin COVID-19 akan menggunakan sistem sarana distribusi yang sama dengan pelayanan imunisasi rutin yang sudah berjalan.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dokter Terawan Agus Putranto, saat Rapat Kerja Bersama Komisi IX DPR RI yang disiarkan langsung di kanal Youtube DPR RI pada Selasa, 17 November 2020. 

Menkes Terawan mengatakan bahwa penyediaan vaksin COVID-19 dan logistik imunisasi akan dilakukan Kementerian Kesehatan yang kemudian didistribusikan ke gudang vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi.

Dari situ akan dilanjutkan ke Dinkes Kabupaten/Kota dan diteruskan ke Puskesmas sesuai dengan ketersediaan vaksin dan kapasitas saranan serta tempat penyimpanan vaksin COVID-19 di tingkat layanan.

"Untuk meningkatkan jejaring layanan, Puskesmas melakukan kerjasama dengan fasilitas kesehatan lainnya di wilayah kerjanya. Rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, dan sebagainya," kata Menkes Terawan.

Lebih lanjut Menkes mengatakan bahwa sebanyak 23.145 tenaga kesehatan dari puskesmas dengan rasio 1:20 sudah dilatih sebagai tenaga vaksinator melalui training for trainer (TOT).

"Perluasan jejaring dan penambahan sesi layanan dapat ditingkatkan rasio layanannya menjadi 1:40," kata Menkes.

 

Alur Layanan Vaksin COVID-19

Menurut Menkes, alur layanan imunisasi COVID-19 terdiri dari empat tahapan:

- Dimulai dari meja pertama atau pendaftaran.

- Meja kedua untuk melakukan skrining. Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan fisik sederhana.

"Ini sangat penting guna menghindari kondisi penyerta atau komorbid, apakah pasien dapat menerima vaksin COVID-19 atau tidak, bisa ditentukan dari meja ini," ujarnya.

- Meja ketiga dilaksanakan penyuntikan vaksi COVID-19.

- Diakhiri dengan adanya pencatatan dan observasi di meja keempat.

"Sasaran vaksin COVID-19 ditentukan by name by adress, dan ini semua terus kita latihkan dan kita simulasikan secara terus menerus supaya nanti bila sudah tersedia kita bisa lakukan dengan lancar," ujarnya.

 

Alur Layanan Vaksin COVID-19 Peserta Mandiri

Pemerinta, kata Menkes Terawan, menerapkan jumlah sasaran dan kuota sasaran melalui perkiraan kuota dari kebutuhan vaksin COVID-19 sebesar 70 persen sasaran.

Terawan, mengatakan, kuota yang diperkirakan memertimbangkan hasil survei kemampuan berbayar dan riset data komorbid.

"Pemerintah melakukan mobilisasi sasaran melalui sosialisasi dan surat kepada perusahaan maupun individu," katanya.

Peserta mandiri, baik individu maupun perusahaan, dapat memberikan informasi jumlah peserta dan informasi ini penting untuk memperkirakan jumlah dan mobilasi lebih lanjut kalau diperlukan, Menkes menekankan.

Menurut Menkes Terawan, pemerintah memberikan penugasan untuk penyediaan vaksin COVID-19 kepada pihak BUMN. Sementara Dinkes melakukan pembinaan, teknis, dan pengawasan pelaksanakan vaksinasi COVID-19---baik di fasilitas swasta maupun pemerintah.

"Fasilitas pelayanan kesehatan melakukan pelaporan kepada pemerintah melalui puskesmas dan dinas kesehatan setempat," katanya.

 

Infografis Vaksin COVID-19

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Oki Setiana Dewi Lahirkan Anak Keempat, Sang Bayi Sempat Alami Masalah Pernapasan

Posted: 16 Nov 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru datang dari kelaurga Oki Setiana Dewi dan suami. Kakak dari YouTuber Ria Ricis ini telah melahirkan anak keempatnya berjenis kelamin laki-laki pada Senin (16/11/2020) kemarin. 

Lewat Instagramnya, Oki mengunggah potret bersama dengan keluarga di hari persalinannya. Aktris, penulis dan dai'ah mengatakan bahwa dirinya bersyukur lantaran anak keempatnya telah lahir pukul 05.46 WIB. 

"Alhamdulillah..telah lahir putra ke-4 kami, Sulaiman Ali Abdullah @sulaimanaliabdullah pagi tadi, Senin, 16 November 2020 pukul 5.46 WIB. Melihat riwayat kakak-kakaknya yg cenderung besar, Sulaiman tergolong agak kecil yakni lahir dengan berat 2,9 kg," tulisnya pada Senin (17/11/2020).

Namun Oki Setiana Dewi tak bisa langsung bertatap muka dengan anak keempatnya itu. Ia menjelaskan jika sang anak yang diberi nama Sulaiman Ali Abdullah harus mendapatkan perawatan karena mengalami masalah pernapasan. 

"Alhamdulillah proses persalinan berjalan sangat baik, saya sangat sehat, semua berjalan lancar. Qadarullah, Sulaiman memiliki masalah masalah adaptasi pernapasan atau secara medis disebut dengan Transient Tachypneu of the Newborn (TTN). Sampai saat ini Umma belum bertemu Sulaiman, krn Sulaiman dirawat di NICU dengan menggunakan alat bantu napas," jelasnya.

Penuh perjuangan, berikut ini Liputan6.com rangkum 6 momen Oki Setiana Dewi melahirkan anak keempatnya yang dirangkum dari media sosial pribadinya, Selasa (17/11/2020).

1. Oki Setiana Dewi diketahui sudah melahirkan buah hati keempatnya pada Senin (17/11/2020) pukul 5.46 WIB.

Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)

2. Detik-detik menjelang persalinan, Oki ungkap jika sang suami selalu mendampinginya.

Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)

3. Saat persalinan pun sang suami, Ory Vitrio, juga turut menemani di ruang operasi.

Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)

4. Menurut Oki, kondisi bayinya ini berbeda dari ketiga kakaknya. Berat lahirnya agak kecil, yakni 2,9 kilogram.

Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)

5. Kakak Ria Ricis itu mengabarkan jika bayi laki-lakinya sempat mengalami masalah pernapasan dan harus dirawat di Neonatal Intensive Care Unit atau NICU.

Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)

6. Lewat Instagramnya pula, wanita berusia 31 tahun ini memohon doa agar sang buah hati bisa segera pulih.

Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)
Oki Setiana Dewi bagikan perjuangannya melahirkan buah hati keempatnya. (Sumber: Instagram/@okisetianadewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Asset Management Catatkan Kinerja Positif Selama Pandemi

Posted: 16 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan PT BNI asset Management mampu mempertahankan posisinya pada jajaran 10 perusahaan asset management di Indonesia dengan asset under management per Oktober 2020 sebesar Rp 24,64 triliun, dan mencatat pertumbuhan 15 persen.

"PT BNI Asset Management yang merupakan bagian dari pada grup BNI, dan telah Spin off dari BNI sekuritas sejak tahun 2011 dan terus tumbuh berkembang hingga saat ini," kata Adi dalam Market Outlook 2021 "Resilience to Counter Economic Turbulence - Day 1, Selasa (17/11/2020).

Kata Adi, BNI Asset Management masih tetap dapat mencatatkan pertumbuhan sebesar 15 persen sejak awal tahun 2020, tentunya pertumbuhan ini tidak terlepas dari dukungan para investor serta sinergi BNI sebagai induk dari seluruh anak perusahaan yang tergabung dalam grup BNI.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini di masa covid-19 kita bahu-membahu untuk dapat terus bangkit dari dampak pandemi covid-19"katanya.

Menurut Adi dalam masalah covid-19 menciptakan kondisi yang luar biasa dan berpengaruh signifikan terhadap aktivitas perekonomian serta mendorong untuk adaptasi kebiasaan baru, sebagai upaya memutus mata rantai daripada covid-19.

Lanjutnya, di sisi pertumbuhan ekonomi berdasarkan prediksi IMF pada akhir tahun 2020 ekonomi global akan mengalami kontraksi sebesar minus 4 poin 36 persen,  dan Indonesia diprediksi berada pada level minus 1,5 persen setengah persen.

"Meskipun Indonesia mengalami negatif growth namun angka tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat yang berkontraksi masing-masing sebesar 5,27 persen dan juga minus 4, 27 persen," ujarnya.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari upaya dan Presiden, pemerintah bersama instansi terkait untuk melakukan langkah-langkah strategis yang tepat dan cepat dalam menanggulangi dampak daripada covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional, kata Adi.

Apalagi beberapa saat lagi akan menghadapi di penghujung tahun 2020 dan bersiap menyongsong di tahun 2021, Adi mengutip pernyataan dari pada Menteri Keuangan pada kesempatan rapat paripurna rancangan undang-undang APBN 2021 pada tanggal 1 September 2020 disampaikan pada tahun 2021 ekonomi Indonesia akan kembali tumbuh berkisar di rentang 4,5 sampai 5,5 persen.

"Tentunya hal ini akan menumbuhkan optimisme pasar untuk dapat bangkit kembali secara cepat dengan beberapa faktor yang menjadi fokus, seperti produksi dan distribusi vaksin, kondisi geopolitik Global reformasi terkait investasi dan kebijakan fiskal," pungkasnya.   

Wamendag Jajaki Kerja Sama Pelatihan Keuangan UMKM dengan BNI

Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menerima Dirut baru BNI Royke Tumilaar di kantornya. Dalam pertemuan itu dibicarakan banyak hal, termasuk yang menurut Wamendag penting, yaitu keuangan bagi UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor.

Menurut dia, banyak sekali UMKM yang berpotensi ekspor, tetapi masih belum punya pengetahuan mengenai bagaimana mekanisme dan bagaimana pembiayaannya.

"Jadi dari perjalanan fasilitasi ekspor kami di beberapa daerah kami menemukan banyak sekali potensi ekspor oleh UMKM maupun pelaku ekonomi rakyat baik di bidang pertanian, perkebunan, kemaritiman dan lain-lain. Selama ini mereka terhambat karena kurangnya pengetahuan mengenai mekanisme dan dalam hal pembiayaan. Nah, pertemuan dengan Pak Dirut tadi itu kita sampaikan," kata Jerry, Selasa (3/11/2020).

Jerry berharap BNI segera bisa bersinergi untuk menyelesaikan masalah itu, baik dalam tataran strategi ekspor maupun teknis-teknisnya. Menurut dia, ini penting mengingat aspek keuangan sejak lama menjadi masalah bagi pelaku ekonomi di berbagai daerah.

Jerry mengatakan, pembicaraan dengan Dirut BNI ini akan menjadi langkah strategis antara stakeholder dalam mengembangkan ekspor sebagaimana ditugaskan presiden kepada dirinya.

Pernyataan Wamendag itu disambut baik oleh Dirut BNI Royke Tumilaar. Royke juga mengamini masalah UMKM dalam aspek keuangan kala ingin melakukan ekspor. Untuk itu, ia siap mendukung program Kemendag untuk memberikan pelatihan dan fasilitasi kepada UMKM.

"Ide Wamendag sangat bagus dan kami siap bersinergi. Kita punya kepentingan yang sama, apalagi UMKM punya kontribusi besar bagi perekonomian negara maupun masyarakat. Akan lebih baik kalau mereka bisa kita dukung agar bisa go internasional," ucap Royke.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Integrasi, Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dikenai Tarif Rp 62.500

Posted: 16 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Integrasi tarif Tol Jakarta-Cikampek dalam waktu dekat akan segera diberlakukan. Itu akan berlaku baik bagi Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Tol Layang Jakarta-Cikampek) maupun Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggarisbawahi manfaat yang diterima pengguna jalan atas maupun bawah adalah sama-sama memberikan manfaat perjalanan yang lebih efektif dan efisien. Untuk pengguna jalan jarak jauh, tentu saja yang seharusnya melakukan 2x transaksi menjadi 1x transaksi saja.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, jika dioperasikan secara terpisah, tarif untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated mencapai Rp 1.250 per km.

Artinya, pengguna jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (jarak jauh) untuk Golongan 1 harus membayar tarif sebesar Rp 47.500, ditambah tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar Rp 15 ribu. Sehingga total tarif untuk pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated mencapai Rp 62.500.

"Pertanyaan yang sering kami terima pada masa sosialisasi ini adalah kenapa pengguna jalan yang tidak lewat atas harus terdampak perubahan tarif. Hal ini karena manfaat yang diterima pengguna jalan jarak dekat adalah distribusi lalu lintas lebih merata sehingga kelancaran di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dapat dirasakan cukup signifikan," kata Heru, Selasa (17/11/2020).

"Integrasi ini bisa menjadi solusi untuk mengurai kepadatan kendaraan, sehingga dapat mengembalikan manfaat Jalan Tol Jakarta Cikampek yang lebih efisien bagi penggunanya," dia menambahkan.

Heru pun menjelaskan Jasa Marga akan terus meningkatkan pelayanan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang akan dirasakan para pengguna jalan tol.

Antara lain, melalui pemeliharaan secara periodik seperti scrapping, filling, dan overlay (SFO). Pada 2020 ini, terdapat pula penambahan lajur di on-off ramp Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated di sekitar KM 48 di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek sepanjang lebih dari 3 km.

"Selain itu kami juga melakukan pemeliharaan jembatan, expansion joint, patching, tutup lubang, dan pemeliharaan drainase. Jadi tak hanya mengurai kemacetan saja, namun kami ingin para pengguna jalan dapat merasakan manfaat jalan tol yang lebih banyak, tentunya dengan mengedepankan keamanan dan kenyamanan para pengguna," papar Heru.

 

Pelayanan Keselamatan

Kendaraan roda empat melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/6/2020). Djoko Dwijono Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) selaku operator jalan tol layang mengatakan operasional akan dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kendaraan roda empat melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/6/2020). Djoko Dwijono Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) selaku operator jalan tol layang mengatakan operasional akan dilakukan secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Khusus untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, selain pekerjaan pemeliharaan periodik sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Jasa Marga juga menyiapkan berbagai pelayanan keselamatan di jalan tol ini.

"Kami melengkapi jalan tol ini dengan pelayanan keselamatan, diantaranya 8 Emergency Access dan 8 Emergency Opening yang telah selesai dibangun. Saat ini kami juga tengah membangun 4 emergency parking bay dengan progress saat ini hungga 56,9 persen," tutup Heru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus Video Syur, Gisel Katakan Ini Jelang Diperiksa Sebagai Saksi di Polda

Posted: 16 Nov 2020 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gisella Anastasia memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus video syur yang mirip dengannya. Apa yang ia sampaikan jelang pemeriksaan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Online Yowis Ben 2 di Vidio, Kelanjutan Kisah Cinta Bayu Skak

Posted: 16 Nov 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Yowis Ben 2 merupakan film bergenre komedi yang dirilis pada 14 Maret 2019. Film ini merupakan garapan kedua Youtuber asal Malang, Bayu Skak yang sebelumnya sudah sukses dengan Yowis Ben.

Film Yowis Ben 2 juga merupakan film yang banyak menggunakan Bahasa Jawa pada dialognya, yang mana masih sangat jarang film yang mengambil latar kebudayaan bangsa pada dunia perfilman tanah air. 

Film ini juga sangat mengundang gelak tawa, walaupun inti dari ceritanya adalah sebuah perjuangan meraih cinta ala anak sekolah menengah di Kota Malang, namun unsur komedinya begitu sangat terasa dan mengundang gelak tawa. 

Yowis Ben 2 diperankan oleh Bayu Skak sendiri sebagai pemeran utama. Selain itu ada beberapa nama bintang papan atas yang juga berperan dalam film ini yang juga ada pada sekuel pertamanya, seperti Joshua Suherman, Brandon Salim, Cut Meyriska, Tutus Thomson dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya itu, film ini juga kehadiran Anya Geraldine yang berperan sebagai orang yang berhasil membuat Bayu jatuh cinta. Kehadiran para bintang ini tentu menambah semarak keseruan dalam film komedi yang satu ini. Tidak hanya itu, ada beberapa ulasan menarik seputar sekuel kedua Bayu Skak ini. Mari simak ulasannya berikut ini.

Jalan cerita yang menarik

Joshua Suherman (Sumber: Instagram/jojosuherman)
Joshua Suherman (Sumber: Instagram/jojosuherman)

Optimisme Bayu Skak terhadap Yowis Ben 2 pun memiliki alasan tersendiri. Jalan cerita yang dibangun merupakan lanjutan dari pembuktian para personel Yowis Ben untuk bisa menghasilkan sesuatu dari band sekolah yang mereka bentuk.

"Yang kedua adalah lebih mengelola kesuksesan tadi. Yang pertama kita udah pembuktian ke orang-orang kalau kita bisa, yang kedua memaintain bagaimana caranya kita bisa hidup dari apa yang sudah kita perjuangkan ini. Karena saya karakternya ekonomi menengah kebawah, dimana saya harus berusaha keras untuk bisa makan dan kedepannya kan saya harus kuliah. Ibu saya kan jualan pecel, akhirnya saya mikir gimana caranya band yang cuma seneng-seneng ini bisa menghasilkan duit," papar Bayu Skak.

Persilangan Budaya

Joshua Suherman (Sumber: Instagram/jojosuherman)
Joshua Suherman (Sumber: Instagram/jojosuherman)

Di Yowis Ben 2, memang mengedepankan kisah perjuangan para personelnya untuk bisa hidup dari predikatnya sebagai anak band. Mereka pun hijrah ke kota Bandung untuk meretas jalan menjadi sebuah band papan atas.

Dari cerita yang demikian, Bayu pun jeli melihat peluang yang ada. Di Yowis Ben 2, ia dan Fajar Nugros pun turut mengangkat budaya Jawa Barat untuk digabungkan dengan nilai-nilai Jawa yang sudah kental di film Yowis Ben.

"Ini juga cross culture, bahasa Jawa bertemu dengan bahasa Sunda. Dan ini sesuatu yang fresh ya di perfilman kita. Saya harap ini bisa dinikmati semua kalangan agar kita tidak melupakan bahasa daerah kita," jelas Bayu

Unsur komedi yang baru dari sebelumnya

Joshua Suherman (Sumber: Instagram/jojosuherman)
Joshua Suherman (Sumber: Instagram/jojosuherman)

Pertemuan budaya Jawa dan Sunda yang di-capture Yowis Ben 2 juga menurut Bayu memiliki nilai lebih. Ada beberapa hal yang bisa dikulik dari segi bahasa yang dapat menjadikan unsur komedi di film Yowis Ben 2 menjadi lebih segar.

"Nanti juga ada komedi-komedi lucu di film Yowis Ben 2 ini. Contohnya atos. Atos itu kan di jawa keras, di sunda atos itu sudah, lha ada komedi-komedi seperti itu, kita membuatnya menjadi komedikal. Ngombe di bahasa Jawa itu minum, tapi di bahasa Sunda itu cebok, nah itu kita buat jadi frame lucu," katanya.

Yowis Ben menciptakan beberapa lagu baru dalam film ini

Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)
Joshua Suherman Bersama Grup Musiknya Yowis Ben (Sumber: Instagram/jojosuherman)

Satu hal yang tampak fenomenal ketika film Yowis Ben pertama menuai 900 ribu lebih penonton adalah lagu-lagu yang terdengar segar dari karya Yowis Ben. Hal itu pun dieksplorasi Bayu Skak dengan memberikan beberapa lagu baru di film lanjutannya ini.

"Jadi untuk yang Yowis Ben pertama lagunya memang sudah ada, kebetulan dulu saya punya band di malang itu lagunya lucu-lucu, itu dijadikan lagu Yowis Ben 1. Untuk Yowis Ben 2 ini kita harus bikin sesuatu yang lebih menggelegar, jadi kami bikin formula baru, kami rekaman. Dan Yowis Ben 2 ini ada tiga lagu yang baru," tuturnya.

Nah, jadi makin penasaran kan sama film ini? Buat kalian yang mau nonton film Yowis Ben 2 bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk menikmati tayangan seru lainnya!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Tolak Transisi Pemerintahan, Joe Biden Khawatir Korban Jiwa COVID-19 Bertambah

Posted: 16 Nov 2020 08:32 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Joe Biden telah memperingatkan bahwa "semakin banyak orang mungkin akan mati" jika pemerintahan presiden yang akan datang, terus dihalangi Donald Trump.

Berbicara di Delaware, presiden terpilih AS ini mengatakan, koordinasi diperlukan untuk mengatasi wabah Virus Corona COVID-19.

Melansir BBC, Selasa (17/11/2020), ia kembali menyebut penolakan Presiden Trump untuk mengakui bahwa dia kehilangan suara, meskipun ada seruan untuk melakukannya dari kedua sisi.

"Ini bukan permainan," tulis mantan ibu negara Michelle Obama di media sosial.

Presiden terpilih Joe Biden memiliki 306 suara di electoral college, melampaui ambang batas 270 yang dibutuhkan untuk menang. Namun Trump, seorang Republikan, menulis cuitan di Twitternya pada Senin pagi: "Saya memenangkan Pemilu!"

Trump Tolak Transisi Pemerintahan

Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Kampanye Trump meluncurkan banyak tantangan hukum setelah pemungutan suara pada 3 November lalu untuk memperebutkan penghitungan suara.

Administrasi Layanan Umum (GSA), badan pemerintah yang ditugaskan untuk memulai proses transisi untuk presiden baru, belum mengakui Biden dan pasangannya Kamala Harris sebagai pemenang, meninggalkan mereka tanpa akses ke pengarahan sensitif pemerintah yang biasanya diberikan kepada administrasi masuk.

Para pembantu presiden terpilih dari Partai Demokrat mengatakan bahwa penolakan Trump untuk melakukan transisi juga berarti tim Biden telah dikecualikan dari perencanaan seputar strategi distribusi vaksinasi.

Dalam pidatonya pada hari Senin, Biden menyebut penolakan itu "sama sekali tidak bertanggung jawab".

"Apakah ada yang mengerti ini?" dia berkata. 

"Ini tentang menyelamatkan nyawa, sungguh, ini bukan hiperbola."

"Lebih banyak orang mungkin mati jika kita tidak berkoordinasi," katanya. 

Menyebut distribusi vaksin nasional sebagai "usaha besar, sangat besar", Biden mengatakan bahwa jika timnya harus menunggu hingga 20 Januari - pelantikan presidennya - sampai mereka dapat mulai mengerjakan program distribusi, mereka akan terlambat "lebih dari sebulan, satu setengah bulan".

Ketika ditanya apakah dia akan mendorong para pemimpin negara untuk menerapkan kembali perintah tinggal di rumah, presiden terpilih mengesampingkan, dan malah meminta para pejabat untuk mendorong penggunaan masker.

Donald Trump Belum Menyerah

Presiden Donald Trump bersama ibu negara Melania Trump berdiri di atas panggung setelah debat presiden pertama dengan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, Selasa, 29 September 2020. (AP Photo/Julio Cort
Presiden Donald Trump bersama ibu negara Melania Trump berdiri di atas panggung setelah debat presiden pertama dengan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden Case Western University dan Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio, Selasa, 29 September 2020. (AP Photo/Julio Cort

Lebih dari seminggu setelah Biden diproyeksikan akan memenangkan pemilihan, Trump belum menyerah.

Namun, tekanan untuk melakukannya justru datang dari kedua belah pihak. 

Pada hari Senin, Partai Republik mengabaikan tuntutan hukum yang menantang hasil pemilihan di empat negara bagian medan pertempuran - Michigan, Georgia, Pennsylvania dan Wisconsin - di mana Biden diproyeksikan sebagai pemenang.

Dalam keempat pengajuan, yang dibatalkan dalam waktu satu jam satu sama lain, tidak ada alasan yang diberikan untuk menghentikan tindakan hukum tersebut. 

Setiap kasus telah diajukan oleh pemilih - bukan oleh kampanye Trump atau oleh pejabat Republik - meskipun Presiden Trump terus mendesak para pendukungnya untuk menentang hasil pemilu.

Tuntutan hukum diajukan oleh kampanye Trump setelah pemilu untuk menantang penghitungan suara yang memproyeksikan kerugian bagi presiden, tetapi para ahli menilai sebagian besar berada pada landasan hukum yang goyah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Ditutup, Trade Expo Indonesia ke-35 Raup Transaksi Sementara USD 678 Juta

Posted: 16 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto resmi menutup Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) ke-35 di Jakarta, hari ini, Senin (16/11). Hingga hari terakhir penyelenggaraannya, TEI-VE tahun ini berhasil mencatat total nilai transaksi sementara sebesar USD 678,1 juta.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. TEI-VE tahun ini berhasil mencatat nilai transaksi sementara sebesar USD 678,1 juta yang meliputi perdagangan barang, investasi, dan jasa. Nilai tersebut akan terus bertambah, mengingat ada beberapa transaksi yang masih dalam tahap negosiasi hingga penutupan showcase produk pada 10 Desember 2020," ujar Mendag dalam pernyataannya, Selasa (17/11).

Dikatakan Mendag Agus, dalam TEI-VE kali ini, negara dengan transaksi perdagangan barang tertinggi adalah Jepang, Mesir, Australia, Malaysia, dan Belanda. "Produk-produk dengan nilai transaksi terbesar yaitu kertas, kopi, kendaraan dan komponen kendaraan, produk industri strategis, serta rempah-rempah," jelas Mendag.

Hingga hari terakhir, Trade Expo Indonesia ke-35 telah dikunjungi 7.156 orang yang berasal dari 127 negara. Jumlah pengunjung terbanyak berasal dari India (424 orang), Pakistan (160 orang), Amerika Serikat (160 orang), Nigeria (144 orang), dan Arab Saudi (118 orang).

Sedangkan, untuk jumlah penjajakan kesepakatan dagang (business matching), tercatat sebanyak 178 permintaan yang menghasilkan transaksi lebih dari USD 435 ribu. Selain itu, TEI-VE tahun ini juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas rekor 'Ekshibisi Produk Ekspor Terbanyak secara Virtual'.

Menurut Mendag, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo untuk melakukan transformasi kegiatan luring ke daring dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk unggulan, berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam TEI-VE ke-35 ini. Kegiatan tesebut diantaranya penandatanganan nota kesepahaman Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia; Forum Perdagangan, Pariwisata, danInvestasi.

Lalu, peluncuran platform IDN Store; forum bisnis (business forum), kegiatan penyuluhan bisnis (business counseling), dan pertemuan virtual bisnis kerja antara Badan Perlindungan Pekerja MigranIndonesia dengan buyer kawasan Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa. Serta berbagai penandatanganan nota kesepahaman antara para eksportir dan buyer.

"Tidak kurang dari 4.415 peserta telah mengikuti forum bisnis dan kegiatan penyuluhan bisnis. Hal ini merupakan kabar gembira, mengingat di tengah pandemi yang masih berlangsung, para pelaku usaha tetap memiliki semangat untuk bertahan bahkan mencari peluang di pasar global," jelas Mendag.

Oleh karena itu, Mendag turut menyampaikan apresiasinya kepada para perwakilan perdagangan di luar negeri yang aktif mempromosikan Trade Expo Indonesia ke-35 dengan menggelar berbagai kegiatan, seperti sosialisasi TEI-VE, pendampingan buyer dalam mencari produk Indonesia, membuka help desk, dan mengadakan business gathering. Selanjutnya, untuk mengawal tindak lanjut seluruh kerja sama peserta dengan buyer yang terjadi selama TEI-VE, para perwakilan perdagangan diharapkan terus mendampingi di setiap prosesnya.

"Pada pelaksanaan TEI-VE ke-35 ini kembali terlihat aktualisasi sinergi antar kementerian. Sinergi, koordinasi, dan kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku usaha dalam peningkatan ekspor nasional akan terus kita tingkatkan di masa yang akan datang. Dengan begitu, kinerja ekspor akan terus meningkat serta memberi kontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian nasional," pungkasnya.

Trade Expo Indonesia 2020 Digelar Tanpa Pakai Dana APBN

Aneka furniture dan mebel di pamerkan dalam Trade Expo Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/10). TEI 2016 menjadi media bagi pengusaha dalam dan luar negeri untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aneka furniture dan mebel di pamerkan dalam Trade Expo Indonesia 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/10). TEI 2016 menjadi media bagi pengusaha dalam dan luar negeri untuk memamerkan dan mempromosikan produk mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pameran dagang terbesar se-Asia Tenggara Trade Expo Indonesia Virtual-Exibition (TEI-VE) 2020 di tengah pandemi Covid-19. Gelaran ini dibuka secara virtual dengan tema "Sustainable Trade in Digital Era".

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berharap, acara ini bisa menjadi terobosan peningkatan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Sebab, acara ini bisa menjadi jembatan antara eksportir dalam negeri dengan mitra bisnis di seluruh dunia.

"Trade Expo Indonesia ke-35 Virtual Exhibition (TEI-VE) 2020 hadir membawa terobosan untuk menjembatani hubungan para eksportir Indonesia dengan mitra bisnisnya di seluruh dunia yang terbatas ruang geraknya secara fisik," kata Agus, Rabu (11/11/2020).

Ia mengatakan, penyelenggaraan pameran dagang terbesar di Asia Tenggara tahun 2020 ini untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual menggunakan teknologi IT terkini.

Hal ini sebagai upaya Kementerian Perdagangan dalam mentransformasi sistem pelaksanaan pameran dagang yang semula dilakukan secara tatap muka ke sistem online sesuai dengan implementasi kebijakan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah di masa tatanan normal baru.

Tema yang diangkat pada Trade Expo Indonesia ke-35 Virtual Exhibition (TEI-VE) 2020 adalah "Sustainable Trade in the Digital Era", bertujuan untuk mendorong keberlanjutan dan peningkatan promosi produk buatan dalam negeri ke pasar global, mengembangkan jejaring bisnis dan investasi serta menyajikan showcase produk-produk unggulan dan terbaik Indonesia.

"Kami optimistis, dengan kelebihan pada sistem virtual, penyelenggaraan Trade Expo Indonesia tahun ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan ekspor, walaupun dengan capaian yang akan sulit untuk menyamai hasil penyelenggaraan TEI tahun 2019 lalu yang berhasil mencatatkan transaksi USD 10,96 miliar," ujarnya.

690 Pelaku Usaha

Pengunjung melihat prodak yang di pamerkan dalam Trade Expo Indonesia 2018 di ICE BSD, Kamis (25/10).Pameran ini dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung termasuk para pengusaha dari berbagai negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat prodak yang di pamerkan dalam Trade Expo Indonesia 2018 di ICE BSD, Kamis (25/10).Pameran ini dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung termasuk para pengusaha dari berbagai negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Agus menambahkan TEI-VE mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari para eksportir, yang dibuktikan dari jumlah pejuang ekspor yang mendaftar mencapai 690 pelaku usaha, dari target semula sebanyak 300.

"Selain itu, hingga 10 November 2020 pukul 10.30 WIB kami mencatat 3.870 buyer terdaftar dari 109 negara melalui pendaftaran online maupun melalui perwakilan RI di luar negeri," katanya.

Mendag juga menyampaikan pada 15 November 2020, RI akan menandatangani mega Free Trade Agreement (FTA) yakni Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang dinilai penting bagi perdagangan RI.

"Perjanjian ini penting dan amat berpeluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia dengan negara-negara ASEAN serta China, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru," tuturnya.

Sebagaimana pelaksanaan TEI tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan TEI tahun ini tidak menggunakan dana APBN. Oleh sebab itu, apresiasi yang tinggi Kementerian Perdagangan menyampaikan kepada PT. Debindo selaku co-organizer serta kepada para sponsor.

"Wujud kolaborasi yang sinergis antara pemerintah dan swasta dalam mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia, yang Insyaallah akan kembali terwujud pada penyelenggaraan tahun ini," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Pemotretan Nadya Mustika Berteme Kebun, Memesona

Posted: 16 Nov 2020 08:30 PM PST

Bukan hanya itu, penampilan wanita berdarah Sunda ini juga terlihat makin stylish. Tak heran jika ia melakoni beberapa pemotretan. Seperti kali ini pemotretan dengan tema kebun, Nadya terlihat cantik dan memesona.  (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)
Bukan hanya itu, penampilan wanita berdarah Sunda ini juga terlihat makin stylish. Tak heran jika ia melakoni beberapa pemotretan. Seperti kali ini pemotretan dengan tema kebun, Nadya terlihat cantik dan memesona. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)

Bukan hanya itu, penampilan wanita berdarah Sunda ini juga terlihat makin stylish. Tak heran jika ia melakoni beberapa pemotretan. Seperti kali ini pemotretan dengan tema kebun, Nadya terlihat cantik dan memesona. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)

Saat menjalani pemotretan, istri Rizki D'Academy ini tampak totalitas. Selain gaya penampilan dan posenya di depan kamera, makeup yang ia kenakan tampak begitu memesona. Nadya memilih tampilan makeup natural. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)
Saat menjalani pemotretan, istri Rizki D'Academy ini tampak totalitas. Selain gaya penampilan dan posenya di depan kamera, makeup yang ia kenakan tampak begitu memesona. Nadya memilih tampilan makeup natural. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)

Saat menjalani pemotretan, istri Rizki D'Academy ini tampak totalitas. Selain gaya penampilan dan posenya di depan kamera, makeup yang ia kenakan tampak begitu memesona. Nadya memilih tampilan makeup natural. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)

Dikabarkan sedang hamil, paras Nadya Mustika dalam pemotretan tema kebun ini begitu memesona. Dengan balutan dress berwarna mustard ia tampak begitu anggun dan cantik. Senyumnya yang khas juga berhasil curi perhatian. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)
Dikabarkan sedang hamil, paras Nadya Mustika dalam pemotretan tema kebun ini begitu memesona. Dengan balutan dress berwarna mustard ia tampak begitu anggun dan cantik. Senyumnya yang khas juga berhasil curi perhatian. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)

Dikabarkan sedang hamil, paras Nadya Mustika dalam pemotretan tema kebun ini begitu memesona. Dengan balutan dress berwarna mustard ia tampak begitu anggun dan cantik. Senyumnya yang khas juga berhasil curi perhatian. (Liputan6.com/IG/@nadyamustikarahayu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Vs West Bromwich, Solskjaer Dipusingkan Cedera Pemain

Posted: 16 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Semangat Manchester United (MU) terangkat usai menang 3-1 atas Everton pada pekan kedelapan Liga Inggris, 7 November 2020. Meski begitu, Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer telah mengeluhkan tentang jadwal pertandingan yang membebani timnya.

Jeda internasional selama dua pekan tidak menolong MU. Setan Merah telah kehilangan Eric Bailly dan Jesse Lingard yang tengah berjuang kembali dari cedera.

Keduanya dipastikan absen saat MU menjamu West Bromwich Albion di Old Trafford, akhir pekan ini.Selain itu, bek kiri Luke Shaw juga harus menepi setidaknya selama sebulan lantaran cedera hamstring saat melawan Everton.

Tak hanya Shaw, MU juga kehilangan Marcus Rashford yang menderita cedera bahu saat melawan tim asuhan Carlo Ancelotti itu. Meski tidak serius, Rashford tetap diragukan tampil melawan West Brom.

 

 

Pemain MU Lainnya

Bek Manchester United (MU) Alex Telles (kiri). (foto: Instagram @alextelles13)
Bek Manchester United (MU) Alex Telles (kiri). (foto: Instagram @alextelles13)

Seperti dilansir Manchester Evening News, MU kini juga tengah menanti kabar terbaru dari Alex Telles. Bek asal Brasil yang baru didatangkan dari Porto itu pada musim panas ini dikabarkan kembali positif Covid-19.

Belum bisa dipastikan apakah Telles telah tertular virus tersebut untuk kali kedua. Kehilangan Shaw dan Telles membuat Solskjaer akan memainkan Brandon Williams sebagai bek kiri.

Krisis pemain belakang membuat Axel Tuanzebe dapat kembali dimainkan sebagai bek tengah bersama kapten Harry Maguire.

 

Lini Tengah

Gelandang Manchester United (MU) Scott McTominay merayakan gol ke gawang Huddersfield Town pada lanjutan Liga Inggris di John Smith's Stadium, Minggu (5/5/2019). (Anthony Devlin/PA via AP)
Gelandang Manchester United (MU) Scott McTominay merayakan gol ke gawang Huddersfield Town pada lanjutan Liga Inggris di John Smith's Stadium, Minggu (5/5/2019). (Anthony Devlin/PA via AP)

Di lini tengah, Solskjaer sepertinya tidak terlalu memiliki masalah. Fred dan Scott McTominay kembali akan mendapat kepercayaan sebagai poros ganda di belakang Bruno Fernandes.

Sementara Paul Pogba dan Donny van de Beek kemungkinan akan menjadi pemain pengganti. Adapun posisi sayap kanan akan ditempati Juan Mata karena Mason Greenwood belum dalam penampilan terbaiknya.

 

 

Edinson Cavani

Penyerang Manchester United, Edinson Cavani, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Everton pada laga lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium, Sabtu (7/11/2020) malam WIB. Manchester United menang 3-1 atas Everton. (Paul Ellis/Pool via AP)
Penyerang Manchester United, Edinson Cavani, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Everton pada laga lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium, Sabtu (7/11/2020) malam WIB. Manchester United menang 3-1 atas Everton. (Paul Ellis/Pool via AP)

Dengan diragukannya Rashford karena cedera bahu, Edinson Cavani akan mendapatkan debut awal sebagai penyerang tengah MU. Selain Mata, striker asal Uruguay itu akan ditopang Anthony Martial yang bermain di sayap kiri.

Melawan West Bromwich akan menjadi kesempatan lain bagi Solskjaer untuk merotasi skuatnya.

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Merpati Balap yang Dihargai Puluhan Miliar Rupiah

Posted: 16 Nov 2020 08:30 PM PST

Carlo Gyselbrecht, salah satu pemilik Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan seekor merpati bernama New Kim setelah lelang di Knesselare, 15 November 2020. Burung merpati tersebut laku dilelang dengan nilai jual 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26,7 miliar. (AP Photo/Francisco Seco)
Carlo Gyselbrecht, salah satu pemilik Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan seekor merpati bernama New Kim setelah lelang di Knesselare, 15 November 2020. Burung merpati tersebut laku dilelang dengan nilai jual 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26,7 miliar. (AP Photo/Francisco Seco)

Carlo Gyselbrecht, salah satu pemilik Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan seekor merpati bernama New Kim setelah lelang di Knesselare, 15 November 2020. Burung merpati tersebut laku dilelang dengan nilai jual 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26,7 miliar. (AP Photo/Francisco Seco)

Karyawan Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan merpati bernama New Kim setelah dilelang di Knesselare pada 15 November 2020. Burung merpati berusia dua tahun itu menjadi burung termahal dengan harga mencapai Rp 26 miliar yang dibeli oleh miliarder China (AP Photo/Francisco Seco
Karyawan Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan merpati bernama New Kim setelah dilelang di Knesselare pada 15 November 2020. Burung merpati berusia dua tahun itu menjadi burung termahal dengan harga mencapai Rp 26 miliar yang dibeli oleh miliarder China (AP Photo/Francisco Seco

Karyawan Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan merpati bernama New Kim setelah dilelang di Knesselare pada 15 November 2020. Burung merpati berusia dua tahun itu menjadi burung termahal dengan harga mencapai Rp 26 miliar yang dibeli oleh miliarder China (AP Photo/Francisco Seco

Carlo Gyselbrecht, salah satu pemilik Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan seekor merpati bernama New Kim setelah lelang di Knesselare, 15 November 2020. Burung merpati tersebut laku dilelang dengan nilai jual 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26,7 miliar. (AP Photo/Francisco Seco)
Carlo Gyselbrecht, salah satu pemilik Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan seekor merpati bernama New Kim setelah lelang di Knesselare, 15 November 2020. Burung merpati tersebut laku dilelang dengan nilai jual 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26,7 miliar. (AP Photo/Francisco Seco)

Carlo Gyselbrecht, salah satu pemilik Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan seekor merpati bernama New Kim setelah lelang di Knesselare, 15 November 2020. Burung merpati tersebut laku dilelang dengan nilai jual 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26,7 miliar. (AP Photo/Francisco Seco)

Karyawan Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan merpati bernama New Kim setelah dilelang di Knesselare pada 15 November 2020. Burung merpati berusia dua tahun itu menjadi burung termahal dengan harga mencapai Rp 26 miliar yang dibeli oleh miliarder China (AP Photo/Francisco Seco
Karyawan Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan merpati bernama New Kim setelah dilelang di Knesselare pada 15 November 2020. Burung merpati berusia dua tahun itu menjadi burung termahal dengan harga mencapai Rp 26 miliar yang dibeli oleh miliarder China (AP Photo/Francisco Seco

Karyawan Pipa, balai lelang Belgia untuk merpati balap, menunjukkan merpati bernama New Kim setelah dilelang di Knesselare pada 15 November 2020. Burung merpati berusia dua tahun itu menjadi burung termahal dengan harga mencapai Rp 26 miliar yang dibeli oleh miliarder China (AP Photo/Francisco Seco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nasib Negara Berkembang di Tengah Perlombaan Vaksin Covid-19

Posted: 16 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah vaksin dikaim mencapai efektifitas hingga 90 persen oleh pengembangnya, Pfizer dan BioNTech. Namun vaksin dikhawatirkan akan sulit diakses negara berkembang karena butuh penanganan khusus. Ikuti liputan VOA selengkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Bakal Rilis Redmi Note 9 5G pada 24 November

Posted: 16 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiami dilaporkan sedang menyiapkan peluncuran smartphone terbarunya. Produk tersebut adalah Redmi Note 95G dan Redmi Note 9 Pro 5G.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (17/11/2020), nama kedua smartphone tersebut belum dikonfirmasi. Namun, sejumlah bocoran merujuk kepada duo smartphone segmen menengah tersebut.

Berdasarkan bocoran baru, kedua smartphone akan hadir pada 24 November 2020. Peluncuran resminya akan digelar di Tiongkok.

Kedua smartphone tersebut dilaporkan memiliki empat kamera dan baterai dengan kapasitas besar. Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Xiaomi mengenai spesifikasi.

Spesifikasi

Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)
Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Redmi Note 9 5G dilaporkan akan hadir dengan chipset Dimensity 800U, dan baterai 5.000 mAh, serta kamera utama 48MP. Sementara itu, varian Pro dengan chipset Snapdragon 750G, kapasitas RAM lebih besar, dan kamera utama 108MP.

Keduanya disebut akan melenggang dengan tujuh pilihan warna.

 

Harga

Menurut laporan, Redmi Note 9 5G akan dijual dengan harga mulai dari 999 Renminbi, sedangkan varian Pro akan dibanderol 1.499 Renminbi.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Pemanggilan Gisel ke Polda Metro Jaya soal Penyebaran Video Syur Mirip Dirinya

Posted: 16 Nov 2020 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penyebaran video syur mirip artis Gisella Anastasia alias Gisel terus diselidiki polisi. Sebelumnya, polisi mengamankan dua pelaku penyebaran video syur mirip Gisel, dan kini Polda Metro Jaya akhirnya memeriksa Gisel.

Polisi mengatakan sudah melayangkan pemanggilan kepada Gisel untuk dimintai keterangan seputar penyebaran video syur mirip dirinya yang menghebohkan masyarakat, beberapa waktu lalu. Kepada pewarta, polisi melakukan pemanggilan terhadap Gisel pada Selasa (17/11/2020) hari ini.

"Kami undang pukul 10.00 WIB datang ke sini (Polda Metro Jaya)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Senin (16/11/2020). Berikut, lima fakta pemanggilan Gisel ke Polda Metro Jaya terkait penyebaran video syur mirip dirinya yang dirangkum Liputan6.com.

1. Menjalani Pemeriksaan

Gisella Anastasia (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia (Instagram/gisel_la)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus membenarkan pemanggilan artis Gisela Anastasia atau Gisel oleh Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Kedatangan Gisel untuk melengkapi pemeriksaan polisi terkait kasus video syur mirip dirinya.

2. Sebagai Saksi

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Yusri menjelaskan, Gisel dipanggil sebagai saksi atas terkait kasus video porno yang mirip dengannya. "Kita memanggil seseorang inisial GA sebagai saksi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Selasa (17/11/2020)

3. Ditanya soal Pelaku

Gisel. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)
Gisel. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)

Nantinya, Gisel juga akan ditanyakan terkait dua orang yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut, karena diduga sebagai penyebar. "Datang ke sini (Gisel) untuk dimintai keterangannya sebagai saksi menyangkut dari pada dua tersangka ini," jelas Yusri.

4. Pengembangan Penyidikan

Gisel. (Instagram/gisel_la)
Gisel. (Instagram/gisel_la)

Diketahui, polisi telah menetapkan PP dan MN sebagai tersangka. Mereka diamankan di dua tempat terpisah. PP ditangkap di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Sedangkan MF, dicokok polisi di daerah Sawangan, Depok.

5. Dua Tersangka

Polda Metro Jaya sudah menetapkan dua tersangka berinisial PP dan MM atas dugaan menyebarkan video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel. Dipastikan PP dan MM bukanlah anak-anak.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, menuturkan tersangka yang diduga menyebarkan video syur mirip Gisel, berusia 26 dan 24 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nestapa Mahasiswi Binjai Dibunuh Sepasang Kekasih, Jasadnya Dibawa Gunakan Bentor

Posted: 16 Nov 2020 08:22 PM PST

Liputan6.com, Binjai Seorang mahasiswi warga Pasar 6, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut), menjadi korban pembunuhan oleh sepasang kekasih. Ironisnya, jasad korban sempat dibawa pelaku menggunakan becak bermotor (bentor).

Kasubbag Humas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting mengatakan, pelaku pembunuhan adalah RA (18), seorang pengangguran, warga Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, dan kekasihnya, SB (19), seorang mahasiswi, warga Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

"Pelaku merupakan sepasang kekasih, dan saat ini telah ditahan untuk penyelidikan dan mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata Siswanto, Selasa (17/11/2020).

Dijelaskannya, terungkapnya kasus pembunuhan di Binjai tersebut berawal saat kedua pelaku mengendarai bentor melintas di Dusun Batu Burbar, Desa Pekan Sawah, Kecamatan Sei Bingai, Langkat pada Sabtu, 14 November 2020.

Bentor umumnya digunakan untuk membawa barang. Namun saat itu berbeda, yang dibawa RA dan SB ternyata sesosok mayat perempuan. Warga yang mengetahui hal itu melaporkan ke pihak kepolisian.

Kapolsek Sei Bingai, Iptu Rismanto J Purba, bersama Kanit Reskrim, turun ke lokasi. Korban sempat dibawa ke Puskesmas Pasar IV, Namo Terasi, Kecamatan Sei Bingai, Langkat, dan diteruskan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Zoelham Binjai.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dibunuh di Indekos

Jasad korban pembunuhan bleh sepadang kekasih di Binjai dibawa menggunakan bentor
Jasad korban pembunuhan bleh sepadang kekasih di Binjai dibawa menggunakan bentor

Sementara RA dan SB diamankan untuk diinterogasi. Saat diinterogasi, diketahui sepasang kekasih itu sebagai pelaku pembunuhan terhadap korban, yaitu YL (17). Keduanya menghabisi nyawa korban di indekos, Gang Sultan, KM 18, Binjai Timur.

"Pelaku membunuh korban dengan cara dicekik menggunakan kabel lampu," Siswanto menjelaskan.

Selain menangkap kedua pelaku, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat warna putih dengan plat BK 4987 RAH, 1 handphone, 1 dompet, 1 kunci sepeda motor, dan uang korban, yakni 2 lembar pecahan Rp 10.000.

"Keluarga korban sudah buat laporan polisi ke Polres Binjai. Untuk sementara, dugaannya tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan korban meninggal dunia," Siswanto menerangkan.

Alibi Pelaku

Sepasang kekasih di Binjai pelaku pembunuhan
Sepasang kekasih di Binjai pelaku pembunuhan

Kanit Reskrim Polsek Sei Bingai, Ipda M Ketaren menuturkan, sebelum dibawa menggunakan bentor, jasad YL sempat dibawa menggunakan sepeda motor oleh RA dan SB berbonceng tiga. Posisi korban berada di tengah.

Kemudian kedua pelaku pembunuhan juga sempat meminta tolong kepada seseorang yang berada di pinggir jalan agar dinaikkan ke bentor untuk dibawa berobat. Kondisi korban saat itu kepala ditutup. Pelaku juga sempat beralibi tidak mengenal korban.

"Itu alibi dia. Dari situ kita sudah curiga," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Keisengan Suamiku Menjadi Malapetaka Rumah Tanggaku, Selasa 17 November 2020

Posted: 16 Nov 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB seperti biasa. 

FTV Indosiar Kisah Nyata Spesial menghadirkan drama memikat.

Anda menyaksikan Kisah Nyata Spesial bisa via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mayweather Jr Kembali Naik Ring di Jepang, Bayarannya? Bisa Triliunan Rupiah

Posted: 16 Nov 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan juara dunia tinju profesional asal Amerika Serikat, Floyd Mayweather Jr kembali naik ring pada Februari 2021. Petinju yang dijuluki The Money tersebut rencananya akan bertarung di Jepang. 

Belum diketahui Mayweather Jr bakal bertarung mengikuti peraturan tinju atau tidak. Namun ini bukanlah pertarungan eksebisi pertama yang dilakoni The Money sejak memutuskan pensiun. 

Sebelumnya, Mayweather Jr sudah pernah bertemu dengan petarung UFC, Conor McGregor. Duel berlangsung dengan aturan tinju profesional dan berhasil dimenangkan Mayweather Jr. 

Setelah itu, Mayweather Jr juga betemu atlet kick boxer asal Jepang, Tenshin Nasukawa di Saitama Super Arena pada 31 Desember 2018. Pertarungan ini juga berhasil dimenangkan Mayweather Jr. 

Seperti dilansir dari Japan Times, duel berikutnya bakal berlangsung di Tokyo Dome, pada 28 Februari 2021. Pihak penyelenggara duel berlabel Mega 2021 telah mengkonfirmasi keikutsertaan Mayweather Jr. Meski demikian, belum banyak informasi yang bisa disampaikan, termasuk calon lawan The Money.

 

Jepang, Saya Datang Lagi

Floyd Mayweather Jr. mengenakan sabuk kemenangan usai mengalahkan Conor McGregor pada gelaran Tinju Dunia super welterweight boxing di MGM Arena, Las Vegas, (26/8/2017). Mayweather menang TKO atas McGregor. (AP/Isaac Brekken)
Floyd Mayweather Jr. mengenakan sabuk kemenangan usai mengalahkan Conor McGregor pada gelaran Tinju Dunia super welterweight boxing di MGM Arena, Las Vegas, (26/8/2017). Mayweather menang TKO atas McGregor. (AP/Isaac Brekken)

Mayweather Jr juga mulai mempromosikan pertarungannya lewat Instagram. "Halo Tokyo, saya datang lagi pada tahun 2021," ujarnya lewat video singkat. "Saya tahu, Olimpiade akan berlangsung di Tokyo, tapi saya, Mayweather Jr, The Money dan tim akan melakukan hal besar di Tokyo Dome. Jepang...saya dalam perjalanan," beber petinju yang tak terkalahkan itu menambahkan. 

 

Belum Terkalahkan

Floyd Mayweather Jr. saat memberikan ceramah untuk awak media pada konferensi pers di MGM Grand, Las Vegas, (23/8/2017). Mereka akan bertarung pada 26 Agustus 2017 atau Minggu pagi. (AP/John Locher)
Floyd Mayweather Jr. saat memberikan ceramah untuk awak media pada konferensi pers di MGM Grand, Las Vegas, (23/8/2017). Mereka akan bertarung pada 26 Agustus 2017 atau Minggu pagi. (AP/John Locher)

Mayweather Jr memutuskan pensiun dari dunia tinju profesional tiga tahun lalu. Sebelumnya dia menorehkan rekor bertanding 50-0 dan beberapa kali sukses menyandang gelar juara dunia. 

Sepanjang kariernya, Mayweather Jr telah mengalahkan petinju-petinju hebat di eranya. Sebelum pensiun, The Money juga sukses menang angka atas petinju asal Filipina, Manny 'Pacman' Pacquiao.

Mayweather Jr tidak hanya dikenal lewat kemampuan bertinjunya saja. Pria yang sudah berusia 43 tahun itu piawai dalam 'menjual' diri di atas ring. Mayweather Jr dikenal sebagai petinju dengan bayaran termahal dan beberapa kali masuk dalam jajaran atlet terkaya versi majalah Forbes. 

 

Bayaran Mayweather Jr

Sejauh ini, belum diketahui berapa bayaran yang akan diterima Mayweather Jr untuk laga eksebisi tahun depan. Hanya saja, jumlahnya dipastikan tidak akan sedikit mengingat sesuai julukannya, Mayweather Jr tidak ingin bertanding dengan bayaran yang dianggapnya terlalu rendah.

Dalam sebuah acara podcast Shannon Sharpe beberapa waktu lalu, Mayweather sempat menyebut angka yang dimintanya untuk sekali bertanding. Berapa besarnya? Selengkapnya pada tautan ini... 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Betaet Berlarian ke Bukit Saat Gempa Bumi Mengguncang Mentawai

Posted: 16 Nov 2020 08:18 PM PST

Liputan6.com, Mentawai - Gempa bumi Magnitudo 6,3 mengguncang kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Selasa pagi, sekitar pukul 08.44 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Novriadi mengatakan, guncangan dirasakan kuat masyarakat di Kepulauan Mentawai. Kuatnya guncangan membuat warga panik dan keluar rumah.

"Guncangan gempa dirasakan kuat. Warga Betaet merasakan guncangan kuat dan masyarakat spontan evakuasi ke bukit," katanya, Selasa (17/11/2020).

Di samping itu, masyarakat di Peipei, Tuapejat, Beriulo dan Sikakap merasakan guncangan kuat hingga membuat masyarakat keluar rumah. Sedangkan di Labuan Bajau dan Saumanganya, warga merasakan gempa namun tidak terasa kuat.

Usai gempa, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mengumpulkan informasi kemungkinan dampak gempa dari para camat. Pusdalops BPBD Kota Padang juga masih mengumpulkan informasi dampak gempa. Dilaporkan dari BPBD Kota Padang, kondisi jaringan listrik normal meskipun gempa kuat terjadi. Warga Kota Padang merasakan guncangan kuat sekitar 3 sampai 4 detik.

Sementara itu, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengidentifikasi parameter gempa berlokasi di laut pada jarak 112 km arah Barat Daya Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dengan kedalaman 13 kilometer.

Di samping itu, melihat dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di Investigator Fracture Zone (IFZ) dekat dengan batas tumbukan lempeng.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike slip fault.

Selanjutnya BMKG mencatat guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kota Padang, Painan, Sipora III-IV MMI, Solok, Padang Panjang, Bukittinggi, Pariaman, Kepahiang II-III MMI, dan Pasaman, Kerinci, Payakumbuh, Solok Selatan I-II MMI. Hingga pukul 08.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PBNU: Siapa Pun yang Mengganggu NKRI Merupakan Musuh Bangsa

Posted: 16 Nov 2020 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menyebut, siapa pun pihak yang mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan musuh bangsa.

"Apa pun atau siap pun yang ingin melakukan hal-hal yang negatif mengganggu persatuan NKRI mari kita sikapi, kita lawan, dan itu merupakan musuh bangsa, musuh bersama kita semuanya," tegas Said Aqil dalam sebuah tayangan video yang ditulis pada Selasa (17/11/2020).

Dia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga keutuhan negara ini.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia wabil khusus umat Islam agar menjaga, merawat, mengawal keutuhan, keselamatan NKRI yang kita cintai ini. Menyongsong 100 tahun negara Republik Indonesia ini mari kita perkuat, kita pertahankan eksistensi keutuhan NKRI," kata Said Aqil.

Ketum PBNU ini mengimbau supaya semua pihak tidak turut terprovokasi akan narasi-narasi yang mengancam keutuhan negara. Menurutnya narasi itu dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki agenda ingin menghancurkan keutuhan negara.

"Jangan sampai kita mudah terprovokasi yang dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin memecah belah kebersamaan kita, yang ingin memecah belah bangsa ini, yang ada agenda ingin menghancurkan keutuhan NKRI ini," kata Ketum PBNU ini.

Bersatu dalam NKRI

Said Aqil menjelaskan, negara ini dibangun oleh para pendiri bangsa bukan hanya untuk mengakomodir golongan tertentu. Namun untuk menciptakan tempat yang inklusif bagi semua golongan.

"Apa yang diperjuangkan oleh founding fathers kita yaitu sebuah negara kebangsaan yang bersatu dalam satu wadah NKRI, lintas agama, lintas budaya, lintas suku, lintas peradaban, mari kita rawat, kita pelihara jangan sampai menyongsong 100 tahun kita malah melemah dalam kendor merawat NKRI," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Sambutan 6 Pesepeda Wanita Berdedikasi Ekstra Saat Tiba di Denpasar

Posted: 16 Nov 2020 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cuaca dingin di pagi hari sampai teriknya matahari yang menghantam kulit, tak menjadi halangan enam perempuan ini mengayuh sepeda sejauh 1000 km dari Jakarta-Denpasar.  Pada hari Sabtu, sekitar jam empat sore, mereka akhirnya tiba di tujuan dengan penuh kegembiraan. 

"Kami sudah sampai di Denpasar dengan jarak tempuh 1.281 kilometer. Kami dijemput bu wali dan komunitas Barong, Gaspol, Gajah Merapi, Terapung, Papuan Ride, semua komunitas mendukung kami, tanpa undangan, tanpa permintaan, semua mendukung kami," kata Ketua Woman Cycling Community (WCC) Bali Trilara Prasetya Rina yang juga salah satu pesepeda saat mengaspal di tanah Denpasar, Sabtu (14/11). 

Ya, wajah bahagia tergambar jelas di wajah Trilara yang akrab disapa Lara, (49) beserta lima orang lainnya, Kasih (39), Ocha (39), Gita (30), Mahayanthi (30), dan Riris Sihite (29).

Dukungan dari berbagai pihak untuk tim Bali Pulih.
Dukungan dari berbagai pihak untuk tim Bali Pulih.

Kegembiraan makin terpicu karena keenam perempuan berdedikasi ekstra ini dijemput dan gowes bareng istri Wali Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra dari Kabupaten Badung menuju Denpasar. 

Dengan kawalan puluhan pesepeda, keenam orang anggota WCC Bali itu akhirnya tiba di pelataran kediaman Wali Kota Denpasar. Kehadiran mereka sudah ditunggu-tunggu oleh awak media dan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. 

Bangga! Kira-kira begitulah reaksi para pesepeda dan Selly ketika melihat aksi WCC Bali bersepeda Jakarta-Denpasar, dengan membawa kampanye Bali Pulih. 

Sebagai wujud apresiasi, keenam perempuan ini tak hanya mendapat kalungan bunga dari sang wali kota saja, tapi juga piala dan medali atas upaya sosialisasi mereka, mengajak para masyarakat Indonesia untuk terus mendukung pariwisata di Bali. 

Kiri: Istri Wali Kota Denpasar Selly Dharmawijaya Mantra menjemput para pesepeda.
Kiri: Istri Wali Kota Denpasar Selly Dharmawijaya Mantra menjemput para pesepeda.

So, mission complete! Semua keberhasilan ini diakui Lara tak akan terwujud berkat dukungan dari berbagai pihak. Fisiknya selama mengaspal tak akan mampu bertahan, jika tidak didukung dengan latihan dan asupan bernutrisi. 

Selama perjalanan, keenam pesepeda ini pasti berhenti untuk rileks sejenak, sambil mengumpulkan energi yang terbakar selama perjalanan. 

Ya, duduk sejenak sambil minum susu ditambah bercengkrama dengan pesepeda lain, jadi aktivitas rutin yang dilakukan enam orang perempuan ini, selama perjalanan menuju Bali. 

Kenapa susu? Lara mengatakan bahwa susu adalah asupan gizi yang tepat dan penunjang kesehatan para pesepeda.

Susu, kata Lara, membantu tubuh lebih rileks setelah aktivitas ekstra yang dilakukan selama bersepeda.

"Paling pas itu kalau menurut saya, susu cokelat karena kalorinya banyak dan lumayan untuk menahan lapar dalam satu jam ke depan. Saya sudah buktikan, minum Milklife selama perjalanan ini, saya bisa menahan lapar sampai satu atau dua jam ke depan, karena kandungan kalori yang tinggi," jelas Lara.

Milklife adalah merek susu bernutrisi lengkap dan dibuat dari sapi Frisian Holstein pilihan yang dirawat dengan baik dan ditangani oleh ahli gizi profesional.
Milklife adalah merek susu bernutrisi lengkap dan dibuat dari sapi Frisian Holstein pilihan yang dirawat dengan baik dan ditangani oleh ahli gizi profesional.

Sejalan dengan hal tersebut, Milklife sebagai merek susu bernutrisi lengkap dan dibuat dari sapi Frisian Holstein pilihan yang dirawat dengan baik dan ditangani oleh ahli gizi profesional, memberikan dukungan penuh atas kegiatan bersepeda jarak jauh 1000 KM Jakarta-Denpasar. 

Milklife percaya bahwa para perempuan yang #BerdedikasiEkstra memiliki kekuatan untuk menghadapi gelombang besar perubahan di era kenormalan baru ini. Itu karena perempuan akan selalu 'bekerja' ekstra untuk orang-orang yang dicintainya. 

Perempuan memainkan peran ekstra untuk melindungi keluarganya. Misalnya memberikan nutrisi ekstra dengan memberikan susu setiap hari, untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. 

Untuk diketahui Milklife memiliki pabrik ramah lingkungan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Jepang. Upaya ekstra yang dilakukan Milklife mulai dari menjaga sapi tetap sehat dan bahagia dengan perawatan spesial, hingga penggunaan sumber bahan baku berkelanjutan, dan kemasan yang dapat didaur ulang. 

Mau tahu lebih lanjut tentang Milklife? Klik di sini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Terus Bangkitkan UMKM

Posted: 16 Nov 2020 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus berupaya membangkitkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya mengatakan, di Indonesia ada sekitar 63 juta usaha mikro, 783 ribu usaha kecil, 60 ribuan usaha menengah dan 5 ribuan usaha besar. Dampak Covid-19 terhadap UMKM diantaranya, penjualan menurun dan bahan baku terganggu. Koperasi pun hampir sama situasinya.

Sektor yang paling terdampak memang pada penyediaan akomodasi, makan dan minum, pedagang besar, eceran dan industri pengolahan. Kementerian Koperasi dan UKM pun telah melakukan langkah-langkah guna membangkitkan sektor UMKM di antaranya, bantuan sosial, relaksasi dan restrukturisasi kredit, insentif pajak, digitalisasi UMKM, pembiayaan modal kerja, aktivasi dan perluasan penyerapan pasar dan konsolidasi brand.

"Untuk menjaga perekonomian di tengah pandemi, Kementerian Koperasi dan UKM sudah menyediakan langkah-langkah. Di antaranya bagi UMKM yang sudah bangkrut itu harus dibantu dengan bantuan langsung tunai," ucap Eddy, Selasa (17/11/2020).

Sedangkan UMKM atau koperasi yang masih beroperasi akan direstrukturisasi mulai dari kreditnya, pinjaman, masa pembayaranya, serta diberikan subsidi bunga.

Selain itu, disediakan juga bantuan yang diutamakan untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan. Di mana sektor yang menjadi tulang punggung ini di kuartal II dan III mampu tumbuh positif.

Kemudian bertahap bantuan untuk usaha dibidang kesehatan misalnya, refleksi, salon dan lainnya. "Kita siapkan langkah- langkah itu. Kita juga menyiapkan keberlanjutan, salah satunya bagaimana kita branding UMKM ke depan," jelas dia.

Pihaknya pun terus mendorong UMKM dapat mengoptimalkan teknologi digital agar dapat menjalankan usahanya dari rumah dan terhubung ke ekosistem digital.

Pasalnya, baru sekitar 14 persen UMKM di Indonesia yang terhubung dengan platform digital. "Jadi sekitar delapan jutaan UMKM yang terhubung ke dunia digital ini yang harus kita tingkatkan," papar dia.

Hasil Survei: Sudah 10 Tahun UMKM Sulit Naik Kelas

UMKM mitra binaan PT Pelindo I (Persero) (dok: humas)
UMKM mitra binaan PT Pelindo I (Persero) (dok: humas)

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Suminto, mengatakan dalam konteks makro secara global market UMKM Indonesia belum memiliki kapasitas untuk masuk ke ekspor dan berkontribusi dalam perdagangan global.

Hal itu merupakan hasil survei dari BI, BPS, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Koperasi dan UKM terkait UMKM terdampak Covid-19. Ini lantaran UMKM di Indonesia sebanyak 98,7 persen proporsinya tidak berubah selama 10 tahun terakhir atau kesulitan naik kelas.

"Kalau kita lihat dari sisi berkontribusi terhadap GDP UMKM kita sangat besar kontribusinya 60 persen. Dan kalau kita berbicara jumlah unit usahanya itu lebih dari 90 persen, namun demikian kita lihat masih banyak persoalan dengan UMKM kita," kata Suminto dalam BMT Summit MUI 2020, Senin (16/11/2020).

Permasalahan itu diantaranya, sebanyak 52,5 persen UMKM Indonesia masih bersifat informal. Berdasarkan survey International Finance Corporation (IFC) alasan UMKM masih informal karena banyak pelaku UMKM yang berpikir masuk ke formal bisnis itu rumit, mahal dan susah.

"Mudah-mudahan dengan berbagai reformasi yang kita lakukan termasuk dalam konteks regulatory framework kita baru saja resmikan undang-undang ciptaker yang berusaha untuk memberikan kemudahan usaha, dan kemudahan dalam melakukan bisnis mudah-mudahan dapat di address," ujarnya.

Kemudian permasalahan dari sisi financial akses, UMKM Indonesia masih mengalami kendala terkait akses terhadap sektor keuangan yang ditunjukkan dengan beberapa indikator penting diantaranya hanya 25,5 persen  dari jumlah wirausahawan yang memiliki  rekening.

Lalu  jumlah kredit yang disalurkan kepada UMKM hanya sebesar 20 persen dari total kredit nasional di mana didominasi oleh bank-bank himbara atau bank-bank BUMN.

Serta hampir separuh dari UMKM itu bergerak di sektor perdagangan yang tentunya tidak memberikan value edit lebih tinggi dibandingkan sektor-sektor yang lebih riil seperti manufacturing.

"Demikian UMKM kita belum banyak terlibat dalam mata rantai produksi sektor usaha menengah besar yang dapat mengangkat UMKM pada sustainability dan meningkatkan kelasnya. In line dengan itu 98,7 persen usaha mikro proporsinya tidak berubah sejak 10 tahun terakhir," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RAPBD Jawa Timur 2021 Rp 32,4 Triliun, Ini Tiga Alokasi Anggaran Terbesar

Posted: 16 Nov 2020 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov) Jawa Timur mengalokasikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Jawa Timur pada 2021 mencapai Rp 32,4 triliun. Angka itu lebih rendah dari perubahan APBD Jatim 2020 yang ditetapkan sebesar Rp 33,8 triliun.

Angka tersebut juga di bawah APBD 2020 sebesar Rp 35,1 triliun. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, sejak awal 2020, hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia terkena pandemi COVID-19. Oleh karena itu, Pemprov Jawa Timur mempertimbangkan dampak dan pemulihan dari pandemi COVID-19 untuk susun RAPBD 2021.

"Sehingga belanja daerah tahun anggaran 2021 juga harus mempertimbangkan dan memperhatikan dampak serta pemulihan dari pandemi COVID-19, baik dari segi perekonomian, kesehatan serta penyediaan jaring pengaman sosial," ujar Khofifah, seperti dikutip dari laman Kominfo Jatimprov, seperti ditulis Selasa, (17/11/2020).

Gubernur Jawa Timur Khofifah menambahkan, sesuai amanat peraturan menteri dalam negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD 2021, pembiayaan masih fokus pada penanganan dampak COVID-19.

Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergi antarkementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk percepatan penanganan COVID-19.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Rincian Anggaran

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim Heru Tjahjono (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim Heru Tjahjono (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur Heru Tjahjono menuturkan, RAPBD Jawa Timur terbagi dua antara lain pendapatan Rp 30,74 triliun dan pembiayaan sebesar Rp 32,4 triliun. "Sisanya nanti dari SILPA (sisa lebih perhitungan anggaran)," ujar Heru.

Heru menuturkan, porsi anggaran terbesar di dinas pendidikan. Anggaran Dinas Pendidikan mencapai Rp 12,4 triliun.

"Itu ada beberapa kebutuhan untuk BPOPP (Dana Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan) terus pembangun sekolahan. BOS (bantuan operasional sekolah daerah) juga masuk. Kemudian ada pembenahan lagi sekolahan-sekolah, seperti sarana dan prasarana seperti di Madiun, Malang, dan beberapa daerah lainnya," tutur dia.

Kemudian, anggaran terbanyak urutan kedua yaitu anggaran kesehatan yang mencapai Rp 4,5 triliun. Anggaran ini diprioritaskan untuk Jatim Sehat, terutama penanganan COVID-19. Disusul pekerjaan umum dan penataan ruang yang dialokasikan sebesar Rp 3,6 triliun.

Anggaran Terbesar Lainnya

Kawasan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kawasan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Anggaran itu dibagi untuk perbaikan fasilitas jalan dan jembatan, penanganan banjir di dinas pekerjaan umum dan sumber daya air, serta di dinas perumahan rakyat kawasan permukiman dan cipta karya untuk sistem penyediaan air minum termasuk penataan dan rehabilitasi bangunan milik negara.

Sementara dinas koperasi, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dianggarkan Rp 87 miliar. Sekdaprov Jatim Heru mengatakan, anggaran UMKM ini sebenarnya besar. Namun, tersebar di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

"Jadi tidak hanya di dinas saja. Tapi juga ada di dinas lain. Kalau dijumlah keseluruhannya lebih besar. Nanti kami masih akan rapat komisi lagi untuk mencocokkan. Karena seperti di perikanan ada UMKM, di Disperindag ada UMKM, trus di pertanian ada UMKM," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Optimis Menang Pilkada di Bali

Posted: 16 Nov 2020 08:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden PKS Ahmad Syaikhu optimis partainya akan mememangkan sejumlah pilkada di Bali. Menurut dia, kader PKS di Bali sangat solid memenangkan calon kepala daerah yang diusung. 

"Saya optimis sekali. Wajah-wajah kader penuh semangat dan solid," ujar Syaikhu dalam acara Safari Pemenangan Pilkada 2020 di Bali, pada Senin, (16/11/2020) malam di Denpasar, Bali.

"Saya terharu melihat sambutan dan kehadiran para kader. Sungguh luar biasa di tengah tantangan yang tak mudah di Bali," imbuhya.

Syaikhu menyadari perolehan suara PKS di Bali tak terlalu besar. Namun, dengan semangat para kadernya dia optimis akan membawa perubahan. 

"Saya melihat Bali ini mempunyai daya juang yang luar biasa. Mereka gigih dan bersungguh-sungguh. Saya yakin perubahan akan terjadi," ujarnya.

Ia berharap, semangat dan soliditas yang telah ditunjukkan ini dapat terus dipertahankan. Bahkan harus ditingkatkan.

"Semangat dan soliditas ini harus kita pertahankan, bahkan ditingkatkan. Ini modal utama kita berjuang," ujar Syaikhu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Siap Menangkan Pilkada

Sementara itu, Ketua DPW Partai PKS Bali Hilmun Nabi menyatakan, para kader akan berjuang total memenangkan Pilkada. "Kami siap memenangkan Cakada di Pilkada. Seluruh kader dan struktur akan berjuang total," kata Hilmun.

Hilmun juga menyampaikan, pencapaian PKS pada Pemilu 2019, dibandingkan pemilu 2014, ada peningkatan suara. Dengan tolak ukur Pemilu 2019, Hilmun optimistis dapat memenangkan cakada.

"Alhamdulillah Pak Presiden, kami bisa meraih suara lebih banyak daripada Pemilu 2014. Insyaallah kami optimistis," jelas Hilmun.

Perlu diketahui, dalam Pilkada 2020 ini ada 6 Kota dan Kabupaten di Bali yang melaksanakan hajatan tersebut. PKS mengusung dan mendukung Cakada di Karangasem, Jembrana dan Kota Denpasar.

Di Kabupaten Karangasem, PKS mengusung pasangan nomor urut 2 Cabup dan Cawabup I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukarena. Di Kabupaten Jembrana PKS mendukung pasangan Cabup dan Cawabup nomor urut 2, I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Sedangkan di Kota Denpasar, PKS mendukung pasangan Cawali dan Cawawali nomor urut 1 yaitu I Gusti Ngurah Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa (Jaya-Wibawa).

Reporter : Moh. Kadafi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendung COVID-19, Swedia Larang Pertemuan Publik Lebih dari 8 Orang

Posted: 16 Nov 2020 08:04 PM PST

Liputan6.com, Stockholm- Pemerintah Swedia mengeluarkan kebijakan untuk membatasai pertemuan publik guna mengatasi gelombang kedua pandemi Virus Corona COVID-19, yang telah membuat negara terebut mencatat rekor jumlah kasus hariannya dan meningkatnya tekanan pada rumah sakit.

Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven, mengumumkan pertemuan publik yang dibatasi hanya sebanyak 8 orang, yang sebelumnya diizinkan untuk 300 orang, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (17/11/2020).

"Ini adalah norma baru bagi seluruh masyarakat," kata PM Lofven dalam sebuah konferensi pers. "Jangan pergi ke gym, jangan pergi ke perpustakaan, jangan mengadakan makan malam ramai-ramai. Batalkan acara itu," tegasnya. 

Namun, meningkatnya kasus COVID-19 di Swedia dinilai beberapa pekan lebih lambat daripada sebagian besar negara di Eropa, tetapi jumlah infeksi baru telah bertambah cepat sejak pergantian bulan. 

Hal itu ditandai oleh meningkatnya penerimaan pasien di unit perawatan intensif dan bangsal umum COVID-19.

Selain itu, jumlah kematian harian akibat virus tersebut juga mengalami peningkatan setelah hanya terhitung satu digit selama jeda musim panas, ketika banyak warga Swedia yang secara bertahap mulai melakukan aktivitas sehari-hari mereka dengan lebih normal.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tak Gunakan Lockdown Sebagai Alternatif Imbas COVID-19

Orang-orang menikmati cuaca hangat di Stockholm, Rabu (22/4/2020). Swedia belum memberlakukan lockdown, seperti mayoritas negara Eropa lainnya, namum pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada penduduknya untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. (Anders WIKLUND/TT NEWS AGENCY/AFP)
Orang-orang menikmati cuaca hangat di Stockholm, Rabu (22/4/2020). Swedia belum memberlakukan lockdown, seperti mayoritas negara Eropa lainnya, namum pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada penduduknya untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. (Anders WIKLUND/TT NEWS AGENCY/AFP)

Menteri Dalam Negeri Swedia Mikael Damberg mengatakan bahwa pembatasan baru untuk pertemuan publik - jauh lebih rendah dari 50 orang yang diizinkan selama wabah pada musim semi - akan diberlakukan selama empat pekan tetapi akan dapat diperpanjang untuk berjalan hingga selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Swedia telah mendapatkan perhatian internasional karena tanggapannya terhadap pandemi. Hal itu dilakukan dengan menghindari lockdown dan aturan penggunaan masker secara luas. 

Sejauh ini, lebih dari 6.000 orang telah meninggal dunia akibat COVID-19 di Swedia. 

"Kami tidak percaya pada penguncian total," kata PM Lofven. "Kami yakin bahwa tindakan yang telah kami ambil ... sudah tepat," tambahnya. 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Rasanya Mencicipi Kopi Buatan Robot Barista?

Posted: 16 Nov 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kafe di Singapura menghadirkan robot barista sebagai pekerja mereka yang terbaru. Sontak, kehadirannya menarik atensi publik yang penasaran.

Dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (17/11/2020), semua minuman di kafe tersebut dibuat oleh tangan robot. Lalu, apakah rasanya selezat racikan tangan barista manusia?

Seorang reporter menjelaskan bahwa Anda tak perlu khawatir akan mendapatkan pesanan yang salah atau racikan kopi dengan bahan-bahan yang salah mengingat robot ini diprogram demikian. Robot kopi tersebut ternyata tak hanya mampu membuatkan kopi dan teh, tetapi juga berfungsi sebagai mixologist yang bisa meracik cocktail dan membuat hingga 60 macam minuman berbeda.

Otak di balik Ratio Cafe and Lounge, nama restoran tersebut, adalah sama dengan kafe Ratio di China yang terlebih dulu membuka tiga gerai dengan memanfaatkan teknologi robot. Kafe yang berada di The Centrepoint, Singapura, menjadi gerai pertama yang dibuka di luar Tiongkok, sejak 2 November.

Karena resep untuk setiap minuman diprogram ke dalam sistem Ratio, Anda bisa memastikan minuman favorit Anda akan terasa persis sama setiap kali diseruput. Anda juga bisa mengatur agar minuman Anda rendah gula bila dirasa terlalu manis.

Sistem tersebut juga menyimpan pesanan Anda sehingga bisa dengan mudah bila hendak dipesan kembali lewat aplikasi tanpa harus mendetailkan segala resepnya lagi. Aplikasi tersebut juga memungkinkan Anda memesan lebih awal sehingga minuman kopi akan siap tersaji begitu Anda tiba di kafe.

Namun bila Anda tak ingin menambah aplikasi lagi, minuman bisa dipesan di kios swalayan maupun ke konter pelayan. Semua terserah pilihan Anda.

Harga dan Rasa

Ilustrasi kopi (dok.unsplash/ Emre Gencer)
Ilustrasi kopi (dok.unsplash/ Emre Gencer)

Karena Ratio dikembangkan oleh perusahaan lokal, pihak kafe juga berniat untuk melestarikan budaya kopi dari Singapura. Mereka berkolaborasi dengan Nanyang Kopi untuk 'mengajari' mesin robot tersebut menyeduh kopi ala tradisi lokal.

Pihak kafe juga tetap menyediakan kopi hitam dan cappuccino bagi pelanggan. Tak hanya itu, Ratio juga menghadirkan beberapa jenis minuman baru, termasuk cold brew banana lattecold brew coconut latte, dan pandan latte, dengan harga 5 dolar Singapura atau sekitar Rp50 ribu secangkir.

Terdapat pula kudapan pendamping menjadi teman ngopi Anda. Tersedia pula beragam makanan berat yang semuanya tetap dibuat chef manusia. 

Jadi, bagaimana kesimpulannya? Kehadiran robot di kafe memang bisa dipandang sebagai gimmick, tetapi rasanya ternyata tetap seenak racikan paman yang sudah lama melayani di kedai kopi.

Reporter itu juga menyebut kehadiraan robot kopi tak bertujuan menggantikan manusia, tetapi hanya membuat segala hal lebih efisien dan tepat. Anda juga bisa merasa tenang karena rasa minuman yang disajikan akan selalu konsisten setiap kali dipesan. Dengan kata lain, si reporter menyebut akan kembali lagi untuk mencicipi menu lainnya di lain waktu.

 
Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Bodebek dan Bandung, Rebana Jadi Kawasan Metropolitan Ketiga di Jabar

Posted: 16 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Pembangunan Rebana Metropolitan diproyeksikan akan menyerap 4,3 juta tenaga kerja. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara West Java Invesment Summit (WJIS) 2020 di Bandung, Senin (16/11/2020).

"Kalau lancar, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Jabar sudah mencatat Rebana akan menyerap 4,3 juta lapangan kerja. Artinya akan akan 4,3 juta kepala keluarga yang terbantu," kata Emil, sapaan Emil, dalam konferensi pers.

Rebana sendiri diproyeksikan menjadi kawasan metropolitan ketiga di Jabar setelah kawasan Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek) dan Bandung Metropolitan (Kota/Kab Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Sumedang).

Menurut Emil, tujuh bupati/wali kota telah sepakat membangun Rebana Metropolitan menjadi sebuah kawasan terpadu baru di Jabar. Kesepakatan tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani kepala daerah dari Kabupaten Sumedang, Subang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon.

"Jabar sebelumnya sudah punya dua metropolitan, Bodebek dan Bandung Metropolitan, Rebana ini yang ketiga," ujar mantan wali kota Bandung itu.

Emil menyatakan terdapat empat poin strategi untuk mengembangkan Rebana Metropolitan. Pertama, adalah menyeimbangkan tata ruang antara kota baru, lahan pertanian, dan lahan hijau. Kedua, membentuk badan otorita pengelola Rebana Metropolitan.

"Akan dicari orang-orang berpengalaman, saya akan membuka lowongan pekerjaan, dalam dua bulan nanti orang itu setara eselon II akan mengoordinasikan 13 titik kota baru di Rebana Metropolitan," ujar Emil.

Emil mengatakan, Rebana Metropolitan sudah menjadi atensi Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, akan ada banyak dana APBN untuk memperbaiki infrastruktur.

"Pemerintah pusat sudah menyiapkan koneksi jalan tol yang utara-selatan, mengkoneksi jalur Cipali ke Patimban. Jalur kereta api juga sama, kita bikin vertikal utara-selatan, sehingga hal ini menjadi sebuah keunggulan," ungkapnya.

 

Bukan Hanya Komplek Pabrik

Selain itu, Emil mengungkapkan Rebana Metropolitan akan dibangun tidak hanya sebagai kumpulan pabrik semata, tetapi kota modern.

"Ada alun-alun, masjid agung, sehingga orang betah. Jika Rebana berhasil, 4,3 juta pekerjaan akan hadir. Dan kita akan dapat bonus pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5 persen," paparnya.

PT Suryacipta Swadaya selaku salah satu investor yang berminat mengembangkan Rebana Metropolitan, khususnya Subang Smartpolitan menyambut gagasan pembangunan ini. Perwakilan PT Suryacipta Johannes Suriadjaja mengatakan, pihaknya akan membangun Subang Smartpolitan dengan konsep live, work, play di atas lahan seluas 2.700 hektare.

"Kita akan jadi salah satu dari 13 kota baru di Rebana Metropolitan. Mungkin kita paling awal pembangunannya. Groundbreaking akan terjadi dua hari ke depan atau 18 November 2020," kata dia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: