Minggu, 15 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Terjual Rp 26,8 Miliar, Merpati Balap Asal Belgia Catat Rekor Termahal di Dunia

Posted: 15 Nov 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Seorang pembeli asal China yang tidak disebutkan namanya membeli seekor burung merpati senilai US$ 1,9 juta (Rp 26,8 miliar), menurut  juru lelang merpati online di Belgia, Pigeon Paradise (PIPA). 

Karena harga jualnya yang fantastis, hal itu membuat burung bernama New Kim tersebut berhasil mencatat rekor baru sebagai merpati  yang terjual dengan harga paling mahal di dunia. 

Awalnya, merpati betina tersebut dilelang hanya dengan harga sebesar 200 euro (Rp 3,3 juta), seperti dikutip dari AFP, Senin (16/11/2020).

Menurut PIPA, penjualan tersebut berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, ketika seekor merpati balap bernama Armando dijual dengan harga 1,25 juta euro (Rp 20,9 miliar).

Ketua PIPA di Belgia, Nikolaas Gyselbrecht mengatakan kepada AFP, "Saya yakin ini rekor dunia, tidak pernah ada penjualan resmi yang terdaftar dengan harga seperti itu". 

"Saya tidak berpikir kami bisa meraih harga penjualan hingga sebesar itu," ungkapnya, seraya bahwa pembeli merpati betina tersebut "mungkin berminat untuk menternaknya".

Sebelumnya, New Kim diketahui dirawat dan dilatih oleh seorang ayah dan anak dari keluarga bernamaKurt Van De Wouwer, di Berlaar, Antwerpen, Belgia.

Burung Merpati dengan Prestasi

John Watson memeriksa burung merpati yang baru dibeli dalam acara tahunan British Homing World Show di Blackpool, Minggu (20/1). Setiap Januari, sekitar 15.000 orang berkumpul pada pertemuan peternak merpati terbesar di Inggris tersebut. (OLI SCARFF/AFP)
John Watson memeriksa burung merpati yang baru dibeli dalam acara tahunan British Homing World Show di Blackpool, Minggu (20/1). Setiap Januari, sekitar 15.000 orang berkumpul pada pertemuan peternak merpati terbesar di Inggris tersebut. (OLI SCARFF/AFP)

Selain itu, pada 2018, New Kim pun telah memenangkan kompetisi seperti "Ace Pigeon Grand National Middle Distance," yang diadakan di Châteauroux dan Argenton-sur-Creuse di Prancis.

Diketahui bahwa sejumlah burung merpati terkenal di Eropa, telah memenangkan ketenaran global dalam beberapa tahun terakhir dan khususnya di China di mana balapan merpati dapat menghasilkan kemenangan besar.

Para peminat merpati juga menyebar ke wilayah Belgia dan Belanda, dengan tradisi yang kemudian menyebar ke Prancis utara.

Di Belgia sendiri, menurut Gyselbrecht, mencatat sebanyak 20.000 peternak burung merpati balap yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam kompetisi besar. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Menteri PUPR, Lika Liku Bangun Infrastruktur di Indonesia

Posted: 15 Nov 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan tantangan membangun infrastruktur di Indonesia karena kondisi geologisnya yang unik.

Pemerintah memang melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif 5 tahun belakangan ini. Dalam kurun waktu ini, perlu dilakukan banyak penyesuaian dalam merancang desain infrastruktur, mulai dari peta gempa hingga penggunaan teknologi.

"Kami menerbitkan peta gempa tahun 2010, lalu dalam 7 tahun (diperbarui) jadi peta gempa 2017. Ternyata banyak sesar baru yang perlu diplot dalam peta gempa ini, ada 200 sesar baru," kata Basuki dalam Peluncuran Buku An Introduction Into The Geology of Indonesia oleh Prof. Dr. R.P. Koesoemadinata, Senin (16/11/2020).

Sebagai informasi, jika suatu wilayah dilewati sesar atau patahan aktif, maka hal itu mengindikasikan wilayah tersebut rawan gempa. Dan menurut Basuki, sangat sulit mencari lahan yang bebas dari sesar aktif di Indonesia.

Tentu saja, update peta gempa harus dilakukan secara berkala agar kriteria pembangunan infrastruktur bisa teradaptasi dengan baik.

"Waktu mau membangun bendungan dibilang tidak bisa bangun karena ada sesar. Saya bilang, sebutkan 1 saja bendungan di Indonesia yang nggak melalui sesar," katanya.

 

Bendungan

PLTS di Bendungan Jatibarang. (Dok PUPR)
PLTS di Bendungan Jatibarang. (Dok PUPR)

Basuki lalu mencontohkan lagi proyek infrastruktur lain, yaitu Bendungan Jatibarang. Menurutnya, wilayah pembangunan bendungan tersebut 'sepi' gempa, berdasarkan data peta gempa.

"Ternyata lihat di lapangan, ada sesarnya. Kami memutuskan tetap dibangun, dan Insya Allah aman sampai sekarang," katanya.

Selain itu, pembangunan tol juga dilalui dengan menjumpai karakteristik tanah yang beragam, sehingga butuh teknologi yang berbeda untuk itu. "Tol Trans Sumatera, dari Bakauheni sampai Lampung, sekarang sampai Dumai, itu beda-beda. Belum lagi sampai Banda Aceh," katanya.

Dengan hadirnya buku introduksi yang ditulis Prof. Dr. R.P. Koesoemadinata, Basuki yakin referensi pemerintah dari segi geohazard bisa lebih kaya, sehingga perencanaan pembangunan infrastruktur ke depan dapat dilakukan dengan lebih matang.

"Saya ucapkan terima kasih kepada beliau (Koesoemadinata) dan timnya yang berhasil membukukan buku ini, untuk kami lebih ke segi geohazard dalam pembangunan infrastruktur. Saya yakin buku ini jadi pegangan ke depannya," ujar Basuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 15 November 2020

Posted: 15 Nov 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 19 orang pada Minggu, 15 November 2020. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 mencapai 16.445 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 di Surabaya meningkat 19 orang. Total pasien sembuh dari COVID-19 menjadi 15.204 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah satu orang menjadi 1.191 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 50 orang.

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 15 November 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 92,45 persen atau setara 15.204, konfirmasi meninggal 1.191 atau setara 7,24 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 50 atau setara 0,32 persen. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Senin (16/11/2020).

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 15 November 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.577 orang

Sembuh: 2.400 orang

Meninggal: 170 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.794 orang

Sembuh: 1.613 orang

Meninggal: 174 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Kemdikbud.go.id)
Balai Kota Surabaya (Kemdikbud.go.id)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.513 orang

Sembuh: 2.318 orang

Meninggal: 188 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 5.030 orang

Sembuh: 4.689 orang

Meninggal: 329 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 4.531 orang

Sembuh: 4.184 orang

Meninggal: 330 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Tangsel Pastikan Tak Ada Lagi Pegawai yang Terpapar Covid-19

Posted: 15 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan pegawainya, baik aparatur sipil negara (ASN) ataupun honorer, tidak ada lagi yang terjangkit Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Tangsel. Tercatat Senin (16/11/2020), ada 23 ASN dan pegawai Pemkot Tangsel yang pernah terinfeksi Covid-19.

"Sudah sembuh semua. Laporan ke saya 23 orang. Tapi semua sudah sembuh," ungkap Kepala BKPP Kota Tangsel, Apendi ditemui di Kantor Wali Kota Tangsel, Senin (16/11/2020).

Dengan tidak adanya lagi pegawai Pemkot dan status zonasi Covid-19 Tangsel menjadi oranye, maka 50 Persen pegawai Pemkot kembali bekerja di Kantor (WFO).

"WFH masih, sekarang karena oranye (zona Covid-19 Tangsel), maka penerapan WFH 50 persen. Kalau kemarin merah 26 persen dari pegawai. Nanti kalau hijau, semua masuk," kata Apendi.

 

Satu Orang Masih Pemulihan

Lanjutnya, seluruh pegawai Pemkot yang pernah positif Covid-19 sudah kembali bekerja. Hanya tinggal satu Kepala Dinas Perhubungan yang saat ini masih pemulihan.

Apendi pun berpesan, agar seluruh ASN dan pegawai Pemerintahan di Pemkot Tangsel, untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol Covid-19 dengan baik. "Protokol kesehatan, sudah jaga. Termasuk teman-teman media," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Permodalan Koperasi, LPDB Gandeng PP Aisyiyah

Posted: 15 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) melakukan penandatanganan MoU dengan PP Aisyiyah, untuk memperkuat permodalan koperasi-koperasi yang ada di lingkungan organisasi perempuan Muhammadiyah tersebut.

"Kami ingin mewujudkan koperasi-koperasi yang ada di lingkungan organisasi Aisyiyah menjadi koperasi yang sehat dan mandiri," kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo, Senin (16/11/2020).

Acara yang diikuti oleh 16 koperasi yaitu syariah wanita di Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo) tersebut, Supomo menegaskan MoU dengan Aisyiyah tidak sekedar kerjasama di atas kertas saja, melainkan akan langsung memformulasikan ke dalam action plan yang sudah disepakati bersama.

"Sinergi dengan organisasi Aisyiyah ini merupakan bentuk upaya pendampingan dalam rangka penerimaan dana bergulir LPDB-KUMKM. Bahkan, kami akan langsung memetakan koperasi-koperasi mana saja yang sudah siap untuk diberikan dana bergulir," katanya.

Kerjasama dengan Aisyiyah ini juga terbagi menjadi beberapa kegiatan. Diantaranya, pelatihan manajemen risiko untuk koperasi syariah, pelatihan manajemen pengelolaan koperasi, hingga Bimbingan Teknis Pemberian Pembiayaan Dana Bergulir LPDB-KUMKM.

"Di dalamnya juga termasuk coaching clinic, penyusunan proposal dana bergulir," ujarnya.

Supomo berharap, setelah dilakukannya Bimtek ini, koperasi yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan dapat mengajukan proposal permohonan pembiayaan kepada LPDB-KUMKM.

Lantaran sejak tahun 2008 hingga November 2020, jumlah pencairan dana bergulir LPDB KUMKM di seluruh Indonesia telah mencapai Rp11,97 triliun dari 4.477 proposal. Khusus di Provinsi D.I Yogyakarta sebanyak Rp357,38 miliar dari 146 proposal.

Selain itu, Direktur Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM Ari Permana menyebutkan ada sekitar 400 koperasi (syariah) yang berada dibawah naungan organisasi Aisyiyah di seluruh Indonesia.

"Dengan kerjasama ini, kami bisa mendata mana saja koperasi-koperasi yang bagus dan sehat yang bisa langsung mengakses dana bergulir. Untuk koperasi yang belum bagus, kami akan melakukan pendampingan untuk pembenahan tata kelola koperasi," pungkas Ari.   

Baru 700 Koperasi di Bandung Masuk Kategori Sehat

Logo Koperasi.
Logo Koperasi.

Sebanyak 7.000 Koperasi yang tercatat di Kota Bandung, hanya 700 atau 10 pesen yang memiliki pengelolaan yang sehat dan baik. Untuk itu Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung harus membina koperasi lebih keras lagi.

Tujuannya agar bisa sampai level berkualitas. Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Dekopinda harus menemukan rumus jitu untuk bagaimana memacu, membina, dan mengembangkan UMKM.

"Tidak hanya produktif tapi sampai pada level yang berkualitas," ujar Oded M. Danial dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Minggu, 15 November 2020.

Oded mengatakan sesuai aturan yang berlaku, Dekopinda bertugas untuk membina dan mengembangkan kemampuan koperasi sebagai pelaku ekonomi.

Target itu harus dilakukan saat musyawarah daerah yang baru digelar hari ini, untuk menentukan dan menetapkan jajaran kepengurusan Dekopinda Kota Bandung yang baru.

Oded berharap dengan kepengurusan yang baru dapat membawa Dekopinda Kota Bandung bisa mengemban tugasnya dengan jauh lebih baik lagi.

"Terutama untuk membina UMKM di Kota Bandung dengan inovasi - inovasi terbaik," jelas Oded.

Mitra Pemerintah

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno menyatakan, lembaganya hadir sebagai mitra pemerintah. Oleh karenanya, otoritasnya terus berkolaborasi dengan pemerintah melalui Dinas UMKM Kota Bandung.

Usep mengaku Dekopinda Kota Bandung terus berupaya dalam menampung dan mengkaji aspirasi tentang kebutuhan-kebutuhan UMKM. Baik dalam segi pembinaan dan peningkatan skill.

"Melalui diklat atau workshop hingga bantuan dalam hal permodalan usaha," sebut Usep.

Namun Usep mengakui, di era yang semakin kompetitif ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 membuat iklim usaha terganggu. Sehingga tantangan bagi pelaku usaha semakin berat.

Melihat kondisi yang ada saat ini, salah satu anggota Jaringan Usaha Koperasi (JUK) sekaligus penggiat usaha Koperasi, Erik Permana berharap, dalam perhelata Musda kali ini dapat menciptakan suatu iklim yang mendorong koperasi di Kota Bandung bersatu dan bersinergi.

"Dengan situasi dan kondisi yang sulit karena pandemi seperti saat ini, kami mengharapkan Dekopinda melalui hasil Musda ini bisa lebih memberikan pembinaan yang baik bagi UMKM maupun koperasi. Sehingga kedepan bisa lebih bersatu dan bersinergi jauh lebih baik lagi," ucap Erik.

Pada Musda Dekopinda kali ini, dihadiri oleh Ketua Dekopinwil Jawa Barat, H. Mustofa Jamaludin, Kepala Dinas UMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman, para penasehat dan majelis pakar. (Arie Nugraha)  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Handphone Rp 8 Juta, Wanita Ini Justru Dapat Case Bekas

Posted: 15 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belanja online menjadi salah satu cara berbelanja yang banyak diminati masyarakat Tanah Air. Dengan memanfaatkan aplikasi yang kini sudah banyak tersedia, memenuhi beragam kebutuhan kini jadi lebih praktis dan efisien.

Cukup lewat gadget dan bisa dilakukan dimana saja, tak heran jika belanja online begitu diminati berbagai kalangan. Meski demikian, waspada dan hati-hati tentunya tetap perlu dijaga. Teliti profil para penjual di marketplace dan pastikan kredibel serta mencermati ulasan dari pelanggan lain adalah hal yang penting dilakukan.

Hal ini perlu diwaspadai lantaran banyak oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Seperti yang dialami oleh seorang gadis pengguna TikTok satu ini. Lewat akun media sosialnya itu, ia membagikan pengalaman kurang menyenangkan usai berbelanja online.

Awalnya ia membeli sebuah handphone seharga Rp 8 juta di salah satu toko online. Bukannya mendapatkan handphone, gadis ini justru terkejut saat dibuka isinya adalah casing hp bekas.

Tertipu Belanja Online

Berniat beli hp, wanita ini justru dikirim casing hp bekas. (Sumber: TikTok/@nmffff)
Berniat beli hp, wanita ini justru dikirim casing hp bekas. (Sumber: TikTok/@nmffff)

Dilansir dari akun TikTok @nmffff oleh Liputan6.com, Senin (16/11/2020) pemilik akun diketahui baru saja tertipu saat membeli handphone melalui aplikasi online. Ia  mengaku membelinya seharga Rp 8 juta. Namun bukannya handphone yang datang, isi paket yang ia terima hanyalah casing belaka.

"Aku beli HP Rp8 juta tapi yang datang cuma case bekas," tulisnya.

Dia mengaku sudah melaporkan penipuan itu kepada marketplace. Namun sayangnya dirinya belum mendaapatkan respons apapun. Dalam video itu, gadis tersebut memang menunjukkan bukti transaksi. Dia juga menunjukkan resi pengiriman barang. Namun, pada resi paket itu memang tertulis case HP, bukan handphone.

Sudah Merasa Curiga

Berniat beli hp, wanita ini justru dikirim casing hp bekas. (Sumber: TikTok/@nmffff)
Berniat beli hp, wanita ini justru dikirim casing hp bekas. (Sumber: TikTok/@nmffff)

Gadis pembeli ponsel itu awalnya sudah merasa ada yang tidak beres dalam proses pengiriman barang. Menurutnya, pada tanggal 10 status pengiriman pada aplikasi marketplace itu tiba-tiba dinyatakan sudah selesai. Itu artinya, barang sudah sampai dan diterima pembeli. Gadis pembeli itu pun mengaku sangat kaget.

"Padahal aku gak pernah sekali klik menerima pesanan krna barangnya belum datang," kata gadis itu.

Curiga, akhirnya dia pergi ke kantor pos yang menjadi jasa pengiriman barang itu. Dia mencari paket kiriman yang belum tiba tapi transaksi di marketplace sudah dinyatakan selesai. Benar saja, dia mendapati paket yang belum dikirim ke rumahnya. Pada bagian bungkus tertulis bahwa isi paket itu hanyalah casing ponsel.

"Aku langsung unbox di kantor pos biar ada saksi," tambah dia.

Sementara itu, gadis pembeli tersebut menambahkan, "Si penipu lari gak tau kemana guys tolong bantuannya siapa ntahu ada yang bisa lacak."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Chadwick Boseman Muncul di Black Panther 2 lewat CGI, Ini Kata Marvel

Posted: 15 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Kematian Chadwick Boseman pada Agustus 2020 membawa tanda tanya besar kepada para penggemar film superhero Marvel yang hingga kini belum terjawab. Yakni, teka-teki kelanjutan film kedua Black Panther.

Belakangan ini, muncul rumor bahwa Chadwick Boseman akan "dihidupkan kembali" untuk membintangi Black Panther 2 lewat teknik computer-generated imagery atau CGI.  

Produser eksekutif Black Panther, Victoria Alonso, memberikan klarifikasi atas isu ini dalam wawancara bersama media Argentina, Clarín. Dilansir dari Deadline, Senin (16/11/2020), ia membantah keras akan membangkitkan Chadwick Boseman via CGI. 

Hanya Ada Satu Chadwick

Chadwick Boseman (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP, File)
Chadwick Boseman (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP, File)

"Tidak, hanya ada satu Chadwick, dan ia sudah tak lagi bersama kita," tuturnya. Victoria Alonso menambahkan, pihaknya masih menggodok kemungkinan yang bisa diambil untuk melanjutkan kisah Black Panther. 

"Dengan sedih, raja kita sudah meninggal di kehidupan nyata. Tak hanya secara fiksi, dan kami sedang melihat bagaimana akan melanjutkan ceritanya dan bagaimana menghormati bab yang secara tak terduga terjadi kepada kami. Sangat mengerikan dan menyakitkan, sejujurnya," ujar Victoria Alonso.

 

Mengangkat Marvel

Chadwick Boseman (Victoria Will/Invision/AP)
Chadwick Boseman (Victoria Will/Invision/AP)

"Chadwick tak hanya sosok yang luar biasa dalam setiap hari dari kebersamaan kami selama lima tahun. Aku juga percaya, apa yang ia lakukan dalam karakternya ikut mengangkat perusahaan kami, dan meninggalkan jejak dalam sejarah," Victoria Alonso menyambung.

Target Syuting Tahun Depan

Black Panther. (Marvel Studios / Walt Disney Studios Motion Pictures)
Black Panther. (Marvel Studios / Walt Disney Studios Motion Pictures)

Black Panther 2 dijadwalkan mulai syuting pada awal 2021 dan dirilis pada 2022. Ryan Coogler kembali dipasang sebagai sutradara dan penulis naskah untuk film kedua ini. 

Victoria mengatakan pihaknya harus merancang matang-matang kelanjutan cerita sang Raja Wakanda.

 

Dipikir Baik-Baik

"Aku tahu bahwa kadang dalam produksi, dua tiga bulan berlalu, dan kami merasa terlalu banyak waktu yang terlewati. Kami harus memikirkan baik-baik apa yang akan kami lakukan selanjutnya, dan bagaimana melakukannya. Juga bagaimana kami menghormati waralaba ini," Victoria Alonso memungkasi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PAN: Covid-19 Nyata, Keluarga Saya Ada yang Meninggal

Posted: 15 Nov 2020 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun, dan memakai masker. Sebab, Covid-19 telah memakan banyak korban.

"Pandemi Covid-19 ini nyata, bukan isu, sudah banyak meninggal dunia, banyak yang terkena. Keluarga saya juga ada yang meninggal," kata Zulkifli di sela Peringatan Maulid Nabi di kompleks Yayasan Islamic Center Al Ghazaly, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 November 2020.

Dia juga menyinggung beberapa kegiatan yang mengundang kerumunan massa dalam jumlah besar selama beberapa minggu terakhir ini. Zulkifli mengingatkan, semua pihak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan seoptimal mungkin, apalagi pandemi Covid-19 belum akan berakhir dalam waktu dekat.

"Saya mengimbau masyarakat, kita betul-betul mematuhi anjuran pemerintah, mematuhi protokol Covid-19," tambah Wakil Ketua MPR ini.

Zulkifli berharap, vaksin Covid-19 sudah bisa didistribusikan kepada masyarakat Indonesia pada Desember 2020.

"Tapi saya dengar baru hanya untuk 10 juta orang, karena 20 juta vaksin kan satu orang dua. Tapi tahun depan sudah semua bisa divaksin," pungkas Zulkifli.

Update Data Corona pada 15 November

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, ada penambahan 4.106 orang yang terkonfirmasi positif Corona pada Minggu (15/11/2020).

Sehingga, total akumulatifnya sampai saat ini, 467.113 orang di Indonesia dinyatakan positif Corona Covid-19.

Kemudian, angka kasus sembuh bertambah 3.897 orang. Total akumulatif di Indonesia hingga kini ada 391.991 pasien Covid-19 sudah berhasil sembuh dan dinyatakan negatif.

Sementara itu, kasus meninggal dunia ada 63 orang. Jadi, total akumulatifnya ada 15.211 orang meninggal dunia di Indonesia sampai saat ini akibat virus Corona Covid-19.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat Sabtu, 14 November 2020 pukul 12.00 WIB, hingga Minggu 15 November 2020 pukul 12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Star Blitz Episode Perdana, Senin 16 November 2020

Posted: 15 Nov 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Senin (16/11/2020) pukul 12.45 WIB hadir Star Blitz di layar SCTV.

Inilah episode perdana Star Blitz yang dikemas sebagai tontonan variety show terbaru di stasiun televisi dengan tagline Satu Untuk Semua.

Anda juga bisa menyaksikan episode Star Blitz via live streaming dengan klik tautan ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Semesta Lawan COVID-19, IDI: Bantu Kami Tidak Perberat Situasi

Posted: 15 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam perang semesta melawan COVID-19, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memohon kepada seluruh masyarakat untuk bantu tidak memperberat situasi. Apalagi lebih dari 200 tenaga medis dan kesehatan gugur akibat COVID-19.

Data Tim Mitgasi PB IDI per 10 November 2020, sebanyak 282 petugas medis dan kesehatan wafat akibat terinfeksi COVID-19. Rinciannya, 159 dokter dan 9 dokter gigi, dan 114 perawat yang gugur.

"Kasus kematian tenaga medis, khususnya dokter gugur dalam penanganan COVID-19 di atas 100 orang. Meskipun (rekan-rekan) kami banyak gugur, mereka tidak akan pantang menyerah melawan COVID-19," kata Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih saat konferensi pers dari RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (15/11/2020).

"Tetapi kami mohon sekali kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meminta pengertiannya. Mohon tidak memperberat situasi, tidak menambah kasus COVID-19 ini jadi besar, tidak menambah penularan yang bisa membuat lebih banyak gugurnya petugas kesehatan."

Masyarakat harus bergotong-royong memerangi COVID-19, salah satunya menghindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Peran masyarakat pun sebagai garda terdepan mecegah penularan COVID-19.

"Garda terdepan bukan lagi petugas kesehatan, melainkan seluruh elemen masyarakat sama-sama bergotong royong perang semesta terhadap COVID-19. Hindari kegiatan yang berpotensi kerumunan," pesan Daeng.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tidak Hanya Mengandalkan Tenaga Kesehatan

Pengendara sepeda beristirahat di dekat dinding bermural yang mengajak orang untuk memakai masker di tengah pandemi Covid-19 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/10/2020). Dinding itu dipenuhi dengan pesan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. (Juni Kriswanto/AFP)
Pengendara sepeda beristirahat di dekat dinding bermural yang mengajak orang untuk memakai masker di tengah pandemi Covid-19 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/10/2020). Dinding itu dipenuhi dengan pesan untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. (Juni Kriswanto/AFP)

Daeng melanjutkan, menghindari kegiatan yang berpotensi timbulkan kerumunan dapat membantu cegah masyarakat terpapar COVID-19. Hal ini juga mencegah petugas kesehatan terinfeksi COVID-19 dari pasien.

Kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dibutuhkan, sehingga perang lawan COVID-19 tidak hanya mengandalkan tenaga medis dan kesehatan.

"Dari hati yang paling dalam, kami petugas kesehatan mengajak bersama-sama melakukan gerakan perang semesta. Jangan hanya mengandalkan petugas kesehatan, jangan hanya mengandalkan Pemerintah," tegas Daeng.

"Karena ini (perang lawan COVID-19) harus (dilakukan) seluruh lapisan masyarakat dengan kesadaran kita menerapkan protokol kesehatan. Tentunya, supaya kita terhindar dari tertular COVID-19."

 

Infografis Perang Global Melawan Corona

Infografis Perang Global Melawan Corona (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Perang Global Melawan Corona (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MIUI 12 dengan Android 11 Sambangi Redmi K30 Pro Zoom

Posted: 15 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Redmi merilis MIUI 12 yang berbasis Android 11 untuk produknya. Redmi K30 Pro Zoom untuk pasar Tiongkok sudah mulai mencicipi software baru tersebut.

Dilansir GSM Arena, Senin (16/11/2020), pembaruan dengan sistem OTA itu sudah mulai dirilis untuk Redmi K30 Pro Zoom.

Firmware baru ini tidak kompatibel untuk unit global. Namun, Redmi biasanya merilis pembaruan berbeda untuk pasar global setelah Tiongkok.

Versi software baru ini adalah V12.1.3.0.RJKCNXM, dan memakan ruang penyimpanan sebesar 3,3GB. Selain itu, patch keamanan terbaru Google juga turut hadir bersamaan.

Redmi Note 9 5G Muncul di Tenaa

Redmi Note 9 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Redmi Note 9 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut, Redmi yang merupakan sub-brand dari Xiaomi dilaporkan sedang menyiapkan dua varian 5G dari Redmi Note 9. Informasi mengenai keduanya pun udah beredar di internet.

Redmi Note 9 5G dan Note 9 Pro 5G muncul di situs web Tenaa.  Xiaomi M2007J22C merupakan Redmi Note 9 5G dan dilengkapi dengan chipset Dimensity 800U. Smartphone tersebut memiliki tiga varian RAM dan memori internal, yakni 4/6/8 GB dan 64/128/256 GB.

Spesifikasi lainnya termasuk layar LCD 6,53 inci dengan resolusi 1080p dan baterai 5.000 mAh. Kamera utama dengan sensor 48MP, sementara kamera depan 13MP.

Redmi Note 9 Pro 5G

Smartphone ini memiliki nomor model M2007J1C. Berdasarkan gambar, tampilan belakang mirip seperti Mi 10T Lite 5G.

Spesifikasinya antara lain chipset Snapdragon 750G, RAM hingga 12GM, dan memori internal 256GB. Kamera utama 108MP, dan kamera depan 16MP.

Sejauh ini belum ada informasi dari pihak Xiaomi mengenai waktu peluncurannya. Namun menurut laporan, keduanya akan hadir dengan berbagai pilihan warna, yaitu hitam, merah, biru, pink, putih, hijau, ungu, dan abu-abu atau silver.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpuruk di MU, Pogba Jadikan Timnas Prancis Sebagai Pelarian

Posted: 15 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba mengakui sedang mengalami masa-masa sulit bersama Setan Merah. Pogba beruntung bisa sedikit menghirup udara segar dengan membela timnas Prancis.

Performa Pogba bersama MU menjadi sorotan publik. Pemain 27 tahun itu tak kunjung tampil baik. Akibatnya Pogba beberapa kali dicadangkan oleh manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Celakanya saat Pogba diparkir, MU justru tampil cemerlang seperti ketika menang 3-1 di kandang Everton pada laga Liga Inggris terakhir sebelum jeda internasional.

Pogba dinilai banyak kalangan sulit tampil bagus bersama MU. Pogba dianggap tidak bisa mengembalikan kehebatannya seperti ketika masih membela JUventus.

Dalam wawancara dengan RTL, Pogba mengaku sedang menghadapi masa-masa sulit di MU. Pogba menjadikan timnas Prancis sebagai pelarian di kondisi sulit bersama MU.

Komentar

Pemain Manchester United, Paul Pogba, melepaskan tendangan saat melawan Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Old Trafford Sabtu (4/6/2020). Manchester United menang 5-2 atas Bournemouth. (AP/Peter Powell)
Pemain Manchester United, Paul Pogba, melepaskan tendangan saat melawan Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Old Trafford Sabtu (4/6/2020). Manchester United menang 5-2 atas Bournemouth. (AP/Peter Powell)

"Saya tidak pernah mengalami periode yang sulit dalam karir saya. Tim Prancis adalah menghirup udara segar, grup ini luar biasa, ini ajaib," tutur Pogba.

Pogba selalu tampil di dua laga internasional Prancis. Les Bleues kalah 0-2 dari Finlandia di laga uji coba, namun bangkit dan menghajar Portugal 1-0 di UEFA Nations League.

Juve dan Madrid

Masa depan Pogba di MU terus jadi bahan pergunjingan. Dua klub besar Eropa siap menampung Pogba yakni Real Madrid dan Juventus.

Juve dan Real Madrid sudah berupaya merekrut Pogba di musim panas 2020. Namun terkendala pandemi Covid-19 yang menguncang keuangan klub. Pogba kemungkinan akan coba direkrut lagi tahun depan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waduh, Covid-19 Berhasil Kalahkan Ketangguhan UMKM Hadapi Krisis

Posted: 15 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Suminto, mengatakan efek domino covid-19 terhadap UMKM di tahun 2020  mampu mengalahkan ketangguhan UMKM dalam menghadapi suatu krisis.

Di mana sebelumnya pada 1998 sebanyak 64 persen UMKM tidak berubah omzetnya, 31 persen menurun, dan 1 persen berkembang, kemudian penurunan tenaga kerja hanya 0,1 persen.

Lalu pada krisis 2008, resesi global yang memukul sisi permintaan tidak berdampak signifikan karena ketergantungan ekonomi ke ekspor rendah. Sementara di tahun 2020 adanya krisis covid-19 sangat berdampak besar untuk UMKM lantaran adanya pembatasan interaksi manusia.

"Situasi perekonomian yang tidak favorable (baik) ini tentunya juga mempengaruhi aktivitas perekonomian sektor UMKM dan tentu nantinya in line dengan aktivitas keuangan mikro," kata Suminto dalam BMT Summit MUI 2020, Senin (16/11/2020).

Dirinya menjelaskan efek domino covid-19 pada aspek Kesehatan, penyebaran covid-19 yang mudah, cepat dan luas menciptakan krisis Kesehatan dengan belum ditemukannya vaksin, obat, serta keterbatasan alat dan tenaga medis.

sebab krisis Kesehatan langsung terjadi di Tiongkok dan Sebagian kecil negara sejak awal tahun. Sebagian besar negara, termasuk Indonesia baru merasakan dampak wabah akhir Februari atau awal Maret, kata Suminto

Selanjutnya aspek sosial, di mana langkah untuk flattening the curve dari cepat dan luasnya penularan memiliki konsekuensi pada berhentinya aktivitas ekonomi yang menyerap tenaga kerja di berbagai sektor tak terkecuali sektor-sektor informal seperti UMKM.

Kemudian untuk aspek ekonomi, Suminto mengatakan kinerja ekonomi menurun tajam, konsumsi terganggu, investasi terhambat, ekspor-impor terkontraksi. Pertumbuhan ekonomi melambat/menurun tajam, dan rantai suplai global seketika terdisrupsi sejak Tiongkok dan negara-negara lain terguncang oleh krisis Kesehatan.

"Di tengah-tengah situasi yang tidak favorable kita melihat perekonomian kita terinfeksi karena covid-19, di mana Kuartal II yang lalu perekonomian terkontraksi cukup dalam yakni tumbuh minus 5,32 persen, alhamdulilah di Kuartal III meskipun masih dalam kontraksi tetapi terjadi perbaikan minus 3,49 persen," jelasnya.

Sehingga ia berharap kontraksi minus 5,32 persen di kuartal II itu merupakan kontraksi yang paling dalam dan dan selanjutnya kita dapat recover.

Begitupun dengan aspek keuangan, volatilitas dan gejolak sektor keuangan dirasakan seketika sejak wabah muncul seiring dengan turunnya investor confidence dan terjadinya flight to quality. 

"Disamping itu sektor keuangan juga terdampak melalui karena menurunnya kinerja sektor riil dimana profitabilitas dan solvabilitas perusahaan ikut menurun," pungkasnya.   

Menteri Teten Optimalkan Agregator Dalam Proses Bisnis UMKM

Pekerja membuat mebel di kawasan Tangerang, Selasa (3/11/2020). Generalized System of Preference (GSP) atau fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk memungkinkan produk UMKM lebih banyak diekspor ke Amerika Serikat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja membuat mebel di kawasan Tangerang, Selasa (3/11/2020). Generalized System of Preference (GSP) atau fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk memungkinkan produk UMKM lebih banyak diekspor ke Amerika Serikat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan bahwa sejalan dengan upaya mengawal transformasi digital, pemerintah juga berupaya mengoptimalkan agregator dan enabler dalam proses bisnis UMKM.

"Enabler hadir baik dalam format entitas perusahaan maupun perorangan. Contohnya, reseller yang menghadirkan layanan untuk menyederhanakan proses bisnis yang ditempuh UMKM," jelas Teten, pada peluncuran kampanye #ParaWajahIndonesia (secara daring) dengan tema "Para Wajah Wirausaha Indonesia: Menang Lawang Pandemi, Hidupkan Ekonomi", dikutip Sabtu (14/11/2020).

Salah satunya, lanjut Teten, dapat meliputi aspek warehousing dan logistics, Customer Relationship Management (CRM), digital marketing dan solusi teknologi lainnya.

"Peran agregator sendiri mengkonsolidasikan proses bisnis, seperti konsolidator produksi (factory sharing), rumah pengemasan bersama, dan lain-lain," papar MenkopUKM.

Dalam kampanye yang diselenggarakan Paragon Technology and Innovation (Paragon) itu, Teten mencontohkan, di industri kuliner bisa seperti dapur bersama yang mensuplai bahan baku siap proses untuk rumah makan yang bermitra.

Dalam kesempatan itu, Teten juga mengapresiasi Paragon yang telah berupaya memberdayakan potensi UMKM lokal dengan melibatkan mereka dari hulu hingga hilir di dalam proses bisnis industri kosmetik.

Jika merujuk pada data BPS Triwulan I tahun 2020, kinerja industri kimia, farmasi dan obat tradisional (termasuk sektor kosmetik), masih mengalami pertumbuhan sebesar 5,59 persen.

"Hal ini menunjukkan bahwa di tengah pandemi Covid-19 saat ini, masih ada sektor usaha yang mampu bertahan bahkan tumbuh ditengah banyaknya sektor usaha lain yang berusaha untuk bertahan," ungkap MenkopUKM.

Sementara itu, CEO Paragon Technology andInnovation Salman Subakat mengatakan, kampanye ini bertujuan mengajak masyarakat untuk bangga dengan karya buatan Indonesia.

"Selama 35 tahun, Paragon berada di industri kosmetik berupaya menjalankan seluruh proses bisnisnya melalui kolaborasi dan sinergi bersama sumber daya Indonesia," ucap Salman.

Salman berharap, langkah itu semakin mendorong masyarakat untuk bangga dengan produk Indonesia. Bukan hanya untuk produk-produk Paragon, melainkan juga produk atau brand Indonesia lainnya yang dihasilkan oleh puluhan juta UMKM yang Indonesia miliki saat ini.

Bagi Salman, kampanye #ParaWajahIndonesia ini selaras dengan program "Bangga Buatan Indonesia" yang sedang digaungkan pemerintah. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Rambut Baru Acha Septriasa Bikin Terpana sampai Disebut Mirip Artis K-Pop

Posted: 15 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Acha Septriasa yang kerap terlihat dengan rambut lurusnya, belum lama ini memamerkan model barunya. Istri Vicky Kharisma ini tampak lebih segar dan menawan dengan tampilan rambut baru.

Diketahui, Acha Septriasa kini menata rambutnya dengan gaya 'ginger hair'. Tak hanya segar dan semakin menawan, ibu satu anak ini bahkan disebut mirip dengan salah satu artis K-Pop.

Potret terbaru Acha Septriasa ini bisa dilihat melalui unggahannya di akun Instagram @septriasaacha. Di situ tampak Acha sedang berada di bangku depan sebuah mobil.

Jenis Rambut Baru

Acha Septriasa dengan rambut model ginger. (Instagram @septriasaacha)
Acha Septriasa dengan rambut model ginger. (Instagram @septriasaacha)

Tak banyak yang dituliskan oleh Acha terkait penampilan barunya itu. Ia hanya menuliskan secara singkat jenis rambut yang ia pamerkan itu.

"Ginger hair days 🧡," tulis Acha dalam keterangan fotonya.

Tiga Foto

Acha Septriasa dengan rambut model ginger. (Instagram @septriasaacha)
Acha Septriasa dengan rambut model ginger. (Instagram @septriasaacha)

Dalam unggahannya, Acha memamerkan tiga buah foto dalam satu rangkaian. Di ketiga fotonya, Acha terlihat lebih muda, tak seperti ibu satu anak. Pujian pun berhamburan.

 

Pujian untuk Acha

Acha Septriasa dengan rambut model ginger. (Instagram @septriasaacha)
Acha Septriasa dengan rambut model ginger. (Instagram @septriasaacha)

Sejumlah warganet mengungkapkan kekaguman mereka dan terpukau dengan gaya rambut baru Acha Septriasa ini.

"Beautiful ginger hairrr," tulis @christineunicemakeup.

"Ada yang berkilau tapi bukan permata. Cakeppp poooll dehh kamyuu," ujar @dr.putripuspitasari.

"Kece banget," kata @gesatastella.

 

Disebut Mirip Artis K-Pop

Jihyo Twice. (JYP Entertainment via Soompi)
Jihyo Twice. (JYP Entertainment via Soompi)

Salah satu komentar yang menarik, menyebut bahwa potret Acha Septriasa ini sangat mirip dengan artis K-Pop, yaitu Jihyo personel Twice.

"Slide pertama kukira Jihyo Twice," celetuk @linnaaa0_.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Orang Termasuk Bocah 9 Tahun Tewas dalam Kebakaran Apartemen di Hong Kong

Posted: 15 Nov 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Kebakaran maut di Hong Kong merenggut nyawa tujuh orang. Bocah berusia 9 tahun termasuk menjadi korban jiwa.

Menurut laporan South China Morning Post, Senin (16/11/2020), korban tewas dalam kebakaran ini terdiri atas empat laki-laki dan tiga perempuan. Usianya antara 9 sampai 40 tahun.

Lokasi kebakaran berada di apartemen persimpangan Canton Road dan Saigon Street di Yau Ma Tei.

Ada sejumlah orang lain yang dirawat di rumah sakit akibat insiden tersebut. Tiga laki-laki dan empat perempuan kritis, dua lainnya dalam kondisi serius.

Satu orang sudah pulang dari rumah sakit dan satu lagi kondisinya stabil.

Peristiwa itu dianggap sebagai kebakaran paling mematikan dalam 10 tahun terakhir. Api diduga berasal dari restoran tanpa izin.

Korbannya Orang Nepal

Petugas pemadam kebakaran dan polisi menyelidiki lokasi kebakaran di Hong Kong, China selatan (15/11/2020). Sebanyak tujuh orang tewas dan lebih dari 10 lainnya terluka setelah kebakaran melalap sebuah gedung apartemen di Hong Kong pada Minggu (15/11) malam, menurut kepolisian. (Xinhua/Lui Siu Wai)
Petugas pemadam kebakaran dan polisi menyelidiki lokasi kebakaran di Hong Kong, China selatan (15/11/2020). Sebanyak tujuh orang tewas dan lebih dari 10 lainnya terluka setelah kebakaran melalap sebuah gedung apartemen di Hong Kong pada Minggu (15/11) malam, menurut kepolisian. (Xinhua/Lui Siu Wai)

Polisi berkata ada flat yang dipakai sebagai restoran Nepal. Di restoran itu diadakan pesta ulang tahun.

Lilin-lilin diperkirakan mengakibatkan kebakaran. Kebanyakan korbannya juga orang Nepal.

Juru bicara kepolisian berkata sedang menginvestigasi apakah restoran itu memiliki izin.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Penampakan Narkoba Sabu di Dalam Kerupuk

Posted: 15 Nov 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Petugas Lembaga Pemasyarakat Jombang menemukan narkoba jenis sabu yang tersimpan di kerupuk milik salah satu penghuni lapas. Seperti apa penampakannya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh, Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Posted: 15 Nov 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain harum dan indah, beberapa jenis bunga ini bisa dijadikan teh dan tentunya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Memiliki kandungan yang luar biasa, tak heran jika beberapa jenis bunga ini bisa dikonsumsi dan dijadikan teh.

Beberapa jenis bunga ini mempunyai kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya yang bisa digunakan sebagai obat alternatif ataupun obat herbal. Obat herbal tak jarang dijadikan pilihan untuk mengatasi dan mengobati beberapa penyakit. Menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan teh ini bisa coba dikonsumsi.

Beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan teh ini sudah sering terdengar dan sudah tak asing lagi. Kamu bisa mengolah beberapa bunga indah ini menjadi minuman yang menyehatkan salah satunya adalah teh. Selain rasanya, aromanya juga tentu menenangkan. Oleh sebab itu, menarik untuk mencoba beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan teh tersebut.

Penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan jika minuman dari beberapa jenis bunga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan pikiran dan menurunkan berat badan. Jenis bunga yang bisa dijadikan teh ini bisa kamu coba minum.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang jenis bunga yang bisa dijadikan teh dan mempunyai banyak manfaat, Senin (16/11/2020).

Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh

ilustrasi teh melati  (sumber: Pixabay)
ilustrasi teh melati (sumber: Pixabay)

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mempunyai kandungan antioksidan dan nutrisi yang baik tak heran jika beberapa jenis bunga tersebut bisa dijadikan minuman sehat salah satunya adalah teh.

1. Bunga Melati

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh yang pertama yakni adalah bunga melati. Bunga melati memang sudah dikenal lama menjadi bahan dasar untuk teh. Teh melati dikenal dengan aromanya yang menenangkan. Minuman ini telah ada di Cina sejak 700 tahun lalu. Daun teh longgar berkualitas tinggi dicampur dengan kelopak melati, memberikan teh rasa lembut, agak manis dan aroma aromatik. Teh melati sangat sehat karena tinggi dalam kelompok antioksidan kuat yang dikenal sebagai katekin.

Teh melati menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko kanker, detak jantung yang lebih stabil, tekanan darah, stroke dan kadar kolesterol. Rutin mengonsumsi teh melati akan membawa manfaat sehat bagi tubuh.

2. Bunga Mawar

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh selanjutnya yakni adalah bunga mawar. Tak hanya memiliki aroma yang harum dan dijadikan sebagai lambang cinta, bung mawar juga bisa dijadikan teh dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh mawar adalah minuman herbal aromatik yang terbuat dari kelopak harum dan kuncup bunga mawar. Teh bisa diminum tawar atau dimaniskan dengan sedikit madu. Rasanya ringan, halus, dengan aroma bunga yang menenangkan. Teh mawar memiliki rasa berkisar dari pahit hingga manis tergantung pada varietasnya. Beberapa manfaat teh bunga mawar untuk kesehatan yakni :

- Hidrasi Tubuh

Teh mawar terbuat dari air yang membantu menghidrasi tubuh. Minum teh mawar satu cangkir atau lebih per hari dapat secara signifikan berkontribusi terhadap total asupan air. 

- Bantu Menurunkan Berat Badan

Teh mawar juga membantu melancarkan metabolisme tubuh. Ini karena teh mawar membantu menghidrasi tubuh. Teh mawar diketahui dapat melawan peradangan. Teh mawar dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang mendukung metabolisme. Metabolisme tubuh yang baik dapat mendukung penurunan berat badan.

- Kaya Antioksidan

Kelopak mawar tinggi polifenol serta sejumlah antioksidan lainnya, termasuk asam ellagic dan quercetin. Konsumsi makanan dan minuman tinggi polifenol dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker jenis tertentu, penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta melindungi otak dari penyakit degeneratif. Asam galat dalam teh mawar juga diketahui memiliki efek antikanker, antimikroba, antiinflamasi, dan analgesik.

- Lancarkan Pencernaan

Sifat antioksidan pada bunga mawar dapat mencegah masalah pencernaan seperti radang dan sembelit. Ekstrak mawar menunjukkan efek pencahar alami. Ini dapat mengatasi masalah susah buang air besar dan melancarkan pencernaan.

Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh

ilustrasi teh chamomile/copyright by Shutterstock
ilustrasi teh chamomile/copyright by Shutterstock

3. Bunga Chamomile

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh selanjutnya yakni bunga chamomile. Teh chamomile merupakan salah satu teh herbal yang banyak dikonsumsi. Teh chamomile terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. Rasanya yang khas dan aroma bunganya menenangkan membuat teh ini cocok disesap pada pagi hari. Chamomile mengandung flavonoid, senyawa tanaman yang memberi teh ini manfaat herbal luar biasa.

Teh chamomile sarat akan antioksidan yang dapat berperan dalam menurunkan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Sifat chamomile yang menenangka tubuh mampu meredakan nyeri dan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa manfaat teh chamomile untuk kesehatan yakni :

- Tingkatkan Kekebalan

Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Sejumlah penelitian mengungkapkan, teh chamomile memiliki sifat pencegahan penyakit yang kuat.

- Kontrol Gula Darah

Sejumlah penelitian mengungkapkan, teh chamomile dapat membantu menurunkan gula darah, memberi manfaat bagi penderita diabetes. Chamomile mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang berdampak pada enzim tertentu yang merupakan bagian dari respons diabetes.

- Cegah Peradangan

Karena kandungan flavonoid yang beragam, chamomile dapat menyembuhkan banyak kondisi peradangan. Ini termasuk eksim, nyeri rheumatoid, bisul, asam urat, dan neuralgia, GERD, peradangan mata, wasir, kulit terbakar, dan ruam.

- Sehatkan Jantung

Antioksidan dalam teh chamomile, seperti flavon, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Flavon memiliki potensi menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk trigliserida dan kolesterol "jahat" LDL.

- Hilangkan stres

Minum teh chamomile dapat merilekskan tubuh dan bertindak sebagai obat penenang alami yang efektif. Ini dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Manfaat ini didapat dari aroma chamomile yang harum dan menenangkan. 

 

4. Bunga Rosella

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh berikutnya yakni adalah teh bunga rosella. Tak hanya harum dan indah, bunga satu ini juga bisa dijadikan teh dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat tanaman rosella tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Beberapa manfaat bunga rosella yakni :

- Menurunkan Tekanan Darah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman rosella mampu menurunkan tekanan darah pada penderita sindrom metabolik. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta berat badan.

- Mengatasi Kolestrol Tinggi

Tanaman rosella dipercaya mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

- Mencegah Penyakit Jantung

Teh rosella bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan stroke.

- Cegah Risiko Obesitas

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam tanaman rosella mampu menghambat dan mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga membantu mencegah obesitas. 

 

Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh

Bunga telang (Image by Samriddha Samanta from Pixabay)
Bunga telang (Image by Samriddha Samanta from Pixabay)

5. Bunga Telang

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh berikutnya yakni adalah bunga telang. Bunga telang merupakan bunga yang memiliki warna biru keunguan. Bunga ini termasuk jenis tanaman merambat dari keluarga polong-polongan. Bunga ini cukup terkenal di kawasan Asia karena manfaat bunga telang untuk kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh herbal ini memiliki sifat antioksidan yang bagus. Selain itu teh bunga telang juga bisa menurunkan resiko diabetes. Hal ini dikarenakan terhalangnya asupan glukosa dari makanan ke tubuh. Teh biru atau teh bunga telang ini baik dikonsumsi untuk orang yang mengidap diabetes melitus tipe 2

 

6. Bunga Dandelion

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh berikutnya yakni adalah teh bunga dandelion. Bunga dandelion atau yang bisa disebut dengan randa tapak ini apabila kelopaknya ditiup bisa mudah terlepas dan terbawa angin. 

Jenis bunga yang satu ini ternyata bisa diolah menjadi teh. Penelitian menunjukkan bahwa semua bagian tanaman dandelion mengandung banyak senyawa anti-inflamasi dan antioksidan alami.

Bagian dandelion seperti akar dan bunga adalah bagian yang mengandung banyak zat penting yang bermanfaat. Dandelion mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Vitamin yang dikandung oleh dandelion yaitu vitamin A, D, E, B kompleks, dan C.

Mineral yang ada di dalam dandelion di antaranya adalah zat besi, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium, dan tembaga. Selain itu, dandelion juga mengandung serat dan zat lain seperti taraxerol, taraxasterol, dan asam klorogenat.

Beberapa manfaat bunga dandelion yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, mengatasi peradangan, hingga mencegah dan mengobati kanker.

Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh

ilustrasi lavender (sumber: iStockphoto)
ilustrasi lavender (sumber: iStockphoto)

7. Bunga Lavender

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh selanjutnya yakni adalah teh bunga lavender. Teh lavender dibuat dari tunas lavender berwarna ungu yang dikeringkan. Teh lavender telah lama digunakan sebagai teh herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti masalah depresi, insomnia, kelelahan, dan kecemasan. Beberapa manfaat teh lavender yakni :

- Menjaga Sistem Pencernaan

Berdasarkan studi, teh lavender dapat mengurangi peradangan, merangsang pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral di usus.

- Mengatasi Inflamasi

Beberapa efek peradangan ringan seperti nyeri, radang sendi, demam, atau sakit kepala dapat diatasi dengan minum teh lavender. Teh lavender mungkin tidak menyembuhkan gejala tersebut, namun dapat membantu mengurangi gejala dan peradangan pada tubuh.

- Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum teh lavender hangat sebelum jam tidur dapat membantu membuat kamu terlelap dan tenang. Selain itu, lavender juga dapat melancarkan pernapasan selama tidur. - Mengatasi Gangguan Kecemasan

Lavender mengandung komponen aktif dan senyawa aromaterapi yang dapat merangsang neurotransmitter di otak untuk menenangkan dan menyeimbangkan hormon stres.

 

8. Bunga Echinacea

Jenis bunga yang bisa dijadikan teh selanjutnya yakni bunga echinacea. Echinacea adalah bunga asli Amerika Utara yang digunakan sebagai obat herbal selama lebih dari ratusan tahun oleh suku Indian asal dataran Great Plains. Bunga echinacea digunakan untuk ramuan yang terbuat dari bunga, daun dan akarnya. Bunga ini menyerupai aster dengan kepala putik yang menonjol dan memiliki mahkota bunga berwarna ungu atau ungu muda. Beberapa manfaat bunga echinacea yakni :

- Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa kandungan Echinacea dalam aliran darah dapat membantu menjaga gula darah tidak meningkat jika menderita diabetes atau pradiabetes. Manfaat bunga Echinacea juga dapat mencegah gula darah berkurang atau hipoglikemik. Ini tentu bukan pengganti terapi insulin atau perawatan diabetes lainnya. - Mengurangi Peradangan

Senyawa aktif pada Echinacea bekerja dalam tubuh untuk menjaga agar respons peradangannya tetap rendah. Hal ini membantu dalam penyembuhan berbagai masalah yang berhubungan dengan peradangan.

- Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa tanaman ini membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam melawan infeksi dan virus, yang membantu pulih lebih cepat dari penyakit. - Menurunkan Tekanan Darah

Bunga Echinacea dalam bentuk suplemen berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Ini karena Echinacea memiliki jumlah senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi untuk membantu hipertensi.

- Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bunga Echinacea juga dapat membantu mengurangi risiko dari berbagai jenis kanker. Perawatan kanker seperti kemoterapi cenderung melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh beberapa sel sehat dalam tubuh, namun ketika minum teh bunga Echinacea dapat membantu mengatasi beberapa efek samping tersebut. Khasiat bunga Echinacea ini masih memerlukan banyak penelitian lebih lanjut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

West Java Investment Summit Tawarkan Investasi Rp 33,6 T

Posted: 15 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia (BI), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong investasi bagi pemulihan ekonomi nasional (PEN). Baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, hal ini sekaligus sebagai salah satu implementasi dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

"Bapak Presiden terus menekankan pentingnya mendorong investasi, termasuk melalui implementasi undang-undang Cipta kerja," ujar dia dalam West Java Investment Summit, Senin (16/11/2020).

Selain itu, Perry juga melihat BKPM sangat agresif dalam mendorong investasi di berbagai daerah. Kali ini, daerah yang dimaksudkan adalah provinsi Jawa Barat. Menurut Perry, daerah ini menjadi salah satu yang paling diminati investor. Terbukti dari banyaknya investasi yang ditawarkan dengan nilai mencapai lebih dari Rp 33,6 triliun.

"Telah tersedia 21 proyek investasi yang akan ditawarkan secara langsung dalam event promosi ini, yang diselenggarakan secara kombinasi secara Hybrid dari total 30 proyek yang ditawarkan dengan total nilai investasi lebih dari Rp 33,6 triliun," kaya Perry.

Sebelumnya, Perry dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo telah melaksanakan promosi investasi Jawa Tengah tahun 2020.

"Kali ini kegiatan promosi investasi kembali bersama-sama juga dilakukan di Jawa Barat antara Bank Indonesia, BKPM dan pemerintah provinsi Jawa Barat" ujar dia.

Hingga September 2020, Investasi ke Sektor Industri Naik 37 Persen

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Menteri perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan, selama pandemi covid-19 atau pada periode Januari hingga September 2020, investasi yang masuk ke sektor industri mencapai Rp 201,9 triliun. Angka tersebut naik 37 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

"Nah ini kita bisa lihat justru pada saat pandemi ini investasi untuk sektor industri ya periode Januari-September 2020 naik 37 persen dibandingkan dengan periode lalu. Di tahun 2020 industri menyerap investasi senilai Rp 201,9 triliun," kata Agus dalam talkshow Update KPCPEN: Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (9/11/2020).

Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian tetap memastikan agar industri tetap beroperasi di masa pandemi ini agar PHK di sektor industri bisa ditekan. Dengan adanya investasi membantu mencegah PHK.

"Jadi sejak awal tadi saya sampaikan kita putar-putar otak, bagaimana sektor industri itu bisa tetap beroperasi di tengah-tengah ancaman pandemi atau virus yang sangat berat," ujarnya.

Dirinya sadar betul bahwa dengan beroperasinya industri atau pabrik-pabrik itu pasti akan mencegah PHK dan mencegah karyawan yang dirumahkan. Oleh karena itu ia mendorong investasi agar pabrik tetap berjalan sehingga penyerapan tenaga kerja tetap berlangsung.

"Jadi investasi-investasi itu juga merupakan kata kunci untuk kita mencegah PHK dan menciptakan lapangan kerja baru," katanya.

Agus menegaskan sejak awal pihaknya agresif dan sadar betul bahwa perekonomian melalui kegiatan industri ini tidak boleh ketinggalan, walaupun di satu sisi penanganan kesehatan itu harus di depan sementara sektor industri harus mengikuti secara ketat di belakang.

"Jadi sekarang belum waktunya untuk sektor industri bisa bisa mendahului sektor kesehatan, tapi dia tidak boleh jauh ketinggalan dari sektor Kesehatan, sektor industri ini yang betul-betul sejak awal kami coba tangani," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tunggu Izin PN Tangerang Periksa Tersangka Raibnya Rp 20 Miliar Winda Earl

Posted: 15 Nov 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi belum dapat memeriksa kembali Kepala Maybank Cipulir berinisial A yang menjadi tersangka atas kasus raibnya uang tabungan Rp 20 miliar lebih milik atlet e-sport, Winda D Lunardi alias Winda Earl.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menyampaikan, pihaknya masih menunggu izin dari PN Tangerang lantaran tersangka merupakan tahanan pengadilan.

"Saya belum bisa sampaikan karena kemarin penyidik masih menunggu ijin dari Ketua Pengadilan Tangerang. Janjinya minggu depan tapi kita liat perkembangannya," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, Bareskrim Polri mengirim surat ke Ketua Pengadilan Negeri Tangerang untuk melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Kepala Maybank Cipulir berinisial A, terkait kasus hilangnya uang tabungan Rp 20 miliar milik atlet e-sport, Winda D Lunardi alias Winda Earl.

"Polisi, khususnya Bareskrim dalam rangka memeriksa tersangka harus seizin Ketua Pengadilan Negeri Banten. Karena yang bersangkutan saat ini sedang proses sidang kasus terdahulu di Polda Metro Jaya," ujar Awi saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2020).

Awi tidak menjelaskan lebih lanjut perkara yang sedang dijalani A di PN Tanggerang. Dia hanya mengharapkan agar pemeriksaan segera dapat dilakukan oleh penyidik untuk pengembangan kasus ini.

"Karena memang proses persidangan kita terus berkoordinasi dengan PN semoga minggu depan kita diberi kesempatan minta izin ke ketua PN untuk memeriksa tersangka," kata Awi.

"Untuk kami kembangkan terus ini, semua perkembangan-perkembangan hasil penyidikan dikroscek ke tersangka. Fokusnya ada dua, pertama tracing aset dan kedua segera minta izin ke ketua Pengadilan Negeri Tangerang Untuk melakukan pemeriksaan tambahan," tambah dia soal kasus Winda Earl.

Susuri Aset Tersangka

Polisi telah menetapkan Kepala Cabang Bank Maybank Cipulir, Kebayoran Arcade berinisial A sebagai tersangka kasus hilangnya uang tabungan Rp 20 miliar milik atlet e-sport, Winda D Lunardi alias Winda Earl.

"Perkembangan perkara saat ini sedang dalam proses penyidikan dan telah menetapkan tersangka atas nama A selaku kepala cabang Cipulir Maybank," kata Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika saat dikonfirmasi, Jumat (6/11/2020).

Helmy menyebut, A kini ditahan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang. Pihaknya kini masih terus menelusuri aset dan aliran dana yang digunakan oleh tersangka.

"Akan melakukan pemeriksaan tambahan terhadap tersangka A yang saat ini merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Tangerang untuk mendapatkan keterangan terkait aset-aset yang telah dilakukan penyitaan oleh penyidik," tutur Helmy.

Helmy menyebut, total kerugian yang dialami Winda sebanyak Rp 22.879.000.000. Uang tersebut merupakan tabungan di dua rekening berbeda, yakni milik Winda dan ibunya.

"Penyidik akan melakukan penyitaan terhadap aset berupa mobil, tanah, dan bangunan. Dan masih menelusuri aset-aset yang lainnya," kata Helmy.

Atlet e-sport Winda D Lunardi alias Winda Earl melaporkan kasus uang tabungan hilang di salah satu bank swasta dengan nominal mencapai Rp 20 miliar. Gamers itu mengaku telah menyambangi Bareskrim Polri pada Mei 2020 untuk membuat aduan dugaan kejahatan perbankan.

Laporan tersebut diterima pada 8 Mei 2020 dengan Nomor LP/B/0239/V/2020/Bareskrim. Adapun terlapor adalah PT Bank Maybank Indonesia dan Kepala Cabang Bank Maybank Kebayoran Arcade berinisial A.

Kata Maybank

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) angkat bicara soal laporan atlet e-sport Winda D Lunardi alias Winda Earl atas kasus hilangnya uang tabungan senilai Rp 20 miliar. Dalam laporannya, pihak terlapor yaitu PT Bank Maybank Indonesia dan Kepala Cabang Bank Maybank Kebayoran Arcade berinisial A.

Sejauh ini, polisi telah menetapkan Kepala Cabang Bank Maybank Cipulir, Kebayoran Arcade berinisial A sebagai tersangka kasus hilangnya uang tabungan Rp 20 miliar milik Wianda.

Sehubungan dengan masalah ini, Maybank Indonesia menyatakan telah melaporkan dan memproses dugaan tindak pidana tersebut kepada pihak kepolisian.

"Sehingga oknum kejahatan tersebut saat ini telah ditangkap dan dalam proses hukum di Pengadilan Negeri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," dikutip dari keterangan tertulis Maybank Indonesia, Jumat (6/11/2020).

Saat ini, laporan Maybank Indonesia sudah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian. Sebagai warga usaha (corporate citizen) yang taat hukum, Maybank Indonesia menyerahkan sepenuhnya penyelesaian permasalahan ini kepada proses hukum yang berlaku dan akan mematuhi serta menghormati putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

"Maybank senantiasa mengedepankan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh nasabah dalam melakukan transaksi perbankan," tutup keterangan tertulis tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet pada 16 November 2020

Posted: 15 Nov 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien rawat inap di tower 6 dan 7 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta bertambah 37 orang pada Senin (16/11/2020) pukul 08.00 WIB. Jumlahnya menjadi 1.569 orang. 

"Pasien Covid-19 bertambah 37 orang menjadi 1.569," kata Perwira penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian, Senin (16/11/2020).

Pasien rawat inap itu terdiri dari 798 pria dan 771 wanita. Pasien yang dinyatakan konfirmasi positif ada 1.569 orang dan suspek tidak ada. 

Sedangkan, pasien flat isolasi mandiri yang berada di tower 4 dan 5 RSD Wisma Atlet bertambah 25 orang menjadi 859 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 436 pria dan 423 wanita.

Aris menjelaskan, terhitung sejak 23 Maret hingga 16 November, ada 25.283 orang yang terdaftar di tower 6 dan 7 Wisma Atlet. Kemudian pasien yang keluar ada 23.714 orang dengan rincian 23.260 sembuh, dirujuk ke rumah sakit lain 446 orang, dan meninggal delapan orang.

Kemudian, pasien flat isolasi mandiri di tower 4 dan 5 RSD Wisma Atlet, terhitung 15 September hingga 16 November 2020, pasien terdaftar ada 13.909 orang. Pasien keluar dari tower ada 13.751 orang dengan rincian sembuh 13.649 orang dan dirujuk ke rumah sakit lain ada dua orang.

 

Update Data Covid-19 pada 15 November

WNI yang baru kembali dari luar negeri tiba untuk menjalani isolasi di Wisma Atlet, Pademangan, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020). Wisma Atlet Pademangan tengah mempersiapkan dua tower tambahan untuk merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
WNI yang baru kembali dari luar negeri tiba untuk menjalani isolasi di Wisma Atlet, Pademangan, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020). Wisma Atlet Pademangan tengah mempersiapkan dua tower tambahan untuk merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, ada penambahan 4.106 orang yang terkonfirmasi positif Corona pada Minggu (15/11/2020).

Sehingga, total akumulatifnya sampai saat ini, 467.113 orang di Indonesia dinyatakan positif Corona Covid-19.

Kemudian, angka kasus sembuh bertambah 3.897 orang. Total akumulatif di Indonesia hingga kini ada 391.991 pasien Covid-19 sudah berhasil sembuh dan dinyatakan negatif.

Sementara itu, kasus meninggal dunia ada 63 orang. Jadi, total akumulatifnya ada 15.211 orang meninggal dunia di Indonesia sampai saat ini akibat virus Corona Covid-19.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat Sabtu, 14 November 2020 pukul 12.00 WIB, hingga Minggu 15 November 2020 pukul 12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eksepsi Ditolak, Hakim Lanjutkan Sidang Perantara Suap Jaksa Pinangki

Posted: 15 Nov 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor menolak eksepsi yang diajukan tim penasihat hukum terdakwa Andi Irfan Jaya. Andi Irfan merupakan terdakwa perantara suap yang diberikan terpidana korupsi Hak Tagih Bank Bali Djoko Soegiarto Tjandra atau Djoko Tjandra kepada Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

"Mengadili, menyatakan, keberatan penasihat hukum tidak diterima," ucap Ketua Majelis Hakim Ignasius Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Dengan ditolaknya eksepsi yang dibacakan penasihat hukum Andi Irfan Jaya, maka hakim memutuskan agar persidangan dilanjutkan. Hakim meminta jaksa penuntut umum untuk menghadirkan para saksi di sidang berikutnya.

"Memerintahkan sidang tetap dilanjutkan," kata Eko.

Dalam pertimbangannya, hakim setuju dengan jaksa penuntut umum yang harus mengesampingkan eksepsi penasihat hukum soal dakwaan tidak jelas. Hakim menilai dakwaan sudah disusun sesuai KUHP.

Terkait dengan eksespi penasihat hukum soal dakwaan tak menjelaskan detail waktu dan tempat perbuatan yang dilakukan Andi Irfan Jaya, hakim juga setuju dengan tim penuntut umum.

"Menimbang penyebutan locus delicti tidak harus secara tepat. Disebutkan jika locus delicti meski persis dan akurat penegakan hukum akan lumpuh total yang berakibat pelaku kriminal tidak bisa dituntut," kata Eko.

Diberitakan sebelumnnya, Andi Irfan Jaya didakwa menjadi perantara suap yang diberikan terpidana korupsi Hak Tagih Bank Bali Djoko Soegiarto Tjandra atau Djoko Tjandra kepada Pinangki Sirna Malasari. Suap yang diberikan Djoko Tjandra sebesar USD 500 ribu.

Uang tersebut diterima Andi Irfan Jaya untuk turut membantu Pinangki Sirna Malasari mengurus fatwa di Mahkamah Agung (MA).

"Menerima USD 500 ribu dari USD 1 juta yang dijanjikan Djoko Tjandra dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara berbuat sesuatu dalam jabatannya, yaitu dalam kapasitas Pinangki Sirna Malasari mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) melalui Kejaksaan Agung," ujar Jaksa Rachdityo Pandu dalam dakwaannya, Rabu (4/11/2020).

Pinangki Sirna Malasari sendiri merupakan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung RI.

Jaksa menyebut, pengurusan fatwa MA bertujuan agar Djoko Tjandra tak dieksekusi atas korupsi Bank Bali.

"Sehingga terdakwa Joko Soegiarto Tjandra bisa kembali ke Indonesia tanpa harus menjalani pidana," kata Jaksa.

Pemufakatan Jahat

Selain menjadi perantara suap, Andi Irfan juga didakwa melakukan pemufakatan jahat bersama-sama Pinangki dan Djoko Tjandra untuk menyuap pejabat di Kejaksaan Agung dan MA.

"Terdakwa (Andi Irfan Jaya) telah melakukan permufakatan jahat dengan Pinangki Sirna Malasari dan Djoko Soegiarto Tjandra untuk melakukan tindak pidana korupsi," ujar Jaksa Didi Kurniawan dalam dakwaannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2020).

Andi, Pinangki, dan Djoko Tjandra bermufakat jahat memberikan suap sebesar USD 10 juta kepada pejabat di Kejagung dan MA. Suap bertujuan agar pejabat Kejagung dan MA memberikan fatwa MA Kejagung agar Djoko Tjandra tak dieksekusi atas kasus korupso hak tagih Bank Bali.

"Sehingga, Djoko Soegiarto Tjandra bisa kembali ke Indonesia tanpa harus menjalani pidana," kata Jaksa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teror Ular Kobra hingga Sanca yang Hebohkan Warga

Posted: 15 Nov 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Teror ular kembali meresahkan. Belum lama ini, sarang ular kobra dengan puluhan telur ditemukan di sebuah rumah warga di Jalan KH Agus Salim, Padurenan, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Seluruh telur ular dievakuasi oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi. Terdapat sekitar 20 telur ular kobra, yang beberapa di antaranya telah menetas.

"Ada warga yang melapor menemukan kulit ular kobra di gudang dekat rumahnya," kata Kabag Humas Pemkot Bekasi, Yekti Rubiah, Senin, 9 November 2020.

Namun rupanya, ini bukan pertama kalinya sarang, telur, atau ular kobra ditemukan di rumah warga. Ular king kobra sepanjang 2,5 meter ditemukan di Jalan Taman Katalia Selatan, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat pada Minggu malam, 23 Agustus 2020.

Tak hanya ular kobra, teror ular sanca juga menghantui warga. Pada Senin, 26 Oktober 2020 lalu, seekor ular sanca sepanjang dua meter dievakuasi dari kantor Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Berikut rangkaian teror sarang, telur, atau ular kobra, piton, hingga sanca yang ditemukan di rumah warga dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

King Kobra 2,5 Meter Teror Warga Palmerah

Seekor anak ular kobra yang berhasil ditangkap warga Perumahan Citayam Village saat melakukan kerja bakti di Bojonggede, Kab. Bogor, Sabtu (14/12/2019). Kerja bakti tersebut untuk membersihkan lingkungan sekaligus melakukan penyisiran pencarian induk ular kobra. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)
Seekor anak ular kobra yang berhasil ditangkap warga Perumahan Citayam Village saat melakukan kerja bakti di Bojonggede, Kab. Bogor, Sabtu (14/12/2019). Kerja bakti tersebut untuk membersihkan lingkungan sekaligus melakukan penyisiran pencarian induk ular kobra. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Ular king kobra sepanjang 2,5 meter ditemukan di Jalan Taman Katalia Selatan, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat pada Minggu 23 Agustus 2020 malam.

Ketua Taman Belajar Ular Indonesia, Erwandi Supriadi menuturkan kronologi penemuan king kobra itu. Awalnya, salah satu warga menghubungi Erwandi karena seekor ular kobra terlihat beberapa hari melintas di dekat rumahnya.

Elang sapaan Erwandi mengaku langsung meminta timnya untuk mengecek ke lokasi tersebut.

"Akhirnya, pukul 20.30 WIB, tim saya berhasil mengevakuasi. Tim saya heran kok kobra agak beda, agak kekuningan, waktu saya cek ternyata king kobra," kata Elang saat dihubungi Liputan6.com, Senin, 24 Agustus 2020.

Dia mengaku heran ada king kobra di Jakarta. Sebab, habitat king kobra biasanya daerah gunung kapur ataupun hutan. Selain itu, king kobra memiliki daerah teritorial tersendiri.

"Itu enggak ada di Jakarta bukan populasinya, dari hasil review saya, dari 2014 baru kali ini menemukan king kobra di Jakarta. Kalau kobra, sanca itu lumrah di Jakarta, tapi kalau king kobra hal yang tidak masuk akal," ucap Elang.

Elang menduga king kobra yang ditemukan tersebut merupakan milik warga dan lepas dari kandangnya. King kobra, lanjut dia, merupakan jenis ular yang mematikan.

"Imbaunnya untuk masyarakat kalau tidak bisa memelihara ular jangan memelihara ular. Biarkan ular itu hidup bebas di alam," jelas Elang.

 

Ular Kobra Jawa 2 Meter di Permukiman Warga Tuban

Warga di Perumahan Bekasi menangkap anak king kobra. (Liputan6.com/Bam Sinulingga)
Warga di Perumahan Bekasi menangkap anak king kobra. (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Warga Desa Bader, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban dibuat geger oleh penampakan seekor ular kobra Jawa yang muncul di pemukiman, Selasa, 15 September 2020. Ular berbisa itu dilihat pertama kali oleh Ahmad Nafiq.

Nafiq menceritakan, beberapa hari terakhir ini di desanya tersebut, hewan ternak unggas milik warga sering hilang. Dirinya penasaran dan mencoba ikut mencarinya.

Kemudian, tanpa sengaja, saat saat dia menengok di sebuah kandang ayam ia malah mendapati ular kobra terlihat sedang melingkar.

Nafiq jadi ketakutan setelah mengetahui keberadaan ular kobra Jawa itu. Kemudian dirinya melaporkan kejadian tersebut ke petugas.

Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Yudi Irwanto mengatakan petugas dengan cepat turun tangan mengevakuasi ular kobra tersebut karena sangat berbahaya. Yudi bilang, ular kobra Jawa yang dievakuasi cukup panjang.

"Kita dilapori ada ular dikandang ayam lalu kita evakuasi. Panjangnya dua meter," katanya

Diketahui, saat ini ular kobra Jawa tersebut telah dibawa dan diamankan oleh TRC BPBD Tuban dengan memasukkannya kedalam bak tertutup.

"TRC ke lokasi untuk mengevakuasi agar tidak ada korban," ucap Yudi.

 

20 Telur Ular Kobra di Rumah Warga Bekasi

Ular merupakan hewan yang banyak ditakuti manusia. Selain lincah gerakannya, sebagian ular memiliki bisa yang mematikan.
Ular merupakan hewan yang banyak ditakuti manusia. Selain lincah gerakannya, sebagian ular memiliki bisa yang mematikan.

Sebuah sarang ular kobra dengan puluhan telur ditemukan di sebuah rumah warga di Jalan KH Agus Salim, Padurenan, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Seluruh telur ular dievakuasi oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi.

Terdapat sekitar 20 telur ular kobra, yang beberapa di antaranya telah menetas. Penemuan sarang ular berbisa tersebut menimbulkan keresahan warga sekitar yang khawatir masih ada ular yang berkeliaran di lingkungan mereka.

"Ada warga yang melapor menemukan kulit ular kobra di gudang dekat rumahnya," kata Kabag Humas Pemkot Bekasi, Yekti Rubiah, Senin, 9 November 2020.

Tim Rescue B Damkar Kota Bekasi kemudian menuju lokasi dengan mengenakan APD dan peralatan lainnya. Setelah ditelusuri, tim pun menemukan sarang ular kobra dengan puluhan telur di dalam tanah. Terdapat pula anakan ular kobra dan beberapa cangkang telur yang sudah menetas.

Setelah mengevakuasi seluruh telur ular, tim bersama warga sekitar kemudian berkeliling mencari keberadaan ular yang menetas, yang kemungkinan bersarang di tempat lain.

Masyarakat juga diminta agar lebih waspada dan melapor kepada petugas jika menemukan keberadaan ular lainnya.

"Jangan berinisiatif menangkap sendiri maupun memelihara ular tersebut, karena dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan pada warga sekitar," imbuh Yekti.

Ular Sanca di Kantor Lurah Gondangdia dan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Serta Kepulauan Seribu

Warga Tangerang, Banten di hebohkan oleh munculnya sepasang ular sanca kembang.
Warga Tangerang, Banten di hebohkan oleh munculnya sepasang ular sanca kembang.

Sebelumnya, pada Senin, 26 Oktober 2020, seekor ular sanca sepanjang dua meter dievakuasi dari kantor Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, pihaknya menurunkan empat personel untuk mengevakuasi ular tersebut.

"Ular ditemukan di lantai tiga, ruang sekretaris kelurahan," ujar Asril Rizal di lokasi.

Lurah Gondangdia Ikhsan Khamil menjelaskan, keberadaan hewan melata tersebut diketahui saat pejabat sekretaris kelurahan sedang duduk dan melihat kepala seekor ular di bawah kolong meja kerjanya.

"Pak Sekkel saat duduk di dalam ruangan melihat kepala ular keluar di bawah kolong meja," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengecek Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di kantor Kelurahan Gondangdia guna memastikan ular sanca berasal dari mana.

"Ini baru sekali penemuan ular di kantor," jelasnya.

Sehari sebelumnya, seekor ular sanca sepanjang kurang lebih dua meter juga berhasil dievakuasi petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Minggu, 25 Oktober 2020 pagi.

Ular sanca kembang itu dievakuasi petugas dari area SMP Negeri 01 Pulau Pari, Jalan Pendidikan, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

2 Ular Piton di Pohon Dekat Sekolah di Bogor

Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Dua ekor ular piton meliuk di batang pohon lowa gegerkan warga Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat, 23 Oktober 2020.

Ular yang diperkirakan panjang 3-4 meter dan 2,5 meter itu terlihat sedang bertengger terpisah di batang pohon lowa.

Posisi pohon diapit antara Sungai Ciliwung dan gedung SDN Sempur Kidul. Di seberang sungai tersebut pemukiman warga Kampung Lebak Kantin.

Temuan dua ekor ular sanca batik itu pertama kali ditemukan warga sekitar pukul 13.00 WIB. Informasi adanya ular tersebut mengundang perhatian warga dan menjadi tontonan anak-anak hingga orang dewasa.

Beberapa warga kemudian turun ke sungai untuk menangkap dua ekor hewan reptil yang bertengger di atas pohon.

Proses evakuasi sempat terkendala oleh tinggi dan rindangnya pohon. Terlebih kondisi pohon menjorok ke sungai sehingga ular tersebut mudah terbawa arus saat terjatuh ke sungai.

Upaya warga akhirnya membuahkan hasil. Setelah menarik ujung dahan pohon dan menggoyang-goyangnya, seekor ular sanca tersebut jatuh ke sungai.

Namun satu dari tiga orang yang sudah menungggu di bawah pohon dengan sigap menangkap ekor ular piton tersebut dan memasukannya ke dalam karung.

Evakuasi ular kembali dilanjutkan. Kali ini ukurannya lebih besar. Namun, ular piton tersebut menghilang setelah jatuh dan terbawa arus. Diduga ular dewasa ini masuk ke dalam lubang di pinggir sungai sekitar 150 meter dari lokasi pohon.

"Satu ekor berhasil ditangkap, satu lagi kabur kebawa air. Sempat kelihatan di sana, tapi langsung hilang, sepertinya masuk ke lubang," ujar Rian, salah satu warga yang ikut menangkap ular itu.

Ia belum mengetahui ular tersebut apakah akan dipelihara atau diserahkan kepada pihak terkait. "Belum tahu nih mau diapakan," kata dia.

Ular Piton 6 Meter di Sekolah

Ular Piton 6 Meter Ditemukan di Kelas (Sumber: Instagram/ndroboeii
Ular Piton 6 Meter Ditemukan di Kelas (Sumber: Instagram/ndroboeii

Media sosial sempat diramaikan dengan video singkat yang memperlihatkan ular piton di dalam kelas.  Video ini diunggah oleh akun @ndorobeii di Instagram pada Senin, 19 Oktober 2020. Diketahui lokasi tersebut berada di wilayah Kusan Hulu Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. 

"Kelamaan libur sekolah, ruang kelas jadi sarang ular? Menurut informasi telah diamankan seekor ular di dalam ruang kelas di salah satu sekolahan Wil. Kusan Hulu Tanah Bumbu," tulis akun @ndorobeii di Instagram.

Dalam video berdurasi singkat tersebut terdapat ular piton yang berada di sudut kelas di antara kursi-kursi. Beberapa pria yang mengetahui keberadaan ular tersebut pun berusaha menangkap ular.

Meski mulanya terlihat sulit, namun ular sepanjang 6 meter tersebut berhasil ditaklukkan. Ular tersebut dimasukkan ke dalam karung. 

Ular Sanca 3 Meter di Tamansari Jakarta Barat

Ular sanca berukuran besar sembunyi di sela tembok rumah warga (Istimewa)
Ular sanca berukuran besar sembunyi di sela tembok rumah warga (Istimewa)

Penemuan seekor ular sanca sepanjang tiga meter mengejutkan warga di Jalan Tamansari III, Maphar, Tamansari, Jakarta Barat, Kamis, 3 September 2020.

Warga heran terhadap kemunculan binatang melata tersebut di pagi hari. Sebab, sudah sekian lama warga tidak menemukan ular setelah musim hujan dan banjir usai.

"Penemuannya sekitar jam 10.00 WIB. Jadi ada warga laporan di got ada ular, sempat mau ditangkap tapi enggak berhasil, karena ukurannya besar," ujar anggota Satpol PP Tamansari Junaidi di Jakarta.

Junaidi lantas memanggil petugas pemadam kebakaran sektor Tamansari, Jakarta Barat untuk mengevakuasi ular sanca dari saluran air permukiman warga.

Sebagaimana dilansir Antara, temuan ular sanca tersebut merupakan yang terbesar sejak beberapa kali warga setempat pernah menemukan binatang melata itu di sekitar tempat tinggalnya.

Kasie Operasional Damkar Jakarta Barat, Eko Sumarno menjelaskan, empat anggota penyelamatan ringan bekerja mengevakuasi ular tersebut.

Menggunakan tongkat penjepit, evakuasi pun selesai kurang dari 30 menit. Selanjutnya, ular tersebut dibawa ke kantor pemadam kebakaran sektor Tamansari.

"Ular tersebut sudah diamankan agar tak meresahkan warga, karena ukurannya cukup besar mencapai sekitar tiga meter," kata Eko.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kreasi Frame Foto Lucu dari Bahan Bekas, Mudah Dibuat

Posted: 15 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membuat kreasi frame foto lucu cocok untuk mengisi waktu luang dan mempercantik dekorasi ruang. Praktiknya mudah, cocok dijadikan sarana edukasi dan asah kreativitas di rumah.

Daripada membeli, coba mulai memproduksi sendiri. Mempraktikkan kreasi frame foto lucu bisa bikin hemat pengeluaran dan ladang bisnis baru, loh.

Kreasi frame foto lucu ini hanya mengandalkan bahan bekas yang mudah didapat. Mulai dari kardus bekas, bambu, stik es krim, kerang, dan biji-bijian.

Berikut Liputan6.com ulas kreasi frame foto lucu dari berbagai sumber, Senin (16/11/2020).

Kreasi Frame Foto Lucu dari Kardus

Ilustrasi kardus bekas | pexels.com
Ilustrasi kardus bekas | pexels.com

Bahan:

- Kardus bekas, pilih kardus tebal yang kokoh dan kuat.

- Gunting

- Pisau pemotong

- Pensil

- Penggaris

- Lem

- Kertas warna-warni

- Hiasan apapun yang kamu punya.

- Kertas putih atau hitam

Langkah:

1. Potong karton lebih lebar dari foto yang akan dibingkai. Misalnya foto dengan ukuran 12 x 6 cm, maka ukuran kardus yang dibutuhkan bisa berkisar 14 x 8 cm.

2. Potong bagian tengah salah satu kardus sesuai ukuran foto. Mulai dengan buat garis 2 cm pada setiap sisinya.

3. Gunakan penggaris dan pisau cutter agar garis potongan lebih rapi. Potong dengan hati-hati dan pastikan tidak merobek kardus.

4. Buat garis dalam bingkai untuk memperindah dan merapikan. Potong kertas putih atau hitam dengan ukuran yang sama seperti bingkai foto.

5. Beri lubang lebih kecil dari ukuran foto yang akan dibingkai.

6. Tambahkan pernak-pernik lucu untuk bagian pinggiran frame foto.

7. Susun bagian depan bingkai dan inner liner yang telah dibuat. Rekatkan keduanya dengan lem.

8. Tempelkan bagian belakang bingkai yang sudah disiapkan dengan merekatkan tiap ujung sisinya.

9. Biarkan salah satu ujungnya terbuka untuk menggeser masuk dan keluar foto.

10. Pilih kardus tebal, potong menyerupai bentuk dasi seperti penyangga bingkai pada umumnya. Tempelkan pada bagian tengah belakang bingkai.

Kreasi Frame Foto Lucu dari Stik Es Krim

Ilustrasi mengelem | (sumber: Pixabay)
Ilustrasi mengelem | (sumber: Pixabay)

Bahan:

- Lem tembak

- Kuas

- Gunting

- Stik es krim

- Kertas foto

- Manik-manik atau hiasan

- Cat warna

- Kertas karton

Langkah:

1. Susun kira-kira 8 stik es krim berbentuk persegi panjang.

2. Lakukan pengeleman dengan lem tembak.

3. Buat lapisan kedua dan ketiga dengan susunan yang sama, bisa diperbanyak jika ukuran fotonya lebih besar.

4. Susun kira-kira 3 stik es krim untuk bagian alas frame foto.

5. Tambahkan 2 stik es krim dengan jarak agak berjauhan, susun tiga bagian pertama yang sudah dibuat dan dua bagian yang sudah dibuat.

6. Rekatkan dengan lem agar lebih kuat.

7. Selipkan frame yang sudah dibuat pada stik es krim tegak terhadap alas.

8. Tambahkan aksesoris tambahan dan cat agar frame foto lebih cantik dan lucu.

Kreasi Frame Foto Lucu dari Biji

Ilustrasi mengelem | pexels.com
Ilustrasi mengelem | pexels.com

Bahan:

- Karton tebal

- Biji jagung

- Jintan

- Kacang hijau

- Lada putih

- Lada hitam

- Lem putih

- Bolpoin atau spidol

Langkah:

1. Buat frame dari karton, jadikan 2 bagian.

2. Bagian depan dan bagian belakang dengan bentuk sesuai selera

3. Siapkan potongan bahan bingkai bagian depan.

4. Gunakan bolpoin/spidol untuk membuat pola gambar biji-bijian.

5. Beri seluruh permukaannya dengan lem.

6. Tempelkan biji satu per satu sesuai pola yang dibuat.

7. Mulai tempelkan potongan bahan bingkai dengan potongan bahan bingkai bagian belakang.

8. Pastikan untuk tidak merekatkan semua bagiannya.

Kreasi Frame Foto Lucu dari Bambu

Ilustrasi mengecat | pexels
Ilustrasi mengecat | pexels

Bahan:

- Bambu kering tua

- Gergaji

- Penggaris

- Bolpoin

- Lem fox

- Pisau

- Amplas

- Pitur kayu atau cat mengkilap

Langkah:

1. Potong bambu dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan foto.

2. Belah menjadi empat sama besar dan lebar.

3. Haluskan dengan pisau agar lebih halus pada setiap bagiannya.

4. Jika perlu lakukan pengamplasan bambu agar lebih cantik dan lucu hasilnya.

5. Beri sedikit kesan garis dengan ukuran 1 cm dengan pisau yang tajam.

6. Tancapkan ujung pisau dan ketukan sedikit kayu pada pisau, lalu congkel angkat dan tarik.

7. Lanjutkan dengan memotong setiap ujung bambu 90 derajat.

8. Lakukan penyambungan keempat sudut bambu dengan isi setepler dan palu.

9. Warnai dengan cat cantik agar frame foto lebih menarik.

Kreasi Frame Foto Lucu dari Kerang

Ilustrasi kerang | Engin Akyurt dari Pexels
Ilustrasi kerang | Engin Akyurt dari Pexels

Bahan:

- Kertas karton

- Cangkang kerang

- Pasir pantai

- Lem putih

Langkah:

1. Tentukan ukuran frame foto yang akan dibuat. Buat frame lebih besar dari dimensi gambar sesungguhnya.

2. Oleskan lem putih pada pinggiran kertas karton yang sudah disiapkan.

3. Taburkan pasir pantai pada bagian kertas karton yang sudah diberi lem.

4. Tempelkan cangkang kerang hias pada sudut-sudut dan bentuk sesuai selera agar lebih unik dan lucu.

5. Diamkan beberapa menit sampai lem mengering.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamendag Sebut RCEP Libatkan 27 Persen Perdagangan Dunia

Posted: 15 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang sering disebut juga sebagai Mega-Free Trade Agreement (Mega FTA) akhirnya ditandatangani setelah dirundingkan lebih dari delapan tahun.

Dicetuskan oleh Marie Elka Pangestu saat masih menjadi Menteri Perdagangan zaman SBY, RCEP diselesaikan dan ditandatangani di era Presiden Joko Widodo.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang diberi tugas oleh Presiden untuk percepatan perundingan dagang internasional sangat berbahagia dengan keberhasilan itu. Secara khusus, Jerry menyebut keberhasilan itu tidak lepas dari peran Presiden Jokowi.

Jerry mengatakan bahwa presiden menguasai permasalahan perjanjian-perjanjian perdagangan termasuk RCEP sehingga arahan-arahannya bisa menyelesaikan isu-isu perundingan.

"Saat menghadap Presiden, beliau mengetahui di titik-titik mana saja yang menjadi pusat masalah dari pending issues. Dengan begitu arahan beliau tepat sasaran. Saya yang diberi tugas untuk mengawal RCEP ini sangat berterima kasih atas pendampingan dan arahan presiden tersebut," kata Jerry, Senin (16/11/2020).

Selain Presiden, Jerry juga berterima kasih kepada Mendag Agus Suparmanto. Selain itu secara khusus ia menyebut nama-nama tim perunding Indonesia.

"Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pak Iman Pambagyo, Dirjen PPI yang selama 8 tahun menjadi Ketua Komite Perundingan RCEP. Lalu terima kasih juga kepada Ibu Donna Gultom, mantan Direktur Perundingan ASEAN Kemendag yang saat ini dilanjutkan oleh Bapak Antonius Yudi Triantoro, karena beliaulah yang membentuk dan memimpin tim perunding Indonesia. Banyak lagi yang harus diapresiasi, tetapi intinya ini adalah keberhasilan kita bersama," papar Wamendag Jerry.

RCEP adalah sebuah perjanjian perdagangan (FTA) yang melibatkan 15 negara yang mempunyai 29 persen penduduk dunia, 29 persen PDB dunia dan 27 persen perdagangan dunia.

 

Punya Manfaat Besar bagi Indonesia

Kunjungan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga ke Norwegia bertujuan untuk menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia. (Dok Kemendag)
Kunjungan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga ke Norwegia bertujuan untuk menghadiri peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Norwegia. (Dok Kemendag)

Jerry menyebut bahwa RCEP merupakan jawaban atas berbagai tantangan global dan regional baik berupa kemajuan teknologi, tren perdagangan antar negara maupun konteks khusus seperti pandemi. Ia menyebut bahwa Indonesia menjadi inisiator dan pendorong RCEP karena besarnya manfaat yang diraih.

"Pertumbuhan perdagangan Indonesia dengan negara-negara peserta RCEP terus meningkat, mencapai lebih dari 7 persen per tahun. Saat ini volumenya sudah lebih dari USD 103 miliar. Jadi kita harus menjaga dan meningkatkan hubungan dengan negara-negara RCEP ini," tandas Jerry.

Lebih lanjut Jerry mengajak semua stake holders bekerja sama agar Indonesia bisa mengambil manfaat optimal dari RCEP. Bagi Jerry, keberhasilan penyelesaian perundingan dagang adalah tahap pertama.

Tahap selanjutnya adalah bagaimana memanfaatkannya. Tahap selanjutnya itu masih dalam tupoksi Wamendag yaitu meningkatkan ekspor nasional.

Untuk memanfaatkan RCEP sesuai dengan tujuan pembentukannya, Wamendag menilai kata kuncinya adalah terus meningkatkan daya saing baik dalam hal Teknologi, sumber daya manusia, infrastruktur, institusi maupun regulasi.

Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan menekan harga barang dan jasa yang dihasilkan Indonesia sehingga bisa memenangkan pasar.

"Sesuai dengan visi dan arahan presiden, satu-satunya cara agar kita bisa terus mengambil manfaat dari semua perjanjian perdagangan adalah meningkatkan daya saing. Masyarakat dan seluruh pelaku usaha menjadi ujung tombak. Kami di pemerintahan akan mengawal dengan fasilitasi, regulasi dan menciptakan iklim usaha yang lebih baik lagi," pungkas Jerry.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Suriah Walid al-Moallem Meninggal Dunia

Posted: 15 Nov 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem meninggal dunia pada Senin (16/11/2020). Diplomat karir termuka ini wafat pada usia 79 tahun.

Moallem dikenal sebagai pembela gigih penumpasan berdarah yang dilakukan Presiden Bashar al Assad terhadap demonstran damai yang memicu konflik selama satu dekade.

Tidak ada informasi mengenai penyebab kematian Moalem, namun kondisinya memburuk selama beberapa tahun dengan mengalami masalah jantung, seperti dilaporkan kantor berita SANA.

Moallem pertama kali ditunjuk sebagai menteri luar negeri pada 2006 dan menjabat sebagai wakil perdana menteri.

 

Selera Humor Kering

Pendukung pemerintah mengibarkan bendera Suriah, Iran, dan Rusia saat berdemonstrasi di Damaskus, Suriah, 14 April 2018. Suriah tengah mengalami gejolak krisis ekonomi dengan nilai tukar mata uang yang merosot dalam beberapa hari terakhir. (AP Photo/Hassan Ammar, File)
Pendukung pemerintah mengibarkan bendera Suriah, Iran, dan Rusia saat berdemonstrasi di Damaskus, Suriah, 14 April 2018. Suriah tengah mengalami gejolak krisis ekonomi dengan nilai tukar mata uang yang merosot dalam beberapa hari terakhir. (AP Photo/Hassan Ammar, File)

Diplomat veteran itu melihat negaranya jauh lebih condong ke Iran dan Rusia, yang telah membantu menopang pemerintahan Assad dan membuat pemimpin otoriter tersebut mendapatkan kembali sebagian besar wilayah yang pernah hilang.

Suriah terjebak dalam perang saudara hampir satu dekade lalu setelah Assad pada 2011 mulai menindak secara brutal aksi protes yang menyerukan berakhirnya kekuasaan keluarga sang pemimpin.

Moallem pernah menuding Washington dan negara Barat menyulut kerusuhan di Suriah dan mencap pemberontak bersenjata sebagai "teroris" dalam konflik, yang merenggut ratusan ribu nyawa dan menyebabkan eksodus jutaan pengungsi.

Selama pembicaraan damai Suriah dengan Israel, Moallem adalah orang kepercayaan dekat Assad yang dikenal karena kesetiaan dan posisi garis kerasnya melawan oposisi.

Seorang pria yang lembut berbicara, periang dengan selera humor yang kering, Moallem juga dikenal karena kemampuannya untuk meredakan ketegangan dengan lelucon.

Karier Diplomat

Bendera Suriah (AP/Hassan Ammar)
Bendera Suriah (AP/Hassan Ammar)

Lahir dari keluarga Muslim Sunni di Damaskus pada 1941, Moallem bersekolah di sekolah umum di Suriah dan kemudian melakukan perjalanan ke Mesir, di mana ia belajar di Universitas Kairo, lulus pada 1963 dengan gelar sarjana di bidang ekonomi.

Dia kembali ke Suriah dan mulai bekerja di kementerian luar negeri pada 1964, naik ke posisi puncak pada 2005.

Misi pertamanya di luar negeri sebagai diplomat pada 1960-an adalah membuka Kedutaan Besar Suriah di negara Afrika di Tanzania. Pada 1966 ia pindah untuk bekerja di Kedutaan Besar Suriah di kota Jiddah Saudi dan setahun kemudian ia pindah ke Kedutaan Besar Suriah di Madrid.

Pada 1972, dia memimpin misi Suriah ke London dan pada 1975 pindah ke Rumania, di mana dia menghabiskan lima tahun sebagai duta besar. Dia kemudian kembali ke Damaskus, di mana dia mengepalai kantor dokumentasi kementerian hingga 1984, ketika dia diangkat sebagai kepala kantor menteri luar negeri.

Dia ditunjuk sebagai duta besar Suriah untuk Washington pada 1990, menghabiskan sembilan tahun di AS. Selama itu Suriah mengadakan beberapa putaran pembicaraan damai dengan Israel.

Pada 2005, ia diangkat menjadi menteri luar negeri pada saat Damaskus diisolasi oleh negara-negara Arab dan Barat setelah pembunuhan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri.

Banyak pemerintah Lebanon, Arab dan Barat menyalahkan Suriah atas ledakan besar yang menewaskan Hariri - tuduhan yang berulang kali dibantah oleh Damaskus. Suriah terpaksa mengakhiri hampir tiga dekade dominasi dan kehadiran militer di tetangganya yang lebih kecil dan menarik pasukannya pada bulan April tahun itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Joan Mir Juara Dunia, Ini Spesifikasi Suzuki GSX-RR di MotoGP 2020

Posted: 15 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2020. Meskipun hanya finish di urutan ke-7 seri Valencia, namun pria berkebangsaan Spanyol ini merupakan rider paling konsisten pada musim ini.

Hal tersebut, tak lepas dari rancikan canggih pabrikan berlambang huruf S ini, untuk tunggangan sang pembalap, Suzuki GSX-RR.

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR milik Joan Mir menggendong mesin berkapasitas 1.000cc empat silinder segaris, DOHC, empat tak, dan empat katup setiap silinder dengan sistem pendinginan radiator.

Jantung penggerak tersebut dikawinkan dengan transmisi 3nam percepatan seamless. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghasilkan daya hingga 250 Ps dengan kecepatan maksimum hingga 340 km/jam.

Tidak hanya mesin, Suzuki GSX-RR yang digunakan Joan Mir ini juga didukung sasis alumunium twin-spar, dengan suspensi upside-down milik Ohlins di bagian depan. Pada bagian buritan, suspensinya juga didukung oleh Ohlins.

Livery

Motor ini memiliki dimensi panjang 2.096 mm, lebar 720mm dan tinggi 1.140mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.457mm, dengan bobot hanya 157 kg.

Bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan ban Michelin 17 inci depan dan belakang. Sistem pengereman, menggunakan perangkay dari Brembo serta piringan karbon mauoun baja.

Selain itu, motor ini mengadopsi perangkay lunak Magneti Marelli. Suzuki GSX-RR Joan Mir mengadopsi livery klasik 1960-an dengan dominasi warna perak dan biru, yang terinspirasi dari motor balap Suzuki di ajang Isle of Man TT pertama pada 1960.

Fakta Menarik Sukses Joan Mir Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir mengamankan gelar juara dunia MotoGP 2020 meski hanya menduduki peringkat tujuh seri Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020).

Terlepas kegagalannya naik podium, Joan Mir merupakan rider paling konsisten pada MotoGP musim ini.

Sosok berusia 23 tahun itu tujuh kali masuk tiga besar, termasuk satu kemenangan pada seri Eropa pekan lalu. Kinerja itu membuat perolehan poinnya di klasemen sementara tidak mungkin terkejar meski kompetisi menyisakan satu seri di Portugal pekan depan. 

Ada sejumlah fakta menarik di balik capaian Mir. Salah satunya berupa kesuksesan jadi pembalap Spanyol keempat yang memenangkan MotoGP.

Baca selengkapnya di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikeroyok di Pilkada Surabaya, Bagaimana Strategi PDIP Menangkan Eri Cahyadi-Armuji?

Posted: 15 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan harus berusaha keras memenangkan Pilkada Surabaya. Apalagi PDIP dikeroyok hampir seluruh partai pemilik kursi di parlemen.

Untuk diketahui, Pilkada Surabaya 2020 diikuti oleh dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Paslon no 1 Eri Cahyadi - Armuji diusung oleh PDIP dan didukung oleh PSI serta sejumlah partai non parlemen. Sementara Paslon no 2 Machfud Arifin - Mujiaman diusung oleh PKS, PKB, PPP, NasDem, Golkar, Demokrat, Gerindra dan PAN.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini memaksimalkan mesin partai. Baik pengurus pusat maupun daerah. Baik pengurus yang masih aktif maupun di luar kepengurusan. Salah satu strategi PDIP adalah menurunkan tokoh 'lawas' yang dikenal masyarakat.

"Sepuluh tahun saya tidak aktif di politik. Tapi hari ini saya sengaja hadir untuk mendukung Eri Cahyadi dan Armudji, untuk memastikan Surabaya tetap menjadi kota yang toleran dan kota yang pro wong cilik," kata Saleh Mukadar, mantan Ketua DPC PDI P Surabaya ini, Minggu (15/11/2020).

Saleh menjelaskan, kehadirannya bersama kader-kader PDI Perjuangan Surabaya 'lawas' bisa menggerakkan masyakarat untuk memilih calon kepala daerah Surabaya yang bisa menjaga Surabaya agar semakin baik lagi.

Saleh menekankan pentingnya menjaga Surabaya sebagai kota yang penuh keberagaman. Sebab, lanjutnya, Surabaya adalah satu-satunya kota besar di Indonesia yang masih bisa menjaga toleransi dari adanya hiruk-pikuk perpolitikan.

Disinggung banyaknya dukungan orang-orang yang mengklaim 'barisan sakit hati' mendukung paslon lawan, Saleh tak mempersoalkan. Dia meyakini, PDIP dengan mesin partainya mampu menghadapi lawan dan memenangkan Pilkada.

"Itu tidak ada pengaruhnya sama sekali. Mesin partai saya yakin siap," tutupnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Turunkan Cucu Sukarno

Selain tokoh lawas, PDIP juga menurunkan salah satu cucu Proklamator RI Bung Karno, Puti Guntur Sukarno. Puti turun gunung untuk memenangkan jagoan PDIP di kontestasi Pilwali Surabaya ini.

Anggota Komisi X DPR itu menyebut punya faktor kesejarahan di Surabaya. Sebab kota ini adalah kota dimana Bung Karno dilahirkan.

"Maka kemenangan PDI Perjuangan dan calon kita jadi sangat mutlak. Karena ini marwah partai. Pemikiran dan ideologi partai, itu menyerap pemikiran Bung Karno, dan Surabaya adalah kota kelahiran Bung Karno. Ini salah satu penyemangat sehingga Kota Surabaya harus menang," tegas Puti. 

Reporter : Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Tracing 48 Tahanan Bareskrim Terpapar Covid-19

Posted: 15 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, pihaknya kini tengah melakukan penelusuran dan evaluasi atas 48 tahanan Bareskrim Polri yang terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19.

"Itu yang sedang dilakukan tracing," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Menurut Awi, temuan itu berawal saat ada salah satu tahanan yang mengalami batuk-batuk sekitar sepekan yang lalu. Kecurigaan membuat petugas langsung melakukan evakuasi terhadap tahanan tersebut.

"Dan kemudian diswab, ternyata hasilnya ada yang positif. Tentunya ini yang menjadi tugas Satkes untuk melakukan tracing, darimana ini kok Covid-19 bisa masuk tahanan. Ini kan ada makanan, ada penjaga, ini perlu kita evaluasi," jelas dia.

Sejauh ini, lanjut Awi, dari 48 tahanan yang positif Covid-19, sebanyak 40 tahanan merupakan Orang Tanpa Gejala atau OTG. Mereka dikumpulkan dengan pembagian sel besar untuk isolasi sementara. "Satu sel lima (tahanan) ya, sel besar," Awi menandaskan.

 

Hasil Swab

Sebanyak 48 tahanan Bareskrim Polri terkonfirmasi positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Keseluruhannya terbagi dalam kategori pasien bergejala dan tanpa gejala.

"Sesuai laporan Kapusdokkes Polri, hasil Swab dari 170 tahanan Bareskrim yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 48 orang," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Destinasi Baru yang Masuk Daftar Kota Terindah di Italia

Posted: 15 Nov 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Italia memiliki kekayaan alam yang melimpah membuatnya menjadi salah satu negara dengan deretan destinasi wisata cantik. Hal ini membuat daftar kota terindah di sana terus bertambah.

I Borghi piu belli d'Italia, asosiasi Italia yang melestarikan dan mempromosikan kota-kota dengan penduduk kurang dari 15 ribu, telah menambahkan enam destinasi indah baru dalam daftar kota terindah. Mana saja kota tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperrti dilansir dari laman Travel and Leisure, Senin (16/11/2020), berikut ini.

1. Tropea

Salah satunya di antaranya adalah Tropea, mutiara di Laut Tyrrhenian. Kota tersebut juga populer dengan bawang merah dan garis pantainya yang cantik.

2. Monte Sant'Angelo

Kota yang terletak di wilayah Puglia, Italia ini adalah rumah bagi dua situs Warisan Dunia UNESCO, yakni tempat suci abad kelima, Santuario di San Michele Arcangelo dan Forest Umbra. Kota-kota tersebut harus mengajukan permohonan untuk dimasukkan ke dalam daftar asosiasi.

Selain itu, juga menunjukkan bahwa deretan kota itu memiliki nilai seni, warisan budaya, dan sejarah. Mereka juga wajib bertindak untuk melindungi lingkungan, menemukan cara untuk melestarikan tradisi lokal, serta menawarkan akomodasi wisata.

Setiap kota baru dalam daftar tersebut mendapatkan spotnya. Hal ini dikarenakan sifatnya yang unik dan memesona, demikian kata asosiasi itu ketika mengumumkan penambahan.

3. Monteleone d'Orvieto

Ilustrasi Casoli, Italia. (dok. Unsplash.com/Sterling Lanier @sterlinglanier)
Ilustrasi Casoli, Italia. (dok. Unsplash.com/Sterling Lanier @sterlinglanier)

Berlanjut dengan Monteleone d'Orvieto di Umbria yang mendapat spot dalam daftar. Kota ini masuk daftar berkat tembok abad pertenganan, kastil, hingga gereja yang mendominasi kota itu pada 1300-an.

4. Casoli

Ada pula Kota Casoli yang turut menandai spot daftar tersebut. Kota ini didominasi kebun anggur, pohon zaitun, dan cagar alam yang berfungsi sebagai latar belakang sempurna untuk minuman aperitivo.

5. Bassano

Ilustrasi Bassano, Italia. (dok. Unsplash.com/Shalev Cohen @shalevcohen)
Ilustrasi Bassano, Italia. (dok. Unsplash.com/Shalev Cohen @shalevcohen)

Ada pula Bassano in Teverina yang masuk ke dalam daftar kota terindah. Kota ini bertengger yang menghadap ke Lembah Tiber, sejarah Etruria yang kaya, dan keberadaan beberapa desa terlantar di dekatnya yang siap untuk dijelajahi.

6. Montechiarugolo

Montechiarugolo adalah salah satu kota terkecil yang masuk dalam daftar karena menjadi rumah bagi kurang dari 100 penduduk. Kota ini berada di sekitar bekas kediaman mewah anggota keluarga Marchi, sebuah kelompok yang termasuk direktur Antonio Marchi. Kini, daftar asosiasi tersebut total ada 315 kota.

Infografis Corona Bikin Italia Lockdown (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Corona Bikin Italia Lockdown (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Namanya Sempat Muncul di Sidang Nurhadi, KPK Panggil Marzuki Alie

Posted: 15 Nov 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie. Politikus Partai Demokrat itu akan dimintai keterangan seputar kasus suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Marzuki Alie bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Direktur Utama PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto.

"Saksi Marzuki Alie akan diperiksa untuk tersangka HS (Hiendra Soenjoto)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (16/11/2020).

Belum diketahui, apa yang akan digali dari Marzuki dalam perkara ini. Ali menyatakan akan membeberkannya usai pemeriksaan selesai.

"Nanti updatenya akan kami sampaikan," kata Ali.

Nama Marzuki Alie sendiri sempat disebut-sebut dalam sidang perkara ini dengan terdakwa mantan Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono.

Awalnya jaksa penuntut umum pada KPK Wawan Yunarwanto, membacakan berita acara pemeriksaan kakak kandung Hiendra Soenjoto bernama Hengky Soenjoto, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor, Rabu, 11 November 2020.

"Setelah Hiendra Soenjoto melawan Azhar Umar, saya pernah dimintai tolong oleh Hiendra agar disampaikan ke Marzuki Alie agar disampaikan ke Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara (Sekretaris Kabinet) saat itu, agar penahanan Hiendra ditangguhkan," kata Wawan membacakan BAP Hengky.

Hengky membenarkan BAP tersebut. Menurut Hengky, adiknya itu memang cukup dekat dengan Marzuki Alie. Ketika itu, Hiendra pernah meminta tolong pada Marzuki Alie agar membantu perusahaannya jangan sampai pailit.

 

Beri Pinjaman

Marzuki pun memberikan pinjaman sebesar Rp 5-6 miliar. Menurut Hengky, uang dari Marzuki itu diberikan kepadanya sebesar Rp 1,5 miliar. Kemudian Hiendra juga menggunakan Rp 1 miliar untuk menyewa lahan. "Sisanya lagi tidak tahu dipakai oleh Hiendra buat apa," kata dia.

Setelah perusahaan milik Hiendra pailit, Hiendra membentuk perusahaan baru bernama Intercon bersama Marzuki, dengan kepemilikan saham 45 persen untuk Marzuki dan 55 persen di Hiendra. Pada akhirnya, karena Hiendra tidak mengembalikan utang ke Marzuki, saham Hiendra pun diambil alih.

"Jadi perusahaan Intercon sampai hari ini dimiliki Marzuki Alie karena Hiendra enggak bisa kembalikan utang," katanya.

Hiendra dijerat sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA. Dia diduga menyuap mantan Sekretaris MA Nurhadi melalui menantu Nurhadi bernama Rezky Herbiono.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi yang diberikan Hiendra kepada Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Rezky diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Tahun, Kemenparekraf Prediksi Kunjungan Wisatawan Melonjak

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi akan terjadi lonjakan kunjungan wisatawan domestik di sejumlah destinasi dalam negeri pada akhir tahun mendatang. Menyusul banyak momentum liburan saat akhir tahun 2020.

"Kalau peningkatan iya. Kita lihat ya ada proyeksi meningkatkan pergerakan nusantara nanti akhir tahun karena momen liburan ada," singkat Koordinator Pemasaran Pariwisata Regional I Area III Kemenparekraf, Bulqis Chairina dalam acara "Perjalanan Wisata Pengenalan Kerjasama Dengan PT AirAsia Indonesia," di Bali, Minggu (15/11).

Bulqis mengatakan, proyeksi tersebut didasarkan atas pola pergerakan masyarakat di masa liburan. Di mana berbagai destinasi dalam negeri masih menjadi tujuan utama oleh wisatawan lokal untuk merayakan momentum liburan.

Kendati demikian, pihaknya meminta setiap wisatawan untuk tetap kooperatif menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas wisata. Mengingat saat ini berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 masih belum berhasil.

"Kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan gitu. Kita kan harus menyadari bahwa ini (Covid-19) nih masih belum bisa hilang. Kita harus menyadari bahwa pandemi ini harus kita terima," tuturnya

Oleh karena itu, pihaknya meminta sinergi lebih antar kementerian/lembaga terkait untuk membantu pemerintah dalam proses sosialisasi ptotokol kesehatan di area wisata jelang libur akhir tahun ini. Juga dukungan pelaku usaha industri terkait pariwisata untuk menyukseskan upaya preventif itu.

"Karena memang kita juga berusaha untuk membantu pariwisata. Sama-sama membantulah. Gimana ini (pariwisata) bisa kembali bangkit dengan aman," tukasnya.

Cerdas Pilih Destinasi Liburan

Festival Pesona Bau Nyale 2020 di Lombok . foto: dok. Kemenparekraf
Festival Pesona Bau Nyale 2020 di Lombok . foto: dok. Kemenparekraf

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat Indonesia untuk bisa cerdas dalam memilih destinasi liburan pada libur akhir tahun nanti. Dia menyarankan agar masyarakat bisa berlibur di tempat wisata yang lebih sepi. Tidak mengunjungi lokasi wisata yang selalu ramai setiap libur akhir tahun.

"Masyarakat harus bisa lebih cerdas dan memilah dengan baik destinasi liburan jangan berkerumun atau mendatangi tempat dengan potensi kerumunan," kata Wiku saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (12/11).

Satgas Covid-19 memang tidak melarang masyarakat Indonesia untuk menghabiskan libur panjangnya di tempat wisata. Namun, masyarakat harus betul-betul paham, agenda kegiatan liburan tersebut tidak boleh menimbulkan risiko penularan virus Corona.

"Kami imbau masyarakat agar memanfaatkan libur panjang tanpa meningkatkan risiko-risiko penularan Covid-19," kata Wiku.

Satgas Covid-19 mengaku sudah siap dalam mengantisipasi risiko penularan yang terjadi selama libur panjang. Satgas akan menerapkan antisipasi yang sudah dilakukan saat libur panjang sebelumnya yang dinilai sudah cukup baik untuk menekan kenaikan kasus.

"Jadi Satgas telah merencanakan antisipasi libur panjang yang sama sebagaimana libur panjang yang lalu, yaitu tanggal 28 Oktober sampai dengan 1 November," kata dia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Hangat dan Positif

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Cinta periode 14 - 20 November 2020 selengkapnya

Ten of Cups

Kartu tarot Ten of Cups digambarkan dengan keharmonisan sebuah keluarga. Mereka sedang menikmati waktu santai bersama. Ada kelimpahan berkat berupa makanan. Kedamaian yang ditunjukkan dengan aliran air yang tenang. Rumput hijau melambangkan kesuburan dan kesejahteraan. Bayi dan kucing pun bisa merasakan kedamaian dan kebahagiaan.

Dalam minggu ini, kehidupan cintamu cukup hangat dan positif. Tidak ada konflik yang berarti, tenang dan damai. Nikmati saat kebersamaan ini dengan baik sehingga mampu memberikan energi positif untukmu.

Jomlo

Sendiri namun bahagia. Ada keluarga dan kawan-kawan yang mendukungmu.

PDKT

Responnya cukup baik dan positif. Lanjutkan!

 

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Nikmati saat-saat bersama. Jika belum memungkinkan untuk bertemu, manfaatkan alat komunikasi dengan lebih optimal.

Menikah

Saat harmonis. Kemesraan bersama anggota keluarga.

Saran Cinta

Tarot Seven of Pentacles
Tarot Seven of Pentacles

Seven of Pentacles

Hasil tidak pernah mengkhianati proses. Cintailah dirimu dan pasanganmu, serta orang-orang di sekitarmu, maka banyak cinta juga yang akan hadir untukmu.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Ojek Online Sediakan Fasilitas Bintang 5, Bikin Penumpang Betah

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sebagian besar dari Anda tentu sering menggunakan jasa ojek online atau ojol. Tentunya keberadaan ojek online sangat membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari, apalagi di tengah kemacetan perkotaan.

Berbagai hal unik, lucu bahkan tak terduga kerap terjadi pada penumpang juga para driver ojol. Drama ojek online bahkan sering kali dibagikan publik di jejaring sosial hingga menjadi perbincangan viral.

Ketika sedang menempuh perjalanan jarak jauh mengunakan ojek online, terkadang kita jenuh saat di perjalanan menuju tempat tujuan. Untuk itu, seorang driver ojol memutuskan untuk menyediakan fasilitas tak biasa bagi penumpangnya.

Seorang wanita bahkan berbagi pengalaman uniknya ketika tengah menggunakan jasa driver ojol yang menyediakan fasilitas lengkap bak bintang lima di akun TikTok-nya.

 

Fasilitas Lengkap

(Tiktok.com/@cicipelin
(Tiktok.com/@cicipelin

 

Dalam video yang dibagikan di akun TikTok bernama @cicipelin, terlihat driver itu menyediakan fasilitas bintang lima bagi penumpangnya. Fasilitas tersebut termasuk power bank, tisu basah, permen, masker, televisi kecil dan haircap yang disiapkannya khusus bagi penumpang.

Alhasil, wanita bernama Eveline Wiraha itu terkejut ketika mendapati ojol yang akan ditumpanginya menyediakan fasilitas tak biasa.

@cicipelin

Five star ojol check 😅😅😅 ##fypシ ##fypgakni ##fypjakarta ##dramaojol ##ojolviral

♬ Desce Pro Play (PA PA PA) - MC Zaac & Anitta & Tyga

Tak Menyangka Ada Ojol yang Sediakan Fasilitas

(Tiktok.com/@cicipelin
(Tiktok.com/@cicipelin

Dalam unggahannya, dia tak menyangka akan mendapat ojol unik tersebut. "Wkwk full service abangnya, mo ngakak gue kirain cuma di drama-drama ojol doang wkkwwk," keterangan dalam unggahannya.

"Ga takut gabisa balas karena disediain powerbank," tulisnya dalam video tersebut.

Dia juga menjelaskan fasilitas apa saja yang disediakan driver ojol. "Ada tisu basah juga biar tetap bersih di masa pandemi," tambahnya dalam video.

Hebatnya lagi, driver itu juga menyediakan "Tv mini" yang dipasang di bagian belakang helmnya agar penumpang tak jenuh selama perjalanan.

Perjalanan terasa menyenangkan

(Tiktok.com/@cicipelin
(Tiktok.com/@cicipelin

Penumpang itu juga tampak senang menikmati fasilitas bintang lima yang disediakan driver ojol tersebut. "Perjalanan Menteng- Kemang terasa menyenangkan sehat terus ya bapaknya," tambahnya.

Hingga kini, video tersebut bahkan menarik perhatian warganet bahkan telah ditonton lebih dari 80 ribu kali. Banyak dari warganet juga mengklaim akan memberikan rating tinggi jika mendapat jasa ojol tersebut.

 

Respons Warganet

(Tiktok.com/@cicipelin
(Tiktok.com/@cicipelin

Setelah videonya viral dan diunggah ulang ke berbagai media sosial, banyak warganet yang ikut memberikan komentarnya terkait fasilitas yang disediakan oleh ojol itu.

   "Auto bintang 5 terus," tutur akun @bukanwanjir.

   "Nggak bintang 5 ini mah bintang 7," kata akun @babyphoto_anugrahstudio.

   "Bintang 10," balas akun @tombolbengek1.

   "Keren terniat lho bapaknya, semoga rejekinya lancar terus ya bapak gojek, tulis akun @cecelienda.

   "Ojol rasa alphard," tutur akun @ahmadcullens.

   "Kalo motornya matic yang gedean lebih enjoy lagi ampe lupa turun," kata akun @deckyali.

   "Totalitas banget bapaknya, sehat selalu pak," tulis akun @shelananda00.

Penulis

Fayola Gishlaine

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diremehkan Karena Mengidap Autisme, Haley Buktikan Dirinya Mampu Dengan Jadi Pengacara

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat Haley Moss berusia tiga tahun, orang tuanya mengkhawatirkan keterlambatan bicaranya. Haley tidak dapat mengucapkan kata-kata seperti ibu atau ayah. Karena hal ini, mereka membawa Haley ke dokter dan akhirnya mengetahui alasannya yaitu, Haley mengidap autisme.

"Orang tua saya diberitahu bahwa saya akan beruntung jika memiliki teman atau bahkan memiliki pekerjaan dengan upah minimum," ucap Haley (24), dari Florida, dikutip dari TODAY.

Terlepas dari tantangan yang ada, keluarganya tidak membiarkan mereka terpengaruh. Sejak kecil, Haley telah terdaftar dalam program intervensi awal, termasuk terapi wicara dan okupasi. Pada usia 4 tahun, dia mulai berbicara dan berhasil bergabung dengan kelas umum.

Sejak itu, Haley telah mengubah autisme menjadi kekuatannya.

 

Perjalanan Haley jadi Pengacara

Hasil tangkapan layar Instagram: @haleymossart
Hasil tangkapan layar Instagram: @haleymossart

Ketika Haley pertama kali kuliah, dia pikir dia ingin menjadi psikiater untuk membantu orang lain dengan autisme, tetapi dia memiliki kesulitan dengan mata pelajaran kimia. Sejak saat itu, ia menyadari bahwa hukum sangat cocok dengan minatnya yaitu membaca, menulis, dan berbicara dengan kelompok besar.

Pada tahun pertamanya di perguruan tinggi, Moss telah menulis dua buku, salah satunya berjudul "A Freshman Survival Guide for College Students With Autism Spectrum Disorders: the Stuff Nobody Tells You About". Selain itu, ia juga menikmati melukis dan menciptakan karakter yang terinspirasi oleh anime.

"Itu jelas tidak mudah. Ada banyak pekerjaan. Masih ada hal yang sangat sulit buat saya," ujarnya.

Setelah lulus dari University of Miami dengan gelar hukum, dia lulus dari Florida dan bekerja sebagai associate di Zumpano Patricios. Menurut firma hukumnya, ia adalah pengacara dengan autisme pertama yang bekerja di negara bagian itu.

Selain itu, Haley juga berhasil memenangkan Occhigrossi Family Youth in Service Award dari Unicorn Children's Foundation untuk pekerjaannya sebagai advokat untuk keragaman saraf dan autisme (Neurodiversity).

"Saya selalu tertarik untuk membuat perubahan dan ingin membuat perbedaan di komunitas penyandang disabilitas," katanya.

Hambatan dan Motivasi Haley

Meskipun Moss berprestasi di sekolah, dia mengakui bahwa masih berjuang keras untuk berteman. Di sekolah dasar, dia sering bergaul dengan anak laki-laki karena mereka menyukai Pokémon dan video game seperti dia. Tapi bagi Haley memahami situasi sosial tidak pernah terasa mudah dan alami.

"Ini masalah di balik layar. Seseorang harus memberi tahu saya jika orang lain memutar matanya yang mengartikan mereka bosan dengan apa yang saya katakan dan saya harus mengubah percakapan. Sedangkan untuk anak-anak normal, mereka tidak perlu diberi tahu." jelas Haley, dilansir dari TODAY.

Namun, dia tidak pernah membiarkan hal seperti itu menghentikannya. Ketika orang mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa masuk ke universitas besar, dia tetap mendaftar ke Universitas Miami.

"Saya pikir jika ini tidak berhasil, saya selalu dapat mengatakan bahwa setidaknya saya telah mencoba dan saya tahu itu bukan untuk saya. Tapi saya akan tahu itu bukan untuk saya  bukan karena seseorang mengatakan itu bukan untuk saya. Tetapi, karena saya telah mencobanya sendiri."

Ketika orang tuanya pertama kali memberi tahu dia tentang diagnosisnya, mereka mengatakan itu membuatnya istimewa seperti bekas luka Harry Potter yang membuat Harry luar biasa. Hal ini membantunya memahami bahwa dia seperti Harry Potter dan itu membantunya memahami autisme.

"Harry Potter tinggal bersama para Muggle (manusia biasa) dan dia berbeda dari mereka, dan itu bukan hal yang buruk," katanya. "Saya bisa melihatnya melalui lensa Harry Potter, dan itu benar-benar terhubung dengan saya bahwa itu adalah hal yang positif."

Karena hal ini, ia mencoba berbagi pandangannya saat bertemu orang baru. Haley juga percaya bahwa dia adalah panutan bagi keluarga yang mungkin memiliki anak dengan diagnosis autisme.

"Saya memiliki kesempatan untuk mengubah percakapan menjadi lebih baik. Saya benar-benar bisa membentuk sesuatu. Mereka dapat melihat saya dan berpikir bahwa seperti inilah anak saya dan orang-orang pada spektrum sangat berbakat dan beragam."

 

(Vania Accalia)

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Perdagangan Oktober 2020 Surplus USD 3,61 Miliar

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada Oktober 2020 surplus sebesar USD 3,61 miliar. Surplus tersebut terjadi akibat nilai ekspor tercatat lebih tinggi sebesar USD 14,39 miliar sedangkan posisi nilai impor sebesar USD 10,78 miliar.

"Neraca perdagangan kita terjadi surplus sebesar USD3,61 miliar di Okober 2020 ini ini peningkatannya cukup besar karena terjadi penuruan dalam impor kita di Oktober," Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Setianto, dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Senin (16/10).

Dia mengatakan, surplus ini jauh lebih besar dibandingkan surplus bulan September 2020 sebesar USD 2,39 miliar. Juga jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi bulan Oktober 2019 yang hanya surplus sebesar USD 122 juta.

Jika dirinci surplus neraca perdagangan Indonesia menurut negara, pada posisi Oktober 2020 Amerika Serikat (AS) menjadi terbesar yakni surplus mencapai USD 1,02 miliar. Di mana ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 1,6 miliar dan impor USD 609 juta.

Kemudian surplus lainnya juga terjadi dengan Filipinan sebesar USD 570 juta dan India sebesar USD 546 juta.

Sebaliknya ada beberapa negara yang masih mengalami defisit pada Oktober 2020. Di mana dengan Australia defisit sebsar USD 178 juta. Kemudian Ukraina defisit USD 158,1 juta.

"Meskipun Ukraina tidak begitu besar namun menyumbang defisit sebesar minus USD 158 juta," imbuh dia.

Selanjutnya defisit neraca perdagangan Indonesia juga terjadi kepada Hongkong. Yakni tercatat sebesar USD 93,2 juta.

Adapun secara keseuruhan BPS mencatat untuk neraca perdagangan dari Januari sampai Oktober 2020 mengalami surplus USD 17,07 miliar. Surplus ini jauh lebih bagus dibandingkan posisi pada bulan Januari sampai Oktober 2019 yang pada waktu itu mengalami defisit minus USD 2,12 miliar.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Ekspor Sawit Indonesia Naik pada September, Bagaimana di Akhir 2020?

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/8/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan neraca dagang Indonesia sepanjang Januari hingga Juli 2019 mengalami defisit sebesar USD 1,9 miliar atau setara Rp 27 triliun. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/8/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan neraca dagang Indonesia sepanjang Januari hingga Juli 2019 mengalami defisit sebesar USD 1,9 miliar atau setara Rp 27 triliun. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Industri kelapa sawit mulai menunjukan tren pemulihan usai menghadapi situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Tingkat produktivitas tercatat kembali meningkat pada akhir kuartal III 2020.

Menurut laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), produksi minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) pada September 2020 sebesar 4,73 juta ton, meningkat dari Agustus 2020 yang sebesar 4,38 juta ton.

Senada, nilai ekspor produk sawit pada September mencapai USD 1.871 juta, naik 10 persen dibandingkan Agustus yang sekitar USD 1.697 juta.

Bahkan, total nilai ekspor produk sawit sepanjang Januari-September 2020 mencapai USD 15.498 juta. Jumlah tersebut naik dibanding periode serupa di 2019 yang sebesar USD 14.458 juta.

Secara volume, ekspor produk sawit di September 2020 mencapai nilai 2.764 ribu ton, naik 3 persen atau sekitar 81 ribu ton dari Agustus 2020 yang sebesar 2.683 ribu ton.

Lantas, apakah tren peningkatan produksi dan ekspor CPO beserta produk turunannya akan berlanjut di tiga bulan terakhir 2020?

Wakil Ketua Umum III Gapki Togar Sitanggang mengatakan, pihaknya belum melakukan perhitungan terkait angka produksi dan ekspor produk sawit pada Oktober 2020.

"Oktober belum ada data. Oktober biasanya hampir sama dengan September. Plus minusnya sedikit," kata Togar kepada Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, nilai produksi dan ekspor CPO pada November diperkirakan akan kembali menurun. Perhitungan tersebut diambil berdasarkan tren yang terjadi di setiap tahunnya.

"November biasanya sudah turun. Ini secara umum, tahunan seperti itu," ujar Togar.

Sebagai informasi, China masih menjadi pasar terbesar CPO dan produk turunannya asal Indonesia. Ekspor sawit ke Tiongkok pada September 2020 tercatat 645 ribu ton, naik dari 618 ribu ton pada Agustus 2020.

Kenaikan ekspor juga terjadi untuk wilayah tujuan seperti Brazil, Malaysia, Rusia, dan kawasan Afrika. Penjualan ekspor ke Brazil naik menjadi 44 ribu ton, Malaysia sebesar 39 ribu ton, dan Rusia 37 ribu ton.

Di sisi lain, India yang jadi salah satu negara tujuan terbesar pengiriman CPO dan produk sawit, nilai ekspornya stagnan di angka 351 ribu ton. Sementara ekspor ke Uni Eropa dan Pakistan pada September terpantau lebih rendah dari Agustus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Pernah Tolak Mbappe Demi Pemain Kaki Kaca

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Barcelona rupanya pernah melawatkan kesempatan merekrut penyerang muda Prancis Kylian Mbappe pada tahun 2017. Barca menolak Mbappe karena memprioritaskan Ousmane Dembele.

Pada musim panas 2017, Barcelona sibuk mencari penyerang untuk menggantikan Neymar yang hijrah ke Paris Saint Germain. Barcelona akhirnya menjatuhkan pilihan pada Dembele.

Mantan direktur Barcelona Javier Bordas mengungkapkan bila sebelum memboyong Dembele dari Borussia Dortmund, ada peluang untuk merekrut Mbappe.

Ketika itu Mbappe masih bermain untuk AS Monaco. Ketimbang melepas Mbappe ke PSG, Monaco lebih senang menjualnya ke Barcelona. Namun rencana pembelian Mbappe digagalkan sekretaris teknis Robert Fernandez.

Fernandez lebih memilih Barcelona memboyong Dembele ketimbang Mbappe. Fernandez melihat Mbappe sebagai pemain yang egois dan memperkirakan akan gagal di Barcelona.

 

 

Komentar

1 - Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) - Kecepatan: 96 dan Akselerasi: 97. (AP/Christophe Ena)
1 - Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) - Kecepatan: 96 dan Akselerasi: 97. (AP/Christophe Ena)

"Ketika kami merekrut Dembele, agen Josep Maria Minguella menelepon saya untuk memberi tahu kami bahwa Mbappe berada dalam jangkauan. Saya berbicara dengan Josep Maria Bartomeu dan dia menyuruh saya untuk melihatnya," kata Bordas kepada Mundo Deportivo.

"Saya menelpon ayah Mbappe dan dia mengatakan bila kami tidak dapat pergi ke Real Madrid karena disana ada Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Gareth Bale. Sebaliknya dia bisa pergi ke Barca karena Neymar telah pergi."

"Presiden Monaco juga lebih suka Mbappe pindah ke Barcelona sehingga mereka tak memperkuat rivalnya PSG. Dan itu dapat terjadi dengan biaya 100 juta euro. Robert lebih suka Dembele dan Pep Segura mendukungnya. Penjelasannya adalah Mbappe bermain untuk diri sendiri dan Dembele bermain untuk tim. Karena pemain sayap seperti Ney telah pergi, Robert lebih memilih pemain sayap ketimbang finisher," tegas Bordes.

Penyesalan

Keputusan Barcelona itu bakal disesali seumur hidup. Dembele gagal total. Pemuda Prancis itu lebih sering absen karena serangkaian cedera.

Sementara Mbappe justru bersinar di PSG. Mbappe sudah membuat 97 gol dan 58 assists dari 132 penampilan bersama PSG di berbagai ajang.

Selain itu, Barcelona membeli Dembele juga jauh lebih mahal. Maharnya mencapai 145 juta euro.

Saksikan Video Menarik Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misi Pertama dengan NASA, SpaceX Berhasil Luncurkan 4 Astronot ke ISS

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SpaceX berhasil menerbangkan kru astronot untuk kedua kalinya menggunakan kapsul Crew Dragon. Peluncuran yang diberi nama Crew-1 ini sekaligus menandai misi pertama dari Crew Dragon untuk keperluan NASA mengirim orang dari dan ke International Space Station.

Dikutip dari The Verge, Senin (16/11/2020), peluncuran Crew Dragon menggunakan roket Falcon 9 yang juga milik SpaceX. Adapun peluncuran dilakukan dari Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat.

Dalam misi ini, Crew Dragon membawa empat astronot dengan tiga di antaranya berasal dari NASA, yakni Mike Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker. Sementara satu astronot merupakan badan eksplorasi antariksa Jepang, JAXA, yakni Soichi Noguchi.

Saat ini, pesawat luar angkasa itu diketahui tengah berada di orbit dan akan tiba di ISS dalam beberapa hari ke depan. Crew Dragon sendiri didesain SpaceX untuk dapat terhubung secara otomatis ke ISS, sehingga tidak perlu dilakukan secara manual oleh kru.

Setelah peluncuran, roket Falcon 9 sendiri sudah sukses mendarat kembali di Bumi, tepatnya di Samudra Atlantik. Roket ini rencananya akan digunakan untuk misi selanjutnya, yakni Crew-2.

Untuk informasi, peluncuran Crew Dragon buatan SpaceX dengan awak pertama kali dilakukan pada Mei 2020. Dua astronot yang dikirimkan ketika itu adalah Doug Hurley dan Bob Behnken.

Peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon dari Kennedy Space Center Florida ke International Space Station (ISS) menandai pertama kalinya sejak 2011, manusia telah meluncur ke orbit dari tanah AS.

Misi SpaceX untuk Peluncuran Perdana Crew Dragon

Dua Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley saat berada di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon (Photo Credit: NASA TV/AFP/)
Dua Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley saat berada di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon (Photo Credit: NASA TV/AFP/)

Doug Hurley dan Bob Behnken menuju ke ISS dalam perjalanan selama 19 jam. Roket Falcon 9 lepas landas di tempat yang sama, saat NASA terakhir kali membawa astronaut ke antariksa pada 2011.

"Ini semua adalah hal paling murni yang ditawarkan AS," kata Administrator NASA Jim Bridenstine kepada Forbes setelah peluncuran.

"Saat ini adalah masa yang sangat sulit. Tapi saya berharap saat ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk merenungkan kemanusiaan dan apa yang bisa kita lakukan ketika kita bekerja bersama," sambung Bridenstine.

Sempat Tertunda

Misi ini seharusnya berlangsung beberapa hari lalu, namun tertunda karena cuaca buruk. Faktor cuaca ini bahkan sempat membayangi jadwal peluncuran berikutnya, namun akhirnya diputuskan untuk berjalan.

"Ini adalah momen besar, di mana sudah 9 tahun sejak kami punya kesempatan besar seperti ini," kata Bridenstin menambahkan.

Sementara co-commander NASA Doug Hurley mengucapkan terima kasih atas keberhasilan SpaceX dalam misi ini.

"Terima kasih atas tumpangan manusia pertama untuk Falcon 9," kata Hurley dari dek penerbangan setelah Dragon mencapai orbit.

"Itu luar biasa ... menghargai semua kerja keras dan terima kasih atas perjalanan luar biasa ke ruang angkasa," tambahnya. 3 dari 5 halaman

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas, Kematian Akibat Covid-19 di Semarang Tembus 1.000 orang dan Terus Bertambah

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Semarang - Kasus pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia di Kota Semarang, Jawa Tengah, sudah menembus angka 1.000 orang sesuai data di laman www.siagacorona.semarangkota.go.id.

 

Hingga Kamis pukul 19.00 WIB, korban meninggal dunia akibat COVID-19 di Ibu Kota Jateng ini sudah mencapai 1.003 orang.

Diberitakan Antara, pada laman itu juga tercatat korban meninggal 716 orang merupakan warga Semarang, sementara 287 orang sisanya berasal dari luar Semarang namun menjalani perawatan di berbagai rumah sakit di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Laman itu menjelaskan, ada penambahan lima kasus positif COVID-19 dibanding hari sebelumnya, sementara jumlah pasien yang masih menjalani perawatan hingga hari ini tercatat sebanyak 633 orang.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Libur Panjang dan Peningkatan Kasus Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Pjs Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto mengatakan gambaran umum penyebaran COVID-19 pada dua pekan terakhir dilaporkan terjadi peningkatan kasus suspek.

Libur panjang beberapa waktu yang bertepatan dengan masuknya musim hujan, kata dia, disinyalir menjadi salah satu media transmisi virus sehingga meningatkan penyebaran virus corona.

Upaya untuk melakukan penelusuran dan uji usap, kata dia, terus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi ini.

Uji usap, lanjut dia, juga terus dilakukan terhadap kelompok rentan, seperti lansia, ibu hamil, serta warga yang memiliki penyakit komorbit.

"Pembagian vitamin juga terus dilakukan untuk memastikan daya tahan tubuh terjaga," katanya, dikutip Antara.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Penerapan Sekolah Tatap Muka di Tangsel

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Murid mengikuti sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)
Murid mengikuti sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Murid mengikuti sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Murid mengikuti sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Murid mengikuti sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Murid mengikuti sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)
Suasana sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Suasana sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana sekolah tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Guru mengajar secara darling sekaligus tatap muka kepada murid-murid SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)
Guru mengajar secara darling sekaligus tatap muka kepada murid-murid SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Guru mengajar secara darling sekaligus tatap muka kepada murid-murid SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini merupakan uji coba dengan menggunakan assessment pembatasan jumlah murid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisel Ungkap Selalu Jujur dan Tak Menutupi Apa pun dari Gempita

Posted: 15 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gisel bicara soal parenting yang ia terapkan kepada anak semata wayangnya, Gempita Nora Marten. Sebagai ibu, Gisel tak pernah menutupi apa pun dari sang buah hati, termasuk soal perceraian dengan Gading Merten.

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini menerapkan keterbukaan untuk membangun kepercayaan pada anak satu-satunya tersebut.

"Aku memang selalu berusha ke Gempi itu enggak usah nutupin apa-apa. Jadi aku berusaha jujur, sejujur-jujurnya sama dia dengan bahasanya dia, bahasa anak-anak," papar Gisel seperti dikutip dari YouTube Denada Official pada Minggu (15/11/2020).

Siap Menerima Pemberitaan

Pada akun Instgaram pribadinya, wanita 29 tahun ini juga beberapa kali mengunggah foto bersama sang putri saat menggunakan busana kembar. Penampilan ibu dan anak satu ini pun kerap mencuri perhatian publik. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)
Pada akun Instgaram pribadinya, wanita 29 tahun ini juga beberapa kali mengunggah foto bersama sang putri saat menggunakan busana kembar. Penampilan ibu dan anak satu ini pun kerap mencuri perhatian publik. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)

Dengan demikian, Gempita tak akan merasa terkejut atau bertanya-tanya, bila suatu saat ia mulai menemukan berita-berita tentang orangtuanya.

"Dari awal kan sudah membangun trust kan. Jadi apa pun yang dia akan baca di luar sana dia akan tahu karena menjalani semuanya sama aku sudah truthful dari pertama enggak nutup-nutupin," sambungnya.

Anak Cerdas

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

Di sisi lain, ia juga merasa bersyukur karena Gempita adalah anak yang cerdas. Sehingga, sang anak bisa mencerna dengan baik apa pun yang dijelaskan oleh Gisel.

"Kalau aku yakin sih Gempi akan punya pengertian yang baik karena mulai dari sekarang aja dikasih pengertian tuh nyangkut banget otaknya. Ya, kayak Gempi, Aisha (anak Denada) kan kayaknya cerdas-cerdas banget gitu kan," papar Gisel.

Menanamkan Nilai Agama

Selain keterbukaan, ia juga menanamkan nilai-nilai agama pada anaknya sejak dini. Karena pondasi yang baik dan kokoh bagi individu adalah nilai-nilai tentang agama.

"Jadi aku mulai ngedekatin banget (dengan Tuhan), kasih nilai-nilai dia tentang pencipta dan segala macam. Jadi membangun semua menjadi lebih baik mulai dari sekarang," ucapnya.

"Dengan harapan nanti ke depannya sudah lebih enak ngejelasin apa-apa, dia akan sangat yakin dengan keluarganya. Dengan apa yang ada di dalam tanpa terpengaruh sama apa yang ada di luaran," Gisel mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ulang Tahun Gisel ke-30, Dapat Kejutan Romantis dari Wijin

Posted: 15 Nov 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perasaan bahagia tengah dirasakan oleh seleb cantik Gisella Anastasia. Ibu dari Gempita Noura Marten ini baru saja berulang tahun ke-30 pada Senin (16/11/2020). Di momen pertambahan usianya ini ia mendapat kejutan romantis dari sang kekasih, Wijaya Saputra atau yang akrab disapa Wijin.

Tepat di malam hari menuju tanggal kelahirannya, Gisel mendapat kejutan ulang tahun. Lewat unggahan video yang diunggah Wijin, saat memberi kejutan ulang tahun ia tampak membawa bucket bunga besar yang diberikan untuk Gisel. Penyanyi sekaligus artis inipun merasa terkejut sekaligus senang mendapat bunga yang cantik.

Gisel langsung memeluk Wijin sebagai tanda terima kasih dan bahagia. Tak hanya Wijin, rupanya beberapa teman Gisel jiga hadir memeriahkan ulang tahunnya. Berbagai ucapan selamat dan doa diberikan pada wanita yang genap berusia 30 tahun ini.

Meski terkesan sederhana, kejutan ulang tahun wanita kelahiran Surabaya ini penuh kebahagiaan. Berikut 6 momen ulang tahun Gisella Anastasia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (16/11/2020).

1. Tepat di hari ulang tahunnya pada 16 November 2020, Gisella mendapat kejutan romantis dari Wijin.

Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/jaysforeal)
Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/jaysforeal)

2. Tampak sang kekasih membawa bucket bunga besar untuknya.

Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/papah_edwan)
Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/papah_edwan)

3. Momen bahagia Gisella Anastasia saat meniup lilin, mendapat berbagai kue.

Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/papah_edwan)
Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/papah_edwan)

4. Selain kejutan spesial, wanita yang genap berusia 30 tahun ini mendapat banya kado.

Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/safiragani91)
Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/safiragani91)

5. Ulang tahunnya semakin meriah dengan hadirnya para sahabat Gisel.

Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/jaysforeal)
Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/jaysforeal)

6. Di momen istimewa ini, Gisel dan Wijin pun mengabadikan kemesraan mereka dengan berfoto.

Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/jaysforeal)
Gisella Anastasia (Sumber: Instagram/jaysforeal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Legendaris India Soumitra Chatterjee Meninggal Dunia karena Corona Covid-19

Posted: 15 Nov 2020 08:53 PM PST

Liputan6.com, Mumbai - Aktor legendaris Bollywood Soumitra Chatterjee mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan Covid-19 yang menyerangnya. Dilansir dari AP News, Senin (16/11/2020), berita duka ini dikabarkan oleh putri sang aktor, Poulami Bose. 

Soumitra Chatterjee meninggal karena komplikasi Corona Covid-19 pada Minggu (15/11/2020) kemarin di sebuah rumah sakit di Kolkata, Bengal Barat. Di rumah sakit ini pula ia dirawat, sejak dinyatakan positif Corona Covid-19 pada awal Oktober 2020. 

Soumitra Chatterjee berpulang di usia 85 tahun, dengan meninggalkan istri serta satu anak laki-laki dan perempuan. 

Dibantu Ventilator

Soumitra Chatterjee pada 1984. (AP Photo/Michel Lipchitz, File)
Soumitra Chatterjee pada 1984. (AP Photo/Michel Lipchitz, File)

BBC melaporkan bahwa Soumitra Chatterjee sempat mendapat hasil negatif beberapa minggu setelah masuk rumah sakit. Namun, kondisinya memburuk dengan cepat. Minggu terakhir bulan Oktober, ia bahkan sudah harus dibantu dengan ventilator untuk bernapas.

 

Penyiar Radio, Aktor, hingga Pujangga

Soumitra Chatterjee merajut karier di dunia sinema berbahasa Bengali sepanjang enam dekade hidupnya. Sebelum memulai karier pada 1959, Soumitra Chatterjee bekerja sebagai penyiar di All India Radio, Kolkata. 

Selain itu, ia juga dikenal sebagai penulis naskah teater dan pujangga. 

Legenda Perfilman

Sepanjang hidupnya, ia tampil di sekitar 300 judul film. Tapi yang paling dikenal adalah kerja samanya dengan Ray, salah satu sutradara terkenal di India. Hasil karya mereka seperti Apur Sansar, Aranyer Din Ratri, Ghare Baire, dan Ganashatru bahkan mendapat pengakuan internasional.

Tahun 2012, Soumitra Chatterjee diberikan penghargaan Dada Saheb Phalke Award, penghormatan tertinggi di dunia sinema India. Pada 2017, ia menjadi tokoh film India pertama yang dianugerahi Ordre des Arts et des Lettres, penghargaan tertinggi Prancis untuk seniman. 

Aktif di Usia Senja

Di usia 85 tahun, Soumitra Chatterjee masih aktif bermain film. Bahkan kini masih ada sejumlah filmnya yang antre untuk ditayangkan. Pada sebuah wawancara tahun 2016, Soumitra Chatterjee mengungkap alasannya masih aktif berakting di usia senja. 

"Aku punya ketakutan: Kalau aku tak kerja, aku tak ada," tuturnya kala itu.

Selamat jalan sang legenda, warisanmu abadi sepanjang masa. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utang Bertumpuk hingga Masuk TV, Begini Nasib Donald Trump Usai Tak Jadi Presiden AS?

Posted: 15 Nov 2020 08:50 PM PST

Washington D.C - Apa kabar Donald Trump? Satu minggu sudah berlalu sejak proyeksi kemenangan mantan Wakil Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dalam Pemilu Presiden di Amerika Serikat.

Bila resmi menang, pelantikan Biden akan dilakukan dalam waktu lebih dari dua bulan mendatang. Namun saat ini Joe Biden sudah mulai beraksi, seperti pekan ini ia bertemu dengan para ahli untuk membahas rencana aksi melawan wabah Virus Corona COVID-19.

Banyak yang kemudian bertanya-tanya, bagaimana dengan Donald Trump, presiden yang sejauh ini menolak untuk secara terbuka menerima kekalahan elektoralnya itu. Kecuali ada perubahan besar, Donald Trump akan keluar dari Gedung Putih bagaimanapun caranya pada 20 Januari 2021.

Berikut hal-hal yang kemungkinan telah menunggu Donald Trump setelah meninggalkan kantor kepresidenan, dikutip dari DW Indonesia, Senin (16/11/2020):

1. Tuntutan Hukum Bertubi

Sebuah kebijakan Departemen Kehakiman AS, yang dibuat pada tahun 1973 selama skandal Watergate yang kemudian menjatuhkan Presiden Richard Nixon, telah mencegah pengadilan mendakwa presiden yang sedang menjabat. Meninggalkan Gedung Putih akan mencabut kekebalan ini dari Trump sebagai seorang presiden, membuatnya berpotensi menghadapi banyak tuntutan hukum yang menumpuk selama empat tahun dia menjabat.

Di negara bagian New York, saat ini sedang berlangsung investigasi kriminal dan perdata terhadap praktik bisnis Trump. Presiden juga menghadapi tuntutan hukum dari para perempuan yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual. Itu hanya beberapa contoh.

Ada kemungkinan bahwa Trump akan mencoba menggunakan kekuasaan konstitusionalnya untuk mengeluarkan pengampunan pidana guna membersihkan diri sendiri sebelum meninggalkan jabatannya. Tetapi sejauh ini belum ada presiden yang pernah mencoba mengampuni dirinya sendiri dan tidak jelas apakah langkah itu akan tetap punya kekuatan hukum. 

Biden, saat resmi menjabat sebagai presiden terpilih, dapat memilih untuk mengampuni Trump, seperti yang dilakukan Presiden Gerald Ford kepada Nixon setelah pengunduran dirinya pada tahun 1974.

Jaksa Agung Negara Bagian New York Letitia James pada hari Senin, 24 Agustus 2020 meminta pengadilan untuk menegakkan panggilan pengadilan atas dugaan penggelembungan aset bisnis Donald Trump dalam laporan keuangan.

2. Tumpukan Utang

Presiden Donald Trump meninggalkan podium usai berbicara tentang hasil Pilpres AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump meninggalkan podium usai berbicara tentang hasil Pilpres AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Beberapa orang juga berspekulasi bahwa intensitas pencalonan presiden periode kedua Trump dimotivasi oleh kebutuhan untuk mempertahankan perlindungan hukum dan perlindungan finansial dari jabatannya

"Adalah kantor kepresidenan yang menjauhkannya dari penjara dan kemiskinan," ujar profesor sejarah dari Yale, Timothy Snyder, kepada majalah The New Yorker pada hari-hari menjelang pemilu.

Pada bulan September, penyelidikan pajak Trump oleh New York Times mengungkapkan bahwa presiden berhutang lebih dari 400 juta dolar AS (Rp 5,65 triliun), sebagian besar kepada Deutsche Bank, dengan masa jatuh tempo empat tahun ke depan.

Beberapa hari sebelum pemilu, eksekutif senior Deutsche Bank mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa kekalahan Trump akan membuat pemberi pinjaman tidak terlalu canggung untuk menuntut pembayaran kembali pinjaman.

Trump juga menghadapi kemungkinan harus membayar kembali uang pengembalian pajak sebesar 72 juta dolar AS (sekitar Rp 1 triliun)  yang dia klaim pada tahun 2010, audit yang sedang berlangsung melihat klaim kerugian oleh Trump sebesar 1,4 miliar dolar AS (kurang-lebih Rp 19,8 triliun) pada tahun 2008 dan 2009.

3. Mengurus Bisnis Keluarga

Presiden Trump masih memiliki lebih dari 500 usaha, termasuk hotel, resor, dan klub golf, yang sering dia kemukakan selama masa kepresidenannya. Putra-putra Trump yang sudah dewasa memang telah mengambil alih manajemen harian The Trump Organization begitu dia menjabat, tetapi presiden tetap mempertahankan akses ke aset bisnisnya. Partai Demokrat menyebut langkah ini penuh konflik kepentingan, menuduh Trump telah menjadikan kesepakatan bisnis potensial untuk memengaruhi kebijakan luar negeri dan menggunakan kantor kepresidenan untuk keuntungan finansial pribadi. 

Setelah lengser, Trump dapat kembali ke peran yang lebih aktif di kerajaan bisnisnya. Namun, sebagian besar kepemilikannya berada di real estat dan hotel, dan majalah bisnis Forbes memperkirakan bahwa The Trump Organization telah mengalami pukulan signifikan selama pandemi Virus Corona COVID-19. Valuasi bisnisnya turun 1 miliar dolar, menjadi 2,1 miliar dolar AS antara tanggal 1 - 18 Maret 2020, menurut Forbes.

Meski kursi kepresidenan mungkin berfungsi sebagai peluang bagi pemasaran, dengan cara lain hal itu juga telah merusak citra mereknya. Menurut perhitungan dari portal real estat City Realty, harga unit kondominium di gedung milik jejaring bisnis Trump telah turun 25 persen dalam empat tahun terakhir di New York City, sebuah kota di mana Trump sangat tidak populer. Beberapa gedung apartemen juga dikabarkan telah menghapus namanya dari gedung tersebut.

4. Kembali ke Layar Televisi

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump saat menghadiri hari keempat Konvensi Nasional Partai Republik di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (27/8/2020). (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump saat menghadiri hari keempat Konvensi Nasional Partai Republik di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (27/8/2020). (AP Photo/Evan Vucci)

Beberapa pengamat seperti mantan penjabat Kepala Staf Gedung Putih Mick Mulvaney memprediksi bahwa Trump akan tetap berada di panggung politik, dengan fokus pada pemilu melawan Biden pada 2024. Tetapi banyak juga yang berpikir dia punya rencana lain.

"Ketika Anda melihatnya di jalur kampanye, betapa bersemangatnya dia dan betapa berenerginya dia saat berada di hadapan publik, cukup jelas apa yang ingin dia lakukan," kata jurnalis dan penulis biografi Trump, Michael D'Antonio, kepada DW. "Saya perkirakan dia akan terus-menerus tampil di televisi."

D'Antonio dan yang lainnya berspekulasi bahwa Trump akan memanfaatkan kedekatannya dengan media dan bermitra dengan perusahaan media konservatif, atau mungkin mendirikan bisnis media miliknya sendiri.

Opsi ini telah ia canangkan pada 2016 seandainya saat itu ia kalah dalam pemilu. Menurut media Business Insider, penasihat senior dan menantunya Jared Kushner telah "membicarakan" kemungkinan itu pada bulan Oktober.

Media yang dipimpin Trump bisa jadi lebih berhaluan sayap kanan daripada Fox News yang menjadi media favoritnya. Media ini pernah menjadi corong utama presiden, tetapi ketegangan antara Trump dan jaringan ini telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Trump dilaporkan sangat marah karena jaringan media ini tidak melaporkan lebih banyak berita untuk menantang legitimasi kemenangan Biden.

Infografis Presiden AS Donald Trump

Infografis Presiden AS Donald Trump (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Presiden AS Donald Trump (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat 8,1 Juta Vaksin Covid-19, Pemprov Banten Segera Gelar Simulasi

Posted: 15 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Banten mendapat jatah 8.137.000 vaksin Covid-19 dari Pemerintah pusat. Rencananya, simulasi akan digelar akhir November atau Desember tahun ini.

"Provinsi Banten mendapat kuota 8.137.000 vaksin Covid-19. Rencananya simulasinya digelar November atau Desember ini," ujar Gubernur Banten Wahidin Halim, Senin (16/11/2020).

Rencananya, kuota tersebut diperuntukan bagi tim medis, meliputi dokter, perawat ataupun mereka yang bekerja di Puskesmas ataupun di rumah sakit. Lalu ditujukan kepada mereka garda terdepan dalam pelayanan masyarakat.

"Seperti petugas layanan masyarakat, Satpol PP, Polisi/TNI, wartawan, lalu masyarakat biasa yang usianya 18 sampai 58 tahun," tutur Wahidin.

Wahidin menambahkan, walaupun kondisi semakin baik dan tingkat penyembuhan semakin tinggi, tetapi jumlah masyarakat yang terpapar juga semakin tinggi.

"Tingkat kesembuhan Covid-19 sekarang 89 persen. Selama virus masih ada, kami tetap berlakukan PSBB dengan pelonggaran," katanya.

Kota Tangerang Targetkan 1.1 Juta Warganya Divaksin

Sementara, di Kota Tangerang, pemerintah daerah setempat menargetkan, 1.170.000 warga Kota Tangerang mendapat vaksin COVID-19 pada Desember 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, pada tahap pertama ada sebanyak 3.000 vaksin yang akan diperuntukan bagi petugas kesehatan, TNI, Polri, dan Satpol PP.

Vaksinasi tahap pertama akan dilakukan Desember tahun ini. Liza menyebut pelaksanaannya lebih cepat dari jadwal yang ditentukan sebelumnya, yakni Januari 2021. (Pramita Tristiawati)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat soal Penghapusan BBM Premium: Tak Ada Lagi Lahan bagi Mafia Migas

Posted: 15 Nov 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah disebut kembali wacanakan penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium (RON-88) secara bertahap, yang akan dimulai pada 1 Januari 2021.

Wacana ini disambut baik Pengamat Ekonomi Energi UGM, Fahmy Radhi. Menurutnya, rencana ini sudah tepat. Sebab, premium termasuk jenis BBM beroktan rendah yang menghasilkan gas buang dari knalpot kendaraan bermotor dengan emisi tinggi. Dimana ini membahayakan bagi kesehatan masyarakat.

Selain beremisi tinggi, pengadaan impor BBM Premium berpotensi memicu moral hazard bagi Mafia Migas berburu rente. Fahmy menyebutkan, sejak beberapa tahun lalu, BBM Premium sudah tidak dijual lagi di pasar internasional. Sehingga tidak ada harga patokan.

"Tidak adanya harga patokan bagi BBM Premium berpotensi memicu praktek mark-up harga, yang menjadi lahan bagi Mafia Migas untuk berburu rente," kata Fahmy dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Meski begitu, Fahmy menyadari bahwa penghapusan BBM premium pada masa Pandemi Covid-19 akan semakin memperberat beban masyarakat. Dimana konsumen harus migrasi ke Pertamax yang harganya lebih mahal. Apalagi, masyarakat pengguna BBM Premium merupakan konsumen terbesar kedua setelah konsumen Pertalite.

Untuk meringankan beban masyarakat, Fahmy menilai penghapusan BBM di bawah RON-91 seperti Premium harus disertai dengan penurunan harga Pertamax RON-92.

"Bagi Pertamina, sesungguhnya masih ada ruang untuk menurunkan harga BBM Pertamax. Pasalnya, trend harga harga minyak dunia masih cenderung rendah, rata-rata di bawah USD 40 per barrel dan ICP (Indonesia Crude Price) ditetapkan sebesar USD 40 per barrel," kata Fahmy.

Kata Pertamina

SPBU Pertamina.
SPBU Pertamina.

Sebelumnya, Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari menjelaskan, Pertamina berkomitmen terus mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan. Hal ini salah satunya dilakukan melalui program langit biru.

"Pertamina berkomitmen mendorong penggunaan BBM dengan RON lebih tinggi, karena selain baik bagi lingkungan juga akan berdampak positif untuk mesin kendaraan dan udara yang lebih bersih," ujar Heppy.

Happy menjelaskan, Program Langit Biru dilakukan Pertamina atas dukungan pemerintah daerah dan kementerian KLHK untuk menjawab tuntutan dan agenda global. Hal ini dalam rangka mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan bermotor. Sejalan dengan Paris Agreement yang menetapkan reduksi emisi karbon dioksida efektif yang mulai berlaku pada tahun 2020.

"Untuk tahun mendatang, Program Langit Biru diharapkan akan dapat diterapkan lebih luas sehingga kualitas udara di Indonesia bisa lebih baik," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oktober 2020, Impor Indonesia Turun 6,79 Persen jadi USD 10,78 Miliar

Posted: 15 Nov 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Indonesia pada Oktober 2020 mencapai USD 10,78 miliar. Angka tersebut turun 6,79 persen dibandingkan posisi bulan sebelumnya yakni sebesar USD 11,57 miliar

"Perkembangan impor Oktober 2020 ini mencapai USD 10,78 miliar atau turun 6,79 persen dibandingkan September 2020," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Setianto, dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Senin (16/10).

Penurunan impor tersebut seiring dengan terjadinya penurunan pada sektor migas dan non migas. Di mana, posisi impor migas pada Oktober turun 8,03 persen menjadi USD 1,08 miliar. Kemudian untuk nonmigas turun 6,65 persen menjadi USD 9,70 miliar.

Sementara jika dibandingkan posisi impor pada periode sama tahun lalu nilai impor sudah turun cukup signifikan yakni 26,93 persen. Adapun posisi impot ada Oktober 2019 tercatat sebesar USD14,76 miliar.

Dia mengatakan, menurut sektor impor pada Oktober 2020 keseluruhannya menunjukan penurunan luar biasa. Di mana impor konsumsi tercatat turun sebesar 7,58 persen atau tercatat sebesar USD 1,03 miliar pada Oktober 2020.

Kemudian, untuk bahan baku atau penolong turun 5,00 persen atau setara dengan USD 7,90 miliar. Selanjutnya untuk barang modal juga turun sebesar 13,33 persen menjadi USD1,85 miliar.

"Kalau kita lihat sharenya bahan baku atau penolong pada Oktober ini sebesar 73,25 persen dari total impor 2020," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Mendag: Perjanjian Ekonomi RECP Tidak Bikin Indonesia Kebanjiran Produk Impor

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Supramanto memastikan keikusertaan Indonesia dalam perjanjian dagang Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) tidak akan membuat negara ini kebanjiran impor.

Bahkan, dia menegaskan jika sebagian besar perundingan kerjasama ini akan menguntungkan Indonesia. "Jadi sekali lagi saya ingin tekankan dengan adanya RCEP ini tidak ada kebanjiran impor," kata dia dalam konferensi pers, Minggu (15/11/2020).

Dia menegaskan, Indonesia akan tetap selektif dalam melakukan impor. Utamanya untuk bahan baku.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo tak menampik, Indonesia sendiri masih memerlukan impor bahan baku yang tidak bisa dihasilkan di dalam negeri. Terlebih, hal itu juga dirasakan oleh semua-semua negara.

"Tetapi yang penting ekspornya didorong kuat-kuat karena kalau kita bicara mengenai ancaman impor, semua negara RCEP juga mengalami ancaman impor sebetulnya," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan membeberkan sederet keuntungan Indonesia dalam rangka Perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Salah satunya, meningkatkan sektor perdagangan hingga investasi di Indonesia.

Berdasarkan hasil kajian dalam lima tahun ke depan RCEP berpotensi meningkatkan total ekspor Indonesia ke negara-negara peserta mencapai 8-11 persen. Sementara investasi ke Indonesia diperkirakan mencapai 18-22 persen.

"RCEP merupakan gagasan secara berani yang dicetuskan Indonesia untuk mempertahankan sentralitas Asean memasuki global value chain secara lebih dalam," tutur dia.

Perjanjian RCE menjadi proses panjang perundingan di lakukan di dalam paripurna sebanyak 31 putaran. Selain itu, perjanjian kerjasama itu juga dilakukan di dalam perundingan intersesi tingkat group maupun tingkat menteri.

"Kerja keras kita selama delapan tahu menghasilkan setebal 14.367 halaman, terbagi dari dalam 20 bab dan 54 scadule komitmen yang mengikat 15 negara pesertanya tanpa memerlukan salter," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondisi Terkini Gunung Merapi, Tercatat Guguran 25 Kali

Posted: 15 Nov 2020 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi masih menampakan aktivitas vulkaniknya. Hari Senin (16/11) pos pengamatan Gunung Merapi di Selo Boyolali Jawa Tengah mencatat lebih dari 20 kali guguran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Optimis Mampu Recovery Asset Rp 430 Miliar

Posted: 15 Nov 2020 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang penghujung tahun 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mempercepat pemulihan aset atau recovery asset dengan menggelar Asset Sales Festival. Acara yang digelar di 4 kota besar di Indonesia ini menargetkan mampu meraih dana Rp430 miliar.

Direktur Remedial and Wholesale Risk Bank BTN, Elisabeth Novie Riswanti mengatakan, empat kota yang disasar yakni Medan, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Acara Asset Sales Festival tersebut merupakan kelanjutan dari acara Asset Sales Festival yang sebelumnya diadakan di Jakarta pada bulan Juli silam.

Acara Asset Sales Festival diselenggarakan secara offline dan online mempertemukan investor, pengembang, penjual properti dan calon pembeli untuk meraup keuntungan dalam bisnis properti. Aset properti yang ditawarkan tidak saja berasal dari kredit konsumer tetapi juga dari kredit komersial termasuk aset bermasalah kelolaan BTN Syariah.

"Kami rutin menggelar Asset Sales Festival untuk memberikan peluang emas kepada para investor maupun pengembang properti untuk berinvestasi pada aset-aset properti murah yang dapat dijadikan aset produktif," kata Novie dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Menurut Novie, minat masyarakat sebagai investor sangat tinggi dalam berinvestasi pada rumah-rumah yang bermasalah atau aset mangkrak.

Dalam hal ini BTN tidak hanya mengajak investor atau developer yang sudah biasa berbisnis perumahan tetapi juga para nasabah prima atau deposan yang tertarik untuk mendapat untung dari bisnis rumah bermasalah.

"Jadi opportunity bisnis juga sangat besar bagi rumah-rumah bermasalah. Sehingga minat investor sangat besar," katanya.

Pada rangkaian acara Asset Sales Festival yang digelar di Medan pada awal November 2020 lalu, Bank BTN mencatatkan pembelian dari para investor sebesar Rp70 miliar. Sementara di Bandung, jumlah aset yang ditawarkan mencapai Rp1,2 triliun dengan jumlah 10.000 unit yang mayoritas berupa aset rumah dan bangunan.

 

13.733 Unit

BTN menggelar pameran properti tahunan bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX) di Jakarta Convention Center (JCC).
BTN menggelar pameran properti tahunan bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX) di Jakarta Convention Center (JCC).

Novie mengungkapkan pada acara sejenis yang akan digelar di Surabaya dan Makassar, Bank BTN berencana akan menawarkan aset sebanyak 13.733 unit, dengan nilai total Rp2 triliun berupa rumah, tanah, Hotel, dan proyek perumahan.

"Dari sejumlah rangkaian acara Investor yang kami gelar, yang paling diminati oleh investor adalah rumah baik tanah dan bangunannya dengan rentang nilai aset dari Rp300 juta hingga Rp500 juta dan sejumlah proyek perumahan. Pilihan tersebut menyesuaikan dengan permintaan pasar atas perumahan yang masih tinggi," jelas Novie.

"Investor yang membeli properti pun kami berikan fasilitas kemudahan dalam prosesnya karena mereka dapat memanfaatkan produk kredit Bank BTN untuk mendukung aset properti yang dibelinya, antara lain produk KPR Lelang, KMK Renovasi atau produk lain yang relevan untuk pengembangan aset tersebut," papar Novie.

Dia menegaskan, BTN akan terus melakukan penjualan aset-aset bermasalah yang tahun ini nilainya mencapai Rp11,6 triliun. Adapun dari jumlah tersebut aset yang sudah siap untuk dijual sekitar Rp7 triliun dan ditargetkan tahun ini bisa terjual sekitar Rp2 triliun.

Menurut Novie, dengan recovery aset yang baik, pada kuartal III tahun ini perseroan berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) net di level 2,26% dari posisi pada bulan yang sama tahun sebelumnya yang berada pada level 2,33%.

"Kita tahun ini benar-benar ingin menjual aset bermasalah, sehingga bisa menekan NPL," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kaktus Siklam, Si Cantik Berduri Tajam yang Memikat Pecinta Tanaman

Posted: 15 Nov 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak ditemukan di daerah kering seperti gurun, kaktus ternyata bisa tumbuh subur di Indonesia yang beriklim tropis.

Salah satu buktinya, ada di kebun tanaman sukulen, di pusat Kota Jember, Jawa Timur. Berbagai jenis kaktus, salah satunya jenis siklam yang kini tengah tren, tumbuh cantik dengan aneka warna yang indah.

Berduri tetapi cantik. Inilah kaktus, tanaman yang identik dengan lahan kering atau gurun. Namun siapa sangka, tanaman berduri ini ternyata bisa tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia. Seperti yang terlihat di salah satu kebun tanaman sukulen di Jalan Bungur, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Jember. Berikut seperti dilansir pada Fokus, 22 Oktober 2020.

Dari sekian banyak macamnya, kaktus siklam adalah jenis yang kini paling banyak diburu oleh pecinta tanaman hias. Meski sama-sama berduri, kaktus siklam terlihat lebih mencolok, karena warnanya yang beragam, sehingga cocok digunakan penghias rumah, hingga jadi primadona.

"Pertama kali masuk ke tempat ini, sejuk, karena di sini banyak sekali tanaman hias dan pandangan pertama tertuju sama deretan kaktus yang ada di sini, kalau di tempat lain banyak kaktus yang ada di rumah-rumah atau tanaman hias, kalau di sini banyak sekali varian, yang menjadi keunikan di sini, selain dari warna kemudian dari bentuknya juga," ungkap Prima Erfantari, Penggemar Tanaman Kaktus.

Harga kaktus ini pun terbilang mahal, antara Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah per batang. Jauh dari harga kaktus biasa yang dibanderol dari Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu. Kualitas kaktus dinilai dari warna, bentuk duri, hingga jumlah tulang rusuk atau biasa disebut ribs.

Ririn Setyorini, pemilik kebun kaktus ini mengatakan, kunci utama keberhasilannya membudidayakan kaktus ini adalah, menjaga kaktus dari paparan langsung air hujan, sebab kaktus merupakan jenis tanaman sukulen yang tidak suka air.

"Kalau kaktus itu intinya tempat, kaktus itu kan suka panas, tapi dia tidak mau hujan langsung, jelas tempat itu wajib, kayak ultraviolet itu wajib, kalau untuk sekedar koleksi, ditaruh di teras rumah ndak masalah," ujar Ririn Setyorini, Pembudidaya Kaktus.

Metode tanam yang lazim digunakan bertanam kaktus yaitu grafting atau teknik sambungan, dan metode tanam langsung.

Dengan media tanam campuran pasir dan pupuk, kaktus bisa mulai tumbuh dan berakar setelah berumur 1 bulan. Sedangkan untuk perawatan, tanaman ini cukup disiram 3 hari sekali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melahirkan Anak Keempat, Ini 6 Momen Persalinan Sheila Marcia

Posted: 15 Nov 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari Sheila Marcia yang baru-baru ini melahirkan anak keempatnya. Ia pun melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Elijah Jerome Zev Emmanuel pada 15 November 2020.

Momen kelahiran putra keempat Sheila Marcia ini pun diunggah oleh sang suami, Dimas Akira dalam media sosial Instagramnya @dmustakira. Mulai saat Sheila Marcia berada di atas ranjang rumah sakit hingga menggendong bayi laki-lakinya yang baru lahir.

"Welcome to the world my son. Elijah Jerome Zev Emmanuel 15 November 2020 Jam 8:43 PM dengan berat 3.6 kg Panjang 51 Cm," tulis Dimas Akira dalam keterangan Instagramnya.

Berikut 7 momen persalinan Sheila Marcia yang Liputan6.com kutip dari Instagram @dmustakira, Senin (16/11/2020).

1. Begini momen Sheila Marcia saat berada di rumah sakit.

Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)
Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)

2. Dalam persalinannya tersebut, momen-momen ini pun diunggah oleh sang suami.

Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)
Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)

3. Saat suami menanti istri melakukan persalinan, tentu akan merasakan campur aduknya emosi.

Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)
Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)

4. Usai lahir, begini momen anak laki-laki Sheila Marcia saat dimandikan.

Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)
Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)

5. Terlihat bahwa Sheila Marcia sangat bahagia saat menggendong buah hatinya yang baru saja lahir.

Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)
Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)

6. Tak berselang lama, sang suami pun mengabarkan informasi kelahiran melalui media sosial Instagram.

Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)
Momen persalinan Sheila Marcia (Sumber: Instagram/dmustakira)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: