Sabtu, 07 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Airlangga Sebut Pemerintah Berjuang Atasi Pengangguran Saat Covid-19

Posted: 07 Nov 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus berupaya mengatasi pengangguran di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, pihaknya berupaya keras untuk menciptakan lapangan kerja, meski dalam keadaan Covid-19.

"Pemerintah masih memiliki tantangan untuk menekan jumlah pengangguran. Tekanan kita memang di lapangan kerja," kata Airlangga dalam keterangannya, Minggu (8/11/2020).

Selain dari sisi jumlah pengangguran, terutama di masa pandemi Covid-19 ini, dia menegaskan, yang harus dihadapi juga soal jumlah pekerja informal atau tidak tetap di Indonesia masih tinggi.

Belum lagi, angkatan kerja baru tahun 2021 yang akan datang diperkirakan mencapai 2,9 juta orang, sehingga menambah ketat persaingan lowongan pekerjaan.

"Juga terkait yang masuk ke lapangan kerja, tahun ini 2,9 juta orang, ada 1,7 juta orang lulus perguruan tinggi dan 1,3 juta orang adalah lulusan SMK yang perlu dicarikan jalan keluar untuk memperoleh lapangan kerja," ungkap Airlangga.

Karena itu, masih kata dia, salah satu jalan keluar penciptaan lapangan kerja adalah melalui UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dari sana, pemerintah bisa menyederhanakan proses berusaha sehingga harapannya bisa mendatangkan banyak investasi dan penciptaan lapangan kerja.

"Satu yang akan didorong dalam UU Cipta Kerja, agar mereka untuk bekerja dipermudah dan mereka untuk masuk ke sektor usaha juga disimplifikasi," tukas Airlangga.

 

Data BPS

Sebelumnya, Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Tanah Air yang sebesar 9,77 juta jiwa pada Agustus 2020 merupakan imbas dari pandemi Covid-19. Secara grafik, angka tersebut mengalami kenaikan 5,32 persen menjadi 7,07 persen.

"Sehingga dengan pandemi bisa dilihat tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada Agustus 2020 mengalami kenaikan 5,23 persen menjadi 7,07 persen, atau terjadi kenaikan sebesar 2,67 juta orang," jelasnya.

Berdasarkan lokasi, jumlah pengangguran di kota mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan di desa. Tingkat pengangguran di kota naik 2,69 persen, sementara di desa hanya 0,79 persen.

Peningkatan TPT ini terjadi lantaran adanya kenaikan jumlah angkatan kerja per Agustus 2020 sebesar 2,36 juta orang menjadi 138,22 juta jiwa. Meski terjadi kenaikan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 0,24 persen poin menjadi 67,77 persen, namun terjadi penurunan jumlah penduduk yang bekerja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilyas-Endang Kembali Jadi Peserta Pilkada Ogan Ilir, KPUD Segera Cetak APK

Posted: 07 Nov 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir menetapkan kembali pasangan calon Ilyas Panji Alam-Endang Ishak sebagai peserta Pilkada 2020 setelah pihaknya menerima surat keputusan Mahkamah Agung yang menganulir putusan diskualifikasi paslon tersebut.

Ketua KPU Ogan Ilir (OI) Massuryati mengatakan telah mencabut Surat Keputusan (SK) Nomor 263/HK.03.1-Kpt/1610/KPU-Kab/X/2020 tentang pembatalan penetapan pasangan Ilyas-Endang dan menerbitkan SK baru tentang penetapan paslon Ilyas-Endang.

"Kami sudah layangkan surat kepada paslon nomor urut 2 (Ilyas-Endang) malam tadi," ujar Massuryati, Sabtu (7/11/2020).

KPU OI menerbitkan SK 272/HK.03.1-Kpt/1610/KPU-Kab/X/2020 tentang penetapan pilkada diikuti dua pasangan calon yakni Panca Wijaya-Ardani dengan nomor urut 1 dan pasangan Ilyas-Endang nomor urut 2.

Atas putusan tersebut pasangan Ilyas-Endang yang didukung PDIP, Golkar, Beringin, Hanura dan PBB dapat mengikuti tahapan pilkada kembali termasuk tahapan kampanye yang tinggal tersisa satu bulan lagi.

"Kami juga akan cetak APK paslon nomor 2 secepatnya," kata Massuryati seperti dikutip Antara.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dugaan Kampanye Terselubung

Sebelumnya pasangan petahana Ilyas-Endang didiskualifikasi pada 12 Oktober 2020 karena melanggar pasal 71 ayat 3 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 berupa pembagian beras yang dinilai sebagai kampanye terselubung saat masih berstatus Bupati Ogan Ilir.

Kuasa hukum Ilyas-Endang kemudian mengajukan gugatan ke MA pada 14 Oktober dan pada 27 Oktober MA menganulir keputusan KPU OI, namun KPU OI baru menetapkan keduanya pada 6 November karena MA mengirim salinan keputusan lewat POS.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Gotik Melahirkan, Suami Begadang Hingga Subuh

Posted: 07 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Zaskia Gotik dan suami, Sirajuddin Mahmud, sedang berbahagia. Pemilik goyang itik tersebut telah melahirkan buah hatinya yang pertama pada Sabtu (7/11/2020).

Kabar ini diumumkan oleh suami Zaskia Gotik sendiri melalui akun Instagram miliknya. Ia juga mengatakan bahwa bayinya lahir dengan keadaan prematur, atau lebih cepat dari semestinya.

"Telah lahir anak kedua kami pada tanggal 7 November pukul 15.15 WIB, prematur," kata di dalam akun media sosialnya itu.

Persalianan Normal

[Foto: Instagram Zaskia Gotik]
[Foto: Instagram Zaskia Gotik]

Kendati demikian, Zaskia Gotik berhasil melahirkan bayinya melalui persalianan normal. Kondisi ibu dan anaknya pun dalam keadaan yang baik.

"Prematur namun lahir secara normal dan sehat wal afiat amiin. YRA," sambungnya lagi.

Ngeronda

Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/zaskia_gotikers)
Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/zaskia_gotikers)

Sementara dalam unggahan berikutnya, Sirajuddin Mahmud memperlihatkan momen sedang begadang di kamar rumah sakit. "Ronda," tulis pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini.

Ia memperlihatkan sang anak yang sedang tertidur bersama Zaskia di kamar perawatan. Sang bayi tertidur di box bayi, tak lagi menggunakan inkubator. 

Prediksi

Seharusnya, Zaskia Gotik melahirkan buah hatinya bertepatan dengan hari Natal. Namun ternyata ia melahirkan lebih cepat dari prediksi.

"Mendadak mules tadi pagi, terus kontraksi gitu ya udah periksa soalnya prediksi dokter itu akan lahiran tanggal 25 Desember, dadakan ini," ucap Bohay, asisten Zaskia Gotik saat dihubungi, Sabtu (7/11/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Simpatisan Calon Walkot Makassar Ditikam Saat di Halte Palmerah

Posted: 07 Nov 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian menganalisis hasil rekaman CCTV yang terpasang di tempat MM (48), simpatisan salah satu pasangan calon (paslon) Wali Kota Makassar ditikam orang tak dikenal di kawasan Palmerah, Jakarta.

Kanit Reskrim Polsek Metro Tanah Abang, AKP Haris menjelaskan, korban ketika itu sedang berdiri di halte kawasan Palmerah Jakarta Pusat pada Sabtu (8/11/2020) malam. Tiba-tiba dihampiri orang tidak dikenal (OTK) dan langsung menghunuskan senjata tajam ke arah tubuh korban.

"Kejadian sekira pukul 18.50 WIB. Untuk posisi korban dari pantauan kamera CCTV sedang berdiri di halte membelangkangi jalan raya," ujar dia.

Hari menjelaskan, CCTV juga memperlihatkan bahwa pelaku berjumlah satu orang.

"Penikaman dilakukan oleh satu orang," ucap dia.

Sebelumnya, MM (48), simpatisan salah satu pasangan calon (paslon) Wali Kota Makassar ditikam orang tak dikenal saat berniat menghadiri acara debat yang digelar salah satu televisi swasta di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat.

Dibawa ke Rumah Sakit

Insiden penikaman itu dibenarkan Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, AKP Haris saat dihubungi awak media, Minggu (8/11/2020).

"Ya benar, demikian informasi awal yang kami terima. Cuma kami masih belum mengetahui korban berasal dari pendukung paslon yang mana," ujar Haris.Haris menerangkan, korban saat ini dirawat di Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Ana Riana Pamer Baby Bump, Makin Memesona

Posted: 07 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga kecil Ana Riana. Rumah tangganya dengan Willy Alvian yang dibangun pada Februari 2020 lalu akan terasa semakin lengkap. Pemeran Rinjani istri Mas Pur di sinetron Tukang Ojek Pengkolan ini tengah mengandung anak pertama.

 

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Ana Riana telah mengumumkan kehamilan pertamanya lewat video singkat di Instagram pribadinya. Kini berbagai persiapan pun mulai dilakukan oleh Ana Riana. Mulai dari rajin berkunjung ke dokter untuk melihat perkembangan janin hingga menggelar acara syukuran empat bulanan.

Usia kandungan pemilik nama lengkap Rida Andriana ini diketahui sudah memasuki 21 minggu. Perut Ana Riana juga tampak makin membesar. Melalui akun Instagramnya, ia juga kerap memamerkan baby bump. Meski tengah hamil, Ana Riana tampak makin cantik dan memesona.

Selain itu, tak sedikit netizen yang mendoakan seleb 28 tahun ini dan janin di dalam kandungannya selalu diberi kesehatan. Berikut potret Ana Riana dengan baby bump, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (8/11/2020).

1. Ana Riana tengah menikmati momen kehamilan anak pertamanya. Lewat akun Instagramnya, ia kerap memamerkan baby bump.

Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)
Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)

2. Memasuki minggu ke-21 kehamilan, perut pesinetron cantik ini terlihat kian membesar.

Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)
Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)

3. Saat sedang menggelar acara syukuran empat bulan kehamilan, Ana Riana tampil cantik dalam balutan hijab.

Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)
Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)

4. Menyambut kehadiran sang buah hati, Ana Riana dan Willy Alvian tampak makin mesra dengan memegang perutnya yang sedang mengandung.

Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)
Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)

5. Sedang hamil, pesona cantik wanita kelahiran 1992 ini tak luntur. Gayanya terlihat tetap stylish.

Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)
Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)

6. Meski sedang hamil besar, pemeran Rinjani TOP menjaga tubuhnya agar tetap bugar dengan berolahraga ringan.

Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)
Ana Riana (Sumber: Instagram/anariana27)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayangan Film Layar Lebar Indonesia SCTV: Ada Cinta Di SMA, Minggu 8 November 2020, Ini Link Live Streaming-nya

Posted: 07 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap Minggu siang SCTV tayangkan Film Layar Lebar Indonesia SCTV kali ini tajuknya Ada Cinta di SMA yang dibintangi CJR.

Ada Cinta di SMA yang hadir di Film Layar Lebar Indonesia SCTV hadir mulai pukul 12.30 WIB.

Anda bisa menyaksikan Film Layar Lebar Indonesia SCTV via live streaming dengan klik tautan ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Valentino Rossi Kembali Mengaspal di MotoGP Eropa Usai Menyepi 24 Hari

Posted: 07 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Valencia- Valentino Rossi kembali mengaspal usai menyepi selama 24 hari karena positif Covid-19. Rossi kembali tampil sejak FP3 MotoGP Eropa yang berlangsung di sikuit Ricardo Tormo, Sabtu (7/11/2020).

Valentino Rossi belum meraih hasil yang memuaskan. Pada kualifikasi, dia hanya bisa meraih waktu di posisi ke-18.

"Itu pengalaman sulit karena saya harus terkurung selama 24 hari di rumah dan saya sendiri," ujar Rossi seperti dikutip crash.

"Tapi saat saya kembali naiki motor, saya merasa jadi lebih baik. Masalah saya hari ini karena tak menjajal motor kemarin. Tanpa hari latihan Jumat, bakal lebih sulit."

Valentino Rossi menjalani musim yang sangat buruk di MotoGP 2020. Selain positif Covid-19, Rossi juga hattrick tidak finis di balapan sebelum Aragon.

 

Cuaca Tak Menentu

Valentino Rossi saat membalap di MotoGP Eropa (AFP)
Valentino Rossi saat membalap di MotoGP Eropa (AFP)

Tantangan Rossi saat mengaspal Sabtu bertambah. Ini karena cuaca di sirkuit berubah-ubah dari basah menjadi kering.

"Sayangnya kondisi cuaca di kualifikasi satu cukup buruk karena aspal mengering. Kami kesulitan dengan situasi seperti itu," katanya.

"Namun feeling dengan motor sangat bagus. Saya sangat bahagia bisa di sini setelah 24 hari di rumah!"

 

Satu-Satunya

Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi pada MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Fabio Quartararo berhasil finis pertama dengan catatan waktu 41 menit 22,666 detik. (AP Photo/David Clares)
Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi pada MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Fabio Quartararo berhasil finis pertama dengan catatan waktu 41 menit 22,666 detik. (AP Photo/David Clares)

 

Rossi menjadi satu-satunya pembalap di Yamaha yang tidak mengejar gelar juara. Kesempatan untuk itu sudah musnah sejak lama.

Sedangkan Fabio Quartararo (berjarak 14 poin), Maverick Vinales (19 poin) dan Franco Morbidelli (25 poin) berusaha mengejar Joan Mir. Morbidelli yang memakai motor spek 2019 lebih kompetitif dibandingkan pembalap dengan mesin 2020.

"Kami punya harapan besar dengan motor M1 2020, tapi kami tak melakukan kemajuan berarti," ujar Rossi.

 

Masalah Yamaha

 

Meski bersaing jadi juara, Yamaha dihantam banyak masalah. Diantaranya masalah pengurangan poin di kategori konstruktor.

"Buat saya, departemen bagian mesin menjadi masalah pertama. Soalnya penampilan tidak fantastis dan realibilitas motor kritis," ujarnya.

Klasemen MotoGP

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Defisit)

1. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 137

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 123 (-14)

3. = Maverick ViƱales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-19)

4. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 112 (-25)

5. ˅1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 109 (-28)

6. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-32)

7. ˅2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 92 (-45)

8. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 90 (-47)

9. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 82 (-55)

10. = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 79 (-58)

11. ^2 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 71 (-66)

12. ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 67 (-70)

13. ˅1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 67 (-70)

14. ^1 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 64 (-73)

15. ˅1 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-79)

16. = Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-95)

17. ^2 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) 27 (-110)

18. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-110)

19. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 26 (-111)

20. ^1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 12 (-125)

21. ˅1 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 12 (-125)

22. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 10 (-127)

23. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-133)

Jadwal MotoGP

Minggu, 8 November 2020

16.00-16.20 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Besar Pabrikan Otomotif untuk Presiden Terpilih AS Joe Biden

Posted: 07 Nov 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Joe Biden berhasil memenangkan pemilu Amerika Serikat. Berdasarkan perhitungan electoral votes, calon dari partai Demokrat ini berhasil mengalahkan petahana, Donald Trump, dan berhak menjadi presiden ke-46 negara Adidaya tersebut.

Total suara elektor yang diraih Joe Biden tembus 270 setelah menang di Pennsylvania. Menurut peta AP pada Sabtu 7 November 2020 atau Minggu pagi waktu Jakart, Joe Biden meraih 284. Sedangkan Trump mendapatkan 214 suara.

Setelah memastikan diri melaju ke Gedung Putih, Joe Biden mendapatkan ucapan selamat dari Ford dan General Motors (GM).

Berdasarkan laporan Reuters, dua pembuat mobil terbesar di Negeri Paman Sam ini berharap dapat bekerja dengan pemerintahan baru di bawah presiden terpilih, Joe Biden, mengenai kebijakan untuk mendukung manufaktur AS dan masalah lainnya.

"Kami berharap dapat bekerja dengan administrasi baru, dan kongres yang akan datang mengenai kebijakan yang mendukung pelanggan, dealer, dan karyawan kami membantu memperkuat kehadiran manufaktur kami di Amerika Serikat, dan memajukan visi kami di masa depan nol emisi dengan mobil listrik penuh," tulis GM dalam sebuah laporan.

"Kami mengucapkan selamat kepada presiden terpilih, Biden dan pejabat baru di semua tingkat pemerintahan. Harapan kami, adalah para pemimpin ini akan fokus untuk menyatukan negara, dan menjalankan kebijakan yang mendorong manufaktur AS, berkelanjutan, dan stabilitas ekonomi global," pernyataan Ford.

Pidato Pertama Joe Biden

Sementara itu, dalam pidato perdananya di Wilmington, Delaware, Joe Biden menyampaikan bahwa warga Amerika Serikat telah menentukan pilihan mereka dengan jelas.

"Rakyat negara ini telah berbicara bahwa mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan, kemenangan bagi rakyat," katanya.

Sedangkan bagi Kamala Harris, juga membuat sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang menjadi Wakil Presiden.

Infografis Pilihan:

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Warna-Warni di Puncak Empire State New York, Ada Apa?

Posted: 07 Nov 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pilpres AS telah menangkan capres AS kubu demokrat, Joe Biden. Sabtu (7/11) malam waktu setempat puncak gedung Empire State di New York memancarkan sinar berwarna-warni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Pria yang Ditemukan di Kali Bekasi Berhasil Dievakuasi

Posted: 07 Nov 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi berhasil mengevakuasi jenazah pria yang hanyut terseret arus Kali Bekasi pada Sabtu (7/11) siang. Ketua Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan bahwa derasnya arus Kali Bekasi sempat menghambat proses evakuasi. Sehingga, jenazah baru bisa dievakuasi pada hari Sabtu.

"Sudah kami evakuasi bersama petugas kepolisan kemarin Sabtu (7/11). Sebelumnya arus deras sungai dan medan yang curam membuat jasad sulit dievakuasi," kata Karsono kepada wartawan di Bekasi, Minggu (8/11/2020).

Karsono mengatakan, jenazah sudah dibawa ke RSUD Kota Bekasi untuk divisum. Jenazah pria tersebut merupakan warga Bandung, Jawa Barat.

Dia juga menjelaskan, pada awalnya jenazah berada di belakang Kantor Sekretariat RW 13 Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML), Kecamatan Jatiasih. Barulah pada hari Sabtu (7/11/2020) sekitar pukul 10.00 WIB jenazah muncul kembalidi sekitar Graha Girsang, Kemang Pratama. Petugas pun langsung berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk melakukan evakuasi.

"Jasad terus bergerak karena arus sungai, kami terus lakukan penyisiran sampai tengah malam, tapi nihil," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dompet dan Uang Tunai

Seperti yang diketahui, pada Jumat malam (6/11/2020) jenazah seorang pria berusia 35 tahun ditemukan mengambang di Kali Bekasi, Kota Bekasi.

Saat ditemukan, jasad mengenakan celana jins dan kaus putih. Ditemukan satu buah dompet berisikan identitas E-KTP, SIM A dan C, ATM, dan uang tunai Rp 2.062.000.

"Identitasnya bernama Parman Sagala, warga Kampung Sukamaju, RT 005/013, Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung," kata Karsono.

Reporter: Rifa Yusya Adilah/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciptakan Toilet Luar Angkasa, Bocah 9 Tahun Menang Tantangan NASA

Posted: 07 Nov 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) menggelar kompetesi untuk merancang desain toilet luar angkasa atau yang akrab dengan sebutan Lunar Loo Challenge.

Dan pemenangnya diraih oleh seorang bocah laki-laki Malaysia, Zyson Kang Zy Shun yang sukses menyempurnakan perangkat astronot tanpa repot-repot melepas pakaian yang beratnya mencapai 13,6 kg.

Melansir dari Mothership, Kang menjelaskan mekanisme penemuan toiletnya pada Rabu (28/10/2020) melalui webinar NASA. Segala usahanya terbayarkan hingga menghantarkan posisi pertama di Nasa's Lunar Loo Challenge Kategori Junior.

 

 

Inspirasi karyanya

(ZYSON's InnoCreation/youtube.com)
(ZYSON's InnoCreation/youtube.com)

Kemenangannya tak sendiri, dia bersama penemu lain, Joel John Arun dari Inggris Raya dalam kategori Under 11. Ide brilian bocah berusia 9 tahun tak main-main, dia menaklukan hampir 900 kiriman dari 85 negara di dunia.

Kang menjelaskan bahwa penemuannya merupakan versi upgrade dari pakaian antariksa yang digunakan oleh astronot dalam misi bulan Apollo pada tahun 1969. Terkait misi Apollo, laporan resmi NASA mengungkap bahwa proyek ini masih memungkinkan urin tumpah.

Jadi bila astronot ingin buang air kecil, mereka harus benar-benar memastikan cairan tersebut masuk ke dalam pipa hisap vakum. Kalau tidak, kotoran tersebut akan mengambang bebas.

Pada kala itu, misi Apollo masih memerlukan manset mirip kondom yang dikosongkan ke dalam tas. Berbeda dengan penemuan Kang yang lebih praktis dengan menggunakan alat penyedot debu yang pas dimasukkan ke dalam pakaian astronot dan dipastikan dapat bekerja dalam gaya berat mikro. 

 

 

Mengandalkan tenaga kinetik

Doc: Youtube
Doc: Youtube

Segala kekurangan desain toilet luar angkasa di masa lalu telah dipertimbangkan dengan melengkapi alat penyedot debu ke dalam pakaian berat astronot. 

Tidak hanya praktis, penemuannya juga diyakini dapat menghemat biaya. Kang menegaskan, "Tidak memerlukan tenaga listrik untuk beroperasi, hanya perlu tenaga mekanis kinetik."

Hal itu sangat memudahkan pekerjaan astronot, mereka hanya perlu menggerakan kaki untuk mendorong fungsi vakum untuk mengalirkan cairan apapun ke dalam kotak pembuangan limbah di dalam baju tersebut.

Lalu, tak lupa Kang memasang pompa jarum suntik ke sepatu pakaian astronot dan juga wadah vakum yang tepat berada di saku celana. 

 

 

Kesukaannya

(ZYSON's InnoCreation/youtube.com)
(ZYSON's InnoCreation/youtube.com)

Siswa kelas 3 SD ini mengungkapkan bahwa dirinya merupakan penggemar berat dari Jurassic Park dan sangat tertarik pada paleogenetika, yang merupakan gagasan bahwa spesies yang punah dapat dihidupkan kembali.

Jika dirinya sudah beranjak dewasa, Kang ingin menjadi ahli genetika. Cita-cita yang jarang diketahui pada anak usianya. 

 

Dapat digunakan saat pandemi

Ilustrasi Astronot Bermain Game (sumber: pixabay)
Ilustrasi Astronot Bermain Game (sumber: pixabay)

Bahkan, penemuan Kang dapat juga dipratikkan bagi para suster dan dokter yang tengah sibuk di masa pandemi. Sembari merawat pasien, mereka dapat membuang air kecil dengan lelulasa tanpa membuang waktu untuk pergi ke kamar kecil. 

Sehingga memungkinkan mereka berisiko penyakit yang menyerang kandung kemih akibat menahan kencing saat tengah bertugas. 

Hingga kini, bocah asal Selangor ini tengah disibukkan dengan penyelesaian karyanya untuk membantu astronot kembali ke bulan pada tahun 2024 di bawah program Artemis, misi menempatkan wanita pertama dan manusia pertama di bulan. 

 

Penulis 

Ignatia Ivani

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan Mengapa Joe Biden Bisa Menang Pemilu AS dan Kalahkan Donald Trump

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Setelah hampir 50 tahun menjabat di kantor publik, dan ambisinya sebagai presiden, Joe Biden telah berhasil merebut jabatan tertinggi di Gedung Putih.

Hal ini bukanlah kampanye yang diprediksi siapa pun.

Kemenangan Biden terjadi di tengah pandemi dan kerusuhan sosial yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia mencalonkan diri melawan petahana yang tidak konvensional dan menentang preseden. 

Tetapi dalam upaya ketiganya untuk menjadi presiden, Biden dan timnya menemukan cara untuk menavigasi rintangan politik dan mengklaim kemenangan yang, meski sempit dalam penghitungan electoral college, diproyeksikan melampaui total nasional Trump secara keseluruhan dengan jutaan suara.

Mengutip BBC, Minggu (8/11/2020), berikut adalah 5 alasan utama mengapa Joe Biden berhasil memenangkan pemilu AS dan mengalahkan Donald Trump:

1. Penanganan Pandemi COVID-19

Orang-orang dengan masker dan pelindung wajah berjalan di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)
Orang-orang dengan masker dan pelindung wajah berjalan di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)

Mungkin alasan terbesar Biden memenangkan kursi kepresidenan adalah sesuatu yang sepenuhnya di luar kendalinya.

Pandemi Virus Corona COVID-19 yang telah merenggut lebih dari 230.000 nyawa, juga mengubah kehidupan dan politik Amerika pada tahun 2020.

Bahkan di hari-hari terakhir kampanye pemilihan umum, Donald Trump sendiri sepertinya mengakui hal tersebut.

"Dengan berita palsu, semuanya adalah COVID, COVID, COVID, COVID," kata presiden pada rapat umum pekan lalu di Wisconsin, di mana kasus-kasus meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Fokus media pada COVID, bagaimanapun, lebih merupakan cerminan daripada pendorong kekhawatiran publik tentang pandemi - yang diterjemahkan ke dalam jajak pendapat yang tidak menguntungkan tentang penanganan krisis oleh presiden. 

Sebuah jajak pendapat bulan lalu oleh Pew Research, menunjukkan Biden memimpin 17 poin persentase atas Trump dalam hal kepercayaan tentang penanganan mereka terhadap wabah COVID.

Pandemi dan kemerosotan ekonomi berikutnya membuat Trump meninggalkan pesan kampanye pilihannya tentang pertumbuhan dan kemakmuran. Itu juga menyoroti keprihatinan yang dimiliki banyak orang Amerika tentang kepresidenannya, atas kurangnya fokus, kegemaran untuk mempertanyakan sains, penanganan kebijakan besar dan kecil secara sembarangan, dan memprioritaskan partisan.

Pandemi itu membebani peringkat persetujuan Trump, yang, menurut Gallup, turun menjadi 38% pada satu titik di musim panas - yang dieksploitasi oleh kampanye Biden.

2. Kampanye Sederhana

Calon Wakil Presiden Partai Demokrat, Kamala Harris mendengarkan Joe Biden selama acara kampanye di Alexis Dupont High School di Wilmington, Delaware, Rabu (12/8/2020).  Acara itu menjadi penampilan perdana keduanya di depan publik sebagai pasangan capres-cawapres. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Calon Wakil Presiden Partai Demokrat, Kamala Harris mendengarkan Joe Biden selama acara kampanye di Alexis Dupont High School di Wilmington, Delaware, Rabu (12/8/2020). Acara itu menjadi penampilan perdana keduanya di depan publik sebagai pasangan capres-cawapres. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Dalam percobaan ketiganya untuk menjabat sebagai presiden AS, Biden masih mengalami kesulitan verbal, tetapi masih cukup jarang sehingga tidak pernah menjadi lebih dari masalah jangka pendek.

Bagian dari penjelasan untuk ini, tentu saja, adalah bahwa presiden sendiri adalah sumber perputaran siklus berita yang tak henti.

Faktor lain yang lebih besar adalah pandemi virus corona, protes setelah kematian George Floyd dan gangguan ekonomi yang mendominasi perhatian nasional.

Tetapi setidaknya beberapa pujian harus diberikan pada strategi bersama oleh kampanye Biden untuk membatasi eksposur kandidat mereka, menjaga kecepatan yang terukur dalam kampanye, dan meminimalkan kemungkinan kelelahan atau kecerobohan yang dapat menimbulkan masalah.

Mungkin dalam pemilihan biasa, ketika kebanyakan orang Amerika tidak khawatir tentang membatasi paparan mereka sendiri terhadap virus, strategi ini akan menjadi bumerang.

3. Siapapun Jadi Presiden, Asal Bukan Trump

Donald Trump. (AP Photo/Patrick Semansky)
Donald Trump. (AP Photo/Patrick Semansky)

Seminggu sebelum hari pemilihan, kampanye Biden meluncurkan iklan televisi terakhirnya dengan pesan yang sangat mirip dengan yang ditawarkan dalam peluncuran kampanyenya tahun lalu, dan pidato penerimaan pencalonannya pada bulan Agustus.

Pemilu itu adalah "pertempuran untuk jiwa Amerika", katanya, dan kesempatan bagi negara untuk menempatkan apa yang dia sebut sebagai perpecahan dan kekacauan selama empat tahun terakhir di belakangnya.

Di bawah slogan itu, bagaimanapun, adalah perhitungan sederhana. 

Biden mempertaruhkan kekayaan politiknya pada anggapan bahwa Trump terlalu polarisasi dan terlalu menghasut, dan yang diinginkan rakyat Amerika adalah kepemimpinan yang lebih tenang dan mantap.

"Saya hanya lelah dengan sikap Trump sebagai pribadi," kata Thierry Adams, penduduk asli Prancis yang setelah 18 tahun tinggal di Florida memberikan suara pertamanya dalam pemilihan presiden di Miami pekan lalu.

Partai Demokrat berhasil menjadikan pemilihan ini sebagai referendum Trump, bukan pilihan biner antara kedua kandidat.

Pesan kemenangan Biden hanyalah bahwa dia "bukan Trump". 

Pernyataan umum dari Demokrat adalah bahwa kemenangan Biden berarti Amerika bisa bertahan selama berminggu-minggu tanpa memikirkan politik. Hal itu awalnya dimaksudkan sebagai lelucon, tetapi mengandung kebenaran yang tersembunyi.

4. Fokus Berada di Tengah

Ilustrasi Pilpres AS 2020, Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi Pilpres AS 2020, Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

Selama kampanye untuk menjadi kandidat Demokrat, persaingan Biden datang dari kiri, dengan Bernie Sanders dan Elizabeth Warren yang menjalankan kampanye yang dibiayai dengan baik dan terorganisir.

Terlepas dari tekanan dari sayap liberal ini, Biden tetap menggunakan strategi sentris, menolak untuk mendukung perawatan kesehatan universal yang dijalankan pemerintah, pendidikan perguruan tinggi gratis, atau pajak kekayaan. Ini memungkinkan dia memaksimalkan daya tariknya kepada kaum moderat dan tidak terpengaruh Partai Republik selama kampanye pemilihan umum.

Strategi ini tercermin dalam pilihan Biden terhadap Kamala Harris sebagai pasangannya ketika dia bisa memilih seseorang dengan dukungan yang lebih kuat dari sayap kiri partai.

5. Kampanye Minim Biaya

Joe Biden, calon presiden AS penantang Donald Trump pada pemilu November 2020 mendatang. (AP Photo/Matt Rourke)
Joe Biden, calon presiden AS penantang Donald Trump pada pemilu November 2020 mendatang. (AP Photo/Matt Rourke)

Awal tahun ini, pundi-pundi kampanye Biden hampir habis. 

Namun, mulai April dan seterusnya, kampanye Biden mengubah dirinya menjadi raksasa penggalangan dana, dan - sebagian karena pemborosan di pihak kampanye Trump - berakhir pada posisi keuangan yang jauh lebih kuat daripada lawannya. 

Pada awal Oktober, kampanye Biden memiliki uang tunai $ 144 juta lebih banyak daripada operasi Trump, yang memungkinkannya menimpa Partai Republik dalam banyaknya iklan televisi di hampir setiap negara bagian medan pertempuran utama.

Uang bukanlah segalanya, tentu saja. 

Empat tahun lalu, kampanye Clinton memiliki keunggulan moneter yang cukup besar atas Trump.

Tetapi pada tahun 2020, ketika kampanye tatap muka dibatasi oleh virus corona dan orang Amerika di seluruh negeri menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengonsumsi media di rumah mereka, keuntungan tunai Biden memungkinkan dia menjangkau pemilih dan menyebarkan pesannya sampai akhir.

Uang memberikan opsi dan inisiatif kampanye - dan Biden memanfaatkan keuntungannya dengan baik.

Peta Pemilu AS 2020 Versi VOA:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Panik? Cobalah Tips Jitu Ini Agar Tenang

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Serangan panik akan berbahaya jika tidak ditangani dengan cara yang benar. Detak jantung yang tidak normal dan keringat berlebih sering kali terjadi saat kejadian panik.

Kecemasan dan ketakutan adalah penyebab umum serangan panik. Jika Anda sering mengalami panik, berikut beberapa cara untuk mengatasinya melansir dari laman magforwoman, Minggu (8/11/2020).

1. Tarik napas dalam-dalam

Saat Anda mengalami kecemasan dan berkeringat, mulailah menarik napas dalam. Ini akan membantu meredakan gejala serangan panik.

Kecemasan sering kali menyebabkan pernapasan cepat yang membuat situasi semakin parah. Penting untuk menenangkan diri dalam situasi seperti itu.

2. Berpikir positif

Kecemasan dan ketakutan sering mengakibatkan serangan panik. Itu bisa terjadi karena adanya hal negatif terhadap sesuatu.

Berpikirlah positif jika Anda merasa cemas dan gugup. Atur pikiran untuk berpikir positif. Lepaskan pikiran negatif yang menimbulkan konflik di pikiran.

3. Sadarilah bahwa Anda tidak sendiri

Jika Anda mengalami serangan panik, segera pergi dan tahan seseorang untuk menemani. Ini akan memberi kelegaan dari kecemasan dan ketakutan.

Penting untuk menyadari bahwa Anda tidak sendirian dalam hidup. Semua orang memiliki keluarga dan teman yang mencintai.

4. Fokus pada pola makan yang baik

Tahukah Anda bahwa pola makan yang tidak memadai juga dapat memicu serangan panik? Hindari makanan yang berminyak.

Hindari minuman berkafein karena minuman tersebut menyebabkan kecemasan. Konsumsi sayuran hijau dan buah jeruk dalam menu harian. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Teh herbal seperti teh hijau dan teh kamomil dapat membantu mengurangi serangan panik dalam beberapa kasus.

 

 

5. Yoga

Ilustrasi Yoga (iStockphoto)
Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Sebuah survei baru-baru ini membuktikan bahwa yoga bisa meredakan masalah serangan panik. Dengan berlatih yoga secara teratur, Anda dapat mengurangi serangan panik hingga 50 persen. Berlatih juga meditasi karena dapat membantu tetap tenang. Coba lakukan meditasi selama lima belas menit setiap hari.

6. Olah raga setiap hari

Olahraga teratur membantu mengendurkan otot. Selama serangan panik, tubuh menjadi tegang dan otot menjadi kaku. Olahraga dapat membantu mencegah kekakuan pada saat cemas. Jika memungkinkan, berjalanlah selama sekitar setengah jam setiap hari untuk mengurangi kecemasan dan gejala serangan panik.

7. Jauhi media sosial

Percaya atau tidak, media sosial juga dapat menyebabkan serangan panik. Jika Anda menghabiskan lebih dari lima jam untuk bermain media sosial, maka mungkin akan mengalami serangan kecemasan. Batasi diri dari ketergantungan akan media sosial, jika perlu berhentilah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO CERITA: Semangat Theo Curin Perenang dengan Empat Amputasi

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Malia Metella (tengah), wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena dan Theo Curin (kanan), perenang dengan amputasi empat anggota badan pemanasan menjelang pelatihan air terbuka pertama mereka di air 16 derajat celcius, Compiegne, 9 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)
Malia Metella (tengah), wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena dan Theo Curin (kanan), perenang dengan amputasi empat anggota badan pemanasan menjelang pelatihan air terbuka pertama mereka di air 16 derajat celcius, Compiegne, 9 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

Malia Metella (tengah), wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena dan Theo Curin (kanan), perenang dengan amputasi empat anggota badan pemanasan menjelang pelatihan air terbuka pertama mereka di air 16 derajat celcius, Compiegne, 9 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

(kiri ke kanan) Mathieu Witvoet, petualang lingkungan, Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota badan, dan Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena, berlatih di perairan terbuka pada air 12 derajat celcius, di Compiegne, 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)
(kiri ke kanan) Mathieu Witvoet, petualang lingkungan, Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota badan, dan Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena, berlatih di perairan terbuka pada air 12 derajat celcius, di Compiegne, 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

(kiri ke kanan) Mathieu Witvoet, petualang lingkungan, Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota badan, dan Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena, berlatih di perairan terbuka pada air 12 derajat celcius, di Compiegne, 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena, Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh dan Mathieu Witvoet, petualang lingkungan, ambil bagian dalam latihan di perairan terbuka air 12 derajat celcius, di Compiegne, 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)
Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena, Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh dan Mathieu Witvoet, petualang lingkungan, ambil bagian dalam latihan di perairan terbuka air 12 derajat celcius, di Compiegne, 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena, Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh dan Mathieu Witvoet, petualang lingkungan, ambil bagian dalam latihan di perairan terbuka air 12 derajat celcius, di Compiegne, 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh, berpose selama sesi foto di Paris, 5 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk mengambil tantangan renang di Danau Titicaca di Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)
Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh, berpose selama sesi foto di Paris, 5 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk mengambil tantangan renang di Danau Titicaca di Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh, berpose selama sesi foto di Paris, 5 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk mengambil tantangan renang di Danau Titicaca di Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Theo Curin (Kiri), perenang dengan amputasi empat anggota badan dan Malia Metella (kanan), wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena mengikuti pelatihan perairan terbuka di air 12 derajat celcius, di Compiegne pada 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)
Theo Curin (Kiri), perenang dengan amputasi empat anggota badan dan Malia Metella (kanan), wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena mengikuti pelatihan perairan terbuka di air 12 derajat celcius, di Compiegne pada 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin (Kiri), perenang dengan amputasi empat anggota badan dan Malia Metella (kanan), wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m di Olimpiade Athena mengikuti pelatihan perairan terbuka di air 12 derajat celcius, di Compiegne pada 23 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh ambil bagian dalam pelatihan air terbuka pertamanya di air 16 derajat celcius, di Compiegne pada 9 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk ambil tantangan berenang di Danau Titicaca Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)
Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh ambil bagian dalam pelatihan air terbuka pertamanya di air 16 derajat celcius, di Compiegne pada 9 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk ambil tantangan berenang di Danau Titicaca Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh ambil bagian dalam pelatihan air terbuka pertamanya di air 16 derajat celcius, di Compiegne pada 9 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk ambil tantangan berenang di Danau Titicaca Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh bersiap menjelang pelatihan air terbuka pertama mereka di air 16 derajat celcius, di Compiegne pada 9 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk ambil tantangan berenang di Danau Titicaca Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)
Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh bersiap menjelang pelatihan air terbuka pertama mereka di air 16 derajat celcius, di Compiegne pada 9 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk ambil tantangan berenang di Danau Titicaca Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh bersiap menjelang pelatihan air terbuka pertama mereka di air 16 derajat celcius, di Compiegne pada 9 Oktober 2020. Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk ambil tantangan berenang di Danau Titicaca Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh, berpose untuk berfoto di Paris pada 5 Oktober 2020. Theo Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk mengambil tantangan renang di Danau Titicaca di Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)
Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh, berpose untuk berfoto di Paris pada 5 Oktober 2020. Theo Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk mengambil tantangan renang di Danau Titicaca di Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

Theo Curin, perenang dengan amputasi empat anggota tubuh, berpose untuk berfoto di Paris pada 5 Oktober 2020. Theo Curin berhenti dari Olimpiade Tokyo untuk mengambil tantangan renang di Danau Titicaca di Peru pada November 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

(Dari kiri) Theo Curin, perenang dengan amputasi 4 anggota tubuh, Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m Olimpiade Athena, Stephane Lecat, Direktur Program Perairan Terbuka Tim Nasional untuk Federasi Renang Prancis, Mathieu Witvoet, berpose di Paris, 8 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)
(Dari kiri) Theo Curin, perenang dengan amputasi 4 anggota tubuh, Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m Olimpiade Athena, Stephane Lecat, Direktur Program Perairan Terbuka Tim Nasional untuk Federasi Renang Prancis, Mathieu Witvoet, berpose di Paris, 8 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

(Dari kiri) Theo Curin, perenang dengan amputasi 4 anggota tubuh, Malia Metella, wakil juara Olimpiade gaya bebas 50m Olimpiade Athena, Stephane Lecat, Direktur Program Perairan Terbuka Tim Nasional untuk Federasi Renang Prancis, Mathieu Witvoet, berpose di Paris, 8 Oktober 2020. (FRANCK FIFE/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden Menang Pilpres AS Bisa Perbaiki Tatanan Ekonomi Dunia

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemenangan Joe Biden di Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) 2020 memberikan dampak positif bagi ekonomi dan sektor keuangan global. Joe Biden mampu mengalahkan kandidat petahana Donald Trump. 

Analis Asia Valbury Futures Lukman Leong menjelaskan, kepemimpinan Donald Trump  banyak melahirkan kebijakan yang merugikan banyak negara termasuk Indonesia. Salah satu kebijakan tersebut adalah perang dagang dengan China. 

Dengan terpilihnya Joe Biden maka memberikan harapan besar akan mengubah kebijakan demi perkembangan ekonomi dunia. 

"Akan sangat bagus. Kita tahu di bawah Trump kebijakan ekonomi AS sangat merugikan seluruh dunia. Jadi ini (Biden) lebih adanya sentimen positif atau harapan baru bagi ekonomi dan keuangan global juga Indonesia," jelas ketika dihubungi Merdeka.com, Minggu (8/11/2020).

Lukman Leong melanjutkan, di bawah kepemimpinan Joe Biden diyakini AS akan meninggalkan kebijakan terkait proteksionisme ekonomi yang sering digaungkan oleh mantan presiden Trump. Alhasil akan menciptakan harapan baru agar terwujudnya situasi perdagangan global yang lebih kondusif.

"Jadi, akan perlahan ada perbaikan kondisi ekonomi. Salah satunya karena optimisme baru sangat kuat," imbuh dia.

Kendati demikian, Lukman memastikan siapapun presiden AS termasuk juga Joe Biden yang terpilih tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi Indonesia. "Karena nilai kerja sama ekonomi kita dengan AS juga bukan yang terbesar," tegasnya.

Oleh karena itu, dia meminta Pemerintah Indonesia untuk tetap fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 di dalam negeri yang telah meluluhlantakkan ekonomi domestik. Sehingga dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Pesan Joe Biden Setelah Menang Pemilu Amerika Serikat 2020

Joe Biden menang Pemilu Amerika 2020, jadi presiden AS menggantikan Donald Trump. (AP)
Joe Biden menang Pemilu Amerika 2020, jadi presiden AS menggantikan Donald Trump. (AP)

Sebelumnya, Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan terpilih sebagai presiden AS ke-46. Biden dinyatakan menang setelah unggul di Pennsylvania. 

Joe Biden menyambut kemenangannya di Twitter. Ia mengaku merasa terhormat karena dipercaya rakyat AS. 

"Amerika, saya merasa terhormat karena Anda telah memilih saya untuk memimpin negara besar kita. Pekerjaan di depan kita akan sangat sulit, tetapi saya menjanjikanmu ini: Saya akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Amerika, baik kamu memilih saya atau tidak."

"Saya akan menjaga kepercayaan yang Anda berikan ke saya," ujar Joe Biden via Twitter, Sabtu (7/11/2020).

Joe Biden kini merupakan presiden terpilih yang tertua sepanjang sejarah AS. Ia telah berada di dunia politik hampir selama setengah abad. 

Kubu Donald Trump masih belum mengaku kalah. Langkah hukum kini sudah diambil untuk mengadakan hitung ulang dan audit surat suara.

Presiden Amerika Ke-46

Joe Biden, calon presiden AS penantang Donald Trump pada pemilu November 2020 mendatang. (AP Photo/Matt Rourke)
Joe Biden, calon presiden AS penantang Donald Trump pada pemilu November 2020 mendatang. (AP Photo/Matt Rourke)

Joe Biden mengalahkan Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke-46 pada Sabtu 7 November 2020 waktu setempat, memposisikan dirinya untuk memimpin negara yang dicengkeram oleh pandemi bersejarah dan pertemuan kekacauan ekonomi dan sosial.

Kemenangannya terjadi setelah lebih dari tiga hari ketidakpastian ketika para pejabat pemilihan memilah-milah lonjakan suara yang menunda pemrosesan beberapa surat suara. Biden melewati 270 suara Electoral College dengan kemenangan di Pennsylvania, kantor berita the Associated Press melaporkan, dikutip pada Sabtu (7/11/2020).

Mesin pencari Google yang menampilkan hasil proyeksi AP menampilkan bahwa Biden mengantungi 284 electoral votes, melewati ambang batas 270 untuk memenangi Pilpres AS.

Joe Biden (77) tidak mempertaruhkan pencalonannya pada ideologi politik yang berbeda, tetapi pada penggalangan koalisi pemilih yang luas di sekitar gagasan bahwa Trump merupakan ancaman eksistensial bagi demokrasi Amerika.

Strategi tersebut terbukti efektif, menghasilkan kemenangan penting di negara bagian Michigan dan Wisconsin serta Pennsylvania, yang pernah menjadi benteng Demokrat yang telah beralih ke Trump pada tahun 2016.

Mantan wakil presiden AS itu juga berada di jalur untuk memenangkan suara populer nasional (popular vote) dengan lebih dari 4 juta, selisih yang bisa bertambah karena surat suara terus dihitung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama Evakuasi 2 Jenazah dalam Repatriasi 157 ABK WNI dari Tiongkok di Sulut

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manado - Proses repatriasi 157 Anak Buah Kapal (ABK) WNI dari Kapal Long Xing ke Indonesia dilakukan di Dermaga LCT Pelabuhan Bitung, Sulut, Sabtu (7/11/2020). Dalam kapal yang datang dari wilayah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) itu juga terdapat dua jenazah.

Proses repatriasi atau pemulangan kembali orang ke negeri asalnya ini dipantau langsung Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko bersama Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Franky Watuseke didampingi sejumlah PJU Polda Sulut, dan Forkopimda Kota Bitung. Proses pengamanan dan evakuasi menerapkan standar protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid 19.

Dalam proses evakuasi ABK terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh Tim Kesehatan di atas Kapal Long Xing, kemudian ABK dievakuasi dengan Kapal LCT Calvin 08 dan Bintang Setiawan 89 menuju ke Dermaga LCT.

Setelah sampai di Dermaga LCT para ABK turun satu persatu dan langsung naik ke mobil bus yang sudah disiapkan. Mereka dibawa ke Rumah Singgah di Kabupaten Minahasa Utara untuk menjalani karantina.

Darmoko menyampaikan, Polri bersama stakeholders terkait melakukan pengamanan mulai dari kedatangan kapal, pemeriksaan kesehatan ABK sampai merapat ke dermaga hingga menuju ke rumah singgah yang ada di Minut. Untuk pengamanan terdiri dari gabungan dari Polda Sulut dan Polres Bitung sebanyak 200 personil, dan juga gabungan bersama TNI.

"Untuk autopsi kedua jenazah yang turun dari Kapal Long Xing akan dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara Manado," ujarnya.

Sebelumnya melalui koordinasi Kemlu dengan Kementerian/Lembaga di Pusat, Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung berhasil memfasilitasi kepulangan 157 ABK WNI. Termasuk 2 jenazah yang bekerja pada berbagai kapal ikan berbendera RRT melalui jalur laut ke Bitung, Sulut.

Keseluruhan ABK tersebut berasal dari 12 kapal ikan RRT dan kemudian dipulangkan ke Indonesia dan sandar di Pelabuhan Bitung, Sulut, menggunakan Kapal Long Xing 601 dan Long Xing 610.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Penjelasan Satgas Terkait Viral Video Jenazah Positif COVID-19 di Probolinggo

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto membantah dan menyatakan video viral di media sosial (medsos) Facebook terkait dugaan jenazah pasien positif COVID-19 satu bola matanya hilang adalah hoaks.

Ugas mengatakan, pendarahan yang di medsos tersebut akibat pasien menderita sakit stroke dan darah tinggi, sehingga ada pembuluh darah yang pecah, bukan matanya hilang satu.

"Kami beserta kerabat dan ulama setempat  sudah menyaksikan sendiri, kalau jenazah berinisial M (49), warga Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton tersebut mengalami pendarahan dan bukan matanya hilang satu," ujar dia, ditulis Sabtu, 7 November 2020.

Artikel viral video jenazah pasien COVID-19 di Probolinggo hilang bola mata, ini penjelasan satgas menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu, (8/11/2020):

1.Viral Video Jenazah Pasien COVID-19 di Probolinggo Hilang Bola Mata, Ini Penjelasan Satgas

Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto membantah dan menyatakan video viral di media sosial (medsos) Facebook terkait dugaan jenazah pasien positif COVID-19 satu bola matanya hilang adalah hoaks.

Ugas mengatakan, pendarahan yang di medsos tersebut akibat pasien menderita sakit stroke dan darah tinggi, sehingga ada pembuluh darah yang pecah, bukan matanya hilang satu.

"Kami beserta kerabat dan ulama setempat  sudah menyaksikan sendiri, kalau jenazah berinisial M (49), warga Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton tersebut mengalami pendarahan dan bukan matanya hilang satu," ujar dia, ditulis Sabtu (7/11/2020).

Berita selengkapnya baca di sini

2.Persentase Kasus Aktif COVID-19 Jatim Terendah Kedua se-Indonesia, Ini Imbauan Khofifah

Persentase kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur terendah kedua-se Indonesia per 5 November 2020. Tercatat persentase kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur 4,03 persen.

Di posisi pertama Gorontalo sebesar 2,61 persen, posisi tiga Kalimantan Selatan sebesar 4,43 persen, diikuti Bali sebesar 5,13 persen, dan Sulawesi Selatan sebesar 6,94 persen. Hal itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunggah persentase kasus aktif COVID-19 itu diunggah lewat akun instagramnya @khofifah.ip, Jumat, 6 November 2020. Ia pun mengucap syukur dengan persentase kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur terendah kedua setelah Gorontalo.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Update Corona COVID-19 Jawa Timur pada 6 November 2020

Jawa Timur mencatat tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 289 orang pada Jumat, 7 November 2020. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 di Jawa Timur mencapai 54.080.

Tambahan pasien COVID-19 terbanyak di Surabaya yang mencapai 38 orang, disusul Kabupaten Jember sebanyak 36 orang, dan Kabupaten Jombang sebanyak 19 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 270 orang di Jawa Timur. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 48.042 orang. Tambahan pasien sembuh dari COVID-19 terbanyak dari Surabaya yang mencapai 40 orang, diikuti Kabupaten Banyuwangi sebanyak 25 orang, dan Kabupaten Lumajang sebanyak 21 orang.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Dekat, Ini 5 Momen Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal bulan Oktober 2020, Pevita Pearce  dikabarkan dekat dengan mantan kekasih Maudy Ayunda, Arsyah Rasyid. Hal ini lantaran nggahan Instagram dua publik figur ini kerap menunjukkan momen yang sama. Keduanya juga pernah terlihat pergi berlibur bersama. 

Ketika Pevita Pearce berlibur ke Bali beberapa waktu yang lalu, banyak warganet yang mengasumsikan bahwa Arsyah Rasyid turut menemani. Hal ini lantaran unggahan makan siang dari Pevita dan Arsyah memiliki kesamaan lauk, yakni nasi goreng shiratake dengan topping jamur dan salmon.

Keduanya mengunggah menu makan siang tersebut dalam waktu yang bersamaan sehingga banyak yang merasa bahwa hal tersebut bukanlah suatu kebetulan. Tak hanya itu saja,  beberapa saat lalu Pevita dan Arsyah pun nampak semakin jelas menunjukkan kebersamaannya.

Melalui Instastory yang diunggah oleh mantan kekasih Maudy Ayunda ini, ada warganet yang menanyakan keberadaan Pevita, Arsyah sempat menjawab bahwa ia sudah lama tak bertemu dengannya, namun ternyata Pevita ada persis disampingnya.

Berikut ini merupakan momen kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (8/10/2020).

1. Unggahan menu makan siang Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid yang menjadi sorotan warganet.

Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)
Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)

2. Momen kebersamaan Pevita dan mantan kekasih Maudy Ayunda saat berlibur bersama terlihat melalui Instastory kerabat dekatnya.

Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arpevsquad
Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arpevsquad

3. Beberapa waktu lalu, pria yang akrab disapa Arsyah ini nampak mengunggah foto selfie nya bersama Pevita.

Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)
Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)

4. Dalam beberapa kesemapatan, adik Keenan Pearce hadir ikut hadir pada suatu acara bersama Arsyah.

Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)
Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)

5. Terbaru, dua publik figur ini memperlihatkan kebersamaanya di dalam mobil. Momen ini pun sukses mencuri perhatian warganet.

Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)
Kebersamaan Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid. (Sumber Instagram/pevpearce dan Instagram/arsyahrasyid)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikenang dalam Pidato, Ibu Wapres Terpilih AS Kamala Harris adalah Peneliti Kanker

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamala Harris dinyatakan sebagai Wakil Presiden Terpilih Amerika Serikat usai dinyatakan sebagai pemenang Pilpres AS bersama Presiden terpilih Joe Biden.

Kamala akan menjadi Wapres AS perempuan pertama, sekaligus orang Amerika keturunan India dan Afrika, yang menduduki posisi ini.

Dalam pidato kemenangannya, Kamala Harris menyebut nama sang ibu Shyamala Gopalan Harris sebagai wanita yang paling berperan dalam kesuksesannya saat ini.

"Ketika ia datang ke sini dari India di usia 19 tahun, dia mungkin tidak begitu membayangkan momen ini," ujarnya seperti dikutip dari ABC News pada Minggu (8/11/2020).

Shyamala Gopalan rupanya bukan orang sembarangan. Ia adalah seorang peneliti kanker yang datang ke AS dari India. Selain itu, wanita yang meninggal di 2009 itu juga merupakan seorang aktivis.

 

Sang Ibu Peneliti Kanker

Senator Kamala Harris dari Partai Demokrat mengemukakan pendapatnya pada Debat cawapres Amerika Serikat di Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Rabu (7/10/2020).  Dalam debat, Harris dan duduk dan penantangnya, Mike Pence diberi sekat kaca. (AP Photo/Patrick Semansky)
Senator Kamala Harris dari Partai Demokrat mengemukakan pendapatnya pada Debat cawapres Amerika Serikat di Kingsbury Hall, Universitas Utah di Salt Lake City, Rabu (7/10/2020). Dalam debat, Harris dan duduk dan penantangnya, Mike Pence diberi sekat kaca. (AP Photo/Patrick Semansky)

"Ibu saya mengerti betul bahwa dia membesarkan dua putri kulit hitam," kata Kamala dalam sebuah memoar di tahun 2019, seperti dikutip dari People.

"Dia tahu bahwa Tanah Air angkatnya akan melihat Maya (Harris) dan saya sebagai gadis kulit hitam, dan dia bertekad untuk memastikan kami akan tumbuh menjadi wanita kulit hitam yang percaya diri dan bangga."

Dalam sebuah obituari di laman organisasi Breast Cancer Action yang dirilis tahun 2009, Shyamala dikenal sebagai ilmuwan yang dekat dengan lembaga tersebut karena penelitiannya terkait kanker payudara.

Ia bekerja untuk isolasi dan karakterisasi gen reseptor progesteron yang mengubah pemahaman medis dasar tentang respon hormon dalam jaringan payudara.

"Penemuannya memicu banyak kemajuan terkait peran progesteron dan reseptor seluler dalam biologi payudara dan kanker," tulis obituari tersebut.

"Dunia para wanita dengan kanker payudara berubah menjadi lebih baik karena kehadiran Harris di dalamnya," tulis laman tersebut.

Penyanyi Berbakat

Dalam sebuah wawancara di Los Angeles Times, paman Kamala, Balachandran, mengatakan bahwa Shyamala adalah seorang penyanyi berbakat dan memenangkan medali emas dalam sebuah kompetisi nasional, serta terkadang mendapatkan uang hasil bernyanyi di radio.

Di Lady Irwin College, New Delhi, Shyamala mempelajari bidang home science yang meliputi nutrisi, tekstil, dan perkembangan masa kanak-kanak. Ia lalu pergi ke Berkeley, Amerika Serikat untuk mempelajari nutrisi dan endokrinologi.

Ketika Shyamala bergabung dengan gerakan hak-hak sipil warga kulit hitam, di saat itulah ia bertemu seorang ekonom asal Jamaika Donald Harris. Mereka menikah tahun 1963 dan memiliki dua putri yaitu Kamala dan Maya. Keduanya bercerai di 1971.

Pada 11 Februari 2009, Shyamala meninggal dunia karena komplikasi kanker kolon di usianya yang ke 70.

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi Note 9 5G Muncul di Tenaa

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi sedang menyiapkan dua varian 5G dari Redmi Note 9. Informasi mengenai keduanya pun udah beredar di internet.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (8/11/2020), Redmi Note 9 5G dan Note 9 Pro 5G muncul di situs web Tenaa. Sejumlah spesifikasinya pun diketahui.

Xiaomi M2007J22C merupakan Redmi Note 9 5G dan dilengkapi dengan chipset Dimensity 800U. Smartphone tersebut memiliki tiga varian RAM dan memori internal, yakni 4/6/8 GB dan 64/128/256 GB.

Spesifikasi lainnya termasuk layar LCD 6,53 inci dengan resolusi 1080p dan baterai 5.000 mAh. Kamera utama dengan sensor 48MP, sementara kamera depan 13MP.

Redmi Note 9 pro 5G

Redmi Note 9 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Redmi Note 9 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Smartphone ini memiliki nomor model M2007J1C. Berdasarkan gambar, tampilan belakang mirip seperti Mi 10T Lite 5G.

Spesifikasinya antara lain chipset Snapdragon 750G, RAM hingga 12GM, dan memori internal 256GB. Kamera utama 108MP, dan kamera depan 16MP.

 

Waktu Peluncuran

Sejauh ini belum ada informasi dari pihak Xiaomi mengenai waktu peluncurannya. Namun menurut laporan, keduanya akan hadir dengan berbagai pilihan warna, yaitu hitam, merah, biru, pink, putih, hijau, ungu, dan abu-abu atau silver.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perilaku Ini Bisa Bantu Sembuhkan Covid-19

Posted: 07 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Proses penyembuhan covid-19 dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya menerapkan sejumlah perilaku yang bisa membantu pasien lekas pulih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Perlawanan Sengit, Rivan Nurmulki dan Nagano Tridents Gagal Balas Kekalahan

Posted: 07 Nov 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nagano Tridents gagal membalas kekalahan dari Wolfdogs Nagoya. Rivan Nurmulki dan kawan-kawan kembali menelan kekalahan 0-3 (25-23, 25-20 dan 25-18) pada lanjutan V.League Division 1, di Toyota Synthetic Memorial Gymnasium, Minggu (8/11/2020).

Sehari sebelumnya mereka juga menyerah 1-3 (25-23, 18-25, 22-25, 22-25) dari Wolfdogs Nagoya. Hasil ini membuat Rivan Nurmulki belum merasakan kemenangan selama melakoni kompetisi di Negeri Sakura.

Sebelumnya mantan pemain Surabaya Samator tersebut tumbang masing-masing dua kali melawan juara bertahan JTEKT Stings dan Suntory Sunbirds. Total Nagano belum mencicipi hasil positif di tujuh pertandingan dan terdampar di papan bawah klasemen.

Meski belum bisa membantu Nagano Tridents merebut kemenangan, penampilan Rivan Nurmulki pada empat laga yang sudah dimainkan terus meningkat.

Saat laga kedua menghadapi Suntory Sunbirds, 1 November lalu, Rivan Nurmulki mencetak poin terbaik, yakni 25 poin. Dia unggul lima poin atas Dmitriy Muserskiy.

Jalannya Pertandingan

Rivan Nurmulki melancarkan smes saat timnya Nagano Tridents menghadapi JTEKT Stings dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang, Jumat (23/10/2020). (foto: Instagrram: @melt_aya.0205)
Rivan Nurmulki melancarkan smes saat timnya Nagano Tridents menghadapi JTEKT Stings dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang, Jumat (23/10/2020). (foto: Instagrram: @melt_aya.0205)

Di set pertama, Nagano sempat memberikan perlawanan sengit dan sempat kejar-kejaran angka. Namun, saat kedudukan 13-10 Nagoya terus melejit dan meninggalkan selisih tiga angka.

Saat Nagoya mendekati angka 16, pemain Nagano kembali banyak mengumpulka angka dan mulai mendekati perolehan poin lawannya hingga 20-19. Pertandingan makin seru setelah kedua tim silih berganti meriah poin. Namun, Nagoya akhirnya menutup set ini dengan skor 25-23

Set Selanjutnya

Rivan Nurmulki dan rekan-rekannya di Nagano Tridents. (foto: Instagram @tokkochan2020)
Rivan Nurmulki dan rekan-rekannya di Nagano Tridents. (foto: Instagram @tokkochan2020)

Nagoya langsung melejit dalam pengumpulan angka hingga skor 8-4. Setelah itu pemain Nagano kewalahan meladeni permainan Nagoya hingga tertinggal jauh 14-7. Set ini pun dengan cepat diakhiri Nagoya dengan skor 25-20.

Kejar-kejaran poin kembali terjadi di set ketiga. Nagoya meski masih unggul namun hanya terpaut satu poin. Saat skor 15-14. Nagoya kembali menemukan permainan terbaiknya dan melejit dalam pengumpulan poin dan mengakhiri set ini dengan skor.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Perdana Pilkada, Sugianto Beber Program Penanggulangan Covid-19 di Kalteng

Posted: 07 Nov 2020 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran membeber upaya  penanggulangan Covid-19 di Kalteng saat debat perdana pilkada 2020, Sabtu (8/11/2020).

Sugianto menyatakan telah dilakukan secara maksimal. Selaku gubernur telah mengeluarkan Peraturan Gubernur terkait penanganan Covid-19 di Kalteng.

"Kami telah siapkan anggaran Rp 500 miliar lebih. Rinciannya Rp 200 miliar untuk penangnan dampak kesehatan masyarakat, anggaran penanganan dampak ekonomi Rp 70 miliar, dan sisanya Rp 200 miliar lebih untuk penanganan dampak sosial berupa bantuan sembakau atau tunai," kata Sugianto.

Sugianto menekankan bahwa Covid-19 tak perlu ditakuti, namun harus dikenali dan dikendalikan.

Terkait pengendalian pandemi ini, pemerintah provinsi Kalimanttan Tengah patut diacungi jempol karena berhasil menekan angka penularan. Prestasi Sugianto ini bahkan juga dipuji oleh Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah meninjau fasilitas Program Food Estate, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Sugianto juga menyinggung kinerja Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam menangani Covid-19. Sugianto mengatakan, Ben Brahim adalah salah satu Bupati di Kalteng yang paling sulit berkoorinasi terkait penanganan Covid-19.

 

Ben soal Pemeratan di Kalteng

Di bagian lain, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat dan Ujang Iskandar tampil lugas menjawab semua pertanyaan dari panelis dalam debat perdana Pilgub Kalteng 2020.

Seperti ketika panelis menanyakan soal pembangunan Kalteng yang dinilai belum merata dan masih banyak daerah-daerah yang terisolasi. Dengan tegas Ben-Ujang menyampaikan gagasannya untuk pemerataan pembangunan di Kalteng.

"Pemimpin itu harus mau melihat, mendengar dan merasakan. Kita mau turun langsung merasakan apa yang dialami oleh masyarakat. Sehingga tau masih banyak wilayah-wilayah yang terisolasi," ujar Ben Bahat, Sabtu (7/11/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fase Hidup Gisel: Cerai dari Gading Marten Lalu Dipacari Wijin, Hijrah dan Dihantam Isu Video Syur

Posted: 07 Nov 2020 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gisel alias Gisella Anastasia seolah tak henti diadang ujian. Kali ini, bintang film Cek Toko Sebelah dan Susah Sinyal berhadapan dengan skandal video syur mirip dirinya yang viral di medsos.

Video syur berdurasi belasan detik mirip Gisel ramai dibahas warganet. Akibatnya, nama Gisel memuncaki trending topic Twitter Indonesia. Tagar #giselviral populer hingga Minggu (8/11/2020).

Gisel telah buka suara kepada awak media. Gisel mengaku bingung dan sedih dengan video syur mirip dirinya yang kini jadi isu nasional. Showbiz Liputan6.com merangkum 6 fase hidup Gisel yang sarat drama. Selamat menyimak.

1. Perceraian Menghebohkan Awal 2019

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Tahun 2019 diawali dengan kabar menggemparkan perceraian Gisel dan Gading Marten. Berbincang di kanal YouTube Daniel Mananta Network, September 2020, Gisel menyebut setidaknya ada 4 pemicu perceraian.

Pertama, overthinking. Kedua, tidak dekat dengan Tuhan. Ketiga, kurang fokus. Keempat, masuknya bisikan setan. "Sudah terlanjur banyak masuk setan juga kayaknya, jadi sudah ngaco banget. Aku enggak mau ada di hubungan yang begini," aku Gisel.

2. Dipacari Mantan Agnez Mo

Gisella Anastasia (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia (Instagram/gisel_la)

Beberapa bulan setelah genderang cerai ditabuh hakim, Gisel merapat ke mantan kekasih Agnez Mo, Wijaya Saputra alias Wijin. Dengan Wijin, Gisel mengaku serius dan hubungan ini mengarah kepada Sang Khalik.

Masalah beragam tak dipendam sendiri. Ia dan Wijin berserah kepada Tuhan. "Kebanyakan dipendam jadinya gila sendiri. Tambah ngaco. Kalau sekarang dikeluarkan, and then i need pray. (Gue bilang sama Wijin) berdoa yuk, doain aku boleh enggak? Sama dia didoakan," cerita Gisel.

3. Video Syur Jilid 1

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Ujian berikutnya menghampiri Gisel. Video syur mirip dirinya menggelinding di medsos dan ramai dibahas publik. Tak terima, mantan sinden Opera Van Java didampingi pengacara, Sandy Arifin mendatangi Polda Metro Jaya, Oktober 2019.

"Kita resmi sudah melaporkan beberapa oknum, pemilik media sosial, baik Instagram, Twitter dan atau pun ada Facebook dan ada beberapa grup Whatsapp dan website, link, semuanya sudah kita laporkan," kata Sandy, kala itu.

4. Hijrah Ajak Wijin

Gisella Anastasia dan Wijin (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia dan Wijin (Instagram/gisel_la)

Perceraian dengan Gading Marten menyisakan sejumlah catatan untuk dievaluasi Gisel. Ia berbenah lalu hijrah alias merapat ke Tuhan. Tujuan hijrah ini bukan agar jalannya ke pelaminan bareng Wijin mulus.

"Karena memang kita tahu bergantungnya sama Tuhan. Satu tujuan yang mau dicapai tuh Tuhan, bukan Wijin. Tujuannya tuh bukan mau nikah, bukan mau Wijin, bukan mau apa-apa," terang Gisella Anastasia ketika diinterviu Daniel Mananta.

5. Video Syur Jilid 2

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Sejarah terulang. Video syur mirip Gisel bikin geger jagat maya sepanjang Sabtu (7/11/2020). Cuplikan video berdurasi 18 menit menampilkan perempuan mirip Gisel berhubungan intim dengan laki-laki. Warganet berspekulasi laki-laki itu Adhietya Mukti, kibordis Gisel saat manggung.

Istri Adhietya Mukti lewat akun Instagram melayangkan bantahan. "Tapi mohon maaf ya, harus bikin sedih kalian karena itu bukan suami aku. Tolong jangan dimirip-miripin ya," ujarnya via Instagram Stories.

6. Klarifikasi Bingung dan Sedih

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

Kepada awak media, Gisel akhirnya buka suara soal video panas mirip dirinya. Ia mengaku bingung sekaligus sedih mengingat ini bukan kali pertama dia dihajar rumor skandal video panas.

"Aku bingung klarifikasinya bagaimana soalnya juga sudah bukan kali pertama ya. Jadi sebenarnya sedih juga," beri tahu Gisel seraya menambahkan, "Mohon doanya ya Mbak biar bisa cepat lewat."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tujuan PBB, Sejarah, dan Peran dalam Dunia Internasional

Posted: 07 Nov 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jika membicarakan perdamaian dunia, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) adalah tokoh utamanya. Hal ini selaras dengan tujuan PBB yang ingin menjaga perdamaian dan keamanan Internasional.

Tujuan PBB ini bisa dilihat dari perannya. PBB selalu mengambil peran mencegah konflik dan menyalurkan bantuan kemanusiaan. Peran inilah yang selama ini dilakukan PBB untuk mencapai tujuannya.

PBB didirikan sejak tahun 1945, tahun yang sama ketika Indonesia merdeka. Pada kesempatan ini pula, tujuan PBB bisa terlaksana. PBB secara konsisten mendukung Indonesia menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan mandiri.

Berikut Liputan6.com ulas tujuan PBB, sejarah, dan perannya dari berbagai sumber, Minggu (8/11/2020).

Sejarah PBB

Indonesia serukan agar dunia tidak lengah terhadap ancaman kejahatan lintas negara terorganisir meskipun di tengah keadaan penuh tantangan akibat pandemi COVID-19 (Dokumentasi konvensi PBB di WINA).
Indonesia serukan agar dunia tidak lengah terhadap ancaman kejahatan lintas negara terorganisir meskipun di tengah keadaan penuh tantangan akibat pandemi COVID-19 (Dokumentasi konvensi PBB di WINA).

Menilik dari sejarah, PBB sudah ada sejak tahun 1945. Dilansir dari kemlu.go.id, PBB didirikan di San Francisco, Amerika Serikat pada 24 Oktober 1945 setelah berakhirnya Perang Dunia II. Lalu pada 10 Januari 1946 barulah sidang Majelis umum pertama diadakan di Church House, London.

Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota, saat ini terdapat 193 anggota. Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional, dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB, dan ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat.

Palestina dan Vatikan adalah negara bukan anggota (non-member states) dan termasuk pengamat permanen (Tahta Suci mempunyai wakil permanen di PBB, sedangkan Palestina mempunyai kantor permanen di PBB).

Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa disusun dalam sebuah konferensi pada April-Juni 1945. Piagam ini mulai berlaku pada 24 Oktober 1945 yang menandakan PBB mulai beroperasi. Sidang Umum yang pertama dihadiri wakil dari 51 negara baru berlangsung pada 10 Januari 1946 di Church House, London.

PBB di Mata Dunia Internasional

Tujuan PBB didirikan adalah untuk menjaga perdamaian dunia. Tak heran jika sampai sekarang komitmen negara-negara anggota PBB terus menguat untuk memelihara perdamaian dan keamanaan Internasional. PBB juga mengambil peran dan sikap terhadap berbagai masalah di dunia Internasional.

PBB memiliki ruang lingkup yang cukup besar. Tak sekadar menjaga perdamaian dunia. PBB turut serta mencegah konflik dan menyalurkan bantuan kemanusiaan. Peran ini dilakukan untuk bisa mencapai tujuan dan koordinasi matang agar dunia Internasional menjadi lebih aman untuk generasi mendatang.

Dilansir dari kemlu.go.id, PBB menangani berbagai permasalahan mendasar seperti pembangunan berkelanjutan. Mulai dari lingkungan, perlindungan pengungsi, bantuan bencana, terorisme, perlucutan senjata dan non-proliferasi.

Mempromosikan demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Pemerintahan, ekonomi, pembangunan sosial, kesehatan, upaya pembersihan ranjau darat, perluasan produksi pangan, dan berbagai hal lainnya.

Tujuan PBB

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (tengah) dan sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (tengah) dan sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

Tujuan PBB secara umum:

1. Tujuan PBB adalah menjaga perdamaian dan keamanan dunia.

2. Tujuan PBB adalah memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia.

3. Tujuan PBB adalah membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

4. Tujuan PBB adalah menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia.

5. Tujuan PBB adalah menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Tujuan PBB menurut preambul piagam:

1. Tujuan PBB adalah menyelamatkan generasi mendatang dari bencana perang.

2. Tujuan PBB adalah memperteguh kepercayaan pada hak-hak asasi manusia, harkat dan derajat diri manusia dan persamaan hak bagi pria dan wanita, serta bagi semua bangsa baik besar maupun kecil.

3. Tujuan PBB adalah menciptakan keadaan yang memungkinkan terpeliharanya keadilan dan penghormatan kewajiban yang timbul dari perjanjian internasional dan sumber internasional lain.

4. Tujuan PBB adalah mendorong kemajuan sosial dan tingkat kehidupan yang lebih baik.

Asas PBB

Asas Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam pasal 2 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa ditetapkan tujuh asas adalah sebagai berikut:

1. PBB didirikan atas dasar persamaan kedudukan dari semua anggota. Masing-masing anggota mempunyai kedaulatan yang sama.

2. Semua anggota harus memenuhi kewajiban-kewajiban mereka dengan ikhlas sebagaimana tercantum dalam piagam PBB. Tiap-tiap anggota dengan sepenuh hati harus memenuhi kewajiban-kewajibannya sebagaimana tercantum dalam Piagam

3. Semua anggota akan menyelesaikan perselisihan internasional mereka secara damai. Semua anggota harus menyelesaikan setiap persengketaan internasional mereka dengan jalan damai sehingga tidak membehayakan perdamaian, keamanan dan keadilan.

4. Dalam melaksanakan hubungan internasional setiap anggota harus menghindari penggunaan ancaman dan kekerasan terhadap negar-negara lain.

5. Semua anggota harus membantu PBB dalam tindakan-tindakan yang diambilnya berdasarkan ketentuan piagam PBB.

6. PBB akan menjaga agar negara-negara yang bukan anggota bertindak sesuai dengan asas-asas yang ditetapkan oleh PBB.

7. PBB tidak akan campur tangan masalah dalam negeri masing-masing negara anggota.

Peran PBB

Sidang darurat Majelis Umum PBB di New York (21/12/2017). (AP Photo/Mark Lennihan)
Sidang darurat Majelis Umum PBB di New York (21/12/2017). (AP Photo/Mark Lennihan)

Menjaga Perdamaian dan Keamanan Internasional

Perserikatan Bangsa-Bangsa dibentuk pada tahun 1945. Setelah kehancuran Perang Dunia Kedua, dengan satu misi utama yaitu pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

PBB melakukan ini dengan bekerja untuk mencegah konflik, membantu pihak yang berkonflik untuk berdamai, menjaga perdamaian, dan menciptakan kondisi yang memungkinkan perdamaian bertahan dan berkembang.

Kegiatan ini sering kali tumpang tindih dan harus saling memperkuat agar efektif. Dewan Keamanan PBB memiliki tanggung jawab utama untuk perdamaian dan keamanan internasional.

Melindungi Hak Asasi Manusia

Istilah hak asasi manusia disebutkan tujuh kali dalam Piagam Pendirian PBB, sehingga menjadikan promosi dan perlindungan hak asasi manusia sebagai tujuan utama dan prinsip panduan dari organisasi.

Pada tahun 1948, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia membawa hak asasi manusia ke dalam ranah hukum internasional. Sejak itu, Organisasi ini dengan rajin melindungi hak asasi manusia melalui instrumen hukum dan aktivitas di lapangan.

Memberikan Bantuan Kemanusiaan

Salah satu tujuan PBB, sebagaimana dinyatakan dalam Piagamnya, adalah "Untuk mencapai kerja sama internasional dalam memecahkan masalah internasional yang bersifat ekonomi, sosial, budaya, atau kemanusiaan."

PBB pertama kali melakukan ini setelah Perang Dunia Kedua di benua Eropa yang hancur, yang dibantu untuk dibangun kembali. Organisasi ini menjadi andalan bagi komunitas internasional untuk mengkoordinasikan operasi bantuan kemanusiaan akibat bencana alam dan ulah manusia di wilayah-wilayah di luar kapasitas bantuan pemerintah nasional saja.

Wakil Tetap RI di PBB

Berikut ini adalah para Wakil Tetap RI yang pernah dan sedang mewakili Indonesia di PBB, dilansir dari kemlu.go.id:

1. Lambertus Nicodemus Palar, 1950-1953

2. Sudjarwo Tjondronegoro, 1953-1957

3. Ali Sastroamidjojo, 1957-1960

4. Soekardjo Wirjopranoto, 1960-1962

5. Lambertus Nicodemus Palar,1962-1965

6. Dr. H. Roeslan Abdulgani, 1967-1971

7. Yoga Soegomo, 1971-1974

8. Ch. Anwar Sani, 1974-1979

9. Abdullah Kamil,1979-1982

10. Ali Alatas, 1982-1988

11. Nana Sutresna, 1988-1992

12. Noegroho Wisnumurti, 1992-1997

13. Makarim Wibisono, 1997-2001

14. Makmur Widodo, 2001-2004

15. Rezlan Ishar Jenie, 2004-2007

16. R.M. Marty M. Natalegawa, 2007-2009

​17. Hassan Kleib, 2010-2012

​18. Desra Percaya, 2012-Sekarang

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suka Cita di Kampung Halaman Kakek Kamala Harris di India

Posted: 07 Nov 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah desa kecil di India turut bergembira menyambut terpilihnya Kamala Harris sebagai wakil presiden terpilih Amerika Serikat. Desa tersebut adalah tempat kelahiran kakek Kamala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagu Coldplay, Band Favorit Mendiang Putra Joe Biden Berkumandang di Akhir Pidato Pemenang Pemilu AS

Posted: 07 Nov 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Delaware - Joe Biden terpilih menjadi presiden Amerika Serikat ke-46. Ia memenangkan Pemilu 2020.

Sabtu 7 November 2020 sekitar pukul 08.00 malam waktu setempat, memposisikan dirinya untuk memimpin negara yang dicengkeram oleh pandemi bersejarah dan pertemuan kekacauan ekonomi dan sosial, yang menunda pemrosesan beberapa surat suara, ia menyampaikan pidato resminya.

Presiden terpilih Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris berpidato di Chase Center, Wilmington, Delaware.

Ucapan terima kasih pertama disampaikan oleh Kamala Harris, lalu menyusul kemudian Joe Biden menaiki panggung. Sejumlah harapan dan doa agar Amerika lebih baik dihaturkan keduanya.

Mengutip laporan CNN, Minggu (8/11/2020), akhir pidato resmi keduanya sebagai pemenang Pemilu Amerika dimeriahkan dengan tembakan konfeti yang sedikit mengejutkan para hadirn. Termasuk Joe Biden dan Kamala Harris beserta keluarga yang berada di atas panggung kemudian.

Tak berapa lama, kumandang lagu dari band Coldplay terdengar membahana lokasi pidato resmi sang pemenang Pemilu Amerika 2020.

CNN menyebut, salah satu lagu yang dimainkan - "Sky Full of Stars"- ternyata salah satu band favorit Beau Biden. Pada pemakamannya pada tahun 2015, Chris Martin dari Coldplay menampilkan "Til Kingdom Come." Martin menawarkan diri untuk tampil setelah mengetahui bahwa Beau adalah seorang penggemar band-nya.

Cahaya kembang api warna-warni juga terlihat di langit malam saat pidato Joe Biden berakhir. Seolah pengingat halus tentang putra Biden, Beau. 

Saat kembang api menerangi langit di Chase Center, seolah Beau Biden tampak bangga atas kemenangan ayahnya malam itu.

Biden terlihat mencium cucunya dan memeluk keluarganya saat kembang api meledak di atas kepala. Serangkaian drone juga terbang di atas dan membuat bentuk US dan BIDEN.

Lagu bertajuk "Sky Full of Stars" juga diputar selama pertunjukan kembang api setelah Joe Biden menerima nominasi Demokrat musim panas ini.

Dalam salah satu pidatonya, Joe Biden juga menyebut Beau tentang kecintaannya pada himne berjudul On Eagle's Wings.

Menang dari Donald Trump, Joe Biden Ajak Rakyat Bersatu

Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara selama debat presiden pertama dengan Presiden Donald Trump di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)
Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara selama debat presiden pertama dengan Presiden Donald Trump di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Patrick Semansky)

Joe Biden menang Pemilu Amerika 2020. Ia mengalahkan Presiden Donald Trump, melewati 270 suara Electoral College dengan kemenangan di Pennsylvania, demikian menurut kantor berita the Associated Press yang dikutip pada Sabtu 7 November 2020.

Berdasarkan hasil yang dirangkum Associated Press yang dilihat pada Minggu 8 November 2020 pagi WIB, Biden mengantungi 290 electoral votes, melewati ambang batas 270 untuk memenangi Pilpres. Ia mengalahkan petahana, Presiden Donald Trump yang hanya mengumpulkan 214 electoral votes.

Berpidato di hadapan para pendukungnya di basis kampanyenya di Wilmington, Delaware, Joe Biden turut menyampaikan pesan kepada pemilih dan suporter Trump, menyerukan persatuan dan rekonsiliasi.

"Sekarang untuk Anda semua yang memilih Presiden Trump, saya memahami kekecewaan Anda malam ini. Saya sendiri telah kehilangan beberapa kali, tapi sekarang mari saling memberi kesempatan," kata Biden, dikutip dari CNN, Minggu (8/11/2020).

Mantan wakil presiden itu mengatakan sudah waktunya kedua belah pihak "saling mendengarkan lagi".

"Sudah waktunya untuk menyingkirkan retorika kasar, menurunkan suhu, bertemu lagi, saling mendengarkan lagi, dan untuk membuat kemajuan, kita harus berhenti memperlakukan lawan kita sebagai musuh kita. Mereka bukan musuh kita. Mereka orang Amerika," kata Biden.

Joe Bidenmelanjutkan: "Alkitab memberitahu kita untuk segala sesuatu ada masanya, ada waktunya membangun, ada waktu menuai, ada waktu untuk menabur dan ada waktu untuk menyembuhkan. Ini adalah waktu untuk menyembuhkan di Amerika."

Peta Pemilu AS 2020 Versi VOA:

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Joe Biden-Kamala Harris Saat Pidato Kemenangan, Simpel tapi Sarat Makna

Posted: 07 Nov 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Joe Biden akhirnya resmi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Amerika Serikat berdasarkan hitungan electoral votes dan akan menjadi presiden ke-AS 46.

Sementara pasangannya, Kamala Harris, akan menjadi Wakil Presiden. Dalam pidato perdananya di Wilmington, Delaware, Minggu (8/11/2020) waktu Indonesia, ia menyampaikan bahwa warga Amerika Serikat telah menentukan pilihan mereka dengan jelas.

"Rakyat negara ini telah berbicara bahwa mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan, kemenangan bagi rakyat," katanya seperti dilansir dari CNN, Sabtu, 7 November 2020.

Biden tampil bersama Harris untuk menyapa para pendukung mereka yang datang menyambut kemenangan keduanya. Mereka tampil  simpel tapi sarat makna terutama pakaian Harris. Joe Biden terlihat mengenakan jas dan celana panjang hitam, kemeja putih dan dasi biru muda.

Sementara Kamala Harris mengenakan pakaian serba putih berupa suit, blus dan celana panjang. Biden dan Harris sama-sama mengenakan masker hitam yang hanya dilepas saat mereka memberikan pidato.

Dilansir dari laman In Style, Sabtu, 7 November 2020, ada makna khusus dari pakaian putih tersebut. Pakaian serba putih itu ternyata untuk menghormati 100 tahun keberhasilan para wanita memperjuangkan lahirnya amandemen ke-19 dalam Konstitusi AS yang memberi hak bagi para wanita kulit hitam untuk bisa memberikan suara di pemilihan presiden.

Persamaan Hak Wanita Kulit Hitam

Presiden terpilih Joe Biden (kedua kanan) dan istrinya Jill Biden (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris (kedua kiri) dan suaminya Doug Emhoff (kiri) saat menyampaikan pidato kemenangan Pilpres AS 2020 di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Presiden terpilih Joe Biden (kedua kanan) dan istrinya Jill Biden (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris (kedua kiri) dan suaminya Doug Emhoff (kiri) saat menyampaikan pidato kemenangan Pilpres AS 2020 di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Pada 18 Agustus 1920, kongres AS meratifikasi Amandemen ke-19, yang jadi titik awal dari kejayaan negara tersebut dalam mengusung persamaan hak wanita (khususnya untuk yang berkulit hitam) dimulai.

Ratifikasi Amandemen ke-19 merupakan potret keberhasilan para wanita dalam menuntut suaranya, dalam protes yang sudah berjalan kurang lebih 70 tahun lamanya.

Kamala Harris sendri mencetak sejarah dengan menjadi Wakil Presiden AS wanita pertama, sekaligus orang Amerika keturunan Asia, dan kulit hitam pertama yang menjabat di posisi ini.Sementara Joe Biden sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Presiden selama delapan tahun mendampingi Barack Obama.

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2020 Jelang Balapan di Valencia: Panggung Joan Mir

Posted: 07 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rider Suzuki Ecstar Joan Mir harus puas memulai MotoGP Eropa dari posisi lima pada balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020).

MotoGP Eropa jadi panggung bagi Mir untuk mengamankan posisinya di klasemen sementara.

Konsistensi Mir membuat para rival kesulitan untuk mengejarnya di klasemen.Saat balapan di Aragon lalu, dia kalah cepat dari Franco Morbidelli yang juarai MotoGP Teruel dan juga Alex Rins. Ini dua kali beruntun duo pembalap Suzuki sama-sama naik podium.

Joan Mir membutuhkan kemenangan, tapi konsistensi podium bisa membawa pembalap asal Spanyol itu ke tangga juara MotoGP. Sedangkan saingan terdekat, Fabio Quartararo masih inkonsisten.

Dengan keberhasilan konsisten raih podium, Joan Mir bisa jadi di ambang juara. Berapa jarak antara Mir dengan Quartararo di klasemen MotoGP?

Klasemen MotoGP

Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Defisit)

1. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 137

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 123 (-14)

3. = Maverick ViƱales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-19)

4. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 112 (-25)

5. ˅1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 109 (-28)

6. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-32)

7. ˅2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 92 (-45)

8. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 90 (-47)

9. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 82 (-55)

10. = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 79 (-58)

11. ^2 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 71 (-66)

12. ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 67 (-70)

13. ˅1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 67 (-70)

14. ^1 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 64 (-73)

15. ˅1 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-79)

16. = Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-95)

17. ^2 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) 27 (-110)

18. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-110)

19. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 26 (-111)

20. ^1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 12 (-125)

21. ˅1 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 12 (-125)

22. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 10 (-127)

23. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-133)

Jadwal MotoGP Eropa

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Minggu, 8 November 2020

16.00-16.20 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial, Episode Minggu 8 November 2020

Posted: 07 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indosiar setiap hari menyajikan FTV Kisah Nyata Spesial.

Seperti biasa Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Anda juga bisa menyaksikan episode Kisah Nyata Spesial kali ini via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK: Demo Tidak Akan Pengaruhi Objektifitas Sidang UU Cipta Kerja

Posted: 07 Nov 2020 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan akan memprioritaskan sidang uji materi Undang-undang Cipta Kerja. Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono, semua perkara akan selalu menjadi prioritas bagi MK.

"Sejauh ini, semua perkara diperlakukan sama. Semua menjadi prioritas," ujar Fajar kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Fajar mengatakan, baik ada atau tidak desakan dari masyarakat, persidangan uji materi UU Cipta Kerja di MK akan tetap dilakukan sesuai jadwal. Dia juga memastikan, gelombang protes yang terjadi di hampir seluruh daerah tak akan memengaruhi hakim konstitusi dalam memutus persidangan.

"Ada atau tidak ada protes, peristiwa apa pun tidak akan memengaruhi obyektifitas dan kejernihan MK dalam mengadili perkara," kata dia.

Termasuk soal Hakim MKArief Hidayat yang akan mendapatkan anugerah Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi, Fajar memastikan hal tersebut tak akan memengaruhi independensi hakim MK.

"(Arief Hidayat dapat anugerah dari Jokowi) iti soal lain yang tidak ada hubungannya. Itu diusulkan dan diproses sudah sejak lama sebagaimana lembaga-lembaga lain juga mengusulkan," kata Fajar.

Terbuka

Secara teknis, menurut Fajar, sidang uji materi UU Cipta Kerja akan digelar secara terbuka. Maka dari itu, dia meminta masyarakat dan pihak terkait untuk terus memantau jalannya persidangan.

"Sejauh yang dapat dibuktikan ialah menggelar persidangan secara terbuka yang memungkinkan publik dan semua ikut terlibat atau memonitor jalannya persidangan. Silakan publik ikut mengawal proses di MK," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Resesi Akibat Realisasi Insentif Dunia Usaha Rendah

Posted: 07 Nov 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra el Talattov mengatakan, salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 minus 3,49 persen karena realisasi insentif untuk dunia usaha masih rendah. Akibatnya, Indonesia masuk jurang resesi.

"Saya lihat dari rilis pemerintah insentif buat dunia usaha itu masih rendah, itu menjadi salah satu pemicu kenapa dunia usaha belum juga pulih karena insentif untuk dunia usaha realisasinya masih rendah 29,4 persen," kata Abra kepada Liputan6.com, Minggu (8/11/2020).

Meskipun di kuartal III 2020 dunia usaha sudah mengalami pemulihan di beberapa sektor lantaran PSBB sudah dilonggarkan, namun tidak seluruh sektor sudah membaik misalnya sektor transportasi kontraksinya lebih kecil yang semula di kuartal II 30 persen menjadi 16 persen di kuartal III.

"Akses-akses transportasi kontraksinya tidak mendalam, di kuartal II minus 30 persen, dan kuartal III minus 16 persen hampir separuhnya sudah pulih," katanya.

Kemudian sektor industri manufaktur walaupun masih minus tapi minusnya berkurang, sektor perdagangan juga minus 5 persen. Kata Abra, setahap demi setahap beberapa sektor sudah mengalami pemulihan dan sektor lain seperti jasa Kesehatan meningkat 15,3 persen.

Kendati begitu, dunia usaha ini masih menjadi sorotan bagaimana bisa mempertahankan kinerja industri manufaktur tadi, karena industri manufaktur ini menjadi sektor kedua terbesar yang menopang PDB Indonesia.

"Industri manufaktur juga menyerap tenaga kerja banyak, memang industri manufaktur ini harus menjadi prioritas pemerintah juga untuk pemulihan. Artinya insentif-insentif terkait dengan dunia usaha termasuk industri manufaktur itu harus diproses segera," jelasnya.

Selain itu Abra menyebutkan pembiayaan korporasi masih 1,8 persen realisasinya sama dengan realisasi insentif untuk dunia usaha yang masih rendah.

"Jadi dua program stimulus itu saja sudah menunjukkan lagi-lagi disebabkan oleh insentif Pemerintah yang masih lambat," pungkasnya.

Indonesia Resmi Resesi, Ekonomi Minus 2 Kuartal Berturut-Turut

Suasana arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen, Indonesia dipastikan resesi karena pertumbuhan ekonomi dua kali mengalami minus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen, Indonesia dipastikan resesi karena pertumbuhan ekonomi dua kali mengalami minus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Dengan begitu, Indonesia resmi resesi setelah mencatatkan pertumbuhan ekonomi negatif sdalam dua kuartal berturut-turut.

Catatan ini sesuai banyak perkiraan bahwa Indonesia akan jatuh ke lubang resesi pada kuartal ketiga. Bahkan, angka tersebut lebih tinggi dari ramalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang minus 3 persen.

"Ekonomi Indonesia pada triwulan ketiga secara tahunan (year on year/yoy) masih mengalami kontraksi sebesar 3,49 persen," jelas Kepala BPS Kecuk Suhariyanto, Kamis (5/11/2020).

Namun demikian, Suhariyanto mengatakan, jika dibanding pencapaian di kuartal II 2020, pertumbuhan ekonomi nasional masih tumbuh lebih bagus di kuartal III ini.

"Sehingga secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-III 2020 itu masih mengalami kontraksi sebesar 2,03 persen," jelasnya.

Suhariyanto menambahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal III yang minus 3,49 persen juga masih lebih baik dibanding triwulan kedua yang terkontraksi 5,32 persen.

"Artinya terjadi perbaikan dan tentunya kita berharap di kuartal IV situasi akan menjadi membaik. Apalagi dengan adanya pelonggaran PSBB," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Banyak Menuntut, 5 Zodiak Ini Bisa Menerima Pasangan Apa Adanya

Posted: 07 Nov 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki kriteria dalam memilih pasangan hidup. Kriteria tersebut dapat meliputi kepribadian, penampilan, pekerjaan dan lain sebagainya. Memang tidak mudah untuk mendapatkan pasangan yang sesuai dengan kriteria. Hingga akhirnya banyak orang sadar untuk menerima pasangan apa adanya.

Seperti para pemilik beberapa zodiak yang tidak banyak menuntut ini. Orang-orang dengan beberapa zodiak ini lebih memilih untuk menerima pasangan apa adanya. Ia sadar bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan tidak selalu bisa menjadi pribadi yang sesuai kriterianya.

Baginya dalam sebuah hubungan lebih baik saling melengkapi dan bukan mempermasalahkan kekurangan satu sama lain. Tak heran jika hubungannya bertahan lama dan jarang terjadi pertengkaran yang diakibatkan menuntut pasangan agar sesuai kriteria. Menerima pasangan apa adanya sudah menjadi hal yang sangat penting bagi orang-orang dengan beberapa zodiak ini.

Penasaran apakah kamu termasuk di antaranya? Berikut 5 zodiak yang tidak banyak menuntut dan bisa menerima pasangan apa adanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (8/11/2020).

1. Sagitarius

Ilustrasi Pasangan (Sumber: Unsplash)
Ilustrasi Pasangan (Sumber: Unsplash)

Para pemilik zodiak Sagitarius merupakan orang-orang yang menyukai kebebasan. Sagitarius tidak suka dikekang dan terlalu diatur oleh orang lain. Oleh karena itu, ia jarang menuntut pasangannya untuk menjadi sesuai dengan keinginannya. Ia bisa menerima pasang dengan apa adanya dan berharap sang kekasih juga melakukan hal yang sama.

Orang-orang dengan zodiak ini akan memberikan kebebasan dan membiarkan pasangannya menjadi dirinya sendiri. Sagitarius menginginkan kedamaian dan sangat tidak menyukai kepura-puraan, termasuk dalam hubungan asmara.

2. Cancer

Ilustrasi Pasangan (Sumber: pexels)
Ilustrasi Pasangan (Sumber: pexels)

Orang dengan zodiak Cancer memiliki kriteria yang sederhana dalam mencari pasangan. Hal ini membuat Cancer sering disebut sebagai sosok yang mudah jatuh cinta. Bahkan ia bisa jatuh cinta hanya karena seseorang bisa membuatnya tertawa. Hal-hal sesederhana itu justru bisa membuat seorang Cancer bahagia.

Para pemilik zodiak ini bisa menerima pasangan dengan apa adanya. Selain itu, ia juga berharap sang kekasih tulus dengan dirinya. Baginya, hal seperti materi dan wajah yang rupawan bukan hal yang terpenting.

3. Aquarius

Ilustrasi Pasangan (Sumber: pexels.com/pixabay)
Ilustrasi Pasangan (Sumber: pexels.com/pixabay)

Para pemilik zodiak Aquarius adalah sosok yang berpikiran terbuka. Orang-orang ini sangat menghargai perbedaan yang ada dalam dirinya dan pasangan. Baginya, kekurangan pasangan bukanlah suatu hal yang harus dipermasalahkan. 

Sifat itu yang membuat seorang Aquarius tidak suka banyak menuntut pasangannya untuk menjadi seperti yang ia inginkan. Aquarius senang jika pasangannya jujur dan apa adanya. Ia juga lebih suka menjadikan pasangannya sebagai sahabat sekaligus kekasih yang bisa menerima dan melengkapi satu sama lain.

4. Pisces

Ilustrasi Pasangan (Sumber: unsplah Pablo)
Ilustrasi Pasangan (Sumber: unsplah Pablo)

Orang dengan zodiak Pisces adalah sosok yang terbuka dan mau menerima kekurangan orang lain termasuk pasangannya. Ia sadar bahwa semua orang memiliki kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, ia tidak banyak menuntut pasangannya untuk menjadi seperti keinginannya.

Pemilik zodiak Pisces mau menerima pasangan apa adanya. Ia tidak mementingkan latar belakang, masa lalu dan kekurangan dari pasangannya. Pisces juga tidak mudah mempercayai isu buruk mengenai pasangannya.

5. Taurus

Ilustrasi Pasangan (Sumber: pexels.com/Guiverg)
Ilustrasi Pasangan (Sumber: pexels.com/Guiverg)

Para pemilik zodiak Taurus adalah orang yang berhati lembut dan penyayang, meskipun ia terlihat sombong dari luar. Taurus adalah sosok yang memiliki pemikiran terbuka. Ia merupakan orang yang realistis dalam menilai hal-hal di sekitarnya.

Taurus menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan dirinya dan pasangannya. Hal inilah yang membuat Taurus tidak banyak menuntut pasangannya dan bisa menerima apa adanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Penikam Simpatisan Paslon Walikota Makassar Satu Orang

Posted: 07 Nov 2020 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polsek Metro Tanah Abang masih menyelidiki dugaan penikaman yang menimpa MM (48), simpatisan salah satu pasangan calon (paslon) Walikota Makassar di kawasan Palmerah Jakarta Pusat.

Hasil pemeriksaan kamera pengawas yang terpasang di sekitar lokasi, terpantau pelaku berjumlah satu orang.

"Berdasarkan pantauan kamera CCTV, pelaku penikaman dilakukan satu orang," kata Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, AKP Haris saat dihubungi, Minggu (8/11/2020).

Haris menerangkan, kepolisian terus mengumpulkan bukti-bukti untuk mencari gambaran pelaku penikaman. Sejumlah orang yang berada di lokasi saat kejadian pun turut dimintai keterangan sebagai saksi.

"Untuk pemeriksaan saksi-saksi yang sudah diambil keterangan sekira empat orang," ucap dia.

Dirawat di Siloam

Sebelumnya, MM (48), simpatisan salah satu pasangan calon (paslon) Wali Kota Makassar ditikam orang tak dikenal saat berniat menghadiri acara debat yang digelar salah satu televisi swasta di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat.

Insiden penikaman itu dibenarkan Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, AKP Haris saat dihubungi awak media, Minggu (8/11/2020).

"Ya benar, demikian informasi awal yang kami terima. Cuma kami masih belum mengetahui korban berasal dari pendukung paslon yang mana," ujar Haris.Haris menerangkan, korban saat ini dirawat di Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Kampanye Donald Trump Berbahasa Indonesia

Posted: 07 Nov 2020 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto kampanye Donald Trump menggunakan bahasa Indonesia.

Foto kampanye Donald Trump menggunakan bahasa Indonesia tersebut diunggah akun Facebook Monica Dian Adelina, pada 5 November 2020.

Foto yang diunggah menampilkan gambar Trump sedang berdiri mengenakan jas dan dasi. Dalam gambar tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"PRESIDEN PILIHAN RAKYAT DONALD TRUMP JUJUR, MERAKYAT SEDERHANA"

Kemudian dalam gambar tersebut terdapat tanda panah yang menunjuk dari

(di foto bagian bahu)-------> TIDAK PAKAI PERHIASAN

(di foto bagian badan)------> KEMEJA 100.000

(di foto bagian lutut)------> CELANA 110.000

(di foto bagian kaki)-------> SEPATU 160.000

Gambar tersebut terlihat dipasang pada sisi luar bangunan bertingkat, yang berada di pinggir jalan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Pic legend 2014 nih"

Benarkah foto kampanye Donald Trump menggunakan bahasa Indonesia? Simak peneluruan Cek Fakta Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto kampanye Donald Trump menggunakan bahasa Indonesia menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, di antaranya artikel berjudul "WEIRD GENIUS | HELLO TIME SQUARE NEW YORK" yang dimuat situs dancesignal.com.

Situs dancesignal.com memuat foto yang identik dengan Foto kampanye Donald Trump menggunakan bahasa Indonesia. Namum dalam foto yang dimuat dancesignal.com tersebut bukanlah foto Donald Trump yang sedang kampanye, melainkan Weird Genius, kelompok musik asal Indonesia beraliran musik Electronic Dance Music (EDM).

Situs dancesignal.com menyebutkan, atas keberhasilan singel lagu berjudul Lathi, membuat foto Weird Genius terpampang di papan iklan elektronik (billboard) di Times Square, Manhattan, New York.

Foto tersebut merupakan hasil tangkapan layar dari unggahan video akun Instagram resmi Weird Genius @wird.genius, pada 12 Juli 2020.

Akun Instagram tersebut memuat video yang komposisinya identik dengan komposisi klaim foto Donald Trump kampanye dengan bahasa Indonesia.

 

Berikut kesamaannya:

Foto dua kendaraan warna hitam

Pada foto kampanye dengan bahasa Indonesia terdapat dua kendaraan berwarna hitam yang sama dengan unggahan video akun Instagram resmi Weird Genius @wird.genius.

 

 Foto Weird Genius di billboard

Terdapat foto Weird Genius pada billboard yang ada disisi samping gedung.

 

 

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto kampanye Donald Trump menggunakan bahasa Indonesia tidak benar.

Foto tersebut masuk kategri Altered, hasil editan bertujuan untuk mengelabuhi orang, foto sebenarnya adalah  Weird Genius terpampang di papan iklan elektronik (billboard) di Times Square, Manhattan, New York.

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Zodiak yang Paling Anti Balikan dengan Mantan

Posted: 07 Nov 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak ada satu orang pun yang mengingingkan putus hubungan dalam sebuah ikatan asmara. Namun, berbagai hal dapat menyebabkan itu terjadi.

Ada kalanya, keputusan diambil secara tergesa-gesa. Ini membuat seseorang bisa saja menyesal dengan pemutusan hubungan asmara tersebut.

Artikel tentang zodiak-zodiak yang pantang balikan dengan mantan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang potret tato super nyeleneh.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang gelandang MU Paul Pogba jadi rebutan banyak klub.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Usai Putus, 4 Zodiak Ini Paling Anti Balikan Sama Mantan

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by James Reyes from Pexels
ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by James Reyes from Pexels

Ada segelintir individu yang anti balikan dengan mantannya meski dengan alasan apa pun. Itu bisa dilihat dari zodiaknya. Penasaran zodiak apa saja yang enggan untuk kembali menjalin hubungan dengan mantan?

Selengkapnya...

2. 10 Potret Tato Super Nyeleneh, Malah Gagal Terlihat Keren

Kocak, 10 Potret Tato Nyeleneh Bikin Gagal Keren. Sumber: BoredPanda
Kocak, 10 Potret Tato Nyeleneh Bikin Gagal Keren. Sumber: BoredPanda

Karena sifatnya yang permanen, pembuatan tato memerlukan persiapan yang matang. Hal ini agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, ada saja yang melakukan beberapa kesalahan saat sedang mentato tubuhnya. Bukannya terlihat bagus dan terkesan menunjukkan jati diri seseorang, tato justru terlihat kocak. 

Selengkapnya...

3. Harga Transfer Turun Drastis, Gelandang MU Paul Pogba Jadi Rebutan Banyak Klub?

Pemain Manchester United, Paul Pogba, melepaskan tendangan saat melawan Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Old Trafford Sabtu (4/6/2020). Manchester United menang 5-2 atas Bournemouth. (AP/Peter Powell)
Pemain Manchester United, Paul Pogba, melepaskan tendangan saat melawan Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Old Trafford Sabtu (4/6/2020). Manchester United menang 5-2 atas Bournemouth. (AP/Peter Powell)

Manchester United atau MU telah mengaktifkan opsi perpanjangan kontrak Paul Pogba. Alhasil, gelandang asal Prancis itu bakal bertahan di Old Trafford hingga 2022.

Hanya saja, situasi terkini MU dapat mendorong Paul Pogba memulai mencari klub baru. Ia bisa mengembalikan karier briliannya di klub lain.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Pengusaha Surabaya, Sekjen PDIP Bahas Pemenangan Eri-Armuji

Posted: 07 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya Hasto Kristiyanto berdialog dengan para pengusaha terkait pemenangan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji di Pilkada Surabaya.

"Saya ditugaskan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP) untuk terus memperkuat konsolidasi dan juga bertemu dengan para tokoh," kata Hasto di acara pertemuan dengan para pengusaha di Surabaya, Sabtu, 7 November 2020.

Hasto hadir ditemani pasangan Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Sekretaris DPD Jawa Timur Sri Oentari, dan Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono. Sementara sejumlah pebisnis yang hadir di antaranya adalah Alim Markus, Edi Wiyoto, Arif Harsono, Totok Lusida, dan Ibu Yustin.

Menurut Hasto, proses pergerakan pemenangan pasangan Eri-Armuji terus dilaksanakan. Sebelumnya, kata dia, pihaknya juga bergerak bertemu para tokoh keagamaan dan para ulama, dilansir dari Antara.

"Sebagaimana proses pergerakan pemenangan pasangan calon Pak Eri dan Armuji, bagaimana seluruh kader partai, khususnya Ibu Risma telah bergerak bertemu dengan para tokoh. Kemarin bertemu dengan Muhammadiyah, sebelumnya juga berdialog dengan tokoh-tokoh NU," kata Hasto.

Setiap pertemuan dengan warga masyarakat itu, Hasto mengatakan Eri-Armuji menyampaikan visi-misinya.

"Hari ini juga secara khusus saya datang, untuk mendengarkan pemaparan visi-misi dari saudara Eri dan Armuji bagaimana ekonomi Surabaya bangkit dari tekanan pandemi. Apalagi dengan mengingat momentumnya itu semakin dekat terhadap pilkada tanggal 9 Desember," kata Hasto.

Sejauh ini, Hasto mengatakan pihaknya optimistis dengan kerja-kerja pemenangan. Sebab, lanjut dia, berdasarkan hasil survei yang terakhir, elektabilitas pasangan Eri-Armuji terus mengungguli lawannya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Soal Intimidasi Risma

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto

Akibat elektabilitas tinggi itu pula, Hasto menyatakan pihaknya menerima informasi soal intimidasi yang diterima oleh para kader partainya di Surabaya, termasuk Risma. Untuk itulah, ia ditugaskan oleh Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri untuk terus memperkuat konsolidasi dan juga bertemu dengan para tokoh.

"Ya, sebagaimana ini menjadi komitmen dari seluruh kadar partai untuk bergerak, melanjutkan keberhasilan yang sudah dilakukan oleh Ibu Risma yang ada di kota Surabaya ini," katanya.

Menurut dia, lewat pertemuan dengan masyarakat, termasuk para pengusaha, pihaknya ingin kepemimpinan pihaknya benar-benar menjangkau seluruh lapisan. "Kita menggalang seluruh komponen masyarakat untuk punya satu komitmen di dalam menghasilkan watak politik yang berpihak kepada wong cilik, berpihak pada semangat gotong royong untuk rakyat," katanya.

Sementara itu, Tri Rismaharini banyak menceritakan hubungannya dengan Eri, yang sejak menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Surabaya, sudah menunjukkan kemampuannya yang luar biasa. Dibeberkannya berbagai prestasi Eri, yang selama ini kerap tertutupi sosok Risma yang lebih dikenal publik.

Selama ini, Risma mengaku Eri telah banyak membantunya seperti halnya perintah Presiden Jokowi agar kemudahan bisnis di Surabaya makin sempurna. Selama ini, lanjut dia, Eri yang banyak menyelesaikan masalah sehingga bisa dikatakan komunikasi Eri lebih bagus darinya.

"Boleh percaya boleh tidak, selama ini Eri tak kelihatan karena saya masih ada. Kalau saya ndak ada, dia yang paling kelihatan," katanya.

 

Dukungan dari Pengusaha

Tri Rismaharini memberikan sambutan sebelum mengantarkan pasangan Eri-Armuji mendaftar Pilkada Surabaya.(Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Tri Rismaharini memberikan sambutan sebelum mengantarkan pasangan Eri-Armuji mendaftar Pilkada Surabaya.(Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Oentari menambahkan pihaknya selalu optimistis dengan kemenangan pasangan Eri-Armuji.

"Anda semua lihat pas debat kemarin. Saya sangat bangga dengan Pak Eri dan Pak Armuji. Udah santun, halus, pinter. Paling pas untuk menggantikan Ibu Risma sehingga Surabaya selalu jadi nomor satu, berpartner baik dengan para pengusahanya," kata Sri Oentari.

Sementara itu, Perwakilan Pengusaha Surabaya Totok Lusida mengatakan dirinya mendukung Eri Armuji karena ingin ada penerus Risma yang sukses membangun kota itu.

"Saya mendukung Eri-Armuji. Saya kenal baik sama Machfud Arifin. Hubungan saya sangat baik. Namun apa yang dihasilkan Ibu Risma, kalau tak ada yang meneruskan, waduh. Jangan nanti kita menyesal belakangan," kata Totok.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Panas Mirip Gisel, Zaskia Adya Mecca Ingatkan Soal Gibah dan Fitnah

Posted: 07 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video panas mirip Gisel alias Gisella Anastasia menggelinding bagai bola salju. Sejumlah pihak buka suara, dari Gisel sendiri, pengacara sampai pihak Kemenkominfo hendak turun tangan.

Saat video berdurasi belasan detik ini ramai dibahas warganet, Gisel dan putrinya, Gempita Nora Marten, tengah pelesir ke Sumba, NTT. Gisel telah buka suara dan mengaku bingung bagaimana mesti bersikap.

Gisel tak mengonfirmasi soal perempuan yang ada dalam video itu. Ia hanya minta doa agar video viral ini segera berlalu. "Cuma ya sudah enggak apa-apa dihadapi saja. Mohon doanya ya, biar bisa cepat lewat," kata Gisel kepada media.

Apa Itu Gibah?

Unggahan Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Unggahan Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Sejumlah selebritas buka suara perihal video meski tak menyebut spesifik video apa yang dimaksud. Di tengah kehebohan, mendadak Zaskia Adya Mecca mengingatkan publik soal bahaya gibah dan fitnah. Ia mengutip sebuah hadis.

"Dari Abu Huraiah, ia berkata, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam pernah bertanya, 'Tahukah kamu, apa itu gibah?' Para sahabat menjawab, 'Allah dan rasulnya lebih tahu,'" cuit Zaskia Adya Mecca.

Membicarakan Saudaramu

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Kisah ini diunggah bintang film Ayat-ayat Cinta dan Sang Pencerah di akun Instagram terverifikasi miliknya, Minggu (8/11/2020) dengan latar hitam polos. Hadis itu pun menjelaskan definisi gibah. 

"Kemudian Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, 'Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai,'" papar ibu lima anak ini panjang.

Menuduh Tanpa Bukti

Unggahan Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Unggahan Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

"Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam berkata Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu tentang dirinya, maka berarti kamu telah menggibahnya (menggunjingnya)," Zaskia Adya Mecca mengutip.

"Namun apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah memfitnahnya (menuduh tanpa bukti)," Zaskia Adya Mecca mengakhiri kutipannya. Nyonya Hanung Bramantyo mengajak masyarakat tak perlu cari tahu, membahas, bertanya atau sekadar mengonfirmasi. 

Masih Banyak Kekurangan Diri

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Apalagi yang dikonfirmasi bukan urusan kita dan tidak ada faedah untuk diri sendiri. Berdasarkan pantauan Showbiz Liputan6.com di Twitter dan kolom komentar sejumlah akun gosip Instagram, banyak warganet mengklaim punya potongan video panas mirip Gisel.

"Masih banyak kekurangan akan diri, buat apa sibuk membahas juga mencari tau kekurangan orang lain... Karna pada akhirnya kita akan bertanggung jawab akan urusan masing2 dihadapan Allah SWT," Zaskia Adya Mecca mengingatkan diri sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Bandara Gorontalo Tiba-Tiba Mogok Total, Kenapa?

Posted: 07 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Karyawan Ground Handling Bandara Jalaludin Gorontalo akhirnya memutuskan untuk mogok kerja setelah nasib mereka tidak pernah mendapat kepastian dari pihak perusahaan pihak ketiga mereka.

Sejumlah 16 Karyawan PT Langgang Buana Perkasa, Bandara Jalaludin Gorontalo mungundurkan diri. Belasan karyawan ini terdiri dari divisi cek in counter, boarding gate, lost and found dan Ramp handling maskapai Garuda Indonesia.

Maryam C. Tinaweng, salah satu karyawan yang ikut mundur kepada Liputan6.com mengatakan, mereka merasa dirugikan oleh peraturan yang diterapkan pihak perusahan.

Sebelumnya mereka berada di bawah perusahan PT Koperdjal Angkasa. Namun tiba-tiba mereka dialihkan ke perusahaan baru bernama PT Langgang Buana Perkasa.

"Nah di perusahan yang baru ini kita diberikan status karyawan training dengan gaji yang sangat minim," kata Maryam.

"Upah training 1 juta rupiah per 30 hari kerja, sementara kita hanya diberi jatah kerja 15 hari," ujarnya

Pihak karyawan menilai bahwa upah training yang diberikan oleh pihak perusahan sangat kecil. Sebab Selama ini mereka sudah menorehkan prestasi yang terbaik, peringkat dua ground handling terbaik se Indonesia.

 

Penelantaran

Kapolsek Kawasan Bandara Djalaludin Gorontalo, IPDA Ismet Ishak saat mengawal proses mediasi antara karyawan dan pihak perusahaan. (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Kapolsek Kawasan Bandara Djalaludin Gorontalo, IPDA Ismet Ishak saat mengawal proses mediasi antara karyawan dan pihak perusahaan. (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

"Kami sudah lama bekerja dan sudah memberikan yang terbaik, akan tetapi nasib kami ditelantarkan" sambung Maryam.

Maryam menuturkan, apa yang diterapkan oleh pihak perusahaan yang baru ini berbeda dengan perusahaan lama. Pada perusahan yang lama, kontrak mereka dibayar setiap pesawat landing. Akan tetapi saat ini hal tersebut dihapuskan.

"Ditambah lagi ada kriteria aturan umur karyawan. Mereka mengatur bahwa umur 25 tahun ke atas tidak akan dirumahkan," ungkapnya.

Selain itu kata Maryam, pesangon mereka di perusahaan yang selama tidak pernah ada kepastian. Padahal mereka bekerja di perusahan tersebut sudah tujuh hingga sembilan tahun lamanya.

"Saya sendiri sudah delapan tahun kerja, tiba-tiba di perusahan yang baru tidak ada kepastian, upah kami saja sudah sebulan lebih kerja belum belum dibayar dan tak tau dibayar berapa," Maryam mengeluh.

Sementara Kapolsek Kawasan Bandara Djalaludin Gorontalo, IPDA Ismet Ishak saat dikonfirmasi mengaku, saat ini masih dilakukan mediasi antara pihak perusahaan Langgang Buana Perkasa, perwakilan pihak Garuda dan karyawan.

"Untuk penerbangan berjalan normal seperti biasa dan tidak ada delay maupun penundaan aktivitas penerbangan akibat hal ini," dia menandaskan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sosialisasi Covid-19 Kepada Pengungsi Gunung Merapi

Posted: 07 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kota Magelang mulai sibuk menerima kunjungan para pengngsi Gunung Merapi. Tim Covid-19 sibuk memberikan sosialisasi kepada mereka mengenai protokol kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Telekomunikasi Brasil Tolak Tekanan AS soal Huawei

Posted: 07 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Empat perusahaan telekomunikasi besar Brasil memutuskan untuk tidak bertemu dengan pejabat senior AS. Pertemuan itu pada awalnya disebut agar AS bisa menyarankan tidak menggunakan teknologi Huawei untuk peralatan 5G Brasil.

Menurut sumber, operator telekomunikasi itu menolak undangan Kedutaan Besar AS untuk bertemu pada Senin di Sao Paulo.

Mereka dijadwalkan bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk urusan pertumbuhan ekonomi, energi dan lingkungan, Keith Krach.

"Situasi ini tidak sesuai dengan pilihan pasar bebas yang biasa kami lakukan. Kami harus dapat bebas membuat keputusan keuangan terbaik," kata sumber seperti dikutip dari Reuters, Minggu (8/11/2020).

Empat Perusahaan Telekomunikasi Brasil

Empat perusahaan tersebutt adalah Telefonica Brasil SA, Grupo Oi SA, TIM ParticipaƧƵes SA yang dioperasikan oleh Telecom Italia SpA, dan Claro.

Semua perusahan itu sudah menggunakan peralatan Huawei untuk persiapan lelang spektrum pada tahun depan di Brasil. Keempat perusahaan tidak mendukung larangan Huawei yang diminta oleh pemerintah AS.

 

Tekanan AS

Pemerintah AS terus memberikan tekanan diplomatik secara internasional utnuk memblokir penggunaan peralatan Huawei. Negeri Paman Sam menuding peralatan Huawei dapat digunakan sebagai mata-mata oleh pemerintah Tiongkok. Huawei berulang kali membantah tudingan tersebut.

Krach pun sebelumnya mengatakan pemerintah AS dan para mitranya mempercepat upaya melindungi keamanan global dengan membatasi keterlibatan Huawei dalan jaringan 5G.

"Saat ini ada lebih dari 30 negara yang berpartisipasi dalam Clean Network," kata dia.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Pandemi, Layanan Kesehatan Esensial di Puskesmas Terganggu

Posted: 07 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 juga menimbulkan adanya disrupsi atau gangguan terhadap layanan kesehatan esensial. Salah satunya juga pada pelayanan di puskesmas yang ada di Indonesia.

Dalam konteks puskesmas, beberapa layanan kesehatan esensial misalnya pelayanan kesehatan ibu dan anak seperti imunisasi serta layanan ibu hamil, pelayanan penyakit menular seperti HIV dan TB, serta pengobatan rutin untuk penyandang hipertensi atau diabetes.

Dalam survei yang dilakukan Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) ditemukan bahwa 92 persen puskesmas mengalami penurunan kunjungan pasien ke puskesmas.

"46 persen puskesmas mengurangi jam kerja layanan dan beberapa jenis layanan akibat pandemi, lalu 1 persen melaksanakan buka tutup terjadwal," kata Olivia Herlinda, Direktur Kebijakan CISDI dalam diskusi virtual pada Kamis (6/11/2020).

Meski begitu, survei juga menemukan bahwa 53 persen puskesmas masih melaksanakan aktivitas pelayanan seperti biasanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita

 

Layanan Paling Terdampak

Dokter mencabut gigi murid baru sekolah dasar negeri di Puskesmas Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020). Selain dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah, kegiatan ini juga bagian dari pemeriksaan kesehatan menyeluruh kepada murid baru sekolah dasar negeri. (merdeka.com/Arie Basuki)
Dokter mencabut gigi murid baru sekolah dasar negeri di Puskesmas Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020). Selain dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah, kegiatan ini juga bagian dari pemeriksaan kesehatan menyeluruh kepada murid baru sekolah dasar negeri. (merdeka.com/Arie Basuki)

Layanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas, ditemukan menjadi pelayanan dalam gedung puskesmas yang paling terdampak pandemi COVID-19, dengan 67 persen responden puskesmas melaporkan kondisi tersebut.

Beberapa layanan dalam gedung lain yang terdampak antara lain layanan prolanis/posbindu penyakit tidak menular (65 persen), serta layanan Manajemen Terpadu Balita Sakit/Manajemen Terpadu Bayi Muda (42 persen).

Sementara, pelayanan luar gedung puskesmas yang paling terdampak adalah program posbindu/PTM (62 persen), program posyandu dan imunisasi (28 persen), serta kegiatan promosi kesehatan (21 persen).

"Untuk memastikan layanan kesehatan esensial tetap dapat berjalan, mungkin beberapa modifikasi diperlukan lewat pendekatan inovatif, salah satunya melalui platform digital."

Survei ini sendiri dilakukan secara daring oleh CISDI bersama KawalCOVID-19 dan CekDiri.id dari 14 Agustus hingga 7 November 2020, dengan 647 responden puskesmas yang tersebar di 34 provinsi.

Infografis Seluk-beluk Tes Medis Corona

Infografis Seluk-beluk Tes Medis Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Seluk-beluk Tes Medis Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biografi Adalah Riwayat Hidup Seseorang, Ketahui Fungsi, Macam, dan Proses Penulisannya

Posted: 07 Nov 2020 07:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengisahkan hidup seseorang bisa dilakukan dengan membuat biografi. Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi bisa disebut sebagai novel mini.

Biografi adalah teks yang tidak bisa dibuat asal-asalan. Ada teknik khususnya. Mulai dari penelusuran fakta dan pastikan kisah yang diangkat inspiratif. Mirip dengan penulisan berita.

Tak sekadar kehidupan baik seseorang. Biografi adalah segala yang memuat susah senang kehidupan seseorang. Tak terkecuali bagi orang-orang di sekitarnya, tulis sebagai penguat kisahnya.

Berikut Liputan6.com ulas biografi adalah riwayat hidup seseorang yang dibuat orang lain dari berbagai sumber, Minggu (8/11/2020).

Penjelasan Biografi

Ilustrasi Membaca Buku Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Buku Credit: freepik.com

Biografi Menurut Ahli

- Toyidin

Menurut Toyidin (2013 : 292) biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Pembaca membaca biografi orang lain biasanya ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.

- Kemendikbud

Kemendikbud menerangkan bahwa teks biografi adalah teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.

- Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Bisa dikatakan biografi merupakan suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata tentang seorang tokoh.

Biografi Adalah Riwayat Hidup Seseorang yang Ditulis Orang Lain

Menurut penjelasan dari para ahli, biografi adalah riwayat hidup seseorang. Bukan ditulis oleh diri sendiri, biografi adalah naskah yang ditulis oleh orang lain. Bisa dikatakan, biografi adalah kisah hidup yang pengisahannya dilakukan oleh orang lain.

Biografi adalah teks naskah yang dibuat untuk mengabadikan kisah inspiratif seseorang. Mulai dari seseorang itu dilahirkan, memulai pendidikan, meniti karier, dan sampai tutup usia. Melalui biografi, novel mini bisa dibuat berdasarkan kisah nyata.

Tokoh utamanya adalah sosok yang akan ditulis biografinya. Lalu tokoh pendampingnya, orang-orang disekitar tokoh utama. Mulai dari keluarga, kerabat, dan teman-teman dekatnya. Biografi adalah tak sekadar kisah hidup biasa, melainkan kisah inspiratif yang bisa diambil pelajaran pada setiap babnya.

Tentu saja biografi lebih kompleks dari sekadar nama, tanggal lahir, dan riwayat pendidikan. Menulis biografi ada tekniknya sendiri. Persis seperti penulisan berita, biografi adalah karya yang dibuat berdasarkan fakta. Selalu memuat topik-topik inspiratif dan berpengaruh bagi pembacanya.

Fungsi Biografi

Ilustrasi Membaca Credit: unsplash.com/Priscilla
Ilustrasi Membaca Credit: unsplash.com/Priscilla

Sumber Sejarah

Artinya biografi memiliki peran sebagai sumber informasi dan catatan sejarah masa lampau yang dipusatkan pada pengalaman dan perjalanan hidup sang tokoh.

Sumber Informasi dan Inspirasi

Biografi menjadi sumber informasi bagi khalayak tentang kondisi interaksi sosial di masa lampau serta menjadi sumber motivasi bagi khalayak untuk melakukan hal-hal yang positif sesuai dengan yang dialami sang tokoh.

Sumber Kontemplasi

Bentuk narasi yang ditulis dalam bentuk biografi pada akhirnya mampu mengirimkan pesan bagi khalayak agar dapat belajar dari pengalaman pahit dan dramatis yang dialami oleh sang tokoh di masa lampau.

Jika sudah mengenal fungsi biografi, maka sebagai penulis biografi yang baik hendaknya mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebagai syarat mutlak dalam menulis catatan riwayat hidup orang lain.

Mulai dari menjaga objektivitas, melakukan riset dengan menggali informasi dari sumber yang dapat dipertanggugjawabkan kebenarannya sehingga kata-kata yang disusun dalam bentuk kalimat menjadi tulisan yang jujur dan berimbang.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Ilustrasi membaca | Kaboompics .com dari Pexels
Ilustrasi membaca | Kaboompics .com dari Pexels

1. Isi teks biografi menceritakan kisah atau perjalanan hidup seorang tokoh.

2. Menggunakan beberapa unsur kebahasaan seperti kata hubung, kata rujukan, kata kerja, waktu, aktivitas, dan tempat.

3. Teks biografi dapat disajikan dalam bentuk fiksi maupun nonfiksi.

4. Teks biografi disajikan mengikuti pola tertentu yang didasarkan pada alur cerita khususnya alur maju, sudut pandang penceritaan, gaya penulisan, fokus penceritaan, dan penggunaan bahasa.

5. Paragraf-paragraf dalam teks biografi dikembangkan secara deskriptif dan naratif.

6. Teks biografi umumnya disusun mengikuti struktur tertentu seperti orientasi, kejadian atau peristiwa penting, dan reorientasi.

7. Karakter sang tokoh dalam teks biografi digambarkan secara langsung maupun tidak langsung.

8. Pola pengembangan teks biografi bersifat kronologis.

Struktur Teks Biografi

Ilustrasi Menulis | Credit: pexels.com/Ylanite
Ilustrasi Menulis | Credit: pexels.com/Ylanite

Orientasi atau Setting (aim) 

Berisi gambaran awal tentang tokoh atau pelaku di dalam teks biografi secara umum. Dengan kata lain, orientasi berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar atau pembaca. Informasi yang dimaksud umumnya berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.

Kejadian atau Peristiwa Penting 

Berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami sang tokoh. Pada bagian ini juga diuraikan hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan yang dialami tokoh atau pelaku serta komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.

Reorientasi 

Berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Singkatnya, reorientasi berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, dalam arti boleh ada boleh juga tidak ada di dalam teks biografi.

Macam-Macam Biografi

Ilustrasi menulis | Copyright unsplash.com
Ilustrasi menulis | Copyright unsplash.com

Isi

Teks biografi yang pertama adalah teks yang dibedakan berdasarkan isinya, yaitu tentang teks biografi yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang tokoh. Dan yang kedua adalah teks biografi tentang perjalanan karier seseorang, dari zaman berjuang hingga sukses.

Sisi Penulis

Macam biografi yang berikutnya adalah berdasarkan sisi penulis. Teks ini dibedakan menjadi 2 macam yaitu teks autobiografi yang teksnya ditulis oleh tokohnya sendiri, untuk menceritakan kisah hidupnya sendiri. Sedangkan yang kedua adalah teks biografi yang ditulis oleh orang lain, dengan seijin tokoh yang ia tulis, atau tanpa seijin dari tokoh yang ia tulis, karena tokoh tersebut sudah meninggal.

Pembahasan

Biografi berdasarkan pembahasannya terbagi menjadi tiga, yaitu biografi politik, intelektual biografi dan biografi jurnalistik. Biografi politik adalah teks yang membahas tentang penulisan tokoh menurut segi politik. Sebelum menulis tentang biografi politik, penulis harus melakukan riset.

Langkah Pembuatan Teks Biografi

Ilustrasi menulis | Photo by The Journal Garden | Vera Bitterer on Unsplash
Ilustrasi menulis | Photo by The Journal Garden | Vera Bitterer on Unsplash

1. Mengumpulkan informasi dasar tokoh yang akan diceritakan, mulai nama, nama gelar kalau ada, tempat tanggal lahir, nama orang tua, dan riwayat singkat sang tokoh.

2. Menggali data dan informasi yang berkaitan dengan sang tokoh dari berbagai sumber.

3. Memilah dan memilih data dan informasi yang diperlukan.

4. Mengolah semua data dan informasi yang diperlukan untuk membangun teks biografi.

5. Merangkai semua informasi dengan kalimat yang runut dan bernalar sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam menyusun teks biografi.

6. Membangun abstrak teks biografi yang akan dibangun.

7. Mengembangkan abstrak teks biografi sesuai dengan struktur teks biografi yakni membangun bagian orientasi, mengurutkan semua peristiwa yang dialami sang tokoh, dan menuliskan atau menyampaikan pendapat penulis tentang sang tokoh yang diceritakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona vs Betis, Alasan Koeman Cadangkan Lionel Messi

Posted: 07 Nov 2020 07:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ronald Koeman mengambil risiko untuk mencadangkan Lionel Messi saat Barcelona melawan Real Betis pada pekan ke-8 La Liga di Camp Nou, Minggu (8/11/2020). Messi baru turun di babak kedua dan membawa pengaruh besar kepada tim.

Menurut Koeman, dia harus cadangkan Messi. Soalnya Lionel Messi alami sedikit cedera sejak Barcelona lawan Dynamo Kiev.

"Saya sudah bilang sejak Jumat dia alami sedikit cedera. Kami bicara dan putuskan cadangkan dia karena jaga-jaga kami butuh dia," ujar Koeman seperti dikutip Marca.

"Kalau dia tidak cedera ringan, dia pasti sudah main. Kita tahu siapa dia dan tak pernah ragu dengan dia. Dia tak jadi starter, tapi sangat penting di babak kedua."

Lionel Messi tak pernah jadi cadangan sejak 21 September 2019. Barcelona selalu memainkannya sebagai starter.

 

Lebih Banyak Gol

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, berusaha menghalau bola saat pertandingan melawan Real Betis pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/11/2020). Barca menang dengan skor 5-2.(AP/Joan Monfort)
Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, berusaha menghalau bola saat pertandingan melawan Real Betis pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/11/2020). Barca menang dengan skor 5-2.(AP/Joan Monfort)

 Koeman meyakini Barcelona bisa cetak lebih banyak gol saat lawan Real Betis. Salah satu peluang terbaik didapatkan saat Antoine Griezmann gagal cetak gol lewat titik penalti.

"Kami pantas menang dan seharusnya unggul lebih banyak gol di babak 1," ujar Koeman.

"Kami punya banyak peluang dan kami gagal selesaikan penalti. Kami 1-1 di babak pertama, kami jaga semangat tim di babak kedua."

 

Tetap Puji Griezmann

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Lionel Messi ke gawang Real Betis pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/11/2020). Barca menang dengan skor 5-2.(AP/Joan Monfort)
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak oleh Lionel Messi ke gawang Real Betis pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (7/11/2020). Barca menang dengan skor 5-2.(AP/Joan Monfort)

 

Koeman tak mempermasalahkan penalti yang gagal dieksekusi Griezmann. Dia menyebut Griezmann tidak beruntung.

"Saya senang dengan kinerja Griezmann. Dia gagal penalti dan manfaatkan peluang. Dia kurang beruntung, tapi dia selalu ingin cetak gol," ujar Koeman.

"Itu memengaruhi Anda secara mental. Tapi dia percaya diri dan cetak gol akhirnya."

 

Jadwal Liga Spanyol

Minggu, 8 November 2020

20:00 WIB Getafe Vs Villarreal

22:15 WIB Real Sociedad Vs Granada

Senin, 9 November 2020

00:30 WIB Levante Vs Deportivo Alaves

00:30 WIB Real Valladolid Vs Athletic Bilbao

03:00 WIB Valencia Vs Real Madrid

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan Video Liga Spanyol di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barack Obama Puji Kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris dalam Pemilu AS

Posted: 07 Nov 2020 07:51 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Mantan presiden AS Barack Obama memuji "kemenangan bersejarah dan menentukan" oleh kandidat dari sesama Demokratnya yakni Joe Biden pada Sabtu 7 November dalam pemilihan AS.

Ia pun mengimbau warga Amerika untuk mengatasi perpecahan pahit dan berharap dapat "menemukan beberapa kesamaan". Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Minggu (8/11/2020). 

"Setelah setiap suara dihitung, Presiden Terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden Terpilih (Kamala) Harris akan memenangkan kemenangan bersejarah dan menentukan," kata Obama, pendahulu Gedung Putih Donald Trump dalam sebuah pernyataan.

Obama mengakui Biden yang berusia 77 tahun akan "menghadapi serangkaian tantangan luar biasa yang tidak pernah dimiliki oleh Presiden yang akan datang dengan masalah seperti pandemi, sistem ekonomi dan peradilan yang tidak setara, demokrasi berisiko, dan iklim dalam bahaya".

"Saya tahu dia akan melakukan pekerjaan itu dengan mengutamakan kepentingan terbaik setiap orang Amerika Serikat, terlepas dari apakah dia memiliki hak suara atau tidak," ungkapnya sambil memuji Biden.

"Hasil pemilu di setiap tingkat menunjukkan bahwa negara ini tetap terpecah belah. Ini bukan hanya bergantung pada Joe dan Kamala, tetapi masing-masing dari kita, untuk melakukan bagian kita - untuk menjangkau di luar zona nyaman kita, untuk mendengarkan orang lain, untuk menurunkan suhu dan menemukan titik temu untuk melangkah maju," tutupnya.

Kemenangan Joe Biden

Joe Biden menang Pemilu Amerika 2020, jadi presiden AS menggantikan Donald Trump. (AP)
Joe Biden menang Pemilu Amerika 2020, jadi presiden AS menggantikan Donald Trump. (AP)

Joe Biden mengalahkan Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke-46 pada Sabtu 7 November 2020 waktu setempat, memposisikan dirinya untuk memimpin negara yang dicengkeram oleh pandemi bersejarah dan pertemuan kekacauan ekonomi dan sosial.

Kemenangannya terjadi setelah lebih dari tiga hari ketidakpastian ketika para pejabat pemilihan memilah-milah lonjakan suara yang menunda pemrosesan beberapa surat suara. Biden melewati 270 suara Electoral College dengan kemenangan di Pennsylvania, kantor berita the Associated Press melaporkan, dikutip pada Sabtu (7/11/2020).

Mesin pencari Google yang menampilkan hasil proyeksi AP menampilkan bahwa Biden mengantungi 284 electoral votes, melewati ambang batas 270 untuk memenangi Pilpres AS.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD DKI Minta PSBB Transisi Dilanjut, tapi Sektor Usaha Dilonggarkan

Posted: 07 Nov 2020 07:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi DKI Jakarta akan berakhir Minggu hari ini. Keputusan apakah PSBB transisi akan diperpanjang atau tidak belum diumumkan Pemprov DKI Jakarta.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta agar PSBB transisi tetap ada namun dengan catatan kegiatan ekonomi mulai dibuka.

"PSBB bisa tetap lanjut, tapi pelan-pelan sektor usaha dilonggarkan,"ujar Pras saat dihubungi Minggu (8/11/2020).

Pras menyebut PSBB dan protokol kesehatan ketat harus tetap dijalankan.

"Catatan ya 3M tetap harus jalan," ucapnya.

Namun, Pemprov DKI Jakarta bisa mulai mengizinkan pembukaan tempat usaha yang selama ini ditutup atau dibatasi.

"Tempat usaha, untuk perputaran ekonomi dibuka enggak apa-apa, pelan-pelan dilonggarkan," ucapnya.

Patuhi Protokol

Politikus PDI Perjuangan itu menyebut masyarakat sudah lebih patuh protokol. Selain itu, pelaku usaha juga sudah paham ada sanksi yang menanti apabila melanggara protokol kesehatan.

"Karena masyarakat sudah cukup paham protokol kesehatan, begitu juga pengusaha, meraka tahu kalau enggak patuh bisa ditutup kan usahanya," katanya.

"Jadi tidak ada salahnya ekonomi juga jalan dnegan menerapkan protokol kesehatan ketat," tambahnya.

Diketahui, Pemprov DKI memperpanjang PSBB Masa Transisi dari 26 Oktober hingga 8 November 2020. Keputusan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1020 Tahun 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Yang Dikatakan Joe Biden Usai Menangi Pilpres AS 2020

Posted: 07 Nov 2020 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden kubu Demokrat Joe Biden dipastikan akan menjadi presiden AS ke-46 usai peroleh suaranya lampaui 270. Apa yang dikatakan Biden di pidato pertama kemenangannya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lindungi Industri Nasional, Kemenperin Targetkan Substitusi Bahan Impor 35 Persen

Posted: 07 Nov 2020 07:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan bisa menggantikan atau substitusi bahan baku dan bahan modal impor untuk sektor industri minimal 15 persen di 2021. Target substitusi  tersebut akan ditingkatkan pada 2022 sebesar 35 persen.

"Kami terus mendetailkan produk apa saja yang paling dominan impornya. Namun demikian, langkah strategis ini perlu mendapat dukungan dari para pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Perdagangan dan Kementerian Keuangan," kata Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono dalam pernyataan tertulis, Sabtu (7/11/2020).

Achmad Sigit menjelaskan, pemerintah bertekad untuk melindungi industri di dalam negeri, terlebih dengan adanya dampak pandemi Covid-19. "Tentu tujuannya agar bisa lebih berdaya saing. Ada beberapa sektor yang kapasitasnya tidak terpakai (idle) atau terkena unfair trade, sehingga perlu kita lindungi," ujarnya.

Kemenperin menghitung, saat ini utilisasi sektor industri di tanah air sekitar 56 persen karena imbas pandemi. Padahal sebelumnya mampu menyentuh 70 persen. "Sebenarnya kita tidak anti impor. Sebab, bahan baku dan bahan penolong itu dibutuhkan oleh sektor industri kita untuk ditingkatkan lagi nilai tambahnya. Tugas kami adalah menjaga keberlangsungan usaha mereka," paparnya.

Salah satu bahan baku yang impornya perlu ditekan ada di sektor industri kimia. Sedangkan untuk impor barang modal yang perlu disubstitusi, misalnya di sektor industri permesinan dan elektronik. "Semua sektor masing-masing punya karakteristik yang berbeda. Untuk itu, kami sedang perdalam komoditasnya hingga HS number 8-digit," imbuh Sigit.

Upaya yang dilakukan untuk penurunan impor pada sektor-sektor dengan persentase impor terbesar dijalankan secara simultan dengan upaya peningkatan utilisasi produksi. Dalam hal ini, Kemenperin terus mendorong pendalaman struktur dan peningkatan investasi di sektor industri.

"Memang investasi punya andil yang sangat besar bagi perekonomian, seperti penyerapan tenaga kerja. Kemenperin akan fasilitasi dan kawal realisasi investasi dari sektor industri. Hingga tahun 2023, ada rencana investasi di sektor industri dengan total nilai hingga Rp 1.048 triliun," ungkap Sigit.

 

Making Indonesia 4.0

Foto yang diabadikan pada 5 November 2020 ini menunjukkan robot-robot industri milik perusahaan Nachi dari Jepang di area ekshibisi Peralatan dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) ketiga di Shanghai, China timur. (Xinhua/Li Renzi)
Foto yang diabadikan pada 5 November 2020 ini menunjukkan robot-robot industri milik perusahaan Nachi dari Jepang di area ekshibisi Peralatan dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) ketiga di Shanghai, China timur. (Xinhua/Li Renzi)

Berikutnya, kebijakan strategis yang diterapkan pemerintah meliputi implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 pada tujuh sektor industri prioritas, yaitu industri makanan dan minuman, kimia, tekstil dan busana, otomotif, elektronika, farmasi serta alat kesehatan.

Target dari Making Indonesia 4.0 adalah Indonesia bisa masuk dalam 10 besar ekonomi dunia tahun 2030. Untuk itu, saat ini pemerintah tengah berupaya melakukan business matching untuk menarik investasi pada sektor-sektor industri yang potensial, termasuk tujuh sektor industri prioritas Making Indonesia 4.0.

Selain itu, target substitusi impor untuk sektor industri dapat dicapai melalui optimalisasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Potensi belanja barang dan modal dari pemerintah sekitar Rp 546,5 Triliun. Tentunya peluang ini tidak boleh kita lewatkan, akan kita awasi dan kelola untuk bisa dimanfaatkan oleh produk-produk dalam negeri," tukasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Bekerja dalam Tim, 5 Zodiak Ini Menyenangkan Sebagai Partner Kerja

Posted: 07 Nov 2020 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam bekerja, kerjasama tim merupakan salah satu aspek terpenting yang akan menentukan kesuksesan dalam mencapai target atau visi misi. Memiliki rekan yang baik dalam mencapai tujuan bersama tentu merupakan hal yang menyenangkan.

Bekerja setiap harinya memang melelahkan, namun ketika memiliki partner yang menyebalkan tentu saja akan menambah beban pekerjaan. Maka dari itu, dibutuhkan partner yang memiliki kemampuan adaptasi yang baik serta bisa bekerja dalam tim meski di bawah tekanan sekalipun.

Namun, tentu saja tak semua orang memiliki kemampuan adaptasi yang sama. Ada beberapa zodiak yang cenderung memiliki keunggulan untuk bekerja sama dalam tim sehingga membuat suasana kerja semakin menyenangkan. Penasaran zodiak apa saja?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan ulasan tentang 5 zodiak yang memiliki kemampuan adaptasi dan kerja dalam tim yang baik, oleh Liputan6.com, Minggu (8/10/2020).

 

1. Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Ilustrasi melamar kerja (Foto: Unsplash.com/ Raw Pixel)
Ilustrasi melamar kerja (Foto: Unsplash.com/ Raw Pixel)

Dikenal sangat peka terhadap lingkungan sekitar dan dapat dipercaya, Cancer merupakan salah satu zodiak yang menyenangkan untuk diajak sebagai partner kerja. Bahkan ketika sedang merasa di bawah tekanan, Cancer tidak akan langsung lari begitu saja dari tanggungjawabnya, mereka akan tetap mencoba melakukan yang terbaik dan mencermati solusi yang ada. Cancer juga dikenal sebagai zodiak yang selalu membawa aura positif.

 

2. Libra (23 September - 22 Oktober)

Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi, kerja di kantor. (Photo by krakenimages on Unsplash)
Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi, kerja di kantor. (Photo by krakenimages on Unsplash)

Libra banyak dikenal sebagai salah satu zodiak yang memiliki sifat luhur dan kebijaksanaan. Zodiak satu ini akan cenderung menjauhi masalah dan akan membantu rekan kerjanya untuk mencari solusi terbaik sehingga bisa menyelesaikan sesuatu tanpa mengundang masalah baru. Selain itu, zodiak Libra juga memiliki semangat dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sehingga dapat menyenangkan untuk melakukan proyek bersama mereka.

 

3. Virgo (23 Agustus - 22 September)

ilustrasi bekerja di kantor | unsplash.com/@brookecagle
ilustrasi bekerja di kantor | unsplash.com/@brookecagle

Dikenal sebagai zodiak yang memiliki sifat perfeksionis, Virgo sangat detail dan analitis tentang berbagai hal. Dengan kemampuan dan sifatnya tersebut membuat Virgo menjadi partner kerja yang baik karena dapat mengetahui celah atau calon masalah yang kemungkinan akan terjadi. Mereka memiliki semangat yang tinggi dan sering kali memotivasi rekan kerjanya untuk pantang menyerah.

4. Taurus (20 April - 20 Mei)

Ilustrasi perempuan dalam dunia pekerjaan | unsplash.com
Ilustrasi perempuan dalam dunia pekerjaan | unsplash.com

Taurus memang dikenal sebagau zodiak yang keras kepala, namun ia adalah seorang pekerja keras. Dalam setiap pekerjaan yang datang padanya, ia tidak keberatan jika mendapatkan berbagai tugas sulit. Selain itu Taurus juga dapat diandalkan dan dipercaya dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga kita bisa merasa lega jika memiliki rekan kerja Taurus.

 

5. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

(Foto:Ilustrasi)
(Foto:Ilustrasi)

Capricorn merupakan zodiak yang dikenal kaku dan pekerja keras, namun hal ini dikarenakan ia memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam menyelesaikan sebuah target. Memiliki rekan kerja Capricorn memang awalnya dapat membuat kita merasa tertekan, namun dengan aura positif untuk disiplin yang ia miliki, dapat membuat kita termotivasi untuk semakin baik dalam melakukan pekerjaan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB Pantau Pemda Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Merapi

Posted: 07 Nov 2020 07:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memantau dan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang wilayahnya berpotensi terdampak erupsi Gunung Merapi.

BNPB mengidentifikasi wilayah administrasi di tingkat kabupaten yang telah menetapkan status keadaan darurat dalam menyikapi potensi erupsi gunung yang berbatasan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kabupaten Sleman di DIY juga telah menetapkan status tanggap darurat, yang berlaku sampai dengan 30 November 2020.

Sedangkan tiga wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah sedang mempersiapkan surat keputusan penetapan status, seperti Kabupaten Boyolali, Magelang dan Klaten.

Meskipun secara administrasi status keadaan darurat sedang dalam proses, pemerintah daerah telah melakukan kewaspadaan dalam mengantisipasi erupsi Merapi.

Kepala BNPB Doni Monardo juga memonitor persiapan pemerintah daerah dalam upaya kesiapsiagaan, seperti antisipasi evakuasi warga di tengah pandemi COVID-19.

"Bila tempat pengungsian belum layak agar koordinasikan dengan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB dan BPBD sehingga bisa tetap terjaga protokol kesehatan," kata Doni, dikutip dari Antara, Sabtu (7/11/2020).

Ia menambahkan apabila tempat pengungsian Merapi berisiko, upaya yang dapat dilakukan misalnya memisahkan dengan aman kelompok rentan, seperti lanjut usia, warga dengan komorbid, anak-anak, balita dengan orang dewasa.

Siaga

Sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menginformasikan bahwa status aktivitas Gunung Merapi menjadi level III atau Siaga. Kenaikan status tersebut tertanggal mulai Kamis (5/11), pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan data-data aktivitas vulkanik selama ini, BTTKG mengeluarkan status dari level II atau waspada menjadi level III atau Siaga. Kenaikan status mendorong BPTTKG mengeluarkan beberapa rekomendasi.

BPPTKG melakukan pemetaan sektoral terkait prakiraan daerah bahaya meliputi 12 desa yang tersebar di DIY dan Provinsi Jawa Tengah.

Wilayah administrasi desa yang masuk di dalam prakiraan daerah bahaya di DIY yaitu Glagaharjo, Kepuharjo dan Umbulharjo yang berada di Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah, tiga kabupaten teridentifikasi memiliki wilayah-wilayah desa yang masuk dalam prakiraan daerah bahaya, yaitu Magelang, Boyolali dan Klaten.

Berikut ini wilayah di tingkat desa dan kecamatan yang masuk dalam tiga kabupaten tersebut, Ngargomulyo, Krinjing dan Paten di Dukun, Magelang, Tlogolele, Klakah dan Jrakah di Selo, Boyolali dan Tegal Mulyo, Sidorejo dan Balerante di Kemalang, Klaten.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: