Senin, 30 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Energi Terbarukan Bisa Ciptakan 10,5 Juta Lapangan Kerja Baru di ASEAN

Posted: 30 Nov 2020 01:11 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyebutkan, transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan (renewable energy) menjadi pembuka kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Fabby mengutip laporan riset milik Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA), yang mencatat pada 2050 ada potensi 100 bidang lapangan kerja baru yang bisa tercipta di sektor energi terbarukan.

"Ini kira-kira kita bisa lihat, untuk Asia Tenggara dimana ada Indonesia itu bisa mencapai 10,5 juta. Jadi perubahan sistem energi dari energi fosil ke energi besi juga membuka kesempatan," kata Fabby dalam virtual konferensi pers Indonesia Energy Transition Dialogue (IETD) 2020, Senin (30/11/2020).

Menurut dia, itu merupakan janji-janji yang diberikan atau ditawarkan jika pemerintah dan pelaku usaha di Indonesia bisa serius melakukan transisi energi.

"Jadi ekonomi tumbuh lebih resilient, dan di satu sisi ciptakan tenaga kerja hijau sehingga bisa mengatasi pengangguran," sambungnya.

Sebagai gambaran, Fabby memberikan contoh program pemulihan ekonomi dengan melakukan sejumlah investasi pada energi terbarukan. Menurut perhitungannya, untuk penambahan satu gigawatt (GW) pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bisa menciptakan lapangan kerja sampai dengan 30 ribu orang.

"Ini kami bayangkan kalau pasarnya bisa tumbuh 3 GW per tahun saja, maka kemudian kita harapkan industri modul surya bisa tumbuh, baik dari shell, kaca sampai dengan modul suryanya bisa tumbuh. Mereka tidak hanya kompetitif saja di pasar nasional, tapi juga di pasar global," tuturnya.

 

Transisi Energi Terbarukan Berpotensi Picu Pengangguran

Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 12 Tahun 2017 membuat peluang investari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) semakin terbuka lebar.
Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 12 Tahun 2017 membuat peluang investari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) semakin terbuka lebar.

Namun, sebelumnya, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa juga mengungkapkan bahwa transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan (renewable energy) bisa ciptakan banyak lapangan kerja baru. Di sisi lain, transformasi ini potensi buat angka pengangguran naik di sektor yang telah ditinggalkan.

Dalam hal ini, Fabby mencontohkan proses transisi yang menyebabkan harga batu bara turun drastis pada periode 2014-2017.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di sejumlah provinsi seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan mengalami penurunan. Dan itu berasosiasi juga dengan meningkatnya pengangguran.

"Kondisi ini masih bisa sangat terjadi jika di masa depan misalnya konsumsi batu bara domestik stagnan atau turun, karena kita menggunakan energi terbarukan," ujar Fabby dalam sesi teleconference, Senin (30/11/2020).

Fabby mengatakan, hal ini perlu dikelola. Pemerintah pada saat menggenjot pertumbuhan energi terbarukan juga dihimbau untuk bisa mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

Hal ini telah dilakukan oleh sejumlah negara seperti di India dan Vietnam yang turut membangun industri dalam negeri. Vietnam ketika mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pada 2017 lalu sudah memasukan dalam pembangunan nasionalnya untuk membangun solar economy.

Alhasil, strategi multiplier effect tersebut berhasil membangun pengembangan energi terbarukan sekaligus ekonomi di Vietnam.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Postingan Foto Donald Trump sedang Menangis

Posted: 30 Nov 2020 01:10 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan terkait Presiden AS Donald Trump yang sedang menangis. Postingan ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah @Mamako_Hitakami. Ia mengunggahnya di Twitter pada 15 November 2020.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden AS Donald Trump yang sedang memegang matanya. Postingan tersebut disertai narasi:

"President Trump was moved by the love of his supporters and shed tears.Mr. President, he has a pure and kind heart. What Wonderful President"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Presiden Trump tersentuh oleh cinta para pendukungnya dan menitikkan air mata. Tuan Presiden, dia memiliki hati yang murni dan baik hati. Presiden yang Luar Biasa"

Lalu benarkah postingan yang menggambarkan Presiden AS Donald Trump sedang menangis?

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari AFP Fact Check berjudul "This photo has been doctored to include a tear on Donald Trump's face" yang tayang 30 November 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut sudah dimodifikasi. Hal ini ditemukan melalui pencarian kata kunci dan menggunakan Google Reverse Image.

Foto tersebut merupakan bidikan dari fotografer AFP, Nicholas Kamm pada 15 Juli 2020. Dalam deskripsi foto bertuliskan:

"Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pers di Oval Office di Gedung Putih setelah menerima pengarahan dari pejabat penegak hukum terkait operasi melawan geng MS-13 di Washington, DC, pada 15 Juli 2020."

Selain itu foto pada postingan (kiri) juga dimodifikasi dengan menambahkan air mata, sementara di foto asli tidak ada.

Link untuk foto asli kami sertakan di sini...

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan yang menyebut Presiden AS Donald Trump menangis adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut sudah dimodifikasi dengan menambah air mata.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hancur Parah! Kondisi Mobil Usai Tabrakan di Tol Cipali Yang Renggut 10 Nyawa

Posted: 30 Nov 2020 01:07 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan maut di ruas tol Cipali Senin (30/11) pagi libatkan 2 truk dan mobil elf. 10 penumpang tewas dalam musibah ini. Bagaimana kondisi mobilnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus COVID-19 di Penjara Sri Lanka Picu Rusuh, 6 Napi Tewas Ditembak

Posted: 30 Nov 2020 01:07 AM PST

Liputan6.com, Kolombo - Enam narapidana (napi)  tewas dan 35 lainnya luka-luka, ketika penjaga melepaskan tembakan untuk mengendalikan kerusuhan di sebuah penjara di pinggiran ibu kota Sri Lanka. Pejabat setempat melaporkan bahwa dua penjaga juga terluka parah dalam insiden tersebut.

Kerusuhan tersebut disebabkan karena sel penjara yang penuh dan sesak, sehingga COVID-19 berkembang pesat di area tersebut. Narapidana melakukan protes dalam beberapa pekan terakhir di beberapa penjara, karena jumlah kasus COVID-19 yang melonjak di fasilitas tersebut.

Dikutip dari AP, Senin (30/11/2020), juru bicara polisi Ajith Rohana mengatakan bahwa narapidana menciptakan "kerusuhan" di penjara Mahara, sekitar 15 kilometer (10 mil) utara Kolombo dan para pejabat telah berusaha mengendalikan situasi.

"Namun, situasi kerusuhan semakin parah. Tahanan mencoba untuk menguasai penjara dan ratusan narapidana berusaha melarikan diri," imbuhnya.

Para narapidana dilaporkan telah menghancurkan sebagian besar properti termasuk kantor di dalam penjara. Para penjaga melepaskan tembakan pada bentrokan itu, menyebabkan enam narapidana tewas dan 35 luka-luka, serta dua petugas penjara terluka parah.

Ratusan polisi tambahan dikerahkan untuk membantu para penjaga dan memperkuat keamanan di sekitar penjara. Seorang narapidana tewas dalam kerusuhan serupa di penjara lain di Sri Lanka pada pekan lalu.

 

 

COVID-19 Tersebar Luas di Penjara

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

Lebih dari 1.000 narapidana di lima penjara dinyatakan positif mengidap COVID-19, dan setidaknya dua orang meninggal. Sekitar 50 penjaga penjara juga dinyatakan positif.

Sebagai informasi, penjara Sri Lanka sangat padat dengan lebih dari 26.000 narapidana memadati fasilitas berkapasitas yang sebenarnya hanya bisa menampung 10.000 orang.

Senaka Perera selaku pengacara Komite Perlindungan Hak-Hak Narapidana, mengatakan bahwa para narapidana frustrasi karena permohonan mereka untuk pengujian COVID-19 dan pemisahan narapidana yang terinfeksi telah diabaikan oleh petugas selama lebih dari sebulan.

Sri Lanka telah mengalami peningkatan penyakit sejak bulan lalu yang terjadi di klaster, yakni di pabrik garmen dan di pasar ikan Kolombo. Kasus yang terkonfirmasi dari dua cluster tersebut mencapai 19.449.

Sri Lanka telah melaporkan total 22.988 kasus Virus Corona COVID-19, termasuk 109 kematian.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Banner Infografis 7 Gejala Anda Terjangkit COVID-19

Banner Infografis 7 Gejala Anda Terjangkit Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni
Banner Infografis 7 Gejala Anda Terjangkit Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didemo Petani soal Impor Pangan, Mentan Beri Penjelasan

Posted: 30 Nov 2020 01:04 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) angkat suara terkait demo impor pertanian yang ditujukan kepada dirinya. Pasalnya, Kementerian Pertanian tidak memiliki kewenangan untuk perizinan tersebut.

"Memang persoalan yang ada di Kementan itu, Kementan hanya punya kewenangan di produktivitas. Sementara, untuk pasar dan lain-lain itu di kementerian lain," ujar Mentan, Senin (30/11/2020).

Bahkan, secara pribadi Mentan juga tak menyukai adanya impor ini. Namun karena keterbatasan wewenang yang ada di Kementan, membuat SYL tak berkutik.

"Saya paling tidak suka impor, tapi mau bagaimana kalau kementerian yang lain membuka keran (impor) itu, yang didemo saya oleh petani. Padahal (Kementerian Pertanian) cuma memiliki kewenangan dalam hal produktivitas," kata dia.

Mentan menambahkan, untuk urusan impor, tugas Kementan selama ini adalah membuat Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH). Sehingga, sebenarnya urusan impor yang ada di bawah kewenangan Kementan hanya terkait komoditas daging sapi dan bawang putih saja.

"Importasi yang besar itu yang langsung bersentuhan dengan Kementan hanya dua, yaitu daging sapi 200-300 lebih ton, kedua bawang putih. Adakah yang lain yang masuk? ada, tetapi tidak melalui rekomendasi Kementan," kata dia.

Meski begitu,Mentan tak ingin mempersoalkan hal ini. Menurutnya, yang fokus utama saat ini adalah meningkatkan kualitas produk asal Indonesia agar bisa bersaing dengan komoditas asal negara lain.

Ia menilai tidak perlu ada yang disalahkan terkait masalah tersebut. Menurut dia, hal yang harus dipersiapkan adalah kualitas harus lebih sesuai dengan pasar yang ada, lebih sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan.

"Saya yakin bahwa kinerja sektor pertanian nasional kita ini akan terus tumbuh, meskipun masih tertekan oleh adanya pandemi covid-19 seperti saat ini," kata Mentan.

Ekonom Beberkan Penyebab Turunnya Produktivitas Sektor Pertanian

Petani membajak lahan persawahan sebelum ditanami bibit padi di Tangerang Selatan, Jumat (15/10/2020). Lahan pertanian yang terbatas bisa menjadi sektor strategis baru bagi masyarakat Tangsel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petani membajak lahan persawahan sebelum ditanami bibit padi di Tangerang Selatan, Jumat (15/10/2020). Lahan pertanian yang terbatas bisa menjadi sektor strategis baru bagi masyarakat Tangsel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Meski mencatatkan pertumbuhan positif selama pandemi covid-19, total factor productivity (TFP) sektor pertanian cenderung lebih rendah dibandingkan TFP ekonomi secara keseluruhan.

Berdasarkan catatan Badan Pusat statistik (BPS), pertumbuhan sektor pertanian pada kuartal II-2020 mencapai 16,24 persen, dan tumbuh 2,15 persen pada kuartal III-2002.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bustanul Arifin memaparkan, pertumbuhan TFP pertanian bernilai negatif sejak 2011. Artinya, terjadi penurunan produktivitas pertanian, salah satunya karena kurangnya penggunaan teknologi terkini.

"Kita punya problem dalam mendorong produktivitas pertanian karena penggunaan teknologi kita lamban, kalaupun ada inovasinya belum banyak terserap dan teraktualisasi dalam konteks pertumbuhan ekonomi," kata Bustanul dalam webinar INDEF - Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021, Senin (30/11/2020).

Oleh karena itu, Bustanil mengharapkan agar Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian dapat melakukan terobosan untuk perkembangan teknologi, guna mewujudkan kedaulatan pangan.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan hal serupa. Mentan menilai perlunya pengembangan pertanian modern, seperti smart farming. Juga pemanfaatan green house untuk meningkatkan produksi komoditas hortikultura di luar musim tanam.

Selain itu, Mentan berencana mendirikan sekolah pertanian berbasis pendekatan riset dan teknologi (ristek) pada tahun depan. "Saya akan terapkan itu tahun depan, saya coba intervensi dengan kerja sama perguruan tinggi," kata Mentan. 

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone 12 Lebih Mahal dari Skutik Terlaris di Indonesia, Simak Bocoran Harganya

Posted: 30 Nov 2020 01:02 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penggila gadget di Indonesia tengah menunggu perilisan salah satu gawai canggih tahun ini, iPhone 12. Namun, sebelum resmi dilepas ke pasar Tanah Air, berbagai bocoran harga iPhone 12 sudah banyak beredar di dunia maya.

Salah satunya, pembocor perangkat Apple @a_rumors1111 dalam akun twitternya, mengklaim harga untuk empat iPhone baru, yaitu iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Harga iPhone 12 Mini (berdasarkan penyimpanan) berkisar antara US$ 649 - US$ 799 (Rp 9,5 jutaan - Rp 11,7 jutaan), sedangkan iPhone 12 dibanderol antara US$ 749 - US$ 899 (Rp 11 jutaan - Rp 13 jutaan).

Sementara itu, iPhone 12 Pro akan dipatok dengan harga US$ 999 - US$ 1.299 (Rp 14,7 jutaan - Rp 19 jutaan).

Masih menurut @a_rumors1111, seri paling premium iPhone Pro Max akan dibanderol dengan harga US$ 1.099 - US$ 1.399 (Rp 16,2 jutaan - Rp 20,5 jutaan).

 

All-new Honda BeAT tampil lebih sporty dengan sudut-sudut meruncing di bagian bodinya. (Liputan6.com)
All-new Honda BeAT tampil lebih sporty dengan sudut-sudut meruncing di bagian bodinya. (Liputan6.com)

Jadi, bagi pecinta produk dengan logo apel terbelah ini, harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk memiliki salah satu perangkat tersebut.

Bahkan, untuk seri iPhone 12 Pro dan iPhone Pro Max kemungkinan akan memiliki harga yang lebih mahal dibanding skuter matik (skutik) yang dijual di Tanah Air.

Sebagai perbandingan, harga Honda BeAT sebagai skutik terlaris di Indonesia, tidak sampai Rp 19 jutaan. Untuk tipe Deluxe dibanderol hanya Rp 17.250.000, CBS Rp 16.450.000, CBS ISS Rp 17.150.000, Street Rp 17.150.000.

Yamaha Mio

Yamaha Mio S meramaikan pasar nasional. (Septian/Liputan6.com)
Yamaha Mio S meramaikan pasar nasional. (Septian/Liputan6.com)

Begitu juga dengan harga Yamaha Mio, sebagai skutik andalan pabrikan berlambang garpu tala, yang dibanderol mulai Rp 15.800.000 sampai Rp 17.270.000.

Sedangkan Suzuki Nex II, hanya dijual Rp 16.100.000 untuk ketiga tipenya.

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona: Jateng Laporkan Kasus Sembuh dari COVID-19 Capai 1.289

Posted: 30 Nov 2020 01:01 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kasus sembuh dari COVID-19 hari ini, 30 November 2020, sebanyak 4.725 orang. Dari 34 provinsi yang terbanyak melaporkan kasus sembuh adalah Jawa Tengah dengan 1.289. 

Di bawah Jawa Tengah ada DKI Jakarta yang melaporkan 915 kasus sembuh dari COVID-19. Disusul Jawa Barat ada 741 orang yang tidak lagi terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Akumulasi kesembuhan dari COVID-19 di Indonesia adalah 450.518 orang

Sementara itu, kasus konfirmasi COVID-19 hari ini bertambah 4.617 dengan akumulasi 538.883. Hari ini ada 130 kasus meninggal dengan akumulasi 16.945.

 

 

 

Infografis

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Ini Buatmu Tetap Sehat Meski Duduk di Depan Komputer Sepanjang Hari

Posted: 30 Nov 2020 01:01 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak pekerjaan dan hobi yang butuh waktu berjam-jam di depan layar komputer. Sayangnya, duduk di depan komputer dalam jangka panjang memiliki efek negatif pada kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

Karena itu, penting untuk menemukan cara untuk mendukung kesejahteraan Anda secara keseluruhan saat bekerja sambil duduk. Berikut ini beberapa kiat yang dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik selama penggunaan komputer sehari-hari.

Melansir dari Shared.com, ini dia.

 

1. Temukan posisi yang mendukung postur tubuh yang baik

Ilustrasi Pekerjaan yang Cocok untuk Para Wanita (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pekerjaan yang Cocok untuk Para Wanita (sumber: unsplash)

Siapa pun yang sering duduk di depan komputer selama berjam-jam tahu betapa pentingnya postur tubuh yang baik untuk kesehatan, kebahagiaan, dan bahkan produktivitas kerja. Tubuh yang terus menerus membungkuk niscaya akan kesakitan setelah hari kerja selesai. Lantas, bagaimana cara orang melatih tulang punggung untuk menopang postur yang bagus bahkan dalam posisi duduk?

Untuk pekerja kantoran, dua benda yang dapat memperbaiki postur tubuh secara dramatis adalah kursi berpenyangga. Faktanya, duduk dengan benar di kursi dapat membuat semua perbedaan, menghilangkan ketidaknyamanan, dan stres dalam prosesnya.

 

2. Bergerak dan lakukan peregangan secara teratur

Penting bagi pekerja kantoran untuk melakukan berbagai kebiasaan sehat saat mereka harus duduk menatap komputer seharian.
Penting bagi pekerja kantoran untuk melakukan berbagai kebiasaan sehat saat mereka harus duduk menatap komputer seharian.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar komputer, Anda mungkin serng mengalami nyeri otot, ketegangan, dan mudah tersinggung. Ini karena kurang bergerak sepanjang hari yang dapat menyebabkan ketegangan pada tubuh dan pikiran, terutama jika Anda terjebak di ruang yang sempit.

Untuk mengatasi hal ini, coba setel alarm berulang pada ponsel yang akan memperingatkan Anda untuk berdiri dan bergerak di sekitar ruangan setidaknya selama lima menit setiap jam. Bahkan aktivitas rutin dalam jumlah kecil ini dapat mengendurkan otot yang tegang, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat Anda lebih rileks.

 

3. Siapkan camilan sehat

ilustrasi buah pisang/Photo by Elena Koycheva on Unsplash
ilustrasi buah pisang/Photo by Elena Koycheva on Unsplash

Salah satu manfaat terbaik dari bekerja di rumah adalah Anda bisa makan sebanyak yang Anda mau. Alih-alih mesti ke toko untuk membeli sesuatu, Anda cukup ke dapur dan bisa mencomot sesuatu dari kulkas.

Namun dengan semua kemungkinan ini, terkadang orang terjatuh ke dalam perangkap menjejali diri mereka dengan junk food dan minum kopi terlalu banyak. Sebaliknya, cobalah konsumsi camilan sehat seperti apel potong, kacang, atau bahkan wortel. Camilan sehat dapat mengurangi rasa lapar sekaligus memberi tubuh nutrisi yang diperlukan.

 

4. Minum banyak air

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

Apakah Anda sering sakit kepala atau kelelahan saat bekerja berjam-jam di depan komputer? Jika demikian, ini kemungkinan besar merupakan sinyal langsung dari tubuh Anda yang memohon untuk menghidrasi tubuh.

Anda akan terkejut melihat bagaimana melakukan rutinitas sehari-hari yang sederhana seperti minum cukup air dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedan Mewah Terbaru Volvo Siap Meluncur, Lihat Daftar Keunggulannya

Posted: 30 Nov 2020 01:01 AM PST

Liputan6.com, New Delhi- Meluncur Maret tahun depan, Volvo India secara resmi membuka pemesanan sedan terbaru S60 mulai Januari mendatang. Memiliki beragam keunggulan, sedan mewah ini mendapatkan tiga pilihan jok yang bisa dipilih konsumen.

Seperti dilansir Motorbeam, Senin (30/11/2020), sedan mewahasal Swedia tersebut juga menggunakan pelek berukuran 18 inci dan lampu depan LED sport dengan teknologi active bending.

Sebagai fitur standar, mobil ini disematkan sistem suara Harman Kardon 14-speaker, panoramic sunroof, kamera parkir belakang, pengaturan suhu 4 zona, pengisian nirkabel, dan teknologi pembersih udara.

Terkenal sebagai pabrikan mobil yang kaya fitur keamanan, Volvo menawarkan teknologi canggih seperti adaptive cruise control, lane keeping aid, pilot assist, driver alert control, oncoming mitigation dengan braking, speed ​alert, city safety dengan dukungan kemudi dan hill start assist.

Tersedia lima pilihan warna untuk mobil mewah ini, yakni Crystal White Pearl, Denim Blue, Fusion Red, Maple Brown dan Onyx Black.

Mesin

Untuk sistem jantung pacu, Volvo S60 dibenamkan mesin 1969cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 190 Tk dan torsi 300 Nm karena dikawinkan dengan gearbox otomatis 8 kecepatan. Selain itu terdapat 3 mode berkendara, yakni comfort, dynamic, dan eco.

Sebagai mobil terpanjang di segmennya, sedan ini memiliki panjang 4.761 mm, lebar 2.040 mm, tinggi 1.431 mm, dan jarak sumbu roda 2.872 mm. Meski demikian, hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait harga yang ditawarkan.

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lonjakan Kasus Baru, 16 Guru di Gorontalo Terpapar Covid-19

Posted: 30 Nov 2020 01:00 AM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Setelah hampir tiga pekan tidak ada penambahan kasus Covid-19, tiba-tiba gugus tugas mengumumkan ada 16 orang guru di Provinsi Gorontalo terkonfirmasi positif Covid-19.

Seluruh guru yang terinformasi terpapar virus Corona tersebut merupakan pengajar yang tersebar di sekolah yang ada di Provinsi Gorontalo. Hal itu dibenarkan oleh Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, Sumarwoto.

"Memang benar, hari ini kami menerima ada yang terkonfirmasi positif berjumlah 16 orang. Di mana kesemuannya  adalah tenaga pengajar," kata Sumarwoto, Senin (30/11/2020).

Lantas, kata Sumarwoto, temuan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Gubernur Gorontalo. Ia memerintahkan kami tim satgas segera melakukan karantina terpusat bagi para guru yang terpapar virus mematikan itu.

"Keseluruhan langsung kami isolasi di Hotel yang ada di Kota Gorontalo," ujarnya.

Menurutnya, jumlah penambahan kasus baru ini merupakan data yang masuk ke satgas Covid-19 pada Minggu 29 November 2020. Jumlah ini mengalami lonjakan setelah sebelumnya Gorontalo dalam beberapa pekan terakhir berada di zona aman.

"Tiba-tiba ada lonjakan kasus baru yang sebelumnya Gorontalo sudah mulai masuk zona hijau," katanya.

Isolasi Terpusat

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19 Fernando Zhiminaicela via Pixabay (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19 Fernando Zhiminaicela via Pixabay (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Menyikapi hal itu, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie langsung melaksanakan rapat terbatas dengan Satgas Penanganan Covid-19 Gorontalo. Ia mengambil langkah tepat dan cepat untuk menangani lonjakan kasus tersebut.

"Saya tidak mau ke-16 guru tersebut melakukan karantina mandiri, mereka harus dikarantina terpusat dan dalam pemantauan," kata Rusli.

Gubernur Rusli bahkan memerintahkan untuk melakukan tracking kepada orang-orang yang melakukan kontak erat dengan ke-16 pasien baru tersebut, baik keluarga maupun rekan kerja masing-masing.

"Langkah ini wajib dan harus dilakukan untuk meminimalisir angka penularan," tegasnya.

"Jangan sampai tenaga pengajar tersebut melakukan kontak langsung dengan para siswa," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Pecudangi Southampton, Bruno Fernandes dan Edinson Cavani Cetak Sejarah

Posted: 30 Nov 2020 01:00 AM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) menang 3-2 atas Southampton di St. Mary's Stadium, Minggu (29/11/2020). Pertandingan tersebut merupakan salah satu yang paling dramatis dan memikat di Liga Inggris musim ini.

MU tertinggal 0-2 pada babak pertama melalui gol Jan Bednarek dan James Ward Prowse. Akan tetapi, keberuntungan Setan Merah berubah di babak kedua.

Adalah Bruno Fernandes dan Edinson Cavani yang menginspasi comeback luar biasa skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini. Fernandes memperkecil skor di menit ke-60 usai memaksimalkan umpan Cavani.

Cavani kemudian membawa MU menyamakan skor lewat golnya di menit ke-74. Sundulan striker asal Uruguay itu di menit ke-90+2 menyambut umpan Marcus Rashford memastikan Setan Merah menang 3-1.

 

 

Rekor Bruno Fernandes

Bruno Fernandes mencetak gol untuk MU saat melawan Southampton usai mendapat umpan dari Cavani (AP)
Bruno Fernandes mencetak gol untuk MU saat melawan Southampton usai mendapat umpan dari Cavani (AP)

Dengan satu golnya ke gawang Southampton, Bruno Fernandes kini telah mencetak gol dalam liga laga tandang berturut-turut. Empat gol sebelumnya dibuat gelandang asal Portugal itu di kandang Leicester City, Brighton, Newcastle United, dan Everton.

Fernandes menjadi pemain MU keempat yang mencapai prestasi itu setelah Ruud van Nistelrooy (2002 & 2003), Robin van Persie (2013), dan Zlatan Ibrahimovic (2017).

 

Rekor Edinson Cavani

Striker Manchester United, Edinson Cavani, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Minggu (29/11/2020). MU menang dengan skor 3-2. (Mike Hewitt, Pool via AP)
Striker Manchester United, Edinson Cavani, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Minggu (29/11/2020). MU menang dengan skor 3-2. (Mike Hewitt, Pool via AP)

Sementara Edinson Cavani telah mencetak tiga gol dari lima penampilannya sebagai pemain pengganti untuk MU di Liga Inggris. Torehannya itu membuat striker berusia 33 tahun itu mencatat rekor.

Cavani menjadi pemain kedua yang mencetak gol serta assist setelah masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan tandang Liga Inggris untuk MU.

 

Rekor Solskjaer

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)
Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)

Tak hanya Fernandes dan Cavani, Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer juga menorehkan tinta emas. Juru taktik asal Norwegia itu membuat rekor baru di MU berupa kemenangan tandang beruntun terbanyak.

Kemenangan di kandang Southampton membuat Setan Merah menang delapan kali beruntun pada laga tandang. Rekor ini sungguh spesial lantaran manajer legendaris MU yang juga guru Solskjaer, Sir Alex Ferguson, saja tak mampu menorehkannya.

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Cara Menghadapi Masalah Hidup agar Tidak Stres, Hadapi dengan Tenang

Posted: 30 Nov 2020 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara menghadapi masalah hidup terkadang bisa terasa sulit. Tiap orang pasti punya masalah di sepanjang hidupnya. Cara menghadapi masalah hidup adalah hal yang terpenting.

Beberapa orang benar-benar baik dalam memecahkan masalah sementara yang lain lebih sulit melakukannya. Terkadang masalah hidup bisa menyebabkan stres, kecemasan, hingga depresi. Namun dengan cara menghadapi masalah hidup yang tepat, stres dapat terhindarkan.

Cara menghadapi masalah dalam hidup harus dilakukan dengan hati yang tenang. Cara menghadapi masalah hidup yang tepat bisa membantumu lebih kuat menghadapi cobaan hidup. Cara menghadapi masalah juga akan memberimu pelajaran hidup yang bermakna.

Berikut cara menghadapi masalah hidup, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(30/11/2020).

Cara menghadapi masalah hidup

Ilustrasi tenang Credit: unsplash.com/Radu
Ilustrasi tenang Credit: unsplash.com/Radu

Tenang, tarik napas dan berpikir jernih

Hal yang paling utama dalam cara menghadapi masalah hidup adalah tenang. Jika kamu benar-benar ingin menemukan solusi untuk masalah kamu perlu menjernihkan pikiran dan menenangkan diri. Jangan membuat keputusan jika kamu tidak tenang karena kemungkinan besar itu adalah pilihan yang salah.

Hadapi realita

Banyak yang mencoba berpaling dari masalah daripada ke menghadapinya. Tapi jika ingin menikmati hidup dan menjadi lebih efektif, kamu harus mengarahkan diri sendiri untuk menghadapi kenyataan. Ketika dibimbing oleh prinsip realitas, seseorang akan mengembangkan kapasitas yang lebih dalam untuk menghadapi kehidupan dengan lebih efektif.

Apa yang dulu membuatmu takut sekarang terasa akrab. Hidup akhirnya menjadi lebih bisa diatur.

Cara menghadapi masalah hidup

ilustrasi teman/Photo by Briana Tozour on Unsplash
ilustrasi teman/Photo by Briana Tozour on Unsplash

Nikmati prosesnya

Cara menghadapi masalah hidup selanjutnya adalah dengan menikmati setiap prosesnya. Dengan terburu-buru, sebenarnya kamu menggagalkan kesuksesanmu sendiri. Cobalah untuk menikmati segala proses dalam cara menghadapi masalah hidup. Pertumbuhan yang lambat, disiplin, dan bertahap adalah jenis pendekatan yang mengarah pada perubahan yang bertahan lama.

Minta bantuan

Jangan beri tahu seluruh dunia tentang masalah. Namun, kamu tetap perlu mendapat dukungan dan bantuan. Kamu bisa mencari bantuan dan dukungan dalam keluarga. Kamu tidak harus menyelesaikan setiap masalah sendiri. Terkadang seseorang merasa lebih baik memiliki orang lain di sisinya, meskipun itu hanya untuk dukungan emosional.

Manusia juga belajar untuk rendah hati sehingga mengembangkan pandangan tentang diri sendiri sebagai makhluk terbatas yang akan selalu membutuhkan bantuan dan dukungan dari orang lain. Tidak peduli seberapa dewasa atau suksesnya seseorang, ia selalu membutuhkan mentor dan teman yang akan membantunya.

Cara menghadapi masalah hidup

Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Nik Shuliahin.
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Nik Shuliahin.

Sabar

Cara menghadapi masalah hidup yang terpenting adalah bersabar. Jangan terburu-buru. Kesabaran memang salah satu kebajikan yang paling sulit dimiliki. Tetapi jika kamu berhasil bersabar, kamu akan melihat bagaimana satu per satu masalah akan hilang. Jika kamu mulai putus asa maka kamu akan membuat orang-orang di sekitarmu putus asa dan mereka akan mulai menjauh darimu.

Tetap positif

Semuanya akan baik-baik saja. Pada akhirnya, kamu akan melihat bahwa kamu terlalu mengkhawatirkan masalah. Ketika menemukan solusinya, kamu akan melihat bahwa masalah itu selalu ada di depanmu dan ternyata tidak terlalu sulit. Hal-hal baik terjadi jika kamu bersikap positif dan memiliki sikap yang baik.

Cara menghadapi masalah hidup

Ilustrasi teman sahabat pria. (Sumber Pixabay)
Ilustrasi teman sahabat pria. (Sumber Pixabay)

Kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari hidup

Cara menghadapi masalah hidup adalah menerima setiap keadaan yang terjadi. Penting untuk belajar, tidak ada yang sempurna setiap saat. Proses dinamis hidup — mencoba, berhasil, gagal, dan mencoba lagi — adalah satu-satunya cara untuk mengembangkan kepercayaan diri. Seseorang belajar melalui pengalaman bahwa mereka dapat berhasil dan pulih dari kegagalan.

Rawat hubungan dengan orang sekitar

Sangat mudah untuk mengabaikan hal yang paling penting: hubungan dengan orang yang dicintai. Hubungan ini tidak terjadi begitu saja secara ajaib; mereka tumbuh dan dipertahankan melalui perawatan yang penuh perhatian dan kerja keras. Cinta yang dewasa — dalam pernikahan, keluarga, atau persahabatan — adalah pengalaman hidup yang dinamis.

Dengan membangun hubungan baik dengan orang yang dicintai, masalah hidup jadi akan lebih ringan.

Cara menghadapi masalah hidup

ilustrasi teman sahabat/Photo by Bagas Muhammad on Unsplash
ilustrasi teman sahabat/Photo by Bagas Muhammad on Unsplash

Belajar bersyukur dan berterima kasih

Cara menghadapi masalah hidup selanjutnya adalah bersyukur dan berterima kasih. Selalu berterima kasih kepada orang-orang yang mendukung dan membantu. Jangan pernah kehilangan kesempatan untuk mengucapkan terima kasih.

Ucapkan juga syukur pada Tuhan. Memang mudah untuk menghitung masalah daripada berkat yang telah didapat. Syukur adalah nilai besar yang bisa perlahan hilang dari orang lain, tetapi sikap bersyukur haru tetap dipertahankan.

 Pecahkan masalah menjadi potongan-potongan kecil

Memecahkan masalah terkadang terasa berat dan tidak mungkin. Cobalah untuk mengidentifikasi bagian-bagian berbeda yang terdiri darinya. Kemudian temukan satu solusi praktis yang dapat kamu lakukan untuk masing-masing bagian tersebut.

Ini mungkin tidak menyelesaikan seluruh masalah dengan segera. Tetapi solusi tersebut dapat membantumu memulai dan mungkin menyelesaikan beberapa bagian darinya.

Cara menghadapi masalah hidup

Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi. (Gambar oleh Aaron Cabrera dari Pixabay)
Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi. (Gambar oleh Aaron Cabrera dari Pixabay)

Temukan kesempatan atau pelajaran

Cara menghadapi masalah hidup lainnya adalah mencari celah positif di dalamnya. Hampir selalu ada sisi positif dari suatu masalah. Mungkin itu memberi tahumu tentang cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan atau hubungan. Atau mengajarimu bagaimana hidupmu mungkin tidak seburuk yang kamu duga.

Menemukan bagian masalah yang lebih positif ini mengurangi dampak emosional negatifnya. Kamu bahkan mungkin mulai melihat masalah sebagai peluang besar.

Jangan mencoba menyelesaikan masalahmu dan masalah orang lain pada saat yang bersamaan

Jika memiliki masalah dan seseorang yang kamu kenal juga membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalahnya, selesaikan masalahmu sendiri sebelum membantu orang lain. Mungkin ini terdengar egois, namun jika kamu menyelesaikan masalahmu sebelum mencoba menyelesaikan masalah orang lain, maka kamu akan dapat membantu orang itu dengan cara terbaik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surge Bakal Hadirkan Akses Internet Gratis di Ruang Publik

Posted: 30 Nov 2020 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan media luar ruang di transportasi massal, Surge, berupaya memberikan akses internet gratis di ruang publik.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan akses internet di ruang publik. Pasalnya saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Surge pun melakukan pengembangan jaringan agar bisa menghadirkan layanan WiFi publik gratis.

Direktur Utama Surge, Hermansjah Haryono mengatakan, saat ini Surge dalam proses pengembangan jaringan yang akan selesai dalam waktu singkat.

Sementara, Direktur Bisnis Surge, George Samuel mengatakan, perusahaannya hadir di industri digital Indonesia dengan solusi untuk mendistribusikan internet kepada publik tanpa biaya di ekosistem digital Surge.

Layanan internet gratis ini akan dikombinasikan dengan bisnis periklanan Surge. Dengan demikian, perusahaan akan memperoleh pendapatan iklan.

"Konsep bisnis Surge adalah mengkombinasikan free Wi-Fi dengan iklan. Proses inilah yang membuat Surge masih bisa menghasilkan pendapatan dari iklan atas penggunaan jaringan free Wi-Fi oleh penggunanya," kata George, dalam keterangan yang diterima, Senin (30/11/2020).

Surge sendiri telah memiliki jaringan internet dari infrastruktur mandiri yang ada di Pulau Jawa.

Akses via Aplikasi LiniPoin

Hati-hati, 3 hal ini akan membahayakanmu saat menggunakan Wi-Fi publik. | via: amazonaws.com
Hati-hati, 3 hal ini akan membahayakanmu saat menggunakan Wi-Fi publik. | via: amazonaws.com

Dijelaskan, Surge berfokus pada digitalisasi lingkungan publik dengan mengembangkan konsep offline-to-online aset media dan aplikasi smartphone, didukung akses internet milik perusahaan.

Diakui pihak Surge, saat ini harga smartphone kian terjangkau dan makin banyak orang yang menggunakan smartphone. Penggunaan data internet pun meningkat. Inilah yang membuat Surge menerapkan model bisnis free Wi-Fi dibarengi dengan iklan.

"Ke depannya, untuk mengakses internet di jaringan free Wi-Fi milik Surge, pengguna harus menggunakan aplikasi Linipoin. Aplikasi ini menawarkan berbagai aktivitas, mulai dari kuis, survei, gaming, dan lain-lain," kata Direktur Teknologi Surge Ricky Ananda.

Selanjutnya, poin tersebut bisa ditukarkan dengan bebagai hadiah.

Bikin Aplikasi Smartphone

Tak hanya menghadirkan akses WiFi gratis, Surge juga membuat aplikasi smartphone untuk mendukung transportasi massal, petani, dan marketplace yang bermanfaat bagi ekosistem digital Surge.

Salah satunya adalah aplikasi Sobattani yang mempermudah petani pedesaan meningkatkan pemasaran hasil panennya.

Surge juga akan mulai menawarkan saham perdananya (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkuat modal kerja melalui dana publik.

Cara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan serta memperluas ekosistem digital. Dengan begitu, mereka bisa memberi layanan publik dengan lebih baik.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Curiga Nathalie Holscher Hamil Lantaran Hal Ini

Posted: 30 Nov 2020 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belum satu bulan menikah dengan Nathalie Holscher, Sule curiga kalau istrinya tengah berbadan dua. Hal itu dirasakan Sule setelah Nathalie Holscher kerap meminta makanan tak seperti biasanya beberapa hari belakangan ini.

Hal itu diungkapkan Sule dalam video terbaru di kanal YouTubenya, saat ia dan keluarganya tengah berlibur ke Pulau Dewata, Bali.

"Dari kemarin mulai aneh-aneh dia. Pengin soto ceker, sekarang nasi jingu, terus pengin kolak pisang. Aneh enggak? Ini kan bukan bulan puasa. Ini agak curiga nih saya, apa ini," ujar Sule dalam kanal YouTubenya berjudul BUNDA NYA FERDY NGIDAM? yang dikutip Senin (30/11/2020).

Malu-malu

Nathalie Holscher dan Sule. (Foto: Instagram @nathalieholscher)
Nathalie Holscher dan Sule. (Foto: Instagram @nathalieholscher)

Mendengar ucapan Sule, Nathalie Holscher terlihat malu-malu. Ia berusaha mengelak apa yang diucapkan pria yang menikahinya pada 15 November 2020.

"Apa sih sayang," ujar Nathalie malu-malu.

Pertanda Baik

Sule dan Nathalie Holscher (Instagram/nathalieholscher)
Sule dan Nathalie Holscher (Instagram/nathalieholscher)

Sule berharap apa yang ia pikirkan bisa menjadi kenyataan. Apalagi ia berharap segera mendapat momongan dari pernikahannya dengan Nathalie Holscher.

"Yang lain makan ayam, ayam, ayam, dia makannya beda sendiri, jingu guys. Lihat, dia aneh enggak menurut kalian? Semoga ini tanda-tanda yang baik," kata Sule.

"Dari kemarin makan-makan sendiri, dia beli ceker enggak nawarin aku, terus mukanya bete. Berarti ada apa-apa nih, pertanda ini," lanjutnya.

Kolak

Sule dan Nathalie Holscher selama berbulan madu. (YouTube/SUNAH Official)
Sule dan Nathalie Holscher selama berbulan madu. (YouTube/SUNAH Official)

Yang diinginkan oleh Nathalie Holscer adalah kolak singkong. Ia pun memperlihatkan kolak keinginannya kepada Sule, setelah mencari tahu di mesin pencarian google. 

"Aku maunya kolak singkong, " kata Nathalie. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beragam Reaksi Terhadap Resertifikasi Boeing 737 Max

Posted: 30 Nov 2020 01:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Administrasi Penerbangan AS atau FAA telah menandatangani kembali sertifikat laik terbang, Boeing 737 seri Max, setelah proses peninjauan panjang. Namun kembali terbangnya pesawat jenis ini mengundang berbagai reaksi, termasuk dari keluarga korban kecelakaan pesawat di Ethiopia dan Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko PMK Akui Pariwisata Jadi Pertimbangan Putuskan Cuti Bersama Akhir Tahun 2020

Posted: 30 Nov 2020 12:57 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah hingga kini belum memutuskan kepastian soal pengurangan jumlah cuti bersama akhir 2020. Salah satu yang masih menjadi pertimbangan pemerintah yakni, sektor pariwisata.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat dikonfirmasi apakah yang sektor pariwisata menjadi pertimbangan sehingga kepastian cuti bersama Desember 2020 belum diputuskan.

"Betul. Waktu rapat juga sudah saya sampaikan kepada Bapak Presiden," kata Muhadjir kepada Liputan6.com, Senin (30/11/2020).

Seperti diketanui, pelaku pariwisata berharap banyak dari libur panjang akhir tahun 2020. Pasalnya, masa cuti bersama akhir tahun dinilai dapat menggairahkan sektor pariwisata yang selama ini tertekan akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah sendiri awalnya akan mengumumkan kepastian soal cuti bersama pada Jumat 27 November 2020. Kemudian, diundur pada Senin hari ini.

Muhadjir menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar pengurangan Cuti Bersama Desember 2020 dibahas kembali di tingkat menteri. Sebab, ada beberapa menteri terkait yang tidak hadir dalam rapat terbatas bersama Presiden hari ini.

"Sesuai arahan Presiden agar dibicarakan kembali dengan beberapa menteri dan lembaga terkait yang waktu rapat tadi tidak diundang/hadir," jelasnya.

Dia memastikan kepastian Cuti Bersama Desember 2020 akan dibahas sesegera mungkin. Setelah diputuskan, barulah pemerintah mengumumkan ke masyarakat.

"Secepat mungkin (akan dibahas)," ucap Muhadjir.

Dilakukan Pengurangan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewacanakan agar jumlah cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri dilakukan pengurangan. Hal ini menekan kerumunan demi mencegah Covid-19 meluas.

Pemerintah menetapkan Libur Hari Raya Natal pada 24-25 Desember. Kemudian, Cuti Bersama akhir tahun 28-31 Desember 2020 sebagai pengganti libur Idul Fitri. Selanjutnya, hari libur masih ditambah tanggal merah pada 1 Januari 2021.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Harian Terbesar Sejak Agustus 2020, Hong Kong Lapor 115 Infeksi Baru COVID-19

Posted: 30 Nov 2020 12:55 AM PST

Liputan6.com, Hong Kong- Hong Kong telah melaporkan 115 kasus baru Virus Corona COVID-19 pada 29 November 2020.

Dilansir CNN, Senin (30/11/2020) kenaikan itu menandai peningkatan kasus harian COVID-19 terbesar sejak 2 Agustus 2020 di wilayah tersebut, ketika Hong Kong mencatat 115 kasus, menurut pejabat kesehatan setempat.

Dari 115 kasus baru itu, 109 di antaranya merupakan infeksi loka. Sementara enam lainnya adalah kasus dari luar negeri, demikian menurut Dr. Chuang Shuk-kwan dari Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong.

Di antara 109 kasus lokal tersebut, 62 infeksi terkait dengan klaster kelab malam, sehingga jumlah total kasus infeksi di klaster-klaster Hong Kong menjadi 479. 

Namun, 24 kasus infeksi di Hong Kong belum dapat dilacak asalnya.

"Epidemi semakin memburuk," sebut Dr. Chuang yang juga mendesak warga Hong Kong untuk meminimalkan pertemuan sosial dan berupaya meredam penyebaran COVID-19.

Dr. Chuang juga menambahkan bahwa meningkatnya jumlah kasus "sangat mengkhawatirkan" dan menurut tren situasi saat ini "lebih parah daripada gelombang terakhir". 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Hong Kong Akan Tangguhkan Kelas Tatap Muka di Sekolah-sekolah

Petugas berdiri di sebelah dinding pemisah antara kamar-kamar yang dipartisi di fasilitas perawatan kesehatan masyarakat di AsiaWorld-Expo di Hong Kong, Selasa (24/11/2020). Rumah sakit darurat khusus corona itu kembali dibuka menyusul lonjakan kasus COVID-19 di Hong Kong. (Anthony WALLACE/AFP)
Petugas berdiri di sebelah dinding pemisah antara kamar-kamar yang dipartisi di fasilitas perawatan kesehatan masyarakat di AsiaWorld-Expo di Hong Kong, Selasa (24/11/2020). Rumah sakit darurat khusus corona itu kembali dibuka menyusul lonjakan kasus COVID-19 di Hong Kong. (Anthony WALLACE/AFP)

Kasus-kasus baru COVID-19 di Hong Kong menjadikan total infeksi di wilayah tersebut menjadi 6.239, sementara jumlah kematian tetap tercatat sebanyak 109 orang, menurut Dr. Chuang.

Hong Kong akan menangguhkan semua kelas tatap muka di taman kanak-kanak, sekolah dasar dan menengah mulai 2 Desember mendatang, hingga seterusnya.

"Kelas tatap muka Rabu ini (2 Desember) dan kegiatan sekolah semua taman kanak-kanak, sekolah dasar dan menengah akan ditangguhkan sampai setelah liburan Natal," demikian dituturkan dalam pernyataan pemerintah Hong Kong yang dirilis pada hari 29 November.

Hong Kong adalah kota yang dipuji karena responsnya yang cepat dan efektif terhadap pandemi Virus Corona COVID-19.

Namun pada Juli 2020, otoritas kesehatan Hong Kong memperingatkan potensi "kenaikan eksponensial" dalam kasus baru COVID-19.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transisi Energi Terbarukan Berpotensi Picu Pengangguran

Posted: 30 Nov 2020 12:54 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan (renewable energy) bisa ciptakan banyak lapangan kerja baru. Di sisi lain, transformasi ini potensi buat angka pengangguran naik di sektor yang telah ditinggalkan.

Dalam hal ini, Fabby mencontohkan proses transisi yang menyebabkan harga batu bara turun drastis pada periode 2014-2017.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di sejumlah provinsi seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan mengalami penurunan. Dan itu berasosiasi juga dengan meningkatnya pengangguran.

"Kondisi ini masih bisa sangat terjadi jika di masa depan misalnya konsumsi batu bara domestik stagnan atau turun, karena kita menggunakan energi terbarukan," ujar Fabby dalam sesi teleconference, Senin (30/11/2020).

Fabby mengatakan, hal ini perlu dikelola. Pemerintah pada saat menggenjot pertumbuhan energi terbarukan juga dihimbau untuk bisa mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

Hal ini telah dilakukan oleh sejumlah negara seperti di India dan Vietnam yang turut membangun industri dalam negeri. Vietnam ketika mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pada 2017 lalu sudah memasukan dalam pembangunan nasionalnya untuk membangun solar economy.

Alhasil, strategi multiplier effect tersebut berhasil membangun pengembangan energi terbarukan sekaligus ekonomi di Vietnam.

 

Butuh Perencanaan

PLTS di Bendungan Jatibarang. (Dok PUPR)
PLTS di Bendungan Jatibarang. (Dok PUPR)

"Mereka mendorong industri yang mendukung ekosistem pembangunan PLTS itu juga tumbuh di Vietnam. Dan kita bisa lihat hasilnya sekarang," sambung Fabby.

"Jadi ini yang kami katakan, transisi energi ini perlu direncanakan dan masuk dalam agenda atau rencana pembangunan nasional yang kemudian bisa dikerjakan oleh berbagai sektor," imbuh Fabby.

"Transisi energi tidak hanya jadi persoalan atau menjadi tanggung jawab sektor energi juga, tapi sektor-sektor ekonomi yang lain," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Pelabuhan Patimban akan Sebesar Tanjung Priok di 2027

Posted: 30 Nov 2020 12:50 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan pelabuhan Patimban merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang memiliki jangka waktu yang panjang.

Proyek ini ditargetkan rampung secara keseluruhan pada 2027 mendatang. Menhub bilang, saat itu, pelabuhan Patimban akan sama besar dan sibuknya seperti pelabuhan Tanjung Priok saat ini.

"Proyek ini bukan proyek jangka pendek, tapi jangka panjang yang sampai 2027 dimana Patimban sudah sama besarnya dengan Tanjung Priok, kurang lebih 7 juta TEUS," ujar Menhub Budi melalui sambutannya di acara Table Top Exercise Uji Coba Bongkar Muat Pelabuhan Patimban, Senin (30/11/2020).

Nantinya, kawasan pelabuhan Patimban akan menjadi tempat sibuk dimana bukan hanya pelabuhan yang menjadi inti aktivitas ekonominya, namun industri lain yang muncul sebagai pendukung hadirnya pelabuhan tersebut.

Bahkan, Kementerian Perhubungan juga akan membangun sekolah maritim di sana.

"Bisa dibayangkan kesibukan di sana, load kendaraan, tenaga kerja yang bisa kita tampung bahkan kita ingin bangun sekolahan di sana supaya penduduk Subang dan Jawa Bara menjadi orang yang cakap di dunia pelabuhan," jelas Menhub.

Menhub Budi sendiri menargetkan, pembangunan pelabuhan ini bisa menciptakan 200.000 lapangan pekerjaan, baik tenaga kerja di pelabuhan maupun industri sekitarnya.

Kota-kota baru di kawasan segitiga rebana akan membuat kawasan pelabuhan Patimban menjadi titik kekuatan ekonomi.

"Ini memang unik. Dia tumbuh dengan adanya pelabuhan, dia tumbuh dengan memastikan mereka yang tinggal di sana dapat pekerjaan," ujarnya.

Sementara, Menhub Budi berharap table top exercise bisa memperkuat koordinasi para stakeholder yang terlibat dalam pembangunan ini agar komunikasi dapat berjalan lancar.

"Karena suatu kerja besar tanpa komunikasi yang baik akan membuat kita hilang kendali," tandasnya.

Pelabuhan Patimban Mampu Dukung Perkembangan Sektor UMKM

Pelabuhan Patimban: Dok Kemenhub
Pelabuhan Patimban: Dok Kemenhub

Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA), Carmellita Hartoto, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah dengan pembangungan Pelabuhan Patimban karena bisa mendorong perkembangan industri perkapalan nasional. Menurutnya, keberadaan Pelabuhan Patimban juga mampu mendorong perkembangans sektor UMKM.

Carmellita menjelaskan, setiap keberadaan pelabuhan pasti akan mendorong kemajuan sektor matirim khususnya perkapalan. Oleh karena itu, dengan dibangunnya pelabuhan baru di Subang, Jawa Barat ini akan mendorong pertumbuhan industri perkapalan. 

Selain itu, adanya pelabuhan ini juga akan mendukung UMKM. "Pembangunan Patimban dengan kawasan industri akan memberikan daya guna bagi penduduk kawasan dan dapat menumbuhkan industri UMKM yang menjadi penunjang bagi industri besar lainnya." tutur Carmellita pada Dialog Publik Online bertemakan "Pelabuhan Patimban Dan Kinerja Logistik Nasional" pada Jumat (27/11/2020).

Bagi INSA, keberadaan Patimban ini diharapkan mampu menjawab segala kebutuhan industri, khususnya di Jawa Barat. Seperti yang diketahui, Jawa Barat merupakan jantungnya industri Tanah Air. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun telah mendorong perkembangan segitiga rebana yang diproyeksikan menjadi kawasan ekonomi terbesar di Indonesia.

Menjadi salah satu perhatian INSA, Patimban ini nantinya bisa menjadi alternatif pelabuhan dari sekian banyak pelabuhan yang ada. "Patimban ini akan menjadi alternatif pelabuhan sekaligus sebagai pelabuhan pelengkap bagi pelabuhan sekitarnya, khususnya pelabuhan Tanjung Priok," ujar Carmellita.

Selain itu, INSA juga berharap adanya optimalisasi pelabuhan Patimban yang dapat dilakukan secara terus menerus pembangunannya. Diimbangi dengan penarikan pelaku bisnis yang memiliki dukungan langsung.

Harapan itu juga dikaitkan dengan lokasi Patimban yang lebih dekat dengan produsen. "Diharapkan okupensi pelabuhan Patimban ini dapat mendekati besaran yang ditargetkan," ujarnya.

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Pinangki Sempat Dicopot dari Kejagung Usai Bertemu Djoko Tjandra

Posted: 30 Nov 2020 12:50 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Pinangki Sirna Malasari rupanya sempat menerima sanksi disiplin berat berupa pembebasan dari jabatan struktural usai bertemu dengan terpidana korupsi hak tagih Bank Bali DjokoTjandra.

Hal tersebut diungkap pemeriksa intelijen pada Inspektorat V Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Jamwas Kejagung) Luphia Claudia Huae yang dihadirkan sebagai saksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Luphia mengatakan, dirinya pernah memeriksa Pinangki pada 21 Juli 2020 usai foto pertemuannya dengan Djoko Tjandra viral di media sosial.

"Berdasarkan klarifikasi, kemudian ditindaklanjuti inspeksi kasus, kemudian ada penjatuhan hukuman disiplin terhadap terdakwa, yakni pada 20 Juli 2020 dengan surat Wakil Jaksa Agung RI tanggal 29 Juli 2020 dengan penjatuhan hukuman disiplin tingkat berat, yakni pembebasan dari jabatan struktural," ujar Luphia dalam kesaksiannya, Senin (30/11/2020).

Luphia mengatakan, dalam pemeriksaan terhadap Pinangki didapati bahwa pertemuan Pinangki dengan Djoko Tjandra terkait bisnis. Namun Pinangki saat itu mengaku bila Djoko Tjandra bernama Djokcan.

"Tetapi pada saat itu terlapor (Pinangki) tidak mengenal orang tersebut atas nama Djoko Tjandra tetapi Djokcan," kata dia.

Selain itu, pencopotan jabatan diterima Pinangki lantaran Pinangki kerap melalukan perjalanan dinas tanpa izin. Menurut Luphia, Pinangki disangka melanggar aturan aturan 306 Kejagung RI 2007, tentang kode etik prilaku jaksa.

"Jadi untuk perjalanan dinas ada 11 kali perjalanan dinas di 2019 pada 26 Maret, 22 Mei, 1 Juni, 26 Juni, 9 Agustus, 3 September, 4 November, 10 November, 19 November, 25 November dan 19 Desember. Dari tanggal itu ada dua yang dapat memperoleh izin yaitu tanggal 1 Juni dan 3 September. Dengan demikian ada 9 yang tidak izin," kata dia.

 

Periksa Catatan Buruk Pinangki

Luphia mengaku, sebelum Kejagung mejantuhkan sanksi usai Pinangki bertemu Djoko Tjandra, dirinya sempat memeriksa catatan buruk Pinangki. Rupanya, berdasarkan catatan, Pinangki sempat terima hukuman disiplin pada 2012 yakni hukuman berupa penurunan pangkat satu kali lebih rendah selama satu tahun.

"Berdasarkan data pengawasan, pada saat itu bila kita ingin menjatuhkan hukuman disiplin akan cek data. Pada tahun 2012 berdasarkan keputusan Wakil Jaksa Agung RI, Tanggal 13 Januari 2013 Dijatuhi hukuman penurunan pangkat satu lebih rendah selama satu tahun," kata Luphia.

Diketahui, Pinangki didakwa menerima uang senilai USD 500 ribu dari komitmen fee USD 1 juta. Uang tersebut diterima Pinangki dari Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa di Mahkamah Agung (MA). Fatwa MA diperlukan agar Djoko Tjandra bisa lepas dari eksekusi pidana penjara kasus korupsi hak tagih Bank Bali.

Selain itu, Pinangki juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang dan melakukan pemufakatan jahat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Aksi Kocak Orang Jualan 'Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak

Posted: 30 Nov 2020 12:45 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini media sosial tak hanya digunakan unntuk media komunikasi saja. Media sosial juga digunakan untuk berbagi konten lucu dan mengundang gelak tawa. Seperti membagikan tangkapan layar jualan di online shop yang nyatanya bikin geleng kepala.

Salah satu jualan di online shop yang bikin ngakak adalah menjual temen sendiri dengan memberikan keterangan kocak di sana. Mulai dari memberi keterangan jago masak hingga memberi keterangan calon bapak yang baik, menjadi bukti adanya jualan kekasih idaman di online shop benar adanya.

Tangkapan layar jualan kekasih idaman ini bikin ngakak. Candaan tersebut berhasil membuat banyak orang geleng kepala saat melihatnya. Banyak yang heran dengan kelakuan kocak jualan tersebut hingga akhirnya viral di media sosial.

Penasaran kan sekocak apa jualan kekasih idaman di online shop? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, aksi kocak jualan kekasih idaman di online shop, Senin (30/11/2020).

1. Calon bapak yang baik ini sudah terjual 8 lho!

6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/txtdarionlshop)
6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/txtdarionlshop)

2. Nyari yang jago masak? Mungkin ini jawabannya.

6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/awcemi)
6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/awcemi)

3. Pacar orang emang paling menggoda.

6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/ldvaaaa)
6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/ldvaaaa)

4. Astaga sampai ada paketannya lho. Mana terjual 14 lagi.

6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/girlintheedress)
6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/girlintheedress)

5. Cantik sih cuma kok minusnya begitu sih.

6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/flaveescent)
6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/flaveescent)

6. Ada yang minat? Cuma Rp 25 ribu saja.

6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/nayanaray)
6 Aksi Kocak Orang 'Jualan Kekasih Idaman' di Online Shop Ini Bikin Ngakak (sumber: Twitter.com/nayanaray)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benahi Pertahanan, MU Jadi Penampungan Bek Veteran?

Posted: 30 Nov 2020 12:45 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) kembali menambah satu sosok pemain incaran yang coba direkrut pada bursa transfer Januari mendatang. Berbagai laporan yang beredar di media-media Inggris melaporkan, target baru tersebut adalah Jonny Evans yang segera mengakhiri masa baktinya bersama Leicester City.

Menurut The Sun seperti dilansir dari thesportreview, kontrak Evans bersama Leicester City bakal berakhir pada akhir musim Liga Inggris 2020/2021. Dalam artikel yang sama disebutkan, perpanjangan tidak juga menunjukkan titik terang sehingga Evans berpotensi hijrah dengan status bebas transfer. 

MU kabarnya berusaha memanfaatkan situasi ini. Apalagi Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer tengah berusaha memperbaiki sektor pertahanan timnya agar lebih kompetitif lagi pada sisa musim ini. Solskjaer bahkan sudah dibekali uang belanja sebesar 20 juta poundsterling untuk misi tersebut. 

Evans sebenarnya sudah tidak muda lagi. Usia pemain Republik Irlandia itu kini mencapai 32 tahun. 

Meski demikian, Evans juga bukan sosok yang baru bagi Setan Merah. Ya, pada tahun 2006-2015, Evans pernah memperkuat MU dan tampil dalam 198 laga di seluruh kompetisi dengan koleksi 7 gol. 

 

 

Bukan Wajah Baru

Gelandang Aston Villa,  Anwar El Ghazi berusaha merebut bola yang dibawa bek Leicester City, Jonny Evans pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di King Power Stadium, Leicester, Kamis (9/1/2020). Leicester bermain imbang 1-1 atas Aston Villa. (AP Photo / Rui Vieira)
Gelandang Aston Villa, Anwar El Ghazi berusaha merebut bola yang dibawa bek Leicester City, Jonny Evans pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di King Power Stadium, Leicester, Kamis (9/1/2020). Leicester bermain imbang 1-1 atas Aston Villa. (AP Photo / Rui Vieira)

Selama berseragam MU, Evans sempat merasakan dua gelar Premier League dan 2 gelar League Cup.

Usai meninggalkan MU, Evans sempat berlabuh di West Bromwich Albion pada 2015. Tiga tahun kemudian, pemain berposisi bek tersebut kemudian memutuskan pindah ke Leicester City.

Berbagai media mengklaim kalau Solskjaer menyukai tipikal permainan Evans. Sikap yang sama juga ditunjukkan oleh asistennya, Mike Phelan. Meski demikian, jalan kepulangan Evans ke Old Trafford masih panjang mengingat MU juga memiliki kandidat lain untuk mengisi lini belakang mereka. 

 

Incar Ramos

Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (3/11/2020). Real Madrid menang tipis 3-2. (AP Photo/Bernat Armangue )
Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada pertandingan Grup B Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, Selasa (3/11/2020). Real Madrid menang tipis 3-2. (AP Photo/Bernat Armangue )

Satu nama yang juga tengah santer adalah bek veteran, Sergio Ramos. Rumor ini berkembang menyusul ketidakjelasan masa depan Ramos di Santiago Bernabeu. Hingga saat ini, Ramos belum juga menandatangani perpanjangan kontrak meski masa baktinya bakal berakhir di penghujung musim. 

Keinginan merekrut Ramos mendapat dukugan penuh dari mantan striker MU, Dimitar Berbatov. Pria Bulgaria itu menilai Ramos masih akan sangat berguna untuk memperkuat pertahanan MU meski sudah berumur 34 tahun. Berbatov melihat belum terlambat bagi Ramos hijrah ke Liga Inggris.

"Ada banyak spekulasi tentang masa depan Sergio Ramos, menurut laporan baik pemain dan klub belum mencapai kesepakatan tentang kontrak baru. Dengan Ramos 34 tahun, mereka mungkin memperebutkan kontrak satu tahun atau dua tahun," kata Berbatov seperti dikutip dari Sportsmole.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menikmati Bulan Purnama saat Festival Tazaungdaing di Myanmar

Posted: 30 Nov 2020 12:45 AM PST

Bulan purnama terlihat di atas Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival itu dirayakan di Myanmar sebagai hari libur nasional dan menandai akhir musim hujan. (Xinhua/U Aung)
Bulan purnama terlihat di atas Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival itu dirayakan di Myanmar sebagai hari libur nasional dan menandai akhir musim hujan. (Xinhua/U Aung)

Bulan purnama terlihat di atas Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival itu dirayakan di Myanmar sebagai hari libur nasional dan menandai akhir musim hujan. (Xinhua/U Aung)

Bulan purnama terlihat di atas Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival Tazaungdaing, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya, jatuh pada hari bulan purnama di bulan kedelapan kalender tradisional Myanmar. (Xinhua/U Aung)
Bulan purnama terlihat di atas Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival Tazaungdaing, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya, jatuh pada hari bulan purnama di bulan kedelapan kalender tradisional Myanmar. (Xinhua/U Aung)

Bulan purnama terlihat di atas Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival Tazaungdaing, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya, jatuh pada hari bulan purnama di bulan kedelapan kalender tradisional Myanmar. (Xinhua/U Aung)

Seorang anak menyalakan lilin saat Festival Tazaungdaing di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival itu dirayakan di Myanmar sebagai hari libur nasional dan menandai akhir musim hujan. (Xinhua/U Aung)
Seorang anak menyalakan lilin saat Festival Tazaungdaing di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival itu dirayakan di Myanmar sebagai hari libur nasional dan menandai akhir musim hujan. (Xinhua/U Aung)

Seorang anak menyalakan lilin saat Festival Tazaungdaing di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival itu dirayakan di Myanmar sebagai hari libur nasional dan menandai akhir musim hujan. (Xinhua/U Aung)

Seorang anak menyalakan lilin saat Festival Tazaungdaing di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival Tazaungdaing, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya, jatuh pada hari bulan purnama di bulan kedelapan kalender tradisional Myanmar. (Xinhua/U Aung)
Seorang anak menyalakan lilin saat Festival Tazaungdaing di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival Tazaungdaing, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya, jatuh pada hari bulan purnama di bulan kedelapan kalender tradisional Myanmar. (Xinhua/U Aung)

Seorang anak menyalakan lilin saat Festival Tazaungdaing di Yangon, Myanmar (29/11/2020). Festival Tazaungdaing, yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya, jatuh pada hari bulan purnama di bulan kedelapan kalender tradisional Myanmar. (Xinhua/U Aung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona Senin 30 November 2020: 538.883 Positif Covid-19, Sembuh 450.518, Meninggal 16.945

Posted: 30 Nov 2020 12:42 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Per data hari ini, Senin (30/11/2020), ada penambahan 4.617 orang yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Sehingga, total akumulatifnya ada 538.883 orang di Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19 sampai saat ini.

Keseluruhan data tersebut berdasarkan informasi dari Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19.

Terkait kasus sembuh, terdapat penambahan 4.725 orang pada hari ini. Jadi, total akumulatif ada 450.518 pasien Corona Covid-19 sudah dinyatakan sembuh dan negatif di Indonesia hingga kini.

Sementara itu, pada hari ini ada penambahan 130 orang yang meninggal dunia. Total akumulatifnya hingga saat ini, ada 16.945 pasien Corona Covid-19 meninggal dunia di Indonesia.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 29 November 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Permintaan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi mengingatkan para kepala daerah fokus mengendalikan COVID-19 dan mengampanyekan penerapan protokol kesehatan saat ratas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020). (Kementerian Sekretariat Negara)
Presiden Jokowi mengingatkan para kepala daerah fokus mengendalikan COVID-19 dan mengampanyekan penerapan protokol kesehatan saat ratas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020). (Kementerian Sekretariat Negara)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah untuk memegang penuh kendali penanganan Covid-19. Bukan hanya urusan kesehatan, namun juga masalah ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Saya minta Menteri Dalam Negeri mengingatkan sekali lagi, kepada para gubernur, bupati, dan wali kota untuk betul-betul memegang penuh kendali di wilayah masing-masing yang berkaitan dengan masalah Covid-19 dan juga yang berkaitan dengan masalah ekonomi," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (30/11/2020).

Dia menekankan, kepala daerah wajib melindungi keselamatan warganya. Jokowi kembali mengingatkan bahwa keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi.

"Dengan memegang angka-angka kasus, kasus aktif, angka kesembuhan angka kematian dan indikator-indikator ekonomi yang ada," kata dia.

Pada rapat terbatas sebelumnya, Jokowi juga meminta Tito Karnavian menegur kepala daerah yang melanggar protokol kesehatan, khususnya berkerumun saat pandemi Covid-19. Dia mengatakan, kepala daerah seharusnya memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

"Saya juga minta kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengingatkan, kalau perlu menegur, kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk bisa memberikan contoh-contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun," tutur Jokowi, Senin 16 November 2020.

 

Perjalanan Kasus Corona di Indonesia

Ilustrasi corona covid-19 (Foto: Pixabay/fernando zhiminaicela)
Ilustrasi corona covid-19 (Foto: Pixabay/fernando zhiminaicela)

Kasus infeksi virus Corona pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China Desember 2009. Dari kasus tersebut, virus bergerak cepat dan menjangkiti ribuan orang, tidak hanya di China tapi juga di luar negara tirai bambu tersebut.

2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan kasus Covid-19 pertama di Indonesia. Pengumuman dilakukan di Veranda Istana Merdeka.

Ada dua suspect yang terinfeksi Corona, keduanya adalah seorang ibu dan anak perempuannya. Mereka dirawat intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi atau RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Kontak tracing dengan pasien Corona pun dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan lebih luas. Dari hasil penelurusan, pasien positif Covid-19 terus meningkat.

Sepekan kemudian, kasus kematian akibat Covid-19 pertama kali dilaporkan pada 11 Maret 2020. Pasien merupakan seorang warga negara asing (WNA) yang termasuk pada kategori imported case virus Corona. Pengumuman disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Urusan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat

Yurianto mengatakan, pasien positif Covid-19 tersebut adalah perempuan berusia 53 tahun. Pasien tersebut masuk rumah sakit dalam keadaan sakit berat dan ada faktor penyakit mendahului di antaranya diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan penyakit paru obstruksi menahun yang sudah cukup lama diderita.

Jumat 13 Maret 2020, Yurianto menyatakan pasien nomor 01 dan 03 sembuh dari Covid-19. Mereka sudah dibolehkan pulang dan meninggalkan ruang isolasi.

Pemerintah kemudian melakukan upaya-upaya penanganan Covid-19 yang penyebarannya kian meluas. Di antaranya dengan mengeluarkan sejumlah aturan guna menekan angka penyebaran virus Corona atau Covid-19. Aturan-aturan itu dikeluarkan baik dalam bentuk peraturan presiden (perpres), peraturan pemerintah (PP) hingga keputusan presiden (keppres)

Salah satunya Keppres Nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Keppres ini diteken Jokowi pada Jumat, 13 Maret 2020. Gugus Tugas yang saat ini diketuai oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ini dibentuk dalam rangka menangani penyebaran virus Corona.

Gugus Tugas memiliki sejumlah tugas antara lain, melaksanakan rencana operasional percepatan penanangan virus Corona, mengkoordinasikan serta mengendalikan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan virus Corona.

Sementara itu, status keadaan tertentu darurat penanganan virus Corona di Tanah Air ternyata telah diberlakukan sejak 28 Januari sampai 28 Februari 2020. Status ditetapkan pada saat rapat koordinasi di Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) saat membahas kepulangan WNI di Wuhan, China.

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo menjelaskan, karena skala makin besar dan Presiden memerintahkan percepatan, maka diperpanjang dari 29 Februari sampai 29 Mei 2020. Sebab, daerah-daerah di tanah air belum ada yang menetapkan status darurat Covid-9 di wilayah masing-masing.

Agus Wibowo menjelaskan jika daerah sudah menetapkan status keadaan darurat, maka status keadaan tertentu darurat yang dikeluarkan BNPB tidak berlaku lagi.

Penanganan kasus virus corona (Covid 19) pun semakin intens dilakukan. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mereduksi sekaligus memberikan pengobatan terhadap mereka yang terpapar Covid-19.

Berdasarkan situs covid19.go.id, sebanyak 140 rumah sakit di Tanah Air dijadikan rujukan untuk penanganan pasien Covid-19. Ada pula sejumlah tempat yang dijadikan rumah sakit darurat.

Salah satunya, pemerintah resmi menjadikan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sebagai rumah sakit darurat untuk pasien Covid 19. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi, Senin 23 Maret 2020. Begitu dibuka, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran langsung menerima pasien.

Ada pula Rumah Sakit Darurat di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Pulau tersebut dulunya merupakan tempat penampungan warga Vietnam. Tempat tersebut telah dirapikan dan bisa menampung 460 pasien. Sejumlah tempat milik pemerintah lainnya juga dijadikan tempat isolasi pasien yang terpapar Covid-19.

Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

405 Saham Melemah, IHSG Ditutup Anjlok ke 5.612,41

Posted: 30 Nov 2020 12:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan saham awal pekan ini. Sebanyak 405 saham melemah sehingga membawa bursa saham Indonesia ke zona merah.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (30/11/2020), IHSG ditutup turun dalam 170,92 poin atau 2,96 persen ke posisi 5.612,41. Sementara, indeks saham LQ45 melemah 4,03 persen ke posisi 883,06.

Selama perdagangan, IHSG berada di posisi tertinggi pada level 5.798,29 dan terendah 5.563,86.

Pada sesi penutupan pedagangan, 112 saham perkasa tetapi tak mampu membawa IHSG ke zona hijau. Sementara itu, sebanyak 405 saham melemah sehingga menekan IHSG. Di luar itu, 115 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham sangat ramai. Total frekuensi perdagangan saham 1.960.583 kali dengan volume perdagangan 35,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 32,8 triliun.

Investor asing jual saham Rp 2,52 triliun di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.125.

Dari 10 sektor saham pembentuk IHSG, hanya ada satu sektor yang menguat yaitu perkebunan yang naik 2,21 persen.

Sektor yang melemah dipimpin oleh infrastruktur yang anjlok 5 persen. Kemudian diikuti sektor aneka industri yang melemah 3,92 persen dan sektor keuangan turun 3,31 persen.

Saham yang menguat antara lain TOBA yang naik 23,50 persen ke Rp 494 per lembar saham. Kemudian HRUM yang naik 21,40 persen ke Rp 2.780 per lembar saham dan YPAS yang naik 16,67 persen ke Rp 462 per lembar saham.

Saham yang melemah sehingga menekan IHSG antara lain CSAP yang melemah 6,99 persen ke Rp 346 per lembar saham. Kemudian LPPF turun 6,99 persen ke Rp 1.265 per lembar saham dan UNTR turun 6,98 persen ke Rp 23.000 per lembar saham.

 

Pembukaan Perdagangan

Layar pergerakan saham terlihat di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2019). Pada penutupan IHSG 2019 ditutup melemah cukup signifikan 29,78 (0,47%) ke posisi 6.194.50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Layar pergerakan saham terlihat di BEI, Jakarta, Senin (30/12/2019). Pada penutupan IHSG 2019 ditutup melemah cukup signifikan 29,78 (0,47%) ke posisi 6.194.50. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan awal pekan ini. Pada praperdagangan, IHSG sempat berada di zona merah.

Pada pra-pembukaan perdagangan Senin (30/11/2020), IHSG turun 3,66 poin atau 0,06 persen ke level 5.779,67. Namun pada pembukaan perdagangan pukul 09.00, IHSG menguat 6,23 poin atau 0,12 persen ke 5.790,33.

Sementara indeks saham LQ45 juga menguat 0,07 persen ke posisi 920,49. Sebagian besar indeks acuan bergerak di zona hijau

Di awal perdagangan ini, IHSG berada di posisi tertinggi pada level 5.798,29. Sedangkan terendah 5.779,67.

Sebanyak 227 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Kemudian 46 saham melemah dan 189 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham cukup ramai yaitu 52.012 kali dengan volume perdagangan 1,2 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 641,3 miliar.

Tercatat, investor asing jual saham di pasar regular mencapai Rp 66,59 miliar. Sedangkan nilai tukar rupiah berada di 14.101 per dolar AS.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, hanya tiga sektor yang berada di zona merah yaitu sektor infrastruktur yang turun 0,8 persen, sektor keuangan turun 0,12 persen dan perdagangan turun 0,7 persen.

Sementara sektor yang menguat dipimpin oleh perkebunan yang melesat 3,36 persen. Kemudian diikuti sektor konstruksi yang naik 1,61 persen dan sektor pertambangan naik 0,27 persen.

Saham-saham yang menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau antara lain WAPO naik 12,5 persen ke Rp 72 per lembar saham. Kemudian LPKR naik 11,65 persen ke Rp 232 per saham dan HITS naik 11,61 persen ke Rp 500 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain ERTX turun 6,72 persen ke Rp 125 per lembar saham, TGRA yang turun 6,92 persen ke Rp 107per lembar saham dan EPAC turun 6,71 persen ke Rp 139 per saham.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nafa Urbach Akui Banyak Tolak Acara TV Lantaran Ingin Berpindah ke Webseries

Posted: 30 Nov 2020 12:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nafa Urbach beberapa waktu belakangan memang sudah jarang terlihat di televisi. Rupanya di balik itu semua memang Nafa Urbach sendiri yang memutuskan untuk banyak menolak tawaran-tawaran yang datang kepadanya.

Hal itu terungkap dari unggahan Nafa Urbach di Instagram Story-nya beberapa waktu lalu. Nafa Urbach melempar pertanyaan terkait minat warganet terhadap tayangan televisi.

"Morning guys, semalam banyak yang nanyak ini, soal sekarang ini apakah masih banyak yang nonton TV? Kalian team mana, masih nonton TV atau Netflix? Aku sih team streaming yah, acara TV kurang oke sih sekarang," tulis Nafa Urbach.

 

Tolak Tawaran

Nafa Urbach Akui Banyak Tolak Acara TV Lantaran Ingin Berpindah ke Webseries. (instagram.com(nafaurbach)
Nafa Urbach Akui Banyak Tolak Acara TV Lantaran Ingin Berpindah ke Webseries. (instagram.com(nafaurbach)

Hasilnya, sebagian besar warganet lebih memilih layanan streaming ketimbang tayangan televisi. Hal itu rupanya sejalan dengan sikap yang diambil Nafa Urbach beberapa waktu belakangan ini.

"Nah sekarang kalian tahu yah kenapa aku banyak nolak acara TV, karena memang sekarang semua sedang berpindah ke streaming semua guys," papar Nafa.

 

Pindah

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Lebih Lanjut, Nafa Urbach juga mengatakan bahwa ia mulai pindah dari mengisi acara-acara televisi, ke webseries yang disediakan oleh layanan-layanan streaming.

 

Alasan

Nafa Urbach Akui Banyak Tolak Acara TV Lantaran Ingin Berpindah ke Webseries. (instagram.com/nafaurbach)
Nafa Urbach Akui Banyak Tolak Acara TV Lantaran Ingin Berpindah ke Webseries. (instagram.com/nafaurbach)

Ada beberapa alasan yang mendasari Nafa Urbach lebih memilih webseries. Salah satunya adalah waktu kerja yang cenderung lebih singkat dibanding sinetron televisi.

"Hampir semua PH bikin webseries. So, aku juga akan berpindah, di webseries, selain kerjanya enggak lama, episodenya hanya 12-16 epsd," tutup Nafa Urbach.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Banyak Produk Gaya Hidup Korea, iLotte.com Ubah Nama Jadi iStyle.id

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya popularitas budaya Korea ikut meningkatkan minat konsumen terhadap segala produk gaya hidup asal Negeri Ginseng. Merespons hal itu, iLotte.com mengubah nama menjadi iStyle.com pada 16 November 2020 dan makin serius menggarap potensi pasar dengan menghadirkan beragam fitur terkait gaya hidup Korea.

Salah satu fitur baru yang dihadirkan adalah K-Hub. Dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, fitur tersebut menyediakan informasi dan ulasan seputar kecantikan dan gaya hidup Korea. Konsumen juga bakal terhubung dengan K-Mall, yakni halaman khusus untuk berbelanja produk asal Korea secara daring.

Produk yang tersedia mulai dari kosmetik, produk perawatan wajah, fesyen, hingga album idol K-Pop. iStyle.id menjamin semua produk yang dijual adalah barang-barang orisinal dari Korea dan ternama. Dari kategori produk kecantikan misalnya, beberapa merupakan merek yang sudah dikenal dan memiliki flagship store di Indonesia, tetapi lainnya terbilang populer di kalangan beauty enthusiast, seperti KLAVUU, The Ordinary, dan Krave Beauty.

Sementara, dari kategori fesyen tersedia beragam jeans, busana, hingga tas branded yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Di laman tersebut, pecinta K-Pop bisa menemukan album orisinal dari artis-artis populer, seperti BTS, NCT, dan Blackpink. Beragam promo dan diskon pun tersedia untuk sejumlah produk.

"Pelanggan bisa mengakses K-Hub di aplikasi maupun situs resmi iStyle.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk dan penawaran yang tersedia, pelanggan dapat mengakses langsung di www.istyle.id ataupun melalui mobile app iStyle.id yang tersedia di iOS dan Android," demikian bunyi keterangan tertulis tersebut.

Infografis Belanja Online

Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)
Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Konten bagi-bagi hadiah uang tunai kerap bermunculan di media sosial. Tak jarang konten tersebut mencatut nama pesohor. Satu di antaranya artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Akun Facebook Rafii & Nagitaa menyebarkan konten bagi-bagi hadiah berupa uang tunai hingga Rp 100 juta. Akun Facebook Rafii & Nagitaa mengunggah video berdurasi 7 jam 59 menit yang berisi bagi-bagi hadiah dari Nagita Slavina.

Warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

"NO HOAX LANGSUNG TRANSFERLANGSUNG CAIR HARI INI !!!

BUAT KALIAN BACA BAIK BAIK!! JIKA ADA YANG WHATSAPP MINTA TRANSFER UANG JANGAN MAU ITU PENIPU!! INI GRATIS TANPA BIAYA SEPESERPUN ‼️

SPAM P 20X = 10 JT

SPAM P 30X = 30 JT

SPAM P 50X = 50 JT

SPAM P 100X = 100JT

DAN WAJIB SHARE SEBANYAK BANYAKNYAINGAT JIKA ADA YANG MEMINTA BIAYA ADMINISTRASI ITU BUKAN KAMI," tulis akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Konten yang disebarkan akun Facebook Rafii & Nagitaa telah 61 ribu kali dibagikan dan mendapat 30 ribu komentar warganet.

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri konten bagi-bagi hadiah mencatut nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Penelusuran dilakukan dengan mengecek akun Facebook resmi Raffi Ahmad. Hasilnya terdapat video identik dengan yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Video tersebut memang berisi tayangan Nagita Slavina tengah memberikan hadiah kepada para fansnya. Video itu diunggah pada 14 Mei 2020 lalu.

Dalam video berdurasi 48 menit 38 detik itu, Nagita tampak memberikan tata cara mengikuti giveaway.

"Subscribe YouTubenya Rans Entertainment. Kalau sudah di-subscribe nonton video sebanyak-banyaknya yang di playlist Rans Ramadhan 2020. Kalian nonton sebanyak-banyaknya dan komen sebanyak-banyaknya. Karena kalau kamu nonton dan komen sebanyak-banyaknya, kesempatannya semakin besar. Komen tidak boleh spam dan komen yang baik. Komen harus pake hastag hadiah lebaran. Komen harus ada nomor telepon, yang keempat harus ada akun instagramnya. Akun instagram enggak boleh bodong, fake account, dan harus diverifikasi oleh kita. Keputusan ini adalah mutlak," kata Nagita dalam video tersebut.

Konten Serupa Catut Baim Wong

Pada September 2020 lalu, nama artis sekaligus YouTuber Baim Wong juga sempat dicatut namanya dalam konten bagi-bagi hadiah.

Adalah Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY memuat beberapa unggahan yang mengklaim membagikan hadian sejumlah uang dengan syarat tertentu.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang.

Namun setelah ditelusuri, klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY ternyata tidak benar alias hoaks. Baim tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

 

 

Kesimpulan

Konten bagi-bagi hadiah yang mencatut nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa ternyata tidak benar.

Video yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa merupakan video lama. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga tidak pernah membagikan hadiah cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P". Konten yang diunggah akun Facebook Rafii & Nagitaa masuk kategori palsu.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rilis Lagu, Ini 6 Momen Keisya Levronka Bareng Erdin Werdrayana di Video Klip Terbaru

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada 18 November 2020, Keisya Levronka merilis singel baru yang berjudul 'Lagu untuk Hari Ini'. Nama Keisya Levronka sendiri tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Keisya merupakan salah satu peserta ajang pencarian bakat Indonesia Idol 2019.

Sejak menjadi peserta ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Keisya Levronka sudah memiliki banyak penggemar. Sepanjang tahun 2020, penyanyi berusia 17 tahun ini sudah mengeluarkan 3 singel lagu. Hal tersebut tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa setelah keluar dari Indonesian Idol 2019.

Dalam singel terbarunya ini, Erdin Werdrayana tampil sebagai model video klip. Erdin Werdrayana kini tengah naik daun setelah memerankan tokoh di Bima di sinetron Anak Band. Jadi model video klip bersama Keisya Levronka, kebersamaan dua bintang muda Indonesia ini pun sukses membuat para penikmat musikl terbawa perasaan.

Walaupun baru pertama kali terlibat dalam project bersama, namun dua bintang Indonesia yang terpaut usia 3 tahun ini sukses menyita perhatian publik. Chemistry yang dibangun oleh Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka dalam video klip terbaru Keisya ini terlihat sangat romantis.

 Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret manis Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka dalam video klip terbaru, Senin (30/11/2020).

1. Begini momen manis Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di video klip singel terbaru Keisya yang berjudul 'Lagu untuk Hari Ini'.

Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: YouTube/ Keisya Levronka Channel)
Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: YouTube/ Keisya Levronka Channel)

2. Dalam video klip tersebut, dua bintang muda Indonesia ini mampu membangun chemistry yang apik.

Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: YouTube/ Keisya Levronka Channel)
Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: YouTube/ Keisya Levronka Channel)

3. Lagu untuk Hari Ini merupakan lanjutan dari singel Keisya sebelumnya yakni yang berjudul Tergesa.

Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: Instagram.com/erdin.werdrayana)
Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: Instagram.com/erdin.werdrayana)

4. Walaupun baru pertama kali terlibat dalam satu project, namun keduanya sukses menyita perhatian publik.

Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: YouTube/ Keisya Levronka Channel)
Momen Erdin Werdrayana dan Keisya Levronka di Singel Terbaru. (Sumber: YouTube/ Keisya Levronka Channel)

5. Ini adalah cuplikan behind the scene singel terbaru Keisya yang berjudul 'Lagu untuk Hari Ini'.

6. Tak sedikit warganet yang gemas dengan kebersamaan Keisya dan Erdin Werdrayana di singel terbaru Keisya tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak Alasan Ayu Ting Ting Tidak Nongkrong dengan Teman Artis

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan artis akan bergaul dengan rekan sesama artis. Namun tidak demikian dengan penyanyi dangdut kondang, Ayu Ting Ting.

Kekasih Adit Jayusman ini lebih sering terlihat bermain dengan teman-teman dekat rumahnya di Depok, Jawa Barat. Di Instagram terverifikasi miliknya pun jarang terlihat Ayu nongkrong bersama kalangan selebritas.

Mengenai hal ini, Ayu Ting Ting memberi penjelasan. Rupanya, ia memang lebih nyaman bila bergaul dengan orang-orang biasa.

Bisa Diajak Susah

"Karena buat aku, setiap orang kan punya kesenangan masing-masing. Kalau aku lebih senang sama teman-teman aku, teman SMA, lingkungan rumah, karena mereka lebih bisa aku ajak susah, aku ajak nongkrong di mana aja," kata Ayu Ting Ting, di YouTube Rio Motret belum lama ini.

Khawatir

Pedangdut cantik yang memiliki nama asli Ayu Rosmalina ini selalu memperhatikan penampilannya. Maklum, Ayu adalah salah satu publik figur ternama Tanah Air. Maka tak heran Ayu sering gonta-ganti gaya rambut. Salah satunya saat rambut panjangnya dibuat bergelombang. (Liputan6.com/IG/@ayutingting92)
Pedangdut cantik yang memiliki nama asli Ayu Rosmalina ini selalu memperhatikan penampilannya. Maklum, Ayu adalah salah satu publik figur ternama Tanah Air. Maka tak heran Ayu sering gonta-ganti gaya rambut. Salah satunya saat rambut panjangnya dibuat bergelombang. (Liputan6.com/IG/@ayutingting92)

Bila bermain bersama rekan-rekan selebritas, Ayu Ting Ting khawatir mereka hanya mau di ajak ke tempat-tempat tertentu saja.

"Kalau artis kan takutnya nanti aku ajak ke sini mereka enggak senang, enggak terbiasa. Kalau teman-teman aku mau diajak lesehan ke mana, hayo aja," tuturnya.

"Karena ya bisa diajak kemana aja, kalau sesama artis kan belum tentu suka atau senang, kita ajak ke sini, ke situ," paparnya.

Tetap Berteman

Kendati demikian, bukan berarti Ayu Ting Ting menutup pertemanan dengan kaum seleb. Ia juga sangat menjaga baik hubungan dengan rekan-rekan seprofesinya.

Seperti diketahui, ia bersahabat baik dengan Ruben Onsu, Ivan Gunawan, dan lainnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rivan Nurmulki Bersaing di Papan Atas Daftar Top Skor Liga Voli Jepang

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rivan Nurmulki memanaskan persaingan di papan atas daftar tops skor V.League Division 1 Jepang. Andalan timnas voli Indonesia itu kini menempati peringkat keempat dengan 225 poin.

Rivan Nurmulki naik tiga tingkat dari posisi dua pekan lalu. Terdongkraknya posisi pemain berposisi opposite itu tidak lepas dari raihan 51 yang didapat saat melawan Panasonic Panthers.

Di laga pertama melawan Panasonic, Sabtu (28/11/2020), Rivan mencetak 30 poin. Sehari kemudian pada laga kedua masih melawan Panasonic, dia menorehkan 21 poin.

Rivan terpaut 66 poin dari bintang JTEKT Stings Yuji Nishida yang ada di posisi pertama. Sementara dengan Bartosz Kurek dari Wolfdogs Nagoya yang ada di posisi kedua, dia tertinggal 47 poin.

Peringkat ketiga diduduki pemain asing Toray Arrows Krisztian Padar yang mengantongi 253 poin, unggul satu poin dari Rivan.

 

 

 

Daftar Top Skor V.League Division 1 Jepang

Rivan Nurmulki melancarkan smes saat timnya Nagano Tridents menghadapi JTEKT Stings dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang, Jumat (23/10/2020). (foto: Instagrram: @melt_aya.0205)
Rivan Nurmulki melancarkan smes saat timnya Nagano Tridents menghadapi JTEKT Stings dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang, Jumat (23/10/2020). (foto: Instagrram: @melt_aya.0205)

Peringkat - Nama - Klub - Jumlah Poin

1. Yuji Nishida - JTEKT Stings - 291

2. Bartosz Kurek - Wolfdogs Nagoya - 272

3. Krisztian Padar - Toray Arrows - 253

4. Rivan Nurmulki - Nagano Tridents - 225

5. Masahiro Yanagida - Suntory Sunbird - 224

6. Jhon Wendt - Osaka Blazers Sakai - 215

7. Kenta Takanashi - Wolfdogs Nagoya - 180

8. Premovic Peter - FC Tokyo - 179

9. Kunihiro Shimizu - Panasonic Panthers - 177

10. Curtis Stockton - Oita Miyoshi Weisse Adler - 173

Klasemen V.League Division 1

ilustrasi Voli (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Voli (Liputan6.com/Abdillah)

Posisi-Tim-Main-Menang-Kalah-Set-Poin

1. Wolfdogs Nagoya Nagoya 12 10 2 32:12 29

2. Suntory Sunbirds 12 10 2 33:17 28

3. Panasonic Panthers 12 9 3 31:16 27

4. JTEKT Stings 12 9 3 30:20 23

5. JT Thunders 12 7 5 27:18 22

6. Toray Arrows 12 7 5 25:22 20

7. Osaka Sakai 12 5 7 22:26 16

8. FC Tokyo 12 2 10 16:30 9

9. Nagano Tridents 12 1 11 11:35 4

10. Oita Miyoshi 12 0 12 5:36 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembatasan Kerumunan di Pasar Tumpah Kota Probolinggo

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Surabaya- Tim gabungan di Kota Probolinggo berupaya menghentikan penyebaran Covid-19. Tim gabungan Satpol PP, TNI, Polri dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo membatasi kerumunan yang terjadi di pasar tumpah alun-alun.

Tindakan ini menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Polresta Probolinggo, Pemkot Probolinggo dan Kodim 0820, Jum'at (27/11/2020).

Sebenarnya, pembatasan kerumunan sudah dilakukan DKUPP Probolinggo sejak awal pandemi Covid-19. Angka kasus sempat turun dan pemerintah melonggarkan aktivitas jual beli.

"Intinya kami tekankan agar pedagang tidak menciptakan kerumunan, mungkin bisa dengan berjualan secara online," ujar Kepala DKUPP Kota Probolinggo, Fitriawati, seperti yang dikutip dari Timesindonesia.co.id, Senin (30/11/2020).

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Probolinggo Agus Efendi mengatakan, alasan penutupan sementara Pasar Tugu di CFD Alun-Alun sebagai upaya antisipasi gangguan keamanan, ketertiban umum, dan ketentraman masyarakat.

"Memang berdampak pada faktor ekonomi, tetapi jika dibandingkan dengan masalah kesehatan dan keselamatan, maka nilainya lebih tinggi masalah kesehatan dan keselamatan," ucapnya.

Pemkot Probolinggo melalui Satpol PP, bersama TNI dan Polri pun, rajin menggelar sosialisasi dan mengingatkan masyarakat untuk tidak menimbulkan kerumunan sekaligus penegakan disiplin protokol kesehatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Mencegah Klaster Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Posted: 30 Nov 2020 12:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran Covid-19 masih terus terjadi di tanah air. Salah satunya lewat klaster keluarga. Ada sejumlah langkah bisa dilakukan untuk mencegah penularan lewat klaster keluarga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akun Instagram Jennie Blackpink Diretas Hacker

Posted: 30 Nov 2020 12:29 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jennie Blackpink mengungkapkan bahwa seseorang telah meretas akun Instagram miliknya. Ia mengatakan perlu beberapa bulan untuk bisa kembali mendapatkannya dari hacker.

Mengutip laman Hype, Senin (30/11/2020), selain memiliki akun Instagram resmi @jenniebyrubyjane, Jennie juga punya akun lain yakni @lesyeuxdini.

Akun kedua @lesyeuxdini lebih personal dan berisi hasil-hasil fotografi yang merupakan hobinya.

Belum lama ini, Jennie mengubah akun Instagram sekundernya itu ke mode publik sebagai hadiah khusus untuk penggemar setianya.

Peretasan itu dikonfirmasi oleh Jennie melalui Instagram Story.

"Butuh waktu hampir dua bulan untuk mendapatkan akun ini kembali. Tolong hargai privasi saya," tulisnya di unggahan itu.

 

Warganet Ungkap Pelaku Terduga Peretasan

Jennie BLACKPINK (Dok Tokopedia)
Jennie BLACKPINK (Dok Tokopedia)

Masalah ini bahkan menarik perhatian banyak BLINK (penggemar Blackpink) di Twitter. Sebagian besar dari mereka menyebut para haters untuk menghargai privasi Jennie.

Selain itu, warganet juga mengungkap identitas seseorang yang diduga sebagai pelaku peretasan akun Instagram @lesyeuxdenini tersebut, dan mendesak sesama pengguna untuk melapor kepada terduga peretas itu.

 

Cuitan Para Penggemar

Jennie BLACKPINK (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/CGCJQ0mDlwv/)
Jennie BLACKPINK (dok. Instagram @jennierubyjane/https://www.instagram.com/p/CGCJQ0mDlwv/)

Berikut beberapa cuitan warganet yang menanggapi masalah ini di Twitter, dengan tagar #RespectJennie.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu: Masih Ada Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 Saat Kampanye Pilkada

Posted: 30 Nov 2020 12:26 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia Abhan mengatakan, pelanggaran terhadap protokol kesehatan masih ditemukan saat pelaksanaan kampanye Pilkada Serentak 2020.

"Pelanggaran di protokol kesehatan masih ada ya. Jadi, kampanye melebihi 50 orang, kemudian, misalnya tidak melebihi 50 orang tetapi tidak memakai masker, tidak jaga jarak," kata Abhan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (30/11/2020), seperti dikutip dari Antara.

Abhan mengatakan hal itu kepada wartawan di sela acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bawaslu RI dan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto serta Universitas Wijayakusuma Purwokerto di Pendopo Sipanji, Purwokerto.

Menurut dia, sanksi terberat terhadap pelanggaran protokol tersebut berupa pembubaran kegiatan kampanye dan dikurangi jatah jadwal kampanye-nya.

"Tidak sampai digugurkan (diskualifikasi). Di Undang-Undang Pilkada enggak ada ketentuan pelanggaran prokes (protokol kesehatan) itu sampai diskualifikasi, enggak ada," jelas dia.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia, dia mengatakan sampai saat ini, penyelenggara pemilu baik Komisi Pemilihan Umum (RI) maupun Bawaslu RI, pemerintah, dan Komisi II DPR RI tetap pada putusan bahwa pesta demokrasi itu dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Lebih lanjut Abhan mengatakan pencegahan Covid-19 bukan merupakan tanggung jawab Bawaslu karena penyakit yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru itu bisa menyerang semua orang dan pemerintah pun telah membentuk Satgas Penanganan Covid-19.

"Pemerintah juga sudah menyatakan sebagai kondisi darurat bencana nonalam. Undang-undangnya (UU Pilkada) sudah menyatakan (sanksi) tapi enggak sampai diskualifikasi, yang ada hanya administrasi kami hentikan, kemudian dikurangi sanksinya, dikurangi masa jadwal-nya. Sanksi pidana-nya ada di undang-undang lain di wilayah polisi, ada UU Karantina, ada UU Wabah, dan sebagainya," Ketua Bawaslu ini menandaskan.

Protokol kesehatan di tahapan pilkada

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan (Merdeka/genan)
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Abhan (Merdeka/genan)

Terkait dengan data penyebaran Covid-19 di wilayah yang menyelenggarakan pilkada, dia mengatakan pihaknya selalu mengacu pada data yang disajikan oleh Satgas Penanganan Covid-19.

"Dari paparan Satgas Covid-19 terakhir kemarin bahwa kecenderungannya daerah yang berpilkada itu malah turun (angka penularan Covid-19)," ucap dia.

Kendati demikian, dia mengimbau penyelenggara pilkada maupun masyarakat untuk tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dalam hal ini, kata dia, KPU RI telah menerapkan protokol kesehatan di setiap tahapan pilkada, mulai dari kampanye hingga saat pemungutan suara. Bahkan, lanjut dia, KPU juga telah menerbitkan PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) yang mengatur pelaksanaan pilkada di tengah pandemik Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kegiatan Wagub DKI Sebelum Terkonfirmasi Positif Covid-19

Posted: 30 Nov 2020 12:23 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Jumat (27/11/2020). Riza mengaku saat ini pihaknya tengah menjalankan isolasi mandiri.

"Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat (27/11/2020) kemarin menunjukkan positif Covid-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali," kata Riza dalam keterangan pers, Minggu (29/11/2020).

Politikus Gerindra tersebut mengatakan, sebelum dinyatakan positif telah melakukan tes swab selama dua kali berturut-turut. Yakni pada Kamis (26/11/2020) dengan hasil negatif, dan lalu dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11/2020) dengan hasil terkonfirmasi positif

"Jadi, temuan positif Covid-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya," ucapnya.

Ariza menyatakan, staf dan anggota keluarga telah menjalankan tes swab Covid-19. Selain itu dia mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Tanam Pohon hingga Panggilan Polda

Berikut sejumlah agenda kegiatan yang dihadiri Riza Patria sebelum dinyatakan positif Covid-19:  

- Pada Jumat (27/11/2020) Riza menghadiri rapat paripurna dengan anggota DPRD DKI Jakarta.

Berdasarkan unggahan di media sosial instagram @bangariza, dia menghadiri pelantikan komandan komando resimen mahasiswa (Menwa) Mahawarman Jawa Barat di Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat.

- Kamis (26/11/2020), Riza juga menghadiri agenda rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. - - Rabu (25/11/2020) Riza menghadiri Forum Group Discussion (FGD) bertajuk "Menyiapkan Masyarakat Jakarta Menghadapi Analog Switch-off 2022" di Gedung Graha Mental Spiritual, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut diunggah di akun media sosial instagram @bangariza. Selain itu di hari yang sama, Wagub DKI juga melayani sejumlah wawancara dengan para awak media.

- Selasa (24/11/2020) Riza menghadiri acara penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Markas Koopsau I, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Lalu, dia juga sempat datang pada launching program beasiswa 1.000 sarjana di Balaikota, Jakarta Pusat. Ada pula hadir dalam rapat pansus Kawasan Berikat Nusantara (KBN) di gedung DPRD DKI Jakarta.

- Senin (23/11/2020), dia memenuhi panggilan polisi di Polda Metro Jaya untuk memberikan klarifikasi tentang kerumunan di acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Perempuan Indonesia Ditemukan dalam Koper di Makkah, 2 WNI Ditangkap Polisi Saudi

Posted: 30 Nov 2020 12:21 AM PST

Liputan6.com, Jeddah - Jenazah seorang perempuan asal Indonesia ditemukan dalam koper di Makkah. Pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia telah membenarkan adanya kejadian tersebut. 

Menurut laporan Kemlu, Senin (30/11/2020), jasad WNI ini memiliki inisial A dan berusia 23 tahun. Pihak Kemlu ikut terlibat dan menghubungi pihak keluarga. 

Dua orang laki-laki telah ditangkap oleh kepolisian Arab Saudi di Makkah. Pihak Kemlu menyediakan bantuan hukum dan penerjemah.

Belum diketahui apa penyebab kematian korban.

Kepolisian Makkah masih melakukan investigasi. Berdasarkan hasil visum, tak ada ditemukan luka dalam tubuh korban, namun otopsi akan dilakukan. 

Kemlu Hubungi Keluarga Jenazah

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI (kredit: Kemlu.go.id)
Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI (kredit: Kemlu.go.id)

Sejauh ini pihak Kemlu telah menghubungi keluarga dari jenazah berinisial A. Pendampingan hukum juga dilakukan bagi dua WNI yang diperiksa polisi.

KJRI Jeddah ikut menghubungi keluarga Almh A dan melakukan pendampingan hukum terhadap dua WNI yang ditangkap.

"KJRI telah menyediakan jasa penerjemah selama kedua WNI tersebut menjalani pemeriksaan dari otoritas setempat," tulis Kemlu.

Selain itu, pihak konsuler di Jeddah juga membantu proses pengurusan jenazah.

"KJRI juga akan membantu proses pemulasaraan jenazah A sesuai permintaan keluarga."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Fitrie Kirana: Remaja Perlu Tahu Pentingnya Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Posted: 30 Nov 2020 12:20 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ade Fitrie Kirana mengungkapkan pentingnya remaja, khususnya remaja putri, mengetahui kesehatan organ reproduksi. Menurutnya, pembahasan mengenai kesehatan organ reproduksi sangat minim diberikan kepada remaja di Indonesia.

Pesinetron Islam KTP SCTV ini menjelaskan, kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. "Menurut saya, pengetahuan tentang kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting, terutama pada remaja," kata Ade Fitrie Kirana kepada pewarta, Minggu (29/11/2020).

"Karena dengan mengetahui dan memahami, yang dimaksudkan agar keadaan sejahtera fisik, membuat mental dan sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan fungsi, peran dan sistem reproduksi remaja tersebut," Ade Fitrie Kirana menambahkan.

 

 

Sehat Secara Mental

Ade Fitrie Kirana (ist)
Ade Fitrie Kirana (ist)

"Pengertian sehat disini tidak semata-mata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental serta sosial kultural," ujar Ade Fitrie Kirana yang ikut bersuara pada peringatan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan.

 

 

Kurangnya Pendidikan Seksual

Ade Fitrie Kirana (ist)
Ade Fitrie Kirana (ist)

Dihimpun dari berbagai sumber, walaupun angka kelahiran pada perempuan berusia di bawah 20 tahun menurun, jumlah kelahiran pada remaja meningkat karena kurangnya pendidikan seksual atau kesehatan reproduksi serta pelayanan yang dibutuhkan saat remaja hamil.

 

Investasi Pengetahuan

Ade Fitrie Kirana. (Ist)
Ade Fitrie Kirana. (Ist)

"Pengetahuan tentang kesehatan reproduksi wanita pada tahap remaja akan menjadi dasar perilaku yang sehat pada tahapan selanjutnya dalam kehidupan. Karena Tuhan menganugerahkan wanita, sebagai penerus generasi. Bagi individu, investasi pengetahuan pada program kesehatan reproduksi remaja akan bermanfaat selama hidupnya," kata Ade Fitrie Kirana.

 

Tanggung Jawab Bersama

Ade Fitrie Kirana. (Foto: Instagram @official_adefitriekirana)
Ade Fitrie Kirana. (Foto: Instagram @official_adefitriekirana)

Komnas Perempuan pada tahun 2001 mencatat 3.168 orang perempuan yang menjadi korban kekerasan. Angka ini tak kunjung turun setiap tahunnya, bahan di catatan terakhir pada tahun 2019 sebanyak 406.178 kasus kekerasan perempuan.

"Kasus kekerasan seksual merupakan satu hal yang membuat perempuan seringkali merasa kurang aman dalam berbagai macam ruang dalam masyarakat karena harus selalu waspada. Laki-laki juga bisa menjadi korban kekerasan seksual, sehingga sebetulnya pemberantasan kekerasan seksual dalam masyarakat merupakan tanggung jawab semua orang," imbuh Ade Fitrie Kirana.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Pria Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Curi Perhatian Netizen

Posted: 30 Nov 2020 12:15 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Bisa bersanding dengan kekasih dalam pernikahan tentu saja menjadi impian banyak orang. Melangsungkan sebuah pernikahan juga menjadi salah satu momen yang sangat dinantikan. Tentu saja merancang sebuah pernikahan yang indah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain persiapan kebutuhan pernikahan, menyiapkan kondisi mental yang baik juga dibutuhkan.

Namun, apa jadinya jika dalam sebuah pernikahan terdapat dua mempelai wanita sekaligus? Baru-baru ini pun beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria menikah dengan dua wanita sekaligus dalam satu waktu.

Bahkan, kedua mempelai wanita tersebut saling melemparkan senyum bahagia usai sang pria mengucapkan ijab kabul. Tentu saja video harmonisnya seorang pria yang menikah dengan dua wanita ini langsung menjadi sorotan netizen.

Dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Senin (30/11/2020) pernikahan tersebut pun diketahui terjadi di Madura, Jawa Timur. Namun, dilihat dari busana yang digunakan oleh dua wanita tersebut menunjukkan busana pernikahan adat Sunda.

Dua Wanita yang menikah dengan satu pria tampak harmonis

Video Viral (Sumber: Instagram/cetul22)
Video Viral (Sumber: Instagram/cetul22)

Video pernikahan seorang wanita dengan dua wanita ini pun sukses menjadi sorotan netizen. Pasalnya, kedua wanita yang terlihat begitu cantik tampak harmonis dan tersenyum bahagia saat harus bersanding bersama dengan seorang pria di atas pelaminan.

Video yang berdurasi 1 menit 50 detik yang diunggah oleh akun Instagram @cetul22 ini memperlihatkan proses setelah ijab kabul hingga berjalan dan duduk berdampingan di pelaminan.

Respons netizen

Mendapati adanya video seorang pria yang menikah dengan dua wanita sekaligus ini pun mendapat banyak respons dari netizen. Mulai dari memberikan selamat dan doa, hingga banyak pula yang bertanya-tanya bagaimana bisa menikah dengan dua wanita sekaligus.

"Wah baru kali ini upload berita bikin netijen iri & dengki" tulis akun @hmzhnjb

"Sungguh beruntung hidup anda" ujar akun @girawanwawan.

"Gw satu aja belom nemu-nemu" tulis akun @ramadhani26_.

"Masyallah,beruntung nya laki" itu,mendapat kan bidadari cantik langsung 2 lagi." tulis @jempollmc163.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Bantah Pembahasan UU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan Tertutup

Posted: 30 Nov 2020 12:12 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Plt. Kepala Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Reni Mursidayanti membantah jika proses pembahasan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan dilakukan secara tertutup.

Sebab, pihaknya mengklaim telah melibatkan stakeholders terkait untuk menyerap aspirasi sesuai perintah Presiden Jokowi.

"Tidak benar bahwa proses pembahasan klaster Ketenagakerjaan dalam UU Cipta Kerja dilakukan secara tidak terbuka atau tidak terang-terangan. Justru klaster Ketenagakerjaan dibahas paling terakhir, karena suntuk menyerap aspirasi dari stakeholders terkait sesuai arahan presiden Jokowi," tegasnya dalam acara Serap Aspirasi UU Cipta Kerja di Banjarmasin, Senin (30/12).

Dijelaskan Reni, sedari awal proses pembahasan klaster Ketenagakerjaan UU Cipta Kerja penting untuk menitik beratkan pada pelibatan partisipasi publik khususnya stakeholders terkait. Contohnya, dalam pembahasan Tripartit Nasional untuk klaster Ketenagakerjaan telah melibatkan unsur serikat pekerja/buruh dan unsur pengusaha seperti Apindo dan Kadin.

"Pertemuan sendiri dilakukan sebanyak 9 kali dalam rentang 8 Juli-23 Juli 2020," jelas dia.

Selain itu, dalam proses pendalaman materi terkait, Baleg DPR RI juga melakukan serangkaian Rapat Dengar Dendapat Umum (RDPU) yang mengundang sejumlah narsumber. Diantaranya dari kalangan Ahli, Akademisi, Asosiasi Pengusaha, Serikat Pekerja, dan Tokoh Masyarakat sesuai materi pembahasan.

Pun, saat ini proses penyusunan peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja juga dilakukna secara transparan melalui pemanfaatan teknologi digital. Dimana melalui situs www.uu-ciptakerja.go.id, masyarakat dapat mengakses dan mengunduh draft aturan turunan yang telah dipublikasikan.

"Jadi, tidak benar kalau pemerintah tidak melakukan pembahasan terhadap UU Cipta Kerja tanpa mendengar aspirasi dari publik ataupun stakeholders terkait," tuturnya.

Tolak UU Cipta Kerja

Massa Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (16/11/2020). GSBI meminta pemerintah mencabut UU Cipta Kerja serta menaikkan upah buruh 2021 sesuai kebutuhan rill buruh dan keluarga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (16/11/2020). GSBI meminta pemerintah mencabut UU Cipta Kerja serta menaikkan upah buruh 2021 sesuai kebutuhan rill buruh dan keluarga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Deputi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KPSI), Muhammad Rusdi, menyebut pihaknya tegas menolak Omnibus Law Cipta Kerja yang diusulkan pemerintah. Dia menilai proses pembahasan RUU Omnibus Law yang berlangsung tertutup melanggar aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Bahasan RUU Omnibus itu dari awal tertutup, bertentangan dengan undang-undang," ungkapnya dalam acara konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, kemarin.

Rusdi juga mengutarakan rasa kekecewaan terhadap pemerintah, karena tidak dilibatkannya perwakilan buruh dalam proses penyusunan Omnibus Law Cipta Kerja.

"KSPI tidak pernah diundang dan tidak pernah diminta pandangan oleh menko perekonomian, masuk ke dalam tim yang dibentuk berdasarkan SK Menko Perekonomian No.121 Tahun 2020," tegasnya.

Infografis Menanti Sosialisasi Naskah UU Cipta Kerja

Infografis Menanti Sosialisasi Naskah UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Sosialisasi Naskah UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Menyusui Vanessa Angel Dibui, AIMI Surati Menteri Yasonna Laoly

Posted: 30 Nov 2020 12:08 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selebritas Vanessa Angel, 38 tahun, tak bisa lagi menyusui bayinya yang kini berumur empat bulan, Gala Sky Ardiansyah, karena harus menjalani sisa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu, Jakarta Timur. Vanessa dibui terkait kepemilikan psikotropika jenis xanax.

Bagi bayi, terutama di enam bulan pertama kehidupan, air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik yang tak tergantikan. Namun, putra Vanessa Angel kini hanya bisa minum susu formula karena tidak bisa lagi mendapatkan ASI sang ibu.

Melihat kondisi Vanessa Angel tersebut membuat Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) melayangkan surat ke Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly serta Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Dalam surat bertanggal 27 November 2020, AIMI menyebutkan bahwa pemberian ASI merupakan hak bagi ibu dan anak yang juga dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 128. Begini bunyinya:

Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahrikan selama enam bulan, kecuali atas indikasi medis. Pemerintah harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

Namun, hal di atas tidak bisa didapatkan Vanessa Angel dan anak serta kasus serupa lainnya.

"Permasalahannya, hak-hak tersebut tidak bisa diperoleh ibu dan anak secara optimal jika sang ibu tengah menjalani pidana penjara seperti yang belakangan ini menjadi pemberitaan Vanessa Angel," kata Ketua Umum AIMI, Nia Umar dalam surat tersebut.

AIMI juga menyatakan bahwa pemerintah telah berusaha dalam batas tertentu memenuhi kebutuhan bagi bayi menyusui yang terpidana. Misalnya, warga binaan yang sakit, menyusui, dan hamil berhak mendapatkan makanan tambahan sesuai petunjuk dokter.

Namun, sebut AIMI, proses menyusui saat menjalani pidana tetap memiliki kelemahan karena lapas bukanlah tempat ieal bagi kebutuhan ibu dan bayi seperti dialami Vanessa Angel.

 

Saran AIMI Terkait Kasus Vanessa Angel

Pemotretan baby born anak Vanessa Angel (Sumber: Instagram/wdphotoworks2020)
Pemotretan baby born anak Vanessa Angel (Sumber: Instagram/wdphotoworks2020)

AIMI berharap negara mampu memenuhi hak bayi sejauh mungkin, termasuk dalam proses penegakan hukum seperti yang dialami Vanessa Angel. Karena bukan hanya Vanessa saja yang tidak bisa menyusui karena harus menjalani hukuman penjara.

"Kasus VA (Vanessa Angel) dan banyak kasus-kasus serupa lain menunjukkan masalah serius dalam peraturan perundang-undangan. Khususnya penegakan hukum bagi ibu hamil dan menyusui yang tersandung masalah hukum," jelas Nia.

Melihat banyak kasus serupa, AIMI melihat negara mengabaikan hak ibu dan anak.

"Aparat penegak hukum dan hakim belum mempertimbangkan kepentingan ibu dan anak."

 

Harapan AIMI Tidak Lagi yang Mengalami Nasib Serupa Vanessa Angel

Ilustrasi/copyrightshutterstock/chomplearn
Ilustrasi/copyrightshutterstock/chomplearn

AIMI berharap negara mampu memenuhi hak bayi sejauh mungkin, termasuk dalam proses penegakan hukum seperti yang dialami Vanessa Angel. Karena bukan hanya Vanessa saja yang tidak bisa menyusui karena harus menjalani hukuman penjara.

"Kasus VA (Vanessa Angel) dan banyak kasus-kasus serupa lain menunjukkan masalah serius dalam peraturan perundang-undangan. Khususnya penegakan hukum bagi ibu hamil dan menyusui yang tersandung masalah hukum," jelas Nia.

Melihat banyak kasus serupa, AIMI melihat negara mengabaikan hak ibu dan anak.

"Aparat penegak hukum dan hakim belum mempertimbangkan kepentingan ibu dan anak."

 

Kondisi Anak Vanessa Angel Sekarang

Vanessa Angel (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)
Vanessa Angel (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)

Usai Vanessa masuk bui pada Minggu, 22 November Gala minum susu formula. Awalnya, Gala menolak dan enggan meminum susu formula. Bahkan karena susu formula, Gala pernah muntah.

Seiring berjalannya waktu, buah hati Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah itu mulai menerima susu formula.

Namun, muncul masalah baru. Gala mengalami kesulitan buang air besar sejak minum susu formula. Hal itu diketahui melalui unggahan di Instagram Vanessa Angel yang dioperasikan oleh sang suami pada Kamis (26/11/2020).

"Ahhhhh.... Akhirnya bisa ee juga (gala susah bab semenjak minum sufor)#keluarGALA," tulis Bibi Ardiansyah lewat unggahan Instagram Vanessa Angel. (Baca: Anak Vanessa Angel Sulit Buang Air Besar hingga Turun Berat Badan Sejak Minum Susu Formula)

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus COVID-19 Makin Parah, Pemerintah Turki Tetap Tak Mau Lockdown

Posted: 30 Nov 2020 12:05 AM PST

Liputan6.com, Ankara - Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca berkata petugas medis di Turki sedang terbebani di tengah pandemi. Kasus COVID-19 di negara itu sedang makin parah, meski pemerintah masih ogah lockdown.

"Pasukan medis kita berada dalam beban berat," ujar Menkes Turki Fahrettin Koca via Twitter seperti dikutip Arab News, Senin (30/11/2020).

Kepala Turkish Society of Intensive Care, Ismail Cinel, bahkan meminta rakyat agar jangan keluar rumah.

"Jangan keluar dari rumahmu pekan ini. Kita harus waspada," ujarnya.

Kasus COVID-19 di Turki meningkat akibat perubahan cara hitung pasien. Pasien tanpa gejala kini juga dihitung. Turki kini menjadi salah satu negara yang terdampak paling parah akibat COVID-19.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Turki sudah mencatat 601 ribu kasus, lebih tinggi dari Indonesia.

Asosiasi Medis Turki sudah lama memperingatkan pemerintah terkait cara perhitungan kasus COVID-19. Asosiasi percaya bahkan kasus harian lebih dari 50 ribu kasus.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ogah Lockdown

Pengunjung mengamati karya seni dalam ajang BASE edisi keempat di Istanbul, Turki, 20 November 2020. Edisi keempat BASE, salah satu ajang seni terpenting di Turki yang didedikasikan untuk para seniman muda dibuka pada 20 November 2020. (Xinhua/Osman Orsal)
Pengunjung mengamati karya seni dalam ajang BASE edisi keempat di Istanbul, Turki, 20 November 2020. Edisi keempat BASE, salah satu ajang seni terpenting di Turki yang didedikasikan untuk para seniman muda dibuka pada 20 November 2020. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemerintah Turki memilih menerapkan jam malam ketimbang lockdown. Pakar kesehatan Dr Ergin Kocyildirim yang menjabat sebagai asisten profesor di sekolah kedokteran Universitas Pittsburgh menyebut lockdown terhalangi isu ekonomi.

"Ini memaksa pemerintah untuk membuka ekonomi," ujarnya.

Kocyilidrim juga tak percaya pemerintah Turki transparan dalam memberikan data. Pemerintah Turki berkata akan menggratiskan vaksin, namun Kocyildirim ragu dengan kapabilitas distribusinya.

Dr. Mehmet Adin dari Universitas Yale berkata bunyi alarm sudah terdengar sejak akhir musim panas, tetapi Turki terlambat bergerak.

"Implementasi kebijakan sejak awal musim panas cukup longgar. Menteri kesehatan berada di garis depan dalam melawan virus. Gugus tugas virus corona, yang disebut dewan penasihat ilmiah, mengeluhkan 'tidak mengetahui angka kasus sebenarnya' meski saya percaya itu seharusnya bukan menjadi alasan," ujar Adin.

Butuh Tindakan Nyata

Petugas kebersihan melakukan disinfeksi di kereta bawah tanah di Ankara, Turki (19/11/2020). Kementerian juga mengonfirmasi tambahan 123 orang meninggal dalam 24 jam terakhir, sehingga total kematian menjadi 11.943, sementara jumlah kesembuhan naik 2.918 menjadi 364.573. (Xinhua/Mustafa Kaya)
Petugas kebersihan melakukan disinfeksi di kereta bawah tanah di Ankara, Turki (19/11/2020). Kementerian juga mengonfirmasi tambahan 123 orang meninggal dalam 24 jam terakhir, sehingga total kematian menjadi 11.943, sementara jumlah kesembuhan naik 2.918 menjadi 364.573. (Xinhua/Mustafa Kaya)

Adin berkata butuh tindakan nyata untuk mengubah situasi. Kecepatan turut dianggap penting.

Ia meragukan kemanjuran lockdown yang tidak menyeluruh serta jam malam yang hanya menarget usia tertentu.

Adin berkata kebijakan seperti lockdown perlu diterapkan dengan dasar ilmiah. Menunggu herd immunity juga percuma kecuali sudah ada distribusi vaksin.

"Kamu perlu melawan secara konsisten dan bernalar jika ingin memadamkan api ini. Virusnya tidak akan pergi ke mana-mana, dan tentunya herd immunity adalah sebuah utopia sampai ada pengiriman vaksin nasional," ujarnya.

Infografis COVID-19:

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keunggulan Rapid Test Antigen Tangani Covid-19 di Musi Banyuasin

Posted: 30 Nov 2020 12:05 AM PST

Liputan6.com, Palembang - Di bulan April 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel), bergerak cepat dalam mengatasi penularan wabah Covid-19. Salah satunya dengan menyediakan alat screening awal rapid test antigen.

Akurasi hingga 80-90 persen dibandingkan dengan rapid test antibody, membuat alat ini menjadi acuan terbaik untuk screening awal.

Bahkan di puncak kasus Covid-19 di Sumsel, Kabupaten Musi Banyuasin menjadi satu-satunya daerah yang menyediakan rapid test antigen.

Diungkapkan Kepala Dinkes Musi Banyuasin Azmi Dariusmansyah, penyediaan rapid test antigen merupakan wujud komitmen Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, yang menginginkan penanganan Covid-19 harus diprioritaskan. Mulai dari screening dan alat tes Covid-19 , sarana prasarana dan rumah sakit.

Dia menilai, ada banyak keunggulan penggunaan rapid test antigen. Salah satunya bisa lebih cepat dalam penanganan Covid-19.

"Selain waktu pemeriksaan cepat, jadi kita cepat bergerak dan mengisolir orang-orang beresiko. Sehingga tingkat penularan berkurang dalam kelompok tersebut. Akurasinya juga lebih tinggi dibandingkan rapid test antibodi," katanya kepada Liputan6.com, Senin (30/11/2020).

Penggunaan rapid test antibodi dan rapid test antigen di Musi Banyuasin, sejauh ini masih tetap beriringan dilakukan. Namun, ada spesifikasi khusus untuk kedua rapid test ini.

Rapid test antigen lebih efektif untuk kasus baru, yang tertular di bawah 5 hari dan dilakukan dalam klaster komunitas, seperti satu desa, perkumpulan, perkantoran dan lainnya.

"Kalau screening total tetap pakai rapid test antibody. Namun dalam komunitas yang salah satunya terkonfirmasi Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejaka (OTP), wajib pakai rapid test antigen," ujarnya di Musi Banyuasin Sumsel.

 

Perbedaan Alat Tes Covid-19

Hasik rapid test antigen salah satu pasien di Puskesmas Balai Agung Musi Banyuasin menunjukkan reaktif Covid-19 (Liputan6.com / Nefri Inge)
Hasik rapid test antigen salah satu pasien di Puskesmas Balai Agung Musi Banyuasin menunjukkan reaktif Covid-19 (Liputan6.com / Nefri Inge)

Sedangkan untuk rapid test antibodi lebih efektif untuk kasus yang tertular setelah 7 hari. Sedangkan swab test sendiri, memang khusus untuk mencari RNA atau virusnya dan merupakan tes Covid-19 paling bagus.

"Hanya sistem pengambilan beda. Rapid test antibody diambil dari darah, sedangkan rapid test antigen melalui hidung atau tenggorokan, seperti swab test," katanya.

Akurasi dari rapid test antigen juga sudah teruji dibandingkan rapid test antibody. Dinkes Musi Banyuasin pernah melakukan sampel 100 orang di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Musi Banyuasin.

Akurasi Rapid Test Antigen

Alat rapid test antigen (kiri) dan rapid test antibodi (kanan) yang disediakan di Puskesmas Balai Agung Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)
Alat rapid test antigen (kiri) dan rapid test antibodi (kanan) yang disediakan di Puskesmas Balai Agung Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Awalnya kita lakukan rapid test antibody dan ada 30 orang yang terdeteksi reaktif. Dari 30 orang tersebut, kita lakukan rapid test antigen dan didapatkan 10 orang reaktif. Lalu, 10 orang tersebut dilakukan swab test, dan 7 orang yang ternyata positif Covid-19," ucapnya.

Lalu, 100 orang tersebut juga kembali dilakukan swab test secara massal dan didapati ada 8 orang yang positif Covid-19.

Penambahan 1 orang tersebut, ternyata tidak masuk dalam hasil reaktif rapid test antigen, namun reaktif di rapid test antibody.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Peningkatan Literasi Keuangan untuk Perempuan dan Anak-Anak

Posted: 30 Nov 2020 12:01 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kesejahteraan sebuah keluarga tentunya didorong dengan beragam aspek, tidak terkecuali soal keuangan. Hal ini sejalan dengan pentingnya penguatan literasi keuangan bagi perempuan dan juga anak-anak.

Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, menyampaikan perempuan memiliki kepedulian yang tinggi pada kesejahteraan keluarga, terkhusus buah hati. Kondisi tersebut yang juga akan selaras dengan kesadaran mereka pada berbagai fokus, juga pada keuangan.

"Baik sebagai ibu rumah tangga atau berkarier, kalau perempuan mengerti literasi keuangan, survei mengatakan dia akan berusaha memastikan seluruh keluarganya itu juga memahaminya," kata Nini dalam bincang virtual, Senin (30/11/2020).

Nini melanjutkan, pihaknya juga telah mensurvei pada perempuan, di mana 97 persen dari peserta paling tidak telah mulai mencatat pengeluaran dan pendapatan. "Kenapa ini penting karena banyak orang mengeluarkan uang lebih besar dari apa yang mereka dapatkan dan itu sangat berbahaya," lanjutnya.

Terkait fokus literasi keuangan pada perempuan, Prudential telah menjangkau 35 ribu perempuan di 30 kota. Pelatihan literasi keuangan untuk perempuan ini menargetkan 50 ribu orang hingga 2022 mendatang.

Sebelum mengikuti pelatihan, para peserta akan diberi pre-test untuk mengisi pengetahuan mereka soal literasi keuangan. "Kebanyakan dari pre-test ibu-ibu pedagang juga koperasi, pemahamannya hanya 46 persen yang paham produk dan jasa keuangan," kata Anna Maria, AVP Corporate Marketing, PT Prudential Life Assurance.

Anna melanjutkan, setelah mengikuti sesi yang diberikan, 95 persen dari peserta lebih tahu dan tertarik pada produk dan jasa keuangan. "Dengan adanya pandemi kita membuat Webinar dan semoga bisa menjangkau kota-kota di Indonesia," tambahnya.

Literasi Keuangan Anak-Anak

Ilustrasi tabungan | unsplash.com/@kredit
Ilustrasi tabungan | unsplash.com/@kredit

Lantas, bagaimana pentingnya penguatan literasi keuangan pada anak-anak? Terkait hal ini, Prudential juga mendapatkan dari hasil survei bahwa anak-anak dari usia 7--12 tahun dapat mengerti dan menyerap informasi dengan maksimal.

"Perilaku itu dibentuk, termasuk mau memastikan perilaku seseorang baik, khususnya dalam literasi keuangan mesti sejak dini, ketimbang sudah dewasa susah untuk mengubah perilaku," ungkap Nini.

Upaya yang kembali digencarkn adalah bagaimana mengedukasi anak-anak lewat media yang menarik sekaligus tak membosankan. Salah satunya yang dihadirkan adalah sebuah program bernama Cha-Ching secara digital.

"Sebelumnya kita bikin survei besar, hasil surveinya mengatakan bahwa 95 persen dari orangtua setuju bahwa untuk anak-anaknya pengertian pemahaman mengenai uang itu penting," tutur Nini.

Sementara, 13 persen dari orangtua merasa anak-anaknya mengerti bahwa anaknya memiliki kemampuan tersebut. Lalu, cara yang disebutkan tepat untuk menyosialisasikan literasi keuangan pada anak adalah yang dapat ditonton dan menggunakan internet.

"Ada empat hal yang diajari lewat Cha-Cing, mulai dari earn, save, spend, dan donate, yakni bagaimana memperoleh uang, menabung, mengeluarkan uang, dan mendorong untuk berbagi dengan teman-teman, jika ada yang membutuhkan," jelas Nini.

Infografis Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak

Infografis  Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas

Posted: 30 Nov 2020 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Tanah Air. Meski memiliki bentuk dan rasa yang unik, nyatanya buah naga menyimpan segudang manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Menurut sebuah studi di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, buah naga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung jumlah kalium, magnesium, seng yang baik.

Nah, penasaran manfaat kesehatan apa saja yang didapat jika mengkonsumsi buah naga? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (30/11/2020).

 

1. Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi tubuh sehat. (dok. Foto Priscilla Du Preez/Unsplash/Dinny Mutiah)
Ilustrasi tubuh sehat. (dok. Foto Priscilla Du Preez/Unsplash/Dinny Mutiah)

Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga bisa memperkuat imun dan menghindari tubuh dari infeksi berbahaya. Karena vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, ia bisa membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

2. Membantu Pencernaan

Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Buah naga mengandung banyak serat yang membantu mengatur sistem pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. 

Menurut sebuah penelitian di Electronic Journal of Biotechnology, buah naga kaya akan prebiotic yang membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Buah ini mengandung oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotic yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

ilustrasi tes gula darah dan diabetes | pexels.com/@wdnet
ilustrasi tes gula darah dan diabetes | pexels.com/@wdnet

Studi telah menunjukkan efek anti-diabetes buah naga merah yang bisa dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan serat makanan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Plos One melaporkan bahwa buah naga bisa membantu meningkatkan kadar gula darah pada pengidap pra-diabetes.

4. Mengurangi Peradangan

Karena buah naga kaya akan antioksidan, ia menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif dan mengurangi peradangan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dalam buah naga juga bisa mencegah penyakit inflamasi seperti asam urat.

5. Mengontrol Berat Badan

Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: unsplash.com/iyunmai
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: unsplash.com/iyunmai

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menunjukkan, tikus yang diberi makanan tinggi lemak menerima ekstrak buah naga yang mengakibatkan kenaikan berat badan yang lebih sedikit dan penurunan lematk hati, peradangan dan  resistensi insulin, berkat kehadiran betacyanin di dalamnya.

6. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Kulit Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/pixabay

 

Karena buah naga kaya akan antioksidan, memakannya bisa membantu menjaga kulit Anda tetap kencang yang bisa membantu menjaga penampilan awet muda dan mencegah penuaan dini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ONE Championship Jalin Kerjasama dengan One Pride

Posted: 30 Nov 2020 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta- Setelah ditunggu sekian lama, ajang bergengsi olahraga MMA terbesar di Asia ONE Championship akhirnya menjalin aliansi strategis eksklusif dan kerja sama konten bersama promotor seni bela diri campuran Indonesia, One Pride MMA.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekosistem seni bela diri di Indonesia, memberi kesempatan bagi para atlet Indonesia untuk dapat menampilkan bakat dan mengembangkan karier mereka dalam ajang dan platform konten berskala global, serta melakukan pengembangan konten bersama untuk didistribusikan.

Berdasarkan kerja sama tersebut, ONE Championship dan One Pride MMA akan berbagi peran dalam usaha melatih serta mencari para atlet berbakat baru di Indonesia, dimana atlet jajaran teratas di One Pride MMA juga memiliki kesempatan berkompetisi di atas panggung dunia ONE Championship. 

Melalui seluruh usaha ini, kedua organisasi akan bekerja sama demi meningkatkan dan membangun sebuah generasi superstar seni bela diri Indonesia baru di tingkat dunia. Selain itu, kedua organisasi juga akan memproduksi konten bersama untuk didistribusikan di tanah air.

"Saya sangat senang mengumumkan kerja sama bersama One Pride MMA ini. Dua kekuatan yang berpadu ini akan memberi kesempatan bagi para atlet bela diri berbakat di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan berkompetisi di atas panggung dunia ONE Championship, serta dapat menentukan masa depan dari industri seni bela diri campuran profesional di Indonesia. Bahu-membahu, kedua organisasi ini akan berusaha mengangkat para pahlawan olahraga nasional menjadi superstar dunia," ujar Hua Fung Teh, Group President ONE Championship, pada keterangan resmi yang diterima Liputan6.com. 

Lahirkan Atlet Baru

Eko Roni Saputra melanjutkan tren positif di ONE Championship (dok: ONE Championship)
Eko Roni Saputra melanjutkan tren positif di ONE Championship (dok: ONE Championship)

Ardiansyah Bakrie, Founder One Pride MMA juga menyambut baik kerjasama dengan ONE Championship. Dia berharap semakin banyak atlet MMA Indonesia go internasional. 

 "Kami sangat termotivasi dengan aliansi strategis antara One Pride MMA dan ONE Championship, yang tentunya akan lebih meningkatkan dan memajukan pertumbuhan MMA dan industri Olahraga di Indonesia, dimana kami dapat melihat para atlet One Pride MMA berkontribusi di atas panggung dunia ONE Championship dan memastikan bahwa lebih banyak lagi atlet Indonesia akan muncul sebagai ikon MMA Asia," ujarnya. 

 

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perspektif Unik Penyandang Disabilitas Asal Afrika Selatan dalam Paduan Seni Bikin Takjub

Posted: 30 Nov 2020 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang seniman asal Afrika Selatan Surprise Khoza dengan disabilitas sejak lahir membuat kagum warganet. Meski dengan sepasang kaki prostetik, ia mampu menunjukkan keahliannya melukis menggunakan mulut dan tangannya.

Uniknya, Surprise yang mempelajari seni rupa di Wits University dan berspesialisasi dalam lukisan dan media campuran menciptakan seni ala Afrika Selatan menurut perspektif uniknya dalam memandang dunia.

Pada salah satu postingannya di Facebook, ia menunjukkan bahwa ia melukis menggunakan mulut atau tangannya tergantung lukisan yang akan ia buat. Ia memanfaatkan tubuhnya dengan cara apapun yang ia mampu.

Seperti dikutip Nigerianews, Surprise sangat mandiri dan sangat jarang meminta bantuan. Ia tidak membiarkan disabilitas mendefinisikan siapa dirinya melebihi apa yang ia mampu.

 

Komentar positif

Adapun komentar-komentar yang ia dapat semuanya adalah hal positif dan penuh dukungan.

Orang-orang yang mampir di facebooknya meninggalkan ungkapan takjub, kagum dan menyukai postingan serta membagikannya pada orang lain.

"Menakjubkan!!!" Tulis salah satu komentar. "Cantik," komentar lainnya.

Selain Surprise, sebelumnya ada juga seorang seniman dari Nigeria, Chubby Onyesoro, yang membuat takjub pengguna sosial media dengan karyanya. Ia adalah seorang seniman pensil 3D dan membagikan salah satu dari banyak karyanya di Twitter pada hari Sabtu, 21 November 2020. Orang-orang tidak hanya membantunya menaikkan trending dengan membagikan postingannya secara massal, mereka juga takjub akan kemampuannya dalam membuat gambar hidup hanya degan pensil.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesin Berpotensi Terbakar, Puluhan Ribu Jeep Kena Recall

Posted: 30 Nov 2020 12:00 AM PST

Liputan6.com, Washington, D.C. - Berpotensi terbakar di sektor mesin, Jeep Grand Cherokee EcoDiesel di wilayah Amerika Utara harus ditarik kembali atau recall.

Dalam dokumen yang diajukan ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Jeep menegaskan, masalah yang terjadi pada kendaraan terkait dengan pendingin resirkulasi gas buang mesin.

Seiring berjalannya waktu, komponen ini disebut dapat retak akibat tekanan. Jika ini terjadi, pendingin yang telah dipanaskan sebelumnya akan menguap ke dalam intake manifold. Pendingin ini pada akhirnya bisa terbakar dan memicu kebakaran mobil.

Seperti dilansir Carscoops, Senin (30/11/2020), Jeep secara resmi mengonfirmasi penarikan yang terjadi berdampak pada 34.334 unit kendaraan. Dari jumlah tersebut, 28.884 berada di Amerika Serikat dan sisanya di Kanada.

Gejala utama dari masalah potensial ini ialah pendingin serta pemanas pada kendaraan tidak berfungsi. Sebagai perusahaan yang menaungi, Fiat Chrysler Automobiles akan langsung menghubungi pemilik dan dealer untuk mengganti pendingin EGR secara gratis.

Jika perlu, teknisi juga akan memeriksa intake manifold. Terus melakukan persiapan, penarikan kembali kendaraan diharapkan dapat dimulai pada 31 Desember 2020.

 

Pemilik Kendaraan Bisa Melakukan Pemeriksaan

Selain itu, pemilik kendaraan yang berpotensi mengalami recall juga dapat memeriksakan mobil dengan mengunjungi lokasi yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Jeep secara resmi mengumumkan penarikan model Cherokee yang diproduksi tahun 2014 hingga 2017. Recall harus dilakukan karena mobil berpotensi kehilangan tenaga penggerak.

Berlangsung di bulan Juni, penarikan ini memlibatkan 67.248 model Cherokee yang tersebar di Amerika Serikat.

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepastian Cuti Bersama Akhir Tahun Belum Diumumkan, Pakar: Pemerintah Masih Pikirkan Ekonomi

Posted: 30 Nov 2020 12:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono menyebut pemerintah masih belum menemukan kata sepakat terkait kepastian soal pengurangan jumlah cuti bersama akhir 2020. Sehingga, kepastian soal cuti bersama Desember 2020 hingga kini belum juga diumumkan.

"Masih diskusi, masih debat apakah (urusan) ekonomi, apakah (menangani) pandemi Covid-19," ucap Pandu saat dihubungi Liputan6.com, Senin (30/11/2020).

Pandu mengatakan bahwa pemerintah masih mempertimbangkan urusan ekonomi sebab apabila jumlah cuti bersama dikurangi sektor pariwisata akan terdampak. Terlebih, libur panjang akhir tahun dinilai dapat kembali menggairahkan kembali sektor pariwisata yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah kan memikirkan ekonomi, bukan mengatasi pandemi. Pemerintah tuh ngurusinnya ekonomi, makanya liburan panjang sulit sekali ditekan," kata dia.

Menurut dia, sebaiknya pemerintah menghapus ketentuan soal cuti bersama di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, cuti bersama meningkatkan mobilisasi masyarakat sehingga berpotensi besar terjadi penularan Covid-19.

"Sudah terbukti waktu (liburan) menjelang Maulid Nabi, tahun baru hijriah, 17 Agustus, semua terbukti ada peningkatan kasus. Makanya sebaiknya cuti bersama dihilangkan karena kita di era pandemi," jelas Pandu.

 

Demi Cegah Kerumunan

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mewacanakan agar jumlah cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri dilakukan pengurangan. Hal ini menekan kerumunan demi mencegah Covid-19 meluas.

Adapun pemerintah menetapkan Libur Hari Raya Natal pada 24-25 Desember. Kemudian, Cuti Bersama akhir tahun 28-31 Desember 2020 sebagai pengganti libur Idul Fitri. Selanjutnya, hari libur masih ditambah tanggal merah pada 1 Januari 2021.

Jokowi memerintahkan agar ketentuan soal libur panjang akhir tahun dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Mulanya, pengumuman kepastian soal cuti bersama akhir tahun akan diumumkan Jumat, 27 November oleh Menko PMK Muhadjir Effendu

Lalu, pengumuman diundur menjadi Senin hari ini. Namun, hingga kini pemerintah belum juga memutuskan soal pengurangan jumlah cuti bersama akhir 2020.

Saksikan Vdeo Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gemuruh Sertai Erupsi Terus Menerus Gunung Ili Lewotolok, Sinyal Bahaya

Posted: 30 Nov 2020 12:00 AM PST

Liputan6.com, Bandung - Suara gemuruh menyertai erupsi terus menerus Gunung Ili Lewotolok di wilayah Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal itu dikatakan oleh Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Devy Kamil Syahbana.

Menurut Devy kondisi saat ini erupsi terus terjadi di gunung api yang pertama kali terjadi hal serupa pada tanggal 27 November 2020 pukul 05.57 WITA. Pada saat itu kata Devy, tinggi kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam tinggi 500 meter di atas puncak atau 1.923 m di atas permukaan laut (mdpl) dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

"Sampai saat ini erupsi masih terjadi lagi ya, tadi beberapa kali terjadi erupsi. Maksudnya dia menerus ya, dengan intensitas yang naik turun tapi masih kecil dari erupsi yang tadi jam 9.45 WITA.

Kondisi sekarang dari pos pengamatan gunung api Ili Lewotolok, di pos atau kantor kami di barat daya 6 kilometer dari jarak ke Gunung Lewotolok, kita selain merekam kegempaan juga mendengar suara gemuruh dari gunung," ujar Devy saat dihubungi melalui telepon, Bandung, Minggu, 29 November 2020.

Devy menjelaskan pada pukul 9.45 WITA, terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam tinggi 4.000 meter di atas puncak atau 5.423 mdpl, dengan intensitas tebal condong ke arah barat di kolom bagian bawah dan ke arah timur di kolom bagian atas. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 milimeter dengan durasi erupsi 10 menit dan diikuti tremor menerus.

Devy mengatakan hasil data pemantauan tersebut mengindikasikan bahwa aktivitas Gunung Ili Lewotolok masih tinggi dan berpotensi untuk mengalami erupsi susulan.

 

Proses Evakuasi Warga Terdampak Erupsi

Mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Gunung Ili Lewotolok, maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di gunung tersebut agar mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar terutama di musim hujan.

"Kalau saat ini pengungsi telah ada. Masyarakat secara mandiri, mereka masih berada di luar radius bahaya 4 kilometer. Tapi masyarakat tersebut melakukan evakuasi secara mandiri karena ada perasaan takut atau mungkin karena ada abu vulkanik," kata Devy.

Devy menerangkan informasi yang diperolehnya, proses evakuasi berjalan tanpa kendala. Begitu halnya dengan masyarakat yang sebelumnya bermukim di radius bahaya, seluruhnya telah dilakukan evaluasi dan kini tidak ada aktivitas diradius tersebut.

Saat ini Kantor Bupati Lembata menjadi pusat penampungan pengungsi sementara oleh otoritas penanggulangan bencana setempat. Warga dari 28 desa dinyatakan telah mengungsi akibat erupi Gunung Ili Lewotolok ini.

"Rekomendasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam tingkat aktivitas Siaga (Level III), masyarakat di sekitar Gunung Ili Lewotolok maupun pengunjung, pendaki atau wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak," ucap Devy.

Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan akut (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ili Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Berdasarkan hasil analisis secara menyeluruh maka pada tanggal 29 November 2020 pukul 13.00 WITA tingkat aktivitas Gunungapi Ili Lewotolok dinaikkan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: