Minggu, 29 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dibubarkan Jokowi, Apa Tugas KEIN?

Posted: 29 Nov 2020 10:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membubarkan 10 lembaga negara nonstruktural. Salah satu lembaga yang dibubarkan oleh Jokowi ialah Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2020, lembaga-lembaga ini dibubarkan dengan alasan efektivitas dan efisiensi.

"Bahwa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan urusan pemerintahah serta untuk mencapai rencana strategis pembangunan nasional, perlu membubarkan 10 (sepuluh) lembaga nonstruktural," demikian bunyi salah satu poin Pepres yang ditandatangani Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (29/11/2020).

Mengutip catatan Liputan6.com, KEIN dibentuk pada 19 Januari 2016 melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2016 dengan ketua pertamanya Soetrisno Bachir.

Direktur Eksekutif Core Hendri Saparini yang pada waktu itu turut dilantik menjadi anggota KEIN mengatakan, KEIN nantinya akan bertugas memberikan pendapat dan masukan kepada Presiden yang fokusnya pada pengembangan ekonomi sektor riil.

"Dari rencana di awal itu dan dengan susunan dari anggota, memang fokusnya ke sektor riil, untuk menggerakan sektor riil. Pak Jokowi ingin untuk jangka pendek ini sektor riilnya. Tugasnya nanti akan memberikan masukan kepada Presiden," kata dia.

Menurut Hendri, KEIN mayoritas berisikan para pelaku usaha yang selama ini bermain di sektor riil dan industri. Dengan demikian, maka diharapkan pemerintah bisa mendapatkan masukan secara langsung dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

"Karena Pak Jokowi bilang bahwa Indonesia harus menjadi negara produsen, harus menguatkan industrialisasi di dalam negeri. Makanya tim ini sebagian besar mereka yang bergelut di sektor riil," tandasnya.

Kendati, sekarang KEIN masuk ke daftar lembaga yang dihapus Jokowi. Mengutip Peraturan Presiden RI Nomor 112 tahun 2020 pasal 2 huruf f, tugas KEIN akan dialihkan ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk sementara.

"Komite Ekonomi dan Industri Nasional dilaksanakan oleh kementerian yang mempunyai tugas dan fungsi sinkronisasi dan koordinasi urusan kementerian di bidang perekonomian," demikian bunyi pasal tersebut.

Adapun, Liputan6.com mencoba menghubungi eks Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta dan eks Sekretaris KEIN Putri Wardani untuk meminta tanggapan. Hingga berita ini ditulis, Arif dan Putri belum membalas pesan yang dikirimkan.

Jokowi Resmi Bubarkan 10 Lembaga Negara Nonstruktural

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Jokowi memperingatkan Polri dan TNI untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Jokowi memperingatkan Polri dan TNI untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membubarkan 10 lembaga negara nonstruktural dengan alasan efektivitas dan efisiensi, yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 tahun 2020 yang ditekennya 26 November 2020.

"Bahwa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan urusan pemerintahah serta untuk mencapai rencana strategis pembangunan nasional, perlu membubarkan 10 (sepuluh) lembaga nonstruktural," demikian bunyi salah satu poin Pepres yang ditandatangani Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (29/11/2020).

Dalam Pepres yang ditandatangani Jokowi tersebut, maka pelaksanaan tugas dan fungsi dari 10 lembaga negara tersebut diahlikan ke kementerian terkait. Begitu pula dengan pendanaan, pegawai, aset, dan arsip akan dikelola oleh kementerian terkait.

Pengalihan tugas, fungsu hingga pegawai lembaga ke kementerian nantinya akan dikoordinasikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Nantinya, proses ini akan melibatkan unsur Kementerian Keuangan, Badan Kepegawaian Negara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau kementerian/lembaga terkait.

"Pengalihan sebagaimana dimaksud diselesaikan paling lama 1 (satu) tahun sejak tanggal diundangkan Peraturan Presiden ini," demikian salah satu bunyi pasal dalam Pepres yang ditandatangani Jokowi tersebut.

10 Lembaga yang Dibubarkan

Adapun 10 lembaga yang dibubarkan tersebut antara lain:

1. Dewan Riset Nasional, yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 16 tahun 2005

2. Dewan Ketahanan Pangan yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 83 tahun 2006

3. Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura, yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 27 tahun 2008 sebagaimana telah diubah dengan Perpres Nomor 23 tahun 2009

4. Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan, yang dibentuk dengan Perpres Nomor 11 Tahun 2014

5. Komisi Pengawas Haji Indonesia, yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 50 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Komisi Pengawas Haji Indonesia

6. Komite Ekonomi dan Industri Nasional, yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 8 tahun 2016

7. Badan Pertimbangan Telekomunikasi, yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 55 Tahun 1989 sebagaimana telah beberapa kali diubah. Terakhir dengan Keppres Nomor 1 Tahun 1996

8. Komisi Nasional Lanjut Usia, yang dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 52 tahun 2004

9. Badan Olahraga Profesional Indonesia, yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 9 Tahun 2015

10. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 15 Tahun 2018.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI Kirim Pasukan Khusus ke Sigi Buru Kelompok MIT

Posted: 29 Nov 2020 10:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan TNI akan menindak tegas pelaku teror yakni Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Sigi, Sulteng. Pasukan khusus segera diberangkatkan untuk mengejar kelompok tersebut.

"TNI akan menindak tegas atas pelaku yang dilaksanakan oleh Mujahidin Indonesia Timur (MIT), dalam hal ini TNI akan mendukung Polri, besok pagi akan diberangkatkan pasukan khusus dari Halim menuju Palu dan ditugaskan di Poso untuk memperkuat pasukan yang sudah ada sebelumnya di Poso," kata Panglima dalam konpers daring, Senin (30/11/2020).

Panglima memastikan teroris MIT akan dikerjar dan ditangkap. "Sehingga apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia bahwa kelompok MIT harus dikejar dan sampai dapat akan kami laksanakan," tegasnya

Panglima mengharap dukungan dan doa agar operasi pengejaran teroris MIT dalam sukses terlaksana.

"Saya mohon doa agar operasi ini bsia berjalan dengan lancar, dukungan untuk operasi sudah kita kirim secara bertahap, dengan dukungan operasi tersebut, saya yakin kelompok MIT yang melakukan kejahatan atas penduduk yang tidak berdosa segera tertangkap," tandasnya

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Masih Diburu

Satgas Tinombala dari TNI-Polri masih melakukan pengejaran kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora terkait pembunuhan satu keluarga di Desa Lembontongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Didik Supranoto mengatakan, pengejaran yang dilakukan oleh Satgas Tinombala ini di kawasan Parigi dan Poso.

"Sampai saat ini Satgas Tinombala (TNI dan Polri) melakukan pengejaran di wilayah Sigi, Parigi & Poso," kata Didik saat dihubungi Merdeka soal pembunuhan di Sigi itu, Senin (30/11/2020).

Namun, dia belum bisa menjelaskan secara pasti terkait keberadaan kelompok MIT tersebut. Dia hanya menegaskan, Satgas Tinombala masih melakukan pengejaran.

"Masih dilakukan pengejaran," tegas Didik.

Dia menyebut pelaku dalam tindak kriminal tersebut berjumlah delapan orang. Hal ini setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

"Pembunuhan dan pembakaran dilakukan oleh kelompok MIT. Berdasarkan keterangan saksi jumlah mereka ada 8 orang, setelah dicocokkan dengan gambar DPO saksi menyatakan sama," sebut Didik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Kasus COVID-19 Masih Naik, SD di New York AS Tetap Dibuka 7 Desember

Posted: 29 Nov 2020 10:38 PM PST

Liputan6.com, New York- Kota New York di Amerika Serikat akan membuka kembali belajar tatap muka di sekolah dasar (SD) pada 7 Desember 2020. Langkah ini dilakukan meski kota tersebut baru-baru ini menghadapi lonjakan kasus Virus Corona COVID-19

SD di New York pun menawarkan kelas tatap muka untuk siswa berkebutuhan khusus dari segala usia. 

Pengumuman itu dituturkan oleh Wali Kota New York, Bill de Blasio pada 29 November 2020, seperti dikutip dari AFP, Senin (30/11/2020). 

Saat ini, banyak orangtua di New York yang berjuang untuk merawat anak-anak mereka di rumah. Kendati demikian, kota itu akan mencabut persyaratan untuk menutup sekolah jika tingkat kepositifan COVID-19 melebihi tiga persen selama sepekan. 

New York, distrik sekolah terbesar di AS, saat ini memiliki tingkat kepositifan COVID-19 3,1 persen.

Bill de Blasio menjelaskan, pembukaan kembali itu mungkin "karena kami memiliki begitu banyak bukti sekarang tentang seberapa aman sekolah itu." Ia pun menyatakan bahwa para murid yang kembali ke sekolah akan dikenakan tes COVID-19 mingguan.

Selain itu, Bill de Blasio juga mengatakan di Twitter bahwa instruksi lima hari secara langsung,  akan menjadi model yang disukai untuk sekolah dengan ruang untuk memungkinkan praktik social distancing

Hingga saat ini, sekolah tatap muka hanya ditawarkan dua atau tiga kali dalam sepekan. 

"Kami ingin anak-anak kami berada di ruang kelas sebanyak mungkin," kata Wali Kota Bill de Blasio. "Keluarga kami juga begitu. Kami akan bekerja untuk mewujudkannya," lanjutnya. 

Dukungan dari Gubernur Negara Bagian New York

Seorang anak yang mengenakan masker bermain di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), pada 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)
Seorang anak yang mengenakan masker bermain di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), pada 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)

Gubernur negara bagian New York Andrew Cuomo menyuarakan dukungan untuk kota tersebut menyambut kembali para siswanya yang lebih muda.

"Hampir setiap profesional mengatakan sekolah, terutama K-8, harus tetap buka jika memungkinkan untuk tetap buka dengan aman," kata Cuomo.

Sementara itu, kelas untuk siswa sekolah menengah dan sekolah menengah atas di New York - kecuali mereka yang berkebutuhan khusus - akan tetap dilakukan secara online.

Kota New York, sebelumnya berada di bawah kesepakatan dengan serikat guru, telah membatalkan semua kelas tatap muka pada 19 November.

Hal tersebut terjadi di tengah kelonjakan COVID-19 yang menaikkan tingkat kepositifan virus tersebut menjadi 3,1 persen.

Keputusan itu lantas membuat marah banyak orang tua, yang menyebutkan tidak masuk akal untuk menutup sekolah, dengan tingkat penularan yang relatif rendah, sementara bar dan restoran tetap buka.

Mereka juga menunjuk pada contoh yang diberlakukan di Eropa, di mana sebagian besar sekolah tetap buka.

Pada 16 Maret 2020, New York pertama kali menutup 1.800 sekolah umum karena kelonjakan kasus Virus Corona COVD-19. Penutupan itu diberlakukan hingga Juni 2020.

Namun setelah liburan musim panas, New York menjadi kota besar pertama di AS yang sebagian memulai kembali kelas tatap muka. Sekitar 300.000 dari 1,1 juta siswa diketahui kembali belajar di ruang kelas.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: Hanya 3 dari 10 Responden Asia Pasifik yang Yakin Akan Menua dengan Sehat

Posted: 29 Nov 2020 10:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Asia Pasifik memiliki visi yang jelas tentang arti penuaan sehat walau mereka kurang percaya diri untuk dapat menua dengan sehat.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menyatakan banyak kekhawatiran tentang penuaan, hal ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang timbul ketika menua.

Menurut survei Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020 hanya tiga dari 10 konsumen yang memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat. Mereka cenderung memiliki kekhawatiran jatuh sakit karena kekebalan tubuh yang menurun.

"hasil survei yang menyatakan bahwa di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat," kata Andam dalam keterangan pers ditulis Senin (30/11/2020).

Dalam survei, saat ditanya terkait definisi menua dengan sehat, responden Indonesia memiliki pandangan positif. 63 persen menyatakan bahwa penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua.

Sementara, 58 persen responden juga mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. 49 persen juga menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental adalah definisi menua dengan sehat.

Kekhawatiran Responden

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi. Foto: Herbalife Nutrition.
Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi. Foto: Herbalife Nutrition.

39 persen responden menyatakan kekhawatiran utama dalam menjalani penuaan adalah menjadi lebih sering sakit seiring turunnya imunitas tubuh. 19 persen responden juga mengkhawatirkan perubahan penampilan yang akan terjadi saat mereka menua.

Selain itu, 15 persen juga menyatakan mereka khawatir akan menjadi beban bagi keluarga saat mereka tua. Kepercayaan diri menghadapi penuaan dan keyakinan akan menua dengan sehat hanya dimiliki tiga dari 10 responden (28 persen).

Konsumen di Asia Tenggara umumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut. Kepercayaan diri Indonesia paling besar (61 persen), diikuti oleh Malaysia (44 persen) dan Filipina (43 persen). Di sisi lain, konsumen di Korea (17 persen), Taiwan (17 persen), Hong Kong (13 persen) dan Jepang (9 persen).

 Di kelompok responden dengan demografi yang berbeda, konsumen yang lebih muda seperti Generasi Z (31 persen) dan Milenial (32 persen) menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan mereka untuk menua dengan sehat dibandingkan dengan Generasi X yang lebih tua (26 persen) dan Generasi Boom + (24 persen).

Cara Menua dengan Sehat

Meski demikian, mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan delapan dari 10 konsumen (82 persen) telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat.

Langkah-langkah yang dilakukan yakni:

  • 73 persen telah memperbaiki asupan nutrisi mereka.
  • 63 persen menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga regular.
  • 50 persen juga menyatakan telah melakukan aktivitas yang menstimulasi kesehatan mental.
  • 46 persen mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan.
  • 42 persen juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur.

"Kami percaya bahwa dengan berbagi edukasi dan informasi tentang penerapan kebiasaan hidup sehat yang benar dan aktivitas fisik yang sesuai, kami dapat membantu orang menemukan jalan yang benar menuju penuaan yang sehat," tutup Andam Dewi.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Polhukam: Pemerintah Pembunuhan Satu Keluarga di Sigi Sulteng oleh kelompok Teroris Ali Kalora

Posted: 29 Nov 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud Md menyatakan mengutuk keras peristiwa pembunuhan satu keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah, oleh teroris MIT pimpinan Ali Kalora.

"Pemerintah menyesalkan dan mengutuk keras tindakan teror oleh kelompok teroris mujahidin indonesia timur kelompok Ali Kalora, terhadap sebuah keluarga di Sigi, Sulawesi Tengah. Pemerintah menyampaikan duka yang mendalam," kata Mahfud dalam keterangan persnya, Senin (30/11/2020).

Pemerintah menurut Mahfud telah bertemu keluarga korban. 

"Pemerintah sudah melakukan pemulihan atau trauma healing. Pemerintah telah memerintahkan aparat melalui Satgas Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran dan pengepungan terhadap para pelaku agar secepatnya dilakukan proses hukum yang tegas," ucap dia

Selain itu, Mahfud menyebut Pemerintah telah meminta aparat mempekuat pengamanan di Sigi.

"Juga memperketat penjagaan warga dari ancaman teroris dan pihak yang ingin mengacaukan keamanan dan ketertiban di wilayah itu," katanya.

Mahfud menegaskan Pemerintah menjamin keamanan seluruh warga di seluruh wilayah Indonesia.

"Pemerintah menjamin keamanan warga di seluruh wilayah indonesia termasuk warga di Kabupaten Sigi,  terutama setelah ada tindakan teror di wilayah itu," tandasnya.

 

Ratusan Warga Mengungsi

Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait Terorisme Poso yang dikeluarkan Polda Sulteng. (Foto: Polda Sulteng).
Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait Terorisme Poso yang dikeluarkan Polda Sulteng. (Foto: Polda Sulteng).

Pascaserangan terhadap warga Desa Lembantongoa, Sigi, yang diduga dilakukan kelompok MIT, ratusan kepala keluarga mengungsi karena ketakutan.

Menurut Kepala Desa Lembantongoa, Deki Basalulu, sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Lewono memilih mengungsi usai pembunuhan empat warga oleh kelompok yang diduga anggota MIT pada Jumat (27/11/2020).

Mereka masih takut berada di pemukiman dusun yang berjarak sekitar 16 kilometer dari Jalan Poros Palolo-Napu tersebut, apalagi untuk kembali berkebun.

"Warga memilih mengungsi ke Dusun Tokelemo, empat kilometer dari lokasi kejadian, mayoritas mereka petani," Kades Lembantongoa, Deki Basalulu, mengungkapkan melalui telepon, Sabtu (28/11/2020).

Deki mengatakan warga yang mengungsi itu saat ini membutuhkan bantuan logistik untuk bertahan hidup selama berkebun belum memungkinkan. Untuk kondisi darurat Pemerintah Desa Lembantongoa berinisiatif menyalurkan bantuan beras untuk para pengungsi.

"Kami masih cari solusi untuk warga yang mengungsi. Untuk kondisi darurat, kami ambil sikap menyalurkan 1 liter beras ke pengungsi," Deki menjelaskan.

Lokasi pembunuhan warga Dusun Lewono itu tergolong terpencil. Selain harus mendaki perbukitan, komunikasi seluler juga belum bisa dilakukan dari lokasi itu. Di sekitar lokasi itu juga terdapat kebun-kebun yang menjadi sumber hidup warga.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonom Beberkan Penyebab Turunnya Produktivitas Sektor Pertanian

Posted: 29 Nov 2020 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski mencatatkan pertumbuhan positif selama pandemi covid-19, total factor productivity (TFP) sektor pertanian cenderung lebih rendah dibandingkan TFP ekonomi secara keseluruhan.

Berdasarkan catatan Badan Pusat statistik (BPS), pertumbuhan sektor pertanian pada kuartal II-2020 mencapai 16,24 persen, dan tumbuh 2,15 persen pada kuartal III-2002.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bustanul Arifin memaparkan, pertumbuhan TFP pertanian bernilai negatif sejak 2011. Artinya, terjadi penurunan produktivitas pertanian, salah satunya karena kurangnya penggunaan teknologi terkini.

"Kita punya problem dalam mendorong produktivitas pertanian karena penggunaan teknologi kita lamban, kalaupun ada inovasinya belum banyak terserap dan teraktualisasi dalam konteks pertumbuhan ekonomi," kata Bustanul dalam webinar INDEF - Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021, Senin (30/11/2020).

Oleh karena itu, Bustanil mengharapkan agar Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian dapat melakukan terobosan untuk perkembangan teknologi, guna mewujudkan kedaulatan pangan.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan hal serupa. Mentan menilai perlunya pengembangan pertanian modern, seperti smart farming. Juga pemanfaatan green house untuk meningkatkan produksi komoditas hortikultura di luar musim tanam.

Selain itu, Mentan berencana mendirikan sekolah pertanian berbasis pendekatan riset dan teknologi (ristek) pada tahun depan. "Saya akan terapkan itu tahun depan, saya coba intervensi dengan kerja sama perguruan tinggi," kata Mentan.

Perluas Pasar Pangan Lokal, Kementan Dorong UMKM Go Digital

Petani membajak lahan persawahan sebelum ditanami bibit padi di Tangerang Selatan, Jumat (15/10/2020). Lahan pertanian yang terbatas bisa menjadi sektor strategis baru bagi masyarakat Tangsel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petani membajak lahan persawahan sebelum ditanami bibit padi di Tangerang Selatan, Jumat (15/10/2020). Lahan pertanian yang terbatas bisa menjadi sektor strategis baru bagi masyarakat Tangsel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menjaga ketersediaan dan aksesibilatas pangan. Salah satunya dengan terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal, agar mampu bertransformasi ke pola usaha digital.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan transformasi UMKM ke arah digital dapat memberi dampak signifikan dalam memperluas dan mendekatkan akses pangan lokal kepada masyarakat.

"Saya merasa dimasa pandemi seperti ini, ada pendekatan pasar baru yang bisa kita dorong. Orang bisa memesan makan dari rumah dengan sistem digital, tinggal klik, pilih makanan lokal yang kita suka, dari Jakarta bisa kita kirim kemana saja, dan cara - cara digital seperti ini akan terus kita dukung dan tingkatkan" ungkap Syahrul saat melakukan Launching Marketplace dan Ekspose UMKM Pangan Lokal di Summarecon Mall - Bekasi.

Lebih lanjut, Syahrul mengatakan Indonesia memiliki sumber kekayaan pangan lokal yang melimpah, dan setidaknya ada 3 konsep yang menjadi fokus pemerintah dalam memperkuat pangan lokal yaitu mulai dari budidaya, pengolahan hingga aspek pemasaran.

"Yang pertama dan yang terpenting itu budidaya, sesuai dengan konsep yang dikatakan Presiden untuk sektor pertanian, salah satunya adalah memperkuat budidaya, budidaya yang dimaksud bisa kita lakukan dimana saja, bahkan memanfaatkan lahan - lahan diperkarangan rumah kita," ungkap dia.

Yang kedua, lanjut Syahrul, adalah fokus pada sisi pengolahan, termasuk industrinya. Dia ia percaya bahwa Indonesia memiliki kemampuan yang cukup besar dalam mengolah komoditas - komoditas pangan lokal tersebut.

"Kenyang itu tidak harus nasi, melalui kegiatan ini saya bisa melihat, bagaimana kita mampu mengolah komoditas pangan lokal menjadi makanan yang sangat menarik, tadi saya lihat ada mie dari talas, sorgum dan sumber pangan lainnya" ungkapnya.

Konsep terakhir yang juga tidak kalah penting, ungkap Syahrul, adalah dari sisi pemasaran, bersama dengan pihak terkait lainnya, tidak hanya berusaha untuk membuka ruang - ruang pemasaran secara langsung. Namun juga secara digital lewat berbagai marketplace.

Bahkan dia berharap pandemi ini dapat membuka peluang bagi UMKM untuk berkreasi dalam menciptakan pasar baru.

"Pemasaran adalah konsep terakhir yang juga perlu untuk didorong. Hari ini kita buktikan bahwa pasar terbuka untuk pangan lokal, termasuk mall - mall seperti ini. Bahkan ke depan saya akan bersurat ke para kepala daerah untuk memberi ruang pada pengusaha UMKM pangan lokal agar dapat memasarkan produknya di tempat - tempat yang strategis diwilayahnya" ungkap dia.

Infografis Keamanan Pangan

Infografis Keamanan Pangan (Liputan6.com/Ari Wicaksono)
Infografis Keamanan Pangan (Liputan6.com/Ari Wicaksono)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil 5 Bulan, Ini 8 Momen Zaskia Sungkar dapat Kado Spesial dari Fanny Bauty

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Irwansyah dan Zaskia Sungkar saat ini tengah berbahagia. Pasalnya, usia kehamilan wanita yang akrab disapa Kia ini diketahui telah menginjak trimester kedua atau lima bulan.

Bahkan, melalui channel YouTube The Sungkar Family, keduanya kerap mengunggah perkembangan kehamilan pertama ini. Baru-baru ini sang ibunda, Fanny Bauty bahkan memberikan kejutan kado spesial untuk calon cucu pertama dari Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Melalui video yang diunggah pada Sabtu (28/11/2020) memperlihatkan momen Fanny Bauty yang baru kembali dari Belanda membawa sejumlah hadiah untuk calon cucunya. Hal ini tentu saja membuat Zaskia Sungkar dan sang suami begitu bahagia. Pasalnya, dari hadiah yang didapat dari sang ibunda, terdapat sebuah stroller yang diidamkan oleh kakak Shireen Sungkar tersebut.

Penasaran bagaimana momen ketika Zaskia Sungkar dan Irwansyah dapat kado spesial dari sang ibunda untuk calon anak mereka? Dilansir Liputan6.com dari channel YouTube The Sungkar Family, berikut ini beberapa momen ketika Zaskia Sungkar diberi kado spesial oleh Fanny Bauty, Senin (30/11/2020).

1. Fanny Bauty sendiri diketahui baru saja kembali dari liburan di Belanda.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

2. Kia pun tak bisa menyembunyikan ekspresi bahagia bisa bertemu dengan sang ibunda sekaligus mendapatkan setumpuk hadiah.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

3. Meski baru bertemu kembali, namun keduanya tetap memastikan aman dari COVID-19 dengan sang ibunda yang telah melakukan Tes Swab.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

4. Wanita 29 tahun ini pun begitu bahagia bertemu dengan ibunda tercinta.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

5. Bahkan, untuk menyambut kepulangan Fanny Bauty, Zaskia Sungkar dan Irwansyah menyiapkan bucket bunga uang lho.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

6. Pasangan selebritis ini pun begitu terharu dan bahagia atas setumpuk hadiah untuk calon anak pertama mereka.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

7. Berbagai perlengkapan keperluan bayi dengan brand ternama pun terlihat diberikan oleh Fanny Bauty.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

8. Sang ibunda juga turut mendoakan kehamilan Zaskia Sungkar yang masih menunggu 4 bulan lagi sebelum melahirkan.

Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)
Kejutan Fanny Bauty untuk Zaskia Sungkar (Sumber: YouTube/ The Sungkar Family)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Sekolah Alam di Bekasi Gelar Ujian Tatap Muka

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Seorang murid SMP Sekolah Alam melihat soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka  jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Seorang murid SMP Sekolah Alam melihat soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang murid SMP Sekolah Alam melihat soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah murid SMP Sekolah Alam mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka  jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah murid SMP Sekolah Alam mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah murid SMP Sekolah Alam mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Murid SMP Sekolah Alam mengisi soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka  jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Murid SMP Sekolah Alam mengisi soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Murid SMP Sekolah Alam mengisi soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana Ujian Akhir Semester (UAS) SMP Sekolah Alam di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka  jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Suasana Ujian Akhir Semester (UAS) SMP Sekolah Alam di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana Ujian Akhir Semester (UAS) SMP Sekolah Alam di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para murid SMP Sekolah Alam mengisi soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka  jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Para murid SMP Sekolah Alam mengisi soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para murid SMP Sekolah Alam mengisi soal Ujian Akhir Semester (UAS) di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana Ujian Akhir Semester (UAS) SMP Sekolah Alam di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka  jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Suasana Ujian Akhir Semester (UAS) SMP Sekolah Alam di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana Ujian Akhir Semester (UAS) SMP Sekolah Alam di Sukawangi, Kabuapaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/11/2020). Menurut pengurus Sekolah Alam KBM tatap muka jenjang pendidikan SD,SMP, dan SMA tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayu Ting Ting Ungkap Pertemuan Pertama dengan Adit Jayusman

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama hidup tanpa pendamping, kini Ayu Ting Ting diketahui sedang menjalin hubungan asmara dengan Adit Jayusman. Ibu satu anak itu juga telah mempublikasi hubungannya.

Lewat kanal YouTube Rio Motret, Ayu Ting Ting akhirnya berbagi kisah seputar hubungan asmaranya dengan Adit Jayusman. Salah satunya soal awal perkenalan mereka.

"Dikenalin sama teman, kenalan lama-lama mungkin memang sudah takdirnya dekat. Ya senanglah, bersyukur," ujar ibunda Bilqis Khumairah Razak tersebut di YouTube yang diunggah belum lama ini.

 

 

 

Kenapa Memilih Adit?

Ayu Rosmalina, lebih dikenal dengan sapaan Ayu Ting Ting adalah salah satu pedangdut tenar di Indonesia
Ayu Rosmalina, lebih dikenal dengan sapaan Ayu Ting Ting adalah salah satu pedangdut tenar di Indonesia

Rio Motret lantas penasaran, apa yang membuat Ayu Ting Ting jatuh hati pada sosok Adit Jayusman. Di mata Ayu, Adit adalah pria yang baik.

"Baik, terus profesinya di luar pekerjaan aku. Yang jelas memang aku nyarinya yang di luar pekerjaan aku biar saling ngerti. Enggak pengin yang barengan kerjanya," tuturnya.

Idaman

Pedangdut cantik yang memiliki nama asli Ayu Rosmalina ini selalu memperhatikan penampilannya. Maklum, Ayu adalah salah satu publik figur ternama Tanah Air. Maka tak heran Ayu sering gonta-ganti gaya rambut. Salah satunya saat rambut panjangnya dibuat bergelombang. (Liputan6.com/IG/@ayutingting92)
Pedangdut cantik yang memiliki nama asli Ayu Rosmalina ini selalu memperhatikan penampilannya. Maklum, Ayu adalah salah satu publik figur ternama Tanah Air. Maka tak heran Ayu sering gonta-ganti gaya rambut. Salah satunya saat rambut panjangnya dibuat bergelombang. (Liputan6.com/IG/@ayutingting92)

Diakui pelantun "Sambalado" ini, sosok Adit Jayusman sudah sesuai dengan kriteria pria idamannya. "Karena baik, dewasa, pokoknya baik, sesuai apa yang aku mau alhamdulillah," ucapnya.

Tips

Terakhir, Ayu Ting Ting berbagi tips dalam menjaga hubungan asmaranya. "Aku percaya sama dia dan dia percaya sama aku, aku orang ya insyaallah enggak bakal aneh-aneh. Dia juga enggak cemburuan. Kita sudah sama-sama dewasa, jadi saling pengertian," ia menutup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Joe Biden Alami Cedera Kaki Setelah Bermain dengan Anjing Peliharaanya

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden terpilih AS Joe Biden mengalami cedera pergelangan kaki setelah bermain dengan anjing peliharaanya. Ia langsung dibawa menemui dokter ortopedi untuk mendapat perawatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instruksi Mendoakan Said Aqil Siradj kepada Nahdliyin Jombang

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya- Ketua PCNU Jombang M Salamuddin Yazid menginstruksikan kepada warga nahdliyin di Jombang untuk ikut mendoakan Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj. Seperti yang diketahui, Said Aqil Siradj terkonfirmasi positif Covid-19.

Instruksi itu berupa mendokakan kesembuhan Said Aqil Siradj dengan bacaan surah Al-fatihah setiap salat wardhu lima waktu.

"Mohon kepada warga nahdliyin Kabupaten Jombang sehabis salat maktubah membaca surat fatihah satu kali untuk kesembuhan Said Aqil Siradj dan semoga kita semua diselamatkan dari Covid-19," ujarnya, seperti yang dikutip dari Timesindonesia.co.id, Senin (30/11/2020).

Ia menilai, sosok KH Said Aqil Siradj merupakan ulama yang sederhana. Cara berpakaian beliau jarang bersarung sebagaimana kiai pada umumnya, namun keilmuannya luas.

"Beliau merupakan sosok sangat teguh dalam prinsip dan gigih membela apa yang diyakininya, meskipun arus besar publik bersuara sebaliknya," ucapnya.

Ia mengatakan Kiai Said Aqil Siradj berani bersuara meyakini pendapatnya, untuk memperjuangkan Islam, menjaga ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyyah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentagon Modernisasi Jaringan dengan Infrastruktur Aruba

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aruba mengumumkan kantor pusat Departemen Pertahanan Amerika Serikat tengah melakukan modernisasi seluruh jaringan dengan infrastruktur Aruba.

Modernisasi ini meliputi perangkat baik yang bersifat classified maupun unclassified. Disebutkan bahwa di Gedung Pentagon terdapat lebih dari 10 ribu perangkat yang terhubung setiap hari.

Mengutip keterangan tertulis perusahaan, Arsitektur berbasis ESP dari Aruba menawarkan infrastruktur jaringan yang didukung automasi. Dengan demikian, semua proses manual seperti port mapping dan initial switch configuration tidak diperlukan lagi.

Modernisasi ini diyakini akan membuat operasional semakin efisien. Selain itu, proses automasi pada device access akan menjadi lebih aman bagi seluruh pengguna, mengurangi kebutuhan pelatihan TIK, serta mendukung overhead.

Gedung Pentagon bermarkas di Arlington, Virginia dan merupakan simbol militer Amerika Serikat dan termasuk salah satu gedung terbesar di dunia dengan luas sekitar 6,5 juta kaki persegi

Strategi Modernisasi

Pada praktiknya, Pentagon menjalankan strategi modernisasi jaringan seperti melakukan konsolidasi solusi kabel, nirkabel, dan keamanan ke dalam satu platform tunggal seragam di seluruh level klasifikasi jaringan.

Modernisasi ini juga memungkinkan Pentagon untuk memiliki kemampuan software-defined networking (SDN) di dalam solusi yang dapat dioperasikan bersama vendor dan sistem lain.

Selain itu, Pentagon juga memperluas dan memperbarui jaringan nirkabelnya dengan menambah 3.000 Aruba Access Points (APs).

Untuk SDN, Pentagon memperluas penerapan Aruba ClearPass Policy Manager, termasuk fitur colorless port, untuk access control yang aman di seluruh jaringan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Champions Grup E-H: Leipzig Bisa Melenggang Saat MU Sibuk Jegal PSG

Posted: 29 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) dan PSG terus berjuang di grup H Liga Champions hingga match day ke-5 tengah pekan nanti. Pasalnya, posisi kedua raksasa Eropa itu belum aman di klasemen Liga Champions.

MU memang memimpin klasemen grup H dengan 9 poin. Namun mereka hanya unggul 3 poin dari PSG di peringkat kedua, dan RB Leipzig di tempat ketiga.

Fase grup Liga Champions masih menyisakan dua pertandingan lagi. Itu artinya, dua klub itu masih mungkin mendepak MU dari persaingan.

Leipzig boleh dibilang diuntungkan jika melihat jadwal match day ke-5 Liga Champions. Itu lantaran MU dan PSG akan saling berhadapan di Old Trafford.

Dari grup lain, Chelsea dan Sevilla telah memastikan diri lolos sebagai wakil grup E. Hal serupa terjadi di grup G, yang akan diwakili Barcelona dan Juventus di babak 16 besar.

Berikut klasemen Liga Champions Grup E-H

Grup E

Pemain Chelsea, Kurt Zouma, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Burnley pada laga Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Sabtu (31/10/2020). Chelsea menang dengan skor 3-0. (Molly Darlington/Pool via AP)
Pemain Chelsea, Kurt Zouma, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Burnley pada laga Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Sabtu (31/10/2020). Chelsea menang dengan skor 3-0. (Molly Darlington/Pool via AP)

Grup F

Pemain Borussia Dortmund merayakan gol yang dicetak Erling Braut Haaland ke gawang Club Brugge pada laga lanjutan Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (25/11/2020) dini hari WIB. Borussia Dortmund menang 3-0 atas Club Brugge. (AFP/Leon Kuegeler/pool)
Pemain Borussia Dortmund merayakan gol yang dicetak Erling Braut Haaland ke gawang Club Brugge pada laga lanjutan Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (25/11/2020) dini hari WIB. Borussia Dortmund menang 3-0 atas Club Brugge. (AFP/Leon Kuegeler/pool)

Grup G

Pemain Barcelona, Antoine Griezmann usai cetak gol ke gawang Dynamo Kiev pada ajang Liga Champions 2020/2021. (Sergei SUPINSKY / AFP)
Pemain Barcelona, Antoine Griezmann usai cetak gol ke gawang Dynamo Kiev pada ajang Liga Champions 2020/2021. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Grup H

Penyerang PSG, Neymar, terjatuh saat dihadang pemain Manchester United pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Rabu (21/20/2020). MU menang dengan skor 2-1. (AP/Michel Euler)
Penyerang PSG, Neymar, terjatuh saat dihadang pemain Manchester United pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Rabu (21/20/2020). MU menang dengan skor 2-1. (AP/Michel Euler)

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Teror Sigi Bukan Perang Suku atau Agama

Posted: 29 Nov 2020 10:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengutuk peristiwa pembantaian di Sigi, Sulawesi Tengah, oleh terduga jaringan teroris MIT pimpinan Ali Kalora

Mahfud menegaskan, teror di Sigi bukanlah perang suku atau agama.

"Peristiwa ini bukan perang suku apalagi perang agama. Peristiwa ini dilakukan kelompol kejahatan yang dinamakan Majelis Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Ali Kalora, yang tidak bisa disebut mewakili agama tertentu," kata Mahfud dalam konpers daring, Senin (30/11/2020).

Oleh karena itu, Mahfud meminta warga tidak terpancing provokasi. Pihaknya mengimbau seluruh warga, khsususnya warga Sigi untuk tidak terpancing oleh upaya upaya provokasi pihak pihak tertentu. Pemerintah menurut Mahfud telah bertemu keluarga korban.

"Pemerintah sudah melakukan pemulihan atau trauma healing. Pemerintah telah memerintahkan aparat melalui Satgas Operasi Tinumbala melakukan pengejaran dan pengepungan terhadap para pelaku agar secepatnya dilakukan proses hukum yang tegas," ucapnya.

Perketat Pengamanan

Selain itu, Mahfud menyebut pemerintah telah meminta aparat mempekuat pengamanan di Sigi.

"Juga memperketat penjagaan warga dari ancaman teroris dan pihak yang ingin mengacaukan keamanan dan ketertiban di wilayah itu," katanya.

Mahfud menegaskan Pemerintah menjamin keamanan seluruh warga di seluruh wilayah Indonesia.

"Pemerintah menjamin keamanan warga di seluruh wilayah indonesia termasuk warga di Kabupaten Sigi, terutama setelah ada tindakan teror di wilayah itu," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Masih Dihantui Kerentanan Pangan, Ini Penyebabnya

Posted: 29 Nov 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penduduk Indonesia diprediksi akan mencapai lebih dari 300 juta jiwa dalam lima belas tahun mendatang. Jumlah penduduk yang semakin besar bisa menjadi ancaman ketahanan pangan.

Head of Food Science and Nutrition International Institute for Life Sciences (i3L) Agus Budiawan Naro Putra menjelaskan potensi kerentanan pangan (food insecurity) di Indonesia masih cukup besar mengingat kondisi geografis dan demografis di Indonesia yang beragam.

Ditambah potensi bencana alam yang terkait iklim, variabilitas curah hujan, dan potensi kehilangan produksi yang diakibatkan oleh organisme penggangu tanaman, yang dapat mengakibatkan terjadinya kerentanan pangan sementara (transien).

"Aspek ketersediaan pangan, akses terhadap pangan dan pemanfaat pangan menjadi indikator dan faktor risiko yang berdampak pada kerawanan pangan," kata Agus dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Untuk itu ada tiga hal utama yang menjadi solusi mencegah permasalahan pangan di Indonesia. Yakni distribusi, diversifikasi dan produksi.

Pertama adalah distribusi. Saat ini, diperkirakan satu dari enam orang di dunia mengonsumsi makanan secara berlebihan sehingga menyebabkan mereka mengalami kelebihan berat badan atau bahkan obesitas. Di sisi lain, satu dari enam orang di dunia juga mengalami kelaparan dan/atau mengonsumsi makanan yang kurang bergizi.

Terkait hal ini, distribusi bisa menjadi pilihan solusi yaitu agar orang (negara) yang berkelebihan makanan diharapkan untuk bisa mendistribusikan sumber makanannya (gratis ataupun berbayar) kepada orang (negara) yang berkekurangan makanan.

"Sistem distribusi yang baik juga bisa meminimalisir kerusakan makanan selama proses transportasi dari produsen ke konsumen," kata Agus.

Kedua adalah diversifikasi. Contoh diversifikasi pangan adalah dengan mengonsumsi makanan hasil laut/perairan, yang didapatkan dari kegiatan penangkapan ataupun yang dihasilkan dari kegiatan budidaya, sebagai sumber protein utama.

"Selain itu, kita juga dapat mempromosikan konsumsi pangan non-beras sebagai sumber karbohidrat seperti singkong, jagung, ubi, talas, dan lain sebagainya," jelas Agus.

Ketiga adalah peningkatan produksi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi, seperti pelibatan ilmu bioteknologi (khususnya rekayasa genetika) dan juga ada banyak faktor yang berperan dalam proses produksi. Seperti kondisi sosio-politik masyarakat setempat, ekologi, dan lain sebagainya.

Agus menambahkan ilmu pangan kedepan akan berperan penting dalam membantu ketahanan pangan Indonesia. Demi mewujudkan agenda nomor 7 dalam Nawacita, ilmu pangan berperan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Secara spesifik, ilmu pangan (bersama dengan ilmu gizi dan teknologi pangan) juga berperan dalam peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan, khususnya untuk membantu perbaikan kualitas konsumsi pangan dan gizi masyarakat.

"Semua pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan status kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Mentan Canangkan Perluasan Lahan Pertanian 250 Ribu Ha di 2021

Petani menanam padi di sawah kawasan Tangerang, Banten, Jumat (7/8/2020). PDB pertanian tumbuh 16,24 persen pada triwulan-II 2020 (q to q), bahkan secara y0y sektor pertanian tetap berkontribusi positif yakni tumbuh 2,19 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petani menanam padi di sawah kawasan Tangerang, Banten, Jumat (7/8/2020). PDB pertanian tumbuh 16,24 persen pada triwulan-II 2020 (q to q), bahkan secara y0y sektor pertanian tetap berkontribusi positif yakni tumbuh 2,19 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian Pertanian akan melakukan perluasan areal tanah baru (PATB) 250 ribu hektare. Hal ini juga untuk memastikan penduduk Indonesia tidak mengalami persoalan mengenai pangan dasar mereka.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, perluasan utamanya menyasar lahan penghasil padi, jagung, bawang merah, dan cabai merah di daerah defisit.

"Saya akan mempersiapkan lahan tambahan 250 ribu hektar untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan cuaca dan lain-lain. Saat ini saya membuat percontohan di dataran tinggi, dataran rendah, bahkan di bukit-bukit yang ada," ujar Mentan dalam webinar INDEF - Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021, Senin (30/11/2020).

Tak hanya itu, Mentan tengah mencanangkan diversifikasi pangan lokal yang berbasis kearifan lokal dan fokus pada satu komoditas utama. Adapun pemanfaatan pangan lokal secara masif diantaranya, ubi kayu 35.000 ha, jagung konsumsi 50.000 ha, sagu 1.000 ha, pisang 1.300 ha, kentang 650 ha, dan sorgum 5.000 ha.

Lalu, juga akan melakukan penguatan cadangan dan sistem logistik pangan. Diantaranya melalui penguatan cadangan beras pemerintah, baik di provinsi maupun di kabupaten/kota atau daerah. "Penguatan sistem logistik pangan nasional untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan," papar Mentan.

Tak kalah penting, Mentan menilai perlu juga untuk mengembangkan pertanian modern, seperti smart farming. Juga pemanfaatan green house untuk meningkatkan produksi komoditas hortikultura di luar musim tanam.

"Pengembangan food estate, mengkorporasikan pertanian pada sektor-sektor mulai dari hulu sampai hilir akan kami intervensi di 2021," kata Mentan.

Terakhir, Kementan akan menerapkan gerakan tiga kali ekspor (GRATIEKS). Dimana program ini dimaksudkan untuk meningkatkan volume ekspor melalui kerjasama dan investasi dengan pemda dan stakeholder terkait.

"Kami akan bicara darah-darah mana yang siap ekspor, disitu kita konsentrasi. Komoditas apa yang paling siap untuk diekspor dan ada pembelinya di luar," jelas Mentan. 

Infografis Keamanan Pangan

Infografis Keamanan Pangan (Liputan6.com/Ari Wicaksono)
Infografis Keamanan Pangan (Liputan6.com/Ari Wicaksono)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paul McCartney Mengaku Suka BTS, Ingat The Beatles Saat Lihat Jungkook dkk

Posted: 29 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Semenjak kariernya menjulang scara internasional, BTS kerap disetarakan dengan legenda musik The Beatles. Saat menerima gelar Innovator Music Awards dari The Wall Street Journal, misalnya. Kini, komentar seperti itu tak datang dari orang lain, melainkan dari personel band ikonis tersebut, Paul McCartney

Dilansir dari Soompi, Senin (30/11/2020), Paul McCartney mengungkapkan komentarnya mengenai Jimin dkk dalam sebuah podcast bertajuk "SmartLess" bersama Jason Bateman, Will Arnett, dan Sean Hayes.

Awalnya, pelantun "Hey Jude" ini ditanya apakah ada artis pop masa kini yang ia dengarkan karena memiliki "seni sesungguhnya' seperti The Beatles pada masanya. 

Nama idola K-Pop asuhan Big Hit Entertainment langsung meluncur dari bibir sang legenda hidup.

Ingat Masa Lalu

Paul McCartney. (AP Photo)
Paul McCartney. (AP Photo)

Paul McCartney ternyata teringat masa lalu saat melihat BTS. 

"Untukku, bukan karena seperti apa musiknya bagi pendengar. Untukku, adalah tentang melihat beberapa anak muda melewati apa yang pernah kami lewati," tutur pria 78 tahun yang masih aktif bermusik ini. 

Tak Bisa Nyanyikan Lagu BTS

BTS. (Twitter/ bts_bighit)
BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Perbedaan bahasa juga bukan menjadi penghalang bagi Paul McCartney menikmati lagu-lagu BTS.

"BTS—orang Korea. Aku suka melihat mereka, dan melihat apa yang terjadi. Kurasa mereka bagus," kata dia. 

Ia menambahkan, "Aku tak bisa menyanyikan satu lagu mereka...tapi aku suka mereka. 

Bukan yang Pertama

BTS (Twitter/ bts_bighit)
BTS (Twitter/ bts_bighit)

Ini bukan pertama kalinya Paul McCartney mengomentari BTS. Tahun lalu, saat menjadi bintang tamu dalam The Late Show with Stephen Colbert, Paul McCartney sempat diberi tahu sang host bahwa BTS sempat tampil di acara yang sama dan mengatakan "Hey Jude" adalah lagu favorit mereka. 

Stephen Colbert, lantas mengatakan, "BTS adalah hal terbesar di planet ini sekarang."

"Ya, itu yang kudengar," kata Paul McCartney menjawab.

Tampil ala The Beatles

BTS (Twitter/ bts_bighit)
BTS (Twitter/ bts_bighit)

Sekadar informasi, ketika tampil di acara ini, BTS tampil dengan konsep ala The Beatles. Mereka tampil dengan jas rapi seperti John Lennon cs, bahkan tampilan videonya dibuat hitam putih.

Seperti tayangan musik pada masa kejayaan The Beatles, sejumlah penonton juga bergoyang dengan antusias sambil membawa sejumlah papan tulisan berisi ungkapan cinta untuk BTS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beda Usia 47 Tahun, Seorang Pemuda Nikahi Nenek di Ponorogo

Posted: 29 Nov 2020 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menjadi bahan pembicaraan dan viral. Karena pria bernama Ali Nursahid, baru saja menikah secara sah dengan wanita berusia 76 tahun, berstatus janda tanpa anak. Usia pasangan pengantin baru tersebut terpaut 47 tahun.

Diantar warga dan keluarga mempelai pria, Ali Nursahid warga Desa Mrayan, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, bertandang ke rumah pujaan hatinya,Yainem yang kini berusia 76 tahun. Pernikahan beda usia terpaut 47 tahun ini, langsung menjadi perbincangan di media sosial.

Meski baru dilangsungkan 27 November 2020. Sebelum memutuskan menikah satu bulan lalu, mereka dipertemukan di Pasar Slahung, saat mereka sama-sama berbelanja.

Dari pandangan pertama, keduanya langsung jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah. Keduanya kemudian melakukan ijab kabul di hadapan penghulu, dengan disaksikan keluarga dan tetangga sekitar di Ponorogo.

Yainem adalah seorang janda tanpa anak yang baru ditinggal mati suaminya 6 bulan lalu. Sedangkan Ali Nursahid merupakan duda dengan dua anak, yang cerai dengan istrinya 2 tahun yang lalu. Berikut dilansir pada Fokus, 28 November 2020.

Kendati terpaut usia 47 tahun, tetapi pernikahan ini tetap sah di mata hukum negara maupun agama. Mereka bertekad untuk sehidup semati.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Satu Keluarga Terseret Air Bah

Posted: 29 Nov 2020 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (30/11) kali ini dengan berita di antaranya, Satu Keluarga Terseret Air Bah, Erupsi Gunung Ili Lewotolo, Lezatnya Bakmi Kepiting Khas Pontianak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Ili Lewotolok Siaga, Orang Tua Enggan Mengungsi dan Pilih Bertahan

Posted: 29 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Lembata - Meski Gunung Ili Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah berstatus siaga, namun masih ada ratusan warga sekitaran gunung yang masih belum dievakuasi dengan alasan sudah lanjut usia.  

"Masih banyak sekali warga yang memilih bertahan di kampung halaman mereka dengan alasan sudah tua," kata Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday, Senin (30/11/2020).

Terkait dengan kenaikan aktivitas Gunung Ili Lewotolok, pemda setempat sudah mengevakuasi warga di sekitar kawasan Gunung Ili Lewotolok sejak Jumat (27/11/2020).

"Pemerintah sudah mengambil langkah evakuasi, tetapi masih banyak yang bertahan di kampung dengan alasan sudah tua, menjaga barang adat, hewan piaraan dan sebagainya," katanya.

Thomas mengatakan, ada 14 desa di Kecamatan Ile Ape dan Kecamatan Ile Ape Timur yang terkena dampak erupsi dari Gunung Ili Lewotolok berupa abu dan kerikil. Saat ini lebih dari 4.000 orang telah meninggalkan desa mereka dan mengungi ke daerah-daerah aman.

Mereka tidak saja menempati posko yang disiapkan pemerintah tetapi juga rumah-rumah penduduk.

"Saya baru selesai mengunjungi sembilan titik, dengan jumlah mereka berkisar 27-55 orang," katanya.

Sementara jumlah yang menempati pos utama pengungsian di Nubatukan sampai pagi ini sebanyak 3.474 orang. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Mencegah Lumut di Aquarium, Jaga Kesehatan Ikan

Posted: 29 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lumut menjadi salah satu masalah pada aquarium yang seringkali muncul dan membuat keindahan berkurang. Selain bisa mengurangi keindahan pada aquarium, munculnya lumut tersebut juga dapat merugikan kesehatan ikan-ikan yang dipelihara.

Sebab lumut dapat menguras oksigen yang terkandung di dalam aquarium. Padahal, kandungan oksigen yang besar di dalam aquarium sangat dibutuhkan agar kondisi kesehatan ikan dapat terjaga. Maka ada baiknya, Anda memahami bagaimana cara mencegah lumut di aquarium.

Tapi yang perlu dipahami, cara mencegah lumut di aquarium ini hanya berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan lumut pada aquarium. Sebab lumut atau alga itu sendiri terjadi akibat proses alami. Dengan melambatnya proses pertumbuhan lumut, setidaknya bisa mengurangi intensitas pembersihan aquarium.

Nah, lalu bagaimana cara mencegah lumut di aquarium tumbuh dengan cepat? Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara mencegah lumut di aquarium yang efektif, Senin (30/11/2020).

Cara Mencegah Lumut di Aquarium

Aquarium - Image by Irina_kukuts from Pixabay
Aquarium - Image by Irina_kukuts from Pixabay

1. Jangan memberi pakan terlalu banyak

Cara mencegah lumut di aquarium bisa dengan membatasi pemberian pakan ikan agar tidak terjadi overfeeding atau pakan berlebihan. Sebab, penyebab utama munculnya lumut adalah memberi pakan ikan terlalu banyak.

Padahal, pakan ikan dapat meningkatkan kandungan nutrisi seperti ammonia dan phosfat yang mana kandungan ini akan memicu pertumbuhan lumut. Jadi, pastikan takaran pakan ikan cukup agar tidak ada sisa-sisa pakan yang mengotori aquarium.

 

2. Rutin mengganti air

Aquarium milik Anda mungkin didesain sedemikian rupa dengan pemberian tanaman dan lain sebagainya, tentu agar menyerupai alam bebas. Namun, hal ini tetap berbeda, mengingat pergantian air di alam bebas juga berlangsung secara alami.

Di alam bebas, air hujan dan genangan air secara alami akan menyegarkan kondisi air dengan mengencerkan serta membuang zat nitrat yang dikenal sebagai penyubur lumut. Sedangkan di aquarium, hal tersebut perlu dilakukan mandiri.

Sebenarnya tujuan pergantian air untuk membuang kelebihan nutrisi serta menggantikan mineral yang menurun. Frekuensi pergantian air yang ideal yaitu 10% setiap  seminggu sekali. Namun untuk akuarium yang di dalamnya terdapat sedikit ikan, 30% per bulan sudah cukup.

 

3. Atur pencahayaan lampu

Kemudian, perihal pencahayaan lampu pada aquarium cukup penting diperhatikan. Sebab, saat menyalakan lampu terlalu lama sama halnya dengan memfasilitasi fotosintesis lumut, di mana hal ini membuat pertumbuhan lumut menjadi ekstrim.

Itulah mengapa, beri jeda untuk menyalakan lampu dan mematikannya pada waktu yang tepat. Lampu cukup dinyalakan 6-8 jam/hari. Selain mencegah lumut, turut membantu ikan melakukan respirasi, mengingat ikan juga butuh waktu istirahat.

Cara Mencegah Lumut di Aquarium

Ilustrasi Aquarium (Photo by Vikram Mudaliar on Unsplash)
Ilustrasi Aquarium (Photo by Vikram Mudaliar on Unsplash)

4. Gunakan sistem filter yang tepat

Bagaimana sistem filter yang baik? Sistem filter yang baik terdapat kapas penyaring di dalamnya, biobal sebagai rumah bakteri pengurai, serta ada zeolit untuk menyerap zat berbahaya. Apabila ingin hasilnya maksimal, Anda bisa gunakan canister filter.

 

5. Jauhkan dari cahaya matahari langsung

Seperti cara mencegah lumut di aquarium dengan mengatur intensitas pencahayaan dari lampu, cahaya matahari menjadi salah satu penyebab yang bisa memicu tumbuhnya lumut di aquarium.

Maka dari itu, jangan menyimpan akuarium di luar rumah dan membiarkan tersorot matahari langsung, sebab hal itu jadi ide buruk dan membuat lumut menjadi cepat tumbuh.

 

6. Manfaatkan ikan pembersih

Cara mencegah lumut di aquarium bisa menggunakan bantuan ikan pemakan lumut atau alga-eater. Selain mampu mencegah timbulnya lumut berlebihan, jenis ikan tersebut juga akan memakan alga pada substrat atau dekorasi yang ada di dalamnya.

Salah satu jenis ikan pemakan lumut yang paling populer di Indonesia yaitu ikan sapu-sapu. Jenis ikan ini bisa mencegah lumut tumbuh dan berubah jadi kerak. Tapi Anda tidak perlu khawatir ikan ini mengganggu ikan lainnya. Sebab ikan sapu-sapu cenderung sedikit gerak.

Cara Mencegah Lumut di Aquarium

Aquarium - Image by Dorigo from Pixabay
Aquarium - Image by Dorigo from Pixabay

7. Memasukkan tanaman air

Adanya tanaman di dalam akuarium bisa membantu produksi oksigen tambahan untuk respirasi ikan serta ikan akan menyukai keberadaan tanaman tersebut. Selain dapat mempercantik dekorasi di dalam akuarium, adanya tanaman tersebut bisa menghambat pertumbuhan lumut.

Apabila semakin banyak jumlah tanaman yang dimasukkan dalam akuarium, maka akan menyulitkan lumut untuk tumbuh. Sebab nutrisi di dalam air jadi lebih banyak dikonsumsi oleh tanaman air dan membuat lumut kesulitan mendapatkan pasokan nutrisi.

 

8. Gunakan pembersih lumut

Meski sudah dilakukan berbagai cara mencegah lumut di aquarium di atas, namun lumut tetap berpotensi muncul. Jika sudah begitu cara untuk membersihkannya dengan menggunakan peralatan mag-float atau magnet pembersih lumut yang gunanya untuk membersihkan lumut pada kaca aquarium.

 

9. Gunakan alat pembersih kaca

Apabila sulit mendapatkan alat khusus pembersih lumut, Anda juga bisa menggunakan alat pembersih kaca yang banyak dijual di pasaran. Selain mudah didapatkan, alat ini juga ampuh untuk memelihara kebersihan aquarium sehari-hari.

Nah, mungkin berbagai cara mencegah lumut di aquarium di atas bisa Anda coba dan tetap pastikan kondisi aquarium bersih agar tidak menimbulkan beragam penyakit yang bisa berisiko bagi kesehatan ikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Pribadi Maradona Diselidiki Kasus Dugaan Pembunuhan, Terkait Kematian Sang Legenda?

Posted: 29 Nov 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dokter pribadi Diego Maradona, Leopoldo Luque tengah diselidiki atas dugaan pembunuhan. Penyelidikan dilakukan usai kematian Maradona sang legenda sepak bola tersebut pada pekan lalu.

Polisi kini tengah menggeledah kediaman dan klinik pribadi milik Luque untuk memastikan apakah ada kelalaian dari pihak dokter tersebut terkait dengan kematian Maradona.

Maradona meninggal akibat serangan jantung di kediamannya dekat Buenos Aires pada Rabu 25 November, kurang dari sebulan usai menjalani operasi untuk mengangkat gumpalan darah di otaknya.

Tim jaksa penuntut menyampaikan penggeledahan itu diperintahkan seorang hakim menyusul sejumlah penyelidikan awal, yang meliputi bukti-bukti dari tiga putri Maradona yakni Dalma, Giannina, dan Jana.

 

Dugaan Malpraktik?

Foto udara pemakaman legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, di pemakaman Jardin Bella Vista (Kamis (26/11/2020) waktu setempat. Diego Maradona meninggal karena serangan jantung pada usia 60 tahun. (AFP/Emiliano Lasalvia)
Foto udara pemakaman legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, di pemakaman Jardin Bella Vista (Kamis (26/11/2020) waktu setempat. Diego Maradona meninggal karena serangan jantung pada usia 60 tahun. (AFP/Emiliano Lasalvia)

"Berdasarkan kekuatan dari bukti-bukti yang dikumpulkan, permohonan penggeledahan kediaman dan kantor dokter Leopoldo Luque dipandang perlu untuk dilakukan," menurut pernyataan kantor kejaksaan setempat, seperti dilansir Xinhua, Senin (30/11/2020).

Kantor berita pemerintah Argentina, Telam, mengungkapkan tim penyelidik berupaya memastikan apakah Maradona telah mendapatkan perawatan 24 jam dari staf medis beberapa hari menjelang kematiannya, yang menjadi salah satu persyaratan pemulangan pemain legendaris tersebut dari rumah sakit pada 12 November.

Pengacara Maradona, Matias Morla, pada Kamis 26 November menyerukan penyelidikan atas kematian penggawa tim peraih Piala Dunia 1986 tersebut, seraya mengutip adanya dugaan respons yang terlambat dari layanan darurat medis.

Infografis Diego Maradona dalam Angka

Berita Infografis - Diego Maradona dalam Angka (Bola.com/Adreanus Titus)
Berita Infografis - Diego Maradona dalam Angka (Bola.com/Adreanus Titus)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIPI Nilai Kebijakan Ekspor Benih Lobster Hanya Perlu Dievaluasi Bukan Dicabut

Posted: 29 Nov 2020 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai produk hukum Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 12 tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting dan Rajungan sebaiknya tidak dicabut pasca penetapan Edhy Prabowo sebagai tersangka dalam kasus ekspor benur. Sebab regulasi ini telah hadir untuk menggantikan kebijakan yang dikeluarkan Susi Pudjiastuti tahun 2016 lalu.

Peneliti Pusat Penelitian Politik, LIPI, Anta Maulana Nasution mengatakan sebaiknya regulasi ekspor benih lobstersudah bagus, Hanya saja pasal 5 Permen KP tersebut harus dikaji ulang.

"Jangan dilihat ini sebagai produk yang buruk. Ini bagus hanya ada yang harus dilakukan ini revisi, kajian ulang terkait pasal 5," kata Anta dalam SAPA MEDIA bertema Memahami Potensi Lobster dari Perspektif Kelautan dan Sosial secara virtual, Jakarta, Senin (30/11).

Anta menjelaskan, pasal-pasal yang ada dalam Permen KP itu telah dijalankan. Regulasi ini membawa kebaruan dalam penanganan lobster saat ini.

Hanya yang menjadi masalah pada pasal 5 yang membahas tentang kebijakan ekspor benur. Pemerintah harus bisa embuat ketentuan yang bisa dijalankan para eksportir benur.

"Ini membawa kebaruan buat lobster tapi yang jadi masalahnya kebijakan ekspor benurnya," kata dia.

Anta mengaku ragu dengan tiga ketentuan yang terdapat dalam pasal 5 Permen KP tahun 2020. Ketentuan yang dimaksud terkait budidaya, budidaya keberlanjutan lobster dan mengembalikan 2 persen hasil budidaya lobster ke habitat aslinya.

"Ada tiga ketentuan yang belum tentu bisa dijalankan. Apakah benar sudah dijalankan semua," kata dia.

Anta menaruh curiga lantaran kebijakan Edhy Prabowo tersebut baru dikeluarkan sekitar bulan Mei 2020. Lalu dalam waktu 2 bulan, pada Juli 2020 sudah ada pengusaha yang melakukan eksportir benur.

Padahal dalam proses budidaya lobster, fase hidup udang laut ini membutuhkan waktu minimal 7 bulan untuk siap diperjualbelikan. "Apakah dalam waktu 2 bulan sudah bisa dipanen," kata dia.

Selain itu untuk izin ekspor benur juga harus mendapatkan izin Komisi Nasional Pengkajian Sumber Daya Ikan (Kajiskan). Sementara kebijakan ini baru dibentuk sekitar bulan Oktober lalu.

"Komnas Kajiskan ini baru dibentuk atau Kepmen-nya (Keputusan Menteri) 27 Oktober, baru sebulan. Sementara ekspor benur dari Juni, Juli, Agustus. Ini bisa jadi evaluasi," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Penangkapan Edhy Prabowo jadi Momentum Kaji Ulang Ekspor Benih Lobster

Lobster dan udang Tiger hasil tangkapan nelayan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Lobster dan udang Tiger hasil tangkapan nelayan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Beberapa waktu lalu Indonesia dikejutkan dengan penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo pada Rabu (25/11/2020) ditangkap pukul 01.23 WIB, dini hari, di Bandara Soekarno-Hatta oleh KPK terkait dengan kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benur.

Peneliti Kebijakan Kelautan dan Perikanan Pusat Penelitian Politik LIPI Anta Maulana Nasution mengatakan momentum penangkapan Menteri KKP harus menjadi pendorong bagi KKP untuk mengambil langkah selanjutnya dalam menyikapi kebijakan ekspor benur.

"KKP dapat memulai langkahnya dengan mengkaji ulang dari awal apakah sebenarnya kebijakan ekspor benur merupakan solusi yang tepat dari permasalahan yang dihadapi nelayan. Atau jangan-jangan kebijakan ini hanya sekedar memfasilitasi 'para aktor jahat' pemain ekspor benur"," kata Anta dalam diskusi LIPI Sapa Media #6, Senin (30/11/2020).

Kemudian Anta menyarankan pentingnya melakukan analisis aktor-aktor yang berkepentingan, sebelum menerapkan Kembali kebijakan ekspor benih lobster sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya monopoli.

"KKP harus bisa berperan bukan hanya sebagai fasilitator, tetapi juga harus menjadi aktor penengah yang memastikan bahwa kebijakan tersebut memberikan dampak yang seimbang bagi semua aktor," jelas Anta.

Lanjutnya, kebijakan mengizinkan ekspor benur dalam pendekatan ekologi politik, tidak bisa dilihat hanya sebagai langkah Pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

Tapi juga harus dilihat sebagai upaya dari aktor-aktor selain nelayan yang memiliki kepentingan secara ekonomi, maupun politik untuk menguasai atau memonopoli bisnis ekspor benur dengan mengandalkan relasi kuasa politik.

"Ekologi politik melihat sebuah fenomena perubahan sumberdaya dari proses politik yang terjadi di belakangnya," ujarnya.

Menurutnya fenomena kebijakan ekspor benih lobster menunjukan adanya indikasi oligarki yang kemungkinan selama masa Pemerintahan sebelumnya berusaha untuk 'ditenggelamkan' melalui pelarangan ekspor Benur dan mencoba bangkit kembali pada saat ini.

"Setidaknya ada tiga aktor yang berkepentingan dalam kebijakan ekspor benur, yaitu pemerintah, swasta, dan nelayan, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 tahun 2020, khususnya pasal 5 terkait eksportir, dan Potensi relasi kuasa," sebutnya.

Demikian ia menegaskan perlunya mengkaji ulang aktor-aktor yang berkepentingan agar kedepannya pengelolaan budidaya lobster bisa berjalan dengan baik.    

Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi soal Pembunuhan Satu Keluarga di Sigi: Satgas Tinombala Masih Buru MIT

Posted: 29 Nov 2020 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Tinombala dari TNI-Polri masih melakukan pengejaran kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora terkait pembunuhan satu keluarga di Desa Lembontongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Didik Supranoto mengatakan, pengejaran yang dilakukan oleh Satgas Tinombala ini di kawasan Parigi dan Poso.

"Sampai saat ini Satgas Tinombala (TNI dan Polri) melakukan pengejaran di wilayah Sigi, Parigi & Poso," kata Didik saat dihubungi Merdeka soal pembunuhan di Sigi itu, Senin (30/11/2020).

Namun, dia belum bisa menjelaskan secara pasti terkait keberadaan kelompok MIT tersebut. Dia hanya menegaskan, Satgas Tinombala masih melakukan pengejaran.

"Masih dilakukan pengejaran," tegas Didik.

Dia menyebut pelaku dalam tindak kriminal tersebut berjumlah delapan orang. Hal ini setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

"Pembunuhan dan pembakaran dilakukan oleh kelompok MIT. Berdasarkan keterangan saksi jumlah mereka ada 8 orang, setelah dicocokkan dengan gambar DPO saksi menyatakan sama," sebut Didik.

 

Tak Ada Gereja yang Dibakar

Didik menjelaskan, dalam insiden tersebut tidak ada tempat ibadah seperti gereja yang dibakar oleh kelompok MIT. Namun, yang terbakar hanyalah rumah saja.

"Tidak ada gereja yang terbakar, tapi 7 rumah warga, tapi salah satu rumah kadang-kadang dipakai kegiatan agama atau pos pelayanan umat (4 terbakar habis, 3 terbakar bagian dapur)," jelasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Rombongan Pesepeda Naik Damri Tak Tertib dan Ganggu Penumpang

Posted: 29 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria membagikan pengalaman buruknya saat menaiki bus Damri jurusan Alun-alun Bandung menuju Kota Baru, Parahyangan, Padalarang. Kisahnya menjadi viral setelah ia menceritakan ulah sejumlah pesepeda yang masuk bus umum dan menghalangi penumpang lain yang ingin duduk.

Melalui akun Twitternya @debirobi, pria bernama asli Debi Rubiansyah itu mengunggah sebuah foto pada Sabtu (28/11/2020). Dalam fotonya, tampak beberapa sepeda memadati kabin bus dari depan hingga belakang. Selain itu, tampak juga seorang penumpang bus harus berdiri karena tidak mendapat kursi.

Dalam keterangannya, Debi mengungkapkan kekesalannya karena penumpang harus berdiri karena banyaknya sepeda yang masuk ke dalam bus. Ia juga menyebut akun Twitter @damri_bandung dan @infobdg dalam cuitannya sebagai bentuk protes agar tak terjadi lagi perilaku pesepeda yang kurang tertib dan mengganggu penumpang lain.

Kisahnya viral di media sosial

Seorang warganet mengeluhkan ulah pesepeda yang tidak tertib dan membuat penumpang lain berdiri. Twitter/debirobi
Seorang warganet mengeluhkan ulah pesepeda yang tidak tertib dan membuat penumpang lain berdiri. Twitter/debirobi

"Tolong @damri_bandung tindak tegas bikin aturannya ini gimana kita penumpang naik bus umum jurusan Padalarang Kota Baru harus berdiri akibat banyak sepeda masuk bus umum. Kita sama-sama bayar," cuit Debi.

Debi juga mengaku sempat mengeluhkan hal tersebut kepada sang supir Damri, tetapi jawabannya justru membuat ia semakin kesal.

"Kita nunggu bus ini 30 menit berharap ada kursi kosong pas masuk kayak dapet ZONK! Saya udah bilang ke supirnya Pak tolong rapihin biar muat penumpang, cuma bilang 'kasihan mereka cape', terus kita ini....," sambung Debi.

Ia juga menceritakan bahwa penumpang lain tak bisa duduk dan harus berdiri karena pesepeda tersebut telah memakan tempat.

"Niat go green tapi ga ada otak. Naik sepeda ke Kota Baru Padalarang terus naik bus umum bari sapedah ngalangin penumpang lain," tulisnya.

Pihak Damri memohon maaf

Bus Damri di Bandara Kertajati (Foto: Liputan6.com/Bawono Y)
Bus Damri di Bandara Kertajati (Foto: Liputan6.com/Bawono Y)

Kisah tersebut pun menjadi viral di media sosial hingga cuitannya mendapatkan respon langsung dari DAMRI Indonesia. Melalui akun Twitter resminya @DamriIndonesia, pihaknya memohon maaf atas kejadian tak menyenangkan tersebut.

 

Selain itu, pihak Damri juga berjanji akan menindak tegas para pengguna sepeda yang berjumlah banyak dengan tidak lagi membiarkan mereka masuk ke dalam bus.

 

 

Respons Warganet

Pihak Damri mengeluarkan bus bantuan untuk mengangkut calon penumpang dari Pool di Bandung ke Bandara Kertajati. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Pihak Damri mengeluarkan bus bantuan untuk mengangkut calon penumpang dari Pool di Bandung ke Bandara Kertajati. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kejadian itu lantas mengundang komentar warganet. Tak sedikit yang juga merasa kesal karena ulah para pegowes tersebut. Hal ini karena tingkah beberapa pegowes yang tak sesuai pada tempatnya.

"Biar rapih? KRL aja yang lebih gede dari bus ngga bisa sembarang sepeda bisa masuk dan naronya juga harus bener," tulis rdm_271

"Ya mohon maaf sepeda mah di naikin aja. Lucu amat sepeda naik Damri. Kalo nggak pesen grab car kek go car kek," tulis utarirahh

"Kalau gakuat gausah gowes wkwk," tulis billyfajrian

"Kok lucu yah dr pihak Damri malah diusahakan ditata rapi? Hellooo. Itu bus bukan penitipan sepeda," tulis putrosetiaji

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejutan Hadiah Ultah Pernikahan ke-73 Ratu Elizabeth II dari Orkestra Anak-Anak

Posted: 29 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-73 pada 20 November 2020 lalu. Kendati demikian, ucapan dan hadiah manis atas selebrasi ini masih terus berlanjut hingga di penghujung bulan.

Dilansir dari laman Hello Magazine, Senin (30/11/2020), Ratu menerima kejutan kado hari jadi pernikahannya pekan lalu. Kala itu, Ratu Elizabeth II tengah menikmati pertunjukan online dari orkestra anak-anak di Siprus.

Ratu diajak tur virtual proyek komunitas di Mozambik selama panggilan video dengan tiga pemenang Commonwealth Points of Light Award. Ibunda Pangeran Charles ini berada di Kastil Windsor saat momen itu berlangsung.

Ratu tak dapat menyembunyikan senyumnya ketika mendengar 45 anak menampikan karya yang belum pernah didengar bertajuk Modus Cyprius. Penampilan ini sebagai rasa hormat, sekaligus ucapan selamat atas ultah pernikahan Ratu dan Pangeran Philip.

Guru musik bernama Nikoletta Polydorou menerima penghargaan tersebut usai mendirikan grup Sistema Siprus pada 2018. Terbentuknya grup ini untuk memberi pelajaran musik dan instrumen gratis pada anak-anak muda yang rentan.

"Anda akan jadi orang pertama yang mendengar (lagu) dan terimalah sebagai hadiah kami untuk hari pernikahan Anda," kata Nikola pada Ratu.

"Itu sangat baik," kata Ratu Elizabeth II sembari tersenyum.

Tawa Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II kembali mendapat hadiah spesial dalam memperingati ulang tahun pernikahannya yang ke-73 dengan Pangeran Philip. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CIMOVatHD9P/)
Ratu Elizabeth II kembali mendapat hadiah spesial dalam memperingati ulang tahun pernikahannya yang ke-73 dengan Pangeran Philip. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CIMOVatHD9P/)

Pertunjukan kejutan tersebut diakhiri nyanyian grup, "Happy Anniversary Your Majesty!". Hal ini membuat Ratu Elizabeth II tertawa gembira.

"Baiklah, terima kasih telah mengizinkan saya mendengarnya. Itu sangat bagus," kata Ratu.

Ratu memberi penghargaan pada satu sukarelawan dari seluruh Commonwealth setiap minggu lewat Points of Light. Hal ini sebagai pengakuan atas perbedaan yang telah mereka buat dalam komunitas lokal.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Perpanjang PSBB Bodebek hingga 23 Desember, Begini Alasannya

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional, di wilayah Bodebek (Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Bekasi) sampai 23 Desember 2020. PSBB proporsional kawasan Bodebek sendiri berakhir pada 25 November 2020.

Perpanjangan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor:443/Kep.783-Hukham/2020 tentang Perpanjangan ke Delapan Pemberlakuan PSBB secara Proporsional di Wilayah Bodebek dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Kepgub itu ditandatangani Ridwan Kamil pada Kamis (26/11/2020).

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Provinsi Jabar Daud Achmad menyebutkan, dalam Kepgub itu kepala daerah wilayah Bodebek dapat menerapkan PSBB proporsional sesuai dengan level kewaspadaan daerah.

"PSBB secara proporsional disesuaikan dengan kewaspadaan daerah di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan dalam bentuk Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM)," ucap Daud dalam keterangannya, Senin (30/11/2020).

Keputusan perpanjangan PSBB secara proporsional wilayah Bodebek diselaraskan dengan kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang memperpanjang PSBB transisi sampai 6 Desember 2020. Keputusan didasarkan juga pada berbagai hasil kajian epidemiologi.

"Penambahan kasus di wilayah Bodebek dalam sepekan terakhir ini masih cukup tinggi," kata Daud.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) pada Senin (30/11/2020) pukul 11.00 WIB, jika diakumulasikan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kawasan Bodebek dalam tujuh hari terakhir bertambah 880 kasus.

Daud pun mengimbau kepada masyarakat Jabar, khususnya Bodebek, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Masyarakat bersama pemerintah merupakan garda terdepan melawan Covid-19. Banyak bukti ilmiah menunjukkan, penerapan protokol kesehatan efektif mencegah penularan Covid-19.

"Kalau protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, kami yakin pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Jabar dapat berjalan bersamaan," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Ini Bukan Pesan Berantai Donor Darah dari BFL Indonesia, Simak Penelusurannya

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan pesan berantai donor darah mencatut nama Blood For Life (BFL) Indonesia. Disebutkan dalam klaim kalau masyarakat bisa mendapatkan pendonor darah dengan nomor telepon hotline BFL Indonesia.

Salah satu akun Facebook yang membagikan pesan berantai soal donor darah yang mencatut nama BFL Indonesia adalah Roro Ariani. Berikut narasinya:

"*Teman-teman,*

jika ada keluarga, teman atau komunitas yang membutuhkan donor darah, terutama dalam keadaan emergency, _silakan hubungi :_

#HOTLINE_BFL#

[Blood for Life]

#0878-7519-5599#

Mereka akan segera membantu melalui jejaring BFL yang terdiri dari banyak pendonor sukarela yang tersebar di seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu. 👆🏻 *Silahkan di save,* kami siap bantu kapanpun ada keluarga yg butuh darah, *ini gak ada biaya apapun*, ada 112 ribu standby donor di database kami yg siap bantu kapanpun ada keluarga atau kenalan yg butuh darah 😊

Salam,

*Blood For Life Indonesia* *NB: tolong di share tuk rekan² yg ada di daerah*_"

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menelusurinya ke media sosial, Twitter resmi milik BFL Indonesia, @Blood4LifeID. Dari akun tersebut, ada unggahan pada 23 November 2020 soal bantahan soal pesan berantai tersebut.

BFL Indonesia dalam unggahan di Twitter resminya, menyebut klaim tersebut tidak keluar dari pihak mereka. Disebutkan juga BFL Indonesia, pesan berantai itu sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

Nomor holine BFL yang disebutkan dalam klaim juga salah. Nomor hotline BFL Indonesia, seperti tertera di akun Twitter mereka adalah 08119125663.

Berikut ini klarifikasi yang ada di Twitter BFL Indonesia:

Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi situs resmi BFL Indonesia. Disebutkan dalam situs tersebut, semua masyarakat bisa mendapatkan darah yang dibutuhkan di PMI dan Bank Darah RS.

Dalam penjelasan di situsnya, BFL Indonesia mempunyai visi untuk menyediakan layanan penghubung antara orang yang membutuhkan darah dan orang yang bersedia untuk mendonorkan darahnya dan menyediakan layanan edukasi terbaik seputar donor darah.

"Blood4LifeID akan berusaha untuk menghubungkan orang yang dapat mendonorkan darahnya dan sesuai dengan kebutuhan pasien yang membutuhkan transfusi darah. Kami menyebarkan informasi kebutuhan darah yang sudah kami cek kebenarannya kesemua media yang kami miliki. Kami berusaha untuk menyebarkan informasi kebutuhan yang benar, bukan informasi yang sudah kadaluarsa atau palsu," bunyi pernyataan dari BFL Indonesia.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim pesan berantai soal donor darah dari BFL Indonesia adalah hoaks karena tidak sesuai dengan informasi sesunguhnya. Pesan berantai ini juga pernah muncul di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Dari media sosial resminya, pihak BFL Indonesia mengkonfirmasi bahwa BFL Indonesia tidak pernah mengeluarkan pesan seperti itu.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang hingga 23 Desember 2020

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Jawa Barat (Jabar) kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional di wilayah Bodebek (Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Bekasi) sampai 23 Desember 2020. PSBB secara proporsional kawasan Bodebek sendiri berakhir pada 25 November 2020.

Hal itu ditegaskan dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor:443/Kep.783-Hukham/2020 tentang Perpanjangan Kedelapan Pemberlakuan PSBB secara Proporsional di Wilayah Bodebek dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Menurut Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah Provinsi Jabar Daud Achmad, dalam Kepgub itu seluruh kepala daerah wilayah Bodebek dapat menerapkan PSBB secara proporsional sesuai dengan level kewaspadaan daerah.

"PSBB secara proporsional disesuaikan dengan kewaspadaan daerah di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan dalam bentuk Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM)," ujar Daud dalam keterangan resminya di Bandung, Senin, 30 November 2020.

Daud menyebutkan keputusan perpanjangan PSBB secara proporsional wilayah Bodebek diselaraskan dengan kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang memperpanjang PSBB transisi sampai 6 Desember 2020. Selain itu keputusan didasarkan juga pada berbagai hasil kajian epidemiologi.

Salah satunya adalah terus bertambahnya kasus di wilayah Bodebek dalam sepekan terakhir ini masih cukup tinggi. Berdasarkan data PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar) pada pukul 11.00 WIB, jika diakumulasikan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kawasan Bodebek dalam tujuh hari terakhir bertambah 880 kasus.

"Kepada masyarakat Jabar khususnya Bodebek, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Masyarakat bersama pemerintah merupakan garda terdepan melawan Covid-19. Banyak bukti ilmiah menunjukkan, penerapan protokol kesehatan efektif mencegah penularan Covid-19," kata Daud.

 

Surat Edaran Gubernur

Daud mengingatkan jika protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, otoritasnya meyakini pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Jabar dapat berjalan beriringan. Selain itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengeluarkan Surat Edaran Nomor:185/KS.13.04/Hukham tentang Peningkatan Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam Penanganan Penyebaran COVID-19.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Perangkat Daerah atau Biro di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Daud mengatakan, terdapat empat poin yang tercantum dalam surat edaran tersebut.

Pertama, meminta Kepala Perangkat Daerah atau Biro di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan 3M di ruang publik.

"Poin kedua, Kepala Perangkat Daerah/Biro di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar harus mengutamakan penyelenggaraan rapat atau pertemuan secara daring dengan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, harus melakukan langkah-langkah proaktif dalam penanganan Covid-19," ucap Daud.

Poin terakhir dalam surat edaran itu sebut Daud, Kepala Perangkat Daerah atau Biro di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar mesti menjadi teladan bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan dan tidak ikut dalam kerumunan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan Covid-19. (Arie Nugraha)

Infografis

Infografis 3 Manfaat Tracing Putus Rantai Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Manfaat Tracing Putus Rantai Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka, Kerja Sambil Liburan

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Verrel Bramasta dan Ranty Maria tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dua bintang sinetron Indonesia ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air dan membintangi ragam judul sinetron. Verrel Bramasta dan Ranty Maria kini adu akting bareng di sinetron Putri untuk Pangeran di salah satu stasiun televisi swasta.

Belum lama ini, pemain dan crew sinetron Putri untuk Pangeran berkunjung ke Pulau Bangka tepatnya ke Kulong Biru. Momen tersebut tentunya menjadi momen syuting seru para pemain karena sambil liburan dan menikmati keindahan Pulau Bangka.

Kebersamaan Verrel Bramasta dan Ranty Maria dalam momen #pupagoestobangka ini pun sukses menyita perhatian publik dan para penggemarnya. Sebelum sinetron yang saat ini dibintanginya, dua bintang sinetron Indonesia ini sebelumnya juga pernah terlibat satu judul bersama tepatnya pada tahun 2016.

Sukses membangun chemistry dalam sinetron, dua artis muda berbakat ini tak lepas dari perhatian warganet. Verrel Bramasta, Ranty Maria, seluruh pemain dan crew tentunya mengabadikan momen syuting sambil liburan di Pulau Bangka ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka, Senin (30/11/2020).

 

1. Begini momen manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Kulong Biru, Bangka Tengah.

Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)
Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)

2. Momen tersebut tentunya menjadi momen yang seru bagi para pemain dan crew karena syuting sembari menikmati keindahan Pulaui Bangka.

Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/bramastavrl)
Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/bramastavrl)

3. Momen kebersamaan Verrel Bramasta dan Ranty Maria saat syuting di Pulau Bangka ini pun tak lepas dari perhatian.

Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)
Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)

4. Chemistry Verrel dan Ranty Maria dan didukung dengan pemandangan Pulau Bangka yang indah, sukses membuat penonton baper.

Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)
Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)

5. Setelah dipasangkan dalam sinetron tersebut, Verrel Bramasta dan Ranty Maria memang menjadi idola baru.

Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/_estalope)
Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/_estalope)

6. Begini keseruan para pemain saat syuting di Pulau Bangka.

Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)
Potret Manis Verrel Bramasta dan Ranty Maria di Pulau Bangka. (Sumber: Instagram.com/verrellranty.community)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HMD Global Bakal Luncurkan Laptop Nokia

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tersiar kabar HMD Global sedang bersiap untuk melebarkan bisnis mereka dengan meluncurkan deretan laptop Nokia pertama mereka.

Kabar ini terungkap lewat edaran sertifikasi yang dikeluarkan oleh Bureau of Indian Standards (BIS), sebagaimana dikutip dari Root MyGalaxy via Gizchina, Senin (30/11/2020).

Adapun sertifikasi BIS tersebut mengungkap ada 8 seri laptop Nokia yang akan diluncurkan, antara lain NKi510UL85S, NKi510UL82S, NKi510UL810S, NKi510UL165S, NKi510UL1610S, NKi310UL82S, NKi310UL85S, NKi310UL42S, dan NKi310UL41S.

Berdasarkan daftar di atas, tampaknya Nokia memiliki serangkaian produk laptop yang akan diluncurkan.

Sayang, masih belum dapat diketahui secara jelas model dari masing-masing seri tersebut. Namun, banyak yang meyakini HMD Global memang sedang melebarkan protfolio mereka untuk produk-produk Nokia.

Jadi, bukan sebuah kejutan untuk melihat upaya HMD Global merambah segmen pasar lain, seperti wearable, IoT, dan lain-lain.

 

Peluncuran Nokia 9.3 PureView du

HMD Global dilaporkan menunda kehadiran suksesor Nokia 9 PureView. Smartphone tersebut adalah Nokia 9.3 PureView.

Dilansir GSM Arena, Jumat (27/11/2020), Nokia anews melaporkan, Nokia 9.3 PureView tidak akan meluncur pada tahun ini. HMD Global akan merilisnya pada periode semester I 2021.

Alasan penundaan peluncuran Nokia 9.3 diprediksi berkaitan dengan kehadiran Snapdragon 875. Jika dirilis pada bulan ini atau Desember, maka Nokia 9.3 tidak bisa menggunakan chipset tersebut melainkan Snapdragon 865.

 

Nokia C3 Dibanderol Rp 1,6 Juta di Indonesia

Lebih lanjut, HMD Global sudah mengumumkan kehadiran Nokia C3 di Indonesia. Pre-order ponsel tersebut digelar pada 23 Oktober 2020.

HMD bekerja sama dengan beberapa pihak untuk pre-order Nokia C3. Pre-order di Tokopedia akan dimulai pada 23 Oktober hingga 8 November 2020, sementara di eraspace.com dimulai pada 25 Oktober.

Nokia C3 dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB dibanderol Rp 1.599.000 di Indonesia. Smartphone ini hadir dengan pilihan warna Nordic Blue dan Sand.

 

Optimis dengan Nokia C3

Kehadiran ponsel seri C ini, merupakan strategi perusahaan menghadirkan pengalaman smartphone untuk banyak konsumen di seluruh dunia dengan pilihan harga terjangkau.

Smartphone ini diharapkan menjadi pilihan bagi konsumen yang melakukan upgrade dari ponsel fitur ke smartphone.

"Kami yakin dengan Nokia C3, mengingat harganya yang agresif dan bisa bersaing di pasar," kata Country GM Indonesia HMD Global, Karel Holub, pada Rabu (21/10/2020).

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Monkey Buffet Festival, Jamuan Makan Gratis untuk Para Monyet di Thailand

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Seekor monyet makan makanan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)
Seekor monyet makan makanan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet makan makanan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet minum dari sekotak susu rasa depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)
Seekor monyet minum dari sekotak susu rasa depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet minum dari sekotak susu rasa depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Monyet menikmati makanan dari meja makan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)
Monyet menikmati makanan dari meja makan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Monyet menikmati makanan dari meja makan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet makan jagung di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)
Seekor monyet makan jagung di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet makan jagung di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet makan makanan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)
Seekor monyet makan makanan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

Seekor monyet makan makanan di depan kuil Prang Sam Yod selama Festival Prasmanan Monyet tahunan di Lopburi, Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Festival tersebut untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada monyet yang telah menarik banyak wisatawan ke deerah itu. (Jack TAYLOR/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Motor 250 Cc Termahal, Berapa Pajak Tahunan Kawasaki Ninja ZX-25R?

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beragam motor sport 250 cc ditawarkan di Indonesia saat ini. Tentu hanya satu model yang ditawarkan dengan tertinggi, posisi ini ditempati oleh Kawasaki Ninja ZX-25R.

Kawasaki Ninja ZX-25R adalah sportsbike bermesin 4-silinder, motor ini dibanderol Rp96 juta untuk tipe non-ABS dan versi ABS dijual dengan harga Rp112,9 juta. Kedua harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Sebelum meminang kendaraan tentu ada biaya yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah pajak tahunan kendaraan. Dengan memegang gelar motor termahal, berapa besaran pajak Kawasaki Ninja ZX-25R yang harus dibayar setiap tahun?

Berdasarkan informasi yang tertera di STNK Kawasaki Ninja ZX-25R milik PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), pada kolom BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) tercatat nilai sebesar Rp9,15 juta. BBNKB bernilai 10% dari harga off-the-road motor.

Pajak Kendaraan Bermotor

Sementara itu, untuk PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) Kawasaki Ninja ZX-25R ialah Rp1,464 juta. Di kolom bawahnya ada SWDKLLJ (Sumbangan Wajib dan Kecelakaan lalu Lintas) sejumlah Rp35 ribu. Artinya, pemilik sportbike 250 cc 4-silinder ini per tahunnya harus membayar pajak sebesar Rp1,499 juta.

Nominal ini nyaris 2 kali lipat dari motor 250 cc 2-silinder. Sebagai perbandingan, pajak tahunan Kawasaki Ninja 250 berkisar di angka Rp600-900 ribuan. Sedangkan pada Honda CBR250RR sekitar Rp700 ribu sampai Rp1 jutaan dan Rp700-900 ribu untuk Yamaha R25.

Perhitungan pajak ini juga bisa berubah jika pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R dikenakan progresif. Tentu saat Kawasaki Ninja ZX-25R menjadi motor kedua, ketiga, atau seterusnya, nominal yang harus dibayarkan setiap tahunnya akan semakin besar.

Sumber: Otosia.com

Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19

Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rivan Nurmulki Sebut Nagano Tridents Hoki Kalahkan Panasonic Panthers

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rivan Nurmulki dan kawan-kawan bersorak usai jump serve pemain Panasonic Panthers dinyatakan keluar. Sebab, tambahan satu poin memastikan Nagano Tridents mengalahkan Panasonic pada laga ke-12 V.League Division 1 Jepang.

Bermain di Matsumoto City Gymnasium, Minggu (29/11/2020), Rivan Nurmulki dan kolega memberi perlawanan ketat kepada Panasonic. Alhasil, Nagano memenangkan laga dengan skor ketat 3-2 (23-25, 25-20, 20-25, 25-20, 15-10).

Hasil ini sekaligus membalas kekalahan Nagano dari Panasonic satu hari sebelumnya dengan skor 0-3(14-25, 23-25, 21-25). Selain itu, ini juga menjadi kemenangan perdana Nagano dari 12 laga yang telah dijalani.

Dalam laga ini, pelatih Nagano Ahmad Masajedi menurunkan setter cadangan Meguru Tsubaki untuk menggantikan Kawahigashi Yudai. Sementara di kubu Panasonic, Michal Kubiak tidak main. Bahkan, bintang voli dunia asal Polandia itu tidak ada dalam daftar pemain Panasonic.

 

 

Komentar Rivan Nurmulki

Rivan Nurmulki dan para pemain Nagano usai mengalahkan Panasonic Panthers dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang. (foto: Instagram @gurotte)
Rivan Nurmulki dan para pemain Nagano usai mengalahkan Panasonic Panthers dalam lanjutan V.League Division 1 Jepang. (foto: Instagram @gurotte)

Kemenangan Nagano atas Panasonic jelang mengejutkan. Apalagi, Panasonic merupakan tim kuat dan kini menempati peringkat tiga klasemen, enam tingkat di atas Nagano.

"Lagi hoki aja kayaknya," kata Rivan Nurmulki mengenai kemenangan Nagano atas Panasonic kepada Liputan6.com melalui pesan WhatsApp.

Meski demikian, Rivan mengaku lega bisa membantu Nagano meraih kemenangan perdana. "Iya mas... Pertama kali juga bisa menang dan petama kali bisa ambil set dari Panasonic, yang tim besar," ujarnya.

 

 

Pelatih Nagano

Rivan Nurmulki dan pelatih Nagano Tridents Ahmad Masajedi. (foto: Instagram @tokkochan2020)
Rivan Nurmulki dan pelatih Nagano Tridents Ahmad Masajedi. (foto: Instagram @tokkochan2020)

Pelatih Nagano Ahmad Masajedi mengatakan kemenangan atas Panasonic adalah hasil yang bagus buat timnya. "Saya berhasil memenangkan pertandingan kandang terakhir pada 2020, dan saya ingin mengucapkan terima kasih, sehingga saya dapat memenangkan kemenangan yang sangat besar. Itu adalah kemenangan yang bagus," ujarnya.

"Minggu depan akan menjadi pertandingan liga terakhir tahun ini, jadi saya ingin mengatur ulang pikiran saya dan bersiap."

Terima kasih banyak atas dukungan Anda di kandang selama dua hari. Mulai sekarang, kami menantikan dukungan Anda yang tiada henti," pungkas Masajedi.

 

 

Akui Keunggulan Nagano

Pelatih Panasonic Tillie Laurent mengakui keunggulan Nagano pada laga ini. "Dibandingkan dengan kemarin, saya pikir kedua tim benar-benar berbeda satu sama lain. Saya mencoba menyelesaikannya entah bagaimana, tetapi tingkat efektivitas serangan itu terlalu rendah. VC Nagano bermain bagus," kata Laurent.

"Saya minta maaf kepada semua penggemar, tapi saya akan berlatih keras untuk menang minggu depan. Terima kasih atas dukungan Anda."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aneka Resep Awet Muda Inul Daratista, Tak Harus Ke Dukun dan Hindari Julid

Posted: 29 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Inul Daratista salah satu selebritas yang aktif berolahraga. Tak hanya yoga, si goyang ngebor rajin melatih fisik dipandu personal trainer di rumah. Tak heran istri Adam Suseno tambah cantik dan bugar.

Inul Daratista kerap membagikan momen yoga dan olahraga lain di akun Instagram terverifikasi miliknya. Baru-baru ini, pemilik album Goyang Inul berpose duduk di mesin treadmill.

Sambil mengunggah foto di jagat maya, bintang sinetron Kenapa Harus Inul? berbagi pendapat tentang beragam penyakit di tengah pandemi Covid-19. Inul Daratista berpendapat ada dua penyebab sakit.

Ada Dua Yang Bikin Sakit

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

"Ada 2 yang membuat org sakit. Yang satu adalah dari Tuhan sudah dari awal dikasih sakit. Yang kedua sakit karena tidak menjaga tubuh dengan baik," tulis Inul Daratista menyertai foto itu.

Ibunda Yusuf Ivander Damares berpendapat, bisa jadi penyakit datang karena orang sombong. Merasa sehat, seseorang makan ugal-ugalan dan tak mau menerapkan gaya hidup sehat.

Olahraga Tak Harus di Studio

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Sebagian orang berdalih gaya hidup sehat itu mahal. Pelantun "Kocok-kocok" dan "Masa Lalu" berkeyakinan gaya hidup sehat bisa dijalani dengan cara sederhana. Tak selamanya mahal.

"Olahraga tidak harus ke studio jika itu jadi menambah beban biaya hidup. Karena olahraga, makan teratur, istirahat cukup, pola pikir positif itu sudah bisa kita terapkan sendiri di rumah," ia menyambung.

 

Tak Harus ke Dukun

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Belakangan, Inul Daratista kerap dibilang awet muda atau Barbie hidup. Padahal, usia artis bernama asli Ainur Rokhimah ini 41 tahun. Apa rahasia awet mudah Inul Daratista?

"Awet muda itu bukan harus ke dukun. Ada uang nyalon di klinik. Enggak ada uang bahan dapur buah dan rempah juga bisa digunakan asalkan rutin telaten," paparnya, panjang. 

Hindari Dengki dan Julid

Inul Daratista. (Foto: Fandy Susanto dari Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Fandy Susanto dari Instagram @inul.d)

"Hindari dengki julit dan iri karena itu salah satu penyakit hati yang membuat sistem tubuh rusak kabeh. Salam olahraga," tutup Inul Daratista lalu membubuhkan emotikon hati merah, kecupan, dan tangan menjura.

Hingga artikel ini disusun, unggahan Inul Daratista disukai lebih dari 13 ribu warganet. Mayoritas setuju dengan opininya. "Banyak juga yg melalaikan, semoga kita semua diberi kesehatan jasmani dan rohani," cuit seorang warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Stik Jagung hingga Permen Lapis Cokelat, Camilan Favorit yang Diciptakan Militer AS

Posted: 29 Nov 2020 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Militer Amerika Serikat ternyata turut berkontribusi menciptakan banyak camilan yang disukai orang di Negeri Paman Sam.

Dikutip dari VOA Indonesia, Senin (30/11/2020) kontribusi Militer AS itu pun mencakup kopi instan hingga cemilan stik jagung Cheetos, yang merupakan kue kering kemasan, dan camilan penambah energi.

Upaya itu, diketahui dipercepat selama Perang Dunia II, ketika para ilmuwan militer perlu mengembangkan makanan yang kecil namun tetap bergizi guna memberi makan para tentara. 

Seorang penulis tentang makanan, Anastacia Marx de Salcedo, mengatakan "Ada kebutuhan yang sangat besar bagi militer untuk mengembangkan ransum modern, yang akhirnya tidak hanya menciptakan sekumpulan teknik pemrosesan makanan baru, tetapi juga sistem penelitian ilmu pangan yang ada hingga kini."

Anastacia Marx de Salcedo, adalah seorang penulis Combat-Ready Kitchen: Bagaimana Militer AS Membentuk Cara Makan Anda.

Asal-Usul Unik Cheetos dan Cokelat M&M

Ilustrasi Snack Credit: pexels.com/CraigAdderley
Ilustrasi Snack Credit: pexels.com/CraigAdderley

"Dari situ muncul banyak teknik dan makanan baru. Setelah perang, semua itu dimasukkan ke dalam makanan ringan dan makanan praktis," imbuhnya.

Salah satu camilan stik jagung dengan bumbu keju, yang merupakan kegemaran masyarakat di AS, yakni Cheetos, dibuat melalui proses dehidrasi yang dikerjakan oleh militer dengan menghilangkan air dari keju.

Cara itu kemudian ditemukan membuat keju tahan disimpan lebih lama dan lebih ringan untuk dibawa oleh pasukan militer ke luar negeri.

Selain itu, militer AS juga mengadopsi camilan permen berlapis cokelat yang ditemukan di Eropa.

Cokelat tersebut, pada saat itu disimpan di dalam sebuah kantong yang dibawa di saku anggota militer, tanpa segera meleleh, yang merupakan asal-usul brand cokelat butir warna-warni terkenal, M&M.

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi COVID-19

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus Nasdem: Sebagai Warga yang Baik, Rizieq Shihab Harus Penuhi Panggilan Polisi

Posted: 29 Nov 2020 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta pimpinan FPI Rizieq Shihab kooperatif dan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada Selasa 1 Desember 2020, yakni terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta dan Megamendung, Jawa Barat.

"Sebagai warga negara yang baik, Rizieq Shihab harus memenuhi panggilan polisi," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Senin (30/11/2020).

Politikus Nasdem itu mengatakan, Rizieq Shihab jelas terlibat dalam kerumunan di dua tempat tersebut. Oleh karena itu, menurutnya wajar apabila polisi memeriksa sejauh apa keterlibatan Rizieq.

"Kan kerumunan yang terjadi di Petamburan jelas melibatkan dirinya. Sejauh mana keterlibatan dan apakah akan jadi tersangka atau saksi, nah itu yang harus diperiksa dulu," kata dia.

Ia menyebut sebagai tokoh yang banyak pengikut, seharusnya Rizieq Shihab menjadi contoh yang baik. Ia juga mencontohkan sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sudah memenuhi panggilan polisi. "Sebaiknya datang penuhi panggilan polisi, sebagai tokoh yang baik," tandas Sahroni.

 

Pemanggilan Rizieq Shihab

Rizieq Shihab menyapa massa pendukungnya saat tiba di kediamannya di Jalan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Rizieq Shihab tiba di kediamannya usai pulang dari Arab Saudi. (merdeka.com/Imam Buhori)
Rizieq Shihab menyapa massa pendukungnya saat tiba di kediamannya di Jalan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Rizieq Shihab tiba di kediamannya usai pulang dari Arab Saudi. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md juga meminta Rizieq memenuhi panggilan Polda untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan.

"Kepada saudara Rizieq Shihab untuk kooperatif dalam rangka panggilan aparat hukum, memberikan keterangan yang dibutuhkan demi keselamatan bersama. Karena seumpama merasa diri sehat tidak menulari orang lain, bisa saja karena beliau tokoh yang selalu menjadi kerumunan, bisa saja beliau terancam ditulari orang lain karena kontak erat dengan orang banyak," tegas Mahfud.

Polda Metro Jaya berencana akan memanggil pemimpin FPI Rizieq Shihab pada Selasa 1 Desember 2020, berkaitan kerumunan massa di masa pandemi Covid-19.

Karena itu, pihaknya sudah mengantarkan surat panggilan pemeriksaan secara langsung ke kediaman Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Mengantar surat pemanggilan HRS untuk hadir hari Selasa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, dalam keterangannya, Minggu (29/11/2020).

Diketahui sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat yang mengantar surat pemanggilan tersebut ke kediaman Rizieq Shihab.

"Benar (Polda kirim surat panggilan ke kediaman Rizieq Shihab)," kata Tubagus Ade.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Nabi Muhammad, Sejarah Panjang Perjalanan Hidup hingga Wafat

Posted: 29 Nov 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nabi Muhammad SAW merupakan junjungan bagi muslim dan merupakan sosok utama dalam sejarah agama Islam.

Bahkan dapat dikatakan, seluruh muslim pasti mengenal sosok seorang nabi dengan segala kebaikan dan kerendahan hatinya ini.

Nabi Muhammad lahir di Makkah, 12 Rabiul Awal kalender Hijriah. Peringatan hari kelahirannya pun kerap disebut dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad setiap tahunnya selalu berbeda dalam kalender Masehi. Hanya pada kalender Hijriah yang tetap jatuh pada 12 Rabiul Awal.

Nabi Muhammad pun disebut sebagai utusan Allah yang menjadi teladan seluruh umat di dunia, baik dari zaman kenabian hingga zaman modern saat ini.

Nabi Muhammad merupakan nabi paling akhir yang diutus Allah untuk menuntun umat di dunia. Di mana, Allah menjadikan Muhammad sebagai nabi penutup.

Sebagai utusan Allah paling akhir, Nabi Muhammad menyempurnakan ajaran Allah yang telah disampaikan oleh nabi-nabi sebelumnya.

Seperti dilansir dalam situs NU, sebagai nabi terakhir, perjalanan Nabi Muhammad tidak lepas dari upaya menyeru seluruh umat manusia agar beribadah kepada Allah dan menunjukkan mereka jalan yang lurus dalam urusan dunia maupun akhirat.

Sama seperti nabi-nabi sebelumnya, Muhammad pun mendapatkan wahyu yang luar biasa dari Allah SWT. Tetapi berbeda, Allah memberikan wahyu berupa petunjuk bagi Muhammad untuk membaca kitab suci Al-Qur'an agar terang dalam menjalani kehidupan.

Dilansir dari situs Zakat.or.id, berikut kisah perjalanan Nabi Muhammad mulai dari kelahiran hingga wafatnya yang sekaligus menjadi rasul utusan Allah:

 

Kelahiran Nabi Muhammad

Warga Saudi dan warga asing mengelilingi Ka'bah (tawaf) saat melaksanakan umrah di kompleks Masjidil Haram, kota suci Makkah, Minggu (4/10/2020). Pemerintah Arab Saudi mengizinkan umrah kembali mulai Minggu (4/10) setelah sekitar tujuh bulan ditangguhkan karena pandemi COVID-19. (AFP)
Warga Saudi dan warga asing mengelilingi Ka'bah (tawaf) saat melaksanakan umrah di kompleks Masjidil Haram, kota suci Makkah, Minggu (4/10/2020). Pemerintah Arab Saudi mengizinkan umrah kembali mulai Minggu (4/10) setelah sekitar tujuh bulan ditangguhkan karena pandemi COVID-19. (AFP)

Kisah Nabi Muhammad yang pertama harus diketahui adalah soal kelahirannya. Kala itu, kelahiran Nabi Muhammad bertepatan dengan peristiwa pasukan gajah yang tengah berusaha merobohkan Ka'bah.

Pada saat itu, Allah mengirimkan burung-burung ababil untuk menjatuhkan batu-batu pembawa wabah penyakit kepada pasukan Gajah yang sedang berupaya menghancurkan tempat suci dan bersejarah umat Islam, Ka'bah.

Di tahun Gajah inilah, Nabi Muhammad lahir di Makkah dan besar sebagai anak yatim karena Ayah Nabi Muhammad, Abdullah telah wafat sebelum Nabi Muhammad lahir. Nabi Muhammad dididik dan dibesarkan oleh seorang ibu yang mulia, yaitu Aminah.

Setelah beberapa waktu bersama sang ibu, kemudian Nabi Muhammad dibesarkan oleh kakeknya yang bernama Abdul Muthalib.

Namun tak berselang lama, setelah dua tahun bersama sang kakek tercinta, Nabi Muhammad harus rela ditinggalkan kakek yang turut membesarkannya.

Pada usia delapan tahun setelah kepergian sang kakek, Nabi Muhammad kemudian diasuh oleh pamannya, Abu Thalib.

Meskipun hidup fakir atau kesulitan dalam mencukupi kebutuhan hidup, namun Abu Thalib adalah seorang dermawan yang rajin berbagi dan bersedekah kepada sesama.

Walau dalam keadaan sulit, Nabi Muhammad dapat tumbuh dan berkembang dengan baik bersama pamannya.

 

Wahyu Pertama Sang Rasul

Warga Saudi dan warga asing mengelilingi Ka'bah (tawaf) saat melaksanakan umrah di kompleks Masjidil Haram, kota suci Makkah, Minggu (4/10/2020). Arab Saudi mengizinkan kembali ibadah umrah usai peringanan pembatasan sosial dan karantina wilayah di tengah pandemi Covid-19 di Tanah Suci. (AFP)
Warga Saudi dan warga asing mengelilingi Ka'bah (tawaf) saat melaksanakan umrah di kompleks Masjidil Haram, kota suci Makkah, Minggu (4/10/2020). Arab Saudi mengizinkan kembali ibadah umrah usai peringanan pembatasan sosial dan karantina wilayah di tengah pandemi Covid-19 di Tanah Suci. (AFP)

Setelah peristiwa kelahiran, kisah Nabi Muhammad berikutnya yang patut menjadi teladan adalah peristiwa diturunkannya wahyu pertama dari Allah.

Sebelum dijadikan seorang Rasul, Allah pun telah memberikan anugerah keistimewaan kepada Nabi Muhammad.

Salah satunya adalah wajahnya yang bersinar terang hingga mampu mengalahkan sinar rembulan. Ini dikatakan sebagai tanda kebesaran Allah yang menunjukkan nabi terakhir dengan kemuliaan dan kedudukan yang tinggi.

Selain karunia wajah yang bersinar, Rasulullah juga diberikan wahyu pertama yang sungguh luar biasa dari Allah SWT.

Menjelang diturunkannya wahyu pertama, Rasulullah mendapatkan sebuah mimpi di mana Malaikat Jibril datang menghampirinya.

Nabi Muhammad pun merenung dan memikirkan mimpi yang dialaminya dengan menyendiri di Gua Hira. Kemudian di tempat itulah, Nabi Muhammad diperlihatkan Allah bahwa mimpi yang dialaminya benar adanya.

Pada saat itu, Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah dan menurunkan wahyu pertama yang diberikan Allah SWT. Saat itulah, Allah menurunkan ayat dari QS Al-Alaq 1 – 4, yaitu sebagai berikut:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS. Al-'Alaq, 1-4)

Setelah peristiwa itu, Nabi Muhammad pulang dengan perasaan takut. Namun di sinilah waktu di mana kisah kerasulan Nabi Muhammad dimulai.

Di mana, Nabi Muhammad sebagai utusan terakhir yang akan membawa kedamaian bagi seluruh umat manusia.

 

Berdakwah Secara Rahasia

Umat muslim mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (5/8/2019). Saat haji atau umrah, umat muslim akan berputar tujuh kali mengelilingi Kakbah berlawanan arah jarum jam. (AP Photo/Amr Nabil)
Umat muslim mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (5/8/2019). Saat haji atau umrah, umat muslim akan berputar tujuh kali mengelilingi Kakbah berlawanan arah jarum jam. (AP Photo/Amr Nabil)

Kisah Nabi Muhammad berikutnya yang tidak kalah menarik adalah kisah perjalanan dakwahnya secara diam-diam.

Setelah mendapatkan wahyu pertama, Nabi Muhammad kemudian mulai melakukan dakwah secara rahasia atau sembunyi-sembunyi.

Khadijah, Abu Bakar Al-Shiddiq dan Zaid bin Haritsah, Ummu Aiman, Ali bin Abu Thalib, dan Bilal bin Rabah merupakan orang-orang yang menjadi pengikut pertamanya.

Setelah beberapa tahun melakukan kegiatan dakwah secara rahasia, kemudian Allah memberikan perintah untuk berdakwah secara terang-terangan.

Perintah ini seperti yang tercantum dalam QS Al-Hijr ayat 94 yaitu sebagai berikut :

"Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik."

 

Peristiwa Isra Mi'raj

Ribuan jemaah melakukan tawaf dan memadati sekitar Kakbah di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Arab Saudi pada Rabu (7/8/2019). Kondisi Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji kian dipadati jemaah dari berbagai negara. (Photo by FETHI BELAID / AFP)
Ribuan jemaah melakukan tawaf dan memadati sekitar Kakbah di Masjidil Haram, kota suci Makkah, Arab Saudi pada Rabu (7/8/2019). Kondisi Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji kian dipadati jemaah dari berbagai negara. (Photo by FETHI BELAID / AFP)

Peristiwa Isra Mi'raj juga termasuk perjalanan penting dari Kisah Nabi Muhammad yang bermakna dan mempunyai pesan mendalam.

Peristiwa perjalanan Nabi Muhammad ini bermula ketika istrinya Khadijah dan pamannya Abu Thalib wafat.

Meninggalnya dua orang penting dalam hidup Nabi Muhammad ini terjadi pada tahun ke-11 kepemimpinan Nabi Muhammad.

Tahun tersebut merupakan tahun yang menyedihkan bagi seorang Nabi Muhammad. Ia harus kehilangan istri tercinta yang selalu mendampingi serta pamannya yang telah mengasuh sejak kecil.

Namun setelah peristiwa itu, Allah mengutus Malaikat Jibril untuk mendampingi Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Perjalanan ini disebut juga dengan Isra Mi'raj.

Isra di sini ketahui sebagai perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa, menuju langit ke-7 yang disebut dengan Mi'raj.

Pada peristiwa inilah, Rasulullah mendapatkan perintah salat 5 waktu yang wajib ditunaikan seluruh umat muslim.

 

Wafatnya Nabi Muhammad

Tepat di sebelah makam dan mimbar Rasulullah terdapat raudhah yang biasanya digunakan jemaah untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT.
Tepat di sebelah makam dan mimbar Rasulullah terdapat raudhah yang biasanya digunakan jemaah untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT.

Kisah Nabi Muhammad berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah peristiwa wafatnya utusan Allah paling akhir ini.

Konon, Nabi Muhammad menderita sakit yang dialami selama beberapa bulan. Setelah melewati penyakitnya, Nabi Muhammad dikabarkan meninggal dunia.

Pada saat terjadinya peristiwa menyedihkan itu, sahabatnya Abu Bakar sedang tidak berada di Madinah. Kemudian setelah diberitahu, beliau segera datang ke rumah Aisyah dan mengucapkan pidato, yaitu sebagai berikut:

"Ketahuilah, barang siapa yang menyembah Muhammad, maka sesungguhnya Muhammad kini telah mati, dan barangsiapa menyembah Allah, maka sesungguhnya Allah tetap senantiasa hidup tidak akan pernah mati."

Kemudian beliau pun mengucapkan firman Allah dalam QS Az-Zumar ayat 30:

"Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula)."

Pada saat itulah, seluruh umat muslim berduka dan harus merelakan suri tauladan yang tidak lelah mengajarkan kebaikan dalam menjalani kehidupan.

Peristiwa ini akan selalu dikenang umat muslim sebagai peristiwa besar dan bersejarah dari perjalanan seorang yang memiliki segala sifat baik dan kemuliaan.

 

Reporter : Ayu Isti Prabandari

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Raharja Gerak Cepat Berikan Santunan Kepada Korban Kecelakaan di Tol Cipali KM 78

Posted: 29 Nov 2020 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan Lalu Lintas beruntun terjadi di Jl Tol Cipali KM 78 Jalur A - Purwakarta, Senin (30/11/2020). Kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan Mitsubishi Elf dengan No Pol : G-1261-D  datang dari arah Jakarta menuju arah Cirebon ketika melintas di TKP menabrak bagian belakang kendaraan Hino Tronton No Pol : R-1857-GC yang datang dari arah yang sama berada di depan nya. 

Lalu kendaraan Hino Tronton No Pol : R-1857-GC menabrak kendaraan Hino Trailer No Pol : B-9010-UEJ yang berada di depan nya. Dalam kejadian tersebut mengakibatkan 10 orang termasuk seorang balita meninggal dunia dan 2 Orang mengalami luka berat. 

Direktur Operasional Jasa Raharja, Amos Sampetoding mengatakan bahwa korban terjamin Jasa Raharja dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 16 tahun 2017, bagi seluruh korban meninggal dunia, masing-masing ahli warisnya berhak menerima santunan  sebesar Rp.50.000.000.

"Sementara bagi korban luka-luka, Jasa Raharja akan berkoordinasi dengan rumah sakit dimana korban dirawat, guna penerbitan surat jaminan biaya perawatan kepada rumah sakit dengan biaya perawatan maksimum Rp.20.000.000,- serta menyediakan manfaat tambahan bantuan biaya P3K maksimum Rp.1.000.000,- dan bantuan biaya ambulance maksimum sebesar Rp.500.000,- terhadap masing-masing korban luka", terang Amos. 

Menindaklanjuti musibah ini, Jasa Raharja setelah menerima laporan kejadian kecelakaan langsung berkoordinasi dengan Unit Laka Polres  Purwakarta dan Rumah Sakit MH. Thamrin Kab. Purwakarta untuk pendataan korban/ahli waris dan koordinasi untuk penjaminan biaya perawatan korban luka di rumah sakit.

 

Kecelakaan Lalu Lintas beruntun terjadi di Jl Tol Cipali KM 78 Jalur A - Purwakarta, Senin (30/11/2020).
Kecelakaan Lalu Lintas beruntun terjadi di Jl Tol Cipali KM 78 Jalur A - Purwakarta, Senin (30/11/2020).

Korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut yakni Afrizal, Kiswoyo, Rasbo Wibowo, Sudirjo, Maura Adelia Putri (Balita), Saefudin Juhri, Iwan, Maulan, Vina Mutiara dan Sumintri. Sedangkan korban Luka-luka yakni Topan Pangestu dan MR.X. Santunan meninggal dunia dari Jasa Raharja akan segera diproses kepada masing-masing Ahli Waris sesuai dengan domisili korban.

"Untuk masing masing korban meninggal dunia setelah diketahui ahli warisnya akan kami tindak lanjut dan serahkan santunannya kurang dari 1x24 jam", ujar Amos.

Disamping itu, saat ini Petugas Jasa Raharja masih terus berkoordinasi dengan rumah sakit untuk memonitor perkembangan kondisi korban luka yang dirawat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Idris, Timses 01 Tetap PD Ikuti Debat Pilkada Kota Depok

Posted: 29 Nov 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai mendapatkan kabar Mohammad Idris tidak dapat mengikuti debat kedua Pilkada Kota Depok, tim sukses (timses) paslon 01 Idris-Imam tetap percaya diri (PD). Timses 01 telah menyiapkan skenario untuk Imam Budi Hartono berhadapan dengan Paslon 02, Pradi Supriatna berpasangan Afifah Aliya tanpa Idris.

Tim pemenangan Idris-Imam, Hafid Nasir mengatakan, telah menerima surat rekomendasi dari RSUD Kota Depok soal calonnya yang tidak dapat mengikuti debat pilkada. Timses Idris-Imam sudah menyiapkan berbagai perencanaan pada Pilkada Kota Depok jika kondisi Idris belum memungkinkan untuk mengikuti tahapan tersebut

Saat ini, Idris tengah menjalani masa penyembuhan di RSUD Kota Depok.

"Kita sudah menyiapkan perencanaan baik Pak Idris mengikuti virtual maupun hanya Pak Imam yang mengikuti debat," ujar Hafid, Senin (30/11/2020).

Hafid menjelaskan, Imam sudah menyiapkan diri guna mengikuti debat tanpa didampingi Idris. Timses Idris-Imam sudah memberikan pembekalan kepada Imam guna berhadapan dengan Pradi-Afifah pada debat pilkada yang digelar hari ini.

"Harus PD walaupun Imam hanya seorang diri berhadapan Pradi-Afifah," tutur Hafid.

Hafid mengungkapkan, Imam kerap tampil pada kegiatan yang siarkan melalui televisi. Bahkan Imam pernah berdialog Rocky Gerung yang disiarkan di hadapan publik. Menurut dia, Imam sudah secara alami mendapatkan pengalaman dan tidak memiliki kendala saat mengikuti debat seorang diri. 

Sebelumnya, lanjut Hafid, apabila Idris dapat mengikuti kegiatan debat secara virtual, Timses Idris-Imam sudah menyiapkan dua lokasi, baik dikediaman Idris maupun RSUD Kota Depok. Namun, tim dokter RSUD Kota Depok tidak memberikan izin. Dia pun menghormati keputusan tim dokter RSUD Kota Depok itu.

"Secara verbal kondisi Pak Idris sehat, namun kami menghormati keputusan tim dokter RSUD Kota Depok," ucap Hafid.

Hafid mengatakan, saat tim dokter RSUD Kota Depok tidak memberikan rekomendasi Idris guna mengikuti debat pilkada, Idris sudah mengetahui. Bahkan perencanaan debat pilkada baik diikuti Idris maupun tidak, berdasarkan rekemondsasi dari Idris.

"Ya sudah tahu keputusannya kemarin kita ambil. Beliau sejak awal sudah menawarkan opsi, baik mendampingin imam secara virtual, maupun tidak dan beliau menerima, tidak ada masalah karena kondisi beliau," tutup Hafid.

Tes Swab Pradi-Afifah

Usai mendapatkan kabar calon petahana Mohammad Idris terkonfirmasi positif Covid-19 pascadebat Pilkada Kota Depok, seluruh tim Paslon 01 yakni Pradi Supriatna-Afifah Aliya melakukan tes swab untuk terhindar dari penyebaran Corona.

Calon Wali Kota Depok, Pradi Supriatna berencana menjalani tes swab Covid-19 hari ini, Sabtu (28/11/2020). Pradi juga meminta seluruh tim yang ikut mendampingi pada debat Pilkada tahap pertama, untuk segera melakukan tes swab. 

"Sebenarnya rapid test sudah dua kali, hasil aman. Swab sudah tujuh kali. Hari ini saya mau swab lagi," ujar Pradi, Sabtu (28/11/2020).

Sementara, Pradi juga mengaku sudah siap mengikuti debat pilkada tahan kedua. Terkait tema yang akan diberikan pada debat, sudah dipelajarinya karena tidak lepas dari kehidupan masyarakat dan telah diamatinya.

"Tema tidak keluar dari Covid-19, kemudian persoalan kesehatan dan peningkatan ekonomi. Saya perhatikan masyarakat tumbuh kreativitas dalam berjualan atau berdagang," terang Pradi.

Sementara itu, Calon Wakil Wali Kota Depok, Afifah Aliya menuturkan, pasca mendapatkan kabar Idris terkonfirmasi positif, dirinya telah melakukan test swab. Hasilnya, dirinya dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan lampiran hasil tes. 

"Hasilnya Alhamdulillah negatif," terang Afifah. 

Afifah menuturkan, telah menjalani swab test pada Kamis, 26 November 2020, di Rumah Sakit Citra Arafiq. Dari hasil tes yang menyatakan negatif, membuat dirinya merasa lega. Selain dirinya, tim pendampingnya telah menjalani tes dan dinyatakan negatif Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Simak! Penampilan Rizieq Shihab Saat Ungkap Kondisi Kesehatannya

Posted: 29 Nov 2020 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin FPI Rizieq Shihab sempat dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor. Ia pun dikabarkan meninggalkan rumah sakit tersebut dan pulang ke rumahnya. Bagaimana sebenarnya kondisi kesehatan Rizieq?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPU Gresik Prioritaskan Distribusi Logistik ke Pulau Bawean

Posted: 29 Nov 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menerima 473 kotak surat suara, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik tahun 2020. Surat suara tersebut selanjutnya akan disortir dan didistribusikan ke masing-masing kecamatan, dengan prioritas di wilayah terjauh yakni di Pulau Bawean.

Iring-iringan kendaraan yang mengantar ratusan ribu surat suara, dari tempat percetakan Temprina Grafika ke Kantor KPU Gresik, mendapat pengawalan ketat dari Polres Gresik. Sebanyak 473 kotak, berisi 944.251 surat suara ini, langsung dimasukkan ke gudang Kantor KPU Gresik.

Surat suara ini, langsung disortir dan dilipat, untuk segera dikirim. Pengiriman surat suara diprioritaskan untuk daerah kepulauan yaitu dua kecamatan yang ada di Pulau Bawean. 

Jumlah surat suara yang datang, sudah termasuk surat suara tambahan 2,5 persen per tempat pemungutan suara (TPS), dan juga surat suara khusus, untuk pemungutan suara ulang, apabila terjadi kendala ataupun sengketa.  

Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni mengatakan, pihaknya selain telah menerima seluruh logistik pemilihan Bupati-Wakil Bupati Gresik, termasuk alat pelindung diri (APD), untuk penerapan pelaksanaan pilkada sesuai protokol kesehatan.

"Kita memprioritaskan untuk di Bawean dulu, jadi kalau melihat di Bawean saya pikir nanti kita koordinasikan, karena pasti kapal besar itu nanti yang akan kita pakai," kata Akhmad Roni, Ketua KPU Gresik, seperti dikutip dari Fokus, 27 November 2020.

Pemilihan daerah di Kabupaten Gresik sendiri diikuti oleh dua pasangan calon. Yakni nomor urut 1, pasangan calon Qosim-Alif, diusung PKB dan Gerindra. Nomor urut 2, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah diusung enam parpol, yakni Golkar, PDI-P, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duet Keren Academia Waode Baubau dan Rara LIDA di Konser Pop Academy Top 12 Indosiar

Posted: 29 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pop Academy Indosiar memasuk babak Top 12, Rabu (25/11/2020) malam. Para academia yang masih bertahan ditantang untuk berkolaborasi dengan para bintang dangdut Indosiar jebolan D'Academy dan Liga Dangdut Indonesia (LIDA).

Konser Pop Academy 2020 Top 12 Grup 1 Rabu malam lalu menampilkan tiga academia terpilih yakni Maria (Medan),Vien (Papua Barat), dan Waode (Baubau) yang tampil di depan kelima Juri pada malam itu diantaranya Soimah, Nino RAN, Ruth Sahanaya, Giring Ganesha, dan Diana Putri yang bertindak sebagai Fashion Master.

Duet apik dari Vien (Papua Barat) dan Aulia DA membuka kompetisi dengan lagu "Sik Asik". Namun penampilannya malam tadi dinilai belum maksimal oleh Dewan Juri. Masukan pun diberikan oleh Soimah sebagai salah satu Dewan Juri yang selalu menjagokan Vien.  "Kamu sudah berhasil menunjukkan sisi lain dariseorang Vien dengan penampilan kolaborasi kamu dengan Aulia DA malam ini, hanya saja saya masih belum merasakan sesuatu yang spektakuler dari penampilan kamu malam ini, ungkap Soimah.

Berbeda dengan penampilan memukau dari dara asal Baubau, Waode yang tampil dengan penuh penghayatan bersama Rara LIDA dalam lagu "Muara Kasih Bunda" yang menuai satu buah standing ovationdari Dewan Juri Pop Academy. "Chemistry diantara kalian sangat terasa, antara satu dan lainnya saling mengisi tidak ada yang mendominasi, dan cengkok dangdut yang ditampikan Waode pada malan ini sudah berhasil dalampenampilan malam ini", puji Ruth Sahanaya.

Kejora

Pop Academy, Top 12 Group 1, Rabu (25/11//2020) pukul 21.00 WIB live di Indosiar
Pop Academy, Top 12 Group 1, Rabu (25/11//2020) pukul 21.00 WIB live di Indosiar

Maria (Medan) yang tampil anggun bersama Putri DA membawakan lagu "Kejora" tidak mendapatkan satupun standing ovation dari Dewan Juri. Menurut Giring Ganesha, penampilan kolaborasi Maria malam itu masih banyak yang harus dibenahi. "Suara kamu sangat lembut, tapi terlalu lembut untuk berkolaborasi dengan Putri dalam lagu ini, jadi terasa ada yang hilang dalam lagu ini", tutur Giring.

Second chance malam tadi harus dijalani Vien (Papua Barat) dan Maria (Medan) karena perolehan polling menempatkan mereka di posisi dua terendah. Kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Vien dengan menyanyikan sebuah lagu milik Reza Artamevia  "Aku Wanita". Sementara Maria memilih lagu dari sang Diva Indonesia sekaligus Juri Pop Academy, Ruth Sahanaya berjudul "Astaga" sebagai peluru terakhir dirinya untuk tetap bertahan dipanggung Pop Academy.

Sepakat

Pop Academy, Top 12 Group 1, Rabu (25/11//2020) pukul 21.00 WIB live di Indosiar
Pop Academy, Top 12 Group 1, Rabu (25/11//2020) pukul 21.00 WIB live di Indosiar

Nino RAN, Soimah, Ruth Sahanaya, Giring Ganesha dan Diana Putri akhirnya sepakat untuk memberi kesempatan kepada Vien (Papua Barat). Dengan demikian Maria (Medan) tereliminasi dan harus rela meninggalkan panggung Pop Academy. Sementara Waode (Baubau) dan Vien (Papua Barat) berhasil melaju ke babak Top 9 Pop Academy.

Pop Academy akan berlanjut ke Top 12 Group 2 malam ini, Senin, 30 November 2020 live dari Studio 6 EmtekCit, Daan Mogot, Jakarta Barat pukul 21.00 WIB , dengan menampilkan Gullit (Medan), Jessy (Manado) dan Shandy (Jambi).

Pemirsa dapat mengirimkan dukungan sebanyak-banyaknya melalui aplikasi Lazada, atau vote melalui SMS ke 97288dengan format: POPA (spasi) Nama Academia dengan tarif Rp 2,200/sms agar Academia favoritnya terus bertahan dipanggung Pop Academy.

Info lebih lanjut dapat dilihat melalui:

- Instagram: @popacademyindosiar,

- TikTok:@popacademyindosiar,

- Facebook: Pop Academy Indosiar,

- Twitter: PopAcademy,

- Youtube: Pop Academy Indosiar, dan

- Website: indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penangkapan Edhy Prabowo jadi Momentum Kaji Ulang Ekspor Benih Lobster

Posted: 29 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Indonesia dikejutkan dengan penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo pada Rabu (25/11/2020) ditangkap pukul 01.23 WIB, dini hari, di Bandara Soekarno-Hatta oleh KPK terkait dengan kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benur.

Peneliti Kebijakan Kelautan dan Perikanan Pusat Penelitian Politik LIPI Anta Maulana Nasution mengatakan momentum penangkapan Menteri KKP harus menjadi pendorong bagi KKP untuk mengambil langkah selanjutnya dalam menyikapi kebijakan ekspor benur.

"KKP dapat memulai langkahnya dengan mengkaji ulang dari awal apakah sebenarnya kebijakan ekspor benur merupakan solusi yang tepat dari permasalahan yang dihadapi nelayan. Atau jangan-jangan kebijakan ini hanya sekedar memfasilitasi 'para aktor jahat' pemain ekspor benur"," kata Anta dalam diskusi LIPI Sapa Media #6, Senin (30/11/2020).

Kemudian Anta menyarankan pentingnya melakukan analisis aktor-aktor yang berkepentingan, sebelum menerapkan Kembali kebijakan ekspor benih lobster sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya monopoli.

"KKP harus bisa berperan bukan hanya sebagai fasilitator, tetapi juga harus menjadi aktor penengah yang memastikan bahwa kebijakan tersebut memberikan dampak yang seimbang bagi semua aktor," jelas Anta.

Lanjutnya, kebijakan mengizinkan ekspor benur dalam pendekatan ekologi politik, tidak bisa dilihat hanya sebagai langkah Pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

Tapi juga harus dilihat sebagai upaya dari aktor-aktor selain nelayan yang memiliki kepentingan secara ekonomi, maupun politik untuk menguasai atau memonopoli bisnis ekspor benur dengan mengandalkan relasi kuasa politik.

"Ekologi politik melihat sebuah fenomena perubahan sumberdaya dari proses politik yang terjadi di belakangnya," ujarnya.

Menurutnya fenomena kebijakan ekspor benih lobster menunjukan adanya indikasi oligarki yang kemungkinan selama masa Pemerintahan sebelumnya berusaha untuk 'ditenggelamkan' melalui pelarangan ekspor Benur dan mencoba bangkit kembali pada saat ini.

"Setidaknya ada tiga aktor yang berkepentingan dalam kebijakan ekspor benur, yaitu pemerintah, swasta, dan nelayan, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 tahun 2020, khususnya pasal 5 terkait eksportir, dan Potensi relasi kuasa," sebutnya.

Demikian ia menegaskan perlunya mengkaji ulang aktor-aktor yang berkepentingan agar kedepannya pengelolaan budidaya lobster bisa berjalan dengan baik.   

Menko Luhut Diminta Stop Total Ekspor Benih Lobster

Bibit lobster ilegal yang berhasil disita di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/12). Benur ini dikumpulkan dari nelayan di daerah Banyuwangi, kemudian dibawa ke Jakarta yang nantinya akan di ekspor ke Vietnam. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)
Bibit lobster ilegal yang berhasil disita di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/12). Benur ini dikumpulkan dari nelayan di daerah Banyuwangi, kemudian dibawa ke Jakarta yang nantinya akan di ekspor ke Vietnam. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim menyarankan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sekaligus Menteri KKP Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan untuk menghentikan kebijakan ekspor benih lobster atau benur yang ditetapkan Edhy Prabowo.

"Sebaiknya distop total dan diprioritaskan untuk usaha pembesaran lobster di dalam negeri," imbuh Abdul Halim kepada Liputan6.com, Senin (30/11/2020).

Meski saat ini kebijakan ekspor benih lobster dihentikan sementara, namun Luhut buka kemungkinan untuk kembali menggulirkan aturan tersebut. Dengan alasan itu dapat mensejahterakan para nelayan tangkap di daerah pesisir.

Namun, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti sempat menyoroti kebijakan pembukaan ekspor benur, yang dinilainya tidak sejalan dengan misi Kementerian KKP dalam menaikan pendapatan nelayan. Ungkapan itu disampaikannya melalui akun resmi Twitter @susipudjiastuti, Selasa 24 November 2020 pukul 16.54.

"Harga tak Menentu, Bisnis Ilegal Benur Lobster di Pesisir Barat Lampung Rugikan Nelayan," tulis Susi Pudjiastuti seraya mengutip salah satu artikel milik media lokal.

Susi sendiri memang sudah lama geram dengan dibukanya izin ekspor benur yang sebelumnya sempat dilarang. Kementerian KKP di masa pemerintahan Edhy Prabowo lantas membuka kembali izin tersebut, salah satu alasannya untuk melancarkan pemasukan nelayan.

Menurut dia, pelarangan ekspor benih lobster sama sekali tidak menyurutkan pemasukan para nelayan. Sebab, nelayan masih memiliki kesempatan mengambil induk lobster dewasa yang harganya bahkan bisa lebih tinggi dari sekadar menjual benur.

"Tangkap lobster itu ya emaknya, jangan bibitnya," tegas Susi beberapa waktu lalu. 

Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canon Akui Data Karyawan Dicuri Hacker, Ini Pelakunya

Posted: 29 Nov 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengalami serangan siber pada Agustus 2020, Canon akhirnya secara terbuka mengkonfirmasi bahwa serangan itu disebabkan oleh ransomware dan hacker mencuri data dari server perusahaan.

Departemen TI Canon mengeluarkan pemberitahuan kepada staf pada 5 Agustus 2020, yang menjelaskan bahwa perusahaan mengalami 'masalah sistem menyeluruh yang memengaruhi banyak aplikasi, email, dan sistem lainnya'.

Akan tetapi, sebagaimana diwartakan Techradar, Senin (30/11/2020), perusahaan tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Canon kemudian melakukan penyelidikan atas insiden tersebut dan menemukan bukti ada aktivitas mencurigakan di jaringannya antara 20 Juli dan 6 Agustus 2020.

Menurut perusahaan, hacker berhasil mengakses server file yang juga menampung informasi tentang karyawan saat ini dan mantan karyawan dari tahun 2005 hingga tahun 2020, termasuk gaji mereka.

 

Siapa Pelakunya?

Ilustrasi hacker (ist.)
Ilustrasi hacker (ist.)

Berdasarkan tangkapan layar dari catatan tebusan yang diperoleh BleepingComputer, jelas bahwa kelompok ransomware Maze yang bertanggung jawab.

Kemudian tak lama setelah serangan itu, kelompok hacker tersebut menghubungi media untuk memberi tahu bahwa mereka telah mencuri data 10TB dari Canon.

Namun, Canon tidak menyebutkan berapa besaran nilai tebusan yang diminta oleh hacker untuk mengembalikan data-data yang telah dicuri.

 

Data Apa Saja yang Dicuri?

Ilustrasi peretasan sistem komputer. (Sumber Pixabay)
Ilustrasi peretasan sistem komputer. (Sumber Pixabay)

Adapun data-data yang dicuri hacker adalah nama karyawan, termasuk nomor jaminan sosial, tanggal lahir, nomor SIM, nomor rekening bank, dan tanda tangan elektronik dari karyawan saat ini dan mantan karyawannya.

Sebelumnya, Maze bertanggung jawab atas sejumlah serangan dunia maya terhadap organisasi besar, termasuk LG, Xerox, Allied Universal, Southwire, City of Pensacola, dan Canon.

Namun, awal bulan ini (1 November), kelompok hacker tersebut secara resmi menutup operasinya yang telah dimulai sekitar satu setengah tahun sebelumnya pada Mei 2019.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Canangkan Perluasan Lahan Pertanian 250 Ribu Ha di 2021

Posted: 29 Nov 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian Pertanian akan melakukan perluasan areal tanah baru (PATB) 250 ribu hektare. Hal ini juga untuk memastikan penduduk Indonesia tidak mengalami persoalan mengenai pangan dasar mereka.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebutkan, perluasan utamanya menyasar lahan penghasil padi, jagung, bawang merah, dan cabai merah di daerah defisit.

"Saya akan mempersiapkan lahan tambahan 250 ribu hektar untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan cuaca dan lain-lain. Saat ini saya membuat percontohan di dataran tinggi, dataran rendah, bahkan di bukit-bukit yang ada," ujar Mentan dalam webinar INDEF - Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021, Senin (30/11/2020).

Tak hanya itu, Mentan tengah mencanangkan diversifikasi pangan lokal yang berbasis kearifan lokal dan fokus pada satu komoditas utama. Adapun pemanfaatan pangan lokal secara masif diantaranya, ubi kayu 35.000 ha, jagung konsumsi 50.000 ha, sagu 1.000 ha, pisang 1.300 ha, kentang 650 ha, dan sorgum 5.000 ha.

Lalu, juga akan melakukan penguatan cadangan dan sistem logistik pangan. Diantaranya melalui penguatan cadangan beras pemerintah, baik di provinsi maupun di kabupaten/kota atau daerah. "Penguatan sistem logistik pangan nasional untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan," papar Mentan.

Tak kalah penting, Mentan menilai perlu juga untuk mengembangkan pertanian modern, seperti smart farming. Juga pemanfaatan green house untuk meningkatkan produksi komoditas hortikultura di luar musim tanam.

"Pengembangan food estate, mengkorporasikan pertanian pada sektor-sektor mulai dari hulu sampai hilir akan kami intervensi di 2021," kata Mentan.

Terakhir, Kementan akan menerapkan gerakan tiga kali ekspor (GRATIEKS). Dimana program ini dimaksudkan untuk meningkatkan volume ekspor melalui kerjasama dan investasi dengan pemda dan stakeholder terkait.

"Kami akan bicara darah-darah mana yang siap ekspor, disitu kita konsentrasi. Komoditas apa yang paling siap untuk diekspor dan ada pembelinya di luar," jelas Mentan.

Berbagai Langkah Strategis di Sektor Pertanian Demi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Petani membajak lahan persawahan sebelum ditanami bibit padi di Tangerang Selatan, Jumat (15/10/2020). Lahan pertanian yang terbatas bisa menjadi sektor strategis baru bagi masyarakat Tangsel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petani membajak lahan persawahan sebelum ditanami bibit padi di Tangerang Selatan, Jumat (15/10/2020). Lahan pertanian yang terbatas bisa menjadi sektor strategis baru bagi masyarakat Tangsel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sektor pertanian mampu menunjukkan kinerja yang bagus di masa pandemi. Indeks ketahanan pangan terus meningkat sebesar 62,6 dari 2017 sampai dengan 2019.

Ini membuat prioritas keamanan pangan menjadi penting untuk menyediakan pangan yang berguna dan mendorong sektor produktif dalam negeri.

Berdasarkan hal itu, Kementerian Sekretariat Negara menyelenggarakan webinar dengan tema 'Food Estate untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Indonesia' dalam rangka penyusunan analisis kebijakan di bidang ketahanan pangan.

Prastiwi Utami dari Sekretariat Wapres, menyebutkan permasalahan pertanian pada 2020 terkait stagnasi provitas, keterjangkauan dan konsumsi pangan yang berkualitas. Kemudian meningkatkan bencana hidrometeorologi serta upaya pembangunan berketahanan bencana belum maksimal.

Untuk mengantisipasi kondisi pangan saat ini, pemerintah mendorong penyiapan pangan nasional melalui program Food Estate.

"Food Estate sebagai program pengembangan produksi pangan secra terintegrasi dalam skala luas . Konsep inilah yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan pangan," kata Prastiwi.

Salah satu pembicara pada acara tersebut, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengatakan inti ketahanan pangan mencakup keamanan pangan. Ada tiga pilar, pertama aspek ketersediaan, kedua distrbusi dan ketiga akses konsumsi.

"Di masa pandemi memang ada kendala. Dalam ketersediaan tidak ada masalah karena tanam terus, distribusi saja yang agak terganggu pada awal masa pandemi dan Alhamdulillah sudah membaik," ujarnya.

Suwandi menegaskan pada pandemi covid 19 ini, sektor pertanian justru memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

Berdasarkan data BPS, sektor pertanian berkontribusi besar terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) dimana kuartal II 2020 tumbuh hingga mencapai 16,24 persen (q to q), dan kuartal III masih tumbuh 2,15 persen.

"Tidak hanya PDB yang positif tapi juga ekspor meningkat. Selama beberapa bulan ini secara nasional tumbuh positif dibandingkan tahun lalu. Misal bulan September 2020 dibanding September tahun lalu tumbuh 16,2 persen dan bulan-bulan sebelumnya juga positif," jelas dia.

"Periode Januari sampai September kontribusi nilai ekspor pertanian mencapai Rp 304 triliun, naik sekitar 10 persen. Begitu pula dengan Nilai Tukar Petani (NTP) bulan Oktober sebesar 102 dan mulai membaik walaupun fluktuasi tiap bulannya," pinta Suwandi.

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPH Migas Sarankan ASDP Siapkan Kapal dengan 2 Sistem Bahan Bakar, BBM dan LNG

Posted: 29 Nov 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa beserta Tim didampingi GM ASDP (Persero) cabang Sorong, Partogi Tumba melakukan Kunjungan Lapangan terkait ketersediaan kebutuhan JBT untuk kapal ASDP wilayah Sorong , Papua Barat, pada Sabtu lalu.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengingatkan, untuk angkutan alat berat atau barang-baran milik perusahaan asing, tidak tepat jika menggunakan BBM subsidi. Ia pun menjelaskan, PT KAI yang rutin mengangkut batu bara, sekarang sudah diganti dengan non subsidi.

Bedanya, mungkin yang ini tidak rutin, namun demikian perlu didalami, karena tidak boleh subsidi untuk asing. "Nanti saya akan tugaskan tim untuk meninjau lokasi lebih jauh," ujar Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa di Dermaga ASDP Sorong, dikutip dari keterangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Dalam kesempatan ini juga, Ifan sapaan akrab Kepala BPH Migas menyarankan agar ASDP menyiapkan kapal-kapalnya untuk dual sistem bahan bakar, BBM dan LNG, yang mana, Indonesia kaya akan LNG dan harganya bisa 2/3 atau setidaknya 1/2 lebih murah.

Sudah banyak contoh Kapal di dunia yang memakai LNG, seperti kapal Ferry, tanker, kapal angkutan kontainer, bahkan kapal pesiar pun sudah ada, dari Australia, USA, Eropa salah satunya Jerman kini sudah menggunakan LNG.

"Dengan dual BBM sebagai alternatif, tentu nanti prakteknya akan dipakai yang lebih murah, kalau LNG tidak perlu subsidi, sehingga penghematan anggaran negara, bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Selain itu, LNG bersih, mengurangi emisi carbon," jelas Ifan.

Dermaga ASDP Sorong, tahun-tahun sebelumnya mengalami keuntungan kisaran 500 jt sd 1,2 M pertahun, tahu covid-19 tahun ini jauh menurun.

ASDP bersama karyawan menerapkan protokol kesehatan, rutin dilakukan Rapid Test, bahkan jika ada yang mencurigakan dilakukan swab test. Untuk penumpang wajib melampirkan hasil Rapid Test, sebab jika tidak, di tempat tujuan akan ditolak. Untuk karyawan sendiri diberikan vitamin, buah dan susu saat mau berangkat, dijelaskan Kapten Kapal dari ASDP.

BPH Migas: Pandemi Bukan Penghalang untuk Distribusikan BBM

Kepala BPH Migas melakukan Kunjungan Lapangan terkait ketersediaan kebutuhan JBT untuk kapal ASDP wilayah Sorong, Papua Barat. (Dok BPH Migas)
Kepala BPH Migas melakukan Kunjungan Lapangan terkait ketersediaan kebutuhan JBT untuk kapal ASDP wilayah Sorong, Papua Barat. (Dok BPH Migas)

Sebelumnya, pandemi berdampak ke semua sektor, mulai dari ekonomi sampai pariwisata. Namun, tidak bagi distribusi BBM. Hal itu diutarakan oleh , Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro. Ia mengatakan BPH Migas selalu menjaga pendistribusian BBM khususnya JBT ke seluruh wilayah di Indonesia terjamin walaupun adanya pandemi Covid - 19 bukanlah suatu penghalang.

Agar tetap terditribusi, BPH Migas selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam pengecekan fisik ke lapangan maupun memanfaatkan fasilitas video confrence selama Work From Home.

Dalam kesempatan ini juga Bambang Utoro menyampaikan Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) beserta mensosialisasikan siapa konsumen yang bisa membeli serta dimana bisa membeli JBT tersebut.

"Kuota JBT/BBM subsidi tahun 2020 untuk Kabupaten Gunung Kidul sebesar 18.893 KL dan realisasisanya hingga 10 Agustus 2020 sebesar 9.354 KL atau 49, 51%. Kami terus melakukan pengawasan agar BBM subsidi ini tepat sasaran dan tidak terjadi over kuota hingga akhir tahun," Papar Bambang Utoro dalam gelaran Sosialisasi Tugas, Fungsi dan Capaian Kinerja Tahun Anggaran 2020 yang bertempat di Aula Balai Desa Kepek Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta (27/8/2020).

Melihat itu, Komisi VII DPR RI, Gandung Pardiman mengemukakan dengan adanya sosialiasi ini diharapkan dapat mengurai keluhan masyarakat serta menampung aspirasi rakyat dan memberikan solusi agar dapat menyelesaikan sejumlah persoalan yang dihadapi di wilayah Yogyakarta, khususnya di sektor migas bahwa banyak masyarakat kalangan kebawah tidak merata dalam pendistribusian mendapatkan bahan bakar yang bersubsidi.

Ia juga menghimbau untuk generasi muda untuk selalu mendukung dengan semangat dan penuh tanggung jawab untuk selalu mengawal terjaminnya pendistribusian bahan bakar minyak ini lancar ke seluruh Indonesia.

"BBM dan Gas adalah kebutuhan utama bagi masyarakat, kami dari DPR akan melakukan pengawasan bersama dengan BPH Migas sebagai lembaga yang diberi tugas untuk mengatur dan mengawasi distribusi BBM agar BBM tersebut tepat sasaran dan tidak terjadi kelangkaan" Jelas Gandung

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 200 peserta ini dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta sebelum masuk ke area acara dicek suhu badannya dan diberi handsanitazer, masker, dan faceshield.

Dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini diharapkan untuk masyarakat luas lebih mengenal tugas dan fungsi BPH Migas dan mendukung agar pendistribusian bahan bakar minyak khususnya BBM subsidi dapat tepat sasaran.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Anggota Komisi VII DPR RI Gandung Pardiman Anggota Komite BPH Migas Saryono Hadiwidjoyo, Sekertaris BPH Migas Bambang Utoro, dan Sales Area Manager Yogyakarta PT. Pertamina (Persero) Pande Made Adi Suryawan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wagub DKI Tes PCR Pertama Negatif tapi Besoknya Positif COVID-19, Mengapa Bisa Begitu?

Posted: 29 Nov 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan tes PCR pada Jumat, 27 November 2020 melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Pemeriksaan tersebut merupakan tes PCR kedua Riza.

Pada hari sebelumnya, Kamis, 26 November 2020, Riza menjalani tes PCR pertama. Hasil tes PCR tersebut  negatif. Lantas mengapa terjadi perbedaan hasil tes PCR dalam rentang waktu hanya 24 jam saja?

Dokter spesialis patologi klinik Tonang Dwi Ardyanto menjelaskan, perbedaan hasil tes PCR dalam waktu 24 jammemang bisa terjadi.

"Hasil PCR bisa negatif, lalu berubah (menjadi positif COVID-19) dengan jarak 24 jam. Kita melihat dari bagaimana virus itu berkembang (di dalam tubuh)," jelas Tonang saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (30/11/2020).

"Bisa saja virus Corona muncul pada hari yang berbeda. Pada hari pertama (pemeriksaan tes PCR pertama), virusnya belum muncul, sehingga ya hasil PCR-nya negatif."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Hasil Tes PCR Berbeda Seringkali Terjadi

Petugas dengan APD melakukan tes swab di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Jakarta, Rabu (7/10/2020). Pemerintah menetapkan harga batas tes usap atau swab melalui PCR untuk mendeteksi Covid-19 agar mendorong masyarakat melakukan tes secara mandiri. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas dengan APD melakukan tes swab di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Jakarta, Rabu (7/10/2020). Pemerintah menetapkan harga batas tes usap atau swab melalui PCR untuk mendeteksi Covid-19 agar mendorong masyarakat melakukan tes secara mandiri. (merdeka.com/Imam Buhori)

Perbedaan hasil tes PCR bukan karena kesalahan alat melainkan melihat bagaimana perjalanan virus Sars-CoV-2 dapat terdeteksi.

"Dalam hal ini, bukan berarti pemeriksaannya salah. Ya, memang pada tes PCR pertama, boleh jadi virusnya juga berkembang belum cukup banyak, sehingga belum terdeteksi," terang Tonang yang juga sebagai Juru Bicara Satgas COVID-19 RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

"Dan pada pemeriksaan kedua, dengan jarak 24 jam tadi bisa terdeteksi (virus sudah berkembang)."

Kasus kejadian perbedaan tes PCR, menurut Tonang, seperti yang dialami Riza rupanya sering dijumpai di lapangan.

"Iya, ini biasa terjadi. Di rumah sakit, kami sering menjumpai kejadian, bahwa pasien saat pertama tes PCR negatif. Lalu besoknya, hari kedua dites, hasilnya positif. Ini sering terjadi," ucapnya.

Virus Sars-CoV Terdeteksi

Tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) melakukan tes swab di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Pemerintah telah menyepakati batas maksimal harga tes usap atau swab mandiri sebesar Rp900 ribu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) melakukan tes swab di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Pemerintah telah menyepakati batas maksimal harga tes usap atau swab mandiri sebesar Rp900 ribu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tonang menggambarkan ilustrasi singkat, seseorang yang tertular virus Sars-CoV-2 dan kapan virus terdeteksi.

"Kalau ketularan virus pada hari Senin, misalnya. Kemudian dilakulan tes PCR keesokan harinya, Selasa. Maka, 100 persen hampir tidak mungkin terdeteksi (hasil tes negatif). Karena virusnya belum berkembang," ujarnya.

"Virus Sars-CoV-2 akan mulai terdeteksi pada hari Rabu atau hari kedua. Lalu akan meningkat peluang hasil deteksi pada hari ketiga, keempat, dan kelima."

Perjalanan virus Sars-CoV-2 pada hari keenam dan ketujuh termasuk puncak deteksi. Artinya, pada rentang hari tersebut, virus dapat terdeteksi oleh alat PCR. Untuk hasil tes PCR, dari negatif berubah positif dalam 24 jam menandakan virusnya sudah berkembang dan bisa terdeteksi.

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Febri Diansyah: Pilih Peserta Pilkada yang Berintegritas dan Tak Terlibat Korupsi

Posted: 29 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Visi Integritas Law Office Febri Diansyah, mengajak seluruh pemilih untuk memilih calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang tidak terlibat korupsi pada Pilkada 2020.

"Pilihlah calon kepala daerah yang berintegritas, tidak terlibat korupsi," kata dia, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Minggu 29 November 2020, seperti dikutip dari Antara.

Mantan juru bicara KPK itu mengimbau pemilih untuk lebih teliti dalam menggunakan hak suara. Calon kepala daerah dan wakil kepala daerah harus memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih.

"Pilih calon kepala daerah yang tidak pernah mengiming-imingi politik uang," imbau Febri Diansyah.

Di tengah korupsi kepala daerah yang marak, kata dia pilkada serentak saat ini akan cukup menentukan bagi nasib masyarakat di daerah.

Dari data di situs resmi KPK, per 1 Juni 2020 terdapat 21 Gubernur dan 122 bupati, wali kota, dan wakil kepala daerah yang terjerat korupsi oleh KPK.

"Kita semua tentu berharap agar masyarakat tidak menjadi korban kembali jika ada calon kepala daerah bermasalah atau diduga terlibat dalam kasus korupsi. Karena itu, sangat penting bagi masyarakat sebagai pemilih untuk menentukan nasibnya lima tahun ke depan," tutur Febri Diansyah.

Pilkada bagian dari koreksi penyelenggaraan pemerintahan

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta, berpendapat pilkada merupakan bagian dari koreksi penyelenggaraan pemerintahan, termasuk upaya pemberantasan korupsi.

Pilkada serentak 2020 dinilai masih menyisakan permasalahan serius dalam konteks pemberantasan korupsi lantaran masih ada pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang tersandera kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Upaya pencegahan korupsi yang berlangsung tidak sebentar menyebabkan politisi yang tersandera kasus korupsi maupun gratifikasi dapat mencalonkan diri.

Penyebab lainnya yakni format hukum yang mewajibkan lembaga penyelenggara pemilu wajib menghormati proses hukum terhadap politisi yang tersandera kasus di KPK sebelum dijatuhi vonis bersalah oleh pengadilan.

Artinya, regulasi tidak melarang orang-orang yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi dan gratifikasi mencalonkan diri, meskipun penyelenggara pemilu memiliki semangat yang sama dengan rakyat untuk melahirkan pemimpin yang bersih, dan dapat membangun daerah yang dipimpin.

Selain itu, kata dia kehadiran politisi yang tersandera kasus hukum di KPK sebagai peserta pilkada sebagai gambaran kegagalan partai politik dalam menyaring secara jernih bakal calon kepala daerah sebelum didaftarkan di KPU. Partai politik masih memainkan peran sebagai partai pengusung atau pendukung hanya dengan mempertimbangkan kemenangan dan kekalahan.

"Ini kami istilahkan sebagai tirani ilegal. Kita tahu (kondisi) ini tidak benar, tetapi secara legal harus diikuti. Artinya kita tersandera dalam format hukum, dan pilihan partai politik yang tidak melalui proses yang jenih," ujarnya, yang juga mantan tim seleksi anggota Bawaslu Kepulauan Riau.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Bahan Herbal untuk Cegah Rambut Rontok, Mudah Ditemukan

Posted: 29 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok jadi masalah banyak orang baik pria maupun wanita. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, mulai dari stres emosional atau fisik, pengobatan, kesehatan rambut yang buruk, penyakit autoimun, kekurangan nutrisi, dan kondisi kesehatan lainnya.

Ada beberapa cara untuk melawan rambut rontok dan mengembalikan rambut ke bentuk semula. Salah satu cara melawan rambut rontok adalah dengan memanfaatkan herbal tertentu. Beberapa herbal dapat memperlambat kerontokan rambut atau membantu mendorong pertumbuhan baru.

Herbal ini dapat membantu memperkuat rambut, mendukung kesehatan kulit kepala, meningkatkan ketebalan rambut, dan menstimulasi siklus pertumbuhan rambut. Herbal-herbal ini cukup mudah ditemukan baik dalam produk komersial atau dalam keadaan segar.

Berikut herbal untuk cegah rambut rontok, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Senin(30/11/2020).

Herbal untuk cegah rambut rontok

gel lidah buaya (sumber: pixabay)
gel lidah buaya (sumber: pixabay)

Lidah buaya

Lidah buaya memulihkan kesehatan kulit kepala dengan melembutkan sambil menyeimbangkan produksi sebum dan tingkat pH. Lidah buaya hanya mengurangi kerontokan rambut, tetapi juga mendorong pertumbuhan kembali rambut.

Cukup pijatkan gel lidah buaya kek kulit kepala selama dua menit. Diamkan selama dua jam dan bilas dengan air dan sampo.

Ginseng

Ginseng dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga meningkatkan suplai darah dan nutrisi ke folikel rambut. Ini memungkinkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Ginseng banyak ditemukan dalam produk perawatan rambut seperti sampo atau tonik. Anda juga bisa menggunakan air rendaman minyak ginseng untuk memijat kulit kepala.

Herbal untuk cegah rambut rontok

ilustrasi aromaterapi rosemary/unsplash
ilustrasi aromaterapi rosemary/unsplash

Rosemary

Rosemary adalah ramuan ampuh untuk pertumbuhan rambut. Tidak hanya mencegah rambut rontok rosemary juga merangsang pertumbuhan rambut baru, mendetoksifikasi kulit kepala dan mengembalikan pigmen rambut.

Campurkan 5 sampai 10 tetes minyak rosemary dengan 2 sampai 3 sendok makan minyak kelapa atau zaitun. Pijatkan pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dan sampo.

Sage

Sage memiliki manfaat antiseptik dan astringent untuk rambut. Penggunaan herbal ini secara teratur menghasilkan rambut yang lebih tebal dan kuat.

Rebus dua sendok makan daun sage kering dengan dua gelas air selama 10 menit. Saring dan dinginkan lalu masukkan ke botol atau wadah. Gunakan air ini setelah keramas untuk bilasan akhir.

Herbal untuk cegah rambut rontok

Sumber: Freepik
-concept-woman-show-her-brush-with-long-loss-hair-looking-her-hair_53476-3211.jpg

Urang aring

Urang aring adalah salah satu herbal paling kuat yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan uban. Herbal ini menghasilkan rambut yang sehat, kulit kepala yang sehat, dan mendorong pertumbuhan kembali rambut. Urang aring membantu merangsang folikel rambut dan memicu tahap pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Urang aring bisa ditemukan dalam bentuk minyak atau digunakan langsung dalam bentuk segar. Anda bisa mencincang seikat daun urang aring segar dan memanaskannya dengan segelas minyak kelapa atau minyak wijen. Aplikasikan pada kulit kepala dan helai rambut, diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dan sampo setelahnya.

Ruku-ruku

Ruku-ruku atau holy basil merupakan jenis basil yang sekilas mirip dengan kemangi. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk masakan Minangkabau yang berupa gulai. Ruku-ruku juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah rambut rontok.

Ruku-ruku membantu meremajakan folikel rambut. Memijat minyak ruku-ruku yang diaplikasikan ke kulit kepala tidak hanya melembabkan rambut, tetapi juga membantu menstimulasi sirkulasi darah. Ini mengarah pada peningkatan pertumbuhan rambut.

Daun ruku-ruku dikatakan mengandung Eugenol dan magnesium, yang bersama-sama meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Herbal untuk cegah rambut rontok

Buah Lerak (kebudayaan.kemdikbud.go.id)
Buah Lerak (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Lerak

Lerak kerap digunakan sebagai sabun dan sampo alami. Lerak mengandung saponin, pembersih alami yang meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengembalikan tingkat pH. Lerah membantu menjaga kulit kepala bersih dan sehat tanpa menggunakan bahan kimia yang keras dan menyebabkan kerusakan.

Bunga sepatu

Bunga kembang sepatu, selain mencegah rambut rontok, dikenal dapat menambah kilau pada rambut kusam sekaligus melawan rambut beruban. Bunga sepatu membantu menghentikan rambut rontok, menebalkan rambut, mencegah kusut, bercabang, dan ketombe.

Anda bisa menggunakan dua bunga sepatu dan memanaskannya dengan dua sendok makan minyak kelapa atau zaitun. Pijatkan pada kulit kepala dan rambut selama 10 menit, diamkan 30 menit dan bilas dengan air dan sampo.

Herbal untuk cegah rambut rontok

Ilustrasi/copyright pixabay.com
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Jahe

Minyak jahe membantu mengobati dan mencegah ketombe. Jahe juga dikenal untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus meningkatkan sirkulasi. Parut jahe dan ambil sarinya. Tambahkan 4 sendok makan minyak wijen dan campur sampai merata. Pijatkan ke kulit kepala dan diamkan 30 menit sebelum membilasnya dengan sampo dan air.

Serai

Serai memperkuat folikel rambut yang penting untuk mencegah rambut rontok. Minyak serai juga merupakan perawatan ketombe yang efektif. Rebus serai dengan satu gelas air. Dinginkan dan gunakan sebagai bilasan akhir setelah keramas.

Herbal untuk cegah rambut rontok

Daun neem (sumber: Pixabay)
Daun neem (sumber: Pixabay)

Buah malaka

Buah malaka atau Indian Gooseberry kaya akan vitamin C dan mineral lain seperti fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B kompleks dan karoten. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, dan meningkatkan kilau.

Jus malaka, bila dicampur dengan air, membantu memulihkan vitalitas rambut, sekaligus menawarkan kekuatan dan kilau. Buah ini dapat mengontrol ketombe, mencegah rambut rontok yang berlebihan dan uban prematur.

Daun neem

Daun neem atau mimba memiliki sifat anti bakteri tinggi yang berguna untuk menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan rawan ketombe. Ini meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala saat dioleskan. Minyak neem membantu mengatasi rambut yang menipis dan beruban sebelum waktunya.

Neem juga meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mencegah serta menyembuhkan banyak masalah rambut. Bubuk Neem kering bisa dicampur dengan air untuk membuat pasta kental, dan ini bisa dipijat ke kulit kepala untuk mengelupas, membersihkan dan menutrisi kulit kepala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Tisu Toilet Melonjak 1.100 Persen Saat Pandemi Covid-19

Posted: 29 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Merebaknya virus covid-19, mendorong panic buying di sejumlah tempat. Pada awal kemunculan virus ini, permintaan untuk sejumlah keperluan sanitasi dan alat pelindung diri (APD) melonjak.

Selain hand sanitizer dan masker, tisu toilet juga rupanya menjadi salah satu produk yang paling dicari. Bahkan saat ini punic buying untuk produk tisu toilet kembali tinggi.

Salah satu pendiri Who Gives a Crap, Danny Alexander menyebutkan, pada awal pandemi permintaan produk perusahaan meningkat sekitar 1.100 persen.

Who Gives a Crap merupakan sebuah perusahaan sosial yang menyumbangkan 50 persen dari keuntungannya untuk amal yang berfokus pada penyediaan akses ke sanitasi bersih.

"Peningkatan permintaan tiba-tiba baru-baru ini telah terjadi di berbagai wilayah, bertepatan dengan lonjakan jumlah Covid dan penguncian baru di area tersebut," kata Alexander dilansir dari laman Forbes Senin (30/11/2020).

Alexander melaporkan, lonjakan permintaan baru-baru ini di Washington dan New York, permintaan tisu toilet melonjak lebih dari 60 persen hingga pertengahan November.

Sedangkan di Ohio, permintaannya meningkat 98 persen, dan California naik 27 persen. "Setiap kali ada puncak kasus yang mengarah ke karantina tambahan, kami melihat lonjakan," kata Alexander.

Temuan Survei Who Gives a Crap

Seorang perempuan membeli tisu toilet di sebuah pasar di Mount Lebanon, negara bagian Pennsylvania, AS pada 17 November 2020. Lonjakan kasus COVID-19 di AS membuat orang kembali ke toko untuk menimbun lagi, meninggalkan rak kosong dan memaksa pengecer membatasi pembelian (AP/Gene J. Puskar)
Seorang perempuan membeli tisu toilet di sebuah pasar di Mount Lebanon, negara bagian Pennsylvania, AS pada 17 November 2020. Lonjakan kasus COVID-19 di AS membuat orang kembali ke toko untuk menimbun lagi, meninggalkan rak kosong dan memaksa pengecer membatasi pembelian (AP/Gene J. Puskar)

Who Gives a Crap baru saja merilis hasil survei terhadap 1.500 konsumen terkait panic buying atas produk tisu. Beberapa sorotan dari temuan tersebut antara lain:

· Kebutuhan tisu toilet makin krusial Lebih dari separuh responden khawatir jika tidak memiliki tisu toilet yang cukup. Selain itu, 48 persen menganggap keberadaan tisu toilet sebanding dengan Wifi.

· Lebih sering MembersihkanUmumnya, responden percaya bahwa kamar mandi yang bersih bisa membatasi penyebaran COVID-19. 67 persen responden mengaku mencuci tangan lebih sering daripada sebelum pandemi. Dan 58 persen mengauk lebih sering membersihkan kamar mandi.

· Menemukan hiburan di kamar mandiSekitar 68 persen responden melaporkan menggunakan ponsel mereka untuk email / teks, dan 56 perasaan untuk melihat media sosial di kamar mandi lebih sering sejak awal pandemi. 15 persen responden bahkan melakukan selfie di toilet. Sementara 9 persen orang mengaku telah membuat TikTok atau video lain di sana.

"Kamar mandi adalah tempat yang aman dari gangguan dan itu terutama berlaku sekarang karena banyak orang tinggal dan bekerja di tempat yang sangat sempit di rumah," kata Alexander.

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: