Jumat, 20 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hasad Adalah Dengki, Ketahui Larangan dan Dampak Buruknya

Posted: 20 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui pengertian hasad akan menghindarkan seseorang melakukan perbuatan tercela. Menurut para jumhur ulama, hasad adalah dengki, dengan menginginkan nikmat orang lain hilang.

Mayoritas pendapat mengatakan, hasad adalah akhlak tercela yang amat dibenci oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Meski sebagian lagi ada yang membolehkan, tetapi dalam hal agama dan akhirat untuk memperoleh keridaan Allah SWT saja.

Menengok di kehidupan nyata, dengki atau hasad adalah sudah kerap dilakukan oleh manusia, disadari atau tidak. Dampaknya pun tidak hanya untuk kehidupan akhirat, tetapi kegelisahan hati di dunia setelah melakukannya.

Berikut Liputan6.com ulas hasad adalah dengki disertai larangan dan dampak buruknya dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020).

Hasad

Ilustrasi Muslimah | Credit: unsplash.com/Imat
Ilustrasi Muslimah | Credit: unsplash.com/Imat

Secara epistimologis, hasad adalah keadaan hati seseorang yang tidak mensyukuri nikmat dan membenci kebahagiaan orang lain. Singkatnya, hasad adalah sifat dengki. Dengki terhadap segala yang menimpanya dan menimpa orang lain disekitarnya.

Menurut jumhur ulama Syarh Al-Arba'in An-Nawawiyyah, hasad adalah ketika seseorang menginginkan nikmat orang lain hilang. Nikmat ini berupa kedudukan, ilmu, harta, dan masih banyak lagi. Sementara Ibnu Taimiyah mengatakan, hasad adalah membenci dan tidak suka keadaan baik orang lain.

Larangan Hasad

Ilustrasi Dengki | Credit: freepik.com
Ilustrasi Dengki | Credit: freepik.com

Hasad adalah sifat yang konon katanya manusiawi. Meski sebenarnya, Allah SWT dan Rasul-Nya tidak menyukai manusia yang berlaku hasad. Entah itu kepada diri sendiri atau orang lain. Terutama hasad yang berkaitan dengan duniawi, seperti harta kekayaan.

Menurut beberapa pendapat, ada hasad yang diperbolehkan. Hasad ini berkaitan dengan urusan agama dan akhirat. Dengki yang seperti ini akan membuat seseorang berupaya terus mendekatkan diri pada Allah SWT.

Tentu hal ini baik dan bukan bagian dari kompetisi kemenangan dan kekalahan. Dengki dalam urusan agama dan akhirat akan membuat manusia mencari keridaan Allah SWT, bukan pujian semata. Keridaan inilah yang nantinya akan mengantarkan seseorang lebih bersyukur atas segala yang dipunya.

Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak boleh ada hasad kecuali pada dua perkara: ada seseorang yang dianugerahi harta lalu ia gunakan untuk berinfak pada malam dan siang, juga ada orang yang dianugerahi Al-Qur'an, lantas ia berdiri dengan membacanya malam dan siang." (HR. Bukhari, no. 5025, 7529 dan Muslim, no. 815)

Sifat Manusia Saat Hasad

Ilustrasi marah | (Foto: Pixabay/RobinHiggins)
Ilustrasi marah | (Foto: Pixabay/RobinHiggins)

1. Ingin menghilangkan nikmat orang yang sedang di-hasad. Upaya menghilangkan yang dilakukan melampaui batas, perkataan dan perbuatannya.

2. Merasa hasad dengan orang lain tetapi hanya dalam hati dan pikiran, tidak dilakukan dengan perkataan dan perbuatan yang melampaui batasan.

3. Hasad tetapi tidak ingin menghilangkan nikmat milik orang lain hilang. Orang ini justru mengusahakan sendiri agar mendapat kenikmatan yang sama.

4. Merasa sedang hasad atau dengki dalam hati dan pikiran, tetapi berupaya menghapusnya. Beberapa di antaranya justru melakukan perbuatan baik dengan rasa cinta dan kemuliaan.

Dampak Buruk Hasad

Ilustrasi marah | Sumber foto: unsplash.com/Raychan.
Ilustrasi marah | Sumber foto: unsplash.com/Raychan.

1. Kufur nikmat, mengingkari segala nikmat yang Allah SWT karuniakan kepadanya. Termasuk menentang takdir yang Allah SWT sudah gariskan.

2. Melahap habis semua kebaikan yang pernah dilakukan sebelumnya. Hasad dalam hal ini membuat orang lain membencinya dan merendahkan martabatnya.

3. Hanya akan merasakan kesengsaraan lebih lama daripada kepuasan setelah berlaku demikian. Dadanya terasa sesak dan merasa susah hati karena hal-hal yang sepele.

4. Hasad bertolak belakang dengan iman yang sempurna. Rasulullah mengatakan bahwa seseorang tidak akan beriman saat dia menginginkan dari saudaranya yang dia inginkan untuk dirinya sendiri.

5. Melupakan cara berdoa yang benar untuk meminta karunia sesuai yang Allah ridai.

6. Membuat seseorang meremehkan nikmat yang sudah didapatkan karena orang hasad tidak berhenti membanding-bandingkan.

7. Meremehkan perbuatan baik orang lain dan merendahkan martabat orang lain. Akibatnya orang yang hasad memiliki akhlak tercela.

8. Kebaikannya habis untuk memberikan ganti atas kezaliman yang telah dilakukan pada orang lain.

9. Dicampakkan di dalam api neraka karena segala kebaikan yang sudah dilakukan habis saat dengki dengan orang lain.

10. Selalu mengupayakan kebaikan untuk diri sendiri dengan tujuan yang salah. Menginginkan pujian untuk kerendahan orang yang didengki.

Dalil Hasad dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 32

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

وَلَا تَتَمَنَّوْا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِّلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبُوا۟ ۖ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبْنَ ۚ وَسْـَٔلُوا۟ ٱللَّهَ مِن فَضْلِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا

Wa lā tatamannau mā faḍḍalallāhu bihī ba'ḍakum 'alā ba'ḍ, lir-rijāli naṣībum mimmaktasabụ, wa lin-nisā`i naṣībum mimmaktasabn, was`alullāha min faḍlih, innallāha kāna bikulli syai`in 'alīmā

Artinya:

Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia:

Janganlah kalian -wahai orang-orang mukmin- menginginkan kelebihan yang Allah berikan kepada sebagian dari kalian atas sebagian yang lain, supaya tidak timbul rasa benci dan iri hati.

Maka tidak sepatutnya kaum wanita berharap mendapatkan sesuatu yang hanya Allah berikan kepada kaum laki-laki. Karena setiap kelompok memiliki balasan yang sesuai.

Mintalah kepada Allah untuk menambahkan karunianya kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Dia memberikan kepada setiap kelompok apa yang sesuai dengannya.

Dalil Hasad dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 54

Ilustrasi Al-Qur'an | Pexels
Ilustrasi Al-Qur'an | Pexels

أَمْ يَحْسُدُونَ ٱلنَّاسَ عَلَىٰ مَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۖ فَقَدْ ءَاتَيْنَآ ءَالَ إِبْرَٰهِيمَ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَءَاتَيْنَٰهُم مُّلْكًا عَظِيمًا

Am yaḥsudụnan-nāsa 'alā mā ātāhumullāhu min faḍlih, fa qad ātainā āla ibrāhīmal-kitāba wal-ḥikmata wa ātaināhum mulkan 'aẓīmā

Artinya:

Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar.

Tafsir Imam Masjidil Haram:

Kamu diolok-olok mereka atas sifat dengki yang mereka miliki karena itu merupakan sifat yang lebih buruk daripada sifat bakhil; mereka selalu menginginkan kebaikan hanya ada pada genggaman mereka, mengharapkan segala karunia Allah, dan tidak menyukai jika ada umat lain yang menyamai mereka. 

Oleh sebab itu mereka dengki terhadap Muhammad atas kenabian dan ilmu yang Allah berikan kepadanya, serta kekuasaan, kepemimpinan, dan jumlah pengikut yang banyak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Ricky Yacobi Meninggal Usai Cetak Gol dan Hendak Selebrasi

Posted: 20 Nov 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia sepak bola nasional baru saja ditinggal salah satu legendanya, Ricky Yacobi. Legenda timnas Indonesia era 80'an itu menghembuskan nafas terakhir, Sabtu (21/11/2020) pagi WIB.

Kabar wafatnya Ricky tersiar melalui pesan singkat. Pesan tersebut menyebut Ricky meninggal dunia di Rumah Sakit Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

"Innalilahi wainnailahi rojiun, telah meninggal dunia sahabat dan pemain Nasional kita bang Ricki Yacobi di RS Mintoharjo. Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah. Alfatihah," tulis pesan tersebut

Sebelum meninggal dunia, Ricky Yacobi diketahui tengah mengikuti kegiatan pertandingan sepak bola di kawasan Senayan, Jakarta.

Ricky bahkan sempat mencetak gol sebelum terjatuh dan tak sadarkan diri. Dari foto dan video yang diterima Liputan6.com, rekan-rekan Ricky terlihat mencoba membangunkan mantan pemain Arseto Solo tersebut.

Dalam video, beberapa orang bahkan mencoba menyemangati Ricky untuk sadarkan diri. Namun, nyawa Ricky tidak tertolong.

Ricky Yacobi meninggal dunia di usia 57 tahun. Pria kelahiran Medan, 12 Maret 1963 tercatat membantu timnas Indonesia membawa pulang medali emas SEA Games 1987.

Rencananya, Ricky akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta setelah Ashar.

 

 

Bermain di Jepang

Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ricky Yacobi sejatinya bernama Ricky Yacob. Huruf 'i' di belakang namanya ditambahkan usai Ricky berkarier di Jepang.

Ya, Ricky memang sempat mencicipi kompetisi Negeri Sakura bersama Matsushita FC pada 1986. Sayang, karier Ricky di Jepang hanya seumur jagung sebelum kembali ke Tanah Air untuk membela Arseto Solo.

Saksikan Video Ricky Yacobi di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Layang di Makassar Siap Dioperasikan

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap meresmikan dan mengoperasikan Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 atau dikenal dengan Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jalan tol sepanjang 4,3 km ini akan menghubungkan Kota Makassar dengan Pelabuhan Petikemas Soekarno Hatta Makassar dan Bandara Sultan Hassanudin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi atas peran aktif Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar dalam pembangunan tol layang tersebut.

"Saya sangat menghargai sekali peran Gubernur Sulawesi Selatan. Kita bisa bekerjasama erat karena Pemerintah Pusat datang mendukung inisiatif Pemerintah Daerah, bukan sebaliknya," ujar Menteri Basuki, Sabtu (21/11/2020).

Selain itu, pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar merupakan contoh peran aktif swasta dalam pembangunan infrastruktur nasional.

PT Margautama Nusantara (MUN) melalui anak usahanya PT Makassar Metro Network (MMN) bersama dengan pemerintah daerah, menginisiasi pembangunan ini guna mendukung sistem logistik, sekaligus sebagai fasilitas pendukung kemajuan Kota Makassar dan daerah sekitarnya.

Jalan Tol Layang A.P. Pettarani yang dibangun sejak April 2018 tersebut dilakukan tanpa adanya pembebasan lahan dan menggunakan teknologi mutakhir bidang konstruksi serta inovasi perencanaan dan pelaksanaan.

Seperti formwork pier head tanpa shoring, erection box girder dengan double gantry dan instalasi expansion joint per 350m. Untuk memonitor kinerja dan kondisi struktur jembatan selama masa operasi, juga dipasang Structural Health Monitoring System (SHMS).

Tol layang dengan nilai investasi sebesar Rp 2,243 triliun ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang selama ini terjadi di jalan arteri sekitar Kawasan Panakkukang dan Rappocini.

Ruas ini akan melengkapi ruas tol eksisting Jalan Tol Ujung Pandang pada Seksi I, II dan IV yang akan beroperasi dengan sistem terbuka sepanjang 10,4 Km dengan jumlah lajur jalan 2 x 2, lebar 3,50 meter, dan memiliki dua on-off ramp yaitu di Boulevard dan Alauddin.

 

Lebih Cepat

Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 atau dikenal dengan Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (dok: PUPR)
Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 atau dikenal dengan Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (dok: PUPR)

Dengan beroperasinya Tol Layang AP Pettarani, diharapkan juga dapat mengurangi waktu tempuh karena pengguna jalan tidak perlu melewati banyak persimpangan di jalan arteri yang sering mengalami kemacetan.

Pembangunannya dimulai dari akhir Jalan Tol Seksi 2, tepatnya di Persimpangan Jalan Urip Sumoharjo melewati Persimpangan Jalan Boulevard Panakkukang, Jalan Hertasning dan berakhir sebelum Persimpangan Jalan Sultan Alauddin.

Dalam proses pembangunannya, proyek ini menggandeng berbagai mitra lokal dan internasional yang kompeten dibidangnya yakni PT Wijaya Karya Beton sebagai Kontraktor Utama, Nippon Koei Co., Ltd. dalam Operasi bersama PT Indokoei International dan PT Cipta Strada sebagai Konsultan Supervisi serta PT Virama Karya sebagai Konsultan Pengendali Mutu Independen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 4 Fitur Baru di PUBG Mobile yang Patut Kamu Ketahui

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tencent dan PUBG Corp baru saja meluncurkan pembaruan untuk gim battle royale andalan mereka, yakni PUBG Mobile.

Digulirkan secara global pada 11 November 2020, PUBG Mobile versi 1.1 menawarkan berbagai macam fitur baru, dan konten kolaborasi dengan perusahaan pembuat gim Metro Exodus.

"Dalam update PUBG Mobile patch 1.1 ini, kami ingin terus memberikan pengalaman terbaik kepada para pemain," ujar Jenny, Manajer Pemasaran PUBG Mobile, di dalam keterangan resminya, Sabtu (21/11/2020).

Nah, fitur baru apa saja yang yang hadir di update-an PUBG Mobile versi 1.1?

1. Lightweight installation

Di versi terbaru ini, PUBG Mobile hadir lebih compact dengan ukuran file 70 persen lebih kecil di smartphone Android.

"Lightweight installation merupakan cara kami menjawab keinginan penggemar dan komunitas PUBG Mobile yang memiliki kemampuan hardware smartphone terbatas," ujarnya.

Lewat fitur ini, gamer dapat dengan bebas memilih konten apa saja yang akan diinstall sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan memanfaatkan teknologi sumber daya baru, ukuran file PUBG Mobile yang diunduh akan berkurang secara drastis sebesar 610 MB, yang sebelumnya mencapai 1.8 GB lebih.

 

2. Pembatasan Pilih Server

Untuk memberikan pengalaman bermain yang lancar dan lebih stabil, pengembang PUBG Mobile membatasi kemampuan pemain beralih server sesuka hati.  

Saat musim kompetisi dimulai, pemain harus memilih dan mengkonfirmasi terlebih dahulu, server mana yang ingin mereka gunakan.

Pemain yang telah mengkonfirmasi server yang dipilih, tidak akan bisa mengubahnya selama 60 hari kedepan.

Pembatasan beralih server sesuka hati ini dilakukan semata untuk tetap menjaga kestabilan lingkungan antar server regional dan memberikan perubahan besar pada lingkungan bermain PUBG Mobile.

 

3. Metro Royale

Pada pembaruan versi 1.1, PUBG Mobile kedatangan mode terbarunya yaitu PUBG Mobile Metro Royale.

Di mode ini, seorang pemain akan merasakan pertempuran yang menegangkan di bawah tanah ketika melawan bandit hingga mutant ganas yang bersembunyi di balik kegelapan.

Untuk menunjang pertempuran yang intens, PUBG Mobile telah menambahkan berbagai macam peralatan taktis dalam mode ini.

 

4. Penyesuaian Stat Senjata

Penyesuaian senjata granat dan bom juga terjadi di pembaruan PUBG Mobile versi 1.1 ini, yang membuat efek ledakan dari granat dan bom menjadikan permainan semakin seru dan lebih realistis.

Penyesuaian terjadi di Frag Grenade (granat fragmentasi), Stun Grenade (granat kejut), Smoke Grenade (granat asap) dan Molotov Cocktail (Bom Molotov).

So, apakah kamu sudah update gim PUBG Mobile ke versi terbaru?

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aroma Korupsi dalam Kasus Penjualan Miras di Kafe Dekat Sekolah

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Lembaga Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi) berharap kasus kafe BR di Makassar yang dikabarkan bebas berjualan minuman keras (miras) agar diproses hukum dan dibawa ke ranah dugaan tindak pidana korupsi.

Direktur Anti Corruption Committee (ACC Sulawesi) Kadir Wokanubun mengatakan berbicara dugaan tindak pidana korupsi tak lepas dari dua unsur di antaranya unsur dugaan penyalahgunaan wewenang dan unsur kerugian keuangan negara atau perekonomian negara.

Dikaitkan dengan kasus Kafe BR yang dikabarkan bebas berjualan miras sementara hanya mengantongi izin beraktivitas resto atau tanpa memiliki izin aktivitas penjualan miras dari dinas terkait maka patut diduga terjadi penyalahgunaan wewenang di dalamnya karena terkesan terjadi pembiaran atau sengaja dibiarkan peristiwa perbuatan melawan hukum itu terjadi terus menerus.

"Kesalahan itu ada dua. Bisa karena kesengajaan atau karena kealpaan. Kesengajaan maksudnya ada kesadaran yang oleh orang normal pasti tahu konsekuensi dari perbuatannya itu akan merugikan. Sedang kealpaan berarti ada perbuatan mengabaikan sesuatu yang mestinya dilakukan, atau tidak berhati-hati atau teliti sehingga menimbulkan kerugian," jelas Kadir.

Penegak hukum dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan, kata Kadir, tinggal mencari tahu instansi-instansi mana yang memiliki kewenangan terkait aktivitas di Kafe BR tersebut dan sejauh mana mereka melaksanakan kewenangannya itu. Apakah ada unsur kelalaian dalam menjalankan kewenangannya atau memang sengaja tak menjalankan kewenangannya yang melekat.

Di antaranya, Dinas Pariwisata Kota Makassar yang diketahui memiliki kewenangan dalam hal menerbitkan rekomendasi kepada tempat usaha pariwisata yang dapat menjual minuman beralkohol (miras) di Kota Makassar.

Kewenangan Dinas Pariwisata telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 5 tahun 2011 tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata, tepatnya pada Bab VIII Pasal 31 ayat 3 yang menerangkan bahwa usaha pariwisata yang dapat menjual minuman beralkohol terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari Dinas Parwisata sebelum diterbitkannya izin tempat penjualan minuman beralkohol.

"Penegak hukum tinggal menyelidiki itu. Apakah Dinas Pariwisata telah memberikan rekomendasi kepada Kafe BR untuk mendapatkan izin sebagai tempat jualan miras atau tidak. Karena kabarnya Kafe BR telah memperoleh izin sebagai tempat penjualan miras melalui pendaftaran sistem Online Single Submission (OSS)," kata Kadir via telepon, Jumat (20/11/2020).

Kemudian penegak hukum turut juga mendalami sejauh mana pelaksanaan kewenangan oleh Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar. Dimana melalui Dinas PTSP inilah kabarnya izin aktivitas Kafe BR terbit.

"Saya kira penting didalami ini. Jika betul PTSP menerbitkan izin aktivitas Kafe BR, apa dasarnya. Apakah ada rekomendasi Dinas Pariwisata terkait itu," ujar Kadir.

Tak hanya kewenangan Dinas Pariwisata yang ada, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar juga memiliki kewenangan dalam menerbitkan rekomendasi atas tempat usaha yang ingin berjualan miras seperti yang dilakoni oleh Kafe BR. Tentunya kewenangan itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Aktivitas yang ada di Kafe BR, seharusnya mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu oleh minimal kedua instansi tersebut, yakni Dinas Pariwisata sebagai instansi yang berwenang menerbitkan rekomendasi atas tempat usaha pariwisata yang dapat berjualan miras dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang berwenang memberikan rekomendasi untuk aktivitas penjualan miras.

Melihat kenyataan yang ada, kata Kadir, jelas bahwa rekomendasi dari kedua instansi berwenang tersebut dipastikan tak mungkin terbit untuk Kafe BR. Baik jika mengacu pada Perda Makassar Nomor 5 tahun 2011 tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata maupun pada Perda Makassar Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

"Pada kedua Perda itu telah menjelaskan ketentuan larangan. Di mana aktivitas usaha berjualan miras tak boleh dekat dari lingkup sekolah, tempat ibadah dan rumah sakit. Nah, Kafe BR letaknya berdekatan dengan sekolah kok. Malah jaraknya hanya sekitar 20 meter dari SMPN 2 Makassar dan SMUN 16 Makassar," terang Kadir.

Selain adanya unsur dugaan penyalahgunaan wewenang di balik aktivitas bebas jualan miras oleh Kafe BR yang bertentangan dengan aturan yang ada karena jaraknya dekat dari lingkup sekolah, juga berpotensi menimbulkan kerugian perekonomian daerah atau keuangan daerah.

"Karena rekomendasi dari masing-masing instansi yang berkaitan itu bernilai sebagai retribusi atau menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar. Nah, jika Kafe BR berjualan miras tanpa rekomendasi maka jelas telah merugikan perekonomian daerah atau keuangan daerah Kota Makassar," ungkap Kadir.

 

Pernyataan Para Kepala Dinas

Kafe dekat sekolah di Makassar bebas jualan miras (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Kafe dekat sekolah di Makassar bebas jualan miras (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar, Andi Bukti Djufri mengatakan sebaiknya hal tersebut dilaporkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar. PTSP Kota Makassar, kata dia, tidak pernah mengeluarkan izin untuk aktivitas penjualan miras kepada Kafe BR yang berlokasi dekat dengan sekolah.

"Sudah sejak tahun lalu ini Kafe BR beritanya dan berulang-ulang," ucap Bukti via pesan singkat, Jumat (20/11/2020).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar, Muh Yasir mengatakan pihaknya telah memberikan surat rekomendasi perihal penindakan kepada Kafe BR yang diketahui telah menjual miras secara terang-terangan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar sebagai instansi penegak Perda.

"Jadi kami tidak pernah memberikan izin kepada Kafe BR untuk aktivitas menjual miras karena jelas tidak memenuhi syarat ketentuan yang ada dalam aturan. Dimana lokasinya berdekatan dengan sekolah," ucap Yasir.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Usaha Perdagangan Dinas Perdagangan Makassar, Abdul Hamid menambahkan jika pihaknya belum pernah menerbitkan izin kepada Kafe BR baik sebagai tempat penjualan miras sekaligus izin mengedarkan miras.

Namun, dari informasi yang didapatkan pihaknya, Kafe BR kabarnya diam-diam mengurus izin penjualan miras melalui sistem Online Single Submission (OSS) meski ketentuan syarat yang ada tidak terpenuhi yakni lokasi tempat usahanya yang berdekatan dengan lingkup sekolahan.

"Sampai detik ini kita tidak pernah terbitkan izin penjualan miras Kafe BR karena terbentur oleh ketentuan syarat yang berlaku. Dimana tempat usaha penjualan miras tak boleh berada dekat dari sarana pendidikan, peribadatan dan rumah sakit. Ini kan Kafe BR letaknya malah langsung berhadapan sekolah," kata Hamid.

Akibat tindakan manajemen Kafe BR yang dianggap melanggar aturan Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar pun langsung melayangkan surat permohonan penindakan ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar pekan lalu.

"Surat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar kita sudah terima dan itu merupakan acuan dasar kita untuk bertindak. Insya Allah segera kita tindaklanjuti," tegas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Makassar, Iman Hud.

Ia mengatakan, pihaknya akan bertindak tegas terhadap para pelaku usaha yang melanggar aturan yang berlaku dalam hal ini Perda Kota Makassar.

"Terkait masalah Kafe BR tunggu tanggal mainnya," tegas Iman Hud.

Adanya penjualan miras oleh Kafe BR juga telah dibenarkan oleh pihak Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Makassar. Melalui Kepala Pengawasannya, Erni Arnida mengatakan miras yang ada di Kafe BR telah teregistrasi di BPOM. Akan tetapi, untuk teknis peredarannya merupakan kewenangan pihak Pemerintah dalam hal ini Pemkot Makassar yang memiliki kewenangan mengatur soal itu.

Apakah untuk penjualan minuman beralkohol (minol) harus mendapat izin dari pihak BPOM? Jawab Erni, BPOM tidak punya kewenangan di situ.

"Yang jelas minumannya teregistrasi di BPOM itu boleh beredar. Tapi lagi-lagi yang mengatur Pemerintah Daerah kalau di Kota Makassar," terang Erni.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid menegaskan jika pihaknya sama sekali tidak pernah memberikan rekomendasi kepada Kafe BR untuk mendapatkan izin sebagai tempat usaha pariwisata yang dapat berjualan miras.

"Catat itu. Sama sekali Dinas Pariwisata tidak pernah kasih rekomendasi ataupun izin yang dimaksud," singkat Rusmayani via telepon, Jumat (20/11/2020).

 

Respon Pejabat Wali Kota Makassar

Pejabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin akhirnya angkat bicara mengenai polemik aktivitas penjualan miras oleh Kafe BR yang diketahui letaknya sangat dekat dengan lingkup sekolahan.

Menurutnya, semua aktivitas usaha di Kota Makassar tentunya harus berdasarkan regulasi aturan yang telah ada. Termasuk aktivitas yang dilakoni oleh Kafe yang berlokasi di Jalan Amanagappa, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar itu.

"Tentu semuanya sudah ada regulasi dan yang melanggar regulasi tersebut tentu kita akan tertibkan," kata Rudy di Makassar.

Mengenai aktivitas yang ada di Kafe BR, kata dia, segera akan diklarifikasi ke pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP) Kota Makassar.

"Saya coba nanti klarifikasi ke PTSP karena pasti dia ada izinnya. Kalau memang ada keliru di situ tentu kita akan perbaiki," Rudy menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar: Reaktivasi Jalur KA Madiun-Ponorogo Sangat Mungkin Direalisasikan

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Paparan para dosen Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) menyimpulkan hasil penelitian tentang reaktivasi jalur kereta api Madiun-Slahung Ponorogo sangat mungkin dilakukan.

Hal itu disampaikan Direktur PPI, Amirullah, kepada wartawan di sela-sela acara Focus Group Discussion (FGD) Reaktivasi Jalur Madiun-Slahung dan Seminar Hasil Penelitian Dosen PPI yang diselenggarakan di Kota Madiun, Kamis, 19 November 2020.

Amirullah menyampaikan penelitian ini dilakukan oleh lima dosen PPI selama beberapa bulan sejak awal 2020. Dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi pembangunan di wilayah Madiun, dilansir dari Antara.

Dalam penelitian ini disebutkan reaktivasi jalur KA Madiun-Slahung sangat mungkin direalisasikan. Dia menuturkan, reaktivasi jalur yang sudah ada lebih mudah dibandingkan pembangunan jalur baru.

"Karena reaktivasi lebih mudah. Lahannya sudah ada sebenarnya. Tinggal dibuka saja," kata dia.

Namun, untuk membuka jalur yang yang sudah puluhan tahun mati memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena pasti lahan tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga aspek sosial perlu menjadi pertimbangan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Naskah Akademik Jalur Madiun-Ponorogo

Kereta api jarak jauh saat menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (29/3/2020). PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta membatalkan 28 perjalanan Kereta Api keberangkatan jarak jauh mulai 1 April - 1 Mei 2020 dalam upaya memutus penyebaran virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Kereta api jarak jauh saat menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (29/3/2020). PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta membatalkan 28 perjalanan Kereta Api keberangkatan jarak jauh mulai 1 April - 1 Mei 2020 dalam upaya memutus penyebaran virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Memberikan Naskah Akademik Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan sebagai naskah akademik untuk membuka jalur Madiun-Slahung. Rencananya hasil penelitian ini diserahkan kepada Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Hasil penelitian ini harapannya bisa memberikan naskah akademik bagi terwujudnya reaktivasi jalur Madiun-Slahung ini," terangnya.

Menurut Amirullah, reaktivasi jalur KA ini bisa berdampak pada aspek ekonomi masyarakat. Untuk realisasi reaktivasi jalur KA Madiun-Slahung ini memang tergantung dari Dirjen Perkeretaapian.

Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan panjang lintasan jalur KA Madiun-Slahung sekitar 58,345 km. Pihaknya mendukung kalau memang ada rencana reaktivasi jalur tersebut.

"PT KAI tentu mendukung dengan reaktivasi jalur ini," terang dia saat mengikuti acara ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Informasi Hoaks Bantuan Pemerintah Rp100 Ribu untuk Pelanggan Setia Telekomunikasi Selular Indonesia

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia.

Informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tersebut, tersebar berantai melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut isinya:

"Pemerintah bekerjasama dengan semua operator memberikan bantuan

internet gratis selama pandemi C0vid-19

Gratis untuk 100000 Rupiah pulsa

Apakah Anda sudah terpilih untuk

PT Telekomunikasi Selular Indonesia Program Hadiah Pelanggan Setia?

Ini adalah peluang untuk memenangkan 100000 Rupiah, gratis isi ulang jika

Anda telah menggunakan PT Telekomunikasi Selular Indonesia secara teratur

selama lebih dari 3 bulan.

Tenggat waktu:2020-12-1

Dukungan teknis: WhatsApp

Dapatkan sekarang DI SINI

https://happy-17.xyz/money/index.php?=ss1604108137506".

Benarkah informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia, dengan mengunjungi tautan yang dicantumkan dalam informasi tersebut.Namun tampilan yang muncul adalah logo platform permainan online Mobile Legend.

 Penelusuran dilanjutkan dengan meminta konfirmasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Tim Komunisasi PC-PEN Lalu Hamdani mengatakan, informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tersebut hoaks.

"Broadcast WhatsApp ini tidak benar," kata Lalu saat berbincang dengan Liputan6.com

Lalu melanjutkan, tautan yang disertakan dalam informasi tersebut mengarah pada situs platform permainan online Mobile Legend, sdmengindikasikan pada pencurian data.

"Karena link mengarah ke situs Mobile Legend. Terindikasi phising," tutup Lalu

 

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia tidak benar.

Informasi tersebut palsu, tautan yang cantumkan dalam informasi  bantuan pemerintah sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan setia PT Telekomunikasi Selular Indonesia megarah pada platform permainan online yang terindikasi pada pencurian data.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Klik info.gtk.kemdikbud.go.id Untuk Cek BLT Gaji Guru Honorer

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu termasuk penerima BLT gaji guru honorer? Nah kamu bisa mengakses info.kemdikbud.go.id untuk mendapat banyak informasi seputar BLT tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Staf Gedung Putih Anak Pengacara Donald Trump Positif COVID-19

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C- Seorang staf Gedung Putih di Amerika Serikat dinyatakan positif mengalami COVID-19, menandai bertambahnya deretan infeksi Virus Corona di antara staf kepresidenan dan orang terdekat Presiden Donald Trump. 

Dilansir US News yang mengutip Reuters, Sabtu (21/11/2020) staf yang bernama Andrew Giuliani tersebut, adalah seorang asisten Gedung Putih yang juga merupakan putra dari pengacara pribadi Trump, Rudy Giuliani. 

"Pagi ini, saya dinyatakan positif COVID-19," tulis Andrew dalam pernyataannya melalui postingan Twitter pada 20 November 2020. 

Andrew diketahui bekerja sebagai salah satu staf atau asisten di Kantor Hubungan Publik dan Urusan Antarpemerintah Gedung Putih sejak tahun 2017.

"Saya mengalami gejala ringan (COVID-19), dan mengikuti semua protokol yang sesuai, termasuk menjalani karantina dan melakukan pelacakan kontak," terang Andrew. 

Pada 19 November, Andrew sempat menghadiri konferensi pers yang diadakan ayahnya di markas utama Komite Nasional Partai Republik (RNC) di Washington, menurut sejumlah laporan.

Rudy Giuliani, yang memimpin tim hukum kampanye Trump, diketahui berbicara tanpa mengenakan masker di sebuah podium dalam ruangan, dan di hadapan puluhan orang yang hadir. 

Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah staf Gedung Putih dinyatakan positif COVID-19 termasuk Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, dan enam anggota Kongres lainnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Anggota Tim Pengacara Donald Trump Lainnya Negatif COVID-19

White House atau Gedung Putih. (AP)
White House atau Gedung Putih. (AP)

Jenna Ellis, pengacara Trump lainnya yang juga hadir dalam konferensi pers itu mengatakan dalam pernyataan terpisah di Twitter bahwa ia dan Giuliani "Sama-sama dites negatif untuk COVID-19". 

"Seluruh tim hukum akan terus mematuhi nasihat dan protokol dari dokter-dokter kami," jelas Ellis.

Menurut laporan The New York Times, setidaknya empat orang lainnya yang bekerja di Gedung Putih, selain Andrew, telah tertular COVID-19 dalam beberapa hari terakhir. 

Adapun putra sulung dari Presiden Trump, yakni Trump Jr yang juga dinyatakan positif COVID-19, menurut pernyataan dari juru bicaranya pada Jumat malam waktu setempat (20/11).

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Acara Tujuh Bulan Kehamilan, Angbeen Rishi Siap Jadi Ibu

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan selebritis Angbeen Rishi dan Adly Fairuz saat ini tengah menantikan seorang buah hati. Angbeen Rishi diketahui tengah mengandung anak pertamanya.

Kehamilan Angbeen Rishi saat ini telah memasuki usia 7 bulan. Angbeen Rishi dan Adly Fairuz pun menggelar acara syukuran 7 bulan kehamilan.

Acara syukuran itu digelar di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatanm beberapa waktu lalu. Hal itu diketahui melalui unggahan di Instagram Angbeen Rishi.

Menyertai unggahannya, Angbeen Rishi mengungkapkan rasa syukurnya dan kebahagiaan atas kehamilannya.

 

Anugerah Terindah

Tujuh bulanan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz (Sumber: Instagram/angbeenrishi)
Tujuh bulanan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz (Sumber: Instagram/angbeenrishi)

"Terimakasih Ya Allah atas keberkahan & kebahagiaan yang engkau berikan untuk kami @adlyfayruz... Sebentar lagi kami akan menantikan kehadiran buah hati kami tercinta, Anugrah terindah untuk kami dari Mu Ya Allah," tulis Angbeen Rishi.

 

23 Tahun

Tujuh bulanan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz (Sumber: Instagram/angbeenrishi)
Tujuh bulanan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz (Sumber: Instagram/angbeenrishi)

Dalam unggahan lain, Angbeen Rishi mengatakan bahwa ia tidak menyangka bisa dipercaya untuk mendapat keturunan di usia yang saat ini baru menginjak 23 tahun.

"Gak pernah kepikiran akan merasakan pengalaman yang luar biasa indah yaitu mengandung di usia 23 tahun. Bahagianya aku diberikan anugrah begitu cepat dari Allah , terimakasih Ya Allah engkau telah memberikan ku kepercayaan dengan menitipkan aku anugrah terindah darimu," tulisnya.

 

Berikan yang Terbaik

Tujuh bulanan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz (Sumber: Instagram/angbeenrishi)
Tujuh bulanan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz (Sumber: Instagram/angbeenrishi)

Akan menjadi seorang ibu, Angbeen Rishi mulai mempersiapkan diri menyambut buah hatinya. Ia berjanji akan selalu memberikan yang terbaik bagi sang buah hati.

"Insha Allah Amih janji Nak.. Amih akan memberikan yang terbaik untuk anak Amih tercinta , segalanya teruntuk jantung hatinya Amih 💕. Doakan semoga lancar sampai melahirkan yaa Teman-teman semua. Alhamdulillah," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Atletico Madrid vs Barcelona di Liga Spanyol : Duel Sengit Tanpa Luis Suarez

Posted: 20 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Atletico Madrid akan kedatangan lawan tangguh, Barcelona pada pekan ke-10 Liga Spanyol, Minggu (22/11/2020) dinihari WIB di Wanda Metropolitano. Sebagai tuan rumah, Atletico pastinya ingin menang atas lawannya tersebut.

Apalagi, kemenangan berpotensi mengantarkan mereka naik ke puncak klasemen sementara. Saat ini, Atletico ada di peringkat ketiga dengan 17 poin, tertinggal tiga poin dari Real Sociedad di puncak.

Namun demikian, pasukan Diego Simeone harus bekerja keras untuk menuntaskan misi itu. Selain karena kualitas lawan, Atletico akan tampil tanpa striker Luis Suarez.

Ya, Suarez dinyatakan positif covid-19 dan dipastikan absen di laga ini. Padahal, statusnya sebagai bomber kelas wahid dan mantan pemain Barcelona akan membantu Atletico.

Terlepas dari absennya Suarez, Simeone tak perlu risau. Itu lantaran para pemain kunci lain seperti Joao Felix, Jan Oblak, Koke dan Saul bisa diturunkan.

"Kami dalam kondisi terbaik dan sangat termotivasi untuk pertandingan ini. Kami telah bermain baik dalam beberapa pertandingan dan sangat antusias," kata Joao Felix seperti dikutip situs resmi Atletico.

 

 

Barcelona Belum Stabil

ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Di sisi tim tamu, Barcelona datang dengan situasi yang belum stabil. Pelatih Ronald Koeman tampaknya belum menemukan formula terbaik.

Dari tujuh pertandingan yang dilakoni, Barcelona kalah 2 kali, imbang 2 kali, dan menang 3 kali. Lionel Messi dkk. pun masih tercecer di peringkat ke-8 dengan 11 poin.

Koeman sadar hasil tersebut tidak memuaskan. Pelatih asal Belanda itu pun tak ragu mematok kemenangan di laga melawan Atletico.

"Nanti adalah pertandingan penting dan kami harus mendapat hasil bagus. Atletico tim yang kompetitif dan pesaing untuk glar juara di setiap musim," katanya seperti dilansir Football Espana.

Prediksi Susunan Pemain

Atletico Madrid: Jan Oblak, Stefan Savic, Trippier, Jose Gimenez, Hermoso, Herrera, Saul, Koke, Llorente, Joao Felix, Correa.

Barcelona: Ter Stegen, Pique, Jordi Alba, Sergi Roberto, Sergio Busquets, Frenkie De Jong, Coutinho, Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele

Data dan Statistik

Lima pertandingan terakhir Atletico Madrid

Atletico Madrid 2-0 Real Betis

Atletico Madrid 3-2 FC Salzburg

Osasuna 1-3 Atletico Madrid

Lokomotiv Moskow 1-1 Atletico Madrid

Atletico Madrid 4-0 Cadiz

 

Lima pertandingan Barcelona

Barcelona 1-3 Real Madrid

Juventus 0-2 Barcelona

Deportivo Alaves 1-1 Barcelona

Barcelona 2-1 Dinamo Kiev

Barcelona 5-2 Real Betis

 

Lima Duel Atletico Madrid vs Barcelona

Barcelona 2-2 Atletico Madrid

Barcelona 2-3 Atletico Madrid

Atletico Madrid 0-1 Barcelona

Barcelona 2-0 Atletico Madrid

Atletico Madrid 1-1 Barcelona

Saksikan Video Liga Spanyol di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Kedua Pilkada Medan Malam Ini Akan Tampilkan 5 Panelis dari 3 Kampus

Posted: 20 Nov 2020 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Debat kandidat putaran kedua di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan, Sumatera Utara akan digelar Sabtu (21/11/2020), sekitar pukul 19.00 WIB. Acara debat akan disiarkan langsung oleh TVRI.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, materi debat kali ini akan bertemakan tentang peningkatan pelayanan publik dan menjawab persoalan daerah.

"Berharap pada debat kedua ini masing-masing pasangan calon menyampaikan visi dan misinya dengan menjelaskan secara detail tentang apa yang bisa dibuat terkait dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta menjawab persoalan-persoalan daerah," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Zefrizal.

Dengan demikian, masyarakat sebagai pemilih yang mengikuti acara debat mulai bisa membentuk kecenderungan dirinya untuk menentukan pilihan pada tanggal 9 Desember 2020.

Dalam acara debat pilkada kali ini, KPU mengaku pihaknya akan menampilkan lima panelis dari tiga kampus, yakni dari Univeristas Islam Negeri Sumut (UINSU), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

"Acara itu akan dipandu moderator, yakni dr Rudianto dan Mora Nasution. Mereka yang akan mengelola forum debat," kata Zefrizal.

Materi Debat

Terkait materi debat yang akan disampaikan antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah dan provinsi dengan nasional serta memperkokoh NKRI.

Selain itu, kedua paslon juga akan diminta pandangannya terkait dengan membuat kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian COVID-19. Seluruh peserta, diwajibkan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Papua: Dua Pelajar Jadi Korban Penembakan Orang Tak Dikenal di Sinak

Posted: 20 Nov 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan dua pelajar menjadi korban penembakan orang tak dikenal (OTK) di Sinak, Kabupaten Puncak. Seorang di antaranya meninggal dunia.

"Memang benar ada laporan dua pelajar menjadi korban penembakan OTK pada hari Jumat (20/11/2020) di Sinak, salah seorang di antaranya meninggal dunia," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/11/2020).

Kendati demikian, Kapolda mengatakan bahwa polisi belum bisa memastikan siapa pelaku penembakan. Paulus lantas memerintahkan penyelidikan kasus tersebut kepada Polres Puncak.

Karena lokasinya yang jauh dan kondisi geografisnya yang sulit, menurut Paulus Waterpauw, penyelidikan akan membutuhkan waktu lama.

Paulus mengatakan, kedua korban adalah pelajar SMA yang ada di Kabupaten Puncak, Papua.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pelaku Penembakan KKB?

Sebelumnya, Kapen Kogabwilhan III Kol CZI I.G.N. Suriastawa mengatakan bahwa KKB yang menjadi pelaku penembakan terhadap warga sipil di Sinak. Ia mengatakan bahwa korban Amanus Murib dalam kondisi kritis, sedangkan korban yang meninggal dunia bernama Atanius Murib.

"Dari laporan yang kami terima, penembakan dilakukan KKB," kata Kolonel CZI Suriastawa.

Aksi KKB diduga bermotif intimidasi kepada masyarakat karena tidak mendapat dukungan dari warga setempat serta sebagai upaya memutarbalikkan fakta dengan menuduh aparat keamanan sebagai pelakunya.

"Pemutarbalikan fakta dan playing victim melalui media massa selalu menjadi trik dari kelompok pro-KKB dan pendukungnya di dalam dan luar negeri untuk menyudutkan pemerintah Indonesia," kata Kapen Kogabwilhan III Kol CZI Suriastawa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Atletico Madrid Vs Barcelona: Ujian Berat Koeman

Posted: 20 Nov 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bertandang ke markas Atletico Madrid, Wanda Metropolitano, dalam kondisi compang-camping. Sejumlah pemain inti tim berjuluk Blaugrana tidak bisa tampil dalam lanjutan La Liga yang akan berlangsung Minggu dini hari nanti (22/11/2020).

Permasalahan ini menimpa Barcelona setelah jeda internasional. Sejumlah pemain pulang dalam kondisi yang tidak bugar dan cedera.

Menurut Marca, bek kanan menjadi satu-satunya posisi di mana pelatih Barcelona, Ronald Koeman bebas berkreasi. Di posisi tersebut masih tersedia Sergino Dest atau Sergi Roberto yang akan bermain bersama Gerard Pique, Clement Lenglet dan Jordi Alba. Di lini tengah, Koeman bakal kehilangan Sergio Busquets. Pemain timnas Spanyol itu mengalami cedera lutut saat jeda internasional.

Miralem Pjanic bakal mengisi posisi ini bersama Frenkie de Jong sebagai jangkar.

Sementara itu, di lini depan, Barcelona dipastikan kehilangan penyerang muda andalan, Ansu Fati. Fati dipastikan absen selama empat bulan akibat cedera lutut.

Jika Koeman bertahan dengan formasi 4-2-3-1, dia akan memiliki sejumlah opsi. Salah satunya menurunkan Pedri dan Philippe Coutinho untuk bermain di sisi sayap kiri. Pemain asal Brasil itu selalu tampil reguler sebelum cedera menimpanya akhir Oktober.

Perhatian lebih tentu bakal tertuju kepada lini depan Barcelona, yang selama ini dihuni Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Ousmane Dembele. Namun Dembele yang kemungkinan tidak bisa tampil melawan Atletico dan Koeman punya opsi Trincao.

Jelang pertandingan melawan Atletico, Koeman juga menyoroti jadwal yang tidak menguntungkan timnya. Pelatih asal Belanda itu kesal karena Barcelona selalu bermain di malam hari dan itu dianggap merugikan. Dan seluruh masalah ini, tentu akan menjadi ujian bagi Koeman. 

"Bermain pukul 21.00 tidak membantu kami," kata Koeman jelang pertandingan seperti dilansir dari Football-Espana.

"Saya mengerti kalau Atletico dan Barcelona bermain di jam itu karena itu adalah laga besar. Tapi selalu bermain di pukul 21.00 dan itu dilakukan setiap tiga hari adalah masalah. Andas pulang terlalu malam," bebernya.

"Besok adalah pertandingan penting dan kami harus mendapat hasil yang bagus. Atletico Madrid adalah tim yang kompetitif yang selalu berjuang mengejar trofi setiap musim dan kami cukup bagus untuk bisa menang," bebernya.

Sementara itu, Atletico Madrid dipastikan tanpa mantan striker Barcelona, Luis Suarez. Pemain asal Uruguay itu absen setelah terjangkit virus Corona COVID-19.

Meski demikian, menurut laporan Marca, pasukan Diego Simeone bakal tampil menyerang saat menjamu Barcelona dengan mengandalkan empat penyerang sekaligus. Menurut Marca, Joao Felix bakal tampil sebagai starter bersama Marcos Llorente, Angel Correa, dan Yannick Carrasco.

 

Prediksi susunan pemain

Ilustrasi barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Atletico Madrid:Oblak; Trippier, Felipe, Gimenez, Lodi; Llorente, Kondogbia, Koke, Saul; Felix, Correa

Barcelona:Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Pjanic, De Jong; Trincao, Messi, Pedri; Griezmann

Head to head

4. Joao Felix (5 gol) - Pemain berusaia 21 tahun ini perlahan mulai menunjukan kualitasnya sebagai penyerang kualitas dunia. Joao Felix tercatat telah mencetak 5 gol dari 7 penampilannya bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
4. Joao Felix (5 gol) - Pemain berusaia 21 tahun ini perlahan mulai menunjukan kualitasnya sebagai penyerang kualitas dunia. Joao Felix tercatat telah mencetak 5 gol dari 7 penampilannya bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Head-to-Head (La Liga)

Pertemuan: 166

Atletico menang: 50

Gol Atletico: 244

Imbang: 41

Barcelona menang: 75

Gol Barcelona: 322.

5 Pertemuan Terakhir

01-07-2020 Barcelona 2-2 Atletico (La Liga)

10-01-2020 Barcelona 2-3 Atletico (Supercopa)

02-12-2019 Atletico 0-1 Barcelona (La Liga)

07-04-2019 Barcelona 2-0 Atletico (La Liga)

25-11-2018 Atletico 1-1 Barcelona (La Liga).

 

5 Laga Terakhir Atletico

25-10-20 Atletico 2-0 Betis (La Liga)

28-10-20 Atletico 3-2 Salzburg (UCL)

01-11-20 Osasuna 1-3 Atletico (La Liga)

04-11-20 L Moscow 1-1 Atletico (UCL)

08-11-20 Atletico 4-0 Cadiz (La Liga).

 

5 Laga Terakhir Barcelona

24-10-20 Barcelona 1-3 Madrid (La Liga)

29-10-20 Juventus 0-2 Barcelona (UCL)

01-11-20 Alaves 1-1 Barcelona (La Liga)

05-11-20 Barcelona 2-1 Dynamo Kiev (UCL)

07-11-20 Barcelona 5-2 Betis (La Liga).

Klasemen La Liga

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Orang Terluka dalam Penembakan di Wisconsin AS, Pelaku Belum Ditemukan

Posted: 20 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Wisconsin - Insiden penembakan kembali terjadi di AS. Insiden pada Jumat 20 November 2020 waktu setempat terjadi di negara bagian Wisconsin, di mana tempat kejadian perkara terjadi di sebuah mal.

Polisi sedang mencari tersangka dalam penembakan di mal pinggiran kota Milwaukee yang menyebabkan tujuh orang dewasa dan seorang remaja terluka.

Kepala Polisi Kota Wauwatosa Barry Weber tidak memberikan motif atas serangan yang terjadi di Mayfair Mall, ia hanya menyampaikan bahwa insiden terjadi di dekat pintu masuk ke toko Macy. Ia juga mengatakan bahwa kondisi terkini dari delapan korban belum diketahui, tetapi semuanya selamat.

Dia menambahkan bahwa pelaku sudah melarikan diri ketika pihak berwenang tiba.

"Pernyataan awal dari para saksi menunjukkan bahwa penembaknya adalah pria kulit putih berusia 20-an atau 30-an," kata Weber.

Dikutip dari abc News, Sabtu (21/11/2020), Kepala mal meminta orang-orang untuk terus menjauh dari tempat kejadian perkara. Mal akan tetap tutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Para saksi mengatakan bahwa mereka telah mendengar 8 hingga 12 tembakan. 

Seorang saksi bernama Jill Wooley yang sedang berada di dalam toko Macy bersama ibunya, juga turut mendengar tembakan tersebut dari luar pintu masuk toko.

"Kami mendengar suara kencang dan segera tahu bahwa suara itu adalah tembakan. Kami berdua langsung tiarap ke lantai," imbuh Wooley.

Laporan Saksi Saat Peristiwa Penembakan Terjadi

Ilustrasi Tembakan (Steve Buissinne/Pixabay).
Ilustrasi Tembakan (Steve Buissinne/Pixabay).

Wooley mengatakan dia tidak melihat siapa pun kecuali mendengar tembakan yang "sangat dekat" tersebut. Wooley dan ibunya kemudian berlari ke arah yang berlawanan ke ruang bawah tanah toko, tempat mereka kemudian bersembunyi.

Seorang remaja berusia 19 tahun yang bekerja di toko perlengkapan olahraga Finish Line mengatakan bahwa ia khawatir karena telepon toko berbunyi saat peristiwa itu terjadi. Di saat yang sama, FBI sedang melakukan pengecekkan area perkara.

Seorang agen yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan bahwa mal itu sedang dibersihkan "secara metodis". Personel FBI bersenjata berat juga terlihat di sisi mal.

Operator mal Brookfield Properties mengatakan bahwa mereka "berkecil hati dan marah karena tamu mereka menjadi sasaran insiden kekerasan hari ini".

Sebagai informasi, Mayfair Mall sebelumnya juga menjadi tempat penembakan pada bulan Februari lalu, di mana seorang petugas polisi kota, Joseph Mensah menembak dan membunuh Alvin Cole, seorang warga kulit hitam berusia 17 tahun.

Polisi mengatakan bahwa Mensah melakukan penembakan tersebut karena Cole menodongkan pistol ke arahnya. Kemudian, Mal itu menjadi sasaran protes sporadis selama beberapa bulan setelah penembakan itu terjadi.

Pengacara distrik Milwaukee County menolak untuk mengajukan tuntutan terhadap Mensah, tetapi ada perjanjian di mana Mensah harus mundur dari kepolisian.

 

 

Reporter: Ruben Irwandi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik, Elegan dan Bernuansa Pink

Posted: 20 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud kini tengah menikmati momen indahnya menjadi orang tua. Selang tiga minggu melahirkan putri pertamanya, pasangan ini menggelar akikah untuk sang buah hati, Arsila Bungalia Sirkiani.

Penyanyi dangdut tersebut dan dan sang suami diketahui menggelar acara akikah pada Jumat (20/11/2029). Akikah yang digelar di kediamannya itu berlangsung khidmat dengan kehadiran keluarga dan para sahabat. Meski tak mengundang banyak tamu, namun momen akikah tersebut tetap terkesan meriah dengan dekorasi elegan bernuanas pink.

Sang suami, Sirajuddin juga membagikan momen akikah putri pertamanya di akun Instagram. Tak hanya dekorasinya saja yang jadi sorotan, paras cantik nan menggemaskan baby Arsila juga jadi perhatian. Banyak warganet yang menyebut putri kecil Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud ini terlihat begitu mirip dengan sang ayah.

Bayi yang belum genap berusia satu bulan tersebut juga terlihat cantik. Berikut 7 potret akikah baby Arsila anak Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020).

1. Serasi dengan dekorasi yang diusung, Zaskia Gotik dan baby Arsila kompak mengenakan gaun warna pink.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/sirajuddinmahmudsubang)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/sirajuddinmahmudsubang)

2. Dekorasi warna pink yang dipadukan dengan abu-abu membuat acara akikah Arsila tampak elegan.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)

3. Saat acara akikah sang putri, rona kebahagiaan terpancar dari pelantun lagu 'Bang Jono' dan suami.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)

4. Meski dirayakan di rumah, acara akikah putri semata wayangnya ini berlangsung penuh khidmat.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)

5. Momen saat keluarga bergantian memotong dan mendoakan anak Zaskia Gotik.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)

6. Parasnya yang menggemaskan, baby Arsila sukses jadi pusat perhatian para tamu undangan yang hadir.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)

7. Momen akikah ini semakin membahagiakan dengan kehadiran keluarga dan para sahabat dekat.

Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)
Akikah Baby Arsila Anak Zaskia Gotik (Sumber: Instagram/drgdevya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Dokter Sarankan Perhatikan Kesehatan Sebelum Olahraga

Posted: 20 Nov 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia sepak bola tengah berkabung. Legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu pagi, 21 November 2020.

Ricky Yacobi tampak tidak sadarkan diri di lapangan sepak bola di kawasan Senayan, Jakarta, seperti tergambar dalam sepenggal video yang diterima Liputan6.com.

Legenda timnas Indonesia era 80-an itu langsung dibawa ke rumah sakit Mintoharjo, Jakarta Pusat. Namun, nyawa Ricky Yacobi tak dapat diselamatkan.

"Innalilahi wainnailahi rojiun, telah meninggal dunia sahabat dan pemain nasional kita Bang Ricky Yacobi di RS Mintoharjo. Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah," tulis pesan singkat yang diterima Liputan6.com pada Sabtu, 21 November 2020.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto, penyebab meninggalnya Ricky Yacobi tidak dapat diasumsikan sembarangan. Namun, secara umum siapa pun yang melakukan olahraga perlu memastikan kesehatan tubuhnya terlebih dahulu.

Menurutnya, orang yang meninggal saat olahraga kasusnya banyak. Namun, hal lain yang perlu diingat, orang seusia Ricky Yacobi biasanya sudah memiliki penyakit.

"Jangankan sedang olahraga, orang yang memiliki penyakit dan kondisinya tidak rutin dikontrol maka dapat berpotensi meninggal di mana saja, bahkan sedang duduk pun bisa meninggal," ujar Michael kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Apa yang Perlu Diperhatikan Orang Seusia Ricky Yacobi?

Menurut Michael, hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga adalah memastikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat.

"Kita tahu, orang yang berusia seperti itu umumnya sudah mempunyai gangguan kesehatan seperti obesitas hingga jantung, sehingga hal-hal tadi berpotensi menimbulkan kematian kapan saja jadi pastikan tubuh sehat, artinya penyakitnya terkontrol dengan baik," katanya.

Michael, menambahkan, olahraga bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi menyehatkan tapi di sisi lain dapat membuat cedera bahkan meninggal.

Oleh sebab itu, pilih olahraga yang sesuai sangat penting. Di masa pandemi COVID-19 ini, Michael menyarankan masyarakat untuk memilih olahraga ringan sampai sedang.

Ricky Yacobi diduga tak sadarkan diri setelah bermain bola. Olahraga sepak bola adalah aktivitas yang memiliki tujuan kompetisi seperti merebut bola dan memasukkan bola ke gawang lawan.

Dengan demikian, kata Michael, orang yang melakukan sepak bola dipicu untuk menyesuaikan atau bahkan lebih cepat dengan pemain lainnya. Maka cedera dan kematian adalah risikonya.

Hal ini berbeda dengan olahraga yang tujuannya kesehatan dan rekreasi yang cenderung bisa dilakukan dengan olahraga ringan sampai sedang. Bahkan dapat dilakukan di rumah.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Ricky Yacobi Terjatuh Saat Bermain Bola Sebelum Meninggal

Posted: 20 Nov 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemain legendaris timnas Indonesia Ricky Yacobi meninggal. Sebelum berpulang, Almarhum sempat terlihat bermain bola di Senayan dan sempat terjatuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serahkan 500 Sertifikat PTSL, Bupati Anas Pesan ke Warga Tentukan Skala Prioritas 

Posted: 20 Nov 2020 09:33 PM PST

Liputan6.com, Banyuwangi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kembali melakukan safari menuntaskan penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Kali ini, sebanyak 500 sertifikat dibagikan ke masyarakat Desa Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo.

Usai penyerahan sertifikat, Anas berpesan, agar masyarakat bisa menekan gaya hidup yang berlebihan di tengah pandemi Corona (Covid-19) dengan tidak mudah menggadaikan sertifikat tanah. 

Di tengah situasi yang serba sulit, Anas mengatakan, skala prioritas di tengah keluarga perlu dipikirkan, khususnya untuk memperkuat roda perekonomian, namun jangan sampai menggadaikan sertifikat tanah hanya untuk meningkatkan gaya hidup.

"Selamat kepada bapak ibu yang sekarang telah resmi memiliki surat tanah secara sah. Pesan saya, tentukan skala prioritas. Apabila butuh modal untuk usaha, sertifikat ini memang bisa menjadi jaminan di bank. Kalau memang tidak terlalu butuh dana, mending disimpan dengan baik," kata Anas, melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11).

Dalam kesempatan tersebut, Anas juga meminta kepada warga agar mensosialisasikan program PTSL ini ke warga lain yang belum mempunyai sertifikat. 

"Mungkin ada warga yang belum, bisa diberitahu dan bisa dihubungkan dengan desa untuk difasilitasi," ujarnya.

 

Total PTSL di Banyuwangi 

Sebanyak 500 sertifikat dibagikan ke masyarakat Desa Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo.
Sebanyak 500 sertifikat dibagikan ke masyarakat Desa Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi, Damar Galih Widihast  mengatakan penyerahan sertifikat ini sebagai kelanjutan dari penyerahan sertifikat PTSL yang beberapa waktu lalu diserahkan secara serentak se-Indonesia. Jumlah sertifikat PTSL di Banyuwangi yang sudah siap 12.062 sertifikat. 

"Saya berharap sertifikat ini bisa bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendukung kegiatan perekonomian bapak ibu. Silahkan disimpan dan bila memungkinkan bisa dimanfaatkan dengan baik," tutur Damar.

Sementara itu, raut wajah gembira tampak dari para penerima sertifikat tanah tersebut. Tuminingsih, warga Dusun Curah Pecak, Desa Purwoharjo, mengaku sudah sejak kecil tinggal di rumah yang tidak memiliki sertifikat tanah. 

"Rumah yang saya tinggali sekarang adalah peninggalan orang tua. Dari dulu juga nggak ada surat tanahnya. Alhamdulillah sekarang sudah punya sertifikat," katanya.

 

Anas Salurkan Insentif Guru Ngaji

Selain menyerahkan sertifikat PTSL, Anas juga menyerahkan insentif guru ngaji yang terus diberikan secara bertahap. Insentif guru ngaji yang diberikan Pemkab Banyuwangi di tahun 2020 berjumlah Rp 7,5 miliar, kepada 10.714 guru.

Kali ini, giliran 182 guru ngaji di Purwoharjo yang masing-masing mendapatkan Rp 700 ribu plus sembako. Kemudian 358 guru ngaji di Kecamatan Tegaldlimo dan 640 guru ngaji di Cluring.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Screen Time, Manfaatkan 6 Permainan Tradisional Indonesia di Momen Hari Anak Internasional

Posted: 20 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Anak Internasional yang setiap tahunnya jatuh pada 20 November tentu bisa dimaknai dengan berbagai cara. Perpanjangan tangannya boleh disesuaikan dengan kondisi terkini, walau dalam kasus sekarang tak terlalu menyenangkan.

Mengendalikan screen time anak, terutama di masa pandemi, bisa jadi tantangan tersendiri. Dengan berkurangnya kesempatan si kecil keluar rumah, para orangtua harus putar otak menyusun agenda supaya anak-anak tak jenuh dan tak berpaku ke layar.

Memanfaatkan permainan tradisional khas Indonesia pun bisa jadi salah satu alternatif menarik. Dari sebegitu banyak, berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda pertimbangkan.

1. Congklak

Berbekal papan dengan 16 lubang dan biji total 98 buah yang bakal diisi pada lubang-lubang tersebut, permainan ini tak jarang berlangsung sengit. Memikirkan strategi dalam bermainnya juga bisa melatih kemampuan analisa anak.

Dimainkan dua orang, tentukan siapa yang akan jalan lebih dulu. Pengundian ini biasanya dengan suit dan yang menang akan mengambil semua biji pada satu lubang. Lalu, mengisi lubang papan satu per satu, dari kiri ke kanan.

Sampai biji habis dan bisa diteruskan bila memang masih jatuh di lubang berisi biji. Begitu seterusnya sampai ada yang memiliki jumlah biji terbanyak dan keluar sebagai pemenang permainan tradisional ini.

2. Lompat Tali

Lompat tali karet. (Via: instagram.com/leewarrentn)
Lompat tali karet. (Via: instagram.com/leewarrentn)

Permainan ini bahkan bisa dimulai dari melibatkan anak membuat tali dari karet yang disambung satu per satu sampai sepanjang keinginan. Lompat tali biasanya dimainkan oleh lebih dari dua orang dan ada dua orang yang akan bertugas memegang tali.

Namun jika tidak, tali bisa diikatkan ke tiang. Cara bermainnya, tali ditaruh mulai dari paling bawah, dilompati, dan seterusnya hingga tali sampai ditaruh di atas kepala. Biasanya selepas setinggi pinggang, pemain sudah boleh lompat mengenai tali.

3. Ular Naga

Bila ingin bermain sambil bernyanyi bersama anak dan melibatkan anggota keluarga lebih banyak, permainan ini adalah opsi menarik. Memulai permainan, Anda harus tentukan lebih dulu siapa dua orang yang jadi penjaga, sisanya berjalan melewati penjaga. Penjaga sendiri biasanya ditentukan dengan cara hompimpa.

Setelah penjaga sudah ditentukan, sisa orang harus berbaris dan menaruh tangan di pundak orang di depannya. Para pemain kemudian berjalan melewati penjaga sambil menyanyikan lagu ular naga sampai selesai. Ketika nyanyian sudah selesai, saatnya penjaga menangkap satu orang. Yang tertangkap harus keluar dari barisan.

4. Gundu

Adu kelereng di Arena Kaulinan Barudak Purwakarta. (Liputan6.com/Abramena)
Adu kelereng di Arena Kaulinan Barudak Purwakarta. (Liputan6.com/Abramena)

Walau biasanya dimainkan di luar ruang, pemainan gundu atau kelereng juga bisa dilakukan di dalam rumah. Cara mainnya juga cukup mudah, hanya dengan menyentil kelereng dengan target mengenai kelereng lawan.

Jika berhasil mengenai kelereng lawan, kelereng itu boleh diambil. Biasanya jarak antara kelereng sebelum menyentil juga sudah ditentukan lebih dulu.

5. Galasin

Permainan yang juga dikenal dengan gobak sodor ini tak membutuhkan alat khusus, tapi bukan berarti kalah seru. Terdiri dari dua tim, setiap tim terdiri dari minimal 2 orang. 

Pemain awal untuk berlari dan mengejar ke arah benteng lawan bisa ditentukan dengan hompimpa. Tim lawan akan mencegah Anda melewatinya. Jadi, pastikan bergerak cepat dan jangan sampai tersentuh oleh mereka.

6. Tapak Gunung

Seorang anak bermain Engklek saat Pameran dan Gelar Dolanan Nusantara di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (24/2). Pameran bertema tema
Seorang anak bermain Engklek saat Pameran dan Gelar Dolanan Nusantara di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (24/2). Pameran bertema tema

Dikenal juga lewat nama engklek, permainan anak satu ini juga tak kalah seru. Dimainkan secara individu, pemain biasanya hanya dua atau maksimal lima orang. Karena harus menunggu giliran untuk main, jika terlalu banyak yang memainkannya, pemain akan bosan.

Cara memainkannya, yaitu dengan menggambar kotak-kotak di lantai, biasanya menggunakan kapur atau Anda bisa menggantinya dengan bahan lain yang bisa dihapus. Usahakan area bermain berpemukaan datar.

Jumlah kotak yang digambar ada sembilan terdiri dari tiga kotak horizontal, disambung dengan dua kotak vertikal, lalu tambah satu kotak di atasnya dan dua kotak horizontal, kemudian setengah lingkaran yang dibiasanya disebut gunung.

Setiap pemain akan melompati kotak-kotak tersebut secara bergiliran. Melompatnya harus dengan satu kaki.

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedih, Baju Vanessa Angel Jadi Selimut untuk Anaknya Agar Bisa Tidur Tenang

Posted: 20 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putra Vanessa Angel, Gala sky Ardiansyah, saat ini tengah menjadi sorotan warganet. Pasalnya di usianya yang masih bayi, Gala harus berpisah dengan Vanessa Angel yang tengah menjalani hukuman penjara.

Sebelum berpisah dengan Gala, Vanessa Angel telah menyimpan stok ASI perah untuk sang bayi. Namun sepertinya persediaan ASI-nya itu hanya bertahan untuk beberapa waktu.

Pasalnya di unggahan Instagram Story, suami Vanessa Angel mengatakan bahwa stok terakhir ASI-nya sudah terpakai.

 

"ASI terakhir mami @vanessaangelofficial," tulis Bibi Ardiansyah pada Jumat (20/11/2020).

 

Kenakan Daster

[Foto: Instagram Vanessa Angel]
[Foto: Instagram Vanessa Angel]

Di samping itu, Bibi Ardiansyah telah melakukan berbagai upaya agar sang buah hati tetap tenang dan tidak rewel selama berpisah dengan Vanessa Angel. Salah satunya adalah ketika ia rela mengenakan daster Vanessa Angel saat memberikan susu botol untuk Gala.

 

Jadi Selimut

Baju Vanessa Angel Jadi Selimut untuk Anaknya Agar Bisa Tidur Tenang. (instagram.com/bibliss)
Baju Vanessa Angel Jadi Selimut untuk Anaknya Agar Bisa Tidur Tenang. (instagram.com/bibliss)

Pemandangan itu tentu saja menarik simpati Warganet. Yang terbaru, upaya lain dari Bibi Ardiansyah untuk membuat sang buah hati tetap merasa dekat dengan ibundanya adalah menyelimuti Gala dengan daster milik Vanessa Angel.

"Mi @vanessaangelofficial kangen mi pinjem bajunya ya mi biar aku tenang mi," tulisnya menyertai potret Gala yang tengah memandang ke arah kamera.

 

Kasus

Pemotretan baby born anak Vanessa Angel (Sumber: Instagram/wdphotoworks2020)
Pemotretan baby born anak Vanessa Angel (Sumber: Instagram/wdphotoworks2020)

Vanessa Angel ditangkap Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat di kawasan Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, 16 Maret 2020. Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan 20 butir psikotropika jenis xanax.

Setelah resmi ditetapkan menjadi tersangka, Vanessa Angel yang saat itu tengah berbadan dua pun menjalani tahanan kota sejak 9 April 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Minta Pemerintah Permudah Izin Ketimbang Buka Impor Gula Langsung

Posted: 20 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asosisi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) buka suara soal kebijakan pemerintah yang akan membuka keran impor garam dan gula secara langsung untuk kebutuhan industri makanan dan minuman.

"Proses importasi dari negara produsen juga tidak mudah. Mulai dari proses pembelian, kesiapan infrastruktur dan banyak hal yang sering terjadi diluar prediksi," ujar Sekjen Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI), Indra Suryaningrat di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

Rencana pemerintah tersebut digulirkan oleh Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, 5 Oktober lalu di Istana Negara.

AGRI meminta pemerintah mengkaji ulang rencana tersebut, apalagi yang diimpor langsung industri mamin dalam berupa produk jadi GKR. Sementara produk impor anggota AGRI berupa raw sugar sehingga menimbulkan nilai tambah, baik penyerapan tenaga kerja, pajak, maupun investasi.

AGRI pun mampu menyuplai gula sesuai spesifikasi kebutuhan industi pengguna. AGRI juga memberikan keluasaan pembeli dalam menentukan harga raw sugar, sehingga harga GKR yang akan dibeli dapat diatur sesuai ekspektasi.

"AGRI juga telah membantu pemerintah memenuhi buffer stock kebutuhan gula apabila terjadi kelangkaan barang," jelasnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Indra menyarankan bahwa lebih baik agar Pemerintah memberikan kemudahan pada birokrasi penerbitan Izin Impor supaya prosesnya tidak memakan waktu lama.

Pemberian izin langsung kepada Industri mamin berpotensi adanya penambahan waktu proses penerbitan izin importasi karena diperlukan audit dan pengawasan yang ekstra ketat kepada masing-masing Industri mamin sebelum izin diberikan.

Rekomendasi impor belum diterbitkan. AGRI masih menunggu dari Kemenperin. Menurut data AGRI, Raw Sugar dari Thailand sudah habis, dan Raw Sugar dari Australia hampir selesai panen tebu pada pertengahan/akhir bulan November dan sisa Raw Sugar Australia sudah menipis, oleh sebab itu perolehan Raw Sugar saat ini hanya dimungkinkan dari Brazil.

Proses importasi Raw Sugar dari Brazil memerlukan waktu kurang lebih 45-60 hari. Berdasarkan laporan dari Anggota AGRI bahwa stock Raw Sugar dan Produk GKR hanya mencukupi sampai dengan akhir bulan Desember 2020.

Indra menegaskan bahwa hubungan AGRI dengan Industri Mamin cukup baik. Kerjasama B to B selalu mengedepankan win-win solution.

"Oleh karena itu, kami tegaskan AGRI bukan menambah mata rantai sehingga hanya mencari rente, melainkan membantu pemerintah dan indutri pengguna," pungkas Indra.

 

Tok, Jokowi Izinkan Impor Langsung Garam dan Gula untuk Industri

Ilustrasi gula (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi gula (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui dibukanya pintu impor garam untuk kebutuhan industri.

Pernyataan itu disampaikannya dalam konferensi virtual pasca melakukan Rapat Terbatas (Ratas) dengan Jokowi dan sejumlah menteri, Senin 5 Oktober 2020.

"Presiden setuju bahwa industri-industri yang untuk makanan dan untuk garam industri kita mengimpor langsung, dengan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian," kata Luhut, Senin (5/10/2020).

Selain garam, ia melanjutkan, Jokowi juga telah memberikan izin kepada pelaku industri pangan untuk mengimpor gula. Namun, Luhut memperingatkan, kewenangan impor garam dan gula ini jangan malah dijadikan permainan oleh para pelaku industri terkait.

Oleh karenanya, Luhut menyatakan, Jokowi telah memberikan mandat kepada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mengawasi pergerakan impor garam/gula industri tersebut.

"Yang paling tahu ini Menteri Perindustrian, berapa (sektor) industri yang membutuhkan garam industri, dan berapa jumlah yang mereka butuh. Saya kira itu nanti akan diinvetarisasi oleh pak Agus (Menteri Perindustrian), sehingga publik tahu dan akan mengawasi benar enggak jumlahnya," tegasnya.

Jika terjadi pelanggaran, Luhut menyebut Kementerian Perindustrian tak akan segan-segan memberi sanksi berupa pencabutan izin impor.

"Jadi misalnya industri kaca dia butuh garam, dia impor. Kalau dia melanggar atau membocorkannya ke market sehingga harga garam turun, ya izinnya dicabut," ujar Luhut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Ricky Yacobi, dari Timnas Indonesia ke Liga Jepang

Posted: 20 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ricky Yacobi adalah satu di antara deretan striker terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Dia pencetak gol top periode pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an

Ricky Yacobi kerap bersaing dengan Bambang Nurdiansyah untuk memperebutkan satu tempat di tim utama Timnas Indonesia. Berdasarkan catatan RSSSF, pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 12 Maret 1963, itu punya 31 caps bersama Timnas Indonesia dengan koleksi 15 gol.

Masa keemasan Ricky Yacobi terjadi pada paruh kedua dekade 1980-an. Sempat bermain untuk PSMS Medan sewaktu merebut Piala Suratin, karier sepak boalnya dihabiskan bersama Arseto Solo.

Selama bermain di Indonesia, Ricky Yacobi tidak pernah membawa klubnya menjadi juara Galatama atau Liga Indonesia. Namun, dia sempat mempersembahkan medali emas SEA Games pada 1987.

 

 

 

 

Asian Games dan Klub Jepang

Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nama Ricky Yacobi mulai dikenal saat pelatih Bertje Matulapelwa memasukkannya dalam skuat Asian Games 1986. Dia menjadi aktor utama yang meloloskan Skuat Garuda hingga semifinal sebelum kalah 0-4 dari tuan rumah Korea Selatan.

Setahun kemudian, nama Ricky Yacobi semakin meroket. Hal tersebut tak lepas dari kesuksesan Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987.

Pamornya semakin melambung setelah dibeli Matsushita FC. Sayang, kariernya di klub Jepang itu tidak berjalan mulus karena sulit beradaptasi dengan udara dingin. Dia hanya mencetak satu gol dari empat laga.

Ricky populer dengan nama Ricky Yacobi. Huruf i ditambahkan setelah dia berkarier di Jepang.

Paul Breitner Indonesia

Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ricky Yacobi kerap dijuluki Paul Brietner Indonesia. Paul Brietner merupakan mantan pemain Timnas Jerman era 1970-an hingga awal 1980-an.

Dia dinilai mampu memanfaatkan peluang dengan baik. Selain teknik yang bagus, Ricky Yacobi juga punya kecepatan.

Tampangnya yang lumayan ganteng dan rambut gondrongnya membuat Ricky begitu dikenal.

 

 

Pelatih dan Tutup Usia

Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setelah pensiun, Ricky Yacobi memutuskan menjadi pelatih dengan membuka Sekolah Sepak Bola (SSB) Ricky Yacobi di lapangan F, kompleks Senayan, Jakarta Pusat. Murid pilihannya adalah talenta berbakat berusia 7-12 tahun yang kurang mampu.

Meski bebas iuran, Ricky menjamin sekolah sepak bola yang memiliki kurikulum teori kelas dan praktik itu akan langgeng. Sebab, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Kelompok Pecinta Olahraga Sepak Bola Senayan (KPOSS) itu telah banyak menarik simpati donatur semisal American Express Foundation. Dari berbagai sumber.

Hingga akhir hayatnya, Ricky Yacobi masih bergelut dengan sepak bola. Sabtu (21/11/2020) pagi WIB, maestro lini depan Timnas Indonesia itu meninggal dunia akibat serangan jantung saat bermain bola di Lapangan A Senayan, Jakarta.

Nyawanya tidak tertolong meski telah dibawa ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo, Jakarta Pusat.

Saksikan Video Ricky Yacobi di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI: Separatisme di Dunia Maya Ancaman Serius Terhadap Persatuan Bangsa

Posted: 20 Nov 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ancaman separatisme dengan menggunakan media sosial bertujuan propaganda untuk memisahkan diri dari NKRI marak dilakukan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, aksi separatisme saat ini tidak hanya berupa pemberontakan bersenjata, tetapi sudah berkembang melalui kampanye internasional dengan memanfaatkan media sosial.

Hadi mengatakan, semua yang ada di dunia maya memiliki kelebihan berupa kecepatan dan jangkauan yang lebih cepat, lebih luas, dan mudah. Selanjutnya juga disadari bahwa dampak yang ditimbulkan di dunia maya, baik positif maupun negatif, ternyata dapat lebih masif dari dunia fisik.

"Mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus mengakui bahwa media sosial telah dapat dimanfaatkan sebagai media propaganda, media perang urat syaraf," ujar Hadi ketika menjadi Keynote Speaker dalam acara Webinar Pelatihan Sinergi Anak Bangsa Dalam Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara Dari Aksi Separatisme di Dunia Maya, di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

Lebih lanjut Hadi menuturkan bahwa dengan pengunaan dan jangkauan yang luas, media sosial menjadi media yang efektif untuk melakukan perang informasi ataupun psikologi. "Sekarang kita mengenal hastag, trending topic. Dahulu kita menyebutnya sebagai tema propaganda," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI juga menyampikan bahwa dalam beberapa minggu terakhir ini dunia maya di Indonesia diramaikan dengan beberapa isu yang cukup hangat.

"Isu-isu tersebut bila kita lihat membuat masyarakat menjadi terkotak-kotak, terpolarisasi dan dibenturkan satu sama lain. Terdapat pula narasi yang membangun ketidakpercayaan kepada pemerintah dan tidak percaya kepada berbagai upaya pemerintah untuk kepentingan rakyat," ucapnya.

Hadi mengatakan, diperlukan kesatuan pandangan dan persepsi untuk mensinergikan keselarasan dalam tindakan, kebijakan dan rencana aksi yang utuh. Menghadapi hal ini, diperlukan partisipasi lintas sektoral dan tidak mungkin hanya bisa dihadapi oleh satu instansi semata.

"Oleh karena itu, dibutuhkan langkah penanganan yang dilakukan secara komprehensif, integral dan terpadu. Diperlukan sinergi untuk negeri," imbuhnya. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Memelihara Persatuan

Panglima TNI berharap pelatihan ini dapat menjadi pelopor-pelopor perubahan.

"Saudara-saudara akan menciptakan komunitas-komunitas positif di dunia maya, ingat bahwa para pejuang dahulu mengesampingkan perbedaan dan ego kesukuan, bersatu padu, dan bahkan mengorbankan jiwa raganya demi Indonesia merdeka," kata dia.

"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita saat ini, sebagai generasi penerus perjuangan tersebut, untuk memelihara dan menjaga semangat persatuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa dan negara tercinta," pungkasnya. 

Sementara itu, sebagai narasumber dalam acara webinar ini, antara lain Letjen TNI Joni Supriyanto (Kabais TNI) dengan tema "Bahaya Separatisme Papua", Wahyu Permana (SIMAN Polhukam) dengan tema "Identifikasi Disinformasi (Hoax)", Arief Noviandi (Praktisi TIK) dengan tema "Strategi Bermedia Sosial", Yadi Hendriana (Ketua IJTI/ Tokoh Pers) dengan tema "Urgensi Sinergi Kebangsaan".

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Demian Aditya, Masa Remajanya Bikin Pangling

Posted: 20 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Demian Aditya tentu sudah tidak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Pemilik nama asli Aditya Prambudhi ini dikenal melalui berbagai adegan sulapnya yang ekstrem dan menantang maut.

Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa sebelum berkarier sebagai seorang ilusionis, Demian ternyata pernah mencicipi karier sebagai model. Suami Sara Wijayanto ini bahkan permah mengikuti kompetisi Abang dan None Jakarta, ia pun berhasil menyabet dua gelar yakni sebagai Abang Persahabatan 2002 dan Abang Favorit 2002.

Setelahnya, pria kelahiran 19 Juni 1980 ini pun memulai melanjutkan kariernya di dunia hiburan sebagai seorang pesulap atau ilusinois. Meski mengawalinya dengan otodidak, namun usaha dari Demian pun membuahkan hasil. Ia semakin dikenal setelah mengisi acara Gara-Gara Magic di tahun 2010 silam.

Tak berhenti disitu saja, namun karier Demian Aditya terus berkembang pesat hingga ke kancah internasional. Di tahun 2017, ia pernah menjadi peserta America's Got Talent. Kemudian, ia juga sempat membuat kompetisi sulap tingkat Asia dan berskala Internasional yaitu The Grand Master Asia tahun 2018.

Kira-kira seperti apakah potret transformasi Demian Aditya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (21/11/2020).

1. Di masa mudanya, pemilik nama asli Aditya Pambudi ini pernah mencoba karier modeling.

Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)
Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)

2. Ia juga sempat mengikuti kontes pemilihan Abang dan None Jakarta di tahun 2002.

Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)
Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)

3. Berbeda penampilan dengan dirinya di masa kini, saat muda rambut Demian nampak lebih gondrong.

Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)
Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)

4. Potret lawas Demian dengan salah satu gaya rambut ikoniknya.

Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)
Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)

5. Kini setelah menikah dengan Sara Wijayanto, Demian pun nampak semakin berisi.

Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)
Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)

6. Potret terbaru Demian dengan gaya rambut pirang.

Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)
Potret Transofrmasi Demian Aditya. (Sumber: Instagram/_demianaditya_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan, Wagub Ijeck dan Menpora Gowes Bareng Keliling Medan

Posted: 20 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Medan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali menikmati akhir pekan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Momen ini tidak disia-siakan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah atau akrab disapa Ijeck mengajak Menpora gowes keliling Medan.

Dimulai dari Adimulia Medan Hotel, Jalan Diponegoro, Menpora dan Ijeck menggowes sepeda sampai ke Lapangan Merdeka Medan. Tidak hanya berdua, gowes kali ini juga diikuti Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Azis Syamsuddin, Ketua Komisi 1 DPR RI Fraksi Golkar, Meutya Hafid, calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution, serta sejumlah kader Golkar.

Di Lapangan Merdeka Medan, mereka melakukan senam bersama masyarakat. Kehadiran Menpora, Wagub Sumut, dan sejumlah kader Golkar tersebut disambut antusias masyarakat. Bahkan, banyak masyarakat yang meminta untuk berfoto bersama.

Usai senam, gowes dilanjutkan menuju tempat sarapan. Rombongan memilih sarapan bersama di Soto Sinar Pagi, Jalan Sei Deli, Kelurahan Silalas, Kecamatan Medan Barat. Tampak rombongan memesan soto daging dan babat, khas dan terkenal di Kota Medan.

"Saya ajak Pak Menpora dan kawan-kawan makan di sini (Soto Sinar Pagi) karena salah satu kuliner yang sudah melegenda dan terkenal," kata Ijeck, Sabtu (21/11/2020).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ijeck Puji Menpora

Selain Menpora Zainuddin Amali, Wagub Ijeck juga ajak Azis Syamsuddin, Meutya Hafid, dan Bobby Nasution gowes keliling Medan
Selain Menpora Zainuddin Amali, Wagub Ijeck juga ajak Azis Syamsuddin, Meutya Hafid, dan Bobby Nasution gowes keliling Medan

Disampaikan Ijeck, saat menggowes sepeda dari Adimulia Hotel Medan ke Lapangan Merdeka hingga ke Soto Sinar Pagi, Menpora Zainuddin sangat bersemangat. Bahkan, Ijeck mengakui stamina seniornya di Golkar tersebut masih bagus.

"Pak Menteri hebat, sepedaannya kuat," sebutnya.

Menpora Zainuddin mengungkapkan keseruannya bersepeda di Medan. Wakil Dewan Pembina DPP Partai Golkar itu menyebut, ini merupakan kedua kalinya gowes di Kota Medan, apalagi ditemani Wagub Sumut.

"Sudah lama tidak gowes. Tapi, karena sama Pak Wagub, gowes sangat seru," ungkapnya.

Pelantikan Ketua Golkar Sumut

Setelah dilantik sebagai Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah yang krab disaap Ijeck diharapkan melakukan konsolidasi
Setelah dilantik sebagai Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah yang krab disaap Ijeck diharapkan melakukan konsolidasi

Sebelumnya, Menpora Zainuddin Amali sempat menghadiri pelantikan Musa Rajekshah atau Ijeck sebagai Ketua DPD Golkar Sumut periode 2020-2025 pada Jumat, 20 November 2020. Pelantikan dikukuhkan Waketum Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP Golkar, Azis Syamsuddin.

Selain Zainudin Amali, pelantikan juga dihadiri Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Ketua DPP Partai Golkar Bidang Media dan Pengalangan Opini, Meutya Hafid.

Turut hadir juga sejumlah anggota dewan dari fraksi Partai Golkar, seluruh pengurus DPD Partai Golkar kabupaten/kota se-Sumut, Pengurus Hastakarya, sayap Partai Golkar, serta para tamu undangan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap Pemeran Video Syur Mirip Gisel, Polisi Masih Tunggu Hasil Forensik

Posted: 20 Nov 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - a Ahli forensik bersama penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Merto Jaya masih mengidentifikasi pemeran video syur yang disebut-sebut mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus meminta semua pihak sabar menunggu hasil identifikasi pemeran video syur mirip Gisel tersebut. Dia berjanji segera menyampaikan hasil identifikasi ke publik. 

"Kami masih menunggu hasil saksi ahli forensik untuk wajah. Kami tahu menganalisis bukanlah hal mudah. Intinya setelah kami dapati hasilnya akan kami sampaikan ke rekan-rekan," kata Yusri saat dihubungi, Sabtu (21/11/2020).

Yusri menerangkan, sejauh ini sudah ada enam orang saksi yang diperiksa perihal beredarnya video syur mirip Gisel di media sosial. Tak menutup kemungkinan jumlah saksi akan bertambah.

"Sementara ini saksi ahli ada tiga, saksi pelapor ada dua, terus saksi dari publik Figur Inisial G. Kemarin juga ada dua saksi tambahan yang diperiksa. Akan ada pemeriksaan saksi tambahan? Nanti kita kan pelan-pelan," ucap dia.

 

Didesak Ungkap ke Publik

Sebelumnya, salah satu pelapor, Pitra Romadoni mendesak kepolisian menyampaikan kepada Publik Hasil Face Recognition dan Face Comparation terhadap siapa pemeran yang ada didalam Video Asusila tersebut. Menurut dia, untuk menjawab rasa penasaran publik.

"Rilis hasil forensik wajah tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kegaduhan yang berkepanjangan dan menyelesaikan kasus tersebut," ujar dia dalam keterangan tertulis.

Pitra berpendapat pengungkapan kasus asusila yang diduga mirip artis Indonesia sangat dinanti masyarakat. Masyarakat yakin dan percaya Polri dalam waktu dekat ini akan menuntaskan kasus video asusila tersebut dan menetapkan tersangka baru sebagai pelaku utama dalam kasus tersebut.

"Kepercayaan masyarakat sangat tinggi kepada Polri, sehingga kami menilai perlu adanya sanksi yang tegas bagi pemeran yang ada didalam video tersebut untuk memberikan efek jera kepada pihak manapun yang ingin merusak moral generasi muda melalui penyebaran konten porno," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Otomotif: Panduan Lengkap Pemotor Menerjang Musim Hujan

Posted: 20 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan akan selalu menjadi waktu yang merepotkan bagi pengendara motor. Pasalnya, meskipun turun hujan, pastinya tidak akan bisa membatasi kegiatan di luar rumah, dan perlu adanya persiapan khusus dibanding saat musim panas atau kemarau.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan para pengguna roda dua ini, adalah membawa jas hujan. Dengan membawa perlengkapan ini, tidak akan menjadi halangan untuk terus berkendara di bawah rintikan hujan yang deras sekalipun.

Jika tidak membawa jas hujan, maka satu kesalahan bagi pengendara motor yang kerap dilakukan saat turun hujan, adalah berteduh di kolong jembatan penyebrangan orang (JPO), flyover, ataupun underpass.

Kegiatan tersebut, sejatinya adalah pelanggaran lalu lintas, karena dijelaskan oleh Pemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto, perilaku pengendara motor yang berhenti di bawah jembatan tentunya dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan, angkutan jalan, serta menggangu ketertiban.

"Hal tersebut, tertuang pada pasal 105 UU Nomor 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) yang berbunyi : 'Setiap orang yang menggunakan Jalan wajib : (a) berperilaku tertib, (b) mencegah hal- hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan Jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan Jalan," ungkap Budiyanto beberapa waktu lalu.

Sementara itu, terkait dengan penindakan, pihak kepolisian bisa saja melakukan penindakan berupa tilang, dan aturannya terdapat di pasal 282 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Setiap pengguna jalan yang tidak mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 104 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Maka dari itu, ada baiknya pengendara sepeda motor melengkapi diri dengan membawa jas hujan saat musim hujan.

Denda dan Hukuman

Selain itu, tata cara berhenti juga diterapkan pada pasal 118 UU Nomor 22 Tahun 2009 LLAJ yakni;

Selain Kendaraan Bermotor Umum dalam trayek, setiap Kendaraan Bermotor dapat berhenti di setiap jalan, kecuali:

a. terdapat rambu larangan berhenti dan/atau marka jalan yang bergaris utuh;

b. pada tempat tertentu yang dapat membahayakan keamanan, keselamatan serta mengganggu ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan; dan/atau

c. di jalan tol.

Atau bisa juga dikenai pasal 287 ayat 3 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, yakni :

(1) Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 50 ribu.

(3) Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan gerakan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf d atau tata cara berhenti dan parkir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf e dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

 

 

Penindakan Kepada Pemotor yang Neduh di Kolong Jembatan

Menanggapi masih banyaknya pemotor yang berteduh di kolong jembatan, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menegaskan meskipun melanggara peraturan, tapi pihaknya saat ini lebih selektif saat akan melakukan tilang terhadap pengendara kendaraan bermotor.

"Kalau kita tindakan represif tidak dulu, dengan maksud mengedukasi pemotor. Jadi kalau nanti ada yang berhenti di kolong jembatan, kita akan mengarahkan mereka untuk tidak parkir tapi hanya menggunakan jas hujan," katanya kepada Liputan6.com.

Namun, jika pemotor tak memiliki jas hujan dan berniat berhenti hanya untuk berteduh, Fahri mengaku pihaknya akan mengingatkan pengendara untuk lebih memperhatikan perlengkapan berkendara yang perlu dibawa saat musim hujan.

"Karena biasanya yang berhenti di bawah kolong karakteristiknya berbeda, ada yang pakai jas hujan, ada juga berteduh. Karena memang, saat hujan deras turun masa kita suruh pergi, itu juga enggak humanis. Jadi lebih kepada edukasi," ujarnya.

Selain menjelaskan pemotor yang berteduh di kolong jembatan, Fahri menegaskan tindakan tegas akan tetap dilakukan aparat kepolisian apabila menemukan pelanggaran yang membahayakan pengendara lain dan mengganggu ketertiban umum. "Kita ambil tindakan di masa pandemi ini lebih selektif dan prioritas. Lebih kepada pelanggaran yang berpotensi pada gangguan ketertiban lalu lintas, contoh balap liar akan kita tindak, kebut- kebutan kita akan tindak karena berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas," tuturnya.

Bahaya Jas Hujan Ponco

Dengan fungsinya yang sangat penting di kala musim hujan, pengendara motor memang wajib membawa jas hujan. Di pasaran, berbagai jenis jas hujan tersedia, mulai dari jas hujan setelan atau two piece (badan dan kaki) hingga jas hujan ponco atau batman yang kini juga banyak dijual di pinggir jalan berbahan plastik dengan harga yang sangat terjangkau.

Namun buat para bikers, hindari penggunaan jas hujan ponco, karena memang memiliki kekurangan bahkan bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Jas hujan ponco yang berkibar-kibar membahayakan pengendara karena bisa masuk ke rantai. Selain itu, jas hujan ini resistensi airnya kurang sehingga pengendara akan selalu basah," ungkap Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhukepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, masih menurut Jusri, jas hujan ponco tak aman karena dapat menutupi lampu belakang. Jadi, pengendara lain bisa saja terhalang lampu penanda rem karena tertutup jas hujan tersebut.

Selain itu, jas hujan sebaiknya berwarna cerah, seperti putih, kuning, oranye, atau hijau. Warna mencolok akan memudahkan visibilitas pemotor lain, terutama oleh pengendara mobil besar.

"Pengendara motor saat melintasi hujan badai visibilitasnya akan berkurang (oleh pengemudi). Jas hujan berwarna cerah akan membantu keselamatan pemotor di jalan," jelasnya.

Selain masalah jas hujan, pengendara sepeda motor juga harus mengenakan sepatu berupa bot, terlebih saat akan menerabas hujan. Sedangkan sepatu kantor atau casual dapat disimpan di bagasi sepanjang perjalanan.

"Untuk jenisnya saya sarankan berupa bot dan bahannya waterproof. Bila sepatunya basah bisa membuat masuk angin atau jamuran," pungkasnya.

Ingat juga, jangan pernah berkendara motor dengan bertelanjang kaki alias nyeker saat turun hujan. Alih-alih tidak membawa sepatu ganti, dan takut sepatu kantor atau yang sedang digunakan kotor, maka dengan mudahnya mengorbankan kaki sendiri.

Karena, saat di jalan, pengendara tidak tahu apa yang akan terjadi, ataukah tertusuk sesuatu yang tajam di jalan hingga terlindas oleh kendaraan lain saat bermacet-macetan.

Musim Hujan, Jangan Pernah Lepas Spakbor Motor

Bagi pengguna motor sport atau trail, sering kali melepas spakbor di kendaraannya. Hal ini, agar tampilan roda duanya terlihat lebih sporty. Tapi, pada kenyataannya, melepas komponen tersebut, harus bisa menanggung resikonya, terlebih saat musim hujan.

Pasalnya, spakbor berfungsi melindungi pengendara dan penumpang sepeda motor dari cipratan air saat hujan turun atau ketika melewati genangan air.

Berdasarkan fungsinya, bentuk spakbor didesain dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, keamanan serta kenyamanan, tanpa meninggalkan estetika.

Spakbor sendiri merupakan kelengkapan pendukung yang wajib terpasang pada sepeda motor. Syarat-syarat teknisnya diatur dalam Peraturan Pemerintah 55 Tahun 2012 Pasal 40, berikut bunyinya:

1. Spakbor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf e harus memiliki lebar paling sedikit selebar telapak ban.

2. Spakbor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus mampu mengurangi percikan air atau lumpur ke belakang Kendaraan atau badan Kendaraan.

Karena berstatus sebagai kelengkapan pendukung yang wajib terpasang, maka jika Anda melanggarnya bersiap saja untuk ditilang.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Setidaknya ada empat perlengkapan yang harus selalu dibawa saat berkendara menggunakan sepeda motor di musim hujan. Seperti dilansir dari Federal Oil, perlengkapan pertama yang wajib dibawa adalah jas hujan.

Pilih lah jas hujan yang nyaman sehingga kepala tetap leluasa digerakkan saat mengenakan jas hujan. Pastikan juga jas hujan tidak terlalu sempit dan tak menutupi kaca spion. Hindari menggunakan jas hujan jenis ponco karena ujung bagian bawah rawan tersangkut jeruji motor.

Perangkat berikutnya ialah sepatu. Selalu gunakan sepatu yang menutupi mata kaki. Jangan gunakan sandal jepit saat musim hujan karena bisa melukai kaki apabila pengendara jatuh atau terkena kerikil saat berkendara di jalan.

Kemudian, siapkan busi cadangan. Ya, pengendara wajib menyiapkan busi cadangan karena motor bisa saja mengalami gangguan saat menerjang hujan. Selain busi, komponen yang juga wajib dibawa ialah bohlam lampu untuk bagian depan.

Perlengkapan terakhir adalah kunci-kunci. Selalu sediakan kunci seperti obeng, kunci busi, dan tang. Antisipasi ini dilakukan untuk pertolongan pertama saat motor mogok.

Jika Anda memiliki waktu senggang, ada baiknya melakukan perawatan sendiri di rumah. Hal ini untuk memastikan tunggangan dalam kondisi siap pakai.

Menurut Kepala Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Daya Motor Cibinong Asep Suherman, saat memasuki musim hujan ada komponen sepeda motor, khususnya yang bertransmisi manual, bagian yang perlu dilakukan pengecekan rutin yaitu gear set, termasuk rantai.

"Komponen rantai dan gear bagian depan dan belakang harus sering-sering dilumasi. Karena bagian itu jika terkena hujan lalu kepanasan, maka yang perlu dilakukan adalah melumasi menggunakan pelumas semprot," Herman saat ditemui Liputan6.com di bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Untuk motor jenis non-matik, rantai sepeda motor termasuk komponen penting karena berfungsi mendistribusikan gerak dari mesin ke roda. Karena itu, bagian ini perlu dilakukan pengecekan.

Selain itu, rantai kendur dan gear lancip merupakan sinyal bahwa itu harus diganti. Jika tak segera diganti, maka rantai berpotensi slip dari gir saat berputar. Ada juga beberapa bagian lainnya yang harus dilakukan pengecekan jelang musim hujan, seperti pada bagian rem. Tak sedikit, saat musim hujan, ditemukan kasus rem tidak berfungsi.

Tak hanya itu, lampu juga harus dilakukan pengecekan. Sebab jika lampu penerangan mati saat terjadi hujan, maka visibilitas pengendara menjadi terbatas.

Bagian lainnya yang harus dicek adalah ban. Jika ban sudah menipis, maka yang dikhawatirkan adalah traksi ban ke aspal berkurang. Alhasil, ban sulit dikendalikan karena botak.

 

Perhatikan Kondisi Ban

Bicara soal ban, sebagai satu-satunya komponen pada sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, kondisi ban harus lah diperhatikan. Apalagi saat musim hujan di mana kondisi jalan cenderung lebih licin.

Seperti dilansir Wahana Honda, berikut hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengecekan pada ban.

1. Tekanan Ban

Cek tekanan ban. Sangat penting bagi pengendara melakukan hal ini. Jika tekanan ban tidak sesuai dengan standar, tentunya akan menyebabkan beberapa hal negatif.

Seperti ban kempis akan menyebabkan keseimbangan saat berkendara akan berkurang. Hal itu bisa berakibat fatal karena bisa membuat pengendara terpeleset.

2. Alur Ban

Perhatikan alur ban, apakah masih tebal atau tidak. Biasanya pengecekan fisik dilakukan untuk mengetahui apakah alur ban masih bagus atau sudah halus sehingga perlu diganti. Semakin halus alur ban akan semakin berbahaya untuk digunakan.

Dengan alur ban yang halus daya cengkeram akan berkurang dengan drastis sehingga kamu perlu mengganti ban dengan yang baru.

3. Cek Keseluruhan

Yang dimaksud dengan kondisi ban tentunya adalah kondisi fisik. Walaupun alur ban sudah dicek dalam kondisi yang bagus, terkadang kita menemukan kerusakan dini yang terjadi pada ban. Salah satunya adalah ban yang sobek terkena paku, atau benda tajam lainnya.

Pengecekan ini sangat berguna, karena jika kondisi ban yang rusak dipaksa untuk tetap dipakai kamu akan membahayakan diri sendiri, bahkan pengguna jalan lain, pastikan untuk tetap cek selalu kondisi ban apakan ada kerusakan atau tidak.

4. Beban Angkut

Nah, poin ini sering dilakukan di Indonesia. Ban, memiliki karakteristik berupa berat maksimal yang bisa diterima, tentunya ada batas tertentu yang aman. Dengan memperhatikan hal ini tentunya kamu akan lebih memahami karakteristik ban yang kamu miliki.

Paling tidak yang perlu diingat adalah selama sepeda motor digunakan oleh 2 orang, dan tidak terlalu membawa barang bawaan yang berlebihan, akan aman.

Tips Aman Menerjang Genangan Air

Saat berkendara di tengah guyuran hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara motor, salah satunya kondisi jalan yang licin dan genangan air.

Ketika melewati jalan basah atau genangan air, efek cengkraman roda akan berkurang atau hilang sama sekali. Hal ini membuat ban motor mengalami selip dan berbahaya bagi pengendara.

Seperti dilansir Federal Oil, Selasa (17/11/2020), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara agar terhindar dari kecelakaan.

Ketika hujan deras turun, jangan lupa menjaga kecepatan sepeda motor. Upayakan berkendara lebih lambat dibandingkan saat melintasi jalan kering.

Cara berkendara ini diharapkan mampu menghindari terjadinya selip, karena hilangnya daya traksi ban atau biasa disebut hydroplaning.

Ban yang tidak didukung dengan alur baik atau dikhususkan untuk melintasi jalan basah, gejala hydroplaning akan lebih terasa dan bisa membuat pemotor hilang kendali.

Selain memiliki kembangan atau alur ban yang bagus, tapak lebar si karet bundar cenderung bisa menjadi penyebab terjadinya hydroplaning.

Karena itu, ketika memasuki musim hujan, pengendara harus lebih memperhatian kondisi ban yang meliputi kembangan atau tekanan angin, sehingga lebih aman dan nyaman.

Jika melewati genangan air, pengendara juga perlu memperhatikan kedua kaki menjepit tangki dan posisi badan agak condong ke belakang apabila menggunakan motor sport.

Hal ini mampu memberikan distribusi bobot ban depan lebih enteng dari ban belakang, karena roda depan biasanya menjadi pusat kendala. Jika diberi bobot berlebih pada kecepatan tinggi maka motor akan melayang.

Pandangan tetap berada di eyes level atau sejajar dengan mata. Tidak turun ke bawah maupun ke atas. Sebab pandangan memengaruhi keseimbangan sepeda motor pada saat dikendarai.

Motor Tetap Terawat dan Tampil Maksimal

Pada saat musim hujan, pencinta sepeda motor harus lebih memperhatikan perawatan sepeda motor. Bahkan bisa saja lebih sering merawatnya.

"Perawatan yang paling mendasar adalah rantai motor. Siapkan chainlube yang proper, saat sudah pulang kerja pastikan rantai motor disemprot chain lube. Kenapa harus setelah pulang kerja? Kalau disemprot saat motor baru digunakan, makan cairan chain lube akan belepotan ke ban, itu berbahaya," ungkap Jody, detailer JDM Project saat dihubungi oleh Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Menurutnya sepeda motor sebaiknya langsung dicuci setelah terkena air hujan. Kalau malas, pilihan lainnya adalah membersihkan area tertentu. "Pastikan area ban minimal disemprot air, setelah itu area pengereman seperti cakram, kaliper, dan kampas. Tapi lakukan 20 menit setelah motor mati, " sambung Jody.

Lain halnya jika motor terpaksa menerobos genangan air yang tinggi. Motor matik tidak boleh melewati banjir yang lebih tinggi dari boks CVT. Kalaupun terpaksa melewati, sebaiknya mesin dimatikan dan didorong. "Setelah banjir langsung semprot, kalau lewat boks filter, harus flush oli gardan dan mesin, itu wajib," lanjut Jody.

Selain itu, bagi yang ingin tetap tampil maksimal di musim hujan, salah satu perlindungan yang bisa diberikan adalah melapisi motor dengan menggunakan wax khusus. "Dengan menggunakan wax, permukaan cat motor akan lebih terlindungi. Karena kotoran seperti minyak jadi tidak langsung menempel. Perawatan akan lebih sempurna jika menggunakan sealant.

Wax yang beredar di pasaran modelnya cukup beragam. Beberapa di antaranya model pasta atau spray. Untuk penggunaan daily, model spray lebih praktis dibanding model pasta.

Teknik mencuci menjadi salah satu langkah yang penting untuk mempersiapkan motor sebelum dilapisi wax. Yang pertama, memilih sabun cuci motor harus hati-hati. Hindari penggunaan sabun colek, karena sabun colek memiliki sifat keras. Sabun colek berfungsi untuk menghilangkan sisa grease. Selain itu, lebih baik menggunakan sabun khusus motor, sabun cuci piring atau sampo untuk rambut,.

Teknik pengeringan juga tidak bisa sembarangan. Hindari penggunaan kulit sintetis untuk pengeringan body motor, sebaiknya kulit sintetis digunakan pada permukaan mesin. Karena kulit sintetis berpotensi menciptakan baret halus (swirl mark) pada permukaan cat. Untuk mengeringkan permukaan cat sebaiknya menggunakan lap microfiber.

 

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditegur Bermain Ponsel Terus, Pemuda Ini Tega Bunuh Ayahnya

Posted: 20 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur Dunia saat ini menakutkan. Hampir setiap hari Anda mendengar kasus kriminal yang baru saja terjadi.

Rabu (18/11) lalu, seorang pria di Simpang Pertang, Jelebu, Malaysia diduga membunuh ayahnya karena sebuah pertengkaran.

Seperti dilaporkan Astro Awani, tersangka yang berusia 35 tahun marah kepada ayahnya setelah ditegur karena menghabiskan terlalu banyak waktu bermain ponsel tanpa mencari pekerjaan.

 

Meninggal di tempat

Ilustrasi (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Kapolsek Jelebu, Wakil Inspektur Maslan Udin mengatakan bahwa korban meninggal di tempat. Korban menerima tikaman di bagian depan dan belakang sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhirnya.

Ia mengatakan, selain korban, ibu korban yang berusia 85 taun juga tinggal bersama korban di rumah tersebut.

"Penyelidikan awal menemukan bahwa ibu tersangka pergi lebih awal untuk mengunjungi kerabatnya. Korban dan tersangka hanya berdua di rumah sebelum pertengkaran dimulai," imbuhnya.

 

Dipukul sebelum ditikam

ilustrasi pembunuhan (foto: Pixabay)
ilustrasi pembunuhan (foto: Pixabay)

Menurut Maslan, tersangka memukul punggung korban dengan kursi plastik sebelum korban ditikam dengan pisau.

Maslan mengatakan bahwa setelah tersangka menikam korban, ia melarikan diri tapi ditangkap 20 menit kemudian setelah tetangga melaporkan kejadian itu ke polisi.

 

Bukan pertengkaran yang pertama

Ilustrasi Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Kembali Membawa Duka | via: guardianlv.com
Ilustrasi Kasus Pembunuhan Anak dalam Kardus Kembali Membawa Duka | via: guardianlv.com

Saat ini, Maslan mengatakan masih menyelidiki motif kejadian tersebut. Namun, tersangka akan diajukan untuk ditahan keesokan harinya.

Salah seorang tetangga mengatakan bahwa ini bukan pertama kalinya baik tersangka maupun korban bertengkar. Melainkan, sudah terjadi berkali-kali.

"Tapi kali ini, saya tidak menyangka akan berakhir dengan kematian," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manjur 95 Persen, Vaksin COVID-19 Pfizer Akan Dipakai di AS Desember 2020?

Posted: 20 Nov 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, D.C - Pfizer dan mitranya BioNTech pada Jumat 20 November 2020 mengajukan penggunaan otorisasi darurat di AS untuk vaksin COVID-19 mereka. Itu berarti, vaksin tersebut bisa digunakan dalam jumlah dan untuk kalangan terbatas.

Namun, erupakan tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk memutuskan apakah vaksin itu aman untuk diluncurkan.

Tidak jelas berapa lama FDA akan mempelajari data tersebut. Namun, pemerintah AS mengharapkan untuk menyetujui vaksin tersebut pada paruh pertama Desember 2020, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/11/2020).

Data dari uji coba lanjutan menunjukkan vaksin melindungi 94% orang dewasa di atas 65 tahun.

Inggris telah memesan 40 juta dosis di muka dan seharusnya mendapatkan 10 juta pada akhir tahun.

Kebutuhan vaksin di AS disorot oleh jumlah kematian akibat COVID-19 yang tercatat pada Kamis 19 November 2020. Untuk pertama kalinya sejak Juni, angka kematian dalam satu hari naik di atas 2.000 jiwa.

Jika otorisasi FDA benar-benar datang pada paruh pertama bulan depan, Pfizer dan BioNTech akan "siap untuk mendistribusikan kandidat vaksin dalam beberapa jam", kata kedua perusahaan tersebut.

Ini akan menjadi sangat cepat untuk pengembangan vaksin --dalam 10 bulan setelah merinci kode genetik. Rata-rata untuk mendapatkan otorisasi penggunaan vaksin di AS memerlukan hampir delapan tahun.

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan pada Kamis 19 November 2020 bahwa pengajuan untuk penggunaan darurat adalah "tonggak sejarah dalam perjalanan kami untuk mengirimkan vaksin COVID-19 ke dunia."

Namun, dosis awal akan langka, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDCP) akan memutuskan siapa yang akan mendapat kesempatan pertama.

Sementara itu, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Uni Eropa juga dapat bergerak cepat - pada akhir tahun ini.

Tapi ada peringatan. Stephen Evans, profesor farmakoepidemiologi di London School of Hygiene & Tropical Medicine, mengatakan FDA dan European Medicines Agency (EMA) akan "melakukan evaluasi yang sangat hati-hati," atas vaksin COVID-19 itu.

Seberapa Efektif Vaksin Pfizer?

Data yang dirilis minggu ini menunjukkan vaksin Pfizer dan BioNTech memiliki efektivitas 95%.

Efektivitas ini juga konsisten di seluruh kelompok usia - penting mengingat kerentanan lansia - serta etnis dan jenis kelamin.

Vaksin tersebut juga hanya memiliki efek samping ringan hingga sedang dan berumur pendek.

Ini menggunakan pendekatan eksperimental, yang disebut mRNA, yang melibatkan penyuntikan bagian dari kode genetik virus ke dalam tubuh untuk melatih sistem kekebalan.

Antibodi dan sel-T kemudian dibuat oleh tubuh untuk melawan virus corona.

Sementara itu, data tentang vaksin yang dibuat oleh perusahaan AS Moderna juga menunjukkan perlindungan hampir 95%. Ini juga menggunakan pendekatan mRNA.

Dari segi pengembangan diyakini tidak kalah jauh dengan vaksin Pfizer / BioNTech.

Vaksin Universitas Oxford / AstraZeneca masih menjalani uji coba tetapi telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, dengan respons kekebalan yang kuat pada orang tua. Inggris telah memesan 100 juta dosis.

Itu dibuat dari versi lemah dari virus flu biasa dari simpanse, yang telah dimodifikasi agar tidak tumbuh pada manusia.

Ada juga hasil yang sama menjanjikan dari uji coba vaksin lain yang dikembangkan di Rusia, yang disebut Sputnik. Ini bekerja seperti vaksin Oxford.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Seri Redmi Note Tembus 140 Juta Unit di Dunia

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi kembali mengumumkan pencapaiannya. Perusahaan mengungkapkan telah berhasil menjual lebih dari 140 juta unit seri Redmi Note di dunia.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (21/11/2020), ini bukan kali pertama Xiaomi mengumumkan pencapaian seri Redmi Note. Pada Maret tahun ini, seri Redmi Note merayakan pencapaian 110 juta penjualan.

Varian Redmi Note 8 memberikan kontribusi penting untuk pencapaian seri ini. Seri Redmi Note 8 termasuk Note 8, Note 8T, dan Note 8 Pro berhasil terjual 30 juta unit pada Mei 2020.

Varian Note 8 dan Pro termasuk dalam daftar 10 besar smartphone terlaris di dunia pada kuartal IV 2019.

Redmi sudah mengumumkan seri Note 9 pada Maret 2020, tapi Xiaomi belum mengungkapkan angka penjualannya.

Perusahaan dilaporkan akan merilis dua varian baru Redmi Note 9 pada 24 November 2020, yaitu Redmi Note 9 5G dan Redmi Note 9 Pro 5G.

Xiaomi Bakal Rilis Redmi Note 9 5G pada 24 November

Redmi Note 9 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Redmi Note 9 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut,  Xiami dilaporkan sedang menyiapkan peluncuran smartphone terbarunya. Produk tersebut adalah Redmi Note 95G dan Redmi Note 9 Pro 5G.

Nama kedua smartphone tersebut belum dikonfirmasi. Namun, sejumlah bocoran merujuk kepada duo smartphone segmen menengah tersebut.

Berdasarkan bocoran baru, kedua smartphone akan hadir pada 24 November 2020. Peluncuran resminya akan digelar di Tiongkok.

Kedua smartphone tersebut dilaporkan memiliki empat kamera dan baterai dengan kapasitas besar. Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Xiaomi mengenai spesifikasi.

Spesifikasi dan Harga

Redmi Note 9 5G dilaporkan akan hadir dengan chipset Dimensity 800U, dan baterai 5.000 mAh, serta kamera utama 48MP. Sementara itu, varian Pro dengan chipset Snapdragon 750G, kapasitas RAM lebih besar, dan kamera utama 108MP.

Keduanya disebut akan melenggang dengan tujuh pilihan warna.

Menurut laporan, Redmi Note 9 5G akan dijual dengan harga mulai dari 999 Renminbi, sedangkan varian Pro akan dibanderol 1.499 Renminbi.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ricky Yacobi Meninggal Dunia Diduga karena Serangan Jantung Saat Bermain Bola

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Striker legendaris Timnas Indonesia Ricky Yacobi meninggal dunia pada Sabtu (21/11/2020) pagi WIB. Kabar yang beredar di grup WhatsApp PSSI, pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 12 Maret 1963, itu wafat akibat serangan jantung.

Sebelum dilarikan ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Mintoharjo, Ricky Yacobi tengah bermain bola di Lapangan A Senayan, Jakarta. Dia mendadak terkapar di lapangan usai mencetak gol dan hendak berselebrasi.

Sejumlah rekan-rekannya kemudian mencoba memberikan pertolongan kepada Ricky Yacobi dengan pijatan jantung. Namun, mantan pemain Arseto Solo itu tidak memberikan reaksi.

Ricky Yacobi kemudian dibopong ke luar lapangan dan dilarikan ke rumah sakit. Namun, nyawa pria yang pernah membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987 itu tak tertolong.

"Innalilahi wainnailahi rojiun, telah meninggal dunia sahabat dan pemain Nasional kita bang Ricky Yacobi di RS Mintoharjo. Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah," tulis pesan singkat yang diterima Liputan6.com.

 

 

Penyerang Top

Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ricky Yacobi (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ricky Yacobi adalah striker top pada periode pertengahan 1980-an hingga awal 90-an. Usai membawa PSMS Medan meraih Piala Suratin, karier sepak bolanya lebih banyak dihabiskan di Arseto Solo.

Dia juga pernah bermain untuk Matsushita FC pada 1988. Huruf 'i' di belakang namanya ditambahkan setelah Ricky berkarier di klub Jepang tersebut.

Nama Ricky mulai dikenal setelah membawa Timnas Indonesia lolos ke semifinal Asia Games 1986 di Korea Selatan. Setelah itu, dia membantu skuat Garuda merebut medali emas SEA Games 1987 untuk kali pertama.

Saksikan Video Ricky Yacobi di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Sabar dan Saling Memahami Jadi Koentji

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Cinta periode 21 - 27 November 2020 selengkapnya

The High Priestess

Kartu tarot The High Priestess menunjukkan kebijaksanaan, evaluasi, dan manajemen yang identik dengan sisi feminim. Ada sisi kesabaran dan kasih sayang, bukan kebijaksanaan yang kaku.

Gambaran kehidupan cintamu dalam minggu ini masih diwarnai dengan proses belajar menjalin relasi supaya lebih baik. Kuncinya adalah kesabaran dan saling memahami.

Jomlo

Tetaplah berproses memperbaiki diri. Evaluasi dan berefleksilah. Jangan takut untuk memulai hal baik.

PDKT

Tidak pernah ada kegagalan. Ada hal yang bisa kamu pelajari. Jika belum berhasil, masih ada kesempatan untuk mencoba lagi.

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Apakah sudah benar-benar merasa cocok? Coba refleksikan hubungan kalian. Perbaiki yang masih belum sesuai supaya ke depan menjadi lebih harmonis.

Menikah

Ada banyak hal yang bisa dipelajari ketika hubungan suami istri berjauhan karena dipisahkan jarak. Jangan pernah membuka pintu untuk godaan yang coba masuk.

Saran Cinta

Tarot Queen of Cups
Tarot Queen of Cups

Queen of Cups

Berbesar hatilah menyebarkan energi positif. Ada banyak cinta buat semua. Percayalah pada suara hatimu. Bertindaklah dengan lebih bijak atas dasar kasih sayang dan cinta.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abai Lakukan Pemberkasan, Bagaimana Nasib Peserta Lulus CPNS 2019?

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal pemberkasan syarat dan dokumen bagi peserta lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan berakhir pada Sabtu, 21 November 2020. Seluruh peserta lulus wajib mengunggah segala dokumen persyaratan di portal SSCN sebelum pukul 23.59 hari ini.

Jika abai melakukannya, maka segala usaha yang dikerahkan sejak awal tes CPNS 2019 bakal sia-sia. Hal itu turut ditekankan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono.

"Berarti dia tidak melengkapi dokumen. Ya bisa gagal (jadi CPNS 2019), karena tidak ada dokumen yang disampaikan," kata Paryono kepada Liputan6.com, Sabtu (21/11/2020).

Batas waktu pengunggahan dokumen di portal SSCN sebenarnya telah dimundurkan dari jadwal sebelumnya pada 15 November 2020. Namun masa pemberkasan ini tak lagi dikenai injury time, sehingga seluruh CPNS 2019 wajib menyelesaikannya hari ini.

Pasca pemberkasan, BKN akan melakukan proses validasi data peserta untuk kemudian menerbitkan Nomor Induk Pegawai (NIP) setelah memperoleh usul dari instansi.

Usul penetapan NIP CPNS disampaikan oleh instansi secara lengkap pada Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital), selambat-lambatnya pada 30 November 2020.

Sementara penetapan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS dilakukan per 1 Desember 2020, dan tidak mengalami perubahan jadwal meski batas waktu pemberkasan diperpanjang.

Catat, Masa Pemberkasan CPNS 2019 Diperpanjang hingga 21 November

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Periode pemberkasan bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 diperpanjang hingga 21 November 2020. Hal itu disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun resmi Instagram @bkngoidofficial.

Dalam keterangan tersebut, BKN memperpanjang jeda masa pemberkasan CPNS karena coba memahami adanya kondisi yang tidak mudah dalam situasi pandemi Covid-19.

"Masa unggah dokumen pemberkasan di SSCN bagi pelamar yg lulus #CPNS2019 diperpanjang sampai tanggal 21 November 2020," tulis BKN melalui akun resmi @bkngoidofficial, dikutip Senin (16/11/2020).

Namun demikian, BKN mengingatkan peserta CPNS 2019 yang lulus seleksi agar tidak bermalas-malasan unggah dokumen dengan adanya injury time ini.

"Ingat, ini bukan berarti terbuka peluang untuk kalian berleha-leha. Manfaatkan masa perpanjangan ini sebaik mungkin," imbuh BKN.

Adapun proses pemberkasan ini wajib dilakukan seluruh peserta lulus CPNS 2019, dengan cara mengisi daftar riwayat hidup untuk digunakan dalam pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Proses tersebut telah dimulai secara online pada portal SSCN sejak 6 November 2020.

Dalam Surat BKN Nomor: D 26-30/V 207-9/99 diumumkan, penyampaian berkas dan pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH) CPNS dilakukan melalui akun masing-masing peserta pada laman sscn.bkn.go.id.

Sebelumnya, proses tersebut diberi tenggat waktu selambat-lambatnya pada 15 November 2020.

Sementara usul penetapan NIP CPNS disampaikan oleh instansi secara lengkap pada Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital) selambat-lambatnya pada 30 November 2020.

"Penentuan mulai berlakunya pengangkatan sebagai CPNS Tahun 2019 ditetapkan terhitung mulai tanggal 1 (satu) bulan berikutnya dari tanggal penyampaian usul penetapan NIP kepada Kepala BKN untuk Instansi Pusat dan Kepala Kantor Regional BKN untuk Instansi Daerah," tulis BKN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kombinasi Zodiak yang Memperlihatkan Hubungan Orangtua-Anak Terbaik

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan zodiak, Anda dapat menentukan tingkat kompatibilitas antara orangtua dan anak. Hubungan antara orang tua dan anak adalah yang paling kuat ikatannya. Bahkan jika terjadi konflik, keduanya tidak akan pernah bisa diputuskan. Namun ada kalanya orangtua mengalami kesulitan dalam memilih teknik yang cocok untuk mendidik dan merawat anak mereka, ada juga para orangtua yang dengan mudah melakukannya dan memiliki ikatan yang nyaman dengan anak mereka.

Meskipun semua tergantung pada sifat kepribadian yang Anda sebagai orangtua dan anak Anda miliki. Berikut ini 7 kombinasi zodiak orangtua-anak terbaik, dilansir dari TimesofIndia.

1. Aries dan Gemini

Kedua zodiak ini dikenal dengan kepribadiannya yang berjiwa bebas dan menyenangkan. Mungkin karena itulah tingkat kompatibilitas antara keduanya sangat tinggi. Meskipun anak Aries mungkin ambisius, dia juga bisa menjadi impulsif. Saat itulah orang tua Gemini memainkan peran yang sempurna. Selain bangga dengan usaha anak, ia juga tahu bagaimana menyalurkan spontanitas dan kreativitasnya ke arah yang benar. Itu tidak hanya membantu anak Aries untuk mencapai apa yang dia inginkan, tetapi mereka juga merasa perlu untuk melibatkan orang tua mereka dalam setiap keputusan penting yang mereka ambil.

2. Cancer dan Taurus

Mengingat kasus bahwa anak-anak Cancerian sangat emosional dan sensitif, sehingga mereka selalu membutuhkan sosok orang tua Taurus yang tidak hanya berpegang teguh dengan pendiriannya tetapi juga tahu jalan keluar untuk menghadapi situasi sulit ini. Seorang Cancerian dan seorang Taurus sangat mirip menurut astrologi. Oleh karena itu, kedua kombinasi zodiak tersebut selaras satu sama lain. Sehingga saat seorang anak cancerian kekurangan sesuatu, orang tua Taurus selalu ada untuk mengisi kekosongan itu.

3. Leo dan Libra

Anak-anak Leo adalah kepribadian yang dominan dan keras kepala. Anak-anak Leo bukanlah seseorang yang mau mendengarkan siapa pun, sehingga orang tua Libran adalah satu-satunya orang yang dapat dengan manis membujuk mereka ke arah yang benar. Meskipun orang mungkin melihatnya sebagai manipulasi, sebenarnya ini adalah cara terbaik untuk menjaga perdamaian antara kepribadian yang berapi-api dan lembut.

4. Virgo dan Capricorn

Virgo dan Capricorn adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Sementara yang satu benar-benar perfeksionis, semnetara yang lain mengatasi segalanya dengan logika dan rasionalitas dan tidak memberi kesempatan untuk sebuah kesalahan. Oleh karena itu, dengan visi anak Virgo untuk mencapai yang terbaik, bahkan di usia muda, orang tua Capricorn melakukan yang terbaik untuk membantu mereka mencapai tujuan dan ambisi mereka, menjadikan keduanya yang paling cocok di antara yang lain.

 

5. Scorpio dan Taurus

ilustrasi bayi lucu/Photo by Hồng Xuân Viên from Pexels
ilustrasi bayi lucu/Photo by Hồng Xuân Viên from Pexels

Scorpio dan Taurus adalah kepribadian yang sangat setia. Sementara orang tua Taurus dikenal karena kejujuran dan sifat bajik mereka, dia juga berhasil menyalurkannya kepada anak-anak mereka. Oleh karena itu, jika Anda seorang Taurus dan anak Anda adalah Scorpion, mereka tidak hanya akan mendengarkan ide dan keyakinan Anda, tetapi juga akan menghormati Anda apa adanya. Kepercayaan antara dua tanda zodiak itu sungguh luar biasa.

6. Sagitarius dan Aquarius

Ketika membahas anak sagitarius, anya orang tua Aquarian yang cocok untuk menangani mereka. Seorang sagitarius yang terkenal dengan sifatnya yang suka bersenang-senang dan spontanitas, sehingga tidak ada yang bisa menghentikan mereka melakukan perjalanan untuk menjelajahi apapun.

Oleh karena itu, mengingat sifat cerdas dari orang tua Aquarian, dia tahu betul, kapan harus memberikan kebebasan maksimal kepada anak-anak mereka dan kapan harus memeriksa sikap mereka. Meski begitu, sambil menghormati ruang anak mereka, orang tua Aquarian juga tahu cara menjaga mereka.

7. Pisces dan Cancer

Cancer dan Pisceans adalah kombinasi sempurna daripada zodiak lainnya. Selain memiliki kemampuan untuk memahami satu sama lain, mereka juga tahu bagaimana menenangkan satu sama lain di masa-masa sulit. Jadi ketika seorang anak Piscean tertekan karena tujuan yang belum tercapai dalam hidup atau orang tua Cancerian mengalami kesulitan menghadapi kehidupan dewasa mereka, baik orang tua maupun anak tahu cara dan sarana untuk mendekati satu sama lain, yang tentunya menjadikan mereka kombinasi zodiak terbaik.

Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat

Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Guru Berhati Mulia, Pembimbing Tangan Mungil Anak-Anak Sikka

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sikka - Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Restorasi di RT 37 RW 09 Patisomba, Kelurahan Wuring, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggratiskan biaya sekolah bagi 34 anak siswa dengan orangtua tidak mampu.

Ke-34 siswa tersebut merupakan warga di sekitar sekolah yang orangtuanya punya permasalahan ekonomi sehingga tidak mampu menyekolahkan anaknya di sekolah berbayar.

"Saya prihatin," ungkap pendiri PAUD Restorasi, Remigius Nong saat ditemui Liputan6.com.

Remigius mengatakan, para guru dan tenaga tata usaha sekolah di PAUD tersebut juga mendayagunakan relawan dan warga di sekitar lingkungan sekolah.

"Banyak yang mengira sekolahnya merupakan milik salah satu partai politik padahal dinamakan PAUD Restorasi agar ada perubahan baik untuk siswa, guru, dan orangtua murid," katanya.

Para relawan guru yang mengajar di PAUD Restorasi juga tidak menerima gaji. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, pihak sekolah memberikan bibit sayuran untuk ditanam dan dijual. Dengan begitu mereka pun akan mendapatkan pemasukan untuk membiayai kehidupan keluarganya.

PAUD Restorasi sudha berdiri sejak 2017. 

Sejak tahun 2017/2018 sekolah ini didirikan, ia melihat banyak anak usia Sekolah Dasar (SD), Sekolah Manengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Manengah Atas (SMA) di lingkungannya lebih banyak bermain dan menonton sinetron daripada belajar.

Dirinya pun membuat bimbingan belajar untuk siswa SD jam 16.00 sampai 17.00 Wita, SMP jam 17.00 hingga 18.00 Wita, dan SMA pukul 18.00 sampai 19.00 Wita dan banyak anak yang mengikutinya tanpa dipungut bayaran.

"Setahun berjalan para relawan banyak yang mendapat pekerjaan sehingga tinggal saya sendiri. Akhirnya saya membuat taman baca di mana buku-buku saya bawa di motor dan bila melihat banyak anak-anak berkumpul saya berhenti dan mengajak mereka membaca," ungkapnya.

Setelah taman baca berjalan, Remi berpikir untuk mendirikan PAUD meskipun sekolahnya sampai saat ini belum mendapatkan izin operasional, tetapi tetap berkaktivitas seperti biasa dan bertahan selama 3 tahun.

Ia tawarkan konsep menabung, setiap harinya satu orang murid menabung sebanyak Rp1.000 dan uang tabungannya dihitung setahun sekali disaksikan orangtua murid dan uangnya dipergunakan membeli seragam sekolah.

"Untuk seragam guru dan perlengkapan sekolah saya meminta sumbangan dari teman-teman. Ada yang menyumbang pensil dan perlengkapan lainnya sementara uangnya buat beli seragam sekolah. Para murid pun uangnya wajib setiap hari yang diberikan orangtua digunakan untuk ditabung," ungkapnya.

Sementara itu, Maria Wilhelmina Lenga salah seorang guru mengaku pernah berkuliah di sebuah universitas di Pulau Jawa, tetapi tidak menamatkan kuliah dan dirinya pun tertarik mengajar di sekolah itu.

Meski tidak dibayar, Helmy sapaannya mengaku senang mengajar di sekolah ini karena konsep pembelajarannya berbeda, yakni lebih menekankan pendidikan karakter guna mendidik anak-anak agar mandiri dan disiplin serta berperilaku baik.

"Kami diberikan bibit sayuran untuk ditanam dan sayurannya kami jual untuk menambah penghasilan. Meski tidak dibayar saya betah mengajar di sekokah ini agar anak-anak sejak dini mendapatkan pendidikan yang baik," pungkasnya.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rafael Tan Ngehost Bareng, Kaget Saat Syuting dengan Idol Korea

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Rafael Tan dikenal bersama dengan grup boyband SMASH. Namun saat ini, Rafael menjadi host untuk sebuah acara reality show berjudul "Good Friends".  

Tak hanya Rafael Tan, acara ini juga menghadirkan lima host yang terdiri dari lintas profesi dan dua negara berbeda. Selain Rafael Tan, ada Jang HanSol yang merupakan Youtuber asal Korea yang lama bermukim di Malang.

Berikutnya ada juga Han Yoo Ra, Youtuber asal Korea yang punya karier di industri hiburan Tanah Air. Lalu ada juga vlogger Bianca Kartika, wanita Indonesia yang saat ini menjalani studi di Korea dan Kevin Hermanto, pria asal Indonesia yang juga dikenal sebagai konten kreator.

"Ini pengalaman baru syuting di tengah pandemi pergi ke Korea, negara yang aku suka. Bisa kerja bareng SBS jadi pengalaman baru buat aku. Syuting di Korea dan Indonesia beda banget. Tadinya sempat khawatir enggak bisa all out tapi mereka semua bantu aku," kata Rafael Tan, saat jumpa pers secara virtual perkenalan acara Good Friends, Jumat (20/11/2020).

 

Reality Show

Rafael Tan saat syuting Good Friends
Rafael Tan saat syuting Good Friends

Good Friends merupakan program reality show perjalanan ke Korea Selatan yang merupakan adaptasi dari paduan reality show Running Man dan Good Friends. Dua acara milik saluran televisi SBS itu punya popularitas sangat tinggi di Korea, bahkan hingga luar negeri. 

Para host akan mengunjungi beberapa lokasi spesial di Korea Selatan, mulai dari rumah tradisional Korea hingga bertemu bintang-bintang K-Pop. Salah satunya Dita Karang, penyanyi asal Yogyakarta yang saat ini bergabung dengan grup K-Pop, Secret Number. Mereka bertemu boyband KNK (K-Pop Knock) yang beranggotakan Park Seoham, Jeong Inseong, Kim Jihun, Oh Heejun, dan Lee Dongwon.

 

Kesan

Rafael Tan saat syuting Good Friends
Rafael Tan saat syuting Good Friends

Saat ditanyakan mengenai kesannya menjadi host acara, Rafael Tan mengaku senang bisa syuting bareng artis-artis Korea. Apalagi, para Idol K-Pop itu ternyata ramah kepadanya.  

"Sebelum ke Korea sudah tahu bakal ketemu Idol Korea. Tadinya mikir ada aturan dari manajemennya, ada gap gitu. Tapi begitu syuting mereka baik banget. Kayak sudah ketemu lama di depan kamera. Pas lagi tidak on cam juga seru. Enggak ada yang merasa dia idol. Speechless banget mereka sebaik itu," kata Rafael.

 

Prokes

Lantaran melakukan syuting di tengah pandemi, para host dan tim produksi diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Sebelum syuting, mereka harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari. 

"Tak mudah menembus ke belakang panggung bintang-bintang K-Pop Korea yang saat ini sedang naik daun, namun kesabaran kami terbayarkan saat bertemu beberapa bintang K-Pop dan merasakan keramahan mereka ketika berbincang, bahkan bermain bersama menghadapi tantangan games yang diberikan," ujar Kevin.

Untuk episode pertama Good Friends telah tayang sejak Minggu, 15 November 2020 di salah satu televisi swasta. Di musim pertamanya, Good Friends direncanakan punya 12 episode. Bukan tidak mungkin musim kedua akan diproduksi dan melakukan syuting di Indonesia.

vidio:Rafael & Nicky

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ricky Yacobi Meninggal, Kabar Duka Dunia Sepak Bola Indonesia

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Satu legendaris timnas Indonesia, Ricky Yacobi meninggal dunia. Almarhum diberitakan meninggal di RS Mintoharjo, Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Minim Kasus COVID-19, Begini Aktivitas Warga Wuhan

Posted: 20 Nov 2020 09:00 PM PST

Orang-orang menyeberang jalan yang mengalir di sepanjang Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)
Orang-orang menyeberang jalan yang mengalir di sepanjang Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)

Orang-orang menyeberang jalan yang mengalir di sepanjang Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)

Turis domestik dari provinsi Henan yang mengenakan masker wajah mengunjungi daerah di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Dari total 50.340 kasus yang positif di Wuhan, 3.869 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 dan yang sembuh 46.471 orang. (AFP/Hector Retamal)
Turis domestik dari provinsi Henan yang mengenakan masker wajah mengunjungi daerah di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Dari total 50.340 kasus yang positif di Wuhan, 3.869 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 dan yang sembuh 46.471 orang. (AFP/Hector Retamal)

Turis domestik dari provinsi Henan yang mengenakan masker wajah mengunjungi daerah di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Dari total 50.340 kasus yang positif di Wuhan, 3.869 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 dan yang sembuh 46.471 orang. (AFP/Hector Retamal)

Orang-orang yang memakai masker wajah berjalan di taman di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)
Orang-orang yang memakai masker wajah berjalan di taman di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)

Orang-orang yang memakai masker wajah berjalan di taman di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)

Orang-orang berlatih tai chi di pagi hari di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Dari total 50.340 kasus yang positif di Wuhan, 3.869 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 dan yang sembuh 46.471 orang. (AFP/Hector Retamal)
Orang-orang berlatih tai chi di pagi hari di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Dari total 50.340 kasus yang positif di Wuhan, 3.869 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 dan yang sembuh 46.471 orang. (AFP/Hector Retamal)

Orang-orang berlatih tai chi di pagi hari di sebelah Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Dari total 50.340 kasus yang positif di Wuhan, 3.869 orang telah meninggal dunia akibat Covid-19 dan yang sembuh 46.471 orang. (AFP/Hector Retamal)

Sejumlah pekerja membersihkan sampah tepian Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)
Sejumlah pekerja membersihkan sampah tepian Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)

Sejumlah pekerja membersihkan sampah tepian Sungai Yangtze di Wuhan (20/11/2020). Beberapa warga sudah tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. (AFP/Hector Retamal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Daihatsu Ayla Tabrak CBR 1000RR SP Berujung Damai, Ini 6 Faktanya

Posted: 20 Nov 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan insiden kecelakaan Daihatsu Ayla yang menabrak motor Honda CBR1000RR. Diketahui bahwa peristiwa itu terjadi di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah. Kejadian tersebut pun berhasil menarik perhatian warganet .

Pasalnya, harga motor Honda CBR1000RR SP itu berkali-kali lipat dari mobil yang dipakai oleh penabrak. Video insiden kecelakaan itu juga telah beredar luas di media sosial. Pengendara Honda CBR1000RR SP itu turut buka suara atas kecelakaan yang menimpanya.

Sembari masih menjalani perawatan di rumah sakit, pengendara bernama Dimas Prasetyahani itu mengunggah video berisi kronologi kecelakaan yang dia alami. Menurut Dimas, insiden itu bermula saat pengendara Ayla merasa tak terima lantaran menilai Dimas menggeber sepeda motornya.

Berawal dari kecelekaan, masalah tersebut terus berjalan hingga berujung damai. Berikut 6 fakta mengenai Ayla Daihatsu Tabrak Honda CBR 1000RR SP, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020).

1. Perkara Emosi

Awalnya pengendara mobil menuduh Dimas membunyikan klakson kendaraan motornya. Namun Dimas tak bermaksud menggeber sepeda motornya, akan tetapi ia menyadari kalau suara kendaraannya tersebut memang sangat kencang.

"Katanya saya geber gitu ya. Oke, saya menyadari kalau suara motor saya memang kencang sekali. Jadi terserahlah dia mau bilang benar atau enggak, ya memang suaranya kencang," jelasnya.

Kemudian, si pengemudi Ayla memintanya untuk menepi. Ia lantas menuruti permintaan itu, lalu keduanya terlibat adu mulut. Tak lama berselang mereka membubarkan diri.

"Dia merasa tidak terima. Kemudian saya tanya kalau tidak terima terus gimana kelanjutannya. Kita sempat cekcok, yang bersangkutan hanya bisa marah-marah. Saya tantang juga, kalo mau duel ya saya layanin," cerita Dimas.

2. Daihatsu Ayla sengaja tabrak CBR 1000RR SP

Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Twitter/ezash)
Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Twitter/ezash)

Tantangan Dimas tak disambut oleh pengemudi Ayla yang tak diketahui identitasnya tersebut. Si pengemudi itu langsung masuk ke dalam mobil dan pergi. Dimas kemudian mengejarnya lantaran ditinggal begitu saja. Saat meminta pengemudi Ayla untuk menepi, Dimas justru ditabrak.

"Saya kejar, saya suruh minggir. Saya salip di depannya, tepatnya di sebelah kiri, karena persiapan untuk berhenti. Tapi bukan menghadangnya di depan persis. Tapi mungkin karena gelap mata jadinya pengemudi Ayla malah menubruk saya dengan sengaja. Jadi saya tegaskan sekali lagi ini bukan kecelakaan, ini adalah tindakan yang sangat keji menurut saya," ungkapnya.

3. Pemotor mengalami patah tulang

Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)
Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)

Atas insiden itu, Dimas mengalami patah tulang kiri dan harus menjalani operasi dan perawatan di RSOP Purwokerto. Pemotor tersebut juga sudah melaporkan insiden ini ke polisi dan pengemudi Ayla telah diperiksa.

"Pelajarannya, banyak orang gila di luar masih banyak. Kenapa saya bilang gila? Karena dia emosi sesaat, masalah sepele yang bisa selesai dengan baik, tapi karena kalap jadi melakukan tindakan tidak terpuji, berakibat fatal bisa mengakibatkan nyawa orang lain menghilang. Saya ditabrak dengan kecepatan 80-100 kpj, secara spontan dan sadar," katanya.

4. Pengemudi Ayla tawarkan rumah dan mobil

Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)
Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)

Dari keterangan video yang diunggah, Dimas Prasetyahani mengaku pihak keluarga pemilik mobil itu telah menjenguknya dan meminta maaf. Ia juga mengatakan jika pihak yang bersangkutan meminta untuk tidak dipenjarakan dan menawarkan rumah beserta 1 unit mobil.

"Klarifikasi Lcgc vs cbr1000rrsp. Pihak ayla telah melakukan mediasi, siapkan 1 rumah dan unit mobil. Masih saya pertimbangkan, Tolong jangan diperkeruh. terima kasih banyak atas atensi dan perhatiannya," tulisnya.

5. Berujung damai

Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)
Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)

Setelah berunding dengan keluarganya, Dimas Prasetyahani mengaku menolak 1 unit rumah dan 1 mobil tersebut. Dimas sendiri mengatakan bahwa keluarga itu sebenarnya bukan berasal dari kalangan berduit dan mobil Alya yang digunakan untuk menabraknya itu sebenarnya masih kredit.

"Setelah berunding dengan keluarga saya, keluarga saya melihat keadaan keluarga penabrak yang sedang kurang beruntung, kondisi istri penabrak yang memiliki bayi 2 tahun dan sedang hamil tua 6 bulan.Rumah yang ditinggali milik ibunya dan ayahanda penabrak sudah meninggal, si penabrak satu-satunya tulang punggung keluarga namun mohon maaf pendapatan beliau dibawah umr," tulis @dimas_prasetyahani sebagai keterangan.

"Bukan tindakan terpuji apabila saya harus melanjutkan kasus ini hanya untuk memberikan efek jera kepada orang yang mencelakakan hidup saya. Alloh swt sangat baik, saya masih diberi hidup setelah kejadian mengerikan kemarin hanya sedikit patah tulang yang insyaallah bisa pulih beberapa bulan kedepan," lanjut Dimas.

6. Mengganti secukupnya

Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)
Daihatsu Ayla tabrak Honda CBR1000RR (Sumber: Instagram/dimas_prasetyahani)

Pihak Dimas mengaku sudah memaafkan dan mengambil langkah mediasi. Rumah dan mobil yang ditawarkan ditolak secara halus, dan penabrak bisa mengganti secukupnya. Dimas pun menambahkan kasus LCGC vs Honda CBR1000RR SP ini ditutup. Ia juga meminta warganet mendoakan dirinya agar lekas sembuh.

Warganet pun berkomentar terhadap kebesaran hati sang pemilik Honda CBR 1000 RR SP ini. Tidak sedikit yang mendoakan kesembuhan Dimas.

"MasyaAllah... Hatimu baik bgt mas, smg sll diberi rejeki dan keselamatan aamiin..., tulis @linakusuma82.

"Salutt,sukses terus banggg. Rejeki itu udah di atur,tapi kalo matiin rejeki orang dosanya ga ketanggun," tulis @agung.prasetyo07.

"Insya allah berkah mas,semoga selalu diberikan rezeki yg berlimpah dan cepet pukih amin," tulis @emrifaldi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update RSD Wisma Atlet 21 November: Pasien Positif Covid-19 Bertambah 130 Orang

Posted: 20 Nov 2020 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian, merilis perkembangan jumlah pasien rawat inap di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet, Sabtu (21/11/2020).

Dari data yang masuk hingga pukul 08.00 WIB, pasien rawat inap terkonfirmasi positif Covid-19 di Wisma Atlet bertambah 130 orang.

"Pada Tower 6 dan 7, total pasien rawat inap 2.066 orang hari ini, rinciannya 1.004 orang pria, 1.062 orang wanita, bertambah 130 orang dari jumlah kemarin yang hanya 1.936 orang," kata Aris dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Dengan demikian, rekapitulasi pasien Covid-19 yang terdaftar di Tower 6 dan 7 sejak beroperasi 23 Maret 2020 hingga 21 November 2020 berjumlah 26.325 orang. Dari angka tersebut, tercatat total 24.259 pasien telah keluar.

"Rinciannya, pasien rujuk ke RS lain 453 orang, pasien sembuh 23.798 orang, dan pasien meninggal 8 orang," jelas Aris.

 

Pasien Isolasi Mandiri

Aris melanjutkan, untuk pasien flat isolasi mandiri di Tower 4 dan 5 Wisma Atlet, hari ini ada 1.180 orang. Rinciannya, 640 pria dan 540 wanita.

"Jumlah ini juga bertambah sebanyak 107 orang dari hari kemarin," ungkap Aris.

Kemudian untuk rekapitulasi pasien di flat isolasi mandiri Tower 4 dan 5, sejak dibuka 15 September sampai 21 November 2020, tercatat sebanyak 14.372 orang. Dari angka tersebut, tercatat 14.321 pasien telah keluar.

"Rinciannya, pasien sembuh 14.219 orangdan pasien rujuk 2 orang," Aris menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Pandemi COVID-19, Masalah Keuangan Paling Menghantui Para Ibu

Posted: 20 Nov 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sektor keuangan berada di posisi puncak terkait pemasalahan paling krusial yang dihadapi para ibu selama pandemi COVID-19.

Hal ini diketahui dari hasil survei yang dilakukan Teman Bumil pada pertengahan Oktober 2020.

Aplikasi untuk ibu milenal tersebut menggandeng platform riset pasar di Indonesia, Populix, guna mencari tahu aspek paling berat terdampak pandemi COVID-19 di keluarga.

Ada pun hasilnya, sebanyak 60 persen ibu rumah tangga yang mengikuti survei bertajuk Dampak Pandemi Terhadap Kondisi Kesehatan Mental mengaku mengalami masalah keuangan di keluarga akibat pandemi COVID-19.

Berdasarkan rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 21 November 2020, dari 1.230 orang yang ikut berpartisipasi, hanya 1.192 yang masuk kriteria untuk dianalisis.

Sebanyak 54 persen adalah ibu rumah tangga yang sudah menikah dengan satu hingga dua orang anak, dan 43 persen sudah menikah tapi belum dikaruniai momongan.

Hasilnya menunjukkan bahwa sembilan dari 10 atau sebesar 91 persen ibu rumah tangga yang mengikuti survei mengaku bahwa COVID-19 membawa dampak amat besar di hidupnya.

Kemudian, sebanyak 643 orang atau 60 persen mengalami masalah terbesar di sekotr keuangan, 37 persen di sektor kesehatan terkait kecemasan terhadap Virus Corona, dan hanya tiga persen ibu rumah tangga yang bermasalah dengan pendidikan jarak jauh untuk anak-anaknya.

Untuk penyebabnya sendiri berbeda-beda. Tergantung kelompok sosial ekonomi dan wilayah domisili para ibu. Misalnya, korban pemotongan gaji lebih banyak menimpa responden kelas menengah atas. Dan, untuk kelas menengah bawah, permasalahan yang mereka hadapi berkaitan dengan PHK dan lebih sulit mencari pekerjaan. 

Lalu, responden yang mengalami masalah keuangan akibat usaha sepi pembeli lebih condong dialami ibu-ibu yang tinggal di Bandung. Persentasenya mencapai 45 persen. 

Kemungkinan hal ini disebabkan turunnya jumlah wisatawan yang signifikan. Maklum saja, Bandung adalah tujuan wisata akhir pekan bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya.

Namun, gara-gara pandemi COVID-19 yang mengharuskan orang-orang untuk bertahan di rumah saja, hanya segelintir orang yang berani memanfaatkan akhir pekan untuk jalan-jalan ke Bandung.

 

Pandemi COVID-19 dan Dampaknya pada Kesehatan Mental

Lebih lanjut di dalam rilis disebutkan bahwa masalah keuangan menghasilkan efek domino di aspek lainnya. Alhasil, kesehatan mental ikut terdampak dari permasalahan keuangan yang menimpa banyak keluarga selama pandemi COVID-19. 

Sebanyak 56 persen responden mengaku stres dengan kondisi ini. Bahkan, 25 persen di antaranya turut memengaruhi hubungannya dengan pasangan. Gejala stres yang dialami antara lain cemas (29 persen), sulit tidur (18 persen), mudah marah (17 persen), dan kehilangan minat untuk mengerjakan apa pun.

Sayangnya, tidak ada responden yang mencoba mencari bantuan ke profesional (dokter atau psikolog). Mereka cenderung pasrah dan berserah diri (63 persen) atau minta dukungan ke suami (19 persen). Ibu rumah tangga lainnya mencoba mencari kesenangan dan hiburan diri sendiri (delapan persen).

Menanggapi hasil survei Teman Bumil dengan Populix, psikolog keluarga Anna Surti, mengatakan, tak bisa dipungkiri bahwa sektor keuangan memang menjadi aspek penting dalam keluarga. 

Apa pun masalah di keluarga, kata Anna, bisa selalu berujung pada masalah keuangan. Terlebih di era pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Anna, mencontohkan, saat ada anggota keluarga yang memiliki penyakit kronis, sektor keuangan pasti akan terdampak akibat biaya ekstra ke rumah sakit atau melakukan swab test PCR. 

"Awalnya mungkin hanya masalah kesehatan, tapi berujung pada keuangan karena yang bersangkutan harus tetap bekerja demi merawat anggota keluarga yang sakit," kata Anna.

"Bisa muncul pula ketegangan dengan pasangan karena kelelahan mengurus keluarga yang sakit," Anna menambahkan.

Lebih lanjut Anna mengatakan bahwa untungnya pelan-pelan masyarakat menjadi terbiasa dengan kondisi sulit akibat pandemi COVID-19. Dan juga mulai menunjukkan tanda-tanda mampu bertahan.

"Kita bisa melihat komunitas-komunitas yang saling membeli dari usaha temannya. Model kehidupan seperti ini membantu menyelamatkan mereka dari krisis dan ini harus dipertahankan," katanya.

Dari survei Teman Bumil dan Populix ini juga terlihat bahwa sebagian kecil mulai membuka usaha kecil-kecilan (27 persen) untuk keluar dari kesulitan keuangan. Meskipun sebagian besar masih mengandalkan tabungan pribadi (45 persen).

Selain masalah keuangan, masalah terbesar kedua yang dialami para ibu rumah tangga dalam survei adalah kecemasan akan COVID-19, yaitu sebesar 37 persen.

Dua dari 10 ibu rumah tangga mengaku masih cemas dengan berita tentang COVID-19 yang mereka baca dari media sosial atau situs berita. Angka 37 persen responden yang masih peduli dan takut dengan COVID-19 menunjukkan bahwa lebih banyak masyarakat yang sudah mulai terbiasa dan beradaptasi dengan baik.

Adaptasi ditunjukkan dengan kesadaran untuk melakukan berbagai protokol pencegahan. Protokol pencegahan yang dianggap paling penting oleh responden adalah memakai masker (51 persen), diikuti membatasi pergi ke luar rumah (35 persen), dan mencuci tangan (sembilan persen).

Secara psikologis, menurut Anna, adaptasi terhadap kebiasaan baru ini adalah tanda menuju ke tahapan rekonstruksi emosi. Dia menjelaskan bahwa ada fase-fase emosional dalam kebencanaan.

Di awal pandemi, emosi akan mudah terstimulasi sehingga muncul rasa cemas dan panik. Bersamaan dengan emosi yang tersulut, muncul rasa heroik. Terlihat dari banyaknya relawan yang saling memberikan bantuan.

Ketika semua sudah dilakukan dan pandemi COVID-19 tak juga berakhir, emosi kembali jatuh ke titik terdalam. Sebagian orang mengalaminya ketika korban Virus Corona semakin banyak. Namun, seiring waktu, masyarakat mulai bisa menerima.

"Saat ini masyarakat tengah menuju emosi rekonstruksi. Artinya, masyarakat sudah terbiasa dengan kebiasaan barunya. Kita menyebutnya masa densitisasi emosi yakni tidak lagi mudah merasa cemas," Anna menjelaskan.

Meski demikian rasa cemas tetap diperlukan. Tidak merasa cemas justru berbahaya karena menjadi abai, kata Anna. Sebaliknya cemas terlalu tinggi juga tidak baik karena beranggapan bahwa apapun yang dilakukan akan sia-sia.

Dengan menggunakan masker setiap ke luar rumah sebenarnya menunjukkan bahwa kita memiliki kecemasan (akan tertular) tapi bisa beradaptasi dengan baik.

"Bagi yang tidak menggunakannya, artinya belum beradaptasi," ujarnya.

Nina mengingatkan bahwa nanti di Januari hingga Maret 2021, akan ada potensi terjadi lagi penurunan emosi terkait anniversary reaction. Banyak orang yang berharap setahun setelah pandemi, kondisi akan membaik.

Jika kondisi tidak seperti yang diharapkan atau pandemi masih terus berlangsung, sangat mungkin emosi masyarakat kembali jatuh. Yang harus dipertahankan, menurut Anna, adalah menghindari stres berkepanjangan.

"Ketika stres biasanya komunikasi dengan suami dan anak menjadi masalah, dan pada akhirnya saling menyakiti," ujarnya.

Sehingga, Anna mengingatkan agar masyarakat jangan sampai lengah. Pandemi COVID-19 bisa berlangsung sangat lama. 

 

Perencanaan Keuangan Selama Pandemi COVID-19

Perencana Keuangan Keluarga, Rista Zwestika, menjelaskan, pandemi COVID-19 membuktikan bahwa sebagian masyarakat kita belum melek finansial.

"Sebagian besar tidak pernah menganggarkan dana darurat. Padahal, saat terjadi kehilangan pekerjaan, dana darurat bisa menjadi penolong," kata Rista.

Idealnya, dana darurat yang harus dipersiapkan adalah minimal enam kali pengeluaran bulanan bagi yang lajang, sembilan kali penghasilan jika menikah tanpa anak, 12 kali jika memiliki satu anak, dan seterusnya.

Oleh sebab itu, inilah saatnya untuk memerbaiki diri.

"Meskipun terlambat, mulailah menyisihkan dana darurat. Kita tidak pernah tahu sampai kapan pandemi COVID-19 berakhir. Menyisihkan dana darurat bisa dimulai dengan membuat perencanaan keuangan yang lebih baik. Bagi yang mengalami masalah keuangan, kurangi belanja karena'ingin', lebih baik prioritaskan yang memang 'wajib' dan 'butuh'," Rista mengingatkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rezeki Nomplok, Karyawan Restoran Diberi Tips Rp14 Juta

Posted: 20 Nov 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rezeki itu bisa datang kapan saja dengan cara-cara tak terduga. Kejadian tersebut dialami seorang karyawan restoran di negara bagian AS, Washington.

Karyawan restoran itu mendapat rezeki nomplok yang membuatnya terkejut. Perempuan itu mendapat tips sebesar 1.000 dolar AS atau setara Rp14 juta pada Minggu lalu, dilansir dari laman Daily Mail, Kamis, 19 November 2020.

Momen mengharukan itu kemudian diunggah ke akun Facebook-nya yang menunjukkan Cassy Palmer, karyawan Village Bistro di Kennewick, sedang melayani pelanggan di sebuah meja. Para pelanggan itu rupanya telah mengatur delapan cangkir Solo merah terbalik, yang membuatnya seolah-olah akan bermain beer pong, kata Palmer.

Ketika pelanggan memintanya untuk melihat ke bawah cangkir, Palmer terkejut menemukan uang tunai 1.000 dolar AS atau Rp14 juta. Jumlah uang dolar itu ditemukan di bawah setiap cangkir.

'Itu sangat bagus,' kata Palmer dalam video tersebut. "Kalian tidak harus melakukan itu," imbuh karyawan restoran itu.  Uang tersebut diberikan dari sekelompok perempuan pengusaha lokal yang tak dikenal.

Dampak Lockdown

Cassy Palmer, karyawan restoran yang mendapat tips sebesar 1.000 dolar AS atau Rp14 juta (Dok.Facebook/Cassy Palmer)
Cassy Palmer, karyawan restoran yang mendapat tips sebesar 1.000 dolar AS atau Rp14 juta (Dok.Facebook/Cassy Palmer)

Palmer dikenal sosok yang disayang oleh teman-temannya dan sempat menjadi tunawisma. Uang tip itu adalah cara untuk mendukungnya sebelum lockdown akibat corona Covid-19 diberlakukan di negara bagian Washington yang membatasi makan di dalam ruangan.

"Ini merupakan rollercoaster, tapi ini telah menjadi tempat terbaik untuk bekerja karena komunitas dan pelanggan dan semua orang sangat baik, seperti keluarga," ungkap Palmer.

Gubernur Washington Jay Insley telah mengumumkan pembatasan baru pada bisnis dan pertemuan sosial selama empat minggu ke depan. Upaya itu diterapkan karena negara bagian terus memerangi meningkatnya jumlah kasus virus corona.

Restoran dan bar akan dibatasi untuk layanan pergi-pergi dan makan di luar ruangan dengan meja yang dapat menampung tidak lebih dari lima orang. Insley memperingatkan bahwa negara bagian menghadapi gelombang ketiga dari virus yang cenderung lebih berbahaya daripada sebelumnya.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Angin Positif di Balik Kepemimpinan Presiden AS Terpilih Joe Biden

Posted: 20 Nov 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Pada pemilu AS 2020, sejauh ini hasil menunjukan Joe Biden menang sebagai presiden terpilih di Negeri Paman Sam. Meskipun hal itu masih ditentang oleh Donald Trump hingga saat ini.

Namun, bila Biden sudah melenggang ke Gedung Putih, ia diperkirakan akan membawa AS pada tradisi masa lalu.

Hal itu menjadi sorotan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dalam acara diskusi Global Town Hall pada Jumat 20 November 2020 malam.

Dalam diskusi bertajuk "Welcome Back, Amerika!", para panelis yang hadir saling melempar argumen tentang apa yang akan terjadi di Amerika saat masa kepresidenan Joe Biden dimulai.

Para panelis dalam diskusi ini terdiri dari Ketua Asia Group dan Mantan Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Kurt M. Campbell, Presiden International Republican Institute (IRI) Dr. Daniel Twining dan Rebecca Lissner dari Perguruan Tinggi Perang Angkatan Laut AS.

Diskusi ini dimulai dengan pembahasan mengenai hubungan Amerika Serikat dan China, kedua negara ini diketahui telah mengalami ketegangan di masa kepemimpinan Presiden Trump. Meskipun Biden dinilai pernah dekat dengan Beijing, tapi peranannya juga tetap akan menentukan arah diplomasi antara kedua negara ke depannya. 

Seorang profesor terkemuka bernama Joseph S. Nye Jr, mengungkapkan bahwa kepemimpinan Biden mungkin akan menurunkan ketegangan antara AS dan China. Namun, diplomasi keduanya tidak akan bisa kembali seperti 10 atau 20 tahun yang lalu.

Ia juga mengatakan bahwa Biden tidak akan mengambil langkah agresif seperti yang Trump lakukan dalam merespons China. Ia menilai Biden akan mendengarkan opini publik sebelum menjalankan kinerjanya.

Angin Positif Kemenangan Joe Biden dan Pengaruhnya Terhadap Asia

Ilustrasi Amerika & China (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi Amerika & China (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Kemenangan Biden mungkin akan berdampak pada hubungan antara China dan Hong Kong serta China dan Taiwan. Negara-negara tersebut sedang berbenturan atas kepentingan yang berbeda. 

Profesor terkemuka Joseph S. Nye Jr, mengungkapkan bahwa kemenangan Biden tidak dapat menghentikan ambisi Beijing untuk menundukkan Taiwan. Sementara Negeri Formosa juga tetap akan bertahan sebagai negara independen.

Kendati demikian, Profesor Joseph yakin bahwa akan ada saat di mana AS akan menengahi ketegangan antara dua negara tersebut.

Pendapat lain dari Mantan Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Kurt M. Campbell, ia menyebutkan bahwa kemenangan Biden akan menghidupkan kembali diplomasi ala Obama, di mana AS akan melakukan perjanjian ekonomi dengan negara-negara di Asia. 

"AS akan datang dengan strategi ekonomi seperti dulu. Mereka akan melakukan kerja sama kembali dengan sekutu atau sahabat-sahabatnya di Asia," imbuh Kurt.

Rebecca Lissner dari Perguruan Tinggi Perang Angkatan Laut AS juga ikut mengatakan bahwa Biden akan membawa angin positif ke Asia, ia akan menghidupkan kembali hal-hal yang tertinggal dalam masa kepemimpinan Trump.

Namun, pendapat berbeda datang dari Daniel, di mana ia mengatakan bahwa China akan menjadi ancaman bagi AS walau Biden telah menjadi presiden. Ia menuding bahwa China akan tetap menunjukkan agresinya untuk menjadi negara yang berpengaruh.

Di balik perbedaan pendapat tersebut, para panelis sepakat bahwa kepemimpinan Biden dapat membawa harapan bahwa semua ekspetasi dapat terjadi. 

 

Reporter: Ruben Irwandi

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Suamiku Lebih Manja Daripada Anakku, Sabtu 21 November 2020

Posted: 20 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta FTV Kisah Nyata Spesial tayang setiap siang.

Seperti biasa Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Anda juga bisa menyaksikan FTV Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Esta Kapital, SRCIS Bantu Akses Permodalan UMKM

Posted: 20 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Guna mendukung misi pemberian stimulus bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh pemerintah, PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) bersama PT Esta Kapital Fintek (Esta Kapital) berinisiatif menyediakan fasilitas pembayaran kemudian (Pojok Modal) bagi ekosistem toko kelontong binaan SCR.

Dengan Pojok Modal yang dapat diakses melalui aplikasi AYO SRC tersebut merupakan bentuk komitmen PT Esta Kapital Bersama PT SRC Indonesia Sembilan membantu pengembangan sekaligus berkontribusi sosial bagi kemajuan UMKM khususnya toko kelontong di seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Utama PT Esta Kapital Fintek Yefta Surya Gunawan, di tengah kondisi seperti saat ini para pelaku UMKM memang sangat kesulitan mendapatkan pinjaman dana untuk tambahan modal usaha. Karena itu, pihaknya berupaya memberikan kemudahan kredit bagi UMKM melalui fasilitas Pojok Modal.

Yefta mengkalim, program yang dimulai sejak Juli lalu itu terbilang sukses. Terbukti, tingkat pengembalian pinjaman hingga saat ini masih cukup tinggi, di angka 100 persen.

"Namun begitu, kami tetap menerapkan prinsip KYC (know your customer) dan analisa menggunakan credit scoring engine yang akurat. Sehingga, dapat memberikan informasi dan rasa aman yang cukup kepada para Pemberi Pinjaman untuk mendanai Toko Kelontong binaan SRC," jelasnya, Sabtu (21/11/2020).

Komitmen yang sama diungkapkan Direktur Utama PT SRC Indonesia Sembilan, Henny Susanto. Menurutnya, sebagai institusi yang berkomitmen tinggi dalam mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia, SRCIS menyambut baik kerja sama penyediaan fasilitas Pojok Modal. SCRIS sendiri merupakan perusahaan afiliasi dari PT HM Sampoerna Tbk yang memiliki kepedeulian tinggi terhadap pengembangan UMKM di tanah air.

"Dengan kerja sama ini banyak pemilik toko kelontong yang tergabung dalam SRC merasa terbantu dari segi permodalan. Kami berharap melalui kerja sama ini banyak pelaku UMKM khususnya binaan SRC dapat bertahan, bahkan mengalami pertumbuhan berkelanjutan meski menghadapi tekanan di masa pandemi seperti saat ini," ujar Henny.

Yefta Surya juga menggklaim bahwa PT Esta Kapital Fintek menjadi fintech pertama yang menjalin kerja sama dengan PT SRCIS dalam penyaluran fasilitas pembayaran kemudian untuk mendukung pengembangan toko kelontong binaan SRC. Diharapkan, hasil positif dari program kolaborasi ini dapat dirasakan oleh lebih banyak toko kelontong SRC lainnya.

"Dengan begitu, berkontribusi Esta Kapital dan SRCIS dalam menggerakkan perekonomian rakyat menjadi semakin besar. Hal ini tentu akan mampu membangkitkan secercah harapan untuk kesejahteraan hidup yang lebih baik bagi masyarakat, tidak hanya perkotaan namun di seluruh pelosok Nusantara," pungkas Yefta.

Iriana Jokowi: Pandemi Beri Banyak Hikmah, Dorong UMKM Beralih ke Digital

Ibu negara Iriana Joko Widodo saat menyambangi salah satu UMKM dengan kerajinan kain khas daerah.
Ibu negara Iriana Joko Widodo saat menyambangi salah satu UMKM dengan kerajinan kain khas daerah.

Ibu Negara Iriana Jokowi membuka gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) sesi III bertema UMKM Sahabat Milenial secara virtual, Jumat 20 November 2020.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Negara mengapresiasi pelaku UMKM yang pantang menyerah memajukan usahanya di tengah pandemi Covid-19. Mereka pun dinilai semakin banyak inovasi dan kreatif.

"Pandemi beri banyak hikmah, terutama mendorong UMKM beralih ke digital. Hal ini membuat produk-produk UMKM semakin cepat dikenal di dunia internasional. Membuat UMKM kita semakin maju dan naik kelas," kata Iriana, Jumat (20/11/2020).

Iriana mengimbau UMKM untuk memanfaatkan perkembangan ini dengan sebaik-baiknya. "Kita harus menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk memperbaiki kualitas produk, branding, packing, pelayanan, juga harga, agar tidak kalah bersaing dari negara-negara lain," imbuhnya.

Tak lupa, Iriana juga memberikan masukan bagi kaum muda atau milenial untuk bantu mengembangkan jenis usaha kreatif dan inovatif.

"Pemanfaatan platform digital bagi usaha milenial sangat menjanjikan, karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi," ujar dia.

Menurut dia, milenial memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas. Khususnya karena adanya interaksi yang intensif melalui media sosial.

"Karena itu, sekarang adalah waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, untuk membangun dan membesarkan UMKM. Membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga mendorong perekonomian agar kita kembali bergerak," tuturnya.

Pemerintah di sisi lain disebutnya telah memberi banyak kemudahan. Itu diwujudkan melalui banyak program pengembangan kewirausahaan, UMKM, termasuk untuk kaum milenial.

"Kita dorong dan ciptakan budaya entrepreneur karena anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global mendunia. Membawa nama produk-produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional," pungkas Iriana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Dimainkan MU, Daniel James Tegaskan Betah di Old Trafford

Posted: 20 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Daniel James dengan cepat menjadi favorit fans Manchester United (MU) sejak kedatangannya di Old Trafford pada musim panas 2019. Tetapi, winger 23 tahun itu tidak dapat mempertahankan statusnya itu belakangan ini.

Daniel James didatangkan MU dari Swansea City dengan nilai transfer 17 juga euro. Dia mencetak tiga gol dari dalam empat penampilan pertamanya di Liga Inggris.

Tapi, segalanya berangsur-angsur berubah menjadi buruk bagi pemain Timnas Wales itu. Dia memulai 32 pertandingan yang tidak konsisten tanpa mencetak gol.

Kedatangan Edinson Cavani pada musim panas ini membuat James semakin terpinggirkan dari skuat utama MU. Dia baru tampil dalam lima laga di semua kompetisi sejauh ini.

 

 

Tetap Senang

Gelandang Manchester United, Daniel James, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Southampton pada laga Premier League di Stadion St Mary's, Southampton, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AP/Mark Kerton)
Gelandang Manchester United, Daniel James, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Southampton pada laga Premier League di Stadion St Mary's, Southampton, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AP/Mark Kerton)

Musim 2019/20, James bermain sebanyak 46 laga untuk MU. Dia berharap musim ini tampil sebanyak mungkin meski hal itu terasa sulit.

Meski jarang dimainkan, James mengaku sangat senang di Old Trafford. "Saya tidak akan mengatakan itu pelepasan," katanya kepada BBC Sport.

"Man United adalah klub saya dan saya menyukainya di sana. Apakah saya bermain atau tidak, saya bangga, sama bangga seperti saya bermain untuk Wales."

 

 

Bertahan

Gelandang Manchester United, Daniel James, berebut bola dengan pemain Burnley, Ben Mee, pada laga Premier League di Stadion Turf Moor, Sabtu (28/12). Burnley takluk 0-2 dari Manchester United. (AP/Martin Rickett)
Gelandang Manchester United, Daniel James, berebut bola dengan pemain Burnley, Ben Mee, pada laga Premier League di Stadion Turf Moor, Sabtu (28/12). Burnley takluk 0-2 dari Manchester United. (AP/Martin Rickett)

Daniel James menegaskan dia akan tetap bertahan di MU. "Jelas ada saat-saat di mana saya banyak bermain musim lalu. Saya mungkin tidak bermain sebanyak musim ini, tapi saya bertahan di sana dan selalu di dalam dan di sekitarnya," pungkasnya.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Daniel James di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Obat Pegal Linu Alami yang Ampuh Redakan Nyeri

Posted: 20 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pegal linu adalah masalah nyeri yang terjadi karena tulang, sendi, dan otot. Memang tidak berbahaya, tetapi jika tak segera diredakan dengan obat pegal linu alami, akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat pegal linu alami terdiri dari makanan dan minuman yang bisa mengembalikan, sekaligus mengoptimalkan fungsi tulang, sendi, otot, dan bikin berenergi. Tak hanya dikonsumsi, beberapa makanan dan minumannya bisa digunakan untuk mengompres area pegal linu.

Jika ditelusur, pegal linu disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti kurang tidur, stres, dan postur tubuh salah. Kondisi lain yang berbahaya adalah kanker tulang, infeksi virus, hormon, dan psikologis. Untuk mengoptimalkan pengobatan, andalkan obat pegal linu alami sekaligus hindari penyebabnya.

Berikut Liputan6.com ulas obat pegal linu alami dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020).

Kompres Dingin dan Vitamin

Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/pixabay

Kompres Dingin

Kompres dingin bisa diterapkan sebagai obat pegal linu alami yang mutakhir. Efeknya dapat mengecilkan pembengkakan, meredakan cedera, dan luka pada otot.

Kompres air dingin yang dimaksud, membalut es batu. Hindari mengompresnya tanpa membalut. Aplikasikan selama 15 sampai 20 menit pada bagian nyeri. Saat mengompres beri jeda setiap ingin mengulangi.

Vitamin

Asupan vitamin membuat fungsi tubuh lebih optimal. Asupan ini pun sangat berguna untuk otot dan tulang. Tak heran jika konsumsi vitamin termasuk obat pegal linu alami yang patut diandalkan.

Vitamin yang dimaksud, vitamin B1 dan vitamin D. Tubuh yang kekurangan thiamin akan mengalami kerusakan saraf, nyeri, dan lemah otot. 

Untuk vitamin D, bisa menguatkan tulang dan otot bergerak dengan semestinya. Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari, konsumsi makanan, dan suplemen.

Pijat

Ilustrasi memijat | Mamabee
Ilustrasi memijat | Mamabee

Pemijatan adalah obat pegal linu alami yang selama ini paling sering dilakukan. Sayangnya ada beberapa orang yang salah mempraktikkan dengan memijat seluruh tubuh. Padahal upaya yang benar, cukup pada bagian pegal linu.

Salah satu bagian tubuh yang tidak boleh dipijat, yakni tulang belakang. Bagian ini dimulai dari leher hingga tulang ekor. Memijat bagian yang tidak seharusnya justru berbahaya. Bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit.

Selain pemijatan, lakukan juga peregangan sebagai obat pegal linu alami. Prinsipnya, semakin lentur otot, maka semakin kecil kemungkinan otot menjadi kaku. Peregangan merupakan kegiatan yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pisang dan Kunyit

ilustrasi buah pisang/Photo by Elena Koycheva on Unsplash
ilustrasi buah pisang/Photo by Elena Koycheva on Unsplash

Pisang

Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan, pisang dapat menghasilkan energi yang setara dengan minuman energi. Mengonsumsinya memang tidak bisa meredakan nyeri karena pegal, tetapi lemasnya bisa dipulihkan.

Pisang kaya akan potasium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina dan menangkal badan lemas. Pisang dapat menjadi pilihan yang mudah dan lezat sebagai salah satu sumber energi untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa alami yang disebut curcumin. Senyawa ini bisa diandalkan sebagai obat pegal linu alami karena efektif mengatasi peradangan. Curcumi akan berfungsi menurunkan kadar dua enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan membantu memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah. Ini membantu meringankan rasa sakit pada keseleo, memar, pegal linu, dan radang sendi.

Gandum Utuh

Ilustrasi Gandum | Credit: pexels.com/Foodie
Ilustrasi Gandum | Credit: pexels.com/Foodie

Tubuh yang pegal linu, pasti disertai rasa lelah juga. Rasa lelah ini bisa diatasi dengan konsumsi gandum utuh. Pada dasarnya, tubuh yang lelah akan lebih mampu meredakan pegal linu secara alami.

Pemulihan lelah ini tidak melulu dengan nasi, tetapi gandum utuh atau whole wheat. Tak hanya membuat tubuh lebih berenergi dan fit lagi, tetapi kesehatan pencernaan akan mengikuti.

Gandum utuh dapat ditemukan pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan label kemasan supaya tidak keliru dengan produk gandum lainnya.

Jahe dan Garam Epsom

Ilustrasi jahe (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi jahe (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang berkhasiat meredakan pegal linu dan radang sendi. obat pegal linu alami ini akan mengatasi pembengkakan yang terjadi dan mempercepat penyembuhan nyeri karena pegal.

Untuk bisa merasakan manfaatnya, konsumsi saja jahe segar, teh jahe, atau kompresan jahe. Bahkan segelas seduhan jahe hangat bisa menetralkan tubuh dari racun. Menghangatkan dan merilekskan tubuh secara alami.

Garam Epsom

Garam epsom untuk berendam air hangat termasuk obat pegal linu alami. Garam epsom akan terurai menjadi magnesium dan sulfat. Senyawanya akan menjaga kesehatan otot secara alami.

Termasuk, mengendurkan otot tegang, pegal linu, dan sendi kaku karena langsung menyerap kulit. Garam ini pun bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Air ini akan bergerak ke seluruh sistem dalam tubuh.

Sehingga penggunaannya akan memudahkan meredakan peradangan, membuang racun, dan menyuplai nutrisi otot. Perhatikan juga warna urin untuk mengetahui kecukupan asupan air putih.

Biji Chia

Ilustrasi Biji Chia
Ilustrasi Biji Chia

Biji chia bisa membuat tubuh lebih fit dan berenergi. Secara tidak langsung, mengonsumsinya akan membuat tubuh lebih bisa mengatasi pegal linu dengan sendiri. Hal ini karena biji chia memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi tubuh.

Biji chia mampu menyerap air hingga 10 kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan, yang sangat berpengaruh terhadap stamina tubuh.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Webinar IDI Kota Sukabumi Bersama RS EMC Group di Vidio, Sabtu 21 November 2020 Pukul 13.00 WIB

Posted: 20 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penderita diabetes semakin meningkat sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif dan minim aktivitas fisik. Penyakit ini bisa menyerang siapapun bahkan tanpa pandang umur. 

Diabetes adalah suatu kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah, atau dikenal sebagai gula darah. Gejala diabetes bisa sangat ringan sehingga sulit dikenali pada awalnya.

Tanpa penanganan yang berkelanjutan dan hati-hati, penyakit ini dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko komplikasi berbahaya, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Ada dua faktor risiko diabetes yakni yang tidak dapat dicegah yaitu genetik, usia dan jenis kelamin. Ada juga faktor risiko yang dapat diubah diantaranya diet tidak sehat, merokok, stres, konsumsi alkohol, dan kegemukan.

Hal inilah yang membuat RS EMC Group bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sukabumi menggelar webinar mengenai perkembangan terbaru penyakit diabetes. Berikut jadwal dan detail acara selengkapnya:

Jadwal Webinar

Tim dokter di Klinik Fertilitas di RS EMC Tangerang.
Tim dokter di Klinik Fertilitas di RS EMC Tangerang.

Hari/Tanggal: Sabtu, 21 November 2020

Pukul: 13.00 WIB

Webinar ID: 835 9315 2552

Passcode: 947 342

Tema dan narasumber:

- Emergency Diabetes Update for GP's bersama dr. Pandang Tedi Adriyanto, Sp.PD. M.Sc

- Emergency Cardiovascular Update for GP's bersama dr. Bambang Widyantoro, Sp. JP, PhD

- Spine Management Update for GP's bersama dr. Harmantya Mahadhipta  Sp.OT (K) Spine.

Anda bisa bergabung dalam acara tersebut dengan menyaksikannya secara live streaming via platform Vidio. Yuk, streaming webinar IDI Sukabumi bersama RS EMC Group sekarang.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pastikan Pasokan Pupuk Bersubsidi, Jajaran Direksi Petrokimia Blusukan ke Daerah

Posted: 20 Nov 2020 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memastikan lancarnya penyaluran pupuk bersubsidi ke semua masyarakat yang membutuhkan, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo blusukan ke sejumlah daerah, hal itu sesuai dengan program pemerintah.

"Saya bersama dua direksi Petrokimia lainnya (Direktur Operasi dan Produksi Digna Jatiningsih dan Direktur Keuangan dan Umum Dwi Ary Purnomo) rutin blusukan menemui distributor sekaligus meninjau langsung ketersediaan pupuk bersubsidi di gudang," kata Dwi Satriyo di Gresik, Jumat, 20 November 2020.

Kegiatan blusukan telah dilaksanakan sejak Oktober 2020 di Yogyakarta, kemudian Jawa Timur (Bojonegoro, Madiun, Probolinggo, Pasuruan), Jawa Tengah (Boyolali, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Semarang, Solo, dan Pekalongan), dilansir dari Antara.

"Terbaru di Nusa Tenggara Barat (Lombok Timur), serta akan berlanjut hingga ke daerah lainnya di tanah air selama musim tanam," kata Dwi, kepada wartawan.

Ia menuturkan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai alokasi atau penugasan pemerintah untuk mendukung musim tanam Oktober 2020-Maret 2021.

"Ketersediaan pupuk menjadi faktor yang sangat vital saat musim tanam, apalagi peningkatan produktivitas pertanian tidak sekadar menjaga ketahanan pangan tapi juga sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional akibat wabah Covid-19," ujar Dwi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Alokasi Pupuk Subsidi Nasional

Petrokimia Gresik Siaga Musim Tanam
Petrokimia Gresik Siaga Musim Tanam

Secara nasional, lanjut Dwi, pemerintah telah menambah alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 951 ribu ton, atau dari 7,9 juta ton menjadi 8,8 juta ton. Sedangkan penugasan Petrokimia Gresik bertambah sebanyak 258.832 ton, naik dari 4,7 juta ton menjadi 4,9 juta ton.

"Penambahan ini sangat vital untuk menjaga ketahanan pangan nasional melalui peningkatan produktivitas pertanian di tengah wabah COVID-19," ujarnya.

Oleh karena itu, Dwi Satriyo mengimbau kepada distributor untuk terus melakukan penebusan pupuk-pupuk bersubsidi untuk selanjutnya didistribusikan kepada kios-kios resmi yang tersebar di NTB.

"Kami bersama distributor berkomitmen dan menjamin bahwa pupuk bersubsidi akan selalu tersedia di seluruh gudang penyangga sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan akan disalurkan sesuai dengan alokasi dari pemerintah," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: