Senin, 23 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pilkada Serentak 2020, Ridwan Kamil Ingatkan Tertib Protokol Kesehatan

Posted: 23 Nov 2020 11:14 PM PST

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan semua pihak untuk tertib protokol kesehatan pencegahan Covid-19 agar tidak ada klaster saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Untuk diketahui, Pilkada Serentak 2020 di Jabar digelar di delapan daerah, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, meminta TNI/Polri untuk intens mengawasi dan mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, terutama saat pencoblosan berlangsung.

"Kita harus jadi contoh, saya titip semua di sini harus menjadi teladan. Kepemimpinan yang baik adalah dengan keteladanannya sebagai individu yang tidak boleh salah, penjagaan protokol kesehatan dilakukan dimulai dari diri sendiri," katanya ketika memberi amanat dalam Apel Gelar Pasukan TNI-Polri sebagai kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (24/11/2020).

Emil berharap TNI-Polri memberi rasa kondusif di Jabar selama pelaksanaan pilkada. Menurutnya, selama 10 tahun gelaran Pilkada di Jabar selalu kondusif tidak ada pelanggaran ataupun kericuhan.

Selain itu, Emil menyatakan saat Pilkada berlangsung tidak lepas dari semangat silih asah, silih asih, dan silih asuh, yang dipegang teguh masyarakat Jabar.

"Kata silih itu artinya saling memberikan kebaikan, apabila kita ramah dan baik, Insya Allah masyarakat juga ramah dan baik. Karena pada dasarnya masyarakat Jabar itu someah hade ka semah," ucapnya.

"Jaga netralitas di tujuh wilayah Polda Jabar dan satu wilayah Polda Metro Jaya. Jangan sampai ada yang bermain politik praktis," katanya menambahkan.

Edukasi Masyarakat

TNI/Polri, kata Emil, dapat mengajak tokoh masyarakat untuk sama-sama mengedukasi masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Mari bangun kepercayaan publik, diperlakukan dengan cara kita hadir di tengah masyarakat, melakukan ketegasan humanis," katanya.

Selain itu, Emil juga berpesan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar untuk menyiapkan skenario terbaik supaya kerumunan dapat dihindari saat pencoblosan berlangsung.

"Saya titip kepada para panitia untuk memastikan kita harus juara dalam penyelenggaraan protokol kesehatan 3M saat Pilkada Serentak 2020 berlangsung," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung Tangkap Buronan ke 115, Kades Tilep Dana Desa Rp 960 Juta

Posted: 23 Nov 2020 11:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Kejati Riau, bersama Kejati Sumatra Utara berhasil meringkus Sarpin (48) buronan tersangka kasus korupsi Pengelolaan Aanggaran Pendapat dan Belanja Desa (APBDesa) mencapai Rp960 juta.

"Ditetapkan sebagai Tersangka dalam Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Aanggaran Pendapat dan Belanja Desa (APBDesa) Desa Bulungihit Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun Anggaran 2016 s/d 2019 yang diduga Sarpin telah menyebabkan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp 960.000.000," kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Hari Setiyono dalam keteranganya, Selasa (24/1/2020).

Kendati demikian, setelah ditetapkan sebagai tersangka, namun ketika dipanggil untuk memberikan keterangan di Kejaksaan Negeri Labuan Batu, yang bersangkutan tak kunjung memenuhi panggilan.

"Walaupun sudah dipanggil secara patut sebanyak tiga kali dan ketika dicek ulang ke alamat tempat tinggalnya, yang bersangkutan tidak lagi tinggal di rumah tersebut. Oleh karena itu kemudian saudara Sarpin dimasukan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan dinyatakan buron," jelasnya.

Oleh sebab itu, Tim Tabur melakukan pemantauan dan setelah dapat dipastikan titik kordinat keberadaan Tersangka, akhirnya Sarpin berhasil diamankan di Desa Siberida RT. 09 Kecamatan Batang Gangsal Kabupaten Indragiri Hulu Riau tanpa perlawanan pada hari Senin (23/11) sekitar pukul 18.30 WIB.

"Selanjutnya Sarpin dibawa ke Medan guna diperiksa kesehatan dan ditest Rapid Covid untuk selanjutnya diserahkan kepada Jaksa Penyidik pada Kejaksaan Negeri Labuhan Batu guna dilakukan penahanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan menjalani proses penyidikan perkara selanjutnya," jelasnya.

Tak Tempat Aman Bagi Pelaku Kejahatan

Sementara itu, Hari menyebutkan keberhasilan menangkap Sarpin merupakan yang ke 115 Tim Tabur Kejaksaan RI meringkus buronan.

"Dari berbagai wilayah, baik dalam kategori tersangka, terdakwa, maupun terpidana.

Program Tangkap Buronan (Tabur) 31.1 digulirkan oleh bidang Intelijen Kejaksaan RI dalam memburu buronan pelaku kejahatan baik yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Kejaksaan maupun instansi penegak hukum lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia dan melalui program ini, kami pesan bahwa tidak ada tempat yang aman bagi pelaku kejahatan," pungkasnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Gembira dari Sumut Terkait Covid-19, Angka Kesembuhan Lampaui Dunia

Posted: 23 Nov 2020 11:10 PM PST

Liputan6.com, Medan Kabar menggembirakan dari Sumatera Utara (Sumut) terkait kasus virus corona Covid-19. Angka Kesembuhan di provinsi ini per 22 November 2020 mencapai 82,45 persen atau meningkat 0,61 poin dibandingkan minggu sebelumnya, yaitu 81,84 persen.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan mengatakan, angka kesembuhan di Sumut sudah jauh melampaui angka kesembuhan dunia, yaitu sebesar 69,22 persen dan terus mendekati angka kesembuhan nasional yang mencapai 84,00 persen.

"Tren yang baik dari perkembangan Covid-19 Sumut, tetap harus disadari bahwa kita masih berada pada masa pandemi," kata Whiko, Selasa (24/11/2020).

Disampaikannya, sampai saat ini masih adanya ditemukan penderita Covid-19 positif yang baru, sehingga tetap membutuhkan kewaspadaan dan konsistensi masyarakat Sumut untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Secara akumulasi, kasus Covid-19 di Sumut sejak awal pandemi hingga 23 November 2020 didapatkan 14.988 penderita. Pasien sembuh mencapai 12.369 orang dan 595 penderita meninggal dunia.

"Penderita Covid aktif Sumut 2.024 orang. Dari angka tersebut, 1.525 penderita melaksanakan isolasi mandiri dan 499 penderita lainnya dirawat isolasi di rumah sakit," sebut Whiko.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Terapkan Protokol Kesehatan

Ilustrasi Masker (pixabay.com)
Ilustrasi Masker (pixabay.com)

Satgas Penanganan Covid-19 Sumut terus mengingatkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari guna memutus rantai penularan Covid-19 dengan menjalankan 3M, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Hindari Kerumunan, serta Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun.

"Lonjakan angka penderita Covid-19 akan kembali terjadi bila protokol kesehatan kita abaikan," pesan Whiko.

Pemerintah Pusat dan Satgas Covid-19 Sumut sejak awal telah mencanangkan gerakan pemakaian masker pelindung hidung dan mulut. Diharapkan masyarakat mengenakan masker di mana pun.

Kepada masyarakat disarankan, masker hanya dilepas pada saat tidur, mandi, berwudu, makan dan minum, sambil menjaga jarak dengan orang di sekitarnya.

"Jadikanlah protokol kesehatan ini menjadi bagian dari kebutuhan hidup kita yang diterapkan agar kita tetap sehat," Whiko menuturkan.

Pesan Satgas Covid-19 Sumut

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Edy Rahmayadi, juga meminta kepada kepala daerah kabupaten/kota terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing.

"Lakukan penindakan dan penegakan disiplin protokol kesehatan bagi yang mengabaikannya di daerah masing-masing," ucap Whiko menyampaikan pesan Edy.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Managing Director Emtek Sutanto Hartono: Vidio.com Berhasil jadi Platform Streaming Terbesar

Posted: 23 Nov 2020 11:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Managing Director of Emtek & CEO of SCTV, Sutanto Hartono, menilai pertumbuhan bisnis digital yang terjadi di Tanah Air semakin masif dan terus mengalami perkembangan. Kondisi tersebut membuat perusahaan terus bergerak untuk melahirkan berbagai inovasi baru.

Dia menceritakan, dalam mengelola bisnis digital yang selalu ditekankan adalah memulai dengan mimpi terlebih dahulu. Sebab, baginya hidup bermimpi adalah suatu gabungan untuk mengejar capaian atau tujuan yang diinginkan.

Bahkan dirinya pun tidak menyangka, salah satu lini bisnis di bawah Emtek Group seperti Vidio.com yang dibangunnya sudah menjadi platform besar.

"Dan kami memutuskan mungkin hidup bermimpi adalah campuran kami. Kami masuk dan kami telah berhasil menjadi platform streaming langsung terbesar yang elastis," kata dia dalam acara MMA Impact Forum, secara virtual di Jakarta, Selasa (24/11).

Dia menambahkan, keberhasilan Vidio.com juga tidak terlepas dari pada isi konten yang disajikan. Di mana di dalamnya banyak memuat dan mengedepankan serial atau konten-konten lokal.

"Akhirnya kembali ke konten lokal yang kita yakini sebenarnya konten lokal. adalah yang paling populer jadi kami sangat aktif dalam memproduksi serial lokal atau regional, tetapi Kami lebih fokus pada serial daripada filmnya," kata dia.

Sebelumnya, dia mengatakan pertumbuhan bisnis digital Vidio.com, meningkat signifikan selama pandemi Covid-19. dia melihat laporan adanya peningkatan dalam jumlah menit konsumsi tayangan pada 2019, yang naik 170 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau kita lihat di 2020 angka tersebut makin meningkat. Vidio.com juga mendapat penilaian dari Media Partners Asia, di kuartal pertama tahun ini dari sisi jumlah minute konsumsi, kita menduduki ranking nomor 3 di South East Asia. Itu mau kita pertahankan dan tingkatkan di masa mendatang," paparnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Vidio Raih Penghargaan Best Companies di Ajang HR Asia Awards 2020

Vidio berhasil meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik di Asia lewat ajang HR Asia Awards 2020. (Sumber: Dok. Vidio)
Vidio berhasil meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik di Asia lewat ajang HR Asia Awards 2020. (Sumber: Dok. Vidio)

Platform streaming Vidio berhasil meraih penghargaan sebagai tempat kerja paling baik di Asia lewat ajang HR Asia Awards 2020 yang digelar beberapa waktu lalu.

Menyisihkan ratusan perusahaan dari Indonesia dan 11 negara di Asia, Vidio dinilai memenuhi seluruh kriteria dan tolak ukur yang telah ditentukan.

Terpilihnya Vidio sebagai "Best Companies" merujuk pada industri dengan praktik kerja terbaik, tingkat employee engagement, serta cara kerja internal perusahaan. Selain itu, penilaian juga dilihat dari bagaimana keterlibatan emosional dalam dinamika tim di dalam perusahaan.

HR Asia Awards 2020 merupakan ajang bergengsi yang rutin diselenggarakan setiap tahun dengan melibatkan sejumlah negara di Asia. Antara lain China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, Kamboja, Korea Selatan, dan Vietnam.

Menanggapi hal tersebut, CEO Vidio, Sutanto Hartono berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung perusahaan ini.

"Terima kasih kepada HR Asia Awards 2020 karena telah menghadirkan Vidio sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia. Dan penghargaan ini tidak akan mungkin tanpa dukungan tulus dari tim kami yang telah bekerja keras," ujarnya dalam keterangan tertulis. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana Sekolah Tatap Muka, Wagub DKI Sebut Banyak yang Harus Disiapkan

Posted: 23 Nov 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, untuk rencana sekolah tatap muka harus mempersiapkan sejumlah hal. Salah satunya yakni fasilitas yang disediakan di sekolah.

"Berbagai fasilitas yang harus disiapkan dia sekolah-sekolah terkait wastafel, pengecekan suhu, hand sanitizer, kemudian ruangan jaga jarak, atur shift, membagi jam sekolah," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2020).

Kemudian, persiapan dari pihak siswa dan para wali murid. Sebab, pelaksanaan sekolah tatap muka digelar saat masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Selain itu, lanjut Riza, yaitu terkait data tren kurva penambahan kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota. Karena hal itu pihaknya belum dalam memberikan kepastian terkait rencana kembalinya sekolah tatap muka.

"Pada waktunya Pak Gubernur memutuskan setelah mendengar masukan para ahli, pakar, epidemiologi, instansi,dan koordinasi dengan kementerian, satgas pusat, dan pemerintah pusat," jelasnya.

Sekolah tatap muka Januari 2021

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengizinkan dibukanya kembali sekolah tatap muka meski Pandemi Covid-19 belum berakhir. Tetapi, dia berpesan agar pembukaan sekolah disesuaikan dengan kesiapan daerah tersebut.

"Pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah Kanwil kantor kewenangan untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah," kata Nadiem Jumat (20/11/2020).

"Di bawah kewenangannya ini bisa saja secara serentak ataupun bertahap, tergantung kepada kesiapan masing-masing daerah sesuai dengan deskripsi kepala daerahnya berdasarkan evaluasi kepala daerahnya mengenai mana yang siap, mana yang tidak," imbuh Nadiem di sela bersama sejumlah menteri terkait Pengumuman Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, 

Nadiem mengatakan kebijakan ini bisa diberlakukan mulai semester genap mendatang atau tahun ajaran 2020-2021.

"Jadinya bulan Januari 2021 jadi daerah dan sekolah diharapkan kalau siap untuk melakukan tatap muka kalau ingin mempertemukan harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun," pesan Nadiem.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan di Balik Sepinya Produk Baru Honda

Posted: 23 Nov 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) menjadi salah satu pabrikan yang pasif dalam menghadirkan produk baru di sepanjang tahun ini. Tercatat, Honda Civic Turbo Hatchback yang dirilis pada Februari lalu menjadi satu-satunya produk yang mereka luncurkan.

Padahal, menghadirkan produk baru menjadi salah satu strategi yang biasa dilakukan pabrikan otomotif untuk merangsang penjualan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini di mana penjualan di sektor otomotif tengah terjun bebas.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor, menyebut bahwa pandemi COVID-19 memberi dampak negatif yang signifikan bagi industri otomotif Indonesia.

Kondisi pasar yang tidak stabil akhirnya memaksa pihaknya untuk tidak meluncurkan produk baru.

"Sebelum menghadirkan produk baru, kami selalu melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen lebih dulu. Sedangkan, saat ini pasar otomotif Indonesia sedang tidak stabil, meski memang perlahan membaik. Jadi, kami rasa konsumen harus bersabar dulu," terang Yusak.

Karena itu, Honda tak muluk-muluk dalam merencanakan target di 2020.

 

Fokus Saat Ini

PT HPM saat ini mengaku tidak terlalu mengejar jumlah penjualan atau volume, tapi lebih berfokus untuk memulihkan market share mereka di pasar otomotif Indonesia, menjadi 14,4 persen, sama seperti 2019 lalu.

Tapi, di sisi lain, PT HPM mencatatkan prestasi tersendiri sepanjang pandemi COVID-19. Meski tanpa mobil baru, penjualan Honda secara online menyumbangkan lebih dari 50 persen penjualan retail.

Sumber: Otosia.com

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lubangi Melon dengan Jari, Perempuan Hokkaido Ditangkap Polisi

Posted: 23 Nov 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ulah seorang perempuan di Hokkaido, Jepang mungkin dapat membuat Anda geleng-geleng kepala. Polisi di Kota Kushiro, Prefektur Hokkaido mengumumkan penangkapan perempuan yang dicurigai menusuk 13 melon dengan jarinya.

Dilansir dari laman Soranews24, Selasa (24/11/2020), kejahatan tersebut terjadi pada 28 Juli lalu dan bermula ketika tersangka yang berusia 64 tahun memasuki supermarket. Namun, motif tindakan perempuan itu masih menjadi misteri. 

Ia diduga menusuk banyak melon milik pembuat roti dengan jarinya sekitar pukul 01.30 siang waktu setempat. Menariknya, melon tersebut buah sekadar melon biasa, tetapi melon Yubari King.

Melon jenis ini begitu populer dan kerap menjadi sorotan karena harganya yang tak murah. Melon yang ditusuk dengan jari itu jika digabungkan bernilai 14 ribu Yen Jepang atau sekitar Rp1,9 juta.

Cerita lain menarik lainnya adalah tidak ada kamera keamanan yang menangkap aksi sang pelaku. Hal ini membuat tidak jelas bagaimana polisi akhirnya berhasil melacak pelakunya.

Motif tersangka melubangi melon-melon pun belum terungkap. Kendati demikian, tak sedikit dari warganet yang berasumsi terkait kejadian ini.

Kata Warganet

Perempuan Hokkaido ditangkap setelah melubangi melon mahal dengan jarinya. (Screenshot Twitter @RamusInferior)
Perempuan Hokkaido ditangkap setelah melubangi melon mahal dengan jarinya. (Screenshot Twitter @RamusInferior)

Warganet menuliskan tanggapan mereka terkait kasus unik ini. Komentarnya pun beragam, dari soal pernah melihat aksi di film hingga rasa heran akan tindakan pelaku dengan ulahnya tersebut.

"Saya pernah melihat ini di film. Ini semacam pelatihan kung fu untuk pertempuran jarak dekat," tulis seorang warganet.

"Apakah menyenangkan melakukan itu?" kata lainnya. "Saya ingin tahu apakah jarinya terluka karena itu," lanjut warganet lain.

"Saya membaca tentang orang-orang yang sangat menyukai perasaan saat menembus buah," lanjut warganet lain.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkonfirmasi Covid-19, Wali Kota Azis Tulis Sepucuk Surat untuk Warga Cirebon

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menulis sepucuk surat usai dirinya terkonfirmasi covid-19. Dalam surat tersebut dia memberitahu kondisi terbarunya saat menjalankan isolasi mandiri.

Surat tersebut dibacakan langsung oleh Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati kepada media. Seraya membacakan surat, Eti mengabarkan saat ini Azis sedang menjalani isolasi mandiri di kediaman dinasnya.

"Saya membacakan surat yang ditulis langsung oleh Bapak Wali Kota Nashrudin Azis dan kabar terbaru semakin membaik," ucap Eti, Senin (23/11/2020).

Dalam surat itu, dia menyampaikan Wali Kota Cirebon dinyatakan terpapar pada pekan lalu. Kondisi Wali Kota Azis saat ini perlahan membaik.

Azis menuliskan selama isolasi mandiri, dia rutin berolahraga dan mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter. Isolasi Wali Kota Azis dalam pengawasan tim medis.

"Namun, kondisi saya saat ini membaik. Memang sebelumnya sempat flu, tapi saat ini kondisi saya sudah lebih baik," tulis Azis dalam surat yang dibacakan Eti Herawati.

Ajudan Negatif Covid-19

Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengakui dirinya terkonfirmasi positif covid-19. Foto (Istimewa)
Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengakui dirinya terkonfirmasi positif covid-19. Foto (Istimewa)

Eti mengaku tidak mengetahui asal muasal Azis terpapar Covid-19. Padahal, selama aktivitas kedinasan, Azis diketahui selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Ajudan wali kota beserta asisten pribadi hasil tes swab-nya negatif. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," ujar Eti.

Dalam surat tersebut, Azis meminta kepada seluruh warga Kota Cirebon untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Menurutnya, siapa pun bisa terpapar covid-19 tanpa terkecuali.

Dia memastikan roda pemerintahan tetap berjalan dan tidak ada kendala yang dihadapi. Azis mengaku sudah berkoordinasi dengan wakil wali kota dan sekretaris daerah (Sekda) untuk tetap menjalankan roda pemerintahan.

"Saya juga mohon doa dari seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk bisa menjalani isolasi dengan baik dan sembuh seperti semula," ungkap Azis.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksesori Koenig Buatan Indonesia Curi Perhatian Penggemar Brompton hingga Mancanegara

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Melesatnya popularitas Brompton di Indonesia membuat salah satu perusahaan manufaktur lokal memutuskan untuk memproduksi aksesori khusus sepeda yang harganya mencapai puluhan juta tersebut.

Menggunakan merek Koenig atau raja dalam bahasa Jerman, aksesori-aksesori ini diklaim memakai material dan standar produksi yang biasa diterapkan industri komponen presisi dan penerbangan.

Direktur Pemasaran PT. Helix Bike Indonesia, distributor tunggal Koenig, Utjang mengatakan sebagai produsen yang telah lama memproduksi dan mengekspor produk presisi tinggi ke Eropa, Asia dan Amerika, mendengar keluhan sekelompok pemilik sepeda lipat Brompton soal kualitas aksesori impor yang membanjiri pasar Indonesia.

"Kualitas semua aksesori tersebut dianggap tidak memuaskan baik dari sisi daya tahan, keamanan dan desain. Kami lantas merasa tertantang dan mempelari semua yang dibutuhkan untuk memuaskan mereka, sampai akhirnya melahirkan Koenig pada 4 Oktober lalu," kata Utjang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/11/2020).

 

 

Curi Perhatian Pasar Mancanegara

Lebih lanjut dia mengatakan ini menjadi aksesori sepeda pertama di dunia yang diproduksi dengan standar manufaktur industri penerbangan. Pemilihan material, proses perancangan, hingga manufaktur dilakukan dengan perhatian tinggi pada detail keamanan, kekuatan dan nilai seni.

"Koenig mengisi kebutuhan pasar premium, karena itu kami memberi kualitas yang keamanan, kekuatan dan nilai seninya belum pernah dibuat oleh manufaktur aksesori sepeda manapun di dunia," lanjut Utjang.

Meski belum berumur tiga bulan, respons pasar sangat positif. Bukan hanya di pasar di Indonesia, namun juga di Singapura, Malaysia, Phillipines dan HongKong. Pelanggan pun  mengaku tak hanya sangat puas tapi menganggap Koenig sukses membuat "new benchmarking" pada industri global aksesori sepeda.

 

Ada Empat Jenis Aksesori

Kini ada empat jenis aksesori Koenig yang beredar di pasaran, di antaranya easy wheel (roda penopang untuk mobilisasi sepeda Brompton ketika dalam keadaan terlipat), seat post clamp (pengunci tonggak sadel), seat post stopper (pelindung tonggak sadel) dan rackshaft (poros pasang easy wheel).

Easy wheel mempunyai tiga aliran desain, kurve, kiriko dan hanami, yang secara keseluruhan menghasilkan 18 varian, seat post clamp punya satu varian dengan aliran desain feinmechanik, rack shaft punya satu varian dan terakhir, seat post stopper, punya tiga varian.

"Material utama semua produk ini adalah inox , aluminium kelas pesawat terbang dan titanium kelas pesawat terbang yang tahan segala macam cuaca, handal untuk pemakaian jangka panjang serta memberi penampilan istimewa," pungkas Utjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Champions Grup A-D: Inter Milan di Ujung Tanduk

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Inter Milan berada di posisi ujung tanduk saat menghadapi Real Madrid pada match day ke-4 Liga Champions. Inter Milan bisa terdegradasi ke Liga Europa atau bahkan posisi buncit kalau gagal menang di laga nanti.

Berkaca kepada tabel klasemen Liga Champions, ada raksasa Eropa yang diprediksi gugur di fase grup. Tidak tanggung-tanggung, salah satu klub yang berpeluang tersingkir adalah Inter Milan.

Ya, Pasukan Antonio Conte terancam gagal melangkah lebih jauh. Itu karena mereka ada di dasar klasemen grup B. Jika ingin menjaga peluang lolos, Inter Milan harus menang di match day ke-4.

Celakanya, yang akan menjadi lawan mereka adalah Real Madrid. Karim Benzema dkk. mengalahkan Inter Milan 3-2 pada match day ketiga.

Berbeda dengan Inter Milan, Bayern Munchen, Manchester City, dan Liverpool justru dalam posisi yang lebih menguntungkan. Ketiga tim tersebut justru bisa saja lolos ke fase 16 besar andai menang di match day ke-4.

Berikut klasemen grup A-D Liga Champions.

Grup A

Pemain RB Salzburg Rasmus Kristensen (kiri) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski pada pertandingan Grup A Liga Champions di Salzburg, Austria, Selasa (3/11/2020). Bayern Munchen menang 6-2. (AP Photo/Andreas Schaad)
Pemain RB Salzburg Rasmus Kristensen (kiri) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski pada pertandingan Grup A Liga Champions di Salzburg, Austria, Selasa (3/11/2020). Bayern Munchen menang 6-2. (AP Photo/Andreas Schaad)

Grup B

Bek Real Madrid, Sergio Ramos, mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (4/11/2020). Real Madrid menang dengan skor 3-2. (AP/Bernat Armangue)
Bek Real Madrid, Sergio Ramos, mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga Liga Champions di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (4/11/2020). Real Madrid menang dengan skor 3-2. (AP/Bernat Armangue)

Grup C

Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan) berebut bola dengan pemain Olympiacos Mathieu Valbuena pada pertandingan Grup C Liga Champions di Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa (3/11/2020). Manchester City mencukur Olympiacos dengan skor 3-0. (AP Photo/Dave Thompson)
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan) berebut bola dengan pemain Olympiacos Mathieu Valbuena pada pertandingan Grup C Liga Champions di Etihad Stadium di Manchester, Inggris, Selasa (3/11/2020). Manchester City mencukur Olympiacos dengan skor 3-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Grup D

Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Diogo Jota ke gawang Atalanta pada laga lanjutan Liga Champions 2020/2021 di Gewiss Stadium, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-0 atas Atalanta. (AFP/Miguel Medina)
Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Diogo Jota ke gawang Atalanta pada laga lanjutan Liga Champions 2020/2021 di Gewiss Stadium, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-0 atas Atalanta. (AFP/Miguel Medina)

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Internet Naik, Temasek Lirik Potensi Investasi Ekonomi Digital di Indonesia

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Chief Investment Strategist Temasek, Rohit Sipahimalani menilai ekonomi digital Indonesia tetap mampu menjadi kampiun di kawasan Asia Tenggara. Menyusul pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet baru akibat pandemi Covid-19.

"Kami masih melihat potensi yang besar dari ekonomi internet Indonesia untuk tetap menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini karena pertumbuhan yang didorong oleh besarnya jumlah pengguna internet yang sangat aktif dan bahkan semakin aktif menggunakan internet karena pandemi," paparnya dalam webinar Laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, Selasa (24/11).

Rohit mengatakan, banyaknya pengguna baru internet berpotensi memunculkan prospek untuk usaha-usaha baru di Indonesia, khususnya di sektor e-commerce. Sehingga diyakini juga akan mendorong pertumbuhan untuk usaha yang sudah ada.

"Meski masih terlalu dini untuk memastikan hasilnya. Namun, kami memperkirakan pertumbuhan dan percepatan akan terus berlanjut di sektor ini dalam beberapa tahun ke depan," ucapnya.

Oleh karena itu, Temasek melihat adanya peluang-peluang investasi pada ekonomi digital Indonesia. Sebab, dinilai sejalan dengan tren struktural perusahaan untuk mendorong kemajuan sosial dengan memanfaatkan teknologi.

"Bersama dengan swasta, pemerintah, dan masyarakat, kami berkomitmen untuk turut membangun ekonomi yang lebih berkelanjutan melalui investasi berkualitas. Baik di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara lainnya," tutupnya.

Dahlan Iskan Jawab Ahok: Tak Mudah Ubah BUMN Jadi Seperti Temasek

Lama Menghilang, Dahlan Iskan Ternyata Mengidap Aorta Dissection (liputan6)
Lama Menghilang, Dahlan Iskan Ternyata Mengidap Aorta Dissection (liputan6)

Banyak orang berpendapat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seharusnya bisa bertranformasi menjadi superholding seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia dengan Temasek. Salah satu pendapat tersebut berasal dari Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan pun ikut ambil suara dalam pendapat tersebut, Menurutnya, Indonesia membutuhkan waktu lama untuk membentuk superholding seperti Tamasek.

Dahlan mengatakan, selama ini setiap kali pembentukan holding disuarakan maka selalu muncul suara-suara penolakan dari segala sisi. Penolakan datang dari berbagai pihak terutama dari serikat buruh.

"Selama ini setiap kali dirancang pembentukan holding selalu saja ribut. Selalu terjadi penentangan yang keras dari masing-masing internal perusahaan. Terutama dari serikat buruhnya," ujar Dahlan, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Sulitnya pembentukan holding di BUMN selama ini antara lain, karena harus lewat persetujuan DPR. Setidaknya perlu proses politik yang sangat panjang dan DPR belum tentu setuju.

"Nah, siapa tahu pemerintah sekarang sudah sangat yakin bahwa DPR yang sekarang bukan masalah lagi. Awalnya saya termasuk yang setuju dengan pembentukan superholding secepatnya. Sekaligus sebagai tanda berakhirnya Kementerian BUMN," jelasnya.

Jika memaksakan membentuk holding BUMN maka pemerintah harus banyak mengubah undang-undang yang sudah ada saat ini. Salah satu contohnya adalah undang-undang perbankan.

"Tapi akhirnya saya tahu begitu banyak UU yang harus diubah. Terutama UU Perbankan. Apakah realistis memaksakannya? Tapi siapa tahu BTP memang bisa. Siapa tahu segera ada omnibus law untuk pembentukan superholding itu. Kalau itu benar-benar terjadi seperti di video BTP Presiden Jokowi pun dan BTP akan tercatat abadi dalam sejarah BUMN," paparnya.

Melihat banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk membentuk holding per sektor sejak jaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Presiden Jokowi maka setidaknya butuh waktu 10 periode kepresidenan untuk membentuk BUMN mirip Tamasek.

"Kalau satu masa jabatan presiden bisa melahirkan dua holding, mungkin diperlukan 10 periode kepresidenan. Untuk bisa sampai ke terbentuknya superholding seperti Temasek. Itu pun kalau gelombang politik tidak berubah," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini publik sedang menikmati proses pencarian penyanyi berbakat di Indonesian Idol. Ya, sejak 16 November 2020, Indonesian Idol menggelar audisi. Banyak sekali peserta yang berhasil lolos ke babak selanjutnya Indonesia Idol musim ke-11.

Tak hanya menemukan penyanyi bersuara merdu, ajang pencarian bakat yang memiliki tagline "Idol A New Chapter" juga terdapat peserta cewek yang parasnya curi perhatian. Para peserta cewek ini memiliki wajah cantik memesona hingga membuat juri terpukau.

Mulai dari Femila Sinukaban yang disangka Anang Hermansyah memiliki keturunan bule hingga Melisa Hartanto seorang wedding singer yang dipuji Rossa berkulit mulus putih. Para peserta audisi berparas cantik ini berhasil membuat juri memuji gaya penampilan mereka. 

Penasaran kan siapa saja peserta cewek audisi Indonesian Idol yang curi perhatian? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, peserta cewek audisi Indonesian Idol yang curi perhatian, Selasa (24/11/2020).

 

1. Femila Sinukaban, peserta dari Medan ini berhasil curi perhatian. Anang bahkan menyebutnya ada keturunan bule, namun Femila bilang ia 100% dari Karo, Medan.

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/femilasinukaban)
6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/femilasinukaban)

2. Kecantikan dan suara merdu dari cewek bernama Chieka Annisa ini juga memukau juri. Ia berasal dari Tangerang.

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/chiekannisa)
6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/chiekannisa)

3. Melisa Hartanto berhasil memukau juri berkat penampilannya yang apik. Wedding singer asal Surabaya ini menuai pujian dari juri.

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/femilasinukaban)
6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/femilasinukaban)

4. Nia Tobing, perempuan asal Tarutung, Sumatera Utara ini juga berhasil mendapatkan golden ticket dengan membuat juri terpukau.

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/niatobing70)
6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/niatobing70)

5. Paras memesona dan suara merdu dari Annisa Nur Fauzi berhasil membuatnya lolos ke babak selanjutnya. Annisa berasal dari Bandung.

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/annisanur_fauzi)
6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/annisanur_fauzi)

6. Penampilan memukau juga ditunjukkan oleh Putri Jasmine. Cewek asal Jakarta ini menuai banyak pujian dari juri.

6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/pujaane)
6 Peserta Cewek Audisi Indonesian Idol Ini Curi Perhatian, Juri Terpukau (sumber: Instagram.com/pujaane)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Pasien COVID-19 Meningkat, Koordinator RSD Wisma Atlet Imbau Masyarakat Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menilik kenaikan pasien COVID-19 yang dirawat, Koordinator RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Tugas Ratmono mengingatkan masyarakat jangan sampai lengah dalam menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat, kata Tugas, sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

"Kami tidak bosan-bosannya mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, yakni jaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengengalir," tutur Tugas saat sesi Bincang Editor, Meredam Cluster COVID-19, Senin (23/11/2020).

"Kami selaku garda terakhir (tenaga kesehatan) penanganan COVID-19 mengingatkan betul, jangan sampai lengah bagi garda terdepan (masyarakat) protokol kesehatan. Upaya ini harus dilakukan semua unsur masyarakat."

Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian melaporkan, perkembangan jumlah pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet hari ini, 24 November 2020.

"Pasien rawat inap terkonfirmasi positif di Tower 6 dan 7 hari ini, total 2.075 orang, dengan rincian 1.037 pria, 1.038 wanita. Jumlah ini bertambah 12 orang dari hari kemarin," lapor Aris dalam keterangannya, Selasa (24/11/2020).

"Pasien rawat inap di Tower 4 dan 5 sebesar 1.290 orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 113 orang. Rinciannya, 691 pria dan 599 wanita."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tenaga Kesehatan Masih Mencukupi

Tim medis yang mengantar pasien COVID-19 melapor kepada petugas penjaga saat tiba di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Jumlah pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet yang semula 1.580 orang kini menjadi 1.667 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Tim medis yang mengantar pasien COVID-19 melapor kepada petugas penjaga saat tiba di RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Jumlah pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet yang semula 1.580 orang kini menjadi 1.667 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Secara umum dari data per 23 November 2020, Tugas menyebut, tingkat keterisian tempat tidur pasien yang dirawat di Tower 6 dan 7 RSD Wisma Atlet hampir 74 persen. Sementara itu, keterisian tempat tidur untuk isolasi mandiri di Tower 4 dan 5 hampir 40 persen.

"Kondisi sekarang (pasien yang dirawat) sudah mulai menanjak (bertambah). Kami tetap memberikan pelayanan dengan baik dan tenaga kesehatan masih mencukupi," katanya.

"Dalam hal alat penunjang kesehatan, dukungan psikologi, dan sosial untuk tenaga kesehatan juga mencukupi. Sampai saat ini, mereka bekerja tanpa terkendala."

Semangat Bekerja Tanpa Lelah

Tenaga kesehatan dan nonkesehatan bertepuk tangan selama 56 detik pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di RSD Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (12/11/2020). Aksi tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berjuang menghadapi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tenaga kesehatan dan nonkesehatan bertepuk tangan selama 56 detik pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di RSD Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (12/11/2020). Aksi tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berjuang menghadapi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengendali Lapangan RSD Wisma Atlet M Arifin mengatakan, para tenaga kesehatan di Wisma Atlet bekerja tanpa lelah. Mereka tetap semangat untuk merawat pasien demi mencapai kesembuhan.

"Kami di sini, para tenaga medis sudah bekerja tanpa lelah dari Maret 2020 sampai saat ini. Tentunya, dengan semangat yang luar biasa dari rekan-rekan di lapangan," ucap Arifin melalui video yang diterima Health Liputan6.com.

"Kami harapkan masyarakat bisa bekerja sama juga. Walaupun kami punya slogan, pantang pulang sebelum tumbang, tetapi harus dibarengi dengan kebersamaan dalam menangani pandemi."

Lebih lanjut, Arifin menyoroti, masyarakat masih terlihat berkumpul dan berkerumun, yang mana mreka berpotensi tertular COVID-19. Ia pun meminta masyarakat mewaspadai potensi penularan COVID-19 dari kerumunan.

"Mohon diwaspadai, itu (terlibat kerumunan) sebaiknya tidak dilakukan oleh masyarakat. Selama pandemi ini, kita semua harus mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menengok Bayi Penguin yang Baru Lahir di Australia

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Seekor bayi penguin dipegang oleh penjaga Kerrie Dixon di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (18/11/2020). Penguin yang tertua menetas pada pertengahan Oktober lalu, sedangkan yang termuda baru menetas dua pekan lalu. (Xinhua)
Seekor bayi penguin dipegang oleh penjaga Kerrie Dixon di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (18/11/2020). Penguin yang tertua menetas pada pertengahan Oktober lalu, sedangkan yang termuda baru menetas dua pekan lalu. (Xinhua)

Seekor bayi penguin dipegang oleh penjaga Kerrie Dixon di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (18/11/2020). Penguin yang tertua menetas pada pertengahan Oktober lalu, sedangkan yang termuda baru menetas dua pekan lalu. (Xinhua)

Seekor bayi penguin terlihat di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (22/11/20202). Pihak akuarium tersebut mengumumkan kelahiran bayi penguin Gentoo pada Minggu (22/11). (Xinhua)
Seekor bayi penguin terlihat di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (22/11/20202). Pihak akuarium tersebut mengumumkan kelahiran bayi penguin Gentoo pada Minggu (22/11). (Xinhua)

Seekor bayi penguin terlihat di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (22/11/20202). Pihak akuarium tersebut mengumumkan kelahiran bayi penguin Gentoo pada Minggu (22/11). (Xinhua)

Seekor bayi penguin dipegang oleh penjaga di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (18/11/2020). Penguin yang tertua menetas pada pertengahan Oktober lalu, sedangkan yang termuda baru menetas dua pekan lalu. (Xinhua)
Seekor bayi penguin dipegang oleh penjaga di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (18/11/2020). Penguin yang tertua menetas pada pertengahan Oktober lalu, sedangkan yang termuda baru menetas dua pekan lalu. (Xinhua)

Seekor bayi penguin dipegang oleh penjaga di Sea Life Aquarium Sydney di Sydney, Australia (18/11/2020). Penguin yang tertua menetas pada pertengahan Oktober lalu, sedangkan yang termuda baru menetas dua pekan lalu. (Xinhua)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Sterilisasi Kampus Unej Diperpanjang

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya- Sterilisasi kampus Universitas Jember (Unej) kembali diperpanjang, mulai 23 sampai 29 November 2020. Alsannya, masih ada warga kampus yang terpapar Covid-19 dan tenaga kependidikan yang meninggal akibat Covid-19.

Perpanjangan sterilisasi kampus itu tertuang dalam Surat Edaran No 17725/UN25/TU/2020. Lewat sudar edaran itu, Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 akan dilakukan perpanjangan waktu untuk sterilisasi.

"Sterilisasi meliputi disinfeksi dan penyinaran sinar ultra violet di kantor pusat dan seluruh unit kerja di lingkungan kampus Unej," ujarnya seperti yang dikutip dari Antara, Senin (23/11/2020).

Perpanjangan waktu sterilisasi juga membuat kegiatan atau layanan di kantor pusat dan seluruh unit kerja di Unej dilakukan secara daring.

Ia juga meminta kepada dosen dan tenaga kependidikan yang merasa ada keluhan dan gejala kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19 agar segera menghubungi Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Corona Virus Desease (TTDKB Covid-19) Unej.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Iskandar Nangis Terharu Dapat Surat Cinta dari El Barack

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar mengunggah sebuah surat yang ditulis oleh putranya, El Barack Alexander. Putranya itu menuangkan rasa cintanya kepada Jessica Iskandar melalui sepucuk surat yang ditulis langsung oleh El.

Dalam suratnya yang ditulis dalam bahasa Inggris, El berharap Jessica Iskandar juga mencintainya. Tak hanya memberi surat, El barack juga membacakannya langsung kepada sang ibunda.

"I hope that you can love me so much and I really love you so so much. And you are amazing because you are the best thing that ever happen to me," kata El Barack dalam unggahan Jessica Iskandar pada Senin (23/11/2020).

 

Minta Maaf

Jessica Iskandar dan El Barack. (Instagram/inijedar)
Jessica Iskandar dan El Barack. (Instagram/inijedar)

Tak hanya itu, El Barack juga meminta maaf atas kesalahan yang pernah ia perbuat.

"And I'm so sorry if I did anything wrong, because I love you so much. Do you love me, mom?" lanjut El Barack.

Begitu Tulus

Jessica Iskandar Nangis Terharu Dapat Surat Cinta dari El Barack. (instagram.com/inijedar)
Jessica Iskandar Nangis Terharu Dapat Surat Cinta dari El Barack. (instagram.com/inijedar)

Mendapati surat cinta tersebut, Jessica Iskandar terharu dan bahagia. Jessica Iskandar merasa begitu dicintai dengan tulus oleh El Barack.

"Omg EL tambah besar tambah manis dan mesra! Aku merasa di cintai dan itu adalah perasaan terbaik menjadi seorang ibu dengan and peran ganda. Cintanya bikin aku meleleh, cinta anak usia 6 tahun terasa begitu tulus," tulis Jessica Iskandar.

Ikut Terharu

Potret Kebersamaan Jessica Iskandar dan El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)
Potret Kebersamaan Jessica Iskandar dan El Barack. (Sumber: Instagram.com/inijedar)

Tak cuma Jessica Iskandar saja, surat dari El Barack itu juga berhasil membuat warganet yang melihatnya ikut terharu. Mereka ikut bangga dan bisa merasakan cinta yang begitu besar dari seorang anak kepada orangtuanya.

"Jadi terharuuu...sehat sellau ya EL & Momy nya," tulis @elenaesmaeil15.

"Duh El aku sampe mau nangis nih," timpal @sandy13957.

"alangkah bahagianya usia 6 th mengungkapkan perasaan hatinya thd maminya begitu dalam smg sll membanggakan klg," tambah @bambangtri63.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo Belum Berencana Rilis Smartphone Layar Gulung

Posted: 23 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo sudah mengungkapkan konsep smartphone gulung, X 2021, beberapa waktu lalu. Namun, perusahaan belum ada rencana untuk merilisnya ke pasar dalam waktu dekat.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (24/11/2020), hal tersebut diungkapkan oleh Oppo dalam keterangan tertulis kepada Android Authority.

"Meskipun tidak ada rencana untuk mengomersialkan dalam jangka pendek, ini akan menjadi panduan untuk transformasi dan evolusi dari faktor bentuk produk masa depan," ungkap pihak Oppo.

"Mengomersialkan membutuhkan riset pasar dan pertimbangan bisnis, serta membutuhkan waktu," jelas perusahaan.

Oppo X 2021 dapat memperluas layar dari 6,7 inci menjadi 7,4 inci. Hal ini berkat panel yang dapat digulung dan mekanisme sliding bertenaga motor untuk membukanya.

Oppo diprediksi menunggu layar fleksibel yang lebih tahan lama sebelum mengembangkan smartphone gulung untuk dirilis ke pasar.

Perusahaan di Balik Produksi Layar Gulung Oppo X 2021

Perusahaan di balik produksi layar gulung Oppo X 2021 akhirnya terungkap. BOE merupakan perusahaan yang berada di balik pengembangan teknologi layar tersebut.

Mengutip laporan dari Sparrows News, informasi ini diungkapkan langsung oleh Vice President BOE, Yuan Feng, di media sosial Weibo.

Penjelasan BOE

Yuan Feng mengungkapkannya saat mengomentari seorang blogger di Weibo. BOE disebut sebagai perusahan yang memproduksi layar unik tersebut.

Untuk menciptakan transisi yang mulus dan panel tanpa lipatan, BOE memberikan know-how kepada Oppo untuk menyusun zonal frame, sehingga penggulungan dan peregangan terlihat sealami mungkin.

Di luar panel, semuanya dikerjakan oleh Oppo termasuk bagaimana UI bereaksi terhadap perubahan format perangkat.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Video Jenazah Bocah Dibawa dengan Motor

Posted: 23 Nov 2020 10:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video viral seorang bocah di Bogor meninggal dibawa menggunakan motor karena rumah sakit tidak memiliki ambulans khusus jenazah viral di sosial media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Sebut Perbaikan Ekonomi Indonesia Sudah Mulai Terlihat

Posted: 23 Nov 2020 10:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebutkan, tanda-tanda pemulihan ekonomi Indonesia sudah mulai terlihat meski pandemi Covid-19 masih belum mereda.

Hal itu terlihat dari proyeksi ekonomi International Monetary Fund (IMF) atas pertumbuhan dan perbaikan ekonomi di Amerika Serikat dan China.

Di Indonesia, tandanya mulai terlihat dari perbaikan PDB Indonesia yang tumbuh di kuartal III tahun 2020 dan Indikator Purchasing Manager Index (PMI) juga mengalami peningkatan dan di Indonesia PMI pada Oktober 2020 mengalami perbaikan dari 47,2 ke 47,8.

"Memang kecil, ini menjadi catatan kita dan juga kalau kita lihat berbagai perekonomian dunia juga mengalami perbaikan," jelas Wimboh dalam tayangan virtual, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, data kenaikan juga terlihat dari inflasi bulan Oktober 2020 sebesar 0,07, setelah pada Juli dan September yang mengalami deflasi. Penjualan kendaraan bermotor juga naik 20 persen (month to month) dari 317.000 unit pada Agustus 2020 menjadi 380.000 pada September 2020.

Indeks penjualan eceran turut membaik dari -9,2 persen (Agustus 2020) menjadi -8,7 persen (September 2020). Kemudian, percepatan belanja negara khususnya dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tercatat mencapai Rp 376,1 triliun per 4 November 2020.

Wimboh menjelaskan, struktur ekonomi Indonesia yang berupa kepulauan dan berfokus pada permintaan domestik mendukung pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

"Secara global maupun domestik sudah dapat dikatakan bahwa ada tanda-tanda perbaikan, tinggal bagaimana kita mengekor dan mempercepat perbaikan ini sehingga menjadi proses recovery yang lebih cepat," katanya.

Wamenlu: Indonesia Diakui Berhasil Jaga Ekonomi Selama Pandemi COVID-19

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah dialog khusus World Economic Forum (WEF) pada 25 November 2020. Forum itu akan turut dihadiri oleh Presiden Jokowi serta pelaku bisnis global. 

Diharapkan melalui forum itu Indonesia bisa mendapat kepercayaan dunia bisnis untuk mendorong pemulihan ekonomi akibat COVID-19. 

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar berkata pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah, merupakan pertanda WEF mengakui kemampuan Indonesia dalam menjaga ekonomi saat pandemi. 

"Pemilihan Indonesia sebagai Country Strategy Dialogue oleh WEF dilakukan karena dianggap sebagai negara yang memiliki peran besar dalam ekonomi kawasan dan global, juga dianggap mampu menjalankan kebijakan menjaga keseimbangan untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional," ujar Wamenlu Mahendra dalam pers briefing virtual, Senin (23/11/2020).

Lebih lanjut, Mahendra berkata dipilihnya Indonesia ketimbang negara mitra WEF lain dikarenakan tingginya ekspektasi dan kepercayaan dari dunia internasional di tengah pandemi COVID-19. 

"Dipilihnya Indonesia ... menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan maupun ekspekstasi dan keinginan tahu dari banyak pihak terutama dalam hal ini para pelaku dan pemimpin bisnis global terhadap strategis dan kebijakan Indonesia dalam saat ini," ujar Wamenlu Mahendra.

Mahendra berharap ekonomi Indonesia akan tumbuh hingga 5 persen di 2021. Proyeksi itu berbeda dari kalkulasi Indef (Institute for Development of Economics and Finance) yang menyebut ekonomi Indonesia hanya tumbuh 3 persen tahun depan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baleg Putuskan Tidak Lanjutkan Pembahasan RUU Ketahanan Keluarga

Posted: 23 Nov 2020 10:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lima fraksi menolak melanjutkan pembahasan RUU Ketahanan Keluarga. Sisanya, 4 Fraksi menyatakan ingin RUU Ketahanan Keluarga dilanjutkan pembahasan di Badan Legislasi.

Kelima fraksi yang menyatakan penolakan dalam rapat adalah PDIP, PKB, Demokrat, Golkar, dan NasDem. Fraksi yang menerima dan meminta untuk dilanjutkan adalah Gerindra, PKS, PAN, dan PPP.

Ketua Baleg Supratman Andi Agtas menyatakan Baleg DPR belum bisa meneruskan pembahasan RUU Ketahanan Keluarga ke tingkat selanjutnya.

"Dengan selesainya kita lakukan harmonisasi, apakah RUU Ketahanan Keluarga yang sudah selesai diharmonisasi belum kita proses lebih lanjut? Setuju?," tanya Supratman di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (24/11/2020).

"Setuju," jawab anggota kelima fraksi yang menolak.

"Dengan demikian, selesailah pengambilan keputusan kita hari ini," ucapnya.

Diketajui, sejak awal pengusulan RUU Ketahanan Keluarga ini sudah menimbulkan kontroversi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Campuri Urusan Rumah Tangga?

Anggota Baleg DPR RI dari Fraksi Golkar Nurul Arifin, mengkritisi RUU Ketahanan Keluarga, yang dinilainya mencampuri urusan orang atau rumah tangga orang lain.

"Di dalam RUU Ketahanan Keluarga ini, kita juga menjadi suatu bangsa yang kayaknya resek begitu ya. Reseknya itu seperti di Bab 9 ada peran serta masyarakat, ini semangatnya menjadi kayaknya kok kita mengurusi rumah tangga orang lain, rumah tangga itu mempunyai entitasnya sendiri," kata Nurul.

Dia menyebut, adanya RUU Ketahanan Keluarga tersebut hanya merusak persatuan yang telah ada. "Kesatuan ini tetap harus dipelihara, dengan adanya RUU ini, kesatuan ini menjadi tercabik-cabik gitu," ungkap Nurul.

Bahkan, Nurul memandang, RUU Ketahanan Keluarga ini, seperti berubah-ubah. Karena di satu sisi melihat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), tapi juga menawari Pusat Layanan Ketahanan Keluarga (PLKK) dalam aturan tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Migran Kabur dari Tes COVID-19, Infeksi Merebak di Sabah Malaysia

Posted: 23 Nov 2020 10:50 PM PST

Sabah - Wabah COVID-19 dilaporkan merebak di Sabah, Malaysia.

Di seluruh wilayah Sabah, Malaysia, penduduk yang tidak memiliki kewarganegaraan dan para migran ilegal melarikan diri dari petugas kesehatan masyarakat yang hendak melakukan pemeriksaan COVID-19. Mereka kabur karena takut ditahan atau dideportasi.

Penanganan COVID-19 di Sabah yang merupakan lokasi penghasil minyak sawit terbesar Malaysia, dipersulit oleh sekitar satu juta migran ilegal dan penduduk tanpa kewarganegaraan yang jumlahnya sepertiga dari populasi.

Sabah menyumbang hampir setengah dari 54.775 kasus infeksi COVID-19 yang tercatat di Malaysia. Pejabat kesehatan khawatir akan kasus infeksi yang bisa jauh lebih buruk karena orang-orang memilih untuk menghindari pemeriksaan tes COVID-19.

"Kami lihat pihak berwenang datang dan kami melakukan apa yang selalu kami lakukan, (yaitu) lari," kata Ahmad Han, seorang migran tidak berdokumen yang tinggal di pinggiran distrik Semporna di Sabah, kepada Reuters melalui telepon seperti dikutip dari DW Indonesia, Selasa (24/11/2020). 

Pada 17 November, hampir seperlima dari kasus infeksi di negara bagian itu diderita orang asing, menurut data pemerintah yang diperoleh oleh Reuters. Mereka termasuk masyarakat adat tanpa kewarganegaraan serta pengungsi dan pekerja migran dari negara tetangga Filipina dan Indonesia, negara dengan jumlah kasus Virus Corona COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Berdasarkan data dari Menteri Kabinet Sabah Masidi Manjun, wilayahnya telah mencatat 192 kasus kematian akibat COVID-19. Dari jumlah tersebut, 63 orang bahkan meninggal sebelum menerima perawatan, 40 diantaranya adalah orang asing.

"Banyak yang akan melarikan diri setiap kali mereka melihat perawat berseragam atau ambulans," kata Masidi, yang juga juru bicara negara bagian Sabah terkait masalah COVID-19, kepada Reuters.

"Kami terus berusaha meyakinkan mereka bahwa mereka tidak akan ditangkap atau dideportasi ketika menjalani tes COVID-19. Tetapi tidak semua menanggapi 'dengan hangat'," tambahnya.

Tindakan keras pemerintah Malaysia terhadap migran tidak berdokumen sejak awal pandemi juga memperburuk ketakutan di antara komunitas yang rentan terinfeksi, kata kelompok hak asasi manusia. Negara itu bahkan telah menahan ribuan orang, termasuk ketika diberlakukannya penguncian wilayah, dengan alasan sebagai upaya untuk membendung penyebaran Virus Corona COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pekerjaan yang Menantang

Ilustrasi virus Corona | unsplash.com/@adamsky1973
Ilustrasi virus Corona | unsplash.com/@adamsky1973

Infeksi Virus Corona COVID-19 telah mengalami lonjakan di Sabah, sejak berlangsungnya pemilihan umum di seluruh negara bagian itu pada bulan September lalu. Pembatasan aktivitas warga telah berdampak pada produksi minyak sawit yang merupakan ekspor utama Malaysia. 

Kehilangan pendapatan karena diberlakukannya penguncian wilayah dan tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah, membuat banyak migran ilegal bergantung pada pekerjaan serabutan untuk bertahan hidup. Mereka takut dipaksa menjalani karantina karena nantinya banyak keluarga yang akan terlantar tanpa ada pemasukan sehari-hari.

Seorang dokter di Sabah mengatakan beberapa migran menunda mencari perawatan bahkan setelah mereka jatuh sakit, yang kemungkinan disebabkan oleh infeksi COVID-19 parah. "Banyak yang datang, hanya ketika mereka mengalami kesulitan bernapas," kata dokter di Rumah Sakit Tawau di Sabah timur, yang menolak disebutkan namanya karena staf di sana tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Menteri Masidi mengatakan pejabat kesehatan bekerja dengan kelompok relawan dan otoritas lokal untuk menjangkau kelompok rentan.

Di pulau-pulau di lepas Semporna, komunitas pengembara laut Bajau Laut, yang sebagian besar tidak memiliki kewarganegaraan, hanya muncul setelah pejabat kesehatan bekerja sama dengan lembaga bantuan membujuk mereka menjalani pemeriksaan dengan imbalan pemenuhan kebutuhan seperti beras, minyak, susu formula, dan sanitasi. Tetapi setelah mereka diuji, banyak yang melarikan diri karena takut dikarantina di darat.

"Secara logistik, ini tantangan besar," kata Ahmad Kamil dari kelompok relawan Surah Al Falah yang berbasis di Sabah. "Banyak komunitas yang tinggal jauh di pedalaman atau di pulau-pulau terpencil sehingga sulit untuk melacak kontak atau membawa pasien ke fasilitas kesehatan."

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona COVID-19

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vaksinasi Covid-19 dan UU Cipta Kerja jadi Kunci Pemulihan Ekonomi di 2021

Posted: 23 Nov 2020 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia usaha tengah menunggu kepastian vaksinasi covid-19. Dengan adanya kepastian tersebut, dunia usaha akan lebih mudah menyusun rencana usahanya dalam membantu pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menjelaskan, vaksinasi terkait dengan konsumsi masyarakat. Terlebih, konsumsi memiliki porsi besar dalam perekonomian Indonesia.

"Dengan vaksinasi ini kalau kita lihat relate-nya ke konsumsi. Kita ketahui konsumsi kurang lebih kontribusinya 56-57 persen dari perekonomian kita," ujar dia dalam Economic Outlook 2021: Memacu Pertumbuhan di Tengah Pandemi, Selasa (24/11/2020).

Disamping itu, Rosan juga menyebutkan efektivitas implementasi Undang-undang Cipta Kerja sebagai salah satu kunci pemulihan ekonomi khususnya dunia usaha.

"Kami melihatnya game changer di 2021 ada dua. Satu vaksinasi. Dua, UU Cipta Kerja," ujar dia.

Rosan menjelaskan, adanya vaksinasi akan menekan ketidakpastian dan memunculkan optimisme dunia usaha, sekaligus menggugah kepercayaan masyarakat untuk spending. Sehingga roda perekonomian dapat berputar dan perlahan pulih.

Sementara melalui UU Cipta Kerja, Rosan mengaitkannya dengan investasi. Dalam catatannya, kontribusi investasi pada perekonomian Indonesia adalah sebesar 30-31 persen. Sehingga melalui UU ini diharapkan dapat meraup investasi untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Dengan itu, harapannya kepercayaan ada, beban usaha berkurang, iklim investasi meningkat, produktivitas meningkat dan ujungnya lapangan kerja tercipta lebih baik. Oleh karena itu harapannya ini akan lebih memberikan kepastian di dalam negeri. Insyaallah dengan UU cipta kerja ini bisa jadi game changer kedua melalui investasi," kata dia.

Bappenas Bocorkan 4 Langkah Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia

Warga berada di sekitar Spot Budaya Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen, Indonesia dipastikan resesi karena pertumbuhan ekonomi dua kali mengalami minus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga berada di sekitar Spot Budaya Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen, Indonesia dipastikan resesi karena pertumbuhan ekonomi dua kali mengalami minus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Plt. Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti memastikan pemerintah berkomitmen penuh untuk mempercepat proses proses pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. Tercatat ada empat strategi masif yang tengah dijalankan pemerintah.

"Memang pandemi Covid-19 ini membutuhkan resep khusus di masa ekonomi yang sulit ini. Namun, Pemerintah terus berupaya untuk mengatur ekonomi dan mempercepat akselerasi (pemulihan ekonomi)," ujarnya dalam webinar Unilever Kolaborasi dan Aksi Bersama Menuju Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan, Senin (23/11/2020).

Pertama, mengedepankan kebijakan terkait penanganan penyebaran virus Covid-19. Sebab, kebijakan untuk memerangi virus mematikan asal China itu dinilai bersifat penting dan mendesak untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional nasional.

"Belajar dari Vietnam yang sudah mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif 2,6 persen pada kuartal III lalu. Ternyata kunci penting Vietnam adalah dengan kebijakan mengendalikan virus (Covid-19) dengan ketat," paparnya.

Kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di masa kedaruratan kesehatan ini. Yakni dengan meningkatkan intensitas dan kualitas proses sosialisasi protokol kesehatan.

"Karena masih banyak masyarakat yang belum patuh protokol kesehatan. Sehingga mempengaruhi kasus peningkatan positif (Covid-19) secara harian," ucapnya.

Ketiga, memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat ataupun pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Diantaranya melalui penyaluran subsidi, bantuan sosial, serta restrukturisasi. "Ini untuk menahan agar ekonomi stabil," imbuh dia.

Terakhir, memperkuat manfaat kebijakan fiskal bagi masyarakat, korporasi, serta stabilitas sektor keuangan di masa penuh ketidakpastian akibat pandemi ini. Sehingga akan mempercepat proses proses pemulihan ekonomi nasional.

Merdeka.com 

Pertumbuhan Ekonomi Bisa Sampai 5 Persen di 2021, Ini Kuncinya

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 diperkirakan masih akan mengalami tantangan yang berat. Sebab, masih ada ketidakpastian yang tinggi terkait kelangsungan pandemi Covid-19.

Kepala Ekonom BCA David Sumual mengatakan, kinerja sektor riil pada dua bulan terakhir terlihat stagnan. Padahal sebelumnya mengalami perbaikan yang cukup signifikan setelah penurunan terdalamnya pada kuartal II/2020.

David menilai, pemulihan ekonomi akan sangat bergantung pada kecepatan eksekusi vaksinasi Covid-19 pada tahun depan.

"Kalau (vaksinasi) bisa di semester I, akan mempercepat pemulihan di tahun depan. Kalau tertunda hingga semester II, lalu kasus Covid-19 tinggi, lalu PSBB on dan off, pemulihan akan terkendala," jelas dia dalam Webinar INDEF - Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021, Rabu (18/11/2020).

Tingginya kasus Covid-19 yang dibarengi tarik ulur PSBB terjadi di DKI Jakarta memengaruhi prospek pemulihan ekonomi di daerah lainnya. Sebab, kontribusi DKI Jakarta terhadap PDB mencapai sekitar 16 persen dan kontribusi terhadap total tabungan atau dana pihak ketiga (DPK) nasional mencapai 55 persen.

"Jika distribusi vaksin bisa selesai di semester I tahun depan, komoditas pulih, dan aturan turunan omnibus law bisa selesai dan bisa dieksekusi, kita berharap GDP growth kita bisa ke arah 4 sampai 5 persen," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menyebutkan hal serupa. Dimana kunci utama pemulihan ekonomi adalah penanganan pandemi Covid-19.

Namun, Eko memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 hanya akan mencapai kisaran 2,5 -3 persen. Hal ini merujuk pada sektor riil yang pada tahun depan diperkirakan masih berjalan sekitar 50 persen dari kapasitasnya.

"Indonesia terlihat pemulihan sudah terjadi, tapi belum kembali seperti tahun lalu," kata dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kucing Pakai Popok Karena Buang Air Sembarangan

Posted: 23 Nov 2020 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ternyata tidak hanya manusia saja yang dapat menggunakan popok. Tetapi hewan pun bisa seperti kucing ini yang mengalami diare.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Helmy Sungkar Meninggal Dunia, Mengenang Kembali Momen Kebersamaan Rifat Bersama Sang Ayah

Posted: 23 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia otomotif kembali berduka, setelah promotor balap Helmy Sungkar meninggal dunia, Selasa (24/11/2020). Dikenal sebagai sosok yang legendaris, karena ayah dari pereli nasional, Rifat Sungkar ini karena berhasil menyelenggarakan beragam event bergengsi kendaraan roda empat dan dua.

Sebelum meninggal dunia, sang anak sempat mengabadikan momen kebersamaannya dengan ayah tercinta. Melalui akun Youtube-nya, Rifato sempat menghabiskan waktu sorenya dengan berjalan-jalan menggunakan mobil klasik milik suami dari Sissy Priscillia ini.

Di dalam kabin mobil Porsche 356a ini, pembicaraan seputar dunia otomotif mengalir deras dari dua mulut pelaku otomotif Tanah Air ini.

Mulai dari membicarakan mobil klasik asal Jerman itu, mobil Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, hingga kenangan manis Helmy Sungkar yang memang hobi mengoleksi mobil klasik asal Amerika Serikat.

Dalam perjalanan anak dan ayah ini, mereka sempat ke rumah Farid Sungkar, adik dari Helmy Sungkar, dan Rixal Sungkar, adik dari Rifat Sungkar.

Setelah puas main ke rumah Farid dan Rizal, keduanya kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju rumah. Meskipun sudah cukup lama menghabiskan waktu, pembicaraan soal dunia otomotif ini tetap tidak ada habisnya.

"Selesai sudah jalan-jalannya. Rencananya hanya 5 menit, eh bokap (Helmy Sungkar) sepertinya senang sekali. Mampir ke rumah om Farid dan Rizal, nanti sering-seringlah ngajak bokap jalan-jalan biar happy. Biasanya, naik mobil 10 menit muntah, tapi ini 1,5 jam tidak kenapa-kenapa," ujar Rifat seperti disitat dari channel Youtube-nya.

Momen Indah

Dalam akhir video, ada pernyataan yang menarik dari seorang Rifat Sungkar, yaitu sebagai anak pasti ada berbagai cara untuk menyenangkan orang tua. Mulai dari prestasi di sekolah, karier yang sukses, ataupun itu.

"Bokap gua gila sama otomotif, dan sangat senang dengan mobil. Hari ini gua merasa bahagia banget bisa nyenengin orang tua gua," terang Rifat.

Selamat jalan Helmy Sungkar, legenda otomotif Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Digital Indonesia Bisa Tembus Rp 1.736 Triliun di 2025

Posted: 23 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company memproyeksikan total pertumbuhan ekonomi internet di Indonesia pada tahun 2020 mencapai USD 44 miliar. Sementara, pada tahun 2025 nanti ekonomi internet diperkirakan mampu menembus USD 124 miliar atau Rp 1.736 triliun (estimasi kurs 14.000 per dolar AS).

"Memadukan analisis Google Trends, Temasek, dan Bain & Company serta sumber dari industri dan wawancara dengan pakar, laporan tahun ini menunjukkan ekonomi digital Indonesia terus bertumbuh dua digit, dipimpin oleh e-commerce dan media online," ujar Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf dalam webinar Laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, Selasa (24/11/2020).

Randy mengatakan, e-commerce memegang kunci utama terhadap tren positif ekonomi internet Indonesia di masa pandemi Covid-19. Tercatat, pendapatan e-commerce mengalami kenaikan hingga 54 persen menjadi 32 miliar USD pada 2020, dari 21 miliar USD pada 2019.

"Momentum pertumbuhan e-commerce di Indonesia juga tercermin dari peningkatan 5x lipat jumlah supplier lokal yang mencoba berjualan online karena pandemi Covid-19," jelas dia.

Kemudian, media online juga menunjukkan pertumbuhan positif sejauh ini pada 2020, dengan nilai 4,4 miliar USD atau naik 24 persen dari 3,5 miliar USD pada 2019. Sehingga diyakini akna berkontribusi besar terhadap peningkatan realisasi ekonomi internet pada tahun ini.

"Bahkan, sektor ini diperkirakan akan terus bertumbuh sebesar 18 persen menjadi 10 miliar USD pada 2025 nanti," tutupnya.

Indonesia jadi Pasar Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)
Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Sebelumnya, laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company menyebut Indonesia merupakan pasar ekonomi digital atau ekonomi internet terbesar di Asia Tenggara, tercatat  37 persen konsumen digital menggunakan layanan baru karena adanya pandemi covid-19.

Partner and Leader dari Southeast Asia Private Equity Practice di Bain & Company Alessandro Cannarsi, mengatakan pada 2020, lebih dari sepertiga konsumen layanan digital di Asia Tenggara mulai menggunakan layanan online baru karena covid-19, termasuk Indonesia.

Lebih dari setengah konsumen digital baru di tanah air yakni 56 persen berasal dari daerah non-metro dan 93 persen dari mereka berkata akan terus menggunakan setidaknya satu layanan digital setelah pandemi berakhir.

"Indonesia tetaplah pasar ekonomi internet terbesar di Asia Tenggara dan menjadi medan persaingan utama bagi platform-platform teknologi," kata Cannarsi dalam Laporan e-Conomy SEA 2020, Selasa (24/11/2020).

Oleh sebab itu, menurut Cannarsi konsumen baru sangat siap untuk menjadi pendorong utama inovasi digital di kawasan ini. Meski masih terlalu dini untuk memastikan hasilnya, dirinya memperkirakan pertumbuhan dan percepatan akan terus berlanjut di sektor digital service dalam beberapa tahun ke depan.

"Covid-19 telah mengubah cara hidup banyak orang di Asia Tenggara, dan perkembangan sektor layanan keuangan digital, HealthTech, dan EdTech diperlukan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di tengah masyarakat," ujarnya.

Selain itu, pendanaan pun tetap solid di Indonesia, dengan dibukukannya 202 kesepakatan investasi senilai USD 2,8 miliar selama paruh pertama 2020, dibandingkan total USD 3,2 miliar dari 355 kesepakatan investasi sepanjang tahun 2019.

Senada dengan Cannarsi, Chief Investment Strategist, Temasek, Rohit Sipahimalani, mengatakan pihaknya masih melihat potensi yang besar dari ekonomi internet Indonesia, dengan pertumbuhan yang didorong oleh besarnya jumlah pengguna internet yang sangat aktif dan bahkan semakin aktif menggunakan internet karena pandemi.

"Selain itu, banyaknya pengguna baru teknologi berbasis internet serta e-commerce memunculkan prospek untuk usaha-usaha baru di Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan untuk usaha yang sudah ada," kata Rohit.

Demikian pihaknya juga terus melihat adanya peluang-peluang investasi pada ekonomi internet Asia Tenggara, yang sejalan dengan tren struktural untuk mendorong kemajuan sosial dengan memanfaatkan teknologi.

"Bersama dengan swasta, pemerintah, dan masyarakat, kami berkomitmen untuk turut membangun ekonomi yang lebih berkelanjutan di Asia Tenggara," pungkas Rohit.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Kata-Kata Cinta Bahasa Jawa dan Artinya, Menyentuh Hati dan Romantis

Posted: 23 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Jawa, kini semakin populer digunakan untuk mengungkapkan kata cinta. Popularitas ini awalnya dibawa oleh lagu-lagu legendaris khas Jawa yang juga semakin mewarnai genre musik Indonesia. Lagu ini mengungkap banyak kata-kata cinta bahasa Jawa yang menyentuh hati dan romantis sekali.

Tak hanya dari lagu khas logat medok Jawa. Kata-kata cinta bahasa Jawa bisa pula disimak dari percakapan bijak sehari-hari masyarakatnya. Apalagi penduduk Jawa banyak pula yang sudah merantau atau bertransmigrasi ke seluruh daerah di Indonesia.

Tentu saja membahas masalah patah hati, jatuh cinta, perselingkuhan, sampai masalah jomblo yang tak kunjung mendapat harapan. Beberapa kata-kata cinta bahasa Jawa memang menggelitik sekali. Bikin risih saking bucinnya. Beberapa di antaranya bikin kesengsem saking manis dan romantisnya. Untuk yang jomblo, bikin ketawa saking lucu dan kocaknya.

Berikut Liputan6.com ulas kata-kata cinta bahasa Jawa dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020).

Kata-Kata Cinta Bahasa Jawa dan Artinya

ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash
ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash

1. "Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo."

Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa.

2. "Witing tresno jalaran seko sering dijak dolan rono-rono."

Cinta tumbuh dari sering diajak jalan ke sana kemari.

3. "Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar."

Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur.

4. "Nek pancen tresno kui kudu dijogo, ora malah keno godo karo wong liyo."

Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain.

5. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur."

Cintaku padamu seperti kamera, fokus pada dirimu, yang lain ngeblur.

6. "Iso nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding"

bisa bersyair tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi

7. "Gusti yen arek iku jodohku tulung dicidakaken, yen mboten joduhku tulung dijodohaken"

Tuhan jika dia adalah jodohku tolong didekatkan, dan jika bukan tolong dijodohkan.

8. "Kowe wis tak wanti wanti ojo nganti ninggal janji, ojo nganti medot taline asmoro, welasno aku sing nunggu awakmu nganti awak ku tinggal balung karo kulit"

Kamu sudah aku ingatkan jangan melupakan janji, jangan sampai memutuskan ikatan cinta ini, ingatlah diriku yang menunggu dirimu sampai badanku hanya tersisa tulang dan kulit.

9. "Kowe lungo nggowo kenangan, kowe teko maneh nggowo undangan"

Kamu pergi membawa kenangan, kamu dating lagi membawa sebuah undangan.

10. "Janji tresnomu gede, Nyatane saiki mbok tinggalne."

Janji cintamu besar, kenyataannya sekarang kamu tinggalkan.

Kata-Kata Cinta Bahasa Jawa dan Artinya

Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Milan
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Milan

11. "Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo maneh seng gak duwe.

Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang nggak punya.

12. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg."

Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti.

13. "Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak."

Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.

14. "Jarene wes ikhlas de'e karo sing liyo, kok iseh ngomong 'Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.' Mbok wes meneng wae luwih apik."

Katanya sudah ikhlas dia dengan yang lain, kok masih bilang 'Kalau Tuhan nggak anak membalas, karma yang balas.' Udah diam aja lebih baik.

15. "Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno."

Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta.

16. "Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe."

Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu.

17. "Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu."

Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.

18. "Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen."

Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

19. "Nek jenenge sayang kuwi kudune ra nuntut pasangane dinggo" dadi wongliyo" mung mergo kekurangane."

Kalau namanya sayang itu harusnya nggak menuntut pasangannya dipakai "milik orang lain" hanya karena kekuranngannya.

20. "Seng paling tak wedeni orep neng dunio udu kelangan koe, tapi wedi nek koe kelangan kebahagiaan ne sampean."

Yang paling kau takutkan dalam dunia ini bukanlah kehilanganmu, tapi aku takut kamu kehilangan kebahagiaanmu.

Kata-Kata Cinta Bahasa Jawa dan Artinya

ilustrasi pasangan cinta/Photo by unsplah Pablo
ilustrasi pasangan cinta/Photo by unsplah Pablo

21. " Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyiptaaken manungsa"

Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia.

22. "Akeh manungsa ngerasaaken tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresna"

Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa dan tidak mengenal hakikat cinta sebernarnya.

23. "Nek koe tenanan tresno, Ojo koe nggawe eluh banyu motone, Ojo nyakiti atine, Ojo nggawe atine loro"

"Jika kamu benar-benar cinta padanya, Jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka"

24. "Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu"

Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.

25. "Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui,"

Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatih cinta pada orang yang sama.

26. "Pengenku, Aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu,"

Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.

27. "Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu,"

Aku tidak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu.

28.  "Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike"

Cinta bukan perkara seberapa sering kamu mengucapkannya, tapi seberapa banyak kamu membuktikannya.

29. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati."

Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati.

30. "Angger aku nyawang sliramu, rasane kabeh macem roso bungah ning alam dunyo mandeg ono ing ngarep netraku"

Ketika aku melihatmu, aku melihat semuanya ujung kebahagiaan dunia ini telah berhenti sekejap di mataku.

Kata-Kata Cinta Bahasa Jawa dan Artinya

Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Victoria
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Victoria

31. "Mejikom ae nek lagi ngliwet selalu terhubung karo listrik, mosok koe sing lagi pacaran lost connecting karo de'e."

Penanak nasi saja kalau lagi masak selalu terhubung dengan listrik, masak kamu yang lagi pacaran lost connecting sama dia.

32. "Wes kadung ngomong sayang jebule wes nduwe gandengan, wes kadung tak sawang malah ninggal kenangan."

Sudah terlanjur menyatakan sayang, ternyata sudah punya gandengan, sudah terlanjur dipandang malah meninnggalkan kenangan.

33. "Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian,mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian."

Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian.

34. "Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro."

Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit.

35. "Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur."

Cintaku padamu seperti kamera, fokus di kamu saja, yang lain blur.

36. "Aku tanpamu bagaikan sego kucing tanpa karete. Ambyar."

Aku tanpamu bagaikan nasi kucing tanpa karet, hancur.

37. "Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ati-ati le nggowo."

Cinta itu seperti kripik singkong. Bisa hancur kalau tidak hati-hati dibawa.

38. "Nek pancen tresno iku kudu dijogo, ora malah keno godo marang wong liyo."

Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain.

39. "Mantan karo gebetan iku bedo tipis, podo-podo susah move on."

Mantan dan gebetan itu berdeda tipis, sama-sama susah move on.

40."Witing tresno jalaran seko sering dijak dolan rono-rono."

Cinta tumbuh dari sering diajak jalan ke sana kemari.

Kata-Kata Cinta Bahasa Jawa dan Artinya

Ilustrasi pasangan (Dok.Unsplash/ Tim Stagge)
Ilustrasi pasangan (Dok.Unsplash/ Tim Stagge)

41. "Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg."

Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti.

42. "Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak."

Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.

43. "Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe."

Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu.

44. " Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyiptaaken manungsa"

Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia.

45. "Nek koe tenanan tresno, Ojo koe nggawe eluh banyu motone, Ojo nyakiti atine, Ojo nggawe atine loro"

"Jika kamu benar-benar cinta padanya, Jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka"

46. "Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui,"

Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatuh cinta pada orang yang sama.

47. "Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno."

Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta.

48. "Jeroning ati kangenku setengah mati"

Didalam hati aku sangat rindu sampai setengah mati.

49. "Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu,"

Tidak bertemu sebentar saja ingin melihat kamu.

50. "Ati iki nelongso ditinggal marang sliramu,"

Hati ini tersiksa ditinggal kamu pergi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pupuk Subsidi Langka di Bojonegoro Saat Masuki Masa Tanam Padi

Posted: 23 Nov 2020 10:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim tanam padi, para petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur direpotkan langkanya stok pupuk bersubsidi di pasaran.

Untuk mendapatkan satu karung pupuk, mereka harus rela antre lama di sejumlah kios resmi penjual pupuk. Namun, itu pun tak menjamin semua petani kebagian pupuk.

Antrean panjang petani ini terjadi di kios resmi penjual pupuk, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Mengetahui ada kiriman pupuk bersubsidi datang, sejumlah petani berdatangan.

Mereka berburu mendapatkan pupuk bersubsidi, jenis Urea, Phonska, ZA, Petroganik, dan SP-36, yang saat ini dibutuhkan memupuk benih padi yang baru ditabur.

Namun sayang, meski mengantre sejak pagi, stok pupuk yang tersedia di kios ini, hanya Phonska dan Urea dengan jumlah terbatas, sehingga tak mencukupi untuk kebutuhan semua petani. 

Harga pupuk bersubsidi di tingkat petani, dijual seharga Rp 100 ribu per karung untuk jenis Urea, dan Rp 120 ribu per karung untuk jenis Phonska dan SP-36.

Sedangkan pupuk non-subsidi di pasaran, harganya mencapai 2 hingga 3 kali lipat lebih mahal, dari harga pupuk bersubsidi yang dijual resmi.

Petani berharap pemerintah segera memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani saat musim tanam ini. Demikian dilansir pada Liputan6, 23 November 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prevalensi Stunting di Indonesia Menurun, Wapres Ma'ruf Puji Kinerja Stranas

Posted: 23 Nov 2020 10:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah terus bertekad menurunkan prevalensi stunting agar Indonesia mempunyai generasi yang lebih sehat, cerdas dan produktif. Diketahui, sejak 2018, pemerintah menetapkan Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting (Stranas Stunting) dan menjadikannya acuan percepatan pencegahan stunting.

"Setelah 3 tahun pelaksanaan program, kemajuan di tingkat outcome sudah dapat dilihat," tulis Ma'ruf seperti dikatakan Staf Khusus Wapres Bambang Widianto saat membuka Lokakarya Evaluasi Pelaksanaan Percepatan Pencegahan Stunting 2018-2024 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, dalam siaran persnya, Selasa (24/11/2020).

Bambang melanjutkan, Survei Status Gizi Balita Indonesia pada tahun 2019 menunjukkan prevalensi stunting turun, dari 30,8% pada tahun 2018 menjadi 27,7% pada tahun 2019 atau turun sekitar 3,1%.

"Jika ditarik lebih jauh dari tahun 2013, maka rata-rata penurunan adalah sebesar 1,6% per tahun," ujar pria yang juga mejabat sebagai Sekretaris Eksekutif (Ad Interim) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) itu.

Bambang mencatat, data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, anak balita Indonesia yang mengalami stunting adalah sebesar 30,8%. Artinya, hampir 1 dari 3 anak Indonesia mengalami kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama, dimulai dari masa kandungan hingga usia 2 tahun atau 1000 Hari Pertama Kehidupan.

"Jika dibiarkan, anak-anak yang menderita stunting akan mempunyai kemampuan kognitif yang lebih rendah, rentan terhadap penyakit tidak menular dan ketika dewasa mempunyai produktivitas yang rendah," jelas dia.

Bambang menegaskan, hingga saat ini, terdapat 260 Kabupaten/Kota yang menjadi wilayah prioritas penanganan stunting, di mana dari 258 Kepala Daerah dari wilayah prioritas tersebut telah menandatangani komitmen untuk melakukan percepatan pencegahan stunting di wilayahnya.

"Dengan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah, pencegahan stunting dapat dijadikan sebagai prioritas pembangunan di daerah dan semua sumberdaya yang diperlukan dapat dimobilisasi untuk pencegahan stunting," Bambang menandasi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penyaluran Dana Pemerintah

Sebagai informasi, Pemerintah Pusat telah melaksanakan berbagai program yang disalurkan kepada pemerintah daerah melalui berbagai mekanisme.

Total dana yang dialokasikan untuk program dan kegiatan yang dikelola oleh Kementerian dan Lembaga pada tahun 2019 adalah sebesar Rp 29 triliun, sedangkan tahun 2020 adalah sebesar Rp 27,5 triliun.

Hasilnya, berdasarkan perhitungan Indeks Khusus Penanganan Stunting (IKPS) oleh BPS dengan menggunakan 6 dimensi dan 12 Indikator yang terkait erat dengan stunting, menunjukkan bahwa ada kenaikan IKPS sebesar 2,1 dari tahun 2018 sebesar 64,5 menjadi 66,6 pada tahun 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Apresiasi Rencana Indonesia Restorasi Lahan Mangrove Seluas 630 Ribu Ha

Posted: 23 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku sempat bertemu dengan beberapa anggota Partai Demokrat saat melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat.

"Saya ada ketemu dengan beberapa dari (Partai) Demokrat juga," kata Luhut dalam acara CEO Networking 2020 secara virtual, Jakarta, Selasa (24/11).

Dalam pertemuan itu, kata Luhut, Partai Demokrat mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo. Sebab Indonesia telah merencanakan program restorasi lahan mangrove seluas 630 ribu hektar dalam waktu 4 tahun mendatang.

"Mereka juga menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia dan mereka juga terkejut, atau kalau saya bilang mungkin kagum bahwa Presiden Jokowi sudah merencanakan restorasi mangrove seluas 630.000 hektar lebih di 4 tahun ke depan," tutur Luhut.

Dia melanjutkan, saat ini masalah lingkungan menjadi yang terpenting. Posisi Indonesia juga terbilang strategis karena menjadi negara penghasil karbon kredit terbesar di dunia.

Setidaknya, karbon kredit yang dihasilkan Indonesia sebesar 70-80 persen untuk dunia. "Kita merupakan negara yang penghasil karbon kredit terbesar di dunia dari 75 sampai 80 persen karbon kredit dunia itu ada di Indonesia," beber Luhut.

 

Luhut Bertemu Presiden Donald Trump Di Gedung Putih

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump di White House Washington DC pada Hari Selasa, 17 November 2020.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump di White House Washington DC pada Hari Selasa, 17 November 2020.

Sebelumnya, Luhut juga menemui Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence di Gedung Putih. Selama 3 hari rombongan dari Indonesia bolak-balik kantor kerja Presiden Trump untuk membahas berbagai hal.

Kepada Presiden Trump, Luhut menyampaikan ucapan terima kasih dari Presiden Jokowi. Sebab selama 4 tahun terakhir terjadi hubungan kerja sama Indonesia-Amerika Serikat yang baik.

"Saya sampaikan tujuan saya datang di White House ketemu dengan Presiden Trump adalah menyampaikan ucapan terima kasih Presiden Joko Widodo kepada Presiden Trump," kata dia.

"Saya bilang itu adalah budaya kami menyampaikan terima kasih penghargaan terhadap teman kerja yang sebentar lagi juga kan bisa menyelesaikan tugasnya," sambung Luhut.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi juga berterima kasih terkait kerja sama GSP yang sangat memberikan dampak besar bagi Indonesia.

"Mengenai GSP yang ini mungkin dampaknya besar sekali yaitu kita terus bisa berlanjut sehingga seperti Apparel dan kemudian footwear itu juga akan tetap menciptakan lapangan kerja," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Sinetron, Syamsir Alam Ajari Alwiansyah dan Bowo TikTok Main Sepak Bola

Posted: 23 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syamsir Alam dikenal sebagai pesepak bola yang malang melintang di lapangan hijau. Tapi siapa sangka, mantan pemain tim nasional Indonesia ini juga memiliki bakat berakting. Bakat inilah yang diperlihatkan Syamsir Alam di sinetron berjudul Jagoan Bola.

Di sinetron yang tayang 25 November 2020 itu, Syamsir Alam bakal beradu akting dengan para pemain remaja seperti Naufalho sebagai Wendy dan Asya Lianda sebagai Putri. Selain itu, ada sejumlah pemain remaja lain seperti bocah viral Alwiansyah, Bowo Tik Tok juga Asri Welas sebagai Lastri, dan Corry Pamela sebagai Tante lilis.

"Di sinetron ini, saya masih berakting sesuai dengan dunia saya di sepak bola. Nggak jauh-jauh amat dunianya sebenarnya," kata Syamsir Alam melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

 

Teknik dan Strategi

Syamsir Alam (ist)
Syamsir Alam (ist)

Syamsir Alam menjelaskan, Di tiap episode sinetron tersebut, akan menyajikan tontonan yang menarik dengan teknik dan strategi permainan bola yang nyata dan bisa menjadi edukasi bagi penonton yang ingin memahami sepak bola.

"Saya diberi tugas untuk menurunkan ilmu saya ke anak-anak didik saya di sinetron Jagoan Bola. Tentunya diharapkan bisa menular ke penonton di rumah," dia menambahkan.

Nilai Moral

Syamsir Alam di sinetron Jagoan Bola (ist)
Syamsir Alam di sinetron Jagoan Bola (ist)

Selayaknya sinetron dengan tema olahraga dan persatuan, Syamsir Alam menambahkan, menjanjikan cerita yang diangkat untuk disuguhkan ke penonton dengan terselip nilai moral yang dapat dipetik para pemirsa.

"Salah satunya nilai sportifitas, setia kawan dan tanggung jawab," Syamsir Alam menjelaskan.

Sinopsis

Sinetron Jagoan Bola (ist)
Sinetron Jagoan Bola (ist)

Jagoan Bola bercerita tentang Wendy dan Putri adalah sahabat sejak kecil. Wendy seorang anak lelaki yang jago masak dan mencintai dunia kuliner,  sementara Putri seorang anak perempuan yang sangat jago main bola. Mereka berdua terhalang oleh keinginan kedua orang mereka masing-masing.

Jali ayah Wendy ingin dia jadi pemain bola seperti dirinya dahulu dan Munaroh ibu putri, ingin Putri jadi ustazah. Karena kecelakaan menimpa Jali, akhirnya Wendy mengikuti apa mau ayahnya untuk menjadi pemain bola. Putri juga menurut keinginan ibunya untuk masuk ke pesantren agar bisa menjadi ustazah seperti keinginan ibunya.

 

Galaxy Cup

Bersamaan dengan itu, diadakan Galaxy Cup, sebuah turnamen bergengsi yang berisikan tim-tim hebat dari seluruh penjuru Indonesia. Pemain dari tim yang masuk ke final berpeluang besar untuk dipanggil pelatihan timnas U-13.

Wendy pun ingin ikut, demi mewujudkan mimpi ayahnya menjadi kapten timnas. Begitu juga putri, walau harus kabur-kaburan dari pesantren dan diam-diam dari orangtuanya. Keduanya bergabung dalam team Macan Langit, namun team tersebut selalu kalah oleh Tim Banteng Emas team yang dikapteni oleh Safi jagoan bola kampung itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapasitas Tempat Tidur Khusus Covid-19 di RSUD Kota Depok Nyaris Penuh

Posted: 23 Nov 2020 10:37 PM PST

Liputan6.com, Depok - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kota Depok, memastikan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Kota Depok hampir penuh. Hal itu seiring dengan adanya penambahan jumlah pasien akibat infeksi virus Corona di Kota Depok.

Dirut RSUD Kota Depok, Devi Mayori mengatakan, keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di RSUD Kota Depok mengalami peningkatan. Saat ini, sebanyak 76 tempat tidur dari 85 tempat tidur terisi dan ada sembilan tempat tidur di IGD.

"Saat ini untuk rawat inap Corona untuk dewasa hampir full, untuk NICU Covid masih ada 1 tempat tidur," ujar Devi, Selasa (24/11/2020).

Devi mengungkapkan, data 1-23 November menunjukkan, pasien Covid-19yang dirawat di RSUD Kota Depok berjumlah 221 pasien rawat inap dan 129 pasien rawat jalan. Namun, pasien rawat jalan cenderung fluktuatif dengan jumlah pasien terbanyak 13 orang, sedangkan untuk pasien rawat inap cenderung naik dengan jumlah pasien terbanyak 66 orang.

 

Ingatkan 3M

Devi meminta, masyarakat berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan disiplin menerapkan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak). Masyarakat dapat berperilaku hidup bersih dan sehat, serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Meningkatnya jumlah pasien kemungkinan berkaitan dengan libur panjang pada akhir Oktober," tutup Devi.

Saksikan Video di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Keluarga Tolak Pemakaman COVID-19

Posted: 23 Nov 2020 10:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perbarui informasi Anda di Fokus edisi (24/11) kali ini memiliki berita di antaranya, Keluarga Tolak Pemakaman COVID-19, Pengungsi Merapi Latihan Menari, Kuliner Khas Batak Dari Susu Kerbau.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usulan Formasi Guru PPPK Diperpanjang Hingga 31 Desember 2020

Posted: 23 Nov 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka kesempatan kepada pemerintah daerah yang akan mengajukan usulan tambahan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga guru pada 2021 (guru PPPK).

"Pengajuan usulan untuk formasi guru PPPK akan diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2020 melalui aplikasi e-formasi Kementerian PANRB," ujar Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko dalam keterangan tertulis, Selasa (24/11/2020).

Berdasarkan data terakhir, ada 174.077 formasi guru PPPK yang telah diusulkan oleh 32 provinsi, 370 kabupaten, dan 89 kota. Pemerintah pusat mendorong pemda untuk memaksimalkan usulan formasi untuk Guru PPPK berdasarkan kebutuhan masing-masing daerah.

Teguh menjelaskan, dengan jalur PPPK, persyaratan usia pelamar mulai dari 20 tahun hingga satu tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang dilamar. Untuk jabatan guru, usia akhir adalah 59 tahun.

Lanjutnya dikatakan, Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi dan menetapkan formasi berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Selain itu, Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menjadi dasar pertimbangan.

Tentu, penetapan formasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Regulasi yang dijadikan dasar hukum adalah Peraturan Pemerintah Nomor 49/2018 tentang Manajemen PPPK, Perpres Nomor 38/2020 tentang Jenis Jabatan yang Dapat Diisi PPPK, Perpres Nomor 98/2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK, serta Peraturan Menteri PANRB terkait PPPK.

Hingga saat ini, rencana rekrutmen tenaga pendidik tersebut masih dalam tahap perancangan sistem penerimaan, penyusunan soal ujian kompetensi, dan sistem seleksi. Selain Kementerian PANRB dan Kemendikbud, proses tersebut juga melibatkan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Kementerian PANRB akan menetapkan Peraturan Menteri PANRB sebagai dasar hukum pelaksanaan rekrutmen guru PPPK tersebut," tegas Teguh.

 

Kualitas

Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020).  Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona  penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Guru mengajar tatap muka di SDIT Nurul Amal, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Senin (16/11/2020). Proses belajar secara tatap muka atau luring ini menggunakan waktu belajar di sekolah yang didasarkan pada zona penerapan wilayah covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Terkait pemenuhan tenaga guru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan untuk mengatasi kekurangan guru dalam jumlah besar dengan tetap memperhatikan kualitas pendidik.

Rekrutmen ini merupakan salah satu langkah pembangunan sumber daya manusia. Tenaga guru merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara (ASN) atau PNS yang mendukung arah pembangunan nasional dan potensi daerah.

Kebutuhan tenaga pendidikan juga disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim. Menurutnya, pembukaan seleksi PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten.

Nadiem menjelaskan, yang bisa mengikuti seleksi ini meruoakan guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik, serta lulusan pendidikan profesi guru yang saat ini tidak mengajar.

"Ini adalah bagian daripada filsafat belajar, guru-guru kita bisa punya kemerdekaan untuk membuktikan dirinya, apakah mereka punya kompetensi untuk menjadi ASN, sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka," ungkap Nadiem.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Pemeran di Video Syur Mirip Gisel, Polisi: Akan Kita Panggil, Juga Laki-Lakinya

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi masih menyelidiki siapa pemeran yang muncul di video syur mirip artis Gisella Anastasia alias Gisel. Dalam video viral berdurasi 19 detik tersebut, terpampang wajah perempuan mirip Gisel bersama teman laki-lakinya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus menyampaikan, pihaknya bersama ahli forensik masih terus melakukan identifikasi terkait pemeran video syur mirip Gisel. Proses identifikasi, kata dia, melibatkan banyak saksi ahli untuk mengungkap kepastian identitas pemeran dalam video.

"Dari forensik juga sudah kita lakukan pemanggilan untuk membantu kita. Saksi ahli sebagai pemegang alat bukti, ini masih terus meneliti video yang ada," ujar Yusri kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/11/2020).

 

 

 

Masih Kesulitan

Gisel (Instagram/gisel_la)
Gisel (Instagram/gisel_la)

Yusri pun tak menutupi bila ada sedikit kesulitan dalam mengidentifikasi pemeran dalam video itu. Lantaran, video syur berdurasi 19 detik itu direkam melalui ponsel.

 

Mirip GA

Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)
Gisella Anastasia. (Instagram/gisel_la)

"Makanya ini masih menunggu, karena ini forensik wajah. Forensik wajah yang ada di video tersebut yang memang diindikasi mirip GA dan seorang laki-laki yang beredar sekarang ini. Makanya kita sedang menunggu mudah-mudahan secepatnya," ujarnya.

 

Segera Dipanggil

"Lah, cakep banget warna-warnanya, jadi refreshing gitu. Buat mata tuh segar. Jadi, kita menghilangkan stres juga," sambungnya. (Instagram/gisel_la)

Apabila hasil forensik wajah membenarkan adanya indikasi pemeran dalam video itu Gisel, maka polisi kemungkinan memanggilnya lagi untuk pemeriksaan, termasuk pemeran laki-laki.

"Mungkin saja akan dipanggil lagi (Gisel), makanya kita kalau sudah tahu forensik siapa yang ada di dalam situ kita akan panggil, juga laki-lakinya," jelas Yusri Yunus.

 

Bersabar

Artis Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) usai memenuhi panggilan polisi terkait kasus penyebaran video syur mirip dirinya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gisel hadir untuk memberi keterangan terkait video yang ramai diperbincangkan oleh netizen. (Liputan6.com/ Herman Zakharia)
Artis Gisella Anastasia atau Gisel (kiri) usai memenuhi panggilan polisi terkait kasus penyebaran video syur mirip dirinya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gisel hadir untuk memberi keterangan terkait video yang ramai diperbincangkan oleh netizen. (Liputan6.com/ Herman Zakharia)

Yusri meminta seluruh pihak sabar menunggu hasil pemeriksaan kepolisian. "Jangan berandai, dengan tanyakan ke dia silakan saja. Tapi penyidik di sini jangan diintervensi. Penyidik sudah bisa tahu bagaimana teknis menyidik. Sabar saja," Yusri mengimbau.

"Lihat nanti bagaimana hasil berkembangnya, kan enggak boleh (sembarang) belum ini tapi langsung melangkahi," pungkasnya. (Merdeka.com/ Bachtiarudin Alam)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Buka Lelang Pita Frekuensi 2.3GHz untuk Jaringan 5G

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka seleksi penggunaan pita frekuensi radio 2,3GHz di rentang 2360-2390MHz untuk penyelenggaraan jaringan bergerak seluler.

Pita frekuensi ini akan dimanfaatkan untuk menggelar jaringan internet generasi kelima atau 5G.

Ketua Tim Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.3GHz Denny Setiawan mengatakan, pada pita frekuensi radio 2.3Ghz di rentang 2360-2390MHz terdapat blok frekuensi radio yang saat ini belum ditetapkan penggunanya.

Dituliskan dalam keterangan Denny, berdasarkan ketentuan dalam pasal 11 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2018 tentang Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizinan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio, penetapan pengguna dilaksanakan melalui mekanisme lelang.

"Seleksi pengguna pita frekuensi radio 2.3GHz bertujuan untuk menambah pita frekuensi bagi penyelenggara jaringan bergerak seluler untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan, serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur TIK dengan teknologi 5G," kata Denny, dikutip Selasa (24/11/2020).

Hal ini dilakukan untuk mendukung transformasi digital di sektor ekonomi, sosial, dan pemerintahan.

3 Blok Frekuensi

Teknologi 5G. Dok: Huawei
Teknologi 5G. Dok: Huawei

Dikatakan Denny, seleksi dilaksanakan pada objek pita frekuensi 2.3GHz yang terdiri atas tiga blok pita frekuensi radio.

"Seleksi hanya dapat diikuti penyelenggara telekomunikasi yang telah memiliki izin penyelenggaraan jaringan bergerak seluler," katanya.

Selanjutnya, ketentuan seleksi akan mengacu pada dokumen seleksi pengguna pita frekuensi radio 2.3GHz tahun 2020. Dokumen tersebut mencakup waktu pelaksanaan, persyaratan, prosedur, formulir, dan aspek lainnya.

Pengguna Sebelumnya

Teknologi 5G memampukan pengguna ponsel untuk dapat mengakses internet dengan kecepatan 30-50 kali lebih tinggi dari 4G
Teknologi 5G memampukan pengguna ponsel untuk dapat mengakses internet dengan kecepatan 30-50 kali lebih tinggi dari 4G

Sekadar informasi, di frekuensi 2.3GHz terdapat dua operator nasional yakni Telkomsel dan Smartfren.

Sementara itu, untuk frekuensi yang dilelang, di rentang 2360-2390MHz ini mulanya dimiliki oleh operator broadband wireless acess (BWA) berbasis zona, yakni PT Internux, PT First Media, dan PT Jasnita Telekomindo.

Namun pada akhir Desember 2018, Kemkominfo menghentikan penggunaan pita frekuensi radio 2.3GGz tersebut karena ketiga operator tak bisa memenuhi kewajiban membayar Biaya Hak Penggunaan spektrum frekuensi radio kepada negara.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Benarkah Proses Pembuatan BBM Tidak Membutuhkan Waktu Lama? Simak Penelusurannya

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan klaim raja minyak Amerika Serikat (AS), John D Rockefeller, yang menciptakan bahan bakar fosil untuk membuat gagasan meningkatkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Klaim mengenai raja minyak AS ciptakan bahan bakar fosil untuk tingkatkan harga BBM diunggah pemilik akun Facebook atas nama Ron Clement. Dia mengunggah klaim itu pada 17 Oktober 2020.

Klaim ini muncul karena mencurigai kalau setiap manusia bisa menciptakan BBM sendiri dan tidak membutuhkan waktu lama.

Begini narasinya:

"Sedikit Fakta

Terlepas dari apa yang telah kita ajarkan dalam sistem pendidikan kita, 'bahan bakar fosil' Istilah 'bahan bakar fosil' dibuat pada tahun 1892 oleh John D. Rockefeller, pemilik Standard Oil Company, untuk mendorong gagasan tentang kelangkaan, yang memungkinkan kenaikan harga minyak.

Jika semua orang tahu bahwa minyak dapat dibuat sendiri pada tingkat yang lebih cepat daripada yang dapat digunakan oleh beberapa perusahaan, dan merupakan cairan paling umum kedua di bumi setelah air, kami tidak akan membayar minyak untuk hari ini."

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk menelusuri kebenaran klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan mesin pencari, Google. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs AFP Fact Checek dengan artikel berjudul: "Facebook posts falsely claim US oil magnate coined term 'fossil fuels' to introduce 'idea of scarcity', boosting oil prices".

Disebutkan dalam artikel tersebut, bahan bakar fosil mengacu pada batu bara, minyak mentah, dan gas alam, yang menurut para ilmuan merupakan kontributor utama pemanasan global. Bahan bakar fosil tidak berasal dari sisa-sisa fosil atau jejak tumbuhan atau hewan prasejarah.

"Dalam berbagai situasi, tumbuhan, dan hewan yang mati didaur ulang kembali ke atmosfer, laut, dan biosfer, tidak menjadi bahan bakar fosil. Namun dalam kasus khusus, mereka diawetkan dan menjadi kerogen," ujar Rupert Sutherland, seorang profesor geofisika di Victoria University of Wellington kepada AFP Fact Check.

Sutherland memastikan klaim yang beredar di Facebook salah. Maksud dari bahan bakar fosil adalah tumbuhan dan hewan yang tertimbun dalam kerogen yang cukup dan berusia jutaan tahun.

"Jika terkubur hingga kedalaman yang cukup, kerogen, ini akan diubah menjadi minyak bumi dan dapat bermigrasi melalui ruang pori. Dalam sejarah geologi, kita menjelaskan sebagian besar cadangan minyak bumi yang diketahui, jadi mereka adalah fosil dalam artian. Artinya, mereka berasal dari tumbuhan dan hewan yang berumur jutaan tahun," katanya menambahkan.

Kantor berita AFP Fact Check juga mengambil penjelasan dari Dongke Zhang, profesor teknik kimia di University of Western Australia. Dia juga membantah klaim yang beredar di Facebook.

"Batubara yang kita eksploitasi hari ini terbentuk dari materi tumbuhan yang pernah hidup sekitar 50 hingga 600 juta tahun yang lalu dan minyak dan gas alam juga terbentuk sekitar 100 juta tahun yang lalu," ujarnya menjelaskan.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs National Geographic dengan artikel berjudul: "WHAT ARE FOSSIL FUELS?". Artikel itu sudah berada di ruang digital pada 3 April 2019.

Dijelaskan dalam artikel tersebut, bahan bakar fosil merupakan tumbuhan yang membusuk dengan organisme lain, terkubur di bawah lapisan sedimen dan batuan selama ribuan tahun untuk menjadi endapan kaya karbon.

Bahan bakar fosil ini meliputi batu bara, minyak, dan gas alam. Saat bahan bakar fosil dibakar, mereka melepaskan karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya, yang pada gilirannya memerangkap panas di atmosfer kita, menjadikannya kontributor utama pemanasan global dan perubahan iklim.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Klaim raja minyak AS ciptakan bahan bakar fosil untuk tingkatkan harga BBM padahal BBM bisa diciptakan dengan mudah adalah informasi yang salah.

Faktanya, bahan bakar fosil membutuhkan proses jutaan tahun sebelum bisa diolah menjadi BBM.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IHSG Diyakini Bisa Balik ke Level 6.000, Ini Alasannya

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso optimistis Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa kembali naik ke level 6.000 dalam waktu dekat.

Hal ini dikarenakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihaknya untuk menstimulasi ekonomi seperti pengetatan trading halt dan membolehkan emiten membeli kembali saham tanpa RUPS sehingga fundamental emiten lebih baik dan muncul sentimen positif.

Menurutnya, kebijakan yang telah diambil baik di sektor riil maupun moneter telah memberikan confident (rasa percaya diri) di pasar modal sehingga IHSG bisa meningkat. Tercatat, pada 23 November, IHSG menyentuh level 5.652.

"Dan kita harapkan bisa mencapai 6.000 karena memang pada saat sebelum turun karena Covid-19 itu di atas 6.000," ujar Wimboh dalam webinar CEO Networking, Selasa (24/11/2020).

Wimboh juga mendukung jumlah emiten saham domestik agar terus bertambah. Meski levelnya kecil, hal ini dinilai dapat menjaga integritas pasar modal dan meningkatkan investor dalam negeri, sehingga pasar modal Indonesia tidak perlu ketergantungan dengan portofolio saham dari luar negeri.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi investor ritel dalam negeri dengan basis yang luas sehingga harus dioptimalkan.

"Kami mengharapkan masih banyak lagi emiten-emiten yang pipeline dan juga investor ritel dengan teknologi kita harapkan bisa lebih marak lagi ke depan," tuturnya.

Seluruh Sektor Menghijau, IHSG Dibuka Naik ke 5.691,80

Pekerja melintas di dekat layar digital pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada pembukaan perdagangan pukul 09.00 WIB, IHSG masih naik, namun tak lama kemudian, IHSG melemah 2,3 poin atau 0,05 persen ke level 5.130, 18. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja melintas di dekat layar digital pergerakan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (14/10/2020). Pada pembukaan perdagangan pukul 09.00 WIB, IHSG masih naik, namun tak lama kemudian, IHSG melemah 2,3 poin atau 0,05 persen ke level 5.130, 18. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan Selasa pekan ini. Sebanyak 229 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau.

Pada pra-pembukaan perdagangan Selasa (24/11/2020), IHSG naik 24,53 poin atau 0,43 persen ke level 5.677,30. Pada awal perdagangan, IHSG terus menguat 38,52 poin atau 0,68 persen ke 5.691,80.

Sementara indeks saham LQ45 juga naik 0,81 persen ke posisi 908,54. Seluruh indeks acuan berada di zona hijau.

Di awal perdagangan ini, IHSG berada di posisi tertinggi pada level 5.694, 19 Sedangkan terendah 5.676,72.

Sebanyak 229 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Kemudian 46 saham melemah dan 156 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham cukup ramai yaitu 68.845 kali dengan volume perdagangan 1,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 1 triliun.

Tercatat, investor asing jual saham di pasar regular mencapai Rp 10 miliar. Sedangkan nilai tukar rupiah berada di 14.113 per dolar AS.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, seluruhnya berada di zona hijau. Penguatan dipimpin oleh sektor aneka industri melesat 1,13 persen. Kemudian disusul sektor infrastruktur yang naik 10,1 persen dan sektor industri dasar yang naik 0,92 persen

Saham-saham yang menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau antara lain SMBR naik 18,87 persen ke Rp 945 per lembar saham. Kemudian HITS naik 9,59 persen ke Rp 480 per saham dan PJAA naik 9,24 persen ke Rp 650 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain KOTA turun 6,73 persen ke Rp 194 per lembar saham, HDIT yang turun 6,63 persen ke Rp 310 per lembar saham dan PRIM turun 6,50 persen ke Rp 230 per saham.

Mengutip riset Ashmore, Bursa saham AS menghijau pada penutupan perdagangan Senin karena sentimen positif dari hasil uji coba vaksin Covid-19.

Dengan adanya vaksin tersebut akan mendorong aktivitas ekonomi sehingga mendukung perusahaan-perusahaan untuk melakukan ekspansi.

Selain itu, kenaikan bursa saham AS juga didorong oleh langkah Presiden terpilih Joe Biden menunjuk mantan Gubernur Bank Sentral AS Janet Yellen untuk menjadi Menteri Keuangan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Denda Pelanggaran Tanpa Masker Mencapai 4,9 Milliar

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Petugas saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mendata seorang pelanggar tanpa masker saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas mendata seorang pelanggar tanpa masker saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mendata seorang pelanggar tanpa masker saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Denda tersebut terkumpul sejak penerapan Peraturan Gubernur Nomor 51 tahun 2020 pada Juni 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menyapu jalan saat razia masker di kawasan Karang Tengah Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat, total denda pelanggaran protokol kesehatan mencapai Rp 4,9 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BMKG Ungkap Fakta di Balik Hujan Es di Bali dan Lombok

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial hujan es turun di wilayah Bali dan Lombok, NTB. BMKG mengungkap fakta di balik fenoena alam tersebut, hal itu terjadi karena perpindahan musim dari musim panas ke musim hujan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperempat Abad Perjalanan Penuh Liku Yogyakarta Gamelan Festival

Posted: 23 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta- Yogyakarta Gamelan Festival sudah berjalan seperempat abad. Sebagai festival berkelas internasional yang digelar rutin, 25 tahun bukanlah waktu yang sebentar.

Berbicara Yogyakarta Gamelan Festival tidak bisa lepas dari sosok (alm.) Sapto Raharjo. Dia menjadi orang yang menginisiasi keberadaan Yogyakarta Gamelan Festival sampai menjadi ajang yang selalu ditunggu pecinta dan pemain gamelan dari dalam dan luar negeri.

"Awalnya, Yogyakarta Gamelan Festival itu masih jadi satu dengan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)," ujar General Manager Yogyakarta Gamelan Festival Setyaji Dewanto, kepada Liputan6.com, di sela-sela perhelatan Yogyakarta Gamelan Festival ke-25, Jumat (20/11/2020).

Sapto Raharjo terlibat dalam penyelenggaraan FKY sejak awal. FKY merupakan festival tahunan tertua di Yogyakarta yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan DIY. FKY pertama kali muncul pada 1989.

Ketika itu, Sapto Raharjo didapuk menjadi divisi musik dalam perhelatan itu. Pada awalnya, ia masih menghadirkan musik-musik mainstream yang menjadi kesukaan mayoritas masyarakat Yogyakarta, seperti rock dan dangdut.

Pada 1993 dan 1994, Sapto Raharjo membuat studi tentang gamelan. Hasil studi itu diimplementasikan dalam konser musik di FKY pada 1995.

Saat itulah pertama kali Yoyakarta Gamelan Festival hadir. Namun, masih menjadi satu dengan FKY. Perhelatan itu berlanjut ke tahun berikutnya.

Baru pada 1997, Yogyakarta Gamelan Festival berdiri sendiri. Purna Budaya yang saat itu masih berada di lokasi PKKH UGM menjadi saksi sejarah digelarnya festival tahunan gamelan berskala internasional ini untuk pertama kalinya.

Jody Diamond dari Amerika Serikat menjadi penampil pertama dari luar negeri di Yogyakarta Gamelan Festival.

Dalam perjalanannya, Yogyakarta Gamelan Festival juga berpindah-pindah lokasi penyelenggaraan. Pernah pula di halaman Komunitas Gayam 16 yang ketika itu masih berada di Jalan Gayam, Societet, TBY, SMKI, dan Plasa Ngasem.

 

Alex Grillo Si Penyelamat

Perhelatan tahunan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) digelar pada 13-15 Juli mendatang.
Perhelatan tahunan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) digelar pada 13-15 Juli mendatang.

Krisis moneter serta reformasi yang  melanda Indonesia pada 1998 turut mengancam keberlangsungan Yogyakarta Gamelan Festival. Travel warning yang dikeluarkan banyak negara membuat Yogyakarta Gamelan Festival bakal kesulitan mendatangkan pemain gamelan dari luar negeri.

"Kami sempat pesimistis waktu itu, mengadakan atau tidak ya," kata Setyaji Dewanto.

Tidak disangka-sangka, Alex Grillo, pemimpin Leda Atomica Musique Marseille, bersama rombongannya dari Prancis datang ke Indonesia. Sapto Raharjo pun memutuskan untuk tetap menggelar Yogyakarta Gamelan Festival saat itu.

Alex dan Sapto saling mengenal karena terlibat dalam kerja sama yang difasilitasi oleh Lembaga Indonesia Prancis.

Menurut Setyaji Dewanto, cara Sapto Raharjo merangkul rekan-rekan seniman gamelan dari luar negeri cukup unik.

"Simbah (Sapto Raharjo) tidak menghubungi lewat kedutaan besar, tetapi kenal secara personal, diajak untuk bermain di Yogyakarta Gamelan Festival," ucapnya.

 

Dukungan dari Seniman Dalam dan Luar Negeri

Yogyakarta Gamelan Festival ke-25
Yogyakarta Gamelan Festival ke-25

Keberlangsungan Yogyakarta Gamelan Festival tidak bisa dilepaskan dari dukungan seniman dalam dan luar negeri yang menjadi teman-teman Sapto Raharjo.  Sebut saja, Ben Pasaribu, Rahayu Supanggah, Wayan Sadre, Slamet Abdul Syukur, Harry Roesli, Jody Diamond, dan Jack Body.

"Kebanyakan sudah almarhum," tutur Setyaji Dewanto.

Meskipun sudah alamrhum, namun warisan dan nilai Yogyakarta Gamelan Festival berhasil diwariskan ke generasi selanjutnya. Padhang Moncar dari New Zealand, misalnya, tampil di Yogyakarta Gamelan Festival meneruskan kebiasaan yang dilakukan Jack Body.

Jody Diamond juga menjadi tukang kompor dalam Yogyakarta Gamelan Festival. Pada awal perhelatan itu diadakan, Jody menjadi saalah satu orang yang mengompori Sapto Raharjo untuk menggelar secara konsisten.

 

Pendanaan yang Bikin Haru Biru

Perhelatan tahunan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) digelar pada 13-15 Juli mendatang.
Perhelatan tahunan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) digelar pada 13-15 Juli mendatang.

Pelaksanaan Yogyakarta Gamelan Festival juga butuh pendanaan. Kerja sama juga dilakukan dengan pemerintah dan swasta.

Namun, pendanaan tidak menjadi hal utama terselenggaranya Festival Gamelan Yogyakarta.

"Pendanaan berapa pun kami tetap maju," ucap Setyaji Dewanto.

Ada keunikan soal pendanaan Yogyakarta Gamelan Festival. Sejak awal sudah ada kesepakatan dengan para penampil, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kesepakatannya, biaya transportasi penampil ditanggung sendiri, termasuk biaya untuk membayar honor penampil masing-masing. Yogyakarta Gamelan Festival hanya menyediakan akomodasi dan transportasi selama festival berlangsung.

"Ini unik dan susah, kalau kami suruh bayar biaya kedatangan penampil ya sudah pasti tidak bisa," ujarnya.

Menurut Setyaji Dewanto, kepergian Sapto Raharjo memang dianggap banyak orang sebagai titik terendah Yogyakarta Gamelan Festival. Namun, setelah 11 tahun tanpa Sapto Raharjo, Yogyakarta Gamelan Festival masih bisa membuktikan eksistensinya tanpa jeda setiap tahun.

"Seperti rekan-rekan Sapto Raharjo yang sudah almarhum, penerus Yogyakarta Gamelan Festival ini pun dilanjutkan oleh generasi berikutnya," tuturnya.

 

Monumen Seperempat Abad

Tumpengan menandai diluncurkannya Yogyakarta Gamelan Festival ke-25 (dok. humas)
Tumpengan menandai diluncurkannya Yogyakarta Gamelan Festival ke-25 (dok. humas)

Memasuki usia seperempat abad, Yogyakarta Gamelan Festival justru punya monumen. Situasi pandemi Covid-19 memaksa gamelan membuat komitmen baru dengan zaman tepat di pesta peraknya.

Ya, penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival ke-25 tidak bisa disaksikan secara luring. Sebagai gantinya, penikmat dan pecinta gamelan bisa menyaksikan live streaming konser gamelan di www.ygflive.com selama lima hari, mulai 18 sampai 20 November 2020.

Project Director Yogyakarta Gamelan Festival, Ishari Sahida yang akrab disapa Ari Wulu, mengatakan selama lima hari penyelenggaraan YGF ke-25 menunjukkan kebersamaan masih ada meskipun jaraknya nyata.  Ia menilai, dukungan dan keputusan untuk terlibat di penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival ke-25 ini membuktikan Yogyakarta Gamelan Festival selalu berfungsi sebagai tempat berkumpulnya pecinta dan pemain gamelan.

"Saat ini hanya perlu evaluasi dan membutuhkan perencanaan untuk lebih baik," kata Ari.

Menurut Ari, usia 25 tahun bukan sekadar romantisme, melainkan introspeksi terhadap hal-hal yang sudah dilakukan selama ini untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan Yogyakarta Gamelan Festival dan manfaatnya. Momentum ini juga menjadi pemikiran perihal apa yang akan dilakukan Yogyakarta Gamelan Festival setelah 25 tahun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

[vidio:100718bgamelan.flv]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Komorbid, Tenaga Kesehatan di Situbondo Meninggal karena COVID-19

Posted: 23 Nov 2020 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang tenaga kesehatan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur meninggal dunia karena terpapar COVID-19. Tenaga kesehatan tersebut sempat dirawat selama 11 hari.

"Iya benar, hari ini (Senin, 23 November 2020) seorang tenaga kesehatan meninggal dunia di rumah sakit rujukan COVID-19 setelah dirawat selama 11 hari," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Dadang Aries Bintoro,seperti dikutip dari Antara, ditulis Selasa, (24/11/2020).

Ia menuturkan, tenaga kesehatan tersebut dirawat sejak 12 November 2020 di RSUD dr Abdoer Rahem. Perawatan yang dijalani selama 11 hari.

Dadang mengatakan, tenaga kesehatan yang juga bertugas di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo tersebut diketahui tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Sesuai data yang kami terima, tenaga kesehatan tersebut tidak ada penyakit penyerta (komorbid-red)," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Perkembangan COVID-19 di Situbondo

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Jumlah pasien COVID-19 di Situbondo telah mencapai 897 orang. Rincian pasien itu antara lain 752 orang pasien dinyatakan sembuh, 66 pasien dalam perawatan, dan 79 orang meninggal dunia.

Sebelumnya, seorang tenaga kesehatan di Situbondo bernama Yudha Adhi Prathama (32) yang terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSUD dr Abdoer Rahem.

Yudha Adhi Prathama merupakan relawan penanganan COVID-19 yang pada April 2020 pernah bergabung dengan tim Rumah Sakit Darurat Corona (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta Pusat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Juri Kompetisi The Asset Manager 2020, Simak Tajamnya Pertanyaan Sri Mulyani

Posted: 23 Nov 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didaulat untuk menjadi dewan juri kehormatan dalam acara Grand Final Kompetisi The Asset Manager 2020. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mendapat kesempatan untuk bertanya kepada para finalis yang terdiri dari enam kelompok.

Pertama, secara umum Bendahara Negara itu meminta kepada masing-masing peserta untuk menjelaskan isi dari proposal pengelolaan aset yang disampaikan. Dirinya ingin mendapatkan penjelasan terkait rencana pemanfaatan dari pada proposal tersebut.

"Di dalam rangka untuk mengelola aset, apakah dia menciptakan nilai tambah tadi yang seperti saya sampaikan dalam pidato? Coba jelaskan kepada saya manfaatnya dalam bentuk apa? uang pada perekonomian? apakah kepada masyarakat dan bagaimana nilainya manfaat yang diperoleh dari proposal tersebut?," tanya Sri Mulyani saat menjadi juri, Selasa (24/11/2020).

Setelah memberikan pertanyaan umum, Sri Mulyani melanjutkan kembali pertanyaan kepada masing-masing peserta untuk dijawab. Pertanyaan pertama diberikan kepada peserta dari Lembaga Besar Pendidikan dan Penyelenggaraan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP2IP), yang membuat konsep dapur bersama, hingga hotel kapsul.

"Itu bisa menunjukkan manfaat kepada siapa? segmen masyarakat yang akan dituju kuantifikasinya seperti apa?," tanya Sri Mulyani.

Kemudian pertanyaan kedua diberikan kepada Kominfo yang membuat konsep pemberdayaan produk kelapa, terutama untuk membuat hall ruang workshop galeri dengan luas 9.000 M2. Dirinya pun lantas mempertanyakan apakah segmen dari mereka yang produk berbasis kelapa itu menunjukan potensi sesuai dengan konsep ditawarkan atau justru sebaliknya.

"Atau mendukung ini dan apakah tarif sewanya kompetitif?," ujarnya.

Selanjutnya kepada Universitas Andalas yang menginginkan Kota Tua sebagai supermarket produk halal. Sri Mulyani mempertanyakan dari konsep yang ditawarkan tersebut, apakah dari sisi segmen sudah dilakukan survei atau belum. Dia juga meminta mempertimbangkan dari sisi persaingan terhadap supermarket lain yang juga menjual produk halal. Apakah sudah diperhitungkan atau tidak sama sekali.

"Kemudian bagaimana Anda bisa menjaga agar biaya pemeliharaannya bisa tertutup dan sekaligus makin meningkatkan kualitas tempat tersebut. Karena kalau orang pergi ke supermarket memang dia tidak hanya berbelanja tapi juga bisa menikmati situasinya," tegas Sri Mulyani.

 

Kategori Master

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat konsultasi dengan DPR di Ruang Pansus B, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12). Rapat membahas program Omnibus Law dan RUU Prolegnas Prioritas tahun 2020 terkait keuangan dan perkembangan makro fiskal dan keuangan negara. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat konsultasi dengan DPR di Ruang Pansus B, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12). Rapat membahas program Omnibus Law dan RUU Prolegnas Prioritas tahun 2020 terkait keuangan dan perkembangan makro fiskal dan keuangan negara. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selanjutnya, kepada para peserta finalis kategori master, dirinya juga mempertanyakan konsep yang ditawarkan dari para peserta. Untuk PT PGN, dalam hal ini perusahaan membuat konsep pemanfaatan teras Kota Tua. Dengan tujuan memberikan tempat kepada pelaku UMKM.

Melihat konsep ditawarkan tersebut, Sri Mulyani ingin mengetahui seberapa besar pelaku UMKM yang ditargetkan bisa menggunakan fasilitas yang ditawarkan tersebut. Kemudian juga bagaimana biaya sewa yang ditawarkan.

"Dan apakah cukup kompetitif dibandingkan kalau mereka menyewa di tempat lain yang mungkin sama strategisnya?," kata dia.

Selanjutnya untuk PT Wijaya Karya yang ingin mengelola industri pariwisata seperti hotel dan lainnya dipandang belum terlalu terlihat. Sebab, dengan kondisi pandemi Covid-19 pengelolaan itu masih belum relevan dilakukan.

"Dalam hal ini apakah kreasi Anda untuk membuat tadi hotel dan yang lain-lain dalam situasi sekarang ini dengan adanya covid disrupsi terjadi orang bisa work from home, jadi apakah ini masih akan visible sesudah terjadinya covid ini?," urainya.

Dan yang terakhir untuk PPK Gelora Bung Karno yang akan menciptakan pusat hiburan olahraga di sekitar area GBK. Dia mempertanyakan segmen seperti apa yang akan dituju. Kemudian apakah itu akan memiliki posisi kuat. Mengingat GBK sebelahnya ada plaza senayan. "Apakah ini unik apa yang beda dari disekitar kita," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Lengket, Ini 6 Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans

Posted: 23 Nov 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama pasangan artis Megan Domani dan Jeremie Moeremans tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dua bintang sinetron Cinta Tapi Benci ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air dan bermain dalam ragam judul sinteron. Megan Domani dan Jeremie Moeremans merupakan salah satu pasangan artis yang jarang mengumbar kemesraan.

Kebersamaan adik Aurelie Moeremans dan Bryan Domani ini tak lepas dari perhatian warganet. Kerap terlibat dalam satu judul sinetron, tak heran jika keduanya cukup sering terlihat habiskan waktu bersama. Bahkan keduanya juga kerap terlihat membuat konten YouTube bareng.

Belum lama ini, Megan Domani mengunggah momen liburan bareng Jeremie. Rupanya pasangan yang sudah menjalin hubungan sejak tahun 2019 ini terlihat semakin lengket. Kedekatan keduanya bermula saat beradu akting bareng di sinetron Cinta Misteri. Kebersamaan Megan dan Jeremie pun mulai diunggah pada Oktober 2019.

Dua bintang sinetron Indonesia ini memang tidak pernah memberi tahu secara terang-terangan kapan keduanya mulai menjalin hubungan. Namun, keduanya kini cukup sering mengunggah ragam momen manis di akun Instagram pribadi masing-masing.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang momen manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans yang semakin lengket, Selasa (24/11/2020).

1. Ini adalah momen kebersamaan Megan Domani dan Jeremie Moeremans saat liburan di Labuan Bajo, NTT.

Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)
Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)

2. Kurang lebih setahun menjalin hubungan, pasangan yang terpaut usia 1 tahun ini semakin lengket.

Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)
Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)

3. Adik Aurelie Moeremans dan Bryan Domani ini juga kerap terlibat dalam satu judul sinetron. Tak heran jika keduanya kerap habiskan waktu bersama.

Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)
Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)

4. Beberapa sinetron yang mempertemukan Megan dan Jeremie adalah Cinta Misteri, Cinta Anak Muda, dan Cinta Tapi Benci.

Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)
Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/megandomani1410)

5. Gaya pacaran keduanya yang anti jaim dan tidak berlebihan selalu berhasil mencuri perhatian publik.

Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/jeremiemoeremans)
Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/jeremiemoeremans)

6. Dua bintang sinetron Indonesia ini terbilang jarang mengunggah kebersamaan keduanya di akun Instagram pribadi.

Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/jeremiemoeremans)
Momen Manis Megan Domani dan Jeremie Moeremans. (Sumber: Instagram.com/jeremiemoeremans)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Covid-19 Naik saat Libur Panjang, Ini Harapan Wagub DKI ke Jokowi

Posted: 23 Nov 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan tren kenaikan kasus aktif virus Corona atau Covid-19 antara lain merupakan efek dari libur panjang. Sebab, saat ini klaster terbesar di Ibu Kota yaitu rumah tangga atau perumahan dan disusul dengan perkantoran.

"Untuk itu kami meminta kepada semua warga Jakarta, pada libur panjang akhir tahun ini, kami minta kebijakan dan kesadarannya untuk libur panjang tetap berada di Jakarta. Di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2020).

Dia menyatakan, bepergian saat libur panjang berpotensi memunculkan penyebaran virus Covid-19. Karena hal itu, Riza mengharapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat memberikan kebijakan baru jelang libur panjang akhir tahun.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden akan mengambil satu kebijakan yang baik agar bisa satu kebijakan libur panjang ke depan. Agar bisa mengurangi penyebaran Covid-19 di seluruh Indonesia, termasuk DKI," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi selama 14 hari ke depan hingga 6 Desember 2020.

Dia mengatakan perpanjangan tersebut telah berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1.100 Tahun 2020.

"Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang PSBB masa Transisi menuju masyarakat sehat, aman, dan produktif selama 14 hari, terhitung tanggal 23 November sampai dengan 6 Desember 2020 sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan kasus Covid-19," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (22/11/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Waspada dan Disiplin

Dia mengatakan pihaknya dapat menerapkan kebijakan rem darurat atau emergency brake policy bila terjadi kenaikan kasus secara signifikan. Namun, berdasarkan data epidemiologis selama penerapan PSBB masa transisi dua pekan terakhir, kondisi Ibu Kota masih aman dan terkendali.

"Akan tetapi, kita harus semakin waspada dan semakin disiplin dalam protokol kesehatan," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Israel Benarkan PM Benjamin Netanyahu Kunjungi Arab Saudi, Bertemu Pangeran MBS?

Posted: 23 Nov 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Tel Aviv - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dikabarkan berkunjung ke Arab Saudi. Pertemuan turut dihadiri pemimpin Mossad.

Kunjungan PM Netanyahu dilaksanakan secara rahasia. Baru satu menteri Israel yang membahasnya di publik, yaitu Menteri Pendidikan Yoav Gallant. 

"Faktanya pertemuan terjadi dan diungkap ke publik, bahkan jika setengah resmi saat ini, adalah hal yang penting," ungkapnya seperti dikutip US News, Selasa (24/11/2020).

Kabar kunjungan itu bocor pada Senin 23 November, namun kunjungan dilaporkan terjadi pada Minggu 22 November. 

PM Israel Benjamin Netanyahu masih belum berkomentar secara resmi. Ia santer disebut bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Pihak Arab Saudi hanya berkomentar singkat mengenai isu kunjungan Benjamin Netanyahu. Berikut klarifikasi pemerintah Arab Saudi:

Tak Bertemu Pangeran MbS

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman mengunjungi Perdana Menteri Inggris Theresa May di 10 Downing Street, London, Rabu (7/3). Kunjungan ini dirancang untuk meningkatkan hubungan keamanan dan perdagangan kedua negara. (AP/Alastair Grant)
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman mengunjungi Perdana Menteri Inggris Theresa May di 10 Downing Street, London, Rabu (7/3). Kunjungan ini dirancang untuk meningkatkan hubungan keamanan dan perdagangan kedua negara. (AP/Alastair Grant)

Melalui Twitter, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan membantah ada pertemuan antara PM Benjamin Netanyahu dan Pangeran Mohammed bin Salman.

"Tak ada pertemuan yang terjadi," ujar Pangeran Faisal via Twitter.

Ia berkata yang bertemu hanya pejabat Saudi dan Amerika.

Pertemuan diduga terjadi di kota Neom. Pesawat PM Netanyahu mendarat di Neom selama beberapa jam sebelum kembali ke Tel Aviv.

Kabar Pertemuan

Mohammed bin Salman ditunjuk jadi putra Mahkota Arab Saudi (Foto:Hassan Ammar/AP)
Mohammed bin Salman ditunjuk jadi putra Mahkota Arab Saudi (Foto:Hassan Ammar/AP)

Media Israel melaporkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu diam-diam berkunjung ke Kerajaan Arab Saudi. Pemimpin Mosad, Yossi Cohen, juga dilaporkan hadir. 

Menurut laporan Haaretz, Senin 23 November 2020, Benjamin Netanyahu disebut bertemu Pangeran Mohammed bin Salman (MbS). Pertemuan keduanya berlangsung di kota Neom. 

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dikabarkan turut hadir. Saat ini, Pompeo memang sedang tur di Timur Tengah.

Pesawat Benjamin Netanyahu terpantau oleh situs penerbangan dan mendarat selama 5 jam sebelum kembali ke Tel Aviv. 

Pertemuan ini juga dirahasiakan dari kabinet Netanyahu. Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi tidak mengetahuinya. 

Belum ada keterangan resmi mengenai topik pertemuan itu, namun ajudan Benjamin Netanyahu, Topaz Luk, angkat bicara di Twitter dan menyebut pemimpinnya sedang membuat perdamaian. 

"Gantz sedang bermain politik, perdana menteri sedang membuat perdamaian," ujar Topaz Luk.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut: Bio Farma Bakal Produksi Vaksin Covid-19 Pfizer

Posted: 23 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat. Luhut mengaku bertemu secara khusus dengan Mike Pence selama 15 menit.

"Di Wakil Presiden (Amerika Serikat) saya berbicara hampir 15 menit," kata Luhut dalam acara CEO Networking 2020 secara virtual, Jakarta, Selasa (24/11).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas terkait kerja sama pengadaan vaksin Covid-19 yang diproduksi Pfizer. Hasilnya, Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk bekerja sama dengan membuat vaksin Covid-19.

"Kami bicara akhirnya menyangkut masalah vaksin dan Amerika bersedia membantu vaksin," kata Luhut.

Semalam, kata Luhut, sudah ada pembahasan antara Pemerintah Amerika Serikat, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin dan Badan POM lewat video konferensi. Dalam pertemuan virtual tersebut, vaksin Covid-19 dari perusahaan Pfizer akan diproduksi PT Bio Farma.

"Tadi malam kami sudah follow up dengan video call dengan secretary of health-nya dia, Bob, dan dengan Wakil Menteri Budi Sadikin dan juga BPOM untuk membuat Pfizer kerja sama dengan PT Bio Farma kita," tutur Luhut.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Antisipasi Vaksin Palsu, Pemerintah Harus Edukasi Masyarakat

Ilustrasi Konspirasi Penemuan Vaksin Covid-19 Credit: pexels.com/Polina
Ilustrasi Konspirasi Penemuan Vaksin Covid-19 Credit: pexels.com/Polina

Pemerintah berencana memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat pada awal 2021. Namun, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin tersebut secara gratis.

Ada dua program kebijakan pemerintah terkait vaksin Covid-19. Pertama, program vaksin gratis atau subsidi pemerintah yang menyasar pengguna BPJS Kesehatan. Kedua, program vaksin mandiri yang disediakan untuk 75 juta orang kelompok masyarakat mampu.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menganggap, skema penyaluran vaksin Covid-19 ini masih menyisakan celah. Menurut dia, pemerintah perlu mengedukasi masyarakat demi menghindari penyebaran barang palsu.

"Sekarang yang kita tahu kan dijualnya mahal, hanya orang-orang tertentu yang bisa. Untuk itu nanti yang murah dijual, yang bikin itu palsu atau pasar gelap. Kemungkinan itu harusnya sudah diantisipasi dari jauh-jauh hari," kata Agus kepada Liputan6.com, Sabtu (21/11/2020).

"Jadi Erick Thohir (dan Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) sudah punya tools bagaimana cara pencegahannya, karena ini kan perdagangan jasa," dia menambahkan.

Tanpa ada penjelasan rinci, masyarakat akan kesulitan untuk bisa membedakan mana vaksin Covid-19 yang terverifikasi, dan mana barang palsu yang berasal dari pasar gelap atau black market.

"Jadi intinya pemerintah harus jelasin kalau masyarakat mau dapat yang asli di mana. Kan, itu juga membingungkan, apakah di puskesmas, di mana itu, pembagian wilayahnya di mana. Kemudian bayar atau tidak, atau masuk BPJS. Hal-hal ini yang belum dibahas," ucapnya.

Agus menekankan, pemerintah juga perlu tegas dalam menindak oknum penyebar vaksin Covid-19 palsu. Siapa pun yang memalsukan itu harus diadili.

"Jangan cuman basa-basi nanti dimasukin penjara, tapi kemudian keluar, enggak akan pernah beres. Enggak harus (bikin aturan/kebijakan baru), pakai KUH Pidana aja. Ngapain bikin lagi," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming SCTV dan Sinopsis FTV 3xtraOrdinary: Awas! Hati-Hati Ketipu Putri Sosmed Palsu, Selasa 24 November 2020

Posted: 23 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta FTV 3xtraOrdinary Selasa (24//2020) siang ini tentang Sandi yang benar-benar frustasi soal jodoh. Segala cewek temank erja di pabrik yang ia gombalin, gagal. Maklum, sesama pekerja pabrik mereka toh tahu betapa 'kumelnya' penampilan dan dompet Sandi. Cewek di kost depan rumah juga sudah dibawakan berbagai makanan, respon bagus, eh tetep aja jadiannya sama cowok yang bawa mobil.

Dan FTV 3xtraOrdinary yang tayang mulai pukul 14.30 WIB ini makin seru. Yang ngeselin, makanan yang Sandi antar adalah masakan Nyak-nya yang diam-diam dibungkus untuk tuh cewek, sampai Nyak marah. Sementara NYAK juga di sisi lain maksa melulu suruh cepat-cepat kawin.

Sandi akhirnya kepikiran buat cari biro jodoh di sosmed. Iseng berselancar di dunia maya, akhirnya ketemu deh yang paling cakep! yaitu Vini. Sebenarnya Vini nggak pernah memajang dirinya di biro jodoh. Semua gara-gara ulah Lala, sahabatnya yang doyan banget belanja sampai rela utang sana sini.

Pusing karena ditagih rentenir, Vini kepikiran buat nipu cowok-cowok, tapi dengan foto orang lain, biara man! Iseng lah Lala membuat biro jodoh palsu di sosmed, memajang berbagai foto yang ia curi dari sosmed. Tapi apesnya, cowok-cowok kadung mengenal para gadis di foto, karena rata-rata tuh cewek hits di Instagram.

Bagaimana cerita FTV 3xtraOrdinary ini selanjutnya? 

 

Nonton Via Live Streaming Di Sini

Klik tautan ini untuk menonton...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngeri, Detik-Detik Mobil Terguling dan Terjun ke Jurang di Lumajang

Posted: 23 Nov 2020 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video amatir perlihatkan kecelakaan mengerikan di Lumajang Jawa Timur. Sebuah mobil terguling lalu terjung ke jurang yang dalam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

E-commerce Indonesia Diprediksi Tumbuh 21 Persen 5 Tahun ke Depan

Posted: 23 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company memperkirakan dalam 5 tahun ke depan, sektor e-commerce Indonesia bakal tumbuh 21 persen. Sedangkan untuk  transportasi online dan pengantaran makanan akan tumbuh 28 persen.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf menjelaskan, dalam laporan ekonomi internet regional 2020 ini mencakup 5 sektor, yakni e-commerce, media online, transportasi online, perjalanan, dan layanan keuangan digital, serta menyentuh dua sektor baru diantaranya teknologi pendidikan dan kesehatan (EdTech dan HealthTech).

Ia menyebut sektor transportasi online selama pandemi covid-19 mengalami penurunan karena adanya PSBB. Kendati begitu setelah pandemi diperkirakan sektor tersebut akan meningkat lagi.

"Dalam lima tahun ke depan, kami memperkirakan sektor e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 21 persen dan sektor transportasi online dan pengantaran makanan juga tumbuh 28 persen," kata Randy Jusuf dalam Laporan e-Conomy SEA 2020, Selasa (24/11/2020).

Lantaran pada 2020, lebih dari sepertiga konsumen layanan digital di Asia Tenggara mulai menggunakan layanan online baru karena COVID-19.

Bahkan di Indonesia lebih dari setengah konsumen digital baru meningkat 56 persen yang berasal dari daerah non-metro. Lalu 93 persen dari mereka berkata akan terus menggunakan setidaknya satu layanan digital seperti layanan e-commerce setelah pandemi berakhir.

"Di samping itu, waktu online rata-rata per hari selama pandemi untuk tujuan pribadi tercatat meningkat, dari 3,6 jam sebelum pandemi menjadi 4,7 jam selama PSBB dan kemudian 4,3 jam setelah PSBB," ujarnya.

 

 

Media Online

Ilustrasi Bisnis Media Online (iStockphoto)
Ilustrasi Bisnis Media Online (iStockphoto)

Selain itu, media online juga menunjukkan pertumbuhan positif sejauh ini pada 2020, dengan nilai Usd 4,4 miliar atau naik 24 persen dari USD 3,5 miliar pada 2019. Sektor ini diperkirakan akan terus bertumbuh sebesar 18 persen menjadi USD 10 miliar pada 2025.

Meskipun sektor perjalanan online turun 68 persen menjadi USD 3 miliar pada 2020, dari USD10 miliar pada 2019, walau diperkirakan akan bertumbuh dengan CAGR 36 persen dan mencapai USD 15 miliar pada 2025.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md Pastikan Persiapan Pilkada 2020 Berjalan Baik

Posted: 23 Nov 2020 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud Md mengklaim bahwa persiapan Pilkada 2020 berjalan dengan baik.

"Ya saya menginformasikan bahwa persiapan pilkada berjalan dengan cukup baik, jadi dari 70 hari masa kampanye sekarang sudah lewat 59 hari. Tinggal 11 hari lagi semua berjalan relatif baik, aman dan terkendali," sebut Mahfud dalam sebuah video di kanal Kemenko Polhukam RI dikutip pada Selasa (24/11/2020).

Mahfud mengakui memang dalam serangkaian acara persiapan itu, termasuk kampanye terjadi pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Namun angkanya tak mencapai 3 persen.

"Ada pelanggaran protokol kesehatan, terjadi sebanyak 2,2 persen," ungkapnya.

Persentase tersebut didapat dari 1.510 pelanggaran di 73.500 acara persiapan Pilkada 2020.

"Itu pun yang kecil-kecil, misalnya lupa pakai masker, jumlah di ruangan lebih banyak dan sebagainya," katanya.

Mahfud mengklaim, semua pihak pelanggar sudah diperingatkan, dan langsung patuh.

"Sehingga tidak ada kasus yang kemudian jadi berita, apalagi kerumunan di dalam proses keseluruhan pilkada ini," paparnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

16 Dipidanakan

Menurut Mahfud, sebagian di antara para pelanggar juga mendapatkan pemidanaan. Pihaknya mencatat paling tidak ada 16 kasus tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan selama rangkaian Pilkada 2020.

"Yang ditindak pidana dan diproses pidana khusus untuk pilkada itu ada 16 tindak pidana yang sekarang ini dalam proses penyelidikan dan penyidikan dan sudah dalam proses peradilan juga," sebut Mahfud.

"Jadi jangan bilang bahwa tidak ada tindakan, semua sudah ditindak," sambung dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: