Rabu, 11 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Krisis Pangan, Kim Jong-un Ancam Hukum Warga Korut yang Buang Makanan

Posted: 11 Nov 2020 11:11 PM PST

Liputan6.com, Pyongyang - [Kim Jong-un ](4400844 "" ) mengancam warga Korea Utara dengan hukuman jika mereka menyia-nyiakan makanan, karena negara itu sedang berjuang untuk memberi makan penduduknya setelah banjir tahun ini.

Sebuah arahan baru dari Kim Jong-un melalui Komite Sentral Partai Buruh Korut mengatakan bahwa 'Hukuman Keras' menanti mereka yang gagal melindungi ekonomi sosialis dan kesejahteraan rekan-rekan mereka dengan membuang-buang makanan.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (12/11/2020), hal ini dilakukan setelah adanya tiga topan berturut-turut pada Agustus dan September yang menghancurkan lahan pertanian dan tanaman. Di saat yang sama negara tengah terdampak ekonomi dari krisis COVID-19 dan sanksi ekonomi.

"Pada awal bulan ini, Komite Sentral memerintahkan penduduk untuk secara aktif berpartisipasi dalam menyelesaikan krisis pangan tahun ini sebagai bagian dari perjuangan penghematan pangan," imbuh seorang sumber kepada Radio Free Asia, sebuah media yang disponsori pemerintah AS.

Perintah itu menekankan bahwa perjuangan tidak hanya menyelesaikan masalah bagaimana rakyat akan makan. Namun, ini juga adalah masalah dalam melindungi sistem sosialis. Kim Jong-un juga memperingatkan bahwa pihak berwenang akan meningkatkan tindakan keras dan hukuman atas tindakan apa pun yang terkait dengan limbah makanan. 

 

 

Korea Utara sedang Berjuang untuk Mencukupi Kebutuhan Pangan

Dalam gambar tak bertanggal yang dirilis 28 Agustus 2020, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un melihat tanaman jagung di daerah yang dilanda topan di Provinsi Hwanghae Selatan. Kunjungan Kim dilakukan usai televisi pemerintah KCTV menayangkan adegan kerusakan akibat topan. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)
Dalam gambar tak bertanggal yang dirilis 28 Agustus 2020, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un melihat tanaman jagung di daerah yang dilanda topan di Provinsi Hwanghae Selatan. Kunjungan Kim dilakukan usai televisi pemerintah KCTV menayangkan adegan kerusakan akibat topan. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)

Sumber pertama menyebutkan bahwa Provinsi Hamgyong Utara melaporkan ada penurunan yang signifikan dalam produksi grain atau biji padi-padian, bahkan di tahun biasa pun Korea Utara berjuang untuk mencukupi panen guna memberikan makan rakyat.

Sejak Januari, semua perdagangan dengan dunia luar dihentikan karena pandemi, termasuk perbatasan darat di utara dengan China. Hal itu dapat dilihat ketika warga korut melihat perayaan Tahun Baru yang biasanya dirayakan dengan melimpahnya makanan di meja makan keluarga.

Komite Sentral telah memerintahkan untuk tidak mengatur meja upacara dengan makanan yang terbuat dari biji-bijian. Pemerintah Kim menyarankan hanya buah dan sayuran yang harus disajikan, sementara para tamu hanya boleh diberi mie, kue beras dan roti.

Sumber kedua, dari pedesaan Provinsi Ryanggang, mengatakan bahwa para pengawas ditempatkan di jalan di luar pusat kota untuk memeriksa mobil yang lewat, gerobak dan bahkan barang bawaan yang dibawa di punggung orang. Hal itu dilakukan untuk memastikan mereka tidak mengangkut grain.

Harga Bahan Pangan Meningkat dan Mengancam Daya Beli Penduduk

Dalam gambar tak bertanggal yang dirilis 28 Agustus 2020 memperlihatkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (tengah) mengunjungi daerah yang dilanda topan di Provinsi Hwanghae Selatan. Topan itu juga menyebabkan hujan lebat dan menumbangkan pohon. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)
Dalam gambar tak bertanggal yang dirilis 28 Agustus 2020 memperlihatkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (tengah) mengunjungi daerah yang dilanda topan di Provinsi Hwanghae Selatan. Topan itu juga menyebabkan hujan lebat dan menumbangkan pohon. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)

Harga makanan di pasar meningkat karena grain atau biji padi-padian dilarang dan hal ini mengancam penduduk.

Pada bulan Mei, para ahli memperkirakan bahwa Korea Utara mengalami kekurangan pangan sekitar 860.000 ton dari 5,5 juta yang dibutuhkan untuk memberi makan rakyatnya. Perkiraan itu dibuat sebelum terjadinya banjir yang diyakini telah menghancurkan 200.000 ton tanaman.

Sumber pemerintah Korea Selatan mengatakan kepada surat kabar Jepang The Asahi Shimbun bahwa China telah menyumbangkan antara 500.000 dan 600.000 ton makanan bersama dengan pupuk tahun ini. Mereka juga mengirim 600.000 ton jagung dan biji-bijian lainnya antara Juni dan Agustus.

sebagai informasi, kelaparan adalah ancaman konstan di negara terpencil yang mengalami periode kelaparan massal di tahun 1990-an yang secara resmi dikenang sebagai 'The Arduous March'.

Krisis ekonomi umum dari tahun 1994 hingga 1998 yang diakibatkan oleh penarikan dukungan Soviet diperparah oleh banjir dan kekeringan. Diperkirakan dari 22 juta penduduknya sebanyak 3,5 juta warga Korea Utara meninggal karena kelaparan, yang memuncak pada tahun 1997.

Tahun itu, menteri pertanian negara itu, So Kwan-hui, dituduh memata-matai Washington dan menyabotase pertanian negara itu. Dia dieksekusi oleh regu tembak. Pada 2011, sebuah laporan AS menyatakan bahwa kematian berlebih dari 1993 hingga 2000 adalah antara 500.000 dan 600.000 jiwa. Perkiraan lain mengatakan bahwa 240.000 orang meninggal akibat 'The Arduous March'.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: APBN Berperan Penting Tangani Pandemi Covid-19

Posted: 11 Nov 2020 11:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah memainkan peran penting dalam penanganan Covid-19.

Bahkan, instrumen tersebut diharapkan menjadi satu-satunya yang bisa menyokong pemulihan ekonomi nasional.

"Kita melihat APBN melakukan seluruh peranan stabilisasi alokasi distribusi secara simultan," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Adanya pandemi Covid-19, pemerintah mengambil langkah extraordinary dengan mengeleuarkan Perppu 1 yang kini telah menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Kehadiran UU tersebut, meperbolehkan pemerintah untuk perlebar defisit APBN sebagai respon bentuk penanganan.

"Dan stimulus APBN menyebabkan defisit melebar hingga 6,34 dari yang tadinya 1,76 persen yang sudah disetujui DPR seblumnya," kata dia.

Melalui UU tersebut maka terjadilah reopening policy. Pemerintah menunjang dengan program yang disebut pemulihan ekonomi nasional. Dengan harapan sektor usaha bisa survive dan kemudian recovery.

"Meskipun demikian kita juga akan terus mendukung juga berbagai langkah reformasi karena pada akhirnya perekonomian tidak hanya penanganan Covid tetapi juga memulihkan dan membangun lagi pondasi," tandas Sri Mulyani.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Anggaran Infrastruktur di 2021 Naik Tajam, Sri Mulyani Buka Suara

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) di Jakarta, Rabu (13/3). Acara ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri'. (Liputan6.com/JohanTallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) di Jakarta, Rabu (13/3). Acara ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Pemerintah Jokowi-Maruf mengalokasikan anggaran infrastruktur di 2021 mencapai sebesar Rp413,8 triliun. Anggaran tersebut melonjak tajam mencapai 47,2 persen dari total alokasi pada tahun ini yang hanya sebesar Rp281,1 triliun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, kenaikan anggaran tersebut terjadi dikarenakan pemerintah ingin mengejar beberapa proyek yang sempat tertunda di tahun ini. Belum lagi, pemeritah juga akan menambah proyek-proyek baru di 2021.

"Sehingga kelihatan di tahun 2021 terjadi kenaikan hingga 47 persen sendiri menjadi Rp413,8 triliun. Itu untuk menampung banyak sekali luncuran yaitu yang tertunda tahun ini," kata dia dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (12/11).

Bendahara Negara itu berharap, kenaikan anggaran pada infrastruktur di tahun depan dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi. Juga diharapkan untuk meningkatkan pemerataan kemajuan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Inedonsia.

"Bidang-bidangnya dari mulai jalan, tanah konektivitas jembatan, bandara, kereta api, air dan untuk energi termasuk yang tadi ICT," tandas dia.

Sebelumnya, Ekonom Senior, Faisal Basri menyoroti struktur pengeluaran pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di 2021 yang mencapai sebesar Rp414 triliun. Anggaran tersebut melonjak tajam dari yang dialokasikan pada tahun ini yang hanya sebesar Rp281,1 triliun.

"Nah kemudian kita lihat nih tahun depan masih susah-susah ini yang naik yang paling kenceng adalah pembangunan infrastruktur. Alokasi infrastruktur tertinggi sepanjang sejarah di tengah covid luar biasa," kata dia dalam diskusi, di Jakarta, Kamis (3/9).

Dia menduga alokasi pembangunan infrastruktur tersebut menjadi fokus penting pemerintah, dibandingkan dengan alokasi kesehatan. Di mana sektor kesehatan sendiri pada 2021 mendatang turun.

"Jadi lebih penting menyelamatkan proyek-proyek infrastruktur ketimbang menyelamatkan nyawa manusia dengan memvaksin kan secara gratis. Ini negara apa ini? Kalau di negara lain pemerintahannya sudah jatuh ini kalau begini caranya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Sosok di Sampul Buku Iqra

Posted: 11 Nov 2020 11:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika kini TikTok menjelma menjadi platform media sosial yang digandrungi publik. Pengguna TikTok banyak membagikan informasi unik dan mengundang perhatian netizen. Seperti yang baru-baru ini viral yakni ada video dari cucu KH As'ad Humam.

Ya, KH As'ad Humam merupakan bapak yang ada di sampul buku Iqra bagian belakang. Beliau merupakan pelopor metode baca Iqra yang sampai saat ini masih dipakai banyak orang. Cucu beliau bernama Frideswidi Aufi yang kini kerap membagikan video-video edukasi di akun @fridesides.

Frides merupakan cucu dari As'ad Humam yang lahir pada 1999, selisih 3 tahun setelah meninggalnya sang kakek. As'ad Human tutup usia pada 2 Februari 1996. Kini Frides meneruskan usaha sang kakek yakni berusaha berbagi pengetahuan dengan mengedukasi 56,6 ribu followersnya melalui video TikTok.

Penasaran kan dengan potret Frideswidi Aufi cucu As'ad Humam? Berikut Liputan6.com rangkum dari TikTok dan Instagram @fridesides, potret Frideswidi Aufi cucu As'ad Humam, Kamis (12/11/2020).

1. Ini dia Frideswidi Aufi, cucu dari As'ad Humam yang lagi viral di TikTok.

Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: Instagram @fridesides)
Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: Instagram @fridesides)

2. Perempuan kelahiran 1999 ini kerap membagikan edukasi melalui video TikTok.

Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: TikTok @fridesides)
Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: TikTok @fridesides)

3. Cucu pelopor metode Iqra ini juga kerap membuat video tutorial memakai cadar ataupun hijab.

Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: TikTok @fridesides)
Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: TikTok @fridesides)

4. Tak dipungkiri, Frides begitu bangga menjadi cucu dari As'ad Humam.

Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: TikTok @fridesides)
Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: TikTok @fridesides)

5. Ia pun kerap mengunjungi makam sang kakek. Dari foto ini diketahui, As'ad Humam tutup usia pada 2 Februari 1996.

Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: IG @fridesides)
Viral di TikTok, Ini 6 Potret Cucu As'ad Humam Kakek di Sampul Buku Iqra (sumber: IG @fridesides)

6. Ini video viral Frideswidi Aufi yang ditonton hingga 2,5 juta pengguna TikTok.

@fridesides

let me be myself guys 🥺🤍 #samasamadaritiktok #fyp #iwishiwereheather #iqro #foryoupage

♬ original sound - Ian Asher

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK Kembali Gelar Sidang Uji Materi UU Cipta Kerja

Posted: 11 Nov 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menjadwalkan sidang pemeriksaan pendahuluan bagi para pemohon yang meminta uji materi terhadap UU Cipta Kerja.

Berdasarkan laman MK, dijadwalkan sidang uji materi terhadap UU Cipta Kerja dilakukan, Kamis (12/11/2020) pukul 14.00 WIB. Terlihat, dalam permohonan tersebut UU Cipta Kerja ini belum diberi nomor.

Adapun, permohonan dengan nomor 91/PUU-XVIII/2020, diajukan oleh Hakiimi Irawan Bangkid Pamungkas, Novita Widyana, Elin Dian Sulistiyowati, Alin Septiana, dan Ali Sujito.

Sedangkan, permohonan uji materi UU Cipta Kerja satunya, dengan nomor 95/PUU-XVIII/2020, diajukan oleh Zakarias Horota, Agustinus R Kambuaya, dan Elias Patege.

Diketahui, satu permohonan uji materi UU Cipta Kerja yang diajukan oleh Serikat Pekerja Singaperbangsa, sudah mulai duluan pada pekan lalu.

 

Jokowi Kembali Singgung

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, kembali menyinggung soal Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau UU Cipta Kerja, yang dinilainya bisa mempercepat industri di dalam negeri.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di HUT ke-9 Partai NasDem secara virtual, Rabu (11/11/2020).

"Itulah semangat dari penerbitan UU Cipta Kerja yang sekaligus dimaksudkan untuk mempercepat industrialisasi di dalam negeri, serta memperkuat sektor strategis terutama pangan, kesehatan dan energi," kata Jokowi.

Dia menuturkan, setiap perubahan besar kerap menimbulkan kekhawatiran dan kesalahpahaman. Terlebih, apabila perubahan tersebut tak disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat.

"Setiap perubahan, setiap restorasi, apalagi restorasi besar besaran seringkali menimbulkan kekhawatiran dan salah pengertian. Apalagi, jika tidak terkomunikasikan secara baik dalam waktu yang memadai," jelas Jokowi.

Kendati begitu, dia meminta agar semua pihak maklum bahwa persaingan membutuhkan kecepatan. Pasalnya, momentum yang sempit dalam persaingan global harus direspon dengan cepat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroversi Celana Dalam Pria Bermotif Simbol Suci bagi Umat Hindu

Posted: 11 Nov 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredarnya laman penjualan celana dalam pria bermotif simbol suci bagi umat Hindu menimbulkan kontroversi, awal minggu ini. Insiden itu riuh seiring ancaman memboikot e-commerce raksasa, Amazon, dari warganet India.

Mulai dari simbol Om hingga patung para Dewa-Dewi, sudah banyak produk yang membuat jengkel warganet. Alhasil, tagar #BoyCottAmazon mulai trending di media sosial dengan mengangkat narasi yang menyuarakan ketersinggungan umat Hindu.

"Apakah @amazonIN oleng? India adalah pasar terbesar. Tapi, mengapa Anda menyakiti sentimen agama, bahwa hanya Hindu yang mayoritas? Gambar dewa di pakaian dalam? Ini bukanlah kesalahan. Ini cara mendapat perhatian dengan menimbulkan kontroversi," tulis salah satu pengguna Twitter.

Tak hanya pada pakaian dalam, warganet pun menemukan simbol-simbol suci umat Hindu di berbagai barang, termasuk keset lantai. "Tidak terbayang bagaimana bisa simbol suci Hindu ada di barang untuk diinjak-injak," komentar yang lain.

Melansir laman Indian Express, Kamis (12/11/2020), dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, pihak Amazon mengatakan bahwa mereka akan menghapus daftar produk yang menampilkan simbol suci Hindu. Keputusan ini dikatakan sebagai respons protes publik yang memulai tren #BoycottAmazon di Twitter.

Dijelaskan bahwa produk yang dimaksud, yakni celana dalam dan celana pendek dengan gambar Dewa Ganesha tercetak di atasnya. Juga, keset dengan gambar Om yang juga didapati dijual di sana.

"Kami menghapus produk yang dimaksud. Semua penjual harus mengikuti pedoman penjualan kami dan mereka yang melanggar akan dikenakan tindakan, termasuk kemungkinan penghapusan akun," ungkap pihaknya menurut laporan Business Standard.

Bukan Kali Pertama

Ilustrasi pembelian daring di Amazon. (Ilustrasi: Pexels.com)
Ilustrasi pembelian daring di Amazon. (Ilustrasi: Pexels.com)

Kotroversi semacam ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Pada 2019, warganet mengancam akan memboikot Amazon karena menjual selimut dudukan toilet dan barang-barang lain dengan gambar dewa Hindu.

Kemudian pada 2017, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi meminta e-commerce itu menangani penjualan keset bermotif menyerupai bendera India. Protes dari pengguna asal India pun tak lagi bisa dihindari.

Amazon dilaporkan sempat mendiamkan aksi tersebut selama beberapa hari. Pihaknya kemudian menghapus produk yang dimaksud ketika Menteri Imigrasi India Sushma Swaraj mengancam bakal mencabut izin kerja semua karyawan Amazon berkewarganegaraan asing di India.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Merasa Terangsang Saat Berolahraga? Ini Lho Sebabnya

Posted: 11 Nov 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para ahli menjelaskan mengapa olahraga yang baik dapat membuat Anda bersemangat dan bahkan terangsang

Jika Anda pernah merasa diri Anda terangsang saat berolahraga, tak perlu malu karenanya. Faktanya, itu mungkin lebih karena biologis daripada melihat tampilan Anda di depan cermin.

"Menjadi aktif adalah afrodisiak yang ampuh bagi pria dan wanita," kata Tina M. Penhollow, seorang profesor di Department of Exercise Science and Health Promotion di Florida Atlantic University, seperti dilaporkan oleh Aaptiv.

Ada banyak cara memompa zat besi yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda merasa bersemangat dan bahkan terangsang saat berolahraga seperti dilansir dari Bestlifeonline.

 

Berolahraga memengaruhi hormon

Ingat tujuan awal saat Anda memulai program olahraga rutin. (dok. Ketut Subiyanto via Pexels/ Brigitta Bellion)
Ingat tujuan awal saat Anda memulai program olahraga rutin. (dok. Ketut Subiyanto via Pexels/ Brigitta Bellion)

"Olahraga, terutama untuk tubuh bagian bawah, menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon seperti testosteron," lata pelatih pribadi Nick Liguori kepada Well + Good.

"Ini meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, yang memicu libido Anda," tambahnya.

Lonjakan testosteron selama olahraga tak hanya menyebabkan peningkatan gairah pada pria, tetapi juga memengaruhi wanita.

"Olahraga telah terbukti memengaruhi berbagai hormon seperti kortisol, estrogen, prolaktin, dan testosteron, yang semuanya telah dikaitkan dengan gairah seksual pada wanita," tulis tim dari University of Texas, Austin, dalam laporan tahun 2018.

 

Itu meningkatkan gairah fisiologis

ilustrasi olahraga di gym | unsplash.com/@yellowteapot
ilustrasi olahraga di gym | unsplash.com/@yellowteapot

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine menemukan "peningkatan signifikan dalam gairah seksual fisiologis dengan olahraga" pada partisipan wanita.

Profesor Universitas Indiana Debby Herbenick yang melakukan penelitian tentang topik tersebut, menulis dalam bukunya The Coregasm Workout bahwa sebanyak 1 dari 10 wanita dan 1 dari 12 pria pernah mengalami orgasme yang dipicu oleh latihan di beberapa titik dalam hidup mereka.

Namun yang cukup menarik, dalam penelitian Herbenick tahun 2012 yang berjudul "Orgasme yang Diinduksi oleh Latihan dan Kesenangan di Antara Wanita," sebagian besar partisipan melaporkan bahwa mereka bahkan tidak memikirkan tentang seks pada saat itu.

 

Satu latihan khusus yang dapat menyebabkan orgasme

Doc: Women's Health Mag
Doc: Women's Health Mag

Sejauh latihan spesifik yang dapat menyebabkan Anda orgasme, Herbenick mengatakan kepada Insider bahwa itu adalah 'hanging leg raises.'

Ini merupakan latihan dengan cara bergantung sementara kaki Anda menjuntai dengan bebas. Kemudian, angkat perut perlahan ke arah dada. Anda juga bisa melakukanya dengan cara menjaga agar kaki tetap lurus membentuk huruf L.

 

Berlari juga memberikan efek yang sama

Warga bersepeda dan berlari di sepanjang jalan layang (elevated) Transjakarta rute Cileduk-Tendean di Jakarta, Minggu (26/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Warga bersepeda dan berlari di sepanjang jalan layang (elevated) Transjakarta rute Cileduk-Tendean di Jakarta, Minggu (26/2). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Beberapa orang juga memberi tahu Herbenick bahwa mereka mengalami orgasme saat berlari, tapi hanya jika mereka melakukannya selama lebih dari 20 menit.

Berlari sebelum latihan perut juga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami orgasme yang disebabkan oleh olahraga, kata Herbenick.

Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan:

1) Mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab atas respons seksual, dan

2) Membuat darah mengalir ke seluruh tubuh Anda, termasuk ke daerah panggul, yang meningkatkan gairah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skuter Listrik BMW Motorrad Tampil Futuristik

Posted: 11 Nov 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - BMW Motorrad siap meluncurkan Definition CE 04 dengan beragam keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Seperti dilansir Carscoops, Kamis (12/11/2020), BMW Motorrad Concept Link telah ditampilkan pabrikan sejak 2017. Sebagai kendaraan masa depan, Definition CE 04 digambarkan sebagai sarana transportasi dan sarana transportasi perkotaan.

Selain itu, perusahaan otomotif asal Jerman tersebut yakin, versi produksi skuter listrik miliknya memiliki desain luar biasa dan menjadi solusi konektivitas inovatif.

Dari sisi desain, Definition CE 04 tak memiliki banyak perbedaan dengan versi konsepnya. Dari gambar yang ditampilkan, bodi kendaraan terlihat memanjang dan lebih rendah dari skuter pada umumnya.

Meski demikian, bagian depan terlihat naik secara diagonal, dan desain permukaan yang diadopsi cukup tegas karena ada beberapa lekukan.

Skuter listrik ini juga dilengkapi livery dua warna yang menampilkan kelir putih. Berbicara tentang lampu, motor ini menampilkan desain berbentuk U di depan dan tampilan belakang berbentuk C.

Bisa Terhubung dengan Ponsel Pintar

Menempatkan flat battery di bagian bawah bodi kendaraan, motor ini hadir dengan solusi penyimpanan baru karena bisa menyala dan dapat dilipat terbuka dari samping.

Motor ini juga memberikan akses mudah untuk menyimpan helm dan peralatan lainnya. Selain itu, posisi rendah baterai juga diklaim mampu memberikan kenyamanan berkendara yang dinamis

Mengenai konektivitas, pengendara bisa terhubung dengan ponsel pintar melalui layar 10,25 inci. Namun, BMW Motorrad masih merahasiakan detail powertrain.

Pengendara diharapkan tak memberikan harapan bila jarak berkendara yang bisa ditempuh dengan motor ini cukup jauh.

Hal itu dikarenakan Definition CE 04 telah dirancang untuk pengendara perkotaan yang menempuh jarak sekitar 12 kilometer (7,5 mil) per hari.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti FKUI: Penerapan CODE STEMI dapat Kurangi Risiko Kematian Pasien Serangan Jantung

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) bersama dengan staf dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, menemukan bahwa penerapan CODE STEMI mampu menurunkan angka kejadian efek samping kardiovaskular dan tingkat kematian pada pasien dengan serangan jantung.

STEMI (ST elevation myocardial infarction) adalah salah satu jenis serangan jantung berupa penyumbatan pembuluh darah arteri koroner secara total sehingga otot-otot jantung tidak mendapat suplai oksigen.

Pasien-pasien dengan gejala STEMI harus segera mendapatkan pertolongan agar kerusakan jantung lebih lanjut dapat dicegah.

CODE STEMI adalah sebuah sistem terintegrasi yang dibuat untuk membantu interdisiplin kesehatan dalam penanganan pasien serangan jantung tipe STEMI.

Para peneliti FKUI yang terlibat dalam penelitian ini adalah Dr. dr. Eka Ginanjar, Sp.PD-KKV; Prof. Dr. dr. Idrus Alwi, Sp.PD-KKV; dan dr. Lies Dina Liastuti, Sp.JP(K).

Sedangkan para peneliti dari FKM UI adalah Prof. dr. Amal Chalik Sjaaf, S.KM., Dr.PH; Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS; Dr. Ede Surya Darmawan, S.KM., M.DM; dan Prof. Dr. dr. Adik Wibowo, MPH.

Subjek penelitian adalah seluruh pasien serangan jantung tipe STEMI yang datang ke RSCM antara bulan Januari 2015 dan Desember 2018. Pasien dengan komorbiditas berat saat awal kedatangan seperti stroke akut, sepsis, penyakit autoimun, keganasan, sirosis hepar dan rekam medis yang tidak lengkap tidak diikutsertakan dalam penelitian. Total ada 207 pasien yang dianalisis dalam penelitian ini.

Pasien-pasien ini diklasifikasikan menjadi 2 kelompok. Pertama terdiri dari 72 pasien STEMI yang datang ke RSCM tahun 2015-2016 dan belum mendapat penanganan berdasarkan CODE STEMI (kelompok pre-CODE STEMI). Sementara itu, kelompok kedua terdiri dari 135 pasien STEMI yang datang ke RSCM pada 2017-2018 dan ditangani berdasarkan CODE STEMI (kelompok CODE STEMI).

Menurut keterangan pers, dilihat dari sisi karakteristik demografisnya, tidak ada perbedaan jauh di antara kedua kelompok pasien ini. Rata-rata pasien yang datang berusia 57 tahun dan sebanyak 86-87 persen pasien berjenis kelamin laki-laki.

Dibandingkan dengan penelitian lainnya, rata-rata usia pasien penelitian ini lebih muda 10 tahun. Pasien-pasien tersebut memiliki faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular yang hampir sama seperti hipertensi, diabetes melitus, obesitas, dislipidemia, dan penyakit ginjal akut atau kronik.

Lebih Cepat lebih Baik

Perbedaan antara kedua kelompok terlihat dari rata-rata waktu yang dibutuhkan mulai dari pasien datang ke rumah sakit hingga tindakan kateterisasi (door to balloon time). Pada kelompok pre-CODE STEMI, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 288 menit. Sementara, kelompok CODE STEMI hanya membutuhkan waktu 158 menit atau lebih cepat 130 menit (45 persen) dibandingkan kelompok pre-CODE STEMI.

Waktu penanganan yang lebih cepat berdampak pada penurunan angka kejadian efek samping kardiovaskular dan tingkat kematian. Angka kejadian efek samping kardiovaskular pada kelompok CODE STEMI (38,78 persen) menurun sebesar 10,83 persen dibandingkan kelompok pre-CODE STEMI (48,61 persen).

Gagal jantung merupakan efek samping kardiovaskular yang paling banyak dijumpai. Tingkat kematian pasien serangan jantung STEMI juga menurun dari 8,33 persen pada kelompok pre-CODE STEMI menjadi 4,44 persen pada kelompok CODE STEMI.

Rata-rata waktu rawat inap pasien kelompok CODE STEMI (6 hari) lebih cepat 1 hari dibandingkan kelompok pre-CODE STEMI (7 hari). Pengurangan lama waktu rawat inap dan penurunan angka kejadian efek samping kardiovaskular pada pasien kelompok CODE STEMI ternyata mampu mengurangi biaya perawatan yang harus dibayarkan hingga 21 persen dibandingkan dengan kelompok pre-CODE STEMI.

 "Prognosis pasien dengan serangan jantung tipe STEMI sangat dipengaruhi oleh waktu penanganan. Semakin cepat pasien tersebut ditangani, tentu prognosisnya akan semakin baik. Keberadaan CODE STEMI sangat membantu tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien-pasien ini. Walaupun begitu, tetap saja tindakan pencegahan berupa pengendalian faktor risiko adalah pilihan terbaik apalagi melihat usia pasien serangan jantung di negara kita masih tergolong muda," ujar Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB dalam keterangan pers Senin (9/11/2020).

Infografis Jantung

Infografis jantung kemkes
Infografis jantung kemkes

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Mulai Gulirkan macOS Big Sur 12 November 2020

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan generasi terbaru dari MacBook Air dan MacBook Pro. Bersama dengan pengumuman tersebut, Apple turut mengungkap jadwal rilis macOS versi terkini, yakni Big Sur.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (12/11/2020), macOS Big Sur dipastikan akan meluncur mulai 12 November 2020. Apple juga mengungkap deretan produk Mac yang akan mendapatkan sistem operasi terbaru ini.

Nantinya, Big Sur akan tersedia untuk iMac (versi 2014-terbaru), iMac Pro, Mac Pro (versi 2013-terbaru), Mac mini (versi 2014-terbaru), MacBook Air (versi 2013-terbaru), MacBook Pro (versi akhir 2013-terbaru), dan MacBook (versi 2015-terbaru).

Big Sur disebut akan mendukung universal apps, yakni aplikasi yang sudah didesain agar dapat berjalan di perangkat Mac berbasis Apple Silicon maupun Intel x86.

Selain itu, sistem operasi ini juga dibekali dengan proses Rosetta 2. Proses ini memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi berbasis Intel x86 yang belum masuk dalam universal apps tetap bisa berjalan.

Apple juga mengatakan Big Sur akan mendukung aplikasi asli iOS dan iPadOS. Di samping itu, Apple membawa perubahan yang cukup besar untuk sistem operasi ini, baik dari segi tampilan antarmuka hingga aplikasi kunci.

Oleh sebab itu, perubahan yang dihadirkan di macOS Big Sur disebut-sebut menjadi salah satu yang terbesar setelah sebelumnya perusahaan melakukan hal tersebut di Mac OS X.

Perubahan Besar-Besaran

MacBook Air baru milik Apple. (Doc: Apple)
MacBook Air baru milik Apple. (Doc: Apple)

Perubahan yang dihadirkan Apple di macOS Big Sur meliputi skema warna, efek transparan, menu bar, tampilan dock baru, desain sudut yang dibuat lebih membulat, hingga ikon aplikasi.

Selain itu, ada pula perubahan tampilan slider, checkboxes, suara notifikasi, termasuk sejumlah simbol. Jarak antar tombol juga kini dibuat lebih lapang.

macOS Big Sur juga dilengkap dengan Control Center yang membuatnya terasa mirip dengan iOS. Ada pula Notification Center dan widget yang serupa dengan iOS 14.

Peningkatan juga dilakukan pada sejumlah aplikasi, seperti Safari, Message, hingga Maps. Sistem operasi ini pertama kali diungkap pada Juni 2020. 

MacBook Pro dan Air dengan Apple M1 Diumumkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Apple One More Thing. (Doc: Apple)
Apple One More Thing. (Doc: Apple)

Apple sendiri baru saja menggelar acara live streaming bertajuk "One More Thing" pada 11 November 2020 dini hari tadi.

Perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut memulai acara dengan memperkenalkan chipset M1 baru yang ditujukan untuk perangkat Mac.

Dijelaskan Apple, chipset ini merupakan prosesor pertama yang dirancang oleh perusahaan secara khusus untuk Mac.

Adapun dua perangkat Apple yang langsung ditenagai oleh chipset anyar berbasis ARM milik perusahaan adalah MacBook Air dan MacBook Pro.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Beli Miras, 3 Pengangguran Palak dan Aniaya ABG

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Serang - Tiga pemuda di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, menganiaya remaja 15 tahun, Wh, dengan celurit. Aksi sadis ini dilakukan Gi (19), Nr (20) dan Fr (20) lantaran Wh tidak memberikan uang kepada mereka.

"Yang nyambit Fr, mau ngambil uang, terus mengambil handphone-nya," kata pelaku Gi, di Mapolsek Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (11/11/2020).

Pihak kepolisian mengatakan lokasi kejadian berada di Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, pada Rabu, 4 November 2020 sekitar pukul 00.30 WIB, saat korban Wh baru saja keluar dari warteg.

"Korban ini akan pulang dari warteg, kemudian diadang tiga orang pelaku, Fr masih buron, dalam pengejaran kepolisian," kata Kapolres Serang Kabupaten, AKBP Mariono, di Mapolsek Cikande, Rabu (11/11/2020).

Malak Untuk Beli Miras

Kapolres Serang Kabupaten, AKBP Mariono, Saat Menunjukkan Celurit Yang Di Gunakkan Pelaku Pemalakkan Di Mapolsek Cikande. (Selasa, 11/11/2020). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com)
Kapolres Serang Kabupaten, AKBP Mariono, Saat Menunjukkan Celurit Yang Di Gunakkan Pelaku Pemalakkan Di Mapolsek Cikande. (Selasa, 11/11/2020). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com)

Ketiga pemuda itu meminta uang kepada korban untuk membeli minuman keras, tetapi tidak diberikan oleh Wh. Para pelaku kemudian merampas handphone milik korban, Wh pun melawan.

Pelaku Fr yang masih buron, mengeluarkan sebilah celurit kemudian menyambit korbannya. Wh mengalami luka di bagian punggung, pelipis, dan dada.

"Korban melakukan perlawanan sehingga terjadi perkelahian di situ, karena tersangka menggunakan celurit, korban mengalami luka di kening, dada, dan punggung, kena sabetan celurit. Korban dibawa ke rumah sakit dan diperiksa di situ juga oleh kita," dia menerangkan.

Para pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman kurungan penjara selama 12 tahun, "Semua pelaku ini pengangguran," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Naikkan Kasus Video Syur Mirip Gisel ke Tingkat Penyidikan

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah menggelar perkara terhadap kasus penyebaran video syur diduga mirip Gisel pada Rabu (11/11/2020). Dari hasil gelar perkara, polisi akhirnya menaikkan kasus video syur mirip Gisel ini ke tahap penyidikan.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Kasus video syur mrip Gisel telah dinaikkan dari tahap penyelidikan menjadi penyidikan.

"Kesimpulan gelar perkara naiknya kasus dari tingkat penyelidkan ke penyidikan. Jadi sekarang statusnya disidik," kata Kombes Pol Yusri Yunus, di Polda Metro Jaya, Kamis (12/11/2020).

Memburu Penyebar Pertama

Artis Gisella Anastasia berpose saat mengunjungi Kantor KLY di Gondangdia, Jakarta, Jumat (14/9). Gisel banyak melakukan olahraga sederhana yang lebih mengandalkan berat tubuh dari pada ala-alat bantu olahraga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Artis Gisella Anastasia berpose saat mengunjungi Kantor KLY di Gondangdia, Jakarta, Jumat (14/9). Gisel banyak melakukan olahraga sederhana yang lebih mengandalkan berat tubuh dari pada ala-alat bantu olahraga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hingga saat ini, polisi juga masih terus memburu penyebar pertama video syur mirip Gisel yang menggegerkan publik pada akhir pekan lalu tersebut.

"Kami masih mengejar siapa penyebar pertamanya sesuai Pasal 27 Ayat 1 Juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, Pasal 8 Juncto Pasal 34 Undang-Undang nomor 44 tahun 2008 tentang pornografi," ucapnya.

Laporan 

Meski terlihat sederhana, akan tetapi penampilan Gisel tetap terlihat manis. Ia pun beberapa kali menggunakan busana berwarna putih tanpa lengan dan dipadukan dengan sebuah celana kain berwarna gelap ataupun denim. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)
Meski terlihat sederhana, akan tetapi penampilan Gisel tetap terlihat manis. Ia pun beberapa kali menggunakan busana berwarna putih tanpa lengan dan dipadukan dengan sebuah celana kain berwarna gelap ataupun denim. (Liputan6.com/IG/@gisel_la)

Sebelumnya pada Minggu (8/11/2020), sejumlah advokat telah melaporkan kasus penyebaran video syur ini ke Polda Metro Jaya. Laporan terdaftar dengan nomor: LP/6614/XI/YAN/SPKT.PMJ.

Laporan ini dibuat karena video panas ini telah secara mudah diakses oleh publik.

Jadi Konsumsi Publik

"Penyebaran video ini sudah banyak dikonsumsi publik dan sudah jutaan orang menonton yang tidak bermuatan moral tersebut," kata salah satu perwakilan dari advokat, Pitra Romadoni Nasution, di Polda Metro Jaya, kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Tukar Tabung Biru Elpiji 12 Kg dengan Bright Gas, Tak Ditarik Biaya

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menarik tabung Elpiji 12 kg berwarna biru pada November ini. Tabung biru tersebut akan digantikan dengan Bright Gas berwarna pink.

Pertamina akan menjalankan penukaran secara bertahap dan alamiah. Artinya, tabung gas Elpiji 12 kg di masyarakat sudah habis, maka saat membeli baru akan diberikan tabung Bright Gas. Penukaran ini akan disesuaikan dengan stok Bright Gas di lapangan.

"Dilakukan secara natural saja. Tidak ada kewajiban, namun memang di agen LPG sudah diperbanyak tabung pink," ujar President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Fajriyah bilang, pada dasarnya tabung Elpiji 12 kg berwarna biru dengan Bright Gas pink memiliki isi tabung yang sama. Harganya pun tetap sama.

"Yang diperlukan konsumen, kan, isinya (tabung gas), ya," katanya.

 

Pertamina Ganti Elpiji 12 Kg Warna Biru dengan Bright Gas, Apa Bedanya?

Pekerja tengah merapihkan dan mengisi tabung gas LPG 12 kg di Terminal pengisian Gas Pertamina, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah merapihkan dan mengisi tabung gas LPG 12 kg di Terminal pengisian Gas Pertamina, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Pertamina (Persero) tengah fokus mendistribusikan tabung Bright Gas kepada konsumennya. Nantinya, tabung Elpiji 12 kg berwarna biru secara otomatis akan ditukarkan dengan Bright Gas ketika konsumen melakukan isi ulang tabung.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan menjelaskan, sebenarnya, tidak ada perbedaan khusus di antara kedua tabung ini. Hanya saja, tabung Bright Gas lebih aman dalam penggunaannya.

"Bright Gas ini dilengkapi dengan double valve spindle sehingga lebih aman," kata Eko saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (4/11/2020).

Eko melanjutkan, penggantian ini juga tidak dikenakan biaya apapun. Harga isi ulangnya tetap sama dengan Elpiji 12 kg berwarna biru, sehingga justru lebih menguntungkan konsumen.

Kendati, adanya transisi dari tabung biru ke tabung pink yang dilakukan Pertamina ini tidak berarti tabung Elpiji 12 kg berwarna biru jadi otomatis tidak berlaku.

"Bukan penarikan produk, namun penggantian tabung. Bukan berarti yang tabung biru langsung otomatis tidak berlaku lagi," katanya.

Pertamina juga tidak menetapkan target transisi dari Elpiji 12 kg ke Bright Gas ini. Semua dilakukan sesuai dengan proses di lapangan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal UEFA Nations League : Portugal dan Prancis Pertaruhkan Segalanya Demi Gengsi

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta UEFA Nations League kembali akan menghadirkan sejumlah pertandingan negara-negara Eropa akhir pekan ini. Salah satu laga paling ditunggu adalah pertemuan Portugal lawan Prancis, Minggu dinihari WIB (15/11/2020).

Kedua mantan juara Euro itu tergabung di grup 3 liga A UEFA Nations League. Dan, pada pertarungan nanti keduanya akan memperebutkan puncak klasemen.

Portugal dan Prancis sama-sama mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan. Kedua tim juga belum pernah kalah. Selain keduanya, Swedia dan Kroasia juga tergabung di grup 3 dan akan berhadapan akhir pekan nanti.

Di grup berbeda, Jerman ingin tampil lebih baik di UEFA Nations League. Itu setelah Die Mannschaft -julukan Jerman- baru sekali menang dari empat pertandingan.

Akhir pekan nanti, Toni Kroos dkk. akan meladeni Ukraina. Pasukan Andriy Shevchenko untuk sementara berada di peringkat ketiga grup 4 dengan enam poin.

Berikut jadwal UEFA Nations League akhir pekan nanti.

Jadwal UEFA Nations League

Bek timnas Swedia, Filip Helander (kiri) berebut bola dengan gelandang timnas Portugal, Bruno Fernandes pada laga UEFA Nations League A Group 3 di Friends Arena, Stockholm, Selasa (8/9/2020). Portugal kalahkan Swedia 2-0 lewat sepasang gol yang dicetak Cristiano Ronaldo. (Jonathan NACKSTRAND/AFP)
Bek timnas Swedia, Filip Helander (kiri) berebut bola dengan gelandang timnas Portugal, Bruno Fernandes pada laga UEFA Nations League A Group 3 di Friends Arena, Stockholm, Selasa (8/9/2020). Portugal kalahkan Swedia 2-0 lewat sepasang gol yang dicetak Cristiano Ronaldo. (Jonathan NACKSTRAND/AFP)

Minggu 15 November 2020

02.45 WIB, Portugal vs Prancis

02.45 WIB, Swedia vs Kroasia

02.45 WIB, Jerman vs Ukraina

02.45 WIB, Swiss vs Spanyol

Jadwal Selanjutnya

Megabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Swedia pada laga UEFA Nations League A Group 3 di Friends Arena, Stockholm, Selasa (8/9/2020). Portugal kalahkan Swedia 2-0 lewat gol yang dibuat bintang mereka Cristiano Ronaldo. (Janerik Henriksson / TT via AP)
Megabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Swedia pada laga UEFA Nations League A Group 3 di Friends Arena, Stockholm, Selasa (8/9/2020). Portugal kalahkan Swedia 2-0 lewat gol yang dibuat bintang mereka Cristiano Ronaldo. (Janerik Henriksson / TT via AP)

Senin 16 November 2020

00.00 WIB, Belanda vs Bosnia Herzegovina

02.45 WIB, Italia vs Polandia

02.45 WIB, Belgia vs Inggris

02.45 WIB, Denmark vs Islandia

Saksikan Video UEFA Nations League di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Erupsi Merapi, Stupa dan Lantai Borobudur Ditutup Kain

Posted: 11 Nov 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi adanya debu vulkanik dari Erupsi Merapi, lantai dan sejumlah stupa Candi Borobudur ditutupi kain. Kain juga membuat batu candi tidak lembab saat ditutup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Adhietya Mukti Baru Klarifikasi Soal Video Viral 19 Detik Mirip Gisel

Posted: 11 Nov 2020 10:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adhietya Mukti, sosok yang disebut-sebut sebagai terduga pemeran pria dalam video viral 19 detik yang melibatkan sosok mirip penyanyi Gisel akhirnya buka suara. Ia memberi klarifikasi melalui Instagram pribadi, @adhietnya_mukti.

Dalam unggahan video berdurasi lebih dari 7 menit itu, Adhietya mengaku baru kini mengklarifikasi video syur itu karena menunggu klarifikasi Gisel sebagai rekan kerjanya. Hanya saja, hingga saat ini Gisel belum juga mengklarifikasi soal sosok dalam video tersebut.

"Mungkin kalau dia udah mengklarifikasinya, beres ini masalah. Cuma sampai detik ini belum mengklarifikasinya. Karena emang ini sudah sangat-sangat meresahkan buat saya dan keluarga, apalagi buat anak-anak saya," kata Adhietya Mukti.

Ia mengkhawatirkan dampak dari psikologis anak-anaknya, terutama di sekolah dan di lingkungan tetangga.

Adhietya juga menepis lama memberi klarifikasi karena alasan panjat sosial (pansos) ataupun demi popularitas band-nya yang merilis album baru. "Karena pansos? Bukan. Sama sekali enggak karena sebenarnya Alhamdulillah sampai detik ini masih ada yang mau endorse.".

Bahkan, Adhietya menyebut beberapa tawaran syuting acara teve terkait gosip pun datang pada dirinya. Namun, hingga merilis klarifikasi itu, Adhietya Muktimengaku tidak atau belum menerima tawaran tersebut.

"Karena emang saya enggak ambil keuntungan dari sini," ujarnya.

"Mirror pun yang lagi ngeluarin album, tapi enggak ngamnbil keuntungan dari situ. Kalau misalnya saya mau, emang dari jauh-jauh hari saya buat update status atau apalah itu."

 

Sembunyikan Foto Bersama Keluarga

Keyboardis band Mirror ini tak memungkiri bahwa ada foto yang di Instagram-nya yang memang tak bisa diakses publik lagi. Tapi foto itu tak dihapusnya, melainkan diarsipkan saja. Foto yang diarsipkannya bukan bukan foto bersama artis yang disebutnya berinisial "GS"

"Yang saya arsipkan itu saya bersama keluarga besar saya, anak-anak saya, istri saya. Itu saya arsipkan. Kenapa? Karena saya enggak mau di media ada keluar foto anak saya dengan berita seperti ini," jelas Adhietya.

"Saya menjaga nama baik keluarga saya," kata Adhiet.

Klarifikasi tersebut diakui Adhiet untuk menjaga kenyamanan keluarga dan anak-anaknya serta lingkungan sekitarnya.

 

Infografis

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Buktikan Indikator Ekonomi Indonesia Mulai Bangkit

Posted: 11 Nov 2020 10:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 menjadi titik balik pemulihan ekonomi di Indonesia. Di mana pada kuartal II-2020 ekonomi domestik terkontraksi minus 5,32 persen, dan mengalami perbaikan di 3,49 persen pada kuartal III-2020.

"Kita lihat di pertumbuhan ekonomi kuartal III yang tunjukkan titik balik dari kondisi terburuk di kuartal II," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Kondisi tersebut menggambarkan pemulihan ekonomi sudah terjadi, baik dari segi permintaan maupun juga produksi. Dia menyadari konsumsi rumah tangga mulai ada perbaikan meskipun masih berharap jauh lebih cepat degan berbagai policy dilakukan pemerintah.

Kemudian konsumsi pemerintah juga meningkat tinggi pada kuartal III. Terutama terjadi pada ruang fiskal APBN yang menjadi alat pengungkit paling penting pada kuartal III-220

PMTB atau investasi alami pembalikan meski belum secepat yang diharapkan -6,5 dibandingkan -8,6.Ekspor juga megalami perbaikan meski jika dilihat kurvanya ada titik balik

Dari sisi produksi, 12 dari 17 sektor usaha menunjukkan turning point. Sementara tiga sektor tetap tumbuh positif pada masa covid adalah pertanian di kuartal II 2,2 persen dan kuartal III 2,2 persen. Sektor informasi dan komunikasi kuartal II 10,8 persen dan kuartal III 10,6 persen.

"Jasa kesehatan melonjak tinggi kuartal II 3,7 persen dan kuartal III 15,3 persen," jelas Sri Mulyani.

 

Sektor Terdampak

Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung dan permukiman di Jakarta, Rabu (1/10/2020). Meski membaik, namun pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 masih tetap minus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara sektor-sektor lain yang terdampak dalam akibat Covid-19 seperti manufaktur kontraksi -6,2 sekarang membaik di -4.3.

Selanjutnya perdagangan, transportasi sangat dalam kontraksi akibat covid -30,8 persen di kuartal II dan di kuartal III di -16,7 persen.

"Demikian dengan konstruksi, makanan minuman dan akomodasi. Dan dua sektor masih sangat lemah adalah pertambangan yang harga-harga komoditas belum pulih dan jasa keuangan tunjukkan penurunan," sebut dia.

Dengan berbagai perkembangan terjadi pada kuartal III-2020, secara keseluruhan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020 tidak mengalami perubahan. Kementerian Keuangan tetap memperkirakan laju pertumbuhan bakal berada dianara minus 1,7 persen hingga 0,6 persen.

"Secara implisit di kuartal IV ada terjadi perbaikan lebih lanjut. Dan untuk tahun 2021 kami perkirakan proyeksi di 5,0 persen," tandas dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Cara Menambah Berat Badan yang Efektif, Lakukan dengan Rutin

Posted: 11 Nov 2020 10:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya, cara menambah berat badan tidak sulit. Tapi memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar proses kenaikan berat badan dapat terlihat hasilnya. Dalam menaikkan berat badan tidak hanya tentang konsumsi makanan asal-asalan. Namun penting juga untuk menjaga jenis makanan yang dikonsumsi.

Sebab, memilih jenis makanan yang masuk ke tubuh bisa menjadi cara menambah berat badan paling tepat. Selain itu, melakukan kegiatan olahraga juga menjadi hal yang sangat penting dilakukan agar berat badan bisa semakin meningkat.

Lalu, bagaimana cara menambah berat badan yang efektif? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber seperti apa cara menambah berat badan tersebut, Kamis (12/11/2020).

Cara Menambah Berat Badan

Ilustrasi Beras Merah Credit: freepik.com
Ilustrasi Beras Merah Credit: freepik.com

1. Konsumsi Karbohidrat Lebih Banyak

Cara menambah berat badan yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi karbohidrat lebih banyak. Meski cara menambah berat badan ini efektif, namun pastikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi merupakan karbohidrat baik. Beberapa sumber karbohidrat tersebut seperti nasi, kentang, singkong, ubi jalar, oat, dan gandum.

 

2. Tambahkan Makanan Kaya Vitamin dan Mineral

Sumber makanan yang kaya vitamin dan mineral bisa berasal dari sayuran, buah dan beragam kacang-kacangan. Konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral ini agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari bisa terpenuhi serta mencegah dari beragam penyakit.

Selain itu, kandungan serat dalam buah dan sayur juga kacang-kacangan, bisa membantu agar sistem pencernaan selalu sehat. Mengingat jumlah makanan yang dikonsumsi sangat banyak agar berat badan meningkat.

Cara Menambah Berat Badan

ilustrasi daging/Photo by Lily Banse on Unsplash
ilustrasi daging/Photo by Lily Banse on Unsplash

3. Makan Lebih Sering

Cara menambah berat badan ini tidak boleh disepelekan. Akan lebih efektif untuk menaikkan berat badan, jika konsumsi makanan lebih dari tiga kali sehari. Mungkin Anda sudah terlanjur berpikir kalau tidak kuat konsumsi makanan sebanyak itu. Sebenarnya, ada cara mudah agar bisa makan lebih sering. Yaitu dengan makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil. Namun tetap diperhatikan, makanan yang dikonsumsi haruslah makanan dengan kandungan gizi yang baik.

 

4. Konsumsi Jus atau Smoothies

Cara menambah berat badan yang tidak kalah menarik adalah konsumsi jus atau smoothies. Biasanya, komposisi jus atau smoothies akan lebih baik untuk menambah berat badan jika ditambahkan pisang di dalamnya.

Sebab, selain kaya akan vitamin dan mineral, pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat bagus untuk meningkatkan berat badan. Selain itu, konsumsi jus atau smoothies juga mempercepat penyerapan berbagai nutrisi ke tubuh.

Cara Menambah Berat Badan

Ilustrasi steak | unsplash.com/@joseignaciopompe
Ilustrasi steak | unsplash.com/@joseignaciopompe

5. Konsumsi Susu

Selanjutnya, cara menambah berat badan yang sangat efektif, dengan mengonsumsi susu. Susu mengandung berbagai nutrisi, lemak juga protein yang penting dalam pertumbuhan otot dan bisa meningkatkan berat badan.

Jika tidak terlalu suka susu murni, maka Anda bisa menggantinya dengan jenis olahan susu seperti yogurt, puding, atau es krim. Konsumsi susu tersebut setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Atau jika Anda latihan angkat beban, maka bisa konsumsi susu sebelum dan setelah olaharaga angkat beban.

 

6. Perbanyak Konsumsi Protein

Sebenarnya menambah berat badan bukan berarti turut menaikkan lemak tubuh dalam jumlah berlebih. Maksudnya, kalori yang masuk ke dalam tubuh hendaknya merupakan kalori dari sumber makanan yang baik. Selain itu, mengimbangi dengan angkat beban di gym juga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Tapi, agar proses pertumbuhan otot yang nantinya membuat berat badan ikut bertambah bisa berjalan optimal, maka perlu asupan protein yang cukup. Protein yang dikonsumsi ada baiknya berasal dari telur, kedelai, susu sapi, daging ayam, dan berbagai sumber protein lainnya.

Sebab, tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari agar bisa membentuk otot baru. Itulah mengapa, jika konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot juga akan berjalan dengan baik, dan dampaknya pada penambahan berat badan.

Cara Menambah Berat Badan

Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria
Ilustrasi Meminum Air Putih Credit: pexels.com/Daria

7. Hindari Minum Sebelum Makan

Mungkin hal ini terdengar sederhana, namun menghindari konsumsi air sebelum makan bisa memaksimalkan makanan yang masuk ke dalam perut. Mengingat, air yang diminum bisa menyebabkan rasa kembung dan berujung pada hilangnya nafsu untuk mengonsumsi makanan.

 

8. Makan Camilan Sehat

Cara menambah berat badan selanjutnya dengan meongosumsi jenis camilan sehat. Hal ini bisa mempermudah Anda dalam mencapai makan 5-6 kali sehari. Sebab, makan 5-6 kali sehari bukan berarti Anda harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya terus-terusan.

Anda bisa juga menambahkan camilan dehat di sela kegiatan. Jenis camilan sehat tersebut bisa berupa buah-buahan seperti pisang. Kemudian bisa juga konsumsi susu. Tapi selalu hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak dengan jumlah besar, sebab bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Cara Menambah Berat Badan

Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)
Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)

9. Wajib Sarapan

Sarapan menjadi pondasi paling dasar jika ingin menambah berat badan. Sebab, sarapan bisa menjadi tolak ukur kebutuhan kalori dalam sehari. Mengingat, dalam sehari kalori yang dibutuhkan harus lebih dari biasanya.

Sarapan selain menjadi cara menambah berat badan yang ampuh, juga menjadi sumber tenaga agar Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

 

10. Olahraga

Mengapa harus olahraga? Sebab dengan olahraga secara rutin bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan yang tepat. Olahraga tidak melulu untuk menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga seperti angakat beban. Namun, ada baiknya untuk tidak menggunakan repetisi yang terlalu tinggi. Cukup 3-5 repetisi saja dengan beban terberat, agar perumbuhan otot maksimal dan berat badan turut meningkat.

Cara Menambah Berat Badan

Ilustrasi lari virtual. (dok. pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi lari virtual. (dok. pexels/Andrea Piacquadio)

11. Hindari Kardio Berlebihan

Sebenarnya kardio masih diperbolehkan dan juga dibutuhkan agar kondisi kesehatan pernapasan dan jantung tetap terjaga. Namun, jangan berlebihan dalam melakukan kardio. Cukup lakukan kardio maksimal 30 menit saja dan dalam jenis latihan yang ringan.

 

12. Jangan Begadang

Ternyata cara menambah berat badan yang efektif adalah menghindari begadang. Sebab, begadang bisa menyebabkan pertumbuhan masa otot terhambat. Itulah mengapa, usahakan untuk tidur teratur dan cukup agar berat badan cepat bertambah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Musnahkan Barang Bukti Kasus Narkoba

Posted: 11 Nov 2020 10:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya memusnahkan ribuan narkoba yang disita dari hasil Operasi Nila Jaya 2020. Operasi tersebut berlangsung selama 14 hari.

"Barang bukti hari ini kita musnahkan dengan alat incinerator yang bersuhu sangat tinggi. Kita lakukan di samping untuk mencegah penyimpangan barang bukti yang kami sita," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, Kamis (12/10/2020).

Nana menyebutkan, narkoba yang dimusnahkan meliputi 190 kilogram sabu, 265 kilogram ganja, 9.300 butir pil ekstasi, 8,16 kilogram tembakau gorila, 572 butir pil happy five, 18,51 gram bubuk ekstasi, dan 193 butir obat baya.

Nana menjelaskan, kepolisian mengungkap 275 Laporan Polisi (LP) selama 19 Oktober 2020 hingga 2 November 2020. Setidaknya ada 330 tersangka dijebloskan ke bui karena narkoba.

Jaringan Aceh dan Riau

Nana mengatakan, umumnya tersangka yang ditangkap dalam kasus narkoba tersebut tergabung dalam jaringan Aceh dan Riau.

"8 orang dikategorikan sebagai bandar, 285 orang sebagai pengedar, dan 37 orang sebagai pemakai. Jadi mereka ada juga bawa sabu selundupan dari luar negeri masuk melalui Aceh, dan akan diedarkan ke Jakarta," papar dia.

"Untuk jaringan luar negeri, tidak ada orang asing yang ditangkap. Semuanya WNI," dia menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vaksin Sputnik V Efektif 92 Persen, 1,5 Juta Orang Rusia Akan Divaksin

Posted: 11 Nov 2020 10:52 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Vaksin Sputnik V buatan Rusia dilaporkan 92 persen efektif. Lebih dari 1,5 juta orang diprediksi akan divaksin hingga akhir 2020.

Hal itu diumumkan di Twitter oleh Russian Direct Investment Fund (RDIF).

Menurut laporan Russian News Agency, Rabu (12/11/2020), vaksin Sputnik V efektif berdasarkan 20 kasus COVID-19 yang ditemukan dari 40 ribu relawan.

Pengumuman RDIF muncul usai vaksin Pfizer mengumumkan, vaksin COVID-19 mereka efektif hingga 90 persen. Namun, jumlah kasus COVID-19 yang diteliti oleh Pfizer lebih banyak ketimbang Sputnik V.

Vaksin Sputnik V saat ini berada dalam uji klinis Fase 3, sama seperti vaksin Pfizer, Sinovac, dan Oxford-AstraZeneca. Para relawan terlibat dalam uji acak buta ganda (double blind randomized) yang terkontrol vaksin plasebo.

Ada Efek Samping?

Seorang pekerja medis menunjukkan gelang elektronik untuk memantau kesehatan para sukarelawan yang berpartisipasi dalam uji klinis tahap tiga untuk vaksin COVID-19 bernama
Seorang pekerja medis menunjukkan gelang elektronik untuk memantau kesehatan para sukarelawan yang berpartisipasi dalam uji klinis tahap tiga untuk vaksin COVID-19 bernama

Per 11 November, ada 29 pusat medis di Rusia yang melakukan uji vaksin Sputnik V. Ada lebih dari 20 relawan yang mendapat dosin pertama vaksin, dan ada 16 ribu orang yang mendapat dosis pertama dan kedua.

Media Rusia menyebut tidak ada efek samping buruk yang dideteksi sejauh ini. Efek samping yang terjadi berjangka pendek seperti rasa sakit, gejala flu, lemas, dan pusing.

Anak perempuan Presiden Vladimir Putin juga sudah mencoba vaksinnya. Observasi bagi relawan vaksin Sputnik V akan dilakukan selama enam bulan sebelum laporan final disiapkan.

Hingga kini, lebih dari 1,2 miliar dosis Sputnik V dipesan oleh lebih dari 50 negara. Vaksinnya akan diproduksi oleh mitra RDIF di India, Brasil, Cina, Korea Selatan, dan beberapa negara lain.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia berkata tertarik bekerja dengan BUMN farmasi di Indonesia terkait vaksin ini.

1,5 Juta Orang Akan Divaksin

Foto yang diabadikan pada 15 September 2020 ini menunjukkan vaksin COVID-19 bernama
Foto yang diabadikan pada 15 September 2020 ini menunjukkan vaksin COVID-19 bernama

Vaksin Sputnik V menjadi vaksin COVID-19 pertama di dunia yang diregistrasi. Vaksin ini dikembangkan oleh Gamaleye National Research Center.

Direktur Gamaleya, Alexander Ginstburg, berkata tahun ini akan ada 1,5 juta orang yang divaksin. Penyuntikan untuk dunia profesional sudah dilakukan untuk petugas kesehatan.

"Setidaknya 1,5 juta orang akan divaksinasi tahun ini, seta beberapa puluh ribu orang telah divaksin atas prinsip profesional," ujarnya.

Gintsburg berkata sekitar 200 ribu vaksin aka diproduksi pada November, dan 1,5 juta di Desember.

Pada April 2021, Rusia menarget memproduksi enam juta dosis vaksin tiap bulan.

Infografis COVID-19:

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Deretan Jenis dan Peran Fintech Bagi Pelaku UMKM

Posted: 11 Nov 2020 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan perusahaan Financial Technology (Fintech) memiliki beragam jenis. Dari sekian banyak klusternya, perusahaan fintech berupa founding agen dinilai bisa membantu pelaku usaha UMKM untuk mengakses pembiayaan.

"Fintech ini banyak tipikalnya yang bisa digunakan UMKM," kata Nurhaida dalam diskusi Indonesia Fintech Summit 2020, Jakarta, Kamis, (12/11).

Nurhaida mengatakan salah satu kebutuhan UMKM yaitu likuiditas. Saat ini tidak sedikit pelaku usaha yang membutuhkan dana segar untuk modal usaha.

Dalam hal ini, kehadiran perusahaan fintech jenis founding agen bisa membantu UMKM untuk mendapatkan akses pembiayaan. Namun pembiayaan tersebut bukan berasal dari perusahaan itu sendiri. Melainkan dari pihak lain yaitu industri keuangan non bank (IKNB) yang memang P2P lending untuk bisa memberikan dana segar berupa

"Dia intermediasi dari yang meminjam dan peminjam. UMKM peminjam dan ada yang meminjamkan," kata Nurhaida.

Selain itu, UMKM juga bisa mendapatkan akses pembiayaan dari perusahaan fintech jenis investasi ekuitas kerumunan (equity crowdfunding). Akses pembiayaan dari kluster perusahaan fintech ini akan memberikan bantuan usaha UMKM lebih lanjut.

"Ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk bantu usaha UMKM," kata dia.

Ada juga, tambah Nurhaida, perusahaan fintech berupa akuntansi pajak (tax accounting) yang bisa membantu UMKM dalam menghitung pajak usaha.

Begitu juga dengan perusahaan fintech lain yang bergerak di bidang asuransi. Sehingga banyak perusahaan fintech yang bisa menjadi mitra kerja pelaku usaha UMKM.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

OJK Minta Fintech dan Lembaga Keuangan Bersinergi

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk
Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan sudah saatnya perusahaan Financial Technology (Fintech) berkolaborasi dengan lembaga keuangan yang sudah ada. Sebab dia melihat saat ini keduanya terlihat saling berkompetisi dan persaingan.

"Masing-masing yang kita lihat adalah kompetisi dan persaingan, nah seharusnya ini kolaborasi," kata Nurhaida dalam diskusi Indonesia Fintech Summit 2020, Jakarta, Kamis, (12/11/2020).

OJK akan mendorong sinergi kolaborasi antara perusahaan fintech dengan lembaga keuangan. Dalam hal ini pihaknya akan membuat regulasi yang diperlukan agar kedua jenis jasa keuangan tersebut bisa berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain.

OJK akan mengkombinasikan ketentuan yang sudah ada untuk lembaga keuangan dengan peraturan baru untuk perusahaan fintech. Namun peraturan yang dibuat tidak akan menyulitkan kedua pihak yang berkolaborasi.

"Kita dorong di OJK untuk sinergikan ketentuan yang ada light peraturannya dengan yang sudah ada di aturannya," kata dia.

Sehingga diharapkan regulasi yang dibuat bisa mendorong kolaborasi antara perusahaan fintech dengan lembaga keuangan yang sudah ada. "Dengan demikian kolaborasinya bisa terbentuk," kata dia mengakhiri.

Anisyah Al Faqir

Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Siap Gagalkan Kepulangan Ronaldo ke MU

Posted: 11 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Arah perjalanan karier Cristiano Ronaldo kerap memicu spekulasi. Rumor terbaru menyebutkan, pemain Portugal itu berpotensi kembali ke Liga Inggris dan membela Manchester United (MU).

Ronaldo telah memasuki musim ketiga bersama Juventus sejak diboyong dari Real Madrid, 2018 lalu. Kabarnya, Juventus berniat melepas CR7 pada akhir musim dan Paris Saint Germain (PSG berada di barisan terdepan yang bersedia menampung kekasih Georgina Rodriguez itu.

Namun salah seorang jurnalis olahraga asal Argentina yang bekerja untuk ESPN dan Fox Sports, Christian Martin mengklaim bila MU juga punya ketertarikan memulangkan Ronaldo.

Menurut Martin, Ronaldo bakal menganalisis proposal yang disodorkan MU. Sementara Juventus juga sudah bersiap melepas Ronaldo bila berniat pindah akhir musim ini.

 

Melambung Berkat MU

1. Masih berseragam Manchester United, Cristiano Ronaldo tanpa kecewa setelah gagal membobol gawang Chelsea lewat penalti saat final Liga Champions tahun 2008. (AFP/Franck Fife)
1. Masih berseragam Manchester United, Cristiano Ronaldo tanpa kecewa setelah gagal membobol gawang Chelsea lewat penalti saat final Liga Champions tahun 2008. (AFP/Franck Fife)

MU seperti diketahui punya kenangan yang indah bersama Ronaldo sejak didatangkan dari Sporting Lisbon pada usia 18 tahun, 2003 lalu. Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Ronaldo menjelma menjadi salah satu pemain terhebat di dunia.

Sederet trofi domestik dan internasional berhasil diraih Ronaldo bersama MU. Pada tahun 2008, Ronaldo menjadi pemain MU pertama sejak era George Best 1968 yang sukses merebut Ballon d'Or.

Pada tahun 2009, MU melepas Ronaldo ke Real Madrid dengan harga 80 juta poundsterling. Namanya terus melambung dan semakin bersinar di dunia bersama rival abadinya, Lionel Messi.

 

Ambisi PSG

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Spezia pada laga Liga Italia di Stadion Dino Manuzzi, Minggu (1/11/2020). Juventus menang dengan skor 4-1. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Spezia pada laga Liga Italia di Stadion Dino Manuzzi, Minggu (1/11/2020). Juventus menang dengan skor 4-1. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Sementara itu Direktur Olahraga PSG, Leonardo sudah menabuh genderang perang dengan MU dalam memperebutkan Ronaldo. Dan menurutnya, dalam sepak bola apapun bisa terjadi ke depannya.

"Dewasa ini, sepak bola sulit ditebak. Bisa saja, saat bangun pagi Ronaldo berkata, saya ingin bermain di tempat lain," kata Leonardo seperti dilansir dari Metro.co.uk.

"Siapa yang bisa membelinya? Lingkarannya sangat kecil. PSG masuk dalam lingkaran kecil itu. Biasanya ini hanya soal kesempatan dan situasi," beber Leonardo.

 

Siapkan Daftar

"Bursa transfer, kami tengah bersiap menyambutnya. Kami sudah punya prioritas dan daftar pemain yang kami inginkan. Meski demikian, yang tak terlihat juga bisa terjadi," katanya.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo PNS, Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kemnaker

Posted: 11 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti seleksi terbuka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia 2020.

Pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia 2020 yang dibuka untuk PNS yang berminat, yakni: 

·  Dirjen PHI dan Jamsos

·  Inspektur Jenderal

·  Staf Ahli Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik

Mengutip dari laman resmi kemnaker.go.id, Kamis (12/11/2020) berikut persyaratan yang dibutuhkan

Persyaratan Administrasi

1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah S1 atau D4

2.  Memiliki pangkat sekurang-kurangnya Pembina Utama Muda (IV/c)

3. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang ketenagakerjaan secara kumulatif paling singkat selama 7 tahun

4. Sedang atau pernah menduduki JPT pratama atau Jabatan Fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 tahun

5. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik dibuktikan dengan

·   Nilai prestasi kerja pegawai sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir

·   Tidak sedang/ pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat

6.  Menyerahkan salinan LHKPN atau LHKASN tahun 2019

7.  Menyerahkan SPT 2 tahun terakhir

8.     Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun pada 31 Januari 2021

9.     Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah

 

 

Cara mendaftar

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Bagi Anda yang sesuai dengan kualifikasi persyaratan di atas dan berminat untuk mendaftar dan bergabung, berikut adalah tata cara pendaftaran dan dokumen persyaratan yang dibutuhkan

1.     Berkas lamaran di-scan dan dijadikan satu file dengan format pdf kemudian dikirim sebagai attachment melalui email dengan subjek "Pendaftaran Seleksi JPT Madya Kemnaker" ke alamat: setpansel@kemnaker.go.id dan sudah diterima oleh panitia seleksi paling lambat tanggal 23 November 2020, pukul 16.00 WIB. Email yang dikirim melebih waktu yang ditentukan tidak akan diproses.

2.     Lamaran sebagaimana dimaksud angka 1 dilengkapi persyaratan sebagai berikut:

·      Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp.6.000 sesuai dengan format Lampiran B

·      Daftar Riwayat Hidup bermaterai Rp.6.000 yang memuat data pribadi, pengalaman riwayat jabatan, riwayat pendidikan, nomor HP dan alamat email sesuai dengan format Lampiran C

·      Ijazah terakhir

·      Surat Keputusan kenaikan pangkat terakhir

·      Surat keputusan pengangkatan dalam jabatan terakhir

·      Penilaian Prestasi Kerja PNS tahun 2018 dan 2019

·      Tanda terima laporan penyerahan LHKPN atau LHKASN tahun 2019

·      Tanda terima sudah lapor SPT tahun 2018 dan 2019

·      Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah ukuran 4x6 (digital)

·      Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I/II Atau Surat Tanda Lulus Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Jenjang Ahli Utama

·      Surat pernyataan tidak sedang/ pernah menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, bermaterai Rp.6.000 sesuai dengan format Lampiran D

·      Surat Rekomendasi/ Persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian (Menteri/ Kepala Lembaga) yang menyatakan memberikan ijin untuk mengikuti rangkaian seleksi terbuka JPT Madya di Lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan, sesuai dengan format Lampiran E

·      Pakta integritas sesuai dengan format Lampiran F

·      Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah

Untuk lampirannya sendiri Anda dapat melihatnya melalui link berikut ini https://kemnaker.go.id/news/detail/seleksi-terbuka-pengisian-jabatan-pimpinan-tinggi-madya-kementerian-ketenagakerjaan-tahun-2020

 

Reporter: Tasya Stevany

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peserta Lulus CPNS 2019 Jangan Matikan HP, BKN Infokan Pemberkasan Lewat Whatsapp

Posted: 11 Nov 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peserta lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 wajib melakukan pemberkasan. Proses pemberkasan dimulai sejak 4 November hingga 30 November 2020.

CPNS 2019 yang telah melakukan pemberkasan namun ragu apakah berkas yang diunggah memenuhi syarat atau tidak tak perlu khawatir. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberikan informasi jika ada masalah melalui WhatsApp.

"Dalam masa pemberkasan CPNS2019 ini, #SobatBKN tak perlu terlalu khwatir dg berkas yg sdh diunggah, apakah sdh memenuhi syarat atau belum. Jika tim verifikasi instansi menyatakan ada dokumen yg salah unggah, sistem kami akan memberikan notifikasi via whatsapp untuk menginfokan hal tsb kpd kalian," tulis BKN lewat akun resmi Instagram @bkngoidofficial, dikutip Kamis (12/11/2020).

BKN mengimbau peserta CPNS yang lolos agar nomor handphone yang didaftarkan selalu aktif. BKN pun mencantumkan nomor WhatsApp yang bakal memberikan notifikasi tersebut.

"Pastikan nomer hp yg kalian infokan saat registrasi/pemberkasan senantiasa aktif ya. Sejawat Mimin akan kirimkan notif via nomor +62 877-8775-4000," tulis BKN.

Lebih lanjut, BKN jug menyampaikan, notifikasi akan dikirimkan secara otomatis setelah instansi memeriksa unggahan pemberkasan dokumen dari masing-masing peserta.

"Peserta dimohon untuk masuk ke akun SSCN dan melakukan perbaikan terhadap dokumen yang mengalami kendala," tulis BKN.

"Ingat! Pastikan setiap data yang diinput dan dokumen yang diunggah adalah data yang sesuai ya," lanjut postingan BKN yang ditujukan kepada CPNS yang lolos seleksi.

Cara Daftar Ulang bagi Peserta yang Lolos Seleksi CPNS 2019

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Hasil peserta lulus seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah diumumkan tanggal 30 Oktober 2020 lalu.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah peserta pria yang lulus 54.229 orang dan wanita 84.562 orang. Jumlah keseluruhan peserta lulus yakni 138.791 orang.

Peserta lulus CPNS 2019 kemudian wajib melakukan daftar ulang yang mulai dibuka pada hari ini, Rabu, 4 November 2020 dengan login ke akun SSCN melalui tautan https://sscndaftar.bkn.go.id/login dan mengisikan username (NIK) dan password akun yang telah dibuat saat registrasi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama BKN Paryono mengatakan pihaknya belum mengetahui berapa jumlah peserta yang sudah melakukan daftar ulang.

Ia menyampaikan bahwa daftar ulang diberi waktu satu bulan sampai akhir November ini. Usai daftar ulang, peserta akan mendapatkan NIP.

Untuk melakukan daftar ulang tersebut, peserta diminta mencermati terlebih dahulu panduan yang ada di SSCN.

"Baca buku petunjuknya dulu dengan cermat, jangan asal langsung ke menu di dalamnya, tapi baca terlebih dahulu, nanti disana akan ada langkah-langkah dan dokumen apa saja yang harus disiapkan," tutur Paryono kepada Liputan6.com, Rabu (4/11/2020).

Paryono menambahkan, beberapa dokumen yang harus diunggah oleh peserta yang lolos CPNS 2019 yakni:

  • Scan ijazah asli.
  • Scan transkrip nilai asli.
  • Scan surat pernyataan yang sudah ditandatangani oleh peserta (surat pernyataan tidak mengkonsumsi narkoba, tidak terlibat parpol).
  • Scan SKCK.
  • Scan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.
  • Scan bukti pengalaman kerja yang sudah dilegalisir oleh perusahaan.
  • Scan Daftar Riwayat Hidup (blanko tersedia di SSCN).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Tol Jakarta-Cikampek Sebentar Lagi Akan Naik

Posted: 11 Nov 2020 10:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tarif tol Jakarta-Cikampek, yang terintegrasi Jakarta-Cikampek Elevated akan segera naik dalam waktu dekat. Hal tersebut, sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 1524/KPTS/M/2020.

Dijelaskan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syakur, terdapat 4 wilayah pentarifan tol Jakarta-Cikampek tersebut.

Wilayah 1 yaitu Jakarta IC-Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur. Wilayah 2 yaitu Jakarta IC-Cikarang Barat. Wilayah 3 yaitu Jakarta IC-Karawang Barat. Wilayah 4 yaitu Jakarta IC-Cikampek.

Mengutip paparan Subakti, awalnya tarif tol Jakarta-Cikampek untuk Golongan I ialah Rp 15.000 naik menjadi Rp 20.000. Golongan II naik dari Rp 22.500 menjadi Rp 30.000. Golongan III naik dari Rp 22.500 menjadi Rp 30.000.

"Golongan IV naik dari Rp 30.000 menjadi Rp 40.000. Golongan V naik dari Rp 30.000 menjadi Rp 40.000," ujar Subakti dalam konferensi pers virtual, melansir Bisnis Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

Hanya 1 tarif

Subakti melanjutkan, dengan adanya integrasi sistem transaksi dan pentarifan ini maka titik transaksi bisa diminimalisasi dengan hanya membayar 1 tarif saja.

"Ini akan berdampak pada distribusi lalu lintas khususnya kendaraan golongan I jarak menerus dari tol Jakarta-Cikampek ke Jakarta-Cikampek II Elevated," ujarnya.

Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dikenakan Tarif, Berapa?

Menjadi alternatif kemacetan yang sering terjadi, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated rencananya akan segera dikenakan tarif.

Hal itu dikonfirmasi Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso saat dikonfirmasi kanal Ekonomi, Liputan6.com.

 

"Benar, kami merencanakan pemberlakuan tarif terintegrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated," katanya.

Heru menjelaskan, integrasi tarif yang akan diberlakukan merupakan salah satu langkah efisiensi transaksi dan distribusi beban lalu lintas, antara Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

"Sehingga bisa meningkatkan kinerja lalu lintas, baik dari sisi kecepatan tempuh, maupun dari sisi kapasitas jalan tol," jelasnya.

Meski demikian, Heru mengaku masih belum bisa mengungkapkan secara rinci, kapan tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek akan mulai diberlakukan dan berapa besarannya. Ia hanya menegaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan sosialisasi dengan stakeholder.

"Kami belum bisa menginformasikan tanggal pemberlakuan dan besaran tarifnya. Nanti saat ada kepastian, akan kami informasikan," ujarnya.   

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Pelihara Kucing, Ini Cara Melebatkan Bulunya

Posted: 11 Nov 2020 10:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lucu, imut dan kerap membuat gemas adalah mungkin menjadi salah satu alasan saat kamu menyukai seekor kucing. Ya, tingkah lakunya selalu membuat siapa saja gemas ingin memelihara hewan satu ini.

Beragam jenis kucing di dunia dan semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari kucing Persia, Maine Coon, Ragdoll, Anggora, Domestik, Munchkin, dan sebagainya. Sebagian dari hewan itu memiliki bulu yang lebat dan tebal.

Nah, bagi kamu yang ingin merawat bulu kucing tersebut agar lebat dan tebal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dilansir dari liputan6, berikut hal bisa dilakukan.

Minyak ikan

Ikan tak hanya disukai oleh kucing, tetapi bagus juga untuk merawat bulunya. Pasalnya, minyak ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas bulu kucing.

Agar bisa dikonsumsi oleh kucing, kamu bisa mencampurnya dengan asam lemak omega-6, yang terkandung dalam lemak ayam dan minyak sayur dapat menjaga daya tahan kulit terhadap peradangan.

Hal itu bisa dapat mencegah kerontokan bulu pada kucing. Kamu bisa memberikan minyak ikan pada kucing seminggu sekali.

Berikani vitamin dan mineral

Dengan segudang manfaatnya, vitamin mampu juga menjaga kesehatan bulu kucing. Sementara itu, untuk mineral bermanfaat untuk regenerasi bulunya dan vitamin bisa membantu penampilan dan kekuatan bulu kucing.

Nah, jika kekurangan vitamin dan mineral, bisa menghambat pertumbuhan bulu dan menyebabkan kerontokan.

 

Makanan kucing

Makanan kucing Muezza.
Makanan kucing Muezza.

Dengan memilih makanan yang kucing yang tepat, bisa mencegah kerontokan pada kucing. Maka dari itu, pilihlah makanan kucing yang kaya akan protein dan vitamin. Selain itu, pilih makanan kucing yang memiliki kadar lemak dan karbohidrat yang baik. Dengan begitu, asupan makanan untuk kucing bisa seimbang. Bulu jadi sehat dan tebal.

Kamu bisa memberikan kucing makanan kucing, Muezza. Memiliki kandungan kaya vitamin dan protein, Muezza bisa merawat bulu kucing dengan baik. Selain itu, Muezza halal dan memiliki beragam jenis rasa yang cocok untuk kucing peliharanmu. Mulai dari Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Kalau sudah begitu, kamu bisa merawat bulu kucingmu dengan baik. Yuk, pesan sekarang!

 

 (*)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Sambut Baik Langkah BRI Hadirkan Indeks UMKM Pertama di Indonesia

Posted: 11 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik hadirnya indeks usaha mikro, kecil dan menengah untuk mengukur aktivitas bisnis dan ekspektasi para pengusaha. Indeks ini diyakini bisa memacu pelaku UMKM untuk lebih maju dan mendapat sokongan yang tepat dari pemerintah, swasta dan Badan Usaha Milik Negara.

Anggota Dewan Pertimbangan Apindo, Franky Sibarani mengatakan, indeks usaha mikro dan kecil akan berdampak pada semakin banyaknya pelaku UMKM yang naik kelas. Hal tersebut otomatis berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Bagus sekali inisiatif dari BRI, memacu UMKM untuk maju dan lebih banyak yang naik kelas. Semakin banyak UMKM yang terlibat akan lebih baik. Indeks ini bisa dikembangkan nanti, tentu dengan dukungan pemerintah, supaya lebih masif," ujar Franky di Jakarta, Kamis (12/11).

Di sisi lain, lanjut Franky, BMSI merupakan hal yang beda dengan kebutuhan pendataan tunggal UMKM di Indonesia. Menurutnya, kehadiran indeks khusus ini tidak meniadakan kebutuhan akan hadirnya basis data tunggal UMKM.

Oleh karena itu, dia berharap pembuatan basis data UMKM dapat segera dibentuk oleh pemerintah.

"Satu data dari Usaha Mikro sampai Usaha Menengah kapasitasnya pasti berbeda. Sehingga akses ke indeks tentu yang Usaha Menengah akan lebih banyak. Sementara pendataan, kita perlu untuk pengembangan Usaha Mikro yang jumlahnya 63 juta. Leadnya harus oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan melibatkan semua stakeholder termasuk swasta, serta BUMN," tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, BMSI adalah indeks yang dibuat BRI untuk menilai kondisi pelaku UMKM saat ini dan ekspektasi mereka hingga kurun 3 bulan mendatang. Indeks ini terdiri atas dua indikator yakni Indeks Aktivitas Bisnis (IAB) dan Indeks Ekspektasi Aktivitas Bisnis (IEAB).

BMSI sendiri bersifat nasional dan akan dipublikasikan rutin setiap kuartal oleh BRI. Sehingga diharapkan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi pengambil kebijakan publik, khususnya di UMKM.

"Indeks ini kami launching untuk digunakan sebagai alat ukur aktivitas bisnis UMKM, dan kami buat sebagai bentuk kepedulian BRI terhadap aktivitas UMKM Indonesia, serta menjadi leading indicator pertama di Indonesia yang mengukur aktivitas UMKM," ujarnya.

Tumbuhkan UMKM

BRI memberikan bantuan ke UMKM dalam bentuk KUR.
BRI memberikan bantuan ke UMKM dalam bentuk KUR.

Bos BRI menambahkan, bagi perseroan BMSI menjadi guidelines dalam menumbuhkan UMKM, terutama dalam menyusun strategi dan pendekatan yang benar terhadap UMKM.

Sesuai dengan tujuannya, BMSI dapat juga dijadikan salah satu indikator untuk keperluan monitoring dan early warning system (EWS) terhadap keberlangsungan usaha debitur UMKM.

"Dengan indeks ini kita melihat kira-kira situasi kegiatan UMKM saat ini seperti apa dan ekspektasi 3 bulan ke depan itu seperti apa. Sekarang yang kita baca adalah ekspektasinya UMKM itu positif, akan menggeliat maka kita siapkan produknya, layanan, dan sistem layanannya, supaya approach-nya itu sesuai dengan apa yang dibutuhkan di lapangan. Itu yang saya katakan bahwa BSMI akan menjadi pedoman untuk menumbuhkan UMKM," jelas Sunarso.

Sebagai informasi, berdasarkan publikasi perdana BSMI pada kuartal III tahun ini, terlihat bahwa kondisi pelaku UMKM saat ini sudah mulai bangkit. Indeks UMKM tercatat naik dari 65,5 menjadi 84,4 per September 2020.

Terakhir, BSMI juga merekam ekspektasi pelaku UMKM yang meningkat hingga 109,3 untuk kuartal IV/2020. Peningkatan ini menandakan adanya optimisme pengusaha akan perbaikan kondisi ekonomi mulai akhir tahun ini.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Iris Mata dan Bagian Lainnya dalam Proses Melihat, Kenali Cara Kerjanya

Posted: 11 Nov 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fungsi iris mata sangat penting sebagai salah satu bagian pada mata. Mata sendiri merupakan indra penglihatan yang memang fungsi utamanya untuk melihat. Mata terdiri dari beberapa bagian, yang dibagi menjadi bagian luar dan bagian dalam.

Setiap bagian mata pada manusia ini memiliki peranan dan fungsinya masing-masing yang saling berkesinambungan. Setiap bagian mata ini memiliki fungsi yang jika salah satu bermasalah, maka akan memengaruhi fungsi bagian lainnya.

Fungsi iris mata dan bagian mata lainnya tentu perlu kamu kenali. Berbagai bagian mata tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam proses melihat. Kamu juga bisa memahami berbagai fungsi bagian mata tersebut dengan mengenali cara kerja indra penglihatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/11/2020) tentang fungsi iris mata.

Fungsi Mata Secara Umum

Fungsi Mata. (Sumber Wikimedia Commons)
Fungsi Mata. (Sumber Wikimedia Commons)

Sebelum mengenali fungsi iris mata, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui fungsi mata secara umum. Sudah diketahui bahwa fungsi mata adalah untuk melihat. Namun fungsi mata tidak hanya untuk melihat gambar atau pemandangan saja.

Setiap bagian mata memang memiliki fungsinya masing-masing, termasuk fungsi iris mata, namun secara umum fungsi mata adalah sebagai berikut:

1. Sebagai alat indera penglihatan. Mata dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh dan dekat. Cara kerja mata juga cukup kompleks, di mana setiap bagian-bagian organ dalam mata memiliki fungsinya masing-masing sehingga sebuah objek dapat dilihat oleh mata. Mata hanya bisa melihat objek yang terkena pantulan cahaya atau yang menghasilkan cahaya.

2. Sebagai alat komunikasi. Terkadang kamu bisa memberikan kode dengan mata untuk mengisyaratkan sebuah tindakan.

3. Sebagai fungsi keindahan. Pada sebagian orang, mata memiliki corak warna yang beragam seperti biru, coklat, hitam pekat, atau abu-abu.

4. Mempelajari berbagai hal. Dengan mata, kamu bisa membaca buku, melihat sebuah kejadian, dan mempelajarinya.

5. Mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan. Dengan melihat, kamu bisa menjadi lebih awas dan waspada dengan apa yang ada di sekitar.

6. Sebagai keseimbangan. Mata adalah bagian kecil dari sistem vestibular yaitu sistem keseimbangan tubuh. Dengan melihat menggunakan mata, kamu akan mendapatkan informasi secara visual. Sehingga otakmu akan siap dan juga mengerti tindakan apa yang harus dilakukan.

Fungsi Mata Bagian Dalam

Ilustrasi Mata Credit: unsplash.com/Amanda
Ilustrasi Mata Credit: unsplash.com/Amanda

Setelah mengenali fungsi mata secara umum, baru kamu dapat mengetahui fungsi iris mata dan bagian lainnya secara lebih spesifik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, secara umum, bagian mata dibagi menjadi dua yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Iris mata merupakan salah satu bagian mata yang berada di dalam. Fungsi iris mata adalah untuk memberi warna pada mata dan mengatur besar kecilnya pupil. Berikut beberapa bagian mata yang terdapat di dalam beserta fungsinya:

Iris: fungsi iris mata ini untuk memberi warna pada mata dan mengatur besar-kecilnya pupil.

Otot mata: fungsi bagian mata yang pertama adalah untuk mengatur gerakan bola mata.

Saraf mata: fungsi bagian mata ini untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak.

Kornea: fungsi bagian mata ini untuk menerima rangsang cahaya dan meneruskannya ke bagian mata yang lebih dalam.

Pupil: berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Retina: berfungsi utnuk membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak. Koroid: fungsi bagian mata ini untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina.

Sklera: berfungsi untuk melindungi dan mempertahankan bentuk bola mata.

Lensa: berfungsi untuk memfokuskan cahaya agar bayangan jatuh pada bintik kuning.

Bintik buta: berfungsi untuk menangkap dan meneruskan rangsang cahaya ke otak.

Bintik kuning: berfungsi untuk tempat jatuhnya bayangan.

Vitreous humor: fungsi bagian mata ini untuk menyokong lensa dan menjaga bentuk bola mata.

Aqueous humor: fungsi bagian mata ini untuk membiaskan cahaya dan menjaga bentuk bola mata.

 

Fungsi Mata Bagian Luar

ilustrasi mata /pexels
ilustrasi mata /pexels

Selain fungsi iris mata dan bagian dalam mata yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga perlu mengetahui fungsi mata bagian luar. Mata bagian luar ini bisa kamu lihat, tidak seperti bagian mata yang di dalam. Berikut masing-masing penjelasannya:

Kelopak Mata. Fungsi bagian mata ini untuk melindungi dan menutup mata. Fungsinya untuk menjaga dari masuknya benda asing dari luar mata misalnya debu, pasir, asap atau serpihan lainnya. Kelopak mata juga penting untung menyapu bola mata dengan cairan dan mengatur jumlah cahaya yang masuk menuju mata.

Bulu Mata. Menjadi bagian terluar dari mata yang mudah dikenali, fungsinya adalah untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata dan juga mencegah masuknya objek kecil ke dalam mata seperti debu, pasir, atau kotoran.

Alis Mata. Kalau alis mata, merupakan bagian terluar mata yang cukup menonjol. Fungsinya adalah untuk menanhan keringat dari atas dahi agar tidak masuk ke dalam bagian mata.

Kelenjar Air Mata. Fungsinya adalah untuk menghasilkan air mata. Hal ini menjadi penting guna untuk membasahi mata dan menjaga mata agar tetap lembab. Selain itu, kelenjar air mata juga berguna untuk membersihkan debu dan membunuh berbagai bibit penyakit di dalam mata.

Cara Kerja Mata

Ilustrasi Mata Credit: pexels.com/pexen
Ilustrasi Mata Credit: pexels.com/pexen

Setelah mengenali fungsi iris mata dan bagian-bagian mata lainnya, kamu tentunya juga perlu mengetahui cara kerja mata sehingga kamu bisa melihat. Benda dapat dilihat jelas oleh mata jika bayangan benda berada tepat pada bintik kuning. Bayangan benda yang tidak tepat jatuh pada bintik kuning akan terlihat tidak jelas atau kabur.

Bayangan benda yang jatuh di depan bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dengan jarak jauh secara jelas. Sedangkan bayangan benda yang jatuh di belakang bintik kuning menyebabkan seseorang tidak dapat melihat benda dari jarak dekat secara jelas.

Proses pertama dari cara kerja mata diawali dari pantulan cahaya dari benda masuk ke mata pada bagian kornea. Cahaya yang ditangkap oleh mata tersebut kemudian diolah oleh bagian-bagian mata sesuai dengan perannya. Informasi kemudian dikirimkan ke otak sehingga benda dapat terlihat. Berikut urutan cara kerja mata:

1. Cahaya yang dipantulkan benda ditangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan ke pupil untuk diatur intensitas cahayanya.

2. Cahaya diteruskan menembus lensa mata.

3. Daya akomodasi lensa mata mengatur agar cahaya jatuh tepat di bintik kuning.

4. Bintik kuning menerima cahaya melalui sel kerucut dan sel batang lalu disampaikan ke otak.

5. Informasi diolah oleh otak dan kita dapat mengetahui apa yang kita lihat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Ambulans Bocor, 22 Rombongan Tenaga Medis Dievakuasi

Posted: 11 Nov 2020 10:36 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Kapal Ambulans yang membawa rombongan tenaga medis mengalami kebocoran saat pulang dari Pulau Lanjukang, Kota Makassar, Rabu (11/11/2020) malam. Kapal tersebut membawa 22 penumpang yang terdiri dari perawat, dokter spesialis, apoteker dan anak buah kapal (ABK). 

Dari informasi yang berhasil diterima Liputan6.com, rombongan tenaga medis itu baru saja pulang melaksanakan bakti sosial di Pulau Lanjukang. 

"Kami menerima informasi, rombongan Tenaga Medis yang melakukan bakti sosial mengalami kecelakaan kapal saat hendak pulang dari pulau Lanjukang," kata Kepala Basarnas Makassar, Mustari, Kamis (12/11/2020). 

Beruntung rombongan itu berada tak jauh dari bibir pantai Pulau Bone Tambu sehingga mereka berhasil menyelamatkan diri. Tim dari Basarnas Kota Makassar dan TNI Angkatan Laut dari Lantamal VI pun bergerak cepat untuk mengevakuasi 22 penumpang kapal tersebut. 

"Posisi rombongan itu berada di Pulau Bone Tambu," ucap Mustari. 

Kapal ambulans itu diduga mengalami kebocoran karena menabrak karang lantaran surutnya air laut. Kapal Angkatan Laut Mamuju milik Lantamal VI yang hendak mengevakuasi seluruh penumpang kapal itu bahkan harus memutar lantaran air laut yang menjadi surut. 

"Proses evakuasi alhamdulillah berjalan baik meskipun ada kendala karena air surut dan menyebabkan KAL Mamuju harus memutar untuk menghindari karang", terang Mustari.

Mustari menjelaskan bahwa proses evakuasi korban kecelakaan Kapal Ambulans itu baru selesai dini hari tadi. Seluruh penumpang dibawa ke Markas Lantamal VI. 

"Alhamdulillah, seluruh korban berhasil kita evakuasi dan sandar pukul 01.28 Wita (kamis) di dermaga milik Lantamal VI Makassar", ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Siapkan Anggaran Vaksin Covid-19 Rp 34,23 Triliun

Posted: 11 Nov 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin Covid-19 sebesar Rp 34,23 triliun. Adapun anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan vaksin di tahun ini maupun tahun depan.

"Kalau kita lihat totalnya mencapai Rp 5 triliun plus Rp 29,23 triliun untuk program vaksinasi tahun depan, yang ini memang sudah di-earmar," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Kamis (12/11/2020).

Anggaran pengadaan vaksin ini berasal dari skema burden sharing antara pemerintah dengan Bank Indonesia (BI). Dalam skema tersebut, BI membeli surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dengan bunga nol persen.

"Ini dananya berasal dari Pak Gubernur (BI), yang nol persen. Itu adalah seluruh pengelolaan dana-dana kesehatan," jelas dia.

Adapun anggaran vaksin Covid-19 masuk dalam klaster kesehatan di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pemerintah sebelumnya telah melakukan realokasi anggaran PEN, sehingga anggaran kesehatan meningkat jadi Rp 97,26 triliun dari Rp87,55 triliun.

"Komposisi ini berbeda seperti pada saat kita pertama kali melaporkan ke Komisi XI sebelum bapak dan ibu sekalian reses. Anggaran di bidang kesehatan kini mencapai Rp 97,26 triliun," ungkapnya.

Anggaran kesehatan terdiri untuk belanja penanganan covid-19 Rp 45,23 triliun, insentif tenaga kesehatan Rp 6,63 triliun, santunan kematian tenaga kesehatan Rp 60 miliar, bantuan iuran JKN Rp 4,11 triliun, serta anggaran gugus tugas covid-19 Rp 3,5 triliun.

Selain itu, masih ada pemberian insentif perpajakan di bidang kesehatan senilai Rp 3,49 triliun, cadangan penanganan kesehatan dan vaksin Covid-19 Rp 5 triliun, dan cadangan program vaksinasi dan Perlinsos 2021 (SILPA 2020 yang di-earmark) Rp 29,23 triliun.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Jubir Sebut Uji Klinis Vaksin Sinovac di Indonesia Masih Aman

Ilustrasi vaksin COVID-19 Rusia Sputnik-V (AFP)
Ilustrasi vaksin COVID-19 Rusia Sputnik-V (AFP)

PT Bio Farma (Persero) menyatakan uji klinis fase tiga vaksin Sinovac, China di Indonesia masih aman karena belum ada laporan mengenai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius atau Serious Adverse Event (SAE).

Selain itu, belum ada laporan kejadian serius yang dirasakan dari para relawan vaksin sinovac yang diduga berhubungan dengan vaksin atau kegiatan vaksinasi.

Juru Bicara Tim Uji Klinis Fase Tiga Vaksin COVID-19 dr Rodman Tarigan di Bandung, Rabu (11/11/2020) mengatakan Vaksin COVID-19 hasil kolaborasi pengembangan Bio Farma dengan Sinovac, saat ini sudah mulai memasuki masa monitoring.

Data per 6 November 2020 menunjukkan 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama, 1.603 relawan suntikan kedua, dan 1.335 relawan masuk tahap monitoring, baik untuk imunogenicity, efikasi (khasiat), maupun keamanan.

SAE merupakan salah satu dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius dan dialami oleh penerima obat atau vaksin, tanpa memandang hubungannya dengan obat atau vaksin tersebut, sedangkan KIPI nonserius atau KIPI ringan kejadian medis setelah Imunisasi dan tidak menimbulkan risiko potensial pada kesehatan si penerima, seperti terjadi demam, bengkak di lokasi suntikan, merah di lokasi suntikan.

Setiap relawan yang sudah mendapatkan suntikan pertama dan kedua vaksin sinovac, hingga uji klinis selesai akan diawasi dan dimonitor oleh tim uji klinis, sehingga apapun kejadian yang menimpa relawan pasti terawasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Muncul di Video Syur Mirip Gisel, Adhietya Mukti Akhirnya Beri Klarifikasi

Posted: 11 Nov 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, video syur mirip Gisel alias Gisella Anastasia, masih ramai menjadi perbincangan. Yang terbaru, pihak kepolisian telah meningkatkan status perkara kasus video syur mirip Gisel itu ke tahap penyelidikan.

Sementara itu, warganet juga masih banyak yang membicarakan tentang pria yang berada dalam video syur mirip Gisel itu. Dari sekian banyak nama, Adhietya Mukti menjadi salah satu yang kerap diduga menjadi lawan main wanita dalam video tersebut.

Terkait hal tersebut, Adhietya Mukti akhirnya memberikan klarifikasi soal video syur mirip Gisel itu melalui unggahan di Instagram TV pada Kamis (12/11/2020).

"Yang pertama itu kenapa saya baru mengklarifikasinya sekarang karena saya sebenarnya sangat menghargai klarifikasinya GS nanti, pada saat dia klarifikasi cuman sampai detik ini, dia sebagai rekan kerja saya belum mengklarifikasi, siapa yang ada dalam video tersebut. Mungkin kalau sudah dia mengklarifikasi beres ini masalah," katanya.

 

Meresahkan

Adhietya Mukti Akhirnya Klarifikasi soal Tuduhan Lawan Main di Video Syur Mirip Gisel. (instagram.com/adhietya_mumkti)
Adhietya Mukti Akhirnya Klarifikasi soal Tuduhan Lawan Main di Video Syur Mirip Gisel. (instagram.com/adhietya_mumkti)

Lebih lanjut, Adhietya Mukti mengakui bahwa masalah memang meresahkan tak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi semua orang-orang di sekitarnya.

"Memang ini sudah sangat-sangat meresahkan buat saya dan keluarga, apalagi buat anak-anak saya, ngerinya nanti psikologinya kena, apalagi di lingkungan sekolah, dan lingkungan tetangga-tetangga," kata Adhietya Mukti.

Bukti

Adhietya Mukti Akhirnya Klarifikasi soal Tuduhan Lawan Main di Video Syur Mirip Gisel. (instagram.com/adhietya_mumkti)
Adhietya Mukti Akhirnya Klarifikasi soal Tuduhan Lawan Main di Video Syur Mirip Gisel. (instagram.com/adhietya_mumkti)

Dalam poin berikutnya, Adhietya Mukti memberikan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa ia bukanlah pria di video tersebut. Mulai dari postur, hingga raut wajah yang berbeda dengan lawan main di video syur mirip Gisel.

"Buktinya itu katanya ada tahi lalat di sebelah kanan. Nih kalau dilihat, tahi lalat saya di sebelah kiri. Dan di sebelah kanan nggak ada tahi lalat. Nah ini enggak di-flip. Saya punya buku bahasa Inggris anak saya. Kalau misalkan di-flip, tulisannya bakal kebalik," sambungnya.

Postur

Adhietya Mukti Akhirnya Klarifikasi soal Tuduhan Lawan Main di Video Syur Mirip Gisel. (instagram.com/adhietya_mumkti)
Adhietya Mukti Akhirnya Klarifikasi soal Tuduhan Lawan Main di Video Syur Mirip Gisel. (instagram.com/adhietya_mumkti)

Tak hanya wajah, Adhietya Mukti juga mengungkap berat dan tinggi badannya. Ia meyakini bahwa postur tubuhnya yang terbilang kecil, sangat berbeda dengan pria di video. 

"Terus dari postur tubuh saya, bisa kalian lihat, ini kecil berat badan 55 tinggi badan 164, jadi kecil gitu, maksudnya kalau di video itu kan terlihat atletis, terihat besar. Dan muka, untuk muka itu di video itu terlihat kotak, saya tirus, bisa dilihat dari sini bentuk kuping, itu bukti-buktinya," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Utang Rp 15,4 T ke Australia, 15 Tahun Lagi Akan Ditagih

Posted: 11 Nov 2020 10:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Australia dan Indonesia mengumumkan pinjaman bilateral sebesar 1,5 miliar dolar Australia (Rp 15,4 triliun). Utang ini berfokus ke penanganan COVID-19 serta anggaran.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Bendahara Persemakmuran Australia Josh Frydenberg mengumumkan pinjaman ini bersama-sama.

"Mengakui Kemitraan Strategis Komprehensif dan persahabatan yang kuat antara Australia dan Indonesia, Pemerintah Australia akan memberikan pinjaman sebesar AU$ 1,5 miliar kepada Indonesia, dibayarkan kembali selama 15 tahun," tulis pernyataan bersama Sri Mulyani dan Josh Frydenberg pada Kamis (12/11/2020).

Keduanya menilai COVID-19 merupakan tantangan yang tak pernah terjadi di Indo-Pasifik dan dunia. Pinjaman dari Australia ini akan dipakai untuk anggaran Indonesia.

"Pinjaman ini akan digunakan untuk mendukung pembiayaan anggaran Indonesia untuk 2020 yang mana terfokus pada penanganan krisis COVID-19 dan program-program pemulihan ekonomi.

Indonesia Disebut Jago Kelola Uang

Pejalan kaki melintasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki melintasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bendahara Australia Josh Frydenberg menyebut Indonesia dapat pinjaman karena mampu mengelola keuangan. 

"Pinjaman ini mencerminkan saat-saat luar biasa yang harus kita hadapi bersama dan sebagai pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal Indonesia yang baik. Pemulihan yang kuat dan cepat di Indonesia sangat pentingtidak hanya untuk Indonesia tetapi juga untuk Australia dan kawasan kita," jelas Frydenberg.

Sri Mulyani dan Frydenberg menyebut pemulihan dan kemakmuran berkelanjutan Indonesia adalah penting bagi stabilitas dan keamanankawasan kita.

Pinjaman ini dibangun di atas hubungan ekonomi kami yang sangat kami hargai dan catatanpanjang kerjasama bilateral. Australia dan Indonesia adalah tetangga, teman dan Mitra Strategis Komprehensif, dan kami berkomitmen untuk mendukung satu sama lain melalui krisis ini.

"Pemerintah kami akan terus terlibat dan berbagi pengalaman saat kami bergerak menuju pemulihan ekonomi di kawasan," ujar Sri Mulyani dan Frydenberg.

Sri Mulyani: Kita Tak Bisa Sembuh Sendiri

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) di Jakarta, Rabu (13/3). Acara ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri'. (Liputan6.com/JohanTallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sambutan saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) di Jakarta, Rabu (13/3). Acara ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sri Mulyani mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan tekanan yang sangat berat bagi perekonomian negara di dunia termasuk Indonesia dan Australia. 

Oleh karenanya, berbagai negara saling membantu untuk menangani dampak dari pandemi ini. Salah satunya Indonesia yang menerima bantuan dari pemerintah Australia.

"Kemitraan semacam ini mendasari tidak hanya hubungan Australia-Indonesia yang sangat kuat, tetapi juga pemahaman sebagai negara tetangga sudah saling efektif memulihkan dan memperkuat (hubungan) karena kita tidak bisa sembuh sendiri dari pandemi ini," ujar Sri Mulyani dalam pertemuan virtual dengan Menteri Keuangan Australia Josh Frydenber, Kamis (12/11/2020).

Dia mengatakan, melalui pinjaman bilateral tersebut pemerintah Indonesia tidak hanya dapat mengatasi Covid-19, membantu lini bisnis, hingga UMKM, tetapi yang terpenting juga menjaga keamanan dan kesinambungan ruang fiskal.

"Fiskal kita yang saat ini dalam tekanan besar, defisit melebar kita sangat apresiasi berbagai dukungan yang datang dari berbagai sumber. Kita mendiversi financing dan Aussie support yang menyediakan 1,5 miliar dolar Australia untuk Indonesia sebagai salah satu dukungan yang sangat kami apresiasi," kata dia.

(1 dolar Australia = Rp 10.300)

Infografis COVID-19:

Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud: Sekolah di Daerah Tak Dibuka karena Belum Diizinkan Satgas Covid-19 Setempat

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud, Jumeri, angkat bicara mengenai penilaian Ombudsman, bahwa sektor pendidikan lamban menerapkan adaptasi kebiasan baru pandemi Covid-19.

Menurut dia, salah satunya, hal ini dipengaruhi oleh Satgas Covid-19 di daerah. Dirinya menuturkan, banyak sekolah yang berada di zona hijau masih belum menggelar pembelajaran tatap muka lantaran terganjal izin dari Satgas Covid-19 daerah.

"Mas Menteri dan saya sudah keliling ke berbagai wilayah banyak daerah sudah hijau tidak berani buka karena belum dapat izin dari Gugus Covid-19 setempat," kata Jumeri kepada Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

Menurut dia, Kemendikbud sudah mengeluarkan kebijakan yang memperkenankan sekolah yang berada di zona hijau dan kuning untuk kembali menggelar pembelajaran tatap muka. Pihaknya pun sudah mendorong sekolah untuk segera melakukan pembelajaran tatap muka guna mengejar ketertinggalan selama pandemi Covid-19.

"Kami sudah mendorong daerah yang aman untuk segera buka, untuk mengurangi kesenjangan," jelas Jumeri.

Kendati begitu menurut bekas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah itu, buka-tutup sekolah bukanlah kewenangan Kemendikbud. Melainkan kewenangan pemerintah kota/kabupaten atau provinsi serta orang tua murid.

"Buka-tutup (sekolah) kewenangan daerah dan orang tua. Dikdas (pendidikan dasar) tanggung jawab kabupaten/kota dikmen (pendidikan menengah) provinsi, sesuai UU 23 Tahun 2014," pungkas Jumeri.

 

Kritikan Ombdusman

Sebelumnya, Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala, mempertanyakan mengapa sektor pendidikan terbilang lambat dalam merespons perkembangan masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19. Menurutnya, pendidikan merupakan satu-satunya bidang yang terlihat tak mengikuti perkembangan tersebut.

"Satu-satunya aktivitas publik yang adem-ayem dan tidak menunjukkan geliat untuk menyesuaikan diri, menurut saya, adalah sektor pendidikan mulai dari dasar, menengah sampai tinggi. Pokoknya semua sekolah dan kampus libur dan digantikan PJJ," katanya kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Adrianus memandang, para pengemban kebijakan dalam sektor pendidikan dinilai konservatif atau kaku sehingga terkesan enggan untuk berinovasi.

"Kesan saya, para pemangku kebijakan sektor ini konservatif sekali. Ada juga kemungkinan, mereka tidak berani berinovasi," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andrea Dovizioso Cuti Panjang, Ini Daftar Pembalap MotoGP 2021

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Andrea Dovizioso tidak akan terlibat persaingan memperebutkan satu kursi tersisa di MotoGP 2021. Pembalap asal Italia itu memutuskan rehat pada persaingan tahun depan. 

Dovi mengumumkan bakal menyepi melalui akum media sosial. Dia merasa kesulitan menemukan tim ideal setelah kontraknya tidak diperpanjang tim pabrikan Ducati. 

"Saya mendapat banyak tawaran menjadi pembalap penguji. Saya berterima kasih atas minatnya. Namun, saya masih berambisi bersaing dan meraih kemenangan," ungkap Dovizioso

"Setelah menemukan tim yang memiliki tekad serupa, saya bakal kembali ke MotoGP secepat mungkin."

Jumlah kursi MotoGP 2021 tinggal menyisakan satu setelah Esponsorama Racing, tim satelit Ducati, mempromosikan Enea Bastianini dan Luca Marini dari Moto2. Mereka juga mencoret Tito Rabat dengan keputusan tersebut. 

Dengan manuver ini, satu-satunya tim yang belum melengkapi pembalap adalah Aprilia Gresini. Mereka dilansir masih menunggu apakah Andrea Iannone bisa berkompetisi setelah dijatuhi sanksi akibat doping. 

Berikut daftar pembalap MotoGP dan komposisi tim untuk musim 2021:

Tim Pabrikan

Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)

Repsol Honda: Stefan Bradl, Pol Espargaro

Monster Energy Yamaha: Maverick Vinales, Fabio Quartararo

Ducati: Francesco Bagnaia, Jack Miller

Suzuki: Alex Rins, Joan Mir

Red Bull KTM: Brad Binder, Miguel Oliveira

Aprilia Gresini: Aleix Espargaro

Tim Satelit

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Petronas Yamaha Sepang: Franco Morbidelli, Valentino Rossi

Pramac Ducati: Johann Zarco, Jorge Martin*

LCR Honda: Alex Marquez, Takaaki Nakagami

Tech3 KTM: Iker Lecuona, Danilo Petrucci

Avintia Racing: Enea Bastianini*, Luca Marini*

 

*Rookie

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Pasar Rp 71 Triliun, Waskita Karya Gencar Ekspansi ke Luar Negeri

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) akan terus menjaga keberlangsungan bisnis ke depan. Waskita memproyeksikan potensi pengembangan bisnis dalam beberapa tahun kedepan mencapai Rp 92 triliun.

Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono, mengatakan potensi pengembangan bisnis dalam lima tahun ke depan tersebut meliputi proyek di Jawa yakni infrastruktur, konektivitas, dan pipanisasi senilai Rp 49 triliun.

Selanjutnya, potensi proyek di Kalimantan Timur dan Sulawesi untuk infrastruktur konektivitas dan EPC senilai Rp20 triliun. Serta, nilai proyek yang dikembangkan oleh entitas anak usaha, PT Waskita Realty yakni Waskita Modern Realti (Jawa Barat).

Dalam hal ini Waskita Realty bermitra dengan Grup Modern Land akan mengembangkan kawasan seluas 600 hektare yang akan diperuntukan sebagai hunian dan commercial center.

Waskita Karya yang tergabung dalam konsorsium bersama dengan BUMN lain yaitu Jasa Marga, Adhi Karya, Pembangunan Perumahan, dan Brantas Abipraya juga direncanakan melakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen.

"Proyek tol sepanjang 75,8 Km tersebut memiliki nilai investasi sekitar Rp 14 triliun," kata Destiawan di Jakarta, Kamis (12/11).

"Kemudian untuk total potensi proyek pengembangan bisnis sekitar Rp 92 triliun," lanjut Destiawan.

Sementara potensi ekspansi ke pasar luar negeri diproyeksikan senilai sekitar Rp 71 triliun antara lain ke Timur Tengah, Afrika serta, potensi pasar Asia Tenggara dan Asia Selatan.

 

Target Kontrak Baru

Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (9/6/2019). Arus balik satu jalur diberlakukan dari tol jatingaleh untuk mengurangi penumpukan, arus balik yang terjadi puncaknya sabtu malam di tol Kalikangkung. (Liputan6.com/Gholib)
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (9/6/2019). Arus balik satu jalur diberlakukan dari tol jatingaleh untuk mengurangi penumpukan, arus balik yang terjadi puncaknya sabtu malam di tol Kalikangkung. (Liputan6.com/Gholib)

Adapun untuk tahun ini, Waskita menargetkan nilai kontrak baru sebesar Rp 26,8 triliun. Hingga Oktober raihan kontrak baru mencapai Rp 15 triliun.

Raihan nilai kontrak baru paling besar berasal dari pembangunan tol, bendungan, irigasi, perkuatan pantai di DKI, Sewerage di Jambi dan gedung.

Dalam proses pengerjaan beberapa proyek tersebut, Waskita melakukan sinergi dengan anak perusahaan yaitu Waskita Precast, yang merupakan salah satu manufaktur terbesar di Indonesia dalam menyuplai produk precast dan readymix berkualitas.

Sinergi ini didukung dengan lokasi 9 Plant dan Batching Plant Waskita Precast yang tersebar di Sumatera, Jawa, hingga Sulawesi sehingga proses pengiriman produk lebih mudah dan cepat.

Perlu diketahui, Waskita memiliki enam lini bisnis yaitu konstruksi, bidang investasi yang terdiri dari jalan tol, realty dan infrastruktur non jalan tol. Serta dibidang industri yaitu beton precast dan pabrikasi baja.

Keenam lini bisnis tersebut didukung oleh anak-anak perusahaan seperti Waskita Toll Road, Waskita Karya Realty, Wasita Beton Precast dan Waskita Karya Infrastruktur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 20 Ribu Burung Migran Tiba di Danau Dongting Barat

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Foto udara menunjukkan kawanan burung migran terbang di atas Danau Dongting Barat di Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Sekitar 20.000 ekor burung migran telah tiba di Danau Dongting Barat tahun ini. (Xinhua/Chen Sihan)
Foto udara menunjukkan kawanan burung migran terbang di atas Danau Dongting Barat di Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Sekitar 20.000 ekor burung migran telah tiba di Danau Dongting Barat tahun ini. (Xinhua/Chen Sihan)

Foto udara menunjukkan kawanan burung migran terbang di atas Danau Dongting Barat di Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Sekitar 20.000 ekor burung migran telah tiba di Danau Dongting Barat tahun ini. (Xinhua/Chen Sihan)

Foto udara menunjukkan kawanan angsa berenang di Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Danau Dongting Barat, beserta lahan basahnya yang memiliki kekayaan hayati, telah menjadi jalur utama bagi kawanan burung yang bermigrasi. (Xinhua/Chen Sihan)
Foto udara menunjukkan kawanan angsa berenang di Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Danau Dongting Barat, beserta lahan basahnya yang memiliki kekayaan hayati, telah menjadi jalur utama bagi kawanan burung yang bermigrasi. (Xinhua/Chen Sihan)

Foto udara menunjukkan kawanan angsa berenang di Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Danau Dongting Barat, beserta lahan basahnya yang memiliki kekayaan hayati, telah menjadi jalur utama bagi kawanan burung yang bermigrasi. (Xinhua/Chen Sihan)

Seekor burung kuntul terbang di atas Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Sekitar 20.000 ekor burung migran telah tiba di Danau Dongting Barat tahun ini. (Xinhua/Chen Sihan)
Seekor burung kuntul terbang di atas Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Sekitar 20.000 ekor burung migran telah tiba di Danau Dongting Barat tahun ini. (Xinhua/Chen Sihan)

Seekor burung kuntul terbang di atas Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Sekitar 20.000 ekor burung migran telah tiba di Danau Dongting Barat tahun ini. (Xinhua/Chen Sihan)

Seekor burung kuntul berjalan di Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Danau Dongting Barat, beserta lahan basahnya yang memiliki kekayaan hayati, telah menjadi jalur utama bagi kawanan burung yang bermigrasi. (Xinhua/Chen Sihan)
Seekor burung kuntul berjalan di Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Danau Dongting Barat, beserta lahan basahnya yang memiliki kekayaan hayati, telah menjadi jalur utama bagi kawanan burung yang bermigrasi. (Xinhua/Chen Sihan)

Seekor burung kuntul berjalan di Danau Dongting Barat, Changde, Provinsi Hunan, China, 11 November 2020. Danau Dongting Barat, beserta lahan basahnya yang memiliki kekayaan hayati, telah menjadi jalur utama bagi kawanan burung yang bermigrasi. (Xinhua/Chen Sihan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Resmi Buka Pendaftaran Imagine Cup 2021

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan telah membuka pendaftaran untuk kompetisi Imagine Cup 2021. Kompetisi tahunan ini hadir untuk mencari talenta terbaik para ahli teknologi muda, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan platformnya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (12/11/2020), Microsoft menawarkan hadiah utama berupa uang tunai hingga USD 75 ribu untuk para pemenang. Namun tidak hanya itu, para pemenang juga akan mendapatkan sesi bimbingan khusus dengan eksekutif utama Microsoft.

"Kami ingin melihat apa yang bisa kamu lakukan. Kami ingin melihat apa yang diubah di dunia maupun di komunitasmu," tutur Direktur Global Imagine Cup, Pablo Veramendi mengajak para siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Menurut Pablo, Imagine Cup sendiri tidak sekadar kompetisi, melainkan bisa menjadi wadah bagi siswa mengembangkan jawaban efektif untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia, melalui ide teknologi yang mereka ciptakan.

Pablo juga menuturkan, para peserta Imagine Cup di tahun sebelumnya kini telah berhasil memacu peluang ekonomi dan lapangan pekerjaan. Beberapa pemenang bahkan bekerja di Microsoft, sedangkan peserta lain ada yang membangun karir di startup hingga perawatan kesehatan.

Hal itu juga terjadi pada pemenang asal Indonesia, seperti tim BeeHive Drones dari kompetisi tahun 2018 yang kini sudah menjadi startup lokal. Lalu ada runner-up Final Imagine Cup Asia tahun lalu, Tulibot, yang mengembangkan alat terintegrasi untuk komunikasi tunarungu.

Bersama dengan kompetisi ini, program lain juga digelar oleh Microsoft dengan nama Microsoft Learn Student Ambassador. Program ini membantu para siswa untuk belajar dan memimpin, sehingga mereka dapat membuat perbedaan dan memberdayakan orang-orang di sekitar mereka.

Pendaftaran untuk kedua program tersebut kini sudah resmi dibuka. Untuk itu, bagi kamu siswa yang tertarik berpartisipasi dalam kompetisi ini dalam mendaftar langsung melalui situs resmi Imagine Cup.

Microsoft Umumkan Kerja Sama Strategis dengan Bukalapak

Haris Izmee, President Director of Microsoft Indonesia dan Rachmat Kaimuddin, CEO of Bukalapak. (Foto. Microsoft Indonesia)
Haris Izmee, President Director of Microsoft Indonesia dan Rachmat Kaimuddin, CEO of Bukalapak. (Foto. Microsoft Indonesia)

Sebelumnya, Microsoft dan Bukalapak baru saja menyepakati kemitraan strategis antar dua perusahaan. Sebagai langkah awal dalam kemitraaan ini, Bukalapak akan mengadopsi Microsoft Azure dan Microsoft akan melakukan investasi di e-commerce tersebut.

"Kemitraan ini menandakan kolaborasi mendalam dengan Microsoft dalam serangkaian proyek teknologi, yang akan mengubah solusi perdagangan berbasis teknologi serta solusi dan operasi di Indonesia," tutur CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin dalam keterangan resmi.

Melalui kerja sama ini, kedua perusahaan juga akan berkolaborasi untuk sejumlah inisiatif. Salah satunya adalah membangun infrastruktur yang tangguh, dengan adopsi Microsoft Azure oleh Bukalapak untuk mendukung lebih dari enam juta pedagang online, enam juta pedagang offline, dan 100 juta pelanggan.

Kolaborasi Strategis Microsoft dan Bukalapak

Pembukaan kantor research and development di Surabaya (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Pembukaan kantor research and development di Surabaya (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain itu, baik Microsoft dan Bukalapak akan mencari peluang untuk membantu menjadikan dunia digital relevan bagi setiap individu. Terakhir, ada pelatihan keterampilan digital untuk karyawan Bukalapak dan pelapak.

"Bukalapak dan layanannya memiliki dampak nyata jangka panjang bagi masyarakat Indonesia, dan pola pikir inovasi mereka di pasar yang berubah cepat akan menciptakan peluang baru bagi pelapak, bisnis, dan konsumen," tutur Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee.

Lewat kerja sama ini, menurut Haris, pelapak dan konsumen Bukalapak akan mendapatkan pengalaman jual beli yang lebih efisien dan andal. "Yang pada akhirnya, menciptakan ketahanan bisnis dan membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia," ujar Haris.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Klasik Kendala Pembelajaran Daring di Jember, Lantas…?

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya- Pembelajaran jarak jauh di Jember tidak bisa berjalan optimal. Alasannya klasik, susah sinyal.

Menurut Ketua Komisi D DPRD Jember Hafidi Kholis pembelajaran daring lebih mudah dilakukan di perkotaan, sedangkan di pelosok desa hal itu sulit.

"Jangankan jaringan internet, sinyal saja kadang tidak ada," ujarnya saat rapat dengar pendapat dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama di DPRD Jember, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (11/11/2020).

Ia menilai, Dinas Pendidikan dan Kemenag Jember harus mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Terlebih, banyak orangtua siswa yang tidak mampu membeli android sehingga pembelajaran daring tidak bisa dilaksanakan.

Kepala Dinas Pendidikan Jember Edy Budi Susilo membenarkan kendala itu. Oleh karena itu, ia menginstruksikan sekolah untuk melakukan pembelajaran daring dan luring, sehingga kegiatan belajar mengajar tetap bisa berjalan.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mars 3 Wajib Aman, Iman dan Imun di Era Pandemi Covid-19

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 20 presenter televisi mengajak hidup sehat untuk melawan penyebaran covid-19. Ajakan ini disampaikan lewat sebuah mars lagu ciptaan Dody Isnaini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bioskop Baru Flix Cinema Dibuka Kala Pandemi Covid-19, Akan Jadi Lokasi Pemutaran Film FFI 2020

Posted: 11 Nov 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta FFI 2020 mendekati malam puncak yang akan dihelat Sabtu (5/12/2020). Jelang malam puncak, FFI 2020 menggelar sesi pemutaran film-film yang berlaga di ajang festival layar lebar tertua negeri ini.

Menurut rencana, sesi pemutaran film nomine FFI 2020 untuk umum dengan kapasitas terbatas dan penjurian digelar di Flix Cinema District 8 Jakarta, bioskop baru yang dibuka mulai Rabu (11/11/2020).

Bioskop kelas premium ini memiliki 4 hall atau studio dengan kapasitas masing-masing 55 dan 36 kursi. Tujuannya memberikan pengalaman menonton eksklusif bagi para pencinta film.

 

Screening untuk Umum

Suasana di Flix Cinema District 8 Jakarta. (Foto: Wayan Diananto)
Suasana di Flix Cinema District 8 Jakarta. (Foto: Wayan Diananto)

"Sebenarnya, FFI punya banyak program yakni screening untuk umum dan penjurian. Kami akan gunakan area rooftop Flix Cinema untuk memberikan sesuatu yang berbeda," terang perwakilan FFI 2020, Nazira C. Noer.

Rooftop menjelma ruang serbaguna termasuk untuk menonton sejumlah film nomine FFI 2020 dengan jumlah penonton terbatas, mengingat pandemi Covid-19 belum dapat tertangani dengan optimal.

Perkenalkan Film Nomine FFI

Suasana di Flix Cinema District 8 Jakarta. (Foto: Wayan Diananto)
Suasana di Flix Cinema District 8 Jakarta. (Foto: Wayan Diananto)

"Acara digelar dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. Ini untuk memperkenalkan film-film nomine FFI. Kalau di dalam bioskop, untuk seleksi dan penjurian," Nazira menyambung.

Daftar film yang akan diputar tengah disusun tim FFI. "Mereka sedang menyiapkan list film yang akan diputar jadi ditunggu saja. Flix Cinema saat ini menayangkan film reguler seperti Pawn, Room, dan Peninsula Train to Busan 2," imbuhnya.

 

Beragam Genre

Suasana di Flix Cinema District 8 Jakarta. (Foto: Wayan Diananto)
Suasana di Flix Cinema District 8 Jakarta. (Foto: Wayan Diananto)

Bioskop di Astha District 8 gerai keempat Flix Cinema setelah PIK Avenue, Galaxy Grand Park Bekasi, dan Mall of Indonesia Jakarta. Gerai ini terbuka untuk film beragam genre dari negara manapun termasuk Indonesia.

Nazira menjelaskan, bioskop ini dirancang sejalan dengan konsep Astha yang mengedepankan friendship, family, laugh, talk, freedom, dan peace termasuk berkolaborasi untuk mendukung industri film Indonesia.

Kolaborasi Jaringan Bioskop

Piala Citra
Piala Citra

"Yang di Ashta akan stand out dengan kolaborasi dan openness terhadap segala genre, enggak hanya yang mainstream. Sangat mungkin ada satu hall yang menayangkan film artsy, indi, atau kurang mainstream," Nazira memaparkan.

Chief Operating Officer Agung Sedayu Retail Indonesia, David Hilman, menambahkan, "Astha hadir sebagai destinasi di tengah Ibu Kota untuk mereka yang mencari hal baru, tempat nyaman dalam membina hubungan dengan komunitas serta mengembangkan diri."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Pemotretan Michelle Ziudith dalam Berbagai Tema, Memukau

Posted: 11 Nov 2020 10:25 PM PST

Mengawali kariernya lewat ajang Miss Celebrity, tentu pemilik nama lengkap 	Michelle Ziudith Waselly Ruchiman ini pandai berpose di depan kamera. Seperti pemotretannya dengan tema colorful ini, ia tampak begitu memukau. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)
Mengawali kariernya lewat ajang Miss Celebrity, tentu pemilik nama lengkap Michelle Ziudith Waselly Ruchiman ini pandai berpose di depan kamera. Seperti pemotretannya dengan tema colorful ini, ia tampak begitu memukau. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Mengawali kariernya lewat ajang Miss Celebrity, tentu pemilik nama lengkap Michelle Ziudith Waselly Ruchiman ini pandai berpose di depan kamera. Seperti pemotretannya dengan tema colorful ini, ia tampak begitu memukau. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Parasnya yang cantik natural, membuat pemain film London Love Story ini kerap dilibatkan oleh para fotografer untuk menjadi foto model. Terlihat dari akun Instagram pribadinya, Michelle Ziuduth beberapa kali menjalani pemotretan dengan beberapa fotografer. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)
Parasnya yang cantik natural, membuat pemain film London Love Story ini kerap dilibatkan oleh para fotografer untuk menjadi foto model. Terlihat dari akun Instagram pribadinya, Michelle Ziuduth beberapa kali menjalani pemotretan dengan beberapa fotografer. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Parasnya yang cantik natural, membuat pemain film London Love Story ini kerap dilibatkan oleh para fotografer untuk menjadi foto model. Terlihat dari akun Instagram pribadinya, Michelle Ziuduth beberapa kali menjalani pemotretan dengan beberapa fotografer. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Saat menjalani pemotretan, wanita 25 tahun ini tampak begitu totalitas. Seperti kali ini, ia tampil dengan gaya busana yang berbeda. Michelle Ziudith tampil memukau dengan busana batik sesuai dengan tema pemotretannya untuk Hari Batik. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)
Saat menjalani pemotretan, wanita 25 tahun ini tampak begitu totalitas. Seperti kali ini, ia tampil dengan gaya busana yang berbeda. Michelle Ziudith tampil memukau dengan busana batik sesuai dengan tema pemotretannya untuk Hari Batik. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Saat menjalani pemotretan, wanita 25 tahun ini tampak begitu totalitas. Seperti kali ini, ia tampil dengan gaya busana yang berbeda. Michelle Ziudith tampil memukau dengan busana batik sesuai dengan tema pemotretannya untuk Hari Batik. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Tema pemotretan yang dijalani aktris ini banyak mengusung tema simpel dengan balutan dress yang membuat tampilannya makin anggun. Seperti kali ini, ia tampil memukau dengan gaun berwarna abu-abu. Tone warna hasil pemotretannya ini seperti memberi arti yang mendalam. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)
Tema pemotretan yang dijalani aktris ini banyak mengusung tema simpel dengan balutan dress yang membuat tampilannya makin anggun. Seperti kali ini, ia tampil memukau dengan gaun berwarna abu-abu. Tone warna hasil pemotretannya ini seperti memberi arti yang mendalam. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

Tema pemotretan yang dijalani aktris ini banyak mengusung tema simpel dengan balutan dress yang membuat tampilannya makin anggun. Seperti kali ini, ia tampil memukau dengan gaun berwarna abu-abu. Tone warna hasil pemotretannya ini seperti memberi arti yang mendalam. (Liputan6.com/IG/@michelleziu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rumah Terbakar Hebat Akibat Kompor Meledak di Magetan

Posted: 11 Nov 2020 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Diduga terjadi kebocoran pada tabung gas, sebuah rumah yang sekaligus dijadikan bengkel motor di Magetan, Jawa Timur, terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi rumah berikut isi dan empat motor ludes dilalap si jago merah.

Terdapat 4 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Magetan, dibantu 1 unit dari Lanud Iswahyudi, memadamkan api yang membakar rumah Yatno (55), warga Kelurahan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Meski api berhasil dipadamkan, tetapi semua isi rumah ludes terbakar. Termasuk empat motor milik warga, yang tengah diperbaiki di bengkel ini. Menurut warga, kebakaran terjadi setelah terdengar ledakan keras dari dapur.

Dalam hitungan menit, api langsung menghanguskan rumah berikut bengkel. Sementara penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, sesaat terdengar ledakan.

"Ada empat armada yang diturunkan di kebakaran saat ini, kerugian materiil kurang lebih sekitar Rp 100 juta, karena ada empat sepeda motor yang terbakar, dan juga bangunan yang permanen ini, korban jiwa nihil," jelas Chanif Tri Wahyudi, Kepala Satpol PP Magetan.

Polisi yang datang ke lokasi kejadian, olah TKP dan mengumpulkan beberapa barang bukti untuk memastikan penyebab kebakaran. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, 10 November 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peserta Lolos Kartu Prakerja, Disimak Cara Ikut Pelatihan

Posted: 11 Nov 2020 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Peserta lolos Kartu Prakerja gelombang 11 baru saja diumumkan. Sebanyak 382.868 peserta lolos akan menerima bantuan berupa pelatihan gratis.

Melansir dari akun media sosial instagram resmi @prakerja.go.id buat yang sudah lolos, berikut langkah-langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja.

Disimak caranya, Kamis (12/11/2020):

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhan

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut

Bantuan Kartu Prakerja memang tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik, karena itu peserta akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan yang dipilih sendiri. 

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja melalui akun instagram resmi @prakerja.go.id mengimbau peserta lolos agar menjaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja milik pribadi.ㅤㅤㅤㅤ

Saat ini, pihaknya sedang mengirimkan dana ke akun prakerja secara bertahap. Untuk emmastikan dana masuk, peserta diminta untuk melakukan pengecekan secara berkala pada akun prakerja.

Kesempatan memilih pelatihan Kartu Prakerja hanya diberikan satu kali sehingga seluruh peserta harus bijak dalam menentukan pelatihan mana yang akan diikuti sesuai minat dan bidangnya.

Kartu Prakerja Gelombang 12 Bakal Dibuka? Ini Bocorannya

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja di tahun 2020 semula di ditargetkan hingga Gelombang 10 dengan peserta 5,6 juta penerima. Namun dalam pelaksanaannya, sejumlah penerima terpaksa dicabut kepesertaannya karena tak kunjung membeli paket pelatihan.

Dari kuota penerima yang dinyatakan hangus ini, Komite Cipta Kerja (KCK) memutuskan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 untuk mengisi sisa kuota yang hangus.

Informasi saja, Kartu Prakerja gelombang 11 telah dibanjiri sekitar 6 juta pendaftar dari kuota yang disiapkan 400 ribu orang. Secara total, jumlah pendaftar dari gelombang 1 hingga 11 mencapai 42 juta orang di seluruh Indonesia.

Melihat antusiasme yang tinggi tersebut, Komite Cipta Kerja berencana melanjutkan program Kartu Prakerja tahun depan. Sementara untuk tahun ini, kemungkinan tidak akan dibuka gelombang baru. Hal ini melihat sisa waktu di 2020 yang akan berakhir.

"Melihat bahwa kita sudah berada di penghujung tahun, tampaknya tidak akan ada pembukaan gelombang baru untuk 2020," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

Direncanakan, skema untuk program Kartu Prakerja 2021 tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini. Dimana setiap penerima akan mendapat paket manfaat senilai Rp 3,55 juta.

Adapun rinciannya, terdiri dari bantuan pelatihan Kartu Prakerja sebesar Rp 1 juta. Kemudian insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan dengan total Rp 150 ribu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Bakal Buat Regulasi untuk Perusahaan Fintech

Posted: 11 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuat aturan tentang regulasi perusahaan Financial Technology (Fintech) yang ada di Indonesia.

Namun, aturan yang dibuat untuk perusahaan keuangan berbasis teknologi ini tidak akan serumit regulasi untuk lembaga jasa keuangan yang sudah ada sebelumnya.

"Kalau kita mengatur fintech tidak akan mengatur se-heavy lembaga jasa keuangan yang sudah ada seperti perbankan," kata Komisioner OJK, Nurhaida dalam diskusi Indonesia Fintech Summit 2020, Jakarta, Kamis, (12/11/2020).

Alasannya, kata Nurhaida, jika regulasi yang ditetapkan untuk perusahaan fintech terlalu berat, dikhawatirkan perusahaan tersebut sulit berkembang. "Karena kalau terlalu berat ini nanti malah tidak akan berkembang," ungkapnya.

Sehingga, OJK hanya akan mengatur sisi prinsip regulasi, dalam artian prinsip dasar regulasi perusahaan fintech. Salah satunya terkait inovasi keuangan digital.

"Di sini kita mengatur inovasi. Kita pro inovasi dan Indonesia perlu ini," kata dia.

Tujuannya, agar perusahaan fintech bisa berkembang dan tumbuh. Sehingga diharapkan bisa membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi yang saat ini mengalami perlambatan akibat pandemi Covid-19.

Dia menambahkan rencana mengatur perusahaan fintech ini sudah mulai dilakukan sejak tahun 2018. Namun, di tengah kondisi dampak pandemi ini membuat pengaturan dipercepat.

 

Pengawasan

Ketua Dewan Komisoner OJK Wimboh Santoso (kanan) dan Wakil Ketua Dewan Komisoner OJK Nurhaida saat rapat panja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/12). (Liputan6.com/JohanTallo)
Ketua Dewan Komisoner OJK Wimboh Santoso (kanan) dan Wakil Ketua Dewan Komisoner OJK Nurhaida saat rapat panja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (11/12). (Liputan6.com/JohanTallo)

Terkait pengawasan kepada perusahaan fintech, Nurhaida mengatakan akan dilakukan berdasarkan perilaku pasar. Sebab saat ini inovasi keuangan digital memiliki banyak kluster dan harus diarahkan agar teknologi yang digunakan tepat guna.

"Sebetulnya banyak jenis fintech yang bisa diambil untuk dimanfaatkan. Kalau kita lihat, saat ini ada 84 inovasi keuangan digital yang tercatat di OJK," tutur Nurhaida.

Namun, banyaknya inovasi keuangan digital tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah perusahaan yang memilikinya. Rata-rata inovasi keuangan digital dilakukan secara korporasi.

Minimal satu perusahaan mengelola 2-3 jenis inovasi keuangan digital. Sisi lain tidak sedikit satu perusahaan mengelola banyak inovasi keuangan digital.

Sementara itu, peraturan yang dibuat OJK hanya untuk empat jenis kluster perusahaan fintech. Diantaranya, P2P lending fintech, digital banking, equity crowdfunding dan digital finance innovation .

 

Anisyah Al Faqir

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Feby Febiola Sembuh dari Kanker Ovarium Setelah 6 Kali Jalani Kemoterapi

Posted: 11 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Feby Febiola tengah berbahagia. Setelah enam kali menjalani kemoterapi dan harus merasakan sakit di sekujur tubuhnya, kini Feby Febiola memetik hasil yang memuaskan.

Dari hasil pemeriksaan, ternyata tidak ada lagi sel kanker ovarium yang bersarang di tubuhnya. Kabar bahagia itu disampaikan Feby Febiola melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (12/11/2020).

"Sebuah perjalanan yg tidak mudah..Akhirnya setelah menjalani chemotherapy selama 6X hasil tumor marker aku menunjukan hasil yg luar biasa..semuanya dibawah rata rata..artinya tidak ada sel yg aktif lagi," tulis Feby Febiola.

Terima Kasih

Instagram @febyfebiola_
Instagram @febyfebiola_

Ucapan terima kasih juga dituliskan Feby Febiola untuk orang-orang yang selama ini mendukungnya. Apalagi dengan semangat yang diberikan, ia bisa kuat menjalani hari-harinya menjalani proses peneymbuhan yang melelahkan.

"Makasih buat doanya teman teman, makasih juga sudah kasih kata kata dukungan, aku doakan yg baik baik juga yg terjadi dengan kalian.," tulisnya lagi.

Semangat

Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)

Tak lupa Feby Febiola memberikan semangat buat orang-orang yang masih menjalani proses penyembuhan seperti yang dialaminya. Agar mereka bisa mendapatkan hasil yang baik juga. 

"Buat kalian yg masih dalam perjalanan chemoterapy..TETAP SEMANGAT..," tulis Febby.

Kata Bijak

Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)

Di akhir tulisannya Feby Febiola menuliskan kalimat bijak tentang Tuhan yang selalu memberkati umatnya. Bahwasanya segala sesuatu bisa diraih atas berkat Sang Khalik.

"Tuhan tidak pernah berjanji langit akan selalu cerah, tapi Dia berjanji akan selalu menyertai seumur hidup kita," tulis Feby Febiola..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tabrak Kantor Polisi dengan Mobil, Seorang Pria Ditangkap di London

Posted: 11 Nov 2020 10:18 PM PST

Liputan6.com, London- Kepolisian Inggris menahan seorang pria yang menabrakkan mobil ke kantor polisi di London utara.

Dilansir US News yang mengutip Reuters, Kamis (12/11/2020), belum adanya laporan korban yang terluka akibat insiden yang terjadi pada 11 November 2020 itu.

Kepolisian Metropolitan London di Inggris menerangkan, insiden tersebut terjadi sebelum pukul 19.00 waktu setempat.

Mobil yang dikendarai pria tersebut menabrak kantor Polisi Edmonton. Petugas yang berada di kantor tersebut pun sempat dievakuasi.

Pihak kepolisian juga menyatakan penyelidikan untuk insiden itu sedang dilakukan tim polisi setempat, dengan dukungan dari petugas anti-terorisme.

Sementara itu, disebutkan dalam laporan media InggrisThe Guardian, dugaan awal menyatakan insiden itu tidak terkait terorisme, dan belum adanya informasi lebih lanjut soal kronologi kejadian tersebut.

Penjagaan di Sekitar Lokasi Insiden Dikurangi

Ilustrasi garis polisi (AP/Eric Risberg)
Ilustrasi garis polisi (AP/Eric Risberg)

Ambulans dan mobil pemadam kebakaran telah dikirim ke lokasi insiden, dan penjagaan polisi. 

Rekaman video yang belum diverifikasi dilaporkan beredar di media sosial, yang menunjukkan sebuah mobil di depan sebuah kantor polisi dan seorang pria yang tampak menyalakan api di jalanan di luar kantor tersebut sebelum diamankan oleh petugas.

Pihak kepolisian kemudian mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa "Penjagaan telah dikurangi dan petugas telah kembali ke markas."

Dalam sebuah postingan di Twitter, Wali Kota London Sadiq Khan menyambut baik tanggapan kepolisian atas insiden itu.

"Saya berterima kasih kepada para petugas polisi dan layanan darurat lainnya yang telah mengendalikan situasi dan terus menyelidiki insiden tersebut," tulis Sadiq Khan di Twitter.

Pada awal November 2020, level ancaman terorisme di Inggris dinaikkan ke tingkat "parah", yang menandai bahwa serangan dipandang sangat mungkin terjadi, meskipun pemerintah mengatakan tidak adanya ancaman tertentu. Level itu dikeluarkan menyusul serangkaian serangan yang terjadi di Prancis dan Austria. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turunkan Prevalensi Perokok Anak, Pemerintah Mesti Perkuat Regulasi Tembakau

Posted: 11 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah didesak untuk memperkuat regulasi tembakau dengan lebih kuat dan tegas melalui revisi revisi Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 (PP 109/2012) tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. Hal ini juga untuk menurunkan prevalensi perokok pada anak.

"Sangat mustahil menurunkan prevalensi perokok anak bila tidak ada komitmen Pemerintah membuat regulasi tembakau yang kuat dan tegas," kata Lisda Sundari, Ketua Lentera Anak dalam pesan tertulisnya.

Hal itu disampaikan Lisda terkait aksi damai dan somasi yang disampaikan Koalisi Masyarakat Peduli Kesehatan (KOMPAK) kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada Kamis (12/11/2020).

Lisda mengatakan bahwa Bappenas memproyeksikan, prevalensi perokok anak usia 10 hingga 18 tahun akan meningkat menjadi 16 persen pada 2030 jika tidak ada upaya dan komitmen kuat dari seluruh sektor.

"Disinilah urgensi mengapa revisi PP 109/2012 sangat penting untuk melindungi anak," kata Lisda yang juga juru bicara KOMPAK tersebut.

Lisda mengatakan, salah satu aturan penting dalam revisi PP 109/2012 adalah pelarangan total iklan dan promosi rokok.

Menurut Lisda, selama ini industri rokok menggunakan strategi iklan, promosi dan sponsor yang masif untuk membidik anak muda sebagai target pasar guna mendapatkan perokok pengganti yang akan menjamin keberlangsungan bisnisnya.

 

Didesak Revisi PP 109 tahun 2012

Koalisi Masyarakat Peduli Kesehatan (KOMPAK), melakukan aksi untuk mendesak revisi PP 109/2012 di depan kantor Kemenkes pada Kamis (12/11/2020) (Dokumentasi KOMPAK)
Koalisi Masyarakat Peduli Kesehatan (KOMPAK), melakukan aksi untuk mendesak revisi PP 109/2012 di depan kantor Kemenkes pada Kamis (12/11/2020) (Dokumentasi KOMPAK)

Dalam aksi yang juga diselenggarakan secara virtual tersebut, salah satu orator, Najmi Barizan dari Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI), mengatakan bahwa keberadaan iklan rokok secara bebas merupakan gerbang menuju konsumsi rokok.

"Gerbang emas menuju rokok adalah bagaimana, iklan-iklan ini terpampang di jalanan secara bebasnya, terpampang di warung-warung secara masifnya, bahkan di samping sekolahan, dan dimana kemudian, iklan-iklan ini masuk ke dalam rumah-rumah kita," kata Najmi.

Najmi juga mengatakan, lemahnya regulasi juga membuat peningkatan jumlah konsumsi rokok. Ia juga membantah bahwa revisi PP 109/2012 akan mengancam mata pencaharian.

"Apa yang didapatkan buruh, apa yang didapatkan petani hari ini, tidak setimpal dengan apa yang mereka kerahkan dengan tenaganya, apa yang mereka kerahkan secara mental, yang mereka dapatkan hanya remah-remah dari para pemodal, tidak lebih," ujarnya berapi-api.

Maka dari itu, pemerintah pun didesak untuk segera menyelesaikan revisi PP 109/2012, melalui surat somasi yang disampaikan langsung oleh perwakilan KOMPAK ke Kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta.

KOMPAK juga meminta agar Kemenkes merespon Surat Peringatan Somasi 1 dalam jangka waktu 14 x 24 jam terhitung sejak surat somasi ini diterima.

"Jika tidak diindahkan, maka SAPTA sudah menyiapkan langkah lanjutan yakni mengajukan pelaporan kepada Ombudsman Republik Indonesia," kata Ari Subagio, juru bicara Solidaritas Advokad Publik untuk Pengendalian Tembakau Indonesia (SAPTA).

Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet

Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Berstatus Oranye, Pemkot Bogor Perpanjang Lagi PSBMK Selama 2 Pekan

Posted: 11 Nov 2020 10:14 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kota Bogor kembali memperpanjang kebijakan pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas (PSBMK) hingga 24 November 2020, karena Kota Bogor masih berstatus zona oranye.

"Pemkot Bogor memutuskan kembali memperpanjang PSBMK selama dua pekan, hingga 24 NoVember," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim di Kota Bogor, Kamis (12/11/2020).

Perpanjangan kebijakan PSBMK tersebut berlaku mulai 11 November hingga 24 November 2020, berdasarkan Keputusan Wali Kota Bogor Nomor: 440.45- 813 TAHUN 2020 tentang Perpanjangan ke-12 Pembatasan Sosial Berskala Besar Berbasis Mikro dan Komunitas dalam Penanganan Covid-19 di Kota Bogor, yang ditandatangani Wali Kota Bogor Bima Arya.

Menurut Dedie A Rachim, perpanjangan PSBMK selama dua pekan ke depan, karena Kota Bogor masih bersatus zona oranye atau tingkat resiko sedang terhadap penyebaran Covid-19.

Dedie menjelaskan, aturan yang diberlakukan pada penerapan PSBMK selama dua pekan ke depan masih merujuk pada aturan PSBMK selama dua pekan sebelumnya.

"Belum ada perubahan," katanya seperti dikutip Antara.

Pada aturan sebelumnya, pertokoan, restoran, kafe, dan sejenisnya diizinkan beroperasi sampai pukul 21.00 WIB. Pada penerapan PSBMK selama dua pekan ke depan, semua pihak juga diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan jam kerja di perkantoran di Kota Bogor, kata dia, menerapkan pola bekerja dari kantor (WFO) paling banyak 50 persen dari jumlah pegawai.

"Pegawai yang berusia lebih 50 tahun dan pegawai yang komorbid disarankan untuk bekerja dari rumah," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Cegah Penularan Covid-19

Menurut Dedie, aturan ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di parkantoran, karena dari hasil survei penyebaran Covid-19 di Kota Bogor terbesar dari klaster rumah tangga, perkantoran, dan luar kota.

Mengenai penanganan pasien Covid-19, Dedie menuturkan, ada beberapa perbaikan yakni tingkat kematian pasien menurun serta ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 baik di rumah sakit maupun di tempat isolasi khusus masih memadai.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Akan Periksa Wali Kota Banjar Terkait Kasus Korupsi di Dinas PUPR Setempat

Posted: 11 Nov 2020 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih. Dia bakal dimintai keterangannya seputar kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar Tahun 2012 - 2017.

Selain Ade Sukaesih, penyidik juga memanggil dua saksi lainnya yakni, Direktur PT Harisma Bakti Utama Enang Supyana dan Mantan Kabid Pengairan Dinas PUPR Kota Banjar Endang Pandi.

"Tim penyidik KPK memanggil beberapa pihak sebagai saksi dalam kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar Tahun Anggaran 2012 - 2017," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (12/11/2020).

Ketiga saksi tersebut rencananya akan diperiksa oleh penyidik KPK di aula Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat. Belum diketahui apa yang akan didalami penyidik terhadap ketiganya.

Diberitakan sebelumnya, KPK tengah mendalami kasus dugaan korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada dinas PUPR Kota Banjar tahun 2012-2017. Namun, KPK belum mengumumkan secara detail konstruksi kasus serta tersangka dalam kasus ini.

 

Masih Mengumpulkan Alat Bukti

Saat ini, penyidik masih melakukan tahap pengumpulan alat bukti yang di antaranya memeriksa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar.

Salah satu lokasi yang telah digeledah yakni pendopo Wali Kota Banjar.

"Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan," kata Ali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Minta Fintech dan Lembaga Keuangan Bersinergi

Posted: 11 Nov 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan sudah saatnya perusahaan Financial Technology (Fintech) berkolaborasi dengan lembaga keuangan yang sudah ada. Sebab dia melihat saat ini keduanya terlihat saling berkompetisi dan persaingan.

"Masing-masing yang kita lihat adalah kompetisi dan persaingan, nah seharusnya ini kolaborasi," kata Nurhaida dalam diskusi Indonesia Fintech Summit 2020, Jakarta, Kamis, (12/11/2020).

OJK akan mendorong sinergi kolaborasi antara perusahaan fintech dengan lembaga keuangan. Dalam hal ini pihaknya akan membuat regulasi yang diperlukan agar kedua jenis jasa keuangan tersebut bisa berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain.

OJK akan mengkombinasikan ketentuan yang sudah ada untuk lembaga keuangan dengan peraturan baru untuk perusahaan fintech. Namun peraturan yang dibuat tidak akan menyulitkan kedua pihak yang berkolaborasi.

"Kita dorong di OJK untuk sinergikan ketentuan yang ada light peraturannya dengan yang sudah ada di aturannya," kata dia.

Sehingga diharapkan regulasi yang dibuat bisa mendorong kolaborasi antara perusahaan fintech dengan lembaga keuangan yang sudah ada. "Dengan demikian kolaborasinya bisa terbentuk," kata dia mengakhiri.

Anisyah Al Faqir

Merdeka.com

Industri Fintech Bagai Pedang Bermata Dua

Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com
Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (PKSK) BKF Kementerian Keuangan Adi Budiarso menyebutkan, industri financial technology (fintech) bagaikan pedang bermata dua.

Hal ini, kata Adi, tergantung bagaimana fintech itu disikapi. Di satu sisi, industri ini bisa menjadi akselerator digitalisasi. Namun, jika tak dikelola dengan baik, maka ini akan menjadi gangguan atau hambatan.

"Inovasi digital itu bisa menjadi dua mata pedang. Bisa menjadi akselerator, tapi juga bisa menjadi disruption kalau kita nggak siap," ujar dia dalam media briefing Indonesia Fintech Summit, Rabu (11/11/2020).

Adi menilai, fintech ini merupakan bagian dari proses iring-iringan digitalisasi untuk mendorong aktivitas ekonomi. Dalam catatannya, pertumbuhan fintech mencapai di atas 40-50 persen. "Dan coverage-nya luar biasa. Ada dukung platform, logistik, payment, big data dan seterusnya," kata Adi.

Adapun program pemerintah yang berkolaborasi dengan fintech antara lain penjualan SBN ritel yang dilakukan secara online dan sangat sukses.

"Kita harap SBN ritel dukung partisipasi rumah tangga dalam inklusi keuangan, beli SBN ritel. Bahkan kalau perlu lewat merchant seperti Alfamart dan Indomaret," jelas Adi.

Selain itu juga ada penyaluran sejumlah bansos yang disalurkan melalui platform digital atau fintech. Termasuk penyaluran insentif lewat Program Kartu Prakerja.

"Penggunaan e-money sudah masif. Pelaporan pembayaran pajak online diharapkan terjadi. Sudah ada e-filing, nanti e-payment dengan industri fintech yang bisa mendorong partisipasi masyarakat untuk bayar pajak," kata Adi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Alat Musik Tradisional, Pengertian, dan Jenisnya

Posted: 11 Nov 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa fungsi alat musik tradisional yang penting untuk diketahui. Setiap daerah tentunya memiliki alat musik tradisional, yang dimana alat musik tradisional ini harus dijaga dan dilestarikan. Alat musik tradisional ini tentunya menambah nilai keanekaragaman budaya di Indonesia. Selain itu juga, alat musik tradisional merupakan salah satu harta budaya Indonesia yang tak ternilai harganya.

Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki alat musik tradisional, di mana alat musik tradisional ini memiliki fungsi yang masih dilestarikan hingga kini. Ada beberapa jenis alat musik tradisional yang tersebar di Indonesia. Fungsi alat musik tradisional biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.

Fungsi alat musik tradisional untuk masing-masingnya tentunya berbeda. Seiring dengan perkembangan zaman, musik tradisional juga ikut berkembang atau dikolaborasikan dengan jenis musik yang kini tengah berkembang. Perpaduan yang unik dan tentunya patut untuk diparesiasi. Walaupun zaman sudah berkembang, alat musik tradisional juga ikut berkembang dan tak hilang oleh zaman.

Alat musik tradisional dan musik tradisional tentunya memiliki hubungan yang erat. Musik tradisional tentunya bisa menjadi sempurna jika diiringi dengan alat musik tradisional. Oleh sebab itu, fungsi alat musik tradisional untuk masing-masingnya berbeda.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fungsi alat musik tradisional beserta pengertiannya, Kamis (12/11/2020).

Pengertian Alat Musik Tradisional

ilustrasi gamelan  (sumber: iStockphoto)
ilustrasi gamelan (sumber: iStockphoto)

Alat musik tradisional tentunya dibutuhkan untuk menciptakan musik tradisional itu sendiri. Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun di indonesia, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi diantaranya seniman musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Fungsi alat musik tradisional tentunya memiliki peranan penting untuk perkembangan musik tradisional itu sendiri.

Perkembangan musik tradisional di Indonesia tentunya didukung oleh beberapa hal seperti alat musik tradisional yang masih dijaga hingga kini. Seniman dan masyarakat juga harus menyatukan persepsi dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Alat yang berarti suatu benda yang digunakan untuk mempermudah suatu kegiatan atau kerjaan. Kata Musik berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Mousike yang diambil dari nama Dewa yang terkenal dalam mitologi Yunani Kuno, yaitu Mousa. Dewa yang memimpin Seni dan Ilmu.

Sedangkan kata tradisional berasal dari Bahasa Latin, yaitu Traditio yang artinya suatu kebiasaan masyarakat yang dilakukan secara turun temurun.

Dari keterangan secara bahasa diatas, dapat disimpulkan bahwa, alat musik tradisional adalah alat musik yang berkembang secara turun menurun pada suatu daerah, yang digunakan untuk mengiringi sebuah musik-musik yang terdapat dikalangan masyarakat daerah tersebut.

Fungsi Alat Musik Tradisional

Ilustrasi Gamelan Jawa
Ilustrasi Gamelan Jawa

Setelah menelaah tentang pengertian alat musik tradisional, berikutnya ini ulasan mengenai fungsi alat musik tradisional. Secara umum fungsi alat musik tradisional ini tentunya berfungsi untuk mengiringi musik-musik yang terdapat di kalangan masyarakat. Alat musik tradisional ini tentunya mengiringi acara-acara adat yang di setiap daerah di Indonesia.

Alat musik tradisional dan musik tradisional ini tentunya menjadi identitas Indonesia. Melalui alat musik tradisional dapat menunjukkan dan menonjolkan ciri khas Indonesia dan keanekaragaman Indonesia. Dalam penyajiannya masing-masing alat musik memiliki fungsi yang berbeda.

1. Pengisi Suasana dalam Suatu Adegan Sendratari

Fungsi alat musik tradisional yang pertama yakni sebagai pengisi suasana dalam suatu adegan sendratari. Alat musik tradisional tentunya membuat suasana menjadi lebih hidup, adegan sendratari atau gending karesmen semakin lebih menarik perhatian masyarakat. Masyarakat lebih menikmati sebuah adegan jika ada yang mengiringi.

Alat musik tradisional memang memiliki peranan penting untuk mengiringi setiap acara di adat di setiap daerah di Indonesia. Musik tradisional membutuhkan alat musik tradisional untuk membuatnya semakin hidup dan dapat dinikmati.

2. Sarana Komunikasi

Fungsi alat musik tradisional berikutnya yakni adalah sebagai sarana komunikasi. Bunyi-bunyi tertentu alat musik tradisional memiliki arti tertentu bagi anggota kelompok masyarakatnya. Umumnya, bunyi- bunyian itu memiliki pola ritme tertentu, dan menjadi tanda bagi anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan. Alat yang umum digunakan dalam masyarakat Indonesia adalah kentongan, bedug di masjid, dan lonceng di gereja.

3. Sarana Pertunjukan dan Hiburan

Fungsi alat musik tradisional berikutnya yakni adalah sebagai sarana pertunjukan dan hiburan yang bersifat sosial maupun komersial. Musik merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas harian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, musik tradisional dapat hidup jika diiringi dengan alat musik tradisional. Keduanya menciptakan kesatuan yang tentunya menjadi sarana untuk menghibur masyarakat jika diadakannya suatu pertunjukan.

4. Sarana Ekspresi diri dan Kreasi

Fungsi alat musik tradisional berikutnya yakni adalah sebagai sarana ekspresi diri dan kreasi. Dengan alat musik tradisional kamu bisa berkreasi dan mengespresikan diri. Bagi para seniman, baik pencipta lagu maupun pemain musik, musik adalah media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya. Dengan musik dan alat musik, seniman dapat mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan cita- cita tentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.

5. Sarana Upacara Budaya

Fungsi alat musik tradisional berikutnya yakni sebagai sarana upacara budaya atau ritual. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa musik dan alat musik memiliki hubungan yang erat. Alat musik tradisional membuat musik menjadi lebih indah karena diiringi alunan dari alat musik yang dimainkan oleh seniman.

Musik di Indonesia, biasanya berkaitan erat dengan upacara- upacara kematian, perkawinan, kelahiran, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Beberapa daerah, bunyi yang dihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis.

Jenis Alat Musik Tradisional

Ada beberapa jenis alat musik Indonesia yang tersebar di Indonesia. Setiap jenis alat musik tradiosional ini memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Berikut ini beberapa contoh jenis alat musik tradisional di Indonesia.

1. Angklung merupakan alat musik dari bambu yang berasal dari daerah Jawa Barat.

2. Alosu merupakan alat musik yang berupa kotak anyaman daun kelapa yang berisi biji-bijian yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan.

3. Aramba merupakan alat musik yang mirip seperti bende yang berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatera Utara.

4. Arumba merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari daerah Jawa Barat.

5. Atowo merupakan alat musik yang mirip seperti genderang yang berasal dari daerah Papua.

6. Basa-Basi merupakan alat musik yang bentuknya seperti terompet dan terbuat dari bambu yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan.

7. Babun merupakan alat musik yang mirip seperti kendang yang berasal dari daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

8. Calung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari daerah Jawa Barat.

9. Cungklik merupakan alat musik yang seperti kulitang yang terbuat dari kayu yang berasal dari daerah Lombok ( NTB ).

10. Doli-doli merupakan alat musik yang berupa empat bilah kayu lunak yang berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatera Utara.

11. Dog-dog merupakan alat musik seperti genderang yang berasal dari daerah Jawa Barat.

12. Druri Dana merupakan alat musik yang berupa bambu yang dikerat seperti garpu penala yang berasal dari daerah Pulau Nias, Sumatera Utara.

13. Floit merupakan alat musik yang berupa seruling bambu yang berasal dari daerah Maluku.

14. Foi Mere merupakan alat musik yang mirip seperti serung yang berasal dari daerah Flores, Nusa Tenggara Timur.

15. Gamelan Bali merupakan alat musik gamelan yang berasal dari daerah Provinsi Bali.

Jenis Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional ini mulai ditinggalkan karena gilasan waktu dan zaman. (Liputan6.com/Dian Kurniawan).
Alat musik tradisional ini mulai ditinggalkan karena gilasan waktu dan zaman. (Liputan6.com/Dian Kurniawan).

16. Gamelan Jawa merupakan alat musik gamelan yang berasal dari daerah Jawa.

17. Gamelan Sunda merupakan alat musik gamelan yang berasal dari daerah Provinsi Jawa Barat.

18. Garantung merupakan alat musik yang berupa bilah-bilah kayu yang digntung yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara.

19. Gerdek merupakan alat musik seperti seruling tempurung yang berasal dari daerah Kalimantan.

20. Gonrang merupakan alat musik yang bentunya mirip seperti kendang yang berasal dari daerah Simalungun, Sumatera Utara.

21. Hapetan merupakan alat musik sejenis kecapi yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara.

22. Kecapi merupakan alat musik yang bentuknya seperti gitar kecil yang terdiri dari dua dawai yang banyak ditemukan diberbagai daerah diseluruh wilayah Indonesia.

23. Keloko merupakan alat musik yang bentuknya seperti terompet kulit kerang yang berasal dari daerah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

24. Kere-Kere Galang merupakan alat musik sejenis rebab yang berasal dari daerah Gowa, Sulawesi Selatan.

25. Keso-Keso merupakan alat musik sejenis rebab yang berasal dari daerah Gowa, Sulawesi Selatan.

26. Kinu merupakan alat musik yang bentuknya serupa dengan seruling yang berasal dari daerah Pulau Roti.

27. Kledi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang berasal dari daerah Kalimantan.

28. Kolintang merupakan alat musik yang berupa bilah-bilah kayu yang tersusun diatas kotak kayu yang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Selatan.

29. Lembang merupakan alat musik serung panjang yang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan.

30. Nafiri merupakan alat musik yang dimaunkan dengan cara ditiup yang berasal dari daerah Maluku.

Jenis Alat Musik Tradisional

31. Popondi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan.

32. Rebab merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digesek yang berasal dari daerah Jawa Barat.

33. Sampek merupakan alat musik sejenis gitar yang berasal dari daerah Kalimantan.

34. Sasando merupakan alat musik yang dimainkan dengan di petik yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur.

35. Seluang merupakan alat musik seruling bambu yang berasal dari daerah Minagkabau, Sumatera Barat.

36. Siter atau Celempung merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik yang bersal dari daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

37. Talindo merupakan alat musik yang dimainkan dengan dipetik yang berasal dari daerah Sulawesi.

38. Talempok Pacik merupakan alat musik seperti gong kecil yang dimainkan dengan cara dipukul yang berasal dari daerah Sumatera Barat.

39. Tifa merupakan alat musi Genderang kecil yang berasal dari timur Indonesia.

40. Toto Buang merupakan alat musik sejenis telempong yang berasal dari daerah maluku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: