Kamis, 12 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pandemi Tak Kunjung Berakhir, Target Penjualan Mobil Kembali Direvisi

Posted: 12 Nov 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 di Indonesia tak kunjung berakhir. Hal tersebut, tentu saja mempengaruhi berbagai lini industri Tanah Air, termasuk otomotif baik secara penjualan maupun produksi.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bahkan kembali merevisi target penjualan mobil secara nasional. Pasalnya, dengan kondisi saat ini, akan terasa berat untuk mencapai target sebelumnya, sebesar 600 ribuan unit.

"Dampak pandemi Covid–19 terhadap industri KBM roda 4, pasar turun plus minus 50 persen disebabkan permintaan atau daya beli menurun. Gaikindo merevisi target penjualan 2020 menjadi 525.000 unit. Begitu juga produksi dan ekspor CBU yang menyesuaikan," demikian dituliskan dalam paparan Gaikindo, di acara webinar Diskusi Virtual Industri Otomotif 'Upaya Pemerintah Bangkitkan Industri Otomotif dari Dampak Pandemi Covid-19, Kamis (12/11).

Sebelumnya, sebagai usaha untuk mengangkat penjualan di Indonesia, Gaikindo mengusulkan pajak nol persen untuk pembelian mobil baru melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Namun, wacana tersebut, telah ditolak oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Minta dukungan pemerintah

Sekretaris Gaikindo Kukuh Kumara menilai, tanpa dukungan pemerintah tentunya akan sangat berat bagi para anggota Gaikindo untuk dapat memenuhi target produksi sebesar 600 ribu unit di tengah pandemi.

"Kami hanya punya sisa 2 bulan untuk mengejarnya. Apalagi kalau sudah Desember, itu pasti masyarakat sudah memilih untuk liburan dan menunda membeli sampai tahun depan," ungkapnya.

Sebagai informasi, revisi kedua target penjualan mobil sebesar 525 ribu unit ini, memang turun sekitar 50 persenan dibanding penjualan tahun lalu yang mencapai 1,032 juta unit.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden Menang, Restoran Mi di China Kebanjiran Tamu

Posted: 12 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak jadi presiden terpilih Amerika Serikat (AS), kabar terkait Joe Biden seketika mencuat dari seluruh penjuru dunia. Salah satunya datang dari sektor kuliner, tepatnya sebuah restoran mi bernama Yaoji Chaogan di Beijing, China.

Dilansir dari laman CNN Travel, Kamis, 12 November 2020, restoran mi ini sempat dikunjungi Biden pada 2011 lalu. Usai dinyatakan jadi pemenang pilpres AS, restoran ini dibanjiri pengunjung yang ingin mencicip sajian yang pernah dimakan Biden.

"Saya pikir itu sebagian mencerminkan bagaimana orang-orang memiliki minat pada kampanye Joe Biden," kata pemilik restoran, Yao Yan.

Ia melanjutkan, kini ketika orang datang ke Beijing, baik untuk bekerja atau bepergian, mereka tak hanya ingin melihat destinasi indah maupun situs bersejarah. "Mereka juga ingin merasakan budaya makanan Beijing. Ketika orang-orang mendengar Biden pernah ke restoran kami, mereka datang ke sini melihat apa yang ia coba sebelumnya," lanjutnya.

Saat mengunjungi Beijing, Biden yang kala itu menjabat sebagai wakil presiden AS mampir ke Yaoji Chaogan pada 18 Agustus 2011. "Kedatangannya mengejutkan dan menyenangkan para pengunjung," kata Yao.

Yao menyebutkan bahwa Biden sangat santai dan lucu. Orang-orang kala itu memberinya tepuk tangan.

"Ia memperkenalkan cucunya, lalu berfoto dan mengobrol dengan pengunjung. Ia mencicipi hidangan kami dan memberi beberapa komentar bagus soal makanan kami. Ia sebut enak," tambahnya soal pengalaman kunjungan Joe Biden.

 

Sajian yang Dipesan

Sajian 'Pork Noodles in Brown Bean Sauce' di restoran Yaoji Chaogan, setelah popularitas restoran itu melesat setelah Joe Biden makan sana pada 2011 lalu. (MARK RALSTON / AFP)
Sajian 'Pork Noodles in Brown Bean Sauce' di restoran Yaoji Chaogan, setelah popularitas restoran itu melesat setelah Joe Biden makan sana pada 2011 lalu. (MARK RALSTON / AFP)

Yaoji Chaogan atau diterjemahkan sebagai "hati goreng Yao" khusus menyuguhkan chaogan, sup Beijing populer berisi hati babi dan usus. Namun, Biden ternyata tak berani mencoba jeroan.

Saat itu, Biden datang bersama timnya sekitar lima orang. Ia memesan lima piring zha jiang mian atau mi dengan pasta kacang, 10 roti kukus, smashed cucumbers, parutan kentang, dan salad ubi gunung.

Media lokal menyebut Biden meminta maaf karena mengganggu makan siang para pengunjung. Ia membayar 100 Yuan atau untuk makanan timnya sebesar 79 yuan.

Biden dilaporkan meminta restoran untuk menyimpan kembalian. Pasalnya, memberi tip adalah kebiasaan AS serta isyarat untuk membayar ketidaknyamanan yang telah mereka buat.

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Ungkap Zumi Zola Minta Upah Proyek untuk Bangun Bisnis Singkong

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jambi - Mantan asisten pribadi Zumi Zola Zulkifli, Apif Firmansyah hadir menjadi saksi dalam persidangan perkara gratifikasi upah proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi. Dalam persidangan itu, Zumi Zola turut disebut minta duit fee proyek untuk membangun bisnis singkong keluarganya sebesar Rp10 miliar.

Keterangan tersebut dikatakan Apif Firmansyah saat menjadi saksi dalam persidangan kasus gratifikasi dengan terdakwa bekas Pelaksana tugas Kadis PUPR Provinsi Jambi Arfan. Sidang tersebut digelar di Pengadilan Tipikor Jambi, Kamis (12/11/2020).

Dalam kesaksiannya itu Apif Firmansyah mengungkapkan, pada bulan September 2017 ada permintaan uang Rp10 miliar dari Zumi Zola kepada Arfan melalui Asrul Pandapotan.

Duit tersebut, kata Apif, untuk membantu keluarga Zumi Zola membangun bisnis singkong di Kabupaten Tanjab Timur, sebuah daerah kelahiran keluarga mantan artis Zumi Zola itu.

"Dengar-dengar waktu itu, uang itu untuk bantu bisnis almarhum Pak Zul (Zulkifli Nurdin, ayah Zumi Zola)," kata Apif.

Selain Apif, dalam sidang itu JPU juga menghadirkan saksi lainnya, yakni Asrul Pandapotan. Asrul adalah orang kepercayaan Zumi Zola.

Kesaksian serupa soal duit Rp10 miliar untuk bisnis singkong keluarga Zola juga diungkapkan Asrul Pandapotan. Dia mengatakan, dari duit yang diminta itu, Arfan hanya bisa menyanggupi Rp5 miliar saja.

Dalam sidang tersebut, Zumi Zola hadir lewat saluran virtual. Di dalam fakta persidangan itu Zola mengakui ada permintaan uang. "Ada waktu itu minta bantu Rp10 miliar untuk bisnis singkong," kata Zola.

Duit yang disanggupi Arfan hanya Rp5 miliar itu berasal dari fee proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi. Kemudian uang itu dilaporkan kepada Zumi Zola melalui Asrul Pandapotan.

"Tapi uangnya belum diserahkan, masih sama Pak Arfan," kata Asrul lewat jaringan virtual Zoom.

Sementara itu, ketika dikonfrontasi oleh JPU KPK, terdakwa Arfan mengatakan uang yang diminta tersebut belum sempat diserahkan kepada Zumi Zola karena sudah terlebih dahulu diciduk KPK.

"Uangnya sudah kadung diamankan di KPK untuk barang bukti," kata Arfan yang hadir lewat virtual.

Tak hanya minta duit untuk membangun bisnis singkong, pada awal tahun 2017, Apif Firmansyah juga pernah diminta Zumi Zola untuk mencarikan dana Rp10 miliar. Lalu permintaan itu disampaikan Apif Firmansyah kepada Dodi Irawan yang saat itu masih menjabat Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi.

"Dari Pak Dodi diarahkan temui Iim (Imanuddin). Dia pengusaha kontraktor, orang kepercayaan pak Dodi," kata Apif di persidangan.

"Waktu ketemu Iim katanya nanti kita carikan, sumbernya dari mana saya tidak tahu. Pak Gubernur juga maunya tahu beres dari mana sumber uangnya dia tidak mau tahu," kata Apif lagi.

Namun, dari Rp10 miliar yang diminta itu hanya disanggupi oleh Imanuddin sebesar Rp4 miliar. Duit tersebut dalam bentuk 300 ribu dolar Amerika (USD) dan uang tunai Rp1 miliar. Duit itu telah diserahkan Apif langsung kepada Zola.

Dalam persidangan kasus gratifikasi di Dinas PUPR Jambi dengan terdakwa Arfan, selain menghadirkan saksi Zumi Zola dan Jeo Fandy Yoesman, JPU KPK juga menghadirkan Asrul Pandapotan dan Apif Firmansyah.

Asrul Pandapotan adalah orang kepercayaan Zumi Zola. Sedangkan Apif Firmansyah merupakan asisten pribadi Zumi Zola saat masih menjabat gubernur. Kemudian Jeo Fandy Yoesman alias Asiang adalah pengusaha sekaligus kontraktor.

30 Ribu Dollar untuk Lawatan Zumi Zola ke Amerika

Zumi Zola saat sebelum memulai sidang sebagai saksi terhadap terdakwa Jeo Fandy di PN Tipokor Jambi, Selasa (12/11/2019). (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)
Zumi Zola saat sebelum memulai sidang sebagai saksi terhadap terdakwa Jeo Fandy di PN Tipokor Jambi, Selasa (12/11/2019). (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Masih dalam persidangan yang sama, pengusaha cum kontraktor Jeo Fandy Yoesman atau Asiang mengakui pernah beberapa kali memberikan uang kepada terdakwa Arfan. Uang itu diberikan kepada Arfan selaku anak buah Zumi Zola Zulkifli, ketika masih menjabat sebagai Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Keterangan tersebut dikatakan Asiang saat menjadi saksi sidang kasus gratifikasi dengan terdakwa mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Arfan.

Dalam kesaksiannya di hadapan majelis hakim yang diketuai Yandri Roni, Asiang mengaku telah beberapa kali memberikan uang kepada Arfan. Uang itu diberikan sejak Arfan masih menjabat Kabid Bina Marga hingga menjadi Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi.

Bahkan melalui Arfan, Asiang memberikan uang senilai 30 ribu dolar pada Agustus 2017. Uang 30 ribu dollar atau setara Rp400 juta tersebut digunakan untuk memfasilitasi lawatan dinas Zumi Zola ke negeri Paman Sam.

"Waktu itu Pak Arfan baru dilantik Plt (Kadis PUPR Jambi). Gubernur minta bantu. Katanya tolong bantu saya, bos mau berangkat ke Amerika," kata Asiang menjawab pertanyaan penuntut umum terkait uang 30 ribu dolar itu.

Seperti diketahui lawatannya saat itu, Gubernur Jambi Zumi Zola menjadi bagian delegasi Indonesia untuk menghadiri sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 20-22 September 2017 di New York, Amerika Serikat.

Saat itu, Zumi Zola ketika masih menjabat gubernur, ia adalah satu-satunya gubernur di Indonesia yang ikut serta dalam pertemuan internasional tersebut. Di sela-sela pertemuan itu, Zumi Zola diundang forum atau perkumpulan social investors (investor sosial) di Harvard Club.

Fasilitas Mobil Mewah untuk Zola

Gubernur nonaktif Jambi, Zumi Zola saat menjalani sidang lanjutan dugaan gratifikasi dan suap di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/9). Sidang menghadirkan 8 orang saksi dari unsur PNS dan DPRD Jambi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Gubernur nonaktif Jambi, Zumi Zola saat menjalani sidang lanjutan dugaan gratifikasi dan suap di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/9). Sidang menghadirkan 8 orang saksi dari unsur PNS dan DPRD Jambi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain uang senilai 30 ribu dolar itu, terdakwa Arfan juga beberapa kali meminta uang kepada Asiang, di antaranya senilai Rp150 juta dan Rp200 juta dengan dalih untuk biaya operasional. Permintaan itu disampaikan melalui Ali Tonang atau Ahui.

"Ahui itu adik Ipar saya, dia bilang Arfan minta bantu. Pertama 150 juta dan kedua 200 juta. Saya penuhi diserahkan melalui Lina, istri saya," kata Asiang.

Beberapa kali pemberian uang itu, kata Asiang, awalnya atas nama pinjaman, tetapi tidak pernah dikembalikan. Semua pemberian dan permintaan melalui Arfan, Asrul Pandapotan Sihotang dan Apif Firmasyah.

Selain duit, Asiang juga mengakui pernah memfasilitasi Zumi Zola dengan satu unit mobil Alphard saat berada di Bandung. Meski mengatakan uang dan fasilitas itu untuk Zumi Zola, Asiang mengaku tidak pernah bertemu Zumi Zola.

Dalam proses pemberian uang itu, Asiang menganggap Arfan sebagai mitra kerja. Dari hubungan baik antara kontraktor dan pejabat PUPR, Asiang pernah mendapat dua proyek, antara lain proyek pengaspalan jalan senilai Rp30 miliar dan Rp9 miliar pada tahun 2016.

Sementara itu, terdakwa Arfan yang mengikuti sidang secara virtual dari dalam Lapas Klas IIa Jambi, tidak membantah satu pun keterangan Asiang.

Dalam perkara ini, terdakwa Arfan merupakan terdakwa kedua setelah sebelumnya Zumi Zola yang sudah dinyatakan bersalah dan sedang menjalani masa hukumannya.

Sedangkan, Jeo Fandy Yoesman alias Asiang sebelumnya juga menjadi terpidana dalam rangkaian kasus yang sama. Namun, Asiang hanya disangkakan soal kasus suap di DPRD Provinsi Jambi.

Asiang divonis bersalah dan sudah selesai menjalani hukumannya selama satu setengah tahun setelah MK mengurangi hukumannya di tingkat Peninjauan Kembali.

Zola Zumi yang juga hadir di persidangan secara virtual, membenarkan dirinya ada menerima sejumlah uang. Namun, ia tidak mengetahui dari mana asal duit tersebut.

"Saya tidak tahu, dalam putusan saya itu ada," katanya Zumi Zola.

Dalam dakwaan KPK, Arfan disebut menerima sejumlah uang dalam tiga mata uang. Rinciannya Rp7,1 miliar, USD30 ribu, dan SGD100 ribu.

Dalam perkara ini Arfan didakwa dengan dakwaan alternatif, dakwaan pertama pasal 12B jo pasal 55 ayat 1 jo pasal 65 KUHP. Untuk dakwaan kedua, Arfan didakwa dengan pasal 11 jo pasal 55 ayat 1 jo pasal 65 KUHP.

Saat ini sidang gratifikasi untuk terdakwa Arfan masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. Namun demikian, Arfan juga sedang menjalani hukuman untuk perkara suap ketuk palu pengesahan RAPBD Provinsi Jambi.

Sedangkan, Zumi Zola didakwa menerima gratifikasi senilai Rp40,44 miliar dan USD 177.300 dari commitment fee sejumlah proyek di pemerintahan provinsi Jambi.

Selain itu, Zumi Zola juga didakwa memberi uang pelicin ke anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi Jambi dari Rp200 juta-Rp250 juta per anggota. Uang tersebut diduga untuk mengesahkan RAPBD Provinsi Jambi.

Dalam perkara ini, Zumi Zola telah divonis 6 tahun penjara. Saat ini, Zumi Zola masih menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin.

 

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Situs Prakerja Hoaks Masih Berseliweran di Facebook

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com kembali menemukan sebuah situs soal bantuan sebesar Rp 600 ribu dari pemerintah lewat program prakerja. Informasi tersebut diunggan akun Facebook atas nama Annisa Husni Ansyari.

Dia mengunggah sebuah situs yang menyebut bantuan program prakerja dari pemerintah pada 5 November lalu. Begini narasi yang dia buat:

"*_Daftar Prakerja Sekarang_*

Dapatkan bantuan sebesar *600.000* dari pemerintah lewat program prakerja

*Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya*

yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan

Langkah untuk mendaftar Prakerja

👉🏼Kunjungi situs web di bawah ini

👉🏼Isi formulir data diri

👉🏼Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

👉🏼Bantuan akan dikirim melalui rekening bank _harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan_

https://tinyurl.com/y4wujp7j"

Lalu, benarkah itu program dari pemerintah?

 

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk memastikan informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com mengunjungi Instagram resmi prakerja.go.id yang sudah centang biru atau terverifikasi. Akun itu menyebut alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.

Berikut keterangan unggahan tersebut:

"Sobat Prakerja, mohon waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.ㅤㅤ

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id

Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.ㅤㅤ

Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!ㅤㅤ

Selain itu, jangan percaya bila Sobat menerima email yang tidak menggunakan domain email resmi Kartu Prakerja. Domain email resmi Kartu Prakerja hanya prakerja.go.idㅤㅤ

Bila Sobat menemukan informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan laporkan melalui nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja berikut ini:ㅤㅤ

☎️ 0800-150-3001 (bebas pulsa)ㅤㅤ

#SiapDariSekarang"

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Hoaks Berulang Beda Instansi

Sebelumnya, Cek Fakta Liputan6.com juga sudah membantah bantuan program prakerja, tapi bukan mengatasnamakan pemerintah. Pada 22 Oktober lalu, Cek Fakta Liputan6.com membantah informasi soal program prakerja dengan iming-iming kartu bahan bakar Shell Indonesia sebesar Rp. 600 ribu.

Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi humas Shell Indonesia melalui pesan singkat. Dari jawaban pihak Shell Indonesia diketahui bahwa informasi itu hoaks.

Begini jawaban pihak Shell Indonesia atas informasi palsu tersebut:

"Waspadai Penipuan Pendaftaran Program Prakerja dengan Iming-iming Kartu Bahan Bakar Shell

PT Shell Indonesia menghimbau masyarakat mewaspadai penipuan bermodus penawaran untuk pendaftaran Program Prakerja dengan janji/iming-iming pemberian kartu bahan bakar Shell bernominal tertentu. Mohon untuk diketahui bahwa PT Shell Indonesia tidak memiliki program pemberian kartu bahan bakar yang dikaitkan dengan program tersebut.

Apabila Anda mendapat penawaran seperti tersebut di atas, mohon untuk:

• Tidak memberikan respon/memberikan data pribadi Anda.

• Permintaan pihak/perusahaan tertentu yang menyebut PT Shell Indonesia sebagai bagian dari penawaran program tersebut dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang.

External Relations

PT Shell Indonesia"

 

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com informasi cara mendapat bantuan Prakerja sebesar Rp 600 ribu seperti unggahan di akun Facebook Annisa Husni Ansyari adalah hoaks.

Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id.ㅤ

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Potret Kreasi Pie Super Cantik, Bikin Takjub Melihatnya

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mantan art director bernama Liz Joy-Murray memutuskan beralih profesi menjadi seorang seniman makanan yang menciptakan mahakarya pie yang terlihat terlalu cantik untuk dimakan.

Melalui tangan ajaibnya, Liz membuat berbagai kreasi pie indah yang membuat siapa saja takjub melihatnya. Melihat pie kreasi Liz yang rumit, sulit dipercaya bahwa dia baru menciptakan seni makanan itu selama tiga tahun.

Semuanya dimulai ketika dia harus istirahat dari karir Hollywoodnya karena alasan yang berhubungan dengan kesehatan. Dia pun mengisi waktunya dengan membuat kreasi pie cantik dan indah.  

Liz tidak hanya puas membuat kue yang lezat, tapi dia juga memutuskan untuk menggunakan makanan yang dipanggang ini sebagai kanvas untuk menyalirkan kreativitasnya.

Berikut deretan potret kreasi pie indah buatan Liz yang bikin siapapun takjub melihatnya.

1. Tentu butuh ketelitian untuk membuat pie ini

foto: Inspired to Taste/Instagram
foto: Inspired to Taste/Instagram

2. Kalau begini sayang untuk memakannya

foto: Inspired to Taste/Instagram
foto: Inspired to Taste/Instagram

3. Kira-kira butuh berapa waktu ya untuk membuatnya?

foto: Inspired to Taste/Instagram
foto: Inspired to Taste/Instagram

4. Terlalu cantik untuk dimakan

foto: Inspired to Taste/Instagram
foto: Inspired to Taste/Instagram

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UU Cipta Kerja Dinilai Jadi Ancaman Keberlanjutan Pembangunan RI

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dosen FEB UGM, Poppy Ismalina menilai kehadiran Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja akan menjadi ancaman nyata bagi Indonesia. Apalagi, UU Cipta Kerja tersebut sama sekali dianggap tidak melindungi lingkungan hidup dan konsefasi hutan.

"Omnibus lawa ini kebabalasan ini bisa menjadi ancaman bagi keberlanjutan pembangunan di Indonesia," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Dia mengatakan, di dalam UU Cipta Kerja sekarang banyak meghapus pasal-pasal yang sebelumnya diatur di dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup. Padahal UU sebelumnya sudah mendapatkan respon positif dari berbagai pihak dan bahkan diakui oleh dunia.

"Ada beberapa pasal yang kemudian dihilangkan dan itu bagi kami karena saya terlibat pada saat pembuatan naskah akademik undang-undang lingkungan atau Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009," kata dia.

"Dan pada saat itu juga ada banyak pabrik consultation dan undang-undang tersebut mendapatkan pengakuan internasional undang-undang lingkungan hidup yang paling solid untuk sebuah negara berkembang betul-betul ada banyak lembaga internasional yang mengakui," sambung dia.

Dia pun menyayangkan sikap pemerintah yang merubah bahkan menghilangkan beberapa butir pasal di dalam UU sebelumnya. Menurutnya itu adalah sebuah langkah kemunduran Pemerintahan Joko Widodo.

"Apa yang ditetapkan di dalam UU Cipta Kerja ini betul-betul akan menjadi kendala atau batu sandungan yang sangat besar bagi komitmen kita," katanya.

Sebab, lanjut dia, jika berbicara soal perlindungan lingkungan hidup maka bicara soal bagaimana aktivitas produksi yang terjadi di Indonesia. Namun disatu sisi juga harus menjaga untuk tidak merusak lingkungan.

"Untuk tetap menjaga alam kita salah satu medianya adalah melalui AMDAL analisis mengenai dampak lingkungan maupun keturunannya," katanya.

 

Penghapusan Izin Lingkungan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) memberikan pandangan akhir pemerintah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) memberikan pandangan akhir pemerintah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Namun sayangnya upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup tidak lagi diperlukan sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan izin penyelenggara usaha. Kemudian kewajiban industri mendapatkan izin lingkungan dihapus dan diubah menjadi persetujuan lingkungan.

Di dalam UU CIpta Kerja, bahkan pemerintah melakukan sendiri uji kelaikan lingkungan hidup yang didasarkan pada dokumen analisis mengenai dampak lingkungan AMDAL, untuk menentukan kelayakan lingkungan hidup dalam penerbitan izin usaha. Sementara dalam penyusunan AMDAL masyarakat yang diizinkan terlibat dalam penyusunan hanya mereka yang terdampak.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Special Content: Memburu Penyebar, Bukan Pemain di Video Porno Mirip Gisel

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rekaman video porno mirip artis Gisella Anastasia (Gisel) viral di media sosial dan menjadi perhatian luas. Kasus ini juga sudah dilaporkan ke polisi oleh sejumlah pengacara.

Sekelompok pengacara yang membuat laporan video porno mirip Gisel ke Polda Metro Jaya menggunakan Pasal 27 ayat 1 dan atau Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang ITE dan atau Pasal 4 ayat 1 Jo Pasal 29 UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dan atau Pasal 8 Jo Pasal 34 UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Laporan itu diterima Polda Metro Jaya dengan nomor LP: TBL/6608/XI/Yan.2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 7 November 2020. Terkait rekaman video porno, baik pihak penyebar dan pemain yang terlibat turut dilaporkan ke polisi. Selain itu, polisi juga sudah memeriksa pelapor kasus video porno mirip Gisel.

Salah satunya pengacara yang sudah diperiksa polisi yakni Febriyanto Dunggio. Dua orang saksi juga ikut dimintai keterangan oleh penyidik, di mana mereka adalah saksi yang diajukan pihak pelapor dalam laporan ini.

"Kita mengundang saudara FD, pekerjaan pengacara, untuk kita minta klarifikasi yang bersangkutan sebagai pelapor," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

"Dengan membawa bukti-bukti apa yang dia persangkakan terhadap lima akun yang mengedarkan video asusila yang mirip saudari G," tambah Yusri.

Pengacara lain yang juga melaporkan kasus rekaman video porno mirip Gisel yakni Pitra Romadoni Nasution. Menurut Yusri, muatan materi laporannya hampir sama dengan Febriyanto Dunggio yaitu melaporkan Pasal 27 Jo Pasal 45 UU ITE dan atau Pasal 8 Jo Pasal 34 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Polisi juga meminta bantuan beberapa saksi ahli untuk mengusut laporan terkait video porno mirip Gisel, di antaranya saksi ahli bahasa dan informasi serta transaksi elektronik. Pengusutan juga dilakukan polisi terhadap para pemilik akun media sosial yang menyebarkan video porno mirip Gisel.

"Kita sedang mem-profiling akun-akunnya ini. Kan yang terlapor ini akun-akun dulu. Kita pelajari dulu siapa dia, baru ketahuan siapa nanti ininya (pemilik akun)," ucap Yusri.

"Ada lima akun yang dilaporkan pelapor terhadap video asusila yang mirip Saudari G, public figure. Dari lima akun ini, sudah tiga yang dihapus, tapi jejak digital tidak akan pernah hilang," tuturnya.

Gelar perkara kasus ini telah dilakukan penyidik Polri usai seluruh keterangan dikantongi. Pada Kamis (12/11/2020), Polda Metro Jaya meningkatkan status perkara video asusila mirip Gisel dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

Polisi juga akan memanggil Gisel untuk keperluan proses penyelidikan. Selain itu, polisi terus memburu penyebar pertama video porno ini.

"Apakah yang di dalam gambar tersebut yang mirip saudari G dan JI akan diperiksa? Ya kita akan selidiki dulu siapa yang ada di dalam video itu. Karena itu akan bersinggungan atau mengarah ke UU pornografi tentang siapa yang buat itu," ucap Yusri lagi.

Terkait video porno mirip Gisel, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menurunkan atau take down dari sejumlah platform di dunia maya, terutama media sosial.

"Paralel kami berkoordinasi dengan platform medsos terkait untuk melakukan take down. Beberapa di antaranya sudah dilakukan take down," jelas Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi.

Klarifikasi Gisel

Bagi Gisel, ini bukan pertama kalinya dia diterpa kasus video porno yang mirip dengan dirinya. Pada Oktober 2019, ibu satu orang anak ini melapor ke polisi menyusul beredarnya video porno yang mirip dirinya di media sosial.

Saat itu, Gisel membantah wanita yang di video tersebut adalah dirinya dan memilih menempuh jalur hukum karena merasa dirugikan akibat beredarnya video porno tersebut.

Sementara untuk kasus video kali ini, Gisel mengaku bingung harus bagaimana menanggapinya. Mantan istri artis Gading Marten ini merasa sedih, karena terkena masalah yang serupa seperti tahun lalu.

"Aku bingung klarifikasinya gimana, soalnya bukan kali pertama ya kena di aku. Sebenarnya sedih, cuma ya sudah enggak apa-apa dihadapi saja. Mohon doanya ya agar bisa cepat terlewati," kata Gisel.

Mengenai gorden jendela di video porno itu, yang disebut banyak pihak memiliki kemiripan dengan gorden yang ada di rumah Gisel, runner-up Indonesian Idol Musim Kelima ini merasa sedih menanggapinya.

"Yang tahu aku ya tahulah, cuma ada aja yang enggak terlalu deket (bilang) 'Itu kamar kamu banget gordennya."

"Cuma kan sedih, aku enggak mungkinlah ngapa-ngapain di kamarku yang sama Gempi, kan kayak, ya gitu deh," ungkap perempuan berusia 29 tahun ini.

Gisel sendiri mengaku sudah menonton video mirip dirinya yang tersebar luas itu. Menurut Gisel, penampilan wanita yang ada dalam video tersebut sekilas memang mirip dengan wajahnya. Tapi setelah ditonton dengan seksama dan dilihat dari berbagai sisi, Gisel sambil bercanda malah melihat wanita di dalam video itu mirip dengan temannya jika dilihat dari sisi yang berbeda.

Ibu berusia 29 tahun itu kembali menegaskan bahwa pemain wanita dalam video syur yang viral disebar di media sosial itu bukan dirinya. Keyakinan Gisel itu dikarenakan warna dan gaya rambut hingga postur tubuh si sosok wanita sangat berbeda jauh dengan dia.

 

 

Jerat Pidana yang Menanti

(Liputan6.com/Herman Zakharia)
(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelapor kasus video porno mirip Gisel memakai Pasal 27 ayat 1 dan atau Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang ITE dan atau Pasal 4 ayat 1 Jo Pasal 29 UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dan atau Pasal 8 Jo Pasal 34 UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dalam laporannya ke Polda Metro Jaya.

Pasal 27 ayat 1 sendiri mengatur bahwa orang yang dikenakan pasal UU ITE ialah mereka yang mendistribusikan dokumen elektronik. Pasal ini menyatakan, perbuatan pelanggaran asusila menjadi klausul pelanggaran.

Lalu pasal 45 ayat 1 mengatur tentang sanksi dari pelanggaran pasal 27 ayat 1. Mereka yang terbukti melanggar bakal diganjar sanksi pidana penjara hingga denda.

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar."

 

Pasal 29 UU No. 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi menyatakan bahwa mereka yang turut memperbanyak dapat dikenakan pidana. Mereka juga dapat dikenakan denda dan atau pidana penjara.

"Setiap orang yang memproduksi, membuat, memperbanyak, menggandakan, menyebarluaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor, menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan pornografi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 12 tahun dan/atau pidana denda paling sedikit Rp250 juta dan paling banyak Rp6 miliar."

Berkaca pada kasus Ariel Noah dan Luna Maya serta Cut Tari pada 2010, bukan tidak mungkin sosok dalam video porno mirip Gisel bisa dikenai pasal serupa. Ariel kala itu dinyatakan melanggar Pasal 29 juncto Pasal 4 UU 44 Tahun 2008 tentang Pornografi. Ariel divonis penjara tiga tahun enam bulan dikenakan denda Rp 250 juta. Ariel sempat dijerat pasal 27 UU ITE, namun tidak terbukti ikut menyebarkan. Hukuman yang dijatuhkan atas Ariel itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum.

Analis Forensik Digital yang menangani kasus video asusila Ariel, Ruby Alamsyah, menyatakan, logikanya sosok yang ada dalam video porno mirip Gisel, bisa saja terkena hukuman seperti Ariel. Namun, karena saat ini proses hukum masih berlangsung, bisa saja ada hal lain yang belum terungkap.

Saat diminta polisi membantu menangani siapa penyebar pertama video asusila Ariel- Luna Maya dan Ariel-Cut Tari, Ruby mengaku melakukan pengungkapan digital forensik analisis. Untuk video porno mirip Gisel, menurut dia, cara yang sama bisa dilakukan.

"Logikanya begitu (hukuman seperti Ariel). Tapi kan negara kita tidak menganut hukum yang seperti negara-negara maju seperti itu. Kalau ada contoh kasusnya dan terbukti sama, ya hukumnya sama. Kita enggak nih. Tetap pembuktian. Tugas pertama ya memastikan siapa orang yang di dalam (video), untuk menetapkan tersangka. Kalau untuk menetapkan tersangka seperti kasus Ariel, kan harus dibuktikan dulu siapa orang tersebut. Banyak cara untuk membuktikan," terang Ruby Alamsyah saat dihubungi Liputan6.com.

"Kalau terkait pasalnya, logikanya sih siapa pun orang yang di dalamnya ya. Kalau serupa seperti kasus Luna Maya dan Ariel, ya logikanya akan bisa terkena tuntutan hukum yang sama," tuturnya.

Video porno mirip Gisel begitu masif penyebarannya di internet, demikian pula dengan kasus Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari. Menurut Ruby, hal itu tidak terlepas penetrasi pengguna internet di Indonesia yang tinggi.

"Indonesia salah satu negara di dunia dengan pengguna media sosial tertinggi di dunia. Akhirnya apa? Netizen di Indonesia tinggi banget dan cukup aktif. Nah, selanjutnya terkait konten. Kontennya kebetulan pornografi yang diduga public figure, itu men-trigger saja," ujar Ruby.

"Kan gini, konten positif atau negatif bisa jadi viral, tergantung parameter-parameternya. Coba bayangin parameternya enggak ada. Bukan public figure. Pasti enggak heboh-heboh banget, karena enggak peduli siapa."

 

Pelanggaran Hak Atas Privasi

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Peneliti Institute for Criminal and Justice Reform ( ICJR), Maidina Rahmawati, mengatakan, sosok pria dan wanita dalam video panas tersebut harusnya diposisikan sebagai korban, bukan pelaku.

"Orang yang berada di video itu tidak menghendaki adanya penyebaran konten tersebut. Ketika tidak ada kehendak, maka bisa dikatakan, adanya video itu adalah untuk kepentingan pribadi. Dalam konteks kepentingan pribadi, konstitusi Indonesia, UU ITE dan UU Pornografi melindungi kepentingan pribadi dan harusnya aparat hukum melihat orang dalam video itu dalam kacamata bahwa mereka adalah korban," kata Maidina kepada Liputan6.com.

Ia menjelaskan, siapa pun yang berada dalam video tersebut, yang sama sekali tidak menghendaki adanya penyebaran ke publik, tidak dapat dipidana, atas dasar dua hal.

Pertama, dalam konteks UU Pornografi, orang dalam video yang tidak menghendaki penyebaran video, tidak dapat dipidana. Terdapat batasan penting dalam UU Pornografi, bahwa pihak-pihak yang melakukan perbuatan "Membuat" pornografi tidak dapat dipidana, apabila dilakukan untuk tujuan diri sendiri dan kepentingan sendiri. Dengan demikian perbuatan membuat pornografi tidak bisa dipidana apabila dilakukan untuk kepentingan diri sendiri atau kepentingan pribadi (Pasal 4 UU Pornografi).

Pasal 6 UU Pornografi juga menyebutkan larangan "Memiliki atau menyimpan" tidak termasuk untuk dirinya sendiri dan kepentingan sendiri. Dalam risalah pembahasan UU Pornografi juga dijelaskan bahwa yang didefinisikan sebagai perbuatan kriminal adalah pembuatan, penyebarluasan, dan penggunaan pornografi di ruang publik, ada aspek mendasar yaitu harus ditujukan untuk ruang publik. Jadi, selama konten tersebut adalah kepentingan pribadi, ketentuan hukum dan konstitusi di Indonesia melindungi hak tersebut.

Kedua, dalam Pasal 27 ayat (1) UU ITE tentang mendistribusikan, mentransmisikan, membuat dapat diaksesnya informasi elektronik, dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan harus didudukan kembali sesuai tujuan pembentukannya. Tujuan pengaturan Pasal 27 ayat (1) UU ITE adalah mencegah penyebaran konten melanggar kesusilaan di ranah publik digital. Mutlak, Pasal 27 ayat (1) harus merujuk pada ketentuan dalam Pasal 282 ayat (2) KUHP tentang menyiarkan, mempertunjukkan atau menempelkan di muka umum tulisan, gambaran atau benda yang telah diketahui isinya melanggar kesusilaan, serta merujuk pula pada ketentuan UU Pornografi.

Batasan untuk dapat dijerat pasal ini bahwa konten tersebut harus benar-benar ditujukan kepada publik, harus juga telah diketahui oleh pelaku sebagai konten melanggar kesusilaan. Pembuatan konten atau korespondensi pribadi, sama sekali tidak dapat dijerat dengan Pasal 27 ayat (1).

"Jadi, kalau kita lihat dari konstruksi hukum, kasus ini adalah pelanggaran hak atas privasi seseorang. Yang terlibat dalam video tersebut, dokumen pribadinya diambil dan disebarluaskan dan itu pelanggaran hak atas privasi," ucap Maidina.

Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala, mengatakan, dalam kasus-kasus video asusila sebelumnya, ada kalanya kepolisian mengejar pelaku video, tapi ada kalanya juga mengejar penyebar video.

"Jadi, ada 2 kecendrungan. Menurut saya, perlu dipastikan, polisi mau mengejar yang mana. Apakah mau mengejar orang yang mengedarkan atau mau membuktikan bahwa Gisel adalah pelaku video," kata Adrianus kepada Liputan6.com.

Senada dengan Ruby Alamsyah, menurut Adrianus, apabila ada pihak-pihak yang melapor atau meragukan sosok di video itu Gisel atau bukan, maka bisa dilakukan uji forensik atas video tersebut.

Pentingnya Keamanan Data Pribadi

(Ilustrasi: Desiblitz)
(Ilustrasi: Desiblitz)

Ketika foto atau video yang bersifat sangat pribadi bisa muncul ke ruang publik seperti internet, patut menjadi pertanyaan bagaimana hal itu bisa terjadi. Apakah karena kelalaian atau ada pihak yang mengambilnya secara ilegal?

Beredarnya video porno mirip Gisel di media sosial membuat kita patut lebih waspada tentang keamanan data pribadi yang bersifat sangat rahasia di gadget atau gawai kita. Menjaga keamanan data penting dan rahasia bukan perkara mudah.

Analis Forensik Digital, Ruby Alamsyah, menyatakan, keamanan data pada gadget tergantung bagaimana perilaku penggunanya. Dia menekankan perlunya kesadaran terhadap persepsi bahwa internet adalah ruang publik.

"Gadget bisa terkoneksi ke internet. Nah, internet adalah ranah publik. Berarti, data apa pun yang kita simpan di gagdet kita tadi, kalau memang penting dan sangat rahasia, harus kita simpan dengan cara yang benar-benar sesuai dan tidak bisa diakses orang lain, baik dengan cara apa pun," terang Ruby.

"Karena apa, walaupun kita simpan, enggak ada yang akses secara fisik ke device kita, tapi kalau kita cara penggunaannya salah, ya itu misalnya kita kena virus, kena malware, kena spyware, akhirnya data kita yang di dalam kan bisa diakses sama orang lain kan."

Ruby juga menjelaskan beberapa kasus kebocoran data pribadi dari gadget yang pernah dia ungkap. Dia mengingatkan bahaya virus, malware, serta spyware sebagai sarana yang dapat mengakses data rahasia di gadget kita dan mengambilnya secara ilegal.

"Itu metode yang sudah pernah terjadi di kasus-kasus kebocoran data penting dan rahasia yang pernah kita ungkap. Selanjutnya adalah saat kita melakukan back up data dari handphone lama ke yang baru di pihak ketiga atau biasanya toko gadget," ungkapnya.

"Nah, hal seperti itu juga harus dihindari, karena apa? Data back up kita itu disimpan di mana oleh mereka. Kebanyakan yang tidak sadar adalah, data kita disimpan di komputer si toko tersebut. Apakah toko itu menyimpan dengan benar? Apakah toko itu tidak mengakses secara ilegal? Dan lain-lain. Itu beberapa modus yang terjadi terkait kebocoran-kebocoran data pribadi dari gadget," tambah Ruby.

Ruby menyarankan agar masyarakat menggunakan gadget dengan bijak, termasuk dengan cara meng-install software-software pengaman, baik itu antimalware, antispyware, dan antivirus. Dia mengimbau masyarakat tidak menyimpan data-data penting atau rahasia di device manapun, kalau tidak memiliki ilmu ataupun pengetahuan yang cukup untuk bisa mengamankannya secara optimal.

"Tapi kalau perlu (menyimpan data rahasia), tinggal belajar dan konsultasi ke pihak-pihak yang mengerti agar penyimpanan data-datanya aman dan tidak bocor ke pihak lain. Lalu, pastikan kita menggunakan internet secara aman."

"Jangan sembarang klik, jangan sembarang percaya link-link yang dikirim orang. Minimal yang kita lakukan, copypaste link yang dikirim, coba taruh di pencarian google, nah apakah google menginformasikan link tersebut terindetifikasi sebagai pishing atau tidak," beber Ruby.

INFOGRAFIS

INFOGRAFIS: Deretan Artis yang Tersandung Kasus Video Asusila (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Artis yang Tersandung Kasus Video Asusila (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik 10 Persen, Gojek Catatkan Nilai Transaksi Rp 170 Triliun hingga Oktober 2020

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gojek mengklaim meraih kinerja positif pada 2020. Super-app karya anak bangsa ini justru kian kokoh di tengah pandemi Covid-19 sehingga memberikan keleluasaan dan berkelanjutan bagi mitra dan juga masyarakat Indonesia.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengumumkan perusahaan berhasil mencetak laba operasional di luar biaya headquarter (contribution margin positive) di tengah kondisi penuh tantangan ini.

"Gojek memasuki usia ke-10 di saat terjadi krisis pandemi. Ini pencapaian yang luar biasa, di mana kami melihat ekosistem Gojek terus memainkan peran penting dalam mempertemukan supply dan demand, memenuhi kebutuhan masyarakat," ucap Andre melalui keterangannya, Jumat (13/11/2020).

Total nilai transaksi platform grup Gojek (gross transaction value/GTV) mencapai US$ 12 miliar atau sekitar Rp 170 triliun hingga Oktober 2020.

Nilai ini meningkat 10 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019. GTV yang dimaksud merupakan nilai keseluruhan transaksi yang masuk melalui platform Gojek.

 

Kunci Menuju Sustainability

(Foto:Dok.Gojek)
(Foto:Dok.Gojek)

Dalam konteks contribution margin positive seperti dijelaskan Andre, setiap transaksi Gojek sudah menghasilkan cashflow yang belum dikurangi biaya headquarter.

"Investasi ada perpaduan pendanaan dari luar dan internal cashflow. Jika ada profit dari titik produk itu, investasi yang kami lakukan tidak hanya dari luar. Sejak tahun ini investasi bisa dihasilkan dari internal cashflow, ini sangat penting," paparnya.

Semakin besar internal cashflow, maka inovasi yang dilakukan tidak lagi terlalu terbebani pendanaan dari luar.

"Kunci menuju sustainability adalah menghasilkan keseimbangan bisnis yang seperti ini. Dengan adanya profit berarti investasi yang kami lakukan tak terbebani dari pendaanaan luar," Andre menerangkan.

 

Pengguna Aktif Gojek

Ungkap 6 Jurus Bertahan di Masa Pandemi, Gojek Dukung Digitalisasi UMKM. foto: dok. Gojek
Ungkap 6 Jurus Bertahan di Masa Pandemi, Gojek Dukung Digitalisasi UMKM. foto: dok. Gojek

Adapun pengguna aktif Gojek berdasarkan data App Annie, mencapai 38 juta pengguna setiap bulannya di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Semakin kuatnya fundamental bisnis Gojek di tengah pandemi bukan sekadar membuktikan bahwa perusahaan tetap resilient. Lebih dari itu, kata Andre, membuka lebih banyak ruang untuk terus tumbuh di masa mendatang.

"Ke depannya, kami akan terus mengoptimalisasi pertumbuhan di layanan utama untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Guna mendukung profitabilitas dan ke depannya profit ini bisa diinvestasikan kembali untuk inovasi dari cash flow internal sehingga fund raising dari luar bisa lebih sedikit," Andre memungkaskan.

 

Drama 2020 Bagi Gojek

Co-CEO Gojek Indonesia Andre Soelistyo (kiri) dan Kevin Aluwi (kanan) menyampaikan strategi Gojek di masa depan di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Co-CEO Gojek Indonesia Andre Soelistyo (kiri) dan Kevin Aluwi (kanan) menyampaikan strategi Gojek di masa depan di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek, menjelaskan keberhasilan Gojek tak lepas dari peran para mitra.

Untuk itu, sebagai aplikasi anak bangsa, Gojek terus berkomitmen memberikan peluang terhadap kehidupan yang lebih baik melalui teknologi dan terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem.

"Tahun 2020 adalah tahun di mana kami belajar banyak hal, sekaligus mencapai banyak hal yang membawa perusahaan jauh lebih kuat secara fundamental. Kami optimistis bahwa 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi Gojek dan mitra-mitra kami," ucapnya.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga Inggris

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris adalah sala satu kompetisi yang paling banyak diikuti di dunia. Tidak mengherankan jikabeberapa klub sepak bola terkaya di dunia juga berasal dari Inggris.

Seperti di negara lainnya, klub-klub Liga Inggris tidak hanya harus tampil bagus di lapangan. Namun, mereka juga harus dikelola sebaik mungkin agar bisa dihitung sebagai klub sukses.

Hal ini disebabkan sepak bola telah menjadi olahraga paling populer di planet ini. Sepak bola memiliki potensi besar untuk komersialisasi.

Dengan demikian, klub-klub terbesar di dunia berkembang menjadi merek yang meraup uang dalam jumlah luar biasa. Uang itu didapat melalui kesepakatan sponsor, pendapatan penyiaran pertandingan, dan hadiah uang.

Berikut 5 klub sepak bola terkaya di Liga Inggris seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

 

5. Liverpool

ilustrasi logo Liverpool (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo Liverpool (Liputan6.com/Abdillah)

Pendapatan: 613 juta euro

Nilai: 2183 juta euro

Di bawah asuhan Jurgen Klopp, Liverpool telah berkembang menjadi salah satu tim terbaik di Eropa. The Reds memenangkan Liga Champions 2018-19 dan kemudian Liga Inggris pada musim 2019-20.

Liverpool telah berinvestasi dengan bijak di bursa transfer. The Reds mendapatkan keuntungan besar dari uang yang mereka keluarkan untuk pemain seperti Mohamed Salah, Virgil Van Dijk, Sadio Mane, dan lain-lain.

Dengan demikian, nilai Merseysiders telah berkembang pesat. Tidak mengherankan jika pendapatan penyiaran Liverpool meningkat tajam.

Liverpool tumbuh di bidang komersial dan mereka diharapkan untuk menempati peringkat yang lebih tinggi dalam beberapa tahun mendatang. Ini Salah dan kawan-kawan bisa mempertahankan performa bagus mereka di lapangan.

 

 

 

4. Arsenal

ilustrasi Arsenal (Trie Yas/Liputan6.com)
ilustrasi Arsenal (Trie Yas/Liputan6.com)

Pendapatan: 520 juta euro

Nilai: 2267 juta euto

Arsenal sedang melalui masa-masa sulit. Arsene Wenger meninggalkan klub setelah dua dekade bertugas dan dia digantikan oleh Unai Emery yang harus dipecat saat klub mulai mencapai titik terendah baru.

Namun, keadaan sekarang membaik setelah penunjukan Mikel Arteta sebagai manajer. Ada rasa optimisme yang kuat tentang The Gunners, akhir-akhir ini. Salah satu tim paling dominan di Liga Inggris dalam dekade pertama abad ke-21, Arsenal telah lama dikenal dengan merek sepak bola mereka yang menarik.

Arsenal harus buru-buru membayar untuk stadion baru mereka. Selain itu, pemilik telah menunjukkan lebih banyak ambisi di bursa transfer dengan menghabiskan banyak uang kendati kurang memuaskan para penggemar.

Tapi, kegagalan lolos ke Liga Champions musim ini membuat situasi keuangan Arsenal akan terpukul tahun ini.

 

 

3. Chelsea

ilustrasi Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)

Pendapatan: 597 juta euro

Nilai: 2576 juta euro

Chelsea telah menjadi salah satu klub terkaya di Eropa sejak Roman Abramovich membeli klub tersebut. Miliarder asal Rusia tersebut sudah memberi banyak uang ke klub dalam upayanya untuk membuat The Blues tampil di level tertinggi.

Bursa transfer musim panas lalu cukup menguji bagi sebagian besar klub karena mereka sangat terpukul secara finansial oleh pandemi Covid-19. Tapi, Chelsea bisa menghabiskan banyak uang berkat kekuatan finansial Abramovich dan mendatangkan beberapa talenta muda terbaik di Eropa.

Chelsea sudah memenangkan banyak hal selama dua dekade terakhir. The Blues terus mencoba untuk terus mempertahankan standar tinggi untuk diri mereka sendiri dan para penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

 

 

2. Manchester City

ilustrasi manchester city (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi manchester city (Liputan6.com/Abdillah)

Pendapatan: 678 juta euro

Nilai: 2688 juta euro

Manchester City menjadi klub terkenal di Inggris dan Eropa setelah diambil alih oleh taipan Abu Dhabi Khaldoon Al Mubarak. Sejak itu, mereka menjadi salah satu klub terkaya di dunia.

Manchester City telah menghabiskan uang di bursa transfer, tidak seperti klub lain. The Citizens juga menjadi tim paling dominan di Liga Inggris selama dekade terakhir.

Mereka tidak hanya mampu mengikat beberapa talenta terbaik di dunia, tetapi juga memiliki pengaruh untuk mempekerjakan beberapa manajer sepak bola hebat. Mereka saat ini dipimpin Pep Guardiola yang terkenal sebagai salah satu juru taktik terbaik di permainan modern.

Sejauh ini, Manchester City belum mampu memenangi trofi Liga Champions. Tetapi, dominasi di liga domestik akan membuat Manchester City naik ke daftar yang lebih tinggi.

 

 

1. Manchester United

ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)

Pendapatan: 765 juta euro

Nilai: 3983 juta euro

Meski terakhir kali menjadi juara Liga Inggris pada 2013, Manchester United (MU) telah menunjukkan tanda-tanda kehidupan akhir-akhir ini. MU selalu menjadi raksasa sepak bola dan klub paling dominan di Inggris dalam dekade pertama abad ke-21.

MU terkenal karena pemborosan di bursa transfer dan memiliki rentetan pemain terkenal yang pada akhirnya tidak berhasil. Namun, Setan Merah tampaknya akan membuka lembaran baru di bawah Ole Gunnar Solskjaer.

MU adalah salah satu klub yang paling dikagumi dan diikuti di dunia. Setan Merah terus meraup beberapa kesepakatan sponsor yang paling menguntungkan berdasarkan pengaruh mereka yang jelas.

Meski kesulitan belakangan ini, MU tidak terlalu lama absen di Liga Champions, sehingga pendapatan siaran mereka juga tidak terlalu merosot. Alhasil, MU terus menjadi klub terkaya di Inggris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Inggris Laporkan Peningkatan Kasus Harian Tertinggi COVID-19

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Orang-orang yang mengenakan masker terlihat keluar dari sebuah kedai kopi di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)
Orang-orang yang mengenakan masker terlihat keluar dari sebuah kedai kopi di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Orang-orang yang mengenakan masker terlihat keluar dari sebuah kedai kopi di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Orang-orang yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)
Orang-orang yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Orang-orang yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Orang-orang yang mengenakan masker berjalan di sebuah perhentian bus di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)
Orang-orang yang mengenakan masker berjalan di sebuah perhentian bus di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Orang-orang yang mengenakan masker berjalan di sebuah perhentian bus di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Seorang pria yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)
Seorang pria yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

Seorang pria yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di London, Inggris (12/11/2020). Inggris melaporkan 33.470 kasus baru COVID-19, yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak pandemi merebak, menurut data resmi yang dirilis pada Kamis (12/11). (Xinhua/Han Yan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Anggota TNI Tendang Kepala Tukang Ondel-Ondel Karena Curi Handphone

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar video anggota TNI tendang kepala tukang ondel-ondel. Kejadian itu karena tukang ondel-ondel ketahuan mencuri handphone.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Adu Mulut Anggota DPRD Banten Kena Razia Masker

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang anggota DPRD Banten adu mulut dengan petugas saat terkena razia masker. Sang anggota DPRD ketahuan tidak memakai masker saat di dalam mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kematian COVID-19 Indonesia Masih Tinggi, Satgas Minta Testing Secara Masif

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kematian COVID-19 Indonesia masih tinggi dibanding rata-rata dunia, Satuan Tugas Penanganan pun meminta pemeriksaan/tes (testing) dilakukan secara masif. Jumlah kasus meninggal harian di Indonesia per 12 November 2020 adalah 14.933 orang atau 3,3 persen.

Persentase tersebut masih tinggi, yang mana rata-rata kasus meninggal dunia adalah 2,45 persen.

"Untuk menekan angka kematian COVID-19 ini diperlukan testing yang masif, sehingga bisa menemukan kasus-kasus baru secara lebih dini agar dapat segera ditangani," papar Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (12/11/2020).

"Upaya ini sekaligus meningkatkan persentase kesembuhan. Jika persentase kesembuhan meningkat, maka persentase kematian akan menurun."

Lebih lanjut, Wiku mengatakan, setiap daerah juga perlu memerhatikan angka kematian dan berupaya menekannya.

"Kami mohon bagi seluruh daerah dengan angka kematian yang masih tinggi untuk memerhatikan hal ini. Agar dapat berkontribusi terhadap penurunan angka kematian dunia dan nasional," lanjutnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Temukan Kasus COVID-19 dengan Testing

Santri melakukan swab test di Pondok Pesantren Baitul Hikmah, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020). Swab test massal dilakukan menyusul ditemukannya paparan COVID-19 terhadap seorang santri dan untuk memutus mata rantai penyebaran. (merdeka.com/Arie Basuki)
Santri melakukan swab test di Pondok Pesantren Baitul Hikmah, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020). Swab test massal dilakukan menyusul ditemukannya paparan COVID-19 terhadap seorang santri dan untuk memutus mata rantai penyebaran. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wiku juga menanggapi angka positif COVID-19 di daerah Bekasi, Depok, dan Tangerang yang masih tinggi. Langkah menggencarkan testing justru perlu ditingkatkan.

"Jadi, kasus positif dan kasus aktif COVID-19 yang masih tinggi secara harian atau mingguan itu merefleksikan penyebaran yang masih tinggi. Kondisi ini dapat disebabkan pula karena tingkat testing yang tinggi pula," ujarnya.

"Saya mengimbau pemerintah daerah tidak perlu takut melakukan testing yang masif dengan alasan angka kasus aktif yang membludak. Karena tujuan utama kita adalah keselamatan dan kesehatan masyarakat."

Kenaikan kasus COVID-19 yang tinggi dapat segera ditangani jika kita bisa melakukan perawatan sedini mungkin dan peluang angka kesembuhannya juga akan semakin besar.

Data per 12 November 2020, penambahan kasus positif Indonesia sejumlah 4.173, yang mana jumlah kasus aktif sebesar 55.274 orang atau 12,2 persen. Jumlah kasus sembuh di Indonesia saat ini 38.2084 atau 84,5 persen, yang angka rata-rata sembuh dunia, yaitu 69,93 persen.

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diam-diam, Rizky Billar Pernah Berfantasi Jadi Suami Dinda Hauw

Posted: 12 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Momen langka terjadi. Rizky Billar mengungkap perasannya tentang Dinda Hauw yang kini jadi Nyonya Rey Mbayang. Diberitakan sebelumnya, warganet menduga Rizky Billar mantan pacar Dinda Hauw.

Juli 2020, Rizky Billar menghadiri pernikahan Dinda Hauw dan Rey Mbayang. Warganet menggelari bintang sinetron Anak Jalanan dan Cinta Karena Cinta itu Say Boy.

Sebelum itu terjadi, Rizky Billar dan Dinda Hauw main di sinetron yang sama menjadi pasangan suami istri. Saat itu, Rizky Billar bahagia bukan main beradu akting dengan idola.

 

Halusinasi Dinda

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Saking menggemari Dinda Hauw, Rizky Billar berhalusinasi memacari sang aktris. "Dan sempat gue bilang ke teman-teman gue sebelum ke Jakarta, dia kan sudah syuting tuh, sudah terkenal dan ngetop tuh. Gue sempat ngehaluin dia," Rizky Billar buka suara.

"Ngehaluin dia, gue. Ini pacar gue, nih. Gue bilang. Gue sempat ngomong begitu. Ha ha ha kacau," beri tahu aktor kelahiran Medan, 12 Juli 1995. Bahkan, Rizky Billar berfantasi menikahi Dinda Hauw.

Gue Fantasiin Dia

Rizky Billar dalam unggahan Denny Sumargo. (Foto: YouTube Curhat Bang Denny Sumargo)
Rizky Billar dalam unggahan Denny Sumargo. (Foto: YouTube Curhat Bang Denny Sumargo)

Ini terungkap dalam video bertajuk "Ini Cerita Sebenarnya, Gue Buka Di Sini Rizky Billar" yang mengudara di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, pada Kamis (12/11/2020).

"Ya, gue fantasiin dia untuk jadi istri gue nanti suatu saat," Rizky Billar menyambung. Muncul di sinetron sebagai pasutri, banyak yang berpikir Rizky Billar dan Dinda Hauw pacaran.

 

Nembak Sih Enggak

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Rizky Billar membantah. Pacaran tak pernah terjadi mengingat kala itu Dinda Hauw hijrah. Mereka sebatas sahabat, tidak lebih. Kalaupun pernah jalan bareng, dengan pasangan atau kawan masing-masing.

"Nembak sih enggak, kita dekat saja gitu. Kita jalan, walaupun sama pasangan masing-masing. Ngasih kode suka sih enggak tapi kalau ada yang berpikir ke situ gue enggak menolak," ujarnya. 

Sama-sama Nyaman Tapi...

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Diakui Rizky Billar, Dinda Hauw tipe cewek yang bisa membuatnya merasa nyaman. "Sama-sama nyaman tapi setelah kita diskusi kita ngobrol kita memang lebih cocok jadi sahabat," Rizky Billar menerangkan.

Uniknya, ia kenal baik Rey Mbayang. Rey Mbayang sering curhat kepada Rizky Billar tentang Dinda Hauw. "Gue yang berusaha mempersatukan mereka," ia mengakhiri perbincangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Populasi adalah Sekelompok Orang di Suatu Daerah, Pahami Pengertiannya Menurut Ahli

Posted: 12 Nov 2020 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Melalui penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa populasi adalah sebutan untuk orang-orang atau penduduk yang berada dalam suatu wilayah tertentu.

Selain penjelasan tersebut, dalam KBBI juga dijelaskan bahwa populasi adalah jumlah penghuni, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang tertentu. Populasi adalah sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan untuk mereproduksi antara mereka sendiri. 

Pengertian dari populasi ini juga banyak dijelaskan oleh para ahli. Pengertian populasi yang juga dijelaskan oleh para ahli tentunya agar semakin memahami dari pengertian populasi itu sendiri. Populasi adalah jumlah orang pada suatu wilayah. Makna populasi ini tak hanya digunakan secara umum namun juga digunakan dalam cabang ilmu seperti biologi maupun statistika.

Banyak orang yang menjelaskan tentang makna dari populasi adalah seluruh orang atau penduduk yang berada dalam suatu daerah. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang pengertian populasi, ciri-ciri hingga jenisnya, Jumat (13/11/2020).

Pengertian Populasi

Ilustrasi Sekelompok Orang. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Sekelompok Orang. (Sumber: Pixabay)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, populasi adalah seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah, yang dimana pengertian ini merupakan pengertian populasi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pada pengertian lainnya, populasi adalah sekumpulan makhluk hidup atau individu yang sejenis yang berada pada wilayah tertentu dan pada waktu yang tertentu dengan ciri-ciri sama (satu spesies yang sama) yang hidup dalam tempat dan waktu yang sama, baik itu manusia, hewan, maupun, tumbuhan yang memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Arikunto Suharsimi (1998 : 117)

Menurut Arikunto Suharsimi, populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti sebuah elemen yang ada dalam wilayah penelitian tersebut, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.

2. Menurut Sugiyono (1997 :57 )

Pengertian populasi beriktunya dijelaskan oleh Sugiyono. Menurut Sugiyono, populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

3. Menurut Nazir (2005)

Menurut Nazir, populasi dalah sekumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Ciri, karakteristik, dan kualitas itu yang dinamakan sebagai variable. Nazir membagi populasi menjadi dua yakni populasi finit dan infinit.

4. Menurut Margono (2004)

Populasi adalah keseluruhan data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan waktu yang telah ditentukan. Populasi berkaitan dengan data-data, jika seorang manusia memberikan suatu data, maka ukuran atau banyaknya populasi akan sama banyaknya manusia.

5. Menurut Netra (1976)

Netra memberikan pemaparan yang dimana, populasi adalah keseluruhan individu yang bersifat general atau umum yang mempunyai karakteristik yang cenderung sama.

6. Menurut Sudjana (2010 : 6)

Menurut Sudjana, populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil yang menghitung ataupun pengukuran, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteritik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin mempelajari sifat-sifatnya.

7. Menurut Ismiyanto

Menurut Ismiyanto, populasi adalah keseluruhan objek atau totalitas subjek penelitian yang dapat berupa orang, benda, atau suatu hal yang didalamnya dapat diperoleh dan atau dapat memberikan informasi (data) penelitian.

8. Menurut Husaini Usman (2006 : 181)

Husaini Usman menjelaskan bahwa populasi adalah semua nilai baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif dari karakteristik tertentu mengenai kelompok objek yang lengkap dan jelas.

 

Ciri-ciri Populasi

Populasi adalah seluruh jumlah orang di suatu wilayah. Setelah menelaah dan mengetahui pengertian populasi secara umum dan menurut para ahli, berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri populasi yang dibagi menjadi dua lingkup yakni lingkup biologi dan lingkup statistik.

1. Ciri-ciri Populasi Lingkup Biologi :

- Adanya suatu organisasi dan struktur organisasi yang bersifat konstan maupun yang fluktuasi sesuai waktu.

- Mempunyai sebuah sejarah kehidupan (ontogenetik) mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua, dan mati.

- Terpengaruh oleh dampak lingkungan dan dapat merespon perubahan lingkungan.

- Terdapat suatu hereditas di dalamnya.

- Terintegrasi pada berbagai faktor genetik dan ekologi (kemampuan adaptasi, reproduksi, dan persistensi). Persistensi dalam hal ini adalah adanya kemungkinan untuk meninggalkan keturunanuntuk waktu yang lama.

2. Ciri-ciri Populasi Lingkup Statistik :

- Kepadatan atau ukuran besarnya suatu populasi termasuk berbagai parameter utama ini dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian.

- Sebaran suatu populasi dipengaruhi oleh persebaran suatu objek tertentu, kondisi iklim dan cuaca, struktur, dan umur objek tersebut.

- Populasi ini juga dipengaruhi oleh komposisi genetik

- Terdapat dispersi, yaitu suatu sebaran individu intra populasi.

Jenis-jenis Populasi

Ilustrasi Sekelompok Orang. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Sekelompok Orang. (Sumber: Pixabay)

Populasi adalah sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang hidup di tempat yang sama. Terdapat beberapa jenis populasi, yang dibagi menjadi tiga pada penjelasa berikut ini :

- Berdasarkan Jumlah Populasi

Berdasarkan jumlah populasi, populasi tersebut dibagi menjadi dua yakni populasi terbatas dan populasi tidak terbatas.

1. Populasi Terbatas

Populasi Terbatas merupakan populasi dengan sumber data yang biasanya dapat dihitung jumlahnya karena jumlahnya terbatas. Populasi ini biasanya dibuat sengaja oleh peneliti untuk membatasi populasi. Misalnya terbatas pada suatu daerah atau pada karakteristik tertentu.

2. Populasi Tak Terbatas

Populasi tak terbatas merupakan jenis populasi dari suatu sumber daya yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah karena tidak terdapat jumlah batasan.

- Berdasarkan Sifat Populasi

Sama seperti populasi berdasarkan jumlah, jenis populasi yang beradasarkan sifat juga dibagi menjadi dua yakni homogen dan heterogen.

1. Populasi Homogen

Populasi Homogen merupakan jenis populasi dimana unsurnya mempunyai sifat yang sama sehingga jumlahnya secara kuantitatif tidak perlu dipermasalahkan.

2. Populasi Heterogen

Populasi hetrogen merupakan jenis populasi dimana unsurnya terdapat sifat yang bervariasi sehingga harus ditetapkan batasan-batasan secara kuantitafi dan kualitatif.

- Berdasarkan Perbedaan Lain

1. Populasi Target

Populasi Target merupakan suatu jenis populasi yang telah ditentukan sesuai dengan masalah penelitian.

2. Populasi Survey

Populasi Survey merupakan jenis populasi yang terliput dalam penelitian yang dilaksanakan.

Faktor yang Mempengaruhi Populasi

Ilustrasi. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi. (Sumber: Pixabay)

Populasi adalah sejumlah orang di suatu daerah, yang dimana ada beberapa faktor yang mempengaruhi populasi tersebut.

1. Natalitas

Natalitas adalah kemampuan populasi untuk bertambah atau untuk meningkatkan jumlahnya, melalui produksi individu baru yang dilahirkan atau ditetaskan dari telur melalui aktivitas perkembangan. Dua aspek yang berkaitan dengan natalitas :

- Fertilitas

Tingkat kinerja perkembangbiakan yang direalisasikan dalam populasi, dan tinggi rendahnya aspek ini diukur dari jumlah telur yang di ovovivarkan atau jumlah anak yang dilahirkan.

- Fekunditas

Tingkat kinerja potensial populasi itu untuk menghasilkan individu baru.

2. Mortalitas

Mortalitas merupakan tingkat angka kematian individu di dalam suatu populasi dalam kurun waktu tertentu. Terdapat dua jenis mortalitas dalam populasi yakni:

- Mortalitas ekologi, yaitu angka kematian individu dalam populasi karena kondisi lingkungan tertentu.

- Mortalitas minimum, yaitu angka kematian individu dalam lingkungan yang ideal, atau kematian karean usia tua.

3. Densitas ( Kepadatan )

Menunjukkan jumlah individu suatu spesies per satuan luas atau volume. Cara mengukur kepadatan populasi yakni :

- Menghitung langsung

- Teknik sampling (petak contoh)

- Indikator tidak langsung (feses,sarang,jejak dll)

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Kecanggihan Tram Baterai Buatan INKA

Posted: 12 Nov 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT INKA (Persero) kembali memperkenalkan produk terbarunya untuk jenis kereta. Tram, yang masuk dalam kategori kereta ringan, tengah dikembangkan perusahaan yang bermarkas di Madiun ini.

Baru-baru ini, tepatnya pada 9-10 November 2020, INKA melakukan uji coba tram ini dari Stasiun Madiun ke Stasiun Babadan (PP).

"Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji performansi Tram Baterai sebelum dilakukan produksi massal," tulis INKA di laman Instagramnya, dikutip Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

Lalu apa kecanggihan tram karya anak bangsa ini?

Sesuai dengan namanya, Tram Baterai ini menggunakan baterai sebagai sumber energi satu-satunya di dalam kereta. Energi baterai tersebut digunakan untuk menggerakkan kereta sekaligus untuk menyalakan AC, kompresor dan lampu penerangan.

Karena menggunakan baterai, dalam operasionalnya tram ini tentu sangat ramah lingkungan dan dapat digunakan di daerah yang tidak terdapat jalur catenary atau listrik aliran atas.

Waktu yang diperlukan dalam pengisian daya sampai penuh sekitar 3-4 jam. Untuk sekali pengisian daya, prototipe Tram Baterai ini mampu menempuh perjalanan hingga 25 km.

Satu set prototipe tram INKA ini terdiri dari dua car (rangkaian kereta), satu car dengan unit penggerak yang dilengkapi dengan baterai. Car lainnya adalah kereta penumpang yang dilengkapi dengan tempat duduk bagi para penumpang serta dilengkapi dengan pegangan tangan bagian atas untuk penumpang berdiri.

Perkenalkan E-Inobus, Bus Listrik Produksi INKA yang Bakal Ekspor ke Kongo

Bus listrik E-Inobus. (ist)
Bus listrik E-Inobus. (ist)

PT Industri Kereta Api (INKA) siap memasarkan bus listrik buatan anak negeri yang bernama E-Inobus guna menjawab tantangan dan kebutuhan transportasi masa depan yang ramah lingkungan.

"Rencananya, Perpres yang baru untuk angkutan dalam kota nantinya sebisa mungkin menggunakan bus listrik. Jadi kami telah mempersiapkan diri untuk itu," ujar Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju dikutip dari Antara, Rabu (28/10/2020).

Menurut dia, E-Inobus saat ini telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

INKA juga sedang melakukan uji jalan untuk ketahanan terhadap E-Inobus yang penting dilakukan sebelum bus listrik tersebut diproduksi secara massal.

Agung Sedaju menjelaskan, bus listrik tersebut sudah dipesan oleh pemerintah Kongo. Pesanan tersebut merupakan bagian dari kontrak proyek yang telah ditandatangani INKA dengan Kongo untuk pengerjaan transportasi kereta dan listrik.

"Saat ini yang sudah pesan dari Kongo ada 360 unit. Mereka sangat tertarik dengan bus listrik ini saat berkunjung ke INKA beberapa waktu lalu. Selain itu Perusahaan Daerah Pemprov Bali juga sudah kontrak," kata dia.

E-Inobus merupakan kerja sama PT INKA (Persero) dengan perusahaan Taiwan Tron-E dan perusahaan karoseri lokal asal Malang, Jawa Timur, Piala Mas.

Secara spesifikasi, E-Inobus memiliki panjang 8,1 meter dan lebar sekitar 2 meter dengan kapasitas 16 penumpang. Untuk pengisian daya, diperlukan waktu selama 3-4 jam dengan jarak tempuh sekali "charging" atau pengisian daya mencapai 200 kilometer.

Tingkat kebisingan pada bus listrik tersebut jauh lebih baik, yakni rata-rata sebesar 71 dB. Sedangkan bus tenaga diesel rata-rata kebisingannya sebesar 85 dB.

"Selain ramah lingkungan, biaya perawatan dan bahan bakar dari bus listrik ini juga lebih murah," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden Menang Pilpres AS, Penjualan Senjata Diprediksi Melonjak

Posted: 12 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemenangan Joe Biden dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) diprediksi bakal meningkatkan jumlah penjualan senjata.

Menurut Managing Director Aegis Capital Rommel Dionisio, hal ini dikarenakan calon presiden dari kubu Demokrat ini pernah berjanji akan memperketat regulasi pengawasan senjata, yang diperkirakan membuat permintaan senjata meningkat.

Mengutip laman CNN International, Jumat (13/11/2020), Biden dikenal sebagai capres yang vokal soal pengawasan senjata. Dirinya menganggap produsen senjata adalah "musuh" bagi regulasi kontrol senjata yang disusun Partai Demokrat. Dalam kampanyenya saja, Biden menyerukan pemboikotan terhadap produksi dan penjualan senjata serbu seperti AR-15.

Sebelumnya, penjualan senjata juga pernah melonjak setelah kampanye Presiden Barack Obama tahun 2008 dan 2012.

"Sebanyak 15,7 juta senjata yang terjual dalam satu tahun kalender ditetapkan pada 2016, ketika jajak pendapat menunjukkan bahwa Hillary Clinton akan memenangkan kursi kepresidenan, yang memotivasi banyak orang untuk membeli senjata api," ujar Direktur Urusan Publik National Shooting Sports Foundation Mark Oliva.

Clinton juga membuat kontrol senjata yang lebih ketat sebagai bagian dari kampanyenya pada tahun 2016, tepatnya setelah penembakan massal di gereja North Charleston AME 2015.

Menurut data Federal Bureau Investigation (FBI), penjualan senjata turun sebesar 8 persen pada tahun 2017. Pendapatan tersebut dilaporkan oleh Sturm Ruger, Vista, American Outdoor Brand (AOBC) dan unit Winchester dari Olin Corp (OLN). Penurunan itu memiliki nilai total USD 610 juta.

"Demokrat dan Republikan akan sama-sama mempertahankan regulasi mereka terkait pengawasan senjata," ujar Olivia.

 

Rekor Tertinggi

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Sementara, penjualan senjata pada tahun 2020 mencapai rekor tertinggi menjelang Pilpres. Oliva mengatakan penjualan senjata api Oktober naik 60 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu dan lebih dari 17 juta senjata terjual selama 10 bulan pertama tahun 2020.

Dia memperkirakan tren ini akan berlanjut hingga Desember.

"Kami sedang menuju liburan dan musim berburu, yang secara tradisional merupakan bulan-bulan terkuat untuk penjualan senjata api," kata Oliva.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Piyu Padi Reborn Angkat Meja Sampai Mau Lempar ke Yoyo

Posted: 12 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Padi Reborn dikenal dengan musik-musiknya yang enak didengar. Band yang beranggotakan Piyu (Gitar), Yoyo (Drum), Fadli (Vokal), Ari (Gitar) dan Rindra (Bass) ini merupakan salah satu band papan atas Indonesia. Sempat vakum selama tujuh tahun, Padi mengubah namanya menjadi Padi Reborn. 

Nama besar Padi Reborn di dunia musik Tanah Air tak melulu berjalan lurus. Padi sempat mengalami masalah di antara para personel. 

Hal itu membuat salah satu personel nyaris mengangkat meja lantaran naik darah. Seperti saat Ari Lasso menyambangi tempat bersejarah bagi Padi Reborn dan mengulik cerita tersebut.

 

Meja Bersejarah

Padi Reborn diwawancara Ari Lasso
Padi Reborn diwawancara Ari Lasso

Awalnya, Ari Lasso sedang berbincang dengan Fadli, Yoyo dan Ari. Ari menanyakan tentang meja bersejarah bagi band Padi. Sebab, di meja itulah, para personel Padi memutuskan untuk vakum hingga kembali aktif ngeband.

"Ini katanya dulu adalah meja dan tempat bersejarah di mana sebuah band besar, sahabat-sahabatku semua, teman perjuanganku dari Surabaya tujuh tahun sempat vakum dan bersatu lagi di rumah Pak Albert ini, di meja ini," kata Ari Lasso.

"Vakumnya juga di meja ini, kembalinya di sini juga," kata Ari, sang gitaris Padi Reborn.

 

Meja Nyaris Terbang

Padi Reborn diwawancara Ari Lasso
Padi Reborn diwawancara Ari Lasso

Yoyo mengungkapkan hal mengejutkan tentang meja tersebut. Dia bercerita bahwa meja tersebut nyaris terbang, lantaran salah satu personel sedang marah.

"Dan meja ini hampir mau terbang Ri," kata Yoyo kepada Ari Lasso.

"Kalau diginiin dengan tenaga 200 kuda bisa terbang. Sempet lompat tapi ada yang nahan," lanjut Yoyo.

 

Sosok

Padi Reborn meluncurkan single Ingat Pesan Ibu
Padi Reborn meluncurkan single Ingat Pesan Ibu

Rupanya sosok tersebut adalah Piyu. Lantaran satu hal, Piyu marah besar ke Yoyo hingga mau mengangkat meja.

"Siapa yang ngangkat?" tanya Ari Lasso.

"Anak gunung lah pasti," jawab Ari.

"Sing gondrong?" kata Ari Lasso.

"Ini apakah fakta atau mereka menyudutkan. Dia pasti ngangkat karena marah pada salah satu personel pasti?" tanya Ari lasso

 

Pemicu

Marahnya Piyu rupanya dipicu oleh salah satu personel.

"Waktu itu dipicu oleh salah satu personel," kata Ari, sang gitaris.

"Yang satu sing gondrong, yang satu sing gundul ya?" tanya Ari Lasso.

"Sebenernya dia nggak marah, cuma gemes aja," kata Yoyo tertawa.

"Oh kamu toh Yo, kenapa Yo?" tanya Ari.

"Ya biasalah rumah tangga band itu pasti ada slek-sleknya, pasti ada," jawab Yoyo.

 

Penyebab Vakum

Fadli mengungkapkan penyebab bandnya vakum selama tujuh tahun. Hal itu rupanya karena adanya masalah internal.

"Sudah benang kusut. Kita banyak masalah komunikasi. Sama-sama punya mau sendiri, pengin denger sendiri, dan nggak mau tahu dan nggak mau ketemu juga, ego meninggi. Jadi Mas Albert pertemukan kita di sini biar ketemu," kata Fadli. 

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andrea Iannone Dihukum Larangan Balapan 4 Tahun Atas Kasus Doping

Posted: 12 Nov 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pembalap asal Italia Andrea Iannone saat ini mendapat hukuman larangan balapan 4 tahun atas kasus doping yang dilakukannya. Sebelumnya, ia diketahui positif menggunakan doping Drostanolone pada November lalu di balapan MotoGP Malaysia.

Awalnya Andrea Iannone hanya diganjar dengan larangan membalap selama 18 bulan. Namun hukuman tersebut kini berubah setelah Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengajukan banding terhadap pembalap yang berjuluk "The Maniac Joe".

Atas banding dari WADA tersebut, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengabulkan banding tersebut. Alhasil hukuman untuk Andrea Iannone pun menjadi 4 tahun.

The Maniac Joe mengharapkan keadilan

Sanksi berat bisa menghampiri Andrea Iannone kalau terbukti bersalah menggunakan doping di MotoGP Malaysia (AFP)
Sanksi berat bisa menghampiri Andrea Iannone kalau terbukti bersalah menggunakan doping di MotoGP Malaysia (AFP)

Atas hukuman yang diterimanya dengan diganjar 4 tahun larangan balapan. Andrea Iannone bersikukuh bahwa ia tidak berniat untuk mengonsumsi obat terlarang tersebut. Ia pun mengaku tidak sengaja memakan obat tersebut.

Usai dijatuhi hukuman, ia pun tidak menyerah dan bertekad untuk terhindar dari larangan balapan empat tahun.

"Hari ini saya menerima ketidakadilan paling buruk yang bisa saya bayangkan," tulis Iannone di akun Instagramnya seperti dilansir Crash.

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 13 November 2020

16.55-17.40 WIB: FP1

20.30-21.15 WIB: FP2

 

Sabtu, 14 November 2020

16.55-17.40 WIB: FP3

20.10-20.40 WIB: FP4

20.50-21.05 WIB: Kualifikasi 1

21.15-21.30 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 15 November 2020

16.00-16.20 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Desak Pembentukan Pusat Data Terpadu UMKM Segera Dilakukan

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keluhan Menteri Keuangan Sri Mulyani ihwal sulitnya akses data pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mendapat tanggapan Komisi VI DPR RI.

Sejumlah anggota Dewan mengamini kesulitan yang diungkap Sri Mulyani, dan mendesak agar pembenahan pendataan UMKM segera dilakukan pemerintah.

Salah satu tanggapan datang dari Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Rudy Mukhtarudin. Menurutnya, kesulitan penyaluran bantuan serta pemberdayaan UMKM secara efektif selama ini diakibatkan masih tersebarnya sumber data pengusaha mikro dan kecil di berbagai instansi dan lembaga.

"Kesulitan hari ini banyaknya bantuan UMKM overlap, orangnya itu-itu juga (yang mendapat bantuan) tapi sumber datanya macam-macam, sehingga kita sulit bikin database yang akurat dan mudah dicari. Hari ini datanya UMKM tersebar di mana-mana, baik instansi bank atau nonbank, dan banyak overlap datanya," ujar Rudy dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Rudy menyebut, pendataan UMKM yang parsial diperparah dengan buruknya kualitas pencatatan pelaku usaha mikro dan kecil. Hal ini membuat banyak pelaku usaha yang harusnya tidak terdaftar sebagai UMKM akhirnya masuk kelompok ini.

Untuk mengatasi sengkarut persoalan data tersebut, ia mendorong agar reformasi pendataan pelaku UMKM segera dilakukan. Perbaikan bisa dilakukan dengan melibatkan seluruh instansi dan lembaga yang selama ini kerap terlibat dalam pemberdayaan UMKM.

"Penting bagi kita untuk segera melakukan reformasi besar-besaran terhadap update database UMKM Indonesia, sehingga jika diperlukan data tersebut cepat kita dapatkan dan tepat sasarannya, dan pembinaan jadi lebih gampang kita untuk menyisirnya," tuturnya.

Tanggapan senada disampaikan Anggota Komisi VI dari Fraksi PDI Perjuangan Deddy Yevri Hanteru Sitorus. Menurutnya, pembuatan pusat data UMKM terpadu harus segera dilakukan agar pembiayaan, pendampingan, dan pemberdayaan pelaku usaha mikro serta kecil bisa terintegrasi.

Deddy berkata, pusat data terpadu bisa meminimalisir potensi tumpang tindih program pemberdayaan atau penyaluran bantuan bagi UMKM. Dia menilai pendataan dan pemberdayaan UMKM selama ini sangat berbeda-beda, tidak terukur dan terkonsolidasi akibat buruknya pendataan.

"Masing-masing pihak jalan sendiri-sendiri, baik itu pemerintah (kementrian dan lembaga) maupun BUMN, Perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Cara yang selama ini kurang efisien, tidak efektif dan kurang sinergis," ujar Deddy.

UU Cipta Kerja Bakal Ciptakan Pasar UMKM yang Sangat Besar

Jakpreneur Buka Peluang Usaha dan Pengembangan UMKM Warga Jakarta di Tengah Pandemi
Jakpreneur Buka Peluang Usaha dan Pengembangan UMKM Warga Jakarta di Tengah Pandemi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pemerintah terus mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk segera bertranformasi digital. Hal itu dilakukan untuk menciptakan market yang besar bagi para pelakunya.

Tujuan tersebut turut tercantum dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, dimana 40 persen belanja pemerintah diharuskan untuk membeli produk UMKM. Menurut Teten, kebutuhan dari tiap instansi pemerintah akan barang UMKM kini banyak sekali.

"Jadi kita sudah punya market yang sangat jelas. Jadi tinggal kita siapkan, kita kurasi produknya, kita inkubasi model bisnisnya, kita masukin di e-catalog LKPP dan pasar digitalnya BUMN," ujar dia dalam sesi webinar, Kamis (12/11/2020).

"Kita punya market yang sangat besar. Belum yang 300 juta penduduk Indonesia. Itu market yang sangat besar," dia menekankan.

Teten menilai, jika pasar domestik dan digital untuk pembelian produk UMKM sudah tersedia dengan baik, maka perputaran ekonomi nasional akan tumbuh pesat.

Lebih lanjut, pemerintah disebutnya juga tengah fokus mendorong tranformasi UMKM berbasis kawasan, komunitas hingga rantai pasok. Secara praktik, para pelaku UMKM di daerah nantinya akan coba dikelompokkan ke dalam satu kawasan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Masih Pimpin Pasar Tablet Dunia

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple masih memimpin pengapalan tablet dunia pada kuartal III (Q3) 2020 berdasarkan data perusahaan riset, Canalys. Data ini diungkapkan dalam laporan mengenai pengapalan PC termasuk tablet di pasar global.

Dikutip dari laporan Canalys pada Jumat (13/11/2020), pengapalan iPad tumbuh 47 persen dibandingkan Q3 2019. Pengapalan tablet Apple mencapai 15,2 juta unit dengan 34,4 persen pangsa pasar.

Peringkat kedua ditempati Samsung dengan pengapalan 9 juta unit dan 20,4 persen pangsa pasar. Angka itu tumbuh 79,8 persen dibandingkan Q3 2019.

Huawei berada di peringkat ketiga. Pengapan tablet Huawei mencapai 5 juta unit dengan pasar pasar 11,5 persen, tumbuh 38,1 persen YoY.

Peringkat 4 dan 5

Peringkat lima besar di pasar tablet dunia ditempat oleh Amazon dan Lenovo. Pengapalan tablet Amazon mencapai 4,9 juta unit dengan 11,3 persen pangsa pasar, tumbuh 7,9 persen YoY.

Pada periode yang sama, pengapalan Lenovo 4,1 juta unit dengan 9,1 persen pangsa pasar. Pertumbuhan tahunan mencapai 58,9 persen.

Total pengapalan tablet mencapai 44,2 juta unit dengan pertumbuhan 43,3 persen YoY.

Pasar Tablet Bergerak Positif

Data pengapalan PC termasuk tablet di pasar dunia berdasarkan merek atau vendor (screenshot via www.canalys.com)
Data pengapalan PC termasuk tablet di pasar dunia berdasarkan merek atau vendor (screenshot via www.canalys.com)

Analis Canalys, Victoria Li, mengatakan pasar tablet mengalami pertumbuhan yang baik, terutama karena telah terjun bebas sejak 2015. Dua kuartal terakhir menjadi periode satu-satunya dengan pertumbuhan.

"Tablet telah kembali dari kematian karena menghadirkan keseimbangan sempurna antara kekuatan mobilitas dan komputasi pada berbagai rentang harga selama waktu yang genting ini," kata Victoria.

Menurutnya, tablet merupakan pilihan alami untuk pengguna pertama PC yang menginginkan sesuatu sederhana dan terjangkau untuk bekerja. Tablet dinilai akan menjadi bagian penting dari setiap transformasi digital di masa depan.

"Perkembangan alami tablet Android dan iOS mempermudah orangtua, pelajar, dan pendidik mencoba pembelajaran jarak jauh yang diperpanjang untk pertama kalinya dalam hidup mereka, serta yang lebih memilih kemudahan memasang aplikasi pada platform tersebut," jelasnya.

Secara keseluruhan, pasar PC dan tablet dunia tumbuh 22,7 persen YoY pada Q3 2020. Total pengapalan 124,4 juta unit.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia : Joan Mir Menuju Tangga Juara Dunia

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Balapan MotoGP berlanjut akhir pekan ini. Balapan kembali berlangsung di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia.

MotoGP Valencia merupakan kesempatan bagi Joan Mir untuk mengunci gelar juara dunia. Berada di puncak klasemen, pembalap Suzuki itu mengantongi 162 poin atau unggul 37 angka atas Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Dengan menyisakan dua seri lagi, artinya maksimal nilai yang bisa didapat adalah 50. Tapi, Joan Mir hanya membutuhkan 14 poin untuk mengamankan titel juara dunia.

Joan Mir hanya perlu finis di posisi ketiga dalam balapan MotoGP Valencia. Melihat penampilannya yang konsisten, bukan tak mungkin pembalap berusia 23 tahun bisa finis di posisi tiga besar.

Jadwal MotoGP Valencia

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Jumat, 13 November 2020

16.55-17.40 WIB: FP1

20.30-21.15 WIB: FP2

 

Sabtu, 14 November 2020

16.55-17.40 WIB: FP3

20.10-20.40 WIB: FP4

20.50-21.05 WIB: Kualifikasi 1

21.15-21.30 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 15 November 2020

16.00-16.20 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

Klasemen MotoGP

Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
1 Joan Mir Team Suzuki Ecstar 162
2 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 125
3 Alex Rins Team Suzuki Ecstar 125
4 Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP 121
5 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati Team 117
6 Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 117
7 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing 106
8 Takaaki Nakagami LCR Honda IDEMITSU 105
9 Jack Miller Pramac Racing 92
10 Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 90
11 Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati Team 77
12 Brad Binder Red Bull KTM Factory Racing 76
13 Johann Zarco Avintia Ducati 71
14 Alex Marquez Repsol Honda 67
15 Valentino Rossi Monster Energy Yamaha MotoGP 58
16 Francesco Bagnaia Pramac Racing 42
17 Iker Lecuona Red Bull KTM Tech3 27
18 Aleix Espargaro Aprilia Racing Team Gresini 27
19 Cal Crutchlow LCR Honda Castrol 26
20 Stefan Bradl Repsol Honda 16
21 Bradley Smith Aprilia Racing Team Gresini 12
22 Tito Rabat Avintia Ducati 10
23 Michele Pirro Pramac Racing 4
24 Lorenzo Savadori Aprilia Racing Team Gresini 0
25 Marc MarquezRepsol Honda 0

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengunjungi Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Suasana dalam lokasi Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)
Suasana dalam lokasi Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Suasana dalam lokasi Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Stan Innovative Ecological Demonstrative Region of Intelligent and Connected Vehicles dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)
Stan Innovative Ecological Demonstrative Region of Intelligent and Connected Vehicles dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Stan Innovative Ecological Demonstrative Region of Intelligent and Connected Vehicles dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Sebuah kendaraan otonomos dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)
Sebuah kendaraan otonomos dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Sebuah kendaraan otonomos dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Kendaraan otonomos dengan sel bahan bakar hidrogen dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)
Kendaraan otonomos dengan sel bahan bakar hidrogen dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

Kendaraan otonomos dengan sel bahan bakar hidrogen dipamerkan dalam Konferensi Kendaraan Teknologi Cerdas Dunia 2020 di Beijing, China, 12 November 2020. Konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka pada Rabu (11/11). (Xinhua/Ren Chao)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negatif Covid-19, Rossi Bakal Tampil di MotoGP Valencia

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik datang dari pembalap MotoGP Valentino Rossi. Setelah sempat dikabarkan kembali positif Covid-19, hasil tes kedua Rossi menunjukkan hasil negatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Kutip Ucapan Gus Dur Saat Diserang Pendukung Habib Rizieq

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani kembali menuai kontroversi terkait ucapannya di media sosial. Gara-gara memperkarakan kedatangan Habib Rizieq ke Indonesia pada 10 November, Nikira Mirzani mendapat kecaman dari beberapa tokoh agama. Bahkan massa berencana mengepung rumah Nikita Mirzani bila ia tidak meminta maaf terkait ucapannya itu.

Namun hal itu tak menggetarkan hati ibu tiga anak itu. Ia siap meladeninya. Melalui akun Instagram-nya, Nikita Mirzani malah mengunggah kutipan kalimat dari Presiden keempat RI Abdurrahaman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Orang yang masih terganggu dengan hinaan dan pujian manusia, dia masih hamba yang amatiran - Kh. Abdurrahman Wahid," bunyi kutipan tersebut yang diunggah Nikita Mirzani melalui Instagram Story-nya, Jumat (13/11/2020).

Amin

Habib Rizieq. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Habib Rizieq. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kutipan tersebut diunggah Niki, sapaan akrabnya, sambil mengamininya dengan gambar tangan diangkat ke atas seraya berdoa.

"Amiiin," tulis Nikita Mirzani.

Permasalahkan Kedatangan Habib Rizieq

Nikita Mirzani. (Herman Zakharia/Liputan6.com)
Nikita Mirzani. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Ucapan tersebut keluar dari mulut Nikita Mirzani saat sesi live Instagram baru-baru ini. Ia menilai penyambutan kedatangan Habib Rizieq dilakukan secara berlebihan dan merugikan banyak orang,

"Gara-gara Habib Rizieq pulang ke Jakarta, penjemputannya gila-gilaan," ucap Nikita Mirzani.

Tukang Obat

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)
Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)

Yang membuat geram sejumlah kalangan, saat Nikita Mirzani mengatakan Habib Rizieq adalah tukang obat. Apalagi ia menantang dan tak takut dengan para pendukung Habib Rizieq yang menyerang dirinya.

"Nama habib itu adalah tukang obat, screenshot...Nah nanti banyak antek-anteknya nih mulai nih ya, nggak takut gue juga," imbuh Nikita Mirzani di dalam video.

Dapat Kecaman

Unggahan Nikita Mirzani. (Instagram/ nikitamirzanimawardi_17)
Unggahan Nikita Mirzani. (Instagram/ nikitamirzanimawardi_17)

Sejumlah tokoh agama dibuat geram dengan perkataan Nikita Mirzani. Mereka pun mengancam akan mengepung kediaman bintang film Comic 8 itu, bila ia tidak meminta maaf.

"Apabila statement yang telah Anda sampaikan dalam waktu 1x24 jam Anda tidak mengklarifikasi dan tidak minta maaf, maka niscaya saya Habib Alwi Muhammad Al-Athos akan membuat LP untuk Anda dan umat Muslim akan memberi pelajaran kepada Anda." ucap Habib Alwi dalam sebuah video di Instagram-nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Mahir Jadi Montir Sepeda Angin di Kota Kediri

Posted: 12 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya- Sekitar 50 pemuda di Kota Kediri bersama-sama mengikuti kursus montir sepeda angin. Kursus ini diselenggarakan Pemkot Kediri di LPK Decca Comp & Technic dan SMA Al Anwar Kediri selama 20 hari sejak Rabu (11/11/2020).

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Kota Kediri Bagus Alit, selama pandemi Covid-19 bermunculan penggemar sepeda angin, sehingga peluang usaha bengkel sepeda terbuka lebar.

"Melihat kondisi ini kami memberikan pelatihan bengkel sepeda kepada 50 peserta," ujarnya seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (12/11/2020).

Pendaftaran pelatihan montir sepeda angina di Kediri diadakan secara daring. Seluruh berkas diproses via daring untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pemkot Kediri menerima 170 pendaftar dan berdasarkan seleksi terpilih 50 peserta pelatihan montir sepeda angin.

Selain pelatihan montir sepeda, Pemkot Kediri juga memiliki sejumlah program pelatihan lainnya, seperti tata boga, menjahit, tata rias, sampai meracik kopi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Apa Karakter 2 Calon Wali Kota Solo Gibran dan Bagyo Sesuai Weton?

Posted: 12 Nov 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seperti apa sosok dan karakter calon wali kota atau cawali Pilkada Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka dan Bagyo Wahyono sesuai tanggal lahir atau weton? 

Sejarawan dan pemerhati budaya Solo, Tunjung W Sutirto, memberikan analisisnya mengenai karakter dua calon wali kota atau cawali Pilkada Solo 2020 ini berdasarkan weton mereka.

Dalam budaya Jawa, karakter seseorang bisa dilihat berdasarkan tanggal lahir atau weton dalam kalender atau penanggalan Jawa. Hal ini telah menjadi pedoman selama ratusan tahun dan menjadi bagian dari keseharian masyarakat Jawa dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.

Sesuai daftar riwayat hidup Gibran Rakabuming Raka, suami Selvi Ananda itu lahir pada 1 Oktober 1987. Tunjung menjelaskan Gibran lahir bertepatan dengan penanggalan Jawa Kemis Legi, 7 Sapar 1920/07 Shafar 1408 H.

Orang dengan weton seperti Gibran dinilai memiliki karakter bertanggung jawab dan murah hati.

"Enak dalam pergaulan, selalu gembira, seperti tidak pernah susah. Sering kena fitnah, kuat tidak tidur malam hari, berhati-hati namun sering bingung sendiri. Paarasannya seperti lakuning lintang, yaitu suka menyendiri," jelasnya kepada Solopos.com pekan lalu.

Sedangkan untuk saptawara atau pancasuda Gibran, menurut Tunjung, yaitu Satrya Wibawa. Orang dengan pancasuda seperti itu biasanya memiliki karakter berwibawa dan berbudi luhur.

Ihwal ulasan itu, Tunjung mengaku menggunakan referensi portal Ki-Demang. Dengan memasukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran seseorang bisa dilihat weton, wuku, saptawara atau pancasuda-nya.

Sementara itu, berdasarkan portal online primbon, dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Gibran, diketahui bapak dua orang anak itu berweton Kemis Legi dan wuku Sinta. Namun, bagian pancasuda atau saptawara berbeda dengan ulasan Tunjung.

Merujuk pada laman tersebut, Gibran diibaratkan sebagai sumur sinaba. Orang dengan karakter seperti itu berjiwa sangat welas asih kepada sesama, bahkan menjadi tempat bernaung bagi orang yang menderita kesusahan. Ia selalu terbuka bagi siapa saja. Bahkan pada hari tua banyak yang datang menimba ilmu.

 

Weton Bagyo Wahyono

Lantas bagaimana dengan cawali Solo, Bagyo Wahyono? Menurut penanggalan Jawa lahir pada Kemis Pahing, 8 Ruwah 1892/8 Syaban 1380 Hijriah. Menurut Tunjung W Sutirto, orang dengan weton seperti Bagyo memiliki karakter berupa kesungguhan yang penuh perhitungan untuk mendapatkan untung dan suka menolong.

"Kalau rakamnya itu ibarat Mantri Sinaroja yang perlambangnya adalah memperoleh kemuliaan, mampu menjalankan tugas," ungkapnya. 

Sementara, paarasan orang ini adalah lakuning bumi yang berwatak melindungi, mengasuh, sabar, mengalah. Orang yang lahir pada tanggal ini mempunyai wuku tambir yang tinggi cita-cita dengan simbol burung prenjak.

"Aral bagi orang yang punya wuku Tambir menurut primbon Jawa adalah sering dijahili atau dikerjai orang. Orang dengan Wuku Tambir sering kali lesu fisiknya, sehingga bisa menjadi kehilangan semangat," sambung Tunjung.

Sedangkan merujuk pada portal Ki-Demang yang menjadi referensi Tunjung, sosok seperti Bagyo memiliki Pancasuda atau diibaratkan Lebu Katiyup Angin. Orang dengan pengibaratan itu sering dimaknai cita-citanya sering tidak kesampaian.

Namun merujuk portal online Primbon, orang dengan tanggal lahir itu diibaratkan sebagai wasesa segara. Yakni dikenal sebagai sosok yang penyabar, lapang dada, berbudi luhur, dan mempunyai kewibawaan.

Orang ini juga dikenal teliti dan berhati-hati dalam memutuskan segala sesuatu. Mereka juga suka berbicara terbuka, jujur, keras dan disiplin, tetapi tetap mempunyai tenggang rasa. Ihwal adanya beberapa perbedaan ulasan atau analisis tersebut, Tunjung mengakui karena memang banyak versi primbon.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko Dukung Usulan Hari Kebaya Nasional

Posted: 12 Nov 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendukung usulan penetapan Hari Kebaya Nasional. Moeldoko menilai kebaya dapat memperkuat identitas budaya Indonesia.

"Saya kira usulan Hari Kebaya Nasional perlu disiapkan, mulai dari historinya hingga latar belakangnya. Silakan disusun untuk nanti suratnya disampaikan ke Presiden Joko Widodo," ujar Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Dia mengaku siap mendukung penuh Hari Kebaya Nasional dan memikirkan bersama-sama penetapan tanggalnya. Kendati begitu, Moeldoko meminta adanya standar kebaya yang mencirikan identitas Indonesia dan cocok dengan generasi milenial.

Menurut dia, generasi milenial menjadi kunci dalam kampanye berkebaya. Moeldoko menekankan anak muda perlu ditantang untuk melakukan sesuatu yang bersifat aktualisasi, sehingga tumbuh rasa bangga memakai kebaya.

Dia berharap kebaya bisa mendapat pengakuan dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Untuk itu, Moeldoko mengatakan perlunya penetapan jenis kebaya yang komprehensif.

"Karena jenis kebaya Indonesia cukup banyak. Tapi intinya, kami siap mendukung penuh," ucap Moeldoko.

 

Ingin Jadi Ciri Khas

Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Rahmi Hidayati menyadari perlunya usaha untuk memperkenalkan kembali kebaya kepada generasi milenial. Terlebih, selama ini kebaya selalu indentik dengan ibu-ibu.

"Seperti sari dari India, kimono dari Jepang. Jadi kalau orang lihat perempuan pakai kebaya, langsung menyebut dari Indonesia," tutur Rahmi.

Rahmi ingin kebaya jadi ciri khas perempuan Indonesia. Dia pun berharap pemerintah dapat terlibat dalam kampanye kebaya dan mendeklarasikan Hari Kebaya Nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

23 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat, Aman dan Cepat

Posted: 12 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengatasi jerawat batu, sebenarnya bisa dilakukan tanpa obat. Hanya memerlukan ketelatenan karena jerawat ini lebih besar, keras, merah, dan menyakitkan. Coba saja cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat ini.

Cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat ini hanya menerapkan kebiasaan sehat dan andalkan bahan alami. Kebiasaan sehat yang diterapkan, ditujukan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Sementara bahan alami yang digunakan mengandung vitamin C, antioksidan, dan enzim lysonzim yang ampuh atasi peradangan.

Penerapannya juga mudah sekali di kehidupan sehari-hari. Jika bisa lebih telaten menerapkan berbagai cara menghilangkan jerawat tanpa obat yang diulas kali ini, efeknya akan lebih cepat didapat. Mulailah dari cara-cara yang sederhana.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat dari berbagai sumber, Jumat (13/11/2020).

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat

Ilustrasi membersihkan wajah | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi membersihkan wajah | Credit: pexels.com/pixabay

Bersihkan Wajah Rutin

Lakukan pembersihan wajah rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat. Terutama setelah bepergian atau beraktivitas seharian. Lakukan langkah-langkah yang benar saat membersihkan wajah, yaitu dengan metode double atau triple cleanser (setelah ber-makeup tebal).

Pelembap

Rajin menggunakan pelembap adalah upaya mengobati jerawat batu yang tepat. Cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat ini juga mudah sekali dipraktikkan. Penggunaan pelembap ini tak hanya penting bagi yang kulitnya kering. Kulit wajah berminyak juga perlu dihidrasi dengan pelembap.

Saat ini telah banyak tersedia produk pelembap dengan klaim oil-free dan non-comedogenic yang bisa coba digunakan. Pelembap jenis ini dapat membantu wajah tetap sehat dan mencegah produksi minyak yang berlebihan.

Perbaiki Pola Makan

Pola makan yang sehat tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh seperti jantung, otak dan sebagainya. Tapi, harus bisa menyehatkan kulit, termasuk kulit wajah. Jadi, pilih makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur dan buah untuk menu camilan setiap hari.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat

Ilustrasi memencet jerawat | Sumber: Freepik
Ilustrasi memencet jerawat | Sumber: Freepik

Tidak Memencetnya

Pada orang-orang berusia pertengahan 20 dan 30-an, jerawat terbuat dari kantong dalam sel darah putih dan ini tidak bisa dikeluarkan. Ketika berusaha memencetnya, jerawat justru akan menjadi berair dan semakin parah. Lebih baik hindari memencet jerawat sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat yang tepat.

Pembersih BHA

Pemilik jerawat batu direkomendasikan menggunakan produk pembersih yang mengandung asam salisilat dengan konsentrasi tinggi, yaitu BHA. Pembersih ini dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, mengelupas sel-sel kulit mati, dan mengeringkan jerawat.

Penting dilakukan ketika mengaplikasikan produk pembersih, diamkan selama beberapa saat. Tujuannya agar bahan aktifnya bekerja memberikan efek tertentu. Efek ini yang nantinya akan berdampak pada pemulihan jerawat batu.

Lindungi dari Polusi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asap, bahan kimia, dan racun di udara dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika Anda hidup di kota industri, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi. Namun, menggunakan tabir surya setidaknya bisa menciptakan penghalang antara kulit dan racun.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat

Ilustrasi minum air putih | Pexles
Ilustrasi minum air putih | Pexles

Jangan Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah secara langsung sebabkan munculnya jerawat dan menyebabkan jerawat jadi bertambah banyak. Tanpa disadari, Anda mungkin sering menyentuh wajah dengan menggunakan telapak tangan atau ujung-ujung jari. Hal ini dapat menciptakan peradangan dan dapat memindahkan kotoran tangan ke wajah yang bisa terperangkap dalam pori-pori kulit.

Minum Air Putih

Sekitar 80 persen tubuh manusia memang dipenuhi oleh cairan. Untuk itu, mencukupi cairan sehari-hari memang wajib dilakukan oleh setiap orang. Tubuh manusia yang diisi oleh cairan akan membuat kulit tampak lebih kenyal, bersinar, dan lembap.

Ganti Sprei Teratur

Perhatikan kebersihan barang-barang di sekitar terutama yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Sprei adalah salah satunya. Paling tidak jaga kebersihannya dengan lebih sering mengganti minimal dua minggu sekali. Kondisi sprei yang kotor dapat membuat kulit rentan berjerawat, dan memperparah kulit yang memang sudah berjerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat

Ilustrasi Madu | Credit: unsplash.com/Alexander
Ilustrasi Madu | Credit: unsplash.com/Alexander

Madu

6. Haluskan kunyit secukupnya dan tambahkan jeruk nipis serta 2 sdm madu.

7. Campurkan semua bahan tersebut hingga membentuk pasta.

8. Gunakan pasta tersebut sebagai masker dan diamkan selama 10 menit.

9. Bilas dengan air bersih.

Es Batu

1. Siapkan es batu dan kain penampungnya.

2. Tempelkan pada jerawat batu beberapa menit.

3. Ulangi sampai kemerahan pada kulit menghilang.

4. Jangan menekannya terlalu kencang karena bisa melukai jerawat.

5. Lakukan semalaman atau secara rutin agar hasil lebih maksimal.

Putih Telur

1. Pisahkan putih telur dari kuningnya.

2. Tambahkan air perasan lemon.

3. Oleskan campuran keduanya ke area yang berjerawat secara merata.

4. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Kulit Jeruk

1. Keringkan kulit jeruk dengan cara dijemur

2. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air

3. Oleskan campuran tersebut pada wajah hingga membentuk masker.

4. Tunggu hingga 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Kentang

1. Potong tipis 1 buah kentang yang sudah dikupas.

2. Letakkan potongan tipis tersebut di area yang berjerawat batu.

3. Diamkan selama 10 menit.

4. Bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat

Ilustrasi bawang putih | (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)
Ilustrasi bawang putih | (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)

Bawang Putih

1. Siapkan 1 siung bawang putih.

2. Potong menjadi beberapa bagian.

3. Tempelkan potongan bawang putih pada jerawat atau bekasnya.

4. Tunggu hingga 15 menit dan bersihkan.

Lidah Buaya

1. Belah bagian tengah lidah buaya dan ambil gelnya.

2. Haluskan gel tersebut dan gunakan sebagai masker.

3. Tunggu hingga mengering dan kemudian bilas dengan air bersih.

Lemon

1. Potong lemon menjadi dua bagian

2. Peras sehingga air perasan lemon keluar, kemudian tambahkan madu atau air mawar secukupnya.

3. Gunakan kapas atau cotton buds untuk mengoleskannya di bagian yang berjerawat

4. diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

Tomat

1. Potong buah tomat hingga tipis

2. Simpan potongan buah tomat tersebut di seluruh area wajah.

3. Biarkan selama 20 menit sampai mengering.

4. Bilaslah dengan air bersih setelah selesai.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Obat

Ilustrasi kunyit | (dok. FOODISM360/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi kunyit | (dok. FOODISM360/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Kunyit

1. Campurkan bubuk kunyit secukupnya dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen.

2. Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan minyak wijen tersebut ke seluruh bagian yang berjerawat.

3. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Jeruk Nipis

1. Ambil 3 buah jeruk nipis.

2. Belah semua jeruk nipis menjadi 2 bagian.

3. Tempelkan di area yang berjerawat dan tunggu hingga 15 menit.

4. Bilas menggunakan air hangat.

Cuka Apel

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

2. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan.

3. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu.

4. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit.

5. Tunggu hingga mengering.

6. Lalu bilas dengan air bersih.

Pepaya

1. Buat pepaya menjadi pasta.

2. Kemudian campurkan masker pepaya tersebut dengan air

3. Masker pepaya pun siap untuk digunakan.

4. Kamu tetap dapat menggunakan masker pepaya, walupun wajah sudah bersih dari jerawat.

Mengkudu

1. Buat buah mengkudu menjadi pasta.

2. Setelahnya, bubuhkan pasta mengkudu pada jerawat batu

3. Tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan ini secara rutin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Tarik Investor, UU Cipta Kerja Harus Ramah Lingkungan

Posted: 12 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Indonesia Berly Martawardaya menilai, pemerintah perlu menekankan pembangunan ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Sebab sebagai produsen minyak kelapa sawit dan batubara besar, Indonesia memainkan peran penting dalam penyebaran emisi gas rumah kaca atau emisi karbon.

Berly mengatakan, hal tersebut perlu diperjelas lagi dalam peraturan turunan dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Menurut dia, aturan tersebut harus bisa memfasilitasi pengembangan ekonomi dan energi ramah lingkungan selain kepentingan investasi.

"Kalau bisa ada komite yang agak berjarak, terdiri dari para pakar, tokoh masyarakat. Sehingga tak hanya kepentingan investor yang dilihat, tapi juga lingkungan dan masyarakat," kata Berly, Jumat (13/11/2020).

Lebih lanjut, ia mengapresiasi upaya pemerintah yang ingin terus mendorong pembangunan rendah karbon (LCD). Hal tersebut turut terpancar dari penamaan kelompok penanganan Covid-19, yakni Satuan tugas (satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

"Jadi saya suka sekali dengan nama komite kita, Komite Pemulihan dan Tranformasi. Sehingga kebijakannya juga harus sebagai turunan, juga harus selangkah," ujar dia.

"Bukan hanya recovery, bukan hanya back to normal, tapi juga recovery yang build better. Berarti porsi untuk APBN di LCD perlu ditingkatkan sebagai motor," tegasnya.

Menurut dia, langkah tranformasi ekonomi tersebut harus terus dilanjutkan dan dipercepat pada 2021 mendatang. Jangan sampai itu hanya diterapkan pada tahun ini, yang waktunya tidak banyak akibat pemerintah fokus menangani pandemi Covid-19.

"Tahun depan ini harus jadi kelanjutan dan akselerasi dari tahun ini yang katakanlah agak pendek waktunya. Jadi jangan tahun depan back to normal, karena krisisnya pandemi masih ada. Tapi transformasinya harus terus dilanjutkan," imbuh Berly.

Skema Izin Usaha di UU Cipta Kerja Dipertanyakan

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju foto bersama Pimpinan DPR usai pengesahan UU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). Rapat tersebut membahas berbagai agenda, salah satunya mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/JohanTallo)
Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju foto bersama Pimpinan DPR usai pengesahan UU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta (5/10/2020). Rapat tersebut membahas berbagai agenda, salah satunya mengesahkan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/JohanTallo)

Direktur Riset Indef, Berly Dhyatmika mempertanyakan terjadinya perubahan skema perizinan berusaha di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Di mana dari yang sebelumnya sama, kini perizinan diatur berbeda-beda sesuai dengan tingkat risikonya masing-masing.

"Jadi yang pertama simplenya ada yang dianggap risiko tinggi izinnya. Banyak dianggap prosesnya dan pengawasannya dianggap risiko rendah itu lebih sedikit izin dan pengawasannya, walaupun pertanyaan berikutnya adalah siapa yang meriset?," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Dia pun mempertanyakan, siapa yang meriset dan mengatur skema perizinan tersebut. Apakah dilakukan di pusat, pemerintah daerah, atau juga melibatkan akademsi yang mendesain skema perizinan tersebut.

"Khusus daerah hutan dan pedalaman juga tidak ada data di sana. Jadi secara konsep cukup teruji tapi ketersediaan data dan analitis di pemda cukup berbeda," jelas dia.

UU Cipta Kerja dibuat untuk mempermudah perizinan usaha dari yang awalnya berbasis izin menjadi berbasis risiko dan skala usaha. Ketentuan ini diatur dalam Pasal 7 BAB III. Tingkat risiko adalah potensi terjadinya bahaya terhadap kesehatan hingga lingkungan.

Untuk bisnis berisiko rendah perizinan usaha hanya cukup dengan Nomor Induk Berusaha (NIB). Bisnis berisiko menengah izinnya ditambah dengan pemenuhan sertifikat standar. Sedangkan yang berisiko tinggi membutuhkan persetujuan dari pemerintah pusat untuk memulai usaha.

Pada pasal berikutnya menyebutkan penghapusan izin lokasi dengan kesesuaian tata ruang. Kemudian integrasi persetujuan lingkungan dalam izin berusaha.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) hanya untuk kegiatan usaha berisiko tinggi terhadap lingkungan. UU Cipta Kerja juga menghapus syarat investasi yang ada dalam UU sektor, dan memindahkannya ke dalam Peraturan Presiden Daftar Prioritas Investasi.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cm Tayang Lagi di Bioskop Susul Pengabdi Setan, Mata Denny Sumargo Berkaca-kaca

Posted: 12 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah bioskop kembali dibuka. Masalahnya, stok film nasional dan impor belum banyak. Sejumlah film Indonesia box office lawas diputar lagi di bioskop salah satunya, 5 Cm yang dibintangi Fedi Nuril, Herjunot Ali, Raline Shah, Pevita Pearce, dan Denny Sumargo.

Mendengar kabar 5 Cm tayang lagi, Denny Sumargo terharu. Denny Sumargo paham, penayangan sejumlah film Indonesia box office lawas untuk memancing penonton kembali ke bioskop. Menumbuhkan kepercayaan publik kepada bioskop di era wabah tak mudah.

Denny Sumargo lantas bernostalgia tentang 5 Cm. Ia ingat betul, 5 Cm dirilis Desember 2012. Kala itu, geliat film nasional belum sebagus tiga tahun terakhir. Bahkan, pada 2011, film Indonesia terlaris hanya mengantongi 700 ribuan penonton.

 

Itu Bikin Bangga Banget

Adegan film 5 Cm. (Foto: Dok. Soraya Intercine Film)
Adegan film 5 Cm. (Foto: Dok. Soraya Intercine Film)

"Gue ingat banget, Desember 2012, bioskop dengan enam layar misalnya, empat di antaranya menayangkan film Indonesia yakni 5 Cm serta Habibie & Ainun. Itu bikin bangga banget," Denny Sumargo mengenang.

Dalam 5 Cm, ia memerankan Arial. Jam terbangnya di dunia seni peran belum tinggi. Peran Arial didapat Denny Sumargo lewat proses panjang. Tim Soraya Intercine Film berulang kali menghubunginya.

Gue Mau Nangis

Denny Sumargo. (Foto: Instagram @sumargodenny)
Denny Sumargo. (Foto: Instagram @sumargodenny)

"Waktu itu gue enggan menerima karena enggak yakin bisa akting. Bunda Dewi hampir tiap hari menghubungi gue. Produser Sunil Soraya sudah menjajaki beberapa aktor tapi belum ada yang cocok. Beliau bilang menemukan Arial di fisik gue," akunya.

Siapa sangka, Arial membuka jalan Denny Sumargo untuk eksis di layar lebar hingga kini. "Makanya kalau bahas 5 Cm tuh gue mau nangis, pasti berkaca-kaca karena film ini menandai babak baru karier gue," kata Denny Sumargo.

 

Industri Film Diuji Pandemi

Salah satu adegan film 5 Cm. (Foto: Dok. Soraya Intercine Film)
Salah satu adegan film 5 Cm. (Foto: Dok. Soraya Intercine Film)

Dirilis Desember 2012, 5 Cm menyerap 2,4 juta penonton. Karya sineas Rizal Mantovani ini menjadi film terlaris kedua tahun 2012. Denny Sumargo berharap 5 Cm ikut menumbuhkan kepercayaan publik untuk kembali ke bioskop.

Tentu, dengan mematuhi protokol kesehatan selama di bioskop. "Berharap banget ini bisa mendukung industri film dan perbioskopan yang tengah diuji pandemi Covid-19," ucap Denny Sumargo ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com via telepon, Kamis (12/11/2020). 

Kerja Sama Penonton Dibutuhkan

Denny Sumargo. (Foto: Instagram @sumargodenny)
Denny Sumargo. (Foto: Instagram @sumargodenny)

Melalui keterangan pers yang kami terima pekan ini, Produser Soraya Intercine Film menyebut 5 Cm segera hadir November hingga Desember 2020 di bioskop yang telah dibuka untuk umum.

"Kerja sama penonton dibutuhkan. Karenanya saya mengajak penonton jangan lupa menerapkan protokol kesehatan yang benar selama berada di area bioskop dan selama menonton," Sunil mengingatkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pejabat Pemilu AS 2020: Tak Ada Bukti Surat Suara Hilang atau Diubah

Posted: 12 Nov 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C- Para pejabat senior federal dan pemilu negara bagian AS mengatakan "tidak ada bukti" bahwa surat suara dari para pemilih hilang, diubah, atau sistem pemungutan suara yan dicurangi, dalam pilpres 2020.

Para pejabat yang bertanggung jawab atas keamanan pemilu di seluruh AS itu pun membantah klaim yang dibuat oleh Presiden Donald Trump dan Partai Republik, tentang terjadinya penipuan dan hilangnya surat suara yang menyebabkan kekalahannya dari Joe Biden dalam pemilu 2020. 

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (13/11/2020), dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Pemerintah Infrastruktur Pemilu AS, disebutkan bahwa "Pemilu 3 November adalah yang paling aman dalam sejarah Amerika".

"Tidak ada bukti bahwa sistem pemungutan suara dihapus atau kehilangan suara, ataupun suara yang diubah, dengan cara apa pun," tegas pernyataan tersebut. 

Meskipun kami tahu bahwa ada banyaknya klaim dan peluang yang tidak berdasar atas informasi yang salah tentang proses pemillu kami, kami dapat meyakinkan kalian bahwa kami memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap keamanan dan integritas pemilihan kami, dan kalian baiknya juga melakukan itu," lanjut pernyataan itu. 

Badan Koordinasi Pemerintah Infrastruktur Pemilu AS, merupakan badan publik-swasta di bawah Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur (CISA) AS.

Pernyataan tersebut ditandatangani oleh kepala Asosiasi Nasional Direktur Pemilihan Umum Negara Bagian AS, dan Asosiasi Nasional Sekretaris Negara AS - pejabat yang mengelola pemilihan di tingkat negara bagian - dan oleh ketua Komisi Bantuan Pemilu AS.

Klaim Donald Trump Soal Pengalihan Suara

Ilustrasi Pilpres AS 2020, Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi Pilpres AS 2020, Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Trump me-retweet klaim tak berdasar di laman Twitter-nya, yang mengatakan bahwa bahwa sistem pemungutan suara pemilu 2020 "menghapus" 2,7 juta suaranya di seluruh AS dan mengalihkan ratusan ribu suara darinya ke Biden di Pennsylvania dan sejumlah negara bagian lain.

Dalam postingan yang dibagikan pada 12 November 2020 itu, Trump me-retweet klaim yang menyebutkan: "LAPORAN: DOMINION MENGHAPUS 2,7 JUTA SUARA TRUMP SECARA NASIONAL".

"ANALISIS DATA MENEMUKAN 221.000 SUARA DI PENNSYLVANIA DIALIHKAN DARI PRESIDEN TRUMP KE BIDEN," sebutnya. 

941.000 SUARA TRUMP DIHAPUS. NEGARA-NEGARA BAGIAN YANG MENGGUNAKAN SISTEM PEMUNGUTAN SUARA DOMINION MENGALIHKAN 435.000 SUARA DARI TRUMP KE BIDEN," tulis Trump dalam laman Twitter-nya, yang juga mencantumkan akun @ChanelRion dan @OANN.

Sementara itu, postingan Trump tersebut tampak diberi label yang menyatakan bahwa 'klaim tentang kecurangan pemilu ini diperdebatkan' oleh pihak Twitter. 

Dominion Voting Systems Bantah Klaim Pengalihan Suara

Presiden Donald Trump berpartisipasi dalam upacara peletakan karangan bunga peringatan Hari Veteran di Pemakaman Nasional Arlington di Arlington, Virginia, Rabu (11/11/2020). Ini adalah penampilan resmi di publik pertama untuk Trump sejak Pilpres AS beberapa hari lalu. (AP Photo/Patrick Semansky)
Presiden Donald Trump berpartisipasi dalam upacara peletakan karangan bunga peringatan Hari Veteran di Pemakaman Nasional Arlington di Arlington, Virginia, Rabu (11/11/2020). Ini adalah penampilan resmi di publik pertama untuk Trump sejak Pilpres AS beberapa hari lalu. (AP Photo/Patrick Semansky)

Dalam tangapannya, perusahaan teknologi yang sistemnya digunakan secara luas dalam pemilu AS 2020, yakni Dominion Voting Systems, dan Pennsylvania Department of States dengan tegas membantah klaim dari Trump tersebut. 

Laman Fact Check AFP mengutip pernyataan dari seorang juru bicara Departemen Negara Bagian Pennsylvania, yang mengatakan bahwa pihaknya menolak klaim terkait 221.000 suara yang dialihkan.

"Tidak ada dasar faktual untuk klaim ini. Tuduhan penipuan dan aktivitas ilegal telah berulang kali dibantah dan ditolak oleh pengadilan. Serangan terhadap nilai-nilai inti Amerika dimaksudkan untuk merusak demokrasi kita, dan kita harus menolaknya," jelas juru bicara tersebut. 

"Pennsylvania akan melawan setiap upaya untuk mencabut hak pemilih. Kami akan melindungi pemilu ini dan proses demokrasi. Pennsylvania akan menghitung setiap suara, dan kami akan melindungi penghitungan setiap suara," lanjutnya. 

Adapun pernyataan dari Dominion Voting Systems, juga menolak tuduhan dalam postingan Trump tersebut, yang berbunyi: "Dominion secara tegas membantah klaim tentang pengalihan suara atau dugaan masalah pada perangkat lunak dengan sistem pemungutan suara kami". 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Umumkan Tersangka Baru Kasus Kebakaran Kejagung Jumat 13 November Siang Ini

Posted: 12 Nov 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bareskrim Polri akan mengumumkan tersangka baru kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Pol Ferdy Sambo mengatakan, pihaknya akan mengumumkan tersangka baru itu sekitar pukul 14.00 WIB hari ini, Jumat (13/11/2020).

"Iya (ada tersangka baru). Jam 14.00 WIB (diumumkan)," ujar Sambo saat dikonfirmasi soal kasus kebakaran Kejagung.

Sebelumnya, dalam kasus kebakaran ini polisi telah menetapkan delapan orang tersangka. Mereka adalah T, H, S, K, IS yang diduga menimbulkan api di ruang Biro Kepegawaian lantai 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Kemudian mandor berinisal UAN yang dituding lalai karena tak mengawasi anak buah saat bekerja. Selanjutnya, R Direktur Utama PT Arkan APM, pemasok cairan pembersih lantai yang di dalamnya mengandung bahan yang tidak sesuai dengan standar.

Terakhir, Pejabat Pembuat Komitmen Kejaksaan Agung berinisial NH. Ditetapkan sebagai tersangka lantaran dalam proses pengadaan terjadi kealpaan. Seharusnya, menurut Sambo, sebelum menandatangani proses kerja sama, NH mengecek bahan-bahan yang akan digunakan.

"Disimpulkan dari fakta yang ada bahwa kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung karena kelalain orang yang bekerja dan kelalaian dalam memilih bahan bahan yang mudah terbakar," kata dia, Jumat (23/10/2020).

 

Pastikan dari Puntung Rokok

Sambo memastikan kebakaran hebat yang menghanguskan gedung Kejaksaan Agung disebabkan karena api dari puntung rokok. Dia menyatakan, kesimpulan yang didapat tim penyelidik dan penyidik tak mengada-ada.

Menurut Sambo, sebelum penyelidik dan penyidik Polri menetapkan api dari puntung rokok sebagai penyebab kebakaran, pihaknya telah lebih dahulu berkoordinasi dengan para ahli.

"Dalam proses penyelidikan dan penyidikan, tim penyidik gabungan polri sudah profesional dan menggunakan ahli yang profesional di bidang kebakaran," kata dia.

Sambo mengatakan terdapat tiga puntung rokok yang dibuang pekerja bangunan ke dalam polybag yang berisi sampah.

"Ada tiga puntung rokok yang dibuang ke polybag. Di dalam polybag itu ada sampah-sampah," ujar Sambo saat dikonfirmasi, Sabtu (24/10/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situs Film Dewasa Tawari Mike Tyson Pekerjaan, Gajinya Rp1,4 Miliar

Posted: 12 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu situs film dewasa ternama, CamSoda berniat mempekerjakan mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson. Mereka bahkan bersedia menawarkan bayaran besar kepada Si Leher Beton.

Seperti dilansir Worldboxing, CamSoda menyampaikan niat ini lewat e-mail yang ditujukan kepada Mike Tyson. Dalam surat elektornik itu, Camsoda menyebutkan Mike Tyson berhak menerima gaji sebesar 100 ribu USD atau setara dengan Rp1,4 Miliar bila pria berusia 54 tahun tersebut bersedia.

Tidak hanya itu, Camsoda juga menyediakan fasilitas bagi Mike Tyson yang tengah mempersiapkan diri menghadapi laga eksebisi melawan Roy Jones Jr pada 28 November mendatang. Camsoda juga akan menanggung seluruh biaya perjalanan kru Tyson yang tengah mempersiapkan pertarungan tersebut.

Lalu, apa pekerjaan yang ditawarkan untuk Tyson?

 

Kepincut Cerita Penis Palsu

Mike Tyson dan Evande Holyfield bersama promotor tinju dunia Don King (Timothy A Clary/AFP)
Mike Tyson dan Evande Holyfield bersama promotor tinju dunia Don King (Timothy A Clary/AFP)

Dalam e-mail-nya, Camsoda ternyata tertarik menghadirkan Tyson sebagai pengawas bagi tes urin atlet yang akan bertarung. Camsoda kepincut setelah mendengar pengakuan Mike Tyson tentang penggunaan penis palsu dalam mengelabui hasil tes urine semasa aktif sebagai petinju profesional.

Dalam wawancara di saluran podcast Hotboxin with Mike Tyson, petinju kelahiran Brooklyn, New York, itu mengaku kerap mengelabui hasil tes urine dengan menggunakan alat bernama Whizzinator. Alat yang mirip kelamin pria itu memiliki kantong khusus yang mampu menampung cairan, termasuk urine. 

Dengan alat ini, Tyson berulangkali mengelabui petugas dengan memasukkan urine istri maupun anaknya ke dalam alat tersebut. Dengan demikian, hasil tesnya bersih dari obat-obatan terlarang. 

Camsoda pun tertarik dengan pengalaman Tyson. Kebetulan mereka ingin menggelar pertarungan di Thailand yang mewajibkan tes doping dan obat-obatan terlarang bagi seluruh atlet yang terlibat. Camsoda sendiri belakangan aktif terlibat dalam menggelar pertarungan mixed martial art (MMA). 

Mereka berniat mempekerjakan Tyson sebagai pengawas dalam tes tersebut.

Simak e-mail lengkap Presiden CamSoda, Daryn Parker kepada Tyson, pada halaman selanjutnya.

 

Email Lengkap CamSoda

Evander Holyfield berhasil memukul jatuh Mike Tyson pada ronde keenam dalam duel perebutan sabuk juara dunia kelas berat versi WBA di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, 9 November 1996. Holyfield akhirnya menang TKO atas Tyson. (AFP/JEFF HAYNES)
Evander Holyfield berhasil memukul jatuh Mike Tyson pada ronde keenam dalam duel perebutan sabuk juara dunia kelas berat versi WBA di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, 9 November 1996. Holyfield akhirnya menang TKO atas Tyson. (AFP/JEFF HAYNES)

Hi Mike Tyson 

Saya sangat tertarik mendengarkan podcast "Hotboxin" Anda minggu ini. Cerita Anda tentang penggunaan penis palsu untuk menghasilkan urin bersih untuk tes narkoba Anda sebelum bertanding telah memberi saya ide. Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi CamSoda, perusahaan webcam hiburan dewasa terkemuka, sebenarnya sangat terlibat dalam pertunjukan  pertarungan.

Kami memproduksi MMACard, CamSoda Legends, pada tahun 2018, dan beberapa orang menyebutnya sebagai pertarungan mma paling menghibur tahun ini selama acara Fight Circus kami Agustus lalu.

Dengan Fight Circus Vol. 2 akan berlangsung pada 21 November di Thailand, saya ingin secara resmi memberikan tawaran $ 100.000 bagi Anda untuk menjadi Koordinator Tes Narkoba untuk acara tersebut. Mengingat status Anda sebagai legenda ring tinju dan keahlian dalam melewati tes narkoba, kami pikir Anda memiliki kualifikasi yang baik untuk memberi tahu pejabat kami selama tes narkoba sebelum pertarungan mereka untuk memastikan bahwa semua orang mematuhi aturan.

 

Selanjutnya

Sebagai catatan, kami adalah pendukung penggunaan obat-obatan, bahkan kami memberikan bong kepada yang kalah selama Fight Circus pertama. Yang utama, kami ingin Anda mengawasi para kontestan yang mencoba curang dengan menggunakan doping. 

Saya tahu Anda akan menghadapi pertarungan besar pada tanggal 28," kata Parker. Kami bersedia menerbangkan seluruh tim Anda sehingga Anda dapat melanjutkan kamp pelatihan Anda di Thailand. Ada banyak harimau di sekitar, saya tahu Anda menyukai mereka.

Secara pribadi, saya adalah penggemar berat dan tidak sabar untuk melihat Anda dan Roy Jones Jr. bertarung habis-habisan. Jika tertarik, silakan hubungi saya… 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Dikembangkan Maksimal, PPSDM KEBTKE Kunjungi Lahan Hijau di Jawa Barat

Posted: 12 Nov 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Pengembangan SDM ESDM Prahoro Nurtjahyo melakukan visitasi ke Kampus Lapangan milik PPSDM KEBTKE di Desa cisarua dan Desa Kuta, Puncak, Bogor Jawa Barat pada Kamis (12/11). Kunjungan itu adalah bentuk komitmen pengembangan sumber daya manusia, serta upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya sektor ketenagalistrikan, energi baru terbarukan, dan konservasi energi.

Dalam kunjungan itu, Prahoro Nurtjahyo disambut Kepala Pusat PSDM KEBTKE, Laode Sulaeman beserta jajarannya.  Untuk diketahui, kampus lapangan PPSDM KEBTKE ini masih berupa lapangan hijau atau green field yang belum dilakukan proses pembangunan.

Potensi pembangunan yang dapat dikembangkan di kampus lapangan ini dapat berupa sarana prasarana diklat, guest house, serta adanya potensi pengembangan beberapa pembangkit energi terbarukan seperti PLT-Mikro Hidro, Biogas skala rumah tangga, PLT-Bayu serta PLT-surya. 

"Kami berupaya terus mengembangkan dan mengoptimalisasikan aset yang dimiliki oleh negara. Kedua lahan ini merupakan lahan milik negara yang dapat dioptimalisasikan menjadi ruang untuk sarana prasarana pengembangkan kompetensi SDM," ujar Prahoro Nurtjahyo. 

Prahoro mengatakan, untuk pengembangannya, diakuinya akan membutuhkan investasi yang cukup besar. "Akan tetapi kami harus berupaya agar investor dapat melirik potensi-potensi yang kita punya saat ini," tambahnya.

 

PPSDM KEBTKE.
PPSDM KEBTKE.

Laode Sulaeman juga menjelaskan, rencana pemanfaatan lahan-lahan yang mempunyai luasan sebesar 8.925 m2 di Desa Cisarua dan 23.765 M2 di Desa Kuta, juga dapat digunakan sebagai alternatif atau media sertifikasi kompetensi bagi pihak industri, akademisi, asosiasi maupun masyarakat umum nantinya. 

"Semoga rencana pengoptimalisasian aset-aset ini segera dapat direalisasikan secepatnya untuk terus memenuhi GAP kompetensi pengembangan SDM, dan PPSDM KEBTKE siap menjadi bagian dan partner terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi," ujar Laode. 

Nantinya aset lapangan yang saat ini dimiliki, akan dimanfaatkan untuk optimalisasi pelayanan pada masyarakat melalui perencanaan pelatihan dan sertifikasi yang lebih komprehensif. 

Dukungan kekuatan aset ini akan bermanfaat bagi peningkatan kuantitas dan kualitas layanan PPSDM KEBTKE sebagai badan layanan umum, tutupnya.

PPSDM KEBTKE berkomitmen dan mendukung, pada zona Integritas untuk menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Melalui "GOOD GOVERNANCE AND CLEAN GOVERNMENT", ragam upaya peningkatan layanan dilaksanakan di semua lini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Revitalisasi Tuntas, Pasar Prawirotaman Dukung Pemulihan Ekonomi Yogyakarta

Posted: 12 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan revitalisasi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta.

Revitalisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, lebih estetis (tidak kumuh), dan jadi pendorong percepatan pemulihan ekonomi lokal yang terdampak pandemi Covid-19.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengutarakan, konsep revitalisasi Pasar Prawirotaman tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya. Dengan begitu, selain sebagai pusat kegiatan ekonomi, Pasar Prawirotaman juga diharapkan dapat menjadi objek wisata di Kota Yogyakarta.

Terlebih lokasinya berada di antara kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta dengan kawasan wisata Pantai Parangtritis.

"Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan pemerintah daerah," kata Menteri Basuki, Jumat (13/11/2020).

Revitalisasi Pasar Prawirotaman mulai dikerjakan sejak 15 Oktober 2019 dengan penyedia jasa kontruksi lokal. Di antaranya PT Putra Jaya Andalan sebagai Kontraktor Pelaksana, serta PT Arss Baru dan PT Wastu Anotama (Kerja Sama Operasi/KSO) sebagai Manajemen Konstruksi. Lingkup pekerjaannya meliputi renovasi secara menyeluruh dengan anggaran sebesar Rp 67,7 miliar.

Bangunan pasar terdiri dari 5 lantai dengan kapasitas 619 kios dan los. Lantai paling bawah (basement) didesain untuk pasar tradisional berupa 4 los dan parkiran berkapasitas sekitar 385 unit motor dan 8 mobil.

Lantai I untuk 13 kios dan 185 los, lantai II untuk 265 los, lantai III untuk 152 los, dan lantai IV akan dimanfaatkan untuk co-working space yang pembangunannya dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Saat ini, Pasar Prawirotaman tengah memasuki tahap sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) dan Sertifikat Laik Fungsi.

Pasar yang berlokasi sekitar sekitar 2,5 Km dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan sekitar 15,6 Km dari Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta ini telah dilengkapi instalasi proteksi kebakaran, lift dan travelator, instalasi penangkal petir, genset, pengelolaan sanitasi dan air bersih.

Revitalisasi Pasar Prawirotaman Yogyakarta Rampung Juni 2020

Revitalisasi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta. (Dok Kementerian PUPR)
Revitalisasi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Kota Yogyakarta. (Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai revitalisasi Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, Brontokusuman, Yogyakarta. Revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang tertata dan tidak kumuh.

"Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan pemerintah daerah," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (10/12/2019).

Revitalisasi Pasar Prawirotaman telah dimulai sejak 15 Oktober 2019 dengan masa pelaksanaan selama 240 hari, dan target selesai 11 Juni 2020. Lingkup pekerjaannya meliputi renovasi secara menyeluruh dengan anggaran sebesar Rp 67,7 miliar.

Selama satu bulan konstruksi hingga 22 November 2019, pembangunan fisik pasar tersebut telah mencapai 2,8 persen.

Proses revitalisasi yang dilakukan Kementerian PUPR tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya. Pasar Prawirotaman diharapkan juga dapat menjadi objek wisata di Kota Yogyakarta, terlebih lokasinya berada di antara kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta dengan kawasan wisata Pantai Parangtritis.

Lokasi Pasar Prawirotaman dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat hanya sekitar 2,5 km atau 8 menit ditempuh dengan kendaraan. Sementara dari Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta berjarak 15,6 km atau butuh waktu sekitar 27 menit.

Kriteria pasar yang akan dikerjakan yakni diutamakan 9 pasar yang mengalami bencana kebakaran, lahan milik pemerintah daerah dan tidak dalam sengketa, serta bukan kategori pasar rakyat tipe A, B, C, dan D.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eri Cahyadi Janji Pertahankan Surabaya Sebagai Kota Ramah Bisnis

Posted: 12 Nov 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkomitmen akan mempertahankan Surabaya sebagai kota ramah bisnis dengan warga lokal sebagai sasaran utama agar menyerap lapangan kerja.

"Salah satu caranya, kerja sama dengan dunia usaha untuk menyerap 50 persen tenaga kerja lokal," kata Eri Cahyadi di Surabaya, Kamis (12/11/2020).

Eri mengatakan saat menjadi sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, pihaknya sudah menandatangani MoU yang berisi karyawan di tiap perusahaan baru, minimal 50 persen ber-KTP Surabaya.

Nantinya, perizinan tersebut harus mencantumkan nama-nama karyawannya yang nantinya dimasukkan ke database Pemerintah Kota Surabaya.

Untuk mewujudkan program itu, Eri menyiapkan sertifikasi keahlian gratis bagi warga misalnya ada perusahaan akan berdiri dan membutuhkan ahli teknologi informasi, maka Pemkot Surabaya menyiapkan sertifikasi bidang TI untuk warga secara gratis agar bisa terserap ke perusahaan itu.

"Jadi ini win-win solution. Warga berdaya saing dan bisa terserap dunia kerja, di sisi lain investor mudah mendapatkan talenta terbaik warga Surabaya," katanya seperti dikutip dari Antara.

UMKM juga bakal jadi fokus untuk pemulihan ekonomi. Selain itu, Eri Cahyadi mengatakan pihaknya ada program 30.000 UMKM naik kelas per tahun.

"Kami sudah rancang indikator UMKM naik kelas. Kami akan membawa UMKM bangkit dari pandemi melalui pendampingan, pelatihan, akses modal bersubsidi, fasilitasi pemasaran, branding, dan sebagainya," ujar Eri.

Ke depan UMKM akan menjadi kekuatan ekonomi rakyat. Termasuk riset pasarnya juga difasilitasi, sehingga UMKM tahu harus produksi barang apa yang bisa mudah diterima konsumen.

Dari sisi pemasaran, pendampingan akan dilakukan dalam beberapa strategi, seperti pemasaran digital berbasis media sosial.

"Setiap UMKM di Surabaya harus memahami algoritma media sosial bekerja, sehingga bisnisnya terpromosikan dengan baik. Kami akan dampingi, termasuk kerja sama dengan marketplace nasional," ujarnya.

Dengan program pendampingan tersebut, Eri yakin pendapatan UMKM akan terus meningkat. "UMKM juga akan bisa membuka lapangan kerja bagi warga," ujarnya.

Komiten pertahankan Surabaya sebagai kota ramah bisnis tersebut sering disampaikan Eri Cahyadi saat pertemuan dengan warga. Terakhir Eri Cahyadi berdialog dengan warga di Jalan Tambak Pring Barat Blok 1, RT 06 RW 08, Kelurahan Asemrowo, Kecamatan Asemrowo, Surabaya, Rabu (11/11/2020).

Diketahui, Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Machfud Arifin Bentuk Satgas Gebrak

 

Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman membentuk Satgas Gerakan Bersama Anti Kecurangan (Gebrak). Tujuanya, untuk mengantisipasi segala bentuk kecurangan di Pilkada Surabaya 2020.

Gebrak terdiri dari satgas delapan partai politik pengusung Machfud Arifin-Mujiaman, yakni Garda Bangsa PKB, Gerakan Pemuda Kabah PPP, Garda Baret Nasdem, Garda Merah Putih Gerindra, Satria Demokrat, Angkatan Muda Pembaharuan Golkar, dan lainnya.

"Spirit kami solid melawan kecurangan dan ketidakadilan," ujar Koordinator Gebrak Asrori Muslich, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (9/11/2020).

Ia menduga ada pihak yang melakukan kecurangan dengan melanggar aturan yang ada untuk memenangkan jagonya seperti halnya penggunaan APBD untuk kampanye terselubung, ketidaknetralan ASN, penyalahgunaan wewenang dan lainnya. Oleh karena itu, ia mendorong masyarakat untuk ikut mengawasi agar Pilkada Surabaya dapat berjalan jujur dan bermartabat. 

Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 01 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI. Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 02 diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Heroik Bidan Bantu Ibu Melahirkan di Pasar Pabean Surabaya

Posted: 12 Nov 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aksi heroik seorang bidan di Surabaya, Jawa Timur, ini menuai kagum. Dengan sigap tanpa dilengkapi alat pelindung diri (APD) karena keadaan darurat, seorang bidan membantu ibu melahirkan di Pasar Pabean Surabaya pada Senin, 9 November 2020.

Saat itu terdengar suara perempuan teriak histeris minta tolong. Naluri sebagai seorang tenaga kesehatan membuat ia menghampiri dan menolong. Ternyata benar terlihat seorang perempuan hamil terkulai lemas menahan sakit seperti hendak melahirkan. Ia membantu ibu tersebut untuk menjalani persalinan darurat di Pasar Pabean, Surabaya. pada Senin, 9 November 2020.

Bidan itu bernama Siti Indriyani. Ia membantu persalinan tanpa dilengkapi APD sesuai protokol kesehatan karena memang terjadi dalam kondisi darurat.

Dengan susah payah dan peralatan seadanya saat itu, Siti Indriyani membantu persalinan ibu yang ternyata bayinya dalam kondisi sungsang.

"Satu kaki terlebih dahulu keluar, sehingga saya melakukan pertolongan mengeluarkan kaki satunya lagi. Setelah keluar kedua kaki, saya keluarkan perut dan bahu si jabang bayi. Setelah sampai di kepala ternyata ada tiga lilitan tali pusat di leher bayi. Untuk menyelamatkannya saya regangkan lilitan tali tersebut dengan hati-hati satu persatu sampai bayi keluar utuh," ujar Indriyani--sapaan karibnya--seperti dikutip dari laman koarmada2.tnial.mil.id, Jumat, (13/11/2020).

Ia menuturkan, bayi akhirnya bisa keluar secara utuh dan sempurna tetapi tidak menangis, dan menunjukkan gejala hipoksia.

"Kurang lebih 15 menit bayi belum menangis juga, saya segera lakukan resusitasi jantung, dan rangsangan dengan menepuk-nepuk punggung bayi sampai beberapa kali sambil menghangatkan badan bayi dengan kain seadanya yang ada di pasar itu. Alhamdulilah bayi tersebut mulai tersedak dan akhirnya menangis dengan kencang," ujar dia.

Ia menuturkan, setelah bayi menangis, untuk memotong tali plasenta yang masih melekat, ibu dan bayi segera dirujuk ke RS Muhammadiyah Surabaya. RS itu terletak dengan lokasi kejadian. Hal ini agar plasenta bayi dapat dipotong dengan alat steril. Ibu juga mendapat perawatan lebih lanjut.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dapat Kepercayaan Beri Nama Sang Bayi

Indriyani menuturkan, jika sang bayi yang berjenis kelamin laki-laki tersebut diberi nama Wira Ananta Rudira, yang berarti tabah sampai akhir dan tidak lain adalah motto dari Satsel tempat suaminya berdinas.

Hal itu dilakukannya untuk memenuhi permintaan kedua orangtua bayi yang merupakan warga Pesapen, agar dirinya yang memberi nama sang bayi karena telah ikhlas menolong persalinan anak mereka yang tergolong sulit.

Bidan Siti Indriyani merupakan istri dari Serda Rudi Hermanto, yang sehari-hari berdinas di KRI Cakra-401 Satuan Kapal Selam Koarmada II. Ia sendiri adalah seorang bidan yang bertugas di Dinas Kesehatan Koarmada II sejak 2017.

Sementara itu, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan melalui Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. I Ketut Tirka Nandaka, mengapresiasi positif tindakan terpuji yang dilakukan oleh Bidan Siti Indriyani.

Ia berharap hal serupa juga dilakukan oleh seluruh prajurit dan PNS Koarmada II untuk peka terhadap kesulitan masyarakat di sekeliling, dan menjunjung budaya saling tolong-menolong di mana pun berada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaikindo Minta Pemerintah Permudah Masyarakat dalam Mendapatkan Kendaraan Baru

Posted: 12 Nov 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara menilai, sudah saatnya pemerintah membantu mempermudah masyarakat dalam memiliki kendaraan baru di tengah pandemi Corona Covid-19.

Menurutnya, dari sisi kesehatan, memiliki kendaraan pribadi akan membuat masyarakat lebih aman saat berpergian. Dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, tentu perekonomian Indonesia bisa bergerak kembali.

"Kami sampaikan konsumen perlu dibantu banyak agar kami pelaku industri bisa tetap produksi. Sebab industri otomotif ini memiliki pengaruh ke sektor lain," katanya di acara diskusi virtual bersama Forwot dan Forwin, Kamis (12/11).

Selain itu, Kukuh memberikan contoh bila 80 persen pembelian kendaraan bermotor menggunakan jasa keuangan, belum lagi adanya sektor asuransi, dan UMKM yang memasok komponen.

"Kalau otomotif tumbuh maka utilisasi pabrik yang meningkat bisa menyerap lagi tenaga kerja di sektor ini," ujarnya.

Tanpa dukungan pemerintah, Kukuh menilai hal ini akan sangat berat bagi para anggota Gaikindo untuk dapat memenuhi target produksi sebesar 600 ribu unit di tengah pandemi.

"Kami hanya punya sisa 2 bulan untuk mengejarnya. Apalagi kalau sudah Desember, itu pasti masyarakat sudah memilih untuk liburan dan menunda membeli sampai tahun depan," tuturnya.

Pajak Nol Persen

Gaikindo juga meyakini bila Kemenkeu tidak sepenuhnya menolak usulan pemberian insentif pajak nol persen untuk pembelian kendaraan baru.

"Belum ditolak, tetapi dalam kajian. Kemenkeu masih melihat apakah kajiannya ini betul berdampak positif bagi perekonomian,"

"Mudah-mudahan ada upaya lain yang bisa mempercepat pulihnya industri kendaraan bermotor. Kalau masyarakat diberi stimulus, kami menunggu karena bisa membantu untuk bangkit," kata Kukuh.

 

Usulan Dianggap Tepat

Selain itu, Direktur Program INDEF, Esther Sri Astuti menilai upaya Kemenperin mengusulkan keringanan pajak pembelian kendaraan sudah tepat untuk menggerakkan perekonomian.

Sebab, pandemi Covid-19 terbukti telah mengurangi konsumsi akibat daya beli yang berkurang.

"Karena sebagian masyarakat sudah hilang pekerjaan atau berkurang pendapatannya. Pemerintah seharusnya bisa melakukan intervensi dengan memberikan insentif fiskal," ujar Esther.

Meski demikian, ia menjelaskan Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu perlu melakukan kajian sebelum menyetujui pemberian insentif tertentu.

"Usulan pajak nol persen untuk kemungkinan kajiannya baru selesai tahun depan dari BKF," pungkasnya

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer yang Utama, Cara Kerja dan Jenisnya

Posted: 12 Nov 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, internet memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Pasalnya, internet bisa menyediakan beragam informasi serta media untuk berkomunikasi yang tentu tidak terbatas jarak bagi penggunanya.

Meski memiliki beragam manfaat yang bisa memudahkan kehidupan manusia, namun internet juga dapat memberikan risiko yang berdampak negatif bagi penggunanya. Salah satunya perihal keamanan dan berbagai data pribadi yang semakin mudah diakses orang lain.

Maka tidak heran apabila para pengguna nternet membutuhkan sistem perlindungan yang bisa melindungi komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengakses internet dari berbagai ancaman. Sistem perlindungan tersebut yang dinamakan firewall.

Fungsi firewall pada jaringan komputer berguna untuk melindungi dari berbagai macam serangan komputer asing. Apabila dalam sebuah komputer terdapat sistem pengamanan firewall, maka bisa menjadim jika data komputer atau server web yang terhubung tidak bisa diakses oleh siapapun di internet.

Biasanya, firewall bisa mendeteksi apabila terjadi kejanggalan seperti pihak lain yang mencoba mengakses informasi pribadi, maka secara otomatis kegiatan tersebut akan dianggap ancaman dan diblokir oleh firewall. Fungsi firewall pada jaringan komputer bisa digunakan pada software, hardware, maupun berbagai sistem yang terdapat dalam komputer.

Selain fungsi firewall pada jaringan komputer tersebut, juga perlu dipahami bagaimana cara kerja serta manfaat adanya firewall. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja fungsi firewall pada jaringan komputer serta penjelasan lengkap mengenai cara kerja dan manfaat yang bisa didapatkan, Jumat (13/11/2020).

Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Ilustrasi komputer (pixabay.com)
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

1. Mengontrol dan Mengawasi Arus Paket Data

Fungsi firewall pada jaringan komputer yang pertama berguna dalam mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan. Fungsi firewall tersebut juga mencakup modifikasi paket data yang datang dan mampu menyembunyikan sebuah IP address.

 

2. Menjadi Pos Keamanan Jaringan

Selanjutnya, fungsi firewall pada jaringan komputer mampu mengontrol lalu lintas data ketika mengakses jaringan privat yang dilindungi. Seluruh lalu lintas baik yang keluar atau masuk jaringan harus melewati firewall agar dilakukan pemeriksaan, baik dengan cara menyaring, membatasi atau bahkan menolak. Firewall sendiri yang akan bekerja menurut kriteria seperti alamat IP dari komputer sumber, Port TCP/UDP sumber, alamat IP dari komputer tujuan, Port TCP/UDP tujuan, serta informasi yang berasal dari header.

 

3. Mencatat Aktivitas Pengguna

Ketika pengguna komputer mengakses sebuah data, maka firewall akan mencatatnya sebagai dokumentasi (log files). Adanya catatan data tersebut yang akan digunakan untuk mengembangkan sistem keamanan komputer. Kemudian, fungsi firewall yaitu untuk melakukan otentifikasi terhadap akses ke jaringan.

 

4. Mencegah Bocornya Informas

Fungsi firewall pada jaringan komputer tidak hanya sekedar mencatat aktivitas pengguna. Firewall juga mampu mencegah kebocoran informasi yang berharga. Mudahnya, firewall yang akan mencegah pengguna mengirim file berharga yang sifatnya konfidensial atau rahasia ke pihak lain tanpa disadari.

Cara Kerja Firewall

Ilustrasi (AFP)
Ilustrasi (AFP)

Pertama, cara kerja firewall dengan menganalisis paket data yang keluar dan masuk ke dalam lingkungan yang dilindungi oleh sistem firewall. Apabila di antara Paket data tersebut dirasa janggal maka secara otomatis akan ditolak untuk masuk ataupun keluar jaringan komputer yang dilindungi.

Kedua, filter firewall akan bekerja dengan melakukan proses pemeriksaan sumber dari paket data yang masuk untuk mengontrol dari mana saja paket yang diperbolehkan masuk. Sistem firewall juga akan melakukan proses pemblokiran pada jenis jaringan tertentu dan juga mencatat lalu lintas paket data yang dianggap mencurigakan.

Berbagai Jenis Firewall di Jaringan Komputer

ilustrasi sistem komputer, sistem informasi - kredit: Geralt via Pixabay
ilustrasi sistem komputer, sistem informasi - kredit: Geralt via Pixabay

Setelah memahami apa saja fungsi firewall pada jaringan komputer dan cara kerjanya, tidak lengkap apabila belum mengetahui beragam jenis firewall yang ada pada jaringan komputer.

1. Circuit Gateways

Circuit Gateways beroperasi di lapisan transport pada jaringan, di mana sebuah koneksi diautorisasi berdasar alamat. Circuit Gateways akan mencegah koneksi langsung antar jaringan. Circuit Gateways umumnya tidak bisa memonitor lalu lintas data yang mengalir di antara satu jaringan ke jaringan lainnya.

 

2. Packet Filtering Router

Packet Filtering Router berfungsi untuk memfiltrasi paket data berdasar alamat serta pilihan yang sudah ditentukan pada paket tersebut. Jenis firewall ini akan bekerja dalam level internet protocol (IP) yang memiliki wewenang dalam keputusan mengenai tindakan selanjutnya.

 

3. Application Gateways

Application Gateways atau biasa juga disebut sebagai firewall berbasis proxy. Application Gateways berjalan di level aplikasi dan mampu mempelajari informasi di level data aplikasi. Application Gateways punya beberapa kelebihan salah satunya lebih aman dibandingkan Packet Filtering Router. Terutama dalam hal audit dan mendata semua aliran data yang masuk di level aplikasi.

 

4. Hybrid Firewalls

Jenis firewall selanjutnya ini merupakan jenis campuran. Hybrid Firewalls menggunakan hampir semua elemen-elemen dari satu atau lebih jenis firewall. Hybrid Firewalls sebenarnya bukan sebuah inovasi baru. Terdapat jenis firewall komersial seperti DECSEAL yang sudah menggunakan proxy pada bastion hosts.

Manfaat Firewall pada Jaringan Komputer

Ilustrasi WFH Credit: pexels.com/Ekaterina
Ilustrasi WFH Credit: pexels.com/Ekaterina

Kemudian, dari beragam penjelasan mengenai fungsi firewall pada jaringan komputer hingga cara kerja dan jenisnya, maka apa sebenarnya manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan firewall? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pertama, firewall bisa menjaga berbagai informasi rahasia dan berharga milik pengguna yang besar kemungkinan menyelinap keluar tanpa izin pemilik tersebut.

Kedua, firewall akan sangat bermanfaat sebagai filter yang digunakan dalam rangka mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan.

Ketiga, adanya firewall punya peran lain seperti modifikasi paket data yang ada di firewall yang disebut dengan Network Address Translation (NAT).

Kelima, dengan menggunakan firewall sangat dipercaya dalam menunjang akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dan masih banyak lagi.

Jadi, jangan lupa pasang sistem firewall tersebut di komputer kesayanganmu, ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kreasi Minuman Buah dan Susu Terbaru dari Kopi Kangen, Dinikmati Dingin Lebih Baik

Posted: 12 Nov 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Konsep kolaborasi dalam berbagai lini tak jarang menghadirkan suguhan yang menarik. Salah satunya seperti yang diperkenalkan Kopi Kangen menggandeng minuman Sjora Nestle Mango Peach lewat empat varian minuman teranyar.

Adapun varian terbaru Kopi Kangen tersebut terdiri atas Kangen Enjel, Kangen Mahmud, Kangen Berry dan Kangen Vania. Minuman terbaru ini tersaji lewat paduan Sjora Nestle yang terbuat dari campuran jus dan susu.

"Sudah jadi komitmen kuat kami untuk selalu menghadirkan kreasi baru, dan di tengah pandemi ini," ungkap Penggagas Kopi Kangen William Heuw dan Chris Erlando dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Setiap varian minuman memiliki isian dan campuran yang berbeda. Sebut saja Kangen Enjel berisi paduan Sjora Mango Peach dan rainbow jelly dan Kangen Mahmud dilengkapi paduan Sjora Mango Peach dengan black tea.

Lalu, untuk Kangen Vania merupakan perpaduan Sjora Mango Peach dan es krim vanila. Tak ketinggalan, Kangen Berry berisi campuran Sjora Mango Peach dan es krim stroberi.

Kopi Kangen berinovasi dengan meluncurkan minuman menyegarkan yang dapat dinikmati usai berolahraga. Keempat varian minuman campuran buah dan susu ini dijual seharga Rp22 ribu--Rp25 ribu.

Campuran dari buah, susu dan teh dalam setiap varian minuman terbaru Kopi Kangen ini menyajikan kolaborasi rasa dari manis, asam, dan lembut. Tentunya akan terasa lebih nikmat jika disajikan dingin dengan es di atasnya.

Virtual Fun Ride

Kopi Kangen berkolaborasi dengan Sjora Nestle Mango Peach dan menghadirkan empat varian minuman baru. (dok. Istimewa)
Kopi Kangen berkolaborasi dengan Sjora Nestle Mango Peach dan menghadirkan empat varian minuman baru. (dok. Istimewa)

Sementara, Pengelola Kopi Kangen Fenny Chandra dan Lisa Wardoyo menyampaikan, fenomena demam bersepeda turut dimanfaatkan Kopi Kangen yang turut menggandeng Baron Cyclist Cafe untuk menggelar ajang First Virtual Fun Ride.

Kopi Kangen mengajak masyarakat untuk berpartisipasi gelaran virtual fun ride mulai 2--16 Desember 2020. Ada beragam hadiah menarik yang ditawarkan. mulai dari sepeda lipat, helm, speedometer, hingga smartwatch.

Sebanyak 50 peserta yang mampu mencatat jarak tempuh lebih dari 150 kilometer melalui penggunaan aplikasi Gerak berhak ikut dalam undian hadiah utama. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi situs web Kopi Kangen.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Sancho, MU Incar Satu Lagi Pemain Dortmund

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) kembali dikaitkan dengan pemain muda Borussia Dortmund. Jika sebelumnya winger Jadon Sancho, kini MU dikabarkan membidik bek tengah Dan-Axel Zagadou.

Pmain 21 tahun itu sudah menghabiskan tiga tahun bersama Dortmund sejak direkrut dari Paris Saint Germain. Zagadou telah tampil sebanyak 60 kali bersama Dortmund.

MU diklaim Calciomercato tertarik dengan bakat besar Zagadou. Setan Merah konon akan mencoba merekrutnya pada tahun 2021 nanti.

Saat ini MU memang membutuhkan bek baru karena lini belakang cukup lemah. Di bursa transfer musim panas 2020, MU gagal mendapatkan bek tengah baru.

Buruan utama MU tetap bek Red Bull Leipzig Dayot Upamecano. Namun karena harganya cukup mahal, Zagadou disiapkan sebagai alternatif yang jauh lebih murah.

 

Arsenal

Pemain Tottenham, Harry Kane berusaha melewati adangan pemain Dortmund, Dan-Axel Zagadou pada laga grup H Liga Champions di Signal Iduna Park, Dortmund, (21/11/2017). Tottenham menang 2-1. (AP/Martin Meissner)
Pemain Tottenham, Harry Kane berusaha melewati adangan pemain Dortmund, Dan-Axel Zagadou pada laga grup H Liga Champions di Signal Iduna Park, Dortmund, (21/11/2017). Tottenham menang 2-1. (AP/Martin Meissner)

Harga Zagadou jelas akan lebih murah dibanding Upamecano karena kontraknya akan habis 18 bulan lagi. MU harus bersaing dengan Arsenal yang juga meminatinya.

Zagadou sendiri masih belum bermain di musim 2020-2021 akibat terkena cedera lutut pada Agustus lalu. Meski sedang cedera, peminat pemain Prancis ini tak berkurang.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amazon Beri Kejutan Spesial untuk Anak Cerebral Palsy

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Minggu lalu menjadi hari paling bahagia bagi Andrew Carpenter. Andrew merupakan remaja cerebral palsy berusia 11 tahun sangat suka membuka kotak paket. Ia selalu bersemangat saat pengiriman Amazon tiba. 

Semenjak pandemi virus corona, Amazon telah melakukan lebih banyak pengiriman ke rumah keluarga Carpenter daripada sebelumnya. Wajar jika Andrew sangat ingin menjadi pengemudi Amazon untuk Halloween.

Ibunya, Amy lantas menghubungi teman lama keluarga yang putrinya, Jessica Sanders dan Angela Sanders, bekerja di kantor pusat Amazon di Theodore. Dia berharap bisa mendapatkan topi atau T-shirt untuk dikenakan Andrew. Sebagai gantinya, Amazon mengirimkan kostum pengemudi, lengkap dengan celana pendek biru dan kaos polo. "Kami terpesona oleh itu," kata Amy.

Namun kemudian departemen komunikasi korporat perusahaan menghubunginya untuk memberi tahu bahwa Amazon memiliki lebih banyak kejutan.

"Mereka ingin melakukan pengiriman khusus untuk Andrew," katanya. Mereka lalu berkoordinasi untuk memberikan kejutan spesial untuk Andrew.

 

Kejutan ditunda

Namun karena ada Badai Zeta, pengiriman khusus ditunda hingga setelah Halloween. Namun pada 4 November, sebuah van pengiriman Amazon dihiasi balon, berhenti di rumah keluarga Carpenter. Andrew berseri-seri saat bertemu dengan beberapa karyawan. "Itu sangat menyenangkan baginya. "

Yang terbaik dari semuanya, Andrew mengetahui bahwa paket yang dia pindahkan semuanya untuknya. Dia membuka kotak satu per satu berisi barang Amazon, termasuk tablet Amazon Fire, speaker Alexa, ransel, botol air, topi, kaus kaki, handuk pantai, dan senter. 

Namun, hal favoritnya adalah sebuah van pengiriman mainan Amazon yang bisa dia pegang di tangannya.

"Sungguh hal yang menghangatkan hati yang mereka lakukan," kata ibunya. "Bagian yang sangat menyentuh kami adalah dedikasi mereka kepada anak lelaki yang tidak mereka kenal ini. Mereka membuat dunianya indah."

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Gigi Vampir Tak Sesuai Ekspektasi, Wanita Ini Malah Mirip Kelinci

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi membawa berbagai kemudahan bagi kehidupan seseorang. Mulai dari transportasi online hingga belanja online. Hal ini membuat seseorang tak perlu repot keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kini, seseorang hanya cukup duduk manis, memilih barang-barang yang akan dibeli, pesan dan bayar dari rumah. Meskipun terlihat mudah, pada kenyataannya barang-barang yang sampai kerap tak sesuai dengan ekspektasi.

Mulai dari ukuran yang tak sesuai, model atau warna yang salah kirim, hingga barang yang bentuknya berbeda dengan yang dipesan. Maka seseorang perlu memilih online shop yang terpercaya dan profesional agar tak merasa rugi karena sudah membayarnya.

Seperti seorang warganet yang membeli barang tak sesuai dengan ekspektasinya. Pasalnya, ia membeli sebuah gigi taring palsu untuk cosplay sebagai seorang vampir saat Halloween.

Gigi taring tak bisa menempel di giginya

Wanita beli gigi taring vampir tak sesuai ekspektasi. Sumber: Twitter/@txtdarionlshop
Wanita beli gigi taring vampir tak sesuai ekspektasi. Sumber: Twitter/@txtdarionlshop

Mengutip dari akun Twitter @txtdarionlshop, wanita tersebut tampak membeli salah satu gigi palsu berbentuk kurva darah dari tiga ukuran gigi yang tersedia.

Sayangnya, gigi palsu yang datang justru tak sesuai dengan ekspektasi. Pasalnya dalam iklan online shop tersebut tampak memperlihatkan gigi palsu yang terpasang dengan sempurna di atas gigi taring. Namun, saat wanita itu memasang di giginya yang terjadi justru sebaliknya.

"Terkejut ternyata giginya kegedan. Dan nggak bisa nyangkut di gigi hahaha. Tapi nggak kenapa, bisa digigit kok hahaha. Thank you," tulis ulasan dari wanita itu.

Meskipun tak sesuai ekspektasi, wanita tersebut tetap memberikan penilaian yang bagus dengan bintang lima. Bahkan ia juga memperlihatkan dirinya saat sedang memakai gigi palsu dengan berswafoto.

Tampak seperti kelinci

Wanita beli gigi taring vampir tak sesuai ekspektasi. Sumber: Twitter/@txtdarionlshop
Wanita beli gigi taring vampir tak sesuai ekspektasi. Sumber: Twitter/@txtdarionlshop

Akibat tak bisa menempel di atas gigi taringnya, ia pun memilih untuk menempelkan gigi palsunya di bagian depan sehingga terlihat seperti seekor kelinci. Hal ini pun berhasil mengundang tawa warganet.

"Kenapa dipake di tengah sih," tulis hajimalayoo

"Eeeee kok gini? wkwkwkwk, panjang umur ya Mba dah bikin aku ketawa," tulis baedoradora

"Ngakak ya Allah malah cosplay kelinci," tulis woozineighbour

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Tram Pertama Buatan Indonesia Mulai Uji Coba

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT INKA (Persero) menjadi BUMN terdepan dalam memproduksi berbagai jenis kereta. Selain produk-produk yang kini sudah melintas di rel kereta api, baik di dalam negeri hingga luar negeri, INKA mengenalkan produk baru, yaitu kereta ringan atau yang disebut Tram.

Mengutip dari laman Instagram INKA, Jumat (13/11/2020), Perseroan sudah melakukan uji coba tram ini dari Stasiun Madiun ke Stasiun Babadan (PP) pada 9-10 November 2020. Tak menggunakan diesel atau listrik, tram ini bergerak dengan menggunakan baterai.

Seperti diketahui, tram merupakan jenis kereta ringan yang biasa digunakan di jalur perkotaan. Tak sepanjang kereta api, tram biasanya terdiri dari dua rangkaian. Tram dikenal menjadi salah satu transportasi perkotaan modern.

"Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji performansi Tram Baterai sebelum dilakukan produksi massal," tulis INKA di laman Instagramnya.

Sesuai dengan namanya, Tram Baterai ini menggunakan baterai sebagai sumber energi satu-satunya di dalam kereta. Energi baterai tersebut digunakan untuk menggerakkan kereta sekaligus untuk menyalakan AC, kompresor dan lampu penerangan.

Karena menggunakan baterai, dalam operasionalnya tram ini tentu sangat ramah lingkungan dan dapat digunakan di daerah yang tidak terdapat jalur catenary atau listrik aliran atas.

Satu set prototipe tram ini terdiri dari dua car (rangkaian kereta), satu car dengan unit penggerak yang dilengkapi dengan baterai.

Car lainnya adalah kereta penumpang yang dilengkapi dengan tempat duduk bagi para penumpang serta dilengkapi dengan pegangan tangan bagian atas untuk penumpang berdiri.

"Waktu yang diperlukan dalam pengisian daya sampai penuh sekitar 3-4 jam. Untuk sekali pengisian daya, prototipe Tram Baterai ini mampu menempuh perjalanan hingga 25 km," jelas INKA.

Perkenalkan E-Inobus, Bus Listrik Produksi INKA yang Bakal Ekspor ke Kongo

Bus listrik E-Inobus. (ist)
Bus listrik E-Inobus. (ist)

PT Industri Kereta Api (INKA) siap memasarkan bus listrik buatan anak negeri yang bernama E-Inobus guna menjawab tantangan dan kebutuhan transportasi masa depan yang ramah lingkungan.

"Rencananya, Perpres yang baru untuk angkutan dalam kota nantinya sebisa mungkin menggunakan bus listrik. Jadi kami telah mempersiapkan diri untuk itu," ujar Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju dikutip dari Antara, Rabu (28/10/2020).

Menurut dia, E-Inobus saat ini telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor dari Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB).

INKA juga sedang melakukan uji jalan untuk ketahanan terhadap E-Inobus yang penting dilakukan sebelum bus listrik tersebut diproduksi secara massal.

Agung Sedaju menjelaskan, bus listrik tersebut sudah dipesan oleh pemerintah Kongo. Pesanan tersebut merupakan bagian dari kontrak proyek yang telah ditandatangani INKA dengan Kongo untuk pengerjaan transportasi kereta dan listrik.

"Saat ini yang sudah pesan dari Kongo ada 360 unit. Mereka sangat tertarik dengan bus listrik ini saat berkunjung ke INKA beberapa waktu lalu. Selain itu Perusahaan Daerah Pemprov Bali juga sudah kontrak," kata dia.

E-Inobus merupakan kerja sama PT INKA (Persero) dengan perusahaan Taiwan Tron-E dan perusahaan karoseri lokal asal Malang, Jawa Timur, Piala Mas.

Secara spesifikasi, E-Inobus memiliki panjang 8,1 meter dan lebar sekitar 2 meter dengan kapasitas 16 penumpang. Untuk pengisian daya, diperlukan waktu selama 3-4 jam dengan jarak tempuh sekali "charging" atau pengisian daya mencapai 200 kilometer.

Tingkat kebisingan pada bus listrik tersebut jauh lebih baik, yakni rata-rata sebesar 71 dB. Sedangkan bus tenaga diesel rata-rata kebisingannya sebesar 85 dB.

"Selain ramah lingkungan, biaya perawatan dan bahan bakar dari bus listrik ini juga lebih murah," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebagian Besar Lahan Food Estate Sumut Akan Dikelola Masyarakat

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Medan Dinas Kehutanan Sumatera Utara (Sumut) dan 4 kabupaten terkait sangat mendukung Program Food Estate atau Lumbung Pangan yang telah diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan Sumut, Herianto mengatakan, 80 persen lahan Food Estate Sumut di Humbang Hasundutan akan dikelola masyarakat. Seluas 1.000 hektare lahan telah digarap untuk tanaman kentang, bawang putih, dan bawang merah.

"Ini sudah jadi atensi dan program nasional. Ke depan, Gubernur bahkan minta seluruh kabupaten di Sumut menyiapkan lahan food estate masing-masing," kata Herianto, Kamis (12/11/2020).

Disebutkannya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pernah menyampaikan pengelolaan lahan lumbung pangan adalah 80 persen masyarakat, sisanya 20 persen dikelola perusahaan.

"Satu kepala keluarga diberi hak mengelola lahan seluas 1 hektare, tidak boleh dijual. Untuk pengelolaan diteliti lagi oleh tim ahli, apakah benar bisa dikelola masyarakat atau perusahaan," sebutnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Manfaat Food Estate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo meninjau kawasan pengembangan Food Estate atau lumbung pangan baru di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Dok Kementan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo meninjau kawasan pengembangan Food Estate atau lumbung pangan baru di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Dok Kementan

Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi di suatu kawasan. Food Estate juga dapat menjadi lahan produksi pangan nasional, cadangan pangan, dan distribusi pangan.

Manfaat dari pengelolaan Food Estate menurunkan harga bila pangan yang dihasilkan melimpah. Food Estate bakal bermanfaat untuk meningkatkan nilai tambah produksi sektor pertanian lokal. Penyerapan tenaga kerja akan meningkat hingga angka 34 persen.

Tidak hanya itu, petani juga bakal bisa mengembangkan usaha tani dengan skala lebih luas. Sistem sentra produksi, pengolahan dan pedagangan juga bakal terintegrasi. Ekspor pangan ke luar negeri bakal turut terbuka.

Disampaikan Herianto, luas lahan Food Estate yang akan direalisasikan di 4 kabupaten di Sumut segera diumumkan. Saat ini, tahapan alih fungsi hutan yang sedianya seluas 61.042 hektare sedang di tahap penelitian tim ahli, salah satunya dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Tim ahli sudah buat berita acara penelitian dalam rangka usulan perubahan fungsi hutan agar bisa digunakan untuk lahan food estate," jelasnya.

Sedang Dikaji

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo meninjau kawasan pengembangan Food Estate atau lumbung pangan baru di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Dok Kementan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo meninjau kawasan pengembangan Food Estate atau lumbung pangan baru di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Dok Kementan

Disebutkan, dari 61.042 hektare hutan yang diusulkan untuk berubah fungsi jadi areal Food Estate, tidak mungkin seluruhnya dapat terealisasi. Sebab, status hutan tidak semua boleh dialihfungsikan. Hal itulah yang kini sedang dikaji, diteliti, dan dipertimbangkan secara sangat hati-hati.

Secara rinci, usulan alih fungsi lahan Food Estate tersebar di 4 kabupaten, yakni Humbang Hasundutan 23.225 hektare, Tapanuli Utara16.833 hektare, Tapanuli Tengah 12.665 hektare, dan Pakpak Bharat 8.329 hektare.

"Luas lahan pastinya yang bisa dialihfungsikan akan dipaparkan pada 13 November 2020 di Jakarta," Herianto menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Hoaks Heboh Sepekan: Tabung Gas, Pesawat Jatuh, hingga Menkes Raih Penghargaan WHO

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peredarah hoaks di Indonesia belum berhenti. Pekan ini saja, ada tiga hoaks yang bikin heboh di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp Group.

Hoaks heboh yang pertama adalah, adanya biaya tambahan dan batas penukaran tabung biru Elpiji menjadi Bright Gas. Beberapa netizen mengatakan, kalau batas penukaran tabung gas ini pada Desember 2020 dan jika telat ditukarkan, bakal dikenakan biaya tambahan hingga Rp 500 ribu.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran informasi tersebut di akun media sosial PT Pertamina (Persero). Bantahan ditemukan di Instagram story PT Pertamina yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Dalam Instagram story, PT Pertamina memastikan kabar itu salah. PT Pertamina melabeli informasi tersebut dengan cap hoaks.

"Sobat, selalu cek kebenaran setiap informasi yang didapat dan harap terus waspada terhadap penipuan atau berita hoax yang mengatasnamakan Pertamina," bunyi penjelasan PT Pertamina.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman, yang menyatakan, penukaran yang dilakukan sudah dimulai secara bertahap dan alamiah.

Ketika tabung gas Elpiji 12 kg di masyarakat sudah habis, maka saat ditukar, masyarakat akan mendapatkan tabung Bright Gas, disesuaikan dengan stok Bright Gas di lapangan.

"Dilakukan secara natural saja. Tidak ada kewajiban, namun memang di agen LPG sudah diperbanyak tabung pink," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (4/11/2020).

Baca selengkapnya di sini.

 

 

Pesawat TNI Jatuh di Papua

Cek Fakta pesawat TNI jatuh di Papua
Cek Fakta pesawat TNI jatuh di Papua

Pada Senin (9/11/2020) sore WIB, media sosial dihebohkan dengan kabar yang menyebut jatuhnya pesawat milik TNI di Papua. Dikatakan, pesawat itu membawa 100 anggota prajurit TNI, 10 di antaranya meninggal dunia.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad. Dia menjelaskan kabar itu tidak benar.

"Saya sampaikan bahwa berita itu tidak benar. Kejadiannya sudah lama, tahun 2016," ujar Mayjen Achmad Riad saat dihubungi Liputan6.com, Senin (9/11/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fadjar Adrianto.

"Itu kabar hoax," ujarnya singkat pada Liputan6.com.

Baca selengkapnya di tautan ini. 

Menkes dapat Penghargaan dari WHO

Cek Fakta Menkes dr Terawan menerima penghargaan dari WHO
Cek Fakta Menkes dr Terawan menerima penghargaan dari WHO

Beredar di media sosial kabar soal Menteri Kesehatan RI, dr. Terawan Agus Putranto menerima penghargaan dari WHO. Kabar ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Namun faktanya, postingan yang menyebut Menkes RI, dr. Terawan mendapat penghargaan dari WHO adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut merupakan foto saat dia menerima penghargaan dari LEPRID tahun lalu.

Sedangkan terkait WHO, Menkes Terawan hanya diundang untuk menjadi pembicara terkait IAR Covid-19.

Baca selengkapnya di tautan ini.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 12 November 2020

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur mencatat tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 29 orang pada Kamis, 12 November 2020. Total kasus positif COVID-19 di Surabaya mencapai 16.382.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 30 orang di Surabaya, Jawa Timur. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 15.138 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah dua orang menjadi 1.188 orang.

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 12 November 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 92,40 persen atau setara 15.138, konfirmasi meninggal 1.188 atau setara 7,25 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 56 atau setara 0,34 persen. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, ditulis Jumat (13/11/2020).

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 12 November 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.571 orang

Sembuh: 2.389 orang

Meninggal: 170 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.784 orang

Sembuh: 1.607 orang

Meninggal: 174 orang

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.507 orang

Sembuh: 2.309 orang

Meninggal: 188 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 5.007 orang

Sembuh: 4.664 orang

Meninggal: 328 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 4.513 orang

Sembuh: 4.169 orang

Meninggal: 328 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nia Ramadhani Baru Temui Kebahagiaan Setelah 7 Tahun Menikah dengan Ardi Bakrie

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nia Ramadhani membongkar kehidupannya setelah menikah dengan sang suami, Ardi Bakrie. Baginya kala itu, ia lebih mengandalkan logika daripada perasaan.

Nia Ramadhani mengungkapkan bahwa pasangan hanya bisa in love paling lama dua tahun. Hal itu diceritakan Nia di kanal YouTube Nyonya Boss, pada 8 November 2020.

"Karena aku baca buku itu kalau misalkan in love experience itu paling lama orang hanya dua tahun. Pada saat in love itu logika lu enggak main," kata Nia Ramadhani.

 

Baru Belajar

Nia Ramadhani (Instagram/ardibakrie)
Nia Ramadhani (Instagram/ardibakrie)

Setelah dua tahun greget-greget tersebut harus dicari karena dikalahkan oleh logika. Namun, Nia Ramadhani mengaku baru belajar setelah tujuh tahun.

"Setelah itu elu harus usaha untuk mendapatkan gremet-gremetnya. Tapi gue belajarnya setelah tujuh tahun baru belajar," terang Nia.

 

Hambar

Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani (Instagram/ramadhaniabakrie)

Diakui Nia Ramadhani, setelah belajar di tahun ketujuh pernikahannya ia merasa senang. Sebelumnya, ia merasakan hambar karena diri sendiri tak bahagia.

"Setelah tujuh tahun belajar, baca, sekarang elu lihat gue happy," lanjutnya.

 

Tuntutan Suami

Nia Ramadhani bersyukur suaminya tidak banyak menuntut. Ia hanya ingin wanita kelahiran Jakarta, 16 April 1990 selalu berada di dekatnya.

"Ardi tuh lebih mementingkan gue itu untuk dia. Anak-anak sama suster aja enggak apa-apa, pokoknya elu buat gue," jelasnya.

 

Berantakan

Lagi-lagi Nia Ramadhani bersyukur karena suaminya tak memiliki gangguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Tak seperti Ayu Dewi, yang menjadi bintang tamu di acara tersebut.

"Aduh repot dong. Aku enggak suka, karena gue orangnya berantakan. Ardi orangnya agak bersih tapi enggak sampai OCD," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPU Kota Depok Rakit 4.015 Kotak Suara untuk Pilkada

Posted: 12 Nov 2020 09:00 PM PST

Kotak suara yang telah dirakit tersimpan di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kotak suara yang telah dirakit tersimpan di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kotak suara yang telah dirakit tersimpan di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menata tanda pengenal petugas ketertiban di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas menata tanda pengenal petugas ketertiban di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menata tanda pengenal petugas ketertiban di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rencana Jadwal Logistik Pemungutan Suara dan APD Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Taun 2020 terpasang di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Rencana Jadwal Logistik Pemungutan Suara dan APD Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Taun 2020 terpasang di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rencana Jadwal Logistik Pemungutan Suara dan APD Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Taun 2020 terpasang di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bilik suara yang belum dirakit tersimpan di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Bilik suara yang belum dirakit tersimpan di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bilik suara yang belum dirakit tersimpan di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas bekerja di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas bekerja di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas bekerja di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menunjukkan tinta sidik jari di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas menunjukkan tinta sidik jari di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menunjukkan tinta sidik jari di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menunjukkan tinta sidik jari di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas menunjukkan tinta sidik jari di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas menunjukkan tinta sidik jari di Gudang Logistik KPU, Depok, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). KPU Kota Depok telah merakit 4.015 kotak suara serta menyediakan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Depok pada 9 Desember 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: