Kamis, 26 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pemerintah Akan Hapus Retribusi Izin Gangguan

Posted: 26 Nov 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Astera Primanto Bhakti mengatakan, terdapat 5 pengaturan soal pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) yang saat ini tengah di finalisasi pemerintah. Aturan tersebut untuk menjalankan amanat dari Undang-undang (UU) Cipta Kerja.

Astera menjelaskan, pertama, penghapusan retribusi izin gangguan. Ketentuan ini untuk mendukung kemudahan berusaha dengan penyederhanaan perizinan, salah satunya dengan menghapus izin gangguan (HO).

"Dengan dihapuskannya izin gangguan, maka retribusi izin gangguan dalam UU No 28 Tahun 2009 dihapus," ujar dia dalam webinar Serap Aspirasi Undang-Undang Cipta Kerja di Bali, Jumat (27/11/2020).

Kedua, penyesuaian tarif. Menurutnya, pengaturan ini dalam rangka pelaksanaan kebijakan fiskal nasional dan untuk mendukung kemudahan berusaha.

"Pemerintah sesuai dengan program prioritas nasional dapat melakukan penyesuaian tarif Pajak dan penyesuaian tarif Retribusi yang berlaku secara nasional dan akan di atur lewat PP," jelas dia.

Ketiga, pemberian insentif fiskal oleh daerah. Aturan ini dalam rangka mendukung kemudahan berinvestasi, sehingga gubernur/bupati/wali kota dapat memberikan insentif fiskal kepada pelaku usaha di daerahnya.

"Pemberian insentif fiskal sebelumnya ditetapkan dengan Perda. Namun di UU Cipta Kerja diubah, sehingga pemberian fiskal ditetapkan dengan peraturan kepala daerah," terangnya.

 

Evaluasi Raperda

Keempat, perbaikan mekanisme evaluasi Raperda dan pengawasan Perda. Sehingga evaluasi Raperda dilakukan tidak hanya untuk menguji kesesuaian Raperda dengan kepentingan umum dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, tapi juga menguji kesesuaian dengan kebijakan fiskal nasional.

Sementara terkait pengawasan Perda dan peraturan pelaksanaannya akan dilakukan oleh Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri. "Maka, kepala daerah diminta melakukan perubahan atas Perda dan peraturan turunannya yang tidak sesuai dengan kepentingan umum, peraturan yang lebih tinggi, dan kebijakan fiskal nasional," paparnya.

Terakhir atau pengaturan kelima, pemberian sanksi bagi daerah yang melanggar. Diantaranya penundaan atau pemotongan dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) oleh pemerintah pusat.

"Tapi, pemberian sanksi ini tergantung tingkat besar kecilnya pelanggaran. Kalau ada kesalahan kita ingatkan, cuma telat aja lebih kecil sanksi nya berarti. Nah, kalu daerah yang kekeh aja padahal udah kita ingatkan ya kita tidak berikan DAU nya. Jadi, sebenarnya sanksi ini lebih untuk kebijakan fiskal yang lebib in line antara pusat dan daerah," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dwi Sasono Bebas Setelah Jalani Rehabilitasi

Posted: 26 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktor Dwi Sasono menjalani rehabilitasi selama enam bulan sebagai bentuk hukumannya karena penggunaan narkotika. Suami Widi Mulia ini kini telah bebas dari masa rehabilitasi yang dijalani di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO). 

Dwi Sasono diketahui telah bebas dan bisa pulang ke rumah pada Jumat (27/11/2020).

"Jujur gue masih terharu banget. Terima kasih semuanya, support dari teman-teman wartawan, dari keluarga, sahabat, terus dari kuasa hukum saya," kata Dwi Sasono seperti yang dilansir dari tayangan intens investigasi.

 

Tak Sabar

Dwi Sasono (Sumber: Instagram/widimulia)
Dwi Sasono (Sumber: Instagram/widimulia)

Dwi Sasono mengaku dirinya sudah tak sabar untuk bertemu keluarga dan anak-anaknya. Pasalnya, saat menjalani rehabilitasi, pemain Mendadak Dangdut ini memang sangat terbatas bertemu orang. 

"Saya sudah siap untuk turun ke bumi lagi, saya sudah kangen sama anak-anak sama keluarga saya mau peluk mereka," katanya.

 

Sehat

(Instagram/dwisasono)
(Instagram/dwisasono)

Dwi Sasono kini juga memastikan sudah jauh lebih sehat dari sebelumnya. Bahkan dirinya mengaku juga sudah tidak merokok lagi. 

"Intinya saya sudah sehat jauh lebih sehat dan saya mau memulai hidup baru lagi," ungkapnya.

 

Kasus

Sebelumnya, Dwi Sasono terjerat kasus narkoba saat ditangkap di kediamannya pada 26 Mei 2020. Saat itu, dirinya kedapatan memiliki narkoba jenis ganja seberat 16 gram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abu Bakar Baasyir, Napi Terorisme, Dirawat di RSCM Usai Mual dan Pusing

Posted: 26 Nov 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Dia dirawat inap di rumah sakit tersebut sejak 24 November 2020.

"Kalau sekarang infonya sudah membaik, ustaz dirujuk sejak Selasa," kata Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor, Mujiono, Jumat (27/11/2020).

Mulanya, Abu Bakar Baasyir mengeluhkan sakit kepala, mual dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, pihak lapas merujuk dia ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Beliau sudah sepuh juga, usianya 82 tahun," kata Mujiono.

Menurut dia, Abu Bakar Baasyir dirujuk ke rumah sakit bukan kali pertama semenjak dia mendekam di jeruji besi Lapas Gunung Sindur Bogor.

"Ini bukan yang pertama beliau di rujuk ke RS, sudah lebih dari 5 kali kalau tidak salah," ujar Mujiono.

 

Rajin Diperiksa

Mujiono menjelaskan, tim dokter lapas rutin mengecek kondisi kesehatannya. Pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia ini juga mendapat pendampingan tim medis dari MER-C setiap dua minggu sekali.

"Tim dari MER-C juga rutin memeriksa kesehatannya. Sama-sama kita doakan supaya beliau cepat pulih," kata dia.

Tak hanya itu, di dalam ruang tahanan pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mu'min itu juga dibantu seorang napi lainnya.

"Karena sudah sepuh, jadi ada orang untuk membantu mengerjakan yang tidak bisa dilakukan oleh beliau," tutur Mujiono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Cimahi Ditangkap KPK Terkait Perizinan RS Kasih Bunda

Posted: 26 Nov 2020 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini tim penindakan mengamankan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna.

Sumber Liputan6.com di KPK mengatakan, Wali Kota Cimahi ditangkap terkait kasus dugaan korupsi perizinan pengembangan RS Kasih Bunda Cimahi.

"Perizinan pengembangan RS Kasih Bunda Cimahi," kata sumber tersebut, Jumat (27/11/2020).

KPK menangkap Ajay Muhammad Priatna pada Jumat, 27 November 2020 pukul 10.30 WIB.

"(Ditangkap) tadi pagi jam 10.30 WIB," ujar sumber.

Diperiksa 1x24 Jam

Sumber masih belum bersedia membeberkan penangkapan terhadap orang nomor satu di Cimahi, Jawa Barat tersebut. Termasuk siapa saja pihak yang sudah diamankan.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Amankan Barang Bukti Rp 420 Juta di OTT Wali Kota Cimahi

Posted: 26 Nov 2020 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron membebarkan penangkapan terhadap Wali Kota Cimahi dalam operasi tangkap tangan (OTT) sekitar pukul 10.30 WIB.

"Benar," ujar Ghufron, Jumat (27/11/2020).

Sumber internal Liputan6.com menyebut, bersama dengan Wali Kota Cimahi, tim penindakan mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 420 juta.

"BB Rp 420 juta dari kesepakatan sekitar Rp 3,2 miliar," kata sumber.

Penangkapan terhadap Wali Kota Cimahi diduga terkait dugaan tindak pidana korupsi pembangunan RS Kasih Bunda Cimahi.

Proyek RS Cimahi

"Dugaan walkot melakukan kopupsi dalam proyek pengadaan pembangunan RS di Cimahi," kata Ketua KPK Firli Bahuri.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemrov Bali Minta Pemerintah Gelar Berbagai Acara di Pulau Dewata

Posted: 26 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra meminta kementerian/lembaga (K/L) pemerintah untuk memprioritaskan Pulau Dewata sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Cara ini dimaksudkan untuk kembali menggeliatkan perekonomian Bali yang terdampak parah pandemi Covid-19.

"Inisiatif pemerintah pusat membawa kegiatan pertemuan dan rapat ke Bali patut diapresiasi. Tapi rapat atau kegiatan koordinasi di tingkat menteri dan kementerian/lembaga juga bisa di bawah ke Bali, sehingga bisa menimbulkan gerakan kecil untuk manfaat positif ekonomi Bali," tuturnya dalam webinar Serap Aspirasi Undang-Undang Cipta Kerja di Bali, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, menjadikan Bali sebagai tuan rumah dari berbagai agenda K/L diyakini membawa pesan positif terhadap keamanan pariwisata di mata dunia. Khususnya, terkait kemampuan memerangi virus mematikan asal China itu dengan baik.

"Tapi pesan luar biasa ini kalau K/L sudah berani menyelenggarakan acara di Bali. Maka, dimaknai aspek penanganan pandemi Covid-19 telah dilaksanakan dengan baik," paparnya.

Terlebih, berbagai destinasi di Bali telah mengimplementasikan aturan protokol kesehatan secara ketat di masa kedaruratan kesehatan ini. "Seperti aturan memakai masker, menjaga jarak, dan penyediaan hand sanitizer," rincinya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap upaya menjadikan provinsi Bali sebagai pilihan utama atas berbagai kegiatan pemerintah dapat segera di implementasikan. Mengingat PDB Bali amat bergantung dari kesuksesan sektor pariwisata.

"Bali ini luar biasa, karena 55 persen dari PDB nya dikontribusikan oleh pariwisata. Sehingga dipilihnau Bali (sebagai penyelenggara) kita percaya akan membawa manfaat positif," tukasnya.

Lebih Parah dari Resesi, Ekonomi Bali Terkontraksi 9 Bulan

Jadi Lokasi Konser IMF-World Bank, GWK Siap Jadi Atraksi Unggulan di Bali
Jadi Lokasi Konser IMF-World Bank, GWK Siap Jadi Atraksi Unggulan di Bali

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan perekonomian di Provinsi Bali terus mengalami kontraksi selama 9 bulan. Terakhir, pada triwulan ketiga tahun ini pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus 12,28 persen.

"Pertumbuhan ekonomi di Bali selama 9 bulan sudah turun. Perekonomian Bali minus 12,28 persen pada triwulan III tahun ini," kata Tjokorda dalam acara UMKM Go Digital, From Local to Global Champion di Bali, Kamis (26/11).

Tjokorda mengatakan kondisi ini terjadi karena pulau dewata ini sangat bergantung pada sektor pariwisata. Meskipun pariwisata untuk turis domestik sudah dibuka, namun kedatangan turis mancanegara masih ditutup.

"Hal ini karena perekonomian Bali sangat tergantung sektor pariwisata yang sampai saat ini masih ditutup untuk (turis) mancanegara," sambung Tjokorda.

Akibatnya, berdasarkan survei yang dilakukan Bank Indonesia Provinsi Bali menyebutkan tiga sektor usaha yang paling terdampak. Antara lain sektor akomodasi dan makanan minuman tirin 92,47 persen, sektor jasa turun 90,0 persen dan sektor transportasi dan perdagangan turun 90,34 perse.

Pelaku usaha di Bali juga mengalami penurunan permintaan. Tiga pelaku usaha di sektor yang paling terdampak antara lain, pelaku usaha sektor akomodasi dan makanan-minuman turun sebesar 87 persen. Pelaku usaha sektor transportasi dan pergudangan sebesar 85 persen dan pelaku usaha sektor jasa sebesar 85 persen.

"Ini sektor-sektor pelaku usaha yang terdampak di Bali," kata Tjokorda.

Tjokorda menambahkan kondisi ini pun belum diketahui secara pasti akan berakhir. Sebab dampak pandemi ini masih belum bisa diprediksi waktu berakhirnya.

Maka dalam menghadapi ini diperlukan daya juang dan kerja keras bersama untuk keluar dari masa-masa krisis ekonomi di Bali.

"Menghadapi ini memerlukan daya perjuangan yang tinggi dan kerja keras agar bisa keluar dari sini," kata dia mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Resep Makanan Pedas Sederhana, Nikmat Menggoyang Lidah

Posted: 26 Nov 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Resep makanan pedas cocok dimasak untuk para pencinta pedas. Resep makanan pedas merupakan masakan yang banyak digemari di Indonesia. Rasa pedas yang panas di mulut memberi sensasi nikmat di mulut.

Ada banyak resep makanan pedas yang bisa dicoba. Resep makanan pedas ini cukup mudah dibuat dengan berbagai bahan seperti ayam, telur, daging, atau tempe. Dengan membuat resep makanan pedas ini, kamu bisa berhemat untuk menikmati makanan kesukaan.

Resep makanan pedas bisa jadi menu makanan sehari-hari di rumah. Hidangan pedas bisa menggoyang lidah dan menambah nafsu makan. Berikut 10 resep makanan pedas sederhana, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(27/11/2020).

Resep makanan pedas

Ilustrasi Gambar Oseng-Oseng Mercon (Sumber: Brilio)
Ilustrasi Gambar Oseng-Oseng Mercon (Sumber: Brilio)

Oseng mercon

Bahan:

500 gr tetelan daging sapi

2 lembar daun salam

3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

250 gr cabai rawait merah

7 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt garam

Cara membuat resep makanan pedas:

1. Rebus tetelan hingga empuk. Tiriskan. Iris kecil-kecil. Sisihkan.

2. Siapkan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun salam, aduk.

3. Masukkan tetelan daging sapi. Aduk-aduk hingga bumbu meresap. Sajikan.

 

Ayam geprek

Bahan:

2 potong daging ayam

1 butir telur

5 sdm tepung terigu

3 sdm tepung maizena

3 siung bawang putih

1 batang daun kemangi

garam dan merica secukupnya

Bahan Sambal:

21 buah cabai rawit

2 siung bawang putih, digoreng

1/2 sdt garam

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih, merica, dan garam. Siapkan daging ayam yang sudah dicuci, lalu baluri dengan bumbu uhalus.

2. Remas-remas daging ayam agar bumbu meresap. Diamkan minimal 2 jam.

3. Kocok lepas telur. Tuangkan ke ayam. Aduk rata.

4. Campur tepung terigu dan tepung maizena.

5. Balut ayam dengan tepung. Panaskan minyak, goreng ayam sampai matang. Angkat dan tiriskan.

6. Buat sambal dengan cara mengulek bawang putih goreng, cabai, dan garam. Tambahkan 2 sdm minyak goreng panas bekas menggoreng ayam.

7. Geprek ayam goreng dengan sambal. Sajikan bersama nasi hangat.

Resep makanan pedas

ceker setan (sumber: Pixabay)
ceker setan (sumber: Pixabay)

Telur balado

Bahan:

5 butir telur ayam

2 lembar daun jeruk

Minyak, secukupnya

Air, secukupnya

Bumbu Halus:

7 siung bawang merah

3 siung bawang putih

10 buah cabai keriting

7 buah cabai merah besar, buang isinya

4 buah cabai rawit

1 buah tomat

1 sdt gula pasir

1 sdt garam

1 sdt terasi sangrai

Penyedap masakan, secukupnya jika suka

Cara membuat resep makanan pedas:

1. Rebus telur hingga matang. Kupas kulit telur kemudian goreng dengan api besar agar warna dan tekstur telur lebih cantik.

2. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan daun jeruk.

4. Tambahkan sedikit air kemudian aduk rata, masak hingga mendidih.

5. Masukkan telur yang telah digoreng, masak selama beberapa menit hingga air cukup asat dan bumbu meresap.

6. Angkat telur balado yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

 

Ceker setan

Bahan:

½ kilogram ceker ayam yang sudah dibersihkan

2 lembar daun jeruk

2 cm lengkuas, memarkan

2 cm jahe, memarkan

1 ruas sereh, memarkan

Minyak goreng secukupnya

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Kecap asin secukupnya

Kecap manis secukupnya

Bumbu Halus:

40 cabai rawit merah

10 cabai rawit keriting

10 butir bawang merah

10 siung bawang putih

1 ruas kencur

5 butir kemiri

Cara membuat:

1. Rebus ceker ayam selama 30 menit sampai lunak, tiriskan.

2. Jangan buang kaldu sisa merebus ceker. sisihkan.

3. Tuang minyak goreng secukupnya ke dalam wajan, panaskan.

4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tumis selama 5 menit.

5. Tambahkan garam, gula, kecap asin, kecap manis, dan merica bubuk secukupnya.

6. Masukkan lengkuas, jahe, daun jeruk, dan sereh.

7. Tuangkan kaldu sisa rebusan ceker.

8. Masukkan ceker, aduk hingga bumbu mengental.

9. Ceker setan siap disajikan.

Resep makanan pedas

Spicy chicken wings (sumber: Pixabay)
Spicy chicken wings (sumber: Pixabay)

Spicy chicken wings

Bahan:

1 kg sayap ayam, potong-potong dan cuci bersih

4 siung bawang putih

1 cm kunyit

1 sdt ketumbar

garam secukupnya

Bumbu saus chicken wings:

2 siung bawang putih, cincang

2 siung bawang merah, cincang

5 buah cabai rawit, potong-potong (sesuai selera)

2 sdm saus sambal

1 sdm saus tomat

1/2 sdt merica

kecap manis secukupnya

air secukupnya

Cara membuat resep makanan pedas:

1. Haluskan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam.

2. Campurkan sayap ayam dengan bumbu. Masukkan ke panci dan campur dengan air secukupnya. Ungkep ayam, hingga matang.

3. Tumis bawang putih, bawang merah dan cabai rawit hingga harum.

4. Masukkan saus sambal, saus tomat, lada dan kecap manis. Aduk sebentar, tuang sedikit air. Biarkan hingga agak mengental.

5. Masukkan sayap ayam, aduk rata dengan bumbu. Masak hingga saus agak

 

Ayam rica-rica

Bahan:

Minyak goreng (secukupnya)

1 kg daging ayam (potong 12 bagian)

Air jeruk nipis (secukupnya)

800 ml air

4 cm jahe (memarkan)

Garam (secukupnya)

3 lembar daun jeruk

1 batang serai (memarkan)

Bumbu:

Garam (secukupnya)

Gula (secukupnya)

10 buah cabai rawit (haluskan)

7 siung bawang merah (haluskan)

3 siung bawang putih (haluskan)

1 buah tomat (iris 4 bagian)

Merica (secukupnya, haluskan)

7 buah cabai merah (buang isi, haluskan)

Cara membuat:

1. Olesi daging ayam dengan garam dan air jeruk nipis agar tidak amis. Diamkan kira-kira selama 10 menit lalu sisihkan.

2. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan hingga aromanya harum.

3. Masukkan jahe, serai, daun jeruk dan ayam ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masak sebentar lalu tambahkan air di dalamnya. Masak kira-kira selama 30 menit. Tambahkan garam, gula dan kaldu ayam bubuk agar rasanya lebih lezat nan nikmat.

4. Biarkan masakan matang sempurna dan airnya berkurang.

5. Jika sudah matang, angkat ayam lalu sajikan.

Resep makanan pedas

cumi pedas (sumber: Pixabay)
cumi pedas (sumber: Pixabay)

Nasi gila

Bahan:

5 butir bakso sapi, potong-potong

3 buah sosis sapi, potong-potong

2 butir telur, kocok lepas

100 gr daging ayam, rebus dan suwir-suwir

sayur sawi dan kol secukupnya, cuci bersih dan potong-potong

minyak secukupnya

nasi putih hangat secukupnya

Bumbu:

4 siung bawang putoh, memarkan dan cincang

5 buah cabai rawit, iris tipis

1 buah tomat merah sedang, potong-potong

2 sdm kecap manis

1 sdm saus sambal

1 sdt kecap asin

1 sdt kaldu jamur

1/2 sdt merica bubuk

garam secukupnya

Cara membuat resep makanan pedas:

1. Goreng orak arik telur, sisihkan.

2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan kecap asin, daging ayam, bakso dan sosis. Tumis hingga matang.

3. Masukkan cabai rawit, sawi dan kol. Tumis hingga layu.

4. Masukkan semua bumbu lainnya. Aduk rata. Jika terlalu kering, tuang sedikit air. Tumis hingga sedap, angkat.

 

Cumi pedas

Bahan:

1 kg cumi kecil (bersihkan tintanya dan potong sesuai selera)

6 siung bawang putih (cincang halus)

7 siung bawang merah (cincang halus)

2 butir kemiri (haluskan)

7 buah cabai rawit (potong serong)

3 buah cabai merah (buang isi, potong serong)

1 buah tomat (cincang halus atau potong sesuai selera)

Lada (secukupnya)

Garam (secukupnya)

Gula (secukupnya)

Kaldu ayam bubuk atau penyedap masakan (secukupnya, jika suka)

3 sdm minyak goreng

Air (secukupnya)

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan lalu cuci bersih cumi dan buang tintanya. Potong cumi sesuai selera.

2. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

3. Masukkan cabai rawit dan cabai merah ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih. Tambahkan sedikit garam, gula serta kemiri.

4. Masukkan cumi ke dalam tumisan lalu tumis hingga matang.

5. Agar cumi lebih cepat matang dan teksturnya empuk, tambahkan sedikit air ke dalamnya.

6. Untuk dapatkan tumis cumi yang makin sedap dan enaknya kebangetan, tambahkan pula lada bubuk secukupnya dan penyedap atau kaldu ayam.

7. Masak cumi hingga matang dan mendidih.

8. Tumis cumi yang pedas dan enaknya kebangetan pun sudah jadi.

Resep makanan pedas

Ilustrasi seblak (sumber: Unsplash)
Ilustrasi seblak (sumber: Unsplash)

Seblak komplit

Bahan:

100 gr kerupuk yang masih belum digoreng/mentah

5 buah sosis, potong-potong tipis

5 buah bakso sapi, potong tipis

1 butir telur

2 batang daun bawang, potong-potong pendek

2 buah wortel, potong tipis

5 lembar sawi putih, potong-potong

1 sdt merica bubuk

3 sdm kecap manis

1 sdm saus tiram

garam secukupnya

gula secukupnya

air secukupnya

Bahan bumbu halus:

5 siung bawang putih

7 siung bawang merah

5 buah cabai rawit (bisa ditambah atau dikurangi)

Cara membuat:

1. Cuci dan rendam kerupuk dalam air panas hingga empuk. Tiriskan. Buat telur orak arik, sisihkan.

2. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan daun bawang, kecap, merica dan saus tiram. Tuang sedikit air.

3. Masukkan bakso, sosis, telur orak arik dan kerupuk. Tumis hingga berubah warna. Masukkan wortel dan sawi. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Tumis hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

 

Tempe penyet

Bahan:

1 kotak tempe (iris sesuai selera)

10 buah cabai rawit

1/2 sdt terasi

2 siung bawang putih

Garam (secukupnya)

Gula (secukupnya)

Minyak goreng (secukupnya)

Cara membuat resep makanan pedas:

1. Goreng tempe dengan dibumbui bumbu garam, ketumbar dan bawang putih.

2. Angkat tempe goreng yang telah matang, sisihkan sebentar, tinggal untuk membuat sambal.

3. Goreng cabai rawit, bawang putih dan terasi hingga setengah matang.

4. Haluskan cabai rawit bersama bawang putih, sedikit garam dan terasi dengan cobek.

5. Siram sambal dengan sedikit minyak mendidih, aduk rata.

6. Penyet tempe di atas sambal yang telah dihaluskan.

7. Sajikan bersama lalapan seperti selada, mentimun dan daun kemangi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Surabaya Risma Jadi Trending Topic di Twitter, Ada Apa?

Posted: 26 Nov 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menjadi perhatian warganet menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Surabaya 2020. Hal ini terkait tagar#BelaBuRisma menjadi trending topic di media sosial Twitter sejak Kamis malam, 26 November 2020 hingga Jumat, 27 November 2020.

Tagar tersebut ramai setelah video viral nyanyian yang menyudutkan Risma dinyanyikan para pendukung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Nomor Urut 2 Machfud Arifin dan Mujiaman mendapat respons warganet. Hampir 4.000 cuitan membela Risma di Twitter.

"Bu Risma orang baik yang sudah bekerja keras dan membawa Surabaya sebagai kota terbaik di dunia. Bu Risma juga peduli terhadap lansia, anak yatim membawa Surabaya ke peradaban baru. Surabaya Aman, Surabaya Go Green, Surabaya Smart City," tutur salah satu cuitan dari @jumianto_RK, seperti dikutip dari Antara,Jumat, (27/11/2020).

Warganet pun memberikan dukungan kepada Risma. Mereka gerah dengan sikap pendukung paslon nomor urut 2, mengingat selama ini Risma memajukan Surabaya. Warganet mencurahkan dukungannya di linimasa Twitter hingga akhirnya menjadi trending topic.

Warganet lain seperti @Achmad_Bagus_Z juga merasakan perkembangan Surabaya. Ia mencuit selama tujuh tahun tinggal di Surabaya, perkembangan Surabaya sangatlah terasa berkat kinerja Risma dan masyarakat Surabaya.

Sekarang Surabaya menjadi kota bersih dan modern. "Sakarep omonganmu opo (terserah kalian omong apa), aku tetap #BelaBuRisma," ujar @Achmad_Bagus_Z dalam cuitnya.

Sementara itu, warganet lainnya @AletaEga juga menulis cuitan yang bela Risma. Ia menulis sekaranglah waktunya membela Bu Risma.

"Setiap tahun Bu Risma mbelani (membela) Kota Surabaya. Saiki wayahe (sekarang waktunya) kita sing mbelani Bu Risma.#BelaBuRisma," tutur dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ada Video Viral

Sebelumnya di media sosial viral video berdurasi 19 detik pendukung pasangan Machfud-Mujiaman menyanyikan plesetan reff lagu "Menanam Jagung" ciptaan Ibu Sud. Reff itu diubah dengan dengan lirik nada provokatif.

Selain itu, di belakang para pendukung itu tampak spanduk besar bertuliskan "Silaturahmi Pendukung" dengan foto Machfud-Mujiaman.

Selain di media sosial, di berbagai grup WhatsApp di Surabaya juga ramai dengan poster bertuliskan "Bela Bu Risma, Selamatkan Surabaya".

Warga ramai-ramai memasang poster tersebut di foto profil WhatsApp. Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (Forkom LPMK) Surabaya Unsi Fauzi sebelumnya menyesalkan ada kampanye provokatif yang menyudutkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Yang jelas, saya sangat sedih dan kecewa ada kampanye provokatif seperti itu," kata dia.

Ia menuturkan, seharusnya nyanyian provokatif itu tidak terjadi, jika semua pihak menginginkan Pilkada Surabaya damai, aman dan menyenangkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkan Anggaran Besar untuk Pulihkan Sektor Pariwisata

Posted: 26 Nov 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah mempersiapkan anggaran khusus untuk pengembangan sektor pariwisata. Pada 2020, APBN dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional menyediakan program stimulus pariwisata yang diharapkan dapat mendukung kegiatan pariwisata.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, sektor pariwisata dapat bangkit dan pulih dengan dukungan dari banyak peran. Dukungan pemerintah pusat sendiri dibuktikan melalui belanja kementerian dan lembaga, belanja BUMN, belanja swasta, dan belanja pemerintah daerah.

Belum lagi, pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 15,1 triliun di tahun 2021. Dengan anggaran yang tersebar di kementerian dan lembaga, non kementerian dan lembaga, dan transfer ke daerah. Diaberharap sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata semakin meningkat.

"Sinergi akan menjadi lompatan arah kebijakan yang baik untuk pariwisata," kata dia saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ditulis Jumat (27/11/2020).

Seperti diketahui, sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat terdampak akibat pembatasan sosial guna mengurangi penyebaran COVID-19. Berbagai macam sektor mulai dari transportasi, industri tekstil, industri alat angkut, industri kerajinan, perdagangan, hotel, dan restoran tidak berjalan.

Melihat kondisi itu, pemerintah hadir untuk dengan memberikan stimulus melalui APBN. APBN segera merespons dan melakukan kebijakan yang sifatnya luar biasa. "Pengeluaran negara di tengah penerimaan mengalami kontraksi karena kegiatan ekonomi menurun," ungkapnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Menko Luhut Ingin Indonesia Duduki Posisi 30 di Travel and Tourism Competitiveness Index

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat koordinasi pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (29/7/2020).
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat koordinasi pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (29/7/2020).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Menko Luhut) menargetkan Indonesia bisa menduduki peringkat 30 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index pada 2021. Hal ini disampaikan Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang digelar hari ini.

"Tujuan rakornas dan rapat dewan pengarah adalah untuk mempercepat pembangunan destinasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan dan peringkat Indonesia pada Travel and Tourism Competitiveness Index menjadi peringkat 30 pada 2021," papat dia, Jumat (27/11/2020).

Namun, untuk menuju ke sana, Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah (PR). "Permasalahan utama pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas hingga saat ini masih terletak pada kelemahan empat komponen utama. Yaitu atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan ancillary facilities," ujar Luhut.

Luhut menekankan bahwa Indonesia harus dapat menandingi negara-negara kompetitornya di kawasan Asia Tenggara. Dimana saat ini, tercatat Thailand lebih mendominasi sektor pariwisata dari berbagai kategori. Diantaranya kategori alam dan petualangan, belanja, MICE, kebudayaan, dan kesehatan.

"Dari segi alam dan petualangan, tidak mungkin Thailand lebih indah dari kita. Tapi kita kurang jual Indonesia," kata Luhut. Ia a menyebutkan sejumlah destinasi wisata Indonesia yang menurutnya tak kalah indah. Seperti Labuan Bajo, Mandalika, Bali, dan Toba. Sementara untuk kategori kuliner dan hiburan masing-masing ditempat oleh Filipina dan Singapura.

Lebih lanjut, Luhut ingin hasil rakornas ini nantinya dapat benar-benar dieksekusi dan bukan hanya angan-angan. "Saya ingin hasilnya bagus dan hasil yang bisa dieksekusi," pungkas Menko Luhut.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Holding BUMN Pariwisata Terbentuk Desember 2020

Posted: 26 Nov 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pembentukan holding BUMN pariwisata untuk memperbaiki iklim industri aviasi dan pariwisata yang diharapkan bisa memberikan dampak optimal bagi perekonomian Indonesia.

"Kami sendiri melakukan pembentukan holding yang kemarin sudah dirataskan bersama bapak presiden dan para menteri hadir dan Alhamdulillah sudah disetujui dan tentu pembentukan holding ini tidak lain untuk memperbaiki iklim industri aviasi dan pariwisata," kata Erick dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Jumat (27/11/2020).

Lanjutnya, holding juga akan melakukan penataan bandara, rute penerbangan bersama Kementerian Perhubungan. Ini untuk meningkatkan konektivitas demi mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, dengan tujuan pemerataan distribusi pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kualitas pelayanan publik.

"Holding kita sudah mereduce dari 142 perusahaan sekarang tinggal 41 BUMN di bawah 2 Wamen di mana juga dari 27 Cluster sekarang tinggal 12 Cluster, semua cluster yang 12 ini semua berdasarkan value chain jadi tidak berdasar kan karena bisnisnya saja," jelasnya.

Menteri BUMN menjelaskan holding ini 100 persen dimiliki oleh Pemerintah. Dimana sifatnya fleksibilitas restrukturisasi dan pengembangan bisnis model ini lebih mudah.

Ia menegaskan pembentukan holding pariwisata dan pendukungnya akan selesai pada Desember 2020. Adapun yang akan menjadi holding adalah PT Survei Udara Penas (Persero). Dalam Holing Penas struktur dan anggotanya ada Angkasa Pura I  yang memanajemen bandara wilayah Tengah dan Timur.

Sementara Angkasa Pura II memanajemen bandara wilayah Tengah dan Barat seperti Jakarta, Medan dan lainnya. Kemudian turunan holding lainnya ada Garuda Indonesia sebagai penyedia layanan full service carrier and low cost carrier.

"Lalu ITDC dimana kita fokuskan kepada Destination management di mana pengembangan destinasi wisata seperti Mandalika, Labuan Bajo, dan lain-lain termasuk konten kreator untuk pariwisata. Kita harapkan ITDC juga menjadi Event bersama pemerintah daerah," jelas Erick Thohir.

Kemudian turunan holding lainnya ada TWC sebagai heritage manajemen pengembangan heritage based asset misalnya Candi, Atraksi, kultur, produk kerajinan lokal, dan lainnya sebagai daya Tarik wisata.

Demikian ada Inna Hotel and Resort sebagai operator hotel-hotel dan pengelolaan layanan travel, serta ada Sarinah sebagai retail Manajemen  pengembangan dan pemasaran produk lokal dan adanya duty free manajement.     

Go Global, Potensi Ekspor BUMN Capai Rp 2.541 Triliun

Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kementerian BUMN tengah merancang persiapan BUMN untuk merambah ke pasar global. Meskipun sudah banyak BUMN yang memiliki kantor cabang di luar negeri, namun penyatuan kekuatan BUMN tetap harus dilakukan, mengingat potensi ekspor BUMN ternyata cukup tinggi.

Data survei internal BUMN menyebutkan, potensi ekspor BUMN mencapai 27 kali lipat realisasi ekspor saat ini, yang sebesar USD 6,68 miliar. Itu artinya, potensi ekspor BUMN go global ke depannya menyentuh angka USD 180 miliar atau sekitar Rp 2.541 triliun (asumsi kurs Rp 14.117).

"Ini sebetulnya cukup menjanjikan. Artinya, kalau BUMN go global kita tangani benar-benar dan serius, insya Allah, tujuan kita bisa tercapai," ujar Sekretaris Menteri BUMN Susyanto dalam acara Ngopi BUMN secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Mengutip paparan Susyanto, realisasi ekspor dibagi dalam klasifikasi benua dan sektor komoditas.

Realisasi terbesar ada di benua Asia dengan nilai ekspor mencapai USD 5,6 miliar, yang berasal dari sektor konstruksi USD 246 juta, kehutanan USD 84,9 juta, manufaktur USD 110 juta, migas dan energi USD 352 juta, minerba USD 3,2 miliar, pangan dan pupuk USD 532 juta, perkebunan USD 189 juta dan pertahanan USD 877 juta.

Di benua Afrika, realisasi ekspornya mencapai USD 506 juta dengan kontribusi dari sektor konstruksi USD 448 juta, kehutanan USD 85 ribu, manufaktur USD 8 juta, migas dan energi USD 1 juta, perkebunan USD 217 ribu dan pertahanan USD 47,7 juta.

Realisasi terbesar ketiga ialah di benua Eropa, yaitu sebesar USD 280,9 juta. Angka ini diperoleh dari realisasi di sektor kehutanan USD 16,3 juta, konstruksi USD 23 ribu, manufaktur USD 16,7 juta, minerba USD 192 juta, perkebunan USD 27 juta dan pertahanan USD 28 juta.

Kemudian di benua Amerika, realisasinya mencapai USD 182,7 juta dengan kontribusi sektor kehutanan USD 1,1 juta, manufaktur USD 53,2 juta, minerba USD 100,4 juta, perkebunan USD 18,1 juta dan pertahanan USD 9,6 juta.

Terakhir, di benua Australia, realisasinya sebesar USD 81,5 juta dari sektor kehutana USD 629 ribu, manufaktur USD 8 juta, pangan dan pupuk USD 69 juta, perkebunan USD 845 ribu dan pertahanan USD 2,9 juta.

Dengan penyatuan kekuatan BUMN, tentu pencapaian nilai ekspor akan lebih besar. Oleh karenanya, Kementerian BUMN tengah merancang persiapan menuju go global ini mulai dari sekarang.

"Pak Menteri (Erick Thohir) mengatakan di 2021 nanti, kita akan wujudkan bersama hal ini, tentu kita aamiin-kan, ini jadi tantangan para direksi seluruh BUMN," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tangkap Tangan Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna

Posted: 26 Nov 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini tim penindakan mengamankan Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna

"Walkot Cimahi. (Ditangkap) tadi pagi jam 10.30 WIB," ujar sumber internal Liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

Sumber KPK masih belum bersedia membeberkan penangkapan terhadap orang nomor satu di Cimahi, Jawa Barat tersebut. Termasuk siapa saja pihak yang sudah diamankan.

Namun sumber KPK memastikan penangkapan terkait perizinan pengembangan RS Kasih Bunda Cimahi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Soal Perijinan RS

"Perijinan pengembangan RS Kasih Bunda Cimahi," kata dia.

KPK memiliki waktu 1x2 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terekam Pukuli Pria Kulit Hitam, Polisi Prancis Diskors

Posted: 26 Nov 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Paris - Kasus pemukulan warga kulit berwarna terjadi di Paris, Prancis. Seorang pria kulit hitam yang jadi korbannya.

Menurut laporan VOA Indonesia, Jumat (27/11/2020), seorang pria kulit hitam dipukuli oleh beberapa polisi Prancis mengatakan. Korban kemudian mencari keadilan setelah tayangan video yang menunjukkan polisi itu berulang kali memukulnya dengan menggunakan pentungan dan gas air mata tanpa alasan yang jelas.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin memerintahkan para polisi yang terlibat dalam kasus itu diberhentikan sementara atau diskors.

Insiden itu muncul ketika pemerintahan Presiden Emmanuel Macron mendorong undang-undang baru yang membatasi kemampuan untuk memfilmkan polisi. Langkah itu memicu protes dari kelompok-kelompok kebebasan sipil dan wartawan, yang khawatir hal itu akan memungkinkan kebrutalan polisi tidak terlihat dan tidak dihukum.

Video yang pertama kali dirilis pada Kamis 26 November oleh situs berita Prancis Loopsider menunjukkan penangkapan keras terhadap seorang produser musik, Michel Zecler, di wilayah ke-17 atau distrik Ibu Kota Prancis pada Sabtu 21 November.

Video Versi Media Lain

Ilustrasi Polisi Inggris (AFP)
Ilustrasi Polisi Inggris (AFP)

Video yang diperoleh kantor berita Associated Press (AP), baik dari kamera keamanan di dalam studio dan difilmkan oleh orang di lingkungan sana menunjukkan tiga polisi yang mengikuti Zecler ke dalam studio musiknya, berulang kali terlihat meninju dan memukulinya dengan pentungan.

Zecler mengatakan kepada AP, ia merasa lega sekarang karena "kebenaran telah terungkap".

"Saya ingin mengetahui mengapa saya diserang oleh orang-orang berseragam polisi. Saya sebenarnya menginginkan keadilan, karena saya percaya ada keadilan di negara saya," katanya.

Zecler mengatakan, para petugas berulang kali melontarkan hinaan kepadanya, termasuk julukan rasis yang sangat keras.

Infografis 3M Turunkan Risiko COVID-19 Berapa Persen?

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen? (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan Kontroversial Miss Earth Philippines 2016 Imelda Schweighart soal Penggemar K-Pop

Posted: 26 Nov 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Miss Earth Philippines 2016, Imelda Schweighart, sepertinya sangat yakin dengan pendapatnya. Beberapa hari setelah mantan ratu kecantikan Filipina ini mengecam seluruh penggemar K-pop di seluruh negeri karena kehilangan identitas, ia melipatgandakan omelan, bahkan saat fandom telah bersatu mengecam argumennya.

"Saya benci K-pop," model blasteran Jerman-Filipina itu menyatakan minggu ini dalam sebuah unggahan Facebook yang telah dihapus, menurut laporan South China Morning Post yang dilansir Jumat (27/11/2020).

"Orang Filipina kehilangan identitas mereka karena mencoba jadi seperti orang Korea. Bisakah kita memiliki harga diri?" sambung Schweighart.

Ia juga mengatakan, "Saya tak yakin apakah ada yang bisa mengidentifikasi (idol K-pop). Tapi, jika ada yang bisa, itu menggambarkan seperti apa penampilan Anda setelah operasi plastik. Ketidakamanan adalah apa yang mereka jual. Mereka tak mempromosikan self-love."

Pendapatnya pun memicu banyak kritik, termasuk dari Francis Baraan IV, seorang pengusaha dan aktivis HAM. "Teruntuk Imelda Schweighart, hanya (karena) Pinoy menyukai K-pop, bukan berarti mereka sudah kehilangan identitas mereka," katanya dalam sebuah kicauan yang menarik belasan ribu likes.

Baraan menambahkan bahwa klaim Schweighart membuatnya terlihat seperti xenophobia, sombong elitis.

"Imelda: Orang Filipina kehilangan identitas mereka karena mencoba jadi seperti orang Korea. Imelda: bernyanyi dalam bahasa Inggris," ungkap seorang pengguna YouTube.

Para pencela juga menuduh model 22 tahun itu munafik. Sebelumnya, ia dinilai memuji budaya Barat, dengan mengatakan, "Pengaruhnya adalah yang terbaik dan kami berada di bawah mereka hingga hari ini."

Komentar tersebut mendapat teguran keras dari aktor Hong Kong-Filipina, Richard Juan, yang menyinggung soal standar ganda. Juga, meminta mantan ratu kecantikan itu untuk merayakan fakta bahwa orang Asia membuka sendiri jalan mereka di panggung global.

Bukan Tokoh Baru dalam Kontroversi

Miss Earth Philippines 2016 Imelda Schweighart. (dok. Instagram @imahartiesofficial/https://www.instagram.com/p/BNTQg1yjbRT/)
Miss Earth Philippines 2016 Imelda Schweighart. (dok. Instagram @imahartiesofficial/https://www.instagram.com/p/BNTQg1yjbRT/)

Pada Selasa, 24 November 2020, Schweighart mengancam akan menggugat para pengkritiknya. "Saya mengajukan kasus terhadap setiap orang yang telah mengirimi saya pesan di bawah RA 10175 Hukum Kejahatan Dunia Maya untuk Pelecehan Online, Invasi Privasi, cyberstalking dan pencemaran nama baik," kata model itu di Instagram, menambahkan ia telah mencantumkan nama setelah berkonsultasi dengan pengacaranya.

Ketika reaksi terus berlanjut, beberapa menepis cita rasa musik Schweighart yang baru-baru ini merilis single. Di halaman YouTube-nya, para penggemar K-pop membanjiri kolom komentar dengan ribuan lirik lagu karya idol Korea favorit mereka.

Sementara itu, yang lain menyoroti dampak positif dari penggemar K-pop Filipina terhadap masyarakat, seperti upaya penggalangan dana selama musim topan di negara itu. Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo, termasuk di antara mereka yang baru-baru ini berterima kasih pada penggemar BLACKPINK dan penyanyi Korea Selatan, Bang Ye-dam TREASURE atas bantuan mereka.

"Sangat menyentuh bahwa penggemar K-pop melakukan bagian mereka melalui upaya bantuan kantor kami untuk korban topan,'' kata Robredo di Twitter.

Schweighart sendiri bukanlah orang baru dalam kontroversi. Pada 2016, ia mencabut mahkotanya dari Miss Earth Organization setelah menuduh bahwa pemenang Miss Earth 2016, Katherine Espin, dari Ekuador telah melakukan operasi kosmetik. Ia juga sempat membandingkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dengan Adolf Hitler.

Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Jitu Agar Mobil Bekas Kesayangan Bisa Terjual dengan Harga Tinggi

Posted: 26 Nov 2020 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berminat untuk menjual mobil, tentu saja mobil yang Anda jual akan berstatus mobil bekas atau mobkas meskipun Anda adalah tangan pertama. Harga jual mobil bekas tentu akan di bawah mobil baru, dan terdapat berbagai faktor yang bisa memengaruhi harga jual.

Harga mobil bekas bisa saja tetap tinggi jika Anda memperhatikan beberapa hal penting untuk tetap menjaga harga jualnya. Berikut 6 hal yang perlu diperhatikan agar harga jual mobil bekas tetap terjaga.

1. Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen kendaraan merupakan bukti legalitas kendaraan bermotor. Jangan pernah lupa lokasi Anda menyimpan surat-surat penting seperti BPKB, STNK, dan pendukung lain seperti faktur pembelian.

STNK berguna sebagai bukti keabsahan pelat nomor. BPKB merupakan bukti legal terkait kepemilikan kendaraan. Kalau BPKB hilang, bisa timbul kecurigaan mobil bekas yang Anda jual adalah barang curian dan sebagainya.

 

2. History Perawatan Berkala

Aspek pertama meliputi sejarah perawatan. Pada umumnya, keinginan calon pembeli terhadap mobil bekas merek apapun tentu menginginkan kondisi prima. Pembeli tak ingin repot memperbaiki lantaran banyak kerusakkan yang tak ia ketahui. Selama mobil terawat dengan baik, besar kemungkinan nilai jual tetap tinggi. Hal ini dikarenakan fungsi utama lebih diarahkan sebagai penunjang mobilitas sehari-hari.

Seluruh upaya perawatan ini menjadi omong kosong belaka dan bisa menimbulkan kecurigaan bila tanpa bukti. Ada baiknya melakukan servis di bengkel resmi karena data historis terdokumentasi dengan baik di buku servis. Simpan buku servis dan pastikan Anda selalu memastikan bengkel resmi merekam dengan baik semua proses perbaikkan. Ada baiknya juga, Anda menyimpan semua bon perbaikkan dalam buku servis tersebut.

 

3. Kondisi Fisik Mobil

Kondisi eksterior perlu dipertahankan untuk mencerminkan kondisi mekanikal yang sehat di baliknya. Usahakan mobil baru Anda bebas dari baret, bekas tabrakan, dan dalam kondisi standar. Keadaan tampilan tidak karuan mungkin menurunkan harga, bahkan minat calon pembeli nantinya.

Tak ada salahnya melakukan perawatan rutin pada bodi untuk menjaga nilai kendaraan Anda. Saat ini sudah banyak promo paket terkait perawatan kendaraan termasuk cat bodinya. Memiliki asuransi juga bisa membantu Anda dalam menjaga bodi ini.

 

4. Memiliki Asuransi

Tak bisa dipungkiri, memiliki asuransi memang dapat membantu Anda dalam menjaga kondisi kendaraan selama masa kepemilikan. Bahkan beberapa gerai mobil bekas maupun pembeli, lebih mengapresiasi saat status mobil masih atau selalu terjamin oleh asuransi. Walau akhirnya mungkin asuransi sudah tak aktif saat mobil dijual, namun calon pembeli biasanya merasakan nilai lebih saat kendaraan selalu dijaminkan oleh asuransi di setiap proses insiden, sebab perbaikkannya pasti ditangani oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

 

5. Usia Kendaraan Tidak Lebih dari 5 tahun

Memang lima tahun bukanlah sebuah standar keharusan mengganti mobil baru. Sebenarnya bebas mau dipakai hingga puluhan tahun pun, selama apik pasti masih dapat beroperasi dengan nyaman. Kendati begitu, harga bekas setelah lima tahun dikhawatirkan menurun lebih tajam. Ada pertimbangan usia komponen dalam membeli mobkas. Kala ingin mengganti unit baru dengan melakukan trade-in, Anda perlu merogoh kocek lebih banyak akibat mobil terlalu 'tua'.

 

6. Jenis Transmisi Kendaraan

Transmisi menentukan prestasi nilai seken. Sedikit mencari contoh sederhana. Dari sekilas pengamatan kami pada area Jabodetabek, Daihatsu Xenia R Sporty lansiran 2016-2017 bertransmisi manual memiliki rentang harga lebih tinggi. Sebenarnya perbedaan tidak terlalu kentara sebab ada aspek lain berpengaruh seperti kondisi dan jarak tempuh. Mungkin saja manual lebih diminati oleh pengemudi taksi online area Jabodetabek karena merasa perawatan mudah dan lebih konvensional. Jenis girboks bisa menjadi acuan namun semua itu juga dipengaruhi lokasi dan siapa pengguna mayoritas. 

Sumber: Oto.com

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi BPPTKG Soal Aliran Erupsi Gunung Merapi, Masih ke Arah Sungai Gendol

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aliran erupsi Gunung Merapi diprediksi masih mengarah ke Sungai Gendol. Hal itu diungkapkan Ketua Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, Kamis (26/11/2020). 

"Kondisi Gunung Merapi terkini, sejauh pantauan kami, prediksi erupsi masih mengarah ke Sungai Gendol," kata Hanik.

Menurut hasil pemantauan, Hanik menemukan alur-alur sungai terpantau cukup dalam, sehingga apabila kemudian terdapat guguran material vulkanik dan awan panas, maka masih dapat mengarah ke area tersebut.

"Alur-alur sungai juga masih dalam, sehingga kalau pun sudah ada awan panas lari ke area tadi, itu masih mencukupi," kata Hanik.

Menyinggung tentang peningkatan aktivitas Gunung Merapi, pihaknya masih menunggu perkembangan dalam artian volume kubah lava termasuk penghitungan kecepatan penambahan kubah lava yang juga menentukan kemungkinan alurnya.

BPPTKG masih terus memantau setelah status Gunung Merapi dinaikkan menjadi Level III atau Siaga sejak Kamis, 5 November silam.

Guna mengantisipasi dan mengurangi risiko bencana yang dapat ditimbulkan dari aktivitas Gunung Merapi tersebut, BPPTKG memberikan rekomendasi bahwa kegiatan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III agar dihentikan.

BPPTKG juga mengimbau kepada para pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi, termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Adapun prakiraan daerah bahaya yang berpotensi terdampak erupsi Gunung Merapi adalah Dusun Kalitengah Lor di Desa Glagaharjo, Dusun Kaliadem di Desa Kepuharjo dan Dusun Palemsari di Desa Umbulharjo yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Kemudian Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong, Karanganyar di Desa Ngargomulyo, Dusun Trayem, Pugeran, Trono di Desa Krinjing, Babadan 1, Babadan 2 di Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berikutnya Dusun Stabelan, Takeran, Belang di Desa Tlogolele, Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur di Desa Klakah dan Dusun Jarak, Sepi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Selanjutnya Dusun Pajekan, Canguk, Sumur di Desa Tegal Mulyo, Dusun Petung, Kembangan, Deles di Desa Sidorejo dan Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja PT Angkasa Pura I dengan Gaji Rp 6,5 Juta, Ini Buktinya

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah lowongan kerja di PT Angkasa Pura I di media sosial Facebook. Dijelaskan dalam klaim mengenai lowongan kerja ini, PT Angkasa Pura I membutuhkan banyak perkeja tambahan.

Akun Facebook atas nama Febbly S mengunggah informasi lowongan kerja PT Angkasa Pura I pada 9 November 2020. Disebutkan, para pelamar yang lolos seleksi akan mendapat gaji pokok sebesar Rp 6,5 juta.

Begini narasinya:

"DI BUKA LOWONGAN KERJA

PT Angkasa Pura I (Persero) Tahun 2020Perusahaan yang bergerak di bandar udara international

Persyaratan:Pria / WanitaUsia 18 – 35 ThnPendidikan Min SMA/SMK sederajatMemiliki penampilan dan komunikasi yang baik

Posisi:pramugariAviation Security OfficerFly SecurityFire Fighting OfficerApron MovementController /Avia BridgeAir traffic controllerAir craft MaintenenceEngineerFlight Operation OfficerPerawatMarshallerCheck In CounterCostumer ServicePemadam KebakaranDriverMekanik

Fasilitas :-Gaji pokok UMR Rp 6.500.000,--Uang Makan-Mess / Transport / Jemputan-Seragam-BPJS-Premi Kehadiran-THR

Kelengkapan Dokumen :

* Surat Lamaran Kerja * Curriculum Vitae ( CV )* Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir* Foto copy Identitas ( KTP / SIM )* Foto copy kartu keluarga ( KK )* Pas Foto (berwarna) ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar

* Email dan No. Telp / Hp yang masih aktifSilahkan Kirim Lamaran/CV Lengkap Anda ke Email: humas.ap1@graduate.org

*SUBJECT LAMARAN : NAMA LENGKAP/NO.HP/E-MAIL*

Batas lamaran sampai 30 November 2020

Mohon bantu share atau bagikan ya mgkn aja ada teman atau keluarga anda butuh kerja.."

Sementara itu, diunggahan lainnya, disebutkan kalau PT Angkasa Pura II yang membuka lowongan pekerjaan. Klaim ini sangat mirip dengan yang diposting akun Facebook Febbly S.

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa media sosial, Twitter, milik PT Angkasa Pura I, @AP_Airports. Dalam akun Twitter tersebut, mereka tidak membuka lowongan melalui Facebook seperti yang diklaim akun Facebook Febbly S.

"Hati-hati terhadap jenis penipuan berkedok informasi lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura I (Persero). Seluruh proses rekrutmen PT Angkasa Pura I (Persero) diumumkan melalui website resmi perusahaan serta surat kabar nasional."

Bantahan juga disebutkan di akun Twitter resmi contact center PT Angkasa Pura I, @angkasapura172. Dijelaskan dalam akun tersebut, mereka belum membuka lowongan pekerjaan lagi. Kicauan ini berada di Twitter pada 22 November 2020.

Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi situs resmi PT Angakasa Pura II. Di situs itu ada penjelasan kalau mereka belum membuka lowongan pekerjaan. Begini penjelasan yang tertera di situs tersebut:

"Pengumuman Rekrutmen

Untuk saat ini PT Angkasa Pura II (Persero) belum membuka lowongan pekerjaan.

Pengumuman lowongan kerja PT Angkasa Pura II (Persero) akan diinformasikan secara resmi melalui website www.angkasapura2.co.id dan http://recruitment.angkasapura2.co.id PT Angkasa Pura II (Persero) tidak pernah memungut biaya apapun dalam proses seleksi penerimaan calon pegawai.

Harap berhati-hati terhadap modus penipuan terkait informasi lowongan kerja yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura II (Persero), dan perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan atas penipuan tersebut. Panitia Rekrutmen & Seleksi PT Angkasa Pura II (Persero) tidak menanggung segala bentuk biaya untuk keperluan rekrutmen dan seleksi dari kandidat dan tidak pernah meminta pembayaran dalam bentuk apapun dari kandidat. Harap mengabaikan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang meminta sejumlah uang terkait rekrutmen dan seleksi."

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim yang menyebut adanya lowongan pekerjaan di PT Angkasa Pura I dan II dengan gaji sebesar Rp 6,5 juta adalah hoaks.

Faktanya, PT Angkasa Pura I belum membuka lowongan pekerjaan di tahun 2020.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Special Content: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Penanganan Pemerintah Harus Lebih Maksimal

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia telah menyentuh angka 500 ribu lebih kasus COVID-19 dalam sembilan bulan. Sudah lebih dari 16 ribu nyawa melayang di Indonesia akibat virus corona atau yang juga dikenal dengan sebutan SARS-CoV-2 itu.

Kurva kasus COVID-19 di Indonesia juga tak menunjukkan penurunan, malah cenderung terus naik. Kasus positif COVID-19 harian di Indonesia dalam dua minggu terakhir bahkan sudah mencapai 5.000-an orang.

Bukan hanya itu, kini setiap hari setidaknya ada lebih dari 100 orang di Indonesia meninggal dunia akibat COVID-19. Pada hari Kamis (26/11/2020) saja, Satgas COVID-19 melaporkan sebanyak 127 orang meninggal dunia.

Di tengah kondisi tersebut, perilaku sosial masyarakat masih kurang memperlihatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini menyebabkan penyebaran virus semakin luas.

Beberapa momen seperti libur panjang juga menjadi penyebab peningkatan drastis kasus COVID-19 di tanah air. Libur panjang akhir tahun 2020 juga diprediksi menimbulkan lonjakan kasus COVID-19.

Presiden Joko Widodo secara khusus membahas ketentuan libur panjang akhir tahun 2020. Jokowi meminta agar libur panjang akhir tahun dikurangi, tapi belum diputuskan berapa jumlah yang akan dikurangi.

Jokowi juga menilai saat ini strategi untuk menyeimbangkan gas dan rem sudah terlihat hasilnya. Untuk itu, dia meminta para gubernur dan Komite Satgas untuk terus menjaga keseimbangan tersebut agar tak muncul gelombang kedua Covid-19.

Presiden ketujuh Republik Indonesia ini juga mengedepankan data tentang kasus aktif COVID-19 di tanah air yang berada di angka 12,78 persen, lebih rendah dari rata-rata dunia sebesar 28,41 persen. Sementara, angka kesembuhan pasien COVID-19 di Indonesia berada di angka 84,03 persen, di mana itu jauh lebih baik dari rata-rata dunia yakni, 69,20 persen.

"Strategi yang sejak awal kita sampaikan rem dan gas itu betul-betul diatur betul. Jangan sampai kendor dan juga memunculkan beresiko memunculkan gelombang yang kedua ini yang bisa membuat kita side back, mundur lagi," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas dari Istana Merdeka Jakarta, Senin (23/11/2020).

Sebagian masyarakat memang sudah berani beraktivitas di keramaian, seperti pergi ke tempat rekreasi saat libur panjang pada 29 Oktober sampai 1 November 2020 lalu. Pemerintah tidak ingin lonjakan kasus seusai libur panjang terulang lagi.

Di sisi lain, kebijakan pemerintah selama pandemi COVID-19 juga banyak mendapat kritik. Ketegasan pemerintah dalam penegakan aturan selama Pandemi COVID-19 banyak dipertanyakan, salah satunya ketika peristiwa kerumunan kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia pada 10 November lalu.

Strategi pemerintah juga tampak belum kunjung mampu menekan atau mengendalikan penyebaran dan penularan virus corona. Upaya penanganan juga masih setengah-setengah. Itu terbukti dari testing dan tracing yang adekuat atau kurang memadai dan tidak memenuhi syarat WHO.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, positive rate COVID-19 di Indonesia hingga November 2020 rata-rata mencapai 14 persen. Positivity rate adalah perbandingan antara jumlah kasus positif COVID-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

Angka tersebut masih sangat tinggi. Nyaris tiga kali lipat dari standar positive rate WHO sendiri yang berada di angka 5 persen.

 

Pandemictalks, sebuah gerakan dari para relawan untuk membantu meredam pandemi COVID-19, lewat inisiatornya, Firdza Radiany, menyebut positive rate bisa menjadi indikator bagus atau tidaknya penanganan pandemi di suatu wilayah, baik negara, provinsi, maupun kota.

"Bisa dikatakan kalau positive rate-nya masih tinggi, berarti penanganan pandemi di suatu negara, provinsi, atau kota itu, belum baik," kata Firdza Radiany ketika dihubungi Liputan6.com.

Positive rate disebabkan oleh dua hal besaran. Yang pertama dari regulator atau pemerintah, di mana sampai sekarang belum bisa melakukan testing kepada penduduk sesuai standar WHO yaitu untuk Indonesia minimal 38.500 orang setiap harinya.

"Setiap negara standar WHO untuk testing penduduknya beda-beda. Ini tes orangnya ya, bukan spesimennya. Indonesia testingnya paling tinggi kalau tidak salah di angka 37 ribu per hari, itu pun 40 persen konsentrasi tes ada di Jakarta dan sisanya dibagi ke 33 provinsi lainnya," ujar Firdza.

"Jadi, isunya adalah testingnya tidak adekuat (memadai), lalu testingnya tidak merata. Lalu, juga ada tracing atau pelacakan. Harusnya, 1 orang yang positif itu dilacak, minimal 30 orang. Standar WHO seperti itu. Di Singapura, setiap satu orang positif, dilacaknya sampai 70 orang. Di Indonesia, dilacaknya baru antara 3 sampai 4 orang. Bayangkan, harusnya minimal 30 orang, 26 orang sisanya ini tidak kita tracing atau data. Makanya, penyebarannya sampai ke mana-mana."

Yang kedua, positive rate juga disebabkan perilaku masyarakat, indikatornya yakni pemakaian masker, menjaga jarak, dan menjauhi keramaian. Menurut Firdza, disiplin masyarakat Indonesia tidak seketat seperti di awal-awal pandemi pada Maret dan April lalu.

"Sekarang ini masyarakat kelihatannya sudah mulai lelah untuk disiplin. Mungkin masih percaya COVID-19, tapi lelah untuk disiplin sehingga waktu liburan panjang kemarin memilih untuk keluar rumah atau ke keramaian. Atau sekarang beberapa orang sudah mulai berani semakin ramai," paparnya.

"Jadi, kalau ditanya pendapat kami soal penanganan pandemi selama ini adalah, masih sama sekali belum terkendali, karena indikator-indikator yang selalu kami pantau, tidak membuktikan Indonesia sudah berhasil. Makanya kita cepat bisa mencapai 500 ribu kasus ini."

Setengah Hati

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) bersama Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir (kiri) saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) bersama Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir (kiri) saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tingkat testing Indonesia memang masih rendah. Dari data Worldometer, Indonesia dengan 274 juta penduduk, baru melakukan testing 1,95 persen dari penduduk dalam sembilan bulan pandemi yang sudah berlangsung. Untuk negara yang masuk 10 besar populasi terbanyak di dunia, kapasitas testing Indonesia bahkan lebih rendah dari Pakistan (222 juta penduduk) yang mencapai 2,23 persen.

Amerika Serikat (331 juta penduduk) memiliki kapasitas testing 50,69 persen. India yang populasi penduduknya menyentuh 1,3 miliar orang, kapasitas testingnya mencapai 9,08 persen. Kemudian, kapasitas testing Brasil di angka 10,28 persen dari 213 juta penduduk.

"Jadi, secara komposisi persentase jumlah orang yang di tes pun kita masih minim dan pemerataannya pun sedikit di bawah. Semakin sedikit testing yang dilakukan ya semakin tidak ada kasus yang terungkap," kata Firdza.

Padahal, tanggung jawab pemerintah adalah melakukan 3T yakni testing, tracing, dan treatment (perawatan). Selain testing dan tracing, regulator atau pemerintah setelah mendapat data-data tersebut seharusnya mengamankan orang-orang yang sudah terbukti positif. Apabila orang itu tidak menunjukkan gejala, lakukan isolasi. Jika orang itu memiliki gejala, dirujuk ke rumah sakit.

"Ujungnya 3T ini kan treatment. Tapi, ternyata yang terakhir treatment-nya pun Jakarta mulai kewalahan. Bed Occupancy Ratio di Jakarta ini sudah menyentuh 70-73 persen, standar WHO 60 persen. Terakhir data dari IDI, 85 persen dari tenaga kesehatan, termasuk dokter, sudah mulai kelelahan. Ini ujungnya dari 3T yang tidak diharapkan."

"Itu kan hilirnya. Hulunya adalah, kalau bisa, sebelum testing, tracing, dan treatment ini, yang enggak ada kerumunan dan mobilitas penduduk. Ibarat analoginya kapal, kita bocor di mana-mana. Banyak menampung penumpang, tapi juga bocor, lama-lama ya tenggelam. Bocor yang di awal-awal ini enggak ditambal. Sebenarnya misalnya kita sudah mengakui, sudah maksimal nih Indonesia seperti ini, ya kita seharusnya strateginya menekan mobilitas. Ya caranya banyak, ada lockdown, ada karantina wilayah, ada PSBB, macam-macam," ungkap Firdza.

Namun, untuk strategi menekan mobilitas pun butuh eksekusi yang benar-benar tegas dan ketat. Sistem zonasi yang diusung pemerintah pun diragukan efektivitasnya, terlebih kebijakan monitoringnya dan pengawalannya tidak ketat.

"Zonasi ini juga ilusi juga, hanya imbauan. Misalkan, Ini zona merah dan zona hitam. Misalkan ada sekolah atau kantor dibuka di zona hijau, tapi penduduk yang tinggal di zona hitam atau merah tetap boleh ke sana."

"Kalau sekarang kan, yang dilihat adalah kita strateginya seperti; yuk sekarang ngegas, sekarang ngerem. Kalau sudah mulai kecepatannya tinggi lagi, kita rem. Ya begitu terus, sambil kita berharap menunggu vaksin," imbuhnya.

Presiden Jokowi sebelumnya sudah meminta agar aparat menindak tegas kegiatan-kegiatan yang melanggar protokol kesehatan di masa pandemi. Pasalnya, pria kelahiran Surakarta ini melihat tren kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai membaik.

"Langkah pencegahan dan intervensi pada potensi-potensi kegiatan yang melanggar protokol harus dilakukan dengan ketegasan, lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas dari Istana Merdeka Jakarta, Senin 23 November 2020.

Meski ada permintaan tindakan tegas dari Presiden Jokowi, penerapan di lapangan kerap kurang maksimal. PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) juga dinilai kebijakan yang setengah hati, karena akhirnya Jakarta masih dibuka dan orang-orang dari Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang tetap boleh masuk.

Kepercayaan masyarakat kepada pun diyakini menurun menyusul berbagai peristiwa pembiaran pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di masyarakat. Ini juga bisa menjadi faktor yang menurunkan kedisiplinan masyarakat.

"Jadi, akhirnya PSBB ini hanya bisa menekan orang keluar rumah, jalanan menjadi sepi, tapi tidak menghentikan mobilitasnya. Dan punishment atau hukumannya, sekilas yang saya tahu ikuti juga tidak ketat. Sidak atau pengawalannya itu ya saya sebutnya setengah hati. Yang terakhir, ada standar ganda dari regulator, ya pusat dan pemda. Misalkan ada kerumunan terakhir kemarin, itu kan membuat masyarakat cukup kecewa. Lah kok ini tidak ditindak. Jadi, ada trust ke pemerintah juga mulai turun. Kelelahan akibat COVID-19 juga ada, jadi masyarakat mulai cuek," ucap Firdza.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Indonesia, Wiku Adisasmito, menyebut jumlah orang yang dites COVID-19 mengalami fluktuasi. Sempat terjadi peningkatan, penurunan angka testing, lalu kembali meningkat.

"Dari awal Juni 2020 hingga minggu ketiga Oktober 2020, terlihat tren peningkatan testing COVID-19. Namun, tren ini mengalami penurunan pada dua pekan setelahnya. Dan, kembali meningkat hingga pekan ini," kata Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Selasa, 24 November 2020.

Menurut Wiku angka testing hampir mencapai target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu berada di angka 86,25 persen pada minggu kedua November 2020. Testing COVID-19 pun terus ditingkatkan hingga minggu ketiga bulan November 2020 dan mencapai sekitar 239.372 orang atau 88,6 persen.

Pemeriksaan (testing) COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 239.000 orang pada pekan ketiga November 2020. Melihat persentase jumlah orang yang dites COVID-19 meningkat, Wiku, mengatakan,"Ini adalah angka tertinggi yang pernah kita capai."

Gelombang Pertama Tanpa Ujung

Ilustrasi para tenaga medis kelelahan perangi pandemi covid-19 (Liputan6.com / Abdillah)
Ilustrasi para tenaga medis kelelahan perangi pandemi covid-19 (Liputan6.com / Abdillah)

Di banyak negara, terutama di Eropa, gelombang kedua atau second wave COVID-19 sudah muncul. Terjadi lonjakan kasus yang drastis, setelah sebelumnya kurva penularan sempat turun. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengingatkan agar masyarakat Indonesia waspada terhadap fenomena gelombang kedua dari berbagai negara di banyak belahan dunia.

Gelombang kedua adalah suatu kondisi ketika ada tren kenaikan kasus konfirmasi positif yang kembali memuncak setelah sebelumnya sempat melandai.

"Di negara lain pernah tinggi, terus turun terus merendah. Lalu, tiba-tiba loncat lagi (jumlah kasus meningkat), loncatnya cepat," jelas Juru Bicara dan Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi Liputan6.com.

Menurut Wiku, ada beberapa faktor yang membuat terjadi gelombang kedua COVID-19 di beberapa negara. Mulai dari kendornya perilaku menjalankan protokol kesehatan hingga kasus impor.

"Kita lihat itu pasti ada trigger-nya, apa? Dugaan saya prilaku masyarakat tak terkendali dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Lalu, ada imported case yang menular cepat, yang mau direm susah," terang Wiku.

Ironisnya, walaupun testing belum maksimal, indikator-indikator sudah menunjukkan Indonesia belum sampai di puncak gelombang pertama COVID-19. Istilah endless first wave atau gelombang pertama tanpa ujung pun melekat pada Indonesia.

"Kenapa bisa seperti itu (gelombang pertama tanpa ujung), karena strategi yang dilakukan itu hanya testing saja. Tracingnya ada, tapi tidak maksimal. Kebijakan testingnya ada, tapi minimal sekali. Kebijakan untuk menekan mobilitas, menekan kerumunan, itu tidak ada. Idealnya, mau sebanyak atau sesedikitpun testing, harusnya ada kebijakan untuk menekan mobilitas," tutur Firdza.

"Kita kan seminggu-dua minggu terakhir ini angka positif kesehariannya sudah 5.000-an orang, sempat 5.444 orang kalau tidak salah. Nah, idealnya itu, sebuah daerah atau negara bisa dikatakan puncaknya mulai turun ya kalau sudah berkurang kasus hariannya. Misalnya, dari 5.000 jadi 1.000. Kalau bisa dari tiga digit angka jadi dua digit kasus hariannya. Kita setiap mulai naik jadi angka ribuan, enggak pernah jadi angka ratusan lagi. Padahal jumlah testingnya ya ajeg (tidak berubah) saja. Intinya, karena kebijakan strateginya tidak tepat dan tidak maksimal dan belum ada buat menekan mobilitas (masyarakat)," beber pria yang berprofesi sebagai praktisi marketing communication dan analis data ini.

Pemerintah Indonesia pun disarankan mencontoh negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura dalam penanganan pandemi COVID-19. Walaupun secara populasi berbeda, tapi Malaysia dan Singapura punya strategi yang baik menekan penularan.

"Pada 21 November 2020, kasus harian di Malaysia itu 930 sekian orang. Mereka populasi 32 juta orang, kasus hariannya hanya 930 sekian, dibandingkan dengan Kota Jakarta yang populasinya 10-11 juta, jadi kita bandingkan antara Negara Malaysia dan Kota Jakarta, di mana Jakarta pada 21 November kasus hariannya pecah rekor sampai 1.500 orang. Di situ kan sudah kelihatan strateginya lebih tepat di Malaysia kan untuk testing dan menekan mobilitas. Kalau mau contoh yang lebih sempurna lagi ya Singapura. Ya walaupun Singapura seperti kota ya. Itu sudah beberapa puluh hari ini kasus hariannya nol terus, karena testingnya adekuat, tracingnya juga dua kali lipat standar WHO," beber Firdza Radiany.

Di Indonesia, tracing di daerah menjadi tanggung jawab dinas kesehatan. Tak dipungkiri, ada kesulitan di lapangan, ketika muncul penolakan dari masyarakat untuk diperiksa dan ada stigma bahwa kalau terkena COVID-19 akan dijauhi dari lingkungan. "Tracing ini isunya dua, sumber daya manusia dan sistemnya, dan kalau sudah ada pun convincing (meyakinkan) masyarakatnya susah."

Tak Punya Rencana

Ilustrasi Melawan Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Melawan Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono, menilai pemerintah tak punya rencana yang jelas dalam menangani pandemi Covid-19. Ia juga memberi nilai 4 dari 10 atas upaya yang dilakukan pemerintah selama 9 bulan terakhir.

"Saya bingung negara tak punya rencana untuk mengatasi pandemi ini. Hanya ada 2 negara di dunia yang tak punya rencana, yaitu Amerika Serikat dan Indonesia. Kalau (Presiden Amerika) Donald Trump memang tak peduli. Seharusnya Indonesia bisa lebih baik. Tapi ternyata sama saja," kata Pandu kepada Liputan6.com.

"Indonesia tidak punya rencana panjang, misalnya untuk setahun. Mau meningkatkan testing bagaimana caranya. Ini tiap Minggu berubah terus, misalnya minta 10 ribu, 20 ribu testing, dasarnya apa dan bagaimana cara mencapainya. Kalau ada planning, berarti ada obyektif, mau begini. Ini kan tidak ada. Jadi, pandemi ini tidak ditangani ini secara manajemen pemerintahan yang modern."

Pandu memberi contoh ketika Indonesia dilanda krisis pada tahun 1965, Presiden Soeharto punya rencana yang jelas dengan Repelita.

"Kalau dulu ada Repelita 1, 2. Kalau sekarang tidak ada rencana. Sebenarnya ada upaya, tapi tidak sistematik, jadi tidak tercapai semua. Main lempar-lemparan tanggung jawab. Jadi, masih banyak yang harus dilakukan."

Menurut dia, banyak negara di dunia seperti Australia, Singapura, dan Vietnam, yang berhasil mengendalikan pandemi, tanpa harus menunggu vaksin. "Vaksin itu hanya pelengkap, jangka panjang, butuh waktu juga. Pandemi di negara-negara lain juga belum berakhir, tapi bisa dikendalikan, karena yang penting adalah menekan kasus penularan," ujarnya.

Pria lulusan University of Pittsburgh itu juga menyinggung soal kapasitas testing Indonesia yang masih rendah.  "Ya, itu terjadi karena tidak punya rencana. Kalau punya rencana, itu jadi obyektif, bagaimana meningkatkan testing. Masa dari 9 bulan yang lalu tidak tercapai-capai. Karena tidak punya target atau obyektif, ya begini jadinya," ujar Pandu, lagi.

INFOGRAFIS

INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy Note 20 Bakal Segera Cicipi One UI 3.0 Versi Stabil

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan akan segera merilis versi stabil One UI 3.0 untuk seri Galaxy Note 20.

Pasalnya, program beta untuk smartphone yang diumumkan pada akhir bulan lalu itu telah berakhir pada 25 November 2020 di Korea Selatan (Korsel).

Dilansir GSM Arena, Jumat (27/11/2020), peluncuran One UI 3.0 versi stabil di Korsel pun diperkirakan akan segera terjadi.

Di sisi lain, para pengguna seri Galaxy S20 di negara-negara lain masih menerima pembaruan beta karena program tersebut masih belum secara resmi ditutup di luar Korsel.

Moderator forum Samsung telah mengungkpakan pembaruan beta terakhir mendekati kehadiran versi stabil. Sehingga, para pengguna seri Galaxy S20 mungkin akan segera menerim pesan penutupan program beta.

One UI 3.0

Samsung Galaxy Z Fold2
Samsung Galaxy Z Fold2

Sementara itu, para moderator forum Samsung juga mengatakan bahwa pembaruan beta terakhir One UI 3.0 untuk Galaxy Z Fold2 ditangguhkan di Korsel. Hal ini karena sebuah bug yang menyebabkan pengguna tidak bisa membuka kunci perangkatnya.

Samsung belum mengumumkan kelanjutan peluncuran antara muka tersebut.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Agus Suparmanto Lepas Ekspor Tuna Ke Korea Selatan

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelepasan ekspor ikan tuna dari sistem resi gudang (SRG) di Benoa, Bali ke Korea Selatan hari ini, Jumat (27/11/2020).

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi Kementerian Perdagangan dengan KKP dalam mengoptimalkan pemanfaatan dan pengembangan SRG di sektor perikanan.

Selain itu, inisiasi pelaksanaan SRG juga merupakan hasil dukungan dari berbagai pihak terkait, seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perbankan.

"Pelepasan ekspor ikan tuna dari sistem resi gudang ke Korea Selatan merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah dalam mengoptimalkan manfaat SRG," kata Mendag.

Kata Mendag seperti yang telah diterapkan di sektor pertanian, pelaksanaan SRG ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi bagi para nelayan dalam menghadapi fluktuasi harga ikan dan keterbatasan akses pembiayaan.

Lanjutnya sebagai negara maritim, sektor kelautan dan perikanan Indonesia memegang peranan yang cukup penting dalam perekonomian nasional. Hingga saat ini, sektor perikanan masih memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kinerja ekspor Indonesia.

"Kementerian Perdagangan terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional. Pandemi Covid-19 memberikan tekanan bagi para pelaku usaha, khususnya bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan," jelasnya.

Adanya sistem resi gudang memberikan alternatif solusi salah satunya yang menyangkut permasalahan keuangan pelaku usaha dalam melakukan penyerapan komoditas dari produsen saat terjadi penurunan permintaan barang di dalam dan luar negeri.

 

Implementasi SRG

Senada, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Berjangka (Bappebti) Sidharta Utama menjelaskan, pelaku usaha pengolahan dan perdagangan sektor perikanan dapat memanfaatkan skema SRG sebagai instrumen pembiayaan usaha untuk mendukung penyerapan komoditas perikanan dari para nelayan.

"Implementasi SRG yang semakin luas di berbagai komoditas, seperti perikanan, akan membawa manfaat besar bagi perekonomian nasional, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang terdampak Covid-19," kata Sidharta.

Acara pelepasan ekspor ikan dari SRG juga ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pengembangan SRG sektor perikanan dan kelautan. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Bappebti dan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP disaksikan oleh Mendag Agus.

Selanjutnya, penyerahan resi gudang dari PT Perinus kepada pemilik komoditas ikan dan penyerahan pembiayaan secara simbolis oleh Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan.

Berdasarkan data statistik Kementerian Perdagangan, total transaksi ekspor ikan kode HS 03 dari Indonesia ke Korea Selatan selama lima tahun terakhir sebagai berikut: pada 2015 total ekspor sebesar USD 51,12 juta, 2016 sebesar USD 43,05 juta, 2017 sebesar USD 39,08 juta.

Lalu tahun 2018 sebesar USD 52,83 juta, dan 2019 sebesar USD 55,03 juta. Kinerja ekspor periode Januari-September 2020 mencapai USD 39,9 juta atau naik sebesar 3,07 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusias Siswa di Hebei Belajar Memainkan Wayang Kulit

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Para siswa belajar memainkan wayang kulit di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)
Para siswa belajar memainkan wayang kulit di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Para siswa belajar memainkan wayang kulit di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Para seniman wayang menampilkan permainan wayang kulit di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)
Para seniman wayang menampilkan permainan wayang kulit di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Para seniman wayang menampilkan permainan wayang kulit di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Para siswa belajar memainkan wayang kulit dengan arahan dari seniman wayang di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)
Para siswa belajar memainkan wayang kulit dengan arahan dari seniman wayang di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Para siswa belajar memainkan wayang kulit dengan arahan dari seniman wayang di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Seorang seniman wayang kulit mengajari siswa cara bermain gendang di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)
Seorang seniman wayang kulit mengajari siswa cara bermain gendang di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

Seorang seniman wayang kulit mengajari siswa cara bermain gendang di Sekolah Dasar Xiyoucun di Kota Shahe, Provinsi Hebei, China utara, pada 24 November 2020. (Xinhua/Fan Shihui)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unika Atma Jaya Peroleh Dua Penghargaan dari LLDikti Wilayah III Jakarta

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang dihadiri oleh 282 Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta pada Kamis, 26 November 2020.

Tema yang diusung pada Rakorda LLDikti Wilayah III pada tahun 2020 ini adalah "Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Reka Cipta Pemulihan Pandemi COVID-19."

Program Kampus Merdeka dirancang untuk mendorong perguruan tinggi agar dapat bertansformasi secara lincah, karena kompetensi yang dibutuhkan sumber daya manusia di masa yang akan datang bersifat dinamis. Diharapkan lulusan Perguruan Tinggi memiliki fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi.

Pada kesempatan tersebut, LLDikti Wilayah III memberikan penghargaan kepada sejumlah Perguruan Tinggi. Unika Atma Jaya menempati peringkat pertama dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta Dengan Persentase Jabatan Akademik dan Sertifikat Pendidik Dosen Terbanyak Kategori Universitas Tingkat LLDikti Wilayah III dengan jumlah penilaian 405 (86,54%).

Tanggapan Rektor Unika Atma Jaya

Foto: Unika Atma Jaya
Foto: Unika Atma Jaya

Unika Atma Jaya juga berhasil masuk tiga besar Skor Kinerja Penelitian Tertinggi berdasarkan Klasterisasi Pendidikan Tinggi Kategori Universitas Tahun 2020 bersama dengan Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanegara.

Menanggapi pencapaian ini, Rektor Unika Atma Jaya Dr. A. Prasetyantoko menyebut kalau Unika Atma Jaya terbukti berhasil menunjukan kualitas unggulannya sebagai intitusi pendidikan. Hal ini tampak dari keberhasilan UAJ dalam penilaian kualitas dosen dan kualitas penelitiannya. 

"Kualitas perguruan tinggi dapat dinilai dari kualitas dosen dan kualitas penelitiannya. Penghargaan Unika Atma Jaya dari LLDikti3 membuktikan Unika Atma Jaya unggul dalam dua aspek tersebut, melalui dua penghargaan tersebut. Semoga Unika Atma Jaya terus konsisten melakukan pembenahan dan peningkatan mutu, khususnya di dua hal yang mendapatkan penghargaan di 2020 ini. Upaya tersebut tidak terlepas fokus pembenahan atau transformasi di bidang organisasi dan akademik" ujarnya

Diminta membagi pengalaman Unika Atma Jaya yang berhasil dalam menyelenggarakan pembelajaran daring hingga meraih World 5-Star QS Stars 2020, Rektor UAJ menyebut bahwa, "Pandemi COVID-19 ini menjadi chief transformation bagi Perguruan Tinggi, dimana segala perubahan menjadi tantangan untuk dapat beradaptasi. Ada banyak kendala dalam pembelajaran daring selama pandemi ini, mulai dari ketidaksiapan terutama dosen, kualitas dan mutu kegiatan belajar mengajar menurun, hingga dukungan infrastruktur yang kurang memadai."

Dr. A. Prasetyantoko menjelaskan bahwa UNIKA Atma Jaya, sebagai salah satu Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III terus melakukan inovasi kurikulum. Univeristas yang tahun ini merayakan Dies Natalis ke-60 ini mengaku terus memanfaatkan dan memaksimalkan teknologi dengan membuat roadmap pengembangan seperti multiplatform, muti sources, kursus/sertifikasi data science dengan Microsoft.

 

LLDikti Wilayah III sebagai Pendorong Perkembangan

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud melalui LLDIKTI, khususnya wilayah III Jakarta mendorong Perguruan Tinggi untuk dapat berkembang. Perkembangan yang diharapkan seperti mahasiswa dapat meningkatkan interaksi belajar dalam skema hak belajar tiga semester di luar program studi.

Jika hal ini dapat dilaksanakan maka akan memicu hubungan link dan match antara perguruan tinggi dengan dunia kerja dimana output pembelajaran terlihat dari capaian mahasiswa. Prinsip Kampus Merdeka akan mewujudkan ekosistem yang akan menghasilkan SDM unggul serta mengalirkan karya-karya dari perguruan tinggi ke dunia nyata. 

"Indikator Kinerja Utama (IKU) akan menjadi landasan trasnformasi pendidikan tinggi kedepannya melalui transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi. Insentif berdasarkan pencapaian IKU, Matching fund untuk kerjasama dengan mitra Perguruan Tinggi dan competitive fund (program kompetisi kampus merdeka)" tuturnya.

Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc selaku Kepala LLDikti Wilayah III menjelaskan kalau kolaborasi antara pendidikan tinggi, dunia industri, dunia kerja, dan dunia usaha sangatlah penting. Ia menyebut program Kampus Merdeka merupakan terobosan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempersiapkan SDM unggul dalam menghadapi tantangan di masa depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Emak-Emak Ngamuk Saat Ditegur Polisi

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ditegur karena tidak memakai helm. Emak-emak ini justru mengamuk kepada petugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Dwi Sasono Bebas Usai 6 Bulan Rehabilitasi, Bahagia Kumpul dengan Keluarga

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari aktor Dwi Sasono. Usai menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur akhirnya suami Widi Mulia ini menghirup udara kebebasan, Jumat (27/11/2020). Seperti diketahui, ia menjalani masa rehabilitas selama enam bulan terkait kasus penyalahgunaan narkoba.

Tentu momen ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Dwi Sasono. Pria kelahiran 30 Maret 1980 tersebut tidak menyangka akhirnya bisa selesai menjalani rehabilitasi ketergantungan obat. Dwi Sasono mengaku, saat ini dirinya jauh lebih sehat dari sebelumnya. Ia juga merasa terahru akhirnya bisa keluar dari RSKO.

Tak hanya itu, penantiannya untuk berkumpul dengan keluarga pun terwujud. Usai dinyatakan bebas, ia langsung pulang ke kediamannya. Begitu sampai di rumah, hal yang pertama kali dilakukan oleh Dwi Sasono adalah memeluk anak-anak dan istrinya, Widi Mulia, di rumah.

Lewat unggahan Instagram Stories sang istri, Dwi Sasono tampak bahagia bisa berkumpul dengan anak-anaknya. Berikut 5 momen Dwi Sasono bebas usai jalani rehabilitasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/11/2020).

1. Tepat pada Jumat (27/11/2020) Dwi Sasono bebas dari rehabilitasi narkoba. Ia merasa terharu bisa keluar dari RSKO.

Dwi Sasono (Sumber: Kapanlagi.com)
Dwi Sasono (Sumber: Kapanlagi.com)

2. Selama di RSKO, Dwi Sasono menanam pohon Alpukat dan akhirnya dibawa pulang ke rumah.

Dwi Sasono (Sumber: Kapanlagi.com)
Dwi Sasono (Sumber: Kapanlagi.com)

3. Setibanya di rumah, pemain film Dua Garis Biru ini langsung melepas rindu dengan keluarganya.

Dwi Sasono (Sumber: Instagram/ikamuliana)
Dwi Sasono (Sumber: Instagram/ikamuliana)

4. Dwi Sasono langsung memeluk anak-anaknya, raut bahagia begitu terpancar.

Dwi Sasono (Sumber: Instagram/widimulia)
Dwi Sasono (Sumber: Instagram/widimulia)

5. Kini ia mengaku jauh lebih sehat dari sebelumnya dan bahagia dapat berkumpul dengan keluarga.

Dwi Sasono (Sumber: Instagram/widimulia)
Dwi Sasono (Sumber: Instagram/widimulia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Momen Ikonik Diego Maradona : Berkelahi di Depan Raja Spanyol hingga Angkat Trofi Piala Dunia

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Diego Maradona telah beristirahat dengan tenang untuk selamanya di usia 60 tahun. Legenda timnas Argentina itu dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB akibat serangan jantung.

Meninggalnya Maradona membuat dunia sepak bola berkabung. Sejumlah bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo hingga Presiden FIFA, Gianni Infantino ikut mengucapkan belasungkawa.

Maradona memang bukan nama sembarangan di sepak bola era 80-90an. Ia sukses membawa Napoli antara lain menjuarai Liga Italia dua kali.

Selain itu, Maradona juga membawa Argentina juara Piala Dunia Meksiko 1986 sebagai kapten tim. Di pentas itu pula, Maradona membuat sejumlah momen ikonik yang terus dikenang publik sepak bola.

Seperti apa momen tersebut? Berikut daftar 3 momen unik Maradona di sepak bola.

 

 

1. Gol Tangan Tuhan dan Solo Run

1. Diego Maradona (Striker) – Legenda Argentina ini dinyatakan positif menggunakan kokain pada tahun 1991. Akibat ulahnya, si pemilik gol tangan Tuhan itu dijatuhi hukuman larangan aktif di dunia sepak bola selama 15 bulan. (AFP/Sven Nackstrand)
1. Diego Maradona (Striker) – Legenda Argentina ini dinyatakan positif menggunakan kokain pada tahun 1991. Akibat ulahnya, si pemilik gol tangan Tuhan itu dijatuhi hukuman larangan aktif di dunia sepak bola selama 15 bulan. (AFP/Sven Nackstrand)

Sebelum menggenggam trofi Piala Dunia di edisi 1986, Argentina harus berhadapan dengan Inggris di babak perempat final. Di pertandingan inilah, Maradona menunjukkan magisnya.

Ia mencetak gol yang kemudian dikenal sebagai gol Tangan Tuhan. Pasalnya, belakangan diketahui Maradona mengakui sengaja menggunakan tangan untuk mencetak gol ke gawang Inggris kawalan Peter Shilton.

Semula, Maradona enggan mengakui hal tersebut. Masih di pertandingan yang sama, Maradona kembali menyihir penonton usai sukses melewati lima pemain Inggris sekaligus sebelum mencetak gol kedua.

Argentina pun menang 2-1 atas Inggris.

2. Berkelahi di Laga Barcelona vs Bilbao

Diego Maradona | via: fcbarcelona.com
Diego Maradona | via: fcbarcelona.com

Maradona pernah terlibat kerusuhan saat Barcelona berhadapan dengan Bilbao di final Copa del Rey 1984. Kerusuhan itu bermula saat Maradona tak terima ditekel keras oleh Andoni Goikoetxea.

Maradona lalu mendapat ejekan dari pemain Bilbao lainnya, Miguel Sola. Keduanya lalu terlibat adu mulut sebelum akhirnya baku pukul.

Perkelahian mereka memancing emosi pemain lainnya dari kedua tim. Alih-alih berebut bola, para pemain kemudian saling baku hantam.

Lucunya, kerusuhan itu terjadi di hadapan Raja Spanyol waktu itu, Juan Carlos. Barcelona sendiri kemudian melepas Maradona ke Napoli.

3. Raih Trofi Piala Dunia 1986

Penyerang Argentina, Diego Maradona, mengangkat trofi Piala Dunia saat usai mengalahkan Jerman Barat pada laga final Piala Dunia 1986 di Meksiko, (29/6/1986). (Photo by - / AFP)
Penyerang Argentina, Diego Maradona, mengangkat trofi Piala Dunia saat usai mengalahkan Jerman Barat pada laga final Piala Dunia 1986 di Meksiko, (29/6/1986). (Photo by - / AFP)

Di antara momen-momen berkesan, mengangkat trofi Piala Dunia 1986 barangkali menjadi yang paling monumental bagi Maradona. Bagaimana tidak, ia adalah pemain Argentina terakhir yang mempersembahkan trofi tersebut.

Prestasi itu terasa spesial lantaran Maradona berstatus sebagai kapten tim. Ia menggantikan kapten sebelumnya, Daniel Pasarella.

Di babak final, Argentina berhadapan dengan Jerman Barat. Ia memang tidak menciptakan gol di laga itu.

Namun asisnya kepada Jorge Burruchaga membuat Argentina menang 3-2.

Saksikan Video Maradona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pemenang AMI Awards 2020: Ada Noah, Lesti, hingga Weird Genius

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Anugerah Musik Indonesia, atau AMI Awards, telah rampung digelar pada Kamis (26/11/2020) kemarin malam. Meski AMI Awards ke-23 digelar kala pandemi, tak mengurangi selebrasi atas pencapaian para insan musik.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, banyak nama-nama baru bermunculan sebagai pemenang AMI. Beberapa di antaranya adalah Weird Genius, Hindia, dan Tuan Tigabelas.

Dua pemenang kategori pendatang baru pada AMI 2018 dan 2019, Marion Jola dan Nadin Amizah, menunjukkan konsistensi mereka dalam berkiprah di dunia musik dengan kembali memenangkan penghargaan pada tahun ini.  

Tahun ini pula, diberikan penghargaan khusus untuk sejumlah nama ikonis di industri musik Tanah Air, seperti Didi Kempot dan Nasution Bersaudara. 

Simak daftar pemenang AMI Awards 2020 berikut ini:

 

Daftar Pemenang AMI Awards 2020 (1)

Lagu milik Weird Genius berjudul Lathi. (Sumber: YouTube/Weird Genius)
Lagu milik Weird Genius berjudul Lathi. (Sumber: YouTube/Weird Genius)

Karya Produksi Terbaik Terbaik

"Lathi" - Weird Genius, Sara Fajira

Album Terbaik Terbaik

Keterkaitan Keterikatan - NOAH

Pendatang Baru Terbaik Terbaik

Tiara Andini - "Gemintang Hatiku"

Artis Solo Wanita Pop Terbaik

Raisa - Teristimewa"

Artis Solo Pria Pop Terbaik

Andmesh - "Nyaman"

Duo/ Grup Pop Terbaik

NOAH - "Kala Cinta Menggoda"

Penata Musik Pop Terbaik

Andi Rianto - "Selesai"

Album Pop Terbaik

Cinta Luar Biasa - Andmesh

Daftar Pemenang AMI Awards 2020 (2)

Once Mekel (Bambang E Ros/Fimela.com)
Once Mekel (Bambang E Ros/Fimela.com)

Artis Solo Pria/Wanita Rock/Instrumentalia Rock Terbaik

Once Mekel - Musisi

Pencipta Lagu Pop Terbaik

Yovie Widianto  - "Maafkan Aku #TerlanjurMencinta"

Duo/Grup Rock Terbaik

Kotak - Hoax

Album Rock Terbaik

Air - Endank Soekamti

Artis Jazz Kontemporer Terbaik

Ardhito Pramono - "Fine Today" (OST. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini)

Artis Jazz Instrumentalia Terbaik

Barry Likumahuwa - Trust & Faith

Album Jazz Terbaik

Janapati - Dewa Budjana, Tohpati

Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik

Rinni Wulandari - Born Ready

Duo/Grup/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik

Marion Jola & Tuan Tigabelas - "Favorite Sin"

Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dance Terbaik

Weird Genius, Sara Fajira ("Lathi")

 

Daftar Pemenang AMI Awards 2020 (2)

Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)
Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)

Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik

Lesti  - "Tirani"

Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik

Nella Kharisma - "Ada Gajah di Balik Batu (New Original)

Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut Terbaik

Rhoma Irama dan Anisa Rahman - "Rabbanaa"

Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dangdut Elektro Terbaik

Siti Badriah - "Pipi Mimi"

Pencipta Lagu Dangdut Terbaik

Hendro Saky - "Tirani"

Penata Musik Dangdut Terbaik

Rhoma Irama - "Virus Corona"

Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dangdut Berbahasa Daerah Terbaik

Didi Kempot ("Tulung")

Artis Solo Lelaki/Perempuan Anak-anak Terbaik

Neona - "Kepompong"

Duo/Grup/Kolaborasi Anak-Anak Terbaik

Kotak, Nussa - "Bundaku"

Pencipta Lagu Anak-anak Terbaik

Baim, Artika Sari Devi  - "Adikku Tersayang"

Penata Musik Lagu Anak-Anak Terbaik

Ava Victoria - "Namaku Dru"

Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik

Gamaliel - "Forever More"

Duo/Grup/Kolaborasi Urban Terbaik

Andien & Dekat - "Somewhere in Tajikistan"

Artis Solo Pria/Wanita Alternatif Terbaik

Hindia -"Rumah ke Rumah"

Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik

Efek Rumah Kaca - "Tiba-tiba Batu"

Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Keroncong/Stambul/Langgam/Asli Terbaik

Irene Mus Mulyadi, Mus Mulyadi - "Dinda Bestari"

Daftar Pemenang AMI Awards 2020 (3)

Hut SCTV ke-28 (Adrian Putra/bintang.com)
Hut SCTV ke-28 (Adrian Putra/bintang.com)

Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Keroncing/Stambul/Langgam/Ekstra/Kontemporer Terbaik

Sruti Respati - "Hujan Pagi"

Artis Solo Pria/ Wanita/ Grup/ Kolaborasi Elektronika Terbaik

Sri Hanuraga Trio,  Dira Sugandi - "Rangkaian Melati"

Karya Produksi Metal Terbaik

"Katarsis" - Revenge The Fate

Karya Produksi Progressive Terbaik

"Sikap Duniawi" - Isyana Sarasvati

Karya Produksi Rap/Hiphop Terbaik

"Move" - Tuan Tiga Belas

Karya Produksi Reggae/Ska/Rocksteady Terbaik

"Fallin" - Steven & Coconuttreez

Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik

"Bebas" (OST. Bebas) - Iwa K, Sheryl Sheinafia, Maizura, Agatha Pricilla & Cast

Karya Produksi Grup Vokal Terbaik

"Cinta Keadaan" - Trisouls

Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik

"Mata Leso Ge" - Ivan Nestorman

Karya Produksi Instrumentalia Terbaik

"Kala Sang Surya Tenggelam" - Erwin Gutawa

Karya Produksi World Music Terbaik 

"Saban Sabee" - Keubitbit

Karya Produksi Re-Aransemen Terbaik

"Kala Cinta Menggoda" - NOAH / Nazril Irham, Loekman Hakim, David Kurnia Albert

Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik

"Bertaut" - Nadin Amizah

Karya Produksi Kolaborasi Terbaik

"Rayu" - Marion Jola, Laleilmanino

Daftar Pemenang AMI Awards 2020 (4)

Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik

"Jalan Panjangku" - Ungu

Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani Terbaik

"Sertamu" - Citra Scholastika

Grafis Desain Album Terbaik

Rachel Ajeng - "Dari Balik Jendela" (Monita Tahalea)

Produser Rekaman Terbaik

Laleilmanino - "Rayu" (Marion Jola)

Tim Produksi Suara Terbaik

Eka Gustiwana, Gerald Prayogo, Reza Oktavian, Dhandy Annora - "Lathi" (Weird Genius, Sara Fajira)

Penghargaan Khusus Legenda Musik Indonesia

Didi Kempot

Nasution Bersaudara

Nike Ardilla

Penghargaan Khusus Lifetime Achievement

Rhoma Irama

Melly Goeslaw

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Keluarga Maling Terekam CCTV

Posted: 26 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sepasang suami istri nekat mengajak anak balitanya dalam aksi pencurian yang terekam CCTV di sebuah kontrakan di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Siapkan Armada buat Bantu Basarnas Hadapi Berbagai Musibah

Posted: 26 Nov 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan siap mendukung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam menghadapi situasi musibah kecelakaan atau bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Kemenhub memiliki sejumlah armada laut yang siap siaga jika diperlukan untuk mendukung kegiatan operasi kemanusiaan Basarnas. Mari kita saling bekerja sama dan bahu-membahu," ujar Menhub, usai meninjau Kapal KN Wisnu 103 milik Basarnas, Jumat (27/11/2020).

Dia pun mengapresiasi, Basarnas yang telah berperan aktif dalam melakukan pencarian dan pertolongan, penyelamatan, serta evakuasi terhadap musibah kecelakaan atau bencana di seluruh wilayah Indonesia.

Dikatakan, situasi pandemi Covid-19 tidak menghalangi Basarnas untuk menjadi yang terdepan jika terjadi musibah kecelakaan atau bencana.

Menhub berpesan kepada seluruh jajaran Basarnas agar senantiasa menjaga integritas, amanah dan kesehatan diri, serta konsisten mematuhi protokol kesehatan selama bertugas.

Kementerian Perhubungan siap mendukung Basarnas dalam kegiatan-kegiatan operasi kemanusiaan.

 mengapresiasi kesiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam menghadapi situasi musibah kecelakaan atau bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu terutama di tengah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Menhub sempat meninjau langsung fasilitas modern Kapal KN Wisnu 103 yang diresmikan pada 3 Maret 2020.

 

Armada

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam dialog publik secara virtual dengan tema Pelabuhan Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional pada Jumat (20/11).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam dialog publik secara virtual dengan tema Pelabuhan Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional pada Jumat (20/11).

Menhub berharap nantinya kapal ini dapat mengoptimalkan penyelenggaraan operasi SAR sehingga lebih efektif dan efisien.

Kapal KN Wisnu 103 adalah salah satu kapal yang dimiliki Basarnas yang dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR modern, diantaranya Remotely Operate Vehicle (ROV), Multibeam Echosaunder (MBES), Side Scan Sonar, dan System Dinamic Position Zero (SDPZ).

Kapal sepanjang 66 meter ini juga dilengkapi helideck yang memiliki kapasitas tangki BBM sebesar 500.000 liter dan air tawar sebesar 100.000 liter.

Fungsi kapal ini adalah untuk melakukan operasi pencairan dan pertolongan di Perairan Laut Jawa serta sekaligus memiliki kemampuan untuk menjadi kapal pensuplai logistik bagi kapal lainnya. Kapal ini diharapkan dapat mengoptimalkan penyelenggaraan operasi SAR sehingga lebih efektif dan efisien.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Negara yang Bakal Vaksinasi COVID-19 pada Desember 2020

Posted: 26 Nov 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, London - Setelah beberapa perusahaan pembuat vaksin COVID-19 mengumumkan efektivitas produk buatannya, ada tiga negara yang menyampaikan bakal melakukan vaksinasi dalam waktu dekat. Inggris, Amerika Serikat, dan Jerman sudah menyampaikan bakal melakukan vaksinasi Corona pada Desember 2020.

Inggris bisa saja memberikan persetujuan penggunaan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech pada pekan ini. Hasil analisis data pada vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech menunjukkan tingkat keberhasilan hingga 95 persen dan tidak ada efek samping serius.

Untuk bisa melakukan vaksinasi, Inggris secara resmi meminta regulator medis, MHRA, pada pekan lalu untuk mengecek vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech. Diprediksi vaksin bakal diberikan di pekan awal Desember. Namun, Departemenn Kesehatan Inggris tidak berkomentar lebih lanjut mengenai kapan vaksinasi pertama dilakukan.

Negara tersebut sudah memesan 40 juta dosis vaksin COVID-19 untuk melindungi lima juta penduduknya. Mengutip Telegraph, vaksin Corona tersebut bakal tersedia pada akhir tahun jika regulator menyetujui penggunaannya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Penyuntikan Vaksin COVID-19 di AS dan Jerman

Sementara itu, Amerika Serikat lewat Kepala Program Vaksinasi di sana, Moncef Slaoiu menyampaikan bahwa penduduk Amerika Serikat mendapatkan injeksi kemungkinan pada tanggal 11 Desember 2020 seperti dilaporkan CNN.

"Rencana kami, segera mengirimkan vaksin ke lokasi tempat vaksinasi dilakukan dalam waktu 24 jam sesudah pemerintah memberikan persetujuan. Jadi, sekitar 11 atau 12 Desember 2020," kata Moncef kepada CNN.

Lalu, Menteri Kesehatan Jerman, Jens Sphan mengatakan negaranya rencananya mulai memberikan injeksi vaksin COVID-19 pada awal Desember. Hal itu disampaikan pada Minggu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Jens menyampaikan bahwa Jemran dan Sspanyol adaha duanegara Uni Eropa pertama yang sudah memiliki rencana vaksinasi COVID-19 lengkap.

"Ada beberapa alasan optimis bahwa bisa mendapat persetujuan penggunaan vaksin COVID-19 pada tahun ini," kata Jens saat diwawancara RedaktionsNetzwerkDeutschland.

Dia juga sudah meminta negara bagian di Jerman menyiapkan pusat vaksinasi yang akan digunakan Desember nanti.

"Pusat vaksinasi sudah siap itu lebih baik daripada nanti sudah disetujui tapi tidak segera digunakan karena ada yang belum siap," katanya.

Jerman sendiri telah mengamankan 300 juta dosis vaksin COVID-19. Angka tersebut cukup bahkan sisa dan bisa digunakan negara lain.

Ada juga Spanyol yang bakal menyuntikkan vaksin COVID-19 ke warganya pada Januari 2021.

Infografis Vaksin COVID-19

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Muncikari dalam Prostitusi Online Artis dan Selebgram Ditetapkan Tersangka

Posted: 26 Nov 2020 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian menetapkan dua orang sebagai tersangka terkait kasus prositusi online yang melibatkan selebgram dan artis sinteron. Keduanya adalah pasangan suami-istri berinisial AR (26) dan CA (25).

"Kami tetapkan sebagai tersangkan AR dan CA, di mana kedua orang ini berprofesi sebagai muncikari," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Sudjarwoko, Jumat (27/11/2020).

Sudjarwoko mengaku pihaknya telah memiliki barang bukti berupa percakapan terkait dengan rencana pasangan suami-istri tersebut memperdagangkan selebgram berisnial ST alias M dan artis sinetron berinisial SH alias MY kepada lelaki hidung belang.

Bahkan dari hasil pemeriksaan, pelanggan telah menyetor sejumlah uang muka kepada kedua tersangka. 

"Kami amankan handphone dan sejumlah uang yang diduga sebagai DP," ucap dia.

Sementara itu, kepolisian belum mengatongi alat bukti kuat untuk menjerat selebgram dan artis serta pelanggan sebagai tersangka. Hingga saat ini mereka masih berstatus saksi.

"Tiga orang lain sampai sekarang masih kita jadikan saksi. Kami masih dalami," ucap Kombes Pol Sudjarwoko. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kronologi Penangkapan Selebgram dan Artis Terkait Prostitusi Online

Selebgram dan artis sinetron terseret ke dalam kasus prostitusi online. Mereka adalah ST alias M (27) dan SH alias MY (26).

Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Utara bersama dengan Unit Reskrim Polsek Tanjung Priok menjaring keduanya di sebuah hotel bintang 5, kawasan Sunter Jakarta Utara pada Selasa, 24 November 2020 sekira pukul 23.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Sudjarwoko menjelaskan, mulanya kepolisian meringkus dua orang berinisial AR (26) dan CA (25) yang diduga sebagai muncikari di sebuah lobby hotel.

Kepolisian memiliki bukti berupa percakapan dengan seorang pria hidung belang serta uang yang diduga sebagai uang muka prostitusi online.

"Keduanya diduga melakukan kegiatan prostitusi dengan barang bukti percakapan di handphone dan uang DP," ujar dia di Polres Metro Jakarta Utara, Jumat (27/11/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesanan Tak Diantar Sampai ke Depan Pintu, Pria Ini Marah dan Pukul Pengantar Makanan

Posted: 26 Nov 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengantar makanan tentunya akan mengusahakan agar pesanan pelanggannya bisa sampai tepat waktu agar. Namun, tentunya ketika mengantar makanan tidak selamanya berjalan mulus. Pengantar makanan kerap menemukan hambatan ketika mengantar pesanan pelanggan, baik itu macet atau karena sedang ramai.

Tidak semua pelanggan peka terhadap kendala yang dihadapi oleh pengantar makanan. Ada beberapa pelanggan yang tidak bisa menahan emosinya ketika pengantar makanan melakukan kesalahan. Belum lama ini viral di media sosial seorang pelanggan yang memukul pengantar makanan lantaran pesanannya tidak diantar sampai ke depan pintu.

Video pelanggan memukul pelanggan makanan ini dilansir di akun Twitter @afixqs pada 25 November 2020. Dalam video tersebut terlihat pelanggan menumpahkan kekesalannya dengan memukul pengantar makanan.

Tindakan yang dilakukan oleh pelanggan kepada pengantar makanan ini dilansir Liputan6.com dari World of Buzz dan akun Twitter @afixqs pada Jumat, (27/11/2020).

 

Pelanggan Memukul Pengantar Makanan

Pengantar Makanan Dipukul Pelanggan. (Sumber: Twitter/ @afixqs)
Pengantar Makanan Dipukul Pelanggan. (Sumber: Twitter/ @afixqs)

Belum lama ini viral sebuah video seorang pelanggan yang rela memukul pengantar makanan karena pesanannya tidak diantar sampai ke depan pintu. Video tersebut diunggah oleh pemilik akun Twitter @afixqs pada 25 November 2020. Video yang berdurasi 19 detik ini sudah dilihat oleh 118 ribu orang. Tindakan kekerasan yang dilakukan ini menuai menuai komentar dari warganet.

Pada akun Twitter tersebut dijelaskan bahwa pengantar makanan tentunya sudah berupaya untuk mengantar pesanan tersebut agar sampai tepat waktu. Namun ada banyak kendala yang kerap ditemui, salah satunya vendor lambat menyiapkan makanan. Pengantar makanan kerap mendapatkan cacian dan makian karena terlambat mengantar makanan.

Pemilik akun Twitter tersebut juga membagikan informasi bahwa pengantar makanan tidak diberi izin oleh satpam untuk masuk. Satpam melarang pengantar makanan ini untuk mengantar makanan sang pelanggan sampai ke depan pintu.

"Sumber dari salah satu teman saya, penjaga tak kasi naik atas atau masuk sampai depan pintu. Pengantar makanan ini kemudian dipukul oleh pelanggan karena tidak mengantar pesanannya sampai ke depan pintu. " tulis pemilik akun Twitter @afixqs.

Dalam video tersebut terlihat pengantar makanan mendapatkan serangan dari pelanggan. Pelanggan seakan tak bisa menahan emosinya karena keterlambatan yang dilakukan oleh pengantar makanan tersebut. Selain itu, dalam video yang diunggah pada 25 November ini pengantar makanan tak bisa melakukan perlawanan.

" Pelayanan yang buruk kerap mendapatkan makian dari pelanggan karena terlambat sampai. Ketika pesanan terlambat sampai itu bukan berarti sengaja menunda pengiriman makanan, namun terkadang vendor juga lambat menyiapkan makanan." tambah pemilik akun Twitter @afixqs.

 

Tuai Komentar Warganet

Pengantar Makanan Dipukul Pelanggan. (Sumber: Twitter/ @afixqs)
Pengantar Makanan Dipukul Pelanggan. (Sumber: Twitter/ @afixqs)

Video yang berdurasi 19 detik ini sudah dilihat lebih dari 118 ribu pengguna Twitter. Video tersebut juga udah dibagikan lebih dari 4.000 kali oleh pengguna Twitter. Tak sedikit warganet yang kesal dengan tindakan yang dilakukan oleh pelanggan tersebut. Pasalnya pengantar makanan tentu tidak melakukan kesalahan dengan sengaja.

"Membaca thread ini membuat aku sadar mengapa pengantar makanan selalu tergesa-gesa dan bahkan melanggar lampu merah. Sebagai pelanggan, kami harus lebih memahami, tidak ada pengantar makanan yang mau menunda untuk antar pesanan. Jika hal tersebut terjadi, tentunya bukan salah mereka sepenuhnya." cuit @azhunk97

"Rasanya tidak perlu melakukan kekerasan seperti ini. Pengantar makanan sampai kecekik." tulis @helmiemanaf

"Aku sangat gak suka istilah pelanggan selalu benar, siapa kerja retail tahu lah kebanyakan pelanggan perangainya jelek." imbuh @Ddion_Mustafah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPPTKG Prediksi Aliran Erupsi Gunung Merapi Masih Mengarah ke Kali Gendol

Posted: 26 Nov 2020 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memprediksi aliran erupsi Gunung Merapi masih mengarah ke Kali Gendol. Hal itu disampaikan Kepala BPPTKG Hanik Humaida usai melakukan pantauan langsung melalui udara menggunakan helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Yogyakarta, Kamis (26/11/2020).

"Kondisi Gunung Merapi terkini, sejauh pantauan kami, prediksi erupsi masih mengarah ke Sungai Gendol," kata Hanik.

Menurut hasil pemantauan yang dilakukan bersama Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Rony Primanto Hari, Kepala BPBD Sleman Joko Supriyanto, Kabid Pengairan BBWSSO Suyanto dan perwakilan Polda DIY, Hanik menemukan bahwa alur-alur sungai terpantau cukup dalam, sehingga apabila kemudian terdapat guguran material vulkanik dan awan panas, maka masih dapat mengarah ke area tersebut.

"Alur-alur sungai juga masih dalam, sehingga kalau pun sudah ada awan panas lari ke area tadi, itu masih mencukupi," kata Hanik.

Hanik mengatakan, saat ini BPPTKG masih menunggu perkembangan aktivitas Gunung Merapi, yaitu volume kubah lava termasuk penghitungan kecepatan penambahan kubah lava yang juga menentukan kemungkinan alurnya.

"Kita masih tunggu perkembangan selanjutnya dalam artian volume kubah lavanya. Termasuk kecepatan pertambahan kubah lava itu berapa, juga yang menentukan alurnya akan ke mana," jelas Hanik.

BPPTKG terus melakukan pemantauan setelah status Gunung Merapi dinaikkan menjadi Level III atau Siaga sejak Kamis (5/11/2020).

Guna mengantisipasi dan mengurangi risiko bencana yang dapat ditimbulkan dari aktivitas Gunung Merapi tersebut, BPPTKG memberikan rekomendasi bahwa kegiatan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III agar dihentikan.

BPPTKG juga mengimbau kepada para pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi, termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Daerah Bahaya Erupsi Gunung Merapi

Adapun prakiraan daerah bahaya yang berpotensi terdampak erupsi Gunung Merapi adalah Dusun Kalitengah Lor di Desa Glagaharjo, Dusun Kaliadem di Desa Kepuharjo dan Dusun Palemsari di Desa Umbulharjo yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Kemudian Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong, Karanganyar di Desa Ngargomulyo, Dusun Trayem, Pugeran, Trono di Desa Krinjing, Babadan 1, Babadan 2 di Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berikutnya Dusun Stabelan, Takeran, Belang di Desa Tlogolele, Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur di Desa Klakah dan Dusun Jarak, Sepi di Desa Jrakah, Kecamatan Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Selanjutnya Dusun Pajekan, Canguk, Sumur di Desa Tegal Mulyo, Dusun Petung, Kembangan, Deles di Desa Sidorejo dan Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Tegaskan Tak Mau Terima Vaksin Virus Corona COVID-19

Posted: 26 Nov 2020 09:42 PM PST

Liputan6.com, Brasilia- Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyatakan dirinya tidak akan menerima vaksin Virus Corona COVID-19. Pernyataan tersebut menandai penegasan terbaru dari serangkaian pernyataan sebelumnya yang ia sampaikan tentang keraguan terhadap program vaksin COVID-19

"Saya telah memberi tahu kalian, saya tidak akan menerimanya (vaksin COVID-19). Itu hak saya," ujar Bolsonaro, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (27/11/2020). 

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial, Bolsonaro menambahkan, Kongres Brasil kemungkinan tidak akan mewajibkan warga untuk divaksinasi COVID-19.

Brasil memiliki jumlah kematian akibat Virus Corona tertinggi kedua di dunia. Namun Bolsonaro selama berbulan-bulan mengesampingkan keseriusan pandemi meskipun telah terinfeksi COVID-19 pada Juli 2020. 

Selain itu, Bolsonaro juga menyatakan keraguannya atas keefektifan pemakaian masker dalam pidatonya tersebut, menyiratkan hanya sedikit bukti yang menunjukkan efektifitas masker dalam membendung penularan Virus Corona COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

6,1 Juta Kasus Virus Corona COVID-19 di Brasil

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker saat upacara retret bendera di luar Istana Alvorada, Brasilia, Brasil, Jumat (24/7/2020). Jair Bolsonaro dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 pada 7 Juli lalu. (AP Photo/Eraldo Peres)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker saat upacara retret bendera di luar Istana Alvorada, Brasilia, Brasil, Jumat (24/7/2020). Jair Bolsonaro dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 pada 7 Juli lalu. (AP Photo/Eraldo Peres)

Bolsonaro telah berulang kali mengatakan bahwa warga Brasil tidak akan diwajibkan untuk divaksinasi ketika vaksin COVID-19 tersedia secara luas.

Pada Oktober 2020, Bolsonaro melontarkan gurauan di Twitter bahwa vaksin hanya akan diperlukan untuk anjingnya.

Pada Jumat 27 November per pukul 10.10 WIB, Brasil tercatat memiliki 6.166.606 kasus Virus Corona COVID-19 dan 5.534.010 pasien yang sembuh, menurut data dari Johns Hopkins University.

Sementara itu, 170.769 orang telah meninggal dunia akibat COVID-19 di negara tersebut. 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Parade Film Pendek di Vidio, Ada Makmum yang Ajarkan Kita Untuk Kuatkan Iman

Posted: 26 Nov 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makmum merupakan film pendek karya sutradara asal Yogyakarta, Riza Pahlevi yang diproduksi pada tahun 2016. Film bertemakan horor ini memiliki kisah yang berbeda dari biasanya.

Film makmum sendiri akhirnya diangkat ke dalam layar lebar pada tahun 2019. Film ini sendiri dibintangi oleh Titi Kamal sebagai pemeran utamanya. Film yang berdurasi 1 jam 35 menit bercerita tentang kehidupan seorang wanita yang selalu diganggu sosok makhluk halus saat sedang melakukan Sholat Malam atau Tahajud.

Film Pendek Makmum sendiri telah banyak mendapatkan penghargaan. Salah satu diantaranya film horor spesial terbaik dalam ajang HelloFest 2016. Film ini juga sukses membuat para penonton menjadi tegang ketika menontonnya.

Namun, alasan Riza membuat film pendek ini adalah untuk mengingatkan kita bahwa tak perlu takut saat jika sedang ada godaan ketika kita sedang beribadah karena itu merupakan sesuatu yang mencoba membuat iman kita lemah dihadapan sang pencipta.

Berhasil diangkat ke layar lebar

Makmum The Movie
Makmum The Movie

Makmum sendiri berhasil diangkat ke dalam layar lebar dengan Titi Kamal sebagai pemeran utamanya. Dalam kisahnya Titi Kamal berperan sebagai Rini yang tinggal di sebuah pesantren yang pernah ia tempati saat kecil dahulu. Namun tak disangka ternyata pesantren tersebut memiliki peristiwa kelam di masa lalu.

Saat itu tengah terjadi kebakaran dan ada satu santri wanita yang sedang tertidur sesaat setelah menunaikan ibadah Sholat Malam. Tiba-tiba api meluap ke seluruh gedung pesantren dan tanpa disadari santri wanita tersebut yang tengah tertidur akhirnya menjadi korban si jago merah. 

Setelah itu keadaan pesantren menjadi menyeramkan. Kebetulan Rini yang telah pindah untuk tinggal di pesantren itu mendiami kamar santri wanita yang tewas terbakar itu. Ia tidak mengalami sesuatu yang janggal sampai suatu ketika ia merasa ada yang mengikuti saat ia sedang melakukan Sholat Malam. Setelah  itu ia kerap diganggu oleh makhluk tersebut seiap menunaikan ibadah. 

Sampai akhirnya Rini bercerita kepada salah seorang pengajar pesantren tersebut bahwa ia kerap diganggu oleh makhluk halus setiap beribadah di malam hari. Akhirnya si pengajar di pesantren tersebut memberitahunya bahwa dulu pernah ada kejadian kebakaran di pesantren ini yang menewaskan salah seorang santri saat sedang terlelap sehabis menunaikan ibadah Sholat Malam.

Namun ia mengingatkan kepada Rini bahwa tidak perlu takut lantaran itu merupakan sebuah godaan saat sedang melakukan ibadah agar kita tidak bisa menjadi fokus.

Nah, itu dia sedikit gambaran dari film horor terbaik yang satu ini. Buat kalian yang mau nonton parade film pendek lainnya bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk menikmati tayangan seru lainnya!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Kepala Daerah di Jawa Timur Kini Berjuang Lawan COVID-19

Posted: 26 Nov 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini dua kepala daerah di Jawa Timur sedang berjuang melawan COVID-19.  Dua kepala daerah di Jawa Timur itu antara lain Wakil Wali Kota Probolinggo Mochamad Sofis Subri dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Wakil Wali Kota Probolinggo Mochamad Soufis Subri dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa, 24 November 2020. Ia sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur.

"Mohon doanya agar diberi kekuatan semoga bisa beraktivitas kembali di Pemerintah Kota Probolinggo untuk kemashlatan masyarakat," tutur Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 24 November 2020.

Sebelum dinyatakan positif COVID-19, Wakil Wali Kota Subri sempat beraktivitas di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan menerima kunjungan DPR RI pada Rabu, 18 November 2020. Ia juga mengikuti rapat paripurna di DPRD dan saat itu kondisinya sudah kurang sehat.

"Mohon doanya mudah-mudahan Pak Subri diberi kekuatan, kesehatan sehingga bisa beraktivitas kembali dan sekarang sedang dirawat di rumah sakit di Surabaya. Sebelumnya dirawat di RSUD dr Mohamad Saleh," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab Terpapar COVID-19

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab juga sedang menjalani perawatan karena terpapar COVID-19. Hal itu disampaikan salah satu putrinya yaitu Emi Umiyyatul Chusnah.

Ema mengatakan, sang ibunda telah kerja cukup padat dan merasakan gejala tidak enak badan sepulang dari rapat di Kementerian di Jakarta sebelum sakit. Mundjidah jalani tes usap COVID-19, dan hasilnya positif COVID-19.

"Berawal dari banyaknya kegiatan, aktivitasnya padat, penuh terus ibu kurang istirahat, terus kecapekan. Keluhan awal, masuk angin, mual, diare, baru kemudian di swab dan hasilnya positif," tutur dia, Kamis malam, 26 November 2020.

Ema menambahkan, dalam keluarganya dipastikan tidak ada lagi yang terpapar virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19. Sebab, setelah dinyatakan positif COVID-19, Bupati Jombang itu langsung melakukan isolasi mandiri. "Tidak ada, tidak ada," ujar dia. 

Ema mengungkapkan, sang Ibunda sempat menjalani isolasi mandiri selama 10 hari di rumah dinas, meski pada akhirnya ia juga harus menjalani karantina di rumah sakit di Surabaya. 

"Alhamdulillah, Ibu (Mundjidah) dalam keadaan baik, bagus semua. Beliau tidak memiliki penyakit penyerta," ujarnya. 

Ema menambahkan, selama terpapar sang Ibunda menjalani perawatan di rumah. Namun, karena keinginan sendiri, ia meminta agar mendapatkan perawatan dari rumah sakit di Surabaya. 

"Setelah sempat dirawat di rumah, ibu minta dirawat di rumah sakit. Kalau di rumah sakit SOP nya tidak boleh ditunggu oleh keluarga. Tapi sampai saat ini kondisinya baik," ujar dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi Credit Scoring Jawab Tantangan Kesenjangan Kredit di Indonesia

Posted: 26 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kesenjangan antara kebutuhan kredit masyarakat dan penyaluran dana dari lembaga keuangan masih menjadi isu krusial di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Dari 260 juta populasi penduduk Indonesia, angka penetrasi kartu kredit baru berada pada angka 3,2 persen. Salah satu tantangan terbesar dalam penyaluran kredit adalah terbatasnya riwayat kredit individu.

Misalnya, pemilik usaha informal tidak memiliki pembukuan atau karyawan muda yang baru meniti karier, sehingga sulit mendapatkan kredit dari lembaga pembiayaan konvensional.

Salah satu kunci dalam menjawab tantangan kesenjangan kredit di Indonesia adalah mengembangkan penilaian skor kredit (credit scoring) melalui inovasi dan peningkatan variasi data penilaian. Kehadiran fintech lending lantas membawa angin segar.

Sistem skor kredit fintech lending, berkat teknologi, mampu menganalisis profil calon peminjam lebih cepat, efisien, komprehensif, dan mengurangi data yang bersifat biasa. Ini berdampak pada peningkatan kelayakan kredit, sehingga mampu memperluas akses kredit bagi masyarakat, dengan pengalaman pengajuan kredit lebih mudah dan cepat.

Pengembangan inovasi skor kredit juga menjadi salah satu topik diskusi pada Pekan Fintech Nasional (PFN) 2020 dengan tema "Accelerating Financial Inclusion Through Adoption of Innovative Credit Scoring."

"Adopsi Machine Learning menggunakan kombinasi data tradisional dan alternatif memungkinkan kami menganalisis skor kredit pengguna dengan metrik setaraf bank, dalam waktu yang lebih cepat dan efisien," ujar Paramananda Setyawan, Chief Data Officer Kredivo dalam keterangan tertulis.

 

Jadi Solusi

Dalam diskusi tersebut, Kredivo sebagai pelaku fintech lending memaparkan cara kerja inovasi skor kreditnya yang mampu merangkul pengguna dengan histori kredit terbatas, yang selama ini tidak terjamah lembaga keuangan konvensional.

Lebih lanjut, PFN 2020 yang mengusung tema "To Survive and To Thrive: Accelerating National Economic Recovery through Concerted Efforts in the Digitization of Indonesia's Financial Services" menjadi wadah bagi perwakilan pemerintahan, pelaku industri fintech, eCommerce, dan ekonom untuk berdiskusi bersama.

Paramananda meyakini alternatif tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk menjawab tantangan kesenjangan kredit di Indonesia.

 

Salurkan Kredit bagi 2 Juta Pengguna

Saat ini, skor kredit Kredivo telah menilai kelayakan kredit sekitar 500 ribu pengguna tiap bulannya serta mampu menyalurkan kredit bagi lebih dari 2 juta pengguna atau 25 persen dari basis pengguna kartu kredit saat ini. Lebih dari 60 persen dari total pengguna tersebut mendapatkan akses kredit pertamanya melalui Kredivo.

Inovasi skor kredit Kredivo juga telah meraih pengakuan di industri pada ajang The Asian Banker Indonesia Awards dan IDC Digital Transformation Awards pada 2019 lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Air Mata Penggemar Lepas Kepergian Diego Maradona

Posted: 26 Nov 2020 09:30 PM PST

Seorang penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)
Seorang penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Seorang penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Seorang penggemar menangis di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)
Seorang penggemar menangis di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Seorang penggemar menangis di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Para penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)
Para penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Para penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Para penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)
Para penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

Para penggemar menunggu di luar kapel pemakaman legenda sepak bola Diego Maradona di Casa Rosada di Buenos Aires, ibu kota Argentina, pada 26 November 2020. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11) karena serangan jantung. (Xinhua/Martin Zabala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Menggambar Binatang Kelinci untuk Anak, Mudah dan Simpel

Posted: 26 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara menggambar binatang kelinci bisa diajarkan pada anak dengan mudah. Kelinci merupakan salah satu hewan yang disukai anak. Biasanya anak akan suka menggambar hewan kesukaannya.

Cara menggambar binatang kelinci tidaklah rumit. Dengan langkah-langkah sederhana, cara menggambar binatang kelinci, bisa dengan mudah dilakukan anak. Cara menggambar binatang kelinci ini bisa melatih kreativitas anak.

Anda bisa mengajarkan cara menggambar binatang kelinci pada anak dengan penuh perhatian. Cara menggambar binatang kelinci ini sangat mudah untuk pemula seperti anak-anak.

Berikut cara menggambar binatang kelinci, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(27/11/2020).

Cara menggambar binatang kelinci lucu

Ilustrasi gambar kelinci (sumber: easydrawingguides)
Ilustrasi gambar kelinci (sumber: easydrawingguides)

Cara menggambar binatang kelinci ini cukup mudah. Cukup dengan membuat beberapa lingkaran dan garis, gambar kelinci yang lucu bisa dibuat. Berikut cara menggambar binatang kelinci lucu:

1. Gambarlah bentuk lingkaran tidak beraturan, sedikit lebih lebar di bagian bawah daripada di bagian atas. Ini akan membentuk kepala kelinci.

2. Gambar telinga kelinci. Untuk setiap telinga, berikan bentuk yang panjang dan sempit menggunakan garis lengkung.

3. Gambar oval di bawah kepala kelinci. Ini akan membentuk tubuh.

4. Hubungkan kepala dan badan menggunakan garis lengkung. Di dada kelinci, tumpang tindihkan beberapa garis lengkung untuk menunjukkan bulunya.

5. Hapus garis bantu dari tubuh kelinci.

6. Gambarkan garis lengkung melalui tubuh kelinci, hampir melingkari lingkaran. Ini akan menjadi kaki kelinci. Gambarlah kakinya, dengan menggunakan garis lengkung untuk melingkupi bentuk bulat di bawah kaki.

7. Gambar kaki depan kelinci. Gunakan garis lengkung untuk menutupi bentuk tidak beraturan di bawah dada kelinci. Kemudian, apit bentuk kedua di belakang yang pertama dengan menggunakan garis lengkung yang pendek.

8. Gambar ekor kelinci yang lembut. Gunakan sejumlah garis lengkung untuk menutupi bentuk yang tidak beraturan.

9. Tambahkan detail pada wajah kelinci. Beri bentuk panjang dan sempit di dalam setiap telinga. Gambarlah sebuah titik untuk setiap mata,beri titik kecil tanpa warna untuk menunjukkan kilau mata. Beri juga bentuk bulat kecil untuk membentuk hidung, dan rentangkan garis pendek di bawahnya. Dari garis pendek, gambar dua garis pendek melengkung untuk membentuk mulut.

Kemudian, lampirkan persegi bundar di bawah mulut untuk menguraikan gigi. Gambarkan garis vertikal di tengah untuk memisahkan gigi. Terakhir, gambar garis lengkung panjang yang memanjang ke luar dari hidung untuk membentuk kumis.

Cara menggambar binatang kelinci sedang duduk

Ilustrasi gambar kelinci (sumber: easypeasyandfun)
Ilustrasi gambar kelinci (sumber: easypeasyandfun)

Anda bisa mengajarkan anak cara menggambar binatang kelinci dengan beragam sudut pandang, seperti sedang duduk. Cara ini cukup mudah dan menghasilkan gambar kelinci yang meggemaskan. Berikut cara menggambar binatang kelinci sedang duduk:

1. Mulailah dengan menggambar bentuk lonceng.

2. Selanjutnya gambar dua kaki kelinci.

3. Gambarlah tangan dan perut kelinci. Gambar juga garis di bagian bawah.

4. Gambarkan detail pada kedua cakar kelinci. Mulailah menggambar telinga, buat semacam bentuk V terbalik untuk setiap telinga.

5. Lanjutkan menggambar telinga kelinci. Anda dapat memulai dari atas lalu lanjut ke bawah atau sebaliknya.

6. Selesaikan detail telinga dan beri wajah seperti mata, hidung, dan kumis.

Cara menggambar binatang kelinci simpel

Ilustrasi gambar kelinci (sumber: wedrawanimals)
Ilustrasi gambar kelinci (sumber: wedrawanimals)

Ini adalah contoh sederhana yang bagus tentang cara menggambar binatang kelinci simpel. Setelah anak menguasai cara ini, akan mudah untuk menambahkan detail ekstra untuk mengubahnya sedikit. Berikut cara menggambar binatang kelinci simpel:

1. Pertama mulai dari kepala. Gambar huruf "C" terbalik dengan tonjolan kecil di tengahnya.

2. Tambahkan sebuah mata, dua telinga panjang besar di bagian atas kepala dan hidung kecil.

3. Menggunakan kurva bulat besar, tarik bagian belakang dan leher. Gambar kurva yang lebih kecil untuk leher di bawah dagu.

4. Selanjutnya gambar kaki depan di bagian bawah. Hampir sebaris di bawah telinga.

5. Gambarkan pantat dan kaki belakang. Mulai lekukan untuk kaki belakang yang besar hampir di belakang. Buat kaki belakang rata di sepanjang bagian bawah.

6. Tambahkan ekor bulat berbulu di bagian belakang dan kaki depan lainnya.

Cara menggambar binatang kelinci kartun

Ilustrasi gambar kelinci (sumber: drawingcoach)
Ilustrasi gambar kelinci (sumber: drawingcoach)

Cara menggambar binatang kelinci kartun mungkin lebih disukai anak. Langkah-langkahnya juga lebih mudah dan cepat. Berikut cara menggambar binatang kelinci kartun:

1. Mulailah dengan menggambar oval untuk kepalanya, lalu buat oval lainnya untuk tubuhnya. Bentuk oval ini akan menjadi dasar kelinci kartun.

Selanjutnya, tambahkan dua oval terentang lagi ke bagian atas kepala untuk telinga. Menggambar seperti ini membantu membuat panduan untuk langkah selanjutnya saat menyelesaikan gambar.

2. Tambahkan oval horizontal (menyamping) di bagian bawah wajah. Kemudian tambahkan lingkaran ke bagian bawah tubuh untuk membuat bentuk yang akan menjadi kaki belakang.

Tambahkan lingkaran kecil lainnya untuk ekor di belakang tubuh dan lingkaran yang baru saja Anda buat untuk kaki belakang. Terakhir, gambar tiga garis melengkung yang berasal dari bagian depan tubuh tepat di bawah kepala. Garis-garis ini akan menjadi cakar depan kelinci.

3. Mulailah dengan menghapus garis-garis di kepala sehingga kedua oval akan bersatu menjadi satu bentuk yang terlihat seperti buah pir. Selanjutnya, tambahkan oval terentang lainnya ke bagian dalam setiap telinga. Itu akan menghabisi telinga.

Selanjutnya, hapus garis dari tubuh sehingga cakar depan terlihat jelas. Kemudian, tambahkan dua lekukan bulat ke bagian bawah masing-masing kaki depan.

Akhiri langkah ini dengan menghapus bagian bawah lingkaran yang digambar pada langkah terakhir untuk kaki belakang, lalu gambar kaki kecil di bagian bawahnya. Jangan lupa tambahkan lekukan kecil di bagian samping cakar depan. Lekukan ini akan memberi petunjuk seperti kaki kelinci yang lain.

4. Mulailah dengan menambahkan segitiga terbalik untuk hidungnya, lalu gambar beberapa garis yang turun untuk menunjukkan mulut. Selanjutnya, tambahkan dua oval untuk mata, dengan dua garis lengkung di atasnya untuk alis.

Tambahkan dua lingkaran lagi ke tengah mata untuk menunjukkan pupil.

Cara menggambar binatang kelinci yang realistis

Ilustrasi gambar kelinci (sumber: liveabout)
Ilustrasi gambar kelinci (sumber: liveabout)

Meski terlihat rumit, anak juga bisa diajari untuk menggambar kelinci yang realistis. Berikut cara menggambar binatang kelinci yang realistis:

1. Cari referensi gambar kelinci. Saat mempelajari cara menggambar binatang, ada baiknya untuk memulai dengan model asli atau foto referensi. Pilih pose yang bagus, imut, dan ideal. Pilih foto yang jelas dan besar untuk digambar.

2. Salah satu metode yang populer adalah mencari bentuk yang besar dan sederhana. Awal yang sederhana adalah mencari beberapa lingkaran besar di tubuh kelinci dan lingkaran yang lebih kecil, biasanya dengan bagian-bagian lingkaran yang bergabung untuk kepalanya.

3. 3. Kemudian gambar oval yang lebih besar pada suatu sudut. Mereka tidak harus sempurna - Anda dapat menggambarnya dengan tangan, atau menggunakan koin atau templat lingkaran jika memilikinya.

4.Sekarang gambar telinga kelinci - cukup lurus, menyempit di bagian atas. Kelinci ini memiliki telinga yang tinggi, dan jauh lebih mudah untuk digambar daripada telinga kelinci bertelinga lop. Gambarlah dengan ringan sehingga Anda dapat dengan mudah memperbaiki kesalahan.

Gambar garis melengkung untuk kaki depan kelinci, lalu tambahkan kaki belakang dan ekornya.

5. Hapus bagian ekstra dari lingkaran yang tidak diperlukan untuk gambar kelinci yang sudah selesai. Sekarang tambahkan wajah dan mata kelinci kelinci. Matanya ada di samping kepala kelinci, jadi dilihat dari depan berbentuk setengah lingkaran.

Untuk melengkapi wajahnya, gambar hidung kelinci seperti huruf Y, tambahkan lekuk lembut mulut, dagu, dan pipi.

6. Untuk menyelesaikan gambar kelinci agar terlihat lembut dan halus, kamu mungkin perlu menghapus beberapa garis tepi. Lihat foto referensi kelinci untuk melihat bagaimana bulunya, dan gunakan kombinasi garis panjang dan pendek di sepanjang garis tepi, untuk menciptakan efek bulu kelinci yang lembut dan lembut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondisi Walikota Depok Membaik

Posted: 26 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Update kondisi Wali Kota Depok Semakin membaik setelah dikabarkan terpapar covid-19. Saat ini yang bersangkutan dirawat di RSUD Depok

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Pendapat, Istri Jerinx dan Melanie Subono Tetap Bersahabat

Posted: 26 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus IDI Kacung WHO yang menimpa Jerinx pemain drum Superman Is Dead membuatnya harus mendekam di penjara selama 14 bulan. Tentunya, sang istri, Nora Alexandra, berusaha tabah menghadapi putusan pengadilan tersebut.

Namun, Jerinx dan Nora Alexandra masih memiliki sejumlah sahabat yang mendukung mereka. Salah satunya adalah penyanyi yang juga putra dari promotor kondang Adrie Subono, Melanie Subono.

Menariknya, Melanie Subono terang-terangan di hadapan Nora Alexandra bahwa dirinya tak setuju dengan sikap Jerinx seputar kasus IDI Kacung WHO yang menimpa sang musikus bergenre punk itu. Ungkapan tersebut disampaikan Melanie Subono dalam sebuah unggahan di Instagram.

Beda Pendapat

Melanie Subono dan Nora Alexandra istri Jerinx Superman Is Dead. (Instagram @melaniesubono)
Melanie Subono dan Nora Alexandra istri Jerinx Superman Is Dead. (Instagram @melaniesubono)

"Yes gue dan @ncdpapl beda banget .... Gue setuju dengan kasus yang sekarang ? Tidak....," tulis Melanie Subono dalam keterangan foto terbaru di Instagram-nya bersama Nora Alexandra istri Jerinx, Kamis (26/11/2020).

Persahabatan Abadi

Jerinx dan istrinya, Nora Alexandra. (Sumber dari: Instagram @ncdpapl)
Jerinx dan istrinya, Nora Alexandra. (Sumber dari: Instagram @ncdpapl)

Namun, Melanie Subono mengaku bahwa antara dirinya dengan Jerinx dan Nora Alexandra tak terjadi pertikaian sengit. Malahan kedua pihak seolah menunjukkan betapa persahabatan mereka abadi.

Tak Ada urusan

"Tetep bertemen? Iya ... Setuju/ gak setuju itu Gak ada urusan dengan pertemanan berjalan atau gak...," jelas Melanie Subono, masih dalam keterangan foto yang sama.

"Support? gw selalu support dia dan @jrxsid sebagai TEMAN," ia melanjutkan.

Tanggapan Manis Nora Alexandra

Nora Alexandra pun terlihat sangat bahagia bisa mendapatkan dukungan dari Melanie Subono dengan mengenyampingkan perbedaan di antara mereka.

"Akhirnya ketemu kak Mel hari ini, @melaniesubono," tulis Nora Alexandra dengan membubuhkan emotikon hati dalam unggahan di Instagram-nya, @ncdpapl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juliari Batubara Dapat 'Gelar' Menteri Terpopuler di Media Digital 2020

Posted: 26 Nov 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari P. Batubara meraih predikat sebagai Pemenang The 2nd Anugerah HUMAS INDONESIA Kategori Menteri Terpopuler di Media Digital 2020. 

Mensos Juliari menyatakan, apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Saat ini hampir semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh teknologi digital dengan karakter serba cepat, massif, dan saling terhubung satu sama lain.

"Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan ini. Hal ini tidak lepas dari kerja keras semua jajaran Kemensos dan dukungan dari seluruh masyarakat. Penghargaan AHI 2020, ini menjadi motivasi kami di jajaran Kemensos untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," kata Mensos di Jakarta (26/11).

Menurut dia, era digital membuat partisipasi semua kalangan masyarakat meningkat. "Masyarakat sekarang dengan mudah memonitor dan mempengaruhi kebijakan pemerintah. Mereka juga tidak segan untuk mengungkapkan harapan, dan masukannya kepada pemerintah. Untuk itu, sebagai abdi masyarakat, kita dituntut untuk bekerja keras, dan responsif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2020 adalah kompetisi kinerja humas pemerintah (government public relations/GPR) di Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, Anak BUMN dan BUMD se-Indonesia.

AHI 2020 merupakan barometer pencapaian tertinggi kinerja departemen/biro/bagian humas/dinas kominfo. Keseluruhan penghargaan berbasis penilaian jumlah eksposur positif tertinggi di media online. 

Khusus kategori ini, Humas Indonesia bekerja sama dengan KAZEE Digital Indonesia melakukan monitoring pemberitaan ratusan kementerian/lembaga/pemerintah daerah/BUMN/BUMD di 6.831 media online lokal, 904 media online nasional, dan 2.218 media online internasional, serta media sosial sepanjang semester 1 Januari-30 September 2020.

Bersama Mensos, AHI 2020 juga menanugerahkan predikat sama untuk Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia 5 film Indonesia untuk Rekomendasi Tontonan di Rumah yang Bisa Ditonton di Vidio

Posted: 26 Nov 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mencari hiburan akibat tidak bisa bebas bepergian semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia. Salah satunya adalah dengan menonton film. Bicara tentang hal tersebut, film Indonesia bisa jadi alternatif untuk tontonan di rumah.

Film Indonesia memang memiliki kualitas yang tak kalah menarik dengan buatan Hollywood. Banyak sekali film yang memiliki alur cerita yang menarik dengan pembawaan karakter yang natural.

Memang jika bicara soal teknologi visual, Indonesia masih kalah dengan film buatan Hollywood. Namun, jika dari segi jalan cerita banyak sekali film Indonesia yang bisa jadi referensi tontonan di rumah.

Banyak film yang layak ditonton mulai dari yang bergenre horor, komedi, romantis bahkan hingga aksi. Hal ini juga tidak lepas dari orang-orang yang terlibat dalam produksi tersebut sehingga film ini semakin menarik untuk ditonton.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi film tanah air yang bisa pilihan tontonan kamu di rumah. Yuk, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Gundala

Film Gundala di Vidio. (Sumber: Vidio)
.jpg

Tidak hanya Hollywood saja yang bisa memproduksi film superhero. Indonesia pun kini punya universe film bertemakan pahlawan super. Berawal dari versi komik akhirnya Jagat Sinema Bumilangit mulai dibuat sekuel filmnya. Selayaknya Marvel dan DC Comics, Bumilangit merupakan kumpulan cerita para super hero atau pahlawan super fiksi asli Indonesia. 

Dari keseluruhan sekuelnya, Gundala menjadi film pertama yang diangkat dari Sinema Jagat Bumilangit. Seluruh sekuel Bumilangit ini akan disutradarai oleh Joko Anwar yang juga terkenal karena film lainnya seperti Pengabdi Setan dan Perempuan Tanah Jahanam. 

Sebagai film pembuka, Gundala bisa dibilang menjadi film yang sukses bagi debut sekuel ini. Film ini sendiri mendapat animo yang tinggi dari masyarakat saat dirilis pada 29 Agustus 2019. Bahkan sejak pertama kali diputar hingga akhir, Gundala berhasil ditonton di seluruh Indonesia dengan total 1,7 juta penonton. 

Selain itu, film ini juga banyak mendapat penghargaan seperti Penata Suara Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik dan Penata Efek Visual Terbaik dari Piala Citra dan Piala Maya. Film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas seperti Abimana Aryasatya, Tara Basro, Rio Dewanto, Marissa Anita dan masih banyak lagi.

Ada Apa Dengan Cinta

Film Ada Apa Dengan Cinta dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)
Film Ada Apa Dengan Cinta dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)

Ada Apa Dengan Cinta merupakan film bertemakan melodrama tersukses sepanjang masa. Film ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang berperan sebagai Cinta seorang gadis remaja SMA yang terlibat percintaan dengan satu teman sekolahnya Rangga (Nicholas Saputra).

Film ini begitu legendaris dan berhasil mengangkat nama kedua pemeran utamanya. Ada Apa Dengan Cinta juga berhasil menyabet rekor dengan film pertama Indonesia yang berhasil tembus dua juta penonton. 

Film ini tercatat berhasil menarik lebih dari 2,5 juta penonton dan menghasilkan pendapatan kotor sebesar Rp 24 miliar. Bahkan sekuel kedua dari film ini yang berjudul Ada Apa Dengan Cinta 2 juga berhasil mendulang kesuksesan yang sama meskipun terpaut jarak 14 tahun.

The Raid

Film The Raid dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)
Film The Raid dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Sumber: Vidio)

The Raid bisa dibilang film action terbaik yang pernah dibuat di Indonesia. Film ini juga memiliki unsur sinematografi yang bagus untuk karya anak bangsa. Film The Raid pertama kali dipublikasikan pada Festival Film Internasional Toronto tahun 2011 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness.

Film yang disutradarai oleh Gareth Evans ini juga banyak mendapat apresiasi dari para pengamat dan kritikus perfilman. Bahkan film ini sampai diputar di beberapa acara festival film dunia sebagai film pembuka. 

The Raid juga dibintangi aktor laga yang sudah melebarkan sayap ke dunia perfilman Internasional yaitu Iko Uwais. Ini juga menjadi garapan bersama antara Gareth Evans dan Iko Uwais setelah film Merantau yang dirilis pada tahun 2009.

Selain Iko Uwais film ini juga dibintangi artis ternama Indonesia seperti Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian, Pierre Gruno dan masih banyak lagi. Film ini juga sempat dirilis ulang di Amerika setelah Sony resmi mengakuisisi hak distribusinya di Amerika Utara. Di Indonesia sendiri film ini tembus hingga 1,8 juta penonton dan mendapat pendapatan kotor hingga 55 Milyar Rupiah.

Cek Toko Sebelah

Poster Film Cek Toko Sebelah (Twitter)
Poster Film Cek Toko Sebelah (Twitter)

Cek Toko Sebelah merupakan film karya Ernest Prakasa yang diproduksi oleh Starvision Plus. Film yang bertemakan kekeluargaan yang dibalut unsur komedi ini rilis pada 20 Desember 2016. Saat pertama kali diputar, film ini mendapat respon yang positif dari para penonton.

Ide cerita film Cek Toko Sebelah sebenarnya berkisah pada realita kehidupan Etnis Tionghoa yang punya stigma setinggi apapun pendidikan pasti ujungnya jaga toko juga. Terdapat pesan moral yang begitu menyadarkan kita di dalam film ini. Banyak penonton yang menyukai film ini. Bahkan film ini mendapatkan rating 8/10 di IMDb. 

Cek Toko sebelah juga diperankan oleh sederet bintang ternama tanah air diantaranya Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, Chew Kinwah, Adinia Wirasti, Gisella Anastasia dan masih banyak lagi. Beberapa nominasi dan penghargaan pun diraih film ini  salah satunya  Skenario Asli Terbaik Festival Film Indonesia 2017.

3 Srikandi

3 Srikandi. (Sumber : Dok. vidio.com)
3 Srikandi. (Sumber : Dok. vidio.com)

Film 3 Srikandi menceritakan kondisi Indonesia pada tahun 1988 tengah mempersiapkan para atlet untuk bertanding di Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, Korea. Namin, Cabang panahan berada di titik kritis, karena harus menyiapkan pelatih untuk persiapan dalam waktu singkat. Satu-satunya yang bisa diandalkan menjadi pelatih adalah Donald Pandiangan (Reza Rahardian) yang dikenal sebagai "Robin Hood Indonesia".

Tapi Donald sendiri memiliki rasa trauma yang cukup mendalam dan sudah tidak ingin bersinggungan dengan dunia panahan lantaran masih terpukul dengan gagalnya ia berangkat ke Olimpiade Musim Panas 1980 di Moskow karena alasan politis. Selain pelatih, tim panahan pun harus dipilih 3 orang atlet wanita terbaik. Mereka adalah Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro).

Sementara itu, waktu menuju olimpiade semakin dekat, tetapi para 3 Srikandi ini pun memiliki masalah rumitnya masing-masing. Di bawah ancaman tidak akan diberangkatkan sama sekali, pengurus persatuan panahan, Pak Udi (Donny Damara), mesti membujuk dan meyakinkan Donald untuk mempersiapkan tim panahan wanita.

Nah, itu dia lima rekomendasi film tanah air yang bisa jadi tontonan kamu di rumah. Buat kalian yang mau nonton film Indonesia terbaik bisa saksikan di platform streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang untuk menikmati tayangan seru lainnya!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Canti Tachril, 6 Seleb Wanita Ini Pernah Dekat dengan Adipati Dolken

Posted: 26 Nov 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, kabar mengejutkan datang dari Aktor Adipati Dolken. Bintang film Posesif ini dikabarkan akan segera melepas masa lajangnya bersama sang kekasih yakni Canti Tachril. 

Informasi ini diketahui dari unggahan sebuah akun gosip di Instagram pada Kamis (26/11/2020). Dalam unggahan tersebut terdapat surat pendaftaran menikah beserta video wawancara dengan pihak kelurahan setempat terkait dengan dokumen pernikahan Adipati Dolken dan Canti Tachril. Dari unggahan tersebut diketahui bahwa dua sejoli ini akan melangsungkan pernikahan di Bangka Belitung.

Sebelum melabuhkan hatinya pada Canti Tachril, pemilik nama asli Adipati Koesmadji ini dikabarkan selalu dikelilingi oleh banyak wanita cantik. Ia pun sering diisukan cinlok bersama lawan mainnya dalam film maupun sinetron.

Kira-kira siapa sajakah para seleb wanita yang pernah dikabarkan dekat dengan Adipati Dolken? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

1. Eva Celia

Adipati Dolken dan Eva Celia. (Sumber: liputan6)
Adipati Dolken dan Eva Celia. (Sumber: liputan6)

Kabar kedekatan antara Eva Celia dan Adipati Dolken pertama kali berembus di tahun 2013. Hal ini lantaran keduanya pernah menjadi lawan main ketika syuting film 'Adriana'. Kabar ini pun seolah makin diperkuat setelah beredar foto keduanya jalan bersama di luar lokasi syuting. 

Meskipun demikian, baik Eva maupun Adipati tidak mau berkomentar terkait kabar hubungan spesial yang terjadi di antara keduanya. Dua bintang film ini pun memutuskan untuk bungkam terhadap kabar tersebut.

2. Kimberly Ryder

(Instagram/kimbrlyryder)
(Instagram/kimbrlyryder)

Sempat terlibat project film bertajuk '18++ Forever Love' pada tahun 2012 lalu, Adipati Dolken dan Kimberly Ryder pun dikabarkan pernah menjalin hubungan spesial. 

Kemudian kabar tersebut seolah bak bola liar yang makin memanas setelah keduanya mengunggah potret liburan bersama di London. Meskipun Kimberly menggunggah potret kebersamaan keduanya di akun Instagramnya, namun dua sejoli ini mengakui bahwa hubungan mereka hanya sebatas teman.

3. Yuki Kato

Pesona Yuki Kato Dalam Busana Kain Nusantara. (Sumber: Instagram/yukikt)
Pesona Yuki Kato Dalam Busana Kain Nusantara. (Sumber: Instagram/yukikt)

Pertama kali bertemu ketika bermain Sinetron Heart 2, Yuki Kato dan Adipati Dolken sempat diisukan memiliki hubungan spesial. Terlebih lagi ketika keduanya kembali bersama ketika beradu akting di film Operation Wedding.

Tak hanya akrab di depan layar saja, namun Yuki dan Adipati nampak akrab pula di balik layar. Chemistry keduanya membuat banyak penggemar yang ikut baper dan menjodohkan keduanya. Meski demikian, baik Adipati maupun Yuki mengaku hanya berteman saja.

4. Chika Kinsy

Potret Chika Kinsy. (Sumber: Instagram/chikakinsy19)
Potret Chika Kinsy. (Sumber: Instagram/chikakinsy19)

Pada tahun 2012 silam, kedekatan antara Chika Kinsy dan Adipati Dolken sempat menjadi sorotan. Hal ini lantaran sempat beredar foto mesra antara keduanya di media massa.

Dari pihak Chika, ia membenarkan bahwa foto-foto tersebut merupakan dirinya dan Adipati. Ia pun mengungkapkan fakta bahwa foto tersebut dibuat tahun 2010. Sedangkan Adipati memilih untuk menghindari isu tersebut.

5. Putri Marino

Adipati Dolken dan Putri Marino. (Deki Prayoga/bintang.com)
Adipati Dolken dan Putri Marino. (Deki Prayoga/bintang.com)

Di tahun 2017, Adipati Dolken juga santer dikabarkan dekat dengan aktris cantik Putri Marino. Keduanya dipertemukan ketika membintangi film bertajuk 'Posesif'.

Dalam film tersebut, Adipati dan Putri Marino beradu akting sebagai pasangan kekasih. Putri sendiri mengaku bahwa ia merasa nyaman menjalin hubungan dengan Adipati dalam kehidupan nyata. Bahkan setelah syuting usai, keduanya masih sering menghabiskan waktu bersama.

Putri Marino juga pernah menyebut bahwa Adipati Dolken masuk dalam tipe kekasih idamannya. Waktu itu, ia pun mengaku tidak menutup kemungkinan untuk menjalin hubungan asmara. Meski demikian, kini Putri Marino telah lebih dulu menemukan tambatan hatinya dengan menikahi Chicco Jerikho.

6. Vanesha Prescilla

Potret keakraban sering dibagikan pada instagram masing-masing. Banyak warganet yang mendukung keduanya pacaran. Tapi, tidak sedikit juga Vanes menjalin hubungan dengan Adipati. (Instagram/adipati)
Potret keakraban sering dibagikan pada instagram masing-masing. Banyak warganet yang mendukung keduanya pacaran. Tapi, tidak sedikit juga Vanes menjalin hubungan dengan Adipati. (Instagram/adipati)

Jika beberapa seleb wanita di atas dikabarkan hanya sebatas dekat dengan Adipati Dolken, berbeda halnya dengan Vanesha Prescilla. Dipertemukan dalam film 'Teman Tapi Menikah', keduanya pun akhirnya mengalami cinta lokasi dan melanjutkan hubungan asmara dikehidupan nyata.

Hal ini dibuktikan melalui unggahan foto mesra dari Vanesha dan Adipati Dolken di akun Instagram masing-masing. Dua sejoli ini pun sempat berlibur bersama ke Jepang.

Kemudian, setelan beberapa saat bersama, tercium kabar bahwa hubungan keduanya telah usai ketika Vanesha mulai menghapus foto-foto bersama Adipati di akun Instagramnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partai Golkar Optimistis Raih Suara 60 Persen di Pilkada Jateng 2020

Posted: 26 Nov 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Partai Golongan Karya (Golkar) mengaku optimistis bisa meraih suara sesuai target yang ditetapkan oleh pusat yaitu 60 persen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan digelar di 21 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, 9 Desember mendatang. 

"Menurut laporan Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu), kita Insya Allah untuk Jateng bisa sesuai dengan target pusat yaitu 60 persen," kata Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto di Semarang, Kamis malam, 26 November 2020. 

Untuk itu DPP Partai Golkar menginstruksikan seluruh kader yang menjadi anggota legislatif di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota yang daerah pemilihannya akan menggelar pilkada serentak agar bekerja serta berkontribusi sehingga pasangan calon kepala daerah yang diusung bisa memenangi pilkada.

"Kami akan menilai kinerja mereka sebagai anggota legislatif, apakah bisa berhasil memenangi pilkada," katanya dilansir Antara

Bagi kader Partai Golkar yang tidak menjalankan instruksi tersebut, lanjut dia, akan menerima konsekuensi politik dan jabatan.

Golkar Usung Kadernya di 19 Kabupaten/Kota

Pada Pilkada Serentak 2020 di Jateng, Partai Golkar mengusung kadernya di 19 kabupaten/kota yakni Kabupaten Demak, Purbalingga, Pemalang, Purworejo, Kebumen, Kabupaten Semarang, Kota Pekalongan, Kendal, Kota Magelang, Pekalongan, Klaten, Blora, Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Wonogiri, Sragen, Wonosobo, Sukoharjo, dan Rembang.

Sedangkan di Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta, Partai Golkar menjadi partai pendukung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian ESDM Komitmen Jalankan Pakta Integritas

Posted: 26 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2021 dipastikan menjadi babak baru dalam penanganan pengelolaan anggaran di sektor energi dan sumber daya mineral. Menteri ESDM Arifin Tasrif menargetkan alokasi sebesar Rp 7 triliun yang telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ini akan dimanfaatkan secara cermat, efektif, dan tepat sasaran.

"Pelaksanaan anggaran harus berpedoman pada prinsip reformasi anggaran. Dimanfaatkan betul-betul untuk kepentingan rakyat sesuai arahan Presiden," kata Arifin saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 ke 12 unit utama dan 32 satuan kerja di lingkungan Kementerian ESDM pada Jumat (27/11/2020).

Tantangan ketidakpastian di masa mendatang, sambung Menteri ESDM Arifin Tasrif, diharapkan bisa teratasi melalui fleksibilitas pelaksanaan anggaran dengan tetap mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. "Saya meminta seluruh unit segara menyusun risk register untuk setiap kegiatan yang dianggap penting," tegasnya.

Identifikasi risiko ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pembatalan kegiatan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Arifin pun meminta seluruh unit segera menyusun rencana pelaksaan kegiatan secara rinci sesuai target yang ditetapkan. "Lengkapi data untuk buka blokir dan segera lakukan tender sekarang supaya bisa langsung dieksekusi pekerjaannya di awal tahun 2021," jelasnya.

Komitmen pelaksanaan anggaran dengan prinsip kehati-hatian ini tertuang dalam pakta integritas yang dilakukan oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian ESDM, Kepala BPH Migas dan Kepala Badan Pengelolaan Migas Aceh.

Selain itu, turut serta menandatangani pakta integritas 180 orang perwakilan pengelola APBN yang terdiri dari para Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Bendahara, Pejabat Pengadaan yang mewakili 492 orang pengelola APBN di seluruh unit di lingkungan KESDM.

"Apa yang sudah diucapkan dan ditandatangani tidak sekadar formalitas semata, namun sungguh-sungguh menunjukkan komitmen dalam melaksanakan, mengelola, dan mempertanggungjawabkan APBN dengan transparan, akuntabel, tepat waktu dan bebas KKN," tegas Arifin.

Arifin menyampaikan pemerintah menargetkan penyerapan anggaran ke depan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yakni untuk memulihkan perekonomian nasional.

"Ada empat fokus anggaran untuk menjadi perhatian kita bersama," jelas Arifin. Keempat hal tersebut di antaranya penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi terutama untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan dunia usaha, serta reformasi struktural di bidang kesehatan, pendidikan, dan bantuan sosial.

Untuk itu, belanja pemerintah diharapkan menjadi penggerak utama dalam membangkitkan kembali roda perekonomian nasional, sehingga harus segera dibelanjakan agar masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya.

 

Porsi Besar

Menteri ESDM  Arifin Tasrif memberikan sambutan dalam pembukaan Jakarta Energy Forum 2020 di Jakarta, Senin (2/3/2020). Jakarta Energy Forum 2020 tersebut mengangkat tema 'The Future of Energy'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan sambutan dalam pembukaan Jakarta Energy Forum 2020 di Jakarta, Senin (2/3/2020). Jakarta Energy Forum 2020 tersebut mengangkat tema 'The Future of Energy'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di sektor ESDM sendiri, porsi terbesar untuk pelaksanaan kegiatan infrastruktur berada di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Badan Geologi. Total alokasi anggaran dari ketiga unit tersebut sebesar Rp4,4 Triliun (62,8%), dengan total belanja untuk infrastruktur sebesar Rp3,4 Triliun (49,2%).

Anggaran infrastruktur migas diperuntukan untuk program jaringan gas, konverkit kit nelayan dan konverter kit petani. Sementara untuk infrastruktur EBTKE digunakan untuk program PLTS Atap, Revitalisasi PLT EBT, PLT Surya penunjang tugas Kementerian/Lembaga, Alat Penyimpanan Daya Listrik (APDAL), dan Penerangan Jalan Raya Umum (PJU) Tenaga Surya.

Adapun untuk infrastruktur Badan Geologi diantaranya dimanfaatkan untuk pos pengamatan gunung api, sistem mitigasi badan geologi, pusat informasi geopark dan pengembangan warisan geologi, survei seismik migas dan pengembangan jaringan pemantauan air tanah.

Sebagai informasi total keseluruhan tender strategis kementerian esdm pada tahun 2021 sebanyak 196 paket dengan nilai Rp3,4 triliun. Tahap I dilaksanakan pada tahun 2020 sebanyak 139 Pkt/Rp 2,8 Triliun. Adapun Tender Tahap II yang dilaksanakan pada tahun 2021 adalah sebanyak 57 Pkt/Rp 599 Miliar. (NA)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Tindak Tegas Paslon Pilkada yang Kampanye Libatkan Anak-Anak

Posted: 26 Nov 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bersikap tegas dan menindak pasangan calon (paslon) Pilkada 2020 yang melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye.

"Tindak paslon yang melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku," kata dia Kamis, 26 November kemarin di Jakarta. 

Hal tersebut merespons adanya temuan dari Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) masih adanya pelibatan anak-anak dalam kampanye pasangan calon di Pilkada. Seperti adanya paslon yang memberi santunan kepada anak-anak tetapi bermaksud untuk kampanye.

Menurutnya, Bawaslu bersama pemerintah daerah harus tetap menyosialisasikan larangan pelibatan anak dalam kegiatan kampanye sesuai dengan Pasal 5 UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

"Seluruh paslon beserta tim suksesnya dan partai pendukung agar tidak melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kampanye," imbau pria yang akran disapa Bamsoet ini. 

Dia pun mendorong Bawaslu bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, KPAI, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan upaya pencegahan pelibatan anak dalam kegiatan politik dan kampanye, penyediaan layanan yang cepat dan terintegrasi, serta pengawasan terhadap bentuk penyalahgunaan dalam kegiatan politik.

Bamsoet juga menyoroti adanya 59 pengawas yang mengalami kekerasan saat menertibkan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 pada kampanye Pilkada 2020.

Terkait hal ini, Bamsoet mengimbau kepada kandidat dan tim sukses untuk memastikan tidak ada kekerasan yang terjadi apabila diberikan peringatan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Pendekatan Humanis

Politikus senior Partai Golkar itu bahkan mendorong para pengawas yang mendapatkan kekerasan membuat laporan dan melampirkan bukti-bukti telah terjadi kekerasan kepada Bawaslu dan penyelenggara pilkada.

Hal tersebut guna memberikan sanksi kepada kandidat dan tim sukses yang terbukti telah melakukan kekerasan kepada pengawas yang menertibkan untuk menjalankan protokol kesehatan. Seperti memberikan pelarangan untuk mengadakan kampanye lagi di hari mendatang.

Dia pun mendorong Bawaslu dan penyelenggara Pilkada memastikan bahwa para pengawas dalam melaksanakan tugasnya dilakukan dengan pendekatan yang humanis dan tidak menggunakan kekerasan ketika melakukan penertiban protokol kesehatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesehatan Menurun, Abu Bakar Ba'asyir Dirawat di RSCM

Posted: 26 Nov 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Abu Bakar Ba'asyir dikabarkan jatuh sakit dan menjalani perawatan medis. Pihak Ditjen Pas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membawa terpidana kasus terorisme itu ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

"Abu Bakar Ba'asyir dilakukan perawatan di RS RSCM Jakarta Pusat," tutur Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Menurut Rika, Abu Bakar Ba'asyir telah dirawat sejak 24 November 2020. Dia mengidap komplikasi gangguan kesehatan.

"Memang karena usia juga. Ada gangguan kesehatan dan sekarang sedang dirawat," kata Rika.

Sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir mendapatkan remisi khusus di Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah bersama dengan 588 narapidana lainnya di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor.

Kepala Lapas Khusus IIA Gunung Sindur Mulyadi mengatakan, remisi khusus atau pengurangan masa hukuman diberikan sebagai pemenuhan hak narapidana di Hari Raya Idul Fitri. Ada dua remisi yaitu remisi umum I berupa pengurangan hukuman dan remisi umum II atau bebas.

"Jumlah penerima remisi ada 588 WBP (warga binaan permasyarakatan)," kata Mulyadi, Minggu (24/5/2020).

Mulyadi merinci, untuk remisi umum I sebanyak 571 WBP dan remisi II sebanyak 18 WBP atau bebas dari penjara karena masa penahanannya hanya tersisa hitungan bulan. Untuk narapidana yang tidak mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 2020 ada 247 orang.

"Napi yang langsung bebas ada 18 WBP. Setelah mendapat remisi, hari ini mereka langsung pulang ke rumahnya," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dapat Remisi

Mulyadi menambahkan, napi kasus korupsi dan terorisme juga turut mendapatkan remisi. Antara lain Abu Bakar Ba'asyir dan Gayus Tambunan.

"WBP atas nama Gayus Tambunan mendapat remisi 2 bulan dan Abu Bakar Ba'asyir 1 bulan 15 hari," terangnya.

Mulyadi menjelaskan pemberian remisi ini karena mereka sudah menjalani masa hukuman dan berkelakuan baik selama menjalani pidana.

"Karena keberadaan mereka di lapas juga sudah cukup lama," ucap Mulyadi.

Gayus Tambunan dihukum atas kasus yang dilakukan berlapis-lapis. Dari memanipulasi pajak, menyuap hakim, menyuap petugas LP, hingga membuat paspor palsu.

Sementara Abu Bakar Ba'asyir merupakan terpidana teroris yang pada sidang vonis 16 Juni 2011 dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Pada 2019, sempat ada wacana pemerintah akan memberikan pembebasan bersyarat (PB) terhadap Ba'asyir karena masalah kesehatan. Namun PB tersebut akhirnya dikaji ulang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Kecam Keras Berulangnya Kasus Penyiksaan Terhadap PMI di Malaysia

Posted: 26 Nov 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kasus penyiksaan terhadap salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia kembali terulang.

MH, seorang pekerja migran Indonesia sektor domestik telah mengalami berbagai penyiksaan yang dilakukan majikannya di wilayah Kuala Lumpur, Malaysia.

MH berhasil diselamatkan Polis Diraja Malaysia (PDRM) pada 24 November 2020 berdasarkan informasi awal yang diberikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tenaganita dan berkoordinasi dengan KBRI Kuala Lumpur.

Atas kasus tersebut, pihak majikan juga telah ditahan.

MH mengalami penyiksaan antara lain pemukulan dengan benda tumpul, luka sayatan benda tajam, disiram air panas dan tidak diberi makan.

Saat ini MH berada di RS Kuala Lumpur untuk mendapatkan perawatan.

Indonesia Beri Kecaman Keras

Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (Liputan6.com/ Benedikta Miranti T.V)
Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (Liputan6.com/ Benedikta Miranti T.V)

Atas kasus ini, Indonesia mengecam keras berulangnya kasus penyiksaan pekerja migran Indonesia terutama di sektor domestik oleh majikan di Malaysia.

Hal ini lantaran kasus serupa kerap terjadi, dan yang terakhir adalah kasus Almh. Adelina Lisau di Penang dimana hingga saat ini majikan belum mendapatkan ganjaran hukum atas perbuatannya.

Indonesia meminta otoritas Malaysia melakukan pengawasan yang ketat terhadap majikan, menjamin pelindungan yang baik terhadap pekerja migran serta melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku.

Indonesia juga mendorong penyelesaian segera perpanjangan MoU penempatan pekerja sektor domestik yang telah berakhir sejak 2016.

KBRI Kuala Lumpur akan terus mendampingi MH dan akan menunjuk pengacara retainer untuk memantau proses penegakan hukum terhadap majikan sesuai hukum yang berlaku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Benarkah Rebusan Daun Pepaya Muda hingga Daun Belimbing Bisa Sembuhkan Tumor dalam 24 Jam?

Posted: 26 Nov 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Klaim mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun blimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam. Klaim ini disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir pada 6 September 2019.

Akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan yang diklaim bisa menyembuhkan tumor dengan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing.

"resep racikan ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit tumor dalam 24 jam. Bahan :

-½ pelepah daun pepaya muda.

-½ genggam daun cermai muda.

-½ genggam daun bayam merah.

-½ genggam daun belimbing.

-400 cc air masak.

Langkah Bikin :

-Cuci bersih semuanya bahan

-Giling semua bahan hingga halus.

-Rebus semua bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.

-Peras serta ambil airnya.

-Imbuhkan madu murni 3 sdm, aduk hingga rata.

-Sajikan ramuan itu dalam 1 gelas untuk sekali minum.

-Minum resep ini 3 kali satu hari ½ gelas.

Demikian informasi ini mudah-mudahan bermanfaat serta berguna buat anda yang membutuhkan semoga resep ramuan ini penyakit tumor anda cepat sembuh..," tulis akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir.

Konten yang disebarkan akun Facebook Perbanyak Lah Berzikir telah 61 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam? Berikut penelusurannya.

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Guru Besar Ilmu Gizi FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hardinsyah MS.

Prof Hardinsyah mengatakan, belum ada bukti dan kajian klinis yang kuat bahwa mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing dapat menyembuhkan tumor dalam 24 jam.

"Bukti-bukti kajian klinis yang kuat bahwa berbagai bahan diatas bisa mengobati atau menyembuhkan tumor apalagi dalam sekejap 24 jam," kata Prof Hardinsyah kepada Liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

Menurut Prof Hardinsyah, berbagai sayuran tersebut mengandung zat gizi dan senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan.

"Bila dikonsumsi secara beragam dalam konteks gizi seimbang akan mengurangi risiko dari gangguan penyakit termasuk tumor," ucap Prof Hardinsyah.

 

 

Kesimpulan

Klaim mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam ternyata tidak benar.

Belum ada bukti ilmiah dan kajian klinis bahwa mengonsumsi air rebusan daun pepaya muda, daun cermai muda, bayam merah, dan daun belimbing bisa menyembuhkan tumor dalam 24 jam.

 

banner cek fakta unproven (Liputan6.com/Triyasni)
banner cek fakta unproven (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Perawatan Medis, Abu Bakar Ba'asyir Dikawal Densus 88 Antiteror

Posted: 26 Nov 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Abu Bakar Ba'asyir menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta lantaran kondisi kesehatannya menurun. Pihak Ditjen Pas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan penanganan dibantu pengawalan Tim Densus 88 Antiteror Polri.

"Rumah sakit di Jakarta dengan pengawalan dari pihak Lapas Gunung Sindur sendiri maupun Densus dan juga Brimob," tutur Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Menurut Rika, kesehatan Abu Bakar Ba'asyir menurun disebabkan pula oleh faktor usia lanjut. Sejauh ini, tim dokter masih memberikan perawatan intensif.

"Biasa memang sakit, memang karena usia juga. Ada gangguan kesehatan dan sekarang sedang dirawat," kata Rika.

Sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir mendapatkan remisi khusus di Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah bersama dengan 588 narapidana lainnya di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor.

Kepala Lapas Khusus IIA Gunung Sindur Mulyadi mengatakan, remisi khusus atau pengurangan masa hukuman diberikan sebagai pemenuhan hak narapidana di Hari Raya Idul Fitri. Ada dua remisi yaitu remisi umum I berupa pengurangan hukuman dan remisi umum II atau bebas.

"Jumlah penerima remisi ada 588 WBP (warga binaan permasyarakatan)," kata Mulyadi, Minggu, 24 November 2020.

Mulyadi merinci, untuk remisi umum I sebanyak 571 WBP dan remisi II sebanyak 18 WBP atau bebas dari penjara karena masa penahanannya hanya tersisa hitungan bulan. Untuk narapidana yang tidak mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 2020 ada 247 orang.

"Napi yang langsung bebas ada 18 WBP. Setelah mendapat remisi, hari ini mereka langsung pulang ke rumahnya," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Remisi

Mulyadi menambahkan, napi kasus korupsi dan terorisme juga turut mendapatkan remisi. Antara lain Abu Bakar Ba'asyir dan Gayus Tambunan.

"WBP atas nama Gayus Tambunan mendapat remisi 2 bulan dan Abu Bakar Ba'asyir 1 bulan 15 hari," jelasnya. 

Mulyadi menjelaskan pemberian remisi ini karena mereka sudah menjalani masa hukuman dan berkelakuan baik selama menjalani pidana.

"Karena keberadaan mereka di lapas juga sudah cukup lama," ucap Mulyadi.

Gayus Tambunan dihukum atas kasus yang dilakukan berlapis-lapis. Dari memanipulasi pajak, menyuap hakim, menyuap petugas LP, hingga membuat paspor palsu.

Sementara, Abu Bakar Ba'asyir merupakan terpidana teroris yang pada sidang vonis 16 Juni 2011 dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Pada 2019, sempat ada wacana pemerintah akan memberikan pembebasan bersyarat (PB) terhadap Ba'asyir karena masalah kesehatan. Namun PB tersebut akhirnya dikaji ulang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berapa Harga Mobil Listrik yang Ideal untuk Pasar Indonesia?

Posted: 26 Nov 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik saat ini mulai gencar dikembangkan dan dipasarkan di Indonesia. Meski demikian, harga mobil bertenaga baterai ini masih cukup mahal.

Di pasaran, harga mobil listrik beragam. Dan harga mobil listrik termurah yang dijual di Indonesia saat ini masih berada di kisaran harga Rp600 jutaan.

Melihat hal tersebut, Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat UI (LPEM UI) Riyanto menyebut, mobil listrik saat ini masih belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Hal tersebut tak terlepas dari pasar terbesar di Indonesia berada di segmen Low MPV. Untuk mobil tersebut, kisaran harga yang ditawarkan berada diangka Rp 200 juta hingga Rp 400 jutaan.

"Bila memang nanti produksinya di dalam negeri, sebaiknya menyasar ke kelas bawah dulu. Buatlah mobil keluarga dengan kapasitas penumpang 7 orang atau mobil LCGC. Harganya berkisar di Rp 300 hingga Rp 350 juta. Jadi benar-benar beralih," kata Riyanto di acara webinar Forwot baru-baru ini.

Selain harga, Riyanto juga menilai fasilitas dan fitur yang disematkan pada mobil listrik tak terlalu krusial untuk digunakan masyarakat Tanah Air. Karena itu, sebaiknya harga yang diberikan lebih terjangkau.

Fasilitas Pengisian Baterai

"Kalau pendapat saya, mobil listrik yang ada saat ini terlalu mewah untuk Indonesia. Banyak juga fasilitas dan fitur yang tak krusial. Jadi memang ini menjadi tugas bersama khususnya jika ingin melakukan local production," ujarnya.

Terkait fasilitas pengisian baterai, sebaiknya menyasar tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat seperti tempat makan. Hal ini dinilai dapat memudahkan pemilik kendaraan apabila ingin melakukan pengisian baterai.

"Kalau isi baterai mobil di rumah saat ini ada syarat harus 2.200 watt kapasitasnya. Ini cukup memberatkan masyarakat Indonesia," tuturnya.

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: