Jumat, 06 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Viral 4 WNI Diduga ABK Kapal China Mengaku Disiksa dan Mohon Dipulangkan

Posted: 06 Nov 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah video yang viral di sosial media berisikan pengakuan empat Warga Negara Indonesia (WNI) diduga berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal ikan berbendera China. Mereka meminta bantuan pemerintah Indonesia agar dapat segera dipulangkan.

Pada video berdurasi 3 menit 5 detik yang diterima Liputan6.com, para WNI satu per satu mengutarakan keluh kesahnya. Khususnya terkait tindak kekerasan yang mereka dapatkan selama berada di kapal.

"Segera kami dipulangkan dari kapal ini. Kami disiksa, dipukul, ditendang, bahkan mau ditusuk pakai gancu pak," tutur pria berbaju hitam dalam video.

"Dada kami dipukul pak, perut kami ditendang pak, jam kerjanya tidurnya 4-5 jam, jam kerja 20 jam lebih, kurang tidur, makan nggak tenang. Enggak kerja, enggak dikasih makan di sini pak," timpal pria berkaos abu-abu.

Keempat WNI tersebut mengaku telah 10 bulan berada di tengah laut dan tanpa sekalipun bersandar ke daratan. Berdasarkan kontrak kerja, mereka baru selesai pada November 2021.

"Kalau nunggu sampai nyandar, kami enggak tahan, enggak bisa kami, bisa mati di sini," sebut ABK lainnya.

 

Kapal Liao Yuan Yu 103

Dalam video pengakuan itu, terdapat potongan foto nama kapal, yakni Liao Yuan Yu 103.

Para ABK juga menuliskan nama dan rincian perlakuan penganiayaan yang diterima. Sementara ini diduga mereka dipekerjakan oleh PT Raja Crew Atlantik berdasarkan secarik kertas bertuliskan tangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istana Nilai Vaksin Covid-19 Sinovac Lebih Baik untuk Indonesia

Posted: 06 Nov 2020 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Brian Sri Prahastuti menilai vaksin Covid-19 dari Sinovac lebih baik untuk Indonesia daripada kandidat vaksin lainnya. Hal ini lantaran Indonesia terlibat dalam proses uji klinis tahap III vaksin Sinovac.

"Pemahaman Indonesia memang lebih baik untuk vaksin produksi Sinovac karena Indonesia terlibat dalam uji klinis tahap tiga, serta PT Bio Farma (Persero) akan terlibat juga dalam proses produksinya pada tahapan tertentu," ujar Brian dikutip dari siaran persnya, Sabtu (7/11/2020).

"Dan kita ketahui bahwa Bio Farma dalam produksi vaksin dan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dalam uji klinis vaksin memiliki kredibilitas tinggi secara internasional," sambung dia.

Dengan fakta itu, Brian menegaskan, masyarakat tidak perlu ragu atas kesimpulan dan rekomendasi akhir dari vaksin Covid-19. Apalagi, proses ini juga melibatkan Indonesia In Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Dia menekankan, prinsip keamanan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Brian mengungkapkan, pemerintah melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai lembaga resmi di Indonesia yang memberikan izin edar dan punya persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA).

Menurut dia, BPOM bahkan tengah melakukan kunjungan ke Pabrik Sinovac di China. Adapun kunjungan ini untuk melakukan penilaian proses produksi, bersamaan dengan uji klinis tahap tiga yang sedang berlangsung.

"Tentunya persetujuan tetap akan diberikan ketika uji klinis tahap tiga telah selesai dilakukan, dan minimal interim report sudah diserahkan oleh lembaga yang melakukan uji klinis tersebut," jelas Brian soal vaksin Covid-19.

 

Sejumlah Kandidat Vaksin

Saat ini pemerintah tengah mempersiapkan beberapa jenis kandidat vaksin Covid-19. Lima diantaranya adalah Sinovac, Sinopharm, CanSino, Genexine, dan AstraZeneca.

Kandidat vaksin tersebut masih menjalankan uji klinis tahap III, sebelum diproduksi secara besar-besaran. Pemerintah awalnya berencana mulai menyuntikkan vaksin pada November 2020. Namun, kemungkinan rencana tersebut gagal.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kemungkinan vaksin ini tidak bisa masuk ke Indonesia. Hal ini disebabkan belum mendapatkan izin penggunaan darurat yang dikeluarkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi Anggaran PEN Capai Rp 366,86 Triliun hingga 2 November 2020

Posted: 06 Nov 2020 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terus mendorong akselerasi realisasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada Kuartal IV/2020.

Secara kumulatif, realisasi anggaran PEN per Senin, 2 November 2020 sudah mencapai Rp366,86 triliun atau 52,8 persen dari total anggaran sebesar Rp695,2 triliun.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, kami berharap bahwa sisa anggaran PEN bisa kita serap semua. Minimal Rp100 Triliun kita salurkan di Kuartal IV 2020," kata Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin pada Konferensi Pers di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti ditulis, Sabtu (7/11/2020).

Penyaluran program PEN terbesar berasal dari sektor Perlindungan Sosial yang memiliki pagu anggaran sebesar Rp203,9 triliun dan telah terealisasi Rp176,38 triliun atau tersalurkan 86,51 persen dari total anggaran.

Secara detail, penyerapan anggaran PEN pada sektor Kesehatan mencapai realisasi Rp31,14 triliun atau 35,57 persen dari pagu anggaran Rp87,55 triliun, sektor Insentif Usaha mencapai Rp35,49 triliun atau 29,43 persen dari pagu anggaran Rp120,61 triliun.

Lebih lanjut, sektor UMKM mencapai Rp93,59 triliun atau 75,81 persen dari alokasi anggaran Rp123,47 triliun, sektor K/L/D mencapai Rp30,25 triliun atau 28,51 persen dari alokasi anggaran Rp106,11 triliun, serta sektor Pembiayaan Korporasi dengan alokasi anggaran Rp53 triliun masih melakukan finalisasi program.

Ini Dia Fokus Utama Anggaran PEN di 2021

Warga pelanggar PSBB dihukum menyapu saat terjaring razia masker di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta, Jumat (11/9/2020). Petugas Satpol PP gencar melakukan razia masker menyusul kasus COVID-19 di DKI Jakarta yang terus meningkat. (merdeka.com/Imam Buhori)
Warga pelanggar PSBB dihukum menyapu saat terjaring razia masker di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta, Jumat (11/9/2020). Petugas Satpol PP gencar melakukan razia masker menyusul kasus COVID-19 di DKI Jakarta yang terus meningkat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pemerintah terus berkomitmen untuk mengakselerasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di 2021. Adapun anggaran yang disiapkan sebesar Rp372,1 triliun, dipergunakan untuk akselerasi pemulihan ekonomi sekligus penguatan reformasi.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu mengatakan program PEN pada tahun depan sama seperti 2020, yakni dibagi menjadi 6 kluster. Diantaranya kesehatan, perlindungan sosial, sketor KL dan pemda, dukungan UMKM, pembiayaan korporasi dan insentif usaha.

"Dalam cluster kesehatan, fokus utama ditujukan untuk penanganan covid dengan alokasi dana untuk penyediaan vaksinasi. Sementara program perlindungan sosial tetap dilanjutkan untuk mendukung daya beli khususnya harapannya di semester I 2021," kata dia dalam acara Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2020, Rabu (4/11).

Dia melanjutkan untuk program sektoral pemda akan difokuskan alokasi anggarannya dalam rangka melakukan pemulihan sektor pariwisata, pembangunan infra ICT, dan penguatan program padat karya.

Sementara untuk empat kluster lain, seperti bantuan sosial, dukungan UMKM, insentif usaha, dan pembiayaan korporasi tidak terlalu banyak berubah fokusnya. Anggaran keempat pos tersebut pun tidak begitu besar dibandingkan pada 2020.

"Ukurannya dibandingkan 2020 memang lebih kecil dengan pertimbangan bahwa aktivitas dunia usaha berangsur sudah membaik sehingga program PEN diharapkan mempercepat kinerja dunia usaha di 2021," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Memimpin, Rivan Nurmulki dan Nagano Tridents Kembali Tumbang

Posted: 06 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Nagano - Rivan Nurmulki dan Nagano Tridents kembali mencicipi kekalahan pada lanjutan V.League Division 1. Mereka menyerah 1-3 (25-23, 18-25, 22-25, 22-25) dari Wolfdogs Nagoya di Toyota Synthetic Memorial Gymnasium, Sabtu (7/11/2020).

 

Hasil ini membuat Rivan Nurmulki belum merasakan kemenangan selama melakoni lima laga di Negeri Sakura.

Sebelumnya mantan pemain Surabaya Samator tersebut tumbang masing-masing dua kali melawan juara bertahan JTEKT Stings dan Suntory Sunbirds.

Total Nagano belum mencicipi hasil positif di tujuh pertandingan dan terdampar di papan bawah klasemen.

Perjuangan Rivan Nurmulki berlanjut besok. Nagano kembali menghadapi Wolfdogs Nagoya dalam lanjutan kompetisi, Minggu (8/11/2020). 

Jalan Pertandingan

Atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki usai menjalani debut bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. (foto: Instagram @ melt_aya.0205)
Atlet voli Indonesia Rivan Nurmulki usai menjalani debut bersama Nagano Tridents di V.League Division 1 Jepang mendapat pujian. (foto: Instagram @ melt_aya.0205)

Rivan dan rekan-rekan tercecer 2-5 sebelum menyamakan kedudukan. Kedua tim lalu bermain ketat hingga 10-10 sebelum Nagoya kembali melesat 15-11.

Namun, Nagano mampu mengejar dan menyamakan skor di 17-17. Mereka lalu menjaga momentum untuk mengamankan set pertama.

Tidak terima dipermalukan, Nagayo membalas di set kedua. Meski sempat bersaing sengit, mereka mulai meninggallkan Nagano 11-7. Nagayo lalu berhasil menjaga keunggulan dan menyamakan kedudukan.

2 Set Terakhir

Atlet voli Indonesia dan Nagano Tridents Rivan Nurmulki. (foto: Instagram @tokkochan2020)
Atlet voli Indonesia dan Nagano Tridents Rivan Nurmulki. (foto: Instagram @tokkochan2020)

Duel sengit kembali hadir di set ketiga. Nagano sempat memimpin 11-9 sebelum Nagoya merebut empat poin beruntun. Keduanya saling berebut angka hingga 21-21 sebelum Nagoya menunjukkan mental kuat di momen kritis.

Unggul 2-1, Nagoya melesat 7-3 di set keempat. Namun, Nagano tidak lekas menyerah. Mereka tetap berusaha memangkas jarak meski perjuangan tersebut akhirnya sia-sia. Nagano akhirnya kembali tumbang.

Saksikan Video Voli Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Sebut Makin Banyak Tekanan dengan Meroketnya Elektoral Eri-Armuji di Pilkada Surabaya

Posted: 06 Nov 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen DPP PDP Hasto Kristiyanto mengakui Pemilih Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya semakin dinamis. Dia menilai, suhu politik semakin panas dengan meroketnya elektoral Eri Cahyadi-Armuji.

"Ini semakin menunjukkan keandalan pasangan tersebut. Survei terakhir elektoral Eri-Armuji sudah menunjukkan 10,2% di atas Machfud Arifin-Mujiaman," kata Hasto dalam siaran persnya, Sabtu (7/11/2020).

Meroketnya elektoral pasangan Eri-Armuji, lanjut Hasto, berimplikasi terjadinya tekanan dan intimidasi. Seperti Wali Kota Surabaya yang juga kader PDIP, Tri Rismaharini misalnya. Dia digugat dan dillaporkan ke polisi atas dugaan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Walau demikian, Hasto percaya, hal itu tidak mengendurkan semangat dukungan terhadap Eri-Armuji.

"Arek-arek Surabaya itu kokoh memegang prinsip. Apa yang terjadi pada peristiwa Hari Santri tanggal 22 Oktober 1945 dan peristiwa Hari Pahlawan 10 November, menunjukkan kuatnya semangat patriotisme yang digelorakan oleh semangat Hubbul Wathan Minal Iman," yakin Hasto PDIP.

Tampilkan Kampanye Simpatik

Hasto berharap, kontestasi Pilkada Surabaya bisa ditampilkan dengan kampanye simpatik, mencerdaskan, dan berakar kuat pada kebudayaan bangsa.

"Bu Risma telah menjawab kebutuhan masyarakat Surabaya dengan mempersiapkan Eri-Armudji. Kesinambungan kepemimpinan inilah yang paling penting untuk Surabaya bagi Indonesia dan Dunia" Hasto menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risiko Alergi Intai Anak yang Lahir Secara Caesar

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Konsultan Alergi dan Imunologi Anak Prof Budi Setiabudiawan mengatakan, risiko alergi pada anak-anak yang lahir dengan caesar sectio lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang dilahirkan secara normal.

"Karena kalau dia lahir secara caesar, perkembangan mikrobiota normal di usus akan terlambat, dan tidak akan optimal, sehingga terjadi perubahan pada sistem imun anak dan berisiko timbul di kemudian hari" ucap Prof. Budi dalam virtual gathering, seperti di kutip dari Antaranews.

Budi menjelaskan, anak yang lahir secara normal atau melalui vaginal, kondisi mikrobiotik dalam saluran cernanya akan lebih optimal sehingga risiko alergi juga akan lebih rendah.  

Selain itu, alergi pada anak juga bisa dikarenakan riwayat salah satu atau kedua orangtua. Budi mengatakan, riwayat alergi kedua orangtua membuat anak berisiko 40-60 persen terkena alergi.

"Risiko akan meningkat menjadi 60-80 persen jika orangtua memiliki manifestasi yang sama" ucap Budi.

 

Jika Alergi Ditangani Dini

Namun, jika hanya salah satu orangtua yang memiliki riwayat alergi, maka risiko anak terkena alergi sebesar 20-40 persen. Jika orangtua tidak memiliki riwayat alergi, anak tetap memiliki risiko sebesar 5-15 persen.

"Apabila ditangani sejak dini, maka alergi ini tidak akan berlanjut ke penyakit seperti eksim, asma, rhinitis alergi. Kalau terlambat diagnosa maka akan menimbulkan dampak, seperti dari sisi kesehatan, dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti obesitas, hipertensi dan sakit jantung" jelas Budi.

Berikut merupakan beberapa faktor risiko alergi lainnya menurut Budi, yaitu;

  • Paparan asap rokok
  • Polutan lingkungan
  • Kurangnya paparan sinar matahari
  • Pengenalan makanan padat yang tertunda
  • Defisiensi Vitamin D
  • Diet rendah n-3 PUFA, antioksidan dan serat

 

(Deskhila Wijaya)

Infografis

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Pelarian 4 Pencuri Uang Ratusan Juta Milik Nasabah BTN Gorontalo

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Beginilah akhir pelarian empat pencuri yang berhasil menggasak uang senilai ratusan juta rupiah milik nasabah BTN Gorontalo.

Keempat orang tersebut masing-masing bernama DK alias Dedi (35), RN alias Reza (26), MR alias Rizky (37) dan AC alias Ucu (47) yang semuanya merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan.

Penangkapan pelaku ini berawal dari adanya laporan warga atas kasus pencurian yang dialami oleh IM yang kehilangan uang Rp122 juta dari dalam jok motornya.

Peristiwa itu bermula saat Ismail mengambil uang tunai dari BTN Gorontalo sebesar Rp122 juta. Dengan menggunakan sepeda motor dia pun pergi ke bank yang terbilang jauh dari rumahnya.

Rencananya, uang tunai itu akan disetorkan oleh Ismail ke BRI Cabang Gorontalo. Namun, di tengah perjalanan, kemudian ia memutuskan untuk singgah di kantor tempat kerabatnya bekerja.

Tanpa pikir panjang, Ismail kemudian meninggalkan uang yang baru saja diambilnya dari bank itu dalam jok motor. Tak lama kemudian, saat ia selesai mengobrol dengan temannya, Ismail pun terkejut saat mendapati jok motornya yang sudah dalam keadaan terbuka.

"Saat itu pemiliknya kaget, tiba-tiba melihat bagasinya rusak dan uang sudah raib," kata Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Gorontalo, Kombes Pol Deni Okvianto, SIK kepada Liputan6.com.

Dilumpuhkan dengan Timah Panas

Akhir pelarian empat pencuri yang berhasil menggasak uang senilai ratusan juta rupiah milik nasabah Bank BTN Gorontalo (Foto:Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Akhir pelarian empat pencuri yang berhasil menggasak uang senilai ratusan juta rupiah milik nasabah Bank BTN Gorontalo (Foto:Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Atas laporan inilah, kata Kombes Pol Dedi, polisi kemudian langsung melakukan penyelidikan. Dengan berbekal keterangan beberapa saksi dan sejumlah rekaman CCTV di lokasi kejadian, akhirnya kasus ini mendapat titik terang. 

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi mendapati ada empat pelaku menggunakan dua sepeda motor yang sudah mengintai korban sebelum kejadian. Anggota polisi kemudian langsung melakukan pengejaran.

"Setelah melakukan penyelidikan, kami mendapati ada empat pelaku yang membuntuti korban berdasarkan rekaman CCTV," ungkapnya.

Akhirnya, Tim Gabungan Ditreskrimum Polda Gorontalo dan Satreskrim Polres Gorontalo Kota, berhasil mendeteksi dan menangkap keempat pelaku di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Saat penangkapan, polisi terpaksa harus melumpuhkan tiga pelaku dengan timah panas karena berusaha melawan petugas.

Dari tangan keempat pelaku polisi mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya, dua unit motor, uang tunai Rp 18 juta, empat buah handphone dan empat buah dompet.

Hingga kini keempat pelaku sudah ditahan untuk proses hukum lebih lanjut. Sementara, pelaku dijerat dengan pasal 363 pencurian dengan ancaman pidana penjara selama 7 tahun.

"Untuk sementara pasal itu dulu yang kami sangkakan, sebab saat ini kami masih dalam tahap pengembangan kasus siapa tahu masih ada tersangka lain," Kombes Pol Deni menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Lailatul Mufaricha, Wanita yang Disebut Mirip Nagita Slavina

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini muncul sosok yang mirip dengan Raffi Ahmad. Pria yang disebut mirip dengan Raffi Ahmad ini bernama Dimas Ramadhan yang merupakan seorang penjual bakso. Setelah muncul kembaran Raffi Ahmad, tak lama ini beredar di media sosial sosok wanita yang disebut mirip dengan Nagita Slavina.

Video wanita yang disebut mirip Nagita Slavina ini dibagikan oleh pemilik akun TikTok @10nisayolanda. Wanita yang disebut mirip Nagita Slavina itu bernama Lailatul Mufaricha.

Dalam video TikTok yang dibagikan oleh pemilik akun @10nisayolanda, Lailatul Mufaricha terlihat mirip dengan ibunda Rafathar tersebut. Sama-sama memiliki tahi lalat di sebelah bibir, Lailatul Mufaricha semakin mirip dengan istri presenter kondang Raffi Ahmad.

Dalam akun Instagram pribadinya, Lailatul Mufaricha menyebut bahwa dirinya tidak mengetahui bahwa ada video yang beredar dan menyebut dirinya mirip dengan Nagita Slavina.

"…aku ngga ngeklaim diri aku mirip nagita slavina juga. Kalo ada yg bilang mirip ya Alhamdulillah. Kalo engga ya aku ngga ngeklaim juga…" tulis Lailatul Mufaricha di laman Instagramnya pada (6/11/2020).

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret Lailatul Mufaricha, wanita yang disebut mirip dengan Nagita Slavina, Sabtu (7/11/2020).

1. Ini adalah Lailatul Mufaricha, wanita yang disebut mirip dengan Nagita Slavina.

Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)
Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)

2. Lailatul Mufaricha berasal dari Kampung Inggris, Kediri, Jawa Timur.

Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)
Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)

3. Sebelum videonya viral di TikTok, Lailatul Mufaricha sudah terlebih dulu mengunggah videonya di story Instagram pada 21 Agustus 2019.

Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)
Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)

4. Wanita yang disapa Faricha ini disebut mirip Nagita Slavina karena sama-sama memiliki tahi lalat di sebelah bibir.

Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)
Potret Lailatul Mufaricha. (Sumber: Instagram.com/lailatul_mufaricha)

6. Jika diperhatikan dengan sekilas, Lailatul Mufaricha memang mirip dengan istri Raffi Ahmad ya.

@10nisayolanda

#duet dengan @haydrillah_ #MakeAFace beda posisi tahi lalat doang😂 #notforyoupage #fyp #fypシ #foryouthis #berandafyp #fypgakni #raffinagita1717 #fyp

♬ Kamulah Takdirku - Raffi Ahmad

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penumpang Naik 17,9 Persen, Garuda Indonesia Optimis Kinerja Membaik di 2020

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk secara konsisten mencatatkan pertumbuhan penumpang dalam periode Kuartal III-2020 ini.

Tren pertumbuhan tersebut salah satunya terlihat dari adanya peningkatan penumpang maskapai yang naik sebesar 17,9 persen pada September 2020 dibandingkan Agustus 2020.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, tren pertumbuhan penumpang selama kuartal ketiga 2020 lalu memang meningkat secara konsisten.

"Tentunya itu menjadi optimisme tersendiri bagi kami dalam upaya pemulihan kinerja fundamental dimasa landemi. Konsistensi tersebut menandakan minat dan confident masyarakat untuk terbang sudah mulai pulih," ujar Irfan dalam pesan tertulis kepada Liputan6.com, Sabtu (7/11/2020).

Selain mencatatkan pertumbuhan penumpang, Garuda Indonesia pada September 2020 lalu juga turut mencatatkan pertumbuhan angkutan kargo sebesar 40,11 persen, atau naik menjadi 15 ribu ton.

"Di tengah imbas pandemi ini, layanan kargo turut berperan penting dalam menunjang capaian kinerja perusahaan sejalan dengan pesatnya perkembangan bisnis e-commerce di masa pandemi. Serta upaya optimalisasi angkutan kargo untuk komoditas ekspor unggulan nasional," ungkap Irfan.

Di sisi lain, Garuda Indonesia hingga September 2020 juga telah membukukan pendapatan usaha sebesar USD 1,13 miliar. Pemasukan tersebut dikontribusikan oleh capaian pendapatan penerbangan berjadwal sebesar USD 917,28 juta. Sedangkan pendapatan dari sektor penerbangan tidak berjadwal adalah sebesar USD 46,92 juta.

Melihat seluruh capaian tersebut, Irfan mengatakan, Garuda Indonesia yakin berbagai upaya pemulihan kinerja yang dilakukan perseroan sudah on the track.

"Kami optimistis, kinerja perusahaan pada periode 3 bulan kedepan akan semakin menunjukan pertumbuhan positif. Khususnya dengan adanya periode libur panjang akhir tahun," tukas Irfan.

Garuda Indonesia Rugi Rp 15,3 Triliun di Kuartal III 2020 Imbas Pandemi Covid-19

(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
(Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) melaporkan kinerja keuangan perusahaan kuartal III 2020 di tengah pandemi Covid-19. Dalam laporan tersebut, Garuda Indonesia rugi USD 1,07 miliar atau Rp 15,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.321).

Padahal di periode yang sama tahun sebelumnya, perseroan berhasil mencatatkan laba sebesar USD 122,4 juta.

Mengutip laporan keuangan konsolidasian Garuda Indonesia, Jumat (6/11/2020), faktor yang menyebabkan kerugian adalah menurunnya pendapatan.

Pada kuartal III ini, Garuda Indonesia mencatatkan pendapatan sebesar USD 1,13 miliar dolar, turun 67,83 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 3,54 miliar. Rugi per saham dasar tercatat USD 0,04152.

Pendapatan dari penerbangan berjadwal juga turun signifikan, menjadi USD 917,2 juta dari sebelumnya USD 2,79 miliar. Demikian pula dengan penerbangan tidak berjadwal sebesar USD 46,9 juta dari sebelumnya USD 249,9 juta.

Kemudian, pendapatan lainnya menurun menjadi USD 174,5 juta dari sebelumnya USD 494,8 juta.

Di atas semua itu, Garuda Indonesia mencatat penurunan beban usaha di kuartal sebesar USD 2,24 miliar, turun 31,71 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD 3,28 miliar.

Perusahaan juga mencatat adanya beban lain-lain sebesar USD 30,5 juta dari sebelumnya surplus USD 13,6 juta.

Liabilitas Garuda Indonesia pada kuartal III ini tercatat sebesar USD 10,36 miliar, serta ekuitas sebesar negatif USD 455,5 juta. Total aset perseroan sendiri naik menjadi USD 9,90 miliar dibanding periode Desember 2019 sebesar USD 4,45 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sitebeat Bagi-Bagi 1.111 Situs Web Gratis dalam Rangka Sambut Ajang 11.11

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sitebeat meluncurkan program "Bagi-bagi Website Gratis" sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Sitebeat dalam menyambut ajang 11.11. Selain itu, program ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam menjalankan transformasi digital dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Terhitung mulai 5 hingga 30 November 2020, Sitebeat menyediakan 1.111 paket situs web gratis bagi masyarakat luas yang dapat menjadi sarana untuk menampilkan portofolio atas jasa atau layanan mereka.

"Sitebeat telah mendukung bisnis kecil untuk tetap online selama pandemi dan kami berharap langkah selanjutnya di 11.11 ini akan memberi kesempatan terbaik bagi semua sektor industri di Indonesia untuk terus sukses, apalagi menjelang tahun 2021 yang kita harapkan lebih positif," ujar General Manager Sitebeat Indonesia, Tim Schibli dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (7/11/2020).

Sitebeat, melalui program ini, hendak memfasilitasi dan memberikan solusi terbaik bagi para pelaku usaha kecil menengah serta pihak yang baru mau merintis usaha.

"Kami harap melalui dukungan ini dapat membantu meningkatkan akselerasi gerakan transformasi digital berbasis website agar semakin menambah wawasan teknologi dan mendukung gerakan belanja produk lokal dalam upaya pemulihan ekonomi nasional," kata Head of Business Development Sitebeat, Sunny Prima Juwita.

Situs web yang dirancang dengan baik dan informatif, menurut Sunny, akan menambah kredibilitas dan mampu memperkuat merek usaha suatu bisnis.

Selain itu, situs web merupakan langkah awal yang mampu membuka pintu peluang pemasaran digital (Digital Marketing) lainnya seperti iklan dan konten yang dapat membantu merek lebih dikenal secara online dan mampu menjangkau pelanggan dengan cakupan lebih luas.

 

Fitur

Paket situs web gratis dari Sitebeat sendiri menawarkan fitur-fitur berbahasa Indonesia, sehingga mudah dipahami. Situs web ini juga menerapkan sistem drag-and-drop yang praktis tanpa membutuhkan pengetahuan teknis seperti coding.

Selain itu, paket situs web gratis ini juga sudah termasuk subdomain Sitebeat, gratis hosting, dapat membuat hingga 3 halaman, dan termasuk banner Sitebeat.

Dari aspek desain, Sitebeat menyediakan tema yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, layout yang sudah tersusun rapi, teknologi grid intuitif, desain responsif yang menyesuaikan tampilan perangkat, serta kemudahan akses edit melalui perangkat seluler.

Pilihan upgrade

Pengguna yang ingin fasilitas lebih dapat upgrade ke layanan berbayar dengan harga terjangkau dan membuka beragam fitur tambahan, seperti integrasi dengan media sosial, Facebook Shops, eBay & Amazon, Fitur Live Chat, dan Click to Action yang menghubungkan konsumen melalui WhatsApp. Seluruh layanan situs web juga didukung dengan soket SSL yang menambah lapisan keamanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu Ungkap Rasa Sakit Hati Betrand Peto Disebut Anak Pungut: Memang Kenapa Sih?

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ruben Onsu marah besar saat putranya, Betrand Peto, menjadi korban perundungan.  Apalagi selama ini Ruben Onsu dan keluarga tidak punya masalah dengan pelaku perundungan yang wajahnya telah ia unggah di akun Instagram-nya. 

Ruben Onsu mengaku sakit hati saat pelaku perundungan menyebut Betrand Peto dengan sebutan anak pungut. Tak hanya itu, pelaku juga menyudutkan Betrand Peto dengan masa lalunya sebelum diadopsi oleh Ruben Onsu.

‎"Dibilang anak pungut, saya sakit hati sekali dengarnya. Yang kemarin lukanya belum sembuh, sekarang ada lagi tentang anak pungut," ujar Ruben Onsu ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (6/11/2020).

Pertanyakan

Ruben Onsu (Youtube/Luna Maya)
Ruben Onsu (Youtube/Luna Maya)

Selama ini Ruben Onsu  tidak pernah mempedulikan bila ia disudutkan orang lain ataupun dihina. Namun ketika anaknya ‎mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan ia akan bertindak tegas.

‎"Memang kenapa sih, memang kalau anak jalanan itu hina? Kenapa sih kalau anak pungut, itu kenapa, kan enggak ada yang salah," tegas Ruben Onsu.

Sesuai Hukum

Ruben Onsu dan Betrand Peto (Foto: FD Photography - Instagram/ betrandpetoputraonsu)
Ruben Onsu dan Betrand Peto (Foto: FD Photography - Instagram/ betrandpetoputraonsu)

Ruben mengatakan, bila memang tak suka dengan Betrand Peto, gunakanlah kalimat yang halus dan jangan membahas soal anak pungut. Lagi pula, kata Ruben Onsu, ia mengadopsi Betrand Peto sesuai kaidah hukum.

‎"Maksud saya, istilahnya itu dikata yang halus lah, kalau dia pintar dan tahu, saya itu mengadopsi Betrand itu sah secara hukum loh," kata Ruben Onsu.

Jalur Hukum

Ruben Onsu (Youtube/ SIKOPAT CHANNEL)
Ruben Onsu (Youtube/ SIKOPAT CHANNEL)

Dengan tegas Ruben Onsu akan mempermasalahkan hal ini ke jalur hukum. Ia mau memberi efek jera agar tak ada lagi yang bisa berkata semena-mena tentang Betrand Peto.

"Saya akan ambil jalur hukum," kata Ruben Onsu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris: Tandang ke Everton, MU Bakal Tampilkan 5 Pemain Paling Dipercaya Solskjaer

Posted: 06 Nov 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer harus bisa menjawab pertanyaan seputar masa depannya, menyusul kekalahan timnya dari Istanbul Basaksehir pada laga lanjutan Liga Champions pertengahan pekan lalu.

Pelatih asal Norwegia itu, memang sukses membawa MU meraih hasil luar biasa di Liga Champions musim ini usai mengalahkan Paris Saint-Germain dan RB Leipzig.

Namun performa MU di Liga Inggris adalah penyebab utama kekhawatiran. Solskjaer kini berada di bawah tekanan, dari luar dan para penggemar dan bukan dari majamemen klub untuk saat ini.

Nama Mauricio Pochettino membayangi setiap manajer elit yang tengah berjuang akhir-akhir ini, termasuk Solskjaer. Lama "menganggur " kini dia sudah bersiap untuk langsung kembali ke sepakbola, seperti yang baru-baru ini dia katakan kepada Sky Sports.

Dan seperti yang dilaporkan Manchester Evenings, MU telah melakukan pendekatan tentatif untuk mantan bos Tottenham itu. Jadi, bentrokan Setan Merah dengan Everton akhir pekan ini sangat berpengaruh bagi Solskjaer dan pekerjaannya. Dia harus memilih tim yang sudah siap. Berikut adalah lima pemain MU yang sesuai harapan dan pasti akan berbaris di Goodison Park:

Fred dan Scott McTominay

Pemain RB Leipzig Alexander Sorloth (tengah) berebut bola dengan pemain Manchester United Fred (kiri) dan Scott McTominay pada pertandingan Grup H Liga Champions di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (28/10/2020. MU menang 5-0, Marcus Rashford cetak hattrick. (AP Photo/Dave Thompson)
Pemain RB Leipzig Alexander Sorloth (tengah) berebut bola dengan pemain Manchester United Fred (kiri) dan Scott McTominay pada pertandingan Grup H Liga Champions di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (28/10/2020. MU menang 5-0, Marcus Rashford cetak hattrick. (AP Photo/Dave Thompson)

Kedua gelandang ini sebenarnya datang sebagai duo. Mereka melindungi empat bek sebagai satu poros ganda. Dan, penampilan terbaik MU di bawah Solskjaer cenderung datang ketika pemain Brasil dan Skotlandia itu berpasangan.

Fred hampir pasti akan mulai di Everton, hanya karena dia tidak tampil di Istanbul dan tidak ternoda dengan hasilnya. McTominay dipercaya untuk masuk di babak pertama oleh Solskjaer dalam kekalahan 2-1 di Liga Champions, namun menyuntikkan energi ke dalam permainan United.

Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes dan Paul Pogba saat menghadapi Sevilla di semifinal Liga Europa 2019/20. (foto: AP Photo/Martin Meissner, Pool)
Gelandang Manchester United (MU) Bruno Fernandes dan Paul Pogba saat menghadapi Sevilla di semifinal Liga Europa 2019/20. (foto: AP Photo/Martin Meissner, Pool)

Tampaknya jelas untuk mengatakan bahwa Fernandes harus bermain, mengingat dia adalah nama pertama di daftar tim MU. Solskjaer menyukai mentalitas , keinginannya, dan keterampilan kepemimpinannya.

Fernandes sedikit bersalah karena berusaha terlalu keras melawan Basaksehir, tapi Solskjaer membiarkannya selama 90 menit penuh saat United mengejar permainan. Dia tidak terpisahkan.

Memainkan Fernandes dalam peran No.10 yang disukainya bukanlah keputusan yang sulit, itu selalu memberi MU peluang dalam pertandingan. Mereka hanya perlu memastikan kerangka di sekelilingnya benar.

Victor Lindelof

Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof dan manajer Ole Gunnar Solskjaer tersenyum usai mengalahkan Watford 3-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (23/2/2020). (Martin Rickett / PA via AP)
Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof dan manajer Ole Gunnar Solskjaer tersenyum usai mengalahkan Watford 3-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (23/2/2020). (Martin Rickett / PA via AP)

Solskjaer akan mempercayai Lindelof selalu ada di kartu. Dan bukan hanya berdasarkan fakta keduanya berasal dari Skandinavia.

Lindelof mencerminkan persona manajerial Solskjaer yang tak tergoyahkan di atas lapangan. Dia keren dan tenang dan membaca permainan lebih baik daripada bek MU lainnya, karenanya dia sangat dirindukan selama bencana pertahanan Istanbul.

Lindelof sangat yakin untuk memulai melawan Everton dan United akan berharap dia membawa ketenangan kembali ke pertahanan mereka, yang akan diuji oleh Dominic Calvert-Lewin, James Rodriguez dan kawan-kawan.

Anthony Martial

Striker Manchester United (MU)  Anthony Martial (tengah) bersama Juan Mata dan Marcus Rashford merayakan gol ke gawang Partizan pada matchday keempat Grup L Liga Europa di Old Trafford, Jumat (8/11/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Dave Thompson)
Striker Manchester United (MU) Anthony Martial (tengah) bersama Juan Mata dan Marcus Rashford merayakan gol ke gawang Partizan pada matchday keempat Grup L Liga Europa di Old Trafford, Jumat (8/11/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Dave Thompson)

Salah satu langkah pertama Solskjaer sebagai manajer United adalah menempatkan Martial di garis depan serangannya. Itu dianggap berisiko pada saat itu, terutama karena Romelu Lukaku tidak diganti,

Namun, Martial telah membuktikan dirinya sebagai penyerang tengah yang baik dan dia sangat dirindukan dalam pertandingan liga melawan Chelsea dan Arsenal, ketika serangan MU tumpul.

Solskjaer diharapkan kembali ke trisula penyerang terpercaya Martial, Mason Greenwood dan Marcus Rashford untuk pertandingan krusial itu.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berita Duka, Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Amin Mas’udi Meninggal Dunia

Posted: 06 Nov 2020 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari salah satu BUMN, yaitu PT Jamkrindo. Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo, Amin Mas'udi, pagi ini, Sabtu (7/11/2020) dikabarkan meninggal dunia.

Informasi yang diterima Liputan6.com, Amin Mas'udi meninggal dunia di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta.Dipastikan, Amin meninggal bukan karena Covid-19. AMin sendiri sudah di rawat di RS Yarsi seminggu terakhir.

Rencananya, Amin akan dimakamkan hari ini di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Amin menjabat sebagai Direktur Bisnis Penjaminan PT Jamkrindo sejak 2017. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Divisi Bisnis Suretyship dan Penjaminan Non Bank Perum Jamkrindo.

Amin Mas'udi menamatkan pendidikan Sarjana di Universitas Islam Bandung Jurusan Manajemen. Ia melanjutkan program Magister Management Agribisnis di Institut Pertanian Bogor (IPB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pola Irama adalah Elemen Penting Musik, Kenali Jenisnya

Posted: 06 Nov 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pola irama adalah bagian penting dalam unsur musik. Irama adalah unsur musik yang bisa membuat sebuah musik begitu hidup. Dengan irama, sebuah musik dapat dinikmati oleh pendengarnya.

Pola irama adalah bagian dari irama yang penting dikuasai. iap musik pasti memiliki iramanya sendiri. Irama ini menciptakan keunikan pada masing-masing musik. Pola irama adalah bagian irama yang memberi kekhasan pada suatu musik.

Pola irama adalah bagian yang bisa membedakan suasana atau perasaan tertentu pada sebuah musik. Saat belajar mengenali pola irama, kamu akan dapat memainkannya tanpa memikirkan atau membaca musik.

Pola irama adalah komponen yang secara signifikan memengaruhi aspek melodi dan harmonis dari sebuah karya musik. Pola irama adalah bagian salah satu fitur kunci untuk membedakan genre musik. Berikut pengertian mengenai pola irama yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (7/11/2020).

Mengenal irama

Ilustrasi lagu, musik. (Photo by bruce mars on Unsplash)
Ilustrasi lagu, musik. (Photo by bruce mars on Unsplash)

Irama juga dikenal sebagai ritme. Secara umum, irama adalah gerakan berturut-turut secara teratur. Dalam teori musik, irama mengacu pada pengulangan not dan istirahat (hening) dalam waktu. Cara terbaik untuk menggambarkan irama adalah sebagai gerakan musik yang terkontrol dalam waktu.

Irama adalah pola denyut teratur atau tidak teratur yang terjadi dalam musik dari ketukan melodi dan harmonis yang kuat dan lemah. Ini adalah salah satu aspek fundamental dari teori musik. Cara musik dibagi menjadi ketukan yang diulang beberapa kali dalam sebuah bar dengan kecepatan / tempo tertentu dianggap sebagai ritme atau irama.

Sederhananya, ketika kamu mendengarkan musik, kamu mungkin merasakan dorongan untuk bergerak atau mengetuk kaki. Irama adalah adalah komponen musik yang membuat seseorang ingin melakukannya.

Mengenal pola irama

Ilustrasi lagu, musik. (Sumber: Unsplash)
Ilustrasi lagu, musik. (Sumber: Unsplash)

Menurut Indahretno Arumsari dalam Irama dan Melodi, Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.

Pola irama adalah bagian pada musik yang dapat membedakan perasaan tertentu karena pada hakikatnya irama adalah gerak yang menggerakkan perasaan dan erat hubungannya dengan gerak fisik.

Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan urutan tertentu dalam satu atau lebih birama yang muncul secara berulang-ulang dan tertatur dalam sebuah lagu. Pola irama adalah bagian salah satu fitur kunci untuk membedakan genre musik.

Jenis-jenis pola irama

Ilustrasi lagu, musik. (Sumber: Unsplash)
Ilustrasi lagu, musik. (Sumber: Unsplash)

Pola irama rata

Pola irama rata merupakan pola irama dengan pembagian yang rata (sama atas pulsa).

Pola irama tidak rata

Pola irama tidak rata merupakan pola irama yang pembagian antara pola dengan pulsa tidak sama.

Pola sincope

Pola sincope terjadi apabila aksen kuat dipindahkan dari pulsa yang seharusnya mendapat tekanan ke pulsa yang seharusnya tidak mendapat tekanan.

Pola suku bangsa

Pola suku bangsa merupakan ciri khas yang dikaitkan dengan irama musik yang digunakan oleh suatu suku, daerah, atau bangsa. Misalnya: irama melayu, india, latin, arab.

Pola ostinato

Pola ostinato merupakan pola irama yang dinyanyikan berulang-ulang. Jika diulang lebih dari satu macam disebut ostinati.

Polirotmik

Polirotmik merupakan penggunaan bermacam pola irama yang serentak. Pola irama ini menghasilkan pola ritme gabungan yang berisi satu ketukan kuat dan satu ketukan lemah.

Polimerik

Polimerik dalam pola irama adalah penggunaan pola irama yang berbeda antara satu instrumen dengan instrumen lainnya.

 

Fungsi irama dalam musik

Ilustrasi Musik Credit: pexels.com/Stas
Ilustrasi Musik Credit: pexels.com/Stas

Irama adalah unsur penting dalam semua musik. Kamu dapat mencampur semua suara yang kamu inginkan, tetapi jika tidak ada irama yang mendasari suara tersebut, maka suara tersebut tidak bisa disebut dengan irama.

Fungsi irama adalah sebagai alat penggerak sebuah musik, dan memberikan struktur komposisi. Irama adalah tentang bagaimana musisi terhubung saat mereka bermain bersama. Drum, perkusi, bass, gitar, piano, dan synthesizer semuanya dapat dianggap sebagai instrumen irama, bergantung pada konteksnya.

Unsur-unsur seni musik lainnya

Ilustrasi lagu, musik. (Photo by Stefany Andrade on Unsplash)
Ilustrasi lagu, musik. (Photo by Stefany Andrade on Unsplash)

Melodi

Melodi merupakan sebuah kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Pengertian mudahnya, definisi melodi merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendek sebuah nada dalam sebuah musik.

Birama

Birama merupakan ketukan atau ayunan yang dilakukan berulang-ulang lalu hadir secara teratur di waktu yang bersamaan. Birama biasanya ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka yang ada di atas tanda "/" atau penyebut, memperlihatkan nilai nada dalam satu ketukan.

Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan dari suatu nada yang tersusun membentuk tangga. Tangga nada terbagi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik. Tangga nada diatonik merupakan tangga nada yang terdiri dari 7 buah nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1). Beda halnya dengan tangga nada pentatonik yang hanya terdiri dari 5 nada pokok saja.

Unsur-unsur seni musik lainnya

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Harmoni

Harmoni merupakan sekumpulan nada yang akan menghadirkan bunyi enak untuk dinikmati jika dimainkan bersama. Pengertian mudahnya, harmoni merupakan sebuah bentuk keselarasan paduan nada atau bunyi.

Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat lagu dimainkan, maka semakin besar pula nilai tempo lagu tersebut.

Dinamika

Dinamika merupakan tanda memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Fungsi dinamika sangat penting karena dapat menonjolkan nuansa sebuah lagu, seperti nuansa sedih sedih, senang, datar, agresif, dan sebagainya.

Timbre

Timbre adalah beda sifat dua nada yang sama kuat dan sama tinggi nadanya dalam konstruksi instrumen. Timbre juga bisa diartikan sebagai kualitas atau warna bunyi dalam seni musik. Bunyi timbre dipengaruhi sumber bunyi serta alat musiknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Sementara MotoGP 2021, Indonesia Tanda Tanya

Posted: 06 Nov 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Dorna merilis jadwal sementara MotoGP 2021. Sebanyak 19 lokasi sudah ditetapkan waktunya dengan seri ke-20 akan ditentukan selanjutnya.

Portugal, Indonesia, dan Rusia berada dalam daftar cadangan lokasi venue MotoGP 2021.

Setelah kalender 2020 diganggu pandemi Covid-19, MotoGP berharap dapat menggelar balapan di luar Eropa pada musim depan.

Ajang pembuka berlangsung seperti sebelumnya yakni di Qatar. Persaingan lalu berlanjut ke Amerika sebelum terbang ke Eropa.

Salah satu balapan diproyeksikan di Kymi Ring. Sirkuit di Finlandia tersebut semestinya melakoni debut pada 2020, tapi batal karena Covid-19. Trek tersebut kini menanti homologasi sebelum menggelar seri pada 11 Juli.

Terdapat jadwal kosong selepas ajang tersebut sebelum seri selanjutnya di Austria. Setelah menyelesaikan putaran di Eropa, gelaran MotoGP pergi ke Asia dan Australia sebelum menutup ajang di Valencia.

 

Status Indonesia

Sirkuit Mandalika yang diperkirakan akan rampung pada awal 2021 ini, nantinya akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia.
Sirkuit Mandalika yang diperkirakan akan rampung pada awal 2021 ini, nantinya akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia.

Indonesia memiliki kontrak untuk menggelar MotoGP mulai 2021 di Sirkuit Mandalika. Namun, munculnya kalender sementara ini membuat status Indonesia dalam tanda tanya.

Pasalnya, jadwal kosong diapit di tengah padatnya kalender Eropa. Dorna harus merombak atau menggeser kalender untuk memasukkan Sirkuit Mandalika.

 

Jadwal Sementara

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Waktu-Negara-Sirkuit

28 Maret 2021-Qatar-Losail International Circuit

11 April 2021-Argentina-Autodromo Termas de Rio Hondo

18 April-AS--Circuit of the Americas

2 Mei-Spanyol-Circuito de Jerez-Angel Nieto

16 Mei-Prancis-Circuit Bugatti

30 Mei-Italia-Mugello Circuit

6 Juni-Catalunya-Circuit de Barcelona-Catalunya

20 Juni-Jerman-Sachsenring

27 Juni-Belanda-TT Circuit Assen

11 Juli-Finlandia-Kymi Ring

TBD

15 Agustus-Austria-Red Bull Ring

29 Agustus-Inggris-Silverstone Circuit

12 September-Aragon-Motorland Aragon

19 September-San Marino-Misano World Circuit Marco Simoncelli

3 Oktober-Jepang-Twin Ring Motegi

10 Oktober-Thailand-Chang International Circuit

24 Oktober-Australia-Phillip Island Grand Prix Circuit

31 Oktober-Malaysia-Sepang International Circuit

14 November-Valencia-Circuit Ricardo Tormo

 

Lokasi Cadangan

Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)

Portugal-Autodromo Internacional do Algarve

Indonesia-Mandalika Circuit

Rusia-Igora Drive

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaatkan Riuh Pilpres AS, Israel Gusur Permukiman Palestina di Tepi Barat

Posted: 06 Nov 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, West Bank - Pemerintah Israel menghancurkan sebuah permukiman Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Selasa 3 November 2020, kata warga dan aktivis hak Palestina.

Lebih dari 70 struktur hancur, menjadikannya pembongkaran tunggal terbesar dalam dekade terakhir dan perpindahan paksa terbesar permukiman Palestina di Tepi Barat dalam lebih dari empat tahun, kata PBB, sebagaimana diwartakan oleh penyiar publik AS NPR, dikutip pada Sabtu (7/11/2020).

Pernyataan itu mengatakan 73 orang - termasuk 41 anak - tinggal dalam apa yang disebut sebagai "komunitas penggembala."

"Saya 99% yakin ini mengambil keuntungan dari pemilihan AS. ... Tidak ada wartawan di sekitar," kata Yasser Abu al-Kbash, seorang penduduk, kepada NPR.

Penggembala berusia 48 tahun itu mengatakan bahwa dia telah tinggal di sana sepanjang hidupnya. "Mereka membuldoser semuanya," katanya.

Israel memberikan angka yang lebih rendah untuk struktur yang dihancurkan.

Khirbet Humsah, juga disebut Humsah Al Bqai'a, adalah sebuah komunitas kecil berupa tenda dan gubuk yang terletak di Lembah Jordan. Tempat itu merupakan ladang lumbung pertanian di Tepi Barat yang diklaim Palestina untuk negara masa depan mereka yang merdeka.

Para pemimpin Israel telah berbicara tentang upaya untuk mengontrol wilayah tersebut secara permanen karena nilai strategisnya yang berbatasan dengan Yordania.

"Penghancuran dalam skala ini sangat jarang," kata Amit Gilutz dari B'Tselem, sebuah kelompok hak asasi manusia Israel yang mendokumentasikan dan menentang kebijakan Israel terhadap Palestina. "Perhatian semua orang diarahkan ke tempat lain," ujarnya mereferensi pemilihan umum di Amerika Serikat.

 

Penghancuran yang Sering Terjadi

Warga Palestina membentang bendera negara mereka, bergembira menyambut rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah (AP Photo/Khalil Hamra)
Warga Palestina membentang bendera negara mereka, bergembira menyambut rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah (AP Photo/Khalil Hamra)

Penghancuran kecil bangunan Palestina sering terjadi. Tahun ini, Israel memecahkan rekor empat tahun dalam jumlah pengungsi Palestina dengan menghancurkan rumah mereka, kata Gilutz.

Tenda, kandang, dan pakan ternak di dusun itu dihancurkan, begitu pula toilet bergerak dan panel surya yang didanai oleh Inggris, Swedia, dan negara-negara Uni Eropa lainnya, katanya.

Badan Kementerian Pertahanan Israel yang mengawasi urusan sipil Palestina, Koordinasi Kegiatan Pemerintah di Wilayah, mengatakan pihak berwenang menghancurkan tujuh tenda dan delapan kandang hewan yang dibangun secara ilegal dalam jarak tembak militer. Itu tidak membalas permintaan komentar tentang waktu operasi Selasa.

"Penegakan dilakukan sesuai dengan otoritas dan prosedur, dan tunduk pada pertimbangan operasional," kata badan Israel itu dalam sebuah pernyataan.

Abu al-Kbash mengatakan daerah itu digunakan untuk pertanian dan jarang digunakan oleh Israel untuk latihan militer.

Sebuah kelompok bantuan Palestina telah menyediakan tenda sebagai tempat penampungan sementara bagi penduduk yang kehilangan rumah mereka, tetapi Abu al-Kbash mengatakan tenda itu tidak cukup untuk keluarga desa, termasuk anak-anak. Dia mengatakan penduduk desa sekarang tidur di puing-puing gubuk mereka yang hancur.

"Tempat tidur kita adalah tanah. Atap kita adalah langit," katanya. "Kami berharap orang-orang akan datang dan melihat situasi kami. Mereka akan melihat bahwa Israel, yang berpura-pura menjadi negara pengasih, sedang mengejar kami."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pilar Program Hotel Tangguh Semeru untuk Giatkan Sektor Perhotelan di Jawa Timur

Posted: 06 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa mengabaikan kesehatan dan keselamatan publik, secara perlahan roda sektor perhotelan mulai bergerak di masa pandemi. Sejumlah upaya pun dilakukan dengan tetap memprioritaskan pemutusan rantai transmisi COVID-19, sebagaimana dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur.

Lewat program Hotel Tangguh Semeru, pihaknya menginisiasi pengamanan dan memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 di wilayah vital, salah satunya sektor perhotelan dan pariwisata.

Program ini dijelaskan berbasis pada problem-oriented policing yang secara aktif melibatkan masyarakat, dalam kasus ini para pelaku bisnis perhotelan. Terdapat empat elemen utama dalam praktiknya, yakni ketersediaan fasilitas posko, ruang isolasi, klinik, dan kendaraan darurat.

Grand Mercure Surabaya City, hotel bagian dari Accor, telah diresmikan sebagai percontohan program Hotel Tangguh Semeru oleh Polda Jawa Timur pada Jumat (6/11/2020). Hotel ini dinilai telah memenuhi kriteria program Hotel Tangguh Semeru.

Praktiknya pun disebut sejalan dengan implementasi ALLSAFE, label kebersihan dan pencegahan global Accor yang dikembangkan bersama Bureau Veritas. Label ALLSAFE mewakili protokol dan standar kebersihan baru yang ditingkatkan, serta didukung kepatuhan pada hukum dan peraturan setempat.

ALLSAFE sendiri mencakup 16 prinsip utama yang diterapkan untuk memastikan keamanan dan kebersihan bagi tamu hotel, karyawan, dan mitra hotel. Beberapa langkah yang tercantum dalam prinsip-prinsip ini antara lain ketersediaan petugas ALLSAFE setiap hari, pelatihan karyawan secara rutin, akses konsultasi dengan tim medis AXA, dan mendisinfeksi area sentuh tinggi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pemahaman dan Kesadaran Jalankan Protokol Kesehatan

Ilustrasi penginapan. (dok. pexels.com/PIxabay)
Ilustrasi penginapan. (dok. pexels.com/PIxabay)

Chief Executive Officer Accor Southeast Asia, Japan, South Korea, Garth Simmons, mengatakan, "Melalui kerja sama program Hotel Tangguh Semeru, serta penerapan label ALLSAFE, kami berharap masyarakat dapat dengan yakin dan tenang kembali menjalankan aktivitas untuk bisnis, liburan, bersantap, atau mengadakan acara di hotel-hotel kami."

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, menjelaskan, Hotel Tangguh Semeru merupakan kelanjutan dari program unggulan sebelumnya, Kampung Tangguh.

Gagasannya merupakan bagian dari kontribusi Polri untuk mendukung program pemerintah daerah dalam menggerakkan masyarakat agar tangguh di bidang ekonomi kreatif, khususnya pariwisata. Juga, membantu dalam meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Harapan kami ke depan melalui sarana dan prasarana Hotel Tangguh Semeru, upaya pencegahan dan penanggulangan melalui peringatan dan deteksi dini semakin ditingkatkan," katanya.

Hal ini tak hanya bermaksud meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan secara konsisten, tapi dari segi ekonomi, dipercaya akan mendorong wisatawan untuk tidak lagi khawatir memanfaatkan hotel sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk berbisnis atau bersantai.

Grand Mercure Surabaya City sendiri berlokasi di dekat kawasan bisnis, pusat pameran, rumah sakit, pusat perbelanjaan, universitas, dan area rekreasi. Hotel ini menawarkan 241 kamar dan suite, serta menyediakan restoran dan ruang pertemuan yang didukung fasilitas modern.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Jajaki Kerjasama dengan Jepang Perkuat Pembiayaan Perumahan

Posted: 06 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN akan melakukan penjajakan kerjasama dengan beberapa perusahaan properti Jepang yang fokus pada perumahan untuk bisa mengembangkan perumahan di Indonesia. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan yang telah dilakukan perseroan pada bulan Januari lalu.

Dalam lawatan kunjungan kerja Menteri BUMN ke Jepang tanggal 4 sampai dengan 6 November 2020, salah satu poin yang akan dikembangkan dalam kerjasama antara Indonesia dengan Jepang adalah bagaimana ada sinergi dalam pembangunan dan pembiayaan perumahan di Indonesia, khususnya dalam memenuhi permintaan generasi muda atau para millennial, dan perumahan di perkotaan (Urban Housing)

Ini menjadi fokus dalam pengembangan kerjasama pemerintah Indonesia dengan Jepang untuk mendukung sektor properti di Indonesia dan kami menyatakan siap bekerjasama yang diharapkan dapat direalisasi pada tahun 2021.

"Kami menyambut positif atas rencana tersebut dan kita akan memberikan support agar kerjasama ini dapat segera direalisasi," kata Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama BTN pada saat mendampingi kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Tohir di Tokyo, Jepang, seperti ditulis, Sabtu (7/11/2020).

"Ada beberapa perusahaan properti Jepang yang akan kita ajak untuk kerjasama. Perusahaan itu antara lain Panasonic Home. Kemudian pengembang properti lain asal Jepang yang bekerjasama dengan Perumnas yaitu IIDA Group Holding Indonesia (IGHD-Ind)," tambah dia.

Latar belakang kerjasama dengan pengembang asal Jepang tersebut adalah tingginya kebutuhan hunian di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari tingginya permintaan rumah dengan jumlah backlog kepemilikan rumah sebesar 11,4 juta unit (data Kementerian PUPR) sementara rasio KPR terhadap PDB hanya sebesar 3 persen terendah di Asia Tenggara, sehingga dibutuhkan perluasan akses pembiayaan perumahan.

"Selain itu, dari sisi permintaan, rumah segmen menengah ke atas terus menggeliat didorong jumlah masyarakat kelas menengah yang terus meningkat sebagai bonus demografi," jelas Pahala.

Selain dengan perusahaan properti Jepang, Bank BTN juga akan menjajaki kerjasama pendanaan jangka panjang untuk pembiayaan properti dengan Japan Bank for International Cooperation atau JBIC.

Kerjasama dengan JBIC kami harapkan dapat mendorong ekspansi pembiayaan properti Bank BTN, sehingga sinergi ini sekaligus dapat membantu pemerintah dalam mengatasi backlog perumahan.

 

Kerjasama Lain

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N Mansury (dok: BTN)
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pahala N Mansury (dok: BTN)

Pahala menjelaskan, Bank BTN dan JBIC masih merundingkan sejumlah poin penting dan akan segera dimatangkan. Poin penting tersebut antara lain: jumlah pinjaman yang akan diberikan JBIC kepada Bank BTN, suku bunga pinjaman dan penyaluran pembiayaan.

Pinjaman jangka Panjang sebagai dana pendamping BTN dalam pembiayaan perumahan adalah dengan skema unrevolving atau tidak bergulir. Semua pinjaman dalam bentuk USD nantinya akan dilakukan swap ke dalam bentuk IDR agar lebih efisien bagi Bank BTN.

"Kami masih membahas apakah pinjaman JBIC untuk pinjaman kontruksi bagi proyek properti sejumlah pengembang Jepang yang akan bekerjasama dengan BUMN Properti di Indonesia, atau akan disalurkan dalam bentuk KPR atau KPA yang akan dikucurkan Bank BTN untuk konsumen yang membeli proyek properti hasil kolaborasi BUMN Properti Indoneia dengan developer Jepang," kata Pahala.

Untuk pinjaman kontruksi properti, dana pinjaman tersebut diharapkan dapat mengalir ke proyek perumahan yang menyasar segmen menengah ke atas atau proyek properti Transit Oriented Development atau TOD yang dibangun oleh BUMN Properti seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP Properti dan Perumnas bersama dengan PT Kereta Api Indonesia. Sementara pengembang asal Jepang yang saat ini sedang membahas kerjasama dengan BUMN Properti di atas adalah Daiwa House Industry Co Ltd.

"Besaran pinjaman dan penyaluran dana dari JBIC akan ditentukan setelah ada kesepakatan antara BUMN Properti dengan Daiwa House atau yang kami harapkan dapat tercapai pada tahun 2021," kata Pahala.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: MU Berjuang Tinggalkan Papan Bawah

Posted: 06 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) mendapat kesempatan memperbaiki posisi di klasemen Liga Inggris. Syaratnya dengan menaklukkan Everton di Goodison Park, Sabtu (7/11/2020). 

The Red Devils saat ini terdampar di peringkat 15. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer baru memiliki tujuh angka dari enam pertandingan.  Catatan tersebut jelas mengecewakan bagi MU yang coba terus berkembang setelah menembus empat besar Liga Inggris musim lalu. 

Di sisi lain, Everton juga berambisi memetik poin maksimal. Mereka ingin tetap terlibat persaingan gelar setelah sempat mencicipi puncak pada beberapa pekan awal. 

Sayang anak asuh Carlo Ancelotti kemudian menderita dua kekalahan beruntun. Namun, Everton belum terlalu jauh tertinggal di belakang rival. Mereka cuma tertinggal tiga angka dari urutan teratas.

Posisi pertama klasemen Liga Inggris saat ini ditempati Southampton yang menaklukkan Newcastle United 2-0. Dengan perolehan 16 angka, The Saints menggeser juara bertahan Liverpool berkat keunggulan produktivitas gol. 

 

Klasemen Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Hasil Pertandingan

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)
Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Sabtu, 7 November 2020

Brighton 0-0 Burnley

Southampton 2-0 Newcastle

Jadwal Pertandingan

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu, 7 November 2020

19.30 WIB: Everton Vs Manchester United

22.00 WIB: Crystal Palace Vs Leeds United

Minggu, 8 November 2020

00.30 WIB: Chelsea vs Sheffield United

03.00 WIB: West Ham United vs Fulham

19.00 WIB: West Bromwich Albion vs Tottenham Hotspur

21.00 WIB: Leicester City vs Wolverhampton Wanderers

23.30 WIB: Manchester City vs Liverpool

Senin, 9 November 2020

02.15 WIB: Arsenal vs Aston Villa

Klasemen Liga Inggris

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Video Jenazah Pasien COVID-19 yang Disebutkan Bola Mata Hilang

Posted: 06 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Video pendek berdurasi 13 detik ramai di media sosial. Di video pendek itu, tampak sebuah jenazah pasien COVID-19 bersimbah darah di bagian kepala. Dalam narasi yang tertulis di video itu disebutkan bola mata jenazah tersebut hilang. Koordinator Penegakan Hukum Satgas COVID-19 menyatakan narasi video itu hoaks.

Video amatir berdurasi 13 detik, itu viral di media sosial.  Dalam video nampak seorang lelaki tengah membuka pembungkus jenazah yang telah ditangani dengan protokol kesehatan. Sementara di kanan kirinya, puluhan orang berteriak histeris.

Dalam unggahan video tersebut, disebutkan bola mata jenazah tidak ada. Informasi yang dihimpun, jasad tersebut merupakan wanita berinisial M-H, 49 tahun, warga Desa Alastengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Ketua Koordinator Penegakan Hukum Satgas COVID-19, Ugas Irwanto menyebut, narasi dalam video yang beredar itu hoaks alias tidak benar.

"Sudah kami telusuri, pasien ternyata memiliki riwayat stroke dan hipertensi. "Mengakibatkan pembuluh darah di bagian kepala pecah. Sehingga kemudian menimbulkan pendarahan di sejumlah bagian. Di antaranya, melalui bagian mata. Jenazah tersebut, akhirnya memang dibuka dan dimandikan kembali oleh pihak keluarga. Disaksikan tokoh agama setempat," kata Ugas, seperti dikutip dari Times Indonesia, ditulis Sabtu, (7/11/2020).

Beredarnya video amatir dengan narasi itu, sangat disayangkan oleh pihak kepolisian. Kapolsek Paiton, AKP Noer Choiri menyebut, pihaknya sempat kaget ada video viral tersebut.

Mantan Kapolsek Sukapura ini kemudian menjelaskan, kronologi kejadian itu. Pemulasaran jenazah almarhumah dilakukan oleh Tim RSUD dr. Moch Saleh Kota Probolinggo pada Kamis sekitar pukul 16.00 WIB.

Sekitar pukul 18.45 WIB, jenazah tiba di musala Baitul Mustaqim depan rumah almarhumah. Di dalam musala, tutup peti jenazah dibuka oleh keluarga. Dengan kantong mayat dalam posisi telungkup (resleting di bawah).

Setelah kantong mayat dibalik dan resleting dibuka, ternyata berlumuran darah. Wajah jenazah berlumuran darah di dalam plastik pembungkus jenazah. Sehingga keluarga dan pentakziah histeris dan marah-marah kepada petugas pengamanan.

Ustaz Babun selaku pengurus ranting NU Alas Tengah dan Gus Huda, pengasuh PP Nurul Qodim (salah satu keluarga almarhumah), memberikan pemahaman kepada keluarga. Mendapat pencerahan dari tokoh agama, keluarga bisa menerima dan suasana kembali tenang.

Jenazah lantas dimandikan kembali oleh keluarga di depan musala pada pukul 19.15 WIB. Proses itu disaksikan pentakziah. Kondisi itu, oleh kedua tokoh agama kemudian diumumkan kepada warga masyarakat. "Apa yang diduga salah satu organ tubuh dicongkel tidak terbukti," kata Kapolsek Paiton.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Gelar Tracing

Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Usai itu, jenazah dibawa ke lokasi pemakaman yang berjarak sekitar 50 meter dari musala. Jenazah dimakamkan secara biasa oleh keluarga dan pentakziah tanpa protokol kesehatan.

Kedua tokoh agama tersebut, kembali mengumumkan kepada warga. Kondisi tubuh almarhum tidak kurang satupun masih lengkap. Usai itu, warga meninggalkan lokasi pemakaman.

Sejauh ini pihak satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Untuk mengusut siapa pengunggah pertama soal jenazah COVID-19 di media sosial dengan narasi yang menyesatkan itu. Selain itu, upaya tracing pada keluarga almarhumah, juga bisa saja dilakukan.

 

Simak berita menarik lainnya di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Apes 2 Tahanan Polres Gowa yang Tak Bisa Tidur Bareng Tahanan Lain

Posted: 06 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Gowa - Apes benar nasib 2 orang tahanan titipan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa yang ada di Polres Gowa. Mereka kini tinggal berdua dalam sel isolasi Rumah Tahanan (Rutan) Polres Gowa tanpa dengar keriuhan seperti suasana sel tahanan sebelumnya.

Keduanya diisolasi usai mengikuti tes rapid yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Puskesmas Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulsel. 

"Dari total 25 orang tahanan titipan Kejari Gowa yang ikuti tes rapid kemarin, 2 diantaranya hasilnya reaktif Covid-19 sehingga keduanya diisolasi di Rutan Mapolres Gowa," kata Kasat Tahti Polres Gowa, Iptu Abbas, Jumat 6 November 2020.

Sementara untuk 23 orang tahanan titipan di Polres Gowa lainnya yang hasilnya dinyatakan non-reaktif Covid-19, dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Makassar.

"Kebetulan semua tahanan tersebut dalam waktu dekat ini akan mengikuti sidang atas perkara yang menjeratnya masing-masing. Makanya agar semua berjalan lancar, 23 orang yang non reaktif itu kita pindahkan ke Rutan Klas 1 Makassar," terang Abbas.

Sebelum dipindahkan ke Rutan Klas 1 Makassar, para tahanan yang dinyatakan non reaktif Covid-19 itu, terlebih dahulu diserahkan secara resmi ke Kejari Gowa melalui Kepala Seksi Pidana Umum (Pidum) Kejari Gowa.

"Mereka nanti sudah siap menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri Gowa," Abbas menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suga BTS Ungkap Kondisi Terakhirnya Usai Jalani Operasi Bahu

Posted: 06 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Setelah Big Hit Entertainment mengumumkan bahwa Suga BTS cuti sementara dari dunia hiburan karena operasi bahu yang ia jalani, kini sang rapper yang menyapa penggemar. Diberitakan Soompi, Jumat (7/11/2020), ia menyapa penggemarnya lewat platform Weverse.

Suga BTS menyebut ia menerima banyak perhatian dari penggemar setelah kabar operasinya diungkap agensi. "Setelah pengumumannya, banyak orang yang khawatir jadi aku merasa bersalah sekaligus sangat bersyukur," tulis pelantun "Mic Drop" tersebut di awal unggahannya.

Ia juga menceritakan kondisinya terkini. "Syukurnya, operasinya berjalan lancar. Kondisiku saat ini, aku sering merasakan sakit tapi sudah sangat lega," tulis Suga BTS. 

Sempat Ogah Operasi

Suga BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)
Suga BTS (Big Hit Entertainment via Soompi)

Pria asal Daegu ini mengaku sebenarnya sempat keberatan menjalani operasi. 

"Karena pekerjaanku adalah manggung, aku mencoba mengindari operasi sebisa mungkin dan menahannya dengan rehabilitasi dan suntikan. Tapi, aku kemudian takut karena (sakitnya) makin parah setiap kali aku manggung," ujar Suga. 

 

Akhirnya Rela Dioperasi

Suga BTS (Twitter/ BTS_twt)
Suga BTS (Twitter/ BTS_twt)

Namun setelah berkonsultasi dengan banyak ahli, ia kemudian merelakan diri masuk ruang operasi.

"Jadi setelah tiga dari empat rumah sakit mengatakan bahwa sebaiknya melakukan operasi karena mempertimbangkan kondisiku, aku akhirnya menjalaninya.. (Aku benar-benar memikirkan berulang kali..!)," tuturnya. 

 

Minta Maaf kepada Army

Suga BTS. (Twitter/ BTS_twt)
Suga BTS. (Twitter/ BTS_twt)

Suga menyadari keputusan operasi membuatnya terpaksa undur diri sejenak dari kegiatan bersama BTS, dan membuatnya tak bertemu dengan Army, para penggemar grupnya. Apalagi, pada 20 November mendatang grupnya akan comeback dengan materi baru. 

Ia kemudian mengucap permintaan maaf kepada para penggemar. Di pengujung pernyataannya ia menulis, "Aku juga sangat menyayangkannya...Aku akan pergi sejenak agar bisa pulih secepatnya, tapi aku akan segera kembali. Tak akan terlalu lama! Sekali lagi, maaf dan terima kasih, ARMY!"

Cedera Sejak Lama

Sebelumnya, Big Hit Entertainment telah menjelaskan bahwa cedera bahu ini telah lama diderita Suga. Awalnya adalah cedera karena kecelakaan yang terjadi pada 2012 sebelum ia debut. Setahun kemudian, Suga mengalami terkilir di bagian tubuh yang sama.

Pelantun "Daechwita" ini terus mengalami sakit pada bahunya, hingga pada 2019 Suga menerima diagnosis sobeknya labral posterior di bahu kiri. 

Big Hit menjelaskan, "Ini berarti tulang rawan pada sendi bahunya sobek. Sejak saat itu, ia terus menerima sejumlah perawatan untuk mencegah cedera ini mempengaruhi aktivitasnya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Liburan Gisella Anastasia dan Gempi Bareng Teman Artis di Nihi Sumba

Posted: 06 Nov 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nihi Sumba sedang menjadi salah satu tujuan wisata para seleb Tanah Air. Baru-baru ini Gisella Anastasia dan Gempi bersama dengan rombongan para artis pun sedang nikmati liburan di pulau yang indah tersebut.

Liburan kali ini, Gisella Anastasia dan Gempi bersama dengan rombongan Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Rafathar, Ayu Dewi, Luna Maya, Denny Cagur dan banyak selebgram lainnya. Selain itu keseruan pun terlihat saat tingkah Gempi joget TikTok dengan para artis.

Meski baru sampai Nihi Sumba Juma (6/11/2020), Gisel langsung mengunggah momen-momen liburan dalam InstaStory Instagramnya. Terlihat bahwa pemandangan ikonik Nihi Sumba yang indah pun memanjakan mata. Selain itu, Gempi pun mengatakan kepada Gisel bahwa ia ingin tinggal di Nihi Sumba.

Berikut 6 momen liburan Gisella Anastasia dan Gempi ke Nihi Sumba yang Liputan6.com kutip dari Instagram @gisel_la, Sabtu (7/11/2020).

1. Gisella Anastasia saat ini tengah liburan ke Nihi Sumba bersama para artis.

Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)
Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)

2. Liburannya ini ia pun mengajak sang buah hati, Gempi.

Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)
Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)

3. Sesampainya di Nihi Sumba, ia langsung mengunggah indahnya pemandangan alam Sumba.

Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)
Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)

4. Momen liburan seru bersama banyak rombongan artis ini terlihat sangat menyenangkan.

Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)
Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)

5. Selain para artis, seperti Raffi Ahmad, Nagita, Luna Maya dan Ayu Dewi, ikut juga selebgram Fadil Jaidi, Dara Arafah dan Keanu.

Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)
Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)

6. Keseruan pun terjadi saat Gempi dan Gisel kompak joget ala TikTok saat di meja makan.

Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)
Gisel liburan ke Nihi Sumba (Sumber: Instagram/gisel_la)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Sultan Baabullah, Penguasa 72 Pulau yang Akan Terima Gelar Pahlawan Nasional

Posted: 06 Nov 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa dalam sejarah Indonesia, salah satunya Sultan Baabullah.

"Calon penerima gelar Pahlawan Nasional akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden di Istana Negara pada 10 November, setelah acara upacara ziarah nasional," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara dalam konferensi pers di YouTube Kemensos, Jumat (6/11/2020).

Sultan Baabullah merupakan salah satu tokoh yang akan mendapatkan gelar kepahlawanan tersebut. 

Menurut Juliari, Sultan Baabullah merupakan pahlawan pertama dari Maluku Utara yang dinobatkan gelar Pahlawan Nasional.

"Jadi Provinsi Maluku Utara dan Papua Barat memang belum pernah memiliki Pahlawan Nasional. Apabila tidak ada perubahan, insyaallah akan diberikan gelar Pahlawan Nasional pada tahun ini," jelasnya. 

Dilahirkan pada 10 Februari 1528, Sultan Baabullah Datu Syah merupakan putra dari Sultan Khairun Jamil atau Sultan Ternate-23 yang bertakhta selama 1534-1570. Setelah ayahnya wafat, dia menjadi pemimpin ke-24 di kerajaan Ternate. 

Sultan Baabullah kemudian wafat pada tanggal 25 Mei 1583, seperti dilansir Antara

Lantas seperti apa kiprah dan rekam jejak Sultan Baabullah? Berikut profilnya....

Masa Pemerintahan

Dikutip dari buku Sistem Pemilihan Sultan Kesultanan Ternate, karya Yusuf Hasani, masa pemerintahan Sultan Baabullah berlangsung pada 1570-1583. Masa itu disebut sebagai massa paling spektakuler dalam sejarah Kesultanan Ternate.

Sebab, dia merupakan pemimpin yang menaklukkan bangsa asing yakni Portugis.

Kekejaman bangsa Portugis begitu melukai hati Baabullah dan rakyat Ternate, membutuhkan waktu lima tahun mereka mengepung benteng Portugis di Ternate.

Ketika itu, pasukan Portugis semakin lemah. Lantaran dikepung, mereka kekurangan obat, makanan hingga membuat mereka akhirnya terpaksa menyerah. 

Tepat pada 28 Desember 1575, Portugis pun menyerah tanpa syarat. Tiga hari kemudian pada 31 Desember 1575 Portugis diizinkan Sultan Baabullah menginggalkan Ternate dengan syarat alat perang atau senjata mereka harus ditinggalkan.

Penguasa 72 Pulau

Setelah kemenangannya menaklukkan Portugis, Sultan Baabullah langsung memperluas wilayah kekuasaannya. Antara lain Mindanao, Bima-Koreh dan Nove Guinea, dengan prajurit yang terdiri dari 30.000 orang.

Akibat kehebatannya itu, Francois Valentyn menyebutnya Baabullah si penguasa 72 pulau. Di era itu, Ternate telah mencapai puncak kejayaan dan menjadi kerajaan yang besar.

Sultan Baabullah telah berhasil menanamkan rasa percaya diri rakyatnya, agar dapat bangkit melawan kekuasaan asing yang ingin menguasai hidup mereka.

Namanya Abadi di Bandara Ternate

Mengetahui sejarah perjalanan hidup Sultan Baabullah, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengabadikan nama beliau pada bandara, yakni Bandara Sultan Baabullah Ternate.

Kebanggaan masyarakat Ternate terhadap Sultan Baabullah semakin memuncak, mengingat keberhasilan Baabullah dalam mengusir Portugis. Hal tersebut merupakan kemenangan pertama pribumi Nusantara atas kekuasaan Barat.

 

 

(Fifiyanti Abdurahman)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Begal Sepeda Anggota Marinir di Jakpus Ditangkap

Posted: 06 Nov 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah menangkap pelaku begal yang menyebabkan seorang perwira marinir Kolonel (Mar) Pangestu Widiatmoko mengalami luka-luka saat bersepeda di kawasan Gambir akhir Oktober lalu.

"Jadi betul pelaku (begal) sudah ditangkap," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto saat kepada Liputan6.com, Sabtu (7/11/2020).

Heru belum merinci hasil operasi penangkapan begal itu. Rencananya, akan ada konferensi pers lengkap dilakukan di Polda Metro Jaya sore ini.

"Lengkapnya nanti rilis di Polda ya," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kantongi Identitas Pelaku

Sebelumnya, kepolisian terus mencari petunjuk untuk mengungkap kasus pembegalan terhadap anggota marinir tersebut. Upaya yang dilakukan antara lain, memutar ulang rekaman CCTV di sekitar lokasi.

Dari hasil pengamatan, pelaku diduga berjumlah empat orang dengan menggunakan dua sepeda motor. Terlihat dari rekaman CCTV, keempat pelaku saling berbagi tugas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyebut ada yang mengawasi area di sekitar lokasi dan yang merampas barang milik korban.

"Kita indentifikasi diduga ada dua motor. Ini masih kita dalami. Dua motor melintas dari arah yang sama," ujar dia di Polda Metro Jaya, Rabu (28/10/2020).

Selain memeriksa CCTV, Yusri menerangkan, kepolisian juga telah memeriksa tiga orang saksi. Hingga saat ini pihaknya masih sulit melacak sepeda motor pelaku karena plat nomornya gelap.

"Mereka memang niat itu. Pelat nomornya belum kelihatan," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pasien dengan Ct 35 dan Status Masih Positif COVID-19 Boleh Dipulangkan

Posted: 06 Nov 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemulangan seorang pasien Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet meski hasil tes swab masih menunjukkan positif COVID-19 menimbulkan beberapa pertanyaan.

Menurut laporan, pasien tersebut dipulangkan setelah nilai Ct PCR-nya menunjukkan angka 35. Terkait hal ini, dokter paru di Rumah Sakit Umum Bhakti Asih, dr. Sri Dhuny Atas Asri menjelaskan alasan dipulangkannya pasien tersebut.

"Jadi, sekarang pedoman dokter itu dari Kemkes yang Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) revisi 5. Di panduan tersebut tentu ada dasarnya dari beberapa penelitian di dunia. Sekitar 80 persen orang tanpa gejala (OTG) saat dicek virusnya sudah tidak tumbuh walaupun ketika di-swab hasilnya positif. Kalau swab, yang kita cari itu pakai PCR jadi yang dicari itu di bagian tubuh virus. Bisa jadi virusnya sudah mati tapi masih ada sisa (bangkai virus) jadi ketika di swab masih positif," kata Dhuny kepada Health Liputan6.com, Sabtu (7/11/2020).

Ia menambahkan, orang yang masih positif dengan sisa virus yang tidak aktif ditandai dengan nilai cycle threshold/cycling time (Ct) yang tidak rendah.

"Ct value itu kan nilai cycling time, orang bisa positif pada putaran keberapa, semakin banyak jumlah virus tentu nilai Ct-nya semakin rendah. Dalam penelitian, nilai cut off ditentukan pada angka 25, 26,27, kalau di bawah itu dianggap masih sangat positif dan kemungkinan besar virus masih aktif sehingga bisa menginfeksi orang lain."

"Sebetulnya, Ct yang dianggap negatif itu di atas 40. Jadi yang di atas 26, 28 dan di bawah 40 itu ada kemungkinan hanya sisa-sisa (bangkai virus), entah sisa kulitnya atau bagian tubuh lainnya dari virus."

Hal tersebut lah yang membuat rumah sakit memulangkan orang dengan Ct 35 dipulangkan walau statusnya masih positif COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tidak Hanya Melihat Hasil Swab

Dhuny menyimpulkan, hasil swab yang positif tidak selalu bisa dikatakan bahwa seseorang memiliki virus aktif di dalam tubuhnya, bisa saja hanya sisa virus yang tertinggal.

Untuk memutuskan pasien boleh pulang atau tidak maka berbagai keterangan perlu dilihat ulang. Tidak hanya hasil swab, foto toraks dan hasil lab lain perlu dicek sebelum memulangkan pasien.

"Jadi makanya kita tidak murni hanya menggunakan swab, tapi kita lihat foto toraksnya, keluhan gejalanya, dan hasil lab lainnya. Kalau semuanya mendukung perbaikan dan membaik kecuali swab ya kemungkinan itu hanya positif bangkai virus," pungkasnya.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari COVID-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga, Segera Cek

Posted: 06 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Benjolan kecil di telinga terkadang bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Benjolan atau bentol kecil ini bisa terasa gatal, nyeri, atau perih. Dalam kebanyakan kasus, benjolan atau nodul di belakang telinga tidak berbahaya.

Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah pada kulit, kelenjar getah bening, dan infeksi. Sebagian besar kasus benjolan di belakang telinga tidak perlu dikhawatirkan, dan biasanya sembuh tanpa pengobatan. Benjolan di bawah kulit lebih jarang terjadi akibat kanker.

Beberapa kondisi mungkun memerlukan pengobatan seperti dalam kasus infeksi. Mengetahui penyebab pasti benjolan kecil di telinga bisa membantu mengatasinya. Ada berbagai kondisi kulit dan infeksi yang dapat menyebabkan benjolan di belakang telinga.

Berikut penyebab benjolan di belakang telinga yang dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Sabtu (7/11/2020).

Jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Wajah Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang dapat menyebabkan benjolan di belakang telinga. Jerawat disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak. Jerawat yang meradang bisa tumbuh dan membentuk benjolan yang disebut kista jerawat.

Jika jerawat menyebabkan benjolan, ini dapat menyebabkan rasa sakit saat ditekan. Pada kasus tertentu, benjolan ini akan menjadi besar, padat, dan terkadang terasa nyeri.

Kista

Ilustrasi Telinga Credit: freepik.com
Ilustrasi Telinga Credit: freepik.com

Kista dapat terjadi di mana saja di kulit, termasuk di belakang telinga. Jenis kista yang kerap muncul di belakang telinga adalah kista sebasea. Mereka paling sering berkembang di kepala, leher, dan batang tubuh.

Jenis kista ini berkembang di sekitar kelenjar sebaceous, yang bertanggung jawab untuk memproduksi minyak yang melumasi kulit dan rambut. Kebanyakan kista sebaceous menyebabkan sedikit atau tidak ada rasa sakit.

Lipoma

Lipoma (Foto: Unsplash)
Lipoma (Foto: Unsplash)

Lipoma adalah benjolan lemak yang berkembang di antara lapisan kulit. Lipoma adalah kemungkinan penyebab lain dari benjolan di belakang telinga. Lipoma tidak bersifat kanker, tumbuh sangat lambat, dan tidak menyebar.

Lipoma terasa lembut saat disentuh. Mereka biasanya tidak lunak atau nyeri kecuali jika menekan saraf di dekatnya. Benjolan ini seringkali kecil dan berukuran mulai dari kacang polong hingga beberapa inci. Lipoma berada lebih dalam di kulit daripada kista, serta terasa lebih lembut.

Kelenjar getah bening membesar

ilustrasi cuping telinga/Photo by Jessica Flavia on Unsplash
ilustrasi cuping telinga/Photo by Jessica Flavia on Unsplash

Kelenjar getah bening tumbuh di belakang telinga. Ini adalah bagian dari sistem kekebalan yang mengalirkan dan menyaring jaringan. Kelenjar getah bening di belakang telinga disebut kelenjar getah bening aurikuler posterior.

Kelenjar getah bening yang membengkak disebut limfadenopati. Kelenjar getah bening yang bengkak biasanya sembuh tanpa pengobatan. Infeksi kulit atau telinga adalah penyebab umum kelenjar getah bening membengkak.

Kelenjar getah bening yang membengkak biasanya disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau kanker. Jika benjolan berlangsung lebih dari 2 minggu atau muncul bersamaan dengan gejala lain, kunjungi dokter.

Infeksi

Ilustrasi telinga (iStockphoto)
Ilustrasi telinga (iStockphoto)

Tubuh bereaksi terhadap infeksi dengan mengirimkan sel darah putih ke area yang terkena untuk memerangi sel yang menyerang. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan di wilayah tersebut.

Banyak infeksi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar leher dan wajah. Dua infeksi tersebut adalah radang tenggorokan dan infeksi mononukleosis (virus Epstein-Barr). Kondisi lain juga bisa menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar leher dan wajah. Ini termasuk HIV dan AIDS, campak, dan cacar air.

Mastoiditis

Ilustrasi telinga (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi telinga (sumber: iStockphoto)

Bagian tulang tengkorak di belakang telinga disebut mastoid. Jika bakteri menginfeksi area tengkorak ini, mereka bisa menyebabkan kondisi yang disebut mastoiditis. Ini dapat menyebabkan kista berisi nanah berkembang.

Mastoiditis lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Ini adalah infeksi serius yang membutuhkan perhatian medis. Bengkak di belakang telinga akan menjadi lembut dan merah, dan dapat menyebabkan telinga terdorong keluar.

Gejala lain mungkin menyertai benjolan, termasuk kotoran telinga, gangguan pendengaran, suhu tinggi, dan sakit kepala.

Abses

Ilustrasi telinga Credit: pexels.com/Burst
Ilustrasi telinga Credit: pexels.com/Burst

Abses berkembang ketika jaringan atau sel di suatu area tubuh terinfeksi. Tubuh merespons infeksi dengan mencoba membunuh bakteri atau virus yang menyerang. Untuk melawan bakteri, tubuh mengirimkan sel darah putih ke area yang terinfeksi.

Sel darah putih ini mulai menumpuk di lokasi yang rusak dan akibatnya nanah mulai berkembang. Nanah adalah produk kental seperti cairan yang berkembang dari sel darah putih mati, jaringan, bakteri, dan zat penyerang lainnya. Abses seringkali terasa nyeri dan hangat saat disentuh.

Otitis

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Otis media adalah istilah lain untuk infeksi telinga. Ini bisa jadi bakteri atau virus. Infeksi yang terjadi dapat menyebabkan penumpukan cairan yang menyakitkan dan bengkak.

Gejala ini dapat menyebabkan pembengkakan yang terlihat di belakang telinga. Antibiotik dapat digunakan untuk meredakan gejala dan mengakhiri infeksi.

Cara mengenali penyebab bengkak di belakang telinga

Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Pada Telinga Credit: pexels.com/Karolina
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Pada Telinga Credit: pexels.com/Karolina

Jika memiliki riwayat jerawat, mungkin mudah bagi Anda untuk mendiagnosis benjolan atau benjolan di belakang telinga sebagai jerawat. Jika tidak memiliki riwayat jerawat, Anda bisa mendeteksi dengan cara yang sederhana.

Jika benjolan terasa lembut dan lentur ini menandakan lipoma. Jika benjolan lembut dan nyeri, terutama saat disentuh ini bisa jadi jerawat atau abses.

Selain benjolan, jika Anda mengalami gejala lain, seperti demam atau menggigil. Dalam kasus tersebut, benjolan itu bisa menjadi tanda infeksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, dari Penjahat hingga Pejabat Terlibat Peredaran Narkoba di Riau

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Peredaran narkoba di Riau sangat mengkhawatirkan. September dan Oktober lalu menjadi indikator karena petugas, baik itu Polda ataupun Badan Narkotika Provinsi Riau, menyita 122 kilogram sabu dan 10 ribu butir pil ekstasi.

Jumlah itu mungkin masih kecil. Pasalnya, tidak semua penyelundupan barang haram itu di Bumi Lancang Kuning, biasanya berasal dari Malaysia dan dikendalikan jaringan narkoba internasional, berhasil terungkap.

Menurut Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, peredaran narkoba sangat berimbas pada keamanan dan ketertiban masyarakat. Sebab dari 2.400 pelaku tindak pidana tertangkap, sebagian besarnya menggunakan narkoba.

"Hasil tes urine, 2.044 positif narkoba," kata Agung didampingi Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto.

Agung menjelaskan, narkoba hampir memasuki semua lini profesi, mulai dari honorer, pegawai sipil negara, swasta, bahkan anggota Polri sekalipun.

Agung menyebut pada Oktober ada oknum polisi di Rupat terlibat peredaran narkoba jaringan Malaysia. Oknum ini sudah divonis di pengadilan setempat dan mendapatkan vonis mati dari hakim.

"Kemudian ada (Kompol) IZ, saya tindak semua karena dalam penegakan narkoba tidak pandang bulu," tegas Agung.

Agung menyatakan, orang-orang berpengaruh juga ada mengonsumsi narkoba bahkan ikut mengendalikan peredaran.

"Ada di sekitar kita, terkadang menyamar, mungkin ada di sini juga," kata Agung di Mako Brimob Polda Riau.

Kepada anggotanya, Agung selalu mengingatkan agar polisi mendedikasikan diri menjadi penolong masyarakat. Agung ingin anggotanya menyadari menjadi polisi bukan pilihan yang salah.

"Jadilah polisi berguna, tegakkan hukum dan jadi panutan," imbuh Agung.

Kolaborasi Polda dan BNN

Terkait pengungkapan 122 kilogram sabu dan 10 ribu butir ekstasi sejak September dan Oktober, Agung menyebut ini merupakan hasil kolaborasi apik antara Polda dan BNN Riau serta masyarakat. Meski bernilai ratusan miliar, Agung menyatakan narkoba ini tidak berguna.

"Makanya harus dimusnahkan barang tak berguna ini," ucap Agung.

Agung menjelaskan, 19 kilogram sabu (dari 122) dan 10 ribu butir merupakan tangkapan BNN Riau. Sisanya oleh jajaran Polda Riau di beberapa kabupaten dengan 11 tersangka.

Sementara, sisa 103 kilogram sabu, Agung menyebut merupakan pengungkapan Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau. Satu kasus di antaranya, bahkan terungkap melibatkan anggota polisi, yakni Kompol IZ.

"Sementara 3 kasus lagi, diungkap oleh Polres Inhil Polres Bengkalis, dan Polres Dumai," ucap Agung.

Agung memastikan kolaborasi dengan BNN Riau yang dipimpin Brigjen Kenedy terus berlanjut. Agung menyebut peredaran narkoba di Riau harus diselesaikan semua pihak.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Sosok 7 Pembalap Legendaris Indonesia

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Balap motor Indonesia sudah mencapai tingkat dunia sejak masa pra-kemerdekaan. Para pembalap berprestasi masuk dalam sejarah perkembangan otomotif roda dua.

Turut balapan di Makau hingga Eropa Timur, bahkan tercatat di Museum Italia bisa jadi merupakan fakta-fakta yang luput khususnya bagi generasi roda dua di masa kemudian, termasuk di era sekarang.

Setidaknya ada tujuh nama pembalap motor legendaris yang akan dibahas satu per satu di bawah ini.

1. Beng Soeswanto

Beng sebenarnya bukan hanya pembalap roda dua tetapi juga roda empat. Makanya ia dikenal sebagai pembalap serba bisa. Selain turun di GP, dia juga seorang pereli bahkan pembalap formula.

Dia bahkan meraih prestasi dengan menduduki podium sebagai peraih peringkat ke-2 dalam ajang GP Makau. Saat itu, Beng merupakan pembalap dari Tim Yamaha dan POSIDJA (Persatuan Olahraga Sepeda Motor Djakarta).

2. Sidarto SA

Jika Ancol adalah sirkuit kenamaan yang masih dikenang, maka salah satu jawaranya adalah Sang "Setan Ancol" Sidarto Sosro Atmojo. Dulu, dia merupakan pembalap tim Pertamina. Dia juga mencicipi balapan di luar negeri, seperti di Inggris, Selandia Baru, Belanda, Jerman, dan Amerika Serikat.

3. Sonny Saksono

Sonny Saksono adalah pembalap dengan motor andalan Suzuki T500. Ia pernah turun di ajang GP Zandvoort, Belanda, bahkan meraih posisi podium peringkat ke-2. Namun, kariernya berhenti dan tutup usia manakala menjadi pembalap di Sirkuit Prievidza, Cekoslovakia. Saat itu, di tahun 1972, Sonny berusia 26 tahun.

4. Tjejep Heriyana

Tjejep Heriyana adalah pembalap yang sering naik podium. Di tahun 1958, ia adalah juara Grand Prix Curug. Prestasi memukau lainnya adalah meraih posisi ketiga di Gran Prix Makau. Kala itu, ia menggunakan Yamaha TR2.

 

5. Benny Hidayat

Benny Hidayat adalah salah satu jawara balap di era 1968-1970 an. Ia adalah juara di ajang Grand Prix Indonesia pada Juni 1970. Bahkan ia juga menjadi juara Grand Prix Makau, dan saat itu mengandalkan Yamaha Yasi 125 Twin.

6. Tommy Manoch

Namanya sempat terdengar lagi beberapa waktu lalu saat pegiat custom menghidupkan kembali motornya Honda CB72 Hawk yang terkenal dengan tulisan "Ulah Adigung" gara-gara politik balap di era itu manakala ada saja tangan jahil mengganggu performa motor rival. Juara GP Indonesia pertama di tahun 1963 ini merupakan pengukir prestasi kelas 250cc Junior (21 km) dan 250cc Grand Prix (42 km) di Curug tahun 1963.

7. M. Gumilar

Namanya Gumilar tercatat di Museum Ducati Italia. Motor Ducati 175 Sport mengantarkannya untuk masuk dalam sejarah di museum tersebut. Ia juga tercatat pernah menggunakan Kawasaki 350cc dan Aermachi Harley-Davidson dan meraih prestasi antara lain peringkat tiga balap Grand Prix di Sirkuit Assen, Belanda.

Sumber: Otosia.com

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Ekspor, Garuda Indonesia Layani Penerbangan Kargo Bali-Hong Kong

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Garuda Indonesia mulai hari ini, Sabtu (07/11), melayani penerbangan rute khusus kargo Denpasar – Hongkong. Ini merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional.

Pada penerbangan perdana tersebut, Garuda Indonesia mengangkut sebanyak 30 ton kargo yang terdiri dari komoditas perikanan dan hasil bumi lainnya dari Bali.

Penerbangan khusus kargo Rute Denpasar - Hongkong dilayani sebanyak 1 kali setiap minggunya dengan armada Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut mencapai 30-40 ton di setiap penerbangannya.  

Rute khusus kargo Denpasar - Hongkong ini berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada pukul 07.00 WITA dan tiba di Hongkong pada pukul 12.00 waktu setempat.

"Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan kami perkuat selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh. Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, harapan kami kegiatan direct export di bidang perikanan, perkebunan dan peternakan lokal maupun komoditas unggulan lainnya dari kawasan Bali dan sekitarnya dapat semakin berdaya saing, sehingga dapat mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Sabtu (7/11/2020).

Irfan menjelaskan, terealisasikannya rute penerbangan khusus kargo ini merupakan inisiatif bersama Garuda Indonesia dan Gubenur Bali Wayan Koster dalam mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan provinsi Bali.

"Melalui penyediaan layanan penerbangan langsung dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa transit, sehingga kualitas dan kesegaran produk menjadi lebih terjaga serta dengan cost logistik yang lebih kompetitif," papar Irfan

Gubernur Bali, Wayan Koster, mengharapkan adanya tambahan layanan penerbangan kargo ini akan dapat meningkatkan gairah produksi UMKM dan memperbaiki diversifikasi produk ekspor Bali sehingga ekonomi masyarakat dapat tumbuh secara berkualitas dan tangguh.

Karenanya, Koster menginginkan agar layanan ini dapat dikembangkan lebih jauh dan dapan diakses dengan mudah oleh pelaku UMKM dan ekspor Bali.

Sejalan dengan upaya optimalisasi pasar kargo dan dukungan terhadap daya saing komoditas unggulan nasional, Garuda Indonesia sebelumnya telah melayani penerbangan khusus kargo Manado - Narita dan Makassar - Singapura.

Garuda Indonesia Rugi Rp 15,3 Triliun di Kuartal III 2020 Imbas Pandemi Covid-19

Desain masker baru pesawat Garuda Indonesia pada armada B737-800 NG (dok: GIA)
Desain masker baru pesawat Garuda Indonesia pada armada B737-800 NG (dok: GIA)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) melaporkan kinerja keuangan perusahaan kuartal III 2020 di tengah pandemi Covid-19. Dalam laporan tersebut, Garuda Indonesia rugi USD 1,07 miliar atau Rp 15,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.321).

Padahal di periode yang sama tahun sebelumnya, perseroan berhasil mencatatkan laba sebesar USD 122,4 juta.

Mengutip laporan keuangan konsolidasian Garuda Indonesia, Jumat (6/11/2020), faktor yang menyebabkan kerugian adalah menurunnya pendapatan.

Pada kuartal III ini, Garuda Indonesia mencatatkan pendapatan sebesar USD 1,13 miliar dolar, turun 67,83 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD 3,54 miliar. Rugi per saham dasar tercatat USD 0,04152.

Pendapatan dari penerbangan berjadwal juga turun signifikan, menjadi USD 917,2 juta dari sebelumnya USD 2,79 miliar. Demikian pula dengan penerbangan tidak berjadwal sebesar USD 46,9 juta dari sebelumnya USD 249,9 juta.

Kemudian, pendapatan lainnya menurun menjadi USD 174,5 juta dari sebelumnya USD 494,8 juta.

Di atas semua itu, Garuda Indonesia mencatat penurunan beban usaha di kuartal sebesar USD 2,24 miliar, turun 31,71 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD 3,28 miliar.

Perusahaan juga mencatat adanya beban lain-lain sebesar USD 30,5 juta dari sebelumnya surplus USD 13,6 juta.

Liabilitas Garuda Indonesia pada kuartal III ini tercatat sebesar USD 10,36 miliar, serta ekuitas sebesar negatif USD 455,5 juta. Total aset perseroan sendiri naik menjadi USD 9,90 miliar dibanding periode Desember 2019 sebesar USD 4,45 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses Bekuk Jones Jr, Mike Tyson Buka Peluang Hadapi Fury atau Joshua

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, New York - Mike Tyson tengah bersiap menghadapi Roy Jones Jr pada duel eksebisi, 28 November mendatang. Namun, petarung berusia 54 tahun tersebut tidak menutup kemungkinan kembali menggeluti tinju.

Tyson difavoritkan bisa menyudahi Jones Jr dalam laga delapan ronde berdurasi dua menit.

Jika memenuhi ekspektasi, pemegang rekor sebagai juara dunia kelas berat termuda sepanjang sejarah itu berpotensi mendapat tawaran menggiurkan. Juara WBC Tyson Fury bahkan dilaporkan menerima proposal 10 juta dolar AS dari ESPN untuk menghadapinya.

Tyson sendiri antusias menghadapi skenario tersebut. Dia merasa masih bisa bersaing melawan Fury atau juara dunia kelas berat lainnya, Anthony Joshua.

"Duel itu akan jadi inovasi dan melampaui nalar. Saya menggunakan teknik dan pengalaman menghadapi petinju terbaik di dunia saat ini," ungkap Tyson, dilansir Talksport.

 

Usia Bukan Penghalang

Mike Tyson. (AFP/James Gilbert)
Mike Tyson. (AFP/James Gilbert)

Tyson merasa usianya tidak jadi penghalang. Sebab, dia memiliki semangat bersaing tinggi.

"Orang tua? Kalimat itu tidak masuk akal. Saya justru menganggapnya ini sebagai momen baru dalam hidup. Dewa Perang sudah membangkitkan saya kembali dan meminta saya melakukan lebih," ungkapnya.

"Saya pun mempersiapkan diri. Dari situ saya tahu saya masih punya kemampuan. Laga nanti akan menarik. Saya juga tidak sabar mengetahui apa yang nanti bakal terjadi."

Dukungan McGregor

Conor McGregor. (AP/Christopher Katsarov)
Conor McGregor. (AP/Christopher Katsarov)

Komentar Tyson tersebut mendapat persetujuan dari atlet tarung bebas Conor McGregor. Dia memuji dan mendukung Tyson melalui akun media sosial.

McGregor sendiri juga tengah bersiap melakoni comeback. Dia dilaporkan bakal meladeni Dustin Poirier.

Dengan Khabib Nurmagomedov sudah pensiun, McGregor bahkan memiliki jalan terbuka untuk menguasai kembali kelas ringan UFC.

Saksikan Video Mike Tyson Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO FEATURES: Saat Warga Amerika Serikat Tentukan Pilihan

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Para pemilih berbaris di luar Gereja Baptis Vickery menunggu untuk memberikan suara mereka pada Hari Pemilihan di Dallas, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/LM Otero)
Para pemilih berbaris di luar Gereja Baptis Vickery menunggu untuk memberikan suara mereka pada Hari Pemilihan di Dallas, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/LM Otero)

Para pemilih berbaris di luar Gereja Baptis Vickery menunggu untuk memberikan suara mereka pada Hari Pemilihan di Dallas, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/LM Otero)

Seorang pria melewati tanda tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan di San Diego, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Gregory Bull)
Seorang pria melewati tanda tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan di San Diego, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Gregory Bull)

Seorang pria melewati tanda tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan di San Diego, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Gregory Bull)

Orang-orang menunggu di luar tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/John Locher)
Orang-orang menunggu di luar tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/John Locher)

Orang-orang menunggu di luar tempat pemungutan suara pada Hari Pemilihan di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/John Locher)

Para pemilih memberikan suara mereka di St. Elizabeth of Hungary Parish Center di North Adams, Massachusetts, Selasa (3/11/2020). (Gillian Jones/The Berkshire Eagle via AP)
Para pemilih memberikan suara mereka di St. Elizabeth of Hungary Parish Center di North Adams, Massachusetts, Selasa (3/11/2020). (Gillian Jones/The Berkshire Eagle via AP)

Para pemilih memberikan suara mereka di St. Elizabeth of Hungary Parish Center di North Adams, Massachusetts, Selasa (3/11/2020). (Gillian Jones/The Berkshire Eagle via AP)

Pengawas pemilu tercermin pada jendela di sebelah kanan saat mereka mulai memproses surat suara sementara pemilih di luar tiba untuk menyerahkan surat suara di kotak drop-off resmi pada Hari Pemilihan di Macomb County, Michian, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/David Goldman)
Pengawas pemilu tercermin pada jendela di sebelah kanan saat mereka mulai memproses surat suara sementara pemilih di luar tiba untuk menyerahkan surat suara di kotak drop-off resmi pada Hari Pemilihan di Macomb County, Michian, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/David Goldman)

Pengawas pemilu tercermin pada jendela di sebelah kanan saat mereka mulai memproses surat suara sementara pemilih di luar tiba untuk menyerahkan surat suara di kotak drop-off resmi pada Hari Pemilihan di Macomb County, Michian, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/David Goldman)

Petugas pemungutan suara membantu lansia masuk untuk memberikan suara pada Hari Pemilihan di New York, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Mary Altaffer)
Petugas pemungutan suara membantu lansia masuk untuk memberikan suara pada Hari Pemilihan di New York, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Mary Altaffer)

Petugas pemungutan suara membantu lansia masuk untuk memberikan suara pada Hari Pemilihan di New York, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Mary Altaffer)

Orang-orang datang untuk memberikan suara di MLB Urban Youth Academy di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Charlie Riedel)
Orang-orang datang untuk memberikan suara di MLB Urban Youth Academy di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Charlie Riedel)

Orang-orang datang untuk memberikan suara di MLB Urban Youth Academy di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Charlie Riedel)

Para pemilih menandai surat suara mereka di Gereja First Presbyterian pada Hari Pemilihan di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Jessica Hill)
Para pemilih menandai surat suara mereka di Gereja First Presbyterian pada Hari Pemilihan di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Jessica Hill)

Para pemilih menandai surat suara mereka di Gereja First Presbyterian pada Hari Pemilihan di Stamford, Connecticut, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Jessica Hill)

Para pemilih menunggu di luar lokasi pemungutan suara Lee Hill pada Hari Pemilihan di Spotsylvania, Virginia, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (Mike Morones/The Free Lance-Star via AP)
Para pemilih menunggu di luar lokasi pemungutan suara Lee Hill pada Hari Pemilihan di Spotsylvania, Virginia, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (Mike Morones/The Free Lance-Star via AP)

Para pemilih menunggu di luar lokasi pemungutan suara Lee Hill pada Hari Pemilihan di Spotsylvania, Virginia, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (Mike Morones/The Free Lance-Star via AP)

Para pemilih antre di TPS pada Hari Pemilihan di Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Wong Maye-E)
Para pemilih antre di TPS pada Hari Pemilihan di Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Wong Maye-E)

Para pemilih antre di TPS pada Hari Pemilihan di Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Wong Maye-E)

Seorang pegawai departemen pemilihan Hamilton County berdiri di ruang penghitungan suara selama pemilihan umum di Dewan Pemilihan Hamilton County, Cincinnati, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Aaron Doster)
Seorang pegawai departemen pemilihan Hamilton County berdiri di ruang penghitungan suara selama pemilihan umum di Dewan Pemilihan Hamilton County, Cincinnati, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Aaron Doster)

Seorang pegawai departemen pemilihan Hamilton County berdiri di ruang penghitungan suara selama pemilihan umum di Dewan Pemilihan Hamilton County, Cincinnati, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Aaron Doster)

Samantha Jones (kiri) dan Peter Vina berswafoto dekat patung Michael Jordan pada Hari Pemilihan di atrium United Center, Chicago, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Charles Rex Arbogast)
Samantha Jones (kiri) dan Peter Vina berswafoto dekat patung Michael Jordan pada Hari Pemilihan di atrium United Center, Chicago, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Charles Rex Arbogast)

Samantha Jones (kiri) dan Peter Vina berswafoto dekat patung Michael Jordan pada Hari Pemilihan di atrium United Center, Chicago, Amerika Serikat, Selasa (3/11/2020). (AP Photo/Charles Rex Arbogast)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Mirip Karakter Orc, Pria Ini Nekat Bertransformasi Ekstrem

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Brasil - Bagi individu yang menyukai tato tidak akan ada kata berhenti untuk terus-menerus memodifikasi bagian tubuhnya. Mengkreasikan tubuh hingga menyerupai bentuk tertentu menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

Seorang seniman tato dari Kota Iguatemi, Brasil memutuskan untuk mengimplan bagian gigi bawahnya dengan memasang sepasang gading palsu raksasa yang menyerupai karakter fiksi Orc di kehidupan nyata. 

Gading raksasa itu menjadi fokus utama sesaat melihat pria berumur 41 tahun ini yang membuatnya tampak menyeramkan. Sejak itu, dia menyebut dirinya sebagai Orc. 

Awal ketertarikannya

(@orcinfernall/instagram.com)
(@orcinfernall/instagram.com)

Ketertarikannya pada seni tato dimulai saat dia menginjak umur 15 tahun. Dari percobaan pertama, itu tak membuatnya merasa puas dan terus mengembangkan hasrat untuk modifikasi tubuh

Perpaduan seni tato dan merombak tubuh semakin menyempurnakan penampilannya dengan beberapa prosedur yang dijalaninya dan yang pasti keunikan menjadi nilai tambah padanya. 

Sampai saat ini, ayah satu anak ini telah memiliki kedua mata bertato hitam dan sekitar 80% tubuhnya tertutup tinta. 

Sementara bagian yang tubuh yang diubahnya, meliputi lidah terbelah, beberapa implan subdermal dan irisan telinga. Namun, mulutnya yang lebih menarik perhatian kebanyakan orang.

Biaya yang dikeluarkan

(@orcinfernall/instagram.com)
(@orcinfernall/instagram.com)

Melansir dari Oddity Central, Sabtu (7/11/2020), Orc menghabiskan lebih dari $ 500 atau setara dengan Rp 8 juta untuk memasang sepasang gading besar di gigi bawahnya untuk membuat dirinya menyerupai makhluk fiksi yang digambarkan dalam film dan video gim populer seperti Warcraft.

"Saya mencoba menjadi diri saya sendiri, ini hanya ide saya, inspirasi saya datang dari hati, saya tidak terinspirasi oleh siapa pun," kata Orc.

Dalam pembuatannya, seni yang diperlihatkan mengalir begitu saja dan dia merasa puas dengan yang dilakukannya saat ini. 

Respons orang-orang melihatnya

(@orcinfernall/instagram.com)
(@orcinfernall/instagram.com)

Meskipun dirinya merasa senang dengan penampilan uniknya, sayangnya teman dan keluarganya mengaku tidak terlalu suka dengan tampilan barunya.

Ayahnya mentolerirnya, sementara ibunya merasa tidak tahan melihatnya. Yang menyakitkan lagi, sebagian teman menganggapnya aneh. Dia tak memaksa seseorang menyukainya, tetap karena hasrat seninya yang lebih kuat dia akan berusaha tidak peduli tentang penilaian orang lain.

Orc tidak menentukan apakah gadingnya akan dipasang secara permanen, atau apakah dia akan mencabutnya kapanpun dia mau. Namun saat ini yang terbesit di pikirannya, dia tidak dapat membayangkan ada orang yang makan dan bahkan tidur dengan benda-benda itu di mulut mereka.

Keluarga kecilnya

(@orcinfernall/instagram.com)
(@orcinfernall/instagram.com)

Dirinya bersyukur dibalik respons negatif dari orang-orang di sekelilingnya, keluarga kecilnya mendukung apa yang dilakukan. Putri kecilnya tidak merasa itu membebaninya, sebaliknya dia merasa bahagia saat dirinya bersama dengan ayahnya di unggahan foto Instagram @orcinfernall.

Istrinya bahkan menyukainya karena dia memiliki minat yang sama terhadap tato dan modifikasi tubuh dan keduanya tampak serasi. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pandemi Covid-19, Tantangan Ekstra Bagi Petugas TPS di Pemilu AS 2020

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para petugas TPS pada pilpres AS kali ini mengalami berbagai tantangan yang belum pernah mereka alami sebelumnya, baik dari rekor jumlah pemilih, penghitungan kartu suara yang dikirim lewat pos yang jumlahnya juga mencetak rekor baru, serta penerapan protokol keselamatan Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akselerasi Teknologi Infomedia di Masa Pandemi Tingkatkan Pelayanan dan Raih Penghargaan

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Covid-19 menjadi sarana pembuktian bagi Infomedia dalam menghadirkan pelayanan bagi 300 lebih korporasi yang mereka kelola.

Sebagai pemimpin pasar di industri pelayanan contact center, anak usaha Telkom itu memboyong penghargaan di bidang pelayanan contact center, teknologi Omnichannel, hingga branding sebagai perusahaan Business Process Outsourcing (BPO).

Selain itu, Infomedia juga meraih penghargaan di Ajang 15th Annual Global Top Ranking Performers Awards, Best in Asia Pacific yang digelar pada Kamis (5/11/2020) dari ContactCenterWorld.com secara virtual.

Di masa pandemi, akselerasi transformasi teknologi untuk mendukung pekerjaan contact center secara remote dari mana saja mutlak dilakukan. Namun tentunya, perusahaan tetap mempertimbangkan faktor keamanan dan kerahasiaan data pelanggan.

Aplikasi Omnichannel yang telah dikembangkan perusahaan selama 10 tahun ini akan mendapat pembaruan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pada praktiknya, perusahaan antara lain akan menambahkan fitur Agent Anywhere dan pengaturan operasional yang termasuk mengaktifkan sejumlah site tambahan sebagai continuity plan.

Perusahaan mengklaim, Customer Relationship Management (CRM) mereka telah teruji andal. Teknologi Omnichannel 4.0 mereka diadopsi pelaku perbankan yang tergabung di HIMBARA, korporasi besar, lembaga pemerintah, dan lainnya.

 

Humanis

Meskipun mengkaselerasi layanan melalui berbagai teknologi, perusahaan menyadari sepenuhnya bahwa brand dan pelayanan justru akan semakin unik dan menarik jika semakin humanis.

"Dalam menjalankan operasional bisnis di masa pandemi ini, kami mengusung konsep saat ini adalah saatnya memberi bukan menerima," ujar Riri A Yulita, Direktur Sales & Operation di Infomedia.

Perusahaan, kata Riri, harus memiliki kesadaran bahwa yang melayani dan dilayani juga sedang dalam kondisi sulit.

"Karena itu, customer experience harus terjaga kualitasnya melebihi dari ekspektasi partner dan pelanggan sebagai end-user," tutur wanita yang juga meraih tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia tersebut.

Riri menyebut perwujudan dalam mendukung humanisme pelayanan itu harus ditempuh dengan memastikan kualitas SDM dan profesionalme pelayanan. Maka dari itu, dalam menjaga kapabilitas dan kualitas SDM ini, Infomedia juga telah mengikuti Global sharing session yang diselenggarakan oleh ContactCenterWorld secara tahunan.

Hasilnya, delegasi Infomedia memboyong beragam penghargaan di bidang Best in Customer Service, Best in Contact Center dan Best in Public Service di ajang tersebut mengalahkan berbagai delegasi dari seluruh Asia Pasifik seperti Singapura, Taiwan, Australia, Jepang, dan Pakistan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Johnny Depp Keluar dari Produksi Fantastic Beasts, Buntut Kekalahan dari Media Inggris

Posted: 06 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Para penggemar Johnny Depp mesti rela mengucapkan selamat tinggal atas aktingnya sebagai tokoh antagonis Gellert Grindelwald dalam waralaba Fantastic Beasts. Ia keluar dari film seri ini, setelah kalah dari kasus melawan media Inggris The Sun soal kasus fitnah di artikel "Si Pemukul Istri".

Dilansir dari Variety, Sabtu (7/11/2020), hal ini disampaikan Johnny Depp sendiri dalam pernyataan pribadinya yang ia sampaikan di Instagram.

"Aku ingin kalian tahu bahwa aku telah diminta untuk mundur oleh Warner Bros. dari peranku sebagai Grindelwald di 'Fantastic Beasts' dan aku menghormati dan menyetujui permintaan ini," tulis Johnny Depp dalam sebuah pernyataan yang ia tanda tangani. 

Maju Terus untuk Banding

Johnny Depp. (AP Photo/Alvaro Barrientos, FILE)
Johnny Depp. (AP Photo/Alvaro Barrientos, FILE)

Johnny Depp menyatakan kondisi ini tak menyurutkan niatnya untuk menyatakan banding.

"Keputusan pengadilan yang aneh di Pengadilan Inggris tak akan mengubahku dan aku akan terus berjuang menyampaikan kebenaran dan aku mengonfirmasi akan mengajukan banding," tulisnya. 

Aktor 57 tahun tersebut menambahkan, "Niatku tetap kuat dan aku berkeinginan untuk membuktikan bahwa tuduhan yang dikenakan kepadaku adalah salah. Hidup dan karierku tak ditentukan hanya karena momen ini." 

Terima Kasih

Pernyataan yang diunggah Johnny Depp. (Instagram/ johnnydepp)
Pernyataan yang diunggah Johnny Depp. (Instagram/ johnnydepp)

Johnny Depp juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diterimanya dalam menghadapi masalah ini. 

"Aku ingin berterima kasih kepada dukungan dan kesetiaan yang diberikan kepadaku. Aku sangat terharu dengan pesan cinta dan perhatian kalian, terutama dalam beberapa hari terakhir," ujar bintang Pirates of the Caribbean tersebut. 

Casting Ulang

Johnny Depp sebagai Grindelwald di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. (Warner Bros via IMDb)
Johnny Depp sebagai Grindelwald di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. (Warner Bros via IMDb)

Warner Bros sendiri telah membenarkan pernyataan Johnny Depp. "Johnny Depp akan meninggalkan waralaba Fantastic Beasts," tutur perwakilan studio raksasa ini.

Ditambahkan lagi, "Kami berterima kasih kepada Johnny atas performanya dalam film ini. Fantastic Beasts 3 saat ini tengah diproduksi dan peran Gellert Grindelwald akan di-casting ulang. Filmnya akan debut di bioskop seluruh dunia pada musim panas 2022."

Kalah dari The Sun

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Senin minggu ini Pangadilan Tinggi Inggris  memutuskan bahwa artikel The Sun yang menyebut Johnny Depp sebagai pemukul istri "benar secara substansial." 

Keputusan ini diungkapkan dalam pernyataan tertulis yang dikirim lewat Kementerian Kehakiman Inggris. Hakim juga memuat secara detail 14 insiden yang muncul ke permukaan antara Johnny Depp dan Amber Heard selama persidangan yang berlangsung 16 hari sejak Juli lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Pencuri yang Sasar Pengendara di Tol Dibekuk di Tangerang

Posted: 06 Nov 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Tangerang - Tiga pelaku pencurian yang mengincar korbannya di Tol Karawaci, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, ditangkap Polsek Kelapa Dua, Jumat 6 November 2020 malam. Kejar-kejaran pun terjadi antara pelaku dan polisi.

Ketiga pelaku, Irzan, Andi, dan Haris, lari tunggang langgang usai terpergok saat menjalankan aksinya.

Para pencuri itu lari ke tanah kosong yang berada di samping tol. Saat pengejaran, polisi yang berpakaian preman sempat memberikan tembakan peringatan.

Setelah lari hingga ke semak-semak, mereka akhirnya menyerah. Ketiga pencuri itu langsung digelandang ke Polsek Kelapa Dua.

"Jadi pada malam hari ini, tim Vipers Unit Reskrim Polsek Kelapa Dua Polres Tangerang Selatan berhasil melakukan penangkapan terhadap tiga orang pelaku pencurian pemberatan," ujar Kapolsek Kelapa Dua AKP Muharram Wibisono, Sabtu (7/11/2020).

 

Curi Tas hingga HP

Saat beraksi, ketiga pelaku selalu mengincar para pengemudi mobil yang tengah beristirahat di pinggir tol.

"Target yang dijadikan oleh pelaku kendaraan, seperti mobil pribadi, pick up, truk dan apa saja yang berhenti di pinggir tol. Yang jadi sasarannya adalah barang yang ada di mobil, seperti ponsel, tas, dan juga uang yang ada di dalam mobil," tutur Wibisono.

Ketiganya masih menjalani interogasi. Ketiganya dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Rossi, Giliran 5 Staf Yamaha Positif Covid-19 Jelang MotoGP Eropa

Posted: 06 Nov 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badai Covid-19 sedang menyerang Movistar Yamaha usai lima anggota tim dinyatakan positif Covid-19 jelang bergulirnya MotoGP Eropa di sirkuit Ricardo Tormo. 5 staf Yamaha termasuk manajer tim Massimo Meregalli harus jalani karantina mandiri.

5 staf Yamaha ini merupakan tim kru dari Maverick Vinales. Tak aneh saat ditanyai soal ini, Vinales sempat "parno" untuk menjawabnya.

Yamaha juga sudah mengeluarkan rilis yang soal lima staf yang positif Covid-19. Mereka memastikan para staf sudah meninggalkan area Ricardo Tormo, sirkuit tepat dihelatnya MotoGP Eropa.

"Setelah melalui analisa mendalam, Yamaha memutuskan empat staf termasuk Meregalli untuk karantina mandiri hingga 16 November," bunyi pernyataan Yamaha.

MotoGP Eropa akan digelar di sirkuit Ricardo Tormo. Balapan di sini akan dihelat dua kali yang bisa jadi penentu gelar juara MotoGP musim ini.

 

Staf Tersisa

Pembalap Monster Energy, Maverick Vinales saat latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (1/11/2019). Maverick Vinales berada di posisi ketiga pada FP1 MotoGP Malaysia. (Mohd RASFAN/AFP)
Pembalap Monster Energy, Maverick Vinales saat latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (1/11/2019). Maverick Vinales berada di posisi ketiga pada FP1 MotoGP Malaysia. (Mohd RASFAN/AFP)

 

Saat ini ada empat staf tersisa di paddock Maverick Vinales. Mereka akan tetap ada di sirkuit setelah dinyatkan negatif Covid-19.

"Tak ada staf lain termasuk Vinales dan Rossi yang dinyatakan berisiko. Kami juga tak akan ganti staf yang positif Covid-19," lanjut pernyataan Yamaha.

 

Kasus Sebelumnya

 Sebelum kasus ini dan Rossi, Yamaha juga sudah dirisaukan dengan kasus covid-19 lainnya. Saat itu enam anggota staf Yamaha termasuk bos M1 Takahiro Sumi harus karantina jelang MotoGP Prancis dan Aragon.

Yamaha akan tampil full team di MotoGP Eropa. Valentino Rossi bakal tampil di FP3, sedangkan Vinales harus memulai start dari pitlane apapun hasil kualifikasi nanti.

Jadwal MotoGP Eropa

Sabtu (7/11/2020)

16:55 - 17:40: FP3

20:10 - 20:40: FP4

20:50 - 21:05: Kualifikasi 1

21:15 - 21:30: Kualifikasi 2

 

Minggu (8/11/2020)

16:00 - 16:20: Pemanasan

20:00: Balapan

Live: Trans 7/MotoGP.com

Klasemen MotoGP

Posisi-Perubahan-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Poin (Defisit)

1. = Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 137

2. = Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 123 (-14)

3. = Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 118 (-19)

4. ^2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 112 (-25)

5. ˅1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 109 (-28)

6. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 105 (-32)

7. ˅2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 92 (-45)

8. ^1 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 90 (-47)

9. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 82 (-55)

10. = Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 79 (-58)

11. ^2 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 71 (-66)

12. ˅1 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 67 (-70)

13. ˅1 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 67 (-70)

14. ^1 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 64 (-73)

15. ˅1 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-79)

16. = Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 42 (-95)

17. ^2 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 27 (-110)

18. ˅1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 27 (-110)

19. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 26 (-111)

20. ^1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) 12 (-125)

21. ˅1 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 12 (-125)

22. = Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 10 (-127)

23. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP20) 4 (-133)

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Pilih Fokus Pantau Mobilitas Warga untuk Tangani Covid-19 di DKI Jakarta

Posted: 06 Nov 2020 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan tak ambil pusing soal zona warna yang membagi wilayah rawan Covid-19 dalam menangani penyakit akibat virus Corona itu. Dia memilih konsentrasi pada mobilitas warga di Jakarta.

"Saya bilang tidak fokus dengan warna karena di Jakarta mobilitas penduduknya lintas wilayah. Pagi tinggal di Jakarta Timur, siangnya bekerja di Jakarta Barat, malamnya berkegiatan di Jakarta Pusat. Jadi orang itu mobilitasnya tinggi," kata Anies saat ditemui di Kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat 6 November 2020.

Anies meyakini, penanganan penyebaran Covid-19 di DKI dengan pemantauan mobilitas lebih relevan. Sebab, kategorisasi wilayah dengan zona warna lebih tepat jika pergerakan warga terpusat hanya di satu wilayah.

"Kalau berada di wilayah yang pagi, siang, sore, malam ada di satu wilayah yang sama itu relevan (warna), Jakarta tidak bisa dilihat per masing-masing wilayah. Bahkan Jabodetabek secara keseluruhan," terang Anies soal penanganan Covid-19.

Bukan Berarti Kendur

Meski demikian, Anies mewanti, ini bukan lampu hijau untuk mengendurkan kepatuhan protokol kesehatan. Sebab, melihat angka penambahan jumlah kasus dan pasien meninggal dunia setiap harinya, DKI masih menjadi yang tertinggi di nasional.

"Jadi ini belum terkendali ya (Covid-19 di Jakarta)," Anies menandasi.

Penambahan jumlah kasus baru di DKI hingga kemarin adalah 672 orang, pasien sembuh sebanyak 1.024 orang, dan pasien meninggal total 18 jiwa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajar, Ini Alasan Orang Jadi Menangis Saat Swab Test COVID-19

Posted: 06 Nov 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab), dr Nino Susanto, mengatakan, wajar seseorang menangis saat menjalani tes usap atau swab test COVID-19.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran alat mirip cutton bud yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan material virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona baru mengenai kelenjar air mata yang berada di belakang hidung.

"Tadi tuh dirangsang. Jadi, itu adalah respons yang normal dan wajar," kata Nino kepada Health Liputan6.com belum lama ini.

Itu mengapa, lanjut Nino, ketika manusia menangis juga akan mengeluarkan ingus.

Nino, menjelaskan, virus penyebab COVID-19 menempel di dinding bagian belakang hidung atau nasofaring.

Ketika seseorang di-swab test COVID-19 dengan metode reaksi rantai polimerasi (PCR), alat pendeteksi akan dimasukkan melalui hidung dan mulut.

"Walaupun menyerang paru-paru, virus menempelnya di nasofaring," kata Nino.

"Alat masuk hidung mengarahnya ke bagian itu, lewat mulut pun sebenarnya arahnya ke sana juga," Nino menekankan.

 

Swab Test PCR Satu-Satunya yang Efektif Guna Mendeteksi Virus Corona COVID-19

Warga menjalani
Warga menjalani

Hingga sekarang, swab test PCR adalah satu-satunya metode efektif untuk mendiagnosis COVID-19 yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebab, metode ini memungkinkan mengambil lebih dari satu spesimen untuk diperiksa di laboratorium. Ini juga alasan saat swab test COVID-19, yang akan dicolok adalah kedua hidung dan mulut.

GSI Lab, kata Nino, adalah laboratorium tes PCR yang mampu melakukan hingga 5.000 tes per hari. Masyarakat bisa memanfaatkan segala kemudahan saat melakukan pengambilan sampel di sana.

Selayaknya restoran cepat saji, GSI Lab menghadirkan layanan drive thru, walk thru, dan ride thru. Tak ingin datang langsung ke laboratorium yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan, masyarakat bisa menggunakan layanan swab test COVID-19 di rumah maupun kantor.

Nino pun berharap kehadiran GSI Lab dengan kemampuan menguji 5.000 sampel per hari dapat membantu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dalam meningkatkan kapasitas tes PCR nasional, serta memerluas akses bagi masyarakat.

 

GSI Lab Menerima Bantuan dari Tanoto Foundation

Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International berdonasi mesin guna mempermudah testing COVID-19 di GSI Lab, Cilandak, Jakarta Selatan
Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International berdonasi mesin guna mempermudah testing COVID-19 di GSI Lab, Cilandak, Jakarta Selatan

Baru-baru ini, GSI Lab menerima donasi berupa mesin ekstraksi RNA (ribonucleic acid), reagen kit, dan bahan habis pakai untuk pemeriksaan PCR dari Tanoto Foundation dan Temasek Foundation International.

Direktur Komunikasi Tanoto Foundation, Haviez Gautama, mengatakan, pihaknya selalu melihat apa yang dibutuhkan pada saat itu sebelum berdonasi.

Pada awal April dan Mei, misalnya, Tanoto Foundation berdonasi alat pelindung diri (APD) karena yang dibutuhkan pada saat itu adalah barang tersebut.

"Sekarang, testing," kata Haviez pada Senin, 2 November 2020.

Menurut Haviez, Tanoto Foundation menilai bahwa GSI Lab dapat melaksanakan testing COVID-19 dengan sangat baik.

"Mereka memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan teknis mempuni. Bersama dengan Temasek Foundation International, menyumbangkan peralatan untuk meningkatkan kapasitas testing mereka," kata Haviez.

"Supaya semakin banyak ditesting, semakin banyak pula yang bisa diketahui. Ini yang kami lakukan sekarang," Haviez menekankan.

Nino kemudian menjelaskan bahwa ada dua tahapan yang harus dilalui saat melakukan pengujian sampel melalui di laboratorium, yaitu esktraksi RNA dan PCR.

"Pertama kali setelah sampel diambil dengan swab, RNA sebagai materi genetik virus diambil. Kemudian, RNA dideteksi dengan PCR, apakah RNA itu milik COVID-19 atau bukan," katanya.

"Tanoto menambahkan dua alat itu," Nino menekankan.

Infografis COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koleksi Modest Wear Warnai Pembukaan Malang Fashion Week 2020

Posted: 06 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Malang Fashion Week (MFW) 2020 siap suguhkan koleksi puluhan desainer lokal hingga internasional. Tahun ketiga pergelaran MFW diawali dengan tampilan 17 koleksi modest wear karya desainer lokal yang ditayangkan secara virtual pada Jumat, 6 November 2020.

MFW 2020 menghadirkan total 51 desainer, termasuk dua desainer dari Malaysia dan Australia. Ada pula tiga desainer tamu, yakni Ali Charisma dari Bali, Gergorius Vici dari Semarang, serta Azzlan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Rangkaian MFW tahun ini diawali dengan koleksi modest wear. Mulai dari busana kasual, formal, hingga elegan, semua memadati visual hari pertama MFW 2020. Peragaan busana pun dibuka dengan koleksi unik dari Black Label by Sanet Sabintang. Pallette warna busananya terdiri dari muted brown, putih, dan biru muda, menonjolkan kesan kalem dengan potongan kerudung yang anggun.

Kemudian, penampilan selanjutnya diikuti Silla Dahwillah, Falasifa Indonesia by Rima Zuraida, Dyadayu by Diandra Paramitha, Andy Sugix X Hefi Rosid, Fatima Syar'i by Almira, dan Bhatari Lingga by Nirmala Eka. Disusul oleh koleksi busana persembahan Bank Indonesia (BI) yang sarat sentuhan batik lokal, yaitu Batik Raden Wijaya dan Batik Druju.

Tak kalah menarik, koleksi selanjutnya juga datang dari kelompok tiga desainer muda, yakni Three Can dari SMKN 3 Malang. Selanjutnya, koleksi Elis Unsoe, Le Ciel by Alfatir Muhammad, Belquinza Ajeng Belquinza, Yece by Yeti Topiah, dan ditutup desainer tamu Ali Charisma dari Bali.

Mengangkat tema "Enigmatic," yang bermakna sulit dimengerti dan sebuah ketidakpastian, Malang Fashion Week 2020 merefleksikan kondisi pandemi COVID-19 yang jelas tak pernah terduga awal dan akhirnya. Penyelenggaraannya merupakan dukungan bagi para pegiat dunia mode, termasuk desainer dan UMKM lokal. 

Falasifa Indonesia by Rima Zuraida

Koleksi Falasifa Indonesia by Rima Zuraida (dok. MFW 2020)
Koleksi Falasifa Indonesia by Rima Zuraida (dok. MFW 2020)

Bermain dengan warna coklat dan krem senada, koleksi desainer Rima Zuraida ini dinamakan FLANACEA yang berarti tanaman rami atau linen. Koleksi kali ini merupakan padu-padan terusan dan celana berpotongan lebar, dengan variasi tali juga aksen hood.

Inspirasinya datang dari tanaman tersebut, yang mana hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan bagi kehidupan. Bijinya juga digunakaan untuk suplemen nutrisi dan sebagai bahan pernis. Sedangkan, batangnya dimanfaatkan sebagai bahan tekstil yang seratnya lebih kuat dua hingga tiga kali lipat dari serat kapas.

Rima mengaku ingin mengangkat asal dan fungsi tanaman ini, kemudian mewujudkannya ke dalam sebuah koleksi, salah satunya untuk mendukung konsep berkelanjutan. Juga, menyebarkan filosofi tumbuhan yang banyak manfaatnya. Baginya, hidup harus dipergunakan semaksimal mungkin agar bermanfaat bagi lingkungan.

Yece by Yeti Topiah

Yece by Yeti Topiah dalam MFW 2020 hari pertama. (dok. Liputan6.com/Brigitta Valencia Bellion)
Yece by Yeti Topiah dalam MFW 2020 hari pertama. (dok. Liputan6.com/Brigitta Valencia Bellion)

Koleksinya kali ini dinamakannya Veste, yang merupakan singkatan dari Jalan Veteran. Deretan busananya terdiri dari berbagai jenis atasan, bawahan, luaran, hingga terusan. Warna yang digunakannya juga berpaku pada hijau dan abu-abu. Gaya kasual feminin dengan potongan asimetris jadi nuansa keseluruhannya.

Memanfaatkan bahan katun dan tenun, busana ini terinspirasi dari sebuah suasana kehidupan sehari-hari di Jalan Veteran, yakni ramai lalu-lalang pelajar, juga kegiatan berbelanja harian. Lincah, ekspresif, dan stylist adalah ciri khas energi pelajar yang diwujudkannya dalam koleksi modest wear kekinian.

Desain dibuat dengan konsep berpikir minimalis terkesan sporty. Tak lupa dipadukan dengan bahan dasar unik dan sepatu kets, serta aksesori yang meembawa kesan muda di keseluruhan look. (Brigitta Valencia Bellion)

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial Episode Sabtu 7 November 2020

Posted: 06 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial hadir setiap siang mulai pukul 11.30 WIB.

Drama memikat apa yang disajikan FTV Kisah Nyata Spesial Sabtu (7/11/2020) siang ini?

Anda bisa menyaksikan penayangan FTV Indosiar Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Barcelona Jamu Real Betis, Real Madrid Dapat Lawan Berat

Posted: 06 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi di Liga Spanyol musim 2020/2021 sudah memasuki pekan kesembilan. Sejumlah tim kembali akan berlaga untuk mencari nilai dan memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara, termasuk Barcelona.

Barcelona, berdasarkan jadwal Liga Spanyol, akan menjamu Real Betis di Camp Nou, Sabtu malam WIB (7/11/2020) di Camp Nou. Pertandingan ini menjadi kesempatan Blaugrana untuk membalik keadaan setelah terpuruk dalam empat laga terakhir di liga.

Barcelona saat ini masih terbenam di posisi 12 klasemen. Lionel Messi dkk memang menjalani start yang tidak memuaskan pada awal Liga Spanyol musim ini.

Dari enam laga yang sudah dilakoni, Barcelona baru mengemas dua kemenangan. Lionel Messi dan kawan-kawan bahkan gagal memetik poin penuh dalam empat pertandingan beruntun.

Selain Barcelona, rangkaian pekan kesembilan Liga Spanyol akan dibuka dengan laga antara Huesca melawan Eibar malam nanti. Setelah laga tersebut, masih ada beberapa klub yang akan bermain di hari ini.

Pertandingan Lainnya

Pemain Real Madrid Isco (tengah) menggiring bola melewati pemain Leganes Miguel Angel Guerrero dan Roberto Rosales pada pertandingan La Liga di Stadion Butarque, Leganes, Madrid, Spanyol, Minggu (19/7/2020). Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. (AP Photo/Bernat Armangue)
Pemain Real Madrid Isco (tengah) menggiring bola melewati pemain Leganes Miguel Angel Guerrero dan Roberto Rosales pada pertandingan La Liga di Stadion Butarque, Leganes, Madrid, Spanyol, Minggu (19/7/2020). Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. (AP Photo/Bernat Armangue)

Setelah Barcelona, giliran Sevilla dan Atletico Madrid yang beraksi. Sevilla menjamu Osasuna di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, pada Minggu besok.

Rangkaian pekan kesembilan Liga Spanyol akan ditutup dengan pertandingan Valencia vs Real Madrid. Lo Blancos akan berusaha merebut lagi puncak klasemen di pekan ini. Berikut jadwal lengkap:

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu, 7 November 2020

20:00 WIB SD Huesca Vs Eibar

22:15 WIB Barcelona Vs Real Betis

Minggu, 8 November 2020

00:30 WIB Sevilla Vs Osasuna

03:00 WIB Atletico Madrid Vs Cadiz

20:00 WIB Getafe Vs Villarreal

22:15 WIB Real Sociedad Vs Granada

Jadwal Lainnya

Senin, 9 November 2020

00:30 WIB Levante Vs Deportivo Alaves

00:30 WIB Real Valladolid Vs Athletic Bilbao

03:00 WIB Valencia Vs Real Madrid

Klasemen Liga Spanyol

 

FcTables.com

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Update Terkini dalam Menanti Pemenang Pilpres AS, Joe Biden atau Donald Trump?

Posted: 06 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Pilpres AS masih bergulir dalam proses penghitungan suara. Negeri Paman Sam tersebut belum dapat memastikan siapa di antara Donald Trump atau Joe Biden yang secara resmi telah memenangkan persaingan ini.

Dikutip dari BBC, Sabtu (7/11/2020), walaupun begitu proses penghitungan tersebut telah memperlihatkan signifikansi dari masing-masing capres. Joe biden dikabarkan saat ini telah unggul dan berpotensi menjadi pemenang pilpres AS.

Namun pernyataan kemenangan resmi presiden AS terpilih akan tetap memakan waktu karena undang-undang di setiap negara bagian berbeda dalam hal menghitung suara.

Walaupun Joe Biden terlihat lebih berpotensi untuk menang, namun masih banyak kemungkinan yang dapat terjadi. Berikut ini adalah beberapa fakta dan update terkini mengenai pilpres AS:

1. Joe Biden telah Memenangkan Suara Populer

Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, memberi isyarat saat berbicara selama debat capres AS 2020 pertama pada Selasa (29/9/2020), di Case Western University dan Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio. (Foto AP / Patrick Semansky)
Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, memberi isyarat saat berbicara selama debat capres AS 2020 pertama pada Selasa (29/9/2020), di Case Western University dan Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio. (Foto AP / Patrick Semansky)

Sejauh ini, Joe Biden unggul dengan selisih yang besar dengan Trump, tapi bukan itu yang menentukan siapa yang akan menjadi presiden.

Sebaliknya, seorang kandidat harus memenangkan mayoritas dalam sistem yang disebut suara elektoral, di mana setiap negara bagian mendapatkan sejumlah suara atau "pemilih" secara kasar sebanding dengan populasinya.

Jika capres memenangkan suara mayoritas di suatu negara bagian, maka ia memenangkan semua suaranya. Ada 538 suara negara bagian dan orang yang mendapat 270 akan menjadi presiden.

2. Update Terkini Suara Elektoral

Orang-orang menonton program berita televisi tentang pemilihan presiden (pilpres) AS yang menampilkan gambar Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden (kanan), di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan pada Rabu (4/11/2020). (Photo by Jung Yeon-je/AFP)
Orang-orang menonton program berita televisi tentang pemilihan presiden (pilpres) AS yang menampilkan gambar Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden (kanan), di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan pada Rabu (4/11/2020). (Photo by Jung Yeon-je/AFP)

Biden telah mendapat 253 suara elektoral dibandingkan dengan Trump dengan 214 suara. Ada beberapa cara untuk masing-masing mencapai 270 suara.

Jika Biden mendapatkan Pennsylvania, maka dia sudah melewati syarat yang dibutuhkan untuk mendiami Gedung Putih. Negara bagian seperti Georgia, Nevada, Arizona dan North Carolina juga mendukungnya.

Trump akan membutuhkan suara Pennsylvania dan harus memenangkan tiga negara bagian yakni Georgia, North Carolina, Nevada atau Arizona.

3. Perkembangan di Negara Bagian yang Jadi Penentu Kemenangan Capres

Unggahan Kanye West di penghitungan suara Pilpres AS. (Twitter/ kanyewest)
Unggahan Kanye West di penghitungan suara Pilpres AS. (Twitter/ kanyewest)

Georgia (16 suara), situasi terkininya adalah Biden mengambil alih kepemimpinan dari Trump ketika suara dan penghitungan dari lebih banyak daerah simpatisan Demokrat masuk. Masih ada suara untuk dihitung, seperti suara militer dan luar negeri, namun karena marginnya sangat sempit, akan ada penghitungan ulang.

Pennsylvania (20 suara), Ada 115.000 surat suara yang tersisa untuk dihitung dan Biden sekarang memimpin. Karena surat suara di banyak tempat cenderung mengarah ke Demokrat, para analis melihat bahwa Biden akan unggul.

Nevada (6 suara),  Biden telah memimpin suara di Nevada. Sekitar 150.000 surat suara masih harus dihitung, banyak di antaranya berasal dari daerah Clark, yang didiami oleh simpatisan Partai Demokrat.

Arizona (11 suara), keunggulan Biden semakin menyempit. Banyak dari suara yang masih akan dihitung berasal dari Maricopa County, rumah bagi 60% dari populasi negara bagian itu dan Trump telah mengejar saat suara ini dihitung.

Donald Trump telah melakukan lebih baik dari yang diharapkan dan Joe Biden telah gagal memenangkan suara di negara-negara medan pertempuran yang menghitung suara dengan cepat. Di sisi lain Demokrat juga telah menutup kesenjangan di negara-negara bagian penting saat suara dihitung.

4. Angka yang Terus Berubah

Orang-orang menonton program berita televisi tentang pemilihan presiden (pilpres) AS yang menampilkan gambar Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden (kanan), di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan pada Rabu (4/11/2020). (Photo by Jung Yeon-je/AFP)
Orang-orang menonton program berita televisi tentang pemilihan presiden (pilpres) AS yang menampilkan gambar Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden (kanan), di sebuah stasiun kereta api di Seoul, Korea Selatan pada Rabu (4/11/2020). (Photo by Jung Yeon-je/AFP)

Setiap negara bagian memiliki hukum dan sistemnya sendiri untuk menghitung suara. Masing-masing negara bagian juga bertanggung jawab atas urutan penghitungan jenis suara, misalnya suara melalui pos sering kali dihitung terakhir.

Hal itu membuat perbedaan ketika Partai Republik cenderung memilih secara langsung pada hari itu dan suara pos cenderung condong ke Demokrat. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai media yang memiliki penghitungan yang berbeda untuk setiap kandidat tergantung dari mana mereka mendapatkan data pemilu. Sebagai contoh ada beberapa media yang telah menghubungi Arizona untuk perkembangan Biden.

5. Faktor yang Menghambat Proses Hasil Akhir

Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Trump telah mengajukan beberapa gugatan hukum, tetapi para analis berpendapat bahwa sebagian besar dari gugatan ini menyangkut sejumlah kecil surat suara yang mungkin tidak akan membuat perbedaan pada hasil akhirnya, dengan pengecualian Pennsylvania, di mana Mahkamah Agung sebelumnya mengisyaratkan dapat meninjau kembali aturan tentang tenggat waktu untuk menerima suara pos.

Tapi cerita di sini bukan hanya soal penghitungan. Sekarang sepertinya data polling sebelum pemilu tidak memberi tahu kita keseluruhan cerita tentang publik Amerika. Banyak pengamat tidak menyadari perlombaan akan berjalan begitu ketat.

Beberapa ahli mencurigai ada bagian dari publik Amerika yang bahkan tidak akan berpartisipasi dalam pemungutan suara karena mereka tidak mempercayai institusi dan mereka lebih cenderung memilih Trump.

Prioritas pemilih mungkin juga sedikit salah dinilai. Sementara pandemi COVID-19 telah mendominasi berita utama, sebuah survei yang dilakukan oleh Edison Research menemukan bahwa lebih banyak pemilih (total sepertiga) mencantumkan ekonomi sebagai masalah utama mereka, itu adalah pesan inti Trump.

Suara Trump juga terlihat sedikit lebih beragam dari yang diperkirakan banyak orang.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Peta Hasil Pemilu AS 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aroma Korupsi Proyek Pengadaan Mesin Penyamakan Kulit Kota Makassar

Posted: 06 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Makassar Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel akan menurunkan tim menyelidiki adanya aroma korupsi pada proyek pengadaan mesin penyamakan kulit milik Kota Makassar.

"Segera kami selidiki kasus ini," tegas Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Widoni Fedri via pesan singkat, Jumat (6/11/2020).

Diketahui, sejak diadakan pada tahun 2014, mesin penyamakan kulit milik Kota Makassar belum juga memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar. Bahkan anggaran miliaran yang telah digelontorkan untuk mendukung pemanfaatan mesin tersebut dianggap sia-sia.

Tak hanya itu, pada tahun 2017 kabarnya Pemerintah Kota Makassar kembali memberikan anggaran sekitar Rp5 miliar dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi dari mesin penyamakan kulit tersebut.

"Sepertinya tidak berproduksi lagi dan gagal. Makanya kita tidak tambah lagi anggaran berikutnya," kata Irwan Djafar, legislator Kota Makassar asal Fraksi Partai Nasdem.

Meski demikian, ia mengaku tak ingat lagi sudah berapa total anggaran yang telah digelontorkan untuk memaksimalkan fungsi dari mesin penyamakan kulit yang selama ini diketahui telah dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Penyamakan Kulit Kota Makassar itu.

"Saya sudah lupa soal total anggaran untuk pengadaan mesin penyamakan kulit itu," ujar Irwan.

 

Telan Anggaran Puluhan Miliar

Mesin penyamakan kulit Kota Makassar tidak memberikan kontribusi ke PAD Kota Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Mesin penyamakan kulit Kota Makassar tidak memberikan kontribusi ke PAD Kota Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Dari data yang dihimpun, proyek pengadaan mesin penyamakan kulit di Kota Makassar itu telah menelan anggaran puluhan miliar. Selain bantuan anggaran yang bersumber dari APBN pada tahun 2010 sebesar Rp 2 miliar lebih, bantuan anggaran APBD Kota Makassar kembali diberikan pada tahun 2014 sebesar 9 miliar lebih dengan rincian pada bulan April 2014 sebesar Rp3 miliar lebih dan bulan September 2014 sebesar Rp6 miliar.

Tak sampai disitu, dana kembali digelontorkan untuk pengadaan mesin penyamakan kulit tersebut sebesar Rp6 miliar lebih pada tahun 2015 dan kemudian berlanjut pada tahun 2017 diberikan anggaran sebesar Rp5 miliar lebih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Kesehatan: Kasus Aktif COVID-19 di Jatim Turun tapi Belum Aman

Posted: 06 Nov 2020 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur cenderung turun, tetapi kondisi masih belum aman seiring kasus baru dan kematian karena COVID-19 masih bertambah.

Pakar Kesehatan Masyarakat dari Universitas Airlangga, Windhu Purnomo menuturkan, Jawa Timur sudah mencapai puncak kasus baru COVID-19 pada akhir Agustus 2020.

Namun, kasus baru COVID-19 di Jawa Timur stagnan dan mendorong kasus kumulatif tetap naik. Hal ini karena penularan COVID-19 masih terjadi di masyarakat. Ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 289 orang di Jawa Timur. Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 sebanyak 54.080 orang hingga Jumat, 6 November 2020.

"Per hari 200, 240,250,260 sekitar itu. Kasus baru stagnan, tidak naik dan tidak turun. Akan tetapi belum tahu nanti hasil dari libur panjang lima hari karena belum beri efek. Kasusnya akan terlihat pada lima hari hingga dua minggu," ujar Windhu saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu, (7/11/2020).

Meski demikian, Windhu menilai kasus baru COVID-19 stagnan belum tentu baik. Salah satu indikator pengendalian COVID-19 berhasil, menurut Windhu jika tambahan kasus baru COVID-19 dapat turun. "Stagnan tidak bagus juga, berhasil kendalikan itu (kalau-red) penambahan kasus turun," kata dia.

Tambahan kasus baru COVID-19 masih terjadi di Jawa Timur, menurut Windhu karena penularan COVID-19 masih berlangsung. Di sisi lain, masyarakat juga seluruhnya belum jalankan protokol kesehatan.

"Coba pergi ke beberapa daerah banyak yang sudah lepas masker. Di Jember, banyak orang di jalan tidak pernah pakai masker," tutur dia.

Windhu menuturkan, kasus aktif COVID-19 memang cenderung turun. Pada Kamis, 5 November 2020, kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur tercatat 4,03 persen. Kasus aktif COVID-19 mencapai 2.166. Windhu mengatakan, kasus aktif COVID-19 turun di Jawa Timur berdampak terhadap kapasitas rumah sakit yang menjadi longgar.

"Kasus aktif memang cenderung turun, hari-hari ini 4 persen, prediksi hingga 21 November 2020, turun terus (kasus aktif-COVID), kasus baru stagnan," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kasus Aktif COVID-19 Diprediksi Turun Jadi 1,41 Persen

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Kasus aktif COVID-19 di Jawa Timur diprediksi bisa sampai 1,41 persen hingga akhir November 2020. Prediksi tersebut disampaikan Tim Advokasi dan Surveilance COVID-19 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair pada paparan 22 Oktober 2020.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril menuturkan, pihaknya selalu berkonsultasi kepada para pakar epidemiologi dari FKM Universitas Airlangga. Pada paparan FKM Unair 22 Oktober 2020 disebutkan tren kesembuhan meningkat dengan kasus baru yang relatif landai membuat tren kasus aktif menurun.

"Dalam presentasi tersebut disebutkan kasus di akhir November diprediksi bisa sampai 1,41 persen, kasus aktif COVID-1. Perlu diingat kasus aktif berdasarkan persentasenya. Artinya kalau kasus 1,41 persen dari kumulatif 55 ribu kasus misalnya, masih ada 800-an kasus," ujar dia.

Ia menuturkan, kasus aktif COVID-19 turun juga diikuti dengan jumlah testing meningkat di Jawa Timur. Pada Oktober 2020 naik tiga kali lipat dari Juni. "Juni tes PCR sebulan masih 30.549. Oktober bisa mencapai 90.926," kata dia.

Selain itu, positivity rate atau tingkat positif di Jawa Timur, dokter Jibril mengatakan sudah turun menjadi tujuh persen dari sebelumnya 31 persen pada Juli 2020.

Pakar Kesehatan Masyarakat: Kondisi Jawa Timur Belum Aman

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Sementara itu, Windhu menuturkan, meski kasus aktif COVID-19 turun, kondisi Jawa Timur masih belum aman. Ini ditunjukkan dari kasus kematian karena COVID-19 di Jawa Timur masih tinggi. Tercatat angka kematian COVID-19 mencapai 3.870 jiwa atau 7,16 persen hingga 6 November 2020.

Selain itu, kasus baru COVID-19 juga masih bertambah. Di sisi lain, angka kesembuhan pasien COVID-19 cukup tinggi di Jawa Timur. Tercatat pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 270 orang menjadi 48.042 pada Jumat, 6 November 2020. Windhu mengapresiasi angka kesembuhan tinggi. Akan tetapi, ia mengingatkan kondisi COVID-19 di Jawa Timur masih belum aman.

"Jawa Timur sudah membaik tapi masih belum aman. Angka kematian masih tinggi, kasus baru masih stagnan. Kasus aktif turun tetapi jangan senang dulu," kata dia.

Oleh karena itu, Windhu mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Pemerintah daerah juga harus meningkatkan jumlah testing dan tracing. Meski demikian, ia apresiasi langkah-langkah yang dilakukan pemerintah provinsi Jawa Timur untuk penanganan COVID-19 meski testing belum masif. 

"Di Jawa Timur testing belum memadai baru 60-70 persen per hari dari batas minimal 5.700. Masih 4.000-3.000," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Gunung Merapi Sabtu 7 November 2020 Pagi

Posted: 06 Nov 2020 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah kini berada di level III atau siaga. Kenaikannya statusnya dimulai sejak, Kamis, 5 November siang, sekitar pukul 12.00 WIB. 

Pihak Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) bahkan melaporkan adanya potensi erupsi yang dapat timbulkan akibat aktivitas vulkanik dari Gunung Merapi, seperti guguran lava, lontaran material hingga awan panas.

Lantas, seperti apa kondisi terkini dari Gunung Merapi?

Lewat akun Twitternya @BPPTKG, pukul 07.00 WIB, Sabtu (7/11/2020) melaporkan kondisi puncak Merapi dari sejumlah pos pengamatan Gunung Merapi (PGM). Salah satunya dari PGM Kaliurang. 

"Via PGM.Kaliurang visual #Merapi berkabut, suhu udara 21.2 °C, kelembaban 75 %rh, pressure 920.2 hpa, angin perlahan hingga sedang ke arah barat.#statussiaga," tulis BPPTKG. 

Berikut sederet penampakannya: 

Penampakan dari PGM Kaliurang. Kondisi cuaca di puncak Merapi berkabut pukul 07.00 WIB.

Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)
Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)

Potret dari PGM Babadan, sekitar pukul 07.00 WIB. Arah angin masih terus mengarah ke barat, sementara suhu udara 21.2 °C, kelembaban 75 %rh, pressure 920.2 hpa.

Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)
Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)

Pengamatan dari PGM Jrakah. Suhu udara di sekitar puncak Merapi 16,8 derajat Celcius pagi tadi.

Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)
Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)

Potret dari PGM Selo pukul 06.16 WIB. Suhu udara 15.°C, kelembaban 61 %rh, pressure 838.4 hpa, angin perlahan dari timur.

Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)
Penampakan Gunung Merapi pagi ini, Sabtu (7/11/2020). (Twitter @BPPTKG)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Serahkan Berkas Pengeroyokan TNI oleh Anggota Kelompok Moge ke Kejaksaan

Posted: 06 Nov 2020 08:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyerahkan berkas kelima tersangka kasus pengeroyokan dua anggota TNI oleh kelompok motor gede (moge) di Bukittinggi, Sumatera Barat. Penyerahan ini merupakan penyerahan pertama. 

Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP Chairul Amri Nasution menyampaikan, penyerahan berkas berlangsung di Kejaksaan Negeri Bukittinggi pada Jumat 6 November 2020.

"Dari 5 orang tersangka, satu orang adalah anak berhadapan dengan hukum atau merupakan anak di bawah umur, dan akan diproses sesuai dengan sistem peradilan anak," tutur Chairul saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Chairul menyebut, berkas perkara anggota kelompok moge keroyok TNI yang diserahkan ke Kejaksaan Negeri Bukittinggi adalah milik lima tersangka dengan inisial MS (49), JA (26), RHS (48), TR (33), dan BS (16).

"Melalui pelaksanaan tahap I ini menunjukkan keseriusan dari Polres Bukittinggi dalam proses perkaranya secara baik dan benar," jelas Cairul.

Empat tersangka dikenakan Pasal 170 ayat (2) ke 1e Juncto 351 Juncto 56 KUHP. Sementara untuk tersangka yang masih berstatus sebagai anak akan berhadapan hukum dengan Pasal 170 ayat (2) ke 1 e juncto 351 juncto 56 KUHP juncto Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Stefanus Satake menyampaikan, pihaknya menetapkan satu lagi tersangka kasus pengeroyokan anggota TNI oleh rombongan Motor Gede (Moge) dari HOG (Harley Owners Group) Siliwangi Bandung Chapter Indonesia di Bukittinggi.

"Berdasarkan hasil gelar untuk tersangka bertambah satu orang," tutur Stefanus saat dikonfirmasi, Senin (2/11/2020).

Menurut Stefanus, tersangka berinisial TR (33). Saat kejadian, dia turut terlibat pengeroyokan TNI dengan mendorong korban sampai terjatuh.

"Dan dikuatkan keterangan tiga saksi yang merupakan karyawan toko butik dan ponsel di TKP, dan video pada saat kejadian," kata Stefanus ulah anggota kelompok moge yang aniaya TNI itu.

 

Awal Mula

Insiden pengeroyokan bermula saat rombongan moge dari HOG (Harley Owners Group) Siliwangi Bandung Chapter Indonesia melewati Simpang Tarok sebanyak 21 moge. Stefanus mengatakan ada 10 moge yang tertinggal dalam rombongan tersebut.

"10 moge tertinggal dan bertemu dengan dua orang anggota Kodim 0304 Agam," ujar Stefanus dalam keterangannya, Sabtu (31/10/2020).

Saat melewati persimpangan tersebut, rombongan moge bertemu dengan dua anggota TNI AD dan terjadi cekcok. Namun, Stefanus tidak menjelaskan detail penyebab cekcok yang berujung pengeroyokan.

"Selanjutnya terjadi perselisihan yang mengakibatkan terjadinya pemukulan oleh rombongan moge kepada personel Kodim tersebut," kata Stefanus.

Polda Sumatera Barat menyatakan, para rombongan motor gede (moge) yang berasal dari Harley Owners Group (HOG) Siliwangi Bandung Chapter Indonesia, masih berada di Bukittinggi, usai disangkutkan akan masalah pengeroyokan Anggota TNI.

"Masih, semua masih berada di Bukittinggi," kata Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Stefanus Satake saat dihubungi, Minggu (1/11/2020).

"Mereka rencananya akan touring ke titik nol, Sabang, Aceh, tapi karena ada kejadian pengeroyokan tersebut perjalanan terhenti sementara," kata dia.

Menurut Stefanus, pihaknya masih belum bisa memastikan apakah rombongan pengendara moge tersebut masih diperkenakan untuk melakukan turing atau tidak usai insiden pengeroyokan tersebut. Pasalnya, kendaraan mereka masih berada di Polres.

"Nanti kita lihat situasi apakah mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanan atau tidak. Sementara ini yang tidak terlibat masih menginap di salah satu hotel di Bukittinggi," ungkap Stefanus.

Stefanus menuturkan, Polres Bukit Tinggi bergerak cepat mengusut tuntas peristiwa pengeroyokan tersebut. Hingga saat ini, empat orang dari HOG ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah BSA, MS, H, dan JAD.

"Semuanya ditahan di Rutan Polres Bukittinggi," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Kucing Kepalanya Terjebak di Lubang Pintu Ini Bikin Iba Sekaligus Gemas

Posted: 06 Nov 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Kelincahannya kerap membuat seseorang merasa gemas. Menjadi salah satu hewan yang aktif, tak heran jika kucing selalu mencoba hal-hal aneh yang merugikan dirinya sendiri.

Seekor kucing lucu di Malaysia mengalami insiden, yang di mana kepalanya terjepit di pintu. Tidak tahu bagaimana kepalanya bisa terjepit di pintu, namun pada akhirnya kepala kucing tersebut bisa dikeluarkan setelah dibantu oleh pemadam kebakaran.

Momen tersebut dibagikan melalui akun Facebook Info Roadblock JPJ/POLIS. Dalam akun Facebook dibagikan beberapa foto yang menunjukkan kondisi kucing yang kepalannya terjepit pintu. Momen gemas sekaligus haru ini mendapatkan ragam komentar dari warganet.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Facebook Info Roadblock JPJ/POLIS dan World of Buzz tentang kisah kucing yang kepalanya terjebak di lubang pintu, Sabtu (7/11/2020).

Kisah Kucing yang Kepalanya Terjebak di Lubang Pintu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kisah kucing yang kepalanya terjebak di lubang pintu ini dibagikan di akun Facebook Info Roadblock JPJ/POLIS pada 3 November 2020 lalu. Kisah kucing ini merupakan kisah yang membuat seseorang merasa kasihan, namun juga merasa gemas.

Pasalnya, kucing merupakan salah satu hewan yang selalu berhasil membuat gemas karena tingkahnya yang selalu aktif dan lucu. Dalam akun Facebook tersebut tidak dijelaskan bagaimana kepala kucing tersebut bisa terjebak di lubang kecil sebuah pintu.

Kucing tersebut kemudian dibantu oleh pemadam kebakaran. Tampaknya petugas pemadam kebakaran harus memotong bagian pintu untuk melepaskan potongan kayu dari leher kucing dengan aman setelah menarik tubuhnya dengan lembut tampaknya tidak berhasil. Jika tidak berhati-hati tentunya akan melukai tubuh dari kucing malang tersebut.

Tak banyak yang dijelaskan mengenai bagaimana akhirnya kucing menggemaskan ini bisa diselamatkan setelah terjebak pada lubang kecil sebuah pintu. Namun, dalam akun Facebook tersebut banyak dibagikan potret-potret usaha yang dilakukan pemadam kebakaran untuk menyelamatkan kucing yang kepalanya terjebak ini.

 

Khidmat khas dari Balai Bomba dan Penyelamat Bukit Mertajam di IKBN Bukit Mertajam. Kepala seekor kucing tersangkut...

Posted by Info Roadblock JPJ/POLIS on Tuesday, November 3, 2020

Respon Warganet

Kisah Kucing. (Sumber: World of Buzz)
Kisah Kucing. (Sumber: World of Buzz)

Tentunya tak sedikit warganet yang merasa gemas sekaligus kasihan karena kondisi kucing malang ini. Warganet pun ramai membubuhkan komentar dan salut dengan pemadam kebakaran yang sudah membantu kucing malang ini. Bahkan banyak warganet yang kemudian mengirimkan tingkah-tingkah kucing yang menggemaskan.

"Tq abam2 bomba. Mulia pekerjaan mu. Byk haiwan2 yg di tolong kalian akn tarik kalian di sana. Insyaallah jika di izinkn." Tulis pemilik akun Mohd Asroy.

"Kucing ni selalunya ingat klau kepala lepas masuk, badan pun lepas sekali. Sudahnya tersasar 😆😆😆" tulis akun Mohd Hirul.

"Ribuan Terima Kasih warga Bomba❤️" tulis Tuan Anas Azahari.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riset Membuktikan Honda Jadi Merek Sepeda Motor Terfavorit di Indonesia

Posted: 06 Nov 2020 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) meraih penghargaan WOW Brand Award 2020 atas merek roda dua yang dipayungi. Hal ini menjadi bukti, brand Honda memiliki penggemar terbanyak di Indonesia.

Andy Wijaya, Deputy General Manager Marketing Planning and Analyst PT AHM, mengatakan titel yang diemban dua tahun berturut-turut itu pun memberi penilaian sebagai jenama paling direkomendasikan konsumen dalam kategori Automotive dan Spare Parts.

"Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas penghargaan WOW Brand Award di tahun ini. Kami akan terus berkomitmen untuk terus berupaya menghadirkan beragam sepeda motor Honda di Indonesia, sesuai dengan berbagai kebutuhan masyarakat serta dukungan layanan purna jual yang berkualitas dalam memberikan layanan," ujar Andy Wijaya dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kategori Automotive dan Spareparts, Honda meraih predikat Gold. Alias yang tertinggi di antara nominasi. Tentu bukan atas penilaian satu pihak. Riset dilakukan ke 34.500 orang di banyak kota besar seluruh Tanah Air.

 

Beberapa Aspek

Penilaian dilakukan dari beberapa aspek. Dua variabel utama yakni penelitian soal brand awareness (popularitas), serta brand appealing. Atau dalam arti lain penilaian atas produk yang menarik. Sementara tiga perspektif berikutnya adalah brand asking, brand actual, serta brand advocate. Kegiatan riset tahun ini dilakukan dalam dua metode. Baik offline maupun online.

Sebagai gambaran, penghargaan ini merupakan apresiasi produk dan jasa atas gapaian indeks Brand Advocacy Ratio. Indeks penilaian dirumuskan melalui konversi awareness masyarakat terhadap sebuah merek, lantas menjadikan jenama itu layak direkomendasikan ke orang lain. Tahun ini WOW Brand Award diberikan ke 300 jenama dari berbagai jenis industri di Indonesia. Baik berupa jasa maupun produk.

Sumber: Oto.com

Honda Siap Meluncurkan 3 Motor Baru, Simak Bocorannya

Tak hanya menghadirkan H'ness CB 350, Honda kabarnya akan kembali meluncurkan tiga motor baru di kelas menengah agar mampu bersaing di pasar otomotif India.

Setelah menunjukkan niatnya untuk mengambil pasar Royal Enfield, pabrikan motor Jepang tersebut memiliki komitmen untuk mengembangkan produk terbaik agar mampu merebut pangsa pasar.

 

Selain itu, President and CEO of Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI), Atsushi Ogata mengklaim, fokus perusahaan saat ini akan memenuhi permintaan domestik.

Seperti dilansir Motorbeam, Jumat (2/10/2020), Honda juga memberi isyarat salah satu motor yang akan dihadirkan berada di segmen petualangan.

Meski demikian, Honda masih enggan mengungkapkan secara rinci terkait spesifikasi dan model lain yang akan diusung. Namun, pabrikan otomotif berlambang huruf H tersebut optimis mampu mengambil pangsa pasar Royal Enfield yang mencapai 97 persen.

Memiliki tampang jadul, Honda H'ness CB 350 meluncur dengan harga mulai dari Rs. 1,90 lakhs atau Rp38 Jutaan.

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: