Sabtu, 21 November 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Restoran dan Kafe IKEA Indonesia Dapat Sertifikasi Halal MUI Setelah 6 Tahun Beroperasi

Posted: 21 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Restoran dan kafe IKEA memperoleh sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pada 21 Oktober 2020 melalui keputusan Rapat Komisi Fatwa MUI. Sertifikasi itu didapat setelah enam tahun beroperasi.

IKEA mengatakan proses sertifikasi dilakukan untuk memberi rasa aman sekaligus nyaman bagi para pengunjung restoran dan kafe. Selain itu untuk memenuhi peraturan pemerintah UU Nomor 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Saat ini, sertifikasi halal IKEA Restoran dan Kafe berlaku untuk area restoran, konter makanan, bistro, bakery, FIKA, serta restoran pegawai. Dengan demikian, semua makanan dan minuman yang disajikan di area tersebut, baik di gerai Alam Sutera maupun Sentul City, telah menerapkan Sistem Jaminan Halal.

"Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah Muslim dan kami sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan halal. Oleh karena itu, sejak pertama kali beroperasi, IKEA Indonesia selalu menggunakan bahan baku bersertifikasi halal dalam memproduksi makanan yang kami sajikan," kata IKEA Food Commercial Manager, Ririh Dibyono, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat, 20 November 2020.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal, IKEA Indonesia harus memenuhi beberapa ketentuan yang diatur dalam Sistem Jaminan Halal. Salah satu aspek terpenting adalah menggunakan bahan baku bersertifikasi halal.

IKEA Indonesia menyatakan selalu melaporkan bahan baku yang digunakan untuk mendapat persetujuan dari LPPOM MUI. Peraturan itu telah termasuk dalam Standard Operation Procedure (SOP) IKEA Indonesia untuk memastikan bahwa bahan baku yang digunakan, mulai dari sumber, distribusi, pengolahan, hingga penyajian, dapat ditelusuri dengan jelas sesuai dengan Sistem Jaminan Halal.

Pemeriksaan ke 2 Tempat

Restoran dan kafe IKEA. (dok. IKEA Indonesia)
Restoran dan kafe IKEA. (dok. IKEA Indonesia)

Untuk memberi status halal, MUI memeriksa dua lokasi toko IKEA Indonesia, yaitu IKEA Alam Sutera dan Sentul City. Pemeriksaan outlet IKEA Restoran dan Kafe meliputi area penyimpanan, penyajian, dan dapur.

Sebanyak 220 produk makanan dan minuman yang terdaftar di dalam menu, termasuk Swedish Meatball, juga diperiksa. "Semua menu telah dinyatakan halal oleh LPPOM MUI," ujar Ririh.

Restoran dan kafe IKEA saat ini buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang disusun pemerintah. Namun, konsumen juga diberi opsi menikmati sajian di rumah dengan menyediakan layanan take away dan pesan-antar melalui aplikasi transportasi daring untuk menjaga keamanan pelanggan selama masa pandemi.

"Jika ingin bersantap langsung, pelanggan dapat mengunjungi gerai IKEA Alam Sutera dan IKEA Sentul City," sambung Ririh.

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Magi Sadeq, Wanita Penakluk Hati Mohamed Salah

Posted: 21 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Popularitas Mohamed Salah terus meroket dalam beberapa tahun terakhir. Maklum, dia menjadi bagian utama dari skuat Liverpool yang memenangkan trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan gelar juara Liga Inggris.

Pencapaian itu membuat Mohamed Salah menjadi salah satu pesepak bola paling terkenal saat ini. Tapi, belum banyak yang diketahui tentang kehidupan pribadi winger asal Mesir ini. Khususnya tentang sang istri.

Seperti dilansir Oh My Football, Istri Mohamed Salah adalah Magi Sadeq. Kisah mereka cukup menarik. Pasangan ini mulai berkencan sejak mereka remaja.

Salah dan Magi sudah saling mengenal sejak dari sekolah tempat mereka bersekolah. Menurut ibunya, kisah cinta mereka dimulai ketika menjadi teman sekelas selama SD dan SMP.

Mohamed Salah dan Magi telah berkencan selama beberapa tahun sebelum akkhirnya menikah pada 2013. Upacara pernikahan itu dihadiri ribuan orang.

 

 

Sosok Magi Sadeq

Pemain Liverpool Mohamed Salah bersama istrinya, Magi Salah, dan putrinya Makka Salah. (foto: Instagram @mosalah)
Pemain Liverpool Mohamed Salah bersama istrinya, Magi Salah, dan putrinya Makka Salah. (foto: Instagram @mosalah)

Magi lahir di Nagrig, Mesir pada 1994. Dia berasal dari keluarga besar. Selain memiliki saudara kembar perempuan, Mohab Sadeq, dia juga punya dua saudara perempuan lainnya - Mahy dan Miram.

Orang tua Magi adalah guru di sekolah Mohammed Eyad Al Tantawi, tempat dia dan Mohamed Salah bersekolah.

Magi adalah orang yang sangat pribadi. Dia suka menjauh dari sorotan, tidak seperti WAG dari pesepak bola lainnya.

Dia tak punya akun Instagram. Agama Magi jelas Islam. Karena, dia dan Salah adalah pasangan musim yang sangat taat.

Magi adalah istri yang sangat karier Salah. Dia telah bersama Salah melalui pasang surut dalam karier sepak bola profesionalnya.

Dia selalu menonton hampir setiap pertandingan di Stadion Anfield, untuk menghibur suaminya dari keramaian. Magi terlihat bersama Salah ketika dianugerahi Sepatu Emas musim 2018/2019.

 

Keluarga Mohamed Salah

Mohamed Salah bersama kedua putrinya Makka Salah dan Kayan Salah. (foto: Instagram @mosalah)
Mohamed Salah bersama kedua putrinya Makka Salah dan Kayan Salah. (foto: Instagram @mosalah)

Mohamed Salah dan Magi Salah adalah pasangan yang sangat bahagia. Merkea telah dikaruniai dua putri yang cantik.

Putri pertama Salah lahir pada 2014 dan menamainya Makka Salah, untuk menghormati kota suci Islam Mekkah. Salah kerap membagikan foto-foto harta kecilnya di akun Instagram miliknya.

Putri keduanya lahir pada 2020, dan namanya adalah Kayan Salah. Anak kedua lahir sembilan bulan setelah semifinal bersejarah melawan Barcelona, ketika Liverpool melakukan comeback gemilang.

Saksikan Video Mohamed Salah di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tina Toon soal Heboh Laporan Reses: No Copy Paste Ya

Posted: 21 Nov 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tina Toon baru saja mendapat teguran soal dokumen laporan reses miliknya yang diunggah di situs ereses.dprd-dkijakartaprov.go.id. Pasalnya, dalam laporan ini terdapat kesalahan pencantuman waktu, menjadi tahun 2015.

Kesalahan dokumen Tina Toon ini diketahui oleh warganet @elisa_jkt, yang twitnya kemudian menyebar. Sang anggota DPRD DKI Jakarta dari PDI Perjuangan ini bahkan disangka melakukan copy-paste alias menjiplak. 

"Nah ini anggota muda tapi kok demem copas2 spt nya ... Mbak Tina gak mendingan balik profesi lama aja?" cuit sang warganet. 

Beberapa jam setelah cuitan ini dipublikasikan, Tina Toon mengeluarkan klarifikasinya. 

Salah Unggah Dokumen

Tina Toon. (Foto: Instagram @tinatoon101)
Tina Toon. (Foto: Instagram @tinatoon101)

Tina Toon mengklarifikasi hal ini dalam sejumlah unggahan Instagram Stories-nya. Ia mengungkap bahwa yang terjadi adalah kekeliruan staf dalam mengunggah dokumen ke situs reses DPRD DKI Jakarta. 

"Untuk Laporan reses Aku yang heboh di twitter katanya ada copy paste 2015, ITU KESALAHAN INPUT STAFF YA GUYS, ternyata kertas halaman 1-3 yg keupload dari staff sebelumnya salah kertas merupakan dokumen dprd periode lama periode 2014-2019," tulisnya.

Bukan Jakarta Barat

Cuitan warganet tentang laporan reses Tina Toon. (Twitter/ elisa_jkt)
Cuitan warganet tentang laporan reses Tina Toon. (Twitter/ elisa_jkt)

Ia juga menyebutkan bahwa dokumen halaman 1-3 yang keliru diunggah itu ada laporan reses tingkat fraksi. Sementara laporan miliknya, adalah laporan perorangan. Bukti lain yang ia sebutkan, adalah dokumen yang keliru tersebut mencantumkan nama lokasi seperti Kebon Jeruk, Kedoya, dan Taman Sari, yang berada di Jakarta Barat. 

Ini menandakan laporan tersebut untuk dapil Jakarta Barat, sementara ia dipilih untuk daerah Jakarta Utara. 

Sudah Diperbaiki

Tina Toon. (Instagram/tinatoon101)
Tina Toon. (Instagram/tinatoon101)

"TAPI JIKA DISCROLL Ke halaman berikut2nya itu yg bener dokumen hasil resesnya yg ada tulisan AGUSTINA H SKOM MH nya dan sdh diperbaiki bisa dicek lgi ya di website e reses," ujarnya. 

Dalam pantauan Liputan6.com laporan reses dalam dokumen yang dipermasalahkan kini memang telah diperbaiki. 

No Copy Paste Ya...

Tak cuma sekali, Tina Toon mengunggah beberapa Instagram Story lain untuk menjernihkan permasalahan ini. 

"No Copy Paste Yaaa, Tapi Data Lama di Staff Keattach (Punya DPRD Periode Lalu Tahun 2015 Lg dan BEDA DAPIL ITU JAKBAR)dan Keupload Tapi Sudah Di Take Out dan Yg Terlampir Sisa Dokumen Aku Aja Yg Benernya," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BTS Beri Pernyataan Mengenai Wajib Militer

Posted: 21 Nov 2020 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada topik menarik yang dipertanyakan saat BTS menyapa penggemarnya dan media di konferensi pers global jelang perilisan album spesial 'BE (Deluxe Edition)'.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Suzuki Ertiga Ditukar dengan Seekor Burung Perkutut

Posted: 21 Nov 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta burung, terkadang harga tidak menjadi masalah. Terlebih, jika binatang berbulu indah dan suara yang bagus ini sering menang lomba dengan banyaknya piagam yang didapat. Pertukaran kali ini melibatkan burung perkutut dengan Suzuki Ertiga.

Hal itu terjadi beberapa waktu lalu dan menghebohkan dunia maya.

Melansir unggahan dari salah satu akun facebook Nsa BF di grup Perkutut, pertukaran ini melibatkan burung perkutut dengan Suzuki Ertiga 2016. Namun, tidak dijelaskan dengan detail, bagaimana sistem tukar ini.

"Allah tidak melupakan setiap perbuatan sabar dan sholat. Jual perkutut diganti Ertiga 2016 cas. Alhamdulillah ya rabb," tulis akun tersebut sebagai caption, Sabtu (21/11/2020).

Lokasi dari transaksi burung perkutut dan Suzuki Ertiga ini juga tidak diketahui dengan pasti. Begitu juga dengan burung perkutut seperti apa yang sampai ada orang tersebut rela menukarnya dengan mobil keluarga tersebut.

Sebagai informasi, Suzuki Ertiga di bursa mobil bekas memiliki banderol Rp120 jutaan.

 

Barter Toyota Avanza dengan Tanaman Hias, Pria Ini Viral di Dunia Maya

Sebelumnya ada kisah lain yang transaksinya melibatkan sebuah mobil. Yap, hobi memang tak pernah mengenal batasan usia dan biaya, misalkan saja hobi tanaman hias. Jika sudah menemukan tanaman yang diincar, tentu pencintanya rela melakukan apa saja.

Terlebih lagi jika ada tanaman-tanaman yang tengah viral dan diburu banyak orang. Bukan hanya rela merogoh kocek dalam, salah seorang pria bahkan rela menukarkan mobil miliknya demi mendapatkan tanaman hias yang ia inginkan.

Transaksi pria ini bersama sang penjual tanaman tersebut pun ramai disorot netizen usai diunggah di media sosial. Pria yang diduga kolektor tanaman bunga ini bahkan tak segan-segan menukarkan mobil miliknya berwarna hitam.

Video berdurasi singkat yang diunggah di Facebook milik akun Zainal Arifin ini pun langsung viral di media sosial. Bahkan postingannya tentang pria tukar mobil dengan tanaman hias ini sudah diunggah ulang ke media sosial lainnya.

Infografis Pilihan:

Infografis Esemka dan Program Mobil Nasional. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Esemka dan Program Mobil Nasional. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuli Juga Bisa Datang Secara Mendadak Bukan Hanya Bawaan Lahir

Posted: 21 Nov 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tuli adalah salah satu ragam disabilitas yang berkaitan dengan pendengaran. Istilah tuli sudah tak asing di kalangan masyarakat, namun tidak demikian dengan istilah tuli mendadak.

Tuli mendadak atau dikenal juga dengan sudden sensorineural hearing loss (SSHL) adalah penurunan pendengaran sensorineural 30 dB atau lebih, paling sedikit tiga frekuensi berturut-turut pada pemeriksaan audiometri dan berlangsung dalam waktu kurang dari 3 hari.

Hal ini dijabarkan dalam artikel penelitian berjudul Gambaran Pasien Tuli Mendadak di Bagian THT-KL RSUP Dr. M. Djamil Padang yang ditulis Hedo Hidayat , Yan Edward, dan Noza Hilbertina dari Universitas Andalas (Unand).

Peneliti menyebut bahwa tuli mendadak biasanya dipicu karena ada kerusakan di koklea.

"Kerusakan terutama di koklea dan biasanya bersifat permanen, karena itu tuli mendadak dimasukkan ke dalam keadaan darurat neurotologi," tulis peneliti jurnal tersebut dikutip pada Sabtu (21/11/2020).

Tuli mendadak diderita oleh 5 sampai 30 per 100.000 orang, dengan peningkatan sekitar 4.000 kasus per tahun di Amerika Serikat. Suatu penelitian di Jerman menunjukkan kejadian tuli mendadak sebanyak 160 per 100.000 orang per tahunnya.

Sedang, Kejadian tuli mendadak di Italia dilaporkan antara 5 sampai 20 kasus per 100.000 orang. Insiden tuli mendadak di poli THT-KL RSUP. Dr. M. Djamil Padang pada periode Agustus 2010 sampai Agustus 2011 berkisar 37 orang. Distribusi laki-laki dan perempuan hampir sama, dengan puncak usia antara 50 sampai 60 tahun.

Namun, penelitian di Taiwan pada 1998 –2002, menyatakan bahwa dari 8.712 kasus tuli mendadak, 64,5 persen penderitanya berusia di atas 60 tahun.

Semakin Cepat Ditangani Semakin Baik

Perbaikan pendengaran pada tuli mendadak tergantung pada beberapa faktor yaitu, kecepatan pemberian obat, respons 2 minggu pengobatan pertama, usia, derajat ketulian saraf dan adanya faktor predisposisi.

Pada umumnya, semakin cepat pengobatan diberikan maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh. Bila sudah lebih dari 2 minggu, kemungkinan sembuh menjadi lebih kecil.

Tuli mendadak merupakan salah satu kegawatdaruratan neurotologi, beratnya kecacatan yang dapat ditimbulkan, pentingnya diagnosis dan penatalaksanaan dini terkait penyakit tuli mendadak ini perlu diteliti lebih mendalam.

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Membuat Masker Alpukat untuk Rambut, Sehat Menutrisi

Posted: 21 Nov 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Alpukat punya banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk rambut. Alpukat sangat melembapkan dan menutrisi. Ini karena alpukat merupakan buah istimewa yang mengandung minyak alami dan asam lemak sehat.

Minyak alami ini dapat bermanfaat untuk semua jenis rambut. Namun, alpukat sangat berguna terutama untuk rambut kering dan dehidrasi. Buah ini juga kaya vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu rambut tampak sehat, berkilau, dan terhidrasi.

Alpukat adalah sumber biotin yang bagus. Ini bisa membantu rambut tumbuh lebih sehat. Selain itu, mineral dalam minyak alpukat, termasuk kalium dan magnesium, dapat menyegel sel kutikula, yang dapat membantu rambut terlihat halus dan berkilau serta mencegahnya patah.

Alpukat bisa dijadikan masker rambut yang sehat. Kamu bisa membuat sendiri masker ini untuk menutrisi rambut. Berikut 8 cara membuat masker alpukat untuk rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/11/2020).

Alpukat dan minyak kelapa

Ilustrasi Buah Alpukat Credit: pexels.com/LisaFotios
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: pexels.com/LisaFotios

Minyak kelapa telah terbukti mudah menyerap ke rambut dan melindungi untaian rambut dari kerusakan luar. Minyak ini juga mengandung asam lemak esensial yang dapat mengurangi efek kerusakan pada rambut.

Minyak kelapa bekerja dengan alpukat untuk membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut, meminimalkan hilangnya kelembapan dan kerusakan.

Haluskan satu buah alpukat lalu tambahkan dua sampai tiga sendok makan minyak kelapa. Aduk sampai merata dan aplikasikan campuran ini ke rambut dan kulit kepala. Fokus pada ujung rambut, karena ini adalah bagian yang paling tua dan paling rusak.

Setelah seluruhnya terlapisi dengan rambut, tutupi dengan topi mandi, dan tunggu selama 30 menit. Cuci rambut dengan air dingin dan sampo.

Alpukat, madu, dan minyak zaitun

ilustrasi madu/copyright Pixabay
ilustrasi madu/copyright Pixabay

Minyak zaitun mengandung squalene, yang memiliki sifat pengkondisian dan pelemba yang sangat baik. Minyaknya ringan dan tidak memberatkan rambut. Ini bisa membuat rambut lembut hanya dalam penggunaan pertama. Minyak zaitun juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Madu adalah humektan yang membantu menyegel air di batang rambut, menahan hilangnya kelembapan, dan meningkatkan kilau.

Haluskan satu buah alpukat ukuran sedang yang matang. Tambahkan masing-masing dua sendok makan madu mentah dan minyak zaitun.

Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala. Jangan lupa oleskan masker ke ujung rambut. Tutupi dengan shower cap. Jika punya blow dryer, gunakan selama sekitar 15 menit. Atau, kamu bisa duduk di bawah sinar matahari selama 30-45 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Alpukat, minyak zaitun, dan air lemon

Ilustrasi Buah Lemon Credit: pexels.com/LisaF
Ilustrasi Buah Lemon Credit: pexels.com/LisaF

Lemon bersifat antijamur dan dapat membantu mengurangi minyak dan ketombe. Sifat emolien minyak zaitun akan membantu melembutkan rambut. Lemon, jika tidak dibilas dengan benar, dapat memutihkan rambut untuk sementara. Jadi pastikan untuk membilas dengan tuntas setelahnya.

Hancurkan satu buah alpukat, dan campur dengan seperempat gelas minyak zaitun dan satu sendok teh air lemon. Oleskan ke rambut basah atau kering dari akar ke ujung. Bilas dengan air dan sampo setelah kurang lebih 30 menit.

Alpukat dan lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Lidah buaya memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala. Kandungan vitamin pada lidah buaya dan alpukat akan menyehatkan rambut. Lidah buaya adalah kondisioner rambut alami dan dapat mengurangi kerusakan rambut dan rambut rontok.

Campur satu buah alpukat matang, dua sendok makan gel lidah buaya, dan satu sendok teh minyak kelapa. Tambahkan lebih banyak minyak kelapa jika memiliki rambut yang sangat panjang atau tebal.

Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala sampai merata. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Alpukat dan yogurt

Ilustrasi Yogurt Credit: unsplash.com/Sara
Ilustrasi Yogurt Credit: unsplash.com/Sara

Yogurt memiliki sifat pengkondisian rambut yang bekerja dengan alpukat untuk memperbaiki dan mengkondisikan rambut kering dan rusak.

Campurkan setengah buah alpukat dengan satu cangkir yogurt, dua sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala. Tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Madu dan minyak zaitun bekerja sama untuk menyegel nutrisi dan kelembapan yang diberikan oleh yogurt dan alpukat dalam masker rambut ini.

Alpukat dan pisang

Campuran Jus Pisang, Alpukat / Sumber: iStock
Campuran Jus Pisang, Alpukat / Sumber: iStock

Pisang memiliki kandungan silika yang tinggi. Jika digunakan sebagai masker rambut, ia berfungsi menghaluskan rambut dan menambah kilau.

Haluskan satu buah pisang dan setengah buah alpukat. Oleskan pada rambut basah dari akar hingga ujung. Tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan sampo setelahnya.

Alpukat dan oatmeal

Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay

Oatmeal dapat membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Oatmeal dapat membantu mencegah rambut rontok. Sifat pengelupasannya juga membuka pori-pori dan memfasilitasi pertumbuhan rambut. Menggunakannya sebagai masker rambut dapat membantu menebalkan rambut.

Masak setengah cangk oatmeal sesuai dengan petunjuk memasaknya. Biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan. Haluskan setengah buah alpukat matang. Campur dengan oatmeal hingga membentuk pasta yang halus. Oleskan ke rambut dari akar ke ujung. Tutupi dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan sampo setelahnya.

Alpukat dan susu

Ilustrasi susu | Freepik
Ilustrasi susu | Freepik

Kombinasi bahan-bahan ini mampu menjaga kelembapan rambut. Masker alpukat dan susu mampu mengurangi rambut bercabang dan kerusakan. Ia juga mengurangi rambut kering dan kusut.

Campur satu buah alpukat dengan setengah cangkir susu, dan masing-masing satu sendok makan minyak zaitun dan minyak almond. Haluskan bahan-bahan tersebut sampai adonan membentuk konsistensi yang halus.

Oleskan masker dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Isolasi Mandiri Covid-19 Wisma Atlet Tambah 96 Orang pada 22 November

Posted: 21 Nov 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien yang menjalani isolasi mandiri akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet terjadi penambahan pada hari ini, Minggu (22/11/2020).

Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian menyebut terjadi penambahan 96 pasien isolasi mandiri covid-19 di Tower 4 dan Tower 5 RSD Wisma Atlet. Data tersebut diterima hingga hari ini pukul 08.00 WIB.

"Pasien flat isolasi mandiri bertambah 96 orang dari semula 1.143 orang menjadi 1.239 orang," ujar Aris dalam keterangannya, Minggu (22/11/2020).

Secara keseluruhan, sejak dibuka pada 15 September 2020 hingga 22 November 2020, pasien yang terdaftar di Tower 4 dam Tower 5 Wisma Atlet mencapai 14.468 orang.

Sementara pasien RSD Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 5 orang pada hari ini. Secara keseluruhan, pasien yang masih menjalani rawat inap di Tower 6 dan Tower 7 Wisma Atlet sebanyak 2.094 orang.

"Pasien rawat inap bertambah 5 dari semula 2.089 orang menjadi 2.094 orang," kata Aris.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Data hingga 22 November

Aris mengatakan, sejak dibuka pada 23 Maret 2020 hingga 22 November 2020, pasien yang terdaftar di Tower 6 dan Tower 7 Wisma Atlet mencapai 26.521 orang. Dari 26.421 pasien terdaftar, sebanyak 24.427 pasien sudah keluar.

"Pasien keluar di antaranya, 23.960 dinyatakan sembuh, 459 orang dirujuk ke RS lain, dan 8 meninggal," kata Aris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Ada 5 Ponsel Flagship dengan Snapdragon 875 Rilis Q1 2021, Apa Saja?

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awal Desember 2020, Qualcomm kembalil akan menggelar acara tahunan mereka. Berhubung di masa pandemi Covid-19, acara ini akan digelar secara live streaming.

Pada acara ini, Qualcomm akan mengungkap prosesor teranyarnya yang diberi nama Snapdragon 875.

Selain tampil dengan performa yang lebih cepat, prosesor baru Qualcomm ini juga sudah mendukung pengisian daya fast charging 100 watt berkat teknologi Quick Charge 5.

Dilansir Digital Chat Station, Sabtu (21/11/2020), tiga bulan pertama 2021 akan ada 5 smartphone flagship dengan Snapdragon 875 dan fast charging 100 watt meluncur di pasaran.

Banyak yang meyakini, Samsung Galaxy S21 akan menjadi satu dari lima smartphone flagship dengan Snapdragon 875--diperkuat oleh bocoran database benchmark.

Smartphone lain dengan Snapdragon 875 yang akan meluncur pada Q1 2021, termasuk OnePlus 9 Pro, Xiaommi Mi 11 Pro, seri baru Meizu, dan satu ponsel misterius lainnya.

Usung Fast Charging 100W?

Lebih lanjut, masih terlalu dini untuk memastikan apakah kelima ponsel ini akan secara langsung mengusung teknologi fast charging 100W.

Tak menutup kemungkinan, vendor seperti Xiaomi dan OnePlus dapat saja menyematkan fast charging milik mereka masing-masing.

Soal Galaxy S21, Samsung tampaknya akan tetap mempertahankan teknologi pengisi daya cepat 45 watt ketimbang pakai yang 100 watt.

Skor Snapdragon 875 Bocor di AnTuTu

Berdasarkan bocoran benchmark AnTuTu yang diunggah akun Twitter Abhishek Yadav (@yabhishekhd), Sabtu (31/10/2020), Snapdragon 875 berhasil mencapai skor 847,868.

Hasil ini jauh lebih tinggi ketimbang prosesor Snapdragon seri sebelumnya, yaitu hanya dikisaran 663,000.

Sayangnya, Qualcomm masih belum mengonfirmasi soal bocoran skor Snapdragon 875 di AnTuTu tersebut.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT PP Dapat Kontrak Bangun Smelter Milik CNI Senilai Rp 3,22 Triliun

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PT PP) akan membangun pabrik peleburan (smelter) feronikel jalur produksi 2 dan jalur produksi 5-6 Block Lapaopao di Provinsi Sulawesi Tenggara. Smelter yang dibangun oleh PT PP ini milik PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), Jakarta.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, perseroan sangat menyambut baik kerja sama ini dan mendukung penuh pembangunan smelter Feronikel PT CNI. Ini merupakan kerja sama lanjutan setelah sebelumnya PP PP juga telah mengerjakan pembangunan smelter fase 1.

"Setelah sukses dipercaya mengerjakan Fase 1 untuk Jalur Produksi 1 bersama dengan China ENFI Engineering Corporation (ENFI), Perseroan kembali diberikan kepercayaan oleh CNI selaku owner untuk mengerjakan pembangunan Smelter Feronikel Fase 2 (Jalur Produksi 2) dan Fase 4 (Jalur Produksi 5 dan 6)," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (22/11/2020).

Novel mengatakan, proyek tersebut memiliki nilai kontrak sebesar Rp 1,01 Triliun untuk pekerjaan Fase 2 (Jalur Produksi 2) dan Rp 2,21 Triliun untuk pekerjaan Fase 4 (Jalur Produksi 5-6). Sehingga total kontrak yang didapat perseroan capai Rp 3,22 triliun.

Nantinya pembangunan Pabrik Peleburan (Smelter) akan berlokasi di Feronikel berlokasi di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

26 Bulan dan 34 Bulan

Perseroan pun berkomitmen menyelesaikan masa pelaksanaan pekerjaan selama 26 bulan untuk pekerjaan Jalur Produksi 2 dan 34 bulan untuk pekerjaan Jalur Produksi 5-6.

Adapun ruang lingkup pekerjaan yang akan dilakukan oleh Perseroan, antara lain: pekerjaan Persiapan, pekerjaan Sipil (pondasi, steel structure, access road inside plant, dan bangunan pendukung), pekerjaan BOP Mechanical (water treatment plant, pompa, dan comprehensive pipelines), serta pekerjaan BOP Electrical (substation 150 kV, transmisi 150 kV, EDG).

"Berbekal pengalaman dan kualitas pekerjaan yang dimiliki oleh Perseroan, kami yakin dapat menyelesaikan perkerjaan pembangunan sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan dengan kualitas terbaik," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikasih Susu Formula, Anak Vanessa Angel Malah Muntah

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vanessa Angel, saat ini tengah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu, Jakarta Timur sejak Rabu (18/11/2020). Dan kini, sang anak hanya diasuh oleh suami, Bibi Ardiansyah.

Sehingga Gala Sky tak mendapat ASI dari Vanessa Angel. Mau tak mau minum susu formula.

Sepertinya sang anak, tak bisa minum susu formula. Hal itu terlihat dari unggahan Vanessa Angel di akun Instagram terverifikasi miliknya, Sabtu (21/11/2020).

Gumoh

[Foto: Instagram Vanessa Angel]
[Foto: Instagram Vanessa Angel]

Dalam foto yang diposting terlihat putra Vanessa Angel wajahnya sedih. Ia gumoh usai minum susu formula.

 

Lebih Suka ASI

Vanessa Angel (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)
Vanessa Angel (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)

"Aku sukanya n***n mih 😢😢 #keluargala #pecintanenen #gumoh," tulis Vanessa Angel sebagai keterangan foto.

 

Tak Tega

Vanessa Angel (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)
Vanessa Angel (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)

Warganet yang melihat unggahan tersebut, meminta untuk tak lagi menunjukkan wajah sedih sang buah hati. Mereka tak tega.

"Mas bibi jgn post gala sedih terus dong aku ga tegaaaa liatnya ya Allah 😭😭😭," tulis akun @90_rachmawitha.

"Sabar ya sayang mami pasti kembali kok di pelukan gala😭😭😭😭😭😭," tambah akun @ndari_067.

"Hug galaa😭.. abis mimik susu diberdirikan ya sambil ditepuk tepuk punggungnya, sehat sehat gala..," lanjut akun @adistimeistika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Petinggi FPI Ditangkap Polisi di Aceh, Ada Apa?

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh menangkap dan menahan seorang mantan petinggi organisasi kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Islam atau FPI karena diduga menyebarkan ujaran kebencian di media sosial.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Pol Margiyanta di Banda Aceh, Sabtu, mengaku pelaku berinisial Tgk AB. Tgk AB sudah ditetapkan sebagai tersangka menyebarkan ujaran kebencian di media sosial

"Tgk AB ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan terkait unggahan di akun Facebook pribadinya yang menyerang pemerintah dan institusi Polri. Yang bersangkutan mengaku pernah menjabat sekretaris ormas Front Pembela Islam (FPI-red)," kata Kombes Pol Margiyanta, dikutip Antara.

Perwira menengah Polri itu menyebutkan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri dan Polda Aceh sudah sudah lama memantau aktivitas tersangka di media sosial.

Kombes Pol Margiyanta menyebutkan tersangka diduga mengunggah video mengandung unsur ujaran kebencian terhadap institusi Polri terutama terhadap Kapolri di media sosialnya.

"Tersangka (mantan petinggi FPI) dijerat melanggar UU informasi dan transaksi elektronik. Penyidik juga sudah memeriksa sejumlah saksi termasuk ahli," ungkap Kombes Pol Margiyanta didampingi PS epala Subdirektorat V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kompol Mugi Prasetyo.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Minggu Ini: Percayakan pada Intuisi

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Minggu Ini periode 22 - 28 November 2020 selengkapnya

The Moon

Kartu tarot The Moon menggambarkan sisi intuisi yang cukup kuat, namun penuh rahasia dan misteri.

Dalam minggu ini percayalah pada intuisimu namun tetaplah waspada terhadap kejadian di sekelilingmu. Pilihlah yang baik dan berguna untukmu.

Bisnis dan Keuangan

Mengalir saja, belum ada pergerakan berarti. Ikuti alurnya.

 

Pekerjaan dan Kesehatan

Pekerjaan

Jaga kewarasan emosimu. Pekerjaan minggu ini bisa selesai dengan baik selama kamu cukup stabil menjaga kinerjamu. Buang emosi negatif dengan bijaksana.

Kesehatan

Perhatikan pola makan dan minumanmu. Hati-hati diabetes militus di usia muda. Gizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahatlah yang cukup..

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Curhatan Wanita yang Gagal Diterima Kerja karena Jerawat

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jerawat menjadi masalah kulit yang kerap dialami banyak orang khususnya wanita. Tak jarang jerawat membuat orang tidak percaya diri dengan penampilannya.

Belum lama ini seorang wanita bahkan harus menerima hal tak mengenakan lantaran jerawat.

Bagaimana tidak, dirinya curhat gagal diterima kerja karena jerawat yang diderita. Dia menceritakan pengalamannya tersebut lewat akun Tiktoknya @marta_f25.

"Gara-gara jerawat gagal dapat kerja," tulis Marta dalam captionnya.

Sudah Lulus Psikotest

foto: Tiktok @marta_f25
foto: Tiktok @marta_f25

Marta menjelaskan bahwa dirinya gagal diterima kerja padahal susah lolos psikotest. Dirinya pun sangat mempersiapkan diri untuk melakukan interview online.

Tak Diterima

foto: Tiktok @marta_f25
foto: Tiktok @marta_f25

Namun sayang dirinya tidak diterima usai melakukan interview online.

"Gagal diterima di tempat kerja gara-gara jerawat rasanyaaa. Padahal udah lolos psikotest dan sangat mempersiapkan diri waktu interview online," curhatnya.

Dia pun mengatakan bahwa sudah berusaha mengobati jerawat yang diderita namun belum membuahkan hasil.

"Nyalahin diri sendiri, nangis, dan berusaha juga mengobati tapi muka belom bersahabat."

Banjir Ucapan Semangat dari Warganet

@marta_f25

Gara-gara jerawat gagal dapet kerja#acnefigther #fyp

♬ original sound - Melisa Hart - Melisa Hart

Hingga kini video tersebut telah dilihat lebih dari 1,7 juta kali. Tak sedikit pengguna Tiktok lain yang memberikan semangat kepada Marta untuk jangan menyerah.

"Ka semangat yaaa," tulis akun @duhkepoyaa.

"Siapapun dan di mana pun kamu semnagat terus ya, jangan pernah menyerah dan kamu cantik kalau senyum," komentar @iloveyou3000tapiboong.

"Semangat ka," kata @asnalatubaa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions : Duel Penentuan Real Madrid vs Inter Milan 26 November

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jeda internasional rampung digelar tengah pekan lalu. Liga-liga top Eropa termasuk Liga Champions akan kembali dipertandingkan.

Tengah pekan nanti, Liga Champions akan memainkan match day keempat. Sejumlah pertandingan menentukan bakal digelar.

Salah satu partai yang dinantikan adalah Inter Milan vs Real Madrid di grup B, Kamis (26/11/2020) dinihari WIB.

Pada pertemuan pertama, Real Madrid sukses menjinakkan Inter Milan dengan skor 3-2. Kekalahan itu membuat Inter Milan ada di dasar klasemen grup B dan berpotensi angkat koper lebih dulu.

Antonio Conte sebagai pelatih Inter Milan tentu tak mau hal itu terjadi. Alhasil, Inter mau tak mau harus menang di laga match day ke-4 jika ingin membuka peluang lolos fase grup Liga Champions.

Match Day Penentuan

Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Bagi sejumlah klub, match day ke-4 memang menjadi penentuan nasib mereka. Bukan hanya bagi mereka yang terancam, klub yang tampil impresif pun bisa saja memastikan diri lolos ke fase 16 besar andai menang di match day ini.

Tercatat, ada Bayern Munchen, Liverpool, Manchester City, dan Barcelona yang mengantongi poin sempurna sembilan. Jika menang di match day ke-4, empat klub tersebut melenggang ke fase gugur.

Berikut jadwal Liga Champions match day ke-4.

Jadwal Liga Champions

Rabu, 25 November 2020

00.55 WIB: Krasnodar vs Sevilla

00.55 WIB: Rennes vs Chelsea

03.00 WIB: Lazio vs Zenit

03.00 WIB: Borussia Dortmund vs Club Bruges

03.00 WIB: Juventus vs Ferencvaros

03.00 WIB: Dynamo Kiev vs Barcelona

03.00 WIB: PSG vs RB Leipzig

03.00 WIB: MU vs Istanbul Basaksehir

Jadwal Selanjutnya

Kamis, 26 November 2020

00.55 WIB: Monchengladbach vs Shakhtar Donetsk

00.55 WIB: Olympiakos vs Manchester City

03.00 WIB: Bayern Munchen vs Salzburg

03.00 WIB: Atletico Madrid vs Lokomotiv Moscow

03.00 WIB: Inter Milan vs Real Madrid

03.00 WIB: Marseille vs Porto

03.00 WIB: Liverpool vs Atalanta

03.00 WIB: Ajax vs Midtjylland

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vaksin COVID-19 Moderna yang Manjur 94 Persen Akan Dijual Rp 350 Ribu

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Frankfurt - Moderna akan mengenakan biaya kepada pemerintah antara US $ 25 (Rp 354 ribu) dan US $ 37 (Rp 524 ribu) per dosis kandidat vaksin COVID-19, tergantung pada jumlah yang dipesan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif Stephane Bancel kepada mingguan Jerman Welt am Sonntag (WamS).

"Karena itu, biaya vaksin kami hampir sama dengan suntikan flu, yaitu antara US $ 10 dan US $ 50," katanya, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (22/11/2020). 

Seorang pejabat Uni Eropa yang terlibat dalam pembicaraan tersebut mengatakan Komisi Eropa ingin mencapai kesepakatan dengan Moderna untuk pasokan jutaan dosis kandidat vaksinnya dengan harga di bawah US $ 25 per dosis.

"Belum ada yang ditandatangani, tapi kami hampir mencapai kesepakatan dengan Komisi Uni Eropa. Kami ingin mengirimkannya ke Eropa dan sedang dalam pembicaraan konstruktif," kata Bancel kepada WamS. Ia juga menambahkan itu hanya "masalah hari" sampai kontrak akan siap dibuat.

Moderna mengklaim bahwa vaksin eksperimentalnya 94,5 persen efektif dalam mencegah COVID-19, berdasarkan data sementara dari uji klinis tahap akhir, menjadi pengembang kedua yang melaporkan hasil yang jauh melebihi harapan setelah Pfizer dan mitranya BioNTech.

UE juga telah melakukan pembicaraan dengan Moderna untuk vaksin COVID-19 eksperimental setidaknya sejak Juli.

Efektivitas Vaksin Moderna

Ilustrasi Vaksin
Ilustrasi Vaksin

Vaksin Moderna sebelumnya telah diklaim memiliki tingkat kemanjuran hingga hampir 95 persen.

Hasilnya semakin meningkat dengan hasil serupa dari Pfizer, dan menambah keyakinan yang semakin besar bahwa vaksin dapat membantu mengakhiri pandemi.

Baca berita lengkapnya di sini..

Infografis Vaksin COVID-19

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkumpulan Pengusaha CEO Indonesia Siap Bantu UMKM Jatim

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkumpulan pengusaha CEO Indonesia mengatakan bersedia memberi pembinaan bagi pelau usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jawa Timur.

"CEO Indonesia beranggotakan lebih dari seribu orang pengusaha dan direktur perusahaan yang cabang-cabangnya sudah merambah keluar negeri. Di antaranya telah membuka Chapter Australia, Malaysia, Singapura dan Vietnam," kata Ketua CEO Indonesia Chapter Jatim Ferry A Sangeroki kepada wartawan di Surabaya, Sabtu, 21 November 2020.

Selama dua hari, 21-22 November, CEO Indonesia menggelar "Family Gathering" di Surabaya, yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan istri Arumi Bachsin.

Menurut Ferry, CEO Indonesia akan berkomitmen membantu pemerintah untuk memulihkan kondisi perekonomian yang terdampak pandemi virus corona (COVID-19), dilansir dari Antara.

"Salah satunya kami siap membina pelaku UMKM di wilayah Jawa Timur," ujarnya.

Ferry mengungkapkan para pengusaha yang tergabung dalam CEO Indonesia sudah banyak "makan garam".

"Kami sering jatuh bangun dalam mengelola bisnis. Namanya pengusaha ya harus terus berusaha. Dari pengalaman tersebut kami siap membina UMKM untuk bangkit di tengah situasi sulit pandemi COVID-19. Salah satunya dengan membagikan 'knowledge' selain membantu pendanaan," ucapnya.

Dalam hal membantu pendanaan, Ferry menandaskan, pengusaha CEO Indonesia telah berpengalaman mengajukan pinjaman bank dengan jumlah nominal yang banyak.

"Pelaku UMKM biasanya terkendala jika ingin mengajukan pinjaman ke bank untuk modal usahanya. Maka akan kami bantu," ujarnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Mengajari Cara Ekspor

Pengunjung melihat produk dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Pameran ini menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat produk dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Pameran ini menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, Ferry menandaskan, para pengusaha CEO Indonesia telah berpengalaman dalam melakukan ekspor. "Kami juga akan bantu mengekspor produk-produk UMKM. Seperti masker yang kami pakai sekarang ini kan juga dari produk UMKM. Kami siap membantu memasarkannya ke luar negeri," katanya.

Menurut Ferry pelaku UMKM dari generasi milenial sangat kaya ide dan kreativitas.

"Banyak Start Up bermunculan dan kami tidak mau usaha mereka terhenti di tengah jalan. Maka kami yang memiliki banyak pengalaman akan membimbingnya agar usahanya terus berkembang. Kami ingin banyak unicorn bermunculan," ucapnya.

Salah satunya, upaya CEO Indonesia untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Jawa Timur diwujudkan melalui penandatangan MoU program pendidikan dengan Kadin Jatim yang berlangsung malam ini di Surabaya.

"Selanjutnya kami akan memberikan pelatihan secara daring kepada pelaku UMKM karena masih dalam situasi pandemi yang belum memungkinkan pertemuan tatap muka," ujar Ferry.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pertunjukan Akrobat Perjalanan Para Pedagang China

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Aksi para aktor dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini disuguhkan dalam Festival Seni dan Budaya Bangau Mahkota Merah ke-14 pada Jumat (20/11). (Xinhua/Yang Lei)
Aksi para aktor dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini disuguhkan dalam Festival Seni dan Budaya Bangau Mahkota Merah ke-14 pada Jumat (20/11). (Xinhua/Yang Lei)

Aksi para aktor dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini disuguhkan dalam Festival Seni dan Budaya Bangau Mahkota Merah ke-14 pada Jumat (20/11). (Xinhua/Yang Lei)

Sejumlah aktor menari saat tampil dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini menceritakan kembali perjalanan legendaris para pedagang China dari Dinasti Tang (618-907 M) di sepanjang Jalur Sutra. (Xinhua/Yang Lei)
Sejumlah aktor menari saat tampil dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini menceritakan kembali perjalanan legendaris para pedagang China dari Dinasti Tang (618-907 M) di sepanjang Jalur Sutra. (Xinhua/Yang Lei)

Sejumlah aktor menari saat tampil dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini menceritakan kembali perjalanan legendaris para pedagang China dari Dinasti Tang (618-907 M) di sepanjang Jalur Sutra. (Xinhua/Yang Lei)

Para aktor saat tampil dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini disuguhkan dalam Festival Seni dan Budaya Bangau Mahkota Merah ke-14 pada Jumat (20/11). (Xinhua/Yang Lei)
Para aktor saat tampil dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini disuguhkan dalam Festival Seni dan Budaya Bangau Mahkota Merah ke-14 pada Jumat (20/11). (Xinhua/Yang Lei)

Para aktor saat tampil dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini disuguhkan dalam Festival Seni dan Budaya Bangau Mahkota Merah ke-14 pada Jumat (20/11). (Xinhua/Yang Lei)

Aksi para aktor dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini menceritakan kembali perjalanan legendaris para pedagang China dari Dinasti Tang (618-907 M) di sepanjang Jalur Sutra. (Xinhua/Yang Lei)
Aksi para aktor dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini menceritakan kembali perjalanan legendaris para pedagang China dari Dinasti Tang (618-907 M) di sepanjang Jalur Sutra. (Xinhua/Yang Lei)

Aksi para aktor dalam pertunjukan akrobat di Wilayah Sheyang di Yancheng, Provinsi Jiangsu, China timur (20/11/2020). Pertunjukan ini menceritakan kembali perjalanan legendaris para pedagang China dari Dinasti Tang (618-907 M) di sepanjang Jalur Sutra. (Xinhua/Yang Lei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mantan Pramugari Berwiraswasta Berjualan Roti Canai

Posted: 21 Nov 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan pramugari sebuah perusahaan penerbangan memilih  keluar dari tempat kerjanya dan berwiraswasta berjualan roti Canai. Kisah wanita mantan pramugari ini viral di sosmed, dan membuat jualannya laris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamatkan Siswa yang Tenggelam di Sungai, Aksi Diplomat Ini Banjir Pujian

Posted: 21 Nov 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya akan refleks membantu orang lain yang mendapatkan masalah atau jika terjadi suatu 'kecelakaan'. Tak pandang strata sosial, seseorang akan melakukan apa saja jika melihat orang lain terluka atau mendapatkan masalah.

Seseorang yang memiliki jabatan tinggi, yang kemudian rela membantu orang lain yang kesusahan kerap menuai pujian dari warganet. Aksi yang dilakukannya tentunya membuat salut bahkan tak terduga. Seperti yang dilakukan oleh seorang diplomat, yang di mana diplomat ini langsung menolong seorang siswa yang tenggelam di sungai tanpa bantuan apapun.

Aksinya ini kemudian banjir pujian dari warganet. Dalam video singkat berdurasi 2 menit, terlihat seorang diplomat melepas sepatunya, menyelam ke dalam air, dan berhasil mencapai wanita itu dengan cepat.

"Berkat penyelamatan, siswa tersebut nyawa siswa tersebut dapat tertolong dan sadar dari pingsannya," lapor kantor berita pemerintah China Xinhua.

Aksi diplomat yang menginspirasi dan banjir pujian ini dilansir Liputan6.com dari akun Twitter @ukinchina dan indiatimes pada Minggu, (22/11/2020).

Aksi Diplomat Menyelamatkan Siswa yang Tenggelam

Aksi Diplomat. (Sumber: Twitter/ @ukinchina)
Aksi Diplomat. (Sumber: Twitter/ @ukinchina)

Aksi diplomat menyelamatkan siswa yang tenggelam ini diunggah di akun Twitter @ukinchina pada 17 November 2020. Aksi yang dilakukan oleh diplomat yang bernama Stephen Ellison ini kemudian banjir pujian dari warganet dan sudah dilihat oleh 800 ribu orang.

Stephen Ellison (61) yang bekerja di konsul jenderal di Chongqing, sedang berjalan di tepi sungai di desa terdekat ketika wanita berusia 24 tahun terpeleset ke dalam sungai yang dalam. Stephen Ellison dipuji sebagai pahlawan di China setelah videonya menyelamatkan seorang siswa dari sungai yang meluap, menayangkan puluhan juta tayangan di media sosial.

"Hormat kepada Stephen Ellison, Konsul Jenderal Inggris yang baru di Chongqing. Namanya akan diingat tidak hanya di daerah Chongqing tetapi di seluruh China. Tindakan kepahlawanan dan kebaikannya akan menjadi kisah yang banyak diceritakan & tersebar luas tentang persahabatan China-Inggris," kata Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming, memuji diplomat Inggris.

 

Dalam video berdurasi 2 menit itu, terlihat seorang wanita tenggelam di sungai dan terlihat sepertinya dirinya tak sadarkan diri. Banyak orang yang melihat kejadian tersebut, namun tidak ada yang berani turun untuk menolong wanita tersebut. Rupanya sungai tersebut cukup dalam sehingga tidak ada yang berani untuk turun ke sungai dan menolong wanita tersebut.

Berselang beberapa menit terlihat seorang pria melepas sepatunya dan kemudian mencemburkan diri ke sungai untuk menolong wanita tersebut. Rupanya pria tersebut adalah Stephen Ellison yang merupakan seorang diplomat Inggris. Aksi yang dilakukannya ini diunggah di akun Twitter @ukinchina yang dimana kemudian viral dan sudah ditonton sampai 800 ribu pengguna Twitter.

Setelah diplomat ini menceburkan diri ke sungai, dirinya langsung membawa wanita tersebut ke tepi dengan bantuan alat pelindung. Aksinya tersebut kemudian banjir pujian dari warganet dan juga masyarakat yang melihat aksinya tersebut.

Komentar Warganet

Aksi Diplomat. (Sumber: Twitter/ @ukinchina)
Aksi Diplomat. (Sumber: Twitter/ @ukinchina)

Banyak warganet yang membubuhkan komentar di kolom komentar video berdurasi 2 menit. Video yang diunggah oleh akun Twitter @ukinchina ini sudah ditonton oleh sebanyak 800 ribu pengguna Twitter. Tentunya banyak warganet yang salut dengan aksi yang dilakukan oleh Stephen Ellison ini. Pasalnya, jika tidak ditolong dengan cepat akan membuat wanita tersebut kehilangan nyawanya karena tidak bisa bernapas.

"Beruntung orang ini ada di dekatnya, kalau tidak akan ada kabar duka, itu saja." tulis @RealthyTao

"Kerja bagus Stephen Ellison karena terjun dan menyelamatkan wanita muda itu, saya yakin dia sangat berterima kasih;))" tulis pengguna Twitter @Tinkerbell32112

"Menghargai usaha yang dilakukan Stephen. Saya sangat sedih karena tidak ada orang di tempat kejadian melompat ke sungai untuk menyelamatkan gadis itu." tulis @jinbeidu

"Pria baik! terima kasih telah melakukan ini." tulis @c0o04eXxpJDyA7g.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Sakit, Polisi Minta Rizieq Shihab Lakukan Tes Swab

Posted: 21 Nov 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai menggelar sejumlah acara pasca kepulangannya dari Arab Saudi, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dikabarkan tengah sakit.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono mengatakan pihaknya bersama sejumlah elemen keamanan lain mengunjungi kediaman Rizieq Shihab, Sabtu malam (21/11/2020). Kedatangannya ke sana tak ditemui langsung oleh pimpinan FPI itu.

"Jadi begini saya beserta tiga pilar dari kepolisian dan koramil dengan Satpol PP dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa baru saja mendatangi rumah beliau. Karena kan sekarang ini yang beredar kan Pak Habib nih sakit nih kami ke sana. Tetapi tidak bisa langsung ketemu dengan beliau. Kami ketemu dengan salah satu petugas yang ada di situ, yaitu Ustad Yono," terang Margiyono, Minggu (22/11/2020).

Di sana, pihaknya pun meminta Rizieq Shihab untuk melakukan swab test lantaran sakit usai menggelar kerumunan beberapa hari yang lalu. Saran itu, sebut Margiyono diterima oleh pihak Rizieq namun belum pasti akan kapan dilakukan.

"Belum ada jadwal itu, ya menerima saran kami cuman kapannya gitu atau mau atau tidak ya kami belum bisa belum ada jawaban," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Rizieq Shihab Istirahat

Margiyono menerangkan, bahwa pihak Rizieq yang ditemui tak menyebut bahwa pimpinan FPI itu tengah isolasi mandiri. Akan tetapi hanya mengatakan sedang beristirahat.

"Nggak, nggak ada (isolasi mandiri). Dari keterangan dari dalam bahwa beliaunya lagi istirahat. Jadi tidak menerangkan. Bahwa beliau isolasi mandiri tidak. Keterangannya mereka atau beliau itu sedang istirahat sedang tidak bisa menerima tamu," sebut Margiyono.

Ia tak tahu pasti sampai kapan Rizieq akan beristirahat.

"Tidak ada keterangan seperti itu, nggak ada," tutup dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Terjadi di DKI dalam Seminggu ke Depan

Posted: 21 Nov 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu dan di Laut Jawa selatan Kalimantan yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan utara Aceh.

Yaitu mulai dari Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, di Selat Karimata bagian utara, Papua bagian barat hingga Maluku bagian selatan, serta dari Kalimantan Tengah hingga Selat Karimata bagian selatan. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Minggu (22/11/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi Cuaca Ekstrem dan hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jawa Barat dan Daerah Lainnya

Daerah lainnya, adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ujar Guswanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dialog Dengan Santri, Syarief Hasan: Tugas Pertama adalah Menuntut Ilmu Dunia dan Ilmu Akhirat

Posted: 21 Nov 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan mengingatkan, sebagai generasi muda Indonesia santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) di Indonesia mesti memiliki kesadaran yang kuat bahwa mereka menjadi tumpuan harapan bangsa ke depan. Bahkan, tampuk kepemimpinan daerah dan nasional akan ada di pundak mereka nanti.

Beban dan tangung jawab mulia tersebut, tentu saja sangat berat. Apalagi tantangan bangsa ke depan makin besar dan kompleks. Untuk itu, generasi muda mesti mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini dengan mempelajari, memahami dan menjalankan apa yang menjadi tugas utama mereka sebagai generasi muda bangsa.

"Tugas pertama adalah menuntut ilmu dunia dan ilmu akhirat. Mempelajari pengetahuan umum serta teknologi untuk meningkatkan intelektualisme dan mendalami nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka meningkatkan karakter serta jiwa nasionalisme adalah ilmu dunia, sedangkan ilmu akhirat adalah menggali agama," ujarnya.

Hal tersebut disampaikannya di hadapan ratusan santriwan dan santriwati Ponpes Al-Uzlah Cianjur, peserta acara Temu Tokoh Nasional bersama Wakil Ketua MPR Syarief Hasan di aula Ponpes Al-Uzlah, desa Ciherang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (21/11).

Hadir dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut, Pimpinan Ponpes KH. Aceng Yazid, Ketua Forum Komunikasi Orang Tua Murid Nanang Sutarja, Wakil Kepala Sekolah SMPIT Al-Uzlah Iden Mulyadi serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Tugas kedua, lanjut Pimpinan MPR dari partai Demokrat yang biasa disapa Syarief Hasan ini adalah menghormati para Kyai, ustadz, ustazah, guru karena merekalah pemberi ilmu.

"Tanpa mereka generasi muda berkualitas tidak akan muncul," tambahnya.

Diungkapkan Syarief Hasan, para pemuda harus berbangga diri, sebab saat ini Indonesia memiliki jumlah penduduk usia muda produktif yang sangatlah besar. Potensi luarbiasa ini jika dikelola dengan baik, maka sangatlah mungkin Indonesia akan menjadi negara kuat dan kaya.

"Negara-negara lain sampai iri dengan potensi kita itu. Sebab, mereka sadar bahwa salah satu syarat utama sebuah negara menjadi besar adalah kuat sumber daya manusianya. Mereka melihat Indonesia memilikinya," ujarnya.

Maka dari itu, Syarief Hasan mengajak generasi muda termasuk para santri untuk berbenah diri. Mulailah, dari diri sendiri.

"Semangatlah dalam menjalani hidup, belajarlah yang rajin, jangan putus asa dan rendah diri jika gagal. Teruslah meraih mimpi dengan upaya dan doa semaksimal mungkin," ucapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lift Outdoor Tertinggi di Dunia Angkut Turis ke Puncak Tebing Avatar dalam 88 Detik

Posted: 21 Nov 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjulang setinggi lebih dari 300 meter di atas tebing yang menginspirasi lanskap film blockbuster Avatar, lift outdoor tertinggi di dunia memungkinkan wisatawan melihat pemandangan menakjubkan. Waktu tempuh tiga elevator dua tingkat di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie China ini tercatat hanya 88 detik.

Melansir laman South China Morning Post, Jumat (20/11/2020), keberadaannya menjelma jadi daya tarik saat pariwisata domestik perlahan pulih usai dipaksa berhenti total pada awal tahun ini akibat COVID-19. Lift outdoor tersebut dideskripsikan mengantarkan wisatawan ke puncak tebing yang mengilhami hutan fiksi Pandora, rumah bagi orang-orang Na'vi, dari film sukses James Cameron tersebut.

"Salah satu alasan utama kami datang adalah situs tersebut menginspirasi (film) Avatar," kata Qiao Ke yang melakukan perjalanan bersama keluarganya. "Film itu benar-benar membuat kami terkesan, dan sangat indah di sini."

Liu Jie, direktur perusahaan yang mengelola lift, mengatakan bahwa struktur geologi daerah itu cocok menggunakan lift outdoor untuk transportasi. "Jadi, kami membuat Lift Bailong ini," katanya menjelaskan lift yang namanya berarti "Ratusan Naga" tersebut.

"Sebelumnya hanya ada cable car dengan kapasitas terbatas, sehingga wisatawan harus menunggu lama," tambah Liu. Alternatif lain adalah berani mendaki selama tiga jam dengan berjalan kaki.

"Ini sangat cepat," kata pensiunan Jin Shihao setelah mengeluarkan uang 129 yuan (Rp279 ribu) untuk tiket pulang pergi. Sekitar delapan ribu turis naik lift outdoor ini setiap hari. Namun, jumlahnya masih turun secara signifikan dari rata-rata 14 ribu sebelum pandemi.

Sedot Perhatian Turis Lewat Pembangunan Landmark

Lift oudoor tertinggi di dunia untuk angkut turis ke puncak 'Tebing Avatar' di Taman Zhangjiajie, Provinsi Hunan, Tiongkok. (WANG ZHAO / AFP)
Lift oudoor tertinggi di dunia untuk angkut turis ke puncak 'Tebing Avatar' di Taman Zhangjiajie, Provinsi Hunan, Tiongkok. (WANG ZHAO / AFP)

Berbicara sektor pariwisata di Tiongkok, pembangunan landmark maupun fasilitas tertentu sudah cukup lama jadi andalan untuk menyedot minat turis. Termasuk di dalamnya patung raksasa maupun jembatan gantung transparan yang menguji adrenalin.

Sementara beberapanya mengundang respons positif, ada juga pembangunan yang menuai pro-kontra. Otoritas perencanaan kota di Jingzhou, Provinsi Hubei, sempat ditempatkan di bawah pengawasan atas patung setinggi 57 meter dengan berat 1,2 ribu ton di area kota kuno.

Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan Tiongkok mendesak pemerintah kota mengambil langkah-langkah memerbaiki masalah, termasuk fondasi patung yang runtuh dan pengaruh tak menguntungkan.

Patung itu menggunakan Guanyu, seorang jenderal legendaris yang kalah dalam pertempuran terkenal selama periode Tiga Kerajaan (220-280), sebagai model.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Pernikahanku Berantakan Bagai Kapal Pecah, Minggu 22 November 2020

Posted: 21 Nov 2020 08:30 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer: MU Bermain di Bawah Standar Saat Kalahkan West Bromwich

Posted: 21 Nov 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mengalahkan West Bromwich Albion di pekan kesembilan Liga Inggris. Setan Merah menang 1-0 di Old Trafford, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

Gol kemenangan MU dicetak Bruno Fernandes melalui tendangan penalti di menit ke-56. Bagi pasukan Ole Gunnar Solskjaer, ini merupakan kemenangan kandang pertama di Liga Inggris.

Hasil ini membawa MU naik ke posisi sembilan klasemen sementara. Dengan 13 poin, Setan Merah kini terpaut tujuh poin dari Tottenham yang berada di puncak klasemen. Tetapi, MU masih punya tabungan satu laga.

Sementara itu, Solskjaer mengaku lega dengan kemenangan MU. Namun, juru taktik asal Norwegia itu menilai penampilan anak asuhnya tidak sebagus saat mengalahkan Everton pada 7 November lalu.

 

 

Komentar Solskjaer

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Lanjutan Liga Inggris di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu (21/11/2020). MU menang tipis atas West Bromwich Albion 1-0. (Alex Livesey / Pool via AP)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Lanjutan Liga Inggris di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu (21/11/2020). MU menang tipis atas West Bromwich Albion 1-0. (Alex Livesey / Pool via AP)

"Ini jelas bukan langkah maju," kata Solskjaer kepada wartawan usai pertandingan seperti dikutip Goal.

"Dari segi performa, kami bermain sangat baik melawan Everton, itu adalah penampilan yang sangat saya sukai. Tetapi, yang ini jauh di bawah standar. Tapi, kami mendapatkan kemenangan pertama di kandang."

"Terkadang tiga poin lebih penting daripada performa. Kami tahu kami perlu mendapatkan poin dan naik klasemen dan kami harus bermain lebih baik."

 

 

Tidak Mudah

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes ke gawang West Bromwich Albion pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (22/11/2020). MU menang dengan skor 1-0. (Martin Rickett/Pool via AP)
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes ke gawang West Bromwich Albion pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (22/11/2020). MU menang dengan skor 1-0. (Martin Rickett/Pool via AP)

Solskjaer mengatakan pertandingan pertama setelah jeda internasional tidak pernah mudah. Pasalnya, tidak banyak waktu untuk mempersiapkan pertandingan.

"Kami tahu kami bisa bermain lebih baik dari ini dan tentu saja bisa membuatnya nyaman jika kami mengambil peluang di awal dan menjelang akhir," ujarnya.

"Jika Anda tidak melakukannya, selalu ada keunggulan. Penting untuk meraih kemenangan, tapi kami tidak memiliki ketenangan atau kualitas untuk mendapatkan gol kedua yang akan membuatnya lebih nyaman," pungkas Solskjaer.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INFOGRAFIS: 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19

Posted: 21 Nov 2020 08:19 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga jarak dan menghindari kerumunan menjadi salah satu seruan gerakan 3M mencegah penularan Covid-19. Selain menjaga jarak, setiap orang harus memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer.

Menjaga jarak dianjurkan minimal 1 meter hingga 2 meter untuk menekan risiko penularan Covid-19. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan jaga jarak 2 meter.

Dilansir akun Facebook @satgascovid19.id, upaya tersebut harus lebih ketat dilakukan terhadap beberapa kelompok. Terutama yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

Siapa saja masuk kelompok harus dilindungi saat menjaga jarak mencegah Covid-19? Simak dalam Infografis berikut ini:

Infografis

Infografis 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

AYO DIPATUHI

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Potret Pernikahan Denny Sumargo dan Olivia Allan, Berkonsep Outdoor

Posted: 21 Nov 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sempat batal menikah dengan Dita Soedarjo beberapa tahun lalu, pebasket sekaligus aktor Denny Sumargo akhirnya resmi melepas status lajangnya.

Pada Sabtu (21/11/2020) kemarin, Denny Sumargo resmi mempersunting wanita bernama Olivia Allen. Pernikahan pria yang akrab disapa Densu ini pun berlangsung cukup tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga serta sahabat terdekat saja.

Meski begitu, pria kelahiran 11 Oktober 1981 ini juga membagikan potret pernikahannya melalui akun Instagram pribadinya. Melalui live Instagram, Denny Sumargo pun terlihat begitu menawan dengan menggunakan setelan jas berwarna putih saat melakukan pemberkatan. Bahkan, Olivia sang mempelai wanita juga begitu memukai dengan gaun panjangnya yang berwarna senada dengan Denny Sumargo.

Pernikahan Densu dan Olivia sendiri berkonsep outdoor dengan dekorasi yang begitu cantik. Pemberkatan dan resepsi pun diketahui Horison Green Forest Bandung.

Penasaran bagaimana potret pernikahan Densu dan Olivia Allen? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret pernikahan Denny Sumargo dengan Olivia Allen, Minggu (22/11/2020).

1. Sebelumnya, Denny Sumargo memang menyembunyikan sosok kekasih di hadapan publik sebelum resmi menikah.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/oliviasumargo)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/oliviasumargo)

2. Resmi berstatus sebagai suami dari Olivia, Densu pun mengunggah foto sang istri yang terlihat begitu memesona pada akun Instagram pribadinya.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/sumargodenny)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/sumargodenny)

3. Keduanya pun terlihat melakukan pemberkatan pernikahan dengan penuh khidmat.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

4. Ekspresi bahagia pun tak lepas dari wajah keduanya.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/tashasiahaan)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/tashasiahaan)

5. Memilih melakukan pernikahan dengan konsep outdoor, penampilan Densu dan Olivia juga menarik perhatian publik.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

6. Pernikahan Denny Sumargo dan Olivia ini pun berlangsung dengan penuh haru bahagia.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

7. Keduanya juga terlihat melakukan adat Tionghoa saat pernikahan berlangsung.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

8. Denny Sumargo dan Olivia pun tampil serasi dengan busana berwarna putih.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

9. Resepsi yang diadakan keduanya pun berlangsung cukup meriah dengan dekorasi cantiknya.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

10. Memilih konsep outdoor, pernikahan keduanya hanya dihadiri kerabat terdekat saja.

Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)
Denny Sumargo dan Olivia Allen (Sumber: Instagram/indigosixphotoworks)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Warganet Berduka untuk Ricky Yacobi hingga Fitur Baru PUBG Mobile

Posted: 21 Nov 2020 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan duka untuk pemain legenda timnas Indonesia Ricky Yacobi yang mengalir deras di dunia maya, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (21/11/2020).

Tak hanya itu, pembaca juga menyoroti dua artikel lainnya, seperti 25 password terburuk pada 2020 dan fitur baru di PUBG Mobile.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Ucapan Duka dari Warganet Mengalir di Twitter

Sebuah kabar duka datang dari dunia sepak bola Tanah Air yang ditinggalkan oleh salah satu pemain legendanya, Ricky Yacobi.

Pemain legendaris timnas Indonesia era 80-an tersebut menghembuskan nafas terakhirnya, Sabtu (21/11/2020) pagi WIB.

Sebelum meninggal dunia, Ricky Yacobi diketahui tengah mengikuti kegiatan pertandingan sepak bola di kawasan Senayan, Jakarta.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Ini 25 Password Terburuk pada 2020, Ada yang Kamu Pakai?

Setiap tahunnya, perusahaan keamanan mengumumkan berbagai laporan soal bagaimana cara hacker memperoleh informasi penting pengguna internet.

Entah saat berkunjung ke situs web, membuka email, atau mengeklik link di aplikasi olah pesan, warganet harus ekstra hati-hati bilamana tidak ingin menjadi korban peretasan.

Meski begitu, banyak warganet masih bertindak cerobah menggunakan kombinasi kata yang mudah ditebak (terburuk) sebagai password untuk melindungi akun online mereka.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Ini 4 Fitur Baru di PUBG Mobile yang Patut Kamu Ketahui

Tencent dan PUBG Corp baru saja meluncurkan pembaruan untuk gim battle royale andalan mereka, yakni PUBG Mobile.

Digulirkan secara global pada 11 November 2020, PUBG Mobile versi 1.1 menawarkan berbagai macam fitur baru, dan konten kolaborasi dengan perusahaan pembuat gim Metro Exodus.

Dalam update PUBG Mobile patch 1.1 ini, kami ingin terus memberikan pengalaman terbaik kepada para pemain," ujar Jenny, Manajer Pemasaran PUBG Mobile, di dalam keterangan resminya, Sabtu (21/11/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Tatap Muka di Kota Bogor Dikaji Ulang Bila Kasus Covid-19 Terus Bertambah

Posted: 21 Nov 2020 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan akan mengkaji ulang pembelajaran tatap muka apabila di sekolah ditemukan kasus Covid-19.

"Jika ada kasus di suatu sekolah atau sekolah tertentu kita akan tinjau kebijakan di situ. Tergantung kepada kondisinya per sekolah, jadi tidak berlaku secara umum," ujar Bima, Sabtu 21 November 2020.

Begitu pula bila kasus Covid-19 bertambah masif di lingkungan sekolah, maka Pemkot Bogor akan mengkaji ulang secara menyeluruh.

"Kalau bertambahnya kasus karena diberlakukannya pembelajaran tatap muka, tentu saja akan dievaluasi kebijakan ini," terangnya.

Sebelum pembelajaran tatap muka dibuka, Pemkot Bogor melakukan test swab terhadap tenaga pengajar dan pegawai sekolah. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan mereka di sekolah.

Pemkot Bogor berencana membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah pada 11 Januari 2021 mendatang. Hal ini menindaklanjuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di sekolah awal tahun 2021 mendatang.

"Kita pastikan 11 Januari 2021 dimulai sekolah tatap muka, tetapi dilakukan secara bertahap dan khusus bagi sekolah yang siap sarana prasarana pendukung protokol kesehatan," terangnya.

Selain itu, sekolah yang diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka apabila sudah mendapat persetujuan dan kesepakatan serta mendapatkan izin dari Pemkot Bogor, komite sekolah dan kepala sekolah. Apabila sudah siap, pihak sekolah dapat mengajukan permohonan belajar tatap muka ke Pemkot Bogor.

"Artinya, kalau hanya kepala sekolah saja tanpa didukung komite sekolah, itu tidak bisa. Jadi, komite sekolah dalam hal ini orangtua adalah unsur yang penting, yang harus memberikan izinnya," terangnya.

Bagi orangtua yang tidak mengizinkan anaknya mengikuti kegiatan belajar tatap muka saat pandemi covid-19, bisa mengajukan permohonan. Untuk peserta didik yang memilih untuk belajar dari rumah tetap difasilitasi dengan metode pembelajaran jarak jauh.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Boleh Tetap di Rumah

"Izin dari komite sekolah dan orangtua murid adalah hal yang utama. Prinsip kita adalah kesehatan dan keselamatan," terangnya.

Terkait metode pembelajaran, Bima menjelaskan, akan menerapkan pola hybrid learning. Memadukan antara pembelajaran dari rumah dan pembelajaran tatap muka.

"Jadi kombinasi antara tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Dan pastinya tidak akan full. Jumlah siswa yang belajar tatap muka 30-50 persen dari kapasitas kelas," beber Bima.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya, Penuh Kehangatan

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keluarga kecil Sultan Djorghi dan Annisa Trihapsari kerap menjadi perhatian publik. Menjadi seorang publik figur tak heran jika keluarga pasangan ini tak jauh dari sorotan. Tentunya sudah banyak yang tahu bahwa sebelum Annisa Trihapsari menikah dengan Sultan Djorghi, dirinya pernah membangun biduk rumah tangga bersama Adjie Pangestu.

Annisa Trihapsari menikah dengan Adjie Pangestu pada tahun 1999, namun pada tahun 2002 hubungan keduanya harus berakhir dengan perceraian. Dari pernikahannya, Annisa Trihapsari dan Adjie Pangestu dikaruniai anak laki-laki bernama Muhammad Rafi Akbar Pangestu. Pada tahun 2007, aktris kelahiran 1976 ini menikah dengan Sultan Djorghi dan dikaruniai putri cantik bernama Aquene Aziz Djorghi.

Kini, Muhammad Rafi Akbar Pangestu ikut sang ibunda dan tinggal bersama ayah sambungnya yakni Sultan Djorghi. Walaupun anak sambung, namun kebersamaan Rafi Pangestu dan Sultan Djorghi selalu terlihat hangat seperti anak kandung. Hubungan keluarga antara Annisa Trihapsari dan Adjie Pangestu pun tetap rukun dan harmonis.

Rafi Pangestu dan Sultan Djorghi cukup sering habiskan waktu bersama. Keluarga kecil ini kerap terlihat liburan bersama hingga luar negeri. Annisa Trihapsari dan Sultan Djorghi juga cukup sering mengunggah kehangatan keluarga kecil mereka di akun Instagram masing-masing.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang momen kebersamaan Sultan Djorghi dan anak sambungnya yang selalu kompak, Minggu (22/10/2020).

1. Begini kebersamaan Sultan Djorghi dan anak sambungnya, Rafi Pangestu yang selalu kompak. Keduanya terlihat seperti kakak adik ya.

Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)
Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)

2. Walaupun beda ayah, Rafi Pangestu juga terlihat sangat dekat dengan adik sambungnya yakni Aquena Aziz Djorghi.

Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)
Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)

3. Aktor berusia 44 tahun ini memang cukup sering mengunggah kebersamaan bareng anak sambungnya.

Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)
Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)

4. Ini adalah momen manis Adjie Pangestu, Sultan Djorghi, dan Annisa Trihapsari kompak menghadiri wisuda Rafi Pangestu.

Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)
Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)

5. Kehangatan Sultan Djorghi dan anak sambungnya kerap menuai pujian dari warganet dan tak jarang disebut menjadi inspirasi.

Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)
Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)

6. Dalam berbagai momen keluarga kecil ini selalu terlihat kompak. Ini adalah momen hangat Sultan Djorghi bareng buah hatinya.

Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)
Momen Kebersamaan Sultan Djorghi dan Anak Sambungnya. (Sumber: Instagram.com/djorghisultan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Vaksin Covid-19, Disuntikkan Awal 2021 dan Tak Semua Dapat Gratis

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan vaksin Covid-19 menjadi hal yang paling dinantikan oleh masyarakat dunia maupun Indonesia. Mengingat jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 terus meningkat. 

Pada Sabtu 21 November 2020 kemarin, jumlah penambahan kasus baru Covid-19 mencapai 4.998 orang. Sehingga total akumulatif kasus positif di Indonesia kini di angka 493.308 orang.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun mengatakan bahwa pemerintah mengupayakan vaksin Covid-19 bisa tiba di Indonesia pada akhir November 2020. Nantinya, vaksin yang tiba bisa berupa vaksin jadi atau berbentuk bahan baku.

Bagaimana perkembangansoal vaksin Covid-19 di Indonesia? Berikut rangkumannya mengenai fakta-fakta vaksin Covid-19 di Indonesia, Minggu (22/11/2020):

1. Jokowi: Akses Vaksin Covid-19 Harus Tersedia untuk Semua Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, saat ini terdapat beberapa hal yang perlu menjadi fokus perhatian negara-negara G20 di tengah situasi pandemi. Salah satunya yaitu pemulihan kesehatan.

"Dunia tidak akan sehat kecuali semua negara sudah sehat. Vaksin adalah salah satu amunisinya," ujar Jokowi dalam sesi pertama KTT G20 yang bertemakan 'Mengatasi Pandemi serta Memulihkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan' melalui siaran virtual, Sabtu (21/11/2020).

Dia menjelaskan, akses terhadap vaksin Covid-19 harus dapat tersedia bagi semua negara tanpa terkecuali. Komitmen politik negara-negara G20 sangat dibutuhkan untuk memobilisasi pendanaan global bagi pemulihan kesehatan.

Jokowi juga mengatakan perlunya dukungan untuk pemulihan ekonomi dunia. Terkait hal tersebut, Jokowi mengatakan Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) telah meminta dukungan dana sebesar USD 2,5 triliun agar negara berkembang mampu keluar dari keterpurukan ekonomi dengan memperluas ruang fiskalnya.

Pemulihan ekonomi dunia tersebut memerlukan perhatian negara-negara G20. Salah satunya soal bantuan restrukturisasi utang untuk negara berpendapatan rendah.

"Restrukturisasi utang ini harus dibarengi dengan ditingkatkannya manajemen utang termasuk transparansi data dan dijaganya keberlanjutan fiskal," ungkap Jokowi.

Selain itu, dukungan yang luar biasa bagi kebijakan fiskal, moneter, dan sektor keuangan menjadi sangat penting untuk terus diberikan bagi negara-negara berkembang. Jokowi menilai apabila dukungan tersebut dikurangi secara terburu-buru, maka pemulihan ekonomi dunia dikhawatirkan akan berjalan dalam waktu yang lama.

"Keleluasaan fiskal negara berkembang dibutuhkan untuk membiayai social safety net, mendongkrak konsumsi domestik, serta menggerakkan ekonomi kecil dan menengah," tuturnya.

 

2. Pemerintah Tak Sembarang Berikan Vaksin Covid-19

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, pemerintah terus berupaya melakukan tugas luar biasa dalam penanganan Covid-19. Hasilnya, melihat tren dengan bukti data dan fakta, ia mengatakan penanganan pandemi di Indonesia semakin hari semakin baik.

"Tingkat kesembuhan kita dibandingkan tingkat kesembuhan dunia, kita jauh lebih baik. Memang ada hal yang sangat sensitif, yaitu tingkat daripada fatality atau kematian kita masih tinggi dibandingkan dunia," kata Erick dalam sesi teleconference, Sabtu (21/11/2020).

Oleh karena itu, ia menambahkan, pemerintah terus bekerja keras lewat program Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh. Program Indonesia Sehat disebutnya jadi prioritas utama. Salah satunya mengenai program pengadaan vaksin Covid-19.

"Tetapi tentu seperti stigma Bapak Presiden (Jokowi) bahwa vaksinasi yang akan dilakukan di Indonesia pasti melakukan proses yang sangat hati-hati sesuai dengan standar WHO," tegasnya.

Dengan begitu, ia berkomitmen agar proses vaksinasi bisa berjalan dengan baik. Vaksinasi dinilainya bakal menekan angka penularan sekaligus memperkecil fatality rate atau angka kematian.

"Karena setiap hari tentu ada saja bapak yang kehilangan istrinya, anak yang kehilangan orang tuanya, dan tentu ini sesuatu yang sangat prihatin," ujar Erick Thohir.

"Keselamatan rakyat Indonesia jadi hal yang utama. Setelah itu tentu kalau kita bisa me-manage Covid-19 ini dengan baik, baru kita bicara tentunya ekonomi. Tidak bisa kebalik-balik," tandasnya.

 

3. Pemerintah diminta harus Edukasi Masyarakat soal vaksin palsu

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, Moskow, Rusia, 6 Agustus 2020. Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin pada 11 Agustus 2020, negaranya telah mendaftarkan vaksin COVID-19 pertama di dunia. (Xinhua/RDIF)
Vaksin COVID-19 yang dikembangkan laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, Moskow, Rusia, 6 Agustus 2020. Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin pada 11 Agustus 2020, negaranya telah mendaftarkan vaksin COVID-19 pertama di dunia. (Xinhua/RDIF)

Pemerintah berencana memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat pada awal 2021. Namun tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin tersebut secara gratis.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menganggap, skema penyaluran vaksin Covid-19 ini masih menyisakan celah. Menurutnya, pemerintah perlu mengedukasi masyarakat demi menghindari penyebaran barang palsu.

"Sekarang yang kita tahu kan dijualnya mahal, hanya orang-orang tertentu yang bisa. Untuk itu nanti yang murah dijual, yang bikin itu palsu atau pasar gelap. Kemungkinan itu harusnya sudah diantisipasi dari jauh-jauh hari," kata Agus kepada Liputan6.com, Sabtu (21/11/2020).

"Jadi Erick Thohir (dan Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) sudah punya tools bagaimana cara pencegahannya, karena ini kan perdagangan jasa," dia menambahkan.

Tanpa ada penjelasan rinci, masyarakat akan kesulitan untuk bisa membedakan mana vaksin Covid-19 yang terverifikasi, dan mana barang palsu yang berasal dari pasar gelap atau black market.

"Jadi intinya pemerintah harus jelasin kalau masyarakat mau dapat yang asli dimana. Kan itu juga membingungkan, apakah di puskesmas, dimana itu, pembagian wilayahnya dimana. Kemudian bayar atau tidak, atau masuk BPJS. Hal-hal ini yang belum dibahas," imbuhnya.

Agus menekankan, pemerintah juga perlu tegas dalam menindaki oknum penyebar vaksin Covid-19 palsu. Siapapun yang memalsukan itu harus diadili.

"Jangan cuman basa-basi nanti dimasukin penjara tapi kemudian keluar, enggak akan pernah beres. Enggak harus (bikin aturan/kebijakan baru), pakai KUH Pidana aja. Ngapain bikin lagi," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Informasi Hoaks Bantuan Pemerintah Selama Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah meluncurkan banyak program untuk membantu masyarakat selama pandemi virus corona covid-19. Namun tak sedikit oknum yang memanfaatkannya untuk membuat hoaks.

Hoaks soal bantuan pemerintah pun sangat beragam informasinya. Mulai dari uang tunai, laptop gratis, hingga kuota internet.

Ragam hoaks itu menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan. Biasanya disertai link untuk meminta data pribadi masyarakat.

Lalu apa saja informasi hoaks bantuan pemerintah yang beredar selama pandemi virus corona covid-19? 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Hoaks 1 dan 2

Ilustrasi Hoax. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)
Ilustrasi Hoax. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

1. Cek Fakta: Informasi Palsu Cara Mengetahui Pemilik E-KTP Dapat Bantuan Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi cara mengetahui pemilik KTP elekronik atau e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah.

Informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah diunggah akun Facebook AnNde AnNde Lumut, pada 21 Oktober 2020.

Unggahan tersebut berupa tulisan sebagai berikut:

"Cek apakah e-KTP anda mendapatkan bantuan Covid Rp 600.000/bulan selama 4 bulan s/d Desember 2020 di : https://s.id/ektp-covid19

*Lumayan, bagi yg gak mau bisa DISHODAQOHKAN*"

Benarkah informasi cara mengetahui pemilik e-KTP mendapat bantuan Covid-19 dari pemerintah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam link berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Informasi Cara Mengecek Pemilik SIM C Dapat Bantuan Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi tentang cara mengecek pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C mendapat bantuan Covid-19.

Informasi cara mengecek pemilik SIM C mendapat bantuan Covid-19 beredar secara berantai pada aplikasi percakapan WhatsApp. Pemilik SIM C bisa mengetahui dapat bantuan Covid-19 Rp 900 ribu per bulan selama 3 bulan, dengan cara mengunjungi tautan yang disertakan dalam informasi tersebut.

Berikut isinya:

"Monggo yang sudah punya Sim C

Boleh coba dicek apakah Sim C Anda dpt bantuan covid-19 Rp.900.000/bln selama 3 bln.

Mulai Oktober s.d Desember 2020.

di link ini:https://s.id/ektp-covid19"

Benarkah informasi cara mengecek pemilik SIM C mendapat bantuan Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam link berikut ini...

Hoaks Selanjutnya

Ilustrasi hoax. (via: istimewa)
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

3. Cek Fakta: Tidak Benar Pemerintah Bagikan Laptop Gratis via Link di Whatsapp

Beredar kabar melalui aplikasi percakapan Whatsapp Pemerintah membagikan laptop bagi guru dan siswa. Pesan berantai ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu namun beredar lagi belakangan ini.

Dalam pesan tersebut berisi link pendaftaran bagi yang berminat mendapatkannya. Berikut isi pesan tersebut:

"Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis Untuk Siswa dan Guru. Klik Di Bawah Ini untuk Memesan Laptop Gratis Anda Sekarang http://laptops.offers247.online/id"

Lalu benarkah Pemerintah membagikan laptop gratis untuk siswa dan guru? Simak penelusurannya dalam link berikut ini...

4. Cek Fakta: Hoaks Bantuan PUM dari Kementerian Koperasi dan UKM

Beredar sebuah formulir bantuan mengatasnamakan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia di media sosial, Facebook. Disebutkan dalam unggahan tersebut kalau pemerintah sedang memberikan bantuan Produktif Usaha Mikro (PUM).

Akun Facebook Adjhat Sudra yang membagikan formulir bantuan untuk PUM yang mengatasnamakan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Dia membagikannya ke grup Facebook Warga Depok.

Begini narasinya:

"Siapa tau rezeky...atau butuh link nya."

Dalam link yang dibagikannya di Facebook, Anda harus mengisi data diri di formulir tersebut. Hingga saat ini, ada 11 komentar di unggahan tersebut yang sangat percaya dengan link bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Benarkah formulir bantuan untuk PUM yang mengatasnamakan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam link berikut ini...

Hoaks Lainnya

Ilustrasi hoax (iStockPhoto)
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

5. Cek Fakta: Hoaks Program Prakerja dengan Iming-Iming Kartu Bahan Bakar Shell Indonesia

Di WhatsApp Grup beredar informasi yang menyebutkan adanya program pendaftaran prakerja. Kali ini, ada iming-iming mendapatkan kartu bahan bakar dari perusahaan minyak, Shell.

Disebutkan pendaftar yang sudah mengisi data pribadi bisa langsung mendapatkan kartu bahan bakar dari Shell. Begini narasi yang beredar:

"Rencana pengalaman pengisian bahan bakar

Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU Shell terdekat.

Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah

Langkah untuk mendaftar Prakerja

👉Kunjungi situs web di bawah ini

👉Isi formulir data diri

👉Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

👉Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://(Link diedit)/"

Lalu, benarkah ada program prakerja yang menjanjikan kartu bahan bakar Shell sebanyak Rp 600 ribu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam link berikut ini...

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Tolak Rizieq Shihab di Solo Dibubarkan Polisi, Kenapa?

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Solo - Ratusan masyarakat Kota Solo yang menamakan diri Aliansi Warga Solo menggelar aksi tolak kedatangan Rizieq Shihab di Kota Bengawan, Sabtu (21/11/2020).

Namun aksi tolak Rizieq Shihab yang digelar di Bundaran Gladak Jl. Slamet Riyadi Solo tersebut dibubarkan oleh Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, lantaran tidak berizin. Pantauan Solopos.com aksi Aliansi Warga Solo dimulai sekitar pukul 14.40 WIB.

 

Diberitakan Solopos.com, massa mengenakan ikat tali berwarna merah putih dan membawa bendera merah putih yang diikatkan ke batang-batang bambu. Mereka berkumpul sembari mendengarkan orasi dari Koordinator Lapangan Aksi, B.R.M. Kusumo Putro.

Ketika orasi dihentikan sementara untuk mendengarkan azan ashar, tiba-tiba mobil Satuan Binmas Polresta Solo datang. Polisi langsung memperingatkan peserta aksi tolak Rizieq untuk membubarkan diri. Alasannya, kerumunan massa berpotensi menyebarkan Covid-19.

Apalagi aksi yang dilakukan tidak mendapatkan izin dari Polresta Solo. Kapolresta Solo terjun langsung menemui Kusumo untuk meminta acara dibubarkan. Namun Kusumo meminta sedikit kelonggaran waktu lantaran belum membaca pernyataan sikap.

Akhirnya Kapolresta memberikan kelonggaran waktu satu menit kepada Kusumo untuk membacakan pernyataan sikap. Benar saja, setelah pembacaan pernyataan sikap, massa aksi tolak Rizieq Shihab ini langsung membubarkan diri. Polisi mengawal proses pembubaran massa.

 

Pernyataan Kapolresta

"Hari ini kami membubarkan, Polresta solo membubarkan kegiatan unjuk rasa yang dilakukan, karena kegiatan-kegiatan kerumunan massa sangat rentan sekali terhadap persebaran Covid-19. Sebab saat ini di tengah-tengah pandemi Covid-19," ujar Ade.

Ketika aksi berlangsung dia mengaku telah menyampaikan kepada koordinator aksi untuk segera membubarkan diri.

"Kami beri satu menit atau kami bubarkan paksa, atau sampai kepada proses tindakan pidana dari kegiatan kerumunan seperti ini," kata dia.

Ade menyatakan beberapa waktu terakhir persebaran Covid-19 semakin masif dan jumlahnya terus bertambah. Dibutuhkan kesadaran dan komitmen semua pihak untuk bersama-sama memutus mata rantai persebaran Covid-19 agar angka kasus bisa terkendali.

"Salah satunya dengan mencegah terjadinya kerumunan-kerumunan seperti ini. Sebab berisiko persebaran Covid-19 secara masif. Mohon pengertian semua pihak bersama-sama menjaga. Karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi," tegas dia.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Remaja 13 Tahun Dipaksa Menikah dengan Pria 48 Tahun

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini viral sebuah pernikahan di Filipina yang melibatkan gadis remaja 13 tahun dengan seorang pria 48 tahun.

Rupanya gadis belia tersebut dipaksa untuk menikah dengan pria yang lebih tua darinya 35 tahun.

Artikel tentang remaja 13 tahun yang dipaksa menikah dengan pria 48 tahun menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang Alex Telles yang akhirnya mendapat lampu hijau untuk bermain kembali sebagai bek kiri MU.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang pemuda yang tega membunuh ayahnya lantaran ditegur karena bermain ponsel terus menerus.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Remaja 13 Tahun Dipaksa Menikah dengan Pria 48 Tahun

Gadis remaja Usia 13 Tahun Di Filipina Dipaksa Menikah Dengan Pria 48 Tahun. Sumber: World of Buzz
Gadis remaja Usia 13 Tahun Di Filipina Dipaksa Menikah Dengan Pria 48 Tahun. Sumber: World of Buzz

Pernikahan dini kembali terjadi di Filipina. Seorang gadis remaja berusia 13 tahun dipaksa menikah dengan pria berusia 48 tahun.

Di tengah masyarakat modern yang memiliki pemikiran terbuka, ternyata masih ada pernikahan yang terjadi karena paksaan dan melibatkan anak di bawah umur. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan adalah pernikahan yang terjadi di Filipina.

Selengkapnya…

2. Jelang Laga Kontra WBA di Liga Inggris, MU Dapat Kabar Gembira

Bek Manchester United (MU) Alex Telles (kiri). (foto: Instagram @alextelles13)
Bek Manchester United (MU) Alex Telles (kiri). (foto: Instagram @alextelles13)

Ada kabar gembira bagi Manchester United atau MU menjelang lanjutan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion, Sabtu (21/11/2020) malam WIB. Alex Telles sudah mendapat lampu hijau untuk bermain kembali sebagai bek kiri MU.

Sekadar mengingatkan, Telles dibeli MU dari FC Porto di bursa transfer musim panas lalu. Namun, baru bergabung, Telles sudah harus absen cukup lama setelah terjangkit Covid-19.

Selengkapnya…

3. Ditegur Bermain Ponsel Terus, Pemuda Ini Tega Bunuh Ayahnya

doc: Info Roadblock JPJ/POLIS
doc: Info Roadblock JPJ/POLIS

Dunia saat ini menakutkan. Hampir setiap hari Anda mendengar kasus kriminal yang baru saja terjadi.

Rabu (18/11) lalu, seorang pria di Simpang Pertang, Jelebu, Malaysia diduga membunuh ayahnya karena sebuah pertengkaran.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sensasi Bersepeda di Rampa Spiral Gedung Parkir

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berfoto rooftop gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Selain meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19, kegiatan bertujuan meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga berfoto rooftop gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Selain meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19, kegiatan bertujuan meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga berfoto rooftop gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Selain meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19, kegiatan bertujuan meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mengayuh sepedanya di rampa spiral gedung parkir pusat perbelanjaan Kuningan City, Jakarta, Minggu (22/10/2020). Kegiatan ini untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol : Persaingan Papan Atas Tanpa Barcelona dan Real Madrid

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Atletico Madrid menempel Real Sociedad di tabel klasemen Liga Spanyol. Atletico sementara duduk di posisi kedua berkat kemenangan 1-0 atas Barcelona, Minggu (22/11/2020) dinihari WIB.

Atletico menang berkat gol tunggal Yannick Carrasco di penghujung babak pertama. Pemain asal Belgia itu sukses mengecoh kiper Barcelona, Marc Andre ter Stegen sebelum menceploskan bola.

Kemenangan ini membuat Altetico berada di posisi kedua klasemen Liga Spanyol dengan 20 poin. Jumlah ini sama dengan Real Sociedad yang duduk di puncak.

Namun, Sociedad berhak atas posisi pertama karena unggul produktivitas gol. Mereka juga sudah bertanding sembilan kali.

Sementara itu, Barcelona tercecer di peringkat ke-10. Lionel Messi dkk. baru mengantongi tiga kemenangan dari tujuh pertandingan.

Berikut klasemen Liga Spanyol selengkapnya

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Hasil Liga Spanyol

Villarreal 1-1 Real Madrid

Sevilla 4-2 Celta Vigo

Atletico Madrid 1-0 Barcelona

Saksikan Video Liga Spanyol di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 22 November: 58 Juta Kasus COVID-19 di Dunia, AS Naik 1 Juta dalam Sepekan

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Angka kasus Virus Corona COVID-19 di dunia saat ini adalah 58.463.328.

Menurut data dari Worldometers, Minggu (22/11/2020), angka kematiannya sudah mencapai 1.385.691 dan yang dinyatakan pulih sejumlah 40.439.276. 

Kasus virus corona baru meningkat di sebagian besar wilayah AS. Seorang ahli mengatakan virus itu menyebar "lebih cepat" daripada sebelumnya. AS melampaui 12 juta kasus virus corona pada hari Sabtu, angka tersebut mengalami lebih dari 1 juta peningkatan kasus dalam waktu kurang dari seminggu. 

Setidaknya 255.414 orang telah meninggal di Amerika Serikat akibat virus corona sejak pandemi dimulai.

Dirjen WHO Desak Alokasi Vaksin COVID-19 Secara Adil

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak para pemimpin dunia untuk mengalokasikan vaksin virus corona secara adil selama KTT G20 virtual.

"Alokasi vaksin yang adil adalah pusat dari permainan endemik pandemi, dan pemulihan global yang lebih cepat," kata Tedros dalam salinan pidato pembukaannya, yang dirilis oleh WHO seperti dikutip dari CNN

Tedros mengatakan dibutuhkan investasi segera sebesar $ 4,5 miliar untuk vaksin.

KTT Kelompok 20, atau G20, adalah pertemuan para pemimpin dunia untuk membahas masalah internasional.

Tedros mencatat bahwa G20 - yang mewakili dua pertiga dari populasi dunia dan 80% dari ekonomi global - akan memainkan peran penting tidak hanya dalam mengakhiri pandemi virus corona, tetapi juga mencegah pandemi di masa depan.

"Untuk mencegah wabah di masa depan dan dampaknya pada kehidupan, mata pencaharian dan ekonomi, semua negara harus berinvestasi dalam kesiapsiagaan dan jaminan kesehatan universal," katanya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Bahas Perceraian, Pablo Benua: Kalau Mau Ringankan Beban, Silakan Gugat Cerai Saya

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar rumah tangga Pablo Benua dan Rey Utami, kembali muncul ke permukaan. Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa rumah tangga mereka sedang terancam perpisahan.

Hal itu diketahui melalui postingan Pablo Benua yang diunggah oleh adminnya beberapa waktu lalu. Pablo Benua mengakui bahwa ia sudah tidak mampu lagi menjaga keutuhan rumah tangganya.

"Mohon Maaf Dengan Segala Kekurangan, Kami (Saya dan Rey Utami) telah Menjalani Hubungan Suami Istri selama 3 Tahun. Segala cobaan telah kami lalui, hingga kami bertemu pada titik di mana kami tidak mampu mempertahankan rumah yangga kami ini," tulis Pablo Benua beberapa waktu lalu.

Begitu pula dengan Rey Utami yang sempat dikabarkan akan menggugat cerai Pablo Benua setelah ia bebas.

 

Tak Perlu Tunggu Lama

5 Fakta Pablo Benua Ketahuan di Kafe Saat Jalani Masa Tahanan
5 Fakta Pablo Benua Ketahuan di Kafe Saat Jalani Masa Tahanan

Yang terbaru pada Sabtu (21/11/2020), Pablo Benua kembali membahas soal perceraian tersebut. Dari keterangannya di Instagram yang diunggah oleh adminnya, Pablo Benua menyatakan siap digugat cerai. Bahkan apabila itu tidak terjadi, Pablo Benua lah yang akan menggugat cerai sang istri.

"GUGAT CERAI ??? TIDAK PERLU TUNGGU LAMA-LAMA GUGAT CERAI SAYA !!! SEBELUM ANDA MENGGUGAT CERAI SAYA, MAKA SAYA YANG TERLEBIH DAHULU AKAN MENGGUGAT CERAI ANDA !!!" tulis Pablo Benua.

 

Ringankan Beban

Pablo Benua: Kalau Mau Ringankan Beban, Silakan Gugat Cerai Saya. (instagram.com/bangbenua)
Pablo Benua: Kalau Mau Ringankan Beban, Silakan Gugat Cerai Saya. (instagram.com/bangbenua)

Lebih lanjut, jika memang Rey Utami benar akan menggugat cerai Pablo Benua, hal itu dianggapnya sebagai cara Rey Utami untuk meringankan bebannya.

"JIKA ANDA MAU MEMBANTU MERINGANKAN BEBAN SAYA !!! SILAHKAN ANDA GUGAT CERAI SAYA SEKARANG !!! JADI SAYA SUDAH TIDAK PERLU CAPE-CAPE LAGI GUGAT CERAI ANDA!!!" tutupnya.

 

Mempertanyakan

Penampilan terbaru Pablo Benua dengan brewok. (Sumber: Instagram/@bangbenua)
Penampilan terbaru Pablo Benua dengan brewok. (Sumber: Instagram/@bangbenua)

Terkait unggahan itu, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak Rey Utami. Sementara itu, tidak sedikit pula warganet yang mencecar di kolom komentar Rey Utami mengenai unggahan Pablo Benua.

"Post @bangbenua knp ya kok gugat2 cerai gtu," tanya @delimasianii.

"Jdi cerai sama pablo nggk sich," timpal @chandra_7405.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitos, Pasien Diabetes Lansia Tak Perlu Olahraga karena Gula Darah Bisa Ngedrop

Posted: 21 Nov 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada kekhawatiran bagi sebagian pasien diabetes dalam berolahraga. Gula darah yang seharusnya dapat dikontrol, setelah olahraga justru rendah. Namun, benarkah hal tersebut?

Menurut dokter ahli geriatri di RSCM dan RS Swasta sekaligus dosen staff divisi geriatri departemen ilmu penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Ika Fitriana SpPD K-GER, anggapan tersebut hanyalah mitos.

"Secara umum mitos, karena diabetes bisa dikontrol dengan olahraga. Tapi ada diabetes yang memang ditunda dulu olahraganya. Misalnya diabetes yang tidak terkontrol," katanya, di sela-sela webinar Mitos dan Fakta Diabetes belum lama ini.

Ika, menjelaskan, kalau (kadar gula darah) >250 memang sebaiknya dikontrol dulu gula darahnya sehingga ketika olahraga nanti tidak terjadi dampak-dampak yang tidak diinginkan.

"Nah, jadi harus dicari dulu kenapa gula darahnya nggak terkontrol, faktornya apa. Karena kan pada saat olahraga itu kita membutuhkan energi lebih banyak. Jadi sel-sel itu butuh kadar gula yang banyak untuk bergerak," ujarnya.

 

Perlu kontrol gula darah sebelum olahraga

Lansia berada di pengungsian di Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Rabu (11/11/2020). Daerah yang berada di sekitar gunung merapi bersiap-siap menghadapi segala resiko dari aktivitas gunung merapi. (Liputan6.com/Gholib)
Lansia berada di pengungsian di Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Rabu (11/11/2020). Daerah yang berada di sekitar gunung merapi bersiap-siap menghadapi segala resiko dari aktivitas gunung merapi. (Liputan6.com/Gholib)

Menurut Ika, jika misalkan kadar gula darahnya tidak terkontrol di dalam darah, lalu kadar insulinnya juga kurang, enzimnya juga kurang maka yang terjadi selnya "lapar" karena dia butuh energi yang banyak untuk olahraga.

"Jadi untuk pasien-pasien diabet, harus kontrol dulu gula darahnya," katanya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah diabetesnya terkontrol atau tidak? Ika menuturkan, idealnya pada lansia ada yang diabetesnya terkontrol dan tidak. Pada diabetesi yang tidak terkontrol pun dilihat kembali apakah ia memiliki penyakit lain, seperti jantung atau ginjal. Kemudian massa ototnya masih bagus atau tidak. 

"Jika pada lansia sehat dengan diabetes terkontrol, biasanya mereka sudah punya program kontrol seminggu sekali, tiga bulan sekali, tergantung kadar gula darahnya. Namun kalau pasien lansianya udah ada sakit gula, disertai sakit jantung, sakit gijal, mungkin kontrolnya menjadi lebih ketat. Karena takut kalau nge-drop, atau nanti malah terlalu tinggi," jelasnya.

Yang penting, kata Ika, diabetesi harus selalu mendapat support dari keluarga. "Karena semakin kita sepuh, apalagi misalnya udah ada gangguan mata, lihat obatnya aja udah susah, burem-burem, sehingga memudahkan terjadi kesalahan minum obat. Terus kalo yang pakai suntik insulin, mengukurnya saja sudah susah, tangannya sudah kaku, pada kena rematik, misanya. Nah faktor-faktor seperti itu yang berbeda pada lansia dengan usia muda. Jadi tetap harus kontrol ke dokter," pungkasnya.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadikan Panahan Olahraga Unggulan, Menpora Puji Kepri

Posted: 21 Nov 2020 07:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memberi apresiasi kepada Pemprov Kepri, KONI Kepri, dan Perpani Kepri yang menjadikan panahan olahraga unggulan. Hal itu disampaikan Menpora RI saat memberikan arahan Pelatihan Wasit dan Pelatih Panahan Kepri, di PIH Batam, Sabtu (21/11) sore.

Selain layar dan olahraga laut yang menjadi ikon geografis daerah Batam. Menpora RI melihat panahan memiliki peluang untuk dikembangkan.

"Panahan itu salah satu cabor disamping renang dan atletik yang tidak pernah dicoret dari Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan PON. Kepri yang berani bertekad menjadikan cabor unggulan saya apresiasi, jarang seperti ini di tempat lain," kata Menpora RI.

Daerah-daerah lain biasanya sibuk mengembangkan olahraga populer, tetapi Kepri justru melirik cabor yang di Olimpiade Seoul 1988 mempersembahkan perak. Harapan besar ketika Indonesia kelak menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, panahan berprestasi tertinggi.

"Pelatihan ini luar biasa, semoga lahir atlet berprestasi dan nanti saat Olimpiade 2032 ada atlet dari Kepri," harapnya.

Ada tantangan yang harus dijawab oleh komponen anak bangsa, tertutama yang punya keahlian dalam industri peralatan sarana prasarana olahraga, karena saat ini sebenarnya sudah banyak produksi dalam negeri namun masih belum berstandar internasional, hampir disemua cabor termasuk panahan.

"Alat panahan untuk pertandingan masih harus dari luar negeri karena produk kita belum standar internasional, tantangan buat kita semua," ucap Menpora RI.

Ketua Perpani Kepri Abdul Razak, meskipun berawal dari menekuni tinju tetapi melihat potensi yang ada berjuang untuk mengembangkan cabor lain yaitu panahan.

"Pak Menteri, sebenarnya saya sudah menekuni tinju beberapa tahun, namun saya ingin keluar dari zona nyaman untuk mengembangkan panahan, saya optimis PON 2024 Kepri juara umum cabor panahan," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibungkam Tottenham, Guardiola Menyesali Ketidakmampuan Manchester City Mencetak Gol

Posted: 21 Nov 2020 07:45 PM PST

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur mengalahkan Manchester City pada pekan kesembilan Liga Inggris. Pasukan Jose Mourinho itu menang 2-0 di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

Son Heung-Min membuka keunggulan Tottenham di menit ke-5. Lolos dari kawalan pemain belakang City, dia memanfaatkan umpan terukur Tonguy Ndombele.

Sementara gol kedua dicetak Giovani Lo Celso di menit ke-65. Gelandang Timnas Argentina tersebut memaksimalkanumpan terobosan Harry Kane.

Pada laga ini, City sebenarnya mendominasi penguasaan bola sampai 67 persen. Tetapi, Gabriel Jesus dan kolega tak mampu menjebol pertahanan Tottenham.

City dibuat frustasi dengan rencana pemainan Tottenham yang bermain bertahan dan mengandalkan serangan baik.

 

 

Komentar Guardiola

Gelandang Tottenham Hotspur, Giovani Lo Celso (kedua kiri) berselebrasi dengan rekan-usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris (21/11/2020). Tottenham menang atas City 2-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, Pool)
Gelandang Tottenham Hotspur, Giovani Lo Celso (kedua kiri) berselebrasi dengan rekan-usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris (21/11/2020). Tottenham menang atas City 2-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, Pool)

Manajer City Pep Guardiola menyesali ketidakmampuan timnya untuk mencetak gol. Juru taktik asal Spanyol tersebut juga memuji permainan Tottenham yang sangat mencerminkan penampilan khas Mourinho.

"Bisa lebih baik, kami bermain serupa dengan apa yang terjadi sepanjang musim. Kami tidak bertahan dengan baik untuk gol pertama. Mereka kemudian bertahan begitu dalam, mereka bertahan dengan enam dan itu tidak mudah," kata Guardiola kepada BBC Match of the Day.

"Kami memiliki peluang, tapi kami tidak bisa mencetak gol dan mereka membuat dua atau tiga peluang melalui serangan balik dan kami kalah dalam pertandingan."

 

 

Serangan Balik

Gelandang Tottenham Hotspur, Son Heung-min berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (21/11/2020). Tottenham menang atas City 2-0. (Neil Hall/Pool via AP)
Gelandang Tottenham Hotspur, Son Heung-min berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (21/11/2020). Tottenham menang atas City 2-0. (Neil Hall/Pool via AP)

"Kami tahu sebelum pertandingan bahwa Anda tidak bisa memberi mereka gol pertama. Kami memiliki lebih banyak peluang daripada mereka, tetapi kami kalah. Tim Mourinho seperti ini, Anda membuat kesalahan dan mereka menghukum Anda atas serangan balik," ucap Guardiola.

"Ini tidak mudah, Harry Kane dan Ndombele berada di tengah jalan, ruangnya sangat sulit, permainan penguasaan bola kami bagus, tetapi sepak bola adalah kotaknya dan di situlah kami tidak bagus," pungkasnya.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Tottenham Hotspur di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Herbal untuk Turunkan Tekanan Darah, Mudah Ditemukan

Posted: 21 Nov 2020 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor terbesar penyebab penyakit jantung. Seseorang terkena tekanan darah tinggi jika memiliki tekanan darah sistolik lebih dari 130 mm Hg atay tekanan darah diastolik lebih dari 80 mm Hg atau keduanya.

Cara terbaik untuk mengelola tekanan darah tinggi adalah melalui kombinasi obat-obatan yang tepat, diet sehat, olahraga teratur, dan perilaku gaya hidup sehat.

Banyak perubahan pola makan dan gaya hidup dapat mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Beberapa hebal seperti rempah atau tanaman tertentu dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Aneka herbal ini dapat dengan mudah ditemukan, bahkan sudah ada di dapur.

Namun, sebelum menggunakan herbal untuk tekanan darah, tetap konsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Ini karena banyak herba dan rempah-rempah dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah yang umum.

Berikut 10 herbal untuk turunkan tekanan darah yang dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Minggu (22/11/2020).

Herbal untuk Turunkan Tekanan Darah

Memilih kayu manis batangan./Copyright pexels.com/@ngo-tr-ng-an-837314
Memilih kayu manis batangan./Copyright pexels.com/@ngo-tr-ng-an-837314

Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah aromatik yang berasal dari bagian dalam kulit pohon genus Cinnamomum. Meskipun belum sepenuhnya dipahami bagaimana kayu manis menurunkan tekanan darah, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.

Sebuah tinjauan dari 9 penelitian termasuk 641 peserta menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 6,2 mm Hg dan 3,9 mm Hg. Efek ini lebih kuat ketika orang mengonsumsi kayu manis secara konsisten selama 12 minggu.

Jahe

Baik penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe mengurangi tekanan darah dengan beberapa cara. Jahe bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan penghambat ACE alami.

Sebuah studi di lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi jahe 2-4 gram per hari memiliki risiko terendah terkena tekanan darah tinggi.

Herbal untuk Turunkan Tekanan Darah

Kapulaga / Sumber: iStockphoto
Kapulaga / Sumber: iStockphoto

Kapulaga

Kapulaga dikemas dengan berbagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah studi 12 minggu pada 20 orang dewasa yang baru didiagnosis dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 3 gram bubuk kapulaga setiap hari secara signifikan mengurangi tekanan darah, menurunkannya mendekati kisaran normal.

Penelitian tabung reaksi dan hewan menunjukkan kapulaga dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami dan diuretik. Para ilmuwan perlu melakukan penelitian tambahan untuk menyelidiki lebih lanjut efek kapulaga pada manusia.

Biji seledri

Biji seledri (Apium graveolens) merupakan rempah serbaguna yang dikemas dengan berbagai nutrisi, seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium, dan serat. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Biji seledri merupakan sumber serat makanan yang baik, yang dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak biji seledri menurunkan tekanan darah pada tikus dengan tekanan darah tinggi yang sudah ada sebelumnya. Ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian manusia di bidang ini.

Herbal untuk Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi bawang putih. (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)
Ilustrasi bawang putih. (Gambar oleh congerdesign dari Pixabay)

Bawang putih

Bawang putih merupakan herbal yang sering ditemukan sehari-hari. Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah tinjauan terhadap 12 penelitian di lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Pengurangan ini mirip dengan efek obat tekanan darah. Namun, penting diperhatikan bahwa bawang putih bisa bereaksi terhadap beberapa obat seperti pengencer darah.

Basil

Basil (Ocimum basilicum) adalah tanaman herbal beraroma yang tersedia dalam berbagai bentuk. Basil bisa ditemukan dalam bentuk segar, kering, bubuk, atau dikemas dalam suplemen. Basil manis mengandung eugenol tinggi. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati ini dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah.

Studi menunjukkan bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

Herbal untuk Turunkan Tekanan Darah

Peterseli (foto: Pixabay)
Peterseli (foto: Pixabay)

Peterseli

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan karotenoid mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa peterseli mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dengan bertindak seperti penghambat saluran kalsium. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk lebih memahami efeknya.

Thyme

Thyme mengandung asam rosmarinic yang dikaitkan dengan manfaat banyak manfaat, seperti mengurangi peradangan dan kadar gula darah, serta meningkatkan aliran darah. Ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi asam rosmarinic membantu secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik dengan menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE. Penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak thyme mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), trigliserida, dan tekanan darah.

Meskipun demikian, penelitian manusia tentang thyme dan tekanan darah masih terbatas.

Herbal untuk Turunkan Tekanan Darah

Cakar kucing cina  (sumber: Wikipedia)
Cakar kucing cina (sumber: Wikipedia)

Cakar kucing cina

Cakar kucing cina atau Uncaria rhynchophylla sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi.

Cakar kucing cina mengandung beberapa senyawa, seperti hirsutine dan rhynchophylline. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ini dapat mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Selain itu, senyawa ini dapat merangsang pembuluh darah untuk menghasilkan oksida nitrat, yang merupakan senyawa kimia yang membantu pembuluh darah rileks dan melebar. Namun, penelitian manusia masih terbatas. 

Bacopa monnieri

Bacopa monnieri merupakan tumbuhan herbal yang tumbuh di daerah rawa-rawa di Asia Selatan. raktisi pengobatan Ayurveda menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kecemasan, masalah memori, dan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi manusia selama 12 minggu pada 54 orang dewasa yang sehat melihat efek Bacopa monnieri pada ingatan, kecemasan, depresi, dan tekanan darah. Efek bacopa monnieri terhadap tekanan darah pada manusia masih belum jelas. Ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian tentang efek ramuan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir: JK Tak Bersangkut Paut dengan Kepulangan Rizieq Shihab, Apalagi 2024

Posted: 21 Nov 2020 07:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Wakil Presiden ke-10 dan 12, M Jusuf Kalla, Husain Abdullah menegaskan, JK tidak memiliki hubungan sama-sekali terkait dengan kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). Hal tersebut sekaligus menepis terkait cuitan Ferdinand Hutahean dalam akun twitternya.

"Saya ingin menegaskan, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 M. Jusuf Kalla, tidak punya sangkut paut dengan kepulangan Habib Rizieq Shihab. Pak JK tidak pernah mengkomunikasikan atau pun mendanai kepulangan HRS," kata Husain dalam keterangan pers yang didapat merdeka.com, Minggu (22/11/2020).

Dia menjelaskan saat ini sedang dibangun opini terkait kepulangan HRS. Husain menuturkan perjalanan JK ke Vatikan dan Mekkah 20-25 Oktober 2020 lalu, untuk menemui Pemimpin Umat Khatolik Paus Fransiskus dalam rangka penjurian pemberian gelar Sayeed Award for Human and Fraternity, yang digagas Paus Fransiskus dengan Imam Besar Al-Azhar Syeikh Ahmad Al Tayeb. Dalam kapasitasnya, JK sebagai juri mewakili Asia atas penghargaan tersebut.

"Bersama 4 juri dari benua berbeda merasa perlu bertemu langsung dan berdiskusi tentang kriteria nominator untuk penghargaan ini. Setelah bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Pak JK melanjutkan perjalanan ke Riyadh Saudi Arabia, menyaksikan penanda tanganan perjanjian kerjasama Pembangunan Museum Rasulullah Muhammad SAW yang akan dibangun di Jakarta," ungkap Husain.

Selanjutnya usai pendatanganan, JK melanjutkan ibadah umrah ke Mekkah dengan protokol kesehatan yang ketat. Dia menjelaskan perjalanan JK adalah murni misi kemanusiaan dan ibadah.

"Tidak bersangkut paut dengan kepulangan HRS apalagi politik dalam negeri, apalagi 2024," ungkap Husain.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jangan Kotori Perjalanan JK

Husain juga mengingatkan kepada para mereka untuk tidak mengotori rangkaian perjalanan ini dengan narasi menyesatkan tanpa dasar dan bukti.

"Sebagai negara Pancasila, kita wajib menghargai dan menghormati warga negara Indonesia yang melaksanakan ritual ibadah keagamaannya dan kiranya tidak dinodai dengan fitnah murahan," ungkap Husain.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Anak Gifted, Si Jenius yang Butuh Penanganan Khusus

Posted: 21 Nov 2020 07:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak gifted adalah anak-anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata alias jenius secara intelektual dan kreativitas. Mereka tak bisa mengikuti pelajaran di sekolah biasa dan perlu penanganan khusus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Venue Sumut Sport Center, Menpora Sebut Pembangunan Disiapkan untuk Olimpiade 2032

Posted: 21 Nov 2020 07:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Koordinasi dan konsultasi desain dengan federasi internasional menjadi hal yang tak boleh dilupakan, dalam pembangunan venue di komplek olahraga terpadu Sumut Sport Centre. Demikian dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, saat meninjau pembangunan venue Sumut Sport Centre di Desa Sena, Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (20/11) petang.

"Semoga pembangunan venue di Sumut Sport Center ini tidak hanya ditujukan untuk tuan rumah PON saja. Tetapi juga untuk tuan rumah event internasional lainnya. Saya sangat sependapat ini didesain sesuai standarinternasional. Jadi konsultasikan dengan federasi-federasi internasionalnya. Semua venue yang akan dibangun harus berkoordinasi dan dikonsultasikan dengan federasi internasionalnya," tutur Menpora RI. 

Presiden Joko Widodo lanjutnya, telah memberi arahan kepada Kemenpora dan NOC Indonesia agar mempersiapkan Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

"Pasti kita akan melihat mana fasilitas yang paling lengkap. Karena IOC menyampaikan sebisa mungkin kita tidak membangun fasilitas baru. Jika tahun 2024 sudah ada semua fasilitas ini, bisa jadi menjadi pilihan untuk Olimpiade 2032," kata Menpora RI menyampaikan.

Sesuai arahan Presiden, sebisa mungkin Kemenpora dan para stakeholder olahraga lainnya untuk menarik sebanyak mungkin event-event internasional, baik single event dan multi event.

"Kesuksesan kita menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Paragames 2018 lalu menjadi bukti dan diakui oleh negara-negara lain untuk kita menjadi tuan rumah single dan multi event lainnya," tambahnya.

"Semua venue yang akan dibangun harus berkoordinasi dengan federasi internasionalnya. Sehingga ke depan kita tidak kesusahan begitu ditunjuk sebagai tuan rumah event olahraga internasional apapun. Mohon sejak awal sebelum jadi untuk mendesain sesuai standar internasional," tuturnya. 

Ia berharap masyarakat Sumatera Utara akan tahu melalui media bahwa Sumut akan memiliki ikon ke-4 yang membanggakan setelah Danau Toba dan sebagainya.

"Sampaikan kepada masyarakat bahwa ada ikon baru yang menjadi kebanggaan dari Sumatera Utara yakni Sumut Sport Center," tutup Menpora RI.

Kadispora Sumut Bahar Siagian menyampaikan filosofi pembangunan Sumut Sport Center seluas 300 ha ini adalah filosofi Kelapa Sawit. Menurutnya, perkebunan kelapa sawit paling banyak dan luas.

"Stasion utama nantinya berkapasitas 75 ribu penonton dan telah didesain sesuai standar internasional FIFA sehingga dapat untuk menggelar pertandingan sepakbola berkelas internasional," ujarnya.

"Tak hanya itu beberapa venue lainya seperti stadion aquatik juga telah didesain sesuai dengan federasi internasional. Stadion utama juga dilengkapi dengan gedung istora, track BMX, equestrian, bola basket, velodrom dan lintasan road race sepanjang 3,6 kilometer," tambahnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Bintang Sinetron Dari Jendela SMP Diminta Berganti Peran, Bagaimana Jadinya?

Posted: 21 Nov 2020 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sinetron andalan SCTV, Dari Jendela SMP, sukses mendapatkan hati pemirsa remaja. Dari Jendela SMP hingga saat ini masih memiliki basis penggemar yang cukup besar.

Bersamaan dengan itu, pemeran-pemeran Dari Jendela SMP juga kian bersinar dari hari ke hari. Selain Rey Bong dan Sandrinna Michelle, akting Rassya juga cukup menarik perhatian.

Demi memuaskan para penggemar sinetron Dari Jendela SMP, para bintang sinetron tersebut pun menggelar "3xtraOrdinary Meet & Greet" secara virtual pada Sabtu (21/11/2020). Sandrinna Michelle, Rey Bong, Emiliano Cortizo, Kiesha Alvaro, Rassya, Saskia Chadwick, Aqeela Calista, dan Safira Ratu Sofya menyempatkan diri berinteraksi langsung dengan para penggemarnya.

Dalam kesempatan itu, salah seorang penggemar bertanya terkait akting Rassya. Rassya mulai dikenal masyarakat saat memerankan Indro, tokoh protagonis di sinetron Dari Jendela SMP. Jikalau ia mendapat tawaran untuk memerankan tokoh antagonis, apakah Rassya mau menerimanya?

 

Profesional

Meet and Greet Dari Jendela SMP
Meet and Greet Dari Jendela SMP

Mendapat pertanyaan demikian, Rassya menjawab dengan profesional. Sebagai seorang aktor, sudah sepatutnya ia bisa memerankan berbagai karakter, termasuk tokoh antagonis.

"Kalau disuruh peran jahat ya mau-mau aja, karena aktor kan harus bermain profesional, jadi mau protagonis, antagonis, ya harus dijalanin. Main bagus aja," kata Rassya.

 

Antagonis

Meet and Greet Dari Jendela SMP
Meet and Greet Dari Jendela SMP

Sama dengan Rassya, rupanya Sandrinna Michelle juga memiliki keinginan yang sama. Sandrinna Michelle ingin sesekali mencoba peran antagonis yang belum pernah ia mainkan.

"Antagonis kayaknya deh, karena aku belum pernah nyoba, aku mau belajar hal-hal lain, keluar dari zona nyaman," kata Sandrinna Michelle.

 

Film Perang

Meet and Greet Dari Jendela SMP
Meet and Greet Dari Jendela SMP

Sementara Rey Bong rupanya memiliki keinginan yang berbeda dari kedua temannya. Rey Bong mengaku justru ingin mencoba peran sebagai tentara dalam film bertema perang.

"Aku pengin banget main fim perang gitu, jadi prajurit, tentara," harapnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada Medan, Bobby-Aulia Siap Wujudkan Pelayanan Publik Transparan dan Cepat

Posted: 21 Nov 2020 07:20 PM PST

Liputan6.com, Medan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Aulia Rachman, bertekad mewujudkan pelayanan publik yang transparan, cepat, dan tepat. Hal ini disampaikan dalam debat publik putaran kedua Pilkada Medan.

Disebutkan Bobby, pemerintah kota memiliki tugas memberi jaminan pelayanan publik yang baik, cepat, dan tepat kepada masyarakat. Namun saat ini pelayanan publik di Medan justru mendapat penilaian yang tidak begitu baik dari warga.

Menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut juga mengatakan, penilaian buruk itu kian diperparah dengan indeks korupsi yang menempatkan Kota Medan di posisi buncit dari 12 kota di Indonesia.

"Untuk menyelesaikan permasalahan pelayanan publik, kami akan membuat sistem yang transparan, cepat, dan tepat," kata Bobby dalam debat yang digelar di Grand Mercure Hotel, Jalan Sutomo, Medan, Sabtu, 21 November 2020.

Ditambahkan Aulia, untuk mewujudkan sistem transparan, cepat, tepat, dan pasti, dilakukan dengan membuat alur sistem dari lingkungan, kelurahan, hingga kecamatan untuk memudahkan masyarakat.

"Salah satunya dengan penerapan merit sistem untuk manajemen aparatur sipil negara yang berkualitas. Kami juga akan menerapkan mal pelayanan publik," sebutnya, dalam debat dengan tema 'Pelayanan Publik' tersebut.

 

Pernyataan Petahana

Paslon Pilwalkot dalam debat kandidat Pilkada Medan
Paslon Pilwalkot dalam debat kandidat Pilkada Medan

Sementara Paslon lainnya, Akhyar Nasution menyebut, pelayanan publik di Kota Medan terus mengalami peningkatan. Bahkan pada 2019 peningkatan untuk pelayanan publik di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berada di angka 8,2 persen.

"Pelayanan publik di Kota Medan sudah jauh sangat baik. Semua pelayanan publik berjalan dengan baik," kata Akhyar, yang berpasangan dengan Salman Alfarisi.

Akhyar yang berstatus petahana menuturkan, pelayanan publik di instansi pemerintahan yang ada di Medan sudah maksimal dan berjalan sesuai aturan. Begitu juga untuk pelayanan publik di rumah sakit dan Puskesmas.

"Di rumah sakit dan Puskesmas, pelayanan baik. Semua petugas-petugas melayani masyarakat jika hendak berobat," ungkapnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik mengatakan, debat kandidat putaran kedua Pilkada Medan ini, Bobby-Aulia dan Akhyar-Salman sama-sama berupaya bisa meyakinkan masyarakat terkait visi dan misi mereka.

"Debat ini sangat menarik untuk masyarakat, terutama untuk pelayanan publik," ucap Agussyah.

Berlangsung 6 Segmen

Akhyar-Salman berdoa sebelum debat kandidat Pilkada Medan
Akhyar-Salman berdoa sebelum debat kandidat Pilkada Medan

Disampaikan Agussyah, debat kandidat putaran kedua Pilkada Medan ini berlangsung dalam 6 segmen, yakni dengan pendahuluan, kemudian Bobby-Aulia dan Akhyar-Salman menyampaikan visi misi, pendalaman visi misi, tanya jawab, dan sanggahan dari masing-masing Paslon.

"Terakhir penutupan," ujarnya.

Materi debat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara-Negara G20 Serukan Respons dan Kesiapan Hadapi Pandemi

Posted: 21 Nov 2020 07:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengatakan, pandemi COVID-19 telah menjadi ujian berat bagi sistem kesehatan global. Hal itu disampaikannya dalam Acara Pendamping KTT G20 tentang Kesiapan dan Respon terhadap Pandemi yang disiarkan langsung dari Riyadh di laman resmi G20, Sabtu (21/11) malam waktu Jakarta.

"Oleh karena itu, melalui Kepemimpinan (Arab Saudi) di G20, kami menggunakan sejumlah inisiatif penting untuk menutup ketimpangan dalam kesiapan dan respon pandemi," ucapnya, dilansir Antara.

Raja Salman menekankan pentingnya melindungi semua masyarakat di seluruh belahan dunia dari pandemi, terutama mereka yang berada di komunitas dan negara yang paling rentan.

"Selama masa Presidensi kami, dengan dukungan dari anggota G20, kami mengusulkan inisiatif Access to Pandemic Tools (APT) yang bertujuan memastikan fokus pada kesiapsigaan dan respons yang berkelanjutan untuk melawan pandemi di masa depan," kata Raja Salman. Ia berharap agar diskusi tersebut bisa berlanjut pada masa Presidensi Italia tahun depan.

 

Solidaritas Global

Sejumlah pemimpin negara G20 turut memberikan pernyataan dan menekankan pentingnya solidaritas global dalam menghadapi pandemi COVID-19 serta untuk mengamankan langkah selanjutnya guna membangun masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh.

"Satu-satunya respon yang efektif terhadap pandemi adalah respon global yang terkoordinasi, berdasarkan solidaritas," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron. Ia mengatakan bahwa DNI dari G20 adalah untuk membentuk solusi multilateral dalam menghadapi berbagai krisis.

Pernyataan senada disuarakan oleh Presiden Argentina Alberto Fernandez yang mengatakan bahwa, "Kerja sama dan solidaritas adalah dua elemen kunci dalam menghadapi pandemi."

Pentingnya akses universal dan terjangkau terhadap vaksin juga menjadi salah satu isu yang disebut oleh pimpinan sejumlah negara, termasuk Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte yang mengatakan Access to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator merupakan salah satu pencapaian penting dalam langkah yang belum pernah diambil sebelumnya oleh G-20.

Demikian pula dengan pernyataan Presiden Afrika Sealtan Cyril Ramaphosa, "Kami senang dengan adanya konsensus di G20 bahwa akses terhadap vaksin COVID-19 yang efektif harus universal, adil dan terjangkau."

 

Infografis

Infografis  Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

561 WNA Positif Covid-19 di Indonesia, 12 Meninggal per 22 November

Posted: 21 Nov 2020 07:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Warga negara asing (WNA) yang terpapar Covid-19 di Indonesia kembali bertambah. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan, WNA terkonfirmasi positif Covid-19 kini mencapai 561 orang.

Data ini dilaporkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui covid19.go.id pada Minggu (22/11).

Dari 561 WNA yang dinyatakan positif Covid-19, 392 di antaranya sudah berhasil sembuh. Ada peningkatan 52 pasien sembuh dari data akhir Oktober lalu yang masih340 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh telah menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak dua kali atau lebih dan hasilnya negatif.

Sementara itu, 12 WNA meninggal dunia akibat Covid-19. 157 WNA lainnya berstatus kasus aktif Covid-19 atau sedang dalam perawatan maupun isolasi. Jumlah kasus aktif ini menurun 37 dari data sebelumnya yang masih 194 orang.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 juga melaporkan, pemerintah masih memantau 25 WNA berstatus suspek Covid-19. 634 WNA dilaporkan berstatus kontak erat dan 331 orang sudah direpatriasi atau dikembalikan ke negara asalnya terkait Covid-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

WNA Terbanyak di DKI

Berdasarkan peta sebaran, WNA positif Covid-19 terbanyak ada di DKI Jakarta yakni 155 orang. Angka ini meningkat dari data akhir Oktober yang mencapai 188 orang.

Sementara di Bali ada satu WNA positif Covid-19 dan Sumatera Barat satu orang. Adapun WNA yang berstatus kontak erat dengan pasien Covid-19 terbanyak ada di Aceh yakni 106 orang.

Kemudian disusul DKI Jakarta 73 orang, Jawa Tengah 27 orang, Papua Barat 26 orang, Sulawesi Selatan 24 orang dan Bali 16 orang.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: