Minggu, 09 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wagub DKI: 8 Persen Pasien Covid-19 Berusia di Bawah 19 Tahun

Posted: 09 Aug 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, anak di bawah usia 19 tahun banyak terpapar virus Corona atau Covid-19. Karena itu, dia meminta agar masyarakat terus melaksanakan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker saat beraktivitas.

"Delapan persen dari total kasus Covid-19 di Jakarta adalah anak usia di bawah 19 tahun (data Dinkes DKI Jakarta)," kata Ariza dalam unggahan di Instagram @bangariza yang dikutip Liputan6.com, Senin (10/8/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Weningtyas Purnomorini menyatakan, tes PCR yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sudah melebihi standar WHO yang minimal 10.645 orang setiap pekan.

"Saat ini jumlah tes PCR di Jakarta setiap pekan adalah empat kali lipat standar WHO," kata Wening dalam keterangan pers.

Selain itu, penambahan jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Jakarta sebanyak 472 orang pada Minggu 9 Agustus 2020.

Dengan penambahan tersebut jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Jakarta mencapai 25.714 orang. Sedangkan sebanyak 16.268 orang dinyatakan telah sembuh, dan 939 orang dilaporkan meninggal dunia.

Lampaui Dunia, Positivity Rate Covid-19 di Jakarta Capai 8 Persen Sepekan Ini

Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan positivity rate atau persentase kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 8 persen selama sepekan kemarin. Sedangkan, positivity rate nasional mencapai 15,5 persen.

Hal tersebut disampaikan Anies melalui akun media sosial instagram @aniesbaswedan yang diunggah pada Minggu 9 Agustus 2020.

Dia menyatakan, Pemprov DKI masih terus gencar melakukan tes PCR atau swab Covid-19. Dalam sepekan terakhir, sebanyak 45.620 orang menjalani tes PCR dan jumlah tersebut melebihi target dari lembaga kesehatan dunia atau WHO.

"Strategi tes, lacak, dan isolasi terus digencarkan untuk temukan sebanyak kasus positif sehingga dapat diisolasi, disembuhkan agar mencegah penyebaran virus," kata Anies.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat terus melaksanakan protokol kesehatan terkait Covid-19 yang telah ditentukan. Yakni mulai dari menggunakan masker, jaga jarak hingga mencuci tangan.

"Dan yang terpenting batasi aktivitas keluar rumah hanya untuk keperluan esensial," ujar Anies Baswedan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Dukung Gibran, PSI Realitis Beri Suara di Kandang Banteng

Posted: 09 Aug 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (10/8/2020) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi memberikan rekomendasi dukungan kepada pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa untuk maju di Pilkada Solo 9 Desember mendatang.

"Kami membuktikan komitmen kami dari awal mendukung mas Gibran. Jadi hari ini secara resmi komitmen itu kami wujudkan dalam bentuk rekomendasi yang ditandatangani oleh DPP, Ketua Umum Grace dan Sekjen kami Bro Raja Juli Antoni," kata Ketua DPD PSI Solo Antonius Yoga Prabowo, usai penyerahan rekomendasi di depan Stadion Sriwedari.

Dia menyampaikan, partainya siap bekerja keras untuk memenangkan Gibran-Teguh sebagai representasi partai anak muda. Yakni dengan memaksimalkan media sosial dan aksi-aksi kreatif.

Pihaknya menjanjikan bisa menyumbangkan suara 15 ribu di kandang banteng tersebut.

"Dengan modal kami di Pileg kemarin 12 ribu, kami targetkan sekitar 15 ribu minimal, akan disumbang oleh PSI. Jadi kami tidak muluk-muluk, kami realistis," jelas Yoga.

 

menambah Kekuatan

Mendapatkan dukungan itu, Gibran memandang hal tersebut bisa menambah kekuatan politik agar memenangkan kontestasi di Pilkada nanti.

"Kerja sama ini sekaligus untuk kepentingan masyarakat Solo dan kemajuan Kota Solo," ujar Gibran.

Sementara, Teguh Prakosa menambahkan, untuk membangun kota Solo tidak bisa dilakukan oleh satu golongan atau satu kelompok saja. Dengan tambahan dukungan, Solo yang majemuk tidak terwadahi di partai politik.

"Butuh kerja sama seluruh elemen. Khususnya teman-teman partai politik. Seribu kurang satu, ya kita tidak akan mencapai seribu," dia memungkasnya.

 

Sumber: merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi UMKM di Tengah Pandemi, Ubah Sawit jadi Produk Hand Sanitizer

Posted: 09 Aug 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) mendorong tumbuhnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sawit terus tumbuh baik yang berada di sekitar perkebunan dan provinsi sentra kelapa sawit.

Di tengah pandemi, pelaku usaha UMKM sawit tetap inovatif mengembangkan produk dan usaha. Beragam produk bermunculan mulai dari hand sanitizer, sabun cair (liquid soap), suplemen minyak sawit merah, gula merah, dan kerajinan limbah sawit.

Plt. Direktur Kemitraan BPDP-KS Muhammad Ferian menyebutkan bahwa petani dan kelompok tani menjadi poin penting dalam grand design penguatan industri sawit.

"Pertimbangannya sangat jelas, petani beserta kelembagaan mereka merupakan kunci sukses dalam industri sawit," ujar Muhammad Ferian di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani, dikatakan Ferian, petani dapat diarahkan kepada sektor UMKM. Sebab UMKM ini bersifat usaha yang produktif untuk peningkatan pendapat petani melalui penciptaan nilai tambah produk sawit (minyak dan biomasa).

Selain itu, format kelembagaan UMKM dapat digunakan untuk meningkatkan posisi tawar yang optimal dan akses langsung kepada pasar.

Di saat pandemi, banyak UMKM sawit yang menghasilkan produk dibutuhkan masyarakat seperti produk pembersih tubuh, sanitasi, dan makanan.

"Kami bekerja sama dengan sejumlah lembaga untuk menghasilkan produk di masa pandemi. Kerjama dengan Surfactant and Bioenergy Research Center – Institut Pertanian Bogor (SBRC – IPB) yang menghasilkan sabun cair dan hand sanitizer yang akan dilaunching bulan ini. Kami juga menggerakkan petani supaya memproduksi produk pangan yang relevan dengan keadaan saat ini," kata Ferian.

Ferian menegaskan intinya pihaknya sudah memulai beberapa program yang difokuskan pada UMKM dan kelompok petani. "Kami harapkan kemitraan dengan BPDP-KS tidak hanya wacana tetapi hasil akhir yang bisa membuat petani sawit yang dulunya belum punya usaha menjadi memiliki usaha dan kegiatan ekonominya jauh lebih baik," ujarnya.

Salah satu produk inovasi UMKM yang telah berkembang adalah hand sanitizer dan liquid soap dari sawit. Prof. Dr. Ir. Erliza Hambali, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) mengungkapkan usaha kecil menengah (UKM) hand sanitizer berbahan kelapa sawit cukup menjanjikan.

Karena, kelapa sawit dapat diolah tidak hanya menjadi makanan melainkan dapat menjadi produk energi, personal care dan bahan baku industri perminyakan. Jadi sepantasnya kita meningkatkan nilai tambah minyak sawit, salah satunya diolah menjadi hand sanitizer.

"Produk hand sanitizer dari sawit memiliki karakter berbeda dari produk lain. Untuk melindungi kulit dari kekeringan akibat penggunaan etanol pada konsentrasi tinggi, digunakan gliserol dari sawit yang dapat menahan penguapan air dari permukaan kulit serta memberikan kulit kelembaban dan kesegaran alami," jelasnya.

Sebagian besar konsumen mengkategorikan bahwa produk hand sanitizer sawit ini merupakan produk natural, alami dan organic.

Inovasi Petani

Ilustrasi CPO 4 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi CPO 4 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Sekretaris Jenderal DPP APKASINDO Rino Afrino mengakui banyak inovasi petani melalui berbagai UMKM di sekitar perkebunan sawit. Mereka menghasilkan inovasi produk seperti tas sawit, gula merah, dan dodol sawit.

Selain yang berhubungan dengan sawit, terdapat pula UMKM yang menjadi pendukung kegiatan perkebunan dan industri di sektor transportasi, perdagangan, dan logistik.

Sementara itu, Asisten Deputi Pertanian dan Perkebunan, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Dewi Syarlen mengakui bahwa perkebunan merupakan subsektor pertanian yang mampu bertahan di masa pandemi. Komoditi sawit merupakan sektor paling tangguh dan menjadi penolong perekonomian Indonesia.

Di saat kondisi pandemi belum usai, Kementerian Koperasi dan UKM RI telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menjaga keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah termasuk di sektor sawit.

Apalagi dari 67 juta UMKM di Indonesia, terdapat 5,6 persen merupakan UMKM di sektor pertanian. Dewi menjelaskan terdapat tiga lagkah yang dilakukan Kementerian untuk menjaga keberlanjutan UMKM.

Pertama adalah Bantuan langsung Tunai (BLT) yang diberikan pada UMKM aktif berdasarkan by name by address. Jumlah bantuan sebesar Rp 2,4 juta/UMKM kepada 12 juta UMKM di Indonesia.

Kedua, pelatihan online meningkatkan kapasitas produksi UMKM. Terakhir, menjalankan standarisasi dan sertifikasi produk diberikan pada UMKM yang sesuai dengan komoditasnya masing-masing agar produknya memiliki daya saing tinggi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Superduper Ziyan, Kanal Anak yang Menghibur di Vidio

Posted: 09 Aug 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kanal khusus untuk anak-anak semakin banyak tersedia di berbagai platform streaming. Biasanya, video seperti unboxing dan ulasan tentang mainan menjadi konten yang paling disukai.

Alasan video unboxing begitu diminati karena anak kecil biasanya kerap dibuat penasaran dengan barang yang ada di dalam bungkusan atau hadiah tersebut. Apalagi, jika isinya adalah mainan yang jadi favorit mereka.

Lantaran kontennya lebih dikhususkan untuk anak-anak, maka videonya pun dibuat semenarik mungkin. Seperti pada kanal Superduper Ziyan yang ada di platform streaming Vidio berikut ini.

Ziyan tak cuma membuat video tentang mainan, ia juga sering mengunggah konten berupa  tempat bermain seru, wisata edukasi, dan ulasan makanan.

Tak sendiri, ia kerap mengajak adik laki-lakinya bermain. Salah satu video memperlihatkan Ziyan dan sang adik main mobil-mobilan dan dinosaurus. Aksi polos dan lucu keduanya pun semakin menarik perhatian.

Nah, buat yang penasaran Ziyan dan adiknya bermain, bisa cek video di bawah ini. Atau kunjungi kanal Superduper Ziyan yang cocok untuk ditonton anak-anak di aplikasi dan situs streaming Vidio.

Saksikan video di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI dan Jaya Real Property Bangun Kawasan Terpadu di Stasiun Pondok Ranji

Posted: 09 Aug 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bersama sejumlah pihak terus berkomitmen meningkatkan pelayanan moda transportasi massal, salah satunya moda transporasi kereta api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Jaya Real Property Tbk berkolaborasi melakukan penataan dan pengembangan di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan dan keselamatan pengguna KRL di Stasiun Pondok Ranji.

Groundbreaking New Image dan Peningkatan Aksesibilitas Stasiun Pondok Ranji dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Direktur Utama JRP Trisna Muliadi pada Senin (10/8) di Stasiun Pondok Ranji.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementerian Perhubungan terus melakukan upaya dan langkah strategis dalam membangun satu sistem tansportasi yang terintegrasi dengan moda lain, perkantoran atau kompleks perumahan. Budi Karya berharap masyarakat semakin mudah dalam menjangkau dan menggunakan angkutan umum massal dengan tarif terjangkau tak terkecuali KRL yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

"Saya menyambut baik kolaborasi yang dilakukan PT KAI bersama dengan PT Jaya Real Property untuk melakukan penataan dan pengembangan di Stasiun Pondok Ranji ini. Karena memang masyarakat Kota Tangerang Selatan banyak yang bekerja dan beraktivitas di wilayah DKI Jakarta dengan lebih banyak memilih menggunakan KRL. Salah satu stasiun yang padat adalah di Stasiun Pondok Ranji ini," jelas Budi Karya.

Budi Karya menginginkan bentuk kerja sama ini dapat diaplikasikan di wilayah lain, dan tak lupa dukungan dari Pemerintah Daerah setempat agar stasiun – stasiun kereta api menjadi semakin mudah diakses oleh masyarakat. Sehingga diharapkan pengguna angkutan massal KRL semakin meningkat, sehingga dapat menyelesaikan masalah kemacetan jalan.

 

Konsep Kawasan Terpadu

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menjelaskan, Salah satu prioritas pembangunan yang ingin diwujudkan di Kota Tangsel adalah pembangunan infrastruktur kota yang nyaman, modern dan ramah lingkungan. Groundbreaking ini tentunya mendukung perwujudan hal tersebut.

"Saat ini, konsep kawasan terpadu di stasiun di Kota Tangsel sudah mulai dibangun di area stasiun Rawa Buntu dan sekarang di stasiun Pondok Ranji. Harapannya, ke depan Konsep ini bisa dibangun di tempat-tempat lainnya," ujarnya

Selain mendukung pertumbuhan perekonomian kawasan, konsep terpadu seperti ini tentunya membuat mobilisasi atau transportasi menjadi lebih efisien. Sekaligus mengurangi kemacetan dan mendukung penataan kawasan.

"Kolaborasi ini merupakan salah satu langkah KAI dalam mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia melalui integrasi stasiun Pondok Ranji dengan kawasan JRP di Tangerang Selatan" paparnya.

 

Sambut HUT ke-75 Republik Indonesia

KRL melintasi tenda pengungsian korban penggusuran di tenda pengungsian RT 006/004, Kampung Bandan, Ancol, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Korban penggusuran hanya mengandalkan tenda dari terpal dan alas triplek untuk tidur. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
KRL melintasi tenda pengungsian korban penggusuran di tenda pengungsian RT 006/004, Kampung Bandan, Ancol, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Korban penggusuran hanya mengandalkan tenda dari terpal dan alas triplek untuk tidur. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan, Groundbreaking ini juga dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia. Sebab, KAI berkomitmen untuk memajukan dan modernasi perekeretaapian Indonesia dengan penataan dan pengembangan stasiun Pondok Ranji yang ditargetkan selesai pada April 2021.

"Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah penambahan akses keluar masuk stasiun Pondok Ranji. Saat ini akses stasiun hanya melalui Jl. WR Supratman dimana jalannya sempit dan padat. Kedepan akses stasiun akan ditambah menuju Kawasan Pemukiman Bintaro Jaya yang berada di seberang Jalan Tol Jakarta Serpong," ungkapnya

Lanjutnya, akses baru tersebut akan terhubung dengan stasiun melalui Connector Bridge yang nyaman. Nantinya, keberadaan akses keluar masuk stasiun yang baru dapat mengurai kepadatan kendaraan di sekitar Stasiun Pondok Ranji.

Peningkatan pelayanan juga dilakukan dengan menambah kapasitas lot perparkiran, baik roda 4 yang semula 26 lot menjadi 83 lot, maupun roda 2 yang semula 400 lot menjadi 1.200 lot. Dengan peningkatan jumlah lot perparkiran ini diharapkan lebih banyak masyarakat yang beralih ke moda transporatsi KRL untuk menuju wilayah-wilayah di sekitar Jabodetabek. Pengembangan juga dilakukan pada area komersial di stasiun sehingga para pengguna KRL dapat lebih nyaman saat berada di stasiun.

 

Rute

Penumpang berada di rangkaian KRL Commuter Line jurusan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Depok Baru, Jawa Barat, Senin (25/5/2020). Banyaknya warga yang silaturahmi selama lebaran menyebabkan perjalanan KRL tetap dipadati penumpang, meskipun waktu operasional dibatasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Penumpang berada di rangkaian KRL Commuter Line jurusan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Depok Baru, Jawa Barat, Senin (25/5/2020). Banyaknya warga yang silaturahmi selama lebaran menyebabkan perjalanan KRL tetap dipadati penumpang, meskipun waktu operasional dibatasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Saat ini, Stasiun Pondok Ranji melayani KRL rute Tanah Abang, Serpong, Parung Panjang, Maja dan Rangkasbitung dengan rata-rata volume penumpang harian sebanyak 3.546 penumpang per hari pada masa PSBB Transisi. Pada masa normal, jumlahnya mencapai rata-rata 10.892 penumpang per hari.

"melalui penataan dan pengembangan Stasiun Pondok Ranji, diharapkan dapat memberikan kemudahan, keselamatan dan kenyamanan lebih bagi masyarakat di wilayah Tangerang Selatan yang ingin bekerja ke DKI Jakarta menggunakan KRL," tukasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suara Gemuruh Disertai Hujan Abu Vulkanik Saat Gunung Sinabung Erupsi

Posted: 09 Aug 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Karo Kota Berastagi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terdampak erupsi Gunung Sinabung. Akibat erupsi Sinabung setinggi 5.000 meter, Kota Berastagi diselimuti abu vulkanik.

Seorang warga Berastagi yang bermukim di kawasan Jalan Udara, Desa Semangat, Bobby mengatakan, tebalnya abu vulkanik menyebabkan jalan raya di seputaran Kota Berastagi tertutup.

"Akibat abu pekat, pengguna jalan terganggu," kata Bobby, Senin (10/8/2020).

Erupsi Sinabung kali ini terjadi pada pukul 10.16 WIB. Diungkapkan Bobby, saat erupsi Gunung Sinabung terjadi, suara gemuruh terdengar. Tidak lama berselang, hujan abu vulkanik terjadi.

"Suara gemuruh tadi kami dengar, ternyata Sinabung kembali erupsi. Abunya sampai sini (Berastagi). Hujan abu vulkanik masih terjadi di Berastagi," sebutnya.

 

Abu Vulkanik Warna Cokelat

Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi kedua ini terjadi pukul 17.18 WIB. (Istimewa)
Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi kedua ini terjadi pukul 17.18 WIB. (Istimewa)

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra menerangkan, Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik mencapai lebih kurang 5.000 meter.

"Erupsi menyebabkan kolom abu berwarna cokelat gelap dan mengarah timur dan tenggara," ucapnya.

Erupsi 2.000 Meter

Penduduk desa melihat asap abu vulkanik Gunung Sinabung dari kota Karo (6/4). Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus, pada Jumat (6/4/2018) pukul 16.07 WIB. (AFP Photo/Anto Sembiring)
Penduduk desa melihat asap abu vulkanik Gunung Sinabung dari kota Karo (6/4). Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus, pada Jumat (6/4/2018) pukul 16.07 WIB. (AFP Photo/Anto Sembiring)

Gunung Sinabung pada Sabtu, 8 Agustus 2020, juga erupsi dengan ketinggian abu vulkanik 2.000 meter. Erupsi pertama pukul 01.58 WIB, dan abu vulkanik terdistribusi di beberapa kecamatan di Kabupaten Karo.

Kemudian pada sore harinya pukul 17.18 WIB, Gunung Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh lebih kurang 1.000 meter.

"Tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat, dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," Armen menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulit Dipercaya, 6 Potret Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana

Posted: 09 Aug 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kue pernikahan menjadi salah satu hal yang kerap identik dengan pesta pernikahan. Walaupun tak selalu menjadi hal utama, namun beberapa tak jarang memilih kue pernikahan menjadi salah satu komponen untuk mempercantik suasana pernikahan. Kemegahan kue pernikahan yang tentunya berhasil membuat seseorang kagum dan mengapresiasinya.

Seorang pembuat kue asal Rusia menciptakan sebuah kue pernikahan yang megah dan berbeda dari kue pernikahan pada umumnya. Seorang pembuat kue bernama Renat Agmazov ini membuat sebuah kue megah yang terlihat bak istana. Setiap detailnya pun terlihat sungguhan dan sulit untuk dipercaya.

Menghasilkan sebuah kue pernikahan yang unik dan megah merupakan salah satu karya seni yang harus diapresiasi. Pasalnya tak semua orang bisa menyajikan sebuah karya seni sebuah kue yang setiap detailnya terlihat seperti sungguhan.

Penasaran bagaimana potret sebuah kue yang terlihat sangat megah? Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside dan Instagram @renat_agzamov tentang potret kue pernikahan yang terlihat sangat indah bak sebuah istana, Senin (10/8/2020).

1. Menghasilkan sebuah kue pernikahan dengan detail yang sangat sempurna ini sukses membuat kagum. Tentunya dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi untuk menghasilkan karya seperti ini.

Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)
Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)

2. Setiap detail kue ini terlihat sangat sempurna. Kue ini memiliki tinggi sekitar 5,7 ft lho.

Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)
Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)

3. Menghasilkan sebuah kue dengan detail yang terlihat sangat sempurna merupakan sebuah karya seni yang harus diapresiasi.

Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)
Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)

4. Air mancur yang berjatuhan pada kue ini terlihat seperti air sungguhan ya.

Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)
Kue Pernikahan Ini Terlihat Megah Bak Istana. (Sumber: Instagram.com/renat_agzamov)

6. Percaya atau tidak, ini adalah sebuah kue yang terlihat bak istana yang menakjubkan. Beratnya yakni 4 ton, panjangnya 22 ft, dan tinggi 11,4 ft.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah: Pilkada di Tengah Pandemi Harus Bikin Demokrasi Kian Berkualitas

Posted: 09 Aug 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sangat mengapresiasi Webinar Nasional Keempat Taruna Merah Putih (TMP) bertemakan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19 yang digelar secara daring.

Menurut Khofifah, pemerintah Jawa Timur sendiri sudah merealisasikan jaringan fiber optik sebagai bagian dari tantangan menghadapi dunia dalam jaringan internet. Bahkan, pemerintah Jawa Timur juga akan memberikan support kepada desa dan kelurahan untuk menambahkan akses internet, terutama untuk UMKM dan BUMDes.

"Di tahun 2030, sebagaimana dikatakan Jack Ma, bahwa 85 persen pola ekonomi akan berlangsung secara digitial. Maka sejak awal kita memberikan format tutorial secara gratis kepada UMKM dan BUMDes," ungkap Khofifah saat menjadi pembicara dalam Webinar Nasional TMP, Minggu (9/8/2020) malam.

Terkait dengan Pilkada di tengah pandemi Covid-19, Khofifah mewanti-wanti agar bantuan sosial (Bansos) tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik Pilkada. Apalagi format bantuan memungkinkan para kepala daerah untuk memberikan secara langsung kepada masyarakat.

Pemerintah Jawa Timur sendiri, sambungnya, sudah membuat forum dengan mengundang semua bupati/wali kota, inspektorat, Sekda, KPK, BPK, dan BPKP, sehingga sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo agar bansos tidak hanya send namun juga delivered sehingga masyarakat merasakan manfaatnya.

Dalam forum tersebut, Khofifah dapat laporan bahwa ada Bansos atau amplop yang diberi gambar atau logo dari kepala daerah atau calon kepala daerah. Pemprov sendiri sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota. Lebih-lebih di Jawa Timur ada 19 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020.

"Pengawasan Bansos, ini PR kita ada di DTKS (data terpadu kesejehteraan sosial), harusnya menurut UU 13/2011 mestinya ini bottom up process, selagi kita tidak bisa update realtime. Padahal datanya ini dinamis sekali. Ada yang pindah, menikah, meninggal, ada yang tiba-tiba dapat warisan, pada posisi UU menyediakan bottom up process," jelas Khofifah.

Dalam hal ini, sambung Khofifah, sebenarnya sudah menjadi ide besar Presiden Jokowi adalah bagaimana ada satu data Indonesia. Sebab dengan satu data ini akan melahirkan efisiensi dan respons cepat dalam penangangan masalah sosial dengan tepat.

"Ke depan juga, terkait Pilkada, konsolidasi demokrasi harus terus dilakukan secara berkualitas dengan penuh penghormatan tanpa menggunakan isu SARA dan politik identitas," jelas Khofifah.

 

Khofifah dan Risma

Di akhir bicara, Khofifah berterima kasih atas kesempatan yang diberikan TMP dan Maruarar Sirait. Sebab bisa berbagi pikiran dan informasi dengan pembicara lain seperti Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo, Bupati Tulang Bawang Winarti dan Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum TMP Maruarar Sirait juga berterima kasih atas kehadiran Khofifah Indar Parawansa. Apalagi pada Webinar ketiga TMP juga mengundang Wali Kota Surbaya Tri Rismaharini.

"Mbak Khofifah dan Mbak Risma ini dua perempuan hebat. Dan sebagaimana Mbak Mega dan Mas Hasto yang selalu mengajarkan untuk bersatu, pada waktunya TMP, kita ingin bikin satu forum antara Mbak Risma dan Mba Khofifah. Kita bisa membawa persatuan," kata Maruarar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Edhy Bakal Libatkan Lulusan Politeknik Perikanan dalam Program KKP

Posted: 09 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo telah mewisuda 1.356 lulusan politeknik dan akademi lingkup Kelautan dan Perikanan (KP) hari ini, Senin (10/8/2020). Dalam sambutannya, Edhy menyatakan rasa bangganya karena para lulusan telah melalui pendidikan dan segala evaluasi di dalamnya.

Sebagaimana dengan arahan Presiden Jokowi, kata Edhy, laut adalah masa depan bangsa. Laut Indonesia kaya akan sumber daya alam, sehingga dibutuhkan pula sumber daya manusia yang kompeten untuk mengelolanya.

"Bukti nyata hari ini kita luluskan 1.356 lulusan, kader-kader terbaik bangsa Indonesia yang kelak akan membangun bangsa ini. Saya semakin percaya, mengelola laut tidak akan sulit karena kita sudah memiliki potensinya," ujar Edhy dalam tayangan virtual, Senin (10/8/2020).

Edhy melanjutkan, banyak usulan yang disampaikan kepadanya perihal masa depan karier lulusan perguruan tinggi KP, salah satunya usulan menempatkan para lulusan untuk bekerja di KKP atau instansi KP terkait.

Namun demikian, Edhy menyatakan, lebih baik agar lulusan-lulusan ini diterjunkan ke lapangan untuk mengelola potensi kelautan dan perikanan yang saat ini baru dimanfaatkan 10 persen saja.

"Kepala sekolah, pendidik kalian, menyampaikan ke kami, apakah tidak sebaiknya lulusan terbaik ini diterima di KKP, bagi saya bukan hal sulit, hal yang sangat mudah, tapi jauh lebih besar dari itu, saudara-saudara yang lulus bagi saya adalah yang terbaik, saudara harus terjun ke lapangan," ujar Edhy.

Dia menegaskan, selama masih menjabat sebagai Menteri KKP, pihaknya akan selalu melibatkan lulusan perguruan tinggi KP dalam program dan kegiatan yang dicanangkan KKP.

"Saya janji, selama masih ditunjuk sebagai Menteri KKP, seluruh program dan kegiatan dalam membangun sektor perikanan dan kelautan, saya janji akan libatkan lulusan politeknik KP," ujarnya.

Terjun ke Lapangan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberikan 500 ekor benih patin kepada Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir, Jakarta Selatan. (Cok KKP)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberikan 500 ekor benih patin kepada Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir, Jakarta Selatan. (Cok KKP)

Bahkan, pihaknya juga akan turut melibatkan para alumni perguruan tinggi KP yang belum terserap dunia kerja.

"Jangankan yang hari ini lulus, yang kemarin sudah lulus dan belum terserap, akan kami data dan kami libatkan," katanya.

Edhy mengingatkan, para lulusan sudah dilatih untuk terjun ke lapangan. Oleh karenanya, kontribusi nyata para lulusan sangat dibutuhkan untuk membangkitkan potensi kelautan dan perikanan Indonesia.

"Produksi udang saja kita belum sampai 1 juta per tahun padahal panjang pantai kita terpanjang ke-2 di dunia. Jika 1.356 lulusan langsung diterjunkan membangun tambak, itu pun masih belum cukup, belum mencapai 0,1 persennya," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Diterjang Longsor, Jalan Lintas Aceh Barat - Pidie Kembali Normal

Posted: 09 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Meulaboh - Badan jalan provinsi yang rusak akibat terjangan longsor di lintasan Aceh Barat-Pidie tepatnya di Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat sudah mulai diperbaiki.

Bencana longsor yang terjadi akhir Juli lalu itu menyebabkan akses transportasi masyarakat yang melintas di daerah pegunungan tersebut terganggu.

"Alhamdulillah, kerusakan jalan akibat terjangan longsor ini sudah mulai kita tangani secara darurat," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, DR Kurdi di Meulaboh, Senin (10/8/2020). Pemda setempat selanjutnya berharap masyarakat bisa beraktivitas lagi seperi biasa.

Ia menjelaskan, nantinya perbaikan secara permanen badan jalan yang rusak akibat terjangan longsor akan ditangani sepenuhnya oleh Pemerintah Aceh pada tahun 2021 mendatang. Kurdi mengakui dampak yang ditimbulkan akibat longsor sepanjang 20 meter dengan kedalaman berkisar antara 20-30 centimeter tersebut menyebabkan arus transportasi di daerah ini terganggu.

Namun setelah dilakukan penanganan secara darurat, ruas jalan provinsi tersebut pada Senin siang sudah kembali lancar dan normal seperti semula.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus mendorong agar perbaikan ruas jalan yang rusak akibat longsor ini agar dapat ditangani secara permanen, alhamdulillah saat ini sudah mendapatkan respons positif dari Pemerintah Aceh," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Proses Belajar Online di Sekolah Tunanetra

Posted: 09 Aug 2020 10:30 PM PDT

Kepala Sekolah Ade Ismail mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kepala Sekolah Ade Ismail mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Sekolah Ade Ismail mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo (kiri) dan Rantiyani mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru Wahyu Adi Prasetyo (kiri) dan Rantiyani mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo (kiri) dan Rantiyani mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Rantiyani mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru Rantiyani mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Rantiyani mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Guru Wahyu Adi Prasetyo mengajar secara online di sekolah tunanetra Yayasan Raudlatul Makfufin, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Keterbatasan kuota internet membuat para guru membatasi waktu belajar yang berlangsung sejak pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecelakaan Maut Tol Cipali, 8 Orang Meninggal Dunia

Posted: 09 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 8 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas antara kendaraan Micro Bus Elf D-7013-AN dan Toyota Rush B-2918-PKL di Tol Cipali KM 184.400. Menurut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi polisi telah melakukan olah TKP kecelakaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhirnya Dibaptis, Marsha Aruan Punya Nama Baru

Posted: 09 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Marsha Aruan seketika menjadi sorotan karena unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya, Senin (10/8/2020). Mantan kekasih El Rumi ini memperlihatkan momen pembaptisan dirinya dan dua saudaranya.

Mengenakan busana serba putih, Marsha Aruan dan saudaranya melakukan prosesi baptis selam pada Sabtu (8/8/2020). Dalam keterangannya, ia mengungkap rasa bahagia dan syukur.

"Aku berterima kasih pada Tuhan karena hari ini aku terlahir kembali dan menjadi suci untuk Tuhan Yesus. Tak hanya aku, Tuhan juga membawa dua kesayanganku @michelleearuan & @stefaniegabriell ke dalam keluargaNYA," tulis Marsha Aruan pada Minggu (9/8/2020).

"Aku bersyukur karena ini bukan di masa lalu, atau hari-hari yang akan datang, tetapi pada hari ini, aku menerima panggilan-Nya atas hidupku," Marsha Aruan menyambung pernyataan.

Kehidupan Baru

Marsha Aruan (Sumber: Instagram/aruanmarsha)
Marsha Aruan (Sumber: Instagram/aruanmarsha)

Pesinetron berusia 23 tahun ini siap meninggalkan kehidupannya yang telah lalu dan menjadi manusia yang baru. Marsha Aruan juga memanjatkan doa untuk kehidupannya yang lebih baik.

Bintang film Dreadout ini pun mengakhiri keterangannya dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang di sekelilingnya yang telah menghujaninya dengan doa yang baik.

Nama Baru

[Foto: Instagram Marsha]
[Foto: Instagram Marsha]

Sementara di akhir keterangannya, ia membubuhkan kata Elizabeth, yang diduga sebagai nama barunya.

"Terima kasih semuanya atas permohonan hangatnya, Tuhan memberkati kita semua. Yours truly, Elizabeth," ia mengakhiri.

Respons

Warganet pun merespons prosesi pembaptisan Marsha Aruan dengan sangat positif.

"Congratulations Elizabeth... Jesus love you.. Happy sunday beautifu," kata salah satu warganet.

"Puji Tuhan..Tuhan berkati dan sertai Marsha senantiasa Aminnn," tambah warganet yang lainnya.

Klarifikasi

Sementara itu, dari prosesi pembaptisan ini banyak pihak yang menduga Marsha Aruan telah berpindah agama. Lewat Instagram Story, ia memberi sanggahan.

"Hmm sejak kapan juga aku pindah agama? dari lahir enggak pernah pindah pindah kok," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Kebijakan OJK untuk Menahan Kejatuhan Pasar Modal Indonesia selama Pandemi

Posted: 09 Aug 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso menyatakan bahwa pandemi Corona sangat berpengaruh terhadap kinerja sektor keuangan nasional termasuk pasar modal. Oleh karena itu, OJK tidak mau tinggal diam dan mengambil banyak kebijakan baru agar sektor keuangan tetap bertahan. 

"Dampak pandemi Covid-19 terlihat di sektor keuangan. Fluktuasi dan gejolak pasar modal global di masa awal pandemi membuat ketahanan pasar modal kita benar-benar diuji," kata dia, di jakarta, Senin (10/8/2020).

Akibat pandemi Corona, imbal hasil obligasi meningkat, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga bergerak sangat fluktuatif dan pernah mencapai level terendahnya di 3.937 pada 24 Maret atau terkontraksi 37 persen dari posisi akhir tahun lalu.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah mengambil langkah cepat. Serangkaian kebijakan pre-emptive telah dikeluarkan OJK dengan bersinergi bersama SRO sejak awal Maret 2020 untuk memitigasi terjadinya pemburukan akibat tingginya sentimen negatif yang ditimbulkan.

Beberapa kebijakan di sektor pasar modal dilahirkan diantaranya adalah pelarangan short selling, buyback saham tanpa RUPS dalam kondisi pasar berfluktuasi signifikan, perubahan batasan auto rejection menjadi asymmetric, dan perubahan batasan trading halt serta penyesuaian sesi perdagangan di pre-opening.

"Ini merupakan paket kebijakan yang kami tempuh untuk meredam volatilitas. Langkah ini kami lakukan dengan cepat dan terukur dalam merespons dinamika yang terjadi," jelas dia.

Selain itu, berbagai kebijakan relaksasi juga dikeluarkan agar industri pasar modal dapat tetap bertahan di masa sulit ini. Diantaranya relaksasi pemenuhan prinsip keterbukaan, relaksasi kewajiban penyampaian pelaporan, serta stimulus bagi industri pengelolaan investasi.

"Kami juga bersinergi dengan Pemerintah maupun BI untuk menggerakkan rodaperekonomian di sektor riil diantaranya melalui kebijakan restrukturisasi, penempatan dana, penjaminan kredit dan subsidi bunga," paparnya.

Dengan berbagai kebijakan tersebut, kini pemerintah dapat kita rasakan dampaknya di pasar modal. Di mana volatilitas mereda dengan IHSG kembali bergerak stabil di level di atas 5.000 (IHSG),Jumat 7 Agustus ditutup 5.143,89, menurun 0,11 persen mtd dan tumbuh negatif 18,34 persen (ytd).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Jokowi Sempat Ragukan Kemampuan Pasar Modal Indonesia Hadapi Pandemi

Layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020).  Seiring berjalannya perdangan, penguatan IHSG terus bertambah tebal hingga nyaris mencapai 1,50 persen.   (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020). Seiring berjalannya perdangan, penguatan IHSG terus bertambah tebal hingga nyaris mencapai 1,50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat khawatir dengan kondisi pasar modal Tanah Air. Di tengah pandemi Corona Covid-19, ia ragu pasar modal Indonesia bisa bertahan. Namun keraguan Jokowi tersebut langsung sirna karena pasar modal Indonesia mampu bertahan.

"Tentunya kekhawatiran ini beralasan karena pandemi ini timbulkan ketidakpastian yang berkepanjangan sehingga mempengaruhi aktivitas investasi," kata dia dalam video ucapan yang ditayangkan, Senin (10/8/2020).

Bursa efek Indonesia (BEI) bersama dengan otoritas pasar modal lainnya ternyata sangat sigap menyiapkan berbagai kebijakan dan penyesuaian agar pasar modal bisa tetap jalan dan tidak terjun bebas.

"Bahkan pasar modal kita tetap dapat torehkan kinerja yang baik hal ini dibuktikan dengan adanya 35 IPO saham baru tahun ini dan tambahan produk lainnya, di BEI," jelas dia.

Menurutnya, dengan capaian di atas, Indonesia mencatatkan jumlah IPO tertinggi diantara bursa ASEAN sepanjang 2020. Di mana investor pasar modal telah mencapai 3 juta investasi, atau naik hampir 3 kali lipat dalam 3 tahun terakhir.

"Saya apresiasi upaya ini dan semua yang kerja keras dalam pencapaian ini dirgahayu pasar modal Indonesia selamat peringati 43 tahun diaktifkannya pasar modal Indonesia," tandas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Hingga Selandia Baru Desak Hong Kong Segera Gelar Pemilu

Posted: 09 Aug 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru tengah mendesak Hong Kong untuk mengadakan pemilihan secepat mungkin. 

Negara-negara tersebut juga memperingatkan pihak berwenang tentang langkah-langkah untuk "merusak proses demokrasi".

Mengutip laman Channel News Asia, Senin (10/8/2020), pernyataan mereka muncul ketika anggota parlemen China bersidang untuk memutuskan langkah selanjutnya setelah pemilihan Dewan Legislatif Hong Kong yang dijadwalkan pada 6 September ditunda selama setahun karena Virus Corona baru. 

Para menteri luar negeri dari lima negara mengatakan mereka "sangat prihatin dengan diskualifikasi calon yang tidak adil oleh pemerintah Hong Kong dan penundaan yang tidak proporsional dalam pemilihan Dewan Legislatif.

"Langkah-langkah ini telah merusak proses demokrasi yang fundamental bagi stabilitas dan kemakmuran Hong Kong."

Mereka mendesak "pemerintah Hong Kong untuk menggelar pemilu secepatnya".

Situasi Politik Hong Kong

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam (AFP/Anthony Wallace)
Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam (AFP/Anthony Wallace)

Kepala eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengatakan akan pragmatis untuk memperpanjang masa jabatan legislatif saat ini.

Tetapi ada tanda tanya tentang apa yang harus dilakukan terhadap empat anggota parlemen oposisi yang telah dilarang untuk mengikuti pemilihan kembali.

Empat legislator pro-demokrasi didiskualifikasi karena melanggar undang-undang keamanan nasional yang baru dengan menyerukan sanksi internasional terhadap Beijing dan Hong Kong.

Dalam pernyataannya, lima menteri luar negeri menyerukan agar legislator yang didiskualifikasi dipekerjakan kembali.

Pernyataan bersama dari lima negara yang berbagi intelijen di bawah kemitraan Five Eyes mengatakan bahwa undang-undang keamanan "mengikis hak dan kebebasan fundamental rakyat Hong Kong.

"Kami mendukung ekspektasi yang sah dari rakyat Hong Kong untuk memilih perwakilan Dewan Legislatif melalui pemilihan yang benar-benar bebas, adil, dan kredibel," tambah mereka.

Sebelumnya pada hari Jumat, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada sekelompok pejabat China dan Hong Kong, termasuk Carrie Lam yang terlibat dalam menegakkan undang-undang keamanan yang kontroversial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Sebut Praperadilan Anita Kolopaking Bukan soal Penahanan

Posted: 09 Aug 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Anita Kolopaking, Andi Putra Kusuma menyatakan bahwa upaya praperadilan yang ditempuh kliennya bukan terkait dengan penahanan yang dilakukan Bareskrim Polri. Namun lebih kepada penetapan status tersangka atas kasus surat jalan Djoko Tjandra.

"Kita mengajukan praperadilan bukan terhadap penahanan Bu Anita. Kita praperadilan terhadap penetapan tersangka Bu Anita. Terhadap penahanannya itu Bu Anita koperatif tidak ada perlawanan," tutur Andi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2020).

Menurut Andi, pihaknya hanya menyayangkan penahanan yang dilakukan Bareskrim Polri terhadap Anita Kolopaking. Lantaran, alasan yang digunakan pun cenderung dipaksakan.

"Pertama soal melarikan diri, orang sudah dicekal kok 6 bulan ke depan. Tidak akan mungkin lagi melarikan diri. Kedua, agar tidak mengulangi perbuatan yang sama. Perbuatan yang mana? Bareskrim kan sudah tidak mungkin lagi mengeluarkan surat yang sama. Pak Djoko ini juga sudah ditahan. Jadi perbuatan yang mana lagi," jelas dia.

"Ketiga agar tidak menghilangkan barbuk. Bareskrim sendiri yang bilang barbuk sudah disita. Surat-surat, handphone seluler Bu Anita sendiri sudah disita. Jadi berdasarkan poin-poin yang disampaikan Brigjen Awi, alasan penahanannya itu sama sekali tidak beralasan," lanjut Andi.

Meski tanpa penahanan, Andi menegaskan kliennya akan koperatif menjalani pemeriksaan Bareskrim Polri. Terlebih, sejak menjadi saksi pun Anita Kolopaking selalu hadir pemeriksaan tanpa menunggu adanya surat panggilan penyidik.

"Praperadilan ini bukan upaya kita melawan Bareskrim. Ini kan yang menjadi hak Bu Anita dan diperbolehkan UU. Jadi wajar saja Bu Anita mengambil upaya praperadilan. Jadi kita kawal supaya pengadilan dalam mengambil keputusan praperadilan ini tidak ada intervensi pihak mana pun," Andi menandaskan.

Polisi Tetapkan Anita Kolopaking Tersangka Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra

Djoko Tjandra Ditangkap: Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra digiring masuk kedalam mobil usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Djoko Tjandra Ditangkap: Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra digiring masuk kedalam mobil usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Polisi menetapkan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, sebagai tersangka kasus surat jalan yang diterbitkan oleh Brigjen Prasetijo Utomo. Dengan begitu, sudah dua orang yang telah naik status menjadi tersangka dalam perkara tersebut.

"Berkaitan dengan Pak Djoko Tjandra malam ini saya akan update mengenai penangkapan tersangka saudari Anita Dewi Anggraeni Kolopaking," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2020).

Menurut Argo, penyidik telah melakukan gelar perkara Anita Kolopaking pada Senin 27 Juli 2020. Dengan merujuk adanya barang bukti, petunjuk, dan saksi yang cukup.

"Hasil gelar perkara Senin tersebut hasil kesimpulannya menaikkan status Anita menjadi tersangka," jelas dia.

Anita Kolopaking pun dijerat Pasal 263 ayat 2 KUHP terkait penggunaan surat palsu dan Pasal 223 KUHP tentang memberikan pertolongan kepada seseorang yang diputus hakim sebagai tahanan.

Anita Kolopaking ditahan di rumah tahanan Badan Reserse Kriminal Polri, Sabtu dini atau 8 Agustus 2020.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Polisi Ferdy Sambo mengatakan penahanan itu dilakukan untuk pemeriksaan lanjut selama 20 hari oleh penyidik Subdit 5 Dittipidum Bareskrim Polri.

"Jam 03.00 WIB (dini hari) selesai pemeriksaan langsung dilakukan penahanan selama 20 hari mulai tanggal 8-27 Agustus 2020," kata Ferdy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka

Posted: 09 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu Meteor Garden? Drama lawas asal Taiwan ini populer pada 2001. Meteor Garden dibintangi oleh aktor dan aktris hits seperti Barbie Hsu, Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu dan Ken Zhu. Kini 19 tahun berselang, penampilan para pemeran bikin pangling.

Seperti penampilan terkini Ken Zhu yang alami banyak perubahan. Aktor kelahiran 15 Januari 1979 mengakui mengidap penyakit langka, fibromyalgia. Fibromyalgia merupakan penyakit yang ditandai rasa nyeri di sekujur tubuh, disertai rasa lelah, dan gangguan tidur.

Ken Zhu mengakui ia sudah idap penyakit itu sejak 2016. Seperti diketahui, pada 2016 Ken Zhu juga menikah dengan perempuan bernama Wenwen Han. Wenwen selalu terlihat setia di samping Ken Zhu. Bahkan keromantisan keduanya sukses membuat para fans menjadi baper.

Penasaran kan dengan momen mesra Ken Zhu dengan istrinya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen mesra Ken Zhu dengan Wenwen Han, Senin (10/8/2020).

1. Ken Zhu dan Wenwen Han merupakan pasangan selebritas di Taiwan. Keduanya menikah pada 2016.

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)
6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)

2. Selama 3 tahun bersama, keromantisan mereka seakan tak pernah luntur oleh waktu.

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)
6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)

3. Wenwen juga setia menemani Ken Zhu di berbagai keadaan termasuk saat suaminya idap penyakit langka.

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)
6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)

4. Ken Zhu idap penyakit fibromyalgia sejak 2016 yang artinya sejak keduanya menikah.

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)
6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)

5. Potret kebersamaan Wenwen dan Ken Zhu sukses bikin baper para fans nya karena selalu tampil serasi.

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)
6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)

6. Saat hangout, keduanya begitu serasi dengan pakaian warna senada dan bergandengan tangan.

6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)
6 Momen Ken Zhu 'F4' Bersama Istri, Setia Menemani Hadapi Penyakit Langka (sumber: Instagram.com/kenzhuindo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Alasan Nagita Slavina Tak Jadi Gugat Cerai Raffi Ahmad

Posted: 09 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nagita Slavina dan Raffi Ahmad pernah menghadapi masalah besar dalam rumah tangga mereka. Permasalahan tersebut hampir membawa mereka menuju gerbang perceraian.

Raffi Ahmad mengungkap bahwa sang istri sempat berniat bercerai dan mengurusnya ke Pengadilan Agama. Rupanya itu hanya ancaman yang tak pernah dibuktikan Nagita Slavina.

Lewat Podcast yang dipandu Gading Marten dan Andre Taulany di YouTube Kuy Entertainment, ayah satu anak itu bertanya kepada Nagita Slavina, kenapa tak jadi gugat cerai pada Raffi.

"Ya, di saat emosi semuanya bisa terlontar. Tapi kan semuanya butuh berdoa dulu. Kan enggak segampang itu," ucap Nagita Slavina dalam video yang diunggah pada Sabtu (8/8/2020).

Kontrak Kerja?

Raffi Ahmad mempertemukan Nagita Slavina dengan Abiman Aryasatya (YouTube)
Raffi Ahmad mempertemukan Nagita Slavina dengan Abiman Aryasatya (YouTube)

Gading Marten lantas bertanya, apakah salah satu alasannya karena banyak kontrak kerja bersama yang telah mereka tanda tangani? Asumsi ini dibantah Raffi Ahmad.

"Kalau kontrak ya... kalau perpisahan itu, kan bukan melanggar kontrak sebenarnya. Kalau kriminal, narkoba, itu baru," jelas presenter sekaligus aktor berusia 33 tahun itu.

Doa yang Akhirnya Terkabul

Nagita Slavina (Liputan6.com/IG/@raffinagita1717)
Nagita Slavina (Liputan6.com/IG/@raffinagita1717)

Setelah dicecar, Nagita Slavina akhirnya mengungkap alasan terbesar tak jadi minta cerai Raffi Ahmad. Itu karena ia mengingat kembali komitmennya untuk menikah dan hidup bersama Raffi Ahmad.

Karena itu, bintang sinetron Di Sini Ada Setan harus siap menerima segala konsekuensi setelah rumah tangga dibina. Hal ini tak lepas dari doa yang akhirnya dikabulkan. 

Jangan Dipisahkan

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto: Rio Motret dari Instagram @raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto: Rio Motret dari Instagram @raffinagita1717)

"Karena aku sudah mengiyakan menikah dengan kamu. Sesuatu yang masih bisa diterima, ya terima saja," pelantun "Benar Nyata" dan "Dengan Menyebut Nama Allah" memaparkan

"Kita juga minta sama Allah berdoanya bukan yang kalau baik didekatin kalau jauh dipisahin, enggak begitu. Ya sudah, maunya ya Allah kalau sudah nikah jangan dipisahin, gitu," Nagita Slavina menyambung.

Menangis Saat Salah

Nagita Slavina. (Foto: Rio Motret dari Instagram @raffinagita1717)
Nagita Slavina. (Foto: Rio Motret dari Instagram @raffinagita1717)

Ia mengakui, di tengah pertikaian, Raffi Ahmad sering melihat istrinya menangis dalam salat. Momen ini membuat personel Bukan Bintang Biasa tersentuh dan luluh.

"Ini kayak di sinetron azab, nih. Gue pulang jam 1 malam atau jam setengah 5 (pagi). Pas buka pintu lihat bini gue salat sambil nangis, gue tutup lagi. Gue bingung akhirnya tidur di kamar bawah," tuturnya di kanal YouTube Daniel Mananta, belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Tak Lama Usai Letusan Pagi Tadi

Posted: 09 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sinabung, Sumatera Utara, kembali erupsi. Erupsi terjadi selang satu jam setelah letusan pertama, Senin (10/8/2020).

Letusan kedua hari ini terjadi pukul 11.17 WIB, sedangkan erupsi pertama berlangsung pukul 10.16 WIB tadi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM menginformasikan, tinggi kolom abunya mencapai 2.000 di atas puncak Gunung Sinabung.

"Terjadi erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara pada 10 Agustus 2020 pukul 11.17 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut)," info Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, PVMBG, Badan Geologi, KESDM dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Senin.  

PVMBG menyebut, kolom abu erupsi Gunung Sinabung teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Imbauan

PVMBG memastikan, status Gunung Sinabung masih berada pada Status Level III (Siaga).

PVMBG meminta masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Juga di lokasi dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km di timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

"Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," pinta PVMBG.

Mereka pun meminta masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Link untuk Cek Hasil SBMPTN 2020

Posted: 09 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 akan diumumkan pada Jumat, 14 Agustus 2020. Pengumuman akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan keterangan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada sejumlah laman situs web yang bisa diakses untuk melihat pengumuman tersebut.

Laman utama pengumuman tersedia pada tautan http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Selain laman utama, pengumuman juga dapat dilihat pada laman mirror sebagai berikut:

- http://sbmptn.ui.ac.id

- http://sbmptn.ugm.ac.id

- http://sbmptn.undip.ac.id

- http://sbmptn.unair.ac.id

- http://sbmptn.unsri.ac.id

- http://sbmptn.untan.ac.id

Enam Laman Mirror Lain

Sejumlah peserta mengenakan masker dan pelindung wajah saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitan Negeri Jakarta, Minggu (5/7/2020). Sebanyak 42.463 peserta mengikuti SBMPTN dengan prosedur protokol kesehatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah peserta mengenakan masker dan pelindung wajah saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitan Negeri Jakarta, Minggu (5/7/2020). Sebanyak 42.463 peserta mengikuti SBMPTN dengan prosedur protokol kesehatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut enam laman mirror lain untuk mengakses pengumuman SBMPTN:

- http://sbmptn.itb.ac.id

- http://sbmptn.its.ac.id

- http://sbmptn.ipb.ac.id

- http://sbmptn.unand.ac.id

- http://sbmptn.unhas.ac.id

- http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Sertifikat UTBK

Sementara itu, sertifikat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat diunduh pada Sabtu, 15 Agsutus 2020, pukul 15.00 WIB.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dampak Corona, Penari Klub Malam 'Buka Praktek' di Rumah Pelanggan

Posted: 09 Aug 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi corona merebak banyak usaha klub malam yang terpaksa ditutup. Salah satu klub malam di Meksiko City luncurkan inovasi. Para penarinya bisa 'buka praktek' di rumah pelanggan. Seperti apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Juli Membaik, Pemerintah Optimis Indonesia Tak Masuk Jurang Resesi

Posted: 09 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta optimis Indonesia bisa telepas dari belenggu resesi. Hal tersebut terlihat dari data Juli yang memiliki perbaikan.

"Bulan Juli menunjukan mulai adanya perbaikan-perbaikan, seperti manufacturing PMI yang meningkat dari 39,1 pada bulan Juni menjadi 46,9 pada bulan Juli dan diharapkan bulan ini sudah bisa diatas 50," kata Arif dalam pesan singkat, Senin (10/8).

Kemudian pertumbuhan kredit perbankan juga mulai membaik. Sebab itu kata dia momentum tersebut bisa dijaga serta ditingkatkan.

"Maka kuartal III ini ekonomi kita bisa segera pulih," kata Arif.

Dia menjelaskan melihat kontraksi yang terjadi di beberapa negara dagang. Sebab itu potensi ekonomi dalam negerilah yang harus dijaga untuk dapat menopang perekonomian kedepan agar dapat tumbuh positif.

"Konsumsi masyarakat, Belanja Pemerintah maupun investasi domestik harus didorong untuk dapat tumbuh," tutup dia.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com 

Istana: Indonesia Masih Punya Peluang Hindari Resesi

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta menjelaskan saat ini Indonesia masih bisa menghindari resesi. Hal tersebut jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal III secara tahunan akan capai nilai positif.

"Indonesia masih bisa menghindari resesi jika pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal III ini secara tahunan dapat mencapai nilai positif," kata Arif dalam pesan singkat, Senin (10/8).

Dia menjelaskan jika Indonesia juga saat ini belum mencapai resesi. Sebab konsensus semua ekonomi diseluruh dunia menyatakan resesi adalah pertumbuhan negatif perekonomian berturut-turut selama 2 kuarta dihitung secara tahunan.

"Jika sebuah negara mengalami pertumbuhan negatif selama 2 kuartal berturut-turut dihitung secara quartalan (q-t-q) bukan secara tahunan (y-o-y) maka itu belum bisa disebut mengalami resesi," ungkap Arif.

Dia menjelaskan pertumbuhan negatif pada kuartal II sudah diprediksi sebelumnya lantaran munculnya wabah Covid-19. Kemudian kata dia Pada kuartal I kita masih tumbuh positif 2,97 persen year of year (y-o-y).

"Dikuartal III kita punya peluang kembali ke level positif setelah bergeraknya lagi aktivitas perekonomian dengan protokol adaptasi kebiasaan baru (AKB)," kata Arif.

Percepat Realisasi Anggaran PEN

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa tiba di Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Kedatangan Suharso Monoarfa menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya datang ke Istana terkait penetapan Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa tiba di Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Kedatangan Suharso Monoarfa menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya datang ke Istana terkait penetapan Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi anggaran program pemulihan ekonomi (PEN) di kuartal III-2020. Dengan demikian, akselerasi pertumbuhan ekonomi di kuartal tersebut dapat kembali terdongkrak.

"Kuartal III mau tidak mau anggaran harus jalan kita akan gerakan ekonomi," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (9/8).

Mengenai besaran pertumbuhan angkanya, dirinya tidak bisa memastikan. Hanya saja pertumbuhan kuartal III dapat lebih baik dari yang terjadi pada sebelumnya di kuartal II-2020.

"Soal angka besar kemungkinan tidak seperti kuartal II dan akhir tahun masih tanda tanya. Kalau liat ramalan-ramalan (akhir tahun) kita bisa minus juga nol. Ini kesiapan psikologi saja," katanya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Digusur, Rumah Ini Berada di Tengah Jalan Raya

Posted: 09 Aug 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Tiongkok - Ada saja segelintir orang yang menolak jika rumah yang telah lama dihuninya akan digusur, walaupun akan dibayar dengan imbalan yang setimpal. Apalagi rumah kesayangan harus dihancurkan untuk kepentingan bersama.

Sebuah rumah seluas 40 meter pesegi di provinsi Guangdong, kini menjadi salah satu bangunan terkenal di Tiongkok. Bagaimana tidak, rumah mungil tersebut berada di tengah jalan raya di antara jalur jembatan Haizhuyong.

Liang, pemilik rumah tersebut mengatakan bahwa dia menolak pindah karena pemerintah telah gagal memberinya properti pengganti di lokasi ideal. Sebaliknya, mereka malah menawarkan sebuat flat yang terletak di dekat kamar mayat.

"Kamu pikir lingkungan ini buruk, tapi saya merasa tenang, bebas, menyenangkan dan nyaman," kata Liang seperti melansir dari Oddity Central, Senin (10/8/2020).

Minta Kompensasi Rp 4 Miliar

(odditycentral.com)
(odditycentral.com)

Menurut South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong, pemerintah telah mengajukan beberapa tawaran kepada Liang, tapi dia menolak semuanya. Salah satunya yang ditawarkan yakni dua flat beserta kompensasi 1,3 juta yuan atau setara dengan Rp 2 miliar.

Wanita ini diduga meminta empat flat dan uang kompensasi sebesar 2 juta yuan atau setara dengan Rp 4 miliar.

 

Masih Lakukan Negosiasi

Dia adalah satu-satunya orang dari total 47 pemilik rumah dan tujuh perusahaan yang masih tinggal di sana. Yang lainnya menerima tawaran pemerintah dan telah pindah.

Setelah gagal mencapai kesepakatan dengan pemilik rumah, pemerintah setempat dilaporkan tidak punya pilihan selain mengubah proyek aslinya dan membangun jembatan di sekitar rumah tersebut. Namun, seorang juru bicara mengatakan bahwa negosiasi dengan wanita itu akan terus berlanjut.

Respons Warganet

Sementara itu, kasus ini telah memicu perdebatan online. Banyak dari warganet mengklaim bahwa pemilik rumah egois dan serakah.

"Pemilik lain telah pindah, yang menunjukkan kompensasi dapat diterima. Pemilik rumah ini pasti mengira dia bisa mendapatkan lebih banyak," komentar seorang warganet.

"Kasus menjadi terlalu serakah dan tidak berakhir dengan apa-apa," sahut warganet lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK: Kami Telah Reformasi, Tak Perlu Takut Investasi di Pasar Modal Indonesia

Posted: 09 Aug 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas  Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan reformasi industri pasar modal untuk menciptakan industri yang terpercaya. Salah satu langkah reformasi tersebut adalah mempercepat proses perizinan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, selain proses perizinan, OJK juga tengah melakukan berbagai kemudahan lain. Mulai dari penyempurnaan infrastruktur, penguatan pengawasan dan penegakan hukum di pasar modal untuk menjaga integrasi pasar.

"Oleh karena itu investor maupun calon investor tidak perlu takut berinvestasi di pasar modal," kata Wimboh dalam sambutannya, di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Wimboh mengatakan, untuk memberikan proteksi bagi investor maupun calon investor pihaknya terus berupaya meningkatkan awareness investor akan kualitas saham emiten yang ditransaksikan,OJK dan Self-Regulatory Organization (SRO) pasar modal.

Beberapa diantaranya dengan cara mengembangkanpapan khusus untuk mengakomodir perpindahan saham papan atas yang mengalami penurunan kelas dan perlu mendapatkan pengawasan dari otoritas.

"Ini melengkapi kebijakan notasi khusus yang disematkan kepada emiten yangmemiliki isu baik sisi kepatuhan maupun emiten yang mendapatkan perhatiankhusus," jelas dia.

Ke depan, OJK juga menekankan pentingnya adanya market maker untukmeningkatkan likuiditas perdagangan, dan mempersempit celah untuk menggoreng saham. Sehingga pasar modal Indonesia menjadi lebih kredibel.

"Kami harap, percepatan reformasi di pasar modal ini dapat membangun ekosistem pasar modal yang teratur, wajar, efisien serta bisa melindungi investor dan membangun kepercayaan investor dan pelaku industri atas industri pasar modal Indonesia," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Rayakan Ulang Tahun ke 43 Pasar Modal, BEI Luncurkan e-IPO

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 10 Agustus 2020 merayakan hari ulang tahun atau peringatan 43 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama BRI Inarno Djajadi menyampaikan, pihaknya pada hari ini juga akan meluncurkan sejumlah program strategis. Salah satunya sistem penawaran umum elektronik atau e-IPO.

"Alhamdulillah pada hari ini kita juga akan meluncurkan serangkaian program strategis. Antara lain adalah sistem penawaran umum elektronik atau e-IPO, peluncuran indeks IDX Quality 30, peluncuran IDX virtual trading," tuturnya dalam sesi teleconference, Senin (10/8/2020).

"Kemudian kita juga kita luncurkan e-proxy, dan terakhir roadmap pengembangan pasar modal syariah," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Inarno coba menceritakan kilas balik pasar modal Indonesia yang sempat suram kala masa awal penyebaran pandemi Covid-19. Dia mengatakan, indeks harga saham gabungan (IHSG) sempat menyentuh titik terendah pada 24 Maret 2020, yakni pada posisi 3.973 atau turun -37,5 persen dibanding sesi penutupan 2019.

"Namun pada Jumat 7 Agustus 2020, IHSG bisa dapat kembali meningkat ke level 5.143 atau naik 30,6 persen sejak level terendah," kata Inarno.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Incaran MU Jadon Sancho Pulang ke Inggris, Dortmund Beri Penjelasan

Posted: 09 Aug 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saga transfer pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho masih terus bergulir. Manchester United (MU) dan Borussia Dortmund belum menemukan kata sepakat terkait mantan pemain Manchester City itu. 

Dortmund telah memberi batas waktu bagi nasib saga transfer Jadon Sancho pada hari ini, 10 Agustus 2020. Namun menurut Manchester Evening (MEN), Setan Merah tidak akan terpengaruh dengan deadline ini. MU kabarnya berniat mengakhiri perburuan ini mengingat harga yang ditawarkan tidak masuk akal. 

Di tengah spekulasi yang terus bergerak liar, akhir pekan lalu, Jadon Sancho, justru terlihat tengah berada di Inggris. Keberadaannya di Negeri Ratu Elizabeth terungkap lewat foto yang beredar di media sosial. 

Dia diketahui tengah menghadiri pesta di rumah salah satu rapper ternama, Konan yang tak lain adalah fans MU. Keberadaan Sancho tentu saja membuat pergunjingan baru seputar kepindahannya ke MU. 

 

 

Pernyataan Dortmund

Gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho saat mengikuti sesi latihan tim di Stadion Wembley di London, Inggris (12/2). Dortmund akan bertanding melawan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Frank Augstein)
Gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho saat mengikuti sesi latihan tim di Stadion Wembley di London, Inggris (12/2). Dortmund akan bertanding melawan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Frank Augstein)

Mengetahui keberadaan Sancho, Dortmund segera memberi penjalasan. Sascha Fligge, direktur media tim Bundesliga itu, menegaskan, tidak ada masalah dengan kunjungan Sancho ke Inggris. Dia juga berharap pemain berusia 20 tahn itu segera melapor untuk kembali mengikuti latihan seperti biasa. 

"Itu biasa dan tidak masalah bagi pemain untuk pulang dulu sebelum mengikuti pemusatan latihan jika mereka tidak beresiko," katanya seperti dilansir MEN.

"Hal yang sama juga berlaku untuk Jadon (Sancho)," katanya menambahkan.

"Dari sudut pandang kami, gambar-gambar yang diperlihatkan kepada kami sejauh ini tidak melanggar," kata Fligge menambahkan. 

 

 

Pernah Didenda karena Telat

Gelandang Borrusia Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi menunjukkan tulisan di kaos dalam 'Justice for George Floyd' usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn 07 di Benteler Arena di Paderborn, Jerman (1/6/2020). Dalam pertandingan ini Dortmund menang telak 6-1 atas Paderborn. (Lars Baron/Pool via AP)
Gelandang Borrusia Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi menunjukkan tulisan di kaos dalam 'Justice for George Floyd' usai mencetak gol ke gawang SC Paderborn 07 di Benteler Arena di Paderborn, Jerman (1/6/2020). Dalam pertandingan ini Dortmund menang telak 6-1 atas Paderborn. (Lars Baron/Pool via AP)

Bukan kali ini saja Sancho pulang kampung di tengah-tengah padatnya jadwal klub. Oktober 2019 lalu, Sancho bahkan sempat didenda sebesar 100 ribu euro gara-gara terlambat ikut pemusatan. 

Dia telat bergabung dengan Borussia Dortmund usai memperkuat timnas Inggris. Selain didenda, Sancho juga dikeluarkan dari skuat Dortmund yang akan bertemu Borussia Monchengladbach. 

 

 

Saga Sancho

Jadon Sancho menjadi salah satu perbincangan hangat pada bursa transfer musim panas ini. Pemain yang sebelumnya pernah memperkuat Manchester City itu dikabarkan ingin kembali ke Liga Inggris.

Namun saga transfer Jadon Sancho seakan tak ada habisnya. Tarik ulur antara MU dan Dortmund belum juga menemui titik temu hingga saat ini. 

Dortmund telah mengajukan harga sebesar 100 juta euro atau setara Rp 1,3 Triliun. MU yang awalnya sempat menawar lebih rendah meurut salah satu surat kabar ternama Jerman, Bild, kabarnya sudah bersedia dengan angka itu, tapi hanya bersedia membayarnya dengan menyicil. Dia 

Namun kabar ini segera dibantah Direktur Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke. 

"Sejauh ini, tidak ada kontak antara Dortmund dan MU dalam hal Sancho. Tidak ada kontak juga lewat perantara," kata Watzke seperti dilansir Sportskeeda.

Watzke pun memprediksi Sancho akan bertahan paling tidak sampai musim depan. "Saya berasumsi, Sancho akan kembali berlatih pada Senin depan dan bermain bagi kami di musim mendatang," ujarnya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Resepsi Drive Thru di Bekasi, Solusi Pesta Tanpa Kerumunan di Tengah Pandemi

Posted: 09 Aug 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan momen yang terjadi sekali seumur hidup. Dalam momen spesial tersebut, tentu tak lengkap rasanya jika tidak dirayakan dengan pesta resepsi bersama keluarga, sahabat, serta kerabat. Namun, di tengah pandemi Corona Covid-19 ini, resepsi terasa penuh risiko karena bisa membuat orang-orang berkerumun.

Mengatasi hal tersebut, sepasang pengantin di Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (8/8/2020) melakukan hal yang berbeda. Agar tetap bisa melaksanakan resepsi sesuai dengan protokol kesehatan, pasangan Yunita dan Karim ini mengadakan resepsi dengan cara yang cukup unik. Yakni menggunakan sistem drive thru sehingga meminimalisir kontak langsung dan kerumunan.

Di tanggal cantik tersebut, para tamu undangan sebanyak 1.300 orang melintasi venue resepsi dengan kendaraan masing-masing. Dengan arahan dari petugas Wedding Organizer (WO), mereka pun memberikan ucapan selamat kepada kedua belah mempelai dan keluarga.

Konsep pernikahan unik ini pun menjadi viral di kalangan warganet sebagai solusi untuk menyelenggarakan resepsi di tengah pandemi Corona Covid-19. Seperti apakah kisah selengkapnya? Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (10/8/2020).

Digelar di kawasan pertokoan

Pasangan mempelai saat menyapa tamu undangan pada acara resepsi pernikahan secara
Pasangan mempelai saat menyapa tamu undangan pada acara resepsi pernikahan secara

Dalam perasaan sedih sekaligus bahagia, akhirnya pasangan Yunita dan Karim bisa menggelar pesta pernikahan untuk merayakan hari spesial mereka. Meski tidak sesuai ekspektasi, namun pasangan ini tetap sumringah dalam menyambut para tamu undangan yang datang.

Dengan bantuan dari jasa WO, pasangan pengantin ini mengubah kawasan ruko Bekasi Town Square yang terletak di Jalan Cut Mutia, Margahayu, Bekasi, Jawa Barat menjadi venue resepsi.

Tamu undangan tidak turun dari kendaraan

Pasangan mempelai bersama keluarga saat menyapa tamu undangan pada acara resepsi pernikahan secara
Pasangan mempelai bersama keluarga saat menyapa tamu undangan pada acara resepsi pernikahan secara

Dalam konsep pernikahan yang cukup unik ini, para tamu undangan yang ingin memberikan selamat kepada mempelai tidak berkerumun dalam antrean panjang seperti pada umumnya. Melainkan cukup dari atas kendaraan saja secara singkat secara berurutan.

Sehingga kontak langsung bisa benar-benar diminimalisir karena jarak antara pelaminan atau antar tamu undangan yang hadir cukup jauh sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Tak luput, setiap tamu undangan juga tetap mengenakan masker.

Dihadiri Wakil Walikota Bekasi

 

Pesta pernikahan dengan konsep drive thru ini memang belum lazim dilaksanakan di Indonesia. Maka dari itu, tentu saja menarik perhatian khalayak luas termasuk di antaranya Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono.

Di postingan akun Twitternya pada Minggu (9/8/2020), Tri Adhianto nampak membagikan momen dirinya menghadiri pesta pernikahan yang unik tersebut. Dalam video berdurasi 18 detik tersebut, pria yang akrab disapa Mas Tri ini memberikan ucapan selamat secara singkat kepada kedua mempelai dan keluarga tanpa turun dari kendaraannya. 

Ia bahkan membubuhkan keterangan yang jenaka, "Drive Thru jadi solusi adakan resepsi ditengah pandemi. Jomblo bisa sewa grab biar ga keliatan sendirian," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janjian Tawuran via Medsos, Pelajar di Bogor Tewas Kena Celurit

Posted: 09 Aug 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua kelompok remaja terlibat tawuran di Kota Bogor, Jawa Barat. Seorang remaja berinisial MF (17) tewas dibacok celurit.

Remaja yang masih berstatus pelajar SMK itu meninggal dunia di RSUD Ciawi akibat mengalami luka bacokan di punggung dan pinggang.

"MF meninggal karena mengalami luka parah akibat kena senjata tajam di punggung dan pinggang," ujar Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser, Senin (10/8/2020).

Tawuran itu terjadi di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Minggu (2/8/2020) dini hari.

Mulanya kedua kelompok pelajar saling ejek di media sosial. Kemudian, keduanya sepakat untuk bertemu di suatu lokasi yang telah ditentukan.

"Jadi aksi tawuran ini sudah direncanakan sebelumnya, janjian lewat medsos. Modelnya sama seperti kasus-kasus tawuran pelajar di Kota Bogor beberapa waktu lalu," terang Hendri.

HUD alias Dombrut (17) dan FA (17) siswa SMKN 4 Bogor itu kemudian mengajak temannya yakni IKH, MEC, dan REZ untuk ikut terlibat tawuran dengan pelajar dari SMK Tekindo.

"Mereka berlima pergi dan berkumpul di rumah RZL. Statusnya masih pelajar," terang Hendri.

Setelah semuanya berkumpul, mereka berangkat menuju Jalan Raya Sukabumi dan bertemu dengan kelompok lawannya yang sudah menunggu lebih dulu di lokasi.

Aksi tawuran pun pecah. Saat itu, Dombrut berhadapan dengan MF. Ketika terdesak, MF berusaha melarikan diri. Namun nahas, pada saat membalikkan badan, Dombrut mengayunkan senjata tajamnya hingga mengenai punggung korban. FA yang berada dekat dengan Dombrut ikut membacok pinggang korban.

"Usai membacok keduanya kabur ke arah caringin menggunakan sepeda motor," kata Hendri.

 

Kejar Pelaku Lainnya

Mendapatkan informasi adanya tawuran, polisi langsung menuju lokasi. Polisi menangkap Dombrut dan FA yang diduga sebagai dalang pembunuhan terhadap korban.

"Kami masih mengejar pelaku lainnya yang diduga ikut terlibat tawuran," kata dia.

Barang bukti yang diamankan yakni satu bilah celurit berukuran besar. Pelaku dijerat Pasal 76 C jo Pasal 80 ayat 3 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 atau UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 1 angka 1 UU RI Nomor 11 Tahun 2012, dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menu Kemerdekaan ala McDonald's Indonesia, dari Burger Nasi Goreng sampai McFlurry Teh Botol

Posted: 09 Aug 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak suka makan nasi goreng? Menu bercita rasa nyaman dengan lauk dan bumbu ragam rupa ini bikin siapa pun jatuh cinta. Tak heran sajian ini dikreasikan ke banyak rupa, termasuk burger.

McDonald's Indonesia memasukkan burger nasi goreng dalam rangkaian menu Ini Rasa Kita! untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus nanti. Rangkaian menu itu menghadirkan cita rasa Indonesia mulai dari makanan utama, makanan pendampung, hingga makanan penutup yang dapat dipesan dalam menu paket dan a la carte.

Meski dinamai burger nasi goreng, tak ada nasi yang dipakai di dalamnya. Tetap menggunakan konsep burger konvensional, yakni setangkup roti dengan isian yang bisa disesuaikan selera.

Burger nasi goreng dari McDonald's Indonesia. (dok. McDonald's Indonesia/Dinny Mutiah)
Burger nasi goreng dari McDonald's Indonesia. (dok. McDonald's Indonesia/Dinny Mutiah)

Terdiri dari dua pilihan rasa, yakni nasi goreng burger dan nasi goreng burger spesial. Masing-masing berisi daging sapi dilengkapi timun dan bawang. Perbedaannya, edisi spesial berisi tambahan telur mata sapi.

Secara umum, gurih dengan tambahan manis dari kecap mendominasi cita rasa burger. Hal itu mengingatkan pada rasa nasi goreng kampung, tapi dengan bumbu lebih ringan. Porsinya juga cukup mengenyangkan untuk mengisi perut lapar, apalagi bagi yang tidak menganut paham belum makan kalau belum makan nasi. 

Bila memesan paket, Anda bisa mendapatkan kentang goreng dengan bumbu gulai. Bumbu dikemas dalam sachet sehingga takarannya bisa diatur sesuai selera.

Rasa Manis Indonesia

Menu Ini Rasa Kita! dari McDonald's Indonesia. (dok. McDonald's Indonesia/Dinny Mutiah)
Menu Ini Rasa Kita! dari McDonald's Indonesia. (dok. McDonald's Indonesia/Dinny Mutiah)

Beralih ke deretan menu manis, rangkaian Ini Rasa Kita! menghadirkan banyak minuman pilihan. Misalnya, menu fusion yang menggabungkan soda rasa lemon dan asam jawa sebagai topping. Rasanya sangat familiar bagi orang Indonesia, segar dan manis.

Ada lagi es kopi durian. Rasanya cukup manis dengan aroma durian yang tak terlalu pekat. Tambahan jeli di dalamnya menambah tekstur pada minuman.

Melengkapi deretan menu manis adalah McFlyrry Tehbotol yang dihadirkan dalam dua rasa, yakni kue jadul dan oreo. Menu kolaboratif dua brand populer ini menghasilkan rasa yang unik. 

Rasa kue jadul menambahkan topping remahan biskuit rasa kayu manis. Sementara, Tehbotol oreo, sesuai namanya, menghadirkan taburan remahan oreo. Bagi saya, taburan oreo terasa lebih nyambung di lidah dibanding biskuit kayu manis.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelumas Ini Lahir dari Kerasnya Kinerja Mesin Motor Driver Ojol

Posted: 09 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PanaOil menghadirkan pelumas mesin sepeda motor terbaru yang dinamakan Oli Swadaya. Pelumas buatan dalam negeri ini merupakan hasil kolaborasi Panaoil bersama salah satu perusahaan Ojek Online (Ojol) terbesar di Tanah Air.

Seperti diketahui, driver Ojol banyak menghabiskan waktu di jalan raya bersama kendaraan andalannya. Oleh karena itu, dibutuhkan pelumas mesin yang tangguh untuk menunjang kinerja dapur pacu kendaraan.

"Berangkat dari hal tersebut, PanaOil berkolaborasi bersama perusahaan Ojek Online terbesar di Indonesia untuk memproduksi pelumas Oli Swadaya yang bermutu tinggi guna mendukung tingginya aktivitas mitra driver," tulis Panaoil dalam keterangan resminya, Senin (10/8/2020).

Disebutkan, Oli Swadaya dibuat dengan formula khusus yakni Ester-Synthetic 5+ Technology yang menjamin daya tahan maksimal untuk mesin. Sehingga para mitra driver akan mendapatkan durasi pemakaian yang lebih lama tanpa harus sering ganti oli tapi performa mesin tetap maksimal.

Formula Ester-Synthetic 5+ Technology sendiri termasuk dalam Group 5 atau yang tertinggi di tataran base oil. Penggunaan formula seperti ini diklaim sebagai yang pertama kalinya untuk pelumas motor di kelasnya.

 

Hasil Riset Sendiri

Formula pelumas tersebut dapat diwujudkan karena PanaOil memiliki unit riset internal yang mampu membuat formulasi pelumas termutakhir secara mandiri menggunakan teknologi Jepang dengan bahan dasar dan aditif pilihan.

Disebutkan pula, seluruh produk Oli Swadaya juga telah memenuhi persyaratan untuk bisa memperoleh sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan NPT (Nomor Pelumas Terdaftar.

 

Varian

Oli Swadaya hadir dalam banyak varian, seperti Matic Sport 10W-30 API SL JASO MB, Matic Sport 10W-40 API SL JASO MB untuk motor matik/skutik, Original Sport 10W-30 API SL JASO MA2 dan Original Sport 10W-40 API SL JASO MA2 untuk motor transmisi manual, semuanya dalam ukuran kemasan 0,8 liter.

Guna merespon animo konsumen, tengah disiapkan pula sejumlah produk Oli Swadaya berformula Syntetic dengan dua pilihan ukuran kemasan yaitu 0,8 liter dan 1 liter.

Masing-masing dengan spesifikasi; Matic Sport 10W-30 API SL JASO MB, Matic Sport 10W-40 API SL JASO MB untuk motor matik/skutik dan Original Sport 10W-40 API SL JASO MA2 untuk motor transmisi manual.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maraknya Klaim Obat COVID-19, YLKI Ungkap Penyebabnya

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebut ada beberapa hal yang membuat maraknya klaim terhadap suatu obat yang dinyatakan mampu menyembuhkan COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Tulus Abadi, Ketua YLKI dalam sebuah temu media daring yang diadakan pada Senin (10/8/2020).

Tulus mengatakan beberapa penyebab utama maraknya klaim obat COVID-19 yang muncul akhir-akhir ini disebabkan oleh: buruknya politik manajemen penanganan wabah, aspek tekanan psikologi konsumen, lemahnya literasi konsumen terhadap produk obat, serta belum optimalnya penegakan hukum.

"Jadi tidak bisa dilihat secara mikro tetapi juga kita lihat secara makro, dari hulunya dan dari hilirnya. Jadi saya kira tidak bisa berdiri sendiri tapi sebuah indikator yang saling berkaitan," kata Tulus.

Buruknya Penanganan Wabah dan Komentar Pejabat

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi (kanan) memberi keterangan terkait pelanggaran produk Viostin DS dan Enzyplex mengandung DNA Babi, Jakarta, Senin (5/2). BPOM RI memberi sanksi peringatan kepada PT. Pharos Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)
Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi (kanan) memberi keterangan terkait pelanggaran produk Viostin DS dan Enzyplex mengandung DNA Babi, Jakarta, Senin (5/2). BPOM RI memberi sanksi peringatan kepada PT. Pharos Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Terkait buruknya politik manajemen penanganan wabah, Tulus menilai bahwa Pemerintah kedodoran karena terlalu terfokus untuk memilih antara aspek kesehatan dan ekonomi.

"Hasilnya kita tahu semua, COVID-19 semakin luas dan pertumbuhan ekonomi nyungsep, yang dulu digadang-gadang aman, toh sekarang faktanya minus 5,13 persen dan kita juga di ambang resesi," ujarnya.

Selain itu, Tulus menilai beberapa pejabat publik di awal pandemi ikut memberikan respon yang buruk dalam menanggapi COVID-19. Hal ini seperti komentar soal nasi kucing anticorona, doa qunut, jamu Pancasila, hingga kalung eukaliptus.

"Ini artinya se-level pejabat publik juga memberikan contoh-contoh yang kurang baik, kurang produktif, membodohkan dan kurang mencerdaskan, sehingga kalau saat ini ada klaim-klaim bermunculan, itu sebenarnya efek dari itu semua."

Psikologi Konsumen dan Lemahnya Penegakan Hukum

Ilustrasi obat (iStockphoto)
Ilustrasi obat (iStockphoto)

Sementara dari sisi psikologi konsumen, Tulus mengatakan ada tekanan psikologis di masyarakat akibat ketakutan terinfeksi COVID-19 dan belum ketersediaannya obat atau vaksin. Hal ini menyebabkan banyak orang mencari jalan keluarnya sendiri.

"Konsumen juga mengalami tekanan ekonomi yang sangat dalam," tambahnya.

Di sisi lain, masih banyak konsumen yang belum paham mengenai literasi terhadap produk obat, jamu, dan herbal. Sehingga, banyak masyarakat kurang paham mengenai klaim obat atau jamu.

Tulus juga mengatakan bahwa klaim berlebihan sesungguhnya sudah ada sejak sebelum adanya pandemi. Ditambah lagi dengan adanya fenomena endorsement tokoh publik untuk produk tertentu yang belum terbukti mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Namun menurut Tulus, fenomena-fenomena ini belum disertai penegakan hukum yang optimal.

"Kasus-kasus yang masuk ranah hukum selama ini divonis secara ringan. Pelanggaran-pelanggaran pidana terkait dengan obat dan sejenisnya yang kemudian terjadi sampai ke proses hukum, kami monitor, hasilnya tidak optimal karena vonisnya ringan sehingga tidak menjerakan pelakunya," kata Tulus.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Pernyataan Ketum PP Muhammadiyah soal Bantuan Pemerintah

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah postingan di media sosial terkait komentar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Postingan tersebut sudah pernah beredar tahun lalu namun kembali viral belakangan ini.

Salah satunya seperti yang diunggah oleh akun Masjid Al Khoirot. Postingan tersebut diunggah pada Jumat (7/8/2020).

Berikut isi postingan tersebut:

"Lebih baik kita tidak usah mendapat bantuan apapun dari Pemerintah daripada setiap lembaga atau AUM yang kita miliki harus membuat Badan Hukum sendiri-sendiri.

Kita tidak ingin Muhammadiyah bercerai berai karena Badan Hukum Kita lebih tua dari negeri ini. Kita terbiasa tidak menerima bantuan dari Pemerintah. Kenapa sekarang jadi cengeng karena tidak menerima bantuan? Sudah Miskinkah Kita?"

Lalu benarkah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu?

Penelusuran Fakta:

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengetik kata kunci "Haedar Nashir bantuan" di mesin pencarian Google.

Cek Fakta Muhammadiyah 2
Cek Fakta Muhammadiyah 2
Hasilnya ada satu artikel dari Suara Muhammadiyah yang merupakan majalah resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah berjudul "Cek Fakta Misinformasi dan Disinformasi tentang Badan Hukum Muhammadiyah" yang tayang 7 Agustus 2020.

Berikut isinya:

"YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Beredar sebuah kutipan pesan yang mengatasnamakan Haedar Nashir. Belakangan tulisan tersebut ramai diperbincangkan warga Muhammadiyah baik melalui pesan elektronik maupun media sosial.

Selain mencatut Haedar Nashir, pesan dalam gambar tersebut juga memuat lambang Muhammadiyah. Adapun isi tulisannya yaitu:

Lebih baik kita tidak usah mendapat bantuan apapun dari Pemerintah daripada setiap lembaga atau AUM yang kita miliki harus membuat Badan Hukum sendiri-sendiri.

Kita tidak ingin Muhammadiyah bercerai berai karena Badan Hukum Kita lebih tua dari negeri ini

Kita terbiasa tidak menerima bantuan dari Pemerintah. Kenapa sekarang jadi cengeng karena tidak menerima bantuan? Sudah Miskinkah Kita?

Berdasarkan penelusuran Suara Muhammadiyah, tulisan tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan alias kabar palsu (hoaks). Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir tidak pernah mengeluarkan pernyataan sebagaimana tertulis.Dan sebenarnya meme itu pun pernah muncul beberapa bulan yang lalu.

Sebagai warga Muhammadiyah dalam menyikapi pesan seperti tersebut perlu dengan cara tabayyun (klarifikasi) serta bijak dalam bermedsos. Karena dengan pesan yang tidak jelas asal-usulnya itu warga persyarikatan terbawa arusnya. Selain itu, apapun tujuannya jangan sampai membenarkan informasi yang salah atau menyalahkan yang benar.

Sehingga meme tersebut bisa disebut juga sebagai misinformasi dan disinformasi. Misinformasi karena pesan tersebut memuat informasi yang tidak benar.

Adapun Faktanya Suara Muhammadiyah pernah memuat tulisan "Muhammadiyah Dirugikan Aturan yang Simpang Siur". Yaitu reportase saat PP Muhammadiyah menerima kunjungan pejabat Kementerian Sekretariat Negara RI, 19 Pebruari 2016 di Yogyakarta.

Ketika itu Prof Dr H Yunahar Ilyas menyatakan bahwa lembaga Muhammadiyah lebih baik tidak dibantu oleh pemda daripada harus membuat yayasan yang menaungi lembaga itu. "Muhammadiyah itu hanya satu, yang diwakili oleh Pimpinan Pusat. Tidak ada Yayasan dalam Muhammadiyah," tegas Prof Yunahar.

Namun, mungkinkah ada keterkaitannya reportase ini dengan pesan meme tersebut. Dalam hal ini perlu dicermati konteksnya. Yakni pada waktu itu masih ada permasalahan tentang Badan Hukum Muhamamdiyah dan banyak pemda yang belum tahu. Disinilah terjadi disinformasi.

Sementara itu, tentang Badan Hukum yang hangat diperbincangkan sebenarnya sudah selesai di Muhammadiyah. Beberapa bulan setelah itu Kemendagri telah menjelaskan bahwa Muhammadiyah adalah Organisasi yang telah berbadan hukum dan berlaku secara nasional.

Melalui surat 220/2742/POLPUM Kemendagri menyampaikannya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia tentang penjelasan Organisasi Muhammadiyah sebagai Badan Hukum. (Riz)"

Selain itu ada pula artikel dari Pikiran Rakyat.com berjudul "Cek Fakta: Ketum PP Muhammadiyah Dikabarkan Tolak Bantuan dari Pemerintah" yang tayang 9 Agustus 2020.

Isinya sebagai berikut:

"PR CIANJUR - Beredar kabar di platform media sosial Facebook yang menyebut bahwa Ketua Umum PP Muhammadiyah menolak bantuan dari pemerintah.

Dalam kabar yang beredar tersebut disebutkan pula bahwa pihaknya tidak ingin lembaganya menjadi hancur hanya karena menerima bantuan dari pemerintah.

Namun, setelah ditelusuri ternyata kabar tersebut merupakan informasi hoaks.

Dikutip Pikiranrakyat-Cianjur.com dari situs Mafindo pada Minggu, 9 Agustus 2020, ada beberapa keterangan dan fakta untuk meluruskan informasi hoaks tersebut.

Sebelumnya, informasi hoaks itu disebarluaskan oleh pemilik akun Facebook @IhsanMaarifLubis dengan membagikan sebuah tangkapan layar yang mengatasnamakan Ketua UmumPimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Unggahan foto tersebut, dituliskan narasi sebagai berikut.

"Lebih baik kita tidak usah mendapat bantuan apapun dari Pemerintah daripada setiap lembaga atau AUM yang kita miliki harus membuat Badan Hukum sendiri-sendiri. Kita terbiasa tidak menerima bantuan dari Pemerintah. Kenapa sekarang jadi cengeng karena tidak menerima bantuan? Sudah Miskinkah Kita?," demikian tulis dalam foto itu.

Faktanya, Pihak Muhammadiyah atau Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti yang disebutkan pada sumber klaim. Sebenarnya kabar hoaks tersebut sudah pernah muncul beberapa bulan yang lalu.

Media online Suara Muhammadiyah pernah memuat sebuah artikel berjudul 'Muhammadiyah Dirugikan Aturan yang Simpang Siur'.

Artikel tersebut berisi tentang reportase saat PP Muhammadiyah menerima kunjungan pejabat Kementerian Sekretariat Negara RI, 19 Pebruari 2016 di Yogyakarta.

Saat itu, Prof Dr H Yunahar Ilyas mengatakan bahwa lembaga Muhammadiyah lebih baik tidak dibantu oleh Pemerintah Daerah (Pemda) daripada harus membuat yayasan yang menaungi lembaga itu.

"Muhammadiyah itu hanya satu, yang diwakili oleh Pimpinan Pusat. Tidak ada Yayasan dalam Muhammadiyah," ujar Prof Yunahar.

Namun, mungkinkah ada keterkaitannya antara artikel tersebut dengan narasi yang disebutkan dalam sumber klaim.

Setelah dicermati konteksnya, pada saat itu memang masih ada permasalahan tentang badan hukum Muhammadiyah dan masih banyak Pemda yang belum tahu, sehingga terjadi disinformasi.

Sementara itu, terkait badan hukum Muhammadiyah yang hangat diperbincangkan sebenarnya sudah diputuskan.

Beberapa bulan Kemendagri telah menjelaskan bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang telah berbadan hukum dan berlaku secara nasional.

Dari keterangan di atas, klaim bahwa Ketua Umum Muhammadiyah tidak ingin mendapat bantuan dari pemerintah adalah salah.***"

Kesimpulan:

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan yang menyebutkan pernyataan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir soal bantuan adalah hoaks.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perempat Final Liga Europa MU Vs Kopenhagen: Solskjaer Ingin Manfaatkan Situasi Aneh

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) akan meladeni tantangan wakil Denmark, FC Kopenhagen, di perempat final Liga Europa 2019/2020 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Selasa dinihari WIB (11/8/2020). Laga MU kontra Kopenhagen yang akan disiarkan SCTV dan live streaming di Vidio ini, akan berlangsung di Jerman dengan sistem satu leg.

UEFA selaku otoritas tertinggi sepak bola Eropa mengubah format Liga Champions dan Liga Europa menyusul pandemi virus corona. Pertandingan juga digelar tanpa dihadiri penonton.

Terkait dengan itu, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, bertekad untuk memanfaatkan keadaan aneh ini dengan mengangkat Liga Europa di akhir kompetisi. Apalagi, perkembangan Man Utd juga berjalan cukup baik.

Setelah perjalanan ke Belanda, Serbia, Kazakhstan, Belgia dan Austria, Setan Merah tiba di Jerman untuk mencari trofi kontinental dalam tampilan baru turnamen delapan besar.

Akibat pandemi virus Covid-19, stadion kosong akan menjadi tuan rumah pertandingan satu leg di North Rhine-Westphalia. MU berharap mereka bisa melaju ke final pada 21 Agustus mendatang.

Hilang Semangat

Striker Manchester United (MU)  Anthony Martial (tengah) bersama Juan Mata dan Marcus Rashford merayakan gol ke gawang Partizan pada matchday keempat Grup L Liga Europa di Old Trafford, Jumat (8/11/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Dave Thompson)
Striker Manchester United (MU) Anthony Martial (tengah) bersama Juan Mata dan Marcus Rashford merayakan gol ke gawang Partizan pada matchday keempat Grup L Liga Europa di Old Trafford, Jumat (8/11/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Dave Thompson)

"Saya pikir ini aneh dan bukan sepak bola sebagaimana mestinya - saya pikir itu sedikit berubah," kata bos United, yang pernah mencari ilmu bareng dengan pelatih Kopenhagen Stale Solbakken ketika melakukan lisensi pro pada 2011.

"Semangat dan semangat permainan itu hilang karena para pendukung harus berada di sana.

Puji Pemain

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer merayakan kemenangan timnya atas Chelsea usai pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, London  (18/2/2020). MU menang 2-0 atas Chelsea. (AFP Photo/Glyn Kirk)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer merayakan kemenangan timnya atas Chelsea usai pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, London (18/2/2020). MU menang 2-0 atas Chelsea. (AFP Photo/Glyn Kirk)

"Tapi saya harus memuji para pemain kami. Mereka telah menangani situasi dengan sangat baik dan saya tahu fans kami tidak sabar untuk kembali ke Old Trafford dan mendukung kami," kata Solskjaer.

"Kami hanya harus berusaha memanfaatkan Liga Europa ini sebaik-baiknya sekarang dan semoga bisa sejauh yang kami bisa, jadi mereka sangat menantikan untuk melihat para pemain."

Bantu Perkembangan Tim

Tekad Solskjaer untuk memenangkan trofi pertamanya sebagai manajer sudah jelas, tetapi finis di posisi ketiga Liga Inggris dan kualifikasi Liga Champions berikutnya sedikit mengurangi tekanan.

Dan, meski setiap musim jauh dari papan atas sepak bola Eropa adalah pukulan bagi raksasa Old Trafford, Solskjaer yakin kampanye Liga Europa ini telah membantu perkembangan timnya.

Pemain Muda

"Kami memasuki musim ini dengan mengetahui bahwa Liga Europa adalah peluang besar bagi kami untuk mendapatkan trofi, untuk melangkah jauh dalam turnamen," kata Solskjaer.

"Tapi juga untuk merawat beberapa anak muda dan itu sempurna bagi kami."

"Saya pikir jika kami berada di Liga Champions musim ini - tentu saja kami semua ingin menjadi Liga Champions - saya mungkin atau mungkin tidak akan memiliki kesempatan untuk bermain dengan orang-orang seperti Brandon (Williams) sebanyak kami. miliki, Mason (Greenwood) - begitu banyak anak muda yang sekarang telah memulai apa yang akan menjadi karier yang fantastis," ujarnya.

Simak Video MU Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Tegaskan Obat Herbal Hadi Pranoto Tak Kantongi Izin Edar

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pastikan produk obat herbal buatan Hadi Pranoto yang diklaim mampu menyembuhkan pasien Covid-19 jelas tidak memiliki izin edar.

"BPOM tidak pernah memberikan  persetujuan izin edar pada produk yang botolnya polosan. Enggak mungkin. Masih ada lebel, lebel ini adalah referensi dari konsumen untuk dia tahu produknya apa sebelum dia minum," kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan kosmetik BPOM  Maya Gustina Andarini, dalam konferensi pers Maraknya klaim obat covid-19, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, suatu produk obat herbal dikatakan aman jika informasi dalam kemasan lengkap seperti ada nama produk, komposisi, tanggal kadaluarsa, nomor izin edar, produsennya jelas, cara pemakaian, dan peringatan.

"Kalau perlu ada peringatan misalnya tidak boleh digunakan wanita hamil dan anak kecil, kalau ada  peringatan harus jelas dan penyimpanan produk bagaimana  itu referensi dari konsumen agar  bisa mengkonsumsi produk itu dengan benar," ujarnya.

Sebaliknya, jika label kemasan produk minimalis hanya terdapat nama produk saja tanpa ada komposisi apalagi keterangan yang lainnya, maka jelas BPOM tidak pernah memberikan izin edar pada produk tersebut.

"Kala labelnya minimalis, merek dan cara pakai saja tanpa  tahu komposisinya apa, produsennya siapa, tanggal kadaluarsanya kapan ya jangan dikonsumsi," katanya.

Lanjut Maya, konsumen itu berhak mendapatkan produk yang sesuai standar dari BPOM. Oleh karena itu ia menghimbau kepada para pelaku usaha yang menjual produk agar menjual produknya sesuai standar dari BPOM tanpa mengabaikan hak konsumen, begitupun dengan produk Hadi Pranoto.

"Videonya dengan mas Anji (di Youtube Anji) Hadi Pranoto itu kan bilang bahwa nomornya sudah ada izin badan POM, saya tunggu dia nyebut nama atau enggak, hingga akhir video itu selesai dia tidak menyebut namanya, tapi yang diperlihatkan adalah botol polos dengan cairan warna coklat," ujarnya.

Ia menilai tentu masyarakat yang pintar tidak akan mau minum obat herbal tersebut tanpa ada kelengkapan produk yang jelas, apalagi tak ada BPOM nya.

Maya menyebut sanksi yang didapatkan untuk pelaku yang mengabaikan hak konsumen, dan terbukti mengabaikan Nomor Izin edar (NIE) dari BPOM, dikenakan sanksi 15 tahun penjara dan denda Rp 1,5 miliar.

Demikian, saat ini BPOM terus melakukan pengawasan pada produk-produk obat herbal yang beredar di tengah masyarakat agar hak konsumen terpenuhi. 

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Hadi Pranoto yang Klaim Temukan Anti Covid-19 Siap Hadapi Proses Hukum

Dalam video yang bertempat di Pulau Tegal Mas, Lampung, sosok Hadi Pranoto mengenalkan diri kepada publik sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 dengan gelar pakar Mikrobiologi. (Tangkapan layar dari Youtube Anji)
Dalam video yang bertempat di Pulau Tegal Mas, Lampung, sosok Hadi Pranoto mengenalkan diri kepada publik sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 dengan gelar pakar Mikrobiologi. (Tangkapan layar dari Youtube Anji)

Hadi Pranoto yang mengklaim menemukan obat herbal yang dinamainya Antibodi Covid-19 dilaporkan ke polisi oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, atas dugaan penyebaran berita bohong. Hadi sendiri mengaku siap menghadapi proses hukum tersebut.

"Saya ikutin saja aturan hukum yang ada di Indonesia terkait video semuanya dan saya lakukan semua untuk kepentingan bangsa dan  negara bukan untuk kepentingan saya," kata Hadi kepada Merdeka, Selasa (4/8/2020).

Hadi Pranoto mengaku hanya menyampaikan dan berusaha berbuat sesuatu demi bangsa. Apalagi, kata dia, manfaat obat herbal yang ditemukannya telah dirasakan oleh masyarakat.

"Sudah pasti. Kalau tidak ada hasil yang tidak mungkin obat masyarakat mau mengonsumsi minta lagi," ujar dia.

"Sebenarnya saya menyampaikan ini ada herbal bagus, sama saja seperti kita minum jamu, jamu gendong badan jadi segar kuat sehingga kita tidak gampang terserang oleh flu, sama jadi herbal ini kalau kita minum bisa menguatkan badan kita bisa membuat antibodi kita bagus kemudian kita akan terbebas dan bisa melawan Covid," sambung Hadi Pranoto.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, penyelidik akan meneliti dulu laporan Muannas tersebut terhadap Hadi Pranoto dan penyanyi Anji. Laporan ini merupakan buntut dari tayangan di akun YouTube Anji atas klaim antibodi Covid-19 Hadi. 

"Laporan sudah kita terima, nanti akan diteliti dulu, baru nanti penyelidikan. Rencana akan kita klarifikasi dulu pelapor dan saksi-saksi dengan membawa bukti-bukti yang ada, kemudian setelah itu nanti ada beberapa saksi-saksi ahli," ucap Yusri.

Menurut Yusri, apabila penyelidik rampung meneliti laporan itu, mereka akan memanggil terlapor dan sejumlah ahli. 

"Termasuk terlapor Hadi Pranoto sama pemilik akun YouTube Dunia Manji akan kita panggil. Kita undang untuk klarifikasi," kata Yusri.

Laporan Polisi

Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, di Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020) malam, untuk melaporkan Anji dan Hadi Pranoto. (Merdeka/Ronald)
Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, di Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020) malam, untuk melaporkan Anji dan Hadi Pranoto. (Merdeka/Ronald)

Laporan tersebut tertuang dalam laporan polisi LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ dengan pelapor Muannas.

"Dua-duanya (kita laporkan). Pertama Anji karena sebagai pemilik akun yang menyebarkan, dan Hadi Pranoto yang menyatakan berita bohong itu," ucap Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, di Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020) malam.

Pada laporan itu, Muannas melaporkan Hadi Pranoto dan pemilik akun YouTube Dunia Manji. Keduanya dilaporkan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Menurut Muannas, konten Anji yang memuat soal kabar penemuan obat Virus Corona yang menyebabkan Covid-19 tidak layak siar.

Bahkan, Muannas menyebut, narasumber dalam YouTube itu sudah ditentang oleh banyak pihak.

"Yang menjadi persoalan bahwa konten itu ditentang, pendapat yang disampaikan oleh si profesor itu ditentang, pertama adalah menyangkut tentang swab dan rapid test. Dikatakan di situ dia punya metode dan uji yang jauh lebih efektif dengan yang dia namakan digital teknologi, itu biayanya cukup Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu," beber Muannas.

Dengan video tersebut, lanjutnya, dinilai merugikan banyak pihak. Sebab Kementerian Kesehatan (Menkes) menilai penemuan tersebut tidak jelas.

"Dia menyebut ada penemuan obat, IDI sendiri sudah melakukan bantahan bahwa kalau obat harus dilakukan uji klinik, itu sudah dibantah bahwa tidak ada uji klinik soal itu. Bahkan Menkes menegaskan bahwa penemuan itu dianggap tidak jelas. Ini kan artinya sudah menyebarkan berita bohong yang kemudian bisa menimbulkan keresahan dan sangat kontraproduktif," pungkas Muannas.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Spesifikasi Vivo iQOO 5 Kembali Muncul

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vivo sedang menyiapkan smartphone baru, iQOO 5. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah banyak beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Senin (10/8/2020), spesifikasi Vivo iQOO 5 muncul di benchmark platform. Smartphone ini akan diumumkan pada 17 Agustus 2020.

Berdasarkan keterangan di benchmark listing Master Lu, iQOO 5 dilengkapi chipset Snapdragon 865. Smartphone dengan nomor model yang sama, vivo V2024, sebelumnya juga muncul di Geekbench dan otoritas sertifikasi 3C.

Selain itu juga terdapat RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Berdasarkan keterangan seelumnya, iQOO akan memiliki layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz. Sementara dari keterangan benchmark Master Lu, panel tersebut memiliki resolusi 1.080 x 2.376 piksel.

Sejauh ini belum ada rincian informasi tentang spesifikasi kamera iQOO 5.

Vivo Boyong Earphone TWS Neo ke Indonesia

Vivo juga merilis earphone TWS Neo yang dibanderol Rp 1 jutaan (Foto: Vivo Indonesia)
Vivo juga merilis earphone TWS Neo yang dibanderol Rp 1 jutaan (Foto: Vivo Indonesia)

Lebih lanjut, Vivo beberapa waktu lalu merilis earphone TWS, Vivo TWS Neo, ke Indonesia. Vivo TWS Neo diklaim sebagai wireless earphone premium dengan audio berkualitas.

Earphone ini dilengkapi dengan tiga keunggulan utama, yakni efek suara berkualitas tinggi, latensi rendah, dan koneksi stabil.

Menurut Product Manager Vivo Mobile Indonesia, Hadie Mandala, Vivo TWS Neo memiliki 14,22mm driver unit, transmisi HD dengan standar CD, dan 3 stereo sound effects yang akan menghasilkan suara lebih jernih.

"Kita semua tahu, earphone nirkabel tidak menawarkan kualitas suara yang bagus karena mengompresi audio dan membuat banyak sekali detail (audio) yang hilang. Dengan teknologi AptX Adaptive dan algoritma pengodeannya, earphone ini mempertahankan informasi suara 1,5 kali lebih banyak daripada earphone pada umumnya," tutur Hadie saat memperkenalkan Vivo TWS Neo secara live streaming, Kamis (16/7/2020).

Harga TWS Neo

TWS Neo juga diklaim memiliki koneksi wireless super stabil. Perangkat ini dilengkapi dengan fitur Find my TWS, sehingga pengguna tak perlu khawatir earphone hilang atau terselip.

TWS Neo dijual dengan harga Rp 1,1 jutaan.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kesulitan Secara Online, Siswa SD Belajar di Rumah Guru

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan karena murid kesulitan menguasai materi pelajaran saat belajar online. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 37 belajar di teras rumah seorang guru di kawasan Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Senin (10/8/2020). Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara BNNP Sulut Cegah Penggunaan Narkoba di Masa Pandemi Covid-19

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Penggunaan narkoba dan obat-obat terlarang lainnya tetap marak terjadi meski dalam keadaan pandemi Covid-19. Data-data dari pihak Polda Sulut menunjukan berbagai kasus terkait narkoba banyak terjadi.

Menyikapi hal ini, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut punya cara tersendiri untuk mengatasinya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Pagelaran Kampanye Akbar Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara virtual di halaman kantor BNNP Sulut, Jumat (7/8/2020).

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan narkoba bagi kaum milenial di Indonesia umumnya, dan khususnya di Sulawesi Utara," kata Kepala BNNP Sulut Brigjen Victor J Lasut MM yang menjadi narasumber, sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Lasut menyatakan tujuan kegiatan tersebut dilakukan agar warga Sulut dapat menerapkan hidup 100 persen sadar, sehat, produktif dan bahagia sehingga terhindar dari narkoba.

Kegiatan itu diikuti lebih dari 900 orang lewat Cisco Webex Meetings dan Facebook. Acara ini diikuti juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang hadir langsung di lokasi kegiatan dengan dibatasi sesuai protokol.

"Ini sangat penting untuk terus mengingatkan warga Sulut terutama kaum milenial terkait ancaman narkoba," ujarnya.

Turur hadir sebagai narasumber yaitu Staf Ahli Gubernur Sulut dr Preysi Siby seorang Psikolog dan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, Dr dr Diah Utami SpKj MARS yang juga sebagai Widyaswara Balai Diklat BNN Pusat. Juga hadir sebagai pembicara Ketua Granat Sulut Pdt Billy Johanes.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambangi Polda Metro Jaya, Anji Siap Jalani Pemeriksaan Kasus Video Konten Corona Covid-19

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anji ditemani oleh kuasa hukumnya, Milano Lubis, menyambangi Polda Metro Jaya, Senin (10/8/2020). Kehadiran pemilik nama asli Erdian Aji Prihartanto ini guna memenuhi panggilan polisi untuk menjalani pemeriksaan, terkait laporan Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, yang memperkarakan konten video YouTube-nya dengan Hadi Pranoto yang dianggap meresahkan.

Sebelum masuk ke gedung Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Anji mengaku siap menjalani pemeriksaan terkait videonya yang membahas Corona Covid-19.

"Siap. Iya nanti ya habis ini (pemeriksaan) kita kasih keterangan," kata Anji.

Tak Banyak Kata

Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)
Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)

Tak banyak kata yang keluar dari mulut Anji saat memasuki Dedung Ditreskrimsus. Ia baru mau bersuara usai menjalani pemeriksaan.

"Nanti ya, nanti ," kata Anji.

Permasalahan

Anji dan Hadi Pranoto (Instagram/ duniamanji)
Anji dan Hadi Pranoto (Instagram/ duniamanji)

Dalam kanal YouTube Anji mewawancara seorang yang digadang sebagai profesor dan pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto.  Saat wawancara, Hadi Pranoto mengatakan memiliki terapi herbal yang disebut sebagai cairan antibodi Covid-19, yang diklaim dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Klaim-klaim yang disebut oleh Hadi Pranoto dipatahkan oleh sejumlah tenaga medis juga para ahli. Sadar kontennya telah meresahkan, Anji akhirnya menyampaikan permohonan maaf.

Dipolisikan

Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, di Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020) malam, untuk melaporkan Anji dan Hadi Pranoto. (Merdeka/Ronald)
Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, di Polda Metro Jaya, Senin (3/8/2020) malam, untuk melaporkan Anji dan Hadi Pranoto. (Merdeka/Ronald)

Dianggap meresahkan  Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, melaporkan Anji dan Hadi Pranoto ke Polda Metro Jaya dengan dugaan penyebaran berita bohong. Tak hanya itu, Muannas juga menduga ada kepentingan Anji dalam video tersebut.

"Kegiatan itu juga dilarang di pasal 28 ayat 1 UU ITE dikatakan barang siapa yang menyebarkan berita bohong yang dapat merugikan konsumen, ada dugaan ketika itu disampaikan seperti ada penjualan produk barang dagangan herbal," kata Muannas di Polda Metro jaya beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk Hadi Pranoto, Muanas mempermasalahkan pasal 14, 15 UUD Tahun 1946 tentang penyebaran berita bohong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Warga Kota Madiun ke Semarang Berakhir dengan Positif Corona Covid-19

Posted: 09 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Jumlah pasien positif Corona Covid-19 di Kota Madiun bertambah satu orang sehingga secara keseluruhan terdapat 37 kasus di kota itu. Pasien ke-37 itu memiliki riwayat perjalanan ke Semarang.

Warga kelurahan Winongo berjenis kelamin laki-laki ini berinisial WHS (42). Ia bekerja di Semarang dan rutin pulang pergi seminggu sekali.

WHS mengeluh demam disertai batuk pada tanggal 24 Juli saat masih di Semarang. Ia berinisiatif melakukan tes cepat dan hasilnya non-reaktif. "Berbekal rapid test yang negatif tersebut WHS lalu pulang ke Kota Madiun selama dua hari lantas kembali lagi ke Semarang," ujar Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kota Madiun, Noor Aflah, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (9/8/2020).

Akan tetapi, kondisi WHS tak lekas membaik. Setelah empat hari di Semarang, ia kembali ke Kota Madiun dan menjalani perawatan di rumah. Dua hari dirawat di rumah, WHS mengalami gejala sesak nafas.

Keluarganya pun membawa ke rumah sakit dan ia kembali menjalani tes cepat dengan hasil non-reaktif. Tak puas dengan hasil tes cepat, WHS menjalani uji seka pada 5 Agustus dan hasil positif Corona Covid-19 diketahui pada 9 Agustus.

Saat ini, 18 dari 37 kasus Corona Covid-19 di Madiun sudah dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia, delapan orang dalam perawatan dan 10 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Longsor dan Banjir di Korea Selatan Bertambah Jadi 30 Orang

Posted: 09 Aug 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Seoul- Pihak berwenang di Korea Selatan mengatakan pada 9 Agustus 2020 bahwa bencana tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan lebat selama beberapa terakhir di negara tersebut menewaskan puluhan jiwa. Sedikitnya 30 orang meninggal dan 12 lainya hilang.

Peringatan tentang curah hujan lebat juga telah dikeluarkan.

Dikutip dari AFP, Senin (10/8/2020), sejak awal bulan ini, hujan deras telah mengguyur sebagian besar wilayah Korea Selatan. Selain itu, menurut Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korea Selatan, hampir setengah dari jumlah korban tewas terjadi dalam tiga hari terakhir.

Sejak 7 Agustus, tercatat ada lebih dari 3.700 orang yang mengungsi dari rumah mereka karena terdampak banjir di wilayah selatan Negeri Ginseng tersebut.

Sementara secara keseluruhan, hampir 6.000 orang yang dievakuasi dari rumah mereka di berbagai wilayah di Korea Selatan, dengan sekitar 4.600 di antaranya yang memilih untuk tinggal di tempat penampungan sementara.

Di antara para korban, seorang pria berusia sekitar 80 tahun tewas setelah ditemukan terkubur tanah longsor, sementara jenazah lainnya merupakan lelaku 61 tahun dan wanita 59 tahun, karena rumah mereka yang tertimbun longsor. 

Peringatan Tanah Longsor untuk 24 Wilayah

Banjir bandang hingga longsor terjadi di Kota Anseong, Korea Selatan usai hujan deras pada Minggu, 2 Agustus 2020. (Hong Ki-won/YONHAP via AP)
Banjir bandang hingga longsor terjadi di Kota Anseong, Korea Selatan usai hujan deras pada Minggu, 2 Agustus 2020. (Hong Ki-won/YONHAP via AP)

Pihak berwenang di Korea Selatan dilaporkan telah mengeluarkan peringatan tanah longsor untuk 24 wilayah.

Selama bulan Agustus, setidaknya 667 tanah longsor telah dilaporkan terjadi di negara tersebut.

Menurut Badan Meteorologi Korea, hujan lebat diperkirakan masih akan terjadi dan dapat kembali memicu banjir karena Topan Jangmi, yang diperkirakan akan melanda wilayah selatan negara itu pada 10 Agustus. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PAN-RB Sebut Ada 13 Lembaga Negara Lagi yang Akan Dibubarkan

Posted: 09 Aug 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan tengah mempersiapkan daftar badan, lembaga, dan komisi yang akan dihapus.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyebut, saat ini sudah ada 13 nama lembaga atau badan yang masuk daftar tersebut.

"Sekarang kami mempersiapkan di atas 13 badan, lembaga, komisi yang harus dihapus," kata Tjahjo dalam Webinar Netralitas ASN di Pilkada Serentak Tahun 2020, Senin (10/8/2020).

Rencana penghapusan itu menurut Tjahjo lantaran lembaga, badan atau komisi itu dinilai tidak produktif dan menjadi beban.

"Karena memang sudah tumpang tindih dan tidak produktif," ucapnya.

Selain itu, Tjahjo mengatakan pihaknya telah merekomendasikan beberapa lembaga dan komisi untuk dibuat menggunakan undang-undang. Pembentukan itu menurutnya memerlukan waktu karena harus melalui pembahasan dengan DPR.

"Memang membutuhkan wartu Karena harus dibahas bersama DPR," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah membubarkan 18 lembaga, badan, dan komisi dengan alasan efisiensi pengeluaran negara.

Pembubaran itu dilakukan Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Kebijakan tersebut diteken Jokowi pada Senin, 20 Juli 2020.

Salah satunya, Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 91 Tahun 2017. Tugas dan fungsinya diahlikan ke Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional.

Bukan soal Anggaran

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, pembubaran 18 lembaga negara tidak dilakukan atas dasar refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Tidak, kita pendekatannya tidak pendekatan anggaran. Kecil sekali (pertimbangannya jika pakai pendekatan anggaran)," ujar Tjahjo dalam tayangan video di YouTube, seperti dikutip Selasa 21 Juli 2020.

Sementara itu, diketahui, dari 18 tim kerja, badan, dan komite yang dibubarkan Jokowi tersebut, terdapat 9 lembaga ekonomi yang dibentuk pada masa Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Jamin Kemudahan UMKM Masuk Pasar Modal

Posted: 09 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat masuk ke pasar modal Indonesia untuk mencari pembiayaan. Pihak otoritas pun disebutnya menjamin kemudahan kepada UMKM untuk jadi perusahaan tercatat.

Wimboh mengatakan, pemerintah saat ini tengah dihadapkan pada besarnya tuntutan masyarakat akan peran pasar modal dalam perekonomian nasional.

Oleh karenanya, OJK saat ini terus merumuskan kebijakan yang tepat untuk menjadikan pasar modal semakin kuat dan berperan signifikan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Perumusan kebijakan juga ditujukan untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, dengan menitikberatkan pada kebijakan yang menstimulus perekonomian pada era new normal," kata Wimboh dalam acara ulang tahun virtual pasar modal ke-43, Senin (10/8/2020).

Selain mengupayakan pendalaman pasar keuangan, ia menambahkan, OJK juga senantiasa memperluas akses pasar modal agar manfaatnya bisa dirasakan seluruh elemen, tidak hanya korporasi atau pemodal besar saja.

"Kami akan buka lebar-lebar investasi ritel dan emiten yang sifatnya UMKM. Untuk itu, ke ijakan kami memungkinkan Usaha Kecil dan Menengah dapat memanfaatkan pasar modal sebagai alternatif mendapatkan pembiayaan," tuturnya.

Berbagai kebijakan pun telah dipersiapkan untuk memfasilitasi emiten yang sifatnya UMKM. Seperti mencatatkan nama di papan akselerasi untuk perusahaan dengan aset kurang dari Rp 250 miliar, lalu penggalangan dana melalui equity crowdfunding.

Tak hanya itu, Wimboh melanjutkan, OJK juga mengupayakan investor ritel dapat lebih berpartisipasi dalam penawaran umum perdana (IPO) melalui e-IPO yang diluncurkan pada hari ini.

"Dengan itu semua, kami harap pasar modal ke depan dapat semakin berperan nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi solusi pembiayaan bagi sektor riil yang mudah, cepat dan kredibel," tukas Wimboh.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pemda Diminta Lebih Giat Selamatkan UKM dari Hantaman Covid-19

Perajin membawa wajan yang terbuat dari pelat besi di Desa Cibadak, Tanah Sareal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020). Pemerintah akan membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam melewati masa pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Perajin membawa wajan yang terbuat dari pelat besi di Desa Cibadak, Tanah Sareal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020). Pemerintah akan membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam melewati masa pandemi COVID-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemda Diminta Lebih Giat Selamatkan UKM dari Hantaman Covid-19 Pipit Ika Ramadhani06 Agu 2020, 13:45 WIB14 Perbesar Gedung Kementerian Keuangan. (Dok Kemenkeu)Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar lebih proaktif merespon UMKM, utamanya yang terimbas covid-19.

Menurutnya, Pemda memiliki tanggung jawab mengelola dan memfasilitasi pemulihan UMKM yang ada di wilayahnya.

"Bagaimana Pemda bisa lebih proaktif berperan dalam konteks pemulihan ekonomi nasional ini. Alokasi ke Pemda kan juga tidak sedikit," ujar dia dalam Webinar Keterbukaan Informasi publik 2020: UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit, Kamis (6/8/2020).

Secara formal, Yustinus mengatakan bahwa pelaku UMKM merupakan domain tanggung jawab pemerintah daerah.

"Karena Kementerian Koperasi UKM sudha tidak punya unit vertikal lagi, secara otonomi sekarang sudah di-deliver ke Pemda," jelas dia.

Peran Pemda

Pedagang kerajinan menunggu pembeli saat pameran UMKM Export BRILian Preneur 2019  di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/12/2019). UMKM Export BRILian Preneur 2019  berlangsung hingga 22 Desember. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pedagang kerajinan menunggu pembeli saat pameran UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/12/2019). UMKM Export BRILian Preneur 2019 berlangsung hingga 22 Desember. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dengan demikian, Pemda bisa mengambil peran yang cukup besar. Diantaranya melakukan pendataan pelaku UKM di wilayahnya. Lalu dipetakan secara sektoral, mana yang paling terdampak, dan mana yang justru untung. Sehingga, kata yustinus, target insentif menjadi lebih cepat dan tepat.

"Dengan alokasi yang ada, Pemda juga bisa membantu para UKM untuk mengakses kredit. Baik kepada BPD maupun lembaga pembiayaan. Pemda juga bisa berpartisipasi dalam insentif sektoral Pemda dalam program PEN, itu tersedia skema yang bisa menjadi insentif kepada daerah untuk segera mengungkit perekonomian," tukas Yustinus. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya, Penuh Kehangatan

Posted: 09 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Gunawan Sudrajat tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Artis senior berusia 47 tahun ini sudah terjun ke industri hiburan sejak tahun 1994. Berkecimpung di industri hiburan selama 26 tahun, Gunawan Sudrajat sudah membintangi ragam judul sinetron hingga layar lebar.

Menjadi seorang publik figur tentunya membuat Gunawan Sudrajat kerap menarik perhatian. Tak hanya dirinya, namun keluarga kecil nya juga cukup sering menjadi soroan publik. Menikah dengan Sybilla Ernova Hartoto, Gunawan Sudrajat dikaruniai dua buah hati yang bernama Aghna Khayru Akyela Hardikusumo dan Ghaniya Khayra Shakilla Naja.

Gunawan kerap mengunggah momen manis bersama keluarga kecilnya, khususnya dengan putrinya yang bernama Ghaniya Khayra Shakilla Naja. Kebersamaan yang terpancar antara Gunawan dan putrinya selalu berhasil mencuri perhatian.

Memiliki paras yang awet muda, tak heran jika kebersamaan yang terpancara antara Gunawan dan Khayra terlihat seperti kakak dan adik. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kebersamaan Gunawan Sudrajat dan putrinya yang penuh kehangatan, Senin (10/8/2020).

1. Kehangatan yang terpancar antara Gunawan dan putrinya ini kerap mencuri perhatian publik.

Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)
Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)

2. Memiliki paras yang awet muda, kebersamaan Gunawan dan Khayra ini terlihat seperti kakak dan adik ya.

Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)
Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)

3. Aktor berusia 47 tahun ini cukup sering mengunggah ragam momen manis dengan putrinya di akun Instagram pribadinya.

Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)
Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)

4. Walaupun sibuk menjadi seorang aktor, namun aktor sekaligus model ini selalu meluangkan waktu bersama putrinya.

Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)
Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)

5. Kehangatan yang terpancar antara Gunawan dan putrinya kerap menuai respon positif dari warganet.

Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)
Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)

6. Gunawan kerap menemani Khayra dalam berbagai momen. Ini momen saat Gunawan menemani Khayra belajar nih.

Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)
Kebersamaan Gunawan Sudrajat dan Putrinya. (Sumber: Instagram.com/gunawan_sudrajat_real)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BERANI BERUBAH: 13 Tahun Jadi Pilot, Banting Setir Racik Mi Ayam

Posted: 09 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 mengubah banyak tananan kehidupan masyarakat. Tak hanya dari sisi kesehatan, tetapi juga menghantam sektor ekonomi dan industri aviasi termasuk korbannya.

Megah Putra Perkasa, pilot komersial maskapai nasional di Tanah Air, ikut merasakan dampak dahsyat pandemi. Saat Covid-19 menghampiri sektor penerbangan, dunia yang selama ini menjadi sumber penghidupan baginya dan keluarga ikut terpukul.

Pilot komersial ini tak lagi bisa menerbangkan si burung besi. Pekerjaan yang sudah digeluti sejak 2007. "Saya biasa menerbangkan pesawat 5 hari kemudian jeda 1 hari libur atau 2 hari libur. Jadi total sekitar 80 sampai 90 jam per bulan," jelas dia kepada Tim Berani Berubah, Senin (10/8/2020). 

Penghasilan untuk membiayai keluarga goyah. Namun asa tak boleh putus dan harus berani berubah. Pria berkeluarga ini pun memutuskan tetap berjuang memenuhi kebutuhan hidup.

Bila sebelumnya sehari-hari menerbangkan pesawat, kini dia rela banting setir menjadi penjual barang online. Mulai dari baju hingga mie ayam.

"Saya rasa ini bukan sesuatu yang memalukan atau tabu ya, karena dari seorang pilot kemudian berjualan mie ayam. Itu adalah sesuatu usaha kita survive dengan kondisi saat ini," ungkap dia.

Awalnya, bisnis makanan Megah Putra dijajakan melalui online. Dari hanya sekali dalam seminggu, ternyata pelanggan kian menikmati mie buatannya dan pesanan pun terus berdatangan.

Keputusan membuka warung makan pun akhirnya diwujudkan. Berani Berubah membawa Megah Putra masih mampu bertahan saat pandemi ini.

 

Tak Boleh Putus Asa

Megah Putra Perkasa, pilot komersial salah satu maskapai nasional di Tanah Air. Liputan6.com
Megah Putra Perkasa, pilot komersial salah satu maskapai nasional di Tanah Air. Liputan6.com

Asa tak boleh putus. Setiap kesulitan pasti ada jalan keluar sebagai solusi, bagi mereka yang tetap mau berusaha. Intinya harus Berani Berubah. Ini terpatri dalam diri Megah Putra. "Saya harus berbuat sesuatu dan berani memulainya," tegas dia.

Tentu ini menjadi kisah inspiratif tentang kegigihan dan pantang menyerah saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah seperti Megah Putra Perkasa maupun kisah lainnya, dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program perdana ini akan tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin, mulai 10 Agustus 2020 di Program Liputan6 Pagi pukul 05.30 WIB. Dan akan tayang di liputan6.com dan merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

 

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM: Jangan Mudah Terkecoh dengan Klaim Obat Herbal Anti Corona

Posted: 09 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan agar masyarakat tidak mudah tergoda dan terkecoh untuk membeli produk obat herbal sembarangan. APalagi jika produk herbal tersebut tidak mengantongi izin BPOM.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan kosmetik BPOM Maya Gustina Andarini mengatakan, obat herbal bisa diklaim mengobati suatu penyakit harus ada aturannya, apalagi ditujukan untuk klaim anti Corona atau penyembuhan Corona.

"Pasien itu manusia yang harus diperhatikan haknya Ketika dilakukan uji klinis pada mereka, makanya ada protokol yang harus diperhatikan pada subjek peneliti, itu baru akan dapat klaim,"kata Maya dalam konferensi pers Maraknya klaim obat covid-19, Senin (10/8/2020).

Maya menjelaskan, ada tiga tahap pengelompokan dan penandaan obat bahan alam Indonesia, yakni jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka.

"Jamu adalah suatu produk dengan ramuan empiris yang turun temurun dari nenek moyang kita, seperti beras kencur, temulawak dan lainnya, dan klaimnya empiris kita melihat dari beberapa Pustaka, tidak perlu uji klinis karena kita sudah tahu," ujarnya.

Lalu, ada obat herbal terstandar, berasal dari jamu namun bedanya yakni bahan bakunya terstandar dan konsisten, keamanan dan khasiat dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinik kepada hewan seperti tikus atau kelinci, tergantung kebutuhan yang tujuannya untuk meyakinkan bahwa produk ini aman.

Setelah itu tahapannya naik menjadi fitofarmaka yang keamanan dan khasiatnya dibuktikan secara ilmiah melalui uji klinik kepada manusia.

"Fitomarmaka sudah diujikan klinis dengan manusia, artinya tingkatnya jelas sama dengan obat tingkat konvensional. Karena tahapannya tidak semudah jamu,"ujarnya.

 

Harus Uji Klinis

Peneliti menunjukkan bahan mentah daun rhino ketepeng dan daun benalu yang diteliti sebagai obat herbal COVID-19 di Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Banten, 6 Mei 2020. Peneliti LIPI mengembangkan penelitian dua tanaman herbal sebagai obat herbal untuk pasien COVID-19. (Xinhua/Veri Sanovri)
Peneliti menunjukkan bahan mentah daun rhino ketepeng dan daun benalu yang diteliti sebagai obat herbal COVID-19 di Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Banten, 6 Mei 2020. Peneliti LIPI mengembangkan penelitian dua tanaman herbal sebagai obat herbal untuk pasien COVID-19. (Xinhua/Veri Sanovri)

Bila dikaitkan dengan produk jamu untuk mengobati covid-19, sebenarnya kata Maya produk jamu sudah ditemukan sebelum covid-19. Jika jamu diklaim bisa menyembuhkan atau mengobati covid-19, maka produk jamu itu harus melewati tahapan uji praklinik hingga uji klinik.

"Jadi kalau ada klaim jamu membunuh virus covid-19, itu belum ada dan belum dilakukan (belum ada izinnya) oleh BPOM," Ujarnya.

Karena suatu produk obat herbal yang hendak dijual kepada masyarakat luas apalagi untuk kepentingan covid-19, harus mengikuti alur penelitian bahan baku menuju produk dengan data dukung ilmiah.

"Masyarakat harus hati-hati saya lihat masyarakat ini walaupun edukatif begitu ada promosi yang besar-besaran mereka juga tergiur untuk membeli," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekolah Dibuka di Zona Kuning, Kemenko PMK Sebut Akan Diawasi Ketat

Posted: 09 Aug 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sudah mengizinkan agar sekolah di zona kuning bisa melakukan pembelajaran tatap muka. Oleh karena pandemi Covid-19 belum berakhir, dibukanya kembali sekolah ini akan diawasi dengan ketat.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono. Menurut dia, ini untuk menghindari adanya kluster baru. Sehingga, semua pihak harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Harus memastikan kesiapan sekolah/madrasah dalam menjalankan protokol kesehatan saat sekolah akan dibuka.

Guru dan tenaga kependidikan serta peserta didik harus benar-benar sehat agar sekolah tidak menjadi kluster baru," kata Agus saat dikonfirmasi awak media, Senin (10/8/2020).

Dia juga menuturkan, para kepala daerah di sini juga mempunyai peran sangat penting untuk memastikan pembelajaran tatap muka di sekolah agar benar-benar aman.

"Ini harus bersama-sama. Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah juga harus bahu membahu," ungkap Agus.

Dia mengkhawatirkan, daerah zona kuning, belum didukung dengan tingkat tes baik rapid maupun PCR secara masif seperti di daerah-daerah besar. Sehingga, penting untuk diawasi terus menerus jika sudah ada yang membuka sekolah untuk belajar tatap muka.

"Saya terus komunikasi dengan Kementerian agar menjaga protokol kesehatan," tukasnya.

 

Izin Orang Tua

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, semua sekolah di zona hijau dan kuning yang akan melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus meminta izin orang tua untuk memulai kegiatan tersebut.

"Walaupun berada di zona hijau dan kuning, satuan pendidikan tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka tanpa adanya persetujuan dari pemerintah daerah/Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kepala sekolah, dan adanya persetujuan orangtua/wali siswa yang tergabung dalam komite sekolah," kata Nadiem kepada Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Ia mengatakan, persyaratan terakhir yang harus dipenuhi adalah adanya persetujuan dari orangtua atau wali peserta didik.

"Saya ingin mengingatkan sebagai menteri dan orangtua kalau sekolah itu mau melakukan tatap muka dan sudah membuka, masing-masing orangtua anak boleh tidak memperkenankan anaknya masuk ke dalam sekolah kalau mereka belum nyaman dan dibolehkan untuk melanjutkan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) kalau belum memberikan izin masuk sekolah tatap muka," ungkap dia.

Nadiem menyampaikan, pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap dengan syarat 30-50 persen dari standar peserta didik per kelas.

"Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK dengan standar awal 28-36 peserta didik per kelas menjadi 18 peserta didik. Untuk Sekolah Luar Biasa, yang awalnya 5-8 peserta didik menjadi lima peserta didik per kelas. Untuk PAUD dari standar awal 15 peserta didik per kelas menjadi lima peserta didik per kelas," katanya.

Begitu pula jumlah hari dan jam belajar akan dikurangi, dengan sistem pergiliran rombongan belajar yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

"Berarti semua sekolah harus melakukan rotasi 'shifting' dan juga tidak ada aktivitas kantin, berkumpul, ekstrakulikuler yang akan ada risiko interaksi antara masing-masing ruang belajar, hanya ada sekolah dan langsung pulang setelah sekolah dan tentunya wajib memakai masker dan juga bermacam-macam 'check list' yang sangat ketat," kata Nadiem.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir Yaman Hancurkan 4 Bangunan Bersejarah di Kota Tua Sana'a

Posted: 09 Aug 2020 09:40 PM PDT

Para pekerja merenovasi bangunan bersejarah di Kota Tua Sanaa, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa, kata penduduk kepada Xinhua pada Minggu (9/8). (Xinhua/Mohammed Mohammed)
Para pekerja merenovasi bangunan bersejarah di Kota Tua Sanaa, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa, kata penduduk kepada Xinhua pada Minggu (9/8). (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Para pekerja merenovasi bangunan bersejarah di Kota Tua Sanaa, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa, kata penduduk kepada Xinhua pada Minggu (9/8). (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Seorang pekerja berdiri di atas bangunan bersejarah yang sebagian runtuh akibat hujan tanpa henti di Kota Tua Sanaa, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa,. (Xinhua/Mohammed Mohammed)
Seorang pekerja berdiri di atas bangunan bersejarah yang sebagian runtuh akibat hujan tanpa henti di Kota Tua Sanaa, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa,. (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Seorang pekerja berdiri di atas bangunan bersejarah yang sebagian runtuh akibat hujan tanpa henti di Kota Tua Sanaa, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa,. (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Foto pada 9 Agustus 2020 menunjukkan bangunan bersejarah yang sebagian runtuh akibat hujan tanpa henti di Kota Tua Sanaa, Yaman. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa. (Xinhua/Mohammed Mohammed)
Foto pada 9 Agustus 2020 menunjukkan bangunan bersejarah yang sebagian runtuh akibat hujan tanpa henti di Kota Tua Sanaa, Yaman. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa. (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Foto pada 9 Agustus 2020 menunjukkan bangunan bersejarah yang sebagian runtuh akibat hujan tanpa henti di Kota Tua Sanaa, Yaman. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa. (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Seorang pekerja merenovasi bangunan bersejarah di Kota Tua Sanaa, Yaman, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa, kata penduduk kepada Xinhua pada Minggu (9/8). (Xinhua/Mohammed Mohammed)
Seorang pekerja merenovasi bangunan bersejarah di Kota Tua Sanaa, Yaman, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa, kata penduduk kepada Xinhua pada Minggu (9/8). (Xinhua/Mohammed Mohammed)

Seorang pekerja merenovasi bangunan bersejarah di Kota Tua Sanaa, Yaman, 9 Agustus 2020. Hujan dan banjir bandang di Yaman menghancurkan empat bangunan serta merusak 30 lainnya di situs Warisan Dunia UNESCO Kota Tua Sanaa, kata penduduk kepada Xinhua pada Minggu (9/8). (Xinhua/Mohammed Mohammed)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istana: Indonesia Masih Punya Peluang Hindari Resesi

Posted: 09 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta menjelaskan saat ini Indonesia masih bisa menghindari resesi. Hal tersebut jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal III secara tahunan akan capai nilai positif.

"Indonesia masih bisa menghindari resesi jika pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal III ini secara tahunan dapat mencapai nilai positif," kata Arif dalam pesan singkat, Senin (10/8).

Dia menjelaskan jika Indonesia juga saat ini belum mencapai resesi. Sebab konsensus semua ekonomi diseluruh dunia menyatakan resesi adalah pertumbuhan negatif perekonomian berturut-turut selama 2 kuarta dihitung secara tahunan.

"Jika sebuah negara mengalami pertumbuhan negatif selama 2 kuartal berturut-turut dihitung secara quartalan (q-t-q) bukan secara tahunan (y-o-y) maka itu belum bisa disebut mengalami resesi," ungkap Arif.

Dia menjelaskan pertumbuhan negatif pada kuartal II sudah diprediksi sebelumnya lantaran munculnya wabah Covid-19. Kemudian kata dia Pada kuartal I kita masih tumbuh positif 2,97 persen year of year (y-o-y).

"Dikuartal III kita punya peluang kembali ke level positif setelah bergeraknya lagi aktivitas perekonomian dengan protokol adaptasi kebiasaan baru (AKB)," kata Arif.

 

Percepat Realisasi Anggaran PEN

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Andrinof Chaniago mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi anggaran program pemulihan ekonomi (PEN) di kuartal III-2020. Dengan demikian, akselerasi pertumbuhan ekonomi di kuartal tersebut dapat kembali terdongkrak.

"Kuartal III mau tidak mau anggaran harus jalan kita akan gerakan ekonomi," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (9/8).

Mengenai besaran pertumbuhan angkanya, dirinya tidak bisa memastikan. Hanya saja pertumbuhan kuartal III dapat lebih baik dari yang terjadi pada sebelumnya di kuartal II-2020.

"Soal angka besar kemungkinan tidak seperti kuartal II dan akhir tahun masih tanda tanya. Kalau liat ramalan-ramalan (akhir tahun) kita bisa minus juga nol. Ini kesiapan psikologi saja," katanya.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, BPS Sebut Dampak Corona Luar Biasa Buruk

Pandangan udara permukiman padat penduduk di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pandangan udara permukiman padat penduduk di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 sebesar -5,32 persen. Dengan demikian, secara kumulatif pertumbuhan ekonomi semester I tahun ini tercatat mengalami kontraksi sebesar 1,26 dibandingkan semester I tahun lalu.

"Perekonomian Indonesia pada triwulan II-2020 secara yoy mengalami kontraksi 5,32 persen. Kalau dibandingkan secara Q to Q dengan triwulan I maka pertumbuhan ekonomi sebesar -4,19 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto, Jakarta, Rabu (5/8).

Suhariyanto mengatakan, pandemi Virus Corona membawa dampak yang luar biasa bagi perekonomian. Beberapa negara di dunia mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi.

"Catatan peristiwa mengenai apa yang terjadi di triwulan II-2020, Covid-19 membawa dampak yang luar biasa buruk dan membawa efek domino masalah kesehatan ke masalah ekonomi dan sosial," paparnya.

Negara negara di dunia, kata Suhariyanto, berupaya menyelamatkan pertumbuhan ekonomi dengan mengutamakan kesehatan rakyatnya. Hal tersebut juga dilakukan oleh Indonesia.

"Virus Corona juga enghantam UMKM hingga koorporasi. Banyak kebijkan yang dilakukan oleh berbagai negara semuanya mengutamakan kesehatan," tandasnya.

  

Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,32 Persen di Kuartal II-2020, Indonesia di Ambang Resesi

Anak-anak bermain di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Anak-anak bermain di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2020. Di atas prediksi, ekonomi Indonesia mengalami minus 5,32 persen.

Sebelumnya, pemerintah memproyeksi ekonomi Indonesia akan terkontraksi di angka -4,3 persen. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, ekonomi Indonesia juga terkontraksi secara year quartal to quartal (q to q) yang sebelumnya 2,97 persen (kuartal I 2020).

"Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I 2020 dibandingkan semester I 2019 terkontraksi 1,29 persen," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Dirinya menjelaskan, pandemi Corona yang melanda Indonesia sejak awal tahun menjadi penyebab utama penurunan ini.

Pandemi Covid-19 telah menciptakan efek domino dari masalah sosial dan ekonomi, dan dampaknya menghantam seluruh lapisan masyarakat mulai dari rumah tangga, UMKM hingga korporasi.

Harga komoditas migas dan hasil tambang di pasar internasional pada kuartal II 2020 secara umum mengalami penurunan baik q to q maupun yoy, sementara harga komoditas makanan seperti gandum, minyak kelapa sawit dan kedelai mengalami penurunan q to q, tetapi meningkat secara yoy.

"Di satu sisi negara mengutamakan kesehatan dengan menerapkan lockdown, PSBB dan lainnya, di sisi lain pemerintah juga berupaya agar tingkat ekonomi berjalan. Dan untuk menyeimbangkannya bukan persoalan gampang. Dan bisa dilihat, banyak negara yang mengalami kontraksi," kata Suhariyanto. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Young Lex Ajak Gisella Anastasia Duet di Lagu Mellow, Masih Bisa Panjang

Posted: 09 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Young Lex kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Indonesia. Belum lama ini, rapper bernama asli Samuel Alexander Pieter itu merilis single teranyar bertajuk "Masih Bisa Panjang".

Young Lex tak sendiri, ia menggandeng penyanyi pop Gisella Anastasia sebagai teman duetnya di lagu ini. Pria berusia 28 tahun itu mengaku jika single tersebut dibuat sudah cukup lama.

Menurutnya, lagu memang membutuh sosok penyanyi wanita. Lantas, ia memutuskan jika Gisel adalah orang yang tepat untuk diajak berkolaborasi. 

Ada hal yang berbeda di single teranyar rapper berdarah Batak dan Ambon ini. Bila pada dua lagu terakhirnya mengusung aliran upbeat dan reggae, maka di tembang ini Young Lex menghadirkan unsur mellow.

 

Lagu Galau

Bercerita tentang kegalauan, "Masih Bisa Panjang" sendiri mengisahkan tentang seseorang yang masih ingin kembali melanjutkan hubungannya dengan sang mantan kekasih.

Single duet Young Lex dan Gisella Anastasia ini juga hadir dalam video klip. Bagi yang ingin menonton, bisa cek pada video di bawah ini.

Atau bisa juga mengujungi kanal Trinity Production yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Minta Warga Hanya Kunjungi Restoran yang Terapkan Protokol Kesehatan

Posted: 09 Aug 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengimbau agar masyarakat dapat lebih selektif bila akan mengunjungi restoran saat penerapan PSBB masa transisi.

Dia menyatakan masyarakat dapat mengunjungi restoran yang telan memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Mulai dari wajib menggunakan masker hingga pembatasan jumlah pengunjung.

"Lalu ada lagi kreasinya, misalnya menyiapkan QR code di atas meja yang berisi daftar menu, jenis makanan yang tersedia di resto itu," kata Arifin dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Kata dia, pihaknya mengapresiasi akan inovasi sejumlah restoran. Sebab hal tersebut dapat memudahkan pengunjung tanpa harus khawatir penularan Covid-19.

Arifin juga menyatakan hingga saat ini masih ada restoran yang melakukan pelanggaran terkait protokol kesehatan.

"Pengunjung cukup men-scan QR code di atas meja, lalu menu makanan akan muncul di device masing-masing. Kira-kira seperti itu yang kita lihat di berbagai tempat restoran, yang bagus kita apresiasi," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku ikut serta dengan Satpol PP DKI untuk melakukan sidak ke sejumlah usaha restoran di Jakarta pada Sabtu (8/8/2020).

Dia mengatakan masih terdapat pemilik restoran yang melanggar protokol kesehatan terkait virus Corona atau Covid-19 saat beroperasi pada PSBB masa transisi.

 

Pelanggaran yang Berulang

Hal tersebut disampaikan Anies melalui akun media sosial instagram @aniesbaswedan yang diunggah pada Minggu (9/8/2020).

"Ada pemilik usaha yang sudah bagus menerapkan protokol di tempatnya, ada yang melanggar, ada yang masih melanggar berulang," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan jajarannya akan terus melakukan pengawasan terkait pelaksanaan protokol kesehatan berdasarkan Pergub Nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Masa Transisi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Sinabung Kembali Erupsi di Awal Pekan, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Posted: 09 Aug 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Karo Awal pekan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) dihebohkan dengan erupsi Gunung Sinabung. Masyarakat dihebohkan dengan semburan abu vulkanik Gunung Sinabung setinggi 5.000 meter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi, dan PVMBG, Armen Putra mengatakan, Sinabung kembali erupsi pada pukul 10.16 WIB.

"Iya, kembali erupsi, tadi," kata Armen, Senin (10/8/2020).

Disebutkan Armen, erupsi Gunung Sinabung meyebabkan kolom abu berwarna cokelat gelap dan mengarah ke timur dan tenggara.

"Warga yang terdampak abu vulkanik kami imbau agar melindungi diri dengan menggunakan masker. Juga kami imbau mengurangi aktivitas di luar rumah," sebutnya.

 

Erupsi Ketiga Kali

Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi kedua ini terjadi pukul 17.18 WIB. (Istimewa)
Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi kedua ini terjadi pukul 17.18 WIB. (Istimewa)

Erupsi Sinabung kali ini merupakan untuk yang ketiga kalinya dalam kurun waktu 3 hari. Sebelumnya, Sabtu, 8 Agustus 2020, Sinabung erupsi mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter sekitar pukul 01.58 WIB.

Abu vulkanik erupsi Sinabung terdistribusi di beberapa kecamatan di Kabupaten Karo. Pada sore harinya, sekitar pukul 17.18 WIB Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh lebih kurang 1.000 meter.

"Hingga hari ini tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," Armen menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: