Senin, 17 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Viral Uang Baru Rp 75.000 ada Unsur Budaya China, Ini Penjelasan BI

Posted: 17 Aug 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ramai di sosial yang menyebut ada gambar pakaian adat suku China di Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp 75.000. Menanggapi itu, Bank Indonesia menjelaskan, pakaian adat tersebut berasal dari Suku Tidung yang ada di Kalimantan Utara.

"Yang dari tengah seperti dari Tiongkok itu baju asal Kalimantan Utara, baju adat suku Tidung," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang, Bank Indonesia, Marlison Hakim, dalam Taklimat Media Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Marlison menjelaskan pemilihan jenis pakaian adat yang ada di uang tersebut tersebut merupakan hasil rekomendasi langsung dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara. Hasil rekomendasi tersebut pun sebelumnya telah didiskusikan oleh Bank Indonesia dengan sejumlah pihak.

Mulai dari budayawan, sejarawan sampai dengan Pemerintah Daerah setempat. Proses desain UPK edisis 75 tahun Kemerdekaan Indonesia ini juga telah dirancang sejak tahun 2018.

"Khusus pemilihan itu (jenis baju adat) kita bicarakan dengan budayawan, sejarawan dan Pemda setempat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan UPT Suku Tidung dan mereka yang memberikan baju adat Kalimantan Utara tersebut," kata Marlison menjelaskan.

Untuk itu dia menegaskan, pakaian adat suku tidung di uang tersebut asli dari salah satu suku yang ada di Indonesia. Dia menambahkan, masyarakat bisa mencari tahu sendiri kebenarannya dari berbagai informasi yang ada di mesin pencari.

"Jadi bukan dari Tiongkok, ini asli dari Indonesia," kata dia mengakhiri.

Merdeka.com

Uang Edisi Peringatan Kemerdekaan Indonesia akan Terbit Setiap 25 Tahun Sekali

Uang baru edisi khusus Kemerdekaan Indonesia.
Uang baru edisi khusus Kemerdekaan Indonesia.

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan resmi menerbitkan mata uang baru pecahan nominal Rp 75.000 sebanyak 75 juta lembar. Peluncuran mata uang ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan kali keempat.

Di mana penerbitan uang peringatan kemerdekaan pertama dilakukan di hari ulang tahun kemerdekan ke-25 pada 1970. Kemudian ke-45 tahun pada 1990, dan ke-50 tahun pada 1995.

"Ke depan Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali, sesuai usia 75 tahun kemerdekaan RI uang peringatan kemerdekaan kali ini dikeluarkan dalam bentuk uang kertas dengan nominal Rp 75.000," kata Perry dalam acara peluncuran, di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Perry mengatakan, uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal tender, pada hari ini.

Uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan Ri ini juga merupakan uang peringatan sebagai persembahan kebahagian kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Inovasi uang rupiah terus dialkukan inovasi berkala terecana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI," jelas dia.

Perry menambahkan, pengeluaran dan pengedaran uang kemerdekaan 75 tahun merupakan bagian dari rencana pencetakan uang tahun anggaran 2020. Adapun perencanaan sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

"Hal ini sesuai kebutuhan masyarakat dengan mendasarkan pada ketentuan dan tata kelolasesuai UU mata uang," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Boneka Annabelle Kabur dari Museum

Posted: 17 Aug 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa hari terakhir, media sosial Facebook diramaikan dengan cerita boneka Annabelle yang disebut kabur dari Museum Warren. Melalui Crowd Tangle, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun Facebook yang mengunggah cerita itu, yakni RTN dan Small Screen.

Begini narasi yang ada di akun Small Screen, menceritakan tentang boneka Annabelle:

"Ketika Anda berpikir 2020 tidak mungkin menjadi buruk lagi, Annabelle sudah melarikan diri dari Museum Warrens."

Unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 22 kali dan mendapat 12 komentar serta 13 respons dari warga Facebook.

Lalu, benarkah Annabelle bisa kabur dari Museum Warrens seperti yang ramai diceritakan oleh Facebook?

 

Penelusuran Fakta

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan artikel dari Antara dengan judul: 'Hoaks, boneka Annabelle kabur dari Museum Warren Occult". Berita itu menjadi bantahan dari cerita yang ramai di Facebook.

Dalam artikelnya, Antara mengambil penjelasan dari situs pemeriksa fakta Snopes yang melaporkan kabar tentang boneka Annabelle sudah kabur itu adalah informasi palsu atau hoaks.

Rumor tentang boneka Annabelle yang kabur muncul setelah media The Hollywood Reporter mempublikasikan wawancara dengan aktris Annabelle Wallis yang memerankan tokoh Mia dalam film "Annabelle".

Namun dalam wawancara itu, Wallis membahas film terbarunya yang berjudul "The Silencing". Wallis juga sempat mengucapkan kata "kabur" dalam wawancara itu.

Publikasi wawancara itu lantas beredar di situs-situs media sosial berbahasa Mandarin. Hanya saja, berita tentang Wallis yang kabur itu telah disalahartikan dengan boneka Annabelle yang melarikan diri.

Untuk memperkuat bantahan ini, Tim Cek Fakta Antara juga menelusuri halaman Wikipedia berbahasa Inggris yang menjelaskan tentang boneka Annabelle, tampak halaman itu diperbarui pada 15 Agustus 2020, pukul 12.03 UTC atau 19.03 WIB. Dengan demikian, suntingan yang menyebut boneka supranatural itu kabur dari Museum The Warrens' Occult sudah tidak tampak lagi.

Tim Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel di Newsweek dengan judul: "No, Annabelle the Haunted Doll Did Not Escape From the Warrens' Occult Museum".

Artikel itu mengupas soal rumor boneka Annabelle muncul setelah media The Hollywood Reporter mempublikasikan wawancara dengan aktris Annabelle Wallis yang memerankan tokoh Mia dalam film 'Annabelle'. Namun dalam wawancara itu, Wallis membahas film terbarunya yang berjudul 'The Silencing'.

Wallis juga sempat mengucapkan kata 'kabur' dalam wawancara itu. Publikasi wawancara itu lantas beredar di situs-situs media sosial berbahasa Mandarin. Hanya saja, berita tentang Wallis yang kabur itu telah disalahartikan dengan boneka Annabelle yang melarikan diri.

Tim juga menemukan artikel di Liputan6.com dengan judul: 'Geger Boneka Annabelle Kabur dari Museum, Ini Fakta Sebenarnya'. Artikel tersebut ada di kanal Showbiz dan sudah tayang pada 16 Agustus 2020.

Artikel itu mengambil penjelasan dari Tony Spera yang membuat sebuah video singkat yang ia bagikan di akun YouTube Ed and Lorraine Warren Channel, pada Jumat (14/8/2020) lalu. Ia tampak berada langsung di museum, yang tampak temaram dalam sinar lampu kemerahan.

"Aku di sini untuk memberi tahu sesuatu. Aku tak tahu apakah kamu ingin mendengar ini atau tidak, tapi Annabelle tidak kabur," tuturnya.

"Annabelle hidup - eh, harusnya aku tidak mengatakannya hidup. Annabelle di sini, seutuhnya. Dia tak pernah meninggalkan museum," kata Tony Spera, sambil memperlihatkan boneka asli Annabelle yang disimpan di dalam lemari kaca.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Informasi yang menyebut boneka Annabelle kabur dari sebuah museum adalah hoaks. Faktanya, Annabelle Wallis, pemeran Annabelle, menceritakan skenario terbaru dalam film boneka seram itu yang salah diartikan oleh netizen. Mengenai video yang beredar di netizen, video tersebut sudah didukung teknologi tinggi.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Surplus USD 3,26 Miliar pada Juli 2020

Posted: 17 Aug 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia mengalami surplus USD 3,26 miliar pada Juli 2020.

"Surpls ini jauh lebih besar dibandingkan surplus bulan sebelumnya, juga jauh lebih besar dibandingkan dengan posisi Juli 2019," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam video konferensi, Selasa (18/8/2020).

Menurut catatannya, Suhariyanto menjelaskan surplus ini terjadi karena ekspor yang secara bulan ke bulan naik cukup tinggi, yakni 14,33 persen. Sementara impor secara bulan ke bulan turun 2,73 persen.

"Jadi alhamdulillah pada Juli 2020 ini neraca dagang masih mengalami surplus USD 3,26 miliar. Kalau kita lihat surplus ini didominasi oleh non migas," kata Kecuk.

Secara rinci, neraca perdagangan Indonesia terhadap Amerika Serikat (AS) tercatat surplus USD 1,04 miliar, dengan ekspor USD 1,6 miliar dan Impor USD 566,9 juta.

Sementara dengan India, surplusnya mencapai USD 466,9 juta. Dengan ekspor sebesar USD 800,4 juta dan impor USD 333,5 juta.

Dengan Filipina, neraca dagang Indonesia tercatat surplus USD 460,4 juta. Dengan ekspor USD 490 juta, impor USD 30,2 juta.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Neraca Dagang Surplus, Bukti Ekonomi Indonesia Positif Selama Pandemi

Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan akan memaksimalkan dan memusatkan perhatian terhadap produk yang berkembang saat masa pandemi covid-19 untuk menjaga perkembangan ekonomi kedepannya.

"Karena itu, kita harus melihat apa saja yang bisa dimaksimalkan saat ini. Kementerian Perdagangan sendiri melihat ada tiga kategori yang bisa optimalkan dalam perdagangan yaitu, produk apa yang positif selama pandemi, produk baru apa muncul akibat pandemi dan produk apa yang pulih pasca pandemi," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Menurut Agus, meskipun pandemi di satu sisi menghambat jalannya ekonomi, tetapi disisi lain juga mempunyai peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan. Ia menyebut perdagangan sendiri akan menjadi kunci dalam masa pandemi ini.

Bahkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, mengatakan perdagangan adalah indikasi nyata dari berjalannya ekonomi masyarakat, baik di sektor riil maupun keuangan.

Untuk perdagangan luar negeri saja, Jerry menyebut Indonesia sampai saat ini masih mencatat surplus hingga USD 5,5 miliar. Artinya,  kinerja ekonomi Indonesia masih bisa disebut positif dan harus terus dijaga.

"Kondisinya memang banyak negara sedang mengalami masa sulit. Kita bersyukur masih bisa mencatat surplus yang cukup baik. Tapi tentu saja kita harus bekerja keras untuk menjaga dan meningkatkannya," Kata Jerry.

Kata Jerry, Kementerian Perdagangan saat ini tengah terus mengupayakan transformasi dalam perdagangan, termasuk penggunaan teknologi digital.

Dirinya menilai masa pandemi ini merupakan momentum yang tepat untuk memaksimalkan teknologi, seperti di e-commerce, dan lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Ada Anak Pakai Budaya Syahri di Uang Baru RI

Posted: 17 Aug 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada HUT ke-75 Republik Indonesia, Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang baru pecahan Rp 75.000. Uang baru itu hanya dicetak terbatas, yakni 75 juta lembar.

Namun, di tengah peredaran uang baru tersebut, banyak hoaks yang mengelilinginya. Seperti yang ditemukan Tim Cek Liputan6.com di akun Facebook atas nama Radith. Dia menganggap di uang baru tersebut ada budaya syahri.

Begini narasi yang dia buat:

"mata gw yg halu apa gimana ya..?

itu koq ada budaya syahri di mata uang edisi khusus hari kemerdekaan indonesia, mewakili daerah mana ya..?"

Unggahan tersebut mendapat banyak respons dari warga Facebook. Bahkan, sudah dibagikan oleh 13 orang, salah satunya pemilik akun Bob Galang.

Lalu, benarkah ada budaya syahri seperti yang diunggah Radith dalam uang baru Republik Indonesia (RI)?

 

Penelusuran Fakta

BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)
BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri anak yang dilingkari merah oleh Radith pada uang baru RI. Tim mendapat penjelasan dari cekfakta.com.

Diketahui kalau anak dalam lingkaran merah itu tidak menggunakan pakaian dari budaya syahri, melainkan pakaian adat khas Melayu Riau. Pada uang baru edisi kemerdekaan ke-75 RI, memang ada sembilan anak-anak yang memakai pakaian adat.

Tampak belakang uang ini adalah gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke. Baju adat tersebut berasal dari sembilan provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, dan Papua.

Saat dinyatakan terkait alasan dipilihnya anak Riau lengkap dengan pakaian Melayu nya untuk ditampilkan di uang kertas pecahan Rp 75 ribu tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebut bahwa pemerintah pusat melihat dari budaya dan sejarah di Riau.

"Riau juga punya sejarah, dimana salah satu pahlawan nasional yakni Sultan Syarif Kasim berasal dari Riau. Dimana beliau ini berjasa untuk perjuangan bangsa ini dengan memberikan uang bagi negara untuk perjuangan," jelasnya.

Tim juga menemukan artikel dengan judul: "Gambar 9 Anak Berpakaian Adat di Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu, Mewakili Mana Saja?". Artikel yang tayang pada 17 Agustus 2020 itu berada di kanal Lifestyle Liputan6.com.

Artikel tersebut menjelaskan pakaian adat yang dikenakan oleh sembilan anak di bagian belakang uang baru RI. Dijelaskan dalam artikel tersebut, busana adat Riau yang dikenakan sosok anak perempuan (yang dilingkari oleh Radith) disebut Kebaya Laboh. Busana adat tersebut biasa dikenakan oleh masyarakat Melayu Riau.

Dalam artikel Liputan6.com itu tidak disebutkan ada anak yang menggunakan pakaian budaya syahri.

Di halaman belakang tersebut, juga terdapat motif tenun nusantara, antara lain gringsing Bali, Batik Kalong Jawa, dan Songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan, keagungan, dan kesucian. Halaman belakang uang pecahan baru ini juga melambangkan filosofi menyongsong masa depan gemilang pada era digital dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Dijelaskan juga dalam artikel Liputan6.com, uang ini memiliki tiga tema dan makna filosofi, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang. Dari gambar yang beredar, tampak muka uang baru tersebut bergambar proklamator Republik Indonesia Soekarno-Hatta. Di bawah gambar proklamator tersebut terdapat gambar moda transportasi yang dibanggakan masyarakat Indonesia, yaitu MRT.

 

Kesimpulan

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Informasi yang disebutkan Radith kalau ada budaya syahri di uang baru RI adalah hoaks. Faktanya, anak yang dilingkari oleh Radith menggunakan pakaian adat Melayu Riau.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ludes Dipesan, Uang Baru Edisi Khusus Kemerdekaan Indonesia Bakal Dicetak Lagi?

Posted: 17 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Bank Indonesia (BI) mencetak uang khusus edisi memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Uang tersebut bisa didapatkan masyarakat dan dijadikan koleksi.

Animo masyarakat terhadap uang spesial ini begitu tinggi sampai-sampai kuota yang ditetapkan BI langsung penuh hanya dalam hitungan menit. Padahal, BI sudah menyediakan uang kertas ini sampai 75 juta lembar.

Lantas, apakah BI akan mempertimbangkan mencetak uang khusus ini lagi, menanggapi permintaan masyarakat yang sangat tinggi?

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan, uang rupiah sebagai peringatan diterbitkan berkaitan dengan suatu peristiwa dan masuk ke dalam uang rupiah khusus. Dalam konteks ini, uang baru Rp 75.000 dikeluarkan berkaitan dengan momen Kemerdekaan Indonesia, tapi tetap sebagai legal tender dan menjadi bagian dari perencanaan.

"Tadi disampaikan seperti itu, 75 juta lembar yang kita cetak, dan dalam Keputusan Presiden juga sudah ditetapkan, bahwa uang ini akan dicetak 75 juta lembar," jelas Rosmaya dalam tayangan virtual, Selasa (18/8/2020).

Dirinya melanjutkan, kuota pemesanan memang sudah penuh untuk waktu penukaran 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020. Hal itu disebabkan pembatasan penukaran di kantor pusat BI dan kantor perwakilan BI di 45 daerah yang dilakukan agar penerapan protokol Covid-19 tetap terimplementasi dengan baik.

"Kita sudah hitung, bagaimana ini saat pengambilannya, durasinya, waktunya dan tetap dalam kondisi untuk menerapkan protokol Covid-19, maka kita di aplikasi (PINTAR), kita buka untuk Jakarta, per hari 300 (kuota), dan di daerah masing-masing 150," jelas Rosmaya.

Untuk itu ke depannya, pihaknya akan melakukan evaluasi pembukaan tanggal penukaran uang baru ini supaya masyarakat bisa mendapatkannya untuk dikoleksi.

"Dan dengan prinsip 1 KTP 1 penukaran, ini bisa dilihat, karena sudah 1 kali, tentu saja ada databasenya (KTP) sehingga nggak bisa menukar lagi, jadi kita atur sedemikian rupa," kata Rosmaya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Uang Baru Rupiah Pecahan Rp 75 Ribu Resmi Meluncur, Dicetak 75 Juta Lembar

Pemerintah dan Bank Indonesia meresmikan pengeluaran dan pengedaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. (Dok BI)
Pemerintah dan Bank Indonesia meresmikan pengeluaran dan pengedaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. (Dok BI)

Pemerintah resmi meluncurkan uang baru Rupiah dengan pecahan nominal Rp 75 ribu. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan jika penerbitan uang baru dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.

Uang baru ini dicetak dalam bentuk kertas sebanyak 75 juta lembar, yang bisa menjadi koleksi masyarakat. Sehingga total yang dicetak pemerintah senilai Rp 5,62 triliun.

"75 juta yang dicetak ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," ujar Sri Mulyani dalam "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" bersama Gubernur Bank Indonesia yang dilakukan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Dia menjelaskan jika, sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang rupiah, mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan seluruh masyarakat.

"Ini koordinasi yang baik dari beberapa pihak seperti BI, kemenkeu, kemensos dan para ahli waris. Pengeluaran uang kemerdakaan ini telah melalui perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018," jelas Sri Mulyani.

Gubernur BI Perry Warjiyo, menuturkan jika pengeluaran uang rupiah sebagai mata uang tidak hanya berperean sebagai alat pembayaran. "Tetapi lambang kedauatan masyarakat, sistem kemandirian bangsa Indonesia," jelas dia.

Setiap lembar uang Rupiah dikatakan mengandung identitas dan karakteristik bangsa Indonesia. "Kami telah mendistribusikan uang 75 tahun ini ke seluruh kantor-kantor," kata dia.

Momentum Kebangkitan

Viral penampakan uang baru yang diterbitkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun.
Viral penampakan uang baru yang diterbitkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun.

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan meluncurkan uang baru dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun. Acara peluncuran uang baru edisi koleksi ini berlangsung, Senin (17/8/2020) siang ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, diterbitkannya uang baru ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

"Jadikan peristiwa ini sebagai simbol kebangkitan dan optimisme menghadapi tantangan dampak pandemi Covid-19 guna melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju," ujar Sri Mulyani, mengutip postingan di akun Instagram resminyanya @smindrawati.

Dalam memperingati kemerdekaan Indonesia, Mantan Gubernur Bank Dunia ini juga mendorong agar masyarakat bersyukur atas anugerah kemerdekaan yang diterima.

Tak lupa pula untuk mengheningkan cipta bagi para pahlawan yang telah berjasa untuk negara ini, baik para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan maupun mereka yang gugur sekarang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Renungkan juga apa saja yang telah kita perbuat di masa kemerdekaan ini? Sudah seberapa Indonesia-kah jiwa dan raga kita?" ujarnya.

Diketahui acara "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 11.15 - 11.45 WIB, dan dapat disaksikan melalui live streaming di kanal youtube Bank Indonesia.

Adapun uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi. BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya.

Uang Edisi Peringatan Kemerdekaan Indonesia akan Terbit Setiap 25 Tahun Sekali

Uang baru edisi khusus Kemerdekaan Indonesia.
Uang baru edisi khusus Kemerdekaan Indonesia.

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan resmi menerbitkan mata uang baru pecahan nominal Rp 75.000 sebanyak 75 juta lembar. Peluncuran mata uang ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini merupakan kali keempat.

Di mana penerbitan uang peringatan kemerdekaan pertama dilakukan di hari ulang tahun kemerdekan ke-25 pada 1970. Kemudian ke-45 tahun pada 1990, dan ke-50 tahun pada 1995.

"Ke depan Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali, sesuai usia 75 tahun kemerdekaan RI uang peringatan kemerdekaan kali ini dikeluarkan dalam bentuk uang kertas dengan nominal Rp 75.000," kata Perry dalam acara peluncuran, di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Perry mengatakan, uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal tender, pada hari ini.

Uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan Ri ini juga merupakan uang peringatan sebagai persembahan kebahagian kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Inovasi uang rupiah terus dialkukan inovasi berkala terecana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI," jelas dia.

Perry menambahkan, pengeluaran dan pengedaran uang kemerdekaan 75 tahun merupakan bagian dari rencana pencetakan uang tahun anggaran 2020. Adapun perencanaan sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

"Hal ini sesuai kebutuhan masyarakat dengan mendasarkan pada ketentuan dan tata kelolasesuai UU mata uang," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Minat Koleksi Uang Baru Edisi Kemerdekaan Indonesia ke-75 Tahun, Begini Cara Dapatnya

BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)
BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)

Uang baru edisi khusus memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-75 baru saja diluncurkan, Senin, 17 Agustus 2020 ini. Peluncuran dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo secara virtual.

Adapun, uang kertas bernominal pecahan Rp 75.000 ini tidak diedarkan secara bebas. Sri Mulyani berujar, terdapat 75 juta lembar uang spesial yang dicetak dan bisa didapatkan masyarakat untuk dijadikan koleksi.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang baru ini?

Perry menjelaskan, masyarakat bisa memperoleh uang ini dengan mekanisme penukaran uang senilai Rp 75.000, atau sama dengan nominal uang edisi khusus ini.

Perry bilang, uang spesial edisi Kemerdekaan Indonesia ke-75 sudah didistribusikan ke seluruh kantor cabang Bank Indonesia.

"Kami telah mendistribusikan uang ini ke seluruh kantor BI dan masyarakat dapat segera melakukan penukaran," ujar Perry dalam tayangan virtual di channel YouTube Bank Indonesia.

Berikut langkah lengkap pemesanannya:

- Sebelumnya, penuhi dulu syarat penukarannya:

a. Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR (Android dan iOS) atau https://pintar.bi.go.id

b. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli

c. Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital

d. Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan; dan Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

- Setiap 1 KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh 1 lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75.000.

- Untuk mendapatkan uang Rp75.000 ini, BI membuka dua periode pemesanan yakni pada tanggal berikut:

a. Periode pemesanan penukaran tahap 1 (tanggal 17 Agustus 2020Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020), dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten;

b. Periode pemesanan penukaran tahap 2 (tanggal 1 Oktober 2020 – selesai), dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

- Penukaran dilakukan di:a. Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia terhitung mulai 18 Agustus 2020 – 30 September 2020;

b. Bank Umum yang ditunjuk dan Kantor Pusat Bank Indonesia serta 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indoensia terhitung mulai 2 Oktober 2020 – selesai.

Penukaran dapat dilakukan paling cepat 1 (satu) hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran UPK 75 Tahun RI pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Mobil Terlaris Selama Juli 2020, Toyota Fortuner Jadi Primadona

Posted: 17 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dari bulan sebelumnya, mobil terlaris sepanjang Juli 2020 berhasil diraih segmen SUV. Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat penjualan terbanyak wholesale (pabrik ke dealer) dipegang Toyota Fortuner.

Mampu terjual 1.667 unit, mobil dengan harga setengah miliar rupiah tersebut berhasil mengalahkan penjualan Toyota Avanza dan Honda Brio yang biasanya berada di posisi utama.

Berada di posisi kedua, Toyota Kijang Innova berhasil mencatatkan angka penjualan hingga 1.272 unit. Harus puas di urutan ketiga, Honda Brio hanya mampu terdistribusi sebanyak 1.223 unit.

Selanjutnya terdapat Mitsubishi Xpander dengan penjualan 1.167 unit. Angka tersebut berhasil mengalahkan Toyota Avanza, karena angka yang diperoleh sepanjang Juli 2020 hanya 1.108 unit.

Secara total angka penjualan mobil secara wholesale bulan Juli 2020 naik lebih dari 100 persen. Tercatat sepanjang bulan ke tujuh tahun ini angka penjualan mobil yang mampu ditorehkan mencapai 25.283 unit.

Daftar Mobil Terlaris

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 10 mobil terlaris sepanjang Juli 2020:

1. Toyota Fortuner 1.667 unit

2. Toyota Kijang Innova 1.272 unit

3. Honda Brio 1.223 unit

4. Mitsubishi Xpander 1.167 unit

5. Toyota Avanza 1.108 unit

 

Selanjutnya

6. Mitsubishi Pajero Sport 703 unit

7. Suzuki XL7 694 unit

8. Toyota Rush 670 unit

9. Mitsubishi Triton 622 unit

10. Toyota Calya 516 unit

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ide Unik Restoran Ganti Boks Pizza Konvensional Jadi Kotak Anyaman

Posted: 17 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati. Istilah itu kiranya tepat merepresentasi apa yang dilakukan sebuah restoran pizza asal Cavinti, Filipina bernama BrickOven. Pihaknya dilaporkan mengganti boks pizza konvensional jadi kotak anyaman.

Melansir laman video South China Morning Post, Selasa (18/8/2020), pizza-pizza pesanan mereka diantarkan ke pelanggan dalam kotak lebih ramah lingkungan disebut tampipi. Daun pandan yang jadi bahan kotak anyaman awalnya hanya dipakai untuk membuat topi maupun tambahan bahan memasak.

"Kotak tampipi dicanangkan saat kami mulai kehabiskan boks pizza konvensional yang biasanya kami dapatkan dari Manila. Kami pun berpikir apa yang bisa kami manfaatkan dari sekitar," kata owner BrickOven Restaurant, Denisse Porca.

Bisnis utama di lokasi restorannya beroperas adalah topi anyaman. Mereka pun berinisiatif memesan produk anyaman, hanya saja bukan dalam bentuk topi seperti klien lain, namun boks pizza.

"Kami pun bertanya apakah pengrajin bisa membuat boks pizza terbuat dari daun pandan. Mereka kemudian membuat contoh produk dan kami sangat suka dengan hasilnya," imbuh Porca.

Pihak restoran akhirnya memutuskan untuk terus menggunakan boks pizza dalam bentuk kotak anyaman daun pandan, walau supply sudah bisa didapat kembali. Kemasannya kian cantik dengan tali penutup terbuat dari material serupa, ditambah bunga sebagai pemanis.

Bantu Pengrajin Lokal

Restoran asal Filipina mengganti boks pizza yang digunkannya dengan kotak anyaman terbuat dari daun pandan. (dok. screenshot video Twitter @SCMPNews)
Restoran asal Filipina mengganti boks pizza yang digunkannya dengan kotak anyaman terbuat dari daun pandan. (dok. screenshot video Twitter @SCMPNews)

Selain lebih ramah lingkungan, keputusan mengganti boks pizza dengan kotak anyaman pun membantu para pengrajin menanggung dampak pandemi. Sebagaimana sektor lain, bisnis ini pun harus menanggung dampak krisis kesehatan global.

"Kami bantu komunitas kami, warga lokal di komunitas Laguna untuk punya pemasukan selama pandemi demi memenuhi kebutuhan sehari-hari," Porca menjelaskan.

Pelanggan pun menyambut baik langkah ini. Di samping unik, sentuhan bunga pada kemasan pizza disebut membuatnya lebih rustic. Kotak anyaman ini pun hadir dalam berbagai ukuran demi mengakomodir ragam pesanan pizza.

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Jakarta Kembali Izinkan ASN Lakukan Perjalanan Dinas

Posted: 17 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta kembali mengizinkan aparatur sipil negara (ASN) melakukan perjalanan dinas. Para ASN di lingkungan Pemprov DKI sebelumnya dilarang melakukan perjalanan dinas untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Izin ini tertuang dalam surat edaran Sekretaris Daerah DKI Jakarta Nomor 55/SE/2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas bagi Pegawai di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta dalam Tatanan Normal Baru, yang diteken Sekda DKI Saefullah pada 7 Agustus 2020.

"Dalam rangka mencapai target kinerja dan atau sasaran kinerja, setiap pegawai ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dapat melaksanakan kembali kegiatan perjalanan dinas," kata Saefullah dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8/2020).

Meski diperbolehkan, Saefullah mengingatkan terdapat hal yang harus diperhatikan sebelum perjalanan dinas.

"Pertama, harus memperhatikan status penyebaran Covid-19 pada daerah tujuan perjalanan dinas berdasarkan peta zonasi risiko Covid-19 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," ucapnya.

Kedua, perjalanan dinas dapat dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari pimpinan yang dilengkapi dengan Surat Tugas dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). SPPD keluar dengan mempertimbangkan tingkat urgensi dilaksanakannya perjalanan dinas.

Ketiga ASN DKI Jakarta harus memperhatikan peraturan dan atau kebijakan mengenai pembatasan keluar masuk orang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah asal dan atau tujuan perjalanan dinas.

"Empat, ASN memperhatikan dan mengikuti kriteria dan persyaratan perjalanan yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kelima, para ASN wajib menjalankan protokol kesehatan Covid-19 selama melaksanakan perjalanan dinas," terangnya.

 

Harus Tes Covid-19

Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Syarat keenam, bagi ASN yang melakukan perjalanan dinas menggunakan kendaraan umum, harus menunjukkan kartu identitas, surat hasil pemeriksaan PCR yang menunjukkan negatif Covid-19 atau rapid test yang menunjukkan nonreaktif Covid-19 berlaku 14 hari sebelum keberangkatan.

"Serta surat bebas gejala seperti influenza dari dokter atau rumah sakit," ia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar China Anggap Wajar Kasus Mutasi Virus Corona 10 Kali Lebih Menular di Malaysia

Posted: 17 Aug 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas kesehatan Malaysia mendeteksi mutasi baru Virus Corona COVID-19 yang 10 kali lipat lebih menular ketimbang strain virus asal kota Wuhan, China. Mutasi yang dinamakan D614G ini dideteksi Malaysian Institute for Medical Research pada empat kasus COVID-19 di Malaysia.

Pakar kesehatan di China Yang Zhanqiu menganggap wajar mutasi Virus Corona baru yang terdeteksi di Malaysia.

"Adalah hal yang normal sebuah virus bermutasi di berbagai negara berbeda dan bahkan di beberapa wilayah di satu negara karena virus itu beradaptasi dengan DNA warga dan lingkungan setempat," kata Wakil Kepala Jurusan Biologi Patogen Wuhan University itu dikutip media resmi China, Selasa (18/8/2020).

Kasus mutasi serupa juga terjadi di India dan Jepang sehingga menjadi perhatian masyarakat internasional di tengah berlangsungnya uji coba vaksin COVID-19 dan kasus positif sudah mencapai angka 22 juta itu.

 

Tak Ubah Kemanjuran Obat

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

Menurut Yang, satu alur penularan bisa membentuk alur baru jika lebih dari 20 persen genetiknya bermutasi sehingga dapat menyebabkan vaksin kehilangan efektivitasnya. Namun dia buru-buru menyatakan kemungkinan tersebut sangat rendah.

"Mutasi tersebut tidak akan mengubah kemanjuran sebuah obat," tegas Yang lagi seperti dikutip dari Antara.

Pada 12 Agustus, sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Institut Penyakit Menular Nasional Jepang juga menunjukkan bahwa sejak akhir Mei, Virus Corona versi mutasi yang sebelumnya tersebar luas di Eropa merambah Jepang.

Sebagian besar pasien yang baru-baru ini dikonfirmasi positif di Jepang diyakini telah terinfeksi virus akibat mutasi itu, demikian media lokal Jepang.

Satu tim peneliti genomik mengidentifikasi 73 jenis virus corona di Odisha, India, setelah melacak 1.536 sampel, termasuk 752 sampel klinis, seperti dilaporkan media India.

 

Perketat Kebijakan

ilustrasi virus. (Sumber: liputan6.com)
ilustrasi virus. (Sumber: liputan6.com)

Para ahli di China berupaya menenangkan masyarakat dengan menjelaskan bahwa pertama, mutasi tidak serta-merta memengaruhi lokasi target vaksin dan kedua, vaksin eksperimental saat ini biasanya mencakup lebih dari satu lokasi target untuk memastikan kemanjurannya.

Mereka juga mendesak kebijakan antiwabah diperketat, terutama terhadap kasus-kasus impor.

Kalau China gagal mengendalikan pandemi ini, maka mutasi akan lebih marak di China, demikian Yang.

Dalam penelitian terdahulu, virus yang mengandung D614G telah menyebar di Eropa pada awal Februari dan kemudian membentuk alur penularan di seluruh dunia. Alur penularan tersebut biasanya bermutasi ke berbagai jenis sel manusia, termasuk sel dari paru-paru, hati dan usus besar.

Alur dari Eropa itulah yang pada akhirnya terdeteksi saat kasus gelombang baru wabah COVID-19 ditemukan di Pasar Induk Xinfadi, Beijing, pada Juni.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Sejarah dan Filosofi Tengkuluk, Penutup Kepala Khas Perempuan Jambi

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Tengkuluk adalah kain penutup kepala kaum perempuan khas Jambi yang dikenakan secara tradisional. Keberadaan tengkuluk atau yang acap disebut takuluk atau kuluk ini sudah lama menjadi lambang kesahajaan perempuan di Jambi.

Penutup kepala tradisional yang merupakan warisan leluhur itu hingga sekarang masih lestari. Kini selain berfungsi sebagai pelengkap busana, tengkuluk juga masih sering digunakan perempuan Jambi dalam acara formal dan pesta.

Nurlaini, penulis buku Penutup Kepala Warisan Budaya Jambi menjelaskan, keberadaan tengkuluk diketahui sudah ada sejak abad ke-7. Pada masa lampau, tengkuluk digunakan perempuan Jambi untuk menutup kepala perempuan ketika menghadiri acara adat dan kegiatan sehari-hari seperti di sawah.

Tengkuluk, kata Nurlaini, juga berkembang pada suku Melayu Tua seperti suku Bathin dan Suku Kerinci. Sedangkan, perkembangannya juga ada pada suku Melayu Muda seperti di Kota Jambi dan Pantai Timur Sumatra Jambi.

"Tengkuluk ini sudah ada sejak zaman kerajaan Melayu, dan kalau untuk di Jambi jumlahnya banyak ada 98 jenis tengkuluk yang tersebar di wilayah Provinsi Jambi," ujar Nurlaini kepada Liputan6.com, Senin (17/8/2020).

Menurut perempuan yang juga menjabat sebagai Kepala Museum Siginjai Jambi itu, semua daerah di Jambi mempunyai jenis-jenis tengkuluk yang khas. Seperti di Kabupaten Merangin memiliki tengkuluk yang khas disebut dengan jenis tengkuluk Bay Bey.

"Kalau untuk pemakaiannya ada 3 kegunaan, misalnya tengkuluk yang dipakai untuk keseharian seperti pergi ke sawah atau ladang itu biasanya menggunakan kain sarung," kata dia.

Pemakaian tengkuluk Jambi kata Nurlaini tidak ribet. Cara memakainya tidak perlu dijahit ataupun dengan alat bantu peniti. Melainkan, cara memakainya hanya memakai sistem dililit dan diikat.

"Nah makna filosofinya terletak di kerapiannya, karena dari tengkuluk itu menunjukkan kerapaian seorang perempuan," dia menjelaskan.

Makna filosofi lain dari tengkuluk itu, sambung Nurlaini, terletak pada posisi juntaian tengkuluk yang dikenakan. Aturan pemakaian tengkuluk harus benar-benar dicermati.

Jika seorang mengenakan tengkuluk dengan juntai yang jatuh pada posisi kanan, maka menandakan perempuan itu sudah memiliki pendamping atau menikah.

Kemudian jika posisi juntai tengkuluk dijatuhkan pada posisi sebelah kiri, maka menandakan perempuan itu masih gadis atau belum menikah.

"Ceritanya pada zaman dulu yang berkembang, kalau perempuan yang pakai tengkuluk juntainya ke kiri berarti masih gadis, bisa digoda," katanya menjelaskan.

 

Puan Maharani Kenakan Tengkuluk Bay Bey

Ketua DPR Puan Maharani mengenakan Tengkuluk, pakaian adat Jambi saat mengikuti upacara HUT ke-75 RI. (foto: tangkapan layar siaran daring upacar HUT ke-75 RI)
Ketua DPR Puan Maharani mengenakan Tengkuluk, pakaian adat Jambi saat mengikuti upacara HUT ke-75 RI. (foto: tangkapan layar siaran daring upacar HUT ke-75 RI)

Ketua DPR Puan Maharani mengenakan tengkuluk, penutup kepala tradisional dari Jambi, ketika mengikuti upacara detik-detik proklamasi memperingati HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 17 Agustus 2020.

Dalam mengenakan tengkuluk itu, Puan memadukan warna merah, hitam, dan emas. Untaian kain tengkuluk yang dikenakan Puan diletakkan pada posisi kanan.

Nurlaini menjelaskan, tengkuluk yang dipakai Ketua DPR Puan Maharani itu adalah tengkuluk jenis Bay Bey yang berasal dari Kabupaten Merangin, Jambi. Tengkuluk Bay Bey ini melambangkan kepemimpinan.

"Pada masa dulu tengkuluk jenis Bay Bey itu sering dipakai oleh istri pemangku adat dalam acara adat," kata Nurlaini.

Menurut Nurlaini, menjadi kebanggaan sendiri bagi Jambi karena tengkuluk dipakai dalam sebuah acara sakral seperti upacara detik-detik proklamasi. Hal itu, kata dia, bisa mendorong masyarakat untuk lebih mencintai budaya yang diwariskan.

"Kita harus bangga dengan budaya kita. Pesannya untuk anak-anak muda jangan malu mengenakan pakaian adat seperti tengkuluk," ujar Nurlaini.

Kini seiring berkembangnya zaman, tengkuluk telah dikenal dan dimodifikasi dengan hijab. Sehingga dengan modifikasi hijab ini membuat orang melirik pakaian tradisional tengkuluk dan menjadi trend fesyen.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Hak Paten dari China, Seperti Apa Vaksin COVID-19 Buatan CanSino?

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta China dilaporkan telah memberikan hak paten kepada kandidat vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh CanSino.

Dikutip dari Channel News Asia pada Selasa (18/8/2020), media pemerintah People's Daily mengabarkan bahwa pemerintah China telah mengeluarkan hak paten kepada kandidat vaksin COVID-19 Can Sino pada 11 Agustus lalu.

Dikutip dari Live Science, vaksin ini dikembangkan oleh CanSino Biologics bekerjasama dengan Beijing Institute of Biotechnology menggunakan adenovirus yang dilemahkan.

Berbeda dengan vaksin Oxford yang menggunakan adenovirus yang menginfeksi simpanse, CanSino menggunakan adenovirus yang menginfeksi manusia.

Hasil uji klinis fase dua yang dirilis di The Lancet pada 20 July lalu. Penelitian ini dilakukan di Wuhan dan melibatkan 508 peserta yang secara acak diberikan satu atau dua dosis berbeda baik dari vaksin atau plasebo.

Hasil Uji Klinis Fase Dua

Ilustrasi suntik vaksin (AFP/Johannes Eisele)
Ilustrasi suntik vaksin (AFP/Johannes Eisele)

Dikutip dari catatan mereka di The Lancet, vaksin COVID-19 CanSino baru melakukan uji klinis fase dua pada orang dewasa berusia 18 tahun keatas, negatif HIV, serta belum pernah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Studi ini juga tidak menemukan adanya efek samping serius meski ada beberapa laporan reaksi ringan hingga sedang seperti demam, kelelahan, serta nyeri di tempat vaksin disuntikkan.

Selain itu, sekitar 90 persen peserta mengembangkan respon sel T dan sekitar 85 persen mengembangkan antibodi netralisir.

Naor Bar-Zeev dan William J. Moss dari John Hopkins' International Vaccine Access Center dalam ulasannya di laporan The Lancet mengatakan bahwa hasil ini cukup baik untuk dilanjutkan ke fase tiga.

"Vaksin harus diuji pada populasi peserta yang jauh lebih besar untuk menilai kemanjuran dan keamanannya," kata kedua pengulas. "Secara keseluruhan, hasil dari kedua uji coba secara umum serupa dan menjanjikan."

Uji Klinis Fase Tiga di Luar China

Ilustrasi vaksin (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi vaksin (Foto: unsplash.com)

Uji klinis fase tiga vaksin CanSino direncanakan akan dilakukan di luar China. Salah satu yang berencana memulai bulan ini adalah Arab Saudi.

Sementara negara lain yang diketahui sudah dalam diskusi untuk menjadi tempat uji klinis vaksin COVID-19 CanSino lain adalah Rusia, Brasil, dan Chili.

Namun kemarin, dikabarkan bahwa perusahaan farmasi Rusia Petrovax menyatakan bahwa mereka telah memulai uji klinis vaksin CanSino di negara tersebut. Direncanakan, 625 partisipan akan berpartisipasi di delapan lembaga medis untuk menguji keamanan dan efektivitas dari vaksin yang juga disebut Ad5-nCoV ini.

Sebelumnya, Rusia menjadi negara pertama yang secara resmi memberikan persetujuan penggunaan vaksin COVID-19 buatan Gamaleya Institute untuk masyarakat. Namun, mereka dikritik karena minimnya hasil uji klinis yang dirilis ke publik.

Diketahii, vaksin COVID-19 buatan Rusia ini juga menggunakan adenovirus untuk membawa antigen dari virus corona ke dalam sel manusia. Metode yang serupa dengan vaksin karya CanSino dan Oxford.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Krisdayanti saat Pakai Kebaya, Menawan

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Penampilan istri dari Raul Lemos saat pelantikan anggota dewan pun turut menjadi sorotan. Ia pun kembali tampil menawan dengan kebaya berwarna merah. Krisdayanti juga menggunakan riasan wajah dan tatanan rambut simpel namun terlihat anggun. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)
Penampilan istri dari Raul Lemos saat pelantikan anggota dewan pun turut menjadi sorotan. Ia pun kembali tampil menawan dengan kebaya berwarna merah. Krisdayanti juga menggunakan riasan wajah dan tatanan rambut simpel namun terlihat anggun. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Penampilan istri dari Raul Lemos saat pelantikan anggota dewan pun turut menjadi sorotan. Ia pun kembali tampil menawan dengan kebaya berwarna merah. Krisdayanti juga menggunakan riasan wajah dan tatanan rambut simpel namun terlihat anggun. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Tak hanya tampil menggunakan kebaya saat acara formal saja. Akan tetapi KD juga beberapa kali memilih menggunakan kebaya saat bernyanyi di atas panggung. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)
Tak hanya tampil menggunakan kebaya saat acara formal saja. Akan tetapi KD juga beberapa kali memilih menggunakan kebaya saat bernyanyi di atas panggung. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Tak hanya tampil menggunakan kebaya saat acara formal saja. Akan tetapi KD juga beberapa kali memilih menggunakan kebaya saat bernyanyi di atas panggung. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Wanita asal Batu, Jawa Timur ini juga sering mengunggah gaya OOTD  menggunakan kebaya di akun Instagram pribadinya. Ia juga beberapa kali mengungkapkan kebanggaannya saat menggunakan kebaya.. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)
Wanita asal Batu, Jawa Timur ini juga sering mengunggah gaya OOTD menggunakan kebaya di akun Instagram pribadinya. Ia juga beberapa kali mengungkapkan kebanggaannya saat menggunakan kebaya.. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Wanita asal Batu, Jawa Timur ini juga sering mengunggah gaya OOTD menggunakan kebaya di akun Instagram pribadinya. Ia juga beberapa kali mengungkapkan kebanggaannya saat menggunakan kebaya.. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Gaya Krisdayanti saat menggunakan kebaya berwarna putih dan detail warna merah ini juga jadi sorotan. Pasalnya, penampilan KD ini terlihat lebih fresh dan menawan. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)
Gaya Krisdayanti saat menggunakan kebaya berwarna putih dan detail warna merah ini juga jadi sorotan. Pasalnya, penampilan KD ini terlihat lebih fresh dan menawan. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Gaya Krisdayanti saat menggunakan kebaya berwarna putih dan detail warna merah ini juga jadi sorotan. Pasalnya, penampilan KD ini terlihat lebih fresh dan menawan. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT SMF Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Buruan Daftar

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang mencari lowongan kerja, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) saat ini tengah membuka kesempatan untuk mengisi berbagai posisi kerja.

Sekedar informasi, PT SMF (Persero) didirikan dengan tujuan membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, PT SMF (Persero) membuka 4 posisi pekerjaan berbeda-beda. Lalu apa saja posisi dan persyaratannya?

Melansir dari laman Instagram resminya, Selasa (18/08/2020) bagi yang berminat mendaftar berikut 4 posisi lowongan kerja dengan kualifikasi dan deskripsi pekerjaan yang ditawarkan:

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

 

1.     IT Auditor

Kualifikasi:

·      Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika/ Computer Science

·      Aktif berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan

·      Memiliki pengalaman minimal 5 tahun sebagai Auditor IT

·      Diutamakan yang emmiliki pengalaman di industry keuangan

·      Pernah mengikuti training/ sertifikasi Auditor di bidang IT

 

Deskripsi Pekerjaan:

·     Mengembangkan tools audit berbasis IT yang dapat mendukung continuous auditing yang lebih efiisen

·     Mendorong pengendalian preventif atas kejadian/ transaksi di Perseroansehingga risiko dapat diminimalisir sejak dini

 

Untuk posisi ini, pendaftaran ditutup pada 31 Agustus 2020

 

2.     MIS (Management Information System)

Kualifikasi:

·      Pendidikan minimal S1 Jurusan Ekonomi/ Keuangan/ Mgt Informasi/ IT/ Komputer

·      Menguasai aplikasi data base misalnya Ms Excel, Ms Access, SQL, dll

·      Mampu melakukan query data dengan baik dan memahami pengelolaan server

·      Memahami bisnis keuangan secara umum dan memiliki kemampuan analisia Big Data

 

Deskripsi pekerjaan:

·      Mengumpulkan data dari seluruh divisi atau sistem operasi yang ada di Perseroan ke dalam satu data warehouse

·      Mengelola data keuangan dan menyajikan menjadi informasi yang lebih mudah dipahami

·      Menginisiasi rekomendasi cleaning data pada sistem apabila kondisi data ditemukan tidak sesuai dengan transaksi bisnis yang mendasari atau aturan standar akuntansi yang berlaku

·      Menatakerjakan aplikasi sistem manajemen informasi

·      Mengembangkan design berbagai jenis laporan sebagai alat Analisis keuangan bagi manajemen sesuai dengan perkembangan kondisi keuangan yang terkini

 

Untuk posisi ini, pendaftaran ditutup pada 31 Agustus 2020

 

 

Posisi Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

3.     IT Planning & Business Analyst

Kualifikasi:

·      Pendidikan minimal S1 Jurusan Teknik Informatika/ Computer Science

·      Aktif berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan

·      Memiliki pengalaman minimal 5 tahun di bidang teknologi informasi dan Analisa sistem

 

Deskripsi pekerjaan:

·      Memastikan tersedianya rencana TI baik jangka Panjang maupun jangka pendek yang berkorelasi dengan rencana bisnis perusahaan

·      Menyusun dokumen spesifikasi sistem yang dapat menangkap seluruh kebutuhan penggunaan untuk mendukung tersedianya sistem informasi yang selaras dengan strategi bisnis perseroan.

 

Untuk posisi ini, pendaftaran ditutup pada 31 Agustus 2020

 

4.     Staf Pengembangan Produk

Kualifikasi:

·      Pendidikan minimal S1

·      Pengalaman minimal 4 tahun di perbankan atau jasa keuangan

·      Berpengalaman mengembangkan produk, Kerjasama bisnis terkait KPR

·      Memiliki pengetahuan terkait pasar modal

 

Deskripsi Pekerjaan:

·      Mempersiapkan infrastruktur produk mulai dari penyusunan kajian, manual produk dan project manajemen implementasi produk

 

Untuk posisi ini, pendaftaran ditutup pada 7 September 2020

 

Bagi Anda yang minat untuk bergabung dan mendaftar, dapat langsung mengirimkan CV ke alamat email recruitment@smf-indonesia.co.id Selain itu juga mengisi data diri Anda di https://e-recruitment.smf-indonesia.co.id/

 

Reporter: Tasya Stevany

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Wanita Mirip Rihanna, Begini Respons Lucu Sang Artis

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak mengenal Rihanna? Penyanyi papan atas internasional yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Selain itu, penyanyi asal Barbados ini juga dikenal karena kecantikannya yang khas. Memiliki kulit eksotis, mata yang indah, dan rambut hitamnya menjadi keunikan dirinya.

Dengan ciri khasnya tersebut, siapa yang menyangka ada seorang wanita yang memiliki wajah mirip dengan pelantun lagu Umbrella itu. Ia adalah Priscila Beatrice.

Priscila dikenal sebagai impesonator Rihanna. Melalui akun Instagram-nya @priscila.beatrice, ia kerap menirukan gaya dari bintang papan atas, Rihanna.

Wanita berusia 28 tahun ini berusaha tampil semirip mungkin dengan Rihanna. Mulai dari riasan wajah, tatanan rambut, hingga gaya berpakaiannya.

Mendapat respons dari Rihanna

Riasan wajah Priscila mirip Rihanna
Riasan wajah Priscila mirip Rihanna

Pricila seringkali mengunggah potret dirinya yang mirip dengan Rihanna. Ia juga kerap membuat video yang menunjukkan kemiripan antara keduanya.

Baru-baru ini Priscila menjadi viral di media sosial karena mendapat respons dari sang bintang, Rihanna. Hal ini berawal ketika salah satu akun Instagram entertainment dan musik @theshaderoom mengunggah ulang salah satu video Priscila.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Why #Rihanna step into #TheShadeRoom trolling her look-alike about #R9, y'all? Sis plays tew much😩😂 (SWIPE) (📹:@priscila.beatrice)

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Shade Room (@theshaderoom) pada

Rihanna berkomentar seperti netizen

Riasan wajah Priscila mirip Rihanna
Riasan wajah Priscila mirip Rihanna

Dalam unggahan tersebut, Rihanna memberikan komentar seolah-olah sebagai seorang warganet dengan menanyakan albumnya yang akan dirilis.

"Where the album sis?#r9," tulis Rihanna melaui akunnya @badgalriri.

Ia merasa sangat bahagia

Riasan wajah Priscila mirip Rihanna
Riasan wajah Priscila mirip Rihanna

Mengetahui hal tersebut, Priscila tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya.

"Masih tidak percaya!!! Halaman video yang @theshaderoom bagikan dan RIHANNA SENDIRI melihat video-ku dan berkomentar!!!! Tahu apa yang kurasakan sekarang??? Tidak bisa berhenti menangis karena emosi!!! Seperti mimpi!!! Tuhan luar biasa!!!!" tulisnya.

Dalam akun Instagram-nya, priscila sendiri cukup popular dengan memiliki 188 ribu pengikut.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Pemain RB Leipzig vs PSG di Semifinal Liga Champions

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon - Krisis cedera masih menghantui Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal Liga Champions 2019/2020. Giliran kiper utama Keylor Navas yang dipastikan tampil menghadapi RB Leipzig di Estadio da Luz, Selasa (18/8/2020) atau Rabu dini hari WIB.

Navas mengalami masalah paha saat PSG menyingkirkan Atalanta di perempat final Liga Champions musim ini. Dia hampir pasti digantikan Sergio Rico.

Marco Verratti dan Layvin Kurzawa juga masih menjalani perawatan. Beruntung bagi PSG, Angel Di Maria sudah bebas sanksi disiplin. Kylian Mbappe juga bebas cedera engkel yang sempat mengganggunya.

Di kubu Leipzig, kepergian Timo Werner terbukti tidak menjadi masalah bagi tim. Mereka menunjukkannya ketika menyingkirkan Atletico Madrid di perempat final.

Ibrahima Konate jadi satu-satunya pemain yang tidak bisa membela Leipzig di pertandingan Liga Champions nanti. Meski begitu, pelatih Julian Nagelsmann diperkirakan tidak bakal mengubah starting XI tim.

Perkiraan Pemain

RB Leipzig vs PSG (Liputan6.com/Abdillah)
RB Leipzig vs PSG (Liputan6.com/Abdillah)

RB Leipzig (3-4-3): Gulacsi; Klostermann, Upamecano, Halstenberg; Laimer, Kampl, Sabitzer, Angelino; Olmo, Poulsen, Nkunku

PSG (4-3-3): Rico; Kehrer, Thiago Silva, Kimpembe, Bernat; Di Maria, Marquinhos, Herrera; Neymar, Mbappe, Icardi

Fakta Menarik

RB Leipzig vs PSG (Liputan6.com/Abdillah)
RB Leipzig vs PSG (Liputan6.com/Abdillah)

• RB Leipzig menjadi klub Jerman kelima yang mencapai semifinal Liga Champions. Mereka mengikuti jejak Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, dan Schalke 04.

• RB Leipzig akan menghadapi tim Prancis keempat di kompetisi Eropa, terbanyak di antara negara lain. Sebelum bersua PSG, mereka bersua AS Monaco, Olympique Marseille, dan Olympique Lyon.

• Berdiri tahun 2009, RB Leipzig menjadi tim termuda yang mencapai semifinal Piala/Liga Champions.

• Bersama Olympique Lyon, PSG membantu Prancis mencatat sejarah mengiri mdua wakil ke semifinal Piala/Liga Champions.

• Tim Prancis selalu melaju ke babak berikut pada tiga pertemuan terakhir melawan klub Jerman di babak gugur Liga Champions. PSG menyisihkan Bayer Leverkusen (2013/2014) dan Borussia Dortmund (2019/2020). AS Monaco juga membungkam Dortmund (2016/2017).

• PSG merayakan ulang tahun ke-25 klub dengan mencapai semifinal Piala Champions 1994/1995. Keberhasilan mereka mencapai 4 besar Liga Champions 2019/2020 bertepatan dengan hari jadi ke-50 klub.

Infografis

Infografis Semifinal Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Semifinal Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Liga Champions Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kadis di Tanggamus Lampung Tewas Usai Upacara HUT RI

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Mairosa Lutfi ditemukan di dalam toilet dalam keadaan meninggal. Almarhum diduga mengalami serangan jantung usai upacara HUT ke-75 Republik Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Mendiang Adi Kurdi Meninggal Dunia

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga bulan setelah kepergian aktor Adi Kurdi, kini sang istri, Bernadetta Siti Restyratuti, meninggal dunia. Bernadetta Siti Restyratuti tutup usia pada Senin (17/8/2020) sekitar pukul 22.59 WIB.

Kabar meninggalnya istri mendiang Adi Kurdi diterima Showbiz Liputan6.com lewat pesan singkat yang beredar di kalangan jurnalis, Selasa (18/8/2020) pagi.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, istri Adi Kurdi sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit MRCCC Siloam, Jakarta. Hingga artikel ini disusun, belum diketahui penyebab meninggalnya Bernadetta Siti Restyratuti.

 

Disemayamkan

Pemakaman Adi Kurdi
Pemakaman Adi Kurdi

"Telah berpulang ke rumah Bapa di surga: Raden Ayu Bernadetta Siti Ristyastuti Brataatmadja pada hari Senin, 17 Agustus 2020 pukul 22.59 WIB di MRCCC Siloam, Jakarta," demikian isi pesan tersebut.

Saat ini, jenazah disemayamkan di Bengkel Aula WS Rendra, Jalan Raya Cipayung Jaya No.55, Depok, Jawa Barat. Pukul 12 siang ini, keluarga dijadwalkan menggelar misa requiem sebelum jenazah diantar ke peristirahatan terakhir.

 

Pemakaman

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

"Misa Requiem akan diselenggarakan pada hari Selasa, 18 Agustus 2020 pukul 12.00. Upacara pemakaman akan diselenggarakan di pemakaman keluarga di lokasi tersebut," tulisnya lagi.

 

Misa requem dan pemakaman jenazah Bernadetta Siti Ristyastuti Brataatmadja akan disiarkan melalui aplikasi Zoom.

Adi Kurdi Meninggal

Adi Kurdi berpose pada tahun 2016. (Foto: Instagram @ferdirivahamzah)
Adi Kurdi berpose pada tahun 2016. (Foto: Instagram @ferdirivahamzah)

Diberitakan sebelumnya, Adi Kurdi meninggal dunia pada 8 Mei 2020. Sebelum berpulang, Adi Kurdi menjalani perwatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta.

Pihak keluarga kala itu menjelaskan, Adi Kurdi meninggal karena kanker otak. Pernikahan Adi Kurdi dan Bernadetta Siti Ristyastuti dikaruniai seorang anak bernama Maria Advena Victoria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjajal Kamera Galaxy Note 20 Ultra dengan Lensa 108MP dan 50x Zoom

Posted: 17 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merilis Galaxy Note 20 Ultra secara global beberapa waktu lalu. Saat ini di Indonesia, pre-order untuk seri Galaxy Note 20 masih berlangsung hingga 19 Agustus 2020.

Galaxy Note 20 Ultra merupakan versi paling tinggi di seri Note 20. Tak hanya memboyong performa powerful, Galaxy Note 20 Ultra juga hadir dengan fitur kamera mumpuni untuk beragam keperluan.

Baik untuk membidik berbagai momen dalam kondisi cahaya terang maupun malam hari, kemampuan zoom digital hingga 50x, dukungan berbagai fitur video kreatif, hingga kualitas perekaman profesional beresolusi 8K.

Galaxy Note 20 Ultra sendiri dibekali tiga kamera utama. Jika dilihat dari tampilannya, Galaxy Note 20 Ultra hadir dengan kamera yang tampak gagah dan buas berkat ukuran lensanya yang besar.

Adapun ketiga kamera Galaxy Note 20 Ultra masing-masing adalah lensa wide 108MP dengan aperture f1.8, dukungan laser auto focus yang mampu menangkap fokus lebih cepat, serta dukungan perekaman hingga kualitas 8K.

Kamera selanjutnya adalah wide-angle dengan resolusi 12MP dan aperture F2.2.

Selain itu, ada kamera telephoto periskop beresolusi 12MP dengan aperture f3.0 yang memiliki kemampuan optical zoom 5x dan digital zoom hingga 50x. Seperti apa hasil bidikan Galaxy Note 20 Ultra, berikut foto-foto dan ulasannya.

 

Foto-Foto dengan Galaxy Note 20 Ultra

Galaxy Note20 Ultra hadir dengan tiga kamera utama yang 'buas' masing-masing memiliki sensor ultra-wide 12MP, wide-angle 108MP, dan telephoto 12MP dengan kemampuan optical zoom 5x (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Galaxy Note20 Ultra hadir dengan tiga kamera utama yang 'buas' masing-masing memiliki sensor ultra-wide 12MP, wide-angle 108MP, dan telephoto 12MP dengan kemampuan optical zoom 5x (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dengan kamera utama 12MP dan 108MP, Galaxy Note 20 Ultra mampu menghasilkan foto sangat baik. Misalnya pada gambar mainan kereta di bawah ini, Galaxy Note 20 Ultra membidik objek dan mengaburkan latar belakang foto. Hasilnya terlihat sangat rapi. 

Dukungan sistem Laser Auto Focus yang disematkan pada kamera Galaxy Note 20 Ultra juga membuat pembidikan fokus sebuah objek foto menjadi sangat cepat, termasuk ketika membidik objek dengan tulisan. 

Sementara foto di bawah ini, ketika kita memilih mode pemotretan resolusi tinggi (108MP) untuk memoto mainan kereta, berikut adalah hasilnya ketika di-crop hingga maksimal. Bagian roda kereta masih terlihat dengan jelas. 

Perlu diketahui, ketika dipakai untuk memotret dengan resolusi tinggi (108MP), file foto yang dihasilkan sangat besar bisa mencapai 15-16MB untuk satu foto. 

Begitu juga ketika kamera dipakai untuk memotret objek kucing di bawah ini. Hasil foto ketika di-crop di bagian tertentu masih sangat tajam, bahkan hingga crop maksimal di bagian kumis kucing. 

Sementara, foto di bawah ini memperlihatkan Galaxy Note 20 Ultra ketika digunakan untuk memotret matahari. 

Berbagai Mode Pemotretan: Food Mood dan Live Focus

Galaxy Note20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Galaxy Note20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy Note 20 Ultra memiliki berbagai mode pemotretan yang sama Galaxy S20 Series. Mulai dari foto Pro, Panorama, Food, Night, Live Focus Video, Pro Video, perekaman Super Slow-Mo, Slow Motion, Hyperlapse, Live Focus, dan Single Take. 

Berikut adalah ketika kamera digunakan untuk memotret makanan dengan Food mode.

Kemudian, foto di bawah ini dijepret dengan mode normal menggunakan kamera 12MP. 

Foto di bawah ini ketika kita membidik menggunakan mode Live Focus. Hasilnya, latar belakang bokeh tampak rapi dan natural. 

Berikut adalah berbagai opsi background Live Focus yang ditawarkan pada Samsung. Selain untuk foto, pengguna juga bisa merekam video Live Focus dengan memburamkan latar belakang. Opsi bokehnya ada Blur, Big Circle, Colour Point (background foto hitam putih dan objek berwarna), serta efek Glitch. 

Foto Malam Hari

Galaxy Note20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Galaxy Note20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy Note 20 Ultra didukung Night Mode untuk hasil foto lebih baik saat malam hari. Hasil foto malam tanpa menggunakan Night mode sebenarnya juga sudah sangat baik. Kehadiran mode Night Mode membuat foto malam hari lebih sempurna. 

Coba bandingkan kedua foto di bawah ini, kira-kira mana yang dipotret menggunakan Night Mode dan mana yang tidak?

Foto malam hari lainnya dengan Galaxy Note 20 Ultra.

Zoom Mode

Galaxy Note20 Ultra dan pena digital SPen(Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Galaxy Note20 Ultra dan pena digital SPen(Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy Note 20 Ultra dibekali lensa kamera telephoto periskop beresolusi 12MP dengan aperture f3.0 yang memiliki kemampuan optical zoom 5x dan digital zoom hingga 50x.

Dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra yang memiliki kemampuan digital zoom 100x, Galaxy Note 20 Ultra tidak kalah. Meski punya kemampuan zoom lebih kecil, fitur zoom hingga 50x sebenarnya bukan fitur yang akan dipakai pengguna dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hal ini bukanlah masalah berarti. 

Berikut adalah perbandingan foto menggunakan tiap mode, wide angle, normal, dan zoom susuai keterangannya. 

Pada foto wide angle, terlihat lebih banyak objek di kebun yang terfoto ketimbang pada foto normal. 

Selanjutnya foto di bawah ini, membidik objek yang sama di sebuah kebun, yakni pohon cabai namun dengan zoom berbeda, 4x zoom dan 10x zoom. 

Selanjutnya kami mencoba zoom lebih tinggi, yakni hingga 20x dan 50x. Ketika dipakai untuk membidik zoom maksimal 50x, Samsung memberikan alat bantu Viewfinder tambahan sehingga memudahkan pengguna untuk membidik objek.

Di bawah ini adalah hasil foto zoom 20x dan 50x menggunakan Galaxy Note 20 Ultra. 

Kesimpulan

Galaxy Note20 Ultra memiliki layar luas 6,9 inci berjenis Dynamic AMOLED 2X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Galaxy Note20 Ultra memiliki layar luas 6,9 inci berjenis Dynamic AMOLED 2X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kamera Galaxy Note 20 Ultra mampu membidik berbagai momen dengan baik dan tanpa masalah. Tentu hal ini sangat wajar mengingat smartphone ini merupakan flagship smartphone terbaik Samsung saat ini. 

Dengan ketiga kamera yang dimiliki, perangkat ini bisa mendukung pengguna untuk membuat konten yang wah hanya berbekal smartphone. Kemampuan kamera utama dengan resolusi tinggi tidak mengecewakan.

Hasil foto zoom pun cukup apik, meski harus diakui untuk foto zoom memang hasilnya tidak sempurna dengan berbagai noise-nya. Akan lebih baik hasilnya jika pengguna memakai bantuan tripod atau mini tripod untuk membidik gambar dengan mode zoom, terutama untuk pengambilan gambar zoom 50x. 

Samsung menghadirkan berbagai mode seperti yang ada di Galaxy S20 Ultra, salah satunya Single Take yang memungkinkan pengguna membidik beberapa foto dan video dalam satu kali perekaman. Fitur ini pun sudah ada di smartphone Samsung kelas menengah seperti Galaxy A51 dan A71.

Untuk perekaman video, Samsung menyediakan kualitas perekaman hingga resolusi 8K dan fitur perekaman video Pro, sehingga pengguna bisa bisa memaksimalkan perangkat ini untuk membuat konten yang menarik. 

Sayangnya harus diakui untuk perekaman video Super Slow Motion, tak bisa digunakan ketika pengguna tidak berada di tempat dengan kondisi cahaya matahari yang baik. 

Dengan file foto yang cukup besar hingga belasan atau puluhan MB per foto, pengguna memang harus memiliki ruang penyimpanan yang lega. Samsung Galaxy Note 20 Ultra mengakomodir dengan ruang memori internal 256 GB dan 512GB yang bisa diperluas dengan memori eksternal. 

(Tin/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IDAI Tolak Pembukaan Sekolah di Zona Kuning dan Hijau Covid-19

Posted: 17 Aug 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Pulungan tegas menolak pembukaan sekolah di zona kuning dan hijau Covid-19.

Menurut Aman, kategori zonasi yang dikeluarkan pemerintah kurang kredibel. Dia bahkan menyebut jangan mempercayai zonasi Covid-19 di Indonesia.

"Ini sangat dinamis datanya, jangan percaya zona di Indonesia," tegas Aman saat diskusi daring, Senin, 17 Agustus 2020.

Menurut Aman, zonasi Covid-19 yang ditetapkan pemerintah tidak real time. Artinya zonasi saat ini berpatokan pada temuan kasus pada satu atau dua pekan yang lalu.

Dia bahkan mengaku pernah menemukan zona yang dikatakan hijau oleh pemerintah, namun saat dikonfirmasi kepada koleganya yang berada di wilayah tersebut ditemukan kasus Covid-19 terhadap anak.

"Semua zona-zona ini saya tidak sepakat. Pernah ada zona dikatakan hijau, saya telepon ketua IDAI-nya, gimana zona ini? Oh kita ada kasus baru anak," jelas Aman.

"Zona ini data kasus seminggu dua minggu lalu. Data kemarin kan kita tidak tahu," sambungnya.

Hal yang sama juga disuarakan oleh pakar Epidemiologi Iqbal Elyazer yang mengingatkan pemerintah soal bahaya pembukaan sekolah di zona hijau dan kuning Covid-19.

Iqbal menegaskan bahwa satu nyawa anak Indonesia tak lebih kurang nilainya dibanding dengan orang lain, termasuk nyawa presiden.

"Satu nyawa anak pun tidaklah kurang nilainya dari satu nilai nyawa presiden. Satu nyawa menteri pun itu sama nilainya dengan satu nyawa anak manapun di negeri ini," tegas dia.

Iqbal juga menjelaskan bahwa tugas utama pemerintah adalah melindungi segenap warganya. Sementara, tugas mencerdaskan ada setelah perlindungan ini berhasil dijamin.

"75 tahun yang lalu pemerintah Indonesia dibentuk dengan tugas melindungi segenap bangsa Indonesia, melanjutkan kesejahteraan, mencerdaskan kehidupan bangsa. Urutannya, lindungi, kesejahteraan, cerdaskan," jelasnya.

"Setiap keputusan pemerintah harus diverifikasi terhadap ketiga tujuan ini. Sekarang pertanyaannya adalah apakah keputusan membuka pengajaran tatap muka itu merupakan tindakan melindungi atau malah tindakan yang mengancam keselamatan jiwa?," sambung Iqbal.

 

Sistem Zonasi Dinilai Kurang Efektif

Menyangkut zonasi, Iqbal mengkritisi penzonasian yang dilihatnya kurang efektif. Dia menimbang penzonasian kasus Covid-19 saat ini masih berdasarkan jumlah temuan kasus Covid-19, yang mana tergantung jumlah dan sebaran tes masif.

"Soal zonasi hijau kita sudah ribut sejak akhir Mei untuk berhati-hati menggunakan istilah zonasi hijau, zonasi tidak terdampak. Karena sama sekali mengandalkan jumlah kasus, jumlah pemeriksaan," paparnya.

Menurut Iqbal, zonasi yang dibuat pemerintah akan kredibel hasilnya bilamana disertai jumlah telusur kasus per kabupaten/kota.

"Pemerintah tidak berani menampilkan jumlah pemeriksaan per kabupaten/kota, karena di situlah kita akan melihat keseriusan mereka untuk mencari, melacak dan melakukan penanggulangan. Sampai detik ini kita tidak pernah melihat jumlah pemeriksaan PCR per kabupaten/kota, oleh karena itu kredibilitas apa pun yang berkaitan dengan zonasi sepanjang indikator itu tidak dikeluarkan, maka menjadi tidak kredibel," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati HUT Ke-75 RI, Merah Putih 'Berkibar' di Burj Khalifa dan Burj Al Arab

Posted: 17 Aug 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Warga Dubai di Uni Emirat Arab turut merasakan semarak HUT ke-75 RI lewat tampilan cahaya di Burj Khalifa. Pada 17 Agustus malam waktu setempat, menara itu menampilkan animasi Bendera Merah Putih yang berkibar. 

Berikut videonya: 

Selain pada HUT ke-75 RI, Burj Khalifa selalu menampilkan bendera negara-negara asing untuk merayakan hari kemerdekaan mereka. Beberapa hari sebelumnya, Burj Khalifa turut menampilkan bendera India dan Singapura. 

KBRI Abu Dhabi mengungkap, selain di Burj Khalifa, Bendera Merah Putih juga muncul di Burj Al Arab, ADNOC Building, Sheikh Zayed Bridge, Abu Dhabi Municipality Building, dan berbagai lokasi lain. 

Putra Mahkota Emirat Abu Dhabi, Pangeran Mohamed bin Zayed (MbZ), juga menyampaikan pesan kemerdekaan kepada Presiden Joko Widodo. Pangeran MbZ mengharapkan perdamaian dunia pada HUT ke-75 RI

"Dalam perbincangan telepon dengan sahabat saya Presiden Jokowi dari Indonesia, kami mendiskusikan hubungan antara dua negara. Kami juga bertukar salam untuk Tahun Baru Islam, semoga itu membawa perdamaian dan kesejahteraan ke dunia," ujar Mohamed bin Zayed lewat Twitternya. 

KBRI Abu Dhabi Gelar Panggung Gembira Virtual

Pencakar langit Burj Khalifa menyala dengan pesan
Pencakar langit Burj Khalifa menyala dengan pesan

KBRI Abu Dhabi menggelar upacara kemerdekaan secara terbatas yang meliputi segelintir orang meliputi pejabat dan staf KBRI serta komunitas Indonesia tertentu di PEA.

Protokol kesehatan menghadapi Covid-19 tetap dilaksanakan dengan ditunjukkanpemakaian masker dan physical distance oleh peserta upacara.

"Pandemi COVID-19 merupakan tantangan namun tidak menghentikan kita untuk mengingat kembali sejarah lalu melalui upacara kemerdekaan RI ke-75. Setiap peserta upacara yang terlibat diwajibkan untuk menjalankan protokol kesehatan," ucap Duta Besar HusinBagis dalam peryataan resminya.

Setelah upacara, peserta diajak untuk menghadiri acara potong tumpeng untukmenunjukkan rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh Indonesia.

"Kami percaya bahwa negara lainnya juga memiliki beban yang sama dalam menghadapi Pandemi COVID-19. Namun kami percaya bahwa Indonesia dan negara-negara yang terdampak bisa melalui situasi ini dan dapat menjadi lebih kuat serta lebih baik dalam berbagai aspek," ujar Dubes Husin.

KBRI Abu Dhabi juga akan memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI denganmenyelenggarakan acara Panggung Gembira Virtual (PGV). PGV akan menampilkan musik Indonesia, pergelaran budaya, talk show secara virtual dan live melalui platform media sosial KBRI pada tanggal 21 Agustus 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan ke Final Liga Europa, Lukaku Kirim Pujian kepada MU

Posted: 17 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suasana hati Romelu Lukaku tengah berbunga-bunga. Pemain yang sempat tenggelam bersama Manchester United (MU) itu kini bangkit lagi. Bersama tim barunya, Inter Milan, Lukaku bahkan sukses melangkah leibih jauh dari Setan Merah, yakni lolos ke final Liga Europa musim kompetisi 2019/2020. 

Lukaku menjadi pemain yang paling disorot di balik beberhasilan Inter Milan menyingkirkan Shakhtar Donetsk dari jalan menuju final Liga Europa musim ini. Setan Merah akhirnya memastikan diri tampil di partai puncak usai menang dengan skor telak 5-0 pada semifinal di Dusseldorf, Jerman, dini hari tadi. 

Lukaku mencetak dua gol dan satu assist pada pertandingan ini. Sementara dua gol kemenangan Inter Milan lainnya diborong L Lautaro Javier Martinez (2gol) dan satu gol lagi oleh, Danilo D'Ambrosio.   

Lakaku menjadi pusat perhatian mengingat perannya yang cukup sentral di lini depan Inter Milan. Apalagi penampilannya jauh berkembang ketimbang saat pemain asal Belgia tersebut masih memperkuat MU yang justru gagal melaju ke babak final Liga Europa pada musim ini.

Langkah MU terhenti di babak semifinal setelah kalah 1-2 dari wakil Spanyol Sevilla.  

Usaha yang Bagus MU!

Striker Inter Milan Romelu Lukaku (kanan) mencetak gol ke gawang Shakhtar Donetsk pada pertandingan semifinal Liga Europa di Merkur Spiel Arena, Dusseldorf, Senin (17/8/2020). Bungkam Shakhtar Donetsk 5-0, Inter Milan tantang Sevilla di final Liga Europa musim 2019/20. (Lars Baron/Pool Photo via AP)
Striker Inter Milan Romelu Lukaku (kanan) mencetak gol ke gawang Shakhtar Donetsk pada pertandingan semifinal Liga Europa di Merkur Spiel Arena, Dusseldorf, Senin (17/8/2020). Bungkam Shakhtar Donetsk 5-0, Inter Milan tantang Sevilla di final Liga Europa musim 2019/20. (Lars Baron/Pool Photo via AP)

Sukses membawa Inter Milan ke final Liga Europa, Lukaku pun semakin lepas berbicara mengenai MU. Dia membeberkan banyak hal saat ditanya wartawan mengani mantan klubnya itu usai pertandingan. 

"MU sudah berusaha sebaik mungkin, dan mereka melewati musim yang baik," kata Lukaku seperti dilansir Metro.co.uk. "Menurutku, Ole Gunnar Solskjaer juga sudah bekerja luar biasa, dan pemain-pemain mereka sudah menunjukkan kemampuan terbaik mereka," ujar Lukaku menambahkan. 

 

Redup di MU

3. Romelu Lukaku (Inter Milan) : 20 gol.  (AFP/Filippo Monteforte)
3. Romelu Lukaku (Inter Milan) : 20 gol. (AFP/Filippo Monteforte)

Romelu Lukaku didatangkan Setan Merah dari Everton pada 2017 lalu. MU memboyong pemain Belgia itu ke Old Trafford setelah kepincut dengan ketajamannya di depan gawang. 

Sayang, performa Lukaku justru melempem bersama MU. Selama dua musim memperkuat Setan Merah, Lukaku tampil sebanyak 66 kali dan mencetak 28 gol di semua ajang kompetisi. 

Tahun lalu, MU menjualnya ke Inter Milan. Dan hanya dalam 36 laga, Lukaku sudah mencetak 33 gol.

 

Pesan untuk Trio MU

Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)
Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)

Meski terkesan sebagai pemain buangan MU, Lukaku tetap senang melihat perkembangan yang dialami Setan Merah. Apalagi setelah melihat kiprah sejumlah pemain muda Setan Merah saat ini. 

"(Mason) Greenwood muncul, Martial dan Rashford juga. Saya mengharapkan itu. Saya ikut senang untuk mereka. Mereka tampak sangat bagus untuk musim depan," beber Lukaku. 

Di Ambang Rekor Baru

Selain sukses membawa Inter Milan ke final Liga Europa, Lukaku juga berpeluang mengukir rekor baru bersama Nerazzurri. Hanya saja, Lukaku lebih tertarik kepada kemenangan Inter atas Sevilla.

"Setiap menit akan baik-baik saja dan kami akan terus bertarung. Rekor ada untuk dipatahkan, tapi kami ingin kemenangan," katanya.

"Kami harus mempersiapkan diri kami dengan baik, istirahat, dan bermain lagi. Tim tampil bagus dan semuanya melakukan yang terbaik. Kami latihan dengan keras. Itu berat, tapi Anda lihat hasil yang diraih di lapangan. Kami ingin melanjutkan itu semua," beber Lukaku.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Mawar Eva de Jongh dan Bryan Domani Ikut Lomba 17-an, Seru Banget

Posted: 17 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen HUT RI yang tepat pada 17 Agustus selalu indentik dengan acara lomba bagi anak-anak maupun orang dewasa. Momen keseruan lomba 17-an tak hanya dirasakan oleh masyarakat awam namun juga sederet artis Tanah Air. 

Seperti yang dilakukan oleh aktris sekaligus penyanyi cantik, Mawar Eva de Jongh. Lewat channel YouTube miliknya, Mawar membagikan momen keseruan lomba 17-an bersama teman-teman. Hadir pula Bryan Domani sebagai bintang tamu spesial yang juga satu tim bersamanya.

Meski hanya dirayakan dengan 4 orang saja, keseruan lomba itu tampak meriah. Bertajuk "LOMBA 17-AN APA SIH INI??? - Mawar De Jongh & Brayn Domani" yang ditayangkan pada Senin (17/8/2020), sayangnya tim Mawar Eva dan Bryan Domani harus kalah dari tim pesaing.

Penasaran seperti apa? Berikut ini 6 momen keseruan lomba 17 Agustusan Mawar Eva bareng Bryan Domani yang dirangkum dari channel YouTube pribadinya, Selasa (18/8/2020).

1. Lewat channel YouTube miliknya, Mawar Eva bagikan momen lomba 17 Agustusannya.

Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)
Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)

2. Tak sendiri, lomba 17-an itu turut dihadiri oleh Bryan Domani sebagai tamu spesialnya.

Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)
Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)

3. Mereka melakukan berbagai lomba seperti test IQ hingga main tebak-tebakan.

Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)
Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)

4. Mawar dan Bryan Domani yang tergabung dalam satu tim kompak saling jawab pertanyaan.

Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)
Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)

5. Tampak aktris kelahiran 2001 itu pakai daster dan kakak Megan Domani pakai kaos oblong serta sarung.

Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)
Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)

6. Walaupun sudah kompak sebagai tim, sayangnya Mawar dan Bryan harus kalah dari tim pesaingnya.

Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)
Mawar Eva dan Bryan Domani satu tim lomba 17 Agustus-an. (Sumber: YouTube/Mawar Eva De Jongh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Jajal Mobil Tanpa Sopir di Silicon Valley, Risma Bangga ITS Sekarang Bisa Ciptakannya

Posted: 17 Aug 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar soft launching karya terbarunya berupa mobil listrik pintar yang diberi nama Intelligent Car (i-Car) ITS, Senin 17 Agustus 2020.

Seusai diluncurkan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) bersama Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng langsung menjajal mobil tanpa sopir tersebut dengan mengelilingi Taman Alumni ITS. Pada kesempatan itu, Risma mengaku sangat bahagia dan bangga dengan karya-karya ITS.

Sebab, dia sudah membuktikannya sendiri dengan menggunakan sepeda motor listrik karya ITS bernama Gesits. Bahkan, ketika datang ke ITS untuk menghadiri soft launching itu, ia menggunakan Gesits dari Balai Kota Surabaya ke ITS.

"Setiap Sabtu dan Minggu saya juga gunakan itu mulai dari pagi untuk keliling Surabaya sampai batrenya habis. Sebetulnya saya juga pernah punya sepeda motor listrik sebelumnya, tapi memang tidak setangguh Gesits ini, jadi saya sangat bangga sekali dengan ITS," kata Risma, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, ditulis Selasa (18/8/2020).

Oleh karena itu, dia pun sangat yakin, ITS akan bisa mengembangkankan mobil tanpa sopir ini ke depan. Apalagi, awalnya dia lihat mobil semacam itu di Silicon Valley.

Kala itu, ia yakin dan percaya suatu saat nanti ITS akan bisa menciptakan mobil setangguh dan gigih semacam itu. "Ternyata, sekarang ITS bisa menciptakan itu," ujar dia

Dia menuturkan, biasanya anak-anak ITS itu berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga yang dimilikinya hanyalah keyakinan dan keteguhan untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru dan luar biasa.

"Artinya, kalau kita benar-benar bisa mandiri, maka kita tidak akan kesulitan saat dikemudian hari kita menghadapi kesusahan. Dengan kita berani berinovasi dan berkreasi, saya yakin semua masalah sesulit apapun akan bisa diatasi," tegasnya.

Oleh karena itu, ia juga menyampaikan terimakasih banyak kepada Rektor ITS bersama para peneliti yang terus bergerak dan mencarikan solusi terkait masalah-masalah kota. Ia pun yakin mobil tersebut akan terus bisa dikembangkan ke depannya.

Mengenal i-Car Karya ITS

ITS Surabaya (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)
ITS Surabaya (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD menjelaskan, i-Car merupakan prototype mobil listrik otonom, yaitu mobil listrik yang dapat berjalan sendiri tanpa pengemudi dengan bantuan kombinasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT).

Hal ini memungkinkan mobil pintar tersebut membantu pengemudi mengenali potensi bahaya, mencegah tabrakan, dan mengurangi risiko kecelakaan, serta mampu mengoptimalkan tenaga dari penggerak motor listrik.

Ia menuturkan, i-Car saat ini memang berbasis mobil golf karena bentuknya yang relatif sederhana, sehingga dapat dimodifikasi dengan mudah.

"i-Car dilengkapi dengan berbagai sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System) dengan ketelitian tinggi serta sensor LiDAR (Light RADAR)," papar Bambang.

Kedua sensor tersebut kemudian digabungkan dengan kamera beresolusi tinggi untuk digunakan dalam pengumpulan data sebagai bagian dari big data analysis yang selanjutnya diproses oleh komputer berspesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

"Dengan sensor-sensor tersebut, mobil pintar i-Car dapat berfungsi secara otonom," ungkapnya.

Berbicara mengenai sistem operasional, Bambang menerangkan bahwa mobil ini dirancang berhenti di halte hingga dipanggil untuk menuju halte tertentu.

Di masa mendatang, pemanggilan dan tujuan bisa dilakukan tidak hanya dari halte ke halte, tetapi bisa dari seluruh area yang dapat dijangkau oleh mobil pintar i-Car.

"Nantinya mobil ini akan dijadikan mobil komuter di dalam area kampus. Mahasiswa dapat pergi dari satu halte ke halte yang lainnya menggunakan mobil ini yang dipanggil dari aplikasi i-Car," ujar dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Bambang juga menuturkan, i-Car ITS dikategorikan berada antara level tiga dan empat berdasarkan United States National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dan Society of Automotive Engineers (SAE) Autonomous Driving Grading Standard.

Hal tersebut terlihat pada pengemudian (driving operation) dan pengenalan lingkungan berbasis sistem, serta otomatisasi yang telah berada di antara level kondisional dan optimal. Steering wheel (roda kemudi) sengaja masih dipasang dalam rangka memenuhi regulasi keamanan.

"Ketika steering wheel dipegang, kendali otomatis beralih pada penumpang dan berubah menjadi manual dalam kondisi darurat yang mungkin terjadi di jalan," ujar dia.

Target ITS

Institut Teknologi Surabaya (ITS) membuka pendaftaran mahasiswa melalui Jalur Mandiri
Institut Teknologi Surabaya (ITS) membuka pendaftaran mahasiswa melalui Jalur Mandiri

Usai soft launching ini, menurut Bambang, i-Car akan terus dikembangkan untuk mencapai target berikutnya. Target yang dimaksud ialah merealisasikan produk inovasi teknologi hasil penelitian yang berdampak besar (high impact) bagi masyarakat melalui i-Car dengan versi yang lebih sempurna.

"Pada bulan November, i-Car tidak akan berbentuk mobil golf lagi. Kami akan merancang chassis dan body mobil sendiri, sehingga siap difungsikan pada November," bebernya.

Selanjutnya, ada target kedua yakni memperkuat sinergi antara peneliti di ITS dengan Pusat Penelitian dan Pusat Kajian,  Pusat Unggulan Inovasi (PUI), serta kawasan saintek (Science Techno Park/STP), sehingga dapat merealisasikan teknologi tinggi yang siap diinkubasi dan dimanfaatkan. "Jadi, ini akan terus kami kembangkan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Indonesia Turun 2,73 Persen di Juli 2020

Posted: 17 Aug 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan nilai impor Indonesia Juli 2020 tercatat USD 10,47 miliar atau turun 2,73 persen dibandingkan Juni 2020.

"Nilai impor Juli adalah sebesar Rp 10,47 miliar. Kalau kita bandingkan dengan posisi Juni 2020 impor kita turun tipis 2,73 persen. Penyebabnya karena terjadi penurunan impor nonmigas 5,70 persen. Karena impor migas kita masih naik tinggi 41,53 persen (mtm)," ujar Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam video konferensi, Selasa (18/8/2020).

Sementara itu, secara YoY impor migas mengalami penurunan sebesar 45,19 persen. Dari USD 15,52 miliar pada Juli 2019, menjadi USD 10,47 miliar pada Juli 2020.

Impor non-migas juga mengalami penurunan secara YoY. Yakni 30,95 persen. Dari USD 13,77 miliar pada JUli 2019, menjadi USD 9,51 miliar pada Juli 2020.

"Karena ada kenaikan impor minyak mentah, baik volume maupun nilainya. Demikian juga dengan minyaknya. Sementara gasnya turun, baik dari sisi volume maupun dari sisi nilai," tambah Kecuk.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Gara-Gara Corona, Perdagangan Indonesia dengan Negara Mitra Anjlok 11 Persen

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad mengatakan secara umum total perdagangan internasional Indonesia dengan para mitra dagang menurun drastis. Terjadi penurunan sejak Januari-Mei 2020 sebesar 11,25 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

"Dalam kurun waktu Januari-Mei 2020, dibanding Januari-Mei 2019 minus 11,25 persen," kata Tauhid dalam diskusi INDEF bertajuk Mempercepat Geliat Sektor Riil dalam mendukung Pemulihan Ekonomi: Peranan BUMN dalam mendukung pemulihan Ekonomi, Jakarta, Selasa (28/7).

Ini menunjukkan perlambatan ekonomi dunia memengaruhi neraca perdagangan Indonesia. Implikasinya berpengaruh terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Hal ini dipicu lantaran negara-negara mitra dagang Indonesia mengalami resesi selama 6 bulan.

Kondisi ini akan berimplikasi terhadap potensi pasar, ekspor Indonesia maupun. Termasuk Indonesia yang mengurangi impor terutama untuk bahan baku. Implikasi selanjutnya, dari sisi FDI yang mengalami penurunan cukup jauh.

"FDI kita meski tidak turun relatif besar dibanding bulan lalu, tapi kalau dibandingkan Januari saya kira sudah terkoreksi cukup dalam," kata dia

Penurunan yang terjadi bisa mencapai Rp 105 triliun dari saat ini hanya Rp 97 triliun. Penurunan ini cukup drastis dalam kurun waktu 6 bulan.

Dia menambahkan secara total FDI bisa berkurang sampai 30-40 persen tahun ini. Hal ini pun perlu diantisipasi agar negara-negara mitra dagang mempertahankan investasinya di Indonesia. 

Resesi

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Salah satu dampak yang terasa dari kondisi mitra dagang yang mengalami resesi yakni jumlah wisatawan mancanegara. Di masa pademi ini hambatan arus wisata karena kebijakan pembatasan sektor transportasi turut memengaruhi kedatangan wisatawan mancanegara.

"Masalah PSBB di sektor transportasi baik antar negara maupun dalam negeri turut mempengaruhi wisata mancanegara dan ini turun drastis," kata dia.

Pada bulan Mei 2020 ini hanya ada 200 ribu kunjungan wisatawan mancanegara. Padahal sebelum pandemi, jumlah wisatawan mancanegara hingga bulan Mei bisa mencapai 1,4 juta sampai 1,5 juta.

"Menurut saya dampak di suatu negara akan memiliki implikasi ke negara lain termasuk Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Uang Rp 75 Ribu Cuma Merchandise HUT Ke-75 RI

Posted: 17 Aug 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui pencarian Crowd Tangle pada Selasa (18/8/2020), Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan yang menyebut uang baru Rp 75 ribu hanya sebuah merchandise di HUT ke-75 Republik Indonesia (RI).

Akun yang menyebut uang baru Rp 75 ribu sebagai merchandise HUT ke-75 RI adalah Suara Kita dan Nur UmmuAzmi. Keduanya pun memberikan narasi yang sangat mirip, yakni seperti ini:

"Kado Prank. "Uang Baru"

Informasi sahih bahwa "Uang Baru" Dengan nilai Rp 75,ooo, itu bukan dimaksudkan sebagai Alat Penukar, melainkan semacam Merchandise saja, atau uang kenang-kenangan, untuk memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-75 tahun.

Lalu, jadi maksudnya bagaimana?

Jadi kalau Anda ingin mendapatkan "Uang Merchandise" ini, maka silakan ke Bank, sediakan uang, uang beneran ya, sejumlah Rp 75,000 disertai dengan 1 fotokopi KTP.

Jatah pembelian uang merchandise tersebut, 1 KTP dapat jatah membeli 1 lembar.

Setelah anda membeli, saya sarankan uang Rp 75,ooo itu dilaminating saja untuk kenang-kenangan.

Karena untuk dibelanjakan tidak bisa, karena status uang Rp 75ooo ini bukan sebagai Alat Tukar.

Nominalnya saja tidak jelas. Tidak ada dalam nomenklatur Rupiah Indonesia.

Coba buka dompet. Bandingkan dengan nominal yang tertera pada semua uang kertas anda.

Angka 000 nya beda kan. Uang asli angka 000 nya ditulisnya besar-besar.

000

Uang merchandise ini angka 000 nya ketjil-ketjil.

ooo.

Maka,

Sepertinya Pemerintah kali ini, di hari Ulang Tahun Indonesia yang semestinya dirayakan dengan sangat bahagia dan gembira, nge-prank lagi.

Mengeluarkan "Uang Baru' yang tidak bisa digunakan sesuai fungsinya sebagai alat penukar.

Terus buat apa dong dibuat?

Ya namanya merchandise, diharapkan ada pembelinya toh?

Siapa?

Ya rakyat Indonesia yang negaranya lagi Ulang Tahun lah. masa rakyat Wakanda?

Diharapkan rakyat Indonesia menjadi konsumen dengan membeli.

Kalau rakyat Indonesia yang berKTP, sejumlah 100,000,000 saja.

Maka hari ini Pemerintah dapat kado istimewa dari Rakyatnya,

Uang cash senilai Rp 7,500,000,000,000,000 atau Rp 7,5 Triliun.

Uang segar. Cash.

Uangnya rakyat yang baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung.

Lho!

Sebenarnya, hari ini yang Ulang Tahun siapa sih?

Kok jadi siapa yang menraktir dan siapa yang ditraktir ngga jelas begini.

Ulang tahun ? MERDEKA ?

apa iya?"

Selain menyebut hanya sebuah merchandise, mereka juga menyakini uang baru Rp 75 ribu tidak bisa dijadikan alat tukar untuk membeli sebuah barang atau jasa. Benarkah demikian?

 

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran postingan mereka. Tim menemukan artikel dengan judul: "Simpang Siur Fungsi Uang Baru Rp75.000, Alat Transaksi Apa Koleksi?", yang sudah dipublikasikan Bisnis.com pada Selasa (18/8/2020).

Artikel tersebut mengambil penjelasan dari Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Dalam penjelasannya, Perry menyebut uang Rp 75 ribu bisa dijadikan sebagai alat tukar.

"Uang ini secara resmi dikeluarkan sebagai alat pembayaran yang sah pada 17 Agustus 2020," ujarnya Senin (17/8/2020).

Adapun, dalam informasi yang dirilis Bank Indonesia disebutkan bahwa Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

"Sesuai dengan tujuan pengeluaran Uang Peringatan adalah untuk memperingati HUT Kemerdekaan 75 Tahun RI, maka Uang PeringatanKemerdekaan 75 Tahun RI akan dikeluarkan, diedarkan, dan mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah tepat pada hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020," begitu narasi yang ada di Bisnis.com.

Uang tersebut hanya dicetak terbatas, yakni sebanyak 75 juta lembar. Uang ini menggambarkan keberanekaragaman anak-anak berpakaian adat dari berbagai suku dan budaya di Indonesia.

Tim juga menemukan artikel lain dengan judul: "Uang Edisi Kemerdekaan Pecahan Rp 75 Ribu, Apakah Dapat Dibelanjakan?". Artikel tersebut dimuat oleh Katadata.co.id pada 17 Agustus 2020.

Artikel tersebut menjelaskan kalau uang Rp 75 ribu merupakan alat tukar yang sah di Indonesia. Artikel ini juga menyebutkan soal Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 Tentang Mata Uang, setiap orang dilarang menolak untuk menerima rupiah sebagai pembayaran atau penyelesaian kewajiban di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kecuali karena terdapat keraguan atas keaslian rupiah.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Dari penjelasan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, uang Rp 75 ribu merupakan alat tukar yang sah. Jadi, informasi yang salah bila uang baru ini dikatakan hanya sebagai merchandise dan tidak bisa dijadikan alat tukar.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kang Sora Umumkan Pernikahan, Warganet Malah Teringat Hyun Bin

Posted: 17 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktris papan atas Korea Selatan, Kang Sora, secara tiba-tiba mengumumkan bahwa ia akan menikah akhir Agustus ini. Diberitakan Soompi pada Senin (17/8/2020), pengumuman ini pertama kali dibagikan oleh agensi Kang Sora, Plum Actors.

"Aktris dari Plum Actors Kang Sora dan kekasihnya yang berusia lebih tua dan tak berasal dari kalangan selebritas, telah memutuskan untuk menikah atas dasar cinta dan rasa percaya satu sama lain," begitu isi pernyataan agensi Kang Sora.

Dinyatakan pula bahwa Kang Sora dan mempelai pria awalnya berniat untuk menggelar seremoni pada 28 Agustus. Namun karena kasus Covid-19 di Negeri Ginseng kembali menanjak, acaranya akhirnya dibatalkan.

Pertemuan Kecil

Kang Sora (Instagram/ reveramess_)
Kang Sora (Instagram/ reveramess_)

"Seremoninya akan digantikan dengan pertemuan kecil antara mempelai dan keluarga langsung mereka," tutur pihak agensi lagi.

Pihak agensi juga menyebut bahwa detail seputar pernikahan ini tidak akan dibuka kepada publik.

Surat Kang Sora

Kang Sora (Instagram/ reveramess_)
Kang Sora (Instagram/ reveramess_)

Kang Sora juga telah menulis surat untuk para penggemar, terkait berita pernikahannya. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan penggemar untuknya selama ini, sekaligus membagikan kabar bahagianya secara langsung. 

"Saya menemukan orang baik dan ingin menghabiskan hidupku bersamanya, jadi saya membagikan kabar baik ini kepada kalian lewat surat ini," begitu pernyataan Kang Sora. 

Hyun Bin

Hyun Bin dalam Crash Landing On You (tvN via Soompi)
Hyun Bin dalam Crash Landing On You (tvN via Soompi)

Tak lama setelah kabar bahagia ini disampaikan, Kang Sora tentu menjadi pembicaraan warganet. Namun selain namanya, ternyata terselip satu nama lain yang dibicarakan warganet, termasuk yang berada di Tanah Air.

Ia adalah aktor kondang Hyun Bin. Pasalnya, keduanya diketahui pernah menjalin asmara. Mereka putus pada 2017, setelah kurang lebih setahun berpacaran.

Kedua Kali

"Lagi lagi #HyunBin ditinggal sang mantan menikah. #HyunBin: aku spesialis jagain jodoh orang," cuit @infodrakor di Twitter. Seperti diketahui, sebelum berpacaran dengan Kang Sora, Hyun Bin menjalin hubungan dengan Song Hye Kyo.

Pemilik akun @LalisaPost ikut bercuit, "Hyun bin dua kali jagain Jodoh orangg.. mba Kang Sora selamat."

"Waktu indonesia bagian hyun bin trending karna ditggl nikah mantan nya lg," tulis @septianaawina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Juli 2020 Naik 14,33 Persen Capai USD 13,73 Miliar

Posted: 17 Aug 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Juli 2020 mengalami peningkatan sebesar 14,33 persen dibanding bulan sebelumnya Juni 2020. Ekspor Juli tercatat sebesar USD 13,73 miliar sedangkan pada bulan sebelumnya ekspor sebesar USD 12,01 miliar.

"Kalau kita bandingkan posisi ini dengan posisi bulan Juni 2020 terjadi kenaikan ekspor yang lumayan bagus yaitu sebesar 14, 33 persen," kata kepala BPS, Suhariyanto, dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Selasa (18/8).

Peningkatan ekspor ini terjadi karena sektor migas dan nonmigas sama-sama mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya. Di mana migas tercatat naik sebesar 23,77 persen atau mencapai USD 0,70 miliar. Sedangkan ekspor migas naik sebesar 13,86 persen atau tercatat USD 13,03 miliar.

"Kenaikan migasnya terjadi karena nilai minyak mentahnya itu naik lumayan tinggi 84,96 persen yang terjadi karena volumenya juga naik 38,85 persen. Sebaliknya nilai hasil minyaknya turun dan volumenya juga turun sementara nilai gas dan volumenya naik dari bulan Juni ke bulan Juli 2020," jelas dia.

Dengan nilai ekspor sebesar USD 13,73 miliar pada bulan Juli 2020, jika bandingkan dengan posisi Juli 2019, nilai ekspor Juli 2020 turun 9,90 persen. Nilai ekspornya turun karena ada penurunan ekspor migas sebesar 49,69 persen. Di sisi lain juga ada penurunan ekspor non migas sebesar 5,87 persen

"Kembali kalau kita lihat mtm arahnya bagus naik 14,33 persen tetapi kalau kita bandingkan year on year memang situasinya belum pulih sepenuhnya," kata dia.

Menurut sektor, secara umum keseluruhannya menunjukkan kan perkembangan yang menggembirakan. Ekspor migas pada bulan Juli itu tumbuh 23,77 persen. Pertanian juga tumbuh sebesar 24,1 persen, industri pengolahan tumbuh sebesar 16,95 persen tumbuh.

"Hanya ada satu sektor bulan Juli ini mengalami penurunan dibandingkan bulan Juni yaitu sektor pertambangan di mana ada penurunan sebesar 7,83 persen," jelas dia.

Adapun struktur ekspor menurut sektor ekspor non migas menyumbang 94,87 persen dari total ekspor Juli 2020.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Gara-Gara Corona, Perdagangan Indonesia dengan Negara Mitra Anjlok 11 Persen

Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad mengatakan secara umum total perdagangan internasional Indonesia dengan para mitra dagang menurun drastis. Terjadi penurunan sejak Januari-Mei 2020 sebesar 11,25 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019.

"Dalam kurun waktu Januari-Mei 2020, dibanding Januari-Mei 2019 minus 11,25 persen," kata Tauhid dalam diskusi INDEF bertajuk Mempercepat Geliat Sektor Riil dalam mendukung Pemulihan Ekonomi: Peranan BUMN dalam mendukung pemulihan Ekonomi, Jakarta, Selasa (28/7).

Ini menunjukkan perlambatan ekonomi dunia memengaruhi neraca perdagangan Indonesia. Implikasinya berpengaruh terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Hal ini dipicu lantaran negara-negara mitra dagang Indonesia mengalami resesi selama 6 bulan.

Kondisi ini akan berimplikasi terhadap potensi pasar, ekspor Indonesia maupun. Termasuk Indonesia yang mengurangi impor terutama untuk bahan baku. Implikasi selanjutnya, dari sisi FDI yang mengalami penurunan cukup jauh.

"FDI kita meski tidak turun relatif besar dibanding bulan lalu, tapi kalau dibandingkan Januari saya kira sudah terkoreksi cukup dalam," kata dia

Penurunan yang terjadi bisa mencapai Rp 105 triliun dari saat ini hanya Rp 97 triliun. Penurunan ini cukup drastis dalam kurun waktu 6 bulan.

Dia menambahkan secara total FDI bisa berkurang sampai 30-40 persen tahun ini. Hal ini pun perlu diantisipasi agar negara-negara mitra dagang mempertahankan investasinya di Indonesia. 

Resesi

Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Aktivitas bongkar muat kontainer di dermaga ekspor impor Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/8/2020). Menurut BPS, pandemi COVID-19 mengkibatkan ekspor barang dan jasa kuartal II/2020 kontraksi 11,66 persen secara yoy dibandingkan kuartal II/2019 sebesar -1,73. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Salah satu dampak yang terasa dari kondisi mitra dagang yang mengalami resesi yakni jumlah wisatawan mancanegara. Di masa pademi ini hambatan arus wisata karena kebijakan pembatasan sektor transportasi turut memengaruhi kedatangan wisatawan mancanegara.

"Masalah PSBB di sektor transportasi baik antar negara maupun dalam negeri turut mempengaruhi wisata mancanegara dan ini turun drastis," kata dia.

Pada bulan Mei 2020 ini hanya ada 200 ribu kunjungan wisatawan mancanegara. Padahal sebelum pandemi, jumlah wisatawan mancanegara hingga bulan Mei bisa mencapai 1,4 juta sampai 1,5 juta.

"Menurut saya dampak di suatu negara akan memiliki implikasi ke negara lain termasuk Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Kemerdekaan RI ke-75, Aplikasi Gojek Bisa Digunakan di Empat Negara

Posted: 17 Aug 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merayakan HUT Republik Indonesia ke-75. Gojek sebagai perusahaan teknologi karya anak bangsa secara resmi pada Agustus 2020, nama Gojek digunakan di keempat negara, seperti Indonesia, Vietnam, Singapura, dan Thailand, setelah aplikasi GoViet di Vietnam dan GET di Thailand bertransformasi menjadi Gojek.

Menyusul integrasi tersebut maka para pelanggan Gojek cukup memiliki satu aplikasi Gojek untuk mengakses beragam solusi guna mempermudah kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, pelanggan asal Indonesia bisa langsung menggunakan aplikasi Gojek ketika berada di Vietnam, begitu juga sebaliknya.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo ​mengatakan pergantian nama Gojek di empat negara bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia ini, semakin menjadi validasi daya saing karya anak bangsa di kancah internasional.

"Misi perusahaan di Indonesia untuk terus menciptakan dampak sosial positif dan memajukan bangsa melalui pembangunan sumber daya masyarakat, penciptaan kesempatan untuk memperoleh pendapatan tambahan, serta pemberdayaan UMKM terbukti juga menjadi kunci sukses di negara-negara lain. Ketiga elemen ini merupakan fondasi kami dalam berinovasi menciptakan solusi terhadap permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari," ujar Andre.

Gojek saat ini juga telah menjadi andalan pelanggan di keempat negara. Di Indonesia, Gojek menjadi pemimpin pasar. Sementara itu di Vietnam, GoFood dengan pesat tumbuh menjadi salah satu pemain terdepan layanan pesan-antar makanan, dan pada 2019, GoViet (kini bernama Gojek) masuk ke dalam daftar 100 produk dan layanan yang paling diandalkan di Vietnam yang dirilis oleh Vietnam Economic Times.

Di Singapura, Gojek memberikan pilihan ​ride-hailing dengan kehadiran GoCar yang semenjak diluncurkan telah mengalami pertumbuhan yang kuat. Di Thailand, GET (yang akan segera berubah nama menjadi Gojek) telah menjadi platform layanan pesan-antar makanan dengan pertumbuhan terpesat di negara Gajah Putih tersebut.

Hal yang sama diutarakan oleh Co-CEO Gojek Kevin Aluwi. Ia mengatakan mengatakan integrasi platform Gojek di empat negara ini sekaligus mewakili semangat dan dedikasi jutaan mitra yang membawa harum nama bangsa hingga kancah internasional.

"Mitra kami berperan besar melayani masyarakat sekaligus berkontribusi pada berputarnya roda perekonomian. Tidak hanya itu, mitra Gojek juga menunjukkan dedikasi yang tinggi bahkan pada situasi sulit di tengah pandemi COVID-19. Di berbagai daerah, Mitra Gojek bahkan mengambil langkah lebih jauh dengan menginisiasi gerakan sosial bagi sesama dan lingkungan sekitar," tutur Kevin.

 Untuk itu, lanjut Kevin, pada momen hari peringatan kemerdekaan di masa pandemi ini, kami merayakannya dengan cara yang sedikit berbeda.

"Gojek mengadakan ​Kuis Semarak Kemerdekaan ​yang menyediakan ​belasan ribu hadiah untuk para mitra driver. Inisiatif ini mendapat tanggapan positif dari ratusan ribu driver ​yang mengikuti dan menyemarakkan program ini. Kami juga memberikan penghargaan Driver Jempolan kepada para Mitra Gojek yang kontribusi dan inspirasinya selama pandemi, telah diakui oleh masyarakat luas. Kami berharap inisiatif ini dapat terus meningkatkan semangat positif dari para mitra driver," ujar Kevin.

 

Peluncuran dan peresmian GoPartner
Peluncuran dan peresmian GoPartner

Sebelumnya, Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) mengeluarkan hasil riset yang menyatakan peran ekosistem Gojek dalam mendukung ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19. Solusi teknologi dan non-teknologi Gojek telah mempercepat jutaan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) untuk "​go digital​" sehingga dapat beradaptasi dan bertahan di situasi pandemi, bahkan tetap optimis bertumbuh ke depannya. Riset yang sama juga menyatakan ​kontribusi Gojek secara keseluruhan ke perekonomian nasional mencapai Rp 104,6 Triliun di tahun 2019, atau ​setara dengan 1% PDB nasional di tahun 2019.

"Gojek akan terus mengedepankan sinergi dan kolaborasi untuk terus memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di tengah masyarakat dan menciptakan dampak sosial positif. Saat ini, Gojek sudah berkolaborasi dengan berbagai institusi untuk terus memberdayakan ekosistem kami dan masyarakat luas. Kami optimis semangat gotong-royong yang begitu lekat di masyarakat Indonesia akan memperkuat upaya kami untuk terus memberikan kontribusi kepada bangsa, dan mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Maju," tutup Andre Soelistyo.

Pengintegrasian aplikasi Gojek secara global juga akan dilakukan untuk aplikasi mitra driver yang akan berganti menjadi GoPartner. Aplikasi ini kedepannya akan memudahkan aktivitas mitra driver dalam bekerja melalui percepatan proses pembaharuan teknologi dan fitur-fitur yang tersedia.

Masih dalam momentum perayaan kemerdekaan RI, Gojek menginisiasi Tarik Tambang Virtual pertama di Indonesia yang akan berlangsung pada kanal resmi Twitter ​@gojekindonesia serta menghadirkan berbagai promo menarik yang dapat ditemukan pada tautan ​ini ​hingga September​.

  

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Heroik Presiden Portugal, Berenang Selamatkan Wisatawan Hampir Tenggelam

Posted: 17 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Algarve Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa telah menyelamatkan dua wanita yang mengalami kejadian mengerikan di pantai Praia do Alvor, Algarve karena kayak yang mereka gunakan terbalik. Rebelo de Sousa saat itu sedang berlibur di Algarve dalam upaya untuk mempromosikan pariwisata di sana.

Saat melihat kedua wanita tersebut, presiden berenang ke arah mereka yang saat itu hampir tenggelam. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa kedua wanita tersebut tersapu ombak dari pantai hingga ke teluk.

Melansir BBC, Selasa (18/8/2020), saat kejadian itu, orang nomor satu di Portugal itu baru saja selesai wawancara dengan wartawan di pantai Praia do Alvor.

Rekaman video menangkap saat dia berenang ke laut untuk membantu mereka. Seorang pria lain sudah ada di sana, mencoba membantu membalikkan kayak bersama dengan seseorang yang berada di jet ski.

Pria di jet ski itu kemudian berhasil menarik kayaknya kembali ke pantai.

Sebelum aksi heroiknya, Presiden Marcelo Rebelo de Sousa tangah mempromosikan tempat pariwisata di negaranya. Karena perekonomian Portugal sangat bergantung pada industri tersebut, yang sangat terpengaruh karena pandemi Virus Corona COVID-19.

 

Wanita Tersebut Berasal dari Pantai Lain

Marcelo Rebelo de Sousa menolong dua wanita yang hampir tenggelam (RADIOTELEVISAO PORTUGUESA)
Marcelo Rebelo de Sousa menolong dua wanita yang hampir tenggelam (RADIOTELEVISAO PORTUGUESA)

Menurut keterangan, kedua wanita tersebut berasal dari pantai yang lain."Karena ada arus barat yang sangat besar, mereka diseret keluar, diputar balik, digulung ombak yang menyebabkan kayak tidak bisa memutar, atau mungkin memanjat di atasnya, atau bahkan berenang. " jelas Marcelo Rebelo de Sousa kepada media lokal.

Presiden Marcelo Rebelo de Sousa mengatakan dia dibantu oleh seseorang lainnya di jet ski. Tak lupa dia mengingatkan kedua wanita tersebut harus berhati-hati di masa depan.

Portugal saat ini diketahui merupakan daftar negara yang telah dibebaskan oleh pemerintah Inggris dari masa karantina. Negara ini sangat populer di kalangan wisatawan Inggris, dengan hampir tiga juta pengunjung Inggris setahun.

Lebih banyak turis dari Inggris pergi ke Algarve setiap musim panas daripada dari negara lain.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjar Pranowo Respons Video Viral Gus Mus Soal Bendera Merah Putih di Rembang

Posted: 17 Aug 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyesalkan sikap Pemerintah Kabupaten Rembang yang abai memasang bendera merah putih saat perayaan HUT ke-75 RI di alun-alun Rembang.

Ganjar juga menyampaikan terima kasih kepada KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus tentang kritiknya pada Pemkab Rembang terkait persoalan itu.

"Saya sudah kontak Bupati Rembang dan memang pemahamannya berbeda. Mereka mengakui kesalahannya yang abai soal itu. Tapi akhirnya, Pemkab Rembang memasang bendera merah putih di alun-alun Rembang sesaat sebelum detik-detik proklamasi," kata Ganjar dalam keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Sebelumnya, ulama Gus Mus mengkritik Pemkab Rembang karena tidak memasang bendera merah putih di alun-alun pada tanggal 17 Agustus. Gus Mus menyampaikan kritik itu melalui video yang ramai di media sosial.

Ganjar mengapresiasi langkah Gus Mus yang dengan tegas mengkritik pemerintah Rembang. Menurut dia, pemerintah harus peduli dalam setiap kondisi, tidak boleh abai untuk tetap khidmad merayakan HUT Kemerdekaan RI. 

"Ternyata, sensitifitas masyarakat luar biasa, dan itu direpresentasikan oleh seorang Gus Mus. Beliau peduli, mengingatkan sebagai ulama menyampaikan itu. Iki pitulasan kok sepi piye (ini peringatan hari kemerdekaan kok sepi gimana), gitu," ungkap Ganjar.

Ganjar mengaku langsung menelepon Bupati Rembang. hasil konfirmasi Bupati Rembang mengatakan bahwa pusat perayaan dilakukan di kantor pemerintahan dan tidak menggelar keramaian di alun-alun.

"Padahal, alun-alun bukan hanya ruang terbuka saja, melainkan tempat kultural yang biasa digunakan tempat pertunjukan, tempat show dan lainnya. Maka ketika ada keramaian apalagi 17 Agustus, kebiasaan pasang bendera di alun-alun itu ditunggu oleh masyarakat. Maka, kalau tidak ada bendera yang dipasang kan aneh," tegasnya.

 

Mengapresiasi Kritikan Gus Mus

Ganjar menyebutkan, kritik yang disampaikan Gus Mus tersebut menjadi koreksi dan evaluasi pemerintah.

Bahkan, Ganjar mengatakan bahwa Pemda Rembang sudah mengakui kesalahan tidak memasang bendera merah putih di alun-alun saat perayaan hari kemerdekaan.

Meskipun setelah kejadian itu, sesaat sebelum detik-detik Proklamasi, Pemda Rembang akhirnya memasang bendera merah putih.

"Siapapun yang sudah berpartisipasi, saya menyampaikan terima kasih. Kejadian ini untuk menjadi koreksi agar tidak terjadi di kemudian hari," pungkas Ganjar. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Jebloskan Eks Kadis PU Papua Mikael Kambuaya ke Penjara

Posted: 17 Aug 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Provinsi Papua, Mikael Kambuaya ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Abepura Papua. Eksekusi dilakukan pada Senin (17/8/2020).

"Jaksa Eksekusi KPK melaksanakan putusan Pengadilan Tipikor Nomor: 16/Pid.Sus/TPK/2020/PTDKI tanggal 9 Juli 2020 atas nama Mikael Kambuaya dengan cara memasukan ke Rumah Tahanan Klas IIA Abepura Papua untuk menjalani pidana penjara selama 6 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (18/8/2020).

Ali Fikri mengatakan, Mikael Kambuaya dinyatakan terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut, yakni pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemerintah Provinsi Papua Tahun Anggaran 2015.

Selain itu, Mikael Kambuaya diwajibkan membayar denda sejumlah Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Diduga Rugikan Negara Rp 40,9 M

Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Mikael diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mikael Kambuaya didakwa melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 40,9 miliar. Perbuatan itu dilakukan bersama Komisaris PT Manbers Jaya Mandiri (MJM) sekaligus pemegang saham mayoritas PT Bintuni Energy Persada (BEP) David Manibui.

Kasus bermula saat Mikael memerintahkan Kepala Sub Bagian Program Dinas PU Papua Natirmalus Demianus Renyaan memasukkan anggaran pekerjaan peningkatan Jalan Kemiri-Depapre. Proyek tersebut dimasukkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perubahan TA 2015 sebesar Rp90 miliar.

Jumlah itu tidak berdasarkan kertas kerja perhitungan teknis penyusunan anggaran. Mikael juga membahas proyek itu bersama David sebelum lelang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SpaceX Siap Luncurkan 58 Satelit Starlink dan 3 Pesawat Ruang Angkasa

Posted: 17 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - SpaceX siap meluncurkan 58 satelit Starlink pada Selasa (18/8/2020) pukul 10.31 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 21.31 WIB menggunakan roket Falcon 9.

Selain itu, SpaceX juga akan meluncurkan 3 pesawat ruang angkasa milik jaringan satelit observasi bumi Planet Labs.

Peluncuran, menurut akun Twitter resmi SpaceX (@SpaceX), akan berlangsung di pangkalan Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Air Force Station di Florida.

Masih menurut akun @SpaceX, roket Falcon 9 yang digunakan pada misi ini sebelumnya berhasil meluncurkan Telstar 18 VANTAGE, Iridium-8, dan tiga penerbangan Starlink terpisah.

Pada November 2019 lalu, 60 satelit internet SpaceX, Starlink, meluncur pada Senin (11/11/2019) di Cape Canaveral, Florida.

 

Layanan Internet dari Starlink

Starlink merupakan proyek SpaceX dengan gagasan utama menghadirkan koneksi internet berkecepatan tinggi ke pengguna di mana pun. Koneksi internet ini bertumpu pada jaringan yang saling terhubung yang berbasis pada sekitar 30.000 satelit.

Misi pada November 2019 ini merupakan misi kedua Starlink setelah misi pertama pada Mei 2019.

"Kami selangkah lebih dekat untuk dapat menawarkan layanan internet Starlink kepada pelanggan di seluruh dunia, termasuk orang-orang di pedesaan dan tempat-tempat yang sulit dijangkau yang susah payah mengakses internet kecepatan tinggi," kata insinyur SpaceX Lauren Lyons dikutip dari CNBC, Selasa (12/11/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Hari Kemerdekaan, Penerbangan di Bandara Soetta Naik 10 Persen

Posted: 17 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang pada akhir pekan lalu, ternyata menyumbang angka pergerakan penumpang yang tinggi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Tercatat angka pergerakan pesawat hingga akhir pekan kemarin atau pada saat libur Hari Kemerdekaan, mencapai 524 penerbangan. Angka tersebut naik sebanyak 10 persen dari jumlah biasanya yang hanya mencapai 400 penerbangan.

"Kemarin pada hari Jumat tembus di angka 524 penerbangan. Ada kenaikan yang biasanya pergerakan pesawat 400 hingga 459, naik sekitar 10 persen," jelas Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang, Selasa (18/08/2020).

Kenaikan pergerakan pesawat juga diikuti dengan kenaikan penumpang yang mencapai 47 ribu penumpang. Pergerakan pesawat dan penumpang pada minggu ini merupakan angka tertinggi selama pandemi Covid-19 berlangsung.

"Untuk pergerakan penumpang juga meningkat. Tercatat pada Jumat lalu jumlah pergerakan penumpang sebanyak 47 ribu penumpang," jelas Febri.

Febri juga berharap angka tersebut bisa terus meningkat untuk menggenjot kenaikan pariwisata. Terlebih saat ini Bandara Soekarno-Hatta tengah menjalankan safe travel campaign, dimana Bandara Soetta menjamin diterapkannya protokol kesehatan secara ketat di setiap titik keberangkatan dan kedatangan, yang didukung dengan digitalisasi serta teknologi informasi.

"Kita harap naik karena jumlah pariwisata yang harus kita genjot masih di angka 10-15 persen, dalam dominasi usaha kepentingan pribadi dan bisnis," kata Febri.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Kampanye Safe Travel Angkasa Pura II Dongkrak Jumlah Penumpang hingga 46 Persen

Calon penumpang menggunakan face shield di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). PT Angkasa Pura II selaku pengelola mulai menjalankan skenario protokol penerapan tatanan normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang menggunakan face shield di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). PT Angkasa Pura II selaku pengelola mulai menjalankan skenario protokol penerapan tatanan normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Safe Travel Campaign, Safe Airport for Safe Travel Experience yang serempak dilakukan di 19 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) diklaim mampu menaikan angka jumlah penumpang.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Safe Travel Campaign yang digelar di minggu keempat pada Juli 2020 ini, mampu memberikan dampak positif, yakni meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap angkutan udara.

"Safe Travel Campaign yang memastikan protokol kesehatan dijalankan ketat di 19 bandara ini kami umumkan pada akhir Juli, dan kemudian berdampak positif di mana pada awal Agustus jumlah penumpang pesawat mengalami peningkatan," ujar Muhammad Awaluddin.

Pada 1 hingga 5 Agustus 2020 jumlah penumpang pesawat di 19 bandara PT Angkasa Pura II tercatat 311.565 penumpang atau melesat 46 persen, bila dibandingkan dengan 1 sampai 5 Juli 2020, yakni 212.961 penumpang.

Pergerakan pesawat juga meningkat 10 persen atau dari 3.314 pergerakan menjadi 3.629 pergerakan.

"Kami akan menjaga kepercayaan masyarakat ini sehingga 19 bandara PT Angkasa Pura II dapat optimal dalam menjaga konektivitas penerbangan dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional. " ujar Awaluddin.

Protokol Kesehatan

Petugas membantu pengguna transportasi kereta Bandara Soetta saat menggunakan kartu Perfeq Rider di Jakarta, Kamis (7/6). PT Railink menerbitkan kartu ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna reguler kereta KA Bandara Soetta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas membantu pengguna transportasi kereta Bandara Soetta saat menggunakan kartu Perfeq Rider di Jakarta, Kamis (7/6). PT Railink menerbitkan kartu ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna reguler kereta KA Bandara Soetta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melalui Safe Travel Campaign ini, seluruh personel PT Angkasa Pura II selaku pengelola 19 bandara dan personel stakeholder, berkomitmen penuh menjaga dipatuhinya protokol kesehatan berstandar global. Diantaranya sesuai World Travel and Tourism Counci (WTTC) yang juga merujuk ke Airport Council International (ACI).

Tujuan utama Safe Travel Campaign ini adalah agar bandara selalu siap serta sigap dalam hal operasional dan pelayanan yang mengedepankan aspek kesehatan di tengah adaptasi kebiasaan baru ini. (Pramita Tristiawati) 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hands-on Galaxy Note 20 Ultra, Rp 18 Juta Dapat Apa Aja?

Posted: 17 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memperkenalkan flagship smartphone terbarunya, Galaxy Note 20 series. Ada dua tipe smartphone yang dirilis global dalam Online Launchpack Event 2020, yakni Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra.

Versi paling flagship tak lagi dinamai dengan kata "Plus" seperti pada Note10 series. Kemungkinan hal ini karena Samsung ingin menyesuaikan Note 20 Ultra dengan S20 Ultra yang dirilis Februari lalu.

Ketimbang Galaxy Note 10 Plus yang dirilis tahun lalu, Galaxy Note 20 Ultra mengusung pembaruan dari berbagai segi. Baik kinerjanya yang ditopang chipset lebih baru, layar yang lebih besar dan jernih, dukungan eSIM, kamera yang lebih "buas", desain yang lebih fungsional, serta latensi SPen yang lebih rendah.

Galaxy Note 20 Ultra sendiri hadir dalam dua opsi yakni RAM8GB dan memori internal 128GB (dijual Rp 17,999 juta) serta RAM8GB dan memori internal 512GB (dijual Rp 19,999 juta). Samsung membuka pre-order mulai 6-19 Agustus 2020 dengan bonus earphone TWS Galaxy Buds Live senilai Rp 2,6 jutaan. 

Opsi warna yang ditawarkan adalah Mystic White seperti yang kami review, Mystic Black, dan Mystic Bronze yang lebih playfull.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Laptop ASUS Terbaru 2020, Mulai Rp 5 Juta-an

Posted: 17 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga laptop ASUS bisa jadi pertimbangan saat hendak memilih laptop. ASUS merupakan brand komputer dan ponsel asal Taiwan. Brand ini sudah menjadi andalan banyak orang saat hendak memiliki laptop.

Harga laptop ASUS sangat bervariasi. Harga laptop ASUS ini sesuai dengan spesifikasi dan fitur unggulan yang di tawarkan. ASUS memberikan fitur-fitur menarik pada produk laptopnya sesuai kebutuhan pengguna.

Harga laptop ASUS juga cukup bersaing dengan brand lainnya. Harga laptop ASUS bisa kamu jadikan perbandingan saat hendak membeli laptop. Harga laptop ASUS dibanderol mulai dari Rp 5 jutaaan hingga Rp 47 juta.

Berikut harga laptop ASUS dirangkum Liputan6.com dari laman resmi ASUS Indonesia, Selasa(18/8/2020).

Harga laptop ASUS ZenBook Pro Duo

ASUS ZenBook Pro Duo (sumber: ASUS)
ASUS ZenBook Pro Duo (sumber: ASUS)

Di ASUS ZenBook Series kamu bisa menemukan seri laptop ASUS ZenBook Pro Duo. Laptop ini dirancang untuk memberikan keunggulan yaitu adanya dual-display yang unik ini menghadirkan 4K UHD ASUS ScreenPad™ Plus yang berfungsi penuh dengan tampilan OLED 4K UHD utama.

Ada beberapa seri ASUS ZenBook Pro Duo dengan pilihan fitur dan harga yang berbeda. Berikut harga ASUS ZenBook Pro Duo:

UX581GV

Rp 47.999.000

(Intel® Core™ i7-9750H/RTX2060_v6G/32GB/1T PCIe/UHD/SCREENPAD/Windows 10 Home)

Rp 57.999.000

(Intel® Core™ i9-9980HK/RTX2060_v6G/32GB/1T PCIe/UHD/SCREENPAD/Windows 10 Professional)

 

UX481FA

Rp 19.299.000

(Intel® Core™ i5-10210U/8G/512G PCIe/SCREENPAD/FHD/Windows 10 Home)

 

UX481FL

Rp 21.299.000

(Intel® Core™ i5-10210U/8G/NVIDIA GeForce MX250/512G PCIe/FHD/SCREENPAD/Windows 10 Home)

Rp 24.999.000

(Intel® Core™ i7-10510U/16G/NVIDIA GeForce MX250/512G PCIe/FHD/SCREENPAD/Windows 10 Home)

Rp 26.999.000

(Intel® Core™ i7-10510U/16G/NVIDIA GeForce MX250/1T PCIe/FHD/SCREENPAD/Windows 10 Home)

 

Harga laptop ASUS ZenBook S Series dan ZenBook Classic Series

ASUS ZenBook S Series (sumber: ASUS)
ASUS ZenBook S Series (sumber: ASUS)

Seri laptop ASUS selanjutnya adalah ZenBook S dan ZenBook Classic. ASUS ZenBook S Series memiliki layar NanoEdge 13,9 inci dengan bezel tertipis di dunia. Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel® Core™ terbaru dan merupakan laptop tertipis di dunia dengan diskrit grafis NVIDIA® MX1503. Berikut harga laptop ASUS ZenBook S Series:

Rp 27.999.000

(Intel® Core™ i7-8565U/MX150/16G/1T PCIe/FHD/Windows 10 Home)

 

Selain ZenBook S, ASUS juga punya ZenBook Classic Series. Ada lima seri ASUS ZenBook Classic Series yang bisa ditemukan. Berikut harga ZenBook Classic Series:

ASUS ZenBook 15 UX534FTC

Rp 27.499.000

(Intel® Core™ i7-10510U/GTX1650/16G/1T PCIe/UHD/SCREENPAD/Windows 10 Home)

 

ASUS ZenBook 13 UX334FAC

Rp 17.299.000

(Intel® Core™ i5-10210U/8G/512G PCIe/SCREENPAD/Windows 10 Home)

 

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Rp 20.299.000

(Intel® Core™ i5-10210U/MX250/8G/1T PCIe/SCREENPAD/Windows 10 Home)

Rp 24.999.000

(Intel® Core™ i7-10510U/MX250/16G/1T PCIe/SCREENPAD/Windows 10 Home)

 

ASUS ZenBook 14 UX434FAC

Rp 17.299.000

(Intel® Core™ i5-10210U/8G/512G PCIe/SCREENPAD/Windows 10 Home)

 

ASUS ZenBook 14 UX434FLC

Rp 20.299.000

(Intel® Core™ i5-10210U/MX250/8G/1T PCIe/SCREENPAD/Windows 10 Home)

Rp 24.999.000

(Intel® Core™ i7-10510U/MX250/16G/1T PCIe/SCREENPAD/Windows 10 Home)

Harga laptop ASUS VivoBook Series

ASUS VivoBook Series (sumber: ASUS)
ASUS VivoBook Series (sumber: ASUS)

ASUS VivoBook Series dikenal sebagai laptop tipis dan ringan. Ada dua seri VivoBook yaitu VivoBook S dan VivoBook Classic. VivoBook S memiliki fitur elegan dengan tepian diamond cut dan finishing bertekstur. Berikut Harga laptop ASUS VivoBook S Series:

Rp 13.999.000

(Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-10210U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG))

Rp 15.999.000

(Windows 10 Home/Intel® Core™ i7-10510U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG))

Sementara VivoBook Classic atau VivoBook A411 adalah laptop Windows 10 yang ditenagai oleh prosesor AMD A12-9720P Gen 7 dengan RAM 4GB dan AMD Radeon R7 Graphics. Berikut harga laptop ASUS VivoBook Classic:

Rp 5.799.000

(Windows 10 Home/AMD Quad Core A12-9720P/4GB/1TB)

Harga laptop ASUS ROG - Gaming Series

Asus umumkan laptop gaming termungil di dunia saat ini, yaitu ROG Zephyrus G14. (Doc: Asus)
Asus umumkan laptop gaming termungil di dunia saat ini, yaitu ROG Zephyrus G14. (Doc: Asus)

Laptop ASUS ROG merupakan laptop andalan yang dikhususkan untuk keperluan gim. ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming 14 inci berbasis Microsoft Windows 10 Home terkuat. Laptop ini megungguli persaingan dengan prosesor hingga 8-core AMD Ryzen™ 9 4900HS series CPU dan GeForce RTX™ 2060 GPU yang kuat yang mempercepat melalui multitasking dan game sehari-hari.

Berikut harga laptop ASUS ROG:

GA401II

Rp 18.299.000

(Windows 10 Home/AMD Ryzen™ 5 4600HS/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe)

Rp 23.999.000

(Windows 10 Home/AMD Ryzen™ 7 4800HS/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe)

GA401IU

Rp 28.999.000

(Windows 10 HomeAMD Ryzen™ 7 4800HS/GTX1660Ti_V6G/8G/512GB PCIe)

GA401IV

Rp 34.999.000

(Windows 10 HomeAMD Ryzen™ 9 4900HS/RTX2060_V6G/8G*2/1TB PCIe)

Harga laptop ASUS Gaming FX Series

TUF Gaming FX506. (Doc: Asus)
TUF Gaming FX506. (Doc: Asus)

laptop ASUS Gaming FX Series menyatukan prosesor AMD Ryzen™ terbaru dan grafis NVIDIA GeForce GTX™ pada layar NanoEdge IPS-level hingga 120Hz dengan ASUS TUF Gaming FX505 baru. Laptop gim ini menghadirkan perangkat gaming berkinerja tinggi dan imersif dengan harga terjangkau. Berikut harga laptop ASUS Gaming FX Series:

FX505DD

Rp 9.799.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/GTX1050_V3G/8G/1TB/Windows 10 Home/Gold Steel)

Rp 10.599.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/GTX1050_V3G/8G/512GB PCIe/Windows 10 Home/Gold Steel)

FX505DT

Rp 10.299.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/GTX1650_V4G/FHD Value IPS/8G/1TB/Windows 10 Home/Gold Steel)

Rp 10.499.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/GTX1650_V4G/FHD 120Hz IPS/8G/1TB/Windows 10 Home/Gold Steel)

Rp 11.299.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/GTX1650_V4G/FHD Value IPS/8G/512GB PCIe/Windows 10 Home/Stealth Black)

Rp 11.799.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/GTX1650_V4G/FHD 120Hz IPS/8G/512GB PCIe/Windows 10 Home/Gold Steel)

Rp 13.799.000

(AMD Ryzen™ 7-3750H/GTX1650_V4G/FHD 120Hz IPS/8G/512GB PCIe/Windows 10 Home/Gold Steel)

FX505DU

Rp 15.299.000

(AMD Ryzen™ 7-3750H/GTX1660TI_V6G/FHD 120Hz IPS/8G/512G PCIe/Windows 10 Home/Gold Steel)

FX505DY

Rp 9.799.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/8GB/1TB HDD/Windows 10 Home/Gold Steel)

Rp 10.799.000

(AMD Ryzen™ 5-3550H/8GB/512GB PCIe/Windows 10 Home/Gold Steel)

Harga laptop ASUS TUF Gaming Series

Asus ramaikan CES 2020 dengan 4 laptop gaming TUF baru. (Doc: Asus)
Asus ramaikan CES 2020 dengan 4 laptop gaming TUF baru. (Doc: Asus)

ASUS TUF Gaming Series merupakan laptop gaming yang diperuntukkan bagi pemain gim yang serius dengan durabilitas ekstra. Laptop ini diidukung oleh AMD Ryzen™ 7 4800 Series CPU dan GeForce RTX™ 2060 GPU terbaru. Berikut harga laptop ASUS TUF Gaming Series:

Rp 14.299.000

(AMD Ryzen™ 5 4600H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)

Rp 15.799.000

(AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)

Rp 18.299.000

(AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1660Ti_V6G/8G/1TB HDD+256GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)

Rp 20.299.000

(AMD Ryzen™ 7 4800H/RTX2060_V6G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Nasi Bungkus, Tamara Bleszynski Bantu Promosikan Secara Gratis

Posted: 17 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19, membuat para penjual kesulitan untuk mendapat penghasilan yang sama dari sebelumnya. Untuk membantu mereka, Tamara Bleszynski punya cara tersendiri.

Memang sebelumnya, hal ini sudah dilakukan oleh beberapa selebritas Tanah Air. Namun, hal itu kembali dilakukan Tamara Bleszynski.

Namun, kali ini Tamara Bleszynski hanya membantu khusus untuk penjual nasi bungkus saja. Itu karena kecintaannya terhadap nasi bungkus.

Unggah di Instagram

Tamara Bleszynski (Foto: Instagram/@tamarableszynskiofficial)
Tamara Bleszynski (Foto: Instagram/@tamarableszynskiofficial)

Tamara Bleszynski berjanji akan mem-posting foto-foto produk nasi bungkus dari siapa pun.

"Aku akan bantu repost 5 usaha teman2 yg jual nasi bungkus atau nasi yg bisa dibungkus, di IGku," tulis Tamara Bleszynski di akun Instagram terverifikasi miliknya, Senin (17/8/2020).

Tepati Janji

Tamara Bleszynski (Sumber: Instagram/tamarableszynskiofficial)
Tamara Bleszynski (Sumber: Instagram/tamarableszynskiofficial)

Dalam unggahan terbarunya, ibu dua anak ini menepati janjinya dengan memperlihatkan beberapa produksi nasi bungkus yang masuk dalam pesannya.

Tak Hanya di Bali

Penjual nasi bungkus yang dibantu mantan istri Mike Lewis ini tak hanya membantu penjual yang ada di Bali saja, tapi juga di daerah lain.

"Mantab semangatnya mbak😍 Nasi liwet khas solo mbak Tini ini pasti wueenak tenan 👍 Ayo gaes silahkan coba nasi liwet @martini_sulistiyanto ada di Baturetno, Wonogiri. Sukses selalu yahh 💖 #semangat #nasibungkus #ilovenasibungkus," tulisnya di unggahan lain.

 

Ada di Jakarta

Rupanya, Tamara Bleszynski ini juga membantu penjual yang ada di Jakarta. "Seru banget namanya Nasi perang 😁 Tapi ga perang beneran kan yah..hehehe..Peace ✌️ Petenya mengoda sekali..itu. Silahkan dipesan teman2 @dapur_ts ini ada di Jakarta. Sukses selalu yah 💖 #semangat #nasibungkus #ilovenasibungkus," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jago Perang Gerilya dan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Siapa Depati Bahrin?

Posted: 17 Aug 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Pangkalpinang - Sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan mengusir penjajah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mengusulkan Depati Bahrin mendapat gelar pahlawan nasional.

Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, pihaknya bersama masyarakat tengah memperjuangkan Depati Bahrin untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pusat. 

Erzaldi mengatakan, Depati Bahrin ini merupakan ayah dari Pahlawan Nasional Depati Amir yang sangat heroik, tulus, dan ikhlas dalam mengusir penjajah di Indonesia khususnya Kepulauan Bangka Belitung.

"Pada tahun lalu, Depati Amir merupakan anak sulung Depati Bahrin ditetapkan sebagai pahlawan nasional, karena adanya dukungan dan keinginan yang kuat dari pemerintah daerah dan masyarakat untuk menjadikan beliau sebagai pahlawan nasional dari Babel," ujarnya dikutip Antara, Selasa (18/8/2020).

Menurut dia, semangat memperjuangkan Depati Bahrin sebagai pahlawan nasional harus dilakukan secara bersama-sama, agar pemerintah pusat dapat dengan cepat merespons pengusulan Depati Bahrin sebagai pahlawan nasional.

"Semangat ini harus diawali dengan keinginan masyarakat, kalau masyarakat kuat tentunya sebagai pertimbangan pemerintah pusat untuk menetapkan Depati Bahrin sebagai nasional," katanya pula.

Ia berharap Depati Bahrin sebagai pahlawan nasional dari Bangka Belitung, dan perjuangan ini tidak hanya sekadar mengajukan saja, tetapi bagaimana memperkenalkan Depati Bahrin sebagai pahlawan dari Babel.

"Bagaimana ini agar Depati Bahrin ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahwa beliau sangat gigih memperjuangan kemerdekaan ini. Jika sudah sangat dikenal tentu akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah menetapkan Depati Bahrin sebagai pahlawan nasional," katanya.

Ia menambahkan bagi masyarakat Indonesia, khususnya Bangka Belitung, Depati Bahrin adalah sosok pahlawan yang sangat heroik dan gigih dalam mengusir penjajah di Bangka Belitung.

Hal itu tercermin dalam tulisan Dr Epp dalam bukunya Schilderungen aus Hollandisch Ostinden yang menyebut Depati Bahrin menunjukkan dirinya sebagai pemimpin gerilya yang ulung.

"Bagi masyarakat Bangka Belitung, Depati Bahrin adalah pahlawan bangsa dan telah mengajarkan kepada anak bangsa bahwa martabat bangsa harus dijaga dan dilindungi kendati taruhannya adalah darah dan airmata," katanya menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jateng Terbanyak Produksi Padi se-Indonesia

Posted: 17 Aug 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Produksi padi di Jawa Tengah sepanjang 2019 dinilai terbanyak se-Indonesia. Atas prestasi tersebut, Jawa Tengah mendapat penghargaan sebagai daerah dengan tingkat produksi beras tertinggi se-Indonesia, yang diserahkan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, tepat pada HUT ke-75 Indonesia, Senin (17/8/2020).

Berdasarkan data Kementerian Pertanian RI, penghargaan ini diperoleh karena Jateng, berhasil memproduksi panen padi 9.655.653 ton gabah kering giling (GKG), pada tahun 2019. Jumlah tersebut, setara dengan produksi beras 5.539.448 ton beras.

Produksi padi Jawa Tengah mengalahkan Provinsi Jawa Timur yang menghasilkan 9.580.933 ton GKG, setara 5.496.581 ton beras. Tempat ketiga adalah Provinsi Jawa Barat yang menghasilkan padi 9.084.957 ton GKH, setara 5.212.039 ton beras.

Sementara itu, tempat keempat ditempati oleh Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Utara, DI Aceh, Sumatera Barat, dan Banten.

Selain provinsi Jateng yang memperoleh penghargaan, tiga kabupaten di Jawa Tengah juga memperoleh predikat produsen padi tertinggi. Ketiganya adalah Kabupaten Grobogan dengan 772.551 ton GKG di tempat ke delapan, Kabupaten Sragen dengan 766.012 GKG di tempat ke sembilan, dan Kabupaten Cilacap dengan 699.965 GKG

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah Suryo Banendro bersyukur atas capaian tersebut. Ia mengatakan, selain usaha keras dari para petani, jalinan kerja sama antarsektor juga memengaruhi kenaikan produktivitas lahan padi di Jateng.

"Sektor pertanian kalau nyambut gawe (bekerja) dipengaruhi wong njaba (orang luar), bibit dari swasta, saluran irigasi dari PSDA, pupuk dari BUMN. Ini hasil kerja sama di bawah arahan Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah)," ungkapnya.

Suryo mengatakan, untuk menggenjot produksi padi, pihaknya memberikan berbagai bantuan dan program. Di antaranya, melakukan pembasmian hama wereng dan tikus, percepatan tanam dan pemberian bantuan pompa air.

Selain itu, Distanbun menyediakan bantuan alat pemanen (combine harvester). Pihaknya juga menyiapkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), di mana pada 2020 ini, disiapkan asuransi untuk 35 ribu hektare sawah puso, yang dananya bersumber dari APBD Jateng.

"Ketika panennya cepat, maka lahan bisa dipersiapkan untuk ditanam kembali. Selain itu, kita juga memberikan bantuan benih saat pandemi Covid-19. Karena dengan bantuan tersebut, kami harap dapat mengurangi biaya usaha tani," paparnya.

Suryo menambahkan, dengan produktivitas tersebut Jawa Tengah mampu menyuplai beras ke daerah-daerah lain. Seperti Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, serta ke wilayah Indonesia bagian timur.

Ia menyebut, kebutuhan beras di Jawa Tengah sekitar 269 ribu ton per bulan, atau sekitar 3,2 juta ton beras per tahun. Sedangkan produksi 2019 mencapai 5.539.448 ton beras. Dengan jumlah tersebut, Suryo optimistis bisa kembali melanjutkan tren peningkatan produktivitas beras pada 2020. Apalagi, sampai Mei 2020 tercatat produksi beras sudah mencapai 2,4 juta ton.

Disinggung mengenai alih fungsi lahan di Jawa Tengah, Suryo tak menampik kenyataan itu. Namun ia menjamin hal itu sudah sesuai peraturan yang ada. Selain itu, dengan manajemen pertanian yang benar, pihaknya mampu mempertahankan produksi yang ada.

"Namun dengan dukungan infrastruktur pertanian, ketika dulu bisa satu kali tanam, setelah air masuk (irigasi) bisa dua kali tanam. Akan tetapi bagaimanapun, alih fungsi lahan tetap harus sesuai peraturan yang ada," jelas Suryo.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa Eks Lurah Grogol Terkait Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra

Posted: 17 Aug 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Lurah Grogol Selatan, Asep Subhan, hari ini. Penyidik akan menggali seputar kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra.

"Dijadwalkan jam 10.00 WIB," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo saat dikonfirmasi, Selasa (18/8/2020).

Mantan Lurah Grogol Selatan, Asep Subhan diketahui telah tiba di Bareskrim Mabes Polri sekitar pukul 09.00 WIB.

Belum selesai menjalani masa pidana atas kasus hak tagih atau cessie Bank Bali di Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra kembali harus berhadapan dengan hukum.

Tak tanggung-tanggung, polisi menyematkan Djoko Tjandra sebagai tersangka dalam dua perkara berbeda sekaligus. Penetapan tersangka Djoko Tjandra diumumkan di Bareskrim Polri, Jumat 14 Agustus 2020.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menerangkan, Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Mabes Polri dan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri sepakat menetapkan JST (Joko Soegiarto Tjandra) sebagai tersangka.

Djoko Tjandra ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi terkait penghapusan red notice untuk dirinya sendiri.

"Selaku pemberi ini menetapkan tersangka saudara JST (Joko Soegiarto Tjandra) dan TS di Pasal 5 ayat 1 Pasal 13 Undang-Undang tentang Tindak Pidana Korupsi Pasal 55 yaitu pemberi dan penerima gratifikasi," kata Argo, Jumat 14 Agustus 2020.

Tiga Tersangka Ditetapkan

Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra (rompi oranye) dikawal petugas usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Terpidana pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Sugiarto Tjandra (rompi oranye) dikawal petugas usai tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). Djoko Tjandra tiba sekitar pukul 22.30 WIB dan langsung dibawa ke Bareskrim Mabes Polri. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri juga mentapkan tersangka di kasus surat jalan palsu untuk dirinya.

"JST dikenakan Pasal 263 ayat 1 dan 2, Pasal 426, Pasal 221 KUHP dengan ancaman 5 tahun," ujar dia

Sehingga, Argo menyatakan, ada tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus surat jalan palsu, yakni PU (Brigjen Prasetijo Utomo), A (Anita Kolopaking), dan JST (Joko Soegiarto Tjandra) alias Djoko Tjandra.

Brigjen Prasetijo dipersangkakan dengan tiga pasal berlapis, yakni Pasal 263 Ayat 1 dan Ayat 2 juncto Pasal 55 Ayat 1 Kesatuan E KUHP, Pasal 426 Ayat 1 KUHP dan atau Pasal 221 Ayat 1 KUHP. Sedangkan, Anita Kolopaking dipersangkakan telah melanggar Pasal 263 Ayat 2 KUHP, dan Pasal 223 KUHP.

Penyidik Bareskrim Polri telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terhadap terpidana korupsi, Joko Soegiarto Tjandra alias JST alias Djoko Tjandra.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, dua tersangka berinisial PU dan NB berperan sebagai penerima suap. Sementara dua tersangka berinisial JST alias Djoko Tjandra dan TS berperan sebagai pemberi suap.

"PU dan NB selaku penerima kita tetapkan Pasal 5 ayat (2), Pasal 11 dan 12 huruf a dan b Undang-Undang nomor 20 tahun 2002 tentang Tindak Pidana Korupsi dan junto Pasal 5 KUHP," ujar Argo, Jumat 14 Agustus 2020.

Berdasarkan sumber terpercaya, dua tersangka penerima suap adalah anggota polisi berpangkat jenderal. Keduanya yakni mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo dan mantan Kadiv Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Napoleon Bonaparte.

Kedua perwira tinggi Polri itu diduga menerima suap untuk pengurusan surat jalan dan penghapusan red notice Djoko Tjandra.

Sementara pemberi suap adalah JST alias Djoko Tjandra dan seorang pengusaha bernama Tommy Sumardi alias TS.

"Selaku pemberi ini menetapkan tersangka saudara JST dan TS di Pasal 5 ayat 1 Pasal 13 Undang-Undang tentang Tindak Pidana Korupsi Pasal 55 yaitu pemberi dan penerima gratifikasi," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan HUT ke-75 RI, PAN Pasang Wifi Gratis untuk Siswa di 30 Titik Jakarta

Posted: 17 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan membuat lokasi hotspot atau wifi gratis di 30 titik wilayah Jakarta. Hal itu demi menunjang para siswa dapat belajar secara virtual atau online dengan nyaman selama pandemi virus Corona atau Covid-19.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas menyampaikan, dirinya secara langsung melakukan peninjauan di Jalan Sawo Bawah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Jalan Karya Baru, Kembangan, Jakarta Barat.

"Kita akan berusaha keras untuk membantu masyarakat. Wakil rakyat ya harus memperjuangkan aspirasi rakyat. Apa yang dibutuhkan rakyat maka para wakil rakyat harus membantu," tutur Zulhas dalam keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Menurut Wakil Ketua MPR RI itu, proses belajar para generasi muda bangsa harus tetap berjalan meski dibayangi pandemi Covid-19. Untuk memudahkan, maka penggunaan konsep belajar mengajar secara virtual menjadi pilihan.

"Ketemu lah sarananya yakni Wifi. Dan hari ini kita atau Fraksi PAN DKI Jakarta melaunching 30 titik Wifi khusus di DKI Jakarta," jelas dia.

Zulhas berharap, aksi yang dilakukan ini dapat memicu semangat pemerintah dan pihak lainnya untuk ikut melakukan pemerataan penyediaan hotspot gratis di berbagai wilayah Indonesia.

Anak-Anak dapat Bersekolah Normal

Dia turut berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan anak-anak dapat kembali bersekolah dengan normal.

"Negara itu bisa maju bukan dari sumber daya alam, tetapi dari sumber daya manusianya. Sehingga seperti apapun kondisinya, pendidikan harus tetap berlangsung. Salah satunya dengan Wifi ini. Mudah-mudahan peran serta yang sedikit ini bisa menginspirasi pihak lain seperti pemerintah, pengusaha, dan lainnya," Zulhas menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayang Duluan di Vidio, Miniseri Magic in Love SCTV Bisa Ditonton Mulai Hari Ini

Posted: 17 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sukses dengan tiga sekuel miniseri Magic Tumbler, SCTV akan segera menayangkan serial drama baru bertema 'magis' yang tak kalah seru. 

Berjudul Magic in Love, miniseri produksi Screenplay Production ini bisa ditonton duluan melalui platform streaming Vidio sebelum tayang di SCTV. Episode perdana dari serial ini sudah hadir pada Senin, (17/8/2020) kemarin.

Memajang aktor dan aktris idola remaja masa kini seperti Rebecca Klopper dan Rayn Wijaya, episode baru Magic in Love bisa disaksikan setiap hari di Vidio. Serial ini pun bisa menghibur penonton di waktu istirahat usai beraktivitas seharian.

Selain Rebecca dan Rayn, series arahan sutradara Pesantren Rock n Dut, Yogi Yose ini juga mendapuk aktor tampan Bio One dan Fay Nabila sebagai pemeran pendukung. 

Lalu, seperti apa peran mereka dan kisah apa yang diangkat dalam miniseri Magic in Love? Simak sinopsisnya berikut ini.

Pewaris Masterbook

Viola (Rebecca Klopper) dan Tante Viola tinggal berdua di sebuah rumah sederhana. Mereka membuka usaha Keripik Tempe Sekut untuk menyambung hidup. Di kampus, Viola sering dirundung karena berjualan keripik.

Di sisi lain, Jo (Rayn Wijaya) dan Ken (Bio One) adalah penyihir muda dari Empire. Kakak beradik ini turun ke bumi untuk menjalankan sebuah misi. Ya, keduanya bersaing untuk mencari sebuah kitab bernama masterbook.

Masterbook yang ada di dunia manusia adalah kunci untuk menjadi penyihir terkuat. Jika ada yang berhasil mendapatkan kitab itu dan membukanya saat gerhana bulan total, penyihir tersebut akan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.

Tanpa disangka, masterbook yang dicari Jo dan Ken dimiliki oleh Viola. Lantas, keduanya pun bersaing untuk mendekati Viola dengan caranya masing-masing. 

Lalu, siapakah yang berhasil mendapatkan hati Viola? Apakah Jo yang menyebalkan atau Ken yang memesona? Saksikan kisah selengkapnya dengan menonton Magic in Love di platform streaming Vidio. 

Miniseri Magic in Love bisa ditonton secara gratis dengan klik tautan berikut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cut Meyriska dan Roger Danuarta Rayakan Setahun Pernikahan, Romantis

Posted: 17 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rasa bahagia tengah menyelimuti pasangan selebriti, Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Tepat di hari Kemerdekaan Indonesia pada Senin (17/8/2020) kemarin, keduanya baru saja merayakan ulang tahun pernikahan yang pertama. Melalui akun Instagram pribadinya, keduanya kompak membagikan kilas balik perjalanan cinta hingga anniversary pernikahan yang pertama.

Apalagi kini kehangatan rumah tangga Cut Meyriska dan Roger semakin bertambah dengan kehadiran buah hati pertamnya, Shaquille Kaili. Di momen bahagia tersebut, wanita kelahiran 26 Mei 1993 ini tak lupa mengucap syukur dan berharap rumah tangganya dengan sang suami selalu dipenuhi kebahagiaan.

Warganet dan rekan selebriti juga turut ikut senang dengan bertambahnya usia pernikahan Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Mereka pun membanjiri kolom komentar dengan ucapan selamat. Tak mau ketinggalan momen bahagia ini, keduanya juga mengadakan dinner romantis di salah satu restoran mewah.

Tak mengajak sang anak, suami istri ini menikmati momen berdua seperti pasangan kekasih. Berikut potret anniversary pernikahan yang pertama Cut Meyriska dan Roger Danuarta dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020).

1. Ulang tahun pernikahan bertepatan dengan HUT RI yang ke-75, Cut Meyriska bersama Roger dan anaknya kompak mengenakan baju bertema merah putih.

Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/rogerojey)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/rogerojey)

2. Di momen bahagia ini, pasangan selebriti ini menghabiskan waktu hanya berdua.

Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

3. Keduanya memilih untuk dinner romantis di salah satu restoran mewah.

Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

4. Kue ulang tahun pernikahan milik Cut Meyriska dan Roger ini tampak begitu lucu dan menggemaskan.

Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

5. Pasangan yang menikah pada 17 Agustus 2019 ini tak lupa mengabadikan foto berdua di hari spesialnya.

Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

6. Cut Meyriska dan Roger Danuarta juga kompak mengenakan busana senada, romantis.

Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, ITS Kembangkan Mobil Listrik Nirsopir

Posted: 17 Aug 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Bersamaan dengan HUT ke-75 RI, Senin, (17/8/2020), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan mobil listrik nirsopir bernama  Intelligent Car (i-Car).

"I-Car merupakan prototype mobil listrik otonom, yaitu mobil listrik yang dapat berjalan sendiri tanpa pengemudi dengan bantuan kombinasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT)," tutur Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati, seperti dikutip dari Antara.

Bambang mengatakan dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan memungkinkan mobil pintar tersebut membantu pengemudi mengenali potensi bahaya, mencegah tabrakan, dan mengurangi risiko kecelakaan, serta mampu mengoptimalkan tenaga dari penggerak motor listrik.

Ia menuturkan, i-Car saat ini memang berbasis mobil golf karena bentuknya yang relatif sederhana, sehingga dapat dimodifikasi dengan mudah.

"I-Car dilengkapi dengan berbagai sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System) dengan ketelitian tinggi serta sensor LiDAR (Light RADAR)," ujar Bambang.

 

Gunakan Kamera Canggih

Kedua sensor tersebut kemudian digabungkan dengan kamera beresolusi tinggi untuk digunakan dalam pengumpulan data sebagai bagian dari big data analysis yang selanjutnya diproses oleh komputer berspesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

"Dengan sensor-sensor tersebut, mobil pintar i-Car dapat berfungsi secara otonom," ungkapnya.

Berbicara mengenai sistem operasional, Bambang menerangkan mobil ini dirancang berhenti di halte hingga dipanggil untuk menuju halte tertentu.

Di masa mendatang, pemanggilan dan tujuan bisa dilakukan tidak hanya dari halte ke halte, tetapi bisa dari seluruh area yang dapat dijangkau oleh mobil pintar i-Car.

"Nantinya mobil ini akan dijadikan mobil komuter di dalam area kampus. Mahasiswa dapat pergi dari satu halte ke halte yang lainnya menggunakan mobil ini yang dipanggil dari aplikasi i-Car," ujar dia.

 

Sempurnakan Produk

Rencananya, usai diluncurkan, i-Car terus dikembangkan untuk mencapai target berikutnya. Target yang dimaksud ialah merealisasikan produk inovasi teknologi hasil penelitian yang berdampak besar (high impact) bagi masyarakat melalui i-Car dengan versi yang lebih sempurna.

"Pada bulan November, i-Car tidak akan berbentuk mobil golf lagi. Kami akan merancang chassis dan body mobil sendiri, sehingga siap difungsikan pada November," ucapnya.

Selanjutnya, ada target kedua yakni memperkuat sinergi antara peneliti di ITS dengan Pusat Penelitian dan Pusat Kajian,  Pusat Unggulan Inovasi (PUI), serta kawasan saintek (Science Techno Park/STP), sehingga dapat merealisasikan teknologi tinggi yang siap diinkubasi dan dimanfaatkan.   

Risma Percaya Penuh Produk Buatan ITS

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang hadir pada peluncuran tersebut langsung melakukan uji coba i-Car mengelilingi lapangan Taman Alumni ITS bersama Rektor ITS Prof Dr Mochamad Ashari.

Orang nomor satu di Surabaya ini juga mengaku percaya penuh dengan ciptaan ITS.

"Saya sangat percaya dan yakin bahwa teman-teman di ITS ini mampu dan tangguh dalam menciptakan sesuatu meski dalam segala keterbatasan," ujar dia.

Risma menuturkan, salah satu produk ITS yang dipakainya motor listrik Gesit. Saat pandemi COVID-19, ia menggunakaan kendaraan ciptaan ITS itu pada Sabtu dan Minggu untuk blusukan.

"Dari pagi baterai habis 5 jam. Dihitung teman-teman itu 200 KM, dan sebelumnya punya motor buatan negara lain tidak setangguh Gesit," kata dia.

Sumber: Surabaya Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Napi Korupsi Lapas Sukamiskin Dapat Remisi HUT Ke-75 RI

Posted: 17 Aug 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lima narapidana kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin mendapat remisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI. Kelima napi korupsi tersebut menerima potongan masa pidana beragam.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris mengatakan, kelima napi korupsi tersebut menerima remisi karena telah memenuhi syarat dan atas usulan Kalapas Sukamiskin Thurman Hutapea.

"Ya sudah memenuhi syarat administrasi maupun substantif dan usulan Kalapas Sukamiskin," ujar Aris saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (18/8/2020).

Aris merinci, lima napi kasus korupsi yang menerima remisi adalah mantan Wali Kota Tomohon Jefferson Soleiman Montesqiue. Jefferson menerima remisi 6 bulan. Kemudian mantan Sekretaris Ditjen Bina Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan Mulya Hasjmy yang juga menerima remisi 6 bulan.

Mantan Dirjen Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono terima remisi 4 bulan, pembobol BNI Tjulang Stefanus Yawoga menerima remisi 5 bulan, dan pembobol BRI Hartono Tjahjadjaja menerima remisi 2 bulan.

 

119.175 Napi Dapat Remisi Kemerdekaan RI

Ditjen Pas mengadakan kegiatan menyanyikan lagu nasional
Ditjen Pas mengadakan kegiatan menyanyikan lagu nasional

Sebelumnya, sebanyak 119.175 narapidana di seluruh Lapas maupun Rutan di Indonesia menerima remisi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75. Dari 119.175 napi yang terima remisi, 1.438 di antaranya mendapat remisi bebas.

"Sebanyak 1.438 narapidana dapat menghirup udara bebas saat peringatan HUT RI ke-75 pada hari ini 17Agustus 2020 setelah menerima Remisi Umum (RU) II," ujar Dirjen Pas Kemenkumham Reynhard Silitonga saat upacara HUT RI di Lombok Barat, Senin (17/8/2020).

Reynhard mengatakan, sebanyak 117.737 narapidana lainnya menerima pengurangan masahukuman atau remisi umum I yang besarannya bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.

"Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana. Jika mereka tidak berprilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan," kata Reynhard.

Reynhard mengatakan, remisi diberikan kepada seluruh narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dantidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana).

"Serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas, Rutan,atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI Washington, D.C Gelar Upacara HUT ke-75 RI dengan Protokol Kesehatan

Posted: 17 Aug 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Di tengah suasana pandemi COVID-19 yang masih membatasi sebagian besar aspek kehidupan di Amerika Serikat (AS), upacara Peringatan ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI berlangsung dengan sederhana, minimalis, dan khidmat di Wisma Indonesia, Washington, D.C.

Ada suasana yang sangat berbeda dalam kegiatan upacara dan perayaan HUT Kemerdekaan RI secara umum tahun ini. 17 Agustus biasanya menjadi momen yang khidmat sekaligus meriah, serta menjadi ajang temu kangen bagi ratusan, bahkan hingga ribuan, Warga Negara Indonesia (WNI) dan diaspora Indonesia di wilayah Washington, D.C. dan sekitarnya.

Tahun ini, mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang diberlakukan otoritas setempat, upacara dilaksanakan secara sederhana, minimalis dan terbatas.

"Sesuai dengan arahan Pemerintah RI, dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19, tahun ini yang menjadi peserta upacara adalah staf KBRI dan perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP), serta para petugas upacara, termasuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan orangtua atau pendampingnya," ujar Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad Interim/Wakil Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, yang hari itu bertindak selaku Inspektur Upacara dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/8/2020).

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Tek. Victor Julius Senjaya, Perwira TNI Angkatan Udara yang saat ini tengah bertugas sebagai Asisten Atase Pertahanan KBRI Washington, D.C.

Petugas Berjumlah Minimal

Peringatan Hut ke-75 RI di KJRI Washington DC, Amerika Serikat. (Dok KBRI Washington DC)
Peringatan Hut ke-75 RI di KJRI Washington DC, Amerika Serikat. (Dok KBRI Washington DC)

Sementara itu, menyesuaikan dengan protokol kesehatan, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Washington, DC tahun ini dibatasi menjadi 3 orang, yang merupakan pemuda-pemudi Indonesia, baik dari unsur masyarakat maupun diaspora Indonesia.

Mereka adalah Dimas Kurniawan Nugroho, Rajeev Solanki, dan Teressa Amely Digrazia. Dimas dan Rajeev adalah Diaspora Indonesia generasi kedua yang lahir di AS, sementara Teresa adalah pelajar Indonesia yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas di AS.

"Saya sangat senang dan bangga bisa bertugas lagi sebagai Paskibra. Ini kesempatan yang selalu saya tunggu-tunggu," kata Dimas, yang tahun lalu juga berkesempatan menjadi bagian dari tim Paskibra.

Para anggota Paskibra ini dilatih langsung oleh Tim Atase Pertahanan (Athan) KBRI Washington, DC, di bawah pimpinan Marsekal Pertama TNI Age Wiraksono, Atase Pertahanan RI di Washington, DC.

Jalannya upacara bendera yang berlangsung sangat khidmat tersebut, dipandu oleh Lucia Batsyeba Deda, mahasiswi Indonesia asal Provinsi Papua yang tengah menimba ilmu di AS.

"Ini adalah tahun kedua saya diberikan kepercayaan untuk menjadi pembawa acara. Acara ini selalu menjadi salah satu momen yang sangat membanggakan dalam hidup saya," ujar mahasiswi George Mason University yang akrab dipanggil Luci tersebut.

Digelar Secara Virtual Bagi WNI/Diaspora

Peringatan Hut ke-75 RI di KJRI Washington DC, Amerika Serikat. (Dok KBRI Washington DC)
Peringatan Hut ke-75 RI di KJRI Washington DC, Amerika Serikat. (Dok KBRI Washington DC)

Sedangkan para WNI dan diaspora Indonesia, meskipun tidak dapat hadir langsung di Wisma Indonesia, tetap antusias mengikuti jalannya upacara bendera lewat siaran langsung melalui media sosial Facebook KBRI Washington, D.C.

"Suasananya sangat berbeda tahun ini. Biasanya setiap 17 Agustus saya mengikuti upacara dan memanfaatkan kesempatan itu untuk reuni. Tapi saya senang KBRI menyiarkan acara ini sehingga saya bisa ikut upacara dari rumah," ujar Uyung Asikin, seorang tokoh masyarat Indonesia yang berdomisili di Maryland.

Selain menyiarkan langsung upacara bendera secara virtual melalui laman Facebook, KBRI Washington, D.C. juga menyelenggarakan berbagai sayembara virtual dalam rangka merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, yang menjangkau seluruh lapisan umur dan tidak hanya melibatkan WNI dan Diaspora Indonesia, namun juga publik AS.

Sayembara-sayembara tersebut antara lain Sayembara Foto #KangenIndonesia/#IMissIndonesia, Sayembara Ucapan Selamat HUT RI ke-75 #IndonesiaMaju, dan Sayembara Mewarnai Hewan Asli Indonesia #FaunaIndonesia.

Jalannya upacara maupun informasi mengenai berbagai sayembara HUT ke-75 RI tersebut dapat diakses melalui website dan media sosial KBRI Washington, DC (Facebook, Instagram, dan YouTube) dengan alamat @KBRIWashDC.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lukaku Bawa Inter Milan ke Final Liga Europa, MU Sebaiknya Menyadari Ini

Posted: 17 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kegagalan Manchester United (MU) di Liga Europa tidak hanya memupus mimpi Setan Merah untuk mengangkat trofi musim ini. Hasil buruk ini juga semakin terasa menyakitkan setelah 'pemain buangan' MU semacam Romelu Lukaku, justru menajdi pembeda di klub baru yang dibelanya. 

Seperti diketahui, Lukaku ikut berperan penting dalam membawa Inter Milan lolos ke final Liga Europa 2019/2020. Dua gol yang dilesakkannya ke gawang Shakhtar Donetsk, pada babak semifinal yang berlangsung di Dusseldorf, Jerman, dini hari tadi, ikut melengkapi kemenangan 5-0 Nerazzurri. 

Dalam duel ini, dua mantan pemain MU lainnya, yakni Alexis Sanchez dan Ashley Young masuk daftar skuat Inter. Young bahkan tampil sejak menit pertama dan Sanchez disimpan di bangku cadangan. 

Sebaliknya, MU yang difavoritkan menjuarai Liga Europa musim ini justru gagal melaju ke final. Langkah Setan Merah terhenti setelah dikalahkan wakil Spanyol, Sevilla dengan skor 1-2.  

"Mari kita tempatkan di posisi yang tepat, Lukaku tidak berjuang (untuk mencetak gol di MU," ujar mantan pemain Manchester United (MU), Paul Ince, kepada BT Sport seperti dilansir dari Metro.co.uk. "Dia tidak terlalu bahagia di bawah Jose Mourinho. Kadang Anda menemukan sosok yang tepat, negara yang tepat. Jika Anda senang, Anda akan menunjukkan kemampuanmu," beber Ince.

Lukaku didatangkan MU pada tahun 2017 lalu setelah kepincut dengan ketajaman pemain asal Belgia itu. Namun selama dua musim, Lukaku hanya tampil 66 kali di semua kompetisi dan mencetak 28 gol.

 

Lebih Bugar

Striker Inter Milan, Romelu Lukaku, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Shakhtar Donetsk pada laga semifinal Liga Europa di Merkur Spiel-Arena, Selasa (18/8/2020). Inter Milan menang dengan skor 5-0. (Sascha Steinbach, Pool via AP)
Striker Inter Milan, Romelu Lukaku, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Shakhtar Donetsk pada laga semifinal Liga Europa di Merkur Spiel-Arena, Selasa (18/8/2020). Inter Milan menang dengan skor 5-0. (Sascha Steinbach, Pool via AP)

Tahun lalu, MU pun menjualnya ke Inter Milan. Dan hanya dalam 36 laga dia sudah mencetak 23 gol.

"Dia tampak bugar dan ramping," tambah Ince.

"Berbicara tentang saat dia di Manchester United, dia seakan tidak bisa berlari di taman. "Sekarang dia bisa melewati pemain lain. Cepat. Saya lebih bugar saat di Inter--entah itu karena makanannya atau cuacanya. Dia terlihat berbeda saat ini. Kita tahu dia bisa menyelesaikan itu," beber Ince.

 

Posisi yang Tepat

Striker Inter Milan, Romelu Lukaku, berebut bola dengan pemain Shakhtar Donetsk, Davit Khocholava, pada laga semifinal Liga Europa di Merkur Spiel-Arena, Selasa (18/8/2020). Inter Milan menang dengan skor 5-0. (Sascha Steinbach, Pool via AP)
Striker Inter Milan, Romelu Lukaku, berebut bola dengan pemain Shakhtar Donetsk, Davit Khocholava, pada laga semifinal Liga Europa di Merkur Spiel-Arena, Selasa (18/8/2020). Inter Milan menang dengan skor 5-0. (Sascha Steinbach, Pool via AP)

Hal senada juga disampaikan mantan pemain yang pernah memperkuat MU, Owen Hargreaves. Menurutnya, mental bertanding Lukaku juga tampak berbeda ketika memperkuat Inter.

"Saya pikir dia tidak mendapat yang diinginkannya di MU," kata Hargreaves.

"Menurutku dia terlalu tertekan di sana. Dia tidak tampil lepas. Dia seperti memikul beban," beber Hargreaves yang bersama-sama Ince menjadi komentator di BT Sport.

"Sekarang dia berada di posisi yang diinginkannya. Dia layak dapat yang sedikit lebih baik." 

Hasil Semifinal Liga Europa 2019/2020

18/8/2020

Manchester United vs Sevilla : 1-2

19/8/2020

Inter Milan vs Shachtar Donets: 5-0

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita di Balik Perjodohan Kelas Atas oleh Mak Comblang Profesional

Posted: 17 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menemukan jodoh itu susah-susah gampang. Dalam perjalannya tak jarang butuh pihak ketiga, seperti Anisa Hassan, seorang mak comblang profesional selama dua dekade terakhir. Rekam jejaknya terbilang moncer. Lebih dari 500 CEO, dokter, pengacara, serta bankir menemukan jodoh mereka dan menjalani pernikahan bahagia.

Dengan klaim sebagai pencari jodoh terbaik Asia untuk para miliuner, Anisa dapat mencarikan pasangan yang pas dari buku hitamnya. Tapi, proses perjodohan kelas atas tentulah menghadapi tantangan-tantangan yang unik.

Layanan perjodohan yang Anisa tawarkan lewat Date High Flyers bukanlah sekadar dibantu untuk berkencan. Mereka yang datang harus berkomitmen untuk menikah dan mencari teman hidup.

Dikutip dari AsiaOne, Selasa (18/8/2020), ia menyatakan, keluarga biasanya terlibat dalam proses perjodohan jika sudah memasuki tahap lanjut, bukan sedari awal proses berlangsung. "Untuk beberapa klien muda Asia saya, diskusi dilakukan bersama orangtua mereka untuk membantu mengarahkan anak-anak melewati proses perjodohan," kata Anisa.

Mengenal sosok kliennya harus dilakukan Anisa, bahkan itulah bagian terpenting dari proses pencomblangan yang dilakukan. Tapi, pertemuan biasanya dilakukan di tempat umum, seperti kafe, lobi hotel, atau area publik lain.

Pertemuan itu biasanya berlangsung satu hingga dua jam. "Ini tentang memahami mereka dan kebutuhan mereka," kata Anisa. "Sangat penting bagi klien untuk sejalan dengan Anda."

Tentu saja selama pandemi, cara pendekatan juga berubah. Pertemuan digelar lewat video call.

Para Klien

Ilustrasi./Copyright pexels.com
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Selama menangani ratusan klien, Anisa bertemu dengan banyak pribadi yang unik. Ada yang sejak awal melontarkan kriteria yang diinginkan secara detail.

"Saya pernah punya klien yang secara spesifik menginginkan perjodohan dengan perempuan Filipina keturuna China yang diedukasi secara Barat dan terbuka untuk berbisnis dengannya di masa depan," tuturnya.

Tapi, ada pula klien yang terbuka dengan beragam opsi tersedia. Caranya adalah ia membangun kepercayaan dengan klien. "Mereka harus mempercayai saya agar proses bisa berjalan mulus," ucap Anisa.

Ia mendorong kliennya untuk terbuka. "Dengan lebih mengenal mereka, perjodohan lebih baik bisa saya buat," katanya.

Sementara, pendekatan bagi klien yang sudah memiliki daftar keinginan panjang, Anisa menekan kerja sama untuk memprioritaskan apa yang terpenting. Walau melibatkan kompromi dan penyesuaian, klien biasanya membuka diri untuk kemungkinan lain.

"Ketika saya bisa memahami perhatian mereka pada nilai dan kualitas itu sudah mengamankan kesepakatan, isu yang berkaitan dengan gaya hidup dan pengalaman akan berada di skala prioritas terbawah," sambungnya.

Cara Kerja

ilustrasi pernikahan | pexels.com/@pixabay
ilustrasi pernikahan | pexels.com/@pixabay

Anisa mengungkap, kebanyakan klien tahu cara menyikapi posisi mereka dalam hidup. Meski begitu, ia tak jarang juga membantu mengatasi masa lalu yang memengaruhi pandangan kliennya tentang hubungan dan cinta.

Ia juga mengungkap, alih-alih menyodorkan daftar kandidat seperti buku menu, ia hanya menyodorkan satu kandidat dalam satu waktu pada kliennya. "Bila profilnya ditolak, kami akan mendiskusikan lebih detail sebelum saya merekomendasikan kandidat lain," ujarnya.

Anisa memang punya daftar panjang profil kandidat. Bahkan, semua daftar kandidat sudah terkomputerisasi. Kalau pun tak ada yang cocok untuk kliennya, ia akan menggunakan jejaring pribadi untuk mencarikan jodoh yang sesuai.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Dapat Uang Baru Rp 75.000 Edisi Khusus HUT ke-75 RI? Cek Caranya di Sini

Posted: 17 Aug 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi meluncurkan uang baru dengan pecahan nominal Rp 75.000. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penerbitan uang baru ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Menurut Sri Mulyani, uang baru ini dicetak dalam bentuk kertas sebanyak 75 juta lembar, sehingga total yang dicetak pemerintah adalah Rp 5,62 triliun. Nantinya, uang ini bisa dijadikan koleksi oleh masyarakat.

Bagi kamu yang tertarik mendapatkan uang ini, informasi soal penukaran uang baru Rp 75.000 ini bisa dicek melalui situs pintar.bi.go.id.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (18/8/2020), situs tersebut menampilkan informasi lengkap mengenai cara penukaran, informasi, hingga ciri-ciri uang baru ini. 

Sebagai syarat utama, penukar merupakan Warga Negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, setiap pemilik KTP hanya dapat menukar satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ini.

Adapun proses penukaran dapat dilakukan mulai 18 Agustus 2020. Proses penukaran dilakukan di Bank Indonesia dan bank umum yang ditunjuk, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, dan BCA, mulai 1 Oktober 2020.

Proses penukaran dilayani di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, masyarakat yang tertarik tinggal memilih Provinsi dan lokasi tempat ingin menukarkan uang baru ini, lalu pilih tanggal penukaran.

Hanya dari pantauan kami, jadwal penukaran yang tersedia di sejumlah daerah sudah penuh hingga 3 September 2020. Setelah memilih jadwal penukaran, masyarakat tinggal mengisi data pemesan dan mencetak bukti pemesanan.

Terakhir, lakukan penukaran uang baru Peringatan Kemerdekaan ini secara langsung di lokasi dan tanggal yang sudah dipilih. Pastikan untuk membawa KTP asli, bukti pemesanan, dan uang tunai senilai Rp 75 ribu. Selamat menukar.

Uang Baru Rupiah Pecahan Rp 75 Ribu Resmi Meluncur

Uang Baru.
Uang Baru.

"75 juta yang dicetak ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," ujar Sri Mulyani dalam "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" bersama Gubernur Bank Indonesia yang dilakukan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Dia menjelaskan jika, sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang rupiah, mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan seluruh masyarakat.

"Ini koordinasi yang baik dari beberapa pihak seperti BI, kemenkeu, kemensos dan para ahli waris. Pengeluaran uang kemerdakaan ini telah melalui perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018," jelas Sri Mulyani.

Gubernur BI Perry Warjiyo, menuturkan jika pengeluaran uang rupiah sebagai mata uang tidak hanya berperean sebagai alat pembayaran. "Tetapi lambang kedauatan masyarakat, sistem kemandirian bangsa Indonesia," jelas dia.

Setiap lembar uang Rupiah dikatakan mengandung identitas dan karakteristik bangsa Indonesia. "Kami telah mendistribusikan uang 75 tahun ini ke seluruh kantor-kantor," kata dia.

Momentum Kebangkitan

Uang baru edisi khusus Kemerdekaan Indonesia.
Uang baru edisi khusus Kemerdekaan Indonesia.

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan meluncurkan uang baru dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun. Acara peluncuran uang baru edisi koleksi ini berlangsung, Senin (17/8/2020) siang ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, diterbitkannya uang baru ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

"Jadikan peristiwa ini sebagai simbol kebangkitan dan optimisme menghadapi tantangan dampak pandemi Covid-19 guna melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju," ujar Sri Mulyani, mengutip postingan di akun Instagram resminyanya @smindrawati.

Dalam memperingati kemerdekaan Indonesia, Mantan Gubernur Bank Dunia ini juga mendorong agar masyarakat bersyukur atas anugerah kemerdekaan yang diterima.

Tak lupa pula untuk mengheningkan cipta bagi para pahlawan yang telah berjasa untuk negara ini, baik para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan maupun mereka yang gugur sekarang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Renungkan juga apa saja yang telah kita perbuat di masa kemerdekaan ini? Sudah seberapa Indonesia-kah jiwa dan raga kita?" ujarnya.

Diketahui acara "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 11.15 - 11.45 WIB, dan dapat disaksikan melalui live streaming di kanal youtube Bank Indonesia.

Adapun uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi. BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Covid-19 Sikka Terjun ke Lokasi Wisata Demi Cegah Transmisi Lokal

Posted: 17 Aug 2020 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Sikka - Dibukanya kembali sejumlah destinasi wisata sejak pemberlakukan adaptasi kebiasaan baru di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 16 Mei 2020, membuat Satgas Covid-19 di wilayah itu bekerja ekstra. Tim Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan Sikka misalnya, bahkan harus terjun langsung ke sejumlah destinasi wisata untuk melakuan penertiban protokol kesehatan.

Seperti nampak di Pantai Wairii dan Pantai Nusa Kutu, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka. Banyak wisatawan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak sesuai anjuran yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Tim patroli gabungan ini terdiri dari BPBD, Pol PP dan Tagana. Ini pertama tim melakukan patroli di tempat-temlat wisata," ujar juru bicara Satgas Covid-19 Sikka Petrus Herlemus, Sabtu (15/8/2020).

Ia mengatakan, menggunakan masker merupakan salah satu kewajiban untuk mencegah penularan wabah Covid-19 terutama penyebaran transmisi lokal antarwisatawan yang berkunjung.

"Saat ini kita punya tugas untuk menertibkan masyarakat dan pengunjung tempat wisata agar selalu menggunakan masker, jaga jarak, diantara pengunjung, seperti berkumpul dan berenang di laut," katanya.

Ia mengajak semua warga untuk bersama memerangi wabah virus Corona khususnya di tempat-tempat wisata.

"Pengelola tempat wisata harus menyediakan masker bagi pengunjung yang lupa membawa masker. Di jual di tempat wisata, sehingga yang tidak pakai masker bisa membelinya," katanya menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Terpanas di Bumi, Suhu di Death Valley Mencapai 54,4 Derajat Celsius

Posted: 17 Aug 2020 09:00 PM PDT

Katie Moore mendinginkan kepalanya dengan sekantong es di Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)
Katie Moore mendinginkan kepalanya dengan sekantong es di Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Katie Moore mendinginkan kepalanya dengan sekantong es di Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Orang-orang berswafoto dengan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)
Orang-orang berswafoto dengan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Orang-orang berswafoto dengan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Tanda peringatan bahaya panas ekstrem di Badwater Basin, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)
Tanda peringatan bahaya panas ekstrem di Badwater Basin, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Tanda peringatan bahaya panas ekstrem di Badwater Basin, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Michael Major mengendarai sepedanya di depan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley. (AP Photo/John Locher)
Michael Major mengendarai sepedanya di depan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley. (AP Photo/John Locher)

Michael Major mengendarai sepedanya di depan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley. (AP Photo/John Locher)

Katie Moore mendinginkan kepalanya dengan sekantong es di Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)
Katie Moore mendinginkan kepalanya dengan sekantong es di Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Katie Moore mendinginkan kepalanya dengan sekantong es di Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Suhu terpanas di dunia terpantau terjadi di Taman Nasional Death Valley yang mencapai 130 derajat Fahrenheit (54,4 derajat Celcius) pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Matt Untz berswafoto dengan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)
Matt Untz berswafoto dengan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

Matt Untz berswafoto dengan termometer di Pos Pusat Pengunjung Furnace Creek, Taman Nasional Death Valley, California, AS, Senin (17/8/2020). Temperatur udara tertinggi di Dunia -- 54,4 derajat Celcius -- tercatat di Taman Nasional Death Valley pada Minggu 16 Agustus. (AP Photo/John Locher)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: