Senin, 10 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Maju Pilkada 2020, Bobby Nasution Janji Ciptakan New Medan

Posted: 10 Aug 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution bersama kader Gerindra Aulia Rachman resmi mendapat dukungan PDI Perjuangan di Pilkada Kota Medan.

Bobby menyampaikan terima kasih pada Ketua Umum PDIP atas dukungan yang diberikan padanya.

"Kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP melalui kesempatan ini izinkan saya mengucapkan terimakasih kepada ibu atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada saya, Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman," kata Bobby dalam pengumuman daring, Selasa (11/8/2020).

Bobby Nasution menyatakan siap menjadikan kota Medan menjadi "New Medan" dan menjadi kota penuh berkah.

"Kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. Saya juga membawa semangat kolaborasi untuk membangun kota medan di mana semangat ini lahir dari semangat gotong royong Bung Karno," ucapnya.

"Semangat kolaborasi ini akan menjadi penguatan pada seluruh elemen partai untuk menciptakan "New Medan". Kota medan yang penuh keberkahan," tambahnya.

Janji Jalankan Amanah

Bobby juga berjanji akan menjalankan amanah dari PDIP dengan sepenuh hati.

"Kami akan menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab, sekuat hati, dan segenap jiwa. Saya juga berterima kasih pada Mbak Puan Maharani, Mas Prananda Prabowo, Bapak Hasto Kristiyanto, Bapak Djarot Saiful Hidayat, Bapak Hasyim, dan seluruh jajaran DPC kota medan yang telah membantu saya selama ini," ia menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MPR RI Kembali Menyandang Predikat WTP dari BPK

Posted: 10 Aug 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) kembali menyandang predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan MPR Tahun 2019. Pimpinan BPK Achsanul Qosasi menyerahkan LHP Laporan Keuangan MPR kepada Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Penyerahan LHP Laporan Keuangan MPR disaksikan Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono, Auditor Utama BPK, tim pemeriksa, serta jajaran Sekretariat Jenderal MPR.

Achsanul Qosasi menyebutkan MPR sebagai sebuah lembaga tinggi negara cukup membuat rekor karena temuannya sedikit dan tidak signifikan.

"Kita harus berterima kasih kepada Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma'ruf Cahyono karena temuan BPK terhadap lembaga tinggi MPR atas pengelolaan keuangan negara tidak ada yang signifikan. Ini cukup menjadi rekor bagi MPR sebagai sebuah lembaga tinggi negara," katanya.

Achsanul yakin Sesjen MPR bisa menindaklanjuti temuan-temuan BPK ini.

"Sejauh ini MPR bisa memperbaiki. Karena itu BPK memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tetap disandang MPR," katanya.

 

 

Sukses Pertahankan WTP Setiap Tahun

Pimpinan BPK Achsanul Qosasi menyerahkan LHP Laporan Keuangan MPR kepada Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/8/2020).
Pimpinan BPK Achsanul Qosasi menyerahkan LHP Laporan Keuangan MPR kepada Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyampaikan apresiasi kepada BPK yang telah menyerahkan LHP atas Laporan Keuangan MPR Tahun 2019. Fadel Muhammad berharap MPR bisa melakukan perbaikan-perbaikan laporan keuangannya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan lembaga MPR hampir setiap tahun memperoleh predikat WTP. Opini WTP ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga negara, kementerian, pemerintah pusat, dan daerah serta BUMN yang mampu memberikan laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah. 

Menurut Ma'ruf, LHP dari BPK atas Laporan Keuangan MPR menjadi bukti bahwa Sekretariat Jenderal MPR mampu mengelola keuangan dengan baik sehingga mendapat apresiasi dari BPK.

"Kita mampu mengelola anggaran sesuai standar akuntansi sehingga kita bisa mempertahankan predikat WTP ini setiap tahun," ujarnya.

Pencapaian LHP dari BPK ini, lanjut Maruf, merupakan kerja keras semua unit kerja. Tanpa peran semua unit kerja tidak mungkin pengelolaan anggaran dilakukan secara tertib dan sesuai aturan mengikuti standar akuntansi. 

Predikat WTP ini menambah panjang apresiasi dari berbagai pihak terhadap performa dan kinerja Sekretariat Jenderal MPR. Pada tahun 2019, kinerja MPR mencapai angka 97. Dari aspek penyerapan anggaran MPR mencapai 95,62 persen. Sebelumnya pada September 2019, MPR juga meraih opini WTP lima tahun berturut-turut tanpa jeda (2014 – 2018). Pada saat itu pula, MPR mendapat BMN Award, yaitu penghargaan dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-33, Arema FC Gelar Syukuran Melalui Live Instagram

Posted: 10 Aug 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Arema FC merayakan hari jadi ke-33 dengan cara berbeda di tengah pandemi Covid-19. Mereka menggelar acara sederhana di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (11/8/2020).

Acara tersebut diwarnai aksi potong tumpeng dan disiarkan langsung di akun resmi Instagram Arema FC. Beberapa perwakilan elemen yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan bisa menjadi contoh bagi klub-klub lain ketika merayakan ulang tahun di tengah situasi pandemi.

Untuk menyemarakkan hari jadinya, Singo Edan membuat beberapa rangkaian acara agar meriah tetapi tetap ramah pandemi. Salah satunya ialah Anniversary Run sepanjang 33 km yang diikuti oleh 33 pelari dari seluruh penjuru Malang.

"Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada peserta Arema 33 Anniversary Run, ini bukan hanya sekedar partisipasi tapi juga dedikasi dan semangat yang tinggi untuk merayakan ulang tahun Arema FC ke-33," ujar Sudarmaji, media officer Arema FC, dilansir situs resmi Liga 1.

 

Menolak Konvoi

Suasana perayaan ulang tahun Arema FC di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (11/8/2020). (Instagram)
Suasana perayaan ulang tahun Arema FC di Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (11/8/2020). (Instagram)

Suporter klub Aremania juga kompak menolak adanya konvoi di jalan agar tidak timbul klaster baru. Sebagai gantinya, klub menggelar konser musik virtual bersama band pengusung tembang bertema Arema FC, D'KROSS sekaligus melakukan galang dana.

Rencananya donasi yang terkumpul akan digunakan Aremania untuk melawan dan mencegah Covid-19 di Malang Raya.

 

ASN Wajib Pakai Atribut Arema FC

Wali Kota Malang Sam Sutaji mewajibkan aparatur sipil negara yang berada di Kota Malang menggunakan atribut klub dalam satu hari untuk memperingati hari jadi Arema FC.

"Memperingati HUT Arema Ke-33, ojo lali attribute mene podo digawe lur," ujar Sutaji dalam akun Instagram.

Saksikan Video Arema FC Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Hassan Diab Mundur Usai Ledakan Beirut, Pemerintahan Lebanon Dibubarkan

Posted: 10 Aug 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengundurkan diri dari jabatannya usai ledakan dahysat di Beirut berujung pada demonstrasi. Ia juga membubarkan pemerintahannya untuk memenuhi protes massa yang menuntut otoritas setempat bertanggung jawab atas ledakan yang menghancurkan Beirut.

Diab, lewat pidatonya, juga menyebut ledakan itu dan aksi kemarahan warga merupakan buah dari korupsi rezim terdahulu yang telah mendarah daging di Lebanon.

Ledakan yang disebabkan lebih dari 2.000 ton amonium nitrat di gudang pelabuhan pada 4 Agustus itu menyebabkan 163 orang tewas dan lebih dari 6.000 warga luka-luka, serta merusak sebagian besar bangunan di Beirut, Ibu Kota Negara Lebanon.

Insiden itu memperburuk krisis ekonomi dan politik yang telah terjadi selama berbulan-bulan di Lebanon

"Hari ini kami mengikuti kehendak masyarakat yang menuntut tanggung jawab otoritas terkait terhadap bencana ini, (mereka) yang memilih untuk bersembunyi selama tujuh tahun, (dan kami akan mengikuti) keinginan mereka yang menuntut perubahan," kata Diab saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Presiden Lebanon Michel Aoun menerima pengunduran diri pemerintahan Diab. Namun ia meminta mereka untuk sementara ini menjadi pelaksana tugas sampai kabinet baru terbentuk, demikian isi pengumuman otoritas setempat sebagaimana disiarkan lewat televisi.

Pemerintahan Diab terbentuk pada Januari dan ia mendapat dukungan dari kelompok Hizbullah di Iran.

Demonstrasi Rusuh

Polisi antihuru-hara bergerak maju untuk mendorong kembali pengunjuk rasa antipemerintah selama protes terhadap elite politik yang telah memerintah negara selama beberapa dekade di Beirut, Lebanon, Jumat (7/8/2020). (AP Photo/Hassan Ammar)
Polisi antihuru-hara bergerak maju untuk mendorong kembali pengunjuk rasa antipemerintah selama protes terhadap elite politik yang telah memerintah negara selama beberapa dekade di Beirut, Lebanon, Jumat (7/8/2020). (AP Photo/Hassan Ammar)

Jelang pengunduran diri PM Diab, protes massa di Kota Beirut memasuki hari ketiga. Beberapa pengunjuk rasa melempar batu ke aparat keamanan yang berjaga di pintu masuk depan gedung parlemen.

Aparat pun membalas dengan melempar gas air mata, seperti dilansir Antara, Selasa (11/8/2020).

Bagi banyak warga Lebanon, ledakan itu jadi peristiwa terakhir yang menyulut kesabaran rakyat, mengingat mereka menghadapi krisis yang disebabkan oleh terpuruknya sektor ekonomi, korupsi, dan tata kelola pemerintahan yang buruk. Rangkaian kekecewaan itu yang akhirnya mendorong warga turun ke jalan menuntut perubahan hingga ke akar.

"Seluruh rezim harus berubah. Tidak ada artinya ada pemerintahan baru (jika rezim tak berubah)," kata seorang insinyur asal Beirut, Joe Haddad. "Kami menuntut segera ada pemilihan umum," imbuhnya.

Sistem pemerintahan di Lebanon mewajibkan Presiden Aoun untuk berdiskusi dengan parlemen sebelum menentukan perdana menteri yang akan menggantikan Diab. Ia diwajibkan untuk mengusulkan calon perdana menteri dan mengumpulkan dukungan dari anggota parlemen.

Sebagian besar masyarakat telah lama menuntut pemerintahan yang dipimpin PM Diab dibubarkan. Sejumlah menterinya mundur lebih dulu pada akhir pekan lalu.

Sementara sisanya, termasuk menteri keuangan, berencana mengikuti langkah tersebut, kata beberapa sumber di kalangan kementerian dan pengamat politik.

Diab pada Sabtu 8 Agustus mengatakan ia meminta pemilihan parlemen diselenggarakan lebih cepat.

 

Penyelidikan Dewan Yudisial

Presiden Lebanon Michel Aoun. (Dok: Kepresidenan Lebanon)
Presiden Lebanon Michel Aoun. (Dok: Kepresidenan Lebanon)

Presiden Aoun mengatakan bahan peledak itu disimpan dalam kondisi yang tidak aman selama bertahun-tahun di pelabuhan. Ia juga menjelaskan pihaknya akan mendalami beberapa kemungkinan sebab ledakan, di antaranya kecelakaan, kelalaian, atau pengaruh dari luar.

Kabinet memutuskan menyerahkan penyelidikan itu ke Dewan Yudisial, kata kantor berita resmi NNA dan seorang sumber di kementerian. Dewan Yudisial merupakan lembaga peradilan tertinggi di Lebanon yang vonisnya tidak dapat naik banding.

Dewan Yudisial biasanya menangani kasus keamanan tingkat tinggi.

Sementara itu, masyarakat Lebanon masih berjuang untuk menghadapi luasnya dampak dari ledakan yang menghancurkan keseluruhan wilayah kota.

"Ekonomi telah terpuruk dan saat ini saya tidak mampu lagi mencari uang," kata Eli Abi Hanna, seorang warga setempat yang rumah dan bengkel mobilnya hancur akibat ledakan. "Lebih mudah mencari uang saat perang sipil. Para politikus dan krisis ekonomi telah merusak segalanya."

Pihak militer pada Senin 10 Agustus mengumumkan lima jasad telah ditemukan dari reruntuhan sehingga total korban tewas mencapai 163. Upaya penyelamatan dan pencarian masih berlanjut sampai saat ini.

Aksi protes antipemerintah selama dua hari terakhir merupakan unjuk rasa terbesar sejak Oktober tahun lalu. Saat itu, para demonstran kecewa karena mereka meyakini korupsi yang masif, tata kelola pemerintahan buruk, dan rendahnya tingkat akuntabilitas jadi biang krisis ekonomi di Lebanon.

Sebuah pertemuan dari lembaga-lembaga donor internasional pada Minggu berjanji akan mengumpulkan dana kurang lebih 253 juta euro (sekitar Rp4,36 triliun) untuk membiayai bantuan kemanusiaan langsung. Namun, negara-negara asing yang memberi dana menuntut pemerintah setempat transparan saat menggunakan bantuan tersebut.

Beberapa warga ragu rezim akan berubah, mengingat sistem politik sektarian telah mendominasi di Lebanon sejak berakhirnya konflik pada 1975-1990.

"Tidak akan ada yang berhasil, orang-orang (di pemerintahan) masih sama. Ini merupakan jaringan mafia," kata Antoinette Baaklini, seorang pegawai perusahaan listrik yang kantornya hancur akibat ledakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja Pemerintah Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi hingga Akhir 2020

Posted: 10 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengharapkan belanja pemerintah di sisa kuartal ke III dan IV 2020 bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi. Sehingga, pertumbuhan ekonomi sepanjang 2020 tidak mengalami kontraksi.

"Belanja pemerintah bisa menopang sebagai pengungkit di kuartal III dan IV sehingga secara tahunan proyeksi kita bisa di atas air," jelas dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Dia menyadari, tekanan terjadi pada kuartal ke II yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi terkontraksi minus 5,32 persen karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Akibatnya berdampak pada konsumsi rumah tangga.

"Konsumsi rumah tangga kita ketahui sebagai kontributor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia," jelas dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2020 turun hingga minus 5,51 persen. Angka tersebut jauh merosot di bawah konsumsi rumah tangga pada kuartal I-2020 sebesar 2,83 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pelemahan terdapat pada seluruh komponen konsumsi rumah tangga. Hanya dua yang tumbuh melambat yaitu komponen perumahan dan perlengkapan rumah tangga serta komponen kesehatan dan pendidikan.

"Apa yang terjadi pada konsumsi rumah tangga sehingga mengalami kontraksi yang dalam sebesar 5,51 persen. Seluruh komponen rumah tangga mengalami kontraksi," ujar Suhariyanto, Jakarta, Rabu (5/8).

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Indonesia Masih Punya Peluang Hindari Resesi

Anak-anak bermain di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Anak-anak bermain di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta menjelaskan saat ini Indonesia masih bisa menghindari resesi. Hal tersebut jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal III secara tahunan akan capai nilai positif.

"Indonesia masih bisa menghindari resesi jika pertumbuhan ekonomi kita pada kuartal III ini secara tahunan dapat mencapai nilai positif," kata Arif dalam pesan singkat, Senin (10/8).

Dia menjelaskan jika Indonesia juga saat ini belum mencapai resesi. Sebab konsensus semua ekonomi diseluruh dunia menyatakan resesi adalah pertumbuhan negatif perekonomian berturut-turut selama 2 kuarta dihitung secara tahunan.

"Jika sebuah negara mengalami pertumbuhan negatif selama 2 kuartal berturut-turut dihitung secara quartalan (q-t-q) bukan secara tahunan (y-o-y) maka itu belum bisa disebut mengalami resesi," ungkap Arif.

Dia menjelaskan pertumbuhan negatif pada kuartal II sudah diprediksi sebelumnya lantaran munculnya wabah Covid-19. Kemudian kata dia Pada kuartal I kita masih tumbuh positif 2,97 persen year of year (y-o-y).

"Dikuartal III kita punya peluang kembali ke level positif setelah bergeraknya lagi aktivitas perekonomian dengan protokol adaptasi kebiasaan baru (AKB)," kata Arif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei BI: Penjualan Eceran Mulai Membaik pada Juni 2020

Posted: 10 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan eceran pada Juni 2020 masih mengalami kontraksi akibat pandemi Covid-19. Namun kondisi ini membaik jika dibandingkan dengan posisi Mei 2020.

"Indeks Penjualan Riil (IPR) Juni 2020 terkontraksi 17,1persen (yoy), membaik dari kontraksi 20,6 persen (yoy) pada Mei 2020," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko dalam siaran pers, Jakarta, Selasa, (11/8/2020).

Perbaikan penjualan eceran terjadi pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei. Di antaranya dari kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Makanan, Minuman dan Tembakau. Begitu juga dengan Peralatan Informasi dan Komunikasi.

"Hal ini terjadi sejalan dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," kata Onny.

Dia melanjutkan, pada Juli 2020, kinerja penjualan eceran terindikasi terus membaik, meskipun masih kontraksi. Hal ini tercermin dari prakiraan pertumbuhan IPR Juli 2020 sebesar -12,3 persen (yoy), membaik dari -17,1 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

Perbaikan kinerja penjualan eceran tersebut diprakirakan terjadi pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau serta Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.

 

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Tekanan Inflasi

Pengunjung memborong telur di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah kabar dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Pengunjung memborong telur di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah kabar dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Dari sisi harga, tekanan inflasi pada 3 bulan mendatang hingga bulan September diprakirakan menurun. Sedangkan tekanan inflasi pada 6 bulan mendatang di bulan Desember diprakirakan meningkat.

Indikasi akan terjadinya penurunan tekanan harga tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 131,5. Lebih rendah dibandingkan dengan IEH sebelumnya sebesar 138,6.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 6 bulan mendatang tercatat 156,1. Lebih tinggi dibandingkan dengan IEH sebelumnya sebesar 142,5. Peningkatan tersebut sejalan dengan perkiraan meningkatnya aktivitas saat HBKN Natal dan libur akhir tahun.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Buah untuk Penderita Saraf Terjepit, Ampuh Pulihkan Nyerinya

Posted: 10 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saraf terjepit merupakan kondisi ketika saraf tubuh manusia terjepit atau tertekan daerah sekitarnya. Penderita yang mengalami, pasti akan merasakan nyeri luar biasa. Nah, buah untuk penderita saraf terjepit ini bisa bantu redakan nyerinya.

Mengonsumsi buah untuk penderita saraf terjepit tak hanya berguna redakan nyeri. Buah ini bisa bantu cegah kerusakan saraf yang semakin parah. Hingga berbagai komplikasi bisa sedini mungkin dicegah.

Selain untuk mengatasi, buah untuk penderita saraf terjepit juga bisa bantu mencegah saraf terjepit. Terutama bagi yang memiliki rematik di pergelangan tangan. Kemudian stres berulang, aktivitas olahraga, dan berat badan berlebihan yang dapat memicu saraf terjepit.

Berikut Liputan6.com ulas buah untuk penderita saraf terjepit dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2020).

Sirsak dan Blewah

Ilustrasi Buah Sirsak (sumber: iStock)
Ilustrasi Buah Sirsak (sumber: iStock)

Sirsak

Buah sirsak yang memiliki daging putih ini ternyata bisa bantu atasi nyeri akibat saraf terjepit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C yang dimilikinya. Dalam 100 gram buah sirsak terkandung sekitar 30 mg vitamin C. Buah untuk penderita saraf terjepit ini pun mengandung beragam nutrisi lain. Seperti protein, karbohidrat, hingga niacin yang dipercaya dapat menurunkan risiko kanker dan mencegah penumpukan kolesterol.

Blewah

Buah blewah dikenal memiliki kandungan vitamin C tinggi. Blewah mengandung 36,7 mg vitamin C. Tak heran jika kemudian blewah termasuk buah untuk penderita saraf terjepit yang wajib dikonsumsi.

Selain itu, buah blewah juga memiliki rasa yang manis dan segar. Mengandung air, sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Buah ini juga mengandung serat, folat dan beta karoten yang baik untuk kesehatan saluran cerna.

 

 

 

Strawberry dan Nanas

Ilustrasi strawberry | Pixabay
Ilustrasi strawberry | Pixabay

Strawberry

Buah strawberry dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi. Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Vitamin C yang dimilikinya pun ampuh redakan nyeri penderita saraf terjepit.

Buah untuk penderita saraf terjepit ini juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Buah ini kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Nanas

Buah nanas juga termasuk buah untuk penderita saraf terjepit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam buah nanas cukup tinggi. Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi.

Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan.

Pepaya

Ilustrasi pepaya | pexels
Ilustrasi pepaya | pexels

Buah pepaya juga bisa bantu redakan nyeri penderita saraf terjepit karena kandungannya. Buah untuk penderita saraf terjepit ini mengandung vitamin C cukup tinggi. Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C.

Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan penelitian, konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium.

Kandungan ini juga membuat buah pepaya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium).

Mangga dan Leci

Ilustrasi Mangga (iStockphoto)
Ilustrasi Mangga (iStockphoto)

Mangga

Buah mangga bisa bantu pulihkan nyeri penderita saraf terjepit. Hal ini disebabkan karena vitamin C yang dimiliki buah mangga cukup tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg.

Buah untuk penderita saraf terjepit ini juga memiliki vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga. Kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol.

Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi kamu dari kanker payudara dan kanker usus besar.

Leci

Buah leci dikenal memiliki vitamin C cukup tinggi. Tak heran jika leci cocok dijadikan buah untuk penderita saraf terjepit. Dalam 100 gram buah leci, tekandung 71,5 mg vitamin C. Buah berukuran mungil dan memiliki rasa manis ini juga dapat jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Bukan hanya itu, leci juga buah yang kaya akan omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah, otak, serta jantung.

 

Jambu Biji dan Jeruk

Ilustrasi jambu biji / Sumber: iStockphoto
Ilustrasi jambu biji / Sumber: iStockphoto

Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah untuk penderita saraf terjepit. Hal ini disebabkan karena jambu biji mengandung vitamin C paling tinggi hingga masalah nyeri mudah diatasi. Jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram (untuk wanita) sampai 38 gram (untuk pria) dalam sehari. Jadi, mengonsumsinya bisa redakan nyeri sekaligus sehatkan pencernaan penderitanya.

Jeruk

Buah jeruk pun termasuk buah dengan sumber vitamin C yang baik. Tak heran jika buah jeruk termasuk buah untuk penderita saraf terjepit. Buah jeruk juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin C harian. Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk, sekitar 125 miligram.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung nutrisi dan mineral, seperti kalium, folat, lutein, dan serat yang baik. Buah ini merupakan salah beberapa dari jenis buah sitrus.

Buah jeruk sering dikonsumsi dengan dijadikan minuman segar seperti infuse water maupun jus. Atau terkadang bisa ditambahkan kedalam jenis makanan seperti salad atau makanan tradisional khas Indonesia.

Tomat dan Kiwi

Ilustrasi buah kiwi | iStockphoto
Ilustrasi buah kiwi | iStockphoto

Tomat

Buah tomat kerap dijadikan campuran dalam masakan. Buah tomat ini memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi dan cocok untuk penderita saraf terjepit. Buah untuk penderita saraf terjepit memiliki kandungan seperti vitamin C dan juga antioksidan. Selain itu, tomat juga mampu membantu memperlancar pencernaan, serta menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, dan membantu detoksifikasi pada tubuh.

Kiwi

Kiwi pun termasuk buah untuk penderita saraf terjepit karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. Kandungan vitamin C dalam kuwi ada sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk.

Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi bisa bantu redakan nyeri akibat saraf terjepit. Selain itu, buah kiwi juga dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh. Bahkan, buah ini juga cocok dijadikan menu diet, karena memiliki kalori yang rendah namun tinggi akan kalium dan serat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ledakan Dahsyat Guncang Baltimore, 1 Orang Tewas

Posted: 10 Aug 2020 09:45 PM PDT

Petugas penyelamat bekerja dekat puing-puing usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Ledakan mengakibatkan tiga rumah hancur menjadi puing-puing. (AP Photo/Julio Cortez)
ore-2.jpg

Petugas penyelamat bekerja dekat puing-puing usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Ledakan mengakibatkan tiga rumah hancur menjadi puing-puing. (AP Photo/Julio Cortez)

Pihak berwenang berjalan di antara tumpukan puing dari ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Sejumlah petugas terus melakukan pencarian orang-orang yang mungkin terjebak dalam puing-puing. (AP Photo/Julio Cortez)
ore-3.jpg

Pihak berwenang berjalan di antara tumpukan puing dari ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Sejumlah petugas terus melakukan pencarian orang-orang yang mungkin terjebak dalam puing-puing. (AP Photo/Julio Cortez)

Departemen Pemadam Kebakaran Kota Baltimore membawa seseorang keluar dari puing-puing usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Usai ledakan, tim mematikan saluran utama gas untuk menjaga keamanan daerah tersebut. (AP Photo/Julio Cortez)
ore-4.jpg

Departemen Pemadam Kebakaran Kota Baltimore membawa seseorang keluar dari puing-puing usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Usai ledakan, tim mematikan saluran utama gas untuk menjaga keamanan daerah tersebut. (AP Photo/Julio Cortez)

Bagian dalam rumah seberang jalan rusak usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Gubernur Maryland Lary Hogan mengatakan sejumlah pihak tengah membantu segala upaya pemulihan. (AP Photo/Julio Cortez)
ore-5.jpg

Bagian dalam rumah seberang jalan rusak usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Gubernur Maryland Lary Hogan mengatakan sejumlah pihak tengah membantu segala upaya pemulihan. (AP Photo/Julio Cortez)

Puing-puing menutupi tanah usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Kebocoran gas alam dari pipa tua semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Maryland. (AP Photo/Julio Cortez)
ore-6.jpg

Puing-puing menutupi tanah usai ledakan di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Senin (10/8/2020). Kebocoran gas alam dari pipa tua semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Maryland. (AP Photo/Julio Cortez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anji Bingung Mengapa Hanya Dirinya yang Dipolisikan Karena Mewawancarai Hadi Pranoto

Posted: 10 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gara-gara mewawancarai Hadi Pranoto dan diunggah di kanal YouTubenya, Anji dilaporkan ke polisi. Anji diduga ikut menyebarkan berita bohong, perihal pengakuan pengakuan Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat Corona Covid-19 dalam video tersebut.

Sebab, hingga kini, belum ada bukti kalau obat buatan Hadi Pranoto bisa menyembuhkan virus Corona Covid-19. Menurut Anji ia mengaku kaget dengan laopran tersebut. Sebab sebelum dirinya, sudah ada yang lebih dulu mewawancarai Hadi Pranoto.

Namun yang menjadi masalah, Anji mengatakan, hanya dirinya yang disudutkan dalam hal ini. "Sebelum saya melakukan interview di sana, itu memang sudah ada beberapa media melakukan interview di sana," kata Anji usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Senin (10/8/2020) malam.

"Saya mendengarkan materinya, bahkan di tanggal 29 Juli itu materi interview itu sudah ditayangkan oleh medianya. Lalu saya melihat, saya juga mencari di Google dan saya tanyakan juga," Anji menambahkan.

Berharap Manfaat

Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)
Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)

Saat itu Anji berpikir kalau wawancaranya itu akan bermanfaat buat orang banyak. Apalagi ada anak bangsa yang berhasil menemukan obat Corona Covid-19. Namun apa yang dipikirkan berbanding terbalik dan malah menjadi petaka buatnya.

"Saya merasa materi wawancara itu yang ada di sana siang hari itu, ini bermanfaat untuk dibagikan, memberikan harapan buat saya," kata Anji.

Jenuh dengan Pandemi

Anji di Hollywings Epiwalk Jakarta.(Bambang E Ros/Fimela.com)
Anji di Hollywings Epiwalk Jakarta.(Bambang E Ros/Fimela.com)

"Kita semua sudah jenuh, kita semua sudah lelah dengan pandemi ini. Lalu tiba-tiba ada harapan buat saya ini adalah kebaikan untuk dibagikan. Tapi saya tidak menyangka sih bahwa impact-nya seperti ini. Well, ya sudah saya hadapi saja," sambungnya.

Dipolisikan

Anji di Hollywings Epiwalk Jakarta.(Bambang E Ros/Fimela.com)
Anji di Hollywings Epiwalk Jakarta.(Bambang E Ros/Fimela.com)

Dari beberapa pertanyaan Anji saat mewawancarai Hadi Pranoto, sama seperti orang yang lebih dulu mewawancara pria yang disebut sebagai profesor dan ahli mikrobiologi. Anji kemudian kebingungan mengapa hanya wawancara dirinya yang dipermasalahkan bahkan sampai dilaporkan ke polisi.

"Dengan materi wawancara yang relatif sama dengan apa yang saya buat. Tapi entah kenapa yang viral saya," kata Anji. 

 

 

Pelajaran

Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)
Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)

Buat Anji, ini adalah pembelajaran berarti dalam hidupnya. Ia merasa harus berhati-hati lagi dalam membuat konten YouTube. 

"Jadi ya buat saya pelajarannya banyak sekali deh," kata Anji

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Tes PCR di Jabar Tertinggi Kedua di Indonesia, tapi Masih Jauh dari Jakarta

Posted: 10 Aug 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jawa Barat - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengungkapkan bahwa Jabar telah melakukan tes cepat PCR sebanyak 175.260. Jumlah tersebut merupakan terbanyak kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

Hal itu diungkap oleh Ridwan Kamil dalam kegiatan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Posko Penanganan COVID-19 di Bandung pada Selasa (11/8/2020).

Namun, Ridwan Kamil mengatakan bahwa jumlah tersebut dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan Jakarta.

"Agak jomplang dengan DKI Jakarta. Jadi, kami mohon dukungan untuk mengejar rasio pengetesan setinggi-tingginya," kata Ridwan Kamil. "Tapi dengan testing lebih banyak kasus kami lebih sedikit."

Untuk itu, Ridwan Kamil mengusulkan adanya keterlibatan swasta dengan layanan "pay per service PCR."

"Laboratorium kami sudah mentok maksimal hanya 15 sampai 20 ribu. Kalau diizinkan kebijakan itu maka kita bisa menaikkan statistik dengan kerja sama swasta kita hanya bayar satu orang per berapa rupiah dititipkan ke lembaga ini. Mereka investasi alatnya, kita hanya kasih nama pasien atau potensi yang di-test swab."

PCR Portable

Ridwan Kamil mengatakan untuk angka reproduksi COVID-19 dalam sepekan terakhir di Jawa Barat mencapai di angka 1,05.
Ridwan Kamil mengatakan untuk angka reproduksi COVID-19 dalam sepekan terakhir di Jawa Barat mencapai di angka 1,05.

Salah satu inovasi lain yang mereka gunakan untuk meningkatkan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan mencakup wilayah pelosok adalah dengan alat tes PCR portable. Adapun, penggunaannya untuk pertama kali dilakukan di Sumedang.

Kepada Presiden Jokowi, mantan Wali Kota Bandung itu mengungkapkan bahwa alat tes PCR tersebut bisa dimuat dalam koper.

"Sehingga ini bisa dibawa ke pelosok-pelosok, di hutan, di gunung, di desa-desa yang tidak terjangkau oleh mobil PCR dan fasilitas, sehingga pengetesan bisa dilakukan secara merata dengan menugaskan petugas-petugas," ujarnya.

"Mudah-mudahan kalau bapak berkenan, inovasi Jawa Barat ini juga bisa menjadi sebuah terobosan untuk memastikan tingkat pengetesan tidak hanya berkumpul di daerah kepadatan kota," kata Ridwan Kamil pada Jokowi.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud: Buka Sekolah di Zona Kuning Covid-19, Bukan Paksaan Tapi Pilihan

Posted: 10 Aug 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyesuaian surat keputusan bersama empat menteri memperbolehkan daerah zona kuning Covid-19 membuka kembali satuan pendidikan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Na'im menjelaskan, realisasinya diserahkan kepada pemerintah daerah, pihak sekolah dan orangtua murid.

"Keputusan tetap ada di pemerintah daerah, kepala sekolah, komite sekolah dan orangtua. Namun hal ini bukan merupakan kewajiban atau paksaan melainkan pilihan," ujar Ainun di Jakarta pada Senin 10 Agustus 2020.

Menurut dia, sekolah yang akan membuka kembali pembelajaran tatap muka, harus menaati prosedur dan protokol kesehatan. Oleh karena itu, sekolah harus melaksanakan sejumlah persiapan sebelum pembelajaran tatap muka dibuka, sehingga kesehatan siswa tetap terjaga.

"Kami meminta pemerintah daerah untuk mengawasi bagaimana perjalanan siswa dari rumah ke sekolah, proses pembelajaran di kelas dan jumlah siswa di kelas," kata Ainun.

Dia mengatakan, dengan adanya kebijakan relaksasi ini, diharapkan 43 persen peserta didik dan pendidik yang saat ini berada di zona kuning dan hijau bisa memulai pembelajaran tatap muka. Namun, dia memastikan, pelajar dan pendidik yang berada di zona oranye dan merah harus tetap melaksanakan pembelajaran dari rumah. 

Khusus bagi peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memerlukan pembelajaran praktik, maka diizinkan untuk datang ke sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. 

Dia pun mengingatkan, pembukaan kembali satuan pendidikan untuk pelaksanaan tatap muka harus dilakukan secara bertahap. Untuk satuan pendidikan umum dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) dan SMK, tatap muka dilaksanakan dengan jumlah peserta didik sebanyak 30-50 persen dari kapasitas kelas.

Sementara itu, untuk sekolah luar biasa (SLB) dan pendidikan anak usia dini (PAUD)/taman kanak-kanak (TK), jumlah murid maksimal dalam satu kelas sebanyak 5 peserta didik.

Untuk madrasah dan sekolah berasrama di zona hijau dan zona kuning dapat membuka asrama dan melakukan pembelajaran tatap muka sejak masa transisi. Kapasitas asrama dengan jumlah peserta didik kurang dari atau sama dengan 100 orang pada masa transisi bulan pertama adalah 50 persen, bulan kedua 100 persen, kemudian terus dilanjutkan 100 persen pada masa kebiasaan baru.

Untuk kapasitas asrama dengan jumlah peserta didik lebih dari 100 orang, pada masa transisi bulan pertama 25 persen, dan bulan kedua 50 persen, kemudian memasuki masa kebiasaan baru pada bulan ketiga 75 persen, dan bulan keempat 100 persen. 

Ainun menuturkan pengawasan yang ketat, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan satuan tugas penanganan Covid-19 akan terus dilaksanakan guna memantau perkembangan implementasi kebijakan ini. 

"Kemendikbud, Kemendagri, Kemenag dan Kemenkes serta Satuan Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Jika ada indikasi tidak aman atau zonanya berubah warna, maka sekolah tersebut wajib ditutup," tegas Ainun. 

 

Kurikulum Khusus di Masa Darurat

 

Bersamaan dengan dikeluarkannya penyesuaian SKB empat menteri, Kemendikbud juga meluncurkan kurikulum khusus untuk pembelajaran di masa darurat. 

Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan (Kabalitbangbuk) Kemendikbud, Totok Suprayitno mengungkapkan, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, penuntasan kurikulum tidak diwajibkan di tengah pandemi ini. 

"Beberapa sekolah yang sebenarnya sudah mengimplementasikan kurikulum mandiri melalui pengurangan dan hanya mengambil materi yang esensial. Inilah yang kami lakukan dalam kurikulum khusus ini. Namun ini bukan paksaan melainkan pilihan. Jadi ada tiga pilihan yang bisa diambil yaitu mengikuti kurikulum biasa atau kurikulum khusus atau kurikulum mandiri," jelas Totok. 

Untuk mengurangi risiko hilangnya pengalaman belajar, Kemendikbud juga meluncurkan modul. Kebijakan ini dikeluarkan berdasarkan survei di mana peserta didik jenjang bawah kesulitan belajar mandiri melalui buku teks. Materi dalam bentuk modul ini mudah dipahami karena berbasis kegiatan. Modul ini disiapkan bagi peserta didik, pendidik dan orangtua agar masing-masing memiliki acuan terutama bagi para orang tua agar tidak mengalami kebingungan dalam mendampingi anak-anak mereka. 

Selanjutnya, Totok menerangkan, kegiatan yang terdapat dalam modul merupakan kegiatan sehari-hari seperti memasak atau berkebun. Totok mempersilakan orangtua untuk mengembangkan kegiatan berdasarkan keseharian yang terinspirasi dari modul tersebut. 

Para pendidik, lanjut Totok, perlu melakukan assesment diagnostik terhadap setiap peserta didik karena capaian setiap anak berbeda. Selain itu, ada kesenjangan yang disebabkan beberapa faktor.

"Ada anak yang mengalami kesulitan konektivitas, tidak didampingi orangtua, perbedaan status sosial, dan sebagainya. Oleh karena itu ada risiko anak itu tertinggal. Instrumen assesment sudah kami sediakan tetapi jika guru mau membuat instrumen sendiri, kami persilakan," pungkas Totok. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 75 Pasangan Calon Kepala Daerah yang Resmi Diusung PDIP

Posted: 10 Aug 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Demokrasi Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah yang diusung partai berlambang banteng itu di Pilkada Serentak 2020.

Adapun, pengumuman itu langsung disaksikan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Nama-nama calon kepala daerah dibacakan oleh Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani, yang hadir secara virtual bersama Megawati dari kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

"75 calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Pilkada serentak tahun 2020 yang diumumkan pada tahap ketiga di DPP PDI Perjuangan. Semoga calon-calon ini bisa segera berjuang mulai dari sekarang," kata Puan usai membacakan keseluruhan daftar.

 

75 Daftar Bacalon

Berikut 75 bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Pilkada serentak tahun 2020:

Sumatera Utara

1. Asahan: Rosmansyah, STP. dan Hj. Winda Fitrika

2. Simalungun: Dr. H. Anton Achmad Saragih dan Ir. Rospita Sitorus

3. Nias Utara: Marselinus Ingati Nazara, A.Md. dan Jaya Putra Zega

4. Kota Sibolga: Dr. H. Bahdin Nur Tanjung, S.E., M.M. dan Edipolo Sitanggang, S.Pi

5. Kota Medan: Muhammad Bobby Afif Nasution dan H . Aulia Rachman

6. Kota Binjai: Hj. Lisa Andriani Lubis, S.Psi. dan H. Sapta Bangun, S.E.

7. Kota Tanjungbalai: H.M. Syahrial, S.H., M.H. dan H. Waris, S.Ag., M.M.

8. Labuhanbatu Utara: H. Ahmad Rizal dan H. Aripay Tambunan, M.M.

9. Toba Samosir: Ir. Poltak Sitorus, M.Sc dan Toni M. Simanjuntak, S.E.

10. Karo: Iwan Sembiring Depari, S.H. dan Ir. Budianto Surbakti, M.M.

11. Pakpak Bharat: Franc Bernhard Tumanggor dan Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd

12. Nias Barat: Eliyus Waruwu, SPT., M.SI. dan Mareko Zebua, S.H.

Sumatera Barat

13. Dharmasraya: Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E. dan Drs. H. D.P. Datuk Labuan

Riau

14. Pelalawan: H. Zukri dan Nasarudin, S.H., M.H.

15. Rokan Hulu: H. Sukiman dan Indra Gunawan

16. Kota Dumai: Hendri Sandra, S.E. dan Dr. H. Muhammad Rizal Akbar, .Si., M.Phil.

17. Bengkalis: Kaderismanto dan Sri Barat (Iyeth Bustami)

18. Kepulauan Rokan Hilir: H. Suyatno dan Drs. H. Jamiludin

19. Kepulauan Meranti: H.M. Adil, S.H. dan H. Asmar

Kepulauan Riau

20. Kepulauan Anambas: Abdul Haris, S.H. dan Wan Zuhendra

21. Natuna: Wan Siswandi, S.Sos dan Rodial Huda

22. Kota Batam: Drs. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, M.A. dan Drs. Abdul Basyid Has, M.Pd.

23. Bintan: H. Apri Sujadi, S.Sos dan Roby Kurniawan, S.P.W.K

24. Lingga: Riki Syolihin, S.Fil.I., M.Si dan H. Raja Supri, S.Sos., M.Si

Jambi

25. Batanghari: Hj. Yunnita Asmara, SH dan H. Muhammad Mahdan, S.KOM

 

Daerah Tengah

Sumatera Selatan

26. Oku Selatan: Popo Ali Murtopo, B.Kom. dan Sholehien Abuasir, S.P., M.Si.

Lampung

27 Kota Bandar Lampung: Hj. Eva Dwiana, S.E., M.Si. dan Drs. Deddy Amarullah

28. Pesawaran: H. Dendi Ramadhona K, ST. dan S. Marzuki, S.Sos., M.Si

29. Way Kanan: Hi.Raden Adipati Surya, SH.,MM dan Dr. Drs. Hi. Edward Antony, M.M.

30. Lampung Timur: H. Zaiful Bokhari, ST., MM dan Sudibyo

Kepulauan Bangka Belitung

31. Bangka Barat: Markus, S.H. dan H. Badri Syamsu, S.E.

32. Bangka Tengah: Didit Sri Gusjaya, S.H., M.H. dan H. Korari Suwondo, S.H.

33. Bangka Selatan: Riza Herdavid, S.T.,M.Tr.IP dan Debby Vita Dewi, SE

34. Belitung Timur: Yuri Kemal Fadlullah dan Nurdiansyah, S.Sos

Banten

35. Kota Tangerang Selatan: Drs. H. Muhamad, M.Si. dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

Jawa Barat 36.

Bandung: Hj. Yena Rohaniah Skandar dan Atep

Jawa Timur

37. Tuban: Setiajit, SH, MM dan Dr. RM. Armaya Mangkunegara, S.H.

38. Gresik: H. Fandi Achmad Yani, S.E dan DRA. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd

39. Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani, S.Pd. dan H. Sugirah, S.Pd., M.Si.

40. Ponorogo: H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. dan Lisdyarita, S.H.

41. Lamongan: Dra. HJ. Kartika Hidayati, M.M., M.HP dan Sa'im, S.Pd.

Kalimantan Barat

42. Sambas: Dr. H. Helman Fachri, S.E., M.M. dan Darso

43. Sintang: Yohanes Rumpak, S.Pd., M.M. dan Drs. Syarifuddin, M.M.

44. Bengkayang: Martinus, S.M dan dr. Carlos Dja'afara, M.Kes

Kalimantan Timur 45.

Kutai Timur: H. Mahyunadi, S.E. dan H. Lulu Kinsu

Kalimantan Tengah

46. Kotawaringin Timur: H. Halikinnor, SH, MM dan Irawati, S.Pd

Sulawesi Selatan

47. Soppeng: H. Andi Kaswadi Razak, SE dan Ir. H. Lutfi Halide, M.P.

48. Tana Toraja: Drs. Albertus Patarru, Ak. MM dan Drs. John Diplomasi

49. Barru: Ir. Suardi Saleh, M.Si dan Andi Mirza Riogi Idris50. Luwu Timur: Ir. H. Muhammad Thorig Husler dan Drs. Budiman, M.Pd.51. Toraja Utara: DR. Kala'tiku Paembonan, M.Si dan dr. Etha Rimba P. Tandi Payung, MBA

Sulawesi Utara

52. Kota Tomohon: Caroll J. A. Senduk, SH dan Wenny LumentutSulawesi Tengah

53. Poso: Muhammad Syarif Rum Machmoed dan Vivin Baso Ali

Sulawesi Barat

54. Mamuju: Hj. Sitti Sutina Suhardi, S.H., M.Si. dan Ado Mas'ud, S.Sos

55. Mamuju Tengah: H. M. Aras Tamauni dan Drs. H. Muh, Amin Jasa

56. Pasang Kayu: H. Yaumil Ambo Djiwa, SH dan Hj. Herny,S.Sos., M.Si

Sulawesi Tenggara

57. Muna: L.M. Rusman Emba, S.T. dan Drs. H. Bachrun, M.Si

58. Konawe Selatan: Rusmin Abdul Gani, S.E. dan Senawan Silondae, A.Md.P

59. Konawe Kepulauan: Ir. H. Amrullah, M.T. dan Andi Muhammad Lutfi, S.E., M.M

60. Kolaka Timur: H. Samsul Bahri, S.H., M.Si dan Hj. Andi Merya, S.IP

 

Daerah Timur

Maluku

61. Buru Selatan: Safitri Malik Soulissa, S.IP dan Gerson Eliaser Selsily, S.E.

62. Kepulauan Aru: Johan Gonga dan Muin Sogalrey, S.E.

Maluku Utara

63. Pulau Taliabu: H. Muhaimin Syarif, S.E. dan Syafruddin Mohalisi

64. Halmahera Barat: Danny Missy, S.E. M.M. dan Imran Lolory, S.IP., M.Si

65. Halmahera Utara: Joel Wogono, S.H. dan Drs. Hi. Sais Bajak, M.Si

66. Halmahera Selatan: H. Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba

67. Kepulauan Sula: Hj. Fifian Adeningsi Mus, S.H. dan Ir. H.M. Saleh Marasabessy,M.Si

Papua

68. Keerom: Piter Gusbager, S.Hut., MUP dan Drs. Wahfir Kosasih, M.H., M.S.i

69. Yalimo: Lakius Peyon, SST. Par dan Nahum Mabel, SH

70. Mamberamo Raya: DR (HC) Jhon Tabo, S.E., MBA. dan Ever Mudumi

71. Supiori: Ronny S. Gustaf Momoribo, S.STP., M.Si. dan Albert Edison Rumbekwan, S.H., MH.

72. Nabire: Mesak Magai, S.Sos., M.Si. dan Ismail Jamaluddin

73. Merauke: Heribertus Silvinus Silubun, S.H. dan Bambang Setiadji Suji

Papua Barat

74. Manokwari: Hermus Indou, S.IP., M.H. dan Drs. Edy Budoyo

75. Teluk Wondama: Elysa Auri, S.E., M.M. dan Fery Michael Deminikus Aauparay, S.Sos.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabar Punya PCR Portable, Alat Tes COVID-19 Sebesar Koper yang Bisa Dibawa ke Pelosok

Posted: 10 Aug 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jawa Barat - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memaparkan beberapa inovasi yang diluncurkan Jawa Barat untuk menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Salah satu inovasi tersebut adalah PCR Portable.

PCR portable adalah alat tes COVID-19 yang mudah dibawa ke mana-mana. Berbentuk dua buah koper hitam berukuran kecil dan sedang.

"Inovasi Jawa Barat terbaru sudah saya bagikan dimulai di Sumedang. Kami punya PCR sebesar koper sehingga ini bisa dibawa ke pelosok-pelosok," kata Ridwan kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan yang disiarkan langsung di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Agustus 2020.

Ia menambahkan, dengan alat tersebut, tes COVID-19 bisa menjangkau masyarakat hingga ke daerah hutan, gunung, dan di desa-desa yang tidak terjangkau oleh mobil PCR.

"Sehingga pengetesan bisa dilakukan secara merata dengan menugaskan petugas-petugas," katanya.

Ridwan berharap, inovasi ini dapat menjadi terobosan untuk memastikan tingkat pengetesan tidak hanya berkumpul di daerah-daerah perkotaan saja. Namun, juga dapat menjangkau daerah pelosok.

Ancaman COVID-19 Belum Selesai

PCR Portable inovasi Jawa Barat lawan COVID-19. Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).
PCR Portable inovasi Jawa Barat lawan COVID-19. Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).

Dalam kesempatan yang sama Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Jawa Barat yang telah berdedikasi melawan COVID-19.

Ia juga mengapresiasi terkait zona COVID-19 di Jawa Barat yang tidak menunjukkan zona merah per minggu ini. Presiden berharap ini dapat terus dipertahankan dan dikendalikan.

"Tetapi sekali lagi ancaman COVID-19 ini belum selesai sampai nanti yang namanya vaksin itu bisa divaksinasikan pada seluruh rakyat di tanah air," ujarnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nenek Ini Bikin Tato Pertamanya pada Usia 103 Tahun

Posted: 10 Aug 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Michigan - Seorang nenek berusia 103 tahun akhirnya mewujudkan impian memiliki tato pertama. Ini adalah bukti bahwa umur tidak pernah tua untuk menggapai keinginannya.

Dorothy Pollack baru saja berusia 103 tahun pada Juni lalu. Dia menjalani hari-harinya untuk mewujudkan keinginan yang belum tercapai. Salah satunya adalah tato kodok yang dia sukai lebih dari bir dan burger. 

16 Juni lalu, Dorothy menghabiskan ulang tahunnya di rumah pensiunan atau panti jompo dan tak bisa keluar akibat pandemi COVID-19, seperti yang dikutip dari CNN, Senin (10/8/2020).

"COVID-19 memenjarakannya selama berbulan-bulan," Teresa Zavitz-Jones, cucunya, merujuk pada situasi lockdown neneknya di panti jompo.

Dorothy dikatakan mengalami depresi akibat situasi tersebut. Komunikasi sang cucu juga terganggu karena Dorothy mengalami gangguan pendengaran, sehingga berkomunikasi lewat telepon bukan lah hal yang membantu.

 

Ingin Tato Ketika Keluar Panti Jompo

Fran Atkinson punya hiasan warna-warni yang menempel di badannya itu. Tapi si nenek tak pernah bisa melihat tatonya.
Fran Atkinson punya hiasan warna-warni yang menempel di badannya itu. Tapi si nenek tak pernah bisa melihat tatonya.

Ketika keluar dari panti jompo, hal yang diinginkan Dorothy adalah membuat tato.

"Ini sangat menarik karena bertahun-tahun lalu cucu saya ingin saya membuatnya, tapi saat itu saya tidak mau," kata Dorothy.

"Tiba-tiba, saya memutuskan ingin memilikinya. Dan jika saya bisa, seekor kodok. Karena saya suka kodok," dia tertawa.

Pada Jumat 7 Agustus, Dorothy membuat tato di lengan. Dengan sabar ia duduk di depan seorang seniman tato.

Sementara kebanyakan orang akan tersentak dan ngeri saat merasakan jarum di kulit mereka, Dorothy hampir tidak menggerakkan satu otot pun.

"Dia mendapatkan tato seperti seorang juara. Aku bahkan tidak melihatnya meringis. Mungkin dia pernah setengah meringis," Ray Reasoner Jr., yang menato Dorothy di A.W.O.L. Custom Tattooing di Muskegon.

"Dia sangat bersemangat. Itu adalah pengalaman yang luar biasa. Jika seseorang yang berusia lebih dari seabad menyuruh Anda melakukan sesuatu untuk mereka, Anda harus melakukannya."

Dorothy adalah orang tertua yang pernah dia tato, tambah Reasoner.

Setelah mendapatkan tatonya, yang menurutnya "benar-benar dicintainya", Dorothy memutuskan untuk mencoret pengalaman lain dari daftar keinginannya: menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan sepeda motor. Tapi petualangannya pasti tidak akan berhenti di situ.

 

Reporter: Yohana Belinda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta Dukungan Jokowi soal Tes Covid-19 di Jawa Barat

Posted: 10 Aug 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta dukungan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk meningkatkan testing terkait Covid-19 di daerahnya. Dia menyampaikan bahwa saat ini kapasitas testing di Jawa Barat masih rendah dibandingkan DKI Jakarta.

"Di kapasitas testing Bapak Presiden, kami ini punya kelemahan walaupun di level provinsi kami ini tertinggi setelah Jakarta. Kami sudah melakukan 175 ribu (testing), agak jomplang dengan DKI Jakarta," kata Ridwan Kamil saat Presiden Jokowi mengunjungi Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).

Untuk itu, dia berharap agar pemerintah pusat dapat memberikan dukungan meningkatkan kapasitas testing di Jawa Barat. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, dengan dilakukannya test secara masif maka angka penyebaran virus Corona di Jawa Barat dapat ditekan.

"Dengan testing lebih banyak kasus kami lebih sedikit. Jadi memang virus ini mungkin cc-nya berbeda di tiap daerah karena satu dan lain hal," jelas dia.

Ridwan Kamil pun mengusulkan dua hal kepada Jokowi terkait peningkatan testing. Pertama, dengan melibatkan layanan swasta. Pasalnya, kata dia, saat ini kapasitas laboratorium yang ada di Jawa Barat sudah maksimal.

"Kalau diizinkan kebijakan itu, maka kita bisa menaikan statistik dengan kerjasama swasta kita hanya bayar 1 orang per berapa rupiah, mereka investasi alatnya kita hanya ngasih nama pasien atau potensi yang dites swab," tuturnya.

"Saya kira dengan itu Pak, dalam hitungan minggu kapasitas bisa naik," sambung Ridwan Kamil.

PCR portable

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyampaikan keterangan kepada pers terkait perkembangan penanganan virus Corona (Covid-19) di Gedung Sate, Senin (8/6/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menyampaikan keterangan kepada pers terkait perkembangan penanganan virus Corona (Covid-19) di Gedung Sate, Senin (8/6/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Usulan kedua yang disampaikan Ridwan Kamil yakni, penggunaan polymerase chain reaction (PCR) portable.

Dia menjelaskan bahwa Jawa Barat sudah memiliki alat PCR portable yang dapat dibawa untuk melakukan testing Covid-19 di pelosok-pelosok daerah.

"Pengetesan bisa dilakukan sekarang merata dengan menugaskan petugas-petugas. Mudah-mudahan kalau berkenan inovasi Jawa Barat ini juga bisa menjadi sebuah terobosan untuk memastikan tingkat pengetesan tidak hanya berkumpul di daerah kepadatan kota," jelas Ridwan Kamil.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RCEP Masuki Babak Akhir, Wamendag Akan Utamakan Kepentingan Nasional

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proses perundingan penyelesaian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) telah memasuki babak akhir. Perjanjian itu ditargetkan bisa diteken dalam waktu dekat meski tanpa keikutsertaan India.

India memutuskan tidak meneruskan keikutsertaan berkaitan dengan berbagai isu sensitif dengan negara lain khususnya Tiongkok. Kendati demikian, ASEAN dan negara-negara yang terlibat dalam RCEP tetap memberikan opsi keikutsertaan India di masa depan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, negosiasi RCEP memasuki tahap legal scrubbing. Dia akan bekerja keras agar proses ini tetap dalam bingkai kepentingan Indonesia.

"Meskipun terdengar remeh tetapi legal scrubbing itu proses penting. Bahasa hukum kadang-kadang multitafsir. Oleh karena itu kita ingin memastikan bahwa penyelerasan ini tidak mengubah substansi kepentingan Indonesia di dalamnya," katanya, Selasa (11/8/2020).

Soal India, Wamendag menilai keikutsertaan negara tersebut tetap penting baik dari segi ekonomi, politik, maupun solidaritas bangsa-bangsa Asia.

"India merupakan salah satu negara besar dan penting dalam konteks regional Asia. Indonesia berharap India bisa ikut menandatangani. Tetapi jika pun kali ini belum bisa bergabung, kita harus memberikan ruang agar di masa mendatang mereka bisa bergabung," ujarnya.

Jerry sangat yakin dengan kemampuan perunding-perunding dari Kemendag dan kementerian dan lembaga (K/L) lain. Menurut dia, kualitas mereka sudah tidak diragukan lagi.

Apalagi ketua komite perundingan RCEP adalah Iman Pambagyo, Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional yang punya reputasi panjang di bidang ini.

"Tentu saya percaya sekali dengan kualitas tim kita, khususnya dari Kemendag. Mereka orang yang bukan hanya punya kualitas intelektual tetapi juga punya dedikasi tinggi. Tim inilah yang menjadi ujung tombak penyelesaian berbagai perundingan dagang kita. Dan kinerja mereka sangat bagus." tuturnya.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Menguntungkan Indonesia

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Biro Humas Kemendag)
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Biro Humas Kemendag)

Mantan Anggota Komisi I itu mengatakan setiap perjanjian perdagangan sebenarnya akan menguntungkan Indonesia baik dari segi tarif, hambatan nontarif maupun pengembangan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha dalam negeri. Namun, kata dia, perjanjian perdagangan sebenarnya hanya merupakan satu tahap yang harus diikuti tahap lain.

"Dengan selesainya perundingan perdagangan, ekonomi dan investasi seperti RCEP ini, kita punya kesempatan berupa akses pasar yang lebih luas dan mendukung daya saing Indonesia. Tetapi itu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas produk, branding, sistem logistik, sistem pembayaran dan sebagainya. Intinya, kesempatan yang luas itu juga harus diisi oleh produk-produk yang memang berkualitas dan punya daya saing sehingga bisa sukses merambah pasar yang luas itu," tuturnya.

Kemendag, kata Jerry, akan terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta terus melakukan sosialisasi kepada seluruh stakeholder dan pelaku usaha. Kemendag saat ini terus menginisiasi kemudahan-kemudahan dan fasilitasi guna memanfaatkan perjanjian perdagangan internasional.

"Program kita cukup banyak dan lengkap ya untuk fasilitasi perdagangan, khususnya ekspor ini. Kita punya pelatihan di bidang branding, desain produk, kegiatan ekspor impor, pameran, business matching dan lain-lain. Tetapi tentu saja, kuncinya ada di pelaku usaha. Kita pemerintah fokusnya pada penciptaan iklim bisnis dan fasilitas kemudahan. Pada akhirnya, pelaku usaha sendiri yang memegang peran terbesar dalam ekspor tersebut. Jika pelaku usaha kita makin kompetitif, saya yakin ekonomi Indonesia akan bangkit dan makin kuat sehingga pada akhirnya masyarakat secara keseluruhan makin sejahtera," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nagita Slavina Ngaku ke Raffi Ahmad sedang Dekat dengan Pengusaha Asal Bali

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uya Kuya menghipnotis Nagita Slavina dalam konten baru di kanal YouTube-nya, Uya Kuya TV, yang diunggah pada Senin (10/8/2020). Dalam kesempatan ini, Raffi Ahmad bertanya soal isi hati sang istri yang sebenarnya.

Dalam keadaan terhipnotis, Nagita Slavina mengatakan bahwa ia tak pernah mencintai Raffi Ahmad. Nagita Slavina menikah dengan presenter kondang tersebut hanya karena memanfaatkan keadaan.

"Ya, manfaatin aja keadaan. Biasa aja (perasaannya). Sebenarnya pelarian aja waktu itu. Kan habis putus, ya sudah," tutur bintang serial Di Sini Ada Setan itu.

Mendengar ini, emosi Raffi Ahmad tersulut. Ia melontarkan pertanyaan yang sama untuk memastikan kebenarannya. Namun jawaban Nagita Slavina tetap sama. Dia tak memiliki perasaan spesial dengan suaminya.

"Memang biasa aja," tuturnya masih dalam keadaan terhipnotis.

Dekat dengan Pria Lain

[foto: YouTube Uya Kuya]
[foto: YouTube Uya Kuya]

Belum reda amarahnya, tiba-tiba Nagita Slavina mengucap kalimat yang lebih mengejutkan. Ia sedang dekat dengan pria lain.

"Terserah sih, aku juga lagi dekat sama cowok lain. Kalau kamu lagi syuting aku video call-an," ujar ibunda Rafathar Malik Ahmad ini.

Pengusaha

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

Dengan nada kesal, sahabat almarhum Olga Syahputra tersebut berusaha mengorek identitas pria yang dimaksud istrinya. Lelaki itu bukan dari kalangan artis.

"Ya, jangan. Orang biasa, pengusaha di Bali," kata Nagita Slavina.

"Ini gua rekam nih, kalau ada pengacara gue bisa menang nih. Jadi kamu enggak cinta sama aku karena sudah berpaling sama yang lain?" tanya Raffi Ahmad lagi.

Lebih Serius

Bintang film Suster Ngesot Urban Legend ini pun membandingkan Raffi Ahmad dengan pengusaha tersebut. Menurutnya pria yang sedang dekat dengannya itu memiliki keseriusan yang lebih tinggi ketimbang suaminya sendiri.

Sekali lagi Raffi Ahmad bertanya apakah istrinya benar-benar berselingkuh? Pemilik nama lengkap Nagita Slavina Mariana Tengker ini membantahnya, mereka hanya sedang pendekatan.

"Enggak, dekat-dekat aja, ngobrol-ngobrol, video call aja gitu, penjajakan. Aku juga kayaknya nih mau di-DP-in villa di Bali," tuturnya.

Prank

Saat emosi Raffi Ahmad kian menjadi, Nagita Slavina tiba-tiba bangun dan mengatakan bahwa ia hanya pura-pura terhipnotis. Semua kalimat yang diucapkannya hanya akting untuk keperluan konten.

"Kesal banget. Parah banget kamu, aku sudah deg-degan," kata Raffi Ahmad sembari tersenyum. Nagita Slavina pun tertawa karena berhasil mengerjai suaminya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Indra Sjafri Bakal Tangani Juventus

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar postingan di media sosial foto Indra Sjafri di markas Juventus. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun yang membagikannya adalah Rony Maldini Darungo. Ia mempostingnya pada Minggu (9/8/2020).

Hingga saat ini postingan tersebut telah mendapat 137 komentar dan 30 likes. Postingan tersebut memuat foto capture dari @FabrizioRomano bergambar Indra Sjafri dengan narasi:

"Indra Sjafri to Juventus is a done deal, confirmed. He is the first Indonesian who will coach in Serie A. Here we go! #Juventus"

Selain itu akun Facebook tersebut juga menambahi dengan narasi: "Indra Sjafri akan menukangi Juventus musim depan menyusul di pecatnya Marizio Sari dari kursi pelatih Juventus. Indra Sjafri di harapkan mampu memberikan gelar Liga Champions bagi Juventus. Go Indra Sjafri."

Lalu benarkah Indra Sjafri akan menangani Juventus musim depan?

 

 

Penelusuran fakta:

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tersebut dengan mengetik kata kunci "Indra Sjafri Juventus" di mesin pencarian Google. Hasilnya ada beberapa artikel terkait salah satunya dari Bola.com berjudul "Merespons Candaan Netizen Twitter, Indra Sjafri: Indonesia Jauh Lebih Besar dibanding Juventus" yang tayang 9 Agustus 2020 lalu.

 

Berikut isinya:

"Bola.com, Jakarta - Ada-ada saja kelakuan warganet Twitter Indonesia. Mereka ramai-ramai mengajukan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri sebagai pelatih baru Juventus.

Semuanya bermula ketika Juventus memecat Maurizio Sarri dari kursi pelatih pada Sabtu (8/8/2020). Kegagalan di babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 menjadi penyebabnya.

Usai Sarri didepak, lini masa Twitter heboh. Warganet mencoba menebak-nebak penerus pelatih berusia 61 tahun itu. Mulai dari Zinedine Zidane, Maurcio Pochettino hingga Simone Inzaghi.

Nama Indra Sjafri ikut terselip pada pusaran kandidat pelatih Juventus yang diusung oleh warganet.

Kenapa Indra Sjafri? Sebab, pelatih berusia 57 tahun itu pernah berguru di Juventus dan berfoto di kantor tim berjulukan Bianconeri itu pada 2018. Sontak, dokumentasi tersebut menjadi bercandaan warganet.

Lantas, apa kata Indra Sjafri setelah namanya jadi bahan gurauan warganet?

"Indonesia jauh lebih besar dibandingkan Juventus. Kebanggaan saya hanya Indonesia," kata Indra Sjafri kepada Bola.com, Minggu (9/8/2020).

"Itu foto saya saat diberikan kesempatan belajar ke Juventus. Satu di antara klub Eropa yang pernah menjadi tempat saya untuk belajar dari beberapa klub Eropa yang pernah saya kunjungi," ujar mantan pelatih Timnas Indonesia U-22 ini.

Tidak butuh waktu lama untuk Juventus mencari pengganti Sarri. Bianconeri langsung menunjuk mantan pemainnya, Andrea Pirlo.

Juventus mengontrak Pirlo selama dua tahun. Sebelumnya, pria berusia 41 tahun tidak punya pengalaman sebagai pelatih.

Pirlo baru ditunjuk sebagai nakhoda Juventus U-23 pada akhir Juli 2020. Belum juga melatih, mantan pemain AC Milan itu telah dipromosikan ke tim senior."

Selain itu ada pula artikel dari Wartakota dengan judul "Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri Bantah Melatih Juventus" yang tayang 9 Agustus 2020. Berikut isi artikel tersebut:

"Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menjadi buah bibir di jagat media sosial. Sebab, ada fotonya yang sedang berpose di markas tim Juventus.

Foto tersebut menjadi buah bibir di kalangan publik sepak bola Indonesia, karena banyak yang mengira akan menjadi nahkoda baru tim Serie A Italia, Juventus.

Bahkan, netizen di Indonesia turut dihebohkan dengan adanya cuitan dari jurnalis sekaligus pakar transfer pemain dari Italia yang mendunia, yakni Fabrizio Romano.

"Indra Sjafri to juventus is a done deal, confirmed. He is the first indonesian who will coach in Serie a. Here we go! #Juventus," tulisnya.

Namun, ternyata cuitan tersebut merupakan hasil editan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kabar bergabungnya Indra ke Juve bermula dari diberhentikan tugas Maurizio Sarri dari kursi kepelatihan skuat Si Nyonya Tua.

Pelatih berusia 61 tahun itu dipecat oleh manajemen Juve setelah kalah di babak 16 besar Liga Champions dari Olympique Lyon.

Akhirnya, Indra buka suara dan merespon kabar yang menyebutkan bergabung ke tim yang baru saja menjuarai kompetisi Liga Italia tersebut.

Menurut Indra, negara Indonesia jauh lebih besar dibandingkan dengan nama besar yang dimiliki Juventus.

"Indonesia jauh lebih besar dibandingkan Juventus. Kebanggaan saya hanya Indonesia," kata Indra Sjafri saat dikonformasi awak media, Minggu (9/8/2020).

Mantan pelatih Timnas U-19 itu menjelaskan, fotonya yang tersebar di media sosial merupakan kunjungan yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu.

Indra memang pernah melakukan kunjungan ke beberapa klub di luar negeri dalam beberapa kesempatan.

"Itu foto saya saat diberikan kesempatan belajar ke Juventus. Satu di antara klub Eropa yang pernah menjadi tempat saya untuk belajar dari beberapa klub Eropa yang pernah saya kunjungi," tutupnya.

Di sisi lain, Juve baru saja mengumumkan telah menunjuk mantan pemainnya yakni Andrea Pirlo sebagai nahkoda barunya di musim depan.

Pria berusia 41 tahun itu diproyeksikan menjadi pelatih di tim senior Juve selama dua tahun."

Website resmi Juventus, juga telah memberitahukan bahwa pelatih baru mereka adalah Andrea Pirlo bukan Indra Sjafri. Hal itu seperti diberitakan dalam link artikel berikut ini...

Kesimpulan:

Ilustrasi hoax (iStockPhoto)
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Postingan yang menyebut Indra Sjafri akan menangani Juventus adalah salah. Foto dalam postingan tersebut sudah diedit oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Juventus sendiri sudah menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih baru.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Blokir WeChat, Penjualan iPhone Diprediksi Menurun

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Analis Ming-Chi Kuo memperkirakan pemblokiran aplikasi WeChat oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) akan berdampak pada penjualan iPhone secara global. Dampak terburuk, penjualan iPhone bisa menurun 25-30 persen.

Seperti diketahui sebelumya, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah menandatangi perintah eksekutif untuk melarang ByteDance dan Tencent berbisnis dengan perusahaan-perusahaan AS.

Langkah tersebut merupakan upaya AS memblokir aplikasi-aplikasi Tiongkok, yang diduga menimbulkan risiko terhadap keamanan data konsumen AS di tangan pemerintah Tiongkok. WeChat merupakan aplikasi pesan populer milik Tencent.

"Karena WeChat sangat penting bagi pengguna Tiongkok, mengintegrasikan komunikasi, pembayaran, e-commerce, software sosial, membaca berita, dan fungsi produktif, kami percaya langkah tersebut akan memengaruhi pengapalan iPhone di pasar Tiongkok," ungkap Kuo dalam catatan risetnya, seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (11/8/2020).

Karena penjualan iPhone bisa menurun, penjualan aksesoris terbaik iPhone juga diprediksi bisa menurun. Sementara untuk pengapalan iPhone secara global diprediksi turun 25 - 30 persen.

"Pengapalan iPhone global diperkirakan akan turun 25 - 30 persen. Pengapalan global produk-produk hardware Apple lain termasuk AirPods, iPad, Apple Watch, dan Mac, akan turun 15 -25 persen," jelas Kuo.

Dampak Lain

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)
Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Sementara itu dalam skenario terbaik, Kuo mengatakan, pemblokiran Tencent hanya akan menyebabkan Apple menghapus WeChat dari App Store di AS.

"Jika ini terjadi, diperkirakan hanya 3 hingga 5 persen dari penjualan iPhone yang akan terpengaruh, sementara produk-produk Apple lainnya akan kurang dari 3 persen," ungkap Kuo.

Rekomendasi Kuo

Kuo merekomendaiskan bahwa investor-investor dari perusahaan dalam rantai suplai Apple harus mengurangi kepemilikan sahamnya. Hal ini disebabkan pemblokiran WeChat dapat memengaruhi perusahaan-perusahaan tersebut dalan skenario apa pun.

Pemblokiran terhadap Tencent dan TikTok akan berdampak pada kedua perusahaan. Hal serupa yang dialami Huawei masih berdampak sampai saat ini.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Motor Parkir di Tempat Tak Biasa Ini Bikin Mikir

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dipilih oleh orang. Meski masih ada transportasi lainnya yang lebih nyaman seperti mobil, motor masih menjadi primadona alat transportasi sejumlah orang. Pasalnya, motor punya badan yang lebih ramping sehingga lebih cepat untuk menyalip saat jalanan sedang macet. 

Jika bepergian umumnya seseorang akan parkir di tempat semestinya, seperti lahan parkir atau basement di sebuah gedung. Saat di rumah, biasanya para pengendara motor akan parkir di garasi rumah. Jika tidak memiliki garasi, mungkin akan diletakkan di teras rumah atau bagian dalam rumah.

Tapi lain dari lainnya, para pengendara motor ini punya tempat parkir yang tak biasa. Bukan di mal, garasi, pelataran rumah, di dalam rumah tapi bahkan di atap rumah loh! Aksi pengendara motor yang parkir di tempat tak biasa ini sukses bikin mikin keras.

Banyak warganet yang bertanya bagaimana  cara bawa kendaraan tersebut hingga sampai di atap rumah? Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret motor parkir di tempat tak biasa, Selasa (11/8/2020). 

 

1. Salah satu cara biar gampang cari motor waktu parkir. Parkir di pohon aja.

Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:1cak)
Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:1cak)

2. Jalan milik seorang diri tuh gini. Parkir bebas di tengah jalan.

Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:1cak)
Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:1cak)

3. Kira-kira gimana ya caranya biar motor bisa parkir di atas situ?

Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber: Twitter/kegblgnunfaedh)
Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber: Twitter/kegblgnunfaedh)

4. Biar parkir motor sekaligus olahraga, jadi parkirnya di lantai dua.

Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber: Twitter/kegblgnunfaedh)
Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber: Twitter/kegblgnunfaedh)

5. Yang penting motor aman deh, barang yang lain urusan belakangan.

Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:Twitter/fajar17)
Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:Twitter/fajar17)

6. Parkir motor di lantai atas sudah bikin mikir keras, gimana kalau mobil?

Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:Twitter//pradpt)
Motor Parkir di Tempat Tak Biasa (Sumber:Twitter//pradpt)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Ole Gunnar Solskjaer Antar MU ke Semifinal Liga Europa

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berbincang dengan pelatih Copenhagen Stale Solbakken usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (AFP/Pool/Wolfgang Rattay)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berbincang dengan pelatih Copenhagen Stale Solbakken usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (AFP/Pool/Wolfgang Rattay)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berbincang dengan pelatih Copenhagen Stale Solbakken usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (AFP/Pool/Wolfgang Rattay)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersalaman dengan pemain Copenhagen, Zeca usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Sascha Steinbach/Pool via AP)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersalaman dengan pemain Copenhagen, Zeca usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Sascha Steinbach/Pool via AP)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bersalaman dengan pemain Copenhagen, Zeca usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Sascha Steinbach/Pool via AP)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer melihat pemainnya saat bertanding melawan Copenhagen pada pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Sascha Steinbach/Pool via AP)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer melihat pemainnya saat bertanding melawan Copenhagen pada pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Sascha Steinbach/Pool via AP)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer melihat pemainnya saat bertanding melawan Copenhagen pada pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Sascha Steinbach/Pool via AP)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berjalan usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Wolfgang Rattay/Pool via AP)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berjalan usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Wolfgang Rattay/Pool via AP)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer berjalan usai pertandingan perempat final Liga Europa di RheinEnergieStadion, di Cologne, Jerman (10/8/2020). MU lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang 1-0. (Wolfgang Rattay/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pasokan Kantong Darah di Bali turun 50 Persen akibat Covid-19

Posted: 10 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PMI Denpasar mengungkapkan jumlah pasokan kantong darah di Bali turun hingga 50% selama pandemi covid-19. Hal ini akibat masyarakat yang takut untuk berdonor darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Doni Primanto Joewono, Deputi Gubernur BI yang Baru Dilantik

Posted: 10 Aug 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Doni Primanto Joewono baru saja mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Selasa, 11 Agustus 2020. Sumpah tersebut dibacakan di hadapan Ketua Mahkamah Agung tepat pukul 10.00 WIB.

Doni terpilih sebagai Deputi Gubernur BI periode 2020-2025 setelah mengalahkan dua pesaingnya, Juda Agung dan Aida S Budiman dalam proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi XI DPR RI, 7-8 Juli 2020.

 Dalam pengambilan sumpah jabatan, Doni menyatakan bersedia dan segera mengambil posisi untuk mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia, langsung atau tidak langsung, dengan nama dan dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberi apapun kepada siapapun juga. Saya bersumpah, bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tidak akan menerima langsung atau tidak langsung, dari siapapun juga dalam bentuk apapun," ucapnya, Selasa (11/8/2020).

Lantas, bagaimana rekam jejak seorang Doni Primanto Joewono sebelum terpilih jadi Deputi Gubernur Bank Indonesia?

Doni Primanto Joewono lahir di Surabaya pada 1965. Dirinya menempuh pendidikan Ekonomi dan Studi Pembangunan di Universitas Sebelas Maret (UNS) pada 1988. Pasca menyelesaikan program S1, ia melanjutkan pendidikan pasca sarjana di jurusan Administrasi Universitas Indonesia (UI) pada 2004.

Adapun Doni memulai karir ya di bank sentral pada 1991 sebagai staf di Departemen Pengelolaan Moneter hingga 1996. Kemudian ia beralih jabatan menjadi peneliti ekonomi junior di departemen yang sama sampai 2000.

Karirnya lalu berlanjut sebagai peneliti ekonomi di Departemen Pengelolaan Moneter (2000-2002). Doni lantas menjabat Deputi Kepala Bagian Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter (2002-2005), Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter (2005), dan Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter Kantor BI Semarang (2005).

Tak hanya di dalam negeri, Doni pun sempat jadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI di London, Inggris. Di sana, ia bertugas selama 2 tahun sejak 2005-2007. Ketika kembali ke Indonesia, dia balik bertugas di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (2008-2010).

Jejak karirnya lalu berlanjut sebagai Kepala Perwakilan BI di Solo pada periode 2012-2013. Dirinya pun pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Sentral di DKI Jakarta (2015-2018) dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat (2018-2019).

Dengan seluruh jabatan tersebut, bisa dikatakan Doni berpengalaman pada bidang ekonomi dan keuangan regional, sistem keuangan, manajemen intern, sektor riil dan UMKM, serta strategi organisasi dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, ia juga banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan penerbitan obligasi pemerintah, membangun sistem lalu lintas devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Pada 2012 dan 2018, Doni Primanto Joewono pernah mendapat penghargaan TPID terbaik. Catatan itu ditorehkannya saat berada di Solo dan Jakarta. Dia juga tercatat telah mengikuti pendidikan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) pada 2018.

Sah, Doni Primanto Joewono jadi Deputi Gubernur BI

untuk diketahui, Doni Primanto Joewono mengambil sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih periode 2020-2025. Upacara pengucapan sumpah jabatan tersebut dilaksanakan di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Syarifuddin.

Acara tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB di Aula Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, dan disiarkan secara virtual oleh Bank Indonesia. Doni resmi diangkat berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 78/P/2020.

Syarifuddin mengawali acara dengan bertanya kepada Doni. "Bersediakah saudara mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan Anda?" tanya Syarifuddin kepada Doni, Selasa (11/8/2020).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Doni menyatakan bersedia dan segera mengambil posisi untuk mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia, langsung atau tidak langsung, dengan nama dan dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberi apapun kepada siapapun juga. Saya bersumpah, bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tidak akan menerima langsung atau tidak langsung, dari siapapun juga dalam bentuk apapun," ucapnya.

Sebagai informasi, Doni terpilih sebagai penerus Erwin Rijanto, yang masa jabatannya sebagai Deputi Gubernur BI telah berakhir pada Juni 2020. Posisi itu didapatkannya setelah mengalahkan dua pesaingnya, Juda Agung dan Aida S Budiman dalam proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi XI DPR RI pada 7-8 Juli 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Surabaya Berubah Jadi Zona Oranye COVID-19, Ini Penjelasannya

Posted: 10 Aug 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Sebagian besar kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) kini telah berubah terkait zonasi peta risiko dari warna merah ke oranye. Terbaru yang menjadi zona oranye ialah Surabaya, Jawa Timur.

Data dari Satgas COVID-19 Jatim hingga  Senin, 10 Agustus 2020, angka positif Covid-19 di Surabaya 9.751 dengan penambahan kasus 125 per hari.

Menurunnya tingkat risiko COVID dari tinggi ke sedang ini berseiring dengan bertambahnya surveilens atau pengawasan dan pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, Senin, 10 Agustus 2020, jumlah rumah sakit rujukan COVID-19 yang semula 99 saat ini menjadi 127 rumah sakit. Ditambah lagi RS Darurat Lapangan di kawasan Indrapura, Surabaya.

Lalu mesin PCR yang tersedia kini mencapai 53 unit. Kemudian TCM sebanyak 23 unit, dalam sehari saja bisa melakukan 4.000-5.349 testing.

"Laboratorium pemeriksaan semuanya berusaha untuk menaikkan (testing), nantinya kita akan lebih representatif," ujar Ketua Satgas Rumpun Kuratif, dr. Joni Wahyuhadi, Selasa (11/8/2020).

Saat ini sudah 834.418 rapid test  atau tes cepatyang dilakukan di Jatim. Artinya satu dari 48 penduduk di Jatim telah dites cepat.

Sedangkan tes swab atau tes usap, sebanyak 157.357 sampel telah diperiksa dari jumlah total 40 juta penduduk Jatim. "Testing itu PCR 1 dari 256 ribu penduduk. Jadi masih kurang," kata Dirut RSU dr. Soetomo Surabaya itu.

Joni juga mengatakan, pewarnaan risiko setiap daerah ini ditentukan Gugus Tugas pusat. Ada 15 kriteria dalam pewarnaan risiko atau zonasi tingkat risiko itu yang terbagi dalam tiga faktor besar: epidemiologi, surveilans, dan pelayanan kesehatan.

"Dari sisi epidemiologi yang paling penting, yang nilainya paling banyak 10 persen itu penurunan jumlah meninggal misalnya. Jadi bukan kumulatif, tapi penurunannya," kata Joni.

Masyarakat Harus Tetap Waspada

Kota Surabaya masuk zona oranye di peta risiko covid19.go.id (Foto: Dok covid19.go.id)
Kota Surabaya masuk zona oranye di peta risiko covid19.go.id (Foto: Dok covid19.go.id)

Dia bilang, evaluasi situasi penularan Covid-19 ini sebenarnya baru bisa dikatakan menurun selama 14 hari atau dua minggu. Pewarnaan, kata Joni hanya untuk memudahkan orang melihat risiko suatu daerah.

"Jadi risiko sedang misalnya, oranye, itu bukan berarti orang tidak bisa tertular. Masih bisa. Karena kasusnya masih ada. Bahkan, yang sudah hijau pun tetap harus hati-hati. Artinya protokol kesehatan tetap harus ditegakkan," ujar dia.

Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Dr Windhu Purnomo menuturkan, meski zonasi peta risiko COVID-19 berubah dari merah ke orange, masyarakat harus tetap waspada terhadap penularan COVID-19.

"Orange dan merah sesungguhnya zona yang tidak aman, hanya gradasi tingkat risiko orange sedikit lebih rendah dari pada merah. Harus tetap waspada," kata Windhu saat dihubungi Liputan6.com.

"Aman hanya kalau sudah zona hijau. Semuanya tentu dengan asumsi bila data yang dilaporkan sebagai dasar pembuatan zonasi tingkat risiko adalah valid," ia menambahkan.

Windhu menuturkan, pembuatan zonasi tingkat risiko ada potensi tidak valid lantaran kemungkinan seperti itu selalu ada pada data apapun bukan hanya berkaitan dengan COVID-19 saja.

"Baik yang disengaja atau tidak misalnya variabel tidak sesuai dengan defisinisi operasional yang sudah ditentukan, data yang dikirim tidak tepat waktu (keterlambatan)," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uniknya Nama Cucu Keempat Jokowi

Posted: 10 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama cucu keempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya terungkap. Hal ini disampaikan suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution, melalui unggahan di akun Instagram pribadi.

Bobby terlihat membagikan potret sang putra tengah tertidur di dalam ranjang bayi dengan guling dan bantal kedua sisi. Buah hati kedua Kahiyang dan Bobby tampak terbalut kain dan beanie yang sama-sama bernuansa biru.

Bobby membuka keterangan potret dengan memberi salam. "Assalamualaikum. Halo om, tante, kakak, dan abang semuanya," tulisnya pada Senin, 10 Agustus 2020.

"Kenalkan namaku Panembahan Al Nahyan Nasution, adeknya kak Sedah Mirah Nasution Kesayangan Papa @bobbynst & Mama @ayanggkahiyang," lanjutnya.

Kahiyang telah melahirkan Panembahan Al Nahyan Nasution pada Senin, 3 Agustus 2020 lalu di RS YPK Mandiri. Cucu keempat Jokowi ini lahir pada pukul 20.21 WIB dengan dengan berat badan 3,4 kilogram dan panjang 49,5 centimeter.

Persalinan dilakukan secara sesar karena pertimbangan medis. Proses persalinan serupa juga dilakukan putri semata wayang Jokowi saat melahirkan anak pertamanya, Sedah Mirah Nasution.

Uniknya Nama Empat Cucu Jokowi

Jokowi saat menggendong kedua cucunya, Jane Ethes ddan Sedah Mirah. (dok. Instagram @jokowi/https://www.instagram.com/p/B2Ik1buBVLR/Putu Elmira)
Jokowi saat menggendong kedua cucunya, Jane Ethes ddan Sedah Mirah. (dok. Instagram @jokowi/https://www.instagram.com/p/B2Ik1buBVLR/Putu Elmira)

Cucu pertama Jokowi yang juga putra sulung Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra lahir pada 10 Maret 2016 di di RSP PKU Muhammadiyah Solo, Jawa Tengah. Jan artinya sangat, Ethes berarti cekatan, lalu Srinarendra merupakan pemimpin yang cerdas.

Kebahagiaan keluarga kian lengkap dengan kehadiran cucu keduanya, yakni Sedah Mirah Nasution. Sedah Mirah adalah buah hati pertama dari putri Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang lahir pada 1 Agustus 2018. Diambil dari bahasa Jawa, Sedah Mirah berarti menawan, salihah, dan dermawan.

Kemudian, cucu ketiga Jokowi, La Lembah Manah yang merupakan buah hati kedua Gibran dan Selvi,  lahir pada 15 November 2019. "Depannya ada La. La itu singkatan dari lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku," kata Gibran setelah kelahiran buah hatinya.

Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa yang masing-masing berarti mudah menyesuaikan diri, juga senang berbagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkan Rp 151 Miliar untuk Subsidi Listrik Pelanggan Bisnis dan Industri

Posted: 10 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus menggulirkan berbagai stimulus untuk dampak pandemi covid-19 di berbagai sektor. Terakhir, pemerintah kembali memperpanjang subsidi listrik hingga Desember 2020. Subsidi tersebut tak hanya untuk rumah tangga, melainkan juga untuk bisnis dan industri.

"Untuk UMKM atau industri kecil menengah, dalam hal ini khusus untuk 450 VA dayanya, baik bisnis maupun industri, sama," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam Konferensi Pers : Stimulus Keringanan Tagihan Listrik, Selasa (11/8/2020).

Saat ini, Rida mengaku pihaknya tengah mengkaji mekanisme subsidi listrik untuk bisnis dan industri ini bersama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN.

"Progaram ini stimulus untuk UMKM tidak seperti yang rumah tangga. Tapi langsung 6 bulan pada awalnya, yaitu ada jeda 1 bulan. Yaitu, Mei sampai Oktober, dan terakhir awal Agustus ini kemudian juga termasuk yang diperpanjang hingga akhir 2020," beber Rida.

Secara keseluruhan, stimulus ini menjangkau 501 pelanggan bisnis 450 VA dan 433 pelanggan industri 450 VA. Berdasarkan paparan Rida, perkiraan besaran tambahan subsidi listrik selama 8 bulan sebesar Rp 151 miliar.

"Dengan bantuan ini diharapkan mereka bisa survive. Kita yakin selama ini mereka sudah survive, tapi dengan bantuan ini kita berharap mereka lebih survive dan lebih kuat lagi menghadapi pandemi covid-19 ini," kata Rida.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pemerintah Sudah Bayar Subsidi Listrik ke PLN Rp 28,75 Triliun

Pekerja memperbaiki kabel listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Rabu (29/4/2020). PLN (Persero) memutuskan untuk menunda sejumlah proyek listrik khususnya yang belum memiliki pendanaan demi penyelamatan operasional. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Pekerja memperbaiki kabel listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 3 Lontar, di Kabupaten Tangerang, Rabu (29/4/2020). PLN (Persero) memutuskan untuk menunda sejumlah proyek listrik khususnya yang belum memiliki pendanaan demi penyelamatan operasional. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyampaikan prognosa penyaluran dana subsidi listrik ke PT PLN (Persero) sebesar Rp 28,75 triliun hingga 29 Juli 2020 dari target alokasi subsidi sebesar Rp 54,79 triliun.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyatakan, pihaknya rutin membayarkan subsidi listrik kepada PLN setiap bulan.

 

"Subsidi listrik dibayarkan setiap bulan sesuai target APBN. Jika berbeda dengan data PLN, itu terjadi lag per bulannya. Saat nanti diaudit BPK, datanya akan sama," ujar Rida dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/7/2020).

Lebih lanjut, menurut data Kementerian ESDM, realisasi pembayaran subsidi listrik pada 2015 mencapai Rp 56,55 triliun, lalu tahun 2016 mencapai Rp 58,04 triliun, tahun 2017 mencapai Rp 45,74 triliun, tahun 2018 mencapai Rp 48,1 triliun, dan tahun 2019 mencapai Rp 51,71 triliun.

Adapun, data ini sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sementara, gelontoran subsidi yang disampaikan Rida tidak termasuk program subsidi yang diberikan pemerintah untuk penanganan Covid-19.

Jika dirinci, program tersebut ialah diskon listrik 100 persen bagi pelanggan 450 VA, diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA, dan diskon listrik 100 persen untuk pelaku UMKM golongan B1/450 VA atau pelanggan bisnis kecil dan industri kecil I1/450 VA.

"Lalu insentif listrik untuk golongan pelanggan sosial, bisnis, dan industri," tutur Rida.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lesti Kejora Gaet Rizky Billar di Video Klip Kulepas dengan Ikhlas

Posted: 10 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemeriahan Konser Ulang Tahun Lesti: Kulepas dengan Ikhlas yang ditayangkan di Indosiar beberapa waktu lalu masih membekas di hati para penonton. 

Selain merayakan hari lahir Lesti Kejora yang ke-21, konser spesial tersebut juga bertepatan dengan momen peluncuran single terbarunya bertajuk "Kulepas dengan Ikhlas".

Sang pencipta lagu, Adibal Sahrul mengaku ide pembuatan single tersebut terinspirasi dari kisah asmara Lesti. Rasa simpatinya yang mendalam kepada pedangdut jebolan D'Academy Indosiar itulah yang akhirnya melahirkan sebuah karya musik.

Seperti diketahui, Lesti sempat menghadiri pernikahan mantan kekasihnya, Rizky DA beberapa waktu lalu. Ia tampak begitu tegar ketika melihat Rizky bersanding di pelaminan dengan Nadya Mustika Rahayu.

"Lagu ini saya tulis tepat tanggal 17 Juli saat melihat postingan Lesti menghadiri pernikahan Rizky DA," ujar Adibal dalam keterangan online yang diterima.

Tak Butuh Waktu Lama

Lesti Kejora dan Rizky Billar di video klip Kulepas dengan Ikhlas. (YouTube 3D Entertainment via Brilio)
Lesti Kejora dan Rizky Billar di video klip Kulepas dengan Ikhlas. (YouTube 3D Entertainment via Brilio)

Adibal mengaku jika single "Kulepas dengan Ikhlas" diciptakannya dalam waktu singkat.

"Cukup cepat bikinnya, satu jam saja. Mungkin karena saya cukup dekat dengan mereka berdua, jadi saya dapat meraba apa yang mungkin mereka rasakan," jelasnya.

"Khususnya Lesti. Kesan saya, Lesti itu punya hati yang kuat. Apapun alasannya, nggak mudah pastinya berada dalam situasi itu," tambah Adibal.

Genre Berbeda

Lesti Kejora dan Rizky Billar di video klip Kulepas dengan Ikhlas. (YouTube 3D Entertainment via Brilio)
Lesti Kejora dan Rizky Billar di video klip Kulepas dengan Ikhlas. (YouTube 3D Entertainment via Brilio)

Lesti pun mengungkapkan jika genre di single barunya ini berbeda dari lagu-lagu yang pernah ia bawakan sebelumnya. Kendati demikian, tak butuh waktu lama bagi pedangdut bernama asli Lesti Andriani itu untuk mempelajari lagu tersebut.

"Dedek belum pernah kan dapat single dengan genre seperti ini, jadi seneng banget dan musiknya tuh enak banget dinyanyikan dan didengarkan, langsung nyantol," ujarnya.

Video Klip

Lesti Kejora dan Rizky Billar di video klip Kulepas dengan Ikhlas. (YouTube 3D Entertainment via Brilio)
Lesti Kejora dan Rizky Billar di video klip Kulepas dengan Ikhlas. (YouTube 3D Entertainment via Brilio)

Lagu "Kulepas dengan Ikhlas" sendiri juga hadir dalam format video klip. Dalam video berdurasi enam menit lebih itu, diceritakan Lesti yang dengan tegar membantu persiapan pernikahan sang mantan.

Di sisi lain, Rizky Billar juga tengah berada di posisi yang sama. Lantas, keduanya dipertemukan pada suatu waktu hingga mereka pun kian dekat dan menemukan cinta yang baru.

Nah, buat para penggemar Lesti dan Rizky Billar alias 'Leslar', wajib untuk nonton video klip "Kulepas Dengan Ikhlas" yang ada di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal 3D Entertainment yang ada di platform streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa GM Waskita Beton, Dalami Aliran Uang Korupsi Proyek Fiktif

Posted: 10 Aug 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa General Manager Akuntansi PT Waskita Beton Precast Dwi Anggoro Setiawan dan Kepala Seksi Administrasi Kontrak Tol Benoa 4 PT Waskita Karya, (Persero) Tbk, Hendra Adityawan, Senin, 10 Agustus 2020.

Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fathor Rachman.

Dalam pemeriksaan ini, penyidik mendalami aliran uang korupsi ke sejumlah pihak dari pelaksanaan pekerjaan sub kontraktor fiktif sejumlah proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya.

"Penyidik masih tetap melakukan pendalaman terkait dengan dugaan adanya aliran uang kepada berbagai pihak dari para subkon fiktif," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (11/8/2020).

Ali enggan membeberkan sejumlah pihak yang turut kecipratan uang dalam perkara ini. 

"Mengenai jumlah uang yang diduga dinikmati oleh berbagai pihak di antaranya termasuk para tersangka, untuk saat ini belum bisa kami sampaikan karena penyidik akan masih terus mengkonfirmasi kepada para saksi-saksi lainnya," ujar Plt Juru Bicara KPK ini.

Tersangka

Mantan Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar menuju ruang konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/7/2020). KPK resmi menahan lima tersangka kasus dugaan korupsi terkait proyek fiktif di PT Waskita Karya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Mantan Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya Yuly Ariandi Siregar menuju ruang konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/7/2020). KPK resmi menahan lima tersangka kasus dugaan korupsi terkait proyek fiktif di PT Waskita Karya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, KPK telah lebih dulu menetapkan mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya, Fathor Rachman (FR) serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YAS) sebagai tersangka.

Para pejabat Waskita Karya tersebut diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi, terkait proyek fiktif pada BUMN. Sedikitnya, ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya. Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.

Dalam perjalanannya, KPK juga menjerat mantan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani tersangka kasus dugaan korupsi pengerjaan subkontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya tahun anggaran 2009-2015.

Selain Desi, KPK juga menjerat dua orang lainnya sebagai tersangka, yakni Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana, dan Wakil Kadiv II Waskita Karya Fakih Usman.

Desi Arryani ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya. Sedangkan Jarot Subana, ditetapkan tersangka dalam jabatannya sebagai Mantan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Sementara Fakih Usman, ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Proyek dan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Sehingga, saat ini total ada lima tersangka dalam perkara ini.

Atas perbuatannya, lima tersangka ini disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Ribu Warga Tangerang Bakal Dapat Modal Usaha hingga Rp 1 Juta

Posted: 10 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang bakal mengucurkan bantuan modal usaha tunai untuk warganya yang menjadi korban PHK ataupun pemutuskerjaan oleh perusahaan akibat Pandemi Covid-19.

"Rencananya akan dikucurkan dengan range Rp 500 sampai Rp 1 juta. Ini benar-benar untuk warga yang terdampak secara ekonomi," tutur Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Selasa (11/8/2020).

Kriterianya, dalam satu keluarga tersebut, benar-benar tidak ada mata pencaharian. Sehingga, tidak ada anggota keluarga satupun yang berpenghasilan untuk memenuhi nafkah.

Kemudian, uang bantuan dari Pemkot, akan digunakan untuk warga tersebut memulai usahanya. Misalnya, mulai dari berdagang kuliner, berkerajinan tangan, hingga memulai start-up. Calon penerima bantuan tersebut juga diharuskan mengajukan usulan usahanya.

"Jadi uangnya benar-benar untuk modal usaha. Kuota penerimanya itu sekitar 10 ribu warga, datanya sudah ada di aplikasi 'Si Data'," ungkap Arief.

Langkah ini, lanjut Arief, diharapkan bisa memutar perekonomian di wilayahnya. Sehingga, bisa meminimalisir dampak ekonomi rumah tangga warganya.

Bansos Dipastikan Tersalur 100 Persen di Akhir 2020

Pekerja memindahkan paket bansos di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pekerja memindahkan paket bansos di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin (BGS) menyatakan optimisme bisa menuntaskan sejumlah program bantuan sosial (bansos) di tengah pandemi Covid-19 hingga akhir 2020.

Keyakinan itu dilontarkannya lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menekan pemerintah untuk mempercepat penyaluran program bansos tersebut. Itu dimaksudkan agar ekonomi nasional bisa segera pulih pada kuartal ketiga tahun ini.

"Pak presiden selalu berikan arahan secepat mungkin kita salurkan anggaran pemulihan ekonomi nasional agar secepat mungkin kita bisa gerakkan ekonomi nasional. Sehingga di kuartal III ini diharapkan ada percepatan dari perputaran ekonomi kita," kata BGS dalam sesi teleconference, Jumat (7/8/2020).

Saat ini, ia menyebutkan, pemerintah lebih fokus terhadap 4 program bansos yang punya dampak lebih besar kepada masyarakat. Pertama yakni program keluarga harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga paling miskin atau sekitar 40 juta orang.

Dari Rp 37,4 triliun pagu anggaran yang dikeluarkan, bansos PKH hingga Agustus 2020 telah tersalurkan Rp 27 triliun, atau sekitar 72 persen.

"Berdasarkan pengamatan kami, karena program ini sudah berjalan lama, para pelaksana sudah tahu menjalankan seperti apa, penerima juga jelas, sifatnya tunai ke rakyat. Sehingga kami tidak melihat ada masalah apapun sampai akhir tahun kita bisa memenuhi mencapai pagu anggaran yang Rp 37,4 triliun," ungkap BGS.

Selanjutnya yakni program kartu sembako. Dengan pagu anggaran Rp 43,6 triliun, program tersebut hingga bulan ini telah terserap Rp 26 triliun atau hampir 60 persen. Adapun program kartu sembako targetnya diberikan untuk 20 juta keluarga termiskin atau sekitar 80 juta orang.

"Karena memang kembali lagi program ini sudah berjalan cukup lama, mekanismenya sudah jelas, dan kami cukup yakin bahwa sampai akhir tahun pagu anggaran ini bisa diserap semua," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Aksi Kocak Nastusha Alinskie Ini Bikin Gemas

Posted: 10 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak selebriti memang kerap mencuri perhatian publik. Tingkah lucu buah hati selebriti selalu berhasil membuat warganet gemas. Tak sedikit pula warganet menyebut buah hati seleb sebagai keponakan online warganet, salah satunya adalah buah hati Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia, Nastusha Alinskie.

Nama dua pasangan selebriti ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Menjalin hubungan sejak tahun 2007 dan menikah pada tahun 2015, membuat hubungan Glenn dan Chelsea kerap disebut couple goals oleh warganet. Hubungan keduanya juga selalu romantis dan jauh dari pemberitaan negatif.

Menikah pada tahun 2015, kini Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia akan segera dikaruniai buah hati yang kedua. Kehadiran buah hati pertama mereka pada tahun 2016 tentunya membuat keluarga kecil Glenn dan Chelsea semakin berwarna. Kini, usia Nastusha akan menginjak 4 tahun pada 9 September 2020 mendatang.

Tingkah gemas Nastusha di usianya yang masih batita selalu berhasil membuat warganet gemas. Walaupun masih berusia 3 tahun lebih, namun putri cantik Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia ini tak lepas dari perhatian dengan tingkah kocak dan aksi cerdasnya.

Berikut Liputabn6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret aksi kocak Nastusha Olivia Alinskie yang selalu membuat gemas, Selasa (11/8/2020).

1. Buah hati pertama Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia ini lahir pada 9 September 2016.

Aksi Kocak Nastusha Olivia Alinskie. (Sumber: Instagram.com/aliskiefamily)
Aksi Kocak Nastusha Olivia Alinskie. (Sumber: Instagram.com/aliskiefamily)

2. Hampir berusia 4 tahun, Nastusha Olivia Alinskie selalu berhasil membuat gemas dengan tingkah lucunya.

View this post on Instagram

Cobacoba sepatu mami, karna di liat bagus 😅😅😅

A post shared by aliskiefamily (@aliskiefamily) on

3. Walaupun usianya belum genap 4 tahun, namun batita menggemaskan ini juga sudah pandai berenang lho.

4. Tingkah gemas dan aksi cerdas yang dilakukan Nastusha kerap membuat warganet gemas dan disebut keponakan online kesayangan warganet.

5. Baik Glenn maupun Chelsea kerap mengunggah ragam momen gemas Nastusha di akun Instagram pribadinya.

Aksi Kocak Nastusha Olivia Alinskie. (Sumber: Instagram.com/chelseaoliviaa)
Aksi Kocak Nastusha Olivia Alinskie. (Sumber: Instagram.com/chelseaoliviaa)

6. Beberapa bulan lagi, Nastusha akan segera menjadi seorang kakak nih.

Aksi Kocak Nastusha Olivia Alinskie. (Sumber: Instagram.com/aliskiefamily)
Aksi Kocak Nastusha Olivia Alinskie. (Sumber: Instagram.com/aliskiefamily)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alexis Sanchez Terancam Batal Lampiaskan Dendam kepada MU di Liga Europa

Posted: 10 Aug 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alexis Sanchez menjadi tumbal kemenangan Inter Milan atas Bayern Leverkusen pada babak perempat final Liga Europa, Selasa dini hari WIB (11/8/2020). Pemain asal Chile tersebut mengalami cedera yang membuatnya terancam tidak bisa tampil hingga babak final.

Sanchez mengalami cedera otot saat Inter Milan menang 2-1 atas Leverkusen. Padahal kemenangan ini semakin mendekatkan Alexis Sanchez dengan momen 'balas dendam' terhadap Manchester United (MU) yang telah membuangnya dari Old Trafford baru-baru ini.

Ya, seperti diketahui Sanchez baru saja pindah secara permanen ke Inter Milan. Pemain yang pernah memperkuat Arsenal itu dilepas gratis setelah dianggap minim kontribusi di MU dengan mencetak 5 gol dari 45 pertandingan. Selama ini Sanchez dianggap sebagai 'benalu' bagi skuat MU.

Selain minim kontribusi di lapangan, Setan Merah merasa terbeban denga gaji selangit yang diterimanya. Besarnya upah Alexis Sanchez juga membuat suasana di kamar ganti MU tidak kondusif. Sebagian pemain merasa iri atas bersanya gaji yang diterima Sanchez.

 

Cemerlang di Inter Milan

Pemain Inter Milan Alexis Sanchez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Brescia pada pertandingan Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Rabu (1/7/2020). Inter Milan menaklukkan Brescia dengan skor 6-0. (AP Photo/Luca Bruno)
Pemain Inter Milan Alexis Sanchez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Brescia pada pertandingan Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Rabu (1/7/2020). Inter Milan menaklukkan Brescia dengan skor 6-0. (AP Photo/Luca Bruno)

Setelah 18 bulan sejak didatangkan dari Arsenal, Sanchez kemudian dipinjamkan ke Inter Milan pada musim panas lalu. Sempat berkutat dengan cedera di awal musim, Sanchez kemudian menunjukkan performa terbaiknya saat Serie A kembali bergulir usai terhenti akibat pandemi.

Pelatih Nerrazurri, Antonio Conte juga tertarik dengan performa Sanchez. Setelah melalui proses negosiasi yang alot, MU akhirnya merelakan Sanchez ke Inter Milan secara cuma-cuma. Selain Sanchez, Inter juga lebih dulu merekrut dua pemain MU, yakni Romelu Lukaku dan Ashley Young.

 

Berpotensi Bertemu di Final

Striker Inter Milan, Alexis Sanchez, merayakan gol ke gawang Genoa bersama Romelu Lukaku pada laga Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu (25/7/2020). Inter Milan menang 3-0 atas Genoa. (Tano Pecoraro/LaPresse via AP)
Striker Inter Milan, Alexis Sanchez, merayakan gol ke gawang Genoa bersama Romelu Lukaku pada laga Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu (25/7/2020). Inter Milan menang 3-0 atas Genoa. (Tano Pecoraro/LaPresse via AP)

Selain Inter Milan, MU juga berhasil lolos ke semifinal Liga Europa. Setan Merah melaju usai mengalahkan wakil Denmark, Kopenhagen 1-0 lewat penalti Bruno Fernandes. Pada laga berikutnya, MU akan berhadapan dengan pemenang partai lainnya antara Sevilla dan Wolves. Sementara Inter Milan pada laga selanjutnya akan bertemu pemenang Shakhtar Donetsk vs Basel.

Bila sama-sama menang, MU dan Inter Milan akan bertemu di final. Ini bakal menjadi momen bagi mantan-mantan pemain MU seperti Shancez, Lukaku, dan Young untuk balas dendam. 

Sayang, Sanchez terancam tidak bisa ambil bagian dalam momen spesial tersebut. Sebab menurut media-media Italia seperti dilansir dari Metro.co.uk, pemain yang sempat bergaji 400 ribu euro per pekan itu merasakan sakit di bagian otot usai pertandingan Inter Milan melawan Leverkusen. 

Sanchez selanjutnya akan menjalani pemeriksaan untuk mengetahui kondisinya. Dan bukan tidak mungkin, cedera yang dialami bakal memaksanya absen hingga babak final nanti. Dalam duel ini, Sanchez tampil pada menit ke-64 menggantikan peran Lautaro Javier Martinez.  

Hasil Perempat Final Liga Europa

Senin (10/8/2020) atau Selasa dini hari WIB

Inter Milan vs Bayern Leverkusen: 2-1

MU vs FC Kopenhagen: 1-0

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Resmi Usung Menantu Jokowi, Bobby Nasution di Pilkada Medan

Posted: 10 Aug 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini, Selasa (11/82020) resmi mengumumkan pasangan Bobby Nasution dan Aulia Rachman maju di Pilkada Medan.

Pengumuman dibacakan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani, yang disaksikan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Tahapan III 75 Pasangan Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak yang dilakukan secara daring.

"Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman," kata Puan.

Puan lantas mengucapkan selamat bergabung pada Bobby Nasution.

"Selamat bergabung di PDIP perjuangan Mas Bobby, dan selamat atas kelahiran putra keduanya semoga berkah," katanya.

Bobby pun mengucapkan terimakasih kepada Puan yang telah mengumumkan rekomedasi PDIP tersebut.

"Terima kasih kepada mbak Puan Maharani," balas Bobby.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, Doni Primanto Joewono jadi Deputi Gubernur BI

Posted: 10 Aug 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Doni Primanto Joewono mengambil sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih periode 2020-2025. Upacara pengucapan sumpah jabatan tersebut dilaksanakan di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Syarifuddin.

Acara tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB di Aula Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, dan disiarkan secara virtual oleh Bank Indonesia. Doni resmi diangkat berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 78/P/2020.

Syarifuddin mengawali acara dengan bertanya kepada Doni. "Bersediakah saudara mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan Anda?" tanya Syarifuddin kepada Doni, Selasa (11/8/2020).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Doni menyatakan bersedia dan segera mengambil posisi untuk mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia, langsung atau tidak langsung, dengan nama dan dalih apapun, tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberi apapun kepada siapapun juga. Saya bersumpah, bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tidak akan menerima langsung atau tidak langsung, dari siapapun juga dalam bentuk apapun," ucapnya.

Sebagai informasi, Doni terpilih sebagai penerus Erwin Rijanto, yang masa jabatannya sebagai Deputi Gubernur BI telah berakhir pada Juni 2020. Posisi itu didapatkannya setelah mengalahkan dua pesaingnya, Juda Agung dan Aida S Budiman dalam proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi XI DPR RI pada 7-8 Juli 2020.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Doni P Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI Gantikan Erwin Rijanto

Ilustrasi Bank Indonesia.
Ilustrasi Bank Indonesia.

Komisi XI DPR RI resmi menetapkan Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih untuk menggantikan posisi Erwin Rijanto. Doni menang bersaing dari dua calon lainnya, yakni Juda Agung dan Aida S Budiman.

"Doni P Joewono dipilih secara aklamasi dan musyawarah mufakat," kata anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno, Senin (13/7/2020).

Dengan keputusan ini, Doni akan berstatus sebagai Deputi Gubernur BI selama 5 tahun mendatang, yakni untuk periode 2020-2025.

Adapun Doni Primanto Joewono merupakan calon terakhir yang menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI pada Rabu (8/7/2020) kemarin.

Sebelumnya, ia merupakan Kepala Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) BI. Dalam pemaparannya, Doni menekankan fokus pada pemulihan ekonomi melalui digitalisasi.

 

Digitalisasi

Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menurut dia, salah satu cara untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yakni dengan berfokus pada pemanfaatan digitalisasi yang saat ini telah dilakukan.

Sebagai contoh, ia menyatakan elektronifikasi pemberian bantuan sosial (bansos) akan mempermudah masa pemulihan ekonomi dalam situasi krisis seperti yang terjadi saat ini.

"Digitalisasi mendorong elektronifikasi bansos sangat efektif. Apalagi dalam kondisi Covid-19, ini adalah untuk mendorong ekonomi, mendorong supaya bansos betul-betul diterima dan menggerakkan ekonomi," tuturnya.

Selain itu, Doni juga bakal mengoptimalkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk memanfaatkan perkembangan digital. Dia menganggap BSPI 2025 memiliki titik keseimbangan dalam upaya mengoptimalkan peluang inovasi digital.

"Titik keseimbangan diperlukan supaya bisa mengoptimalkan peluang yang diusung oleh inovasi digital dan upaya memitigasi risiko. Bank Indonesia harus terus menerus mendorong Blueprint Sistem Pembayaran," ujar Doni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Satu Provinsi yang 70 Persen Masyarakatnya Belum Pakai Masker

Posted: 10 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jawa Barat - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ada satu provinsi yang 70 persen masyarakatnya tidak menggunakan masker.

Dalam pertemuannya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jokowi mengimbau berbagai pihak untuk mendorong kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Terutama penggunaan masker, di samping jaga jarak, cuci tangan, dan tidak berkerumun.

"Masker menjadi kunci, survei yang kita lakukan di… saya tidak sebut provinsinya, 70 persen belum memakai masker. Saya tidak akan sebut provinsinya, ini di salah satu provinsi di Jawa," ujarnya dalam pertemuan bersama Gubernur Jabar yang disiarkan langsung di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).

Masker untuk Menyelesaikan Berbagai Masalah

Menurutnya, 70 persen adalah angka yang sangat tinggi. Ia meminta, agar peraturan memakai masker ini terus digaungkan.

"Saya sudah menyampaikan dalam dua minggu ini dibantu oleh TNI/POLRI dan gugus tugas daerah, betul-betul urusan masker itu perlu kita kerjakan secara massif."

"Jadi tolong, permintaan untuk masker disampaikan kepada ketua komite ketua Satgas sehingga benar-benar urusan yang berkaitan dengan masker ini perlu kita selesaikan."

Jokowi menambahkan, masker adalah alat yang bisa menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan COVID-19.

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Bapak Curi HP Demi Anak Bisa Sekolah Online di Garut Ditutup

Posted: 10 Aug 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus seorang bapak pencuri handphone atau hp agar anaknya dapat mengikuti sekolah online berakhir baik. Korban memaafkan pelaku dan laporan tindak pidananya pun dicabut.

Kepala Kejaksaan Negeri Garut Sugeng Hariadi membenarkan hal tersebut. Kini, kasus tersebut ditutup dan bahkan bantuan diberikan kepada keluarga pelaku.

"Kasus tidak dilanjutkan karena korban mencabut laporannya," tutur Sugeng saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (11/8/2020).

Cerita miris bapak pencuri hp demi anak bisa sekolah online di Garut, Jawa Barat, menyedot perhatian. Mulanya, kabar ini tersiar usai Kejaksaan Negeri Garut memberikan ponsel pengganti ke bapak tersebut agar anaknya bisa sekolah di masa pandemi.

Kepala Kejari Garut Sugeng Hariadi menyampaikan rasa ibanya saat mengetahui kasus ini. Menurut keterangan yang didengarnya langsung, bapak tersebut tak berniat mencuri demi meraup keuntungan materil. Dia hanya ingin melihat anaknya yang duduk di bangku sekolah menengah pertama dapat ikut bersekolah online seperti teman-temannya.

Sayangnya, bapak bernama AJ ini hanya seorang buruh tani. Sugeng mengatakan, sejak pandemi melanda, aktivitas kerjanya mulai sulit. Jangankan untuk membeli ponsel, untuk makan sehari-hari saja harus berjuang keras.

"Saat saya datang, mereka sedang makan mi instan semangkung bersama-sama sekeluarga ada lima anggota, sedih mas," kata Sugeng saat berbincang dengan Liputan6.com soal bapak pencuri hp demi anaknya sekolah, Rabu 5 Agustus 2020.

 

Tak Mampu

Sugeng kemudian membagikan sejumlah foto yang menggambarkan kondisi rumah AJ, bapak pencuri HP demi anak sekolah itu. Dari foto itu, tergambar kehidupan ekonomi keluarga AJ yang sangat sederhana.

Mulai dari lantai yang beralas tikar, dinding tak semua disemen, hampir didominasi dengan sekat jerami, dan kamar yang tidak berpintu hanya ditutup tirai.

Rumah tersebut terlihat sempit dengan adanya 5 anggota berkumpul ditambah dengan Sugeng dan petugas dari Kejari Garut yang saat itu ikut berfoto.

Pada foto itu terlihat kondisi atap rumah AJ yang rapuh.

Sugeng berpesan kepada AJ dan pembaca Liputan6.com, mencuri, apapun motifnya dapat dijerat pasal pidana. Oleh karena itu, sebagai penegak hukum, Sugeng meminta masyarakat berhati-hati untuk tidak bertindak melanggar hukum berlaku.

"Saya kasih pesan ke AJ agar jangan lagi mencuri, jika ada masalah seperti itu baiknya dapat dikomunikasikan dulu siapa tahu ada yang bisa bantu," Sugeng menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saling Balas, China Jatuhkan Sanksi ke Warga AS Termasuk Pejabat Gedung Putih

Posted: 10 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - China mengatakan akan menjatuhkan sanksi pada 11 warga AS termasuk senator dan pejabat tinggi lainnya.

Sanksi itu datang sebagai tanggapan atas keputusan AS yang memberikan sanksi kepada 11 pejabat China dan sekutunya di Hong Kong karena membatasi kebebasan politik. Demikian seperti mengutip laman BBC, Selasa (11/8/2020). 

Di antara mereka yang menjadi sasaran China adalah Senator Republik Ted Cruz dan Marco Rubio, dan Kenneth Roth, direktur eksekutif amal Human Rights Watch.

Selain nama tersebut, tercatat pula dalam daftar yakni Senator Tom Cotton, Josh Hawley dan Pat Toomey dan Perwakilan Chris Smith yang semuanya datang dari Partai Republik, serta individu lain dari organisasi nirlaba dan kelompok hak asasi.

Namun ternyata, China tidak menargetkan pejabat dari pemerintahan Trump.

"Menanggapi perilaku AS yang salah itu, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi pada individu yang berperilaku buruk pada masalah terkait Hong Kong," kata juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian.

Dia tidak merinci sanksi apa pun.

Balas Beri Sanksi

Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)
Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)

China telah mengumumkan sanksi bulan lalu terhadap Rubio dan Cruz serta pejabat lainnya, setelah AS mengkritik keras Beijing karena perlakuannya terhadap etnis minoritas Uighur di Xinjiang dan mengatakan akan memberikan sanksi kepada pejabat tinggi partai komunis China.

Hubungan antara kedua negara telah memburuk selama berbulan-bulan. 

AS secara terbuka mengkritik China atas tindakannya di Hong Kong, penganiayaannya terhadap minoritas Uighur, dan penanganannya terhadap wabah virus corona baru. 

Presiden Donald Trump telah sering berusaha untuk mengalihkan fokus ke China selama situasi virus corona AS yang memburuk, menyebut penyakit itu sebagai "virus China" selama konferensi pers.

Trump menandatangani perintah eksekutif pada hari Jumat yang memberlakukan sanksi terhadap kepala eksekutif Hong Kong Carrie Lam serta mantan kepala polisi wilayah itu saat ini, membekukan aset dan melarang orang Amerika melakukan bisnis dengan mereka.

Menanggapi sanksi tersebut, juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan China "dengan tegas menentang dan mengutuk keras campur tangan terang-terangan seperti itu dalam urusan Hong Kong".

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa Hong Kong adalah urusan Hong Kong China dan Hong Kong adalah urusan dalam negeri China yang tidak dapat diganggu oleh kekuatan eksternal," tambahnya. 

"China mendesak AS untuk mengenali situasi dan memperbaiki kesalahannya, dan tidak melangkah lebih jauh dan lebih jauh ke jalan yang salah."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ultah ke-42, AHY dan Keluarga Kompak Tampil Serba Biru

Posted: 10 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) genap berusia 42 tahun pada Senin, 10 Agustus 2020. Bertepatan dengan momen hari lahir, ulang tahun putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini, dirayakan bersama keluarga tercinta.

Hangatnya kebersamaan AHY dan keluarga terlihat dari sederet unggahan yang bagikan melalui akun Instagram pribadi. Pada potret pertama menampilkan dirinya berpose sambil merangkul sang istri, Annisa Pohan, dan putri mereka Almira.

Dekorasi di belakang keluarga kecil ini terdapat curtain foil warna silver dengan balon foil huruf yang bertuliskan "happy birthday AHY" bernuansa biru. Pada bagian atas dilengkapi dengan balon-balon biru hingga balon foil seperti berbentuk bintang yang warna senada juga ada di sisi meja.

Sedangkan di depan AHY, Annisa, dan Almira terdapat lima buah kue ulang tahun dan satu tumpeng di atas meja. Ada kue ulang tahun marble dengan sentuhan putih biru, kue cokelat, hingga kue berhiaskan warna-warni.

Mereka juga tampil kompak dalam balutan busana serba biru. AHY tampak mengenakan kemeja berlengan panjang warna biru dongker bermotif garis-garis. Atasan itu lalu dipadukan dengan celana panjang hitam.

Lalu, Annisa Pohan tampil dalam balutan terusan bermotif yang juga berlengan panjang warna biru. Rambut hitamnya yang panjang dibiarkan tergerai indah serta pulasan makeup natural. Sedangkan, Almira mengenakan sweater biru dan celana panjang hitam.

Pada potret selanjutnya menampilkan kebersamaan dengan ayah dan ibu Annisa serta sang adik Ibas dan Aliya Rajasa. Ada pula momen memotong tumpeng hingga AHY mengecup manis pipi sang istri.

Ucap Syukur AHY

Agus Yudhoyono (Sumber: Instagram/annisayudhoyono)
Agus Yudhoyono (Sumber: Instagram/annisayudhoyono)

Ucap syukur di hari ulang tahun tak lupas ia sampaikan. "Alhamdulillah, pagi ini saya terbangun dengan penuh rasa syukur karena masih diberikan nikmat umur, serta dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman terdekat yang penuh perhatian kepada saya," tulis AHY pada 10 Agustus 2020.

Besar harap AHY di sisi usianya dapat kian membawa kebaikan untuk pribadi, keluarga, para sahabat, juga masyarakat Indonesia. Ia turut mengenang perjuang mendiang ibunda, Ani Yudhoyono 42 tahun lalu ketika melahirkannya.

"Tentu akan selalu saya ingat segala pengorbanan, jasa-jasa dan kasih sayang yang Memo dan Pepo berikan pada saya. Semoga Memo diberikan tempat terbaik di sisi Allah S.W.T dan Pepo diberikan kesehatan dan kebahagiaan," lanjutnya.

AHY turut menyampaikan terima kasih kepada keluarga, terutama sang ayah dan ibu mertua serta adiknya Ibas dan Aliya, serta para sahabat. "Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk istri saya Annisa dan anak saya Aira atas segala kejutan manis yang diberikan. I love you 3000!" tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Sosok Mengerikan di Kamar Bayi Terekam Kamera CCTV Ini Bikin Merinding

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasang kamera CCTV di kamar bayi menjadi salah satu solusi bagi para orangtua agar bisa selalu mengawasi buah hatinya. Hal seperti ini cukup lumrah terjadi di kota besar saat orang tuanya sibuk, jadi bisa tetap memantau dari jauh.

Selain itu, dengan kamera CCTV tentu bisa mengawasi bayi saat tidur malam hari. Baik itu saat ia terbangun atau hanya sekedar mengeceknya saat malam tanpa memasuki kamar bayi.

Namun, bagaimana jadinya jika kamera CCTV tersebutjuga merekam kejadian aneh yang munculdi kamar bayi? Sebuah video yang viral baru-baru ini menunjukkan sebuah kamera CCTV berhasil merekam sosok misterius yang muncul di sebelah tempat tidur seorang bayi. Kemunculan sosok misterius saat bayi sedang tidur itu pun menjadi perbincangan hangat warganet.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @lexibruner04 ini pun viral hingga diunggah kembali oleh berbagai akun sampai media sosial Twitter yang diunggah oleh akun @perkedeeeeel, Selasa (11/8/2020). Video yang sudah ditonton lebih dari 15 juta kali ini juga memunculkan perdebatan sebeneranya apa yang muncul di kamar bayi tersebut.

Berikut ulasan sosok mengerikan di kamar bayi yang Liputan6.com kutip dari TikTok @lexibruner04, Selasa (11/8/2020).

Viral sosok mengerikan tertangkap kamera CCTV di kamar bayi

Sebuah video TikTok dari akun @lexibruner04 menjadi viral di media sosial Twitter. Video tersebut diunggah ulang oleh akun @perkedeeeeel, Selasa (11/8/2020) yang sampai saat ini telah mendapat 2 ribu like dan seribu retweet dari netizen.

Sebuah video berdurasi kurang dari satu menit itu memperlihatkan penampakan sosok misterius yang mengerikan tengah mendekati seorang bayi yang sedang tertidur di ranjangnya.

@lexibruner04

I'm traumatized😭 #scary

♬ something traumatic - courtneyleehewitt

Sosok mengerikan tersebut menjadi perdebatan bagi netizen

Sosok mengerikan tertangkap kamera CCTV (Sumber: TikTok/lexibruner04)
Sosok mengerikan tertangkap kamera CCTV (Sumber: TikTok/lexibruner04)

Sosok misterius yang mengerikan ini pun menjadi perdebatan. Ada yang mengira bahwa sosok tersebut binatang ada juga yang menduga itu adalah salah satu anggota keluarga yang sedang melihat bayi tersebut.

"anjing ga si itu? kan kadang mata di cctv emg keliatan kaya mata kucing bersinar gt" tutur @awruum

Ada pula yang takut, tapi malah ngegombal.

"Isshhh, pagi-pagi udah liat kuntilanak ngintip... Mendingan liat aku yang selalu ngintipin kamu disetiap tidurmu. Face with tears of joySmiling face with open mouth and cold sweat" ungkap @MSupamudji

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Tulus Pemkab Serang untuk Wali Kota Bengkulu dalam Sebuah Plakat

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - Pemerintah Kota Bengkulu melakukan MoU dengan Pemkab Serang terkait dengan kesamaan program-program yang bersifat religius. MoU digelar di ruang rapat H Tb Syam'un Pemkab Serang, pekan lalu, Kamis (6/8/2020).

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan hadir langsung dalam acara penandatanganan MoU itu didampingi dari Bapenda, DPM-PTSP, PUPR, Bapelitbang, dan Dinas Kominfosan.

Dari pihak Pemkab Serang dihadiri Sekretaris Daerah Entus Mahmud Sahiri mewakili Bupati Serang didampingi Bappeda, Diknas, Kominfo, Perindag, dan para kabag.

Ada yang menarik dari pertemuan di acara MoU itu, yakni Wali Kota Bengkulu Helmi menerima cendera mata berupa plakat dari Pemkab Serang. Menariknya, di belakang plakat itu tertulis doa. Helmi didoakan agar dapat mencapai apa yang diharapkan dan dicita-citakan.

Plt Kadis Kominfosan Kota Bengkulu Eko Agusrianto yang ikut mendampingi wali kota menyampaikan bahwa MoU itu dilakukan karena ada kesamaan visi misi dan program-program antara Pemkot Bengkulu dengan Pemkab Serang, terutama program religius.

"Karena memang ada kesamaan visi dan misi terkait dengan program religius sehingga masing-masing punya kesepakatan untuk mendatangkan kebahagiaan bagi masyarakat," jelas Eko.

Eko mengatakan, pada kesempatan itu, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan memaparkan semua program-program Pemerintah Kota Bengkulu mulai dari HD Samawa, HD OTO, HD Clean, Jumat berkah, pengangkatan anak yatim oleh orangtua asuh dari para pejabat, gerakan peduli siswa, gerakan peduli yatim, KTP antar alamat, program takziah, akta kematian antar alamat, dan masih banyak lainnya.

Begitu pula dari Pemkab Serang juga memaparkan program-program religiusnya yang pada intinya punya kesamaan dengan program dari Pemkot Bengkulu.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Matangkan Konsep Pinjaman Tanpa Bunga untuk Rumah Tangga

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah terus mematangkan konsep program bantuan pinjaman tanpa bunga untuk rumah tangga. Saat ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menunggu skema dari Satgas Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan pihak perbankan.

"Untuk pinjaman tanpa bunga ini, kita masih menunggu dari satgas dan kelompok pelaksanaanya yaitu melalui perbankan untuk bagaimana desainnya," kata Sri Mulyani seperti ditulis, Selasa (11/8/2020).

Kendati demikian, dirinya memastikan target penerima dari program bantuan produktif ini adalah para rumah tangga yang memiliki usaha dengan nama dan alamat yang jelas.

Bendahara Negara ini menyampaikan pihak Kementerian Keuangan terus menjalin komunikasi dan kerja sama dengan para perbankan salah satunya dengan BRI yang memiliki program bantuan untuk UMKM, serta BPD, dan perbankan lainnya.

"Nanti kita akan bekerjasama terutama untuk bank-bank yang sudah terbiasa menghadapi masyarakat dalam skala kecil yaitu UMKM seperti BRI, dan mungkin dari BPD atau bank lainnya," ungkap Sri Mulyani.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Stimulus

Sebelumnya, pemerintah mendorong berbagai stimulus di tengah penurunan konsumsi atau daya beli masyarakat. Sejumlah insentif maupun program bantuan sosial pun terus digencarkan oleh pemerintah. Tujuannya mendongkrak konsumsi masyarakat.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo mengatakan, salah satu wacana yang akan diluncurkan pemerintah adalah pemberian akses pinjaman bagi rumah tangga. Di mana, masyarakat nantinya dapat mengajukan skema pinjaman tanpa bunga.

"Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses, itu yang sedang disiapkan," kata Prastowo dalam acara Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, pada Kamis 6 Agustus 2020.

Kendati begitu, dia tidak menjelaskan secara jelas mengenai rencana baru pemerintah dalam memberikan bantuan di tengah pandemi Corona. Pinjaman tanpa bunga untuk rumah tangga ini sedang disiapkan seperti bantuan untuk 13 juta pegawai bergaji di bawah Rp5 juta per bulan.

"Jadi ini supaya ada tambahan daya beli, supaya mereka terbantu dan diperhatikan," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Resmi Usung Keponakan Prabowo, Rahayu Saraswati Maju di Pilkada Tangsel

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini, Selasa (11/7/2020) resmi mengumumkan keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, maju sebagai bakal calon Wakil Wali Kota di Tangerang Selatan.

Adapun, Rahayu dipasangkan dengan kader PDIP, Muhammad.

Pernyataan resmi itu dibacakan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani, yang disaksikan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Tahapan III 75 Pasangan Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak yang dilakukan secara daring.

"Kota Tangerang Selatan nama kepala daerahnya Haji Muhammad M.si, nama wakil kepada daerah Rahayu Saraswati Djojohadikusumo," ucap Puan.

Diakhir pengumuman tersebut, wanita yang juga menjabat sebagai Ketua DPR RI ini memekikkan kalimat. "Merdeka,".

 

Momentum Politik

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, selalu menggunakan momentum politik untuk mengumumkan para jagoannya.

"PDI Perjuangan di dalam menggunakan momentum politik, menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 75, dengan semangat patriotisme dan diinspirasi oleh apa yang disampaikan oleh Bung Karno, ketika sebelum membacakan teks proklamasi beliau menegaskan, hanya bangsa yang berani yang meletakan nasib bangsa dan nasib tanah air di tangan kita sendiri, akan berdiri dengan kuatnya," jelas Hasto saat membuka pengumuman pasangan Cakada Pilkada serentak.

"Karena itulah, kemerdekaan Indonesia, tidak hanya megandung semangat pembebasan, semangat cinta tanah air, tetapi semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat dan berdiri diatas kaki sendiri," lanjut dia.

Dia juga memahami, semua ini diumumkan saat pandemi Covid-19. Karenanya, semua pasangan yang diumumkan hari ini akan menerima arahan langsung dari Ketum PDIP Megawati secara daring.

"Kita juga tahu bahwa seluruh tahapan pilkada dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Karena itulah seluruh calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan secara langsung menerima arahan dan instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Rumah Mungil yang Terapit Jalan Raya

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada saja segelintir orang yang menolak jika rumah yang telah lama dihuninya akan digusur, walaupun akan dibayar dengan imbalan yang setimpal. Apalagi rumah kesayangan harus dihancurkan untuk kepentingan bersama.

Sebuah rumah seluas 40 meter pesegi di provinsi Guangdong, kini menjadi salah satu bangunan terkenal di Tiongkok. Bagaimana tidak, rumah mungil tersebut berada di tengah jalan raya di antara jalur jembatan Haizhuyong.

Liang, pemilik rumah tersebut mengatakan bahwa dia menolak pindah karena pemerintah telah gagal memberinya properti pengganti di lokasi ideal. 

Artikel tentang tolak digusur, rumah ini berada di tengah jalan raya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kisah ibu kandung dinikahi ayah mertua, kini suamiku adalah kakak tiriku.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tanpa disadari, lima kebiasaan di pagi hari ini bisa bikin tubuh gemuk.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tolak Digusur, Rumah Ini Berada di Tengah Jalan Raya

(odditycentral.com)
(odditycentral.com)

Sebaliknya, mereka malah menawarkan sebuat flat yang terletak di dekat kamar mayat.

"Kamu pikir lingkungan ini buruk, tapi saya merasa tenang, bebas, menyenangkan dan nyaman," kata Liang seperti melansir dari Oddity Central, Senin (10/8/2020).

Selengkapnya...

2. Kisah Ibu Kandung Dinikahi Ayah Mertua: Kini Suamiku adalah Kakak Tiriku

foto: TikTok @yeniindriyani01
foto: TikTok @yeniindriyani01

Jodoh memang tak ada yang tahu. Kita bisa jatuh cinta kepada siapa saja tanpa pernah diduga sebelumnya. Tak heran ada begitu banyak kisah cinta tak terduga yang terjadi di dunia.

Belum lama ini viral sebuah video yang diunggah pengguna TikTok yang menunjukkan kisah cinta cukup unik yang dialami ibunya.

Bagaimana tidak, ibunya dinikahi ayah mertuanya sendiri. Pengguna TikTok dengan akun @yeniindriyani01 tersebut pun mengunggah video prosesi akad nikah keduanya.

Selengkapnya...

3. Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Tubuh Gemuk

Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)
Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)

Tentu ada banyak hal yang kalian lakukan di pagi hari ya? Mulai dari bangun tidur, mandi, minum the, dan lain-lain.

Tanpa disadari rupanya kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Terlebih lagi, ada banyak kebiasaan yang kerap dilakukan oleh banyak orang tapi justru berdampak buruk pada tubuh.

Ya, rupanya ada banyak kebiasaan di pagi hari yang sering dilakukan dan ternyata bisa meningkatkan risiko kegemukan tanpa disadari. Lantas apa saja kebiasaan pagi hari yang bikin tubuh gemuk? Dikutip dari thehealthsite.com, berikut ulasannya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Solusi UMKM dari Gojek Jadi Sorotan

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inisiatif baru bernama Melaju Bersama Gojek untuk mendorong UMKM beralih ke dunia digital menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (10/8/2020) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Huawei yang kembali memperkenalkan tablet terbarunya untuk pasar Indonesia. Kali ini Huawei merilis MatePad T8 dengan harga terjangkau.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Gojek Rilis Solusi Komprehensif untuk Dorong UMKM Go Digital

Gojek baru saja mengumumkan inisiatif baru yang diberi nama Melaju Bersama Gojek. Inisiatif ini merupakan solusi inklusif dan komprehensif yang dibuat Gojek untuk UMKM beralih ke dunia digital.

Melalui solusi ini, UMKM dapat lebih mudah menerapkan digitalisasi dengan memanfaatkan ekosistem Gojek. Para pelaku UMKM dapat memanfaatkannya dalam setiap operasional bisnis, mulai dari pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

Ragam solusi ini dapat digunakan oleh semua tipe UMKM, mulai dari yang berskala mikro hingga besar. Selain menyediakan solusi komprehensif, Gojek juga bekerja sama dengan sejumlah rekanan pembayaran, seperti QRIS dan LinkAja, serta penyedia jasa logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.

Baca selengkapnya di sini

2. Tablet Huawei MatePad T8 Resmi Rilis di Indonesia, Harga Sejutaan

Huawei kembali memperkenalkan tablet terbarunya untuk pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu merilis MatePad T8 yang hadir sebagai tablet dengan harga terjangkau.

"Huawei MediaPad T8 adalah tablet yang cocok sebagai pendamping belajar, bekerja, hingga hiburan, semua hadir dalam satu genggaman," tutur Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia Lo Khing Seng dalam keterangan resmi, Senin (10/8/2020).

Tablet ini hadir dalam satu pilihan warna, yakni Deepsea Blue. Huawei membuka pre-order MatePad T8 mulai 10 hingga 24 Agustus 2020.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Tagar Berani Berubah Jadi Trending Topic di Twitter

Trending topic #BeraniBerubah
Trending topic #BeraniBerubah

Program terbaru hasil kolaborasi antara SCTV bersama Indosiar dengan media digital Liputan6.com dan Merdeka.com yang berjudul Berani Berubah ternyata berhasil menyedot perhatian warganet.

Hal itu dibuktikan dengan tagar Berani Berubah yang masuk dalam Trending Topic Twitter Indonesia. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (10/8/2020), tagar itu saat ini ada di peringkat kedua.

Banyak dari kicauan waragnet soal topik Berani Berubah ini dengan nada positif. Beberapa di antaranya merasa memang perlu keberanian untuk berubah di tengah pandemi saat ini.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hyundai Resmikan Ioniq Sebagai Sub-brand Mobil Listrik

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ioniq resmi menjadi sub-brand mobil listrik Hyundai. Pabrikan berlogo H ini juga menyiapkan 3 model EV yang meluncur dalam waktu 4 tahun mendatang.

"Merek Ioniq akan mengubah paradigma pengalaman pelanggan EV," ucap Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company, Wonhong Cho. "Dengan penekanan baru kepada kehidupan terkoneksi (connected living), kami akan menawarkan pengalaman elektrifikasi sejalan dengan gaya hidup ramah lingkungan," imbuhnya.

Bukan hal baru bagi Hyundai dalam menggeser sebuah identitas menjadi merek bawahan. Sebelumnya, pada 2015, hal serupa perdana terlaksana. Ditandai oleh kelahiran kaki-tangan Hyundai di ranah premium. Itulah Genesis, mengawali eksistensi sebagai kupe menawan asal Korea Selatan (Genesis Coupe). Terbilang sukses menghadapi lima tahun perjalanan, salah satunya di AS. Mirip seperti hubungan antara Toyota dan Lexus. Nah, kini Ioniq melakukan perjalanan serupa, bakal merepresentasikan line-up elektris Hyundai.

Istilah Ioniq sendiri berasal dari penggabungan "Ion" dan "Unique". Diumumkan kali pertama sebagai proyek pengembangan yang punya fokus dalam mobilitas ramah lingkungan. Pada 2016 muncul pemain baru bertubuh sedan mengusung nama proyek. Tak salah kalau dibilang unik lantaran dalam satu jenis bodi tersedia tiga variasi pemacu beda dunia: hybrid electric, plug-in hybrid, battery electric. Tak hanya eksis di luaran sana karena Hyundai Ioniq turut mejeng di Tanah Air.

 

3 Model Baru

Di samping pengumuman divisi baru lewat atraksi lampu di London Eye, Hyundai turut mengumumkan tiga model anyar. Paling pertama datang adalah Ioniq 5, mengikuti tren SUV berstatus midsize crossover. Dikabarkan bakal menjadi realisasi Hyundai 45 Concept yang tampil di International Motor Show (IAA) Frankfurt, Jerman 2019. Tidak lama lagi, kemungkinan besar datang meramaikan awal 2021.

Lanjut di 2022, Ioniq 6 sedan ikut mengisi jajaran produk EV. Awal mulanya adalah purwarupa Prophecy, rilis Maret lalu. Desain eksterior menggugah, menggabungkan elemen klasik dengan siluet aerodinamis membulat. Lantas rencana awal ini akan dituntaskan oleh sebuah SUV besar Ioniq 7 pada 2024. Sebagai informasi, skema penamaan angka ganjil diperuntukkan sebagai SUV sementara genap adalah sedan. Unik!

Yang pasti seluruh model anyar mengusung tema 'Timeless Value'. Ada inspirasi dari masa lalu namun menjadi jembatan ke masa mendatang. Juga setiap EV akan berdiri di atas basis Electric Global Modular Platform (E-GMP). Dasar kerangka memungkinkan tiap mobil memiliki kemampuan fast charging berikut daya jangkau tinggi.

 

Platform Khusus

Platform khusus turut sanggup membuat interior "smart living place". Memiliki kebebasan pengaturan duduk tingkat tinggi, konektivitas nirkabel, hingga glove box didesain bak lemari. Optimis memang. Dijanjikan juga user interface sederhana, intuitif, dan ergonomis agar memudahkan pengoperasian.

Meluncurnya sub brand khusus mobil listrik, Ioniq jua bagian strategi jangka panjang pabrikan. Tepatnya hingga 2025, pabrikan otomotif negeri Gingseng menargetkan penjualan kendaraan listrik berbasis baterai sebanyak 560 ribu unit. Posisinya bakal setingkat di atas jumlah penjualan FCEV (fuel cell electric vehicle) lansiran manufaktur. Target itu, bisa mendorong Hyundai ke posisi tiga besar dalam persaingan sebagai pabrikan dengan lini kendaraan ramah lingkungan pada tahun yang ditargetkan. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: LeBron James Kangen Main di Hadapan Fans

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Orlando - NBA 2019-2020 akhirnya bisa dilanjutkan kembali mulai 30 Juli 2020. NBA harus terhenti lebih dari tiga bulan akibat pandemi virus corona Covid-19.

Meski bisa dimulai kembali, banyak perubahan besar di NBA. Seluruh kompetisi harus digelar di kandang Micky Mouse, Disney World Resort, Florida, Amerika Serikat. Hanya 22 tim saja yang ikut bertanding.

Selain itu, seluruh pertandingan NBA digelar tanpa kehadiran penonton. NBA kemudian menyiasatinya dengan penonton virtual hasil kolaborasi dengan Microsoft.

Harus bertanding tanpa penonton membuat kecewa LeBron James. Bintang Los Angeles Lakers itu rindu bertanding dihadapan puluhan ribu penonton.

LeBron mengaku dirinya harus beradaptasi dengan situasi pertandingan tanpa penonton. Dia merasa aneh karena sudah lama sekali tak pernah main basket tanpa disaksikan penonton.

 

Komentar

Bintang Lakers LeBron James Tak Berkutik melawan Raptors pada lanjutan NBA (AP)
Bintang Lakers LeBron James Tak Berkutik melawan Raptors pada lanjutan NBA (AP)

"Saya semakin terbiasa berada di luar sana. Ini dinamika yang sangat aneh. Saya tak pernah bermain di gym kosong dalam waktu yang sangat, sangat lama," ujar LeBron kepada USA Today

"Sudah sangat lama sejak tidak ada yang menyaksikan saya memainkan pertandingan. Saya hanya mencoba menemukan ritme itu dan membiasakannya," tegas LeBron.

Performa

Performa LeBron memang sedikit menurun sejak NBA dilanjutkan kembali di Disney World Resort. Akurasi tembakannya 45,2 persen dengan rata-rata poin 21,6.

Selain itu performa Lakers merosot drastis. Lakers cuma menang dua kali dan kalah empat kali selama tanding di Disney World Resort.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usai Ledakan, Rumah Sakit Lapangan Iran Beroperasi di Lebanon

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Seorang pekerja medis menerima pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)
Seorang pekerja medis menerima pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Seorang pekerja medis menerima pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Para pekerja medis merawat pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)
Para pekerja medis merawat pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Para pekerja medis merawat pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Seorang pekerja medis menerima pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)
Seorang pekerja medis menerima pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Seorang pekerja medis menerima pasien di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Seorang pekerja medis terlihat di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)
Seorang pekerja medis terlihat di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

Seorang pekerja medis terlihat di rumah sakit lapangan bantuan dari Iran di Beirut, Lebanon, 10 Agustus 2020. Lebanon menerima bantuan rumah sakit lapangan dari sejumlah negara dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Bilal Jawich)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bikin Deg-Degan, Pria Ini Berjalan di Celah Sempit Tebing

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi pria ini membuat deg-degan siapapun yang melihatnya. Karena ia berjalan di celah sempit tebing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Katak Kuning Langka Muncul di India

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Muncul puluhan katak berwarna kuning di Madhya Pradesh, India. Katak ini berubah menjadi kuning ketika memasuki musim hujan dan untuk menarik katak betina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Rahadian Gabung ke Jagat Sinema Bumilangit, Warganet Sibuk Tebak Karakter

Posted: 10 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jagat sinema Bumilangit kedatangan empat anggota baru. Bukan orang sembarangan, mereka aktor dan aktris papan atas Tanah Air. Hal ini diumumkan dalam peluncuran virtual Disney+ Hotstar, Senin (10/8/2020).

Sebelum memperkenalkan Reza Rahadian dkk, Joko Anwar mengumumkan bahwa film selanjutnya dari Bumilangit Cinematic Universe (BCU) tengah dikerjakan. 

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan sesuatu yang sangat menarik pada semuanya. Saya ingin memberitahukan bahwa kami sedang menggarap film BCU berikutnya," ungkap sang sutradara Gundala

Sejurus kemudian, ia memperkenalkan tiga bintang yang berdiri di sampingnya dengan mengenakan sweter Bumilangit.

Tiga Nama Kondang

Jefri Nichol, Christine Hakim, dan Dimas Anggara gabung Bumilangit Cinematic Universe ( Foto: Disney+ via Kapanlagi.com)
Jefri Nichol, Christine Hakim, dan Dimas Anggara gabung Bumilangit Cinematic Universe ( Foto: Disney+ via Kapanlagi.com)

"Dan pada kesempatan ini saya ingin mengumumkan para pemeran dalam film ini; Christine Hakim, Jefri Nichol dan Dimas Anggara," beri tahu Joko Anwar. 

Rahasia

Joko Anwar. (Adrian Putra/Fimela.com)
Joko Anwar. (Adrian Putra/Fimela.com)

Sayangnya, ia masih merahasiakan peran apa saja yang bakal dimainkan oleh ketiga bintang ini. "Oke mungkin sampai di sini dulu, tapi kami akan mempersilakan kalian untuk berimajinasi mereka bakal jadi apa, ceritanya bagaimana," tuturnya. 

Reza Rahadian Ikut Gabung

Reza Rahadian Gabung Bumilangit Cinematic Universe ( Foto: Disney+ via Kapanlagi.com)
Reza Rahadian Gabung Bumilangit Cinematic Universe ( Foto: Disney+ via Kapanlagi.com)

Joko Anwar menambahkan bahwa ada satu kejutan lain yang bakal ia berikan. Rupanya ini adalah keterlibatan Reza Rahadian dalam BCU.

"Hai teman-teman saya Reza Rahadian. Senang sekali saya akhirnya bisa memberi tahu kalian kalau saya bakal jadi bagian dari Bumilangit Cinematic Universe. Sudah tidak sabar untuk berbagi lebih lanjut tentang informasi ini. Tapi tunggu ya, akan ada kejutan dari saya dan BCU. Bakal seru banget and we will bring you the magic," ungkap Reza.

Jadi Trending Topic

Keterlibatan Reza dalam BCU ini sontak jadi buah bibir netizen. Buktinya, nama Reza Rahadian langsung jadi trending topic #1 di Twitter Indonesia. Dalam cuitannya, warganet sibuk menerka-nerka tokoh yang dimainkan bintang Habibie dan Ainun ini, maupun bintang-bintang lainnya.

"Jefri Nichol cocok sih jadi Pangeran Mlaar. Reza Rahadian kebayang banget bisa jadi villain yang tangguh. Kalo Dimas Anggara sama Chrstine Hakim agak susah diprediksi.." tutur @wokanyasha.

"Berharap reza rahadian ga jadi hero, jadi villain atau jadi karakter macem nick fury di marvel / james gordon di dc aja," tutur @arrrestu.

"Bentar ya saya bayangin dulu itu Jefri, Reza, dan Dimas Anggara jadi apaan," cuit @BcuBucin.

Bikin penasaran ya? Kita tunggu saja kabar selanjutnya!

(Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana PEN BRI Capai Target, Tembus Rp30 Triliun

Posted: 10 Aug 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sesuai target yang ditetapkan pemerintah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memenuhi komitmen dengan menyalurkan dana percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hingga 10 Agustus 2020, tercatat perseroan telah menyalurkan kredit yang bersumber dari penempatan dana PEN sebesar Rp30,6 triliun kepada 700 ribu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sebelumnya pada 25 Juni 2020, BRI mendapatkan penempatan dana sebesar Rp10 triliun dari pemerintah dan diharapkan BRI mampu me-leverage dana tersebut menjadi pinjaman untuk UMKM sebesar tiga kali lipat dalam tiga bulan. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan mayoritas penerima pinjaman tersebut merupakan pelaku usaha mikro.

"Sebesar 70% di antaranya atau pinjaman dengan Rp21,6 triliun kami salurkan kepada segmen mikro," imbuhnya. Sementara itu, sektor ekonomi yang mendominasi penyaluran pinjaman yakni perdagangan sebesar 50%, pertanian 22% dan industri pengolahan 9,5%.

Iza mengungkapkan, dengan adanya digitalisasi pemrosesan pinjaman dengan menggunakan aplikasi BRISPOT, rata rata per hari perseroan mampu memproses pinjaman yang bersumber dari dana PEN sebesar Rp939 miliar.

"Digitalisasi terbukti mampu mengakselerasi kinerja BRI dalam upaya menyelamatkan dan membangkitkan UMKM di masa sulit ini," tambahnya.

Faktor lain yang juga mendukung percepatan penyaluran dana PEN yakni pemanfaatan ekosistem digital khususnya untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kami telah bekerja sama dengan start up e-commerce dan ride hailing seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak dalam penyaluran KUR Digital. Terobosan ini memperluas jangkauan dan mempermudah para pelaku UMKM untuk mendapatkan akses permodalan dan ini merupakan bukti nyata BRI dalam upaya #BUMNBangkitkanUMKM," jelasnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: