Minggu, 02 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Jenis Air Minum untuk Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Posted: 02 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis air minum sebenarnya ada sangat banyak macamnya. Namun memang, salah satu jenis air minum yang paling terkenal yaitu air mineral. Biasanya, jenis air minum mineral bisa ditemukan pada berbagai merek air kemasan yang dijual di toko-toko.

Air minum sebenarnya merupakan komoditas bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini tidak terlepas dari air minum yang menjadi hal paling pokok yang perlu dikonsumsi oleh manusia. Tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 1,5 hingga 2 liter setiap harinya. Tujuannya, agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Namun dalam memilih jenis air minum, ada baiknya memerhatikan kriteria dari air minum yang layak konsumsi, utamanya jenis air minum yang didapatkan dari alam. Kriteria air minum tersebut harus tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, air minum kemasan memiliki banyak fitur yang inovatif seperti memiliki gelembung, rasa yang lebih manis, bahkan terasa lebih segar.

Ternyata, di luar sana masih terdapat berbagai macam air minum yang mungkin jarang Anda temukan di toko-toko dekat rumah Anda. Akan tetapi, berbagai ini jenis air minum selain air mineral ini sudah banyak dijual di supermarket yang biasanya menjual produk import. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai jenis air minum tersebut dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020).

1. Air mineral

Kamu harus minum air putih lebih banyak usai berolahraga.
Kamu harus minum air putih lebih banyak usai berolahraga.

Jenis air minum ini merupakan produk yang paling mudah dan umum ditemukan di sekitar Anda. Mengapa dinamakan air mineral? Sebab, air mineral merupakan jenis air minum yang memiliki berbagai kandungan mineral.

Air ini biasanya didapatkan dari sumber air alami di mana akan diproses agar lebih higienis dan layak dikonsumsi. Umumnya, di dalam air mineral terdapat berbagai komposisi mineral yang berbeda-beda. Perbedaan dari komposisi mineral tersebut dapat berdasarkan sumber air yang digunakan serta bergantung dari produsen yang menyusun komposisi air mineral tersebut.

2. Air demineralized

ilustrasi waktu yang tepat untuk minum air putih/unsplash
ilustrasi waktu yang tepat untuk minum air putih/unsplash

Jenis air minum ini cukup berbeda dengan air mineral. Air minum ini merupakan jenis air minum yang sudah mengalami demineralisasi dari beberapa pemrosesan sehingga tidak memiliki kandungan mineral. Air minum ini juga telah mengalami proses pemurnian sehingga memiliki kadar fluorida yang lebih rendah. Fluorida sendiri merupakan mineral yang memang normal berada di air alam.

Fluorida sendiri memiliki fungsi untuk melindungi gigi dari pembentukan lubang gigi. Akan tetapi jika folurida tersebut terlalu berlebihan dalam asupannya, terutama pada bayi, maka akan berisiko menjadi penyebab utama, terjadinya fluorosis pada gigi.

3. Air artesis

ilustrasi minum air putih/pexels
ilustrasi minum air putih/pexels

Selain dari kedua jenis air minum di atas, ada juga air artesis. Jenis air minum tersebut merupakan jenis air yang bisa didapatkan dari lapisan batu di bawah tanah. Istilah artesis sendiri memang merujuk pada sumber air yang berasal dari lapisan aquifer, atau lapisan penyaring alami di bawah permukaan tanah.

Air ini bersal dari penyedotan pada wilayah endapan air yang telah tersaring pasir-pasir halus. Kemudian air tersebut diolah untuk menyaring elektrolit dan zat kimia bermanfaat yang dikandungnya.

4. Air alkali

Dua peneliti mengatakan bahwa manfaat dari air alkali belum teruji secara klinis.
Dua peneliti mengatakan bahwa manfaat dari air alkali belum teruji secara klinis.

Selanjutnya ada jenis air alkali. Jenis air ini merupakan air minum kemasan dengan pH air lebih dari 7. Bahkan, jenis air ini juga diklaim mampu memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan kadar asam pada tubuh khususnya di saluran cerna yang menyebabkan berbagai masalah seperti penyakit maag dan sejenisnya serta dianggap mampu menurunkan risiko kanker.

Sayangnya, hingga saat ini penelitian tentang air alkali untuk kesehatan tubuh masih sangat terbatas. Meski begitu, konsumsi air alkali masih dibolehkan namun dalam jumlah terbatas. Hal ini untuk mencegah dampak buruk dari alkali yang bisa merusak keasaman dari saluran cerna. Sebab, saluran cerna juga membutuhkan kondisi asa, agar bakteri baik yang hidup di pencernaan dapat melakukan fungsinya dengan optimal.

5. Sparkling water

Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Selain beberapa jenis air minum di atas, masih ada jenis jenis sparkling water. Jenis air minum berikut ini juga mulai dikenal luas di tengah masayarakat.

Sparkling water merupakan jenis air minum berkarbonasi yang bebas kalori, tanpa gula, serta tanpa adanya garam tambahan. Sparkling water, apabila diminum dapat memberikan sensasi yang menyegarkan. Sensasi segar tersebut tidak lepas dari adanya gelembung-gelembung di dalam air minum tersebut.

6. Distilled water

Banyak Minum Air / Sumber: iStockphoto
Banyak Minum Air / Sumber: iStockphoto

Jenis air minum yaitu distilled water. Air minum ini masih menjadi bagian dari purified water.

Untuk mendapatkan distilled water perlu melewati proses distilasi dengan cara menguapkan air untuk memurnikan air dari berbagai bahan kontaminan yang dapat menimbulkan risiko dari segi kesehatan. Namun, adanya proses distilasi tersebut justru rentan menghilangkan berbagai kandungan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesaksian Hadi Pranoto Temukaan Antibodi Corona Diragukan, Polisi Tunggu Laporan

Posted: 02 Aug 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akun Youtube Dunia Manji menjadi perbincangan warganet. Sebab, dalam akun milik mantan vokalis Drive itu berbincang dengan seorang bernama Hadi Pranoto, yang diklaim sebagai profesor dan ahli mikrobiologi.

Dalam pembicaraan itu, Hadi mengklaim kalau dirinya telah menemukan antibodi Covid-19. Tentunya hal ini sangat mengejutkan masyarakat. Atas temuan itu, warga net juga membahas akan keaslian Hadi sebagai profesor. Sejumlah warganet menilai kalau Hadi adalah profesor 'abal-abal' dan tak layak menyampaikan hal itu.

Menanggapi hal itu, kepolisian mengaku pihaknya akan menerima laporan masyarakat khususnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang meragukan ucapkan Hadi.

"Kalau emang abal-abal bikin laporan saja dari IDI, kalau merasa abal-abal bikin laporan aja. Kan dia punya data," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada Merdeka.com, Senin (3/8/2020).

Menurut Yusri, pihaknya tak tahu apakah antibodi tersebut asli atau palsu. "Iya dong, kita kan bukan ahli obat itu asli atau palsu kita nggak tahu. Kita juga nggak tahu betul apa nggak omongan dia, yang bisa mengatakan omongan dia benar atau nggak hanyalah yang ahli. Ada laporan di sini ya kita proses," tegasnya.

Lebih lanjut ia mengaku, hingga kini pihaknya belum mengetahui kapan dan di mana video tersebut diambil oleh Anji. Hingga akhirnya Viral di dunia maya.

"(Laporan dulu) Harapan begitu ada dasarnya, nggak mungkin kita main tangkap aja kalau benar bagaimana. Profesor katanya abal-abal tahunya benar profesor bagaimana. Ini kan yang komplain kan dari IDI, kita akan lakukan itu harus ada dasarnya," pungkasnya. 

Klaim Ramuan Herbal Covid-19

Unggahan Anji (Instagram/ duniamanji)
Unggahan Anji (Instagram/ duniamanji)

Penyanyi Anji mempublikasikan sebuah wawancara di channel YouTube miliknya, dengan orang yang memperkenalkan dirinya sebagai pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto. Hadi mengklaim sudah menemukan herbal virus corona covid-19.

Anji memberi judul video yang tayang pada 31 Juli 2020 itu: 'BISA KEMBALI NORMAL❓OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)'. Dalam video berdurasi 35 menit 51 detik itu, Hadi Pranoto mengklaim dirinya sudah menemukan obat herbal yang dinamai Antibodi Covid-19.

Begini narasi pembuka yang ada di video tersebut:

"Sekarang saya bersama orang-orang yang mungkin paling dicari di seluruh dunia saat ini, Professor Hadi Pranoto. Professor adalah yang menciptakan serum antibodi covid-19 itu obat untuk covid-19?" kata Anji.

"Ya, obat untuk covid-19. Bisa menyembuhkan dan bisa mencegahkan. Kalau vaksin itu disuntikkan, tapi kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto membalas salam pembuka Anji.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bangun Rest Area di Puncak Bogor Seluas 7 Hektare

Posted: 02 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun tempat peristirahatan (rest area) untuk mendukung jalur pariwisata di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Pembangunan rest area ini merupakan bagian dari program penataan kawasan Puncak bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Pembangunan rest area ini akan diikuti dengan penataaan pedagang kaki lima ke tempat yang lebih layak dan aman.

"Penataan kawasan puncak juga merupakan salah satu upaya jangka panjang mengurangi risiko terjadinya longsor pada jalur puncak akibat adanya perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan terbarunya, Senin (3/8/2020).

Konstruksi rest area akan dimulai tahun 2020 dan ditargetkan selesai pada 2021. Rest area ini memanfaatkan lahan seluas 7 hektare milik PT Perkebunan Nusantara VIII yang berada di dekat kawasan Agrowisata Gunung Mas, Bogor.

Rest area ini akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara seperti 3 lokasi area parkir dengan total luas 1,774 m2 untuk menampung sekitar 500 mobil, masjid seluas 576 m2, plaza pandang seluas 572,27 m2, meeting point, taman atau ruang terbuka hijau, dan amphitheater.

 

Lebih dari 500 Kios

Penjaga toko menunggu pelanggan di rest area KM 62 tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Larangan mudik Idul Fitri 1441 H dan ketatnya keluar masuk kendaraan di sejumlah daerah berimbas pada penurunan pendapatan para penjual di rest area tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penjaga toko menunggu pelanggan di rest area KM 62 tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Larangan mudik Idul Fitri 1441 H dan ketatnya keluar masuk kendaraan di sejumlah daerah berimbas pada penurunan pendapatan para penjual di rest area tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk mengakomodir para pedagang kaki lima yang direlokasi dibangun 516 kios seluas 11 m2 yang terbagi menjadi 100 kios basah dan 416 kios kering.

Selain itu juga dibangun kolam retensi seluas 2,041 m2, Tempat Pengelolaan Sampah (TPS), dan toilet modern dengan jumlah 28 unit toilet perempuan, 22 unit toilet pria, 19 unit urinoir, dan 26 unit wastafel untuk mendukung penyediaan air bersih dan sanitasi. Total anggaran pembangunan rest area sebesar Rp 61,7 miliar.

 

Pelebaran Jalan

Petugas kepolisian dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdiri sambil membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas kepolisian dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berdiri sambil membawa papan imbauan saat uji coba sistem kanalisasi 2-1 Jalur Puncak di kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (merdeka.com/Arie Basuki)

Selain membangun rest area, dukungan penataan kawasan Bogor juga dilakukan Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga berupa Pelebaran Jalur Puncak Bogor sepanjang 6 kilometer. Pengerjaannya terbagi menjadi 5 segmen mulai dari Gadong (Ciawi) hingga Cisarua (Puncak).

Penanganan ruas jalan Puncak Bogor dilakukan secara bertahap sejak akhir 2018 dengan biaya sebesar Rp 73,1 miliar melalui skema tahun jamak APBN 2018-2019.

Penanganan ruas jalur Puncak Bogor juga dilakukan melalui pekerjaan preservasi jalan Ciawi – Benda - Batas Kota Cianjur yang telah mulai dikerjakan pada 2019 dengan biaya sebesar Rp 30,5 miliar.

Ruang lingkup pekerjaan diantaranya pemeliharaan jalan rutin sepanjang 37,84 km, rekonstruksi jalan sepanjang 1,38 km, penanganan longsor sepanjang 80 meter, pembangunan drainase dan bangunan pelengkap sepanjang 1,6 km, pemeliharan rutin jembatan 295 meter, dan rehabilitasi jembatan (46 meter). 

Duplikasi Jembatan Gadog

Pengendara motor melewati jembatan Ciliwung yang berada di bawah tol ruas Gadog, Ciawi, Bogor (16/68). Jembatan ini menjadi jalan alternatif bagi pemotor untuk menghindari kemacetan lalu lintas. (Merdeka.com/Arie Basuki)
natif-menuju-kawasan-Puncak-Sukabumi1.jpg

Pada tahun 2018, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan duplikasi Jembatan Gadog sepanjang 52 meter di Kecamatan Ciawi. Jembatan tersebut telah berfungsi meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi beban lalu lintas jembatan lama yang tetap dipakai.

Dengan adanya jembatan baru selebar 9 meter menambah lebar keseluruhan jembatan menjadi 16 meter, sehingga mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di sekitar pusat oleh-oleh sebelum tikungan jembatan dari arah Ciawi hingga sebelum Tanjakan Selarong.

Peningkatan kualitas layanan infrastruktur jalan dan jembatan pada jalur Ciawi-Puncak tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak dan sebaliknya yang kerap terjadi saat akhir pekan atau libur panjang.

Sejumlah lokasi wisata di kawasan Puncak sudah mulai dibuka pada masa new normal dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilik TikTok Tuding Facebook Melakukan Plagiat

Posted: 02 Aug 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan di balik TikTok, ByteDance, menuding Facebook melakukan plagiarime (plagiat). Namun, perusahaan tidak menjelaskan tuduhannya tersebut secara rinci.

Dilansir Reuters, Senin (3/8/2020), ByteDance juga mengatakan menghadapi 'kesulitan yang rumit dan tak terbayangkan' ketika sedang berusaha tumbuh menjadi perusahhaan global. ByteDance merupakan perusahaan teknologi asal Tiongkok.

Pihak ByteDance menyampaikan hal tersebut melalui sebuah pernyataan di akun resminya di Jin Toutiao pada Minggu. Jinri Toutiao merupakan aplikasi agregator berita milik ByteDance.

"ByteDance selalu berkomitmen menjadi perusahaan global. Selama proses ini, kami menghadapi semua jenis kesulitan yang rumit dan tidak terbayangkan, termasuk lingkungan politik internasional yang tegang, tabrakan dan konflik budaya, serta plagiarisme dari kompetitor, Facebok," demikian pernyataan ByteDance.

Konflik TikTok dan Facebook

Fitur Voice Changer TikTok (Foto: TikTok)
Fitur Voice Changer TikTok (Foto: TikTok)

Pihak TikTok telah beberapa kali menyinggung Facebook. Di sisi lain, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga pernah menyinggung layanan berbagi video tersebut.

Zuckerberg pada tahun lalu menuding TikTok telah menyensor protes politik. TikTok membantah klaim tersebut.

 

Pernyataan ByteDance

Lebih lanjut, mengenai pernyataan ByteDance, perusahaan tidak menyebutkan soal tekanan di Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui, ByteDance saat ini tengah menghadapi tekanan untuk menjual TikTok.

Presiden AS, Donald Trump telah setuju memberikan ByteDance waktu 45 hari untuk menjual TikTok kepada Microsoft.

Pemerintah AS sebelumnya menuding TikTok di bawah kepemilikan perusahaan Tiongkok dapat menimbulkan risiko keamanan nasional.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Hiburan Malam di Surabaya Tuntut Pencabutan Perwali 33 Terkait Tatanan Normal Baru

Posted: 02 Aug 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ratusan pekerja seni dan pekerja hiburan malam menggelar aksi damai di Jalan Sedap malam, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/8/2020).

Aksi yang diikuti sebagian besar perempuan ini membentangkan puluhan spanduk, salah satunya bertuliskan Gak Murel gak Mbadok (tidak mendampingi nyanyi tidak makan).

Ratusan wanita modis ini menuntut agar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mencabut Perwali Nomor 33 tahun 2020, yang dirasa sangat merugikan bagi pengusaha, karyawan, dan pekerja di tempat hiburan malam.

Perwali Nomor 33 Tahun 2020 ini tentang Perubahan Atas Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Surabaya.

Wanita pekerja malam juga meneriakkan agar Wali Kota Surabaya Risma segera mencabut Perwali. "Cabut Cabut Cabut, kos kosan, susu dan beras bukan pemerintah yang bayar," teriakan salah satu pendemo.

 

Menuntut Perwali Dicabut

Ratusan pekerja seni dan pekerja hiburan malam menggelar aksi di Jalan Sedap malam Surabaya, Senin (3/8/2020).  (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ratusan pekerja seni dan pekerja hiburan malam menggelar aksi di Jalan Sedap malam Surabaya, Senin (3/8/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Senada dengan wanita pekerja malam, perwakilan pendemo di atas mobil juga menyatakan jika ,mereka berkumpul di Balai Kota Surabaya untuk menuntut agar Perwali di cabut.

"Dengan Perwali ini banyak sekali merugikan pekerja dan mengadu ke Pemuda Pancasila (PP), agar ibu wali kota mencabut perwali tersebut," teriakannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deflasi 0,1 Persen Juli 2020 Disumbang Harga Bawang dan Daging Ayam

Posted: 02 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi sebesar 0,10 persen pada Juli 2020. Disebutkan, ada tiga kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi, yakni makanan, minuman, dan tembakau; perumahan, air, listrik, dan bahan banak rumah tangga; serta transportasi.

"Pada Juli 2020 terjadi deflasi 0,10 persen. Dari 11 kelompok pengeluaran, ada 3 kelompok yang mengalami deflasi yaitu makanan minuman dan tembakau yang mengalami deflasi 0,73 persen. Kemudian perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga yang mengalami deflasi 0,01 persen. Satu lagi adalah kelompok pengeluaran transportasi yang mengalami deflasi 0,17 persen," beber Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto, Senin (3/8/2020).

Untuk kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau yang mengalami deflasi 0,73 persen, memberikan sumbangan kepada deflasi sebesar 0,19 persen. Berdasarkan data BPS, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga cukup tajam.

"Yang pertama dalah penurunan harga bawang merah, menyumbang deflasi 0,11 persen. Kemudian juga ada penurunan harga daging ayam ras yg memberikan andil kepada deflasi 0,04 persen, ketiga bawang putih yang memberikan andil kepada deflasi 0,03 persen," jelas Kecuk.

Sebaliknya, beberapa komositas lainnya yang menyubang inflasi, seperti beras, cabe rawit, dan gula pas yang masing- masing memberikan andil 0,01 persen.

"Inflasi, karena komoditi ini masih mengalami kenaikan harga. Seperti harga telur ayam ras agak naik memberikan andil 0,04 persen dan rokok putih 0,01 persen," jelas Kecuk.

BPS Catat Deflasi 0,1 Persen di Juli 2020

Aktivitas pedagang pasar di Jakarta, Senin (28/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat sebagian harga komoditi di Jakarta mengalami penurunan yang menyebabkan deflasi sebesar 0,04 persen selama September 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pedagang pasar di Jakarta, Senin (28/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat sebagian harga komoditi di Jakarta mengalami penurunan yang menyebabkan deflasi sebesar 0,04 persen selama September 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka deflasi sebesar 0,10 persen di Juli 2020. Sementara, hingga Juli 2020, inflasi tahun kalender sebesar 0,98 persen. Inflasi ini lebih rendah dari inflasi Juni 2020 yang sebesar 0,18 persen. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto mengungkapkan, pada Juli 2020, inflasi tahun kalender tercatat  sebesar 0,98 persen dan inflasi tahun ke tahun tercatat  mencapai 1,54 persen. 

"Dari 90 kota IHK yang dipantau oleh BPS, ada 61 kota yang mengalami deflasi , dan 29 kota mengalami inflasi," ujar Kecuk saat mengumumkan angka inflasi di kantornya, Senin (3/8/2020). 

Deflasi tertinggi terjadi di kota Manokwari, dimana terjadi deflasi sebesar 1,09 persen. Ini karena adanya penurunan beberapa komoditas bahan pangan. Deflasi terendah terjadi di Gunungsitoli, Bogor,Bekasi, Luwuk,Bulukumba sebesar 00,01 persen. 

Sementara inflasi tertinggi terjadi di Timika sebesar 1,45 persen. Dan inflasi terendah terjadi di Banyuwangi dan Jember sebesar 0,01 persen.   

BI Catat Terjadi Deflasi 0,03 Persen di Pekan Keempat Juli 2020

Pedagang telur melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (1/10). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada bulan September 2018 terjadi deflasi sebesar 0,18 persen. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pedagang telur melayani pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (1/10). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada bulan September 2018 terjadi deflasi sebesar 0,18 persen. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Survei Pemantauan Harga yang dijalankan Bank Indonesia (BI) untuk minggu keempat bulan Juli 2020 mencatat bahwa terjadi deflasi sebesar 0,03 persen (mtm). Sehingga inflasi pada Juli 2020 diperkirakan 1,06 persen (ytd) dan 1,61 persen (yoy).

"Survei Pemantauan Harga minggu keempat bulan Juli 2020 mengalami deflasi sebesar 0,03 persen (mtm)," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Penyumbang utama deflasi pada periode laporan berasal dari bawang merah sebesar -0,10 persen (mtm), daging ayam ras sebesar -0,03 persen (mtm), bawang putih sebesar -0,03 persen (mtm). Lalu, gula pasir sebesar -0,02 persen (mtm), jeruk sebesar -0,02 persen (mtm) dan cabai merah, kelapa, daging sapi, dan angkutan udara masing-masing sebesar -0,01 persen (mtm).

Sementara itu, komoditas utama penyumbang inflasi, yaitu telur ayam ras sebesar 0,05 persen (mtm), emas perhiasan sebesar 0,04 persen (mtm), dan rokok kretek filter sebesar 0,01 persen (mtm).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedang Hamil, Rachel Maryam Ajukan Permohonan Isbat Pernikahan

Posted: 02 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rachel Maryam dan suaminya, Edwin Aprihandono, kompak mengajukan permohonan isbat pernikahan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Isbath nikah ini diajukan beberapa hari lalu.

Kabar isbat pernikahan Rachel Maryam ini telah dibenarkan langsung oleh Humas Pengadilan Agaman Jakarta Selatan, Cece Rukmana. Hanya saja, mereka tak mengajukan sendiri.

"(Mengajukan) 10 hari lalu pakai kuasa hukum sehingga nanti yang hadir di sidang bisa prinsipal, pemohon satu pemohon dua didampingi kuasa hukum," kata Humas PA Jakarta selatan dikutip dari YouTube Beepdo, Senin (3/8/2020).

Sidang

(Instagram/rachelmaryams)
(Instagram/rachelmaryams)

Sidang isbat pernikahan mereka berdua dijadwalkan digelar pada hari ini, Senin (3/8/2020). Jadwal sidang sudah dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

"Betul, hari ini tanggal 3 Agustus ada sidang atas nama EA dengan RMS dalam perkara isbat," papar Cece Rukmana.

Disahkan

(Instagram/rachelmaryams)
(Instagram/rachelmaryams)

Sidang ini dilakukan untuk meresmikan pernikahan secara negara. Rachel Maryam dan Aprihandono sendiri diketahui telah menikah sejak 16 Desember 2011.

"Yang mengajukan permohonan kedua-duanya dari EA dan RMS, sebagai pemohon 1 dan dua jadi meminta agar permintaan mereka disahkan supaya dicatat secara kenegaraan," kata Humas Pengadilan Agama.

Berlum Tercatat KUA

Cece Rukmana pun menyampaikan beberapa persyaratan administrasi terkait pengajuan isbat nikah, di antaranya adalah foto copy KTP pemohon satu dan dua, dan ada pula dokumen lainnya.

"Kalau status dia itu duda atau janda ada bukti perceraian dari pengadilan agama bahwa ada akta cerai dan salinan putusan. Selanjutnya yaitu bukti surat bahwa pernikahan tidak tercatat di KUA kecamatan tempat tinggal mereka berdua," ia mengakhiri.

Hamil

Pada April 2020 lalu, Anggota DPR RI ini sedang megandung buah hati yang kedua. Kabar bahagia ini disampaikan langsung oleh Rachel Maryam melalui akun Instagram pribadinya.

Dalam keterangannya, wanita berhijab ini mengungkap kondisi janin yang dikandungnya. Ia sangat bersyukur karena semua berada dalam kondisi yang baik dan normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mandi Junub bagi Wanita Haid dan Nifas, Wajib Tahu

Posted: 02 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mandi junub bagi wanita penting diketahui. Junub merupakan kondisi hadas besar di mana seorang Muslim diharamkan untuk mengerjakan ibadah atau amalan tertentu. Junub pada wanita meliputi jimak, keluarnya air mani, haid, dan nifas.

Untuk bisa beribadah kembali, seorang wanita perlu melaksanakan cara mandi junub bagi wanita yang benar. Cara mandi junub bagi wanita tidak sama seperti mandi biasa. Cara mandi junub bagi wanita ini juga punya sedikit perbedaan dengan pria.

Cara mandi junub bagi wanita penting diketahui karena mandi junub bersifat wajib. Cara mandi junub bagi wanita ini akan mensucikan kembali seseorang dari hadas besar. Berikut cara mandi junub bagi wanita, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020).

Perbedaan cara mandi junub bagi wanita dan pria

ilustrasi mandi (sumber: pixabay)
ilustrasi mandi (sumber: pixabay)

Cara mandi junub bagi wanita dan pria pada dasarnya sama saja. Yang membedakan adalah niat yang diucapkan.

Namun ada satu keistimewaan lagi bagi perempuan, yaitu saat membasuh keseluruhan rambut, perempuan tidak harus menguraikan rambutnya. Sebagaimana yang terdapat pada hadits, dari Ummu Salamah beliau bertanya kepada Nabi Muhammad SAW,

"Wahai Rasulullah, aku seorang perempuan yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?"

Nabi Muhammad SAW menjawab:

"Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci." (HR. Muslim no. 330).

Niat mandi junub bagi wanita

Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Bagian penting dalam cara mandi junub bagi wanita adalah niat. Mandi junub atau mandi besar ini dilakukan untuk membersihkan diri seusai haid, nifas, dan jimak. Oleh karena itu, untuk niatnya pun berbeda-berbeda yang dibaca atau dilafazkan sesuai dengan kondisi. Berikut niat mandi junub bagi wanita:

Niat Secara Umum

"Bismillahi Rahmani Rahim Nawaitul Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbar Minal Janabati Fardlon Lillahi Ta'ala"

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala

Niat Mandi Wajib usai Haid

"Bismillahi Rahmani Rahim Nawaitul Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbar Minal Haidi Fardlon Lillahi Ta'ala"

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta'ala.

Niat Mandi Wajib usai Nifas

Bismillahi Rahmani Rahim Nawaitu Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbar Minan Nifasi Fardlon Lillahi Ta'ala

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala.

Tata cara mandi junub bagi wanita

ilustrasi mandi | pexels.com/@olly
ilustrasi mandi | pexels.com/@olly

1. Membaca doa niat mandi junub hukumnya wajib. Doa niat mandi junub inilah yang membedakan cara mandi junub dari mandi biasa. Cara membaca doa niat mandi junub ini bisa dalam hati atau bersuara.

2. Membasuh tangan sampai 3 kali. Hal ini bertujuan agar tangan bersih dan terhindar dari najis.

3. Membersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor dan tersembunyi menggunakan tangan kiri. Bagian tubuh yang biasanya kotor dan tersembunyi tersebut adalah bagian kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar dan lain–lain.

4. Mengulangi mencuci kedua tangan. Setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi, tangan perlu dicuci ulang. Caranya mengusap-usapkan tangan ke tanah/tembok kemudian dibilas air langsung atau dicuci dengan sabun baru disiram air.

5. Berwudhu seperti tata cara wudhu saat hendak salat.

6. Mengguyur kepala dengan air sebanyak 3 kali hingga basah semua.

7. Mengguyur tubuh dengan air, yang dimulai dari sisi kanan kemudian dilanjutkan dengan sisi kiri masing-masing 3 kali.

8. Pastikan seluruh anggota tubuh dibersihkan dari kotoran-kotaran.

 

Hukum mandi junub

Ilustrasi (sumber: iStock)
Ilustrasi (sumber: iStock)

Hukum mandi junub ini sudah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Alquran yaitu Surat Al Maidah dan An-Nisa'.

Allah SWT berfirman,

"Dan jika kamu junub, maka mandilah." (QS. Al Maidah: 6).

Dalam surat An-Nisa', Allah SWT juga menyuruh umat Muslim mandi junub jika dalam keadaan junub.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An-Nisa': 43).

Ibnu 'Abbas bahwa Maimunah mengatakan,

"Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lalu beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu dengan tangan kanannya beliau menuangkan air pada telapak tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Setelah itu beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua telapak kakinya (di tempat yang berbeda)." (HR. Bukhari no 265 dan Muslim no 317).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

98 Orang Meninggal Akibat Miras Ilegal Beracun India, 25 Orang Ditangkap

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi- Menurut pihak berwenang setempat dan beberapa laporan, jumlah korban yang meninggal akibat meminum minuman keras ilegal di negara bagian Punjab, India utara, telah naik menjadi 98 orang pada 2 Agustus 2020. 

Kantor berita Press Trust of India mengatakan bahwa sejauh ini polisi telah menangkap 25 orang yang bertanggung jawab atas kejadian itu, yang mulai terungkap pada akhir pekan lalu.

Selain itu, wakil komisioner pemerintah daerah, Kulwant Singh, menyatakan bahwa korban yang meninggal karena minuman keras telah meningkat sebanyak 75 orang di distrik Tarn Taran, Punjab, India, setelah dilakukannya penyelidikan lebih lanjut, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (3/8/2020).

Singh mengatakan kepada AFP, "Beberapa keluarga menolak untuk membeberkan rincian kematian dan beberapa bahkan mengkremasi mereka. Kami datang ke nomor ini setelah pengumpulan informasi."

Sementara ada sebanyak 11 orang lagi yang meninggal di Distrik Gurdaspur, kata seorang pejabat setempat kepada AFP.

Minuman keras beracun juga menewaskan 12 orang di Amritsar, menurut laporan Press Trust of India pada 1 Agustus.

Dalam suatu positingan via Twitter, keluarga dari korban berduka ketika partai oposisi negara meminta Pemerintah Punjab untuk "mengekang mafia minuman keras di negara bagian."

Harga Minuman Terjangkau yang Memicu Bahaya

Personel polisi berjaga saat pekerja migran dan keluarga mereja antre menunggu pemeriksaan medis sebelum menaiki kereta untuk kembali ke kota asal mereka ke Jaunpur, negara bagian Uttar Pradesh, setelah pemerintah melonggarkan lockdown di Amritsar, India, Selasa (19/5/2020). (NARINDER NANU/AFP)
Personel polisi berjaga saat pekerja migran dan keluarga mereja antre menunggu pemeriksaan medis sebelum menaiki kereta untuk kembali ke kota asal mereka ke Jaunpur, negara bagian Uttar Pradesh, setelah pemerintah melonggarkan lockdown di Amritsar, India, Selasa (19/5/2020). (NARINDER NANU/AFP)

Setiap tahun, ratusan orang meninggal di India karena minuman keras ilegal yang dibuat di tempat penyulingan yang dijual seharga 10 rupee (13 sen dolar AS) per liter. 

Pada 31 Juli, Kepala menteri negara bagian Punjab Amarinder Singh mengatakan bahwa ia telah memerintahkan penyelidikan khusus atas kematian tersebut dan "siapa pun yang ditemukan bersalah tidak akan bisa lepas."

Di hari yang sama dalam pernyataan yang terpisah, pihak berwenang di negara bagian selatan Andhra Pradesh mengatakan bahwa sembilan orang telah meninggal setelah meminum hand sanitizer yang mengandung alkohol.

Menurut International Spirits and Wine Association of India, dari perkiraan lima miliar liter minuman keras yang diminum setiap tahun di India, sekitar 40 persen diproduksi secara ilegal.

Dengan minuman keras yang mengandung metanol sering ditemukan, membuat kematian akibat konsumsi bahan tersebut sering dilaporkan.

Metanol, diketahui merupakan suatu bentuk alkohol yang sangat beracun dan kadang-kadang digunakan sebagai anti beku dalam minuman mereka untuk meningkatkan kekuatannya.

Jika dikonsumsi, metanol dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan hati, dan kematian dalam kasus yang lebih besar.

Bahkan, pada 2015, ada lebih dari 100 orang yang meninggal di sebuah pedesaan di Mumbai setelah meminum minuman keras ilegal.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Microsoft Tak Akan Buka Kantor hingga 2021 karena Pandemi

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Imbas dari pandemi Covid-19 yang masih belum reda, Microsoft akhirnya memutuskan untuk menutup kantornya di Amerika Serikat hingga Januari 2021.

Berita ini pun mencuri perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (2/8/2020) kemarin.

Tak hanya itu, berita lain yang juga menjadi perhatian, termasuk transaksi nontunai meningkat saat pandemi dan dua Astronaut NASA yang akan pulang ke Bumi.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini

1. Imbas Pandemi Covid-19, Kantor Microsoft Tak Akan Buka hingga 2021

Microsoft belum memiliki rencana untuk membuka kantornya secara penuh di Amerika Serikat (AS), setidaknya hingga Januari 2021.

Berdasarkan seorang sumber yang mengetahui masalah ini, Microsoft memilih untuk membuka kembali kantor di AS, paling cepat pada 19 Januari 2021.

Dengan begitu, sebagian besar karyawan Microsoft di kantor AS masih harus bekerja jarak jauh imbas pandemi Covid-19.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Transaksi Nontunai Dorong Konsumsi Masyarakat saat Pandemi

Pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penyebaran Covid-19 mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia. Pasalnya, masyarakat harus beraktivitas dari dalam 5 bulan terakhir.

Akibatnya, terjadi penurunan transaksi ekonomi. Bahkan, Kementerian Keuangan memprediksi konsumsi rumah tangga akan mengalami pelemahan dari 3 persen ke 0 persen.

Fitur uang elektronik ShopeePay pun diyakini membuat konsumsi masyarakat meningkat.

Baca selengkapnya di sini

3. Kapsul SpaceX Bawa Pulang Dua Astronaut NASA dari Stasiun Antariksa Internasional Hari Ini

Hari ini, wahana antariksa komersial Crew Dragon milik SpaceX dijadwalkan membawa pulang dua astronaut NASA dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Kedua astronaut NASA yang pulang ke Bumi adalah Bob Behnken dan Doug Hurley yang sudah dua bulan berada di ISS.

Crew Dragon mulai lepas dari dock stasiun antariksa pada Sabtu malam waktu AS. Crew Dragon menggunakan pendorong untuk kembali ke Bumi.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Penelitian Deteksi Covid-19, Petrokimia Gresik Kucurkan Dana Rp 163 Juta

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petrokimia Gresik mendukung penelitian deteksi virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab Covid-19 di RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan memberikan dana penelitian sebesar Rp 163 juta.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengatakan, bahwa penelitian mendeteksi Covid-19 sangat penting mengingat RSUD Dr. Soetomo merupakan rumah sakit rujukan Covid-19 tingkat provinsi.

"Penelitian ini akan dilakukan oleh tim dari Departemen Ilmu Mikrobiologi Klinik Universitas Airlangga yang dipimpin Dr. Eko Budi Koendhori, dr., MKes., SpMK(K)," kata Rahmad, di Jakarta, Senin (3/7/2020).

Rahmad mengungkapkan, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi kontaminasi virus SARS-CoV-2 di berbagai lokasi baik udara maupun permukaan di lingkungan ruang rawat inap Covid-19 RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Dengan demikian, langkah pencegahan yang dilakukan dapat lebih optimal sekaligus memberi rasa aman bagi tenaga medis dalam memberikan pelayanan di area RS Dr. Soetomo.

Ia berharap, hasil dari penelitian ini nantinya dapat diterapkan atau menjadi referensi rumah sakit rujukan lainnya, baik di Jatim maupun di provinsi lainnya di Indonesia. Mengingat sudah puluhan tenaga medis meninggal akibat terpapar virus usai menangani pasien Covid-19.

"Sehingga secara tidak langsung, bantuan untuk penelitian ini juga menjadi upaya kami dalam melindungi tenaga medis dari bahaya paparan Covid-19," tuturnya.

Salurkan APD

Petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) saat swab test massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020). Swab test massal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 ini dapat memeriksa 180 orang per hari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) saat swab test massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020). Swab test massal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 ini dapat memeriksa 180 orang per hari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bantuan ini melengkapi rangkaian dukungan Petrokimia Gresik untuk percepatan penangan Covid-19, khususnya di bidang penelitian. Selama ini Petrokimia Gresik menyalurkan dalam wujud Alat Pelindung Diri (APD), obat-obatan, hand sanitizer, serta disinfektan untuk mencegah penularan, serta sembako kepada masyarakat.

"Riset adalah sumber dari segala solusi, sehingga kami sangat mendukung upaya-upaya penelitian dalam rangka mengatasi Covid-19," tandasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Petrokimia Gresik juga menyerahkan bantuan percepatan penanganan Covid-19 berupa isolation transport dan Swab Kit + VTM kepada RSUD dr Soetomo, RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik, dan Rumah Sakit (RS) Universitas Airlangga Kota Surabaya. Bantuan Swab Kit + VTM juga diberikan kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Pemerintah Siapkan Anggaran jika Vaksin Covid-19 Siap Diproduksi di 2021

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin, memastikan ruang fiskal pemerintah di tahun depan sudah cukup. Bahkan, dari kajian dilakukan pihaknya, kebutuhan anggaran di tahun depan sekiranya bisa untuk pemulihan ekonomi.

"Kami memastikan bahwa untuk tahun depan kita memiliki ruang fiskal yang cukup. Dan kami sudah persiapkan, sudah mengajukan, dan kami sudah anggarkan ruang fiskal yang cukup untuk bisa mengganjal aktivitas ekonomi di tahun depan," jelas dia di Jakarta, Rabu (29/7).

Di samping itu, pemerintah juga tengah mencermati kemungkinan adanya vaksin di tahun depan. Kebutuhan anggaran tersebut pun sudah dipersiapkan pemerintah jika memang vaksin siap diproduksi di 2021.

"Tapi kami persiapkan, kalau implementasinya butuh waktu," imbuh dia.

Sementara itu, terkait dengan anggaran stimulus diberikan pemerintah sebesar Rp695 triliun pada tahun ini, pihaknya menutup celah untuk melakukan penambahan. Mengingat anggaran disediakan itu masih minim serapannya. Sehingga tidak perlu ada penambahan.

"Stimulus yang sudah disiapkan 695 Triliun itu belum terpakai semua. Jadi kita masih punya room yang cukup banyak untuk bisa memberikan stimulus fiskal mengganjal perlambatan ekonomi karena memang tidak adanya kontak fisik akibat pandemi ini," kata dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebarkan Hoaks Covid-19, Penyanyi Kenamaan Didenda Pemerintah Vietnam

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi kenamaan Vietnam, Hoa Minzy didenda Pemerintah Vietnam karena menyebarkan hoaks terkait pandemi virus corona covid-19. Ia harus membayar denda sebesar 7,5 juta Vietnam Dong atau Rp 4,7 juta.

Pada Selasa (28/7/2020), Minzy mengunggah sebuah postingan di semua media sosialnya. Isinya soal peringatan dari Deputi Perdana Menteri, Vu Duc Dam soal bahaya berpergian selama covid-19.

Postingan tersebut juga mengingatkan agar semua orang tetap di rumah karena kasus positif covid-19 di Vietnam meningkat dari 75 hingga 100-500 kasus. Padahal informasi tersebut tidak pernah dibagikan Pemerintah Vietnam.

Setelah mengetahui postingannya salah, Minzy langsung membuat klarifikasi di Facebook dan menghapusnya. Namun Pemerintah Vietnam tetap mendendanya karena dianggap melanggar aturan.

Di Vietnam setiap orang yang memposting berita hoaks di sosial media akan didenda hingga 15 juta Vietnam Dong. Sebelum Minzy, penyanyi Dam Vinh Hung dan aktor Cat Puong juga didenda 10 juta Vietnam Dong karena menyebarkan postingan hoaks soal Covid-19.

 

Klarifikasi Minzy

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

"Saya bukan orang yang menulis hoaks tersebut. Namun saya hanya orang yang menyebarkannya," tulis Minzy dalam akun Facebook dan Instagramnya.

"Namun setelah saya melihat klarifikasinya, saya langsung menghapusnya. Sebagai artis saya punya tanggung jawab untuk memberikan berita akurat bagi pengikut saya," ujatnya menambahkan.

"Mari bergabung bersama saya untuk mencari berita yang akurat dari website resmi Pemerintah. Berita baik atau buruk yang namanya hoaks tetaplah hoaks."

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Ingin Menukar Dua Pemainnya dengan Satu Bek Inter Milan

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer berencana mendatangkan bek tengah di bursa transfer musim panas karena kurangnya stok di posisi itu. Lulusan akademi MU Alex Tuanzebe tengah berjuang dengan cedera. Sementara Phil Jones telah lama absen karena cedera.

Meski Harry Maguire dan Victor Lindelof tampil baik di jantung pertahanan, MU tetap ingin merekrut bek anyar. Setan Merah sudah menemukan solusi yang menguntungkan semua pihak untuk mencapai target mereka.

Calcio Mercato mengklaim MU telah mempertimbangkan kesepakatan untuk menukar dua pemainnya dengan bek Inter Milan Milan Skriniar. Kesepakatan ini jarang dilakukan. Laporan media Italia tersebut menunjukkan MU akan menyodorkan Alexis Sanchez dan Chris Smalling untuk Skriniar.

Sanchez telah menghabiskan seluruh musim 2019/20 dengan status pinjaman di Inter. Striker asal Chile itu bergabung dengan mantan rekan setimnya Romelu Lukaku.

Setelah awal yang lambat, mantan bintang Arsenal ini mulai menemukan kembali performa terbaiknya. Pelatih Inter Anthoni Conte pun terkesan dan ingin membelinya secara permanen.

MU sedang dalam pembicaraan dengan Inter untuk menemukan solusi permanen bagi Sanchez. Nilai kontrak Sanchez yang besar bisa menjadi menjadi batu sandungan, tetapi kedua klub optimistis bakal tercapainya kesepakatan.

 

Chris Smalling

Pemain AS Roma, Chris Smalling. (AFP)
Pemain AS Roma, Chris Smalling. (AFP)

Chris Smalling memutuskan pergi ke Italia setelah MU mendatangkan Harry Maguire menjelang Liga Europa. Bek berusia 30 tahun itu bergabung dengan AS Roma dengan status pinjaman.

Bersama Roma, penampilan Smalling sangat mengagumkan. Ia dikabarkan tertarik untuk bertahan di Serie A.

Sky Sport Italia melaporkan MU meminta 15 juta euro, tak termasuk biaya pinjaman, jika Roma ingin mempertahankan Smalling. Namun, Roma tidak mau membayar lebih dari 12 juta euro.

Jika Smalling ingin bertahan di Serie A dan bersedia dengan transfer ke Inter, maka potensi pertukaran untuk Skriniar bisa jadi sangat berarti bagi MU.

 

Milan Skriniar

Proses gol yang dicetak oleh bek Inter Milan, Milan Skriniar, ke gawang Sampdoria pada laga Serie A di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (24/10/2017). Inter Milan menang 3-2 atas Sampdoria. (AP/Luca Bruno)
Proses gol yang dicetak oleh bek Inter Milan, Milan Skriniar, ke gawang Sampdoria pada laga Serie A di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (24/10/2017). Inter Milan menang 3-2 atas Sampdoria. (AP/Luca Bruno)

Milan Skriniar adalah salah satu bek terbaik di Italia. Pemain berusia 25 tahun itu tercatat melepaskan 3,7 umpan panjang per pertandingan, sesuatu yang berpotensi membantu MU melancarkan serangan balik.

Namun, bukan hanya MU yang meminati Skriniar. Pemain asal Slovakia itu juga sedang dipantau oleh Tottenham Hotspur dalam kesepakatan pertukaran pemain dengan Tanguy Ndombele.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Emon Sindir Anji Soal Covid-19: Mas Jumanji Sakit Boleh, Jangan Lupa Senyum

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Mas Jumanji, gimana nih pendapat Mas Jumanji tentang fenomena kesusupan ini?" tanya Arief Brata kepada Bintang Emon yang berperan sebagai Anji dalam video berdurasi 2 menit 19 detik.

Video parodi Anji diunggah di akun Twitter Bintang Emon yang diikuti hampir sejuta orang, Minggu (2/8/2020). Video ini membahas wabah KSPN yang kemudian disebut kesusupan.

Anji yang diperankan Bintang Emon berujar, "Jadi Mas, sebenarnya wabahnya tidak semengerikan itu." Pewawancara yang tak setuju dengan pernyataan ini menyela, "Bukannya sudah ada 100 ribu orang yang ter…"

Mas Dapat Dari Mana?

Bintang Emon. (Foto: Instagram @bintangemon)
Bintang Emon. (Foto: Instagram @bintangemon)

Belum tuntas pewawancara menyela, mulutnya dibungkam dengan tangan Anji sembari berujar, "Mas dapat dari mana?" Pewawancara lalu menyebut nama sebuah organisasi.

Anji versi Bintang Emon menjelaskan, data pasien yang terinfeksi kesusupan dan wafat adalah umpan media asing untuk membentuk persepsi publik. Yang tak kalah kocak, wawancara diselingi adegan Ardit Erwandha terjatuh karena kaki kesusupan.

Ada Yang Kesusupan...

Unggahan Bintang Emon. (Foto: Twitter @bintangemon)
Unggahan Bintang Emon. (Foto: Twitter @bintangemon)

"Tuh sudah ada yang terkena kesusupan, tuh kakinya," beri tahu pewawancara. Bintang Emon yang mengenakan penutup kepala menanggapi enteng, "Jadi begini Mas, orang-orang yang KSPN ini biasanya memiliki riwayat cedera di masa lalu."

Ada isu yang berkembang di masyarakat, bahwa pasien-pasien mengaku kena KSPN agar mendapat uang bantuan pemerintah 50 ribu rupiah. Ardit Erwandha yang memerankan pasien protes keras.

 

Indonesia dan Asas Demokrasi

Bintang Emon. (Foto: Instagram @bintangemon)
Bintang Emon. (Foto: Instagram @bintangemon)

Pewawancara melanjutkan obrolan dengan mengingatkan posisi Jumanji sebagai action figure (pelesetan public figure -red). "Tidak takut apa menggiring opini orang-orang…," ucapnya. Belum selesai berujar, lagi-lagi ia dibungkam Jumanji.

"Indonesia dibentuk oleh asas demokrasi, dibentuk oleh orang-orang beraneka ragam. Banyak macam pikiran dan semua ini kita menganut sebuah paham yang pahamlah ya, oke pertanyaan selanjutnya," kelit Jumanji.

Tersenyum Sambil Meringis

Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)
Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)

Adegan akhir memperlihatkan Jumanji kena batunya yakni mengalami kesusupan. Ia meringis kesakitan. "Mas Jumanji, sakit boleh tapi jangan lupa senyum hari ini. Senyum, dong," sindir pewawancara.

"Iya ini sudah," cetus Jumanji yang masih meringis. Hingga artikel ini disusun, 17 ribuan orang mengirim tanda hati. Ratusan orang merespons di fitur reply. Anji belum merespons video parodi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ozzy Osbourne Alami Penurunan Kesehatan

Posted: 02 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ozzy Osbourne baru saja mengumumkan mengenai kesehatan fisiknya sekarang ini. Tiap tahunnya ia mengatakan bahwa kesehatannya makin menurun. Ditambah tahun 2020 ini ia didiagnosis menderita parkinson.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kostum Kandang Terbaru Liverpool FC Gunakan Bahan Daur Ulang

Posted: 02 Aug 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liverpool akhirnya merilis kostum kandang terbaru yang akan digunakan pada musim kompetisi 2020/2021. Dan untuk pertama kalinya, juara Liga Inggris 2019/2020 itu menggandeng merek Nike. 

Kemitraan ini merupakan momen penting bagi LFC dan Nike. Sebuah klub yang kaya akan tradisi, yang memiliki hubungan unik dengan kota dan basis pendukungnya yang berdedikasi di seluruh dunia berkat gaya bermain dan sikap tim di lapangan. Nike akan melayani basis pendukung dengan inovasi, desain, dan kolaborasi kreatif yang akan memberikan kegembiraan dan energi pada olahraga secara global.

"Kami sangat senang bisa bermitra dengan ikon seperti Liverpool FC. Kemitraan strategis ini akan memperkuat posisi Nike sebagai merek sepakbola terbaik dan paling inklusif di dunia," kata Bert Hoyt, VP/GM, Nike EMEA dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com belum lama ini. 

"Saat musim depan dimulai, kami berharap dapat memasok koleksi inovatif dan stylish kepada klub dan pendukungnya sambil meneruskan ambisi kami bersama untuk menginspirasi generasi muda dan generasi masa depan melalui sepakbola yang brilian," ujarnya menambahkan. 

Billy Hogan, Liverpool FC MD dan CCO menyambut baik kerjasama dengan Nike yang baru berlangsung sejak Januari lalu. Hogan juga berharap banyak dari kolaborasi dua entitas olahraga terkemuka ini. 

"Kami sangat senang memulai perjalanan ini bersama Nike, pemimpin pasar dalam industri pakaian olahraga global dan kami menantikan untuk bekerja sama menghadirkan produk performance dan lifestyle kepada para pendukung kami di tahun mendatang," kata Hogan optimistis. 

 

 

Detail Kostum Terbaru Liverpool

Bek Liverpool mengenakan kostum kandang terbaru Liverpool untuk musim 2020/2021 (Istimewa)
Bek Liverpool mengenakan kostum kandang terbaru Liverpool untuk musim 2020/2021 (Istimewa)

Kostum kandang terbaru Liverpool FC terdiri dari jersey merah, celana pendek, dan kaus kaki merah yang tradisional. Penggunaan warna merah yang lebih cerah memancarkan semangat kaum muda, melengkapi warna putih yang tradisional serta warna baru teal pada jersey kandang.

Warna merah, putih, dan teal telah menjadi kombinasi warna tradisional untuk LFC selama bertahun-tahun, terutama karena berkaitan dengan lambang klub tradisional. Warna teal memegang koneksi simbolis ke kota Liverpool melalui Liver Birds yang memandang ke arah kota dan telah menjadi bagian yang menonjol pada jersey Klub Sepak Bola Liverpool sejak klub dibentuk pada 1892.

"Saya telah menjadi bagian dari keluarga Nike selama enam tahun dan kami memiliki hubungan yang sangat baik," kata bek Liverpool Virgil van Dijk menyambut kostum kandang terbaru Liverpool. 

"Saya sangat familiar dengan kualitas desain dan inovasi yang digunakan untuk membuat kit seperti ini. Menjadi juara pada musim depan dengan mengenakan kit ini akan terasa sangat istimewa."

 

Penghormatan Tragedi Hillsborough

Penampakan kostum kandang terbaru Liverpool untuk musim 2020/2021 (Istimewa)
Penampakan kostum kandang terbaru Liverpool untuk musim 2020/2021 (Istimewa)

Jersey kandang Liverpool memiliki kerah V-neck yang stylish dengan garis color-block putih dan teal. Garis-garis tersebut juga terdapat pada ujung lengan dan melingkar di bagian atas kaus kaki.

Pada bagian tengkuk, terdapat emblem 96 di antara api abadi untuk mengenang 96 anak-anak, wanita, dan pria yang menjadi korban peristiwa Hillsborough.

Kit ini menggunakan inovasi performa Nike terbaru untuk mengatur fit dan kelembapannya. Selaras dengan komitmen Nike terhadap sustainability (keberlanjutan), kit Liverpool FC dikonstruksi menggunakan 100% kain poliester daur ulang, yang terbuat dari botol plastik hasil daur ulang.

Nike akan memperlengkapi tim pria, wanita, dan akademi, serta staf pelatih. Nike juga akan memberikan dukungan untuk Yayasan LFC (LFC Foundation), badan amal resmi klub.

 

Dukungan Komunitas Lokal Liverpool

Melalui kemitraan dengan klub, Nike juga berkomitmen untuk mendukung inisiatif komunitas lokal di Toxteth. Sebagai bagian dari komitmen Nike Made to Play untuk mendorong anak-anak bergerak melalui permainan dan olahraga, Nike, bersama Anfield Wrap, bekerja dengan Earl Jenkins dan Kingsley United, yang bermain dari Tiber Street Partnership, untuk mengurangi batasan untuk bergabung dan menawarkan permainan dan pemrograman berbasis olahraga untuk anak-anak muda berusia 4-16 tahun di komunitas tersebut.

Komitmen ini termasuk skema beasiswa untuk kursus pelatihan BAME, forum kepemimpinan pemuda BAME dalam kemitraan dengan organisasi lain di pusat kota, serta untuk Kingsley United yang berbasis di Toxteth untuk membentuk tim perempuan. Nike juga akan mendukung kamp liburan sekolah dan musim panas yang dioperasikan oleh pelatih di lingkungan yang aman.

Home kit Liverpool FC rilis 6 Agustus di toko ritel tertentu.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bappenas Ajak Semua Pihak Sukseskan Satu Data Indonesia

Posted: 02 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, meminta agar semua pihak mendukung baik dari pusat hingga daerah ikut berpartisipasi dalam perbaikan tata Kelola pembangunan Indonesia.

Sebagaimana aturan Presiden nomor 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia yang menjadi landasan hukum dalam perbaikan tata kelola data.

Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Menurutnya, dengan memenuhi standar, data , metadata, Interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi serta data induk. "Harmonisasi dan penyeragaman empat komponen tersebut perlu dilakukan untuk mempermudah Interoperabilitas baik lintas instansi dan pemerintah daerah maupun untuk lintas lainnya," kata Suharso dalam Sosialisasi Satu Data Indonesia secara Virtual, Senin (3/8/2020).

Mengingat stakeholder satu data Indonesia yang terlibat sangat luas, maka diperlukan penyamaan pemahaman mengenai maksud, tujuan, proses, dan pembagian tugas yang jelas.

Karena itu, dirinya meminta agar semua pihak untuk mendukung kebijakan satu data Indonesia, memetakan persepsi yang sama, memahami kendala yang sama, serta masukan dari Kementerian dan Lembaga tingkat pusat sangat dibutuhkan.

Untuk tingkat pusat ia menyebut pihaknya sebagai salah satu pelaksana, dan lima instansi pusat lainnya sebagai dewan pengarah, seperti kementerian PAN RB, Kominfo, Kemendagri, Kementerian Keuangan, dan Badan Informasi Geospasial.

"Data statistik yang diampu oleh pusat statistik, data geospasial oleh badan Informasi geospasial, data keuangan negara oleh kementerian keuangan, serta penyelenggara di instansi pusat di Kementerian masih-masing sebagai wali data dan produsen data," jelasnya.

Melansir Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, Walidata merupakan unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan Data yang disampaikan oleh Produsen Data, serta menyebarluaskan Data.

Sedangkan Produsen Data adalah unit pada Instansi Pusat dan Instansi Daerah yang menghasilkan Data berdasarkan kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian, Suharso berharap dengan adanya sosialisasi satu data Indonesia 2020 ini instansi pemerintah pusat dan daerah, bahkan semua pihak dapat memperoleh penjelasan yang luas tentang tujuan dan maksud satu data Indonesia.

Satu Data Indonesia Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi rancangan kerja Pemerintah tahun 2021, untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dengan menggunakan Satu Data Indonesia.

"Kami di Bappenas saat ini sedang melakukan finalisasi rancangan rencana kerja Pemerintah 2021 dengan tema mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Sebagai sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19, yang adaptif dan responsif," kata Suharso, dalam Sosialisasi Satu Data Indonesia secara virtual, Senin (3/8/2020).

Ia menuturkan pembangunan 2021 akan difokuskan pada pemulihan ekonomi melalui sektor-sektor industri pariwisata, investasi, reformasi sistem Kesehatan nasional, reformasi sistem perlindungan sosial, reformasi ketahanan bencana, dan bagaimana Menyusun sistem ketahanan pangan, serta merdeka belajar.

"Tahun 2021 seperti yang sering kami sampaikan, memuat 7 prioritas nasional kemudian diterjemahkan dalam pembangunan nasional," ujarnya.

Adapun 7 prioritas tersebut, yakni  penguatan ketahanan ekonomi; pengembangan wilayah; peningkatan SDM; peningkatan revolusi mental dan pembangunan kebudayaan; penguatan infrastruktur; pembangunan lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim; dan stabilitas politik hukum dan transformasi pada publik.

"Peran satu data sangat penting untuk melaksanakan fokus-fokus pembangunan 2021, untuk itu sinergi antar kementerian, Lembaga antara pusat dan daerah, serta masyarakat luas. Penyelenggaraan satu data itu penting untuk memastikan kontribusi nyata dalam pembangunan ke depan," ungkapnya.

Sebagaimana aturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang menjadi landasan hukum dalam perbaikan tata Kelola data.

Satu Data merupakan kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

"Karena itu informasi dan data menjadi penting, karena informasi dan data itu menjadi awal menyusun perencanaan. Data juga kita gunakan untuk mengevaluasi serta mengendalikan seluruh sendi-sendi, pembangunan di Indonesia sehingga bisa membantu kita menentukan kebijakan yang efektif," pungkasnya.   

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Once Mekel Persembahkan Lagu Baru untuk Musisi Indonesia

Posted: 02 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Elfonda Mekel atau lebih dikenal dengan nama panggung Once Mekel resmi merilis lagu terbarunya. Lagu yang diperkenalkan eks vokalis Dewa 19 tersebut kepada pecinta musik Indonesia diberi judul "Musisi".

Lagu tersebut, dikatakan Once Mekel, merupakan bentuk dukungannya terhadap aktifitas para musisi di Indonesia yang terhenti karena pandemi virus corona yang merebak di Tanah Air.

Once Mekel menyadari jika para musisi, dalam arti berkarya dan bermusik, sangat kesulitan di masa pandemi. Once Mekel berkeyakinan jika wabah virus corona bisa segera angkat kaki dari bumi Indonesia.

"Lagu ini dibuat sebagai penyemangat untuk setiap musisi di Indonesia," kata Once Mekel melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (3/8/2020).

 

Pernah Dibawakan God Bless

Kelompok musik legendaris God Bless Ahmad Albar dan Ian Antono beraksi pada The 90's Festival di Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Dalam penampilannya, God Bless membawakan sejumlah lagu hits seperti Semut Hitam, Panggung Sandiwara, dan Rumah Kita. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kelompok musik legendaris God Bless Ahmad Albar dan Ian Antono beraksi pada The 90's Festival di Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Dalam penampilannya, God Bless membawakan sejumlah lagu hits seperti Semut Hitam, Panggung Sandiwara, dan Rumah Kita. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lagu berjudul "Musisi" tak asing bagi pecinta musik nasional. Sebab, lagu tersebut pernah dipopulerkan grup band God Bless medio 1980-an silam. Once Mekel menyanyikan lagu tersebut dengan harmonisasi dan aransemen yang lebih kekinian.

 

 

 

Libatkan Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter formasi baru (via Facebook GBS)
Gugun Blues Shelter formasi baru (via Facebook GBS)

Once Mekel bekerjasama dengan Gugun Blues Shelter dalam penggarapan lagu tersebut. Tak heran, nuansa rock yang lebih kekinian begitu terasa melalui racikan aransemen Gugun Blues Shelter dibalut dengan warna vokal Once Mekel.

 

 

 

 

Dibuat Tahun 2019

Once Mekel
Once Mekel

Once Mekel memproduksi lagu terbarunya pada 2019 lalu. Namun baru tahun ini, ia bisa melempar lagu terbarunya itu ke pecinta musik Indonesia.

 

Terkena Dampak Pandemi

Once Mekel kembali reuni bareng Dewa 19 (Daniel Kampua/Fimela.com)
Once Mekel kembali reuni bareng Dewa 19 (Daniel Kampua/Fimela.com)

Kata Once Mekel, lagu ciptaan Donny Fattah ini menggambarkan apa yang dialami para musisi karena wabah pandemi. "Seperti yang kita tahu bahwa seluruh aspek dunia musik sangat terdampak akibat keadaan ini, mulai dari penyanyi, band pengiring, sampai para tim produksi," dia mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Casual Sandrinna Michelle, Manis Banget

Posted: 02 Aug 2020 09:20 PM PDT

Meski menjadi seorang aktris muda, akan tetapi gaya penampilan Sandrinna terlihat bak anak remaja lainnya. Tak sedikit pula netizen yang memuji penampilan Sandrinna Michelle karena terlihat manis. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)
Meski menjadi seorang aktris muda, akan tetapi gaya penampilan Sandrinna terlihat bak anak remaja lainnya. Tak sedikit pula netizen yang memuji penampilan Sandrinna Michelle karena terlihat manis. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)

Meski menjadi seorang aktris muda, akan tetapi gaya penampilan Sandrinna terlihat bak anak remaja lainnya. Tak sedikit pula netizen yang memuji penampilan Sandrinna Michelle karena terlihat manis. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)

Gaya penampilan Sandrinna Michelle dengan jaket kulit ini juga tak luput dari sorotan netizen. Meski terlihat cukup boyish akn tetapi banyak pula netizen yang memuji pemain Dari Jendela SMP ini karena terlihat menggemaskan. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)
Gaya penampilan Sandrinna Michelle dengan jaket kulit ini juga tak luput dari sorotan netizen. Meski terlihat cukup boyish akn tetapi banyak pula netizen yang memuji pemain Dari Jendela SMP ini karena terlihat menggemaskan. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)

Gaya penampilan Sandrinna Michelle dengan jaket kulit ini juga tak luput dari sorotan netizen. Meski terlihat cukup boyish akn tetapi banyak pula netizen yang memuji pemain Dari Jendela SMP ini karena terlihat menggemaskan. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)

Sandrinna Michelle sendiri sering mengunggah gaya OOTD di akun Instagram pribadinya. Ia juga terlihat lebih seirng menggunakan celana denim dan dipadukan dengan kaus sederhana untuk kegiatan sehari-hari. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)
Sandrinna Michelle sendiri sering mengunggah gaya OOTD di akun Instagram pribadinya. Ia juga terlihat lebih seirng menggunakan celana denim dan dipadukan dengan kaus sederhana untuk kegiatan sehari-hari. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)

Sandrinna Michelle sendiri sering mengunggah gaya OOTD di akun Instagram pribadinya. Ia juga terlihat lebih seirng menggunakan celana denim dan dipadukan dengan kaus sederhana untuk kegiatan sehari-hari. (Liputan6.com/IG/@sandrinna_11)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7.460 Pelanggar Terjaring Operasi Patuh Jaya di Hari ke-11

Posted: 02 Aug 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki hari kesebelas pelaksanaan operasi patuh jaya, pelanggaran lalu lintas masih terus terjadi. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, ada 7.460 pengendara yang terjaring petugas pada hari itu.

"Ops Patuh Jaya 2020 hari ke-11, Minggu, 02 Agustus 2020 jumlah penindakan sejumlah 7.460 pelanggar," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar dalam keterangan tertulis, Senin (3/8/2020).

Fahri merinci dari 7460 pelanggar sebanyak 2.477 pelanggar dikenakan sanksi tilang. Sedangkan, sisanya 4.983 pelanggar diberikan sanksi berupa teguran.

Lebih lanjut Fajri mengatakan pelanggaran didominasi oleh pengemudi sepeda motor.

"Pelanggaran tertinggi adalah melawan arus dengan jumlah 703 pelanggaran," tandas dia.

Lima Jenis Pelanggaran

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Patuh 2020 selama 15 hari terhitung mulai hari ini, Kamis (23/7/2020).

Terdapat lima pelanggaran yang ditekankan dalam Operasi Patuh Jaya 2020, berikut daftarnya:

1. Menggunakan bahu jalan di dalam tol

2. Menggunakan strobo atau sirine yang bukan Peruntukannya

3. Melawan arus

4. Pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm.

5. Stop line atau marka jalan.

Sakskan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD DKI: Anggota F-PKS Dany Anwar Meninggal karena Covid-19

Posted: 02 Aug 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aggota DPRD DKI dari PKS, Dany Anwar meninggal dunia di Rumah Sakit AL Dr. Mintohardjo Benhil, Jakarta Pusat. Pria yang pernah maju dalam Pilgub DKI ini meninggal akibat corona covid-19.

"Barusan jam 10.00 dapat kabar sekretaris komisi I dari fraksi PKS, Dany Anwar meninggal dunia karena Covid-19," kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi pada Liputan6.com, Senin (3/8/2020).

Prasetio menambahkan Dany meninggal dunia di RS Angkatan Laut (AL) Jakarta. Ia tidak tahu awal penularan Covid-19 Dany Anwar.

"Belum, nanti ke Ketua Fraksi (PKS) ya," ucapnya.

Untuk proses penyemprotan disinfektan, penutupan Gedung DPRD DKI diperpanjang dari 3 hingga 9 Agustus 2020. Gedung DPRD DKI kembali akan dilakukan penyemprotan disinfektan hari ini sampai seminggu ke depan.

 

Disemprot Disinfektan

"Mengingat kondisi belum kondusif, penutupan kantor dimulai hari ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucap Pras.

Kegiatan perkantoran di Gedung DPRD DKI kembali akan kembali dilaksanakan pada 10 Agustus 2020 mendatang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Apresiasi Upaya Pemda Bekasi Jaga 48 Ribu Hektar Lahan Pertanian Lewat Perda

Posted: 02 Aug 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi Kementerian Pertanian memberikan apresiasi kepada Kabupaten Bekasi yang berupaya mempertahankan luas 48.000 hektar lahan pertanian pangan di wilayahnya. Rencananya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melanjutkan pembahasan Raperda yang mengatur Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan salah satu ancaman terbesar buat pertanian adalah terjadinya alih fungsi lahan pertanian. 

"Alih fungsi lahan ini membuat luas lahan pertanian terus menyusut. Dampaknya tentu saja semakin berkurangnya produktivitas. Jika tidak dicegah, kondisi ini bisa membuat kita mengalami kekurangan pangan. Makanya Kementerian Pertanian berharap lahan pertanian bisa dilindungi," katanya, Minggu (02/08/2020).

Kabupaten Bekasi memiliki Luas Baku Sawah sebesar 57.511 Ha sesuai dengan SK Menteri ATR/BPN No. 686/SK-PG.03.03/XII/2019, harapannya tentu lahan tersebut dapat ditetapkan menjadi LP2B dan masuk dalam Perda di Kabupaten Bekasi.

"Penetapan LP2B ini harus menjadi perhatian bagi kita semua untuk melindungi lahan pangan kita, dan penetapan Perda LP2B agar menjadi bagian yang tak terpisahkan dari LP2B sehingga semua sistem berjalan beriringan untuk menjaga pangan negeri ini,"j elas Mentan SYL.

Hal ini diperkuat dengan ucapan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy. Menurutnya, pemerintah daerah memiliki kewenangan besar untuk mencegah terjadinya alih fungsi lahan.

"Kita akan berkoordinasi dan mendukung pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan alih fungsi lahan. Pemerintah daerah harus menjadi yang terdepan untuk hal ini," katanya.

Dijelaskan Sarwo Edhy, Pemda dapat berperan aktif dalam mencegah alih fungsi lahan lantaran telah ada regulasi yang mengaturnya. Yakni Perpres Nomor 59 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah.

 

Perda Lahan Pertanian

Sebelumnya, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan jika tahun ini Pemerintah Kabupaten Bekasi akan melanjutkan pembahasan rancangan peraturan daerah yang mengatur Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Menurutnya, pembahasan mengenal hal ini sempat tertunda akibat adanya ketidaksesuaian data lahan dan tata ruang wilayah setempat.

"Ini tekad kuat kami untuk mempertahankan lahan pertanian. Saya sudah komunikasi dengan DPRD. Kita akan tuntaskan pembahasan Perda Lahan Pertanian," katanya.

Ditambahkan Bupati Eka, regulasi yang mengatur lahan pertanian dibutuhkan untuk mempertahankan lahan yang ada saat ini agar tidak beralih fungsi menjadi pemukiman baru maupun industri.

"Pemerintah Kabupaten Bekasi berjanji akan mempertahankan luasan 48.000 hektare lahan pertanian pangan berkelanjutan. Dengan mempertahankan lahan pertanian secara otomatis akan mampu menjaga ketahanan pangan. Kita harus pastikan ketahanan pangan terjaga dengan baik serta mampu mencukupi kebutuhan warga," katanya.

Bupati Eka juga meminta Dinas Pertanian terus memberikan pembinaan serta pendidikan pertanian modern kepada petani. Ia berharap petani mampu memanfaatkan teknologi sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Data Indonesia Bantu Pemulihan Ekonomi Indonesia

Posted: 02 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi rancangan kerja Pemerintah tahun 2021, untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dengan menggunakan Satu Data Indonesia.

"Kami di Bappenas saat ini sedang melakukan finalisasi rancangan rencana kerja Pemerintah 2021 dengan tema mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial. Sebagai sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19, yang adaptif dan responsif," kata Suharso, dalam Sosialisasi Satu Data Indonesia secara virtual, Senin (3/8/2020).

Ia menuturkan pembangunan 2021 akan difokuskan pada pemulihan ekonomi melalui sektor-sektor industri pariwisata, investasi, reformasi sistem Kesehatan nasional, reformasi sistem perlindungan sosial, reformasi ketahanan bencana, dan bagaimana Menyusun sistem ketahanan pangan, serta merdeka belajar.

"Tahun 2021 seperti yang sering kami sampaikan, memuat 7 prioritas nasional kemudian diterjemahkan dalam pembangunan nasional," ujarnya.

Adapun 7 prioritas tersebut, yakni  penguatan ketahanan ekonomi; pengembangan wilayah; peningkatan SDM; peningkatan revolusi mental dan pembangunan kebudayaan; penguatan infrastruktur; pembangunan lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim; dan stabilitas politik hukum dan transformasi pada publik.

"Peran satu data sangat penting untuk melaksanakan fokus-fokus pembangunan 2021, untuk itu sinergi antar kementerian, Lembaga antara pusat dan daerah, serta masyarakat luas. Penyelenggaraan satu data itu penting untuk memastikan kontribusi nyata dalam pembangunan ke depan," ungkapnya.

 

Jadi Landasan Hukum

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Suharso Monoarfa (Foto: Merdeka.com/Wilfridus S)
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Suharso Monoarfa (Foto: Merdeka.com/Wilfridus S)

Sebagaimana aturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang menjadi landasan hukum dalam perbaikan tata Kelola data.

Satu Data merupakan kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

"Karena itu informasi dan data menjadi penting, karena informasi dan data itu menjadi awal menyusun perencanaan. Data juga kita gunakan untuk mengevaluasi serta mengendalikan seluruh sendi-sendi, pembangunan di Indonesia sehingga bisa membantu kita menentukan kebijakan yang efektif," pungkasnya.   

Jokowi Teken Aturan Satu Data Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Topik Sidang Kabinet Paripurna tersebut  yakni Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Topik Sidang Kabinet Paripurna tersebut yakni Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia pada Rabu, 12 Juni 2019. Keberadaan aturan data ini bertujuan agar pemerintah dapat mengumpulkan data dalam satu pintu yang akurat, mutakhir, terpadu, serta mudah diakses.

Data yang tersedia termasuk pangan, energi, infrastruktur, maritim, pendidikan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, industri, pariwisata, hingga reformasi birokrasi.

Berdasarkan laporan Setkab.go.id, ada Standar Data yang harus dipenuhi oleh data yang terkumpul. Data yang dihasilkan juga harus memiliki metadata, memenuhi kaidah Interoperabilitas Data, dan memiliki kode referensi atau data induk.

"Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Rcferensi dan Data Induk," bunyi Pasal I ayat (1) Perpres ini, seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet.

Standar Data untuk Data, selain Data Statistik dan Data Geospasial, ditetapkan oleh Pembina Data tingkat pusat yang merpakan salah satu Instansi Pusat yang punya kewenanan. Sementara, Menteri atau kepala Instansi Pusat dapat menetapkan standar data untuk memenuhi kebutuhan instansi sesuai dengan tugas dan fungsinya, sepanjang berdasarkan Standar Data yang sudah ditetapkan oleh pusat.

Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus dilengkapi dengan Metadata yang informasinya mengikuti struktur baku dan format yang  merujuk pada bagian informasi tentang Data yang harus dicakup dalam Metadata. Itu merujuk pada spesifikasi atau standar teknis dari Metadata.

Ditegaskan dalam Perpres ini, Data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memenuhi kaidah Interoperabilitas Data. Untuk itu, Data harus:

a. konsisten dalam sintak/bentuk, struktur/skema/komposisi penyajian, dan semantik/ artikulasi keterbacaan

b. disimpan dalam format terbuka yang dapat dibaca sistem elektronik.

Adapun mengenai Kode Referensi dan/atau Data Induk, menurut Perpres ini, dibahas dalam Forum Satu Data Indonesia tingkat pusat. Forum Satu Data Indonesia ini akan menyepakati:

a. Kode Referensi dan/atau Data Induk

b. Instansi Pusat yang unit kerjanya menjadi Walidata atas Kode Referensi dan/atau Data Induk tersebut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Kampanye Pakai Masker, Jokowi Minta Bantuan Ibu-Ibu PKK

Posted: 02 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyusun strategi baru untuk mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19). Jokowi meminta agar kampanye protokol kesehatan Covid-19 tidak dilakukan secara bersamaan. 

"Saya ingin dalam 2 minggu kita fokus kampanye mengenai pakai masker. Nanti 2 minggu berikut kampanye jaga jarak atau cuci tangan misalnya. Tidak dicampur urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, pakai masker," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (3/8/2020).

Dia menilai apabila kampanye memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan tak berkurumun dilakukan secara bersamaan maka akan sulit diterima. Khususnya oleh kalangan menengah ke bawah. 

"Kalau barengan mungkin yang menengah atas bisa ditangkep dengan cepet tapi yang di bawah ini menurut saya memerlukan satu per satu," ucap Jokowi.

 

Bantuan Ibu-Ibu PKK

Jokowi ingin agar kampanye mengenai protokol kesehatan Covid-19 ini juga melibatkan organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Menurut dia, PKK akan lebih efektif untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Saya ingin ini melibatkan PKK, coba PKK. Istri Mendagri, saya enggak tahu kalau ibu-ibu khawatir masalah Covid mungkin kita rem, tapi kalau ibu-ibu siap, saya kira PKK ini saya pikir sangat efektif door to door urusan masker," tuturnya.

"Perubahan perilaku ini benar-benar harus kita lakukan dengan komunikasi mungkin di TV, di medsos secara masif selama 2 minggu ini dengan cara-cara yang berbeda," sambung Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Catat Deflasi 0,1 Persen di Juli 2020

Posted: 02 Aug 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka deflasi sebesar 0,1 persen di Juli 2020. Sementara, hingga Juli 2020, inflasi tahun kalender sebesar 0,98 persen. Inflasi ini lebih rendah dari inflasi Juni 2020 yang sebesar 0,18 persen. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto mengungkapkan, pada Juli 2020, inflasi tahun kalender tercatat  sebesar 0,98 persen dan inflasi tahun ke tahun tercatat  mencapai 1,54 persen. 

"Dari 90 kota IHK yang dipantau oleh BPS, ada 61 kota yang mengalami deflasi dan 29 kota mengalami inflasi," ujar Kecuk saat mengumumkan angka inflasi di kantornya, Senin (3/8/2020). 

Deflasi tertinggi terjadi di kota Manokwari, dimana terjadi deflasi sebesar 1,09 persen. Ini karena adanya penurunan beberapa komoditas bahan pangan. Deflasi terendah terjadi di Gunungsitoli, Bogor,Bekasi, Luwuk,Bulukumba sebesar 00,01 persen. 

Sementara inflasi tertinggi terjadi di Timika sebesar 1,45 persen. Dan inflasi terendah terjadi di Banyuwangi dan Jember sebesar 0,01 persen.     

BI Catat Terjadi Deflasi 0,03 Persen di Pekan Keempat Juli 2020

Pembeli memilih telur di Pasar Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen pada September 2019 mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Posisi ini lebih rendah dari deflasi Agustus 2019 sebesar 0,68%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pembeli memilih telur di Pasar Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen pada September 2019 mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Posisi ini lebih rendah dari deflasi Agustus 2019 sebesar 0,68%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Survei Pemantauan Harga yang dijalankan Bank Indonesia (BI) untuk minggu keempat bulan Juli 2020 mencatat bahwa terjadi deflasi sebesar 0,03 persen (mtm). Sehingga inflasi pada Juli 2020 diperkirakan 1,06 persen (ytd) dan 1,61 persen (yoy).

"Survei Pemantauan Harga minggu keempat bulan Juli 2020 mengalami deflasi sebesar 0,03 persen (mtm)," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Penyumbang utama deflasi pada periode laporan berasal dari bawang merah sebesar -0,10 persen (mtm), daging ayam ras sebesar -0,03 persen (mtm), bawang putih sebesar -0,03 persen (mtm). Lalu, gula pasir sebesar -0,02 persen (mtm), jeruk sebesar -0,02 persen (mtm) dan cabai merah, kelapa, daging sapi, dan angkutan udara masing-masing sebesar -0,01 persen (mtm).

Sementara itu, komoditas utama penyumbang inflasi, yaitu telur ayam ras sebesar 0,05 persen (mtm), emas perhiasan sebesar 0,04 persen (mtm), dan rokok kretek filter sebesar 0,01 persen (mtm).

 

Perkuat Koordinasi

Pedagang menata telur di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang menata telur di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk itu, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Termasuk langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh.

Tujuannya untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Kutinggalkan Batu Berlian Demi Batu Kali, Senin 3 Agustus 2020

Posted: 02 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial ditayangkan kembali Senin siang ini.

Seperti biasa FTV Indosiar Kisah Nyata Spesial hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Jangan lewatkan episode Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Lima Jenis SIM yang Berlaku di Indonesia

Posted: 02 Aug 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kelengkapan yang wajib dimiliki pengendara saat mengoperasikan kendaraan di jalan raya. Tak hanya itu, SIM juga menjadi identitas pengendara jika terjadi sebuah kecelakaan. Polisi akan lebih mudah untuk melakukan pengecekan terhadap identitas pengendara.

Terdapat lima jenis, pengelompokan setiap SIM disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan di Indonesia. Umumnya terdapat 4 jenis SIM yang berlaku di Indonesia, yakni A,B,C dan D. Meski demikian, khusus SIM B dibagi kembali menjadi dua jenis.

Masing-masing dari SIM juga berbeda dari kegunaan serta harga pajak yang dibayarkan. Pembagian golongan SIM juga berdasarkan berat kendaraan.

Sementara itu, SIM perseorangan digunakan oleh suatu individu yang digunakan untuk pemakaian pribadi contohnya mobil, motor, truk yang bersifat pribadi.

Berikut pengertian lima jenis SIM (A,B1,B2, C dan D), seperti dilansir Garda Oto, Senin (3/4/2020).

SIM A

SIM A diperuntukan bagi pengedara mobil penumpang serta barang perseorangan, dengan jumlah berat tidak melebihi 3.500 kg.

SIM B1

SIM ini digunakan untuk mengemudikan mobil penumpang serta barang perseorangan dengan skala jumlah berat lebih dari 3.500 kg.

SIM B2

Jenis SIM ini diperuntukan bagi kendaraan berat, kendaraan penarik, dan kendaraan bermotor dengan kereta tempelan atau gandengan. Jumlah bobot yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.

SIM C

Khusus roda dua atau sepeda motor, pengendara wajib memiliki SIM C.

SIM D

SIM D wajib dimiliki disabilitas yang ingin mengendarai sebuah kendaraan.

Jenis-jenis SIM (A,B,C dan D) merupakan SIM yang digunakan di Indonesia. SIM diperoleh setelah pemohon lolos ujian materi dan praktik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah ke Level 14.625 per Dolar AS di Awal Pekan Ini

Posted: 02 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan awal pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (3/8/2020), rupiah dibuka di angka 14.605 per dolar AS, emlemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.600 per dolar AS.

Menjelang siang, rupiah terus tertekan ke level 14.625 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.602 per dolar AS hingga 14.625 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 5,47 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.713 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.653 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pagi ini terlihat dolar masih menguat terhadap nilai tukar negara pasar berkembang.

"Karena kekhawatiran pasar masih meninggi terhadap penularan virus COVID-19 di seluruh dunia yang bisa menghambat pemulihan ekonomi global," ujar Ariston dikutip dari Antara, Senin (3/8/2020).

Ariston menuturkan, beberapa negara melaporkan terjadinya gelombang kedua pandemi COVID-19 seperti di Vietnam, Jepang, China, Hongkong, Australia, dan negara-negara di Eropa, dan lainnya.

Imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun kembali mendapatkan tekanan yang berarti seiring meningkatnya permintaan terhadap obligasi tersebut.

"Ini mengindikasikan banyak pelaku pasar yang masuk ke aset aman," kata Ariston.

Yield obligasi AS tersebut menyentuh level terendah baru sejak Maret 2020 di 0,522 persen pada akhir pekan lalu.

Prediksi Pergerakan Rupiah

Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Penguatan Rupiah dipengaruhi aliran masuk modal asing yang cukup besar pada Mei dan Juni 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Penguatan Rupiah dipengaruhi aliran masuk modal asing yang cukup besar pada Mei dan Juni 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi bergerak melemah di kisaran Rp14.700 per dolar AS dengan potensi support Rp14.500 per dolar AS.

Pada Kamis (30/7) pekan lalu, rupiah ditutup melemah 57 poin atau 0,4 persen menjadi Rp14.600 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.543 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Ridwan Kamil dan Putra Angkat, Penuh Kehangatan

Posted: 02 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok publik figur yang dekat dengan masyarakat. Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang baik.

Beberapa waktu lalu, Ridwan Kamil sempat membuat heboh warganet. Pasalnya, suami Atalia ini diketahui mengadopsi seorang bayi laki-laki. Melalui laman Instagramnya, Ridwan Kamil menyampaikan kabar bahagia ini tepat pada peringatan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2020 lalu.

Anggota keluarga baru bernama Arkana Aidan Misbach. Kehadiran bayi Arka tentu melengkapi kebahagiaan Ridwan Kamil dan keluarga. Meski memiliki jadwal yang padat, pria 48 tahun ini menyempatkan waktu bersama putra angkatnya. 

Dalam laman Instagramnya, Ridwan Kamil membagikan momen manisnya bersama bayi Arka. Tak sedikit warganet yang turut gemas dengan putra bungsu Ridwan Kamil ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret kedekatan Ridwan Kamil dan baby Arka, Senin (3/8/2020). 

1. Ini dia momen manis Ridwan Kamil dan sang istri saat menyambut kehadiran putra angkatnya Arkana Aidan Misbach.

Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)

2. Tepat pada Hari Anak Nasional pada 23 Juli lalu, Gubernur Jawa Barat ini mengangkat baby Arkana menjadi putra ketiganya.

Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)

3. Sebelum memulai kerja, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengajak baby Arkana jalan-jalan terlebih dahulu.

Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)

4. Beberapa warganet mengatakan, putra ketiga Ridwan Kamil ini terlihat mirip dengan pria 48 tahun ini.

Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)

5. Momen Idul Adha Ridwan Kamil, baby Arkana dan keluarga. Kehadiran bayi mungil ini melengkapi kebahagiaan keluarga ini.

Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)

7. Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya juga terlihat menyayangi putra bungsunya ini.

Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil dan Putra Angkat (Sumber: Instagram/ridwankamil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cathay Pasific Kembali Layani Rute Jakarta - Hong Kong, Simak Syarat Perjalanannya

Posted: 02 Aug 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cathay Pasific baru-baru ini meluncurkan Cathay Care mengingat sudah kembali melayani penumpang dari Jakarta menuju Hong Kong, dan sebaliknya. Program adaptasi kebiasaan baru diperkenalkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dalam perjalanan udara yang dilewati para penumpang dan staf.

"Kami mengerti kekhawatiran akan keselamatan dan kami telah memperkenalkan beberapa langkah pencegahan yang disempurnakan pada setiap tahapan perjalanan – mulai dari check-in hingga dalam kabin sehingga mereka dapat terbang dengan tenang," ucap Chris Bowden, Cathay Pacific Country Manager Indonesia, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Langkah-langkah yang diterapkan meliputi check in secara online atau melakukan self service di bandara menggunakan kios, masuk pesawat tanpa kontak, pernyataan kesehatan pada saat check-in, kewajiban memakai penutup wajah selama penerbangan, dan aturan menginap yang ketat untuk awak kabin. Seluruh pesawat juga dilengkapi dengan penyaring HEPA yang menjamin kualitas udara tertinggi yang bisa dicapai dan menghilangkan 99.99 persen kontaminasi udara.

Pihak maskapai mewajibkan seluruh penumpang memakai masker selama penerbangan, memastikan suhu tubuh semua penumpang telah dicek, juga menutup kursi jika memungkinkan. Maskapai juga telah mengatur ulang alur layanan dan sanitasi untuk meyakinkan bahwa penumpang terlindungi di udara, dengan sanitasi menyeluruh pada semua permukaan di lingkungan kabin.

Layanan makan juga dimodifikasi dan dirancang untuk mengurangi kontak dengan awak kabin. Sedangkan, makanan ringan dan minuman yang sudah disediakan sebelumnya ditiadakan sementara waktu.

Sementara, awak kabin diwajibkan untuk mengenakan masker, sarung tangan dan kacamata pelindung yang disediakan untuk semua awak kabin. Maskapai juga menerapkan aturan menginap yang ketat bagi para awak kabin, termasuk tidak ada kontak dengan komunitas lokal dan pengawasan kesehatan yang ketat. 

Cathay Pacific juga menjadi maskapai pertama di Asia yang meluncurkan layanan WhatsApp untuk pelanggan. Fitur baru ini akan membantu menjawab pertanyaan para pelanggan secepat dan selancar mungkin. Para penumpang dapat mengirim pesan teks di WhatsApp ke +852 2747 2747 untuk bantuan mengenai pemesanan tiket, serta pertanyaan seputar Marco Polo Club dan Asia Miles. Layanan ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dari Senin hingga Jumat antara pukul 08.00 dan 17.00 WIB.

Persyaratan Tambahan bagi Penumpang dari Indonesia

Awak kabin Cathay Pasific. (dok. Screenshoot Cathay pasific.com/Dinny Mutiah)
Awak kabin Cathay Pasific. (dok. Screenshoot Cathay pasific.com/Dinny Mutiah)

Efektif dari Sabtu, 25 Juli 2020, penumpang yang baru berkunjung, transit, atau berangkat dari Indonesia, Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, Filipina, Amerika Serikat, Kazakhstan dan Afrika Selatan dalam 14 hari terakhir, dan sedang menyelesaikan perjalanan mereka di Hong Kong, akan diminta untuk menunjukkan dokumen perjalanan tambahan.

Dokumen yang harus ditunjukkan meliputi nama, nomor paspor atau nomor kartu identitas Hong Kong, dokumen laporan uji asli dari laboratorium atau lembaga kesehatan yang melakukan uji asam nukleat, surat pernyataan bahwa laboratorium atau lembaga kesehatan diakui atau disetujui pemerintah, dan konfirmasi pemesanan kamar hotel di Hong Kong tidak kurang dari 14 hari dimulai pada hari kedatangan di Hong Kong.

Terkait hasil tes negatif COVID-19, uji asam nukleat itu dilakukan dalam kurun waktu 72 jam dari waktu keberangkatan yang dijadwalkan untuk penerbangan ke Hong Kong. Surat atau sertifikasi tersebut harus ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Mandarin. 

Sedangkan, konfirmasi pemesanan hotel dapat dicetak atau ditampilkan dalam format digital. Dokumen harus ditulis dalam Bahasa Inggris.

"Harap dicatat bahwa ini berlaku untuk semua penumpang yang datang dari tujuh negara ini – penumpang yang memiliki alamat rumah atau tempat tinggal di Hong Kong juga akan diharuskan menjalani karantina selama 14 hari di sebuah hotel," demikian pernyataan maskapai. 

Kembali Tes Covid-19

Ilustrasi Tes Covid-19 Credit: pexels.com/Polina
Ilustrasi Tes Covid-19 Credit: pexels.com/Polina

Dalam perjalanan menuju Hong Kong, semua penumpang akan diminta menjawab sejumlah pertanyaan saat check in. Pertanyaan seputar sejarah perjalanan calon penumpang selama 14 hari terakhir dan diwajibkan untuk menandatangani pernyataan itu.

Selain itu, penumpang juga diharuskan mengisi formulir deklarasi kesehatan online Departemen Kesehatan Hong Kong dan menunjukkan kode QR yang dihasilkan kepada staf Cathay Pacific; kode tersebut bisa dalam format cetak atau digital. Penumpang yang tidak dapat memenuhi persyaratan ini tidak akan diperbolehkan untuk melakukan perjalanan. Namun, persyaratan baru ini tidak berlaku untuk penumpang yang transit melalui Hong Kong.

Selanjutnya, semua penumpang yang tiba di Hong Kong diharuskan menjalani tes COVID-19 setelah menyelesaikan semua persyaratan kesehatan, imigrasi, bea cukai, dan persyaratan izin karantina. Tes yang melibatkan pemberian sampel air liur tersebut, akan dilakukan oleh para profesional medis di Department of Health Temporary Specimen Collection Centre di gedung Asia World Expo.

Penumpang akan menerima arahan dan bantuan saat meninggalkan area pengambilan bagasi. Selain itu, penumpang akan diminta untuk menunggu hasil tes mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Apes Pria Usai Sterilkan Uang di Mesin Cuci

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara yang dilakukan individu untuk mencegah risiko penularan virus Corona Covid-19. Namun, pria dari Korea Selatan ini memiliki cara tak biasa untuk terhindar dari virus tersebut.

Pria bernama Eom ini percaya bahwa virus Corona bisa hilang pada uang kertas miliknya setelah membersihkannya ke dalam mesin cuci.

Pria  inimemasukkan uang kertas dalam jumlah 50.000 won atau setara dengan Rp 600 ribu dalam berbagai pecahan ke dalam mesin cuci. Tampaknya itu bukan ide bagus karena uang kertas yang telah dicuci tersebut berujung rusak parah.

Artikel tentang takut Corona, pria ini malah apes usai sterilkan uang di mesin cuci menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang viral daging kurban masih bergerak saat ingin dimasak, bikin warganet heboh.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang berdasarkan zodiak, ini peruntungan cinta dan keuanganmu di bulan Agustus.

Berikut Top 3 Citizen6:

1.  Takut Corona, Pria Ini Malah Apes Usai Sterilkan Uang di Mesin Cuci

(screen capture worldoffbuzz.com)
(screen capture worldoffbuzz.com)

 

Ia pun segera menghubungi bank setempat apakah uang kertas rusak tersebut bisa ditukar dengan yang baru. Untungnya, Bank Korea menukar sebagian uang kertas dengan yang baru.

Selengkapnya...

2. Viral Daging Kurban Masih Bergerak Saat Ingin Dimasak, Warganet Heboh

(@tterororo/twitter.com)
(@tterororo/twitter.com)

Idul Adha menjadi salah satu momen penting yang dinanti umat muslim di penjuru dunia. Perayaan setahun sekali ini tentu identik dengan limpahan daging kurban sapi maupun kambing.

Biasanya daging kurban yang didapat seseorang akan langsung diolah, seperti yang dilakukan seorang pengguna Twitter ini. Namun, betapa kagetnya dia ketika mengetahui daging kurban yang akan dimasak masih bergerak.

Melalui akunnya dengan nama @tterororo, warganet dari Malaysia ini berbagi kisah ketika ia mendapati potongan daging kurban yang berkedut tanpa henti.

Selengkapnya...

3. Berdasarkan Zodiak, Ini Peruntungan Cinta dan Keuanganmu di Bulan Agustus (Part 1)

Ilustrasi Wanita (pixabay.com)
Ilustrasi Wanita (pixabay.com)

Setiap individu tentu ingin menjalani hari-hari dengan penuh kebahagiaan. Terlebih lagi setiap memasuki bulan baru, kita pasti berharap akan mendapatkan peruntungan di bulan tersebut.

Memasuki bulan Agustus, tiap individu tentu mengalami kondisi dan peruntungan yang berbeda. Nah, penasaran bagaimana peruntungan dan kehidupan cintamu di bulan Agustus ini berdasarkan zodiak? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (2/8/2020).

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan-Jalan ke Turki, Mantan Gelandang Arsenal Semprot Mesut Ozil

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan gelandang Arsenal, Perry Groves murka dengan ulah Mesut Ozil. Alih-alih ikut merayakan gelar juara Piala FA dengan Arsenal, Ozil diketahui memilih untuk jalan-jalan ke Turki.

Mesut Ozil sepertinya tidak peduli lagi dengan Arsenal. Groves menilai Ozil sudah menunjukkan sisi egoisnya karena tak menghadiri selebrasi juara.

Arsenal seperti diketahui angkat trofi Piala FA untuk ke-14 kalinya. The Gunners juara usai kalahkan klub sekota Chelsea 2-1 di laga final yang berlangsung di Wembley London.

Arsenal sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Cristian Pulisic. Namun dua gol dari Pierre Emerick Aubameyang buyarkan harapan gelar.

Mesut Ozil diketahui hanya memberikan ucapan selamat lewat instagram kepada rekan-rekannya di Arsenal. "Kerja yang bagus," tulisnya.

 

Bikin Marah

Para pemain Arsenal melakukan selebrasi usai menjuarai Piala FA di Stadion Wembley, London, Sabtu (1/8/2020). Arsenal menang 2-1 atas Chelsea. (Catherine Ivill/Pool via AP)
Para pemain Arsenal melakukan selebrasi usai menjuarai Piala FA di Stadion Wembley, London, Sabtu (1/8/2020). Arsenal menang 2-1 atas Chelsea. (Catherine Ivill/Pool via AP)

Groves menilai apa yang dilakukan Ozil sangat tidak etis. Dia marah karena dia tak menghormati perjuangan rekan-rekannya.

"Itu sudah menyimpulkan segalanya. Dia tak peduli dengan Arsenal, dia hanya peduli dengan dirinya sendiri," katanya seperti dikutip Talksport.

"Kalau saya tak mau dicap egois. Saat ini dia sudah tahu waktunya sudah selesai di Arsenal. Kalau saya rekan setimnya, saya akan tulis jangan whatsapp saya, Anda tahu maksud saya?"

 

Gaji Buta

 

Ozil sangat jarang bermain untuk Arsenal. Meski begitu dia mendapatkan gaji buta karena dia dibayar 350 ribu pounds per pekan.

Ozil dikabarkan akan gabung klub Turki, Fenerbahce. Selain klub Turki, klub-klub dari MLS juga tertarik untuk merekrutnya.

Saksikan video Arsenal berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asus Update Seri Laptop Gaming ROG dengan Prosesor Intel Generasi ke-10

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asus baru saja meng-update deretan lini laptop gaming ROG dengan prosesor terbaru milik Intel, yakni Intel Core 10th Gen (Intel Generasi ke-10).

Adapun produk yang di-update, termasuk Zephyrus Duo 15, Zephyrus S17, Zephyrus S15, Zephyrus M15, ROG Strix SCAR 15/17, dan ROG Strix G15/17.

"ROG erat dengan inovasi dan hal tersebut yang membuat ROG menjadi brand gaming nomor satu di dunia," ujar Jimmy Lin, Asus Regional Director Southeast Asia dalam keterangan resminya, Senin (3/8/2020).

"Tidak hanya ditenagai oleh prosesor 10th Gen Intel Core H-Series terbaru, jajaran laptop ROG tahun ini juga hadir dengan peningkatan di berbagai sisi," tambah Jimmy.

Selain perbedaan dalam hal prosesor, Asus juga meng-update sejumlah hardware di masing-masing model ROG, mulai dari DDR4 dengan kecepatan 3200MHz hingga sistem pendingin laptop.

 

Seri ROG Zephyrus

Laptop gaming yang memimpin seri ROG paling update ini adalah ROG Zephyrus Duo 15, dilanjutkan dengan Zephyrus S17 yang hadir dengan panel layar 17.3 incil Full HD 300Hz Pantone G-Sync IPS dan Intel Core i7-10875H.

Laptop gaming ini juga hadir dengan RAM DDR4-3200 32GB, SSD NVMe 1TB, dan dua model dengan GPU Nvidia yang berbeda, yaitu GeForce RTX 2080 Super Max-Q dan GeForce RTX 2070 Super.

Bagi yang ingin model lebih kecil, perusahaan asal Taiwan ini juga memperbarui seri Zephyrus S15 dengan prosesor Intel Generasi ke-10 juga.

Zephyrus S15 kini mengusung Intel Core i7-10875H, GeForce RTX 2080 Super Max-Q, RAM 32GB DDR4-3200 dan SSD 1TB

 

Zephyrus M15 dan Strix

Model Zephyrus dengan layar 15 inci lainnya yang juga mendapatkan pembaruan adalah Zephyrus M15.

Seri ini hadir dengan spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari Zephyrus S15, yakni prosesor Intel Core i7-10750H, GeForce GTX 1660Ti, RAM 16GB DDR4-3200, dan SSD NVMe 1TB.

Selain seri Zephyrus, model lain yang dirombak hardware-nya adalah Strix Scar 15, Strix G17, dan Strix G15.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Kematian Akibat Covid-19 Mencapai 1,6 Juta Orang

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar meme di media sosial Facebook terkait jumlah kematian akibat Covid-19. Meme tersebut ramai dibagikan sejak bulan lalu.

Salah satu yang mempostingnya adalah akun bernama Teazyvibes official. Dia mengunggahnya pada 14 Juli 2020 lalu.

Dalam meme tersebut terdapat narasi,

"Covid 19 has killed over 1.6million people around the world But, God kept you alive. Just use 10seconds to THANK GOD."

atau dalam Bahasa Indonesia,

"Covid-19 telah membunuh 1,6 juta orang di seluruh dunia, namun Tuhan telah membiarkan Anda hidup. Jadi gunakan 10 detik waktu Anda untuk berucap terima kasih pada Tuhan."

Lalu benarkah Covid-19 telah menimbulkan 1,6 juta orang di seluruh dunia?

Penelusuran fakta:

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengunjungi website resmi WHO. Di sana terdapat dokumentasi soal kasus covid-19 yang dikelola oleh John Hopkins University.

Hasilnya, hingga Senin (3/8/2020) pagi terdapat total kematian mencapai 680.894 orang. Atau tidak sampai 1,6 juta orang seperti yang diklaim di meme Facebook.

Benua Amerika menjadi lokasi kematian tertinggi yakni mencapai 359.180 orang. Sementara jumlah orang yang positif Covid-19 mencapai 17.660.253 orang.

Kesimpulan:

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Meme yang menyebut jumlah kematian akibat Covid-19 mencapai 1,6 juta orang adalah tidak benar.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mangkrak 8 Tahun, Perusahaan China Diminta Lanjutkan Bangun Depo Minyak Rp 12 T

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mendorong Sinopec Group, perusahaan konglomerat minyak dan gas China, agar segera merealisasikan pembangunan depo minyak senilai Rp12 triliun di Batam, Kepulauan Riau yang sudah terhenti selama delapan tahun.

"Pada 29 Juli 2020 telah disepakati nota kesepahaman antara Sinomart KTS Development LTD, anak perusahaan Sinopec dan PT Batam Sentralindo untuk melanjutkan rencana investasi proyek pembangunan depo minyak di Batam, Kepulauan Riau. Dalam penandatanganan tersebut, Kemenko Perekonomian bersama BP Batam turut hadir sebagai saksi dan menunjukkan dukungan penuh Pemerintah Indonesia untuk mengawal realisasi proyek depo minyak ini," kata Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Suswijiono dikutip dari Antara, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan syarat-syarat pembangunan dan proyek ini didukung penuh oleh pemerintah dari kedua negara. Keberadaan depo minyak ini akan memperkuat kedaulatan energi nasional, khususnya di tengah kondisi dunia yang masih "volatile" dan rentan akan krisis akibat dari pandemi COVID-19.

"Kesepakatan ini adalah kabar baik. Pemerintah Indonesia meminta dan mendukung Sinopec segera membangun proyek yang sudah direncanakan sejak lama ini," katanya.

Proyek Depo minyak berkapasitas 2,6 juta kiloliter ini sudah digagas pembangunannya sejak tahun 2012. Peletakan batu pertama proyek ini pun sudah dilakukan pada 10 Oktober 2012 di lahan seluas 75 hektare di kawasan industri Westpoint Maritime Industrial Park, Batam.

Habiskan Anggaran Rp Rp 12,19 Triliun

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Proyek depo minyak di Batam ini rencananya akan menghabiskan biaya investasi sebesar 841 juta dolar As atau lebih dari Rp 12,19 triliun (asumsi kurs Rp 14.509 per dolar).

Ia menambahkan Kemenko Perekonomian serta BP Batam bertindak sebagai mediator dari kedua perusahaan. Intinya Kemenko akan terus mengawal proses persiapan hingga pembangunan fisik sehingga dapat segera terlaksana.

Menurutnya proyek ini sangat penting untuk mewujudkan ketahanan energi nasional serta sebagai pengungkit utama perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

Kemenko Bidang Perekonomian berharap percepatan pembangunan proyek depo minyak akan menggerakkan aktivitas ekonomi di Batam dan sekitarnya. Ketersediaan lapangan kerja dari proyek ini juga akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Riau itu, demikian Suswijiono.

Mangkrak, BKPM Minta Sinopec Segera Bangun Depo Minyak Batam

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meminta Sinopec untuk segera melanjutkan proyek pembangunan depo minyak di Batam. Proyek yang sudah groundbreaking pada 10 Oktober 2012 termasuk ke dalam daftar investasi mangkrak di Indonesia.

"Pembangunan proyek itu (depo minyak di Batam) sangat prioritas, karena itu masuk investasi mangkrak," ungkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (29/1/2020).

Bahlil menegaskan, untuk mempercepat pembangunan proyek tersebut, BKPM sudah meminta agar direksi Sinopec dapat segera memberikan penjelaskan.

"Jadwal bertemu dengan Sinopec belum ditentukan. Kami minta paling lama sampai akhir bulan ini, karena ini proyek sangat strategis," tegas Bahlil.

Bahlil berharap direksi Sinopec segera memberikan kepastian pembangunan kembali proyek depo minyak tersebut. Sehingga pembangunan depo minyak dengan biaya senilai USD 841 juta atau sekitar Rp 11,77 triliun itu dapat menggairahkan ekonomi di Batam dan Kepulauan Riau.

Kirim Surat ke Jokowi

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Plt Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Isdianto sebelumnya sudah mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk percepatan pembangunan depo minyak di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Proyek pembangunan depo minyak itu sudah tertunda sejak 2012.

Dalam suratnya kepada Presiden tertanggal 7 Januari 2020, Isdianto menyampaikan, pembangunan depo minyak di kawasan Westpoint Maritime Industrial Park itu akan mendorong terciptanya lapangan kerja serta memberikan dampak positif bagi perekonomian di Provinsi Kepri, khususnya di Kota Batam.

"Kami berharap pembangunan depo minyak yang tertunda tersebut dapat segera direalisasikan," kata dia.

Dalam suratnya ia menjelaskan, pihak perusahaan juga telah memperoleh izin-izin sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku dan merupakan salah satu Kawasan langsung Investasi Konstruksi (KLIK) yang telah ditetapkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Isdianto berharap, dengan percepatan pembangunan depo minyak di Batam dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap iklim investasi di Batam dan akan menarik investor global lainnya. Apalagi Batam adalah salah satu parameter investasi di Indonesia.

"Realisasi pembangunan depo minyak milik investor seperti Sinopec dari Tiongkok itu akan berdampak luas terhadap minat investor lainnya. Kami minta Sinopec segera untuk membangun Depo minyak yang terlantar sejak 2012 " tegas Isdianto.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringatan dari WHO : Pandemi COVID-19 Masih Panjang

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Genewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja mengadakan pertemuan darurat untuk mengevaluasi krisis yang terjadi selama enam bulan terakhir karena COVID-19.

Dalam pertemuan yang diadakan pada Sabtu, 1 Agustus 2020, WHO memeringatkan besar kemungkinan pandemi COVID-19 di seluruh dunia akan berlangsung lama.

WHO pun memeringatkan akan adanya risiko yang terjadi karena tekanan sosial-ekonomi di tiap-tiap negara.

Sampai dengan Minggu, 2 Agustus 2020, WHO mencatat bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 telah menginfeksi sedikitnya 17,6 juta orang dan menewaskan sedikitnya 680 ribu orang sejak wabah muncul di Cina pada penghujung Desember 2019.

Sementara dikutip dari situs covid19.go.id pada Senin, 3 Agustus 2020, situasi COVID-19 di Indonesia telah merenggut 5.236 nyawa dari total yang terinkonfirmasi positif Corona ada 111.455 orang.

Meski demikian, Indonesia mencatat ada 68.975 orang yang sudah dinyatakan terbebas dari Virus Corona setelah melalui dua kali pemeriksaan tes usap (swab test).

Melihat penularan di dunia yang masih tinggi, tidak mengherankan bila panel yang berisi 17 anggota dan 12 penasihat tersebut menyatakan bahwa COVID-19 masih merupakan merupakan PHEIC (Public Health Emergency of International Concern) atau darurat kesehatan masyarakat dari kepedulian internasional.

"Pandemi adalah krisis kesehatan sekali dalam seabad, yang dampaknya akan terasa selama beberapa dekade mendatang," kata Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari situs Channel News Asia pada Senin, 3 Agustus 2020.

 

Percepat Proses Pembuatan Vaksin COVID-19

Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus. Dok: Twitter @WHO
Dirjen WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus. Dok: Twitter @WHO

Oleh sebab itu, pandel mendesak WHO untuk memercepat penelitian terkait vaksin COVID-19 dan terapi apa saja yang seharusnya diberikan.

Juga lebih gencar dalam memberikan pehamanan mengenai bahaya COVID-19, dan menjelaskan tentang dinamika virus SARS-CoV-2.

"Komite ingin WHO lebih banyak menjelaskan dinamika virus, seperti mode penularan, pontesi mutasi, kekebalan, dan korelasi perlindungan," 

Tidak hanya itu, karena prediksi tersebut, pertemuan yang berlangsung selama enam jam di kantor pusat WHO di Jenewa, juga memeringatkan negara-negara yang dihantui pandemi COVID-19 untuk menyiapkan banyak hal yang berkaitan dengan influenza musiman dan wabah penyakit lainnya bersamaan dengan Virus Corona baru ini.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Kapolda Sulut Saat Kunjungi Wilayah Perbatasan RI-Filipina

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Menjelang Hari Kemerdekaan RI, Polda Sulut menggelar kegiatan Sambang Nusa Merah Putih ke wilayah perbatasan RI- Filipina. Wilayah yang menjadi bagian dari Provinsi Sulut ini terdiri dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa memimpin kegiatan yang dimulai dengan mengunjungi Kabupaten Sitaro. Rombongan yang tiba pada Sabtu siang (1/8/2020), di Pelabuhan Pehe Sitaro, langsung disambut Forkopimda Kabuoaten Sitaro yakni Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, Kapolres Kepulauan Sitaro AKBP Hansjen Ratag dan Wakil Bupati Kepulauan Sitaro John Palandung.

"Pemberian bantuan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 yang ada di wilayah kabupaten kepulauan," ujar Kapolda. 

Lumowa juga berpesan, kekayaan budaya, alam dan laut Kabupaten Kepulauan Sitaro yang sangat indah agar perlu dilestarikan.

Rombongan Sambang Nusa Merah Putih Polda Sulut kemudian melakukan patroli bersepeda menuju lokasi wisata alam air panas Pantai Timbako Kampung Mini Kecamatan Siau Barat Utara, melewati kampung Lehi.

Evangelian menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Kapolda atas kunjungan tersebut.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolda Sulut dan rombongan yang boleh berada tiba dengan baik di Kepulauan Sitaro dan ini yang ketiga kalinya Bapak Kapolda Sulut berkunjung di daerah Sitaro," ujar Evangelian.

Usai kegiatan, rombongan Polda Sulut selanjutnya bergerak meninggalkan Sitaro menuju Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui jalur laut.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gudang Amunisi Brimob Sumsel Terbakar

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kebakaran dan ledakan terjadi di Gudang Amunisi Brimob Sumatera Selatan, kebakaran bisa teratasi setelah 6 mobil damkar dikerahkan memadamkan api. Belum ada keterangan terkait peristiwa kebakaran ini dari pihak terkait.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Menilai Konten Anji dan Hadi Pranoto Menyesatkan

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anji lagi-lagi membuat kontroversi terkait Covid-19. Seperti diketahui, Anji mewawancarai seseorang bernama Hadi Pranoto yang ia perkenalkan sebagai profesor dan pakar mikrobiologi.

Dalam videonya, Hadi Pranoto mengatakan memiliki terapi herbal yang disebut cairan antibodi Covid-19 yang diklaim dapat menyembuhkan pasien Covid-19. Terkait hal ini, dokter spesialis penyakit dalam, dr Dirga Sakti Rambe, angkat bicara.

"Saya sudah menyaksikan keseluruhan tayangannya dan saya katakan bahwa ini adalah informasi yang menyesatkan," kata dr Dirga Sakti Rambe dikutip dari Twitternya, Senin (3/8/2020).

Menurut Dirga Sakti Rambe, tidak semudah itu menentukan apakah suatu ramuan dapat menyembuhkan penyakit atau tidak. Ada serangkaian uji cobanya.

Uji Klinis

[Foto: Twitter dr Dirga Sakti Rambe]
[Foto: Twitter dr Dirga Sakti Rambe]

"Suatu penyakit harus melalui serangkaian uji klinis, tidak boleh berdasarkan suatu klaim. Siapa pun yang menyampaikan klaimnya, apakah dia profesor, menteri, presiden atau saya sekali pun," ia menegaskan.

"Saya mengingatkan agar saudara Anji dan saudara Hadi Pranoto berhati-hati dalam menyampaikan informasi terhadap publik. Dan tidak melakukan pembodohan publik," sang dokter mengakhiri.

Bawa ke Jalur Hukum

Dalam video yang bertempat di Pulau Tegal Mas, Lampung, sosok Hadi Pranoto mengenalkan diri kepada publik sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 dengan gelar pakar Mikrobiologi. (Tangkapan layar dari Youtube Anji)
Dalam video yang bertempat di Pulau Tegal Mas, Lampung, sosok Hadi Pranoto mengenalkan diri kepada publik sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 dengan gelar pakar Mikrobiologi. (Tangkapan layar dari Youtube Anji)

Selain itu, ada pula dokter mata bernama Ferdi Riva yang meminta agar kasus ini diproses dengan lebih tegas. Hal itu ia sampaikan lewat akun Twitter pribadinya.

"Seret ke jalur hukum!" tulis Ferdi Riva pada Minggu (2/8/2020). Kalimat ini ia tulis sebagai komentar dari artikel berjudul "IDI Kecam Klaim Hadi Pranoto soal Obat Corona di Video Anji".

Konten Hilang

Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)
Anji. (Foto: Instagram @duniamanji)

Di tengah kontroversi ini, video yang menjadi kontroversi tersebut telah hilang dari kanal YouTube Anji sejak Minggu (2/8/2020) malam.

Tak Pantas

Unggahan Anji (Instagram/ duniamanji)
Unggahan Anji (Instagram/ duniamanji)

Anji juga mengunggah tangkapan layar dari YouTube, bahwa video ini diblokir oleh platform berbagi video milik Google tersebut. Pemblokiran ini lantaran konten dinilai tak pantas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ribuan Warga California Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan

Posted: 02 Aug 2020 09:00 PM PDT

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Cherry Valley, California (1/8/2020). Kebakaran lahan juga telah menjalar ke rumah penduduk. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Cherry Valley, California (1/8/2020). Kebakaran lahan juga telah menjalar ke rumah penduduk. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Cherry Valley, California (1/8/2020). Kebakaran lahan juga telah menjalar ke rumah penduduk. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Sebuah mobil yang terbakar akibat kebakaran yang disebut Apple Fire di dekatnya di Cherry Valley, California (1/8/2020). Sebanyak 7.800 warga yang dievakuasi berasal dari 2.586 rumah. Mereka telah diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Sebuah mobil yang terbakar akibat kebakaran yang disebut Apple Fire di dekatnya di Cherry Valley, California (1/8/2020). Sebanyak 7.800 warga yang dievakuasi berasal dari 2.586 rumah. Mereka telah diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Sebuah mobil yang terbakar akibat kebakaran yang disebut Apple Fire di dekatnya di Cherry Valley, California (1/8/2020). Sebanyak 7.800 warga yang dievakuasi berasal dari 2.586 rumah. Mereka telah diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas melihat kebakaran hutan di Cherry Valley, California (1/8/2020). Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Wilayah dan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), api telah meluas sejak Jumat (31/7) malam menjadi 4.125 hektar. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Petugas melihat kebakaran hutan di Cherry Valley, California (1/8/2020). Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Wilayah dan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), api telah meluas sejak Jumat (31/7) malam menjadi 4.125 hektar. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas melihat kebakaran hutan di Cherry Valley, California (1/8/2020). Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Wilayah dan Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), api telah meluas sejak Jumat (31/7) malam menjadi 4.125 hektar. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Sebuah kapal tanker menjatuhkan air saat memadamkan api di Cherry Valley, California (1/8/2020). Sebanyak 7.800 warga dievakuasi  akibat kebakaran hutan yang menghanguskan sekitar 4.000 hektar lahan pada akhir pekan kemarin. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Sebuah kapal tanker menjatuhkan air saat memadamkan api di Cherry Valley, California (1/8/2020). Sebanyak 7.800 warga dievakuasi akibat kebakaran hutan yang menghanguskan sekitar 4.000 hektar lahan pada akhir pekan kemarin. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Sebuah kapal tanker menjatuhkan air saat memadamkan api di Cherry Valley, California (1/8/2020). Sebanyak 7.800 warga dievakuasi akibat kebakaran hutan yang menghanguskan sekitar 4.000 hektar lahan pada akhir pekan kemarin. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas pemadam kebakaran berbaris untuk bekerja pada hot spot yang tersisa dari kebakaran hutan yang disebut Apple Fire di dekatnya di Cherry Valley, California (1/8/2020). California merupakan salah satu daerah paling rawan kebakaran. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Petugas pemadam kebakaran berbaris untuk bekerja pada hot spot yang tersisa dari kebakaran hutan yang disebut Apple Fire di dekatnya di Cherry Valley, California (1/8/2020). California merupakan salah satu daerah paling rawan kebakaran. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas pemadam kebakaran berbaris untuk bekerja pada hot spot yang tersisa dari kebakaran hutan yang disebut Apple Fire di dekatnya di Cherry Valley, California (1/8/2020). California merupakan salah satu daerah paling rawan kebakaran. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas melihat kebakaran hutan di Cherry Valley, California (1/8/2020). Hampir setiap tahun, California dilanda kebakaran besar-besaran yang menyebabkan polusi udara tinggi. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Petugas melihat kebakaran hutan di Cherry Valley, California (1/8/2020). Hampir setiap tahun, California dilanda kebakaran besar-besaran yang menyebabkan polusi udara tinggi. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Petugas melihat kebakaran hutan di Cherry Valley, California (1/8/2020). Hampir setiap tahun, California dilanda kebakaran besar-besaran yang menyebabkan polusi udara tinggi. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dany Anwar, Anggota DPRD DKI dari PKS Meninggal Dunia

Posted: 02 Aug 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi memperpanjang penutupan Gedung DPRD DKI dari 3 Agustus-9 Agustus 2020. Penutupan itu terkait adanya anggota DPRD DKI Jakarta yang meninggal dunia karena Covid-19.

"Pagi tadi saya tanda tangan penutupan kantor, untuk disinfektan, nah barusan jam 10.00 dapat kabar sekretaris komisi I dari fraksi PKS, Dany Anwar meninggal dunia karena Covid-19," kata Pras pada Liputan6.com, Senin (3/8/2020).

Prasetio menyatakan Dany meninggal dunia di RS Angkatan Laut (AL) Jakarta. "Meninggal dunia di RS AL," ucapnya.

Pras belum mengetahui awal penularan Covid-19 Dany Anwar. "Belum, nanti ke Ketua Fraksi (PKS) ya," ucapnya.

 

Disemprot Disinfektan

Sementara itu, Gedung DPRD DKI kembali akan dilakukan penyemprotan disinfektan hari ini sampai seminggu ke depan.

"Mengingat kondisi belum kondusif, penutupan kantor dimulai hari ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucapnya.

Kegiatan perkantoran di Gedung DPRD DKI kembali akan kembali dilaksanakan pada 10 Agustus 2020 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paskibraka Indri dari Aceh Siap Bertugas Lagi di Hadapan Presiden Jokowi

Posted: 02 Aug 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Indrian Puspita Rahmadhani masuk ke dalam jajaran tiga orang Paskibraka 2019 putri yang terpilih untuk kembali bertugas di Istana Merdeka pada perayaan HUT ke-75 RI.

"Alhamdulillah, terpilih lagi, Kak," kata Indri saat dikonfirmasi Diary Paskibraka Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat, Senin, 3 Agustus 2020.

Menurut rencana, Paskibraka tingkat nasional dari provinsi Aceh akan terbang ke Jakarta hari ini. "InsyaAllah sore ini sudah di Jakarta," kata Indri.

Indri mengaku masih tak menyangka dan tidak percaya bahwa dia menjadi salah satu Paskibraka yang akan mengibarkan Sang Merah Putih di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kedua kali.

"Pastinya Indri bersyukur kepada Allah SWT atas dipanggilnya kembali Indri untuk bertugas di Istana Mereka," katanya.

"Apalagi kondisi saat ini lagi kurang kondusif dengan adanya COVID-19," Indri melanjutkan.

Sebagai seorang Paskibraka, Indri mengatakan harus siap dengan segala kondisi yang bakal terjadi.

Saat kabar baik itu datang, Indri langsung memersiapkan dirinya dengan mengingat kembali semua pelajaran yang pernah dia terima saat pendidikan dan pelatihan (Diklat) Paskibraka di Cibubur pada Juli sampai Agustus 2019.

"Indri berharap, mulai saat terpilih sampai dengan kegiatan selesai nanti, semua berjalan lancar tanpa ada kendala, Aamiin," katanya.

Simak Video Paskibraka Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Angka Kematian Pasien Corona di Indonesia Lebih Tinggi 0,8 Persen dari Global

Posted: 02 Aug 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa tingkat kematian atau case fatality rate Covid-19 di tanah air yakni, 4,7 persen. Menurut dia, hal ini menjadi tugas besar sebab angka kematian di tanah air lebih tinggi dibandingkan rata-rata global.

"Angka kematian di Indonesia ini lebih tinggi 0,8 persen dari angka kematian global. Ini yang saya kira menjadi PR kita bersama," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (3/8/2020).

Adapun jumlah kasus corona di Indonesia hingga kini mencapai 111.455 per Minggu kemarin. Jumlah pasien yang meninggal 5.236 orang.

Meski begitu, Jokowi mengatakan tingkat kesembuhan atau case recovery rate di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Hingga kini, total ada 68.975 pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari virus corona.

"Case recovery rate di negara kita data terakhir 61,9 (persen) saya kira juga bagus terus meningkat angkanya," kata dia.

Sosialisasi Masif

Jokowi meminta adanya sosialiasi yang masif terkait protokol kesehatan. Dengan begitu, kasus dan angka kematian akibat virus corona dapat ditekan.

"Saya ingin agar yang namanya protokol kesehatan, perubahan perilaku di masyarakat betul-betul menjadi perhatian kita," tutur Jokowi. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penularan COVID-19 Turun, Risma Sebut Kondisi Surabaya Sudah Zona Hijau

Posted: 02 Aug 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyatakan, kondisi Surabaya sudah lebih baik dari sebelumnya. Hal itu diungkapkannya berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), wilayah Surabaya tingkat penularannya sudah menurun dengan kesembuhan yang meningkat.

Risma menyampaikan hal itu saat mengelar video conference (vidcon) dengan para pedagang serta perwakilan masyarakat yang tinggal di Kecamatan Gunung Anyar. Risma membahas penurunan penyebaran COVID-19 di Surabaya terutama kawasan Gunung Anyar Surabaya.

"Di mana kondisi Surabaya sudah hijau yang artinya penularannya kita sudah rendah. Lalu yang sembuh sudah banyak," ujar Risma, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, ditulis Senin, (3/8/2020).

Selain itu, Risma menuturkan, wilayah Gunung Anyar yang dilakukan pemblokiran lokal ke arah Pondok Candra akan dibuka. Hal itu penting dilakukan supaya masyarakat dapat mengaktifkan kembali usahanya. Namun begitu, ia juga berharap kepada warga di sana agar lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Saya membuka ini supaya masyarakat bisa aktif kembali dengan usahanya. Jadi mohon untuk dipatuhi jangan terjadi hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Bahkan, untuk mendukung upaya itu, Risma memastikan bakal terus mengembangkan protokol kesehatan yang sudah ada. Seperti membuat protokol di bengkel, serta kawasan perdagangan. Oleh karena itu, Presiden UCLG Aspac ini akan membagikan peralatan-peralatan baik di pasar maupun pertokoan.

"Akan saya tata itu. Saya beri tirai plastik, nampan untuk transaksi. Kemudian wastafel di titik-titik keramaian. Saya berharap nanti kita bisa menata pasar sperti pasar-pasar yang lain," ujar dia

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Risma meminta agar warga mengoptimalkan peran Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo untuk menekan angka penyebaran. Ia juga berpesan kepada camat serta jajaran terkait untuk terus melakukan pendampingan dan pemantauan.

"Mohon untuk saling mengingatkan satu sama lain. Apalagi sudah ada Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo dijaga jaraknya kalau ada pembeli yang tidak menggunakan masker boleh tidak dilayani," kata dia.

Di akhir paparannya, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga berpesan agar masyarakat lebih disiplin terhadap protokol kesehatan. Menurutnya, saat ini orang yang terlihat sehat bisa membawa virus tersebut.

"Karena yang sakit itu tidak selalu di rumah. Tetapi bisa dia tidak kelihatan sakit. Tapi dia carier atau pembawa," pungkasnya. 

Melihat Peta Risiko

Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kalau melihat data infocovid-19.jatimprov.go.id, Kota Surabaya masih masuk risiko tinggi. Selain Surabaya juga ada Kota Malang, Gresik, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Jombang dan Kota Batu.

Demikian juga di laman covid19.co.id/peta-risiko, Kota Surabaya masih risiko tinggi.

Berdasarkan data infocovid19.jatimprov.go.id, total pasien konfirmasi positif COVID-19 mencapai 8.756 orang. Rinciannya antara lain konfirmasi dirawat sebanyak 2.599 orang, konfirmasi sembuh sebanyak 5.831 orang, dan pasien meninggal sebanyak 776 orang.

Adapun pasien konfirmasi berdasarkan perawatan dan isolasi yaitu isolasi di rumah mencapai 1.250 orang, isolasi di gedung sebanyak 239 orang dan konfirmasi isolasi rumah sakit sebanyak 1.110 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinilai Kebiasaan Buruk, Ini 7 Manfaat Ngemil bagi Tubuh

Posted: 02 Aug 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ngemil bagi tubuh ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun, jenis camilan yang harus dikonsumsi juga perlu menjadi perhatian. Dari berbagai jenis camilan yang dijual di pasaran, selalu usahakan memilih camilan yang sehat.

Dilansir dari situs medlineplus.gov, meskipun ngemil memiliki citra yang cukup buruk, namun ada beberapa manfaat ngemil bagi tubuh yang bisa didapatkan. Beberapa manfaat ngemil bagi tubuh tersebut antara lain, dapat memberikan energi di tengah hari saat beraktivitas, atau ketika berolahraga. Selain itu, manfaat ngemil bagi tubuh di antara waktu makan, juga mampu mengurangi rasa lapar dan mencegah dari makan berlebihan.

Mungkin Anda cukup penasaran dengan apa saja manfaat ngemil bagi tubuh yang bisa didapatkan lebih jauh. Untuk menjawab rasa pensaran tersebut, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum berbagai macam manfaat ngemil bagi tubuh tersebut dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020).

1. Melengkapi Kebutuhan Gizi

Ilustrasi Camilan Protein Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Camilan Protein Credit: pexels.com/pixabay

Manfaat ngemil bagi tubuh yang pertama yaitu dapat melengkapi kebutuhan gizi Anda. Namun, agar kebutuhan gizi Anda dapat dipenuhi dengan optimal, Anda perlu mengonsumsi jenis camilan sehat seperti buah-buahan yang memiliki banyak kandungan serat, mineral, vitamin, serta nutrisi penting lainnya.

Hal tersebut sebenarnya tidak lepas dari makanan berat yang dikonsumsi, dimana belum tentu mengandung semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Itulah mengapa mengonsumsi camilan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/PhotoMIX
Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/PhotoMIX

Manfaat ngemil bagi tubuh selanjutnya yaitu mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh ini menjadi sangat penting, sebab tubuh dengan metabolisme yang baik akan lebih optimal untuk memproses makanan menjadi energi, serta akan meningkatakan pembakaran lemak pada tubuh.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan, manfaat ngemil bagi tubuh ini hanya bisa diperoleh apabila jenis camilan yang dikonsumsi merupakan camilan bergizi serta selalu diperhatikan dari jumlah sajiannya, tentu agar tidak berlebihan.

3. Kendalikan Napsu Makan (Binge Eating)

ilustrasi daging/Photo by Lily Banse on Unsplash
ilustrasi daging/Photo by Lily Banse on Unsplash

Lalu, kebiasaan ngemil juga akan mencegah perut menjadi terlampau lapar. Sebab, ketika perut dalam kondisi yang terlalu lapar atau yang biasa dikenal dengan istilah 'binge eating' ini, pada akhirnya hanya akan membuat Anda ingin mengonsumsi makanan secara berlebihan dan hal tersebut hanya akan berujung pada kenaikan berat badan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka diperlukan kebiasaan mengonsumsi camilan sehat agar perut senantiasa terasa penuh. Ketika perut sudah mulai terasa penuh, maka napsu makan Anda dapat lebih terkendali. Jenis camilan yang akan sangat membantu untuk mencegah rasa lapar berlebih antara lain seperti buah, pudding, dan berbagai jenis makanan berserat.

4. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Hingga saat ini, citra buruk dari kebiasaan ngemil adalah menjadi penyebab kenaikan berat badan. Ya, bisa saja hal ini terjadi, namun tidak sepenuhnya benar. Kebiasaan ngemil mampu menjadi biang kenaikan berat badan apabila jenis makanan yang dikonsumsi tidak dalam kategori sehat, dan justru mengandung banyak lemak, gula serta karbohidrat.

Padahal, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi baik, akan membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini tidak terlepas dari dua poin sebelumnya, dimana mengonsumsi camilan yang memiliki nutrisi baik akan meningkatkan metabolisme. Serta, dengan mengonsumsi camilan yang kaya akan serat, dapat menekan napsu makan, dan dapat berujung pada penurunan berat badan.

5. Meningkatkan Konsentrasi

3 Kebiasaan yang Ganggu Metabolisme Tubuh
3 Kebiasaan yang Ganggu Metabolisme Tubuh

Supaya segala tugas dan aktivitas dapat berjalan lancar, maka tubuh perlu asupan makanan sebagai sumber energi agar meningkatnya konsentrasi. Dengan mengonsumsi camilan secara rutin dan teratut, dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi tersebut.

Jenis camilan yang cocok untuk meningkatkan konsentrasi ini bisa didapatkan dari jenis camilan seperti dark chocolate, alpukat, pisang, mangga, bluberi, serta berbagai jenis makanan sehat lainnya. Tapi ingat, tetap konsumsi sewajaranya dan hindari makan berlebihan.

6. Kontrol Kadar Gula Darah

Kadar Gula Darah / Sumber: iStockphoto
Kadar Gula Darah / Sumber: iStockphoto

Bagi penderita diabetes, utamanya diabetes tipe-2 (diabetes melitus), melakukan kebiasaan ngemil sangat efektif untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Kendati demikian, selalu pastikan jika jenis camilan yang dikonsumsi merupakan camilan sehat dan tidak memiliki banyak kadnungan glukosa. Jenis camilan yang baik bagi penderita diabetes seperti buah-buahan atau oatmeal. Namun khusus untuk buah-buahan, konsumsi dalam jumlah terbatas, mengingat buah memiliki kandungan gula yang tidak baik jika dikonsumsi berlebih.

7. Mengendalikan Emosi

Mengalami kemacetan di jalanan ibu kota sepanjang hari menghasilkan emosi yang meningkat, simak cara menanggulanginya
Mengalami kemacetan di jalanan ibu kota sepanjang hari menghasilkan emosi yang meningkat, simak cara menanggulanginya

Mengonsumsi camilan juga mampu mengendalikan perubahan suasana hati atau mood. Dengan mengonsumsi camilan, maka nutrisi dapat tersebar merata dan mampu menstabilkan level insulin serta energi dalam tubuh. Keseimbangan ini yang akan membuat mood atau emosi menjadi lebih stabil.

Memang manfaat ngemil bagi tubuh ini bisa didapatkan dari jenis makanan yang mungkin menjadi favorit Anda. Namun usahakan camilan tersebut memiliki gizi yang baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Masyarakat Akhir-Akhir Ini Terlihat Semakin Khawatir dengan Covid-19

Posted: 02 Aug 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut akhir-akhir ini masyarakat terlihat semakin khawatir terhadap virus corona (Covid-19). Menurut dia, salah satunya penyebabnya lantaran banyaknya masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

"Saya tidak tahu sebabnya apa, tetapi suasana pada minggu-minggu terakhir ini kelihatan masyarakat berada pada posisi yang khawatir mengenai Covid," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (3/8/2020).

"Entah karena kasusnya meningkat atau terutama kalangan menengah ke atas melihat karena orang yang tidak taat pada protokol kesehatan tidak semakin sedikit tapi semakin banyak," sambung Jokowi.

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sendiri sudah mencapai 111.455 per Minggu kemarin. Adapun jumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 68.975 dan pasien meninggal akibat Covid-19 yakni, 5.236 orang.

 

Angka Kematian

Jokowi menyebut jumlah angka kematian di Indonesia lebih tinggi daripada persentase global. Untuk itu, dia meminta jajarannya agar angka kematian di tanah air dapat ditekan.

"Case fatality rate 4,7 persen dan angka kematian di Indonesia ini lebih tinggi 0,8 persen dari angka kematian global. Ini yang saya kira menjadi PR kita bersama," jelasnya.

Dia juga meminta jajarannya fokus melakukan kampanye protokol kesehatan. Sehingga, penyebaran virus corona dapat terkendali.

"Saya ingin fokus saja mungkin dalam 2 minggu kita fokus kampanye mengenai pakai masker. Nanti 2 minggu berikut kampanye jaga jarak atau cuci tangan misalnya. Tidak dicampur urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, pakai masker," tutur Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Akui Corona Covid-19 Jadi Tantangan Terberat Bagi Pemerintah

Posted: 02 Aug 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pandemi Corona sebagai tantangan terberat yang harus dihadapi oleh pemerintah untuk saat ini. Mengingat krisis akibat pandemi ini begitu parah dan baru pertama kali terjadi di dunia.

"Menangani pandemi ini merupakan suatu tugas yang luar biasa berat. Selama Kementerian Keuangan lahir, kita belum pernah menghadapi kondisi ini," tegas dia dalam pembukaan press conference bertajuk Kementerian Keuangan Peduli di Masa Pandemi, Senin (3/8).

Namun, Sri Mulyani memastikan akan terus berupaya memaksimalkan penanganan pandemi tersebut melalui sejumlah instrumen kebijakan yang inovatif. Tetapi tetap mempertimbangkan aturan hukum yang berlaku.

Kebijakan sendiri akan difokuskan pada penangan terhadap tiga sektor yang dianggap paling rentan. Yakni kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Untuk sektor kesehatan, instrumen kebijakan akan menyasar pada kualitas dan kuantitas penanganan korban Covid-19. Sementara sektor sosial akan difokuskan pada perluasan penerima manfaat bantuan sosial, khususnya bagi masyarakat miskin.

"Bagi ekonomi. Instrumen kebijakan akan menyasar sektor korporasi sampai UMKM agar bisa mempertahankan bisnisnya. Khususnya tidak melakukan aksi PHK," jelas Sri Mulyani.

 

Peka Menyikapi Krisis

Seorang pria dengan gejala COVID-19 melakukan perjalanan dengan ambulans menuju Rumah Sakit Pemerintah Gandhi di Hyderabad, India, Jumat (17/7/2020). India melewati 1 juta kasus virus corona COVID-19 atau tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)
Seorang pria dengan gejala COVID-19 melakukan perjalanan dengan ambulans menuju Rumah Sakit Pemerintah Gandhi di Hyderabad, India, Jumat (17/7/2020). India melewati 1 juta kasus virus corona COVID-19 atau tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)

Lebih jauh, bendahara negara ini juga mendorong seluruh jajarannya untuk lebih peka dalam menyikapi krisis yang terjadi. Antara lain dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat sekitar.

Begitupun, bagi masyarakat umum agar kooperatif dalam menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai aktifitas. "Karena, kita masih dalam suasana yang waspada akibat pandemi ini," tukasnya.

Sri Mulyani: Ekonomi Tidak akan Pulih Jika Sektor Swasta Tak Bangkit

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah Jokowi-Ma'ruf memberikan penjaminan kredit modal kerja kepada korporasi atau perusahaan dengan total Rp100 triliun hingga 2021. Penjaminan modal kerja ini dilakukan demi keberlangsungan bisnis perusahaan yang terdampak virus corona.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, berharap sektor dunia usaha bisa kembali bangkit dari dampak pandemi covid-19. Sebab, pemerintah tidak bisa sendirian untuk memulihkan ekonomi nasional, sehingga dibutuhkan peran sektor swasta korporasi.

"Meskipun kita melakukan ini enggak mungkin ekonomi bangkit lagi tanpa sektor swasta korporasi juga bangkit kembali," kata dia di Jakarta, Rabu (29/7).

Dalam program pemulihan ekonomi nasional, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp695,2 triliun. Ditambah dengan belanja kementerian/lembaga Rp836 triliun dan belanja lain-lain sehingga total belanja negara Rp2.739 triliun yang diharapkan bisa ikut menggerakan perekonomian.

Dirinya menambahkan, saat ini baik perbankan maupun korporasi sama-sama masih menahan diri untuk melakukan ekspansi bisnis. Untuk itu, pemerintah mengambil inisiatif memberikan penjaminan kredit modal kerja bagi dunia usaha. Tujuannya agar bank dan korporasi sama-sama percaya diri untuk kembali menjalankan bisnisnya.

"Kalau dua-duanya menunggu, nggak ada katalis, ekonomi berhenti. Mau pemerintah lakukan bagaimanapun, enggak akan bisa kalau nggak ada swasta, karena APBN itu nggak lebih dari 16 persen dari total GDP kita," jelas Sri Mulyani.

Dalam skema penjaminan kredit modal kerja korporasi, porsi penjaminan sebesar 60 persen dari kredit, namun untuk sektor-sektor prioritas porsi yang dijamin sampai dengan 80 persen dari kredit.

Sektor prioritas tersebut antara lain pariwisata yakni hotel dan restoran, otomotif, tekstil dan produk tekstil dan alas kaki, elektrik, kayu olahan, furniture, dan produk kertas, serta sektor usaha lainnya yang memenuhi kriteria terdampak covid-19 sangat berat, padat karya dan/atau memiliki dampak multiplier tinggi serta mendukung pertumbuhan ekonomi di masa depan. 

Berlangsung hingga Akhir 2021

Menkeu Sri Mulyani saat Work From Home atau Kerja dari Rumah. (dok. Instagram @smindrawati/https://www.instagram.com/p/B90ymKQp0sH/Putu Elmira)
Menkeu Sri Mulyani saat Work From Home atau Kerja dari Rumah. (dok. Instagram @smindrawati/https://www.instagram.com/p/B90ymKQp0sH/Putu Elmira)

Pemerintah menanggung pembayaran imbal jasa penjaminan sebesar 100 persen atas kredit modal kerja sampai dengan Rp300 miliar dan 50 persen untuk pinjaman dengan plafon Rp300 miliar sampai Rp1 triliun.

Skema penjaminan direncanakan berlangsung hingga akhir 2021 dan diharapkan dapat menjamin total kredit modal kerja yang disalurkan perbankan hingga Rp100 triliun.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2019 dan/atau padat karya sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 16 Tahun 2020, fasilitas penjaminankredit modal kerja korporasi ditujukan kepada pelaku usaha korporasi yang memiliki usaha berorientasi ekspor dan/atau padat karya yang memiliki minimal 300 karyawan.

Pelaku usaha korporasi yang dijamin tidak termasuk kategori BUMN dan UMKM, dan tidak termasuk dalam daftar kasus hukum dan/atau tuntutan kepailitan serta memiliki performing loan lancar sebelum terjadinya pandemi covid-19. Besaran tambahan kredit modal kerja yang dijamin bernilai antara Rp 10 miliar sampai dengan Rp1 triliun.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKK Banyuwangi: Ketahanan Pangan Kunci Hadapi Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

Posted: 02 Aug 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Penggerak PKK Banyuwangi mendorong peningkatan ketahanan pangan daerah dan keluarga sebagai solusi kunci menghadapi pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan ekonomi lokal.

"Ketahanan pangan tidak hanya terkait pemenuhan kebutuhan tubuh pada setiap jiwa di keluarga, tapi juga berkaitan erat dengan bagaimana ekonomi lokal bergerak, karena besarnya kontribusi sektor pertanian ke perekonomian daerah," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senin (3/8/2020).

Ipuk menjelaskan, ketahanan pangan berdimensi pada dua hal. Pertama, kemampuan daerah menjaga produktivitas sektor pertanian. Kedua, kemampuan masyarakat untuk mengakses bahan pangan.

"Artinya, ada faktor supply and demand. Dan itu berkaitan dengan soal kesejahteraan tiap-tiap rumah tangga. Ini penting diperhatikan agar pandemi Covid-19 bisa kita lewati dengan baik, sekaligus upaya pemulihan ekonomi bisa cepat dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha lokal bergerak di sektor pertanian dengan berbagai subsektor dan turunannya," papar Ipuk.

Ipuk juga mengungkapkan perlunya kewaspadaan karena organisasi dunia seperti Food and Agriculture Organization (FAO) mengingatkan adanya potensi krisis pangan baru yang mempengaruhi ketahanan pangan suatu wilayah di masa pandemi Covid-19.

Meski Banyuwangi relatif aman karena pasokan pangan cukup berlebih, Ipuk tetap mengingatkan perlunya antisipasi semua pihak terutama dalam memperbaiki aspek permintaan atau daya beli warga yang terpukul saat ini. Terlebih, belum ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Oleh karena itu, PKK Banyuwangi pun mendorong sejumlah langkah untuk membangun ketahanan pangan keluarga. PKK mulai membagikan bibit tanaman kepada para kader PKK untuk mendukung ketahanan pangan keluarga.

"Untuk mengurangi risiko penurunan ketahanan pangan, PKK mendorong serta memfasilitasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagai salah satu solusi pangan mandiri, termasuk untuk budidaya ikan. Ada pula pembagian bibit, tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya sayuran dengan masa panen singkat. Keanekaragaman pangan berbasis potensi lokal juga wajib diperhatikan," ujar Ipuk.

Ipuk mengajak seluruh kader PKK memprioritaskan pembelian bahan pangan lokal demi meningkatkan kesejahteraan pelaku pertanian. Dalam konteks kebijakan, PKK ikut mendorong pemerintah daerah membeli berbagai produk lokal, baik untuk jaring pengaman sosial warga terdampak pandemi maupun insentif makanan tenaga kesehatan. Telah dilakukan pembelian beras, telur, olahan ikan, olahan pangan, dan buah untuk program-program tersebut dari pelaku usaha lokal.

"Program-program kolaboratif semacam itu menunjukkan, kerja gotong royong adalah kunci menjaga sistem ketahanan pangan daerah," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga memfasilitasi serta mendorong hilirisasi produk pertanian di mana para kader PKK mengolah berbagai komoditas agar memiliki nilai tambah. "Hal ini adalah ikhtiar meningkatkan kesejahteraan ekonomi rumah tangga warga dengan menghasilkan produk yang lebih bernilai tambah ketimbang hanya menjual hasil panen secara langsung," jelasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Justin Timberlake dan Jessica Biel Diam-Diam Sudah Dikaruniai Anak Kedua?

Posted: 02 Aug 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Silas Randall Timberlake, putra dari pasangan artis Justin Timberlake, baru-baru ini dikabarkan menjadi seorang kakak. Informasi yang beredar,  Jessica Biel telah menjalani persalinan anak keduanya. 

Hanya saja, informasi kelahiran bayi Justin Timberlake ini tak diungkap secara resmi ke publik. Justru Brian McKnight, sahabat dan kolaborator pelantun "Sexy Back" ini yang membenarkan kabar tersebut, diwartakan Hollywood Life, Sabtu (1/8/2020).

Ia menyebut anak kedua Justin Timberlake lahir pada musim panas tahun ini. 

Masih Misterius

Justin Timberlake dan Jessica Biel (AP Photo)
Justin Timberlake dan Jessica Biel (AP Photo)

Sementara itu, pasangan ini belum secara terbuka membagikan berita kelahiran sang bayi. Daily Mail sebelumnya melaporkan pada bulan Juli bahwa aktris 38 tahun itu melahirkan seorang anak laki-laki. Namun saat berita ini ditulis,  detail lain seperti nama, tanggal lahir, dan lainnya masih belum diketahui.

E! News telah mencoba menghubungi perwakilan kedua artis untuk meminta konfirmasi tentang kabar ini, tapi belum menerima tanggapan.

Ultah Anak

Justin Timberlake dan putranya, Silas (Instagram/ jessicabiel)
Justin Timberlake dan putranya, Silas (Instagram/ jessicabiel)

Justin Timberlake dan Jessica Biel sendiri baru tiga bulan lalu merayakan ultah buah hati pertama mereka. Ultah kelima Silas dirayakan dengan penuh makna.

Mereka merayakannya di rumah, dan juga memberikan donasi bagi anak-anak yang kurang beruntung.

Donasi untuk Ultah Anak

"Untuk merayakan ulang tahunnya yang besar, kami mendukung @savethechildren dan @feedingamerica, yang melakukan begitu banyak pekerjaan baik untuk menjaga anak-anak dan keluarga tetap sehat dan diberi makan selama masa ini. Mengirim banyak cinta untuk kalian semua," tulis Jessica Biel dan Justin Timberlake di Instagram.

Cerita Karantina

Pada bulan yang sama, mantan personel *Nsync itu membuka tentang kehidupan keluarganya dan bagaimana keadaan mereka selama karantina.

"Sejujurnya, kami pikir cara terbaik untuk melakukan bagian kami adalah dengan berada di rumah kami di Montana. Kami merasa sangat beruntung dan diberkati karena kami berada di tempat di mana cukup jauh secara sosial di sini," kata pria yang akrab disapa JT itu.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Fire, Kebakaran Besar Picu Hampir 8.000 Warga California Mengungsi

Posted: 02 Aug 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kebakaran besar terjadi di wilayah Cherry Valley, California. Sekitar 7.800 orang dievakuasi sementara pemadam kebakaran berusaha menjinakan api.

Kejadian ini disebut Apple Fire (kebakaran Apple) karena terjadi di dekat jalan bernama Apple Tree Lane.

Dilaporkan CNN, Senin (3/8/2020), kebakaran terjadi pada Jumat pekan lalu sebelum jam 17.00 waktu setempat. Hingga hari Minggu kemarin, kebakaran Apple telah membakar 20.516 ekar lahan (8.156 hektar) dan belum bisa dikendalikan.

Sisi timur laut dan timur dari kebakaran ini berada di daerah perbukitan yang curam sehingga kendaraan pemadam sulit untuk masuk. Pasukan pemadam mengerahkan 20 kelompok pemadam (handcrew), 6 helikopter, 178 alat, dan 19 mobil pemadam.

Asap tampak membumbung tinggi di sisi gunung. 

Kerusakan terjadi pada rumah satu keluarga dan dua bangunan. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Pusat evakuasi akibat kebakaran ini berada di hotel-hotel dan satu SMA setempat. Semua pusat evakuasi juga akan mengikuti protokol COVID-19, seperti pemeriksaan suka, pemakaian masker, dan social distancing.

Hingga kini, penyebab kebakaran masih diinvestigasi. Bencana ini pun berpotensi tambah buruk akibat cuaca panas dan angin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: