Selasa, 11 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemenhub Garap Proyek Terminal Tipe A di Kalimantan dengan Skema KPBU

Posted: 11 Aug 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) terus mendorong pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk menjalankan berbagai proyek tanpa membebani APBN. Sebagai salah satu tahapan perencanaan proyek dalam KPBU terkait Pengembangan Terminal Tipe A di Kalimantan, Ditjen Hubdat melakukan Konsultasi Publik pada Selasa (11/8/2020) lalu di Jakarta.

"Pada tahun ini, proyek KPBU akan diterapkan di beberapa Terminal Tipe A di Kalimantan, antara lain Terminal Sei Ambawang Kab. Kubu Raya, Terminal Singkawang Kota Singkawang, Terminal WA Gara Kota Palangkaraya, Terminal Gambut Barakat Kab. Banjar, Terminal Samarinda Seberang Kota Samarinda, dan Terminal Batu Ampar Kota Balikpapan," Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Risal Wasal dikutip dari keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Risal pun mengakui, hingga saat ini sebagian besar kondisi fasilitas utama dan penunjang serta pengelolaan Terminal Tipe A belum optimal dan masih menggunakan pola lama, sehingga perlu adanya peningkatan fasilitas serta perubahan pola terminal dari pola lama menjadi Transit Oriented Development (TOD) dengan mixed use.

"Dengan demikian, pengembangan Terminal Tipe A dengan konsep mixed use ini akan mendukung pengembangan daerah di sekitar terminal, mengurangi kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan, berpotensi menambah kunjungan penumpang ke terminal, meningkatkan pendapatan daerah di sekitar lokasi, meningkatkan potensi permintaan hotel, restoran dan wahana wisata, serta memberdayakan potensi produk dan kesenian masyarakat setempat," jelas Risal.

Konsultasi Publik ini pun dilakukan bertujuan untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan dan seluruh peserta konsultasi publik dapat guna penyempurnaan studi pendahuluan untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar pada tahap penyiapan KPBU atau penyiapan Outline Business Case (OBC).

 

Sosialisasi

Jumlah bus angkutan mudik Lebaran menurun di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)
Jumlah bus angkutan mudik Lebaran menurun di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Lalu, tak hanya mengadakan konsultasi publik sebagai wadah untuk menampung masukan dari stakeholder, Direktorat Prasarana Transportasi Jalan juga mengadakan acara Sosialisasi Penyusunan Dokumen Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) Pembangunan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi guna menampung aspirasi masyarakat terkait Amdal.

"Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mengikutsertakan masyarakat sekitar agar menyampaikan masukan-masukan guna merumuskan pengelolaan dan pemantauan lingkungan, sehingga selama proses pembangunan proving groundbBPLJSKB Bekasi kita dapat meminimalisasi dampak negatif dan mengoptimalkan dampak positif," jelas Risal, Kamis (6/8/2020) lalu.

Risal pun berharap proving ground BPLJSKB Bekasi ini dapat mengakomodir kebutuhan standar regulasi uji tipe yang akan diterapkan di masa yang akan datang, guna meningkatkan keselamatan berkendara dan meminimalisasi angka kecelakaan di Indonesia.

Kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Camat Cibitung, Camat Cikarang Barat, Kepala Desa Cibuntu, Kepala Desa Gandamekar, Kepala Desa Gandasari, Kepala Desa Mekarwangi, Tokoh Agam atau Tokoh Masyarakat, Instansi di sekitar BPLJSKB Bekasi dan Kepala BPLJSKB Bekasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kwon Mina Minta Maaf pada Penggemar AOA dan Tutup Akun Instagram

Posted: 11 Aug 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kwon Mina kembali muncul di media sosial, setelah membagikan sejumlah unggahan yang mengkhawatirkan pada akhir pekan kemarin. Kini, mantan personel AOA tersebut menulis permintaan maaf atas perilakunya beberapa waktu belakangan.

"Banyak orang yang mengkhawatirkan dan mendukung saya, tapi saya mengecewakan mereka lagi, dan saya sangat menyesal," ungkap Kwon Mina dalam unggahan di Instagram pada Selasa (11/8/2020) kemarin, seperti diwartakan Soompi.

Ia juga menyesal membagikan foto luka-lukanya, yang memantik kerisauan banyak orang. "Untuk semua yang terluka karena saya.. dan untuk semua orang yang pasti terkejut karena melihat foto itu, sekali lagi saya meminta maaf," tutur Kwon Mina.

Didampingi Keluarga FNC

Kwon Mina Eks AOA (Instagram/ kvwowv)
Kwon Mina Eks AOA (Instagram/ kvwowv)

Kwon Mina menceritakan bahwa sejumlah pihak dari FNC Entertainment bahkan ikut menjaganya dalam insiden yang terjadi pekan lalu.

"Saya mendengar bahwa saat saya tidak sadar saat itu, keluarga masa lalu dari FNC tetap mendampingi saya sepanjang malam," tuturnya.

Menyukai AOA

Kwon Mina saat menjadi anggota AOA (FNC Entertainment via Soompi)
Kwon Mina saat menjadi anggota AOA (FNC Entertainment via Soompi)

Wanita berusia 26 tahun ini mengatakan bahwa ia juga akhirnya telah bertemu dengan Han Sung Ho, bos FNC Entertainment, yang sempat ia serang beberapa waktu lalu dalam unggahannya.

"Saya sangat menyukai FNC dan AOA. Saya sangat sedih keluar dari AOA karena masalah ini dan ini sangat berat. Hari ini saya dapat merasakan ketulusan hati Kepala [Han Sung Ho] saat mendengarkan dia berbicara...," Kwon Mina membeberkan.

Ia melanjutkan, "Saya hanya sangat menyesal semuanya menjadi seperti ini..."

Minta Maaf

Di pengujung pernyataannya, Kwon Mina mengungkapkan permintaan maaf.

"Untuk para penggemar yang mengkhawatirkan saya, kenalan dan keluarga saya...dan untuk penggemar AOA yang pasti mengalami masa sulit karena diri saya, saya minta maaf," Kwon Mina menyambung.

Deaktivasi Akun

Ia menambahkan, "Saya akan introspeksi dan berusaha keras dalam perawatan sehingga hal ini tak terjadi lagi... Saya sangat meminta maaf."

Tak lama setelah mengunggah pesan ini, akun Instagram Kwon Mina sudah tak bisa diakses lagi. Akun media sosialnya telah dideaktivasi, seperti diwartakan Koreaboo.

Semoga saat kembali menyapa publik nanti, Kwon Mina dalam kondisi sehat lahir batin, ya.

 

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cara Sederhana Hindari Perut Kembung

Posted: 11 Aug 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung pasti membuat aktivitas tak nyaman. Ini dia cara sederhana hindari perut kembung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Konfirmasi Covid-19, Satu Lantai di Sinarmas Land Tower Ditutup Sementara

Posted: 11 Aug 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat menutup salah satu lantaui di Sinarmas Land Tower, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Penutupan sementara didasari laporan terkait adanya konfirmasi kasus positif Covid-19 di kantor tersebut.

Kepala Sudinakertrans Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim membenarkan adanya penutupan operasional kantor tersebut. Namun, dia mengatakan penutupan hanya di lantai 16.

"Tidak (tidak seluruh gedung ditutup), lantai 16 yang ditutup," ujar Fidi kepada merdeka.com, Rabu (12/8/2020).

Saat ini, imbuhnya, Sudinakertrans Jakarta Pusat masih melakukan pemeriksaan berkas untuk berita acara penutupan sementara.

Berdasarkan protokol kesehatan di lingkup perkantoran aturan durasi penutupan kantor tertuang pada poin ke tujuh yang berbunyi:

Tutup ruangan atau area yang pernah digunakan oleh pekerja sakit selama minimal 1x24 jam sebelum proses pembersihan dan disinfeksi dilakukan untuk meminimalkan potensi terpajan droplet saluran pernapasan.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerapkan karantina atau lockdown di kantor Jalan H Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Penutupan sementara tersebut tertulis pada surat edaran bernomor SEK-OT.02.02.33 terkait penutupan sementara gedung Kemenkumham.

Dalam surat tersebut dijelaskan, penutupan dilakukan mulai hari ini, Rabu (12/8/2020) hingga Jumat (21/8/2020). Hal tersebut lantaran ada beberapa ASN Direktorat Jenderal Imigrasi yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Menyikapi kondisi beberapa ASN Direktorat Jenderal Imigrasi yang terkonfirmasi positif Covid-19, aktivitas di gedung Kementerian Hukum dan HAM (eks Sentra Mulia) sementara waktu ditutup mulai tanggal 12 Agustus-21 Agustus 2020," dalam surat edaran, Rabu (12/8/2020).

Bekerja dari Rumah

Seluruh pimpinan tinggi dan pegawai diminta tetap melaksanakan tugas sementara waktu dari rumah selama 7 hari ke depan. Serta melakukan absensi mandiri melalui aplikasi.

"Tetap melaksanakan tugas kedinasan dari rumah atau tempat tinggal masing-masing atau WFH dan tetap berpedoman sesuai prosedur WFH, yaitu melakukan absensi mandiri, mengisi jurnal harian melalui aplikasi Simpeg, serta menjalankan tugas," isi surat tersebut.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga HP Samsung Terbaru 2020 dan Spesifikasinya yang Lengkap

Posted: 11 Aug 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta HP atau smartphone kini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Salah satu pioneer-nya adalah Samsung. Harga HP Samsung terbaru 2020 juga semakin mendapat tempat, karena spesifikasi yang ditawarkan begitu elegan dan menawan.

Harga HP Samsung terbaru 2020 terbilang cukup berani, karena mematok dengan harga tinggi. Akan tetapi, Samsung pintar menggaet pasar dengan teknologi mutakhir yang ditawarkan. Mulai dari kamera, baterai, hingga model layar flip. 

Jika ingin mengganti HP atau smarphone lama dengan yang baru, Samsung bisa dijadikan pilihan. Harga HP Samsung 2020 terjangkau dan menawarkan banyak kelebihan yang bisa diandalkan. Berikut Liputan6.com ulas harga HP Samsung terbaru 2020 dan spesifikasinya dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020).

Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip 5G. Dok: gizchina.com
Samsung Galaxy Z Flip 5G. Dok: gizchina.com

Samsung Galaxy Z Flip ini masih termasuk dari keluarga Samsung Galaxy S20. Bedanya, spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy Z Flip lebih maju dan mahal. Layar yang ditawarkan bisa dilipat dan berbeda dengan HP touch screen lainnya.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy Z Flip:

Layar: Foldable Dynamic AMOLED, 6.7 inches

Chipset: Snapdragon 855+ (7 nm)

CPU: Octa-core (1×2.95 GHz Kryo 485 & 3×2.41 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)

GPU: Adreno 640 (700 MHz)

RAM: 8 GB

Memori Internal: 256 GB

Memori Eksternal: –

Kamera Belakang: Dual 12 MP + 12 MP

Kamera Depan: 10 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 3300 mAh

Harga: Rp 20.9 Juta

Samsung Galaxy S20 Ultra

Pemindai Sidik Jari di Samsung Galaxy S20 Ultra. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Pemindai Sidik Jari di Samsung Galaxy S20 Ultra. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Samsung Galaxy S20 Ultra pertama kali rilis pada bulan Maret 2020. Bodi HP Samsung Galaxy S20 Ultra ini cukup kokoh dengan Gorilla Glass 6 depan dan belakang. Kapasitas baterai yang ditawarkan juga cukup besar, yakni 5000 mAh. Selain itu, ada empat kamera di belakang yang cukup tangguh dan berkelas.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy S20 Ultra:

Layar: Dynamic AMOLED 2X, 6.9 inches

Chipset: Exynos 990 (7 nm+)

CPU: Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G77 MP11

RAM: 12 GB

Memori Internal: 128 GB

Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)

Kamera Belakang: Quad 108 MP + 48 MP + 12 MP + 0,3 MP

Kamera Depan: 40 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Harga: Rp 18.5 Juta

Samsung Galaxy S20

Galaxy S20 Plus dan Buds Plus BTS Edition. (Doc: Samsung)
Galaxy S20 Plus dan Buds Plus BTS Edition. (Doc: Samsung)

Samsung Galaxy S20+

Samsung Galaxy S20+ merupakan seri tertinggi dari keluarga S20 LTE. Jika dibanding dengan S20, layar S20+ sedikit lebih kecil tetapi resolusinya sama. Perbedaan dari keduanya ada pada memori, kapasitas, daya, dan kamera.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy S20+:

Layar: Dynamic AMOLED 2X, 6.7 inches

Chipset: Exynos 990 (7 nm+)

CPU: Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G77 MP11

RAM: 8 GB

Memori Internal: 128 GB

Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)

Kamera Belakang: Quad 12 MP + 64 MP + 12 MP + 0,3 MP

Kamera Depan: 10 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Harga: Rp 14.5 Juta

Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 memiliki resolusi layar lebih kecil dari keluaran lama, yakni 6.2 inci. HP Samsung Galaxy S20 menawarkan kepadatan piksel kamera. Pikselnya lebih rapat dibanding HP lain. Pengisian dayanya juga tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S20+.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy S20:

Layar: Dynamic AMOLED 2X, 6.2 inches

Chipset: Exynos 990 (7 nm+)

CPU: Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G77 MP11

RAM: 8 GB

Memori Internal: 128 GB

Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)

Kamera Belakang: Quad 12 MP + 64 MP + 12 MP

Kamera Depan: 10 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Harga: Rp 12.9 Juta

Samsung Galaxy Note 10 Lite

Penampakan Galaxy Note 10 Lite (Foto: Samsung/ TechRadar)
Penampakan Galaxy Note 10 Lite (Foto: Samsung/ TechRadar)

Samsung Galaxy Note 10 Lite ini tak jauh berbeda dengan seri Note 10 yang lain. Versi Lite HP ini memiliki fungsi Stylus untuk fungsionalitas lebih tinggi. Produk Samsung ini memang sengaja didesain untuk kelas menengah.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy Note 10 Lite:

Layar: Super AMOLED, 6.7 inches

Chipset: Exynos 9810 (10 nm)

CPU: Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.7 GHz Cortex-A55)

GPU: Mali-G72 MP18

RAM: 8 GB

Memori Internal: 128 GB

Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)

Kamera Belakang: Triple 12 MP + 12 MP + 12 MP

Kamera Depan: 32 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Harga: Rp 8.2 Juta

Samsung Galaxy S10 Lite

Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty
Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Samsung Galaxy S10 Lite ini diluncurkan pada bulan Februari 2020. Harganya juga cukup terjangkau dengan spesifikasi yang cukup berkelas. Jika dibandingkan dengan ponsel keluaran tahun 2020 yang lain, Samsung Galaxy S10 Lite masih tangguh.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy S10 Lite:

Layar: Super AMOLED Plus, 6.7 inches

Chipset: Snapdragon 855 (7 nm)

CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)

GPU: Adreno 640

RAM: 8 GB

Memori Internal: 128 GB

Memori Eksternal: microSDXC (uses shared SIM slot)

Kamera Belakang: Triple 48 MP + 12 MP + 5 MP

Kamera Depan: 32 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Harga: Rp 8 Juta

Samsung Galaxy A11 dan A21s

Galaxy A11 | samsung.com
Galaxy A11 | samsung.com

Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11 ini terbilang masih sangat baru karena dirilis bulan Juni 2020 lalu. HP ini memiliki model tripel kamera dengan mode pemotretan tanpa kendala. Bahkan HP ini bisa digunakan untuk memotret dalam keadaan gelap. Meski begitu, RAM dan memori yang ditawarkan masih cukup standar.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy A11:

Rilis: Juni, 2020

Layar: TFT, 6,4 inci

Chipset: Snapdragon 450

CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53

RAM: 2 GB, 3 GB

Memori Internal: 32 GB

Memori Eksternal: microSDXC hingga 512 GB (slot khusus)

Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP + 2 MP

Kamera Depan: 8 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Harga: Rp 1.9 Juta

Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s termasuk HP seri A yang ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Harganya 2 jutaan dan sudah memiliki spesifikasi menawan. Baterainya sudah 5000 mAh dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB.

Berikut spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy A21s:

Rilis: Juni, 2020

Layar: PLS TFT, 6,5 inci

Chipset: Exynos 850 (8 nm)

GPU: Mali-G52

RAM: 3 GB, 4 GB, 6 GB

Memori Internal: 32 GB, 64 GB

Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)

Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Kamera Depan: 13 MP

Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Harga:Rp 3.3 Juta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Musim Tanam, Distributor Keluhkan Kurangnya Kuota Pupuk Subdisi

Posted: 11 Aug 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah distributor pupuk mulai mengeluhkan kurangnya kuota alokasi pupuk bersubsidi yang telah ditetapkan Kementerian Pertanian. Seperti yang terjadi di Sulawesi Selatan.

Ketua Asosiasi Distributor Pupuk di Sulawesi Selatan Sariyadi menegaskan bahwa tidak terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi, khususnya untuk jenis urea, mengingat stok di gudang lini II dan III mencapai 63 ribu ton atau melebihi kebutuhan dasar.

"Sebetulnya bukan kelangkaan, yang terjadi adalah kuotanya habis. Kalau pupuknya, khusus urea dari PT Pupuk Kaltim itu, banyak sekali. Hanya saja, kuota yang tersedia itu sudah di atas 90 persen, sementara masih ada satu musim tanam berikutnya," kata Sariyadi seperti dikutip dari Antara, Rabu (12/8/2020).

Sariyadi menjelaskan bahwa sebanyak 42 distributor di Sulsel telah menyalurkan pupuk urea bersubsidi sekitar 215 ribu ton atau 92 persen dari alokasi yang diberikan pemerintah untuk provinsi tersebut sebanyak 233 ribu ton.

Padahal, alokasi pupuk urea bersubsidi di Sulsel pada tahun lalu mencapai 275 ribu ton. Dengan begitu, ada kekurangan volume pupuk hingga 40 ribu ton lebih untuk memenuhi kebutuhan musim tanam pada Oktober mendatang.

Sariyadi menjelaskan bahwa jika tidak diantisipasi dengan penambahan kuota, maka tentu akan menyulitkan petani untuk berproduksi pada musim tanam kedua.

"Kalau nanti pada bulan 10 (Oktober), tidak ada kuota dan masyarakat petani daya belinya belum sampai membeli pupuk subsidi karena ada efek pandemi, maka akan terjadi ribut-ribut, karena sisanya hanya delapan persen untuk musim tanam kedua," katanya.

 

Alokasi Pupuk

Herman Widiono mengatakan untuk pengiriman pupuk bersubsidi dari distributor ke kios, hingga kelompok tani masih sesuai prosedur.
Herman Widiono mengatakan untuk pengiriman pupuk bersubsidi dari distributor ke kios, hingga kelompok tani masih sesuai prosedur.

Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan alokasi subsidi pupuk pada tahun ini sebanyak 7,94 juta ton dengan nilai Rp26,6 triliun. Alokasi tersebut turun dibanding tahun 2019 sebanyak 9,55 juta ton dengan anggaran Rp29 triliun.

Pengurangan alokasi tersebut berdasarkan validasi data lahan baku sawah dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Di sisi lain, PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku BUMN yang ditugaskan menyalurkan pupuk bersubsidi telah merealisasikan sebanyak 5,4 juta ton hingga 5 Agustus 2020.

Sebelumnya, Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan realisasi tersebut setara dengan 68 persen dari alokasi nasional tahun 2020 yang sebesar 7,9 juta ton, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: STO Telkom Pekanbaru Kebakaran, Perbaikan Layanan Sampai 1 Bulan?

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang perbaikan layanan telkomsel sampai 1 bulan usai kebakaran yang terjadi di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru, Riau beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan akun Facebook Ricky Samosir pada 11 Agustus 2020 lalu. Akun Facebook Ricky Samosir menyebut akibat kebakaran itu perbaikan layanan telkomsel kurang lebih sampai 1 bulan.

"pengguna TELKOMSEL di harap kan bersabar,mungkin perbaikan kurang lebih bisa sampai 1 bulan.soal nya ada TOWER yg kebakaran 😭😭😭," tulis akun Facebook Ricky Samosir.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ricky Samosir telah 3.900 kali dibagikan dan mendapat 68 komentar warganet.

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang perbaikan layanan telkomsel sampai 1 bulan usai kebakaran yang terjadi di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru, Riau.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "layanan telkomsel usai kebakaran". Hasilnya terdapat bebeberapa artikel yang menjelaskan mengenai layanan telkomsel usai STO Telkom mengalami kebakaran.

Satu di antaranya artikel berjudul "Usai Kebakaran STO Telkom, Layanan Telkomsel di Wilayah Sumatera Kembali Normal" yang dimuat situs Liputan6.com pada 12 Agustus 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi Telkomsel baik SMS, telepon, hingga internet sempat lumpuh di wilayah Sumatera sebagai imbas dari kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru.

Namun per hari ini, Telkomsel menyebut, layanan telekomunikasi mereka sudah berangsur normal.

"Layanan di seluruh wilayah Sumatera yang semula terdampak sudah berangsur pulih dan mulai bisa diakses kembali dengan normal oleh pelanggan," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Lebih lanjut, Denny mengucapkan terima kasih atas dukungan Telkom Group dan masukan dari pelanggan dalam percepatan proses pemulihan layanan terdampak. Telkomsel juga meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel." kata Denny.

Sehari lalu, telah terjadi kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru, Riau.

Melalui VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, Telkomsel menyampaikan, kebakaran itu berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan.

"Dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera," kata Denny, dalam keterangan perusahaan yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (11/8/2020).

Denny mengatakan, saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali.

Telkomsel menyebut, akan menyampaikan informasi lebih secara berkala terkait perkembangan proses pemulihan layanan tersebut.

Tak lupa, mewakili Telkomsel, Denny juga memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel," kata Denny.

 

 

Kesimpulan

Kabar tentang perbaikan layanan telkomsel sampai 1 bulan usai kebakaran yang terjadi di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru, Riau ternyata tidak benar.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin memastikan, layanan di seluruh wilayah Sumatera yang semula terdampak sudah berangsur pulih dan mulai bisa diakses kembali dengan normal oleh pelanggan.

 

 

Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketatnya Protokol Kesehatan Perempat Final Liga Champions: Sampai Tidur pun Diatur UEFA

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Babak perempat final Liga Champions Eropa bakal berlangsung mulai dini hari nanti. Delapan tim yang tersisa akan saling bunuh untuk memperebutkan tiket menuju semifinal kompetisi antarklub Eropa itu. 

Menyusul pandemi virus Corona Covid-19 yang melanda dunia, UEFA telah mengubah format kompetisi Liga Champions 2019/2020 agar menghemat waktu di mana setiap tim tersisa hanya akan bertarung sekali hingga ke final. Seluruh pertarungan bakal digelar di tempat netral, yakni kota Lisbon, Portugal dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi SCVT dan live streaming di Vidio. 

Tidak hanya itu, guna mencegah penularan virus Corona Covid-19, UEFA juga telah menetapkan protokol yang ketat bagi para peserta. Aturan tidak hanya berlaku saat pertandingan saja, tetapi juga mengikat para pemain dan staf serta ofisial tim sejak mereka masih berada di hotel masing-masing. 

Seperti dilansir dari AS, UEFA kembali meningkatkan protokol kesehatan selama babak final eight Liga Champions di Lisbon. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh pemain dan ofisial tim mengikuti tes Covid-19 sebelum bertolak ke Lisbon. Setiap tim akan ditempatkan di hotel yang sudah ditentukan dan diminta tidak ke mana-mana kecuali untuk mengikuti latihan resmi dan pertandingan. Sedangkan untuk keperluan lainnya, pemain dan ofisial harus mendapat izin khusus dari panitia. 

Selama di hotel, masing-masing pemain dan staf menempati kamar terpisah satu orang satu. Mereka tidak diizinkan untuk berbagi kamar seperti kebiasaan yang berlaku sebelum pandemi melanda dunia. 

 

 

 

 

 

Aturan Lainnya

Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk menjamin keselamatan peserta selama final eight ini, UEFA telah menerbitkan protokol kesehatan setebal 31 halaman sebagai acuan bagi tim-tim peserta. Dokumen itu menjelaskan berbagai prosedur yang harus dijalani, mulai dari tes Covid-19 hingga jam tidur masing-masing pemain.  

Seluruh pertandingan juga hanya akan digelar di dua stadion saja, yakin Sporting Lisbon's Jose Alvalade Stadium atau the Estadio da Luz, home to S.L. Para pemain dan staf kembali dites malam sebelum pertandingan dengan hasil yang akan disampaikan setidaknya enam jam sebelum kick-off.

Ini untuk memungkinkan setiap hasil tes positif dapat segera diisolasi. Dan jika ada pemain yang dinyatakan positif terkena virus korona setelah turnamen dimulai, mereka secara otomatis akan melewatkan sisa kompetisi, karena periode isolasi diri wajib selama 14 hari.

 

Dilarang Bertukar Kostum

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Dokumen UEFA menjelaskan dengan sangat rinci, sampai hal-hal tercekil yang dijalani tim peserta termasuk perjalanan yang akan mereka tempuh dari hotel menuju tempat latihan atau lapangan pertadingan. Dalam dokumen itu seperti dilansir dari AS, dijelaskan bila bus yang digunakan tim bakal disinfeksi sebelum digunakan. Rute masuk dan keluar dari bus juga diatur secara ketat di mana pemain dan ofisial hanya boleh menggunakan pintu tengah guna menghindari kontak dengan pengemudi.

Saat pertandingan, tidak ada lagi ritual tukar kostum. Meski demikian, kapten tim masih tetap diizinkan untuk bertukar emblem dengan tim lawan sebelum kick off berlangsung. Menurut UEFA, benda itu masih lebih higienis ketimbang kostum yang telah digunakan saat pertandingan. 

Atletico Datang Terlambat

8. Atletico Madrid - Klub asal Spanyol ini melaju ke perempat final Liga Champions setelah berhasil mendepak juara bertahan Liverpool. Tim besutan Diego Simeone ini terkenal dengan pertahanan yang kuat. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
8. Atletico Madrid - Klub asal Spanyol ini melaju ke perempat final Liga Champions setelah berhasil mendepak juara bertahan Liverpool. Tim besutan Diego Simeone ini terkenal dengan pertahanan yang kuat. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Sementara itu, dua pemain Atletico Madrid, Angel Correa dan Sime Vrsaljko, dinyatakan terjangkit virus Corona Covid-19, Sabtu lalu. Akibatnya mereka tidak diizinkan untuk bertolak ke Lisbon. 

Atletico juga terpaksa harus mengikuti tes ulang untuk memastikan tidak ada pemain lain yang tertular sehingga mengakibatkan jadwal penerbangan ke Lisbon terpaksa ditunda. Tim besutan Diego Simeone itu tidak bisa tiba hingga Selasa sore sementara lawannya, Leipzig sudah berada di tiba sejak Sabtu.

Berikut adalah jadwal lengkap Liga Champions 2019/2020:

Rabu 13 Agustus 2020

02.00 WIB, Atalanta Vs PSG (live SCTV dan Vidio)

Kamis 14 Agustus 2020

02.00 WIB, Leipzig Vs Atletico Madrid (live SCTV dan Vidio)

Jumat 15 Agustus 2020

02.00 WIB, Barcelona vs Bayern Munchen (live SCTV dan Vidio)

Sabtu 16 Agustus 2020

02.00 WIB, Manchester City vs Olympique Lyon (live SCTV dan Vidio)

 

 

 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Danai APBD, Pemprov Banten Tambah Pinjaman ke Kemenkeu jadi Rp 4,9 Triliun

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menambah jumlah pinjamannya ke pemerintah pusat, dari sebelumnya Rp 4,1 Triliun menjadi Rp 4,9 Triliun. Hutang sebesar itu, diklaim oleh pemerintah untuk pemulihan ekonomi daerah paska dihantam badai covid-19.

Penambahan Rp 800 miliar di akui oleh pemerintah Banten, sudah di ajukan ke kementrian keuangan (Kemenkeu) dan sedang dalam pembahasan. Nantinya, uang triliunan rupiah itu akan fokus pada sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi.

"(Tambahan pinjaman) Itu namanya dalam rangka upaya kita pemaparan program, seberapa logika itu bisa dibiayai atau di setujui pemerintah pusat, itu yang akan kita diskusikan dengan mereka. Dalam komposisi apa, akan kita diskusikan lebih lanjut," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Al Muktabar, di gedung DPRD Banten, Rabu (12/08/2020).

Ajuan hutang Rp 4,9 Triliun itu akan digunakan dua kali, tahun 2020 dalam APBD Perubahan sebesar Rp 800 miliar dan APBD Banten tahun 2021 mendatang sekitar Rp 4,1 triliun.

Pengajuan peminjaman awal sebesar Rp 4,1 triliun dari Pemprov Banten ke pemerintah pusat hingga kini belum juga disetujui dan masih dipelajari oleh Kemenkeu.

"Secara pembiayaan akan di skemakan pada dua tahun, 2020 (pada APBD) perubahan dan (APBD) 2021. (APBD) Tahun 2020 pembiayaan sekitar Rp 800 miliar. Sekarang kita sedang mendapatkan review dari Kemenkeu. Bentuk konkretnya nanti dalam bentuk pagu indikatif, yang sedang kita formulakan kembali untuk kita tuangkan dalam postur APBD Perubahan 2020," terangnya.

Lembaga legislatif Banten mengaku tengah membahas pinjaman tersebut agar bisa masuk ke dalam APBD. Sehingga diharapkan nantinya uang triliunan rupiah itu bisa benar-benar digunakan sesuai peruntukannya, yakni memperbaiki perekonomian nasional dari daerah.

"Kita berharap program yang disusun oleh pemprov ini bermanfaat banyak dalam pemulihan ekonomi daerah kita. Pemerintah pusat melihat Pemprov Banten sangat terdampak, sehingga APBD nya mengalami permasalahan," kata Ketua DPRD Banten, Andra Soni, ditempat hang sama, Rabu (12/08/2020).

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pemda Bisa Dapat Pinjaman dari Dana PEN Rp 10 Triliun, Ini Syaratnya

Tumpukan uang di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 M pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan uang di ruang penyimpanan uang BNI, Jakarta, Senin (2/11/2015). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening simpanan dengan nilai di atas Rp2 M pada bulan September mengalami peningkatan . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kesuksesan Program PEN membutuhkan dukungan banyak pihak, tak terkecuali Pemerintah Daerah. Salah satu kebijakan dalam Program PEN untuk memberikan dukungan bagi Pemda, yakni melalui Kebijakan Pinjaman PEN Daerah sebesar Rp 10 triliun.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Astera Primanto menjelaskan, untuk mendapatkan pinjaman tersebut, ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh daerah.

"Persyaratan pinjaman PEN Daerah yang pertama, daerah yang mengajukan merupakan daerah terdampak pandemi Covid-19," ungkap Atera dalam Dialogue KiTa - Pinjaman PEN Untuk Pemerintah Daerah, Jumat (7/8/2020).

Yang kedua, daerah tersebut harus memiliki program dan atau kegiatan pemulihan ekonomi daerah yang mendukung PEN. "Syarat ketiga, juga berlaku untuk pinjaman umum daerah, dimana jumlah sisa pinjaman ditambah jumlah pinjaman yang akan ditarik tidak melebihi 75 persen dari jumlah penerimaan APBD tahun sebelumnya," papar dia.

Selain itu, daerah juga harus memenuhi nilai rasio kemampuan keuangan daerah untuk mengembalikan pinjaman daerah paling sedikit sebesar 2,5 persen.

"Ini seperti nafas kedua untuk Pemda yang terdampak. Tidak ada batas usulan karena kebutuhan tiap daerah berbeda, tapi kan tidak semua usulan bisa diterima, harus memenuhi syarat di atas," Tukas dia.

Kemenkeu Alokasikan Rp 10 Triliun Dana PEN untuk Pinjaman Pemda

Tumpukan mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam upaya penanganan covid-19 di daerah, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan dana Rp 10 triliun dari alokasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada Pemerintah Daerah. Kebijakan ini mengacu pada PP 43/2020 tentang Perubahan PP 23/2020 yang pelaksanaannya diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Keuangan.

Secara total, dukungan kepada daerah dalam PEN sebanyak Rp 27 triliun. Terdiri dari Rp 5 triliun berupa DID tambahan pemulihan ekonomi, Rp 8,7 triliun berupa cadangan DAK fisik, Rp 3,3 triliun untuk hibah pariwisata, dan sisanya untuk pinjaman PEN daerah.

"Dalam program kali ini, kita melakukan relaksasi-relaksasi yang harapannya adalah ini bisa dilakukan dengan sangat cepat," ujar Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti dalam Dialogue KiTa - Pinjaman PEN Untuk Pemerintah Daerah, Jumat (7/8/2020).

Astera menyebutkan, perbedaan program pinjaman kali ini terletak pada kurun waktu pengajuannya. Namun demikian alurnya tetap sama, hanya waktu yang dipersingkat.

"Biasanya alur pinjaman itu kan diajukan melalui Kemendagri, kemudian dari Kemendagri mengajukan rekomendasi ke Kementerian Keuangan dan dilakukan pengujian yang sifatnya pendalaman terhadap APBD dan memakan waktu yang cukup signifikan," kata dia.

"Dalam proses pinjaman PEN sekarang ini, walaupun menggunakan metodologi yang sama tapi ada batas waktu tertentu. Jadi dari Kemendagri sekitar 3 hari 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Museum Israel Bersiap untuk Kembali Dibuka

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Pegawai Museum Israel membersihkan barang-barang yang dipamerkan selama persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)
Pegawai Museum Israel membersihkan barang-barang yang dipamerkan selama persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Pegawai Museum Israel membersihkan barang-barang yang dipamerkan selama persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Pegawai Museum Israel menempatkan
Pegawai Museum Israel menempatkan

Pegawai Museum Israel menempatkan

Gulungan Laut Mati dipajang di Museum Israel selama persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)
Gulungan Laut Mati dipajang di Museum Israel selama persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Gulungan Laut Mati dipajang di Museum Israel selama persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Hagit Maoz, kurator Gulungan Laut Mati di Museum Israel melakukan persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)
Hagit Maoz, kurator Gulungan Laut Mati di Museum Israel melakukan persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Hagit Maoz, kurator Gulungan Laut Mati di Museum Israel melakukan persiapan terakhir untuk kembali dibuka, Yerusalem, Selasa (11/8/2020). Setelah lima bulan tutup karena pandemi COVID-19, Museum Israel akan kembali dibuka untuk umum pada minggu ini. (AP Photo/Maya Alleruzzo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Penerbit Aplikasi Mobile Terpopuler per Juli 2020

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google menjadi penerbit aplikasi mobile terpopuler per Juli 2020. Raksasa teknologi itu mendapat 273 juta pemasangan aplikasi.

Capaian ini, jika dibandingkan dengan Juli 2019, mengalami peningkatan 37 persen. Demikian menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower.

"Facebook menempati posisi kedua dengan meraih 215,6 juta pemasangan," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst di Sensor Tower dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Kemudian di posisi ketiga, keempat, dan kelima ada Voodoo, Outfit7, dan Crazy Labs. Untuk Facebook, angka itu termasuk pemasangan aplikasi yang memiliki dua versi, seperti Facebook dan Facebook Lite.

Di dalam laporan Sensor Tower ini keduanya diakumulasikan, juga termasuk layanan lain seperti Messenger dan Messenger Lite. Begitu pula dengan penerbit aplikasi lainnya.

Untuk Google, ada beberapa aplikasi milik Google yang menjadi default app pada smartphone Android dan mereka tidak termasuk ke dalam laporan ini, .

Kemudian berikut ini penerbit yang menempati posisi keenam hingga kesepuluh

  • Bytedance
  • AppLovin
  • InShot
  • SayGames
  • Tencent

 

Peringkat di Play Store saja

  • Google
  • Tencent
  • Facebook
  • Voodoo
  • Bytedance
  • Alibaba
  • Microsoft
  • Amazon
  • Crazy Labs
  • AppLovin

 

 

Peringkat di App Store saja

  • Google
  • Facebook
  • Voodoo
  • Outfit7
  • Crazy Labs
  • InShot
  • AppLovin
  • SayGames
  • Bytedance
  • BabyBus

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kamala Harris, Cawapres Joe Biden di Pilpres AS

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Capres AS dari Partai demokrat Joe Biden memilih senator Kamala Harris sebagai calon wakil presidennya dalam Pilpres AS 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kenal Meggie Diaz, Tukul Arwana: Berapa Kalau Bayar Kamu?

Posted: 11 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meggie Diaz datang sebagai bintang tamu dalam acara yang dipandu Tukul Arwana, Tukul Arwana One Man Show di Indosiar. Dalam kesempatan ini, mereka tak sungkan memperlihatkan keakraban di depan kamera.

Sinden Tukul Arwana One Man Show, Memes, bertanya pada Tukul Arwana, kapan dan bagaimana pertemuan pertamanya dengan pdangdut tersebut, presenter kondang ini pun mulai bercerita.

Tukul Arwana pertama kali bertemu dengan Meggie Diaz dalam sebuah acara, beberapa tahun silam. Saat itu, pria berusia 56 tahun ini melihat ada potensi terpendam dari sosok penyanyi dangdut tersebut.

"Dia punya power, punya sesuatulah. Cuma dia confident-nya belum terasah. Akhirnya saya kasih support, dukung, 'Kamu ayo, enggak apa-apa, berapa toh kalau bayar kamu?'. Alhamdulillah dia bilang dolar," kata Tukul Arwana dalam acara yang tayang pada Selasa (11/8/2020) malam.

Bayaran Apa?

Tukul Arwana dan Meggie Diaz (Instagram/@megghidiaztawa)
Tukul Arwana dan Meggie Diaz (Instagram/@megghidiaztawa)

Mendengar pernyataan Tukul Arwana, bintang tamu lain bertanya-tanya, bayaran apa yang dimaksud suami almarhumah Susiana itu. Ia langsung memberi penjelasan.

"Nyanyi, tampil. Kalau yang lain-lain kan minta pesawatnya harus A, B, C, kalau dia, 'Aku enggak apa-apa, aku Cipret Airline juga enggak apa-apa'," ungkap Tukul Arwana.

"Artinya yang penting bolak-balik selamat. Dia enggak ribet gitu. 'Dan biasanya berapa kalau bawa dirimu?', 'Cuma ini saja, asisten cukup'," ia menyambung.

Paham Kondisi dan Keadaan

[Foto: One Man Show]
[Foto: One Man Show]

Dari situ Tukul Arwana mengenal Meggie Diaz sebagai sosok yang baik. Di matanya, penyanyi berusia 31 tahun ini berbeda dari kebanyakan artis yang dia kenal.

"Mungkin kalau yang sudah top enggak apa-apa bawa satu keluarga, lima keluarga, 10 keluarga, dan minta fasilitasnya harus bisnis. Ini alhamdulillah dia bisa kondisikan keadaan," jelas Tukul.

Belajar

Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)
Transformasi Tukul Arwana (kapanlagi.com)

Tak ingin terjadi salah paham, Meggie Diaz menjelaskan bahwa kala itu hubungan mereka hanya sebagai rekan kerja. Pelantun lagu "Madu Merah" ini banyak belajar dari sosok inspiratif seperti Tukul Arwana.

"Waktu itu enggak, soalnya kan waktu itu Mas Tukul masih ada almarhum dan aku waktu itu dekat dengan beliau ingin ngambil ilmunya. Dan dekat dengan orang fenomena kan bagi aku sudah suatu anugerah," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Kenal 2011

Potret kebersamaan Tukul Arwana dan Meggy Diaz. (Sumber: Instagram/@tukul.arwanaofficial/@meggydiaz25)
Potret kebersamaan Tukul Arwana dan Meggy Diaz. (Sumber: Instagram/@tukul.arwanaofficial/@meggydiaz25)

Dalam kesempatan berbeda, Meggie Diaz menceritakan awal kedekatannya dengan Tukul Arwana. Itu terjadi saat ia diundang menjadi bintang tamu dalam gelar wicara yang dipandu Tukul di salah satu stasiun televisi swasta.

"Karena enak tektoknya, terus share-nya pas saya jadi bintang tamu kok kebetulan bagus. Akhirnya saya sering dipanggil, sering komunikasi. Kalau beliau ada job sering ajak saya. Job off-air. Kenalnya 2011. Digosipkannya 2013," paparnya kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sputnik V Jadi Nama Vaksin Virus Corona COVID-19 Pertama di Dunia Buatan Rusia

Posted: 11 Aug 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Rusia telah menamai vaksin Virus Corona COVID-19 yang baru mereka kembangkan dan daftarkan, yaitu "Sputnik V."

Pengumuman tentang nama vaksin Virus Corona COVID-19 itu disampaikan oleh pimpinan dana investasi Rusia, menyusul klaim negara tersebut yang menyatakan bahwa mereka telah menjadi pertama yang mengembangkan vaksin.

Dikutip dari AFP, Rabu (12/8/2020), uji coba Fase 3 akan dimulai pada 12 Agustus, menurut Kirill Dmitriyev, Kepala Dana Investasi Langsung Rusia yang mendanai proyek vaksin. Sementara untuk produksi industri, diharapkan mulai pada bulan September mendatang.

"Kami telah melihat minat yang besar pada vaksin Rusia yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya dari luar negeri," papar Kirill Dmitriyev, dan menambahkan bahwa "aplikasi permintaan awal untuk lebih dari satu miliar dosis" vaksin telah diterima dari 20 negara.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa, bersama mitra asing, Rusia siap memproduksi 500 juta dosis vaksin Virus Corona COVID-19 per tahun di lima negara.

Dialog Konstruktif

Seorang peneliti bekerja di laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, Moskow, Rusia, 6 Agustus 2020. Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin pada 11 Agustus 2020, negaranya telah mendaftarkan vaksin COVID-19 pertama di dunia. (Xinhua/RDIF)
Seorang peneliti bekerja di laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, Moskow, Rusia, 6 Agustus 2020. Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin pada 11 Agustus 2020, negaranya telah mendaftarkan vaksin COVID-19 pertama di dunia. (Xinhua/RDIF)

Di sisi lain, "Media yang melakukan serangan terkoordinasi dan sangat hati-hati" untuk "mendiskreditkan" vaksin Rusia juga dikecam oleh Kirill Dmitriyev.

Ia pun meminta negara-negara lain untuk "Melakukan dialog konstruktif, dengan menyoroti Soviet yang sempat bekerja sama dengan AS dalam program luar angkasa.

Kirill Dmitriyev mengatakan, bahwa negara lain harus "Memberikan warganya obat yang berkualitas baik dan aman di masa yang akan datang, yang benar-benar menyelamatkan nyawa dan dapat menghentikan pandemi."

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keberagaman Cara Menikmati Kopi di 7 Negara yang Perlu Kamu Tahu

Posted: 11 Aug 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kopi dapat dinikmati di seluruh dunia, namun mungkin setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menikmatinya.

Kopi dapat dipanggang untuk menghasilkan rasa yang berbeda, digiling menjadi bubuk halus, diseduh dengan takaran yang berbeda, disajikan dingin atau panas, dan dikonsumsi hitam atau dengan gula atau susu. Pilihannya yang tidak terbatas inilah yang menjadikan kopi pilihan favorit tren saat ini.

Setiap kafe yang dibuka menyajikan cara unik menikmati kopi. Anda juga akan disuguhi berbagai preferensi lokal dan unik minuman kopi di setiap negara yang belum pernah Anda coba.

Untuk menunjukkan betapa beragamnya minuman tersebut dalam skala global, unthinkable.fm bekerja sama dengan pakar kopi di Coffee Direct, Lewis Spencer untuk menjelaskan keberagaman tersebut.

1. Yunani - Frappe

Seperti tren kopi viral, kopi Dalgona, frappe Yunani dikocok dengan sempurna. Metode ini terutama populer selama musim menghangat.

Ini dibuat sederhana dengan campuran kopi instan, air dan gula, disajikan dengan es dan di atasnya dengan susu kental. Minuman ini biasanya disajikan dalam gelas tinggi dengan sedotan, membuat suguhan musim panas yang menyegarkan.

2. Vietnam - Egg Coffee

Sebagai makanan penutup yang menakjubkan, egg coffee Vietnam adalah minuman unik sesuai dengan namanya. Dibuat dengan kuning telur, susu kental manis, gula dan kopi panas, penduduk setempat menyukai rasa yang kaya dan pekat yang merupakan akhir sempurna untuk makanan penutup. Kombinasi yang kaya dari susu kental manis dan kuning telur menghasilkan protein yang sangat banyak.

3. Jepang - Kopi kaleng

Kopi kaleng adalah minuman yang sangat populer di Jepang, tersedia di sebagian besar mesin penjual otomatis dan supermarket.

Kopi kaleng hadir dalam berbagai rasa dan kekuatannya masing-masing. Misanya kopi hitam dan café-au-lait dengan susu dan gula. Ini adalah alternatif yang sangat terjangkau dan nyaman bagi penduduk setempat yang selalu bepergian.

 

4. Prancis - Café au lait

Kopi hitam | Via: istimewa
Kopi hitam | Via: istimewa

Kombinasi sederhana ini adalah kopi dengan susu. Tidak sama dengan latte atau kopi dengan susu dingin, melainkan kopi seduh yang dicampur dengan susu kukus. Ini adalah favorit perusahaan dengan penduduk lokal dan turis karena rasanya yang ringan dan lembut.

Café au lait memiliki jumlah kopi dan susu yang sama dan tidak seperti Caffé latte, biasanya tidak ada busa di atasnya.

5. India - Kaapi

Kaapi adalah kopi saring India. Untuk membuat ini, Anda menggiling biji kopi hingga halus, seduh menggunakan filter logam dan campur dengan susu rebus.

Fitur ikonik sebenarnya terletak pada cangkirnya. Biasa disajikan dalam gelas stainless steel dan cangkir yang mendinginkan kopi. Anda memegang cangkir dengan pelek karena tidak ada pegangan dan menyesapnya selagi tetap panas.

6. Kuba - Café Cubano

Orang Kuba lebih suka kopinya yang sangat manis, itulah sebabnya kopi populer mereka diisi dengan gula. Dalam espresso Café Cubano, kopi diseduh langsung di atas gula atau gula itu sendiri digabungkan dengan bubuk sebelum diseduh. Ini memberi minuman rasa yang kuat dan manis. Sebagai alternatif, Anda bisa melengkapinya dengan susu kukus dan membuat minumannya menjadi Cuban cortadito.

7. Italia - Espresso

Espresso adalah tradisi Italia, jadi tidak heran mengapa negara ini menyukainya. Espresso dibuat dengan mesin yang mendorong uap bertekanan melalui biji kopi yang digiling halus untuk menghasilkan kopi yang kaya dan kuat, dengan sedikit buih di atasnya. Di Italia, sudah hal umum untuk menikmati espresso dengan sedikit susu atau gula atau bahkan dimunim begitu saja.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Diduga Terima Suap Rp 7 Miliar

Posted: 11 Aug 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan Jaksa Pinangki Sirna Malasari sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Pinangki diduga menerima suap dari Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra ketika terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut masih berstatus buron.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengaku belum mengetahui secara detail jumlah uang suap yang diterima oleh Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Dia menyebut Jampidsus masih mendalami berkas perkara dari Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung.

"Apa yang didapat dari LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) yang dilakukan pengawasan, masih dilakukan crosscheck atau penyidikan berapa sebenarnya jumlah yang diterima," ujar dia, Rabu (12/8/2020).

Hari memaparkan hasil pemeriksaan Bidang Pengawasan, Pinangki diduga menerima uang suap sekira 500.000 dolar Amerika Serikat.

"Sementara kemarin yang beredar di media maupun hasil pemeriksaan pengawasan diduga 500 Ribu US Dolar jika dirupiahkan kira-kira Rp 7 Miliar," ucap dia.

Jaksa Pinangki disangkakan melanggar Pasal 5 huruf B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Pinangki ditangkap di kediamannya pada Selasa malam 11 Agustus 2020.

"Setelah ditetapkan sebagai tersangka maka pada malam kemarin atau tadi malam, penyidik langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka," kata Hari.

Ditahan

Gedung Kejaksaan Agung Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Gedung Kejaksaan Agung Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Hari menjelaskan, Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus juga telah menahan Pinangki Sirna Malasari selama 20 hari ke depan.

"Semalam langsung dibawa ke Kejaksaan Agung atau ke bidang Jampidsus kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan malam itu ditahan. Untuk sementara ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung. Tentu nantinya selama proses akan dipindahkan ke rutan khusus wanita di Pondok Bambu," kata dia.

Hari mengatakan, Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus masih mendalami dugaan suap yang diberikan oleh Djoko Tjandra ke Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

"Siapa saja yang berperan dalam hal pasal yang disangkakan terhadap tersangka. Sementara ini kami menyampaikan apa yang dilakukan penyidik hingga tadi malam," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Integrasi Aplikasi Digital Kementerian Lembaga Rampung Tahun Ini

Posted: 11 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) tengah menyiapkan berbagai aplikasi umum sebagai implementasi transformasi digital di lingkup Kementerian dan Lembaga (K/L).

Hal ini sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo Dalam pengelolaan pemerintah yang bersih, efektif, dan terpercaya.

"Untuk menjawab itu kami punya 4 (aplikasi) yang akan kita dorong. Dan mudah-mudahan akhir 2020 ini sudah bisa kita launch aplikasi umum yang berbasis (digital), yang memang akan kita integrasikan," ujar Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB Rini Widyantini dalam Bincang Transformasi: Transformasi Digital bukan Pilihan, tapi Keharusan, Rabu (12/8/2020).

Rini menambahkan, jika ada K/L yang telah memiliki aplikasi umum serupa, maka dapat dilanjutkan dan akan dilakukan integrasi dengan aplikasi dari KemenPANRB.

Adapun aplikasi yang dimaksud, pertama aplikasi umum bidang manajemen kegiatan pemerintah. Aplikasi ini nantinya akan mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, kinerja, dan monev. Aplikasi ini akan dikoordinasikan oleh Kementerian PPN/Bappenas.

Selanjutnya ada aplikasi umum bidang kepegawaian, aplikasi umum bidang kearsipan, dan aplikasi umum bidang pengaduan masyarakat. Ketiga aplikasi ini nanti akan dikoordinasikan oleh Kementerian PANRB.

"Untuk bidang kepegawaian, saat ini BKN sedang menyusun aplikasinya. Kemudian untuk kearsipan juga sedang disusun oleh Arsip Nasional. Mudah-mudahan selesai 2020, dan kita berencana akan launch Oktober," kata Rini.

Sementara untuk aplikasi umum yang berkaitan dengan pengaduan masyarakat, Rini menyebutkan sudah hampir rampung.

"Yang sudah bisa lakukan saat ini adalah aplikasi umum yang berkaitan dengan pengaduan masyarakat. Yang sekarang dikenal dengan 'Lapor', ini yang paling sudah siap karena manajemen data (sudah rampung). Kita sedang menunggu yang berkaitan dengan manajemen security-nya yang sedang disusun oleh BSSN mudah-mudahan ini sudah akan kita launch," kata dia.

Seluruh aplikasi ini nantinya akan difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. "Keseluruhan ini akan diikat akan dipersiapkan infrastrukturnya oleh Kominfo. Karena salah satu tugas Kominfo yang harus selesai di 2020 adalah membangun jaringan intra-pemerintah. Jadi infrastruktur ini akan disiapkan oleh Kominfo, sekaligus kita tahun ini harus segera membuat pusat data nasional." pungkas dia.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Kemenperin Ciptakan Aplikasi Jejaring untuk Industri Alas Kaki

Industri alas kaki di Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Industri alas kaki di Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kementerian Perindustrian menginisiasi pembentukan Indonesia Footwear Network (IFN) sebagai sebuah platform jejaring bagi pelaku industri alas kaki dan pendukungnya. Upaya ini bertujuan untuk membangkitkan gairah usaha para pelaku industri persepatuan di Indonesia di tengah dampak pandemi Covid-19.

"Platform IFN ini merupakan sebuah etalase yang menampilkan informasi pelaku bisnis usaha yang terdiri dari brand, supplier, dan produsen sehingga dapat diakses oleh seluruh pelaku usaha bidang alas kaki dan produk kulit," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Dirjen IKMA menjelaskan, masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru saat ini menjadi sebuah tantangan bagi para pelaku industri dalam negeri, termasuk sektor industri kecil menengah (IKM). Mereka dituntut mampu lebih kreatif dan inovatif untuk mempertahankan usahanya.

"Jadi, agar pelaku usaha dapat memanfaatkan kondisi pasar saat ini, salah satu cara yang dilakukan dengan membangun jaringan antar pebisnis. Sehingga, mereka akan mendapatkan peluang kerja sama dan meningkatkan citra diri personal hingga company branding," paparnya.

Gati menyampaikan, dengan konsep collect – connect – collaboration, IFN mengumpulkan data para pelaku industri alas kaki melalui etalase online berbasis situs web untuk mempermudah pengumpulan serta pencarian informasi dan profil berbagai usaha industri alas kaki dari sektor hulu sampai hilir.

Platform IFN ini juga dapat memberikan akses seluas-luasnya kepada sesama pelaku industri alas kaki maupun masyarakat umum yang tertarik dan berminat dalam pengembangan industri alas kaki. Bahkan, membuka peluang kolaborasi antara pelaku usaha dengan masyarakat umum, sehingga memberikan dampak positif yang saling menguntungkan.

"Jika bergabung di platform IFN, keuntungan yang diperoleh adalah berbagai manfaat dan kemudahan dari Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI), antara lain berupa informasi tentang profil produsen, supplier, local brand alas kaki bisa diakses oleh potensial buyer, investor, dan trader secara online," sebutnya.

Keuntungan Lainnya

Industri alas kaki di Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Industri alas kaki di Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Keuntungan lainnya, promosi berkala profil IFN di platform media sosial seperti instagram, facebook, dan youtube. "BPIPI akan membuat media kampanye untuk para pelaku industri alas kaki di Indonesia, termasuk yang tergabung dalam IFN," imbuhnya.

Gati mengungkapkan, pada masa pandemi ini terjadi perubahan yang cukup besar terhadap kinerja industri alas kaki. Hal ini berdasarkan data World Footwear Business Condition Survey – First Semester 2020, dalam hasil surveinya periode Januari hingga April 2020, konsumsi alas kaki dunia mengalami penurunan hingga 22,5 persen dan kinerja penjualan global turun hingga 74 persen.

Selain itu, daya beli masyarakat turun hingga 53 persen dan harga barang turun 43 persen. "Meskipun demikian, dampak pada lini produksi alas kaki, terutama sneakers justru mengalami kenaikan sebesar 42 persen. Hal ini disebabkan oleh bahan baku pembuatan sneakers yang umumnya berbahan dasar tekstil dan karet serta para produsen sneakers telah memiliki platform pemasaran online," tuturnya.

Merujuk laporan World Footwear Yearbook tahun 2019, Indonesia merupakan pusat produksi alas kaki terbesar keempat di dunia dengan total produksi mencapai 1.271 juta pasang alas kaki. Indonesia juga merupakan negara eksportir produk alas kaki terbesar ketiga di dunia, dengan total 406 juta pasang alas kaki.

Sedangkan, Kemenperin mencatat, nilai ekspor industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki pada tahun 2019 mencapai USD5,12 miliar. Pada periode Januari-Juni 2020, ekspornya mencapai USD2,81 miliar atau meningkat 9,7 persen bila dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2019 yang berada di angka USD2,56 miliar.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ed Sheeran Sebentar Lagi Bakal Jadi Ayah?

Posted: 11 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, London - Ada satu isu tentang Ed Sheeran yang kini tengah beredar. Bukan hal buruk tentang pelantun "Perfect" ini, untungnya, melainkan sebuah kabar bahagia.

Dilansir dari Ace Showbiz, Rabu (12/8/2020), The Sun mengabarkan bahwa Ed Sheeran beberapa minggu lagi akan menjadi seorang ayah. Sang istri, Cherry Seasborn, disebut akan menjalani persalinan pada musim panas tahun ini.

"Ed dan Cherry bahagia bukan kepalang. Mereka sangat bersemangat, tapi memutuskan untuk menyimpannya rapat-rapat," tutur sumber yang dekat dengan Ed Sheeran dan keluarga.

Dipermudah Lockdown

Konser ED SHEERAN - DIVIDE WORLD TOUR 2019 (Bambang E. Ros/Fimela.com)
Konser ED SHEERAN - DIVIDE WORLD TOUR 2019 (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Keinginan Ed Sheeran untuk menjaga privasi soal kehamilan istrinya ini dipermudah dengan karantina mandiri selama pandemi Corona Covid-19.

"Lockdown adalah alasan yang sempurna untuk tidak terlihat atau keluar, tapi karena tanggalnya makin dekat kebahagiaan mereka semakin bertambah dan mereka memutuskan untuk mengabarkan teman dan kerabat," kata sumber ini.

Sudah Siap

Ed Sheeran dan kekasihnya, Cherry Seaborn. (Instagram - @teddysphotos)
Ed Sheeran dan kekasihnya, Cherry Seaborn. (Instagram - @teddysphotos)

Pasangan yang menikah sejak Januari tahun lalu ini sudah hampir siap menyambut buah hati pertamanya.

"Mereka melakukan persiapan terakhir di rumah, dan bayinya diperkirakan lahir musim panas ini," tuturnya.

Hiatus

Ed Sheeran sendiri tengah hiatus dari dunia hiburan sejak akhir tahun lalu. Ia merasa perlu mengambil istirahat, karena telah bekerja terus menerus selama dua tahun terakhir.

 

Undur Diri dari Medsos

Unggahan terakhir Ed Sheeran di Instagram pribadinya pun mengenai hal ini.

"Aku [bekerja] seperti tanpa henti sejak 2017 jadi aku memutuskan beristirahat untuk bepergian, menulis, dan membaca. Aku akan undur diri dari media sosial sampai saatnya kembali," begitu isi pernyataan Ed Sheeran kala itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda Prediksi Jatim Bakal Hujan hingga 13 Agustus 2020, Ada Apa?

Posted: 11 Aug 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur alami hujan terpantau sedang hingga deras pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Saat hujan deras itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mendatangi bendungan air Jalan Banyu Urip sisi samping fly over Pasar Kembang.

Di lokasi tersebut dilakukan pembersihan saluran air. Demikian mengutip instagram resmi Dinas Perhubungan Surabaya @dishubsurabaya, Rabu (12/8/2020).

Ternyata tidak hanya Surabaya saja yang alami hujan. BMKG Juanda menyebutkan Jawa Timur diguyur hujan cukup merata pada 11 Agustus 2020. Adapun hujan ini terjadi pada puncak musim kemarau pada Agustus 2020.

"Wajar, tidak tiap hari. Ada indikasi gangguan gelombang Rossby di laut Jawa dari 850 mb sampai 200 mb sehingga menyebabkan atmosfer cukup lembab, yang menyebabkan potensi terjadi hujan bertambah besar," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Rabu (12/8/2020).

Ia menuturkan, anomali suhu muka laut pada 10 Agustus 2020 di perairan Jawa Timur masih cenderung lebih hangat dari biasanya sehingga uap air di atmosfer juga bertambah. Hal itu mendukung untuk pertumbuhan awan hujan.

"Labilitas udara di wilayah Jawa Timur saat pengamatan udara atas (radiosonde) 11 Agustus 2020 pukul 00.00 UTC terpantau tidak stabil, beberapa indeks stabilitas atmosfer menunjukkan peluang terjadinya hujan dan thunderstorm," kata dia.

Bakal Berlangsung hingga 13 Agustus 2020

Ilustrasi - Hujan lebat disertai puting beliung di Wangon, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/BPBD BMS/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi - Hujan lebat disertai puting beliung di Wangon, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/BPBD BMS/Muhamad Ridlo)

Ia menambahkan, suhu konvektif juga terpantau rendah sehingga memudahkan terbentuk awan konvektif. Ada pusaran di sebelah barat daya Kalimantan mengakibatkan terbentuknya konvergensi di Jawa Timur. Konversensi mengakibatkan ada pertumbuhan awan konvektif penyebab hujan.

Madden Julian Oscilation (MJO) atau gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari barat (Samudera Hindia) ke timur dengan membawa massa udara basah berada pada kuadran 4-5. "Diperkirakan kondisi tersebut masih berlangsung sampai 12-13 Agustus 2020," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciptakan Miniatur Unik di Ujung Pensil, 6 Karya Seniman Ini Mengagumkan

Posted: 11 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karya seni memang kerap kali membuat seseorang merasa kagum. Tentunya dibutuhkan sebuah kreatifitas dan ketelitian yang tinggi untuk mengukir sesuatu menjadi sebuah karya seni yang menakjubkan. Pasalnya tak semua orang bisa menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai seni tinggi. 

Ragam objek tentunya bisa menghasilkan sebuah karya yang bernilai seni tinggi, salah satunya adalah pensil. Alat tulis satu ini bisa menjadi karya seni yang luar biasa dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Pensil ini bisa menjadi sebuah miniatur unik hanya dengan mengukir ujung pensil dengan imajinasi dan kreatifitas.

Seorang seniman dan pematung asal Rusia yang bernama Salavat Fidai memiliki bakat unik untuk menyulap ujung pensil menjadi sebuah miniatur yang menarik. Karya mininya ini tentunya berhasil membuat seseorang berdecak kagum. Pasalnya, mengukir patung mini di ujung pensil membutuhkan tingkat kreatifitas dan ketelitian yang tinggi.

Miniatur patung mini milik seniman Salavat Fidai ini telah dipamerkan di Los Angeles, Sharjah, London, Singapura, hingga Saint Petersburg. Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside dan Instagram @salavat.fidai tentang karya seni di ujung pensin yang mengagumkan, Rabu (12/8/2020).

1. Tentunya dibutuhkan kreatifitas dan ketelitian yang sangat tinggi untuk menghasilkan sebuah patung mini di ujung pensil.

Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)
Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)

2. Karya seni unik satu ini tentunya sukses membuat seseorang berdecak kagum.

Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)
Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)

3. Detail miniatur mini di ujung pensil ini detailnya terlihat sangat sempurna ya.

Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)
Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)

4. Seniman Salavat Fidai berhasil menciptakan sebuah karya seni yang unik dan berbeda.

Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)
Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)

5. Ragam bentuk miniatur unik telah diukir oleh seniman berbakat satu ini.

Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)
Miniatur Unik di Ujung Pensil. (Sumber: Instagram.com/salavat.fidai)

6. Dalam akun Instagram, Salavat Fidai kerap mengunggah hasil karya seni nya yang menakjubkan.

View this post on Instagram

#Spongebob

A post shared by Salavat Fidai (@salavat.fidai) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kantor Ditutup karena Terpapar Covid-19, ASN Kemenkumham Kerja dari Rumah

Posted: 11 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menutup kantornya yang terletak di Jalan H Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, lantaran ada pegawai di Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto mengatakan, meski ditutup lantaran Covid-19, dia meminta para pejabat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap bekerja dari rumah atau Work From Home.

"Seluruh pimpinan tinggi dan ASN yang melaksanakan tugas kedinasan di seluruh area gedung Kementerian Hukum dan HAM (eks. Sentra Mulya) untuk sementara waktu melaksanakan tugas kedinasan di rumah atau tempat tinggal masing-masing selama 7 hari ke depan mulai tanggal 12 Agustus 2020," kata Bambang, dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Dia juga mengingatkan, para ASN serta pejabat tetap mengikuti prosedur yang sudah diatur atau ditetapkan tentang kerja dari rumah di masa pandemi Covid-19 ini.

"Seluruh pimpinan tinggi dan ASN yang berdinas di area Gedung Eks. Sentra MuIya tetap melaksanakan tugas kedinasan dari rumah atau tempat tinggal masing-masing atau WFH, dan tetap berpedoman sesuai prosedur WFH yakni melakukan absensi mandiri," jelas Bambang.

 

Sementara

Diketahui, Kemenkumham menerapkan karantina atau lockdown di kantor Jalan H Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Penutupan sementara tersebut tertulis pada surat edaran bernomor SEK-OT.02.02.33 terkait penutupan sementara gedung Kemenkumham.

Dalam surat tersebut dijelaskan, penutupan dilakukan mulai hari ini, Rabu (12/8/2020) hingga Jumat (21/8/2020). Hal tersebut lantaran ada beberapa ASN Direktorat Jenderal Imigrasi yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Menyikapi kondisi beberapa ASN Direktorat Jenderal Imigrasi yang terkonfirmasi positif Covid-19, aktivitas di gedung Kementerian Hukum dan HAM (eks Sentra Mulia) sementara waktu ditutup mulai tanggal 12 Agustus-21 Agustus 2020," demikian isi sebagian dalam surat edaran, Rabu (12/8/2020).

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atas Pandemi, BRI Peduli Salurkan Bantuan Rp 106,9 Miliar untuk Rumah Sakit dan Masyarakat

Posted: 11 Aug 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli dan "BRILian Fight Covid-19" telah menyalurkan beragam bantuan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia dengan nilai total sebesar Rp 106,9 Miliar. Bantuan disalurkan kepada masyarakat terutama untuk membantu fasilitas kesehatan dan pelayanan di Rumah Sakit (RS) serta bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi akibat Covid-19.

Bantuan – bantuan yang telah disalurkan diantaranya berupa bantuan alat kesehatan dengan nilai total Rp 21,8 Miliar, meliputi Alat Pelindung Diri (APD), Masker Medis dan Kain, Hand Sanitizer, Alat Ekstraksi Otomatis dengan Spesifikasi Magnapure 96, 1.152 Sample/24 Jam, Alat Deteksi Light Cycler 480, 576 Sample/24 Jam (Bisa HIV, Hepatitis A, Hepatitis B), Hepa Filter dan Mobil PCR. Bantuan obat – obatan dan suplemen penambah imunitas dengan jumlah nilai bantuan sebesar Rp 30,73 Miliar. Selain itu, BRI Juga menyalurkan bantuan sarana dan prasarana non-medis seperti Wastafel Cuci Tangan, Kendaraaan Roda Tiga, Mobil Pengangkut Barang, Freezer, Cooler, Pallet, Dispenser, Galon, Kain Pembersih Lantai, Trolly dan Misty Fan.

"Penyaluran bantuan alat medis dan Kesehatan Kami harapkan dapat mampu mendorong ketersedian sarana penunjang kesehatan dalam mendukung kelancaran pelayanan dan penanganan pasien di Rumah Sakit," ungkap Catur Budi Harto, Wakil Direktur Utama, Bank BRI.

 

Bantuan Sembako Gratis untuk Masyarakat

Selain menyalurkan bantuan alat kesehatan, BRI juga berperan aktif menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi, antara lain penyaluran sembako gratis bagi masyarakat umum dengan nilai total Rp 34,48 Miliar dan penyaluran sembako untuk Panti Asuhan dengan nilai total bantuan Rp 6 Miliar.

Bank BRI juga berkolaborasi Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain dalam memberikan bantuan akomodasi penginapan dan transportasi untuk petugas kesehatan penanganan covid-19 yang dikoordinasikan oleh Hotel Indonesia Group (HIG) dengan nilai bantuan sebesar Rp 5 Miliar.

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk apresiasi kepada petugas kesehatan dari berbagai lini seperti Puskesmas, Rumah Sakit yang ada di Jakarta yang telah membantu penanganan covid-19. Bantuan diharapkan dapat membantu para petugas kesehatan dalam memperoleh tempat istirahat yang baik sehingga dapat bekerja dengan maksimal dalam pelayanan kesehatan.

BRI juga ikut berperan aktif dalam memberikan bantuan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri sebesar Rp 5 Miliar, bantuan tanggap darurat BRI Peduli Pencegahan Covid-19 melalui Unit Kerja BRI di seluruh Indonesia dengan nilai total bantuan sebesar Rp 25,25 Miliar serta sosialisasi pencegahan Covid-19 dengan nilai total bantuan Rp 1,53 Miliar.

"Penyaluran bantuan penanganan covid-19 ini merupakan wujud nyata #BUMNPerangiCovid. Dalam penyaluran bantuan, kami tetap menerapkan aspek – aspek keamanan dan keselamatan sesuai arahan pemerintah, seperti physical distancing untuk menghindari penumpukan massa. Kami juga memastikan bantuan dapat tersalur dengan tepat terutama kepada masyarakat yang membutuhkan," pungkas Catur.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GSI Lab Mampu Lakukan 5 Ribu Pemeriksaan Spesimen COVID-19 per Hari

Posted: 11 Aug 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) secara resmi membuka laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction)  untuk pemeriksaan spesimen COVID-19. GSI Lab yang dibangun kurang dari dua bulan mampu memeriksa spesimen COVID-19 dalam jumlah besar.

"GSI Lab punya kapasitas besar yang dapat melakukan pemeriksaan 5.000 spesimen COVID-19 per hari," kata Direktur Utama GSI Lab Nino Susanto dalam konferensi pers virtual yang diadakan di GSI Lab Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020).

"Lab ini juga dilengkapi dengan teknologi yang maju dan terotomatisasi. Artinya, dengan teknologi maju, kita dapat mengerjakan pemeriksaan PCR dengan skala besar, namun dengan akurasi yang baik."

Sehingga, kata Nino, kualitas hasil pemeriksaan spesimen COVID-19 akan baik pula. Selain itu, adanya dukungan teknologi ini meningkatkan produktivitas sangat besar.

Standar Laboratorium BSL 2+

Standar Lab BSL 2. Ilustrasi (Sumber: Pixabay)
Standar Lab BSL 2. Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Nino melanjutkan, GSI Lab didukung laboratorium berstandar Biosafety Level (BSL) 2+. BSL-2 yaitu laboratorium yang digunakan untuk menguji mikroorganisme yang bersifat menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan, tapi tidak menjadi ancaman serius.

Contoh mikroorganisme yang ditangani Biosafety Level 2, di antaranya virus campak (measles) dan herpes virus. Standar laboratorium GSI Lab pun mengikuti standar sesuai dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan.

"Kami bangun GSI Lab dengan standar laboratorium yang baik, setidaknya harus memenuhi BSL 2. Hal itu sesuai dengan standar keamanan laboratorium untuk menangani virus," lanjut Nino.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK: 182 Perusahaan Pembiayaan Sudah Jalankan Restrukturisasi Kredit

Posted: 11 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hasil monitoring Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai 11 Agustus 2020, dari 182 perusahaan pembiayaan jumlah debitur yang mengajukan permohonan restrukturisasi mencapai 4,8 juta.

Adapun nilai kontrak dengan outstanding Rp 150,43 triliun dan bunga sebesar Rp 38,03 triliun.

"Yang terdiri dari kontrak yang permohonannya masih dalam proses sebanyak 350.140 kontrak dengan total outstanding sebesar Rp 16,34 triliun dan bunga sebesar Rp 3,90 triliun," kata Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank II B OJK - Bambang W. Budiawan, dalam webinar Menakar Kekuatan Multifinance di Era New Normal, Rabu (12/8/2020).

Sementara, kontrak yang disetujui oleh perusahaan pembiayaan untuk dilakukan restrukturisasi sebanyak 4,1 juta kontrak dengan total outstanding pokok sebesar Rp 124,34 triliun dan bunga sebesar Rp 31,73 triliun.

Lanjutnya, kontrak yang permohonannya tidak sesuai dengan kriteria sebanyak 285.405 kontrak dengan total outstanding sebesar Rp 9,75 triliun dan bunganya Rp 2,40 triliun.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan restrukturisasi perlu dilakukan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan beberapa hal penting. Menurut data OJK per Mei 2020 perusahaan pembiayaan memiliki 23,3 juta kontrak debitur.

"Kemampuan dan kekuatan perusahaan pembiayaan perlu dijaga, sehingga restrukturisasi yang diberikan mengakibatkan kegagalan perusahaan pembiayaan dalam membayar atau memenuhi kewajibannya kepada kreditur perusahaan pembiayaan yang akan memiliki dampak yang lebih luas bagi perekonomian nasional," jelasnya.

Tambahnya, data per Mei 2020 sumber pendanaan industri bersumber dari pinjaman dalam negeri dan luar negeri serta surat berharga sebesar Rp 342,87 triliun.

"Perusahaan pembiayaan juga perlu membayar gaji 195.926 orang pegawai perusahaan pembiayaan," pungkasnya.

OJK Buka Ruang Perpanjangan Restrukturisasi Kredit Perbankan

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat menggelar jumpa pers tutup tahun 2018 di Gedung OJK, Jakarta, Rabu (19/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat menggelar jumpa pers tutup tahun 2018 di Gedung OJK, Jakarta, Rabu (19/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memberikan ruang untuk perpanjangan restrukturisasi kredit sektor perbankan. Di mana, restrukturisasi itu diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, mengatakan aturan POJK ini umumnya dibuat tidak terlalu lama, yakni hanya 1 tahun dan akan berakhir pada Maret 2021. Namun demikian, pertimbangan perpanjangan tersebut dikarenakan pengusaha butuh waktu lama untuk tumbuh dan bangkit kembali.

"Bagi pengusaha yang ingin tumbuh masih kita (berikan) ruang yang lebih lama apabila memang diperlukan. Sehingga kami memberikan ruang bahwa perpanjangan POJK 11 ini dimungkinkan. Dimungkinkan," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa (3/8).

Pihaknya akan melihat sampai sebelum akhir tahun, kira-kira berapa banyak pengusaha yang sebenernya masih bisa bangkit dan berapa yang betul-betul sudah bangkit. Dari situlah nanti, OJK akan berembuk dengan perbankan dan mengambil jalan tengah untuk apakah akan diperpanjang atau tidak.

"Iyaa itulah yang sebenarnya perlu memerlukan perpanjangan untuk POJK ke-11 ini. Mudah-mudahan semua bisa bangkit harapan kami semua bisa bangkit seperti semula sehingga semua bisa memanfaatkan perpanjangan POJK ke-11 ini," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Bakal Tambah 20 Ribu SPBU

Posted: 11 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina optimis bisa menambah jaringan SPBU menjadi 15-20 ribu SPBU di masa mendatang. Optimisme ini muncul seiring dengan pengembangan New Bright Store atau bisnis di bidang non bahan bakar (Non Fuel).

"Untuk yang fuel nya akan lebih agresif menambah channel SPBU itu bukan hanya 7.000 tapi 15 ribu bahkan 20 ribu secara bertahap. Sehingga akan simultan dengan perkembangan new bright store yang merupakan partner Pertamina. Akan kita kembangkan dengan semua SPBU," kata Direktur Marketing Pertamina Patra Niaga sebagai Commercial and Trading Business Group Pertamina Jumali, dalam Grand Opening "New Bright Store"  secara virtual, Rabu (12/8/2020). 

Oleh karena itu, dikatakannya, diperlukan kerjasama dengan SPBU-SPBU di seluruh Indonesia untuk menghasilkan simbiosis mutualisme antara Pertamina fuel dan non fuel, serta dengan masyarakat yang juga mendapat keuntungan berupa kemudahan.

"Saya rasa cukup menarik dalam ritel Pertamina bekerjasama dengan mitra-mitra SPBU ingin mengembangkan bisnis non fuel ini, salah satunya Bright Store. Dalam ekosistem baru yang bisa dikembangkan adalah potensi bisnis yang luar biasa apabila dikelola dengan baik dengan mitra ke semua SPBU," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama CEO PT Pertamina Patra Niaga (Commercial & Trading Subholding) Mas'ud Khamid, mengatakan bisnis Pertamina tidak hanya berkutat pada sektor minyak dan gas saja melainkan perlu mengembangkan bisnis pada sektor ritel.

"Tidak hanya ngomong soal oil dan gas saja, tapi pelanggan juga ngomong soal otomotif dan kongkow atau lifestyle. Makannya kita kembangkan itu agar bisa konek dengan pelanggan Pertamina lainnya dengan Bright Store," kata Mas'ud.

Menurut Mas'ud, SPBU merupakan tempat bertemunya banyak orang dengan berbagai kebutuhan. Misalnya kebutuhan mengisi bahan bakar atau membeli spare part kendaraan atau kebutuhan membeli makanan dan minuman.

Oleh karena itulah, traffic di SPBU Pertamina ini memiliki peluang yang bisa dimanfaatkan untuk membuat segmen bisnis baru yakni Bright Store.

"Kita bisa create bisnis yang lain kemudian digital advertising, disitu ada spare part mobil, dan produk-produk UKM yang khas di SPBU setiap daerah," pungkasnya.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Selain Isi BBM, SPBU Pertamina Kini Bisa Jadi Tempat Nongkrong

New Normal diterapkan, Pertamina bikin SOP baru untuk pelayanan di SPBU.
New Normal diterapkan, Pertamina bikin SOP baru untuk pelayanan di SPBU.

PT Pertamina Retail meluncurkan layanan Bright store New Bright Store Foodservice dengan konsep ready to eat, ready to drink & ready to go, dalam rangka meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada pelanggan.

President Director PT Pertamina Retail Iin Febrian mengatakan diluncurkan Kembali Bright store dengan konsep baru yakni untuk merespon terhadap perubahan bisnis dan perilaku pelanggan di masa pandemi covid-19.

"Bright store esensinya adalah adaptasi kita melihat terjadi perubahan bisnis dan merespon perubahan perilaku pelanggan. Adanya perubahan perilaku pelanggan, mereka ingin kebutuhan mendekat, maka Pertamina ini bertransformasi," kata Iin dalam Grand Opening "New Bright Store"  secara virtual, Rabu (12/8/2020).  

Ia menyebut konsep ini lebih modern dari Bright Store sebelumnya, karena lebih memberikan kemudahan bagi pelanggan yang hendak mengisi bahan bakar untuk kendaraannya bisa membeli kebutuhan lain seperti makanan dan minuman siap saji baik hangat maupun dingin.

"Konsep ini menarik, selain bisa mengisi bahan bakar bisa menjadi tempat nongkrong, ini adalah konsep modern yang bisa menjawab keinginan dan kebutuhan masyarakat luas khususnya generasi saat ini," katanya.

Selain itu, penerapan konsep baru ini sebelumnya telah dilakukan riset kepada konsumen yang biasa mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar, biasanya mereka berbelanja cemilan dan beristirahat sejenak.

Oleh karena itulah pihaknya ingin memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dengan menyediakan makanan dan minuman hangat yang siap saji.

Ia menjelaskan, perbedaan Bright Store dengan konsep baru ini yakni suasananya lebih nyaman bisa dilihat dari desain, layout, dan penerangannya. Begitupun dengan varian produk sudah lengkap mulai dari makanan dan minuman dingin atau hangat, dengan harga yang terjangkau.

Tak terkecuali di Bright Store juga menjajakan produk-produk makanan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang menjadi salah satu yang ditonjolkan dari konsep baru ini. Agar produk UMKM tersebut memiliki nilai jual yang lebih dan menarik.

Demikian, Pertamina Retail juga sudah menerapkan protokol Kesehatan di setiap Bright Store untuk mencegah penyebaran virus covid-19.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Depok Terbitkan Edaran Berisi 11 Poin Protokol Kesehatan Pribadi

Posted: 11 Aug 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Depok Mohammad Idris menerbitkan Surat Edaran (SE) No 443/367-Huk/GT tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat Setelah Melakukan Aktivitas Perkantoran, Tempat Kerja dan Aktivitas Lainnya di Luar Rumah, dengan 11 poin protokol kesehatan pencegahan diri dari Covid-19.

"Surat edaran ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, demi keselamatan bersama," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris di Depok, Jabar, Rabu (12/8/2020).

Ia mengatakan, peningkatan kasus konfirmasi positif belakangan meningkat dari klaster pekerja, kantor atau kegiatan luar lainnya. Akibatnya memunculkan klaster keluarga, sehingga perlu mengeluarkan SE ini sebagai upaya pencegahan.

Dikatakannya, poin pertama adalah melepaskan sepatu sebelum masuk ke dalam rumah. Poin kedua, jangan menyentuh apa pun sebelum cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya, poin ketiga yaitu meletakkan barang di tempat atau di kotak khusus. Poin keempat, melepaskan pakaian dan diletakkan pada tempat khusus atau langsung dicuci dengan detergen.

"Poin kelima, ketika pulang dari aktivitas harus segera mandi. Kemudian, poin keenam jika tidak langsung membersihkan diri pastikan mencuci tangan atau area terpapar udara luar," katanya seperti dikutip Antara.

Kemudian, sambung Mohammad Idris, poin ketujuh membersihkan gawai, serta kaca mata dengan disinfektan. Poin delapan membersihkan semua benda yang dibawa dari luar juga dengan disinfektan.

Poin kesembilan menghindari kontak langsung dengan kelompok rentan seperti lansia, balita dan anak-anak.

Selanjutnya, poin kesepuluh, antarkeluarga harus saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan bagi individu setiap ke luar rumah.

Warga Depok Pekerja

Terakhir, poin kesebelas adalah harus selalu menggunakan masker, menjaga jarak fisik dan selalu mencuci tangan.

Dikatakannya, meskipun mungkin masyarakat sudah jenuh dengan imbauan bermasker, jaga jarak dan cuci tangan, tapi hal ini harus menjadi kebutuhan setiap individu.

"Kita harus bisa proteksi diri kita, terlebih yang memiliki aktivitas di luar untuk bekerja, karena 60 persen warga Depok adalah pelaju yang bekerja di sekitar Jakarta, Tangerang dan Bekasi," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemburu Harta Karun di Skotlandia Temukan Pedang Kuno Berusia 3.000 Tahun

Posted: 11 Aug 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Edinburgh - Seorang pencari harta karun amatir menemukan sebuah artefak perunggu yang telah ditimbun dalam waktu lama di Skotlandia. Benda kuno tersebut adalah pedang berusia 3.000 tahun, ujar salah satu pihak berwenang pada 10 Agustus 2020. 

Pria pendeteksi logam, Mariusz Stepien mengatakan dia "gemetar karena bahagia" ketika menemukan artefak pedang berusia ribuan tahun itu pada bulan Juni lalu. Benda kuno tersebut ditemukan di sebuah lapangan dekat Desa Peebles, sekitar 36 kilometer selatan Edinburgh.

"Saya pikir belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya, dan merasa sejak awal bahwa ini mungkin sesuatu yang spektakuler, dan saya baru saja menemukan bagian besar dari sejarah Skotlandia," kata Stepien seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (12/8/2020).

Stepien dan teman-temannya kemudian menghubungi Treasure Trove pemerintah Skotlandia, dan berkemah di lapangan selama 22 hari dengan para arkeolog yang menemukan artefak lainnya.

Artefak lain yang ditemukan adalah tali kekang kuda lengkap, gesper, cincin, ornamen, pedang yang masih ada di sarungnya dan tutup gandar dari kereta.

Temuan Masuk ke Museum

Ilustrasi Museum (pixabay.com)
Ilustrasi Museum (pixabay.com)

Temuan mereka kini masuk di National Museums Collection Center di Edinburgh. 

Emily Freeman, kepala Treasure Trove, mengatakan itu adalah "penemuan penting secara nasional, karena merupakan lokasi zaman perunggu kedua yang pernah digali di Skotlandia. 

"Ini adalah kesempatan luar biasa bagi kami untuk tidak hanya memulihkan artefak perunggu, tetapi juga bahan organik," katanya. "Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menilai artefak dan memahami mengapa mereka disimpan."

 Reporter: Yohana Belinda

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Kesenangan Anne Avantie Berkebun, Lepas Penat dan Stres

Posted: 11 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam kegiatan yang dilakukan desainer Anne Avantie di masa pandemi Covid-19. Selain tiada henti berkarya di industri mode, ia juga tak jarang membagikan deretan momen menginspirasi, mulai dari masak hingga berkebun.

Salah satunya tampak di video singkat yang dibagikan Anne melalui akun Instagram pribadi pada Selasa, 12 Agustus 2020. Rekam gambar itu menunjukkan Anne yang tampil dalam balutan atasan hitam, tengah asyik memetik cabai, salah satu hasil panen di kebunnya yang berlokasi di Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.

"Nyambel dulu ah," kata Anne Avantie dalam video yang dimaksud. Di kolom keterangan, desainer yang akrab disapa Bunda Anne ini menyebut, kini memiliki hobi berkebun sayur yang selaras dengan kesukaan memasak. "Bahagia tak terkira sekali," tulis Anne.

"Ketika saya memutuskan punya KEBON yang ada dalam pikiran saya adalah bagaimana saya melepaskan kepenatan dan stres dalam beradaptasi dengan situasi di mana pandemi covid 19 ini sungguh memberikan dampak yang luar biasa," lanjutnya.

Sang desainer juga menyampaikan, ternyata hobi barunya sungguh jadi energi positif yang membangun semangat. "Pilihlah sesuatu yang sesuai dengan kemampuan dan tidak memaksakan untuk mencari KEBAHAGIAAN," tambah Anne Avantie.

 

Hasil Panen

Hasil panen dari kebun milik Anne Avantie. (dok. Instagram @anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/CDv-8tvjnEP/?hl=en)
Hasil panen dari kebun milik Anne Avantie. (dok. Instagram @anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/CDv-8tvjnEP/?hl=en)

Sebelumnya pada Senin, 11 Agustus 2020, Anne Avantie sempat membagikan unggahan melalui IG TV. Dalam video berdurasi 2 menit dan 48 detik itu terlihat deretan hasil panen dari kebunnya.

Ada satu kantung besar cabai kecil, cabai keriting, sayur sawi hijau, sayur buncis, dan seledri. Melihat hasil panen itu membuat Anne tak dapat menutupi antusiasme dan rasa bahagianya.

"Tadi hujan dan melihat karunia Tuhan yang luar biasa. Panen lombok, buncis, sawi, dll, walaupun kebon nya di sumowono kecil, tapi bahagia dan senengnya luuuaaar biasa," tulisnya.

"Pandemi ini membawa saya jadi menikmati ALAM dan menjadi begitu menghargai karunia Tuhan," tutup Anne.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Objek Pertama yang Dilihat di Gambar Ini Ungkap Karakter Diri

Posted: 11 Aug 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang berpikir untuk mengetahui karakter seseorang bukanlah hal yang mudah. Namun, rupanya karakter maupun kepribadian seseorang bisa diungkap dari hal-hal sederhana, seperti apa yang kamu lihat di sekitarmu.

Tak hanya itu, gambar ilusi juga dapat menunjukkan hal-hal yang terjadi dalam pikiran orang. Serta bisa mengungkapkan beberapa hal tersembunyi dari kepribadian seseorang tersebut.

Bagi kamu yang ingin tahu seperti apa kepribadianmu secara garis besar, kamu bisa melakukannya lewat sebuah tes mata. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Objek pertama kali yang kamu lihat pada foto ini bisa ungkap seperti apa kepribadian seseorang. Melansir dari Namastest, Rabu (12/8/2020) berikut ulasannya:

Pohon

foto: Namastest.net
foto: Namastest.net

Jika pohon adalah hal pertama yang kalian lihat, itu berarti kamu terlalu mengandalkan akal dan logika. Ini adalah sikap positif dalam berbagai aspek kehidupan karena membuat kalian terlahir sebagai pemimpin dan memberi kalian kapasitas untuk mengatur keterampilan dan mengelola orang lain.

Ini juga membantumu dalam memecahkan masalah rumit dalam kehidupan sehari-hari. Namun, realisme yang menjadi ciri khasmu ini dapat menghentikanmu juga karena impian dan tujuan yang kamu usulkan harus lebih ambisius dan diciptakan.

Kurangnya impulsif dan spontanitas dalam pengalaman atau keputusan sehari-hari dapat menyebabkanmu melewatkan momen luar biasa. Biarkan diri kamu menjadi optimis dan berjuang untuk ide-ide kamu karena tidak ada yang akan melakukannya.

Gorila

foto: Namastest.net
foto: Namastest.net

Jika ini elemen pertama yang kamu lihat, berarti kamu adalah orang yang sangat kritis, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kamu tidak bisa membuang-buang waktu, dan itulah sebabnya kamu selalu membuat diri kalian sibuk dengan mencoba memperoleh pengetahuan baru tentang dunia di sekitarmu. Kamu memiliki ide-ide segar dan kecerdasanmu membuka jalan yang tidak dapat dipahami oleh banyak orang lain.

Singa

foto: Namastest.net
foto: Namastest.net

Kamu adalah individu yang kuat dan sedikit "liar" hingga dapat menyakiti orang di sekitarmu tanpa memikirkan atau menyadarinya. Di sisi lain, tekadmu yang terpuji dan kerja keras kamu adalah senjata yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa kamu adalah orang yang sangat berharga.

Kamu selalu fokus pada tujuan dan tidak mudah menyerah dalam keadaan apa pun. Seperti singa yang berburu rusa, kamu mengejar impian dan tidak akan membiarkan mereka melarikan diri.

Ikan

foto: Namastest.net
foto: Namastest.net

Jika ikan adalah hal pertama yang kamu lihat, itu berarti kamu sedang berfokus dengan apa yang dijalani saat ini. Kamu selalu berpikir bahwa dalam banyak kasus semuanya akan baik-baik saja.

Kamu mencoba untuk tidak pernah merasa benci dan kamu melihat orang lain sebagai bagian penting dari hidup.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Kebakaran STO di Pekanbaru, Jaringan Telkomsel di Sumbar Kembali Pulih

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Jaringan seluler Telkomsel sudah kembali pulih dan normal di Sumatera Barat, setelah sebelumnya mengalami gangguan sejak Selasa 11 Agustus 2020 siang akibat terbakarnya fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru.

Pantauan Liputan6.com jaringan Telkomsel kembali muncul sejak Selasa malam, namun belum merata di setiap telepon genggam. Kemudian pada Rabu dini hari jaringan semakin membaik tetapi belum bisa diakses untuk internet.

Pada Rabu (12/8/2020) pagi ketika dicoba untuk internet, telepon dan SMS, jaringan Telkomsel sudah lancar dan tidak ada kendala lagi.

"Iya semalam sebetulnya sudah ada sinyal lagi, tapi masih tersendat untuk telepon," kata salah seorang warga Padang, Tiwi (29) kepada Liputan6.com, Rab (12/10/2020).

Ia menyebut jaringan Telkomsel hilang sejak Selasa siang dan tidak kunjung pulih hingga malam pukul 22.00 WIB. Kemudian pada 23.00 WIB mulai ada sinyal.

Hilangnya jaringan Telkomsel, membuat Tiwi mengganti provider sementara agar bisa mengakses internet. Menurutnya Telkomsel menjadi andalan dalam aktivitas sehari-hari karena sinyal yang cukup kuat dibanding provider lain.

"Kemarin sempat beli kartu provider baru, karena pekerjaan saya sangat bergantung pada internet," ujarnya.

Sementara Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin melalui keterangan resminya menyebut layanan komunikasi baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera telah pulih 100 persen.

"Sudah bisa diakses dengan normal oleh pelanggan," katanya.

Ia menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi. Pihaknya mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel.

Hilangnya jaringan Telkomsel juga membuat heboh warganet di Twitter, bahkan sempat trending di media sosial tersebut.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti Jelaskan Kemungkinan Efek Samping Vaksin Covid-19 Sinovac

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ketua Tim Peneliti Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Kusnandi Rusmil memastikan vaksin Sinovac yang tengah diuji klinis aman karena mengandung virus yang telah dimatikan. Hal itu menanggapi terkait kekhawatiran warga terkait uji klinis tersebut.

Kusnandi menjelaskan terkait efek samping pada uji klinis tahap tiga di mana vaksin disuntikkan pada manusia. Menurut dia, pada tahap ini vaksin seharusnya tidak memiliki banyak efek samping.

"Diduga selama ini tidak ada efek sampingnya, karena ini kan uji klinis yang ketiga. Kalau dari banyak efek sampingnya, dari dulu sudah tidak bisa (dilanjutkan pengujian)," kata Kusnandi di Bandung, Selasa (11/8/2020).

Namun, kemungkinan efek samping akan tetap ada. Hal tersebut terdiri atas reaksi lokal dan sistemik.

"Efek samping yang kita ketahui ada lokal dan sistemik. Kalau (efek) lokal, dilihat ada bengkak atau tidak, kalau ada bengkak berapa sentimeter bengkaknya. Kalau merah kaya apa merahnya," papar Kusnandi.

Sedangkan efek sistemik, pada subjek penelitian akan merasakan perubahan suhu tubuh. Relawan tersebut diharuskan melaporkan kepada tim penanganan jika mengalami reaksi yang dianggap tidak wajar.

"Kalau (efek) sistemik itu panas atau suhu tubuh naik. Nah (ini yang akan dilihat) berapa panasnya," ucap Kusnandi.

Kusnandi menjelaskan, penyelenggara uji klinis sudah mengantisipasi jika subjek mengalami efek samping lokal maupun sistemik. "Jadi nanti mereka semua lapor ke petugas supaya langsung ditangani," katanya.

Uji Klinis Dimulai

Presiden Joko Widodo mendatangi RSP Unpad di Kota Bandung, sebagai salah satu lokasi uji klinis vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Presiden Joko Widodo mendatangi RSP Unpad di Kota Bandung, sebagai salah satu lokasi uji klinis vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Penelitian terhadap vaksin Covid-19 produksi Sinovac sendiri telah memasuki tahap penyuntikan. Bio Farma selaku sponsor menunjuk Fakultas Kedokteran Unpad selaku penguji vaksin Corona produksi Sinovac pada 1.620 relawan.

Digelar di enam tempat, uji klinis fase tiga ini dijadwalkan akan berlangsung selama enam bulan dan selesai pada Januari 2021. Adapun pelaksanaan penyuntikan vaksin di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, berjalan lancar dengan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selama proses uji klinis, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) akan melakukan pendampingan dan pengawasan.

Proses penyuntikan akan dilakukan sebanyak dua kali. Usai penyuntikan pertama, subjek akan kembali disuntik dalam 14 hari ke depan. Selanjutnya, subyek akan dipantau kondisi kesehatannya selama enam bulan ke depan.

 

Termasuk Indonesia, Uji Klinis Dilakukan di 6 Negara

Ketua Tim Peneliti Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Kusnandi Rusmil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Ketua Tim Peneliti Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Kusnandi Rusmil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Selain Indonesia, ada lima negara lain yang menguji vaksin fase ketiga. Kelima negara tersebut yakni, India, Brasil, Bangladesh, Chili, dan Turki.

Kusnandi mengatakan, pihak yang berwenang meloloskan suatu vaksin adalah Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Sehingga, proses uji klinis penting dilakukan untuk mengukur seberapa efektif imunisasi bekerja.

"Karena yang menentukan gagal itu bukan kita, tetapi WHO. Vaksin itu komitmen global karena akan diberikan kepada semua orang. Jadi, yang bertanggung jawab itu WHO. Makanya itu dilakukan di beberapa tempat," katanya.

Kusnandi juga mengaku mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo dalam melaksanakan uji klinis vaksin Covid-19 tahap ketiga. Salah satunya, menyelesaikan proses pelaksanaan uji klinis sesuai target waktu.

"Beliau bilang lanjutkan penelitiannya. Karena ini akan diproduksi oleh Bio Farma. Bio Farma ini adalah produsen vaksin terbesar di Asia Tenggara. Sehingga dia nanti bisa dipakai untuk dalam negeri dan juga dijual ke luar," katanya.

Dengan memproduksi vaksin sendiri, Kusnandi menyebut beberapa keuntungan. Antara lain, bisa didistribusikan untuk dalam negeri dan jika diproduksi dalam jumlah banyak bisa menguntungkan bagi RI.

"Kan kita untung, jadi kita berkontribusi untuk dunia. Selama ini (vaksin) polio dari kita sudah dijual ke 150 negara. Jadi enggak masalah, polio dipakai di 150 negara dan enggak ada yang nanyain tuh cocok atau enggak setelah dipakai sama 150 negara," ucapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wirausaha Muda Mandiri Bakal Ciptakan Pengusaha Baru di Tengah Pandemi

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri berkomitmen untuk melahirkan sebanyak mungkin wirausaha muda baru, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang telah berdampak buruk bagi kondisi ekonomi nasional di tahun ini. Salah satu upayanya dengan kembali menggelar ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di tahun 2020.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menuturkan, berangkat dari keinginan tersebut, pihaknya kembali menyelenggarakan kompetisi wirausaha WMM 2020 untuk menjaring bibit-bibit wirausaha muda dari seluruh kalangan. Ditargetkan WMM kali ini akan diikuti oleh 3.500 peserta dari usia 18 – 35 tahun.

"Ajang kompetisi tahunan ini menjadi wujud konsistensi Bank Mandiri dalam menebar inspirasi berwirausaha kepada generasi muda. Harapannya, generasi muda dapat melihat WMM sebagai sebuah media aktualisasi sekaligus promosi atas inovasi dan kreasi diri sekaligus mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global akibat pandemi Covid 19," kata rully dalam konferensi pers kick-off WMM 2020 secara virtual di Plaza Mandiri, Jakarta, (12/8).

Mengusung tema "Berani Muda, Berani Berkarya", kompetisi WMM tahun ini akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang di tahun ini mencapai Rp 2 Miliar.

Untuk proses pendaftaran dimulai pada 12 Agustus - 26 September 2020. Lalu, proses seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 26 September 2020.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Masa Verifikasi

Bank Mandiri melalui ajang Wirausaha Muda Mandiri ciptakan ribuan pengusaha-pengusaha baru.
Bank Mandiri melalui ajang Wirausaha Muda Mandiri ciptakan ribuan pengusaha-pengusaha baru.

Selanjutnya, lanjut Rully, akan dilakukan tahap verifikasi pada tanggal 11 Oktober 2020. Peserta juga akan melalui penjurian zona pada 21 Oktober 2020, dan penjurian nasional pada 26 - 28 Oktober 2020. Sementara itu, puncak acara yaitu penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Jakarta.

Di tingkat nasional, sejumlah profesional muda berprestasi akan tampil sebagai juri. Beberapa diantaranya adalah President Director, PT Bank Mandiri Tbk, Bpk. Royke Tumilaar, Najwa Shihab, Adrian Gunadi dab Juri prominen lainnya.

"Di samping juri yang merupakan public figure, salah satu keistimewaan program WMM adalah kesempatan untuk bergabung dalam komunitas alumni WMM dan tentu saja, kemudahan mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha," ujar Rully.

Tidak berhenti di situ, perseroan juga berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rilis Vaksin COVID-19 Sputnik V, Rusia Siap Imunisasi Massal tapi Dikritik Banyak Pihak

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rusia baru saja menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 untuk digunakan secara massal. Hal ini mengundang pro dan kontra mengingat beberapa peneliti meragukan pengujian vaksin ini.

Selasa (11/8/2020) kemarin, waktu setempat, Rusia merilis vaksin COVID-19 yang bernama "Sputnik V." Penamaan ini merupakan referensi dari satelit buatan pertama di dunia yang juga dahulu diluncurkan oleh Uni Soviet.

Dikutip dari Live Science pada Rabu (12/8/2020), di rapat kabinet kemarin, Presiden Vladimir Putin mengucapkan terima kasihnya kepada para ilmuwan yang mengembangkan vaksin tersebut.

"Kita harus berterima kasih kepada mereka yang membuat langkah pertama tersebut dan sangat penting bagi negara kita serta seluruh dunia," kata Putin.

"Saya tahu (vaksin) telah terbukti efisien dan membentuk kekebalan yang stabil," tambahnya.

Dokter dan Guru akan Divaksin Pertama Kali

Mengutip AP News, meski beberapa pejabat setempat mengatakan bahwa produksi vaksin dalam skala besar belum dijadwalkan hingga September, Tatyana Golikova, Deputy Prime Minister, mengatakan bahwa vaksinasi ke tenaga kesehatan bisa dimulai paling cepat bulan ini.

Sementara itu, vaksinasi massal diharapkan bisa dilakukan pada Oktober.

"Kami berharap puluhan ribu relawan akan divaksinasi dalam beberapa bulan mendatang," kata Kirill Dmitriev, kepala eksekutif dari Russian Direct Investment Fund yang mendanai pengembangan vaksin tersebut.

Dikutip dari The Guardian, Putin mengatakan bahwa dokter dan guru akan menjadi kelompok pertama yang akan mendapatkan imunisasi. Untuk vaksinasi sendiri, ia menambahkan sifatnya adalah sukarela.

Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa salah satu putrinya telah menerima dua dosis vaksin tersebut dan hanya mengalami efek samping berupa demam ringan.

Putin menyatakan bahwa saat ini, putrinya sehat dan memiliki jumlah antibodi yang tinggi. Tidak diketahui apakah anak Putin menjadi salah satu dari relawan vaksin.

Mendapat Kritik

Ilustrasi vaksin (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi vaksin (Foto: unsplash.com)

Diketahui, vaksin yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute di Moskow ini berbasis adenovirus. Namun, para ilmuwan Rusia belum menerbitkan informasi ilmiah apa pun terkait kinerja vaksin dalam uji hewan atau uji manusia tahap awal. Hal inilah yang menjadikan perilisan vaksin ini dikritik.

"Persetujuan jalur cepat tidak akan menjadikan Rusia pemimpin dalam perlombaan, itu hanya akan membuat konsumen vaksin terpapar bahaya yang tidak perlu," kata Russia's Association of Clinical Trials Organizations.

Para ilmuwan lain juga memperingatkan bahwa meski kandidat vaksin terbukti berhasil, akan butuh waktu lama untuk mengetahui seberapa lama perlindungan akan bertahan.

"Kerusakan penyerta dari perilisan vaksin yang kurang aman dan efektif akan memperburuk masalah kita yang saat ini tidak dapat diatasi," kata profesor imunologi Danny Altmann dari Imperial College London.

World Health Organization (WHO) juga telah mendesak agar semua kandidat vaksin melalui proses pengujian secara penuh sebelum diriilis. Mereka menyatakan bahwa pihaknya telah berkontak dengan ilmuwan di Rusia dan berharap untuk melakukan peninjauan terhadap data penelitian di sana.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serba-serbi Komponen Kiprok pada Sepeda Motor

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bagian yang paling penting untuk diperhatikan pada sepeda motor adalah sistem kelistrikan. Nah, salah satu part yang cukup penting di sepeda motor adalah kiprok.

Part yang dalam bahasa teknik disebut regulator rectifier tersebut memiliki fungsi vital pada sistem kelistrikan kendaraan roda dua. Untuk mengetahui fungsi kiprok, berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Fungsi Kiprok dan Cara Kerjanya

Fungsi kiprok di kelistrikan sepeda motor cukup banyak. Fungsi kiprok sendiri adalah sebagai alat untuk merubah arus bolak balik (AC) menjadi arus satu arah (DC). Tidak hanya itu saja, part kecil ini juga berfungsi sebagai penstabil arus listrik yang datang dari proses pengolahan listrik dari rotor (spul) dan stator (magnet).

Kemudian fungsi kiprok sendiri sangat penting, terutama untuk motor injeksi. Sebab kendaraan yang sudah disematkan teknologi tersebut sangat bergantung dengan arus kelistrikan.

Injeksi

Fungsi kiprok begitu penting bagi sepeda motor, terutama yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Terkait cara kerjanya pun tak jauh beda dengan fungsi kiprok itu sendiri. Part ini akan mengubah arus AC menjadi DC. Kemudian kiprok juga akan bertugas untuk memastikan jika arus DC tidak melebihi sekitar 14,5 volt. Pada titik tersebut, tegangan DC tadi dialirkan ke baterai sepeda motor.

Gejala Kiprok Rusak

Ketika fungsi kiprok terganggu atau bahkan rusak, maka performa motor akan menurun. Oleh sebab itu bagian tersebut harus diperbaiki atau diganti baru. Namun sebenarnya kiprok rusak bisa diketahui dari beberapa gejala yang ada.

Pertama, lampu motor sering putus. Kondisi seperti ini bisa terjadi jika fungsi kiprok sudah rusak dan biasanya sering terjadi jika pengendara sedang ngebut. Terjadi karena kiprok sudah tidak bisa membatasi tegangan yang mengarah ke lampu.

Kedua, aki tekor. Karena kiprok rusak, maka kemampuannya dalam menstabilkan arus dan menyimpan tegangan aki berkurang. Alhasil menjadi drop dan membuat aki tekor.

Ketiga, lampu jadi redup. Fungsi kiprok terganggu maka tegangan yang disalurkan menjadi berkurang. Hasilnya lampu sepeda motor jadi redup.

Keempat, mesin brebet. Kondisi ini ternyata tidak hanya disebabkan busi atau piston rusak, tetapi kiprok pun juga dapat membuat hal demikian. Disebabkan oleh tegangan yang disalurkan sudah tidak stabil.

Kelima, mesin tidak bisa menyala. Ketika gejala-gejala tadi sudah ada dan kiprok tak kunjung diperhatikan atau diperbaiki, akhirnya motor tidak bisa dinyalakan. Jika terjadi, kendaraan harus segera dibawa ke bengkel terdekat.

Penyebab Rusak

Ketika fungsi kiprok terganggu, maka akan memengaruhi kinerja komponen lain. Alhasil performa motor menurun dan pastinya tidak akan membuat nyaman saat berkendara. Terkait kiprok rusak sendiri, ada beberapa faktor penyebabnya.

Pertama, panas. Fungsi kiprok akan rusak jika part tersebut sering dalam kondisi panas. Biasanya hal ini tergantung dari penempatan posisi komponen kecil tersebut. Terjadi jika posisinya dekat dengan radiator atau bagian di sepeda motor yang tak begitu mendapat aliran angin.

Kedua, baterai motor. Untuk mendapatkan tegangan, baterai harus ditopang dengan arus koneksi yang andal. Jika kualitas buruk dan sudah rusak, maka akan menyebabkan kiprok bekerja ekstra dan menyebabkan part tersebut panas. Apabila terus menerus seperti itu, lama kelamaan fungsi kiprok menurun bahkan rusak.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Penampilan 7 Artis dengan Rambut Super Pendek, Terbaru Amanda Manopo

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjaga penampilan menjadi salah satu rutinitas seorang publik figur. Para artis Tanah Air tak jarang mengubah penampilannya demi pekerjaannya atau sekadar ingin tampil beda.

Salah satu gaya yang kerap diubah yaitu gaya rambut. Tak melulu cantik dengan rambut panjang, sederet artis Tanah Air ini justru berani tampil beda dengan rambut pendek. Memangkas rambut menjadi pendek justri tak menghilangkan pesona mereka.

Meski tampil dengan rambut pendek, banyak netizen yang memuji tetap cantik dan dianggap cocok lantaran tampil lebih segar dan berbeda. Penasaran siapa saja artis tersebut?

Berikut ini 6 potret penampilan artis dengan rambut pendek dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (12/8/2020).

1. Amanda Manopo baru saja menjadi pusat perhatian lantaran memangkas pendek rambutnya.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: YouTube/Billy Syahputra)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: YouTube/Billy Syahputra)

2. Tak kalah menawan, Agnez Mo bahkan pernah potong rambut super pendek beberapa waktu lalu.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@agnezmo)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@agnezmo)

3. Dulu dikenal imut, kini Leony tampil berani dengan rambut pendek membuatnya semakin tampil memesona.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@leonyvh)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@leonyvh)

4. Musisi Tanah Air, Maia, tetap anggun dan cantik meski tampil dengan gaya rambut pendeknya.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)

5. Nikita Mirzani juga menjadi artis yang sering tampil dengan rambut pendek yang simpel.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@nikitamirzanimawardi_17)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@nikitamirzanimawardi_17)

6. Tak jauh beda dengan Yuni Shara yang selalu konsisten dengan rambut pendek sejak dulu.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

7. Nyentrik dan fashionable, Poppy Sovia tampil berani dengan gaya rambut pendek serta dicat berbagai warna.

Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@popsovia)
Deretan artis cantik yang berani tampil beda dengan rambut pendek. (Sumber: Instagram/@popsovia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twitter Rilis Pengaturan Percakapan, Apa Fungsinya?

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru saja merilis pengaturan percakapan untuk menghindari balasan yang tidak diinginkan. Hal itu mungkin saja mengganggu esensi sebuah percakapan.

Fitur ini dapat dinikmati semua pengguna yang menggunakan Twitter melalui perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android, serta versi desktop atau browser twitter.com.

Dengan menggunakan pengaturan percakapan ini, sebelum memulai twit baru, kamu bisa memilih siapa yang dapat membalas twit dengan tiga opsi:

1. Semua orang (standar Twitter, dan pengaturan default),

2. Hanya orang yang diikuti oleh pengguna, atau

3. Hanya orang yang disebutkan pengguna dalam twit.

Twit dengan dua pengaturan terakhir akan diberi label, dan ikon untuk membalas twit akan berwarna abu-abu bagi orang yang tidak dapat membalas.

Orang yang tidak dapat membalas masih dapat melihat, retwit, retwit dengan komentar, berbagi, dan menyukai twit tersebut.

Untuk Wawancara dan Diskusi

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Sejak Twitter melakukan uji coba pengaturan percakapan ini pada Mei 2020, banyak orang menggunakannya untuk melakukan wawancara dan diskusi, membagikan pendapat mereka, serta berbagi tentang banyak hal.

"Kami mendapat banyak insight dari penggunaan, wawancara umpan balik, dan survei terkait uji coba ini," ujar Twitter melalui keterangan resminya, Rabu (12/8/2020).

Pengaturan ini membantu sebagian orang merasa lebih aman dan dapat menjadikan percakapan lebih bermakna, sambil tetap memungkinkan mereka melihat beragam sudut pandang dari orang lain.

Selain Microsoft, Twitter Juga Tertarik Akuisisi TikTok?

Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)

Di luar dari informasi di atas, Twitter dilaporkan sudah memulai tahap pembicaraan untuk merger dengan TikTok, terutama untuk bisnis yang ada di Amerika Serikat.

Kabar ini terbilang mengejutkan mengingat dana yang mungkin digelontorkan Twitter tidak sebesar Microsoft.

Kendati demikian, menurut sumber anonim tersebut, Twitter memiliki keunggulan tidak menghadapi pengawasan antitrust seperti Microsoft atau pembeli potensial lainnya.

Berdasarkan laporan Reuters pula, salah satu pemegang saham Twitter, yakni firma ekuitas Silver Lake, dikabarkan tertarik untuk membantu pendanaan dalam proses pembelian ini.

Sayang usai laporan ini muncul, Twitter menolak berkomentar. Begitu pula TikTok yang menyatakan tidak berkomentar apapun mengenai rumor yang ada di pasar saat ini.

Di sisi lain, Microsoft dikabarkan memiliki keinginan untuk mengakuisisi keseluruhan bisnis TikTok secara global. Sebelumnya, Microsoft tengah dalam tahap negosiasi dengan ByteDance untuk mengambil alih bisnis TikTok di Amerika Serikat (AS).

Rencana itu tampaknya berkembang menjadi keinginan mengakuisisi bisnis TikTok secara utuh.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Ibu Kota Vietnam di Tengah Kebangkitan COVID-19

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Pedagang menunggu pelanggan sambil duduk di belakang kotak listrik yang dihiasi lukisan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)
Pedagang menunggu pelanggan sambil duduk di belakang kotak listrik yang dihiasi lukisan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Pedagang menunggu pelanggan sambil duduk di belakang kotak listrik yang dihiasi lukisan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Anak laki-laki melihat ke belakang saat mengendarai skuter dengan seorang perempuan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)
Anak laki-laki melihat ke belakang saat mengendarai skuter dengan seorang perempuan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Anak laki-laki melihat ke belakang saat mengendarai skuter dengan seorang perempuan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Seorang perempuan berbicara menggunakan smartphone sambil berjalan di trotoar di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)
Seorang perempuan berbicara menggunakan smartphone sambil berjalan di trotoar di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Seorang perempuan berbicara menggunakan smartphone sambil berjalan di trotoar di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Seorang penjual menunggu pelanggan di luar restoran di sepanjang jalan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)
Seorang penjual menunggu pelanggan di luar restoran di sepanjang jalan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Seorang penjual menunggu pelanggan di luar restoran di sepanjang jalan di Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Seorang perempuan menyeberang jalan sebelum hujan lebat mengguyur Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)
Seorang perempuan menyeberang jalan sebelum hujan lebat mengguyur Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

Seorang perempuan menyeberang jalan sebelum hujan lebat mengguyur Hanoi, ibu kota Vietnam pada 11 Agustus 2020. Setelah mencatat nol kasus COVID-19 selama lebih dari tiga bulan, Vietnam melaporkan sejumlah infeksi baru di dalam negeri sejak akhir Juli. (MANAN VATSYAYANA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terima Gratifikasi Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Ditahan

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah diperiksa dan berdasarkan alat bukti yang ada, Jaksa Pinangki Sirna Malasari ditetapkan sebagai tersangka kasus penerimaan gratifikasi dari terpidana Djoko Tjandra. Pinangki ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rizki D’Academy Ungkap Alasan Lesti Kejora Datang Ke Pernikahannya

Posted: 11 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rizki D'Academy melepas masa lajang Juli 2020. Bulan lalu, ia menikahi Nadya Mustika Rahayu di Bandung, Jawa Barat. Pernikahan ini jadi sorotan lantaran kedatangan Lesti Kejora.

Lesti Kejora mantan kekasih Rizki D'Academy. Keduanya pacaran selama lima tahun, tapi gagal naik ke pelaminan. Kedatangan Lesti Kejora di pernikahan mantan viral di medsos.

Banyak yang bertanya mengapa Lesti Kejora datang? Gerah lantaran kerap ditanya soal Lesti Kejora, Rizki D'Academy akhirnya membeberkan alasan sang mantan datang ke pernikahannya.

Atas Persetujuan Bersama

Rizky D'Academy. (Foto: Instagram @da2_rizki123)
Rizky D'Academy. (Foto: Instagram @da2_rizki123)

Rizki D'Academy mengungkapkan ini dalam video bertajuk "Rizky Ridho: Lesti dan Rizky Billar Ga Cocok" yang tayang di kanal YouTube Melaney Ricardo, Selasa (11/8/2020).

"Kita yang undang atas persetujuan bersama, sih. Itu dia juga punya channel (YouTube) sendiri, alhamdulillah dia buat channel sendiri. Yang pasti Dede juga yang share alhamdulillah (jadi) trending topic kemarin," urainya.

Mama Iis Bilang...

Unggahan Melaney Ricardo. (Foto: YouTube Melaney Ricardo)
Unggahan Melaney Ricardo. (Foto: YouTube Melaney Ricardo)

Saat Lesti Kejora datang dan ide merekam momen tercetus, Iis Dahlia memberi peringatan. Ini terkait reaksi masyarakat soal keputusan Rizki D'Academy menggelar pernikahan di kala wabah.

"Kemarin itu juga, Mama Iis bilang merekam boleh tapi jangan upload dulu karena masih saat pandemi, acara agak di perkampungan, takutnya membuat keramaian karena artis-artis pada datang," Rizki menjelaskan.

Yang Merekam Pihak Seberang

Rizky D'Academy. (Foto: Instagram @da2_rizki123)
Rizky D'Academy. (Foto: Instagram @da2_rizki123)

"Malah kami enggak merekam, yang merekam dari pihak seberang. Ada media juga," imbuh Rizki D'Academy. Ia tak menyangka bahwa pernikahannya bakal viral.

Terkait cemoohan dan pujian yang menggenangi medsos, Rizki D'Academy tak ambil pusing. Menurut dia, sudah biasa ada pro-kontra pada sebuah momen. Ada penggemar, tentu ada pembenci.

Sudah Buka-bukaan

Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)
Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)

Rizki D'Academy menambahkan, kedatangan Lesti Kejora tak dipermasalahkan sang istri. Sebelum menikah, Rizki D'Academy dan Nadya Mustika Rahayu sudah buka kartu soal masa lalu.

"Karena sudah buka-bukaan sendiri, sih soal masa lalu seperti ini ya sudah jangan dibahas dulu. Kalau mau dibahas (soal) saya yang kemarin, sebelum menikah. Kalau mau tanya ya tanya," pungkasnya.

[vidio:Lesti D'Academy - Kejora]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sita Lahan Kelapa Sawit Terkait Kasus Eks Sekretaris MA Nurhadi

Posted: 11 Aug 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita lahan kelapa sawit, terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menjerat eks Sekretaris MA Nurhadi.

"Penyitaan barang bukti berupa dokumen-dokumen dan lahan kelapa sawit yang tersebar di beberapa kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Padang Lawas yang diduga terkait dengan tersangka NHD (Nurhadi)," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Meski demikian, dia tidak merinci luas lahan yang disita KPK tersebut. Hanya menyebut aset itu berada di wilayah Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Dia menjelaskan, penyitaan ini telah berkoodinasi dengan Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas, Sumatera Utara, Kristanti Yuni Purnawanti.

Selain melakukan penyitaan, tim penyidik KPK, juga berkoordinasi dalam melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

"Koordinasi ini dilakukan dalam bentuk peminjaman ruang kerja sebagai tempat pemeriksaan saksi-saksi dalam rangka penyitaan dan juga bantuan pengamanan dari personel Kejaksaan Negeri Padang Lawas Sumatera Utara," tutur Ali.

Vila Disita

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (tengah) menyampaikan keterangan terkait penangkapan mantan Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Hebriyono di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/6/2020). KPK resmi menahan Nurhadi dan Rezky yang menjadi DPO sejak pertengahan Februari 2020. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron (tengah) menyampaikan keterangan terkait penangkapan mantan Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Hebriyono di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/6/2020). KPK resmi menahan Nurhadi dan Rezky yang menjadi DPO sejak pertengahan Februari 2020. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, penyidik KPK tengah menelusuri aset-aset mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi yang diduga dihasilkan dari tindak pidana korupsi. Nurhadi dijerat dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA.

"Hari ini penyidik KPK mendatangi vila di Gadog, Bogor untuk melakukan penyitaan terhadap aset tanah dan bangunan yang diduga ada hubungan kepemilikan dengan tersangka NHD tersebut," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (7/8/2020).

Selain tanah dan bangunan vila di kawasan Puncak, Bogor tersebut, tim penyidik menyita belasan motor gede dan mobil mewah yang tersimpan di gudang dalam vila tersebut.

"Termasuk pula dilakukan penyitaan sejumlah kendaraan bermotor berupa belasan motor besar, mobil mewah, dan sepeda yang diamankan penyidik KPK saat melakukan penggeledahan beberapa waktu yang lalu," kata Ali.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Retail Target Buka 30 Ribu Bright Store hingga 2025

Posted: 11 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Retail pada tahun 2025 menargetkan membuka 30 ribu Bright Store dan 30 persen pendapatan SPBU berasal dari non fuel, bukan hanya dari bahan bakar saja.

"Kita optimis di lima tahun kedepan bisa kembangkan di tahun 2025 30 persen dari pendapatan SPBU itu berasal dari non fuel (bukan bahan bakar)," kata President Director PT Pertamina Retail Iin Febrian, dalam Grand Opening "New Bright Store"  secara virtual, Rabu (12/8/2020). 

Ia mengatakan pengembangan bisnis Pertamina ritel non fuel sangat menarik, karena peluangnya sangat besar. Dilihat dari traffic jumlah pelanggan yang datang ke SPBU masih  dikatakan cukup baik di masa new normal pandemi covid-19 ini, dibanding traffic pengguna pesawat dan pengunjung mall.

"Kenapa kita gencarkan agresif di SPBU khususnya di pada tahap awal ini karena peluangnya sangat besar, dengan kasatmata beberapa titik ramai yang sangat tinggi grafiknya katakanlah mall, bandara turun kalau di SPBU traffic-nya masih bagus dan ini peluang untuk kita kembangkan menjadi ekosistem baru di SPBU dengan mengembangkan konsep new bright store," jelasnya.

Memang tantangannya adalah bagaimana mengembangkan potensi pendapatan non fuel di SPBU, karena saat ini pendapatan non fuel hanya 4 persen. Padahal jika dilihat pendapatan store serupa mereka pendapatannya hingga 30 persenan.

Oleh karena itulah, pihaknya tertantang untuk mengembangkan dengan menggencarkan pengembangan outlet Bright Store agar pendapatan di SPBU antara non fuel dan fuel bisa seimbang. Ia yakin dengan jumlah traffic orang yang datang ke SPBU untuk mengisi bahan bakar, maka bisa mendorong mereka untuk mampir ke Bright Store sekaligus.

Iin menjelaskan, sektor ritel bukan hanya sebatas menjual makanan dan minuman saja,  tetapi bisa menarik daya Tarik seperti advertising, kebutuhan peralatan otomotif seperti ganti oli spare part kendaraan motor atau mobil dan lainnya.

"Kita juga akan kembangkan non fuel demand-nya cukup naik  dan signifikan mengikuti sebaran SPBU," ujarnya.

Tambah Iin, saat ini outlet Bright Store berjumlah 190 outlet yang baru beroperasi, diharapkan di tahun 2025 pengembangan Bright Store secara agresif ditargetkan mencapai 30 ribu outlet. Untuk pengembangannya sendiri pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak lain agar mempermudah pengembangan outlet.

"Ke depan di tahun 2025 kita harapkan sudah mengembangkan produk secara agresif sebanyak 30.000 outlet. Untuk pengembangan agresif ini kita tidak hanya mengelola sendiri dengan sumber daya kita sendiri, kita juga melaksanakan kolaborasi dengan banyak pihak sehingga agresivitas itu bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.   

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Selain Isi BBM, SPBU Pertamina Kini Bisa Jadi Tempat Nongkrong

New Normal diterapkan, Pertamina bikin SOP baru untuk pelayanan di SPBU.
New Normal diterapkan, Pertamina bikin SOP baru untuk pelayanan di SPBU.

PT Pertamina Retail meluncurkan layanan Bright store New Bright Store Foodservice dengan konsep ready to eat, ready to drink & ready to go, dalam rangka meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada pelanggan.

President Director PT Pertamina Retail Iin Febrian mengatakan diluncurkan Kembali Bright store dengan konsep baru yakni untuk merespon terhadap perubahan bisnis dan perilaku pelanggan di masa pandemi covid-19.

"Bright store esensinya adalah adaptasi kita melihat terjadi perubahan bisnis dan merespon perubahan perilaku pelanggan. Adanya perubahan perilaku pelanggan, mereka ingin kebutuhan mendekat, maka Pertamina ini bertransformasi," kata Iin dalam Grand Opening "New Bright Store"  secara virtual, Rabu (12/8/2020).  

Ia menyebut konsep ini lebih modern dari Bright Store sebelumnya, karena lebih memberikan kemudahan bagi pelanggan yang hendak mengisi bahan bakar untuk kendaraannya bisa membeli kebutuhan lain seperti makanan dan minuman siap saji baik hangat maupun dingin.

"Konsep ini menarik, selain bisa mengisi bahan bakar bisa menjadi tempat nongkrong, ini adalah konsep modern yang bisa menjawab keinginan dan kebutuhan masyarakat luas khususnya generasi saat ini," katanya.

Selain itu, penerapan konsep baru ini sebelumnya telah dilakukan riset kepada konsumen yang biasa mampir ke SPBU untuk mengisi bahan bakar, biasanya mereka berbelanja cemilan dan beristirahat sejenak.

Oleh karena itulah pihaknya ingin memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dengan menyediakan makanan dan minuman hangat yang siap saji.

Ia menjelaskan, perbedaan Bright Store dengan konsep baru ini yakni suasananya lebih nyaman bisa dilihat dari desain, layout, dan penerangannya. Begitupun dengan varian produk sudah lengkap mulai dari makanan dan minuman dingin atau hangat, dengan harga yang terjangkau.

Tak terkecuali di Bright Store juga menjajakan produk-produk makanan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang menjadi salah satu yang ditonjolkan dari konsep baru ini. Agar produk UMKM tersebut memiliki nilai jual yang lebih dan menarik.

Demikian, Pertamina Retail juga sudah menerapkan protokol Kesehatan di setiap Bright Store untuk mencegah penyebaran virus covid-19.   

PertaShop akan Jamin Ketersediaan BBM hingga ke Daerah

Satu unit Pertashop milik PT Pertamina (Persero) kini hadir di Gununghalu Raya, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu. (Dok. Pertamina)
Satu unit Pertashop milik PT Pertamina (Persero) kini hadir di Gununghalu Raya, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu. (Dok. Pertamina)

PT Pertamina (Persero) memastikan terus menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) hingga ke pelosok daerah. Salah satu Langkah dengan memperluas keberadaan SPBU mini Pertamina atau Pertashop (Pertamina Shop) hingga ke pelosok desa di Indonesia.

Selain mampu menjamin ketersediaan BBM, Pertamina Shop ternyata memiliki keunggulan yakni lebih tahan dari ancamanan kebakaran maupun ledakan.

Pertashop ini berkat hasil inovasi bersama antara PT Pindad Enjiniring Indonesia (PEI) – anak perusahaan PT Pindad (Persero) – dengan PT Pertamina Retail – anak usaha PT Pertamina (Persero).

Field Marketing Retail Manager Marketing Operation, MOR II Pertamina RU III Plaju, Putut Andriatno menyebutkan, SPBU mini atau Pertashop ini dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang belum terdapat SPBU yang memadai.

"Pertashop dibuat untuk mengakomodir lokasi dengan potensi omset belum layak untuk dibangun SPBU, dan ketentuan lain yang lebih sederhana dibanding SPBU," ujar dia, Selasa (11/8/2020).

Pengembangan Pertashop di berbagai daerah bukan hanya untuk pemerataan distribusi BBM semata. Langka tapi juga diharapkan bisa mendorong pusat ekonomi baru di pedesaan. Meski begitu, nantinya akan dilebur menjadi SPBU reguler.

"SPBU mini nantinya akan dilebur dengan SPBU regular, jadi nantinya tidak ada lagi SPBU mini. SPBU memiliki ketentuan sama dengan SPBU regular, baik perijinannya maupun ketentuan bisnis lain," ungkap dia.

Apalagi, kata dia, masih banyak daerah yang blm terjangkau pelayanan standar pertamina. Hal ini dapat dilihat banyaknya penjual BBM eceran.

"Kami ingin hadir untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat," jelas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikenal Suka Iseng, 4 Zodiak Ini Sering Bikin Orang Kesal

Posted: 11 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki karakternya masing-masing. Ada yang memiliki karakter kalem, baik dan ramah sehingga disenangi oleh banyak orang. Ada pula yang suka iseng dan sering bikin orang lain kesal. Orang yang suka iseng biasanya senang usil pada teman-temannya, meskipun cenderung hanya untuk lucu-lucuan.

Namun, sifat isengnya tidak selalu membuat orang yang diusilinya tertawa. Seringkali pula orang lain merasa tidak nyaman karena ulahnya yang iseng itu. Keisengan yang dinilainya sebagai kesenangan justru membuat orang lain merasa terganggu dan kesal.

Rupanya sifat suka iseng juga dimiliki oleh beberapa zodiak. Keisengannya seringkali membuat orang lain kesal karena merasa terganggu. Apalagi kalau keisengannya ia lakukan pada waktu yang tidak tepat. Namun, terkadang keisengannya juga sering mengundang tawa dan menghidupkan suasana.

Penasaran zodiak apa sajakah itu? Berikut empat zodiak yang dikenal suka iseng dan sering bikin orang kesal dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020).

1. Aries

Ilustrasi Kesal (Sumber: Pixabay/RobinHiggins)
Ilustrasi Kesal (Sumber: Pixabay/RobinHiggins)

Orang dengan zodiak Aries disukai oleh banyak orang karena sifatnya yang periang, penuh semangat, dan kadang tak tahu malu, sehingga mudah diajak bergaul. Suasana menjadi lebih menyenangkan jika ada Aries. Hal itu membuat orang-orang di sekelilingnya sering merindukan keberadaannya.

Namun, Aries juga suka iseng dan terkesan senang bercanda. Tak jarang pula ia iseng melakukan beberapa keusilan terhadap teman-temannya. Keisengannya tersebut juga sering membuat orang-orang di sekitarnya merasa kesal jika dilakukan saat waktu yang kurang tepat. Namun, karena ia periang dan senang bercanda, orang-orang tersebut dengan cepat dapat melupakan kekesalannya terhadap Aries.

2. Virgo

Ilustrasi Kesal (Sumber: Unsplash.com/Joshua Rawson Harris)
Ilustrasi Kesal (Sumber: Unsplash.com/Joshua Rawson Harris)

Jika dilihat sepintas, Virgo akan tampak sangat kalem dan tidak banyak tingkah. Namun, akan berbeda jika seseorang telah kenal dekat dengan Virgo. Orang-orang dekat Virgo sering menjadi korban keisengan untuk dikerjai. Zodiak ini sangat usil dan mencari akal bagaimana mampu ngerjain orang lain.

Bisa dibilang bahwa Virgo adalah orang paling iseng dan suka usil, sehingga sering membuat korban keusilannya merasa kesal. Namun, tak jarang pula karena keusilannya membuat orang lain tertawa dan terhibur.

3. Libra

Ilustrasi Kesal (Sumber: pexels.com/Moose)
Ilustrasi Kesal (Sumber: pexels.com/Moose)

Pemilik zodiak Libra juga dikenal suka iseng. Ia memiliki kemampuan untuk mengerjai orang dengan manipulasi dan pesona yang dimilikinya. Keisengannya itu juga sering membuat orang lain kesal. Meski demikian, zodiak ini juga memiliki keseimbangan dan keinginan untuk selalu berdamai dengan orang yang dikerjainya, karena ia hanya bermaksud bercanda. Oleh sebab itu, Libra juga kerap dikerjai orang lain.

4. Gemini

Ilustrasi Kesal (Sumber: pictaram.com)
Ilustrasi Kesal (Sumber: pictaram.com)

Gemini adalah orang yang sangat suka berbicara, ngobrol dan berinteraksi. Tak hanya itu, ia juga dikenal iseng dan usil. Hal itu sering menjadi bahan candaan andalannya. Sifat isengnya juga sering membuat orang lain kesal. Namun kekesalan itu tidak akan bertahan lama, karena keisengan Gemini adalah usil yang menonjolkan sikap manja, lembut dan romantis.

Maka tak heran, jika zodiak ini sangat pantas untuk menjadi pasangan yang hangat. Di balik sikap usilnya, Gemini juga punya suasana hati yang mudah berubah-ubah. Terkadang ia menjadi periang namun beberapa saat kemudian menyebalkan. Hal ini juga menjadi bagian yang bikin kesal dari Gemini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mesir Buka Perbatasan Jalur Gaza

Posted: 11 Aug 2020 09:45 PM PDT

Warga Palestina duduk di dalam mobil sebelum meninggalkan perbatasan Rafah dengan Mesir di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Pembukaan perbatasan tersebut guna mengizinkan ratusan warga Palestina yang terjebak untuk menyeberang. (Xinhua/Khaled Omar)
Warga Palestina duduk di dalam mobil sebelum meninggalkan perbatasan Rafah dengan Mesir di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Pembukaan perbatasan tersebut guna mengizinkan ratusan warga Palestina yang terjebak untuk menyeberang. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina duduk di dalam mobil sebelum meninggalkan perbatasan Rafah dengan Mesir di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Pembukaan perbatasan tersebut guna mengizinkan ratusan warga Palestina yang terjebak untuk menyeberang. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Untuk kali pertama dalam lima bulan, Mesir membuka kembali titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Jalur Gaza selatan selama tiga hari. (Xinhua/Khaled Omar)
Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Untuk kali pertama dalam lima bulan, Mesir membuka kembali titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Jalur Gaza selatan selama tiga hari. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Untuk kali pertama dalam lima bulan, Mesir membuka kembali titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Jalur Gaza selatan selama tiga hari. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Pembukaan perbatasan tersebut guna mengizinkan ratusan warga Palestina yang terjebak untuk menyeberang. (Xinhua/Khaled Omar)
Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Pembukaan perbatasan tersebut guna mengizinkan ratusan warga Palestina yang terjebak untuk menyeberang. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Pembukaan perbatasan tersebut guna mengizinkan ratusan warga Palestina yang terjebak untuk menyeberang. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Untuk kali pertama dalam lima bulan, Mesir membuka kembali titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Jalur Gaza selatan selama tiga hari. (Xinhua/Khaled Omar)
Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Untuk kali pertama dalam lima bulan, Mesir membuka kembali titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Jalur Gaza selatan selama tiga hari. (Xinhua/Khaled Omar)

Warga Palestina menunggu untuk masuk ke wilayah Mesir melalui perbatasan Rafah di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan (11/8/2020). Untuk kali pertama dalam lima bulan, Mesir membuka kembali titik penyeberangan Rafah di perbatasan dengan Jalur Gaza selatan selama tiga hari. (Xinhua/Khaled Omar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vaksin COVID-19 Rusia Jadi yang Pertama di Dunia, Diproduksi Akhir Agustus 2020

Posted: 11 Aug 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin Virus Corona COVID-19 buatannya. Presiden Rusia Vladimir Putin berharap vaksin itu dapat segera diproduksi massal.

"Sejauh yang saya tahu, pagi ini, untuk pertama kalinya di dunia, sebuah vaksin Virus Corona baru telah didaftarkan," ujar Putin dalam pertemuan online bersama jajaran pemerintahannya.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada pertemuan tersebut mengonfirmasi vaksin yang dikeluarkan di Rusia itu merupakan yang pertama di dunia, sementara negara lain masih mengembangkan studi klinis vaksin COVID-19.

Murashko mengatakan, vaksin baru tersebut setelah melewati seluruh pemeriksaan yang diperlukan, dapat membentuk kekebalan tubuh yang stabil.

 

Diproduksi Akhir Agustus

FOTO: Rusia Daftarkan Vaksin COVID-19 Pertama di Dunia
FOTO: Rusia Daftarkan Vaksin COVID-19 Pertama di Dunia

Putin berharap produksi massal vaksin yang terdaftar itu akan dimulai di Rusia dalam waktu dekat, dan vaksinasi akan tersedia bagi semua orang di negara tersebut secara sukarela.

"Yang terutama, tentu saja, adalah bahwa di masa depan kami dapat memastikan keamanan tanpa syarat dari vaksin ini serta keefektifannya," kata Putin, sembari memberikan selamat kepada semua orang yang berperan dalam pembuatan obat tersebut, seperti dilansir Xinhua, Rabu (12/8/2020).

Wakil Perdana Menteri Rusia Tatyana Golikova pada pertemuan yang sama mengatakan bahwa dirinya memperkirakan produksi vaksin akan dimulai pada akhir Agustus atau awal September mendatang, dan para petugas kesehatan akan menjadi yang pertama divaksinasi.

Putin mengatakan bahwa salah satu putrinya yang telah diberi vaksin COVID-19 itu merasa sehat setelahnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Pinangki Resmi Ditahan Usai Ditetapkan Jadi Tersangka

Posted: 11 Aug 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung resmi menahan jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Pinangki diduga menerima suap dari Djoko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra ketika terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut masih berstatus buronan.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono menerangkan, penyidik memiliki dua alat bukti permulaan untuk menjerat Pinangki Sirna Malasari sebagai tersangka. Pinangki sendiri telah ditangkap di kediamannya pada Selasa (11/8/2020) malam.

"Setelah ditetapkan sebagai tersangka, maka pada malam kemarin atau tadi malam, penyidik langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka," kata dia, Rabu (12/8/2020).

Hari menjelaskan, Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus juga telah menahan Pinangki Sirna Malasari.

"Semalam langsung dibawa ke Kejaksaan Agung atau ke bidang Jampidsus kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan malam itu ditahan. Untuk sementara ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung. Tentu nantinya selama proses akan dipindahkan ke rutan khusus wanita di Pondok Bambu," kata dia.

Hari mengatakan, Jaksa Pinangki ditahan selama 20 hari ke depan.

Dalami Dugaan Suap

Hari mengatakan, Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus masih mendalami dugaan suap yang diberikan oleh Djoko Tjandra ke Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

"Siapa saja yang berperan dalam hal pasal yang disangkakan terhadap tersangka. Sementara ini kami menyampaikan apa yang dilakukan penyidik hingga tadi malam," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Menghina Sarjana, Evi Masamba Beri Penjelasan

Posted: 11 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Evi Masamba meminta pendapat para penggemarnya mengenai keinginannya maju menjadi calon Bupati Luwu Utara. Tak sedikit yang tak setuju dengan keinginannya tersebut.

Evi Masamba, disarankan untuk tetap menjadi penyanyi dibandingkan menjadi Bupati. Salah satunya, Ivan Gunawan yang menuliskan pendapatnya di kolom komentar akun Instagram terverifikasi Evi.

Setelah itu, Evi Masamba kembali mengunggah sebuah foto selfienya. Namun bukan itu yang menjadi fokus warganet tapi keterangan yang dibuatnya.

 

Ingin Bangun Daerah

Evi Masamba (Foto: Instagram/@evi_masamba_real)
Evi Masamba (Foto: Instagram/@evi_masamba_real)

Dalam keterangan foto, Evi Masamba menuliskan mengenai keinginannya untuk membangun daerahnya di Luwu Utara.

"Tdk perlu sarjana untuk membangun daerah sendiri tpi niat yang tulus harus dibangun dalam diri," tulisnya.

 

Sentil Sarjana

Evi Masamba (Foto: Instagram/@evi_masamba_real)
Evi Masamba (Foto: Instagram/@evi_masamba_real)

Evi Masamba juga menyentil sebagian sarjana yang tidak memiliki tanggung jawab terhadap kampung halamannya.

"Dan ingat sebagian yg berpendidikan ada yg tidak bisa bertanggung jawab dan merusak daerah sendiri.

#evimasamba," tambahnya.

 

Diingatkan

Membaca keterangan yang ditulis pedangdut jebolan Dangdut Academy ini membuat beberapa warganet mencoba mengingatkannya di kolom komentar.

"Mmm maaf sblmnya captionnya tolong prbaiki apa gi blg sarjana merusak daerah sendiri itu mnrtku sangat gk etis kak evi bkan apa2 akupun sarjana v apa yg dbenak kak evi gitu. sekolah itu penting krn pa bisa menaikkan derajat ortu dmata org byk dan bisa juga dpt ilmu dr ilmu kita bisa macam2 tnpa pendidikan kita bakal dbodohi org byk pa gi sarjana org klo gk kuliah hukum gk mngkin dy tau tentang hukum mkanya dy hrz jd sarjana hukum," tulis akun @whie.whie.9.

"Tidk Perlu menjelekan Sarjana Untuk mendokrak popularitas Kak evi. Membagun daerah tak perlu punya pendidikan baik. cukup bertindak membantu Pemerintah," timpal akun @rosandi_r_shalamma.

 

Dibela Suami

Dalam kolom komentar tersebut, suami Evi Masamba mencoba untuk membelanya. "Maaf sekiranya parah sarjanah bsa memahami captionya dan berpikir positif aja 🙏🙏🙏," tulisnya.

 

Beri Penjelasan

Dalam unggahan lainnya, Sabtu (8/8/2020) lalu, Evi Masamba mengunggah foto kebersamaannya dengan masyarakat Luwu Utara. Dalam keterangannya, ia mencoba untuk meluruskan masalah yang sempat ramai.

"ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAH WABARAKATUNETIZEN YANG BUDIMAN DAN PINTAR PINTAR SEMUASAYA INGIN MELURUSKAN DARI POSTINGAN SAYA YANG MENYINGGU KALIAN.Apakah setelah saya menulis SEBAGIAN sarjana merusak daerahnya?Apakah itu semua ditujukan para sarjana?JELAS TIDAK,karna klau kalian tersinggung brarti kalian BAGIAN dari SEBAGIAN sarjana itu .tetapi klau tidak, knpa harus tersinggung.

Terkecuali saya mengatakan yang sarjana akan merusak daerahnya. Itu baru saya salah, karna secara tidk langsung saya mengitimidasi para sarjana.

Sampai sini kalian paham," paparnya.

 

Membela Diri

Evi Masamba juga mengaku pernyataan tersebut dibuat hanya untuk membela diri yang disebut tak berpendidikan.

"Dan perlu kalian ingant saya cman membela diri dari orang-orang yang mengatakan, tak ada pendidikan. takpantas untuk membangun daerahnya...sy cman ingin menepis itu semua.Bahwasahnya siapanpun berhak menjadi seorang pemimpin.

dan saya sempat melemparkan pertanyaan kepada kalian,apakah saya cocok jadi calon bupati..?Apakah Kalian tau alasan saya bertanya kepada kalian.TIDAK KAN...Saya mengeluarkan statement seperti itu karna masyarakat sudah bersuara dan mengiginkan. makanya saya bercermin kekalian,meminta pendapat kekalian, bukan malah menyudutkan..," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IBI: Pemeriksaan Kehamilan di Masa Pandemi COVID-19 Penting

Posted: 11 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Medan Di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang masih melanda saat ini, masih banyak para ibu hamil yang enggan memeriksakan kehamilan di rumah sakit maupun Puskesmas. Kebanyakan dari mereka takut tertular COVID-19, padahal memeriksakan kehamilan sangat penting.

Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumatera Utara (Sumut) Betty Mangkuji mengatakan, pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan melalui bidan mandiri bila ibu hamil enggan memeriksakan di rumah sakit maupun Puskesmas karena takut tertular.

"Tinggal menyesuaikan pemeriksaan. Kalau selama ini minimal empat kali, disesuaikan menjadi dua kali. Untuk informasi bisa dilakukan melalui telepon, WA dan lain-lainnya," kata Betty, Rabu (12/8/2020).

Dijelaskan Betty, kehamilan perlu dipersiapkan, karena dalam kandungan ibu ada cikal-bakal generasi mendatang yang berkualitas, dan siap untuk membangun negeri ini kedepan. Bahakn, Bidan juga turut berperan dalam mempersiapkan generasi bangsa berkualitas.

"Diingatkan agar para ibu hamil tetap melakukan pemeriksaan dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya.

 

Manfaatkan Teknologi Informasi

Keberadaan teknologi informasi (TI) saat ini sudah tidak dapat terhindarkan lagi pada kehidupan sehari-hari.
Keberadaan teknologi informasi (TI) saat ini sudah tidak dapat terhindarkan lagi pada kehidupan sehari-hari.

Disampaikan Betty, IBI Sumut menganjurkan kepada bidan untuk tetap membantu ibu-ibu yang sedang hamil, dengan memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi kesehatan dalam masa pandemi COVID-19.

"Marilah kita cantumkan nomor telepon kita di tempat praktik," ajaknya.

Betty juga menyampaikan komitmen IBI dalam mendukung dan memfasilitasi anggota dalam keberlanjutan pelayanan kebidanan di era pandemi COVID-19. Pertama melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pimpinan daerah dan pimpinan cabang melalu invirtual meeting.

Kedua, mengupayakan bantuan dari internal IBI kepada bidan, utamanya Praktik Mandiri Bidan (PMB) untuk keberlangsungan pelayanan maternal dan neonatal di tengah pandemi COVID-19.

Advokasi Berbagai Stakeholder

Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumut Betty Mangkuji melakukan video conference di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan,
Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumut Betty Mangkuji melakukan video conference di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan,

Ketiga melakukan advokasi kepada berbagai stakeholder untuk memperoleh dukungan dan bantuan bagi anggota IBI.

Keempat, memfasilitasi peningkatan pengetahuan dan kapasitas anggota melalui webinar I modul modul on-Iine. Kelima mendistribusikan panduan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) dan KB pada situasi pandemi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemkes), POGI, IDAI dan IBI.

"Kita juga memantau tempat PMB yang tutup. IBI juga memonitor bidan terdampak COVID-19," Betty menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elnusa Terbitkan Sukuk Ijarah Senilai Rp 700 Miliar

Posted: 11 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Tbk (Elnusa) menerbitkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap ke satu 2020 (Sukuk) senilai Rp 700 miliar.

Adapun jangka waktu untuk sukuk ini adalah 5 tahun dengan cicilan imbal hasil ijarah sebesar 9.00 persen per tahun. Sukuk ini secara resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini tanggal 12 Agustus 2020.

Penerbitan Sukuk kali ini merupakan penawaran pertama oleh Elnusa, sekaligus tahap awal dari rencana keseluruhan nilai emisi sebesar maksimum Rp 1.5 triliun. Pada tahap ini, Elnusa menawarkan Sukuk dengan peringkat "idAA-(Sy)" dengan outlook untuk peringkat Perusahaan adalah "Stabil".

Peringkat ini mencerminkan posisi Perusahaan dalam hal kondisi arus kas maupun likuiditas yang kua. Yakni dengan adanya diversifikasi pendapatan di bidang jasa energi serta dukungan dari induk Perusahaan PT Pertamina (Persero).

"Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Sukuk ini, akan digunakan untuk pembelian aset peralatan jasa hulu migas dan/atau pengembangan infrastruktur jasa hilir migas dalam rangka ekspansi usaha serta untuk penambahan modal kerja Perseroan," tutur Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir mengemukakan dalam keterangan resmi, Rabu (12/8/2020).

"Dengan berbagai kondisi global yang sedang tidak menentu saat ini, ternyata antusiasme investor terhadap Sukuk yang pertama kali diterbitkan oleh Elnusa sangatlah positif. Sukuk ini tercatat mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed. Hal ini merupakan sinyalemen yang baik dari pasar kepada Elnusa sebagai Perusahaan jasa energi utama di Indonesia," imbuh Ali.

Penawaran Sukuk ini didukung oleh empat penjamin emisi yaitu Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Indopremier Securities dan Trimegah Securities.

Adapun cicilan imbalan Sukuk Ijarah ini dibayarkan setiap tiga bulan sejak tanggal emisi sesuai dengan tanggal pembayaran yang sudah dijadwalkan dan para pemegang Sukuk Ijarah ini akan mendapatkan pembayaran pertamanya pada tanggal 11 November 2020.

"Kami berkeyakinan Sukuk Ijarah ini akan memberikan tambahan kekuatan pendanaan bagi Elnusa dalam melakukan pengembangan bisnis untuk mencapai target pertumbuhan Perusahaan yang telah kami rencanakan," tutup Ali.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Semester I 2020, Elnusa Raup Untung Rp 419 Miliar

Elnusa. Dok Elnusa
Elnusa. Dok Elnusa

PT Elnusa Tbk (Elnusa) mencatat kinerja keuangan semester I 2020 pendapatan usahanya meningkat 3,3 persen atau Rp 3,9 triliun, sebelumnya mencapai Rp 3,8 triliun.

Begitu juga laba bruto tumbuh 9,6 persen dari Rp 383 miliar menjadi Rp 419 miliar. Sementara laba operasi naik signifikan 10 persen dari Rp 236 miliar menjadi Rp 260 miliar.

Direktur Keuangan Elnusa, Hery Setiawan, mengatakan triple shock yang pihaknya hadapi saat ini sangat menantang. Jasa hulu migas Elnusa mendapatkan tekanan fluktuasi harga migas, jasa distribusi dan logistik energi berhadapan dengan perubahan konsumsi BBM nasional akibat pandemi Covid-19.

"Dan terdapat pula pelemahan nilai kurs rupiah yang juga mempengaruhi kinerja keuangan Perseroan. Namun demikian, kami tetap mampu menjaga pertumbuhan pendapatan usaha, laba bruto maupun laba operasi dengan baik," kata Hery dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/8/2020).

Secara segmentasi, jasa hulu migas Elnusa mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan yaitu sebesar 25 persen jika dibandingkan semester I 2019. Peningkatan ini ditopang banyaknya permintaan jasa pengelolaan dan perawatan sumur migas serta jasa engineering, procurement, construction, operation & maintenance (EPC-OM).

Konsolidasi

Elnusa Raih Penghargaan Kontraktor Terbaik
Elnusa Raih Penghargaan Kontraktor Terbaik

Menurutnya, secara konsolidasi, kontribusi segmen jasa hulu migas pada semester I 2020 ini mencapai 54 persen, jasa distribusi & logistik energi 42 persen, serta jasa penunjang 4 persen.

"Kenaikan pendapatan usaha pada semester ini merupakan bukti bahwa Elnusa semakin kokoh dalam menapaki bisnis jasa migas. Kami optimis diversifikasi portofolio yang dimiliki akan saling menopang satu sama lain dan mampu menjaga pertumbuhan kinerja hingga akhir tahun," ungkapnya.

Hery menambahkan, Elnusa mencatatkan laba bersih Rp130 miliar pada semester I 2020 ini. Hasil ini terkoreksi 16 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp150 miliar.

"Tidak mudah untuk tetap mencatatkan pertumbuhan laba bersih ditengah kondisi makro yang kurang menentu saat ini. Namun demikian kami tetap mencatatkan hasil kinerja positif. Komitmen ini yang akan terus kami tingkatkan, sehingga capaian positif ini tetap terjadi hingga akhir tahun," jelasnya.

Dirinya menyebut, kini kinerja Elnusa masih stabil dan menjadi salah satu perusahaan service migas yang tetap mencatatkan kinerja positif. Secara global, banyak perusahaan jasa migas yang telah melakukan penyesuaian bahkan pengurangan tenaga kerja untuk tetap bertahan.

"Kami berupaya sebaik mungkin untuk dapat bertahan. Kami optimis dapat melalui berbagai tantangan yang ada saat ini dengan mencatatkan kinerja yang baik," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahanan Polres Barelang Kepulauan Riau Meninggal Usai Ditangkap Polisi

Posted: 11 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viral di media sosial pelaku tindak pidana narkotika yang meninggal dunia usai dilakukan penangkapan dan pemeriksaan. Dalam cuitan yang beredar di medsso, keluarga dari tahanan Polres Barelang, Kepulauan Riau (Kepri) itu merasa ada kejanggalan atas kematian Hendri Alfred Bakarie.

Polisi pun dituding melakukan penganiayaan hingga menyebabkan tahanan tersebut meninggal dunia.

Kapolres Barelang Kombes Purwadi Wahyu Anggoro menyampaikan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan jenazah tahanan tersebut dari laboratorium forensik.

"Kita serahkan ke dokter ahli yang bisa simpulkan," tutur Purwadi saat dikonfirmasi, Rabu (12/8/2020).

Jasad Hendri Alfred Bakarie juga diketahui dalam kondisi kepala dibungkus plastik dan lakban. Di sejumlah bagian tubuh tahanan tersebut terdapat lebam.

Kepala Dibungkus Plastik

Soal wajah jenazah yang dibungkus, Purwadi mengatakan bahwa itu merupakan kebijakan rumah sakit sebagai penerapan prosedur antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Itu adalah wewenang rumah sakit," kata Purwadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Baim Wong Gagal Nikah di Usia 36 Tahun: Ada Satu Masalah, Kami Bubar

Posted: 11 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong bertunangan dengan Paula Verhoeven pada 21 Juli 2018. Keduanya naik ke pelaminan 22 November 2018. Tak perlu menunggu bertahun-tahun, pasangan ini dikaruniai anak laki-laki pada 27 Desember 2019.

[Baim Wong](showbiz "") menyebut jalan cintanya berliku. Ia ingat betul setop minum alkohol usia 30 tahun, lalu menikahi Paula Verhoeven tujuh tahun kemudian. Baim Wong bilang, rentang 7 tahun itu sebagai masa penentuan.

"Ini lo 37 tahun bertemu jodoh, gue (Tuhan -red) mau tahu 30 sampai 37 seperti apa sih permainan lo? Kehidupan lo masih sama seperti dulu enggak minum-minum lagi kalau enggak dapat segala," ulas Baim Wong.

Mulai Gelisah

Baim Wong IMA Awards 2020 (Adrian Putra/Fimela.com)
Baim Wong IMA Awards 2020 (Adrian Putra/Fimela.com)

Tujuh tahun bagi Baim Wong bukan waktu yang sebentar. Memasuki usia 33, bintang film Moammar Emka's Jakarta Undercover dan Lily Bunga Terakhirku mulai gelisah.

Ia membagi kisah ini di video bertajuk "Baim Wong Ditinggal Hutang 1,5 Miliar dan Disangka Menipu?" yang mengudara di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Selasa (11/8/2020).

Mulai Stres Gue...

Unggahan Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)
Unggahan Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)

"Gue sudah mulai mempertanyakan mana ya, usia 35 sudah mulai stres gue," aku Baim Wong. Sekitar tahun 2017, perjalanan mencari jodoh kian berat. Baim Wong menjalin hubungan serius dengan seseorang.

Saking serius, terjadi pertemuan antara keluarga Baim Wong dengan calon istri. "Terus setiap hari gue bertanya sedangkan usia 36 itu gue mau nikah, enggak jadi juga gara-gara kita sudah pertemuan keluarga," urai bintang sinetron Cincin dan Benci Bilang Cinta.

Mulai Dari Mana Lagi?

"Gue enggak pernah pertemuan keluarga seumur hidup, pacaran doang. Ini sudah serius istilahnya. Dan dia juga orang baik. Cuma ada satu masalah yang akhirnya kita harus bubar dan di situ gue juga bingung. Gila gue usia 37, nih mau mulai dari mana lagi?" ia menukas.

Dalam kondisi segetir ini, Baim Wong mencoba bersandar kepada Sang Khalik. Sembari bersandar, ia mengintrospeksi diri, adakah kesalahan yang membuat perjodohannya kandas?

Bertemu Paula Verhoeven

Baim dan Paula (Instagram/baimwong)
Baim dan Paula (Instagram/baimwong)

"Apa ya yang masih gue lakukan dan Allah enggak suka? Apa, ya?" tanya Baim dalam hati. Kombinasi sabar, ikhlas, dan ikhtiar membuahkan hasil. Sang Khalik mempertemukannya dengan Paula Verhoeven.

"Akhirnya setelah 37 pas gue gagal lagi, ketemu dia (Paula -red), dua bulan kenal habis itu langsung nikah. Dan itu semua doa gue tuh ada di dia," pungkas Baim Wong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Untung Kadu mengatakan...

Kabar Baik Semuanya.
Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di sebuah kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya ingin segera menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang sah dan nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya wanita miskin tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar total sejumlah Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Ny. REBACCA ALMA yang merupakan CEO Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma.

Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan untuk transfer kredit, karena tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam 20 menit, pinjaman tersebut disetorkan ke rekening bank saya.

Jadi saya ingin menasihati siapa saja yang membutuhkan pinjaman agar segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa semoga Tuhan memberkati dia dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan. telah dilakukan dalam hidup saya. Ini adalah nomor Whatsapp ibu +14052595662

Anda juga bisa menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan berikut adalah email dari teman saya yang mereferensikan saya ke Pinjaman Rebacca Alma rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Bu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk arahan lebih lanjut. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga sukses saat Anda mendapatkan milik Anda.