Rabu, 05 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp457,8 Juta

Posted: 05 Aug 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Corolla Cross secara virtual, Kamis (6/8/2020). Hadir di segmen SUV Compact, mobil ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C).

"Mengusung konsep simple & stylish with urban sleek look, All New Corolla Cross hadir dengan style yang elegan, pengalaman berkendara yang menyenangkan, dilengkapi teknologi advance dan nilai fungsionalitas tinggi," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Khusus di Tanah Air, pabrikan mobil asal Jepang ini menghadirka 2 piihan varian, yakni Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Khusus Corolla Cross berbahan bakar gasoline, mesin yang digunakan berkapasitas 1.8L 2ZR-FE. Dengan mesin tersebut, mobil terbaru ini mampu menyemburkan tenaga hingga 39 Tk pada 6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm pada 4.000 rpm.

Sedangkan model HEV hadir dengan mesin berkode 2ZR-FXE. Memiliki kapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i mobil ini sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 96 Tk dan torsi 14,5 Kgm.

Motor listrik yang disematkan mampu menghasilkan power maksimum sebesar 71 Tk dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini diklaim lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline.

Dimensi

Mampu menampung 5-penumpang, mobil ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dan wheelbase 2.640 mm. Corolla Cross memberikan head clearance sejauh 105 mm di depan dan 87 mm di belakang.

Menambah kenyamanan, mobil ini mendapatkan Interior elegan bernuansa hitam, AC digital dual zone, panel instrumen dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor.

 

Harga

Khusus fitur keamanan Corolla Cross dilengkapi rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta immobilizer dan alarm.

Terkait harga, Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dibanderol Rp457,8 juta dan Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV) Rp497,8 juta on the road DKI Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Pertanyakan RI Punya 30 Bandara Internasional: Apa Perlu Sebanyak ini?

Posted: 05 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempertanyakan banyaknya bandara Internasional di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional. Dia mengungkapkan, saat ini ada 30 bandara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Saya melihat bahwa Airline hub yang kita miliki terlalu banyak terlalu banyak dan tidak merata jadi ini agar kita lihat lagi saat ini terdapat 30 Bandara Internasional. Apakah diperlukan sebanyak ini," kata Jokowi saat Ratas Penggabungan BUMN di sektor aviasi dan pariwisata di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/8).

Menurutnya, 90 persen lalu lintas penerbangan hanya terpusat di empat bandara internasional saja. Negara-negara lain juga tidak memiliki bandara internasional sebanyak Indonesia.

"Artinya kuncinya ada di 4 bandara ini di Soekarno-Hatta di Jakarta, Ngurah Rai di Bali, Juanda di Jawa Timur dan Kualanamu di Sumatera Utara," ucapnya.

Kepala negara meminta pemerintah harus berani menentukan bandara yang berpotensi menjadi internasional hub dengan pembagian fungsi sesuai letak geografis dan karakteristik wilayahnya.

"Ada 8 bandara internasional yang berpotensi menjadi hub dan superhub kembali lagi Ngurah Rai, Soekarno-Hatta, Kualanamu, Yogyakarta, Balikpapan, Hasanuddin, Samratulangi dan Juanda di Surabaya," kata Jokowi. 

Reporter: Genan Kasah

Sumber: Merdeka.com

Jokowi Bakal Tetapkan 8 Bandara jadi Hub Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas dengan topik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas dengan topik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menetapkan 8 bandara di Indonesia sebagai bandara yang berpotensi menjadi internasional hub, dari 30 bandara yang ada saat ini.

"Kita harus berani menentukan bandara yang berpotensi menjadi internasional hub, dengan pembagian fungsi sesuai dengan letak geografis dan karakteristik wilayahnya," kata Jokowi dalam Pengantar Presiden RI pada Rapat Terbatas Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata, Istana Merdeka, Kamis (6/8/2020).

Jokowi mencatat ada 8 bandara internasional yang berpotensi menjadi hub dan super hub, yakni bandara Ngurah Rai di Bali, Soekarno Hatta di Jakarta, bandara di Yogyakarta, bandara di Balikpapan, Bandar udara Sam Ratulangi Manado Sulawesi Selatan dan bandara Sultan Hasanuddin, Kualanamu di Sumatera Utara, serta bandara Juanda di Surabaya.

Oleh sebab itu ia melihat dari 30 bandara yang dimiliki Indonesia terlalu banyak dan tidak merata. Menurutnya hal itu tidak diperlukan. Jika dibandingkan dengan negara lain tidak sebanyak itu.

"Coba dilihat 9 persen lalu lintas terpusat hanya di empat bandara, artinya kuncinya ada di bandara ini di Soekarno Hatta di Jakarta, Ngurah Rai Bali, Juanda di Jawa Timur dan Kuala Namu di Sumatera Utara," ungkap Jokowi. 

Sektor Pariwisata

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Lanjutnya, Jokowi mengatakan agar terjadi sebuah lompatan di sektor pariwisata juga pengelolaan ekosistem pariwisata, dan pendukungnya termasuk penerbangan itu harus didesain dengan manajemen yang lebih terintegrasi.

"Lebih detail konsolidasi dari hulu sampai hilir ini yang tidak pernah dilakukan mulai dari manajemen airline, manajemen bandaranya, manajemen layanan penerbangan yang tersambung, tentu saja dengan manajemen destinasi tersambung dengan manajemen hotel dan perjalanan.

 "Bahkan sampai pada manajemen dari produk-produk lokal dengan industri kreatif yang kita miliki," pungkasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ayu Ting Ting Liburan di Alam, Seru Berendam di Air

Posted: 05 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayu Ting Ting merupakan salah satu seleb yang kerap mencuri perhatian. Menyandang status sebagai pedangdut ternama Tanah Air, kehidupan ibu satu anak ini selalu berhasil menyedot perhatian. Mulai dari kisah kehidupan pribadi, penampilan hingga kegiatan sehari-harinya selalu mengundang penasaran publik. 

Tak mau membuat fans menunggu kabarnya, pemilik nama asli Ayu Rosmalina ini juga sering mengunggah aktivitasnya di Instagram. Seperti baru-baru ini, Ayu Ting Ting diketahui tengah menikmati liburan di alam. Kali ini, pelantun lagu Alamat Palsu itu memilih berlibur ke air terjun.

Berlibur ke nuansa alam, Ayu Ting Ting pun tampil dengan outfit yang santai. Pedangdut ini mengenakan atasan tank top warna putih yang dipasangkan dengan celana pendek. Meski terkesan simpel dan santai, penampilan wanita kelahiran 20 Juni 1992 ini tampak begitu memesona.

Momen liburan Ayu Ting Ting di air terjun itu terlihat sangat seru. Bahkan ia tampak bahagia saat berendam di dalam sungai. Berikut potret Ayu Ting Ting liburan di alam dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/8/2020).

1. Lewat unggahan di Instagram, wanita kelahiran Depok ini memamerkan suasana air terjun yang asri.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

2. Bersama adik dan teman-temannya, Ayu Ting Ting tampak menikmati liburannya di alam.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

3. Berlibur ke nuansa alam, penampilan Ayu tampak begitu santai. Ia tampil cantik dengan tank top warna putih dan celana pendek.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

4. Pedangdut ini juga mengunggah foto dirinya yang tengah mandi di sungai.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

5. Momen liburan Ayu Ting Ting di air terjun ini juga tampak begitu seru.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

6. Keseruan juga begitu terasa saat Ayu bermain air dengan tawa lepas di raut wajahnya.

Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stafsus Menkeu: Penanganan Kesehatan Syarat Mutlak Pemulihan Ekonomi

Posted: 05 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, menyatakan upaya penanganan kesehatan dilakukan pemerintah merupakan syarat mutlak untuk pemulihan ekonomi nasional.

Apalagi kondisi hari ini, jumlah kasus Covid-19 terus bertambah seiring dilonggarkanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Penanganan dampak kesehatan covid adalah syarat mutlak bagi pemulihan ekonomi termasuk untuk UMKM," ujarnya dalam Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8).

Yustinus menjelaskan, penanganan melalui sektor kesehatan menjadi salah satu kunci utama pemerintah untuk mengatasi persoalan pandemi. Dia pun tak sependapat adanya pandangan yang menghadapkan atau memperlawankan ekonomi dan kesehatan.

"Memperlawankan ekonomi dan kesehatan menjadi tidak tepat dan tidak relevan sekarang. Kita menghadapi apa yang disebut ekonomi pandemi, ekonomi yang seluruh daya upaya diarahkan untuk mengatasi dampak pandemi," kata dia.

Bahkan, menurut Perppu 1 Tahun 2020 yang sudah ditetapkan menjadi Undang-Undang 2 Tahun 2020 ada tiga prioritas utama yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Pertama yakni sektor kesehatan. Kedua program jaring pengaman sosial atau bantuan sosial, dan ketiga dukungan kepada dunia usaha.

"Dampak kesehatan ini prioritas utama saat bersamaan karena ada dampak sosial, maka juga ada yang disebut bantuan sosial atau perlindungan sosial social safety net bansos,dan saat bersamaan juga dunia usaha juga terpukul terdampak maka juga bantalan kebijakan supaya mereka tidak turun terlalu dalam dan bisa bertahan maka ada stimulus ekonomi yang disiapkan," jelas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Ibarat Kemudi, Injak Rem dan Gas Harus Sinkron

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) berbincang dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) berbincang dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Pemerintah terus mengupayakan pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan beriring dengan penanganan pandemi Corona Covid-19. Untuk itu, pemerintah membentuk komite penanganan covid-19 tanpa menghilangkan fungsi gugus tugas yang sebelumnya fokus dalam menangani dari sisi kesehatan.

Kebijakan ini diambil untuk menyelaraskan serta mengakselerasi seluruh kebijakan pemerintah untuk masyarakat terimbas. Ibarat kemudi, jaring pengaman kesehatan (JPK) bertindak sebagai pedal rem. Sehingga perlu diinjak untuk menekan curva covid-19.

Pedal rem ini juga membutuhkan pelumas. Yang dimaksudkan pelumas dalam ilustrasi ini adalah obat-obatan, tenaga kesehatan, dan vaksin. Sehingga JPK yang bertindak sebagai rem, dapat menjadi pakem dengan adanya pelumas berupa obat-obatan, tenaga kesehatan dan vaksin.

"Vaksin ini sedang dipersiapkan untuk diproduksi oleh Biofarma dan pemerintah juga akan mengalokasikan anggaran baik di 2020 maupun 2021 dan beberapa perusahaan sudah berada pada clinical trial ketiga maupun kedua," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Rilis PDB Kuartal II/2020, Rabu (4/8/2020).

Di sisi pedal gas, ada jaring pengaman sosial (JPS) dan jaring pengaman sektor riil (JPSR). Sama seperti pedal rem, pedal gas juga membutuhkan pelumas. Yakni berupa sumber pendanaan, dan memastikan saluran lancar dan tidak bocor.

"Terkait dengan pedal gas yang harus didorong adalah jaring pengaman sosial, jaring pengaman sektor riil, dan sumber pendanaan yang pemerintah lakukan melalui sistem penjaminan," kata Airlangga.

Jangan lupa, gunakan seat belt agar aman saat gaspol. Adapun seatbelt ini adalah jaring pengaman sektor keuangan. 

Program Pemulihan Ekonomi Lanjut hingga 2021, Ini Alasannya

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar jumpa pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pembentukan Tim Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar jumpa pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pembentukan Tim Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

Sebelumnya, pemerintah kembali menegaskan skenario pemulihan ekonomi masih akan berlanjut di tahun 2021. Pasalnya, dampak pandemi Covid-19 diprediksi masih akan dirasakan hingga tahun depan.

"Di tahun 2021 kebijakan pemerintah juga masih dalam skenario pemulihan ekonomi," tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Kerja Nasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Selasa 4 Agustus 2020.

Menko Airlangga menjelaskan tentang siklus terbalik antara pandemi dan mata pencaharian. Bahwa, jika penyebaran masih tinggi maka ekonomi akan semakin dalam.

"Jika pada saat masalah kesehatan ini tertangani maka ekonomi akan kembali. Maka masyarakat diharapkan mampu melakukan penyesuaian perilaku terhadap Covid-19," papar dia.

Airlangga juga menuturkan, pihaknya akan mendorong kebijakan kesehatan dengan prioritas tinggi di tahun 2020 dan 2021. "Kami harap di tahun 2022 dan 2023 vaksin telah ditemukan, sehingga mereka akan berada pada posisi normal," imbuhnya.

Bantuan sosial, lanjut Airlangga, akan didorong hingga 2021 dan secara bertahap akan mulai dikurangi pada tahun 2022. Selain itu, usaha dan industri padat karya akan terus didorong hingga tahun 2022. Pemerintah akan melakukan restrukturisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, penempatan dana dan penjaminan juga terus dilakukan agar sektor riil dapat bergerak.

"Kami juga akan terus lakukan relaksasi regulasi. Salah satunya adalah dengan transformasi regulasi melalui RUU Cipta Kerja," ujar Airlangga.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lengkapi Berkas Kasus Korupsi PT Dirgantara Indonesia, KPK Periksa Bupati Blora

Posted: 05 Aug 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan korupsi pengadaan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia. Untuk itu, penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Bupati Blora periode 2010-2021, Djoko Nugroho.

Pensiunan TNI itu bakal diperiksa tim penyidik lembaga antirasuah sebagai saksi. Keterangannya dibutuhkan untuk melengkapi berkas perkara tersangka mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso.

"Saksi Djoko Nugroho diperiksa untuk tersangka BS (Budi Santoso)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (6/8/2020).

Selain Djoko, penyidik mengagendakan pemeriksaan terhadap Kasi Sarana dan Prasarana Badan SAR Nasional (Basarnas) Suhardi dan Komisiaris PT Quartagraha Adikarsa Susinto Entong.

"Keterangan keduanya juga dibutuhkan untuk melengkapi berkas perkara Budi Santoso," kata Ali.

Belum diketahui apa yang akan digali penyidik dari para saksi. Namun, belakangan KPK tengah menelisik penerimaan uang (kickback) dalam rasuah di perusahaan plat merah ini.

Pada kasus ini, KPK baru menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dan mantan Asisten Direktur Utama bidang Bisnis Pemerintah PT Dirgantara Indonesia Irzal Rinaldi Zailani.

Kasus korupsi ini bermula pada awal 2008, saat Budi Santoso dan Irzal Rinaldi Zailani bersama-sama dengan Budi Wuraskito selaku Direktur Aircraft Integration, Budiman Saleh selaku Direktur Aerostructure, serta Arie Wibowo selaku Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan menggelar rapat mengenai kebutuhan dana PT Dirgantara Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di kementerian lainnya.

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai biaya entertainment dan uang rapat-rapat yang nilainya tidak dapat dipertanggungjawabkan melalui bagian keuangan.

Kemudian Budi Santoso mengarahkan agar tetap membuat kontrak kerja sama mitra atau keagenan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut. Namun, sebelum dilaksanakan, Budi meminta agar melaporkan terlebih dahulu rencana tersebut kepada pemegang saham yaitu Kementerian BUMN.

Setelah sejumlah pertemuan, disepakati kelanjutan program kerja sama mitra atau keagenan dengan mekanisme penunjukan langsung.

Selain itu, KPK menduga, dalam penyusunan anggaran pada rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) PT Dirgantara Indonesia, pembiayaan kerja sama tersebut dititipkan dalam 'sandi-sandi anggaran' pada kegiatan penjualan dan pemasaran.

Kronologi Korupsi di PT Dirgantara Indonesia

Selanjutnya, Budi Santoso memerintahkan Irzal Rinaldi Zailani dan Arie Wibowo untuk menyiapkan administrasi dan koordinasi proses kerjasama mitra atau keagenan.

Irzal pun menghubungi Didi Laksamana untuk menyiapkan perusahaan yang akan dijadikan mitra atau agen.

Kemudian, mulai Juni 2008 hingga 2018, dibuat kontrak kemitraan atau agen antara PT Dirgantara Indonesia yang ditandatangani oleh Direktur Aircraft Integration dengan Direktur PT Angkasa Mitra Karya, PT Bumiloka Tegar Perkasa, PT Abadi Sentosa Perkasa, PT Niaga Putra Bangsa, dan PT Selaras Bangun Usaha.

Atas kontrak kerjasama tersebut, seluruh mitra atau agen tidak pernah melaksanakan pekerjaan berdasarkan kewajiban yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.

PT Dirgantara Indonesia baru mulai membayar nilai kontrak tersebut kepada perusahaan mitra atau agen pada 2011 atau setelah menerima pembayaran dari pihak pemberi pekerjaan.

Selama tahun 2011 sampai 2018, jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia kepada enam perusahaan mitra atau agen tersebut sekitar Rp 205,3 milyar dan USD 8,65 juta, atau sekira Rp 330 M.

Setelah keenam perusahaan menerima pembayaran, terdapat permintaan sejumlah uang baik melalui transfer maupun tunai sekitar Rp 96 miliar yang kemudian diterima oleh pejabat di PT Dirgantara Indonesia (persero). Di antaranya Budi, Irzal, Arie Wibowo, dan Budiman Saleh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NUFF 2020 Jadi Kolaborasi Lebih Dari 300 UMKM dan Pegiat Mode Tanah Air

Posted: 05 Aug 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap sektor dan industri merasakan efek domino yang terjadi karena pandemi Covid-19, salah satunya adalah industri mode. Sinergi semua pihak sangat dibutuhkan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemerintah meresmikan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Sejalan dengan gerakan nasional ini, Kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan terbesar milik negara mempersembahkan program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 Acara tersebut merupakan sebuah perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode.

NUFF 2020 hadir pada tanggal 1 - 31 Agustus 2020, menghadirkan karya 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show, lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dan brand lokal yang akan dihadirkan dalam Charity Auction.

"BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang ditengah pandemi Covid-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia," ungkap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Handayani menambahkan bahwa salah satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari pengrajin kain tradisional sampai dengan label lokal modern. "Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan," jelasnya. 

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan. Selama penyelenggaraan acara NUFF 2020 juga berbagi edukasi dan berdiskusi terkait industri mode bersama tokoh – tokoh ternama. 

Gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.

"NUFF 2020 sebagai festival mode virtual terbesar pertama Indonesia akan mempersembahkan inovasi digital terbaru. Kami menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh. Kami ingin festival mode virtual ini dapat memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Untuk itu berbagai persiapan telah kami lakukan dengan menampilkan program inspiratif, profil, dan produk yang menjadi Bangga Buatan Indonesia," Ungkap Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment

Leonard Theosabrata, Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) menambahkan "Industri mode memiliki rantai ekosistem yang sangat luas. Menghadapi masa pandemi saat ini UMKM dihadapkan dengan tekanan yang besar. Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri dan juga mempresentasikan karyanya. Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri."

Bersamaan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, NUFF 2020 akan diadakan selama bulan Agustus. Menghadirkan beberapa kegiatan, mulai dari Fashion Talks bersama ikon mode, pemerintah, pelaku bisnis, komunitas, dan figur publik untuk berbagai perspektif dan kisah inspiratif terkait mode pada 1 - 30 Agustus 2020.

Pengalaman Virtual Fashion Show menyaksikan karya 75 maestro dan label mode tanah air secara virtual. Panggung mode virtual ini akan berlangsung selama dua hari menghadirkan karya mode anak bangsa dan didukung oleh Wardah sebagai official make-up partner. Mengusung konsep virtual fashion show yang bekerja sama dengan Jay Subiyakto (creative director) dan Anton Wirjono (music director), festival ini menghadirkan pengalaman panggung mode digital yang interaktif. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik.

Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show pada 16 dan 17 Agustus 2020 akan mempresentasikan karya dari 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75. NUFF 2020 juga akan menggelar Charity Auction sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi. Program ini akan melelang produk mode hasil kolaborasi spesial antara seniman dan label lokal. Hasil lelang akan diberikan bagi sektor industri mode Indonesia yang membutuhkan. Berbagai produk UMKM terbaik yang terlibat dalam rangkaian NUFF 2020 juga akan bisa didapatkan di Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partners NUFF 2020.

"Suatu kebanggaan bagi BRI dapat menghadirkan NUFF 2020 sebagai ruang bagi pelaku industri mode dan kreatif serta UMKM untuk memperlihatkan kualitasnya. Kami harap program ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang dan optimis dalam berkarya serta untuk mempersuasi masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia." Tutup Handayani.

Seluruh rangkaian NUFF 2020 ini dapat disaksikan secara live stream di nusantarafashionfestival.com. Semua informasi lebih lanjut terkait NUFF 2020 juga bisa didapatkan di situs tersebut dan akun instagram @nuff.id.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Mulan akan Dirilis Melalui Layanan Video Streaming

Posted: 05 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Salah satu film rilisan Disney yang paling dinanti pencinta film tahun ini adalah Mulan. Sayangnya, film ini kesulitan menembus layar bioskop akibat dampak pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Alhasil, Mulan yang diadaptasi dari film animasi berjudul sama ini memaksa Disney melakukan keputusan yang mungkin membuat sebagian penggemar terkejut.

Disampaikan Comicbook.com, Selasa (4/8/2020), Disney menayangkan Mulan pertama kali melalui layanan VOD streaming Disney+ (dibaca Disney Plus), dengan akses berbayar.

Akses Premium

Poster film Mulan (Disney)
Poster film Mulan (Disney)

Untuk menonton Mulan di Disney+ yang kabarnya akan masuk Indonesia dalam beberapa bulan mendatang, penggemar harus memiliki akses premium Disney+ terlebih dahulu.

Harus Membayar

Mulan (Disney)
Mulan (Disney)

Penggemar harus merogoh kocek sebesar 30 dolas AS atau setara lebih dari 437 ribu rupiah. Disney hingga kini masih terus menghubungi pihak investor untuk membahas detail mengenai hal ini.

 

Tanggal Penayangan

Bila tak ada halangan, Mulan kemungkinan besar tersedia di Disney+ pada 4 September 2020. Kabar ini menyusul pengumuman dari Disney bahwa mereka kehilangan 3 miliar dolar AS atau lebih dari 43,7 triliun rupiah akibat pandemi Covid-19. 

Tayang di Bioskop Domestik

Meski tayang perdana di Disney+, CEO Disney Bob Chapek mengatakan bahwa film ini tetap diputar di bioskop domestik Amerika Serikat. Namun belum diketahui bioskop mana saja yang akan memutar film Mulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Patuh Jaya 2020, 99.835 Pengendara Langgar Lalu Lintas

Posted: 05 Aug 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Operasi Patuh Jaya 2020 telah berakhir. Selama 14 hari, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak 99.835 pengendara yang melanggar aturan.

"Selama Operasi Patuh 2020 berlangsung, kami menindak 99.835 pelanggar. Ini untuk seluruh wilayah Polda Metro Jaya. Artinya Ditlantas Polda Metro Jaya ditambah 13 polres yang ada di Polda Metro Jaya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (6/8/2020).

Sambodo mengatakan, petugas pada Operasi Patuh Jaya 2020 kali ini lebih sering memberikan sanksi berupa teguran dibandingkan sanksi tilang.

"Dari 99.835 pengendara yang melanggar 65.683 pelanggar dikenakan sanksi teguran. Sisanya, 34.152 pengendara diberikan sanksi tilang," ujar dia.

Sambodo meranking beberapa jenis pengendara yang diberikan sanksi tilang. Paling banyak adalah pengendara melawan arus dan masuk ke jalur Transjakarta.

"Itu diangka 9.899 hampir 10.000 pelanggaran hanya dalam 14 hari. Itu hanya pelanggaran masuk ke jalur Transjakarta," ucap Sambodo soal laporan akhir Operasi Patuh Jaya 2020.

 

 

Pelanggaran Lainnya

Sambodo melanjutkan, disusul dengan pelanggaran tidak mengunakan helm jumlahnya mencapai 7.000 pelanggaran.

"Hasil evaluasi kita terutama di daerah pinggiran bukan di jalan protokol. itu masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan helm," ucap dia.

Kemudian, pengendara yang melanggar aturan setop di lampu lalu lintas dengan jumlah 3.985 pelanggaran.

"Jadi melanggar marka berhenti. selama ini mereka maju," ucap Sambodo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan di Beirut Lebanon Membentuk Kawah 124 Meter, Lebih Panjang dari Lapangan Bola

Posted: 05 Aug 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Beirut - Ledakan di Beirut Lebanon yang dahsyat pada Selasa 4 Agustus 2020 memicu terbentuknya kawah berdiameter sekitar 124 meter atau sekitar 405 kaki, menurut analisis CNN dari citra satelit Planet Labs, Inc.

Laporan CNN yang dikutip Kamis (6/8/2020) menyebut bahwa jarak itu berarti panjang kawah itu melebihi lapangan sepak bola.

CNN menggunakan perangkat lunak geospasial untuk mengukur citra satelit dari lokasi ledakan di Beirut Lebanon. Penilaiannya akurat dalam jarak 10 meter.

Gambar-gambar tersebut menunjukkan hampir setiap bangunan mengalami kerusakan yang signifikan atau telah hancur akibat ledakan tersebut.

Silo atau tempat penyimpanan gandum besar yang berada di tengah semenanjung masih berdiri. Sebuah kawah besar berisi air telah menggantikan tanah tempat dua bangunan pelabuhan berdiri.

Setiap bangunan di selatan pelabuhan tampaknya mengalami kerusakan yang signifikan. Beberapa hampir tidak memiliki kerangka, yang lainnya telah direduksi menjadi puing-puing.

Kerusakan akibat ledakan di Beirut itu mencapai semenanjung tepat di sebelah timur lokasi ledakan. Tidak hanya bangunan di sana yang terhempas, tetapi sebuah perahu di depannya nampak terhempas ke sisinya.

Di lingkungan sebelah timur tampaknya ada kerusakan atap juga.

Lebih jauh ke barat lokasi ledakan, lebih banyak bangunan pelabuhan tampaknya mengalami kerusakan atap yang signifikan.

Amonium Nitrat Disebut Jadi Biang Kerok Ledakan

Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia tersebut mengakibatkan sedikitnya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)
Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia tersebut mengakibatkan sedikitnya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)

Menurut Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, 2.750 ton amonium nitrat, meledak pada hari Selasa. Amonium nitrat adalah bahan yang sangat mudah meledak yang digunakan dalam pupuk.

Ledakan itu menewaskan sekitar 100 orang, melukai 4 ribu lainnya dan menghancurkan jendela di gedung-gedung di seluruh ibu kota Lebanon.

Ledakan itu menciptakan awan jamur besar dan gelombang kejut yang dirasakan hingga sejauh Siprus, sekitar 150 mil jauhnya. Terdaftar sebagai gempa berkekuatan 3.3 skala Richter.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Tiffany Sutanto Istri Chef Arnold, Memesona dalam Balutan Piyama

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang chef selebriti ternama Indonesia, Chef Arnold memiliki jutaan penggemar. Sekali menjadi selebriti tentu banyak kehidupan pribadi dan orang terdekatnya menjadi sorotan. Salah satunya ialah istri Chef Arnold yang memiliki paras memesona. 

Tiffany Sutanto merupakan istri Chef Arnold yang dinikahinya pada 1 Maret 2017. Dalam pernikahan yang kini menginjak usia 3 tahun, keduanya pun sudah dikaruniai seorang putra bernama Arthur Miles Poernomo.

Dalam media sosial Instagram Tiffany Sutanto kerap mengunggah kesehariannya. Ia pun kerap mengunggah momen saat asuh Arthur Miles yang kini tumbuh makin menggemaskan.

Dalam setiap potret yang ia unggah pun banyak curi perhatian netizen. Pasalnya banyak yang menyebut bahwa paras cantik istri Chef Arnold mirip artis Korea.

Layaknya seorang model, dalam balutan busana apapun kerap menjadi perhatian netizen. Seperti halnya saat pakai piyama, banyak netizen pun puji penampilannya yang tetap memesona.

Berikut 7 pesona istri Chef Arnold, Tiffany Sutanto dalam balutan piyama yang Liputan6.com kutip dari Instagram @tiffanysoetanto, Kamis (6/8/2020).

1. Begini potret kebersamaan Chef Arnold bersama keluarga kecilnya saat kompakan pakai piyama

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

2. Begini pesona Tiffany Sutanto balutan piyama yang curi perhatian netizen

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

3. Sebelumnya, istri Chef Arnold ini kerap dipuji bahwa kecantikannya mirip artis Korea lho

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

4. Meski dalam pose layaknya bangun tidur, ia pun tetap tampil memesona dengan piyama

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

5. Sebagai ibu dari Arthur Miles Poernomo, Tiffany pun kerap unggah momen asuh anak bersama Chef Arnold

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

6. Dalam berbagai kesempatan, ia pun masih pakai piyama saat nikmati waktu bersama putranya

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

7. Banyak netizen pun puji kecantikan dari istri Chef Arnold ini saat unggah potretnya dalam media sosial Instagram

Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)
Tiffany Sutanto istri Chef Arnold (Sumber: Instagram/tiffanysoetanto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU vs Kopenhagen di Perempat Final Liga Europa, Siapa Lebih Menjanjikan?

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) berhasil melaju ke babak perempat final Liga Europa 2019/2020. Langkah Setan Merah selanjutnya akan diadang oleh wakil Denmark, FC Kopenhagen.

MU lolos setelah mengalahkan LASK dengan agaregat 7-1 pada babak 16 besar Liga Europa. Setelah sukses menggulung wakil Austria itu 5-0 di leg pertama, MU kembali menang dengan skor tipis 2-1 pada leg kedua di Old Trafford, Kamis dini hari tadi.

Pertandingan leg kedua sendiri berlangsung di Old Trafford. Sempat tertinggal lebih dulu, MU akhirnya menang berkat gol Jesse Lingard (57') dan Anthony Martial (58').

Dengan hasil ini, MU menjadi salah satu dari empat tim yang telah lolos ke perempat final Liga Europa. Selain MU, ada Shakhtar Donetsk, FC Kopenhagen, dan Inter Milan.

Shakhtar lolos setelah menghantam Wolfsburg 3-0. Hasil yang sama diraih Kopenhagen yang menang 3-0 atas Istanbul Basaksehir.

Sementara, Inter Milan menaklukkan wakil Spanyol, Getafe dengan skor 2-0.

 

Partai Hidup Mati

Bek Manchester United, Eric Bailly berebut bola dengan pemain LASK, Marko Raguz pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Inggris (6/8/2020). MU menang 2-1 atas Lask dan melaju ke perempat final.  (AP Photo/Dave Thompson)
Bek Manchester United, Eric Bailly berebut bola dengan pemain LASK, Marko Raguz pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Inggris (6/8/2020). MU menang 2-1 atas Lask dan melaju ke perempat final. (AP Photo/Dave Thompson)

MU sendiri akan menghadapi Kopenhagen di babak perempat final. Laga akan berlangsung di Jerman dengan sistem satu leg.

UEFA selaku otoritas tertinggi sepak bola Eropa mengubah format Liga Champions dan Liga Europa menyusul pandemi virus corona. Mulai babak perempat final hingga final, laga akan dipusatkan di satu negara dan berlangsung dengan sistem satu leg.

Bagaimana penampilan kedua tim sebelum betemu di perempat final dan seperti apa rekor pertemuan MU vs Kopenhagen, simak data-datanya pada halaman selanjutnya.

 

Performa Kopenhagen

Para pemain Atletico Madrid merayakan gol ke gawang FC Kobenhavn pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa, di Telia Parken, Kopenhagen, Kamis (15/2/2018). (AFP/Anders Kjaerbye)
Para pemain Atletico Madrid merayakan gol ke gawang FC Kobenhavn pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa, di Telia Parken, Kopenhagen, Kamis (15/2/2018). (AFP/Anders Kjaerbye)

Performa Kopenhagen3 - 0

vs Istanbul Buyuks (H)

5 Aug 2020

Europa League Round of 16

 

2 - 1 vs Nordsjaelland (H)

26 Jul 2020

Superliga Denmark

 

1 - 0 vs Aalborg (A)

23 Jul 2020

Superliga Denmark

 

2 - 4 vs AGF Aarhus (H)

19 Jul 2020

Superliga Denmark

 

0 - 0 vs Brondby (H)

12 Jul 2020

Superliga Denmark

 

1 - 3 vs Midtjylland (A)

9 Jul 2020

Superliga Denmark

 

Performa MU

Gelandang Manchester United, Juan Mata mengontrol bola dari kawalan pemain LASK, Andres Andrade pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Inggris (6/8/2020). MU menang 2-1 atas Lask dan melaju ke perempat final.  (AP Photo/Dave Thompson)
Gelandang Manchester United, Juan Mata mengontrol bola dari kawalan pemain LASK, Andres Andrade pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Inggris (6/8/2020). MU menang 2-1 atas Lask dan melaju ke perempat final. (AP Photo/Dave Thompson)

Penampilan MU

2 - 1 vs Linz ASK (H)

5 Aug 2020

16 Besar Liga Europa (leg 2)

 

2 - 0 vs Leicester (A)

26 Jul 2020

Premier League

 

1 - 1 vs West Ham (H)

22 Jul 2020

Premier League

 

1 - 3 vs Chelsea (H)

19 Jul 2020

Semifinal FA Cup 

 

2 - 0 vs C Palace (A)

16 Jul 2020

Premier League

 

2 - 2 vs Southampton (H)

13 Jul 2020

Premier League

 

Head to head

Head to Head

2 November 2006:

FC Kopenhagen vs Manchester United (MU) : 1-0

UEFA Champions League 2006 Grup F 

 

 

18 Oktober 2006:

Manchester United (MU) vs FC Kopenhagen : 3-0

UEFA Champions League 2006 Grup F

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPID Kembangkan Aplikasi Daring Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) terus mendorong mendorong keterbukaan informasi publik. Di lingkungan Kementerian Keuangan, PPID terus berinovasi memberikan layanan informasi dengan infrastruktur terkini, yakni berbasis teknologi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto selaku Atasan PPID Kementerian Keuangan menyampaikan, pada 2019 terdapat 1.102 permohonan informasi. Dimana kebanyakan permohonan dilakukan melalui fasilitas digital.

"Pada 2019 ada 1.102 permohonan informasi, dimana 92 persen diajukan melalui saluran digital, aplikasi mobile PPID, aplikasi e-PPID dan email ppid.kemenkeu@kemenkeu.go.id, 8 persen melalui petugas di ruang layanan informasi publik," kata Hadiyanto dalam Webinar Keterbukaan Informasi publik 2020: UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit, Kamis (6/8/2020).

Selain itu, PPID juga tengah menyiapkan aplikasi yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Selain mengembangkan aplikasi yang ramah disabilitas untuk teman-teman tuli, saat ini PPID sedang mencoba aplikasi yang dapat digunakan oleh teman tunanetra," kata dia.

 

Layanan Digital

Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi aplikasi (Sumber: Pixabay)

Di saat pandemi seperti ini, layanan digital menjadi suatu keharusan. Kemudahan mengajukan permohonan melalui aplikasi ini sejalan dengan protokol kesehatan untuk menjaga jarak selama pandemi covid-19.

"Tahun ini telah dilakukan redesign mobile aplikasi PPID dengan tampilan yang lebih responsif dan user friendly. Terdapat fitur yang memudahkan pemohon informasi untuk mengajukan permohonan informasi dan mengajukan keberatan langsung ke tingkat 1 birokrasi. Sehingga memangkas birokrasi dan mempercepat waktu layanan," tambah dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Peluncuran Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Paling Hits

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbagai bocoran informasi tentang Galaxy Note 20 membanjiri internet beberapa bulan lalu, Samsung akhirnya resmi memperkenalkan seri penerus Note 10 tersebut.

Artikel tentang peluncuran seri Galaxy Note 20 dalam acara Unpacked 2020 semalam, membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (5/8/2020) kemarin.

Tak hanya itu, artikel perangkat yang diumumkan Samsung pada Unpacked 2020 dan Google Doodle yang ajak pengguna pakai masker juga populer kemarin.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini

1. Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Resmi Diumumkan

Samsung akhirnya secara resmi mengungkap flagship smartphone teranyarnya, seri Galaxy Note 20 di acara Unpacked 2020, Rabu (5/8/2020).

Berbeda dari acara Unpacked tahun sebelumnya, acara kali ini digelar Samsung secara online atau live streaming.

Seperti peluncuran Galaxy Note tahun lalu, kali ini Samsung hanya memperkenalkan dua model seri phablet teranyarnya, yaitu Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Galaxy Note 20 dan Deretan Produk Anyar Samsung Siap Debut Malam Ini

Samsung dipastikan akan memperkenalkan deretan produk terbarunya lewat event Unpacked yang digelar malam ini.

Berdasarkan informasi resmi dari situs Samsung, event ini akan ditayangkan secara langsung pada pukul 21.00 WIB.

Informasi soal deretan produk yang akan diperkenalkan pada event ini pun sebelumnya sudah terungkap melalui teaser video beberapa waktu lalu.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Google Doodle Ajak Pengguna Pakai Masker

YouTube telah menghapus video musisi Erdian Aji Prihartanto (Anji) dengan seseorang yang mengklaim sebagai ahli mikrobiologi bernama Hadi Pranoto. Di dalam video tersebut, Hadi disebut telah menemukan obat Covid-19.

Perwakilan Facebook dalam keterangan resminya mengungkap, pihaknya berkomitmen memberikan informasi yang tepat dan bermanfaat pada saat kritis seperti sekarang.

Komitmen tersebut termasuk meningkatkan konten otoritatif, mengurangi penyebaran informasi yang berbahaya dan menampilkan panel informasi, serta menggunakan data WHO atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, untuk membantu memerangi informasi yang salah.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bantuan Tim Anjing Pelacak Republik Ceko untuk Beirut

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berjalan menaiki pesawat di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)
Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berjalan menaiki pesawat di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berjalan menaiki pesawat di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berjalan menaiki pesawat di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)
Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berjalan menaiki pesawat di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berjalan menaiki pesawat di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Seorang anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berada di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)
Seorang anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berada di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Seorang anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak berada di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak tiba di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)
Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak tiba di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

Anggota tim SAR Ceko beserta anjing pelacak tiba di bandara Vaclav Havel di Praha, Rabu (5/8/2020). Republik Ceko mengirimkan sekitar 37 personel dan lima ekor anjing pelacak untuk membantu pencarian korban ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon. (AP Photo/Petr David Josek)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemain PSM Makassar Selamat dari Ledakan di Lebanon

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemain asing PSM Makassar asal Lebanon Hussein El Dor, yang sedang berada di Beirut  bersama keluarganya selamat dari ledakan yang mengguncang Beirut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Rizky Billar Usap-Usap Bahu Lesti Kejora dalam Konser di Indosiar, Tanda Sayang?

Posted: 05 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rizky Billar mencoba untuk mengingat kembali pertemuan pertamanya dengan Lesti Kejora. Sebelum sedekat seperti saat ini, Rizky Billar membayangkan Lesti Kejora memiliki kepribadian yang pemalu dan cenderung pendiam.

Ternyata anggapan Rizky Billar mengenai karakter Lesti Kejora salah. Ia tak pernah membayangkan bahwa Lesti Kejora merupakan tipikal perempuan yang ramai dan menyenangkan. 

Hal tersebut diungkapkan Rizky Billar di hadapan Lesti Kejora dalam video di saluran YouTube Indosiar dengan tajuk 'Lesti & Rizky 'First Reaction' Saat Pertama Kali Ketemu. Co Cuit (Konser Ultah Lesti) yang tayang 5 Agustus 2020.

Awalnya, Lesti Kejora ditanya oleh para host mengenai penilaiannya tentang Rizky Billar sebelum dipertemukan dalam satu acara yang dipandu oleh Tukul Arwana yang tayang di Indosiar.

Reaksi Lesti Kejora

Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)
Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)

Lesti Kejora pun blak-blakan mengungkapkan pertemuan pertamanya dengan Rizky Billar. Lantas, apa yang diingat oleh Lesti Kejora?

"Dikasih tahu (sesaat sebelum acara) nanti ada Rizky Billar, sudah tahu karena banyak yang mention kan. 'Oh yang itu, yang ditinggalin nikah'. Ya sudah, tapi pas ketemu di studio enggak ketemu Kak Billar," papar Lesti Kejora.

"Jadi Dede mah sudah segmen duluan, ketemunya pas di stage aja," Lesti Kejora melanjutkan.

Giliran Rizky Billar

Rizky Billar di Tukul One Man Show (Tangkapan Layar YouTube Indosiar)
Rizky Billar di Tukul One Man Show (Tangkapan Layar YouTube Indosiar)

Kemudian, Rizky Billar yang diberi kesempatan untuk berbicara mengenai penilaiannya tentang Lesti Kejora sebelum bertemu. Kala itu, Rizky Billar menilai bahwa Lesti Kejora adalah orang yang pemalu dan juga pendiam. Ternyata saat bertemu, penilaiannya berubah.

Lesti Kejora dikenal sebagai orang yang kocak dan menurut Rizky Billar bukannya pemalu tapi malu-maluin. Mendengar apa yang diucapkan oleh pria yang ditinggal menikah oleh Dinda Hauw dan membuat heboh itu, Lesti Kejora hanya tersenyum.

Salah Membayangkan

Lesti Kejora dan Rizky Billar
Lesti Kejora dan Rizky Billar

"Sebelum bertemu di acara tersebut saya banyak terima notification, Kak katanya cocok nih sama yang ini senasib nih. Saya cari tahu saya kepoin, oh ini anaknya. Dalam ekspektasi saya saat ngeliat kayaknya anaknya kalem deh," terang Rizky Billar.

"Hah? Dede kalem," kata Ramzi yang menjadi host saat itu.

"Awalnya saya kira pemalu, pas ketemu ternyata malu-maluin," kata Rizky Billar.

Usap Bahu Lesti Kejora

Rizky Billar dan Lesti Kejora (Vidio.com)
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Vidio.com)

Rizky Billar yang bercanda mengenai hal itu pun langsung mengusap bahu Lesti Kejora dan meminta maaf. Lesti Kejora kemudian membalasnya dengan tersenyum dan memberikan tanggapan yang begitu santai.

"Bercanda," kata Rizky Billar sembari tersenyum ke arah Lesti Kejora.

"Tos dulu biar nggak slek (musuhan)," kata Lesti Kejora. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kwon Mina Eks AOA Kembali Lakukan Percobaan Bunuh Diri

Posted: 05 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Setelah sempat mereda, warganet kini kembali mengkhawatirkan kondisi Kwon Mina eks AOA. Pada Kamis, (6/8/2020) ia mengunggah beberapa posting-an di Instagram mengenai kondisinya terkini.

Sekadar peringatan, gambaran tentang foto ini mungkin bisa membuat Anda tak nyaman.

Kwon Mina mengunggah foto pergelangan tangannya dengan luka yang terlihat masih baru dan telah dijahit, di atas bekas lukanya yang lama. Foto ini bahkan ditandai Instagram sebagai konten sensitif.

Diwartakan Koreaboo, dalam keterangan fotonya Kwon Mina mengungkap bahwa ia kembali melakukan percobaan bunuh diri. Ia mengaku hendak melakukannya setelah membaca sebuah pesan dari FNC Entertainment, agensi yang menaungi AOA.

"Aku sangat kaget melihat pesan dari FNC Entertainment, jadi aku mencoba bunuh diri lagi, tapi adik manajerku datang dan membawaku ke rumah sakit universitas," tutur Kwon Mina.

Merasa Bersalah

Unggahan Kwon Mina (Instagram/ kvwowv)
Unggahan Kwon Mina (Instagram/ kvwowv)

Ia mengatakan karena telah beberapa kali melakukan tindakan serupa, saraf di tangannya kini telah rusak.

"Mereka memberiku obat penahan rasa sakit untuk mengatasi nyerinya, dan dokternya kesulitan...Aku merasa bersalah karenanya," tutur Kwon Mina.

Jimin Eks AOA

Kwon Mina Eks AOA (Instagram/ kvwowv)
Kwon Mina Eks AOA (Instagram/ kvwowv)

Dalam unggahannya, ia kembali mengungkapkan rasa sakit hati atas sikap Jimin eks AOA dan FNC Entertainment. Seperti diketahui, sebelumnya Mina sempat mengaku bahwa ia menjadi korban bullying Jimin selama tergabung dalam AOA. 

"Unnie yang bilang bahwa ia minta maaf saat dia datang, apa dia benar-benar meminta maaf kepada orang yang dituju seperti seharusnya? Jangan bohong," kata wanita 26 tahun ini.

Jadi Bahan Omongan?

Kwon Mina eks AOA (Instagram/ kvwowv)
Kwon Mina eks AOA (Instagram/ kvwowv)

Mengenai FNC Entertainment, ia merasa kondisi mentalnya menjadi bahan pembicaraan antara orang di mantan agensinya ini dengan pihak ketiga.

"Mereka (FNC) menyediakan psikiater untukku dan aku berpikir apa memang mereka peduli kepadaku, tapi bukannya ilegal mereka membicarakanku dengan teman dan orang lain? Kurasa mereka membicarakan ceritaku kepada orang lain," tutur Mina.

Dituduh Caper

Kwon Mina saat menjadi anggota AOA (FNC Entertainment via Soompi)
Kwon Mina saat menjadi anggota AOA (FNC Entertainment via Soompi)

Ia juga memprotes komentar warganet yang mengatakan tindakannya adalah untuk mencari perhatian.

"Ada orang di YouTube yang melihat pergelangan tanganku dan mengatakan 'Mina hanya ingin perhatian'. Kalau dia mengatakannya sebagai pihak ketiga, memang, kamu bisa mengatakannya. Aneh kan melihat ini sebagai orang luar? Tapi aku hanya menceritakan sedikit dari apa yang terjadi padaku selama 11 tahun ke belakang, ada hal yang tak bisa kuceritakan kepada teman yang mengenalku selama 11 tahun atau bahkan keluargaku," kata Mina.

Unggahan Mina ini, langsung menuai perhatian warganet. Tak sedikit yang menyuarakan kekhawatiran, banyak pula yang memberikan semangat padanya untuk tidak menyerah.

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebut Berkas Suap dan Gratifikasi Nurhadi, KPK Periksa 6 Saksi

Posted: 05 Aug 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus merampungkan berkas penyidikan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung.

Dalam merampungkan berkas penyidikan Nurhadi, penyidik menjadwalkan memeriksa enam saksi. Mereka adalah Maskan Prabowo (pegawai BUMN), Iwan Restiawan (swasta), Didi Sanadi (swasta), serta tiga orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) bernama Krosbin Lumban Gaol, Salwan Firdaus, dan Achmad Soberi.

"Keenamnya akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan NHD (Nurhadi)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (6/8/2020).

Belum diketahui apa yang akan digali penyidik dari mereka. Namun, belakangan penyidik KPK tengah menelisik aliran dana yang diterima Nurhadi dari beberapa pihak.

Pada kasus ini, KPK menetapkan mantan Sekretaris MA Nurhadi, Riezky Herbiono yang merupakan menantu Nurhadi, dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) Hiendra Soenjoto.

Hiendra dijerat sebagai pihak yang menyuap Nurhadi. Hiendra melalui Rezky Herbiono diduga memberi suap dan gratifikasi dengan nilai total mencapai Rp 46 miliar.

 

Terkait 3 Perkara

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Rezky diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Ketiganya diketahui sempat menjadi buronan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Selama kurang lebih empat bulan menghilang, Nurhadi dan Rezky akhirnya ditangkap tim penindakan KPK di sebuah rumah mewah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

Tak ada perlawanan berat yang diterima tim penindakan dari Nurhadi dan Rezky. Tim hanya kesulitan untuk masuk ke dalam rumah tersebut lantaran pintunya digembok.

Tim awalnya berusaha masuk secara baik-baik dengan mengetuk pagar dan pintu rumah, namun tak ada itikad baik dari Nurhadi. Tim kemudian memutuskan untuk membobol pagar dan pintu rumah dengan disaksikan ketua RW setempat.

Nurhadi dan Rezky pun digelandang tim ke lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sementara Hiendra hingga kini masih diburu tim penindakan KPK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komnas Perempuan: Jangan Halangi Perempuan Beraktivitas di Sosial Media

Posted: 05 Aug 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani menyatakan, kebebasan perempuan berkreasi, membentuk komunitas untuk berbagi informasi, bahkan mencari penghasilan melalui sosial media harus didukung dan tidak boleh dihalangi.

"Banyak perempan berpikir ekonomis. Kaum perempuan, termasuk para ibu juga dituntut untuk bisa membantu ekonomi keluarga, apalagi jika suami mereka tidak lagi berpenghasilan karena terkena PHK," ujarnya melalui keterangan tertulis, kamis (6/8/2020).

Yeni, sapaan Andy Yentriyani, menyatakan salah satu cara yang bisa dilakukan para ibu ini agar bisa cepat berkembang adalah dengan bergabung dalam suatu komunitas yang bisa berkolaborasi dalam upaya menambah penghasilan.

Menurutnya, yang penting harus diperhatikan dalam sebuah komunitas itu adalah etika berjualan, utamanya jika itu terkait produk dari sebuah perusahaan. Dalam hal ini, harus ada tanggung jawab dari perusahaan mengenai produk yang dipromosikan dalam komunitas dimana mereka harus membuktikan bahwa produk yang mereka hasilnya adalah produk yang sehat.

"Itu kan terkait juga dengan posisi pemerintah yang memberikan lisensi. Karena kita kan punya Badan POM. Sepanjang itu sudah sesuai aturan, tidak masalah untuk komunitas itu mempromosikan produknya," tukasnya.

Dia mengatakan, apa yang dilakukan para ibu itu untuk berjualan di dalam komunitas sosial media mereka, termasuk facebook dan Instagram, tidak ada bedanya dengan channel youtube yang juga digunakan untuk tempat promosi jualan.

"Kalau boleh disandingkan tidak beda-beda banget. Kenapa karena ini perempuan, terus ibu-ibu, terus dipermasalahkan? Youtuber saja tidak dipermasalahkan. Coba lihat efek dari dia diwawancarai di youtube, dia dapat duit berapa besar, ini kan monetizing (mencari uang) juga," ucapnya.

Jadi dari aspek dimana ibu-ibu di komunitas itu mencari penghasilan, menurut Yentriyani, itu tidak keliru sama sekali.

"Misalnya produk susu yang diunggulkan dan diperbolehkan BPOM untuk dijual di pasaran bebas, lalu masalahnya apa? Kalau produk yang sehat apa salahnya," katanya.

Yeni menegaskan yang bisa melarang anggota untuk tidak boleh melakukan hal-hal tertentu itu adalah komunitas itu sendiri atas kesepakatan bersama.

"Jadi boleh-boleh saja untuk mencari penghasilan di komunitas asal ada kesepakatan bersama," ujarnya.

Selain bisa digunakan untuk menambah income, kata Yentriyani, komunitas perempuan itu juga bisa dimanfaatkan para ibu untuk berbagi informasi dan membangun pengetahuan bersama.

Bernilai Positif

Financial Planner Rista Zwestika menambahkan, tidak ada salahnya para ibu, khususnya ibu rumah tangga ikut dalam suatu komunitas. Selain bisa mendapat pengetahuan, ibu rumah tangga ini juga akan memiliki lingkungan sosial, yang pada akhirnya dia tidak akan merasa sendirian.

"Waktu anak saya lahir, banyak komunitas parenting saya ikut, karena saya nggak punya pengalaman how to handle anak. Sekarang anak saya ABG, saya harus tahu how to handle ABG zaman sekarang, apa yang harus saya lakukan. Jadi komunitas itu penting banget," ungkap Rista, saat mengisi sebuah acara di Jakarta.

Tapi, dia mengatakan komunitas yang diikuti juga harus komunitas yang bisa memberikan nilai positif untuk kita.

"Di komunitas itu, kita harus dapat info, diskon-diskon, teman kongkow. Teman bukan sekedar kongkow, tapi bagaimana komunitas itu bisa menghasilkan value positif buat kita, plusnya lagi kita bisa dapati income tambahan," tutur Rista.

Rista menambahkan, saat memutuskan gabung di sebuah komunitas, harus pastikan dulu niat kita bergabung itu untuk apa. Tapi, akan lebih bagus lagi jika sebuah komunitas bisa membuat kita punya penghasilan tambahan.

"Contoh ada yang jualan online, atau punya bisnis apa, harus saling berinteraksi. Kalau untuk bisnis online bisa jadi reseller, atau dropship yang tanpa modal, sekarang dengan gabung komunitas, bisa buka peluang bisnis tanpa modal," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polrestabes Surabaya Tangkap Suami Jual Istri untuk Layanan Threesome

Posted: 05 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kanit PPA Polrestabes Surabaya, Iptu Fauzi Pratama membenarkan, pihaknya telah menangkap HM (48) warga Surabaya, karena terlibat dugaan kasus prostitusi online threesome dengan menjual istrinya berinisial DRS (28) senilai Rp 600 ribu. 

"Iya benar, kami menangkap pelaku ketika keduanya tengah berada di kamar sebuah hotel sedang melakukan aktivitas seksual. Lalu kami mengamankan semua dan membawa ke kantor untuk diperiksa," ujar Fauzi, Kamis (6/8/2020) di Surabaya, Jawa Timur.

Fauzi menuturkan, pelaku mengunggah smag isteri di media sosial Facebook dengan caption  bisa melayani massage dan refleksi. Kemudian salah satu pelanggan mengirimkan pesan dan lanjut transaksi lewat aplikasi percakapan.

"Dari hasil penyelidikan dan barang bukti yang kami temukan, istrinya tersebut dijajakan dengan tarif sebesar Rp 600 ribu," ujar Fauzi.

Pelaku juga menyediakan layanan threesome bagi jasa istrinya tersebut. Layanan threesome merupakan seks yang dilakukan bersamaan dengan tiga orang. "Suaminya ini juga menawarkan layanan threesome untuk jasa istrinya," ia menambahkan.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 2 UU RI No. 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Penjualan Orang (TPPO) dan atau Pasal 296 KUHP dan atau Pasal 506 KUHP.

 

Polrestabes Surabaya Bongkar Prostitusi Online

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

Sebelumnya, pada masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya tahap II, anggota unit Jatanras Polrestabes Surabaya mengamankan tujuh orang yang diduga muncikari online di salah satu hotel di kawasan Gubeng Surabaya.

Tujuh muncikari itu berinisial EM (21), SA (21), EW (21), AM (19), DNA (24), MR (21), dan AH (27). Selain itu polisi juga mengamankan tujuh perempuan yang diduga pekerja seks (PSK).

Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya Iptu Agung Kurnia Putra menyatakan, pihaknya mendapatkan informasi tentang dugaan praktik prostitusi online Daring (dalam jaringan) terselubung di salah satu hotel di Surabaya. 

"Ketika digrebek, didapati beberapa korban sedang melakukan praktik prostitusi dan ada yang masih "dijual" oleh para pelaku muncikari," tutur Agung dalam rilisnya, Kamis, 14 Mei 2020.

Agung menuturkan, modus para pelaku ini menawarkan para korban melalui media sosial michat berbagai status (I, C) kemudian pelanggan atau pembeli membalas Michat tersebut.

"Setelah menanyakan harga serta tawar menawar, apabila sudah sepakat, pelaku mengirimkan foto dan memberikan tarif mulai dari 5 juta sampai 10 juta rupiah," ujar dia di Surabaya.

Dari hasilnya itu, pelaku mendapatkan hasil Rp 1 juta-Rp 2 juta dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari selama pandemi COVID-19 dan PSBB Surabaya Raya.

"Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 2 UU RI No. 21 tahun 2007 dan atau Pasal 296 KUHP dan atau Pasal 506 KUHP," ujar Agung. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Unik Kota Atlantis yang Misterius, Muncul Beragam Spekulasi

Posted: 05 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menelaah tentang sejarah memang selalu mencuri perhatian publik. Tak sedikit pula sejarah yang masih menjadi misteri dan belum terpecahkan asal usulnya. Walaupun begitu, tak sedikit orang yang mempercayai sejarah yang ceritanya hanya menjadi sebuah misteri dan belum sepenuhnya terpecahkan. 

Kota Atlantis yang hilang merupakan salah satu misteri yang hingga kini kerap menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, banyak asumsi yang bermunculan baik itu dari masyarakat awam ataupun pakar sejarah sekalipun. Walaupun sejarah tentang keberadaan Kota Atlantis masih menjadi misteri, namun banyak kejadian yang terlihat nyata di Kota Atlantis tersebut.

Walaupun kerap disebut sebagai misteri yang selalu membuat seseorang penasaran, Kota Atlantis yang hilang ini rupanya memiliki beberapa fakta unik. Walaupun tidak dapat menjelaskan sejarah Kota Atlantis secara keseluruhan, namun fakta unik tersebut dapat sedikit menjawab rasa penasaran yang kerap mengahampiri.

Salah satu fakta unik tentang Kota Atlantis ini yakni nama Atlantis sendiri diambil nama nama atlas setengah dewa. Selain perihal nama, ada beberapa fakta unik lainnya yang berkaitan dengan salah satu misteri dalam sejarah dunia ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brainberries tentang fakta unik Kota Atlantis yang hilang, Kamis (6/8/2020).

1. Lokasi Kota Atlantis

Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)
Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)

Dalam beberapa buku tentunya sudah banyak yang menjelaskan terkait lokasi Kota Atlantis tersebut. Walaupun keberadaan kerap masih menjadi misteri, namun rupanya ahli sejarah dapat menelaah tentang lokasi Kota Atlantis tersebut.

Jika mengikuti teks Plato, tentunya akan menemukan informasi tentang Atlantis yang legendaris tersebut. Atlantis muncul dari Samudra Atlantik dan terdapat sebuah pulau yang terletak di depan selat Yunani Kuno atau yang disebut Pilar Herakles. Selat tersebut biasanya dikenal sebagai Selat Gibraltar, yang dimana Spanyol dan Afrika dipisahkan oleh jalur laut yang kecil.

Cadiz, Spanyol merupakan salah satu kota paling kuno di Eropa Barat. Ternyata, ribuan tahun yang lalu, nama kota itu adalah Gades, yang sangat mirip dengan nama seorang pangeran Atlantis, Gadeirus alias Gades.

2. Nama Atlantis

Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)
Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)

Nama Atlantis sendiri dinamai menurut nama atlas setengah dewa. Mungkin banyak seseorang yang berpikir bahwa nama Atlantis diambil karena letaknya yang berada di Samudra Atlantik. Namun menurut cerita legenda, Poseidon memiliki lima pasang kembar laki-laki dengan seorang perempuan cantik Atlantis bernama Cleito. Dia kemudian membagi pulau itu antara 10 putra.

Gadeirus mendapat bagian utara, dan memiliki sebuah kota di Spanyol yang dinamai menurut namanya. Tetapi saudara kembarnya yang bernama Atlas, yang membuat pulau itu legendaris dan dikenal.

3. Atlantis berusia 11.500 tahun

Ilustrasi Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)
Ilustrasi Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)

Fakta unik selanjutnya yakni Atlantis yang sudah berusia 11.500 tahun. Hal tersebut membuat seseorang semakin bertanya-tanya terkait apakah Kota Atlantis ini benar adanya. Jika memang benar, usia Atlantis yang sudah berusia 11.500 tahun tentunya masuk di akal. Namun, jika ternyata Kota Atlantis tersebut hanyalah sebuah legenda dan rangkaian cerita sejarah, sebuah kota yang memiliki usia tentunya menjadi aneh.

Namun di luar itu semua, sejarah tentang Kota Atlantis memang selalu menarik. Banyak orang yang tentunya selalu penasaran dengan salah kota yang disebut terletak di Samudra Atlantik ini.

Menurut sejarah, ada orang bijak Yunani bernama Solon, yang mengunjungi Mesir dan berbicara dengan para pendeta. Orang bijak Yunani tersebut memberitahu kepada pendeta tentang cerita Yunani tertua seperti banjir besar dan penciptaan manusia pertama. Hal yang ditanggapi pendeta dari cerita tersebut yakni sebuah kisah tentang bagaimana Athena didirikan 1.000 tahun sebelum Sais (kota tempat mereka berada) dan bahwa orang Athena saat ini melawan Atlantis.

Jika dihitung menggunakan beberapa matematika dasar dan dengan asumsi cerita yang benar, jatuhnya Atlantis ini terjadi sekitar 9500 SM. Jika hal tersebut benar, itu berarti usia Atlantis sudah setua Gobekli Tepe. Gobekli tepe sendiri merupakan kuil pertama di dunia yang ditemukan oleh para arkeolog.

4. Tentang Athena

Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)
Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)

Menelaah tentang keberadaan Kota Atlantis ini tentunya memiliki hubungan dengan cerita sejarah lainnya. Sebuah cerita tentunya harus dihubungkan dengan cerita lainnya agar terdapat sebuah cerita yang runtut. Plato pernah menulis tentang perang hebat antara orang-orang Athena dan orang-orang Atlantik.

Tulisan yang ditulis Plato ini berisi "waktu mengatur figur dan gambar Dewi (Athena) dengan baju besi lengkap, untuk menjadi kesaksian bahwa semua hewan yang itu bersatu. Jantan dan betina dapat berlatih bersama dan menghasilkan sebuah kebajikan tanpa membedakan jenis kelamin."

5. Peradaban Itu Akan Hilang, Salah Satunya Atlantis

Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)
Fakta Unik Kota Atlantis. (Sumber: Instagram.com/ brainberries)

Pembicaraan orang bijak yang bernama Solon dan pendeta juga membicarakan tentang sebuah peradaban itu akan hilang. Pendeta tersebut menjelaskan kepada orang bijak tersebut bahwa bahwa tidak ada satu pun ceritanya yang benar-benar kuno.

"Telah ada, dan akan ada lagi, banyak kehancuran umat manusia yang timbul karena berbagai sebab. Hal terbesar telah disebabkan oleh agen api dan air, dan yang lebih kecil lainnya oleh sebab-sebab lain yang tak terhitung banyaknya."

Pendeta tersebut juga menambahkan bahwa seluruh sejarah peradaban bisa hilang dalam waktu. Salah stau peradaban yang hilang itu diyakini adalah Atlantis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Sebut Indonesia Pasti Resesi di Kuartal III 2020, Ini Alasannya

Posted: 05 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat negatif -5,32 persen pada kuartal II 2020. Pencapaian tersebut membuat Indonesia selangkah lagi masuk jurang resesi jika pertumbuhan ekonomi tetap di bawah nol persen pada kuartal selanjutnya.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, secara umum ekonomi yang tumbuh negatif memang sesuai ekspektasi pasar. Ini mengingat lemahnya belanja pemerintah yang tumbuh lebih rendah dibanding konsumsi rumah tangga.

"Pemerintah kan tidak responsif dalam menanggapi kondisi pandemi dan (bakal) resesi ekonomi. Karena kalau kita melihat di kuartal kedua ini cukup aneh. Masa pertumbuhan belanja pemerintah bisa lebih rendah daripada konsumsi rumah tangga," ujar Bhima kepada Liputan6.com, Kamis (6/8/2020).

Padahal, ia melanjutkan, belanja pemerintah merupakan harapan untuk bisa mendorong perhatian. Namun kenyataannya, hal tersebut minus sampai 6,9 persen secara tahunan (year on year) pada kuartal kedua tahun ini.

"Jadi ini salah satu penyebab kenapa kita dipastikan akan masuk pada resesi di kuartal ketiga, karena ternyata belanja pemerintah tidak bisa diandalkan sebagai motor utama untuk mendorong pemulihan ekonomi," tegas Bhima.

Menurut dia, belanja pemerintah harusnya menjadi andalan di tengah situasi pandemi ini ketika konsumsi rumah tangga dan investasi menurun. Tapi Bhima menyayangkan hal tersebut tidak mampu untuk mendukung pemulihan ekonomi.

"Maka ini akan menjadi catatan yang cukup serius, bagaimana belanja itu ternyata ditahan, bukan kemudian dicairkan justru di saat-saat genting seperti sekarang," tegas Bhima.

"Apakah ada masalah birokrasi, ada masalah ego sektoral, atau ada masalah seperti inkompetensi dari pejabatnya, sehingga di situasi ekonomi ini akan semakin memburuk jika tidak ditangani," tandasnya.

Menkeu Sri Mulyani: Indonesia Belum Resesi

Warga berjalan di salah satu JPO di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Wabah Covid-19 memengaruhi kondisi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 yang diproyeksikan -0,4 sampai dengan 1,0 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga berjalan di salah satu JPO di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Wabah Covid-19 memengaruhi kondisi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 yang diproyeksikan -0,4 sampai dengan 1,0 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati angkat suara mengenai potensi Indonesia memasuki resesi usai pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2020 tercatat minus 5,32 persen. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi negatif tersebut belum menandakan ekonomi Indonesia resesi.

"Sebetulnya kalau secara year on year belum (resesi). Kita belum resesi. Resesi itu secara year on year, dua kuartal (negatif) berturut-turut," ujar Sri Mulyani saat konferensi pers secara online, Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Selama Pandemi Kuartal lalu, kata Sri Mulyani, merupakan pertama kalinya pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi. Pemerintah secara terus-menerus akan melakukan sejumlah cara dan kebijakan agar ekonomi bangkit di kuartal III dan IV sehingga tak resesi.

"Ini kuartal pertama RI kontraksi dan ini pemicu kita agar kuartal III dan kuartal IV jangan sampai negatif atau dihindarkan. Ini yang kita lakukan dan kita all out," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut meminta dunia usaha turut serta membantu pemerintah membangkitkan ekonomi sehingga Indonesia tak jatuh ke jurang resesi. "Kita harap dunia usaha dan stake holder sama-sama pulihkan ekonomi akibat pandemi Covid," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, Terparah Sejak 1999

Pandangan udara permukiman warga dan gedung pencakar langit di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pandangan udara permukiman warga dan gedung pencakar langit di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 negatif -5,32 persen secara year on year (yoy). Pertumbuhan ekonomi tersebut menjadi yang terendah sejak triwulan I-1999 yang pada saat itu mencapai -6,13 persen.

"Kalau kita lacak pertumbuhan ekonomi secara kuartalan, kontraksi 5,32 persen ini adalah terendah sejak kuartal I pada 1999. Jadi pada pada triwulan I 1999 pada waktu itu mengalami kontraksi sebesar 6,13 persen," ujar Suhariyanto melalui konferensi pers secara daring, Jakarta, Rabu (5/8).

Suhariyanto mengatakan, pihaknya belum akan melakukan revisi data pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini. Hal tersebut nantinya akan dilakukan pada akhir tahun sebagaimana biasanya. "Nggak ada revisi pada kuartal  II. Kalau ada revisi biasanya dilakukan pada akhir tahun," jelasnya.

Dia berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III tahun ini akan membaik seiring dilakukannya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota.

Namun, pertumbuhan ekonomi akan membaik apabila penanganan penyebaran pandemi Virus Corona dilakukan dengan optimal.

"Saya ajak semua membangun optimisme. Sejak adanya relaksasi PSBB di Juni sudah ada geliat dibandingkan apa yang terjadi di Mei meskipun belum normal. Jadi di kuartal III ini kita harus bergandeng tangan dan optimis sehingga ekonomi bergerak dan yang paling penting gerakan protokol kesehatan supaya Covid nya betul betul tidak menyebar kemana-mana," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dugaan Karyawan Positif Covid-19 Mencuat, AEON Mall BSD City Didisinfeksi

Posted: 05 Aug 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AEON Mall yang berlokasi di BSD City, Tangerang, bakal didisinfeksi secara massal pada Kamis (6/8/2020). Tindakan diambil setelah tersebarnya kabar karyawan mal terpapar Covid-19.

"Jumlahnya berapa, belum ada laporan resmi. Dengar dari petugas di lapangan sekitar satu atau dua karyawannya," tutur dr Hendra Tarmizi, jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tangerang, Kamis (6/8/2020).

Ia mengatakan pihak AEON Mall yang meminta untuk mendisinfeksi bangunan tersebut. Namun, ia tidak tahu pasti apakah operasional mal yang berada di kawasan Pagedangan, Kabupaten Tangerang itu akan ditutup selama proses berlangsung.

Namun, ia menyatakan aturannya, bangunan yang disinyalir menjadi tempat penyebaran Covid-19 harus ditutup selama tiga hari sebelum bisa beroperasi kembali. "Harusnya tutup, kan mau diinfektan seluruhnya. Teknisnya silahkan tanya ke BPBD," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin, membenarkan tentang penyemprotan disinfektan di mal tersebut. "Iya, hari ini rencana jam 9 pagi kita mulai penyemprotan disinfektan," tuturnya.

BPBD akan mengerahkan empat petugas untuk melaksanakan disinfeksi. Mereka akan masuk ke dalam dan menyisir setiap sudut mal memakai alat yang digendong. Selain itu, cairan disinfektan juga akan disemprotkan dengan motor gerobak.

"Bagian luar seperti parkiran akan menggunakan satu unit mobil Damkar. Alat penyemprotnya nanti akan dimodifikasi seperti mengeluarkan bulir atau air embun," tutur Kosrudin.

 

Tanggapan Mal

Pembukaan Kembali Aeon Mall Indonesia Pasca-Peionggaran PSBB. foto: istimewa
Pembukaan Kembali Aeon Mall Indonesia Pasca-Peionggaran PSBB. foto: istimewa

Sementara itu, manajemen AEON Mall saat dihubungi untuk mengkonfirmasi ihwal tersebut, belum memberikan keterangan secara gamblang. "Nanti akan ada official release dari AEON ya supaya informasi bisa jelas dan akurat," tutur salah seorang karyawan manajemen AEON Mall saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, mal tersebut kembali dibuka pada 15 Juni 2020 setelah ditutup akibat PSBB. Mal dibuka dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

Pengunjung mal wajib dicek suhu tubuh dengan thermography, pengunjung yang suhu tubuhnya melebihi 37,3 derajat Celcius, tidak diperkenankan masuk. Pengecekan serupa juga diterapkan bagi para staf dan pekerja tenant di Aeon Mall BSD. Setiap pengunjung juga harus mengenakan masker.

Pengelola mal juga menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk untuk dipakai pengunjung. Berbagai petunjuk disebar di seluruh area mal termasuk juga memastikan pembatasan jumlah pengunjung satu orang dalam 4 meter persegi. Pembatasan jumlah pengunjung selalu dimonitor dengan People Counting System yang kemudian diinformasikan melalui LED besar di setiap AEON Mall.

Di dalam gedung, para pramuniaga dari setiap tenant menggunakan face shield, masker, dan sarung tangan, saat berinteraksi dengan para konsumen. Sementara saat bertransaksi, di meja kasir dilengkapi dengan partisi akrilik dan tirai vinil untuk mengamankan pelanggan dan staf kasir. Pembayaran non-tunai saat bertransaksi menjadi opsi guna menekan penyebaran COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Yaris Hybrid Resmi Meluncur, Simak Spesifikasinya

Posted: 05 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toyota resmi meluncurkan Toyota Yaris terbaru di Eropa. Model anyar dari pabrikan asal Jepang ini menggendong mesin hybrid dan datang dengan tampilan yang lebih segar untuk pasar Benua Biru.

Mengutip laman Carscoops, Toyota Yaris 2020 ini menjadi model pertama yang menggunakan platform GA-B dari keluarga TNGA. Dengan penggunaan basis tersebut, model ini diklaim memiliki peningkatan performa berkat pusat gravitasi yang lebih rendah, dan kontruksi yang 37 persen lebih rigid.

Mobil ini dipersenjatai mesin hibrida generasi keempat Toyota. Penggabungan antara mesin bensin 1,5 liter tiga silinder, dengan 2 motor listrik atau generator serta baterai lithium-ion mampu menghasilkan tenaga sebesar 114 Tk, dan 15 Tk lebih besar dari model sebelumnya. Secara detail, mesin konvensional menghasilkan daya 91 Tk dan torsi maksimal 120 Nm.

Sedangkan salah satu motor listrik yang dihubungkan ke roda depan Toyota Yaris menghasilkan daya hingga 79 Tk dan torsi 141 Nm. Untuk motor satu lagi yang lebih kecil, bertugas menghidupkan mesin dan menghasilkan tenaga untuk pengisian daya.

Performa

Peningkatan performa dikombinasikan dengan konsumsi bahan bakar yang naik 20 persen dibanding sebelumnya, yaitu 3,7 lt / 100km dan hanya menghasilkan 85 g / km emisi CO2.

Selain itu, akselarasi kecepatan juga meningkat, dengan 0 sampai 100 km/jam hanya 9,7 detik dan 80-120 km / h dalam 8,1 detik, dua detik lebih cepat dari model sebelumnya.

Transmisi

Toyota Yaris ini juga ditawarkan unit konvensional dengan spesifikasi mesin bensin tiga silinder 1,5 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan atau CVT, serta mesin berkapasitas 1.0 liter tiga silinder.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Mengintip Uji Coba Toyota Yaris Menaklukkan Medan Reli]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Segera Cair, Berapa Besaran Gaji ke-13 PNS Tahun Ini?

Posted: 05 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil atau PNS akan segera cair dalam waktu dekat. Namun, pemberian gaji ke-13 tahun ini mengalami beberapa penyesuaian lantaran adanya pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh pada belanja pemerintah, termasuk pemberian gaji ke-13 PNS. Lantas berapa besaran gaji ke-13 PNS tahun ini?

Artikel tentang besaran gaji ke-13 PNS tahun ini yang segera cair menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan fakta ledakan dahsyat di Beirut yang jadi sorotan dunia.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang deretan fakta cucu keempat Jokowi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Gaji ke-13 PNS Segera Cair, Berapa Besarannya?

Ilustrasi Gaji
Ilustrasi Gaji

Pegawai Negeri Sipil atau PNS patut berbahagia dan bersyukur. Gaji ke-13 PNS bakal cair dalam waktu dekat.

Hanya saja, pemberian gaji ke-13 tahun ini mengalami beberapa penyesuaian lantaran adanya pandemi Covid-19. Karena itu, banyak perubahan terhadap APBN untuk penanganannya. Hal ini turut berdampak pada belanja pemerintah, termasuk pemberian gaji ke-13 PNS.

Selengkapnya…

2. 4 Fakta Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon yang Jadi Sorotan Dunia

Petugas penyelamat dan keamanan bekerja di lokasi ledakan besar di Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan ribuan lainnya terluka tersebut meratakan pelabuhan dan merusak bangunan di seluruh Beirut. (AP Photo/Hussein Malla)
Petugas penyelamat dan keamanan bekerja di lokasi ledakan besar di Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan ribuan lainnya terluka tersebut meratakan pelabuhan dan merusak bangunan di seluruh Beirut. (AP Photo/Hussein Malla)

Peristiwa ledakan di Beirut, Lebanon yang terjadi pada Selasa 4 Agustus mencuri perhatian publik. Awalnya ledakan dipicu oleh kebakaran yang terjadi di gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut.

Saat kebakaran terjadi, beberapa orang juga sempat merekam asap yang membumbung tinggi dari gudang tersebut. Namun tiba-tiba saja ledakan yang sangat besar terjadi.

Selengkapnya…

3. 4 Fakta Cucu Keempat Jokowi, Anak Kedua Kahiyang Ayu - Bobby Nasution

Kahiyang ayu dan Bobby bagikan potret keluarga baru. (Sumber: Instagram/@bobbynst)
Kahiyang ayu dan Bobby bagikan potret keluarga baru. (Sumber: Instagram/@bobbynst)

Pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu dikaruniai anak kedua berjenis kelamin laki-laki. Kahiyang yang tak lain putri kedua Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu melahirkan melalui operasi sesar di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta Pusat.

Kabar bahagia kelahiran cucu keempat Jokowi itu disampaikan suami Kahiyang Ayu, Bobby Nasution. Ia mengabarkan melalui keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 4 Agustus 2020.

Selengkapnya…

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, Ayah di Garut Nekat Curi HP agar Anaknya Bisa Belajar Online

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut, Jawa Barat, akhirnya menghadiahi sebuah handphone serta bantuan sembako, kepada Ajang (40), pelaku pencurian handphone yang dilakukan untuk membantu anaknya dalam proses belajar online.

Sebelumnya, warga Kampung Cilelang, Desa Jati, Tarogong Kaler, Garut itu sempat menjadi viral akibat perbuatan melawan hukum. Saat itu, Ajang terbukti mencuri handphone milik keluarga AT.

Namun setelah ditelusuri, Ajang melakukan hal itu, semata untuk keperluan anaknya yang baru masuk menjadi siswa baru di MTSN Garut, dalam proses belajar secara daring.

Diketahui dalam satu bulan terakhir, S (13), anak pelaku, terlambat dalam mengerjakan tugas sekolah yang dilakukan secara daring alias online, akibat ketidakmampuannya menyediakan fasilitas handphone smartphone tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Garut Sugeng Hariadi mengatakan, perbuatan yang dilakukan Ajang melanggar hukum, tetapi dengan pertimbangan kemanusiaan, akhirnya tidak dilimpahkan ke tingkat penyidikan.

"Sesuai dengan Perma (Peraturan Mahkmah Agung) tahun 2016, itu memang di bawah Rp 2 juta tidak perlu dinaikkan menjadi pidana," ujarnya selepas memberikan bantuan di rumah pelaku, Rabu (5/8/2020).

Dalam keterangannya, Ajang mengakui seluruh perbuatannya. Bapak tiga anak itu nekat mencuri HP keluarga AT, untuk memenuhi kebutuhan anaknya dalam proses belajar secara online.

"Mungkin teman-teman bisa melihat kondisi rumahnya (mengkhawatirkan), orangtuanya yang hanya sebatas buruh tani yang memiliki tiga orang anak," ujarnya.

Bahkan saat pertama kali ditemukan oleh AT, HP curian yang dilakukan Ajang, tengah digunakan S, anaknya untuk proses belajar secara online tersebut.

"Korban tidak mempersalahkan, bahkan mencabut laporannya, karena korban melihat kondisinya seperti itu akhirnya tersentuh," kata dia.

Tidak hanya itu, untuk membantu keluarga Ajang, lembaganya memberikan bantuan sembako serta peralatan sekolah untuk S.

"Kami juga memfasilitasi kakaknya nomor satu untuk kembali sekolah melalui paket belajar, sebab putus sekolah saat kelas dua," ujarnya.

Meskipun demikian, Sugeng mengingatkan jika perbuatan yang dilakukan Ajang tetap melanggar di depan hukum, dan meminta untuk tidak mengulangi.

"Kami juga berikan pendidikan hukum dan Alhamdulillah korban juga tidak mempersoalkan secara hukum dan mencabutnya," kata dia.

 

 

 

Korban Memaafkan

Kajari Garut Sugen Hariadi, nampak memberikan bantuan terhadap keluarga Ajang, pelaku pencurian HP, yang diketahui untuk kepentingan proses belajar secara daring alias online. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Kajari Garut Sugen Hariadi, nampak memberikan bantuan terhadap keluarga Ajang, pelaku pencurian HP, yang diketahui untuk kepentingan proses belajar secara daring alias online. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Setelah mengakui seluruh perbuatannya, serta alasan pelaku Ajang ihwal perbuatannya, akhirnya korban memaafkan. "Ayah saya sudah memaafkan," ujar AT, anak korban.

Menurutnya, setelah diketahui jika HP milik bapaknya tengah digunakan S, anak pelaku dalam proses belajar daring, AT langsung memanggil pelaku.

"Saya minta si bapak datang ke rumah menemui ayah saya agar tidak ada salah paham," kata dia.

Menurutnya, aksi pencurian HP yang dilakukan Ajang berlangsung sekitar 10 hari yang lalu. Jasa pelaku, selaku buruh serabutan, memang terbiasa digunakan keluarga korban dalam hal perbaikan rumah.

Melihat kesempatan itulah, pelaku akhirnya melakukan aksinya mencuri salah satu HP milik keluarga AT.

Akhirnya, dengan bantuan alat pendeteksi jaringan, sinyal HP milik korban diketahui berada di rumah Ajang, hingga sejurus kemudian korban menjemputnya.

"Saat pertama kali kami datang, pelaku dan istrinya ketakutan, bahkan hingga nangis," ujar Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Garut Dapot Dariarma, yang ditugaskan Kajari memberikan bantuan HP, setelah informasi laporan pencurian itu masuk ke pihak kepolisian.

Menurutnya, perbuatan yang dilakukan Ajang melanggar hukum, tetapi dengan pertimbangan kemanusiaan, serta kebutuhan yang dianggap penting untuk dunia pendidikan, akhirnya lembaganya tergerak membantu.

"Saat kami datangi juga diketahui ketiga anaknya tengah makan satu bungkus mi instan, yang dimakan secara bersama-sama," dia menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berantas Hoaks tentang COVID-19 dengan Sains dan Sikap Ilmiah

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Profesor Herawati Sudoyo, PhD dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menanggapi simpang siur berita bohong terkait pandemi COVID-19 yang beredar. Menurutnya, dalam hal ini sains dan sikap ilmiah diperlukan untuk menghadapi pandemi.

"Untuk melawan hoaks adalah bagaimana ilmuwan bersikap, sains harus digunakan untuk melawan konstruksi ilmiah. Bagaimana cara pandang kita (terhadap) penyebaran penyakit," ujar Hera dalam webminar Yayasan Kemitraan Indonesia Sehat (YKIS), Rabu (5/8/2020).

"Karena kita saja belum mengetahui banyak tentang virus ini, kita masih memerlukan eksplorasi yang sangat mendalam untuk mengetahui betul-betul karakternya. Kalau karakternya kita tahu, kita bisa menanganinya."

Ia menambahkan, untuk mengetahui karakteristik virus maka diperlukan studi genomik. Studi ini berfungsi untuk memberikan landasan penatalaksanaan penyakit.

"Kita sedang mempersiapkan suatu kehidupan yang berbeda. Jadi studi genomik ini memengaruhi kehidupan kita di masa depan."

Menurutnya, semua berita bohong dan komentar menyimpang tentang COVID-19 sebenarnya bisa dijawab seandainya ilmuwan berbicara.

"Saya suka mengutip kata Einstein, bahwa dunia itu tidak akan hancur oleh mereka yang melakukan pekerjaan jahat. Tetapi dunia hancur jika orang-orang yang mengetahui diam saja."

Ia mengimbau siapapun yang mengetahui ketidakbenaran untuk melakukan sesuatu atau bertindak. Tindakan tersebut bisa berupa pertanyaan kepada ahli atau mencari referensi yang mendukung.

Waktunya Ilmuwan Turun

Hera juga menyebutkan beberapa tantangan bagi para ilmuwan di situasi pandemi seperti sekarang ini. Menurutnya, para ilmuwan harus bisa menjawab pernyataan-pernyataan anti sains.

Pertanyaan anti sains tersebut di antaranya terkait ilmuwan Indonesia yang tidak mampu mendeteksi COVID-19 di awal kemunculannya.

"Dulu ada juga pertanyaan, apakah fasilitas dan teknologi Indonesia memadai? Bagaimana pengaruh kekebalan tubuh masyarakat? Bagaimana pengaruh lingkungan? Dan banyak lagi pertanyaan lain, sebetulnya semua pertanyaan ini bisa kita jawab."

Di masa pandemi ini, tambah Hera, adalah waktunya ilmuwan turun untuk bisa menjawab pertanyaan anti sains.

"Untuk mereka yang biasa bekerja dalam senyap, sekarang kita tidak bisa lagi hidup di dalam senyap tersebut."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Minus 5,3 Persen, Jokowi Ungkap Sektor yang Paling Terpuruk

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan mengkonsolidasikan sektor penerbangan dengan pariwisata demi mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal selanjutnya. Salah satunya dengan menjadikan 8 bandara sebagai hub internasional.

"Ekonomi kita di kuartal II jatuh berada di angka -5,32 persen, saya melihat sektor yang terdampak terkontraksi sangat dalam yaitu di sektor pariwisata dan sektor penerbangan," kata Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas "Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata, Istana Merdeka, Kamis (6/8/2020).

Berdasarkan catatannya, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mencapai 482 ribu orang, pada kuartal II-2020.

"Angka tersebut turun 81 persen untuk quarter to quarter dan turun 87 persen YoY yang turunnya berkontraksi sangat dalam," ujar Jokowi.

Namun, justru penurunan tersebut menjadi momentum yang tepat untuk mengkonsolidasi dan mentransformasikan sektor pariwisata dan sektor penerbangan, melalui penataan yang lebih baik.

Penataan yang dimaksud yakni rute penerbangan, penentuan Hub dan Super hub, juga kemungkinan penggabungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penerbangan dan pariwisata.

"Sehingga arahnya menjadi semakin kelihatan, dan pondasi ekonomi di sektor pariwisata dan transportasi akan semakin kokoh dan semakin baik dan bisa berlari lebih cepat lagi," ujar Jokowi.

Dia pun menginginkan agar 8 bandara saja yang menjadi internasional hub, dari 30 bandara yang tersebar di Indonesia.

"Kita harus berani menentukan bandara yang berpotensi menjadi internasional hub, dengan pembagian fungsi sesuai dengan letak geografis dan karakteristik wilayahnya," katanya.

Dia menyebut 8 bandara internasional yang berpotensi menjadi hub dan super hub, yakni bandara Ngurah Rai di Bali, Soekarno Hatta di Jakarta, bandara di Yogyakarta, bandara di Balikpapan.

Kemudian Bandara Sam Ratulangi Manado di Sulawesi Utara, bandara Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Kualanamu di Sumatera Utara, serta bandara Juanda di Surabaya.

Larangan Mudik Lebaran Bikin Industri Penerbangan Terpukul hingga Minus 80 Persen

Penumpang beraktivitas di area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/7/2020). Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soetta Febri Toga Simatupang mengatakan di bulan Juli, jumlah pergerakan penumpang rata-rata per hari mencapai 30.000 orang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Penumpang beraktivitas di area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/7/2020). Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soetta Febri Toga Simatupang mengatakan di bulan Juli, jumlah pergerakan penumpang rata-rata per hari mencapai 30.000 orang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, pandemi Virus Corona membawa dampak negatif luar biasa pada transportasi. Sektor penerbangan bahkan harus mengalami kontraksi hingga 80,23 persen akibat adanya larangan mudik Idul Fitri untuk menekan penyebaran pandemi.

"Moda angkutan yang paling terpukul adalah angkutan udara. Di mana angkutan udara pada triwulan II mengalami kontraksi sangat dalam yaitu 80,23 persen," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers secara daring, Jakarta, Rabu (5/8).

"Sektor transportasi terdampak luar biasa. Adanya imbauan untuk melakukan work from home, study from home sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19 berdampak besar pada sektor transportasi," sambungnya.

Larangan mudik pada sektor penerbangan menyebabkan penurunan aktivitas pada kargo dan pergudangan. Kedua aktivitas penting tersebut mengalami kontraksi hingga 30,80 persen.

"Kemudian pada Idul Fitri ini juga tidak ada mudik, ada penurunan aktivitas kargo sehingga aktivitas kargo dan pergudangan yang kontraksinya paling dalam yaitu 30,80 persen," paparnya.

Selain penerbangan, sektor transportasi lainnya yang mengalami kontraksi paling dalam adalah moda angkutan rel. Moda angkutan rel mengalami kontrakasi sebesar -63,75 persen.

"Kemudian diikuti angkutan rel yang mengalami kontraksi hingga -63,75 persen. Jadi kontraksi terjadi pada semua moda transportasi. Sehingga sektor transportasi secara keseluruhan terkontraksi 30,84 persen," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Resep Masakan Seafood Cumi, Sederhana dan Sehat

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Resep masakan seafood cumi punya banyak pilihan. Cumi merupakan seafood dengan banyak penggemar. Cumi-cumi sangat tinggi protein dan nutrisi penting lainnya.

Jika kamu merupakan penggemar cumi, resep masakan seafood cumi akan sangat berguna. Resep masakan seafood bisa memberi variasi menu cumi yang tak akan bikin bosan. 

Resep masakan seafood cumi punya cita rasa beragam. Kamu bisa mengolah cumi menjadi resep masakan seafood dengan beragam rasa mulai dari pedas, manis, hingga asam.

Resep masakan seafood ini juga mudah dibuat. Berikut 8 resep masakan seafood cumi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(6/8/2020).

Resep masakan seafood: cumi asam manis

cumi asam manis  (sumber: Pixabay)
cumi asam manis (sumber: Pixabay)

Bahan:

500 gram cumi, cuci bersih iris bulat

1 buah jeruk nipis, peras airnya

3 siung bawang putih, cincang halus

5 siung bawang merah, cincang halus

1 buah bawang bombay, cincang kasar

2 batang daun bawang, cincang kasar

5 sdm saus tomat

3 sdm saus cabai

1/2 sdt garam

Sejumput gula

1/2 sdt lada bubuk

Penyedap masakan bubuk, jika suka secukupnya

Minyak, secukupnya untuk menumis

Cara membuat resep masakan seafood cumi asam manis:

1. Cuci bersih cumi, potong-potong dan buang tulangnya. Buang juga tinta cumi.

2. Beri cumi perasan air jeruk nipis agar tidak terlalu amis, aduk rata kemudian cuci lagi hingga bersih.

3. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay hingga harum.

4. Masukkan cumi ke dalam tumisan bawang, aduk rata.

5. Tambahkan garam, gula, penyedap masakan, lada bubuk, saus tomat dan saus cabai. Aduk rata.

6. Tambahkan daun bawang, aduk rata dan masak hingga mendidih.

7. Matikan kompor, angkat cumi asam manis yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

 

Resep masakan seafood: cumi panggang madu

Ilustrasi Cumi Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Cumi Credit: pexels.com/pixabay

Bahan:

300 gram cumi-cumi

1 sdm air perasan jeruk nipis

1 sdt kecap manis

1/2 sdm madu

1 sdm air asam jawa

1 sdt garam

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 sdm margarin untuk memanggang

Cara membuat resep masakan seafood cumi panggang madu:

1. Cuci bersih cumi, lumuri dengan air jeruk nipis. Lalu kerat permukaan cumi tapi jangan sampai putus.

2. Haluskan bawang putih dan bawang merah.

3. Campur cumi dengan semua bahan bumbu.

4. Panaskan alat pemanggang, lelehkan margarin, lalu panggang cumi sampai matang sambil dibolak-balik.

5. Angkat dan hidangkan dengan saus kacang atau saus favorit.

Resep masakan seafood: cumi masak hitam

cumi masak hitam  (sumber: Pixabay)
cumi masak hitam (sumber: Pixabay)

Bahan:

500 gram baby cumi

2 ruas jari lengkuas (memarkan)

1 buah tomat (belah empat)

Minyak goreng (secukupnya)

2 lembar daun jeruk

1 sdm air jeruk nipis

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

Lada bubuk (secukupnya)

Garam (secukupnya)

Gula (secukupnya)

Penyedap masakan (secukupnya, jika suka)

Cara membuat resep masakan seafood cumi masak hitam:

1. Bersihkan cumi-cumi dan buang tulang rawan yang ada di tubuh cumi-cumi. Agar warna hitam pada cumi tidak hilang, usahakan agar isi tinta dalam perutnya tidak pecah saat dibersihkan.Beri air jeruk nipis agar cumi tidak terlalu amis.

2. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan.

3. Panaskan minyak goreng secukupnya kemudian tumis bumbu hingga harum.

4. Masukkan cumi-cumi, aduk rata, tunggu hingga tinta hitam di tubuh cumi keluar, masak hingga matang atau empuk.

5. Tambahkan lengkuas, daun jeruk dan buah tomat, aduk rata.

6. Koreksi rasa, angkat tumis cumi masak hitam yang telah matang dan sajikan.

Resep masakan seafood: Nugget cumi

Ilustrasi Nugget  Credit: freepik.com/topntp26
Ilustrasi Nugget Credit: freepik.com/topntp26

Bahan:

50 gram cumi

1 butir telur ayam

3 siung bawang merah, digoreng sebentar

3 siung bawang putih, digoreng sebentar

1 buah wortel ukurang sedang, diparut

4 sdm tepung roti

1 sdt garam

1 sdt gula

1/2 sdt lada bubuk

4 sdm tepung terigu dan 4 sdm air sebagai bahan celupan

100 gram tepung roti sebagai bahan pelapis

Cara membuat tesep masakan seafood nugget cumi:

1. Cuci bersih cumi. Buang tinta, bagian kepala dan punggungnya. Setelah itu masukkan dalam blender. Haluskan sampai lembut. Lalu, campur dengan wortel parut dan bawang putih serta bawang merah yang sudah dihaluskan. Aduk rata.

2. Campur semua bahan (kecuali bahan pencelup dan bahan pelapis). Aduk rata. Masukkan ke dalam loyang. Padatkan, lalu kukus selama 20 menit. Setelah matang, biarkan dingin. Lalu potong sesuai selera.

3. Masukkan potongan nugget ke bahan pencelup. Lalu gulingkan ke tepung roti sebagai bahan pelapisnya. Tata di loyang datar. Masukkan dalam freezer, dinginkan selama sekitar satu jam. Setelah itu, panaskan minyak di wajan. Goreng nugget sampai matang kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Resep masakan seafood: gulai cumi

Ilustrasi Gulai Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Gulai Credit: pexels.com/pixabay

Bahan:

3 ekor cumi ukuran sedang

2 potong tahu

1 butir telur ayam

2 lembar daun salam

1 batang serai

Bumbu Halus:

6 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 buah tomat ukuran kecil

4 buah cabai merah

3 butir kemiri

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 sdt ketumbar

garam, merica bubuk, dan gula secukupnya

air secukupnya

Cara membuat resep masakan seafood gulai cumi:

1. Cuci bersih cumi, buang isinya, dan kupas kulit arinya.

2. Untuk isian cumi, campur tahu dan telur dengan sedikit garam, lumatkan.

3. Masukkan bahan isian ke dalam perut cumi. Ikat bagian yang terbuka dengan tusuk gigi.

4. Tumis bumbu halus dengan daun salam dan serai sampai harum. Tambahkan garam, gula, merica bubuk, dan air secukupnya. Tes rasa. Biarkan sampai mendidih.

5. Masukkan cumi ke dalam panci. Masak hingga empuk.

Resep masakan seafood: cumi saus telur asin

Resep masakan seafood: cumi saus telur asin  (sumber: Pixabay)
Resep masakan seafood: cumi saus telur asin (sumber: Pixabay)

Bahan:

250 gram cumi

1 siung bawang bombay

3 siung bawang putih

1 butir telur asin (cincang halus)

1 bungkus tepung bumbu

minyak goreng secukupnya

1 sdt merica bubuk

1 sdm larutan maizena

cabai rawit sesuai selera (bisa skip jika tak suka pedas)

Cara membuat resep masakan seafood cumi saus telur asin:

1. Cuci bersih cumi dan potong sesuai selera.Beri air perasan jeruk agar tak amis.

2. Goreng cumi sebentar dengan tepung bumbu, sisihkan.

3. Tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai rawit sampai harum.

4. Masukkan cumi goreng tepung, telur asin dan larutan maizena.

5. Tambahkan merica bubuk, koreksi rasa.

6. Tambahkan larutan maizena.

7. Masak sampai matang.

Resep masakan seafood: cumi saus padang

Resep masakan seafood: cumi saus padang  (sumber: Pixabay)
Resep masakan seafood: cumi saus padang (sumber: Pixabay)

Bahan:

500 gram cumi-cumi

4 siung bawang putih

5 butir bawang merah

1/2 bawang bombay

daun serai dan daun jeruk

1 ruas jahe

6 cabai rawit

3 sdm saus sambal

2 sdm saus tiram

2 sdt tepung maizena, larutkan dengan air.

garam secukupnya

Cara membuat resep masakan seafood cumi saus padang:

1. Rendam cumi dalam air garam.

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan garam.

3. Tumis bumbu halus sampai harum.

4. Masukkan bawang bombay, daun serai, dan daun jeruk serta jahe.

5. Aduk rata lalu masukkan cumi.

6. Tambahkan saus tiram, saus sambal, dan tepung maizena.

7. Tambahkan sedikit air dan masak sebentar saja.

8. Koreksi rasa dan angkat.

Resep masakan seafood: cumi bakar bumbu rujak

Resep masakan seafood: cumi bakar bumbu rujak  (sumber: Pixabay)
Resep masakan seafood: cumi bakar bumbu rujak (sumber: Pixabay)

Bahan:

2 buah cumi besar, bersihkan dan kerat-kerat

1 buah jeruk nipis

1 sdm gula merah

1 batang serai, memarkan

2 sdm air asam jawa

2 lembar daun jeruk

Bumbu halus:

3 siung bawang putih

3 siung bawang merah

2 butir kemiri

1 ruas jahe

2 buah cabai merah

5 buah cabai rawit

2 sdm kecap manis

garam dan lada putih secukupnya

minyak secukupnya

Cara membuat resep masakan seafood cumi bakar bumbu rujak:

1. Baluri cumi dengan jeruk nipis.

2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, daun salam dan daun jeruk, masak bumbu hingga matang.

3. Masukkan cumi dan tumis hingga cumi agak kaku. Tuang kecap dan tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya. Aduk rata. Matikan api.

4. Panaskan teflon atau panggangan, panggang cumi hingga agak kecokelatan sambil sesekali dibalik dan dioles lagi dengam bumbu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA: Lakers Babak Belur Lawan Thunder

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Florida- Usai memastikan diri menjadi unggulan pertama di Wilayah Barat NBA 2019-2020, Los Angeles Lakers babak belur saat melawan Oklahoma City Thunder. Lakers kalah telak 86-105 di Disney World Resort, Florida, Kamis (6/8/2020) pagi WIB.

Lakers tampil sangat buruk di laga ini. Akurasi tembakan mereka hanya 35,2 persen. Bahkan Lakers cuma bisa memasukkan lima dari 37 percobaan tembakan tiga angka.

Bintang Lakers Anthony Davis hanya bisa membuat satu digit poin, tepatnya sembilan poin saja. Cuma tiga tembakannya yang masuk dari 11 percobaan.

LeBron James juga tampil mengecewakan dengan raihan 19 poin dan 11 rebound. Tak ada tembakan tiga angka LeBron yang masuk dari lima percobaan.

Berbanding dengan Lakers, para pemain Thunder tampil kesetanan. Lima starter Thunder semuanya mampu membuat double digit poin.

 

Chris Paul

Ilustrasi Bola Basket/Unsplash
Ilustrasi Bola Basket/Unsplash

Point guard Chris Paul memimpin dengan raihan 21 poin, tujuh rebound dan enam assists. Danilo Gallinari menyusul dengan 19 angka.

Steven Adams menghasilkan 18 poin dan tujuh rebound. Sedangkan Shai Gilgeous-Alexander finis dengan 13 poin. Pemain cadangan Luguentz Dort juga membuat double digit (14 poin).

 

Kekalahan Kedua

Ini menjadi kekalahan kedua Lakers sejak NBA dimulai lagi di Disney World Resort akhir Juli lalu. Sebelumnya Lakers takluk dari Toronto Raptors.

Total Lakers sudah menang dua kali di kandang Micky Mouse. Kedua lawan yang dikalahkan adalah Los Angeles Clippers dan Utah Jazz.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kota Aberden di Skotlandia Sepi karena Lockdown

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Jalanan sepi kota Aberdeen menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)
Jalanan sepi kota Aberdeen menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Jalanan sepi kota Aberdeen menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Pub di kota Aberdeen ditutup menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)
Pub di kota Aberdeen ditutup menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Pub di kota Aberdeen ditutup menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Staf memindahkan meja luar ruangan dari sebuah pub menyusul pemberlakuan lockdown setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Aberden, Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)
Staf memindahkan meja luar ruangan dari sebuah pub menyusul pemberlakuan lockdown setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Aberden, Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Staf memindahkan meja luar ruangan dari sebuah pub menyusul pemberlakuan lockdown setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Aberden, Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Pub Adams dan Hawthorn di kota Aberdeen ditutup menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)
Pub Adams dan Hawthorn di kota Aberdeen ditutup menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

Pub Adams dan Hawthorn di kota Aberdeen ditutup menyusul pemberlakuan lockdown atau penguncian wilayah setelah jumlah kasus COVID-19 melonjak di Skotlandia, Kamis (6/8/2020). Pemerintah Kota Aberdeen mencatat puluhan kasus virus Corona baru dalam minggu ini. (Michal Wachucik / POOL / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Blockchain Week 2020 Bahas Sistem Keuangan Terdesentralisasi

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokocrypto siap menggelar Indonesia Blockchain Week (IBW) 2020 pada 18 hingga 27 Agustus mendatang. Pada tahun sebelumnya, Tokocrypto sukses menggelar ajang rangkaian seminar blockchain terbesar di Indonesia itu untuk pertama kalinya.

IBW 2019 menghadirkan beragam pembahasan dari pelaku proyek blockchain Indonesia dan luar negeri.

Adapun pada tahun ini, IBW akan berfokus pada pembahasan Decentralized Finance (DeFi). Topik tersebut saat ini memang tengah menjadi perbincangan para pelaku indsutri keuangan dan blockchain.

"Dalam setahun belakangan ini, Decentralized Finance atau sistem keuangan terdesentralisasi kerap menjadi perbincangan dalam dunia finansial dan juga blockchain," ujar Chung Ying Lai, Business Development Director Tokocrypto sekaligus Ketua Penyelenggara Indonesia Blockchain Weeks 2020 dalam keterangan tertulis.

Pada IBW 2020, kata Chung, pihaknya ingin "mengupas lebih dalam terkait hal ini dan memperkenalkan pada masyarakat Indonesia sebagai bentuk upaya untuk membuka akses finansial bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang belum memiliki akses ke fasilitas perbankan."

 

Format Webinar

Selain DeFi, IBW kali ini juga agak berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini acara tersebut akan digelar dalam format webinar, alih-alih berbentuk acara di berbagai kota seperti pada tahun lalu.

"Indonesia Blockchain Week adalah sebuah perwujudan dari visi Tokocrypto untuk menjadi pusat edukasi blockchain di Indonesia. Walaupun dalam keadaan sulit seperti sekarang di tengah pandemi Covid-19, kami percaya webinar ini dapat menjadi sebuah kesempatan yang baik," tutur Pang Xue Kai, Co-Founder & CEO Tokocrypto.

Terlibat dalam penyelenggaraan IBW 2020 kali ini beberapa mitra Tokocrypto yang memiliki visi yang sama dan turut mendorong inisiatif terkait penerapan DeFi. Mereka adalah Binance, Swipe, dan Synthetix, yang sekaligus akan menjadi pembicara pada konferensi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stimulus Gaji Tambahan Diterima Pekerja Berpendapatan di Bawah Rp 5 Juta Mulai September

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir mengatakan, stimulus bantuan gaji tambahan dari pemerintah bagi pekerja berpendapatan di bawah Rp 5 juta per bulan memasuki tahap finalisasi.

"Program dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan di September 2020," kata Erick dalam siaran pers yang diterima, Kamis (6/8/2020).

Stimulus bantuan gaji tambahan tersebut nantinya diberikan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 13,8 juta pekerja non-PNS dan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150.000 per bulan.

"Jadi pemerintah menggelontorkan bantuan gaji tambahan ini adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat. Hal ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi," jelasnya. 

 

Besaran Bantuan Sebesar Rp 600 Ribu per Bulan

Erick menambahkan, percepatan realisasi program pemulihan ekonomi akan berjalan beriringan dengan prioritas utama pemerintah untuk kesehatan dan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pandemi.

"Ini agar kesehatan pulih, dan ekonomi pun bangkit," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

Sebagai informasi, besaran bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan dan dilakukan sebanyak 4 kali dan diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja. Hal ini dilakukan demi menghindari penyalahgunaan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 64 Pasien Covid-19 di Surabaya Ikuti 'Wisuda'

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Kogabwilhan II Surabaya menggelar acara tak biasa. 64 pasien covid-19 diikutkan dalam acara wisuda. Seperti apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Ipad Untuk Tempat Makan

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video Tiktok dua perempuan sedang makan dengan alas Ipad. Banyak netizen yang bertanya-tanya tentang higienitas makanan tersebut setelah ditaruh disana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Kahiyang Ayu Usai Melahirkan Bikin Salah Fokus

Posted: 05 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kahiyang Ayu telah melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin laki-laki di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta Pusat, pada Senin (3/6/2020). Istri Bobby Nasution ini melewati persalinan secara caesar.

Dua hari setelah melahirkan, untuk pertama kalinya Kahiyang Ayu membagikan foto keluarga kecilnya lengkap dengan anggota keluarga yang baru. Tak banyak yang ditulis Kahiyang Ayu selain ungkapan syukur.

"Alhamdulillah," tulis Kahiyang Ayu yang dilengkapi dengan emotikon tersenyum pada Rabu (5/8/2020) malam.

Foto Keluarga

Kahiyang ayu dan Bobby bagikan potret keluarga baru. (Sumber: Instagram/@bobbynst)
Kahiyang ayu dan Bobby bagikan potret keluarga baru. (Sumber: Instagram/@bobbynst)

Dalam foto tersebut, terlihat Kahiyang Ayu yang duduk di ranjang perawatannya sambil menggendong sang putra tercinta. Wajah Kahiyang tampak cantik dan segar meski baru melahirkan.

Sang suami, Bobby Nasution, duduk tepat di samping Kahiyang Ayu dengan memamerkan senyuman. Sementara anak sulung mereka, Sedah Mirah Nasution, memperlihatkan pose imut sambil memeluk guling.

Doa

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Sumber: Instagram/ayanggkahiyang)
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Sumber: Instagram/ayanggkahiyang)

Dalam waktu singkat, unggahan ini dipenuhi dengan beragam komentar dari warganet dan juga rekan-rekan selebritas. Mereka memberikan doa yang indah untuk keluarga kecil ini.

"Congratulation @ayanggkahiyang sehat selalu baby & mom," tulis Shandy Aulia di kolom komentar.

"Selamatttt Ayaaang Semoga jadi anak soleh kebanggaan Ayah Ibu yaa," kata Fitri Tropica.

"Selamaaattt mba Ayang dan keluarga... sehat2 semua nya ya," tambah Titi Radjobintang.

Salah Fokus

Kahiyang Ayu. (Foto: Mario Ardi and Team dari Instagram @ayanggkahiyang)
Kahiyang Ayu. (Foto: Mario Ardi and Team dari Instagram @ayanggkahiyang)

Lebih lanjut, tak sedikit warganet yang terpana dengan penampilan Kahiyang Ayu setelah melahirkan. Bahkan tak sedikit yang takjub melihat rambutnya yang terurai panjang.

"Salfok sm rambut mba ayang panjang bangetttt.. congratz mba..congratz Bapak Presiden Kami sdh nambah lg cucu," kata pemilik akun @situmorangnovida.

"Ga makeup aja cantik kak," ungkap pengguna akun neyshaayari.

"Selamat.wihh salfok rambut mbak ayang panjang bgt," tambah yang lainnya.

Nama

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Prescon
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Prescon

Meski publik sudah penasaran, namun hingga saat ini, Kahiyang Ayu dan suami belum mengumumkan nama buah hati mereka. 

"Nama masih... Sudah ada sebenarnya, tapi yang mau kita kasih tahu nama belakangnya saja. Nasution. Begitu," tutur Bobby, dalam konferensi pers beberapa waktu lalu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Ledakan di Beirut Lebanon

Posted: 05 Aug 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas peristiwa ledakan yang terjadi di Beirut, Lebanon, Selasa, 4 Agustus 2020 petang waktu setempat.

"Saya turut berbelasungkawa untuk saudara-saudariku di Lebanon," kata Presiden Jokowi, dalam cuitan berbahasa Inggris di akun Twitter @jokowi, Kamis (6/8/2020).

Presiden mengatakan peristiwa tersebut tragis dan menyakitkan. Dia menekankan posisi Indonesia saat ini berdiri bersama Lebanon.

"Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan korban ledakan dahsyat di Beirut," ujar Jokowi.

Ledakan besar yang menimbulkan awan berbentuk jamur, mirip ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang pada masa Perang Dunia II tersebut, menewaskan sedikitnya 135 orang dan menyebabkan ribuan orang terluka serta hancurnya bangunan serta infrastruktur di sekitar.

Menyusul insiden ledakan besar  itu, Duta Besar RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari, menyampaikan beberapa keterangan terkait insiden itu dan kondisi WNI di kota tersebut. 

"Ledakan sangat besar yang telah kami laporkan terdahulu terjadi di Port of Beirut pada pukul 18.02 Waktu Setempat," kata Dubes Hajriyanto, berdasarkan keterangannya, Rabu (5/8/2020).

Dia juga menjelaskan, bahwa lokasi pelabuhan itu berdekatan dengan pusat kota Beirut, dan tingkat kehancuran dan kerusakan properti terjadi dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

Dubes Hajriyanto pun menyampaikan informasi yang didapatkan dari Kementerian Kesehatan Lebanon, bahwa jumlah korban meninggal dari insiden ledakan itu mencapai puluhan dan korban luka-luka juga mencapai ratusan.

Untuk kondisi WNI di Beirut, Dubes Hajriyanto menyatakan bahwa "Seluruh WNI dalam keadaan aman dan selamat", berdasarkan pengecekan terakhir. 

"Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234 diantaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa," jelas Dubes Hajriyanto.

 

Imbauan Untuk WNI

Petugas penyelamat dan keamanan bekerja di lokasi ledakan besar di Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan ribuan lainnya terluka tersebut meratakan pelabuhan dan merusak bangunan di seluruh Beirut. (AP Photo/Hussein Malla)
Petugas penyelamat dan keamanan bekerja di lokasi ledakan besar di Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan ribuan lainnya terluka tersebut meratakan pelabuhan dan merusak bangunan di seluruh Beirut. (AP Photo/Hussein Malla)

Selain itu, Dubes Hajriyanto juga memaparkan bahwa KBRI telah menyampaikan imbauan melalui whatsApp Group dan melalui simpul-simpul WNI.

Dubes Hajriyanto pun kembali menerangkan bahwa sejauh ini WNI terpantau aman, juga dengan KBRI yang telah mengimbau para WNI untuk segera memberi laporan apabila berada dalam situasi tidak aman.

Sementara untuk satu orang WNI yang sedang di karantina di RS Rafiq Hariri, Beirut, yang tidak jauh dari lokasi ledakan, menurut Dubes Hajriyanto, juga sudah terkonfirmasi aman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Catatan Jokowi Jelang Penggabungan BUMN Sektor Aviasi dan Pariwisata

Posted: 05 Aug 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka rapat terbatas terkait rencana penggabungan BUMN di sektor aviasi (penerbangan) dan pariwisata. Pada rapat itu, Jokowi menyampaikan tiga catatan.

Poin yang ditekankan, yakni terkait bagaimana meringkas manajemen sektor penerbangan dan pariwisata agar lebih jelas arahannya.

"Saya tekankan, poin satu, saya melihat airline hub terlalu banyak dan tidak merata. Kita lihat lagi saat ini ada 30 bandara internasional, apakah diperlukan sebanyak ini?" tanya Jokowi saat membuka rapat secara daring di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Menurut dia, melihat tingkat kesibukannya, hanya ada empat bandara yang mendominasi tingkat lalu lintas internasional. Pertama Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Ngurah Rai di Bali, Bandara Juanda di Sidoarjo, dan Bandara Kualanamu Medan.

Poin kedua, lanjut Jokowi, bagaimana pemerintah harus berani menentukan bandara internasional hub sesuai fungsi geografis, karakteristik dan wilayahnya.

"Ada delapan bandara internasional berpotensi jadi hub dan superhub, yaitu Ngurah Rai, Soetta, Kualanamu, Jogjakarta, Balikpapan, Hasanudin, Samratulangi dan Juanda di Surabaya," beber mantan Gubernur DKI Jakarta ini. 

 

Saling Terhubung

Pada poin terakhirnya, Jokowi berharap agar penggabungan BUMN di sektor aviasi dan pariwisata yang dibahas dalam ratas hari ini dapat menghasilkan lompatan pariwisata.

Kuncinya, menurut Jokowi, bagaimana hal-hal pendukungnya harus di desain terkonsolidasi dari hulu ke hilir.

"Jadi mulai dari manajemen airline layanan bandara itu tersambung hingga ke manajemen hotel sampai industri kreatif yang kita miliki. Saya kira itu sebagai pengantar," Jokowi menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Anjlok, Wakil Ketua MPR: Bukti Tidak Efektifnya Kebijakan Pemerintah

Posted: 05 Aug 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) resmi merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia Triwulan II-2020, Rabu, (5/8/2020). Dalam rilis resminya, BPS menyebutkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia terkontraksi hingga -5,32% (YoY).

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan mempertanyakan langkah ekonomi yang diambil oleh Pemerintah. Pasalnya, kontraksi hingga -5,32% ini merupakan kontraksi terdalam sejak tahun 1999. "Kondisi ini menunjukkan *kurang efektifnya berbagai langkah ekonomi Pemerintah di masa Pandemi Covid-19", ungkap Syarief.

Dua kontraksi berturut-turut ini, membuat Indonesia masuk ke dalam fase resesi teknikal. Pasalnya, PDB Indonesia pada kuartal I-2020 mencatatkan -2,41% secara quarter to quarter (QoQ). "Kondisi ini menjadi awal mula resesi yang sesungguhnya jika kebijakan Pemerintah tidak mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Triwulan III-2020 mendatang", jelas Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini pun menegaskan bahwa kondisi ini sangat berbahaya bagi perekonomian Indonesia. Apalagi, sektor-sektor yang paling anjlok pertumbuhan PDB-nya adalah sektor yang banyak berhubungan dengan investasi. Semisal, konstruksi (5,39%), industry pengolahan (-6,19%), dan pertambangan (-2,2%). "Kondisi ini akan *membuat investor berpikir kembali untuk berinvestasi di Indonesia", ungkap Syarief Hasan.

Ia mendorong Pemerintah untuk melakukan intervensi kebijakan agar kondisi ini tidak berlanjut di Triwulan III 2020. Menurutnya, untuk menguatkan kembali ekonomi maka kebijakan ekonomi yang diambil tidak boleh kebijakan jangka pendek. Ia juga mendorong Pemerintah untuk menggalakkan kembali *MP3EI (Master Plan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia)* yang telah terbukti menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 6% di masa Pemerintahan SBY.

Apalagi, berdasarkan rilis dari BPS, pertanian merupakan satu-satunya sektor yang masih bertumbuh meski memang mengalami penurunan. Hal ini sejalan dengan MP3EI yang memberikan perhatian besar terhadap potensi pertanian di dua koridor yakni koridor Sulawesi dan koridor Maluku-Papua.

"Seandainya, sejak awal MP3EI dijalankan maka koridor Sulawesi dan Maluku-Papua mampu tetap bertumbuh dan mengimbangi wilayah yang lain sehingga ekonomi tidak anjlok.",begitu pula stimulus kepada UMKM seharusnya lebih besar dan lebih cepat dilaksanakan. ungkap Syarief.

Menurutnya, MP3EI dapat menjadi jalan keluar bagi perekonomian Indonesia. "Pengembangan daerah/koridor berdasarkan potensi masing-masing daerah menjadi kuncinya. MP3EI juga akan mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia, tak hanya di Jawa. Apalagi terbukti, daerah Timur Indonesia, khususnya koridor Maluku-Papua menjadi satu-satunya koridor yang tidak mengalami minus dalam pertumbuhan ekonomi. Sudah saatnya, Indonesia memiliki blueprint ekonomi yakni MP3EI ,sayangnya Preaiden Jokowi membatalkan Program MP3EI ini. ungkap Syarief Hasan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Dipicu Depresiasi Dolar AS dan Sentimen Positif Global

Posted: 05 Aug 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada pembukaan perdagangan Kamis ini.

Mengutip Bloomberg, Kamis (6/8/2020), rupiah dibuka di angka 14.477 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.550 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.465 per dolar AS hingga 14.604 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih melemah 5,29 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referesi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.587 per dolar AS. Menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.623 per dolar AS.

Pada perdagangan hari ini, rupiah masih berpeluang melanjutkan penguatan dari hari sebelumnya didukung sentimen global

"Pagi ini dolar AS masih terlihat melemah terhadap nilai tukar emerging markets. Rupiah masih berpotensi menguat," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Kamis (6/8/2020).

Kemarin data perubahan jumlah orang yang dipekerjakan di luar sektor pertanian dan pemerintahan di AS yang disurvei oleh perusahaan swasta AS, Automatic Data Processing Inc, dilaporkan mengalami kenaikan.

Namun angkanya mencapai 167 ribu orang, jauh di bawah ekspektasi pasar 1,2 juta orang. Hal itu memberikan sentimen negatif ke dolar AS.

"Selain itu pembahasan stimulus fiskal AS senilai 1 triliun dolar AS masih menjadi sentimen positif untuk nilai tukar emerging markets," kata Ariston.

Prediksi Rupiah

Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi bergerak menguat di kisaran Rp14.400 per dolar AS hingga Rp14.650 per dolar AS.

Pada Rabu (5/8) rupiah ditutup menguat 75 poin atau 0,51 persen menjadi Rp14.550 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.625 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Misterius Dilaporkan Terjadi di Kota Perbatasan Korea Utara

Posted: 05 Aug 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Kota Hyesan - Sejumlah laporan menyebut terjadi serangkaian ledakan yang mengguncang sebuah kota di Korea Utara, dekat perbatasan dengan China pekan ini. Peristiwa itu kemungkinan mengakibatkan jatuhnya korban.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Kamis (6/8/2020) menyebut, para pejabat Korea Utara maupun media pemerintah tidak ada yang berkomentar mengenai ledakan tersebut.

Peristiwa ledakan itu dilaporkan terjadi Senin larut malam di kawasan permukiman di Kota Hyesan.

Video-video, yang dimuat Associated Press dan surat kabar berbasis di Seoul, Daily NK, memperlihatkan ledakan berulang kali, ditambah dengan kobaran api dan asap gelap membubung dari kawasan permukiman di Hyesan.

Rekaman gambar itu diambil dari China, yang dipisahkan oleh Sungai Yalu dari Korea Utara.

Diduga Ada 15 Orang Tewas

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Daily NK, yang mengandalkan jejaring sumber anonim dari berbagai penjuru Korea Utara, melaporkan bahwa ledakan itu menewaskan sedikitnya 15 orang. Kendati demikian angka-angka itu belum dikukuhkan.

Menurut media itu, ledakan awal tampaknya disebabkan oleh kebocoran gas di sebuah rumah, berasal dari tabung gas cair. Ini memicu hingga 10 ledakan lainnya di rumah-rumah di dekatnya, sebut harian itu.

Korea Utara kerap kali tidak melaporkan kecelakaan-kecelakaan maut.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Fakta-Fakta SKB CPNS 2019

Posted: 05 Aug 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan, tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan diselenggarakan 1 September 2020, setelah sebelumnya ditunda karena imbas pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memastikan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang calon pegawai negeri sipil (SKB CPNS) formasi 2019 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Rencananya, pemerintah akan menggelar SKB CPNS 2019 pada September-Oktober 2020.

"Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan," jelas dia dalam keterangannya, Rabu (8/7/2020).

Lebih lanjut, berikut Liputan6.com merangkum fakta-fakta SKB untuk Anda dari berbagai sumber, Kamis (6/8/2020).

Tes SKB dipastikan 1 September-12 Oktober 2020

Kepala Biro Humas BKN Paryono membenarkan pelaksanaan SKB pada 1 September 2020, yang akan dilakukan secara online dan datang langsung ke instansi masing-masing, dengan memperhatikan protokol Kesehatan.

Ya (1 September 2020).  Terlampir di jadwalnya, dan ya (dilaksanakan luring), peserta harus datang ke lokasi tes " ujar Kepala Biro Humas BKN Paryono saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (29/7/2020).

Berdasarkan lampiran BKN Nomor K26-30/V 116-4/99, berikut jadwal lengkap seleksi tes SKB CPNS 2019:

- Verifikasi Data Hasil SKD : 27 - 30 Juli 2020

- Pengumuman dan Pendaftaran Ulang SKB : 1 - 7 Agustus 2020

- Pencetakan Kartu Ujian SKB : 8 Agustus 2020

- Penjadwalan SKB : 10 - 14 Agustus 2020

- Pengumuman Jadwal Pelaksanaan SKB : 18 Agustus 2020

- Pelaksanaan SKB: 1 September - 12 Oktober 2020

- Pengolahan hasil SKD dan SKB : 8 - 18 Oktober 2020

- Rekon integrasi Hasil SKD dan SKB : 19 - 23 Oktober 2020

- Penyampaian Hasil Seleksi : 26 - 28 Oktober 2020

- Pengumuman Hasil Seleksi : 30 Oktober 2020

- Usul Penetapan NIP : 1 - 30 November 2020

"Nama-nama hasil seleksi final selanjutnya akan diajukan dalam usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP)," ujar Paryono.

 

 

Daftar Ulang Peserta SKB 1-7 Agustus 2020

Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Pengadaan CPNS 2019 Nomor K 26-30/V 116-4/99.

"Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 (CPNS 2019) yang dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB), dan diminta untuk segera daftar ulang mulai 1-7 Agustus 2020 di laman https://sscn.bkn.go.id," tulis SE.

Kemudian, peserta seleksi CPNS yang telah daftar ulang wajib melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta Ujian SKB mulai tanggal 8 Agustus 2020 melalui akun masing-masing peserta pada laman https://sscn.bkn.go.id. Setelah itu, peserta tinggal menunggu jadwal dan tempat pelaksanaan SKB.

Peserta Bisa Pilih 3 Kali Lokasi Tes SKB

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, peserta seleksi SKB CPNS 2019 sudah bisa melakukan daftar ulang dan memilih lokasi tes.

"Lokasi tes bisa dipilih oleh peserta terdekat, dan daftar ulang mulai tanggal 1-7 Agustus 2020," kata Paryono, kepada Liputan6.com, seperti ditulis Senin (3/8/2020).

Untuk memilih lokasi tes SKB terdiri atas 2 bagian, yakni jika peserta memilih lokasi tes mulai dari tanggal 1 – 7 Agustus 2020, maka peserta dapat mengubah pilihan lokasi ujian sebanyak 3 kali.

Sedangkan, jika peserta memilih lokasi tes mulai dari tanggal 8 Agustus maka peserta hanya dapat memilih lokasi tes SKB sebanyak 1 kali.

Setelah memilih lokasi tes, maka peserta dapat melakukan pencetakan kartu ujian SKB mulai tanggal 8 Agustus 2020.

 

Jadwal SKB CPNS 2019 Tiap Instansi Diumumkan 18 Agustus 2020

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, peserta SKB CPNS 2019 harus bersabar dulu. Itu lantaran jadwal tes di masing-masing instansi baru akan diumumkan setelah melewati proses pendaftaran ulang untuk bisa mengikuti tes SKB.

"Belum ada jadwalnya, karena data pendaftaran ulang kan belum masuk," kata Paryono kepada Liputan6.com, Kamis (30/7/2020).

Adapun secara jadwal, pelaksanaan SKB untuk setiap instansi akan diumumkan pada 18 Agustus 2020 mendatang.

Sebelum ke tahap tersebut, peserta wajib melakukan pendaftaran ulang SKB pada 1-7 Agustus 2020. Untuk pencetakan kartu ujian SKB dijadwalkan satu hari setelahnya, yakni 8 Agustus 2020.

Pada tahap berikutnya, masing-masing instansi akan melakukan penjadwalan tes SKB di masing-masing instansinya. Waktu yang diberikan yakni 5 hari, pada 10-14 Agustus 2020.

Peserta Hanya Diperkenankan Mampir ke Tempat Tes

Sesuai dengan SE Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN), tertulis kebijakan umum bagi peserta, yakni:

1) Dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 (empat belas) hari sebelum pelaksanaan tes; 2) Tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat tes;

3) Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 (satu) meter dengan orang lain;

4) Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan hand sanitizer;

5) Peserta dengan hasil pengukuran suhu ≥ 37,3°C diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah (ruangan khusus) dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah (face shield);

6) Apabila peserta dengan hasil pengukuran suhu ≥ 37,3°C berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan tidak dapat mengikuti tes, maka peserta diberikan kesempatan mengikuti tes pada sesi cadangan satu hari setelah jadwal akhir seleksi;

7) Peserta seleksi CPNS yang berasal dari wilayah yang berbeda dengan lokasi tes mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

 

Peserta Dihimbau Hadir 1 Jam Lebih Awal Sebelum Tes Dimulai

CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kewajiban bagi peserta:

1) Wajib hadir di lokasi tes paling lambat 60 (enam puluh) menit sebelum pelaksanaan tes dimulai;

2) Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu. Jika diperlukan, penggunaan pelindung wajah (face shield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan;

3) Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Peserta Ujian SKB serta menunjukkan kepada Panitia;

4) Membawa pensil kayu (bukan pensil mekanik);

5) Mengenakan kemeja atas berwarna putih polos tanpa corak dan celana panjang/rok berwarna gelap (tidak diperkenankan memakai kaos, celana berbahan jeans, dan sandal). Bagi peserta yang berjilbab, menggunakan jilbab warna gelap;

6) Duduk pada tempat yang ditentukan;

7) Melakukan penitipan barang di tempat yang ditentukan dengan tetap menjaga jarak minimal 1 (satu) meter.

8) Mendengarkan pengarahan Panitia sebelum pelaksanaan tes dimulai;

9) Mengerjakan semua soal tes yang tersedia sesuai dengan alokasi waktu.

 

Larangan bagi peserta

1) Dilarang membawa buku, catatan, jam tangan, perhiasan, kalkulator, dan peralatan elektronik seperti laptop, tablet, flashdisk, telepon genggam (handphone) atau alat komunikasi lainnya, dan kamera dalam bentuk apapun;

2) Membawa makanan dan minuman ke dalam ruangan tes;

3) Membawa senjata api/tajam atau sejenisnya;

4) Bertanya/berbicara dengan sesama peserta tes;

5) Menerima/memberikan sesuatu dari/kepada peserta lain tanpa seizin panitia selama tes berlangsung;

6) Merokok dalam ruangan;

7) Keluar ruangan tes, kecuali memperoleh izin dari panitia.

 

 

Peserta Positif Covid-19 Diperbolehkan Ikut Tes SKB CPNS

CPNS melihat nilai sementara SKD di ruang tunggu di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS melihat nilai sementara SKD di ruang tunggu di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen menjelaskan, ada beberapa langkah yang akan dilakukan untuk memastikan peserta bisa mengikuti tes, meskipun hasil rapid tesnya reaktif atau hasil swab tesnya positif Covid-19.

"Kalau hasil rapidnya reaktif, itu kan belum tentu positif Covid-19. Tapi jika setelah diswab test positif, maka kami akan meminta rekomendasi kepada Kementerian Kesehatan, apakah yang bersangkutan diizinkan ikut tes di lokasi," ujar Suharmen dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Lalu, jika peserta SKB CPNS 2019 yang bersangkutan harus diisolasi mandiri, BKN akan memanfaatkan platform meeting online seperti Zoom untuk mengawasi peserta tes di tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan untuk menutup celah yang mungkin akan dimanfaatkan peserta untuk mengerjakan ujian dengan peran calo.

Mekanismenya, ketika ujian dimulai, peserta harus menghubungkan akun Zoom mereka dengan akun Zoom BKN yang khusus dibuat untuk pengawasan ujian.

Kemudian, pihak BKN akan melakukan pengawasan dan memastikan bahwa yang mengerjakan soal ialah peserta itu sendiri, bukan orang lain.

Kendati begitu, Suharmen menegaskan bahwa pihaknya tidak akan langsung menggugurkan peserta SKB yang positif terkena Covid-19. Berbeda dengan peserta UTBK perguruan tinggi negeri yang masih punya kesempatan di perguruan negeri swasta atau mencoba di gelombang lain setelah sembuh.

"Ini poin pentingnya, nggak ada yang digugurkan kalau dia terkena Covid-19. Karena Covid-19 ini kan bukan karena keinginan dia untuk kena. Kalau seperti UTBK, itu gugur punya kesempatan lagi, sementara CPNS kesempatannya hanya sekali, kalau dilewatkan dia nggak akan punya kesempatan lagi," jelas Suharmen.

 

Kisi-Kisi Soal Tes SKB CPNS 2019

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mengutip Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019, ada sejumlah ketentuan dan materi SKB yang dapat diperhatikan oleh para peserta CPNS 2019.

Adapun materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, yang selanjutnya diintegrasikan dalam bank soal Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Sementara untuk materi SKB pada jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Pelaksanaan materi SKB di instansi pusat selain dengan CAT dapat pula berupa:

- Tes Potensi Akademik (TPA)

- Tes praktek kerja

- Tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan

- Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit dua jenis bentuk tes.

Sedangkan jabatan yang bersifat sangat teknis/keahlian khusus seperti Pranata Komputer, SKB dapat dilakukan dalam bentuk tes praktik kerja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Resep Masakan Pedas Gila yang Kekinian, Cocok untuk Jualan

Posted: 05 Aug 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang kekinian tak hanya memiliki rasa manis dan gurih. Justru kini, masakan pedas gila semakin menjadi primadona. Meski sudah banyak yang menjual, mempraktikkan sendiri resep masakan pedas gila sudah pasti lebih menggugah selera bukan? 

Jika mau, cobalah buka bisnis makanan pedas gila yang kekinian ini. Tak perlu takut kalah bersaing dengan penjual yang lain, sebab popularitas makanan pedas ini cukup tinggi. Nah, resep masakan pedas gila yang kekinian ini bisa dijadikan referensinya.

Resep masakan pedas gila yang kekinian ini tak hanya terdiri dari olahan ayam. Aneka olahan seafood ada di sini. Mulai dari cumi, kerang, tuna, dan udang. Bahkan, sate kambing super pedas pun ada.

Berikut Liputan6.com ulas resep masakan pedas gila yang kekinian dari berbagai sumber, Kamis (6/8/2020).

Resep Masakan Pedas Gila yang Kekinian

Ilustrasi kerang | iStockphoto
Ilustrasi kerang | iStockphoto

Ceker

Bahan-Bahan:

- 1/4 kg ceker ayam

- 3 siung bawang merah

- 6 siung bawang putih

- 8 buah cabai merah besar

- Cabai rawit (sesuai selera)

- Gula merah

- Garam

- Merica bubuk

- 1 ruas sere

- 1 lembar daun salam

- 2 lembar daun jeruk

- 2 cm jahe

- Kecap manis

- Minyak goreng

- 1/2 gelas air untuk menumis

Langkah-Langkah:

1. Rebus ceker selama 30 menit sampai empuk. Lalu tiriskan.

2. Sambil menunggu ceker direbus, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, gula merah, merica, dan garam.

3. Setelah halus, panaskan sedikit minyak goreng masukkan bumbu halus, lalu masukkan daun jeruk, daun salam, jahe dan sere.

4. Masak hingga harum lalu masukkan ceker yang sudah di rebus, tambahkan kecap manis dan air. Masak sampai air menyusut.

5. Angkat dan hidangkan.

Kerang Dara

Bahan-Bahan:

- 1 bungkus kerang dara yg udah dikupas (kayanya 1/2kg)cuci bersih

- 4 siung bawang putih, geprek cincang

- 2 siung bawang merah, geprek cincang

- 5 sdm saus sambal atau ganti 8 buah cabai rawit (tambah bawang putih dan merah)

- 2 sdt saus tiram

- 1 sdt garam

- 2 sdt kaldu jamur

- 1 sdt gula pasir

- Bon cabe level 15 (optional)

- 150 mL air (1/4 gelas belimbing)

Langkah-Langkah:

1. Rebus kerang dara sampai mendidih, tiriskan.

2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.

3. Tambahkan saus tomat, saus sambal, saus tiram, dan air.

4. Tambahkan garam, gula, kaldu. Aduk sampai rata, lalu masukkan kerang dan tomat.

5. Tambahkan bon cabe sesuai selera, tunggu sampai airnya menyusut.

6. Angkat dan hidangkan.

Resep Masakan Pedas Gila yang Kekinian

Ilustrasi sate kambing | Pixelme Stock Photography dari Pexels
Ilustrasi sate kambing | Pixelme Stock Photography dari Pexels

Sate Kambing

Bahan-Bahan:

- 1 kg daging kambing muda dan lemaknya dipotong dadu

- Tusuk sate secukupnya

- 15 sdm kecap manis

- 4 sdt air asam Jawa

- Mentega

- 6 lbr daun jeruk dibuang tulang daunnya.

Bumbu Halus:

- 12 siung bawang merah

- 6 siung bawang putih

- Ketumbar secukupnya disangrai

- 2 sdm jintan disangrai

- 2 ruas jari telunjuk jahe

- Nanas matang secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- Merica bubuk secukupnya.

Bahan Pelengkap:

- Kecap manis secukupnya

- 2 buah jeruk purut ambil airnya

- 2 buah tomat merah potong tipis

- 10 siung bawang merah iris tipis

- 10 buah cabai rawit

Langkah-Langkah:

1. Siapkan wajan lalu lelehkan mentega

2. Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat dan pindah ke piring datar. Campur dengan kecap manis dan air asam Jawa. Aduk rata.

3. Oles daging kambing dengan bumbu tersebut dan biarkan sebentar hingga bumbu meresap

4. Jika sudah, tusuk daging kambing yang telah berlumur bumbu tersebut dan siapkan bara api

5. Bakar sate kambing hingga matang sambil sesekali dioles bumbu dan dibolak-balik. Jika sudah matang, angkat dan letakkan pada piring saji

6. Campur semua bahan pelengkap dan tambahkan perasan jeruk purut ke atasnya

7. Nah, sate kambing khas Solo siap dihidangkan.

Udang

Bahan-Bahan:

- 300 gram udang, kupas kulit sisakan bagian ekor, buang kotorannya, cuci bersih, beri perasaan jeruk nipis, dan sedkit garam, sisihkan.

- 1 buah tomat potong dadu.

- 1 batang daun bawang iris.

- 1 sdm asam jawa larutkan dengan 4-5 sdm air panas.

- 1 sdm saus tiram.

- 1 sdm kecap manis.

- Garam, merica, kaldu jamur.

Bahan Halus:

- 6 siung bawang putih.

- 4 butir bawang merah.

- 5 buah cabe merah keriting.

- 10 cabe rawit merah/sesuai selera.

- Sedikit jahe.

Langkah-Langkah:

1. Tumis bumbu halus sampai benar-benar matang, tambahkan sebagian irisan daun bawang bagian putihnya masak sampai layu dan mengeluarkan minyak.

2. Masukkan saus tiram dan kecap manis, aduk sebentar tambahkan irisan tomat dan udang, masak dengan api besar, beri garam, merica dan kaldu jamur secukupnya.

3. Masukkan air asam jawa, masak lagi sebentar, jangan lupa cek rasa sesuaikan selera, terakhir tambahkan irisan daun bawang aduk rata, matikan api siap disajikan.

Resep Masakan Pedas Gila yang Kekinian

Ilustrasi Cumi | Pexels
Ilustrasi Cumi | Pexels

Cumi

Bahan-Bahan:

- 1/4 kg cumi ukuran kecil (bersihkan dan potong-potong).

- 2 lonjor pete.

- 2 lembar daun jeruk (buang tulangnya, sobek-sobek).

- Minyak untuk menumis.

Bumbu Halus:

- 15 pcs bawang merah.

- 10 siung bawang putih.

- 10 buah cabe merah kriting.

- 10 buah cabe rawit merah.

- 10 buah cabe rawit ijo.

- 1 buah tomat ukuran besar.

- Garam secukupnya.

- Gula pasir secukupnya.

Langkah-Langkah:

1. Haluskan cabe merah kriting, 3 siung bawang putih dan sedikit garam.

2. Potong-potong bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan potong dadu tomat.

3. Tumis cabe yg telah dihaluskan, kemudian tambahkan bawang-bawang dan daun jeruk.Tumis hingga layu kemudian masukkan cabe, tomat, pete.

4. Jika sudah harum masukkan cumi, tambahkan gula pasir dan garam sambil koreksi rasa.

5. Jika cumi sudah berubah warna angkat dan siap disajikan.

Pentol Bakso

Bahan-Bahan:

- 30 buah pentol/ bakso sapi/ bakso ayam

- 2 batang daun bawang dan potong

Bumbu Halus 1:

- 20 buah cabe rawit

- 8 buah cabe merah keriting

- 5 siung bawang putih

- 8 siung bawang merah

- Ulek kasar semua bahan

Bumbu Halus 2:

- 1 sdm gula merah sisir

- 3 cm jahe, geprek

- 3 lembar daun jeruk

- 4 lembar daun salam

- Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

- Seruas kecil lengkuas, geprek

Langkah-Langkah:

1. Tumis bumbu ulek bersama jahe, lengkuas , daun jeruk, dan daun salam hingga harum.

2. Beri air secukupnya, tunggu hingga mendidih,masukkan pentol aduk hingga rata.

3. Bumbui dengan gula merah, garam, merica, dan kaldu bubuk secukupnya.

4. Cek rasa, lalu masukkan potongan daun bawang, tunggu hingga kuah menyusut, angkat dan sajikan.

Resep Masakan Pedas Gila yang Kekinian

Ilustrasi Kepiting | H H dari Pexels
Ilustrasi Kepiting | H H dari Pexels

Kepiting

Bahan-Bahan:

- 3 ekor kepiting

- 500 ml air

- 3 sdm minyak

Bumbu Halus:

- 4 butir bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 15 cabai merah

- 10 cabai rawit

- Garam secukupnya

Bumbu Lain:

- 1 batang daun bawang, iris-iris

- 2 sdm air jeruk nipis

- 1 batang serai, memarkan

- 3 lembar daun jeruk

- 3 cm lengkuas, memarkan

- 1 sdt kecap ikan

- 2 sdm kecap manis

- 1/2 sdt gula pasir

Langkah-Langkah:

1. Rebus kepiting sampai matang dagingnya.

2. Rebus air sampai mendidih, masukkan kepiting dan bumbu halus. Tunggu sampai mendidih.

3. Panaskan minyak dan tumis serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum.

4. Masukkan kecap ikan dan daun bawang.

5. Aduk sebentar lalu angkat.

6. Masukkan tumisan bumbu,gula pasir, dah kecap manis dalam rebusan kepiting.

7. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.

8. Tambahkan jeruk nipis, aduk sebentar dan angkat.

9. Sajikan hangat.

Tuna

Bahan-Bahan:

- 250 g ikan tuna

- 1 sdt kecap asin

- 3 sdm kecap manis

- 1 batang serai, memarkan

- 1/4 sdt merica bubuk

- 1/2 sdt garam

- 500 ml air

- 1/4 sdt gula pasir

- minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

- 4 butir bawang merah

- 1 buah tomat

- 10 buah cabai merah besar

- 10 buah cabai rawit

- 5 siung bawang putih

- 4 siung bawang merah

Langkah-Langkah:

1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan serai pada wajan yang diberikan minyak dan telah dipanaskan. Tumis hingga bumbu yang dimasukkan mengeluarkan aroma yang sedap dan nikmat.

2. Tuangkan air kedalamnya dan didihkan air sementara.

3. Masukkan ikan tuna yang sudah kita lumuri dengan bumbu sebelumnya. Aduk-aduk dan tumis hingga ikan berubah warnanya menjadi lebih coklat dan setengah matang dengan tekstur kaku.

4. Tuangkan kecap manis, kecap ikan, garam, merica bubuk dan gula pasir pada rebusan ikan dan aduk-aduk hingga merata.

5. Masak ikan hingga matang dan bumbu yang dimasukkan menjadi lebih meresap kedalamnya secara merata.

6. Tunggu hingga kuah ikan menyusut dan lebih mengental.

7. Sajikan dalam keadaan hangat.

Resep Masakan Pedas Gila yang Kekinian

Ilustrasi daging ayam (iStockphoto)
Ilustrasi daging ayam (iStockphoto)

Ayam Kampung

Bahan-Bahan:

- 1 ekor ayam kampung, potong potong

- 4 batang serai geprek

- 4 lembar daun salam kering

- 8 lembar daun jeruk

- 1 jempol laos

- 1 batang daun bawang iris sesuai selera

- 1/2 ons cabai kecil utuhan

- 2 buah tomat hijau atau merah ukuran sedang lalu iris-iris

- air secukupnya untuk mengungkep ayam sampai empuk

- kaldu ayam dan garam secukupnya

- sedikit gula pasir

- 2 ons cabai hijau keriting

- satu ikat daun kemangi

Bumbu halus:

- 8 siung bawang putih ukuran besar

- 10 siung bawang merah

- 1 jempol jahe, kurangi sedikit

- 1/2 telunjuk kunyit

- 10 biji kemiri

Langkah-Langkah:

1. Rendam ayam menggunakan perasan jeruk nipis, kemudian cuci bersih.

2. Tumis bumbu yang udah dihaluskan sampai harum kemudian masukkan ayam, beri air secukupnya lalu aduk-aduk.

3. Kemudian tutup wajan, masak sampai ayam empuk. Setelah air sudah agak menyusut beri irisan tomat, kaldu bubuk, sedikit gula pasir, dan koreksi rasa.

4. Goreng cabai hijau keriting sampai layu, lalu ulek kasar.

5. Masukkan cabai hijau kasar dan irisan daun bawang lalu aduk-aduk, setelah kuah rica mengental nyemek berminyak masukkan kemangi.

6. Aduk-aduk masak sebentar kemudian angkat.

Rica Manado

Bahan-Bahan:

- 2 cm kunyit

- 1/2 ekor ayam

- 4 lembar daun jeruk

- 2 lembar daun salam

- 2 batang sereh (geprek)

- 3 cm lengkuas (geprek)

- daun kemangi secukupnya

- garam secukupnya

- gula secukupnya

- kaldu bubuk secukupnya

- kecap (untuk warna) secukupnya

Bumbu halus:

- 1 ons cabai merah

- 4 buah bawang putih

- 6 buah bawang merah

- 2 buah kemiri

Langkah-Langkah:

1. Rebus ayam hingga matang dengan air yang tidak terlalu banyak sampai matang, lalu setelah matang goreng ayam sebentar.

2. Haluskan bumbu dengan sejumput garam minyak dan air.

3. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, duan salam, jeruk sampai wangi tambahkan air bekas rebusan ayam agar tidak terlalu kering dan agar lebih gurih.

4. Tambahkan garam, gula, penyedap, kecap, lalu koreksi rasa sampai rasa yang pas.

5. Setelah itu masukkan ayam lalu masak sebentar sampai bumbu meresap. Tes rasanya.

6. Matikan api lalu masukan daun kemangi dan aduk sebentar hingga daun kemangi layu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes: Obat Tradisional Tak Bisa Gantikan Peran Vaksin Covid-19

Posted: 05 Aug 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu mengatakan penelitian vaksin Covid-19 masih dilakukan.

Meski pun vaksin belum ada, perannya tak bisa digantikan obat lain, termasuk obat tradisional.

Dia menyebut, obat tradisional hanya bisa meringankan gejala penyakit komorbid atau penyerta, bukan Covid-19.

"Obat tradisional ini adalah untuk komorbit dari Covid-19, artinya bisa dipergunakan untuk meringankan gejala-gejala penyerta," ujarnya Kamis (6/8/2020).

Dia menjelaskan yang dimaksud dengan obat tradisional terdiri dari tiga kategori yaitu jamu, obat herbal terstandarisasi dan fitofarmaka. Obat-obat tersebut harus memenuhi syarat seperti tidak menimbulkan efek samping dan tidak mengganggu fungsi hati ataupun ginjal sebelum digunakan.

Di tengah pandemi Covid-19, Akhmad Saikhu menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi jamu. Selama jamu tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau meringankan gejala penyakit.

"Untuk masa-masa Covid-19 ini, justru ditingkatkan saja takarannya," tambahnya.

Prosedur Pembuatan Obat

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Sementara itu, Direktur Standarisasi Obat Narkotika, Psikotropika, Prekusor dan Zat Adiktif, Togi Junuce Hutadjulu menjelaskan prosedur pembuatan obat diawali dari proses penelitian mencari molekul yang potensial untuk digunakan.

Setelah mendapatkan molekul, dilakukanlah uji laboratorium untuk menetapkan karakterisasi serta spesifikasinya. "Kemudian kalau sudah kelihatan ada potensi untuk manfaat dan keamanannya, itu akan pindah ke uji praklinis," lanjutnya.

Uji praklinis dilakukan pada hewan untuk membuktikan keamanan obat tersebut, sehingga dapat dilanjutkan ke uji klinis. Dia menjelaskan terdapat tiga fase dalam uji klinis.

Fase satu untuk memastikan keamanan. Fase dua adalah untuk memastikan efektivitas. Fase tiga adalah untuk mengonfirmasi keamanan dan khasiat obat tersebut.

Terkait obat tradisional yang tersebar di pasaran, Togi menegaskan bahwa obat tersebut harus mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Masyarakat juga diminta melakukan pengecekan pada kemasan obat, label, nomor izin edar serta tanggal kedaluwarsa.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MPR Sampaikan Bela Sungkawa Atas Ledakan di Beirut

Posted: 05 Aug 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan bela sungkawa mendalam atas ledakan bom yang terjadi di ibukota Lebanon, Beirut, Selasa (4/8/20). Ledakan dasyat tersebut mengakibatkan lebih dari 100 orang tewas dan 4.000 orang lainnya menderita luka-luka.

"Saya menyampaikan duka cita mendalam atas banyaknya korban jiwa yang jatuh akibat ledakan di Beirut. Semoga mereka yang meninggal diberikan tempat yang layak oleh Allah, dan korban yang luka-luka segera diberikan kesembuhan," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (6/8/20).

Mantan Ketua DPR RI meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk terus memantau perkembangan pasca ledakan bom tersebut. Termasuk memastikan keselamatan warga negara Indonesia (WNI) di Beirut. Saat ini jumlah WNI yang berada di Lebanon sebanyak 1.447 orang.

"Kemenlu harus terus memonitor perkembangan para korban. Sejauh ini, KBRI Beirut melaporkan hanya satu orang yang menjadi korban luka-luka. Kita harapkan tidak ada lagi WNI yang menjadi korban," kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mendorong pemerintah dapat memberikan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah Lebanon. Terlebih, hubungan antara Indonesia dengan Lebanon sudah berlangsung lama.

"Hubungan diplomatik resmi Indonesia dan Lebanon sudah terjalin sejak tahun 1950. Bahkan, Lebanon merupakan negara ketiga yang mengakui kemerdekaan Indonesia, setelah Mesir dan Suriah. Karenanya, saya mendorong pemerintah bisa memberikan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah Lebanon," tutur Bamsoet.

Lebih jauh, Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengimbau semua WNI di Lebanon untuk tetap tenang dan waspada. Para WNI juga diminta untuk mengikuti semua instruksi yang dikeluarkan oleh KBRI Beirut.

"Terus lakukan koordinasi dan ikuti semua kebijakan yang dibuat KBRI Beirut. Jika merasa tidak aman atau khawatir terjadi sesuatu, jangan segan-segan melapor ke KBRI. Sudah menjadi tugas KBRI untuk menjamin keamanan dan keselamatan WNI yang berada di sana," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratched, Kisah Perawat Berbahaya di Rumah Sakit Jiwa

Posted: 05 Aug 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mereka yang sudah menonton film One Flew Over the Cuckoo's Nest, pasti tak asing lagi dengan nama Mildred Ratched. Perawat bertangan besi ini, adalah sosok antagonis utama dalam film yang meraih Piala Oscar dalam lima kategori utama pada perhelatan tahun 1976.

Kisah sang perawat berbahaya ini kembali diangkat, kali ini dalam serial bertajuk Ratched. Aktris kawakan Sarah Paulson akan menghidupkan sosok Mildred Ratched versi muda. Tak hanya sebagai pemain, ia juga ikut duduk dalam jajaran produser eksekutif serial ini.

Ratched mengambil setting tahun 1947, saat Mildred tiba di California Utara untuk mencari pekerjaan di sebuah rumah sakit jiwa ternama. Di rumah sakit ini, dijalankan sebuah eksperimen yang bertujuan menguak rahasia pikiran manusia.

Trailer Perdana

Ratched (Netflix)
Ratched (Netflix)

Awalnya, Mildred terlihat sebagai sosok perawat berdedikasi. Tapi semakin ia terlibat dalam eksperimen ini, kegelapan kian menyelimuti Mildred.

Trailer perdana Ratched telah dirilis pada Rabu (5/8/2020). Sejumlah visual yang janggal dan bikin bulu kuduk merinding, dibarengi dengan ledakan warna dan gaya fesyen serta interior retro tahun 1950-an yang mentereng.

Dingin dan Penuh Perhitungan

Ratched (Netflix)
Ratched (Netflix)

Sarah Paulson tampil sebagai sosok dingin yang penuh perhitungan dalam trailer ini. Termasuk saat seorang perawat memakan buah persiknya tanpa izin.

"Apa yang bakal kamu lakukan? Apa kamu tuli?" tanya perawat yang memakan buah persik tersebut.

"Tidak, hanya memikirkan berbagai hal yang akan kulakukan untuk membalasnya," balas Mildred Ratched.

Reuni American Horror Story

Ratched (Netflix)
Ratched (Netflix)

Sarah Paulson sebelumnya dikenal lewat aktingnya yang menebar kengerian dalam American Horror Story.

Tak cuma dirinya, kreator serial horor-thriller ini, Ryan Murphy, juga ikut terlibat dalam Ratched.

Delapan Episode

Ratched (Netflix)
Ratched (Netflix)

Selain Sarah Paulson, Ratched juga dibintangi Cynthia Nixon, Judy Davis, Sharon Stone, dan lainnya. Ratched yang memiliki delapan episode, akan mulai ditayangkan Netflix pada 18 September 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICW: Dugaan Pelanggaran Etik Ketua KPK Bisa Masuk Ranah Pidana

Posted: 05 Aug 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) lamban memproses dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Ketua KPK Komjen Firli Bahuri.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, tindakan Firli yang menggunakan helikopter mewah dalam perjalanan dari Baturaja menuju Palembang, Sumatera Selatan jelas merupakan pelanggaran etik. Malah tindakan Firli dinilai bisa masuk ke ranah hukum pidana.

"Secara kasat mata, tindakan Firli tersebut sudah dapat dipastikan melanggar kode etik, karena menunjukkan gaya hidup hedonisme. Bahkan lebih jauh, tindakan Firli juga berpotensi melanggar hukum jika ditemukan fakta bahwa fasilitas helikopter itu diberikan oleh pihak tertentu sebagai bentuk penerimaan gratifikasi," ujar Kurnia dalam keterangannya, Kamis (6/8/2020).

"Namun Dewas sampai saat ini tidak kunjung menjatuhkan putusan terkait dugaan pelanggaran tersebut," Kurnia menambahkan.

Atas dasar tersebut, Kurnia mengatakan keberadaan Dewas KPK tidak dibutuhkan dalam lembaga antirasuah. Menurutnya, Dewas KPK tak lebih baik dari Deputi Pengawas Internal KPK.

Sebelumnya, Deputi Pengawas Internal KPK sempat menjatuhkan sanksi kepada dua pimpinan KPK, yakni Abraham Samad dan Saut Situmorang. Namun terkait dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri, menurut Kurnia, Dewas KPK sangat lambat.

"Melihat kinerja Dewas KPK yang tidak maksimal, maka hal ini sekaligus memperkuat fakta bahwa keberlakuan UU KPK baru tidak menciptakan situasi yang baik pada kelembagaan anti rasuah," kata dia.

 

Dugaan Pelanggaran Etik Lainnya

Selain itu,  lanjut Kurnia, Dewas KPK juga abai melihat dugaan pelanggaran etik Firli saat memulangkan penyidik Kompol Rossa Purbo Bekti ke Institusi Polri.

Padahal, masa kerja Kompol Rossa di lembaga antirasuah belum berakhir.

"Tentu harusnya kejadian (terhadap Kompol Rossa) ini dapat dijadikan pemantik bagi Dewas KPK untuk memproses dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPK," kata Kurnia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karpet Merah Kemenkumham untuk Muchdi PR Kuasai Partai Berkarya

Posted: 05 Aug 2020 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sabtu 11 Juli 2020, sekelompok pihak yang tak setuju dengan kepemimpinan Hutomo Mandala Putra (Tommy) bergerak membuat Presidium Penyelamat Partai Berkarya. Mereka menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) dan menggantikan Tommy sebagai ketua umum DPP Berkarya .

Tommy tak tinggal diam. Dia bersama pendukungnya membubarkan Munaslub tersebut. Namun,  Munaslub tetap berlanjut meski sempat dibubarkan oleh putra bungsu Soeharto itu. Hasilnya, Muchdi PR, mantan kader Berkarya yang telah dipecat ditunjuk sebagai ketua umum. Muchdi dan kelompoknya mengubah nama Berkarya menjadi Beringin Karya.

Sekjen Beringin Karya terpilih, Badaruddin Andi Picunang mengatakan, Munaslub sesuai anggaran dasar Partai Berkarya. Tata tertib pelaksanaan munaslub sudah melebihi kuorum.

"Sehingga kegiatan munaslub ini kami legal dan orang-orang yang menyatakan munaslub ini ilegal atau tidak konstitusional itu kami abaikan," jelas pria yang akrab disapa Badar.

Tak sampai disitu, Badar pun menjelaskan, pihak pemerintah telah memberi karpet merah untuk kepengurusannya. Ini dibuktikan, dengan Kemenkum HAM telah menerbitkan SK bertanggal 30 Juli 2020 dengan Nomor: M.HH-16.AH.11.01 TAHUN 2020 tentang pengesahan perubahan AD/ART dan SK Nomor : M.HH-17.AH.11.01 TAHUN 2020 tentang perubahan susunan pengurus DPP Partai Berkarya.

"Bahwa dua Surat Keputusan di atas telah disampaikan kepada pihak terkait oleh Kementerian Hukum dan HAM utamanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Kantor Berita Negara," ujar Badar dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8/2020).

Tommy Jadi Ketua Dewan Pembina

Dalam struktur pengurus terdapat perubahan ketua umum serta sekretaris jenderal. Tommy Soeharto tidak lagi menjabat sebagai ketua umum dan digantikan Muchdi Purwopranjono. Dia tercatat dalam struktur sebagai Ketua Dewan Pembina.

Sementara posisi Sekretaris Jenderal berpindah dari tangan Priyo Budi Santoso menjadi Badaruddin Andi Picunang.

Badar pun menegaskan tidak ada dualisme kepemimpinan dengan adanya SK kepengurusan yang telah disahkan Kemenkum HAM.

"Tidak ada dualisme dalam kepemimpinan Partai Berkarya, kepengurusan baru hasil Munaslub merangkul semua pihak yang sejalan untuk memperbaiki dan membesarkan partai. Hanya satu kepemimpinan di bawa komando Muchdi Purwopranjono sebagai Ketua Umum dan Badaruddin Andi Picunang sebagai Sekretaris Jenderal," jelasnya.

Selain itu, SK perubahan AD/ART, juga membuat partai yang merupalan fusi dari 2 buah parpol, yakni Partai Beringin Karya (BK) dan Partai Nasional Republik (NASREP) itu berganti logo.

"Sehingga perubahan mendasarnya adalah perubahan logo partai (terlampir lampiran SK Menteri tentang perubahan AD/ART (logo/lambang) dan warna dasar bendera dari kuning menjadi putih)," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua MPR RI, Ucapkan Bela Sungkawa Atas Tragedi Ledakan yang Terjadi di Lebanon

Posted: 05 Aug 2020 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu yang lalu, ledakan besar mengguncang Beirut, Ibu Kota Lebanon. Berdasarkan rilis resmi dari Perdana Menteri Lebanon menyebutkan bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di Pelabuhan Beirut dan meledak pada (4/8/2020).

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan pun menyampaikan bela sungkawa atas tewasnya 70 orang dan 4.000 orang mengalami luka-luka akibat ledakan tersebut. "Saya selaku pribadi dan pimpinan MPR RI menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya. Semoga sahabat kami, warga kota Beirut Lebanon diberikan ketabahan dan keadaannya segera pulih kembali," ungkapnya.

Terlebih lagi, diantara korban tersebut, terdapat WNI yang mengalami luka-luka. Memang, berdasarkan data dari Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan bahwa ada sekitar 1.447 WNI yang sedang berada di Lebanon. 1.234 di antaranya adalah TNI yang sedang menjalani misi perdamaian PBB. Selebihnya sipil, termasuk mahasiswa dan pegawai di KBRI Lebanon.

Anggota Komisi I DPR RI yang membidangi Luar Negeri ini pun mendorong Pemerintah dalam hal ini Kemenlu agar segera berkordinasi dengan KBRI agar membentuk Posko bila diperlukan bagi WNI yang memerlukan bantuan yang sedang berada di Lebanon.

"Komunikasi dengan WNI juga penting untuk menunjukkan kehadiran negara menciptakan rasa aman dalam situasi sulit bagi WNI yang sedang berada di luar negeri," ungkap Syarief.

Tak hanya itu, ia juga mendorong Pemerintah untuk memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah dan rakyat Lebanon. "Langkah dukungan dan bantuan kemanusiaan sangatlah penting sebagai wujud solidaritas antar bangsa," ungkap Syarief Hasan.

Terlebih lagi, dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, Lebanon menjadi negara ketiga setelah Mesir dan Suriah yang mengakui kedaulatan Indonesia pada 29 Juli 1947 silam.

"Sudah seharusnya pemerintah Indonesia membantu Lebanon sebagai bagian dari misi kemanusiaan sekaligus bagian dari langkah untuk menjaga hubungan baik dengan Lebanon yang pernah memberikan pengakuan kedaulatan," tegas Syarief Hasan

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Lebanon untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab ledakan. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kejadian sama seperti yang mengguncang jantung kota Lebanon.

"Sudah seharusnya, pihak yang bertanggungjawab diusut secara tuntas agar tidak menimbulkan instabilitas di Lebanon. Pemerintah Indonesia mendukung sebagai bentuk pengejewantahan tujuan bernegara yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia sebagaimana Pembukaan UUD NRI 1945," tutup Syarief Hasan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Manchester City Vs Real Madrid di Liga Champions, Siaran Langsung di SCTV

Posted: 05 Aug 2020 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Real Madrid akan bertandang ke Inggris untuk menantang tuan rumah, Manchester City dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Sabtu (8/8/2020) dinihari WIB di Etihad Stadium. El Real diprediksi habis-habisan di laga ini mengingat mereka kalah 1-2 di leg pertama.

Situasi tersebut membuat Real Madrid paling tidak harus menang 2-0 untuk melaju ke perempat final. Meski akan bermain tanpa penonton, kualitas Manchester City tak boleh diremehkan.

Sergio Ramos dkk. akan pergi ke Inggris berbekal kesuksesan menjuarai Liga Spanyol 2019/20 dapat menjadi suntikan moral menghadapi laga ini. Real Madrid pastinya termotivasi mengawinkan gelar Liga Spanyol dan Liga Champions.

Selain laga Manchester City vs Real Madrid masih ada laga lain yang tak kalah seru di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Salah satunya adalah Juventus vs Olympique Lyonnais.

Pada leg pertama, Lyon berhasil menaklukkan Juventus 1-0. Memphis Depay dkk. pun hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke fase berikutnya.

Berikut jadwal Liga Champions selengkapnya.

Jadwal Manchester City vs Real Madrid

MANCHESTER CITY FC VS REAL MADRID (Liputan6.com/Abdillah)
MANCHESTER CITY FC VS REAL MADRID (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu, 8 Agustus 2020

02.00 WIB

Manchester City vs Real Madrid

Etihad

Live: Vidio dan SCTV

Jadwal Lainnya

Sabtu, 8 Agustus 2020

02.00 WIB Juventus vs Olympique Lyon

Minggu,9 Agustus 2020

02.00 WIB Barcelona vs Napoli

02.00 WIB Bayern Munchen vs Chelsea

Jadwal Lengkap Liga Champions

Babak Perempat Final

13 Agustus 2020

Atalanta vs PSG

14 Agustus 2020

RB Leipzig vs Atletico Madrid

15 Agustus 2020

Napoli/Barcelona vs Chelsea/ Bayern Munchen

16 Agustus 2020

Madrid/Manchester City vs Lyon/Juventus

Semifinal

19 Agustus 2020

02.00 WIB: Pemenang Perempat Final 1 vs Pemenang Perempat Final 3

20 Agustus 2020

02.00 WIB: Pemenang Perempat Final 2 vs Pemenang Perempat Final 4

Final

23 Agustus 2020

02.00 WIB: Pemenang Semifinal 1 vs Pemenang Semifinal 2

 

Saksikan Video Real Madrid di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: