Jumat, 28 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lionel Messi Siap Nego dengan Barcelona, Bagaimana Sikap Bartomeu?

Posted: 28 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Lionel Messi dikabarkan sudah siap untuk melakukan negoisasi dengan Barcelona terkait masa depannya. Dia mengubah strategi dari minta pergi dengan gratis menjadi siap untuk nego harga.

El Periodico melansir, Lionel Messi sudah meminta waktu untuk bertemu dengan petinggi Barcelona. Dia tetap ingin hengkang dari Barcelona.

Messi pada dasarnya sudah tahu tak mungkin pergi dengan harga gratis. Namun dia juga tak mau transfer untuk dirinya masih 700 juta euro, sesuai dengan nilai klausul.

Lalu apa respon Barcelona? Kabarnya Barcelona bergeming dengan sikap mereka.

Barcelona tetap dengan keputusan tetap mempertahankan Lionel Messi. Dia akan dilepas kecuali ada klub yang mau membayar transfernya.

"Hanya ada dua pilihan perpanjang kontrak atau tak ada yang perlu dinegoisasikan," ujar salah satu petinggi di Barcelona seperti dikutip Marca.

 

Dua Pilihan

Bintang Barcelona Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Minggu (9/8/2020). Barcelona menang 3-1. (AP Photo/Joan Monfort)
Bintang Barcelona Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Minggu (9/8/2020). Barcelona menang 3-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Kalau tetap seperti sekarang, Messi tak ada pilihan lain selain menanti penawaran sebesar 700 juta euro. Atau dia bisa bertahan semusim lagi di Barcelona hingga pergi dengan gratis musim depan.

Saat ini, kedua belah pihak masih belum menemukan kata sepakat. Tak ada solusi jangka pendek soal ini.

Barcelona terus berusaha untuk meyakinkan Messi agar bertahan. Meski begitu, Messi tetap ingin tinggalkan Barcelona.

 

Latihan Lagi

 

Messi direncanakan bakal ikut latihan lagi dengan Barcelona pada Minggu (30/8/2020) besok. Sebelum itu, dia juga akan melakoni tes Covid-19 untuk memastikan tidak apa-apa.

Messi menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari Barcelona. Hanya prestasi bagus yang bisa membuatnya bertahan di klub.

Saksikan video Lionel Messi berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peluang Kopi Nusa Tenggara Barat Mendunia Melalui Bussiness Matching

Posted: 28 Aug 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kopi provinsi Nusa Tenggara Barat berpeluang untuk dilakukan peningkatan akses pasar dan ekspor ditengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini terbukti dengan diadakannya acara Bussiness Matching antara Pelaku usaha/ Eksportir kopi dengan kelompok tani kopi provinsi NTB pada tanggal 25-26 Agustus di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB, Ir. Husnul Fauzi menyambut baik pelaksanaan Bussiness Matching ini. Hal ini menjadi momentum penguatan pasar kopi di Provinsi NTB walaupun saat ini terkendala akses pasar, kedepan  melalui kegiatan ini diharapkan ekspor kopi NTB bisa meningkat signifikan. Potensi perkebunan NTB selain kopi juga ada jambu mete, kakao, kelapa, vanili dan rempah-rempah perlu terus digali pengembangan hulu hilir dan ekspor.

"Kami jajaran Dinas Pertanian dan Perkebunan terus berada di depan Bersama Ditjen. Perkebunan dalam mendukung akselerasi peningkatan ekspor komoditas perkebunan, utamanya kopi," ujar Husnul. 

Acara ini dihadiri oleh 2 pelaku usaha eksportir kopi dan rempah-rempah yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun menjalankan bisnis ekspor di Luar Negeri utamanya pasar Eropa.

PT. Madalle melalui Direktur Utama, Diandra Raunch mengharapkan petani kopi di NTB dapat mempertahankan kualitas kopi untuk memenuhi selera pasar, langkah awal adalah pengiriman sampel ke beberapa buyer di Eropa, mudah-mudahan ada hasil yang baik untuk peluang kedepan.

Hal senada juga diungkap Direktur Utama PT. Alam Sari Interbuana, Sigit Ismaryanto bahwa potensi kopi di NTB ini cukup besar, tinggal bagaimana melakukan branding yang baik dari produk kopi tingkat petani.

"Selain kopi, saya melihat kakao dan cengkeh NTB cukup potensial kedepan, untuk itu kami sebagai pelaku usaha terus berkomunikasi untuk menemukenali peluang akses pasar ekspor kedepan," ujar Sigit. 

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Ir. Dedi Junaedi, M.Sc dalam sambutannya menyatakan ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang defisit 5,32%, sub sektor perkebunan tumbuh positif dan menjadi jaminan pemulihan ekonomi nasional dari sektor pertanian.

Tercatat PDB sektor Pertanian tumbuh 16,24% pada TW 2 tahun 2020, khusus komoditas kopi, ekspor Indonesia ke dunia meningkat 12% dari sisi volume ekspor jika dibandingkan TW 2 tahun 2019. Ini menjadi angin segar bagi pengembangan komoditas perkebunan Indonesia terutama di NTB. Saya harapkan kedepan komitmen Bersama antara Distanbun NTB, Ditjen. Perkebunan dan para pelaku usaha dalam mengakselerasi peningkatan ekspor komoditas kopi.

Pada kegiatan business matching ini juga dihadiri oleh Direktur Perdagangan, Hari Prabowo, Komoditas, dan Kekayaan Intelektual, Kementerian Luar Negeri melalui saluran video conference yang menyatakan akan mendorong kerjasama ekonomi melalui diplomasi untuk peningkatan akses pasar kopi NTB, selain itu Kepala Seksi Bahan Tanaman Penyegar, Kementerian Perdagangan, Abdul Rojak akan terus mendorong akses pasar kopi Indonesia terutama melalui promosi dan penyederahaan prosedur-prosedur ekspor.

Sampel kopi NTB yang akan dibawa ke Jakarta dan dikirimkan kepada buyer di Eropa dan negara lain berasal dari 12 Kelompok tani (Poktan) yaitu Poktan Kaki Rinjani, poktan Tumpang Sari I dan II, Poktan Gorok Sokong, Poktan Mangun Jaya, Poktan Kemang Arabika, Poktan Lembah Rinjani, Potan Bunga Mekar, Poktan Orong Tereng, Poktan King Coffee, Poktan Kopi Samba dan Poktan Mentari.

Direktur Jenderal perkebunan, Kasdi Subagyono menyatakan apresiasi kepada Distanbun NTB atas pelaksanaan business matching ini yang akan mendorong mensukseskan peningkatan ekspor komoditas perkebunan Indonesia utamanya produk kopi dalam rangka akselerasi program Gratieks yaitu Gerakan 3x lipat ekspor hingga tahun 2024. Ditjen.

Perkebunan terus memfasilitasi petani untuk memberikan bantuan sarana alat pascapanen dan pengolahan untuk menghasilkan produk-produk kopi bernilai tambah tinggi, juga dalam hal pembinaan dan pendampingan petani.

Saat ini hanya tercatat Kopi Robusta Tambora di tahun 2017 yang memperoleh sertifikat Indikasi Geografis, kami mendorong penetapan kopi-kopi di NTB lain yang memiliki kekhasan dari sisi geografis yang dihasilkan melalui perbedaan rasa dan aroma. Pengakuan indikasi geografis pada suatu produk diyakini akan membawa banyak dampak positif, terutama dari segi aspek perekonomian dan sosial antara lain mampu menghasilkan produk berday saing dan pada akhirnya mandongrak nilai jual suatu produk secara signifikan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI Perintahkan Usut Motif Perusakan Polsek Ciracas

Posted: 28 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0505/Jakarta Timur Kol Kav Rahyanto Edy menyampaikan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah memerintahkan untuk mengusut motif pengerusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Hal itu lantaran lokasi pengerusakan sama dengan yang terjadi pada 2018 silam.

"Ini yang masih PR. Panglima juga tadi bilang tolong didalami apa motifnya. Apakah ada ketersinggungan antara warga dengan Polri atau ketersinggungan terhadap Polri sampai sekarang nggak ada informasi. Kalau dengan kasus kemarin, nggak bisa kita samakan," tutur Edy di Markas Kodam Jaya, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020).

Untuk itu, lanjutnya, TNI Polri berkoordinasi mendalami insiden tersebut. Dia pun menegaskan tidak ada keterlibatan TNI atas aksi pengerusakan tersebut.

"Yang jelas ngasih atensi baik dari satuan Kongdam satuan wilayah untuk mendalami termsuk bekerjasama dengan Polda," kata Edy.

Penyerangan Markas Polsek Ciracas di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Sabtu dini hari, merupakan kedua kalinya. Kejadian serupa terjadi pada 11 Desember 2018.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kompol Yusri Yunus yang dikonfirmasi terkait keterkaitan peristiwa itu mengatakan masih mendalami keterkaitan dua kejadian tersebut.

"Ini masih kita dalami, kami masih melakukan penyelidikan," ujarnya di Mapolsek Ciracas seperti dikutip dari Antara, Sabtu (29/8/2020).

Pada penyerangan yang dilakukan sekitar 100 orang tidak dikenal, kata Yusri, Polsek Ciracas mengalami sejumlah kerugian.

2 Polisi Terluka

Kerugian yang dimaksud berupa satu unit mobil dinas Wakapolsek Ciracas yang dibakar, satu unit bus operasional dirusak di bagian kaca, pagar Mapolsek yang dirobohkan, serta kaca kantor yang pecah.

Selain itu dua anggota polisi yang sedang berpatroli dilaporkan terluka akibat diserang orang tidak dikenal.

"Korban sedang dirawat di RS Polri," katanya.

Sebelumnya pada 11 Desember 2018 Polsek Ciracas pernah dirusak dan dibakar massa tak dikenal.

Kerusuhan itu diduga dipicu pengeroyokan anggota TNI oleh tukang parkir di Ciracas, sehari sebelumnya. Akibat kerusuhan, Polsek Ciracas dan sejumlah mobil di sekitar Polsek mengalami kerusakan.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam pembakaran Polsek, kerugian akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diresmikan Jokowi, Bandara Internasional Yogyakarta Dilengkapi Sistem Peringatan Dini Tsunami

Posted: 28 Aug 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Sistem Peringatan Dini Tsunami BMKG bersamaan dengan peresmian Bandara Internasional Yogyakarta pada Jumat, 28 Agustus 2020. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyatakan sistem ini terintegrasi dengan jaringan pemantauan gempa bumi di Pusat Gempa Bumi Nasional dan Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) di Kantor BMKG Pusat Jakarta.

Sistem itu juga merupakan sistem percontohan pertama di Indonesia dan ASEAN untuk bandara di daerah rawan tsunami.

"Sistem peringatan dini tsunami ini diperkuat oleh Internet of Things (IoT) dan Artifial Intelligence (AI) untuk menghitung cepat sinyal-sinyal gelombang gempabumi yang terekam dari seismograf, agar diketahui posisi dan magnitudo gempabumi tektonik serta estimasi ketinggian gelombang dan waktu datang tsunami," kata Dwikorita, Sabtu (29/8/2020).

Bandara ini, kata Dwikorita, merupakan satu-satunya bandara di ASEAN yang dilengkapi dengan sistem peringatan dini tsunami.

Dwikorita menambahkan, desain bangunan Bandara Internasional Yogyakarta disiapkan sebagai tempat evakuasi bagi pengunjung bandara apabila terjadi gempa dan tsunami.

Bandara itu telah didesain dengan skenario terburuk untuk tahan terhadap gempabumi hingga kekuatan M = 8.8 dan tsunami dengan ketinggian gelombang 12 m dpl atau dengan genangan tsunami setinggi 10 m dari permukaan topografi. Tidak hanya itu, masyarakat sekitar pun dapat menggunakannya sebagai shelter evakuasi apabila tsunami terjadi.

Dia menambahkan, sebelum bangunan bandara ini ada, dulunya merupakan lahan yang datar dan rendah serta jauh dari topografi yang tinggi. Masyarakat pun harus berjalan sekitar 5 kilometer lebih untuk mencapai tempat yang lebih tinggi agar selamat dari gelombang tsunami.

"Dengan adanya bandara yang dilengkapi sistem peringatan dini tsunami ini, tidak hanya menyelamatkan pengunjung bandara tapi juga menyelamatkan masyarakat sekitar, karena shelter evakuasi yang berada di sayap gedung Crisis Center dalam bandara memiliki daya tampung yang cukup besar untuk ribuan orang," tutur Dwikorita.

Dia menuturkan, sistem peringatan dini tsunami Bandara Internasional Yogyakarta terkoneksi dengan jaringan sensor gempabumi, sebanyak 372 sensor yang terpasang di seluruh Indonesia.

BMKG juga melengkapi alat monitoring gempabumi berupa Intensitymeter untuk mengetahui tingkat guncangan gempa dan Accelerometer untuk mengukur percepatan gerakan tanah, Earthquake Early Warning System (EEWS) yang sedang disiapkan untuk mendeteksi dini gempabumi serta Warning Receiver System (WRS) New Generation.

Hal itu untuk menyampaikan notifikasi informasi gempa dan tsunami secara realtime. Sehingga, pihak bandara dapat memperoleh informasi kejadian gempabumi dalam waktu yang cepat, untuk segera merespon informasi gempa dan tsunami tersebut, khususnya yang berdampak di sekitar area Bandara YIA.

"Informasi dan notifikasi tersebut ditampilkan dalam display layar besar dan ditempatkan di dalam terminal bandara, serta di ruang pusat informasi dan tower pengontrol lalu-lintas penerbangan," kata dia.

"Disamping itu juga telah tersusun adanya SOP bersama antara BMKG, Angkasa Pura dan Airnav. SOP ini telah melalui uji publik terbatas dan telah disimulasikan dengan memanfaatkan speaker-speaker Bandara dan Gedung Airnav sebagai sirine tsunami," sambungnya.

Memberi Peringatan Secepat Mungkin

Dwikorita melanjutkan, sistem deteksi gempabumi dan tsunami di Bandara Internasional Yogyakarta dirancang agar dapat memberi peringatan cepat. Apabila sewaktu-waktu terjadi gempabumi maka dalam waktu 2 sampai kurang dari 5 menit dapat segera diketahui posisi pusat gempa, besarnya magnitudo gempa dan potensi tsunaminya.

"Dengan memperkirakan waktu datang gelombang tsunami antara 20 sampai 30 menit, maka "golden time" untuk evakuasi masih tersedia dalam waktu 15 sampai dengan 28 menit, untuk segera menuju ke Terminal pada Lantai Mezanin dan Lantai 2 (di lantai teratas untuk Keberangkatan)," pungkasnya.

Sistem peringatan dini tsunami telah siap beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta dan dioperasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DIY (BPBD - DIY) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo, serta pengelola Bandara Internasional Yogyakarta (PT. Angkasa Pura 1) dan PT. Airnav Indonesia.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Gedung dan Rutan KPK yang Disemprot Disinfektan Covid-19

Posted: 28 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Biro Umum KPK melakukan penyemprotan disinfektan dan fogging diseluruh area Gedung KPK, Sabtu (29/8/2020). Hal ini menindaklanjuti adanya 23 pegawai dan 1 tahanan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Areal gedung yang dilakukan penyeprotan dan fogging diantaranya seluruh ruangan di Gedung Merah Putih dan Gedung ACLC Kav. C1, Rutan Merah putih, Rutan Kav C1 dan Rutan Pomdam Jaya Guntur," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Sabtu (29/8/2010).

Penyemprotan disinfektan dan fogging juga dilakukan terhadap seluruh mobil operasional KPK. Ali memastikan KPK terus berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan KPK.

"Beberapa hari ke depan, test swab juga akan kembali dilakukan terhadap para pegawai KPK," kata Ali.

Sebelumnya, KPK memutuskan akan menutup total markas antirasuah selama tiga hari. Hal ini dilakukan menyusul puluhan pegawai di lembaga antikorupsi ini yang terkonfirmasi positif virus corona Covid-19 berdasarkan tes swab.

Diketahui, secara total ada 23 pegawai KPK, baik tetap maupun outsourching dan 1 orang tahanan yang positif Covid-19.

"Tadi telah dilaksanakan rapat pimpinan bersama jajaran eselon I, II, kemudian kita memutuskan bahwa terhitung nanti sejak hari Senin 31 Agustus sampai dengan hari Rabu, 2 September kita full bekerja dari rumah, dalam artian kantor kita tutup sampai tiga hari tersebut," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Masuk Kembali 3 September

Petugas menyemprotkan disinfektan di gedung KPK (Fachrur Rozie/Liputan6.com)
Petugas menyemprotkan disinfektan di gedung KPK (Fachrur Rozie/Liputan6.com)

Nawawi menyebut, pada Kamis, 3 September 2020 berikutnya akan diusahakan kembali bekerja sediakala, hanya saja tidak semuanya diperkenankan ke kantor. Sebagian tetap bekerja dari rumah.

"Kita akan kembali masuk bekerja dengan persentase 50-50 itu insyaallah pada hari Kamis mendatang," kata Nawawi.

Terkait dengan pegawai yang bekerja di Kedeputian Penindakan, Nawawi menyebut masih merumuskan hal yang terbaik. Hal tersebut dikarenakan ada batas waktu penahanan terhadap seseorang di tahap penyidikan.

"Kecuali kepada beberapa rekan personel di bagian deputi penindakan yang tentu akan disikapi oleh kedeputian penindakan bagaimana mungkin kalau mereka tidak bisa ditinggalkan," kata Nawawi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati Hancur atas Meninggalnya Chadwick Boseman, Chris Evans: Dia Sosok Spesial

Posted: 28 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Chris Evans, salah satu rekan Chadwick Boseman dalam jagat sinema Marvel, merasakan duka yang mendalam atas kepergian sang sahabat. Lewat akun Twitter dan Instagram miliknya, Chris Evans mengungkap betapa hatinya hancur atas berita ini.

"Aku benar-benar terpukul. Ini lebih dari hati yang remuk. Chadwick adalah sosok spesial," tutur Chris Evans dalam unggahan Sabtu (28/8/2020). Ia juga menyertakan sejumlah foto kebersamaannya bersama Chadwick Boseman.

Sang Captain America menyatakan Chadwick Boseman adalah sosok yang sangat berkomitmen dalam pekerjaannya.

"Dia sangat berkomitmen dan merupakan artis yang terus memiliki rasa ingin tahu. Sedikit pemain yang punya kekuatan dan keluwesan ini," tuturnya.

Rest in Power

Unggahan Chris Evans atas meninggalnya Chadwick Boseman (Instagram/ chrisevans)
Unggahan Chris Evans atas meninggalnya Chadwick Boseman (Instagram/ chrisevans)

Setelah kepergian Chadwick Boseman, Chris Evans hanya bisa mengenang sang sahabat dengan penuh rasa syukur. "Aku tak pernah berhenti bersyukur atas persahabatan kita. Doa dan pikiranku teriring untuk keluarganya," kata Chris Evans.

Ia menambahkan, "Rest in Power, King."

Mengenang Momen Black Panther

Salah satu adegan film Black Panther. (Foto: Dok. IMDb. Marvel - Walt Disney)
Salah satu adegan film Black Panther. (Foto: Dok. IMDb. Marvel - Walt Disney)

Di Twitter, kicauan Chris Evans ini dipenuhi rasa haru dari warganet. Tak sedikit yang mengenang kembali momen mereka di atas layar.

Salah seorang penggemar, misalnya, mengunggah cuplikan dari Avengers: Endgame, saat Black Panther muncul dari portal, membantu para superhero yang kewalahan menghadapi Thanos.

"Ini sekarang terasa sangat berbeda," pengguna akun @zerepnathan bereaksi atas video ini, dengan menyematkan emotikon sedih.

Kanker Usus Besar

Aktor Chadwick Boseman berpose saat menghadiri Academy Awards ke-90 di Hollywood, California. (AFP Photo/Valerie Macon)
Aktor Chadwick Boseman berpose saat menghadiri Academy Awards ke-90 di Hollywood, California. (AFP Photo/Valerie Macon)

Seperti diberitakan sebelumnya, kabar meninggalnya Chadwick Boseman diungkap pada Jumat (28/8/2020) waktu setempat. Ia dinyatakan tutup usia pada usia 43 tahun, setelah empat tahun melawan kanker kolon atau usus besar.

Ia meninggal di rumahnya di Los Angeles, dengan ditemani keluarga di sisinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral APD Petugas Penguburan Jenazah COVID-19 Dibuka Paksa Warga, Netizen Berang

Posted: 28 Aug 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19, petugas medis kerapkali mendapat perlakuan yang sewenang-wenang dari warga setempat. Entah itu di lingkungan tempat tinggal petugas medis dan pasien positif. Alasan yang sering terucap karena takut tertular penyebaran virus corona.

Tindak penolakan dan pengusiran dampak dari ketakutan warga yang berlebihan yang tak bijak. Tak hanya tenaga medis, petugas penguburan jenazah pasien COVID-19 pun tak luput dari korban amukan massa. Berbagai penolakan dari penduduk setempat turut menyelimuti keprihatinan dalam masa pandemi ini.

Terlihat dari tangkapan kamera yang diunggah oleh akun Instagram @dokterkonsulen memperlihatkan bagaimana penolakan warga setempat yang keji hingga melepaskan paksa alat pelindung diri (APD) petugas penguburan pasien COVID-19.

Detik-Detik Pelepasan Paksa APD Petugas

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Pelepasan paksa APD para petugas penguburan pasien covid oleh warga

Sebuah kiriman dibagikan oleh dokterkonsulen (@dokterkonsulen) pada

Petugas penguburan yang membawa korban jenazah COVID-19 diusir oleh warga desa tersebut. Usai digiring keluar desa, setelan jas hujan sebagai alat pelindung diri (APD) tersebut turut dilepaskan secara paksa. Dimulai dari mencopot solatip di sekeliling tudung APD hingga APD terbuka. Dari kejauhan, lelaki tersebut tampak pasrah dengan omelan warga yang meneriakinya.

"Copot wae, copot wis (Lepas saja, udah lepas saja)," sahut salah satu warga.

Kepergian petugas penguburan dirasa aman oleh penduduk setempat. Sayangnya, gerombolan warga yang melakukan prosesi pemakaman tersebut tak memperhatikan protokol yang sebenarnya. Pengabaian protokol penguburan pasien COVID-19 dikhawatirkan berpotensi menularkan virus.

Sontak peristiwa tersebut membuat pengguna jejaring sosial geram dan marah. Sebagian dari melaporkan pihak yang berwenang di kolom komentar.

"@jokowi @jokowi.amin @khofifah.ip mohon pak, bu... miris sekali, ini sudah kelewat batas ya Allah, mohon bisa ditindak tegas yang seperti begini 😭🙏 diusut gitu dari mulai camat, kepala desa, dan aparat setempat kejadian," tulis akun @aulianurcahyaniii.

Respon Warganet

Keberadaan video unggahan tersebut membuat warganet geram dengan perlakuan warga desa terhadap petugas APD. Sebagian dari mereka mengungkapkan kekecewaannya dengan berbagai respon di kolom komentar Instagram @dokterkonsulen.

"Jika keluarga/warga memang tidak mau dikuburkan secara protokol covid 19 dan membahayakan petugas tenaga medis/pemakaman, lebih baik pergi saja. Kita dan keluarga kita lebih berharga dari mereka yang egonya meraja," tutur akun @rifqirahmanm.

"Orang norak norak gini nih pada ada masalah apa sih idupnya," tulis akun @reitzyrusalien.

"Negara wkwk land ini emang barbar, gimana kasusnya ga nambah mulu tiap hari," kata akun @michaelraushan.

"Negara krisis pengetahuan dan edukasi? Tidak. Krisis mendengar dan menyimak? Ya," ucap akun @achmadrichdian.

"Persekusi nih, perlu ditindak tegas. Kalo gini gini aja ya semakin banyak warga sok semena-mana," sahut akun yosakbar. "Katanya sii pengen covid hilang. Tapi.. kalo masih kaya gini, apa sejalan sama harapan yg katanya "semoga covid hilang," balas akun @nisafitrif.

 

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat, Aman dan Cepat

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pori-pori wajah yang besar memang kerap menjadi keluhan. Terutama bagi yang kulit wajahnya sensitif dan berjerawat. Nah, cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat ini bisa diandalkan.

Bagi yang tak bisa melakukan perawatan di salon kecantikan, ketelatenan adalah solusinya. Ketelatenan untuk merawat kulit wajah dengan menerapkan cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat ini misalnya.

Jika mau lebih bersabar, maka masalah bekas jerawat yang tinggalkan pori-pori besar bisa segera tersamarkan. Apalagi cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat ini gunakan bahan alami. Jadi, tak akan menyulitkan, aman, dan cepat diterapkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat dari berbagai sumber, Sabtu (29/8/2020).

Es Batu dan Air Rendaman Beras

Ilustrasi es batu. (dok. Pexels.com/Dinny Mutiah)
Ilustrasi es batu. (dok. Pexels.com/Dinny Mutiah)

Es Batu

Es batu bisa diandalkan untuk mengecilkan pori-pori bekas jerawat. Hal ini disebabkan karena es batu memiliki sifat mendinginkan dan menutup pori-pori.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Ambil es batu dari freezer,

2. Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah,

3. Oleskan pada wajah Anda,

4. Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

Air Rendaman Beras

Saat mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Rendam beras dalam wadah.

2. Biarkan air beras agar mengendap.

3. Lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

Kopi dan Lemon

Ilustrasi lemon | pexels
Ilustrasi lemon | pexels

Kopi

Kopi bisa dipadukan dengan gula sebagai scrub wajah. Scrub ini bisa diterapkan agar kulit-kulit mati yang tertinggal di wajah terangkat dengan sempurna. Sehingga tidak tertinggal dan menyebabkan wajah menjadi kusam. Dengan tidak adanya sel kulit mati, maka pori-pori wajah mengecil.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula.

2. Lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta.

3. Kemudian dengan perlahan-lahan gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat.

Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon mengandung banyak antioksidan dan vitamin C. Terdapat pula asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas. Tak heran jika lemon bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Potong buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras airnya.

2. Oleskan air perasan lemon pada wajah.

3. Biarkan selama 15 menit.

Kulit Jeruk dan Pepaya

Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Alleksana
Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/Alleksana

Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C dibandingkan buahnya. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering.

2. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus.

3. Campurkan air secukupnya hingga berbentuk pasta.

4. Setelah itu oleskan pada wajah Anda (yang sebelumnya telah dibersihkan).

5. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Pepaya

Pepaya dikenal kaya enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Ada pula kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Kandungan ini bisa membantu menutrisi dan melembapkan kulit.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Kupas dan potong buah pepaya.

2. Tumbuk halus papaya.

3. Lalu gunakan sebagai masker.

4. Diamkan selama 30 menit.

5. Bilas wajah dengan air bersih.

Kentang

Ilustrasi kentang | Pixabay
Ilustrasi kentang | Pixabay

Kentang dikenal kaya mineral yang dapat menjadi antibiotik alami. Sifat antibiotik ini dapat memperlambat penuaan pada wajah. Kemudian membantu regenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati pada wajah. Tak heran jika pori-pori wajah akan mengecil ketika menggunakannya.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus.

2. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

3. Kemudian oleskan pada wajah.

4. Diamkan selama 30 menit.

5. Bilas wajah dengan air bersih.

Alpukat dan Tomat

Ilustrasi buah alpukat | pexels
Ilustrasi buah alpukat | pexels

Alpukat

Alpukat dikenal dapat melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini. Hal ini disebabkan karena alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Tak heran jika banyak yang mengandalkannya untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Belah buah alpukat dan keruk isinya.

2. Haluskan daging buah alpukat, lalu gunakan sebagai masker wajah.

3. Diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas. Menggunakannya bisa membuat sel kulit mati tidak menumpuk. Hingga pori-pori wajah mengecil.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Tumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur.

2. Lalu oleskan pada wajah.

3. Diamkan selama 30 menit.

4. Bilas wajah dengan air bersih.

Bengkoang dan Teh Hijau

Ilustrasi bengkoang | Unsplash
Ilustrasi bengkoang | Unsplash

Bengkoang

Buah bengkoang banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan untuk dijadikan pemutih. Selain berguna sebagai pemutih, bengkoang juga dapat digunakan mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B dan C yang dapat menjaga agar sel kulit mati tidak menumpuk.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Parut buah bengkoang lalu peras dengan menambahkan air.

2. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami.

3. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan wajah Anda dengan air bersih.

Teh Hijau

Tidak dapat dipungkiri jika teh hijau kaya antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut ampuh untuk menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat. Penggunaan teh hijau juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil.

Cara mengecilkan pori-pori bekas jerawat:

1. Apabila menggunakan daun teh hijau, maka rendam ke dalam air panas selama 15 menit.

2. Lalu oleskan air rendaman ke wajah.

3. Apabila menggunakan bubuk, larutkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air.

4. Campur hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Analis: Kasus Rasisme Bisa Untungkan Donald Trump pada Pilpres AS 2020

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Demonstrasi Black Lives Matter mencuat pada 2020 karena penembakan polisi terhadap warga kulit hitam. Isu rasisme jelang Pilpres AS 2020 ini diduga ditunggangi Partai Demokrat untuk menjegal Donald Trump agar tak terpilih lagi sebagai presiden. 

Lantas seberapa kuat isu rasisme dalam pilpres AS? Menurut pemerhati politik Amerika Serikat Didin Nasirudin, isu rasisme belum tentu bisa menjauhkan Donald Trump dari kekuasaan. Belum lagi demontrasi Black Lives Matter bisa membuat pemilih jadi antipati. 

Hal itu justru bisa menguntungkan Donald Trump, sebab salah satu kunci kemenangan pilpres AS adalah pemilih moderat yang tidak condong ke Partai Demokrat atau Partai Republik. 

"Kalau misalnya demo itu semakin tidak terkontrol, artinya semakin radikal, akhirnya kelompok moderat jadi antipati," jelas Didin kepada Liputan6.com, Jumat (28/8/2020).

Selama ini, Donald Trump berpihak pada polisi lewat narasi "law and order" ketika ada demonstrasi beberapa bulan terakhir. Donald Trump juga mendapat dukungan politik dari asosiasi polisi di New York.

Namun, Didin menilai isu terkuat saat ini adalah ekonomi dan COVID-19. Jika Donald Trump berhasil dalam dua aspek itu, maka peluang ia terpilih semakin kuat. 

Ukuran yang dipakai Didin adalah Misery Index (Indeks Kesengsaraan) di Amerika Serikat. Indeks itu mengukur tingkat inflasi dan pengangguran. Jika indeks itu melewati angka 9 persen, maka presiden akan kesulitan terpilih. 

Itu sempat terjadi pada periode Presiden Jimmy Carter ketika Misery Index di pemerintahannya jebol hingga 16 persen. Skor indeks Trump saat ini sudah diatas 9 persen dalam tiga bulan terakhir. 

"Semakin kecil Misery Index pada tahun pemilihan semakin besar peluang capres petahana untuk terpilih kembali. Misery Index AS periode Januari - Maret 2020 rata2 sekitar 6 persen; pada April - Juli rata-rata sekitar 13,5 persen," ujar Didin.

Pilpres AS adalah pada November mendatang, sehingga Presiden Trump masih punya kesempatan memperbaiki Misery Index miliknya. Jika vaksin COVID-19 berhasil dan pengangguran menurun, maka hal itu bisa membawa dampak positif ke kampanye Donald Trump.

Saat ini, total kematian COVID-19 di AS sudah mencapai 180 ribu orang. Bulan lalu, tingkat pengangguran terpantau turun hingga 10,2 persen, namun masihi lebih tinggi ketimbang sebelum pandemi.

Kosmetik di Konvensi Partai Republik

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato pada hari keempat Konvensi Nasional Partai Republik di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (27/8/2020). (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato pada hari keempat Konvensi Nasional Partai Republik di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (27/8/2020). (AP Photo/Evan Vucci)

Pekan ini, Partai Republik baru saja menyelesaikan konvensi partai. Dalam acara itu, banyak tamu-tamu spesial yang hadir dari kalangan minoritas. 

Ada Chen Guancheng, aktivis China yang menjadi buronan Partai Komunis China. Hadir pula Kim Klacik, politisi wanita kulit hitam yang sedang naik daun, serta Alice Johnson, mantan narapidana yang dibebaskan oleh Donald Trump. 

Kehadiran perwakilan minoritas ini menurut Didin tidak akan berdampak banyak pada pemilih. Ia juga menilai kehadiran mereka sebagai untuk penampilan saja. 

"Itu kan semuanya kosmetik karena orang pada akhirnya maraskan apa yang terjadi selama 3,5 tahun terakhir," jelas Didin.

"Jadi apakah rasisme yang berlaku 3,5 tahun akan tehrapus dengan munculnya sikap simpati dalam semalam?"

Ia lantas kembali menegaskan bahwa isu terbesar tetap kembali ke isu ekonomi, serta partisipasi pemilih. Didin menyayangkan jika demonstrasi ramai tetapi partisipasi saat tanggal pemilihan malah lesu. Bahkan, kesuruhan yang terjadi bisa merugikan Donald Trump dan merugikan Joe Biden.

"Jadi kalau kerusuhan rasial berlangsung berlarut-larut, Donald Trump akan diuntungkan," pungkas Didin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJT: Kami Tak Pernah Merencanakan Jalan Tol untuk Sepeda

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini tengah menindaklanjuti usulan Pemerintah Provonsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menyediakan lintasan khusus bagi sepeda balap atau road bike di Jalan Tol Dalam Kota ruas Cawang-Tanjung Priok.

Permohonan ini diajukan dalam sebuah surat tertanggal 11 Agustus 2020 kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Surat tersebut diberikan atas dasar adanya peningkatan volume pengemudi sepeda setiap pekannya.

Berdasarkan isi surat yang dikirimkan tersebut, Pemprov DKI meminta agar ruas Tol Cawang-Tanjung Priok dapat digunakan untuk jalur sepeda. Tujuannya untuk mengakomodasi pengguna sepeda yang ramai berseliweran setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyampaikan, selama ini pihaknya tidak pernah terfikirkan dan memiliki rencana penggunaan jalan tol untuk pesepeda.

"Kami tidak pernah merencanakan tol untuk sepeda," kata Danang kepada Liputan6.com, Sabtu (29/8/2020).

Meski demikian, pihaknya menghargai usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai rencana itu. Bahkan, saat ini, surat tersebut kini tengah dikaji oleh pihaknya dan Direktorat Jenderal Bina Marga. Beberapa pertimbangan teknis jadi acuan dalam perhitungan pemberian izin tersebut.

"Safety and security akan jadi pertimbangan utama dengan tetap memenuhi SPM (Standar Pelayanan Minimal) jalan tol," terang Danang.

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga tidak mau kehadiran jalur sepeda ini nantinya dapat menimbulkan kemacetan di ruas tol ke arah Pelabuhan Tanjung Priok tersebut. Oleh karenanya, Danang meminta Pemprov DKI melakukan simulasi lalu lintas guna mencegah potensi terjadinya kemacetan baru.

"Ini yang kami minta dilakukan simulasi traffic oleh DKI. Terutama jalur logistik," ungkap dia.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Dishub DKI: Sepeda Masuk Tol Hanya Berlaku Setiap Hari Minggu

Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga bersepeda setelah jam kerja di jalur khusus sepeda kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Jalur sepeda bernama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin berjarak sekitar 14 Km. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan stakeholder terkait mendukung rencana Pemprov DKI mengijinkan sepeda atau road bike masuk tol.

Syafrin mengklaim Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Jasa Marga hingga Korlantas Polri menyetujui rencana DKI tersebut.

"18 Agustus kemarin, kami sudah mengundang Dirjen Bina Marga, BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), korlantas dan Dirlantas (Polda Metro Jaya), Kodam Jaya, BUJT, Jasa Marga. Prinsipnya seluruhnya mendukung untuk ini bisa terselenggara, ini semacam road bike event. Jadi nanti seminggu sekali dan peluang dalam regulasi memungkinkan," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Saat ini Syafrin menyebut pihaknya masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait izin road bike dapat masuk ke jalan tol.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berkirim surat kepada Menteri PUPR untuk meminta izin road bike masuk tol. Dengan adanya izin, Syafrin menyebut kebijakan itu tidak akan menyalahi undang-undang.

"Oleh sebab itu Pak Gubernur bersurat ke Menteri PUPR agar tidak menyalahi aturan. Undang-undang atau Peraturan Pemerintah, tentu pelaksanaannya harus mendapatkan izin dari menteri," ucapnya.

Rencananya, pengaturan road bike masuk tol hanya pada hari Minggu dari pukul 06.00-09.00 WIB.

"Hanya berlaku satu hari Minggu jam 06.00-09.00 WIB, jalanya ditutup dari arah Tanjung Priok ditutup satu sisi baratnya ditutup, kemudian akan dilakukan rekayasa lalin terkait dengan pergerakan kendaraan di jalan tol dan akan ada cone pembatas di lajur itu. Jadi tidak keluar ke jalan arteri," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kualitas Jaringan Perlu Jadi Pertimbangan saat Pilih Opsel untuk Belajar Online

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengizinkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dipakai untuk pembelian pulsa atau kuota data, untuk mendukung pelaksanaan pembelajaraan jarak jauh (PJJ).

Langkah ini diapresiasi oleh pengamat sekaligus peneliti dan dosen dari Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika ITB, Ridwan Effendi.

Menurut Ridwan, idealnya untuk mendukung PJJ perlu memakai jaringan fixed broadband. Pasalnya internet fixed broadband dianggap lebih andal dan stabil dibandingkan jaringan wireless.

Namun ia sadar, panetrasi fixed broadband di Indonesia terbatas, wireless pun menjadi tumpuan pemerintah untuk mendukung pelaksanaan PJJ.

Ridwan juga meminta kepada Kemkominfo agar bisa memanfaatkan dana USO untuk menggelar fiber optik ke seluruh wilayah Indonesia agar seluruh tempat memiliki akses broadband yang lebih andal.

Belum tersedianya akses fixed broadband yang merata berarti masyarakat perlu memakai koneksi wireless untuk mendukung PJJ. Sementara, kebutuhan kuota untuk mendukung proses belajar online sendiri tidaklah sedikit.

Menurut pengalaman, untuk sekali belajar online selama 1 jam dibutuhkan kuota data 200MB. Artinya jika sehari ada 7 jam pelajaran, kuota yang dibutuhkan mencapai 1,4GB per hari,

Tak hanya mempertimbangkan jumlah kuota, kapasitas dan kekuatan sinyal operator juga perlu jadi pertimbangan Kemdikbud dan Dinas Pendidikan daerah.

Oleh karenanya, Ridwan menekankan, harga yang murah bukanlah jaminan untuk mendukung kelancaran proses belajar online, apalagi kualitas jaringan satu operator berbeda satu sama lain, terutama di luar Jakarta, termasuk di daerah 3T.

Perlu Operator yang Andal

Para siswa belajar online di Tenda Wifi gratis di taman warga RT 013, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020). Tenda belajar tersebut menyediakan fasilitas wifi gratis bagi anak-anak sekolah yang terkendala dengan mahalnya kuota internet. (merdeka.com/Imam Buhori)
Para siswa belajar online di Tenda Wifi gratis di taman warga RT 013, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020). Tenda belajar tersebut menyediakan fasilitas wifi gratis bagi anak-anak sekolah yang terkendala dengan mahalnya kuota internet. (merdeka.com/Imam Buhori)

"Di Jakarta mungkin sinyal seluruh operator telekomunikasi tersedia dengan kapasitas yang hampir seragam. Namun di daerah non perkotaan dan tidak memiliki banyak penduduk, sinyal dan kapasitas operator sangat minim," kata Ridwan.

Ia menyebut, ada operator yang hanya memiliki satu BTS di satu wilayah kecamatan sehingga sinyal dan kapasitas broadband-nya terbatas. Untuk itu, agar peserta didik nyaman dalam belajar online, ia menyebut perlu kecepatan internet minimal 1,5Mbps.

"Karena untuk melakukan pembelajaran jauh dengan Zoom, Google Meet atau layanan video conference lain dibutuhkan bandwidth yang cepat dan latensi rendah. Kekuatan sinyal juga harus dimiliki operator untuk mendukung belajar online," katanya.

Ridwan menyebut, minimal operator telekomunikasi selular harus bisa memberikan sinyal 3 bar agar proses belajar peserta didik tidak tergangu.

"Kalau operator telekomunikasi mau memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didik, mereka harus meng-upgrade kapasitas dan kualitas di daerah tersebut. Sehingga Kemendikbud dan Dinas Pendidikan di Daerah harus bisa memilih serta merekomendasikan operator yang dapat memberikan layanan terbaik," katanya.

Perlu Cek Kualitas Sebelum Pilih Operator untuk PJJ

Siswa sekolah dasar belajar online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings di Pamulang Tangerang Selatan, Kamis (2/4/2020). Gelombang work from home (WFH) membuat kebutuhan terhadap aplikasi video conference meningkat saat pandemi Corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Siswa sekolah dasar belajar online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings di Pamulang Tangerang Selatan, Kamis (2/4/2020). Gelombang work from home (WFH) membuat kebutuhan terhadap aplikasi video conference meningkat saat pandemi Corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ridwan menyarankan, Kemdikbud dan Dinas Pendidikan daerah perlu mengecek kualitas layanan operator seluler ke Kemkominfo atau melalui Open Signal.

Berdasarkan laporan Open Signal mengenai Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2020, Telkomsel unggul dalam pengalaman video dengan skor 62,9 dari 100 poin.

Telkomsel juga bertahan sebagai operator di Indonesia yang mendapat penilaian Pengalaman Video Baik (55-65) dari para pengguna.

Pengalaman aplikasi suara pun mendapatkan skor 78,4 poin, untuk aplikasi OTT seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Skype.

Begitu juga kecepatan unduh dan unggah. Di mana, kecepatan unduh Telkomsel rata-rata 14,8 Mbps. Sedangkan kecepatan unggah Telkomsel mencapai 5,1 Mbps.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wulan Guritno Sempat Dijodohkan dengan Baim Wong?

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wulan Guritno diketahui cukup dekat dengan Baim Wong. Keduanya memang dikenal sebagai sahabat.

Kabar yang beredar, Wulan Guritno sempat dijodohkan dengan Baim Wong oleh teman-temannya.

Saat hal ini dikonfirmasi kepada Wulan Guritno, pemain film After Met You ini langsung membantahnya.

 

Tak Menampik

Wulan Guritno. (Foto: Instagram @wulanguritno)
Wulan Guritno. (Foto: Instagram @wulanguritno)

Saat menjadi bintang tamu di acara yang dipandu Feni Rose, Rabu (26/8/2020), Wulan Guritno tak menampik bahwa ia sudah lama bersahabat dengan Baim Wong.

 

Fitnah

wulanguritno ig
wulanguritno ig

Namun, wanita kelahiran London, Inggris, 14 April 1981 ini mengaku tidak ingat bila dirinya dijodohkan dengan suami Paula Verhoeven.

"Fitnah. Gue juga enggak inget. Sejujurnya pas Baim bilang gitu (pernah dijodohin teman-teman sama gue) gue kaget," jelasnya.

 

Tak Tertarik

Wulan Guritno menjelaskan, ia tak tertarik untuk bersanding dengan Baim Wong.

"Tapi memang gue dekat dan kalau ke arah sana nggak tertarik, cuma sahabatan saja," kata Wulan Guritno.

 

Se-type

Meski tak pernah pacaran, Wulan menyebut dirinya dan Baim Wong memiliki satu frekuensi yang sama. Karena itulah hingga kini mereka masih berteman baik.

"Kita se-type, satu frekuensi karena itulah kita satu geng dan dekat. Kita tuh juga nggak suka sama yang nggak lurus, bukan berarti suci gimana gitu, tapi nggak real gitu lah," jelas perempuan 39 tahun itu.

 

Kenal Lebih Dalam

Sudah mengenal Baim sejak lama, ia pun mengetahui hal-hal tentang bapak satu anak ini yang tak banyak diketahui orang lain. Salah satunya, Baim rajin membaca buku.

"Baim kan kelihatannya selengean, tapi dia sering baca buku-buku berat. Kalau ngomong kehidupan juga lebih dalam dan dia tuh ada masa gaulnya kok," jelasnya.

 

Di Mata Bunga Zainal

Di tempat yang sama, Bunga Zainal membenarkan pernyataan bahwa Baim adalah sosok yang seru. Tetapi Bunga tak mengetahui jika Baim sering baca buku.

"Zaman pacaran sama temannya Baim (Raffi Ahmad) kan jalannya bareng juga sama Baim. Dia mah emang seru banget, tapi nggak tahu deh dia baca buku soalnya nggak pernah lihat," jelasnya. (Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Lexus LC 500h, Sportscar Pilihan Chadwick Boseman

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chadwick Boseman, pemeran Black Panther, telah meninggal dunia hari ini (29/8/2020). Chadwick Boseman disebutkan meninggal dunia karena penyakit kanker usus, yang ia derita selama empat tahun.

Sosok yang dikenal sebagai raja T'Challa di film Black Panther ini pernah melakukan aksi kebut-kebutan menggunakan Lexus LC 500 di dalam filmnya.

Dilansir Hotcars, rupanya Chadwick Boseman juga membeli Lexus LC 500h untuk kesehariannya dengan estimasi harga $150,000 (setara Rp2,1 miliar). Boseman pernah terlihat menggunakan mobil ini saat sarapan di kawasan Los Feliz.

Jika diperhatikan, ada perbedaan varian pada Lexus di film dan yang digunakan oleh Chadwick Boseman. Perbedaan tersebut adalah huruf 'h' pada Lexus LC 500h . 

 

Perbedaan Lexus LC 500 dengan LC 500h

Dilansir lexusoflehighvalley, perbedaan terbesar dari Lexus LC 500 dengan LC 500h adalah mesin yang bersemayam di balik kap mobil. LC 500 menggunakan mesin 5,0 liter V8 yang menghasilkan tenaga puncak 471 Tk. Sedangkan LC 500h mengadopsi mesin 3,5 liter V6 hybrid yang menghasilkan tenaga 295 Tk. 

Selain namanya yang berbeda, tak ada perbedaan signifikan pada sektor eksterior antara Lexus LC 500 dengan LC 500h. Keduanya dilengkapi LED headlight dan taillight, glass roof, dan illuminated entry system. Keduanya memiliki opsi tambahan pada sektor rear spoiler, pelek alloy 21 inci, dan atap serat karbon.

 

 

Chadwick Boseman Sang Black Panther Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari panggung hiburan Hollywood.   Chadwick Boseman, pemeran Black Panther, meninggal dunia, dilansir dari Deadline dan TMZ (29/8/2020).

Chadwick Boseman disebutkan meninggal dunia karena penyakit kanker usus, yang ia derita selama empat tahun.

Chadwick Boseman yang selama ini merahasiakan penyakitnya, mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Los Angeles.

Sempat Diisukan Masuk RS

Pada Juni lalu, Chadwick Boseman sempat dirumorkan masuk RS karena sakit keras. Isu ini muncul setelah beredar sebuah foto di sejumlah pemberitaan dan media sosial.

Dalam foto tersebut, diperlihatkan sosok pria di atas kursi roda yang tengah didorong seorang wanita. Badannya diselubungi selimut putih, sementara kepala berikut wajahnya ditutup masker dan capuchone. Pria itu, disebut-sebut sebagai Chadwick Boseman. 

Namun, pihak sang aktor tidak merilis tanggapan atas isu tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuah Busana Kuno Gorontalo Beleuto Menangkal Covid-19

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Memasuki tatanan kehidupan normal baru, Pemerintah Provinsi Gorontalo punya kearifan lokal untuk menghadapinya. Salah satunya pemakaian busana tradisional Beleuto bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi.

Beleuto merupakan busana yang menggunakan sarung untuk menutupi badan dan wajah masyarakat Gorontalo pada masa lampau. Pemerintah menilai ini pakaian yang cocok untuk menepis Covid-19.

Bahkan, sebagian guru di SMA mulai memakainya. Pemerintah mewajibkan busana tradisional Gorontalo itu digunakan tiap hari Jumat.

"Ini merupakan anjuran Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan membudayakan mengenakan pakaian adat Gorontalo dan ini kami kenakan saat apel pagi setiap hari Jumat," kata Susanti Ente.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Mely Mohamad mengatakan, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 melalui kearifan lokal.

"Kami juga ingin menggali tradisi budaya Gorontalo sehingga lebih dilestarikan dan dikenalkan ke masyarakat," kata Mely Mohamad.

 

Busana Tradisional Kuno Dikenalkan ke Generasi Milenial

Penggunaan busana kuno Gorontalo Beleuto dinilai tepat untuk menepis Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)
Penggunaan busana kuno Gorontalo Beleuto dinilai tepat untuk menepis Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Mely Mohamad berharap  tradisi ini bisa terus disosialisasikan kepada generasi muda sehingga tradisi ini bisa terpelihara dan dilestarikan. Pemprov akan terus mensosialisasikan kepada generasi muda terutama kaum milenial yang ada di sekolah-sekolah.

"Mudah-mudahan dengan diterapkannya di sekolah-sekolah, bisa adik-adik siswa kenal pakaian ini," ucap Mely Mohamad.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Samin Deu menyampaikan, selain menghidupkan kembali kearifan lokal, penggunaan busana tradisional kuno itu juga merupakan salah satu upaya pencegahan Covid-19.

"Ini adalah upaya untuk menghidupkan kembali budaya Gorontalo untuk menggali kearifan lokal yang saat ini digalakkan gubernur, ini juga salah satu upaya pencegahan Covid-19 di Gorontalo" ucapnya.

Beleuto adalah kain atau sarung yang menutupi bagian tubuh hingga kaki dengan membuka sedikit bagian mata sehingga dapat melihat.

Beleuto merupakan kearifan lokal Gorontalo yang diangkat kembali oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie sebagai upaya melawan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fenomena Kotak Kosong Bikin Demokrasi Jadi Ompong

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain politik dinasti, salah satu masalah dalam demokrasi di Indonesia adalah fenomena kotak kosong saat Pilkada serentak. Hal ini membuat rakyat kekurangan kesempatan mendapat pilihan yang tepat untuk daerahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Protes ala Belarusia

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Seorang pria berjalan melewati sebuah tulisan bertuliskan
Seorang pria berjalan melewati sebuah tulisan bertuliskan

Seorang pria berjalan melewati sebuah tulisan bertuliskan

Para wanita menjual buah-buahan dan sayuran di samping tulisan
Para wanita menjual buah-buahan dan sayuran di samping tulisan

Para wanita menjual buah-buahan dan sayuran di samping tulisan

Seorang pria berjalan di halaman aspal yang dilukis dengan tulisan
Seorang pria berjalan di halaman aspal yang dilukis dengan tulisan

Seorang pria berjalan di halaman aspal yang dilukis dengan tulisan

Seorang pria berjalan melewati sebuah tulisan bertuliskan
Seorang pria berjalan melewati sebuah tulisan bertuliskan

Seorang pria berjalan melewati sebuah tulisan bertuliskan

Gambar pemimpin otoriter Alexander Lukashenko terlihat di poster iklan di Minsk (11/8/2020). Belarusia sedang menghadapi krisis politik yang tidak terduga menuntut pengunduran diri pemimpin otoriter  Alexander Lukashenko. (AFP/Sergei Gapon)
Gambar pemimpin otoriter Alexander Lukashenko terlihat di poster iklan di Minsk (11/8/2020). Belarusia sedang menghadapi krisis politik yang tidak terduga menuntut pengunduran diri pemimpin otoriter Alexander Lukashenko. (AFP/Sergei Gapon)

Gambar pemimpin otoriter Alexander Lukashenko terlihat di poster iklan di Minsk (11/8/2020). Belarusia sedang menghadapi krisis politik yang tidak terduga menuntut pengunduran diri pemimpin otoriter Alexander Lukashenko. (AFP/Sergei Gapon)

Sebuah prasasti bertuliskan
Sebuah prasasti bertuliskan

Sebuah prasasti bertuliskan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpaksa Keluar Rumah, IDAI Sarankan Anak di Bawah 2 Tahun Pakai Face Shield Ketimbang Masker

Posted: 28 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan penggunaan face shield atau pelindung wajah untuk anak di bawah usia 2 tahun demi mencegah mereka terkena COVID-19.

Hal ini dilakukan karena IDAI tidak merekomendasikan penggunaan masker pada kelompok anak berusia di bawah dua tahun.

Dalam dialog dari Graha BNPB, dokter spesialis anak Yogi Prawira yang merupakan Satgas COVID-19 IDAI mengatakan bahwa ada baiknya anak lebih baik tidak keluar rumah dahulu jika di daerahnya tingkat penularan masih tinggi.

"Kecuali ada kebutuhan yang mendesak misalnya ke rumah sakit, vaksinasi, dan sebagainya," kata Yogi, ditulis Jumat (28/8/2020).

"Kalau terpaksa harus keluar rumah, maka untuk anak di bawah usia 2 tahun hindari penggunaan masker," Yogi menambahkan.

Penggunaan Face Shield

Yogi mengatakan, penggunaan masker untuk anak usia di bawah 2 tahun dikhawatirkan bisa mengganggu pernapasannya sementara mereka belum bisa mengungkapkan perasaan tidak nyaman yang dialaminya.

"Maka alternatifnya, kelompok usia ini boleh menggunakan face shield, tetapi ada syaratnya, dengan pengawasan yang ketat dari orangtua atau pengasuh selama menggunakan penutup tersebut."

Sementara bagi bayi, Yogi mengatakan bahwa mereka tentu akan sulit apabila harus menggunakan face shield atau pelindung wajah. Untuk itu, dia merekomendasikan penggunaan kereta dorong dengan penutup atau partisi transparan.

"Kita tahu salah satu penyebarannya adalah melalui droplet. Jadi kita harus melindungi (anak dari) paparan droplet itu. Karena anak bisa terinfeksi," pungkasnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Bidik Diego Costa, Siap Reuni dengan Jose Mourinho

Posted: 28 Aug 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tottenham Hotspur bergerak cepat untuk mendapatkan tambahan kekuatan di lini serang. Usai tawaran 50 juta euro untuk striker AS Roma, Nicolo Zaniolo ditolak, Tottenham dikabarkan siap mendekati Diego Costa.

Striker Atletico Madrid ini sedang ditawarkan ke beberapa klub. Seperti dilansir Sportsmole, Diego Costa dikabarkan ingin bereuni dengan Jose Mourinho di Tottenham.

Sejauh ini, Tottenham sendiri diketahui sudah dikaitkan dengan sejumlah pemain. Mereka baru dapatkan dua pemain yaitu Joe Hart dan Pierre-Emile Hojberg.

Tottenham juga sudah mencapai kesepakatan untuk datangkan bek tangguh Wolves, Matt Doherty. The Lilywhite hanya harus membayar 15 juta pounds untuk transfer ini.

Kini, langkah Tottenham pun terus berlanjut kepada Costa. Tottenham bahkan kabarnya telah menghubungi Costa untuk mengungkapkan ketertarikannya.

 

Masa Emas Diego Costa

Diego Costa semasa di Chelsea (AFP/Oli Scarff)
Diego Costa semasa di Chelsea (AFP/Oli Scarff)

 

Diego Costa menjalani masa emas dengan Jose Mourinho semasa di Chelsea. Dia meraih gelar juara Liga Inggris di musim pertamanya di Stamford Bridge.

Dia bisa bertahan selama tiga musim di Chelsea dan mulai tidak kerasan saat The Blues dilatih Antonio Conte. Pelatih asal Italia ini tak cocok dengan Costa.

Pada 21 September 2017, Costa pun akhirnya pulang ke Atletico Madrid. Namun baru bisa main pada Januari 2018 karena sanksi transfer yang dijalani Atletico saat itu.

 

Gemilang

Tottenham sudah memulai pramusim dengan gemilang. Pada Jumat (28/8/2020), Tottenham berhasil menggulung Reading 4-1.

Gol Tottenham dicetak Song Heung Min, Erik Lamela, Delle Alli dan gol bunuh diri Omar Richards. "Cara kami menyerang sangat menarik. Ini sangat positif," ujar Mourinho usai pertandingan.

Saksikan video Tottenham berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

29 Agustus 2020, Pasien Covid-19 Wisma Atlet dan Pulau Galang Bertambah

Posted: 28 Aug 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien rawat inap terkait virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta dan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang terus bertambah.

Pada hari ini, Sabtu (29/8/2020), terjadi penambahan 7 pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet. Sehingga Total pasien rawat inap yang menghuni RSD Wisma Atlet sebanyak 1.528 orang. Data ini diterima hingga pukul 08.00 WIB.

"Pasien rawat inap di RS Darurat Wisma Atlet bertambah 7 orang, dari semula 1.528 menjadi 1.535 pasien," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam keterangannya, Sabtu (29/8/2020).

1.535 pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet terdiri dari 808 pria dan 727 wanita. Dari jumlah tersebut, pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 1.531 orang, sementara pasien suspek 4 orang.

"Pasien terkonfirmasi positif berkurang 5 orang dari semula 1.526 menjadi 1.531 orang. Pasien suspek bertambah 2 menjadi 4 orang," kata Aris.

Aris mengatakan, sejak 23 Maret 2020 sampai dengan 29 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB, pasien Covid-19 terdaftar sebanyak 12.459 orang, sementara pasien yang keluar 10.641 orang.

"10.641 pasien keluar, 10.387 di antaranya sembuh, 250 dirujuk ke RS lain, meninggal 3 orang, dan tanpa izin 1 orang," kata Aris.

Pulau Galang Bertambah 39 Orang

Sementara pasien rawat inap di RSKI Pulau Galang bertambah 39 orang, dari semula 215 menjadi 254 orang. Dari jumlah tersebut, pasien terkonfirmasi positif sebanyak 107 orang, pasien suspek 147 orang.

Aris mengatakan, sejak 12 April 2020 hingga 29 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB, pasien terdaftar di RSKI Pulau Galang sebanyak 1.940 orang, pasien yang pulang 1.686 orang.

"Dari 1.686 pasien pulang, yang dirujuk 5 orang, sembuh dan membaik 347 orang, pasien suspect selesai perawatan sebanyak 1.334 orang," kata Aris.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Virtual Carnival of The Animals Virtual Benefit Concert Digelar Sore Ini

Posted: 28 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arts Prima Foundation menggelar konser virtual bertajuk Carnival of The Animals Virtual Benefit Concert pada Sabtu (29/8/2020) sore. Konser virtual tersebut bakal digelar mulai pukul 15.00 WIB.

Carnival of The Animals Virtual Benefit Concert menampilkan para siswa dan guru-guru Arts Prima International Music School. Bukan cuma aksi pertunjukan musik, konser ini dibuat untuk mengenalkan anak terhadap rasa mengapresiasi dan menyayangi hewan.

"Kami merasa perlu menanamkan kebaikan, respek, dan empati, pada anak dengan mengajarkan kepada mereka peduli lingkungan. Termasuk mengembangkan hubungan cinta positif dengan hewan," ujar Pendiri Arts Prima Foundation, Andika Wardhani, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Nantinya, konser ini ditayangkan melalui akun YouTube Arts Prima Music School. Tayang perdana, Sabtu (29/8/2020), mulai pukul 15.00 WIB, dan berlangsung hingga Minggu (30/8/2020), pukul 23.59 WIB.

 

Terdampak Covid-19

Pendiri Arts Prima Foundation, Andika Wardhani dan Patrick William Burston. (ist)
Pendiri Arts Prima Foundation, Andika Wardhani dan Patrick William Burston. (ist)

Andika Wardani menganggap sumber daya alam seperti flora dan fauna juga terdampak pandemi covid-19. Untuk itu, rasa menyayangi dan memberi perhatian lebih terhadap satwa di situasi sulit seperti saat ini amat diperlukan.

 

Donasi

Siswa Arts Prima International Music School, ketika menggelar konser "A Tribute to Indonesia" di Galeri Indonesia Kaya, Mall Grand Indonesia Jakarta. (ist)

Oleh karena itu, kata Andika Wardani, Arts Prima Foundation berinisiatif mengajak masyarakat ikut peduli satwa. Salah satunya mengumpulkan donasi melalui virtual konser ini. Pandemi covid-19, kata dia, tak hanya berdampak bagi manusia, tapi juga lingkungan.

"Termasuk memunculkan persoalan juga bagi hewan. Terutama satwa yang berada di taman margasatwa," ungkapnya.

 

 

Melalui Fitur Likes

Carnival of The Animals Virtual Benefit Concert dapat diunduh melalui link yang diposting di instagram Arts Prima. Untuk setiap likes pada postingan di instagram resmi Arts Prima, dari sejak tayang perdana, Sabtu (29/8/2020), hingga Minggu, 30/8/2020, pukul 23.59 WIB, Arts Prima Foundation akan mendonasikan Rp 10.000/ likes kepada PKBSI (Perkumpulan Kebun Binatang Seluruh Indonesia).

 

Pembiayaan Pakan Satwa dan Obat-Obatan

"Konser ini tidak hanya memberi pemahaman cinta hewan kepada anak-anak. Tapi juga mengadakan aksi donasi untuk membantu satwa. Seluruh hasilnya disalurkan ke PKBSI untuk membantu pembiayaan pakan satwa dan obat-obatan selama masa pandemi corona ini," terangnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Cerita Aktor Black Panther Chadwick Boseman Menemukan Gayanya di Karpet Merah

Posted: 28 Aug 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian aktor film Black Panther, Chadwick Boseman, menyisakan duka dan segudang memori akan figurnya. Melansir laman TMZ, Sabtu (29/8/2020), Boseman menghembuskan napas terakhir di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat, setelah empat tahun berjuang melawan kanker usus.

Di antara deras ucapan duka yang disampaikan tak hanya oleh para penggemar, namun juga sesama bintang Hollywood, kepingan memori akan pria 43 tahun ini pun disuarakan. Tak terkecuali tentang gaya ikonisnya.

Terlepas dari kostum karakter Black Panther yang lekat, menurut laporan Hollywood Reporter, Boseman punya cerita lain dalam menemukan gayanya sendiri di karpet merah. Baginya, look tersebut merupakan tentang membangun kepercayaan dengan stylist.

Salah satu yang kedapatan membantu penampilan Chadwick Boseman di karpet merah sejumlah acara adalah stylist, Ashley Weston. Dalam praktiknya, Weston kebanyakan memilih busana rancangan desainer kenamaan untuk melengkapi penampilan sang aktor.

"Anda harus punya seseorang yang memahami gaya Anda dan apa yang Anda setujui untuk dipakai," katanya tentang Weston untuk isu Power Stylists 2018 lalu. "Kami menemukan sinkronasi yang sangat-sangat bagus."

Weston sendiri telah bertanggung jawab atas penampilan Chadwick Boseman di berbagai kesempatan, termasuk dalam premiere film Black Panther di beberapa negara. Menurut Boseman, Weston membuat prosesnya jadi sesederhana mungkin.

 

Mengapresiasi Stylist-nya

Chadwick Boseman berpose saat tiba di Oscar di Dolby Theatre di Los Angeles pada 4 Maret 2018. Aktor pemeran Black Panther ini meninggal dunia karena penyakit kanker usus, yang ia derita selama empat tahun. (AP Photo/Jordan Strauss)
Chadwick Boseman berpose saat tiba di Oscar di Dolby Theatre di Los Angeles pada 4 Maret 2018. Aktor pemeran Black Panther ini meninggal dunia karena penyakit kanker usus, yang ia derita selama empat tahun. (AP Photo/Jordan Strauss)

Chadwick Boseman mengatakan, ia sangat mengapresiasi Weston karena dalam pemilihan busana, sang stylist selalu menciptakan cerita. "Ia akan datang dengan beberapa opsi dan yang saya lakukan hanya tinggal memilih," katanya.

Weston mengatakan, dalam memilih busana, sebenarnya hal itu bagian dari ekspresi diri dan tentang bagaimana tetap setia pada kepribadian diri yang sebenarnya.

"Busana bisa membuat Anda sangat kuat dalam berucap dan merupakan alat berguna," katanya. "Ada bisa mengirim pesan pada dunia lewat apa yang Anda pakai."

"Semua selalu berubah," imbuh Boseman. "Anda bisa merasakan sendiri apa perubahan itu dan apa perubahan yang terjadi di diri Anda. Saya pikir, semua ini adalah soal mengenali diri di momen tertentu."

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran COVID-19, Lapas Porong Sidoarjo Adakan Penyemprotan Disinfektan

Posted: 28 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur menerapkan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19

Selain menyemprot disinfektan, petugas lapas juga mengajak warga binaan pemasyarakatan mengikuti olahraga untuk meningkatkan imunitas menyusul ditemukannya puluhan warga binaan positif tertular COVID-19.

Kepala Lapas Kelas I Surabaya Gun Gun Gunawan di Sidoarjo, Jumat, mengatakan setiap pagi para penghuni lapas itu diajak untuk berolahraga di lapangan.

"Responsnya bagus karena setiap harinya ada sekitar seribu orang WBP yang mengikuti olahraga," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Sabtu, (29/8/2020).

Ia menuturkan, saat ini terdapat sekitar 53 orang warga binaan pemasyarakatan yang menjalani isolasi di ruangan kesehatan di dalam lingkungan Lapas Kelas I Surabaya.

"Kami juga akan terus berusaha memerangi penyebaran virus di dalam lapas salah satunya dengan melakukan penyemprotan rutin cairan disinfektan di blok di dalam lapas," ujar dia.

Batasi Kegiatan

Ilustrasi penjara (AFP)
Ilustrasi penjara (AFP)

Ia menjelaskan, saat ini jumlah penghuni di Lapas Kelas I Surabaya saat ini menampung sekitar 2.356 warga binaan pemasyarakatan yang menghuni 10 blok lapas.

"Kami juga membatasi kegiatan warga binaan pemasyarakatan yang banyak mengumpulkan masa. Termasuk dalam tempat ibadah," ujar dia.

Sebelumnya, mantan Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru Sidoarjo setelah divonis positif terpapar virus corona atau COVID-19.

"Bahkan empat orang petugas kami juga dinyatakan positif terpapar virus corona dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Black Panther Chadwick Boseman Melawan Kanker Kolon di Tengah Kesibukan Syuting

Posted: 28 Aug 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, New York - Aktor Hollywood Chadwick Boseman sang pemeran utama film Black Panther dikabarkan meninggal dunia akibat kanker kolon. Kabar duka ini dikonfirmasi lewat akun Twitter resmi Chadwick Boseman, pada Sabtu (29/8/2020) pagi waktu Indonesia, atau Jumat (28/8/2020) sore waktu setempat.

"Dengan dukacita mendalam kami mengonfirmasi berpulangnya Chadwick Boseman," begitu awal pengumuman tersebut.

Pengumuman tersebut juga dilanjutkan dengan cerita perjuangan Chadwick Boseman dalam melawan kanker kolon yang dia derita sejak empat tahun silam. Menurut pengumuman tertulis itu, pria 43 tahun tersebut bahkan melakukan serangkaian pengobatan mulai dari kemoterapi hingga operasi di tengah-tengah kesibukan syuting.

"Seorang pejuang sejati, Chadwick bertahan melalui itu semua, dan menyajikan banyak film yang sangat Anda sukai," kata keluarganya dalam pernyataan itu.

"Dari Marshall ke Da 5 Bloods, August Wilson's Ma Rainey's Black Bottom dan beberapa peran lainnya  difilmkan selama ia menderita kanker dan di antara banyak operasi serta kemoterapi. Itu adalah kehormatan dalam karirnya untuk menghidupkan Raja T'Challa di Black Panther."

Chadwick Bosemanakhirnya mengembuskan napas terakhir di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat, ditemani istri dan keluarga di sampingnya.

"Keluarga mengucapkan terima kasih atas cinta dan doa-doa, dan meminta Anda untuk tetap menghormati privasi mereka selama masa sulit ini."

Chadwick Boseman Mengidap Kanker Kolon Sejak 2016

Chadwick Boseman. (Foto: Twitter/@BrasilChadwickB)
Chadwick Boseman. (Foto: Twitter/@BrasilChadwickB)

Tanpa diketahui banyak pihak, Chadwick Boseman ternyata sudah mengidap kanker kolon atau kanker usus sejak 2016. Kala itu ia didiagnosis kanker kolon stadium III dan akhirnya meninggal 4 tahun kemudian ketika kanker beranjak ke stadium IV.

"Chadwick Boseman telah didiagnosis dengan kanker kolon stadium III pada 2016, dan melawan itu 4 tahun terakhir saat kanker beranjak ke stadium IV."

Pria berambut ikal ini pertama kali menjadi terkenal dengan memainkan tokoh-tokoh kehidupan nyata seperti pemain bisbol hebat Jackie Robinson di film 42 pada 2013 kemudian sebagai musisi James Brown di Get on Up pada 2014.

Namun, Black Panther yang menjadi film blockbuster pada 2018 akan menjadi karyanya yang paling diingat. Film tersebut adalah film superhero pertama yang mendapatkan nominasi film terbaik dan enam penghargaan lainnya di Oscar, melansir BBC.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menengok Perjalanan 35 Tahun Dufan Ancol

Posted: 28 Aug 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia Fantasi (Dufan) Ancol genap berusia 35 tahun hari ini, Sabtu (29/8/2020). Hingga saat ini, Dufan tetap eksis sebagai kawasan wahana bermain yang diminati dan menjadi favorit wisatawan saat mereka berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol.

"Denyut inovasi Dufan tidak pernah berhenti. Diharapkan dengan selalu hadirnya wahana baru di kawasan ini dapat menambah kebahagiaan dan kegembiraan seluruh anggota keluarga," kata Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Agustus 2020.

Dufan memulai perjalannya pada 29 Agustus 1985. Perjalanan dari sebuah cita-cita untuk menciptakan kebahagiaan seluruh keluarga Indonesia. Seperti sebuah perjalanan, Dufan Ancol selalu bergerak untuk maju dan berinovasi untuk menciptakan dan menghadirkan pengalaman liburan indah dan seru yang tidak terlupakan.

Saat dibuka, kawasan ini memiliki luas 10 hektare dengan 12 wahana yang seru dan memacu adrenalin. Selanjutnya, Dufan diperluas menjadi 12 hektare dengan 18 wahana dalam rentang 1988 -– 1992.

Tak berhenti di situ, dengan bertambahnya wisatawan menghabiskan liburannya bersama keluarga di kawasan ini, Dufan kembali memperluas kawasannya. Pada rentang waktu 2002--2012 Dufan menambah wahananya dengan total 25 wahana dan luasan 18 hektare, lalu bertambah lima wahana baru pada rentang waktu 2014--2017, sehingga memilki 30 wahana dengan luas area 19 hektare.

36 Wahana

Dunia Fantasi Ancol siap menghadirkan 9 wahana baru (Dok.Istimewa)
Dunia Fantasi Ancol siap menghadirkan 9 wahana baru (Dok.Istimewa)

Kini area bermain yang memiliki keistimewaan di hati masyarakat melengkapinya dengan 36 wahana dengan kawasan yang lebih luas lagi, yaitu 21 hektare. Adanya perluasan kawasan dan penambahan wahana ini tidak lain hanya ingin menjadikan kawasan Dufan sebagai destinasi wisata dan liburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Hanya di Dunia Fantasi pengunjung diajak berpetualang dengan sembilan kawasan yang tematik, mulai dari Kawasan Hikayat, Indonesia, Eropa, Yunani, Jakarta, Asia, Amerika, Kidz Fantasy, dan Dunia Kartun. Semua nama-nama kawasan itu memiliki keunikan berbeda-beda, mulai dari tema arsitektur bangunan hingga ornamennya.

Infografis Pro-Kontra Perluasan Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pro-Kontra Perluasan Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Brescia Picu Inter Milan dan AC Milan Perang soal Pirlo Baru

Posted: 28 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Bos Brescia, Massimo Cellino memicu perang antara Inter Milan dengan AC Milan. Ini terkait Sandro Tonali, pemain yang kerap dijuluki Andrea Pirlo baru ini.

Cellino baru-baru ini membuat panas Inter Milan karena menyebut AC Milan juga berpeluang rekrut Tonali. Padahal Inter sudah dari awal mencapai kesepakatan dengan Tonali untuk musim depan.

Beberapa sumber di Italia menyebutkan AC Milan punya banyak peluang untuk menyalip Inter Milan dalam perburuan gelandang 20 tahun ini. Hal ini juga dibenarkan Celino.

"Saya menghargai profesionalisme Paolo Maldini yang sangat tahu gaya pendekatan historil ala AC Milan," ujar Celino seperti dikutip Sky Sport.

"Saya tak mau menambahkan hal lain kecuali itu, karena saya tak mau terlalu bebas dengan kata-kata..."

 

Faktor Tonali

Sandro Tonali (Timo Aalto / Lehtikuva / AFP)
Sandro Tonali (Timo Aalto / Lehtikuva / AFP)

Celino berkilah Tonali sudah tak sabar untuk mengetahui masa depannya. Dia juga sudah berusaha untuk menjaga godaan dari tawaran klub lain.

"Beppe Marotta (direktur sport Inter) selalu memastikan ketertarikan besar Inter Milan untuk dapatkan pemain, jadi saya mencoba hindari negoisasi dengan klub lain, termasuk dari luar Italia," ujarnya.

"Tapi pemain ini harus tahu seperti apa masa depannya. Saya tak buru buru, tapi Tonali yang buru-buru."

 

Terlalu Lambat

 

AC Milan kabarnya mengajukan penawaran 10 juta euro untuk meminjam Tonali. Mereka menambahkan opsi pembelian dengan tambahan 15-20 juta euro.

Inter Milan sendiri terlalu lambat merealisasikan transfer Tonali. Mereka masih menanti penjualan pemain mereka yang membutuhkan banyak waktu.

Kabarnya, Tonali kurang disukai Antonio Conte. Pelatih Inter Milan ini lebih suka dengan Arturo Vidal dan Alesandar Kolarov.

Saksikan video Inter Milan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Tetapkan Ganja sebagai Tanaman Obat Binaan

Posted: 28 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menetapkan ganja sebagai salah satu komoditas tanaman obat binaan di bawah Kementerian Pertanian (Kementan).

Keputusan itu tertera dalam Keputusan Menteri Pertanian Nomor 104/KPTS/HK.140/M/2/2020 tentang Komoditas Binaan Kementerian Pertanian, yang ditandatangani Mentan SYL pada 3 Februari 2020 silam.

"Bahwa tanaman binaan dan komoditas lain lingkup Kementerian Pertanian saat ini mengalami perkembangan jenis komoditas," tulis Kepmen tersebut, seperti dikutip Sabtu (29/8/2020).

Dalam diktum pertama Kepmen tersebut, diuraikan bahwa komoditas binaan Kementerian Pertanian menjadi wewenang 4 direktorat jenderal (ditjen) di dalam instansi. Antara lain Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Perkebunan, serta Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Adapun ganja (cannabis sativa) merupakan salah satu komoditas tanaman obat yang berasal di bawah binaan Ditjen Tanaman Pangan. Total ada sebanyak 66 komoditas tanaman obat yang berada di bawah direktorat jenderal tersebut, salah satunya seperti akar kucing, jahe, kecubung, hingga purwoceng.

Sebagai catatan, ganja sendiri dalam peraturan pemerintah lainnya ditetapkan sebagai jenis narkotika golongan I. Itu tercantum dalam Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam menetapkan komoditas binaan dan produk turunannya, berbagai ditjen di bawah Kementan wajib berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, direktorat jenderal teknis lingkup Kementerian Pertanian, pakar/perguruan tinggi, hingga pihak kementerian/lembaga.

"Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan (3 Februari 2020)," bunyi diktum ketujuh Keputusan Menteri Pertanian 104/KPTS/HK.140/M/2/2020.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Polri: Mulai BNN hingga Kementerian Tak Setuju Ganja Medis

Ilustrasi tanaman ganja. (iStockphoto)
Ilustrasi tanaman ganja. (iStockphoto)

Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar membeberkan hasil rapat terkait ganja medis. Rapat tersebut digelar bersama Badan Nasional Narkotika (BNN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), dan kementerian lainnya.

Krisno mengungkapkan seluruh peserta rapat, menyatakan tidak setuju dengan adanya ganja untuk medis.

"Seluruh peserta rapat koordinasi tidak menyetujui terhadap rekomendasi WHO 5.4 dan 5.5 tentang rencana legalisasi narkotika jenis ganja," tutur Krisno dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Menurut dia, ada sejumlah alasan menjadi dasar dari penolakan ganja medis tersebut. Antara lain, ganja yang tumbuh di Indonesia berbeda dengan yang tumbuh di negara lain, baik Eropa ataupun Amerika.

"Dari hasil penelitian, ganja di Indonesia memiliki kandungan THC yang tinggi yakni 18 persen dan CBD yang rendah yaitu 1 persen. Kandungan THC itu sangat berbahaya bagi kesehatan karena bersifat psikoaktif," kata Krisno.

Alasan lain, ganja yang dapat digunakan untuk pengobatan seperti epilepsi misalnya, berasal dari hasil budidaya rekayasa genetik yang menghasilkan kandungan CBD tinggi dan kandungan THC rendah.

"Bukan seperti ganja dari Indonesia. Maka ganja yang tumbuh di Indonesia bukanlah jenis ganja yang dapat digunakan untuk pengobatan," kata Krisno.

Dia mengatakan, Indonesia memiliki Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 yang telah mengatur ganja sebagai narkotika golongan I dan telah ditentukan sanksi tegas bagi pihak penyalahguna.

Kekhawatiran

Seorang pria diburu polisi karena menanam sekitar 40 batang ganja di daerah III Koto Aur Malintang Selatan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. (Liputan6.com/ Humas Polres Pariaman)
Seorang pria diburu polisi karena menanam sekitar 40 batang ganja di daerah III Koto Aur Malintang Selatan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. (Liputan6.com/ Humas Polres Pariaman)

Bareskrim Polri dan BNN juga mencatat jumlah kasus ganja masih terbilang cukup besar di Indonesia. Jika dilegalkan, maka akan lebih banyak lagi penyalahgunaan ganja dengan dalih apapun.

"Mereka yang ingin mengonsumsi ganja untuk kebutuhan rekreasi, bisa beralibi untuk kebutuhan medis," ujarnya.

Krisno mengatakan, dengan adanya rekomendasi ganja medis oleh WHO justru akan menimbulkan permasalahan di Indonesia. Seperti peningkatan angka orang sakit dan kematian akibat maraknya penggunaan ganja.

"Untuk itu, seluruh peserta sepakat untuk menolak rekomendasi WHO 5.4 dan 5.5 sebagai statemen dan sikap Indonesia atas rekomendasi tersebut," Krisno menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan

Posted: 28 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada setiap lingkungan terdapat berbagai macam orang dengan kepribadian dan sifatnya masing-masing. Ada orang yang berkepribadian terbuka, baik dan pandai bergaul. Ada pula orang yang pendiam, suka menyendiri dan sulit untuk akrab dengan orang lain.

Kepribadian orang yang pendiam dan suka menyendiri biasanya tidak pandai bergaul. Oleh karena itu ia cenderung tidak memiliki banyak teman. Sedangkan orang dengan kepribadian terbuka dan pandai bergaul biasanya mudah untuk menjalin pertemanan. Rupanya kepribadian pandai bergaul juga dimiliki oleh beberapa zodiak.

Kebanyakan orang dengan zodiak-zodiak ini memiliki sifat yang baik dan pandai menghidupkan suasana. Tak heran jika ia disenangi oleh banyak orang dan suka bergaul dengannya. Orang dengan beberapa zodiak ini memiliki banyak teman dan bergaul di berbagai lingkungan sosial.

Penasaran zodiak apa sajakah yang memiliki kepribadian demikian? Berikut 5 zodiak yang pandai bergaul dan mudah menjalin pertemanan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (29/8/2020).

1. Libra

Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan
Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan

Libra menganggap pertemanan adalah sesuatu yang sangat penting dan serius. Ia akan melakukan berbagai hal untuk membuat jalinan pertemanannya langgeng. Libra juga menjadi orang yang tetap peduli dengan temannya ketika sedang mengalami musibah.

Ia selalu ada untuk temannya ketika dibutuhkan kapan pun. Maka tak heran jika ia dikenal pintar bergaul dan mudah menjalin hubungan pertemanan. Libra juga memiliki cukup banyak teman berkat kepandaiannya bergaul tersebut.

2. Gemini

Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber: unsplash.com/Blake Cheek)
Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber: unsplash.com/Blake Cheek)

Orang dengan zodiak Gemini adalah sosok yang menyenangkan ketika dijadikan teman bicara atau mengobrol. Ia sangat tertarik dengan apa yang orang lain bicarakan. Ia tidak hanya menunggu, tapi juga sering memulai pembicaraan dan membuatnya menjadi menyenangkan

Gemini adalah orang yang pandai bergaul dan suka melakukan komunikasi. Tak heran ia sangat mudah menjalin suatu hubungan pertemanan. Ia juga memiliki cukup banyak teman terutama orang-orang yang satu ketertarikan dengannya.

3. Leo

Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber foto: Sycamorelifestyle.com)
Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber foto: Sycamorelifestyle.com)

Leo memang pandai bergaul dan cukup populer. Ia memiliki banyak teman di berbagai lingkungan pergaulan. Ketika ia berteman dengan seseorang mereka sangat setia dan baik hati. Sosok yang pandai memimpin ini begitu energik, menyenangkan dan suka membantu temannya yang mengalami kesulitan.

Berkat kepribadiannya itu, membuat Leo sangat mudah menjalin hubungan pertemanan. Bahkan ia bisa mendapat teman di lingkungan yang baru dikenalnya. Hal itu merupakan salah satu kemampuan alaminya dalam pergaulan.

4. Aquarius

Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber foto: yourtango.com)
Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber foto: yourtango.com)

Aquarius dikenal memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang. Tidak hanya pintar menjalin pertemanan, ia juga pintar untuk mempertahankan hal itu. Tak heran ia sering dihubungi oleh teman-temannya meskipun sudah lama tidak bertemu. Zodiak ini biasanya ramah dan membuat orang merasa nyaman.

Aquarius sangat menarik dan menggunakan kecerdasannya untuk menjadikan suasana menjadi menyenangkan. Ia dikenal pintar bergaul di berbagai lingkungan sosial. Selain itu, Aquarius setia saat berteman dengan seseorang, ia berkomitmen untuk selalu ada ketika dibutuhkan.

5. Aries

Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber: pexels.com/Helena)
Pandai Bergaul, 5 Zodiak Ini Mudah Menjalin Pertemanan (Sumber: pexels.com/Helena)

Orang dengan zodiak Aries memiliki banyak teman karena antusiasmenya yang tinggi dan pandai bergaul. Ia selalu melakukan sesuatu yang membuat teman-temannya merasa senang. Aries adalah orang yang blak-blakan, tapi terkadang ia mengontrol sifatnya itu agar tidak menyakiti hati temannya.

Terkadang ia hanya perlu mengatakan apa yang ada di pikirannya tapi dengan cara yang bisa diterima oleh teman-temannya. Kepribadiannya itu membuat Aries disukai oleh banyak temannya. Ia juga mudah untuk menjalin pertemanan baru tanpa melupakan teman lamanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Minta Mahasiswa Unhan Kuasai Iptek dan Buat Terobosan Baru

Posted: 28 Aug 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) betul-betul menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut dia, kedua hal itu merupakan kunci untuk memajukan Indonesia.

Hal ini disampaikan Prabowo saat memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Mahasiswa S1, S2, dan S3 Unhan tahun ajaran 2020-2021 di Lapangan Universitas Pertahanan Sentul Bogor Jawa Barat, Sabtu (29/8/2020). Acara ini ditayangkan secara virtual di Youtube.

"Tidak mungkin pembangunan suatu bangsa dilaksanakan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Prabowo saat memberikan amanat.

Untuk itu, Prabowo menilai perlunya mencetak kader-kader bangsa melalui pembukaan empat 4 fakultas dan 10 program studi baru di Unhan. Hal ini juga mengantisipasi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi di masa datang, seperti pandemi virus corona (Covid-19).

"Sudah bisa kita lihat, di saat kita alami sekarang wabah pandemi Covid-19 yang telah berhasil memperlambat peradaban manusia di seluru dunia dan mengancam kesejahteraan termasuk republik kita," jelasnya.

Selain itu, dia juga meminta 300 mahasiswa baru Universitas Pertshanan tahun ajaran 2020/2021 membuat terobosan dan inovasi baru. Pasalnya, kata dia, bisa saja perang di masa depan menggunakan senjata yang tak pernah dibayangkan manusia sebelumnya.

"Perang akan datang bisa saja menggunakan senjata baru yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia, bisa menjadi senjata untuk menghancurkan peradaban manusia untuk menghancurkan negara-negara," tutur Prabowo.

Fakultas dan Program Studi

Adapun fakultas dan program studi Unhan tahun 2020 antara lain:

Fakultas Kedokteran Militer

1. Program Studi Pendidikan Kedokteran

Fakultas Farmasi Militer

1. Program Studi Ilmu Farmasi

Fakultas MIPA Militer

1. Program Studi Matematika

2. Program Studi Biologi

3. Program Studi Kimia

4. Program Studi Biologi

Fakultas Teknik Militer

1. Program Studi Teknik Informatika

2. Program Studi Teknik Elektro

3. Program Studi Teknik Mesin

4. Program Studi Teknik Konstruksi Bangunan Militer

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kodim Tegaskan TNI Tak Terlibat Perusakan Polsek Ciracas

Posted: 28 Aug 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0505/Jakarta Timur Kol Kav Rahyanto Edy menegaskan TNI tidak terlibat dalam perusakan Markas Polsek Ciracas Jakarta timur pada Sabtu dinihari (29/8/2020).

"Sementara belum ada laporan. Tidak ada keterlibatan. Belum bisa dipastikan," katanya dalam konferensi pers di Markas Kodam Jaya Cawang Jakarta Timur, Sabtu.

Kendati demikian, TNI bersama Polri masih melakukan pendalaman atas peristiwa tersebut. Saat ini pihaknya masih membantu olah tempat kejadian perkara (TKP) serta pemeriksaan saksi.

Menurut Rahyanto, kronologi perusakan Polsek Ciracas kejadian bermula saat sekelompok orang tidak dikenal bergerak dari arah Cibubur ke Mapolsek Ciracas.

"Kita sudah cek bahwa tadi malam tepatnya di daerah Cibubur ada sekolompok orang yang kita masih belum tau identitasnya melaksanakan pengrusakan di Jalan Raya Bogor dan terakhir di Mapolsek Ciracas," katanya.

Minta Tetap Tenang

Sekitar pukul 00.30 WIB, massa yang ada dari arah Cibubur bergerak menuju Polsek Ciracas. Di sepanjang jalan mereka anarkis dan titik puncaknya menyerang polsek di Ciracas.

Dia meminta masyarakat bersabar dan jangan terpancing apapun. Rahyanto juga meminta awak media membantu menenangkan warga.

"Agar wartawan bisa sebarkan ke masyarakat agar kejadian nggak terjadi lagi. Kita rangkul semua elemen. Baik wartawan untuk berikan keterangan ke masyarakat. Kita berikan upaya dengan Polri supaya memberi ketenangan ke masyarakat," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kantor Kemkominfo Lockdown karena Ada Pegawai Positif Covid-19

Posted: 28 Aug 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terpaksa menerapkan lockdown, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (28/8/2020).

Pembaca juga tertarik mengikuti berita tentang tablet anyar Huawei untuk mendukung belajar online, dan perdebatan antara Facebook dan Apple.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Kantor Kemkominfo Terapkan Lockdown Gara-Gara Pegawai Positif Covid-19

Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat terpaksa menerapkan lockdown.

Penutupan sementara gedung kantor Menteri Johnny G Plate ini dilakukan karena ada pegawai di lingkungan Kemkominfo yang positif terpapar Covid-19.

Informasi ini dibenarkan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Widodo Muktiyo ketika dikonfirmasi Tekno Liputan6.com, Jumat (28/8/2020).

Baca selengkapnya di sini

 

2. Huawei Siap Rilis Tablet Anyar untuk Dukung Kegiatan Belajar Online

 

Huawei mengumumkan akan segera meluncurkan tablet terbaru yang ditujukan untuk keluarga dan anak-anak di Indonesia.

Hadir dengan harga terjangkau, tablet ini dibuat khusus untuk orang tua yang terbiasa dengan kemudahan teknologi, tapi tetap memiliki produktivitas tinggi.

Di sisi lain, tablet ini juga dapat menunjang kebutuhan anak-anak untuk mendukung kegiatan sekolah online.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Apple Tolak Upaya Facebook Umumkan Biaya App Store kepada Pengguna

Facebook menyebut Apple menolak upaya perusahaan untuk memberitahukan kepada pengguna mengenai komisi 30 persen yang dibebankan untuk setiap pembelian di App Store. Apple juga disebut memaksa Facebook untuk menghapus pesan tersebut.

Informasi ini diunggah Facebook pada bagian deskripsi aplikasi Facebook di toko aplikasi App Store.

Facebook menyebut, Apple mengutip aturan App Store yang melarang pengembang menampilkan informasi tidak relevan kepada pengguna.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Kanker Kolon, Penyakit yang Renggut Nyawa Chadwick Boseman Sang Black Panther

Posted: 28 Aug 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, New York - Dunia Hollywood tengah berduka atas berpulangnya aktor kenamaan Chadwick Boseman yang terkenal dengan perannya dalam film Black Panther.

Chadwick dikabarkan meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles, AS, akibat penyakit kanker kolon atau kanker usus besar yang diidapnya sejak empat tahun lalu.

Kabar duka ini dikonfirmasi lewat akun Twitter resmi Chadwick Boseman, pada Sabtu pagi, 29 Agustus 2020, waktu Indonesia, atau Jumat sore, 28 Agustus 2020 waktu setempat.

"Dengan dukacita mendalam kami mengonfirmasi berpulangnya Chadwick Boseman," begitu awal pengumuman tersebut.

Kanker usus yang diidap Chadwick Boseman merupakan salah satu masalah kesehatan baik bagi pria maupun perempuan. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, kanker usus merupakan penyebab kematian kedua terbesar untuk pria dan penyebab kematian ketiga terbesar untuk perempuan.

Enam Gejala Kanker Kolon

Melansir Mayo Clinic, kanker usus besar adalah kanker kolon atau adanya sebuah massa abnormal yang mengenai usus besar. Usus besar merupakan bagian usus paling akhir dari sebuah sistem pencernaan.

Kanker usus besar biasanya terjadi pada orang dewasa. Kanker ini awalnya muncul sebagai benjolan kecil jinak berupa polip yang dalam berjalannya waktu benjolan tersebut bertransformasi menjadi ganas.

Berikut enam gejala yang perlu diperhatikan pada saat seseorang terkena kanker usus. Selengkapnya mengutip Today.

1. BAB berdarah

Salah satu tanda peringatan paling umum adalah pendarahan pada rektum seperti disampaikan tenaga medis di bidang onkologi Columbia University Mailman School of Public Health, Alfred Neugut.

Bila buang air besar disertai bercak darah, segera konsultasi ke dokter. Darah tersebut bisa berwarna merah terang atau gelap.

"Banyak orang tidak melihat feses usai BAB, padahal penting untuk melihatnya untuk tahu apa yang terjadi pada tubuh," kata dokter spesialis penyakit subspesialis saluran pencernaan Brigham and Womens Hospital, Amerika Serikat, Jennifer Inra ketika memberi tahu gejala paling sering kanker usus.

 

2. Kekurangan Zat Besi

Ketika terjadi pendarahan pada kanker usus menyebabkan hilangnya zat besi dari tubuh. Itu alasan kenapa penting rajin tes darah untuk mengetahui anemia atau tidak.

 

3. Perut Nyeri

Kehadiran tumor usus bisa menyebabkan rasa nyeri atau kram atau ketidaknyamanan lainnya pada perut seperti disampaikan Inra. Selain rasa nyeri, bisa juga mengalami mual dan muntah.

 

4. Sembelit

Ketika ada masalah pada saluran pencernaan, bakal memengaruhi bentuk feses atau frekuensi BAB

"Perhatikan perubahan lain seputar BAB, misalnya sembelit," kata Inra.

 

5. Ingin BAB, tapi Tidak Bisa

Tenesmus adalah perasaan ingin mengosongkan perut, tapi saat ke belakang tidak ada feses yang dikeluarkan. Bila ini terjadi, kata Inra, bisa saja karena ada tumor di rektum. Lebih baik konsultasikan ke dokter terkait ini. 

 

6. Berat badan turun tanpa alasan jelas

Penurunan berat badan selalu menjadi tanda pada kanker usus dan kanker lainnya. Kelihatannya sudah makan banyak, tetapi malah kurus seperti disampaikan National Cancer Institute.

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chadwick Boseman Meninggal, Mark Ruffalo: Rest in Power, King

Posted: 28 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Lose Angeles - Rasa duka mendalam dirasakan oleh rekan-rekan mendiang Chadwick Boseman. Salah satunya adalah pemeran Hulk dalam Marvel Cinematic Universe, Mark Ruffalo.

Ia mengungkapkan rasa sedih karena kematian Chadwick Boseman lewat akun Twitter pribadinya, Sabtu (29/8/2020).

"Yang bisa kukatakan, tragedi yang terjadi tahun ini manjadi kian besar dengan meninggalnya #ChadwickBoseman," tulisnya.

Ia juga menyertakan kenangan manisnya tentang Chadwick Boseman. "Pria yang begitu hebat, bakat yang begitu besar," tuturnya lagi.

Rest in Power

Chadwick Boseman pada 2019, dalam  NAACP Image Awards ke-50. (Photo by Richard Shotwell/Invision/AP, File)
Chadwick Boseman pada 2019, dalam NAACP Image Awards ke-50. (Photo by Richard Shotwell/Invision/AP, File)

Mark Ruffalo menambahkan, "Saudaraku, kamu adalah salah satu dari yang terhebat sepanjang masa, dan kehebatanmu hanyalah permulaan. Tuhan mencintaimu."

Terakhir, ia mengucapkan salam perpisahan yang mengingatkan kepada peran Chadwick Boseman sebagai sang Raja Wakanda. "Rest in Power, King."

Sahabat Hari Lahir Don Cheadle

Unggahan Don Cheadle atas meninggalnya Chadwick Boseman (Twitter/ DonCheadle)
Unggahan Don Cheadle atas meninggalnya Chadwick Boseman (Twitter/ DonCheadle)

Bintang Marvel lain juga mengirimkan ucapan duka dan belasungkawa atas kepergian pria 43 tahun ini. Don Cheadle, pemeran War Machine dalam jagat sinema Marvel, mengungkapkan hal ini via Twitter miliknya.

Rasa kehilangan makin terasa, karena keduanya memiliki tanggal kelahiran yang sama, 29 November.

"Aku akan merindukanmu, saudara hari lahirku, kamu selalu menjadi cahaya dan cinta untukku," tulisnya.

Belasungkawa Marvel

Hal serupa juga diungkapkan Marvel Studio. "Hati kami remuk, doa kami menyertai keluarga Chadwick Boseman. Warisanmu akan hidup selamanya. Beristirahatlah dalam damai," begitu isi twit akun resmi Marvel Studio.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Asyura di Bulan Muharram

Posted: 28 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam baru saja memperingati Tahun Baru Islam atau Hijriah pada 1 Muharam 1442 H pada Kamis 20 Agustus 2020. Muharam termasuk bulan dalam kalender hijriah yang diyakini penuh dengan keberkahan.

Untuk diketahui, bulan Muharam dijuluki pula sebagai bulan Allah. Sebab, bermakna besar dalam sejarah Islam saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Kota Makkah ke Kota Madinah. Dengan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT pada bulan Muharam, maka kaum muslim dianjurkan menunaikan puasa sunah.

Artikel tentang niat dan keutamaan Puasa Asyura menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang studi yang menemukan dua kesamaan mereka yang meninggal karena Covid-19.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang tingkah laku kocak orang Indonesia yang bisa bikin bule bingung.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Asyura di Bulan Muharam, Penghapus Dosa Setahun

Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Puasa sunah di bulan Muharam, yaitu Tasua dan Asyura. Keutamaan menjalankan puasa Tasua dan puasa Asyura adalah menebus dosa pada setahun sebelumnya.

Selengkapnya...

2. Studi Terbaru: Orang yang Meninggal Akibat Covid-19 Punya Dua Kesamaan Ini

Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)

Sebuah studi baru, dari Imperial College London, telah membuat penemuan lain yang menunjukkan apa sebenarnya yang membunuh banyak pasien. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yang meninggal karena COVID-19 memiliki dua kesamaan ini: kerusakan paru-paru dan pembekuan darah.

Selengkapnya...

3. 8 Potret Tingkah Kocak Orang Indonesia Ini Bisa Bikin Bule Bingung

Beragam tingkah kreatif dan lucu warga +62. Sumber:
Beragam tingkah kreatif dan lucu warga +62. Sumber:

Saking unik dan kreatifnya, beberapa kelakuan warga Indonesia justru tampak kocak dan nyeleneh. Mulai dari larangan makan di depan pintu karena akan sulit mendapatkan jodoh, sampai apa pun sakitnya teh hangat adalah solusinya.

Berikut adalah beragam tingkah laku warga Indonesia yang kreatif sampai bikin ngakak dirangkum dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi Inggris Ungkap COVID-19 yang Fatal Sangat Jarang Terjadi pada Anak-Anak

Posted: 28 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian Inggris yang diterbitkan pada 27 Agustus menunjukkan penemuan baru terkait penularan Virus Corona COVID-19 pada anak-anak. Penelitian itu mengungkap anak-anak dan kaum muda memiliki kemungkinan jauh lebih kecil daripada orang dewasa mengalami infeksi COVID-19 yang parah.

Selain itu, kematian akibat penyakit itu di antara anak-anak juga ditemukan sangat jarang, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (28/8/2020).

Menurut studi terhadap pasien Virus Corona COVID-19 yang dirawat di 138 rumah sakit di Inggris itu, juga ditemukan bahwa kurang dari 1 persen pasien merupakan anak-anak, dan dari mereka yang kurang dari 1 persen - atau total enam orang meninggal dunia. 

Namun, semua pasien itu meningal dengan penyakit bawaan atau kondisi kesehatan lainnya. 

Profesor pengobatan wabah dan kesehatan anak di Universitas Liverpool Inggris, Malcolm Semple, menyatakan, "Kami dapat yakin bahwa COVID-19 itu sendiri tidak menyebabkan bahaya pada anak-anak dalam skala yang signifikan".

Semple juga merupakan seorang ahli yang ikut memimpin penelitian tersebut.

"Pesan yang lebih tinggi yang benar-benar harus ditekankan bahwa penyakit parah (pada anak-anak dengan COVID-19) jarang terjadi, dan kematian juga termasuk hal yang jarang - dan (orang tua) harus diyakini bahwa anak-anak mereka tidak akan mendapatkan bahaya secara langsung saat kembali ke sekolah," jelas Semple.

Temuan dari Data Global

Seorang anak perempuan Palestina tampak bermain di kamp pengungsi Shati di Gaza City, Palestina, pada 7 Juni 2020. Kamp pengungsi Al-Shati tersebut merupakan tempat hampir 86.000 warga Palestina hidup berdekatan satu sama lain. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)
Seorang anak perempuan Palestina tampak bermain di kamp pengungsi Shati di Gaza City, Palestina, pada 7 Juni 2020. Kamp pengungsi Al-Shati tersebut merupakan tempat hampir 86.000 warga Palestina hidup berdekatan satu sama lain. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Sementara itu, data global tentang penyebaran Virus Corona COVID-19 menunjukkan bahwa penularan pada anak-anak dan kaum muda hanya mencapai 1-2 persen dari kasus COVID-19 di seluruh dunia.

Tak hanya itu, sebagian besar infeksi yang dilaporkan pada anak-anak juga dalam kategori ringan atau tanpa gejala, dengan sedikit kematian yang tercatat.

Untuk studi yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ itu, tim Semple melihat data dari 651 bayi dan anak-anak di bawah 19 tahun yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 dalam periode antara 17 Januari dan 3 Juli.

Menurut para peneliti, 6 anak yang meninggal semuanya memiliki "komorbiditas yang mendalam", dan itu adalah tingkat kematian yang "sangat rendah" dibandingkan dengan 27 persen di semua kelompok usia - dari 0-106 tahun - yang juga merupakan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di periode yang sama.

Para peneliti juga memaparkan bahwa risiko COVID-19 secara keseluruhan pada anak-anak tampak "kecil".

Seperti yang ditemukan dalam penelitian sebelumnya pada orang dewasa, anak-anak dari etnis kulit hitam dan mereka dengan obesitas terkena dampak yang tidak proporsional.

Namun, anak-anak juga dapat memiliki sekelompok gejala termasuk sakit tenggorokan, mual, muntah, sakit perut, diare, bersamaan dengan gejala COVID-19 seperti demam, sesak napas dan batuk, menurut studi tersebut.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Dianggap Lebih Jago dari Donald Trump soal Tangani Covid-19

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai pemerintahan dunia kini tengah sibuk mencari vaksin penangkal guna mengakhiri pandemi virus corona (Covid-19) yang berkepanjangan. Langkah ini dilakukan guna menghindari pelemahan ekonomi yang dapat berujung pada ancaman resesi.

Langkah serupa turut dilakukan Pemerintah Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa kesempatan terakhir terus berjanji untuk memproduksi massal vaksin Covid-19 pada awal 2021 mendatang.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengapresiasi upaya Jokowi yang dianggapnya dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN). Bahkan, ia menyebut cara Jokowi mengiklankan vaksin selangkah lebih maju ketimbang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Adapun Trump baru-baru ini resmi mengizinkan penggunaan plasma darah orang sembuh corona untuk merawat pasien Covid-19. Sebelumnya, Jokowi pada Mei 2020 lalu sempat menyinggung penggunaan metode terapi plasma darah untuk melawan virus corona.

"Di seluruh dunia juga sama. Setiap kali iklan tentang keberhasilan vaksin. Bahkan waktu itu Pak Trump memakai plasma darah untuk mengatasi Covid-19. Itu kan sudah dilakukan Indonesia jauh sebelumnya," kata Hans kepada Liputan6.com, Sabtu (29/8/2020).

Metode plasma darah yang jadi kebijakan Trump sendiri memang mendapat banyak tentangan akibat belum adanya studi mendetail yang menjabarkan dampak dan risikonya. Namun, Hans menilai upaya tersebut bisa membangkitkan keyakinan dalam memerangi pandemi.

"Segala upaya tampaknya dipakai untuk memberikan optimisme orang menghadapi pandemi," ujar dia.

Menurut dia, optimisme penanganan Covid-19 tersebut memang jadi kunci utama untuk mendongkrak belanja rumah tangga, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kalau kita lihat masa depan cerah, ya orang berani spending. Ketika enggak spending itu yang menyebabkan ekonominya mati," pungkas Hans.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Janji Jokowi: Suntik Vaksin Covid-19 ke Seluruh Warga Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020).  Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020). Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali buka kemungkinan akan terciptanya vaksin penangkal virus corona atau Covid-19. Dia memproyeksikan vaksin Covid-19 itu bisa diproduksi pada kurun waktu antara Desember 2020 dan Januari 2021.

Setelah berhasil diproduksi, Jokowi berjanji akan langsung menyuntikan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dia pun percaya segala masalah yang diakibatkan wabah virus corona bisa terselesaikan dengan vaksinasi, termasuk jeratan ekonomi yang kini menimpa banyak orang.

"Kita harapkan nanti, Insya Allah di bulan Desember/Januari,   begitu vaksinnya jadi dan diproduksi, langsung semuanya divaksin, disuntik vaksin, vaksinasi, itu problem akan mulai selesai. Dan kita Insya Allah kembali pada posisi yang normal," katanya dalam peluncuran program subsidi gaji Rp 2,4 juta tahap pertama di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Adapun janji itu diberikannya setelah ia mendengar curhatan salah seorang perawat wanita di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta. Perawat tersebut menangis terisak di hadapan Jokowi lantaran kesulitan ekonomi yang dihadapinya selama masa pandemi ini.

Mendengar cerita tersebut, Jokowi menyatakan, pemberian bantuan subsidi gaji Rp 2,4 juta akan menyasar banyak tenaga kerja formal bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Mereka berasal dari berbagai latar belakang profesi, termasuk pekerja honorer.

"Hari ini semuanya saya kira komplit. Ada pekerja honorer, termasuk guru honorer, petugas pemadam kebakaran, karyawan hotel, tenaga medis perawat ada, petugas kebersihan ada. Karyawan hotel ada. Ya komplit. Siapapun yg membayar iuran BPJS ketenagakerjaan secara aktif sampai Juni, itu yang diberikan," tuturnya.

Jokowi pun mengutarakan, pemerintah sudah berkomitmen untuk mengeluarkan berbagai bentuk stimulus ekonomi kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan begitu, ia berharap kondisi ekonomi nasional bisa segera pulih kembali.

"Kita harapkan, dengan bantuan ini konsumsi rumah tangga tidak terganggu, daya beli meningkat, dan ekonomi kembali ke posisi normal," ujar Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Gejala Kanker Payudara Wanita yang Sering Diabaikan

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika dibandingkan dengan pria, tentu payudara wanita lebih sensitif. Meski pria juga bisa berisiko terkena kanker payudara, wanita berisiko lebih besar mengalaminya. Kanker payudara terjadi ketika ada sel kanker yang berkembang di payudara. Sel kanker ini membelah diri hingga menjadi bermassa dan membentuk benjolan. Hal ini membuat gejala kanker payudara wanita harus lebih diperhatikan.

Mengenali lebih dini gejala kanker payudara wanita, akan membuat penanganan sel kanker lebih cepat dilakukan. Jika tak segera ditangani, sel kanker payudara bisa terus menyebar ke kelenjar getah bening. Parahnya, bisa sampai menyebar ke seluruh tubuh penderitanya dan picu komplikasi yang membahayakan nyawanya.

Hal yang patut dijadikan perhatian, tak hanya gejala kanker payudara wanita. Memahami berbagai jenis faktor yang dapat meningkatkan risikonya pun sangat diperlukan. Apalagi, penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti. Hanya saja, para pakar memperkirakan lima sampai sepuluh persen berkaitan dengan mutasi gen yang diturunkan secara genetik.

Berikut Liputan6.com ulas gejala kanker payudara wanita dari berbagai sumber, Sabtu (29/8/2020).

Gatal dan Ketiak Sakit

Ilustrasi ketiak | Pixabay
Ilustrasi ketiak | Pixabay

Gatal

Penyebab gatal di payudara biasanya berhubungan dengan bra yang terlalu ketat atau infeksi. Akan tetapi, ketika gatal terjadi di area puting terus menerus jelas harus diwaspadai. Gatal ini bisa mengindikasi gejala kanker payudara wanita.

Beberapa wanita ada yang sampai mengalami eksim di area puting payudaranya. Seolah kekeringan, kemerahan, ruam merah, dan gatal. Pada kondisi ini wanita harus benar-benar melakukan pemeriksaan. Terutama jika kondisinya tak kunjung sembuh setelah satu hingga dua minggu.

Ketiak Sakit

Ketiak yang sakit bisa menjadi gejala kanker payudara wanita. Meski banyak juga wanita yang mengalami hanya karena keringat dan bakteri yang bersarang. Akan tetapi, kanker payudara tetap perlu dikhawatirkan.

Mengingat jaringan payudara sampai ke bagian samping dada hingga ketiak. Besar kemungkinan bahwa kanker payudara bisa menyebabkan gejala di area tersebut ketiak. Hingga sebabkan kelenjar getah bening di ketiak mengalami pembengkakan.

Selain itu, waspadailah benjolan yang teraba keras di sekitar payudara. Kemudian benjolan itu tidak bergerak saat disentuh. Lebih waspadai lagi jika ada riwayat keluarga kanker payudara. Tak hanya kanker payudara, kondisi ini bisa menjadi gejala kanker getah bening.

Jerawat dan Keluar Cairan

Ilustrasi Payudara | iStockphoto
Ilustrasi Payudara | iStockphoto

Jerawat

Jerawat yang muncul di payudara bisa menjadi gejala kanker payudara wanita. Hal ini mungkin akan lebih berisiko terjadi pada wanita yang sering berolahraga. Meski begitu, biasanya jerawat akan hilang sendiri dibarengi dengan higien yang baik.

Wanita hanya perlu mewaspadainya ketika tak hanya jerawat yang muncul. Waspadai ketika muncul luka di sekitar payudara. Apalagi jika luka ini tak kunjung hilang setelah 1-2 minggu. Sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk lebih mewaspadainya.

Keluar Cairan

Gejala kanker payudara wanita bisa terlihat dari cairan yang keluar dari putingnya. Bukan benjolan, tetapi gejala awalnya adalah cairan seperti ASI. Hanya saja, cairan yang keluar ini tak berwarna putih tetapi berwarna hijau.

Selain keluar cairan, penderita biasanya akan mengalami perubahan bentuk puting. Entah itu semakin membesar, mengkerut, atau masuk ke dalam. Jadi, ketika mengalaminya segera konsultasikan dengan dokter.

Menurut sebuah penelitian konferensi UK National Cancer Research Institute (NCRI) 2016. Satu dari enam wanita yang terdiagnosis kanker payudara mengalami tanda yang kurang terlihat (alias bukan benjolan), misalnya kelainan pada puting susu dan penurunan berat badan.

Perubahan Kulit dan Puting

Ilustrasi Payudara | unsplash.com/@charlesdeluvio
Ilustrasi Payudara | unsplash.com/@charlesdeluvio

Perubahan Kulit

Ketika terjadi perubahan kulit payudara, hal ini harus diwaspadai ya. Perubahan ini bisa menjadi salah satu gejala kanker payudara wanita. Kulit payudara yang terkena kanker akan berubah menjadi merah, gelap, atau lebih terang dibanding kulit sekitar.

"Dalam istilah medis, pelebaran pori tersebut disebut sebagai peau d'orange atau perubahan yang menyerupai kulit jeruk," ujar dr. Dyan dikutip dari KlikDokter.

Tak hanya warna, perubahan pori-pori payudara juga bisa menjadi gejalanya.  Perhatikan juga kerutan dan lekukan masuk pada kulit payudara. Seperti muncul ruam atau kemerahan di area payudara. Cermati juga kulit bersisik atau penebalan pada kulit sekitar payudara.

Perubahan Puting

Selain area kulit payudara, perubahan puting juga termasuk gejala kanker payudara wanita. Tak semua puting yang tertarik ke dalam mengindikasi kanker. Hal ini hanya tak berlaku bagi wanita yang sudah dari sananya memiliki bentuk puting demikian.

Berbeda jika puting susu yang awalnya tidak demikian tetapi tiba-tiba berubah tertarik ke dalam. Bagi wanita yang merasa mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter. Kondisi ini terjadi karena sel kanker akan membentuk jaringan parut di sana. Hingga puting payudara wanita tertarik ke dalam.

Bengkak, Nyeri, dan Menggelitik

Ilustrasi payudara | iStockphoto
Ilustrasi payudara | iStockphoto

Bengkak dan Nyeri

Payudara yang bengkak dan nyeri sebenarnya sudah lumrah terjadi. Seperti saat wanita akan mengalami datang bulan. Bengkak dan nyeri menjadi respon tubuhnya. Hal ini berbeda jika bengkak dan nyeri terjadi di luar siklus menstruasi atau saat hamil.

Bengkak dan nyeri bisa menjadi gejala kanker payudara wanita. Menurut Debra Pratt, MD, OB-GYN dan ahli kanker dari Texas Oncology, AS, mengatakan bahwa kondisi ini berhubungan dengan ukuran dan posisi tumor.

Pada akhirnya perubahan ukuran dan bentuk payudara akan terjadi. Hal ini ditandai dengan pembengkakan yang terasa nyeri. Untuk itu penting untuk memeriksakan diri ketika mengalami nyeri dan bengkak yang mencurigakan.

Sensasi Menggelitik

Sensasi menggelitik bisa menjadi gejala kanker payudara wanita. Sensasi ini banyak dialami wanita dan muncul dari dalam payudara. Rasa menggelitiknya seolah ada duri dalam payudara.

Dikatakan oleh Sherry Ross, MD, OB-GYN dan penulis buku "She-ology" mengatakan, sensasi aneh seperti itu bisa terjadi tanpa alasan sama sekali. Namun, jika sensasi yang dirasakan abnormal  dan berulang, sebaiknya segera buat janji dengan dokter.

 

Sensitif dan Pembuluh Darah Terlihat

Ilustrasi payudara | silbermanvoices.com
Ilustrasi payudara | silbermanvoices.com

Sensitif

Kondisi ini hampir mirip dengan bengkak dan nyeri. Hanya saja sensasinya lebih tak mengenakkan karena tersentuh sedikit terasa tak nyaman dan nyeri. Payudara yang sensitif bisa menjadi gejala kanker payudara wanita.

Kanker payudara biasanya akan membuat puting mengalami iritasi meski hanya gunakan bra. Kemudian payudara terasa nyeri saat terkena derasnya air pancuran saat mandi. Bisa juga ketika merasa tak suka saat pasangan menyentuh payudara.

Meski sebenarnya, ketika sedang PMS wanita akan mengalaminya. Hal yang harus diwaspadai, yakni ketika kondisi ini terjadi di luar siklus menstruasi. pemeriksaan ke dokter sangat perlu dilakukan sebagai langkah antisipasinya.

Pembuluh Darah Terlihat

Pembuluh darah yang terlihat bisa menjadi gejala kanker payudara wanita. Meski sebenarnya semburat pembuluh darah ini bisa dipengaruhi warna kulit, jumlah lemak subkutan, kehamilan, atau genetik.

Akan tetapi, tak semua pembuluh darah yang terlihat pada payudara normal terjadi. Hal ini bisa menjadi gejala kanker yang harus segera mendapat pemeriksaan. Terutama bagi wanita yang tak pernah melihat pembuluh darah di payudaranya. Kemudian pembuluh itu semakin membesar, gelap, dan semakin menonjol.

"Pembuluh darah yang terlihat dapat menunjukkan adanya tumor karena mereka butuh aliran darah lebih banyak, yang berarti lebih banyak pembuluh darah. Bisa tumor menghalangi aliran darah, sehingga mengakibatkan pembuluh darah di dekatnya membengkak," ungkap Dr. Sherry dikutip dari KlikDokter.

 

Faktor Risiko Kanker Payudara Wanita

Ilustrasi Kanker Payudara | iStockphoto
Ilustrasi Kanker Payudara | iStockphoto

Ada beberapa faktor risiko yang patut menjadi perhatian karena dapat meningkatkan potensi kanker payudara di kemudian hari. Faktor risiko ini ada yang tidak dapat dimodifikasi, dan ada pula yang tidak.

Nah, faktor risiko yang dapat dimodifikasi ini bisa diusahakan untuk diubah dengan menerapkan pola hidup sehat, sehingga risiko kanker payudara bisa diminimalkan.

Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi meliputi:

- Usia

Kanker payudara umumnya dialami mereka yang berusia di atas 50 tahun.

- Genetik

Seseorang yang memiliki riwayat kanker di keluarganya, baik orang tua maupun saudara kandung, berpotensi lebih besar untuk memiliki kanker payudara di kemudian hari.

- Riwayat menstruasi

Seorang wanita yang pertama kali haid saat berusia kurang dari 12 tahun atau mengalami menopause di atas usia 55 tahun berisiko lebih tinggi mengalami kanker payudara. Hal ini disebabkan karena fluktuasi hormonal bulanan terjadi lebih lama.

- Riwayat kanker payudara

Adanya riwayat kanker payudara atau kelainan payudara lainnya di masa lalu juga meningkatkan risiko. Kelainan payudara yang dimaksud adalah hiperplasia atipik atau karsinoma lobular in situ.

- Riwayat radiasi

Ada riwayat radias di area dada, terutama yang dialami sebelum usia 30 tahun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misano Jadi Panggung Valentino Rossi Pamer Helm Spesial

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Seri di Misano merupakan balapan kandang bagi Valentino Rossi. Sang rider pun kerap menandainya dengan mengenakan helm istimewa.

Tradisi Rossi tercipta berkat kerja sama dengan Aldo Drudi yang mendesain helm.

Tahun lalu, Rossi memakai helm dengan desain yang dipenuhi makanan. Selain piza dan semangka, ada juga gambar hewan peliharaannya, dua Labrador bernama Ulysses dan Penelope serta kucing dengan panggilan Rossano.

Pada balapan mendatang, ada kemungkinan helm Rossi bertemakan Covid-19. Seperti setiap individu lain di muka bumi, pembalap berusia 41 tahun itu juga dipengaruhi pandemi penyakit yang disebabkan virus Corona tersebut.

Kompetisi yang semestinya dimulai Maret baru berlangsung Juli. Jumlah lomba pun dikurangi dan MotoGP menggelar seluruh seri di Eropa.

Desain Drudi

Valentino Rossi memamerkan helm desain khusus untuk MotoGP San Marino 2019. (MotoGP)
Valentino Rossi memamerkan helm desain khusus untuk MotoGP San Marino 2019. (MotoGP)

Desain helm unik Rossi tidak lepas dari kerja samanya dengan Drudi, yang juga mengenal ayah sang legenda Graziano. Drudi sudah merancang helm Rossi sejak awal kariernya dan menciptakan simbol yang identik dengan Rossi yakni matahari dan bulan. 

Selain helm untuk satu musim kompetisi, Drudi juga mendesain pelindung kepala spesial bagi Rossi untuk balapan di kampung halaman, Misano dan Mugello. Beberapa di antaranya jadi ikonik. Salah satunya bergambarkan wajah Rossi yang sedang berteriak.

Balapan Istimewa

Helm bergambar kartun Valentino Rossi ini digunakan saat berlomba di GP San Marino 2012. (AFP/Gabriel Bouys)
Helm bergambar kartun Valentino Rossi ini digunakan saat berlomba di GP San Marino 2012. (AFP/Gabriel Bouys)

Rossi mengakui balapan di Misano sangat istimewa. Pasalnya, dia pertama kali berlomba di sana pada 1992. Trek bernama resmi Sirkuit Marco Simoncelli itu juga tidak jauh dari kota kelahirannya di Tavullia.

"Saya mengendarai Aprilia 125cc pada penampilan pertama di sana. Jaraknya hanya 10 km dari rumah saya. Di Misano, impian saya menjadi seorang pembalap dimulai," ujar Rossi dikutip Tuttomotoriweb.

Rapor Buruk

Valentino Rossi merayakan kemenangan dengan minum sampanye dari sepatunya saat berada di podium MotoGP San Marino 2016 di Sirkuit Misano. (AFP/Giuseppe Cacace)
Valentino Rossi merayakan kemenangan dengan minum sampanye dari sepatunya saat berada di podium MotoGP San Marino 2016 di Sirkuit Misano. (AFP/Giuseppe Cacace)

Meski menjadi kandang, Misano bukanlah sirkuit bersahabat bagi Rossi. Dia terakhir kali juara di sana pada 2014. Sejak 2010, Rossi juga cuma tiga kali naik podium.

Saksikan Video Rossi Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adhisty Zara Sudah Kembali Aktif di Media Sosial, Disambut Gembira Para Sahabat

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adhisty Zara, sempat tak mau aktif di media sosialnya usai video syur mirip dirinya beredar di dunia maya. Bahkan, ia tak hadir di podcast milik Deddy Corbuzier.

Adhisty Zara yang semula tak mau keluar, akhirnya Adhisty Zara muncul kembali di Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (28/8/2020).

Dalam unggahan terbaru, terlihat Adhisty Zara terlihat wajahnya separuh sambil memegang bunga matahari. 

 

Berterima Kasih

Foto Instagram
Foto Instagram

Pemain film Mariposa ini mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan untuknya.

"I'm very blessed and thankful to my family, relatives, fans as well as my best friends who always support me and always be there for me in good times and bad times," tulisnya.

 

Jalan Bersama

Adhisty Zara mulai mempersiapkan diri jika lulus dari JKT48 nanti. (M. Akrom Sukarya/KapanLagi.com)
Adhisty Zara mulai mempersiapkan diri jika lulus dari JKT48 nanti. (M. Akrom Sukarya/KapanLagi.com)

Adhisty Zara mengajak semua orang untuk saling memberi dukungan demi masa depan.

"Let's walk together for a brighter future ahead!" lanjutnya.

 

Disambut Gembira

Para selebritas Tanah Air yang juga sahabat-sahabat menyambut gembira kemunculan kembali Adhisty Zara. Mereka senang mantan personel JKT48 ini sudah kembali beraktivitas di media sosial.

Salah satunya yang juga merupakan member JKT48, Firdly menuliskan kalimat bahagianya karena Zara sudah kembali lagi, "Luv u Baba no matter what❤️."

"Wuf u olweys. kirim peluk cium 💕🙆🏻‍♀️," tambah Sheila Dara Aisha.

Sedangkan, Thalia Ivanka, yang juga mantan member JKT48 memberikan pelukan untuk Zara, "🤗🤗❤️❤️."

Beri Tanda Hati

Sementara, sahabat-sahabat lainnya memberikan tanda hati berwarna merah yang menandakan senang Adhisty Zara sudah bisa move on dari kasus video mirip dirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modus Pemuda di Minahasa Cabuli Gadis Belia di Kamarnya

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Tim Resmob Polres Minahasa dipimpin Aiptu Ronny Wentuk menangkap terduga pencabulan anak di bawah umur, berinisial BT alias Bray (26) pada Rabu (25/8/2020).

Ia ditangkap di Kelurahan Paleloan, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Bray yang merupakan warga Tondano Barat, Minahasa ini ditangkap polisi karena dilaporkan mencabuli gadis belia, yang baru berumur 16 tahun. Pencabulan itu dilakukan sebanyak dua kali di rumah pelaku, yakni Juni 2020 dan Juli 2020.

"Caranya pelaku mengajak gadis itu ke rumahnya. Selanjutnya membujuk untuk masuk ke dalam kamar," kata Kasubbag Humas Polres Minahasa AKP Ferdy Pelengkahu.

Di kamar, Bray langsung mencabuli hingga menyetubuhi korban. Orang tua korban yang mengetahui kejadian itu langsung melapor ke Mapolres Minahasa.

"Pelaku sedang menjalani proses hukum oleh Satuan Reskrim Polres Minahasa," ujarnya.

Warga Minahasa ini dikenakan pasal 81 ayat 1 dan pasal 82 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Chadwick Boseman Meninggal, Warganet Berduka

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Hollywood Chadwick Boseman meninggal karena penyakit kanker usus. Ucapan duka cita mengalir di media sosial, dan nama Chadwick menjadi trending topic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Pegadaian Menawarkan Barang Lelang Jatuh Tempo Lewat Medsos

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim PT Pegadaian (Persero) menawarkan barang lelang jatuh tempo yang beredar di aplikasi percakapan WhatsApp dan pesan singkat.

Dengan isi keterangan sebagai berikut:

"Ass.Kpd Bpk/ibu Yth,

PT.Pegadaian ingin Menawarkan Brang LelangJatuh Tempo Kpada Anda,Brang Berkualitas 100 % Orginal.

U/info klik bit.ly/PT-pegadaintbk"

pesan tersebut disertai dengan tautan yang berisi foto barang yang di lelang jatuh tempo, seperti sepeda Bromton.

Benarkah PT Pegadaian (Persero) menawarkan barang lelang jatuh tempo? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

 

 

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim  menawarkan barang lelang jatuh tempo menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pegadaian lelang jatuh tempo'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Waspada, Penipuan Modus Lelang Atas Nama Pegadaian" yang dimuat situs liputan6.com, pada 8 Januari 2020.

Dalam artikel situs liputan6.com Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani menyampaikan bahwa Pegadaian tidak melakukan penjualan lelang barang jaminan melalui media sosial baik Facebook, Twitter, Instagram, Path, Line dan sejenisnya.

"Pelelangan barang jaminan hanya dilakukan secara langsung di Outlet-outlet Pegadaian/Pegadaian Syariah atau Bazar Emas Pegadaian. Selain itu juga di pameran-pameran yang dilakukan oleh Pegadaian/Pegadaian Syariah," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (8/1/2018).

Lebih lanjut, Basuki menegaskan bahwa PT Pegadaian (Persero) akan melakukan tindakan hukum yang dianggap perlu terhadap pihak-pihak yang melakukan tindak kejahatan dengan mengatasnamakan Pegadaian atau Karyawan Pegadaian.

Kepada masyarakat Basuki meminta untuk waspada dan diimbau agar tidak melakukan pembelian lelang melalui media sosial yang mengatasnamakan Pegadaian atau Karyawan Pegadaian.

Apabila mendapatkan informasi tentang lelang, Basuki mengimbau masyarakat agar melakukan konfirmasi ke outlet Pegadaian atau Pegadaian Syariah terdekat atau menghubungi Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero) di nomor telepon : 021-3155550 ext. 324.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pegadaian menawarkan barang lelang jatuh tempo tidak benar.

Pegadaian tidak melakukan penjualan lelang barang jaminan melalui media sosial baik Facebook, Twitter, Instagram, Path, Line dan sejenisnya

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktor Chadwick Boseman Pemeran Black Panther Meninggal Dunia

Posted: 28 Aug 2020 09:00 PM PDT

Chadwick Boseman, anggota pemeran dalam
Chadwick Boseman, anggota pemeran dalam

Chadwick Boseman, anggota pemeran dalam

Chadwick Boseman tiba di MTV Movie and TV Awards di Barker Hangar di Santa Monica, California pada 16 Juni 2018. Chadwick Boseman yang selama ini merahasiakan penyakitnya, mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Los Angeles. (AP Photo/Jordan Strauss)
Chadwick Boseman tiba di MTV Movie and TV Awards di Barker Hangar di Santa Monica, California pada 16 Juni 2018. Chadwick Boseman yang selama ini merahasiakan penyakitnya, mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Los Angeles. (AP Photo/Jordan Strauss)

Chadwick Boseman tiba di MTV Movie and TV Awards di Barker Hangar di Santa Monica, California pada 16 Juni 2018. Chadwick Boseman yang selama ini merahasiakan penyakitnya, mengembuskan napas terakhir di rumahnya di Los Angeles. (AP Photo/Jordan Strauss)

Chadwick Boseman berpose di ruang pers dengan penghargaan untuk aktor luar biasa dalam film
Chadwick Boseman berpose di ruang pers dengan penghargaan untuk aktor luar biasa dalam film

Chadwick Boseman berpose di ruang pers dengan penghargaan untuk aktor luar biasa dalam film

Legenda buku komik Stan Lee, kiri, pencipta superhero
Legenda buku komik Stan Lee, kiri, pencipta superhero

Legenda buku komik Stan Lee, kiri, pencipta superhero

Aktor Michael B.Jordan, Leitia Wright, Chadwick Boseman, Lupita Nyong'o, Daniel Kaluuya dan Danai Gurira berpose untuk fotografer saat tiba di pemutaran perdana film
Aktor Michael B.Jordan, Leitia Wright, Chadwick Boseman, Lupita Nyong'o, Daniel Kaluuya dan Danai Gurira berpose untuk fotografer saat tiba di pemutaran perdana film

Aktor Michael B.Jordan, Leitia Wright, Chadwick Boseman, Lupita Nyong'o, Daniel Kaluuya dan Danai Gurira berpose untuk fotografer saat tiba di pemutaran perdana film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Sumut Gulung Komplotan Perampok Nasabah Bank Lintas Provinsi

Posted: 28 Aug 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Medan Komplotan spesialis perampok para nasabah bank lintas provinsi diringkus pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditreskrimum Polda Sumut). 5 orang pelaku ditangkap dalam operasi ini, 1 diantaranya ditembak mati.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, komplotan berjumlah 5 orang yang ditangkap adalah Awaluddin alias Udin, Dodi Cotriko alias Dodi, Heriansyah alias Yansa, Suwarto alias Warto, dan Tejar alias Tarjo.

"Tejar tewas ditembak. Dari 5 orang pelaku ini, 4 warga Sumatera Selatan atau Sumsel. Hanya Suwarto warga Bengkulu," kata Martuani di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Kota Medan, Jumat, 28 Agustus 2020.

Dijelaskan Kapolda, para pelaku kerap melakukan perampokan kepada nasabah. Lokasinya di sejumlah daerah di Sumut, mulai dari Kabupaten Karo, Simalungun, Labuhan Batu, dan Kota Pematang Siantar.

"Terakhir, mereka beroperasi di Siantar. Korbannya nasabah bank, karyawan Waskita yang baru saja pulang mengambil uang. Para pelaku berhasil membawa kabur uang korban Rp 75 juta," jelasnya.

 

Bentuk Tim

Para pelaku mendapatkan nominal yang berbeda-beda, dan hasilnya ditransfer kepada keluarga masing-masing
Para pelaku mendapatkan nominal yang berbeda-beda, dan hasilnya ditransfer kepada keluarga masing-masing

Korban yang kehilangan uangnya membuat laporan ke pihak kepolisian. Mendapatkan laporan, polisi langsung membentuk tim untuk melakukan penelusuran, dan akhirnya meringkus 5 orang pelaku tersebut.

"Mereka kita tangkap di Hotel Mutiara, Kandis, Provinsi Riau," ucap jenderal bintang dua itu.

Saat ditangkap dan diinterogasi, 5 orang perampok tersebut mengakui segala perbuatan mereka. Hanya saja pelaku atas nama Suwarto tidak ikut dalam aksi pencurian di Sumut, melainkan di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam pembagian hasil kejahatan, para pelaku mendapatkan nominal yang berbeda-beda, dan hasilnya ditransfer kepada keluarga masing-masing. Polda Sumut masih melakukan pengejaran terhadap jaringan komplotan yang saat ini berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO).

Melakukan Perlawanan

Ilustrasi
Ilustrasi

Diterangkan Martuani, saat polisi melakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya di kawasan Kota Pematang Siantar, komplotan perampok tersebut melakukan perlawanan, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur hingga menyebabkan seorang pelaku tewas.

"Untuk pelaku Suwarto, karena tidak ikut terlibat aksi perampokan di Sumut, akan kita serahkan ke Polda Sumbar. Kita juga meyita berbagai barang bukti, senjata api rakitan, sepeda motor, jaket, dan paku," terang Kapolda.

Imbauan Kapolda Sumut

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin
Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin

Martuani juga mengimbau kepada masyarakat. Setiap pengambilan uang di bank agar dapat dikoordinasikan dengan aparat penegak hukum untuk memastikan keamanan. Pemangku kepentingan di perbankan untuk melakukan koordinasi.

"Nah, terutama jika ada orang di bank yang terlihat mencurigakan supaya diberitahukan, agar kita dapat bertindak," imbaunya.

Sementara itu, akibat perbuatannya para perampok saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus perampokan, dan dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana atau ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot Kini Tambah Nyaman Digunakan Jemaah usai Dibangun Kembali dan Diresmikan

Posted: 28 Aug 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot, Jakarta Barat diresmikan penggunaannya oleh Direktur Utama Indosiar Komjen Pol (Purn) Drs. Imam Sudjarwo, MSi, Jumat (28/8/2020) kemarin setelah dibangun kembali dan dipugar. Masjid itu sejatinya berada di tanah wakaf yang kurang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk salat 5 waktu dan Jumatan. 

Dalam peresmian Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot yang digelar SCM (anak perusahaan EMTEK Group), Imam Sudjarwo didampingi Gilang Iskandar, Corporate Secretary SCM. 

Hadir pula sejumlah pihak yaitu Camat Kebon Jeruk, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ketua DMI Jakarta Barat, tokoh agama dan masyarakat Duri Kepa, serta Nadzir (pihak yang menerima harta benda wakaf dari Wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya, termasuk keluarga Wakif dan masyarakat sekitar. 

Memang Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot berada di dalam kawasan Emtek City, perkantoran SCM dengan studio besar yang biasa digunakan untuk produksi acara SCTV dan Indosiar. 

 

 

Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)
Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)

Masjid Warga

Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)
Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)

Al-Ihsan statusnya masjid warga. Jadi Indosiar (SCM), anak perusahaan EMTEK Group hanya membangun kembali dan diserahkan ke Nadzir. Masyarakat sekitar Kompleks Emtek City bisa menggunakan untuk beribadah.

Selain tentunya karyawan SCM-EMTEK City, termasuk kantor-kantor sekitar Masjid Al-Ihsan.

Nama Masjid

Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)
Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)

Menurut penuturan Gufron Sakaril dari Indosiar (SCM), Masjid Al-Ihsan bukan nama baru. Karena sebelum masjid ini sudah ada tapi kondisi bangunan kurang layak.

"Soalnya ditinggal warga yang sudah pindah ketika lahan sudah dibeli Indosiar," paparnya. Masjid tampak tambah nyaman untuk digunakan jemaah.

Kegiatan CSR

Pemugaran dan pembangunan kembali Masjid Al-Ihsan bagian dari kegiatan CSR SCM.

Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)
Masjid Al-Ihsan di Kompleks Daan Mogot diresmikan Direktur SCM Imam Sudjarwo, Jumat (28/8/2020) siang (Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diam-Diam, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Ambil S3 di Unhan

Posted: 28 Aug 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tercatat sebagai Sekretaris Jenderal PDIP, bukan berarti Hasto Kristiyanto berhenti terus belajar dan menggali ilmu. Diam-diam, dia mengambil kuliah strata-3 (S3)  di Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia.

Sebagai mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021, Hasto diwajibkan mengikuti rangkaian acara kuliah perdana, yang upacara pembukaannya akan dipimpin langsung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Upacaranya sendiri dilaksanakan pada Sabtu (29/8/2020) pagi.

Hasto bersama mahasiswa S3 lainnya diwajibkan hadir sejak sehari sebelumnya di mess Unhan di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/8/2020).

Padahal, hingga Jumat sore itu, Hasto masih memimpin pengumuman calon kepala daerah PDIP gelombang IV bersama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Begitu acara selesai, Hasto masih harus mengurusi sejumlah detil pekerjaan administratif sebagai sekjen partai. Barulah sekitar pukul 20.00 WIB, Hasto benar-benar bisa berangkat ke Sentul, Bogor.

Dan di lokasi kampus, 23 orang teman-teman seangkatannya sudah menunggu. Di satu angkatan, terdapat 24 jumlah siswa S3.

Malam itu, para mahasiswa S3 itu berkumpul bersama di dekat Tugu Pasukan Perdamaian, yang menampilkan sosok seorang prajurit TNI memakai pakaian dan senjata ala pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Perkenalkan nama saya Hasto Kristiyanto. Saya ini sarjana Teknik Kimia yang masuk ke dunia politik," kata Hasto saat pertama kali memperkenalkan diri di hadapan rekan seangkatannya yang tertawa lalu bertepuk tangan.

Rekan-rekan Hasto itu termasuk Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia, Teguh Haryono. Mayoritas adalah perwira TNI dari matra Angkatan Laut, Darat, maupun Udara. Ada juga seorang mahasiswa perempuan, dan dua mahasiswa muda kelahiran 1987.

Hasto menceritakan pengalamannya yang pernah bekerja di perusahaan BUMN dengan spesialisasi mendisain pembangunan pabrik. Hal itu setelah dirinya lulus dari S1 di Universitas Gadjah Mada, dan lalu memegang gelar master dari S2 International Management dari Prasetya Mulya Bussiness School.

"Baru 2001 saya pensiun dini dari Rekayasa Industri, kemudian bergabung secara total di politik," kata Hasto.

Di 2004, dirinya terpilih sebagai anggota DPR, dan kemudian memilih tak lagi mencalonkan diri karena fokus total mengabdi di PDIP.

Pahami Geopolitik

Berbicara soal menjadi mahasiswa di Unhan, Hasto mengaku awalnya sudah mengajukan permohonan menjadi mahasiswa S3 di salah satu Universitas Terkenal di Indonesia. Namun, pada akhirnya, garis tangannya membawa ke Universitas Pertahanan.

"Ketika mengajar di Sekolah Partai, saya selalu menyampaikan pentingnya pemahaman geopolitik. Di Unhan minat saya tersebut mendapat ruang yang luas, sekaligus memelajari aspek-aspek strategis terkait strategi pertahanan, geostrategi, dan geo ekonomi. Jadilah saya masuk Unhan", kata Hasto dalam perkenalannya.

Terkait geopolitik, Hasto memang fasih berbicara tentang bagaimana Proklamator RI Soekarno membawa Indonesia memperjuangkan Irian Barat sejak 1945.

"Sebenarnya, saya juga semangat masuk Unhan supaya saya semakin mengenal dan punya baju loreng-loreng itu", tambah Hasto sambil tertawa mengomentari rekan kuliahnya yang sebagian besar dari militer dan menggunakan baju loreng-loreng.

Hasto lalu melihat ke patung tugu perdamaian dunia. Kepada para rekannya, Hasto mengatakan keinginan dirinya agar bersama teman seangkatannya, bersama menyatukan semangat.

"Apalagi kita berada di sebuah tugu perdamaian dunia yang memang cita-cita Indonesia, ketika merdeka, tidak hanya bicara tentang Pancasila sebegai falsafah dasar, tapi juga suatu cara pandang Indonesia terhadap dunia. Representasinya adalah bagaimana kita bertanggung jawa dalam perdamaian dunia seperti yang kita rasakan di sini," kata Hasto yang disambut tepuk tangan rekan seangkatannya.

Malam itu, Hasto memimpin ikrar bersama rekan seangkatannya.

"Bela Negara," begitu teriakan Hasto dan kawan-kawan.

"Brotherhood," demikian teriakan terakhir semuanya bersama.

Keesokan harinya, pukul 06.10 WIB, Hasto dan para mahasiswa S3 lainnya sudah harus berkumpul di ruang makan untuk sarapan bersama. Usai itu, bersama-sama mereka menuju lapangan dan auditorium Unhan, tempat dimana upacara dan orasi kebangsaan dilakukan.

Orasi akan dilakukan secara virtual oleh Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, para pejabat militer, serta mahasiswa S1 hingga S3 Unhan akan jadi pesertanya. Ya termasuk Hasto.

Kali ini, Hasto sudah memakai jaket merah marun, jaket almamater Unhan Indonesia. Hasto tampak bangga dan bahagia memakainya.

"Mohon doanya agar studi saya berhasil," ujar Hasto singkat sambil tersenyum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denda Rp 100 Ribu hingga Jam Malam Mulai Berlaku di Kota Bogor Hari Ini

Posted: 28 Aug 2020 08:43 PM PDT

 

 

Liputan6.com, Bogor - Kota Bogor menjadi satu-satunya wilayah berstatus zona merah atau berisiko tinggi di Jawa Barat. Perubahan status ini diumumkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pusat, pada Kamis 27 Agustus 2020.

Perubahan kenaikan status menjadi zona merah lantaran meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir di wilayah tersebut.

Dengan status zona merah ini, Pemerintah Kota Bogor akan kembali memperketat aturan dan memberi sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Sebelumnya, sanksi bagi pelanggar hanya berupa hukuman sosial seperti membersihkan fasilitas publik, menghafal butir-butir Pancasila dan hukuman push up maupun shit up.

"Kali ini pelanggar langsung didenda sebesar Rp 100 ribu. Ini juga berlaku bagi unit usaha yang melanggar protokol kesehatan, seperti tamu yang melebihi kapasitas dan tidak menjaga jarak, tapi sanksinya beda," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya, Jumat (28/8/2020) sore.

Tak hanya itu, Pemkot Bogor juga memberlakukan pembatasan jam operasional toko, rumah makan, dan mall sampai pukul 18.00 WIB, kecuali layanan antar.

Kemudian, pemberlakuan jam malam sehingga tidak ada aktivitas berkumpul setelah jam 21.00 WIB. Selanjutnya, membatasi aktivitas masyarakat di RW berstatus zona merah. Ada 104 RW dari 797 RW di Kota Bogor berstatus zona merah.

"Di situ sementara tidak boleh ada resepsi pernikahan, kegiatan-kegiatan keagamaan, termasuk salat jumat berjamaah di masjid," terangnya.

Menurutnya, pemberlakukan sanksi dan pembatasan aktivitas mulai diberlakukan Sabtu hari ini, bersamaan dengan diberlakukannya pembatasan sosial berskala mikro berbasis komunitas selama 14 hari ke depan.

"Aturan itu mengacu kepada Perwali Kota Bogor nomor 104 tahun 2020. Ingat, ada sanksi bagi pelanggar dan ada pembatasan aktivitas," terangnya.

Bima menerangkan, kenaikan status Kota Bogor menjadi zona merah lantaran kebijakan tes usap masif untuk mencari potensi kasus Covid-19.

Selain itu, kebijakan pelonggaran di berbagai sektor seperti perkantoran, perdagangan, pariwisata, kegiatan sosial dan perjalanan antar kota atau antar pulau menjadi salah satu pemicu peningkatan kasus Covid-19 di Kota Bogor.

"Semenjak dua minggu terakhir ini menunjukkan lonjakan yang cukup tajam," ujar Bima Arya.

Kasus Positif 553 Orang

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, hingga Jumat pukul 16.00 WIB, terdapat penambahan kasus baru yaitu sebanyak 13 orang terkonfirmasi positif. Total keseluruhan kasus positif berjumlah 553 orang.

Walaupun demikian, delapan pasien dinyatakan sembuh. Kemudian angka kematian di Kota Bogor masih rendah dalam waktu tiga pekan terakhir ini yakni dua pasien meninggal.

Namun yang patut diwaspadai sekarang ini adalah terjadinya penularan di lingkungan keluarga. Klaster keluarga saat ini berada di peringkat pertama.

"Transmisi lokal sudah terjadi. Ada sekitar 45 keluarga dengan jumlah 189 orang terpapar. Ini harus kita waspadai," ujar Bima.

Ia kembali mengingatkan bahwa COVID-19 tak hanya menyerang lansia tetapi juga kelompok usia remaja dan anak-anak. Berdasarkan data, pada kelompok usia tersebut terdapat 129 kasus atau 41,9 persen.

"Jadi kami mengimbau kepada masyarakat Kota Bogor untuk tidak keluar rumah. Peningkatan pengawasan protokol kesehatan wilayah bersama unsur TNI-POLRI, warga dan komunitas akan gencar dilakukan. Termasuk gencar swab masal dan penelusuran kasus positif Covid-19," tutupnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Dengarkan Lagu Layang-Layang, Cocok untuk Edukasi PAUD

Posted: 28 Aug 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Kuambil buluh sebatang, kupotong sama panjang. Kuraut dan kutimbang dengan benang, kujadikan layang-layang".

Syair lagu anak-anak tersebut tentu sudah tak asing lagi di telinga. Mendengar lagu berjudul "Layang-Layang" itu bisa membangkitkan kenangan masa kecil. Lagu tersebut bercerita tentang proses pembuatan layang-layang sampai memainkannya.

Kini, semakin menyusutnya karya untuk anak-anak membuat perusahaan animasi lokal memproduksi ulang beragam lagu anak yang dibalut unsur edukasi.

Seperti pada kanal Lagu Anak Indonesia TV yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio ini. Mereka mengaransemen ulang tembang "Layang-Layang" dan sejumlah lagu anak lainnya. Cocok untuk edukasi anak yang masih duduk di kelas PAUD.

Nah, buat yang penasaran, bisa langsung cek pada video di bawah ini. Atau bisa juga kunjungi kanal Lagu Anak Indonesia TV di Vidio, ya. Tayangan ini bisa ditonton secara gratis.

 

 

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman Meninggal

Posted: 28 Aug 2020 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Hollywood, aktor Chadwick Boseman yang terkenal sebagai pemeran Black Panther meninggal. Ia dikabarkan meninggal karena penyakit kanker usus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chadwick Boseman Black Panther Tetap Syuting Selama Kemoterapi Kanker Usus Besar

Posted: 28 Aug 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Meninggalnya Chadwick Boseman menyentak warganet. Pasalnya, selama ini sang aktor memang merahasiakan kondisi kesehatannya.

Dalam pengumuman resmi yang diunggah di akun Twitter resmi Chadwick Boseman, terkuak bahwa pria 43 tahun ini sebenarnya telah didiagnosis sejak 2016 silam.

Kala itu ia divonis menderita kanker usus besar stadium tiga. Namun penyakitnya berkembang menjadi stadium empat.

Meski begitu, Chadwick Boseman tetap berjuang melawan penyakitnya, bahkan masih sempat menerima sejumlah tawaran main film.

Syuting di Sela Kemoterapi

Chadwick Boseman (Victoria Will/Invision/AP)
Chadwick Boseman (Victoria Will/Invision/AP)

"Seorang pejuang sejati, Chadwick bertahan atas semuanya, dan membawakan Anda banyak film yang begitu Anda sukai. Dari Marshall, hingga Da 5 Bloods, Ma Rainey's Black Bottom dari August Wilson, dan banyak lagi, semua pengambilan gambar dilakukan selama dan di antara operasi dan kemoterapi yang tak terhitung," begitu isi pengumuman dari akun Chadwick.

Sang Raja Wakanda

Black Panther. (Marvel Studios)
Black Panther. (Marvel Studios)

Disebutkan pula soal peran Chadwick Boseman yang paling dikenal, yakni Black Panther.

"Sebuah kehormatan dalam kariernya menghidupkan Raja T'Challa di Black Panther."

Ditambahkan pula bahwa Chadwick Boseman meninggal dunia di rumahnya, dengan ditemani oleh istri dan keluarganya di sisinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Akikah Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska, Bertema Kebun Binatang

Posted: 28 Aug 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Cut Meyriska dan Roger Danuarta kini tengah berbahagia. Setelah penantian sembilan bulan lamanya, Cut Meyriska melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki bernama Shaquille Kaili Danuarta pada 17 Juli 2020. Secara otomatis, keduanya telah menyandang status sebagai orangtua baru.

Selang satu bulan melahirkan, pasangan yang menikah pada Agustus 2019 ini menggelar syukuran akikah sebagai wujud syukur, Jumat (29/8/2020). Acara akikah yang dihadiri keluarga inti tersebut berlangsung lancar dan khidmat. Dalam unggahan foto yang di Instagram Cut Meyriska, pasangan ini tampak begitu bahagia dan penuh suka cita.

Meski sederhana, mereka mendesain rumahnya dengan dekorasi bertema kebun binatang. Balon-balon berwarna coklat dan dekorasi hewan yang lucu tampak menghiasi kediaman Cut Meyriska dan Roger Danuarta. Tak hanya dirasakan oleh keluarga pesinetron ini, para penggemaar dan rekan selebriti lainnya juga turut berbahagia.

Warganet mendoakan Baby Shaquille bisa tumbuh menjadi anak yang saleh, tampan, dan sehat. Berikut potret akikah Shaquille Kaili Danuarta, anak Cut Meyriska dan Roger Danuarta dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (29/8/2020).

1. Acara akikah Baby Shaquille merupakan momen spesial bagi pasangan yang menikah pada 2019 ini.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

2. Akikah anak pertama Cut Meyriska dan Roger Danuarta ini hanya dihadiri oleh keluarga inti saja, penuh kehangatan.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

3. Pasangan selebriti ini mendekorasi rumahnya dengan tema kebun binatang. Terlihat dipenuhi berbagai hiasan balon dan hewan-hewan yang lucu.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

4. Ayah dan anak ini juga tampil kompak dengan busana senada di acara akikah.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/shaquillekailidanuarta)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/shaquillekailidanuarta)

5. Berusia satu bulan, Baby Shaquille tampak begitu menggemaskan di acara akikahnya.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/shaquillekailidanuarta)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/shaquillekailidanuarta)

6. Pasangan inipun tak lupa mengabadikan momen bersama setelah prosesi akikah.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

7. Di momen akikah, keluarga kecil ini terlihat begitu bahagia. Cut Meyriska dan Roger juga memiliki banyak doa dan harapan untuk buah hatinya tercinta.

Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)
Shaquille Kaili Anak Cut Meyriska (Sumber: Instagram/cutratumeyriska)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: