Kamis, 20 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Akan Periksa Pihak Rumah Sakit Tempat Napi AU Dirawat dan Produksi Ekstasi

Posted: 20 Aug 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unit Reserse Narkoba Polsek Sawah Besar terus mengembangkan kasus produksi narkoba dari ruang perawatan rumah sakit.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Eliantoro Jalmaf mengatakan, pihaknya berencana memeriksa karyawan hingga pejabat-pejabat di rumah sakit tersebut untuk mengetahui ada atau tidaknya keterlibatan mereka di dalam kasus ini.

Eliantoro mengaku telah melayangkan surat kepada beberapa orang dari pihak rumah sakit untuk dipanggil sebagai saksi.

"Sudah pemanggilan. Nanti kalau enggak hari ini, hari Senin lah diperiksa," kata dia saat dihubungi, Jumat (21/8/2020).

Eliantoro belum dapat menyampaikan, nama-nama saksi dari rumah sakit yang akan dimintai keterangan. Dia mengatakan, orang yang pertama diperiksa adalah yang bertanggung jawab di ruangan tersebut.

Diketahui, AU menempati ruangan kelas VVIP selama kurang lebih dua bulan.

"Kita ingin tahu SOP seperti apa, pemeriksaan jam berapa. Kita perdalam di pemeriksaan. Kita mulai dari sana," ucap dia.

Eliantoro menyatakan, pemeriksaan terhadap pihak rumah sakit dilakukan secara berjenjang sampai setingkat Direktur.

"Kita nggak bisa langsung ke atas, tapi mulai dari bawah, siapa yang menangani pasien di rumah sakit tersebut, yang bertanggung jawab siapa. Ini kami mau cek. Intinya kita periska sesuai alur cerita atau SOP yang ada di rumah sakit tersebut," papar dia.

Pun demikian dengan petugas sipir yang ditugaskan mengawasi bandar narkoba AU selama berada di rumah sakit.

"Dari sipir rutan yang jaga juga begitu. Saat ini sedang dalam pendalaman kasus tersebut," ucap dia.

Produksi Ekstasi Saat Dirawat

Sebelumnya AU tetap memproduksi ekstasi meski sedang dirawat di rumah sakit. Perilaku AU dibongkar Unit Reserse Narkoba Polsek Sawah Besar setelah berhasil menangkap kaki-tangan AU berinisial MW (36).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto menyatakan AU memanfaatkan kelengahan pihak rumah sakit untuk memproduksi narkoba.

"Dari tangan AU, penyidik mendapatkan beberapa butir ekstasi dan alat pembuatnya," jelas Heru saat dikonfirmasi Rabu (19/8/2020).

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, AU langsung dipindah ke RS Polri Jakarta Timur dan dijerat Pasal 113 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 junto Pasal 132 UU RI nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video ART Ludahi Susu Anak Majikan, Bikin Warganet Geram

Posted: 20 Aug 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit pasangan suami istri yang mempercayakan pekerjaan rumah mereka untuk dilakukan oleh Asisten Rumah Tangga atau ART. Tak hanya pekerjaan rumah, banyak dari ART yang diberikan tugas untuk mengurus anak sang majikan.

Namun ada baiknya kalian berhati-hati ketika hendak membiarkan ART mengurus sang buah hati. Pasalnya baru-baru ini warganet dibuat geram oleh tingkah tak terpuji yang dilakukan seorang ART.

Bagaimana tidak, ART wanita tersebut terekam kamera CCTV sedang meludahi susu buatannya. Susu yang dibuat di dalam botol bayi tersebut diduga ditujukan kepada anak sang majikan.

Video tersebut menjadi viral usai diunggah oleh pemilik akun Instagram @dwiwahyu12. Pada video yang diunggah di Instagram Story tersebut terlihat tingkah laku seorang wanita yang bekerja sebagai ART.

Ludahi susu yang dibuat

foto: IG/@dwiwahyu12
foto: IG/@dwiwahyu12

Dalam video tersebut terlihat seorang wanita tengah membuat susu. Mulanya ia memasukan tiga sendok susu formula ke dalam botol susu bayi. Tak berselang lama, wanita itu meludahi botol susu tersebut. Setelahnya dia bergegas pergi meski sempat melihat ke arah kamera.

Dialami oleh teman

foto: IG/@dwiwahyu12
foto: IG/@dwiwahyu12

Dari keterangan video yang diunggah dapat diketahui bahwa kejadian tersebut dialami langsung oleh kerabat si pemilik akun.

"Hati-hati mak! Kejadian sama teman aku sendiri ini. Tonton sampai habis," tulis pemilik akun Instagram dwiwahyu12.

Beragam komentar warganet

Video tersebut sontak menjadi viral di media sosial. Tak sedikit akun-akun instagram lain yang ikut membagikannya. Salah satunya seperti akun Instagram @berita_gosip. Video tersebut tentu langsung menuai beragam komentar warganet.

"Terus maksudnya diludahin apa coba.. Ada-ada saja kelakuan," tulis akun aluhcamila.

"Kenapa pas ngeludah dia lihat ke kamera?" tulis akun riana.d.p.

"Ini kalau kata orang dulu. Biar yang minum itu susu, mau sama dia nurut sama dia dan menempel terus sama dia," tulis akun sri_kandie.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbawa Tren, Royal Enfield Ikut 'Nyetrum' Pakai Motor Listrik Murah?

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik, seperti mobil atau motor kini tengah dikembangkan banyak pabrikan otomotif dunia. Melihat hal tersebut, salah satu jenama roda dua, Royal Enfield juga berencana untuk menghadirkan motor listrik.

Hal ini juga ditegaskan oleh CEO Royal Enfield, Vinod Dasari, jika pihaknya tengah mengembangkan motor listrik untuk siap dilepas ke pasar global.

Melansir Visordown, meskipun pasar di India tengah menurun akibat pandemi, dan juga para pesaingnya yang lebih memilih mengembangkan kendaraan canggih dan mahal, tapi ada pasar di luar itu (listrik) yang cukup menjanjikan.

Royal Enfield sendiri bisa saja meluncurkan motor tanpa emisi ini dengan harga yang lebih murah untuk memudahkan konsumen memiliki kendaraan ramah lingkungan.

Setidaknya, pabrikan asal Inggris ini telah mengisyaratkan jika pabrikan yang kini sudah bermarkas di Tanah Hindustan melihat listrik untuk beberapa waktu ke depan. Sekaligus menjadi alternatif dengan semakin ketatnya peraturan emisi di Negeri Bollywood. 

Meskipun hingga saat ini Royal Enfield belum mengetahui model apa yang akan dibekali penggerak listrik untuk dikendarai di jalan raya.

Komuter?

"Listrik adalah sesuatu yang telah kami pikirkan selama beberapa waktu," katanya kepada Moneycontrol.

"Kami mencoba mencari tahu segmen mana yang tepat bagi kami. Listrik adalah sesuatu yang kami anggap sangat serius," tegasnya lagi.

Saat ini, hal yang paling memungkinkan dikembangkan Royal Enfield, adalah sebuah komuter listrik yang memang digemari di India ataukah sebuah motor listrik mewah yang digemari di negara lain.

Cara Baru Royal Enfield dalam Menjalin Ikatan dengan Konsumen

Di masa pandemi Corona Covid-19, Royal Enfield terus berupaya mempererat hubungannya dengan konsumennya. Pabrikan asal Inggris yang kini berpusat di India itu menggelar berbagai aktivitas virtual, salah satunya ialah kampanye digital.

Melalui program bertajuk Trip Story, Royal Enfield mengajak para konsumennya untuk untuk membagikan pengalaman berkendara mereka yang paling berkesan bersama motor Royal Enfield di media sosial. 

"Melalui berbagai aktivitas digital, kami ingin memastikan bahwa pelanggan dan pecinta Royal Enfield terhibur dan tetap terhubung dengan Royal Enfield melalui kampanye digital yang terus kami hadirkan selama masa pandemi," terang Vimal Sumbly, Head Business Royal Enfield Asia Pacific. 

"Kami juga memastikan agar pengalaman yang dihadirkan secara virtual beragam, menawarkan pengalaman berkendara, serta menarik bagi pecinta roda dua. Dengan aktivitas tersebut, kami melihat peningkatan mention serta perbincangan seputar Royal Enfield di berbagai platform media sosial," tambahnya.

Selain itu, Royal Enfield juga menggelar beberapa interaksi singkat menggunakan format baru di media sosial termasuk kontes terkait sepeda motor di Instagram seperti motorcycle bingo, teka-teki silang, the catch, video Do It Yourself (DIY), hingga tips perawatan motor selama masa pandemi dan beberapa aktivitas lainnya.

Manfaatkan Sosial Media

Platform Facebook pun digunakan untuk menyebarluaskan aktivitas tersebut kepada komunitas pecinta motor. Beragam video DIY ditampilkan selama periode ini di mana pelanggan setia Royal Enfield, komunitas serta influencer berbagi tip merawat motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tak hanya itu, mereka juga menggelar Games Sound of Royal Enfield. Permainan ini mengajak peserta untuk menebak suara motor Royal Enfield yang dibagikan melalui Instagram Indonesia Royal Enfield.

Ada juga permainan berjudul The Catch yang merupakan konten UCG. Caranya mudah, pengguna Instagram cukup menangkap motor Royal Enfield yang melintas cepat di layar smartphone mereka dan mengundang rekan lain untuk ikut memainkan game tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susi Pudjiastuti Buka Lowongan Kerja Fotografer dan Videografer, Minat?

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak lagi menjadi Menteri, Susi Pudjiastuti kini terus memperkuat bisnisnya. Banyak perusahaan yang dimilikinya saat ini, termasuk salah satunya Susi Air.

Untuk memperkuat bisnisnya tersebut, Susi Pudjiastuti saat ini tengah membuka sejumlah lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi, mulai dari Videografer hingga Fotografer.

Melansir dari laman Instagram resminya, Jumat (21/8/2020) berikut persyarat umum untuk Anda calon pelamar yang berminat untuk mendaftar di kantor Susi Pudjiastuti:

·      Fresh graduate

·      Wajib mengirimkan portofolio

·      TOEFL minimal 450 atau IELTS minimal 5,5

·      Lancer berkomunikasi dalam Bahasa inggris

·      Multitasking dan dapat bekerjasama secara individu maupun team

·      Mampu bekerja di bawah tekanan

·      Kreatif dan inovatif

·      Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia

Persyaratan

Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)
Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)

Posisi kerja dan kualifikasi untuk calon pelamar

 

1.     Fotografer

·      S1/D3 semua jurusan IPK minimal 3.00

·      Memiliki kemampuan baik dalam program photo editing

·      Menguasai penggunaan kamera, drone, dan lighting

 

2.     Videografer

·      S1/D3 semua jurusan IPK minimal 3.00

·      Memiliki kemampuan baik dalam program video editing

·      Menguasai penggunaan kamera, drone, lighting dan audio

·      Memiliki bakat kreatif untuk membuat storyboard

 

3.     Video Editor

·      S1/D3 jurusan Film/ Film dan Televisi/ Desain Komunikasi Visual

·      Memiliki kemampuan baik dalam program film editing

·      Membuat dan menganalisis naskah dengan baik

·      Keahlian yang baik dalam menentukan suara, music dan efek visual

·      Memahami konsep produksi film

 

4.     Finance Officer

·      S1/D3 jurusan Akuntasi/ Manajemen Keuangan

·      IPK minimal 3.00

·      Menguasai sistem keuangan dan akuntasi

·      Mampu Menyusun laporan keuangan, kontrol budget dan laporan pajak

 

5.     Legal Officer

·      S1/D3 jurusan Hukum IPK minimal 3.00

·      Keahlian yang baik dalam membuat dan menganalisis kontrak perusahaan

·      Mampu menangani dokumen dan perizinan perusahaan

·      Kemampuan yang baik dalam menangani permasalahn hukum, baik perdata maupun pidana

 

6.     Management Trainee

·      S1 semua jurusan IPK minimal 3.00

·      Pribadi yang fleksibel, inisiatif dan multitasking

·      Memiliki pengalaman organisasi

 

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar bisa melalui link berikut ini bit.ly/lokerKSP

 

Periode pendaftaran dimulai tanggal 13-27 Agustus 2020, dicatat dan jangan terlewatkan ya!

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Liga Europa: Sevilla Vs Inter Milan Disiarkan SCTV dan Vidio

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Koln - Sevilla menghadapi Inter Milan pada final Liga Europa 2019/20. Pertandingan dimainkan di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman, Jumat (21/8/2020) atau Sabtu dini hari WIB.

Gengsi pertandingan tak perlu dijelaskan lagi. Sevilla dan Inter Milan dipastikan akan mengerahkan kemampuan terbaik demi mengangkat trofi Liga Europa.

Sevilla mengusung kebanggaan pribadi. Los Rojiblancos merupakan klub tersukses di kompetisi tersebut dengan lima kali jadi juara. Walau reputasi tidak segemerlap Liga Champions, Liga Europa jadi kendaraan bagi mereka untuk mengukuhkan diri di dalam sejarah sepak bola.

Sementara Inter Milan sebenarnya kerap melupakan Liga Europa. Mereka sempat menyukai ajang ini dengan tiga kali membawa pulang gelar.

Namun, Inter Milan ketika itu melakukannya karena jatah ke panggung yang lebih bergengsi (Liga Champions) masih terbatas. Keberhasilan memenangkan kompetisi komtinental setidaknya memberi kebanggan bagi I Nerazzurri pada pertarungan reputasi melawan rival domestik, AC Milan dan Juventus.

 

 

Link Live Streaming

Prediksi Sevilla Vs Inter Milan (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi Sevilla Vs Inter Milan (Trie Yas/Liputan6.com)

Partisipasi Inter Milan di Liga Europa musim ini terjadi karena kegagalan bersaing di Liga Champions. Tapi, kondisi itu tidak mengurangi semangat mereka saat meladeni Sevilla nanti.

Final Liga Europa disiarkan SCTV dan Vidio. Dapatkan link live streaming di tautan berikut ini...

 

 

Infografis

Infografis Final Liga Europa. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Final Liga Europa. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Liga Europa di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelawak Nurul Qomar Resmi Jadi Penghuni Lapas Brebes

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Brebes - Pelawak Nurul Qomar resmi menjalani hukuman di Lembaga Kemasyarakatan Kelas-IIB terkait kasus pemalsuan dokumen sarjana-2 (S-2) dan (S-3) sebagai salah satu syarat menjadi rektor di Universitas Muhadi Setiabudhi (Umus) Brebes, Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Brebes, Adhi Hermawan Bolifar di Brebes, Kamis, mengatakan Nurul Qomar, sebelum resmi ditahan di Lapas Kelas IIB Brebes dilakukan tes cepat sebagai upaya pencegahan virus corona jenis baru (COVID-19).

"Alhamdulillah setelah dilakukan tes cepat, ternyata hasilnya nonreaktif. Tes cepat COVID-19 dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Lapas Kelas-IIB," katanya, dikutip Antara.

Ia mengatakan kondisi terpidana Nurul Qomar dinyatakan sehat untuk menjalani penahanannya sehingga dia langsung menjalani hukuman di Lapas Kelas-II B.

"Terpidana kami masukan ke Lapas Kelas-IIB Brebes dan resmi sudah menjadi warga binaan di lapas," katanya.

Terpidana Nurul Qomar mengaku dirinya menerima keputusan yang dilayangkan kepadanya.

 

PK hingga Grasi

Qomar resmi bekerja sebagai rektor untuk periode 2017-2021. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)
Qomar resmi bekerja sebagai rektor untuk periode 2017-2021. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Kendati demikian, kata dia, dirinya masih mempertanyakan permintaan permohonan untuk mengecek kebenaran barang bukti yang ada di Mahkamah Agung (MA) yang saat ini belum dilakukan.

"Permohonan kami hanya, ini barang bukti valid atau abal-abal. Untuk menentukan barang bukti abal-abal atau tidak harus dicek ke laboratorium forensik, dan itu tidak pernah dilakukan," katanya.

Qomar mengaku menerima keputusan ini dengan senang hati karena keluarganya juga sudah "Tapi, saya terima keputusan ini dengan senang hati. Keluarga sudah siap mental dan mindset (terkait putusan itu, red.)," katanya.

Meski telah menerima keputusan hukuman ini, Nurul Qomar mengaku akan mencari peluang dan melakukan upaya lain secara estafet sesuai prosedur.

"Nanti kuasa hukum akan melakukan peninjauan kembali. Terakhir meminta ampunan dan grasi ke Presiden," kata Qomar.

Ketua Yayasan Universitas Muhadi Setiabudi mengaku menghormati keputusan tersebut dan akan menyerahkan kasus ini sepenuhnya pada pihak berwajib.

"Saya akan menghormati hukum yang berlaku. Ini kan sudah terbukti, dunia pendidikan buat main-main," katanya.

 

Vonis 17 Bulan untuk Pelawak Nurul Qomar

Nurul Qomar (Dok. Pribadi)
Nurul Qomar (Dok. Pribadi)

Sebelumnya, Majelis hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada sidang putusan kasus dugaan surat keterangan palsu (SKP) memvonis pelawak Nurul Qomar 17 bulan penjara, Senin, 11 November 2020.

Seperti diberitakan Antara, Vonis 1 tahun 5 bulan yang dijatuhkan oleh majelis hakim yang diketuai oleh Sri Sulastuti ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu 3 tahun penjara.

Atas putusan tersebut, terdakwa Nurul Qomar melalui tim kuasa hukumnya langsung menyatakan banding sedang JPU menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

Ketua Majelis Hakim Sri Sulastuti pada amar putusannya menyatakan bahwa terdakwa Nurul Qomar dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 263 ayat 2 tentang Pemalsuan Surat dan menjatuhi hukuman 1 tahun 5 bulan penjara, serta mewajibkan terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp2.000.

Qomar sebelumnya didakwa memalsukan surat keterangan lulus S-2 dan S-3 ketika mendaftar menjadi Rektor Universitas Muhadi Setyabudi (UMUS) Brebes pada 2017.

Usai pembacaan putusan, terdakwa Nurul Qomar menyatakan banding atas putusan tersebut.

 

Sidang Dihadiri Personel 4 Sekawan

"Kami menghormati putusan hakim. Akan tetapi, kami tidak sependapat dengan putusan hakim tersebut sehingga mengajukan banding," ujarnya.

Menurut dia, atas banding yang diajukan tersebut, dirinya tidak dilakukan penahanan sehingga dirinya masih bisa beraktivitas di luar seperti syuting dan menghadiri pengajian.

"Kalau soal banding silakan (tanya) ke tim pengacara saya. Yang jelas berkas banding langsung kami buat," ucapnya menegaskan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Andhy Hermawan Bolifar mengatakan pihaknya pikir-pikir atas putusan tersebut. "Kalau kami masih pikir-pikir," katanya.

Pada sidang putusan yang digelar di ruang sidang Cendana PN Brebes ini juga dihadiri oleh sejumlah anggota pelawan Empat Sekawan seperti Ginanjar, Eman, dan Memet.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Baru soal iPhone 12 dan Pixel 5

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi tentang smartphone yang belum diumumkan kembali beredar. Kali ini giliran iPhone 12 dan Pixel 5.

Dilansir Phone Arena, Jumat (21/8/2020), bocoran baru berasal dari Jon Prosser. Ia dikenal sering membagikan informasi tentang berbagai perangkat baru.

Prosser mengatakan, produksi massal lini iPhone 12 akan dimulai pada bulan depan. Apple sendiri sudah mengumumkan peluncuran iPhone 12 5G tersebut akan tertunda.

Sebelumnya, smartphone tersebut diprediksi akan hadir dalam beberapa varian yaitu iPhone 12 (5,4 inci), iPhone 12 Max (6,1 inci), dan iPhone Pro Max (6,7 inci).

Pixel 5

Pixel 4a 5G dan Pixel 5. (Doc: Google)
Pixel 4a 5G dan Pixel 5. (Doc: Google)

Prosser juga mengungkapkan kabar buruk bagi yang berharap mendapatkan Pixel 5 XL pada tahun ini.

Meski ada rumor tentang smartphone dengan ukuran layar 6,7 inci tersebut, Google disebut tidak akan menghadirkan handset Pixel dengan layar besar. Sehingga kemungkinan yang akan hadir hanya Pixel 5.

 

iPad Terbaru

Selain mengenai iPhone dan Pixel, Prosser juga mengungkapkan informasi tentang iPad. Varian baru iPad disebut akan diumumkan pada bulan depan.

Perangkat tersebut diprediksi akan menjadi iPad Pro pertama yang mendukung 5G. Apple diprediksi melengkapinya dengan chipset Apple A14X Bionic.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tokoh Oposisi Rusia Koma Diduga akibat Diracun

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alexey Navalyn, tokoh oposisi Rusia mengalami koma setelah diduga diracun. Ia jatuh sakit saat dalam penerbangan menuju kota Moskow,

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maluku Utara dan 20 Provinsi Lain dengan Kematian COVID-19 di Bawah Rata-rata Dunia

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sesuai data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 19 Agustus 2020, Maluku Utara menempati posisi teratas dengan persentase kematian COVID-19 sebesar 3,38 persen. Persentase kematian tersebut rupanya di bawah rata-rata dunia 3,30 persen.

"Untuk persentase kematian COVID-19 secara nasional adalah 4,4 persen pada tanggal 19 Agustus 2020 dan dunia adalah 3,50 persen (secara nasional masih tinggi dibandingkan rata-rata dunia)," terang Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/8/2020).

"Meski begitu, ada 21 provinsi dengan kematian di bawah rata-rata dunia."

Ke-21 provinsi dengan persentase kematian COVID-19 di bawah rata-rata dunia, sebagai berikut:

1. Maluku Utara 3,38 persen

2. DKI Jakarta 3,33 persen

3. Sumatera Barat 3,11 persen

4. Sulawesi Selatan 3,1 persen

5. Sulawesi Tengah 3,07 persen

 

Persentase Kematian COVID-19

Petugas Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman mengali makam di TPU Pondok Rangon, Jakarta, Rabu (17/6/2020).  Meski  Fase pertama PSBB transisi di Ibukota diberlakukan pertambahan pasien terus meningkat sampai hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman mengali makam di TPU Pondok Rangon, Jakarta, Rabu (17/6/2020). Meski Fase pertama PSBB transisi di Ibukota diberlakukan pertambahan pasien terus meningkat sampai hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

6. Jawa Barat 2,79 persen

7. Daerah Istimewa Yogyakarta 2,74 persen

8. Aceh 2,62 persen

9. Gorontalo 2,58 persen

10. Sulawesi Barat 2,19 persen

11. Maluku 1,96 persen

12. Jambi 1,63 persen

13. Riau 1,54 persen

14. Sulawesi Tenggara 1,48 persen

15. Bali 1,21 persen

Kematian COVID-19

Petugas pemakaman mengenakan hazmat saat membawa jenazah pasien COVID-19 untuk dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Hingga hari ini, lima provinsi mencatat tambahan kasus baru tertinggi yakni Jatim, DKI Jakarta, Sulsel, Kalsel, dan Sumut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas pemakaman mengenakan hazmat saat membawa jenazah pasien COVID-19 untuk dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Hingga hari ini, lima provinsi mencatat tambahan kasus baru tertinggi yakni Jatim, DKI Jakarta, Sulsel, Kalsel, dan Sumut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

16. Papua Barat 1,1 persen

17. Papua 1,08 persen

18. Kepulauan Bangka Belitung 0,93 persen

19. Kalimantan Barat 0,88 persen

20. Kalimantan Utara 0,61 persen

21. Nusa Tenggara Timur 0,61 persen

"Kembali lagi kami ucapkan bahwa ini prestasi menjaga masyarakat dengan baik. Tentunya ini peran dari seluruh petugas kesehatan, dokter, tenaga kesehatan, dan seluruh anggota masyarakat. Sehingga prestasi ini bisa dicapai dan harus dijaga terus ke depannya," lanjut Wiku.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Beli Mobil Mewah Rp 3,1 Miliar, Nikita Mirzani Nangis

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Hotman lagi sama Nikita," sapa Hotman Paris Hutapea kepada warganet lewat unggahan video di akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (20/8/2020).

Ia duduk di dalam mobil. Mobil mewah Lexus itu bangkunya masih terbungkus plastik. Nikita Mirzani yang mengenakan atasan putih lengan panjang tampak takjub melihat mobil Hotman Paris.

"Aku lagi norak ini lo, Abang Hotman baru beli mobil 3,1 miliar Lexus terbaru yang kayak Alphard. Keren banget," celoteh Nikita Mirzani yang duduk di samping Hotman Paris.

Terserah Abang, Deh...

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Hotman Paris lantas mengajak bintang film Comic 8 dan Taman Lawang jalan-jalan dengan mobil seharga miliaran rupiah itu. Nikita Mirzani yang terkagum-kagum hanya bisa pasrah.

"Mau ke mana dong terserah Abang deh, Abang kaya makin kaya nih Abang hiks," sahut ibu tiga anak ini lalu mewek. Hotman Paris lalu memamerkan sejumlah fitur canggih mobilnya.

Nikita Makin Syok

Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Salah satunya sekat pemisah transparan antara jok depan dan tengah yang bisa diburamkan. Dengan begitu, ruang tengah menjadi area privat pemilik mobil. Nikita Mirzani makin syok.

"Soalnya kita mau ngapa-ngapain pun sopir enggak bisa lihat. Tuh bisa ditutup kan, nah kan. Warnanya juga, tuh. Jadi sopir enggak bisa lihat kita ngapa-ngapain," terang Hotman Paris.

Mahal Banget Rp 3,1 Miliar

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

"Jadi enggak usah capai-capai pakai vila lagi, cari hotel," imbuhnya. Gemas, Nikita Mirzani lantas memepet Hotman Paris. "Aduh, ampun… ampun…!" seru presenter Hotman Paris Show. "Bagus lo ini benar deh, tapi mahal banget Bang. Mahal banget 3,1 (miliar rupiah)," cetus Nikita Mirzani.

"Semula sih 2 miliar tahu-tahu naik ya sudah deh, keburu (gue beli)," ujar Hotman Paris. Menyertai video ini, sang pengacara menulis status teks, "Nikita kangen Hotman setelah 6 bulan tdk temu!! hotman & Nikia kerja pagi hari libur kamis pagi: Tv Shooting."

Ingin Jadi Hotman Paris

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Aksi Hotman Paris beli mobil di tengah pandemi membuat warganet terkagum-kagum. Seribuan komentar membanjiri kolom. Salah satunya, akun @haluuuuuuuuuuwww yang menulis, "Semakin yakin cita2ku ingin menjdi hotman paris."

Pemilik akun @tri67m87 bilang, "Gue mau benerin / ganti shockbreaker aja pikir-pikir takut kurang." Yang lain menertawakan Nikita Mirzani dengan berujar, "Wkakkaa baru kali ini liaat nyai norak."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Unik Rumah Boneka di Kanada

Posted: 20 Aug 2020 10:00 PM PDT

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)
Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)
Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)
Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)
Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

Sebuah rumah yang dihias dengan berbagai boneka dan mainan terlihat di Toronto, Kanada (19/8/2020). Memamerkan ratusan boneka, boneka binatang, dan lainnya, rumah di sebuah permukiman yang mendapat julukan Rumah Boneka ini menarik banyak pengunjung. (Xinhua/Zou Zheng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Pemusaraan Jenazah Pasien Covid-19 dengan Protokol Kesehatan Akan Dipidana

Posted: 20 Aug 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta melarang masyarakat menolak pengurusan atau pemulasaran jenazah yang berstatus suspek, probable dengan protokol kesehatan sesuai penanganan virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan Pasal 24 dalam Peraturan Gubernur Nomor 79 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya dan Pengendalian Covid-19.

"Setiap orang dilarang mengambil paksa jenazah yang berstatus suspek, probable, atau konfirmasi dari fasilitas pelayanan kesehatan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pergub tersebut, Jumat (21/8/2020).

Lanjut dia, bila masyarakat tetap nekat menolak pengurusan jenazah yang berstatus suspek, probable, atau konfirmasi positif Covid-19 maka dapat dijerat pasal tindak pidana.

"Pengenaan sanksi pidana sebagaimana di maksud dilaksanakan oleh Kepolisian," ucapnya.

Selain itu, Pergub yang ditandatangani Anies pada 19 Agustus 2020 juga mengatur terkait pemberian denda progresif terkait pelanggaran protokol kesehatan. 

Pemberlakuan Denda

Salah satu denda progresif yang akan diberlakukan yakni terkait penggunaan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Berdasarkan Pasal 5, warga yang tidak mengenakan masker akan didenda administrasi sebesar Rp 250 ribu atau kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum menggunakan rompi selama satu jam.

Namun, bila warga tersebut melakukan pelanggaran secara berulang maka akan dikenakan sanksi lebih berat secara administrasi ataupun kerja sosial.

"Pelanggaran berulang kali dikenakan kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama 120 menit atau denda administratif paling banyak sebesar Rp500 ribu," kata Anies dalam Pergub yang dikutip Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Kemudian pelanggaran untuk yang kedua kalinya, warga dikenakan kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama 180 menit atau denda administratif paling banyak sebesar Rp 750 ribu.

Lalu, bila masyarakat melakukan pelanggaran berulang sebanyak tiga kali atau lebih, maka warga dikenakan sanksi kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi selama empat jam atau denda administratif sebesar Rp 1 juta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Angelica Simperler Pakai Seragam SMA dengan Anak Tiri, Bak Teman Sekelas

Posted: 20 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Angelica Simperler beberapa waktu lalu resmi menikah dengan Rico Hidros Daeng pada Sabtu (20/6/2020). Artis berparas imut ini menikah dengan seorang duda yang telah memiliki seorang putra bernama Ahmad Titan At Tariq.

Kini dalam dua bulan pernikahannya, ia pun tak luput dari sorotan. Selain itu kedekatannya dengan sang anak tiri pun menuai pujian. Selain itu penampilan Angelica Simperler dan anak tirinya yang baru barusia 17 tahun ini pun tak kalah.

Dalam channel YouTubenya Angelica Simperler Official, wanita yang akrab disapa Angel ini membuat vlog saat ia dan anak tirinya mengenakan seragam sekolah. Titan pun menganggap penampilan ibunya bak adik kelas. Banyak netizen pun memuji penampilan Angelica Simperler yang terlihat awet muda di usianya yang sudah 34 tahun.

Berikut 6 potret Angelica Simperler pakai seragam SMA dengan anak tiri yang Liputan6.com kutip dari YouTube Angelica Simperler Official, Jumat (21/8/2020).

1. Begini potret Angelica Simperler dan anak tirinya yang bernama Titan saat pakai baju SMA.

Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)
Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)

2. Penampilan Angelica yang pakai baju SMA ini pun dianggap layaknya adik kelas oleh anak tirinya.

Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)
Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)

3. Meski dipanggil bunda oleh Titan, namun penampilan Angelica yang sudah berusia 34 tahun ini pun tampak awet muda.

Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)
Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)

4. Banyak netizen pun yang memujinya, apalagi ia juga dekat dengan anak tirinya tersebut.

Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)
Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)

5. Dalam vlognya yang jadi anak SMA, Angelica curi perhatian netizen.

Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)
Angelica Simperler pakai baju SMA (Sumber: YouTube/Angelica Simperler Official)

6. Begini kocaknya saat Angelica Simperler dan Titan pakai baju SMA ngerjain sang ayah.

View this post on Instagram

Yuk merapat yang belom nonton.. Link di bio gaess

A post shared by Angel Familly Vlog (@angelfamilly2020) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Depak MU, Sevilla Bakal Mati-matian Lawan Inter Milan di Final Liga Europa

Posted: 20 Aug 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Sevilla, Julen Lopetegui, menegaskan, pasukannya bakal tampil mati-matian saat bertemu Inter Milan pada final Liga Europa, Jumat (21/8/2020) atau Jumat dini hari WIB. Usai sukses mendepak Manchester United (MU), Sevilla akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi meraih trofi.

Sevilla akan berhadapan dengan Inter Milan di Rhein Energie Stadion, Köln, Jerman. Pertandingan final Liga Europa ini juga akan disiarkan langsung oleh SCTV dan live streaming di Vidio.

UEFA telah memindahkan venue partai final Liga Europa di lokasi netral menyusul kekhawatiran akan pandemi virus Corona Covid-19. Protokol kesehatan yang ketat juga tetap diberlakukan, termasuk melarang penonton menghadiri pertandingan.

Namun situasi ini tidak mengurangi ambisi Sevilla dalam mengangkat trofi. Sebaliknya, wakil La Liga itu akan berusaha mati-matian membawa pulang gelar demi suporternya.

"Kami sangat sadar bahwa setiap detail final ini sangat penting. Dalam sepak bola, kami harus melakukan apa yang selalu kami lakukan, yakni mempersiapkan diri," katanya kepada wartawan seperti dilansir dari AS.

"Kami sangat antusias dan penuh determinasi untuk tampil sebaik mungkin," bebernya.

Sevilla melaju ke final setelah secara mengejutkan berhasil mengalahkan Manchester United (MU) di semifinal. Pada pertandingan itu, Sevilla menang 2-1.

 

Ketenangan Sevilla

Para pemain Sevilla berkumpul saat sesi latihan di Cologne, Jerman, Kamis (20/8/2020). Sevilla akan menghadapi Inter Milan di final Liga Europa. (AP Photo/Martin Meissner)
Para pemain Sevilla berkumpul saat sesi latihan di Cologne, Jerman, Kamis (20/8/2020). Sevilla akan menghadapi Inter Milan di final Liga Europa. (AP Photo/Martin Meissner)

"Kami sangat tenang, dan ketenangan adalah yang kami butuhkan. Tujuan kami, tiba di lapangan dengan sebaik mungkin, di setiap jalan, dengan keseimbangan dan emosi yang tepat," kata mantan pelatih timnas Spanyol itu.

"Kami akan mati-matian di tengah lapangan, dan fans tidak perlu ragu akan hal ini."

Jadwal Siaran Langsung Sevilla vs Inter Milan

Prediksi Sevilla Vs Inter Milan (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi Sevilla Vs Inter Milan (Trie Yas/Liputan6.com)

Partisipasi Inter Milan di Liga Europa musim ini terjadi karena kegagalan bersaing di Liga Champions. Tapi, kondisi itu tidak mengurangi semangat mereka saat meladeni Sevilla nanti.

Final Liga Europa disiarkan SCTV dan Vidio. Dapatkan link live streaming di tautan berikut ini...

 

 

Prediksi Susunan Pemain

Sevilla (4-3-3): Bounou; Navas, Kounde, Diego Carlos, Reguilon; Fernando, Jordan, Banega; Ocampos, En-Nesyri, Suso

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; Godin, Bastoni, De Vrij; D'Ambrosio, Gagliardini, Barella, Brozovic, Young; Martinez, Lukaku

Infografis

Infografis Final Liga Europa. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Final Liga Europa. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Upaya Pemerintah Akselerasi Belanja Negara buat Tangani Covid-19

Posted: 20 Aug 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah kini tengah fokus melakukan akselerasi belanja negara untuk penanganan Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, percepatan belanja pemerintah akan mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 dan pertumbuhan ekonomi tahun 2020. Untuk itu Pemerintah terus mendorong strategi tersebut dengan berbagai upaya ekstra.

"Saya dan para Menteri di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian membahas hal-hal terkait strategi percepatan realisasi belanja program-program strategis, supaya ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh positif," tutur Menko Airlangga dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) di Nusa Dua, Bali, Jumat (21/8/2020).

Rapat Koordinasi ini membahas program dan kebijakan strategis dalam penanganan dampak Pandemi Covid-19 dari sisi ekonomi. Salah satunya melalui percepatan realisasi belanja pemerintah dan program strategis jangka pendek untuk mendorong percepatan realisasi anggaran.

"Tidak lupa, kami juga menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi yang rutin dan secara reguler dilaksanakan koordinasi untuk percepatan realisasi belanja ini," kata Menko Airlangga.

Upaya akselerasi government spending dalam rangka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi kini memang diupayakan dari berbagai aspek. Dari sisi ketenagakerjaan, Program Kartu Prakerja kini telah memasuki gelombang ke-5.

"Dari aspek pangan dan pertanian, Pemerintah telah berhasil mendorong Produk Domestik Bruto sektor pertanian triwulan II 2020 memasuki jalur pertumbuhan positif 2,19 persen year on year," ujar Menko Airlangga.

Pengembangan kawasan food estate berbasis korporasi petani di lahan rawa Kalimantan Tengah juga tengah dikembangkan. Food estate ini diarahkan dapat membangun sistem produksi pangan modern dan berkelanjutan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.

Tahun 2020 ini, Pemerintah menargetkan pengembangan kawasan food estate di lahan rawa tersebut seluas 30 ribu hektar.

Dalam rangka memberikan sentimen positif kepada para investor dan mempercepat proses pemulihan ekonomi, dari aspek perniagaan dan industri, Pemerintah terus memberikan berbagai fasilitas investasi baik berupa fasilitas perpajakan maupun non-perpajakan. Seperti kemudahan ketersediaan tanah dan kesiapan infrastruktur.

"Selain itu, guna memberikan dorongan terhadap kegiatan ekspor dan impor, khususnya impor bahan baku dan bahan modal, maka Pemerintah juga terus mengurangi hambatan impor bahan baku/penolong khususnya untuk industri yang berorientasi ekspor," kata Airlangga.

Untuk membantu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah telah mempercepat penyaluran dana bantuan produktif UMKM dan pinjaman super lunak Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro untuk pekerja yang terkena PHK dan Ibu Rumah tangga yang berusaha.

"Percepatan penyaluran bantuan modal kerja dan pinjaman lunak tersebut akan mempercepat pemulihan usaha mikro dan membantu penyelesaian pekerja yang terkena PHK," tutur Airlangga.

Dari segi riset dan inovasi, Pemerintah segera bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta yang bergerak di bidang farmasi.

Langkah ini dilakukan agar kebutuhan vaksin Covid-29 dapat segera diperoleh dalam jumlah yang lebih banyak. Kerjasama antar negara dan antar lembaga dalam melakukan uji coba vaksin juga telah dilakukan.

 

Proyek Strategis Nasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) di Nusa Dua, Bali, Jumat (21/8/2020). Dok
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) di Nusa Dua, Bali, Jumat (21/8/2020). Dok

Periode 2020-2024, kata Airlangga, sebagian Proyek Strategis Nasional (PSN) dikerjakan dengan program padat karya yang memberikan tambahan tenaga kerja langsung sebesar 209.139 orang. PSN ini meliputi sektor Bendungan, Irigasi, Jalan Tol, Penyediaan Air Bersih, Sanitasi, Bandara, Pelabuhan, Perkeretaapian, dan Infrastruktur Kawasan.

"Kegiatannya meliputi pekerjaan saluran, pemasangan pagar, galian dan timbunan, land clearing, instalasi pipa sambungan rumah, site cleaning, pemasangan rel, balas, wesel kereta api dan lain-lain," imbuhnya.

Dari koridor kerja sama ekonomi internasional, guna mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia dengan mitra, Pemerintah bekerjasama dengan Uni Emirat Arab dan Korea Selatan guna memberlakukan Travel Corridor Arrangement (TCA). TCA merupakan fasilitas kunjungan singkat bagi sektor pebisnis esensial dan diplomatik yang akan melanjutkan berbagai proyek kerja sama investasi dan bisnis secara bilateral.

"Saat ini, Pemerintah Indonesia tengah membahas pengaturan TCA dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT)," pungkas Menko Airlangga.

Rapat Koordinasi ini dihadiri secara fisik oleh sembilan Menteri, yakni Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Pertanian, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Wakil Menteri BUMN I.

Selain itu, turut hadir pula lima menteri melalui sambungan konferensi daring, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perhubungan, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napi AU Dirawat 2 Bulan di Ruang VVIP, Siapa Bayar?

Posted: 20 Aug 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Unit Reserse Narkoba Polsek Sawah Besar membongkar pembuatan ekstasi dari dalam ruang perawatan rumah sakit.

Polisi membekuk seorang bandar, Ami Utomo Putro (42) alias AU yang juga bestatus pasien di rumah sakit tersebut.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Eliantoro Jalmaf menjelaskan, AU sebetulnya salah satu narapidana yang sedang menjalani hukuman di Rutan Kelas 1 Salemba.

Namun, AU dipindahkan sementara ke ruang perawatan di kelas VVIP.

"Dari kapan kami lupa, tapi kurang lebih sudah hampir dua bulan AU berada di sana," kata Eliantoro saat dihubungi, Jumat (21/8/2020).

Terkait nominal uang yang dikeluarkan AU selama dirawat di rumah sakit, Eliantoro mengaku tak mengetahuinya. Yang jelas, kata Eliantoro tidak ada sepeser pun uang yang diberikan untuk AU.

"Nanti kita periksa (pihak rumah sakit) masalah uang permalamnya berapa. Tapi dari hasil intrograsi selama ini yang membayar biaya rumah sakit adalah pelaku sendiri," ujar dia.

 

Manfaatkan Kelemahan RS

Aktivitas AU saat di rumah sakit dibongkar Unit Reserse Narkoba Polsek Sawah Besar setelah berhasil menangkap kaki-tangan AU berinisial MW (36).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto menyatakan AU memanfaatkan kelengahan pihak rumah sakit untuk memproduksi narkoba.

"Dari tangan AU, penyidik mendapatkan beberapa butir ekstasi dan alat pembuatnya," jelas Heru saat dikonfirmasi Rabu (19/8/2020).

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, AU langsung dipindah ke RS Polri Jakarta Timur dan dijerat Pasal 113 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 junto Pasal 132 UU RI nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Mesra Mirip Adhisty Zara dan Pacar Panen Kecaman, Mbah Mijan: Ada Udang di Balik Bakwan

Posted: 20 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Media sosial Instagram dan Twitter sepanjang Kamis (20/8/2020) kemarin digemparkan dengan video mesra cewek yang diduga Adhisty Zara bersama kekasihnya, Zaki Pohan.

Wajar jika selebritas mengunggah potongan video di fitur Instagram Stories. Menjadi heboh lantaran konten videonya berisi permintaan Adhisty Zara agar dadanya diraba pacar.

Meski telah dihapus, video itu kadung menyebar di jagat maya. Walhasil, Adhisty Zara dan Zaki Pohan panen kecaman. Keduanya lantas menutup kolom komentar untuk membendung hujatan.

Kampanye Terselubung?

Unggahan Mbah Mijan. (Foto: Twitter @mbah_mijan)
Unggahan Mbah Mijan. (Foto: Twitter @mbah_mijan)

Merespons jagat maya yang geger, Mbah Mijan menyampaikan ulasan dan sejumlah kemungkinan dalam sebuah utas terkait video mesra Adhisty Zara dan Zaki Pohan.

"Hiden Campaign, Promo Terselubung adalah market system yang dikenal anti mainstream. Jangan heran kalo isinya nyeleneh, unik, aneh, nakal, dan lain-lain," cuit Mbah Mijan.

Tak Ada Angin dan Hujan

Adhisty Zara. (Foto: Instagram @zaraadhsty)
Adhisty Zara. (Foto: Instagram @zaraadhsty)

"Mbah menduga, video yang jelas-jelas diunggah oleh pelakunya sendiri adalah market system. Masa iya gak ada angin gak ada hujan, tiba-tiba mereka berani buat video seperti itu?" imbuhnya.

Ia yakin mantan anggota grup idola JKT48 tahu betul konsekuensi dari permintaannya. Selain dikecam publik, aksi minta diraba jelas memicu reaksi negatif orangtua dan pihak keluarga.

Udang dan Bakwan

Mbah Mijan. (Foto: Instagram @mbahmijan)
Mbah Mijan. (Foto: Instagram @mbahmijan)

"Emang mau si Zara dijitak Emaknye, ditampol sendal jepit Babehnye? Mikir! Maaf kalo salah, nampaknya ada kemungkinan, dibeberapa minggu ke depan, kita akan lihat 'udang' dibalik bakwan," Mbah Mijan mengulas.

Mbah Mijan kemudian menyindir warganet yang sepanjang hari itu getol melancarkan perundungan siber terhadap bintang film Dua Garis Biru dan Keluarga Cemara.

Bully Diterima dengan Baik

Adhisty Zara. (Foto: Instagram @zaraadhsty)
Adhisty Zara. (Foto: Instagram @zaraadhsty)

Tak hanya Adhisty Zara dan Zaki Pohan, Mbah Mijan rupanya tak luput dari sasaran tembak warganet. Terkait perundungan ini, Mbah Mijan menanggapinya dengan santai.

"Bagi yang belum puas membully Zara, Zaki, Mbah, waktu dan tempat dipersilahkan. Bully masih diterima dengan baik, The End," pungkasnya lalu menyematkan emotikon hati merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

180 Nama Anak Perempuan Kristen, Penuh Makna Kemuliaan

Posted: 20 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dianugerahi seorang putri cantik adalah rahmat dari Tuhan. Memuliakan namanya sama dengan memuliakan anugerah yang diberikan Tuhan. Nama anak perempuan Kristen ini bisa dijadikan pilihan.

Memberikan nama adalah bukti cinta orang tua kepada anak yang telah dilahirkan. Haruslah penuh dengan makna dan doa seperti yang tertulis dalam Al Kitab. Jika perempuan, berilah dia nama anak perempuan Kristen.

Nama akan melekat selamanya hingga roh kembali kepada Bapa. Agar perjalanan hidup bisa dilalui dengan hikmat, anak harus dilekatkan dengan nama penuh rahmat kemuliaan. Nama anak perempuan Kristen ini cocok dijadikan referensinya.

Berikut Liputan6.com ulas nama anak perempuan Kristen dari berbagai sumber, Jumat (21/8/2020).

Nama Anak Perempuan Kristen

Ilustrasi membacakan dongeng. (dok. Pixabay/Novi Thedora)
Ilustrasi membacakan dongeng. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

1. Achava: Persahabatan

2. Adara: Kecantikan

3. Amarise: Diberi oleh Tuhan

4. Annette: Baik budi pekertinya

5. Barru: Pilihan Tuhan

6. Batya: Anak perempuan dari Dewa

7. Bethani: Rumah pohon ara

8. Bina: Pengertian

9. Brielle: Tuhan adalah kekuatanku

10. Cana: Semangat, perhatian

11. Carlissa: Gadis kecil yang suci

12. Chana: Anggun

13. Chesa: Pelindung

14. Dalila: Lembut

15. Dania: Tuhan adalah hakimku

16. Daphne: Kemenangan

17. Diana: bercahaya, sempurna

18. Dora: hadiah dari Tuhan, baik hati, kejujuran

19. Dorcas: rusa betina

20. Drusilla: disiram oleh embun

21. Eddith: karya terbesar

22. Edeline: baik

23. Edina: benteng yang makmur

24. Edna: menyenangkan

25. Edwina: teman yang makmur

26. Elaine: cahaya yang terang

27. Fancy: kreatif dan humoris

28. Faina: kegembiraan

29. Faith: kepercayaan kepada Tuhan

30. Farah: cantik dan rupawan

Nama Anak Perempuan Kristen

Ilustrasi Anak Perempuan Kembar/Freepik
Ilustrasi Anak Perempuan Kembar/Freepik

31. Felicia: wanita yang beruntung dan sukses

32. Feodora: anugerah Tuhan

33. Finna: Tuhan akan mengabulkan doanya

34. Florine: bunga yang berkembang

35. Fortunatus: keberuntungan

36. Fransiska: wanita dermawan

37. Frederica: pemberi kedamaian

38. Galenka: Tuhan senantiasa membebaskan

39. Gana: Kebun

40. Geela: Kebahagiaan abadi

41. Gisa: Potongan batu

42. Genessa: Permulaan

43. Geona: Memuliakan

44. Grace: Kemurahan, murah hati

45. Gaby: Tuhan adalah kekuatanku

46. Gaia: berasal dari bumi

47. Galenka: Tuhan senantiasa membebaskan

48. Ganya: tanah Tuhan

49. Gavrila: Tuhan adalah kekuatanku

50. Gemma: perhiasan yang berharga

51. Genesis: permulaan (kitab Kejadian)

52. Genie: Tuhan adalah baik

53. Gigi: pintar, dapat dipercaya

54. Gilda: wanita yang rela berkorban

55. Gina: terlahir dengan baik

56. Giraya: kebenaran Tuhan

57. Gladys: putri

58. Gloria: memuji Tuhan

59. Grace: rahmat Tuhan

60. Gwen: diberkati

Nama Anak Perempuan Kristen

Ilustrasi Orangtua dan Anak Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Orangtua dan Anak Credit: pexels.com/pixabay

61. Hadassah: kebahagiaan

62. Hadira: kemenangan Tuhan

63. Hagar: terbang bebas

64. Harmony: perjanjian

65. Hanessa: anggun

66. Hannah: berkat, rahmat, kegembiraan

67. Hanne: ramah

68. Hannela: baik budi

69. Hannia: anggun, baik hati

70. Happy: bahagia

71. Harper: pemain harpa (dianggap anggun)

72. Hava: kehidupan

73. Hayley: padang rumput

74. Hazel: kacang hazel

75. Heaven: surga

76. Heba: suara dari Tuhan

77. Helda: pejuang

78. Helenna: terang

79. Helga: wanita ilahi, suci

80. Hellen: cahaya yang terang, wanita yang paling cantik

81. Helsa: berbakti pada Tuhan

82. Ida: kemakmuran

83. Ideh: memuji

84. Idra: Tuhan adalah keselamatan

85. Ignazia: berjalan ke depan

86. Ilana: sinar matahari

87. Iliana: terang

88. Imanuela: Tuhan beserta kita

89. Immani: kepercayaan

90. Irene: kedamaian

Nama Anak Perempuan Kristen

Ilustrasi ibu dan anak/Photo by César Abner Martínez Aguilar on Unsplash
Ilustrasi ibu dan anak/Photo by César Abner Martínez Aguilar on Unsplash

91. Isadora: hadiah

92. Isidora: hadiah

93. Isabella: tertuju pada Tuhan

94. Iscah: memperhatikan, untuk melihat

95. Iris: pelangi

96. Ivanna: Tuhan yang Maha Mulia, pemberian Tuhan

97. Jacinta: nama tanaman

98. Jael: naik

99. Jana: Tuhan maha pengasih

100. Janeeta: hadiah dari Tuhan

101. Janessa: Tuhan maha pengasih

102. Janett: Tuhan maha pengasih

103. Janice: hadiah terindah dari Tuhan

104. Janifer: lembut

105. Jasper: tempat menyimpan harta

106. Jeanette: Tuhan maha pengasih

107. Jeaninne: Tuhan maha pengasih

108. Jedidah: dicintai

109. Jelitta: bersinar, awet muda

110. Jemimah: cantik rupawan, elok

111. Jenita: Tuhan maha pengasih

112. Jerica: kuat

113. Jerina: cantik, menawan

114. Jeromi: kesukaan bagi Allah

115. Jerusha: warisan

116. Jessica: Tuhan melihat

117. Jesucia: suci

118. Jevina: bijaksana

119. Jewel: menyenangkan

120. Jilly: awet muda

Nama Anak Perempuan Kristen

Ilustrasi Anak bermain balok Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Anak bermain balok Credit: pexels.com/cottonbro

121. Joanna: hadiah dari Tuhan

122. Jocelyn: riang gembira

123. Jochebed: mulia, kehormatan

124. Jodie: dipuji

125. Johanna: kemuliaan Tuhan

126. Josie: Tuhan bangkit

127. Josmie: perasaan bahagia

128. Kannelite: Kebun anggur Tuhan

129. Keeran: Terompet

130. Kefira: Anak singa

131. Kerrin: Kecantikan

132. Laviona: Rempah

133. Lily: Cantik, harum

134. Liora: Terang

135. Livana: Putih

136. Maela: Tuhan mendengar

137. Mahira: Hidup

138. Manna: Roti dari surga

139. Mava: Nyaman

140. Meira: Terang

141. Nafa: Yang tercinta

142. Nana: Kecantikan, mulia

143. Naomi: Menyenangkan

144. Nasya: Keajaiban

145. Nora: Terang

146. Ozora: Harta karun

147. Orlee: Terang

148. Paza: Emas

149. Penina: Mutiara

150. Quineera: Ratu Bajak

Nama Anak Perempuan Kristen

Ilustrasi Anak dan Orangtua Credit: pexels.com/GustavoFrings
Ilustrasi Anak dan Orangtua Credit: pexels.com/GustavoFrings

151. Reesha: Mawar

152. Ranice: Nada indah

153. Rena: Lagu yang riang gembira

154. Rhania: Dia bernyanyi

155. Rona: Kegembiraanku

156. Rosanne: Anggun

157. Sally: Tuan putri

158. Samara: Dilindungi Tuhan

159. Sanarah: Dilindungi Tuhan

160. Semira: Dari surga

161. Shaenette: Tuhan yang Maha Pengasih

162. Sharaziva: Banyak disayang

163. Sharren: Tanah yang subur

164. Shayna: Indah nian

165. Sheeba: Janji

166. Sheena: Kemuliaan Tuhan

167. Sheera: Nyanyian

168. Sheisha: Dari pualam, menyenangkan

169. Sheryn: Dataran yang subur

170. Shifra: Keindahan

171. Susy: Bunga lili

172. Suzette: Lili kecil

173. Tabita: Rusa kecil

174. Talia: Embun surga

175. Vioneta: Pemimpin yang rindang

176. Vidette: Yang dikasihi

177. Yaffa: Keindahan

178. Yalefa: Yang pertama

179. Zeca: Ingatan Tuhan

180. Zanna: Hadiah dari Tuhan

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HNW: Ada yang Dilupakan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Posted: 20 Aug 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW menyatakan prihatin terhadap aksi teror, intimidasi, dan perundungan yang menimpa para ulama.

Perundungan itu terjadi menurut Hidayat karena pelakunya tidak menyadari betapa besar jasa dan peran para ulama bagi kemerdekaan serta keutuhan NKRI. Akibatnya, tanpa merasa bersalah sedikitpun, mereka terus meneror ulama.

Ancaman dan teror kepada siapapun, bertentangan dengan nilai demokrasi dan prinsip negara hukum, yang sudah disepakati berlaku di Indonesia.

Nilai-nilai demokrasi dan prinsip negara hukum itu seharusnya ditegakkan dan dipatuhi, bukannya malah dilanggar. Lebih memprihatinkan, karena pihak yang dintimidasi dan diancam, itu adalah para ulama.

"Ada yang tengah dilupakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Yaitu relasi antara umat Islam dan negaranya. Seolah-olah ulama dan umat Islam Indonesia, tidak memiliki jasa apapun terhadap kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945," kata HNW di hadapan peserta Mukernas Pimpinan Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Pernyataan itu disampaikan HNW secara daring, saat menjadi narasumber Sosialisasi Empat Pilar MPR dan Narasi Kebangsaan KAMMI. Acara berlangsung di Aula Rumah Jabatan Anggota DPR, Komplek Kalibata, Jakarta Selatan Rabu (19/8/2020) malam.

Dalam berbagai catatan sejarah Indonesia, peran Ulama dan umat Islam dalam perjuangan kemerdekaan dan keutuhan NKRI sangatlah jelas. Bersama-sama dengan para pejuang nasionalis, ulama dan umat Islam bahu membahu menegakkan pergerakan kemerdekaan.

Salah satu bukti pengorbanan ulama adalah kerelaan menghapus tujuh kata dalam piagam Jakarta dan menerima Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagai sila pertama Pancasila.

"Kalau dulu, para ulama yaitu, Ki Bagus Hadikusumo, K.H Wachid Hasjim, Teuku M. Hasan, dan juga Kasman Singodimedjo tidak mau menghilangkan tujuh kata dalam piagam Jakarta, lalu balik mengancam akan keluar dari NKRI jika Piagam Jakarta tidak disahkan, niscaya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus akan sia-sia saja. Tetapi, itu tidak dilakukan oleh para ulama, dengan ikhlas mereka menerima sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, demi menyelamatkan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan NKRI," kata Hidayat menambahkan.

NKRI

Lalu, ketika NKRI hilang, akibat perjanjian meja bundar dan digantikan dengan Republik Indonesia Serikat, umat Islamlah yang mengembalikan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adalah Muhamad Natsir, Ketua Fraksi Partai Masyumi, pada 3 April 1950 menyampaikan pidato di depan DPR RIS. Dalam pidato yang dikenal sebagai Mosi Integral Natsir, itu Ia mengusulkan agar Indonesia kembali menjadi NKRI, sesuai cita-cita UUD 1945.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larantuka NTT Diguncang Gempa Magnitudo 6,9

Posted: 20 Aug 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi bermagnitudo 6,9 mengguncang Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (21/8/20210). Gempa terjadi pada pukul 11:09:50 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tidak berpotesi tsunami.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," ungkap BMKG. 

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,88 Lintang Selatan (LS) dan 123,55 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya di 171 kilometer timur laut Larantuka, NTT.

Sedangkan gempa berada di kedalaman 670 kilometer.

Antisipasi Gempa Bumi

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa bumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa bumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barack Obama Gambarkan Pemerintahan Donald Trump Bak Acara Televisi

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

New York - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama secara blak-blakan mengkritik presiden petahana Donald Trump saat berpidato di Konvensi Nasional Demokrat, Rabu (19/08).

Dalam penampilan publik pertamanya ini, Obama memperingatkan bahwa demokrasi Amerika mungkin tidak akan bertahan jika Trump terpilih kembali untuk memimpin AS selama empat tahun. Demikian seperti mengutip laman DW Indonesia, Jumat (21/8/2020). 

Obama meminta warga AS untuk "menerima tanggung jawab sebagai warga negara, guna memastikan prinsip dasar demokrasi tetap bertahan".

Mantan Presiden AS itu bahkan mengatakan bahwa ia sejatinya berharap Trump akan "menunjukkan minat untuk melakukan pekerjaannya secara serius".

"Tapi dia tidak pernah melakukannya," ujarnya.

"Dia tidak menunjukkan keseriusan dalam bekerja, tidak tertarik dalam mewujudkan sebuah kesepakatan, tidak tertarik menggunakan kekuatan luar biasa dari kantornya untuk membantu orang kecuali dirinya dan koleganya, dan tidak tertarik untuk memperlakukan kepresidenan sebagai sesuatu yang penting tapi lebih sebagai sebuah reality show yang ia gunakan untuk mencari perhatian yang ia dambakan," tambah Obama.

"Donald Trump tidak berkembang dalam pekerjaannya karena memang dia tidak bisa"

Pidato Obama muncul sehari setelah mantan wakil presidennya, Joe Biden, secara resmi diusung menjadi calon presiden AS dari Partai Demokrat. Obama mengatakan bahwa dia justru "menemukan seorang saudara" ketika ia memilih Biden sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden 2008 silam.

Respons Trump

Donald Trump dan Barack Obama (AP)
Donald Trump dan Barack Obama (AP)

Untuk mengantisipasi pidato Obama, Trump menegaskan bahwa alasan ia terpilih menjadi presiden adalah karena pendahulunya (Obama) dan Biden tidak melakukan pekerjaan dengan baik.

"Mereka melakukan pekerjaan yang sangat buruk sehingga saya bisa berdiri di hadapan Anda sebagai presiden," kata Trump pada konferensi pers Rabu pagi.

"Saya akan sangat bahagia. Saya sangat menikmati kehidupan saya sebelumnya," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkat Ekspor, BNI Berikan Kredit Importir Produk Indonesia di Hong Kong

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui keberadaan kantor cabang luar negeri, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI tetap berupaya mendorong pertumbuhan volume ekspor Indonesia melalui penyaluran kredit.

Untuk merealisasi hal tersebut, BNI Hong Kong dan Surya Trading Ltd menandatangani perjanjian kredit di Hong Kong pada Kamis, 20 Agustus 2020. Penandatanganan tersebut turut disaksikan Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong dan Makau, Ricky Suhendar.

Pemimpin Kantor Cabang BNI Hong Kong, Wan Andi Aryadi, mengatakan pembiayaan kepada Surya Trading Ltd merupakan bentuk nyata BNI untuk mendampingi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia agar bisa go global, khususnya memasuki pasar Hong Kong.

"Barang-barang yang diimpor Surya Trading Ltd adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti food and beverage produksi UMKM Indonesia. Melalui delapan toko yang dimilikinya dan 80 toko afiliasi, Surya Trading Ltd tentu bisa menyasar lebih dari 170 ribu pekerja migran Indonesia yang ada di Hong Kong. Ke depannya, BNI akan mendorong lebih banyak UMKM, khususnya mitra BNI, mengirimkan barang-barangnya ke Hong Kong," ujar Andi dalam keterangannya, Jumat (21/8/2020).

Andi menambahkan, melalui Surya Trading Ltd, barang-barang tersebut akan didistribusikan ke seputar Hong Kong. Kualitas barang yang didistribusikan akan terus ditingkatkan sehingga tidak hanya menyasar pekerja migran Indonesia, tapi juga penduduk Hong Kong dan Tiongkok.

Ricky Suhendar menambahkan, Konsulat Jenderal RI Hong Kong bersama BNI Hong Kong terus berupaya meningkatkan volume ekspor barang dari Indonesia.

"Pemberian kredit kepada Surya Trading Ltd ini adalah salah satu realisasinya. Proses pendekatannya dilakukan bersama-sama oleh Konsul Perdagangan dengan BNI Hong Kong," tegas dia.

Pemilik Surya Trading Ltd, Alex Chu, mengungkapkan komitmennya untuk terus mengimpor produk dari Indonesia dan menjualnya di Hong Kong.

BNI Hong Kong memberikan kredit sebesar HK$ 2 juta berupa modal kerja dan fasilitas trading. Fasilitas kredit tersebut akan mempermudahnya melakukan pembelian barang. Supplier cenderung meminta pembayaran di muka sebelum pengiriman barang, sehingga ia membutuhkan modal yang cukup besar.

"Saya juga siap membantu jika ada UMKM nasabah BNI yang ingin mencoba memasuki pasar Hong Kong," ujarnya.

Jasa Pengiriman Uang Grup usaha perusahaan ini yang bernama Fast Access Corp Ltd juga memiliki usaha agen pengiriman uang ke Indonesia yang telah bekerja sama dengan BNI.

Fast Access memanfaatkan 88 toko outlet-nya untuk menarik pekerja migran Indonesia (PMI) melakukan pengiriman uang. Saat ini, telah ada 30 ribu PMI yang terdaftar sebagai nasabahnya, yang volume kiriman uangnya rata-rata per bulan mencapai HK$ 70 juta atau sekitar Rp 130 miliar.

Melalui kerja sama ini, diharapkan kenyamanan dan keamanan nasabahnya makin bertambah, sehingga makin banyak PMI yang bisa dilayani.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

BNI Raup Untung Rp 4,46 Triliun di Semester I 2020

Gedung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). (Foto BNI)
Gedung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). (Foto BNI)

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) meraup laba bersih sebesar Rp 4,46 triliun sepanjang Semester I 2020. Angka itu lebih rendah dibanding laba bersih semester 1 2019 sebesar Rp 7,63 triliun.

Direktur Layanan dan Jaringan Bank BNI Adi Sulistyowati, menyebutkan BNI juga mencatat pertumbuhan kredit yang selektif dan terukur yang disertai dengan penurunan beban bunga yang signifikan, menghasilkan pertumbuhan pendapatan bunga bersih (Net Interest Income) sebesar 1,0 persen yoy.

"Sementara dari sisi pendapatan non bunga, BNI mencatat pertumbuhan sebesar 3,2 persen yoy, sehingga sampai dengan semester pertama, BNI berhasil membukukan laba bersih atau net profit sebesar Rp 4,46 triliun," kata Adi dalam Paparan Kinerja BNI Semester 1 2020 secara virtual, Selasa (18/8/2020).

Lanjutnya, meskipun saat ini perekonomian terkontraksi 5,23 persen yoy sepanjang Semester Pertama Tahun 2020 karena dampak pandemi Covid-19, BNI tetap menjalankan fungsi intermediasinya dengan baik, dengan pertumbuhan yang selektif dan terukur.

Hal ini ditunjukan dengan kredit yang tumbuh sebesar 5,0 persen yoy, dari Rp 549,23 triliun pada Semester Pertama Tahun 2019 menjadi Rp 576,78 triliun pada Semester Pertama Tahun 2020, atau BNI telah menyalurkan kredit sebesar Rp 27,5 Triliun di Semester Pertama 2020.

"Pertumbuhan ini sejalan dengan program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, sehingga ekspansi kredit didukung dengan kebijakan stimulus yang dikeluarkan oleh pemerintah," ujarnya.

Diantaranya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70 tentang penempatan dana pemerintah di Bank Umum, serta PMK Nomor 71 dan 98 tentang Tata Cara Penjaminan Pemerintah kepada pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, jelasnya pertumbuhan kredit dikontribusi oleh Kredit Korporasi Swasta yang tumbuh 12,6 persen yoy, dari Rp 174,3 triliun pada Semester Pertama Tahun 2019 menjadi Rp 196,32 triliun pada Semester Pertama Tahun 2020.

Kemudian disusul oleh Kredit pada Korporasi BUMN yang tumbuh 6,1 persen yoy, dari Rp 111,04 triliun pada Semester Pertama Tahun 2019 menjadi Rp 117,8 triliun pada Semester Pertama Tahun 2020.

Adapun Kredit Segmen Kecil dan Konsumer juga menunjukkan pertumbuhan, masing-masing sebesar 3,4 persen yoy dan 3,9 persen yoy. Pertumbuhan kredit pada segmen kecil terutama berasal dari penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit di bawah Rp 10 miliar.

"Sedangkan kredit konsumer berasal dari mortgage dan payroll loan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Kemkominfo, TikTok Ikut Kuatkan Literasi Digital Masyarakat Indonesia

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi video kreatif TikTok ikut mendukung program literasi digital yang digalakkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Dukungan literasi digital TikTok diwujudkan dalam serangkaian kegiatan, termasuk lewat program #SiBerani untuk melawan perundungan siber.

TikTok juga menggelar acara bincang bersama Menkominfo, Johnny G. Plate. Acara ini bertajuk #BerkreasiDiMedsos dan digelar di aplikasi TikTok.

Acara ini didukung oleh SiBerkreasi guna membahas berbagai tantangan literasi digital.  Mengutip keterangan resmi TikTok yang diterima Liputan6.com, Jumat (21/8/2020), dalam kurun waktu 9 tahun terakhir, sejak 2011 hingga 2019, ada 37.381 aduan yang masuk ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dari jumlah tersebut, pelaporan kasus bullying atau perundungan, di dunia pendidikan maupun media sosial mencapai 2.473 laporan. 

"Pemahaman literasi digital sangatlah penting untuk menekan angka perundungan siber dan mendorong generasi muda untuk nyaman berkreasi di dunia digital," kata Sekretaris Jenderal Kemkominfo, Niken Widiastuti.

Niken mengatakan, peran semua pihak, termasuk TikTok sebagai penyedia platform digital untuk membantu menyediakan dan menjaga lingkungan internet yang aman sangatlah penting.

Dengan begitu, platform digital bisa sejalan dengan harapan generasi muda dalam  membangun Indonesia Maju. 

Program SiBerani

TikTok. Dok: caixinglobal.com
TikTok. Dok: caixinglobal.com

Melalui program #SiBerani yang diluncurkan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini, Kemkominfo ingin mengajak generasi muda untuk ikut menciptakan Indonesia Maju dengan menjadi warga digital yang bijak dan mengapresiasi kreativitas di platform digital.

Generasi muda dapat ikut serta dalam tantangan di aplikasi TikTok dengan tagar #SiBerani dengan mengunggah video yang menyemangati pengguna lain yang pernah mengalami perundungan siber ataupun mengingatkan untuk tidak menjadi perundung siber. 

Sementara itu Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina Donny Eryastha mengatakan, TikTok berkomitmen menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

"Salah satu komitmen TikTok adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna dalam mengungkapkan kreativitasnya di aplikasi," kata Donny.

 

Bincang dan Challenge TikTok

Logo Tiktok
Logo Tiktok

"Karena itu kami mendukung penuh program pemerintah dalam membantu terwujudnya lingkungan internet yang aman dan nyaman bagi semuanya, termasuk pengguna TikTok," tuturnya.

Selain program #SiBerani, Kemkominfo juga mengadakan acara bincang di aplikasi TikTok berjudul #BerkreasiDiMedsos bersama SiBerkreasi.

SiBerkreasi sendiri merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoaks, cyberbullying dan rasialisme online, untuk mengangkat pentingnya literasi digital terutama dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Acara #BerkreasiDiMedsos dapat disaksikan melalui akun resmi KOMINFO di TikTok, @kemkominfo dan akun SiBerkreasi @siberkreasi.id dalam waktu dekat. 

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lockdown Dilonggarkan, Warga Yaman Asyik Mandi Uap

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

Pekerja menggosok punggung seorang pria di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)
Pekerja menggosok punggung seorang pria di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Pekerja menggosok punggung seorang pria di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Warga menggunakan masker saat mandi uap di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)
Warga menggunakan masker saat mandi uap di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Warga menggunakan masker saat mandi uap di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Seorang pria menuangkan air ke pria lainnya di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)
Seorang pria menuangkan air ke pria lainnya di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Seorang pria menuangkan air ke pria lainnya di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Seorang pria mandi di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)
Seorang pria mandi di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Seorang pria mandi di pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Warga berdiri di ruang ganti pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)
Warga berdiri di ruang ganti pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

Warga berdiri di ruang ganti pemandian tradisional Turki (Hammam) setelah kembali dibuka untuk umum menyusul kemudahan pembatasan lockdown di Sanaa, Yaman, Rabu (19/8/2020). (AP Photo/Hani Mohammed)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama 2 Bulan Dirawat Napi yang Produksi Narkoba di RS Mengaku Sakit Perut

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bandar narkoba berinsial AU masih mampu meracik ekstasi ketika masih dirawat di rumah sakit. AU (42) saat itu tengah mendapatkan perawatan medis di salah satu rumah sakit, Jakarta Pusat.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Eliantoro Jalmaf, menerangkan AU merupakan warga binaan Rutan Kelas 1 Salemba.

Namun, selama dua bulan terakhir penahanan dibantarkan ke rumah sakit karena alasan kesehatan. Kepada penyidik, AU mengaku mengalami gangguan di bagian perut.

"Ada gangguan di bagian perut, dan pernah operasi juga di situ," kata dia saat dihubungi, pada Jumat (21/8/2020).

Eliantoro mengatakan, selama diinapkan bandar narkoba itu di tempatkan di ruangan kelas VVIP.

"Di ruang VVIP khusus satu orang sehingga hanya pasien seorang. Tapi ya kadang-kadang keluarganya dan kurirnya berinisial MW datang membesuk," ujar dia.

Terbongkar Setelah Tangkap Kaki Tangan

Perilaku AU dibongkar Unit Reskrim Narkoba Polsek Sawah Besar setelah berhasil menangkap kaki-tangan AU berinisial MW (36).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto menyatakan AU memanfaatkan kelengahan pihak rumah sakit untuk memproduksi narkoba.

"Dari tangan AU, penyidik mendapatkan beberapa butir ekstasi dan alat pembuatnya," jelas Heru saat dikonfirmasi Rabu (19/8/2020).

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, AU langsung dipindah ke RS Polri Jakarta Timur dan dijerat Pasal 113 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 junto Pasal 132 UU RI nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sistem Satu Arah Telah Diberlakukan, Kawasan Wisata Puncak Tetap Macet

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mesi sistem satu arah sudah diberlakukan petugas sejak pukul 07.30, lalu lintas di kawasan Puncak tetap macet di saat libur panjang tahun baru Islam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Raja Alay dan Kampungan, Uya Kuya Beri Jawaban Menohok

Posted: 20 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hengkang dari kelompok vokal Tofu, Uya Kuya meraih popularitas lewat sejumlah acara varietas dari tema hipnotis hingga klarifikasi gosip panas. Sayang, tak semua orang merespons positif.

Banyak yang menuding program yang dipandu Uya Kuya hanyalah rekayasa yang tak bermanfaat. Uya Kuya bukannya tak mendengar ini. Ia mengaku ada pula artis yang mencibir di belakangnya.

"Intinya begini sih, sekarang kan banyak yang bilang halah acaranya alay, kampungan, norak, settingan, segala macam," beber Uya Kuya dalam video "Uya Kuya 'Ya Gue Alay! Yang Penting Kaya!"

Nyampai di Kuping Lo?

Uya Kuya. (Foto: Instagram @king_uyakuya)
Uya Kuya. (Foto: Instagram @king_uyakuya)

Video ini dipublikasikan di kanal YouTube Melaney Ricardo, Kamis (20/8/2020). "Sorry, sorry lo dengar ya? Nyampai di kuping lo?" tanya Melaney Ricardo kepada Uya Kuya.

Uya Kuya menjelaskan, ia tak bisa memaksa semua orang menyukai konsep acaranya. Mengingat, tiap orang punya selera dan minat berbeda saat menonton televisi atau mampir ke YouTube.

Artinya Apa?

Unggahan Melaney Ricardo. (Foto: YouTube Melaney Ricardo)
Unggahan Melaney Ricardo. (Foto: YouTube Melaney Ricardo)

"Kalau viewers-nya banyak, artinya apa? Lo disukai. Kalau viewers lo sedikit berarti lo enggak disukai. Artinya kalau rating lo bagus, acaranya bertahan lama, artinya ditonton oleh masyarakat," katanya.

Terkait acaranya dibilang alay, rekayasa, dan tak berkualitas, Uya Kuya mengajak si tukang kritik kembali ke data rating, share, dan jumlah viewers. Ia justru iba kepada para pencibir.

Gue Justru Kasihan

Uya Kuya. (Foto: Instagram @king_uyakuya)
Uya Kuya. (Foto: Instagram @king_uyakuya)

"Kalau orang enggak suka sama gue, dari dulu gue enggak dicariin TV. Kalau rekan-rekan artis yang komentar begitu sama artis, gue justru kasihan. Berarti acara mereka enggak laku," Uya Kuya merespons.

Ayah dua anak ini tahu ada sejumlah pesohor yang menggunjingnya. Padahal, Uya Kuya tak pernah menjelekkan artis lain. Justru ia ikut senang dengan kesuksesan orang lain.

Dibilang Jelek dan Dekil

Uya Kuya. (Foto: Instagram @king_uyakuya)
Uya Kuya. (Foto: Instagram @king_uyakuya)

"Gue enggak pernah menjelekkan artis lain. Artis lain kalau acaranya sukses, gue enggak pernah menjelekkan, gue enggak pernah menghujat, justru gue tiru, gue temani, kenapa lo bisa sukses?" imbuhnya.

"Raja alay, jelek, dekil, itu menurut gue enggak parah. Biarin saja, jelek-jelek banyak rezekinya. Yang ngatain gue jelek belum tentu dia cakep, belum tentu banyak rezekinya," Uya Kuya memaparkan. Di pengujung percakapan, ia tak peduli lagi kecaman warganet. "Gue enggak pernah baper, gue enggak pernah sekali pun membalas netizen," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Izinkan ASN Mudik dan Cuti saat Pandemi Covid-19

Posted: 20 Aug 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta kini mengizinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya untuk mudik dan cuti di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 58/SE/2020 tentang Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah bagi Pegawai ASN dalam Tatanan Normal Baru.

Surat Edaran itu diteken oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. Adapun SE ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 64 tahun 2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas Bagi Pegawai ASN dalam Tatanan Normal Baru.

Dalam surat edaran itu, Pemprov DKI meminta para Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja pada Perangkat Daerah memastikan ASN yang berpergian atau cuti ke luar daerah menerapkan protokol kesehatan. Bagi ASN DKI yang tidak menerapkan protokol kesehatan, maka akan dikenakan sanksi.

"Dalam hal terdapat pegawai ASN yang melanggar protokol kesehatan, maka terhadap yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," kata Saefullah dikutip dari Surat Edaran, Jumat (21/8/2020).

 

Cabut Surat Edaran Sebelumnya

Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Aparatur Sipil Negara (ASN) memberi hormat bendera saat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diikuti ASN serta perwakilan organisasi masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saefullah mengatakan Surat Edaran ini sekaligus mencabut Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 33/SE/2020 yang memuat soal larangan mudik bagi ASN di tengah Covid-19.

"Pada saat Surat Edaran ini mulai berlaku, maka Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 33/SE/2020 tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin bagi ASN yang Melakukan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik pada Masa Kedaruratan Covid-19 di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," jelas Saefullah.

Sementara itu, jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 2.266 orang pada Kamis (20/8/2020). Dengan begitu, maka total akumulatif 147.211 orang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) DKI Jakarta masih menjadi penyumbang kasus terbanyak positif Covid-19 pada hari ini yakni, 594 orang. Total ada 31.610 kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjaga Tradisi Grebeg Suro di Tengah Pandemi COVID-19

Posted: 20 Aug 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grebeg Suro yang digelar di objek wisata Hutan Bambu yang berada di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 20 Agustus 2020 menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) di wilayah setempat. "Seluruh panitia, para penari, undangan dan pengunjung yang hadir diwajibkan mengenakan masker selama kegiatan Grebeg Suro berlangsung," ujar Kepala Desa Sumbermujur, Syafi'i di Lumajang, seperti dikutip dari Antara, ditulis Jumat (21/8/2020).

Grebeg Suro yang dilakukan warga Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro merupakan kegiatan tahunan yang menjadi tradisi warga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat sekitar atas rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Kegiatan tersebut merupakan kearifan lokal masyarakat yang tetap harus dijaga sebagai warisan budaya leluhur. Grebeg Suro diawali dengan arak-arakan gunungan hasil bumi, kepala sapi, ingkung dan abu rampen yang diiringi oleh tari oling," ujar dia.

Tari oling merupakan tarian yang menggambarkan prosesi Grebeg Suro, oling atau belut berukuran besar biasanya menampakkan diri di sumber mata air ketika prosesi penanaman kepala sapi berlangsung.

"Tujuh gunungan hasil bumi pada Grebeg Suro tahun ini melambangkan Sapta Pesona Pariwisata yang berasal dari tujuh dusun di Desa Sumbermujur," kata dia.

Harapan saat 1 Muharam

Ia berharap seluruh rangkaian Grebeg Suro dapat mendatangkan keberkahan bagi masyarakat di lereng Gunung Semeru atau tepatnya di Desa Sumbermujur dan sekitarnya.

"Ritual itu bertujuan untuk menjaga dan melancarkan debit sumber mata air yang ada di Desa Sumbermujur dan diharapkan menjadi desa gemah ripah loh jinawi, yang artinya murah sandang pangan, murah air, murah sumber rezeki," ujar dia.

Sementara Camat Candipuro Agni Asmara Megatrah mengatakan tema Grebeg Suro tahun 2020 yakni "Sumbermujur Gemah Ripah Loh Jinawi", sehingga diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan itu, masyarakat Desa Sumbermujur senantiasa diberikan keberkahan rezeki.

"Semoga dengan acara Grebeg Suro yang digelar setiap tahun pada 1 Muharram, masyarakat di Desa Sumbermujur hidup makmur," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadishub DKI: Motor Pribadi Belum Dikenai Aturan Ganjil Genap

Posted: 20 Aug 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan aturan ganjil genap belum berlaku untuk motor pribadi, meskipun aturan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 80 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

"Belum, jadi untuk gage tetap berlaku 25 ruas jalan, hanya roda 4 dengan 14 pengecualian kemudian berlakunua mulai jam 6 sampai jam 10, kemudian jam 16.00 sampai jam 21.00," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Dalam Pergub yang ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diatur penerapan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap untuk motor dan mobil pribadi. Aturan tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 80 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Berdasarkan Pasal 7, pengendalian moda transportasi dilaksanakan sesuai dengan tahapan masa transisi. Pengendalian yang dimaksud adalah untuk kendaraaan bermotor pribadi berupa sepeda motor dan mobil beroperasi dengan prinsip ganjil genap pada kawasan pengendalian lalu lintas.

"Setiap pengendara kendaraan bermotor beroda 4 (empat) atau lebih dan roda 2 (dua) dengan nomor plat ganjil dilarang melintasi ruas jalan pada tanggal genap; Setiap pengendara kendaraan bermotor beroda 4 (empat) atau lebih dan roda 2 (dua) dengan nomor plat genap dilarang melintasi ruas jalan pada tanggal ganjil," tulis pasal 8 Pergub Nomor 80 tahun 2020.

Pergub ini juga mengatur sejumlah kendaraan yang bebas dari aturan ganjil genap. Seperti diatur dalam Pasal 8 poin 2, kendaraan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara Republik Indonesia; pemadam kebakaran dan ambulans; kendaraan berisi tenaga medis yang melaksanakan tugas dan kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, kendaraan Pimpinan dan Pejabat Negara Asing serta Lembaga Internasional yang menjadi tamu negara; kendaraan Pejabat Negara; kendaraan dinas operasional berplat dinas, Kepolisian dan TNI; kendaraan yang membawa penyandang disabilitas; kendaraan angkutan umum (plat kuning) dan kendaraan angkutan barang, tidak termasuk double cabin.

"Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian, seperti kendaraan Pengangkut Uang (Bank Indonesia, antar Bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dari kepolisian," tulis Pergub yang ditandatangani Anies tanggal 19 Agustus 2020 lalu.

 

Angkutan Online Bebas Ganjil Genap

Selain itu, Anies membebaskan angkutan roda dua maupun empat berbasis aplikasi dari aturan ganjil genap ini. Namun, kendaraan harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Angkutan roda dua dan roda empat berbasis aplikasi yang memenuhi persyaratan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan," tulis Pergub itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Membuat Es Krim Buah Sederhana, Mudah dan Cepat

Posted: 20 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat es krim buah tidaklah sulit. Es krim buah menjadi santapan yang cocok di siang hari yang panas. Kesegaran buah yang dingin membuat es krim ini jadi idola banyak orang.

Kamu bisa membuat es krim buah sendiri di rumah. Dengan bahan sederhana, cara membuat es krim buah jadi kegiatan seru di akhir pekan. Cara membuat es krim buah tak memerlukan waktu dan tenaga ekstra.

Ada banyak cara membuat es krim dengan berbagai jenis buah. Kamu bisa memilih cara membuat es krim buah yang kamu sukai. Berikut 8 cara membuat es krim buah seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (21/8/2020).

Es krim kelapa muda

ilustrasi air kelapa muda/pexels
ilustrasi air kelapa muda/pexels

Bahan:

500 ml susu segar

100 ml air kelapa muda

100 gram gula (haluskan)

1 sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)

3 telur ayam (ambil kuningnya saja)

250 gram daging kelapa muda (serut/haluskan)

100 ml krim kental

Cara membuat es krim kelapa muda:

1. Campurkan susu dan air kelapa muda menjadi satu hingga tercampur rata

2. Masak adonan ini di dalam panci di atas api kecil sambil terus diaduk

3. Sambil terus diaduk, masukkan tepung maizena dan gula ke dalam adonan dan aduk terus hingga mendidih.

4. Matikan api dan ambil sedikit adonan lalu campur dengan kuning telur yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Jika sedikit adonan dan kuning telur telah tercampur rata, masukkan kembali adonan ini ke dalam adonan sisanya dan masak kembali hingga mendidih.

6. Angkat adonan dan biarkan dingin. Selanjutnya, masukkan daging kelapa muda beserta krim lalu campur sampai rata.

7. Setelah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam sebuah wadah lalu letakkan di lemari pendingin kira-kira 1 sampai 1 setengah jam.

8. Es krim kelapa muda siap untuk disajikan.

Es krim stroberi

Ilustrasi Es Krim Stik (Photo by sheri silver on Unsplash)
Ilustrasi Es Krim Stik (Photo by sheri silver on Unsplash)

Bahan

200 gram buah stroberi (haluskan atau cincang halus)

200 gram wippy cream (aduk dengan mixer)

1,5 gelas air putih

4 sdm susu kental manis putih

1 sdm tepung maizena (larutkan dengan 2 sdm air)

Gula pasir (secukupnya, sesuai selera)

100 gram buah rapsberry (untuk hiasan)

Cara membuat es krim stroberi:

1. Masak air putih hingga mendidih, tambahkan susu kental manis dan gula.

2. Aduk semua bahan, masak hingga mendidih.

3. Angkat bahan-bahan yang dimasak, biarkan dingin.

4. Haluskan atau cincang buah stroberi dan sedikit rapsberry kemudian masukkan ke adonan gula serta susu kental manis.

5. Tambahkan wippy cream kemudian aduk rata.

6. Tuang ke dalam cetakan es krim kemudian masukkan ke dalam freezer.

7. Tunggu es krim mengeras, sajikan saat cuaca panas agar terasa makin lezat, nikmat dan mampu melepas dahaga dengan baik.

Es krim mangga

Ilustrasi es Mangga Susu Credit: freepik.com
Ilustrasi es Mangga Susu Credit: freepik.com

Bahan:

3 buah Mangga manis

Air es 200 ml

Whipped cream 150 g

Susu kental manis 100 ml

Cara membuat es krim mangga:

1. Ambil 2 buah mangga lalu kupas kemudian diblender hingga halus tanpa memakai air, sisihkan

2. Tambahkan air pada whipped cream lalu kocok hingga mengental lalu campur mangga yang telah diblender tadi ke dalamnya

3. Kocok hingga semua tercampur sempurna

4. Diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer

5. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya

6. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut

7. Terakhir masukkan ke dalam cetakan es krim dan masukkan stik

8. Taruh di freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna

Es krim durian

Ilustrasi durian. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)
Ilustrasi durian. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Bahan:

150 gram buah durian

250 ml susu cair

100 gram gula pasir

250 gram whipped cream

500 ml santan

garam secukupnya

Cara membuat es krim durian:

1. Rebus susu, gula, garam dan santan hingga mendidih, aduk hingga rata, angkat dan dinginkan.kocok whipped cream hingga naik, masukkan rebusan tadi dan aduk hingga rata.

2. Tambahkan daging durian, aduk hingga rata.

3. Taruh adonan dalam wadah, dinginkan dalam lemari pendingin selama 2-3 jam.

4. Angkat dan kocok sampai halus, masukkan lagi dalam lemari pendingin.

5. Ulangi hal tersebut sebanyak 2 kali dan hingga adonan membeku.

6. Pindahkan es krim ke lemari es selama 20 menit.

 

Es krim alpukat

Ilustrasi alpukat (dok. Pixabay.com/Kjokkenutstyr/Putu Elmira)
Ilustrasi alpukat (dok. Pixabay.com/Kjokkenutstyr/Putu Elmira)

Bahan:

1 buah alpukat matang, kerok dagingnya

200 ml santan

2 sachet susu kental manis

perasan jeruk lemon secukupnya

Cara membuat es krim alpukat:

1. Masak santan sampai meletup-letup, angkat, dan dinginkan.

2. Masukkan semua bahan dalam blender dan haluskan.

3. Siapkan wadah dan tuangkan campurkan adonan es krim.

4. Masukkan es krim ke dalam freezer sampai mengeras.

5. Es krim siap dinikmati.

 

 

Es krim buah naga

Ilustrasi buah naga. (dok. Wzf-zona/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi buah naga. (dok. Wzf-zona/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Bahan:

1 buah naga merah

2 sachet susu kental manis

100 gram whipped cream

200 ml susu cair dingin

Cara membuat es krim buah naga:

1. Blender buah naga dan susu kental manis sampai halus dan tercampur rata.

2. Kocok susu dingin dan whipped cream sampai kaku.

3. Masukkan buah naga halus dalam campuran susu dan whipped cream.

4. Aduk sampai rata.

5. Tuang ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam freezer.

6. Es krim siap disajikan.

Es krim kurma

Ilustrasi kurma/ Photo by Mona Mok on Unsplash
Ilustrasi kurma/ Photo by Mona Mok on Unsplash

Bahan:

7 butir kurma

250 ml susu UHT plain

Cara Membuat es krim kurma:

1. Lepas biji kurma. Potong daging kurma jadi beberapa bagian.

2. Siapkan juicer. Tuang susu ke dalam juicer. Tambahkan potongan kurma. Hancurkan sampai lembut.

3. Tuang adonan ke dalam cetakan es krim. Beri stik es krim.

4. Simpan di dalam freezer selama kurang lebih dua jam sampai beku. Es krim susu kurma siap dinikmati.

Es krim semangka

Ilustrasi Buah Semangka Credit: pexels.com/pixabay
-260426.jpg

Bahan:

400 gr semangka segar

3 sdm yogurt low-fat

3 sdm creamer bubuk

2 sdm susu kental manis

Cara membuat es krim semangka:

1. Blender halus semangka bersama susu kental dan yogurt.

2. Cairkan creamer bubuk dengan 5 sdm air hangat hingga jadi larutan kental.

3. Campur jus semangka dengan creamer yang sudah dicairkan.

4. Taruh di wadah dan bekukan di dalam freezer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca-bercerai, Berat Badan Goo Hye Sun Turun 14 Kilogram

Posted: 20 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Korea Selatan, Goo Hye Sun membagikan kabar terbarunya kepada para penggemar. Pasca- bercerai dengan Ahn Jae Hyun, Goo Hye Sun menceritakan kehidupan barunya. 

Seperti yang diketahui Goo Hye Sun secara konsisten membagikan kabarnya di Instagram. Saat itu Goo Hye Sun membagikan postingan ketika menjalani pemotretan untuk majalah Tenstar edisi September. 

Dalam majalah tersebut, Goo Hye Sun mengungkapkan bahwa berat badannya telah turun 14 kilogram pasca-bercerai.

 

Turun 14 Kg

Goo Hye Sun umumkan pensiun dari dunia hiburan lewat Instagram pribadinya. (Sumber: Instagram/@kookoo900)
Goo Hye Sun umumkan pensiun dari dunia hiburan lewat Instagram pribadinya. (Sumber: Instagram/@kookoo900)

Dalam wawancaranya, Goo Hye Sun mengaku berat badannya turun sebanyak 14 kg. Ia pun kini berusaha untuk beraktivitas kembali. 

"Aku berusaha keras untuk bisa kembali seperti diriku yang dulu. Aku tidak suka istirahat tapi aku jadi malas akhir-akhir ini. Jadi aku mencoba melakukan aktivitas lain selain tidur," ujarnya.

 

Makna Perceraian

Goo Hye Sun (Instagram/ kookoo900)
Goo Hye Sun (Instagram/ kookoo900)

Lebih lanjut, aktris berusia 35 tahun tersebut mengungkapkan makna perceraian. 

"Aku harap semua orang bisa mendukungku. Ada banyak orang yang berpikir kalau cerai adalah momen yang menyedihkan, tapi aku berpikir beda. Kalau pernikahan adalah sebuah fantasi yang dipenuhi harapan, maka aku percaya kalau perceraian adalah kenyataan," ujarnya.

 

Berbahagia

Goo Hye Sun mengaku dirinya ingin terus berbagia dengan cara apapun juga. 

"Jika kamu mencapai titik terendah, kamu dapat menemukan cara untuk mencari kebahagiaan. Aku ingin membuat hidupku sempurna dan sekarang aku punya keberanian untuk itu," ucapnya.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Cita Pedri Terancam Hambar Gara-gara Sikap Messi

Posted: 20 Aug 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prahara yang menimpa Barcelona sedikit banyak telah berpengaruh kepada pemain baru, Pedri. Wonderkid dari Las Palmas itu berharap situasi ini tidak sampai membuat Lionel Messi berubah. 

Pedri sebenarnya sudah mencapai kata sepakat dengan Barcelona sejak September lalu. Namun untuk sementara dia diizinkan bertahan di Las Palmas hingga kompetisi divisi kedua La Liga berakhir. 

Kamis (20/8/2020) waktu setempat, Pedri akhirnya resmi diumumkan sebagai amunisi baru Barcelona. Perkenalan pemain berusia 17 tahun itu juga dihadiri langsung oleh Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dan direktur olahraga yang baru Ramon Planes--pengganti Eric Abidal yang baru dipecat.

Seperti dilansir AS, Pedri sebenarnya sangat antusias bergabung dengan Barcelona. Terlebih, tim asal Catalonia tersebut merupakan bekas 'rumah' bagi pemain idolanya, Andres Iniesta.

Selain itu, Pedri juga sudah tidak sabar ingin menimba ilmu dari salah satu pemain terhebat di dunia, Lionel Messi. "Tidak setiap hari Anda bisa menandatangani kontrak bersama klub seperti ini," katanya. 

 

Belajar dari Messi

Bintang Barcelona Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Minggu (9/8/2020). Barcelona menang 3-1. (AP Photo/Joan Monfort)
Bintang Barcelona Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Minggu (9/8/2020). Barcelona menang 3-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Namun suka cita Pedri sedikit terusik. Pasalnya, Messi digadang-gadang bakal menjadi mentornya di Barcelona, belakangan justru ramai digosipkan bakal meninggalkan Camp Nou. Bahkan, pelatih baru Blaugrana, Ronald Koeman saja kabarnya tidak sanggup mengubah keinginan Messi tersebut. 

Pedri tidak secara langsung mengungkapkan hal ini. Namun kehadiran Messi masih diharapkan. "Idola saya tetap Andres Iniesta dan sekarang saya ingin belajar dari yang terbaik, Leo Messi," katanya. 

Pindah Kota

Pemain Las Palmas, Pedri akhirnya resmi bergabung dengan Barcelona, Kamis (20/8/2020) (AFP/Josep Lago)
Pemain Las Palmas, Pedri akhirnya resmi bergabung dengan Barcelona, Kamis (20/8/2020) (AFP/Josep Lago)

Setelah resmi menjadi pemain Barcelona, Pedri mengaku sudah siap untuk pindah kota. Dia berniat mencari rumah di Barcelona meski peluang untuk dipinjamkan ke klub lain sangat terbuka untuknya. 

"Pilihan pertama saya adalah tinggal di sini dan bersenang-senang dengan yang terbaik, meskipun transfer bukan opsi yang saya abaikan juga," kata Pedri menjelaskan. 

"Anda harus mengangkat tekanan dari momen pertama. Anda harus antusias untuk menikmati hari dan berharap semua bakal berjalan baik-baik saja," beber Pedri. 

 

Komentar Bartomeu

Saat ini menjadi momen-momen yang sangat sibuk bagi manajemen Barcelona. Banyak yang perlu dibenahi oleh tim asal Catalonia itu setelah mengalami paceklik gelar pada musim ini. Usai mendepak pelatih Quique Setien, manajemen di bawah kendali Bartomeu juga berniat merombak kuat Blaugrana. 

Bartomeu telah menunjuk Koeman sebagai pelatih baru. Sementara pemilihan presiden baru Barcelona akan dilakukan pada 2021 mendatang. Meski demikian, Bartomeu tetap gembira menyambut Pedri. 

"Bersama Pedri kami menghadirkan salah seorang pemain muda paling bertalenta pada generasi sekarang dan telah menjadi fan Barcelona sejak dia masih kecil," kata Bartomeu dalam sambutannya. 

"Dia membawa kegembiraan dan ambisi yang kami butuhkan untuk proyek baru dan menjadi sukses di Barcelona," beber Bartomeu menambahkan. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya

Posted: 20 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kiper muda Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi harus rela menerima kenyataan tidak bisa melanjutkan training center (TC) bersama tim nasional U-19 karena cedera. Ernando mengalami cedera bahu yang membuatnya harus istirahat cukup lama.

Kondisi terkini kiper Bajul Ijo tersebut semakin membaik usai menjalani operasi bahu. Kiper nomor punggung 21 di timnas U-19 ini keadannya terkonfirmasi membaik meski harus istirahat cukup panjang untuk memulikan kondisi bahunya.

"Rest for a long time and come back stronger." tulis Ernando Ari di Instagram yang menandakan ia akan istirahat cukup lama. Kiper berusia 18 tahun tersebut harus menepi dahulu dari lapangan hijau sebelum kembali dalam kondisi yang lebih baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret terbaru Ernando Ari Sutaryadi yang alami cedera panjang karena latihan timnas, Jumat (21/8/2020).

1. Ernando Ari baru saja menyelesaikan proses operasi bahu. Kondisinya terkini berangsur membaik.

Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/fotbal_update)
Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/fotbal_update)

2. Meski kondisi kiper muda Persebaya semakin membaik, namun ia harus istirahat panjang agar kembali fit.

Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/persebayapos)
Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/persebayapos)

4. Pada postingan terbarunya di Instagram, Ernando menegaskan akan segera kembali dengan semangat baru.

Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/nandoariiiss)
Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/nandoariiiss)

5. Dukungan pun mengalir dari para pendukung timnas yang mendoakan Ernando bisa segera merumput lagi.

Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/nandoariiiss)
Cedera Panjang, Ini 5 Potret Terbaru Ernando Ari Kiper Persebaya Surabaya (sumber: Instagram.com/nandoariiiss)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Targetkan Menang di 7 Daerah di Pilkada Sultra

Posted: 20 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan (PDIP) menargetkan kemenangan di tujuh daerah yang melangsungkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Juru bicara PDIP Sultra Agus Sanaa di Kendari mengatakan, tujuh pasangan calon kepala daerah yang direkomendasikan diunggulkan memenangi pemilihan.

"Sebelum rekomendasi diterbitkan pengurus pusat (DPP) melalui tahapan panjang tentang para bakal calon. Pemilik elektabilitas tinggi dan prestasi menjadi pertimbangan," kata Agus, Kamis, 20 Agustus 2020.

Ketujuh pasangan calon tersebut yakni Kabupaten Kolaka Timur, pasangan Syamsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur (petahana waki bupati), Kabupaten Konawe Kepulauan Amrullah-Andi Muhamad Lutfi.

Kabupaten Konawe Selatan, pasangan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae dan Kabupaten Muna, milik pasangan Rusman Emba-Bahrun Labunta.

Selanjutnya rekomendasi untuk Kabupaten Buton Utara adalah pasangan Abu Hasan-Suhuzu, Konawe Utara Ruksamin-Abu Haera dan Kabupaten Wakatobi, pasangan Haliana-Ilmiati Daud.

 

Rekomendasi Bersifat Final

Penyerahan rekomendasi bagi pasangan calon (paslon) yang dijagokan PDIP ini bersifat final yang berproses berdasarkan mekanisme partai.

"Pasangan calon bupati/wakil bupati penerima rekomendasi bervariasi dari kalangan kader dan ada pula non kader," jelas Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Membuat Salad Buah dengan Aneka Mayones

Posted: 20 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan segar, kini tak hanya bisa dinikmati begitu saja. Ada pilihan baru yang bisa diterapkan untuk menyantap buah dengan cara berbeda. Seperti mempraktikkan cara membuat salad buah ini.

Salad buah merupakan kudapan baru nan kekinian. Banyak orang menyukainya karena lezat dan sehat. Untuk bisa mempraktikkan cara membuat salad buah lezat, kuncinya ada pada saus mayones.

Meski sudah banyak yang menjual saus mayones jadi untuk salad buah, tetapi variannya hanya itu-itu saja. Salad buah terkadang menjadi kudapan yang membosankan karena sausnya. Untung saja, cara membuat salad buah yang akan dibahas kali ini disertai dengan aneka macam saus mayones.

Mulai dari mayones manis, asin, pedas ada dan mudah cara membuatnya. Berikut Liputan6.com ulas cara membuat salad buah dengan aneka mayones dari berbagai sumber, Jumat (21/8/2020).

Cara Membuat Salad Buah

Ilustrasi buah | Trang Doan dari Pexels
Ilustrasi buah | Trang Doan dari Pexels

Salad Buah Saus Mayones Ubi Ungu

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 2 buah ubi ungu rebus

- 2 sachet susu kental manis

- 1 botol yogurt plain

Cara Membuat Salad Buah:

1. Kupas ubi ungu yang telah direbus.

2. Ambil daging ubi ungu dan masukan dalam wadah.

4. Haluskan dengan sendok.

5. Siapkan blender.

6. Masukan ubi ungu, 2 sachet susu kental mais dan yogurt plain.

7. Blender hingga halus dan merata.

8. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

9. Tata buah dalam wadah.

10. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

 

Salad Buah Saus Mayones Cream Cheese

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 200 gram keju cheddar

- 1 sendok makan maizena

- 160 gram susu cair plain

Cara Membuat Salad Buah:

1. Parut keju cheddar sampai habis.

2. Tuangkan susu cair kedalam maizena, aduk rata.

3. Tuangkan sisa susu cair kedalam keju.

4. Panaskan air didalam panci untuk melelehkan keju.

5. Letakkan wadah berisi keju parut dan susu di atas panci berisi air mendidih.

6. Aduk hingga keju larut.

7. Tuangkan larutan maizena.

8. Aduk terus hingga mengental.

9. Matikan api dan angkat.

10. Dinginkan dan simpan di kulkas.

11. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

12. Tata buah dalam wadah.

13. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

Cara Membuat Salad Buah

Ilustrasi buah | Josh Sorenson dari Pexels
Ilustrasi buah | Josh Sorenson dari Pexels

Salad Buah dengan Saus Mayones Sehat

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 4 butir kuning telur yang ditaruh pada suhu ruangan

- 1 sdm sari buah lemon atau cuka apel

- 1 sdt mustard Dijon

- ½ sdt merica

- ¼ sdt garam

- 190 ml minyak zaitun

- 190 ml minyak kelapa hangat

Cara Membuat Salad Buah:

1. Masukkan kuning telur ke dalam blender.

2. Tambahkan jus lemon atau cuka, mustard, garam, dan lada. Kemudian aduk rata.

3. Tambahkan minyak secara perlahan sambil menurunkan kecepatan blender, dimulai dari minyak zaitun.

4. Masukkan setetes demi setetes sampai semuanya tercampur dengan rata.

5. Taruh mayones ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas sebagai persediaan. Mayones bisa tahan di dalam kulkas selama satu minggu.

6. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

7. Tata buah dalam wadah.

8. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

 

Salad Buah dengan Saus Mayones Manis

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 4 lembar roti tawar, buang pinggirnya dan potong kecil-kecil

- 300 ml air

- 200 ml minyak selada

- 1 sdm mustard Dijon

- 2 sdm gula pasir

- 1 sdm garam

- 1 sdm sari buah lemon

- 2 sdm susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah:

1. Didihkan air dan masukkan roti yang telah dipotong kecil-kecil ke dalamnya. Rebus selama 5 menit hingga roti lembek.

2. Masukkan roti yang telah lembek ke dalam blender beserta semua bahan hingga tercampur rata dan lembut.

3. Sisihkan dan masukkan ke dalam wadah tertutup agar mayones tetap awet.

4. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

5. Tata buah dalam wadah.

6. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

 

Cara Membuat Salad Buah

Ilustrasi buah | Abhijit Mulye dari Pexels
Ilustrasi buah | Abhijit Mulye dari Pexels

Salad Buah dengan Saus Mayones Tanpa Telur

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 2 buah alpukat segar

- ¼ cangkir minyak zaitun

- 1 sdt sari jeruk nipis atau cuka apel

- ½ sdt bubuk bawang putih

- 1 sdt garam

- 1 sdm mustard Dijon

- ½ sdt bubuk lada hitam

Cara Membuat Salad Buah:

1. Kupas alpukat dan ambil dagingnya.

2. Masukkan alpukat dan semua bahan ke dalam blender. Nyalakan dengan kecepatan sedang hingga semuanya tercampur rata.

3. Simpan di dalam wadah tertutup. Mayones ini akan tahan selama dua hari di dalam kulkas.

4. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

5. Tata buah dalam wadah.

6. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

 

Salad Buah dengan Saus Mayones Bawang

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 2 bonggol bawang putih

- 200 ml minyak zaitun

- ½ sdt mustard Dijon

- 3 butir kuning telur

- 1 sdm cuka

- 2 sdm air

- ¼ sdt lada hitam bubuk

- ½ sdt garam

Cara Membuat Salad Buah:

1. Taruh 2 bonggol bawang putih di dalam wajan atau teflon berisi minyak zaitun, masak dengan api sedang selama 5 menit.

2. Tutup wajan dan kecilkan api, masak kembali bawang hingga 15 menit.

3. Buka tutup wajan dan balikkan bawang putih, kemudian masak lagi selama 20 menit.

4. Matikan api dan biarkan bawang serta minyak hingga dingin.

5. Setelah bawang dingin, angkat kemudian iris tiap ujungnya, pastikan semua kulitnya telah dikupas.

6. Masukkan bawang yang telah diiris ke dalam blender, haluskan.

7. Tambahkan kuning telur, mustard, cuka, dan aduk rata kembali dengan blender.

8. Masukkan minyak bekas memanggang bawang ke dalam blender secara perlahan.

9. Masukkan air, garam, dan lada. Aduk rata kembali.

10. Masukkan mayones ke dalam wadah tertutup agar tetap awet dan bisa dimakan kapan pun Anda inginkan.

11. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

12. Tata buah dalam wadah.

13. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

Cara Membuat Salad Buah

Ilustrasi buah | Lisa Fotios dari Pexels
Ilustrasi buah | Lisa Fotios dari Pexels

Salad Buah Kekinian

Bahan-Bahan:

Salad dressing

- 100 gr mayonaise

- 200 ml yogurt

- 200 gr susu kental manis/sesuai selera

- Keju parut

Buah

- Anggur

- Melon merah

- Semangka

- Kiwi

- Strawberry

- Mangga manalagi

- Jeruk mandarin kalengan

- Buah naga

- Jelly

Cara Membuat Salad Buah:

1. Potong buah-buahan, dinginkan

2. Campur jadi satu semu bahan dressing kecuali keju parutnya

3. Tuang sauce dressing kedalam baskom isi buah-buahan yang sudah dipotong aduk rata

4. Tambahkan parutan keju aduk rata kembali

5. Sajian

 

Salad Buah Naga

Bahan-Bahan:

- 1/4 buah naga merah ukuran besar, potong-potong

- 1/4 apel hijau, potong-potong

- 1/2 buah quini, potong-potong

- Buah pepaya matang secukupnya

- Jeruk kaleng secukupnya

- 2 sdm yoghurt

- 2 sdm mayonaise

- 1 sdm susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah:

1. Campur yoghurt, mayonaise dan susu, aduk rata

2. Lalu campurkan dengan semua potongan buah tadi, aduk hingga rata

3. Jadi deh, gampang banget

4. Bisa di tambah parutan keju juga biar lebih endes

Cara Membuat Salad Buah

Ilustrasi buah | Martí Pardo dari Pexels
Ilustrasi buah | Martí Pardo dari Pexels

Salad Buah dengan Saus Mayones Pedas

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 1 cangkir kacang mete mentah, rendam selama 2 jam dan keringkan

- 6 sdm air

- 3 sdm sari lemon

- ½ sdt garam laut halus

- 2 buah kurma

- 2 sdt saus sambal

Cara Membuat Salad Buah:

1. Campurkan kacang mete, air, sari lemon, dan kurma ke dalam blender berkecepatan tinggi.

2. Setelah semua bahan tercampur rata dan lembut, masukkan ke dalam wadah.

3. Masukkan saus sambal ke dalam mayones kemudian aduk rata.

4. Masukkan ke dalam lemari es satu jam sebelum disajikan agar teskturnya pekat dan rasanya sudah benar-benar tercampur.

5. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

6. Tata buah dalam wadah.

7. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

 

Salad Buah dengan Saus Mayones Lada

Bahan-Bahan:

Buah

- Anggur

- Kiwi

- Jeruk

- Pir

- Strawberry

- Mangga

- Jelly jambu

- Jelly anggur

Mayones:

- 2 butir telur

- 550 ml minyak bisa sunflower atau canola

- 1 sdm mustard

- 2-4 sdm perasan lemon

- Garam

- Merica

Cara Membuat Salad Buah:

1. Masukkan telur, mustard ke food processor blend dengan kecepatan tinggi selama 10-15 detik.

2. Setelah 15 detik masukkan minyak secara perlahan lahan, sedikit demi sedikit. Pada 30 detik pertama adalah paling krusial jadi harus benar2 diperhatikan step masukin minyak.

3. Setelah mengental dan tekstur bagus tambahkan garam, merica dan blend lagi.

4. Berhenti sebentar tambahkan perasan lemon, blend sebentar. Siap disimpan.

5. Potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih.

6. Tata buah dalam wadah.

7. Siram buah dengan saus mayones yang sudah dibuat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Ubah Mata Kendur Nenek 72 Tahun Jadi Kencang Tanpa Operasi Plastik

Posted: 20 Aug 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang wajah kendur bisa dikencangkan kembali hanya dengan operasi plastik? Seorang makeup artist (MUA) asal Bandar Lampung memperlihatkan cara mengubah mata kendur seorang nenek berusia 72 tahun menjadi kencang kembali tanpa operasi.

Rangga Juans, nama MUA tersebut, membagikan triknya lewat chanel Youtube miliknya pada Rabu, 5 Agustus 2020. Di awal video, diperlihatkan kelopak mata nenek yang jadi modelnya saat itu sudah turun.

Dengan bantuan selotip khusus yang disebutnya scotch, ia mulai menyulap mata sang nenek. Scotch tersebut berfungsi untuk menarik ujung mata dan kelopak nenek yang sudah kendur. Ia menempelkannya di bagian kelompak mata dengan memakai pinset.

Selanjutnya, ia mengaplikasikan lem bulu mata untuk membantu menahan scotch di tempatnya lebih lama. Kemudian, ia memoleskan eyeshadow warna oranye tembaga setelah sebelumnya mengoleskan foundation warna netral.

"Biar kelihatan segar gitu," katanya.

Setelah rata, berikutnya ia mengaplikasikan lem eyeshadow. Lem berwarna bening itu berfungsi untuk menempelkan eyeshadow sehingga pigmennya menjadi lebih keluar dan warnanya tahan lama. 

"Selanjutnya ditimpa dengan warna emas muda, emas tua, kita blending jadi satu," katanya.

Rangga kembali mengoleskan lem bulu mata, tetapi kali ini untuk memasang bulu mata. Ia lalu membuat wing eyes menggunakan eyeliner cair.

Lalu, ia menggunakan eyeshadow warna silver. "Biar lebih muda dan anggun kelihatannya," imbuh dia ditambah dengan bulu mata di bagian bawah mata.

Bukan Proyek Pertama

Hasil dandanan MUA Rangga Juans. (dok. Screenshoot Youtube Rangga Juans/https://www.youtube.com/watch?v=swo5QZ0wSZ4/Dinny Mutiah)
Hasil dandanan MUA Rangga Juans. (dok. Screenshoot Youtube Rangga Juans/https://www.youtube.com/watch?v=swo5QZ0wSZ4/Dinny Mutiah)

Sentuhan terakhir, Rangga mengoleskan gel glitter berwarna gold. Ia kembali menambahkan bubuk glitter agar lebih cerah.

Pujian pun memenuhi kolom komentar. "Ya ampun Oma lincah pangling banget lo," tulis salah seorang warganet.

Tutorial itu bukanlah proyek pertama Rangga menyulap wajah nenek menjadi jauh lebih muda. Ia juga sempat mendandani sang ibu yang berusia 65 tahun saat menikah dengan pemuda berusia 20 tahunan. Foto sebelum dan sesudah didandani memperlihatkan keterampilan merias Rangga bukan main-main.

"Maaf foto beforenya ya nenek ncol, bukan di kerut kerutin, kan nenek ncol udah punya 13 cucu & 1 buyut," tulisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kongres Kedua AMSI Akan Digelar Secara Virtual, Catat Tanggalnya

Posted: 20 Aug 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bakal menggelar Kongres Kedua secara virtual pada 22-23 Agustus 2020. Kongres kali ini merupakan forum tertinggi dari AMSI yang kini berusia tiga tahun.

Ini merupakan amanat dari anggaran dasar organisasi, sekaligus membahas berbagai persoalan, termasuk suksesi kepemimpinan. Acara akan dihadiri 338 media anggota dari 21 provinsi di seluruh Indonesia.

Kongres tersebut rencananya akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, sesuai dengan keputusan rapat pengurus tahun 2019. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, diputuskan kongres digelar secara virtual, namun tanpa mengurangi kolektivitas organisasi.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menilai dunia digital Indonesia masih tergolong baru, begitu pula industri media siber.

Oleh karena itu, diperlukan literasi untuk para pengelola media, pelaku bisnis, serta publik, di tengah maraknya penyedia konten.

Selain itu, diperlukan regulasi yang menjadi aturan main di satu sisi, tetapi tidak menghambat perkembangan industri media siber di sisi yang lain.

"Setelah tiga tahun berdiri dan resmi menjadi konstituen Dewan Pers, tentu saja AMSI masih memerlukan pembenahan dan penguatan organisasi; serta membantu pengurus wilayah membangun ekosistem industri digital di tingkat lokal, demi terciptanya industri media yang sehat dan berkelanjutan," jelas Wens sebagaimana dikutip dari Dreams.co.id, Jumat (21/8/2020).

 

Sri Mulyani Akan Jadi Pembicara

Kongres Kedua AMSI Akan Digelar Secara Virtual. Dok: AMSI
Kongres Kedua AMSI Akan Digelar Secara Virtual. Dok: AMSI

Acara pembukaan kongres ini akan dihadiri sejumlah tamu undangan dari kalangan tokoh pers, industri media, dan umum. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dijadwalkan menjadi keynote speaker.

Rencananya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Dewan Pers M Nuh juga hadir secara virtual.

Selama tiga tahun ini AMSI sudah membentuk kepengurusan di 21 provinsi dari Aceh hingga Papua dan telah secara resmi menjadi konstituen Dewan Pers (DP).

Berkolaborasi dengan konstituen Dewan Pers yang lain, AMSI ikut membahas dan menyusun kerangka dasar media sustainability di Indonesia demi terciptanya industri pers yang sehat dan industri digital yang fair.

 

Program Tiga Tahun ke Depan

Kongres Kedua AMSI Akan Digelar Secara Virtual. Dok: AMSI
Kongres Kedua AMSI Akan Digelar Secara Virtual. Dok: AMSI

Dalam kongres ini, selain mematangkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), akan membahas program untuk tiga tahun ke depan, kongres ini juga akan memilih Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AMSI yang baru, untuk kemudian membentuk kepengurusan periode 2020-2023.

Diharapkan kepengurusan yang baru ini bisa melanjutkan program penguatan organisasi dan bersumbangsih bagi pembenahan ekosistem media dan digital Indonesia.

Ketua Steering Committee Kongres Kedua AMSI Hery Trianto berharap acara tersebut dapat berjalan dengan lancar, dan menghasilkan keputusan terbaik, terutama upaya-upaya konkrit menjaga keberlanjutan media siber.

"Kita tahu media siber sekarang menghadapi tantangan yang tidak mudah, karena secara bisnis terpukul oleh pandemi. Media kini tengah berupaya memperpanjang nafas untuk bertahan sembari berharap bencana ini segera berlalu, dan ekonomi kembali pulih," ucap Hery.

Adapun Ketua Panitia Kongres Kedua Maryadi mengatakan pelaksanaan kongres secara daring tersebut membuat ini menjadi kongres pertama sebuah organisasi media besar di Indonesia yang dilakukan secara virtual.

"Kongres juga bertujuan untuk menguatkan kemandirian ekosistem digital Indonesia dengan menghasilkan rekomendasi rekomendasi kepada pemerintah yang bisa dijadikan dasar kebijakan dalam membangun ekosistem digital," ujarnya.

Berkolaborasi dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), AMSI ikut menginisiasi Cek Fakta demi mengklarifikasi hoaks yang marak di ranah digital.

Langkah yang diikuti media anggota AMSI ini, diharapkan membantu upaya menyehatkan dunia digital dari sampah hoaks yang beredar, dan menyuguhkan informasi yang terverifikasi kepada khayalak ramai.

 

Dibuka untuk Umum

Pembukaan Kongres Kedua AMSI 2020 akan menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia bakal memberikan pidato kunci dalam pembukaan.

Peserta umum diberi kesempatan untuk mengikuti pidato pembukaan Sri Mulyani.

Berikut link Zoom bagi peserta umum untuk mengikuti pidato Sri Mulyani: https://bit.ly/PembukaanKongresAMSI2020

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Kebun Baru, Perusahaan di Riau Diduga Sengaja Bakar Lahan

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - PT BMI di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, diduga sengaja membakar lahan untuk membuka perkebunan. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau sudah mengantongi dua alat bukti dan menaikkan kasus kebakaran lahan ini ke penyidikan.

Untuk melengkapi penyidikan perusahaan sawit ini, Polda Riau sudah memeriksa belasan saksi. Penyidik juga sudah ke lokasi mengambil sampel dari 94 hektare lahan terbakar.

Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto menjelaskan, lima saksi yang diperiksa merupakan karyawan PT BMI. Sisanya ada ahli lingkungan serta ahli lainnya dan warga sekitar.

"Total sudah 12 orang saksi diperiksa, jumlah ini akan terus bertambah," kata Sunarto.

Meski kasus ini sudah naik ke penyidikan, Polda Riau belum menetapkan tersangka, baik itu perorangan ataupun koorporasi. Sunarto menyebut penyidik masih mengumpulkan bukti tambahan.

Selain PT BMI, Polda Riau saat ini juga menangani kebakaran lahan konsensi PT DSI. Terhadap PT DSI, penyidik telah menetapkan tersangka perorangan yakni Direktur PT DSI. Sedangkan, korporasi diwakili oleh Direktur Utama.

"Untuk perkara PT DSI sudah tahap I, ada dua laporan polisi dalam perkara ini dengan luas lahan terbakar 104,07 hektare," kata Sunarto.

Selain perusahaan, Polda Riau berserta jajaran telah menetapkan 61 tersangka perorangan untuk kebakaran lahan seluas 243,377 hektare. Para tersangka ditangani sembilan Polres di Bumi Lancang Kuning.

Empat tersangka saat ini ditangani Polres Indragiri Hulu. Berikutnya di Polres Bengkalis dengan 13 tersangka serta Polresta Pekanbaru 5 tersangka.

Selanjutnya Polresta Dumai menangkap tiga tersangka, Polres Siak 4 tersangka, Polres Rokan Hilir 16 tersangka, Polres Indragiri Hilir 10 tersangka, Polres Kepulauan Meranti 4 tersangka, serta Polres Pelalawan 2 tersangka.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Provinsi dengan Angka Kesembuhan di Atas 90 Persen

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data per 19 Agustus 2020, ada 15 provinsi dengan kesembuhan dari COVID-19 di atas rata-rata nasional yakni 68,6 persen.

"Ada 15 provinsi di atas rata-rata nasional bahkan angka bisa sangat tinggi," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, pada Kamis (20/8/2020) dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Dari 15, ada tiga provinsi yang mencatatkan persentase kesembuhan di atas 90 persen, yakni:

1. Kepulauan Bangka Belitung - 93,06 persen

2. Kalimatan Barat - 90,71 persen

3. Kalimantan Utara - 90,58 persen

Pada kesempatan itu pula, Wiku menyampaikan bahwa per 19 Agustus data menunjukkan bahwa persentase nasional lebih tinggi dari dunia. Persentase dunia 67,7 persen sementara nasional sedikit lebih tinggi 68,6 persen.

"Selamat, berarti ini menjaga masyarakat dengan baik. Tentunya,ini peran seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat," kata Wiku

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Belum Tertarik Siapkan Lawan Ninja ZX-25R, Ini Alasannya

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder sudah resmi meluncur beberapa waktu lalu. Saat ini hanya Kawasaki yang memiliki motor sport 250 cc 4-silinder. Sementara itu Honda, Yamaha, dan Suzuki masih belum menyiapkan rivalnya.

Alih-alih menyiapkan penantang Ninja ZX-25R, Honda malah cuma menambahkan teknologi Quick Shifter pada CBR250RR SP Quick Shifter. Berbanderol Rp 76,7 juta, motor tersebut diposisikan sebagai varian tertinggi CBR250.

Pada acara test ride Honda CBR250RR SP Quick Shufter di Astra Honda Motor Safety Riding & Training Center (AHSRTC) Deltamas Cikarang, Bekasi, Rabu (19/8/2020), bos Honda kembali ditanya soal CBR250 versi empat silinder.

Lagi-lagi, Honda menyatakan belum menyiapkan pesaing berat Ninja ZX-25R dalam waktu dekat. Popularitas motor sport fairing 250cc dengan dua silinder  belum pudar di Indonesia menjadi alasan Honda untuk tidak menelurkan CBR250 baru.

 

PD dengan Line-up Saat Ini

Honda masih tetap percaya diri dengan line-up CBR250. Terutama varian tertinggi yang dinilai masih kompetitif melawan Ninja ZX-25R di kelas sport fairing 250cc, sehingga perlu terburu-buru melahirkan penantang berat Ninja ZX-25R.

"Honda CBR250RR SP Quick Shifter sesuai dengan pasar Indonesia. Pasar Indonesia masih menyukai 2 silinder di kelas 250cc, sesuai dengan jalan-jalan di Indonesia. Sehingga mereka (konsumen) merasa lebih nyaman dengan akselerasi dan deselerasi 2 silinder," kata Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya.

Konsumen Mencari Performa dan Fitur

Menurut Thomas, sejak diluncurkan awal 2017 lalu, hingga kini Honda CBR250 tetap diapresiasi penyuka motor sport 250cc. Terutama konsumen yang mencari performa dan fitur.

"Dari awal peluncurannya, Honda CBR250, secara desain cukup diapresiasi konsemen. Konsumen melihat lebih ke performance kit dan performance fiturnya. Dan juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Karena konsumen tidak hanya melihat dari sisi silindernya saja, tapi total controlnya, abilitynya dan sebagainya," papar Thomas.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter/Slipper Clutch menjadi varian tertinggi dari tipe lainnya, yaitu Honda CBR250RR ABS dan Honda CBR250RR. Namun model terbaru CBR 250 ini tetap dibekali mesin 250cc dua silinder.

4 Mode QS

Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan yaitu mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter dibekali mesih 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 40,4 Tk / 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5kgf.m) / 11.000 rpm.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Gagal Pamer, Alay Ini Buat Honda CBR Miliknya Tercebur Kolam Renang]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Kecanggihan Pesawat N250 Karya BJ Habibie yang Berakhir di Museum

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat pertama rancangan Presiden Ke-3 Republik Indonesia, B. J. Habibie, N250 Gatotkaca sedang dalam perjalanan untuk dimuseumkan.

Sesuai dengan mandat Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI, pesawat ini bakal ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta.

Pesawat N250 PA01 Gatotkaca memiliki kecanggihan yang sempat menggegerkan dunia saat itu.

"Gatotkaca adalah nama yang diberikan oleh Presiden Soeharto untuk prototipe pertama N250. Setelah itu beliau memberi nama tiga prototipe N250 berikutnya yang dibangun dengan kapasitas 70 penumpang yaitu Krincingwesi, Koconegoro dan Putut Guritno," ujar Manager Komunikasi Perusahaan dan Promosi Adi Prastowo PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Pesawat ini adalah pesawat pertama hasil dari Grand Strategy tahap tiga yang dicanangkan oleh B.J. Habibie, yakni Tahap Pengembangan Teknologi.

Pesawat N250 merupakan pesawat turboprop yang menggunakan teknologi mutakhir, antara lain fly by wire system, full glass cockpit with engine instrument and crew alerting system (EICAS), engine control with full autorithy digital engine control (FADEC), electrical power system with variable speed constant frequency (VSCF) generator yang biasa dipakai dalam pesawat tempur dan saat itu baru diterapkan pada B737-500.

Kepopulerannya bahkan mencapai Paris, Perancis. Tahun 1989, pesawat N250 diperkenalkan di Paris Airshow, Le Bourget, Perancis oleh B.J. Habibienya langsungs. Pada 10 November 1994, prototipe N250 Gatotkaca berkapasitas 50 penumpang keluar dari hanggar (roll-out) ditarik 50 karyawan IPTN.

Lalu tanggal 10 Agustus 1995, pesawat N250 Gatotkaca dengan registrasi PK-XNG berhasil melakukan penerbangan perdana (first flight) dan dihadiri oleh Presiden Soeharto, Tien Soeharto, Wakil Presiden Try Sutrisno, dan Tuti Sutrisno.

"Keberhasilan terbang perdana N250 pada tanggal 10 Agustus 1995 ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) yang diperingati setiap tahunnya," jelas Adi.

Kini, PTDI sudah melakukan proses pembongkaran pesawat untuk kemudian dikirimkan ke Yogyakarta. Diawali dengan membuka semua panel akses di bagian utama, baik itu engine, propeller, maupun struktur utama pesawat N250 seperti body, wing dan vertical stabilizer.

"Pelaksanaan pembongkaran mengedepankan safety, baik itu personil maupun peralatan yang digunakan. Ini dilakukan agar bagian-bagian struktur pesawat yang dibongkar tidak mengalami kerusakan hingga nanti dipasang kembali di Yogyakarta," ujar Adi.

Adi mengatakan pesawat N250 PA01 Gatotkaca dikirimkan ke Yogyakarta melalui jalur darat. Rencananya, Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta akan melakukan proses penerimaan pada tanggal 25 Agustus 2020 yang akan dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Direktur Utama PTDI beserta jajaran pejabat di lingkungan TNI AU dan PTDI.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Nasib Pesawat N250 Gatotkaca Karya BJ Habibie Berakhir di Museum

N250
N250

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menyerahkan pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) Gatotkaca untuk melengkapi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta.

Penyerahan ini sesuai dengan mandat Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta.

Menurut Manager Komunikasi Perusahaan dan Promosi Adi Prastowo, PTDI sudah melakukan proses pembongkaran pesawat. Diawali dengan membuka semua panel akses di bagian utama, baik itu engine, propeller, maupun struktur utama pesawat N250 seperti body, wing dan vertical stabilizer.

"Pelaksanaan pembongkaran mengedepankan safety, baik itu personil maupun peralatan yang digunakan. Ini dilakukan agar bagian-bagian struktur pesawat yang dibongkar tidak mengalami kerusakan hingga nanti dipasang kembali di Yogyakarta," ujar Adi dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Kamis, 20 Agustus 2020.

Adi mengatakan pesawat N250 PA01 Gatotkaca dikirimkan ke Yogyakarta melalui jalur darat. Rencanaya sebut Adi, Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta akan melakukan proses penerimaan pada tanggal 25 Agustus 2020 yang akan dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Direktur Utama PTDI beserta jajaran pejabat di lingkungan TNI AU dan PTDI.

Pesawat N250 PA01 Gatotkaca merupakan pesawat pertama hasil dari Grand Strategy tahap tiga yang dicanangkan oleh B.J. Habibie yakni Tahap Pengembangan Teknologi.

Pesawat N250 merupakan pesawat turboprop yang menggunakan teknologi mutakhir, antara lain fly by wire system, full glass cockpit with engine instrument and crew alerting system (EICAS), engine control with full autorithy digital engine control (FADEC), electrical power system with variable speed constant frequency (VSCF) generator yang biasa dipakai dalam pesawat tempur dan saat itu baru diterapkan pada B737-500.

"Tahun 1989, pesawat N250 diperkenalkan di Paris Airshow, Le Bourget, Perancis oleh Bapak B.J. Habibie. Pada 10 November 1994, prototipe N250 Gatotkaca berkapasitas 50 penumpang keluar dari hanggar (roll-out) ditarik 50 karyawan IPTN," jelas Adi.

Adi menuturkan Gatotkaca adalah nama yang diberikan oleh Presiden Soeharto untuk prototipe pertama N250. Setelah itu beliau memberi nama tiga prototipe N250 berikutnya yang dibangun dengan kapasitas 70 penumpang yaitu Krincingwesi, Koconegoro dan Putut Guritno.

Tanggal 10 Agustus 1995, pesawat N250 Gatotkaca dengan registrasi PK-XNG berhasil melakukan penerbangan perdana (first flight) dihadiri oleh Presiden Soeharto, Tien Soeharto, Wakil Presiden Try Sutrisno, dan Tuti Sutrisno. Keberhasilan terbang perdana N250 pada tanggal 10 Agustus 1995 ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) yang diperingati setiap tahunnya.

"Penyerahan N250 PA01 Gatotkaca ke Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta sebagai bentuk menjaga aset negara karena mempunyai nilai historis yang tinggi dan merupakan sejarah berdirinya industri dirgantara sehingga masyarakat dapat melihat langsung Pesawat N250 Gatotkaca di Museum, serta menjadi ajang edukasi dan motivasi bagi para penerus bangsa," ungkap Adi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Nyeleneh Tingkah Polos Anak Kecil

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu bahwa anak-anak memiliki sifat yang polos. Tak heran banyak dari mereka yang melakukan hal-hal nyeleneh lantaran kepolosannya tersebut.

Artikel tentang deretan potret nyeleneh tingkah polos anak kecil menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pria berusia 53 tahun yang memiliki penampilan bak anak muda.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang bagian paling sehat dari buah apel yang patut kalian ketahui.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Potret Tingkah Polos Anak Kecil, Nyeleneh tapi Bikin Ketawa

Tingkah polos anak yang bikin gemas. Sumber: Viral Nova
Tingkah polos anak yang bikin gemas. Sumber: Viral Nova

Dengan sikap polosnya, tingkah para bocah tentu tak disangka-sangka. Anak-anak kerap melakukan hal unik yang bahkan tak terduga oleh orang dewasa. Mulai dari lucu, gemas, hingga membuat orang tua tak habis pikir.

Anak-anak memang belum mengenal bahaya atau dampak buruk yang menimpanya saat bertingkah sesuka hati. Oleh karena itu, pengawasan dari orang tua sangatlah penting.

Biasanya, tingkah tak terduga dari anak kecil adalah karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Mereka selalu penasaran dan mencoba hal-hal baru. Selain itu, imajinasi anak kecil yang cenderung tinggi terkadang membuat orang dewasa heran saat melihat tingkahnya.

Selengkapnya…

2. Berusia 53 Tahun, Penampilan Pria Ini Dijamin Bikin Kalian Tak Percaya

foto: IG/@edsonsecrets
foto: IG/@edsonsecrets

Edson Brandao, seorang personal trainer dan influencer asal Brasil, telah mencuri perhatian publik karena penampilannya yang membuat banyak orang terkecoh. Bagaimana tidak, meskipun telah berusia 50 tahun, Brandao terus-menerus disangka masih berusia antara 20 atau 30 tahun.

Ketika melihat foto-foto Brandao saat berusia tiga dan empat puluhan, dan membandingkannya dengan penampilannya di usia 53 tahun ini, bisa dibilang dia justru semakin muda.

Selengkapnya…

3. Bukan Kulitnya, Ini Bagian Paling Sehat dari Buah Apel

Cantik dengan apel. (via: istimewa)
Cantik dengan apel. (via: istimewa)

Apel menjadi pilihan yang sehat dan sempurna bagi Anda yang ingin hidup sehat. Buah ini kaya serat, nutrisi, dan protein, yang membuatnya sempurna untuk sarapan dan ngemil di sela waktu makan.

Namun, Anda akan terkejut saat mengetahui bahwa bagian apel yang paling sehat adalah yang biasanya kita buang. Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa bagian tersehat dari apel adalah kulitnya. Tapi itu tidak tepat.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pencalonan Bersejarah Kamala Harris di Konvensi Partai Demokrat

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu acara puncak hari ketiga Konvensi Nasional Partai Demokrat adalah pidato penerimaan Senator Kamala Harris sebagai bakal cawapres pendamping Joe Biden. Pencalonan Harris termasuk bersejarah, dengan tantangan sendiri di tengah iklim yang masih kurang bersahabat bagi kandidat perempuan.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Head to Head Sevilla vs Inter Milan Jelang Final Liga Europa: Duel Dua Tim Mentereng

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Koln - Liga Europa 2019/20 sebentar lagi akan tutup tirai. Partai final bakal menyajikan duel Sevilla vs Inter Milan, Sabtu (22/8/2020) dinihari WIB di Koln, Jerman.

Sevilla lolos ke semifinal berkat kemenangan 2-1 atas Manchester United (MU). Keberhasilan itu meneruskan tradisi apik mereka di Liga Europa.

Ya, tim berjuluk Los Palanganas itu merupakan pengoleksi lima trofi juara Liga Europa, terbanyak sepanjang sejarah turnamen. Lima kali lolos ke final, lima kali pula Sevilla juara.

Di sisi Inter Milan, pasukan Antonio Conte menginjakkan kaki ke final setelah menang besar 5-0 atas wakil Ukraina, Shaktar Donetsk.

Selain catatan itu, Inter Milan sejatinya juga punya torehan mentereng di Liga Europa. Nerazzurri pernah juara tiga kali sewaktu turnamen ini masih bernama Piala UEFA.

Berbagai catatan positif di atas kiranya membuat partai final nanti bakal berlangsung seru. Apalagi, kedua tim juga belum pernah bertemu sebelumnya.

Berikut Head to Head Sevilla vs Inter Milan. Laga ini sendiri bakal disiarkan langsung SCTV dan VIdio.

 

 

Sevilla

Sevilla sukses melangkah ke final Liga Europa usai menaklukkan Manchester United (MU) pada partai semifinal di RheinEnergie, Senin dinihari WIB (17/8/2020).
Sevilla sukses melangkah ke final Liga Europa usai menaklukkan Manchester United (MU) pada partai semifinal di RheinEnergie, Senin dinihari WIB (17/8/2020).

Lima Pertandingan Terakhir Sevilla

Real Sociedad 0-0 Sevilla

Sevilla 1-0 Valencia

Sevilla 2-0 AS Roma

Wolverhampton 0-1 Sevilla

Sevilla 2-1 Manchester United

Jejak rekam ke Final

Ke Fase gugur setelah juara Grup A

Babak 32 Besar: Sevilla 1-1 CFR Cluj (lolos berkat gol tandang)

Babak 16 Besar: Sevilla 2-0 Roma

Babak Perempat Final: Sevilla 1-0 Wolves

Babak Semifinal: 2-1 Man. United

Inter Milan

Pemin Inter Milan Romelu Lukaku (kiri) bersama rekan satu timnya merayakan golnya ke gawang Bayer Leverkusen pada perempat final Liga Europa di Duesseldorf Arena,  Dusseldorf, Jerman, Senin (10/8/2020). Inter Milan melaju ke semifinal usai mengalahan Bayer Leverkusen 2-1. (AP Photo/Martin Meissner)
Pemin Inter Milan Romelu Lukaku (kiri) bersama rekan satu timnya merayakan golnya ke gawang Bayer Leverkusen pada perempat final Liga Europa di Duesseldorf Arena, Dusseldorf, Jerman, Senin (10/8/2020). Inter Milan melaju ke semifinal usai mengalahan Bayer Leverkusen 2-1. (AP Photo/Martin Meissner)

Lima Pertandingan Terakhir Inter Milan

Inter Milan 2-0 Napoli

Atalanta 0-2 Inter Milan

Inter Milan 2-0 Getafe

Inter Milan 2-1 Bayer Leverkusen

Inter Milan 5-0 Shaktar Donetsk

Jejak Rekam ke Final

Inter Milan langsung masuk ke 32 besar usai gagal di fase grup Liga Champions

Babak 32 Besar: 4-1 Ludogorets

Babak 16 Besar: 2-0 Getafe

Babak Perempat Final: 2-1 Leverkusen

Babak Semifinal: 5-0 Shakhtar

Jadwal Pertandingan

Sabtu 22 Agustus 2020

02.00 WIB, Sevilla vs Inter Milan

Live SCTV dan Vidio

Saksikan Video Liga Europa di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Merasa Rizky Febian Promo Gratis di Saluran YouTube-nya

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier mengaku merasa dikerjai oleh Rizky Febian. Soalnya, tak lama saat ia mengundang Rizky Febian dan Anya Geraldine menjadi bintang tamu di acara podcast-nya, mereka kemudian menjalin kerjasama.

Lalu, dalam waktu relatif singkat, video klip lagu baru Rizky Febian berjudul "Cuek" muncul dengan Anya Geraldine menjadi model video klipnya. Deddy Corbuzier merasa bahwa Rizky Febian sedang mengerjainya.

Kemunculan video klip lagu terbaru Rizky Febian dengan Anya Geraldine sebagai modelnya membuat Deddy Corbuzier merasa bahwa ia sudah dikerjai mentah-mentah oleh anak komedian Sule itu. Deddy Corbuzier sampai menyinggung bayaran yang harusnya diberikan Rizky Febian kepadanya.

Hal tersebut diungkap dalam video di saluran YouTube Deddy Corbuzier dengan tajuk 'Nembak Pacar Orang Sampe Jadian! Rizky Febian - Anya Geraldine - Deddy Corbuzier Podcast' yang tayang 19 Agustus 2020. 

 

 

Skema

Sudah menjadi bintang besar, ternyata Rizky Febian mengaku nervous ketika sesi foto bersama Anya Geraldine. Mengingat laki-laki yang satu ini memang mengidolakan artis cantik ini. (Instagram/rico.aprecelino)
Sudah menjadi bintang besar, ternyata Rizky Febian mengaku nervous ketika sesi foto bersama Anya Geraldine. Mengingat laki-laki yang satu ini memang mengidolakan artis cantik ini. (Instagram/rico.aprecelino)

"Ini skema menurut saya ya. Jadi kalian mau bikin album terus udah gitu Anya diundang, terus udah gitu Anya ngomong ke Rizky ada ditempatnya Deddy. Udah gitu Rizky bilang 'Om, Papa di situ keren ya. Pengen deh ngobrol sama Om Deddy'. Jadi diundang terus tiba-tiba ngomongin Anya," papar Deddy Corbuzier kepada Rizky Febian dan Anya Geraldine.

 

Promo Lagu

Rizky Febian yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, menyebutkan Kerjasama bareng Anya Geraldine adalah pencapaian luar biasa baginya.
Rizky Febian yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, menyebutkan Kerjasama bareng Anya Geraldine adalah pencapaian luar biasa baginya. "Penantian yang luar biasa," ungkap Rizky Febian. (Instagram/3wisnu)

"Ternyata, lu, promo lagu di tempat gue. Berapa ratus juta Anda harus bayar saya promo lagu. Anda nggak bisa, gua lu kerjain bos," sambungnya.

Mendengar apa yang diungkapkan Deddy Corbuzier, Rizky Febian berusaha memberikan penjelasan mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

 

 

Tak Menyangka

Rizky Febian - Anya Geraldine (Foto: YouTube)
Rizky Febian - Anya Geraldine (Foto: YouTube)

Kata Rizky Febian, ia benar-benar tak menyangka bahwa akhirnya Anya Geraldine mau diajak kerjasama dengannya. Soalnya, selama ini Anya Geraldine selalu menolak untuk kerjasama dengannya.

"Om Deddy gini saya bisa menjelaskan kepada Om Deddy yang sebenarnya. Waktu podcast yang pertama aku bilang kan saya Om Deddy 'Saya tidak pernah bisa ngajak Anya project, pas ada video klip otomatis itu bisa'. Saya tidak tahu kalau ternyata tiba-tiba Anya mau," jelas Rizky Febian.

 

Tetap Tak Terima

Deddy Corbuzier (Sumber: Instagram/@mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (Sumber: Instagram/@mastercorbuzier)

Mendengar alasan yang diungkap Rizky Febian, Deddy Corbuzier tetap tak terima. Ia merasa bahwa ini semua memang sudah direncanakan olah Rizky Febrian sebagai upaya promosi lagu terbarunya bertajuk "Cuek".

"Secepat itu tiba-tiba ada videoklip selama berapa belas menit itu. Enggak mungkin, Anda pasti udah merencanakan itu," papar Deddy Corbuzier.

"Enggak, kita syuting cuma sehari," kata Rizky Febian menjelaskan. "Sehari Om, sehari," tegas Anya Geraldine menambahkan. (Merdeka.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: China Uji Coba Bus Autopilot

Posted: 20 Aug 2020 09:00 PM PDT

Bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 melintas di Zhengzhou, China (18/8/2020). Menggabungkan teknologi layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas, uji coba bus autopilot telah dilakukan di Zhengzhou dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Li An)
Bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 melintas di Zhengzhou, China (18/8/2020). Menggabungkan teknologi layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas, uji coba bus autopilot telah dilakukan di Zhengzhou dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Li An)

Bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 melintas di Zhengzhou, China (18/8/2020). Menggabungkan teknologi layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas, uji coba bus autopilot telah dilakukan di Zhengzhou dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Li An)

Sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 sedang mengisi daya di Zhengzhou, Provinsi Henan, China tengah (18/8/2020). Bus autopilot ini menggabungkan sejumlah teknologi seperti layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas. (Xinhua/Li An)
Sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 sedang mengisi daya di Zhengzhou, Provinsi Henan, China tengah (18/8/2020). Bus autopilot ini menggabungkan sejumlah teknologi seperti layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas. (Xinhua/Li An)

Sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 sedang mengisi daya di Zhengzhou, Provinsi Henan, China tengah (18/8/2020). Bus autopilot ini menggabungkan sejumlah teknologi seperti layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas. (Xinhua/Li An)

Kemudi sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 di Zhengzhou, China (18/8/2020). Menggabungkan teknologi layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas, uji coba bus autopilot telah dilakukan di Zhengzhou dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Li An)
Kemudi sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 di Zhengzhou, China (18/8/2020). Menggabungkan teknologi layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas, uji coba bus autopilot telah dilakukan di Zhengzhou dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Li An)

Kemudi sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 di Zhengzhou, China (18/8/2020). Menggabungkan teknologi layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas, uji coba bus autopilot telah dilakukan di Zhengzhou dalam beberapa hari terakhir. (Xinhua/Li An)

Foto udara menunjukkan sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 melintas di Zhengzhou, Provinsi Henan, China (18/8/2020). Bus autopilot ini menggabungkan sejumlah teknologi seperti layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas. (Xinhua/Li An)
Foto udara menunjukkan sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 melintas di Zhengzhou, Provinsi Henan, China (18/8/2020). Bus autopilot ini menggabungkan sejumlah teknologi seperti layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas. (Xinhua/Li An)

Foto udara menunjukkan sebuah bus otonomos dari jalur bus autopilot 1 melintas di Zhengzhou, Provinsi Henan, China (18/8/2020). Bus autopilot ini menggabungkan sejumlah teknologi seperti layanan jaringan 5G dan kecerdasan buatan (AI) serta sistem pengawasan dan kendali cerdas. (Xinhua/Li An)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertunjukan Kesenian Ditiadakan Sementara di Plaza Balai Pemuda Surabaya

Posted: 20 Aug 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertunjukan seni budaya di Alun-Alun Surabaya (Plaza Balai Pemuda) sementara ditiadakan mulai 21 Agustus 2020. Hal ini seiring evaluasi Pemerintah Kota Surabaya melihat animo masyarakat yang sangat tinggi.

Dikhawatirkan jumlah massa banyak tidak mudah dikendalikan meski Pemerintah Kota Surabaya meminta masyarakat untuk patuh protokol kesehatan.

Sebelumnya pertunjukan kesenian di Alun-Alun Surabaya akan hadir mulai 19-25 Agustus 2020. Akan tetapi, animo masyarakat sangat tinggi untuk mengunjungi Alun-Alun Surabaya di tengah pandemi COVID-19.

"Kegiatan kesenian ditiadakan karena memang evaluasi dua hari ini. Animo masyarakat luar biasa," ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Surabaya membuka kegiatan kesenian di alun-alun tersebut dengan menerapkan syarat protokol kesehatan.

Salah satunya dengan membatasi jumlah pengunjung sekitar 50 persen. Akan tetapi, lantaran libur panjang dimanfaatkan oleh masyarakat Surabaya dan luar Surabaya untuk berkunjung di Alun-Alun Surabaya. 

"Banyak warga luar kota berkerumun. Sehingga ada pertimbangan tiadakan kegiatan kesenian. Kalau Alun-Alun masih buka, tetapi tidak ada event," ujar dia.

Warga Diimbau Patuh Protokol Kesehatan saat Libur Panjang

Desain pembangunan alun-alun Surabaya (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Desain pembangunan alun-alun Surabaya (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Febriadhitya meminta masyarakat untuk patuh protokol kesehatan meski saat ini libur panjang. Hal ini juga mengingat pandemi COVID-19 masih ada, dan banyak warga terpapar COVID-19.

"Harus tetap gunakan masker, jaga jarak, bawa hand sanitizer, diusahakan tidak menyentuh apapun, disiplin patuh protokol kesehatan. Sekuat apapun upaya pemerintah kalau protokol kesehatan tidak didukung oleh masyarakat sama saja," kata dia.

Febriadhitya mengatakan, disiplin menjadi kunci untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Dengan disiplin patuhi protokol kesehatan tidak hanya melindungi diri sendiri tetapi juga keluarga dan orang lain.

"Kita memikirkan orang-orang terdekat terutama ada komorbid seperti orangtua, anak,istri, tetap jaga protokol kesehatan. Biasakan yang tidak biasa tidak enak, namun hal-hal yang tidak biasa selamatkan diri kita," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langgar Protokol Kesehatan, Perkantoran hingga Hotel Akan Didenda Sampai Rp 150 Juta

Posted: 20 Aug 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta akan memberikan denda progresif kepada perkantoran, tempat kerja, tempat usaha, tempat industri, hingga perhotelan yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 secara berulang.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 79 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya dan Pengendalian Covid-19.

"Pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab perkantoran, tempat kerja, tempat usaha, tempat industri, perhotelan atau penginapan lain yang sejenis atau tempat wisata, yang tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan masyarakat sanksi administratif berupa penutupan sementara paling lama 3 x 24 jam," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pergub tersebut, Jumat (21/8/2020).

Sedangkan bila melakukan pelanggaran ulang satu kali akan dikenakan denda administratif sebesar Rp 50 juta dan pelanggaran ulang kedua akan dikenakan denda sebesar Rp 100 juta.

Lalu, bila melakukan berulang untuk ketiga kalinya para pelaku usaha, pengelola, penyelenggara perkantoran hingga perhotelan akan dikenakan denda administratif sebesar Rp 150 juta.

"Apabila setiap yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran denda administratif dalam waktu paling lama tujuh hari kerja, dilakukan penutupan sementara sampai dilaksanakan pemenuhan pembayaran denda administratif," ujarnya.

Protokol kesehatan yang dimaksud yakni membentuk tim penanganan Covid-19, penggunaan masker, hingga memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan pembersih dan disinfektan.

"Menerapkan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk tempat kerja. Menyediakan hand sanitizer, menyediakan sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan sebagainya," jelasnya.

Kasus Covid-19 Terus Bertambah

Sementara itu, jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 2.266 orang pada Kamis (20/8/2020).

Dengan begitu, maka total akumulatif 147.211 orang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19. Sementara itu, jumlah kasus sembuh pada hari ini ada 2.017 orang.

Sedangkan jumlah kumulatif yang dinyatakan sembuh sebanyak 100.674 orang. Kemudian, untuk pasien meninggal pada hari ini berjumlah 72 orang dan total akumulatif ada 6.418 orang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuti Bersama, Mahfud Md Ajak Keluarga Beri Makan Penguin di Ancol

Posted: 20 Aug 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md menikmati cuti bersama keluarga ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Kamis, 20 Agustus 2020 kemarin. Walaupun sebelumnya dia sempat lupa bahwa ditanggal tersebut adalah tanggal merah.

"Rabu kemarin saya menjadwal pejabat Eselon I untuk bergantian menghadap saya hari Kamis ini sesuai jam-jam yang saya tentukan. Semua bilang "siap" meski seperti ber-tanya-tanya. Ajudan saya berbisik, 'Besok libur, Pak'," cuit Mahfud di akun twitternya. 

"Walah sampai lupa. Saya cancel. Hari ini saya menyempatkan diri lihat normal baru ke Ancol," lanjut Mahfud.   

Dengan mengenakan masker dan setelan kemeja Mahfud pun berkunjung ke unit rekreasi ocean dream samudra. Mahfud terlihat asyik memberikan makan para pinguin dan beberapa pengunjung pun sempat mengabadikan moment tersebut. 

"Taman Impian Jaya Ancol memang masih agak sepi sebagian tempat rekreasi. Tapi ia tetap menarik, bersih," ungkap Mahfud.

Patuhi Protokler Kesehatan

Mahfud berharap nantinya pada tahun 2021 kondisi akan jadi kondusif. Sehingga masyarakat bisa beraktifitas dengan baik.

Mahfud pun mengingatkan masyarakat yang akan berkunjung agar mematuhi protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan tahun 2021 sudah menjadi kondusif. Kalau mau ke sana, ikuti protokol kesehatan. Sudah ada yg memandu untuk cuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan lainnya," ungkap Mahfud.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: