Selasa, 04 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gelandang Madrid Casemiro Lihat Celah Menang Lawan Man City di Liga Champions

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gelandang Real Madrid, Casemiro punya optimisme tinggi saat Los Blancos menghadapi tuan rumah Manchester City di Etihad, Sabtu (8/8/2020). Meski tertinggal 1-2, Casemiro tetap yakin Madrid bakal menang.

Seperti diketahui, duel Man City vs Madrid nanti bakal jadi laga hidup mati. Kedua tim bakal habis-habisan untuk memenangkan pertandingan ini.

Meski tampil di kandang Man City, Casemiro yakin Madrid punya celah untuk menang. Salah satu penyebabnya karena duel ini digelar tanpa penonton.

"Tanpa penonton, duel ini bakal berbeda," ujar Casemiro seperti dikutip Marca.

"Ini bakal menjadi laga yang sangat bagus dan sulit untuk kedua tim, tapi kami Madrid dan kami punya peluang untuk lolos."

 

Suasana Berbeda

Gelandang Real Madrid, Casemiro (GABRIEL BOUYS/AFP)
Gelandang Real Madrid, Casemiro (GABRIEL BOUYS/AFP)

Casemiro menilai kondisi stadion yang kosong akan memberikan tekanan yang berbeda. Real Madrid akan memanfaatkan betul momen ini.

"Mereka tak akan didukung fans mereka dan itu bisa membantu kami sedikit," ujarnya.

"Tapi pemain masih sama, pelatih masih sama, kami semua tahu duel ini masih punya level kesulitan yang sama karena mereka tim hebat."

Bicara Gareth Bale

Pemain Real Madrid Casemiro (kiri), Gareth Bale (tengah) dan Vinicius Junior (kanan)(AFP/Javier Soriano)
Pemain Real Madrid Casemiro (kiri), Gareth Bale (tengah) dan Vinicius Junior (kanan)(AFP/Javier Soriano)

Casemiro juga membicarakan soal Gareth Bale. Winger Madrid ini semakin terpinggirkan, tapi dia menegaskan Bale tetap semangat berlatih.

"Dia terus berlatih. Dia tahu ini bukan waktu yang terbaik di kariernya, tapi kami dukung dia," ujarnya.

Jadwal Liga Champions

Sabtu, 8 Agustus 2020

02.00 WIB

Manchester City vs Real Madrid

Etihad

Live: Vidio dan SCTV

 

Jadwal Liga Champions Lainnya

Sabtu, 8 Agustus 2020

02.00 WIB Juventus vs Olympique Lyon

 

Minggu,9 Agustus 2020

02.00 WIB Barcelona vs Napoli

02.00 WIB Bayern Munchen vs Chelsea

Saksikan video Madrid berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Lebanon Sudah Hancur Lebur Sebelum Ada Ledakan di Beirut?

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ledakan besar menghantam ibukota Lebanon, Beirut,  pada Selasa, 4 Agustus 2020. Ledakan menimbulkan kehancuran di wilayah sekitar serta korban meninggal dan ribuan orang terluka.

Ternyata, sebelum insiden ini terjadi, kondisi Lebanon sejatinya cukup mengkhawatirkan dari sisi ekonomi. Negara tersebut tengah terlanda krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kondisi yang mendorong puluhan ribu orang jatuh miskin.

Laman BBC, seperti dikutip Rabu (5/8/2020), melaporkan jika kondisi ekonomi Lebanon sudah kritis bahkan sebelum pandemi coronavirus melanda pada awal tahun ini.

Utang publik terhadap produk domestik bruto (apa yang dimiliki negara dibandingkan dengan apa yang dihasilkannya) adalah yang tertinggi ketiga di dunia. Kemudian tingkat pengangguran mencapai 25 persen, dan hampir sepertiga penduduk hidup di bawah garis kemiskinan.

Bahkan terkuak jika pemerintah melalui bank sentral meminjam dari bank-bank komersial dengan tingkat bunga di atas pasar untuk membayar kembali utangnya demi mempertahankan Lebanon.

Mata uang Pound Lebanon telah melemah lebih dari 60 persen dari nilainya hanya dalam sebulan terakhir pada Juli, bahkan 80 persen bila dihitung sejak Oktober 2019. 

Washingtonpost bahkan melaporkan jika, sebagian besar wilayah Lebanon hanya mendapatkan listrik tidak lebih dari dua atau tiga jam sehari. 

Roti, yang menjadi makanan pokok orang Lebanon, tidak banyak tersedia karena pemerintah tidak dapat mendanai impor gandum. Obat-obatan esensial menghilang dari apotek.

Rumah sakit terpaksa memberhentikan stafnya karena pemerintah tidak membayar gaji mereka dengan sesuai. Bahkan banyak operasi dibatalkan akibat ketiadaan pasokan listrik atau bahan bakar untuk mengoperasikan generator.

 

Salah Urus

Seorang pria terluka menunggu bantuan di lokasi ledakan yang menghantam pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Ledakan besar mengguncang pusat kota Beirut, menghancurkan bangunan yang terletak beberapa ratus kaki jauhnya dari lokasi ledakan. (AP Photo/Hussein Malla)
Seorang pria terluka menunggu bantuan di lokasi ledakan yang menghantam pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Ledakan besar mengguncang pusat kota Beirut, menghancurkan bangunan yang terletak beberapa ratus kaki jauhnya dari lokasi ledakan. (AP Photo/Hussein Malla)

Keruntuhan ekonomi Lebanon merupakan hasil dari salah urus ekonomi dalam beberapa dekade, banyaknya korupsi dan pengeluaran yang berlebihan.

Harapan untuk penyelamatan memudar ketika elit penguasa di negara itu menolak keras reformasi dan pengawasan luar yang akan membuka kunci bantuan internasional.

Pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional untuk memberikan pinjaman USD 10 miliar pun telah terhenti. "Ini benar-benar sulit....inti dari masalah ini adalah apakah ada kesatuan tujuan di negara ini," ujar Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva, beberapa waktu lalu. 

Sekutu Barat Lebanon juga sejak lama menegaskan bahwa mereka tidak akan membantu sampai pemerintah melakukan upaya untuk mereformasi sektor publik yang korup dan membengkak.

Paket pinjaman dan investasi senilai USD 11 miliar telah ditawarkan sejak 2018 - dengan syarat pemerintah melakukan beberapa perubahan terbatas. 

Pada pertengahan Oktober, pemerintah mengusulkan pajak baru untuk tembakau, bensin, dan layanan pesan seperti WhatsApp untuk meningkatkan pendapatan negara, tetapi akhirnya dibatalkan.

Dikenal sebagai oasis kemakmuran dan kestabilannya selama beberapa dekade di Timur Tengah, Lebanon turun ke jurang kemiskinan, keputusasaan dan kekacauan.

Kondisi ini pun memicu terjadinya protes anti-pemerintah terbesar yang pernah terjadi di negara itu dalam lebih dari satu dekade. 

Puluhan ribu warga Libanon turun ke jalan, yang meminta pengunduran diri Perdana Menteri Saad Hariri yang didukung Barat dan pemerintah persatuannya.

Warga negara itu marah dan frustrasi tentang kegagalan pemerintah untuk menyediakan layanan dasar. Mereka harus berhadapan dengan pemadaman listrik harian, kurangnya air minum, terbatasnya layanan kesehatan masyarakat, dan masuk dalam koneksi internet terburuk di dunia.

Dari 6,8 juta orang yang tinggal di negara itu, 1 dari 5 adalah pengungsi, sebagian besar dari mereka adalah warga Suriah, yang memberi Lebanon populasi pengungsi per kapita tertinggi di dunia, menurut angka PBB dan Bank Dunia.

"Mereka yang akan terpukul paling keras karena lonjakan harga melampaui kemampuan mereka yang sedikit dan karena pekerjaan di sektor informal yang mereka andalkan hilang," kata Nicolas Oberlin, Wakil Direktur Regional Program Pangan Dunia AS.

Dikatakan, pandemi virus corona telah berkontribusi terhadap penurunan tajam perekonomian Lebanon, tetapi itu bukan penyebab utamanya.

Lebanon hampir tidak menghasilkan apa-apa dan selama bertahun-tahun mengandalkan arus masuk dolar dari sejumlah besar orang Lebanon yang bekerja di luar negeri.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Batu Bara Agustus 2020 Anjlok, Pandemi Corona Masih jadi Penyebab

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan, Harga Batu bara Acuan (HBA)  Agustus 2020 mengalami penurunan sebesar 3,49 persen menjadi USD 50,34 per ton dibandingkan HBA bulan Juli 2020 sebesar USD 52,16 per ton. 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, penurunan HBA pada Agustus masih disebabkan pandemi Covid-19 dan tingginya stok batubara di pasar global dalam lima bulan terakhir.

"Penurunan HBA bulan Agustus 2020 ini masih disebabkan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan turunnya permintaan di beberapa negara pengimpor batu bara, sementara stok batubara di pasar global juga makin meningkat," kata Agung di Jakarta, Selasa (4/8).

Agung menambahkam, penurunan harga batu bara global juga dipicu kebijakan Tiongkok dan India yang memprioritaskan penggunaan batubara produksi dalam negeri. "Ini membuat turunnya rata-rata indeks bulanan penyusun HBA, yaitu ICI turun 2,53 persen, Platt's turun 6,40 persen, GCNC turun 1,07 persen, dan NEX turun 4,01 persen," ungkap Agung.

Sebagai informasi, HBA sendiri diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platts 5900 pada bulan sebelumnya. Kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal per kilogram GAR.

Nantinya, harga ini akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batu bara (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).

Tren Penurunan

Aktivitas pekerja menggunakan alat berat saat menurunkan muatan batu bara di Pelabuhan KCN Marunda, Jakarta, Minggu (27/10/2019). Berdasarkan data ICE Newcastle, ekspor batu bara Indonesia menurun drastis mencapai 5,33 juta ton dibandingkan pekan sebelumnya 7,989 ton. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Aktivitas pekerja menggunakan alat berat saat menurunkan muatan batu bara di Pelabuhan KCN Marunda, Jakarta, Minggu (27/10/2019). Berdasarkan data ICE Newcastle, ekspor batu bara Indonesia menurun drastis mencapai 5,33 juta ton dibandingkan pekan sebelumnya 7,989 ton. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Agung mengakui, HBA mengalami tren penurunan sejak Word Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi pada pertengahan Maret lalu.

HBA sempat menguat sebesar 0,28 persen pada angka USD67,08 per ton di bulan Maret dibanding bulan Februari (USD66,89 per ton). Setelah itu, HBA mengalami pelemahan ke angka USD65,77 per ton di bulan April dan USD61,11 per ton di bulan Mei. Tren berlanjut HBA melemah menjadi USD52,98 per ton pada Juni dan USD52,16 per ton pada Juli.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty Kejora yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan juara D'Academy musim pertama, Lesty Andryani atau akrab disapa Lesty Kejora. Tepat hari ini Rabu (5/8/2020) Lesty berulang tahun ke-21.

Pelantun lagu Egois tersebut banjir ucapan selamat dan doa dari para rekan selebritas Tanah Air hingga dari para fans. Salah satu seleb yang memberi ucapan selamat ulang tahun pada Lesty yakni Denias Ismail. Nama Denias tentu tak asing bagi Lesty karena ia pernah dikabarkan menjalin hubungan berpacaran.

Ya, Denias merupakan mantan pacar Lesty sebelum ia berpacaran dengan Rizki D'Academy. Kini seiring Lesty yang patah hati ditinggal nikah Rizki, banyak yang beranggapan bahwa Denias bisa menjadi salah satu pria yang cocok untuk Lesty selain Rizky Billar.

Terlepas dari netizen yang mendoakan Lesty kembali dengan Denias, pedangdut berparas tampan ini memang selalu tampil modis dan stylish. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @denidenias, potret Denias Ismalil mantan Lesty Kejora, Rabu (5/8/2020).

1. Ini dia Denias Ismail, mantan Lesty yang selalu tampil modis dan stylish.

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)
6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)

2. Denias pernah dekat dengan Lesty sebelum pelantun lagu Egois berpacaran dengan Rizki D'Academy.

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)
6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)

3. Pedangdut jebolan KDI 2014 ini termasuk populer dengan sudah miliki 294 ribu followers.

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)
6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)

4. Gaya penampilan Denias Ismail selalu mencuri perhatian karena tampil modis di berbagai momen.

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)
6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)

5. Di hari ulang tahun Lesty, Denias memberi ucapan spesial untuk juara D'Academy musim pertama di Instagram.

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)
6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)

6. Pedangdut tampan ini juga mengunggah foto Lesty dan kebersamaan mereka di postingan terbarunya.

6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)
6 Potret Denias Ismail, Mantan Lesty yang Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun (sumber: Instagram.com/denidenias)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disney Plus Hadir di Indonesia Bulan Depan

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Layanan video streaming di Indonesia akan kedatangan pemain baru, yakni Disney+. Hal itu diketahui dari akun resmi Disney+ Hostar belum lama ini.

Dikutip dari akun tersebut, Rabu (5/8/2020), layanan Disney+ akan mulai tersedia pada 5 September 2020. "Apakah kalian sudah siap, Indonesia? Mulai streaming 5 September," tulis akun @DisneyPlusHSID.

Penggunaan nama Disney+ Hotstar ini sendiri mirip dengan yang dilakukan di India. Di India, Disney+ Hostar merupakan layanan yang dimiliki Novi Digital Entertainment, anak perusahaan Disney Star India.

Sesuai namanya, streaming platform ini akan menawarkan katalog konten di bawah naungan Disney. Mulai dari konten orisinal Disney, Marvel, LucasFilm, Pixar, National Geographic, termasuk beberapa konten yang diproduksi oleh Fox.

Sayang, hingga sekarang belum ada informasi mengenai tarif berlangganan yang ditawarkan untuk pelanggan di Indonesia. Ada kemungkinan informasi ini akan diungkap menjelang peluncurannya di Tanah Air.

Sebagai gambaran, biaya langganan Disney+ untuk wilayah Eropa, seperti Inggris, Irlandia, Jerman, Spanyol, Italia, Swiss, dan Austria adalah 5,99 euro atau sekitar Rp 104 ribu per bulan. Sementar untuk biaya per tahun adalah 59,99 euro atau sekitar Rp 1 jutaan.

Bersamaan dengan pengumuman ini, Disney juga baru memastikan film adaptasi live-action dari Mulan akan meluncur di platform ini pada 4 September 2020.

Namun untuk wilayah yang belum mendapatkan akses Disney+, film tersebut akan tayang di bioskop pada hari yang sama.

Hanya untuk menyaksikan film ini, pelanggan harus membayar biaya lebih di luar langganan per bulan. Adapun untuk film Mulan ini, Disney mematok harga USD 29.99 atau di kisaran Rp 437 ribu untuk dapat menontonnya.

Petinggi Disney+ Jadi CEO TikTok

TikTok. Dok: money.com
TikTok. Dok: money.com

Terlepas dari kehadirannya di Indonesia, Disney+ sendiri baru saja ditinggal oleh salah satu petingginya, yakni Kevin Mayer. Dia kini didapuk menjadi CEO TikTok. 

Pria berusia 58 tahun itu akan bertugas menangani ekspansi global perusahaan. Dia sudah resmi bergabung dalam perusahaan sejak 1 Juni 2020. 

"Bytedance dan TikTok adalah peluang (bisnis) yang sangat kuat," kata Kevin dalam sebuah wawancara sebagaimana dikutip dari Wall Street Journal, Selasa (19/5/2020). "Saya pikir bisnis ini berkembang pesat dan memenuhi kebutuhan."

Lebih lanjut, Kevin menyatakan akan menumbuhkan berbagai lini bisnis Bytedance dan mencari peluang bisnis baru.

"(Lini bisnis) gim, musik muncul di benak saya. Video, sangat besar, adalah peluang yang menarik," tutur Kevin.

TikTok Sudah Diunduh Lebih dari 2 Miliar Kali

TikTok. Dok: caixinglobal.com
TikTok. Dok: caixinglobal.com

Selama pandemi global Covid-19, TikTok memang berkembang pesat. Hal ini terbukti dengan jumlah unduhannya yang terus naik saat masyarakat dunia harus karantina di rumah masing-masing.

Perusahaan analitik Sensor Tower melaporkan, platform video kreatif tersebut telah diunduh lebih dari dua miliar kali secara global.

Mengutip laman Tech Crunch, Kamis (30/4/2020), pada kuartal ini saja, TikTok diunduh 315 juta kali baik di App Store maupun Google Play.

Jumlah unduhan TikTok pada kuartal 1 2020 ini melampaui unduhan WhatsApp yang jumlahnya 250 juta kali.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ledakan Beirut, Warganet Unggah Rasa Duka

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ledakan di Beirut, Lebanon mengagetkan penduduk dunia. Warganet ikut berduka dengan tragedi yang melukai ribuan orang tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan di Beirut Lebanon Jadi Salah Satu Peristiwa Paling Mengerikan bagi Ernest Prakasa

Posted: 04 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial saat ini tengah diramaikan dengan berita-berita ledakan di Beirut Lebanon. Video-video yang merekam detik-detik terjadinya ledakan Beirut Lebanon itu begitu banyak berseliweran di berbagai media sosial.

Dahsyatnya ledakan Beirut Lebanon itu memang begitu menyita perhatian dunia. Bahkan bagi Ernest Prakasa, sebuah video ledakan Beirut Lebanon itu menjadi salah satu peristiwa paling mengerikan yang perah ia saksikan melalui video.

Hal itu disampaikan Ernest Prakasa melalui unggahan di Twitter pada Selasa (5/8/2020). "Dari semua video soal ledakan di #Beirut, ini yang angle-nya paling jelas. Kayanya salah satu peristiwa paling mengerikan yang pernah gw liat di video deh. Serem gila," tulis Ernest Prakasa me-retweet sebuah video ledakan.

 

#PrayForLebanon

Unggahan Ernest Prakasa. (twitter @ernestprakasa)
Unggahan Ernest Prakasa. (twitter @ernestprakasa)

Selain Ernest Prakasa, publik figur Tanah Air lain juga turut memberikan tanggapannya tentang ledakan Beirut Lebanon itu. Di antaranya adalah Teuku Wisnu, Arie Untung, Taqy Malik, hingga Ustaz Yusuf Mansur. Mereka ramai-ramai menggaungkan tagar #prayforLebanon di media sosialnya.

 

Arie Untung

Unggahan Arie Untung. (instagram.com/ariekuntung)
Unggahan Arie Untung. (instagram.com/ariekuntung)

Di Instagramnya, Arie Untung mengunggah beberapa video ledakan yang terjadi di Beirut Lebanon.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kita doakan Semoga masyarakat setempat diberikan ketabahan. Dan kita dihindarkan dari kejadian ini. Setiap video tunggu sampai ledakan "jamur" nya keluar ya. Mengerikan #prayforlebanon," tulis Arie Untung.

 

Teuku Wisnu

Unggahan Teuku Wisnu. (instagram.com/teukuwisnu)
Unggahan Teuku Wisnu. (instagram.com/teukuwisnu)

"Inna lillahi Wa Inna ilaihi Rojiun. Ya Allah lindungi sodara-sodara kami di Lebanon. #lebanon #prayforLebanon," seru Teuku Wisnu.

Taqy Malik

Unggahan Taqy Malik. (instagram.com/taqy_malik)
Unggahan Taqy Malik. (instagram.com/taqy_malik)

Sama seperti yang lainnya, Taqy Malik juga mendoakan para korban yang terdampak ledakan di Beirut Lebanon. 

"Ya Allah, lindungi saudara2 kami yang ada dilebanon 😭 #PrayForLebanon," harap Taqy Malik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Minus 5,3 Persen, Terparah Sejak 1999

Posted: 04 Aug 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 negatif -5,3 persen secara year on year (yoy). Pertumbuhan ekonomi tersebut menjadi yang terendah sejak triwulan I-1999 yang pada saat itu mencapai -6,13 persen.

"Kalau kita lacak pertumbuhan ekonomi secara kuartalan, kontraksi 5,32 persen ini adalah terendah sejak kuartal I pada 1999. Jadi pada pada triwulan I 1999 pada waktu itu mengalami kontraksi sebesar 6,13 persen," ujar Suhariyanto melalui konferensi pers secara daring, Jakarta, Rabu (5/8).

Suhariyanto mengatakan, pihaknya belum akan melakukan revisi data pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini. Hal tersebut nantinya akan dilakukan pada akhir tahun sebagaimana biasanya. "Nggak ada revisi pada kuartal  II. Kalau ada revisi biasanya dilakukan pada akhir tahun," jelasnya.

Dia berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III tahun ini akan membaik seiring dilakukannya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota.

Namun, pertumbuhan ekonomi akan membaik apabila penanganan penyebaran pandemi Virus Corona dilakukan dengan optimal.

"Saya ajak semua membangun optimisme. Sejak adanya relaksasi PSBB di Juni sudah ada geliat dibandingkan apa yang terjadi di Mei meskipun belum normal. Jadi di kuartal III ini kita harus bergandeng tangan dan optimis sehingga ekonomi bergerak dan yang paling penting gerakan protokol kesehatan supaya Covid nya betul betul tidak menyebar kemana-mana," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,32 Persen di Kuartal II-2020, Indonesia di Ambang Resesi

Pemandangan gedung-gedung bertingkat di Ibukota Jakarta, Sabtu (14/1). Hal tersebut tercermin dari perbaikan harga komoditas di pasar global. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pemandangan gedung-gedung bertingkat di Ibukota Jakarta, Sabtu (14/1). Hal tersebut tercermin dari perbaikan harga komoditas di pasar global. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32 persen, di kuartal II 2020 secara tahunan (year on year). Angka ini di atas  atau lebih besar dari prediksi sebelumnya.

Sebelumnya, pemerintah memproyeksi ekonomi Indonesia akan terkontraksi di angka -4,3 persen. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, ekonomi Indonesia juga terkontraksi secara quartal to quartal (q to q) yang sebelumnya 2,97 persen (kuartal I 2020). Pertumbuhan ekonomi di kuartal II minus 4,19 persen.

"Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I 2020 dibandingkan semester I 2019 terkontraksi 1,29 persen," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Dia menjelaskan, pandemi Corona yang melanda Indonesia sejak awal tahun menjadi penyebab utama penurunan pertumbuhan ekonomi ini.

Pandemi Covid-19 telah menciptakan efek domino dari masalah sosial dan ekonomi, dan dampaknya menghantam seluruh lapisan masyarakat mulai dari rumah tangga, UMKM hingga korporasi.

Harga komoditas migas dan hasil tambang di pasar internasional pada kuartal II 2020 secara umum mengalami penurunan baik q to q maupun yoy.

Sementara harga komoditas makanan seperti gandum, minyak kelapa sawit dan kedelai mengalami penurunan q to q, tetapi meningkat secara yoy.

"Di satu sisi negara mengutamakan kesehatan dengan menerapkan lockdown, PSBB dan lainnya, di sisi lain pemerintah juga berupaya agar tingkat ekonomi berjalan. Dan untuk menyeimbangkannya bukan persoalan gampang

Di Bawah Prediksi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal I 2020 Hanya 2,9 Persen

Deretan gedung perkantoran di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Deretan gedung perkantoran di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 hanya 2,97 persen. Pandemi virus corona (Covid-19) jadi penyebab utama pertumbuhan ekonomi negara terkontraksi besar.

Angka tersebut juga jauh di bawah prediksi pemerintah sebelumnya, yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama masih berada pada kisaran 4 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pencapaian tersebut juga mengalami kontraksi baik secara year on year yang sebelumnya sebesar 5,07 persen (kuartal I 2019) dan quartal to quartal (q to q) yang sebelumnya 4,97 persen (kuartal IV 2019).

"Dibanding kuartal IV 2019, pertumbuhan ekonomi indonesia mengalami kontraksi 2,41 persen. Jadi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2020 2,97 persen," jelasnya saat video conference, Selasa (5/5/2020).

"Pergerakan ekonomi q to q juga mengalami perlambatan yang cukup dalam. Kuartal I 2019 masih 5,07 persen. Maka di kuartal I 2020 pertumbuhannya 2,97 persen," dia menambahkan.

Mengacu catatan tersebut, Suhariyanto coba mewajar sebab perekonomian global sejak akhir 2019 lalu memang telah terganggu akibat wabah pandemi Corona.

Begitu juga dengan pergerakan ekonomi nasional, dimana harga komoditas seperti migas dan hasil tambang juga mengalami penurunan.

"Jadi apa yang bisa dilihat adalah semua indikator pertumbuhan ekonomi Indonesia terpengaruh Corona Covid-19," ujar Suhariyanto. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pengemudi Ojol di Kota Tangerang Positif Covid-19

Posted: 04 Aug 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua pengemudi ojek online dinyatakan positif Covid-19 di Kota Tangerang, Banten. Hal tersebut terungkap dari hasil swab test yang dilakukan Pemerintah Provinsi anten terhadap pengemudi ojek daring pada Jumat 17 Juli 2020 lalu.

Dari sekitar 700 pengemudi ojol yang mengikuti tes, terdapat 2 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Keduanya kini telah ditangani Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

"Ada datanya, dari transportasi online, kita memang ada data dua positif dari 700," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Liza Puspadewi, Rabu (5/8/2020).

Liza juga mengatakan, Dinkes telah melakukan berbagai upaya tracking ketika dua pengemudi ojol tersebut dinyatakan positif. Selain langsung diisolasi, pihaknya juga melakukan swab test kepada orang terdekatnya. Beruntung keluarga masing-masing pasien tidak ada yang terpapar Covid-19.

"Kita tracking, kita isolasi, alhamdulilah keluarganya negatif," ungkapnya.

Liza juga menekankan kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan saat akan beraktivitas ke luar rumah. Meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan kelonggaran pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Minimal pakai masker dan cuci tangan. Karena pakai masker itu menurunkan angka penularan sampai ke titik 65 hingga 70 persen," katanya.

Target Uji Puskesmas

Masih menurut Lisa, Pemkot Tangerang juga telah melakukan berbagai upaya dalam menekan angka penularan Covid-19. Salah satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19 yakni dengan cara presing sistem kewaspadaan dini dan respons.

"Jadi Kota Tangerang target swab test itu bisa 50 orang per puskesmas. Karena puskemas harus bisa melindungi masyatakat," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelemahan Sektor Transportasi Paling Dalam, Minus 30,48 Persen

Posted: 04 Aug 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 minus 5,32 persen. Angka ini lebih dalam dibanding perkiraan pemerintah yang ada di kisaran minus 4 persen.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, menurut lapangan usaha, sektor transportasi dan pergudangan mengalami kontraksi paling dalam yaitu minus 30,48 persen.

"Di sana bisa dilihat bahwa kontraksi paling dalam terjadi di sektor transportasi dan pergudangan, dimana terjadi kontraksi 30,48 persen," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Karena mengalami kontraksi yang cukup dalam, sumbangan sektor transportasi dan pergudangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) turun menjadi 3,57 persen (kuartal II 2020) dari 5,57 persen (kuartal II 2019).

Suhariyanto menjelaskan, dari 17 sektor, hanya ada 7 sektor yang masih tumbuh meskipun melambat, kecuali untuk sektor Informasi dan Komunikasi (Infokom).

Pada masa pandemi ini, sektor Infokom tumbuh signifikan sebesar 10,88 persen. Ini terjadi karena selama pandemi terjadi peningkatan belanja iklan televisi dan media digital, peningkatan trafik data penggunaan internet dan peningkatan jumlah pelanggan penyedia jasa internet.

Lanjut Suhariyanto, terdapat 5 sektor yang mempengaruhi struktur pertumbuhan ekonomi Indonesia, yaitu sektor perdagangan yang mengalami minus 7,57 persen, sektor industri yang minus 6,19 persen, sektor konsumsi minus 5,39 persen, dan sektor pertambangan minus 2,72 persen.

"Sementara, hanya 1 yang tumbuh positif yaitu sektor pertanian (tumbuh 2,19 persen), sementara 4 sektor besar lainnya negatif," jelasnya.

Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,32 Persen di Kuartal II-2020, Indonesia di Ambang Resesi

Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (30/7/2019). Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama dengan pemerintah menyetujui target pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran angka 5,2% pada 2019 atau melesat dari target awal 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32 persen, di kuartal II 2020 secara tahunan (year on year). Angka ini di atas  atau lebih besar dari prediksi sebelumnya.

Sebelumnya, pemerintah memproyeksi ekonomi Indonesia akan terkontraksi di angka -4,3 persen. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, ekonomi Indonesia juga terkontraksi secara quartal to quartal (q to q) yang sebelumnya 2,97 persen (kuartal I 2020). Pertumbuhan ekonomi di kuartal II minus 4,19 persen.

"Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I 2020 dibandingkan semester I 2019 terkontraksi 1,29 persen," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Dia menjelaskan, pandemi Corona yang melanda Indonesia sejak awal tahun menjadi penyebab utama penurunan pertumbuhan ekonomi ini.

Pandemi Covid-19 telah menciptakan efek domino dari masalah sosial dan ekonomi, dan dampaknya menghantam seluruh lapisan masyarakat mulai dari rumah tangga, UMKM hingga korporasi.

Harga komoditas migas dan hasil tambang di pasar internasional pada kuartal II 2020 secara umum mengalami penurunan baik q to q maupun yoy.

Sementara harga komoditas makanan seperti gandum, minyak kelapa sawit dan kedelai mengalami penurunan q to q, tetapi meningkat secara yoy.

"Di satu sisi negara mengutamakan kesehatan dengan menerapkan lockdown, PSBB dan lainnya, di sisi lain pemerintah juga berupaya agar tingkat ekonomi berjalan. Dan untuk menyeimbangkannya bukan persoalan gampang. Dan bisa dilihat, banyak negara yang mengalami kontraksi," kata Suhariyanto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditangkap di AS, 2 Buronan Indonesia Indra Budiman dan Sai Ngo dalam Proses Pemulangan

Posted: 04 Aug 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua buronan kelas kakap Indonesia dikabarkan telah ditangkap di Amerika. Beberapa pejabat Indonesia membenarkan laporan penangkapan Indra Budiman dan Sai Ngo.

Langkah yang sedang dilakukan selanjutnya adalah untuk memulangkan keduanya ke Tanah Air. Namun penangkapan yang dilakukan pada tahun 2018 dan 2019 karena masalah keimigrasian, yaitu pelanggaran izin tinggal.

"Pihak KJRI Los Angeles dan KJRI Houston telah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum setempat terkait kedua orang itu," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada VOA Indonesia Selasa malam 4 Agustus 2020.

Diwawancara secara terpisah, Atase Polisi Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC, Ary Laksamana Widjaja mengatakan Indra Budiman dan Sai Ngo "ditangkap oleh petugas imigrasi Amerika [ICE] karena masalah keimigrasian, yaitu overstay, dan saat ini masih dalam proses pengadilan keimigrasian."

Ary menjelaskan bahwa Indra Budiman ditangkap pada tahun 2018 dan saat ini menjalani tahanan luar dan wajib lapor di California. Sementara Sai Ngo ditangkap tahun 2019 dan masih berada dalam tahanan imigrasi di Texas. "Benar bahwa keduanya adalah buronan Indonesia yang ada dalam daftar Interpol Red Notice," tegasnya.

Lebih jauh Ary menggarisbawahi langkah yang sedang dilakukan untuk dapat memulangkan kedua buronan itu ke tanah air. "Kami sedang koordinasikan dengan pihak-pihak terkait di Amerika untuk bisa memulangkah yang bersangkutan ke Amerika. Kami sedang upayakan secara maksimal."

Indra Budiman & Sai Ngo Buron Sejak 2015

Ilustrasi buronan (Unsplash)
Ilustrasi buronan (Unsplash)

Menurut keterangan pers Indonesian Police Watch (IPW), Indra Budiman adalah buronan dalam kasus penipuan dan money laundering terkait penjualan Condotel Swiss-Bell di Kuta Bali. Bersama mitranya, Christopher Andreas Lie, melakukan penipuan dengan membuat perusahaan konsultan properti PT Royal Premier Internasional, yang menjual apartemen dan condotel dengan harga satu miliar rupiah.

Dua belas properti yang dijual, ditawarkan dengan program investasi emas dan asuransi, dengan iming-iming balik modal pada tahun ke sepuluh dan kelima belas. Para nasabah juga dijanjikan "cash back" sebesar dua persen dan hadiah kendaraan mewah.

IPW mengatakan Christopher melakukan kontrak pembelian atas nama korban, namun tidak pernah membayarkan sepenuhnya uang para nasabah. Korban tersebar di Jakarta, Bandung, Bali dan Yogyakarta.

BACA JUGA:Usul Pembentukan Tim Pemburu Koruptor Dinilai Tak PerluChristopher Andreas Lie, telah lebih dulu ditangkap Subdit Fiskal Moneter dan Devisa Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Mei 2015. Sementara Indra Budiman kabur ke Korea Selatan dan kemudian ke Amerika, hingga tertangkap pada tahun 2018. IPW mengatakan kedua laki-laki itu diketahui telah menipu 1.157 orang, dengan total kerugian mencapai 800 miliar rupiah.

Sementara Sai Ngo NG adalah buronan dalam kasus korupsi terkait pengajuan 82 kredit usaha rakyat [KUR] fiktif ke Bank Jatim Cabang Woltermongisidi, Jakarta.

Meski tidak merinci lebih jauh soal badan federal mana dan kapan kedua buronan ini akan dipulangkan, Atase Polisi Ary Laksamana Widjaja mengatakan sedang mengupayakan langkah maksimal dengan semua pihak untuk dapat memulangkan keduanya ke Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Kecelakaan Im Seulong 2AM yang Tewaskan Pejalan Kaki

Posted: 04 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Salah satu personel 2AM, Im Seulong, terlibat dalam sebuah kecelakaan lalu lintas pada 1 Agustus lalu. Namun kabar mengenai kejadian ini baru terungkap pada Selasa (4/8/2020) kemarin.

Karena kecelakaan ini, seorang pejalan kaki tewas. Dilansir dari Soompi, polisi telah mengonfirmasi terjadinya kecelakaan ini. Saat kejadian, Im Seulong dipastikan tidak dalam keadaan mabuk.

Insiden ini terjadi sekitar tengah malam. Berdasarkan laporan Kantor Polisi Seobu Seoul, Im Seulong mengendarai mobil SUV miliknya di Jalan Eunpyeong, Seoul, pada pukul 11:50 malam. Saat itu tengah hujan lebat.

 

Lampu Penyeberangan Masih Merah

Im Seulong (Instagram/ lsod.d)
Im Seulong (Instagram/ lsod.d)

Mendadak seseorang menyeberang jalan, meski lampu tanda penyeberangan untuk pejalan kaki masih merah. Alhasil, ia tertabrak oleh mobil yang dikendarai Im Seulong.

Agensi sang penyanyi menyatakan Im Seulong melakukan langkah-langkah yang seharusnya setelah kecelakaan ini terjadi.

"Tepat setelah kecelakaan, Im Seulong langsung melakukan tindakan darurat, tapi korban meninggal dunia saat dibawa ke rumah sakit," tutur perwakilan dari Jellyfish Entertainment.

Pejalan Kaki Melanggar

Im Seulong juga menjalani pemeriksaan oleh kepolisian atas kejadian ini.

"Kami dalam proses menginvestigasi kecelakaannya. Benar bahwa korban yang meninggal tertabrak mobil Im Seulong saat ia sedang menyeberang dengan melanggar aturan. Namun, kami masih menyelidiki situasinya dengan detail, apakah Im Seulong melanggar UU Lalu Lintas," tutur perwakilan polisi.

 

Akan Dipanggil Lagi

Aktor Personal Taste ini kabarnya juga akan kembali dipanggil untuk pemeriksaan lanjutan.

"Im Seulong tidak berkendara dalam keadaan mabuk, tapi kami masih menyelidiki kemungkinan lain, seperti mengebut. Tapi, sulit bagi kami untuk mengucapkan apa pun saat ini, karena investigasi masih berjalan," perwakilan kepolisian menambahkan.

 

Ucapan Belasungkawa

Sementara itu pihak agensi Im Seulong mengutarakan belasungkawa atas meninggalnya korban kecelakaan ini. 

"Kami mengerti dalamnya rasa duka keluarga korban, dan kami secara tulus ingin memohon maaf kepada mereka. Sekali lagi, semoga korban beristirahat dengan tenang, dan kami mengirim belasungkawa kepada keluarganya," tutur perwakilan agensi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Peringkat 103 dari 215 Negara dengan Rasio Jumlah Kasus Kematian Covid-19

Posted: 04 Aug 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengungkapkan Indonesa menduduki ranking ke-103 dari 215 negara di dunia dengan rasio jumlah kasus kematian Covid-19 per satu juta penduduk.

"Kita ini peringkat 103 dari 215 negara yang ada di dunia," ujarnya dalam Talk Show Covid-19 Dalam Angka di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (5/8/2020).

Posisi Indonesia jauh lebih baik dari Amerika Serikat. Angka kematian Covid-19 di Indonesia sebesar 19,38 persen per satu juta penduduk.

Namun jika berada dalam lingkaran Asia, Indonesia ada di peringkat ke-10 dari 48 negara. Indonesia jauh lebih baik dari Iran dengan 207,22 persen dan India 28,22 persen per satu juta penduduk.

 

China dan Filipina Lebih Baik

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Sementara rasio kasus kematian Covid-19 di China dan Filipina lebih baik daripada Indonesia. China tercatat sebanyak 3,25 persen dan Filipina 19,2 persen per satu juta penduduk.

"Posisi Indonesia tidak bagus-bagus amat tapi tetap ada PR untuk menurunkan angka kematian kita," ucap dia.

Menurut Dewi banyak tantangan yang dihadapi Indonesia untuk menekan kasus kematian Covid-19. Salah satunya ketersediaan rumah sakit yang minim sementara jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270 juta jiwa.

"Tantangan kita rumah sakit harus sesuai juga dengan jumlah penduduk," kata dia mengakhiri.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Pengantin Wanita Foto Pernikahan Sesaat Sebelum Ledakan di Beirut

Posted: 04 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar terjadinya ledakan di Beirut, Lebanon menggemparkan seluruh masyarakat dunia. Tagar #PrayForLebanon pun menjadi trending di media sosial. Ledakan yang terjadi pada Selasa petang (4/8/2020) ini memperlihatkan betapa dashyatnya kerusakan yang ditimbulkan. Ledakan yang terjadi tersebut tentunya membuat seluruh masyarakat dunia khawatir akan keadaan terkini di Lebanon.

Ledakan tersebut tentunya tak hanya mengagetkan seluruh masyarakat dunia, khusunya masyarakat di Beirut Lebanon. Pasalnya tak hanya ledakan yang terjadi, ledakan di Beirut Lebanon dilaporkan menghasilkan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan magnitudo 3,3 SR.

Saat terjadi ledakan tersebut, tentunya masyarakat Lebanon sedang menjalani aktivitas tanpa mengetahui akan terjadi ledakan yang merenggut banyak nyawa tersebut. Dalam video berdurasi 19 detik yang diunggah oleh pemilik akun Twitter @SandhookAwaken1 terlihat seorang pengantin wanita sedang mengambil foto pernikahan saat sebelum ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon.

Video berdurasi 19 detik tersebut telah dilihat oleh lebih 1,5 juta pengguna Twitter dan memunculkan banyak respon warganet. Kesedihan tak hanya menyelimuti masyarakat Lebanon dan sekitarnya, namun juga seluruh masyarakat dunia yang tentunya dapat merasakan apa yang kini sedang dirasakan masyarakat Lebanon.

Pengantin Wanita Mengambil Foto Pernikahan Sesaat Sebelum Ledakan

Dalam video yang diunggah di akun Twitter milik @SandhookAwaken1 terlihat seorang pengantin wanita sedang mengambil foto pernikahan, beberapa saat sebelum terjadinya ledakan. Video yang baru diunggah selama 1 jam ini sudah ditonton lebih dari 1,5 juta pengguna Twitter.

Ledakan yang cukup besar tentunya membuat banyak korban jiwa yang berjatuhan. Setelah terjadinya ledakan tersebut, semua orang yang terlibat dalam pengambilan foto tersebut kemudian menyelamatkan diri. Dalam video tersebut, pengantin wanita ini terlihat seakan tersapu dan terbawa angin lantaran ledakan yang terjadi sangat besar.

Saat terjadinya ledakan ini, beberapa sudut lokasi tersebut hancur dan tembok terlihat retak. Dari ledakan dahsyat tersebut terdengar dan terasa hingga Siprus. Adapun jarak antara Beirut dengan Siprus adalah lebih dari 200 km (180 mil) jauhnya. Radius 200 km yang terasa hingga Siprus ini membuktikan betapa dahsyatnya ledakan di Beirut.

Ledakan di Beirut ini memakan banyak korban. Kabar terbaru dikutip dari AFP, menyampaikan hingga kini ada 73 korban meninggal dunia dan 3.700 korban luka-luka. Banyaknya korban berjatuhan ini menjadi bukti ledakan tersebut begitu dahsyat.

Komentar Warganet

Pengantin Wanita Ini Sedang Mengambil Foto Pernikahan saat Sebelum Ledakan. (Sumber: Twitter/@SandhookAwaken1)
Pengantin Wanita Ini Sedang Mengambil Foto Pernikahan saat Sebelum Ledakan. (Sumber: Twitter/@SandhookAwaken1)

Video berdurasi 19 detik yang telah ditonton lebih dari 1,5 juta pengguna Twitter ini tentunya memunculkan banyak komentar dari warganet. Kesedihan yang menyelimuti Beirut, Lebanon saat ini tentunya membuat seluruh masyarakat dunia juga merasakan kesedihan tersebut.

Dalam beberapa komentar, banyak warganet yang meramaikan tagar #PrarForLebanon untuk mengajak seluruh masyarakat dunia mendoakana keadaan Lebanon saat ini.

Video yang diunggah oleh pemilik akun @SandhookAwaken1 ini di dibagikan kembali dan dikomentari oleh hampir 1.000 pengguna Twitter.

"yuk banyak2 berdoa, doakan juga saudara kita yang terkena musibah disana #prayforlebanon" tulis pemilik akun @hyetaengguk.

"2020 knpasih?" komentar @najwardna disertai dengan emotikon nangis.

"Yaa Allah ga kebayang rasanya gimana" tambah pemilik akun @juliasfr_w disertai dengan emotikon nangis.

"So that was was supposed to be her best day ever but the explosion happened and will remains in her memory forever :"( i feel sorry for her. #PrayForBeirut" tulis @Audindaau.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis SCTV Series Magic Tumbler Season 3: Jonny Minta Maaf pada Rendy, Episode Rabu 5 Agustus 2020

Posted: 04 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Magic Tumbler Season 3 makin seru. Ternyata Ronald nggak tau apa-apa soal Olive hilang. Bahkan Ronald juga panik dan langsung tancap gas mencari Olive. Rendy makin kesal sama Ronald, memang siapa dia mau cari Olive juga?!.. Biar nggak kalah sama Ronald, Jonny menyihir sebuah motor buat Rendy. Rendy lalu tancap gas mengejar Ronald.

Masih berlanjut, Magic Tumbler Season 3 juga bercerita Rendy berhasil menyalip motornya Ronald, tapi tiba-tiba mesin motor Rendy berhenti dan mati alias mogok. Jonny muncul, minta maaf sama Rendy karena kekuatannya lagi tiris, jadi bensin motor ikutan tiris. Rendy jadi tengsin sama Ronald, tapi demi Olive, Rendy buang rasa gengsinya, Rendy mau pinjam motor Ronald. Ronald ijinin Rendy pinjam motornya tapi tetap dia yang bawa, soalnya Ronald mau nyari Olive juga. Mau tak mau Rendy ikut dibonceng Ronald.

Akhirnya Olive ditemukan  di tempat sepi, lagi nangkring di atas pohon. Olive ketakutan dan bingung nggak bisa turun. Rendy suruh Olive lompat, Rendy lalu peluk Olive saat mendarat di pelukannya. Disitu Ronald merasa hatinya cemburu. Ronald coba tepis perasaan itu karna dia memang nggak ada niat buat pacarin Olive, tapi anehnya semakin Ronald menghindari perasaan itu, semakin dia kepikiran terus sama Olive.

Jonny dan Rendy penasaran, kenapa Olive bisa hilang dan malah ada di atas pohon. Ternyata itu perbuatan Panji, kata Olive saat dia lagi jualan tiba-tiba tubuhnya menghilang, padahal Olive lagi melayani pembeli, dan setelah itu Olive nggak ingat apa-apa lagi.

Apa yang terjadi selanjutnya di Magic Tumbler Season 3?

Di Meja Makan

Adegan miniseri Magic Tumbler Season 3 episode perdana Sabtu, 1 Agustus 2020 dalam rangka 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV ke-30 (dok Starvision)
Adegan miniseri Magic Tumbler Season 3 episode perdana Sabtu, 1 Agustus 2020 dalam rangka 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV ke-30 (dok Starvision)

Sejak itu Olive makin nggak percaya diri bertemu orang, dia takut tiba-tiba menghilang lagi. Tapi Olive tetap jualan gado-gado keliling buat bantu Enyaknya. Jonny masih setia temani Olive jualan keliling, tapi Rendy sekarang sudah jarang temani Olive, soalnya Nadine ngadu ke Bu Rima Rendy sering bolos kuliah karena temani Olive jualan. Bahkan Nadine ngarang cerita jelek-jelekin Olive, Bu Rima mulai termakan omongan Nadine, makanya Bu Rima dengan tegas suruh Rendy berhenti nemenin Olive jualan dan fokus kuliah.

Olive jadi suka galau saat sedang jualan sama Jonny. Jonny tahu Olive begitu karena lagi kangen sama Rendy. Jonny lalu mengubah dirinya jadi Rendy dan gantikan Rendy kuliah di kelas, sementara Rendy yang asli temani Olive jualan. Tapi Nadine dan teman-teman lain jadi bingung karena suara dan logat bicara Rendy lain (jadi logatnya Jonny).

Hari itu Olive nggak bisa nolak ajakan Rendy untuk makan siang bersama mama papa di rumahnya, Olive takut Panji bikin ulah lagi, apalagi Olive tahu sekarang Mamanya Rendy mulai ada jarak dengannya (gara-gara hasutan Nadine). Yang ditakutkan Olive terjadi, saat Olive lagi makan Panji bikin ulah, membuat Olive makan lahap banget, bahkan sampai menghabiskan semua makanan di meja makan.

Kucing Kampung

Adegan miniseri Magic Tumbler Season 3 episode perdana Sabtu, 1 Agustus 2020 dalam rangka 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV ke-30 (dok Starvision)
Adegan miniseri Magic Tumbler Season 3 episode perdana Sabtu, 1 Agustus 2020 dalam rangka 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV ke-30 (dok Starvision)

Olive jadi malu banget, apalagi Panji tiba-tiba muncul duduk di salah satu kursi. Secara refleks Olive melempar gelas ke arah Panji. Bu Rima dan Pak Ferdy syok melihat sikap Olive. Olive langsung lari pulang, tapi dia berpapasan sama Ronald yang pulang mau ambil sesuatu di kamarnya. Di situlah Olive baru tahu Ronald adalah kakak kandung Rendy.

Olive makin jaga jarak sama Ronald supaya Rendy nggak ribut terus sama kakaknya gara-gara dia. Tapi semakin dijauhi, Ronald semakin agresif mendekati Olive. Bahkan Ronald sekarang ngontrak di sekitar rumahnya Olive.

Rendy kesal banget pas tau hal itu, tapi kalau mau ngusir Ronald pakai otot pasti dia kalah, makanya Rendy minta tolong Jonny bikin Ronald nggak betah tinggal di kampung situ. Jonny ngajak Jenny nakut-nakutin Ronald, tapi ternyata nggak berhasil, Ronald nggak takut sedikit pun, malahan Jonny yang ketakutan gara-gara Ronald ternyata suka main-main sama kucing kampung.

 

Tersenyum Menang

Adegan miniseri Magic Tumbler Season 3 episode perdana Sabtu, 1 Agustus 2020 dalam rangka 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV ke-30 (dok Starvision)
Adegan miniseri Magic Tumbler Season 3 episode perdana Sabtu, 1 Agustus 2020 dalam rangka 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV ke-30 (dok Starvision)

Olive putuskan untuk menunda rencana pernikahan dengan Rendy sampai Panji keluar dari tubuhnya. Tapi kapan itu Olive juga nggak tahu, sementara dia harus berpacu dengan waktu yang makin mepet. Rendy jadi galau..

Di saat Rendy galau, Nadine manfaatin kesempatan itu untuk mendekatinya. Rendy masih nggak sadar karna menganggap Nadine itu sahabatnya. Tapi Nadine sengaja nyuruh Tania ngadu sama Olive soal kedekatan Rendy dan Nadine. Olive yang lagi sensi jadi termakan omongan Tania.

Olive lalu mencari Rendy, ternyata Rendy lagi sama Nadine. Tiba-tiba Olive kambuh, bawaannya mau melempar Rendy dan Nadine pakai sepatunya(sepatu pemberian Rendy), tapi Olive berusaha nahan sehingga Olive malah jatuh pingsan. Rendy langsung membopong Olive dari situ. Saat itulah tumbler tas Olive jatuh. Nadine membuka tas itu, berharap ada tumbler Olive di dalamnya. Dan ternyata ada, Nadine tersenyum menang, berhasil mendapatkan tumbler itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pandangan Udara Pelabuhan Beirut Usai Diguncang Dua Ledakan

Posted: 04 Aug 2020 10:15 PM PDT

Gambar drone menunjukkan asap dari tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan terjadi di area pelabuhan, di tempat penyimpanan bahan peledak, amonium nitrat.  (AP Photo/Hussein Malla)
Gambar drone menunjukkan asap dari tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan terjadi di area pelabuhan, di tempat penyimpanan bahan peledak, amonium nitrat. (AP Photo/Hussein Malla)

Gambar drone menunjukkan asap dari tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan terjadi di area pelabuhan, di tempat penyimpanan bahan peledak, amonium nitrat. (AP Photo/Hussein Malla)

Dalam gambar drone ini, silo yang hancur berada di antara puing-puing setelah ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan di antara warganya. (AP Photo/Hussein Malla)
Dalam gambar drone ini, silo yang hancur berada di antara puing-puing setelah ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan di antara warganya. (AP Photo/Hussein Malla)

Dalam gambar drone ini, silo yang hancur berada di antara puing-puing setelah ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan di antara warganya. (AP Photo/Hussein Malla)

Gambar drone memperlihatkan tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan dahsyat yang terjadi pada Selasa, 4 Agustus 2020, tersebut sejauh ini menewaskan 78 orang dan dan lebih dari 4.000 lainnya terluka. (AP Photo/Hussein Malla)
Gambar drone memperlihatkan tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan dahsyat yang terjadi pada Selasa, 4 Agustus 2020, tersebut sejauh ini menewaskan 78 orang dan dan lebih dari 4.000 lainnya terluka. (AP Photo/Hussein Malla)

Gambar drone memperlihatkan tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan dahsyat yang terjadi pada Selasa, 4 Agustus 2020, tersebut sejauh ini menewaskan 78 orang dan dan lebih dari 4.000 lainnya terluka. (AP Photo/Hussein Malla)

Gambar drone memperlihatkan tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan terjadi di area pelabuhan, di tempat penyimpanan bahan peledak, amonium nitrat.  (AP Photo/Hussein Malla)
Gambar drone memperlihatkan tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan terjadi di area pelabuhan, di tempat penyimpanan bahan peledak, amonium nitrat. (AP Photo/Hussein Malla)

Gambar drone memperlihatkan tempat ledakan yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan terjadi di area pelabuhan, di tempat penyimpanan bahan peledak, amonium nitrat. (AP Photo/Hussein Malla)

Dalam gambar drone ini, silo yang hancur berada di antara puing-puing setelah ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan di antara warganya. (AP Photo/Hussein Malla)
Dalam gambar drone ini, silo yang hancur berada di antara puing-puing setelah ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan di antara warganya. (AP Photo/Hussein Malla)

Dalam gambar drone ini, silo yang hancur berada di antara puing-puing setelah ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan di antara warganya. (AP Photo/Hussein Malla)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Target ke Terawan, Jokowi: Angka Stunting Harus Turun Jadi 14 Persen di 2024

Posted: 04 Aug 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui angka prevalensi stunting di Indonesia memang mengalami penurunan. Dalam 6 tahun terkahir, Jokowi menyebut angka stunting yang diakibatkan gizi buruk turun 9,4 persen.

"Dari data yang saya miliki, ada perbaikan prevalensi stunting dari 37 persen di 2013 menjadi 27,6 persen di 2019," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Rabu (5/8/2020).

"Ada penurunan yang cukup lumayan, tapi saya kira ini tidak cukup. Kita harus menurunkan lebih cepat lagi," sambungnya.

Jokowi ingin angka stunting di Indonesia bisa turun hingga dibawah 20 persen. Dia pun memberi target ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada 2024.

"Target kita sesuai yang saya sampaikan, saya berikan kepada Menteri Kesehatan di 2024 kita harus bisa turun menjadi 14 persen," katanya.

Dia pun meminta jajarannya fokus di sepuluh provinsi dengan angka stunting tertinggi. Adapun 10 provinsi yang dimaksud Jokowi antara lain, NTT, Sulawesi Barat, NTB, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Cegah Stunting di Posyandu

Selain itu, Jokowi mengingatkan agar upaya pencegahan stunting di posyandu dan puskesmas tidak berhenti meski di tengah pandemi Covid-19. Dia juga ingin agar penurunan angka stunting disambungkan dengan program perlindungan sosial pemerintah.

"Dalam rangka penurunan angka stunting, juga kita sambungkan dengan program perlindungan sosial kita. Terutama PKH, kemudian pembagian BPNT, dan pembangunan infrastruktur dasar yang menjangkau keluarga-keluarga yang tidak mampu," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Pilkada Ditunda, PDIP Sebut Legalitas Kepala Daerah Dibutuhkan Saat Pandemi

Posted: 04 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai situasi Covid-19 justru membuat Pilkada 2020 tidak seharusnya ditunda. Jika ditunda bakal menciptakan resiko politik baru. Karena perlu legalitas pimpinan daerah dalam menghadapi krisis kesehatan.

Dia mengatakan, jika Pilkada ditunda kepala daerah yang masa tugasnya habis pada Februari 2021 harus digantikan oleh pelaksana tugas (Plt). Karena dijabat oleh plt, pejabat itu tak punya kewenangan penuh membuat kebijakan strategis saat pandemi.

"Sehingga justru ketika pilkada bisa dijalankan on schedule yaitu pada tanggal 9 Desember itu, menunjukkan bahwa nantinya itu terkait dengan periodesasi masa jabatan yang akan berakhir pada bulan Februari. Sehingga rakyat juga mendapat kepastian legalitas pemimpin yang nanti akan dihasilkan dari Pilkada ini," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/8/2020).

Karena itu juga, Hasto mengungkapkan, Pilkada serentak ini bakal dipengaruhi pandemi. Rakyat akan menilai calon kepala daerah menghadapi pandemi sebagai faktor utama menentukan calon kepala daerah.

"Justru dalam kampanye itu kami meyakini rakyat akan bertanya bagaimana komitmen calon di dalam mengatasi pandemi di dalam membangun suatu imunitas dari setiap warga negara. sehingga kita bisa mengatasi secara bersama-sama," ujarnya.

"Justru dibalik krisis, sekali lagi kami meyakini akan muncul pemimpin yang punya komitmen yang sangat kuat untuk bersama-sama dengan rakyat mengatasi pandemi tersebut," lanjut Hasto.

Kampanye Virtual

Mengenai wacana kampanye virtual, PDIP tidak khawatir. Menurut Hasto, pihaknya sudah terbiasa menjalani rapat virtual di saat pandemi.

"Terkait kampanye virtual, selama masa pandemi saja, itu kami sudah mengadakan rapat partai sudah 69 kali. Sebagian besar menggunakan virtual. Sehingga PDI Perjuangan telah mengupgrade kemampuan sumber daya internalnya, sehingga terkait kampanye virtual itu kami siap untuk menjalankannya," terangnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, calon kepala daerah yang ditetapkan PDIP wajib bergerak gotong royong untuk memenangkan Pilkada.

"Karena itulah mereka yang sudah ditetapkan PDI Perjuangan sebagai petugas partai di pilkada, wajib hukumnya bagi seluruh simpatisan, anggota, untuk memberikan dukungan bergerak bersama dengan penuh disiplin dan juga dipimpin oleh ideologi," tutup Hasto.

Reporter : Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Sakskan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan Mudik Lebaran Bikin Industri Penerbangan Terpukul hingga Minus 80 Persen

Posted: 04 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, pandemi Virus Corona membawa dampak negatif luar biasa pada transportasi. Sektor penerbangan bahkan harus mengalami kontraksi hingga 80,23 persen akibat adanya larangan mudik Idul Fitri untuk menekan penyebaran pandemi.

"Moda angkutan yang paling terpukul adalah angkutan udara. Di mana angkutan udara pada triwulan II mengalami kontraksi sangat dalam yaitu 80,23 persen," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers secara daring, Jakarta, Rabu (5/8).

"Sektor transportasi terdampak luar biasa. Adanya imbauan untuk melakukan work from home, study from home sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19 berdampak besar pada sektor transportasi," sambungnya.

Larangan mudik pada sektor penerbangan menyebabkan penurunan aktivitas pada kargo dan pergudangan. Kedua aktivitas penting tersebut mengalami kontraksi hingga 30,80 persen.

"Kemudian pada Idul Fitri ini juga tidak ada mudik, ada penurunan aktivitas kargo sehingga aktivitas kargo dan pergudangan yang kontraksinya paling dalam yaitu 30,80 persen," paparnya.

Sektor Transportrasi Lain

Penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain penerbangan, sektor transportasi lainnya yang mengalami kontraksi paling dalam adalah moda angkutan rel. Moda angkutan rel mengalami kontrakasi sebesar -63,75 persen.

"Kemudian diikuti angkutan rel yang mengalami kontraksi hingga -63,75 persen. Jadi kontraksi terjadi pada semua moda transportasi. Sehingga sektor transportasi secara keseluruhan terkontraksi 30,84 persen," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Syarat dari Menhub Agar Industri Transportasi Bisa Kembali Bangkit

Ilustrasi pesawat terbang lepas landas dari bandara.
Ilustrasi pesawat terbang lepas landas dari bandara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya penerapan disiplin protokol kesehatan agar industri transportasi dapat kembali bangkit.

Dirinya berujar, sektor transportasi mengalami penurunan 30 persen hingga 70 persen akibat dampak pandemi ini.

Oleh karenanya, operasional transportasi baik darat, laut maupun udara harus dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat agar pandemi tidak semakin mewabah, sehingga masyarakat bisa merasa aman kembali saat menggunakan transportasi umum

"Kita tahu, transportasi adalah darahnya ekonomi. Ekonomi sekarang terkoreksi karena (pergerakan) transportasi menurun," ujarnya dalam pembukaan webinar, Rabu (22/7/2020).

Menhub mencontohkan beberapa kasus industri aviasi yang terdampak pandemi seperti Air France, Virgin Australia hingga Thai Airways. Situasi global yang sedang tidak menguntungkan bisa sangat mempengaruhi industri nasional jika penerapan protokol kesehatan tidak dimaksimalkan.

Dirinya juga menekankan pentingnya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk merumuskan kebijakan beriringan dengan penerapan protokol kesehatan. Namun, kebijakan juga tidak boleh terlalu progresif.

"Kita nggak boleh terlalu optimis membuat prediksi terlalu dini, nggak boleh progresif, tapi kita harus terukur," ujarnya. 

Protokol Kesehatan

Sejumlah calon penumpang pesawat menggunakan alat pelindung diri (APD) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Senin (11/5/2020). Calon penumpang menggunakan APD untuk melindungi diri dari penularan virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah calon penumpang pesawat menggunakan alat pelindung diri (APD) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Senin (11/5/2020). Calon penumpang menggunakan APD untuk melindungi diri dari penularan virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adaptasi baru harus benar-benar dipahami sebagai kegiatan normal baru yang menyisipkan kegiatan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

"Adaptasi baru itu bagus. Dengan berdamai dengan Covid-19, kita bisa menjalankan adaptasi baru dengan baik," tuturnya.

Jika protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin, diharapkan pergerakan transportasi akan semakin optimal dan pertumbuhan ekonomi juga akan berangsur membaik. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru Besar UGM Cornelis Lay Meninggal Dunia

Posted: 04 Aug 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Cornelis Lay, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) meninggal dunia, pada Rabu (5/8/2020) pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Dekan Fisipol UGM Erwan Agus Purwanto mengatakan, mendiang akan dikebumikan di pemakaman keluarga besar UGM Sawitsari, Condongcatur, Depok, Sleman pada Kamis besok (6/8/2020).

"Pemakaman akan dilakukan besok karena masih menunggu keluarga besar dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Saat ini masih disemayamkan di Panti Rapih," kata Erwan.

Menurut Erwan, Cornelis yang tutup usia pada usia 61 tahun ini merupakan sosok guru besar dengan filosofi mengajar yang luar biasa sehingga dicintai para mahasiswanya.

"Beliau selalu menyampaikan bahwa para mahasiswa Fisipol berhak mendapatkan ilmu terbaik dari guru-gurunya, sehingga para dosen diharapkan kalau kuliah menyiapkan materi dan menyampaikan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Di mata para koleganya, kata Erwan, Cornelis dipandang sebagai sosok yang murah hati yang selalu menyempatkan memberikan komentar terhadap tulisan-tulisan para koleganya.

Menurut Erwan, Cornelis Lay yang dikenal sebagai pakar politik dan pemerintahan UGM ini tak bosan mengingatkan kepada koleganya agar memperbanyak menulis di jurnal internasional.

Tak hanya di lingkungan kampus, lanjut Erwan, Cornelis yang dikenal sebagai politisi senior PDIP ini juga mengimplementasikan ilmunya di bidang politik nasional. Cornelis sempat dipercaya menjadi ketua Tim Ahli dan Pakar Politik Tim Pemenangan dan Perumus Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 2014.

Ia juga pernah mendapatkan amanah menyusun teks pidato kenegaraan Presiden Jokowi saat pelantikan pada 20 Oktober 2014.

"Saya kira beliau aktif bergiat di politik praktis adalah untuk mempraktikkan ilmunya," kata dia.

Namun selama lima tahun terakhir, kata Erwan, Cornelis lebih banyak menghabiskan waktunya di Yogyakarta karena harus menjalani perawatan rutin akibat penyakit jantung yang diderita.

Meski harus keluar masuk rumah sakit, menurut dia, Cornelis Lay masih aktif di kampus untuk memberikan kuliah bertemu para mahasiswanya. "Beliau meskipun sakit tetapi tetap merasa sehat, beliau memang pekerja keras," kata Erwan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Ledakan Besar di Beirut Lebanon

Posted: 04 Aug 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah ledakan besar terjadi Selasa, 4 Agustus 2020 di Beirut, ibu kota Lebanon. Belakangan diketahui, peristiwa itu terjadi karena ledakan bahan kimia di gudang penyimpanan di pelabuhan.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan ledakan besar berbentuk seperti jamur besar dan menghancurkan bangunan.

Ledakan tersebut terjadi menjelang putusan dalam persidangan atas pembunuhan mantan PM Rafik Hariri pada 2005.

Ledakan menghancurkan gedung-gedung yang jaraknya beberapa ratus kaki dari pusat ledakan yang diduga di pelabuhan.

Puluhan orang yang terluka langsung dibawa ke Rumah Sakit St Joseph yang jaraknya kurang dari 2 kilometer dari pusat ledakan. Namun, rumah sakit tersebut ikut hancur.

"Mereka membawa orang ke rumah sakit tetapi kami tidak bisa mengobatinya," kata seorang dokter di rumah sakit tersebut, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa, 4 Agustus 2020.

Berikut deretan fakta ledakan besar yang terjadi di Beirut, ibu kota Lebanon dihimpun Liputan6.com:

 

Ledakan Hancurkan Bangunan dan Rumah Sakit

Kondisi bangunan setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Ledakan besar tersebut menewaskan sedikitnya 10 orang.  (AFP Photo/Anwar Amro)
Kondisi bangunan setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Ledakan besar tersebut menewaskan sedikitnya 10 orang. (AFP Photo/Anwar Amro)

Sebuah ledakan besar pada Selasa, 4 Agustus 2020 memporak porandakan pusat Kota Beirut, Lebanon.

Ledakan tersebut menghancurkan gedung-gedung yang jaraknya beberapa ratus kaki dari pusat ledakan yang diduga di pelabuhan.

Puluhan orang yang terluka langsung dibawa ke Rumah Sakit St Joseph yang jaraknya kurang dari 2 kilometer dari pusat ledakan. Namun, rumah sakit tersebut ikut hancur.

"Mereka membawa orang ke rumah sakit tetapi kami tidak bisa mengobatinya," kata seorang dokter di rumah sakit tersebut, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa, 4 Agustus 2020.

Akibatnya, korban terluka terlantar di luar rumah sakit.

"Mereka meninggalkan mereka di luar di jalan. Rumah sakit rusak, UGD rusak," kata dokter tersebut.

Seorang saksi mata lain yang melewati pelabuhan di Beirut mengatakan bahwa dia pertama kali melihat api dari jendelanya dan kemudian merasakan ledakan besar yang seolah mengangkat jalan raya.

Awan asap besar dapat terlihat dari seluruh kota dan saksi mengatakan ada laporan kebakaran dan beberapa ledakan kecil di pelabuhan yang mendahului ledakan besar setelah pukul 18.00 waku setempat.

Gambar-gambar dari dalam pelabuhan Beirut yang disiarkan di TV Lebanon menunjukkan bangunan-bangunan hancur berkeping, kontainer pengiriman melayang di udara dan beberapa gedung kebakaran.

 

Asal Ledakan

Suasana setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020).  Dua ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon, Beirut, melukai puluhan orang, menghancurkan bangunan dan mengirimkan asap besar mengepul ke langit. (AFP Photo/Layal Abou Rahal)
Suasana setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Dua ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon, Beirut, melukai puluhan orang, menghancurkan bangunan dan mengirimkan asap besar mengepul ke langit. (AFP Photo/Layal Abou Rahal)

Kepala Keamanan Umum Lebanon Abbas Ibrahim mengungkap pemicu ledakan dahsyat yang menewaskan 73 orang dan melukai 3.700 warga itu.

Berdasarkan hasil investigasi, ungkap Ibrahim, ledakan itu berasal dari 2.700 ton amonium nitrat. Bahan kimia tersebut disimpan di pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika, seperti dikutip dari Aljazeera, Rabu, (5/8/2020).

Hasil investigasi tersebut telah dilaporkan Ibrahim kepada Dewan Pertahanan Tinggi Lebanon yang berisi presiden dan semua lembaga keamanan utama negara.

Otoritas Lebanon berjanji akan memberi hukuman paling berat ke pihak yang bertanggung jawab.

 

Kronologi Ledakan

Kondisi bangunan setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Saksi mata melihat banyak orang terluka oleh kaca terbang dan puing-puing akibat ledakan besar tersebut. (AP Photo/Hassan Ammar)
Kondisi bangunan setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Saksi mata melihat banyak orang terluka oleh kaca terbang dan puing-puing akibat ledakan besar tersebut. (AP Photo/Hassan Ammar)

Ledakan di Beirut, Lebanon menjadi sorotan dunia. Peristiwa itu terjadi karena ledakan bahan kimia di gudang penyimpanan di pelabuhan.

1. Kebakaran pada Selasa Petang

Peristiwa ledakan di Beirut, Lebanon, terjadi pada Selasa 4 Agustus petang waktu setempat. Kantor berita National News Agency melaporkan kebakaran di gedung penyimpanan pada pukul 7 malam.

Pada berita itu tertulis bahwa gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut kebakaran dan memicu ledakan.

2. Terjadi Ledakan Besar

Awalnya kebakaran terjadi di sekitar gudang itu. Beberapa orang juga sempat merekam asap yang membumbung tinggi.

Tiba-tiba, ledakan yang lebih besar terjadi. Kepulan asap secara cepat menyebar ke jalanan dan gedung-gedung di sekitar area ledakan.

3. Korban Terus Bertambah

Evakuasi dilakukan petugas kesehatan bersama warga. Jumlah korban ledakan di Beirut Lebanon masih terus bertambah dan AFP melaporkan setidaknya sudah ada 73 orang meninggal dunia dan 3.700 luka-luka.

 

Korban Ledakan Semakin Bertambah

Proses evakuasi korban ledakan di Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 (AP Photo/Hassan Ammar)
Proses evakuasi korban ledakan di Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 (AP Photo/Hassan Ammar)

Ledakan di Beirut, Lebanon, masih terus mencatat korban jiwa baru. Puluhan orang meninggal dan hampir lima ribu orang luka.

Berdasarkan laporan AFP, Kementerian Kesehan Lebanon menyatakan 73 orang meninggal dunia dan 3.700 luka-luka.

Jumlahnya terus naik dari yang sebelumnya dilaporkan 10 orang meninggal, kemudian 50 meninggal dunia akibat ledakan di ibu kota Beirut Lebanon.

 

Ledakan Seperti Bom Nuklir, Kerusakan Bak Zona Perang

Petugas memadamkan api setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020).  Dua ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon, Beirut, melukai puluhan orang, menghancurkan gedung-gedung dan mengirimkan asap besar mengepul ke langit. (AFP/STR)
Petugas memadamkan api setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Dua ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon, Beirut, melukai puluhan orang, menghancurkan gedung-gedung dan mengirimkan asap besar mengepul ke langit. (AFP/STR)

Ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 sore setelah pukul 18.00 waktu setempat. Ribuan orang dilaporkan terluka akibat peristiwa tersebut.

Jumlah korban ledakan Beirut, Lebanon dilaporkan terus bertambah, dari 10 menjadi 50 dan kabar lain menyebut naik menjadi 73 orang. Mereka yang terluka, dilaporkan lebih dari 2.700.

Mengutip Sky News, Rabu (5/8/2020), para saksi mata mengatakan sejumlah orang terluka selama kehancuran yang meluas di seluruh kota. Ada penduduk melapor langit-langit bangunan runtuh dan jendela-jendela hancur.

Kolom asap besar terlihat menjulang di atas kota setelah ledakan. Orang-orang yang terluka terlihat tergeletak di tanah dekat pelabuhan Beirut, menurut seorang fotografer di tempat kejadian.

Editor Sky News Timur Tengah Zein Ja'far, yang berada di pusat kota Beirut pada saat ledakan Selasa 4 Agustus sore waktu setempat mengatakan ledakan besar itu menyebabkan jendela runtuh dan membentuk seperti gua.

"Ledakan ini merobek fasad bangunan tempat kami berada, dan begitu debu mereda, kami dan orang lain di blok ini bergegas ke luar. Benar-benar pemandangan yang mengkhawatirkan," kata Zein Ja'far.

"Suara sirene brigade pemadam kebakaran, ambulans, polisi dan juga militer telah cukup gencar selama 45 menit terakhir dan sejumlah besar layanan darurat dan pasukan keamanan bergegas ke daerah itu sekarang," ungkap Zein Ja'far.

"Banyak orang yang sangat linglung, sangat berlumuran darah berjalan-jalan mencoba mengumpulkan sikap mereka," tutur editor Sky News itu.

Seorang warga setempat bernama Fady Roumieh, berdiri di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan sekitar 2 km (1,2 mil) timur ledakan. Dia berkata: "(Itu) seperti bom nuklir. Kerusakan begitu luas dan parah di seluruh kota".

"Beberapa bangunan sejauh 2 km sebagian runtuh. Ini seperti zona perang. Kerusakannya ekstrem. Tidak ada satu pun jendela kaca yang utuh," imbuh Fady Roumieh.

Ketika malam tiba, api masih menyala di distrik pelabuhan Lebanon itu, dan suara sirene ambulans terdengar di seluruh kota.

 

Wali Kota Menangis

Wali Kota Beirut Marwan Abbout menangis melihat ledakan di kotanya. Dok: Sky News Arabia
Wali Kota Beirut Marwan Abbout menangis melihat ledakan di kotanya. Dok: Sky News Arabia

Wali Kota Beirut Marwan Abboud tak bisa menahan tangisnya ketika memantau lokasi ledakan di Beirut, Lebanon. Ia berkata tak pernah melihat bencana seperti ini seumur hidupnya.

"Saya tak pernah melihat kehancuran seperti ini. Ini adalah petaka nasional. Ini adalah bencana bagi Lebanon," ujar Abboud saat diwawancara Sky News Arabia, Rabu (5/8/2020).

Ledakan di Beirut, Lebanon, mengakibatkan terjadinya kepulan asap tinggi, sehingga pengguna media sosial menyebutnya mirip dengan bom Hiroshima.

Marwan Abboud juga ikut berpikir demikian. "(Ini)" mirip dengan apa yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki," jelas Abboud.

 

Perdana Menteri Hassan Diab Angkat Bicara

Orang-orang yang terluka mengungsi setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia ini menewaskan sedikitnya 73 orang dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)
Orang-orang yang terluka mengungsi setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia ini menewaskan sedikitnya 73 orang dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)

Beberapa jam usai ledakan di Beirut, Lebanon, Perdana Menteri Hassan Diab memberikan pidato terkait kondisi psikologis negaranya serta berjanji akan mengusut kasus ini.

Berikut pidatonya seperti dilansir National News Agency di Lebanon, Rabu (5/8/2020).

Kepada rakyat Lebanon,

Hari ini adalah hari yang sangat sedih dan menyakitkan. Beirut berduka. Lebanon menghadapi sebuah bencana.

Ya. Ini adalah bencana nasional yang besar. Foto-foto dan video-video yang kami lihat sangatlah menggambarkan tragedi ini dan menerjemahkan lingkup malapetaka yang berdampak ke Lebanon.

Beirut sedang berduka. Seluruh Lebanon merasakan bencana.

Lebanon sedang melalui cobaan berat yang hanya dapat dihadapi dengan persatuan nasional dan solidaritas di antara rakyat Lebanon dari seluruh latar belakang dan daerah.

Kita sedang melalui sebuah bencana yang hanya dapat diatasi dengan tekad dan kegigihan untuk menghadapi tantangan serius ini dan konsekuensinya yang destruktif.

Apa yang terjadi hari ini tidak akan berlalu tanpa akuntabilitas. Mereka yang bertanggung jawab pada bencana ini akan membayar harganya.

Ini adalah janji yang saya buat kepada mereka yang mati syahid dan terluka. Ini adalah komitmen nasional.

Fakta-fakta mengenai mengenai gudang berbahaya itu, yang telah berdiri sejak 2014, sekarang sudah enam tahun, akan diumumkan. Saya tidak akan mendahului investigasi-investigasinya. Pada saat ini, kita fokus untuk menangani bencana ini, menemukan orang-orang yang mati syahid, dan merawat yang terluka.

Tetapi, saya berjanji bahwa bencana ini tidak akan berlalu tanpa hukuman dan mereka mereeka yang bertanggung jawab akan dibuat akuntabel.

Kepada rakyat Lebanon.

Kita menghadapi sebuah bencana. Tetapi saya percaya diri bahwa kita akan menanganinya dengan tanggung jawab besar.

Saya meminta kalian untuk bersatu untuk merayakan kemenangan rakyat kita yang mati syahid dan mengobati luka-luka kami dan luka-luka bangsa.

Saya sekarang mengirimkan panggilan urgent bagi semua negara-negara bersahabat dan bersaudara yang mencintai Lebanon untuk berdiri bersama Lebanon dan menolong kami mengobati luka-luka mendalam ini.

Kita sedang menghadapi malapetaka, tetapi kita memegang firman Yang Maha Kuasa, 'Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: 'Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.'

 

Israel Bantah Terlibat

Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia tersebut mengakibatkan sedikitnya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)
Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia tersebut mengakibatkan sedikitnya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)

 

Menanggapi ledakan besar yang terjadi di Lebanon, pihak Israel membantah terlibat dalam insiden yang melukai ratusan orang tersebut.

"Israel membantah ada hubungan dengan ledakan yang mengguncang Lebanon pada Selasa, 4 Agustus 2020," demikian dikutip dari laman english.alarabiya.net.

"Israel tidak ada hubungannya dengan insiden itu," kata pejabat anonim tersebut.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi mengatakan kepada televisi Israel N12 bahwa ledakan itu kemungkinan besar merupakan kecelakaan yang disebabkan oleh kebakaran.

 

Ada WNI Jadi Korban

Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia tersebut mengakibatkan sedikitnya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)
Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Ledakan dahsyat yang menjadi pusat perhatian dunia tersebut mengakibatkan sedikitnya 73 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (AP Photo/Hassan Ammar)

Seorang WNI dilaporkan ikut terluka dalam ledakan besar yang terjadi di Beirut, Lebanon. Luka WNI berjenis kelamin perempuan itu dipastikan tidak parah.

"Ada 1 WNI yang mengalami luka-luka (inisial NNE). Staf KBRI sudah berkomunikasi melalui video call dengan yang bersangkutan," ucap (plt.) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Rabu (5/8/2020).

Ledakan di Beirut, Lebanon, terjadi di sebuah gedung penyimpanan. Namun, dampak ledakannya turut merusak mobil-mobil di jalanan serta bangunan di sekitar. Korban pun banyak yang tertutup abu.

WNI yang terluka dipastikan dalam kondisi sehat dan telah mendapat perawatan medis.

"Kondisinya stabil, bisa bicara dan berjalan. Yang bersangkutan sudah diobati oleh dokter RS dan sudah kembali ke apartmennya di Beirut," ujar Teuku Faizasyah.

 

Kendaraan Operasional Kena Imbas Ledakan, Kontingen Garuda Bantu Korban Ledakan

Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Kepala Keamanan Umum Lebanon Abbas Ibrahim menyatakan ledakan tersebut berasal dari 2.700 ton amonium nitrat yang telah ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan. (AP Photo/Hassan Ammar)
Setelah ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/2020). Kepala Keamanan Umum Lebanon Abbas Ibrahim menyatakan ledakan tersebut berasal dari 2.700 ton amonium nitrat yang telah ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan. (AP Photo/Hassan Ammar)

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang mengatakan, kondisi Satuan Tugas (Satgas) Batalyon (Yon) Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) dan tak terpengaruh dengan adanya insiden ledakan tersebut.

"Kondisi Satgas dalam keadaan aman. KRI Hasanuddin yang tergabung dalam MTF (Maritime Task Force) UNIFIL sedang sandar di Mersin Turki," kata Victor saat dikonfirmasi, Rabu (5/8/2020).

Meski demikian, dia menduga ada 2 unit kendaraan operasional terkena dampak. "Hanya kemungkinan untuk kerugian, 2 unit kendaraan operasional yang sedang diparkirkan di Pelabuhan Beirut," jelas Victor. 

Adapun 2 kendaraan tersebut, kondisinya sedang terparkir. Sehingga seluruh anggota masih aman.  "(Kendaraan) milik KRI Hasanuddin yang diparkir," ucap dia.

Kemduian, menurut Victor, Satuan Tugas (Satgas) Batalyon (Yon) Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) turut membantu penanganan akibat ledakan yang di sana.

"Anggota kita Satgas Hospital Level 2 telah berangkat dari Naquora untuk membantu penanganan akibat ledakan tersebut," kata Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor Hasudungan Simatupang saat dikonfirmasi, Rabu (5/8/2020).

Menurut dia, seluruh personel telah diturunkan ke Kota Beirut untuk membantu evakuasi korban.

"Sekarang meluncur ke Beirut untuk membantu evakuasi korban ledakan atas perintah UNIFIL," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Motor Sport Pertama Suzuki di Indonesia yang Legendaris

Posted: 04 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Motor-motor keluaran terkini telah mengadopsi teknologi yang jauh lebih maju dan canggih. 

Tapi jika boleh kembali melihat motor-motor sport zaman dulu, mereka juga pernah populer dan dielu-elukan pada masanya. Sebut saja salah satunya adalah Suzuki A100.

Suzuki A 100 adalah sepeda motor sport pertama Suzuki di Indonesia. Suzuki menghadirkannya pertama kali pada tahun 1973.

Secara desain jelas jauh berbeda dengan motor sport kekinian. Suzuki A100 memiliki desain serba bulat.

Gaya seperti itu hits pada waktunya. Sehingga tak heran, desain seperti itu pun banyak diminati pada zamannya.

Pada sekitar tahun 80-an, Suzuki juga meluncurkan kembaran A100 di Tanah Hindustan. Di India, namanya menjadi Suzuki AX 100. Meski diproduksi di India, spesifikasinya pun tetap sama dengan versi Indonesia.

Soal mesinnya, Suzuki membekali A100 dengan mesin 2-tak 98cc. Mesin itu menghasilkan daya 9,3 hp pada putaran 7500 rpm dengan kecepatan puncak 100 kpj.

Sumber: Otosia.com

Suzuki Jamin Ketersediaan Suku Cadang Motor yang Disuntik Mati

Menjadi salah satu pabrikan otomotif yang banyak dipilih masyarakat Tanah Air, Suzuki memastikan ketersediaan suku cadang meski kendaraan sudah tak lagi dijual atau discontinue.

"Tidak ada batasan usia kendaraan dalam pembelian suku cadangnya, selama masih kita kelola pasti ada," kata Christina Yuwantie, Spareparts Departement Head PT Suzuki Indomobil Motor dalam diskusi virtual dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).

Saat disinggung sampai kapan Suzuki bisa memenuhi suku cadang kendaraan yang telah discontinue, Christina menegaskan, pihaknya menjamin ketersediaannya selama 10 tahun setelah kendaraan resmi disuntik mati.

"Jika telah discontinue maka batasannya adalah 10 tahun sejak kendaraan resmi tak dijual lagi. Jadi bagi kami wajib menyediakan suku cadang meski kendaraan sudah tak dijual," ujarnya.

 

Suku Cadang Paling Dicari

Selain itu, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut juga menegaskan, suku cadang fast moving merupakan komponen yang paling banyak dicari konsumen.

"Untuk spare part yang paling dicari tentunya produk fast moving mencapai 60 - 70 persen seperti pelumas, brake padclutch set dan lainnya," ujar Rieky Patrayudha, 4W, 2W & Marine Service Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Berdasarkan data yang diberikan, Suzuki Genuine Part (SGP) terlaris kategori sepeda motor adalah lampu depan dan pelumas.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Tangga Terpanjang di Timur Tengah Dekat Lokasi Insiden Ledakan Lebanon

Posted: 04 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan besar terjadi di Beirut, Lebanon, pada Selasa malam, 4 Agustus 2020. Dilansir laman CNN, Rabu (5/8/2020), insiden tersebut menewaskan setidaknya 78 orang dan melukai 4.000 orang lainnya.

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengungkapkan ledakan yang terjadi di dekat pelabuhan kota itu diperkirakan disebabkan oleh 2.750 amonium nitrat yang disimpan di sebuah gudang. Tumpukan bahan yang biasa dipakai untuk pupuk dan bom itu disebut dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan selama enam tahun terakhir.

Akibat ledakan tersebut, banyak bangunan yang berada di kawasan Gemmayze rusak, padahal jaraknya 10 kilometer dari titik ledakan. Jalanan pun dipenuhi dengan pecahan kaca berserakan.

Gemmayze terkenal sebagai salah satu spot turis di Beirut. Salah satu daya tariknya adalah keberadaan tangga St. Nicholas. Dikutip dari stnicholascenter.org, tangga itu disebut sebagai tangga terpanjang di kawasan Timur Tengah, menghubungkan kawasan Gemmayze dan Achrafieh.

Panjangnya mencapai 500 meter dengan 125 anak tangga. Di kanan dan kirinya berdiri sejumlah toko berselang-seling dengan rumah penduduk. Sejak 1973, lokasi tersebut digunakan sebagai lokasi pameran seni terbuka yang digelar dua kali setiap tahun sehingga tangga tersebut juga dikenal dengan nama L'Escalier de L'Art or Escalier Saint-Nicolas des Arts.

Tangga itu jadi jalan penghubung menuju Gereja St. Nicholas, Taman St. Nicholas, Taman Publik The Jesuit, Istana dan Museum Sursock. Kawasan tersebut terkenal dengan ciri khas perpaduan budaya Ottoman dan Prancis. Lebanon memang dikenal sebagai negara multikultural dengan penganut Muslim dan Kristen hidup berdampingan. 

1 WNI Terluka

Rekaman video yang beredar menunjukkan ledakan membuat efek asap seperti kepala jamur dalam ukuran besar di ibukota Lebanon, Beirut (AFP)
Rekaman video yang beredar menunjukkan ledakan membuat efek asap seperti kepala jamur dalam ukuran besar di ibukota Lebanon, Beirut (AFP)

Akibat ledakan tersebut, seorang WNI dilaporkan ikut terluka. Kondisi luka WNI berjenis kelamin perempuan itu dipastikan tidak parah.

"Ada satu WNI yang mengalami luka-luka (inisial NNE). Staf KBRI sudah berkomunikasi melalui video call dengan yang bersangkutan," ucap (plt.) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dikutip dari kanal Global Liputan6.com.

WNI yang terluka dipastikan dalam kondisi stabil. Ia bisa berbicara dan berjalan."Yang bersangkutan sudah diobati oleh dokter RS dan sudah kembali ke apartmennya di Beirut," ujar Teuku Faizasyah.

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab berjanji akan mengusut kasus ini dan menghukum pelaku yang bertanggung jawab.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar China Bangun Pangkalan Militer di Laut Natuna

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp terkait pangkalan militer China yang disebut berada di dekat wilayah Indonesia tepatnya di Laut Natuna. Kabar ini sempat ramai dibicarakan sejak tahun lalu namun kembali viral belakangan ini.

Selain di Whatsapp, kabar ini juga tersebar melalui media sosial, Twitter. Salah satunya yang diunggah @HmeEi7_IND pada 6 Mei 2019.

Postingan itu telah mendapat lebih dari 1200 retweets dan lebih dari 1300 likes. Postingan itu disertai dengan narasi,

"Waduh Brooo!! Google Earth RILIS Gambar Pangkalan Militer China Dilaut Natuna! TERNYATA ADA HAL BESAR YANG PENGUASA TUTUPI DARI RAKYAT = POTENSI TERBESAR DALAM MEMAKSAKAN KEHENDAK UNTUK TETAP BERKUASA, TERKESAN ADA YANG INGIN MEREKA SELESAIKAN"

Sementara di Whatsapp narasi yang disampaikan sebagai berikut:

"Akhirnya KETAHUAN Kenapa CHINA Dukung Penuh Jokowi !"

Google Earth RILIS Gambar Proyek Pembangunan Pangkalan Militer China Dilaut Natuna, Tidak Jauh Dari Pulau Batam-Riau dan Tidak Jauh Dari Pontianak !

TERNYATA ADA HAL BESAR YANG DITUTUP-TUTUPI DARI RAKYAT !

POTENSI TERBESAR DALAM MEMAKSAKAN KEHENDAK UNTUK TETAP BERKUASA, TERKESAN ADA YANG INGIN Di SELESAIKAN !

https://t.co/jlFRUcn3WB

TOLONG DIVIRALKAN AGAR SEMUA BANGSA INDONESIA TAHU DAN SADAR BAHWA NKRI DIUJUNG TANDUK ... KALAU PANGKALAN MILITER CHINA SUDAH SELESAI ... DAN PELABUHAN JUGA BANDARA DIKUASAI ... LALU BANGSA INDONESIA BISA LARI KEMANA ... MUNGKIN AKAN DIBERANGUS ... !!!

Lihat Tweet @Unkwon_mouse: https://twitter.com/Unkwon_mouse/status/1125401766973984768?s=08"

Lalu benarkah China membangun pangkalan militer di Laut Natuna, dekat wilayah Indonesia?

 

 

 

 

Penelusuran fakta:

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengetik kata kunci "pangkalan militer China di Natuna" pada mesin pencarian Google.

Hasilnya ada beberapa artikel terkait seperti dari Cek Fakta Tempo.co dengan judul "[Fakta atau Hoaks] Benarkah Ini Foto Satelit Pangkalan Militer Cina di Laut Natuna Utara?" yang tayang 28 April 2020.

Berikut saduran isinya:

"Foto-foto yang diklaim sebagai citra satelit pangkalan militer Cina di Laut Natuna Utara beredar di media sosial. Menurut narasi yang menyertainya, foto-foto itu dirilis oleh Google Earth dan disebut sebagai gambar proyek pembangunan pangkalan militer Cina di Laut Natuna Utara yang tidak jauh dari Pulau Batam dan Pontianak.

Di Facebook, foto-foto itu diunggah salah satunya oleh akun Kopi Pahit Pribumi, yakni pada 25 April 2020. Akun ini menulis narasi sebagai berikut:

"Ngeriiii....!!!!Akhirnya ketahuan lagi !!!Kenapa China Dukung Penuh Jokowi.Google Earth Rilis Gambar Proyek Pembangunan Pangkalan Militer China Dilaut Natuna, Tidak Jauh Dari Pulau Batam-Riau dan Tidak Jauh Dari Pontianak.Ternyata Ada Hal Besar Yang Ditutup-tutupi Dari Rakyat Indonesia.Potensi Terbesar Dalam Memaksakan Kehendak Untuk Tetap Berkuasa, Terkesan Ada Yang Ingin Di Selesaikan.Viralkan....!!!Agar Semua Rakyat Indonesia Tahu Dan Sadar Bahwa NKRI Diujung Tanduk....Kalau Pangkalan Militer China Sdh Selesai.... Dan Pelabuhan Juga Bandara Dikuasai.... Lalu Rakyat Indionesia Tidak Akan Bisa Lari Kemana-mana....Kita Pasti Akan Diberangus Oleh Mereka..!!!"

Akun Kopi Pahit Pribumi juga mencantumkan tautan sumber gambar yang ia unggah. Tautan itu merujuk pada unggahan akun Twitter @HmEi7_IND dan artikel di situs Militermeter.com. Hingga artikel ini dimuat, unggahan akun Kopi Pahit Pribumi tersebut telah dibagikan lebih dari 350 kali.Apa benar foto-foto tersebut adalah citra satelit pangkalan militer Cina di Laut Natuna Utara?

PEMERIKSAAN FAKTA

Untuk memeriksa klaim di atas, Tim CekFakta Tempo mula-mula memeriksa artikel di situs Militermeter.com yang tautannya diunggah oleh akun Kopi Pahit Pribumi. Menurut artikel tersebut, foto-foto satelit itu memperlihatkan pangkalan militer Cina di Kepulauan Spratly.

Berdasarkan petunjuk tersebut, Tempo menelusuri lokasi Kepulauan Spratly. Berdasarkan peta di situs resmi Perpustakaan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Kepulauan Spratly masih berada di dalam Laut Cina Selatan dan tidak berada di dalam Laut Natuna Utara.

Dilihat di Google Maps, kepulauan ini terletak di tengah Laut Cina Selatan. Negara yang terdekat dengan kepulauan ini adalah Filipina. Sementara dalam peta baru Indonesia yang fotonya pernah dimuat di Kumparan.com, Laut Natuna Utara berada di barat daya Kepulauan Spratly.

Tempo pun mencari pemberitaan tentang pembangunan pangkalan militer Cina di Kepulauan Spratly dengan mesin pencarian Google. Dilansir dari berita di Kompas.com pada 29 Maret 2017, Cina memang memiliki tiga pangkalan militer berskala besar yang telah selesai dibangun di Laut Cina Selatan.

Asia Maritim Transparency Initiative (AMTI), bagian dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) di Washington DC, Amerika Serikat, pernah merilis citra satelit pangkalan di Kepulauan Spratly tersebut. Pangkalan itu terletak di pulau karang Subi, Mischief, dan Fiery Cross.

Selain di Kepulauan Spratly, menurut AMTI, Cina memiliki pangkalan lain di Pulau Woody dan Kepulauan Paracel. Keduanya berada di utara Kepulauan Spratly. "Ini akan memungkinkan pesawat tempur militer Cina beroperasi ke hampir seluruh Laut Cina Selatan," kata AMTI.

Dilansir dari Tirto.id, sejak kepemimpinan Presiden Xi Jinping, Cina telah mereklamasi sekitar 1.290 hektare tanah di tujuh pulau karang di Kepulauan Spratly. Di atasnya dibangun pangkalan militer. Ada tiga pangkalan militer Cina di sana, yakni Yongshu di Fiery Cross, Zhubi di Subi, dan Meiji di Mischief.

Selain Cina, Kepulauan Spratly pun diperebutkan Filipina, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Filipina punya lapangan terbang Rancudo di Pulau Thitu, Vietnam memiliki distrik Truong Sa di salah satu pulau, sementara Malaysia membangun Layang-layang Resort di pulau karang Swallow.

Untuk memastikan hal itu, Tempo menelusuri lokasi Subi, Mischief, dan Fiery Cross di Google Earth. Hasilnya, foto-foto unggahan situs Militermeter.com memang merupakan citra satelit pulau karang yang berada di Kepulauan Spratly tersebut, yakni Subi dan Fiery Cross. Ada pula foto satelit Pulau Woody.

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, narasi bahwa foto-foto di atas merupakan citra satelit pangkalan militer Cina di Laut Natuna Utara menyesatkan. Foto-foto itu memperlihatkan gambar satelit pangkalan militer Cina di Kepulauan Spratly, tepatnya di pulau karang Subi dan Fiery Cross, serta di Pulau Woody. Pulau-pulau tersebut berada di dalam Laut Cina Selatan, bukan di Laut Natuna Utara. (Zainal Ishaq)

Sementara artikel lain juga menulis soal kabar tersebut yakni dari Suara.com dengan judul "CEK FAKTA: Foto China Bangun Instalasi Senjata Militer di Natuna, Benarkah?" yang tayang 10 Januari 2020."

Berikut saduran isinya:

"Suara.com - Foto yang menerangkan China telah membangun persenjataan militer di Natuna viral di media sosial. Foto itu mulanya diunggah oleh akun Farida Lukmana ke Grup #2019 Kami Tetap Prabowo-Sandi (Kami Tetap Oposisi) pada Senin (6/1/2020).

Akun tersebut membagikan bidikan layar artikel berjudul "Ternyata Cina Telah Membangun Persenjataan Militer di Natuna, Dengan Senjata Mengerikan".

Foto itu lantas tambahi narasi sebagai berikut.

Pantas aja China berani memasuki wilayah kedaulatan rakyat Indonesia krn pulau NKRI kita uda dikuasai China dan pemimpin kepada negara aja gk bisa tegas krn uda ada pangkalan militer China membangun pangkalan militer di wilayah NKRI krn China udah kasih banyak pinjaman kepala pemerintahannya jadi tu satu persatu pulau dicaplok.

Beberapa saat setelah diunggah, postingan Farida Lukmana telah dibagikan sebanyak 24 kali.

Benarkah foto China telah bangun persenjataan militer di Natuna?

Penjelasan

Hasil penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, unggahan tersebut tidak benar.

Foto yang ditampilkan dalam unggahan Farida Lukmana memang menunjukkan pangkalan militer China, namun lokasinya tidak berada di Laut Natuna, Kepulauan Riau melainkan Kepulauan Spratly.

Sementara, berdasarkan penelusuran Google Maps, jarak Kepulauan Sprantly ke Natuna cukup jauh yakni 1.120 kilomenter atau setara dengan jarak Jakarta-Bali via Jalan Raya Pantura.

Dari artikel Kompas.com berjudul "Pangkalan Militer China di Laut China Selatan Siap Digunakan" pada 20 Maret 2017, diperoleh informasi bahwa foto tersebut diabadikan pada 9 Maret 2017 melalui satelit dan dirilis oleh Asia Maritim Transparency Initiative (AMTI), bagian dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), Washington, Amerika Serikat.

Artikel juga menyebutkan, China memiliki tiga pangkalan militer berskala besar yang telah selesai dibangun di Laut China Selatan yang terdiri dari angkatan laut, udara, radar dan fasilitas pertahanan rudal.

Tak cukup sampai di situ, China juga memasang rudal HQ-9, membangun hanggar untuk 72 pesawat tempur dan beberapa bom yang lebih besar.

Kesimpulan

Unggahan Farida Lukmana adalah palsu alias hoaks. Faktanya, foto tersebut memang menunjukkan pangkalan militer China di Kepulauan Spratly, bukan di Laut Natuna.

Penggunggah foto sengaja memanipulasi informasi untuk menyesatkan. Dengan demikian, unggahan tersebut masuk dalam kategori False Context.

Kementerian Komunikasi dan informatika juga pernah memuat artikel yang berkaitan dengan judul "[DISINFORMASI] China Telah Membangun Pangkalan Militer di Natuna" yang tayang 9 Januari 2020.

Berikut isinya:

Penjelasan :

"Beredar di sosial media Facebook, sebuah unggahan yang menyebutkan China telah membangun pangkalan militer di wilayah NKRI. Unggahan tersebut disertai dengan sebuah hasil tangkapan layar pemberitaan terkait China telah membangun persenjataan militer di Natuna dengan senjata mengerikan.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut tidak benar. Foto tersebut memang benar pangkalan militer China namun lokasinya di Kepulauan Spratly, salah satu gugusan pulau di Laut Tiongkok Selatan. Dilansir dari kompas.com foto tersebut pernah diunggah oleh kompas pada artikel dengan judul "Pangkalan Militer China di Laut China Selatan Siap Digunakan" yang diunggah pada 29 Maret 2017."

KATEGORI: DISINFORMASI

Kesimpulan:

banner cek fakta
banner cek fakta

Klaim yang menyebut China sedang membangun pangkalan militer di Laut Natuna adalah sebagian salah. Memang benar foto yang beredar adalah pangkalan militer China di Kepulauan Spratly yang terletak di dalam Laut China Selatan tetapi bukan di Laut Natuna.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ledakan di Beirut, Burj Khalifa Tampilkan Bendera Lebanon

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Burj Khalifa, salah satu landmark paling terkenal di UEA, menampilkan Bendera Lebanon sebagai simbol solidaritas. Aksi ini dilakukan usai terjadi dua ledakan besar di Pelabuhan Beirut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Mengobati Ruam Merah di Kulit dengan Bahan Alami, Waspadai Penyebabnya

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki ruam merah pada kulit sudah pasti sangat mengganggu. Terasa gatal, perih, dan terkadang seperti terbakar. Cara mengobati ruam merah pada kulit ini bisa dijadikan solusinya.

Pada umumnya, masalah ruam merah pada kulit disebabkan oleh iritasi dan peradangan. Ada banyak sekali pemicunya, mulai dari pembersih, pakaian, perhiasan, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, cara mengobati ruam merah pada kulit ini bisa sekaligus mencegahnya.

Cara mengobati ruam merah pada kulit ini mengandalkan bahan alami. Bahan alami dipilih karena senyawa kimia yang dimilikinya lebih aman digunakan. Meski beberapa bahan alami ada yang memberikan efek lebih lama.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati ruam merah pada kulit dari berbagai sumber, Rabu (5/8/2020).

Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Ilustrasi daun kemangi | Infosehat
Ilustrasi daun kemangi | Infosehat

Daun Kemangi

Daun kemangi dikenal memiliki kandungan zat anti-gatal yang disebut kapur barus dan thymol. Daun kemangi akan memberikan efek mengurangi keinginan untuk menggaruk bagian tubuh gatal. Tak heran jika cara mengobati ruam merah pada kulit bisa mengandalkan daun kemangi.

Sifat antimikroba dan antibakteri yang dimilikinya efektif mengobati beberapa ruam merah pada kulit, termasuk psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat yang mampu mendinginkan. Untuk kulit yang mengalami ruam merah juga cocok mengandalkannya. Gel lidah buaya bisa digunakan untuk meredakan iritasi dan melembapkan kulit.

Bahkan gelnya juga bisa membantu mencegah iritasi berkembang menjadi infeksi. Pertumbuhan sel kulit akan terangsang karenanya, hingga proses penyembuah ruam kulit bisa lebih cepat. Cara mengobati ruam merah pada kulit ini terbilang cukup aman.

Namun, beberapa orang dengan kulit sensitif disarankan untuk mengujinya terlebih dulu. Oles sedikit lidah buaya pada kulit punggung tangan untuk memeriksa tanda-tanda reaksi. Bila sampai 24 jam tidak ada tanda serius yang muncul, lidah buaya aman digunakan.

Cuka Apel dan Minyak Kelapa

ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Cuka Apel

Cuka apel bisa diandalkan sebagai cara mengobati ruam merah pada kulit. Hal ini disebabkan karena zat antiseptik, anti-jamur, dan anti-bakteri yang dimilikinya. Efeknya bisa mengurangi gatal, terutama pada kulit yang kering. Bahkan, pada kasus parah cuka apel juga bisa sekaligus menangkan kulit.

Teteskan cuka sari apel ke kapas atau kain lap lalu oleskan pada daerah yang terkena iritasi, gatal, dan ruam. Bisa juga campurkan dengan tanah liat. Jadi, ganti air sebagai campuran tanah liat dengan cuka sari apel.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Hal ini pulalah yang membuat minyak kelapa bisa diandalkan sebagai cara mengobati ruam merah pada kulit. Minyak ini akan menjadi pereda peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan.

Dilansir dari Healthline, antioksidan akan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh. Sekaligus menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan, salah satunya masalah gatal karena ruam. Minyak kelapa juga efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering.

Daun Peppermint dan Tea Tree Oil

Ilustrasi daun peppermint | Putu Elmira dari Pixabay
Ilustrasi daun peppermint | Putu Elmira dari Pixabay

Daun Peppermint

Daun Peppermint disebut juga dengan daun mint. Daun ini bisa dijadikan sebagai cara mengobati ruam merah pada kulit. Terutama ruam yang disebabkan oleh gatal akibat alergi. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang menyejukkan.

Dalam sebuah studi pada 2016, minyak daun mint terbukti dapat mengurangi rasa gatal parah. Namun tetap saja tidak disarankan mengoleskan secara langsung minyak peppermint pada kulit yang luka karena gatal. Mengoleskannya secara langsung justru akan memicu sensasi panas terbakar.

Campurkan minyak daun mint dengan pelembap yang biasa kamu gunakan sebagai obat gatal tradisional. Campuran ini hanya bisa digunakan pada rasa gatal alergi yang ringan, bukan gatal parah.  

Tea Tree Oil

Tea tree oil disebut juga sebagai minyak daun teh. Minyak ini bisa diandalkan sebagai cara mengobati ruam merah pada kulit. Hal ini disebabkan sifat antiperadangan dari minyak daun teh. Minyak ini bisa sekaligus menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal hingga ruam.

Namun, tidak disarankan untuk langsung memakai minyak pohon teh pada kulit yang gatal saat alergi. Penggunaan yang benar, campurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa digunakan. Jika sudah, oleskan ke bagian tubuh yang gatal dan ruam beberapa kali dalam sehari. 

Centella Asiatica dan Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Oatmeal Credit: pexels.com/pixabay

Centella Asiatica

Centella asiatica dikenal dengan sebutan pegagan. Tanaman herbal yang satu ini bisa diandalkan sebagai cara mengobati ruam merah pada kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan anti alergi, antipruritus, dan anti peradangan yang dimilikinya.

Menurut sebuah penelitian, serum ekstrak pegagan telah disuntikkan pada domba dan tikus. Kemudian hasilnya menunjukkan aktivitas antialergi, antipruritus, dan antiinflamasi. Hal ini sama ketika diuji dengan obat antihistamin ketotifen fumarate.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat keamanannya. Mulai dari dengan cara diminum atau dioles sebagai obat gatal alami saat alergi dan ruam. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya.

Oatmeal

Oatmeal selain dikenal sebagai makanan yang lezat dan sehat, ternyata juga bisa digunakan sebagai obat kulit. Terutama pada kulit yang gatal akibat alergi hingga mengalami ruam merah. Hal ini disebabkan karena oatmeal memiliki sifat humektan. Sifat ini bisa sekaligus melembapkan kulit yang meruam. 

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Science, menunjukkan minyak dalam gandum bisa membantu memperbaiki kulit. Kandungan zat anti-inflamasi seperti minyak linoleat, asam oleat, dan avenanthramides penyebabnya. 

Cara mengobati ruam merah pada kulit dengan oatmeal:

- Isi bak mandi dengan air hangat.

- Campurkan satu cangkir (atau satu paket) oatmeal koloid ke dalam air.

- Benamkan diri di dalam air dan rendam selama 30 menit, jangan lebih. 

- Bilas dengan air hangat

Penyebab Ruam Merah Pada Kulit

Ilustrasi deterjen | pixabay
Ilustrasi deterjen | pixabay

Pembersih

Penyebab iritasi kulit yang pertama adalah pembersih rumah dan perabot rumah tangga. Bahan kimia yang digunakan di dalam pembersih rumah tangga ini dapat memiliki efek iritasi pada kulit.

Makanan

Makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab iritasi kulit. Alergi makanan tentu dapat menyebabkan reaksi iritasi pada kulit mulai dari gatal-gatal dan ruam. Hal ini dikenal dengan istilah atopi dermatitis. Makanan yang sering menyebabkan alergi tersebut adalah dimaksud adalah seafood, telur dan susu sapi.

Pakaian

Penyebab iritasi kulit selanjutnya adalah pakaian dengan bahan tertentu. Bahan pakaian kasar seperti wol, dapat menjadi masalah bagi orang yang menderita kelainan kulit yang disebut dermatitis atopik, bentuk paling umum dari eksim.

Hawa Panas

Panas juga menjadi salah satu penyebab iritasi kulit lainnya. Hawa panas, terutama selama musim kemarau, dapat memperburuk masalah kulit yang berhubungan dengan berkeringat.

Nikel Perhiasan

Nikel adalah bahan alergen yang sering menjadi penyebab iritasi kulit. Hal ini dapat ditemukan dalam perhiasan kostum, watchbands, ritsleting, dan barang-barang sehari-hari lainnya. Solusinya adalah secepatnya lepas kan bahan tersebut dari tubuh.

Penyebab Ruam Merah Pada Kulit

Ilustrasi bunga | Ibrahim Hasan dari Pexels
Ilustrasi bunga | Ibrahim Hasan dari Pexels

Sabun

Pemakaian sabun yang tidak berpelembab pada wajah dan tubuh dapat mengikis minyak dari kulit. Apalagi jika hal itu dilakukan lebih dari 2 kali sehari, tak ayal dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Bunga

Penyebab iritasi lainnya adalah bunga. Bunga tulip dan daffodil dapat menyebabkan gatal pada kulit sebagai reaksi alergi. Sebagian orang mengalami iritasi kulit akibat kontak dengan tanaman-tanaman ini selama sepekan atau bertahan selama sebulan.

Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa menjadi penyebab iritasi kulit pada sebagian orang. Umumnya iritasi ini menyebabkan timbulnya ruam kemerahan. Iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga bisa bermacam-macam, ada yang ringan dan ada juga yang parah.

Produk Berbahan Karet

Bahan karet pada tali bra ataupun pinggang celana dapat menjadi salah satu penyebab iritasi kulit terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Maka dari itu, pilih bra, kondom, ataupun celana dalam dengan bahan lain yang tidak menyebabkan iritasi.

Tabir Surya

Beberapa kandungan di dalam tabir surya yang seharusnya menjadi pelindung kulit dari paparan sinar matahari, juga berisiko menyebabkan iritasi. Salah satunya adalah tabir surya yang berbahan dasar para-aminobenzoic acid (PABA).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan AS Mark Esper Telepon Prabowo Subianto Bahas Kerja Sama Militer

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Mark T. Esper berbincang melalui telepon dengan Menhan RI Prabowo Subianto. Keduanya membahas kerja sama militer di masa pandemi Virus Corona COVID-19.

Esper dan Prabowo membicarakan keamanan maritim, pengadaan alat pertahanan, dan latihan militer. Kedua menteri menyampaikan keinginan mereka untuk dapat bertemu secara langsung dalam waktu dekat.

"Keduanya juga menyatakan keprihatinan bagi mereka yang terdampak COVID-19 di Amerika Serikat dan Indonesia," ungkap Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam keterangannya yang diterima Liputan6.com, Rabu (5/8/2020).

Dalam pembicaraan tersebut, Prabowo menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Amerika yang telah menyumbangkan ventilator dan dana bantuan COVID-19 senilai US$ 12,3 juta untuk Indonesia.

Ventilator dari AS

Penyerahan simbolis ventilator dari AS ke Indonesia. Dok: Kementerian Luar Negeri RI
Penyerahan simbolis ventilator dari AS ke Indonesia. Dok: Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara simbolis menerima ventilator dari pemerintah Amerika Serikat, Selasa (28/7/2020). Kiriman ini merupakan tahap pertama.

Ventilator yang diterima adalah buatan Vyaire Medical berjumlah 100 ventilator. Pada Agustus, ada lagi kiriman 1.000 ventilator tambahan dari AS.

"Saya diinformasikan bahwa totalnya akan ada 1.000 ventilator dari AS yang dikirimkan ke Indonesia dalam batch-batch terpisah selama Agustus," ujar Retno dalam konferensi pers virtual, Selasa 28 Juli 2020.

Perwakilan pemerintah AS yang hadir berkata ventilator ini adalah pemberian dari masyarakat AS ke Indonesia. AS mengirim ventilator melalui USAID ke berbagai negara.

"Amerika Serikat telah menjanjikan bantuan ventilator ke negara-negara di seluruh dunia melalui USAID," ujar Charge d'Affaires Kedubes AS, Heather Variava.

Menlu memandang pemberian ventilator ini adalah bukti pentingnya kolaborasi internasional untuk melawan Virus Corona. Pandemi ini dinilai memberikan tantangan yang belum pernah ada sebelumnya dan butuh respons bersama.

Menlu Retno pun menyampaikan rasa terima kasihnya ke AS atas bantuan ventilator.

"Atas nama rakyat dan pemerintah Republik Indonesia, saya ingin menyampaikan apresiasi kami kepada pemerintah AS," ujar Menlu Retno. 

Ke depannya, Menlu Retno berharap kerja sama strategis antar kedua negara dapat terus berjalan, baik itu di bidang kesehatan maupun investasi pasca-pandemi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Pemain Inter Milan vs Getafe: Conte Berondong Peluru di Liga Europa

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gelsenkirchen - Pelatih Inter Milan Antonio Conte tidak main-main saat menghadapi Getafe pada babak 16 besar Liga Europa. Pertandingan berlangsung di Veltins Arena, Rabu (5/8/2020) atau Kamis dini hari WIB.

Conte diperkirakan menurunkan tiga penyerang sekaligus demi meraih kemenangan, yakni Alexis Sanchez, Romelu Lukaku, dan Lautaro Martinez. Selama ini Conte merotasi ketiga striker milik Inter Milan tersebut.

Harapannya tentu jelas. Inter Milan ingin melaju ke babak berikut dan menjaga kans menjuarai Liga Europa.

Mereka berharap dapat menutup 2019/2020 dengan trofi. Sebelumnya Samir Handanovic dan kawan-kawan mengakhiri Liga Italia di peringkat dua, hanya satu poin di belakang Juventus.

Berikut perkiraan pemain Inter Milan vs Getafe:

Perkiraan Pemain

Inter Milan vs Getafe (Liputan6.com/Abdillah)
Inter Milan vs Getafe (Liputan6.com/Abdillah)

Inter Milan (3-4-1-2): Handanovic; Godin, De Vrij, Bastoni; Candreva, Eriksen, Brozovic, Young; Sanchez; Lukaku, Martinez

Getafe (4-4-2): Chichizola; Suarez, Dakonam, Etxeita, Olviera; Nyom, Arambarri, Maksimovic, Cucurella; Rodriguez, Mata

Fakta Menarik

Inter Milan vs Getafe (Liputan6.com/Abdillah)
Inter Milan vs Getafe (Liputan6.com/Abdillah)

• Inter Milan tampil di Liga Europa dua musim terakhir setelah menempati peringkat tiga fase grup Liga Champions. Musim lalu mereka terhenti di babak 16 usai disingkirkan Eintracht Frankfurt.

• Hasil tersebut menambah nestapa Inter Milan di kompetisi tersebut. Mereka juga tumbang di babak sama pada dua partisipasi sebelumnya, melawan Tottenham Hotspur (2012/2013) dan VfL Wolfsburg (2014/2015).

• Inter Milan tidak pernah meraih kemenangan di Gelsenkirchen, kota lokasi pertandingan melawan Getafe digelar. Mereka imbang sekali dan takluk dua kali melawan Schalke 04, klub kebanggaan kota tersebut.

 

Fakta Selanjutnya

ilustrasi liga europa (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga europa (Liputan6.com/Abdillah)

• Jika Getafe belum pernah menghadapi klub Italia di kompetisi Eropa, Inter Milan punya pengalaman segudang melawan tim Spanyol. Mereka memiliki rekor 12 menang, 11 imbang, dan 17 kalah.

• Getafe coba mengulang kesuksesan 2007/2008, kampanye terbaik klub di Eropa. Mereka melaju hingga perempat final Piala UEFA sebelum dihentikan Bayern Munchen.

• Getafe harus jadi juara Liga Europa musim ini jika mau kembali berpartisipasi di kompetisi Eropa musim depan. Mereka gagal lolos dari jalur normal setelah menempati peringkat delapan La Liga.

Saksikan Video Inter Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Pakai Masker di Bandung Bakal Kena Denda Rp100 Ribu

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Pemerintah Kota Bandung Jawa Barat menerbitkan aturan terkait denda administratif senilai Rp100 ribu bagi warga yang tidak mengenakan masker di area publik.

Dasar hukum hal tersebut yaitu Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 43 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona (Covid-19).

Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Perwal tersebut dikeluarkan untuk merevisi aturan sebelumnya, yaitu Perwal nomor 37 Tahun 2020. Sedangkan terkait denda, tercantum dalam perubahan di Pasal 41A.

"Dalam salinan Perwal disebutkan bahwa setiap orang yang melanggar Pasal 5 ayat (2) huruf a sampai dengan huruf f dikenakan sanksi administratif dalam bentuk sanksi ringan berupa teguran lisan dan teguran tertulis," sebut Oded dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Selasa, 4 Agustus 2020.

Sanksi sedang terdiri atas jaminan kartu identitas, kerja sosial atau pengumuman secara terbuka. Sanksi berat dalam bentuk denda administratif paling besar Rp100 ribu.

Adapun isi Pasal 5 ayat (2) sebagaimana tertuang dalam Perwal 37/2020 yang tidak mengalami perubahan pada Perwal 43/2020 berbunyi sebagai berikut. Dalam pelaksanaan AKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) setiap orang wajib menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat mencakup, wajib memakai masker selama beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan memakai sabun atau hand sanitizer secara berkala, membuang sampah di tempat sampah. Warga juga wajib menjaga jarak, tidak merokok di tempat atau fasilitas umum, tidak meludah di sembarang tempat.

"Pada Pasal 41 ayat (1) dijelaskan soal teguran lisan, teguran tertulis, jaminan kartu identitas, kerja sosial, denda administratif, mengumumkan secara terbuka. Juga, penghentian sementara kegiatan, catatan kepolisian terhadap pelanggar, pembekuan izin usaha dan pencabutan sementara izin usaha," ujar Oded.

Pada Perwal 43/2020 di Pasal 41 ayat ke-3 disebutkan, pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran dilakukan oleh Gugus Tugas tingkat kota, Gugus Tugas tingkat kecamatan, dan Gugus Tugas tingkat kelurahan.

Perwal 43/2020 juga mengubah aturan pada Pasal 10. Dalam pasal ini disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan perjalanan di daerah kota wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun secara berkala.

"Selanjutnya, untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, Gugus Tugas tingkat kota dapat membatasi pergerakan setiap orang baik dengan berkendaraan maupun tidak. Caranya dengan menutup sementara dan atau pembatasan penggunaan ruas-ruas jalan tertentu di daerah kota," ungkap Oded.

Setiap orang yang melanggar ketentuan Pasal 10 dikenakan sanksi administratif dalam bentuk sanksi ringan, sanksi sedang dan sanksi berat. Sanksi berat yaitu dalam bentuk denda administratif paling besar Rp100 ribu.

 

Masuk Kas Pemkot

Adapun denda administratif sebagaimana dijelaskan Pasal 41 B, wajib disetorkan ke kas daerah kota. Pembayaran denda administratif juga dapat dilakukan secara tunai atau nontunai.

"Surat ketetapan denda administratif AKB di Kota Bandung berdasarkan bukti pelanggaran yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung untuk pelanggaran AKB tingkat kota. Sedangkan Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan untuk pelanggaran AKB di tingkat kecamatan dan kelurahan," tutur Oded.

Pada pasal 23 disebutkan kegiatan atau aktivitas yang masil dilarang di antaranya, usaha sektor hiburan meliputi pub atau klab malam dan bar, karaoke, diskotik, bioskop, salon kecantikan, klinik kecantikan, panti pijat, refleksi, mandi uap, spa atau massage, arena bermain anak dan arena permainan.

Untuk kegiatan usaha lokasi wisata meliputi destinasi wisata luar ruangan untuk anak-anak seperti taman lalu lintas dan taman bertema. Termasuk kegiatan usaha gelanggang seni dan konser musik.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja Peretas Akun Twitter Bill Gates cs Bantah Tuduhan Pengadilan

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja 17 tahun asal Florida, AS, belum lama ini dituduh menjadi dalang di balik kasus peretasan akun Twitter sejumlah publik figur seperti Bill Gates, Elon Musk, hingga kandidat presiden AS Joe Biden.

Namun, pemuda bernama Graham Clark ini membantah tuduhan itu.

Mengutip laporan Reuters, Rabu (5/8/2020), kepada Hakim Pengadilan Christoper Nash, Graham Clark mengaku tak bersalah atas dakwaan 30 tindak pindana peretasan yang dituduhkan jaksa penuntut umum.

Clark pun dijadwalkan untuk mengikuti pengadilan lagi pada Rabu mendatang untuk membacakan permintaan perubahan tuntutan sebesar USD 750.000.

Dalam kasus yang sama, pria Inggris berusia 19 tahun Mason Sheppard dan seorang pria 22 tahun di Orlando Florida Nima Fazeli juga didakwa dengan dakwaan membantu peretasan.

Clark dikabarkan menghasilkan USD 100.000 dari peretasan ini karena ia menggunakan akun milik para publik figur untuk mendapatkan uang dari para pengikut mereka yang tidak menaruh curiga.

Para Peretas Berkomplot

Twitter, Aplikasi Twitter. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Twitter, Aplikasi Twitter. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Rekan Clark, Mason Sheppard yang memakai nama alias Chaewon didakwa melakukan penipuan dan pencucian uang. Sementara Nima Fazeli dituding membantu dan bersekongkol dalam upaya jahat ini.

Dalam kasus peretasan ini, twit palsu yang mengajak investasi mata uang Bitcoin, ditulis pada pertengahan Juli oleh 45 akun Twitter terverifikasi.

Akun Twitter yang diambil alih antara lain akun milik calon presiden AS Joe Biden, Presiden AS ke-45 AS Barack Obama, hingga miliarder Bill Gates.

Twitter juga menyebut, para peretas membaca sejumlah pesan DM, termasuk dari pejabat Belanda. Para peretas mendapatkan USD 100.000 dalam bentuk Bitcoin.

Sebelumnya Twitter menyebut, karyawan mereka ditipu untuk berbagi kredensial akun. Sementara, pihak berwenang menyebut, "Clark menggunakan rekayasa sosial untuk meyakinkan karyawan Twitter, mengaku sebagai karyawan di departemen IT dan meminta agar karyawan yang ditipu itu memberi kredensial untuk mengakses portal layanan pelanggan."

Ditahan

Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)

Sebelumnya, FBI, IRS, US Secret Service, dan kepolisian Florida membekuk seorang peretas Twitter yang merupakan remaja berusia 17 tahun asal Tampa, Florida.

Remaja bernama Graham Clark itu disebut sebagai dalang peretasan akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos, dan nama besar lainnya.

"Saya ucapkan selamat kepada mitra penegak hukum federal--Kantor Pengacara AS untuk Distrik Utara California, FBI, IRS, dan US Secret Service--serta Departemen Penegakan Hukum Florida," kata Jaksa Andrew Warren, sebagaimana dilansir Ubergizmo, Sabtu (1/8/2020).

Warren mengapresiasi kontribusi mereka karena bekerja dengan cepat untuk menyelidiki dan mengidentifikasi pelaku penipuan yang canggih dan ekstensif tersebut.

Twitter sendiri mengklaim meskipun akun-akun tersebut telah diambil alih, tidak ada password yang bocor. Padahal kotak masuk dari sekitar 36 akun telah diakses selama serangan.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bina Kontraktor Nasional Tingkatkan Kualitas Infrastruktur

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan peningkatan profesionalitas kontraktor nasional baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

Pembinaan kontraktor swasta nasional agar berdaya saing dan profesional dilakukan mulai dari pemaketan pekerjaan di Kementerian PUPR yang sebagian besar nilai pekerjaannya di bawah Rp 100 miliar sehingga bisa diikuti oleh kontraktor swasta nasional dengan kualifikasi usaha menengah dan kecil.

"Karena tekanan ekonomi akibat Pandemi COVID-19, sektor jasa konstruksi di Indonesia harus terus berjalan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut yakni memberikan lebih banyak peluang bagi UMKM/kontraktor dengan kualifikasi usaha berskala kecil, mengikuti kaidah keselamatan konstruksi, dan melakukan pengadaan jasa konstruksi yang kompetitif untuk menghasilkan infrastruktur yang berkualitas," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (5/8).

Dikatakan Menteri Basuki, penguatan dan peningkatan kesempatan kerja bagi jasa konstruksi nasional dengan kualifikasi usaha menengah dan kecil terus dilakukan lewat sejumlah peraturan yang diterbitkan Pemerintah.

Salah satunya dengan penerbitan perubahan Peraturan Menteri (Permen) nomor 31 Tahun 2015 menjadi Permen nomor 7 Tahun 2019, sehingga jika sebelumnya segmen pasar pekerjaan konstruksi senilai Rp 50 miliar itu termasuk paket besar, dinaikkan menjadi di atas Rp 100 miliar baru masuk kategori paket besar.

Gunakan Bahan Baku Dalam Negeri

Alat berat melakukan pengerukan saat menyelesaikan proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) fase II rute Bundaran HI-Kota di Taman Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (2/7/2019). Kontraktor dan konsultan pembangunan MRT fase II akan melibatkan perusahaan Jepang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Alat berat melakukan pengerukan saat menyelesaikan proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) fase II rute Bundaran HI-Kota di Taman Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (2/7/2019). Kontraktor dan konsultan pembangunan MRT fase II akan melibatkan perusahaan Jepang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain memberikan kesempatan yang lebih besar bagi usaha jasa kontruksi skala menengah dan kecil, Menteri Basuki menyatakan Kementerian PUPR juga terus mendorong penggunaan material dan peralatan produksi dalam negeri untuk setiap pembangunan. Sehingga mampu mengurangi ketergantungan atas impor.

Contohnya, Kementerian PUPR membeli karet untuk campuran aspal, pembelian alat berat dari PT. Pindad, pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA), penggunaan material precast dan lainnya.

Lebih jauh, Basuki menyebut pembangunan infrastruktur merupakan salah satu faktor kunci dalam indeks daya saing dan kesejahteraan suatu negara. Infrastruktur juga memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terlebih di saat Pandemi COVID-19.

"Untuk itu Kementerian PUPR telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung agar kondisi ekonomi Indonesia dalam keadaan stabil. Sekaligus terus bertumbuh lewat pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Ledakan Dahsyat di Beirut Lebanon yang Jadi Sorotan Dunia

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa ledakan di Beirut, Lebanon yang terjadi pada Selasa 4 Agustus mencuri perhatian publik. Awalnya ledakan dipicu oleh kebakaran yang terjadi di gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut.

Saat kebakaran terjadi, beberapa orang juga sempat merekam asap yang membumbung tinggi dari gudang tersebut. Namun tiba-tiba saja ledakan yang sangat besar terjadi.

Hingga Rabu (5/8/2020) pagi ini, korban tewas akibat ledakan dilaporkan sebanyak 73 orang dan lebih dari 3.700 lainnya luka-luka akibat peristiwa tersebut

Berikut deretan fakta terkait ledakan di Beirut, Lebanon, yang menjadi sorotan dunia tersebut:

Berasal dari 2700 ton amonium

Sebuah foto yang diambil dari Teluk Zaytouna menunjukkan gumpalan api merah di belakang sebuah bangunan tinggi di pusat kota Beirut tepat setelah ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon (4/8/2020). (AFP Photo/Bassem El Hage)
Sebuah foto yang diambil dari Teluk Zaytouna menunjukkan gumpalan api merah di belakang sebuah bangunan tinggi di pusat kota Beirut tepat setelah ledakan besar mengguncang ibukota Lebanon (4/8/2020). (AFP Photo/Bassem El Hage)

Kepala Keamanan Umum Lebanon Abbas Ibrahim mengungkap pemicu ledakan dahsyat tersebut. Ibrahim mengatakan, berdasarkan hasil investigasi, ledakan itu berasal dari 2.700 ton amonium nitrat.

Bahan kimia tersebut disimpan di pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika, seperti dikutip dari Aljazeera, Rabu, (5/8/2020).

Setara dengan Gempa 3,3 Magnitudo

Kondisi bangunan setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Saksi mata melihat banyak orang terluka oleh kaca terbang dan puing-puing akibat ledakan besar tersebut. (AP Photo/Hassan Ammar)
Kondisi bangunan setelah ledakan besar di Beirut, Lebanon, Selasa, (4/8/2020). Saksi mata melihat banyak orang terluka oleh kaca terbang dan puing-puing akibat ledakan besar tersebut. (AP Photo/Hassan Ammar)

Ledakan di Beirut Lebanon tersebut dilaporkan menghasilkan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan magnitudo 3,3.

CNN menyebut, data yang dikumpulkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat menunjukkan bahwa ledakan besar di Beirut begitu kuat. Bahkan menciptakan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan magnitudo 3,3. Namun, meski setara dengan magnitude 3,3 kekuatannya tak langsung sebanding dengan gempa dengan ukuran yang sama.

Menurut Don Blakeman, ahli geofisika di Pusat Informasi Gempa Bumi Nasional, hal itu karena ledakan masuk guncangan jenis permukaan, seperti ledakan di Beirut, tidak menghasilkan magnitudo sebesar gempa bumi.

Mirip ledakan bom Hiroshima

Rekaman video yang beredar menunjukkan ledakan membuat efek asap seperti kepala jamur dalam ukuran besar di ibukota Lebanon, Beirut (AFP)
Rekaman video yang beredar menunjukkan ledakan membuat efek asap seperti kepala jamur dalam ukuran besar di ibukota Lebanon, Beirut (AFP)

Saking dahsyatnya, ledakan ini bahkan dikatakan mirip dengan ledakan bom Hiroshima. Hal ini yang diungkapkan langsung oleh Wali Kota Beirut Marwan Abboud.

"Saya tak pernah melihat kehancuran seperti ini. Ini adalah petaka nasional. Ini adalah bencana bagi Lebanon, (ini) mirip dengan apa yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki," ujar Abboud saat diwawancara Sky News Arabia, Rabu (5/8/2020). 

Dia bahkan tak bisa menahan tangisnya ketika memantau lokasi ledakan di Beirut, Lebanon. Ia pun berkata tak pernah melihat bencana seperti ini seumur hidupnya. 

Kerusakan parah

Situasi pasca-ledakan di Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 (AP Photo/Hassan Ammar)
Situasi pasca-ledakan di Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 (AP Photo/Hassan Ammar)

Ledakan tersebut juga mengakibatkan kerusakan parah dan melukai ribuan orang. Pada video yang berhasil direkam saksi mata dan beredar di media sosial, terlihat ada kolom asap besar menjulang di atas kota setelah ledakan.

Saksi mata yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa ledakan besar itu menyebabkan jendela runtuh dan membentuk seperti gua.

Seorang warga setempat bernama Fady Roumieh, berdiri di tempat parkir sebuah pusat perbelanjaan sekitar 2 km (1,2 mil) timur ledakan berkata: "(Itu) seperti bom nuklir. Kerusakan begitu luas dan parah di seluruh kota".

Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan sebuah bangunan bertingkat tinggi meledak. Gambar yang beredar juga menunjukkan gedung-gedung hancur, mobil-mobil terbalik dan kru darurat berkumpul di sekitar gedung yang hancur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Ngaku Punya Daftar Artis yang Jual Diri, Plus Tarifnya

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Awal pekan ini dibuka dengan keputusan Nikita Mirzani membuka sesi tanya jawab daring untuk warganet via fitur Instagram Stories. Warganet boleh bertanya apa saja kepadanya.

Nikita Mirzani menjawab lewat video "Gaya Skidipapap Paling Endul Ala Nyai Adalah…?" yang dipublikasikan di saluran YouTube Crazy Nikmir Real, Senin (3/8/2020).

Salah satu pertanyaan datang dari warganet berakun Dedy_Saputra03. "Nyai kenapa suka buat huru-hara ngatain orang jualan kan Nyai enggak punya bukti yang akurat?" tanya dia kepada Nikita Mirzani.

Ada Buktinya

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Menjawab ini, Nikita Mirzani balik menyalahkan warganet. "Nah ini kalian salah," cetus bintang film Lihat Boleh Pegang Jangan dan Nenek Gayung. Ia mengklaim tak asal bunyi.

"Gue tuh tidak pernah ngatain orang jualan. Kalau gue ngomong dia jualan itu berarti ada buktinya. Gue tuh… tahu lo gue tuh punya tarif-tarif artis-artis jual diri, tuh punya," urai Nikita Mirzani.

Dari Model Sampai Pemengaruh

Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir REAL)
Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir REAL)

Berbekal data yang ia pegang, ibu tiga anak ini berani koar-koar di medsos. Tak hanya artis yang terlibat prostitusi, Nikita Mirzani juga mengaku punya daftar hitam selebgram dan model yang "nyambi."

"Model-model tarif jual diri gue punya, influencer gue punya. Gue tuh punya semua datanya cui, jangan main-main sama gue," pelantun "Baby I Hate You" dan "Selalu Salah" memperingatkan.

Itu Tak Diragukan Lagi

Nikita Mirzani saat menaiki Moge
Nikita Mirzani saat menaiki Moge

"Jadi kalau gue udah bilang lo*** pasti dia lo*** ha ha ha. Itu tidak diragukan lagi," urainya. Bisa jadi, ini salah satu yang membuat sejumlah artis gerah dan perang dingin dengan Nikita Mirzani.

Diberitakan sebelumnya, bintang sinetron Jodoh Wasiat Bapak dan Warteg DKI menyebut seorang artis cabe-cabean. Beberapa pekan sebelum ini, Nikita Mirzani berkonflik dengan Baim Wong.

Giveaway Mobil Akhir Tahun

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Salah satu sindiran yang terlontar kala itu, perihal giveaway. Yang menarik, di pengujung video ini Nikita Mirzani kembali melontar sindiran giveaway. Namun tak jelas ditujukan kepada siapa.

"Apalagi giveaway dari sponsor orang itu paling anti di sini. Gue akan kasih hadiah untuk kalian nanti insyaallah tepat di bulan Desember. Gue akan bagi-bagi mobil pakai uang gue sendiri," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Petugas Medis di Mamuju Dorong Ambulans Tiap Bertugas

Posted: 04 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamuju - Mendorong mobil ambulans hampir menjadi kebiasaan tenaga medis yang bertugas di Publik Safety Center (PSC) Dinas Kesehatan Mamuju. Mobil ambulans yang menjadi kendaraan dinas mereka kerap kali mogok ketika ingin digunakan.

Seperti pada Senin, 3 Agustus 2020 kemarin, mobil ambulans yang rencananya digunakan untuk menjemput pasien positif Covid-19 itu kembali mogok. Para petugas medis terpaksa harus mendorong kendaraan itu hingga mesin menyala. Uniknya, mereka masih menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat mendorong mobil.

Kepala Dinas Kesehatan Mamuju drg Firmon mengatakan, sebenarnya terdapat anggaran pemeliharaan untuk kendaraan dinas PSC itu. Namun, karena anggaran pemeliharaan itu dialihkan untuk penanganan Covid-19, maka saat ini mereka belum bisa melakukan perbaikan mobil ambulans itu.

"Dana operasional PSC itu masih ada dan boleh dipakai. Tapi untuk dana pemeliharaan sudah diambil semua untuk Covid-19," kata Firmon kepada Liputan6.com, Selasa (4/8/2020).

Firmon mengungkapkan, sebelum anggaran dialihkan, dana pemeliharaan satu mobil ambulans di Dinas Kesehatan sebesar Rp15 juta. PSC memiliki tiga buah mobil ambulans dan semua anggaran pemeliharaannya sebesar Rp45 juta dialihkan ke penanganan Covid-19.

"Kan ada 3 mobil, mogok satu bisa gunakan yang 2, mobil ini (mogok) yang sering digunakan jemput pasien Covid-19. Kita sudah usulkan kembali anggaran itu di perubahan. Mudah-mudahan disetujui," ungkap Firmon.

Sedangkan, Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mamuju Muhammad Ali Rachman mengatakan, seharusnya anggaran pemeliharaan itu tidak dialihkan. Apalagi mobil ambulans itu sangat penting pada masa pendemi Covid-19 ini, sehingga harus ada perawatan secara rutin.

"Fasilitas termasuk kendaraan dinas harus safety termasuk pemeliharaan kendaraan. Apalagi kendaraan itu yang dipakai menjemput pasien Covid-19," tutup Ali Rahman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC: Gembleng Fisik dan Mental untuk Piala Dunia

Posted: 04 Aug 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 serius untuk melakukan persiapan dalam menghadapi putaran final Piala AFC U-19. Ini sebagai batu loncatan atau pemanasan untuk tim yang dinakhodai Shin Tae-yong ini tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Rencananya, Piala AFC U-19 bakal digelar pada 14 hingga 31 Oktober 2020 di Uzbekistan. Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19 - yang tergabung di Grup A, akan berhadapan dengan Kamboja, Iran, dan Uzbekistan selaku tuan rumah.

Pada laga pertama, Timnas Indonesia U-19 bermain melawan sesama wakil Asia Tenggara, Kamboja. Duel ini berlangsung pada 14 Oktober.

Piala AFC U-19 bisa dijadikan Timnas Indonesia U-19 sebagai ajang pemanasan menuju Piala Dunia U-20 2021. Indonesia sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah.

Pemusatan Latihan

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menendang bola saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menendang bola saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah kembali ke Tanah Air. Sebelumnya, ia sempat mudik akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Pelatih asal Korea Selatan itu kini sudah berada di Jakarta untuk menjalankan tugasnya. Shin Tae-yong sudah diberi izin untuk segera menjalankan program pemusatan latihan bersama timnas Indonesia senior dan U-19 23 Juli 2020 hingga 8 Agustus mendatang.

Tes Usap

Sebanyak 29 pemain timnas senior dan 46 timnas Indonesia U-19 dipanggil untuk mengikuti program ini. Sebelumnya, mereka akan menjalani tes usap (SWAB) untuk memastikan tidak ada yang terjangkit virus Corona Covid-19, Jumat (24/7/2020).

Lihat jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 pada halaman berikutnya.

Jadwal

14 Oktober 2020: Indonesia vs Kamboja

14 Oktober 2020: Uzbekistan vs Iran

17 Oktober 2020: Iran vs Indonesia

17 Oktober 2020: Kamboja vs Uzbekistan

20 Oktober 2020: Uzbekistan vs Indonesia

20 Oktober 2020: Kamboja vs Iran

Pembagian Grup

Grup A: Uzbekistan, Indonesia, Kamboja, Iran.

Grup B: Korea Selatan, Jepang, Irak, Bahrain.

Grup C: Arab Saudi, Australia, Vietnam, Laos.

Grup D: Qatar, Tajikistan, Malaysia, Yaman.

Simak Video Timnas Indonesia U-19 Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Persiapan Sekolah Tatap Muka, 1.000 Guru SMP di Surabaya Jalani Tes COVID-19

Posted: 04 Aug 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Surabaya mulai melakukan persiapan sekolah tatap muka untuk SMP. Pada Senin pagi, 3 Agustus 2020 sedikitnya 1.000 guru dari 21 Sekolah Menengah Pertama (SMP), baik SMP negeri dan swasta, menjalani rapid dan swab test di Gelora Pancasila yang disiapkan oleh Pemkot Surabaya. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 4 Agustus 2020.

Upaya ini dilakukan untuk deteksi dini bagi para guru SMP, sebelum dilaksanakan sekolah tatap muka. Rapid test ini guna memberikan keamanan bagi para siswa dan lingkungan sekolah.

Sekitar 1.000 guru dari 21 SMP negeri, dan swasta di Surabaya, antre rapid test atau tes cepat dan test swab atau tes usap, yang digelar Pemkot Surabaya melalui Dinas Pendidikan Kota di Gelora Pancasila, Senin pagi. Kegiatan ini sebagai upaya deteksi dini terhadap tenaga pendidik, untuk persiapan sekolah tatap muka.

Meski demikian, para guru belum mengetahui secara pasti, kapan akan mulai dilaksanakanya sekolah tatap muka, karena masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Sementara itu, Pemkot Surabaya menyatakan ada lebih dari 1.000 tenaga pengajar dan tenaga teknis sekolah, dari 21 SMP negeri dan swasta, se-Surabaya yang diikutkan rapid  maupun swab test . Sebanyak 21 SMP tersebut tersebar di 5 wilayah di Surabaya, sebagai pilot project sekolah tatap muka di Surabaya.

"Rencananya di 21 sekolah itu, hari ini masih melaksanakan swab di Gelora Pancasila, jadi untuk simulasi masih belum bisa, nanti kalau seandainya sudah ada jadwal, kami beritahu teman-teman," ujar Febriadhitya, Kabag Humas Pemkot Surabaya.

Saat ini, Pemkot Surabaya masih merencanakan membuka sekolah tatap muka untuk SMP saja. Sementara untuk siswa SD, Pemkot Surabaya masih belum ada rencana, mengingat risiko pelanggaran dalam penerapan protokol kesehatan untuk siswa SD lebih besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Jokowi Jadi Presiden Seumur Hidup dan Aspal Langit Menuju Akhirat

Posted: 04 Aug 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau (Jokowi) kerap menjadi sasaran hoaks. Tim Cek Fakta Liputan6.com pun menemukan foto baru yang membuktikan kalau Jokowi mendapat serangan hoaks.

Sebuah akun Facebook atas nama Hendra Gunawan mengunggah foto Jokowi sedang berpidato. Dalam foto tersebut pun ada narasinya yang menyebut dirinya siap maju sebagai Presiden Indonesia seumur hidup.

Begini narasinya:

 

(Facebook/Hendra Gunawan)
(Facebook/Hendra Gunawan)

"Dukung saya sebagai presiden seumur hidup. Tahun ini, langit akan saya aspal untuk kalian menuju akhirat."

Benarkah Jokowi berniat menjadi presiden seumur hidup? Apakah dia juga ingin membangun jalan untuk menuju akhirat?

Simak penelusuran faktanya mengenai Jokowi dalam foto unggahan Hendra Gunawan di halaman berikutnya.

 

 

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri fakta tersebut. Pertama, tim memasukkan foto Jokowi yang ada di foto unggahan Hendra Gunawan ke mesin pencari, Google Image.

Hasilnya, foto tersebut pertama kali beredar di internet pada 23 Maret 2020. Foto itu menunjukkan saat Jokowi memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Foto tersebut merupakan hasil karya dari fototgrafer Antara, Hafidz Mubarak A.

 

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Selanjutnya, Tim Cek Fakta Liputan6.com mencari data lain mengenai Jokowi berniat menjadi Presiden Republik Indonesia seumur hidup. Tim pun menemukan artikel di Kompas.com yang dimuat pada 2 Desember 2019 dengan judul: 'Presiden Jokowi: Pengusul Presiden 3 Periode Ingin Menampar Muka Saya'.

Dalam artikel tersebut, Jokowi menegaskan tak setuju dengan usul masa jabatan presiden diperpanjang menjadi tiga periode. Dia pun merasa curiga pihak yang mengusulkan wacana itu justru ingin menjerumuskannya.

"Kalau ada yang usulkan itu, ada tiga (motif) menurut saya, ingin menampar muka saya, ingin cari muka, atau ingin menjerumuskan. Itu saja," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Jokowi menegaskan, sejak awal, ia sudah menyampaikan bahwa dirinya adalah produk pemilihan langsung berdasarkan UUD 1945 pasca-reformasi. Dengan demikian, saat ada wacana untuk mengamendemen UUD 1945, Jokowi sudah menekankan agar tak melebar dari persoalan haluan negara.

Selanjutnya, Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari kalimat dari Jokowi yang menyatakan dirinya bakal mengaspal langit untuk menuju akhirat di mesin pencari Google. Hasilnya tidak ditemukan sama sekali.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim foto yang menyebut Jokowi sedang berpidato yang menegaskan dia bakal menjadi presiden seumur hidup dan membangun jalan menuju akhirat adalah salah. Faktanya, Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan menggunakan foto Jokowi saat meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, Ini Sebabnya

Posted: 04 Aug 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2020. Di atas perkiraan, ekonomi Indonesia minus 5,32 persen.

Menurut Suhariyanto, pandemi Covid-19 menyebabkan hampir seluruh negara mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi. Berbagai kebijakan untuk menekan penyebaran Covid-19 seperti penutupan sekolah, bisnis, PSBB hingga lockdown mengakibatkan penurunan tingkat konsumsi dan investasi.

"Pandemi Covid-19 telah menciptakan efek domino dari masalah sosial dan ekonomi, dan dampaknya menghantam seluruh lapisan masyarakat mulai dari rumah tangga, UMKM hingga korporasi," jelas Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Pandemi ini membuat harga komoditas anjlok. Misalnya, harga minyak Indonesia atau ICP (Indonesia Crude Price) anjlok 57,9 persen secara year on year. Harga komoditas hasil tambang di pasar internasional seperti timah, aluminium, tembaga juga mengalami penurunan baik quarter to quarter (q-to-q) dan year on year (y-o-y).

"Sementara harga komoditas makanan seperti gandum, minyak kelapa sawit dan kedelai mengalami penurunan q-to-q, tetapi meningkat secara y-o-y," ujar Suhariyanto.

 

Penjaualan Mobil Anjlok

Dealer Mitsubishi Cilegon
Dealer Mitsubishi Cilegon

Kemudian, penjualan mobil turun 85,02 persen y-o-y, sepeda motor secara wholesale juga turun 79,70 persen, produksi semen minus 9,08 persen dan pengadaan semen turun 7,69 persen.

"Jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia juga turun 81,49 persen q-to-q dan 87,81 persen y-o-y," ujar Suhariyanto.

 

Mitra Dagang Indonesia Ekonominya Juga Minus

Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lalu, negara-negara mitra dagang Indonesia juga mengalami kontraksi ekonomi di kuartal II 2020. Seperti Amerika Serikat yang minus 9,5 persen y-o-y, Singapura minus 12,6 persen, Korea Selatan minus 2,9 persen, Hong Kong minus 9 persen dan Uni Eropa minus 14,4 persen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta 10 Provinsi Ini Fokus Turunkan Angka Stunting

Posted: 04 Aug 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan angka stunting di Indonesia dapat turun di bawah 20 persen. Untuk itu, Jokowi meminta 10 provinsi dengan prevalensi fokus menurunkan angka stunting.

Adapun 10 provinsi yang dimaksud Jokowi adalah NTT, Sulawesi Barat, NTB, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menyampaikan ke kepala daerah untuk konsentrasi menurunkan angka stunting yang diakibatkan gizi buruk itu.

"Untuk itu saya juga ingin minta para gubernur, nanti Mendagri juga bisa menyampaikan kepada gubernur, bupati, wali kota sampai ke kepala desa terutama, agar 10 provinsi tersebut betul-betul fokus dan konsentrasi untuk penurunan stunting," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Rabu (5/8/2020).

Kepala Negara mengakui bahwa angka stunting di Indonesia mengalami penurunan dari 37 persen di 2013 menjadi 27,6 persen di 2019. Namun, dia menilai angka tersebut masih jauh dari target.

"Saya kira ini tidak cukup, kita harus menurunkan lebih cepat lagi dan target kita seperti yang saya sampaikan ke Menteri Kesehatan, di 2024 kita harus bisa turun menjadi 14 persen," katanya.

Dia meminta agar edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan stunting semakin ditingkatkan. Jokowi ingin sosialisasi tersebut juga melibatkan PKK, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, hingga relawan.

"Aspek promotif, edukasi, sosialisasi bagi ibu-ibu hamil pada keluarga juga harus terus digencarkan sehingga meningkatkan pemahaman untuk pencegahan stunting," ucapnya.

"Kita harapkan ini menjadi gerakan bersama di masyarakat," sambung Jokowi.

Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Selain itu, dia mengingatkan akses pelayanan kesehatan untuk ibu hamil dan balita jangan sampai berhenti meski di tengah situasi pandemi corona. Baik pelayanan di puskesmas maupun posyandu.

"Ini harus kita pastikan tetap berlangsung, tidak berhenti di tengah pandemi ini, yaitu pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan juga pemberian suplemen, vitamin A bagi ibu yang menyusui dan makanan pendamping ASI," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Targetkan Flyover Lenteng Agung dan Tanjung Barat Beroperasi 2021

Posted: 04 Aug 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan pembangunan flyover tapal kuda di Lenteng Agung dan Tanjung Barat dapat dioperasikan pada tahun 2021. 

Hal tersebut disampaikan Anies melalui unggahan di akun media sosial Instagram @aniesbaswedan yang dikutip Liputan6.com, Rabu (5/8/2020).

"Mohon doa dan dukungannya agar segera tuntas sesuai rencana pada akhir tahun 2020 dan dapat mulai kita gunakan pada tahun 2021," kata Anies. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga mengatakan hingga saat ini pembangunan flyover tapal kuda tersebut udah mencapai 75 persen. Pengerjaannya pun telah dimulai pada November 2019. Lanjut Anies, pembangunan flyover tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan di perlintasan rel kereta api Lenteng Agung.

"Jalan layang Lenteng Agung menggunakan anggaran dari APBD DKI sebesar Rp 140,8 miliar," ucapnya. 

 

Rekayasa Lalu Lintas

Kendaraan melintasi proyek pembangunan Flyover Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (26/2/2020). Proyek jalan layang putar arah tersebut diharapkan mampu mengurai kemacetan akibat perlintasan sebidang di kawasan tersebut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Kendaraan melintasi proyek pembangunan Flyover Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (26/2/2020). Proyek jalan layang putar arah tersebut diharapkan mampu mengurai kemacetan akibat perlintasan sebidang di kawasan tersebut. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumya, fyover Tanjung Barat mempunyai panjang total 1.120 meter, dengan rincian sisi selatan 470 meter, sisi utara 580 meter dengan lebar 8 meter dan masing-masing flyover setinggi 6,5 meter.

Sedangkan, flyover Lenteng Agung mempunyai panjang total 880 meter dengan rincian sisi barat depan IISIP 430 meter dan sisi timur 450 meter.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas dengan adanya pengerjaan pembangunan flyover Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Pembangunan flyover itu direncanakan selesai pada 30 Desember 2020.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan akan dilakukan penutupan putaran eksisting di Jalan Lenteng Agung dimulai 16 November 2019.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pesinden di One Man Show, Ini 6 Pesona Memes Prameswari saat Pakai Kebaya

Posted: 04 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemilik nama lengkap Citragama Praweswari atau yang lebih dikenal Memes Prameswari namanya mulai dikenal usai mengikuti ajang pencarian bakat X Factor Indonesia pada 2015 lalu. Usai dari X Factor, gadis kelahiran 1996 ini menjadi sinden di Opera Van Java pada 2017 lalu. 

Kini, Memes kembali menjadi pesinden di acara One Man Show di Indosiar bersama Tukul Arwana. Sebagai pesinden di acara talkshow tersebut, pelantun lagu 'Sampai Kapan' ini selalu tampil penuh totalitas. Dalam setiap acaranya, ia tampil cantik dengan berbagai busana kebaya.

Gadis kelahiran Gresik ini kerap membagikan potret OOTD di laman Instagramnya. Tak sedikit netizen yang dibuat gagal fokus dengan pesona alumni GADIS Sampul 2012 lalu ini. Banyak yang mengatakan, wanita yang akrab disapa Memes ini terlihat lebih anggun dan menawan saat menggunakan kebaya. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Memes Prameswari saat pakai kebaya, Rabu (5/8/2020). 

 

1. Wanita kelahiran Gresik ini menjadi pesinden di acara One Man Show yang dipandu oleh Tukul Arwana.

Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)
Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)

2. Sebagai pesinden, wanita kelahiran 1996 ini selalu tampil dengan anggun dengan busana kebaya.

Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)
Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)

3. Jebolan X Factor ini terlihat anggun dengan kebaya berwarna putih yang menjuntai.

Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)
Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)

4. Sebelum di One Man Show, Memes pernah menjadi pesinden di Opera Van Java pada 2017 bersama Dewi Gita.

Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)
Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)

5. Saat wisuda, wanita lulusan University of Northampton, Inggris ini tampil manis dalam balutan kebaya berwarna biru.

Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)
Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)

6. Gadis 23 tahun ini tampil cantik dengan kebaya berwarna merah jambu. Rambut yang disanggul membuat ia terlihat lebih anggun.

Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)
Memes Prameswari saat Pakai Kebaya (Sumber: Instagram//memes_prameswari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Kualitas SDM, Kemenaker Bakal Bangun 1.000 BLK Komunitas

Posted: 04 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengejar target program pembangunan SDM, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan program bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2020.  Untuk tahap awal program BLK Komunitas mencakup pembangunan 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menjelaskan bahwa BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017.

Terobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill. 

Selain itu, pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja di  Tanah Air. Sekaligus upaya pemerintah untuk mempermudah akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

"Saya titip kepada lembaga penerima bantuan BLK Komunitas tahap I. Semoga acara ini menjadi langkah awal dalam komitmen nyata kita semua untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia," kata dia dalam pernyataannya, Rabu (5/4).

Menteri Ida mengungkapkan, sejak 2017-2019, Kemnaker telah mendirikan 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, dimasa pandemi saat ini, pihaknya pun pihaknya mengurangi kapasitas yang semula dialokasikan 2.000 menjadi 1.000 BLK Komunitas.

"Memang berkurang, tapi kalau dari 1000 BLK itu tersebut mampu maksimal mengerjakan peran-peran pelatihan vokasi, maka harus dibayangkan 1000 rasa 2000 BLK," katanya.

 

Pendampingan

Menaker Ida Fauziyah usai membuka Program Pelatihan Tanggap Covid-19 dalam rangkaian kegiatan May Day 2020 di BLK Lembang, Jawa Barat, Sabtu (2/5/2020).
Menaker Ida Fauziyah usai membuka Program Pelatihan Tanggap Covid-19 dalam rangkaian kegiatan May Day 2020 di BLK Lembang, Jawa Barat, Sabtu (2/5/2020).

Caranya bagaimana? Menaker Ida mengatakan jika selama ini pemerintah melakukan pendampingan selama dua tahun, maka BLK Komunitas harus tetap membuka diri untuk bekerja sama serta berjejaring dengan lembaga pendidikan, baik perguruan tinggi maupun perusahaan/industri.

"Jadi anggap saja 1000 rasa 2000 atau 3000. Itu cara menyiasati di kondisi sulit. Kalau selama pelatihan hanya dua paket, bagaimana caranya pelatihan menjadi empat paket, caranya dengan berjejaring. Saya yakin Bapak/Ibu mampu melakukannya," ujarnya.

Sebagai informasi, LK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

BLK ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sektiar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha   

Bangun 2 BLK Perfilman, Kemnaker Siapkan Rp 2 Miliar

Menaker Ida Fauziyah saat di BLK Lembang, Jawa Barat, Sabtu (2/5/2020).
Menaker Ida Fauziyah saat di BLK Lembang, Jawa Barat, Sabtu (2/5/2020).

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berencana akan membangun dua Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas untuk bidang perfilman. Alokasi anggaran yang disiapkan yakni Rp 1 miliar untuk masing-masing BLK, atau total sekitar Rp 2 miliar.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berpikir bahwa keberadaan BLK komunitas perfilman penting untuk melatih dan membina para pekerja seni, khususnya yang bergerak di industri film.

"Kami sudah punya balai-balai, jadi yang dibutuhkan mungkin peralatannya, instrukturnya. Terserah mereka (pegiat industri film), tapi yang kami tawarkan komunitas perfilman," ujar Ida di Gedung Kemnaker, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Menurut dia, alokasi anggaran Rp 1 miliar bakal digunakan untuk pembangunan, peralatan, program pelatihan, beserta instrukturnya. Sementara beban biaya untuk pengadaan lokasi diserahkan kepada asosiasi pelaku film.

Ida menambahkan, Kemnaker beserta pelaku film telah sepakat bahwa peningkatan kompetensi memang sangat dibutuhkan. "Ini lembaga pelatihan. Kita akan tingkatkan kompetensi," ungkapnya.

Sementara itu, aktor film yang juga menjadi anggota Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Reza Rahadian berharap, kehadiran BLK perfilman dapat bantu melatih para pekerja di industri terkait tanpa dikenai biaya.

"Mudah-mudahan pelatihannya gratis dan sistemnya seperti scholarship lah. Jadi harus lulus uji dulu, mungkin ada beberapa persyaratan (untuk bisa masuk BLK)," ujar Reza.

Menaker Luncurkan Pembaruan Standar Kompetensi Kerja Perfilman

Kemnaker Luncurkan 1000 BLK Komunitas Tahun 2020 (Foto: Kemnaker)
Kemnaker Luncurkan 1000 BLK Komunitas Tahun 2020 (Foto: Kemnaker)

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah resmi mengeluarkan pembaharuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang perfilman. Ada 10 penambahan dalam SKKNI di bidang perfilman, dari sebelumnya 4 poin kini menjadi 14 poin.

Dalam acara tersebut, turut hadir Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker Bambang Satrio Lelono serta beberapa pelaku film papan atas Tanah Air, seperti Christine Hakim, Reza Rahadian dan Marcella Zalianty.

Ida mengakui, meski saat ini perfilman menjadi salah satu industri yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, namun pemerintah cukup optimis upaya pemulihan pada sektor industri ini dapat segera dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Akselerasi upaya untuk pemulihan industri perfilman akibat pandemi Covid-19 harus segera dilakukan agar industri perfilman dapat kembali bangkit dan terus melesat, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi penyerapan pengangguran," ujarnya di Innovation Room Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Dia menjelaskan, SKKNI memiliki tiga peran strategis. Pertama, memberi arah yang jelas dalam perancangan program diklat berbasis kompetensi, sehingga penyelenggaraan diklat untuk tenaga kerja di industri perfilman dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Kedua, memberikan acuan dan ukuran yang jelas, dalam penyusunan materi dan metode uji kompetensi sehingga pelaksanaan uji dan sertifikasi kompetensi untuk para pekerja di industri perfilman dapat dilakukan secara obyektif, terukur dan terjamin mutunya.

Ketiga, memberi acuan dalam membangun kerjasama saling pengakuan sertifikasi kompetensi kerja dengan negara lain, sehingga memudahkan pembuatan MoU atau MRA baik secara bilateral maupun multilateral.

Lebih lanjut, Ida berharap agar SKKNI di bidang perfilman yang diserahkan dapat diimplementasikan, baik di lembaga diklat, dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi bidang perfilman serta pengembangan SDM di bidang perfilman.

"Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dapat menghasilkan yang terbaik bagi pembangunan SDM berkualitas, unggul dan berdaya saing," ujar Ida.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Optimistis Industri Alas Kaki Sidoarjo Mampu Bersaing Global

Posted: 04 Aug 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Kementerian Perindustrian yang bertempat di kawasan Komplek Pasar Wisata, Desa Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur meluncurkan Indonesia Footwear Network (IFN) atau jaringan industri alas kaki Indonesia, Selasa 4 Agustus 2020.

"Keberadaan IFN ini dirasa mampu membangkitkan kembali geliat ekonomi, sekaligus merespons perubahan tatanan industri alas kaki di tengah pandemi COVID-19 ini," ujar Kepala BPIPI, Heru Budi Susanto, ditulis Rabu (5/8/2020).

IFN merupakan platform komunikasi baru bagi industri yang memberikan informasi relevan bagi potensial market domestik maupun global.

Nantinya, lanjut Heru, IFN akan didorong melengkapi dan mengumpulkan informasi industri yang selama ini ada di masing-masing komunitas.

"Kinerja nasional ekspor industri alas kaki pada 2020 ini naik 15 persen di triwulan pertama, jika dibandingkan tahun lalu. Apalagi, sebagai negara eksportir ke tiga terbesar dunia selama 2019 dan produksi terbesar ke empat dunia pada tahun yang sama," ujar dia

Ekspor Didominasi Produk dan Merek Ternama

Industri alas kaki di Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Industri alas kaki di Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Angka tersebut menunjukkan industri alas kaki masih mampu bergeliat di tengah pandemi COVID-19. Ekspor banyak didominasi oleh produk-produk dan merek ternama. Hanya saja secara global produksi alas kaki nasional turun pada masa pandemi COVID-19.

"Kurang lebih 70 persen. Hal itu disebabkan daya beli yang melemah dan keterbatasan bahan baku. Sehingga kesulitan mengelola cashflow yang berakibat pada merumahkan sebagian karyawan dan penutupan usaha," terangnya.

Kondisi seperti ini, lanjutnya bukanlah krisis pertama bagi industri. Krisis ekonomi pernah terjadi pada 1998. Namun, IKM yang justru menjadi penyelamat ekonomi indonesia.

"Bagaimanapun kondisi saat ini, harus kita hadapi bersama sehingga melahirkan peluang untuk terus bertahan dengan strategi yang dimiliki," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anang Hermansyah Beli Mobil Maung Buatan Pindad

Posted: 04 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anang Hermansyah bersama dengan Ashanty mengungkap keinginannya untuk membeli kendaraan taktis milik TNI, yakni mobil Maung dan akan digunakan untuk seserahan di pernikahan Aurel nantinya. 

Hal itu terbesit saat Anang Hermansyah mengunjungi pabrik Pindad.  Itu bisa diketahui dalam unggahan di video di kanal Youtube The Hermansyah A6 pada Senin (3/8/2020).

Dalam video berjudul 'SIPIL PERTAMA YANG DIBOLEHKAN BELI MOBIL MAUNG, ASHANTY AKAN BERIKAN UNTUK SESERAHAN' Anang Hermansyah dan anggota keluarganya yang lain terlihat mengunjungi PT Pindad, perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan produk militer di Indonesia.

Kunjungi Pindad

Anang Hermansyah naik mobil buatan Pindad (YouTube)
Anang Hermansyah naik mobil buatan Pindad (YouTube)

Begitu sampai, Anang dan Ashanty langsung disuguhkan beberapa pemandangan mobil militer buatan PT Pindad. Tujuan utama kedatangan Anang dan Ashanty ialah untuk melihat mobil Maung yang akan diproduksi untuk warga sipil.

 

Mencoba Mobil Maung

Anang Hermansyah naik mobil buatan Pindad (YouTube)
Anang Hermansyah naik mobil buatan Pindad (YouTube)

Anang dan Ashanty, ditemani oleh anak-anak mereka mencoba langsung mobil tempur yang diberi nama 'Maung' tersebut. Mobil Maung sendiri merupakan kendaraan taktis 4x4 terbaru yang dirancangkan dengan kemampuan untuk beroperasi di segala medan. 

Mobil Maung merupakan kendaraan tempur yang memang akan diproduksi untuk warga sipil. Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Maung juga dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

 

Seserahan

Anang Hermansyah naik mobil buatan Pindad (YouTube)
Anang Hermansyah naik mobil buatan Pindad (YouTube)

Saat mencoba mobil tersebut, Ashanty mengatakan ingin membeli mobil tersebut untuk dijadikan sebagai seserahan di pernikahan putrinya, Aurel Hermansyah nantinya.  

"Ini nanti mobil buat seserahan. Kita mau beli dua, yang satu buat kita, satu buat seserahan. Mertua kurang baik apa coba," ucap Ashanty.

 

Warga Sipil Pertama

Anang dan Ashanty kabarnya menjadi warga sipil pertama yang membeli kendaraan taktis tersebut. Pernyataan tersebut juga dikatakan langsung oleh pegawai PT Pindad.  

"Yes, confirm berarti Mas Anang sama Mbak Ashanty, sipil pertama yang insyaAllah akan memiliki mobil Maung buatan kita," ujar pegawai PT Pindad.

 

Naik Kendaraan Komodo

Selain mencoba mobil Maung, Anang Hermansyah juga memiliki kesempatan untuk mencoba kendaraan Pindad Komodo. Kendaraan ini merupakan salah satu kendaraan taktis andalan TNI dan Polri yang sangat cocok digunakan sebagai pengintai dan sangat cocok dipakai di medan yang berat. 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, BPS Sebut Dampak Corona Luar Biasa Buruk

Posted: 04 Aug 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 sebesar -5,32 persen. Dengan demikian, secara kumulatif pertumbuhan ekonomi semester I tahun ini tercatat mengalami kontraksi sebesar 1,26 dibandingkan semester I tahun lalu.

"Perekonomian Indonesia pada triwulan II-2020 secara yoy mengalami kontraksi 5,32 persen. Kalau dibandingkan secara Q to Q dengan triwulan I maka pertumbuhan ekonomi sebesar -4,19 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto, Jakarta, Rabu (5/8).

Suhariyanto mengatakan, pandemi Virus Corona membawa dampak yang luar biasa bagi perekonomian. Beberapa negara di dunia mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi.

"Catatan peristiwa mengenai apa yang terjadi di triwulan II-2020, Covid-19 membawa dampak yang luar biasa buruk dan membawa efek domino masalah kesehatan ke masalah ekonomi dan sosial," paparnya.

Negara negara di dunia, kata Suhariyanto, berupaya menyelamatkan pertumbuhan ekonomi dengan mengutamakan kesehatan rakyatnya. Hal tersebut juga dilakukan oleh Indonesia.

"Virus Corona juga enghantam UMKM hingga koorporasi. Banyak kebijkan yang dilakukan oleh berbagai negara semuanya mengutamakan kesehatan," tandasnya.

 

Pertumbuhan Ekonomi Minus 5,32 Persen di Kuartal II-2020, Indonesia di Ambang Resesi

(Foto:@Pelindo III)
(Foto:@Pelindo III)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2020. Di atas prediksi, ekonomi Indonesia mengalami minus 5,32 persen.

Sebelumnya, pemerintah memproyeksi ekonomi Indonesia akan terkontraksi di angka -4,3 persen. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, ekonomi Indonesia juga terkontraksi secara year quartal to quartal (q to q) yang sebelumnya 2,97 persen (kuartal I 2020).

"Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I 2020 dibandingkan semester I 2019 terkontraksi 1,29 persen," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Dirinya menjelaskan, pandemi Corona yang melanda Indonesia sejak awal tahun menjadi penyebab utama penurunan ini.

Pandemi Covid-19 telah menciptakan efek domino dari masalah sosial dan ekonomi, dan dampaknya menghantam seluruh lapisan masyarakat mulai dari rumah tangga, UMKM hingga korporasi.

Harga komoditas migas dan hasil tambang di pasar internasional pada kuartal II 2020 secara umum mengalami penurunan baik q to q maupun yoy, sementara harga komoditas makanan seperti gandum, minyak kelapa sawit dan kedelai mengalami penurunan q to q, tetapi meningkat secara yoy.

"Di satu sisi negara mengutamakan kesehatan dengan menerapkan lockdown, PSBB dan lainnya, di sisi lain pemerintah juga berupaya agar tingkat ekonomi berjalan. Dan untuk menyeimbangkannya bukan persoalan gampang. Dan bisa dilihat, banyak negara yang mengalami kontraksi," kata Suhariyanto.

Pengusaha Prediksi Indonesia Masuk Jurang Resesi

Pandangan udara permukiman warga dan gedung pencakar langit di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pandangan udara permukiman warga dan gedung pencakar langit di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah pengusaha memperkirakan Indonesia akan masuk ke jurang resesi di kuartal III 2020. 

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2020 siang ini Rabu (5/8/2020). Banyak yang memprediksi ekonomi nasional akan minus, salah satunya pengusaha yang memprediksi -3 persen hingga -5 persen.

"Kita lihat bahwa krisis ekonomi ini sesuatu yang tidak bisa kita hindari, tidak jauh apa yang diprediksi oleh Pemerintah antara -3 persen sampai -5 persen. Memang teman-teman pengusaha ada yang memprediksi akan di atas itu," kata Ketua Umum DPD HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang, kepada Liputan6.com, Rabu (5/8/2020).

Hal itu disebabkan daya beli masyarakat sangat turun akibat dari PHK, dan yang dirumahkan, serta  banyaknya UKM yang terpaksa harus menutup usahanya. Meskipun diberlakukan PSBB, kata Sarman geliat ekonomi masih belum sesuai dengan yang diharapkan, ditambah dampak krisis ekonomi dunia.

Sarman mengatakan, sebuah negara disebut resesi apabila dalam dua kuartal berturut-turut mengalami minus. Meskipun Indonesia pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2020 masih positif 2,97 persen, namun kuartal II dipastikan minus, begitupun kuartal III.

"Ini warning kalau resesi sudah didepan mata, di kuartal ketiga ini sudah agak terbuka kemungkinan sesuatu yang tidak bisa hindari yaitu resesi, hanya bagaimana kita berharap kepada pemerintah untuk menjaga atau mengendalikan supaya kita tidak terlalu dalam seperti Singapura -41 persen dan Amerika Serikat -35 persen," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

29 Kantor di Jakarta Ditutup Sementara karena Konfirmasi Positif Covid-19

Posted: 04 Aug 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta menutup sementara 29 perkantoran per 4 Agustus 2020. Kepala Disnaker Andri Yansyah mengatakan, penutupan itu ditengarai karena adanya konfirmasi positif Covid-19 dan pelanggaran protokol kesehatan di perkantoran.

Ia merinci jumlah perusahaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 26 kantor, sedangka 3 kantor melanggar protokol kesehatan di perkantoran sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Disnaker Nomor 1477.

"Iya (total 29 perkantoran ditutup), kalau yang Covid itu karena salah satu atau lebih karyawannya sudah terdeteksi positif Covid-19. Kalau yang melanggar, yang dilanggar itu adalah karena tidak mematuhi protokol, yang biasanya karena pembatasan karyawan," ujar Andri di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Ia menuturkan, bentuk pelanggaran protokol yang dilakukan oleh tiga perkantoran tersebut umumnya mempekerjakan karyawan melebihi 50 persen dari kapasitas kantor. Sementara, dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini, perkantoran dilarang melebihi 50 persen karyawan yang boleh bekerja di kantor.

Andri mengatakan, perkantoran yang melanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi secara bertahap berupa peringatan tertulis. Jika pelanggaran serupa terus dilakukan, Andri menegaskan pihaknya akan menutup sementara operasional kantor tersebut.

"Kita kasih peringatan satu, peringatan dua, masih bandel terpaksa kita tutup untuk sementara," tegas Andri.

Kantor yang Ditutup

Berdasarkan data yang diperoleh, 26 perkantoran yang ditutup karena konfirmasi Covid-19 adalah:

Wilayah Jakarta Pusat:

PT Indosat

Wisma BSG Abdul Muis

Kimia Farma

BRI KCU Tanah Abang

PT Linktone Indonesia

PT Meindo Elang Indah

Pusat pengelolaan komplek Kemayoran Kementerian Sekretariat Negara

Wilayah Jakarta Barat:

Kantin Kantor Wali Kota Jakarta Barat

PTSP Jakarta Barat

Wilayah Jakarta Utara:

BCA Multifinance

Polres Jakarta Utara

Kecamatan Koja

PT Dunia Ekspedisi Transindo

PT Astra Daihatsu Motor

Wilayah Jakarta Timur:

PT Yamaha

PT Puninar

Tip Top

PT Mitsubishi Krama Yudha Motor

PT PP Konstruksi

BPKP

Wilayah Jakarta Selatan:

BNI Life Smesco

PT BCA SCBD

KEB Hana Bank

PT Daeyong Communication Indonesia

PT Kronus Indonesia

PT Asiapay Technology Indonesia

Sedangkan 3 perkantoran yang melangar protokol kesehatan adalah Proyek Graha Pertamina (Jakarta Pusat), PT FAP Agri (Jakarta Barat), dan PT Wintard Jaya (Jakarta Timur).

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Asam Urat, Penyebab, dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Posted: 04 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala asam urat biasanya ditandai dengan nyeri pada sendi yang muncul secara mendadak. Gejala ini kemudian hilang dalam beberapa hari, dan akan muncul lagi dalam beberapa bulan. Gejala asam urat ini paling sering terjadi pada sendi lutut hingga kaki. 

Asam urat sendiri merupakan penyakit arthritis yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Hal ini terjadi karena tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau tidak dapat membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat pun menumpuk di dakam tubuh.

Gejala asam urat bisa beragam pada setiap orang. Namun, beberapa gejala yang umum terjadi adalah nyeri hebat pada persendian, radang dan kemerahan, sendi menjadi kaku, hingga adanya bejolan. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar cepat ditangani.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/8/2020) tentang gejala asam urat.

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat
Penyebab Asam Urat

Sebelum mengenali berbagai gejala asam urat, kamu tentunya perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab terjadinya asam urat. Penyakit asam urat sendiri lebih sering dialami oleh pria yang berusia antara 30-50 tahun. Namun, wanita setelah masa menopause juga bisa mengalaminya.

Berikut beberapa penyebab asam urat yang perlu kamu kenali:

Makanan dan Minuman

Salah satu penyebab asam urat yang paling utama adalah konsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Makanan purin ini seperti jeroan (hati, ampela, paru, usus), makanan laut (kepiting, kerang, udang, cumi) dan daging merah. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat.

Obat-obatan

Penyebab asam urat selanjutnya adalah konsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan peningkatan asam urat, misalnya obat diuretik hingga aspirin. Proses penyembuhan cedera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab asam urat.

Penyebab Asam Urat

Kelebihan Berat Badan

Asam urat juga bisa disebabkan oleh kelebihan berat badan. Hal ini bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat ginjal kesulitan untuk membuang asam urat dari tubuh. 

Riwayat Keluarga

Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat juga bisa menjadi penyebab asam urat selanjutnya. Jika ada salah satu atau beberapa anggota keluarga memiliki masalah asam urat, maka risiko kamu mengalami masalah yang sama pun dapat meningkat.

Kondisi Medis Tertentu

Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, sindrom metabolik, leukemia, anemia, sleep apnea, dan hipertensi juga bisa menjadi penyebab asam urat.

 

Gejala Asam Urat yang Umum Terjadi

Ilustrasi Gejala asam urat  (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Gejala asam urat (Sumber: Pixabay)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala asam urat bisa tidak terlihat dan tidak terasa pada awalnya. Bahkan, tidak semua orang merasakan gejala asam urat yang sama. Namun ada beberapa gejala asam urat yang umum terjadi pada banyak orang, yaitu:

Nyeri Hebat pada Persendian

Gejala asam urat yang paling sering dialami penderitanya tentu adalah nyeri hebat pada persendian. Nyeri sendi, linu, dan bengkak bisa jadi gejala asam urat tinggi. Terakadang gejala asam urat ini diselingi dengan kesemutan dan radang sendi yang tampak merah pada permukaan kulitnya.

Kamu patut waspada jika sering mengalami nyeri pada bagian sendi seperti, jempol kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari-jari, kemudian mereda. Bila hal ini terjadi cukup sering, bahkan hampir setiap hari, sebaiknya segera periksa ke dokter. 

Sendi Menjadi Kaku    

Gejala asam urat juga membuat sendi menjadi kaku. Penumpukan asam urat di persendian juga bisa menyebabkan terbatasnya rentang gerak sendi yang terdampak. Lama kelamaan, sendi akan menjadi kaku, meski rasa sakit sudah mereda.

Gejala Asam Urat yang Umum Terjadi

Radang dan Kemerahan pada Sendi

Radang dan kemerahan pada sendi juga biasa terjadi sebagai gejala asam urat. Nyeri sendi biasanya terdapat pada kaki dan menimbulkan warna merah yang diikuti dengan rasa panas menyengat dan rasa nyeri saat digunakan berjalan. Hal ini terjadi karena kristal asam urat menetap di sendi sehingga memicu pembengkakan dan peradangan. 

Benjolan pada Sendi

Benjolan akan terlihat di bawah lapisan kulit di sekitar sendi. Biasanya, benjolan ini diakibatkan oleh asam urat yang sudah menumpuk banyak dan dalam jangkah waktu lama. Bila kristal menumpuk di saluran kemih, maka bisa membentuk batu ginjal. 

Gejala asam urat ini sering kali muncul secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Namun biasanya gejala asam urat paling sering terjadi pada malam hari. Sebagian besar gejala asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari. Namun pada kasus yang parah, gejala asam urat bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu.

Cara Mengatasi Asam Urat

Cara mengatasi asam urat bisa dengan memperhatikan menu makanan dan menerapkan pola hidup sehat. Meski memang penyakit ini tak bisa disembuhkan total, tapi gejala asam urat bisa dikendalikan. 

Berikut beberapa cara mengatasi asam urat:

Cek Menu Harian

Cara pengobatan gejala asam urat yang pertama adalah dengan memperhatikan menu makanan sehari-hari. Menghindari makanan dan minuman yang tinggi purin (asam urat) seperti seafood, daging merah, makanan-makanan manis (mengandung gula), alkohol, dan jeroan merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan.

Hindari makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi. Selain itu, kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas yang berlemak, dan produk susu yang mengandung tinggi lemak.  

Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Pilihlah sumber protein harian dari daging tanpa lemak, ikan, dan unggas sekitar 2-3 potong perhari. Sumber protein lain yang bisa ditambahkan adalah produk susu rendah lemak atau yogurt.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur juga bisa membuat asam urat lebih bisa dikendalikan. Olahraga membuat sendi-sendi terlatih dengan baik, sehingga bisa mencegah nyeri sendi yang kerap kali menyerang orang dengan asam urat. Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. 

Menjaga Berat Badan

Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal. Untuk menjaga berat badan sebagai pengobatan gejala asam urat yakni, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet. 

Cara Mengatasi Asam Urat

Banyak Minum Air putih

Cara mengatasi asam urat selanjutnya adalah dengan rajin minum air putih. Minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat gizi dan juga zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh. Beberapa ahli percaya bahwa minum air putih akan ikut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

Selain dari air putih sendiri, memilih buah yang mengandung air juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperlancar pengeluaran asam urat.

Jahe

Jahe juga dapat membantu menangani penyakit asam urat. Jahe berperan sebagai zat anti peradangan yang mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat yang terjadi. Jahe mengandung beberapa zat anti peradangan yakni gingerols dan shogaol, Kedua zat ini yang akan membantu mengurangi parahnya peradangan yang timbul.

Lemon

Lemon bukan hanya menyediakan vitmain C yang membantu meredakan sakit akibat asam urat namun lemon juga membantu menyediakan kalium. Kalium digunakan untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa.

Dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH, dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Cara menggunakannya cukup muda, peras lemon dan campur dengan segelas air hangat. Lalu minum secara rutin di pagi hari. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Siap Sebar 35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan dan Petani

Posted: 04 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina siap menindaklanjuti penugasan Pemerintah untuk mendistribusikan 35 ribu paket Konverter Kit (Konkit) untuk nelayan dan petani. Rinciannya, sebanyak 25 ribu Konkit untuk nelayan di 42 kabupaten dan kota. Serta sebanyak 10 ribu paket untuk petani di 24 kabupaten dan kota.

Dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran Tahun Anggaran 2020 yang ditandatangani Selasa (4/8) kemarin, Pertamina mendapat penugasan melakukan konversi BBM ke BBG.

"Setelah penandatanganan perjanjian, Pertamina bergerak cepat, segera melakukan proses pengadaan yang ditargetkan selesai pada akhir September 2020, sehingga pada minggu kedua Oktober 2020 sudah mulai bisa didistribusikan," ujar Vice Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangan resmi, Rabu (5/8/2020).

Fajriyah menambahkan, Pertamina juga akan menyiapkan pangkalan di wilayah petani dan nelayan yang menjadi sasaran untuk mendukung ketersediaan isi ulang LPG.

 

Sejak 2016

Deretan kapal nelayan terparkir di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (27/12). Nelayan Muara Angke memilih libur melaut karena angin muson barat dan gelombang tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Deretan kapal nelayan terparkir di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (27/12). Nelayan Muara Angke memilih libur melaut karena angin muson barat dan gelombang tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Pertamina telah mendistribusikan paket Konkit untuk nelayan sejak tahun 2016 dan hingga tahun 2019 telah mendistribusikan 60.859 paket Konkit. Sementara untuk petani, Pertamina telah mendistibusikan paket Konkit sebanyak 1.000 paket yang dilakukan sejak tahun 2019.

Pada tahun 2020, lanjut Fajriyah, Pertamina akan mendistribusikan paket konkit untuk nelayan sasaran di 17 provinsi, 42 kabupaten/kota. Diantaranya; Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan paket konkit untuk petani sasaran akan dibagikan sebanyak 10 ribu paket di 6 provinsi, 24 kabupaten/kota.

"Pertamina akan menjalankan tugas ini sesuai target dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Paket Konkit ini akan membantu meringankan biaya operasional kapal penangkap ikan bagi nelayan serta mesin pompa air bagi petani, karena lebih hemat, efisien serta lebih ramah lingkungan. Perawatan mesin juga menjadi lebih mudah," pungkas Fajriyah.

Sebagai informasi, Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran Tahun Anggaran 2020, ditandatangani oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syahrial didampingi Sesditjen Migas Iwan Prasetya Adhi dan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso.

Sementara hadir mewakili PT Pertamina dalam acara ini adalah SVP Shipping PT Pertamina (Persero) Joko Eko dan Direktur Marketing PT Pertamina Patra Niaga sebagai Commercial and Trading Business Group Pertamina, Jumali. Perjanjian ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM k BBG untuk Nelayan, Irene Yulianingsih Sasaran, VP LPG Sales PT Pertamina (Persero), Primarini dan Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM ke BBG untuk Petani Sasaran, Safriyanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Penampakan Galaxy S20 Fan Edition Paling Dicari

Posted: 04 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang penampakan Galaxy S20 Fan Edition yang marak bermunculan di internet, paling dicari pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (4/8/2020) kemarin.

Tak hanya itu, artikel lain yang juga paling dicari pembaca, yakni Facebook umumkan program Laju Digital di tengah pandemi dan pernyataan YouTube tentang video Anji dan Hadi Pranoto yang dihapus.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini

1. Foto Galaxy S20 Fan Edition Beredar di Internet

 

Bocoran tentang Galaxy S20 Fan Edition semakin banyak muncul di ranah internet. Terkini, foto smartphone tersebut menyita perhatian.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (4/8/2020), informasi baru ini berasal dari akun @evleaks di Twitter. Akun ini kerap mengungkapkan berbagai bocoran tentang smartphone terbaru.

Berdasarkan foto yang diunggah @evleaks, Galaxy S20 Fan Edition memiliki desain mirip seperti Galaxy S20. Namun bezel Galaxy S20 Fan Edition tampak lebih tebal dibandingkan Galaxy S20 Plus.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Facebook Terapkan Laju Digital Secara Virtual di Tengah Pandemi Covid-19

Facebook Indonesia terus berupaya menjalankan program Laju Digital di masa pandemi Covid-19.

Program ini tetap dijalankan secara online melalui Facebook Live, Grup Facebook, Zoom, dan berbagai platform lain yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap komunitas.

Laju Digital pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2018. Kampanye nasional dari Facebook di Indonesia ini memiliki misi untuk membantu berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, untuk dapat mencapai kesuksesan di era digital.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Video Anji dan Hadi Pranoto Bahas Obat Covid-19 Dihapus, Ini Penjelasan YouTube

YouTube telah menghapus video musisi Erdian Aji Prihartanto (Anji) dengan seseorang yang mengklaim sebagai ahli mikrobiologi bernama Hadi Pranoto. Di dalam video tersebut, Hadi disebut telah menemukan obat Covid-19.

Perwakilan Facebook dalam keterangan resminya mengungkap, pihaknya berkomitmen memberikan informasi yang tepat dan bermanfaat pada saat kritis seperti sekarang.

Komitmen tersebut termasuk meningkatkan konten otoritatif, mengurangi penyebaran informasi yang berbahaya dan menampilkan panel informasi, serta menggunakan data WHO atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, untuk membantu memerangi informasi yang salah.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kebakaran Kandang Ayam di Tuban

Posted: 04 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hebat melanda kandang ayam milik salah satu pengusaha unggas di Tuban. Belum diketahui penyebab kebakaran kandang ayam yang sudah lama tidak beroperasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: