Minggu, 16 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kejutan Ganjar Saat Upacara HUT RI ke-75, Undang Pejuang Veteran Naik Podium

Posted: 16 Aug 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Semarang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat kejutan dalam upacata HUT RI ke-75 di halaman Kantor Gubernur Jateng, Semarang Senin (17/8). Ganjar mengundang pejuang veteran kemerdekaan naik ke podium inspektur upacara. Sejumlah pejabat dan peserta upacara nampak terkejut dengan permintaan Ganjar karena permintaan itu tidak ada dalam tata urutan upacara yang telah disusun.

Sebelum momen Ganjar mengundang pejuang veteran, Ganjar sebagai inspektur upacara membacakan amanat tentang sosok Mbah Padmo Darsono, warga Dusun Girpasang, Klaten. Di akhir pembacaan amanat kemudian Ganjar menengok ke belakang, ke arah tamu undangan. 

"Di ulang tahun ini rasanya sangat jarang kita mendengar apa kata veteran, apa yang dirasakan beliau. Dalam kesempatan yang baik ini saya mengundang senior kita, veteran kita untuk naik ke podium ini, saya persilahkan," kata Ganjar.

Salah satu veteran kemudian berdiri dan berjalan ke arah Ganjar. Satu petugas upacara nampak menggandeng veteran itu yang diketahui bernama M Amin Munadjat, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jateng.

Sesampainya Munadjat di atas podium, Ganjar mempersilahkan Munadjat memberi pesan-pesan kemerdekaan. 

Tak langsung memberi pesan, Munadjat justru mengomentari cerita Ganjar tentang Mbah Padmo.

"Kami sungguh mengapresiasi apa yang sudah Pak Gubernur lakukan terhadap masyarakat Jawa Tengah. Di tengah gemerlapnya Semarang, Bapak tidak lupa jauh di ujung sana, di puncak bukit, ada masyarakat kita yang sangat sederhana. Itu patut kita apresiasi," kata Munadjat.

Gubernur Ganjar Pranowo mengundang pejuang veteran kemerdekaan naik ke podium inspektur upacara saat Upacara HUT RI ke-75 di halaman Kantor Gubernur Jateng.
Gubernur Ganjar Pranowo mengundang pejuang veteran kemerdekaan naik ke podium inspektur upacara saat Upacara HUT RI ke-75 di halaman Kantor Gubernur Jateng.

Pejuang Ajak Rakyat Bersatu Lawan Covid-19

Dalam pesan-pesannya, Munadjat menyatakan keprihatinan melihat melemahnya persatuan dan kesatuan bangsa. Ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, hankam, dan agama menjadi bahan yang diperdebatkan secara berlebihan bahkan keluar dari konteksnya.

Menurutnya, perbedaan pandangan itu tak seharusnya menjadi perpecahan.

"Kita harus bersama, bersatu untuk mengatasi Covid-19 yang dampaknya sampai ke seluruh aspek kehidupan. Kita bangsa bhinneka dan kita harus menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya pedoman oleh setiap warga bangsa," ungkapnya.

Munadjat juga secara khusus menitipkan pesan pada Ganjar untuk terus menjaga persatuan, keguyuban, dan kerukunan warga. "Kami tahu bapak sudah berbuat banyak untuk Jawa Tengah, namun mewakili teman-teman veteran kami titip agar jateng tetap terjaga persatuan kesatuannya, guyub rukun warganya, dijiwai nilai2 pancasila untuk menjadi bangsa yang tata tentrem kerta raharja," ungkapnya.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di lingkungan Provinsi Jawa Tengah sendiri digelar dengan sederhana. Peserta upacara tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya yang biasanya digelar meriah di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang. Tahun ini upacara hanya diikuti sebagian dari ASN Pemprov Jateng, perwakilan dari TNI-Polri, dan pelajar.

Spirit Mbah Padmo

Sementara itu Ganjar Pranowo dalam amanatnya menyampaikan bagaimana kesederhanaan warga di Dusun Girpasang, Kabupaten Klaten. Ia bahkan belajar banyak dari seorang tokoh bernama Mbah Padmo Darsono yang sudah berusia sekitar 70 tahun tetapi tetap bersemangat dan selalu bersyukur tanpa mengeluh.

Ia juga mengutip nasihat Mbah Padmo yang relevan untuk seluruh masyarakat Jawa Tengah. Nasihat itu disampaikan dalam bahasa Jawa yaitu

"Urip kui senajan abot tetep kudu dilakoni. Aja sambat lan aja ngeluh, aja mandhek sanajan dengkul wis ndredheg. (Hidup itu meskipun berat tetap harus dijalani. Jangan mengeluh, jangan berhenti meskipun lutut sudah bergetar)."

"Spirit dari Mbah Padmo untuk jangan mengeluh itu yang harus terus ada di dada kita. Menengok sanubari dan menakar kadar cinta kepada negeri. Tidak dari seberapa penting posisi atau tenarnya nama kita," kata Ganjar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Upacara Perayan HUT RI ke-75, Tidak Ada Aksi Pesawat Tempur

Posted: 16 Aug 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tidak ada atraksi pesawat tempur. Sebab kali ini Indonesia tengah diterpa pandemi Covid-19.

Kemeriahan pun tidak terlihat di halaman Istana Negara, Jakarta Pusat. Pelaksanaan hanya digelar 2 jam saja. Penampilan Gita Bahana Nusantara pun hadir secara virtual.

Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Restu Gunawan mengatakan terdapat 136 paduan suara dan 45 orkestra dari 34 provinsi yang tampil. Peserta yang hadir pun kali ini dibatasi. Tidak kurang dari 100 orang. Sisanya 17.845 orang ikut upacara virtual.

Proktokol kesehatan pun dilakukan, seluruh para peserta mengenakan masker dan berjarak. Terlihat hanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin kemudian empat pejabat lainnya menjadi petugas upacara.

Mereka yakni, Ketua MPR Bambang Soesatyo yang bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, Menteri Agama Fachrur Rozie selaku pembaca doa, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Dihadiri para Mantan Presiden

Para mantan presiden pun turut hadir dalam siaran virtual youtube sekretariat presiden. Tidak hanya itu para duta besar pun ikut hadir dalam siaran telekonference.

Kemudian, petugas yang hadir pun hanya terdiri dari satu Komandan Upacara, tiga orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang berasal dari cadangan 2019, 20 orang pasukan upacara dari TNI/Polri, 24 orang korps musik, 2 orang MC, serta 17 anggota TNI. Mereka bertugas sebagai pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat upacara detik-detik proklamasi.

Tidak hanya itu, kali ini hanya ada 8 orang anggota Paskibraka yang betugas. Berbeda dari peringatan kemerdekaan biasanya menugaskan 68 Paskibraka.

Adapun tiga anggota untuk upacara kenaikan bendera dan 3 anggota untuk upacara penurunan. Sisanya, 2 anggota cadangan.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Uang Baru Bukan untuk Peredaran Bebas atau Tambah Likuiditas

Posted: 16 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan jika pencetakan uang baru Rupiah bukan ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat. Maupun, sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan ekonomi.

Namun, sebagai bentuk wujud syukur atas anugrah kemerdekaan dan pencapaian yang dilakukan selama 75 tahun Indo Merdeka. Sebab itu, pengeluaran uang rupiah ini diluncurkan bertepatan dengan peringatan kemerdekaan, 17 Agustus 2020.

"Peluncuran uang khusus ini dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus yang dalam hal ini peringatan kemerdekaan RI ke -75," ujar Sri Mulyani, dalam "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" yang dilakukan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Uang baru ini dicetak dalam bentuk kertas sebanyak 75 juta lembar, yang bisa menjadi koleksi masyarakat. Sehingga total yang dicetak pemerintah senilai Rp 5,62 triliun.

Dia menjelaskan jika, sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang rupiah, mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan seluruh masyarakat.

"Ini koordinasi yang baik dari beberapa pihak seperti BI, kemenkeu, kemensos dan para ahli waris. Pengeluaran uang kemerdakaan ini telah melalui perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018," jelas dia.

 

Uang Baru Rupiah Pecahan Rp 75 Ribu Resmi Meluncur, Dicetak 75 Juta Lembar

Sri Mulyani dalam
Sri Mulyani dalam

Pemerintah resmi meluncurkan uang baru Rupiah dengan pecahan nominal Rp 75 ribu. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan jika penerbitan uang baru dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.

Uang baru ini dicetak dalam bentuk kertas sebanyak 75 juta lembar, yang bisa menjadi koleksi masyarakat. Sehingga total yang dicetak pemerintah senilai Rp 5,62 triliun.

"75 juta yang dicetak ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," ujar Sri Mulyani dalam "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" bersama Gubernur Bank Indonesia yang dilakukan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Dia menjelaskan jika, sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang rupiah, mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan seluruh masyarakat.

"Ini koordinasi yang baik dari beberapa pihak seperti BI, kemenkeu, kemensos dan para ahli waris. Pengeluaran uang kemerdakaan ini telah melalui perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018," jelas Sri Mulyani.

Gubernur BI Perry Warjiyo, menuturkan jika pengeluaran uang rupiah sebagai mata uang tidak hanya berperean sebagai alat pembayaran. "Tetapi lambang kedauatan masyarakat, sistem kemandirian bangsa Indonesia," jelas dia.

Setiap lembar uang Rupiah dikatakan mengandung identitas dan karakteristik bangsa Indonesia. "Kami telah mendistribusikan uang 75 tahun ini ke seluruh kantor-kantor," kata dia.

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kalinya, 95 Dubes Indonesia di Dunia Ikuti Upacara HUT ke-75 RI

Posted: 16 Aug 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak momen langka yang terjadi saat Upacara HUT ke-75 RI. Pada 2020 ini, untuk pertama kalinya, para duta besar Indonesia dapat mengikuti Upacara HUT ke-75 RI.

Hal ini merupakan momen yang sangat langka karena biasanya para duta besar tidak bisa mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI setiap 17 Agustus.

"Jadi kita disaksikan oleh para duta besar. Ini pertama kalinya 17 Agustus dihadiri duta besar dan perwakilan di luar negeri," ungkap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Senin (17/8/2020).

Dia mengatakan, para duta besar hadir secara virtual dari negara tepat mereka bertugas masing-masing.

Seperti diketahui, pihak Istana menyediakan 17.845 undangan virtual upacara HUT ke-75 RI di Istana Merdeka. Sebagian di antaranya dikhususkan untuk para duta besar.

"Jadi sebanyak 17.845 undangan. Mereka bisa mendaftar secara daring. Kami juga menyediakan slot duta besar di seluruh negara di dunia," tutur Bey.

Menurut Bey, jumlah duta besar dari Indonesia yang tersebar di seluruh negara di dunia ada 95 orang.

Dan pada hari ini, kata dia, 95 duta besar RI bisa ikut menyaksikan secara live semua rentetan upacara HUT ke-75 RI.

Selain itu, para duta besar dari seluruh negara di dunia untuk Indonesia juga turut menghadiri upacara HUT ke-75 RI.

 

Upacara di Istana

Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seperti diketahui, kegiatan upacara HUT RI tahun ini tetap diselenggarakan secara langsung di Istana Merdeka, Jakarta dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Undangan yang disiapkan pihak Istana juga sangat terbatas. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

"Pejabat yang hadir langsung saat upacara (HUT ke-75 RI) dibatasi. Ada enam orang termasuk presiden dan wakil presiden," tulis surat edaran menteri sekretaris negara diterima.

Empat orang lainnya, adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks proklamasi. Menteri Agama Fachrul Razi sebagai pembaca doa, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Selain enam orang tersebut, jumlah keseluruhan peserta upacara HUT ke-75 RI adalah 100 orang. Mereka akan ditempatkan secara berjarak sesuai protokol kesehatan.

"Kursi mereka akan dibuat berjarak," terang edaran tersebut.

Kemudian, untuk para menteri, pimpinan lembaga negara/instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat, mengikuti upacara peringatan kemerdekaan ke-75 dan detik-detik proklamasi dari kantor mereka masing-masing.

"Kepada mereka, Istana mewajibkan untuk mengikutinya upacara peringatan dan upacara penurunan bendera sang Merah Putih masing-masing dari kantor mereka secara virtual," tutup informasi edaran tersebut.

Saat upacara berlangsung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara. Ia mengenakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020).

Sementara itu, Wakil Presiden Maruf Amin mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia bercorak warna gelap juga nampak mendampingi Jokowi.

 

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati, SBY hingga JK Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Secara Virtual

Posted: 16 Aug 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020) diikuti oleh para pejabat dan mantan pejabat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada HUT RI tahun ini mereka hadir secara virtual dikarenakan pandemi virus corona (Covid-19).

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, tampak Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Istana secara virtual.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mengikuti upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka secara virtual. SBY yang didampingi cucu-cucunya mengikuti keseluruhan rangkaian upacara secara khidmat.

Meski begitu, sosok SBY sempat tak terlihat dalam tayangan di Youtube. Hanya terlihat putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono yang mengikuti upacara secara virtual.

"Pagi hari ini pukul. 09.45, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengikuti secara virtual jalannya Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2020 yang berlangsung di Istana Merdeka bersama para staf, Rumga, Paspampres yang berdinas beserta atlit klub bola voli Lavani di Lavani Sports Center Cikeas," jelas Kepala Komunikasi Publik Partai Demokrat Ossy Dermawan kepada wartawan, Senin.

Kemudian, hadir pula secara virtual Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, serta Wakil Presiden ke-11 Boediono. Ada pula Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla yang megikuti prosesi upacara HUT RI ke-75 secara virtual bersam Ibu Mufidah.

Digelar Secara Sederhana

Seperti diketahui, upacara HUT ke-75 RI di Istana digelar secara sederhana, khidmat dan menerapkan protokol kesehatan. Para menteri dan pimpinan lembaga negara lainnya mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera pusaka secara virtual dari kantor masing-masing.

Hanya Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis saja yang hadir secara langsung di Istana.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keseruan Ratusan Pelaut Indonesia Ikuti Lomba HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di Taiwan

Posted: 16 Aug 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tak hanya riuh di Tanah Air. Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri pun ikut menyemarakkan.

Seperti ratusan pelaut asal Indonesia yang mengisi kegiatan peringatan HUT ke-75 RI di tempat pendaratan ikan Pelabuhan Donggang, wilayah Taiwan selatan. "Kegiatan ini diikuti sekitar 250-300 pelaut Indonesia," kata Ahmad Muzakir selaku panitia HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Taiwan.

Ada 15 jenis lomba yang digelar para nelayan Indonesia yang bekerja di kapal-kapal pencari ikan berbendera Taiwan itu.

Beberapa perlombaan, di antaranya lari bakiak, pentung kendil, topi cantol, lari kelereng sendok, makan kerupuk, mimik dot, balap karung, rebutan koin di pepaya, dan tarik sarung, menarik perhatian warga Donggang, Kabupaten Pingtung, karena memang jenis perlombaan tersebut tidak ada di Taiwan.

Para pemilik kapal juga sangat antusias mendukung pekerjanya mengikuti lomba yang digelar Forum Silaturahmi Pelaut Indonesia (Fospi) itu.

 

Berlangsung Sejak 2011

Ilustrasi lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Ilustrasi lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Antusiasme para majikan warga Taiwan itu ditunjukkan dengan dukungan biaya penyelenggaraan dan penyediaan hadiah menarik selain juga dari para sponsor, terutama toko atau warung yang menjual kebutuhan dan makanan khas Indonesia.

"Setiap peringatan Hari Kemerdekaan RI, kami rutin menggelar kegiatan seperti ini. Alhamdulillah kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2011," kata Muzakir, nelayan asal Jawa Tengah yang lama bekerja di Donggang itu, seperti dilansir Antara, Senin (17/8/2020).

Donggang merupakan salah satu sentra industri perikanan terbesar di Taiwan selatan yang mempekerjakan para pelaut dari Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Pelaut Indonesia mendominasi di Donggang dengan jumlah sekitar 2.000 orang. Mereka tinggal di kapal-kapal majikan yang sedang bersandar, selain ada juga di rumah tinggal yang disewa secara patungan di kawasan tersebut.

Para pelaut Indonesia tersebut juga telah mampu membangun masjid dengan dana swadaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan HUT ke75 RI, Toyota Hadirkan Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Sienta Welcab

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai wujud komitmen di industri otomotif Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Sienta Welcab.

Memiliki beberapa perubahan, salah satu yang menarik perhatian ialah hadirnya fitur kesehatan bagi pengendara dan penumpang di kedua mobil pabrikan Jepang tersebut.

"Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Sienta Welcab kami persembahkan sebagai hadiah dari Toyota untuk Indonesia yang berbentuk solusi mobilitas bagi keluarga Indonesia di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda.

Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Sienta Welcab dilengkapi fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin. Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin.

Terintegrasi pada register A/C, Integrated Air purifier (Car Ionizer) bisa bekerja secara otomatis maupun manual. Jika menggunakan mode otomatis, Integrated Air Purifier akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin.

Selain itu, Kijang Innova TRD Sportivo Limited juga dilengkapi filter udara, sehingga kondisi di dalam kabin senantiasa baik. Memiliki ukuran removable particle PM 2.5 or less, udara di dalam kabin dapat terhindar dari partikel kecil.

Bermesin diesel, Kijang Innova menjadi MPV pertama dari Toyota yang memiliki versi TRD Sportivo. Tampilan yang bold dan sporty tergambar dari front bumper spoiler, rear bumper spoiler, hingga side skirt dan side sticker. Dengan diluncurkannya varian limited terbaru ini, Kijang Innova kini mempunyai 5 varian yaitu G, V, Q, Venturer, dan yang terbaru TRD Sportivo Limited.

Sienta Welcab

Sejak pertama kali hadir di Indonesia, Toyota Sienta mengusung karakter Multi Activity Vehicle (MAV) karena memiliki fitur sliding door.

Hadirnya Sienta Welcab diharapkan mampu memberikan kenyamanan lebih karena kursi welcab dapat bergerak keluar dan masuk secara otomatis dengan menggunakan New Physical Remote dan Remote App.

"Pada dasarnya konsep pengembangan varian baru Sienta Welcab ini mengikuti perkembangan kebutuhan mobilitas pelanggan yang membutuhkan fleksibitas lebih untuk beraktivitas bersama anggota keluarga, termasuk dengan orang tua atau keluarga yang berkebutuhan khusus," kata Anton.

Berada di baris kedua sebelah kiri, kursi ini telah dilengkapi sandaran tangan, sandaran kepala, dan sandaran kaki.

Dapat dioperasikan dengan dua cara, pemilik kendaraan bisa menggunakan remote fisik pada kursi welcab atau melalui aplikasi smartphone.

Harga

Sienta Welcab
Sienta Welcab

Kursi welcab juga disematkan fitur new rotation & side lift, dimana kursi welcab bisa diputar mengarah ke luar pintu.

Tersedia empat pilihan varian, Kijang Innova TRD Sportivo Limited dibanderol mulai dari Rp359,1 juta hingga Rp431,9 juta. Hanya memiliki dua varian, Sienta Welcab mendapatkan harga Rp362,7 juta dan Rp380,4 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Upacara Bendera Penyandang Disabilitas di Semarang

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan dalam menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)
Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan dalam menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)

Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan dalam menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)

Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan dalam menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)
Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan dalam menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)

Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan dalam menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)

Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang seusai melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)
Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang seusai melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)

Penyandang disabilitas dari Komunitas Roemah Difabel Semarang seusai melakukan upacara bendera HUT ke-75 RI di Halaman Sobokarti Semarang, Senin (17/8/2020). Upacara ini sebagai salah satu bukti rasa berbangsa dan cinta tanah air serta ungkapan menghargai jasa para pahlawan. (Liputan6.com/Gholib)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Pemain Inter Milan vs Shakhtar Donetsk: Andalkan Winning Team

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Dusseldorf - Antonio Conte dan Luis Castro kemungkinan besar tidak akan mengubah komposisi tim saat Inter Milan menghadapi Shakhtar Donetsk pada semifinal Liga Europa di Merkur Spiel-Arena, Senin (17/8/2020) atau Selasa dini hari WIB.

Keputusan itu tidak lepas dari hasil positif yang masing-masing didapat sejak kompetisi kembali dimulai.

Inter Milan melaju ke semifinal Liga Europa dengan menyingkirkan wakul dua negara kuat, yakni Getafe dan Bayer Leverkusen. Sementara Shakhtar Donetsk membungkam VfL Wolfsburg serta FC Basel.

Kebetutlan, opsi Inter Milan juga terbatas. Conte kehilangan Alexis Sanchez karena cedera saat latihan. Begitu pula Matias Vecino.

Sementara Milan Skriniar dan Christian Eriksen kemungkinan besar tetap di bangku cadangan.

Di sisi lain, Castro kini bisa menurunkan Davit Khocholava yang menjalani sanksi disiplin. Meski begitu, pemain asal Georgia itu diragukan bisa masuk tim utama.

Berikut perkiraan pemain Inter Milan vs Shakhtar Donetsk di semifinal Liga Europa:

Perkiraan Pemain

Semifinal Liga Europa Inter Milan vs Shakhtar Donetsk (Trie Yas/Liputan6.com)
Semifinal Liga Europa Inter Milan vs Shakhtar Donetsk (Trie Yas/Liputan6.com)

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; Godín, De Vrij, Bastoni; D'Ambrosio, Barella, Brozovic, Gagliardini, Young; Martinez, Lukaku

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Pyatov; Dodo, Kryvtsov, Bondar, Matviyenko; Marcos Antonio, Stepanenko; Marlos, Alan Patrick, Taison; Junior Moraes

Rekor Pertemuan

Semifinal Liga Europa Inter Milan vs Shakhtar Donetsk (Trie Yas/Liputan6.com)
Semifinal Liga Europa Inter Milan vs Shakhtar Donetsk (Trie Yas/Liputan6.com)

Waktu-Ajang-Laga-Skor

10/8/2005 Kualifikasi Liga Champions Shakhtar vs Inter 0-2

24/8/2005 Kualifikasi Liga Champions Inter vs Shakhtar 1-1

Infografis

Infografis Jadwal Semifinal Liga Europa (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jadwal Semifinal Liga Europa (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Inter Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Lengkap Menag saat Upacara HUT ke-75 RI

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi didaulat membacakan doa pada upacara HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Upacara kemerdekaan HUT ke-75 RI ini hanya diikuti sejumlah orang. Sisanya, ribuan tamu undangan lain mengikuti secara virtual.

Mengawali doanya, Fachrul mengucapkan rasa syukur karena saat ini Indonesia sudah bebas dari belenggu penjajah. Tak lupa, ia juga bersyukur karena Indonesia masih bisa merayakan HUT ke-75 RI.

"Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-75," ujar Menag Fachrul mengawali doanya, seperti dilansir Antara, Senin (17/8/2020).

Dengan mengenakan pakaian adat Aceh, Menag Fachrul melangitkan harapan agar Indonesia terus mendapat limpahan rahmat Allah, sehingga mampu membangun diri menjadi bangsa yang maju dan kompetitif.

Tak lupa, ia mendoakan para pahlawan bangsa senantiasa mendapat kasih sayang-Nya, serta Indonesia segera terbebas dari pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya," ucap Menag Fachrul.

 

Doa Lengkap

Menteri Agama Fachrul Razi saat memberikan ceramah dalam salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (1/11/2019). Menag Fachrul Razi memberikan ceramah dengan tema persatuan 'Merajut Persatuan dan Kesatuan'. (Liputan6.com/ Faizal Fanani)
Menteri Agama Fachrul Razi saat memberikan ceramah dalam salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (1/11/2019). Menag Fachrul Razi memberikan ceramah dengan tema persatuan 'Merajut Persatuan dan Kesatuan'. (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Berikut doa lengkap yang dibacakan oleh Menag Fachrul dalam upacara HUT Ke-75 RI:

"Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala puji kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-75.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Bijaksana. Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-75 ini, berikanlah ridha-Mu yang tak terputus pada kami, untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar, dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih. Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan mereka dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Melindungi.Di tengah wabah COVID-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, semakin menyadarkan kami, bahwa betapa lemah nya kami tanpa pertolongan-Mu. Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradat-Mu, mohon Engkau berkenan mengangkat wabah COVID-19 dari negeri Indonesia. Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun. Dengan sifat 'Afuwwun Ghafuur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami, Ya Allah."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kacamata Pintar Jadi Lompatan Teknologi Baru

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kacamata pintar tampak akan menjadi teknologi cerdas berikutnya menyusul munculnya ponsel pintar yang telah mengubah perilaku manusia. Perusahaan teknologi di seluruh dunia sedang mengembangkan beragam kacamata pintar, baik untuk hiburan maupun keamanan. Berikut laporan Helmi Johannes dari VOA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kelakuan Bapak-Bapak saat 17 Agustusan Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Rakyat Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-75. Biasanya, beragam acara akan digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia tersebut. 

Beberapa yang paling ikonik adalah lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, dan lomba balap karung. Selain itu, ada juga malam Tirakatan yang dilaksanakan di berbagai kampung. Serangkaian acara di momentum 'Agustusan' ini selalu dinanti oleh sejumlah kalangan, baik anak-anak ataupun orang dewasa.

Masyarakat menikmati serangkain acara ini sebagai salah satu cara merayakan kemerdekaan Tanah Air. Tak jarang, muncul berbagai ekspresi, tingkah laku hingga momen tak terduga pada saat acara 17 Agustusan.

Seperti kelakuan nyeleneh bapak-bapak ini. Sudah bukan rahasia lagi, bapak-bapak memang selalu punya kelakuan unik yang sukses bikin perut tergelitik. Penasaran seperti apa potretnya? 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas aksi kocak bapak-bapak saat 17 Agustusan yang bikin tepuk jidat, Senin (17/8/2020). 

 

1. Lomba tarik tambang udah mainstream, mending lomba tarik bus deh.

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)

2. Waduh pak, kalau kayak begini bisa-bisa enggak menang nih.

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: Twitter/recehtapisayng)
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: Twitter/recehtapisayng)

3. Enggak peduli di mana tempatnya, yang penting pidato waktu Tirakatan harus jalan ya pak.

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)

4. Lomba makan kerupuk pasti bagi 3 orang ini sudah terlalu gampang deh.

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)

5. Lombanya sih baca puisi, tapi kok dapatnya kain lap? Biar bisa membersihkan segala ucapan manis ya?

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: Brilio)
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: Brilio)

6. Si adik pasti ketagihan lomba panjat pinang nih.

Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)
Kelakuan Kocak Bapak-Bapak saat 17 (Sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Mantan Bupati Indramayu Yance Sebelum Meninggal Dunia

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Indramayu - Mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin atau yang akrab disapa Yance, kerap menitipkan pesan untuk terus menjaga Kabupaten Indramayu. Pesan itu disampaikannya kepada Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat.

"Pesan beliau, jaga terus Indramayu," kata Taufik, saat bertakziah ke rumah duka, Minggu (16/8/2020), dikutip Ayobandung.com.

Taufik mengatakan, terakhir kali bertemu dengan almarhum di kediaman beliau pada Selasa (11/8). Saat itu, almarhum masih dalam keadaan sehat.

Tak hanya itu, lanjut Taufik, dalam pertemuan tersebut almarhum juga berpesan kepadanya untuk selalu meningkatkan pembangunan di Kabupaten Indramayu. Hal itu demi kesejahteraan masyarakat Indramayu.

Selain soal pembangunan, Yance juga menasihatinya untuk merangkul para ulama dan menjadikan masyarakat untuk terus berpegang teguh pada agama.

"Beliau selalu mengajak untuk bangun malam bertahajud, bersujud, berzikir memohon kepada Allah untuk keselamatan Indramayu," tutur Taufik.

 

Karier Yance

Seperti diberitakan, Mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin alias Yance meninggal dunia pada Minggu pukul 09.15 WIB di RSUD Indramayu.

Deden mengatakan bahwa Yance menjalani perawatan di RSUD Indramayu karena sakit. Namun Deden mengatakan, bahwa selama ini Yance tidak punya riwayat menderita penyakit kronis.

"Selama ini tidak ada sakit yang kronis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara, dilansir Antara.

​​​​​​Yance menjabat sebagai Bupati Indramayu selama dua periode, tahun 2000-2005 dan 2005-2010. Selanjutnya dia menjadi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat periode 2014-2019.

Dia menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Indramayu tahun 2004 sampai 2009 dan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat tahun 2009 sampai 2016.

Dapatkan berita menarik Ayobandung.com lainnya, di sini:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balap Karung hingga Tarik Tambang, Ini Makna di Balik Deretan Lomba Agustusan

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Setiap tahunnya, masyarakat memeriahkan hari bersejarah tersebut dengan melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari upacara bendera hingga yang paling ditunggu adalah beragam perlombaan.

Mulai dari balap karung hingga makan kerupuk, menjadi kegiatan yang paling ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya, setiap lomba memiliki keunikannya tersendiri dan tak jarang mengundang gelak tawa penonton. Selain itu, perlombaan pada Hari Kemerdekaan juga memompa kembali semangat masyarakat.  

Beragam hadiah unik nan menarik juga menanti para peserta lomba. Mulai dari peralatan rumah tangga hingga alat elektronik. Meskipun dirayakan dengan meriah setiap tahunnya, tahukah kamu makna dari setiap perlombaan yang diadakan?

Balap Karung

Balap Karung. | via: kemenag.go.id
Balap Karung. | via: kemenag.go.id

Rasanya kurang afdal kalau perayaan 17 Agustus tanpa adanya lomba balap karung. Pasalnya, lomba berjalan menggunakan karung goni ini tak pernah absen setiap tahunnya. Namun, tahukah kamu makna dari lomba balap karung?

Lomba balap karung menggambarkan betapa sulitnya mendapatkan kain sebagai pakaian yang layak saat masa penjajahan dulu. Masyarakat Indonesia menjadikan karung goni sebagai alternatif pengganti pakaian.

Hal ini karena hanya karung goni yang mudah ditemukan dan dimiliki di Indonesia saat masa penjajahan Jepang. Penderitaan tersebut dilampiaskan dengan menginjak-injak karung goni pada lomba balap karung. Selain itu, lomba balap karung juga menggambarkan betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki dibatasi dengan karung.

Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk di kompek Persada Kemala, Bekasi Barat. (foto: Timothy Juliano)
Lomba makan kerupuk di kompek Persada Kemala, Bekasi Barat. (foto: Timothy Juliano)

Dengan tangan diikat ke belakang peserta lomba harus menghabiskan kerupuk yang digantung langsung menggunakan mulut. Hal ini menggambarkan betapa sulitnya kondisi pangan saat masa penjajahan dulu.

Selain itu, lomba makan kerupuk juga mengajarkan sikap tidak mudah menyerah dan bersyukur meskipun hanya dengan kerupuk. Kita bisa menghargai perjuangan masyarakat Indonesia ketika mengalami kesulitan pangan dulu.

Panjat Pinang

Peserta mengikuti panjat pinang kolosal dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak 174 batang pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan warga itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Peserta mengikuti panjat pinang kolosal dalam rangka merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pantai Ancol, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak 174 batang pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan warga itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Panjat pinang menjadi salah satu perlombaan yang ikonik. Perlombaan ini mengharuskan sekelompok orang memperebutkan hadiah yang digantung di atas puncak pohon dengan cara memanjatnya.

Untuk memenangkan perlombaan ini, peserta membutuhkan strategi. Pasalnya, pohon akan diolesi oleh minyak atau oli sehingga peserta akan mudah terjatuh dan sulit mencapai puncak.

Kegiatan panjat pinang ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dulu, panjat pinang digelar sebagai hiburan saat perayaan hari-hari besar orang Belanda.

Lomba panjat pinang sendiri memiliki makna yang menunjukkan semangat dan kekompakkan dalam tim untuk mencapai satu tujuan. Mereka harus bekerja sama dan berkorban satu sama lain, baik yang di bawah maupun di atas. Selain itu, panjat pinang juga menggambarkan semangat para pahlawan yang selalu bergotong royong memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

Tarik Tambang

Kepala Divisi Formalitas SKK Migas, Didik S. Setyadi, bersama karyawan mengikuti lomba tarik tambang dalam rangka HUT ke-74 RI di kilang JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, Sabtu (17/8/2019). Perlombaan digelar meningkatkan keakraban serta rasa cinta tanah air. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kepala Divisi Formalitas SKK Migas, Didik S. Setyadi, bersama karyawan mengikuti lomba tarik tambang dalam rangka HUT ke-74 RI di kilang JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, Sabtu (17/8/2019). Perlombaan digelar meningkatkan keakraban serta rasa cinta tanah air. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Bukan hanya beradu kekuatan, dalam tarik tambang memerlukan kekompakkan tim untuk meraih kemenangan. Kebersamaan, gotong royong, dan solidaritas satu sama lain merupakan nilai yang bisa diambil dari perlombaan tersebut.

Selain itu, persatuan dalam tim bahu membahu menarik tambang juga menggambarkan betapa kerasnya para pejuang dulu untuk mendapatkan kemerdekaan.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT ke-75 RI, Irfan Hakim Kibarkan Bendera Merah Putih di Dalam Air

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Irfan Hakim merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-75 dengan caranya sendiri. Meski bukan sebagai orang pertama, namun Irfan Hakim tetap melakukannya.

Ya, Irfan Hakim mengibarkan bendera Merah Putih di dalam air. Itu terlihat dari video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya, Minggu (16/8/2020).

Dalam rekaman berdurasi singkat tersebut, terlihat Irfan Hakim berenang tanpa mengenakan atasan sambil mengibarkan bendera Indonesia di antara ikan-ikan.

Di Kolam Kecil

Irfan Hakim (Foto: Instagram/@irfanhakim75)
Irfan Hakim (Foto: Instagram/@irfanhakim75)

Tak seperti selebritas yang pernah mengibarkan bendera di Hari Kemerdekaan RI lainnya yang memilih kolam besar di kawasan Ancol untuk melakukan aksinya tersebut. Irfan Hakim justru melakukannya di kolam kecil yang berisi ikan-ikan yang ukurannya tak besar.

Samakan dengan Tahun Lahir

Irfan Hakim (Foto: Instagram/@irfanhakim75)
Irfan Hakim (Foto: Instagram/@irfanhakim75)

Ulang tahun Kemerdekaan RI ke-75 ini, sama dengan tahun kelahiran Irfan hakim.

"Gw lahir tahun 75..IG gw @irfanhakim75Tahun ini Indonesia usia 75," tulisnya sebagai keterangan video.

Hanya Angka

Bagi bapak lima anak ini, 75 hanyalah sekedar angka pengingat. Meski begitu ia begitu bahagia bisa merayakan Hari Kemerdekaan negerinya.

Ia menulis, "75 masalah angka.. tapi semangat harus terus membara...Dirgahayu Republik Indonesia ke 75..."

Jangan Berhenti Berjuang

Di usia Indonesia yang tak muda lagi, Irfan Hakim mengingatkan jangan lelah untuk terus melakukan perubahaan untuk Indonesia.

"Bangsa kita memang sudah merdeka sejak 75 tahun yang lalu, tetapi kemerdekaan tersebut bukanlah tanda bahwa kita berhenti berjuang," sambungnya.

 

Lawan Pandemi

Apalagi dengan adanya pandemi Corona Covid-19, masyarakat Indonesia harus bersatu agar bisa lepas dari bencana dunia.

"Mari kita bersama-sama bangkit memajukan Indonesia dan membangkitkan bangsa melawan pandemi global yang saat ini sedang terjadi.

#MerahPutihChallenge 🇮🇩," imbuhnya.

[vidio:Irfan Hakim Dambakan Sang Jagoan Menjadi Seorang Hafidz]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 20 Penyelam Kibarkan Merah Putih di Kedalaman 20 Meter

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 20 penyelam dari Gorontalo Tourist Guide (GTG), Profesional Scuba School, dan Aice membentangkan bendera Merah Putih di bawah laut Botubarani, Provinsi Gorontalo. mereka memperigati HUT RI ke-75.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Minggu Ini: Tugas Baru Menanti, Ada Harapan Cerah

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Minggu Ini periode 16 - 22 Agustus 2020 selengkapnya

Ace of Wands

Tugas, pekerjaan, dan tanggung jawab baru menanti dalam minggu ini. Lakukan tanpa ragu. Harapan cerah ada di depan.

Bisnis dan Keuangan

Proyek bisnis & peluang pendapatan baru. Memang belum nampak hasilnya, ditekuni saja. Setiap keberhasilan membutuhkan proses dan ketekunan.

 

Pekerjaan dan Kesehatan

Pekerjaan

Tawaran pekerjaan baru. Tidak ada salahnya dicoba.

Kesehatan

Kelelahan. Cukup banyak energi yang keluar dalam minggu ini. Atur kembali waktu istirahatmu.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trump Mungkin Tekan Perusahaan Tiongkok selain Bytedance

Posted: 16 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan pada akhir pekan kemarin bahwa dia mungkin akan memberikan tekanan terhadap lebih banyak perusahaan Tiongkok, seperti Alibaba. Hal ini diungkapkan setelah AS melarang TikTok.

Dilansir dari Reuters, Senin (17/8/2020), hal tersebut disampaikan oleh Trump dalam sebuah konferensi pers. Ia ditanya apakah ada perusahaan Tiongkok lain yang sedang dipertimbangkan untuk dilarang seperti Alibaba.

Trump menjawab, "Ya, kami sedang melihat hal-hal lain".

Trump telah memberikan tekanan terhadap perusahaan-perusahaan Tiongkok, seperti melarang TikTok di AS. Pemerintah Negeri Paman Sam itu mengimbau ByteDance pada Jumat lalu untuk melepaskan operasi TikTok di AS dalam waktu 90 hari.

Hal tersebut merupakan upaya terbaru AS untuk menekan ByteDance atas kekhawatiran tentang keamanan data pribadi di layanan tersebut.

Bakal Diblokir di AS, TikTok Siap Tempuh Jalur Hukum

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.  Kredit: antonbe via Pixabay
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Donald Trump telah mengumumkan executive order (perintah eksekutif) untuk layanan TikTok dan WeChat di AS. Melalului perintah eksekutif ini, TikTok diberi waktu untuk menghentikan layanannya di negara tersebut atau mencari pemilik baru agar layanannya tetap bisa digunakan di AS.

Menyusul keputusan tersebut, TikTok mengatakan tudingan yang ditujukan pada mereka tidak berdasar. Perusahaan menegaskan tidak membagi data pengguna dengan pemerintah Tiongkok, termasuk memberlakukan sensor konten.

Terlebih, TikTok saat ini berupaya untuk menjual bisnis mereka di AS pada perusahaan lokal. Oleh karena itu, seperti dikutip dari BBC beberapa waktu lalu, layanan milik ByteDance tersebut akan mengupayakan jalur hukum menanggapi perintah eksekutif tersebut.

Pernyataan Pihak TikTok

"Kami akan mencoba semua upaya hukum yang tersedia untuk memastikan tidak ada aturan yang diabaikan, dan perusahaan kami termasuk penggguna diperlakukan secara adil," ungkap pihak TikTok.

Pemerintah AS mengatakan TikTok di bawah kepemilikan perusahaan Tiongkok, sehingga dapat menimbulkan risiko keamanan data pribadi. ByteDance merupakan perusahaan teknologi asal Tiongkok, yang berbasis di Beijing.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Petugas Lalu Lintas Hentikan Kendaraan untuk Heningkan Cipta

Posted: 16 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aparat gabungan menghentikan laju kendaraan di sejumlah persimpangan jalan umum di Jakarta Timur untuk mengajak masyarakat mengheningkan cipta sejenak mengenang jasa pahlawan, Senin pagi.

"Kita mengajak warga mengheningkan cipta sejenak dalam rangkaian peringatan hari Kemerdekaan RI ke-75," kata Kasi Pengendalian dan Opersional Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur Riky Erwinda di Jakarta (17/8/2020). 

Kegiatan tersebut tampak digelar di sejumlah jalan umum di Jakarta Timur di antaranya Simpang Arion Mall, Jalan Raya Pemuda Rawamangun, dan di depan Pintu Utama Taman Mini Indonesia Indah.

Tepat pada pukul 10.17 WIB sejumlah mobil patroli petugas membunyikan sirene panjang selama tiga menit.

Sejumlah petugas membuat barisan berjarak sekitar 2 meter di median jalan dan menghentikan para pengendara yang sedang melintas.

Petugas berseragam Dishub, TNI, Korpri, Polri beserta masyarakat memberikan penghormatan seraya mengheningkan cipta pada detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan RI.

Riky mengatakan ritual tahunan itu dilaksanakan dengan cara berdiri tegap dan memberikan penghormatan. Bagi pengendara diperkenankan tetap berada di dalam kendaraan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: HUT ke-75 RI, PT KAI Daop I Jakarta Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 17 Meter

Posted: 16 Aug 2020 09:35 PM PDT

Personel Paskibra bersiap melakukan upacara bendera di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra bersiap melakukan upacara bendera di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra bersiap melakukan upacara bendera di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra bersiap melakukan upacara bendera di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra bersiap melakukan upacara bendera di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra bersiap melakukan upacara bendera di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra usai membentangkan bendera Merah Putih, Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra usai membentangkan bendera Merah Putih, Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra usai membentangkan bendera Merah Putih, Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Personel Paskibra membentangkan bendera Merah Putih di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (17/8/2020). Dalam rangka peringatan ke-75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, PT KAI Daop 1 Jakarta mengadakan upacara pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 17 meter. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapkan Selamat HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Dubes Tiongkok Nyanyi Bengawan Solo

Posted: 16 Aug 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, H.E. Xiao Qian, menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pada kesempatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, saya atas nama semua kolega Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, mengucapkan selamat paling hangat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, dan menyampaikan harapan terbaik kepada semua teman Indonesia yang mendukung pengembangan hubungan Tiongkok dan Indonesia," kata Dubes Xiao Qian, dalam video yang dibagikan dalam laman Facebook resmi Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, dikutip Senin (17/8/2020).

Selanjutnya, Dubes Xiao Qian menekankan bahwa Indonesia memiliki sejarah lama dan peradaban cerah. Ia pun juga menyebutkan, bahwa Rakyat Indonesia sangat rajin dan cerdas.

"Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, rakyat Indonesia telah mencapai keberhasilan luar biasa bahwa ekonominya berkembang, masyarakatnya stabil dan negaranya semakin kuat," tutur Dubes Xiao Qian.

Dalam pernyataannya yang disampaikan dalam bahasa Indonesia, Dubes Xiao Qian juga menyampaikan pepatah tentang persahabatan bersejarah antara Tiongkok dan Indonesia.

"Persahabatan Tiongkok dan Indonesia bersejarah lama, kedua negara adalah tetangga baik, sahabat baik dan mitra baik. Ada sebuah pepatah di Indonesia, "Jauh di mata, dekat di hati," ujar Dubes Xiao Qian.

Tak hanya itu, Dubes Xiao Qian juga mengatakan, bahwa dalam menghadapi pandemi COVID-19, kedua negara selalu bergotong-royong dan saling membantu, yang sepenuhnya mencerminkan persahabatan mendalam antara kedua negara beserta rakyatnya.

"Tahun ini menandai peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Tiongkok dan Indonesia," lanjut Dubes Xiao Qian.

Kendati demikian, Dubes Xiao Qian menyampaikan, dengan berdiri di atas titik awal sejarah baru, Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk terus mendorong hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia ke tingkat lebih tinggi dan menciptakan lebih banyak kesejahteraan bagi rakyat kedua negara.

Di akhir pernyataannya, Dubes Xiao Qian menyatakan harapan agar "Semoga Indonesia semakin maju dan makmur, semoga rakyat Indonesia hidup sehat dan bahagia. Semoga Persahabatan Tiongkok dan Indonesia akan kekal abadi selamanya."

Nyanyikan Lagu Bengawan Solo

Duta Besar Tiongkok Xiao Qian bersama sejumlah diplomat Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia lainnya menyambut HUT RI ke-75 tahun dengan menyanyikan lagu Begawan Solo. (Video credit by: Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia)
Duta Besar Tiongkok Xiao Qian bersama sejumlah diplomat Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia lainnya menyambut HUT RI ke-75 tahun dengan menyanyikan lagu Begawan Solo. (Video credit by: Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia)

Tidak hanya menyampaikan ucapan selamatnya, Dubes Xiao Qian, juga menyanyikan lagu tradisional Indonesia "Bengawan Solo" dalam bahasa Indonesia.

Video musik yang menampilkan Dubes Xiao Qian, bersama sebagian diplomat lainnya di Kedutaan Besar Tiongkok menyanyikan Bengawan Solo itu dibuat untuk menyampaikan harapan atas dirgahayu RI serta kebahagiaan dan kesehatan rakyatnya.

"Bengawan Solo adalah lagu tradisional Indonesia yang sangat akrab di telinga masyarakat Tiongkok dan Indonesia," kata Kedutaan Besar Tiongkok, dalam laman Facebook resmi mereka.

Selanjutnya, Kedutaan Besar Tiongkok menyatakan, "Duta Besar Xiao beserta sebagian diplomat kedutaan menyanyikan lagu ini untuk mengucapkan selamat atas peringatan HUT Ke-75 RI, dan juga bertujuan untuk menyampaikan apresiasinya atas keberanian dan ketekunan rakyat Tiongkok dan Indonesia yang bergotong-royong dalam melawan pandemi COVID-19, dan memanjatkan doa yang tulus ikhlas bagi Indonesia untuk mengalahkan pandemi dengan sesegera mungkin".

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Remisi 119.175 Napi di HUT ke-75 RI, Kemenkumham Hemat Anggaran Rp 176 Miliar

Posted: 16 Aug 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM memberi remisi terhadap 119.175 narapidana di seluruh Indonesia. Sebanyak 117.737 napi terima pengurangan masa pidana, sementara 1.438 lainnya menerima remisi bebas.

Ditjen Pas Kemenkumham Reynhard Silitongan mengatakan, atas pemberian remisi tersebut, secara total Kemenkumham menghemat anggaran sebesar Rp 176.262.630.000.

"Total penghematan angaran makan narapidana mencapai Rp 176.262.630.000," ujar Reynhard, Senin (17/8/2020).

Reynhard merinci, penghematan anggaran makan terhadap 117.737 narapidana yang menerima potongan hukuman mencapai Rp 173.258.730.000. Sedangkan penghematan anggaran makan 1.438 narapidana yang dibebaskan mencapai Rp 3.003.900.000.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, pemberian remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem Pemasyarakatan,yakni sebagai motivasi perbaikan diri dan mental bagi narapidana untuk menjadi manusia yang lebih baik.

"Pemberian remisi kepada narapidana adalah bagian dari perwujudan tujuan Sistem Pemasyarakatan Bukan hanya sekedar pemenuhan hak oleh negara kepada para narapidana tetapi juga apresiasi kepada mereka yang telah melewati ujian panjang pemidanaan dengan perbaikan kualitas pribadi dan mental serta berkelakuan baikselama masa pembinaan," kata Yasonna.

Sebelumnya, sebanyak 119.175 narapidana di seluruh Lapas maupun Rutan di Indonesia menerima remisi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75. Dari 119.175 napi yang terima remisi, 1.438 di antaranya mendapat remisi bebas.

"Sebanyak 1.438 narapidana dapat menghirup udara bebas saat peringatan HUT RI ke-75 pada hari ini 17Agustus 2020 setelah menerima Remisi Umum (RU) II," ujar Dirjen Pas Kemenkumham Reynhard Silitonga saat upacara HUT RI di Lombok Barat, Senin (17/8/2020).

 

Penuhi Prasyarat

Ilustrasi narapidana.
Ilustrasi narapidana.

Reynhard mengatakan, sebanyak 117.737 narapidana lainnya menerima pengurangan masahukuman atau remisi umum I yang besarannya bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.

"Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana. Jika mereka tidak berprilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan," kata Reynhard.

Reynhard mengatakan, remisi diberikan kepada seluruh narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dantidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana).

"Serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas, Rutan,atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Kegembiraan Tim Medis Usai Rusia Umumkan Vaksin Covid-19

Posted: 16 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan video soal kegembiraan tim medis di sebuah Rumah Sakit. Video itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun yang membagikannya adalah akun @EGiorado pada 14 Agustus 2020. Hingga kini postingan video tersebut sudah mendapat 2700 retweet dan lebih dari 6.600 likes.

Dalam postingan video tersebut disertai dengan narasi:

"Breaking News... Akhirnya Rusia jadi pemenang pembuatan Vaksin C19..dan akan di eksport ke negara2 pemesan dengan harga satuan Rp 35.000.."

Lalu benarkah video tersebut merupakan video kegembiraan tim medis usai Rusia meluncurkan vaksin covid-19?

 

Penelusuran fakta:

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Dilansir dari website turnbackhoax.id ada artikel berjudul "[SALAH] Video Rusia Jadi Pemenang Pembuatan Vaksin C19" yang tayang 16 Agustus 2020.

Di artikel disebutkan video tersebut merupakan video yang diunggah oleh Dr. Khaled Al-Dahmashi, konsultan penyakit dalam dan direktur Rumah Sakit King Saud, Riyadh.

Video itu telah diunggah Dr. Khaled sejak 11 Agustus 2020. Dalam unggahannya, Dr. Khaled menjelaskan video tersebut adalah bentuk kegembiraan staf medis dan perawat rumah sakit RS King Saud setelah adanya penurunan jumlah kasus virus corona covid-19 dan peningkatan laju pemulihan dengan menutup bangsal isolasi kesehatan.

 

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran harga vaksin Sputnik V yang diklaim dalam postingan. Sejauh ini belum ada artikel yang menyebutkan berapa harga vaksin tersebut.

Seperti dalam artikel Liputan6.com dengan judul "Rusia: Vaksin COVID-19 Sputnik V Gelombang Pertama Telah Diproduksi" yang tayang 16 Agustus 2020. Berikut isinya:

"Liputan6.com, Moskow - Rusia, pada Sabtu 15 Agustus 2020 mengatakan telah memproduksi gelombang pertama vaksin Covid-19 baru buatannya.

"Gelombang pertama vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute telah diproduksi," Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan dalam pernyataan, sebagaimana diwartakan Kantor Berita Interfax, dikutip dari Antara, Minggu (16/8/2020).

Rusia sebelumnya mengatakan bahwa gelombang pertama vaksin COVID-19 mereka akan diluncurkan akhir Agustus ini, dengan dokter dan tenaga medis akan diprioritaskan menjadi penerima pertama secara luas.

Gamaleya, yang mengembangkan vaksin, sebelumnya mengatakan bahwa Rusia akan memproduksi sekitar lima juta dosis dalam skala industri selama sebulan pada Desember-Januari, menurut Interfax.

Vaksin COVID-19 buatan Rusia dinamai "Sputnik V", yang mengacu pada satelit pertama dunia yang diluncurkan oleh Uni Soviet.

Presiden Rusia Vladimir Putin meyakinkan masyarakat bahwa vaksin tersebut aman, menambahkan bahwa salah satu putrinya telah menggunakan vaksin tersebut dan merasa baik-baik saja sesudahnya.

Namun, sejumlah ilmuwan mengaku khawatir dengan persetujuan regulator kilat ini, dengan menilai bahwa Rusia lebih mementingkan gengsi negara ketimbang keamanan di tengah perlombaan global penemuan vaksin COVID-19.

Padahal, persetujuan vaksin dikabulkan sebelum uji coba yang biasanya melibatkan ribuan peserta yang dikenal sebagai Tahap / Fase III. Uji coba semacam itu biasanya dianggap sebagai prekursor penting bagi vaksin untuk mengantongi persetujuan.

Sejumlah kritik dan tuduhan menyasar Rusia setelah mengumumkan vaksin Virus Corona COVID-19 pertama di dunia yang telah didaftarkan. Salah satunya disebutkan vaksin COVID-19 buatan Rusia tak aman karena tak melewati uji klinis fase 3.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko menyatakan tudingan itu tidak berdasar.

"Tuduhan bahwa vaksin Virus Corona kami tidak siap dan tidak aman itu tak berdasar dan lebih didorong atas rasa persaingan," ujar Murashko, seperti dilaporkan Kantor Berita Interfax, Rabu (12/8/2020).

Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan uji coba pada manusia."

Selain itu ada artikel dari Kompas.com berjudul "Rusia Mulai Produksi Vaksin Corona Sputnik V" yang tayang 15 Agustus 2020. Berikut isinya:

"MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia telah memproduksi gelombang pertama vaksin virus corona yang mereka klaim telah temukan. Hal itu dilaporkan oleh kantor berita Interfax mengutip pernyataan Kementerian Kesehatan Rusia, Sabtu (15/8/2020). Padahal sebelumnya, Rusia menyatakan vaksin yang mereka beri nama Sputnik V tersebut sedianya akan mulai diproduksi pada akhir Agustus sebagaimana dilansir dari Reuters.

Vaksin tersebut diberi nama Suptnik V sebagai penghormatan terhadap satelit pertama di dunia yang diluncurkan oleh Uni Soviet.

Sejumlah ilmuwan khawatir atas keputusan Rusia yang dengan cepat menyetujui vaksin tersebut.

Pasalnya, Rusia menyetujui vaksin tersebut sebelum dilakukan uji klinis fase ketiga sebagaimana dilansir dari Reuters.

Uji klinis fase ketiga, yang melibatkan ribuan sukarelawan, dianggap sebagai penilaian penting bagi kandidat vaksin untuk mendapatkan persetujuan regulasi. Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (11/8/2020) mengumumkan bahwa negaranya telah menciptakan vaksin virus corona pertama.

Ia menerangkan, vaksin Covid-19 tersebut menawarkan "kekebalan berkelanjutan" terhadap virus corona.

"Untuk pertama kalinya di dunia, vaksin untuk melawan virus corona baru saja didaftarkan di Rusia," katanya dalam penggilan video dengan para menteri yang disiarkan televisi. "Salah satu putriku sudah disuntik vaksin ini. Saya pikir ini membuatnya ikut serta dalam percobaan," ujar Putin dikutip dari AFP.

Dilansir dari Sputnik News, vaksin tersebut memiliki dua komponen yang disuntikkan secara terpisah. Komponen kedua harus disuntikkan selang tiga pekan setelah komponen pertama disuntikkan. Menurut pejabat Rusia, negara tersebut akan mampu memproduksi 500 juta dosis vaksin Sputnik V dalam 12 bulan ke depan."

Dua artikel di atas sama sekali tidak menyebutkan harga vaksin Sputnik V asal Rusia. Demikian juga artikel-artikel lain yang ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com, belum ada yang menjelaskan soal harga vaksin tersebut.

Kesimpulan:

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Postingan video yang mengklaim itu merupakan kegembiraan tim medis setelah Rusia meluncurkan vaksin covid-19 adalah salah. Itu merupakan video tim medis di RS King Saud, Arab Saudi setelah menutup bangsal isolasi kesehatan.

Selain itu klaim yang menyebut harga vaksin Sputnik V adalah Rp. 35 ribu juga tidak berdasar. Belum ada harga resmi yang disampaikan Pemerintah Rusia sejauh ini.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya, Penuh Kehangatan

Posted: 16 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Dude Harlino tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Aktor kelahiran 2 Desember 1990 ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air sejak tahun 1999. 21 tahun berkecimpung di industri hiburan, Dude Harlino sudah membintangi ragam judul sinetron hingga film. Aktor berusia 39 tahun ini juga sudah membintangi ragam penghargaan.

Menikah dengan Alyssa Soebandono pada 2014, pasangan ini sudah dikaruniai dua orang buah hati. Dua buah hatinya ini diberi nama Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Narendra Harlino. Kehadiran dua jagoan Dude dan Alyssa ini tentunya membuat keluarga kecil ini semakin berwarna.

Terpaut usia 2 tahun membuat buah hati dua bintang sinetron ini selalu terlihat kompak. Tak sedikit warganet yang merasa gemas dengan kehangatan dan kekompakan Rendra dan Malik di usianya yang masih berusia balita.  

Dalam akun Instagram pribadinya, Dude Herlino kerap mengunggah potret hangat dirinya bersama dua buah hatinya. Memiliki dua jagoan tentunya membuat Dude dan dua anaknya selalu terlihat kompak ketika bermain bersama. Tak sedikit warganet yang merasa gemas dengan tingkah lucu dua buah hatinya ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret hangat Dude Harlino saat momong dua buah hatinya, Senin (17/8/2020).

1. Dude Harlino kerap menemani dua buah hatinya ketika sedang belajar ataupun bermain.

Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)
Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)

2. Momen kebersamaan Dude dengan dua buah hatinya ini penuh dengan kehangatan ya.

Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)
Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)

3. Dalam akun Instagram pribadinya, aktor berusia 39 tahun ini cukup sering mengunggah momen seru bareng Rendra dan Malik.

Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)
Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)

4. Rendra dan Malik terpaut usia hanya 2 tahun, tak heran jika kakak dan adik ini selalu kompak.

Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)
Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)

5. Memiliki dua orang putra, keluarga kecil Dude dan Alyssa tentunya penuh warna dan selalu seru.

Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)
Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)

6. Begini potret hangat Dude Harlino saat menemani dua buah hatinya bermain.

Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)
Potret Kebersamaan Dude Harlino dan Buah Hatinya. (Sumber: Instagram.com/dude2harlino)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Liga Champions: Siaran Langsung SCTV dan Vidio

Posted: 16 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon - Liga Champions telah memasuki babak semifinal. Itu artinya, hanya selangkah lagi sebelum publik mengetahui tim yang keluar sebagai kampiun.

Semifinal Liga Champions musim ini terbilang unik. Pasalnya, empat tim yang lolos berasal dari Liga Jerman dan Liga Prancis.

RB Leipzig dan Bayern Munchen mewakili Liga Jerman, sementara PSG dan Olympique Lyonnais dari Liga Prancis. Keempat tim itu akan saling berhadapan demi memperebutkan dua tiket ke final.

RB Leipzig dijadwalkan menantang PSG. Le Parisien -julukan PSG- boleh sedikit menepuk dada soal materi tim lantaran dihuni banyak pemain bintang.

Namun Neymar dkk. tidak boleh lengah. Pasalnya, PSG sempat kepayahan di babak perempat final saat meladeni Atalanta, yang notabene tim kuda hitam.

Di sisi lain, Bayern Munchen lolos ke semifinal dengan meyakinkan setelah menggulung Barcelona 8-2. Di semifinal, mereka ditantang kuda hitam lainnya, Olympique Lyonnais.

Semua pertandingan semifinal Liga Champions akan disiarkan langsung SCTV dan Vidio. Simak jadwal siaran langsung di halaman berikutnya.

 

Jadwal Semifinal

Para pemain Lyon melakukan selebrasi usai menaklukkan Manchester City pada perempat final Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Sabtu (15/8/2020). Lyon menang 3-1 atas Manchester City. (Franck Fife/Pool Photo via AP)
Para pemain Lyon melakukan selebrasi usai menaklukkan Manchester City pada perempat final Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Sabtu (15/8/2020). Lyon menang 3-1 atas Manchester City. (Franck Fife/Pool Photo via AP)

Rabu 19 Agustus 2020

02.00 WIB, RB Leipzig vs PSG, Live SCTV dan Vidio

Kamis 20 Agustus 2020

02.00 WIB, Bayern Munchen vs Olympique Lyonnais, Live SCTV dan Vidio

 

Jadwal Final

Senin 25 Agustus 2020

02.00 WIB. RB Leipzig/PSG vs Bayern Munchen/Lyon, Live SCTV dan Vidio

Hasil Perempat Final

PSG 2-1 Atalanta

RB Leipzig 2-1 Atletico Madrid

Barcelona 2-8 Bayern Munchen

Manchester City 1-3 Olympique Lyonnais

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT ke-75 RI, LAN Surabaya Sebut Momentum Indonesia Merdeka dari Narkoba

Posted: 16 Aug 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Lembaga Anti Narkotika (LAN) Surabaya mendukung aparat terkait menindak tegas termasuk menembak mati bandar narkoba.

Menurut Ketua LAN Surabaya Aldy Lazuardy, peringatan Hari Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap 17 Agustus menjadi refleksi bersama kejahatan narkoba ada di depan mata.

Pada HUT ke-75, Indonesia kata Aldi, masih di hadapkan pada masalah serius. Masih banyaknya pecandu dan bandar yang mencari celah mendistribusikan barang haram narkoba menjadi pekerjaan rumah bersama.

"Momen kemerdekaan RI Ke -75 saat menjadi semangat baru dalam pemberantasan narkoba. Saya sependapat aparat hukum melakukan  tindakan tegas. Ini kejahatan kemanusiaan, semestinya mereka para bandar di tembak mati," ungkap Aldy Lazuardy, Senin (17/8/2020).

Ia menambahkan, genderang perang yang digaungkan penegak hukum baik aparat kepolisian maupun Badan Nasional Narkotika (BNN) merupakan komitmen bersama. Sebagai lembaga independen yang konsen terhadap penyalah gunaan narkotika, LAN Surabaya siap bersinergi dengan semua lini.

"Sinergisitas penting untuk memberantas narkoba untuk Indonesia sehat," kata Aldy.

Sementara itu, Antonius Mardiyanto Wakil Ketua LAN Surabaya menambahkan di Indonesia angka kematian karena narkotika dan obat terlarang (narkoba) mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Dalam sehari, jumlahnya mencapai 40-50 orang.

"Ini benar-benar pekerjaan bersama untuk berjuang melawan narkoba. Mari bersama-sama berjuang membuat sadar para pemakai agar terbebas jeratan narkotika," terangnya.

Ingatkan Aparat Kepolisian

Dalam kesempatan ini, Anton juga mengingatkan aparat kepolisian untuk selalu sigap mendeteksi peredaran narkoba. Masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini justru dinilai bisa menjadi celah para bandar untuk menggunakan berbagai modus manjajakan barang haramnya.

"Dengan kondisi Covid saat ini pun peredaran Narkotika cukup meningkat luar biasa. Para bandar memanfaatkan pandemi ini untuk menyusupkan narkotika dengan berbagai cara semisal dikemas bungkus teh atau bahan pokok lainnya," terangnya.

Antonius menuturkan, LAN dituntut untuk menjadi mata dan telinga bagi aparar hukum untuk memutus mata rantai peredaran narkoba. Terlepas dari hal itu LAN juga siap mengemban amanah dalam menjalankan Pendampingan Hukum sesuai pasal 54 UU Narkotika.

"Yakni pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, Harga Emas Antam Lebih Murah

Posted: 16 Aug 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga emas Antam atau emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) lebih murah Rp 5.000 menjadi Rp 1.030.000 per gram pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 Tahun, Senin 17 Agustus 2020. Sebelumnya, harga emas Antam dibanderol Rp 1.035.00 per gram

Namun harga buyback emas Antam hanya turun Rp 3.000 menjadi Rp 924 ribu per gram. Harga buyback merupakan patokan bila Anda menjual maka Antam akan membelinya di harga Rp 924 ribu per gram.

Sementara harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 10.450.000, sementara untuk ukuran 20 gram dijual Rp 20.350.000.

Ini merupakan harga emas Antam yang dijual di Pulogadung, Jakarta. Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.87 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam belum termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Anda bisa memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut daftar harga emas Antam:

 

* Pecahan 0,5 gram Rp 545.000

* Pecahan 1 gram Rp 1.030.000

* Pecahan 2 gram Rp 2.000.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.975.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.930.000

* Pecahan 10 gram Rp 9.795.000

* Pecahan 25 gram Rp 24.362.000

* Pecahan 50 gram Rp 48.695.000

* Pecahan 100 gram Rp 97.212.000

* Pecahan 250 gram Rp 242.765.000

* Pecahan 500 gram Rp 485.320.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 970.600.000.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Siap-Siap, Harga Emas Kembali Terbang Pekan Ini

Petugas menunjukkan sampel logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menunjukkan sampel logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga emas dunia diperkirakan kembali menguat pada perdagangan pekan ini setelah mengalami koreksi yang sehat pada pekan sebelumnya. Analis memperkirakan harga emas akan kembali naik ke USD 2.000 per ounce.

Mengutip Kitco, Senin (17/8/2020), harga emas mengalami koreksi atau penurunan yang cukup dalam pada pekan lalu. Harga emas merosot USD 200 dari USD 2.060 per ounce menjadi di bawah USD 1.880 oer ounce.

Setelah itu, harga emas stabil di kisaran USD 1.950 per ounce.

Permintaan yang kuat dan posisi teknis memberikan sinyal kuat bahwa harga emas masih akan tetap bullish sepanjang pekan ini. Bahkan beberapa analis yakin bahwa harga emas akan mencapai USD 2.000 per ounce secepatnya.

"Koreksi yang terjadi pada minggu lalu itu bagus. Namun dapat dilihat bahwa reli belum berakhir. Kita masih bisa melihat harga emas akan kembali ke atas USD 2.000," jelas Wakil Presiden Direktur MKS SA, Afshin Nabavi.

"Kami melihat harga emas akan terus melaju sampai pemilu AS," tambah dia.

Kepala analis Blue Line Futures Phillip Streible juga yakin harga emas akan terus melaju pada pekan ini. Menurutnya secara teknikal harga emas yang sempat melemah pada minggu lalu menjadi dorongan kuat untuk kembali positif di pekan ini.

"Saya yakin harga emas bisa di atas USD 2.000 per ounce. Namun akan tetap di situ karena banyak orang akan takut untuk masuk lagi," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Yuk, Intip Cara Beli Emas di Butik Antam]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uang Baru Rupiah Pecahan Rp 75 Ribu Resmi Meluncur, Dicetak 75 Juta Lembar

Posted: 16 Aug 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah resmi meluncurkan uang baru Rupiah dengan pecahan nominal Rp 75 ribu. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan jika penerbitan uang baru dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.

Uang baru ini dicetak dalam bentuk kertas sebanyak 75 juta lembar, yang bisa menjadi koleksi masyarakat. Sehingga total yang dicetak pemerintah senilai Rp 5,62 triliun.

"75 juta yang dicetak ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," ujar Sri Mulyani dalam "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" bersama Gubernur Bank Indonesia yang dilakukan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Dia menjelaskan jika, sesuai dengan amanat UU nomor 7 tahun 2011, tentang mata uang rupiah, mata uang rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan seluruh masyarakat.

"Ini koordinasi yang baik dari beberapa pihak seperti BI, kemenkeu, kemensos dan para ahli waris. Pengeluaran uang kemerdakaan ini telah melalui perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018," jelas Sri Mulyani.

Gubernur BI Perry Warjiyo, menuturkan jika pengeluaran uang rupiah sebagai mata uang tidak hanya berperean sebagai alat pembayaran. "Tetapi lambang kedauatan masyarakat, sistem kemandirian bangsa Indonesia," jelas dia.

Setiap lembar uang Rupiah dikatakan mengandung identitas dan karakteristik bangsa Indonesia. "Kami telah mendistribusikan uang 75 tahun ini ke seluruh kantor-kantor," kata dia.

 

 

 

Momentum Kebangkitan

Petugas menunjukan pengaman uang saat peruri media visit di Perusahaan Umum Percetakan Uang Indonesia (Peruri), Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menunjukan pengaman uang saat peruri media visit di Perusahaan Umum Percetakan Uang Indonesia (Peruri), Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan meluncurkan uang baru dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun. Acara peluncuran uang baru edisi koleksi ini berlangsung, Senin (17/8/2020) siang ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, diterbitkannya uang baru ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

"Jadikan peristiwa ini sebagai simbol kebangkitan dan optimisme menghadapi tantangan dampak pandemi Covid-19 guna melanjutkan pembangunan bangsa menyongsong masa depan Indonesia Maju," ujar Sri Mulyani, mengutip postingan di akun Instagram resminyanya @smindrawati.

Dalam memperingati kemerdekaan Indonesia, Mantan Gubernur Bank Dunia ini juga mendorong agar masyarakat bersyukur atas anugerah kemerdekaan yang diterima.

Tak lupa pula untuk mengheningkan cipta bagi para pahlawan yang telah berjasa untuk negara ini, baik para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan maupun mereka yang gugur sekarang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Renungkan juga apa saja yang telah kita perbuat di masa kemerdekaan ini? Sudah seberapa Indonesia-kah jiwa dan raga kita?" ujarnya.

Diketahui acara "Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia" akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 11.15 - 11.45 WIB, dan dapat disaksikan melalui live streaming di kanal youtube Bank Indonesia.

Adapun uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi. BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merah Putih dari Gita Bahana Nusantara dan Lyodra Sukses Bikin Merinding di Perayaan HUT ke-75 RI

Posted: 16 Aug 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Indonesia menggelar Perayaan HUT ke-75 RI secara virtual pada Senin (17/8/2020). Acara dibuka dengan penampilan Lyodra dan paduan suara dari Gita Bahana Nusantara.

Dalam perayaan HUT ke-75 RI secara virtual ini, Lyodra bersama Gita Bahana Nusantara membawakan lagu nasional ciptaan almarhum Gombloh berjudul "Merah Putih". Meski secara virtual, penampilan itu tetap membangun suasana haru dan khidmat.

Bahkan penampilan Lyodra dan Gita Bahana Nusantara dalam acara perayaan HUT ke-75 RI di itu menjadi trending di Twitter.

Merinding

Gita Bahana Nusantara dan Lyodra. (YouTube)
Gita Bahana Nusantara dan Lyodra. (YouTube)

Masyarakat yang menyaksikan penampilan mereka mengaku terharu dan merinding.

"Terharu plus merinding setiap mendengar suara kamu lyodra apalagi nyanyi lagu nasional ditambah alat musik tradisional dan paduan suara Gita bahana Nusantara," tulis @HairunN57944923.

"Bikin merinding Gita Bahana Nusantara feat Lyodra @LyodraIdol10 Dirgahayu Republik Indonesia #dirgahayuindonesia," tulis @yyyuul_i.

"Keren banget lyodra & gita bahana nusantara, bikin terharu dan merinding padahal cuma virtual. Indonesia Maju," timpal @lovelyodraziva.

Rangkaian Acara

17an Merdeka/copyright merdeka.com
17an Merdeka/copyright merdeka.com

Sejumlah rangkaian acara dalam merayakan HUT RI Ke-75 ini juga digelar oleh Liputan6.com bersama jajaran media di bawah bendera KapanLagi Youniverse bertajuk 17an Merdeka.

Kunto Aji, Andien, dan Selfi LIDA

Nantinya, ada sejumlah sajian menarik yang ditampilkan dalam acara ini. Di antaranya adalah penampilan Kunto Aji, Andien, dan Selfi LIDA.

Pada pukul 15:45 WIB, akan disiarkan Upacara Penurunan Bendera secara langsung dari Istana Negara. Rangkaian acara ini, dapat disaksikan secara langsung lewat Vidio.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah, Jadi Anak Sholeh

Posted: 16 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kedua orang tua yang berasal dari dunia hiburan Tanah Air, tentu membuat Kiano Tiger Wong selalu menjadi sorotan. Selain wajahnya yang menggemaskan, tingkah lucu Kiano juga tak kalah menarik perhatian.

Kiano Tiger Wong lahir pada tanggal 27 Desember 2019 dan kini sudah berusia 6 bulan lebih. Tingkah lucunya pun kerap diunggah Baim Wong dan Paula di akun Instagram pribadinya. Selain itu, di usianya yang sudah menginjak 6 bulan ini, bayi menggemaskan ini juga sudah memiliki akun Instagram dengan 1,5 juta pengikut. 

Baru-baru ini, Paula Verhoeven dan Baim Wong mengajari Kiano untuk mengaji. Seolah mengerti dengan perkataan kedua orang tuanya, Kiano pun nampak memberikan respon yang menggemaskan.

Ketika sedang mengaji, Kiano pun didandani lengkap dengan baju koko dan kopiah yang membuat penampilannya makin menggemaskan. Seperti apakah potret Kiano kenakan kopiah? Berikut selengkapnya dilansir dari laman Instagram @kianotigerwong oleh Liputan6.com, Senin (16/8/2020).

1. Kenakan kopiah, penampilan Kiano Tiger Wong semakin menggemaskan.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)

2. Bayi yang berusia lebih dari 6 bulan ini kerap didandani dengan baju koko dan kopiah.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)

3. Lahir pada 27 Desember 2019, Kiano kini sudah mulai diajarkan agama oleh kedua orang tuanya.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)

4. Potret Kiano Tiger Wong dengan pose berdoa, kedua tangannya pun nampak menengadah ke atas.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)

5. Tingkah laku Kiano ini membuat banyak warganet gemas, ia pun mendapat julukan anak sholeh.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)

6. Potret Baim Wong saat mengajari Kiano Tiger Wong mengaji.

Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)
Potret Gemas Kiano Tiger Wong Pakai Kopiah. (Sumber: Instagram/kianotigerwong/tagged)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Tersingkir dari Liga Europa, Bruno Fernandes: Adu Mulut dengan Lindelof Itu Normal

Posted: 16 Aug 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Koln- Suasana panas mengiringi kekalahan Manchester United (MU) dari Sevilla pada perempat final Liga Europa, Senin (17/8/2020). MU kalah 1-2 dari Sevilla sehingga gagal melaju ke semifinal.

Pertengkaran terjadi antara Bruno Fernandes dengan Victor Lindelof. Dua penggawa MU ini tampak bertengkar usai Luuk de Jong mencetak gol kemenangan Sevilla di menit ke-78.

Keduanya tampak meributkan siapa yang salah dengan terjadinya gol Sevilla tersebut. Namun usai pertandingan, Fernandes membantah adanya ketegangan dengan Lindelof.

Dia mengaku perdebatan seperti itu normal terjadi dalam tim, termasuk di MU. Dia mengatakan itu sebagai bagian alami dari sebuah pertandingan yang menegangkan.

"Normal saja itu terjadi saat Anda kebobolan. Ini bukan soal saya atau Victor. Apa yang terjadi antara saya dan Victor itu normal," ujarnya seperti dikutip BT Sport.

 

Tak Pernah Menang

Sevilla sukses melangkah ke final Liga Europa usai menaklukkan Manchester United (MU) pada partai semifinal di RheinEnergie, Senin dinihari WIB (17/8/2020).
Sevilla sukses melangkah ke final Liga Europa usai menaklukkan Manchester United (MU) pada partai semifinal di RheinEnergie, Senin dinihari WIB (17/8/2020).

Dalam tiga pertemuan terakhir, MU tak pernah menang lawan Sevilla. Detailnya, MU kalah dua kali dan imbang sekali.

"Ini akan terjadi lagi di sepak bola. Kami harus melihat kesalahan yang dibuat setiap pemain dan berbenah," ujarnya.

Dalam dua laga terakhir, MU memang sulit berbuat banyak menghadapi lawan. Dua gol yang dicetak semuanya lewat titik penalti.

Padahal, MU bukan tidak menyerang. Mereka melepas 46 kali tembakan yang gagal berbuah gol.

 

Lebih Baik

 

Fernandes menilai timnya seharusnya langsung manfaatkan peluang setelah kalahkan Sevilla. Fernandes mengeksekusi total 14 kali penalti musim ini.

"Kami harus lebih dari yang tadi. Kami main bagus dan buat banyak peluang. Tapi di sepak bola itu tidak cukup, kami gagal manfaatkan peluang di depan gawang," ujarnya.

Hasil Liga Europa

Senin,17 Agustus 2020

MU 1-2 Sevilla

Gol: Bruno Fernandes (9/P); Suso (26), Luuk de Jong (78)

Jadwal Liga Europa

Selasa, 18/8/2020

02.00 WIB Inter Milan Vs Shakhtar Donetsk

Live SCTV dan Vidio

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Gelar Apel HUT ke-75 RI di Lapangan Banteng

Posted: 16 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar upacara detik-detik pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Upacara ini digelar terbatas dengan hanya 75 peserta.

"Semua peserta memakai pakaian adat dari seluruh Indonesia," kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam siaran pers diterima, Senin (17/8/2020).

Hasto menyatakan, penggunaan pakaian adat dalam apel memperingati hari kemerdekaan tahun ini, adalah wujud cerminan Nusantara dan kebudayaan Republik Indonesia.

"Ini adalah kita yang beragam serta berwarna-warni, namun satu dalam Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika," jelas Hasto.

Selain pakaian adat, lokasi tempat upacara juga dirasa istimewa bagi PDI Perjuangan. Sebab dipilinya Lapangan Banteng dikarenakan tempat yang menjadi saksi sejarah bagaimana Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1963 meresmikan Patung Pembebasan.

"Patung itu digambarkan dalam sosok Pemuda Indonesia yang kekar, berotot, dan kekuatannya mampu mematahkan mata rantai imperialisme dan kolonialisme," ungkap Hasto.

Menurut dia, semangat dan energi pembebasan itulah yang seharusnya tetap kita warisi. Dijelaskannya juga sejarah saat patung itu dibangun, dimana akhirnya Bung Karno serndiri yang turun tangan memastikan disainnya.

"Bung Karno sendiri yang tampil dan menjadi model hadirnya sosok pemuda pembebas yang mampu mematahkan mata rantai penjajahan, dan bergabunglah Irian Barat ke pangkuan Ibu Pertiwi," ulasnya.

Pesan Megawati

Sebagai informasi, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri harus absen karena menghadiri upacara virtual di Istana Merdeka. 

Karenanya, Hasto menyampaikan salam dari Mega kepada seluruh peserta upacara dan seluruh masyrakat Indonesia.

"Saya menyampaikan salam dari Presiden Kelima Republik Indonesia, Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau berpesan, bahwa peringatan hari kemerdekaan RI ke 75 yang dilaksanakan di lapangan Banteng ini bukanlah suatu kebetulan," Hasto menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Surabaya Perketat Protokol COVID-19 saat Pilkada

Posted: 16 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya, Jawa Timur, menerapkan protokol kesehatan secara ketat khususnya pada saat pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada pilkada yang akan digelar pada Desember 2020.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi di Surabaya mengatakan, meski Pilkada Surabaya diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19, namun pihaknya tidak akan membatasi pemilih untuk datang ke TPS, Minggu, 16 Agustus 2020.

"Hanya saja, KPU akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Penerapan protokol kesehatan dalam penanganan COVID-19 ini tak bisa ditawar. Ini semua agar terjaga keamanan dan kenyamanan semua pihak," katanya, dilansir dari Antara.

Menurut ia, sejauh ini belum ada perubahan peraturan KPU terkait hal itu. "Tapi, secara umum kami diberi gambaran oleh pimpinan (Ketua KPU RI Arif Budiman, Red) bahwa pemungutan dan penghitungan suara di TPS akan memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat," kata dia, ditulis Senin, (17/8/2020).

Lebih jauh, Nur Syamsi menjelaskan bahwa dalam penerapan protokol kesehatan, pihaknya akan mengatur kedatangan pemilih, misalnya saat penyampaian formulir C-6, KPU akan menyampaikan bahwa mulai pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB adalah nomor sekian sampai sekian.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan atau kerumunan di TPS," ujarnya di Surabaya.

 

Tata Letak Antrean

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Di luar itu, kata dia lagi, pihaknya akan mengatur tata letak antrean, sehingga tidak terkonsentrasi pada satu tempat saja.

"Kursi juga akan kita tata sesuai protokol kesehatan berjarak satu meter. Petugas TPS juga menyediakan masker kalau ada pemilih yang lupa memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Suhu tubuh pemilih juga akan dicek dengan thermo gun," ujar dia.

Saat ditanya apa yang dilakukan KPU agar pemilih tetap tertarik datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya, Nur Samsyi mengatakan selain gencar sosialisasi pilkada ke masyarakat, pihaknya juga menyampaikan ke publik bahwa pilkada ini adalah untuk kepentingan semua warga Surabaya.

"Karena produk dari pilkada ini akan memimpin Surabaya lima tahun ke depan. Kalau mereka ingin calonnya menang, ya mereka harus berpartisipasi dalam pilkada ini. Artinya, ya berduyun-duyun datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya," katanya pula.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 17 Agustus: 21,6 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 13,6 Juta Pulih

Posted: 16 Aug 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada Senin (17/8/2020), pukul 09.53 WIB, telah mencapai 21.613.183 kasus. 13.615.192 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Brasil, mencapai 2.655.017. 

Tercatat memiliki jumlah kasus terbesar di dunia, infeksi di AS saat ini telah mencapai 5.403.213 dengan 1.833.067 pasien pulih.

Saat ini, Brasil, India, Rusia, dan Afrika Selatan tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, yang dikutip Senin (17/8/2020).

Jumlah kasus infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Brasil, mencapai 3.340.197 kasus. 

Pasien Virus Corona COVID-19 terbesar ketiga tercatat di India, sebanyak 2.589.682 kasus dengan 1.862.258 orang pulih.

Jumlah terbesar keempat sekarang tercatat di Rusia, dengan 920.719 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2, dan 731.444 pulih. 

Pasien positif Virus Corona COVID-19 di Afrika Selatan kini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 587.345 kasus dengan 472.377 orang pulih.

Prancis Catat Lebih dari 3.000 Kasus Baru COVID-19 dalam Sehari

Foto yang diabadikan pada 4 April 2020 ini menunjukkan sebuah pesan tentang harapan agar wabah COVID-19 segera berlalu di Fairlight, Sydney, Australia. (Xinhua/Bai Xuefei)
Foto yang diabadikan pada 4 April 2020 ini menunjukkan sebuah pesan tentang harapan agar wabah COVID-19 segera berlalu di Fairlight, Sydney, Australia. (Xinhua/Bai Xuefei)

Kementerian Kesehatan Prancis pada 16 Agustus melaporkan 3.015 infeksi baru Virus Corona COVID-19 selama 24 jam terakhir. 

Dikutip dari Channel News Asia, laporan kasus infeksi tersebut telah tercatat di mana kasus baru telah melampaui angka 3.000, dalam dua hari berturut-turut.

Namun,data kementerian menunjukkan bahwa hitungan harian berada di bawah 3.310 kasus pada 15 Agustus yang merupakan jumlah kasus tertinggi pasca-lockdown.

Pihak berwenang di dua kota terbesar di Prancis, Paris dan Marseille, telah memperluas zona di mana mengenakan masker adalah hal yang wajib untuk di luar ruangan, ketika terjadinya peningkatan yang tajam dari kasus infeksi.

Sementara itu, pemerintah juga akan mengusulkan penggunaan masker di ruangan kerja atau umum.

Dalam pembaruan di situs webnya, Kementerian Kesehatan Prancis juga menyatakan bahwa jumlah klaster Virus Corona COVID-19 yang diselidiki di Prancis telah meningkat menjadi 263. 

Sedangkan untuk jumlah pasien yang dalam perawatan di rumah sakit naik berjumlahnya 4.860 orang.

Selain itu, jumlah pasien perawatan intensif tetap sebanyak 376 orang, setelah adanya peningkatan pada hari sebelumnya, menurut Kementerian Kesehatan Prancis.

Jumlah kematian kumulatif di Prancis karena Virus Corona COVID-19 untuk rumah sakit dan panti jompo telah meningkat menjadi 30.410 jiwa.

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Mencapai 774.288 Jiwa

Pekerja menggali kuburan di Pemakaman Vila Formosa di tengah pandemi virus corona di Sao Paulo, Brasil, Kamis (6/8/2020). Brasil memasuki bulan keenam sejak pandemi masuk ke negara itu dengan mencatatkan hampir 3 juta kasus COVID-19 dan 100.000 kematian. (NELSON ALMEIDA/AFP)
Pekerja menggali kuburan di Pemakaman Vila Formosa di tengah pandemi virus corona di Sao Paulo, Brasil, Kamis (6/8/2020). Brasil memasuki bulan keenam sejak pandemi masuk ke negara itu dengan mencatatkan hampir 3 juta kasus COVID-19 dan 100.000 kematian. (NELSON ALMEIDA/AFP)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 774.288 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 188 negara dan wilayah yang terjangkit. Sementara menurut worldometers.info/coronavirus/#countries sudah mencapai 213 negara -- termasuk dua international conveyances.

Angka kematian karena Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di AS, yang mencapai 170.052 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya kini berada di Brasil, sebanyak 107.852 jiwa, lalu Meksiko mencatat kematian sebanyak 56.757 jiwa.

Kematian karena Virus Corona COVID-19 di India tercatat sebanyak 49.980 jiwa. Sementara jumlah pasien meninggal karena Virus Corona COVID-19 di Inggris tercatat 46.791 jiwa.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Filosofi Pakaian Adat Timor Tengah Selatan yang Dikenakan Jokowi di HUT ke-75 RI

Posted: 16 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil dalam balutan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) pada upacara peringatan detik-detik proklamasi. Adapun prosesi ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Di HUT ke-75 RI, Jokowi mengenakan atasan lengan panjang bernuansa serba putih. Atasan tersebut dipasangkan dengan kain tenun motif kaif berantai nunkolo yang didominasi dengan sentuhan warna merah. Dalam penjelasan pada akun Instagram @sekretariat.kabinet, warna merah perlambang keberanian laki-laki Nunkolo.

Jokowi mengenakan ikat kepala yang disebut dester atau pilu. Ada tiga jenis Yi U Raja dibentuk menjadi dua tanduk kecil yang berarti fungsi Raja adalah melindungi rakyatnya.

Adapun pewarnaan dari proses pembuatan tentu didapatkan dari bahan-bahan alami. Sementara, selendang dari tenun indah tersebut dikenakan disampirkan di sisi kanan dan kiri. Jokowi juga menyelempangkan tas kain yang fungsi aslinya adalah sebagai tas sirih pinang dan kapur.

Tas tersebut menjadi perlambang tanda kasih dan hormat. Budaya makan sirih bagi warga Nunkolo adalah sebagai pemersatu.

Sebagai bawahan, Jokowi melilitkan kain motif berantai Nunkolo. Motif dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok.

Tak hanya Jokowi yang berbusana daerah, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga tampil mengenakan busana adat Melayu. Kemeja hitam yang dipadankan celana hitam dan lilitan kain songket warna biru muda dengan benang emas membuat penampilan pria berusia 77 tahun itu tampak sederhana tetapi elegan. Tak lupa ia mengenakan songkok hitam.

 

Pakaian Adat Sabu NTT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat dari Pulau Sabu, NTT di sidang tahunan MPR 2020. (dok. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat dari Pulau Sabu, NTT di sidang tahunan MPR 2020. (dok. Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Jokowi tampil dalam balutan busana adat khas Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu ketika ia hadir pada Sidang Tahunan MPR RI 2020 dan Pidato Kenegaraan pada Jumat (14/8/2020).

"Dengan mengenakan pakaian adat ini, Presiden Joko Widodo hendak mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang dikenal kaya akan seni kriya, tenun, serta kebudayaan Nusantara," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Jokowi terlihat memakai atasan lengan panjang dan bawahan panjang yang sama-sama bernuansa hitam. Rangkaian pakaian adat hadir dalam sentuhan hitam dan corak emas yang menghiasi.

Ada pula dua selendang yang disampirkan di bahu kanan dan kiri Jokowi dengan pemakaian yang disilang. Lalu, ikat pinggang bernuansa emas yang turut melingkari.

Bawahan hitam juga dipadu dengan kain tenun khas Sabu Raijua dengan motif mawar dan warna bernuansa senada. Adapun kain ini dibuat dari pewarna alami.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT RI ke-75 Jadi Momentum bagi Telkomsel untuk Tegaskan Visi Perusahaan

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memanfaatkan peringatan HUT RI ke-75 sebagai momentum bagi perusahaan untuk menegaskan visi menghadirkan digital connectivity, digital platform, dan digital service inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menyatakan, meresapi Hari Kemerdekaan ibarat memaknai sebuah perjalanan, yakni bagaimana Telkomsel menemukan cara untuk dapat bergerak maju melalui inovasi produk dan layanan.

"Memahami hal tersebut, Telkomsel berkomitmen untuk selalu hadir dalam mewujudkan semangat kemerdekaan melalui keterbukaan akses jaringan di seluruh Indonesia, dengan terus menemani masyarakat di setiap fase kehidupan," ujar pria yang karib disapa Anto itu.

Telkomsel, hingga saat ini, mengklaim telah menggelar infrastruktur jaringan berupa lebih dari 228.000 BTS yang mencakup lebih dari 95 persen wilayah populasi di Indonesia. Sebagian besar dari BTS itu memancarkan teknologi 4G LTE.

BTS di Daerah 3T dan Perbatasan

BTS USO Telkomsel di Kabupaten Pulau Morotai (Foto: Telkomsel)
BTS USO Telkomsel di Kabupaten Pulau Morotai (Foto: Telkomsel)

Selain itu, Telkomsel juga secara khusus telah menggelar 20.000 BTS dan 1.083 BTS USO (Universal Service Obligation) untuk menyelimuti wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) serta perbatasan negara sebagai salah satu upaya menjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

"Beroperasinya BTS broadband Telkomsel hingga ke wilayah 3T dan perbatasan negara mempertegas komitmen kami dalam menyediakan layanan broadband yang merata tanpa terkecuali. Upaya kami ini dapat membuat seluruh masyarakat memaksimalkan pemanfaatan layanan berbasis internet dan digital dengan kualitas yang setara," ujar Anto.

 

4G LTE di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua

Di momen HUT RI ke-75, Telkomsel juga telah merampungkan pengembangan teknologi 4G LTE di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Dengan demikian, seluruh wilayah Ibu Kota, Kabupaten dan Kotamadya (IKK) di Indonesia telah terselimuti oleh jaringan 4G LTE dari Telkomsel.

Selain itu, menurut Anto, akses telekomunikasi di seluruh wilayah Tanah Air juga diharapkan dapat menunjang percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mendorong potensi daerah serta memberi nilai tambah bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Keguguran, Agar Cepat Hamil

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara menghitung masa subur penting bagi pasangan suami istri yang ingin segera atau menunda mendapat momongan. Perhitungan masa subur ini bisa dipertimbangkan dari siklus menstruasi dan ovulasi yang dialami wanita. Cukup mudah dan tidak membingungkan karena diri sendiri yang mengalaminya.

Menghitung masa subur bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur terbilang cukup mudah. Waktu siklus menstruasinya juga tak akan berubah, hal inilah yang memudahkan. Akan tetapi, cara menghitung masa subur setelah keguguran dan menstruasi yang tidak teratur berbeda.

Cara menghitung masa subur setelah keguguran harus diamati 3-4 kali menstruasi. Bahkan, melakukan hubungan seksual untuk segera mendapat momongan lebih dianjurkan 6 bulan setelah keguguran. Hal ini untuk mengantisipasi ibu yang akan mengandung dalam keadaan anemia, bayi prematur, dan lain sebagainya.

Selain cara menghitung masa subur setelah keguguran, mentruasi yang tidak teratur juga perlu ketelitian. Wanita harus mengetahui siklus menstruasi terpendek dan terpanjangnya selama 6 bulan terakhir. Entah itu setelah keguguran atau menstruasi tidak teratur, memerhatikan tanda ovulasi juga perlu dilakukan.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghitung masa subur setelah keguguran dari berbagai sumber, Senin (17/8/2020).

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Keguguran

Ilustrasi kalender | picjumbo.com dari Pexels
Ilustrasi kalender | picjumbo.com dari Pexels

Setelah wanita mengalami keguguran, siklus menstruasi harus diperhatikan. Entah itu bagi yang ingin segera mendapat momongan atau belum ingin mencobanya lagi. Menganali lama siklus menstruasi akan memudahkan cara menghitung masa subur setelah keguguran.

Tandailah awal siklus menstruasi dimulai dan tandai juga siklus menstruasi berakhir setelah keguguran. Perhatikan juga darah menstruasi yang keluar. Bisa jadi akan ada momen darah yang keluar tetapi bukan menstruasi. Tandai juga dikalender agar perhitungan bisa mudah dilakukan.

Setelah mengerti tanggal mulai dan berakhirnya siklus menstruasi, kini saatnya mengenali perubahan saat ovulasi. Perubahan ini nampak pada tubuh wanita, normal maupun setelah keguguran. Perubahan tubuh saat ovulasi akan membuatmu mengerti lagi cara menghitung masa subur setelah keguguran dengan mudah.

Perhatikan siklus menstruasi dan tanda saat ovulasi kurang lebih setelah 3-6 kali mengalami. Cara menghitung masa subur setelah keguguran ini terbilang cukup efektif. Sementara masa paling subur wanita setelah keguguran terjadi 3-5 hari sebelum ovulasi. Bisa juga berakhir 1-2 hari setelahnya. Umumnya, wanita yang keguguran akan mengalami ovulasi setelah 2 minggu kemudian.

Meski begitu ovulasi 2 minggu kemudian hanya mungkin terjadi bagi wanita yang keguguran pada 13 minggu pertama. Sementara siklus menstruasi akan kembali 4-6 minggu pasca keguguran. Tidak perlu pula begitu tergesa-gesa ingin mengandung lagi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk menunggu hamil setelah enam bulan keguguran terjadi.

Cara Menghitung Masa Subur Siklus Menstruasi Teratur

Ilustrasi kalender | Bajkorenata dari Unsplash
Ilustrasi kalender | Bajkorenata dari Unsplash

Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah. Pada masa menstruasi, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Proses ini disebut ovulasi.

Proses ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. Masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Pada umumnya rata-rata wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 - 17 (setelah hari pertama menstruasi).

Cara menghitung masa subur bagi kamu dengan siklus menstruasi teratur, mudah saja. Caranya yaitu mengurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14, lalu masa suburnya akan diketahui.

Misalnya: menstruasi mulai tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama menstruasi berikutnya, jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur. 30 - 14 = 16, maka masa suburnya jatuh tanggal 16 Juli.

 

Cara Menghitung Masa Subur Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Ilustrasi kalender | Pixabay
Ilustrasi kalender | Pixabay

Setelah mengetahui cara menghitung masa subur setelah keguguran dan teratur, selanjutnya menstruasi yang tidak teratur. Cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir.

Satu siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

Misalnya: siklus menstruasi selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Melihat contoh tersebut, maka siklus menstruasi terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini masa subur bisa diketahui sendiri.

Ketahui siklus menstruasi terpendek, misalnya 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18, maka hasilnya 6. Angka ini adalah hari pertama pada posisi paling subur. Setelah itu ketahui siklus terpanjang menstruasi, misalnya 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11, maka hasilnya 20. Angka ini adalah hari terakhir masa subur yang dimiliki.

Tanda Ovulasi atau Masa Subur Wanita

Ilustrasi perut sakit | Pexels
Ilustrasi perut sakit | Pexels

Merasa Lebih Seksi

Wanita yang merasa seksi dan genit menjadi salah satu tanda masa subur wanita. Selain itu, wanita juga akan nampak lebih menarik dan cantik pada masa ini. Bahkan, secara alami wanita ini akan mengeluarkan aroma tubuh yang cukup menggairahkan.

Perubahan Air Liur

Jika merasa ada perubahan pada air liur atau saliva, misal terasa lebih kering. Kondisi ini termasuk tanda masa subur wanita. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini mengubah konsistensi air liur yang kering dan membentuk motif menyerupai kristal pada lidah.

Rahim Lembut

Ketika rahim terasa lebih terbuaka dan lembut, ini tanda masa subur wanita. Secara alami, rahim yang lebih terbuka membuat vagina terasa lembut. Sebab, cairan pelumas vagina menjadi lebih banyak diproduksi. Menjadi sebuah tanda wanita siap melakukan reproduksi.

Perut Bawah Sakit

Perut yang terasa sakit pada bagian bawah disertai keluarnya cairan kecokelatan menjadi tanda masa subur wanita. Wanita sedang mengalami masa ovulasi dan siap untuk dibuahi. Istilah medisnya Mittelchmerz.

Perut Kembung

Ketika merasakan perut lebih kembung, ini adalah kabar baik untukmu. Perut kembung adalah tanda masa subur wanita. Jangan sampai melewatkannya. Kebung ini akan terasa tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Kembung terjadi ketika ada peningkatan retensi air akibat kadar estrogen tubuh meningkat.

Indra Penciuman Lebih Sensitif

Indra penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya. Tanda masa subur wanita memang sedikit sulit untuk dikenali. Tanda ini lebih nampak tepat setelah menstruasi.

Tanda Ovulasi atau Masa Subur Wanita

Ilustrasi Sakit Kepala | Pixabay
Ilustrasi Sakit Kepala | Pixabay

Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi satu tanda masa subur wanita. Sakit kepala yang dialami tidak berputar-putar, tetapi cenderung seperti migrain. Bukan terjadi sebelum menstruasi, migrain ini justru terjadi setelah masa menstruasi.

Munculnya Bercak Cokelat

Jika setelah menstruasi tiba-tiba muncul bercak cokelat, itu tanda masa subur wanita. Kebanyakan wanita mungkin menganggap ini sisa darah menstruasi. Sebab, cairan vagina yang keluar terkadang berwarna cokelat atau kemerahan.

Payudara Nyeri

Payudara yang terasa nyeri termasuk tanda masa subur wanita. Nyeri ini terasa beberapa saat saja tepat setelah masa haid berakhir. Jika nyeri yang dirasa lebih lama seperti ketika haid, harus lebih diwaspadai.

Gairah Seks Meningkat

Memiliki gairah seks yang tinggi menjadi tanda masa subur wanita. Gairah ini terasa lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Ketika keinginan untuk melakukan hubungan seksual lebih menggebu.

Cairan Vagina Melar

Tidak hanya cairan vagina yang berwarna kecokelatan. Cairan vagina yang lebih melar seperti putih telur juga tanda masa subur wanita. Kondisi ini terjadi ketika wanita lebih banyak memroduksi hormon esterogen.

Merasa Mual

Mual setelah menstruasi tidak hanya tanda telur telah dibuahi. Mual juga menjadi tanda sel telur telah siap dibuahi. Sebagai tanda masa subur wanita yang siap melakukan reproduksi.

Nah, itu tadi cara menghitung masa subur wanita setelah keguguran. Perhatikan juga tanda-tanda masa subur pada wanita telah datang secara teliti.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Individu Beralis Tebal Cenderung Lebih Narsis

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alis menjadi salah satu bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian banyak orang. Banyak wanita yang lantas rela menghabiskan waktu cukup lama untuk merias alis mereka.

Bahkan tak sedikit yang juga melakukan sulam alis untuk membuatnya terlihat lebih tebal dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Ya, alis yang tebal nampaknya merupakan hal yang kini diidamkan banyak orang khususnya wanita. Namun tak sekedar masalah kecantikan, rupanya alis yang tebal juga bisa mempengaruhi kepribadian yang dimiliki seseorang.

Dilansir dari Hellomagazine, sebuah penelitian mengungkap bahwa alis yang tebal dapat menentukan apakah seseorang memiliki sikap narsisme atau tidak.

Artikel tentang studi: orang dengan alis tebal cenderung memiliki kepribadian yang narsis menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang gemar membaca, empat zodiak ini dikatakan memiliki otak cerdas.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang HUT ke-75 RI, ini deretan lomba Agustusan di tengah pandemi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Studi: Orang dengan Alis Tebal Cenderung Memiliki Kepribadian yang Narsis

Ilustrasi bentuk alis natural. (unsplash.com/Matthew Kane).
Ilustrasi bentuk alis natural. (unsplash.com/Matthew Kane).

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality mencoba melakukan riset terhadap Narcissism Personality Inventory (NPI), sebuah tes untuk mengetahui adanya gejala narsisme pada seseorang.

Selengkapnya...

2. Gemar Membaca, 4 Zodiak Ini Dikatakan Memiliki Otak Cerdas

Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing Credit: pexels.com/pixabay

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Dengan membaca kalian bisa menambah pengetahuan dan informasi. Tak sedikit orang yang menjadikan kegiatan membaca menjadi sebuah kebiasaan.

Bagi mereka, tak lengkap rasanya jika tak membaca buku satu hari saja. Mereka pun senang membaca buku dengan berbagai genre hingga memiliki pengetahuan yang luas.

Berdasarkan astrologi ada beberapa zodiak yang gemar membaca buku, dikutip dari Boldsky Minggu (16/8/2020) berikut ulasannya.

Selengkapnya...

3. HUT Ke-75 RI, Ini Deretan Ide Lomba Agustusan di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Besok seluruh rakyat Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75. Setiap tahunnya, masyarakat memeriahkan 17 Agustus dengan berbagai perlombaan seru.

Sayangnya, tahun ini semua terasa berbeda. Bagaimana tidak, Hari Kemerdekaan RI dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Tentu menjadi hal yang mustahil untuk tetap menggelar perlombaan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Mengingat, kita masih harus menjaga jarak satu sama lain untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun bukan berarti kita tak bisa benar-benar menggelar perlombaan. Ada beberapa perlombaan unik yang bisa dijadikan alternatif di tengah pandemi seperti saat ini agar tetap aman.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut HUT ke-75 RI, Honda Tawarkan Promo Khusus

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia, PT Honda Prospect Motor menawarkan program bertajuk 'Semarak Kemerdekaan Honda'. Berlaku di bulan Agustus, salah satu promo yang ditawarkan ialah pelayanan after sales.

Setiap pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V, dan Honda Jazz, konsumen berhak mendapatkan bonus gratis biaya perawatan berkala.

Tak hanya itu, khusus konsumen Loyalist atau Medical Worker yang melakukan pembelian Honda Brio dan HR-V juga berhak mendapatkan bonus serupa.

Pabrikan otomotif asal Jepang itu juga memberikan Independence Package Value hingga Rp15 juta untuk pembelian Honda Brio, Mobilio, BR-V, dan HR-V.

Layanan Servis

Sementara untuk pembelian online melalui beberapa situs e-commerce, konsumen dapat menggunakan fasilitas cicilan 0 persen. Selain itu, Honda juga mengadakan Mobilio Special Week dimana konsumen yang melakukan pembelian saat online event akan mendapat tambahan voucher Sport Utilities sebesar Rp2 juta.

"Kami berharap dapat mempertahankan penjualan dengan terus memberikan program penjualan yang memudahkan dan meringankan konsumen untuk membeli mobil Honda," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

 

Home Service

Mengetahui pentingnya pelayanan servis, Honda juga memberikan layanan home service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, pickup service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus.

Terdapat juga Honda experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Kabari Petinggi Klub Ingin Segera Tinggalkan Barcelona

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi dilaporkan telah memberi tahu Dewan Barcelona bahwa dia ingin meninggalkan klub kecuali ada perubahan besar yang dilakukan.

Barcelona dikabarkan masih dilanda kekecewaan usai menelan kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions. Dan, sekarang rencana evaluasi mulai membayangi klub Spanyol itu.

Esporte Interativo mengklaim Lionel Messi telah memberi tahu para pemimpin Barcelona bahwa dia akan meninggalkan klub musim panas ini, kecuali ada perubahan signifikan yang dibuat.

Tapi, Sport mengklaim petinggi Barcelona dengan keras membantah telah menerima berkomunikasi dengan Messi yang menyatakan keinginan untuk pergi. Media Spanyol lainnya juga bersikeras pemain berusia 33 tahun itu belum membuat keputusan tentang masa depannya.

Presiden Barcelona Josep Bartomeu kini berada di bawah tekanan serius untuk diminta mundur. Sedangkan, manajer Quique Setien diperkirakan akan segera dipecat.

Pertama Kali

Pemain Bayern Munchen Philippe Coutinho (kedua kanan) menendang bola ke gawang Barcelona pada pertandingan perempat final Liga Champions antara di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2. (AP Photo/Manu Fernandez/Pool)
Pemain Bayern Munchen Philippe Coutinho (kedua kanan) menendang bola ke gawang Barcelona pada pertandingan perempat final Liga Champions antara di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2. (AP Photo/Manu Fernandez/Pool)

Barcelona untuk pertama kalinya kebobolan delapan gol sejak April 1946, dan tim Catalan itu mengakhiri musim tanpa memenangkan satu pun trofi.

Sebelumnya, Real Madrid mengalahkan Barcelona untuk merebut gelar La Liga. Dan, kekalahan telak dari Bayern Munchen menutup musim yang suram.

Masalah Keuangan

Pemain Barcelona Luis Suarez Luis Suarez (tengah) membawa bola usai mencetak gol ke gawang Bayern Munchen pada pertandingan perempat final Liga Champions antara di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2. (AP Photo/Manu Fernandez/Pool)
Pemain Barcelona Luis Suarez Luis Suarez (tengah) membawa bola usai mencetak gol ke gawang Bayern Munchen pada pertandingan perempat final Liga Champions antara di Stadion Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Bayern Munchen membantai Barcelona dengan skor 8-2. (AP Photo/Manu Fernandez/Pool)

Kontrak Messi akan berjalan hingga musim panas mendatang. Tapi, Barcelona perlu memberi superstar Argentina itu rencana pembangunan kembali yang mengesankan jika mereka ingin mempertahankan pemain bintang mereka.

Di sisi lain, Barcelona juga menghadapi masalah keuangan yang serius dalam beberapa bulan terakhir. Mereka mungkin tidak memiliki dana untuk memenuhi permintaan Messi dan merombak skuad.

Perombakan

Perombakan hierarki klub juga akan muncul dalam masalah ini. Dan, kemungkinan pemilihan presiden dapat dimajukan satu tahun di tengah tekanan yang meningkat.

Bartomeu sendiri mengatakan setelah kekalahan besar dari Bayern, perubahan besar diperlukan untuk menyelamatkan klub.

Bencana

"Ini benar-benar bencana, dan sekarang saatnya mengambil beberapa keputusan," kata Bartomeu. "Beberapa di antaranya sudah kami pikirkan. Kami perlu mengambil keputusan ini, dan ada beberapa keputusan lain yang harus kami ambil sekarang. Hari ini bukan hari untuk membicarakan hal itu. Hari ini adalah hari untuk merasa buruk pada diri kita sendiri," katanya.

"Saya tidak akan mengatakan sekarang apa perubahannya karena beberapa di antaranya telah kami pikirkan sebelum apa yang terjadi di Liga Champions. "Tapi ini untuk minggu yang akan datang. Hari ini bukan waktunya untuk itu. "Hari ini adalah hari untuk merasa tidak enak, dan mencoba mengangkat kepala besok, dan dalam minggu ini kita akan membicarakan tentang keputusan yang perlu kita ambil ini."

Simak Video Barcelona Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bentangan Sang Merah Putih Hiasi Pantai Taman Nasional Bunaken

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Bendera Merah Putih membentang dan menghiasi pasir timbul Pulau Nain, Kecamatan Wori, Minahasa Utara, Sulut, Minggu (16/8/2020).

Bendera Merah Putih tersebut dibentangkan Prajurit Pangakalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera Merah Putih berukuran 20x30 meter tersebut dibentangkan saat surut terendah di pasir timbul Pulau Nain sekitar pukul 09.45 Wita, dengan bantuan delapan prajurit. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dari Kapal Angkatan Laut (KAL) Tedung Selar II.8.25 serta penghormatan umum mengiringi pembentangan bendera tersebut.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan pendahulu kita yang telah berjuang untuk kemerdekaan negeri ini," ungkap Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas yang memimpin kegiatan tersebut.  

Pembentangan Bendera Merah Putih tersebut melibatkan KAL Tedung Selar II.8.25, KAL Tedung Naga II.8.26, satu unit Sea Rider, empat buah perahu karet dan satu kapal dari Balai Taman Nasional Bunaken Manado.

Usai pembentangan Bendera Merah Putih dilaksanakan pembagian sembako kepada nelayan Pulau Nain yang termasuk wilayah Taman Nasional Bunaken, sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan Lantamal VIII Manado terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Rumah Bedeng di Pondok Kopi

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa kebakaran bangunan semi permanen terjadi di Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Rawa Bahagia RT 04 RW 07 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit Jakarta Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Konser Musik Jaga Jarak Perdana di Inggris

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekerja hiburan di Inggris mulai bangkit sejak pandemi Covid-19 menyerang dengan menggelar konser pada Selasa (11/8/2020) di Newcastle. Konser jaga jarak pertama sejak pandemi ini dihadiri 2.500 penonton. Langkah ini disambut positif khalayak media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru-Guru Gokil: Romantika Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dengan Naskah dan Sinematografi Memikat

Posted: 16 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Di dunia ini, gue paling suka uang. Yang paling enggak gue suka guru," ucap Taat Pribadi (Gading Marten) membuka adegan film Guru-Guru Gokil karya Samaria Sari Simanjuntak yang kita kenal lewat film Cin(t)a.

Ungkapan ini dituturkan sambil menampilkan adegan Taat dan Rahayu (Faradina Mufti) keluar dari peti kayu bersama tas berisi setumpuk uang pecahan Rp 50 ribuan. Guru-Guru Gokil lantas membawa kita ke sebuah ruang kelas.

Adegan Guru-Guru Gokil berikutnya, Pak Purnama (Arswendi Bening Swara) yang mengenakan setelan warna cokelat berdiri di depan kelas. Purnama yang sebentar lagi pensiun tengah mengajar Bahasa Indonesia.

Taat dan Purnama

Gading Marten memerankan Taat, Boris Bokir sebagai Manul. (Foto: BASE Entertainment)
Gading Marten memerankan Taat, Boris Bokir sebagai Manul. (Foto: BASE Entertainment)

Guru-Guru Gokil memosisikan diri dengan jelas, yakni drama komedi yang berporos pada guru. Sementara cerita di balik kehidupan para guru adalah sajian pendamping dengan cita rasa beragam. Ibarat beberapa makanan yang terhidang di meja, ia terasa komplet dan mengenyangkan.

Purnama memergoki putranya, Taat, minggat dari rumah. Di daerah lain ia bekerja apa saja dari MC acara keluarga, tukang cici piring restoran sampai pesulap. Nasib buruk membawanya pulang. Taat bertemu agen penyalur tenaga kerja Romli (Rizky Mocil) yang siap mengirimnya ke kapal mewah.

Mengingat biaya pendaftaran 50 juta rupiah, Romli menyarankan Taat kerja dulu sebagai guru pengganti di SMA Gunung Asri, tempat Purnama mengajar. Di sana, Taat diminta mengajar sejarah. Ia bertemu Nirmala (Dian Sastrowardoyo), Manul (Boris Bokir), Gagah (Ibnu Jamil), Rahayu (Faradina Mufti), dan kepala sekolah Indah (Asri Welas). Suatu hari, uang gaji untuk guru dan karyawan yang disimpan di ruang Tata Usaha amblas.

Romantika Para Guru

Salah satu adegan film Guru-Guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)
Salah satu adegan film Guru-Guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)

Insiden raibnya uang gaji dijadikan titik klimaks. Dikemas ringkas dengan alur yang terus bergerak maju, konflik ini berjalan beriringan dengan sejumlah masalah penyerta yang berasal dari kehidupan masing-masing guru. Nirmala, Rahayu, Manul, Gagah, dan Indah punya romantika sendiri.

Diceritakan dengan porsi berbeda, mengingat tak semua romantika bertegangan tinggi. Rahayu, Nirmala, dan Purnama, menurut kami sama tingginya. Itu sebabnya, dikupas lebih detail apalagi, mereka paling sering bersinggungan dengan tokloh utama, Taat.

Orang bilang marwah genre drama lebih tinggi ketimbang komedi. Bisa jadi. Namun bukan berarti kemasan film komedi tidak lebih proper ketimbang drama. Guru-Guru Gokil membuktikannya.

Gambar Penuh Gaya

Asri Welas sebagai Indah, Faradina Mufti memerankan Rahayu. (Foto: BASE Entertainment)
Asri Welas sebagai Indah, Faradina Mufti memerankan Rahayu. (Foto: BASE Entertainment)

Kesan pertama menyaksikan film ini, kami jatuh hati pada sinematografi yang membidik tiap gambar dengan penuh gaya dari lanskap hingga close-up. Lanskap menampilkan indahnya panorama desa, syahdunya duduk di bawah pohon, sampai adegan manis cuci piring di rumah gebetan.

Semi close-up dan close-up membingkai ekspresi tokoh. Teknik ini efektif mentransfer emosi karakter saat ditindih masalah berat. Yang paling kentara, kala Indah menyampaikan permohonan maaf dengan menyebut sejumlah nama guru. Ekspresi Asri Welas benar jempolan. Air mukanya yang menahan tangis dengan mata memerah seketika merebut perhatian kami.

Aset Berharga Film Ini

Salah satu adegan film Guru-Guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)
Salah satu adegan film Guru-Guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)

Indah di tangan Asri tampak santai, kadang selengekan, tapi juga menyimpan selubung misteri. Aset berharga film ini, menurut kami, juga ada di naskah. Setiap tokoh mengemban tugas spesifik dan ini membuat para pelakon tampak tak ada yang mubazir.

Ada yang ditugasi menggawangi unsur komedi. Ada yang muncul singkat untuk dijadikan terduga sebelum menguak tirai-tirai berikutnya. Ada pula yang memperkuat romantisme. Rahabi Mandra menulis kisah yang lengkap, yakni kehidupan pengajar dari sudut pandang guru maupun muridnya. Romansa yang timbul juga muncul dari dua belah pihak.

Porsi Guru Lebih Tebal

Salah satu adegan film Guru-Guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)
Salah satu adegan film Guru-Guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)

Tentu saja, porsi guru lebih tebal mengingat ia menjadi isu utama sekaligus judul film. Hal lain yang patut diapresiasi, penyutradaraan Samaria yang beberapa kali sukses membenturkan beberapa elemen untuk menciptakan ironi.

Kepulangan Taat di adegan awal misalnya, simbol kegagalan yang diledek oleh lirik lagu, "Aku mau pulang dan membawa uang segudang, segudang uuuuuang…" Saat lagu berkumandang riang, yang tampak di layar justru muka kusam Taat.

 

Bagai Hidangan Lengkap

Salah satu adegan film Guru-guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)
Salah satu adegan film Guru-guru Gokil. (Foto: BASE Entertainment)

Guru-Guru Gokil adalah meja makan dengan hidangan lengkap. Yang mendamba kisah unyu, ada dua siswa SMA malu-malu mau. Yang ingin merenungkan pertalian keluarga, Purnama dan Taat akan menjadi materi kontemplasi sederhana sekaligus menohok. Yang ingin bermain di zona cinta usia matang, ada dua guru yang siap mengajak Anda senyum-senyum sendiri.

Guru-Guru Gokil dengan pesan yang kuat nyatanya mampu bertutur dalam kemasan enteng. Ingat, enteng bukan berarti tak ada isinya. Karena setelah menonton film ini, penulis jadi kangen bapak. Lalu teringat bahwa uang, di zaman susah dan egosentris ini, bukanlah indikator tunggal kebahagiaan. Jangan hanya menonton. Renungkan dialog Guru-Guru Gokil. Hati Anda akan terasa hangat. 

  

 

Pemain: Gading Marten, Faradina Mufti, Dian Sastrowardoyo, Boris Bokir, Ibnu Jamil, Kiki Narendra, Arswendi Beningswara, Kevin Ardilova, Shakira Jasmine, Asri Welas

Produser: Dian Sastrowardoyo

Sutradara: Samaria Sari Simanjuntak

Penulis: Rahabi Mandra

Produksi: BASE Entertainment

Durasi: 1 jam, 47 menit

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upacara 17 Agustus di Gedung Grahadi Hanya Diikuti 120 Orang

Posted: 16 Aug 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 RI (HUT ke-75 RI) sebagai inspektur di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin pagi, (17/8/2020).

Sebelum ke prosesi resmi, upacara HUT ke-75 RI diawali masuknya pasukan dari puluhan anggota berbagai satuan, yakni Satpol PP, wanita TNI dan Polwan, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Kemudian dilanjutkan nyanyian lagu-lagu nasional yang dibawakan paduan suara beranggotakan hanya 20 orang.

Upacara dimulai dari masuknya inspektur upacara ke podium kehormatan dan diikuti laporan dari komandan upacara, Letkol (Mar) Aang Andy Warta yang sehari-harinya menjabat Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir.

Selanjutnya bertindak sebagai pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Jatim Kusnadi, lalu mengheningkan cipta dipimpin inspektur upacara dan pembacaan doa oleh Kepala Dinas Sosial Jatim M Alwi.

Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh tiga petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yakni Rafi Gustiar Aszamzamy (SMAN 1 Srengat, Blitar), Mokhamad Zacky Gutawa (SMKN 1 Jetis, Mojokerto) serta Findar Amelia Hariami (SMAN 1 Kesamben, Blitar).

Berbeda dari upacara 17 Agustus tahun-tahun sebelumnya yang pengibaran serta penurunan bendera selalu dilakukan oleh 70 petugas atau pasukan 17, 8 dan 45.

Setelah pengibaran bendera, prosesi ditutup dengan laporan komandan upacara ke inspektur bahwa upacara telah dilaksanakan, lalu dilanjutkan pembubaran pasukan dan gubernur kembali ke mimbar undangan.

Upacara kali ini digelar terbatas karena pandemi COVID-19, seperti jumlah undangan yang biasanya mencapai 3.500 orang, tetapi sekarang hanya 120 orang.

Pesan Khofifah

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Rabu (22/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Rabu (22/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Khofifah pada beberapa kali kesempatan menjelang HUT Ke-75 RI selalu berpesan kepada rakyat agar tak pernah berhenti memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

Sedangkan, kata dia, di tengah pandemi COVID-19, Khofifah juga mengajak masyarakat merdeka dari virus tersebut dengan cara disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan.

"Itu bagian dari cara kita melindungi diri, melindungi masyarakat. Ini juga bagian dari cara kita bela negara hari ini," ujar dia.

Sementara itu, usai upacara pengibaran bendera, Gubernur beserta pejabat Forkopimda serta tamu kehormatan bersiap mengikuti prosesi upacara peringatan ke-75 tahun detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Ajakan Jokowi Lakukan Hal Ini saat Upacara HUT ke-75 RI Berlangsung

Posted: 16 Aug 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia atau HUT ke-75 RI di Istana Negara, Jakarta tahun ini terasa berbeda.

Mengingat saat ini sedang masa pandemi Corona Covid-19, upacara HUT ke-75 RI di Istana Negara tetap digelar namun dengan sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI melalui siaran virtual di Youtube dan televisi.

"Anda dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera dan beragam keramaian 17-an secara virtual di beranda Youtube dan melalui tayangan seluruh televisi nasional, besok di Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020," kata Jokowi dalam postingan instagramnya, Minggu, 16 Agustus 2020.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan memberikan penghormatan pada sang merah putih pada pukul 10.17 WIB.

Berikut 3 ajakan Presiden Jokowi saat upacara peringatan HUT ke-75 RI berlangsung dihimpun Liputan6.com:

 

Melihat secara Virtual

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Sebanyak 8 anggota Paskibraka akan bertugas pada upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Sebanyak 8 anggota Paskibraka akan bertugas pada upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi ajak masyarakat untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI melalui siaran virtual di Youtube dan televisi.

Diketahui, di tengah pandemi Covid-19, Istana Kepresidenan tidak mengundang masyarakat untuk hadir dan melaksanakan upacara bersama di halaman Istana.

"Anda dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera dan beragam keramaian 17-an secara virtual di beranda Youtube dan melalui tayangan seluruh televisi nasional, besok di Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020," kata Jokowi dalam postingan instagramnya, Minggu, 16 Agustus 2020.

 

Berdiri Tegap Sempurna

Presiden Joko Widodo saat tiba menghadiri sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (14/8/2020). Jokowi tampil mengenakan baju adat daerah Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT). (Pool/BiroPemberitaanParlemen)
Presiden Joko Widodo saat tiba menghadiri sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (14/8/2020). Jokowi tampil mengenakan baju adat daerah Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT). (Pool/BiroPemberitaanParlemen)

Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan memberikan penghormatan pada sang merah putih pada pukul 10.17 WIB. Hal ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

"Tepat pukul 10.17 WIB mari serentak untuk mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan kepada sang saka merah putih," ucap Jokowi.

 

Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Paskibraka 2020 I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata saat bersalaman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesudah dikukuhkan sebagai Paskibraka Nasional 2019 pada 15 Agustus 2019 di Istana Negara (Foto: Dokumentasi Istana)
Paskibraka 2020 I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata saat bersalaman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesudah dikukuhkan sebagai Paskibraka Nasional 2019 pada 15 Agustus 2019 di Istana Negara (Foto: Dokumentasi Istana)

Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dan perayaan detik-detik proklamasi.

Juru Bicara Presiden RI, M. Fadjroel Rachman, Senin, mengatakan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo mengundang 267 juta rakyat Indonesia bersama-sama dengan jajaran pemerintahan Kabinet Indonesia Maju untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 10.00 WIB.

"Sebagian peserta hadir di Istana Merdeka, lainnya hadir melalui beragam media tanpa mengurangi kesakralan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia tersebut," kata Fadjroel di Jakarta.

Dia mengatakan upacara peringatan ke-75 tahun detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka akan diikuti peserta upacara terbatas.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi COVID-19, namun upacara dan perayaan detik-detik proklamasi tetap akan berlangsung khidmat dan menampilkan keberagaman adat dan budaya Indonesia," kata Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Timor Tengah Selatan di Upacara Bendera HUT ke-75 RI

Posted: 16 Aug 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi, memimpin Upacara Bendera Peringatan Kemerdekaan RI dari Istana Negara pada hari ini, Senin (17/8/220). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini pun Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat.

Tahun ini, rupanya Presiden Jokowi memilih untuk memakai pakaian adat Timor Tengah Selatan.

Hal ini diketahui dari unggahan media sosial Sekretariat Kabinet.

Dari NTT

Presiden Joko Widodo (Twitter/ setkabgoid - BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (Twitter/ setkabgoid - BPMI Setpres)

"Pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Senin (17/8), Presiden @jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur," begitu isi cuitannya.

Tebak Busana Adat

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Aminmengenakan pakaian tradisional saat mengikutu upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana Kepresidenan Upacara. (Istimewa)
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Aminmengenakan pakaian tradisional saat mengikutu upacara peringatan HUT ke-75 RI di Istana Kepresidenan Upacara. (Istimewa)

Sebelumnya, diketahui bahwa Istana menggelar lomba menebak busana adat yang akan dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana pada perayaan HUT ke-75 RI.

Daya Tarik Tersendiri

Hal ini, dinilai akan menjadi daya tarik tersendiri.

"Masyarakat bisa menebak saat itu Pak Presiden dan Ibu Negara mengenakan pakaian apa. Nanti bisa mendaftar dan menebak, kemudian disampaikan ke website panitia yang resmi," kata Heru, Jumat (7/8/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukukan Pendapatan US$ 54,58 Miliar, Pertamina Bersurat ke Fortune Global

Posted: 16 Aug 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melayangkan surat resmi kepada pengelola Fortune Global terkait pemeringkatan Fortune 500 tahun 2020 yang tidak mencantumkan nama Pertamina.

Fortune Global 500 merupakan ajang tahunan oleh majalah Fortune yang memberikan peringkat kepada 500 perusahaan berdasarkan total pendapatan yang tertuang dalam laporan keuangan perusahaan pada tahun fiskal sebelumnya.

Berdasarkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2019, Pertamina berhasil meraup pendapatan sebesar US$54,58 miliar dan laba bersih US$2,5 miliar. Dengan capaian kinerja keuangan tahun 2019 tersebut, Pertamina seharusnya berada di posisi 198 Fortune Global 500 Tahun 2020.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, untuk mendapatkan informasi mengenai proses pemeringkatan, Pertamina sedang melakukan penelusuran dan meminta penjelasan langsung kepada pihak pengelola.

"Daftar yang dibuat Fortune Global 500 tersebut merupakan aksi monitoring pasif yang dilakukan Fortune, tanpa melakukan klarifikasi langsung kepada Pertamina. Dengan revenue yang diraih Pertamina pada 2019, seharusnya kami masih terdaftar di posisi 198 Fortune Global 500. Sehingga kami perlu mendapat penjelasan resmi dari institusi penyelenggara,"ungkap Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan, Pertamina membukukan pendapatan pada 2019 sejajar dengan peringkat ke-198, yaitu Nippon Steel Corporation dengan pendapatan US$ 54,45 miliar atau Rp806 triliun (kurs Rp14.800/US$), sedangkan Pertamina mencatatkan pendapatan US$ 54,58 miliar atau Rp808 triliun pada 2019. Bahkan, berdasarkan Fortune Global 500, Nippon Steel Corp. membukukan kerugian sekitar US$3,97 miliar, sedangkan Pertamina masih mencatatkan profit US$2,5 miliar.

"Kami seharusnya tidak terlempar dari daftar, bahkan bisa sejajar dengan peringkat ke-198, dengan Nippon [Nippon Steel Corporation]. Jadi sebetulnya kami masih dapat berada dalam kisaran Top 500," ujarnya.

 

Transformasi Bisnis Pertamina

Dengan revenue US$ 54,58 miliar dan posisi di peringkat 198, Pertamina bahkan tercatat masih unggul dari beberapa perusahaan global terkenal lainnya, seperti Goldman Sachs Group, Morgan Stanley, Caterpillar, dan LG Electronic yang berada di posisi 202 - 207 dengan pendapatan sekitar US$ 53 miliar. Sementara perusahaan energi dunia lainnya seperti Repsol dan ConocoPhillips bahkan berada di peringkat 245 dan 348.

Vice President of Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman optimistis pada tahun mendatang Pertamina dapat kembali tercatat dalam daftar Fortune Global 500 dengan posisi yang lebih tinggi.

"Restrukturisasi yang dijalankan Pertamina saat ini merupakan bagian dari transformasi bisnis sebagaimana perusahaan energi kelas dunia untuk meningkatkan nilai perusahaan. Dengan dukungan dari Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi serta seluruh pekerja, Pertamina berharap aspirasi sebagai global energy champion dapat tercapai dan mampu menempatkan BUMN ini di posisi 100 Fortune Global," ujar Fajriyah.

Upaya pencapaian aspirasi ini juga didorong salah satunya dengan implementasi New Pertamina Clean yang merupakan komitmen Komisaris, Direksi, manajemen dan seluruh pekerja Pertamina untuk terus berintegritas tinggi, bersih, dan transparan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkapan Hati Para Menteri Ekonomi Memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 Tahun

Posted: 16 Aug 2020 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usia kemerdekaan Indonesia memasuki ke-75 tahun, pada 17 Agustus 2020 ini. Perayaan ulang tahun ini menjadi sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19.

Namun begitu, ucapan selamat dan harapan-harapan masih mengalir deras untuk negeri ini, tak terkecuali dari para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com merangkum ucapan ulang tahun para menteri bidang ekonomi untuk Indonesia yang diposting dalam akun media sosial resminya, berikut daftarnya:

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Dalam akun resmi Instagramnya, @airlanggahartarto_official, Airlangga turut mengucapkan ulang tahun untuk Hari Kemerdekaan Indonesia.

Dirinya berujar, pandemi tidak boleh jadi alasan untuk membuat Indonesia menyerah menjadi bangsa yang kuat serta terus berkarya.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-75. Mari kita rayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini dengan rasa syukur, sukacita, optimisme, dan semangat cinta tanah air yang tinggi. Pandemi Covid-19 tidak boleh menurunkan daya juang Indonesia sebagai bangsa. Kita buktikan, bangsa Indonesia tangguh dan tabah menghadapi setiap tantangan. Kita harus melihat di setiap krisis selalu terdapat peluang dan kesempatan. Untuk itu, kita harus bergerak cepat dan tepat dalam mencegah serta menghentikan pandemi, sekaligus bekerja efektif, kreatif dan inovatif untuk upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi.

Mari kita berkarya, peduli dan saling bantu, bergotong royong, serta berkontribusi nyata untuk menjaga kesatuan dan persatuan, mengupayakan kesejahteraan sosial untuk seluruh rakyat, sekaligus mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan. MERDEKA!," demikian tulisnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Saya mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-75. Mari kita rayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini dengan rasa syukur, sukacita, optimisme, dan semangat cinta tanah air yang tinggi. Pandemi Covid-19 tidak boleh menurunkan daya juang kita sebagai bangsa. Kita buktikan, bangsa Indonesia tangguh dan tabah menghadapi setiap tantangan. Kita harus melihat di setiap krisis selalu terdapat peluang dan kesempatan. Untuk itu, kita harus bergerak cepat dan tepat dalam mencegah serta menghentikan pandemi, sekaligus bekerja efektif, kreatif dan inovatif untuk upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi. Mari kita berkarya, peduli dan saling bantu, bergotong royong, serta berkontribusi nyata untuk menjaga kesatuan dan persatuan, mengupayakan kesejahteraan sosial untuk seluruh rakyat, sekaligus mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan. MERDEKA! #JokowiMarufAmin #KemenkoPerekonomian #AirlanggaHartarto #PerekonomianRI #EkonomiIndonesia #IndonesiaMaju #HUTRI75 #DirgahayuIndonesia #BangkitUntukIndonesiaMaju #DirgahayuIndonesia75 #KemerdekaanIndonesia #17Agustus #75TahunIndonesia #IndonesiaMerdeka #MenujuIndonesiaMaju

A post shared by Airlangga Hartarto (@airlanggahartarto_official) on

 

2. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Dalam postingan Instagramnya @luhut. pandjaitan, Menko Luhut menuliskan kilas balik perayaan kemerdekaan yang tahun ini tidak dapat dilakukan semeriah dan sekhidmat tahun lalu.

Namun menurutnya, yang paling penting adalah semangat persaudaraan antar anak bangsa, yang membuat Indonesia menjadi lebih maju dan dapat melewati ujian pandemi Covid-19.

"Tahun ini, kita memperingati kemerdekaan Indonesia dalam suasana yang berbeda. Biasanya kita semua melihat pengibaran sang saka merah putih secara langsung, kini kita hanya bisa menyaksikannya dari kejauhan saja lewat media daring. Biasanya saya beserta jajaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengadakan berbagai macam perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan, tahun ini tidak ada perayaan karena demi mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Namun, satu hal yang saya lihat tetap sama di peringatan Kemerdekaan Indonesia adalah semangat persaudaraan dan persatuan antar sesama anak bangsa yang masih besar dan menggelora bahkan di saat Republik Indonesia sedang diuji oleh wabah pandemi seperti saat ini.

Karenanya saya percaya bahwa ujian ini akan menjadi momentum bangsa Indonesia untuk bangkit dan berbenah, melakukan perubahan besar di segala lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga kelak ketika seluruh pandemi dan ujian ini bisa kita lewati, kita akan menjadi negara maju karena masyarakatnya yang bersatu. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke Tujuh Puluh Lima.MERDEKA DAN MAJU," tulis Luhut

3. Menteri BUMN Erick Thohir

Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Erick Thohir turut mengucapkan hari kemerdekaan Indonesia melalui unggahan video di akun Instagramnya @erickthohir.

Dirinya menghaturkan ucapan dalam kalimat-kalimat disertai dengan ilustrasi. Di akhiran, Erick mengajak seluruh masyarakat untuk berjuang bagi Indonesia agar kesehatan bisa pulih dan ekonomi bisa bangkit.

"Kemerdekaan adalah kerja keras yang tak kenal lelah.Kemerdekaan adalah keahlian yang terus terasah.Kemerdekaan adalah sukarela menolong kepada sesama.Kemerdekaan adalah mampu memimpin diri sendiri serta mampu membawa ke arah lebih baik.Ayo, bersama kita berjuang untuk Indonesia.Kesehatan pulih, ekonomi bangkit," katanya dalam video tersebut.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Dirgahayu Indonesiaku. Selamat Ulang Tahun ke 75 Republik Indonesia 🇲🇨

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir) on

4. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Untuk menghaturkan selamat ulang tahun bagi kemerdekaan Indonesia, Edhy mengunggah video di laman Instagramnya @edhy_prabowo dengan lagu nasional Gebyar-Gebyar sembari memperlihatkan visual rakyat Indonesia dari berbagai sisi profesi.

"Saya Edhy Prabowo, Menteri KKP, mengucapkan selamat ulang tahun Republik Indonesia ke-75. Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Rakyat Indonesia Dirgahayu Kelautan dan Perikanan. Merdeka!" ujar Edhy.

 

5. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Warga Rt 06 Rw 10 mengikuti upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kelurahan Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (17/8/2020). Selain mengenakan baju adat, tak sedikit warga yang berpakaian seadanya untuk memperingati 17 Agustus dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Warga Rt 06 Rw 10 mengikuti upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kelurahan Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (17/8/2020). Selain mengenakan baju adat, tak sedikit warga yang berpakaian seadanya untuk memperingati 17 Agustus dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menhub Budi Karya menulis dalam postingan akun Instagramnya @budikaryas, bahwa hari kemerdekaan Indonesia ke-75 menjadi renungan bagi seluruh rakyat untuk rela berkorban demi masa depan negara dan menjadikan negara ini negara yang maju dan gemilang, tanpa pamrih.

"Semangat Pagi..

Para pejuang kita dulu merebut kemerdekaan apakah hanya untuk generasinya? Tentu tidak. Mereka rela berkorban demi masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.

Para pejuan ingin generasi penerus bangsa tak lagi merasakan sebagai bangsa jajahan. Melainkan bangsa yang mampu menetukan garis nasibnya sendiri.

Perjuangan mereka telah berhasil. Kini giliran kita untuk berjuang menjadikan bangsa kita sebagai bangsa pemenang. Menjadikan negara kita, negara maju yang gemilang. Menyiapkan masa depan bangsa yang gemilang, adalah perjuangan untuk melestasrikan kemerdekaan anak cucu kita," tulis Menhub.

 

 

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Baju Adat Timor Tengah Selatan yang Dipakai Jokowi saat HUT ke-75 RI

Posted: 16 Aug 2020 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020). Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, kain baju adat yang dikenakan Jokowi memiliki motif Kaif berantai nunkòlo. Motif tersebut sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Sementara itu, di bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok. Adapun warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo.

Jokowi juga mengenakan dester (ikat kepala) berbentuk dua tanduk kecil yang artinya fungsi Raja yang melindungi. Ikat di kepala sebagai penutup kepala sebagai pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai Mahkota.

Tas sirih pinang dan kapur melambangkan budaya makan sirih pinang dari masyarakat nunkolo. Tas sirih pinang juga menandakan budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat.

Tim Sabang ditugaskan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana. Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Lahir di Bireuen, 10 November 2003, Indrian saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

Dua orang lainnya dari tim tersebut yang akan mengibarkan bendera Merah Putih ialah Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera. Kemudian, I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

 

Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A Komandan Upacara

Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A, Komandan Upacara peringatah HUT RI ke- 75 di Istana Kepresidenan Jakarta. (Dok: Setpres)
Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A, Komandan Upacara peringatah HUT RI ke- 75 di Istana Kepresidenan Jakarta. (Dok: Setpres)

Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Kediri, 16 Februari 1977, ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Paspampres.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han). Lahir di Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Seperti diketahui, upacara HUT ke-75 RI di Istana digelar secara sederhana, khidmat dan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini mengingat situasi pandemi virus corona (Covid-19) yang masih melanda tanah air.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: