Minggu, 30 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kepala BPS: Jangan Takut Kalau Didatangi Petugas Sensus Penduduk

Posted: 30 Aug 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mulai 1 September 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus penduduk secara manual atau dari pintu ke pintu. Sebelumnya, telah dilakukan sensus secara online pada 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020 dengan 51,4 penduduk telah ikut berpartisipasi.

Sebagai informasi, ada dua perubahan mendasar dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini. Dimana untuk pertama kalinya, sensus penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi dengan data Dukcapil sebagai data dasar. Dan untuk pertama kalinya pula, digunakan Sensus Penduduk online.

Seiring dengan perkembangan pandemi covid-19 saat ini, BPS menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir jika didatangi petugas sensus penduduk. Sebab, BPS akan membekali petugas yang berada di lapangan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

"BPS sangat memperhatikan keselamatan dan kesehatan petugas sensus maupun responden dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh petugas sensus harus melakukan rapid test untuk memastikan kondisi kesehatan petugas sensus sebelum terjun ke lapangan," beber Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam Kick Off Sensus Penduduk September 2020, Senin (31/8/2020).

Saat terjun ke lapangan, petugas diwajibkan menggunakan masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer, serta wajib menerapkan physical distancing saat bertemu dengan responden.

"Dengan demikian, kami berharap masyarakat yakin dan dapat menerima petugas sensus penduduk, tanpa harus takut akan terpapar virus Covid-19 dari petugas yang datang untuk mendata," kata Kecuk.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

BPS Catat 51,4 Juta Orang Ikut Sensus Penduduk Online

Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik mencatat sebanyak 51,4 juta penduduk Indonesia telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online yang diselenggarakan pada 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020.

"Telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, sebanyak 51,4 penduduk telah ikut berpartisipasi," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam Kick Off Sensus Penduduk September 2020, Senin (31/8/2020).

 

Menurutnya, hal tersebut merupakan capaian yang menggembirakan. Mengingat ini merupakan pertama kalinya sensu penduduk dilaksanakan secara daring (online).

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak dan masyarakat yang telah berkontribusi untuk sensus penduduk online. Ini membuktikan bahwa sensus penduduk telah menjadi milik dan bagian dari kehidupan kita, sehingga kita semua merasa terpanggil," tutur Kecuk.

Namun demikian, Kecuk menyebutkan jumlah tersebut hanya setara 19 persen dari total penduduk Indonesia. Sehingga masih ada pekerjaan besar yang harus diselesaikan.

"Partisipasi 51,4 juta penduduk di dalam sensus penduduk online baru setara 19 persen dari total penduduk Indonesia, masih terdapat 81 persen penduduk Indonesia yang harus dicatat keberadaannya. Oleh karena itu, pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 akan dilanjutkan dengan pencatatan lapangan di bulan September 2020," jelas dia.

Adapun pelaksanaan di lapangan, Kecuk menyebutkan akan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika didatangi oleh petugas BPS.

"Dengan demikian, kami berharap yakin dan dapat menerima petugas yang tanpa harus merasa takut akan terdapat terpapar virus Covid-19 dari petugas sensus penduduk yang akan datang untuk menjaga pencacahan lapangan yang akan dimulai besok pada tanggal 1 September (2020)," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara agar Cepat Beli Rumah, Perhatikan dengan Seksama

Posted: 30 Aug 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan tempat tinggal memang menjadi hal paling pokok bagi manusia. Sayangnya, saat ini untuk mendapaktan tempat tinggal yang sesuai dengan daya beli semakin sulit. Maka dari itu penting rasanya untuk mengetahui bagaimana cara agar cepat beli rumah.

Mengapa harus ceapt untuk membeli rumah? Hal ini untuk menghindari harga tanah hunian yang semakin tahun harganya semakin naik. Selain itu, ketersediaan lahan kosong sebagai lokasi hunian juga menjadi kendala tersendiri yang menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan rumah.

Sebenarnya cara agar cepat beli rumah bisa dilakukan sejak dini, sejak pertama kali memiliki pemasukan sendiri. Bukan tidak mungkin, apabila mengikuti cara agar cepat beli rumah tersebut Anda bahkan bisa memiliki rumah sendiri sebelum umur 30 tahun.

Nah, mungkin Anda mulai penasaran bagaimana cara agar cepat beli rumah yang bisa dipraktikkan. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum bagaiamana cara agar cepat beli rumah tersebut dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020).

1. Buat sebuah tujuan

Biar fokus dan produktif, ini cara wujudkan ruang kerja yang nyaman di rumah.
Biar fokus dan produktif, ini cara wujudkan ruang kerja yang nyaman di rumah.

Cara agar cepat beli rumah yang pertama dengan membuat tujuan Anda. Sebab, tujuan keuangan dalam pembelian rumah perlu perencanaan yang sangat spesifik. Sebagai contoh, apabila Anda ingin memiliki rumah seharga Rp 500 juta, maka untuk memiliki rumah tersebut dengan menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan, Anda setidaknya perlu menyiapkan uang muka sebesar 30% dari harga rumah.

Apabila statusnya merupakan KPR pertama, maka kewajiban untuk uang muka bisa lebih rendah yaitu hanya 10% saja. Apabila saat ini Anda masih dalam usia sekitar 22 tahun dan bertujuan memiliki rumah di usia 28, maka Anda punya waktu 6 tahun untuk mengumpulkan uang yang digunakan untuk kebutuhan uang muka KPR tersebut.

2. Perhitungkan kebutuhan dana

Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Lalu, apabila harga rumah yang diincar pada tahun ini ada di harga sekitar Rp 500 juta, lalu diasumsikan kenaikan harga rumah 10% per tahun, maka 6 tahun yang akan datang harga rumah yang Anda inginkan mencapai Rp 885 juta.

Maka, 6 tahun kemudian saat Anda akan melakukan pembayaran uang muka rumah tersebut, nominal yang dibutuhkan sekitar Rp 88 juta hingga Rp 265 juta. Yang perlu diingat, nominal tersebut dengan asumsi kebutuhan uang muka KPR sebesar 10%-30% dari harga rumah yang diinginkan. Kesimpulannya, dalam waktu 6 tahun Anda harus mampu untuk mengumpulkan uang muka tersebut.

3. Rancang strategi pengumpulan dana

Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Selanjutnya apabila sudah melakukan perhitungan mengenai perkiraan harga dan uang muka yang dibutuhkan. Cara agar cepat beli rumah selanjutnya yaitu menentukan strategi untuk mengumpulkan dana.

Supaya dana yang Anda sisihkan mampu mencapai harga rumah di masa yang akan datang, strategi paling masuk akal yaitu dengan menggunakan investasi. Sebab, apabila menggunakan strategi menabung secara konvensional hanya di rekening bank, maka dana yang sedang Anda kumpulkan akan sangat kesulitan mengejar kenaikan harga rumah. Hal ini karena bunga tabungan di bank tidak sampai 2% per tahun.

Itulah mengapa, Anda bisa mulai bertahap menyisihkan dana secara berkala di instrumen investasi yang bisa tumbuh di atas 10% per tahun. Beberapa di antaranya seperti reksa dana campuran dan reksa dana saham. Rentang waktu 6 tahun masih cukup untuk mengimbangi risiko fluktuasi investasi yang tidak kalah penting untuk Anda perhitungkan.

4. Mulai untuk berhemat

Ilustrasi tips hemat/copyright unsplash.com/@belart84
Ilustrasi tips hemat/copyright unsplash.com/@belart84

Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa menyisihkan penghasilan setiap bulan yang tujuannya digunakan untuk mengumpulkan uang muka KPR. Anda perlu mengelola keuangan pribadi lebih ketat. Apbila Anda tiap bulan sudah mendapatkan penghasilan, maka prioritaskan terlebih dahulu bagian dari pendapatan untuk uang muka KPR.

Apabila masih dirasa kurang, maka Anda bisa melakukan subsisdi yang dilakukan dari pos pengeluaran lainnya, seperti jatah makan yang diperkecil serta pengeluaran lain yang nominalnya diperkecil lalu dialihkan ke tabungan untuk mendapatkan uang muka KPR. Secara garis besar, selama Anda bisa menghemat pengeluaran per bulan, maka hasil dari penghematan bisa Anda masukkan ke dalam tabungan uang muka KPR.

5. Cari penghasilan tambahan

Cara Menghemat Uang Gaji (Sumber: Pexels)
Cara Menghemat Uang Gaji (Sumber: Pexels)

Penghasilan dari pekerjaan mungkin dirasa tidak mencukupi. Maka mau tidak mau Anda perlu mencari penghasilan tambahan.

Anda perlu bersyukur hidup di masa era informasi yang sudah berkembang seperti saat ini, sebab Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan lebih mudah dengan memanfaatkan internet. Salah satunya dengan jualan online hingga mendaftar jadi guru privat di beberapa platform pembelajaran online.

6. Pilih penyedia KPR yang tepat

Ilustrasi
Ilustrasi

Jika sudah semakin dekat dengan target, maka Anda wajib melakukan riset mana saja jasa penyedia KPR yang bisa memberi bunga rendah. Selain itu, jangan lupa untuk mencari layanan KPR yang memiliki beban cicilan sesuai dengan kemampuan finansial. Umumnya beban cicilan yang sehat sebesar 30% dari nilai penghasilan rutin. Dengan mempraktikkan cara agar cepat beli rumah ini, tidak akan sampai merusak kesehatan keuangan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Penyebab Lampu Rem Motor Menyala Terus

Posted: 30 Aug 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lampu rem memiliki fungsi yang sangat penting pada sepeda motor. Dengan kehadiran lampu rem, pengendara belakang bisa mengantisipasi saat Anda melakukan pengereman.

Selain itu juga, lampu rem memberikan penerangan pada nomor kendaraan bagian belakang, karena itu merupakan keharusan pada setiap kendaraan bermotor. Tapi kadang ada saja kendala yang dialami,salah satunya adalah lampu rem yang terus menyala, meski kedua tuas rem dalam posisi tidak ditekan.

Dikutip dari Federal Oil, lampu rem bisa tidak berfungsi kebanyakan dari penggunaannya tidak tepat. Misalnya kebiasaan melatakkan jari atau ujung kaki di tuas rem. Tidak sadar lampu menyala terus menerus, panas dan putus lebih cepat. Masalah seperti itu juga bisa karena pada bagian switch rem terlalu longgar, sehingga pada saat tuas rem di tekan tidak bisa maksimal.

Selain itu, biasanya juga disebabkan karena switch lampu rem kotor akibat banyaknya debu yang menumpuk, jika terjadi seperti itu maka harus dibongkar dan dibersihkan.

 

Risiko

Perlu diketahui risiko dari membiarkan lampu rem motor matik dalam keadaan terus menyala. Lampu rem yang menyala terus bisa membuat kelistrikan lampu tersebut korsleting dan membuat lampu menjadi rusak. 

Kalau lampunya sudah LED, tentu biaya servis atau biaya penggantiannya lebih besar karena lampu LED itu mahal.

Ingat, Lampu Rem Kendaraan Mati Berpotensi Menyebabkan Tabrakan Beruntun

Walau terlihat sepele, keberadaan lampu rem ternyata memegang peranan yang sangat vital dalam keselamatan berkendara di jalan raya.

Ketika lampu rem mati maka alat komunikasi yang memberi informasi kepada kendaraan di belakang menjadi tidak berfungsi. Akibatnya kendaraan di belakang tidak mengetahui kendaraan di depan sedang mengurangi kecepatan. 

 

Dikutip AstraWorld, jika lampu rem kendaraan Anda mati, ini bisa berpotensi terjadinya tabrakan beruntun, terlebih bila sedang melaju di jalan tol yang rata-rata kecepatannya tinggi.

Selain untuk mencegah terjadinya tabrakan, lampu rem juga berfungsi untuk menjaga jarak aman.

Lalu bagaimana mengetahui bila lampu rem kendaraan Anda mati, sedangkan lampu tersebut posisinya berada di belakang?

Anda bisa melakukannya saat memanaskan mobil sebelum beraktivitas. Injak pedal rem saat mobil sedang parkir di garasi, lalu lihat cahaya di belakangnya dengan memanfaatkan pantulan cahaya dari lampu rem.

Jika cahayanya terang dari sisi kiri dan kanannya berarti lampu rem nyala. Selain itu di rumah, Anda juga bisa memanfaatkan mobil belakang Anda saat macet di jalan dengan cara yang sama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepergian Messi Bikin Target Buruan Barcelona Lepas?

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Lionel Messi tidak hanya membuat Barcelona terancam kehilangan identitas saja. Tanpa kehadiran La Pulga, pamor tim asal Catalonia itu juga bukan mustahil bakal ikut tergerus. 

Messi seperti diketahui tengah berada di ambang pintu ke luar Barcelona. Keinginannya untuk meninggalkan Camp Nou telah disampaikan secara resmi lewat Burofax ke manajemen, pekan lalu.

Tarik ulur masih terus terjadi hingga saat ini. Messi bersikeras ingin keluar denga status bebas transfer, sementara manajemen berharap mampu menghasilkan uang banyak dari kepergian La Pulga.

Dalam waktu dekat, kedua pihak bakal bertemu untuk mencari titik tengah. 

 

Berubah Pikiran

Pemain Inter Milan, Lautaro Martinez, berjalan melewati trofi Liga Europa 2019/2020 di Stadion RheinEenergie, Sabtu (22/8/2020) dini hari WIB. Inter Milan kalah 2-3 atas Sevilla. (AFP/Ina Fassbender/pool)
Pemain Inter Milan, Lautaro Martinez, berjalan melewati trofi Liga Europa 2019/2020 di Stadion RheinEenergie, Sabtu (22/8/2020) dini hari WIB. Inter Milan kalah 2-3 atas Sevilla. (AFP/Ina Fassbender/pool)

Media asal Italia, Corriere dello Sport, melaporkan kalau kisruh yang tengah melanda Barcelona ternyata berimbas kepada perburuan pemain Inter Milan, Lautaro Martinez. Seperti dilansir dari AS, pemain asal Argentina itu mulai ragu untuk bergabung ke Camp Nou setelah melihat situas ini. 

Martinez sendiri menjadi salah satu target incaran Barcelona yang digadang-gadang mengisi kekosongan di lini depan bila ditinggal Luis Suarez. Seperti diketahui, pemain asal Uruguay tersebut terancam pindah setelah tidak masuk dalam rencana pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman.

Namun tanpa Messi, Martinez dikabarkan enggan memenuhi permintaan Barcelona. Sebaliknya, dia lebih memilih bertahan sembari menantikan kelanjutan nasib pelatih Inter, Antonio Conte. 

 

Gantikan Suarez

Penyerang Barcelona, Luis Suarez, berselebrasi setelah mencetak gol pembuka ke gawang Sevilla dalam pertandingan pekan kedelapan kompetisi La Liga Spanyol 2019-2020 di Camp Nou, Minggu (6/10/2019). Barcelona berhasil menang telak atas Sevilla dengan skor 4-0. (AP Photo/Joan Monfort)
Penyerang Barcelona, Luis Suarez, berselebrasi setelah mencetak gol pembuka ke gawang Sevilla dalam pertandingan pekan kedelapan kompetisi La Liga Spanyol 2019-2020 di Camp Nou, Minggu (6/10/2019). Barcelona berhasil menang telak atas Sevilla dengan skor 4-0. (AP Photo/Joan Monfort)

Laurato Martinez bergabung dari Racing Club pada 2018 lalu. Musim ini, Martinez mencetak 21 gol dalam 49 laga, dan menjadi tandem yang cocok bagi striker Romelu Lukaku.

Penampilan gemilang Martinez juga membantu Inter Milan di Serie A musim ini. Meski akhirnya gagal mengangkat trofi, Nerazzurri hanya terpaut 1 poin dari sang juara Juventus.

Martinez juga ikut andil mengantar Inter Milan ke final Liga Europa. Sayang, mereka kalah dari Sevilla dan harus puas sebagai runner up.

 

 

Kontrak Panjang

Martinez sendiri masih memiliki kontrak di Inter Milan hingga 2023 mendatang. Nerazzurri juga telah memagarinya dengan klasusul kontrak 111 juta euro, yang kadaluwarsa pada bulan Juli. Artinya, Inter Milan masih berpeluang memasang harga berapa pun bagi pemain asal Argentina tersebut. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Mengheningkan Cipta, Nama 100 Dokter yang Wafat Terkait Corona COVID-19

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tengah berduka, genap 100 dokter telah wafat terkait Corona COVID-19. Data tersebut dihimpun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) per 30 Agustus 2020.

Humas Pengurus Besar (PB) IDI Abdul Halik Malik mengatakan, IDI mencatat dokter yang meninggal dunia terkait COVID-19 sudah genap 100 orang.

"Mari mendoakan tempat kembali yang terbaik bagi almarhum dan almarhumah serta ketabahan kepada keluarga dan kita semua yang ditinggalkan," kata Halik saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Senin (31/8/2020).

"Sekaligus mendoakan agar kita semua diberi kekuatan, kesehatan, dan keselamatan dalam menghadapi pandemi Corona ini."

Dalam sambungan telepon pagi ini, Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih juga menyampaikan, jumlah 100 dokter yang tercatat diperoleh dari rekan-rekan dokter di lapangan. Sampai saat ini, belum diketahui secara rinci penyebab para dokter meninggal dunia.

"Kita belum ada penelitian khusus terkait kawan-kawan dokter yang terinfeksi dan meninggal. Kalau jumlah 100 dokter itu memang kami dapatkan dari kawan-kawan di lapangan," ujarnya.

Daftar Nama 100 Dokter yang Wafat

Seni instalasi yang menggambarkan tenaga medis memegang peti jenazah korban COVID-19 terlihat di Kemang 1, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020). Seni instalasi itu dipajang guna memberi peringatan kepada warga untuk tetap waspada terhadap COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Seni instalasi yang menggambarkan tenaga medis memegang peti jenazah korban COVID-19 terlihat di Kemang 1, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020). Seni instalasi itu dipajang guna memberi peringatan kepada warga untuk tetap waspada terhadap COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Berikut ini nama 100 dokter yang wafat terkait COVID-19 per 30 Agustus 2020 dari catatan IDI:

1. Prof. DR. dr. Iwan Dwi Prahasto (Guru Besar FK UGM)

2. Prof. DR. dr. Bambang Sutrisna (Guru Besar FKM UI/IDI Jakarta Timur)

3. dr. Bartholomeus Bayu Satrio (IDI Jakarta Barat)

4. dr. Exsenveny Lalopua, M.Kes (IDI Kota Bandung)

5. dr. Hadio Ali K, Sp.S (IDI Jakarta Selatan)

6. dr. Djoko Judodjoko, Sp.B (IDI Bogor)

7. dr. Adi Mirsa Putra, Sp.THT-KL (IDI Bekasi)

8. dr. Laurentius Panggabean, Sp.KJ (IDI Jakarta Timur)

9. dr. Ucok Martin Sp. P (IDI Medan)

10. dr. Efrizal Syamsudin, MM (IDI Prabumulih)

11. dr. Ratih Purwarini, MSi (IDI Jakarta Timur)

12. Laksma (Purn) dr. Jeanne PMR Winaktu, SpBS (IDI Jakarta Pusat)

13. Prof. Dr. dr. Nasrin Kodim, MPH (Guru besar Epidemiologi FKM UI)

14. Dr. Bernadette Sp THT meninggal di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo (IDI Makassar)

15. DR.Dr. Lukman Shebubakar SpOT (K) (IDI Jakarta Selatan)

16. Dr Ketty di RS Medistra (IDI Tangerang Selatan)

17. Dr. Heru S. meninggal di RSPP (IDI Jakarta Selatan)

18. Dr. Wahyu Hidayat, SpTHT (IDI Kab. Bekasi)

19. Dr. Naek L. Tobing, SpKJ (IDI Jakarta Selatan)

20. Dr. Karnely Herlena (IDI Depok)

21. Dr. Soekotjo Soerodiwirio SpRad (IDI Kota Bandung)

22. Dr. Sudadi, MKK, SpOK (IDI Jakarta Pusat)

23. Prof. Dr. H. Hasan Zain, Sp.P (IDI Banjarmasin)

24. Dr. Mikhael Robert Marampe (IDI Kab. Bekasi)

25. Dr. Berkatnu Indrawan Janguk (IDI Surabaya)

 

Dokter Meninggal

26. Dr. Irsan Nofi Hardi Nara Lubis, Sp.S (IDI Medan)

27. Dr. Boedhi Harsono (IDI Surabaya)

28. Dr. Soeharno (IDI Kediri)

29. Dr. Amir Hakim Siregar SpOG (IDI Batam)

30. Dr. Ignatius Tjahjadi SpPD (IDI Surabaya)

31. Dr. Esis Prasasti Inda Chaula, SpRad (IDI Tegal)

32. Dr. Hilmi Wahyudi (IDI Gresik)

33. DR. dr Heru Prasetya, SpB, SpU (IDI Banjarmasin)

34. dr. Miftah Fawzy Sarengat (PPDS FK Unair, RS Soetomo, IDI Balikpapan)

35. dr. Bendrong Moediarso, SpF, SH (IDI Surabaya)

36. dr. H. Dibyo Hardianto (IDI Bangkalan)

37. dr. Deny Dwi Yuniarto (IDI Sampang)

38. dr. Gatot Prasmono (IDI Sidoarjo)

39. dr. Sukarno (IDI Sidoarjo)

40. dr. Arief Basuki SpAn (IDI Surabaya)

41. dr. Herry Nawing SpA (IDI Makassar)

42. dr. Theodorus Singara SpKJ (IDI Makassar)

43. dr. Nyoman Sutedja, MPH (IDI Denpasar)

44. dr. Putri Wulan Sukmawati (PPDS Anak FK Unair/RS Soetomo Surabaya)

45. dr. Sang Aji Widi Aneswara (IDI Semarang)

46. dr. Elianna Widiastuti (IDI Semarang)

47. dr. Agus Pramono (IDI Sidoarjo)

48. dr Ane Roviana (IDI Jepara)

49. dr. Sovian Endi (IDI Grobogan)

50. dr. Pepriyanto Nugroho (IDI Blitar)

 

Dokter Wafat

Seni instalasi yang menggambarkan tenaga medis memegang peti jenazah korban COVID-19 terlihat di Kemang 1, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020). Seni instalasi itu dipajang guna memberi peringatan kepada warga untuk tetap waspada terhadap COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Seni instalasi yang menggambarkan tenaga medis memegang peti jenazah korban COVID-19 terlihat di Kemang 1, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020). Seni instalasi itu dipajang guna memberi peringatan kepada warga untuk tetap waspada terhadap COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

51. dr. Ahmadi NH, Sp.KJ (IDI Semarang)

52. dr. Zulkiflie Saleh (IDI Banjarmasin)

53. dr. Abdul Choliq (IDI Probolinggo)

54. Prof. dr. H. Mgs. Usman Said, SpOG (K) (IDI Palembang)

55. dr. H. Khiarul Saleh, SpPD (IDI Palembang)

56. dr. Anna Mari Ulina Bukit (IDI Medan)

57. dr Herwanto SpB (IDI Kisaran)

58. dr. Maya Norismal Pasaribu (IDI Labuhan Batu Utara)

59. dr. Budi Luhur (IDI Gresik)

60. dr. Deni Chrismono Raharjo (IDI Surabaya)

61. dr Arif Agoestono Hadi (IDI Lamongan)

62. dr. Djoko Wiyono (IDI Surabaya)

63. Prof. Dr. dr. Andi Arifuddin Djuanna, SpOG (K) (IDI Makassar)

64. dr. Aldreyn Asman Aboet, SpAN, KIC (IDI Medan)

65. dr. M. Fahmi Arfa'i (IDI Semarang)

66. dr. M. Ali Arifin (IDI Sidoarjo)

67. dr. M. Hatta Lubis, SpPD (IDI Padang Sidempuan)

68. dr. Elida Ilyas, SpKFR (K) (IDI Jakarta)

69. dr. I Wayan Westa, Sp.KJ (K) (IDI Denpasar)

70. dr. Sony Putrananda (IDI Blitar)

71. dr. H. Muhammad Arifin Sinaga, MAP (IDI Langkat)

72. dr. Andhika Kesuma Putra, Sp.P (K) (IDI Medan)

73. dr. Edi Suwasono (IDI Kota Malang)

74. dr. Ahmad Rasyidi Siregar, SpB (IDI Medan)

75. dr. HM Syamsu Rizal (IDI Natuna)

 

Dokter Gugur

76. dr. Dennis (IDI Medan)

77. dr. Adnan Ibrahim, SpPD (IDI Makassar)

78. dr. I Nyoman Sueta (IDI Denpasar)

79. dr. Paulus Sp.PD (IDI Jakarta Pusat)

80. dr. Sulis Bayu Sentono, dr., M.Kes., Sp.OT (K) (IDI Surabaya)

81. Prof. Dr. dr. R. Mohammad Muljohadi Ali, Sp.FK (IDI Malang Raya)

82. dr. Hery Prasetyo (IDI Blora)

83. dr. Sriyono (IDI Balikpapan)

84. dr. Sabar Tuah Barus SpA (IDI Medan)

85. dr. John Edward Feridol Sipayung (IDI Siantar Simalungun)

86. dr. Ach. Chusnul Chuluq Ar, MPH (IDI Malang Raya)

87. dr. Fatoni (IDI Ogan Komuring Ulu)

88. dr. Asriningrum Sp.S (IDI Mataram)

89. dr. R. Nurul Jaqin SpB (IDI Yogyakarta)

90. dr. Donni (IDI Deli Serdang)

91. dr. Adi Rahmawan (IDI Depok)

92. dr. Riyanto SpOG (IDI Tuban)

93. dr. Muh. Rum Limpo SpB (IDI Selayar)

94. dr. Titus Taba SpTHT-KL (IDI Sorong)

95. dr. H. Edisyahputra Nasution (IDI Samarinda)

96. dr. I Made Widiartha Wisna (IDI Buleleng)

97. dr. Nastiti Noenoeng Rahajoe, SpA (K) (IDI Jakarta Pusat)

98. dr. Daud Ginting, SpPD (IDI Medan)

99. dr. Aris Sugiharjo, SpPD (IDI Hulu Sungai Tengah)

100. dr Edwin Marpaung, SpOT (IDI Medan)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Kota Depok Cegah Penyebaran Virus Corona Covid-19

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Jawa Barat mengambil sejumlah langkah tegas untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Salah satunya, membatasi jam operasional layanan secara langsung di toko, rumah makan, kafe, minimarket, supermarket, dan mal.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok hanya mengizinkan tempat-tempat tersebut beroperasi hingga pukul 18.00 WIB.

"Kebijakan ini mulai berlaku Senin, 31 Agustus 2020. Ini untuk mengendalikan peningkatan dan penyebaran kasus di Kota Depok," kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana, seperti dilansir Antara, Minggu, 30 Agustus 2020.

Selain itu, Pemerintah Kota Depok kini mulai menerapkan aturan jam malam yang membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah.

Berikut langkah-langkah Kota Depok cegah penyebaran virus Corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

1. Batasi Jam Operasional Mal hingga Kafe

Pengunjung beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Mulai 16 Juni 2020, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali beroperasi selama masa PSBB proporsional, namun tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pengunjung beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Mulai 16 Juni 2020, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali beroperasi selama masa PSBB proporsional, namun tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Jawa Barat membatasi jam operasional layanan secara langsung di toko, rumah makan, kafé, minimarket, supermarket dan mal. Tempat-tempat ini hanya boleh beroperasional hingga pukul 18.00 WIB.

"Kebijakan ini mulai berlaku Senin, 31 Agustus 2020. Ini untuk mengendalikan peningkatan dan penyebaran kasus di Kota Depok," kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana, seperti dilansir Antara, Minggu, 30 Agustus 2020.

Namun, khusus untuk layanan antar, dapat dilakukan hingga pukul 21.00 WIB. Menurut Dadang, Satgas juga membatasi aktivitas warga. Warga Depok hanya boleh beraktivitas di luar rumah sampai dengan pukul 20.00 WIB.

 

2. Terapkan Aturan Jam Malam

Petugas mengecek suhu tubuh pengunjung di pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Mulai 16 Juni 2020, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali beroperasi selama masa PSBB proporsional, namun tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas mengecek suhu tubuh pengunjung di pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Mulai 16 Juni 2020, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali beroperasi selama masa PSBB proporsional, namun tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dadang menyampaikan, Pemerintah Kota Depok mulai menerapkan aturan jam malam yang membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah untuk menekan risiko penularan Covid-19. Kebijakan tersebut mulai berlaku hari ini, Senin (31/8/2020).

"Jam operasional layanan secara langsung di toko, rumah makan, kafe, minimarket, supermarket, dan mal sampai dengan pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk aktivitas warga (di luar rumah) dilakukan pembatasan maksimal sampai pukul 20.00 WIB," kata Dadang seperti dilansir Antara.

Dadang menambahkan, khusus jasa layanan antar, waktu operasionalnya dibatasi hingga pukul 21.00 WIB.

Pemberlakuan aturan mengenai jam malam, menurut dia, merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Depok untuk mengendalikan penularan Covid-19.

 

3. Optimalkan Peran Kampung Siaga Covid-19

Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Mulai 16 Juni 2020, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali beroperasi selama masa PSBB proporsional, namun tetap dengan memerhatikan protokol-protokol kesehatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/6/2020). Mulai 16 Juni 2020, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Depok kembali beroperasi selama masa PSBB proporsional, namun tetap dengan memerhatikan protokol-protokol kesehatan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dadang mengatakan, untuk menekan penyebaran Covid-19, dilakukan optimalisasi peran Kampung Siaga Covid-19 dengan prioritas kegiatan pendataan tempat kerja warga, melakukan pengawasan ke luar masuk tamu yang datang ke rumah warga dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Kampung Siaga Covid.

Selain itu, pihaknya mengoptimalkan aplikasi Kampung Siaga Covid-19 untuk pengaduan warga, termasuk untuk melaporkan pelanggaran protokol kesehatan, mengoptimalkan pelaksanaan pembatasan sosial melalui kebijakan Pembatasan Sosial Kampung Siaga berbasis RW (RW-PSKS), pada RW yang ditetapkan sebagai RW PSKS.

"Kami terus melakukan pengawasan dan penertiban protokol kesehatan secara tegas, baik untuk warga secara individu, kelompok, pelaku usaha, kantor, dan lain-lain," kata Dadang.

Dadang juga mengatakan pihaknya meningkatkan swab test masal pada kasus kontak erat, suspek dan sasaran prioritas lainnya yang ditetapkan.

Dia mengatakan perlu mengoptimalkan Work From Home (WFH) di perkantoran.

"Bagi ASN Pemerintah Kota Depok untuk sementara tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dinas luar daerah dan semua kegiatan rapat dilaksanakan secara virtual," jelas Dadang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gajah Berkostum Mewah Meriahkan Prosesi Tahunan Umat Buddha

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Seekor gajah terlihat dalam prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)
Seekor gajah terlihat dalam prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)

Seekor gajah terlihat dalam prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)

Seekor gajah terlihat dalam prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)
Seekor gajah terlihat dalam prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)

Seekor gajah terlihat dalam prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)

Sejumlah orang menyaksikan prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Ajith Perera)
Sejumlah orang menyaksikan prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Ajith Perera)

Sejumlah orang menyaksikan prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Ajith Perera)

Sejumlah orang menyaksikan prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)
Sejumlah orang menyaksikan prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)

Sejumlah orang menyaksikan prosesi tahunan umat Buddha di Kotte Rajamaha Viharaya, Kolombo, Sri Lanka, 29 Agustus 2020. Prosesi tersebut dimeriahkan dengan beragam tarian daerah tradisional dan tarian budaya, serta gajah-gajah yang didandani dengan berbagai kostum mewah. (Xinhua/Tang Lu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pemenang MTV VMA 2020, Lady Gaga Cetak Sejarah

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - MTV Video Music Awards atau MTV VMA 2020 telah tuntas digelar pada hari ini, Senin (31/8/2020) pagi waktu Indonesia. Perhelatan musik ini berjalan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19 yang masih merajalela di berbagai belahan dunia.

Dilansir dari Variety, dalam perhelatan kali ini para artis tampil di sejumlah panggung di New York City. BTS bahkan tampil dari Korea Selatan. Penampilan para artis juga tak dihadiri penonton sama sekali, demi menaati aturan social distancing.

Meski begitu, MTV VMA 2020 tidak lantas kehilangan gemerlapnya. Selain BTS, sejumlah artis kelas dunia seperti Black Eyed Peas, The Weeknd, serta Lady Gaga bersama Ariana Grande, tampil memeriahkan suasana.

Selain membawa pulang piala MTV VMA 2020 untuk kategri Song of The Year hingga Artist of The Year, Lady Gaga juga mencetak sejarah dalam MTV VMA. Ia menerima Tricon Award pertama, yakni penghargaan atas kiprahnya sebagai penyanyi dan aktris, ikon fashion, serta aktivis.

Nah, selain Lady Gaga, siapa saja pemenang MTV VMA 2020? Berikut daftarnya:

Daftar Pemenang MTV VMA 2020

Lady Gaga dalam MTV VMA 2020 (MTV via AP)
Lady Gaga dalam MTV VMA 2020 (MTV via AP)

Video of the Year: "Blinding Lights" – XO

Artist of the Year: Lady Gaga

PUSH Best New Artist: Doja Cat — Kemosabe

Song of the Year: Lady Gaga with Ariana Grande: "Rain On Me"

Best Collaboration: Lady Gaga with Ariana Grande: "Rain On Me"

Daftar Pemenang MTV VMA 2020 (2)

BTS di MTV VMA 2020 (MTV via AP)
BTS di MTV VMA 2020 (MTV via AP)

Best Pop: BTS: "On"

Best Hip Hop: Megan Thee Stallion: "Savage"

Best R&B: The Weeknd: "Blinding Lights" – XO

Best K-Pop: BTS: "On"

Best Latin: Maluma ft. J Balvin: "Qué Pena"

Best Rock: Coldplay: "Orphans"

Best Alternative: Machine Gun Kelly: "Bloody Valentine"

Best Group: BTS

Daftar Pemenang MTV VMA 2020 (3)

Taylor Swift menerima penghargaan MTV VMA 2020 (MTV via AP).
Taylor Swift menerima penghargaan MTV VMA 2020 (MTV via AP).

Best Music Video From Home: Ariana Grande & Justin Bieber: "Stuck with U"

Best Quarantine Performance: CNCO: MTV Unplugged At Home

Video For Good: H.E.R.: "I Can't Breathe"

Best Direction: Taylor Swift: "The Man"

Best Cinematography: Lady Gaga with Ariana Grande: "Rain On Me"

Best Art Direction: Miley Cyrus: "Mother's Daughter"

Best Visual Effects: Dua Lipa: "Physical"

Best Choreography: BTS: "On"

Daftar Pemenang MTV VMA 2020 (4)

Miley Cyrus dalam MTV VMA 2020 (MTV via AP).
Miley Cyrus dalam MTV VMA 2020 (MTV via AP).

Best Editing: Miley Cyrus: "Mother's Daughter"

 

Everyday Heroes: Frontline Medical Workers

Pemenang:

Dr. Elvis Francois - Dr. William Robinson: "Imagine"

Dr. Nate Wood: "Lean On Me"

Petugas Swab di RS Universitas Jefferson: "Level Up"

Jason "Tik Tok Doc" Campbell

Lori Marie Key: "Amazing Grace"

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Jalan Panjang Messi Bersama Blaugrana

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hubungan mega bintang Lionel Messi dan Barcelona tengah di ujung tanduk. Drama keretakan di tubuh klub membuat Messi mengambil pilihan hengkang. Meski begitu, Messi telah mencatatkan banyak prestasi selama 15 tahun bersama tim utama Blaugrana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HiPajak Jadi Juara Alibaba GET Global Challenge 2020

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - HiPajak menjadi juara pertama di ajang Alibaba GET Global Challenge 2020. Startup ini berhasil mendapat vote paling banyak, sekaligus menjadi pilihan dewan juri.

Adapun proses pemilihan dalam kompetisi ini dilakukan dalam waktu empat bulan. Alibaba GET Global Challenge 2020 diikuti oleh lebih dari 8.000 startup yang berasal dari seluruh dunia.

"Semoga dengan kemenangan ini lebih banyak lagi manfaat HiPajak yang dapat diberikan untuk pengguna dan Indonesia. Ini bukti talenta dan potensi ekonomi Indonesia mampu bersaing di level dunia," tulis HiPajak dalam keterangannya, Senin (31/8/2020).

HiPajak memfasilitasi beragam kebutuhan terkait pajak penghasilan. HiPajak mengatakan layanannya turut mendukung ekonomi digital sebab membantu Wajib Pajak Orang Pribadi nonkaryawan, usaha mikro, dan UMKM.

Layanan ini dapat mengatasi kendala yang dialami seputar perpajakan, mulai dari istilah pajak, rumitnya isi formulir, dan penghitungan pajak. Terlebih, profesi nonkonvensional harus mengurus pajak penghasilannya secara mandiri.

"HiPajak memberikan solusi tepat, khususnya kaum milenial yang antusias berkarya di dunia digital dan sangat mengutamakan kepraktisan. Semua masalah terkait pajak penghasilan dapat diatasi dalam satu aplikasi," tutur CEO HiPajak Tracy Tardia. 

Fitur di HiPajak

Ilustrasi Pajak (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Pajak (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Ada lima fitur utama yang disediakan di aplikasi ini, yaitu Rekomendasi Pajak, Catat dan Kalkulasi Pajak. Sementara fitur Bayar Pajak dan Lapor Pajak sedang dalam pengembangan.

HiPajak menyediakan dua paket yang ditawarkan, yakni gratis dan premium. Sesuai namanya, paket premium menawarkan layanan berbayar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki harga terjangkau.

Untuk diketahui, HiPajak merupakan digital platform yang menggabungkan jasa finansial dengan teknologi. Aplikasi ini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan dan sejumlah fitur yang saling terintegrasi.

Data Soal Wajib Pajak Orang Pribadi non Karyawan

Warga menunggu untuk melakukan pengurusan pajak di kantor Pajak Sudirman, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menaikkan persentase diskon angsuran pajak penghasilan ( PPh) Pasal 25. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Warga menunggu untuk melakukan pengurusan pajak di kantor Pajak Sudirman, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menaikkan persentase diskon angsuran pajak penghasilan ( PPh) Pasal 25. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan olah data dari laporan kinerja Direktorat Jenderal Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi nonkaryawan menjadi satu-satunya golongan Wajib Pajak yang menunjukkan pertumbuhan secara drastis.

Dari laporan itu diketahui, pertumbuhan golongan Wajib Pajak tersebut mencapai 43,83 persen pada tahun 2016. Sementara pada 2017 mencapai 61,53 persen, lalu untuk tahun 2018 mencapai 74,28 persen.

Agar aplikasi ini dapat dijalankan lebih mudah, seluruh fitur di dalamnya dapat diakses lewat chatting. Jadi, orang yang masih awam soal pajak dapat memakai aplikasi ini tanpa proses yang rumit.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuasai 37 Persen Perikanan Nasional, Maluku Didorong jadi Lumbung Ikan Nasional

Posted: 30 Aug 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan akan terus mendorong Provinsi Maluku agar menjadi lumbung ikan nasional.

Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya adalah pesisir dan laut, Maluku memiliki potensi besar untuk tumbuh dari sektor kelautan dan perikanan.

"Kami tidak ingin lumbung ikan nasional hanya sekedar simbol. Tapi kami ingin langsung mengimplementasikan sebagai suatu kenyataan," kata Menteri Edhy dalam keterangannya, Senin (31/8/2020).

Lanjut Menteri Edhy, potensi perikanan di Maluku sebagian besar berasal dari perikanan tangkap. Terlebih daerah ini terletak di tiga Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) yakni WPPNRI 714, 715 dan 718.

Bahkan, potensinya mencapai 4,6 juta ton atau 37 persen dari 12,5 juta total potensi sumber daya ikan nasional.

Kendati demikian, dia berharap agar sektor budidaya juga bisa tumbuh di Maluku sekaligus mengajak pemerintah daerah untuk memaksimalkan sektor tersebut. Menteri Edhy pun menyiapkan instrumen anggaran alternatif selain dari APBN, yakni melalui dana Badan Layanan Umum (BLU) yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP).

"Ambon potensinya di perikanan tangkap. Di budidaya Maluku tidak kalah dengan daerah lainya. Di Pulau Seram ada tambak yang berhenti, saya berharap bisa dihidupkan kembali," katanya.

Dalam kunjungannya ke Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Menteri Edhy menyerahkan bantuan senilai Rp 1,8 miliar. Bantuan tersebut terdiri dari paket budidaya untuk Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Paket tersebut berisi benih ikan hias, bioflok, bibit rumput laut serta Sistem Resirkulasi Budidaya (Recirculating Aquaculture System /RAS) ikan hias.

Sebagai informasi, saat mengunjungi BPBL Ambon, Menteri Edhy sempat melihat langsung upaya perekayasaan sejumlah komoditas perikanan, di antaranya ikan kakap, ikan bubara, ikan kerapu serta ikan hias laut.

Selain itu, Menteri Edhy juga melihat langsung upaya pemijahan lobster di lokasi tersebut. Sebelum ke BPBL, Menteri Edhy juga melepas ekspor 2,2 ton ikan tuna ke Jepang.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Edhy Prabowo Ingin Mahasiswa Maluku Jadi Pengusaha Perikanan

Edhy Prabowo dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Kelautan dan Perikanan di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Edhy yang merupakan politisi Partai Gerindra menggantikan Susi Pudjiastuti pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Edhy Prabowo dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Menteri Kelautan dan Perikanan di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Edhy yang merupakan politisi Partai Gerindra menggantikan Susi Pudjiastuti pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mendorong mahasiswa Maluku agar bisa menekuni usaha perikanan mengingat besarnya potensi perikanan tangkap maupun budidaya di provinsi mereka tinggal.

Dari 12,54 juta ton potensi sumber daya ikan Indonesia, 4 juta-nya berasal dari perairan Maluku. Jumlah tersebut menandakan besarnya potensi perikanan tangkap di provinsi tersebut. Di samping itu, Maluku juga punya lahan potensial untuk budidaya ikan.

"Saya ingin meningkatkan bagaimana peran masyarakat Maluku sendiri dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki. Kalian yang di sini juga jangan hanya memberi masukan, terjun juga ke lapangan jadi pemain (pelaku usaha)," ujar Menteri Edhy dalam keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Pihaknya juga bahkan menargetkan hasil perikanan Maluku bisa diekspor langsung tanpa melalui Jakarta, baik itu melalui jalur laut maupun udara.

Nantinya, mahasiswa yang terjun ke usaha perikanan akan didukung dengan pinjaman modal, bantuan fasilitas, dan bimbingan teknis. Yang terpenting, sambung Edhy, setelah lulus nanti mereka serius dalam menjalankan usaha perikanan.

Usaha yang dimaksud bisa meliputi perikanan tangkap, budidaya, bahkan kuliner. Untuk permodalan, KKP sendiri telah menyiapkan dana BLU berupa pinjaman tanpa agunan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui perbankan.

"Agunannya cukup aktivitas usaha kalian. Bunganya pun kecil hanya 3 persen," jelasnya.

Adapun, perwakilan mahasiswa yang bertemu Menteri Edhy berasal dari PB Pergerakan Pelajar Maluku yang beranggotakan sekitar 2.000 putra - putri Provinsi Pulau Seribu dan tengah menempuh pendidikan di Jakarta.

Edhy Prabowo: Potensi Ekonomi Kelautan dan Perikanan Indonesia USD 1.338 Miliar

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi selama dua hari menyempatkan diri singgah di pendopo Kabupaten Banyuwangi.
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi selama dua hari menyempatkan diri singgah di pendopo Kabupaten Banyuwangi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki 17.504 pulau, potensi ekonomi kelautan Indonesia diprediksi mencapai USD 1.338 miliar per tahun (data estimasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2020). Terlebih, potensi serapan lapangan kerja bisa mencapai 45 juta orang atau 40 persen dari total angkatan kerja Indonesia.

"Ini potensi yang besar. Nilai strategis adalah peluang yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. Potensi ini adalah modal dasar pembangunan indonesia," kata Menteri Edhy Prabowo dalam keterangan resmi, Jumat (21/8/2020).

Perkiraan angka ini berasal dari sebelas sektor yakni perikanan tangkap USD 20 miliar, perikanan budidaya USD 210 miliar, industri pengolahan USD 100 miliar, dan industri bioteknologi USD 180 miliar.

Kemudian energi dan sumber daya mineral (garam) USD 210 miliar, pariwisata USD 60 miiar, transportasi USD 30 miliar, industri dan jasa maritim USD 200 miliar, coastal forestry USD 8 miliar, sumber daya wilayah pulau-pulau kecil USD 120 miliar, dan sumber daya non konvensional USD 200 miliar.

Menurutnya, melalui kebijakan yang tepat, keberlanjutan dan ekonomi bisa berjalan beriringan. Hal ini pun sejalan dengan amanat konstitusi bahwa kekayaan alam Indonesia digunakan untuk kemakmuran rakyat.

Edhy Prabowo sendiri tengah gencar menggenjot produktivitas 100 ribu hektare lahan tambak udang dan akan menghasilkan USD 20 miliar.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 WNI Diduga Pelaku Kekerasan Seksual Petugas Kesehatan di Chile, Ini Kata Kemlu

Posted: 30 Aug 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Santiago - Dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) diduga menjadi pelaku kekerasan seksual terhadap petugas kesehatan  di Chile yang menangani kasus pasien Corona COVID-19. Pemberitaan seputar kasus kekerasan seksual itu sampai diberitakan oleh platform media di negara tersebut.

Dalam sebuah postingan di laman Facebook kantor berita ChileDiario El Pingüino, mengunggah foto-foto yang menunjukan sejumlah warga di negara tersebut tengah melakukan protes dalam menanggapi kasus yang menimpa korban.

"Petugas kesehatan menuntut keadilan setelah penangkapan terhadap dua warga Indonesia yang dituduh memperkosa perawat di fasilitas kesehatan pada Minggu dini hari #puq #Magallanes #PuntaArenas," tulis postingan itu, pada 30 Agustus waktu setempat. 

Menanggapi hal itu, KBRI Santiago melakukan komunikasi dengan aparat kepolisian setempat yang menangani kasus tersebut. 

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. 

"KBRI Santiago melakukan komunikasi dengan aparat kepolisian setempat yang menangani kasus, serta telah berbicara dengan kedua WNI/ABK dengan inisial AK dan SAW," kata Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Senin (31/8/2020).

Penyelidikan Akan Dilakukan

Ilustrasi Kekerasan Secara Seksual Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Kekerasan Secara Seksual Credit: pexels.com/pixabay

Selanjutnya, Teuku Faizasyah menerangkan, bahwa "otoritas kepolisian setempat akan melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menyediakan pengacara pro bagi kedua WNI/ABK".

Tak hanya itu, KBRI Santiago juga akan membantu menyediakan penerjemah selama proses penyelidikan, menurut Teuku Faizasyah. 

"KBRI akan memastikan kedua WNI/ABK akan mendapatkan fair trial sampai dengan keluarnya putusan pengadilan," tambah Teuku Faizasyah.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Basuki Lanjutkan Pembangunan Gedung IAIN Sultan Amai yang Mangkrak

Posted: 30 Aug 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul yang merupakan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo melalui pembangunan infrastruktur pendidikan. Salah satunya dengan melanjutkan pembangunan Gedung Rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai di Provinsi Gorontalo yang sempat terhenti pada 2014.

"Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui siaran pers, Senin (31/8/2020).

Gedung Rektorat IAIN Sultan Amai yang beralamat di Jalan Gelatik Kota Gorontalo mangkrak sejak 2011 dan dilanjutkan pihak rektorat, akan tetapi pekerjaannya kembali terhenti pada 2014. Dukungan diberikan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan melanjutkan pembangunan pada November 2019 dengan target selesai September 2020.

Pembangunan gedung rektorat memiliki tinggi 16 meter, luas bangunan 1.243 m2 dengan luas lahan 7.839 m2 dikerjakan oleh kontraktor PT Anugerah Bangun Kencana dengan biaya APBN sebesar Rp 21,8 miliar. Lingkup pekerjaannya meliputi pekerjaan arsitektur, struktur (konstruksi gedung), lansekap, mekanikal dan elektrikal, plumbing, rumah genset, dan kolam retensi untuk mendukung kebutuhan air baku.

Selain menyelesaikan konstruksi gedung, Kementerian PUPR juga menambahkan fasilitas penunjang khususnya MEP seperti ketersediaan genset, lift, CCTV, AC, sound system, dan sistem Master Antena Televisi (MATV). Hingga 28 Agustus 2020, seluruh progres konstruksi telah mencapai 100% atau lebih cepat dari rencana selesai September 2020.

"Penanganannya kami sangat memperhatikan kehati-hatian dalam hal ini. Tentu kita harus awali dengan audit teknis kelayakan bangunan, kemudian dilakukan kajian teknis terhadap struktur bangunan, baru kemudian kita lakukan perencanaan teknis atau review terhadap perencanaan sebelumnya, sebelum kita membangun kembali," tutur Direktur Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Protokol Kesehatan

Selama masa Pandemi COVID-19, pelaksanaan pembangunan dilakukan sesuai protokol pencegahan penyebaran COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, pembagian masker kepada pekerja, pengecekan suhu, penyemprotan desinfektan, penyediaan ruang isolasi, penyediaan hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan serta Inmen PUPR No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran COVID-19 dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Selain itu, pekerjaan rehabilitasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sehingga kriteria pembangunan PTN dan PTKIN adalah tanah milik PTN, PTKIN atau Lembaga dan Kementerian terkait, bangunan tidak dalam sengketa atau masalah hukum, diprioritaskan bangunan yang kondisi tidak rampung lebih dari 50 psrsen, memiliki Amdal dan IMB. Hingga, telah dilakukan audit dari BPKP dan audit kelayakan bangunan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan DPR: Polemik Kata Anjay Jangan Terus Diperdebatkan, Tak Ada Manfaat

Posted: 30 Aug 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polemik kata 'anjay' turut menjadi perhatian pimpinan DPR RI. Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menilai, istilah anjay tidak perlu diperdebatkan terus menerus, sebab tidak ada manfaatnya.

"Saya pikir masalah anjay ini lebih baik jangan menjadikan perdebatan tidak sehat. Karena apapun itu tidak ada manfaatnya, kemudian menjadi perdebatan-perdebatan kita anggap tidak perlu," kata Sufmi di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Polemik kata Anjay menurutnya dimulai setelah ada pernyataan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Pernyataan tersebut dinilai sebagai salah satu tafsir kata dan bukan pidana secara umum.

"Memang dalam rilis Komnas PA itu kemudian Komnas PA membuat tafsir hukum secara kasuistik ya. Bukan pidana secara umum, namun karena itu menjadi rilis resmi dari Komnas PA, sehingga itu kemudian menjadi polemik," ujar Sufmi.

Apabila kata anjay akan ditarik ke ranah pidana, menurut Sufmi, perlu terlebih dahulu dikaji secara mendalam.

"Jadi sebaiknya memang hal seperti ini kemudian harus kaji secara mendalam dan tidak perlu diperdebatkan di publik. Lebih baik memikirkan bagaimana sama-sama menjalankan protokol Covid," kata politikus Partai Gerindra itu menandasi.

 

Larang Anjay yang Bermakna Hujatan

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, angkat bicara soal bullying di Gunadarma. (Sumber foto: Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, angkat bicara soal bullying di Gunadarma. (Sumber foto: Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Ketua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait menjelaskan, imbauan larangan menggunakan kata anjay harus dipandang dari dua prespektif tempat dan makna.

Pihaknya melarang penggunaan kata anjay yang bisa bermakna hujatan dan berujung perundungan.

"Kalau mengandung unsur merendahkan martabat mencederai orang dan menimbulkan kebencian, itu bentuk kekerasan yang dilarang. Karena melanggar UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, itu adalah bentuk kekerasan verbal dan bisa dipidana," kata Arist

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:(Video) Sisi Lain Arist Merdeka Sirait - Liputan6 Petang]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerima Banpres Produktif Harus Diperluas ke Petani dan Nelayan

Posted: 30 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi perekonomian global saat ini betul-betul sedang terpuruk akibat pandemi covid-19. Banyak negara yang bahkan sudah lebih dahulu masuk dalam jurang resesi. Para analis ekonomi menyebut Indonesia berpotensi melewat jurang gelap resesi jika tak segera melakukan langkah-langkah antisipatif.

Pengamat Ekonomi Muchlas Rowi menyatakan laporan pertumbuhan ekonomi triwulan II dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut ekonomi Indonesia mengalami konstraksi sebesar 5,32 persen atau untuk pertama kalinya masuk zona negatif sejak tahun 1999.

Kabar baiknya, menurut dia, Indonesia bukan termasuk negara yang ekonominya bergantung dengan market dunia, melainkan pada pasar domestik. Karena itu, kata dia, Pemerintah harus menggenjot konsusmsi masyarakat sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi.

Muchlas Rowi pun memberi apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang telah sigap menyusun sejumlah skema untuk menggenjot konsumsi masyarakat sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi. Bahkan beberapa skema sudah diluncurkan Jokowi. Salah satunya bantuan presiden (Banpres) produktif usaha Mikro.

"Banpres produktif yang telah diluncurkan Presiden Jokowi perlu diapresiasi dan mendapat dukungan semua pihak. Karena banpres tersebut mencerminkan totalitas Presiden Jokowi menyelamatkan ekonomi rakyat akibat pandemi.

Menurut Muchlas, bantuan bersifat hibah kepada 12 juta pelaku usaha kecil tersebut akan menggerakkan kembali roda perekonomian rakyat di tengah ancaman resesi ekonomi.

"Pelbagai jurus pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah saat ini perlu didukung dan dikawal. Banpres Produktif itu darah segar buat ekonomi rakyat, juga program subsidi gaji untuk yang berpenghasilan dibawah 5 juta. Pasti sangat membantu", ujar Muchlas.

Mengingat pentingnya skema program tersebut, Muchlas pun lantas mengajak semua pihak untuk memastikan Banpres sebesar Rp2,4 juta itu tepat sasaran dan benar-benar produktif, sehingga dananya bisa terus bergulir.

"Diharapkan, ada efek domino dari berputarnya dana hibah ini di kalangan bawah. Upaya keras Pemerintah ini akan menolong jika disertai komitmen penerima bantuan. Publik juga perlu ikut mengawal dan mensukseskannya," ujar Muchlas.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Perlu Diperluas

BNI kembali ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif bagi pelaku usaha mikro (dok: BNI)
BNI kembali ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif bagi pelaku usaha mikro (dok: BNI)

Menurut Muchlas, keberpihakan Pak Jokowi terhadap ekonomi rakyat ini penting dilanjutkan dan diperluas penerimanya di sektor pertanian. Insentif dalam bentuk hibah ke para petani, akta dia, akan merangsang gairah mereka, ini akan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional di masa pandemi.

"Ini momentum untuk memutus ketergantungan terhadap impor pangan. Skema lain yang sebetulnya sudah sempat dibahas di Istana harus segera juga dijalankan", pungkas Muchlas.

Seperti diketahui, Pemerintah memang juga telah menyiapkan skema yang dapat ditempuh untuk membantu para petani dan nelayan agar dapat tetap berproduksi dan menjaga ketersediaan bahan pokok selama pandemi.

Menurut Muchlas, ancaman resesi yang dihadapi saat ini memang tak pernah ada presedennya di pemerintahan mana pun sebelumnya. Karena itu, kata dia, perlakuannya harus berbeda.

"Upaya yang dilakukan harus bersifat extraordinary, sangat luar biasa dan tidak biasa. seluruh kemampuan harus dikerahkan. Upaya pemerintah harus didukung karena ini bentuk keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen 7 Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir, Penuh Haru

Posted: 30 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan masih menyelimuti pasangan selebriti Citra Kirana dan Rezky Adhitya. Pasalnya, pasangan selebriti ini dikaruniai seorang putra yang lahir pada Jumat (28/8/2020) bernama Keene Atharrazka Adhitya.

Melalui laman media sosial Instagramnya, Citra Kirana membagikan momen pertama kali saat Rezky Adhitya menggendong putra pertama mereka. Rona bahagia dan haru menyelimuti wajah pemain sinetron ini. 

Tak hanya Rezky Adhitya, beberapa seleb pria juga membagikan potret di laman Instagram saat pertama kali memeluk buah hati. Tak sedikit seleb pria yang melakukan skin to skin atau mempertemukan kulit bayi dan orangtua dengan buah hati. Kebahagiaan dan haru terpancar dari para selebriti Tanah Air ini. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen seleb pria peluk anaknya yang baru lahir, Senin (31/8/2020).

1. Saat baby Atharr lahir, Rezky Adhitya langsung melakukan skin to skin dengan putra pertamanya.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/citraciki)
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/citraciki)

2. Masih menggunakan pakaian rumah sakit, ini dia momen pertama kali Roger Danuarta memeluk baby Shaquille.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/

3. Setia dampingi sang istri persalinan, ini dia momen pertama kali Rifky Balweel memeluk baby Kazeem pada Januari 2020 lalu.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram//skyproject.photo)
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram//skyproject.photo)

4. Setelah 7 tahun menanti, ini momen pertama kali Fadlan Muhammad memeluk baby Khaleed pada 22 Agustus 2020 lalu.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/

5. Dikaruniai kembar sepasang, Jeje Govinda sangat bahagia menyambut kelahiran buah hatinya ke dunia.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/jejegovinda
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/jejegovinda

6. Pada 2019 lalu, Kiano putra pertama Baim Wong lahir di dunia. Ini dia momen bahagia Baim memeluk Kiano untuk pertama kalinya.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram/

7. Tak hanya selebriti, Ahok penuh haru dan bahagia menyambut kehadiran babay Yosafat.

Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram//puput_basukipurnama
Momen Seleb Pria Peluk Anaknya yang Baru Lahir (Sumber: Instagram//puput_basukipurnama

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik bersepeda, Istri Lee Jeong Hoon Ditabrak Motor

Posted: 30 Aug 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lee Jeong Hoon mengunggah video di akun Instagram terverifikasi miliknya, Minggu (30/8/2020). Dalam rekaman tersebut, istri Lee Jeong Hoon berteriak kesakitan.

Dalam video itu tampak jelas kaki istri Lee Jeong Hoon, Monique Oktaviani atau Moa Lee, terluka. Sang suami mengobatinya di kamar mandi.

Istri Lee Jeong Hoon mengalami kecelakaan saat bersepeda. Padahal, ia sudah mengambil jalan di bagian tepi.

Stres Lihat Kondisi Istri

Lee Jeong Hoon (Foto: Instagram/@leejeonghoon)
Lee Jeong Hoon (Foto: Instagram/@leejeonghoon)

Melihat luka di bagian lutut istri, Lee Jeong Hoon sedih. Apalagi mendengar jeritan Moa Lee saat membubuhkan obat di lukanya. "Aduh!!!! stress liat Miami @moa_aeim kesakitan...," tulis Lee Jeong Hoon, sebagai keterangan video.

 

Sudah Di Pinggir Jalan dan Sepi

Lee Jeong Hoon dan Monique Octaviani alias Moa
Lee Jeong Hoon dan Monique Octaviani alias Moa

Lee Jeong Hoon mengingatkan mereka di luar sana yang berolahraga maupun bersepeda untuk lebih hati-hati. "Emang olahraga penting Dan sepeda itu fun tapi teman2 hati2 ya dijalan... Kita Sudah hati2 dipinggir dan jalan lagi sepih Dan Sudah ikutin aturan jalan..," lanjutnya.

 

Orangnya Sabar Banget

Moa Lee ditabrak motor dari arah belakang hingga sepeda yang dikendarainya rusak. Ia pun jatuh. "Sempat emosi bgt sama tukang ojek..," sambungnya. Namun, sang isti mengingatkan Lee Jeong Hoon untuk tidak emosi.

"Tapi mami @moa_aeim bilang gpp dan suruh maafin aja... emang mami @moa_aeim orangnya sabar bgt ya," Lee Jeong Hoon menyambung.

 

 

Jangan Berulang Lagi

Kejadian yang menimpa Moa Lee ini diharapkan tak terulang lagi. "Semoga tidak terjadi kejadian seperti ini... happy Sunday semuanya," pungkas Lee Jeong Hoon lalu membubuhkan empat emotikon tangan menjura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Lepas Ekspor Rempah Hasil Tanah Sulawesi Utara ke 7 Negara

Posted: 30 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor rempah hasil pertanian di Sulawesi Utara yakni pala biji, cengkeh, kelapa parut, minyak kelapa, santan kelapa dan bunga pala. Ekspor tersebut mencapai 3.766 ton dengan negara tujuan Jerman, Cina, India, Singapura, Vietnam, Jepang dan Turki. 

"Semua komoditas ini telah melewati serangkaian tindakan karantina pertanian untuk memenuhi persyaratan negara tujuan," tegas Syahrul Yasin Limpo saat melepas ekspor sekaligus inspeksi dan penyerahan sertifikat kesehatan karantina pertanian di Komplek Kantor Badan Penelitian Tanaman Palma (BALITPALMA), Minahasa Utara, ditulis Senin (31/8/2020).

Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan komoditas unggulan ekspor asal Sulut senilai Rp 62,1 miliar ini telah dipastikan sehat dan aman. Sekaligus pula memenuhi persyaratan sanitari dan fitosanitari (SPS Measures) sesuai aturan dari 7 negara tujuan tersebut.

Menurutnya, kebijakan hambatan tarif tidak lagi populer di perdagangan global saat ini dan berganti dengan kebijakan hambatan teknis dalam perdagangan atau technical barrier to trade (TBT, red), yakni hambatan yang diakibatkan oleh hal-hal teknis seperti kualitas produk, pengepakan, penandaan, dan persyaratan keamanan pangan.

"Oleh karenanya pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari atau SPS Measure pada produk pertanian yang diperdagangkan menjadi sangat penting. Barantan selaku otoritas karantina memiliki peran strategis untuk menjamin kesehatan dan keamanan produk pertanian tanah air mampu bersaing," jelasnya.

Lebih lanjut Syahrul Yasin Limpo menyebutkan selain protokol, Barantan juga mendorong proses integrasi layanan digital berupa layanan sertifikat digital atau e-Cert ke berbagai negara. Sertifkat dikirim secara elektronik dahulu, setelah disetujui barang dikirim sehingga pasti diterimanya tidak ada lagi penolakan atau re-ekspor.

"Saat ini baru empat negara, Australia, New Zealand, Vietnam dan Belanda. Saya minta kalau bisa seluruh negara, ini targetnya," tegasnya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Penguatan Sistem Perkarantinaan

Pemerintah hingga saat ini terus berupaya mengangkat kembali kejayaan rempah.
Pemerintah hingga saat ini terus berupaya mengangkat kembali kejayaan rempah.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil menuturkan upaya penguatan sistem perkarantinaan terus dilakukan sejalan dengan pemberlakukan Undang-undang perkarantinaan yang baru. Aturan baru ini merespon perkembangan perdagangan dunia agar selain menjaga kelestarian SDA.

"Barantan Kementerian Pertanian juga dituntut untuk mampu berperan stratagis selaku fasilitator pertanian di perdagangan internasional," ujarnya.

Ali Jamil menambahkan secara substansi hukum atau legal substance, tugas Barantan tidak lagi hanya menyangkut HPHK dan OPTK saja. Namun demikian memiliki tugas pengawasan keamanan dan pengendalian mutu pangan serta pakan asal produk pertanian.

"Dan tentunya merespon kebijakan TBT dalam perdagangan dunia, kami juga turun ke lapangan langsung. Memberikan pendampingan pemenuhan persyaratan teknis SPS bagi pelaku usaha, layanan periksa di gudang pemilik atau inline inspection, membuka akses informasi dengan klinik ekspor dan yang utama adalah memperkuat sistem perkarantinaan di border agar produk pertanian ekspor kita diterima dan mampu bersaing di pasar global," tuturnya.

Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksyidayan Saragih mengungkapkan berdasarkan data BPS Sulut yang dirilis (18/8) menyebutkan semester 1-2020 pertumbuhan ekspor pertanian Sulut mencapai 17,82 persen (y o y). Produk pertanian Sulut laris di 46 negara tujuan dengan 25 ragam komoditas pada masa pandemi.

"Selain jumlah yang berlimpah, kualitas yang baik dan telah memenuhi persyaratan sanitari dan fitosanitari sebagai berpersyaratan teknis, sehingga laris," tukasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Calon Peserta Pilkada 2020 Bisa Isi LHKPN secara Online

Posted: 30 Aug 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanda terima laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diterbitkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi salah satu syarat dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Pada masa pandemi ini, pengisian LHKPN dapat dilakukan secara online.

Namun, setiap calon harus memiliki akun e-Filing LHKPN untuk mengisinya.

Plt Jubir KPK bidang Pencegahan, Ipi Maryati mengatakan, bakal calon kepala daerah yang belum memiliki akun tersebut, harus terlebih dahulu registrasi dengan mengisi dan menandatangani formulir aktivasi e-Filing.

"Formulir tersebut dapat diperoleh melalui elhkpn.kpk.go.id pada menu "unduh". Selanjutnya, formulir yang telah bertanda tangan basah disertai salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) wajib dikirimkan ke Direktorat PP LHKPN KPK," kata Ipi dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Langkah pertama dilakukan adalah mengunduh dan mencetak surat kuasa dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 oleh nama yang tertera dalam masing-masing surat kuasa. Surat kuasa ini terdiri dari kuasa bakal calon, pasangan dan anak tanggungan yang berusia 17 tahun ke atas.

Persyaratan ini kemudian dikirim ke KPK melalui pos. 

"Jadi KPK akan melakukan verifikasi administratif terhadap LHKPN yang diterima terkait dengan kesesuaian pengisian LHKPN, kelengkapan form aktivasi dan surat kuasa. Apabila LHKPN dinyatakan lengkap, maka KPK akan memberikan tanda terima LHKPN kepada yang bersangkutan," tegas dia.

Bila dinyatakan tidak lengkap, Ipi menambahkan, KPK akan menyampaikan pemberitahuan kepada para bakal calon mengenai bagian yang masih harus diperbaiki dan/atau dilengkapi. Perbaikan LHKPN dilakukan paling lambat 14 hari kalender terhitung sejak diterimanya pemberitahuan tersebut oleh merka para bakal calon.

"Bila dalam rentang waktu yang diberikan mereka tidak memenuhi kewajiban untuk memperbaiki dan/atau melengkapi LHKPN, KPK akan tetap memberikan tanda terima dengan catatan hasil verifikasi "Tidak Lengkap" sesuai dengan peraturan yang berlaku," beber Ipi.

 

Wajib

Setelah memiliki akun e-Filing, kata Ipi, bakal calon kepala daerah dapat mulai melakukan pengisian LHKPN secara online.

Terakhir, tanda terima LHKPN yang dapat diterima sebagai salah satu persyaratan dalam pemilihan gubernur, bupati, dan walikota tersebut adalah tanda terima yang terdapat kode QR sebagai otentifikasi bahwa tanda terima tersebut diterbitkan oleh KPK.

"Setelah menyelesaikan proses verifikasi, KPK akan mengumumkan LHKPN seluruh bakal calon melalui elhkpn.kpk.go.id pada modul _e-Announcement_. KPK juga akan menyampaikan salinan dokumen pengumuman LHKPN atas nama bakal calon kepada PPUD dalam bentuk salinan elektronik," Ipi menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bakal Kembangkan Wisata Medis di Tanah Air, Seperti Apa?

Posted: 30 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritin dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebut pengembangan wisata medis di Tanah Air menjadi sangat realistis dilakukan. Namun yang terpenting adalah membangun kepercayaan wisatawan medis untuk datang ke Indonesia.

"Dan yang paling penting bagi saya adalah lewat industri wisata medis ini, kita mampu melakukan diversifikasi ekonomi, menarik investasi luar negeri, penyediaan lapangan pekerjaan, pembangunan industri layanan kesehatan di Indonesia, serta menahan laju layanan kesehatan serta devisa kita agar tidak mengalir ke negara-negara yang lebih sejahtera," kata dia seperti dikutip dari laman facebooknya, Senin (31/8).

Luhut mengatakan dengan adanya potensi besar dari "Wellness & Herbal Tourism" berupa 30,000 spesies tanaman herbal di Indonesia menjadi modal awal. Potensi tersebut akan dikembangkan untuk menarik wisatawan mancanegara datang dan membelanjakan uangnya di sektor wisata kebugaran dan herbal di Indonesia.

Di samping itu, untuk mendukung industri wisata medis ini, perlu adanya dukungan dari pemerintah melalui promosi masif serta fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Seperti membangun rumah sakit internasional san mendatangkan dokter spesialis dari luar negeri.

"Sehingga kualitas dan tarif layanan medis kita bisa sebanding dengan negara-negara yang lebih dulu melakukan hal ini, bahkan tidak menutup kemungkinan lebih baik dari keduanya," katanya.

Mantan Kepala Staf Preaiden itu menyampaikan, rencana wisata medis tersebut dikaji karena berbagai pertimbangan, diantaranya adalah fakta bahwa bahwa rata-rata pengeluaran wisatawan medis sebesar USD 3,000 - 10,000 per orang. Sementara masyarakat Indonesia sendiri lebih senang berobat ke Penang dan Singapura karena merasa disana layanan kesehatannya terhitung murah dan lebih cepat sembuh.

Kemudian jumlah wisata medis secara global juga mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. "Ada satu cerita yang saya dengar yaitu pengalaman seorang dokter mata bahwa banyak pasien yang biasa berobat ke Singapura sekarang berobat ke Indonesia karena mereka kurang nyaman dengan adanya karantina," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Banyak WNI Berobat ke Luar Negeri, Pemerintah Bakal Bangun Wisata Medis

Ilustrasi percobaan medis di laboratorium. (Sumber Pixabay/DarkoStojanovic via Creative Commons)
Ilustrasi percobaan medis di laboratorium. (Sumber Pixabay/DarkoStojanovic via Creative Commons)

Berdasarkan data PwC menunjukkan Indonesia negara asal wisatawan medis terbesar pada tahun 2015. Setidaknya 600 ribu orang Indonesia melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan medis.

Alasannya pelayanan rumah sakit di dalam negeri kurang memiliki keahlian dalam penyakit tertentu.

"Umumnya pasien memilih perawatan medis ke luar negeri dengan alasan kurang mampunyai layanan medis domestik untuk menyembuhkan penyakit-penyakit khusus," kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (18/8).

Dari data tersebut, pemerintah Indonesia saat ini tengah mengkaji rencana pembangunan industri wisata medis (medical tourism) di tanah air. Jenis wisata baru ini dilakukan untuk mendapatkan layanan kesehatan, kebugaran, dan penyembuhan di negara tujuan.

Jodi menjelaskan wisata medis dirancang dengan tujuan meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sekaligus meningkatkan kemandirian bangsa dalam bidang kesehatan.

Sebagai informasi, beberapa tahun terakhir, negara di Asia seperti Thailand, Singapura, India, Malaysia, dan Korea Selatan sedang mengembangkan wisata medis. Pada 2016, Thailand mencatatkan jumlah wisatawan medis mencapai 2,29 juta orang dengan nilai pasar mencapai USD 6,9 miliar.

Data yang dirilis Indonesia Services Dialog (ISD), setiap tahun orang Indonesia mengeluarkan uang yang nilainya cukup fantastis untuk mendapatkan layanan kesehatan di luar negeri. Jodi, menyebut pengembangan wisata medis di Indonesia menjadi sangat realistis dan menguntungkan jika melihat angka tersebut.

Selain itu jumlah wisata medis secara global juga mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Jika Indonesia mengembangkan Industri wisata medis ini, akan banyak dampak positif yang akan dirasakan.

Misalnya diversifikasi ekonomi, menarik investasi luar negeri, penyediaan lapangan pekerjaan, pembangunan dan industri layanan kesehatan di Indonesia. Termasuk menahan laju layanan kesehatan agar tidak mengalir ke negara-negara yang lebih sejahtera. Sehingga pemerintah membutuhkan promosi masif dan fasilitas penunjang dalam pembangunan industri baru ini.

"Untuk mendukung industri tersebut, dukungan pemerintah sangat diperlukan melalui promosi masif serta fasilitas-fasilitas penunjang lainnya," kata Jodi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Usung Hendy-Gus Firjaun di Pilkada Jember

Posted: 30 Aug 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jember resmi mengusung pasangan Hendy Siswanto-Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember 2020.

"Alhamdulillah, rekomendasi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati dari PKS sudah turun, yakni pasangan Hendy-Gus Firjaun," kata Ketua DPD PKS Jember Ahmad Rusdan Jember, Minggu, 30 Agustus 2020.

Rekomendasi dukungan PKS kepada Hendy-Gus Firjaun dilampirkan melalui surat keputusan yang ditandatangani oleh Presiden DPP PKS Mohamad Sohibul Iman dan Sekjen PKS Mustafa Kamal pada tanggal 21 Agustus 2020.

"Penyerahan rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan kepada Hendy-Gus Firjaun di Surabaya pada hari Sabtu (29/8)," tutur dia seperti dikutip dari Antara.

Selain PKS, pasangan Hendy-Gus Firjaun juga resmi mendapat surat rekomendasi dari Partai Demokrat. Sinyal dukungan lainnya dari Partai NasDem yang memberikan kartu tanda anggota (KTA) beberapa waktu lalu.

PKS memiliki enam kursi dan Partai Demokrat memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Jember, sedangkan syarat partai politik untuk mengusung pasangan calon bupati/wakil bupati di Pilbup Jember minimal harus memiliki 10 kursi di Kabupaten DPRD Jember.

DPD PKS Jember memberikan rekomendasi kepada pasangan Hendy-Gus Firjaun karena memiliki elektabilitas yang cukup tinggi dengan latar belakang Hendy punya pengalaman mengelola birokrasi.

Sementara itu, pasangannya, Gus Firjaun, merupakan kiai muda yang juga putra mantan Rais Aam PBNU almarhum K.H. Achmad Shiddiq.

Dekati Partai Lain

Sebelumnya Hendy Siswanto menargetkan bisa berhadapan langsung dengan petahana Faida yang menggandeng Dwi Arya Nugraha Oktavianto dengan menggunakan jalur perseorangan untuk maju Pilkada Jember.

Hendy mengaku pihaknya terus berkomunikasi dengan semua parpol di DPRD Kabupaten Jember agar bisa head to head dengan petahana di Pilkada Jember.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Nyentrik Lady Gaga Gunakan Masker di MTV VMA 2020, Curi Perhatian

Posted: 30 Aug 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang MTV Video Music Awards atau MTV VMA 2020 dilaksanakan dengan cukup berbeda dari biasanya. Pasalnya MTV VMA 2020 ini dilaksanakan secara virtual pada Minggu, 30 Agustus 2020 waktu New York, Amerika Serikat.

Gelaran MTV VMA 2020 ini pun sukses menarik banyak perhatian publik. Mulai dari gaya busana para artis hingga aksi panggung. Salah satu yang menarik perhatian publik pada MTV VMA 2020 ini ialah penyanyi ternama Lady Gaga.

Pasalnya, pemilik album Chromatica ini tetap terlihat tampil menawan dengan gaya busana nyentrik. Meski begitu, ia pun tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker.

Saat Lady Gaga tiba di karpet merah VMa, penampilan dari wanita 34 tahun ini langsung mencuri perhatian. Ia pun terlihat menggunakan gaun perak scluptural dari koleksi Musim Gugur 2020 dari Area serta helm bening yang terinspirasi dari Manusia Bulan.

Tak hanya saat berada di karpet merah saja, penampilan Lady Gaga saat beraksi diatas panggung hingga menerima penghargaan juga jadi sorotan publik. Hal ini dikarenakan pelantun Bad Romance tersebut terlihat menggunakan masker yang cukup nyentrik.

Penasaran bagaimana masker yang digunakan oleh Lady Gaga? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa gaya Lady Gaga saat menggunakan masker nyentrik di gelaran MTV VMA 2020, Senin (31/8/2020).

1. Ini dia penampilan Lady Gaga di karpet merah MTV VMA 2020 yang curi perhatian.

Lady Gaga (Sumber: Instagram/vmas)
Lady Gaga (Sumber: Instagram/vmas)

2. Gaya Lady Gaga dengan masker berwarna pink dan busana uniknya ini juga menjadi sorotan publik.

Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)
Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)

3. Penampilan Lady Gaga satu ini pun tampak futuristik dengan masker senada.

Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)
Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)

4. Lady Gaga menjadi salah satu penyanyi yang penampilannya selalu ditunggu oleh para penggemar.

Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)
Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)

5. Gaun berwarna hijau yang dikenakan Lady Gaga ini pun dikombinasikan dengan masker unik yang curi perhatian.

Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)
Lady Gaga (Sumber: Instagram/ladygaga)

6. Penampilan Lady Gaga dengan Ariana Grande di MTV VMA 2020 saat gunakan masker LED berhasil menyedot perhatian publik.

Lady Gaga (Sumber: Twitter/xiiicrlo)
Lady Gaga (Sumber: Twitter/xiiicrlo)

7. Ia pun berhasil menyabet 5 piala di ajang MTV VMA 2020.

Lady Gaga (Sumber: Twitter/tiffanycli)
Lady Gaga (Sumber: Twitter/tiffanycli)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batik Menginspirasi Desain Kemasan Produk Essence Asal Korea Selatan

Posted: 30 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan batik kembali menginspirasi. Kali ini giliran Secret Key, brand perawatan wajah dari Korea Selatan, yang membuat kemasan khusus bermotif batik baru.

Penciptaannya menggabungkan pola titik khas Yogyakarta dan Pekalongan. Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, nitik ala Yogyakarta terkenal dengan warna monotone, sedangkan Pekalongan dikenal dengan jlamprang yang memasukkan berbagai warna ke dalam desain batiknya.

Bunga mawar menjadi elemen utama dalam motif tersebut, dikombinasikan dengan konsep monotone dan warna-warni. Bukan sekadar indah, motif batik tersebut bermakna dalam, yakni tekun, konsisten, dan matang. Sengaja diluncurkan untuk mengapresiasi perempuan Indonesia sekaligus merayakan Kemerdekaan RI.

"Melihat antusiasme dan sambutan positif sampai sekarang, Secret Key ingin mengapresiasi dan lebih dekat dengan wanita Indonesia dengan meluncurkan Secret Key Starting Treatment Rose Essence edisi spesial batik yang dibuat secara eksklusif dalam jumlah terbatas dan hanya tersedia di Indonesia," kata Adinda Khairani, Brand Manager Secret Key Indonesia.

Ia menerangkan, selaras dengan makna motif batik yang diciptakan, perempuan Indonesia harus tekun dan konsisten merawat kulitnya agar kesehatan dan kecantikannya terjaga. Pengaplikasian essence sebagai toner ataupun sesudah toner dinilai menjadi langkah penting untuk mengawali rutinitas perawatan kulit.

"Penggunaan SecretKey Starting Treatment Essence sebagai langkah awal penggunaan skin care sama pentingnya dengan penggunaan rangkaian skin care itu sendiri," sambung Adinda.

Essence dari Secret Key mengandung fermentasi filtrat Galactomyces 94 persen dan ekstrak mawar. Fungsi utamanya adalah membuat produk perawatan kulit yang digunakan setelahnya menyerap lebih efektif ke dalam lapisan kulit dan membuat hasil akhir lebih optimal. Tetapi, essence ini diklaim bermanfaat pula untuk melembapkan, menyamarkan pori-pori, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Jaminan Tak Mengandung Bahan Berbahaya

Kemasan motif batik dalam produk essence asal Korea Selatan. (dok. Secret Key/Dinny Mutiah)
Kemasan motif batik dalam produk essence asal Korea Selatan. (dok. Secret Key/Dinny Mutiah)

Dikutip dari laman Cosmopolitan Filipina, Senin (31/8/2020), galactomyces pertama kali populer di Jepang. Ini merupakan jamur hasil samping fermentasi sake. Setelah diteliti, ekstrak jamur tersebut berperan menghilangkan kerutan pada tangan.

Sejak itu, para ilmuwan mengembangkannya sebagai bahan utama perawatan wajah. Penggunaannya juga meluas hingga ke Korea Selatan yang banyak memanfaatkannya sebagai bahan toner dan essence.

Khusus Secret Key Startinng Treatment Essence, Adinda mengatakan produk ini bebas dari 10 kandungan berbahaya, yakni paraben, alkohol, minyak mineral, phenoxythanol, benzophenone, triethanolamine, minyak dari hewan, sulfat, pewarna, dan pewangi buatan. Maka, produk diklaim aman digunakan para pemilik kulit sensitif.

"Produk hanya mengandung sembilan bahan utama sehingga ringan dan cepat diserap oleh kulit. Dengan meminimalisir kandungannya, membuat rasa aman dan nyaman untuk merawat kulit," sambung dia.

 

Batik-batik Berbagai Negara
Batik-batik Berbagai Negara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

India Catat Rekor Dunia, 78 Ribu Kasus COVID-19 Dalam Sehari

Posted: 30 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi- Rekor peningkatan kasus harian Virus Corona COVID-19 dalam satu hari tertinggi di dunia telah tercatat di India.

Negara yang mencatat infeksi terbanyak ketiga di dunia itu melaporkan 78.761 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam. 

Dikutip dari AFP, Senin (31/8/2020), jumlah tersebut bahkan juga melampaui rekor harian yang tercatat di AS pada 17 Juli lalu.

Kenaikan dalam kasus infeksi itu terjadi dengan pemerintah yang melonggarkan kebijakan dalam upaya meningkatkan perekonomian. 

Sejak wabah Virus Corona COVID-19 melanda India pada bulan Maret, jutaan orang di negara tersebut telah kehilangan pekerjaan.

Selain itu, kelonjakan kasus COVID-19 di banyak daerah pedesaan di India juga terus menjadi perhatian utama.

Sementara secara global, kasus infeksi Virus Corona COVID-19 telah melampaui 25 juta, dengan 843.000 kematian. AS juga masih menjadi negara yang paling banyak mencatat jumlah infeksi dan angka tersebut telah mendekati enam juta, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Pendapat Para Ahli

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Alat tersebut memungkinkan petugas Kesehatan mencatat suhu puluhan penduduk per menit. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Alat tersebut memungkinkan petugas Kesehatan mencatat suhu puluhan penduduk per menit. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Pada 30 Agustus, penghitungan harian di India telah melewati peningkatan satu hari dari 77.299 yang dilaporkan AS pada 17 Juli.

"Ini adalah lonjakan satu hari terbesar dalam kasus di seluruh dunia dan alasan di balik ini - karena pandemi menyebar di daerah pedesaan,' ungkap dokter kardiologi, Manoj Kumar, kepada Reuters.

India tampaknya mengatasi COVID-19 cukup baik dalam tahap awalnya, dengan memberlakukan kebijakan lockdown-nya yang ketat.

Tetapi kemudian, COVID-19 melanda kota-kota besar seperti Mumbai dan Delhi, sebelum menyebar dengan luas di kota-kota kecil dan daerah pedesaan. 

Ditambah lagi, meskipun peningkatan infeksi masih terjadi, pemerintah terus melanjutkan pelonggaran pembatasan.

Mulai bulan depan, pertemuan hingga 100 orang akan diizinkan di India untuk acara budaya, hiburan, dan olahraga, tidak lupa dengan aturan penggunaan masker dan menjaga jarak.

Tak hanya itu, di kota-kota besar, jaringan kereta bawah tanah juga akan mulai dibuka kembali.

"Orang-orang mengira begitu jumlahnya mulai turun, inilah saatnya, mereka memenangkan perang .... semua orang di luar sana tidak mengenakan masker dan menjaga jarak sosial," kata Dr Rajiv Parekh, ketua divisi untuk vaskular perifer dan ilmu endovaskular di Medanta, kepada Reuters.

Dr Rajiv Parekh menambahkan, "Itu adalah sesuatu yang seharusnya tidak kita biarkan terjadi".

Para dokter juga mengatakan bahwa perhatian utama tetap dilihat pada kurangnya pelaporan dan pengetesan yang terbatas.

Angka 63.000 kematian di India diperkirakan setara dengan Meksiko.

Meskipun itu, infeksi di Meksiko hanya mencapai 591.000, dibandingkan dengan 3,5 juta di India.

Sementara itu, Pemerintah India juga diketahui mengumpulkan jumlah kematian dari kasus positif tetapi tidak dari dugaan infeksi.

Mengacu pada pengetesan, "Tingkat Pengetesan per juta di India berada pada 30.000, yang tetap menjadi yang terendah kedua di 10 besar negara (yang terinfeksi virus)," kata ahli virologi Shahid Jameel, yang merupakan ketua dariWellcome Trust / DBT India Alliance, kepada Agence France Presse.

Tanggapan dari Pemerintah

Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Sukarelawan petugas kesehatan dari LSM India Bharatiya Jain Sanghatana mengenakan helm pintar untuk melakukan screening kasus COVID-19 dari pintu ke pintu di Mumbai, 21 Juli 2020. Helm tersebut menjadi senjata utama bagi Mumbai dalam upaya memberantas Virus Corona. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Dalam pidato radio bulanannya, Perdana Menteri India Narendra Modi tidak menyebutkan pencapaian terbaru.

Namun PM Narendra Modi meminta warga untuk mematuhi aturan dan tetap bersatu untuk mencoba mengalahkan Virus Corona COVID-19.

"Penting agar setiap warga negara sehat dan bahagia dan kita bersama-sama mengalahkan Virus Corona sepenuhnya," ujar PM Narendra Modi.

Ia pun melanjutkan, "Corona hanya bisa dikalahkan jika Anda tetap aman, jika Anda memenuhi tekad menjaga jarak aman dua meter dan mengenakan masker".

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas COVID-19 Terapkan Karantina Massal di Pesantren Banyuwangi

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Penanganan COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menerapkan karantina massal di salah satu pesantren.

Selama karantina massal tersebut, aktivitas pondok dihentikan sementara sebagai upaya memutus rantai penularan COVID-19.

"Seluruh aktivitas berhenti. Salat berjamaah untuk sementara tidak boleh. Seluruh penghuni harus berada di dalam kamar," tutur Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P pada Kementerian Kesehatan, dr Benget Saragih, seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin, (31/8/2020).

Benget menuturkan, penghuni pondok selama ini kooperatif dan para santri nurut arahan sari petugas. Benget mengatakan, selama proses karantina, penghuni harus tetap berada di dalam kamar.

Mereka dipisah-pisah dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti harus selalu pakai masker, jaga jarak, dan menjaga kebersihan.

Pada Minggu, 30 Agustus 2020 juga telah dilakukan pemeriksaan ulang terhadap seluruh santri di pesantren itu, dan hasilnya digunakan untuk pemilahan sesuai status kesehatan masing-masing. "Akan ada klaster santri untuk pemilahan, ini semua untuk memutus mata rantai penyebaran virus," ujar dia.

Selama karantina, akses jalan menuju pondok pesantren dan tidak boleh ada yang keluar masuk. Pada Minggu, 30 Agustus 2020, pasien terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 di Banyuwangi bertambah 84 kasus, sehingga jumlah keseluruhan pasien positif mencapai 771 orang.

"Selama karantina di lingkungan pondok pesantren tidak boleh ada yang keluar masuk kecuali petugas kesehatan dan logistik," kata Komandan Kodim 0825/ Banyuwangi Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto di sela meninjau pelaksanaan dapur umum bersama Bupati Abdullah Azwar Anas, Minggu.

Disediakan Dapur Umum

Ia menegaskan, selama karantina dijaga ketat oleh 1 SSK tim gabungan dari TNI/Polri dan Satpol PP Pemkab Banyuwangi. Untuk kebutuhan pondok pesantren disediakan dapur umum.

"Untuk kebutuhan makan santri ada dapur umum, bahan makanannya dari Pemkab Banyuwangi, dan dimasak oleh petugas dari Tagana dan BPBD Banyuwangi," ujar Letkol Eko.

Dapur umum yang didirikan oleh BPBD dan didukung oleh Dinas Sosial, itu setiap harinya memasak sekitar 18 ribu kotak makanan yang didistribusikan untuk penghuni pondok pesantren.

Selain Tagana, warga setempat juga dilibatkan untuk membantu menyiapkan makanan. Sedangkan untuk menu dan penyajian makanan, lanjut Dandim, telah sesuai standar operasional prosedur (SOP) kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. "Dibutuhkan kesadaran semua pihak untuk menyelesaikan masalah ini," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2,2 Ton Tuna Segar Asal Maluku Tembur Pasar Jepang

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo memanfaatkan kunjungan pertamanya di Kota Ambon, Provinsi Maluku dengan melepas 2.222 kilogram atau 2,22 ton ikan tuna segar yang diekspor dengan tujuan negara Jepang.

Pelepasan 2,22 ton ikan milik PT  Maluku Prima Makmur (MPM) di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon itu ditandai pengibaran bendera dan keberangkatan satu mobil pengangkut ikan oleh Menteri KKP bersama Gubernur Maluku Murad Ismail di perusahaan tersebut, Minggu.

Direktur PT Maluku Prima Makmur Edy Suyatno mengatakan ikan segar yang diekspor yakni jenis tuna sirip kuning, tuna mata besar dan billfish atau ikan jenis predator seperti marlin dan layaran, ditangkap oleh kapal-kapal penangkap ikan milik perusahaan tersebut di Laut Seram dan Laut Banda.

"Sebagian ikan yang akan diekspor juga dikumpulkan dari para nelayan penangkap tuna di Pulau Banda, Pulau Seram dan Pulau Buru yang memiliki armada penangkap ikan di bawah 10 GT (gross ton)." katanya.

Saat ini, menurut dia, pangsa pasar ekspor ke Jepang dan China sangat menjanjikan karena ikannya dibeli dengan harga berkisar 1.200 hingga 1.600 Yen per kilogram. 

Perusahaan tersebut memiliki unit pengolahan ikan (UPI) dengan total kapasitas produksi tahunan berbasis bahan baku ikan tuna sebanyak 6.200 ton, ikan pelagis kecil 2.000 ton, billfish 1.000 ton dan ikan campuran 1.000 ton.

Sedangkan Menteri KKP Edhy Prabowo dalam kesempatan menyatakan ekspor ikan PT. MPM menandai kebangkitan dan peningkatan ekspor dari Maluku ke sejumlah negara di Asia dan negara-negara Eropa.

"Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan dukungan sepenuhnya untuk peningkatan ekspor dari Maluku, karena dari Laut Maluku, ikan-ikan dengan kualitas terbaik dihasilkan," katanya.

Menurut dia dari 11 Wilayah Pengelolaan Penangkapan WPP), tiga di antaranya berada di Maluku dan merupakan WPP terbaik yakni Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafura.

"Tiga WPP yang ada di Maluku ini saja bisa menyumbang empat juta ton berbagai jenis ikan berkualitas dan menjadi incaran di pangsa pasar dunia," katanya.

KKP, kata dia, akan terus mendorong pengembangan dan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Maluku, sehingga hasil lautnya benar-benar menjadi unggulan serta dapat dinikmati dan bermanfaat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Semoga ekspor ikan tuna ke Jepang ini menandai peningkatan pembangunan di sektor kelautan dan perikanan Maluku, terutama di masa pandemi COVID-19," katanya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Sertifikat HACCP

Menteri Keluatan dan Perikan Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, saat mengunjungi tempat budidaya ikan di   Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Minggu 30 Agustus 2020
Menteri Keluatan dan Perikan Edhy Prabowo bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, saat mengunjungi tempat budidaya ikan di Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Minggu 30 Agustus 2020

Menteri KKP dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan sertifikat Hazard Analysis & Critical Control Point (HACCP) Grade A yang diterbitkan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP.

Selain itu juga sertifikat khusus ekspor ke Arab Saudi juga diserahkan kepada pimpinan perusahaan tersebut, karena negara tersebut mensyaratkan standar mutu tertentu bagi bahan pangan yang masuk ke negeri itu.

HACCP menjadi dokumen mutu bahwa produk perikanan aman dan layak dikonsumsi, telah melalui proses dan pengolahan yang baik, serta legal secara hukum.

"Hari ini kita serahkan sertifikat HACCP untuk ekspor sebagai bentuk komitmen kita dengan negara tujuan ekspor. Kita menjemput bola, tidak di dalam negeri saja, tetapi di luar negeri juga kita kejar untuk memasarkan ikan-ikan kita," demikian Edhy Prabowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei Sebut Mayoritas Masyakat Terpapar Hoaks soal Covid-19

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klinik Misinformasi yang merupakan kampanye kolaboratif beberapa lembaga nirlaba seperti IDI, Masyarakat Anti Hoax dan Fitnah Indonesia (Mafindo), Gusdurian dan lain sebagainya mengungkap survei menarik terkait hoaks virus corona covid-19. Ternyata 9 dari 10 responden Klinik Misinformasi terpapar berita bohong dan menyesatkan.

Temuan lain dari responden Klinik Misinformasi, dalam segi usia, tingkat keterpaparan paling tinggi terjadi pada kelompok usia di atas 54 tahun, dengan jumlah responden yang terpapar misinformasi mencapai 100 persen.

Kategori usia dengan paparan tingkat tinggi lainnya adalah pengguna media sosial di rentang usia 0-17 tahun di mana tingkat keterpaparan mencapai 94 persen.

"Informasi yang menyesatkan telah menjadi bagian dari dinamika bermedia sosial, dan temuan bahwa 90 persen responden Klinik Misinformasi telah terpapar infodemi mengkonfirmasi tingkat keterpaparan masyarakat Indonesia yang sangat tinggi terhadap misinformasi," ujar Bentang Febrylian, Pemeriksa Fakta dari Mafindo.

"Selama pandemi, Mafindo menemukan lebih dari 500 hoaks terkait covid-19 yang beredar di masyarakat. Maka dari itu dibutuhkan keseriusan dari pemerintah, elemen masyarakat, dan media massa untuk bersama meredam infodemi. Tentunya hal tersebut juga harus diikuti oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya berpikir kritis," katanya menambahkan.

 

Risiko Tinggi

ilustrasi Cek Fakta
ilustrasi Cek Fakta

Adanya hoaks terkait covid-19 memang menimbulkan risiko besar bagi masyarakat. Apalagi peredaran hoaks ini merambah semua media sosial dan juga aplikasi percakapan.

"Hoaks yang beredar di masyarakat menyasar pada isu pencegahan dan pengobatan covid-19. Membaca dan mendengar berita yang tidak terklasifikasi bisa menyebabkan seseorang keliru dalam mengambil tindakan pencegahan, sehingga membahayakan kesehatan dirinya dan orang lain, atau bahkan terlambat mendapatkan penanganan medis" kata Dokter Spesialis Paru Jaka Pradipta.

"Jadi, masyarakat perlu sangat waspada dengan berita seperti klaim penemuan obat dan pencegahan covid-19 yang tidak didukung dengan bukti ilmiah," ujarnya mengingatkan.

Disadur dari: Kanal Health Liputan6.com (penulis: Ade Nasihudin, editor: Aditya Eka)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Siap Kalahkan Liverpool untuk Dapatkan Thiago Alcantara

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) siap menggagalkan upaya Liverpool untuk mendapatkan Thiago Alcantara dari Bayern Munchen. Klub berjuluk Setan Merah itu bakal segera mengajukan tawaran.

Seperti dikabarkan sejumlah media Inggris, MU bakal menyodorkan tawaran 30 juta pound atau sekitar Rp 585,7 miliar kepada Munchen untuk Thiago. Jumlah tersebut dianggap lebih dari cukup buat raksasa Bundesliga untuk melepas gelandang timnas Spanyol itu.

Thiago akan tertarik dengan proyek di Old Trafford daripada Liverpool. Sebab, bermain bersama Bruno Fernandes dan Paul Pogba adalah prospek yang menarik bagi sang gelandang.

Jika MU mampu mendapatkan Thiago, maka ini adalah kali ketiga seorang pemain menolak bergabung dengan Liverpool. Sebelumnya, The Reds sudah dikaitkan dengan Timo Werner dan Kai Havertz.

Werner telah bergabung dengan Chelsea. Sementara Havertz telah menyetujui persyaratan pribadi dan tawar-menawar tentang biaya transfer antara Bayer Leverkusen dan Chelsea terus berlanjut.

 

 

Pembicaraan Terhenti

1. Thiago Alcantara (Bayern Munchen) - Gelandang berusia 29 tahun ini menampilkan permainan yang menawan saat Bayern Munchen berhadapan PSG di final Liga Champions. Berdasarkan statistik penampilannya di Liga Champions 2019/2020, Thiago mendapatkan nilai 7.76. (AFP/Christof Stache)
1. Thiago Alcantara (Bayern Munchen) - Gelandang berusia 29 tahun ini menampilkan permainan yang menawan saat Bayern Munchen berhadapan PSG di final Liga Champions. Berdasarkan statistik penampilannya di Liga Champions 2019/2020, Thiago mendapatkan nilai 7.76. (AFP/Christof Stache)

Setelah membawa Munchen meraih trofi Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions, Thiago Alcantara ingin meninggalkan Jerman. Liverpool kabarnya sudah mengajukan tawaran kepada Munchen, namun pembicaraan terhenti.

Pelatih Munchen Hansi Flick menyarankan pada Thiago agar bertahan. Namun, sepertinya hal itu tidak mungkin terjadi. Sebab, MU tertarik untuk menggunakan jasa pemain berusia 29 tahun itu.

 

 

Hampir Pasti

Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara menjadi salah satu pemain incaran Manchester United menurut sumber Independent. (AFP/Gabriel Bouys)
Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara menjadi salah satu pemain incaran Manchester United menurut sumber Independent. (AFP/Gabriel Bouys)

CEO Bayern Munchen Karl Heinz Rummenigge menyatakan Thiago hampir pasti meninggalkan pergi dari Allianz Arena. "Sepertinya dia akan meninggalkan kami," kata Rummenigge seperti dilansir Sportskeeda.

Namun, Thiago tidak akan dilepas dengan harga murah. "Saya tidak ingin membuat komentar soal jumlah yang kami inginkan, tetapi kami tidak akan mengobral pemain di musim panas," katanya.

 

 

Dipuji Manajer Liverpool

Thiago Alcantara - Thiago Alcantara menjadi nama yang ramai dibicarakan pada bursa transfer pemain jelang musim 2020-2021. Gelandang Bayern Munchen itu dikaitkan dengan Liverpool dan Manchester United. (AFP/Ronny Hartmann)
Thiago Alcantara - Thiago Alcantara menjadi nama yang ramai dibicarakan pada bursa transfer pemain jelang musim 2020-2021. Gelandang Bayern Munchen itu dikaitkan dengan Liverpool dan Manchester United. (AFP/Ronny Hartmann)

Di sisi lain, Manajer Liverpool Jurgen Klopp belum mau berkomentar lebih jauh soal Thiago. Hanya saja, manajer asal Jerman itu mengakui Thiago pemain berkualitas.

"Thiago pemain yang sangat bagus seperti banyak pemain di luar sana. Tetapi hanya itu yang dapat saya katakan saat ini," kata Klopp mengakhiri.

Saksikan Video Thiago Alcantara di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cuma di Hungaria, Anak-Anak Bisa Jadi Petugas Kereta

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Seorang anak bekerja di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria pada 26 Agustus 2020. Di bawah pengawasan orang dewasa, anak-anak itu bertanggung jawab mengoperasikan sakelar jalur dan sinyal, mencetak tiket, dan memberikan informasi kepada penumpang. (Xinhua/Attila Volgyi)
Seorang anak bekerja di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria pada 26 Agustus 2020. Di bawah pengawasan orang dewasa, anak-anak itu bertanggung jawab mengoperasikan sakelar jalur dan sinyal, mencetak tiket, dan memberikan informasi kepada penumpang. (Xinhua/Attila Volgyi)

Seorang anak bekerja di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria pada 26 Agustus 2020. Di bawah pengawasan orang dewasa, anak-anak itu bertanggung jawab mengoperasikan sakelar jalur dan sinyal, mencetak tiket, dan memberikan informasi kepada penumpang. (Xinhua/Attila Volgyi)

Seorang anak bekerja di sebuah kereta di Jalur Kereta Anak di Budapest, 26 Agustus 2020. Jalur kereta sempit yang melintasi hutan perbukitan di ibu kota Hungaria ini sebagian besar layanan komersial dan manajemen lalu lintasnya dilakukan  anak-anak usia 10-14 tahun (Xinhua/Attila Volgyi)
Seorang anak bekerja di sebuah kereta di Jalur Kereta Anak di Budapest, 26 Agustus 2020. Jalur kereta sempit yang melintasi hutan perbukitan di ibu kota Hungaria ini sebagian besar layanan komersial dan manajemen lalu lintasnya dilakukan anak-anak usia 10-14 tahun (Xinhua/Attila Volgyi)

Seorang anak bekerja di sebuah kereta di Jalur Kereta Anak di Budapest, 26 Agustus 2020. Jalur kereta sempit yang melintasi hutan perbukitan di ibu kota Hungaria ini sebagian besar layanan komersial dan manajemen lalu lintasnya dilakukan anak-anak usia 10-14 tahun (Xinhua/Attila Volgyi)

Seorang anak bekerja di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria pada 26 Agustus 2020. Di bawah pengawasan orang dewasa, anak-anak itu bertanggung jawab mengoperasikan sakelar jalur dan sinyal, mencetak tiket, dan memberikan informasi kepada penumpang. (Xinhua/Attila Volgyi)
Seorang anak bekerja di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria pada 26 Agustus 2020. Di bawah pengawasan orang dewasa, anak-anak itu bertanggung jawab mengoperasikan sakelar jalur dan sinyal, mencetak tiket, dan memberikan informasi kepada penumpang. (Xinhua/Attila Volgyi)

Seorang anak bekerja di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria pada 26 Agustus 2020. Di bawah pengawasan orang dewasa, anak-anak itu bertanggung jawab mengoperasikan sakelar jalur dan sinyal, mencetak tiket, dan memberikan informasi kepada penumpang. (Xinhua/Attila Volgyi)

Anak-anak menghadiri upacara pangambilan sumpah di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria, 26 Agustus 2020. Jalur kereta sempit yang melintasi hutan perbukitan ini sebagian besar layanan komersial dan manajemen lalu lintasnya dilakukan anak-anak usia 10-14 tahun (Xinhua/Attila Volgyi)
Anak-anak menghadiri upacara pangambilan sumpah di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria, 26 Agustus 2020. Jalur kereta sempit yang melintasi hutan perbukitan ini sebagian besar layanan komersial dan manajemen lalu lintasnya dilakukan anak-anak usia 10-14 tahun (Xinhua/Attila Volgyi)

Anak-anak menghadiri upacara pangambilan sumpah di Stasiun Kereta Anak Huvosvolgy di Budapest, Hungaria, 26 Agustus 2020. Jalur kereta sempit yang melintasi hutan perbukitan ini sebagian besar layanan komersial dan manajemen lalu lintasnya dilakukan anak-anak usia 10-14 tahun (Xinhua/Attila Volgyi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Tim Medis Menari Gerakan Cuci Tangan Pakai Lagu Hyoyeon SNSD

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai garda terdepan, sosok para medis tak luput dari sorotan publik. Mereka pun rela mengorbankan nyawanya demi merawat pasien terinfeksi virus Corona Covid-19.

Di tengah kesibukannya merawat pasien, baik yang terkena Covid-19 maupun penyakit lainnya, beberapa tenaga medis menyempatkan membuat tutorial cuci tangan dengan cara tak biasa.

Meski menghabiskan setiap waktu untuk merawat pasien yang terinfeksi virus Corona, tim medis masih bisa menghibur warganet. Seperti video yang baru-baru ini beredar di jejaring sosial.

Sebuah video yang diunggah pengguna TikTok dengan akun @leniparm13 menunjukkan gerakan cuci tangan dengan cara yang berbeda.

Tampak dari video tersebut, kekompakan tim medis seirama dalam memperlihatkan tariannya dengan penuh semangat.

"Cuci tangan versi tiktok," keterangan dalam video tersebut.

Tarian Cuci Tangan Ala Idol Korea

Lagu 'Dessert' yang dinyanyikan oleh Hyoyeon SNSD memang sempat viral di lini TikTok. Biasanya, seseorang yang menari dengan menggunakan lagu tersebut berpakaian seksi, tetapi berbeda dengan tarian tenaga medis.

Menariknya, beberapa tenaga medis ini menari gerakan cuci tangan lengkap dengan setelan alat pelindung diri (APD) yang serba tertutup, dari ujung kepala hingga kaki.

@leniparm13

Cuci tangan versi tiktok ##cucitanggan ##6langkahcucitangan ##fyp ##fypシ ##covid19 ##JadiAwsem ##foryou ##foryoupage ##genkjawara

♬ DESSERT (Feat. Loopy, 소연((여자)아이들)) - HYO

Video tersebut pun mendapat respons positif dari publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Sebagian dari mereka berkeinginan untuk mencobanya di tempat umum ala Kpopers.

"Kreatif...nanti pad di indomaret, aku cuci tangan kayak gini ah," sahut akun @cilucil0912.

Respons Warganet

Unggahan video kreativitas koreografi tersebut menarik perhatian pengguna jejaring sosial. Banyak dari warganet menanggapinya dengan beragam respons kekaguman tarian tutorial cuci tangan tersebut.

"Andai tiap mau cuci tangan ada soundtack ini, pasti joget gini juga deh," tulis akun @permensusumilkita.

"Ini sih keren banget, sehat-sehat terus pahlwan kesehatan," ucap akun @mamagamudalagi.

"Baru tau kalo pegawai rumah sakit mantan dancer," kata akun @kartika.azza.

"Cuci tangan selain ngilangin kuman bisa juga buat ngilangin lemak," tutur akun @muttttttt10.

"Kalo ini mah cuci tangannya kpopers," cuit bubuuu__cin.

"Bayangin Semua orang mau cuci tangan kayak gini pasti bahagia terus," kata akun @dannumars.

Penulis:

Ignatia Ivani

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Pemotor Bonceng Tiga Tanpa Helm Masuk Tol dan Jatuh Tersenggol Mobil

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah rekaman video yang memperlihatkan tiga orang wanita di atas sebuah motor tanpa menggunakan helm viral di media sosial. Selain melanggar kapasitas penumpang, motor tersebut juga masuk ke jalan tol Jakarta-Cikampek.

Melalui video yang dibagikan akun Instagram @polantasindonesia, terlihat tiga wanita tersebut juga mengalami kecelakaan karena bersenggolan dengan mobil yang melintas.

Insiden terjadi di KM 08 B Tol Japek pada Minggu, 30 Agustus 2020 sekira pukul 14.30 WIB. Kecelakaan itu terekam salah satu penumpang mobil yang kebetulan melintas.

Melaju di lajur paling kanan, secara tiba-tiba sepeda motor itu bergerak ke arah kiri dan menyenggol sebuah mobil SUV yang melaju. Sontak tiga perempuan tersebut terjatuh dari motornya. Beruntung mobil yang ada di belakangnya menyadari kecelakaan tersebut dan langsung menghentikan laju kendaraan.

Kainduk Turangga 05 Kompol Faisal membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia menuturkan, pemotor tersebut masuk dari Gerbang Tol Bekasi Timur karena panik.

"Pemotor merasa dikejar-kejar pengemudi mobil yang tidak kenal. Kami tidak tahu sebenarnya apa alasan atau betul seperti itu," kata Faisal dilansir kanal Megapolitan, Liputan6.com.

Telah Diminta Berhenti

Faisal mengatakan, saat itu petugas Jasa Marga yang sedang berpatroli sebetulnya telah meminta pengendara berhenti di Kilometer 12 Tol Japek, tapi tak dihiraukan.

"Diberhentikan tidak mau berhenti, sampai akhirnya menyenggol pengemudi mobil. Begitu jatuh luka lecet-lecet langsung ditolong," ucap dia.

Faisal mengatakan, pihaknya tak menilang pengendara sepeda motor dengan alasan kemanusiaan. Dia menyebut, pengendara dan penumpang sepeda motor telah dijemput keluarganya di Gerbang Tol Bekasi Barat

"Istilahnya kemanusiaan gitu kita panggil orangtuanya, langsung dijemput, kami tidak tindak apa-apa, tapi semua kendaraan didata, dan orangnya difoto," ucap dia.

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

 
 
 
View this post on Instagram

Lokasi Tol KM 19 Tambun Bekasi. ๏ sumber postingan ๛ @dashcam_owners_indonesia

A post shared by POLANTAS INDONESIA (@polantasindonesia) on

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, Artis David Chalik Ambil Bagian dalam Pesta Demokrasi di Sumbar

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Aktor dan presenter televisi David Chalik turut mengambil bagian dalam pesta demokrasi di Sumatera Barat. Ia maju sebagai Calon Wakil Wali Kota Bukittinggi mendampingi Irwandi pada Pilkada 2020.

Keduanya sudah dideklarasikan oleh Partai Nasdem, PAN dan PKB, sebagai calon kepala daerah Bukittinggi yang akan maju pada Pilkada 2020.

Dalam deklarasi yang dilakukan di Kota Padang pada Minggu (30/8/2020) tersebut, David cukup menarik perhatian tamu undangan yang hadir.

"Iya pada 2020 ini saya mendapat kesempatan untuk maju sebagai calon wakil wali kota," katanya kepada Liputan6.com.

Ia optimistis akan memenangkan pertarungan dalam Pilkada 2020 ini, apalagi dirinya mendampingi Irwandi yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Bukittinggi.

David mengaku keputusannya terjun ke dunia politik tak terjadi mendadak, namun sudah sejak 2007. Akan tetapi untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah memang baru pada 2020 ini.

"Sejak 2007 sudah terjun ke dunia politik, saya terus belajar dan mengembangkan diri," ujarnya.

Sebelum memutuskan maju pada Pilkada 2020 ini, ia juga telah mempelajari bagaimana kondisi Bukittinggi seperti di bidang pariwisata, ekonomi dan lainnya.

Pengalamannya menggeluti dunia bisnis, menurutnya juga banyak memberinya pelajaran mengenai konsistensi dan semangat melakukan perbaikan karena pernah berulang kali menemui kegagalan.

 

Tanpa Mahar

David Chalik (Instagram/ @davidchalik)
David Chalik (Instagram/ @davidchalik)

Pria berdarah Minangkabau itu menyebut, sudah memiliki visi dan misi untuk membangun Kota Bukittinggi lebih baik lagi.

"Meski lahir di Jakarta, kedua orang tua saya asli Bukittinggi. Saya ingin mengabdi ke kampung halaman," ujarnya.

Sementara Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar, Hendrajoni mengatakan pihaknya hari ini mendeklarasikan sembilan calon kepala daerah yang maju pada Pilkada 2020 Sumbar.

Semua yang dideklarasikan hari ini, merupakan kandidat terbaik. Nasdem juga berkoalisi dengan sejumlah partai berbeda di masing-masing daerah.

Ia menegaskan Nasdem tidak meminta mahar kepada kandidat yang akan diusung. Dalam sambutannya ia juga berulang kali mengatakan hal tersebut.

"Tidak ada mahar, kami berkomitmen membangun daerah. Jika pakai mahar itu, ketika terpilih maka ada potensi menyelewengkan jabatan," ujarnya yang juga akan maju pada Pilkada 2020, di Pesisir selatan.

Kemudian untuk calon gubernur dan wakil gubernur, ia menyebut hingga kini masih diproses. Nasdem merupakan salah satu partai yang bergabung dalam poros baru.

"Kita masuk poros baru bersama Golkar dan PKB, ini nanti akan diumumkan lagi siapa yang akan diusung," ia menjelaskan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Razia Masker, Pengendara Ribut dengan Satpol PP

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keributan antara petugas Satpol PP dan seorang pengendara motor di Jalan Proklamasi Jakarta Pusat. Sang pengendara marah tidak terima karena ditegur mengenakan masker tidak benar. Dirinya melarikan diri saat diminta menepikan kendaraannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edo Kondologit Ceritakan Kronologi Meninggalnya Adik Ipar di Tahanan

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adik Ipar Edo Kondologit, George Karel Rumbino alias Riko, meninggal dunia di tahanan Mapolres Sorong, Papua Barat. Edo Kondologit menyebutkan terdapat luka bekas penganiayaan di wajah, serta luka tembakan di tubuh jenazah adik ipar.

Terkait hal itu, Edo Kondologit buka suara dan menceritakan kronologi kematian adik iparnya. Awalnya, ia dan keluarga menyerahkan Riko ke polisi untuk diproses secara hukum lantaran diduga terlibat dengan pembunuhan yang menewaskan tetangganya.

"Sebelumnya ada kasus meninggal di tetangga ada indikasi (adik ipar terlibat) dan beberapa hal dianggap berhubungan makanya diserahkanlah sama mamanya. Karena berhubungan baik dengan tetangganya, makanya si mamanya itu langsung menyerahkan anaknya untuk diproses dengan harapan polisi ini bisa menangani dengan baik," kata Edo Kondologit saat dihubungi, Senin (31/8/2020).

Dianiaya

Edo Kondologit
Edo Kondologit

Dengan menyerahkan Riko ke polisi, keluarga Edo Kondologit berharap masalah tersebut bisa diselesaikan secara hukum. Namun yang terjadi malah Riko kehilangan nyawanya.

"Silakan diproses aja kalau memang bersalah bukan dianiaya, diinterogasi secara tidak beradab, biadab dan secara kekerasan, ditembak dua kaki, tangan dua-duanya diborgol, ini kan yang mengusik rasa keadilan kita," kata Edo Kondologit.

Disebut Berusaha Melarikan Diri

Edo Kondologit (Foto: Instagram/@edokondologitt)
Edo Kondologit (Foto: Instagram/@edokondologitt)

Edo Kondologit menjelaskan bahwa pihak polisi mengklaim melakukan penembakan di kaki Riko lantaran ia berusaha untuk melarikan diri. Namun pernyataan itu dirasa janggal oleh pihak keluarga.

"Mereka beralasan melarikan diri, itu melarikan diri bagaimana? Itu dia masih dalam tahanan Polres kok, mereka seharusnya enggak bisa bertindak seenaknya seperti itu. Jadi parah gitu, dan buat kita semua jadi geram. Kami berharap polisi yang mengayomi malah jadi penganiaya dan pembunuh," tutur Edo. 

Tak Manusiawi

Edo Kondologit. (Liputan6.com/Panji Diksana)
Edo Kondologit. (Liputan6.com/Panji Diksana)

Yang mengenaskan, kata Edo Kondologit, jenazah adik iparnya didiamkan begitu saja di kantor polisi. 

"Ditembak kaki kiri kanan, mukanya hancur digebukin, dibiarkan sama tahanan lain digebukin di Polres. Lalu jenazahnya dibiarkan terbaring dengan luka, dibiarkan terbaring di lantai depan Polres, ini kan perbuatan yang tidak manusiawi," kata Edo Kondologit.

Permasalahan

Edo Kondologit
Edo Kondologit

Sebelumnya, kabar meninggalnya adik ipar Edo Kondologit diketahui lewat unggahan video aktivis HAM Veronica Koman di akun Twitter-nya, Minggu (30/8/2020).

Dalam video tersebut Edo Kondologit mengaku sakit hati karena adik iparnya meninggal dalam tahanan di Polresta Sorong, Papua Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Momen Chadwick Boseman Tangisi Fans Meninggal karena Kanker

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah kepergian Chadwick Boseman, kini beredar sang aktor sempat menangisi kepergian dua fans ciliknya yang meninggal karena kanker. Dalam rekaman tersebut, Boseman terlihat manangis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Manfaatkan Teknologi untuk Pelaku Bisnis UMKM Digital Pemula

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dimungkiri, geliat bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang semakin bergairah, tak lepas dari campur tangan teknologi. Berkat teknologi, berbagai jenis upaya dan bisnis UMKM bisa dilaksanakan lebih mudah dan terstruktur.

Kehadiran teknologi sebagai instrumen untuk menopang UMKM, dimanfaatkan sebagai peluang oleh para pegiat bisnis Tanah Air. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung harus menggunakan apa ketika baru memulai bisnis digital.

Sejumlah tips dari video yang diunggah Bhinneka.com pada platform streaming Vidio kali ini bisa jadi referensi untuk para pemula bisnis UMKM digital. Ternyata, ada banyak aplikasi dan layanan gratis yang bisa dimanfaatkan.

"Untuk pengolahan data, banyak kok yang gratis dan nggak berbayar seperti Microsoft punya. Ada WPS Office, Libre Office, Google Docs, Google Sheet," ujar Novelix Kurniawan, Infrastructure Engineer dari Bhinneka.com.

Manfaatkan Media Sosial

Dalam urusan memasarkan produk, Novelix menyarankan untuk memanfaatkan kecanggihan media sosial untuk menjangkau pasar. Sementara untuk server, tak perlu membeli dengan harga ratusan juta karena sudah ada teknologi cloud hosting.

"Media penyimpanan itu nggak harus bentuk fisik. Kita bisa pakai Google Drive, One Drive, dan Mega Sync," katanya.

Lalu, bagaimana tips untuk memilih teknologi yang tepat saat baru memulai bisnis digital? Simak ulasan lengkapnya pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Bhinneka.com yang ada di platform streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Vito Damay: Pakai Masker Saat Olahraga, Sebaiknya Atur Intensitas

Posted: 30 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemakaian masker selama berolahraga masih terus menjadi perdebatan banyak pihak. Namun, dokter merekomendasikan agar masyarakat tetap memakainya saat beraktivitas fisik namun dengan menyesuaikan intensitas.

"Memang ketika kita menggunakan masker saat berolahraga, karena tidak biasa mungkin merasa sedikit susah untuk bernapas," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay dalam dialog dari Graha BNPB, Jakarta, ditulis Minggu (30/8/2020).

"Tapi tentu kita bisa atur intensitasnya. Contoh kalau kita lagi gowes (bersepeda) atau lagi berlari ya dikurangi kecepatannya. Bukannya malah tambah kecepatan saat menggunakan masker," ujarnya.

Vito mengatakan, seringkali olahraga menjadi alasan seseorang untuk melakukan hal-hal lain. Menurutnya, seringkali seseorang memiliki motivasi yang berbeda "apakah olahraga ingin dilihat orang atau memang olahraga untuk kesehatan."

"Kalau olahraga untuk kesehatan dia bisa cari tempat yang sepi, supaya dia kalau mau melepas masker tidak apa-apa karena tidak ada orang lain di sekitar situ." Menurutnya, hal ini dilakukan demi menerapkan jaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19.

Tak Menyebabkan Kekurangan Oksigen

Di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (11/7/2020), Ddokter spesialis jantung Vito A Damay membeberkan cara kreatif mengedukasi COVID-19 kepada masyarakat, dari edukasi virtual sampai bernyanyi. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/ Fotografer Dume Sinaga)
Di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (11/7/2020), Ddokter spesialis jantung Vito A Damay membeberkan cara kreatif mengedukasi COVID-19 kepada masyarakat, dari edukasi virtual sampai bernyanyi. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/ Fotografer Dume Sinaga)

Vito sendiri mengatakan, penggunaan masker tidak serta merta membuat seseorang mengalami kolaps. Hal ini dinyatakannya untuk menanggapi isu yang beredar beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kejadian semacam itu kemungkinan disebabkan oleh pasien yang memiliki penyakit penyerta. "Kebetulan dia memang sedang memakai masker. Jadi bukan maskernya yang menyebabkan dia menjadi kolaps atau pingsan ketika olahraga."

Ia pun menegaskan bahwa penggunaan masker tidak dapat menyebabkan kekurangan oksigen.

"Selama ini kami sebagai dokter pun sudah pakai masker. Sebenarnya kalau Anda mau tahu, ketika kami melakukan prosedur operasi, prosedur semacam kateterisasi jantung, endoskopi, dan lain-lain, selama ini kami sudah pakai masker."

"Bahkan operasi bisa berlangsung berjam-jam, bisa berlangsung 12 jam dan kami tetap pakai masker. Tidak pernah ada laporan kekurangan oksigen ketika memakai masker."

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Anies Baswedan Sebut Penanganan Kasus Covid-19 di Jakarta Terkendali

Posted: 30 Aug 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif virus corona Covid-19 di DKI Jakarta terus merangkak naik, bahkan beberapa kali mencetak rekor harian. Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, penanganan kasus Covid-19 di ibu kota terkendali.

Anies beralasan, jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Jakarta rendah bila dibandingkan dengan persentase rata-rata dunia yang mencapai 3,4 persen. Dia menyatakan, case fatality rate di Jakarta sebesar 3 persen, sementara di Indonesia 4,3 persen.

"Jadi meskipun angka kasus baru itu naik, tapi bila jumlah kasus aktif-nya itu menurun, dan bila angka kematian kita rendah, artinya penanganan itu relatif terkendali," kata Anies dalam diskusi daring di Youtube SDGs Jakarta, Senin (31/8/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menjelaskan, penurunan kasus kematian di Jakarta akibat adanya testing secara masif. Hal tersebut diklaim dapat mendeteksi kasus secara lebih dini di masyarakat.

"Sehingga mereka yang memiliki komorbid, penyakit bawaan atau mereka yang punya risiko fatal karena usia, mereka bisa dilakukan isolasi diri, bisa dirawat bila memerlukan perawatan sehingga tidak terlambat dalam penanganan," ucap Anies.

 

Terpapar Saat Libur Long Weekend

Calon penumpang KRL Commuterline mengenakan masker saat di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang KRL Commuterline mengenakan masker saat di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 1.114 orang pada Minggu (30/8/2020).

Dia menyatakan, dari data tersebut atau sebanyak 385 kasus adalah akumulasi data 7 hari sebelumnya yang baru dilaporkan.

"Yang mana sebagian besar terpapar Covid-19 saat libur panjang akhir pekan (long weekend) pada rentang waktu 16 - 22 Agustus 2020," kata Dwi dalam keterangan pers.

Dia menjelaskan 70 persen kasus positif pada Minggu merupakan kasus yang diambil spesimen pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2020. Bila dihitung mundur, kata dia, masa inkubasi atau lama waktu virus masuk sampai menimbulkan gejala tersering adalah 6 hari.

Kemudian kata Dwi, pasien mengakses pemeriksaan PCR 1-2 hari kemudian, maka periode penularan tertinggi terjadi pada 16-17 Agustus 2020.

"Angka pengambilan spesimen pada 27 Agustus juga cukup tinggi, perlu dipertimbangkan efek long weekend 2 minggu berturut-turut. Perlu adanya kewaspadaan dan usaha bersama, baik oleh pemerintah maupun masyarakat, dalam melihat tren kenaikan kasus ini," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik 10 Persen, Uang Beredar di Juli 2020 Capai Rp 6.567,7 Triliun

Posted: 30 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) meningkat pada Juli 2020. Hal ini didukung komponen uang beredar dalam arti sempit (M1) dan uang kuasi. 

Posisi M2 pada Juli 2020 tercatat Rp6.567,7 triliun atau meningkat 10,5% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 8,2 persen (yoy).

"Pertumbuhan M1 tercatat sebesar 13,1 persen (yoy) pada Juli 2020, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada Juni 2020 sebesar 8,2 persen (yoy), didorong oleh peningkatan uang kartal dan giro Rupiah," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dikutip dari laman BI, Senin (31/8/2020).

Pertumbuhan uang kuasi juga meningkat, dari 8,1 persen (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 9,7 persen (yoy) pada Juli 2020.

Sementara itu, surat berharga selain saham tumbuh 4,9 persen (yoy) pada Juli 2020, lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 31,4 persen (yoy).

Berdasarkan faktor yang memengaruhi, peningkatan uang beredarpada Juli 2020 disebabkan oleh kenaikan aktiva luar negeri bersih. Peningkatan aktiva luar negeri bersih tercatat sebesar 17,6 persen (yoy) pada Juli 2020, lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan pada Juni 2020 sebesar 12,1 persen (yoy).

"Penyaluran kredit pada Juli 2020 tercatat tumbuh stabil 1,0 persen (yoy)," kata dia.

Sementara itu, keuangan pemerintah tumbuh positif, meskipun mengalami perlambatan yang tercermin pada pertumbuhan tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat yang melambat dari 43,0 persen (yoy) pada Juni 2020 menjadi 40,8 persen (yoy) pada Juli 2020.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Penerbitan Uang Rp 75.000 Tak Bikin Jumlah Uang Beredar Melonjak

BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)
BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)

Direktur Pengelolaan Kas Negara, Kementerian Keuangan, Didyk Choiroel mengatakan penerbitan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) pecagahan Rp 75.000 tidak berhubungan dengan kondisi keuangan negara yang mengalami defisit akibat pandemi Covid-19.

Sebab, setiap tahunnya, Bank Indonesia dan Pemerintah terus berkoordinasi untuk mengetahui jumlah uang beredar yang ada di masyarakat.

"Tidak ada hubungannya (penerbitan UPK dengan kondisi keuangan negara)," kata Didyk dalam webinar bertajuk 'Ngobrolin Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75', Jakarta, Rabu, (26/8).

Didyk meyakinkan penerbitan UPK tidak akan menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sebab, UPK didapatkan masyarakat dengan cara menukar dengan uang yang nilainya sama.

"Jadi tidak ada penambahan uang di masyarakat, karena ini sifatnya menggantikan," kata dia.

Sehingga tidak akan memengaruhi kondisi keuangan di masyarakat. Didyk menjelaskan, dalam setiap penerbitan uang harus mengikuti kondisi fiskal, moneter dan jumlah uang beredar di masyarakat. Hal ini merupakan indikasi makro ekonomi yang bisa memengaruhi jumlah uang yang akan dipakai.

Meskipun nilainya tetap sama, namun, dengan uang Rp 75.000 ini memiliki makna dan nilai yang penting dari sekedar alat pembayaran yang sah. UPK ini memiliki nilai historis karena dikeluarkan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan ke-75 dan dicetak terbatas sebanyak 75 juta lembar.

"Tidak ada pengaruhnya tapi memang ada nilai momentumnya," kata dia.

Didyk menambahkan, di era serba digital ini, peran uang kartal (uang fisik) masih memiliki peran sebesar 39 persen. Sehingga penerbitan UPK memang diminati masyarakat di tengah adaptasi penggunaan uang digital.

"Meskipun uang giral saat ini tengah didorong dengan penggunaan uang giral , uang kartal (uang fisik) perannya masih 39 persen," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 30 Aug 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu perhiasan yang sering digunakan ialah cincin. Perhiasan yang melingkar di jari ini bisa dipakai oleh wanita ataupun pria. Biasanya cincin dibuat dari logam mulia seperti emas, perak dan platina. Namun, ada juga logam lainnya seperti perunggu, kuningan dan lain sebagainya. 

Cincin berfungsi sebagai perhiasan. Membuat penampilan semakin elegan. Selain berfungsi sebagai perhiasan, cincin juga berupa tanda kasih sayang. Biasanya cincin diberikan saat momen-momen istimewa, seperti acara pernikahan, pertunangan, atau sebagai hadiah. 

Tak hanya diberikan sebagai sepasang kekasih saja, namun juga untuk anak dengan ibunya begitu juga sebaliknya. Terlepas dari hal tersebut, umumnya cincin dilingkarkan di jari. Tapi, beberapa orang punya cara unik saat memakai cincin. Seperti yang satu ini, tak memakai cincin jari, bapak ini justru memakai cincin ini di kepala. 

Enggak cuma itu saja, masih ada kelakuan nyeleneh orang saat memakai cincin. Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas kelakuan orang saat memakai cincin, Senin (31/8/2020). 

 

 

1. Kalau kamu dapat cincin kayak gini mau enggak nih?

Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: Brilio)
Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: Brilio)

2. Bisa hemat enggak perlu keluar banyak duit nih pakai cincin satu ini.

Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)
Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)

3. Biar cincinnya enggak hilang, makanya pakai cincin di kepala.

Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)
Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)

4. Mau jualan cincin atau mau pamer nih Pak?

Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)
Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)

5. Duh Bapak, kayaknya cincinnya kurang besar tuh.

Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)
Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)

6. Nah, ini baru namanya cincin batu. Kira-kira keberatan enggak ya?

Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)
Kelakuan Kocak Orang Pakai Cincin (Sumber: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Luka Tembak di Tubuh Adik Ipar Edo Kondologit, Ini Penjelasan Polisi

Posted: 30 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Edo Kondologit protes adik iparnya mengalami luka tembak dan penganiayaan sebelum meninggal di tahanan Polres Sorong Kota, Papua Barat. 

Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan pun menjelaskan soal asal mula luka tembak di tubuh George Karel Rumbino alias Riko (21).

Kala itu, penyidik sedang melakukan pengembangan kasus tindak pidana kekerasan disertai pemerkosaan yang menjerat Riko. Namun, tersangka mencoba melarikan diri saat dibawa menggunakan mobil ke Pelabuhan Halte Doom.

Riko yang berada di kursi belakang berupaya mengambil senjata api milik salah seorang anggota tim. Atas aksi ipar Edo Kondologit itu, petugas pun melepaskan tembakan.

"Tim mengambil tindakan tegas terukur terhadap tersangka, kemudian tersangka dibawa ke RS Sele Be Solu untuk mendapatkan pengobatan," tutur Ary dalam keterangannya, Senin (31/8/2020).

Tidak hanya sekali, lanjut Ary, sebelumnya Riko juga berusaha melarikan diri saat upaya pencarian tali yang digunakan untuk mencekik leher korbannya. Namun, Riko yang kabur malah menabrak pintu kaca dan mengalami luka di bagian kaki dan kepala.

Setelah menjalani perawatan akibat luka tembak dan lainnya di rumah sakit, Riko langsung dibawa ke Mapolres Sorong Kota. Namun penyidikan dihentikan sementara lantaran dia mengaku merasa tidak sehat dan pusing.

Ipar Edo Kondologit yang masuk kembali ke sel tahanannya ternyata mengalami penganiayaan oleh tahanan lain sebelum meninggal dunia. Hal itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan CCTV.

"Ditemukan bahwa tahanan atas nama Cece melakukan penganiayaan berulang-ulang terhadap Riko pada bagian dada dan wajah berulang-ulang," kata Ary.

 

Kekesalan Edo Kondologit

Penyanyi Edo Kondologit menumpahkan kekesalannya. Ini terekam dalam sebuah video. Aktivis HAM Veronica Koman, mengunggah kembali rekaman video tersebut di akun Twitternya, Minggu (30/8/2020).

Edo Kondologit mengaku sakit hati karena adik iparnya meninggal dalam tahanan di Polresta Sorong, Papua Barat.

"Saya sudah sakit hati sekali dengan perlakuan ketidakadilan di negeri ini!" teriak Edo Kondologit dalam video berdurasi 2 menit dan 20 detik itu. Saat artikel ini disusun, video tersebut telah ditonton lebih dari 389 ribu kali.

Dalam cuitan itu tertulis, adik ipar Edo Kondologit mengalami luka tembak dan penganiayaan. "Adik iparnya meninggal dengan luka penganiayaan dan luka tembak di dalam tahanan Polresta Sorong," cuit Veronica Koman.

Padahal, adik ipar Edo Kondologit yang bernama Riko itu belum lama diserahkan keluarga kepada pihak berwajib. "Enamjam setelah diserahkan oleh keluarga," tambah Veronica dalam status teksnya.

Edo Kondologit mengaku akan mengajukan protes. "Kita akan menuntut keadilan. Keluarga akan protes ini," papar pelantun "Selamat Malam Kekasih" dan "Pangkur Sagu."

Edo Kondologit juga menjelaskan bahwa adik iparnya merupakan korban sistem. "Enggak mau tahu, di doom kecil ini narkoba berkeliaran, minuman keras berkeliaran," teriak pemilik album Pagi Pertama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS Catat 51,4 Juta Orang Ikut Sensus Penduduk Online

Posted: 30 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik mencatat sebanyak 51,4 juta penduduk Indonesia telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online yang diselenggarakan pada 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020.

"Telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 29 Mei 2020, sebanyak 51,4 penduduk telah ikut berpartisipasi," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam Kick Off Sensus Penduduk September 2020, Senin (31/8/2020).

Menurutnya, hal tersebut merupakan capaian yang menggembirakan. Mengingat ini merupakan pertama kalinya sensu penduduk dilaksanakan secara daring (online).

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak dan masyarakat yang telah berkontribusi untuk sensus penduduk online. Ini membuktikan bahwa sensus penduduk telah menjadi milik dan bagian dari kehidupan kita, sehingga kita semua merasa terpanggil," tutur Kecuk.

Namun demikian, Kecuk menyebutkan jumlah tersebut hanya setara 19 persen dari total penduduk Indonesia. Sehingga masih ada pekerjaan besar yang harus diselesaikan.

"Partisipasi 51,4 juta penduduk di dalam sensus penduduk online baru setara 19 persen dari total penduduk Indonesia, masih terdapat 81 persen penduduk Indonesia yang harus dicatat keberadaannya. Oleh karena itu, pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 akan dilanjutkan dengan pencatatan lapangan di bulan September 2020," jelas dia.

Adapun pelaksanaan di lapangan, Kecuk menyebutkan akan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika didatangi oleh petugas BPS.

"Dengan demikian, kami berharap yakin dan dapat menerima petugas yang tanpa harus merasa takut akan terdapat terpapar virus Covid-19 dari petugas sensus penduduk yang akan datang untuk menjaga pencacahan lapangan yang akan dimulai besok pada tanggal 1 September (2020)," ujar dia.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

BPS Terpaksa Batalkan Sensus Penduduk Tatap Muka

Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan pihaknya membatalkan survei sensus penduduk secara tatap muka yang rencananya dilakukan pada Mei 2020 akibat adanya pandemi Corona Covid-19.

Suhariyanto menyebutkan survei itu sebenarnya sempat diputuskan untuk diundur hingga September 2020 namun terpaksa dibatalkan karena BPS juga sedang melakukan efisiensi anggaran sebesar 41 persen.

"Ada efisiensi anggaran BPS sebesar 41 persen maka pada tahun ini kita tidak lagi melakukan tatap muka," katanya dikutip dari Antara, Rabu (6/5/2020).

Oleh sebab itu, Suhariyanto mengatakan BPS akan melibatkan ketua RT di seluruh Indonesia yang berjumlah 1,2 juta untuk mendistribusikan kuisoner sensus pendudukke masing-masing rumah tangga.

"Tidak ada tatap muka pada 2020 tapi nanti pada 2021 akan kami ambil sampel karena pertanyaan lebih komplit," ujarnya.

Suhariyanto menegaskan meski terdapat kebijakan social distancing namun BPS tetap berkomitmen untuk menerbitkan data strategis dalam rangka melihat besaran dampak COVID-19 terhadap ekonomi dan sosial.

Ia menuturkan sebagian besar dari data tersebut diambil melalui telepon dan email namun tetap ada beberapa data yang harus terjun langsung ke lapangan seperti terkait produksi padi.

"Tetapi saya sudah pesan ke lapangan agar tetap harus memperhatikan ketentuan yang ada," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerapan K3 Jaminan Nyata untuk Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja

Posted: 30 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah merupakan suatu faktor yang sangat penting dan dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Sering terjadinya risiko pada kecelakaan disebabkan karena k3 yang tidak berjalan dengan semestinya, dan akan berdampak pada tingkat produktivitas kerja karyawan. Menurut data dari BPJAMSOSTEK angka klaim kecelakaan kerja pada semester I 2020 yakni dari Januari sampai dengan Juni 2020 meningkat 128%. 

Angka ini naik dari sebelumnya hanya 85.109 kasus menjadi 108.573 kasus. Bahkan menurut ILO, setiap tahun ada lebih dari 250 juta kecelakaan di tempat kerja dan lebih dari 160 juta pekerja menjadi sakit karena bahaya di tempat kerja. Terlebih lagi, 1,2 juta pekerja meninggal akibat kecelakaan  dan sakit di tempat kerja. Angka menunjukkan, biaya manusia dan sosial dari produksi terlalu tinggi. Dalam istilah ekonomi, diperkirakan bahwa kerugian tahunan akibat kecelakaan kerja dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan di beberapa negara dapat mencapai 4 persen dari produk nasional bruto (PNB).

Efek dari penerapan K3 yang buruk menyebabkan kondisi produktivitas perusahaan menjadi menurun yang disebabkan oleh biaya langsung seperti biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan akibat pegawai yang mengalami cedera atau kematian  dan biaya tidak langsung seperti kompensasi, publikasi yang buruk, moral pekerja menjadi rendah dan kemungkinan harus mencari karyawan pengganti bila karyawan yang mengalami kecelakaan kerja meninggal atau tidak mungkin bisa bekerja lagi.

"Penerapan K3 yang baik menjamin terwujudnya peningkatan produktivitas tenaga kerja dan perusahaan sebaliknya bila penerapan K3 rendah maka produktivitas perusahaan dan tenaga kerja juga akan rendah," ujar Direktur Bina Produktivitas, Fahrurozi.

Lebih lanjut Fahrurozi mengatakan Deklarasi Seabad ILO yang diadopsi pada Juni 2019 mendeklarasikan "kondisi kerja yang aman dan sehat sebagai dasar dari pekerjaan yang layak". Ini bahkan semakin penting saat ini, mengingat pentingnya memastikan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja dalam pengelolaan pandemi dan kemampuan untuk kembali bekerja. 

"Pentingnya penerapan protocol kesehatan selama masa pandemi ini untuk memberikan rasa aman kepada karyawan. Rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan, maka diperlukannya perlindungan tenaga kerja dari semua bahaya yang disebabkan karena faktor lingkungan," jelasnya.

Diharapkan meningkatnya produktivitas kerja karyawan merupakan faktor dari tenaga kerja yang sehat selalu bekerja dengan produktif.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Terima Diputuskan, Pria Makassar Aniaya Kekasih Pakai Sandal Jepit

Posted: 30 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - JR alias Jeje (32) kini harus meringkuk di tahanan Polsek Panakkukang, Kota Makassar Sulawesi Selatan. Bagaimana tidak, ia dilaporkan menganiaya seorang gadis berinisial DA yang tak lain adalah kekasihnya sendiri menggunakan sendal jepit pada Sabtu (29/8/2020) pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

"Ia pelaku sudah kita amankan, dia dilaporkan oleh kekasihnya sendiri," kata Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Faturrachman, Senin (31/8/2020). 

Jamal menjelaskan bahwa Jeje menganiaya DA menggunakan sandal jepit karena ia tidak terima diputuskan secara sepihak oleh kekasihnya itu. Selain menggunakan sandal jepit, Jeje juga memukul DA menggunakan bogem mentah berulang kali. 

"Mereka berdua pacaran. Pelaku tidak terima karena diputuskan oleh korban," ucapnya.

Penganiayan itu bermula ketika Jeje dan DA terlibat percekcokan di salah satu hotel yang berada di bilangan Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Dari rekaman CCTV terlihat Jeje memukul DA berulang kali hinga jatuh bangun. 

"Kejadiannya di salah satu hotel yang berada di bilangan Jalan Boulevard. Dari rekaman CCTV terlihat pelaku memukul korban berulang kali hingga terjatuh," jelasnya.

Usai aparat Polsek Panakkukang menerima informasi kejadian tersebut, polisi lalu mengamankan Jeje di dalam kamar hotel tempat ia menganiaya kekasihnya. Dari hasil interogasi, Jeje mengakui seluruh perbuatannya. 

"Pelaku diamankan bersama barang bukti yakni sepasang sandal jepit berwarna hitam," Jamal memungkasi. 

 

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: UNHAS Harus Jadi Pagar NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

Posted: 30 Aug 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi capaian Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar yang masuk dalam jajaran 10 besar Universitas Terbaik di Indonesia. Pada Januari 2020, berdasarkan penilaian Webometrics Ranking of World Universities, UNHAS berada di urutan ke-9. Sementara pada Agustus 2020, berdasarkan penilaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UNHAS berada di urutan ke-7.

"Unhas harus jadi pagar besar yang menjaga NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Terlepas dari peringkat yang diperolehnya, UNHAS telah membuktikan diri sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik dengan melahirkan banyak mahasiswa dan alumni berkualitas. Termasuk Wakil Presiden Republik Indonesia kesepuluh dan keduabelas Jusuf Kalla, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, serta mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad," ujar Bamsoet saat mengisi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dalam Dies Natalis UNHAS ke-64, secara virtual dari Jakarta, Minggu (30/8/20).

Mantan Ketua DPR RI ini menilai, konsep pembangunan kampus berbasis kemanusiaan yang dirintis UNHAS, dengan menempatkan nilai-nilai kemanusiaan dan ilmu pengetahuan dalam titik keseimbangan pada lingkungan pendidikan kampus, atau lebih dikenal dengan istilah humaniversity, adalah sebuah gagasan yang patut dijadikan teladan oleh perguruan tinggi lainnya. Sehingga pembelajaran di kampus tidak hanya bertujuan untuk meraih prestasi akademis, melainkan juga menjadi ajang membentuk mahasiswa menjadi manusia seutuhnya.

"Nilai kemanusiaan adalah nilai universal yang melekat pada berbagai sektor dan bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pembangunan. Tidak sedikit di antara kita yang 'terbiasa' mencitrakan pembangunan dengan representasi infrastruktur gedung, jembatan, dan hal-hal lain yang bersifat material fisik. Padahal sesungguhnya tujuan utama, dan akhir muara, dari proses pembangunan adalah manusia itu sendiri," tandas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memandang, pada masa pandemi Covid-19, yang menuntut nilai kemanusiaan berperan besar, maka gagasan humaniversity menemukan relevansinya. Saat inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan aktualisasi peran kampus dalam membangun solidaritas kemanusiaan melalui berbagai program dan kegiatan.

"Saya mengapresiasi Program Bina Desa Tematik Covid-19 yang diselenggarakan UNHAS. Program ini adalah wujud implementasi nyata dari gagasan humaniversity, karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Program-program seperti ini akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan menjadi representasi kehadiran dan pengabdian kampus kepada masyarakat," papar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, harus disadari bersama, bahwa keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 membutuhkan komitmen dan kerja bersama seluruh komponen bangsa. UNHAS sebagai bagian dari komponen bangsa yang memiliki dukungan sumberdaya manusia terdidik, harus berperan sebagai generator dan dinamisator dalam penanganan pandemi.

"Dalam kaitan ini, sekali lagi saya memberi apresiasi kepada UNHAS yang telah melahirkan inovasi alat bantu pernafasan (ventilator) dengan harga terjangkau, yang diberi nama Venus (ventilator UNHAS), yang dibuat untuk membantu tugas Tim Satgas Covid-19 UNHAS," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Perempuan Naik Motor Bonceng 3 Tanpa Helm Masuk Tol Japek hingga Terjatuh

Posted: 30 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jasa Marga telah mengambil tindakan tegas terkait insiden tiga perempuan naik sepeda motor berboncengan tanpa helm dan masuk Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Pemotor bonceng tiga itu bahkan terlibat kecelakaan dengan mobil yang melintas di KM 8 arah Jakarta.

"Kami sayangkan tindakan pengendara motor yang masuk dan menggunakan jalan tol hingga membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati, Senin (31/8/2020).

Menurut pengakuan pengendara motor, lanjut Widiyatmiko, merela masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur ke arah Cikampek kemudian putar balik ke arah Jakarta. Saat berada di Km 8 B Tol Japek arah Jakarta, mereka menyenggol mobil Pajero Sport dan terjatuh.

"Berdasarkan kronologis dan keterangan pengendara motor, yang bersangkutan panik karena merasa dikejar mobil tidak dikenal," ucapnya.

Akibat insiden ini, Satgas Kamtib Jalan Tol Jakarta-Cikampek turut mengejar dan mengamankan tiga orang tersebut.

 

Jalan Tol Hanya untuk Roda Empat

Viral perempuan naik motor bonceng tiga masuk Tol Jakarta-Cikampek. Pemotor tersebut terjatuh setelah menyenggol mobil yang melintas. (istimewa)
Viral perempuan naik motor bonceng tiga masuk Tol Jakarta-Cikampek. Pemotor tersebut terjatuh setelah menyenggol mobil yang melintas. (istimewa)

Widiyatmiko menegaskan, larangan motor masuk ke dalam jalan tol dibuat demi keselamatan. Sesuai aturan, jalan tol itu hanya diperuntukkan untuk kendaraan roda empat.

"Akan berbahaya sekali jika motor masuk ke dalam jalan tol karena jalan tol didesain untuk kecepatan tinggi. Rambu-rambu larangan masuk telah kami pasang di setiap akses masuk tol," tegas Widiyatmiko.

Widiyatmiko menambahkan, jika motor masuk tol, maka akan dikejar untuk kemudian digiring ke pintu keluar baik oleh Petugas Layanan Jalan Tol.

"Satgas Kamtib hingga Patroli Jalan Raya (PJR) dan akan dikenakan tindakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku," dia menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Infrastruktur Punya Peran Penting Pulihkan Ekonomi

Posted: 30 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut infrastruktur tetap akan menjadi peran penting dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Apalagi saat ini pemerintah sedang mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Jadi, infrastruktur tetap akan menjadi arah yang luar biasa penting bagi kita untuk bisa menangani pemulihan ekonomi dan sekaligus meningkatkan produktivitas untuk jangka panjang," ujarnya di Jakarta, Senin (31/8).

Meski begitu, Bendahara Negara ini menyadari pada kuartal II-2020, infrastruktur ikut terdampak dengan adanya refocusing anggaran. Pembangunan Infrastruktur diibaratkan dengan pedang dua mata sisi, yaitu sisi permintaan dan sisi produktivitas.

"Pertumbuhan ekonomi pasti akan memunculkan permintaan terhadap infrastruktur atau infrastruktur juga bisa mendukung pertumbuhan ekonomi. Jadi infrastruktur itu seperti pedang dengan dua mata sisi," kata Menkeu.

Menkeu menjelaskan bahwa infrastruktur bukan hanya jalan tol ataupun irigasi, namun juga Internet Content Provider (ICP). ICP dinilai sangat vital dalam masa pandemi karena mobilitas fisik berganti menjadi mobilitas digital.

"Makanya di dalam APBN 2021, presiden menyampaikan ICP merupakan backbone yang harus diberikan tambahan untuk anggarannya. Sama seperti rasio elektrifikasi, sekarang adalah rasio konektivitas dari sisi digital atau internet," jelasnya

Kuartal III Jadi Titik Balik Ekonomi

Di samping itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut meyakini bahwa kuartal III-2020 menjadi titik balik dari kegiatan ekonomi. Dia melihat berbagai kegiatan ekonomi di bulan Juli mulai menunjukan tren positif. Untuk itu, menjaga momentum tren tersebut sangatlah penting dengan berbagai instrumen kebijakan pemerintah pada saat ini.

"Kita melihat pembalikan arah ekonomi menuju positif masih sangat dini dan masih sangat kaku. Walaupun kegiatan mobilitas masyarakat mulai meningkat dibandingkan bulan April dan Mei, namun mobilitas itu tidak langsung diterjemahkan ke dalam konsumsi maupun investasi," ujarnya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pertumbuhan Ekonomi

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 mendekati 0 persen. Meski indikator recovery pada bulan Juli masih dini dan rapuh, Sri Mulyani yakin akselerasi belanja Kementerian dan Lembaga (K/L) pada bulan Agustus dapat menopang konsumsi dan investasi.

"Kalau seandainya kontraksi investasi bisa lebih diturunkan, lebih kecil dalam hal ini mendekati 0 dan konsumsi juga bisa mendekati zona netral yaitu 0, maka kita bisa berharap kuartal ketiga mendekati ke 0 persen," kata Menkeu.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa APBN 2020 banyak dialokasikan untuk mendorong baik sisi demand, yakni konsumsi dan investasi maupun sisi supply untuk meningkatkan daya tahan ekonomi Indonesia. Semua instrumen telah dikerahkan mulai dari insentif pajak hingga penempatan dana di perbankan.

"Kita dengan langkah-langkah itu berharap daya tahan ekonomi Indonesia cukup tetap terjaga walaupun tekanannya berlangsung terus karena Covidnya belum hilang. Kombinasi berbagai stimulus kita coba untuk bisa memberikan daya tahan," jelasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Karena Rizky Billar, YouTuber Ini Sebut Kata Anjay 100.000 Kali Selama 10 Jam

Posted: 30 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi kata anjay yang dilontarkan Rizky Billar berbuntut panjang. Kata anjay yang viral dipermasalahkan Lutfi Agizal, direspons Komisi Nasional Perlindungan Anak hingga dikecam warganet.

Keributan anjay menjalar ke YouTube. Dimulai dengan video klarifikasi yang dibuat Rizky Billar pada 27 Agustus 2020, kini seorang YouTuber menempuh langkah mencengangkan.

Pemilik kanal YouTube YUPS! menjawab tantangan seseorang bernama Rezky Cahya dengan menyebut kata yang dipopulerkan Rizky Billar sebanyak 100 ribu kali.

 

100 Ribu Kali Anjay

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

"Whats up guys. Welcome back to our channel kembali lagi bersama gue, pada kesempatan kali ini gue akan mengatakan 100 ribu kali kata anjay," ujar sang YouTube yang menyebut dirinya Pin.

Ia menjelaskan, alasan video ini dibuat sebagai respons terhadap seseorang yang mengatakan bahwa kata anjay merusak moral bangsa. Ia tak mau ikut berkomentar. Menyebut nama Lutfi Agizal pun ogah.

Video Ini Adalah Respons

Unggahan YUPS! (Foto: YouTube YUPS!)
Unggahan YUPS! (Foto: YouTube YUPS!)

"Video ini adalah respons bagi orang yang mengatakan hal tersebut. Jadi di sini gue akan mengatakan kata anjay sebanyak 100 ribu kali. Jadi untuk membuktikan kepada kalian, gue punya semacam counter," katanya. 

Lalu pemilik kanal YUPS! memperlihatkan gawai berikut aplikasi penghitung kata yang bekerja dengan cara diketuk pakai jari. "Dan kita akan mengatakan kata anjay untuk yang pertama, anjay. Satu, kan?" urai dia.

Dari Malam Sampai Pagi

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Repetisi kata anjay pun dimulai. Memasuki kata anjay ke 65.500-an, tampak jendela kamar yang YouTuber yang semula gelap jadi terang. Tirai gorden menjadi transparan pertanda fajar telah menyingsing. Wajah sang YouTuber yang semula segar mulai lelah.

Pada kata anjay ke 65.780-an ia menarik napas, mengambil jeda. Memasuki repetisi ke-67.460 ia mengantuk, mata mengatup, mengucek wajah sendiri, kemudian bertopang dagu. Semangat menurun. Memasuki kata anjay ke-99.555 ia menggaruk kepala. 

Gue Capai, Mau Tidur

Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Barulah pada kata anjay ke-99.990 ia bersemangat kembali dan relaks. Bahkan menikmati kata anjay yang dilafalkan perlahan. "Kita berhasil one hundred thousand," serunya sambil memamerkan alat hitung yang menunjukkan angka 100.000 ke arah kamera. "Seratus ribu anjay!" imbuh sang YouTuber.

"Dari jam… jam berapa gue start, ya? (Jam) 12 dini hari bukan pagi-pagi tapi pergantian hari sampai (jam) 10 lewat 20 (menit). Sepuluh jam 21 (menit), 100 ribu anjay," pamernya seraya berterima kasih kepada penonton. "Gue capai dan gue mau tidur!" pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Dokter Gugur Terkait COVID-19, IDI: RS Perlu Lakukan Pemeriksaan Rutin PCR

Posted: 30 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat sudah ada 100 dokter yang gugur terkait COVID-19. Data tersebut dihimpun IDI per 30 Agustus 2020.

Terkait 100 dokter yang meninggal dunia, Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng M Faqih mendorong rumah sakit melakukan pemeriksaan rutin PCR kepada seluruh tenaga kesehatan.

"Kami mendorong rumah sakit melakukan pemeriksaan rutin PCR kepada petugas kesehatan. Memang sudah ada beberapa rumah sakit yang melakukannya. Contohnya yang saya tahu persis itu RS Wisma Atlet Kemayoran Jakarta," jelas Daeng saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (31/8/2020).

"Tapi masih banyak rumah sakit lain yang belum melakukan pemeriksaan rutin PCR. Ini yang perlu kita bantu bersama. Kalau pemeriksaan rutin dilakukan, maka ada satu tenaga kesehatan yang positif COVID-19 itu langsung bisa dilokalisir (isolasi/karantina)."

Upaya tersebut agar COVID-19 tidak menyebar ke petugas kesehatan lain. Pada akhirnya, pemeriksaan rutin PCR terhadap tenaga kesehatan akan mengurangi risiko tenaga kesehatan terpapar COVID-19 sekaligus mengurangi kejadian kematian tenaga kesehatan.

Tes PCR untuk Seluruh Tenaga Kesehatan

Tim medis memberikan label pada tabung sampel sebelum diuji di laboratorium pemeriksaan Covid-19 di Labkesda DKI Jakarta, Selasa (4/8/2020). Labkesda DKI yang berjejaring dengan 47 lab se-Jakarta dalam sehari mampu menguji hampir 10.000 spesimen Covid-19 dengan metode PCR (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Tim medis memberikan label pada tabung sampel sebelum diuji di laboratorium pemeriksaan Covid-19 di Labkesda DKI Jakarta, Selasa (4/8/2020). Labkesda DKI yang berjejaring dengan 47 lab se-Jakarta dalam sehari mampu menguji hampir 10.000 spesimen Covid-19 dengan metode PCR (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Daeng menambahkan, pemeriksaan rutin PCR yang dilakukan rumah sakit sebaiknya juga menyasar kepada seluruh tenaga kesehatan. Bukan hanya tenaga kesehatan yang bertugas langsung menangani pasien COVID-19 di ruang isolasi atau perawatan.

"Untuk pemeriksaan rutin PCR ya buat seluruh petugas kesehatan yang ada di rumah sakit. Ya, memang prioritasnya untuk yang menangani langsung pasien COVID-19. Tapi tidak menutup kemungkinan ada pasien yang datang ke rumah sakit mungkin dia sudah terinfeksi karena dia termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG--masuk dalam kasus suspek)," lanjutnya.

"Sebenarnya awalnya pasien bukan meminta perawatan COVID-19, tapi perawatan yang lain. Nah, karena rupanya dia OTG, misalnya, jadi berpotensi menularkan COVID-19 kepada petugas kesehatan. Oleh karena itu, petugas kesehatan harus rutin diperiksa."

Butuh Perencanaan Matang

Pesepeda melintas di depan seni instalasi yang menggambarkan tenaga medis memegang peti jenazah korban COVID-19 di Kemang 1, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020). Seni instalasi itu dipajang guna memberi peringatan kepada warga untuk tetap waspada terhadap COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pesepeda melintas di depan seni instalasi yang menggambarkan tenaga medis memegang peti jenazah korban COVID-19 di Kemang 1, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020). Seni instalasi itu dipajang guna memberi peringatan kepada warga untuk tetap waspada terhadap COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk pemeriksaan rutin PCR kepada tenaga kesehatan, rumah sakit harus ada perencanaan matang yang dilakukan. Tatkala banyak petugas kesehatan terpapar COVID-19, rumah sakit bisa saja tutup sementara.

"Perlu ada perencanaan pemeriksaan rutin PCR terhadap seluruh petugas kesehatan Kalau enggak akan berisiko tertular COVID-19, terlebih lagi karena tidak diketahui dan tidak diperiksa (cek PCR). Hal ini bisa menularkan kepada seluruh orang yang ada di rumah sakit," Daeng menegaskan.

"Kalau itu terjadi, maka berisiko kejadian kematian petugas kesehatan. Ini akan berujung terjadinya klaster di rumah sakit, rumah sakit bisa ditutup. Artinya, rumah sakit nanti enggak bisa menangani pasien lagi."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faisal Basri: Soal Covid-19, Pemerintah Lebih Peduli Ekonomi Dibanding Kesehatan

Posted: 30 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Senior Faisal Basri menjelaskan, pemerintah terlalu fokus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini. Perhatian ke ekonomi ini justru lebih tinggi dibandingkan dengan kesehatan yang menjadi asal mula pandemi ini.

Faisal pun mengingatkan, agar pemerintah tidak mengabaikan jumlah kasus Covid-19 terjadi di Tanah Air. Apalagi kasus per hari sudah tembus mencapai 3.000-an.

"Saya takut respons pemerintah itu makin tidak peduli dengan Covid-19, peduli dengan pemulihan ekonomi yang tercermin di dalam Perpres (82/2020)," kata dia dalam diskusi bersama dengan Komisi VI DPR RI, secara virtual di Jakarta, Senin (31/8/2020).

Di Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional terlihat unsur kesehatan di dalamnya hanya satu yakni Kementerian Kesehatan. Selebihnya ekonomi dan politik pertahanan.

"Kalau dulu gugus tugas di bawah presiden sekarang dibawah menteri BUMN betul-betul penanganan virus ini lebih ke arah ekonomi dan narasinya yang selalu disampaikan oleh ketua pelaksana adalah sekarang nunggu vaksin. Jadi sebelum vaksin datang kita tidak tahu apa yang dilakukan pemerintah tidak ada strategi," jelas dia.

Dia menyebut, pemerintah ingin seolah-olah kasus Covid-19 naik, namun pertumbuhan ekonomi juga ikut naik. Padahal tidak demikian. Jika pemerintah bisa kendalikan jumlah kasus Covid-19, maka pertumbuhan ekonomi naik dengan sendirinya.

"Jadi kita harus kendalikan dulu yang merah itu kasusnya sehingga turun otomatis tanpa disuruh pun ekonomi akan naik ujung-ujungnya sangat mempengaruhi kinerja ekonomi kita utamanya BUMN yang di bawah Komisi VI," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Ruang Isolasi RS Hampir Penuh, Satgas Covid-19 Minta Warga Patuh Protokol Kesehatan

Tim medis saat menangani pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19 di ruang isolasi Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (4/3/2020). RSUP Persahabatan menangani 31 pasien dalam pemantauan dan pengawasan dari potensi terpapar virus corona. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Tim medis saat menangani pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19 di ruang isolasi Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (4/3/2020). RSUP Persahabatan menangani 31 pasien dalam pemantauan dan pengawasan dari potensi terpapar virus corona. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, Ruang isolasi di 67 rumah sakit atau RS rujukan Covid-19 di DKI Jakarta hampir penuh. Berdasarkan data 25 Agustus 2020, jumlah tempat tidur isolasi yang terpakai di Jakarta sebanyak 64 persen atau 2.851 unit dari total 4.456 unit yang tersedia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan bila ruang isolasi penuh pemerintah akan mendistribusikan pasien Covid-19 ke rumah sakit alternatif, termasuk Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran.

"Tentunya kita akan mendistribusikan kasus-kasusnya ke rumah sakit yang lain, termasuk Rumah Sakit Atlet supaya ada penjenjangan tergantung dari berat ringannya kasus. Supaya tidak menjadi beban rumah sakit-rumah sakit yang ada," ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Senin (31/8/2020). 

Wiku mengatakan, nyaris penuhnya ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 DKI Jakarta disebabkan kasus terus meningkat. Peningkatan kasus tidak lepas dari semakin meluasnya penularan Covid-19.

Guna menakan kasus Covid-19, dia meminta masyarakat patuh menjalankan protokol kesehatan. Yaitu, menggunakan masker, menjaga jarak aman minimal satu meter dan rajin mencuci tangan pakai sabun.

"Jadi ini harus bersama-sama menjalankan protokol kesehatan dengan ketat," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: