Selasa, 18 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ganjar Pranowo Pamer Calon Destinasi Wisata Terbesar se-Asia Tenggara Berlokasi di Jateng

Posted: 18 Aug 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal ada satu lagi alasan untuk menyambangi Jawa Tengah. Lewat kicauan di Twitter-nya, Selasa, 18 Agustus 2020, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memperlihatkan calon destinasi terbesar se-Asia Tenggara berlokasi di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Dalam video berdurasi semenit tersebut, tampak beragam fasilitas yang nantinya ditawarkan lokasi wisata ini. "Semoga diberi kelancaran agar kamu bisa segera piknik ke sini. Ditunggu ya," tulisnya sebagai keterangan rekam gambar.

Berdiri di kawasan Hutan Wisata Penggaron, terdapat beberapa area yang disediakan antara lain Jateng Valley Walk, Botanical Park, Bike Land, Java Edu-Cultural, Eco Lake, Eco Hotel and Resort, Eco Safari, Eco Theme Park, dan Eco Water Park.

Berdasarkan narasi di video tersebut, peletakkan batu pertama telah dilakukan pada Sabtu, 15 Agustus 2020. Proyek destinasi wisata berdiri di lahan seluas 400 hektare ini dilaporkan menelan anggalan lebih dari Rp2 triliun dan dikerjakan secara multiyears.

Mengutip Antara, Rabu (19/8/2020), rencana yang segera diwujudkan tersebut merupakan jawaban atas obsesi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk punya destinasi wisata terbaik. Jateng Valley sendiri dideskripsikan sebagai tempat tujuan wisata alam bernuansa futuristik.

"Tempat ini akan masuk lima besar (destinasi wisata) dunia. Banyak wahana baru yang tidak terdapat di tempat wisata lain," kata Komisaris Utama Taman Wisata Jawa Tengah, Prijo Handoko Rahardjo.

 

 

Wahana Unggulan

Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbagi kisah inspiratif dalam acara Inspirato di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (20/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbagi kisah inspiratif dalam acara Inspirato di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (20/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Handoko menjelaskan, salah satu wahana yang akan jadi unggulan Jateng Valley adalah replika Kapal Nabi Nuh. Desain Jateng Valley sendiri merupakan sentuhan kreatif salah seorang konsultan yang juga merancang Ibu Kota Baru Indonesia. Budi Faizal.

"Kami yakin, destinasi wisata ini akan membuat masyarakat Jawa Tengah bangga. Karena, selama ini kita (Jawa Tengah) tertinggal dari DKI, Jatim, dan Jabar. Kami akan buat tempat ini jadi yang terbaik," tegas Handoko.

Tidak hanya tempat hiburan, Jateng Valley juga bakal berperan sebagai wadah edukasi bagi pengunjung. "Nantinya akan ada edukasi bagaimana cara menanam padi, menggembala kerbau, dan sebagainya sehingga ada tempat belajar yang natural, khususnya bagi anak-anak," kata Handoko.

Infografis Cuti Bersama 2020 Tambah 4 Hari (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuti Bersama 2020 Tambah 4 Hari (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hore, Pelajar di Agam Kini Tak Perlu Naik Bukit Sejauh 5 Kilometer untuk Cari Sinyal

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Agam - Pelajar di Nagari (desa adat) Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang sempat viral karena harus mencari sinyal seluler ke tempat yang lebih tinggi agar bisa belajar online, kini dapat benapas lega.

Pasalnya jaringan internet di wilayah itu sudah bisa dinikmati dengan nyaman, setelah mendapat perhatian khusus dari PT Telkomsel.

Jika sebelumnya di wilayah itu sempat tidak ada akses internet, kini sudah tersedia melalui tower combat agar pelajar di sana bisa mengikuti sekolah online dengan baik.

Setelah viralnya sejumlah pelajar setingkat SMP hingga SMA yang mencari sinyal hingga ke perbukitan beberapa waktu lalu, pihak PT Telkomsel melalui PT Kisel Pekanbaru datang langsung ke lokasi.

"Mereka melihat titik koordinat yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan sinyal," kata Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin, Selasa (18/8/2020).

Setelah titik koordinat ditentukan, lanjutnya pemasangan tower ditetapkan di kelok HP Balai Salasa, Jorong Sungai Guntuang.

Menurut Zul, dengan adanya tower ini pelajar tidak perlu lagi jauh-jauh ke puncak bukit untuk mendapatkan jaringan akses internet. Apalagi jaraknya cukup jauh dari rumah yakni mencapai 5 kilometer.

Namun demikian, tower combat ini sifatnya sementara atau belum permanen. Sepanjang dibutuhkan masyarakat masih bisa dimanfaatkan maksimal 5 tahun sampai didirikannya tower telekomunikasi yang permanen.

"Meski tidak permanen, yang penting siswa bisa belajar dengan nyaman," ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk penyediaan tower ini pihaknya sudah mengusulkan permohonan kepada Telkomsel sejak 2017 lalu. Namun, baru bisa terealisasi sekarang.

Dari informasi yang diterimanya, Pemerintah Agam juga sedang mengusahakan pembangunan tower telekomunikasi untuk beberapa titik daerah itu.

"Dari dulu jaringan seluler memang susah di sini karena towernya belum ada," jelasnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Mandiri Catat Laba Bersih Rp 10,3 Triliun di Semester I 2020

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatatkan laba bersih Rp 10,293 triliun pada semester I 2020. Jumlah tersebut turun 23,93 persen secara year on year (YoY) dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 13,531 triliun.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan, Bank Mandiri saat ini fokus kepada penyaluran kredit dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. Restrukturisasi kredit tersebut diberikan kepada debitur yang terdampak pandemi virus corona.

"Yang kedua, menerapkan efisiensi biaya, dengan fokus pada peningkatan produktivitas kerja dan penurunan biaya operasional, dimana secara kuartal biaya operasional mengalami penurunan sebesar 8,7 persen," ujarnya dalam sesi teleconference, Rabu (19/8/2020).

Terkait angka pertumbuhan kredit Bank Mandiri, Royke menjelaskan, terjadi pertumbuhan YoY 4,38 persen atau Rp 817,7 triliun pada semester I 2020, naik dari Rp 835,1 triliun pada periode sama tahun sebelumnya.

Sementara dana pihak ketiga (DPK) perbankan juga tumbuh 15,82 persen menjadi Rp 976,6 triliun hingga kuartal II tahun ini.

"Dengan kualitas portofolio terjaga, non-performing loan (NPL) gross Bank Mandiri berada di 3,28 persen dengan NPL nett 0,85 persen," sambung Royke.

Berdasarkan laporan keuangan Bank Mandiri, pendapatan operasional perseroan tercatat sebesar Rp 43,372 triliun, naik 2,63 persen dari semester I 2019 yang senilai Rp 42,260 triliun.

Angka tersebut didukung oleh pendapatan bunga bersih (net interest income) yang naik 0,10 persen menjadi Rp 29,778 triliun dari Rp 29,748 triliun pada semester I 2019. Fee based income perusahaan juga tumbuh secara tahunan 8,64 persen, dari Rp 12,513 triliun di semester I 2019 menjadi Rp 13,594 triliun.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Bank Mandiri Pimpin Pangsa Pasar Sindikasi Indonesia

Ilustrasi nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ilustrasi nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Bank Mandiri Tbk terus memperkuat eksistensi sebagai lembaga keuangan terpercaya dalam mendukung sektor usaha di Indonesia meraih pembiayaan dalam skema sindikasi. Hasilnya, Bank Mandiri menempati posisi puncak daftar Bloomberg League Table Reports Indonesia Borrower Loans 2020 untuk kategori Mandated Lead Arranger dan Book Runner.

Berdasarkan data Bloomberg pada 14 Agustus 2020, Bank Mandiri tercatat sebagai Mandated Lead Arranger terbaik karena berhasil mengelola kredit sindikasi dengan nilai total terbesar, yakni US$879,09 juta dari 9 transaksi atau setara dengan 11,81% pangsa pasar.

 

Sedangkan pada kategori Book Runner, Bank Mandiri juga menjadi yang terbaik setelah berhasil mengelola kredit sindikasi dengan nilai total terbesar, yakni US$1,25 miliar dari 5 transaksi, atau 23,1% pangsa pasar.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar mengungkapkan, transaksi kredit sindikasi yang dikelola Bank Mandiri baik sebagai Mandated Lead Arranger ataupun Book Runner ini tidak hanya melibatkan institusi keuangan lokal, tetapi juga lembaga keuangan internasional

"Pencapaian ini mengindikasikan tingginya kepercayaan dunia usaha serta lembaga keuangan lokal dan internasional pada Bank Mandiri untuk terlibat dalam transaksi kredit sindikasi yang dilakukan. Harapannya, hal ini dapat ikut mendukung peran sektor usaha lokal dalam memulihkan perekonomian nasional," kata Alexandra.

Dia mengatakan, ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan kredit sindikasi, maupun transaksi finansial lainnya agar dapat menjadi salah satu BUMN yang mampu bersaing di dunia finansial internasional.

"Bahkan dalam kondisi perekonomian yang melambat sebagai dampak dari pandemi Covid-19, kami tetap melihat adanya tren positif terhadap kredit sindikasi di Indonesia. Buktinya, ketika awal PSBB diberlakukan, kami menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang melakukan launching deal di pasar sindikasi," katanya.

Sebelumnya, Bank Mandiri juga menjadi bank dari Indonesia dengan peringkat terbaik pada kategori Southeast Asia Bookrunner periode Januari-Juni 2020 yang dikeluarkan Refinitiv. Berdasarkan lembaga penyedia data pasar finansial dan infrastruktur global. tersebut, Bank Mandiri tercatat menjadi Book Runner pada transaksi kredit sindikasi dengan nilai total terbesar kedua, yakni US$800 juta yang berasal dari 2 transaksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita Mundur Usai Disandera Tentara Pemberontak

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Mali, Ibrahim Boubacar Keita disandera tentara pemberontak dengan todongan senjata. Ia pun menyatakan mundur dan membubarkan parlemen beberapa jam setelah penyanderaan yang menjerumuskan Mali di tengah pemberontakan ekstremis dan protes massa ke jurang krisis yang lebih dalam.

Terlihat lelah dan mengenakan masker bedah, Presiden Keita menyatakan mundur dalam pidato singkat yang disiarkan di stasiun TV pemerintah Mali, beberapa jam setelah pasukan menyanderanya bersama Perdana Menteri Boubou Cisse dan sejumlah pejabat tingi lainnya, pada Rabu (19/8/2020).

"Jika hari ini, elemen tertentu pasukan bersenjata kami ingin (pemerintahan) ini berakhir melalui intervensi mereka, apakah saya benar-benar mempunyai pilihan?" katanya dari pangkalan militer Kati di luar Ibu Kota Bamako, tempatnya ditahan.

Tak segera diketahui pasti siapa yang memimpin pemberontakan tersebut, siapa yang memerintah selama Keita tidak ada atau apakah yang diinginkan para pemberontak.

 

Dikepung Tentara Bersenjata

Tentara Mali dan pasukan PBB membebaskan 80 sandera dari kelompok bersenjata yang menyerang Hotel Radisso di Bamako, ibu kota Mali. (www.ccn.com)
Tentara Mali dan pasukan PBB membebaskan 80 sandera dari kelompok bersenjata yang menyerang Hotel Radisso di Bamako, ibu kota Mali. (www.ccn.com)

Gambar yang sebelumnya beredar di media sosial, yang katanya berada di garnisun Kati, memperlihatkan Keita dan Cisse dikepung tentara bersenjata. Meski begitu, tak bisa diverifikasi keabsahan video tersebut.

Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Bamako sejak Juni. Massa menyerukan agar Presiden Keita mundur, atas apa yang mereka anggap gagal menangani keamanan yang kian memburuk dan praktik korupsi, seperti dilansir Antara, Rabu (19/8/2020).

Prancis dan negara besar lainnya serta Uni Afrika mengecam pemberontakan tersebut. Mereka khawatir lengsernya Presiden Keita dapat semakin mengguncang bekas koloni Prancis tersebut dan seluruh wilayah Sahel Afrika Barat.

Kronologi Penyanderaan

Pada foto tertanggal Mei 2010 ini, seorang personel Pasukan Khusus AS atau US Special Forces - Green Berets (di atas mobil) tengah memberikan arahan kepada tentara Mali. Pasukan AS dikerahkan untuk membantu tentara setempat menumpas teroris di Afrika (AP)
Pada foto tertanggal Mei 2010 ini, seorang personel Pasukan Khusus AS atau US Special Forces - Green Berets (di atas mobil) tengah memberikan arahan kepada tentara Mali. Pasukan AS dikerahkan untuk membantu tentara setempat menumpas teroris di Afrika (AP)

Aksi tersebut dipimpin oleh Kolonel Malick Diaw selaku Wakil Kepala Kamp Kati dan komandan lainnya, Jenderal Sadio Camara.

Setelah mengambil alih kamp, ​​sekitar 15 km (sembilan mil) dari Bamako, para pemberontak berbaris di ibu kota, di mana mereka disemangati oleh orang banyak yang berkumpul untuk menuntut pengunduran diri Presiden Keïtas.

Pada sore hari, mereka menyerbu kediamannya dan menangkap presiden dan perdana menterinya. Keduanya pun diketahui berada di sana.

Putra presiden, Ketua Majelis Nasional, menteri luar negeri dan keuangan dilaporkan juga termasuk di antara pejabat lain yang ditahan.

Jumlah tentara yang ikut ambil bagian dalam pemberontakan masih belum diketahui secara jelas. 

Kamp Kati juga menjadi fokus pemberontakan pada tahun 2012 oleh tentara yang marah atas ketidakmampuan komandan senior untuk menghentikan kelompok teroris dan pemberontak Tuareg yang menguasai Mali utara.

Rekaman dari kantor berita AFP menunjukkan sebuah gedung milik kementerian kehakiman di Bamako pun terbakar pada hari Selasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Video Jokowi Menyerah Tangani Ekonomi RI

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan narasi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerah mengurus ekonomi Republik Indonesia (RI) dan meminta bantuan kepada Prabowo Subianto.

Tercatat, tim menemukan dua video yang mirip dengan narasi Jokowi sudah menyerah urus ekonomi RI dan minta bantuan kepada Prabowo. Dua akun Facebook yang menggunggah video tersebut adalah Panglima Sudirman dan Suara Millenial.

Berikut narasi yang dibubuhkan Suara Millenial untuk judul video unggahannya:

"JOKOWI & SRI MULYANI Akui GAGAL Kelola EKONOMI JOKOWI AKAN MUNDUR & Minta PRABOWO SELAMATKAN NKRI"

Video tersebut sudah ditonton lebih dari 81 ribu, mendapat 2,9 ribu respons, 951 komentar, dan 988 kali dibagikan warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah Jokowi menyerah tangani ekonomi RI dan minta bantuan Prabowo untuk selamatkan Indonesia?

Penelusuran Fakta

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menonton video berdurasi 9 menit 23 detik itu sampai habis. Hasilnya, tidak ada pernyataan Jokowi yang menyebut dia menyerah tangani ekonomi dan meminta bantuan Prabowo.

Video tersebut hanya kumpulan dari artikel yang digabungkan ke dalam sebuah video. Seperti artikel pertama dengan judul: 'Ekonomi Terjun Bebas Ke Minus 5,32 Persen, GNPF Ulama: Kalau Masih Punya Malu, Jokowi Mundur!', yang tayang pada 8 Agustus 2020 di rmol.id.

Dalam artikel itu berisikan pernyataan Sekretaris Jendral Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Edy Mulyadi yang mengkritisi kondisi perekonomian Indonesia. Namun, dalam artikel tersebut tidak terdapat pernyataan mengenai Jokowi angkat tangan menyerah dan meminta Prabowo menyelamatkan NKRI.

Kemudian, artikel kedua dinarasikan dalam video merupakan berita opini dari tulisan M Rizal Fadillah, pemerhati politik di laman rmol.id dengan judul: 'Tertunduk Lesu Di Minus Lima Koma Tiga Puluh Dua', yang tayang pada 9 Agustus 2020. Artikel opini itu mengkritisi kondisi ekonomi dan kinerja Presiden Jokowi.

Selanjutnya, artikel ketiga yang dinarasikan dalam video tersebut berjudul: 'Presiden Jokowi Buka Suara Soal Ekonomi Minus 5,32 Persen', yang tayang pada 6 Agustus 2020 di cnnindonesia.com.

Artikel itu berisikan pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai kondisi ekonomi dalam negeri dan kutipan pernyataan Kepala BPS Suhariyanto terkait kontraksi ekonomi 5,32 persen pada kuartal II 2020 menjadi yang pertama kali sejak kuartal I 1999 silam jika dilihat secara tahunan. Akan tetapi, dalam artikel itu tidak ditemukan pernyataan Jokowi angkat tangan dan minta Prabowo selamatkan NKRI.

 

Kesimpulan

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Video yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerah mengurus ekonomi Republik Indonesia (RI) dan meminta bantuan kepada Prabowo Subianto adalah hoaks. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dari Jokowi yang menyebut dirinya menyerah tangani ekonomi RI.

Dari penjelasan itu, maka isi video tidak sesuai dengan judulnya. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara GPS, Pemotor Nekat Masuk Tol Tangerang - Merak

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus sepeda motor masuk ke jalan tol terjadi lagi, kali ini seorang pemotor masuk ke Tol Tangerang-Merak. Video yang diunggah akun Instagram @InfoBalaraja pada Minggu, 16 Agustus 2020 akhirnya viral di dunia maya.

Sepeda motor melintas di jalan tol itu kemudian dilakukan pengejaran untuk diberhentikan dan diberikan tindakan tilang oleh pihak kepolisian.

"Yang bersangkutan sudah kita stop, pengejaran oleh Pjr Induk Serang dan MMS. Lanjut diberikan tilang," kata Kepala Induk (Ka.Induk) Patroli Jalan Raya (PJR) Serang, AKP Denny Catur Wardhana Diputra, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Senin (17/08/2020).

Pengemudi beserta sepeda motor matic yang dalam video berdurasi 15 detik itu, tampak mengenakan helm dan jaket berwarna hitam. Pengendara seorang diri itu tampak berjalan santai di lajur ketiga ruas tol Tangerang-Merak (Tamer).

"Kita sudah interogasi, pengakuan yang bersangkutan mengikuti rute GPS dan baru dagang dari Palembang, belum tahu jalan wilayah Serang," jelasnya.

Masuk GT Cikupa

Menurut pengakuan dari Marga Mandala Sakti (MMS), selaku pengelola tol Tamer, aksi pengendara itu juga terekam CCTV saat melintas di Gerbang Tol (GT) Cikupa, pada Minggu 16 Agustus 2020 sekitar pukul 09.27 wib.

"Sudah ditangani PJR Serang. Sekitar pukul 09.27 di data CCTV kami, pengendara motor masuk dan segera dilakukan pengejaran. Pengguna motor ditangkap dan diberi peringatan," kata Manager Humas PT MMS, Rawiyah Hijrah, melalui pesan singkatnya, Senin (17/08/2020).

 

Disengaja?

Ternyata, warga Sumatera itu masuk ke dalam tol melalui GT Cikande di Kabupaten Serang dan berkendara menuju wilayah Tangerang. Pihak MMS mengaku terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendalami mengapa pengendara sepeda motor itu bisa masuk ke jalan tol, yang hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih.

"(Masuk dari) GT Cikande. Kami sedang mendalami lebih lanjut berkoordinasi dengan tim PJR, apakah murni ketidaktahuan atau ada unsur kesengajaan. Disamping itu informasi menjelang akses tentang jalan tol akan lebih intensif. Begitu juga dengan pengamanan di setiap gerbang," jelasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpelat Nomor 'Males Kredit', Pengendara Motor Ini Ditilang Polisi

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengemudi kendaraan bermotor, tentu sudah tak asing dengan tanda nomor kendaraan atau plat motor. Plat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor.

Plat nomor juga berfungsi sebagai registrasi kendaraan yang bentuknya berupa potongan pelat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi.

Kode plat nomor di Indonesia terdiri dari nomor dan angka yang ditentukan berdasarkan wilayah pendaftaran. Namun, rupanya tak sedikit pengendara yang memodifikasinya tak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baru-baru ini personel Satuan Lalu Lintas Polres Garut menilang pengendara yang membawa kendaraan sepeda motor berplat nomor aneh bertuliskan "Males kredit" dalam operasi tertib lalu lintas di kawasan Bunderan Suci, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Ditilang

(@satlantaspolresgarut/instagram.com)
(@satlantaspolresgarut/instagram.com)

"Kami menemukan (saat operasi) motor itu, bahkan hendak memutar arah, kemudian langsung kami hentikan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Asep Nugraha, dikutip dari Antara.

Sepeda motor jenis bebek warna hitam itu terjaring dalam operasi tertib lalu-lintas yang rutin dilaksanakan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut di Bunderan Suci kawasan perkotaan Garut, Kamis (13/8).

STNK Mati 5 Tahun

Polisi Lalu lintas menilang pengendara sepeda motor saat Operasi Patuh Jaya 2020 di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2020). Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 hingga 5 Agustus untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Polisi Lalu lintas menilang pengendara sepeda motor saat Operasi Patuh Jaya 2020 di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2020). Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2020 hingga 5 Agustus untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

AKP Asep mengatakan bahwa laju sepeda motor itu awalnya tampak mencurigakan, bahkan sempat akan memutar arah. Hingga akhirnya petugas berhasil memberhentikan dan memeriksa surat-surat dan kondisi kendaraan.

"Hasil pemeriksaan surat-surat kendaraan, diketahui pajak STNK-nya mati dari 2015, sudah lima tahun," katanya.

Plat Nomor Unik

Selain STNK yang mati, ditemukan hal yang unik dari plat nomor polisi kendaraannya yaitu tidak terdapat huruf dan angka. Melainkan hanya tulisan "Males kredit" yang terpasang di depan dan belakang sepeda motor.

Kendaraan roda dua Honda Astrea itu, akhirnya digelandang polisi ke Markas Polres Garut. Nantinya pemilik kendaraan bisa mengambilnya kembali dengan syarat membawa plat nomor aslinya."

Pemilik dapat mengambilnya dengan syarat membawa plat nomor asli dan bukti kepemilikan yang sah," katanya.

Hingga saat ini kendaraan sepeda motor berplat nomor nyeleneh tersebut masih berada di markas Polres Garut menunggu pihak pemilik kendaraan mengambilnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

e-Poly, Aplikasi Penunjang Rumah Sakit Pintar untuk Lawan Covid-19

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2018, pemerintah menginstruksikan semua rumah sakit di Indonesia menjadi 'Rumah Sakit Pintar' dengan menerapkan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS).

Namun sayangnya, sampai dua tahun kemudian, hanya sekitar sepertiga dari 2.831 rumah sakit di Indonesia yang menerapkan SIMRS.

Menyadari akan tantangan ini, perusahaan teknologi kesehatan PT Docotel Teknologi berkontribusi membuat solusi dengan menciptakan produk SIMRS bernama D'Health.

Produk ini dikembangkan sebagai SIMRS yang mengikuti standar tertinggi pelayanan rumah sakit, tapi mudah diterapkan dan digunakan oleh tenaga kesehatan dan manajemen rumah sakit.

Aldy Rizaldy Nur MR, Executive Vice President Health Information System Division PT Docotel Teknologi, mengungkapkan hanya dalam waktu dua tahun, D'Health telah beroperasi di beberapa rumah sakit di Indonesia, salah satunya di Mayapada Healthcare Group.

Untuk melengkapi D'Health, belum lama ini perusahaan merilis teknologi kesehatan baru berupa aplikasi telemedicine bernama e-Poly.

"Peluncuran e-Poly merupakan jawaban kami terhadap hambatan yang terjadi pada pelayanan kesehatan akibat pandemi Covid-19," kata Aldy melalui keterangannya,

Aldy menjelaskan aplikasi ini memungkinkan pasien dapat berkonsultasi dengan dokter secara daring melalui panggilan video untuk mengurangi risiko penularan dan rasa khawatir, namun menjaga kualitas hubungan manusia yang didapat dari konsultasi tatap muka langsung.

 

Sistem Terintegrasi

Aplikasi telemedicine e-Poly. Dok: D'Health
alt=

Ia menambahkan, e-Poly mengintegrasikan seluruh proses layanan rawat jalan, mulai pendaftaran, penjadwalan konsultasi dengan fitur panggilan video, rekam medis hingga pembayaran non-tunai.

Docotel Teknologi meyakini e-Poly tidak hanya menjadi solusi sementara selama pandemi Covid-19, tapi juga berpotensi menjadi layanan kesehatan virtual pilihan masyarakat dan tenaga kesehatan di masa depan.

Perusahaan mengklaim akan terus mengembangkan produk teknologi kesehatan untuk memenuhi visi 'making a difference' (membuat perbedaan).

Saat ini D'Health dalam pengembangan menuju D'Health Next Gen, bekerja sama dengan PT Arogya Mitra Sejati (AMS), perusahaan yang akan memperkenalkan tingkat analitik dan otomatisasi mutakhir.

 

 

 

Membuat Pengelolaan Stok di RS Lebih Efektif

Aplikasi telemedicine e-Poly. Dok: D'Health
alt=

Nicolas Tjahja Saputra, Chief Operating Officer Arogya Mitra Sejati (AMS), menjelaskan perusahaan memiliki misi membantu mengoptimalkan proses rantai pasokan kebutuhan industri kesehatan di Indonesia.

AMS meyakini kecerdasan buatan (AI) dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dalam rantai pasokan kritis yang sangat menuntut kesiapan manajemen persediaan di rumah sakit.

"AMS melihat proses dan manajemen persediaan rumah sakit sebagai salah satu aset penyedia layanan kesehatan yang tersulit dan membutuhkan sebagian besar dari total modal yang diinvestasikan," ujar Nicolas.

Ia menilai, inilah salah satu faktor paling umum penyebab inefisiensi dan penurunan mutu layanan. Proses menyeimbangkan investasi berupa barang inventaris dan layanan pasien menjadi tantangan besar bagi manajemen rumah sakit.

Saat ini AMS melakukan inovasi dengan menyediakan solusi marketplace berbasis AI untuk meningkatkan kemampuan sistem memenuhi permintaan layanan kesehatan yang terus meningkat.

AI yang digunakan akan memberikan informasi, wawasan, tindakan, dan bantuan otomatis yang dapat mengoptimalkan proses pengambilan keputusan bagi rumah sakit.

Sementara Inventory Management System menyediakan fungsi dan layanan untuk menangani stok, barang pesanan, barang masuk, dan barang dagangan untuk dijual.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Latihan Bayern Munchen Jelang Hadapi Lyon

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Para pemain Bayern Munchen melakukan jogging saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Para pemain Bayern Munchen melakukan jogging saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Para pemain Bayern Munchen melakukan jogging saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Para pemain Bayern Munchen berlatih saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Para pemain Bayern Munchen berlatih saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Para pemain Bayern Munchen berlatih saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski (kiri) menendang bola saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski (kiri) menendang bola saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pemain Bayern Munchen Robert Lewandowski (kiri) menendang bola saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pemain Bayern Munchen Thomas Mueller (tengah kiri) dan Robert Lewandowski berlatih saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Pemain Bayern Munchen Thomas Mueller (tengah kiri) dan Robert Lewandowski berlatih saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pemain Bayern Munchen Thomas Mueller (tengah kiri) dan Robert Lewandowski berlatih saat sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pelatih Bayern Munchen Hans-Dieter Flick mengarahkan sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Pelatih Bayern Munchen Hans-Dieter Flick mengarahkan sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pelatih Bayern Munchen Hans-Dieter Flick mengarahkan sesi latihan di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Selasa (18/8/2020). Bayern Munchen akan menghadapi Lyon pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Liga Champions: Lyon Vs Bayern Munchen di SCTV Malam Ini

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bayern Munchen akan bertemu Olympique Lyonnais pada partai semifinal Liga Champions, Kamis (20/8/2020) dinihari WIB. Pemenang dari petandingan ini sudah ditunggu Paris Saint Germain di partai puncak.

Jelang pertandingan yang akan disiarkan langsung SCTV dan live streaming di Vidio, Bayern Munchen membawa modal sangat bagus. Tim asuhan Hansi Flick itu lolos setelah menggulung calon kuat juara Barcelona 8-2 di babak perempat final Liga Champions.

Selain itu, Bayern pun tak pernah kalah dalam lima pertandingan terakhir. Mereka pun belum pernah kalah sejak fase grup Liga Champions.

Namun demikian, Bayern harus tetap waspada. Pasalnya, Lyon boleh dibilang menjadi kuda hitam paling mencolok di Liga Champions.

Simak saja rekam jejak Lyon hingga ke semifinal. Tim polesan Rudi Garcia itu mengalahkan Juventus dan Manchester City, dua tim yang dihuni banyak pemain bintang. Berikut jadwal semifinal Liga Champions selengkapnya

Jadwal Semifinal Liga Champions

Prediksi Olympique Lyonnais Vs Bayern Munich (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi Olympique Lyonnais Vs Bayern Munich (Trie Yas/Liputan6.com)

Kamis 20 Agustus 2020

02.00 WIB, Bayern Munchen vs Olympique Lyonnais

Live SCTV dan Vidio

Hasil Semifinal Liga Champions

Rabu 19 Agustus 2020

PSG 3-0 RB Leipzig

Gol: Marquinhos (13'), Di Maria (42'), Juan Bernat (56')

Infografis

Infografis Semifinal Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Semifinal Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Upacara HUT Kemerdekaan RI di KBRI AS Dipersingkat, Kenapa?

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peringatan HUT Kemerdekaan RI di KBRI di Washington, D.C. maupun di KJRI di berbagai penjuru AS tahun ini hanya bisa disaksikan secara virtual oleh sebagian besar warga AS. Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI hanya dihadiri terbatas, dipersingkat, dan mematuhi protokol kesehatan mencegah COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 49 Kabupaten/Kota Risiko Rendah COVID-19 Naik Jadi Sedang

Posted: 18 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19, ada 49 kabupaten/kota risiko rendah COVID-19 naik menjadi sedang. Data ini dihimpun per 16 Agustus 2020.

"Ada daerah-daerah risiko rendah COVID-19 yang naik menjadi resiko sedang, sebanyak 49 kabupaten kota. Jadi, terjadi clustering daerah-daerah ini, sehingga naik menjadi risiko sedang," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/8/2020).

"Ini perlu menjadi perhatian, karena dari waktu ke waktu daerah-daerah yang menjadi zona risiko sedang meningkat."

Ke-49 kabupaten/kota risiko rendah COVID-19 menjadi sedang, sebagai berikut:

Aceh 

1. Pidie 

2. Kota Langsa

3. Kota Subulussalam

Sumatera Barat

4. Pesisir Selatan 

5. Tanah Datar 

6. Padang Pariaman 

7. Kota Padang Panjang 

8. Kota Bukittinggi 

 

Sumatera Selatan - DI Yogyakarta

Sumatera Selatan 

9. Ogan Komering Ulu 

Kepulauan Bangka Belitung 

10. Bangka

Kepulauan Riau 

11. Bintan 

12. Karimun Banten 

13. Kota Cilegon 

14. Kota Serang

Jawa Barat

15. Subang 

16. Purwakarta 

17. Karawang Jawa Tengah 

18. Sragen 

19. Temanggung 

20. Pekalongan 

21. Pemalang 

22. Tegal

23. Kota Salatiga

DI Yogyakarta

24. Bantul 

25. Gunung Kidul 

 

Jawa Timur - Kalimantan Utara

Jawa Timur 

26. Pacitan

27. Magetan 

28. Sumenep 

Nusa Tenggara Barat

29. Sumbawa Barat 

Kalimantan Barat

30. Ketapang 

Kalimantan Tengah

31. Lamandau 

32. Katingan 

Kalimantan Timur

33. Kota Bontang 

Kalimantan Utara 

34. Malino 

35. Kota Tarakan 

 

Sulawesi Utara - Papua

Sulawesi Utara

36. Bolaang Mongondow 

37. Kepulauan Talaud 

38. Minahasa Tenggara Sulawesi Selatan

39. Jeneponto

40. Toraja Utara 

Sulawesi Tenggara

41. Muna

42. Konawe Utara 

43. Kutai Tengah 

Sulawesi Barat 

44. Mamasa Papua Barat

45. Teluk Wondama

Papua

46. Kepulauan Yapen 

47. Keerom

48. Pegunungan Bintang

49 Tolikara 

"Mohon agar menjadi perhatian dari pimpinan daerah, Satgas Daerah serta seluruh anggota masyarakat. Dari 49 kabupaten/kota ini untuk dapat menurunkan zona risikonya lagi menjadi risiko rendah, sehingga secara kolektif Indonesia kondisinya menjadi lebih baik," lanjut Wiku.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berawal dari Voice Note, Ashilla dan Budi Doremi Duet di Tentang Dia

Posted: 18 Aug 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Ashilla baru saja merilis karya terbarunya di panggung musik. Sebuah single berjudul "Tentang Dia" menjadi karya teranyar sekaligus comeback Ashilla usai setahun vakum merilis karya musik.

Yang menarik, lagu tersebut tak dibawakan Ashilla seorang diri. Ada suara Budi Doremi yang juga menemani vokal Ashilla di lagu "Tentang Dia".

"Tentang Dia bercerita tentang perjalanan rasa seseorang saat patah hati..", buka Ashilla. "..dan bagaimana menerima, menghadapi, berdamai dengan luka yang lahir dari perasaan hebat, yaitu cinta", Budi Doremi melengkapi.

"Jadi gini, kita sama-sama pernah mengalami peristiwa menyakitkan, dan rasanya nggak adil kalau melihat patah hati dari bagian rasa sakitnya aja. Kita berdua setuju untuk melihat dari sudut pandang lain: patah hati bukan kesalahan," Budi Doremi menambahkan.

 

 

 

Dari Voice Note

(Adrian Putra/Fimela.com)
(Adrian Putra/Fimela.com)

Dari sisi penggarapan musik, rupanya juga terjadi kisah menarik. Sebab, Ashilla mengawali pembuatan lagu "Tentang Dia" bersama Budi Doremi dari voice note.

"Kak Budi, kira kira notasi ini enak nggak dijadiin lagu?". cerita Ashilla saat pertama kali memiliki ide lagu tersebut dan meneruskannya ke Budi Doremi.

 

Kolaborasi Pertama

Kolaborasi Ashilla dan Budi Doremi di lagu Tentang Dia (https://www.instagram.com/p/B_pkGJ1Fz5p/)
Kolaborasi Ashilla dan Budi Doremi di lagu Tentang Dia (https://www.instagram.com/p/B_pkGJ1Fz5p/)

Gayung bersambut, mereka sepakat bertemu, membuat demo, dan langsung mendapat lampu hijau dari produser Morin Chandra untuk naik produksi. Maka, terjadilah project kolaborasi pertama mereka berdua.

 

 

Ciptaan Ashilla

Ini bukanlah kali pertama Ashilla menulis lirik lagu. Bersama Budi Doremi, kemampuan Ashilla benar-benar makin terasah. Ditambah lagi ada kolaborasi Morin Chandra & Tito P. Soenardi dari sisi musik, menambah nyawa di karya ini.

 

 

 

7 Bulan

Dengan semua keterbatasan di masa pandemi, penggarapan lagu "Tentang Dia" berhasil dirampungkan dalam waktu 7 bulan, diakhiri syuting video klip di sebuah pantai di Ujung Kulon, Banten. 

Video klip "Tentang Dia" sendiri bercerita tentang seorang gadis di masa depan yang galau karena patah hati. Melalui Aplikasi Patah Hati, dia memesan sebuah robot Android untuk menemaninya berdamai dengan lukanya dan membantunya kembali menjalani hidup.

Yang unik, hanya di project ini kita berkesempatan melihat Budi Doremi keluar dari zona nyamannya: menjadi si robot Android, dengan tampilan yang jauh berbeda dengan yang biasanya kita lihat, beradu akting dan membangun chemistry dengan Ashilla. Apakah berhasil? Ini yang harus kita buktikan bersama-sama.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah: UMKM Butuh Tangan Dingin Bank Jatim

Posted: 18 Aug 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta PT Bank Pembangunan Daerah Jatim Tbk atau Bank Jatim aktif menyisir sektor ultra mikro, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membantu akses permodalan. Hal ini mengingat mengingat 54 persen PDRB Jatim digerakkan oleh sektor UMKM.

"Sekarang UMKM butuh tangan dingin Bank Jatim untuk menyapa mereka dan memberi pendampingan, akses, dan membantu meningkatkan nilai tambah agar mereka bisa petik, olah, kemas, dan jual," ujar Khofifah, seperti dikutip dari Antara, ditulis Rabu (19/8/2020).

Khofifah juga mendorong cabang-cabangnya agar memiliki konsep super team sehingga mampu menghadirkan inovasi dan kreativitas.

"Hari ini eranya bukan kompetisi, melainkan kolaborasi. Maka, bangunlah kolaborasi sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya, dan sekuat-kuatnya karena format sinergi kolaborasi menjadi sebuah kebutuhan," kata Khofifah.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengakui setiap era memiliki tantangan, termasuk bagi sektor perbankan yang saat ini dituntut melakukan cara dan metode pelayanan kekinian.

Ke depan, kata dia, berbagai aspek kehidupan akan berbasis digital sehingga mau tidak mau Bank Jatim harus bertranformasi, seperti bersinergi dengan kompetitor maupun financial technology (fintech).

"Jadi, harus bertransformasi ke arah digital dan harus kekinian," ujar dia.

Bank Jatim Revisi Target Penyaluran Kredit

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Ia mengaku Bank Jatim sudah bersinergi dengan beberapa fintech, serta memperkuat jaringan bisnis serta fitur-fitur produk berbasis digital.

Bahkan, sejauh ini sudah tampak ada peningkatan penggunaan layanan digital dibandingkan datang langsung ke kantor dengan layanan tatap muka.

Sejumlah layanan digital yang menjadi unggulan, di antaranya e-channel, m-banking, internet banking, Jatimcode, hingga yang terbaru e-form untuk pengajuan kredit nasabah secara daring dan kredit multiguna elektronik (e-kmg) bagi ASN dan pensiunan.

Busrul juga mengatakan, kondisi pandemi seperti saat ini bukan menjadi alasan perseroan untuk putus asa. Sebagai bank daerah yang punya visi dan misi menjadi bank BPD nomor 1 di Indonesia, lanjut dia, Bank Jatim perlu mengakselerasi bisnis secara kuantitas dan kualitas.

"Pandemi ini sebetulnya adalah kesempatan untuk konsolidasi ke dalam, membenahi policy dan human capital, dan upaya-upaya kebijakan efisiensi serta pengembangan teknologi. Saya optimistis sekali soal ini," tuturnya.

Kendati demikian, dia menegaskan, Bank Jatim tetap melakukan koreksi rencana bisnis bank (RBB) tahun ini sebagai dampak pandemi.

Target pencapaian aset tahun ini pun diperkirakan turun 1 hingga 2 persen, sedangkan kinerja kredit yang awalnya ditargetkan tumbuh 14 persen. Akan tetapi, dikoreksi tumbuh hanya 6 sampai 8 persen.

Sementara itu, kinerja dana pihak ketiga (DPK) yang sebelumnya diprediksi double digit diperkiraan tumbuh sekitar 4 sampai 6 persen, termasuk adanya koreksi kinerja laba.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Merawat AC Ruangan Agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

Posted: 18 Aug 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat AC ruangan susah-susah gampang. Padahal, cara merawat AC ruangan yang benar akan berdampak pada umur dari AC tersebut yang bisa semakin awet. Begitupun sebaliknya, ketika kondisi AC kurang diperhatikan makan umur AC akan menjadi semakin pendek, karena komponen yang ada di dalam AC akan cepat rusak. 

Saat ini, kebutuhan akan AC ruangan sudah menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian, terutama bagi hunian yang berada di daerah tropis seperti Indonesia. Bahkan hampir dalam satu rumah bisa terdapat hingga 3-4 buah AC yang terpasang di tiap sudut ruangan, baik itu kamar tidur, ruang tamu dan lain sebagainya.

Semakin banyaknya AC yang terpasang pada akhirnya menyebabkan kurangnya perhatian bagaimana cara merawat AC ruangan tersebut, dan pada akhirnya AC yang terpasang menjadi cepat rusak. Rusaknya AC tersebut sebenarnya tidak selalu dikarenakan kotornya AC, namun bisa juga dikarenakan kebiasaan buruk ketika menggunakan AC ruangan tersebut.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara merawat AC ruangan yang benar dan bisa dengan mudah Anda praktikkan sendiri, Rabu (19/8/2020).

1. Pastikan PK AC Sesuai Luas Ruangan

Ilustrasi Pendingin Ruangan Credit: freepik.com
Ilustrasi Pendingin Ruangan Credit: freepik.com

Cara merawat AC ruangan ini sebenarnya hal yang pertama kali harus dilakukan saat akan membeli AC. Biasanya saat akan membeli AC, akan sering terdengar istilah PK AC. Tapi sebenarnya apa itu PK pada AC? PK sendiri adalah singkatan dari Paard Kracht atau daya kuda. Dalam konteks AC, PK artinya besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan. Besarnya PK tergantung pada jenis AC serta kebutuhan dari ruangan.

Dengan menggunakan PK AC yang tepat maka akan berpengaruh terhadap kinerja AC ruangan yang akan dipasang nantinya. Mudahnya, ketika PK AC yang terlalu kecil ditempatkan pada ruangan yang besar ruangannya tidak akan sejuk, serta kinerja AC terlalu maksimum secara terus menerus untuk menyesuaikan kebutuhan ruangan membuat AC cepat rusak. Sedangkan PK AC yang besar lalu ditempatkan pada ruangan kecil, maka hanya menimbulkan pemborosan listrik.

2. Perhatikan Suhu Thermostat

Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com
Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com

Kesalahan dalam pengaturan suhu thermostat menjadi hal yang paling umum dijumpai saat menggunakan AC. Sangat sering ketika menyalakan AC langsung mengatur suhu di posisi terendah, niatnya agar AC lebih cepat dingin.

Sebagai contoh, saat suhu diatur pada 23°C maka kompresor AC akan langsung bekerja dan berusaha untuk membuat suhu di dalam ruangan berada di titik 23°C. Ketika AC mendeteksi suhu ruangan sudah mencapai titik yang diinginkan yaitu 23°C, maka kompresor AC akan berhenti bekerja dan AC hanya tinggal mengeluarkan angin saja.

Akan tetapi, jika suhu ruangan ternyata kembali meningkat, maka kompresor AC akan kembali bekerja agar suhu ruangan terjaga pada titik yang ditentukan. Tapi, bagaimana jika suhu diatur langsung pada 16°C? Mekanisme kerjanya sebenarnya sama, namun sistem AC tidak akan mampu mendeteksi suhu ruangan pada titik 16°C. Hal ini karena pengaruh iklim di Indonesia yang membuat suhu ruangan tidak mungkin mencapai titik 16°C.

Apabila terus dipaksakan AC mencapai suhu tersebut, maka hal ini akan membuat kompresor AC bekerja maksimum terus menerus dan pada akhirnya akan mengurangi umur kompresor dari AC, hingga akhirnya AC menjadi cepat rusak.

3. Atur Waktu Pemakaian AC dengan Timer

Selama ini setidaknya ada 8 hal yang secara salah kaprah kita lakukan ketika menggunakan pendingin udara. (Sumber energy.gov)
Selama ini setidaknya ada 8 hal yang secara salah kaprah kita lakukan ketika menggunakan pendingin udara. (Sumber energy.gov)

AC saat ini sudah memiliki fitur timer yang memudahkan untuk mengatur nyala dan matinya AC. Penggunaan timer AC juga mampu membantu dalam perawatan AC yang digunakan. Sedangkan Waktu terbaik untuk menggunakan AC yaitu selama 5 jam. Apabila sudah lewat dari 5 jam ada baiknya AC diistirahatkan dengan mematikannya. Jadi, Anda bisa mengatur timer untuk mati setiap 5 jam pemakaian.

4. Tutup Pintu, Jendela, dan Ventilasi saat AC Nyala

Ilustrasi air conditioner (AC). (dok. pixabay/terimakasih0)
Ilustrasi air conditioner (AC). (dok. pixabay/terimakasih0)

Selalu usahakan untuk menutup rapat celah yang ada di ruangan ber-AC. Tujuannya supaya AC selalu fokus untuk mendinginkan ruangan tersebut dan juga meringankan kerja dari kompresor untuk mencapai suhu yang diinginkan. Cara ini sangat berguna untuk meringankan tugas kompresor supaya tidak terlalu lama bekerja dan dengan cara ini akan mencegah kerusakan dini pada kompresor AC.

5. Bersihkan Filter AC

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC
5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

Filter AC merupakan komponen yang terdapat di dalam badan AC yang berfungsi untuk menyaring debu. Jika filter tersebut tidak dibersihkan secara berkala bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Ketika AC sudah tidak dingin, maka respon alami pengguna AC adalah menurunkan suhunya. Padahal hal ini sama sekali tidak optimal dan hanya membuat kinerja AC menjadi berat hingga berujung pada AC yang cepat rusak. Itulah mengapa lakukan cara merawat AC ruangan ini dengan rutin. Cara membersihkan filter AC ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

6. Servis AC dengan Rutin

Alat rumah tangga pendingin ruangan. Liputan6.com
Alat rumah tangga pendingin ruangan. Liputan6.com

Lalu, cara merawat AC ruangan yang terakhir adalah dengan menggunakan jasa servis AC. Anda bisa menggunakan jasa servis AC 3-6 bulan sekali. Biasanya jasa servis AC akan melakukan cuci AC dan pengecekan pada freon AC. Apabila freon sudah kosong, maka diperlukan pengisian kembali yang tentunya hal tersebut tidak bisa Anda lakukan sendiri. Selain itu, menggunakan jasa servis AC juga bisa mendiagnosa apakah ada kebocoran pada bagian-bagian AC.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Rekonstruksi Kasus Aborsi Ilegal di Klinik Kenari Jakarta Pusat

Posted: 18 Aug 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direskrimum Polds Metro Jaya akan menggelar rekontruksi kasus aborsi ilegal yang melibatkan tenaga medis. Rekontruksi digelar di Klinik dr. SWS, Jalan Raden Saleh I Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, 17 tersangka dihadirkan ke lokasi rekontruksi. Mereka akan memerankan adegan mulai dari penerimaan pasien hingga ke pembuangan janin.

Yusri menyatakan, tujuan daripada rekontruksi untuk menyeleraskan keterangan yang disampaikan ke penyidik dengan fakta yang ada di lapangan.

"Kami akan cocokan dengan keterangan para tersangka di lokasi kejadian, kita harapkan kasus ini juga semakin jelas dengan adanya rekontruksi ini," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (19/8/2020).

Sebelumnya, Direskrimum Polda Metro Jaya membongkar praktik aborsi ilegal yang dilakukan dokter spesialis kandungan di Klinik dr. SWS di Jalan Raden Saleh I Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin, 3 Agustus 2020 kemarin.

Kasus ini merupakan pengembangan dari pembunuhan berencana terhadap pengusaha roti, Hsu Ming Hu (52). Polisi mencecar salah satu pelaku yang juga otak dalam pembunuhan ini yakni SS merupakan sekertaris korban. Dari hasil mendalami keterangan SS, ternyata polisi dapat mengungkap perkara praktik aborsi ilegal.

17 Orang Ditangkap

Tersangka SS mengaku menggugurkan kandungan di Klinik dr. SWS, Jalan Raden Saleh I Kenari, Senen, Jakarta Pusat. Pihak kepolisian pun bergerak menuju ke lokasi. Sebanyak 17 orang pun ditangkap. enam dari 17 orang yang diamankan merupakan tenaga medis. Selain tenaga medis pihak lain yang turut diamankan diantaranya pengelola, resepsionis, office boy, hingga calon pasien aborsi.

Diketahui selama hampir lima tahun klinik menjalankan praktik aborsi yang bertentangan dengan hukum. Namun demikian penyidik hanya menemukan rekap kunjungan pasien dari bulan Januari 2019 hingga 10 April 2020. Disebutkan jumlah pasien mencapai 2.638 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Perbaiki 6 Jembatan Pasca Banjir Bolaang Mongondow

Posted: 18 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penanganan pascabencana banjir dan longsor di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut). Bencana banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah tersebut sejak pertengahan Juli 2020, menyebabkan beberapa oprit jembatan tergerus air area permukiman warga tergenang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengimbau agar seluruh Balai Kementerian PUPR di daerah-daerah selalu siap siaga terhadap bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Terlebih saat Pandemi Covid-19, kondisi jalan dan jembatan harus terus kita jaga agar jalur logistik tidak terputus," imbuhnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

Penanganan darurat di Bolaang Mongondow telah dilakukan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR. Itu dilakukan dengan mengerahkan alat berat seperti exavator, buldozer, dump truck untuk membersihkan material longsoran yang menutup badan jalan, sehingga akses jalan yang menguhubungkan antar wilayah dapat terbuka.

Terdapat 38 titik longsor pada badan jalan dan lereng jalan yang tersebar di 5 ruas jalan nasional, yakni Doloduo–Molibagu, Molibagu–Mamalia, Matali–Torosik, Onggunoi–Pinolosian, dan Naha–Tahuna.

Saat ini juga telah dilakukan penanganan darurat untuk 6 jembatan yang rusak dan hanyut akibat banjir. Di antaranya Jembatan Pakuku yang hanyut terbawa arus dengan membangun jalan dengan pengurugan dan pemadatan jalan di titik bekas jembatan. Pembukaan akses jalan baru ini untuk menghubungkan antar wilayah dan desa di Kabupaten Bolaang Mongondow yang sempat terisolasi.

Kemudian, Jembatan Kosio yang putus diterjang arus Sungai Ongkak telah dilakukan penyambungan jembatan bailey dengan rangka besi dan papan lantai. Saat ini, Jembatan Kosio sudah dapat dilalui kendaraan roda empat dengan batas maksimal 6 ton.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Jembatan

kondisi di lokasi banjir bandang di desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Sigi, Sabtu malam (8/8/2020). (Foto:Dokumentasi warga).
kondisi di lokasi banjir bandang di desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Sigi, Sabtu malam (8/8/2020). (Foto:Dokumentasi warga).

Selanjutnya, untuk Jembatan Sinandaka dan Sinandaka II telah selesai dibangun jembatan darurat dengan rangka besi di sebelah jembatan rusak.

Fondasi Jembatan Sinandaka terkikis sehingga konstruksinya miring. Kegiatan pembangunan jembatan darurat bertujuan untuk mengembalikan fungsi jalan dan jembatan guna memperlancar transportasi darat bagi masyarakat dan distribusi logistik khususnya dari dan ke wilayah Molibagu-Mamalia.

Penangan darurat Jembatan Salongo I dan Salongo III yang oprit tergerus air telah dilakukan dengan pemasangan rambu–rambu peringatan (police line), kemudian pemasangan bronjong pada area pasangan batu oprit yang tergerus, dan melakukan penimbunan pada badan jalan yang amblas.

Dampak dari kerusakan atau gerusan pada pasangan batu oprit jembatan tersebut yakni terjadinya amblesan pada badan jalan, sehingga memutus arus lalu lintas dari Desa Salongo dengan Desa Soguo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Juni 2020, Penyaluran Kredit BRI Tembus Rp 922,97 Triliun

Posted: 18 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso menyatakan, BRI terus melakukan penyaluran kredit terutama kepada UMKM agar aktivitas ekonomi dapat terakselerasi dengan baik.

Pada semester I tahun 2020, BRI tercatat menyalurkan kredit sebesar Rp 922,97 triliun atau tumbuh 5,23 persen secara tahunan (year on year).

"Pencapaian ini lebih tinggi dari pertumbuhan kredit industri perbankan di bulan Juni 2020 sebesar 1,49 persen yoy," kata Sunarso dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/8/2020).

Sunarso mengatakan, dari total pinjaman tersebut, sebesar Rp 725,27 triliun disalurkan ke segmen UMKM, atau sekitar 75,85 persen dari total kredit keseluruhan. Perseroan menargetkan, 80 persen portofolio pinjaman BRI di tahun 2022 merupakan pinjaman yang disalurkan ke segmen UMKM.

Selain pinjaman ke UMKM, kenaikan kredit ini juga disokong oleh pinjaman mikro, ritel dan menengah dengan komposisi mikro sebesar 7,1 persen dan ritel sebesar 8,51 persen.

Lanjutnya, sejak awal Covid-19 melanda Indonesia, BRI telah berkomitmen untuk melindungi dan membangkitkan UMKM karena UMKM jadi sektor paling terdampak pandemi, demikian pula di semester II 2020 nanti dimana fokusnya tetap berada di UMKM.

"Meski kita fokus ke UMKM tapi bisnis BRI tetap tumbuh positif," kata Sunarso.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan BRI untuk membantu UMKM tetap survive ialah dengan melakukan restrukturisasi kredit. Hingga 31 Juli 2020, BRI tercatat telah melakukan restrukturisasi pinjaman senilai Rp 183,7 triliun kepada 2,9 juta debitur.

Adapun, BRI berhasil meraup laba Rp 10,2 triliun di semester I 2020. Angka tersebut lebih rendah dari laba tahun sebelumnya di periode yang sama sebesar Rp 16,16 triliun. Aset secara konsolidasi perseroan menyentuh angka Rp 1.387,76 triliun atau tumbuh 7,73 persen hingga Juni 2020.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

BRI Cetak Laba Rp 10,2 Triliun di Semester I 2020

Ilustrasi pelayanan Bank Rakyat Indonesia.
Ilustrasi pelayanan Bank Rakyat Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil meraup laba Rp 10,2 triliun di semester I 2020. Angka tersebut lebih rendah dari laba tahun sebelumnya di periode yang sama sebesar Rp 16,16 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan, sejak awal Covid-19 melanda Indonesia, BRI telah berkomitmen untuk melindungi dan membangkitkan UMKM karena UMKM jadi sektor paling terdampak pandemi.

"Meski kita fokus ke UMKM tapi bisnis BRI tetap tumbuh positif. Aset secara konsolidasi mencapai Rp 1.387,76 triliun atau tumbuh 7,73 persen hingga Juni 2020," ujar Sunarso dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/8/2020).

Lalu hingga akhir Juni 2020, Dana Pihak Ketiga (DPK) BRI konsolidasian tercatat memcapai Rp 1.072,50 triliun atau tumbuh 13,49 persen yoy. Pencapaian ini lebih tinggi dari penghimpunan DPK industri perbankan di bulan Juni 2020 yang tercatat sebesar 7,95 persen yoy.

"DPK BRI didominasi oleh dana murah (CASA) sebesar 55,81 persen," kata Sunarso. Di sisi lain, pandemi mampu mendorong transaksi digital di BRI sehingga mampu mendongkrak pencapaian pendapatan berbasis komisi. Hingga akhir Semester I 2020, pendapatan berbasis komisi BRI tercatat sebesar Rp 7,46 Triliun atau tumbuh 18,59 persen yoy. BRI juga mampu menjaga loan to deposit ratio (LDR) secara ideal di angka 86,06 persen, atau lebih rendah dengan LDR BRI di akhir Juni 2019 sebesar 92,81 persen. Sementara itu, permodalan BRI terjaga dengan CAR sebesar 20,15 persen.

Lalu untuk Non Performing Loan (NPL) BRI terjaga di angka 2,98 persen bank only dan 3,1 persen secara konsolidasi, dengan NPL coverage mencapai 187,73 persen hingga akhir Juni 2020.

Krisis yang tengah terjadi saat ini menjadi akselerator transformasi yang telah dilakukan BRI sejak 2016 lalu. Transformasi yang dilakukan BRI semata-mata untuk menyelamatkan UMKM agar lapangan kerja tercipta.

"Meningkatkan produktivitas UMKM artinya sama dengan meningkatkan penyerapan tenaga kerja, karena UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia," pungkas Sunarso.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Banten Bakar Ganja 303 Kg Bernilai Rp 1 Miliar Lebih Dalam Truk Sampah

Posted: 18 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Serang - Polda Banten memusnahkan ganja seberat 303 kilogram dengan cara dibakar bersamaan dengan truk sampah yang digunakan untuk mengangkut barang bukti narkoba tersebut. 

"Total 303 kg (ganja yang dimusnahkan) selama dua kali penangkapan dalam dua minggu ini," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar di Mapolda Banten, Rabu (19/8/2020).

Ganja yang diamankan diperoleh dari dua pengedar berbeda. Dimana, narkoba itu di dapat dari wilayah Sumatera yang siap diedarkan ke wilayah Banten, Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

"Totalnya dengan harga saat ini, (satu kg) Rp 3 jutaan, sekitar Rp 1 miliar kebih. Sebanyak 30 ribu lebih masyarakat dapat kami selamatkan," kata Direktur Narkoba (Dirnarkoba) Polda Banten, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, di lokasi yang sama.

Sepanjang Tahun Ini, Terungkap 490 Kasus Narkoba

Ganja seberat 303 kilogram (kg) dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam bak truk sampah yang digunakan untuk mengangkut narkoba tersebut. (Foto:Liputan6/Yandhi Deslatama)
Ganja seberat 303 kilogram (kg) dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam bak truk sampah yang digunakan untuk mengangkut narkoba tersebut. (Foto:Liputan6/Yandhi Deslatama)

Menurut Susatyo, sepanjang tahun 2020, terhitung sejak Januari hingga Agustus 2020, Ditresnarkoba Polda Banten mengaku telah mengungkap kasus jaringan narkoba sebanyak 490 kali dengan 628 tersangka.

"Sejak Januari hingga Agustus ini, telah melakukan penindakan sebanyak 490 kasus, dengan 628 tersangka. Total sabu yang disita 12 kg. Pengungkapan (ganja) ini berbeda jaringan, untuk mengedarkan wilayah Banten, Jakarta dan Jabar. Menggunakan sarana transportasi truk," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Asri Kahfi Kasura, Sahabat Dinda Hauw yang Kini Jadi Kakak Ipar

Posted: 18 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan kini tengah menyelimuti keluarga besar Dinda Hauw. Pasalnya pada 17 Agustus 2020, kakak Dinda yang bernama Kemas Muhammad Arsyadan Qisthi telah melangsungkan pernikahan dengan wanita pilihannya. Wanita yang dipilih oleh kakak Dinda ini bernama Asri Kahfi Kasura yang juga merupakan sahabat Dinda Hauw.

Kedekatan Asri Kasura dan Arsyadan Qisthi ini tak lepas dari peran Dinda Hauw. Asri dikenalkan kepada Arsyadan melalui Dinda Hauw. Asri dan Dinda sudah menjalin hubungan persahabatan kurang lebih selama 10 tahun, dan kini keduanya pun sudah menjadi satu keluarga. Selama menjalin persahabatan dengan Dinda, Asri menuturkan jika dirinya tidak mengetahui kalau Dinda punya abang.

Asri Kahfi Kasura atau yang lebih akrab disapa Aci ini merupakan alumni mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang merantau ke Jakarta. Kedekatan antara Asri dan keluarga besar Dinda Hauw pun cukup sering diunggahnya di akun Instagram. Pada Lebaran bulan Mei 2020 lalu, Asri juga menghabiskan waktu bersama calon suami dan keluarga besar Dinda.

Pada 17 Agustus 2020, Asri Kahfi Kasura pun sudah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Dinda Hauw. Asri dan Dinda tentunya merasa bahagia karena yang sebelumnya menjadi sahabat, kini sudah menjadi satu keluarga.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret Asri Kahfi Kasura, sahabat Dinda Hauw yang kini menjadi kakak ipar, Rabu (19/8/2020).

1. Asri Kahfi Kasura merupakan mahasiswa alumni Universitas Sumatera Utara.

Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)
Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)

2. Asri menjalin hubungan persahabatan dengan Dinda Hauw selama kurang lebih 10 tahun.

Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)
Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)

3. Selama kenal Dinda, Asri mengaku tidak mengetahui jika Dinda punya seorang abang bernama Arsyadan Qisthi lho.

Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)
Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)

4. Dalam berbagai momen, Asri Kasura sudah terlihat sangat dekat dengan Dinda, khususnya keluarga besar Dinda.

Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)
Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)

5. Dalam akun Instagram pribadinya, kakak ipar Dinda Hauw ini kerap mengunggah kebersamaannya bersama keluarga besar Dinda.

Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)
Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/asrikasura)

6. Pada 17 Agustus 2020, selain menjadi sahabat, Asri Kasura pun kini menjadi kakak ipar Dinda Hauw.

Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/alimoto.id)
Potret Asri Kahfi Kasura. (Sumber: Instagram.com/alimoto.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raline Shah Tampil Dengan Busana Adat Bali, Bicara Soal Cinta Sejati

Posted: 18 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ada satu catatan menarik dari perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia pekan ini, yakni penampilan Raline Shah menggunakan busana adat Bali yang diunggah di akun Instagram.

Raline Shah mengunggah tiga foto beda pose baru-baru ini. Mengenakan kemben berhiaskan kalung emas, Raline Shah melengkapi penampilannya dengan selendang.

Selendang warna saliwah motif floral itu menggantung di bahu kiri Raline Shah. Kepalanya berhiaskan mahkota keemasan membentuk huruf u terbalik, rilisan rumah mode Aryuna Bali.

 

Bhineka Tunggal Ika

Raline Shah. (Foto: Instagram @ralineshah)
Raline Shah. (Foto: Instagram @ralineshah)

"Selamat Merayakan HUT ke 75 Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika," ungkap Raline Shah menyertai foto yang diunggah pada Senin (17/8/2020) malam. Keesokan harinya, dua foto lain dipasang.

Masih mengenakan gaun yang sama, bintang film 5 Cm dan Surga Yang Tak Dirindukan berpose dalam gambar semi closeup. Raline Shah bicara tentang cinta sejati.

Cinta Sejatiku...

Raline Shah. (Foto: Instagram @ralineshah)
Raline Shah. (Foto: Instagram @ralineshah)

"Dimanapun aku berada, cinta sejatiku tetap Indonesia. Selamat Merayakan HUT ke 75 Indonesiaku," tulis aktris kelahiran Jakarta, 4 Maret 1985. Di foto terakhir, Raline Shah menulis unek-unek. 

Masih mengunggah foto dengan busana adat Bali, sang aktris menjelaskan alasan selama ini lebih banyak diam kala suhu politik Tanah Air memanas atau terjadi kasus besar yang jadi isu nasional. 

Mendoakan daripada Mengutarakan

Raline Shah. (dok. Instagram @pomelo/https://www.instagram.com/p/B9YTfgEDIst/Dinny Mutiah)
Raline Shah. (dok. Instagram @pomelo/https://www.instagram.com/p/B9YTfgEDIst/Dinny Mutiah)

Sebenarnya finalis Puteri Indonesia 2008 ini punya pendapat sendiri. Namun Raline Shah berpikir mendoakan yang terbaik bagi bangsa jauh lebih baik ketimbang adu argumen di medsos.

"Kalau tentang urusan negara memang aku lebih banyak diam bukan karena tidak punya opini, tetapi aku memang lebih suka diam dan mendoakan daripada mengutarakan," tulis Raline Shah.

Cantik Level Paripurna

Raline Shah. (Liputan6.com/IG/@ralineshah)
Raline Shah. (Liputan6.com/IG/@ralineshah)

Foto Raline Shah direspons positif warganet maupun kalangan selebritas. Komika Muhadkly Acho mengirim emotikon api menyala. Marsha Timothy mengirim tanda hati untuk foto ini.

Warganet berakun @henicheltris28 berkomentar, "Cantiknya paripurna." Sementara akun @dytapuspitas menyebut Raline Shah, "Aset bangsa, nih." Akun @argaarya_ menulis, "Aku melihat masa depan Indonesia."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Cetak Laba Rp 10,2 Triliun di Semester I 2020

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil meraup laba Rp 10,2 triliun di semester I 2020. Angka tersebut lebih rendah dari laba tahun sebelumnya di periode yang sama sebesar Rp 16,16 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan, sejak awal Covid-19 melanda Indonesia, BRI telah berkomitmen untuk melindungi dan membangkitkan UMKM karena UMKM jadi sektor paling terdampak pandemi.

"Meski kita fokus ke UMKM tapi bisnis BRI tetap tumbuh positif. Aset secara konsolidasi mencapai Rp 1.387,76 triliun atau tumbuh 7,73 persen hingga Juni 2020," ujar Sunarso dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/8/2020).

Lalu hingga akhir Juni 2020, Dana Pihak Ketiga (DPK) BRI konsolidasian tercatat memcapai Rp 1.072,50 triliun atau tumbuh 13,49 persen yoy. Pencapaian ini lebih tinggi dari penghimpunan DPK industri perbankan di bulan Juni 2020 yang tercatat sebesar 7,95 persen yoy.

"DPK BRI didominasi oleh dana murah (CASA) sebesar 55,81 persen," kata Sunarso. Di sisi lain, pandemi mampu mendorong transaksi digital di BRI sehingga mampu mendongkrak pencapaian pendapatan berbasis komisi. Hingga akhir Semester I 2020, pendapatan berbasis komisi BRI tercatat sebesar Rp 7,46 Triliun atau tumbuh 18,59 persen yoy. BRI juga mampu menjaga loan to deposit ratio (LDR) secara ideal di angka 86,06 persen, atau lebih rendah dengan LDR BRI di akhir Juni 2019 sebesar 92,81 persen. Sementara itu, permodalan BRI terjaga dengan CAR sebesar 20,15 persen.

Lalu untuk Non Performing Loan (NPL) BRI terjaga di angka 2,98 persen bank only dan 3,1 persen secara konsolidasi, dengan NPL coverage mencapai 187,73 persen hingga akhir Juni 2020.

Krisis yang tengah terjadi saat ini menjadi akselerator transformasi yang telah dilakukan BRI sejak 2016 lalu. Transformasi yang dilakukan BRI semata-mata untuk menyelamatkan UMKM agar lapangan kerja tercipta.

"Meningkatkan produktivitas UMKM artinya sama dengan meningkatkan penyerapan tenaga kerja, karena UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia," pungkas Sunarso.

Intip Kunci Tetap Produktif Selama WFH Ala BRI

Dokumentasi: Bank BRI
Dokumentasi: Bank BRI

Kiprah milenial menjadi hal yang dibutuhkan saat ini. Pasalnya generasi ini dianggap mampu beradaptasi secara cepat dengan teknologi. Terlebih di masa akselerasi digital imbas pandemi covid-19. Di sisi lain, sebelum krisis kali ini, angkatan generasi milenial juga pernah merasakan kejatuhan pada krisis moneter pada 1997-1998.

Untuk itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) senantiasa membuka lebar kesempatan bagi insan milenial yang ingin bergabung. BRI terus melakukan penyesuaian kultur perusahaan, yang kali ini mengarah pada fleksibilitas.

Direktur Human Capital BRI Herdy Rosadi Harman mengatakan, adanya pandemi covid-19 ini mendorong percepatan menuju revolusi perusahaan berbasis digital. Dimana kebanyakan dari populasi yang melek teknologi berasal dari rentang usia milenial.

"Jadi kalau dari survey kami, mereka merasakan (WFH) lebih banyak protifnya," ujar Herdy dalam BRI #SharingSession Topics : Culture Transformation BRI, Selasa (12/8/2020).

Herdy mengatakan, umumnya pihak manajemen perusahaan akan mengkhawatirkan produktivitas karyawannya jika bekerja dari rumah. Namun kini berbeda. Herdy mengakui bahwa kepercayaan penuh dapat menjaga kinerja karyawan selama WFH.

"Ternyata survey kita nggak (mengkhawatirkan/tetap produktif) tuh, oke-oke (saja). Kita pastikan semua pakai aplikasi sehingga bisa dimonitor, yang namanya absen itu tidak harus datang fisiknya ke kantor," kata Herdy.

Herdy bahkan mengakui jika pada kenyataannya, bekerja secara daring justru menambah jam kerja. "To be honest, sekarang kita kerja waktu juga jadi nggak relevan, almost 24 hour a day," kata dia.

"Yang penting kita enjoy ajalah," sambung dia. Sesuai dengan tagline BRI Working at BRI has to be fun' Herdy menyebutkan bahwa kunci dari produktivitas adalah perasaan bahagia dengan lingkungan yang mendukung. "Keep your spirit high and stay young forever. Karena produktivitas itu baru muncul kalau dibikin dalam fun environment," sebut Herdy.

"Makanya di BRI ini lagi menggenjot habis-habisan yang namanya culture agent yang jumlahnya cukup fantastis. Ini untuk memastikan protokol pandemi dilakukan, memastikan budaya yang kita harapkan terkawal. Ini mulai diintensifkan. Yang penting mereka harus sampai pada ide-ide yang kreatif dalam suasana yang fun," tandas dia.

Wahai Milenial, Siapkan 3 Hal Ini jika Ingin Bergabung dengan BRI

Ilustrasi pelayanan Bank Rakyat Indonesia.
Ilustrasi pelayanan Bank Rakyat Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus melakukan penyesuaian kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) baru di perbankan. Dimana saat ini merupakan pasa produktif bagi para milenial. Hal ini agar estafet pembangunan perekonomian melalui perbankan dapat diberikan kepada tangan yang tepat.

"Dari sisi rekruitmen, kita buka multi channel untuk recruitment. Jadi kita pengen fokus dalam membangun orang," ujar Direktur Human Capital BRI Herdy Rosadi Harman dalam BRI #SharingSession Topics: Culture Transformation BRI, Selasa (12/8/2020).

Selain itu, Herdy juga mengaku BRI terus berbenah agar dilirik oleh para pencari kerja, utamanya milenial dan fresh graduate.

"Pencari kerja yang kita sasar itu belum tahu bahwa ada perusahaan sebagus BRI ini," kata dia.

Untuk itu, Herdy menyebutkan tiga kriteria utama bagi milenial untuk bergabung dengan BRI. Pertama, harus memiliki prestasi akademi di atas rata-rata. Kemungkinan besar, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi perubahan secara cepat di masa yang akan datang.

"Satu, punya prestasi akademi di atas rata-rata. Kedua punya prestasi non akademis. Punya ketampilan di non akademis. Ketiga, jangan lupa, yang kita cari anak-anak yang peduli sama masyaraat, sama bangsanya," kata Herdy.

Untuk syarat ketiga, Herdy memberikan penekanan khusus. Menurutnya, hal ini sangat penting, mengingat apa yang akan diemban ketika bergabung dengan BRI menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Yang kita cari mereka yang tidak asik (sendiri) dengan dunianya. Jadi mereka yang mikirin masyarakat. Kita butuh sesuatu, bangsa kita butuh sesuatu. Biasanya anak-anak yang begini, di sekolah aktif di kegiatan sosial, nah ini yang kita sasar," tukas Herdy. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Video Dunia Terkejut Prabowo Akan Jadi Wakil Presiden RI

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui pencarian Crowd Tangle pada Rabu (19/8/2020), dengan kata kunci Prabowo, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah akun Facebook yang menyebut Prabowo Subianto bakal menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia (RI).

Akun Facebook yang menggunggah video Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI adalah Sarjana Militer. Video itu diunggah pada Selasa (19/8/2020) pukul 06.10 WIB.

Begini narasi yang dijadikan judul oleh Sarjana Militer:

"DUNI4 TERKEJUT !! PRABOWO RESMI AKAN JDI W4K1L PRESIDEN INDONESIA.."

Video itu sedang viral setelah mendapat 455 respons, 120 komentar, dan dibagikan lebih dari 100 kali oleh warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkan Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI?

 

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenarannya dengan menonton video tersebut sampai habis. Video itu mempunyai durasi 12 menit dan 17 detik.

Sayangnya, hingga video berakhir, tidak ada pernyataan resmi dari pihak Istana Negara yang menyatakan Prabowo bakal menjadi Wakil Presiden RI, menggantikan Ma'ruf Amin.

Video tersebut isinya hanya kumpulan pidato beberapa tokoh. Para tokoh yang berpidato di video tersebut antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Isi pidato mereka juga tidak membahas Prabowo membuat dunia terkejut dengan menjadi Wakil Presiden RI.

Namun, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan fakta menarik. Tim menemukan pidato Prabowo di video unggahan Sarjana Militer.

Dalam pidatonya, Prabowo tidak membahas dirinya bakal naik jabatan dari Menteri Pertahanan menjadi Wakil Presiden RI. Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan pidato Prabowo itu di Instagram Kementerian Pertahanan, @kemhanri.

Dalam videonya di Instagram Kemenhan, Prabowo menyampaikan ucapan HUT ke-75 RI, sesuai kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan.

Kesimpulan

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Video dengan narasi Dunia Terkejut, Prabowo Bakal Resmi Menjadi Wakil Presiden RI adalah salah. Faktanya, di video tersebut tidak ada pernyataan resmi yang menyebut Prabowo bakal menggantikan posisi Ma'ruf Amin. 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Persiapan Lyon Jelang Hadapi Bayern Munchen di Semifinal Liga Champions

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Para pemain Lyon berdiri di lapangan selama sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)
Para pemain Lyon berdiri di lapangan selama sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Para pemain Lyon berdiri di lapangan selama sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Pemain Lyon Moussa Dembele (kiri) dan Karl Toko Ekambi berlari saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)
Pemain Lyon Moussa Dembele (kiri) dan Karl Toko Ekambi berlari saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Pemain Lyon Moussa Dembele (kiri) dan Karl Toko Ekambi berlari saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Pemain Lyon Memphis Depay memberi isyarat saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)
Pemain Lyon Memphis Depay memberi isyarat saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Pemain Lyon Memphis Depay memberi isyarat saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Penjaga gawang Lyon Anthony Lopes berdiri di depan gawang saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)
Penjaga gawang Lyon Anthony Lopes berdiri di depan gawang saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Penjaga gawang Lyon Anthony Lopes berdiri di depan gawang saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Pelatih Lyon Rudi Garcia menendang bola saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)
Pelatih Lyon Rudi Garcia menendang bola saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

Pelatih Lyon Rudi Garcia menendang bola saat sesi latihan di Stadion Restelo, Lisbon, Portugal, Selasa (18/8/2020). Lyon akan menghadapi Bayern Munchen pada pertandingan semifinal Liga Champions. (Franck Fife/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Cegah Pengguna Tonton dan Sebar Video Hoaks Covid-19

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan media sosial kini tengah melakukan berbagai upaya menghentikan penyebaran hoaks dan disinformasi mengenai Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan Facebook adalah mencegah pengguna menonton dan membagikan video hoaks Covid-19. Demikian dilaporkan jurnalis NBC News Zadrozny.

Adapun upaya Facebook ini mengacu pada penyebaran video konspirasi mengenai Covid-19, Plandemic: Indoctornation. Video ini adalah sebuah seri lanjutan dari film serupa yang berjudul Plandemic.

Untuk mengurangi penyebarannya, pihak Facebook melarang pengguna me-repost link ke video hoaks ini. Video Plandemic sebelumnya juga sudah diunggah ulang ke situs yang lain.

Tak hanya Facebook, Twitter melakukan upaya pencegahan serupa. Menurut The Verge, Rabu (19/8/2020), Twitter tidak memblokir link video tersebut, namun mengirimkan peringatan kepada para pengguna yang telah mengklik link tersebut.

Twitter mengingatkan, video tersebut "memiliki potensi spam dan tidak aman."

Penjelasan Twitter

(ilustrasi/guim.co.uk)
(ilustrasi/guim.co.uk)

Kepada The Verge, Twitter mengkonfirmasi, pihaknya memilih untuk memberikan peringatan kepada pengguna alih-alih memblokir link tersebut.

Kendati demikian, Twitter akan mengevaluasi klip pendek apapun yang diunggah secara langsung berdasarkan kasus per kasus. Twitter kemudian menghapus klip yang dianggap mengandung hoaks atau disinformasi.

Sementara itu, saluran streaming asal London Real yang mengunggah video tersebut melaporkan, video itu telah ditangguhkan LinkedIn sebelum pemutaran perdananya.

Tentang Video Hoaks Covid-19

Facebok, Logo Facebook. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Facebok, Logo Facebook. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Menurut CrowdTangle, unggahan asli London Real yang ditautkan ke Facebook memiliki sekitar 53 ribu interaksi. Versi video yang diunggah ulang ke YouTube masih ada, tetapi jumlah penayangannya di bawah 200 kali.

Video Plandemic sendiri memiliki durasi 26 menit dan diunggah ke media sosial, mempromosikan berbagai klaim yang salah tentang pandemi Covid-19. Salah satu klaim salahnya adalah, penggunaan masker justru mengaktifkan virus Corona.

Disinformasi lain yang ada di Plandemic termasuk teori konspirasi tentang pendiri Microsoft Bill Gates yang dianggap ada di belakang pandemi ini.

(Tin/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Barcelona Ngobrol Sana-sini demi Pertahankan Lionel Messi

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Presiden Barcelona, Josep Bartomeu berjanji Lionel Messi akan bertahan. Bartomeu menegaskan Messi akan menjadi pilar utama dalam proyek pemugaran Barcelona di bawah kepelatihan Ronald Koeman.

"Saya telah berbicara dengan Koeman dan pilar utama proyek kami adalah Messi," kata Bartomeu seperti dilansir Sportskeeda.

Seperti diketahui, Messi kabarnya berniat angkat kaki dari Barcelona. Gosip tersebut muncul setelah Barcelona dihajar 2-8 oleh Bayern Munchen di perempat final Liga Champions.

Kekalahan itu berbuntut kepada pemecatan Quique Setien dari kursi pelatih. Desakan untuk merombak struktur tim juga muncul dari Gerard Pique dalam komentarnya usai pertandingan.

Manajemen Barcelona merespon hal tersebut dengan menunjuk Ronaldo Koeman. Tak hanya itu, mereka juga mencopot Eric Abidal dari kursi Direktur Olahraga.

 

Berbicara dengan Messi

Ronald Koeman (John MACDOUGALL / AFP)
Ronald Koeman (John MACDOUGALL / AFP)

Bartomeu mengatakan, dirinya masih kerap berdiskusi dengan Messi dan keluarganya. Ia pun memahami jika pemain asal Argentina itu kecewa dengan hasil yang diraih Barcelona musim ini.

"Messi kecewa seperti yang lainnya. Kami harus optimistis. Kami punya waktu bersedih sekitar satu atau dua hari, tetapi kami sekarang sudah bangkit," kata Bartomeu.

Masih Punya Kontrak

Lebih lanjut, Bartomeu juga yakin Messi akan bertahan. Pasalnya, ia masih terikat kontrak hingga Juni 2021.

Lagipula, Koeman pun tampaknya tidak tertarik untuk melepas Messi di bursa transfer. "Dia nomor satu di dunia. Tidak ada alasan bahwa di bawah Koeman, Messi tak lagi menjadi andalan," katanya mengakhiri.

 

Tanpa Trofi

Di sisi lain, Barcelona sendiri mengakhiri musim ini tanpa gelar satu pun. Di kompetisi domestik, mereka kalah bersaing dengan Real Madrid.

Barcelona finis di posisi kedua di Liga Spanyol. Sementara, di Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, langkah mereka terhenti di fase gugur.

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Ariel NOAH Bicara Balikan dengan Mantan

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ariel NOAH diundang menjadi tamu di channel YouTube Augie Fantinus. Augie Fantinus mengajak Ariel NOAH untuk bermain basket. Di sela kegiatan bermain basket, Augie Fantinus berkesempatan berbincang dengan Ariel NOAH seputar kehidupannya.

Salah satu yang disinggung Augie Fantinus kepada Ariel NOAH yakni soal pacar dan asmara. Saat Augie Fantinus bertanya soal kehidupan asmara, Ariel NOAH justru memberikan jawaban yang membuat bapak satu anak itu tertawa.

"Riel, sekarang lagi sendiri apa enggak?" tanya Augie Fantinus.

"Sekarang lagi sendiri apa enggak, enggak dong. Ini lagi ramai-ramai. Sudah, sudah," jawab Ariel NOAH disambut tawa.

Sulit Diceritakan

Augie Fantinus. (Bola.com/Budi Prasetyo Harsono)
Augie Fantinus. (Bola.com/Budi Prasetyo Harsono)

Ariel NOAH mengungkapkan dirinya cukup sulit untuk berbicara soal kehidupan asmaranya. "Riel, lagi ada pacar nggak?" tanya Augie Fantinus lagi.

"Susah untuk diceritakan. Iya masalahnya susah untuk diceritakan," jawab Ariel NOAH.

Lagu Baru

(Deki Prayoga/Dream.co,id)
(Deki Prayoga/Dream.co,id)

"Patokannya gini lah kalau Ariel lagi ada pacar atau enggak simple, lagi ada lagu baru enggak?," kata Augie Fantinus. "Ada (kalau) lagu baru," timpal Lukman yang berada disamping Ariel NOAH.

Balikan dengan Mantan

Vokalis Band Noah, Ariel. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Vokalis Band Noah, Ariel. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Augie Fantinus kembali bertanya kepada Ariel NOAH, jika diminta memilih antara balikan sama personel lama atau balikan sama mantan pacar.

"Balikan sama personel lama atau balikan sama mantan?" tanya Augie Fantinus.

Jawaban Ariel NOAH

Ariel NOAH (Liputan6.com/IG/@ariel_inst)
Ariel NOAH (Liputan6.com/IG/@ariel_inst)

"Wah mending sama mantan. Kalau balikan sama personel lama mah ada hitung-hitungannya, ada hitungan royalti. Kalau mantan nggak ada hitungan royalti, enggak ada," ujar Ariel NOAH tertawa. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Datang ke Nikahan Mantan, Pengantin Pria Malah Diusir dari Pelaminan

Posted: 18 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi konyol dilakukan seorang pria yang datang ke pernikahan sang mantan. Sambil mengenakan baju pengantin, ia mengusir mempelai pria dari pelaminan demi hal ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz Positif Covid-19

Posted: 18 Aug 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Payakumbuh - Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz terkonfirmasi positif Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, Rabu (19/8/2020) mengatakan, seluruh pegawai di kantor Balai Kota Payakumbuh akan dilakukan tes usap.

"Iya, hari ini ada tiga penambahan kasus positif Covid-19 di Payakumbuh. Kami sedang melakukan pelacakan terkait ini," katanya.

Warga lainnya yang terkonfirmasi positif hari ini adalah salah seorang guru SMA negeri di Payakumbuh berinisial K (59) dan satu orang penjual makanan di kantin RSUD Payakumbuh berinisial ES (63)

Selanjutnya pasien ZR (56) yang merupakan keluarga dari pasien Z (61). Setelah itu ADY (38).

Salah seorang guru yang positif ini didapatkan dari tes usap massal yang dilaksanakan di Payakumbuh sebelum pelaksanaan tatap muka.

Ia mengatakan pihaknya memang mewajibkan seluruh guru yang ada di Kota Payakumbuh termasuk guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang merupakan kewenangan provinsi untuk melakukan tes usap.

"Ini bentuk protektif, tentu kami ingin memberikan rasa kenyamanan bagi orang tua ketika melepas anaknya kembali ke sekolah," katanya.

Dengan masih bertambahnya kasus positif Covid-19 di Payakumbuh, Bakhrizal meminta agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami ingatkan bahwa Covid-19 belum habis, jadi tetap patuhi protokol kesehatan, jangan lengah," ujarnya

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Citra Kirana dan Erica Putri Saat Pakai Baju Kembar, Curi Perhatian

Posted: 18 Aug 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kakak beradik selebriti, Erica Putri dan Citra Kirana saat ini sama-sama tengah menantikan kelahiran anak mereka. Kakak dan adik ini memang cukup dikenal sebagai seorang aktris yang selalu mengunggah berbagai momen di akun Instagram.Bahkan, keduanya juga beberapa kali mengunggah momen bersama saat hamil di akun Instagram masing-masing. 

Bahkan, ketika hamil pun baik Citra Kirana ataupun Erica Putri beberapa kali terlihat menggunakan busana senada. Penampilan kakak beradik ini pun langsung mencuri perhatian publik. Pasalnya. keduanya kerap tampil kompak dengan baju kembar serta sama-sama tengah mengandung.

Gaya Citra Kirana dan sang kakak saat hamil bareng ini juga kerap menjadi sorotan. Tak sedikit netizen yang sering merasa gemas sekaligus iri dengan kekompakan dua saudara kandung ini.

Penasaran bagaimana kekompakaan kakak beradik ini? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret Citra Kirana dan Erica Putri saat pakai baju kembar, Rabu (19/8/2020).

1. Erica Putri dan Citra Kirana beberapa kali terlihat menggunakan busana serupa di akun Instagram masing-masing.

Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/ericaputrii)
Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/ericaputrii)

2. Meski menggunakan busana kembar, akan tetapi keduanya memilih mengenakan warna berbeda.

Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/ericaputrii)
Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/ericaputrii)

3. Bahkan, saat keduanya tengah berlibur di luar negeri tak jarang pula jika Citra Kirana dan sang kakak terlihat menggunakan baju kembar.

Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)
Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)

4. Penampilan keduanya dengan menggunakan baju kembar pun sering mencuri perhatian netizen.

Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)
Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)

5. Keduanya memang cukup dekat sebagai saudara kandung, bahkan kini Citra Kirana dan Erica Putri sama-sama tengah hamil.

Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)
Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)

6. Meski tengah mengenakan piyama kembar, penampilan kakak beradik ini tetap terlihat memesona.

Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)
Erica Putri dan Citra Kirana (Sumber: Instagram/citraciki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asteroid Seukuran SUV Terpantau NASA Melintas Dekat Bumi

Posted: 18 Aug 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah asteroid seukuran SUV melewati Bumi dengan jarak kurang lebih 2.950 km. Aktivitas benda langit ini menjadikanya sebagai asteroid terdekat yang pernah diamati melewati planet kita, kata NASA pada Selasa, 18 Agustus.

Jika bertabrakan dengan Bumi, asteroid bernama 2020 QG itu kemungkinan besar tidak akan menyebabkan kerusakan, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (19/8/2020).

"Malah akan hancur di atmosfer, menciptakan bola api di langit, atau meteor," kata Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dalam sebuah pernyataan.

Asteroid yang panjangnya sekitar 3 hingga 6 meter, melintas di atas Samudra Hindia selatan pada Minggu pukul 04.08 GMT.

Objek itu bergerak dengan kecepatan hampir 12,3 km per detik, jauh di bawah orbit geostasioner sekitar 35.405 km di mana sebagian besar satelit telekomunikasi berada.

Asteroid itu pertama kali terekam enam jam setelah pendaratan Zwicky Transient Facility, sebuah teleskop di Palomar Observatory di California Institute of Technology.

Badan antariksa AS mengatakan bahwa asteroid berukuran serupa melewati Bumi pada jarak yang sama beberapa kali per tahun.

Tapi mereka sulit untuk direkam, kecuali mereka menuju langsung ke planet, dalam hal ini ledakan di atmosfer biasanya terlihat - seperti di Chelyabinsk, Rusia pada tahun 2013, ketika ledakan sebuah objek dengan panjang sekitar 20 meter.

 

Misi NASA

Ilustrasi planet alien Kepler-186f yang diyakini sebagai kembaran Bumi (NASA Ames/SETI Institute/JPL-Caltech)
h)

Salah satu misi NASA adalah memantau asteroid yang lebih besar yang sebenarnya bisa menjadi ancaman bagi Bumi, tetapi peralatan mereka juga melacak asteroid yang lebih kecil.

"Sangat keren melihat asteroid kecil datang sedekat ini, karena kita bisa melihat gravitasi bumi secara dramatis membelokkan lintasannya," kata Paul Chodas, direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi di NASA.

Menurut perhitungan JPL, asteroid berputar sekitar 45 derajat karena tarikan gravitasi Bumi.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Akan Pasang Masker di Patung Jenderal Sudirman, Untuk Apa?

Posted: 18 Aug 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana memasang masker di patung Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Rencananya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dan memasangkan masker tersebut.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menyatakan kehadiran Anies untuk pemasangan masker masih dirapatkan terlebih dahulu.

"Karena pukul 15.00 WIB kami rapatkan dulu di KDH (Biro Kepala Daerah DKI Jakarta). Sudah ada rencananya (pemasangan masker) cuma kita harus belajar juga karena sore takut ganggu lalin juga," kata Satriadi, saat dihubungi, Rabu (19/8/2020).

Dia mengaku tidak mengetahui tujuan pemasangan masker tersebut. Sebab pihaknya hanya selaku menyediakan peralatan saat pemasangan masker.

"Prinsipnya kalau pemadam kebakaran hanya membantu proses pemasangannya saja. Nanti kita pakai unit tangga, itunya (pelaksanaanya) dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," ucapnya.

 

Kasus Covid-19 di Jakarta Terus Bertambah

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 505 kasus pada Selasa (18/8/2020).

Sedangkan saat ini jumlah kasus secara akumulasi di Jakarta sebanyak 30.597 kasus.

"Untuk jumlah kasus aktif sampai saat ini sebanyak 9.064 orang yang masih dirawat atau isolasi," kata Dwi dalam keterangan pers.

Sedangkan sebanyak 20.505 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 67 persen.

"Sedangkan sebanyak 1.028 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 3,4 persen," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

God Bless di Era Pandemi: Tangan Kaku, Single Baru, hingga Rencana Konser Virtual

Posted: 18 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus Corona Covid-19 terbukti telah menghajar berbagai aspek kehidupan. Dunia musik Indonesia pun jadi salah satu korbannya.

Tanyakan saja kepada Ian Antono, gitaris grup rock legendaris, God Bless. "Tangan saya sampai kaku karena berbulan-bulan tak main gitar. Habis malas, gak ada job," ujar Ian dalam jumpa pers virtual single baru Godbless, "Untuk Indonesiaku", Selasa (18/8).

Namun, pria kelahiran Malang itu tentu tak rela kepiawaiannya bergitar hilang begitu saja. Ian menceritakan, dirinya lalu menghubungi sang vokalis, Ahmad Albar, untuk kembali beraktivitas, bermusik.

"Saya ke rumah Iyek (panggilan akrab Ahmad Albar). Saya bilang, kalau lama seperti ini, kita enggak bisa main band lagi," ujar Ian dalam jumpa pers yang juga dihadiri personel God Bless lainnya, seperti Ahmad Albar, Donny Fattah (bass), Abadi Soesman (kibor), serta Fajar Satritama (drum), dan dipandu Adib Hidayat itu.

Alhasil, God Bless pun kembali antusias berlatih, mengahasilkan karya, meski masih di masa pandemi. Single "Untuk Indonesiaku" pun resmi dirilis Senin, 17 Agustus 2020, bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Bukan Karya Biasa

Para personel Godbless saat menggelar jumpa pers virtual dipandu Adib Hidayat (kanan), Selasa (18/8). (Instagram/stagelyfe)
Para personel Godbless saat menggelar jumpa pers virtual dipandu Adib Hidayat (kanan), Selasa (18/8). (Instagram/stagelyfe)

Ini jelas bukan karya biasa. Sesuai judulnya, lagu ini berisi sebuah kesaksian tentang wujud cinta kepada Tanah Air dari perspektif seniman.

Bagi God Bless, ini juga pertama kalinya, grup yang telah menelurkan tujuh album studio ini merilis karya dalam bentuk single.

Selain itu, ada pertimbangan dramatis yang menjadikan "Untuk Indonesiaku" sebuah karya penting bagi God Bless. Lagu ini merupakan karya terakhir dari musisi senior mendiang Areng Widodo.

Areng Widodo, yang juga dikenal sebagai bassist andal, memang bukan nama asing bagi God Bless. Bahkan bisa dibilang, mantan personel Golden Wing ini merupakan rekan seperjuangan Godbless.

Areng Widodo adalah pencipta lagu hits Ahmad Albar "Syair Kehidupan" di tahun 1980. Belakangan lagu ini juga sering dibawakan God Bless di berbagai pentas.

Areng Widodo juga merupakan pencipta semua lagu yang dinyanyikan Ahmad Albar di album "Dunia Huru-Hara" yang dirilis tahun 1981 dan "Dunia Dibakar Api" (1988).

Bersama Donny Fattah, Areng juga pernah bekerja sama menggarap album Daun Daun Surga milik Bangkit Sanjaya, tahun 1985. Sementara Ian Antono pernah bekerjasama dengan Areng untuk dua lagunya, "Jarum Neraka" (1984) dan "Tangan-Tangan Setan" (1985) yang melambungkan nama Nicky Astria.

Permintaan Terakhir

Para personel Godbless dari kiri ke kanan: Abadi Soesman, Donny Fatah, Ahmad Albar, Fajar Satritama, bersama Adib Hidayat (tengah).  (Instagram/godblessrocks)
Para personel Godbless dari kiri ke kanan: Abadi Soesman, Donny Fatah, Ahmad Albar, Fajar Satritama, bersama Adib Hidayat (tengah). (Instagram/godblessrocks)

Ian menuturkan, Areng meminta agar God Bless mau membawakan lagu "Untuk Indonesiaku", saat dirinya bersama istri dan wartawan senior Denny Mr, menjenguk Areng, di RS Paru Dr. Goenawan Partowidigdo di kawasan Cisarua, Bogor, 30 Oktober 2019.

Sehari kemudian, Areng, yang juga sempat meraih Piala Citra sebagai Penata Musik Terbaik untuk film "Jangan Renggut Cintaku" di Festival Film Indonesia 1990 ini meninggal dunia.

Namun, menurut Ian, bukan hanya saat itu, almarhum meminta God Bless menyanyikan lagunya. Sudah sejak tiga bulan sebelumnya, Areng mengungkapkan keinginannya itu kepada Ian.

"Almarhum ingin lagu ini menjadi seperti Kebyar-Kebyar," Ian Antono bercerita. Kebyar-Kebyar adalah lagu ciptaan almarhum Gombloh, yang belakangan seperti menjadi "mars" di Hari Kemerdekaan Indonesia. Setiap tanggal 17 Agustus, lagu ini selalu berkumandang.

Tidak Banyak Berubah

God Bless. (ist)
God Bless. (ist)

Karena lagunya sudah jadi, proses rekamannya pun jadi mudah bagi para personel God Bless. "Memang tidak banyak perubahan. Lagu, lirik, harmonisasinya sudah jadi," ujar Ahmad Albar.

Donny dan Abadi Soesman juga merasa begitu. "Bass saya tinggal mengikuti adanya lagu," Donny menuturkan.

Hanya Fajar, yang mengaku sedikit memberikan tambahan, agar nuansa marsnya semakin kental. Dalam hal ini, Fajar mengaku terpengaruh dari lagu-lagu band nu metal asal Amerika Serikat, Slipknot.

"Saat rekaman, saya sempat beberapa kali ganti snare drum untuk mendapatkan nuansa itu," ujar Fajar, yang juga drummer Edane.

Sementara soal lirik, semua personel Godbless sepakat, bahwa lirik yang ditulis Areng Widodo ini sangat luar biasa. Ian pun mengaku langsung sreg saat permata kali membaca lirik "Untuk Indonesiaku".

Donny sendiri tak heran jika Areng Widodo mampu menghasilkan lirik yang begitu indah. Sebab, menurut Donny, dari dulu, lirik yang dibuat Areng selalu bagus.

"Saya kenal almarhum sejak tahun 1970-an. Tapi belakangan, lirik beliau jadi lebih nasionalis, menyentuh. Seolah dia ingin mengatakan bahwa seniman juga harus peduli kepada negaranya," Donny menuturkan.

Hal ini juga yang membuat Godbless jadi begitu mudah masuk dan larut menjiwai lagu "Untuk Indonesiaku". Sebab, semua personel God Bless juga memiliki pemikiran sama.

Konser Virtual

Kelompok musik legendaris God Bless Ahmad Albar dan Ian Antono beraksi pada The 90's Festival di Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Dalam penampilannya, God Bless membawakan sejumlah lagu hits seperti Semut Hitam, Panggung Sandiwara, dan Rumah Kita. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kelompok musik legendaris God Bless Ahmad Albar dan Ian Antono beraksi pada The 90's Festival di Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Dalam penampilannya, God Bless membawakan sejumlah lagu hits seperti Semut Hitam, Panggung Sandiwara, dan Rumah Kita. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ahmad Albar sendiri menyebut God Bless akan merilis album terbaru mereka tahun depan. Namun, dalam waktu dekat, mereka berencana menggelar konser virtual, termasuk tribut untuk Areng Widodo.

"Ya, konser online sudah dibicarakan secara matang," Ahmad Albar menjelaskan.

Konser virtual memang dirasa penting mereka gelar, karena kondisi pandemi yang masih belum jelas kapan berakhir. Selain itu, konser ini juga bisa jadi pengobat rindu bagi para penggemar mereka.

Bagi God Bless, penggemar memang segalanya. Para personel Godbless terkenal dekat dengan para penggemar mereka yang tergabung dalam Godbless Community Indonesia (GBCI).

Tak heran, God Bless pun mengajak para penggemar mereka untuk ikut berpartisipasi dalam pembuatan klip lagu "Untuk Indonesiaku" ini.

Caranya dengan mengunggah video dengan tema "merah putih" berdurasi satu menit di Instagram pribadi. Sertakan tagar #UntukIndonesiaku dan tag ke @godblessrocks.

Pengiriman video ditunggu hingga 20 Agustus 2020. "Nanti kita pilih bersama-sama," ujar Fajar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peserta SKB CPNS 2019 Bisa Ikut Tes Susulan, Ini Syaratnya

Posted: 18 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memberikan kesempatan bagi peserta Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 (SKB CPNS 2019) dalam keadaan tertentu untuk mengikuti tes di lain hari. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 17/SE/VII/2020.

"Apabila peserta dengan hasil pengukuran suhu lebih dari sama dengan 37,3 Derajat Celcius berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan tidak dapat mengikuti tes, maka peserta diberikan kesempatan mengikuti tes pada sesi cadangan satu hari setelah jadwal akhir seleksi," demikian dikutip dari SE Kepala BKN No 17/SE/VII/2020, Rabu (19/8/2020).

Sementara, meskipun hasil pengukuran suhu tubuh peserta SKB CPNS 2019 lebih dari sama dengan 37,3 Derajat Celcius, namun dinyatakan masih mampu untuk melanjutkan tes, maka diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah (ruangan khusus) dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah (faceshield).

Untuk diketahui, BKN telah mengumumkan jadwal dan lokasi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 yang melamar pada instansi tersebut. Informasi tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor 15/PANPELBKN/CPNS/VIII/2020.

Dalam surat pengumuman tersebut, ada sebanyak 427 peserta yang berhak mengikuti tes SKB CPNS 2019 untuk BKN. Adapun pelaksanaan ujiannya nanti akan digelar di 28 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Pada surat itu, BKN juga menetapkan sejumlah ketentuan dan tata tertib pelaksanaan SKB, hingga bahan materi pokok untuk masing-masing jabatan fungsional di instansi tersebut pada CPNS 2019.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Titik Lokasi

Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebagai informasi, pelaksanaan SKB CPNS 2019 secara keseluruhan akan mulai digelar pada 1 September-12 Oktober 2020. Jadwal pelaksanaan tersebut disampaikan dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor K 26-30/V 116-4/99 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019.

Adapun jadwal pelaksanaan SKB CPNS untuk setiap instansi telah diumumkan pada 18 Agustus 2020. Jadwal tes di masing-masing instansi tersebut diumumkan setelah melewati proses pendaftaran ulang untuk bisa mengikuti tes SKB.

Untuk informasi mengenai daftar nama peserta, titik lokasi tes hingga tanggal pelaksanaan SKB CPNS 2019 di BKN, bisa dilihat pada tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Relokasi Pabrik dari China, Perusahaan AS dan Eropa Butuh Biaya USD 1 Triliun

Posted: 18 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan Eropa sedang mempertimbangkan untuk memindahkan lokasi pabrik atau relokasi dari China imbas pandemi Covid-19. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan relokasi tersebut ternyata bernilai USD 1 triliun selama 5 tahun.

Menurut riset Bank of America, seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (19/8/2020), sebelum pandemi, perusahaan-perusahaan ini sebenarnya sudah berencana memindahkan lokasi pabrik gegara banyak hal seperti keamanan nasional hingga perubahan iklim.

Namun, dalam sebuah studi baru, Kepala Riset Global Bank of America Candace Browning dan timnya menyatakan, Covid-19 telah mengkatalisasi perubahan ini.

"Alasannya, pergeseran ke 'kapitalisme pemangku kepentingan,' menyimpulkan relokasi mendukung komunitas pemegang saham, konsumen, karyawan, dan negara yang lebih luas," jelas Browning.

Sementara, para analis mengamati beberapa kasus relokasi gagal karena hubungan "sekutu" antar negara.

Para analis juga mengatakan, biaya relokasi yang cukup besar kemungkinan akan mengurangi pengembalian ekuitas sebesar 70 basis poin (bp) dan margin arus kas bebas sebesar 110 bp, diimbangi dengan premi risiko yang berpotensi lebih rendah. Hal ini relokasi ini akan berdampak negatif secara signifikan kepada perusahaan, meskipun tidak "berbahaya".

Laba atas ekuitas dan margin arus kas bebas digunakan oleh investor untuk menilai profitabilitas perusahaan dan kemampuan untuk mempertahankan operasinya sehari-hari. Brown bilang, relokasi ini juga akan membuat manajemen perusahaan bertindak dan membuat kebijakan lebih agresif.

"Pembuat kebijakan juga diharapkan membantu melalui keringanan pajak, pinjaman berbiaya rendah, dan subsidi lainnya dengan pengumuman baru-baru ini dari AS, Jepang, UE, India, dan Taiwan," katanya.

Pada tingkat sektoral, para peneliti Bank of America menyatakan, saham di bidang teknik dan permesinan konstruksi, otomatisasi pabrik dan robotika, manufaktur peralatan listrik dan elektronik, perangkat lunak aplikasi, dan layanan serupa lainnya akan mendapatkan keuntungan dari percepatan tren ini.

Sementara itu, bank-bank di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Selatan juga dapat menerima dorongan dari aktivitas ekonomi yang lebih besar dengan adanya perubahan ini.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Mantap, Perusahaan AS Siap Pindah Pabrik dari China ke Jateng

Pemerintah provinsi Jawa Tengah siap memulai 'Gerakan 35 Juta Masker' untuk Jateng.
Pemerintah provinsi Jawa Tengah siap memulai 'Gerakan 35 Juta Masker' untuk Jateng.

Sebelumnya, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang bergerak di bidang industri lampu tenaga surya, PT CDS Asia (Alpan Lighting), bakal merelokasi pabriknya dari China ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Pemindahan ini karena kemudahan investasi yang diberikan pemerintah provinsi setempat.

"Ini karena Pak Gubernur yang memudahkan dan memfasilitasi perusahaan kami untuk bisa berinvestasi di Jawa Tengah. Kami berharap kebijakan ini dilanjutkan karena kami sudah sangat dibantu oleh tim bapak," kata President and CEO Alpan Lighting Danny Sooferian saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng), seperti dikutip dari Antara, pada Senin 10 Agustus 2020. 

Ia mengungkapkan sebelumnya telah melakukan survei ke sejumlah negara seperti Vietnam, Thailand, dan Philipina, terkait dengan lokasi pemindahan pabriknya di China.

"Dan akhirnya kami memilih Indonesia, terutama di Provinsi Jawa Tengah. Alasan lebih khusus karena Jateng memiliki kapasitas pekerja yang bagus dan ada dukungan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Ia juga mengaku tidak salah memilih Jawa Tengah (Jateng) yang begitu tanggap dengan kebutuhan perusahaan. "Kami akan banyak merekrut tenaga-tenaga kerja potensial dan berkualitas di Jateng," kata Danny.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peretail Inggris Marks & Spencer akan Pangkas 7.000 Pekerja

Posted: 18 Aug 2020 09:15 PM PDT

Seorang pelanggan meninggalkan toko Marks and Spencer di pusat kota London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)
Seorang pelanggan meninggalkan toko Marks and Spencer di pusat kota London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Seorang pelanggan meninggalkan toko Marks and Spencer di pusat kota London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Pejalan kaki berjalan melewati cabang toko Marks and Spencer di pusat kota London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)
Pejalan kaki berjalan melewati cabang toko Marks and Spencer di pusat kota London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Pejalan kaki berjalan melewati cabang toko Marks and Spencer di pusat kota London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Seorang perempuan melewati tanda di cabang toko Marks and Spencer di London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Seorang perempuan melewati tanda di cabang toko Marks and Spencer di London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Seorang perempuan melewati tanda di cabang toko Marks and Spencer di London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Sebuah bus melewati cabang toko Marks and Spencer di London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Sebuah bus melewati cabang toko Marks and Spencer di London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Sebuah bus melewati cabang toko Marks and Spencer di London, Selasa (18/8/2020). Peretail Inggris, Marks & Spencer pada Selasa (18/8) mengumumkan rencananya untuk memangkas 7.000 pekerja dalam tiga bulan ke depan di tengah pandemi COVID-19. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KNKT Ungkap Hasil Investigasi Kecelakaan di Jember

Posted: 18 Aug 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan hasil investigasi kecelakaan maut di Jalan Raya Jember-Banyuwangi di Desa Sempolan yang mengakibatkan sejumlah korban jiwa dan luka-luka pada pekan lalu.

Pemaparan hasil investigasi kecelakaan maut di Sempolan itu dilakukan tim KNKT dalam rapat yang berlangsung di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa, 18 Agustus 2020.

"Kami melakukan investigasi karena sering terjadi kecelakaan di Jalan Raya Jember-Banyuwangi dan kecelakaan tersebut mengakibatkan banyak korban jiwa," ujar Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan, seperti dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, pihaknya mendapat informasi dari staf Dinas Perhubungan Jember terkait kecelakaan maut yang terjadi di Sempolan dan info awal korban dalam kecelakaan itu sebanyak delapan orang. Namun, korban dipastikan lima orang yang meninggal dunia sehingga KNKT memutuskan turun untuk investigasi.

"Penyebab kecelakaan itu karena kesalahan prosedur mengemudi dari sopir truk fuso sehingga menyebabkan rem blong saat jalan menurun," tutur dia.

Tiga Kesalahan Pengemudi

Dalam investigasi, tim KNKT wawancara dengan pengemudi truk fuso dan melihat kondisi sejumlah kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut di Desa Sempolan tersebut.

"Ada tiga kesalahan utama pengemudi dari hasil investigasi yang dilakukan KNKT, yakni menggunakan gigi persneling tinggi di turunan, mengocok rem atau menginjak rem berulang, dan mencoba memindahkan gigi persneling ke gigi rendah," tutur dia.

Ia mengatakan, menggunakan gigi persneling tinggi di turunan menyebabkan daya rem berkurang (brake fading) dan setelah terjadi brake fading biasanya pengemudi akan menginjak rem berulang-ulang dan menyebabkan tekanan angin tekor hingga di bawah 8 bar.

Kondisi itu mengakibatkan pedal rem dan pedal kopling tidak bisa digunakan. Dengan kondisi itu, pengemudi mencoba memindahkan gigi persneling ke gigi rendah dengan dua kemungkinan, yakni jika tenaganya kuat persneling akan masuk ke gigi netral, tetapi jika tenaganya lemah persneling tetap di gigi tinggi, sehingga menyebabkan rem blong.

"Kami juga sudah melakukan wawancara dengan pengemudi yang menyampaikan bahwa kendaraan dari atas berjalan dengan kecepatan normal dan berkali-kali menggunakan rem untuk mengurangi kecepatan," tutur dia.

Pengemudi juga merasakan pedal rem keras tidak bisa diinjak, kemudian pengemudi memindahkan gigi persneling ke gigi rendah dan masuk gigi netral yang menyebabkan truk meluncur dengan cepat sehingga pengemudi hanya bisa membunyikan klakson.

"Hasil pemeriksaan kendaraan truk fuso yakni kampas rem masih baik, air tank dalam kondisi kosong (tidak ada udara), terdapat klakson telolet, kandungan air dalam minyak rem tinggi di atas 4, dan terdapat kebocoran seal pada tromol dan minyak rem tumpah ke kampas," ujar dia.

Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Jember-Banyuwangi, tepatnya di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, pada Kamis petang, 13 Agustus 2020 yang menyebabkan lima orang tewas dan lima korban lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan terjadi karena truk fuso bermuatan kedelai mengalami rem blong hingga menabrak satu truk colt diesel dan enam sepeda motor. Atas kejadian itu, polisi sudah menetapkan sopir truk fuso berinisial SY menjadi tersangka dalam kecelakaan beruntun itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Praktis, Bisa dari Komputer dan HP

Posted: 18 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan ukuran foto penting untuk diketahui. Mengecilkan foto terkadang diperlukan untuk mengunggah foto dengan ukuran kecil.

Ukuran foto yang besar terkadang bisa menyulitkanmu untuk mengunggah atau mengolahnya. Beberapa jejaring sosial dan perpesanan memiliki batas ukuran tertentu untuk sebuah gambar dapat diunggah.

Solusi dari ukuran foto yang besar adalah dengan cara mengecilkan ukuran foto. Ada banyak cara mengecilkan ukuran foto. Kemajuan teknologi membuat cara mengecilkan ukuran foto makin mudah.

Cara mengecilkan ukuran foto bisa dilakukan secara online atau menggunakan aplikasi sederhana. Cara mengecilkan ukuran foto ini juga tidak membuat gambar kehilangan kualitasnya.

Berikut 5 cara mengecilkan ukuran foto yang praktis tanpa mengurangi kualitas gambar, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (19/8/2020).

Cara mengecilkan ukuran foto dengan paint

Ilustrasi komputer (pixabay.com)
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Cara mengecilkan ukuran foto yang pertama adalah menggunakan software bawaan Paint dari Windows. Cara mengecilkan ukuran foto ini cukup praktis karena kamu tak perlu menginstal software lainnya.

Jika kamu hanya perlu mengubah ukuran satu gambar pada satu waktu dan tidak ingin memasang aplikasi pihak ketiga, Paint adalah solusi pengubahan ukuran yang cukup baik. Berikut cara mengecilkan ukuran foto dengan Paint:

1. Di Paint, buka foto dengan membuka menu File, lalu klik menu "Open".

2. Temukan dan pilih foto yang ingin kamu ubah ukurannya, lalu klik tombol "Open".

3. Pada tab Home dari toolbar Paint, klik tombol "Resize".

4. Paint memberimu opsi untuk mengubah ukuran berdasarkan persentase atau piksel. Ini menggunakan persentase secara default. Kamu juga bisa menentukan ukuran yang kamu inginkan. Saat kamu mengetik nilai horizontal atau vertikal, Paint secara otomatis membuat nilai lain bagimu untuk mempertahankan dimensi gambar asli.

5. Pilih persentase yang kamu inginkan, atau dimensi yang diinginkan, lalu klik tombol "OK".

6. Foto sudah selesai dikecilkan ukurannya.

Cara mengecilkan ukuran foto dengan Photoshop

ilustrasi komputer (Sumber: Unsplash) / Domenico Loia
ilustrasi komputer (Sumber: Unsplash) / Domenico Loia

Ada beberapa cara mengecilkan ukuran foto dengan Photoshop. Cara tersebut di antaranya adalah dengan Image Size, Canvas Size, Crop Tool, dan Transform Tool. Cara mengecilkan ukuran foto dengan Image Size adalah langkah yang paling mudah dan sederhana.

Cara mengecilkan ukuran foto dengan Image Size:

Cara termudah untuk mengubah ukuran gambar di Photoshop adalah melalui panel Image Size. Kamu dapat mengaksesnya melalui menu Image> Image Size yang terdapat di bilah menu atas.

1. Buka foto yang akan dikecilkan. Pilih menu Image> Image Size.

2. Di bawah opsi Fit To, kamu dapat memilih dari serangkaian ukuran gambar yang telah ditentukan sebelumnya. Pilih ukuran yang sesuai lalu tekan OK dan Photoshop akan menyesuaikan ukuran foto.

3. Kamu juga bisa mengubah ukuran foto dengan menyetting opsi Width, Height, dan Resolution.

4. Setelah selesai mengubah ukuran, pilih OK, dan Photoshop akan mengubah ukuran fotomu.

5. Klik save untuk menyimpan hasil editan.

Cara mengecilkan ukuran foto secara online

Ilustrasi laptop | Pixabay
Ilustrasi laptop | Pixabay

Di internet banyak situs-situs tempat kamu dapat mengecilkan ukuran foto secara online. Semua dapat kamu akses secara gratis. Yang kamu butuhkan adalah koneksi internet yang stabil.

Cara resize gambar secara online inipun sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan gambar atau foto yang ingin kamu resize ke situs-situs tersebut dan situs itu akan me-resizenya sesuai dengan permintaanmu.

Berikut beberapa situs yang bisa mengecilkan foto secara online:

Situs compressjpeg.com

Di sini kamu dapat men-drag langsung gambar yang akan diresize dan gambar akan secara otomatis diproses. Kamu juga dapat melihat preview dari gambar dan dapat mengubah ukuran dan kualitas foto sesuai yang kamu inginkan. Situs ini juga dapat meresize gambar dalam format PNG serta dokumen PDF juga, lho.

Situs resizeimage.net

Di situs ini kamu dapat memotong dan me-resize gambar sekaligus. Kamu juga dapat mengatur proporsi gambar dan mengurangi ukuran file secara signifikan tanpa kehilangan kualitas gambar. Kamu juga dapat mengunggah gambar dalam format JPEG, PNG, GIF atau BMP.

Situs Kraken.io

Situs ini memungkinkan kamu untuk me-resize beberapa gambar sekaligus secara cepat. Kraken adalah aplikasi online yang dapat dengan mudah mengubah ukuran beberapa format gambar seperti JPEG, PNG, GIF, SIV dll tanpa mengubah kualitas gambar.

Situs imageenlarger.com

Situs gratis ini memungkinkan kamu untuk mengecilkan dan membesarkan gambar tanpa kehilangan kualitas atau menimbulkan distorsi. Kamu juga dapat mengunggah hingga 6 mb file gambar dan format gambar yang didukung adalah jpg, png, gif, bmp.

Situs resize-photos.com

Seperti namanya, Resize Photos adalah salah satu resizer gambar berbasis web terbaik yang dapat kamu gunakan saat ini. Pada dasarnya situs ini adalah web gratis yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran dan mengompresi gambar secara online.

Selain itu, Resize Photos juga memungkinkan kamu untuk menerapkan efek seperti border, refleksi, bayangan, keterangan gambar secara sederhana.

 

Cara mengecilkan ukuran foto di HP

Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pixabay
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pixabay

Bagi kamu yang ingin mengecilkan ukuran foto di HP, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang ada. Banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran foto di HP. Berikut aplikasi untuk mengecilkan foto di HP:

Photo Compress & Resize

Photo Compress & Resize membantumu mengurangi ukuran atau resolusi gambar dengan cepat. Photo Compress & Resize menggunakan teknik kompresi lossy yang cerdas untuk mengurangi ukuran file foto. Dengan mengurangi jumlah warna pada gambar secara selektif, lebih sedikit byte yang dibutuhkan untuk menyimpan data. Efeknya hampir tidak terlihat tetapi membuat perbedaan yang sangat besar dalam ukuran.

Image Size - Photo Resizer

Image Size - Photo Resizer merupakan aplikasi untuk mengubah ukuran gambar ke ukuran apa pun yang kamu inginkan. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan.

Photo & Picture Resizer: Resize, Reduce, Batch

Jika kamu ingin mengurangi ukuran atau resolusi gambar dengan cepat, Smart Image Resizer adalah pilihan yang tepat. Photo Resizer memungkinkanmu mengurangi ukuran foto dengan mudah tanpa kehilangan kualitas. Kamu tidak perlu menyimpan gambar yang diubah ukurannya secara manual, karena foto secara otomatis disimpan dalam folder terpisah berjudul 'Pictures / PhotoResizer'.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Sarang Burung Walet Asal Riau Tembus Rp 753 Miliar di Semester I 2020

Posted: 18 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Pekanbaru mencatat adanya peningkatan fasilitasi pemeriksaan perkarantinaan terhadap komoditas subsektor peternakan berupa sarang burung walet (SBW) asal Riau sepanjang masa pandemi.

Tercatat sebanyak 75,35 ton SBW dengan nilai ekonomi Rp 753 miliar pada semester I 2020, meningkat sekitar 10 ton jika dibandingkan dengan jumlah pengiriman di periode yang sama pada periode serupa 2019 yakni 65,37 ton saja.

"Kualitasnya bagus dan telah memenuhi persyaratan sanitari dan fitosanitari sehingga laris juga di pasar global," kata Kepala Karantina Pertanian Pekanbaru, Rina Delfi melalui keterangan tertulisnya (19/8/2020).

Rina menjelaskan, saat ini di Riau terdapat 124 rumah walet dari 8 perusahaan pengolahan sarang walet yang telah teregistrasi. Di antara perusahaan tersebut, terdapat 1 perusahaan dan masih menunggu persetujuan dari otoritas karantina China agar dapat langsung ekspor.

"Saat ini SBW Riau masih dikirim ke Jakarta, Medan dan Surabaya untuk diolah sebelum diekspor ke tiga negara yakni Hongkong, Cina dan Australia, sehingga nilai tambah belum dapat dinikmati langsung oleh pelaku usaha, peternak maupun pemda," papar Rina.

Khusus untuk komoditas sarang burung walet, pihaknya melakukan pendampingan kepada pelaku usaha baik industri maupun pengolahan produk, percepatan layanan sertifikasi karantina, dan registrasi rumah walet.

Selain itu, bagi pelaku agribisnis yang tertarik terjun ke industri ini atau komoditas pertanian lainnya Rina juga memberikan fasilitasi berupa klinik ekspor.

"Ini sejalan dengan gerakan tigakali lipat ekspor, Gratieks yang digagas bapak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo), kami membuka akses informasi yang seluas-luasnya agar bisa memacu ekspor pertanian asal Riau," ujar dia.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Masuk Pasar Australia, Sarang Burung Walet Wajib Kantongi 3 Syarat Ini

Panen sarang burung walet di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Dok Humas Kabupaten Mentawai)
Panen sarang burung walet di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Dok Humas Kabupaten Mentawai)

Kementerian Pertanian melalui Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Badan Karantina Pertanian (Barantan) menyebutkan setidaknya ada tiga persyaratan teknis yang harus dipenuhi komoditas Sarang Burung Walet (SBW) agar dapat masuk pasar Australia.

Pertama, tidak mengandung bovine/ovine/caprine material. Kedua, telah melalui perlakuan pemanasan steril komersial pada suhu 1.000 derajat celcius dan F0 mencapai 2,8. Ketiga, menggunakan kemasan kedap udara (hermetically sealed).

"Persyaratan mengacu pada import condition yang ditetapkan oleh Biosecurity Australia," kata Kapus Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Agus Sunanto dalam keterangan tertulis, Senin (15/6/2020).

Menurut Agus, untuk memenuhi persyaratan teknis ini maka diperlukan pemanasan steril komersial. Secara rinci, dia menjabarkan ada tiga tahap yang harus dilakukan.

Antara lain, alat pemanas harus diverifikasi pada kondisi pemanasan steril komersial. Kemudian Standar Operasional Prosedur (SOP) pemanasan dikembangkan berdasarkan hasil verifikasi, serta pencatatan proses pemanasan yang dilakukan oleh operator.

"Proses pemanasan ini sangat penting untuk menjamin keamanan sarang burung walet baik dari kemungkinan membawa penyakit hewan asal unggas seperti Avian Influenza, New Castle Disease dan penyakit lain, maupun risiko cemaran mikroba," jelasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Suzuki XL7 Melejit di Masa Pandemi

Posted: 18 Aug 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu model baru, Suzuki XL7 tidak hanya mendapatkan respon yang positif di pasar dalam negeri. Mobil keluarga yang diproduksi di Tanah Air ini, juga mengalami peningkatan permintaan untuk pasar ekspor.

Berdasarkan data dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), XL7 terjual sebanyak 2.694 unit atau meningkat 541 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Dijelaskan Aris Yuliyantoro, Assistant Dept Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), lonjakan ekspor di masa pandemi ini membangun optimisme bahwa ekonomi di banyak negara mulai pulih. Momentum ini akan digunakan Suzuki untuk terus menggenjot volume ekspor XL7.

"Terbukti pada Juli 2020, XL7 menjadi model ekspor Suzuki nomor satu. Bahkan sejak diluncurkan di Indonesia pada Februari, XL7 telah berkontribusi 22,2 persen dari total ekspor Suzuki," terang Aris, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (19/8/2020).

Saat ini, XL7 yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) atau komponen lokal sebesar 85 persen, berhasil dipasarkan ke 20 negara lebih, dan telah diluncurkan di beberapa negara seperti Barbados, Trinidad & Tobago, Vietnam, dan Filipina.

Negara tujuan ekspor bakal ditambah

Bahkan di Thailand, XL7 diluncurkan di acara otomotif paling bergengsi Bangkok International Motor Show 2020. Jumlah tujuan negara ekspor pun akan terus ditingkatkan seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian.

Tingginya minat konsumen internasional terhadap XL7 karena produk tersebut memiliki kualitas yang tinggi, dan diproduksi menggunakan teknologi paling mutakhir serta fasilitas berstandar internasional di pabrik Cikarang, Bekasi.

"Peningkatan jumlah unit ekspor XL7 ini juga menandakan Indonesia berhasil menjadi pilar ke-3 Suzuki Global serta menjadi basis produksi dan ekspor XL7. Sebagai basis produksi Suzuki terbesar ke-3 di dunia, kami akan terus menghadirkan produk berkualitas untuk para pecinta Suzuki di Indonesia maupun internasional," tutup Aris.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Lantik 17 Anggota Komisi Kedokteran Indonesia 2020-2025

Posted: 18 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melantik 17 anggota Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) masa jabatan Tahun 2020-2025 di Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu (19/8). Pelantikan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Para anggota konsil diangkat sesuai dengan SK Keppres No 55/M/2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan keanggotaan konsil kedokteran Indonesia (KKI). Mereka pun membacakan sumpah dan Jokowi menyaksikan.

"Dengan sungguh untuk melaksanakan tugas ini langsung atau langsung tidak menjanjikan apapun kepada siapapun juga serta tidak menerima langsung atau tidak langsung suatu pemberian," ucap serentak para anggota KKI dihadapan Jokowi di Istana Negara, Rabu (19/8).

 

17 Anggota KKI

Berikut 17 nama keanggotaan KKI yang dilantik periode 2020-2025 :

1. dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD.KEMD,. FINASIM, wakil dari Ikatan Dokter Indonesia

2. Dr.dr.Dollar,SH.,MH wakil dari Ikatan Doketer Indoenesia

3. drg. Nurdjamil Sayuti,MARS., wakil dari persatuan dokter gigi Indonesia

4. drg. Nadhyanto,Sp.Pros., wakil dari persatuan Dokter Gigi Indonesia

5. dr. Pattiselanno Robert Johan,MARS, wakil dari asosiasi institusi pendidikan kedokteran Indonesia

6. drg. Achmad Syukrul A,.M.M., wakil dari asosiasi institusi pendidikan kedokteran Indonesia

7. Prof. Dr.dr Bachtiar Murtala,Sp.Rad (K)., wakil dari kolegium kedokteran

8. drg. Andriani,Sp.Ort., F.I.C.D., wakil dari kolegium kedokteran gigi

9. Sdr. Vonny Naouva Tubagus, MD., Radiologis, wakil dari asosiasi rumah sakit pendidikan Indonesia

10. dr. Ni Nyoman Mahartini, Sp.PK (K), wakil dari asosiasi rumah sakit pendidikan Indonesia

11. Drs. Mohammad Agus Samsudin wakil dari tokoh masyarakat

12. Prof Intan Ahmaf Musmeina, Ph.D., wakil dari tokoh masyarakat

13. Drs. Hisyam Said., M.Sc., wakil dari tokoh masyarakat

14. Prof. Dr. Taruna Ikrar, M. Biomed., Ph.D wakil dari Kementerian kesehatan

15. drg. Sri Rahayu Mustikowati,M.Kes., CFrA., wakil dari Kementerian kesehatan

16. Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono,M. Biomed.,PBO wakil dari kementerian pendidikan dan kebudayaan

17. dr. Hj. Mariatul Fadilah,MARS., Ph.D., wakil dari kementerian pendidikan dan kebudayaan

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gus Amik Dinilai Cocok Dampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya

Posted: 18 Aug 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah partai politik menilai Miratul Mukminin atau yang biasa disapa Gus Amik layak mendampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya, 9 Desember 2020.

Menurut Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari, Machfud Arifin memang cocok digandeng dengan siapa pun, termasuk Gus Amik.

"Siapa pun berpeluang mendampingi MA (Machfud Arifin) dalam Pilkada Surabaya 2020. Sosok MA yang tinggi elektabilitasnya memudahkan baginya untuk memilih pendampingnya," kata Lucy saat menanggapi beredarnya foto MA bersandingan Gus Amik di media sosial, seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/8/2020).

Diketahui Gus Amik merupakan mantan Wakil Bupati Magetan dan pernah menjabat Pelaksana Tugas Bupati Magetan.

Selain itu, Gus Amik yang merupakan saudara dekat mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan juga memimpin Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran, Magetan.

Pada Pemilu 2029, Gus Amik didapuk menjadi Koordinator Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) pada Pemilu 2019. Di JKSN, dia bergandengan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Saat ditanya soal kemungkinan MA menggandeng Gus Amik yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran sekaligus adik mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Lucy Kurniasari mengatakan bahwa hal itu bisa saja terjadi.

Meski demikian, kata dia, koalisi pengusung MA yang berjumlah delapan parpol itu memiliki banyak stok yang dapat dijadikan pendamping untuk memenangkan MA dalam Pilkada 2020, salah satunya tentu Gus Amik.

Selain Gus Amik, kata anggota DPR RI ini, partai pengusung lain juga sama peluangnya untuk mendampingi MA. Calon yang diusulkan masing-masing partai pengusung memiliki popularitas dan elektabilitas yang baik.

 

Seleksi Pendamping Machfud Arifin

Sekretaris DPD PAN Surabaya Endras Heru mengatakan bahwa hingga saat ini masih dalam verifikasi bakal calon wakil wali kota setempat yang akan mendampingi MA.

"Insyaallah, minggu depan sudah ada ada nama bakal cawawali yang direkomendasi semua partai pengusung," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya B.F. Sutadi mengaku hingga saat ini belum mengetahui kabar tersebut.

"Belum tahu Mas, tanyakan kepada Pak MA," katanya singkat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali Uji Coba Konser Drive In, Begini Gambarannya

Posted: 18 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sehari setelah peringatan HUT ke-75 RI, Selasa, 18 Agustus 2020, konser musik berkonsep Hybrid Drive in Concert digelar di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar, Bali. Konser tersebut merupakan simulasi kegiatan pertunjukan luar ruang yang selama berbulan-bulan dorman akibat pandemi Covid-19.

Acara tersebut melibatkan sekitar 70 mobil undangan terbatas dengan kapasitas maksimum empat orang atau menempati 50 persen kapasitas area Gong Perdamaian. Para undangan bukan hanya menyaksikan pertunjukan di atas panggung, melainkan juga jadi pelaku simulasi.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (19/8/2020), simulasi dimulai sejak pre-event dengan persiapan kegiatan dari gudang masing-masing event supplier, proses loading, hingga pembangunan area pertunjukan. Sedangkan, simulasi untuk undangan dimulai dari saat kedatangan.

Undangan, pekerja event, musisi, serta semua pihak terlibat yang memasuki area simulasi konser musik diwajibkan meregistrasi melalui digital platform. Semua informasi disajikan dalam digital platform tersebut, mulai tata tertib, mekanisme pembelian makanan, menu, serta akses komunikasi dengan helpdesk serta medis.

Saat memasuki area kegiatan, undangan wajib menunjukkan QR code untuk dilakukan digital scan, kemudian dicek suhu badannya. Setelah lolos pemeriksaan awal, mobil wajib memasuki disinfectan chamber. Bagi panitia yang tidak membawa kendaraan, wajib melewati aseptic chamber.

Undangan juga bisa berfoto di photo wall. Di lokasi photo wall sekaligus titik pertama, penonton konser wajib untuk mencuci tangan menggunakan wastafel portabel dan portable hand sanitizer yang telah disediakan. Hasil foto diterima dalam bentuk digital.

Simulasi Konser

Konser Hybrid Drive in Concert digelar di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar, Bali. (dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf/Dinny Mutiah)
Konser Hybrid Drive in Concert digelar di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar, Bali. (dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Saat memasuki area utama, mobil menempati tempat parkir tersedia sesuai nomor stiker kendaraan yang dipasang di mobil. Di area ini, undangan juga memiliki akses terbatas, yaitu hanya bisa keluar dari mobil di area seluas 3,5 x 6 meter dan toilet. Penggunaan toilet pun dilakukan dengan protokol keamanan, yaitu dibersihkan oleh petugas setiap kali selesai digunakan.

Pun untuk pemesanan makanan, undangan bisa order melalui digital platform untuk mencegah kerumunan. Pembayaran dengan menerapkan sistem nontunai. Pasalnya, antrean di setiap booth UKM Kuliner hanya dibatasi maksimal lima orang dan hanya dilayani untuk pemesanan, serta pembayaran saja. Sedangkan, pesanan akan diantarkan oleh petugas UKM kuliner. 

Para musisi yang terlibat dalam konser tersebut adalah Balawan, Robi Navicula, Ope Indonesian Voice, Crazy Horse, dan Joni Agung & Double T. Mereka tampil di atas panggung dan disaksikan secara langsung, juga ada penampilan live dari Jakarta, yaitu Roy Jeconiah ex Boomerang.

Konsep gabungan offline dan online ini diklaim sebagai solusi tatanan adaptasi baru bidang event dengan adanya pembatasan kapasitas penonton. Pun untuk solusi bahwa kondisi pandemi bukan halangan bagi musisi, bahkan dari luar negeri, bisa ikut tampil live di atas panggung secara online.

Dalam simulasi ini juga ditunjukkan mekanisme penerapan protokol kesehatan bergantian antara pemberi sambutan dan musisi. Pengaturan backstage dan kru yang terlibat. Begitu pun untuk mekanisme pengaturan peliputan oleh media. Simulasi tersebut merujuk pada deklarasi program kepariwisataan dalam tatanan kehidupan Bali era baru dan digitalisasi pariwisata berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Harapan kami, kegiatan simulasi ini sebagai semangat bagi pelaku industri event, dan musisi untuk tetap berpikir positif dan terus kreatif serta terus memiliki harapan bahwa kondisi akan kembali pulih," ujar Ketua DPD IVENDO Bali, Grace Jeanie.

Tetap bisa berkegiatan dengan prinsip kehati-hatian. Dan tentunya, output dari simulasi ini menjadi draf usulan panduan dalam pelaksanaan kegiatan event. Video simulasi, nantinya juga bisa menjadi bahan promosi bagi Bali, menjadi bagian dari upaya pemulihan pariwisata Bali di bidang event," imbuhnya.

Didukung Kemenparekraf

Para penonton konser menempati mobil masing-masing. (dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf/Dinny Mutiah)
Para penonton konser menempati mobil masing-masing. (dok. Biro Komunikasi Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Grace menerangkan, manual panduan pelaksanaan event yang merujuk pada sejumlah protokol itu disusun sejak April 2020 bersama Kemenparekraf/Baparekraf. Hasil simulasi merupakan tahapan akhir yang harus dilewati sebelum jadi sebuah Dynamic Operating Procedure (DOP).

"Kegiatan ini pertama kali di Bali yang diselenggarakan oleh sekitar 46 industri event mulai event organizer, event supplier, musisi, dan MC. Selain itu, juga melibatkan UKM kuliner, tenaga medis hingga media, serta para stakeholder pariwisata sebagai peserta simulasi layaknya sebuah kegiatan pada umumnya," kata Grace.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung pelaksanaan simulasi protokol kesehatan dalam konser outdoor oleh para pekerja event di Bali yang tergabung dalam DPD IVENDO (Dewan Industri Event Indonesia) Bali.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar, Bali, pada 18 Agustus 2020 itu merupakan tindak lanjut dari penyusunan Standard Operational Procedure (SOP) di bidang penyelenggaraan kegiatan (event).

"Simulasi ini penting sebelum ditetapkan dalam protokol kesehatan di bidang penyelenggaraan kegiatan. Sehingga diharapkan penyelenggaraan kegiatan dapat kembali berjalan dan pekerja seni dapat produktif lagi namun tetap aman COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru," kata Rizki Handayani.

Ia menegaskan, Kemenparekraf/Baparekraf hanya menyusun panduan penerapan protokol, sementara untuk perizinan tetap menjadi wewenang pemerintah daerah. "Perizinan dilaksanakannya kembali berbagai kegiatan atau acara menjadi wewenang pemerintah daerah dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dari daerah tersebut," kata dia.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia-Produsen Obat Inggris Teken Kesepakatan soal Vaksin Corona COVID-19

Posted: 18 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Victoria - Wabah baru infeksi di zona terdampak Corona COVID-19 Australia di Victoria Australia tampaknya telah mereda pada Rabu, 19 Agustus 2020. Negara itu dilaporkan menandatangani kesepakatan untuk mengamankan potensi vaksin COVID-19, yang akan diluncurkan secara gratis ke negaranya.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (19/8/2020), Australia telah menandatangani kesepakatan dengan produsen obat Inggris AstraZeneca untuk memproduksi dan mendistribusikan cukup dosis vaksin Virus Corona COVID-19 potensial untuk populasi 25 juta, ujar Perdana Menteri Scott Morrison.

"Semua warga Australia akan diberikan dosis vaksin, tetapi panel medis akan menentukan daftar prioritas penerima vaksin," kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.

"Biasanya Anda akan berfokus pada mereka yang paling rentan, orangtua, petugas kesehatan, orang dengan disabilitas, tapi saya pikir akan ada penyerapan yang meluas di Australia," kata Hunt kepada Sky News.

AstraZeneca bulan lalu mengatakan, data yang baik sejauh ini mengenai vaksin COVID-19, sudah dalam uji coba skala besar pada manusia.

Dan secara luas dilihat sebagai vaksin terdepan dalam 'perlombaan' untuk dapat disuntikan pada manusia guna melawan Virus Corona baru.

Vaksin yang disebut AZD1222, dikembangkan oleh Universitas Oxford Inggris dan dilisensikan kepada AstraZeneca.

 

Pemberlakuan Jam Malam

Seorang perempuan berjalan di taman selama lockdown akibat penyebaran virus corona yang terus berlanjut di Melbourne, Kamis (6/8/2020). Negara bagian Victoria, hotspot COVID-19 di Australia, melakukan lockdown dan menutup bisnis ritel untuk mencegah penyebaran virus corona. (AP Photo/Andy Brownbill)
Seorang perempuan berjalan di taman selama lockdown akibat penyebaran virus corona yang terus berlanjut di Melbourne, Kamis (6/8/2020). Negara bagian Victoria, hotspot COVID-19 di Australia, melakukan lockdown dan menutup bisnis ritel untuk mencegah penyebaran virus corona. (AP Photo/Andy Brownbill)

Meningkatnya infeksi di negara bagian Victoria terpadat kedua di Australia memaksa pihak berwenang dua minggu lalu untuk memberlakukan jam malam.

Memperketat pembatasan pada pergerakan orang dan memerintahkan sebagian besar ekonomi negara bagian itu ditutup.

Negara bagian yang terletak di kawasan tenggara itu telah mengalami perlambatan dalam kasus baru dalam beberapa hari terakhir, menghilangkan kekhawatiran gelombang kedua infeksi nasional.

Victoria melaporkan 216 kasus harian baru dalam 24 jam terakhir, dibandingkan dengan 222 kasus sehari sebelumnya. Ini melaporkan 12 kematian dibandingkan dengan 17 pada hari Selasa kemarin.

Meskipun mengalami lonjakan infeksi baru dalam sebulan terakhir, Australia sebagian besar telah menghindari tingginya korban di negara lain dengan hanya di bawah 24.000 infeksi dan 450 kematian akibat virus.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Chrystia Freeland, Menkeu Perempuan Pertama Kanada

Posted: 18 Aug 2020 09:00 PM PDT

Chrystia Freeland bersiap dilantik sebagai Menteri Keuangan setelah perombakan kabinet di Rideau Hall di Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Chrystia Freeland bersiap dilantik sebagai Menteri Keuangan setelah perombakan kabinet di Rideau Hall di Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)

Chrystia Freeland bersiap dilantik sebagai Menteri Keuangan setelah perombakan kabinet di Rideau Hall di Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menyimak saat Wakil PM dan Menteri Keuangan Chrystia Freeland saat konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). PM Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menyimak saat Wakil PM dan Menteri Keuangan Chrystia Freeland saat konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). PM Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau menyimak saat Wakil PM dan Menteri Keuangan Chrystia Freeland saat konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). PM Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland berbicara saat menghadiri konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Dave Chan/AFP)
Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland berbicara saat menghadiri konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Dave Chan/AFP)

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland berbicara saat menghadiri konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Dave Chan/AFP)

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland berbicara selama konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)
Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland berbicara selama konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland berbicara selama konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Adrian Wyld/The Canadian Press via AP)

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada, Chrystia Freeland mengenakan masker saat menghadiri konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Dave Chan/AFP)
Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada, Chrystia Freeland mengenakan masker saat menghadiri konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Dave Chan/AFP)

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Kanada, Chrystia Freeland mengenakan masker saat menghadiri konferensi pers di Parliament Hill, Ottawa, Selasa (18/8/2020). Perdana Menteri Justin Trudeau mengangkat Chrystia Freeland sebagai menteri keuangan perempuan pertama Kanada. (Dave Chan/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Bom Israel Meledak di Jalur Gaza

Posted: 18 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasukan militer Israel melakukan serangan udara ke daerah jalur Gaza. Lebih dari satu kali bom meledak di daerah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Pemprov DKI Jakarta Adakan Razia Masker pada Tanggal Tertentu

Posted: 18 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai soal razia masker di DKI Jakarta. Pesan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan tersebut berisi narasi sebagai berikut:

"Tolong ingatkan 15-19 Agustus akan ada razia masker besar-besaran di DKI. Bukan hanya di jalan besar tapi sampai ke gang-gang. Ingatkan saudara, nyak, babe, encang encing, cucu ponakan. Untuk selalu pakai masker kalau keluar rumah."

Lalu benarkah pesan berantai soal razia masker di DKI Jakarta tersebut?

Penelusuran fakta:

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tersebut dengan mengunjungi website resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, data.jakarta.go.id.

Di sana terdapat artikel berjudul "[HOAKS] - RAZIA MASKER BESAR-BESARAN KHUSUS TANGGAL 15-19 AGUSTUS DI DKI JAKARTA" yang tayang 18 Agustus 2020. Berikut isinya:

"DISINFORMASI

Beredar pesan berantai dan screenshoot pada status Whatsapp mengenai informasi bahwa khusus tanggal 15 s.d 19 Agustus 2020 akan ada razia masker besar-besaran di DKI Jakarta. Lokasi razia masker tersebut tidak hanya di jalan besar tetapi juga ke area perkampungan.

PENJELASAN

Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta (18/08/2020), diperoleh informasi bahwa operasi masker selalu diadakan dengan Dasar Hukum Pergub 51 Pasal 7 Tahun 2020 tentang Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pencegahan Covid-19 sampai dengan pelaksanaan PSBB Transisi Berakhir. Operasi masker dari Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta tidak pernah dibatasi berdasarkan tanggal tertentu.

KESIMPULAN

Informasi mengenai Razia Masker yang hanya dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 19 Agustus di Jakarta, adalah tidak benar. Faktanya, operasi masker dari Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta selalu dan akan terus dilaksanakan berdasarkan ketentuan Dasar Hukum Pergub 51 Pasal 7 Tahun 2020 tentang Penerapan PHBS Pencegahan Covid-19 sampai dengan pelaksanaan PSBB Transisi berakhir. Untuk informasi lengkap mengenai kewajiban menggunakan masker pada saat beraktivitas/berkegiatan di luar rumah dapat dibaca dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 melalui https://jdih.jakarta.go.id/uploads/default/produkhukum/Pergub_51_Tahun_2020_Tentang_Pelaksanaan_PSBB_Transisi_.pdf.

Kategori Informasi: DisinformasiKategori Hoaks: Konten yang Salah (False Context)"

 

 
 
 
View this post on Instagram

❌❌❌ ... [DISINFORMASI] Beredar pesan berantai dan screenshoot pada status Whatsapp mengenai informasi bahwa khusus tanggal 15 s.d 19 Agustus 2020 akan ada razia masker besar-besaran di DKI Jakarta. Lokasi razia masker tersebut tidak hanya di jalan besar tetapi juga ke area perkampungan. ... [PENJELASAN] Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta (18/08/2020), diperoleh informasi bahwa operasi masker selalu diadakan dengan Dasar Hukum Pergub 51 Pasal 7 Tahun 2020 tentang Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pencegahan Covid-19 sampai dengan pelaksanaan PSBB Transisi Berakhir. Operasi masker dari Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta tidak pernah dibatasi berdasarkan tanggal tertentu. ... [KESIMPULAN] Informasi mengenai Razia Masker yang hanya dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 19 Agustus di Jakarta, adalah tidak benar. Faktanya, operasi masker dari Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta selalu dan akan terus dilaksanakan berdasarkan ketentuan Dasar Hukum Pergub 51 Pasal 7 Tahun 2020 tentang Penerapan PHBS Pencegahan Covid-19 sampai dengan pelaksanaan PSBB Transisi berakhir. Untuk informasi lengkap mengenai kewajiban menggunakan masker pada saat beraktivitas/berkegiatan di luar rumah dapat dibaca dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 melalui https://jdih.jakarta.go.id/uploads/default/produkhukum/Pergub_51_Tahun_2020_Tentang_Pelaksanaan_PSBB_Transisi_.pdf. ... Kategori Informasi: Disinformasi Kategori Hoaks: Konten yang Salah (False Context) Sumber Fakta: ... 1. Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta

A post shared by Jakarta Lawan Hoaks (@jalahoaks) on

Kesimpulan:

Ilustrasi hoax. (via: istimewa)
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

Pesan berantai yang menyebut akan ada razia masker besar-besaran di DKI Jakarta tanggal 15-19 Agustus 2020 adalah tidak benar.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Siapkan 20 Lokasi di Luar Negeri untuk SKB CPNS 2019

Posted: 18 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan 20 titik lokasi (Tilok) luar negeri untuk SKB CPNS Formasi Tahun 2019. Adapun 20 Tilok ini tersebar di sejumlah Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kantor Konsulat Jenderal, serta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia.

Untuk memastikan pelaksanaan SKB CPNS Tilok luar negeri dapat berjalan dengan optimal dan terjaga akuntabilitasnya, BKN bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan berkoordinasi langsung dengan perwakilan KBRI di Tilok yang sudah ditetapkan. Diketahui jumlah peserta Tilok luar negeri sejumlah 68 peserta, dengan peserta yang akan menggunakan CAT BKN sejumlah 38 peserta.

Sebelumnya, BKN telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan perwakilannya di Luar Negeri. Dalam rapat juga secara langsung mengundang seluruh perwakilan Kantor Regional (Kanreg) BKN, untuk membahas rangkaian persiapan pelaksanaan SKB CPNS di sebaran titik lokasi (Tilok) yang disusun berdasarkan pilihan peserta, baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyampaikan, dalam rangka meminimalisasi pergerakan peserta pada pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019, peserta dapat mengikuti tes di tempat terdekat, termasuk peserta tes yang sedang berada di luar negeri. "Peserta dapat mengikuti SKB di tempat terdekat, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan," ungkap Bima dikutip dari keterangan resmi, Rabu (19/8/2020).

Hal ini juga didasari atas tindak lanjut Surat Edaran (SE) Menpan tentang Rencana Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 mengenai teknis penyelenggaraan SKB dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, yang dilakukan dengan penetapan lokasi tes untuk meminimalisir pergerakan peserta antar wilayah. Sehingga, berdasarkan hasil pendaftaran ulang peserta SKB, tercatat sejumlah 68 peserta yang saat ini sedang berada di luar negeri.

Berdasarkan penjadwalan SKB yang dilaksanakan dari tanggal 10 – 14 Agustus 2020, jumlah peserta SKB CPNS per 12 agustus 2020 tercatat sejumlah 336.487 peserta. Meliputi 297.942 peserta SKB menggunakan CAT BKN (terdiri dari 51 Instansi Pusat sejumlah 44.631 Peserta dan 456 Instansi Daerah sejumlah 253.311 peserta). Sementara untuk Instansi Pusat yang tidak menggunakan CAT BKN sejumlah 38.545 peserta.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Hingga Batas Akhir, 317.856 CPNS Tercatat Telah Pilih Lokasi SKB

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan bahwa jumlah peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang telah memilih lokasi tes hingga batas waktu 7 Agustus 2020 pukul 23:59 WIB adalah 317.856 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dikutip dari laman Setkab, Sabtu (8/8/2020), tersedianya opsi pemilihan lokasi SKB yang dekat dengan posisi pelamar CPNS, menurut BKN, merupakan bagian upaya Pemerintah menekan pergerakan masyarakat sehingga potensi terpaparnya virus Covid-19 dapat berkurang.

BACA JUGA

Unik, KAI Teken Kerja Sama dengan Kejagung di Atas Kereta Untuk itu, BKN mengingatkan para pelamar CPNS untuk selalu menaati protokol kesehatan sebagaimana disampaikan Pemerintah.

Mulai hari ini, BKN menyampaikan bahwa mulai hari ini, Sabtu, 8 Agustus 2020, para pelamar CPNS sudah bisa mencetak kartu peserta ujian SKB.

Sebagai informasi, pelaksanaan dan materi SKB CPNS di instansi pusat selain dengan CAT, dapat pula berupa Tes potensi akademik, Tes praktik kerja, Tes bahasa asing, Tes fisik atau kesamaptaan, Psikotes, Tes kesehatan jiwa, dan/atau Wawancara.

Tes SKB CPNS tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 jenis atau bentuk tes.

Positif Covid-19, Peserta SKB CPNS Boleh Ikut Tes

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)
3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan, tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan digelar 1 September 2020 mendatang.

Banyak pertanyaan seputar pelaksanaan SKB CPNS 2019 di tengah pandemi Covid-19, salah satunya soal keikutsertaan peserta.

Merujuk pada Surat Edaran (SE) Kepala BKN Nomor 17/SE/VII/2020, ada ketentuan khusus yang diberikan kepada peserta dengan suhu tubuh tinggi di atas 37,3 derajat Celcius. Namun, bagaimana jika peserta ternyata positif terpapar Covid-19?

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen menjelaskan, ada beberapa langkah yang akan dilakukan untuk memastikan peserta bisa mengikuti tes, meskipun hasil rapid tesnya reaktif atau hasil swab tesnya positif Covid-19.

"Kalau hasil rapidnya reaktif, itu kan belum tentu positif Covid-19. Tapi jika setelah diswab test positif, maka kami akan meminta rekomendasi kepada Kementerian Kesehatan, apakah yang bersangkutan diizinkan ikut tes di lokasi," ujar Suharmen dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020).

Lalu, jika peserta SKB CPNS 2019 yang bersangkutan harus diisolasi mandiri, BKN akan memanfaatkan platform meeting online seperti Zoom untuk mengawasi peserta tes di tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan untuk menutup celah yang mungkin akan dimanfaatkan peserta untuk mengerjakan ujian dengan peran calo. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul di Geekbench, Zenfone 7 Pro Usung Snapdragon 865 Plus

Posted: 18 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asus secara resmi mengumumkan ROG Phone 3 sebagai salah satu ponsel pertama di dunia yang memakai prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865 Plus.

Selang sebulan resmi mengumumkan ROG Phone 3, Asus berencana untuk meluncurkan seri Zenfone 7 dan Zenfone 7 Pro pada 26 Agustus 2020 mendatang.

Disebutkan, selain Snapdragon 865 Asus juga akan menyematkan prosesor seri "Plus" ke salah satu model Zenfone 7.

Kini, informasi tersebut terkonfirmasi oleh basis data benchmarking Geekbench beserta dengan RAM 8GB yang diusungnya.

Dikutip dari laman 91Mobiles, Rabu (19/8/2020), ponsel dengan Snapdragon 865 Plus dan RAM 8GB ini memakai nomor model Asus_I002D.

Walau masih belum diketahui secara jelas, kemungkinan besar prosesor Snapdragon 865 Plus dan RAM 8GB itu akah hadir di seri Zenfone 7 Pro.

Zenfone 7 Segera Diumumkan

Pada tahun ini, perusahaan asal Taiwan itu berencana untuk meluncurkan dua smartphone flagship ketimbang cuman hanya satu saja.

Adapun salah satu seri Zenfone 7 tersebut akan mengusung prosesor Snapdragon 865, sementara varian lainnya akan hadir dengan Snapdragon 865 Plus.

Dikutip dari Gizchina, Rabu (19/8/2020), Asus akan mengumumkan kedua seri Zenfone 7 ini pada minggu depan atau lebih tepatnya 26 Agustus 2020.

Rencananya, gelaran peluncuran Zenfone 7 itu akan diadakan di Taiwan dan disiarkan secara langsung via akun YouTube resmi Asus pada 14.00 waktu setempat.

Bocoran Bentuk Zenfone 7

Gambar di bawah ini mungkin menjadi penampakan pertama ponsel pintar yang akan diluncurkan sebagai Zenfone 7 muncul di forum resmi Asus, yakni ZenTalk.

Dilansir SlashLeak, Selasa (11/2/2020), foto yang diduga Zenfone 7 itu tampil dengan modul kamera persegi yang serupa dengan Pixel 4.

Berbeda dari Pixel 4, modul kamera Zenfone 7--belum nama resmi--ini terletak di tengah dan menjadi "rumah" untuk tiga lensa utama beserta dengan lampu flash LED.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Covid-19 di Malang Tembus Seribu, RS Kekurangan Ventilator

Posted: 18 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Pasien terkonfirmasi positif Corona Covid-19 di Malang kota sudah menembus 1.017 orang sampai dengan Selasa, 18 Agustus ini. Layanan rumah sakit pun mulai kewalahan dengan terus bertambahnya pasien.

Kamar dan tempat tidur untuk pasien sejauh ini masih aman, belum melebihi kapasitasnya. Namun, untuk ventilator atau alat bantu pernafasan bagi pasien Covid-19 di Malang kota mulai mengkhawatirkan. Sudah sampai pada titik rawan bila pasien terus bertambah.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, direktur rumah sakit sudah melapor kepada Wali Kota Malang dan menyampaikan tempat tidur masih tersedia.

"Semua rumah sakit rujukan masih aman untuk ranjang. Kalau yang kewalahan dari alat ventilator di RS Saiful Anwar," ujar Nur Widianto di Malang, Selasa, 18 Agustus 2020.

Ada 7 rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Malang, yakni, RS Saiful Anwar selaku layanan rujukan utama. Sedangkan lainnya, RST Soepraoen, RS Panti Waluyo, RS Lavalette, RS Hermina Tangkuban Perahu, RSI Aisyah, dan RSI Unisma.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif menambahkan, ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi biasa masih mencukupi melayani pasien.

"Kalau untuk ruang isolasi tekanan negatif dengan ventilator ini sangat terbatas. Dari pantauan sudah penuh," urai Husnul.

Bisa disebut layanan ruang isolasi dengan ventilator sudah masuk tingkat rawan. Apalagi bila pasien Covid-19 di Malang kota terus bertambah. Masyarakat diimbau patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kasus Covid-19 di Malang

Seorang warga menjalani rapid test di RSSA Malang guna menekan potensi penularan Corona Covid-19 di Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)
Seorang warga menjalani rapid test di RSSA Malang guna menekan potensi penularan Corona Covid-19 di Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Data Satgas Covid-19 Kota Malang, jumlah pasien terkonfirmasi positif virus Corona baru sudah sebanyak 1.017 sampai dengan 18 Agustus. Dari jumlah itu, 78 pasien meninggal dunia, 569 pasien sembuh dan 370 pasien masih dirawat.

Kepala Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyebut jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang sudah mencapai seribu lebih itu adalah akumulasi keseluruhan.

"Banyak penambahan pasien yang semula berstatus pasien dalam pengawasan," ujarnya.

Bila merujuk itu, maka jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 akan terus bertambah tinggi. Sampai hari ini jumlah kasus suspect Covid-19 ada 1.856 orang. Ada yang sedang menunggu hasil swab test dan ada pula yang belum menjalani uji laboratorium tersebut.

Widianto menambahkan, karena itu strategi agar kasus positif tak terus bertambah adalah fokus pada penyembuhan PDP. Serta mengantisipasi dan mencegah jangan sampai muncul klaster baru penyebaran Covid-19. Disiplin protokol kesehatan jadi kunci utama.

"Jangan sampai ada pasien baru dari mereka yang sebelumnya tak masuk status PDP," kata Widianto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: