Senin, 24 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadi Penyalur Terbesar, Ini Strategi BRI Sukseskan Program Banpres Usaha Mikro

Posted: 24 Aug 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ditunjuk oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menjadi lembaga penyalur Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) terbesar di Indonesia. Untuk tahap pertama, BRI telah menyalurkan Rp 1,64 triliun kepada lebih dari 683 ribu pelaku usaha mikro. 

Dalam acara peluncuran  program BPUM di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta (24/08) Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa program ini merupakan hibah dan diharapkan membantu para pengusaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi COVID-19. 

"Perlu saya sampaikan ini adalah hibah, bukan pinjaman. Bukan kredit, tapi hibah. Saya harapkan ini nanti banpres produktif ini digunakan betul-betul untuk tambahan modal," kata Presiden Jokowi, Senin (24/8/2020).

Menindaklanjuti arahan Presiden tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan BRI telah menyusun strategi untuk menyalurkan stimulus tersebut tepat sasaran dan akuntabel.

"Dari awal kita berinisiatif kemudian kita turunkan people, petugas-petugas BRI  mantri-mantri BRI biar kita turunkan untuk memberitahu calon-calon penerima ini. Bapak ibu, bapak punya tabungan di BRI, saldonya kurang dari Rp 2 juta maka pemerintah akan memberikan bantuan untuk usaha jumlahnya Rp 2,4 juta, tapi sebelum ditarik bapak ibu harus tanda tangan. Bapak berjanji bawa duit Rp 2,4 juta ini benar benar digunakan untuk usaha, usaha apa saja pokoknya usaha supaya ekonomi berputar. Kalau setuju tanda tangan, uangnya dicairkan. Komunikasi seperti ini telah dirancang oleh BRI. Jadi harus dikomunikasikan dengan baik, komunikasi itu ada orangnya masanya kalimatnya bersama supaya pesan-pesannya sampai," bebernya.

Sunarso juga menyinggung terkait transformasi yang telah dilakukan oleh BRI sejak tahun 2016 sebagai salah satu kunci keberhasilan mendukung program BPUM ini. "Pandemi yang terjadi saat ini menjadi akselerator transformasi yang telah dijalankan oleh BRI terutama di area digital. Digitalisasi mendukung kesiapan infrastruktur BRI yang berjumlah lebih dari 9.500 jaringan kantor dan reliabilitas data yang dimiliki BRI dalam menyalurkan BPUM," imbuh Sunarso.

"Karena sifatnya hibah, Bank hanya penyalur atau channeling saja sehingga tidak dicatat di neraca bank. Untuk validasi dan verifikasi data sepenuhnya dilakukan oleh Kemenkop dan UKM," pungkas Sunarso.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rem Bermasalah, Toyota Recall Innova dan Fortuner di Indonesia

Posted: 24 Aug 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye penarikan kembali untuk diperbaiki atau recall kembali dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Kali ini, raksasa otomotif asal Jepang ini, mengajak pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan tahun produksi Agustus 2019 untuk mengecek brake vacuum hose di kendaraannya.

Kampanye perbaikan ini sendiri, untuk memastikan keamanan dan keselamatan berkendara bagi para konsumennya.

Dijelaskan Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, himbauan ini sejalan dengan inisiasi secara global dari Toyota Motor Corp (TMC), yang dialkukan distributor Toyota di dunia, termasuk Indonesia.

"Kami sangat anjurkan agar pemilik Kijang Innova dan Fortuner dengan produksi Agustus 2019 segera mengecek kendaraannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara," ujar Henry dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (25/8/2020).

Henry berharap pemilik Kijang Innova dan Fortuner yang dimaksud, agar memberikan perhatian besar terkait kampanye recall ini. Pasalnya, masalah yang terjadi di brake vacuum hose agak sulit untuk dideteksi sendiri, dan rem merupakan komponen basic pada kendaraan sehingga pelanggan disarankan untuk segera melakukan pengecekan kendaraannya.

Pengecekan ini sendiri, bisa dilakukan dengan berbagai saluran komunikasi Toyota, baik secara digital ataupun official website toyota.astra.ci.id/ssc dan juga menghubungi pusat layanan pelanggan di 1500 315.

Recall Toyota Kijang Innova dan Fortuner Karena Fuel Pump

Program penarikan kembali untuk diperbaiki atau recall kembali dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM). Kali ini, pemasar produk asal Jepang tersebut harus menarik berbagai modelnya di Indonesia karena masalah fuel pump.

Model yang terlibat dalam kampanye recall ini sendiri, antara lain Toyota Alphard produksi 2017—2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013—2014, dan Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017—2019.

 

Komitmen Toyota

Dijelaskan Vice President PT TAM, Henry Tanoto, recall ini sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan, dan menghimbau para pemilik mobil Toyota agar dapat segera mengecek kendaraan di bengkel resmi.

"Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka kami sangat menghimbau para pemilik kendaraan yang dimaksud agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital Toyota atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota," ujar Henry dalam siaran pers, Minggu (2/8/2020).

Proses pengecekan dan penggantian ini sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali alias gratis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Alasan Bali Tunda Menerima Kunjungan Wisman hingga Akhir 2020

Posted: 24 Aug 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bali tak akan menerima kunjungan wisatawan asing (wisman) pada sisa tahun 2020. Periode ini merupakan penundaan dari rencana awal, di mana Pulau Dewata semula dijadwalkan membuka pintu mereka bagi turis asing pada 11 September mendatang.

Melansir laman Strait Times, Selasa (25/8/2020), menurut Gubernur Bali  I Wayan Koster, setidaknya ada empat alasan yang melatarbelakangi pengambilan keputusan tersebut. Pertama, Indonesia masih masuk dalam zona merah.

"Situasi ini membuat kunjungan wisman ke Indonesia, termasuk Bali, belum kondusif," ucapnya. Lalu, pertumbuhan kasus baru masih terus tercatat. Ketiga, angka kesembuhan belum mencapai target, dan, terakhir, tingkat kematian secara umum di Indonesia masih terbilang tinggi.

Keputusan ini, kata Koster menurut laporan Lonely Planet, sejalan dengan upaya pemerintah yang masih terus mendorong warga Indonesia untuk tak bepergian ke luar negeri, setidaknya sampai akhir 2020.

Berdasarkan laporan New York Times, Koster menambahkan, wisman potensial pun masih diikat larangan bepergian ke Indonesia dari negara mereka masing-masing. Termasuk di dalamnya Australia yang merupakan asal wisman terbanyak dalam catatan kunjungan ke Bali.

Tahun lalu, wisman asal Negeri Kanguru diketahui menyentuh angka 1,23 juta. Larangan perjalanan oleh pemerintah Australia diperkirakan bakal terus berlaku hingga awal 2021.

Sementara, Bali sudah membuka pintu untuk turis domestik. Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Kadinpar) Provinsi Bali I Putu Astawa, per pertengahan Agustus 2020, angka kedatangan di Bali berada di dua ribu hingga 2,5 ribu per hari.

 

Praktik Protokol Kesehatan

Penerapan protokol kesehatan di Bali. (Foto: Mulia Bali)
Penerapan protokol kesehatan di Bali. (Foto: Mulia Bali)

Astawa menjelaskan, sebagai bentuk implementasi, pihaknya melakukan sertifikasi sebagai bukti penerapan prosedur kesehatan. "Juga, sudah ada ratusan desa adat yang mengawal dan berkomitmen menjaga penerapan protokol kesehatan," katanya saat menghadiri konferensi pers daring, Rabu, 12 Agustus 2020.

Pelanggaran protokol kesehatan, sambung Astawa, bakal didenda sesuai ketentuan masyarakat adat. "Di Bali, hukum adat benar-benar dipegang. Praktiknya lebih melekat," imbuhnya.

Penerapannya merupakan bagian dari upaya pemulihan sektor pariwisata Bali. Pasal, pihaknya tengah membangun rasa percaya wisatawan untuk kembali dengan aman. "Kami juga terus meningkatkan uji lab supaya tidak ada transmisi baru," ucapnya.

Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tranformasi Digital Jadi Syarat Utama Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik sebagai salah satu upaya reformasi birokrasi. Penerapan hal ini menuntut tranformasi digital yang menyeluruh, baik dari sistem hingga SDM aparatur.

"Birokrasi berkelas dunia tidak akan terwujud tanpa tranformasi digital melalui e-government. Sehingga ini menjadi prasyarat utama yang harus dipenuhi," jelas Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji dalam keterangan tertulis, Selasa (25/8/2020).

Atmaji mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menekankan agar tranformasi digital dapat segera terwujud dalam proses bisnis pemerintahan. Strategi percepatan transformasi digital telah dituangkan dalam Perpres Nomor 95/2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Selain perubahan pada sistem pemerintahan, transformasi digital dalam sektor publik juga membutuhkan kesiapan SDM aparatur atau PNS. Karena bukan saja sebagai penggerak SPBE, tapi pelaksanaan SPBE ini membutuhkan kemampuan dan kompetensi tertentu dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan SPBE untuk mendukung implementasi SPBE.

Kemampuan dan kompetensi awal dari PNS dapat dimulai dengan peningkatan literasi digital. Dimulai dengan literasi digital, maka PNS akan mampu untuk menggunakan informasi dan teknologi komunikasi dalam mencari, menciptakan, dan mengkomunikasikan informasi yang relevan dengan penerapan SBPE.

Atmaji menekankan, pemerintah tidak boleh ketinggalan dalam mewujudkan tranformasi digital ini. Menurutnya, Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) merupakan instansi pengungkit yang dapat menginisiasi transformasi digital dari sisi pemerintah.

"BKN sebagai pelaksana manajemen ASN perlu untuk dapat mencermati kompetensi-kompetensi yang diperlukan oleh ASN dalam menghadapi transformasi digital ini. Seperti yang terkait dengan literasi digital dan kepemimpinan digital, sehingga bisa dimasukkan ke dalam standar kompetensi jabatan ASN yang benar-benar membutuhkan keterampilan digital," tuturnya.

Begitu juga dengan LAN. Sebagai instansi yang mempunya peran dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi SDM Aparatur, Atmaji mengimbau lembaga perlu juga mengetahui dan memahami kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadapi transformasi digital. Sehingga dapat menyiapkan bekal bagi ASN sebagai talenta digital yang memiliki kepemimpinan digital, literasi digital, dan lain sebagainya.

"Kolaborasi antar-instansi ini penting sekali dalam mewujudkan transformasi digital. Dimana Kementerian PANRB merumuskan kebijakan secara umum, yang didukung oleh kebijakan teknis yang dikeluarkan oleh BKN dan LAN sesuai dengan peranannya masing-masing," ujar Atmaji.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Korea Selatan Latih e-Government PNS Indonesia

Pelatihan e-government kerja sama antara Kementerian PANRB dengan Ministry of Interior and Safety (MOIS) Korea Selatan. (Foto: Dok Kementerian PANRB)
Pelatihan e-government kerja sama antara Kementerian PANRB dengan Ministry of Interior and Safety (MOIS) Korea Selatan. (Foto: Dok Kementerian PANRB)

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berupaya meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS berkaitan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Peningkatan kapasitas ASN ini dilakukan melalui pelatihan e-government yang merupakan salah satu rangkaian kerja sama antara Kementerian PANRB dengan Ministry of Interior and Safety (MOIS) Korea Selatan melalui Indonesia-Korea e-Government Capacity Building Program (eGCC).

Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta, Y B Jarot Budi Harjo sebagai perwakilan dari Pemerintah RI mengatakan, kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan terkait e-government selama ini telah menghasilkan beberapa capaian. Salah satunya dalam penetapan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE.

"Kerja sama Indonesia-Korea eGCC yang dioperasikan oleh Kementerian PANRB telah berkontribusi dalam pembuatan Peraturan Presiden mengenai SPBE, pengembangan instrumen evaluasi SPBE, dan penyusunan Arsitektur SPBE yang saat ini masih berlangsung," ujarnya saat pembukaan pelatihan Indonesia-Korea eGCC Capacity Building Program di Seoul, Korea Selatan, seperti dikutip Selasa (24/9/2019).

Pada kesempatan itu, Wakil Kepala National Information Society Agency (NIA), Kang Tak Oh menyambut baik bentuk kerja sama ini. "Kami senang bisa bertemu dengan perwakilan dari Pemerintah Indonesia. Kami harap Pemerintah Indonesia bisa mendapat ide dan inovasi baru setelah mengikuti pelatihan ini," ungkapnya.

Sejak 2016

Sejak 2016, Kementerian PANRB telah empat kali mengikuti acara pelatihan e-government yang diadakan oleh Pemerintah Korea Selatan. Dalam pelatihan kali ini, Kementerian PANRB menugaskan 10 peserta, yakni 5 peserta dari Kementerian PANRB, 1 peserta dari Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, 1 peserta dari Pemprov Jawa Barat, 1 peserta dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan, 1 peserta dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, dan 1 peserta dari Pemkab Batang.

Selain Kementerian PANRB, Pemerintah Korea Selatan juga mengundang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI serta Bank Dunia atau World Bank Indonesia dengan beberapa kategori fokus pelatihan yang berbeda.

Materi mengenai e-government dijelaskan oleh pemateri ahli baik dari MOIS, NIA, maupun Korea Information Technology Consulting (KITC). Selain di kelas, peserta juga mengunjungi beberapa tempat-tempat yang masih memiliki keterkaitan dengan penerapan e-government di Seoul. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Ditunjuk Latih Barcelona, Koeman Sudah Berselisih dengan Bartomeu

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona nampaknya belum benar-benar bisa keluar dari masa-masa suram meski telah mengganti pelatih dari Quique Setien ke Ronald Koeman. Baru bergabung pekan lalu, Koeman sudah punya masalah dengan petinggi klub.

Koeman ditunjuk menanggani Barcelona usai kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions. Setien langsung dipecat usai kekalahan tersebut.

Mundo Deportivo melaporkan Koeman bersedia melatih Barcelona karena dijanjikan akan mendapat kontrol penuh atas kebijakan transfer Barcelona. Namun baru juga bergabung, Koeman sudah harus berselisih pendapat dengan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu.

Keduanya berselisih paham mengenai sosok pengganti penyerang gaek Luis Suarez. Koeman ingin Barcelona merekrut Memphis Depay dari Olympique Lyon guna menggantikan Suarez.

Akan tetapi Bartomeu tak setuju dengan gagasan Koeman itu. Bartomeu ingin Barcelona melanjutkan perburuan penyerang Inter Milan Lautaro Martinez.

 

Martinez

Hal itu sudah tertuang dalam klausul kontrak yang ditandangan Ronald Koeman ketika bergabung bersama Timnas Belanda. (AFP/Josep Lago)
Hal itu sudah tertuang dalam klausul kontrak yang ditandangan Ronald Koeman ketika bergabung bersama Timnas Belanda. (AFP/Josep Lago)

Barcelona memang diketahui sudah bernegosiasi dengan Inter Milan soal transfer Martinez selama beberapa bulan terakhir. Meski negosiasi belum menemui kata sepakat, Bartomeu menolak menyerah.

Bartomeu bersikeras agar Martinez bisa tetap menjadi buruan utama Barcelona untuk memperkuat lini depan pada musim panas 2020 ini.

Bek Muda

Koeman kabarnya juga ingin merekrut dua bek muda untuk menambal lubang di lini belakang. Kedua bek incarannya adalah Jose Gaya dari Valencia dan Eric Garcia asal Manchester City.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diobati Pakai Kunyit karena Infeksi Jamur, Penampakan Kucing Ini Bikin Warganet Gemas

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta kucing, kesehatan dan kebersihan kucing mereka adalah hal yang sangat penting. Tak heran segala hal akan dilakukan agar hewan kesayangan mereka tetap bersih dan sehat.

Jika si kucing sakit, mereka tentu akan segera memberikan pengobatan. Baru-baru ini seekor kucing di Thailand mencuri perhatian publik lantaran penampakannya yang tak biasa.

foto: Facebook dakucingku
foto: Facebook dakucingku

Kucing tersebut mengalami infeksi jamur dan harus melakukan perawatan agar segera sembuh dan kembali normal. Dilansir dari World of Buzz, Selasa (25/8/2020), pemilik yang bernama Thammapa Supamas, tak tinggal diam.

Dia pun memilih untuk mengobati kucingnya dengan pengobatan tradisional. Ya, setelah mengetahui bahwa lulur kunyit dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur, dia pun segera mencobanya. 

Diobati dengan lulur kunyit

foto: Facebook dakucingku
foto: Facebook dakucingku

Supamas pun mengoleskan lulur kunyit ke seluruh tubuh kucingnya. Lantaran lulur tersebut, bulu kucingnya pun berubah menjadi kuning sehingga mirip dengan karakter kartun Pikachu.

Pengobatannya berhasil

foto: Facebook dakucingku
foto: Facebook dakucingku

Terlepas dari hasil yang lucu, perawatan tersebut tampaknya berhasil. Hal ini dilihat dari foto yang dibagikan oleh pemilik kucing tersebut. Pada foto yang diunggah terlihat bahwa infeksi pada kaki kucing tersebut berhasil sembuh usai dibaluri dengan lulur kunyit.

Bikin warganet gemas

Rupanya foto-foto lucu kucing tersebut menjadi viral usai diunggah ulang oleh akun Twitter @IsskndarAriffin.

Foto yang diunggah pada hari Sabtu (22/8/2020) tersebut mendapatkan 22 ribu retweet dan disukai oleh lebih dari 25 ribu pengguna Twitter lainnya. Tak sedikit yang mengaku gemas melihat kucing tersebut lantaran mirip dengan Pikachu.

"Hakhak comelnya warna kuning macam pikachu," tulis akun @syuhaiziemalek.

"Baby pikachu!" timpal @yniersln.

"Pikacuuuu hahaha cute betul," komentar @hazirahadibaaa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telkomsel Tawarkan Gratis 3 Bulan Spotify Premium untuk Pelanggan Pascabayar

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengumumkan kolaborasi bersama Spotify dengan merilis uji coba gratis tiga bulan akses layanan Spotify premium bagi pelanggan pascabayar.

Baik pelanggan baru maupun pelanggan existing pascabayar Telkomsel, untuk pertama kalinya, dapat mengakses Spotify premium ini melalui tagihan KartuHalo Telkomsel tanpa kartu kredit.

Selama tiga bulan pelanggan Telkomsel dapat mencoba berbagai fitur Spotify Premium seperti mendengarkan lagu tanpa iklan, bebas akses ke lebih dari 50 juta lagu, serta mengunduh konten untuk akses secara offline tanpa kuota.

"Di Spotify, kami percaya bahwa semua penggemar konten audio berhak memegang kendali atas pengalaman mendengarkannya dan dapat mengakses musik favorit mereka dengan mudah, di mana pun mereka berada," ujar Gautam Talwar, Managing Director Spotify Asia Tenggara dalam keterangan tertulis.

Melalui kolaborasi dengan Telkomsel, kata Gautam, pihaknya berharap dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang tidak menggunakan kartu kredit untuk dapat berlangganan Spotify Premium selama tiga bulan.

"Indonesia merupakan pasar yang mendapat perhatian besar oleh Spotify dan kami terus mempersembahkan talenta terbaik dari kreator-kreator dalam negeri. Belum lama ini kami meluncurkan hub Musik Indonesia, sebuah destinasi lengkap untuk menemukan musik Indonesia dari berbagai genre," tutur Gautam.

30 Juta Pelanggan Telkomsel Akses Layanan Musik

Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Crispin Tristam, Head of Digital Lifestyle Telkomsel menyebut lebih dari 30 juta pelanggan Telkomsel menikmati berbagai layanan musik digital.

Oleh karena itu, Crispin menilai langkah kolaborasi dengan Spotify merupakan hal tepat bagi perusahaan untuk dapat menghadirkan layanan dan produk berbasis pelanggan.

"Kami terus berfokus dalam mempermudah akses ke berbagai macam hiburan digital untuk pelanggan kami yang gaya hidupnya semakin digital, dan kami antusias untuk menawarkan keuntungan-keuntungan baru bagi para pengguna Spotify dengan metode pembayaran yang lebih mudah," tutur Crispin.

 

Paket MusicMAX

Selepas masa uji coba gratis tiga bulan berakhir, pelanggan Telkomsel dapat terus berlangganan Spotify dengan harga Rp53.459 per bulan melalui tagihan bulanan pascabayar KartuHalo Telkomsel.

Selain itu, Spotify dan Telkomsel telah berkolaborasi sejak 2019 lewat paket MusicMAX yang memberikan akses bebas untuk pelanggan pascabayar Telkomsel dalam menggunakan Spotify dan beberapa pelanggan prabayar, sehingga mereka tidak menggunakan kuota data selama mendengarkan Spotify.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap sinetron yang ditayangkan di layar kaca tentu menyimpan kenangan tersendiri bagi para penonton hingga para kru yang terlibat dalam produksinya. Dalam setiap sinetron juga biasanya terjadi regenerasi untuk menampilkan para aktor atau aktris pendatang baru.

Meskipun mengawali karier sebagai seorang figuran, namun jika memang memiliki bakat dan popularitas yang baik, maka tak butuh waktu lama bagi seorang pesinetron untuk beralih menjadi pemeran utama. Hal inilah yang dialami oleh sejumlah aktor Tanah Air berikut ini.

Ketika masih di awal debutnya, mereka nampak sangat lugu dan polos karena masih menjadi pemeran pendukung. Namun setelah meraih kesuksesan di dunia akting, kini mereka pun tampil makin macho sesuai dengan kepribadian masing-masing.

Maka dari itu tak sedikit dari para aktor ini yang sukses bikin pangling warganet. Kira-kira seperti apakah beda gaya para aktor hits Tanah Air saat di awal kariernya dan kini? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (25/8/2020).

1. Saat awal debutnya menjadi aktor, banyak yang menyebut bahwa Stefan William adalah Justin Bieber versi lokal.

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Kapanlagi.com ; Instagram/@steeffan_william)
Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Kapanlagi.com ; Instagram/@steeffan_william)

2. Tak alami banyak perubahan, namun Rizky Billar kini tampil makin menawan.

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@rizkybillar)
Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@rizkybillar)

3. Terjun di dunia hiburan sejak usia masih belia, Verrel Bramasta dulu nampak lebih kurus.

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@bramastavrl)
Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@bramastavrl)

4. Potret Rezky Aditya saat masih membintangi 'Melati Untuk Marvel', ia nampak tampil berponi.

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: YouTube/@Weni SR ; Instagram/@thereal_rezkyadhitya)
Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: YouTube/@Weni SR ; Instagram/@thereal_rezkyadhitya)

5. Di awal debutnya, Rangga Azof masih cepak. Kini ia tampil dengan gaya rambut gondrong.

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@angelicasimp.new ; Instagram/@azofrangga)
Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@angelicasimp.new ; Instagram/@azofrangga)

6. Di awal kariernya Ammar Zoni nampak lugu, kini ia tampil semakin macho dengan brewok.

Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@sinemartproductions ; Instagram/@ammarzoni)
Beda Gaya 6 Aktor Sinetron Hits Tanah Air di Awal Kariernya Vs Kini, Bikin Pangling. (foto: Instagram/@sinemartproductions ; Instagram/@ammarzoni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Megawati Menggendong Jokowi

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggendong Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto tersebut diunggah akun Facebook You Siy Ung, pada 23 Agustus 2020. Foto yang diunggah berupa sosok wanita dengan wajah megawati sedang menggendong seorang lelaki yang bertubuh lebih kecil dengan wajah Jokowi.

Dalam foto yang diunggah, Megawati menggendong Jokowi dibagian belakang. Namun akun Facebook You Siy Ung tidak memberikan keteragan atas unggahannya.

Benarkah foto Megawati menggendong Jokowi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati menggendong Jokowi, dengan menjadikan foto pada klaim sebagai bahan penelusuran menggunkan Yandex.

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Photo Dump Vol. 59This and more photos with which I regret having lost them" yang dimuat situs vice.com, pada 19 Maret 2019.

Dalam artikel tersebut terdapat foto yang identik dengan foto klaim. Namun, tedapat perbedaan pada wajah lelaki dan perempuan di foto tersebut.

 

Penelusuran juga mengarah pada situs pinterest.cl.

 Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim, tetapi juga terdapat perbedaan wajah pada sosok lelaki dan perempuannya.

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim foto Megawati menggendong Jokowi tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pencarian Korban Runtuhnya Apartemen Lima Lantai di India

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Petugas penyelamat mencari korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Sedikitnya 50 orang terjebak dalam semalam di dalam apartemen yang runtuh tersebut. (AFP Photo/Punit Paranjpe)
Petugas penyelamat mencari korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Sedikitnya 50 orang terjebak dalam semalam di dalam apartemen yang runtuh tersebut. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Sedikitnya 50 orang terjebak dalam semalam di dalam apartemen yang runtuh tersebut. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari orang-orang di reruntuhan gedung apartemen berlantai lima yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai. (AFP Photo/Punit Paranjpe)
Petugas penyelamat mencari orang-orang di reruntuhan gedung apartemen berlantai lima yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari orang-orang di reruntuhan gedung apartemen berlantai lima yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Tim penyelamat dan anjing pelacak menyisir puing-puing mencari yang selamat setelah gedung apartemen berlantai lima runtuh. (AFP Photo/Punit Paranjpe)
Petugas penyelamat mencari korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Tim penyelamat dan anjing pelacak menyisir puing-puing mencari yang selamat setelah gedung apartemen berlantai lima runtuh. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Tim penyelamat dan anjing pelacak menyisir puing-puing mencari yang selamat setelah gedung apartemen berlantai lima runtuh. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Suasana pencarian korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Sedikitnya 50 orang terjebak dalam semalam di dalam apartemen yang runtuh tersebut. (AFP Photo/Punit Paranjpe)
Suasana pencarian korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Sedikitnya 50 orang terjebak dalam semalam di dalam apartemen yang runtuh tersebut. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Suasana pencarian korban di reruntuhan gedung apartemen yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Sedikitnya 50 orang terjebak dalam semalam di dalam apartemen yang runtuh tersebut. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari orang-orang di reruntuhan gedung apartemen berlantai lima yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai. (AFP Photo/Punit Paranjpe)
Petugas penyelamat mencari orang-orang di reruntuhan gedung apartemen berlantai lima yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

Petugas penyelamat mencari orang-orang di reruntuhan gedung apartemen berlantai lima yang runtuh di Mahad, India (25/8/2020). Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai. (AFP Photo/Punit Paranjpe)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahan Disarankan Punya COVID Rangers, Semacam Satgas COVID-19 di Kantor

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengusulkan agar setiap perusahaan memiliki tim penanganan COVID-19 di kantor. Semacam Satgas COVID-19 khusus di tempat kerja.

"Semacam COVID Rangers," kata Plt Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, drg Kartini Rustandi MKes dikutip dari siaran langsung di kanal Youtube BNPB Jakarta pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Hal ini didasari semakin maraknya klaster perkantoran COVID-19 akhir-akhir ini. Aktivitas yang meningkat, sudah sepatutnya prosedur kesehatan bukan lagi difokuskan untuk individu saja, tapi seluruh orang yang berada di tempat kerja tersebut.

"Semua kantor perlu memerhatikan perlindungan kesehatan masyarakat," kata Kartini.

Tugas COVID-19 Rangers mengingatkan seluruh karyawan untuk patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan, yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

"Termasuk yang mengingatkan apakah ruangan sudah dibersihkan atau belum," ujarnya.

Menurut Kartini, kantor memiliki banyak titik kritis yang memudahkan terjadinya penyebaran dan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Dimulai pada saat karyawan absen, melakukan rapat di ruangan tertutup yang diikuti lebih dari satu orang karyawan, terjadinya kontak, dan terjadinya kerumuman.

 

Laksanakan Kampanye Pakai Masker di Kantor

Penting bagi Satgas COVID-19 di kantor untuk mengingatkan seluruh karyawan selalu pakai masker. Sebab, pada beberapa aktivitas, karyawan lupa untuk pakai masker. Misal, habis salat dan sesudah makan siang.

"Satgas COVID-19 di kantor juga bertugas kalau ada yang positif atau mendapatkan informasi keluarganya positif harus bagaimana. Kantor pun harus tahu contact tracing," kata Kartini.

Pada kesempatan itu Kartini menjelaskan bahwa Menteri Kesehatan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) No. HK.01.07-MENKES-328-2020 tentang Panduan Pencegahan Pengendalian COVID-19 di Perkantoran dan Industri.

Hal tersebut wajib diterapkan di setiap sektor perkantoran dan industri pada masa adaptasi kebiasaan baru atau New Normal.

Perlu diingat bahwa faktor terbesar yang menyebabkan munculnya klaster perkantoran COVID-19, kata Kartini, lantaran pekerja abai terhadap protokol kesehatan.

"Presiden sudah mengatakan soal kampanye masker. Kampanyenya jangan cuma pakai masker, tapi pakai masker yang baik dan benar. Seringkali hanya menutup mulut atau taruh di dagu, padahal yang benar menutupi area hidung, mulut, sampai dagu," kata Kartini.

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Monaratuliu Alami Dermatitis Atopik, Kulit Wajah Memerah dan Berair

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Numa Kamala Srikandi anak bungsu Mona Ratuliu yang baru berusia tiga bulan, mengalami sakit kulit di bagian wajah dan kepalanya. Ruam yang juga menyebabkan kulit wajah berair itu dialami putri Mona Ratuliu sejak tiga hari belakangan ini.

Hal itu diketahui lewat unggahan Mona Ratuliu di akun Instagram terverifikasi miliknya. Istri Indra Brasco memasang foto anaknya dengan kulit wajah dan kepala yang memerah.

Dijelaskan Mona Ratuliu, bahwa putrinya mengidap Dermatitis Atopik atau eksim kulit lantaran alergi atau bisa juga karena faktor genetik.

"Siapa yang bayinya kulitnya merah2 kayak Numa? 2-3 hari belakangan kulit numa memerah dan agak berair. Bukan karena keseringan dicium, bukan juga karena kena ASI kok. Kalau ada yang bayinya kulitnya mirip Numa begini, ini namanya: Dermatitis Atopik. Biasa dikenal juga dengan eksim. Pemicu munculnya ruam merah ini biasanya karena alergi," tulis Mona Ratuliu, Senin (24/8/20202).

Tak Panik

Foto Instagram
Foto Instagram

Mona Ratuliu tidak panik saat tahu kulit anaknya mengalami ruam merah. Sebab sebelum Numa, kakaknya Nala, pernah mengalami hal serupa saat masih bayi.

"Alergi ini biasanya karena keturunan. Nggak kaget sih kulit Numa begini. Kalau lihat foto ke2, itu foto @ulahsinala waktu bayi. Lebih parah dari Numa. Bahkan kalau Nala ada satu waktu kulitnya sampai bernanah πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ." tulis Mona Ratuliu.

Tak Ada Obatnya

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

Penyakit kulit yang dialami putrinya dikatakan Mona Ratuliu tidak ada obatnya. Namun harus dicari tahu apa penyebab alergi, sehingga bisa ditangani dengat cepat dan tidak semakin parah.

"Sebenernya kondisi kyk gini nggak ada obatnya. Cuma perlu dicari sebenernya alerginya krn apa. Masalahnya tiap anak alerginya bisa berbeda, jadi nggak bisa nyontek tetangga sebelah 😬," tulis Mona Ratuliu.

SOP Kesehatan

Kendati demikian, Mona Ratuliu tetap menjalani standar kesehatan untuk menghilangkan ruam dikulit wajah anaknya.

"Tapi ttp jalanin SOP standard but alergi sih, jauhin barang2 yang jadi pemicu tersimpannya debu, cari sabun dan lotion yang paling cocok sm kulitnya si kecil. Bundanya kalau kasih ASI sementara hindari seafood, telur dan produk yg mengandung susu dan keju," Tulis Mona.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat Berobat Jantung, Pengemudi Bentor di Aceh Malah Terdeteksi Covid-19

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Pengemudi becak motor berinsial SN (56), warga salah satu gampong di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, masuk dalam daftar pasien Covid-19 setelah dirinya menjalani tes swab ketika akan mengobati sakit jantungnya. Kini SN tengah menjalani perawatan di rumah sakit provinsi.

SN sehari-hari mangkal di depan RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, dan belakangan terpaksa harus masuk rumah sakit tersebut karena penyakit jantung. Dari RSUD Cut Nyak Dhien, dokter terpaksa merujuknya ke rumah sakit di sentral provinsi.

"Beliau tujuannya berobat jantung, dirujuk dari rumah sakit kita ke Banda Aceh untuk operasi pemasangan ring. Sekarang, kan, untuk masuk RSU Zainoel Abidin harus di-swab, terjaringlah, terkonfirmasi positif," terang Petugas Sekretariat Tim Gugus Percepatan Penanggulangan C-19 Aceh Barat, Irsadi Aristora, kepada Liputan6.com, Senin malam (25/8/2020).

SN masuk dalam daftar kasus Covid-19 terbaru dari total 6 kasus positif yang terhitung sejak Maret lalu di kabupaten itu. Sebelumnya, seorang dokter spesialis yang sehari-hari bertugas mengurusi masalah Covid-19 juga teridentifikasi positif.

"Sebenarnya ada 8 kasus. Sebanyak 2 kasus, lokasinya ditarik ke daerah mereka masing-masing. Satu kasus yang di Ujong Drien, Meureubo, beliau ditarik kasusnya ke Depok. Awal Agustus, di akhir Juli kemarin, satu kasus ditarik ke Jakarta Barat, karena beliau belum sempat ke mari, terjaring swab di Unsyiah," terang Irsadi.

Sementara itu, semenjak kasus satu dokter di RSUDCND positif C-19, seratusan tenaga medis telah mengambil inisiatif mengajukan diri isolasi mandiri. Menurut Irsadi, jauh hari telah muncul kecurigaan di internal petugas bahwa dokter tersebut positif semenjak seorang pasien meninggal dunia, tetapi tidak sempat menjalani tes swab.

Pasien tersebut sempat menginap dan mendapat perawatan selama satu hari. Malam harinya, pasien yang belum jelas apakah statusnya apakah positif atau tidak ini pun meninggal dunia.

"Jadi, menurut analisis dokter dan kawan-kawan medis, orang-orang yang berdekatan dengan beliau, dianggap harus diisolasi," ujarnya.

Terdapat empat ruang pelayanan yang sejumlah petugasnya menjalani isolasi mandiri, yakni, laboratorium, rontgen, cuci darah, dan Unit Gawat Darurat (UGD). Dokter yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut selama ini juga aktif di laboratorium.

Beberapa hari lalu, sempat beredar kabar bahwa aktivitas di rumah sakit tersebut mandek di mana aktivitas pelayanan menjadi terbatas, namun, Irsadi menepisnya. Kata dia, yang terjadi sebenarnya hanya pengalihan dua ruangan, yakni, laboratorium dan radiologi.

"Pelayanan masih dilakukan, cuma dibatasi jumlah kunjungan. Ada dua layanan yang dialihkan. Untuk laboratorium dialihkan ke Lab Kesda, kemudian, untuk radiologi, rontgen dialihkan ke ruang pinere tempat rawat C-19. Satu, lagi, untuk ruang cuci daerah, petugasnya, karena kita hire dari luar, mereka bersedia kalau pakai Alat Perlindungan Diri (APD)," terang dia.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kontrakan 3 Lantai Ambles di Thailand

Posted: 24 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terekam momen ketika sebuah bangunan tiga lantai di Samut Sakhon, Thailand, tiba-tiba ambles. Lebih dari 60 penghuni berada di dalamnya saat peristiwa terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja Negara Tumbuh Tipis 1,3 Persen per Juli 2020

Posted: 24 Aug 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sampai dengan akhir Juli 2020, Kementerian Keuangan mencatat belanja negara yang tumbuh tipis 1,3 dibandingkan periode yang sama pada 2019. Yakni Rp 1.252,4 atau 45,7 persen dari total belanja negara Rp 2.739,2 triliun.

"Belanja negara kita sampai dengan akhir Juli membelanjakan Rp 1.252,4 triliun atau 45,7 persen dari total belanja negara kita, hanya tumbuh tipis 1,3 persen dibandingkan tahun lalu tahun lalu pada bulan Juli kita bisa tumbuh 7,9 persen untuk belanja negara," beber Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam dalam APBN KiTa, Selasa (25/8/2020).

Rinciannya, belanja pemerintah pusat yaitu Rp 793,6 triliun atau 40 persen dari total belanja di dalam Perpres 72/2020. Jumlah ini hanya tumbuh 4,2 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 9,2 persen.

Belanja Kementerian dan Lembaga (K/L) sebesar Rp 419,6 triliun atau 50 persen dari total yang ada di Perpres 72/2020, dimana pertumbuhannya datar 0 persen. Sementara untuk belanja non K/L mengalami kenaikan yang signifikan.

"Sedangkan belanja non k/l Rp 374 triliun atau 32,8 persen. Naik cukup besar yaitu 9,5 persen karena banyak program PEN memang dimasukan di dalam pos belanja non k/l. Jadi ini yang menyebabkan belanja non k/l akan mengalami kenaikan. Kalau dilihat posnya kan Rp 1.138,9 triliun itu naik luar biasa dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp 778,9 triliun," beber Menkeu.

Adapun Transfer Ke Daerah (TKD) dan Dana Desa (DD) sudah terealisasi Rp 458,8 triliun, atau 60 persen dari total transfer yang ada di Perpres 72/2020 sebesar Rp 692,7 triliun. Realisasi ini tumbuh negatif 3,4 persen dibandingkan realisasi pada Juli 2019.

"Transfer ke daerah mengalami kontraksi 5,1 persen yaitu Rp 410 triliun, meskipun dari sisi persentase sudah mencapai 59,3 persen," rinci Menkeu.

"Dana desa yang mengalami lonjakan cukup besar, dan ini bagus karena ini sebagian BLT untuk masyarakat di desa Rp 47,9 triliun sudah teralokasikan. Dan itu berarti sudah 67,3 persen dari total alokasi dari total dandes ini naik 50 persen dibandingkan tahun lalu," sambung Menkeu Sri Mulyani.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Belanja Melonjak, Defisit APBN Sentuh Rp 330 Triliun pada Juli 2020

Tumpukan mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga Juli 2020 mencapai Rp 330,2 triliun atau 2,01 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Defisit ini lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang naik 79,5 persen atau tercatat sebesar Rp 183,9 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengugkapkan, defisit Juli 2020 terjadi akibat penerimaan negara tak sebanding dengan belanja negara pemerintah. Di mana pendapatan negara hanya mencapai Rp 922,2 triliun, sedangkan posisi belanja negara meningkat mencapai Rp 1.252,4 triliun seiring dengan pogram pemulihan ekonomi nasional.

"Ini menggambarkan bahwa APBN kita mengalami tekanan belanja naik akibat covid dan oleh karena itu dampaknya terhadap defisit APBN akan sangat besar yaitu di dalam Perpres sampai akhir tahun di estimasi sebesar 6,34 persen dari GDP sampai dengan akhir Juli defisit 2 persen dari GDP," kata dia dalam APBN Kita, di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Bendahara Negara ini merincikan, penerimaan negara yang mencapai Rp922,2 triliun tersebut berasal dari pajak sebesar Rp711 triliun, PNBP Rp208,8 triliun, sedangkan hibah sebesar Rp2,5 triliun.

Sedangkan untuk belanja negara yang mencapai Rp1.254,4 triliun berasal dari belanja pemerintah pusat yang terdiri dari kementerian/lembaga (K/L) dan belanja non K/L sebesar Rp793,6 triliun, dan realisasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) sebesar Rp458,8 triliun.

Dengan realisasi tersebut, maka defisit anggaran APBN 2020 hingga Juli 2020 tercatat 2,01 persen atau setara Rp330,2 triliun terhadap PDB. Adapun dalam Perpres 72 Tahun 2020 defisit APBN diizinkan hingga mencapai Rp1.039,2 triliun atau sekitar 6 persen

"Jadi sampai dengan akhir Juli defisit adalah 2 persen dari GDP," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kim Jong-un Dikabarkan Koma, Ini Jejak Hubungan Indonesia dan Korut Sejak Dahulu

Posted: 24 Aug 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diterpa kabar meninggal dunia beberapa bulan lalu, kini Kim Jong-un dikabarkan tengah koma. Isu tersebut merebak tatkala santer diberitakan sang pemimpin Korea Utara memberikan tanggung jawab lebih kepada sang adik, Kom Yo-jong.

Seorang mantan pejabat Korea Selatan mengatakan kepada penyiar lokal bahwa pihak Korea Utara memberi Kim Yo-jong -- adik dari Kim Jong-un -- wewenang dan 'kekuatan' atas kepemimpinan lantaran kondisi kesehatan sang diktator yang menurun.

Chang Song-min, mantan ajudan mendiang presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, menyebut Kim dalam keadaan koma.

"Saya menilai dia sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir," katanya kepada media Korea Selatan seperti dikutip dari News.com.au.

CNN melaporkan bahwa Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan memberi tahu politikus negara itu bahwa saudara perempuan Kim sekarang "de facto second in command".

Hingga saat ini pihak Korea Utara belum memberikan klarifikasi atau mengeluarkan pernyataan apapun terkait isu Kim Jong-un dalam kondisi koma. Padahal belum lama ini, saat HUT ke-75 Republik Indonesia, ia diketahui mengirimkan pesan.

Pesan Kim Jong-un juga disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Setelah kemerdekaan, negara Anda telah membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi dan budaya nasional serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang ditinggikan," demikian disebutkan dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Korea Utara mfa.gov.kp pada Selasa 18 Agustus 2020.

"Kesempatan ini saya gunakan untuk mengutarakan keyakinan saya bahwa tradisi berharga tentang persahabatan dan kerjasama yang sangat baik antara kedua negara akan terus terkonsolidasi dan berkembang sesuai dengan tuntutan era baru," pesan Kim Jong-un setelah mengucapkan selamat dan memuji kemajuan Indonesia.

Pesan itu mengisyaratkan bahwa sejatinya Indonesia memiliki hubungan baik dengan Korea Utara. Hal tersebut bahkan terjadi jauh sebelum era kepemimpinan Kim Jong-un.

Berikut ini jejak hubungan antara Korea Utara dan Indonesia yang telah terjalin sejak lama, Liputan6.com rangkun dari beragam sumber, Selasa (25/8/2020): 

1. Hubungan Baik Sejak Zaman Presiden Soekarno

Presiden pertama Indonesia Sukarno (AFP)
Presiden pertama Indonesia Sukarno (AFP)

Persahabatan kedua negara ini sudah dimulai sejak zaman Presiden Pertama RI Soekarno dengan Presiden Korea Utara Kim Il-Sung, kakek pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong-un.

Hingga kini, hubungan yang terjalin semakin harmonis. Masyarakat kedua negara juga ingin hubungan kedua negara terus ditingkatkan dan mempererat persahabatan.

Hal ini disampaikan Duta Besar Republik Rakyat Demokratik Korea An Kwang Il pada 24 November 2017 lalu, dalam upacara penyematan Bintang Kehormatan Persahabatan di Universitas Bung Karno (UBK).

Bintang Kehormatan Persahabatan disematkan kepada Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Ristiyanto, seperti dikutip dari Jawapos.com, Selasa 12 Juni 2018.

Sebetulnya penyematan dilakukan pada bulan Agustus tahun itu di Pyongyang. Namun, saat itu Ristiyanto berhalangan hadir.

Hadir dalam upacara penyematan itu Rektor UBK Soenarto dan beberapa pejabat UBK, juga Sekjen Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea yang juga Wakil Rektor UBK Teguh Santosa.

Seperti Ristiyanto, Wakil Rektor UBK Teguh Santosa juga mendapat Bintang Kehormatan Persahabatan dari pemerintah Korea Utara. Bintang untuk Teguh disematkan di Pyongyang Agustus.

"Ini adalah tanda terima kasih kami atas bakti Bapak Ristiyanto dalam menjalin persahabatan dengan bangsa Korea," ujar Dubes An.

2. Berbalas Kujungan Kenegaraan

Presiden Amerika John Kennedy menunjuk Presiden Republik Indonesia Sukarno saat mereka duduk di mobil terbuka sesaat sebelum berangkat di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Washington, 24 April 1961. (AP Photo)
Presiden Amerika John Kennedy menunjuk Presiden Republik Indonesia Sukarno saat mereka duduk di mobil terbuka sesaat sebelum berangkat di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Washington, 24 April 1961. (AP Photo)

Eratnya hubungan Soekarno dan Kim Il Sung dimulai sejak 1964 ketika Proklamator Indonesia itu berkunjung resmi ke Pyongyang, yang dibalas dengan kunjungan Kim senior, dan anaknya Kim Jong Il, ke Indonesia pada April 1965.

"Selain untuk mempererat hubungan bilateral, kunjungan Kim Jong Il saat itu sekaligus untuk menghadiri peringatan 10 tahun Konferensi Asia Afrika yang pertama kali diadakan pada 1955 di Bandung," kata Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK/Korea Utara) untuk Indonesia, Ri Jong Ryul, dilansir Antara, 10 April 2015.

Sukarno saat itu memberikan bunga anggrek kepada Kim il-Sung. Bunga itu sekaligus kado ulang tahun dari Sukarno kepada pimpinan tertinggi Korea Utara tersebut. Anggrek tersebut diberi nama Dendrobium Kimilsungia.

3. Festival Bunga Pemberian Sukarno

Sebelumnya, Kim Il-sung memimpin Korea Utara sebagai perdana menteri (PM). Karena tak ada jabatan presiden.
Sebelumnya, Kim Il-sung memimpin Korea Utara sebagai perdana menteri (PM). Karena tak ada jabatan presiden.

Bunga anggrek genus Dendrobium ini, yang menjadi salah satu bunga paling terkenal di DPRK, adalah simbol ikatan persahabatan antara Korea Utara dan Indonesia.

Kimilsungia hingga saat ini menjadi festival tahunan di Korea Utara sejak 1999. Anggrek pemberian Bung Karno menjadi ikon festival sekaligus perayaan ulang tahun Kim il-Sung.

4. Penghargaan RI untuk Pemimpin Korut

Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), Rachmawati Soekarnoputri berjabat tangan dengan Mantan PM Malaysia Mahatir Mohamad (kedua kiri) usai penyerahan Anugerah Tanda Kehormatan Star of Soekarno di Jakarta, Minggu (27/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), Rachmawati Soekarnoputri berjabat tangan dengan Mantan PM Malaysia Mahatir Mohamad (kedua kiri) usai penyerahan Anugerah Tanda Kehormatan Star of Soekarno di Jakarta, Minggu (27/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di tahun 2001, bersamaan dengan peringatan hari lahir Bung Karno yang ke-100, Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) yang didirikan Rachmawati Soekarnoputri menyerahkan Star of Soekarno kepada sejumlah tokoh dunia, di antaranya Kim Il Sung sang pendiri Korea Utara.

Tokoh dunia lain yang menerima Star of Soekarno di tahun 2001 itu adalah Ho Chi Min dari Vietnam, Jawaharlal Nehru (India), Sun Yat Sen (China Taipei), Norodom Sihanouk (Kamboja), George Washington (Amerika Serikat), Josep Broz Tito (Yugoslavia), Ahmed Ben Bella (Aljazair), Charles De Gaulle (Prancis), Yaser Arafat (Palestina), Nelson Mandela (Afrika Selatan), Saddam Hussein (Irak), dan Ki Hajar Dewantara (Indonesia).

Di tahun 2015, YPS kembali menyerahkan Star of Soekarno. Kali ini hanya kepada empat tokoh dunia. Mereka adalah Mahathir Mohamad (Malaysia), Hugo Chavez (Venezuela), Fidel Castro (Kuba), dan Kim Jong Un (Korea Utara).

Dari keempat tokoh itu, hanya Mahathir Mohamad yang menerima Star of Soekarno secara langsung dalam upacara penganugerahan di Hotel Borobudur Jakarta, bulan September 2015. Tiga tokoh lainnya diwakili oleh Kedutaan Besar negara masing-masing di Indonesia.

Setelah penyerahan di Jakarta, Rachma mengutus Sekjen PPIK, Teguh Santosa, mengantar Star of Soekarno untuk Kim Jong Un ke Pyongyang. Di Pyongyang, Star of Soekarno itu diterima Presiden Korea Utara Kim Yong Nam dalam sebuah upacara resmi di Istana Presidium Tertinggi Rakyat Korea.

"Waktu kami memutuskan menyerahkan Star of Soekarno kepada Kim Jong Un banyak yang mencemooh kami. Saya dihujat banyak orang, disebut sudah hilang akal karena menyerahkan penghargaan yang menggunakan nama proklamator kemerdekaan Indonesia untuk seorang diktator seperti Kim Jong Un," cerita Rachmawati dalam keterangan pers yang dikirim Humas UBK, Senin (18/6).

Menurut Rachma, dirinya tidak mundur karena dia yakin hujatan seperti itu hanya datang dari kalangan yang sebenarnya tidak sungguh-sungguh mengetahui apa yang sedang terjadi di Semenanjung Korea.

Pada tahun 2000 Rachma mengunjungi Pyongyang, ibukota Korea Utara, dan selanjutnya mendirikan dan memimpin Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea Utara.

"Mereka yang menghujat hanya mendapatkan informasi sepihak dari media Barat yang sarat kepentingan Barat, tanpa memiliki pengalaman berinteraksi dengan publik Korea Utara dan pemimpin-pemimpin Korea Utara," sambung Rachma lagi.

Rachma jalan terus. Dia dan PPIK terus menjalin hubungan baik dengan pihak Korea hingga kini. Bulan April lalu, bersama budayawan Jaya Suprana, Rachma mengundang pianis muda Korea Utara untuk tampil dalam konser perdamaian di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

5. Undang Musisi Korut

Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)
Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)

Rabu malam 11 April 2018, pianis muda kelas dunia dari Korea Utara, Choe Jang Hung tampil dalam Konser Perdamaian di Gedung Kesenian Jakarta.

Ia memukau penonton yang memadati gedung berkapasitas 450 orang itu. Penampilan Jang Hung berhasil memberikan kesan yang lebih positif mengenai negeri yang dipimpin Kim Jong-un ini.

Pemandu konser, Jaya Suprana, mengakui bahwa kemampuan Jang Hung lebih tinggi dari kemampuannya. Tepuk tangan meriah dan standing ovation membahana sebagai tanda kekaguman atas kemampuan Jang Hung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NL Sempat Kesurupan Sebelum Bunuh Bosnya di Kelapa Gading

Posted: 24 Aug 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menggelar reka ulang pembunuhan bos pelayaran Sugianto (51). Sugianto meregang nyawa di tangan pegawainya sendiri berinisial NL.

Menurut polisi, reka adegan diawali saat NL merencanakan pembunuhan di Hotel Ciputra, Cibubur, Jakarta Timur, 9 Agustus 2020. Saat itu NL bersama tersangka lainnya, MM, RS, dan AJ.

"Tiba-tiba NL kesurupan almarhum ayahnya, karena diketahui MM, RS, dan AJ, adalah murid dari ayah NL yang merupakan seorang guru spiritual," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (25/8/2020).

"Assalamualaikum apakah kalian siap berjuang?" kata NL yang tiba-tiba kesurupan di kamar hotel 709 saat ditirukan Yusri.

"Siap eyang," jawab ketiga orang tersangka tersebut.

NL tidak hanya sekali mengalami kesurupan. Insiden kedua terjadi saat sore harinya mereka menuju makam ayah NL di Tangerang.

"Assalamualaikum, izin masuk. Seolah-seolah arwah almarhum masuk ke tubuh NL," kata NL kala itu tiru Yusri.

"Kapan kamu tepati janji mu Maman?" ujar NL sesaat sebelum pingsan dan kembali sadar setelahnya.

5 Kali Pertemuan

Polisi meringkus 12 tersangka pembunuhan bos pelayaran Sudianto (51) di di Ruko Royal Gading Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Kamis 13 Agustus 2020 siang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyebut, 12 tersangka yang masing-masing berinisial NL, R alias MM, SY, DM alias M, SP, AJ, MR, DW alias D, R, RS, TH, dan l, merencanakan aksinya selama lima kali di sejumlah tempat.

Perencanaan pertama pada 4 Agustus 2020 di rumah NL. Kemudian berlanjut pada pada 5 Agustus di Hotel Pakuwon Tangerang.

"Kemudian tiga kali di (salah satu) hotel (di) Cibubur. Dan sanalah antara tanggal 9 hingga tanggal 12 Agustus para pelaku ini menginap di hotel," jelas Nana dalam konferensi pers daring, Senin (24/8/2020).

NL juga menyiapkan Rp 200 juta untuk para pembunuh bayaran. Nana menjelaskan, NL pertama kali mentransfer Rp 100 juta kepada para pembunuh bayaran sebagai uang muka pada 4 Agustus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurna, Mudah

Posted: 24 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat donat kentang tidaklah sulit. Donat merupakan varian donat yang banyak digemari orang. Rasa gurih dan empuk dari kentang serta aneka topping membuat camilan satu ini jadi makanan kekinian.

Kentang yang kaya akan karbohidrat dan vitamin membuat donat kentang jadi makanan bergizi tinggi. Donat kentang bisa disantap saat santai bersama teh hangat. Cara membuat donat kentang juga sangat mudah.

Dengan bahan sederhana, kamu sudah bisa mempraktikkan cara membuat donat kentang. Cara membuat donat kentang yang empuk dan gurih bisa dicoba untuk para pemula. Ada beberapa resep cara membuat donat kentang dengan berbagai varian rasa dan bentuk.

Berikut 7 cara membuat donat kentang kekinian yang empuk dan gurih, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/8/2020).

Donat kentang empuk anti keriput

ilustrasi donat/Photo by Buenosia Carol from Pexels
ilustrasi donat/Photo by Buenosia Carol from Pexels

Bahan:

100 gram kentang kukus yag sudah dihaluskan

150 gram tepung terigu protein tinggi

100 gram tepung terigu serba guna

40 gram gula pasir

1 sdm susu bubuk

1 butir telur ayam

40 gram mentega

1/2 sdt garam halus

1 sdt ragi instan, 1 sdt gula pasir, 55 ml air hangat sebagai bahan biang.

Cara membuat donat kentang:

1. Biang: Siapkan mangkuk. Masukkan ragi dan gula. Lalu, tuang air hangat. Aduk cepat. Diamkan selama sekitar 10 menit sampai muncul gelembung-gelembung.

2. Adonan: Siapkan wadah. Masukkan bahan tepung, susu bubuk, kentang, gula, dan telur. Tambahkan bahan biang. Aduk rata. Uleni sampai setengah kalis. Lalu tambahkan mentega dan garam.

3. Uleni sampai kalis. Uleni adonan sampai kalis elastis. Tidak lengket di tangan dan mudah dibentuk.

4. Diamkan adonan pada suhu ruang. Bulatkan adonan. Masukkan di wadah yang ditutup plastik atau kain bersih. Biarkan sampai mengembang dua kali lipat dari sebelumnya selama sekitar 40 menit di suhu ruang.

5. Kempeskan adonan. Pipihkan adonan lalu bagi jadi beberapa bagian sesuai selera. Bulatkan adonan. Taruh adonan yang sudah dibulatkan di atas kertas baking yang sudah ditaburi terigu.

6. Pindahkan adonan ke wadah yang ditutup dengan kain lembap. Diamkan selama sekitar 20 menit. Sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama supaya hasilnya tidak keriput saat donat sudah digoreng. Sebisa mungkin diamkan tidak lebih dari 20 menit. Lalu, lubangi bagian tengah adonan.

7. Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Goreng donat sesuai urutan donat yang sudah dilubangi. Sebaiknya digoreng dengan proses satu kali balik saja supaya tidak menyerap minyak terlalu banyak. Angkat dan tiriskan. Donat bisa diberi taburan gula halus atau diberi tambahan topping sesuai selera.

Donat kentang untuk pemula

Donat Kentang (Sumber: Photo by Rod Long on Unsplash)
Donat Kentang (Sumber: Photo by Rod Long on Unsplash)

Bahan:

3 buah kentang yang besarnya sedang (direbus kemudian ditumbuk hinggahalus)

250 gr terigu (atau kalau kurang bisa ditambahkan sampai adonan tidak lengket di tangan)

1/2 bungkus fermipan

2 kuning telur

1 sdm mentega (dicairkan)

1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)

susu bubuk secukupnya.

Cara membuat donat yang mudah untuk pemula:

1. Campur semua bahan dan diuleni hingga kalis (tidak lengket di tangan), sambil juga dibanting-banting kira-kira 1/2 jam.

2. Kemudian di tutupi dengan kain basah hingga mengembang (kira-kira 1/2 sampai 1 jam).

3. Setelah itu dicetak lalu digoreng. Baru dihiasi sesuai selera.

Donat Kentang Isi Coklat

Donat Kentang Isi Coklat (sumber: Pixabay)
Donat Kentang Isi Coklat (sumber: Pixabay)

Bahan:

150 gram tepung protein tinggi

100 gram tepung terigu serba guna

40 gram gula pasir

100 gram kentang (kukus)

1 sdm susu bubuk

1 butir telur

40 gram mentega

1 sdt vanila bubuk

1/2 sdt garam

gula bubuk untuk taburan

Bahan biang:

1 sdt ragi instan

1 sdt gula

75 ml air hangat

Bahan isian:

coklat batangan atau meses

Cara membuat donat kentang isi coklat:

1. Masukkan ragi dalam wadah dan tambahkan gula dan air hangat.

2. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga muncul gelembung.

3. Kupas kentang yang sudah dikukus lalu haluskan.

4. Siapkan wadah lain dan masukkan tepung, susu bubuk, kentang, gula dan telur.

5. Masukkan bahan biang dan aduk rata.

6. Masukkan vanila.

7. Uleni dengan tangan sampai setengah kalis dan masukkan mentega dan garam.

8. Uleni lagi sampai kalis.

9. Tutup dengan kain bersih dan diamkan adonan sampai mengembang 2x lipat ukuran sebelumnya. (biasanya sekitar 40 menit)

10. Kempeskan adonan dengan tangan dan pipihkan di atas alas plastik yang sudah diberi terigu.

11. Bagi adonan sama rata menjadi bulatan-bulatan.

12. Isi donat dengan coklat atau meses.

13. Bentuk adonan sampai jadi bulat.

14. Panaskan minyak goreng dan goreng donat sampai kecoklatan atau matang.

15. Tiriskan.

16. Beri topping gula bubuk.

Donat kentang mini

Donat kentang mini  (sumber: Pixabay)
Donat kentang mini (sumber: Pixabay)

Bahan:

500 gram tepung terigu

225 ml air

60 gram gula pasir (haluskan)

50 ml susu cair

3 butir kuning telur

100 gram kentang (kukus dan haluskan)

30 gram margarin (cairkan)

garam (secukupnya)

ragi (secukupnya kira-kira 6 gram)

Baking powder (secukupnya)

Bahan Toping

Dark chocolate compound (sesuai selera)

White chovolate compound (sesuai selera)

Meises (coklat dan warna-warni)

Kacang mede (iris kecil-kecil)

Cara membuat donat kentang mini:

1. Campur semua bahan kering mulai dari terigu, ragi, gula, dan baking powder. Aduk bahan kering hingga tercampur rata.

2. Masukkan susu cair, kuning telur dan air secukupnya hingga membentuk adonan. Campur adonan hingga semuanya menyatu. Jika sudah, masukkan kentang yang telah dikukus secara pelan sambil terus diaduk.

3. Selanjutnya, masukkan margarin dan garam ke dalam adonan. Uleni adonan hingga menjadi kalis. Setelah adonan dirasa sudah kalis, istirahatkan adonan selama kurang lebih 10 menit sambil ditutup dengan plastik.

4. Potong dan timbang dengan berat 15 gram. Lalu bulatkan dan lubangi bagian tengah hingga membentuk donat.

5. Letakkan donat ini di sebuah loyang yang telah ditaburi terigu agar tidak lengket. Diamkan kira-kira selama 1 jam hingga adonan mengembang.

6. Jika sudah mengembang, panaskan minyak lalu goreng donat.

7. Donat yang sudah matang siap dihias dengan toping yang telah disiapkan.

8. Donat siap untuk disajikan dan memanjakan lidah Anda bersama keluarga.

 

Donat kentang ayam

Donat kentang ayam (sumber: Pixabay)
Donat kentang ayam (sumber: Pixabay)

Bahan:

100 gram kentang dikukus dan dihaluskan

250 gram tepung terigu

27 gram susuk bubuk

1 butir kuning telur

1/2 sdt garam

1 sdm ragi instant

1/4 sdt baking powder

3 sdm gula pasir

80 ml air

Bahan isian:

500 gram daging ayam yang sudah direbus dan dicincang

2 siung bawang putih ditumbuk halus

3 cm jahe dihaluskan

1/2 bawang bombai dicincang

2 batang daung bawang diiris kecil

3 sdm kecap manis

1/2 sdt lada bubuk

1 sdt saus tiram

garap secukupnya

minyak goreng

Cara membuat donat kentang ayam:

1. Campur tepung, gula, susu bubuk, dan ragi aduk hingga rata. Masukkan kentang halus, kuning telur dan air dingin uleni hingga rata dan setengah kalis

2. Masukkan mentega dan garam, ulen kembali hingga kalis elastis dan diamkan dengan ditutup serbet basah selama kurang lebih 40 menit

3. Untuk bahan isian tumis bawang putih, bawang bombai, dan jahe yang sudah dihaluskan hingga harum

4. Masukkan daging ayam, kecap manis, lada bubuk, saus tiram lalu aduk hingga rata

5. Masukkan daung bawang dan garam aduk dan cicipi apakah rasanya sudah gurih

6. Setelah mendidih matikan api dan biarkan dingin

7. Setelah bahan isian benar-benar dingin masukan ke dalam adonan donat yang sudah dipisah-pisah sebanyak 3 sdt isian ayam

8. Panaskan minyak dengan api sedang

9. Goreng satu persatu sampai kecoklatan

Sate donat kentang

Sate donat kentang (sumber: Pixabay)
Sate donat kentang (sumber: Pixabay)

Bahan:

50 gr susu bubuk

500 gr tepung terigu protein tinggi

10 gr ragi

150 gr kentang, dikukus lalu haluskan dan didinginkan

100 gram gula pasir

75 gr mentega

1 sdt garam

1 Kuning telur

Minyak secukupnya

Topping:

Dark chocolate, lelehkan

Meises warna warni secukupnya

Tusuk sate

Cara membuat sate donat kentang:

1. Campur tepung, gula, susu bubuk, dan ragi hingga rata.

2. Masukkan kentang halus, kuning telur, dan susu dingin

3. Ulen hingga rata dan kalis

4. Tambahkan mentega dan garam, ulen dan diamkan 15 menit

5. Ambil adonan dan buat bentuk bulat

6. Diamkan 15 menit

7. Diamkan 30 menit

8. Goreng, angkat, tiriskan

9. Olesi dengan cokelat leleh dan meises

 

 

Donat Kentang Keju

Donat Kentang Keju (sumber: Pixabay)
Donat Kentang Keju (sumber: Pixabay)

Bahan:

500 gr tepung terigu

50 gr susu bubuk

11 gr ragi

200 gr kentang halus

100 gr gula pasir

75 gr mentega

1 sdt garam

4 kuning telur

Parutan keju

Cara membuat donat kentang keju:

1. Buat adonan hingga kalis dan mengembang

2. Diamkan 15 menit

3. Ambil adonan dan bulatkan

4. Diamkan 15 menit

5. Goreng hingga cokelat kekuningan

6. Angkat, tiriskan, beri topping parutan keju

 

Nah, itu tadi beberapa cara membuat donat kentang yang mudah dan bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Resep donat kentang yang empuk dan bisa mengembang sempurna ini bahan-bahannya juga mudah di dapatkan. Selamat berkreasi membuat donat kentang ala kamu sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data 25 Agustus: 1.360 Pasien Covid-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet

Posted: 24 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien rawat inap terkait Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat berkurang. Berkurang 40 orang, dari semula 1.400 orang menjadi 1.360 pasien.

"Perkembangan jumlah pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet pada Selasa 25 Agustus 2020, hingga pukul 08.00 WIB, rawat inap berkurang 40 orang semula 1.400 orang menjadi 1.360 orang," kata Perwira penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian, dalam keterangannya, Selasa (25/8/2020).

Ia menjelaskan, untuk pasien rawat inap itu terdiri dari 759 pria dan 601 wanita. Untuk pasien yang dinyatakan positif ada 1.358 orang dan pasien Suspek 2 orang.

"Pasien terkonfirmasi positif berkurang 40 orang, semula 1.398 orang menjadi 1.358 orang. Lalu, pasien Suspek sebanyak 2 orang," jelas Aris.

Aris memaparkan, pasien di RSD Wisma Atlet mulai 23 Maret sampai dengan 25 Agustus 2020 yang terdaftar ada 11.757 orang.

"Pasien keluar 10.109 orang, dengan rincian pasien rujuk ke RS lain 245 orang, pasien pulang atau sembuh 9.860 orang, meninggal 3 orang dan tanpa izin 1 orang," kata Aris.

RSD Pulau Galang

Aris mengatakan, jumlah pasien yang berada di RSD Pulau Galang sebanyak 201 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 138 pria dan 63 wanita.

Untuk pasien yang positif Covid-19 sebanyak 76 orang dan pasien Suspek 125 orang.

"Pasien rawat inap bertambah 25 orang, semula 176 orang menjadi 201 orang. Pasien Covid-19 berkurang 3 orang, semula 79 orang kini berjumlah 76 orang dan pasien Suspek bertambah 28 orang, semula 97 orang menjadi 125 orang," ujarnya.

"Rekapitulasi pasien TMT 12 April sampai dengan 25 Agustus 2020 pukul 08.00 Wib, pasien terdaftar sebanyak 1.742 orang, pasien rujuk ke RS lain 4 orang, pasien pulang atau sembuh sebanyak 1.541 orang dan meninggal nihil," tandas Aris.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Hadapan Dewan Pengawas, MAKI Minta Firli Bahuri Tak Jadi Ketua KPK

Posted: 24 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman rampung diperiksa sebagai saksi sekaligus pelapor dalam sidang dugaan pelanggaran etik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri.

Boyamin mengatakan, sidang dugaan pelanggaran etik itu dipimpin Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dan dua anggota Dewas KPK, Albertina Ho dan Syamsuddin Haris.

"Tadi yang menyidangkan Pak Tumpak selaku ketua, agotanya bu Albertina dan pak Syamsuddin. Pak Firli sendiri dan saya sendiri," ujar Boyamin di Gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (25/8/2020).

Boyamin mengaku tak bisa membuka materi apa saja yang ditanyakan kepadanya saat sidang etik. Namun, dia mengaku dikonfrontasi secara langsung dengan Firli Bahuri oleh Dewas KPK.

"Prinsipnya persidangan tadi adalah mengonfirmasi aduan saya, benar saya adukan dengan data yang kemarin naik helikopter dengan fotonya? Terus (Firli) tidak pakai masker, terus kemudian saya lengkapi beberapa misalnya perjalan (rekonstruksi) saya sebutkan," kata dia.

 

Minta Tak Jadi Ketua KPK

Menurut Boyamin, persidangan etik yang dijalani Dewas KPK berjalan dengan adil. Di mana Firli diberikan kesempatan untuk menanggapi kesaksian dari Boyamin.

Boyamin berharap, jika nantinya Firli terbukti melanggar etik, jenderal Polisi bintang tiga itu harus rela menanggalkan jabatannya sebagai ketua KPK.

"Saya sampaikan juga, jika ini nanti dugaan melanggar, saya memohon Pak Firli cukup jadi wakil ketua, ketua diganti orang lain. Itu saya sampaikan juga, jadi sidang cukup efisien tak bertele-tele, jawaban saya juga berusaha sepadat mungkin jadi enggak sampai satu jam sudah selesai," kata Boyamin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmirandah Pamer Baby Bump di Usia Kehamilan 7 Bulan

Posted: 24 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asmirandah bersama Jonas Rivanno sedang berbahagia sambil menunggu kelahiran anak pertama mereka. Dalam hitungan bulan, Asmirandah direncanakan bakal melahirkan. 

Asmirandah memang pantas berbahagia. Pasalnya, selama hampir tujuh tahun menikah dengan Jonas belum juga dikaruniai momongan. Saat ini usia kehamilan Asmirandah sudah hampir memasuki bulan ketujuh.

Bahagia menunggu waktu dua bulan lagi, tak heran belakangan Asmirandah jadi sering memamerkan baby bump-nya di media sosial. Di postingan terbaru, ia pun merasa perutnya semakin membesar.

 

Baby Bump

Asmirandah di kehamilan 7 bulan (Instagram)
Asmirandah di kehamilan 7 bulan (Instagram)

Tampil cantik mengenakan midi dress berwarna biru, Asmirandah tersenyum bahagia sambil memegang perut buncitnya. Bersamaan dengan diunggahnya foto ini, ia pun menuliskan caption yang berbunyi, "Pagi tadi nggak terasa melihat perut yang makin besar setelah difoto OOTD ini, padahal kayaknya kemarin segitu-segitu aja."

 

Mempersiapkan

Asmirandah senang mengenakan pakaian suaminya saat hamil (Dok.Instagram/@asmirandah89/https://www.instagram.com/p/CEGUsLNJAwG/Komarudin)
Asmirandah senang mengenakan pakaian suaminya saat hamil (Dok.Instagram/@asmirandah89/https://www.instagram.com/p/CEGUsLNJAwG/Komarudin)

Ia pun melanjutkan, "Perkembangan baby walaupun cuma hitungan hari ternyata cepat ya. Nggak terasa juga minggu depan sudah mau menuju 7 bulan, yeay! Udah bisa kasih tau deh baby xxxxx-nya cowok/cewek. Terus udah bisa mulai cari-cari barang lainnya deh buat baby."

 

Ungkapan Terima Kasih

Di akhir postingannya, Asmirandah menyampaikan ucapan terima kasihnya untuk Tuhan maupun fans, "Terima kasih Tuhan sudah membentuk baby xxxxx tumbuh dengan sehat dan sempurna. Mama papanya juga selalu diberikan kesehatan. Terima kasih juga buat kawan-kawan yang selalu ikut mendoakan." 

Makin tak sabar deh ya menantikan seperti apa lucunya buah cinta Asmirandah dan Jonas Rivanno? Semoga ibu dan bayi dalam kandungannya selalu sehat hingga proses persalinan selesai ya!

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja Melonjak, Defisit APBN Sentuh Rp 330 Triliun pada Juli 2020

Posted: 24 Aug 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - a Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga Juli 2020 mencapai Rp 330,2 triliun atau 2,01 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Defisit ini lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang naik 79,5 persen atau tercatat sebesar Rp 183,9 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengugkapkan, defisit Juli 2020 terjadi akibat penerimaan negara tak sebanding dengan belanja negara pemerintah. Di mana pendapatan negara hanya mencapai Rp 922,2 triliun, sedangkan posisi belanja negara meningkat mencapai Rp 1.252,4 triliun seiring dengan pogram pemulihan ekonomi nasional.

"Ini menggambarkan bahwa APBN kita mengalami tekanan belanja naik akibat covid dan oleh karena itu dampaknya terhadap defisit APBN akan sangat besar yaitu di dalam Perpres sampai akhir tahun di estimasi sebesar 6,34 persen dari GDP sampai dengan akhir Juli defisit 2 persen dari GDP," kata dia dalam APBN Kita, di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Bendahara Negara ini merincikan, penerimaan negara yang mencapai Rp922,2 triliun tersebut berasal dari pajak sebesar Rp711 triliun, PNBP Rp208,8 triliun, sedangkan hibah sebesar Rp2,5 triliun.

Sedangkan untuk belanja negara yang mencapai Rp1.254,4 triliun berasal dari belanja pemerintah pusat yang terdiri dari kementerian/lembaga (K/L) dan belanja non K/L sebesar Rp793,6 triliun, dan realisasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) sebesar Rp458,8 triliun.

Dengan realisasi tersebut, maka defisit anggaran APBN 2020 hingga Juli 2020 tercatat 2,01 persen atau setara Rp330,2 triliun terhadap PDB. Adapun dalam Perpres 72 Tahun 2020 defisit APBN diizinkan hingga mencapai Rp1.039,2 triliun atau sekitar 6 persen

"Jadi sampai dengan akhir Juli defisit adalah 2 persen dari GDP," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Jokowi Ingin APBN Fokus Gerakkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo merapihkan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Dalam kunjungannya Jokowi memastikan Rumah Sakit Darurat siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo merapihkan masker yang digunakannya saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Dalam kunjungannya Jokowi memastikan Rumah Sakit Darurat siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjelaskan belanja pemerintah jadi hal utama yang menjadi daya ungkit untuk pemulihan ekonomi saat pandemi Covid-19. Dia mencatat APBN saat ini hanya berkonstribusi kurang lebih 14,5 persen.

"Dalam situasi krisis seperti ini belanja pemerintah menjadi instrumen utama untuk daya ungkit," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021, Selasa (28/7/2020).

Kemudian sektor lain pun harus dipulihkan kembali. Seperti sektor swasta hingga UMKM.

"Mesin penggerak ekonomi ini harus diungkit dari APBN kita yang terarah yang tepat sasaran," ungkap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Jamsostek Serahkan Data Calon Penerima Bantuan Subsidi Upah

Posted: 24 Aug 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proses penyerahan Bantuan Subsidi Upah (BSU) oleh Pemerintah kepada pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) terus berjalan.

Bertempat di Kantor Menteri Ketenagakerjaan RI, BPJAMSOSTEK memberikan data calon penerima BSU untuk gelombang pertama sebanyak 2,5 juta pekerja pada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI pada Senin (24/8/2020).

Menurut Agus Susanto, Direktur Utama BPJAMSOSTEK, penyerahan dilakukan secara bertahap sesuai kesepakatan dengan Kemenaker, untuk mempermudah proses rekonsiliasi, monitoring, dan mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dalam pelaksanaan program BSU.

Agus menjelaskan, dari target calon penerima BSU 15.7 juta, saat ini telah terkumpul sebanyak 13,7 juta nomor rekening, dan sudah divalidasi berlapis hingga 3 tahap, hingga jumlah data yang tervalidasi mencapai 10 juta.

"Dari jumlah tersebut kami serahkan pada tahap pertama sebanyak 2,5 juta data peserta," kata Agus.

Gelombang penyerahan data berikutnya akan dilakukan secara bertahap (batch) hingga seluruh rekening pekerja yang telah tervalidasi bisa menerima haknya.

"Saat ini masih terdapat sekitar 2 juta pekerja nomor rekeningnya belum diterima BPJAMSOSTEK. Kami tidak henti-hentinya mengimbau kepada perusahaan untuk segera menyerahkan data terkini para pekerja yang mencakup nomor rekening aktif atas nama pekerja, paling lambat tanggal 30 Agustus 2020. Begitu pula dengan nomor rekening yang tidak valid, kami kembalikan kepada perusahaan untuk dikonfirmasi kembali kepada pekerjanya dan akan kami lakukan validasi ulang," tutur Agus.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah menerima data yang disampaikan oleh BPJAMSOSTEK dan menyatakan, data batch pertama BSU sebanyak 2,5 juta ini akan di checklist untuk mengecek kesesuaian data yang ada, setelah itu baru akan kami serahkan kepada KPPN untuk nanti akan disalurkan ke bank penyalur, dalam hal ini adalah bank-bank pemerintah.

"Dari bank pemerintah tersebut nanti akan ditransfer ke penerima program Bantuan Subsidi Upah," kata Ida.

Pihaknya juga menambahkan bahwa Kemnaker butuh waktu 4 hari untuk melakukan checklist pada data yang telah diberikan oleh BPJAMSOSTEK demi mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Ida juga memastikan, pegawai non ASN untuk mendapatkan BSU ini. "Pegawai pemerintah non PNS, sepanjang dia menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka dia memang termasuk yang menerima program bantuan perintah ini," tutup Ida.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone SE (2020) Kini Dirakit di India

Posted: 24 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple memilih India untuk mendiversifikasi produksi iPhone. Strategi ini juga membuat perusahaan bisa menjual iPhone dengan harga lebih kompetitif untuk pasar setempat.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (25/8/2020), Apple telah memproduksi beberapa varian iPhone di India. Kini, perusahaan juga memproduksi iPhone SE (2020) di negara tersebu.

Produksi iPhone tersebut dimulai di India pada pekan ini. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Apple dalam sebuah pernyataan kepada media teknologi lokal.

Smartphone tersebut diprediksi akan menyambangi rak-rak toko di India dalam beberapa pekan mendatang.

Pangkas Biaya

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)
Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Salah satu insentif utama bagi produsen smartphone yang merakit perangkatnya di India adalah penghematan bea impor tinggi yang mencakup pajak impor 20 persen.

Apple dilaporkan tertarik memindahkan hingga 20 persen produksi iPhone dari Tiongkok ke India dalam waktu dekat.

Produk iPhone Lain di India

iPhone SE (2020) bukan smartphone pertama Apple yang diproduksi di India.

Apple melalui mitra manufakturnya pernah memproduksi iPhone SE generasi pertama, 6s, dan 7 di India. Apple pada bulan lalu dilaporkan telah memulai perakitan iPhone 11 di India.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir Rampung, Pembangunan Jembatan Teluk Kendari Capai 97,3 Persen

Posted: 24 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Ditjen Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 km. Jembatan ini menghubungkan kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan Kecamatan Poasia di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pembangunan jembatan ini bertujuan untuk mendukung konektivitas bagi pengembangan wilayah selatan Kota Kendari, yakni daerah Poasia dan Pulau Bungkutoko yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri Kendari New Port dan kawasan permukiman baru.

Jembatan dengan tipe cable stayed ini memiliki lebar 20 meter dengan empat lajur serta median dan trotoar. Progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 97,33 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (25/8/2020).

Pemerintah telah mencanangkan pembangunan kawasan pelabuhan di Pulau Bungkutoko yang menjadi bagian pengembangan Kota Kendari dengan dibangunnya Pelabuhan Bangkutoko (Kendari New Port) seluas 66 ha. Kawasan pelabuhan ini merupakan pindahan dari pelabuhan lama di kawasan Kota Lama.

Pelabuhan Bungkutoko diproyeksikan menjadi pintu masuk bagi komoditi dari dan ke luar Kota Kendari maupun Sulawesi Tenggara dengan adanya rencana pembangunan kawasan industri penunjang seluas 26 ha. Di area pelabuhan juga akan dibangun terminal antar moda (20 ha), terminal multipurpose (32 ha), terminal penumpang (23 ha), dan tracking mangrove (24 ha).

Selain mendukung aksesibilitas pelabuhan baru, Jembatan Teluk Kendari juga akan meningkatkan konektivitas jalan nasional dan jalan lingkar luar (Outer Ring Road) Kota Kendari. Berdasarkan road map, panjang pembangunan jalan lingkar luar sekitar 40 Km yang menghubungkan Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

PT PP dan Nindya Karya

Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 km yang menghubungkan Pelabuhan Kota Lama dengan Kecamatan Poasia. (Dok PUPR)
Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 km yang menghubungkan Pelabuhan Kota Lama dengan Kecamatan Poasia. (Dok PUPR)

Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR Achmad Gani Ghazali Akman menyatakan, pembangunan Jembatan Teluk Kendari turut melibatkan konsorsium kontraktor PT PP dan PT Nindya Karya. Proyek ini memakan biaya APBN Rp 800 miliar melalui skema kontrak tahun jamak (multiyears contract) 2015-2020.

Sementara Kepala BPJN XXI Kendari (Sultra) Yohanis Tulak Todingrara menyampaikab, pengerjaan konstruksi Jembatan Teluk Kendari terdiri dari pembangunan jalan pendekat atau oprit (602,5 m), approach span (357,7 m), side span (180 m), bentang utama atau main span (200 m).

Menurut dia, kehadiran Jembatan Teluk Kendari juga akan mempermudah akses masyarakat yang berada di kawasan Kota Lama atau Poasia yang selama ini dipisahkan oleh Teluk.

"Masyarakat harus menyeberangi Teluk Kendari menggunakan kapal ferry atau memutari teluk sejauh 20 km dengan waktu tempuh 30-35 menit. Dengan adanya Jembatan Teluk Kendari, maka jarak semakin dekat dan waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 5 menit," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Lesty Kejora dan Rizky Billar di Panggung HUT SCTV Ke-30, Curi Perhatian

Posted: 24 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lesty Kejora dan Rizky Billar selama beberapa waktu terakhir memang sukses mencuri perhatian publik. Keduanya kini tak lagi sungkan untuk memperlihatkan kekompakan dan kemesraan di hadapan publik.

Bahkan, keduanya pada Senin (24/8/2020) tampil mesra di pangung HUT SCTV ke-30 yang digelar secara live dari studio Emtek, Daan Mogot, Jakarta Barat. Penampilan Lesty Kejora dan Rizky Billar saat menyanyikan lagu 'Kupinang Kau dengan Bismillah' ini juga berhasil mencuri perhatian netizen.

Meski bukan untuk pertama kalinya berduet di sebuah acara televisi, akan tetapi aksi panggung keduanya tetap menjadi sorotan. Bahkan, tak sedikit netizen yang semakin penasaran atas hubungan keduanya. Bahkan, saat Lesty disinggung oleh Raffi Ahmad apabila Rizky serius melamarnya, pedangdut 21 tahun tersebut pun mengaku akan meyakinkan hati.

Penasaran seperti apa potret mesra keduanya saat menyanyikan lagu 'Kupinang Kau dengan Bismillah'? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret mesra Lesty Kejora dan Rizky Billar saat duet di panggung HUT SCTV ke-30, Selasa (25/8/2020).

1. Sebelum tampil di atas panggung, Rizky Billar sempat mengunggah foto bersama Lesty di akun Instagram pribadinya.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/rizkybillar)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/rizkybillar)

2. Penampilan keduanya saat berduet di atas panggung sukses curi perhatian.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)

3. Tak sedikit pula netizen yang terbawa perasaan karena penampilan apik dari Lesty Kejora dan Rizky Billar.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)

4. Pada momen ending dari lagu yang dinyanyikan, Rizky Billar terlihat menggenggam mesra tangan dari Lesty Kejora.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)

5. Di panggung HUT SCTV ke-30 tersebut, keduanya juga menyanyikan single baru mereka.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)

6. Raffi Ahmad dan Andre Taulany sempat menggoda kedekatan keduanya saat berada di atas panggung.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)

7. Sering terlihat tampil mesra bersama, tak sedikit netizen yang mendoakan agar keduanya bisa berjodoh.

Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)
Lesty Kejora dan Rizky Billar (Sumber: Instagram/sctv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BTS Rilis Dua Versi Baru Single 'Dynamite'

Posted: 24 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Boyband BTS merilis dua versi baru single 'Dynamite' yang juga baru dirlis tiga hari yang lalu. Versi barunya dirilis dalam musik EDM dan akustik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selangkah Lagi, Kai Havertz Susul Werner dan Ziyech ke Chelsea

Posted: 24 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea bergerak cepat dalam proses transfer Kai Havertz dari Bayer Leverkusen. Klub berjuluk The Blues itu kabarnya setuju untuk membayar uang tranfser Havertz.

Seperti dilansir Goal, Chelsea akan membayar biaya awal sebesar 72 juta pound sterling. Sisanya, Chelsea akan mencicil sampai lunas dengan total 90 juta pound sterling.

Dengan jumlah tersebut, Havertz akan memecahkan rekor pembelian termahal Chelsea. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh kiper mereka Kepa Arrizabalaga yang diboyong dari Athletic Bilbao.

Kemungkinan Chelsea untuk mendapatkan Havertz sangat besar. Pasalnya, ada klausul yang menyebut Leverkusen harus membiarkannya pergi jika ada klub yang sanggup membayar biaya transfer.

Harvertz sendiri merupakan jebolan akademi Leverkusen. Ia naik ke tim utama pada musim 2016/17.

Total, Havertz telah tampil 150 kali dan mencetak 46 gol. Torehan itu membuatnya beberapa kali dipanggil timnas Jerman.

 

 

Pemain Ketiga

Gelandang Leverkusen, Kai Havertz, saat merayakan golnya ke gawang RB Leipzig dalam laga lanjutan kompetisi Bundesliga di Leverkusen, Jerman pada 6 April 2019. Bayer Leverkusen menang 2-1 atas Leipzig. (AFP/Hasan Bratic)
Gelandang Leverkusen, Kai Havertz, saat merayakan golnya ke gawang RB Leipzig dalam laga lanjutan kompetisi Bundesliga di Leverkusen, Jerman pada 6 April 2019. Bayer Leverkusen menang 2-1 atas Leipzig. (AFP/Hasan Bratic)

Jika jadi bergabung, Havertz akan menjadi pemain ketiga yang diboyong Chelsea pada bursa transfer musim panas. Sebelumnya, tim asuhan Frank Lampard itu sukses mendaratkan Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam, dan Timo Werner dari RB Leipzig.

Total, keduanya diboyong dengan harga 91 juta pound sterling. Keduanya menjadi deretan pemain awal yang didatangkan Chelsea usai lepas dari sanksi transfer.

Incar Ben Chilwell

Di sisi lain, Havertz tampaknya bukan pemain terakhir yang akan dibeli Chelsea. Pasalnya, ada rumor menyebut Chelsea juga tengah mengincar bek Leicester City, Ben Chilwell.

Untuk mendaratkan Chilwell, Chelsea rumornya harus merogoh kocek hingga 50 juta pound sterling.

 

 

Statistik Havertz

2016/17: 28 main, 4 gol

2017/18: 35 main, 4 gol

2018/19: 42 main, 20 gol

2019/20: 45 main, 18 gol

Saksikan Video Chelsea di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Menikah, Nycta Gina Ternyata Selingkuhan Rizky Kinos

Posted: 24 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nycta Gina dan Rizky Kinos akhirnya terang-terangan membeberkan masa lalu mereka sebelum menikah. Gina mengaku bahwa ia adalah selingkuhan dari Kinos saat mereka masih berpacaran.

Pengakuan ini dungkapkan sendiri oleh Nycta Gina dan Rizky Kinos saat menjadi bintang tamu di kanal youtube Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty.

"Eh, gue yang jadi selingkuhan dia, gimana dong?" kata Nycta Gina dengan nada bicara sedikit kesal.

Selingkuhan Kinos

Nycta Gina dan Rizky Kinos. (Instagram @kinosnoski)
Nycta Gina dan Rizky Kinos. (Instagram @kinosnoski)

Rizky Kinos pun akhirnya mengakui bahwa saat awal-awal dekat dengan Nycta Gina, ia masih menjalin hubungan dengan seorang wanita.

Sementara itu, Gina sudah putus dari kekasihnya sudah berhubungan selama 13 tahun.

Fakta Masa Lalu

Rizky Kinos dan Nycta Gina (Sumber: Instagram/missnyctagina)
Rizky Kinos dan Nycta Gina (Sumber: Instagram/missnyctagina)

"Jadi faktanya adalah, Gina waktu gua pertama deketin dan pacaran, dia adalah selingkuhan gue. Gue punya pacar. Keren enggak tuh gue?" celetuk Kinos.

"Gue sudah putus, sudah for good sama yang itu," sahut Gina.

Menjalin Hubungan Baik

Rizky Kinos juga mengungkapkan bahwa setelah putus dari kekasihnya, mereka masih tetap menjalin hubungan baik. Selain itu, meskipun Kinos masih berhubungan baik dengan mantannya, Gina masih tetap menerima Kinos dengan tangan terbuka.

 

Masih Komunikasi

"Kalau gue sudah putus, tapi enggak for good, temporary. Jadi masih ada jantan, jatah mantan gitu kan. Jadi masih ketemu, masih komunikasi masih lancar," ucap Kinos.

Sudah Tahu

"Tapi, at that moment, dia (Nycta Gina) tuh tahu. Dia tahu bahwa gue masih dekat sama mantan gue. Tapi dia tetep jalan sama gue," tukasnya. (KapanLagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yakini Corona COVID-19 Hoaks, Pria AS Kehilangan Istri Akibat Terinfeksi Virusnya

Posted: 24 Aug 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengemudi taksi di Florida, Amerika Serikat yang percaya klaim palsu bahwa Virus Corona baru hanyalah sebuah hoaks, akhirnya harus kehilangan istrinya karena terinfeksi COVID-19.

Melansir BBC, Selasa (25/8/2020), Brian Lee Hitchens dan istrinya, Erin, telah membaca klaim online bahwa virus corona dibuat, terkait dengan 5G atau mirip dengan flu.

Pasangan itu tidak mengikuti panduan kesehatan atau mencari bantuan ketika mereka jatuh sakit pada awal Mei. Untungnya Brian berhasil pulih tetapi kondisi istrinya yang berusia 46 tahun menjadi kritis dan meninggal bulan ini karena masalah jantung yang terkait dengan virus tersebut.

Erin, yang merupakan seorang pendeta di Florida, memang memiliki masalah kesehatan yaitu asma dan gangguan tidur.

Suaminya menjelaskan bahwa pasangan tersebut tidak mengikuti panduan kesehatan sejak awal pandemi karena klaim palsu yang mereka lihat secara online.

Brian juga masih terus bekerja sebagai sopir taksi dan mengambil obat istrinya tanpa mematuhi aturan jarak sosial atau mengenakan masker.

Mereka juga gagal mencari bantuan sesegera mungkin ketika mereka jatuh sakit pada Mei dan keduanya kemudian didiagnosis dengan COVID-19.

 

Menyesal

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Brian mengaku menyesal dan mengatakan bahwa ia "berharap mendengarkan dari awal" dan berharap istrinya akan memaafkannya.

"Ini adalah virus nyata yang mempengaruhi orang secara berbeda. Saya tidak bisa mengubah masa lalu. Saya hanya bisa hidup di hari ini dan membuat pilihan yang lebih baik untuk masa depan," jelas Brian.

"Dia tidak lagi menderita, tapi dalam damai. Aku melewati masa-masa merindukannya, tapi aku tahu dia berada di tempat yang lebih baik."

Brian mengatakan dia dan istrinya tidak memiliki satu keyakinan kuat tentang Covid-19. Sebaliknya, mereka beralih antara berpikir virus itu tipuan, terkait dengan teknologi 5G, atau penyakit yang nyata, tetapi ringan. Mereka menemukan teori ini di Facebook.

"Kami pikir pemerintah menggunakannya untuk mengalihkan perhatian kami," jelas Brian, "atau berkaitan dengan 5G."

Tetapi setelah pasangan itu jatuh sakit karena virus pada bulan Mei, Brian melalui Facebook dalam sebuah posting viralnya menjelaskan bahwa dia telah disesatkan oleh apa yang dia lihat secara online tentang virus tersebut.

"Jika kamu harus keluar mohon gunakan kebijaksanaan dan jangan bodoh seperti saya dulu agar hal yang sama tidak terjadi pada kamu seperti yang terjadi pada saya dan istri saya," tulisnya.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Rhoma Irama, Vicky Lepas Keartisan Pilih Jualan Bakso

Posted: 24 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vicky Rhoma, salah satu putra Rhoma Irama, sempat mengikuti jejak sang ayah di panggung musik Tanah Air. Sayangnya, Vicky tak seperti Ridho yang mengikuti jejak Rhoma Irama di genre dangdut.

Vicky Rhoma justru memilih musik rock untuk digeluti. Lagi-lagi nasib Vicky tak segemilang Rhoma Irama.

Meski sudah memiliki band bernama Sonet Rock, tetap saja keberadaan Vicky Rhoma Irama dan bandnya tergerus dengan nama-nama band lain yang ada di Indonesia.

Nama Vicky dan Sonet Rock kian meredup. Bahkan, tak terdengar lagi namanya di blantika musik.

 

Pebisnis

Vicky Rhoma Irama (Foto: YouTube)
Vicky Rhoma Irama (Foto: YouTube)

Tak lagi tampil sebagai penyanyi, Vicky Rhoma tak kehilangan ladang mata pencaharian. Ia pun pilih banting setir menjadi seorang pengusaha.

 

Jual Bakso Aci

Vicky Rhoma Irama (Foto: YouTube)
Vicky Rhoma Irama (Foto: YouTube)

Usaha yang digeluti kakak Ridho Rhoma ini adalah bidang kuliner. Ia menjual bakso aci yang saat ini tengah hit.

"Saya jualan bakso aci DJ," kata Vicky Rhoma, seperti dalam kanal YouTube Januardi Nylman, Senin (24/8/2020).

 

Berbeda

Vicky mengatakan bakso aci milikinya berbeda dari yang ada kebanyakan. Ia menjelaskan cita rasanya berbeda. Ia juga mengaku memiliki langganan sampai luar kota dengan penjualan sistem online.

"Alhamdulillah pesanan sudah sampai Kalimantan, sampai Bali. Ya udah saya fokus ke sini sekarang, jadi jualan bakso sekarang," kata Vicky tertawa.

 

Beri Alasan

Suami dari Rika Herman ini mengaku memiliki alasan membuka usaha bakso aci. Ia tertarik karena bakso memrupakan makanan yang digemari dan ciri khas warga Indonesia suka dengan jajan berkuah ini.

"Satu makanan. Kalau makakan ini tidak ada cerita matinya karena semua manusia suka makan. Kebetulan orang Indonesia ini hobinya memang hobinya jajan makanan ringan bakso," tuturnya. (Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Syahrini di HUT SCTV, Pakai Jubah Seberat 20 Kg

Posted: 24 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Malam Puncak Perayaan HUT SCTV ke-30 bertajuk #3xtraOrdinary telah digelar secara meriah dan disiarkan langsung dari studio Emtek City, Daan Mogot, Jakarta Barat. Merayakan pertambahan usia, SCTV pun mengundang sederet bintang papan atas Tanah Air untuk hadir diperhelatan istimewa tersebut.

Digelar pada Senin (24/8/2020) tampil artis-artis hits mulai dari pemain sinetron hingga penyanyi dan musisi. Salah satu penyanyi yang turut memeriahkan malam puncak ulang tahun SCTV ke-30 adalah Syahrini.

Istri dari Reino Barack ini tampil totalitas dengan gaun dan jubah yang kabarnya memiliki berat hingga 20 kilogram. Patuhi protokol kesehatan, wanita kelahiran 1982 juga memakai face shield atau pelindung wajah berbentuk hati.

"Kok kayaknya tegang ya, padahal aku udah pakai masker, face shield, pakai gaun yang panjangnya 30 meter sampai parkiran," kata Syahrini dari panggung SCTV.

Curi perhatian dan tampil cetar, berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 potret penampilan Syahrini di acara HUT SCTV ke-30 yang totalitas, dari channel YouTube SCTV, Selasa (25/8/2020).

1. Tampil cetar, Syahrini hadir di acara HUT SCTV 2020 dengan busana mewah dan face shield.

Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: Instagram/@riomotret)
Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: Instagram/@riomotret)

2. Untuk patuhi protokol kesehatan, istri Reino Barack ini pakai face shield unik berbentuk hati.

Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)
Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)

3. Face shield milik SYahrini ini pun langsung mencuri perhatian lantaran dihiasi bak perhiasan putih.

Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)
Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)

4. Tak hanya itu, pelantun lagu 'Semua Karena Cinta' tersebut memakai busana mewah berwarna biru.

Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)
Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)

5. Gaun biru tersebut memiliki panjang ekor hampir 5 meter dan hiasan yang besar di pundaknya.

Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)
Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: YouTube/SCTV)

6. Tampil dengan jubah biru sekaligus gaun hitam mewah, kabarnya berat busana yang dipakai Syahrini mencapai 20 kilogram.

Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: Instagram/@princessyahrini)
Penampilan totalitas Syahrini di acara HUT SCTV ke-30. (Sumber: Instagram/@princessyahrini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Penerimaan Pajak Semester I 2020 Turun 14,7 Persen

Posted: 24 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan mencatat, pendapatan negara hingga akhir Juli 2020 adalah 54,3 persen, atau Rp 922,2 triliun dari target Perpres 72/2020 sebesar Rp 1.699,9 triliun. Dibandingkan tahun lalu, total pendapatan ini mengalami penurunan 12,4 persen. Terutama dari sisi pajak.

"Ini yang harus kita waspadai," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam APBN KiTa, Selasa (25/8/2020).

Dari sisi penerimaan perpajakan, tercatat sudah Rp 711,0 triliun atau 50,6 persen dari target pendapatan perpajakan sebesar 1.404,5 triliun. Pendapatan perpajakan ini, dibandingkan Juli 2019 terkontraksi 12,6 persen.

"Kalau kita breakdown antara pajak dengan bea cukai, untuk pajak terkumpul Rp 601,9 atau 50,2 persen dibandingkan target Perpres 72 yang sebesar Rp 1198,8 triliun. Kita lihat dari sisi growth dibandingkan tahun lalu adalah -14,7 persen," papar Menkeu.

"Kami perkirakan ini adalah sesuatu yang harus kita perhatikan dari sisi faktor-faktor penerimaan pajak tersebut," sambung dia.

Sementara untuk Bea Cukai, pendapatan hingga Juli 2020 sebesar Rp 9,1 triliun atau baru 53 persen. Meski tumbuh positif, namun jika dibandingkan pendapatan pada Juli 2019 angka ini dinilai masih sangat rendah.

"PNBP kita mengalami dampak yang sama, tadi karena harga komoditas mengalami juga pukulan dibandingkan kondisi sebelum Covid-19. Sehingga kita mengumpulkan Rp 208,8 triliun atau 71 persen dari target di dalam Perpres dibandingkan tahun lalu adalah negatif 13,5 persen," tukas Menkeu.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Mantan Menkeu Nilai Sebaiknya Insentif Pajak Dialihkan ke BLT

(Foto: Antara)
(Foto: Antara)

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menilai kucuran insentif pajak di tengah pandemi Virus Corona tidak tepat dilakukan. Sebab saat ini sebagian perusahaan tidak beroperasi seperti biasa sehingga insentif tidak akan terasa dampaknya.

"Sejak awal saya bilang insentif pajak tidak akan berjalan. Kenapa? Karena ketika perusahaan mengalami kerugian mereka juga tidak akan membayar pajak," ujar Chatib dalam diskusi online, Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Sebagai gambaran, total insentif pajak yang diberikan pemerintah untuk dunia usaha dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp 94,61 triliun. Lalu insentif pajak untuk UMKM Rp 2,4 triliun, dan insentif pajak di bidang kesehatan mencapai Rp 9,05 triliun.

"Jika tidak ada aktivitas ekonomi, kenapa pemerintah harus mengalokasikan anggaran untuk insentif pajak? Nantinya, ketika ekonomi sudah berjalan kembali, maka pemerintah baru bisa memberikan insentif pajak," jelas Chatib.

Untuk itu, kata Chatib, lebih baik pemerintah fokus mengalokasikan anggaran PEN untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT). BLT juga lebih baik daripada sembako, sebab manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat dan mampu mendongkrak konsumsi dalam negeri.

"Jika Anda membicarakan sembako, itu hanya menjadi proyek karena semua orang meminta-minta. Ketika bicara sembako akan ada sarden, ketoprak, dan lain-lain. Tapi uang itu sangat mulia dibandingkan yang lain. Jadi sesimpel itu," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruh Demo Tolak Omnibus Law di DPR, Polisi Siapkan Skenario Rekayasa Lalin

Posted: 24 Aug 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan personel gabungan disiagakan guna mengamankan demonstrasi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Aksi dijadwalkan berlangsung Selasa (25/8/2020) pagi ini.

"Kami menerjunkan 5.800 personel gabungan untuk menjaga demonstrasi di Gedung DPR RI," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di kantornya, Selasa.

Menurut dia, polisi juga menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas. Namun, penerapan skenario ini bersifat situasional atau melihat kondisi di lapangan.

Demonstrasi di depan Gedung DPR RI itu akan melibatkan buruh dari sejumlah elemen serikat pekerja di Jabodetabek.

Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S Cahyono, mengatakan, aksi ini digelar untuk menolak omnibus law.

"Massa akan berkumpul di depan Gedung TVRI, Senayan, Jakarta Pusat, lalu bergerak dengan jalan kaki menuju Gedung DPR RI. Agenda menolak 'omnibus law' RUU Cipta Kerja dan stop PHK," kata Kahar dalam keterangan tertulisnya.

Para buruh ini akan menyampaikan dua tuntutan, yakni menolak omnibus law dan menolak PHK dampak dari Covid-19.

 

Berikut Skenario Rekayasa Arus Lalu Lintas Sekitar Senayan

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Gedung DPR/MPR di belokkan kiri ke Gerbang Pemuda

2. Arus lalu lintas dari Gerbang Pemuda arah Jalan Gatot Subroto, di putar balik di kolong layang-layang farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda

3. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di Offramp Pulo Dua diluruskan ke Tol Tomang

4. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur arah Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika arah Jalan Gelora dibelok ke Jalan Gerbang Pemuda

6. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda arah Jalan Gelora dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Dugaan Korupsi PT DI Lewat Pensiunan TNI AU

Posted: 24 Aug 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan korupsi terkait pemasaran dan penjualan di PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Hari ini, Selasa (25/8/2020), tim penyidik menjadwalkan memeriksa pensiunan TNI AU, Danardono Sulistyo Adji.

"Saksi Danardono Sulistyo Adji diperiksa untuk tersangka BS (Budi Santoso-mantan Dirut PT DI)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (25/8/2020).

Berdasarkan penelusuran, Danardono Sulistyo Adji sempat menjadi Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Politik.

Selain Danardono Sulistyo Adji, tim penyidik juga akan memeriksa tiga saksi lainnya, yakni Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan Kemenhub yang juga pensiunan TNI bernama Firdaus Komarno, Pensiunan pegawai Bappenas bernama Rizky Ferianto, dan pihak swasta Tirtha Chandra.

"Ketiganya juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS," kata Ali.

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dan mantan Asisten Direktur Utama bidang Bisnis Pemerintah PT Dirgantara Indonesia Irzal Rinaldi Zailani.

Kasus korupsi ini bermula pada awal 2008, saat Budi Santoso dan Irzal Rinaldi Zailani bersama-sama dengan Budi Wuraskito selaku Direktur Aircraft Integration, Budiman Saleh selaku Direktur Aerostructure, serta Arie Wibowo selaku Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan menggelar rapat mengenai kebutuhan dana PT Dirgantara Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di kementerian lainnya.

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai biaya entertaintment dan uang rapat-rapat yang nilainya tidak dapat dipertanggungjawabkan melalui bagian keuangan.

Kemudian Budi Santoso mengarahkan agar tetap membuat kontrak kerjasama mitra atau keagenan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut. Namun sebelum dilaksanakan, Budi meminta agar melaporkan terlebih dahulu rencana tersebut kepada pemegang saham yaitu Kementerian BUMN.

Setelah sejumlah pertemuan, disepakati kelanjutan program kerjasama mitra atau keagenan dengan mekanisme penunjukkan langsung. Selain itu, dalam penyusunan anggaran pada rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) PT Dirgantara Indonesia, pembiayaan kerjasama tersebut dititipkan dalam 'sandi-sandi anggaran' pada kegiatan penjualan dan pemasaran.

Selanjutnya, Budi Santoso memerintahkan Irzal Rinaldi Zailani dan Arie Wibowo untuk menyiapkan administrasi dan koordinasi proses kerjasama mitra atau keagenan. Irzal pun menghubungi Didi Laksamana untuk menyiapkan perusahaan yang akan dijadikan mitra atau agen.

Kontrak Kemitraan

Kemudian, mulai Juni 2008 hingga 2018, dibuat kontrak kemitraan atau agen antara PT Dirgantara Indonesia yang ditandatangani oleh Direktur Aircraft Integration dengan Direktur PT Angkasa Mitra Karya, PT Bumiloka Tegar Perkasa, PT Abadi Sentosa Perkasa, PT Niaga Putra Bangsa, dan PT Selaras Bangun Usaha.

Atas kontrak kerjasama tersebut, seluruh mitra atau agen tidak pernah melaksanakan pekerjaan berdasarkan kewajiban yang tertera dalam surat perjanjian kerjasama.

PT Dirgantara Indonesia baru mulai membayar nilai kontrak tersebut kepada perusahaan mitra atau agen pada 2011 atau setelah menerima pembayaran dari pihak pemberi pekerjaan. Selama tahun 2011 sampai 2018, jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia kepada enam perusahaan mitra atau agen tersebut sekitar Rp 205,3 milyar dan USD 8,65 juta, atau sekira Rp 330 M.

Setelah keenam perusahaan menerima pembayaran, terdapat permintaan sejumlah uang baik melalui transfer maupun tunai sekitar Rp 96 miliar yang kemudian diterima oleh pejabat di PT Dirgantara Indonesia (persero). Di antaranya Budi, Irzal, Arie Wibowo, dan Budiman Saleh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 di DKI Capai 34.295, Ini 25 Kecamatan dengan Angka Tertinggi

Posted: 24 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan ada penambahan sebanyak 659 kasus positif Covid-19 di Jakarta pada Senin (24/8/2020).

Dia menyatakan dengan begitu jumlah kumulatif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 34.295 kasus.

"Saat ini ada 7.720 orang yang masih dirawat atau isolasi," ucap Dwi dalam keterangan pers.

Selain itu, dia menyebut sebanyak 25.463 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,2 persen dan 1.112 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 3,2 persen.

Lalu untuk positivity rate atau persentase kasus positif Covid-19 di Jakarta mengalami kenaikan. Berdasarkan standar dari lembaga kesehatan dunia (WHO), yaitu tidak lebih dari 5 persen.

"Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 10 persen. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 6,1 persen," ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan website corona.jakarta.go.id terdapat 25 kelurahan dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi di Jakarta. Berdasarkan data tersebut ada Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menangani kasus tertinggi, yakni 77 orang.

25 Kecamatan dengan Jumlah Kasus Tertinggi:

Berikut daftar 25 kelurahan dengan jumlah kasus aktif Covid-19 di Jakarta:

1. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan : 77 kasus

2. Cilincing, Jakarta Utara : 73 kasus

3. Duren Sawit, Jakarta Timur : 65 kasus

4. Kramat Jati, Jakarta Timur : 55 kasus

5. Pademangan Barat, Jakarta Utara : 53 kasus

6. Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat : 52 kasus

7. Johar Baru, Jakarta Pusat : 50 kasus

8. Cilandak Timur, Jakarta Selatan : 47 kasus

9. Jagakarsa, Jakarta Selatan : 47 kasus

10. Pancoran, Jakarta Selatan : 47 kasus

11. Tambora, Jakarta Barat : 43 kasus

12. Kebon Kacang, Jakarta Pusat : 42 kasus

13. Penggilingan, Jakarta Utara : 42 kasus

14. Jati, Jakarta Timur : 40 kasus

15. Koja, Jakarta Utara : 39 kasus

16. Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara : 39 kasus

17. Cipayung, Jakarta Timur : 37 kasus

18. Klender, Jakarta Timur : 37 kasus

19. Semper Barat, Jakarta Utara : 37 kasus

20. Cempaka Baru, Jakarta Pusat : 35 kasus

21. Sukapura, Jakarta Utara : 35 kasus

22. Bidara Cina, Jakarta Timur : 34 kasus

23. Palmerah, Jakarta Barat : 34 kasus

24. Ciracas, Jakarta Timur : 32 kasus

25. Menteng, Jakarta Pusat : 31 kasus

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Nella Kharisma Saat Pakai Kebaya, Makin Memesona

Posted: 24 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sukses jadi penyanyi dangdut, nama Nella Kharisma kini selalu jadi pusat perhatian publik. Bukan hanya aksinya di atas panggung, paras cantik wanita yang dikabarkan berpacaran dengan Dory Harsa ini juga berhasil membuat banyak orang terpukau. Tak heran jika segala unggahan di akun Instagramnya selalu menarik perhatian para pengguna media sosial.

Apalagi gaya penampilan kesehariannya yang selalu tampil dengan gaya kasual. Meski sering terkesan santai dalam berpenampilan, wanita asal Kediri ini beberapa kali tampil cantik dengan balutan kebaya. Lewat akun Instagramnya, ia membagikan potret dirinya ketika mengenakan kebaya.

Penampilan Nella Kharisma saat pakai kebaya pu terlihat begitu memesona. Tak sedikit orang yang memujinya makin anggun dalam balutan busana kebaya. Kerap tampil sederhana dengan kaus, penampilan Nella Kharisma saat mengenakan kebaya sukses bikin salah fokus warganet. Pesonanya jadi semakin terpancar.

Penasaran kan, seperti apa gaya pelantun lagu Konco Mesra ini saat mengenakan kebaya? Berikut 6 potret Nella Kharisma saat pakai kebaya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/8/2020).

1. Saat wisuda, pemilik nama lengkap Nella Tri Charisma ini tampil anggun dengan balutan kebaya.

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)

2. Kali ini Nella Kharisma memilih mengenakan kebaya oranye dan bawahan yang senada.

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)

3. Wanita kelahiran 04 November 1994 ini bersama teman-temannya kompak mengenakan kebaya hitam yang cantik.

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)

4. Di acara pernikahan, Nella Kharisma mengenakan kebaya beraksen gold lengkap dengan sanggul.

Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)
Nella Kharisma (Sumber: Instagram/nellakharisma)

5. Bukan di acara formal saja, saat bernyanyi di atas panggung ia tampil memukau dengan busana kebaya.

Nella Kharisma (Sumber: Kapanlagi.com)
Nella Kharisma (Sumber: Kapanlagi.com)

6. Pelantun lagu Jaran Goyang ini tampil anggun dengan kebaya warna krem dan perak metalik.

Nella Kharisma (Sumber: Instagram.com/yusufmeiyanto)
Nella Kharisma (Sumber: Instagram.com/yusufmeiyanto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Play-off NBA: Jinakkan Blazers, Peluang Lakers ke Semifinal Membesar

Posted: 24 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Los Angeles (LA) Lakers menundukkan Portland Trail Blazers pada gim ketiga play -off wilayah barat NBA 2020, Selasa (25/8/2020) WIB. Lakers menang dengan kedudukan 135-115.

LeBron James menjadi bintang Lakers pada pertandingan ini. Pemain berjuluk King James itu mencetak 30 poin, terbanyak di antara pemain Lakers lainnya.

Sementara di sisi Blazers, Jusuf Nurkic yang membukukan 20 poin. Damian Lillard yang biasanya menjadi andalan Blazers hanya mencetak 11 poin.

Dengan hasi lini, Lakers unggul agregat 3-1 atas Blazers. Itu artinya, mereka hanya perlu memenangkan satu pertandingan lagi untuk masuk ke semifinal.

Pada babak semifinal, Lakers/Blazers akan berhadapan dengan pemenang antara Houston Rockets vs Oklahoma City Thunder (OKC). Sejauh ini, kedudukan agregat antara keduanya masih imbang 2-2.

 

 

 

Jalannya Pertandingan

Pemain LA Lakers, Alex Caruso dan LeBron James, berselebrasi setelah mengalahkan Portland Trail Blazers pada Gim 3 playoff NBA di AdventHealth Arena, Wide World Of Sports Complex, Minggu (23/8/2020) pagi WIB. (Pool/Getty Image North America/Getty Image via AFP)
Pemain LA Lakers, Alex Caruso dan LeBron James, berselebrasi setelah mengalahkan Portland Trail Blazers pada Gim 3 playoff NBA di AdventHealth Arena, Wide World Of Sports Complex, Minggu (23/8/2020) pagi WIB. (Pool/Getty Image North America/Getty Image via AFP)

Lakers bermain meyakinkan sejak kuarter pertama. James dkk. sukses mengumpulkan 43 poin, berbanding 25 poin milik Blazers.

Kegemilangan serupa terulang pada kuarter kedua. Kali ini, Lakers menambah 37 poin, sehingga total mengumpulkan 80 poin.

Blazers baru bangkit pada kuarter ketiga dengan mengumpulkan 36 poin. Lillard dkk. memangkas jarak dengan Lakers menjadi 87-112.

Telat Panas

Bisa dibilang, Blazers terlambat panas pada pertandingan ini. Pasalnya, mereka baru benar-benar mengimbangi permainan Lakers pada kuarter ke-4.

Blazers memangkas jarak poin dengan Lakers menjadi 100-126 saat kuarter ke-4 baru berlangsung dua menit.

Sayangnya, selisih 20 poin ini gagal dikejar Blazers. Mereka pun kalah dan harus menang di gim keempat jika ingin menjaga peluang ke semifinal.

Hasil NBA hari Ini

Milwaukee Bucks 121 - 106 Orlando Magic

Houston Rockets 114 - 117 Oklahoma City Thunder

Indiana Pacers 87 -99 Miami Heat

LA Lakers 135 -115 Portland Trail Blazers

Saksikan Video NBA di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi Arka Dikhitan, Ridwan Kamil Kenang Pengalaman Masa Kecilnya

Posted: 24 Aug 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya, menemani putra kecil mereka, Arkana Aidan Misbach, saat khitan pada Senin, 24 Agustus 2020. Momen khitan bayi Arka diabadikan dalam video singkat.

Dalam video yang diunggah pada Instagram, menampilkan Ridwan Kamil dan Atalia setia berada di sisi putranya yang menangis saat dikhitan. Kang Emil, begitu Ridwan Kamil akrab disapa, turut membagikan pengalamannya saat khitan di 1978 silam.

"Waktu tahun 1978, saya mah dikhitan, masih menggunakan kulit bambu runcing alias hinis bambu. Tanpa bius pula. Hanya ditiup-tiup berombongan. Setelahnya karena mitos, dilarang melewati kotoran ayam pula, karena nanti sembuhnya lama katanya," tulis Ridwan Kamil.

 

 
Putra Ridwan Kamil dan Atalia, Bayi Arka saat menjalani khitan.  (dok. Instagram @arkanaidan/https://www.instagram.com/p/CESvuByBRJV/)
Putra Ridwan Kamil dan Atalia, Bayi Arka saat menjalani khitan. (dok. Instagram @arkanaidan/https://www.instagram.com/p/CESvuByBRJV/)

Namun, ia bersyukur saat ini di zaman modern, bayi Arka dikhitan dengan menggunakan metode smart clamp dan pilihan lain yakni dengan laser. Arka juga dibius lokal, sehingga dia nyaman.

"Sejam selesai dan sudah bisa berkegiatan lagi sambil menunggu normal sekitar 1-2 minggu. Kata dokter lebih baik dan sehat dikhitan ketika masih bayi. Mengurangi potensi penyakit dan infeksi," lanjutnya.

Lewat khitan ini, Ridwan Kamil pun turut menyampaikan harapannya untuk bayi Arka. "Semoga dengan khitan ini, De @arkanaidan tubuhnya bersih sesuai syariat dan menjadi anak shaleh dan khair. Aamin," tambahnya.

 

Dapat Roti Buaya

Putra Ridwan Kamil dan Atalia, Bayi Arka setelah menjalani khitan. (dok. Instagram @ataliapr  /https://www.instagram.com/p/CERaJyAHfqa/)
Putra Ridwan Kamil dan Atalia, Bayi Arka setelah menjalani khitan. (dok. Instagram @ataliapr /https://www.instagram.com/p/CERaJyAHfqa/)

Dalam unggahan yang berbeda, Atalia membagikan sebuah video singkat yang mengabadikan video bayi Arka berada di sebelah roti buaya. Di atasnya tertulis "Selamat Khitanan Arkana".

"Terima kasih roti buayanya yaa... Tapi aku ga mau dua kali yaaa...cukup.. sudahh.. peeenn...Ya iya atuh mama iya... memang ada gitu yang mau dua kali??" tulis Atalia.

Ia lalu mengucapkan rasa terima kasih kepada yang telah mendoakan khitan bayi Arka berjalan dengan lancar. "Tadi rewel sedikit karena anestesinya habis. Tapi setelah itu, @arkanaidan ceria lagiiii❤" lanjutnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Akan Resmikan Ruas Tol Pertama di Aceh hingga Beri Arahan Penanganan Covid-19

Posted: 24 Aug 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, Selasa (25/8/2020). Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi beserta rombongan bertolak menuju Aceh dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.00 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Kabupaten Aceh Besar, Jokowi akan langsung menuju gerbang tol Blang Bintang. Di sana, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan meninjau sekaligus meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang.

Siang harinya, Jokowi diagendakan untuk menyerahkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro kepada sejumlah perwakilan penerima.

Selanjutnya, dia akan memberikan pengarahan terkait penanganan Covid-19 secara terintegrasi di Provinsi Aceh. Jokowi langsung bertolak kembali menuju Jakarta pada sore harinya.

Dalam kunjungan ke Aceh, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Majyen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Jokowi bertolak menuju Aceh dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (25/8/2020). (Foto Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi bertolak menuju Aceh dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (25/8/2020). (Foto Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebagai informasi, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli--Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri--Blang Bintang) sepanjang 13,5 km.

Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana kehadiran ruas ini mampu mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Dalam pembangunannya, Hutama Karya selaku owner JTTS ruas Sigli-Banda Aceh berkolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor.

Tol Sigli--Banda Aceh terdiri dari 6 seksi, yakni seksi 1 Padang Tiji-Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum--Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho--Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri--Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang--Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro--Baitussalam (5 km).

Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri--Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh. Tol ini memiliki 2 interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Jalan tol ini dilengkapi oleh 1 Gerbang Tol (GT) yakni GT Indrapuri, 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di Km 54, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Jika terhubung, Tol Sigli-Banda Aceh mulai dari seksi 1 hingga seksi 6 dapat menampung volume kendaraan sekitar 3.000 kendaraan setiap harinya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kalau Putus Cinta Hindari Kirim Pesan Seperti Ini pada Mantanmu

Posted: 24 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putus cinta itu sulit dan bisa begitu menyakitkan. Ini adalah saat-saat ketika Anda mengalami gejolak emosional dan terus-menerus merasakan dorongan untuk berbicara dengan mantan Anda.

Meskipun demikian, itu bukan solusi terbaik untuk memperbaiki masalah emosional Anda setelah putus. Tapi jika karena alasan tertentu Anda akhirnya mengirim pesan kepada mantan, ketahui hal-hal yang tak boleh Anda kirim kepada mantan.

Artikel tentang putus cinta, jangan kirim tujuh macam pesan ini kepada mantanmu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang viral video penampakan mahluk aneh dalam air, bikin bergidik.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang lima hal ini bisa jadi tanda kalian dan pasangan berjodoh.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Putus Cinta, Jangan Kirim 7 Macam Pesan Ini kepada Mantanmu

Ilustrasi Bermain Ponsel Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Bermain Ponsel Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

 

Katakanlah mantan Anda yang meminta untuk putus dan kini Anda menginginkannya kembali. Tapi untuk saat ini, mantan tak merindukanmu.

Apa saja? Melansir dari TimesofIndia, ini dia.

Selengkapnya...

2. Viral Video Penampakan Mahluk Aneh Dalam Air, Bikin Bergidik

foto: @kangtohid512/@redvelvetcayke
foto: @kangtohid512/@redvelvetcayke

Sebuah video yang menunjukkan penampakan mahluk aneh di dalam air baru-baru ini menjadi perbincangan warganet. Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun TikTok @kangtohid512.

Video itu kemudian diunggah ulang oleh akun Twitter @redvelvetcayke dan menjadi viral. Dalam video berdurasi 1 menit 2 detik tersebut, terlihat sebuah penampakan mahluk aneh di dalam sungai.

"Liat kuntilanak di pohon udah biasa, tapi pernah nggak liat kuntilanak di air?" tanya akun @redvelvetcayke.

Selengkapnya...

3. 5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Kalian dan Pasangan Berjodoh

Ilustrasi Pasangan Humoris Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Pasangan Humoris Credit: pexels.com/pixabay

Ketika menjalani hubungan asmara, banyak orang yang lantas bertanya-tanya apakah pasangan mereka memang benar-benar jodoh mereka kelak? Hal ini tentu tak mudah untuk diketahui secara singkat.

Perlu proses untuk bisa mengetahui dan yakin bahwa si dia adalah jodoh terbaik yang kelak akan menemani hidup kalian dalam ikatan pernikahan.

Namun rupanya ketika menjalani hubungan asmara atau pacaran, kalian bisa melihat beberapa hal yang dikatakan bisa menjadi tanda bahwa kalian dan pasangan berjodoh.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi Rumah Tangga Belum Pulih, Sri Mulyani Mulai Was-Was

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengaku sulit untuk mendongkrak konsumsi rumah tangga di sisa tahun 2020. Apalagi, sejauh ini belum ada tanda-tanda pemulihan di sektor konsumsi rumah tangga.

Pada kuartal II-2020 konsumsi rumah tangga berada di bawah 5 persen atau masuk ke dalam zona negatif yakni berada minus 1,3 persen. Sementara proyeksi keseluruhan konsumsi rumah tangga hingga akhir tahun hanya berada di 0 persen.

"Pada kuartal ketiga dan keempat diakui bahwa ini adalah satu yang cukup berat karena di kuartal ketiga konsumsi kita lihat belum menunjukkan pemulihan seperti yang kita harapkan," kata dia dalam APBN Kita, di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Kendati begitu, pemerintah masih tetap optimis mendorong konsumsi rumah tangga di sisa waktu kuartal III atau satu setengah bulan lagi. Pemirntah masih menaruh harapan seiring dengan APBN yang mengalami perubuhan dengan stimulus pemulihan ekonomi.

"Penanganan pemulihan ekonomi yang cukup besar yang diharapkan bisa dieksekusi secara efektif pada kuartal ketiga dan keempat sehingga ini akan memberikan kontribusi positif pada outlook ekonomi kita tahun 2020 sehingga pertumbuhannya antara 2 sampai 4 persen," kata dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pengusaha Prediksi Ekonomi Indonesia Minus 2 Persen di Kuartal III 2020

Pandangan udara permukiman padat penduduk di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pandangan udara permukiman padat penduduk di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2020 minus 5,32 persen. Kendati begitu, sejumlah pengusaha tetap optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III tidak akan sedalam kuartal sebelumnya. 

"Kita masih berharap bahwa di kuartal III nanti pertumbuhan ekonomi walaupun minus bisa di bawah -4 persen, mungkin itu -1 atau -2 persen. Sehingga boleh dikatakan nanti di kuartal IV kita sudah berada di positif," kata Ketua umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang, kepada Liputan6.com, Minggu (16/8/2020).

Ia meyakini Indonesia bisa menghindari resesi, meskipun di kuartal II pertumbuhan -5,32 persen setidaknya Indonesia lebih baik dibandingkan negara lain yang minus hingga dua digit, seperti Singapura -41 persen dan Amerika Serikat -35 persen.

"Walaupun -5,32 persen itu kan dikatakan masih jauh lebih bagus daripada misalnya Singapura dan Amerika Serikat, menurut saya ini sesuatu yang yang cukup meyakinkan kita," ujarnya.

Kata Sarman, hal itu dikarenakan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh jumlah penduduk yang banyak yang mencapai 262 juta penduduk, yang berarti banyak kesempatan untuk ditingkatkan dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

"Saya yakin kita sangat sangat ditopang oleh jumlah penduduk kita yang hampir 262 juta itu adalah kekayaan kita, makannya bisa kita lihat bahwasannya pertumbuhan ekonomi kita kuartal kedua ini hanya -5,32 persen saja," katanya.

Lanjut dia juga meyakini, prospek pertumbuhan ekonomi ke depan di tahun 2021 bisa tumbuh positif, jika semua pihak baik Pemerintah, dan masyarakat dan lainnya fokus dalam menangani covid-19 dalam waktu yang cepat.

"Kalau bicara prospek, saya sangat yakin di 2021 kita akan bisa tumbuh positif asalkan memang kita betul-betul mampu memerangi covid-19 ini dalam waktu tidak terlalu lama,"pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Percaya Teori Konspirasi di Facebook, Pria Ini Kehilangan Istri karena Virus Corona

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Florida - Seorang pria di Florida, Amerika Serikat, Brian Hitchens menyesali perbuatannya karena sangat percaya teori konspirasi tentang virus corona yang beredar di Facebook. Dia dan istrinya, Erin percaya kalau covid-19 hanya kabar hoaks yang dibuat kalangan elite.

Bahkan, pada awal Mei 2020, saat Brian Hitchens dan Erin terpapar virus corona, mereka masih tidak mempercayainya. Keduanya tidak segera mencari bantuan medis karena menganggap hanya terjangkit flu biasa.

"Saya tidak takut virus ini karena saya tahu Tuhan lebih besar dari virus ini," katanya, seperti dikutip dari 9news.com.au.

Setelah kondisi mereka kian parah, tepatnya pada 12 Mei 2020, Brian mulai berpikir ulang tentang pemahamannya soal virus corona. "Empat setengah bulan lalu, saya masih berpikir kalau virus ini diberitakan secara berlebihan, sampai saya merasa sangat sakit," ujarnya.

Sayangnya, Brian sudah terlambat. Dia kehilangan Erin yang meninggal dunia di awal bulan Agustus 2020 karena virus corona. Kondisi Elin semakin buruk karena mengidap penyakit pernapasan, asma. Sementara Brian selamat.

"Sejak 12 Mei, istri saya harus menggunakan ventilator dan tidak ada tanda-tanda membaik. Istri saya akhirnya sampai di titik terakhir hidupnya bulan ini," ucap Brian yang kini percaya kalau virus corona bukan teori konspirasi.

 

Penyesalan

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Brian kini merasakan penyesalan yang datangnya terlambat. Kepada BBC, dia berharap tidak ada lagi orang-orang yang percaya dengan teori konspirasi yang tersebar di Facebook.

"Ini adalah virus nyata yang mempengaruhi orang dengan cara berbeda. Saya tidak bisa mengubah masa lalu. Yang saya bisa hanya membuat pilihan lebih baik untuk masa depan."

"Kini, Erin sudah tidak menderita lagi, dia sudah damai. Saya akan terus merindukannya. Namun, saya tahu kalau dia sudah berada di tempat uang lebih baik," ujar Brian menegaskan.

 

 

Ratusan Teori Konspirasi

Sejak bulan Juni lalu, laporan Center for Countering Digital Hate, yang berbasis di Amerika Serikat, menemukan ratusan informasi hoaks tentang virus corona. Informasi itu tersebar dalam 649 postingan di Facebook dan Twitter.

Laporan palsu itu membahas soal obat, propaganda anti-vaksinasi, hingga teori konspirasi seputar sinyal 5G.

 

Himbauan WHO

Pada 5 Juni 2020, WHO, dalam situs resminya, merekomendasikan pemerintah di dunia untuk mendorong rakyatnya menggunakan masker selama pandemi virus corona covid-19.

"Berdasarkan bukti yang berkembang, WHO menyarankan bahwa pemerintah harus mendorong masyarakat umum untuk memakai masker di mana ada penularan yang meluas dan jarak fisik sulit dilakukan," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Memilih Sepatu Basket yang Tepat

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sepatu basket yang tepat, bisa mencerminkan kepribadian dari para penggunanya, salah satunya seperti gaya permainan saat di lapangan. Rasanya tidak heran, bagaimana memahami cara memilih sepatu basket menjadi hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dilansir dari situs resmi Jr. NBA Asia, secara umum sepatu untuk bermain basket terbagi menjadi tiga komponen dasar, masing-masing dengan tujuan berbeda. Bagian upper sepatu sebagai penopang, sedangkan midsole berfungsi sebagai bantalan, sedangkan bagian outsole akan memberikan traksi ketika digunakan. Apabila salah cara memilih sepatu basket tersebut, maka risiko cedera juga bisa cukup tinggi.

Salah satu contohnya ada di bagian midsole. Bagian midsole sangat penting diperhatikan dalam cara memilih sepatu basket yang tepat. Sebab, midsole memiliki fungsi sebagai bantalan yang dapat mengurangi tekanan berlebih pada kaki. Umumnya, bantalan tambahan tersebut ada di bagian depan kaki dan tumit, karena tegangan pada area tersebut dapat dikatakan paling besar. Midsole yang baik biasanya juga memiliki sifat yang cukup kaku dan berguna dalam menjaga kelincahan saat bermain basket.

Masih dilansir dari situs Jr. NBA Asia, memahami bagaimana cara memilih sepatu basket dari segi outsole juga sangat membantu dalam menjaga traksi ketika bermain. Salah satu contohnya jenis outsole yang lebih lebar, di mana sering kali berguna untuk membantu keseimbangan ketika bertanding. Selain ukuran outsole yang lebar, cara memilih sepatu basket dengan outsole yang tebal juga mampu memberi kenyaman lebih, meski outsole tebal memiliki masalah pada bobotnya yang lebih berat.

Sebagai pedoman dan untuk memahami lebih dalam bagaimana cara memilih sepatu basket yang tepat, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara memilih sepatu basket tersebut, Selasa (25/8/2020).

1. Perhatikan Ketinggian Upper

Photo by Jason Mowry on Unsplash
Photo by Jason Mowry on Unsplash

Ketika membahas mengenai bagaimana cara memilih sepatu basket yang tepat, hal pertama yang perlu dipahami adalah memilih seberapa tinggi ukuran upper sepatu yang diinginkan. Dilanisir dari situs DICK'S Sporting Goods, secara umum sepatu basket dibagi menjadi beberapa ukuran, yaitu high, mid, low. Tinggi rendah ukuran upper tersebut biasanya disesuaikan dengan gaya bermain ketika di lapangan. Berikut penjelasan tiap ukurannya:

High: Upper dengan kategori high memiliki ciri khas yaitu melindungi bagian engkel. Selain itu, saat menggunakan jenis upper kategori high maka akan menambah stabilitas saat digunakan. Akan tetapi, jenis upper ini memiliki bobot yang lebih berat.

Mid: Sedangkan upper kategori mid atau sedang juga bisa menjaga keamanan engkel dari cedera, meski tidak lebih maksimal dibanding jenis high. Tapi, salah satu keuntungan menggunakan jenis upper mid bisa menambah kelincahan saat bermain dan bobot sepatu yang lebih ringan.

Low: Lalu yang terakhir ada jenis upper dengan kategori low. Upper ini tidak memiliki perlindungan maksimal pada bagian engkel, sehingga masih cukup besar memiliki risiko cedera. Namun, jika menggunakan upper jenis ini, sepatu memiliki bobot yang lebih ringan dan tidak cepat membuat lelah.

2. Pilih yang Midsole dengan Bantalan Tambahan

Photo by Matus Hatala on Unsplash
Photo by Matus Hatala on Unsplash

Selanjutnya, menurut situs Sportprovement, selain memahami ketinggian dari upper yang akan digunakan, memilih sepatu basket dengan bantalan tambahan di bagian midsole-nya juga akan memberi kenyamanan ekstra saat digunakan. Tentu sayang rasanya saat terlanjur merogoh kocek cukup dalam namun sepatu tidak nyaman digunakan. Bantalan yang cukup populer biasanya terbuat dari bahan EVA, compressed EVA, polyurethane atau kombinasi dari ketiga bahan tersebut.

3. Perhatikan Bagian Outsole

Photo by Connor Coyne on Unsplash
Photo by Connor Coyne on Unsplash

Cara memilih sepatu basket selanjutnya diperhatikan dari jenis bahan dan ukuran outsole yang digunakan. Menurut situs DICK'S Sporting Goods, biasanya bahan outsole sepatu basaket terbuat dari karet atau bahan sintetis dan memilih bahan yang tepat akan membantu memaksimalkan traksi dari sepatu saat digunakan.

Sedangkan dari segi ukuran, ada baiknya untuk memilih sepatu basket dengan bagian outsole yang cukup datar dan lebar supaya memberi keseimbangan lebih maksimal. Bahkan selain dari ukuran dan bahan outsole, bentuk atau alur dari outsole juga penting diperhatikan. Ada baiknya memilih outsole dengan pola herringbone atau heksagonal. Sebab pola tersebut memang dirancang untuk membantu mengamankan kaki dan mencegah dari risiko tergelincir saat digunakan bermain.

Sebenarnya hampir semua sepatu basket dirancang untuk digunakan di dalam ruangan. Namun, apabila Anda akan menggunakan sepatu di luar ruangan, ada baiknya untuk memillih outsole dengan bahan yang lebih tebal dan juga tahan lama.

4. Sesuaikan dengan Ukuran Kaki

Photo by Ajit Sandhu on Unsplash
Photo by Ajit Sandhu on Unsplash

Cara memilih sepatu basket ini mungkin tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab memilih sepatu dengan ukuran yang tepat sudah menjadi kewajiban. Pastikan ukuran sepatu tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Menggunakan sepatu yang tidak terlalu ketat akan mencegah timbulnya sakit pada ujung jari saat melompat. Sedangkan menggunakan sepatu yang tidak terlalu longgar bisa mencegah sepatu terlepas dan menghambat performa saat digunakan.

5. Sesuaikan dengan Budget

Photo by Kayra Sercan on Unsplash
Photo by Kayra Sercan on Unsplash

Meski berbagai cara memilih sepatu basket di atas penting untuk diperhatikan, namun bukan berarti harus memilih sepatu yang memiliki harga mahal. Bahkan sepatu dengan kriteria di atas juga bisa didapatkan dengan harga cukup murah. Salah satu cara agar mendapatkan harga yang miring adalah dengan mencari diskon di bulan-bulan tertentu seperti akhir tahun atau saat hari raya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spotify Rilis Podcast tentang League of Legends

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Spotify merilis podcast ekslusif tentang League of Legends. Podcast ini terselenggara berkat kerja sama multitahun Spotify dengan Riot Games.

Mengutip The Verge, Selasa (25/8/2020), pada tahun ini setidaknya ada satu konten bertajuk Untold Stories: Top Moments from Worlds yang akan disiarkan di Spotify.

Konten itu terdiri dari sembilan episode, yang pada akhirnya akan membahas kejuaran League of Legends ke-10 pada tahun ini. Pemirsa Spotify antara lain akan dapat mendengarkan pembahasan wawancara dengan pemain.

Selain itu, dua daftar putar musik gimi ini juga akan diperbarui secara berkala di Spotify, termasuk This is League of Legends.

Kemitraan ini juga mencakup rencana Spotify untuk memutar lagu yang biasanya membuka dan mengiringi kejuaraan tahunan League of Legends.

Spotify Uji Coba Sisipkan Iklan di Konten Podcast

Pada pekan keempat Juni lalu Spotify mulai melakukan uji coba menyisipkan iklan di konten podcast dengan fitur bernama "In-App Offers".

Mengutip The Verge, Selasa (23/6/2020), fitur itu memungkinkan konten podcast di Spotify untuk menampilkan tautan yang disematkan pada episode podcast, yang ketika diketuk, akan mengantarkan pengguna ke halaman web pengiklan.

Di beberapa pasar seperti di AS dan Jerman, fitur ini sudah memasuki fase alfa. Perusahaan mengatakan uji coba fitur ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2020. 

9 Podcast Eksklusif Baru untuk Pengguna Indonesia

Sebelumnya Spotify mengumumkan daftar terbaru podcast Indonesia yang akan tersedia secara eksklusif bagi penggunanya. Ini sekaligus merupakan bagian dari fokus perusahaan untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia.

Sembilan podcast baru ini dibawakan oleh artis dan trendsetter Indpnesia. Podcast tersebut terdiri dari BKR Brothers, Makna Talks, DESTAnya Siapa?, Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk, Podcast Malam Kliwon, Rintik Sedu, Teman Tidur, Kinosgina, dan Thirty Days of Lunch.

Ini merupakan gelombang kedua Podcast Eksklusif Spotify yang diumumkan di Indonesia pada 2020. Sebelumnya, Spotify pada Februari telah menggandeng beberapa podcast seperti seperti PODKESMAS, Rapot, Podcast Raditya Dika, Do You See What I See, dan Suara Puan sebagai bagian dari podcast eksklusif.

"[Pasar] Podcast di Indonesia bisa dibilang salah satu yang paling menarik di dunia saat ini, jumlah pengguna yang mencari dan mendengarkan podcast pun terus bertambah. Hal ini berkat konten luar biasa yang diproduksi oleh para podcaster Indonesia, dan banyak d iantaranya telah bergabung menjadi Podcast Eksklusif Spotify," kata Spotify's Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte, dalam keterangan resminya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Ditendang Barcelona, Luis Suarez Menolak Kembali ke Ajax

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Waktu sepertinya berjalan sangat cepat untuk penyerang Barcelona Luis Suarez. Dari menjadi salah satu kesayangan fans di Camp Nou, pemain asal Uruguay itu kini menjadi pemain terpinggirkan.

Bahkan, Luis Suarez dapat meninggalkan Barcelona musim panas ini. Pasalnya, pelatih Ronald Koeman telah menyatakan mantan pemain Liverpool itu tak masuk dalam rencananya di musim 2020/21.

Setidaknya ada delapan pemain yang akan dijual Barcelona musim panas ini, Luis Suarez masuk dalam daftar tersebut. Begitu juga dengan Arturo Vidal.

Masuk dalam daftar jual, Luis Suarez diminati sejumlah klub. Meski usianya sudah 33 tahun, ia masih bisa menawarkan sesuatu di lini depan dengan pengalamannya.

 

 

Menolak Kembali ke Ajax

3. Luis Suarez (11 gol) - Luis Suarez berada di posisi ketiga peraihan top skor sementara La Liga di pekan ke-30. Striker asal Uruguay ini telah menyumbangkan 11 gol untuk Barcelona. (AFP/Giuseppe Cacace)
3. Luis Suarez (11 gol) - Luis Suarez berada di posisi ketiga peraihan top skor sementara La Liga di pekan ke-30. Striker asal Uruguay ini telah menyumbangkan 11 gol untuk Barcelona. (AFP/Giuseppe Cacace)

Ajax Amsterdam dikabarkan tertarik untuk membawa pulang Luis Suarez. Mereka sudah menyiapkan tawaran untuk pemain timnas Uruguay itu.

Tapi media Spanyol, Sport, mengklaim Suarez tidak berniat kembali ke klub Belanda tersebut. Sebelum pindah ke Liverpool pada 2014, Suarez pernah empat musim bermain untuk Ajax.

Selain Ajax, Sport juga menyebut klub-klub dari Inggris, Italia, serta Amerika juga tertarik pada Suarez. Paris Saint-Germain adalah salah satu klub yang disebut. Sementara dari Amerika ada klub milik David Beckham, Inter Miami.

Rela Jadi Cadangan

6. Luis Suarez (8 assist) - Luis Suarez menjadi pemain yang mampu mencetak gol dan memberikan assist di setiap pertandingan. Pemain asal Uruguay ini telah memberikan 8 assist dari 26 laga Barcelona di kompetisi La Liga musim ini. (AFP/Jose Jordan)
6. Luis Suarez (8 assist) - Luis Suarez menjadi pemain yang mampu mencetak gol dan memberikan assist di setiap pertandingan. Pemain asal Uruguay ini telah memberikan 8 assist dari 26 laga Barcelona di kompetisi La Liga musim ini. (AFP/Jose Jordan)

Sebelum bertemu dengan pelatih Barcelona Ronald Koeman, Suarez sudah menyatakan ingin bertahan di Camp Nou. Bahkan, ia rela jika harus sering duduk di bangku cadangan.

"Saya selalu menerima menjadi pengganti," katanya. "Itu tidak akan menjadi masalah bagi saya karena persaingan untuk mendapatkan tempat itu sehat dan jika bos baru berpikir itu yang terbaik untuk saya, saya menerimanya."

 

Suarez dan Barcelona

Striker Barcelona Luis Suarez. (foto: instagram.com/fcbarcelona)
Striker Barcelona Luis Suarez. (foto: instagram.com/fcbarcelona)

Sejak bergabung dengan Barcelona pada 2014, Luis Suarez telah tampil sebanyak 283 kali untuk klub tersebut. Hingga kini, dia mencetak 198 gol dan mencatat 109 assist untuk klub Catalan.

Bersama Barcelona, Suarez telah memenangkan sejumlah gelar juara. Ia meraih empat gelar juara Liga Spanyol, masing-masing satu trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Antarklub, dan lainnya.

Saksikan Video Luis Suarez di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Dieng Culture Festival di Tengah Pandemi

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyebutkan Dieng Culture Festival (DCF) 2020 akan diselenggarakan secara virtual guna menghindari kerumunan selama pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto di Banjarnegara, Minggu, menjelaskan bahwa pemkab setempat memutuskan untuk tetap menyelenggarakan Dieng Culture Festival meskipun secara virtual karena banyaknya permintaan dari masyarakat.

"Di tengah pandemi COVID-19 ini ternyata animo masyarakat untuk menyaksikan kegiatan Dieng Culture Festival masih cukup besar sehingga Pemkab Banjarnegara memutuskan untuk memfasilitasi dengan menyelenggarakannya secara virtual," katanya, dikutip Antara.

Hal itu, kata dia, menunjukkan selama ini agenda wisata tahunan tersebut mendapatkan respons yang positif dan banyak diminati oleh masyarakat.

Kendati demikian, pihaknya tidak mungkin menyelenggarakan kegiatan tersebut secara tatap muka karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan dalam jumlah yang besar.

"Kalau diselenggarakan secara tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya, (Dieng Culture Festival) bisa menimbulkan kerumunan yang luar biasa besar, karena itu pilihan menyelenggarakan secara virtual kami rasa akan lebih bijaksana untuk dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang ini," katanya.

Pelestarian Tradisi Lokal

Dieng Culture Festival 2019
Dieng Culture Festival 2019

Ia menjelaskan bahwa penyelenggaraan agenda tahunan Dieng Culture Festival ini salah satunya bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya lokal.

Ia berharap Dieng Culture Festival secara virtual ini akan dapat menjadi pengobat rindu bagi masyarakat.

Ajang secara virtual tersebut akan berlangsung pada bulan September 2020.

"Namun, tanggal pasti pelaksanaannya masih terus dibahas oleh seluruh pihak terkait, kami akan segera sampaikan informasinya kepada seluruh masyarakat," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Ganjil Genap Motor Berlaku, Jaket Ojol Bakal Diburu

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pergub Nomor 80 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB transisi new normal yang diterbitkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berisikan aturan tentang pelaksanaan ganjil genap.

Pergub yang diteken pada 19 Agustus lalu dalam pasal 8 memuat setiap pengendara kendaraan bermotor beroda empat atau lebih dan roda dua dengan nomor pelat ganjil dilarang melintasi ruas jalan pada tanggal genap, hal itu juga berlaku sebaliknya.

Artinya, kebijakan ganjil genap tidak hanya berlaku untuk pengendara mobil saja, tapi juga pengendara motor. Meski kebijakan ini belum diterapkan, rupanya banyak menuai berbagai respons dari masyarakat.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menjelaskan, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam penerapan kebijakan ganjil genap untuk pengendara motor ini. Terutama terkait pengawasannya harus lebih ketat karena nantinya masyarakat pengguna motor akan beralih ke transportasi publik sehingga perlu penambahan transportasi publik.

Dia juga melihat jika hal ini memungkinkan untuk menjadi klaster baru Covid-19, seperti di halte atau terminal orang berdesak-desakan.

"Jadi memang tidak hanya Satpol PP saja, tapi juga harus melibatkan TNI dan Polri juga berkoordinasi karena wilayah Jakarta kan luas, dan harus juga bekerja sama dengan RT, RW, serta tokoh masyarakat," ujar Trubus saat dihubungi merdeka, Senin (24/8).

 

Mencari Nafkah

Pengendara motor tidak hanya menggunakan motor sebagai alat transportasi saja, banyak dari mereka yang mencari nafkah dari situ. Perlu memerhatikan bagaimana nasib pengendara yang memiliki motor pelat ganjil tidak bisa bekerja di hari genap dan sebaliknya juga. Hal ini juga justru dinilai akan memunculkan permasalah baru seperti pengendara yang 'kucing-kucingan', pemalsuan pelat nomor, dan akan banyak terjadi pelanggaran hukum.

Bukan tidak mungkin, apabila ganjil genap motor tak berlaku bagi pengendara ojek online, maka jaket pengendara ojol akan laku keras di pasaran.

"Imbasnya juga nanti ke ojol, nanti masyarakat akan berlomba-lomba membeli jaket ojol, malah nanti akan ada panic buying lagi kayak masker dulu," sambungnya.

Maka itu hal perlu diantisipasi, penegakan aturan kebijakannya harus jelas dan aparat yang melaksanakan juga harus paham agar tidak terjadi selisih paham dengan pengendara motor jika memang nantinya aturan ini akan diberlakukan. Harus ada kepatuhan, masyarakat kita cenderung tidak patuh ketika sudah menyangkut kebutuhan hidup.

 

Tidak Efektif

Lanjutnya, ia juga merasa kebijakan akhirnya akan tidak efektif karena sulit di pengawasannya. Terlebih lagi, saat ini sedang situasi pandemi. Hal lain yang harus diperhatikan juga terkait monitoring dan evaluasi yang harus benar- benar dipersiapkan, jika tidak akan bisa merugikan masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang tinggal di daerah penyangga, Jabodetabek yang banyak area industri dan banyak pengguna motor sebagai transportasi, tapi dengan diberlakukannya kebijakan ini mereka harus beralih naik transportasi umum. Tentunya juga akan membebani karena terkait biaya transportasi dan belum lagi risiko berdesak-desakan.

"Ini kan termasuk inkonsistensi, kebijakan dimana tadinya motor dulu diperbolehkan sekarang sudah tidak boleh," jelas dia.

 

Sulit Diimplementasikan

Dia menambahkan, secara rasional komprehensif kebijakan ini bisa dilakukan, tetapi sulit untuk diimplementasikan. Terlebih lagi perlu juga sosialisasi secara baik dan terus menerus ke masyarakat, sehingga tidak ada lagi alasan tidak tahu di kalangan masyarakat dan bisa berujung keributan.

Lanjutnya, masa pandemi ini seharusnya tidak diterapkan ganjil genap dan harusnya diterapkan di situasi normal. Tidak jarang dari mereka memang keluar rumah karena terpaksa, dan memang tidak sedikit juga yang saat ini keluar rumah bukan karena alasan mendesak.

Persoalan lain yang harus dibenahi terkait transportasi umum seperti kereta api yang harus tegas dalam penerapan batasan jumlah penumpang. Masih terjadi hingga saat ini kondisi berdesak-desakan di kereta dan memungkinan untuk terjadinya peningkatan penularan.

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hadiri Undangan KAMI, Dubes Palestina Siap Pulang

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Duta Besar Palestina, Zuhair Al-Shun di deklarasi "KAMI". Berbuntut permintaan maaf dirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengunjungi Museum Entomologi Shanghai

Posted: 24 Aug 2020 09:00 PM PDT

Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Anak-anak mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Anak-anak mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Anak-anak mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)
Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Orang-orang mengunjungi Museum Entomologi Shanghai di Shanghai, China timur (24/8/2020). Selama Festival Sains Shanghai yang berlangsung dari 23-29 Agustus, Museum Entomologi Shanghai akan menyuguhkan livestreaming tentang sains, pengalaman interaktif. (Xinhua/Zhang Jiansong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: