Jumat, 07 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sebagian Besar Peserta Mengikuti Kongres Gerindra Secara Daring

Posted: 07 Aug 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, sebagian besar peserta Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra mengikuti acara secara daring. Hal ini karena harus menikuti protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Hanya perwakilan pimpinan provinsi saja yang akan ikut KLB secara tatap muka.

"Mereka peserta kongres juga harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, melakukan uji swab, gunakan menggunakan masker, sarung tangan dan mecuci tangan," kata Muzani ketika dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Mengetahui hal tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, memberikan apresiasi dalam kata sambutannya. Menurutnya, para kader Gerindra tidak mengesampingkan protokol kesehatan dalam giat KLB ini.

"Saya mengucapkan selamat Gerindra yang bisa melaksakan KLB ini di tengah pandemi dengan protokol kesehatan, dan berharap Gerindra melalui DPP DPD DPC semakin berkontribusi untuk pembangunan bangsa," ujar Jokowi seperti dikatakan Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade ketika dihubungi Liputan6.com.

Kukuhkan Prabowo Jadi Ketum

Sebagai informasi, pokok dari KLB ini akan kembali mengukuhkan Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum Pargai Gerindra. Pengukuhan ini merupakan hasil dari Rapimnas bahwa 34 DPD Partai Gerindra.

"Pengukuhan telah kesediaan Prabowo Subianto untuk memimpin Partai Gerindra 5 tahun ke depan," Andre menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

Posted: 07 Aug 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter. Gunung Sinabung erupsi pada Sabtu (8/8/2020) dini hari tadi.

"Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4, dan Kecamatan Merdeka," kata petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muhamad Nurul Assori di Kabupaten Karo, seperti dilansir Antara, Sabtu.

Pos PVMBG pun mengimbau warga menggunakan masker atau pelindung diri agar tidak terpapar abu vulkanik.

Warga juga diimbau tidak memasuki zona merah kawasan Sinabung karena masih tinggi aktivitas vulkanik gunung itu.

"Imbauan warga apabila terdampak abu memakai masker dan pelindung diri," ujar Muhamad.

 

Tinggi Abu hingga 2.000 Meter

Gunung Sinabung pada Sabtu, pukul 01.58 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak gunung itu atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut.

Erupsi kali ini merupakan yang pertama di masa pandemi Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bermodalkan Cek Palsu, Pria Ini Bawa Kabur Porsche dari Dealer

Posted: 07 Aug 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Florida, Amerika Serikat, berhasil ditangkap pihak kepolisian karena melakukan penipuan disalah salah satu deler Porsche.

Melansir Carscoops, Lelaki bernama Casey William Kelly (42 tahun), membeli 911 Turbo dari sebuah dealer di Destin menggunakan cek palsu yang ditulis US$139.203,05.

Menyadari telah tertipu setelah transaksi terjadi, dealer kemudian melaporkan pencurian Porsche ke kantor Sherif Okaloosa.

Tidak hanya melakukan aksinya di dealer Porsche, pria ini juga melakukan penipuan di sebuah toko jam mewah, yang mencoba membeli tiga jam Rolex dengan cek senilai US$61,521.

Tapi, aksi ini gagal karena toko jam tersebut menahan ketiga jam tersebut sampai cek tersebut benar-benar bisa dicairkan.

Benar adanya, cek tersebut tidak bisa dicairkan dan toko jam mewah ini kemudian melaporkan aksi penipuan tersebut ke pihak berwajib.

Sangat disayangkan memang, pihak dealer tidak melakukan verifikasi seperti toko jam mewah tersebut, dan sudah menyerahkan kunci unit sebelum memastikan cek tersebut bisa dicairkan atau tidak.

Porsche Cayenne Coupe Resmi Mengaspal, Harga Rp3,4 Miliar

Porsche Indonesia resmi meluncurkan Cayenne Coupe hari ini (10/07/2020), di Jakarta. Varian coupe ini memiliki karakter yang lebih sporty dibanding varian lainnya.

Berbasis Cayenne generasi ketiga, Cayenne Coupe seperti Namanya tampil dengan body styling ala coupe. Porsche memberikan desain garis atap yang rendah di bagian belakang, untuk ciptakan tampilan yang semakin sporty. Dikatakan, ubahan desain ini mengadopsi garis khas yang selalu ditampilkan pada model andalan mereka, yaitu 911.

Debut global Cayenne Coupe yaitu pada tahun 2019 lalu, tepatnya di bulan Juni. Sekitar satu tahun kemudian mobil ini resmi dibawa ke pasar Indonesia, berselang dua tahun setelah Cayenne berganti generasi. Untuk pasar Indonesia, didatangkan dua varian, yaitu Cayenne Coupe dan Cayenne S Coupe.

Porsche memberikan tipe mesin V6 3,0 liter turbo untuk Cayenne Coupe, yang bertenaga 355 hp dan torsi 450 Nm. Sementara untuk Cayenne S Coupe mesinnya V6 2,9 liter twin-turbo, lebih powerful dengan kombinasi 434 hp dan 550 Nm. Kedua varian ini sama-sama dibekali transmisi otomatis 8-speed.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HNW: Sidang Tahunan Bukti MPR Taat Aturan

Posted: 07 Aug 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA, menegaskan pelaksanaan sidang tahunan pada tanggal 14 Agustus 2020 akan meningkatkan kredibilitas MPR RI sebagai salah satu lembaga legislatif. Pasalnya, meski Pandemi Corona tak kunjung reda, MPR tetap melaksanakan amanat Peraturan Tata Tertib MPR untuk menggelar sidang sekali dalam setahun.

Ke depan, konsistensi MPR melaksanakan sidang tahunan akan meningkatkan kredibilitasnya di depan masyarakat. Karena sebagai salah satu lembaga pembuat aturan, MPR konsisten menjalankan aturan yang dibuatnya sendiri. Dan menjadi hal penting bagi masyarakat untuk melaksanakan seluruh undang-undang yang dibuat oleh lembaga legislatif.

"Bagaimana MPR akan mengajak masyarakat selalu tunduk, patuh dan taat menjalankan UU, jika MPR saja tidak melaksanakan aturan dalam Peraturan Tata Tertibnya sendiri. Dan itu membuat MPR makin dipercaya serta kredibel di mata masyarakat. Termasuk pada saat pandemi Corona, asal tetap melaksanakan protokol kesehatan," kata Hidayat menambahkan.

Pernyataan, itu disampaikan Hidayat secara virtual, saat menjadi pembicara pada acara Media Expert Meeting, yang diselenggarakan di Bandung Jawa Barat, Jumat (7/8). Pertemuan dengan media cetak, online, radio serta televisi tersebut mengetengahkan tema Sidang Tahunan MPR: Konvensi Ketatanegaraan Dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara.

Hidayat menampik anggapan, bahwa Sidang Tahunan MPR hanya acara rutinitas. Buktinya, mulai tahun 2020 semua ketua lembaga negara akan langsung menyampaikan laporan kinerjanya kepada masyarakat. Bukan laporan pertanggungan jawab pada MPR, tapi laporan kinerja pada rakyat.

Pelaksanaan sidang Tahunan di masa pandemi Corona, kata Hidayat juga menunjukkan tekad bangsa Indonesia untuk terus menjaga NKRI. Demi bangsa dan negara, MPR tidak takut menyelenggarakan sidang, meski Corona belum bisa diatasi.

"Semua dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, untuk menghindari penyebaran virus Corona," kata Hidayat lagi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elite Gerindra Hadiri KLB, Mulai dari Sandiaga Uno hingga Hashim Djojohadikusumo

Posted: 07 Aug 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada hari ini, Sabtu (8/8/2020). Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, hampir seluruh elite partai menghadiri KLB itu.

KLB Gerindra dilangsungkan di Hambalamg, Bogor, Jawa Barat.

"Hadir lengkap, Bang Sandi ada, juga jajaran dewan pembina partai, Pak Basco, Pak Edhy Prabowo, Bang Fadli Zon, Pak Riza Patria, Pak Hashim Djojohadikusumo," kata Andre dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Andre menambahkan, jajaran anggota partai yang duduk di DPR RI juga hadir, serta tokoh-tokoh senior partai. Selain itu, Presiden Joko Widodo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri juga memberikan pidato virtual untuk KLB Gerindra ini.

 

Ucapan Selamat Jokowi

Andre mengatakan, Jokowi mengucapkan selamat kepada Gerindra yang bisa melaksanakan KLB di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Presiden mengucapkan selamat Gerindra yang bisa melaksakan KLB ini di tengah pandemi dengan protokol kesehatan, dan berharap gerindra melalui DPP, DPD, DPC semakin berkontribusi untuk pembangunan bangsa," tutur Andre mengutip pesan Presiden Jokowi kepada KLB Partai Gerindra.

Dalam konfirmasi terpisah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo Subianto, akan kembali dikukuhkan menjadi ketua umum dalam KLB tersebut. Pengukuhan ini merupakan hasil dari Rapimnas bahwa 34 DPD Partai Gerindra.

"Kami telah meminta kesediaan Prabowo Subianto untuk memimpin Partai Gerindra 5 tahun ke depan," kata Muzani menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syarat Pembelajaran Tatap Muka di Zona Hijau Jabar

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat menyiapkan sistem pembelajaran tatap muka di sekolah yang telah masuk zona hijau. Selain zona hijau sebagai syarat utama, ada sejumlah indikator yang menjadi pertimbangan sekolah kembali dibuka.

"Di antaranya, melihat konektivitas internet. Kalau misalnya koneksi internet bagus, tidak perlu tatap muka. Lalu, apakah lokasi siswa masih berada di blank spot. Setelah itu, kita verifikasi kemampuan belajar hanya sekitar empat jam sampai izin orang tua," kata Dedi dalam jumpa pers di Bandung, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, Dedi mengungkapkan pertimbangan Disdik membuka sekolah di zona hijau terkait materi pelajaran. Sistem daring untuk mata pelajaran yang dirasa sulit bagi siswa didik seperti matematika, fisika, kimia, perlu dilakukan secara tatap muka.

Dedi pun mengaku ada temuan di mana sekolah di zona hijau namun siswanya kesulitan mendapatkan koneksi internet. Pihak Disdik setempat berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan paket rombongan belajar dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Hingga saat ini, jumlah kecamatan di Jabar yang berada di dalam zona hijau sebanyak 228 titik. Menurut Dedi, jumlah tersebut menurun sebanyak 29 kecamatan dari sebelumnya 257 kecamatan yang dianggap siap menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka.

Adapun penurunan jumlah kecamatan zona hijau, disebabkan menurunnya status dari zona hijau ke zona kuning yang teridentifikasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Jabar pada periode 27 Juli-2 Agustus 2020.

"Dari 228 kecamatan ini masih diverifikasi, belum semuanya pasti menggelar kegiatan belajar tatap muka. Kita masih butuh waktu dua pekan memverifikasi itu. Dari 228 yang terverifikasi sekitar 20 persen yang buka," kata Dedi.

Selain itu, Dedi menyampaikan pihaknya bekerja sama dengan Gugus Tugas Jabar untuk memfasilitasi tes swab dengan metode PCR kepada pengajar yang sekolahnya akan menjalani kegiatan belajar tatap muka.

"Mulai minggu depan kita pun akan tes PCR para guru terutama di sekolah yang akan dibuka. Kita pun meminta guru yang dibatasi yang mengajar di bawah 45 tahun, bahkan kita sarankan di bawah 35 tahun," ucapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raffi Ahmad Bangun Ruang Bawah Tanah untuk Parkir 8 Mobil

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad diketahui sedang merenovasi kediamannya. Dirinya memanfaatkan tanah kosong yang ada di rumahnya. Tanah kosong tersebut akan dipergunakan untuk dibangun sebuah basement parkiran yang bisa naik turun. 

Raffi Ahmad yang dikenal dengan sebutan Sultan Andara ini mengungkapkan langsung kepada Baim Wong lewat kanal Youtube Baim Paula, belum lama ini.

Saat itu Raffi dan Baim Wong sedang bincang-bincang masalah rumah. Raffi Ahmad pun membeberkan rencananya ini.

 

Basement

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

"Jadi kan kantor gua 500 meter, tanah kosongnya 400 meter, lebih lah sama lebihnya 400 lebih 500 lebih anggaplah 1000. Nah, tanah yang sekarang nih 400 kan digabungin sama kantor nih jadinya 1000 kurang dikit paling 990 an lah. Next gua bangunin tanah kosong dulu tuh ada basementnya. Jadi kalau mobil biasanya gini nih, jiyetttt ke basement turun sendiri," kata Raffi Ahmad kepada Baim Wong.

 

Rp 2 Miliar

Raffi Ahmad mempertemukan Nagita Slavina dengan Abiman Aryasatya (YouTube)
Raffi Ahmad mempertemukan Nagita Slavina dengan Abiman Aryasatya (YouTube)

Pembangunan basement yang akan dibikin oleh Raffi Ahmad dengan memanfaatkan tanah kosongnya tersebut bisa habis hingga Rp 2-3 Miliaran. 

"Basement tuh bisa sampai 2-3 M, 2 M an lah", ucap Raffi Ahmad.

 

 

Muat 8 Mobil

Raffi Ahmad cari tahu penghasilan Baim Wong
Raffi Ahmad cari tahu penghasilan Baim Wong

Selain itu, basement yang akan dibangun oleh Raffi Ahmad dengan pembuatan habis miliaran rupiah ini bisa memuat sebanyak delapan mobil dengan fasilitas basement yang bisa naik turun. 

"Delapan, banyak delapan mobil", jelas Raffi Ahmad.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

53 Tahun ASEAN, Corona COVID-19 Jadi Tantangan Integrasi Asia Tenggara

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini ASEAN merayakan hari jadinya yang ke-53. Dengan latar belakang pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, Sekretariat ASEAN (ASEC) Jakarta memindahkan perayaan tersebut secara online, mengundang orang-orang di seluruh dunia untuk bergabung dalam peringatan dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Tema peringatan tahun ini berfokus pada perjalanan kohesif ASEAN menuju ketahanan.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, membuka upacara online dengan sambutannya, diikuti dengan pidato dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh.

Vietnam adalah Ketua ASEAN pada tahun 2020.

"Di bawah Keketuaan Vietnam yang kuat dan mampu, ASEAN tetap fokus dalam melakukan aktifitas tonggak penting, karena kawasan ini menunjukkan komitmen dalam perjalanan integrasinya ketika kawasan ini secara bertahap mengadopsi kenormalan baru," kata Dato Lim Jock Hoi dalam rilis pers yang dimuat Liputan6.com, Sabtu (8/8/2020).

Dato Lim menggarisbawahi pentingnya ASEAN untuk mengembangkan kerangka kerja pemulihan pasca pandemi yang kuat, holistik dan pragmatis untuk mengurangi dampak sosial ekonomi, sambil terus memajukan integrasi ekonomi regional.

Sementara dalam sambutannya, Menlu Retno mengimbau seluruh Negara Anggota ASEAN untuk terus bekerja sama dalam memerangi pandemi.

Menlu Retno mengatakan, "ASEAN harus selalu bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan kita, dan tidak terseret ke dalam badai ketegangan geopolitik atau dipaksa untuk memihak."

"Oleh karena itu, kawasan harus tetap berada di depan kurva untuk menjaga sentralitas kita, menjaga relevansi kami, dan berada di kursi pendorong dalam mengubah persaingan menjadi kerja sama, mengubah ketidakpercayaan menjadi kepercayaan strategis."

Menyuarakan perspektif serupa, Menteri Minh mengatakan bahwa, "Vietnam akan terus bekerja sama dengan tetangga dan teman kita untuk membangun ASEAN yang kuat dan bersatu, yang sangat diperlukan untuk perdamaian dan kemakmuran di kawasan dan sekitarnya, sejalan dengan prinsip dan nilai ASEAN 'Think Community, Act Community'."

Perayaan online tersebut disiarkan di situs web dan platform media sosial ASEAN. Bersamaan dengan pidato resmi, perayaan online tersebut menampilkan ucapan selamat dari warga ASEAN, mitra eksternal ASEAN, dan pertunjukan musik khusus oleh pemuda kawasan dan perusahaan sosial yang berbasis di Thailand, C asean Consonant.

Secara terpisah, dalam rangka memperingati Hari ASEAN ke-53, Sekretariat ASEAN bekerjasama dengan Negara Anggota ASEAN menyelenggarakan ASEAN Online Sale Day, yang menghubungkan 150 e-marketplace di Asia Tenggara, sebagai bagian dari upaya ASEAN untuk membangun kembali kepercayaan konsumen dengan memanfaatkan teknologi digital guna menuju pemulihan yang lebih kuat.

Menlu Retno Paparkan Capaian ASEAN Hingga Saat Ini

Menlu Retno Marsudi dalam acara press briefing dengan awak media pada Jumat, 7 Agustus 2020. (Dok: Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi dalam acara press briefing dengan awak media pada Jumat, 7 Agustus 2020. (Dok: Kemlu RI)

ASEAN merayakan hari jadinya yang ke-53 pada 8 Agustus 2020. Menlu Retno pun menyampaikan ucapain selamat.

"Selamat Hari Jadi ASEAN," ujar Menlu Retno dalam acara press briefing dengan awak media pada Jumat, 7 Agustus 2020.

Menlu Retno kemudian melanjutkan ucapannya dengan apresiasi atas hal-hal yang telah dicapai ASEAN hingga saat ini.

"ASEAN telah dapat berperan sebagai lokomotif dan memegang peran sentral dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan," lanjutnya lagi.

Ia menjelaskan bahwa perdamaian dan stabilitas tersebut yang telah membawa pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, apa yang dicapai ASEAN telah lebih baik dari rata-rata pertumbuhan dunia.

Selengkapnya...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warna Perlengkapan Makan Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar individu, menjalankan program diet menjadi tantangan berat. Apalagi harus mengatur asupan kalori yang tepat.

Memang diperlukan konsisten dan keinginan yang kuat untuk mendapatkan berat badan ideal. Untuk itu, setiap individu memiliki cara sendiri demi mendapatkan bentuk badan idaman. Namun, terkadang ada saja cara unik dan tak biasa orang-orang untuk bantu turunkan berat badan.

Namun, pernahkah kamu membayangkan perpaduan warna makanan dengan warna alat makan berpengaruh pada berat badan seseorang? Cara ini tentu tidak pernah terpikirkan olehmu, bukan?

Sebab, fokus kamu sibuk memperhatikan takaran kalori yang riskan gagal dalam masa penuran berat badan. Mungkin kombinasi takaran kalori dengan warna perlengkapanmu bisa lebih optimal dan tepat sasaran.

Berikut tips menurunkan berat badan dengan metode warna dan bentuk perlengkapan makan yang dilansir dari Timesofindia, Jumat (7/8/2020).

1. Percampuran Warna Kontras

ilustrasi piring/Photo by Brooke Lark on Unsplash
ilustrasi piring/Photo by Brooke Lark on Unsplash

Porsi makan seseorang dapat lebih sedikit jika kontras warna antara piring dan makanan lebih tinggi. Maksudnya, di saat kamu memilih makanan yang terang, wajib hukumnya ambil piring yang lebih gelap. Dengan begitu, makananmu terlihat banyak dan sudah dipastikan terasa kenyang.

Berbeda dengan piring yang terang, hanya membuat Anda mengomsumsi makanan secara berlebihan.

2. Warna Biru Pilihan terbaik

Mencuci piring./Copyright shutterstock.com/g/pickingpok
Mencuci piring./Copyright shutterstock.com/g/pickingpok

Memilih warna terang, membuatmu semakin sulit mencapai bentuk tubuh yang diidam-idamkan. Bagaimana tidak, warna kuning dan oranye hanya akan merangsang nafsu makan. Apalagi warna merah membuatmu semakin kelaparan karena meningkatkan tekanan darah dan jantung.

Maka untuk meredam nafsumu, memerlukan warna abu-abu, hitam, dan cokelat yang berguna mengantisipasi nafsu makan berlebih. Akan tetapi, warna birulah yang paling ampuh mengontrol porsi makanan.

3. Pilih Alat Makan yang Kecil dan Tinggi

Alas piring SOARÉ dari IKEA yang dimanfaatkan untuk tata meja ala restoran. (dok. IKEA Indonesia)
Alas piring SOARÉ dari IKEA yang dimanfaatkan untuk tata meja ala restoran. (dok. IKEA Indonesia)

Ruang yang kecil pada tempat makanmu bisa menimbulkan efek asupan makanan yang banyak. Selain ruang yang sempit, pastikan tempatnya juga tinggi. Ruang tinggi dan sempit merupakan perpaduan yang pas untuk mengurangi porsi makan.

Sebaliknya, pemilihan alat makan yang luas cenderung memperlihatkan porsi yang sedikit sehingga timbul keinginan kamu untuk menambah porsinya. Tanpa disadari, hal ini akan melampaui porsi yang ditentukan dan asupan kalori jadi meledak. 

Semoga dengan pilihan warna dan ukuran alat makan yang tepat mendorong keberhasilan misi menurunkan beberapa kilogram asupan berlebih pada tubuhmu. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna TikTok Bisa Nonton Drama Korea Langsung di Aplikasi

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - TikTok baru saja mengumumkan kehadiran konten baru yang ada di platformnya. Kali ini, aplikasi berbagi video pendek itu menghadirkan konten drama Korea berjudul Trap.

Drama Korea ini dibintangi oleh Woo Davi, Park Lee Hyun, dan Son Hyun Woo. Episode pertama drama ini sudah ditayangkan pada 30 Juli 2020.

Trap sendiri diproduseri oleh TikTok dan tvN D. Drama ini hadir dengan genre romantis yang dibalut thriller, dan diharapkan dapat mengulang sukses drama sebelumnya besutan tvN D.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (8/8/2020), akan ada total 12 episode yang ditayangkan di TikTok. Episode yang tayang di TikTok akan hadir satu minggu sebelum episode tersebut diunggah ke kanal YouTube tvN D.

Untuk penayangan di TikTok, penonton juga dapat merasakan pengalaman berbeda. Sebab, kisah yang tidak diceritakan melalui episode utama, seperti konflik batin atau perasaan karakter protoganis dalam serial ini akan hadir sebagai klip tersembunyi di aplikasi tersebut.

Oleh sebab itu, masing-masing karakter utama di serial ini sudah memiliki akun TikTok dan aktif di platform tersebut. Nantinya, penonton juga berkomunikasi dengan karakter utama dan terlibat lebih dalam mengenai kisah ini setelah Trap ditayangkan.

Tidak hanya kisah Trap ini, TikTok juga berencana membuat drama Korea jenius baru dengan klip tersembunyi, mengikuti produksi konten interaktif tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk membawa kegembiraan lewat konten yang beragam.

TikTok Rilis Aplikasi untuk Amazon Fire TV

TikTok. Dok: money.com
TikTok. Dok: money.com

Terlepas dari informasi di atas, TikTok sendiri dilaporkan baru merilis aplikasi yang ditujukan untuk platform Amazon Fire TV. Aplikasi ini, menurut laporan Business Insider, tersedia dengan nama "More on TikTok". Ia memiliki fitur untuk menampilkan kompilasi dan daftar putar video yang dikurasi dari aplikasi TikTok versi mobile.

"Saat ini orang-orang mencari komunitas dan TikTok menghubungkan pengguna dengan konten dan orang-orang yang selaras dan bermakna bagi mereka," ujar Nick Tran, kepala pemasaran global TikTok dikutip dari Engadget, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, kata Nick, perusahaan telah mempertimbangkan penggunaan perangkat seperti Fire TV untuk terhubung dengan pengguna mereka dan bagaimana perusahaan dapat menawarkan pengalaman lebih dinamis kepada mereka,

"Dan kami pikir membawa konten kami ke TV hingga batas tertentu adalah langkah berikutnya," tutur Nick.

Adapun aplikasi TikTok versi Amazon Fire TV merupakan kanal yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten TikTok saja. Pengguna tidak perlu melakukan login dan memiliki akun TikTok untuk menonton konten TikTok.

Terdapat dua kategori konten dari aplikasi gratis ini, yakni "In the Studio" dan "This is TikTok".

Orang Indonesia Kedua Paling Banyak Unduh TikTok per Juli 2020

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.  Kredit: antonbe via Pixabay
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

TikTok menjadi aplikasi kategori selain gim paling banyak diunduh di seluruh dunia per Juli 2020.

Aplikasi di bawah naungan Bytedance itu, menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, mengantongi lebih dari 65,2 juta unduhan, yang setara dengan 21,4 persen peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Negara-negara dengan pemasangan aplikasi TikTok terbanyak selama periode ini adalah pengguna berbasis di Amerika Serikat dengan 9,7 persen dan Indonesia dengan 8,5 persen," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Menarik Bayern Munchen vs Chelsea: Mimpi Buruk The Blues di 16 Besar

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Munich - Chelsea menghadapi Bayern Munchen pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Arena, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu dini hari WIB.

Tantangan utama Chelsea adalah membalikkan ketertinggalan tiga gol. Sulit rasanya membayangkan tim sekelas Bayern Munchen tumbang dengan defisit besar di kandang sendiri.

Membuat tugas lebih berat, pasukan Frank Lampard datang dengan skuat compang-camping akibat banyaknya pemain yang cedera.

Meski begitu, tetap tidak ada yang mustahil di sepak bola. Chelsea tetap memiliki peluang terus melaju di Liga Champions meski kecil.

Dan jika mampu menyingkirkan Bayern Munchen, capaian The Blues bisa dipastikan jadi bahan perbincangan di masa depan.

Fakta Menarik

Bayern Munchen vs Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)
Bayern Munchen vs Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)

• Bayern Munchen hanya sekali gagal melangkah ke babak berikut dalam 25 kesempatan, setelah meraih kemenangan di kandang lawan pada leg pertama.

• Bayern Munchen menyingkirkan klub Inggris 10 kali dalam 16 duel.

• Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski merupakan top skorer sementara Liga Champions musim ini dengan 11 gol.

 

Fakta Selanjutnya

Bayern Munchen vs Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)
Bayern Munchen vs Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)

• Chelsea tidak terkalahkan dalam 10 laga tandang terakhir di kompetisi Eropa (tujuh menang, tiga imbang).

• Chelsea tidak pernah menang dalam sembilan laga terakhir di babak gugur Liga Champions (imbang empat, kalah lima).

• Chelsea tersingkir di babak 16 besar pada tiga partisipasi terakhir Liga Champions (2014/2015, 2015/2016, 2017/2018).

Rekor Pertemuan

Pemain Bayern Munchen, David Alaba, berebut bola dengan gelandang Chelsea, Willian, pada laga Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, Selasa (25/2/2020). Chelsea takluk 0-3 dari Bayern Munchen. (AP/Kirsty Wigglesworth)
Pemain Bayern Munchen, David Alaba, berebut bola dengan gelandang Chelsea, Willian, pada laga Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, Selasa (25/2/2020). Chelsea takluk 0-3 dari Bayern Munchen. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Waktu-Ajang-Laga-Skor

26/02/20 Liga Champions Chelsea vs Bayern Munchen 0-3

31/08/13 Piala Super Eropa Bayern Munchen vs Chelsea 2-2*

20/05/12 Liga Champions Bayern Munchen vs Chelsea 1-1**

12/04/05 Liga Champions Bayern Munchen vs Chelsea 3-2

06/04/05 Liga Champions Chelsea vs Bayern Munchen 4-2

 

*Bayern menang adu penalti 5-4, **Chelsea menang adu penalti 4-3

Saksikan Video Chelsea Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Sekarang, Kartu Prakerja Gelombang 4 Buka Kuota untuk 800 Ribu Peserta

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran gelombang 4 Program Kartu Prakerja dimulia hari ini, Sabtu 8 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Pada gelombang 4 ini, pemerintah menyiapkan kuota penerima peserta Kartu Prakerja sebanyak 800 ribu orang.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, Kartu Prakerja merupakan program beasiswa pelatihan dimana penerimanya bisa memilih sendiri pelatihannya. Program ini terdiri dari 2 elemen wajib, yaitu beasiswa pelatihan itu sendiri, dan insentif.

Insentif hanya diberikan jika penerima telah menyelesaikan pelatihan dan memberikan ulasan serta rating. Dengan kata lain, Kartu Prakerja tidak hanya memberikan choice (pilihan) namun juga voice (suara) kepada penerimanya.

"Di masa pandemi Covid-19, Kartu Prakerja juga berfungsi sebagai jaring pengaman sosial lewat insentif yang diperbesar jumlahnya agar dapat membantu meringankan biaya hidup masyarakat yang terdampak," tutur Rudy Salahuddin yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Pemerintah pun telah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menambahkan bahwa perbaikan tata kelola yang dijabarkan pada Permenko 11/2020 bersifat progresif ke depan, yang mulai diimplementasikan pada gelombang IV dan seterusnya.

"Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja secara bertahap akan menyesuaikan prosedur operasi dan sistem sesuai dengan Perpres dan Permenko. Data kelompok yang dikecualikan untuk menerima Kartu Prakerja dari Kementerian/Lembaga pun diperlukan," kata Denni.

Transfer ke Rekening

CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja
CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja

Seperti sebelumnya, sambung Denni, begitu ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja, dana bantuan pelatihan ditransfer ke rekening virtual account penerima. Jika dalam waktu 30 hari tidak digunakan, akan dicabut kepesertaannya by system, dan dananya dikembalikan ke kas negara.

"Mitra digital platform dan lembaga pelatihan agar menyesuaikan juga dengan aturan yang ada," imbuh Denni.

Untuk mengevaluasi dampak Program Kartu Prakerja terhadap kondisi kebekerjaan dan kondisi sosial ekonomi penerima Kartu Prakerja, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja juga telah merilis Survei Kebekerjaan pertama. Untuk informasi lebih lanjut, penerima Kartu Prakerja dapat mengakses dashboard peserta pada situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.

2,1 Juta Korban PHK Bakal Diprioritaskan dalam Kartu Prakerja Gelombang 4

Ilustrasi pekerja kreatif. (dok. Biro Humas Kemenparekraf/Dinny Mutiah)
Ilustrasi pekerja kreatif. (dok. Biro Humas Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, M Rudy Salahudin, memastikan akan menggunakan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk menjaring peserta Program Kartu Prakerja gelombang ke-IV dan selanjutnya. Adapun sebanyak 2,1 juta korban pemutusan hubungan kerja (PHK) kini tercatat di Kemnaker.

"Terdapat 2,1 juta yang saat ini sudah ada di tangan Kemnaker, dan data ini yang akan kita prioritaskan di dalam batch keempat ke depan," jelas Rudy dalam video conference, di Jakarta, Jumat (7/8).

Menurut Rudy, penerimaan peserta program Kartu Prakerja yang secara umum hanya memiliki porsi 20 persen pada setiap gelombang, sementara 80 persen akan diutamakan yang berasal dari 2,1 juta korban PHK yang tercatat di Kemenkaer.

"Prioritasnya setiap batch 80 persen akan diisi dari data-data yang memang betul-betul clensing dari data Kemnaker, 80 persen dari jumlah kuota tiap minggunya diprioritaskan yang terdampak," jelas Rudy.

Sebelumnya, Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang ke IV mulai besok, Sabtu (8/8). Adapun jumlah kouta pendaftaran yang dibuka pada gelombang ini mencapai 800.000 orang.

"Rencana kita untuk pembukaan gelombang IV dari calon penerima kartu prakerja Insya Allah akan kita buka besok, Sabtu siang jam 12 akan kita buka dengan jumlah kota ditetapkan 800.000 orang," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono.

Alokasi Dana

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Susi mengatakan, jumlah alokasi dana bantuan pelatihan dan insentif untuk peserta kartu prakerja gelombang IV tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Masing-masing penerima tetap mendapatkan sebesar Rp3,5 juta.

"Dengan alokasi dana bantuan pelatihan dan inisiatif masih sama masih," kata dia.

Di mana pemilik kartu ini atau peserta selama akan mendapat manfaat sebesar Rp3.550.000 per orang yang rinciannya sebesar Rp1.000.000 sebagai biaya bantuan pelatihan.

Kemudian Rp600.000 setiap bulan merupakan insentif penuntasan pelatihan yang akan diterima selama empat bulan serta survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000. Sisanya baru akan bisa digunakan ketika si penerima sudah mengikuti minimal satu kali pelatihan.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gilang Kain Jarik dan Fakta di Balik Fetish

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus Gilang bungkus kain jarik menjadi sorotan warga. Selain sosok Gilang yang jadi pembicaraan, istilah fetish juga ikut kembali menyeruak. Tapi apa sebenarnya fakta di balik fetish?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] 75 Tahun Tragedi Hiroshima

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Walikota Hiroshima, Kazumi Matsui (kanan) dan keluarga busur yang telah meninggal sebelum mereka menempatkan daftar korban Bom Atom di Hiroshima Memorial Cenotaph selama upacara peringatan 75 tahun pemboman di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima, Jepang (4/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Walikota Hiroshima, Kazumi Matsui (kanan) dan keluarga busur yang telah meninggal sebelum mereka menempatkan daftar korban Bom Atom di Hiroshima Memorial Cenotaph selama upacara peringatan 75 tahun pemboman di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima, Jepang (4/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Walikota Hiroshima, Kazumi Matsui (kanan) dan keluarga busur yang telah meninggal sebelum mereka menempatkan daftar korban Bom Atom di Hiroshima Memorial Cenotaph selama upacara peringatan 75 tahun pemboman di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima, Jepang (4/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Seorang pengunjung menyalakan lilin di depan cenotaph untuk korban bom atom sebelum dimulainya upacara untuk memperingati 75 tahun pemboman di Hiroshima, Jepang barat, Kamis pagi, (6/8/2020). (AP Photo / Eugene Hoshiko)
Seorang pengunjung menyalakan lilin di depan cenotaph untuk korban bom atom sebelum dimulainya upacara untuk memperingati 75 tahun pemboman di Hiroshima, Jepang barat, Kamis pagi, (6/8/2020). (AP Photo / Eugene Hoshiko)

Seorang pengunjung menyalakan lilin di depan cenotaph untuk korban bom atom sebelum dimulainya upacara untuk memperingati 75 tahun pemboman di Hiroshima, Jepang barat, Kamis pagi, (6/8/2020). (AP Photo / Eugene Hoshiko)

File foto 8 September 1945, seorang koresponden sekutu berdiri di lautan puing di depan cangkang bangunan yang dulunya adalah bioskop di Hiroshima, Jepang barat, sebulan setelah bom atom pertama yang dijatuhkan oleh AS untuk mempercepat penyerahan Jepang. (AP Photo/Stanley Troutman)
File foto 8 September 1945, seorang koresponden sekutu berdiri di lautan puing di depan cangkang bangunan yang dulunya adalah bioskop di Hiroshima, Jepang barat, sebulan setelah bom atom pertama yang dijatuhkan oleh AS untuk mempercepat penyerahan Jepang. (AP Photo/Stanley Troutman)

File foto 8 September 1945, seorang koresponden sekutu berdiri di lautan puing di depan cangkang bangunan yang dulunya adalah bioskop di Hiroshima, Jepang barat, sebulan setelah bom atom pertama yang dijatuhkan oleh AS untuk mempercepat penyerahan Jepang. (AP Photo/Stanley Troutman)

file foto 6 Agustus 1945 ini, asap membumbung 20.000 kaki di atas Hiroshima, Jepang barat, setelah bom atom pertama dijatuhkan selama peperangan. Hiroshima menjadi sasaran karena itu adalah pusat militer utama Jepang yang dipenuhi dengan pangkalan militer dan fasilitas amunisi. (AP Photo, File)
file foto 6 Agustus 1945 ini, asap membumbung 20.000 kaki di atas Hiroshima, Jepang barat, setelah bom atom pertama dijatuhkan selama peperangan. Hiroshima menjadi sasaran karena itu adalah pusat militer utama Jepang yang dipenuhi dengan pangkalan militer dan fasilitas amunisi. (AP Photo, File)

file foto 6 Agustus 1945 ini, asap membumbung 20.000 kaki di atas Hiroshima, Jepang barat, setelah bom atom pertama dijatuhkan selama peperangan. Hiroshima menjadi sasaran karena itu adalah pusat militer utama Jepang yang dipenuhi dengan pangkalan militer dan fasilitas amunisi. (AP Photo, File)

file foto 7 September 1945 ini, seorang pria tak dikenal berdiri di samping perapian berlantai tempat sebuah rumah pernah berdiri di Hiroshima, Jepang bagian barat. Pengeboman 6 Agustus 1945 adalah serangan nuklir pertama di dunia.(AP Photo/Stanley Troutman)
file foto 7 September 1945 ini, seorang pria tak dikenal berdiri di samping perapian berlantai tempat sebuah rumah pernah berdiri di Hiroshima, Jepang bagian barat. Pengeboman 6 Agustus 1945 adalah serangan nuklir pertama di dunia.(AP Photo/Stanley Troutman)

file foto 7 September 1945 ini, seorang pria tak dikenal berdiri di samping perapian berlantai tempat sebuah rumah pernah berdiri di Hiroshima, Jepang bagian barat. Pengeboman 6 Agustus 1945 adalah serangan nuklir pertama di dunia.(AP Photo/Stanley Troutman)

Saki Morioki, 5 tahun, menyaksikan lampion kertas melayang di sepanjang Sungai Motoyasu di depan Kubah Bom Atom di Hiroshima, Jepang barat, Kamis (6/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Saki Morioki, 5 tahun, menyaksikan lampion kertas melayang di sepanjang Sungai Motoyasu di depan Kubah Bom Atom di Hiroshima, Jepang barat, Kamis (6/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Saki Morioki, 5 tahun, menyaksikan lampion kertas melayang di sepanjang Sungai Motoyasu di depan Kubah Bom Atom di Hiroshima, Jepang barat, Kamis (6/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pengunjung menyaksikan deretan burung bangau kertas yang didedikasikan untuk para korban bom atom 1945, di Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, Selasa, (4/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Pengunjung menyaksikan deretan burung bangau kertas yang didedikasikan untuk para korban bom atom 1945, di Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, Selasa, (4/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Pengunjung menyaksikan deretan burung bangau kertas yang didedikasikan untuk para korban bom atom 1945, di Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, Selasa, (4/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Penduduk Korea Selatan yang tinggal di Jepang berdoa di depan cenotaph untuk korban bom atom Korea di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, Rabu, (5/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Penduduk Korea Selatan yang tinggal di Jepang berdoa di depan cenotaph untuk korban bom atom Korea di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, Rabu, (5/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Penduduk Korea Selatan yang tinggal di Jepang berdoa di depan cenotaph untuk korban bom atom Korea di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, Rabu, (5/8/2020). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Pakai Masker, Satgas COVID-19 NU: Butuh Perubahan Perilaku yang Cepat

Posted: 07 Aug 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Satgas COVID-19 Nahdlatul Ulama (NU) Dokter Muhammad Makky Zamzami mengatakan dibutuhkan perubahan perilaku, seperti menggunakan masker, dengan cepat untuk mencegah penularan COVID-19.

"Perubahan perilaku kalau di penyakit-penyakit lain, itu butuh waktu panjang tapi (saat ini) kita butuh waktu segera," kata Makky dalam siaran dialog dari Graha BNPB, Jakarta pada Jumat (7/8/2020).

Oleh karena itu, Makky mengatakan bahwa edukasi perubahan perilaku untuk mencegah COVID-19 seperti kebiasaan memakai masker, harus bisa disampaikan dengan cara yang sederhana dan mudah diterima oleh masyarakat.

Selain itu, Makky juga mengatakan penting untuk mengingatkan satu sama lain. "'Saya akan aman kalau kamu juga menggunakan masker,'" ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Makky mengatakan bahwa NU telah menggerakkan peran Muslimat dan Fatayat sebagai ibu di rumah, untuk mengingatkan anak dan suami agar mereka selalu menggunakan masker jika keluar rumah.

"Karena kalau di rumah kan ibu itu yang lebih perhatian. Di sinilah yang kita sekarang gerakkan agar tidak lupa dan itu menjadi suatu perilaku atau kebiasaan baru, yang bisa diterapkan."

Butuh Keteladanan

Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Makky mengatakan, gerakan NU tersebut juga merupakan bentuk dari penerapan peran ibu dalam edukasi penggunaan masker di lingkungan masyarakat, seperti diarahkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Dokter gigi Arief Rosyid Hasan dari Gerakan Masjid Bangkit pada kesempatan yang sama menyebutkan bahwa dibutuhkan bagi beberapa masyarakat, kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) memang lebih sulit untuk dicerna bersamaan.

Hal ini yang membuat Arief mengatakan bahwa keputusan Presiden Jokowi untuk memfokuskan edukasi pada penggunaan masker dalam dua pekan ke depan adalah sesuatu yang tepat.

"Saya kira yang paling penting keteladanan. Jadi tokoh-tokoh masyarakat, kita semua, kalau di masjid kami ingatkan ke marbot dan lain-lain, untuk mereka sendiri menjadi teladan. Karena kalau kita mengingatkan pakai masker sementara kita sendiri tidak pakai masker, itu jadi problem," kata Arief.

"Menurut saya memang perlu sabar dan terus-terusan. Istiqomah. Jangan berhenti. Sampai mereka yang bosan kita tahu, jangan kita yang bosan."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Apresiasi MUI Tetap Solid di Umur ke-45

Posted: 07 Aug 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengapresiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang tetap solid di hari ulang tahunnya ke-45. Ma'ruf berharap, MUI tetap berdiri tegak dan tidak ada perpecahan.

"MUI masih utuh dan saya kira sesuatu yang mahal, tidak semua perhimpunan yang terdiri dari berbagai ormas itu bisa bertahan begitu lama. Saya berharap tentu jangan sampai seperti perhimpunan yang ada sebelumnya tapi kemudian tidak berlanjut karena adanya perpecahan dan adanya selisih paham di antara para tokoh umat," ujar Wapres, Sabtu (8/8/2020).

Ma'ruf Amin menilai, MUI telah berhasil membangun kesamaan pandangan dan meletakkan dasar yang kokoh. Sehingga terbangun toleransi terhadap perbedaan pendapat.

"Karena itu kewajiban kita bisa menjaga karena MUI adalah terdiri dari kesepakatan banyak-banyak ormas Islam. Maka jangan sampai MUI mengalami nasib yang sama seperti perhimpunan atau persatuan umat pada masa yang lampau," kata Ma'ruf Amin.

 

Harapan

Ma'ruf Amin berharap, dalam menghadapi pandemi Covid-19, MUI ikut berpartisipsi sebagai himayatul umah, menjaga umah dari dua dharar atau bahaya. Baik penyakitnya maupun dampak ekonomi yang ditimbulkan.

"Apa yang dihadapi dhafud dhararaini menghilangkan dua dharar sekaligus. Dalam perspektif agama, dhafud dharar hukumnya minimal fardu kifayah apabila bahaya tidak begitu berat tapi kalau bila bahayanya begitu besar ini bukan lagi kifayah tapi fardu ain," tandas Ma'ruf Amin.

 

Reporter: Muhammad Genantan

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merdeka Lawan Pandemi, IM3 Ooredoo Luncurkan Kampanye Baru yang Inspiratif

Posted: 07 Aug 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus yang melanda Indonesia sampai saat ini telah memberikan pelajaran yang berharga. Dampaknya yang begitu dahsyat di berbagai segi kehidupan, telah mendorong orang-orang untuk kembali berjuang dan mencari cara untuk bisa bertahan. Situasi sulit saat ini juga mengingatkan kita bahwa kebebasan dan kemerdekaan manusia bisa direnggut dan hilang dalam sekejap.

Gara-gara sebuah virus yang tak terlihat kasat mata, ribuan orang menjadi korban, ruang gerak dan aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Tekanan ekonomi yang begitu besar membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan dan sumber mata pencaharian. Berbagai cara pun dilakukan untuk bertahan hidup, mulai dari beralih profesi hingga memaksimalkan kemampuan untuk mencari peluang bisnis dengan menawarkan berbagai macam produk dan jasa secara online.

Fenomena yang muncul di tengah pandemi ini akhirnya mendorong IM3 Ooredoo membangun kampanye baru yang bertajuk "Teruskan Perjuangan untuk Tetap Merdeka". Kampanye ini sekaligus hadir untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun yang tepat jatuh pada 17 Agustus mendatang.

Pesan Perjuangan Lewat Lagu

Melalui kampanye ini, IM3 Ooredoo ingin menyalakan semangat anak muda Indonesia untuk terus berjuang demi kebebasan dan kemerdekaan di masa sulit ini. Pesan tersebut juga disampaikan dalam sebuah musik video yang menampilkan kisah nyata bagaimana internet dapat memberikan dukungan besar bagi generasi muda saat ini yang telah beralih profesi untuk dapat bertahan hidup dan memperjuangkan kemerdekaannya.

Pada musik video tersebut IM3 Ooredoo menggandeng musisi muda tanah air; Barasuara, Ardhito Pramono, Nadin Amizah, dan The Resonanz Children's Choir untuk menciptakan dan membawakan lagu berjudul 'Bangkit dan Berlari'. Kolaborasi antar musisi tersebut juga berangkat dari situasi sebenarnya dimana pandemi ini sangat mempengaruhi industri musik karena keterbatasan yang tidak memungkinkan mereka untuk melakukan pekerjaan biasa seperti tampil secara langsung di panggung.

Namun mereka tidak menyerah dan terus berjuang, Barasuara dengan ceritanya yang berjuang tetap manggung secara online demi fans, begitu juga dengan Ardhito Pramono tetap berjuang manggung virtual agar krunya tetap bekerja, hingga Nadin Amizah yang berjuang meluncurkan album barunya secara online ditengah keterbatasan, dan The Resonanz Children's Choir yang juga tetap berkarya dari rumah untuk mendukung perjuangan kita semua.

 

Dukungan IM3 Ooredoo via Paket Freedom Internet

Besarnya semangat dan usaha masyarakat dalam mengandalkan bantuan internet selama pandemi ini didukung penuh oleh IM3 Ooredoo dengan memberikan Freedom Internet, paket internet yang simple dengan 100% kuota utama serta transparan tanpa syarat dan ketentuan tersembunyi.

©IM3 Ooredoo
©IM3 Ooredoo

Dengan Paket Freedom Internet dari IM3 Ooredoo kamu bisa internetan kapan dan dimana saja tanpa khawatir kuota kamu gak bisa dipake atau kepotong. Semua jadi Simple banget.

Ritesh Kumar Singh, Chief Marketing Officer of Indosat Ooredoo mengatakan Ide kampanye kami selalu fokus kepada bagaimana IM3 Ooredoo memiliki peran yang nyata dalam kehidupan masyarakat.

"Di situasi ini kami melihat banyak orang yang beralih profesi agar bisa bertahan hidup, berjuang pada masa pandemi dengan dukungan internet sebagai salah satu kebutuhan utama. Mulai dari berjualan makanan online, memasarkan ke teman dan saudara melalui media sosial, group chat, dan lain-lainnya. Melalui kampanye 'Teruskan Perjuangan Untuk Tetap Merdeka' ini IM3 Ooredoo menunjukkan komitmen untuk mendukung masyarakat Indonesia agar terus berjuang demi merdeka di tengah masa pandemi," ujar Ritesh Kumar Singh.

Dirilis berdekatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia, kampanye ini diharapkan dapat menyalakan optimisme dan semangat masyarakat untuk bangkit dan terus berjuang mendapatkan kembali kemerdekaannya.

Karena apapun situasinya, IM3 Ooredoo percaya bahwa selalu ada cara untuk #TeruskanPerjuanganmu selama kita dapat cepat beradaptasi, dan dengan Freedom Internet, IM3 Ooredoo membantu memudahkan para pemuda-pemudi Indonesia untuk terus berjuang mencari cara.  

Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket Freedom Internet, pelanggan dapat mengakses http://indosatooredoo.com/freedominternet atau melalui aplikasi myIM3.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gareth Bale Main Golf Sebelum Real Madrid Disingkirkan Manchester City dari Liga Champions

Posted: 07 Aug 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Masa depan Gareth Bale di Real Madrid penuh ketidakpastian. Hal ini terjadi sejak Zinedine Zidane kembali menduduki kursi pelatih pada Maret 2019.

Zidane tidak lagi mengandalkan Garet Bale dengan membatasinya perannya di skuat Real Madrid musim ini. Pemain sayap asal Wales itu hanya membuat 20 penampilan di semua kompetisi.

Kejutan pun dibuat Zidane dalam konferensi pers jelang laga Real Madrid melawan Manchester City di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Ia mencoret Bale dari skuat Los Blancos.

Saat ditanya masa depan Bale, juru taktik asal Prancis tersebut mengaku tidk tahu. "Sekarang dia adalah pemain Real Madrid saat ini. Itu tak berubah. Dia adalah pemain kami. Saya menghormati itu dan saya menghormatinya, seperti orang lain," ucap Zidane.

"Dia lebih suka tidak bermain. Hanya itu yang bisa kuberitahukan padamu."

 

 

 

Bakal Bikin Marah

Gelandang Real Madrid Gareth Bale (kanan) mendapat instruksi dari pelath Zinedine Zidane pada laga melawan Legia Warsawa di Pepsi Arena, Warsawa, Rabu (2/11/2016). (AFP/Janek Skarzynski)
Gelandang Real Madrid Gareth Bale (kanan) mendapat instruksi dari pelath Zinedine Zidane pada laga melawan Legia Warsawa di Pepsi Arena, Warsawa, Rabu (2/11/2016). (AFP/Janek Skarzynski)

Beberapa jam sebelum laga Real Madrid kontra Manchester City di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020), acara TV Spanyol Chiringuito de Jugones merekam aktivitas Bale. Pemain berusia 31 tahun itu terlihat sangat menikmati permainan golf.

Tak diragukan lagi tindakan Bale akan membuat suporter Real Madrid. Apalagi, hal tersebut tak akan membantu pemain bergaji sekitar Rp 6,3 miliar per pekan ini agar bisa bertahan di Santiago Bernabeu.

 

Tersingkir

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan (tengah) mengontrol bola dari kawalan bek Real Madrid, Dani Carvajal pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Inggris (7/8/2020). City  melaju ke perempat final unggul agregat 4-2 atas Madrid. (Nick Potts/Pool Photo via AP)
Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan (tengah) mengontrol bola dari kawalan bek Real Madrid, Dani Carvajal pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Inggris (7/8/2020). City melaju ke perempat final unggul agregat 4-2 atas Madrid. (Nick Potts/Pool Photo via AP)

Pada leg kedua, Real Madrid kembali harus mengakui keunggulan Manchester City dengan skor 1-2. Kedua gol The Citizens dicetak Raheem Sterling dan Gabriel Jesus. Sedangkan Madrid hanya mampu membalas lewat Karim Benzema.

Dengan hasil ini, Real Madrid kalah agregat 2-4 dan angkat koper dari Liga Champions. Sementara itu, Manchester City akan menghadapi Lyon di perempat final.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Walker, Fernandinho, Laporte, Cancelo, Rodrigo (Otamendi 89'), Gundogan, De Bruyne, Foden (Bernardo 67'), Sterling (Silva 81'), Jesus

Real Madrid: Courtois; Carvajal, Militao, Varane, Mendy; Kroos, Modric (Valverde 83'), Casemiro; Hazard (Jovic 83'), Rodrygo (Asensio 61'), Benzema.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Anak Selebriti dan Saudara Angkat, Kompak

Posted: 07 Aug 2020 09:55 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebriti memang tak bisa lepas dari sorotan publik. Tak hanya kiprahnya di dunia hiburan, kehidupan pribadi para publik figur ini juga tak kalah mencuri perhatian masyarakat. Bukan hanya seputar hubungannya dengan pasangan, hubungan para selebriti dengan keluarga juga jadi sorotan. 

Beberapa selebriti memutuskan untuk mengadopsi anak. Berbagai pertimbangan telah dipikirkan secara matang oleh seleb saat memutuskan mengangkat anak. Meski berstatus anak angkat, kasih sayang dari selebriti untuk buah hatinya begitu besar.

Begitu juga dengan anak kandungnya. Layaknya saudara kandung, para anak selebriti terlihat akrab dengan saudara angkatnya. Kedekatan antara anak selebriti dan saudara angkatnya pun sukses bikin kagum. Potret kebersamaan tersebut menjadi bukti kalau hubungan kasih sayang tak hanya sebatas ikatan darah. 

Momen kebersamaan anak selebriti dengan saudara angkatnya ini kerap dibagikan lewat Instagram pribadi masing-masing. Tak sedikit penggemar yang memberik pujian dengan kekompakan mereka. Penasaran seperti apa potretnya? 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret kedekatan anak selebriti dengan saudara angkat, Sabtu (8/8/2020). 

 

 

 

1. Kedekatan Thalia, Thania dan putra angkat Ruben Onsu, Betrand tak perlu diragukan lagi. Ketiganya saling menyanyangi satu sama lain.

Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/rubenonsu
Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/rubenonsu

2. Arsy teerlihat dekat dan akrab banget dengan putra angkat Ashanty, Putra. Dalam berbagai kesempatan Putra dan Arsy terlihat pergi berlibur bersama.

Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/ashanty
Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/ashanty

3. Layaknya bodyguard, Verrel Bramasta dan Athalla Naufal selalu menjaga dan menyayangi adik angkatnya, Vania.

Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram//vaniaathabina24)
Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram//vaniaathabina24)

4. Meski bukan saudara kandung, Cavin dan Cello kedua putra Yuni Shara ini kompak banget.

Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/yunishara
Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/yunishara

5. Amalia merupakan putri angkat Ussy. Meski tak ada ikatan darah, Amalia terlihat begitu menyayangi ketiga adiknya.

Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/ussypratama
Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram/ussypratama

6. Putri Anjasmara dan Dian Nitami, Sasikirana dekat banget dengan kakak angkatnya Amanda. Kedekatan dua wanita ini layaknya saudara kandung.

Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram//amandaannete)
Anak Selebriti dan Saudara Angkat (Sumber: Instagram//amandaannete)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Bakal Denda Maksimal Rp 25 Juta Jika Tempat Hiburan Nekat Buka

Posted: 07 Aug 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum mengizinkan tempat hiburan beroperasi di masa pemberlakuan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Pemprov DKI berharap pemilik tempat hiburan mengerti akan hal ini demi meminimalisasi penularan Covid-19.

"Kita tahu bersama tempat hiburan, griya pijat, sauna, bar, diskotek itu masih belum diperbolehkan beraktivitas. Artinya harus ada kesadaran dari seluruh pelaku industri pariwisata untuk mematuhi tidak beraktivitas lebih awal," ujar Kepala Satpol PP DKI Arifin saat dikonfirmasi, Sabtu (8/8/2020).

Dia mengatakan, jika tempat hiburan nekat buka di masa PSBB transisi, akan ditindak oleh jajarannya. Dia menyebut, Pemprov DKI tak segan memberikan sanksi tegas.

"Kalau mereka melakukan, maka kami tidak segan melakukan penindakan tegas untuk menutup dan memberikan sanksi. Bisa juga kita lakukan pertama kita tutup, segel, ada denda maksimal Rp 25 juta, kalau berulang kita bisa cabut izinnya," kata Arifin soal aturan bagi tempat hiburan.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berhasil mengumpulkan Rp 2,6 miliar dari denda masyarakat yang melanggar peraturan PSBB transisi. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan rekapitulasi sejak 5 Juni 2020 hingga Kamis, 6 Agustus 2020 kemarin.

"Total keseluruhan sanksi denda sejak PSBB transisi sampai saat ini mencapai Rp 2,6 miliar, dan itu tercatat di kas daerah dan dimasukan oleh BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah)," kata Arifin di Balai Kota, Jumat (7/8/2020) malam.

 

Rincian

Arifin menerangkan, jumlah tersebut didapat dari berbagai macam pelanggaran. Untuk warga yang tidak menggunakan masker tercatat ada 70.051 pelanggar.

Sedangkan yang membayar denda sebesar Rp 100.000-Rp 250.000 ada 7.553 orang dengan total nilainya Rp 1.173.000.000.

Kemudian untuk sanksi yang dikenakan di tempat umum, terdiri dari restoran, minimarket dan sebagainya ada 634 tempat. Untuk nilai dendanya Rp 416.350.000.

Lalu sanksi di industri pariwisata ada 24 tempat yang dikendakan denda, 26 lokasi yang disegel, dan 9 yang menerima teguran tertulis. Nilai total yang dibayarkan Rp 193.500.000.

Menurutnya, pengenaan sanksi ini mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 51 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Hingga kini, kata dia, Satpol PP DKI Jakarta masih mendata lokasi yang menjadi wilayah tertinggi pelanggaran PSBB.

"Karena kita enggak bisa menilai satu wilayah apakah banyak pelanggaran dibanding wilayah lain. Ada juga perbedaan karakteristik daerah. Di Jaksel, Kemang banyak restoran, di Jagakarsa enggak banyak, enggak bisa lihat sisi wilayah terbanyak itu. Kita hanya bisa lihat keaktifan anggota kita untuk lihat masyarakat itu disiplin, patuh," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Gresik Harap Masuk Zona Hijau COVID-19 pada Akhir 2020

Posted: 07 Aug 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Gresik, Jawa Timur menargetkan masuk zona hijau penanganan COVID-19 pada akhir tahun 2020. Saat ini, Gresik sedang menuju zona oranye dengan jumlah kesembuhan terus meningkat dan kasus terkonfirmasi positif terus menurun.

"Saya berharap akhir tahun ini sudah masuk zona hijau dan Gresik terbebas dari COVID-19," ujar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto kepada wartawan di Gresik, Jumat, 7 Agustus 2020, seperti dikutip dari Antara.

Sambari mengatakan sesuai laporan di lapangan, wilayahnya kini berada dari zona merah ke zona oranye dan tidak terlalu lama bisa ke zona kuning, tetapi tetap dengan segala upaya yang dilakukan pemerintah.

Sementara itu, dalam sepekan terakhir jumlah kesembuhan rata-rata berada di atas pasien yang terkonfirmasi positif, bahkan dalam beberapa hari jumlah pasien meninggal tidak ada.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, drg Saifudin Ghozali mengatakan, untuk laporan terkini jumlah kesembuhan di atas kasus baru pasien positif.

Ia mencatat, kesembuhan pasien saat ini mencapai 33 orang, sedangkan pasien terkonfirmasi positif 31 orang, tanpa adanya pasien meninggal dunia.

Pasien Sembuh dari 6 Kecamatan

Peta persebaran Corona COVID-19 di Jawa Timur pada Jumat, 1 Mei 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Peta persebaran Corona COVID-19 di Jawa Timur pada Jumat, 1 Mei 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pria yang juga menjabat juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Gresik itu merinci pasien sembuh berasal dari enam kecamatan, masing-masing Kecamatan Cerme, Driyorejo, Duduk Sampeyan, Kebomas, Manyar, serta Kecamatan Menganti.

Sedangkan pasien positif, berasal dari 10 kecamatan, masing-masing Kecamatan Cerme, Balongpanggang, Driyorejo, Duduk Sampeyan, Gresik, Kebomas, Manyar, Menganti, Sidayu, serta Kecamatan Ujung pangkah.

"Untuk jumlah total di Kabupaten Gresik sudah 1.293 pasien yang sembuh dari 1.991 yang terkonfirmasi positif dan 151 orang dinyatakan meninggal dunia," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Over Kuota Subsidi ke PT KAI di 2020 BPH Migas Tetapkan Kuota BBM tiap Triwulan

Posted: 07 Aug 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagaimna diinformasikan sebelumnya Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menyampaikan kuota solar subsidi yang diberikan BPH Migas untuk PT. KAI pada tahun 2019 adalah sebesar 243.262 KL dan realisasinya sebesar 246.025 atau sebesar 101,14% sehingga terjadi over kuota 1,14%.

"Tahun 2019 BPH Migas telah memberikan Kuota BBM Subsidi Untuk KAI sebesar 243.262 KL, jika dikalikan dengan harga jual ecerannya sebesar Rp5.150, maka senilai Rp1,2 Triliun" jelas Ifan sapaan untuk M. Fanshurullah Asa. Untuk mencegah terjadinya over kuota ditahun 2020, penetapan kuota BBM subsidi ditetapkan setiap triwulan.

"Untuk Triwulan I ditetapkan kuotanya sebesar 51.250 KL dan realisasinya 55.332 KL (107,96%). Kemudian untuk Triwulan II dinaikan menjadi 61.000 KL, akan tetapi karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPBB) untuk pencegahan covid-19 yang berdampak pada pembatasan operasional kereta api, realisasinya hanya 12.774 KL (20,94%). Untuk Triwulan III kuotanya sama dengan Triwulan II yaitu 61.000 KL," jelas Ifan.

Lebih lanjut Ifan menyampaikan bahwa dirinya sudah cek ada angkutan kereta api barang untuk batubara ekspor yang menggunakan BBM Subsidi.

"Berdasarkan pengecekan dilapangan terdapat kereta api barang untuk batubara eksport ke China, India, Vietnam, Malaysia, dan Brunei rata-rata mengangkut 1 juta ton perbulan dengan konsumsi BBM sebanyak 3,5 ribu KL/bulan atau sekitar sekitar Rp15,7 Milyar/bulan atau 188 Milyar setahun," tegas Ifan

Ifan berharap bahwa penggunaan minyak solar subaidi ini dapat digantikan dengan Liquified Natural Gas (LNG) sehingga subsidi BBM dapat lebih hemat. Selain Harga LNG yang lebih murah, penggunaan LNG juga lebih clean energy. Suplai LNG dapat dipasok dari Blok Migas yang ada di wilayah Sumatera Selatan yang terkenal dengan lumbung gas yang bahkan sampai diekspor ke Singapura dan juga dialirkan ke Pulau Jawa melalui Pipa Transmisi.

"LNG untuk kereta api diwilayah Sumsel, tinggal tapping dari Pipa Transmisi, lalu diregasifikasi masuk storage LNG di wilayah Kertapati dan sekitarnya kemudian disalurkan dalam ISO tank yg dipasang di belakang lokomotif kereta api sebagai bahan bakar lokomotif penggerak dan kereta pembangkit untuk penerangan gerbong kereta api seperti yang telah digunakan USA, Kanada, Rusia, dan India,"jelas Ifan.

Sementara itu Gubernur Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru menyambut baik kedatangan Anggota Komisi VII DPR-RI H. Yulian Gunhar dan Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa serta Komite BPH Migas Ahmad Rizal ke Sumatera Selatan.

"Kita menerima kabar baik yang dibawa oleh beliau-beliau ini yang akan membawa kemajuan bagi Sumsel," ujar Herman Deru usai menggelar pertemuan di ruang rapat gubernur dengan para pihak tersebut di Palembang, Jumat (7/8/2020).

Herman Deru mengemukakan, kabar baik tersebut pertama berkaitan dengan kuota BBM Solar bersubsidi untuk Sumsel yang dinaikan sebanyak 2.796 KL (0,5%) dari kuota tahun 2019 sebesar 554.892 KL menjadi 557.688 KL di tahun 2020 dan sudah mendekati kesepakatan dengan pihak PT KAI yang akan mengkonversi bahan bakar dari solar menjadi menggunakan LNG dan Untuk di Sumsel ini akan menjadi negara yang kelima yang menggunakan LNG sebagai bahan bakarnya.

Hal ini akan sangat menguntungkan karena dengan mempergunakan LNG ini akan lebih bersifat ramah lingkungan dan hemat. Sedangkan untuk memulainya diharapkan agar segera realisasi dalam waktu dekat dengan adanya kesepakatan PT KAI, BPH Migas dan DPR RI yang telah memberikan dukungan.

"Kalau saya sendiri berharap secepatnya karena ini akan mengurangi emisi gas buang dan mudah-mudahan ini menjadi contoh negara dunia ini yang kelima. Tapi ini harus ada keputusan dari manajemen," tambah Herman.

Sedangkan pemilihan Sumsel sebagai daerah yang menerapkan pemakaian LNG untuk kereta api karena lalu lintas penggunaan kereta api di Sumsel sangat tinggi. Misalnya untuk mengangkut batu bara, minyak dan lainnnya. Termasuk untuk konsumen pengguna Kereta Api Umum Penumpang dan Angkutan Barang pada PT. Kereta Api (Persero) Divre III Palembang.

Selain itu pada pertemuan dengan Gubernur tersebut juga dibahas optimalisasi penerimaan pendapatan daerah dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang dipungut dari penjualan BBM baik dari JBT, JBKP, maupun JBU (BBM Non subsidi) melalui pertukaran data penjualan yang ada di Sumsel dan BPH Migas. Selain itu juga dibahas optimalisasi pendirian Sub Penyalur untuk melayani kebutuhan BBM pada lokasi tertentu yang masih jauh dari penyalur dan Percepatan Pembangunan Program BBM 1 Harga agar masyarakat di Wilayah 3 T (terdepan, Tertinggal, Terluar) yang di Sumatera Selatan menikmati harga BBM yang sama yaitu solar sebesar Rp5.150,-/liter dan Premium 6.450/liter sebagai bentuk pemerataan keadilan di bidang energi sekaligus untuk meningkatkan kesejahterahan dan perekonomian masyarakat di wilayah 3 T.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Terkait Covid-19 di Wisma Atlet Berkurang 51, Pulau Galang Tambah 22 Orang

Posted: 07 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien rawat inap terkait virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta kembali berkurang pada Sabtu (8/8/2020). Sementara pasien Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang bertambah.

Pada Jumat 7 Agustus 2020 kemarin, terjadi pengurangan 7 pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet. Hari ini, jumlah tersebut kembali berkurang sebanyak 51 pasien. Total pasien rawat inap yang masih tersisa di RSD Wisma Atlet sebanyak 1.278 orang. Data ini diterima hingga pukul 08.00 WIB hari ini.

"Pasien rawat inap di RS Darurat Wisma Atlet berkurang 51 orang, dari semula 1.329 menjadi 1.278 pasien," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

1.278 pasien rawat inap terkait Covid-19 di RSD Wisma Atlet terdiri dari 709 pria dan 569 wanita. Pasien terkonfirmasi positif sebanyak 1.273 orang, sedangkan pasien suspek 5 orang.

"Pasien terkonfirmasi positif semula 1.324 berkurang 51 menjadi 1.273 orang. Pasien suspek tetap 5 orang," kata Aris.

Aris mengatakan, sejak 23 Maret 2020 sampai dengan 8 Agustus 2020 pasien terkait Covid-19 yang terdaftar di RSD Wisma Atlet mencapai 9.766 orang. Sementara pasien yang keluar sudah 7.685 orang.

"Rinciannya (pasien keluar), dirujuk ke RS lain 215 orang, sembuh 7.466 orang, meninggal 3 orang, dan tanpa izin 1 orang," kata Aris.

 

Data Pasien di Pulau Galang

Sementara di RSKI Pulau Galang terjadi penambahan 22 pasien rawat inap. Atas penambahan tersebut, pasien di RSKI Pulau Galang menjadi 227 orang dengan rincian 129 pria dan 98 wanita.

"Pasien terkonfirmasi positif sebanyak 66 orang. Pasien suspek 161 orang," ucap Aris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Sinabung Erupsi Dini Hari Tadi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Posted: 07 Aug 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Karo Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali erupsi. Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 2.000 meter di atas puncak, atau lebih kurang 4.460 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat, dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

"Erupsi terjadi sekitar pukul 01.58 WIB," kata seorang petugas pengamat Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Sabtu (8/8/2020).

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung.

"Masyarakat juga tidak direkomendasikan berada di radius sektoral 5 Km untuk sektor Selatan-Timur dan 4 Km untuk sektor Timur-Utara," ucapnya.

 

Diimbau Pakai Masker

Masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.
Masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Disebutkan Armen, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik Gunung Sinabung. Kemudian disarankan mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," sebutnya.

Warga Trauma

Ratusan hektare kebun dan ladang milik warga tertutup oleh abu vulkanik. Bahkan, masyarakat takut keluar rumah.
Ratusan hektare kebun dan ladang milik warga tertutup oleh abu vulkanik. Bahkan, masyarakat takut keluar rumah.

Erupsi Gunung Sinabung kali ini mengakibatkan ratusan hektare kebun dan ladang milik warga tertutup oleh abu vulkanik. Bahkan, masyarakat takut keluar rumah.

"Saat erupsi, kami keluar melihatnya. Banyak juga masyarakat yang takut dan trauma. Sejak 2018 lalu terakhir erupsi, ini kembali lagi erupsi," kata seorang warga Desa Cimbang, Kecamatan Payung, Imam Syukri Syah Tarigan.

Apalagi, Kecamatan Payung berada di selatan Gunung Sinabung yang jaraknya berada pada radius lebih kurang 6 Km. Semua masyarakat sempat panik melihat ladang-ladang mereka tertutup abu vulkanik.

"Mereka takut erupsi terjadi kembali seperti di 2014 hingga 2018 lalu yang mengakibatkan rumah dan ladang hancur, dan masyarakat mengungsi. Mereka masih trauma, cuaca di sini mendung," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPH Migas dan Komisi VII DPR Lakukan Kunker ke Sum-Sel dalam Rangka Pengawasan Jenis BBM

Posted: 07 Aug 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi VII DPR-RI H. Yulian Gunhar dan Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa serta Komite BPH Migas Ahmad Rizal melakukan kunjungan kerja ke Propinsi Sumatera Selatan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan sektor Migas. Salah Satu agenda kunjungan kerja di Sumsel tersebut yakni pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru di Kantor Gubernur (07/08/20). Isu utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu pengawasan Jenis BBM tertentu (solar subsidi) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (Premium Penugasan) dan Penggunaan LNG sebagai bahan bakar kereta api khususnya di wilayah Divre III Palembang .

Pada Pertemuan tersebut Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menyerahkan Surat Keputusan Kuota Jenis BBM Tertentu (JBT) atau solar subisidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (Premium Penugasan) Tahun 2020 untuk Propinsi Sumatera Selatan kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru. Kuota JBT yang ditetapkan oleh BPH Migas tahun 2020 sebanyak 557.688 KL, naik 2.796 KL (0,5%) dari kuota tahun 2019 sebesar 554.892 KL. Sedangkan kuota JBKP tahun 2020 sama dengan kuota tahun 2019 sebesar 256.438 KL.

Anggota Komisi VII DPR RI H Yulian Gunhar pada konferensi pers setelah acara pertemuan dengan gubernur meminta agar kuota BBM subsidi yang telah ditetapkan oleh BPH Migas tersebut tepat sasaran dan dapat mencukupi hingga akhir tahun 2020 dan tidak terjadi over kuota seperti pada tahun 2019 yang disampaikan oleh Kepala BPH Migas dari kuota JBT sebesar 554.892 KL realisasinya mencapai 584.290 KL atau sebesar 105,3 %.

Oleh karena itu Gunhar meminta agar Pemerintah Daerah benar-benar ikut aktif mengawasi penyaluran BBM subsidi tersebut agar tepat sasaran dan program digitalisasi SPBU yang saat ini sedang dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) dengan kerjasama dengan PT. Telkom dapat digunakan secara efektif untuk mengawasi penyaluran BBM subsidi.

Lebih lanjut Gunhar menyampaikan sesuai laporan yang di sampaikan oleh Kepala BPH Migas, sampai Agustus 2020 saat ini perkembangan digitalisasi SPBU yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina (Persero) telah mencapai 55 % atau sejumlah 3.030 SPBU dari target 5.518 SPBU di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Propinsi Sumatera Selatan sendiri Dari target implementasi 136 IT Nozzle yang tersambung di dashboard PT.Pertamina Persero baru 55 SPBU yang terealisasi (40,4%).

Sistem digitalisasi SPBU yang dikembangkan saat ini baru terbatas hanya untuk pencatatan volume transaksi, nilai penjualan transaksi. Dan pencatatan nomor polisi kendaraan yang dilakukan secara manual menggunakan EDC (electronic data capture).

"Saya harapkan program ini dapat terlaksana sampai mencapai target 100 persen, sesuai dengan janji Pertamina dan Telkom yang disampaikan ke BPH Migas bahwa digitalisasi SPBU akan selesai seluruhnya pada Agustus 2020 dan ke depan perlu ditingkatkan dalam kualitas digitalisasinya, seperti adanya monitoring dengan perangkat video analytic (CCTV)," tegas Gunhar.

Gunhar menemukan di lapangan bahwa apabila dilakukan pencatatan secara manual, itu menambah pekerjaan bagi operator SPBU. Selain itu tingkat kelelahan yang bertambah akan berdampak juga terhadap kualitas kinerjanya. Gunhar berpendapat digitalisasi SPBU amat penting.

"Untuk itu mutlak diperlukan sistem pencatatan dengan menggunakan CCTV yang berlangsung secara otomatis dan real time, dapat dipantau secara terus-menerus," tegas Yulian Gunhar, anggota DPR RI Fraksi PDIP dari Dapil Sumsel II ini.

Kegiatan digitalisasi yang dilakukan saat ini dalam rangka memudahkan pengawasan penyaluran BBM penugasan dan subsidi agar tepat volume dan tepat sasaran. Hal ini akan berdampak terhadap penghematan subsidi yang digelontorkan oleh Pemerintah bagi rakyat dalam rangka pemenuhan kebutuhan terhadap energi.

Program digitalisasi SPBU ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan BPH Migas Nomor 6 Tahun 2013 tentang Penggunaan Sistem Teknologi Informasi Dalam Penyaluran Bahan Bakar Minyak. PT. Pertamina (Persero) bekerja sama dengan PT. Telkom Indonesia membangun program digitalisasi SPBU untuk sejumlah 5.518 SPBU yang tersebar di seluruh wilayah NKRI yang dimulai pada 31 Agustus 2018 dengan target awal penyelesaian pada akhir Desember 2018, namun dalam perjalanannya mengalami beberapa kali perubahan target karena terdapat kendalan di lapangan. Terakhir, PT. Pertamina PT. Pertamina (Persero) dan PT. Telkom Indonesia berkomitmen untuk menyelesaikan digitalisasi nozzle hingga akhir Agustus 2020.

Terkait Penggunaan Liquified Natural Gas (LNG) sebagai bahan bakar Kereta Api sesuai usulan BPH Migas, Anggota Komisi VII DPR RI H. Yulian Gunhar mendukung dan mendorong agar segera diimplementasikan dalam tahap komersialisasi khususnya diwilayah Sumsel. Hal ini berdasarkan hasil kunjungannya bersama Kepala BPH Migas dan Komite BPH Migas Ahmad Rizal ke PT. Kereta Api (Persero) Divre III Palembang sehari sebelumnya.

"Selayaknya subsidi Bahan Bakar Minyak itu hanya untuk rakyat Indonesia di dalam negeri guna menggerakkan perekonomian, jadi penggunaan pada kereta angkutan barang komoditas ekspor tidak layak diberikan subsidi BBM. Oleh karena itu, saya mendukung penggunaan LNG sebagai bahan bakar Kereta, menggantikan penggunaan Minyak Solar," Jelas Gunhar.

Lebih lanjut Gunhar menyampaikan berdasarkan penjelasan dari PT. KAI rencana Penggunaan LNG sebagai bahan bakar Kereta Api ini telah dimulai sejak tahun 2015 yang ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) ("PT KAI") tanggal 28 Agustus 2015.

Hal ini untuk mendukung Program Pemerintah dalam rangka diversifikasi energi dengan melakukan konversi pemakaian BBM ke Gas. Berdasarkan hasil Uji coba DDF LNG pada Kereta Pembangkit yg di lakukan oleh PT. KAI Persero pada tahun 2016 yang disaksikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM menunjukkan adanya penurunan konsumsi minyak solar sebesar 71 %. Penggunaan LNG sebagai bahan bakar kereta api juga telah digunakan di beberapa negara seperti di USA, Kanada, Rusia, dan India.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramzi Ungkap Lesti Kejora Siap Dilamar Kapan Saja

Posted: 07 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lesti Kejora menjadi perbincangan karena kisah cintanya. Setelah berpisah dengan Rizki D'Academy, Lesti kini kerap dijodohkan oleh Rizky Billar. Apalagi, keduanya sama-sama ditinggal nikah oleh teman dekat. 

Beberapa waktu lalu bahkan publik dihebohkan dengan komentar Ivan Gunawan pada postingan akun media sosial Lesti Kejora yang berkata sudah menyiapkan kebaya untuk akad. 

Kini, komentar juga datang dari pesinetron Ramzi yang dikenal dengan Lesti Kejora. Menurut Ramzi, Lesti Kejora bersedia dilamar kapan saja dengan beberapa syarat. 

 

Punya Pengalaman Sama

Eksklusif Ramzi (Foto: Deki Prayoga/Bintang.com Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Eksklusif Ramzi (Foto: Deki Prayoga/Bintang.com Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Ramzi baru saja menyebut bahwa Lesti dan Rizky Billar merupakan dua insan yang dipertemukan lantaran memiliki pengalaman sama.  

"Ternyata dia dua orang yang mempunyai permasalahan yang sama, dipertemukan. Yang satu gagal sono, yang sini gagal sono. Kayak gitu sih," kata Ramzi.

 

Ungkap Syarat

Ramzi Maju di Pilkada Tangerang Selatan
Ramzi Maju di Pilkada Tangerang Selatan

Setiap orang tentu memiliki syaratnya masing-masing dalam menentukan serta memilih pasangan seumur hidup yang baik. Tak berbeda dengan Lesti yang mau dilamar kapanpun asal beberapa syarat dapat dipenuhi seperti kata Ramzi. 

"Jujur, ketika ada yang betul-betul orang serius, yang bisa bimbing dia, yang bisa bertanggung jawab, yang sayang sama keluarga Lesti, bersedia loh Lesti, bersedia dilamar dia," ungkap Ramzi.

 

Ramzi Sampaikan Pesan

Mengetahui Lesti sempat mengalami kegagalan dalam membina sebuah hubungan, membuat Ramzi menyampaikan kepada Lesti. Ia mengimbau agar Lesti dapat mampu lebih selektif dalam memilih calon pasangan dan menjadikan kegagalan sebagai sebuah pengalaman berharga. 

"Jadikan itu pengalaman berharga, memang enggak jodoh. Kedepannya betul-betul selektif, betul-betul ambil yang langsung jadi lah istilahnya. Kemudian Dede sukses, manfaatkan, nikmati apa yang dede sudah raih sekarang, pertahankan," ucap Ramzi.

 

Ditinggal Nikah

Beberapa waktu lalu, Lesti Kejora memang diketahui sempat menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih dengan Rizki DA. Namun, hubungan keduanya tengah kandas dan Rizki DA kini tengah menikah dengan pasangan pilihannya.

Peristiwa tersebut bahkan membuat Lesti menyandang predikat 'sad girl' lantaran ditinggal nikah oleh sang mantan kekasih. 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Pemain Barcelona Vs Napoli: Suarez Siap Perkuat Lagi Trio MSA

Posted: 07 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona harus kehilangan beberap pemain penting saat menjamu Napoli di Camp Nou pada pertandingan leg kedua babak 16 besar di Liga Champions, Sabtu malam atau Minggu dinihari WIB (9/8/2020).

Barcelona tidak akan diperkuat bek tengah Samuel Umtiti karena cedera lutut. Sementara gelandang Sergio Busquets dan Arturo Vidal absen karena harus menjalani skorsing.

Begitu juga peluang Ousmane Dembele. Ia sebenarnya sudah berlatih dengan tim utama untuk melanjutkan pemulihannya dari masalah hamstring jangka panjang. Namun, tampaknya tidak mungkin pemain Prancis itu akan terlibat melawan Napoli, setelah menghabiskan waktu yang lama di sela-sela masalah terbarunya.

Griezmann, Clement Lenglet dan Frenkie de Jong semuanya telah pulih dari cedera baru-baru ini dan akan masuk tim inti. Ivan Rakitic bisa mendapatkan kepercayaan di tengah lapangan.

Striker andalan Barcelona Luis Suarez, melewatkan leg pertama di Napoli karena cedera. Tapi pemain internasional Uruguay itu, kini sudah siap bergabung dengan Griezmann dan Lionel Messi di lini serang.

Sudah Pulih

Pemain Napoli Dries Mertens (kiri) mencetak gol ke gawang Barcelona pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions di San Paolo Stadium, Naples, Italia, Selasa (25/2/2020). Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. (Cafaro/LaPresse Via AP)
Pemain Napoli Dries Mertens (kiri) mencetak gol ke gawang Barcelona pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions di San Paolo Stadium, Naples, Italia, Selasa (25/2/2020). Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. (Cafaro/LaPresse Via AP)

Sedangkan Napoli, Kostas Manolas pasti absen karena cedera tulang rusuk. Tapi, Napoli berharap Lorenzo Insigne akan mampu menyingkirkan masalah paha pada waktunya.

Nikola Maksimovic juga tenagh berjuang dengan cedera lutut. Di sisi lain, bek tengah laris Kalidou Koulibaly, yang absen pada leg pertama karena cedera, sekarang sudah fit untuk menghadapi raksasa Spanyol itu.

Fabian Ruiz adalah pemain lain yang dikaitkan dengan kepindahan dari Napoli musim panas ini, dan pemain internasional Spanyol itu harus bergabung dengan Piotr Zielinski dan Diego Demme sebagai bagian dari tiga gelandang.

Perkiraan Susunan Pemain

Napoli vs Barcelona. (AP Photo/Andrew Medichini)
Napoli vs Barcelona. (AP Photo/Andrew Medichini)

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Pique, Semedo; Rakitic, de Jong, Roberto; Griezmann, Suarez, Messi.

Pelatih: Quique Setien.

Info skuad: Sergio Busquets (skorsing), Arturo Vidal (skorsing), Martin Braithwaite (ineligible), Ousmane Dembele (cedera), Samuel Umtiti (meragukan).

Napoli (4-3-3): Ospina; Rui, Koulibaly, Manolas, Di Lorenzo; Zielinski, Demme, Fabian Ruiz; Elmas, Mertens, Callejon.

Pelatih: Gennaro Gattuso.

Info skuad: Victor Osimhen (ineligible), Nikola Maksimovic (cedera), Lorenzo Insigne (meragukan).

Head-to-Head dan Performa

Pertemuan: 1

Barcelona menang: 0

Gol Barcelona: 1

Imbang: 1

Napoli menang: 0

Gol Napoli: 1.

Pertemuan Terakhir

26-02-2020 Napoli 1-1 Barcelona (UCL).

5 Laga Terakhir Barcelona (M-M-M-K-M)

06-07-20 Villarreal 1-4 Barcelona (La Liga)

09-07-20 Barcelona 1-0 Espanyol (La Liga)

12-07-20 Valladolid 0-1 Barcelona (La Liga)

17-07-20 Barcelona 1-2 Osasuna (La Liga)

19-07-20 Alaves 0-5 Barcelona (La Liga).

5 Laga Terakhir Napoli (M-K-M-K-M)

20-07-20 Napoli 2-1 Udinese (Serie A)

23-07-20 Parma 2-1 Napoli (Serie A)

26-07-20 Napoli 2-0 Sassuolo (Serie A)

29-07-20 Inter 2-0 Napoli (Serie A)

02-08-20 Napoli 3-1 Lazio (Serie A).

Jadwal

Minggu, 9 Agustus

02.00 WIB: Bayern Munchen vs Chelsea (3-0) (Vidio)

02.00 WIB: Barcelona vs Napoli (1-1) (SCTV)

Simak Video Barcelona Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahan Bakar Ramah Lingkungan Bisa Jadi Promosi Ampuh Bagi Pariwisata Bali

Posted: 07 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Pariwisata termasuk salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi corona Covid-19. Dengan adanya kebijakan pembatasan sosial yang dilakukan banyak negara, aktivitas transportasi dan akomodasi pada masa pandemi mengalami penurunan drastis.

Namun di sisi lain bermuara pada pemulihan lingkungan dengan menurunnya kadar polusi akibat emisi karbon. Salah satu destinasi wisata populer, Bali, berpotensi untuk turut berkontribusi mempertahankan penurunan tingkat emisi karbon tersebut. Tentunya diperlukan upaya dari para pelaku wisata dan pemangku kepentingan di Bali untuk mewujudkan hal ini.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali sendiri telah mengeluarkan berbagai regulasi, baik Peraturan Gubernur (Pergub) maupun Peraturan Daerah (Perda), untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace, di dalam Pergub disebutkan kalau semua bangunan publik dan pariwisata didorong untuk menggunakan sumber energi baru terbarukan, termasuk dengan energi surya.

"Menurut saya, hal ini sebenarnya sangat baik untuk diterapkan, tapi ada beberapa tantangan yang bisa menghambat penerapan teknologi ramah lingkungan di Bali. Ada tiga hal utama penghambatnya yaitu aspek manusia, biaya dan teknik," terang Cok Ace dalam Webinar Pariwisata Berkelanjutan "Peran Pelaku Pariwisata dalam Mewujudkan Bali Rendah Emisi", Jumat, 7 Agustus 2020.

"Ini mungkin karena kurangnya sosialisasi manfaat dan pentingnya pemanfaatan teknologi dan bahan bakar ramah lingkungan," sambung dalam diskusi daring yang digelar Desma Center tersebut.

Cok Ace yang juga menjabat Ketua BPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali itu menambahkan, beragam tantangan dalam penerapan teknologi dan bahan bakar ramah lingkungan akan bisa teratasi kalau semua pihak ikut bergerak. Jadi, bukan hanya pihak hotel dan restoran saja yang menerapkannya, tapi pemerintah maupun masyarakat juga harus ikut dan mendorong penerapan energi terbarukan.

Pemanfaatan teknologi dan bahan bakar ramah lingkungan saat ini sangat diminati oleh para pelaku usaha pariwisata karena memberi manfaat yang sangat baik bagi dunia usaha.  Contohnya, pemanfaatan teknologi bahan bakar ramah lingkungan bisa menjadi media promosi yang baik bagi para wisatawan karena bisa mempromosikan brand image positif dari suatu daerah atau tempat wisata.

Jadi Pelajaran dan Pekerjaan Rumah

Turis mancanegara berkumpul di depan papan izin mendirikan bangunan (biru) di bekas lokasi bom Bali Sari Club di Kuta, Bali, Jumat (26/4). Pemkab Badung memberikan izin pembangunan restoran lima lantai di lokasi pemboman Bali yang terjadi pada tahun 2002 silam tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)
Turis mancanegara berkumpul di depan papan izin mendirikan bangunan (biru) di bekas lokasi bom Bali Sari Club di Kuta, Bali, Jumat (26/4). Pemkab Badung memberikan izin pembangunan restoran lima lantai di lokasi pemboman Bali yang terjadi pada tahun 2002 silam tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Pelestarian terhadap lingkungan dan perubahan iklim memang sudah menjadi perhatian banayk orang di seluruh dunia, terutama generasi milenial.  Hal itu didukung berbagai pihak, termasuk Direktur Desma Center, Wiwik Mahdayani.

"Bali sudah diakui sebagai barometer pengembangan destinasi wisata di Indonesia. Pelaku wisata lain di Indonesia akan melihat Bali. Jadi inisiatif langkah yang dilakukan di Bali seperti menciptakan wisata rendah emisi dan lebih ramah lingkungan akan jadi pelajaran bagi daerah lain di Indonesia," tutur Wiwik Mahdayani dalam kesempatan yang sama.

Namun untuk melakukan hal itu memang tdak mudah. Hal itu diakui oleh Ir. Dasrul Chaniago, M.Sc, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK.  Masih banyaknya jumlah kendaraan, teurtama di Bali, jadi persoalan utama yang harus segera diatasi.

"Rental mobil dan mobil di Bali memang masih banyak. Ini kemungkinan karena bus wisata belum begitu banyak, begitu juga transportasi umum lainnya. Iya ini jadi pekerjaan rumah kita semua, kita harus lebih banyak menyediakan transportasi umum yang terjangkau dan mudah diakses untuk bisa mewujudkan Bali yang rendah emisi," pungkas Dasrul Chaniago.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ombudsman Sumsel Bongkar Fakta-Fakta Pemecatan 109 Nakes di Ogan Ilir (3/END)

Posted: 07 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Satu minggu setelah perwakilan Pemkab Ogan Ilir menerima LAHP Ombudsman Sumsel pada hari Rabu (21/7/2020), Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Namun batas waktu saran korektif Ombudsman Sumsel selama 30 hari sejak LAHP diserahkan, masih terus berjalan.

Kepala Keasistenan Pemeriksa Laporan Ombudsman Sumsel Hendrico mengatakan, batas waktu 30 hari kerja yang diberikan itu jika kondisi normal. Dan waktunya akan berakhir pada awal bulan September 2020 mendatang.

"Karena kondisi yang bersangkutan sebagai (pasien) Covid-19, terkait ini belum kami sikapi secara kelembagaan. Nanti akan kami bahas lagi di rapat, dengan melibatkan seluruh tim keasistenan Ombudsman Sumsel," ucapnya, saat ditulis Sabtu (8/8/2020). 

Namun Ombudsman Sumsel tetap mempunyai kewajiban menjadwalkan monitoring seberapa jauh langkah-langkah yang sudah ditempuh Bupati Ogan Ilir. Bisa melalui Sekda atau Inspektorat Ogan Ilir Sumsel.

Bupati Ogan Ilir mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada hari Senin (27/7/2020) sore di rumah dinasnya. Dia mengetahui terjangkit Covid-19, usai melakukan swab test pada Senin pagi di RS Bhayangkara Palembang Sumsel.

"Dari hasil swab test di RS Bhayangkara Palembang yang keluar tadi pagi, saya dinyatakan positif Covid-19. Kepada orang yang pernah kontak dengan saya supaya melakukan isolasi dan Swab test," ujarnya.

Dia pun melakukan isolasi mandiri di rumdinnya, namun beberapa hari kemudian Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji alam dilarikan ke Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Terkait dengan kondisi terbaru Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, pihak RSMH Palembang tidak bisa membocorkan informasi tersebut.

Menurut Kasubag Humas RSMH Palembang Hidayati, pihak rumah sakit sudah berkoordinasi dengan keluarga Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam.

"Beliau (Bupati Ogan Ilir) keberatan untuk dipublikasikan, karena hal tersebut adalah hak privasi pasien. Jadi kami sangat menghargai privasi beliau," ucapnya.

 

Kondisi Bupati Ogan Ilir

Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam (Liputan6.com / Nefri Inge)
Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam (Liputan6.com / Nefri Inge)

Namun pada hari Rabu (5/8/2020), Bupati Ogan Ilir sudah kembali ke rumah dinasnya, karena hasil swab test di RSMH Palembang menyatakan Ilyas Panji Alam negatif Covid-19.

"Sesuai arahan dokter di RSMH Palembang, dan dinyatakan sudah negatif. Sudah kembali ke rumah dinas," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Ilir Herman.

Kendati sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah pulang dari RSMH Palembang, Bupati Ogan Ilir masih menjalani isolasi mandiri di rumdin.

Serta terus menjalankan tugas sebagai kepala daerah. Salah satunya, menerima berkas-berkas yang harus dicek dan ditandatangani.

"Dokter tetap mengawasi, baik saat isolasi ini. Isolasi lebih kurang 14 hari. Tapi kondisi sudah sehat, karena dia sudah negatif (Covid-19)," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Syarat Nyeleneh di Lowongan Kerja Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 07 Aug 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin mendapat pekerjaan yang layak. Biasanya orang-orang yang akan mencari pekerjaan adalah mereka yang sudah lulus dari bangku sekolah. Momen inilah yang dianggap tepat untuk membentuk jenjang karier.

Sebelum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan serta mendapatkan pengalaman yang menarik, mencari pekerjaan bukanlah persoalan yang mudah. Setiap perusahaan tak jarang mematok persyaratan bagi calon karyawan yang ingin melamar ke tempat usaha mereka. 

Namun rupanya ada saja kelakuan perusahaan yang menyelipkan syarat pekerja yang justru terbilang aneh dan nyeleneh. Seperti deretan persyaratan nyeleneh di bawah ini. Mulai dari tak amsuk akal hingga hal yang justru mengundang gelak tawa.

Penasaran apa saja? Berikut ini 6 persyaratan kerja yang nyeleneh banget, dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (8/8/2020).

1. Maksimal usia 35 tahun tapi pengalaman kerja 75 tahun, maksudnya gimana ya?

Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: Twitter/@ghefighefi)
Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: Twitter/@ghefighefi)

2. Jadi sebenarnya ini untuk pekerjaan tukang bakso atau cukur rambut nih?

Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: 1cak)
Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: 1cak)

3. Kira-kira ada yang tertarik untuk melamar enggak nih?

Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: 1cak)
Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: 1cak)

4. Harus siap dimarahin pacar, tertarik?

Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: 1cak)
Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: 1cak)

5. Syaratnya simpel banget hanya tanya via WA, rupanya ada maksud lain!

Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: Twitter/@orilookstore)
Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: Twitter/@orilookstore)

6. Kira-kira ada yang tahu gaya pakaian yang menyenangkan itu yang seperti apa?

Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: Twitter/@ghefighefi)
Deretan persyaratan kerja yang nyeleneh banget. (Sumber: Twitter/@ghefighefi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Sinabung Erupsi, Warga Diminta Tak Berakvitas di Jarak 5 Km dari Puncak

Posted: 07 Aug 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Sabtu (8/8/2020) dini hari kembali erupsi. Tinggi kolom abu pada erupsi tersebut kurang lebih 2.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut.

Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, seperti dilansir Antara menyampaikan, erupsi kali ini merupakan yang pertama di masa pandemi Covid-19.

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur.

Erupsi Gunung Sinabung ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi.

Selain itu, warga atau pengunjung juga dilarang berada di lokasi dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

 

Waspada Bahaya Lahar

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak terhadap kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Selain itu, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Razia Masker, Petugas dan Pelanggar Ribut

Posted: 07 Aug 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan razia masker di Kota Bogor diwarnai keributan antara pelanggar dan petugas Sapol PP. Petugas tetap menerapkan sanksi denda atau sosial kepada pelanggar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laporan Keuangan TELKOM: EBITDA Tetap Tumbuh Baik dan Margin Laba Bersih Meningkat di Tengah Pandemi

Posted: 07 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menutup pertengahan tahun 2020, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)mencatat pendapatan konsolidasi Perseroan sebesar Rp66,9 triliun dengan laba bersih Rp10,99 triliun. EBITDA (Earnings Before Interest Tax Depreciation Amortization) semakin menguat dengan pertumbuhan8,9% YoY menjadi Rp36,08 triliun dan margin EBITDA yang tumbuh 6,2ppt menjadi 54,0%. Margin laba bersih juga menunjukkan tren yang lebih baik dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 16,4% darisebelumnya 16.0%.

"Di tengah pandemi COVID-19yang tidak dapat dipungkiri berdampak terhadap perekonomian dan industri telekomunikasi, Telkom masih bisa mencatat kinerja yang cukup baik dengan peningkatan profitabilitas perseroan di mana margin EBITDA dan margin laba bersih tercatat tumbuh dibandingkan tahun lalu. Kinerja Perseroan yang sehat juga tercermin dengan meningkatnya Arus Kas dari Kegiatan Operasi yang tumbuh 23,4% menjadi Rp34,2triliun," jelas Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Jakarta (7/8). 

Kinerja bisnis perusahaan ini tidak lepas dari peningkatan lini bisnis Digital Business Telkomsel dan fixedbroadband IndiHome yang pendapatannya tumbuh masing-masing 13,5% dan 19,1% dibanding periodeyang sama tahun lalu.

Telkomsel selaku entitas anak Telkom yang fokus pada segmen bisnis Mobile, mencatat pertumbuhan yang baik khususnya pada bisnis digital yang tumbuh sebesar 13,5% menjadi sebesar Rp31,9 triliun dengan total kontribusi yang tumbuh signifikan hingga 72,4% dari total pendapatan Telkomsel.

Pencapaian ini didorong oleh 160,1 juta pelanggan, dengan pelanggan mobile data sebanyak 105,1 juta. Hal ini menyebabkan konsumsi layanan data tumbuh 43,8% dari periode yang sama tahun lalu menjadi7.037 MB per pelanggan data dan menjadi tren positif bagi broadband ARPU. Begitupun dengan lalu lintas data yang juga meningkat 40,3% menjadi 4.255.250 TB.

Untuk memperkuat infrastruktur dan mengembangkan bisnis digital, sepanjang semester pertama 2020 Telkomsel membangun sebanyak 15.831 BTS 4G. Hingga saat ini, Telkomsel telah memiliki total BTS sebanyak 228.066 unit atau tumbuh 11,7 YoY dengan BTS 3G dan 4G/LTE mencapai lebih dari 177 ribu unit atau 77,9% dari total keseluruhan.

Layanan fixed broadband IndiHome terus mempertahankan kinerja yang semakin kuat baik finansial maupun operasional. IndiHome mencatat pendapatan sebesar Rp10,4 triliun yang dikontribusi dari 7,45juta pelanggan. Jumlah pelanggan ini tumbuh 24,2% dari periode yang sama tahun lalu. Meski dihadapkan pada situasi pandemi, IndiHome berhasil menambah lebih dari 448 ribu pelanggan baru sepanjang enambulan pertama 2020.

Sementara itu segmen Enterprise terus menerapkan kebijakan bisnis dengan berfokus pada pembenahan secara fundamental yang diikuti perbaikan lini bisnis yang memiliki profitabilitas lebih tinggi. Salah satu lini bisnis yang menjadi fokus Perseroan adalah data center. Saat ini Telkom memiliki data center di 22 lokasi dan baru saja melakukan groundbreaking data center tier 3 & 4 yang tahap pertamanya diperkirakan dapat mulai beroperasi pada pertengahan 2021.

Selanjutnya, segmen Wholesale & International Business menunjukkan kinerja yang baik, dengan peningkatan pendapatan 13,9% terutama didorong oleh peningkatan bisnis menara telekomunikasi dan Voice Wholesale.

Belanja modal Perseroan di semester I/2020 ini sebesar Rp12 triliun, dengan alokasi terutama digunakan untuk membangun infrastruktur broadband baik untuk mobile maupun fixed broadband. Pada bisnis mobile, belanja modal dialokasi untuk pengembangan kualitas dan kapasitas jaringan 4G serta pengembangan sistem IT. Sementara untuk fixed broadband, belanja modal digunakan untuk pembangunan jaringan akses serat optik ke rumah serta jaringan backbone.

"Situasi pandemi yang diperkirakan masih akan berlangsung memberikan ruang bagi akselerasi digital.Telkom melihat peluang ini untuk menghadirkan solusi melalui beragam layanan digital yang didukung oleh digital connectivity dan digital platform yang kuat. Telkom akan terus berinovasi memberikan produkdan layanan digital, tidak hanya untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat tapi juga untuk menggerakkan perekonomian nasional," demikian kata Ririek.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Djoko Tjandra Dipindah ke Lapas Salemba

Posted: 07 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penahanan terpidana kasus korupsi Bank Bali Djoko Tjandra dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat. Demikian diungkapkan Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Reynhard Silitonga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Baju dengan Tulisan Nyeleneh yang Bikin Kepala Saat Membacanya

Posted: 07 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika membeli baju kita tentu kerap tertarik dengan warna dan juga desainnya. Tak heran jika banyak produsen pakaian yang membuat baju dengan desain semenarik mungkin.

Tak hanya gambar, tulisan-tulisan pada baju juga tak jarang menarik minat pembeli. Tak selalu keren, banyak orang yang justru lebih memilih mengenakan baju atau kaos dengan tulisan nyeleneh loh.

Artikel tentang tulisan kocak di kaos menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pertanda virus Corona telah menyerang otak.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang zodiak yang diklaim bisa menjadi bos terbaik.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Potret Baju dengan Tulisan Nyeleneh, Bikin Geleng Kepala Lihatnya

foto: @herjunaw
foto: @herjunaw

Tak selalu keren, banyak orang yang justru lebih memilih mengenakan baju atau kaos dengan tulisan nyeleneh loh.

Tak jarang tulisan-tulisan pada kaos tersebut membuat siapa saja tertawa atau geleng-geleng kepala melihatnya.

Selengkapnya...

2. Alami 4 Gejala Ini, Pertanda Virus Corona Telah Menyerang Otak Anda

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Beberapa kasus membuktikan bahwa penyakit akibat virus Corona lebih dari sekadar infeksi saluran pernapasan. Faktanya, penelitian baru menunjukkan bahwa beberapa gejala virus ini dapat berarti penyakit tersebut ada di otak Anda.

Penelitian baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Cincinnati telah menentukan hubungan antara gejala yang dapat memberikan bukti lebih lanjut tentang dampak virus Corona pada otak. 

Selengkapnya...

3. 5 Zodiak Ini Diklaim Dapat Menjadi Bos Terbaik

Ilustrasi bos di kantor (istimewa)
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)

Tim profesional yang efisien adalah tanda kepemimpinan yang efektif. Tanpa bos yang berdedikasi, lingkungan kantor dan semangat karyawan cepat atau lambat akan goyah. Ada beberapa zodiak yang dapat menjadi bos terbaik. Zodiak apa saja?

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Zona Oranye, Pemkot Bandung Belum Izinkan Car Free Day

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan penyelenggaraan Car Free Day (CFD) masih belum bisa dibuka pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pertimbangannya, Kota Bandung masih dalam zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19.

"Kota Bandung masih berada dalam zona oranye, sehingga masyarakat tetap harus ekstra waspada dan disiplin menjaga protokol kesehatan," ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam jumpa pers, Jumat (7/8/2020).

"Car Free Day masih belum dulu dibuka, pasar kaget masih belum boleh tapi tetap terus diberikan edukasi protokol kesehatan," Oded menambahkan.

Car Free Day di Bandung sendiri ditiadakan sejak 15 Maret 2020. Artinya, selama lima bulan kegiatan hari bebas kendaraan yang biasa digelar tiap Minggu di Jalan Ir H Juanda dan Jalan Buahbatu itu tidak pernah dibuka.

Perlu diingat, penentuan zona kewaspadaan Covid-19 dikeluarkan dari pemerintah pusat hingga pemerintah provinsi. Level kewaspadaan tersebut digunakan untuk memantau dan merespons pandemi agar lebih efektif.

Dari sisi sektor hiburan, seperti tempat karaoke, diskotek, pub, bar, dan bioskop juga masih belum dibuka. Namun, Oded memastikan pihaknya akan memberikan relaksasi kepada pengusaha tempat hiburan dengan pelaksanaan protokol ketat.

"Sektor hiburan berat, makanya akan relaksasi dengan seleksi protokol kesehatan secara ketat. Dengan catatan semua harus mengusulkan, dan itu harus masing-masing per lokasi. Kalau mengusulkan tidak lolos tidak akan diberikan persetujuan untuk relaksasi," ucap Oded.

Sementara itu, perkembangan terbaru pengetesan Covid-19 di Kota Bandung telah dilaksanakan rapid test sebanyak 35.017 atau 1,41 persen. Sedangkan, tes swab PCR sebanyak 17.375.

Untuk rumah singgah, sebanyak 84 tempat tidur yang masih dipakai. Sedangkan, bantuan sosial (bansos) dari APBD untuk tahap pertama sudah sampai 99,33 persen.

"Sisanya tahap dua dan tiga juga hampir selesai. Untuk yang bantuan sosial tunai (BST) secara parsial akan mengikuti,sekarang sudah 81.25 persen karena masih ada yang belum mengambil karena penandatanganan tidak bisa diwakilkan," ujar Oded.

Pembatasan Sosial di Sekitar Secapa Berakhir

Suasana uji klinis di Secapa AD. (dok Dinas Penerangan TNI AD)
Suasana uji klinis di Secapa AD. (dok Dinas Penerangan TNI AD)

Sementara itu, Oded menegaskan, masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kecamatan Cidadap yang merupakan lingkungan sekitar Secapa AD akan segera berakhir.

"PSBM di Cidadap akan diakhiri, terakhir itu sampai tanggal 10 Agustus jadi tidak akan diperpanjang. Mengingat saat ini menurut informasi klaster Secapa sudah terkendali dan masyarakat Cidadap disiplin menjalankan PSBM," tutur Oded.

Oded juga menyampaikan penegakan operasi disiplin protokol kesehatan, terutama masker akan semakin ditingkatkan. Namun di Kota Bandung belum sampai melakukan sampai sanksi denda.

"Kita terus tekankan di edukasi terlebih dahulu untuk mendisiplinkan masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Kota Bandung akan membentuk satuan tugas (satgas) gabungan untuk supervisi penerapan protokol kesehatan di semua perkantoran. Serta akan membentuk satgas khusus pemulihan ekonomi di Kota Bandung.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rugikan Kesehatan, Pengendalian Konsumsi Rokok Konvensional dan Elektronik Harus Tegas

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS-UI) menyampaikan rekomendasi terkait konsumsi rokok berdasarkan hasil penelitian yang membuktikan bahwa adanya beban ganda pada kesehatan, utilisasi kesehatan dan produktivitas pengguna rokok elektronik dan konvensional.

Ketua peneliti, Faizal Rahmanto Moeis, mengatakan bahwa penemuan studi ini menunjukkan rokok elektronik bukan menjadi substitusi rokok konvensional melainkan sebagian besar perokok elektronik adalah pengguna ganda dengan rokok konvensional sehingga keduanya memiliki hubungan saling melengkapi.

"Hal ini menunjukkan bahwa pengguna ganda akan mengalami dampak ganda pada indikator-indikator yang ditunjukkan dalam studi. Kemudian jika melihat perbandingan antara pengguna tunggal perokok elektronik dengan pengguna tunggal rokok konvensional, menunjukkan bahwa masing-masing jenis rokok tetap memiliki risiko pada kesehatan," katanya dalam webminar PKJS-UI, Kamis (6/8/2020).

Oleh karena itu, Faizal menyebutkan bahwa sebenarnya berhenti merokok, lebih baik daripada beralih rokok. Dari hasil tersebut disampaikan beberapa rekomendasi antara lain:

1) Mengendalikan konsumsi dan pemasaran rokok elektronik dan konvensional secara bersamaan karena akar permasalahan dari penggunaan rokok elektronik adalah adanya persepsi bahwa rokok elektronik lebih sehat ataupun merupakan alat berhenti untuk perokok konvensional tetapi bukti penelitian tidak mendukung persepsi tersebut.

2) Sifat rokok elektronik dan rokok konvensional adalah komplemen, maka kebijakan kenaikan harga rokok elektronik maupun konvensional merupakan salah satu solusi untuk menurunkan prevalensi sekaligus pengguna ganda.

3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak buruk dari penggunaan rokok elektronik baik dual user maupun pengguna tunggal, sehingga bagi perokok konvensional alternatif terbaik adalah berhenti merokok dibandingkan berpindah menjadi perokok elektronik.

Risiko Penyakit pada Perokok Ganda

Ketua PKJS-UI, Ir. Aryana Satrya, M.M., Ph.D mengatakan rokok elektronik dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat ataupun alat untuk berhenti mengonsumsi rokok konvensional. Namun, kenyataannya justru membuat perokok menjadi pengguna ganda dan membuat risikonya berlipat ganda.

Risest Kesehatan Dasar 2018 dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019 menemukan beberapa hal penting pada pengguna pengguna ganda dibandingkan dengan pengguna tunggal, antara lain:

1) Pengguna ganda memiliki probabilitas untuk mengidap penyakit asma, hipertensi, stroke, gagal ginjal, dan rematik lebih tinggi dibandingkan pengguna tunggal.

2) Pada penduduk usia di atas 40 tahun, pengguna ganda memiliki probabilitas untuk mengidap penyakit diabetes, jantung, dan kanker lebih tinggi dibandingkan pengguna tunggal.

3) Pengguna ganda memiliki probabilitas untuk memiliki gigi rusak, penyakit gusi, dan sariawan lebih tinggi dibandingkan pengguna tunggal.

4) Pengguna ganda memiliki asosiasi positif dengan jumlah komplikasi penyakit yang dimiliki dibanding pengguna tunggal.

5) Pengguna ganda memiliki jam kerja yang lebih rendah dan utilisasi kesehatan yang lebih tinggi dibanding pengguna tunggal. Pengguna ganda memiliki jam kerja 0,69 jam/minggu lebih rendah dibanding pengguna tunggal.

Prevalensi perokok konvensional (tembakau) dan perokok elektronik semakin mengkhawatirkan di Indonesia. Prevalensi perokok konvensional aktif usia 15 tahun ke atas mencapai 33,8 persen dari populasi Indonesia pada 2018 menurut Riskesdas. Kondisi ini diperparah dengan peningkatan prevalensi perokok elektronik dari 0,3 persen di 2011, 2,32 persen di 2017, menjadi 2,10 persen di 2019.

Dengan demikian, pengendalian konsumsi rokok baik pada rokok elektronik maupun rokok konvensional harus dipertegas dan diimplementasikan untuk membantu pencapaian SDGs dan perwujudan visi Indonesia, yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju melalui manusia yang sehat dan berkualitas.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapor Pemain Setelah Manchester City Singkirkan Real Madrid dari Liga Champions

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City lolos ke perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Real Madrid. Tiket itu didapat usai pasukan Guardiola menang 2-1 atas Los Blancos pada leg kedua babak 16 besar di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Manchester City unggul agregat 4-2 atas Real Madrid. Sebab pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Februari lalu, wakil Inggris ini juga menang dengan skor sama.

Pada leg kedua, Raphael Varane dua kali membuat blunder yang menjadi bencana untuk Real Madrid. Bek asal Prancis itu menghadiahkan dua gol untuk Manchester City yang dicetak Raheem Sterling dan Gabreil Jesus.

Gol Kariem Benzema di pertengahan babak pertama tak cukup menyelamatkan Real Madrid. Pasukan Zinedine Zidane harus angkat koper dari turnamen paling bergengsi di Eropa ini.

Sementara itu, Manchester City bakal pergi ke Lisbon, Portugal, dan menghadapi Olympique Lyon di perempat final.

Berikut rapor pemain Manchester City dan Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

 

 

Manchester City

Penyerang Manchester City, Raheem Sterling (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Inggris (7/8/2020). City menang 2-1 dan melaju ke perempat final unggul agregat 4-2 atas Madrid.(AP Photo/Dave Thompson, Pool)
Penyerang Manchester City, Raheem Sterling (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Inggris (7/8/2020). City menang 2-1 dan melaju ke perempat final unggul agregat 4-2 atas Madrid.(AP Photo/Dave Thompson, Pool)

Ederson - 7/10

Ederson melakukan beberapa penyelamatan untuk menggagalkan upaya Karim Benzema dan Luka Modric di babak pertama. Di babak kedua, kiper asal Brasil tersebut tak terlalu banyak mendapatkan ancaman.

Kyle Walker - 8/10

Walker tampil sensasional dengan mematikan pergerakan Eden Hazard di sayap berkat kecepatan dan kekuatannya. Dia juga menjadi ancaman bagi bek kiri Real Madrid Ferland Mendy setiap melancarkan serangan.

Fernandinho - 7/10

Fernandinho tampak yakin dan tenang seperti rekannya Aymeric Laporte. Ia tidak membuat kesalahan individu yang konyol. Fernandinho tidak melakukannya karena ia membuat segalanya tetap sederhana dan terus menggulirkan bola.

Aymeric Laporte - 7/10

Laporte memulai laga dengan kurang baik setelah Karim Benzema melepaskan tendangan yang masih bisa diselamatkan kiper Ederson. Namun, secara perlahan penampilannya luar biasa dan mengalahkan striker Real Madrid tersebut.

Joao Cancelo - 7/10

Pemain Portugal itu adalah salah satu penyumbang terbaik dan paling konsisten di Manchester City pada dini hari tadi. Secara konsisten dia menekan pertahanan Real Madrid dari sisi kiri, dan bahkan tendangannya harus susah payah ditepis kiper Thibaut Courtois.

Rodri - 6/10

Rodri adalah gelandang Manchester City yang tidak memberi dampak di laga ini. Dia juga beruntung tidak mendapat hukuman karena memberikan bola di area berbahaya pada beberapa kesempatan.

Ilkay Gundogan - 7/10

Gundogan memaikan dua peran di lini tengah Manchester City. Ia tidak membiarkan gelandang Real Madrid Luka Modric mengembangkan permainan. Selain itu, Gundogan juga menekan Casemiro.

Kevin De Bruyne - 9/10

De Bruyne tampil luar biasa di laga ini. Umpan yang tajam, menekan di lini tengah, dan melakukan tembakan ke gawang. Dia memberikan umpan kepada Sterling di awal babak kedua yang seharusnya menjadi gol.

Raheem Sterling - 7/10

Sterling seharusnya mencetak hattrick di laga ini dengan banyaknya peluang yang didapat. Tetapi, dia cuma bisa mencetak satu gol setelah Gabriel Jesus merebut bola dari Raphael Varane dan mengumpan padanya.

Phil Foden - 6/10

Memulai peran di false 9, Foden tampil luar biasa. Ia terhubung dengan cerdik dengan Jesus, Sterling, dan De Bruyne. Namun seiring berjalannya pertandingan, pengaruhnya memudar dan dia digantikan oleh Bernardo Silva.

Gabriel Jesus - 9/10

Penampilan luar biasa lainnya ditunjukkan Gabriel Jesus. Dia memberikan umpan untuk gol Sterling. Ia kemudian mencetak gol kedua City dengan menaklukkan kiper Real Madrid Thibaut Courtois dengan cerdik.

Pemain pengganti Manchester City

Bernardo Silva - 6/10

Silva seharusnya mencetak gol. Tapi, ia terlalu banyak melakukan sentuhan sehingga peluang itu bisa digagalkan.

David Silva - 6/10

Dalam pertandingan terakhirnya di Stadion Etihad, legenda Manchester City itu melepaskan tendangan bebas yang luar biasa. Tapi, tendangan hanya mengenai bagian atas pagar hidup.

Nicolas Otamendi - 5/10

Pemain Argentina itu menggantikan Rodri di masa injury time untuk Manchester City.

 

 

Real Madrid

Raphael Varane dalam duel Manchester City kontra Real Madrid pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2019/2020 di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020). (AFP/Peter Powell)
Raphael Varane dalam duel Manchester City kontra Real Madrid pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2019/2020 di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020). (AFP/Peter Powell)

Thibaut Courtois - 7/10

Tidak ada yang bisa Courtois lakukan dengan dua gol Manchester City akibat blunder Raphael Varane. Tapi, dia melakukan beberapa penyelamatan penting sepanjang pertandingan.

Dani Carvajal - 5/10

Dani Carvajal tampil kurang bagus di laga ini. Dia memang melakukan beberapa penyelamatan, seperti tekel terakhir pada De Bruyne di babak kedua.

Raphael Varane - 1/10

Bagi pemain senior seperti Varane, membuat dua kesalahan dalam laga yang menentukan tentu tak bisa dimaafkan. Tidak banyak yang bisa dikatakan untuk Varane.

Eder Militao - 4/10

Entah itu instruksi dari pelatih Zinedine Zidane atau perbuatan mereka sendiri, Eder Militao dan Raphael Varane terlalu banyak memainkan bola di belakang sehingga ditekan Manchester City. Ia mendapat tugas sebagai pengganti Sergio Ramos yang absen karena kartu merah.

Ferland Mendy - 6/10

Dia biasanya bertahan dengan cukup baik, tetapi buruk di lini depan karena gagal memberikan pengaruh pada permainan. Baik Mendy dan Hazard sepenuhnya dikeluarkan dari permainan oleh Walker.

Casemiro - 4/10

Casemiro tampil menjanjikan di awal laga dengan tekel sensasional pada Raheem Sterling. Tapi, setelah itu penampilannya menurun. Ia beruntung dalam setidaknya tiga kesempatan terpisah karena City tidak mencetak gol setelah memberikan umpan yang salah.

Luka Modric - 5/10

Pemain Kroasia itu gagal membuat pengaruh besar dari lini tengah karena terlihat terlalu kaget dan dikuasai oleh Gundogan.

Toni Kroos - 5/10

Memulai dari lini tengah kiri, akan selalu menjadi tugasnya untuk menahan De Bruyne. Dia tidak menahan orang Belgia itu, juga tidak menawarkan apa pun untuk menetralkan ancaman ke arah lain.

Rodrygo - 7/10

Rodrygo jarang menguasai bola. Ketika mendapatkan bola di sayap, dia berlari ke arah Cancelo dan menyebabkan masalah. Umpan silangnya dituntaskan Karim Benzema menjadi gol.

Eden Hazard - 2/10

Hazard tak bisa berbuat banyak untuk melewati adangan Klye Walkeer. Ia tak pernah mencoba untuk memberikan umpan penetrasi di sepertiga akhir.

Kevin Benzema - 7/10

Sekali lagi, Benzema adalah pemain utama Real Madrid dan bahkan di tengah-tengah kekacauan lini belakang. Kemampuan di udara, kekuatan, dan menghubungkan permainan semuanya diperlihatkan Benzema. Sayang, dia tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari orang-orang di sekitarnya.

Pemain Pengganti Real Madrid

Marco Asensio - 5/10

Asensio menggantikan Rodrygo, tetapi memiliki masalah yang sama dengan pemain muda Brasil itu. Ia jarang mendapatkan bola.

Lucas Vazquez - 5/10

Vazquez dimasukkan di sepuluh menit terakhir permainan dan hampir tak memiliki sentuhan bola saat City berusaha untuk mempertahankan penguasaan bola serta mematikan permainan.

Federico Valverde - 5/10

Dia menggantikan Modric di akhir pertandingan.

Luka Jovic - 5/10

Setelah menggantikan Hazard, dia benar-benar tidak memiliki sentuhan bola yang berarti dalam permainan.

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Puskesmas di Kelapa Gading Rujuk 10 Pasien Virus Corona ke Wisma Atlet Setiap Hari

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan narasi para pengguna Facebook yang mengklaim ada 10 pasien di Puskesmas Kelapa Gading harus dirujuk ke Wisma Atlet akibat virus corona per harinya.

Tercatat, ada empat pengguna Facebook yang menyebarkan isu 10 pasien Puskesmas Kelapa Gading dirujuk ke Wisma Atlet akibat virus corona per harinya. Mereka adalah Dyah Ningrum Utami, Oktaaf Mci, Tino Art, dan Ruth Cahyadi.

Narasi yang mereka buat pun 100 persen sama, yakni seperti ini:

 

Hoaks puskesmas. (Facebook/Dyah Ningrum Utami)
Hoaks puskesmas. (Facebook/Dyah Ningrum Utami)

"Just Info but Urgent !!!

Teman2x semua kasus covid +19 di jakarta masih sangat banyak.

Per hari ini ruang isolasi covid di mitra gading full 23 dengan kondisi yg sedang sampe berat.

Setiap ada belasan pasien covid yg positif dan setiap hr dr puskesmas gading ngerujuk 10 an pasien ke wisma atlet.

Jadi stay safe jangan keluar dl kl gak perlu... kita masih jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhh dr kelar.

Jangan euforia dulu. Kasus makin banyak dan makin berat lebih parah dr akhir maret. Gading, sunter dan sekitarnya... daerah lain juga sama semua RS full.. stay safe..

Banyak yg kena abis makan di restoran dimana semua org buka masker krn ruangan AC gak ad ventilasi, banyak yg dpt dr kantor saat makan bareng, banyak yg kena acara ultah keluarga pikirnya aman ternyata ad yg positif gak bergejala

Jangan ke mall, jangan lepas masker, jangan makan bareng dl, jangan dine in..Dear all, ini sharing teman saya yang dokter. Harus sangat ketat untuk menghindari resiko dan menjaga diri kita, dan serta keluarga dan TEMAN2 kantor kita yang lain..

Semoga Tuhan selalu lindungi kita semua dan keluarga .."

Benarkah ada 10 pasien Puskesmas di Kelapa Gading yang dirujuk ke Wisma Atlet per harinya akibat virus corona?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran isu tersebut. Tim pun mengunjungi situs Kominfo dan mendapatkan penjelasan dari isu yang hangat di Facebook tersebut.

Menurut Kominfo, isu tersebut berawal dari pesan berantai di WhatsApp Grup (WAG) yang berisi informasi kondisi penyebaran virus Corona di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Salah satu isinya menyatakan bahwa Puskesmas Kelapa Gading setiap harinya merujuk 10 pasien corona ke RSD Wisma Atlet. Berdasarkan hal itu pembuat pesan meminta agar masyarakat mewaspadai penyebaran Virus Corona.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan pesan itu hoaks. Menurutnya data yang disampaikan tidak benar. "Saya rasa yang diedarkan dalam WAG (WhatsApp group) di atas adalah sebagai pesan pengingat sifatnya karena pandemi belum berakhir, Namun data yang disampaikan tidak benar," kata Sigit.

Tim Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel lain yang membahas ini, yakni berjudul: 'Fakta Sebenarnya soal Pesan Berisi RS di Kelapa Gading Penuh Pasien Corona'. Artikel itu milik Kumparan yang dipublikasikan pada 27 Juli 2020.

Seperti Kominfo, Kumparan dalam artikelnya, mengambil penjelasan dari Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko. Dalam data yang dibagikan Sigit, sepanjang bulan Juli Puskesmas Kelapa Gading tidak pernah merujuk 10 pasien corona dalam sehari. Rujukan pasien juga tidak terjadi setiap hari.

Pasien dirujuk hanya terjadi pada tanggal 4, 11, 12, 15, 19, 20, 21, 23 dan 26 Juli. Jumlah pasien yang dirujuk dari Puskesmas Kelapa Gading terbanyak terjadi pada tanggal 21 Juli, yaitu 6 pasien.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim yang menyebut Puskesmas di Kelapa Gading mengirim 10 pasien virus corona ke Wisma Atlet per harinya adalah salah. Faktanya, rujukan pasien tidak terjadi setiap hari.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kemunculan Gim Fall Guys Tiruan di App Store Jadi Sorotan

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan ini gamer dibuat ketagihan oleh gim buatan Mediatonic yang berjudul Fall Guys. Baru dirilis, gim ini sudah dimainkan oleh 1,5 juta pemain.

Dengan angka tersebut, tak mengherankan bilamana muncul gim tiruan diberbagai platform. Artikel kehadiran aplikasi tiruan Fall Guys di App Store ini banyak dicari pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (7/8/2020) kemarin.

Tak hanya itu, artikel cara membuat tugas di Google Classroom dan kapasitas baterai Realme C12 juga banyak dicari pembaca.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini

1. Sehari Dirilis, Gim Fall Guys KW Muncul di App Store

Fall Guys baru saja resmi meluncur di PC dan PlayStation 4 (PS4) pada 4 Agustus 2020, dan langsung mendapatkan sambutan luar biasa dari banyak gamer.

Saking populernya, server gim buatan Mediatonic ini pun beberapa kali mengalami gangguan karena membludaknya jumlah pemain yang ingin bermain Fall Guys.

Memanfaatkan hype gim bergenre battle royal party game tersebut, studio gim Kelemen Tamas merilis gim serupa dengan judul Fall Gang: KnockOut di App store, dikutip dari The Gamer, Jumat (7/8/2020).

Baca selengkapnya di sini

 

2. Cara Membuat Tugas di Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu layanan yang mendukung pembelajaran jarak jauh.

Layanan ini memiliki banyak fungsi yang dapat tenaga pengajar manfaatkan ketika mengajar jarak jauh. Salah satunya adalah membuat tugas.

Jika Anda belum tahu bagaimana caranya membuat tugas di Google Classroom, simak penjelasannya berikut ini.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Realme C12 Punya Baterai 6.000mAh

Realme dilaporkan sedang menyiapkan smartphone baru, Realme C12. Infomasi mengenai smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Jumat (7/8/2020), Realme C12 telah memiliki sejumlah sertifikasi. Berdasarkan sejumlah sertifikasi yanga ada, smartphone dengan nomor model RMX2189 tersebut akan tersedia di berbagai pasar.

Realme C12 dilaporkan telah disertifikasi di Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Tiongkok. Empat negara tersebut merupakan pasar besar untuk Realme.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya PNS, Ini Daftar Lengkap Pegawai Non-PNS yang Kebagian Gaji ke-13

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menerbitkan PP 44/2020 sebagai dasar pemberian gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kendati begitu, dalam PP tersebut diatur pula gaji ke-13 bagi pegawai non ASN/PNS. Mengutip pasal 2, gaji ke-13 juga diberikan kepada pegawai non-PNS pada LNS (Lembaga Non Struktural), LPP (Lembaga Penyiaran Publik),dan BLU (Badan Layanan Umum).

Merujuk pada pasal 6, gaji ke-13 untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada LPP Pimpinan atau pegawai non-PNS pada LPP,paling banyak meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Lalu untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada BLU, nominalnya sebesar komponen gaji pada remunerasi, paling banyak sebesar penghasilan yang diberikan kepada PNS (lihat pasal 10).

Sementara untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada LNS, sesuai dengan pasal 9, maksimal nominal gaji ke-13 sebagai berikut;

Pimpinan LNS:

a. Ketua/Kepala Rp 9.592.000

b. Wakil Ketua/Wakil Kepala Rp 8.793.000

c. Sekretaris Rp 7.993.000

d. Anggota Rp 7.993.000

Pejabat non-PNS pada LNS atau Pejabat lainnya non-PNS yang menduduki jabatan setara eselon:

a. Eselon I/JPT Utama/JPT Madya Rp 9.592.000

b. Eselon II/JPT Pratama Rp 7.342.000

c. Eselon III/Jabatan Administrator Rp 5.352.000

d. Eselon lV/Jabatan Pengawas Rp 5.242.000

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pegawai non-PNS pada LNS atau Pegawai lainnya non-PNS

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

a. Pendidikan SD/SMP/sederajat

Masa kerja s.d 10 tahun Rp 2.235.000

Masa kerja diatas 10 tahun s.d 20 tahun Rp 2.569.000

Masa kerja diatas 20 tahun Rp 2.971.000

b. Pendidikan SMA/DI/sederajat

Masa keria s.d 10 tahun Rp 2.734.000

Masa kerja diatas 10 tahun s.d 20 tahun Rp 3.154.000

Masa keria diatas 20 tahun Rp 3.738.000

c. Pendidikan DII/DIII/sederajat

Masa keria s.d 10 tahun Rp 2.963.000

Masa kerja diatas 10 tahun s.d 20 tahun Rp 3.411.000

Masa kerja diatas 20 tahun Rp 4.046.000

d. Pendidikan Sl/DIV/sederajat

Masa kerja s.d 10 tahun Rp 3.489.000

Masa kerja diatas 10 tahun s.d 20 tahun Rp 4.043.000

Masa kerja diatas 20 tahun Rp 4.765.000

e. Pendidikan S2/53/sederajat

Masa keria s.d 10 tahun Rp 3.713.000

Masa kerja diatas 10 tahun s.d 20 tahun Rp 4.306.000

Masa kerja diatas 20 tahun Rp 5.110.000

PP Gaji ke-13 PNS Resmi Terbit, Atur Penerima hingga Besarannya

Ilustrasi PNS Naik Gaji
Ilustrasi PNS Naik Gaji

Akhirnya, pemerintah resmi menerbitkan aturan tentang gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS). 

Adapun, regulasi lebih jelas mengenai gaji ke-13 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, Atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TentaraNasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil, Dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan.

Sebelumnya, pemerintah memang memastikan jika gaji ke-13 PNS cair pada Agustus 2020 ini. Seperti diumumkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu.

Berdasarkan rangkuman PP Nomor 44/2020 yang diperoleh Liputan6.com, berikut poin penting yang perlu diketahui soal pencairan gaji ke-13, Jumat (7/8/2020). Apa saja?:

1. Daftar Penerima Gaji Ke-13

Mengutip pasal 2 poin a hingga p, berikut ialah pihak yang berhak mendapat gaji ke-13:

a. PNS

b. Prajurit TNI

c. Anggota POLRI

d. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota POLRI yang ditempatkan atau ditugaskan di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri

e. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota POLRI yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induknya

f. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota POLRI penerima uang tunggu;g. Penerima gaji terusan dari PNS, Prajurit TNI, atau Anggota POLRI yang meninggal dunia, tewas, atau gugur

h. Penerima gaji dari PNS, Prajurit TNI, atau Anggota POLRI yang dinyatakan hilang

i. Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim pada semua badan peradilan Staf khusus di lingkungan kementerian

k. Hakim ad hoc

l. Pimpinan LNS (Lembaga Non Struktural) Pimpinan LPP (Lembaga Penyiaran Publik) Pimpinan BLU (Badan Layanan Umum) danpejabat lain yang hak keuangan atau hakadministratifnya disetarakan atau setingkat Pejabat Pimpinan Tinggi atau Pejabat Administrator atau Pejabat Pengawas

m. Pegawai non-PNS pada LNS, LPP, atau BLU

n. Pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

o. Penerima Pensiun atau Tunjangan; dan

p. Calon PNS

2. Besaran

Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Untuk besaran gaji ke-13 sendiri diberikan paling banyak sebesar penghasilan pada bulan Juli 2020, sebagaimana tercantum di pasal 5 ayat 1.

Jika pada bulan Juli pegawai belum mendapatkan gaji atau menerima gaji dengan jumlah yang kurang, selisihnya akan tetap dibayarkan pemerintah (pasal 2).

Berikut bunyi pasal 5 ayat 1 dan 2:

(1) Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 diberikan paling banyak sebesar penghasilan pada bulan Juli.

(2) Dalam hal penghasilan pada bulan Juli sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dibayarkan sebesar penghasilan yang seharusnya diterima karena berubahnya penghasilan, kepada yang bersangkutantetap diberikan selisih kekurangan Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ketiga belas.

Sebagai catatan, merujuk pada pasal 6 dan 8, pembayaran gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada LNS, sesuai dengan pasal 9, nominal gaji ke-13nya tercantum dalam lampiran PP Nomor 44/2020 Halaman 25 dan 26.

Lalu untuk pimpinan atau pegawai non-PNS pada BLU, nominalnya sebesar komponen gaji pada remunerasi, paling banyak sebesar penghasilan yang diberikan kepada PNS (lihat pasal 10).

Kemudian untuk calon PNS, merujuk pasal 11, besarannya ialah 80 persen dari gaji pokok PNS. Komponen gaji ke-13 lainnya ialah tunjangan keluarga serta tunjangan jabatan dan tunjangan umum.

Besaran ini nantinya tidak akan dikenakan iuran atau potongan apapun namun tetap dikenakan pajak penghasilan (lihat pasal 14).

3. Waktu Pembayaran

Infografis Kenaikan Gaji PNS 10 Tahun Terakhir. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Kenaikan Gaji PNS 10 Tahun Terakhir. (Liputan6.com/Triyasni)

Merujuk pada pasal 15 ayat 1, gaji ke-13 akan diberikan di bulan Agustus, meskipun tidak terdapat tanggal pasti. Kendati, jika ada kendala, penyalurannya bisa saja ditunda di bulan berikutnya.

Berikut bunyi pasal 15 ayat 1 dan 2:(1) Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) dibayarkan pada bulan Agustus. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ali Syakieb Fitting Baju Pengantin, Siap Nikahi Margin Wieheerm?

Posted: 07 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ali Syakieb dan Margin Wieheerm belum lama ini dikabarkan sudah bertunangan. Keduanya pernah memamerkan foto-foto mesra di Instagram masing-masing.

Bersama unggahan fotonya, Ali Syakieb dan Margin Wieheerm secara bersamaan kompak menuliskan keterangan yang sangat singkat, "Bismillah". Sontak hal ini pun mengundang dugaan dari netizen kalau keduanya akan menikah.

Namun, beredarnya kabar pertunangan itu masih belum diklarifikasi oleh kedua belah pihak, baik itu Ali Syakieb maupun dari pihak Margin Wieheerm. Namun, ada potret baru yang menimbulkan spekulasi rencana pernikahan mereka.

Fitting Baju Pengantin

Momen Ali Syakieb Fitting Baju Pengantin. (Sumber: Instagram/@ivankicuk)
Momen Ali Syakieb Fitting Baju Pengantin. (Sumber: Instagram/@ivankicuk)

Kabar pernikahan keduanya sepertinya memang benar akan terjadi. Melalui akun @joviethathe yang dilansir @lambe_turah, diketahui bahwa Ali tengah fitting baju pernikahan mereka.

Busana Adat

Momen Ali Syakieb Fitting Baju Pengantin. (Sumber: Instagram/@marginw)
Momen Ali Syakieb Fitting Baju Pengantin. (Sumber: Instagram/@marginw)

Dalam potret terbarunya itu, terlihat bahwa Ali tampak sedang mengenakan busana adat berwarna gading.

Bikin Penasaran

Tentunya ini semakin membuat warganet penasaran, seperti apa baju yang akan dikenakan oleh Margin nantinya. Meskipun begitu, masih belum ada konfirmasi kapan tanggal pernikahan mereka.

Ulang Tahun Margin

Pada 8 Juli lalu, Margin baru saja merayakan ulang tahun yang ke-20. Dalam momen spesial itu, Ali Syakieb juga turut hadir di acaranya. Ia bahkan memberi Margin sebuah kado spesial berupa buket bunga dan kotak perhiasan. Warganet menduga isi kotak tersebut adalah cincin pertunangan. (KapanLagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tegang di Laut China Selatan, Tiongkok - AS Tinjau Kembali Kemitraan Militer

Posted: 07 Aug 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Tiongkok dan Amerika Serikat mendiskusikan kemitraan kedua negara dalam bidang militer di tengah situasi di Laut China Selatan (LCS) dan Selat Taiwan memanas.

Dewan Pemerintahan China sekaligus Kementerian Pertahanan Nasional Jenderal Wei Fenghe melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Menhan AS Mark Esper.

Kedua belah bertukar pandangan mengenai kerja sama militer pada masa-masa yang akan datang, demikian laman berita resmi militer China yang dipantau Antara, dikutip pada Sabtu (8/8/2020).

Wei menekankan posisi China pada berbagai isu, seperti di LCS, Selat Taiwan, stigmatisasi China oleh AS.

Oleh sebab itu, jenderal bintang tiga tersebut mendesak AS untuk menghentikan tindakan yang berpotensi merugikan hubungan kedua belah pihak, meningkatkan pengendalian risiko maritim, dan mencegah tindakan berbahaya yang dapat membuat situasi makin memburuk demi terpeliharanya perdamaian di kawasan.

Esper seperti dikutip laman berita itu mengatakan bahwa di tengah memanasnya hubungan China-AS, kedua belah pihak harus tetap menjaga mekanisme dialog dan konsultasi, mengelola dan mengendalikan krisis, menghindari kesalahpahaman, dan mengurangi risiko keamanan.

China dan AS saling bermanuver di kawasan perairan LCS dengan mengerahkan kekuatan militernya masing-masing.

Demikian pula dengan di Selat Taiwan. Kedua negara tersebut saling berebut pengaruh di kepulauan.

Belum lama ini, militer China terlibat dalam latihan tahunan militer Taiwan Huan Kong. China tidak mau kalah, mengerahkan kekuatan pasukan udara dan laut, terutama di wilayah perairan utara Taiwan.

Bahas Laut China Selatan, Menlu AS Mike Pompeo Telepon Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Washington DC (5/6) (Kementerian Luar Negeri RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Washington DC (5/6) (Kementerian Luar Negeri RI)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan bincang telepon dengan Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo untuk membahas isu-isu strategis. Salah satu topik yang dibahas adalah Laut China Selatan.

Pompeo memberikan komitmen AS untuk menjunjung hukum yang berlaku di Laut China Selatan yang notabene diklaim secara sepihak oleh China. Indonesia dan negara-negara ASEAN lain tidak mengakui klaim tersebut.

"Menteri Luar Negeri Michael R. Pompeo hari ini berbicara dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengenai Kemitraan Strategis AS-Indonesia yang kuat dan terus terjalin, serta tujuan bersama kedua negara akan penghormatan terhadap hukum internasional di Laut China Selatan," ujar Wakil Juru Bicara Utama di Kemlu AS, Cale Brown, Selasa (4/8/2020).

Meski lokasi AS jauh dari Laut China Selatan, AS sempat berkata akan terus memantau perundingan terkait Laut China Selatan yang jadwalnya dilaksanakan tahun depan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KLB Gerindra dan Pengukuhan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum

Posted: 07 Aug 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra digelar Sabtu (8/8/2020) pagi tadi di Bukit Hambalang, Bogor. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo Subianto, akan kembali dikukuhkan menjadi ketua umum pada KLB ini.

"Pengukuhan ini merupakan hasil dari Rapimnas bahwa 34 DPD Partai Gerindra meminta kesediaan Prabowo Subianto untuk memimpin Partai Gerindra 5 tahun ke depan," kata Muzani via Channel YouTube resmi Gerindra, Jumat (7/8/2020).

Muzani menambahkan, KLB Gerindra kali ini akan terasa berbeda. Sebab, acara dilangsungkan dalam situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sebagian besar kader partai dipastikan mengikuti KLB secara daring dan perwakilan pimpinan provinsi saja yang akan ikut secara tatap muka.

"Mereka peserta kongres juga harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, melakukan uji swab, gunakan menggunakan masker, sarung tangan dan mecuci tangan," jelas Muzani.

Menurut Muzani, dilangsungkannya KLB merupakan hasil Rapat Pimpinan Nasional Gerindra yang diselerenggarakan pada 4 Juni 2020.

"Ketua Dewan Pembina memutuskan agar kongres tetap diseleranggarakan pada 2020 dengan menggunakan forum Kongres Luar Biasa Gerindra," jelas Muzani.

Menurut catatan, Prabowo telah menjabat Ketua Umum Gerindra sejak 2014, artinya ini akan menjadi kali kedua dalam periode lima tahunan Prabowo menduduki jabatan tertinggi dalam struktur kepartaian.

 

Sambutan dan Ucapan Selamat Jokowi dan Megawati

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri juga hadir.

Keduanya akan memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada seluruh kader partai Gerindra secara daring. Rencananya dalam kongres tersebut, Ibu Hj Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan ucapan selamat dan sambutan kepada seluruh kader partai Gerindra.

"Setelah ibu (Mega) Presiden RI, Joko Widodo akan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan kongres tersebut," tambah Muzani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Pengacara Djoko Tjandra Anita Kolopaking Ditahan 20 Hari ke Depan di Bareskrim

Posted: 07 Aug 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bareskrim menjebloskan penasihat hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking ke bui setelah menjalani pemeriksaan terkait surat jalan kliennya yang melibatkan oleh Brigjen Pol Prasetijo Utomo.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, Anita Kolopaking ditahan di Rutan Bareskrim Polri hingga 20 hari ke depan.

"Terhitung dari 8 Agustus 2020," ujar Awi, di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Dia membeberkan alasan penahanan tehadap Anita Kolopaking. "Pertimbangan penyidik sebagai syarat subyektif adalah agar yang bersangkutan tidak melarikan, agar tidak mengulangi perbuatannya (tindak pidana) dan agar tidak menghilangkan BB, semua sudah diatur dalam pasal 21 ayat (1) KUHAP," lanjut Awi.

Sebelumnya, pemeriksaan terhadap Anita dilakukan di Gedung Bareskrim sejak Jumat 7 Agustus 2020 dan baru selesai pagi tadi. Pada pemeriksaan ini, penyidik mencecar 55 pertanyaan terkait penerbitan surat jalan untuk Djoko Tjandra ke Anita Kolopaking.

"Pemeriksaan ADK sampai jam 4 dini hari tadi. Yang bersangkutan di cecar dengan 55 pertanyaan," kata Awi.

 

Pasal Sangkaan

Anita Kolopaking terseret dalam kasus penerbitan surat jalan untuk kliennya Djoko Tjandra. Kasus ini turut melibatkan mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo. Baik Anita maupun Prasetijo telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

Anita Kolopaking disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP. Sementara Prasetijo disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 E KUHP, Pasal 426 ayat 1 KUHP, dan Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP.

Polri juga mengirimkan surat permohonan cekal ke luar negeri terhadap Anita Kolopaking, pengacara buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra. Surat itu dilayangkan kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta.

"Perihalnya adalah permohonan pencegahan keluar negeri atas nama Anita Dewi Anggraeni Kolopaking," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 24 Juli 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syarat Gelar Acara Hajatan di Kediri saat Pandemi COVID-19

Posted: 07 Aug 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengizinkan warga di daerah itu untuk menggelar hajatan seperti pernikahan dan sunatan dengan aturan protokol kesehatan ketat demi mencegah COVID-19.

"Gugus tugas sudah menyetujui untuk warga menyelenggarakan hajatan kegiatan hajatan seperti pernikahan dan sunatan," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi di Kediri, Jumat, 7 Agustus 2020.

Pria yang juga Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri tersebut menambahkan BPBD telah membuat surat pemberitahuan tentang protokol penyelenggaraan hajatan yang ditujukan untuk gugus tugas di kecamatan dan gugus tugas di desa.

Ia menegaskan, surat itu dibuat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, sehingga terdapat panduan protokol kesehatan saat menggelar hajatan penikahan dan kegiatan sunatan, dilansir dari Antara.

Bagi gugus tugas di desa atau kelurahan, ketua gugus tugas desa atau kelurahan membentuk tim pengawas protokol kesehatan yang tugasnya mengawasi pelaksanaan hajatan mulai dari sebelum hajatan, pada saat hajatan hingga setelah hajatan digelar.

Gugus tugas juga harus melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan hajatan kepada masyarakat. Memberikan rekomendasi kegiatan hajatan setelah mendapatkan pertimbangan dari tim pengawas.

Selain itu, gugus tugas COVID-19 juga harus melaporkan rencana kegiatan hajatan yang telah mendapatkan rekomendasi kepada gugus tugas kecamatan, membubarkan ataupun menghentikan kegiatan hajatan apabila pihak-pihak terkait tidak memenuhi protokol kesehatan.

 

Skema Protokol COVID-19

Petugas kesehatan mendata pegawai KPU dan Wartawan saat mengikuti swab test dan tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 secara massal di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (4/8/2020). Tes diagnositk cepat dan swab test diselenggarakan BIN bekerja sama dengan Kemenkes. (merdeka.com/Faizal Fanani)
Petugas kesehatan mendata pegawai KPU dan Wartawan saat mengikuti swab test dan tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 secara massal di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (4/8/2020). Tes diagnositk cepat dan swab test diselenggarakan BIN bekerja sama dengan Kemenkes. (merdeka.com/Faizal Fanani)

Sedangkan, bagi penyelenggara hajatan harus membuktikan dalam kondisi sehat yang dibuktikan dengan hasil rapid test nonreaktif dari instansi yang berwenang tiga hari sebelum hajatan. Hal itu berlaku untuk seluruh keluarga.

Penyelenggara juga harus memaparkan skema protokol kesehatan kepada gugus tugas desa tentang jumlah tamu undangan, akomodasi, jasa event organizer (jika memakai), dokumentasi serta prosesi hajatan baik itu susunan acara, waktu pelaksanaan, tempat hajatan, dan pengisi acara atau hiburan.

Membuat surat pernyataan kesanggupan melaksanakan protokol kesehatan daalam pelaksanaan hajatan. Wajib mendapatkan rekomendasi dari gugus tugas desa atau kelurahan.

Jika penyelenggara hajatan tidak mendapatkan rekomedasi dari gugus tugas, maka hajatan tidak diperbolehkan. Saat hajatan juga harus menghadirkan tim pengawas untuk melaksanakan pengawasan.

Penyelenggara hajatan juga harus menetapkan jumlah tamu undangan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan dan mengatur jam kedatangan tamu secara bertahap melalui undangan. Memastikan seluruh tamu undangan mematuhi protokol kesehatan.

 

Tempat Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan (Dok.Unsplash)
Ilustrasi mencuci tangan (Dok.Unsplash)

Selain itu, penyelenggara juga harus menyediakan tempat cuci tangan, menerapkan jaga jarak, melarang masuk bagi tamu yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak nafas dan berbagai surat lainnya demi mencegah penyebaran COVID-19.

Hal yang sama juga diatur untuk pelaku seni atau hiburan yang harus mematuhi protokol kesehatan demi mencegah COVID-19. Demikian juga bagi tamu undangan harus menghindari kontak fisik seperti bersalaman, berpelukan, hingga menerapkan jaga jarak.

Ia membantah surat itu dikeluarkan oleh Pemkab Kediri setelah sebelumnya terjadi unjuk rasa pelaku seni di depan halaman Kantor Pemkab Kediri, Jalan Soekarno Hatta Kediri.

Pelaku seni meminta agar pemkab memberikan izin untuk hajatan, sehingga mereka juga mendapatkan pemasukan. Sudah beberapa bulan mereka tidak dapat pemasukan, karena pandemi COVID-19.

Sementara itu, di Kabupaten Kediri data kasus COVID-19 pada Kamis (6/8) yang terkonfirmasi positif COVID-19 adalah 488 orang. Dari jumlah itu, 201 masih dirawat, 260 telah dinyatakan sembuh, dan 27 meninggal dunia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP Tanpa Aplikasi

Posted: 07 Aug 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP bisa diterapkan menggunakan aplikasi maupun tidak. Tergantung dari jenis HP yang kamu miliki, cara mengaktifkan 2 WhatsApp dalam 1 HP berbeda-beda jika kamu memilih tidak menggunakan aplikasi. 

Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP menjadi banyak dicari karena kebanyakan smartphone android sekarang ini menyediakan 2 slot kartu SIM. Hal ini membuat kamu bisa menggunakan 2 nomor yang berbeda dalam 1 HP.

Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP membuat kamu tidak perlu membeli smartphone baru untuk memakai 2 WhatsApp. Caranya juga sangat mudah baik jika kamu menggunakan aplikasi maupun tidak. Jika ingin menerapkannya menggunakan aplikasi, tentunya kamu harus download aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/8/2020) tentang cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP.

Xiaomi dan Samsung

WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Xiaomi

Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP yang pertama bisa kamu terapkan di smartphone Xiaomi. Pada smartphone Xiaomi, terdapat fitur Dual Apps yang bisa dipakai mengaktifkan dua akun WhatsApp sekaligus.

Caranya mudah saja, buka Setting pada smartphone Xiaomi, kemudian pilih Dual Apps. Di situ, kamu bisa memilih aplikasi (misalnya WhatsApp) yang ingin diaktifkan.

Samsung

Selanjutnya, pada smartphone Samsung terdapat menu bernama Dual Messenger. Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP pada smartphone Samsung juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu membuka Setting atau Pengaturan. Kemudian, kamu bisa mencari menu Advance Feature dan memilih opsi Dual Messenger untuk mengaktifkan dua akun WhatsApp dalam satu smartphone.

Oppo dan Realme

Pada smartphone Oppo dan Realme, terdapat menu bernama Clone Apps atau App Clone untuk mengkloning WhatsApp, sehingga kamu bisa menggunakan dua akun WhatsApp pada satu smartphone saja.

Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP ini juga tidak sulit, kamu hanya perlu membuka menu Setting kemudian memilih opsi Clone Apps atau App Cloner, lalu kamu bisa memilih aplikasi apa yang ingin dibuat menjadi dua akun.

Vivo dan Asus

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Vivo

Pada smartphone Vivo, cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP adalah dnegan menggunakan fitur App Clone. Cara menggunakannya, kamu hanya perlu membuka menu Setting, kemudian memilih opsi App Clone (dan pilih WhatsApp).

Asus

Sedangkan pada smartphone Asus, fitur untuk menggandakan akun WhatsApp atau akun media sosial lainnya bernama Twin Apps. Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP ini hanya dengan membuka menu Setting, kemudian pilih opsi Twin Apps untuk menggandakan akun WhatsApp atau akun lainnya yang kamu inginkan.

Huawei dan Honor

Pada smartphone Huawei dan Honor, fitur untuk menggandakan akun WhatsApp bernama App Twin. Hampir sama dengan pada smartphone lainnya, kamu hanya perlu membuka Setting kemudian memilih opsi Twin App (kemudian pilih WhatsApp) untuk membuat dua akun WhatsApp di smartphone Huawei atau Honor.

Menerapkan cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP ini tidaklah sulit. Bahkan, hal ini tidak hanya berlaku pada aplikasi WhatsApp saja, kamu juga bisa menggandakan aplikasi lainnya, seperti Facebook, Twitter, Telegram, dan aplikasi media sosial lainnya.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP dengan Aplikasi

WhatsApp (Pixabay)
WhatsApp (Pixabay)

Parallel Space

Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP dengan aplikasi yang pertama adalah pakai Parallel Space. Aplikasi ini dapat digunakan jika kamu ingin menggandkan aplikasi apapun yang kamu inginkan. Bahkan, kamu bisa menggandakan aplikasi game dengan Parallel Space ini.

Menggunakan Parallel Space untuk kepentingan bisnis sangat membantu, karena aplikasi ini mampu menyembunyikan aplikasi rahasia dan menguncinya agar tidak ada orang yang dapat melihatnya. Pengguna Android bisa download aplikasi ini di Play Store.

Dual Space

Cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP dengan aplikasi selanjutnya bisa memakai Dual Space. Hanya dengan 5,8 MB saja, kamu dapat mengunduh aplikasi ini. Sama dengan Parallel Space, aplikasi ini juga bisa membantu dalam memisahkan aplikasi pribadi dengan bisnismu.

Itulah beberapa cara menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP dengan aplikasi. Masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menggandakan WhatsApp. Kamu tinggal memilih cara yang paling tepat dan paling mudah untuk diterapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions Nanti Malam: SCTV Siarkan Satu Pertandingan

Posted: 07 Aug 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua laga tersisa dari leg kedua 16 besar Liga Champions akan digelar nanti malam atau tepatnya Minggu (9/8/2020) dinihari WIB. Dua super big match akan memanjakan pecinta bola di seluruh dunia.

Bayern Munchen akan menjamu Chelsea di Allianz Arena. Sedangkan Barcelona kedatangan Napoli di Nou Camp.

Munchen sudah di atas angin lolos ke babak perempat final Liga Champions. FC Hollywood sudah unggul agregat 3-0 hasil menang di kandang Chelsea pada leg pertama.

Selain itu, Chelsea juga akan pincang. Cesar Azpilicueta dan Christian Pulisic tak bisa bermain akibat cedera.

Sementara itu Barcelona cuma butuh hasil imbang tanpa gol saja untuk mendapatkan tiket ke perempat final Liga Champions. Barca menahan Napoli 1-1 di leg pertama.

 

SCTV

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Dari dua laga Liga Champions nanti malam, salah satunya akan disiarkan langsung oleh SCTV yakni Barcelona kontra Napoli.

Sedangkan pertandingan Bayern Munchen melawan Chelsea bisa ditonton pecinta bola di Indonesia melalui live streaming di Vidio.

Jadwal Lengkap

Jadwal Liga Champions

02.00 WIB, Bayern Munchen vs Chelsea (Vidio)

02.00 WIB, Barcelona vs Napoli (live SCTV)

Hasil Liga Champions Semalam

Juventus 2-1 Lyon

Manchester City 2-1 Real Madrid

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Mengaku Baru Nembak Cewek, Namun Ditolak

Posted: 07 Aug 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komedian Sule betah menyandang status duda. Usai bercerai dengan almarhumah Lina, Sule belum juga menikah. 

Bahkan, Sule yang diketahui beberapa kali menjalin kedekatan dengan wanita namun belum juga menikah. Sule masih betah sendiri.

Meski begitu, Sule ternyata pernah menyatakan cintanya kepada seorang wanita baru-baru ini, tapi sayangnya ditolak. 

"Pernah nggak nembak cewek tapi ditolak? Ya pernah lah," ujar Sule, seperti dilansir dari channel Youtube Luna Maya (7/8/2020).

 

Punya Pacar

Sule. (Foto: Instagram @ferdinan_sule)
Sule. (Foto: Instagram @ferdinan_sule)

Ternyata ada alasan Sule ditolak oleh wanita tersebut. Saat ditanya lebih jauh oleh Luna, wanita yang diincar oleh Sule sudah punya kekasih. 

"Siapa? Ya disebutin juga nggak kenal," jawab Sule.

"Ada lah, nggak tahu ya dia nggak mau aja. Dia punya pacar," lanjutnya lagi.

 

Pertama Kali

Sule (Instagram/ferdinan_sule)
Sule (Instagram/ferdinan_sule)

Sule mengaku ia baru pertama kali ini ditolak oleh seorang wanita. Sebelumnya, ia tak pernah mengalami patah hati seperti ini.

 

 

 

Tak Pernah Ditolak

"Emang waktu deketin nggak tahu kalau dia punya pacar?" tanya Luna. 

"Tahu," jawab Sule polos.

"Kalau dulu mah belum pernah ditolak," pungkasnya.

Sumber: Kapanlagi.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking Langsung Ditahan Usai Jalani Pemeriksaan

Posted: 07 Aug 2020 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Djoko Tjandra, Anita Dewi Anggraeni Kolopaking atau Anita Kolopaking langsung ditahan di Bareskrim Polri usai menjalani pemeriksaan sejak Jumat 7 Agustus 2020.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mendalami seputar keterlibatan Anita terkait kasus Surat Jalan untuk Djoko Tjandra yang dibuat oleh Brigjen Pol Prasetijo Utomo.

"Pemeriksaan ADK (Anita Kolopaking) sampai jam 4 dini hari tadi, yang bersangkutan dicecar dengan pertanyaan," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, Jakarta, Sabtu (8/7/2020).

Setelah diambil Berita Acara Pemeriksaan (BAP), penyidik memutuskan langsung melakukan penahanan terhadap Anita Kolopaking. Penyidik terus mendalami kasus tersebut dan mencari kemungkinan terdapat tersangka lain.

"Pagi ini, 8 Agustus 2020 sampai dengan 20 hari ke depan yang bersangkutan ditahan di Rutan Bareskrim Polri," kata Awi.

 

Pasal Sangkaan

Sebelumnya, Anita Kolopaking terseret dalam kasus penerbitan surat jalan untuk kliennya Djoko Tjandra. Pada kasus ini, turut terlibat mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo. Baik Anita maupun Prasetijo telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

Anita Kolopaking disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP. Sementara Prasetijo disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 E KUHP, Pasal 426 ayat 1 KUHP, dan Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Anik susiawati mengatakan...

BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
whatsapp: +1 (347) 797-0786

Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

Nama: Anik susiawati
Bank: Bank Central Asia (BCA)
Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
Tanggal: 17 Agustus 2020
Surel. aniksusiawati0@gmail.com