Rabu, 12 Agustus 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Proyek Kereta Cepat Dituding Picu Banjir di Tol Purbaleunyi, Ini Penjelasan KCIC

Posted: 12 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) angkat bicara soal dugaan proyek kereta cepat yang menyebabkan banjir di tol Purbaleunyi KM 130 pada Rabu, 12 Agustus 2020 kemarin.

Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya menegaskan, peristiwa tersebut terjadi sebagai akibat curah hujan yang cukup deras, sehingga terjadi peningkatan volume air pada saat berlangsungnya pekerjaan relokasi tanggul penahan air pada kawasan tersebut.

Menindaklanjuti peristiwa tersebut, CREC selaku kontraktor proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung, segera melakukan langkah antisipasi untuk mengembalikan kondisi normal seperti membuat bukaan (shortcut) untuk mengurangi level air yang menggenang dan melakukan pemompaan sisa air yang terjebak di daerah cekungan di kawasan tersebut.

"Pada jam 20.30 (12/8/2020) kondisi genangan telah surut dan lalu lintas kendaraan sudah berjalan normal," jelas Mirza dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (13/8/2020).

Pihak Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung juga terus berkoordinasi dengan PT Jasamarga (Persero) Tbk dan Bina Marga untuk mengatasi genangan air tersebut.

KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pengguna jalan dan memastikan pihak kontraktor akan menyelesaikan proses pembangunan tanggul dalam pekan ini.

"KCIC dan Jasa Marga akan terus memantau dan memastikan metode kerja kontraktor sesuai dengan mengikuti standar yang berlaku," tandas Mirza.

Sebelumnya, Jasa Marga menyatakan, banjir ini diakibatkan proyek pembangunan kereta cepat di sisi jalan tol di sekitar Jalan Tol Purbaleunyi KM 130 yang sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap.

Menko Airlangga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berlanjut hingga Surabaya

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. (Dok PT KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. (Dok PT KCIC)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar megaproyek kereta api cepat Jakarta ke Bandung diintegrasikan atau diperpanjang ke Surabaya, Jawa Timur.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  usai rapat terbatas "Evaluasi Proyek Strategis Nasional untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak COVID-19" bersama Presiden Joko Widodo seperti melansir laman Antara di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

"Arahan Bapak Presiden kereta cepat ini dilanjutkan, artinya perencanaannya dari Jakarta - Bandung, Bandung - Surabaya sehingga tentu nanti akan ditindaklanjuti," jelas dia.

Rencana ekspansi untuk mengintegrasikan proyek konektivitas modern ini selanjutnya akan dikaji oleh Kementerian BUMN.

Airlangga mengatakan Presiden juga meminta agar proyek kereta cepat ini dilaksanakan dengan prinsip ekonomis. Konsorsium pelaksana proyek, kata dia, juga diusulkan agar ditambah dengan konsorsium dari Jepang.

"Proyek tidak hanya berhenti di Bandung tapi sampai Surabaya dan diusulkan agar konsorsium bisa ditambah dari konsorsium dari Jepang," ujarnya.

Menko Perekonomian belum dapat merinci berapa total nilai investasi yang dibutuhkan dari rencana integrasi ini. Kementerian BUMN akan melakukan kajian terlebih dahulu mengenai seluruh rute yang akan dilewati dan keseluruhan proyek setelah perluasan pembangunan ini.

"Oleh Menteri BUMN (Erick Thohir) akan dikaji, baik itu mengenai anggota konsorsium juga mengenai rutenya dan total proyeknya," kata mantan Menteri Perindustrian ini.

Saat ini proyek kereta cepat yang dalam tahap pelaksanaan adalah rute kereta cepat Jakarta - Bandung dengan kontraktor pelaksana PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC. Konsorsium ini terdiri dari PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan China Railway Corporation.

Kereta api berkecepatan tinggi ini ditargetkan dapat memangkas waktu tempuh Jakarta ke Bandung, dari sebelumnya sekitar tiga jam menjadi sekitar 40 menit dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Panjang rute yang dilewati adalah 142,3 kilometer.

 

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Memilih Jam Tangan Pria, Jangan Salah Pilih

Posted: 12 Aug 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih jam tangan pria mungkin terlihat sepele, tapi memilih jam tangan yang tepat bagi pria mampu meningkatan penampilan, lho. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih jam tangan bagi pria. Salah satu cara memilih jam tangan pria seperti dengan memahami karakter dari pribadi si pemakai.

Sebab, cara memilih jam tangan pria dengan melihat dari karakter diri bisa meningkatkan penampilan secara tidak langsung. Selain itu cara memilih jam tangan pria yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jenis dari tali jam yang digunakan. Tali jam tersebut akan memengaruhi kenyamanan jam ketika digunakan.

Maka dari itu, agar tidak melakukan cara memilih jam tangan pria yang salah, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai bagaimana cara memilih jam tangan pria yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari, Kamis (13/8/2020).

Cara Memilih Jam Tangan Pria yang Pertama

Ilustrasi jam tangan. (iStock)
Ilustrasi jam tangan. (iStock)

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Cara memilih jam tangan pria yang pertama dimulai dari hal yang paling dasar, yaitu dengan memahami kebutuhan penggunaan jam. Apabila Anda merupakan sosok pria yang gemar beraktivitas berat baik olahraga dan kegiatan outdoor, maka Anda bisa membeli jam dengan tipe sporty yang biasanya terbuat dari rubber dan tahan banting.

Beda halnya dengan Anda yang memang butuh jam sebagai aksesoris pelengkap ketika akan menghadiri acara khusus, tentunya tipe jam yang cocok adalah jam dengan tipe kasual.

2. Cermati Materialnya

Lalu, apabila sudah mengetahui apa kebutuhan penggunaan jam, maka selanjutnya Anda bisa mulai mencari jam di toko. Hal pertama ketika memilih jam di toko, yaitu cermati bahan atau material yang digunakan jam tersebut.

Hingga saat ini jenis jam dari rubber dan stainless steel masih laris di pasaran, sebab memiliki daya tahan bahan yang sangat baik. Tapi jangan lupa untuk memastikan jika jam tangan yang dibeli memiliki bahan yang padat dan berat, sehingga memberi kesan build quality baik.

Apabila memilih jam dengan bahan stainless steel, pastikan yang menggunakan jenis 316L. Jenis steel tersebut merupakan jenis stainless steel yang umum di pasaran. Akan tetapi pada beberapa jenis jam tangan mewah menggunakan steel yang lebih baik lagi yaitu stainless steel jenis 904L.

3. Pastikan Sesuai dengan Ukuran Pergelangan Tangan

Menyesuaikan lingkar jam tangan sesuai dengan pergelangan sangat penting, tentunya agar jam dapat fit dengan pergelangan dan tidak longgar atau justru terlalu kecil sehingga tidak nyaman dipakai.

Cara Memilih Jam Tangan Pria Selanjutnya

Salah satu jam tangan Swatch yang terinspirasi dari salah satu film James Bond. (dok. Swatch)
Salah satu jam tangan Swatch yang terinspirasi dari salah satu film James Bond. (dok. Swatch)

4. Sesuaikan Lebar Tali Jam

Apabila lingkar tali jam sudah sesuai dengan pergelangan tangan, maka selanjutnya sesuaikan juga lebar tali jam yang akan dipilih. Pastikan ukuran tali memiliki lebar yang sepadan dengan 'kepala' arloji, tentu agar terlihat lebih estetis.

5. Cermati Bahan Tali

Jika sudah menentukan lebar tali yang sesuai, pastikan juga bahan dari tali jam tepat untuk Anda gunakan. Maksudnya, karena ada banyak sekali bahan tali jam tangan, seperti kulit, rantai stainless steel, rubber, dan rantai titanium, Anda perlu memastikan jika tali jam tersebut mampu membuat Anda nyaman ketika menggunakan jam tersebut.

6. Tebal Jam Tangan

Tebal tipisnya sebuah jam akan memengaruhi bentuk dari tangan Anda. Pastikan ketebalan jam seimbang dan terlihat cocok dengan tangan Anda ketika digunakan.

Cara Memilih Jam Tangan Pria yang Tidak Kalah Penting

Cara Menghilangkan Embun pada Jam Tangan (Sumber: Pixabay)
Cara Menghilangkan Embun pada Jam Tangan (Sumber: Pixabay)

7. Sesuaikan dengan Kulit Tangan

Cara memilih jam tangan pria selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan warna kulit. Pastikan jika jam yang digunakan dapat menunjang warna kulit Anda. Selain itu, warna dari jam yang tepat bisa membantu Anda menonjolkan kecantikan jam yang Anda miliki.

8. Perhatikan Build Quality

Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab membeli jam bisa dianggap sebagai investasi yang cukup tepat bagi beberapa orang. Tentunya Anda tidak ingin membeli jam dengan harga yang selangit namun kualitas pembuatannya kurang baik. Anda bisa melakukan pengecekan mulai dari sela-sela sambungan rantai apabila ingin memilih jam dari bahan stainless steel.

jika Anda ingin membeli jam dari bahan rubber, maka coba cek kualitas dari rubber yang digunakan serta kerapian pembuatannya. Selain itu, kualitas dari kaca jam yang digunakan juga perlu diperhatikan, dan pastikan Anda mendapatkan jam dengan masa garansi resmi untuk menghindari kerugian di masa yang akan datang.

9. Perhatikan Jenis Mesin

Lalu, cara memilih jam tangan pria yang terakhir dengan memperhatikan jenis mesin yang digunakan. Ada tiga jenis mesin penggerak pada jam tangan, yaitu quartz, mekanik, dan otomatis.

Jenis mesin quartz didukung daya baterai di mana akan berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristalkuarsa. Quartz merupakan jenis mesin penggerak yang umum dipakai berbagai produk jam tangan saat ini. Jam dengan mesin quartz juga awet dan relatif lebih murah.

Sedangkan mesin mekanik berbeda dengan quartz, di mana pergerakan waktu pada mesin mekanik diukur dengan mekanisme semi-driven. Di dalam mesin penggerak ini terdapat per di dalamnya yang harus disinggungkan secara periodik supaya jam selalu bergerak. Jam dengan mesin mekanik merupakan jam yang sering dijadikan koleksi oleh para kolektor jam.

Terakhir mesin penggerak otomatis, yang memiliki cara kerja hampir sama dengan jenis mekanik karena sama-sama tidak menggunakan tenaga baterai. Jam dengan mesin penggerak otomatis memanfaatkan gerak dari tangan pengguna sebagai daya geraknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua PSHT Situbondo Meminta Maaf atas Kericuhan di Dua Desa

Posted: 12 Aug 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Situbondo Tulus Priatmadji menyampaikan permohonan maaf kepada Forkopimda dan seluruh masyarakat Situbondo, Jawa Timur terutama warga dua desa lokasi terjadinya aksi penganiayaan dan perusakan.

Permohonan maaf Ketua PSHT Situbondo disampaikan melalui rekaman video berdurasi satu menit 48 detik yang telah banyak beredar di layanan percakapan.

"Kami memohon maaf kepada Forkopimda, masyarakat Situbondo dan khususnya warga Desa Trebungan dan Desa Kayuputih, karena adik-adik kami telah membuat resah dan membuat kericuhan, yang dari oknum-oknum adik kami anggota PSHT," kata Tulus Priatmadji, seperti dikutip dari Antara, Kamis, (13/8/2020).

Dalam rekaman video video tersebut, Ketua PSHT Situbondo juga mengimbau kepada seluruh warga PSHT Situbondo dalam rangka menyambut 1 Muharram, yang biasanya PSHT Situbondo mengadakan tirakat dan berdoa bersama, tidak boleh kumpul-kumpul.

"Untuk tahun ini karena pandemi COVID-19, maka doa dilaksanakan di rumah masing-masing dan tidak boleh berkumpul," ujar dia.

45 Oknum Jadi Tersangka

Penyidik Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Situbondo untuk sementara telah menetapkan 45 orang oknum anggota perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sebagai tersangka kasus penganiayaan dan perusakan rumah warga dua desa yang berbatasan itu.

Sedikitnya 10 rumah dan 15 warung milik warga yang berada di sepanjang jalan raya Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran dan Desa Kayuputih, Kecamatan Panji, rusak parah.

Bahkan, sebuah kios bensin dibakar dan konter HP dirusak serta empat unit mobil di halaman rumah warga juga dirusak kelompok perguruan pencak silat tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 53 Tokoh Penerima Bintang Tanda Jasa dan Kehormatan dari Jokowi

Posted: 12 Aug 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda jasa dan tanda kehormatan kepada 53 tokoh yang dinilai berjasa luar biasa untuk Indonesia. Penganugerahan ini digelar di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Pemberian tanda jasa kehormatan ini merupakan hasil persetujuan dari Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Adapun tanda jasa Medali Kepeloporan dan tanda kehormatan tahun ini terdiri atas Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Penegak Demokrasi. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 51, 52, dan 53/TK/TH 2020 tanggal 22 Juni 2020 dan Nomor 79, 80, dan 81/TK/TH 2020 tanggal 12 Agustus 2020.

Berikut daftar lengkap penerima tanda jasa dan kehormatan:

Tanda Jasa Medali Kepeloporan dianugerahkan kepada dua penerima sebagai berikut:

1. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri (Presiden ke-5 RI)

2. Ahwil Lutan (Kepala Pelaksana Harian BKNN 1999-2001).

Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera yang dianugerahkan kepada sembilan penerima yang terdiri atas Bintang Mahaputera Utama dan Bintang Mahaputera Nararya.

Bintang Mahaputera Utama dianugerahkan kepada dua orang penerima, yakni:

1. Oesman Sapta Odang (Ketua DPD RI 2017-2019)

2. Muhammad Hatta Ali (Ketua Mahkamah Agung RI 2012-2017 dan 2017-2020).

Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada tujuh orang penerima sebagai berikut:

1. Mahyudin (Wakil Ketua MPR RI 2014-2019)

2. Fadli Zon (Wakil Ketua DPR RI 2014-2019)

3. Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR RI 2014-2019)

4. Agus Hermanto (Wakil Ketua DPR RI 2014-2019)

5. Suhardi Alius (Kepala BNPT 2016-2020)

6. Farouk Muhammad Saleh (Wakil Ketua DPD RI 2014-2019)

7. Rahmat Shah (Anggota DPD RI 2009-2014 dan Anggota MPR RI 1999-2004).

 

Bintang Jasa

Selanjutnya, tanda kehormatan Bintang Jasa dianugerahkan kepada total 41 orang penerima yang terdiri atas Bintang Jasa Utama, Bintang Jasa Pratama, dan Bintang Jasa Nararya.

Para penerima tanda kehormatan Bintang Jasa Utama ialah sejumlah sembilan orang sebagaimana berikut:

1. Bambang Soesatyo (Ketua DPR RI 2018-2019)

2. Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR RI 2018-2019)

3. Ahmad Muzani (Wakil Ketua MPR RI 2018-2019)

4. Utut Adianto Wahyuwidayat (Wakil Ketua DPR RI 2018-2019)

5. Abdurrahman Mohammad Fachir (Wakil Menteri Luar Negeri 2014-2019)

6. Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman RI 2016-2021)

7. Bima Haria Wibisana (Kepala BKN 2015 s.d. sekarang)

8. Teddy Lhaksmana Widya Kusuma (Wakil Kepala BIN 2017 s.d. sekarang)

9. Teguh Soedarsono (Wakil Ketua/Anggota LPSK 2008-2013 dan 2013-2018)

 

Sementara 10 penerima tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama ialah:

1. Slamet Soebjakto (Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI 2012 s.d. sekarang)

2. Almarhum Djoko Judodjoko (Dokter)

3. Almarhum Bambang Sutrisna (Dokter/Guru Besar)

4. Almarhumah Exsenveny Lalopua (Dokter)

5. Almarhum Bartholomeus Bayu Satrio Kukuh Wibowo (Dokter)

6. Almarhum Heru Sutantyo (Dokter)

7. Almarhum Wahyu Hidayat (Dokter)

8. Almarhum Setia Aribowo (Perawat)

9. Almarhumah Mursyida (Perawat)

10. Almarhumah Ns. Elok Widyaningsih (Perawat)

Bintang Jasa Nararya

Adapun penerima tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya terdiri atas 22 orang tenaga medis yang gugur saat menangani Covid-19. Mereka antara lain:

1. Almarhum dr. Hadio Ali Khazatsin. (Dokter)

2. Almarhum dr. Adi Mirsa Putra (Dokter)

3. Almarhumah drg. Umi Susana Widjaja (Dokter Gigi)

4. Almarhum drg. Gunawan Oentaryo (Dokter Gigi)

5. Almarhumah drg. Anna Herlina Ratnasari (Dokter Gigi)

6. Almarhumah drg. Amutavia Pancarsari Artsianti Putri (Dokter Gigi)

7. Almarhum drg. Yuniarto Budi Santosa (Dokter Gigi)

8. Almarhumah Ns. Ninuk Dwi Pusponingsih (Perawat)

9. Almarhum Sugiarto (Perawat)

10. Almarhumah Mulatsih Widji Astuti (Perawat)

11. Almarhum Adharul Anam (Perawat)

12. Almarhumah Nuria Kurniasih (Perawat)

13. Almarhumah Nur Putri Julianty (Perawat)

14. Muhammad Guntur Hamzah (Sekjen MK RI 2015 s.d. sekarang)

15. Bonny Anang Dwijanto (Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP 2017-2020)

16. Iswan Elmi (Deputi Bidang Investigasi BPKP 2014-2020)

17. Nurdin (Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP 2015-2020)

18. Freddy Harris (Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham 2017 s.d. sekarang)

19. Bambang Sarwono A. Rahim (Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Pegawai ASN Kemendes PDTT 2015 s.d. sekarang)

20. Hadi Prabowo (Rektor IPDN Kemendagri)

21. Saur Hutabarat (Ketua Dewan Redaksi Media Group)

22. Ririek Adriansyah (Dirut PT Telkom Indonesia).

Tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama

Jokowi juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama kepada Jimly Ashiddiqie (Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Masa Jabatan 2012-2017).

Pemberian tanda kehormatan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 yang mengatur kriteria pemberian tanda jasa dan tanda kehormatan.

Kriteria tersebut di antaranya adalah berjasa dan berprestasi luar biasa dalam merintis dan mengembangkan pendidikan, perekonomian, sosial, seni, budaya, agama, hukum, kesehatan, pertanian, kelautan, lingkungan, dan/atau bidang lain serta berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Jenazah Hangus Terbakar karena Handphone Meledak di Bawah Jok Motor, Benarkah?

Posted: 12 Aug 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim sebagai jenazah hangus korban ledakan karena handphone disimpan di bawah jok motor beredar di media sosial. Foto ini disebarkan akun Facebook As Phugell pada 12 Agustus 2020.

Dalam foto tersebut, tampak sejumlah orang tengah mengevakuasi jenazah korban yang hangus terbakar dan tergeletak di tengah jalan.

Akun Facebook As Phugell menyebut bahwa foto itu merupakan korban ledakan akibat handphone disimpan di dalam jok motor.

"Kejadian bebrpa menit yg lalu. Akibat menyimpan HP di dlm jok motr.. Posisi keadaan membawan bensin 1 jrigen," tulis akun Facebook As Phugell.

Konten foto yang diklaim sebagai jenazah hangus korban ledakan karena handphone yang disebarkan akun Facebook As Phugell telah 1.200 kali dibagikan dan mendapat 52 komentar warganet.

 

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai jenazah hangus korban ledakan karena handphone disimpan di bawah jok motor. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs pencari Google Reverse Image dan Yandex. Namun, tidak ditemukan adanya penjelasan mengenai foto tersebut.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "motor terbakar di kefa" ke situs berbagi video YouTube. Hasilnya terdapat gambar yang identik dari sebuah video yang diunggah Channel YouTube KOMPASTV. Video tersebut bertajuk "Pegawai Puskesmas di TTU Hangus Terbakar Akibat Lakalantas" yang diunggah pada 12 Agustus 2020.

Dalam video tersebut tampak sejumlah orang tengah mengevakuasi jenazah korban yang hangus terbakar dari tengah jalan. Video ini identik dengan gambar yang diunggah akun Facebook As Phugell.

"KUPANG, KOMPAS.TV - Degonsa Kolo, seorang staf Puskesmas Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara hangus terbakar saat mengalami kecelakaan maut di Desa Naiola, Kecamatan Noemuti, pagi tadi.

Informasi yang diperoleh, korban awalnya mengendarai sepeda motor dari arah Kota Kefamenanu menuju tempat tugasnya dengan memuat jerigen berisi BBM jenis peremium.

Saat di pertengahan perjalanan korban diserempet sebuah truk hingga terjatuh dan BBM yang diangkutnya tumpah mengenai kepala busi motor dan langsung terbakar.

Dalam video amatir yang beredar, korban terbakar bersama motornya hingga hangus. Pihak kepolisian dan warga sekitar yang sempat datang ke lokasi tidak bisa menyelamatkan korban karena kobaran api telah merambat keseluruh tubuh korban.

Korban kemudian dievakuasi ke rumah orang tuanya di Kecamatan Miomafo Timur.

Sejauh ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan terkait kasus lakalantas itu," tulis Channel YouTube KOMPASTV.

 

 

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai korban ledakan karena handphone disimpan di bawah jok motor ternyata tidak benar. Berdasarkan video dari Channel YouTube KOMPASTV, jenazah korban hangus terbakar disebabkan kobaran api dari BBM yang dibawa korban dengan sepeda motor. Sepeda motor korban diserempet truk hingga terjatuh dan BBM yang diangkutnya tumpah mengenai kepala busi motor dan langsung terbakar.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Neymar dan 3 Fakta Menarik PSG Lolos ke Semifinal Liga Champion

Posted: 12 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paris Saint Germain (PSG) harus menunggu hingga menit-menit akhir untuk memastikan tiket ke semifinal Liga Champions musim ini. Perlawanan ketat kuda hitam Atalanta, memaksa PSG bertarung habis-habisan hingga menit terakhir pada laga yang berlangsung di Stadion Da Luz, dini hari tadi.

Pada babak perempat final Liga Champions yang disiarkan langsung oleh SCTV dan live streaming Vidio tersebut, Atalanta justru unggul lebih dulu pada menit ke-26 lewat gol Pasalic. Skor ini sempat bertahan lama sampai akhirnya Marquinhos menyamakan kedudukan pada menit ke-90.

Gol Marquinhos tidak hanya memperpanjang napas PSG, tapi juga membangkitkan semangat Neymar Cs. Hasilnya, hanya berselang tiga menit, saat laga memasuki masa injury time, PSG mampu berbalik unggul lewat E Choupo-Moting. Skor 2-1 PSG bertahan hingga peluit panjang ditiup.

Kemenangan ini pun mengantar PSG ke semifinal Liga Champions 2019/2020. Les Parisiens kini tinggal menunggu lawan untuk memperebutkan tiket ke partai puncak kompetisi antarklub Benua Biru itu, yakni pemenang antara Bayern Munchen dan Barcelona. 

 

Peran Neymar

Pemain Paris Saint-Germain Neymar (kiri) bersama Kylian Mbappe merayakan gol rekan mereka Eric Maxim Choupo-Moting ke gawang Atalanta pada pertandingan perempat final Liga Champions di Luz Stadium, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020).Paris Saint-Germain menang 2-1. (David Ramos/Pool Photo via AP)
Pemain Paris Saint-Germain Neymar (kiri) bersama Kylian Mbappe merayakan gol rekan mereka Eric Maxim Choupo-Moting ke gawang Atalanta pada pertandingan perempat final Liga Champions di Luz Stadium, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020).Paris Saint-Germain menang 2-1. (David Ramos/Pool Photo via AP)

Kemenangan PSG tidak lepas dari penampilan gemilang Neymar. Penyerang asal Brasil itu bahkan dinobatkan sebagai man of the match.

Meski tidak mencetak gol pada pertandingan melawan Atalanta, kiprah Neymar terbilang krusial. Gol pertama PSG juga lahir berkat umpan dari mantan pemain Barcelona itu.

Statistik pertandingan mencatat, Neymar menunjukkan skill menggiring bola yang mumpuni. Seperti dilansir dari ESPN, Neymar setidaknya mencatat 16 take-ons melawan Atalanta sekaligus menyamai torehan Lionel Messi saat bertemu Manchester United, 2008 dan Javier Zanetti vs Dynamo Kyiv 2003 lalu.

Catatan ini sekaligus mempertegas status Neymar sebagai raja diribbling beberapa tahun terakhir. Sejak 2016-17, empat posisi teratas untuk urusan menggiring bola semuanya direbut Neymar, dengan rincian, 16 vs Atalanta, 2020; 15 vs Juventus, 2017; 13 vs Napoli, 2018; 13 vs Real Madrid, 2018.

Kemenangan PSG atas Atalanta juga menorehkan catatan menarik lainnya.

Apa saja, simak di halaman berikutnya.

 

Fakta Menarik Kemenangan PSG

Pemain Paris Saint-Germain Neymar merayakan bersama rekan setimnya Eric Maxim Choupo-Moting usai timnya menang pada pertandingan perempat final Liga Champions di Luz Stadium, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Paris Saint-Germain menang 2-1. (David Ramos/Pool Photo via AP)
Pemain Paris Saint-Germain Neymar merayakan bersama rekan setimnya Eric Maxim Choupo-Moting usai timnya menang pada pertandingan perempat final Liga Champions di Luz Stadium, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Paris Saint-Germain menang 2-1. (David Ramos/Pool Photo via AP)

1. Ini menjadi kali pertama PSG mengalahkan wakil Italia di Liga Champions Eropa. Sebelumnya, PSG mencatatkan empat hasil imbang dan dua kali kalah. PSG juga belum sekalipun menorehkan clean sheet saat bertemu tim-tim dari Negeri Pizza.

2. Ini menjadi kali kedua PSG lolos ke semifinal Liga Champions Eropa dan kesempatan itu kembali datang setelah 25 tahun dari semifinal terakhir. Sebelumnya, PSG lolos ke semifinal saat ditangani Luis Fernandez pada tahun 1994/95, di mana mereka akhirnya kalah agregat 0-3 dari AC Milan.

 

Selanjutnya...

3. Di luar pertandingan yang berlangsung hingga perpanjangan waktu, PSG merupakan tim keempat yang tertinggal hingga menit ke-90 tapi berhasil memenangkan pertandingan pada fase knock out Liga Champions.

Tiga tim lainnya, Manchester United vs. Bayern Munich di final 1999, Bayern Munich vs Chelsea di babak perempat final 2005, and Borussia Dortmund vs Malaga di babak perempat final 2013.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ritel Sebut Bansos Pemerintah Bantu Warga Lepas dari Kemiskinan

Posted: 12 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, mengapresiasi pemberian stimulus dari pemerintah yang berbentuk bantuan sosial (bansos) selama wabah pandemi Covid-19.

Selain mendongkrak daya beli masyarakat, ia menilai bantuan tersebut juga berperan membuat warga Indonesia lepas dari bayang-bayang kemiskinan selama masa krisis saat ini.

"Pemerintah telah memberikan banyak stimulus, karena bakal banyak kemiskinan jika pemerintah tidak memberikan bantuan sosial (bansos)," kata Roy dalam sesi teleconference, Kamis (13/8/2020).

"Jadi kita tahu situasi saat ini. Kita mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan banyak stimulus kepada kami," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Roy juga menyoroti para pelaku ritel tradisional yang wajib berinovasi untuk mempertahankan kegiatan usahanya. Salah satunya dengan cara memperbaiki pelayanan kepada customer dan tetap mengedepankan faktor kesehatan, seperti menyediakan spot delivery service di luar toko.

"Sebanyak 90 persen anggota Aprindo telah mengubah bisnisnya, termasuk omnichannel (model bisnis lintas channel), dan kita juga menyiapkan rencana untuk bangkit," terangnya.

Oleh karenanya, ia berkesimpulan, pelaku usaha dan pelanggan harus mau bersama-sama menjaga faktor kesehatan dan keamanan. Itu disebutnya menjadi kunci untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Kesehatan dan keamanan harus diimplementasikan dalam pola pikir kita. Ini penting, dan kedisiplinan pada semua level di lingkungan sosial kita. Ini penting untuk mencegah gelombang kedua pandemi ini," imbuh Roy.

 

Bansos Dipastikan Tersalur 100 Persen di Akhir 2020

Paket bansos terlihat di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Paket bansos terlihat di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin (BGS) menyatakan optimistis bisa menuntaskan sejumlah program bantuan sosial (bansos) di tengah pandemi Covid-19 hingga akhir 2020.

Keyakinan itu dilontarkannya lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menekan pemerintah untuk mempercepat penyaluran program bansos tersebut. Itu dimaksudkan agar ekonomi nasional bisa segera pulih pada kuartal ketiga tahun ini.

"Pak Presiden selalu berikan arahan secepat mungkin kita salurkan anggaran pemulihan ekonomi nasional agar secepat mungkin kita bisa gerakkan ekonomi nasional. Sehingga di kuartal III ini diharapkan ada percepatan dari perputaran ekonomi kita," kata BGS dalam sesi teleconference, Jumat (7/8/2020).

Saat ini, ia menyebutkan, pemerintah lebih fokus terhadap empat program bansos yang punya dampak lebih besar kepada masyarakat. Pertama yakni program keluarga harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga paling miskin atau sekitar 40 juta orang.

Dari Rp 37,4 triliun pagu anggaran yang dikeluarkan, bansos PKH hingga Agustus 2020 telah tersalurkan Rp 27 triliun, atau sekitar 72 persen.

"Berdasarkan pengamatan kami, karena program ini sudah berjalan lama, para pelaksana sudah tahu menjalankan seperti apa, penerima juga jelas, sifatnya tunai ke rakyat. Sehingga kami tidak melihat ada masalah apapun sampai akhir tahun kita bisa memenuhi mencapai pagu anggaran yang Rp 37,4 triliun," ungkap BGS.

Selanjutnya yakni program kartu sembako. Dengan pagu anggaran Rp 43,6 triliun, program tersebut hingga bulan ini telah terserap Rp 26 triliun atau hampir 60 persen. Adapun program kartu sembako targetnya diberikan untuk 20 juta keluarga termiskin atau sekitar 80 juta orang.

"Karena memang kembali lagi program ini sudah berjalan cukup lama, mekanismenya sudah jelas, dan kami cukup yakin bahwa sampai akhir tahun pagu anggaran ini bisa diserap semua," ucapnya.

Bansos Tunai

Pekerja memindahkan paket bansos di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pekerja memindahkan paket bansos di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Program ketiga adalah bansos tunai dan non-tunai khusus untuk daerah yang terkena Covid-19. Pagu anggarannya Rp 39,2 triliun, dan saat ini penyalurannya sudah Rp 19 triliun atau 49 persen. Target penerimanya yakni 10,9 juta keluarga termiskin, atau sekitar 40 juta rakyat di seluruh Indonesia.

"Sekali lagi karena program ini menggunakan mekanisme yang sudah ada, bekerja sama dengan Kemensos, kami cukup yakin sampai akhir tahun kita bisa menyerap seluruh pagu anggaran yang ada," ujar BGS.

Sebuah pengecualian diberikan kepada program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang menyasar 8 juta keluarga. Sebab, penyerapannya kini masih di bawah target, sekitar 27 persen (Rp 9 triliun) dari total pagu anggaran Rp 31,8 triliun.

"Tapi kami kembali lagi, kami memonitor bukan hanya yang penyerapannya baik, tapi juga penyerapan masih belum sesuai target itu yang sedang kami kejar," tegas BGS. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cokelat Band Perkenalkan Vokalis Baru Sekaligus Single Anak Garuda

Posted: 12 Aug 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, grup band Cokelat turun gunung. Cokelat kembali ke persaingan industri Tanah Air dengan personil baru. Terhitung mulai 12 Agustus 2020, formasi terbaik Band Cokelat yang kini diperkuat Edwin Marshal (gitar), Ronny Febry (bass), Ernest Fardiyan Syarif (gitar), Axel Andaviar (drum) bersama vokalis Aiu Ratna.  

Cokelat pun merilis single terbarunya, "Anak Garuda" versi baru secara independen (tanpa label), yang sudah bisa didengarkan di berbagai platform jasa dengar musik secara digital (streaming).

Bagi Cokelat, single barunya ini merupakan anthem, yang dirilis sebagai ungkapan rasa salut terhadap semangat orang-orang Indonesia yang pantang menyerah di kala pandemi.

Lihat saja berbagai contoh sederhana di sekeliling kita. Kejadian sehari-hari. Ketika penyebaran covid-19 terus berlangsung, banyak pihak saling menyemangati dan mencari jalan keluar. Di saat harga masker kesehatan meninggi, orang-orang Indonesia berinisiatif memproduksi sendiri, meramu hand sanitizer sendiri, dan bahkan tidak sedikit yang tergerak membagi-bagikannya secara gratis. 

Sementara di sisi lain, di saat banyak perusahaan ritel raksasa yang goyah, justru banyak juga usaha kecil dan menengah (UKM) yang tetap berjalan. Kehadiran mereka sangat membantu menyokong perekonomian negara kita.

"Terlihat bahwa orang Indonesia itu pantang menyerah, dalam keadaan apa pun bisa tetap kuat, bisa survive. Di era pandemi ini terlihat sekali orang-orang Indonesia punya kekuatan untuk menjadi pemenang. Orang Indonesia selalu punya cara untuk mengatasi masalahnya. Akhirnya kami berinisiatif merilis anthem 'Anak Garuda' ini. 'Anak Garuda' adalah simbol spirit seluruh manusia Indonesia, adalah jati diri kita yang benar-benar pantang menyerah. Seperti yang ada di liriknya, '… kami bukan pecundang, Merah Putih tetap di dada kita .…" Itu menunjukkan bahwa lagu ini sangat mewakili orang Indonesia yang bisa survive di era pandemi seperti sekarang," ujar sang basis, Ronny Febry Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/8/2020).

 

Pengalaman Pertama

Band Cokelat
Band Cokelat

Sementara itu, Aiu Ratna mengaku pengalaman pertamanya rekaman bersama Cokelat ini sebagai pengalaman yang seru. Karakter lagunya yang sangat memicu semangat membuat dirinya terbawa dan bisa mengeksekusi lini vokalnya secara maksimal. Walaupun ia mengakui, selama ini belum pernah menyanyikan lagu yang berkarakter enerjik seperti itu.  

"Yang aku rasakan saat rekaman lagu 'Anak Garuda', selama ini aku belum pernah menyanyikan lagu yang butuh semangat menggebu-gebu. Biasanya kan kebanyakan yang sedih atau yang 'marah'. Waktu menyanyikannya aku juga harus menyemangati diri sendiri, mengeluarkan suara yang lantang, dan sebenarnya itu bukan hal mudah buat aku. Sebenarnya, aku tuh tadinya kesulitan menyanyikan lagu yang bersemangat karena aku merasa (karakter) suaraku nggak lantang, mungkin karena selama ini belum pernah menyanyikan lagu-lagu seperti itu," ujarnya.

 

Lagu

Cokelat Band. (instagram.com/cokelat_band)
Cokelat Band. (instagram.com/cokelat_band)

Lagu "Anak Garuda" sendiri diciptakan oleh Julianto Eka Putra, pendiri Yayasan Selamat Pagi Indonesia (YSPI) yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Pada akhir 2019 lalu sempat direkam oleh Cokelat untuk kebutuhan theme song film layar lebar berjudul sama, "Anak Garuda", produksi Butterfly Pictures. Nah di versi terbaru ini, terdapat penyesuaian aransemen serta sound yang lebih menonjolkan karakter Cokelat yang sesungguhnya.  

"Lagu ini berkarakter rock alternatif, menyajikan aransemen yang variatif, memperdengarkan berbagai bentuk bagan per bagan lagu khas ala COKELAT. Sebuah lagu energik bertema nasionalisme. Khusus untuk gitar, sound, fills dan riff sangat mewarnai lagu ini. Bagian solo gitar diisi dengan hal yang berbeda. Kesatuan musik dan vokal lagu ini bertujuan untuk membuatnya menjadi dinamis, agar pendengar bisa tumbuh rasa semangat dan bangga terhadap Indonesia," papar Edwin Marshal Sjarif.

 

Vokalis Baru

Keterlibatan Aiu Ratna sendiri di lagu "Anak Garuda" ini bisa dikatakan sebagai teaser, sebuah jembatan menuju karya-karya lagu terbaru Cokelat yang saat ini sudah mulai digodok. Rencananya, tahun ini juga para Bintang Cokelat - sebutan untuk para penggemar Cokelat - bakal mendengarkan lagu terbarunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curahan Hati Oscar Lawalata kepada Ibunda Saat SMP: Kenapa Saya Berbeda?

Posted: 12 Aug 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Oscar Lawalata kini menjadi sorotan publik setelah muncul pengakuan bahwa kini ia telah memilih identitas gender sebagai wanita. Hal ini diungkapkan sang ibu, Reggy Lawalata, dalam video YouTube bertajuk "UNTOLD STORY REGGY LAWALATA - Anakku Feminin" yang diunggah di kanal The Lawalatas awal Agustus 2020.

Dalam video tersebut, sempat dimuat pertanyaan, apa pilihan gender Oscar Lawalata. "Wanita. Firm!" Reggy Lawalata menjawab tegas.

Wanita 60 tahun ini mengaku ia bisa ikhlas memberikan dukungan sepenuhnya untuk Oscar Lawalata sejak 5-6 tahun lalu.

"Kami, saya dan Oscar berbicara dari hati ke hati. Dan saya harus menentukan. Pemilihan Oscar apa pun itu, saya support karena bagaimanapun kamu adalah anak saya," tuturnya.

Pernah Perang Dingin

Oscar, Mario, dan Reggy Lawalata (Instagram/ oscarlawalata)
Oscar, Mario, dan Reggy Lawalata (Instagram/ oscarlawalata)

Meski kini telah menerima dengan sepenuh hati, Reggy Lawalata menyebut bukan hal mudah untuk sampai ke titik ini.

"Saya pernah perang dingin. Malah pernah kita tangis-tangisan waktu dia SMP," tutur Reggy.

Kenapa Saya Berbeda?

Oscar, Mario, dan Reggy Lawalata (Instagram/ lawalata13)
Oscar, Mario, dan Reggy Lawalata (Instagram/ lawalata13)

Pada saat itu, Oscar Lawalata mencurahkan isi hati dan kebingungannya. Hal ini ternyata membuat Reggy Lawalata merasa sangat sedih.

"Karena dia nangis sama saya dan dia bilang begini, 'Saya juga enggak tahu, saya dikasih sayang sama, makan sama, tinggal sama, semua sama. Tapi kenapa saya berbeda?' Itu tuh yang pukulan buat saya, dari situ saya cari ini anak apa," tutur Reggy Lawalata.

Selalu Mendampingi

Reggy menyebut omongan pedas dan pandangan sinis memang kerap dilayangkan kepada keluarganya karena hal ini. Ia mengakui dengan jujur hal ini membuatnya sakit hati.

"Kalau ditanya ya, saya galau, bagaimana orang ngomongin, bagaimana mata orang kalau kita ke restoran, itu sakit. Saya aja sakit. Makanya saya selalu mendampingi, karena saya tahu bagaimana dia," tuturnya.

 

Tak Mau Melayani

Namun, ia tak mau meladeni omongan negatif yang diterimanya. Reggy pernah bertanya kepada Oscar apa perasaannya menerima perlakuan negatif dari sekelilingnya.

"'Biarin aja orang-orang itu. Buat apa juga dilayanin, mereka kan enggak tahu'," kata Reggy menirukan omongan anaknya ini.

Ia menambahkan, "Saya enggak mau nerusin lagi, saya enggak terusin lagi pertanyaan itu. Tapi saya tahu sedih, sakitnya dia."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Klaim Punya Vaksin COVID-19 Pertama di Dunia, Haruskah Indonesia Kerja Sama?

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi yang belum terlihat akan mereda, Rusia secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah menemukan vaksin COVID-19 pertama di dunia dan akan menggunakannya secara luas.

Namun, vaksin COVID-19 buatan Rusia ini mendapatkan banyak kritik karena minimnya data terkait uji klinis yang mereka lakukan serta waktu pengembangan yang bahkan kurang dari satu tahun.

Hal ini menimbulkan keraguan banyak pihak soal efektivitas dan keamanan dari vaksin bernama "Gam-COVID-Vac" atau lebih terkenal dengan sebutan Sputnik V ini. Apalagi, pejabat Rusia menyatakan bahwa mereka akan digunakan ke masyarakat luas dalam waktu dekat.

Meski masih banyak diragukan, beberapa negara menyatakan ketertarikannya untuk berpartisipasi dalam uji coba lanjutan vaksin virus corona ini. Dua di antaranya adalah Filipina dan Irak. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Kepada Health Liputan6.com, vaksinolog dan dokter spesialis penyakit dalam Dirga Sakti Rambe mengatakan, bukan hal yang tepat apabila Indonesia atau negara lain mau bekerja sama dengan Rusia untuk mendatangkan atau memproduksi vaksinnya.

"Menurut saya tidak tepat. Karena data-data penelitiannya tidak ada, sangat minim, bahkan belum memenuhi syarat untuk menyelesaikan uji klinis fase tiganya," kata Dirga, Rabu (12/8/2020) malam.

Harus Berhati-hati

Vaksin pencegah infeksi Virus Corona yang dikembangkan Pusat Penelitian Federal Gamaleya di Moskow, Rusia. (Xinhua/RDIF)
Vaksin pencegah infeksi Virus Corona yang dikembangkan Pusat Penelitian Federal Gamaleya di Moskow, Rusia. (Xinhua/RDIF)

Dirga mengatakan, tak lazim suatu vaksin digunakan secara luas tanpa melewati ketiga fase uji klinis. Selain itu menurutnya, biasanya suatu penelitian vaksin dilaporkan dalam sebuah publikasi yang bisa diakses banyak orang.

Ia menjelaskan, laporan yang baru terdaftar di kepustakaan pun hanya uji klinis fase satu atau baru dicoba ke puluhan orang.

"Tentu saja ini tidak cukup. Tidak lazim suatu vaksin yang baru fase satu habis itu mau dikasih ke masyarakat luas, sekalipun untuk negaranya sendiri," ujar vaksinolog lulusan University of Siena, Italia ini.

"Bahwa di Rusia mereka mau menggunakan untuk negaranya sendiri ya silahkan. Itu urusan internal dalam negeri, kita tidak bisa ikut campur,"

Namun, terkait dengan kerja sama, Dirga menyarankan agar Indonesia tidak melakukan kerja sama terkait vaksin COVID-19 dari Rusia tersebut.

"Sebagai perbandingan, vaksin Sinovac yang sekarang diuji coba di Bandung ini, oleh Unpad, itu fase satu dan fase duanya sudah selesai di China. Hasilnya ada, jurnalnya ada, makanya sekarang dicoba di sini," ujarnya.

"Itulah tahapan-tahapan yang lazim dan benar. Oleh karena itu kita mesti berhati-hati sekali," pungkasnya.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pisah Rumah, Ini 5 Fakta Rumah Tangga Rizki D'Academy dan Nadya Mustika

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan pengantin baru, Rizki D'Academy dan Nadya Mustika masih hangat jadi perbincangan publik. Belum genap satu bulan menikah, pasangan muda itu dikabarkan kurang harmonis. Isu tersebut beredar setelah Nadya Mustika membuat status galau di Instagram pribadinya.

"Kamu bujan milikku, aku paham benar soal itu. Maka aku memintamu bukan darimu, tapi dari tuhan yang menciptakanmu. Dari tuhan yang menciptakan wujudmu. Dari tuhan yg memperbaiki sikapmu," tulis Nadya, Sabtu (8/8/2020).

Sontak status yang diupdate oleh istri penyanyi jebolan ajang pencarian bakat D'Academy itu menjadi sorotan. Terlebih, Rizki D'Academy juga ikut membuat unggahan galau di media sosialnya. Dengan sebuah foto mengenakan kupluk dan filter mata berwarna abu-abu, kembaran Ridho D'Academy ini menuliskan caption galau.

Berkat unggahan tersebut, tak sedikit warganet yang menduga bahwa rumah tangga pasangan yang menikah pada 17 Juli itu mengalami keretakan. Berikut beberapa fakta mengenai rumah tangga Rizki D'Academy dan Nadya Mustika dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/8/2020).

1. Rizki D'Academy dan Nadya Mustika sama-sama unggah kalimat galau

Belum lama ini, Nadya menuliskan postingan yang mengisyaratkan kegalauan di Instagram Story. Postingan inipun memantik tanda tanya hingga memunculkan dugaan miring terkait rumah tangganya. Nadya membagikan unggahan berupa tulisan dengan kalimat mendalam, pada Sabtu, 8 Agustus 2020 yang diduga ditujukan untuk sang suami.

Meski belum tahu apa maksud dari unggahan Nadya, warganet tampak ramai memperbicangkannya di media sosial. Mereka menduga curhatan Nadya ini menyinggung sosok wanita yang pernah dekat dengan Rizki D'Academy, yakni Lesty Kejora.

Tak berdiam diri, pemilik nama lengkap Rizki Syafaruddin ini turut mengunggah kata-kata galau di Instagramnya. Berbeda dengan Nadya, Rizki mencurahkan isi hatinya lewat sebuah foto selfie yang diberi caption mendalam.

"Berserah diri kepada Allah SWT. Langkah, Pertemuan, Rezeki, Jodoh, Hidup & Mati di tangan Allah," tulis Rizki, Senin (10/8/2020).

2. Pisah rumah

Rizki D'Academy dan Nadya Mustika (Sumber: Instagram.com/liana_k2rl)
Rizki D'Academy dan Nadya Mustika (Sumber: Instagram.com/liana_k2rl)

Bukan hanya unggahan galau yang menyedot perhatian warganet, ternyata Rizki dan Nadya dikabarkan pisah rumah. Masih diselimuti rasa bahagia, Rizki harus rela berpisah untuk sementara waktu dengan sang istri. Bukan tanpa alasan, keduanya berpisah karena memang memiliki kesibukan masing-masing.

"Karena memiliki aktivitas masing-masing juga dan lagi nyusun skripsi dan praktik juga di Bandung, jadi Iki tinggalnya di Jakarta dan punya aktivitas Alhamdulillah padat juga paling kelarin dulu itu juga tidak mau membatasi karena itu karier dia. Kita juga kuliah," kata Rizki D'Academy saat diwawancara di salah satu acara televisi swasta.

3. Rizki mengakui sempat ribut dengan istrinya

Rizki D'Academy dan Nadya Mustika (Sumber: Instagram @da2_rizki123)
Rizki D'Academy dan Nadya Mustika (Sumber: Instagram @da2_rizki123)

Pedangdut kelahiran 3 Februari 1997 ini juga telah mengakui bahwa belakangan ini sempat bertengkar dengan sang istri. Hal itu ia ungkapkan saat menjadi bintang tamu di channel YouTube Melaney Ricardo, Selasa (11/8/2020).

"Iya (bertengkar), sedangkan kita aja satu rahim (Rizki Ridho) sering ketemu hampir 24 tahun sering berantem. Apalagi yang sudah menikah suami istri, pastilah berantem," ujar Rizki.

4. Hubungannya sudah membaik

Rizki D'Academy dan Nadya Mustika Rahayu (Sumber: Instagram/da2_rizki123)
Rizki D'Academy dan Nadya Mustika Rahayu (Sumber: Instagram/da2_rizki123)

Rizki juga memahami sang istri yang menulisakan curahan hatinya di media sosial. Menurutnya, Nadya Mustia masih terbiasa curhat di Instagram, termasuk urusan rumah tangga. "Menurut Iki karena faktor kebiasaan juga, Iki juga belum mengenal karakter istri juga. Mungkin apa-apa curhat di situ, mungkin ya kebiasaan dulu," kata pedangdut kembar ini.

Tak mau kejadian seperti ini diulang, ia pun menasehati sang istri secara baik-baik untuk tak mengulanginya lagi. Kini ia juga menjelaskan bahwa hubungannya dan Nadya sudah membaik. "Udah udah baik baik aja sih," imbuhnya.

5. Sempat ditegur karena umbar kemesraan

Rizki D'Academy dan Nadya Mustika (Sumber: YouTube/Isda Family)
Rizki D'Academy dan Nadya Mustika (Sumber: YouTube/Isda Family)

Tidak hanya unggahan galau, Rizki dan Nadya beberapa waktu lalu disorot karena terlalu sering mengumbar kemesraan. Bahkan ia sempat mendapatkan teguran dari Iis Dahlia karena dianggap terlalu over pamer kemesraan. Namun, tidak hanya Iis Dahlia, keluarga besar juga menegur Rizki dan Nadya karena mengumbar kemesraan mereka di media sosial.

"Terlalu over juga dan itu juga kadang kita tidak merasa itu, tetapi orang melihatnya terlalu over dan kita menerima juga teguran-teguran seperti itu, karena orang yang menilai kita, bukan kita sendiri yang menilai diri kita. Mungkin mereka enggak enak melihat kita, itu masukan bagus," kata Rizki.

"Baik juga yang negor itu bukan hanya Mamah Iis orang-orang sekitar Iki dan keluarga juga ngomong seperti itu juga. Jangan terlalu diumbar banget kemesraan itu," Rizki menambahkan.

Sejak mendapatkan teguran dari Iis Dahlia dan keluarga, pasangan ini akhirnya jarang membagikan momentum romantis sebagai pengantin baru. Rizki dan Nadya memutuskan mengurangi kemesraan di media sosial. Apalagi mereka juga mendapatkan pesan dari Ridho untuk tidak sering mengumbar kemesraan di depan publik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Properti Masih Tumbuh di Tengah Pandemi

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 meruntuhkan ekonomi Indonesia. Terbukti, pada kuartal II 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32 persen. Pelemahan terjadi hampir di semua sektor termasuk properti

Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch (IPW) Ali Tranghanda menjelaskan, industri properti terdampak pandemi Corona. Namun tak semua lini bisnis di industri ini melemah. Ada beberapa lini yang masih bisa bertahan.

Ia pun menjelaskan, pasar properti di Jabodebek-Banten naik hampir dua kali lipat selama pandemi. Hal ini tentu saja menjadi gambaran bahwa daya beli di Indonesia masih cukup tinggi.

Segmentasi harga untuk unit yang terjual di bawah Rp 300 juta dan Rp 1 miliar. Namun segmen menengah menengah atas tidak mengalami peningkatan. "Pemilihan cara pembayaran konsumen juga berubah menjadi tunai dibanding Kredit Pemilikan Rumah (KPR)," jelas dia saat media gathering virtual bersama Agung Podomoro Land, seperti ditulis, Kamis (13/8/2020).

Proses transaksi properti pun akan mengarah ke digital tidak bertatap muka langsung. Mulai dari pemesanan unit, pembayaran, sampai proses jual beli yang menghadirkan notaris secara daring.

"Memang, industri properti pada saat new normal harus melakukan adaptasi dan antisipasi, karena sulit untuk diprediksi secara pasti apa yang akan terjadi nantinya," tambah dia.

Kondisi properti pada saat era baru ini tentu saja mengalmi perubahan lebih kepada membuat konsumen lebih diuntungkan. Pasar properti saat ini lebih realistis, lebih reasonable, dan lebih affordable.

Yang dilihat oleh konsumen pada saat ini lebih ke track record, komitmen, diversifikasi dan strategi pemasaran. "Pada kondisi pandemi seperti ini, properti itu satu-satunya yang bisa menyelamatkan dan melindungi keluarga," ungkap Ali.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Kota Podomoro Tenjo

Pengunjung mengamati miniatur rumah pada pameran properti Mandiri Fiesta Expo di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Pameran ini menawarkan promo khusus untuk nasabah Mandiri Group dan nasabah Sinar Mas Land yaitu suku bunga KPR mulai dari 4,5 persen fixed satu tahun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung mengamati miniatur rumah pada pameran properti Mandiri Fiesta Expo di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Pameran ini menawarkan promo khusus untuk nasabah Mandiri Group dan nasabah Sinar Mas Land yaitu suku bunga KPR mulai dari 4,5 persen fixed satu tahun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Agung Podomoro Land Tbk (APL), tengah mengembangan proyek properti di 12 daerah untuk memenuhi berbagai segmen pasar di Indonesia yang tersebar di kota-kota besar seperti Medan, Batam, Balikpapan, Samarinda, Karawang, Bandung, Bogor dan Cimanggis.

Satu satu proyek tersebut adalah pengembangan kota mandiri dan satelit baru yaitu Kota Podomoro di Tenjo kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan luas lahan sebesar 650 hektare. Cluster pertama yang akan dibangun adalah Cluster Angsana dengan harga Rp 500 jutaan, dan cluster kedua yang dibangun adalah Cluster Kalamenta dengan harga Rp 200 jutaan.

Bagi masyarakat yang bekerja di Jakarta jangan khawatir karena Kota Podomoro Tenjo memiliki akses melalui KRL yang melewati Jakarta – Rangkas Bitung dan memakan waktu tempuh dari Tenjo ke Jakarta selama 40 menit. Terdapat juga tol Serpong – Balaraja yang melewati proyek Tenjo dan berjerak 3 km dari pintu tol Jambe.

"Harapan Agung Podomoro Land kedepan bisa membantu menggerakkan perekonomian, membantu memberikan kontribusi PDB, sehingga bisa menginspirasi para stakeholders yang lain, menjadi motor penggerak dan juga katalisator untuk industri properti agar bisa bangkit lagi secara nasional, " kata Agung Wirajaya, Marketing Director Agung Podomoro Griup.

Kota Podomoro Tenjo akan diklaim sebagai the next Serpong, karena Serpong sendiri penduduknya sudah padat melebihi Jakarta. Menariknya dari rumah yang akan dibangun di Kota Podomoro Tenjo adalah memiliki sirkulasi udara yang bagus, memiliki banyak kaca, antara rumah tidak saling berdempetan karena dikelilingi taman. Kota Podomoro Tenjo memiliki konsep green belt dimana terdapat area hijau dari utara ke selatan untuk bermain dengan keluarga, danau dan juga club house.

Reporter: Tasya Stevany

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prakiraan Susunan Pemain RB Leipzig Vs Atletico Madrid di Perempat Final Liga Champions Live SCTV

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon - RB Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid di perempat final Liga Champions. Laga yang digelar di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020) dini hari WIB, ini akan disiarkan langsung SCTV dan live streaming Vidio.com.

Duel perebutan tiket semifinal Liga Champions ini spesial karena ibarat hidup mati bagi semua tim. Sayangnya, RB Leipzig kehilangan mesin golnya, yakni Timo Werner yang mencetak 34 gol di seluruh kompetisi musim ini, jelang menghadapi Atletico Madrid.

Timo Werner memilih cepat bergabung dengan Chelsea ketimbang bertahan lebih lama dengan wakil Bundesliga itu di Liga Champions. Striker berusia 24 tahun tersebut hijrah ke Stamford Bridge dengan mahar 7,5 juta pounds atau sekitar Rp 825 miliar.

Tanpa Werner, Leipzig bakal kesulitan membongkar pertahanan Atletico Madrid. Karena, pertahanan wakil Spanyol itu adalah salah satu yang terkuat di Eropa.

Meski begitu, pelatih Leipzig Julian Nagelsmann tidak ingin terlalu memusingkan kehilangan Werner. "Kami sudah berbicara banyak tentang (kehilangan Werner). Kami tahu kami tidak memiliki Werner, tapi kami memiliki pemain lain yang kuat dalam menyerang," kata Nagelsmann mengutip dari laman resmi UEFA.

 

 

Atletico Waspadai Serangan Leipzig

Prediksi Prediksi RB Leipzig Vs Atletico Madrid (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi Prediksi RB Leipzig Vs Atletico Madrid (Trie Yas/Liputan6.com)

Meski Leipzig tanpa Timo Werner, pelatih Atletico Madrid Diego Simeone enggan meremehkan sang lawan. Juru taktik asal Argentina itu justru memuji transisi menyerang Leipzig.

"Ini pertandingan besar melawan tim dan pelatih yang fantastis," kata Simeone dalam konferensi pers sebelum pertandingan seperti dikutip Ronaldo.com.

"Mereka mengubah posisi secara konstan dan mereka banyak menyerang. Jumlah mereka menunjukkan kemampuan mereka, jadi kami sangat menghormati mereka."

Simeone juga mengecilkan kemenangan Atletico atas juara bertahan Liverpool. "Saya tidak berpikir kemenangan atas Liverpool bisa menjadi titik acuan karena antusiasme yang memudar dari waktu ke waktu," ujar pelatih berjuluk El Cholo.

 

 

Prakiraan susunan pemain

Prediksi RB Leipzig Vs Atletico Madrid (Trie Yas/Liputan6.com)
Prediksi RB Leipzig Vs Atletico Madrid (Trie Yas/Liputan6.com)

RB Leipzig (3-4-1-2): Gulacsi; Klostermann, Upamecano, Halstenberg; Mukiele, Kampl, Laimer, Angelino; Forsberg, Sabitzer; Poulsen.

Pelatih: Julian Nagelsmann.

Info skuat: Konate (cedera), Halstenberg (meragukan)

Atletico Madrid (4-4-1-1): Oblak; Arias, Gimenez, Savic, Lodi; Llorente, Koke, Saul, Carrasco; Joao Felix; Costa.

Pelatih: Diego Simeone.

Info skuat: Vrsaljko (cedera), Correa (sakit), Partey (meragukan)

 

Jadwal perempat final Liga Champions

Infografis Perempat Final Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perempat Final Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Liga Champiosn di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 33 Kabupaten/Kota Berstatus Zona Merah Covid-19

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis peta zonasi risiko Covid-19 untuk kabupaten atau kota di Indonesia. Data tersebut menunjukkan, ada 33 kabupaten kota berstatus zona merah atau berisiko tinggi terhadap Covid-19 per 9 Agustus 2020.

Ke-33 kabupaten/kota itu adalah Kota Banda Aceh. Kemudian Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Gorontalo Utara, Gorontalo, Bondowoso, Kota Mojokerto, Sidoarjo, Blitar, Barito Kuala, Kota Banjarmasin, Kotabaru dan Tanah Laut.

Kemudian, Hulu Sungai Tengah, Kota Banjarbaru, Barito Selatan, Kota Balikpapan, Kota Tual, Kota Ambon, Kota Tidore Kepulauan, Sinjai dan Kota Kendari. Kota Bau Bau, Kota Bitung, Kota Palembang, Muara Enim, Kota Medan, Deli Serdang, Kota Binjai, Tapanuli Tengah dan Langkat.

Data ini dikutip dari covid19.go.id pada Kamis (13/8/2020). Sementara itu, ada 222 kabupaten atau kota bertatus zona oranye atau berisiko sedang terhadap Covid-19.

Zona Oranye

Yakni, Bireuen, Nangan Raya, Kota Sabang, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Kota Lhokseumawe, Simeuleu, Aceh Timur, Aceh Barat, Karangasem, Kota Denpasar, Tabanan dan Badung. Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Klungkung, Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Seluma, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu dan Sleman.

Selanjutnya, Kulon Progo, Kota Yogyakarta, Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Boalemo, Bone Bolango, Kota Gorontalo, Pahuwato, Bogor, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Bogor, Bandung Barat dan Bandung. Majalengka, Kuningan, Kota Sukabumi, Sumedang, Kota Cimahi, Cirebon, Kota Depok, Bekasi, Kota Cirebon, Purworejo, Semarang, Kota Surakarta dan Kudus.

Lalu Magelang, Pati, Demak, Grobogan, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Klaten, Batang, Kendal, Kota Magelang, Rembang, Sukoharjo, Jepara, Banyuwangi, Bojonegoro, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Kota Batu dan Kota Madiun. Kota Malang, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Surabaya, Lamongan, Lumajang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Ponorogo, Tuban, Bangkalan, Nganjuk, Ngawi, Pamekasan dan Kota Blitar.

Kemudian Kota Kediri, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, Tabalong, Balangan, Banjar, Hulu Sungai Utara, Kapuas, Barito Utara, Pulang Pisau, Seruyan, Gunung Mas, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Murung Raya, Kota Palangkaraya, Kotai Kertanegara, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, Paser, Kutai Barat, Kutai Timur, Kota Samarinda, Bulungan, Kota Batam, Kota Tanjungpinang dan Maluku Tenggara.

Maluku Tengah, Kota Ternate, Pulau Morotai, Halmahera Timur, Kepulauan Sula, Halmahera Tengah, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Kota Mataram dan Bima. Kota Bima, Dompu, Sumbawa, Mamberamo Tengah, Jayapura, Mimika, Kota Jayapura, Merauke, Nabire, Lanny Jaya, Kota Sorong, Sorong, Manokwari dan Kota Pekanbaru.

Kemudian, kabupaten/kota yang berstatus oranye lainnya adalah Rokan Hilir, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Polewali Mandar, Majene, Mamuju Tengah, Mamuju, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Wajo, Soppeng, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Makassar, Maros, Kota Pare-pare, Sidenreng Rappang, Kota Palopo dan Tana Toraja. Pangkajene dan Kepulauan, Muna Barat, Kolaka Utara, Konawe Selatan, Wakatobi, Buton, Buton Selatan, Kepulauan Sangihe, Kota Kotamobagu dan Kota Manado.

Minahasa, Minahasa Delatan, Minahasa Utara, Kota Tomohon, Kep Siau Tagulandang Biaro, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Agam, Kota Solok, Solok, Kota Lubuklinggau, Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir dan Kota Prabumulih. Musi Rawas, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Nias Utara, Kota Gunungsitoli, Kota Pematangsiantar, Labuhanbatu Utara dan Kota Sibolga.

Batu Bara, Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Padang Lawas Utara, Serdang Bedagai, Kota Tanjung Balai, Kota Tebing Tinggi, Sumalungun dan Tapanuli Selatan. Toba Samosir, Asahan, Kota Padang Sidimpuan, Padang Lawas dan Nias Selatan.

 

 

Zona Kuning

Ada juga 177 kabupaten kota berstatus zona kuning atau berisiko rendah terhadap Covid-19. Yaitu, Aceh Utara, Kota Langsa, Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Pidie, Pandeglang, Serang, Lebak, Kota Cilegon, Kota Serang, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Selatan, Gunungkidul, Bantul, Kerinci, Muaro Jambi, Sarolangun dan Batanghari.

Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Kota Banjar, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kebumen, Pekalongan, Sragen, Tegal, Wonogiri, Wonosobo, Pemalang, Blora dan Boyolali. Karanganyar, Kota Salatiga, Banjarnegara, Banyumas, Brebes, Purbalingga, Kota Tegal, Temanggung, Cilacap, Madiun, Magetan, Sampang, Situbondo, Tulunagung dan Sumenep.

Pacitan, Trenggalek, Ketapang, Kubu Raya, Sambas, Bengkayang, Kota Pontianak, Lamandau, Katingan, Kota Bontang, Berau, Malinau, Nunukan, Kota Tarakan, Bangka, Kota Pangkalpinang, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur, Bintan, Karimun dan Mesuji. Pesawaran, Pesisir Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, Kota Metro, Lampung Barat dan Pringsewu.

Kota Bandar Lampung, Tulang Bawang Barat, Seram Bagian Timur, Buru, Seram Bagian Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Manggarai Barat, Sikka, Sumbawa Barat Daya, Timor Tengah Utara, Kupang, Kota Kupang, Lembata, Sumba Barat, Biak Numfor, Pegunungan Bintang, Kepulauan Yapen, Supiori, Jayawijaya, Keerom, Sarmi, Tolikara, Yalimo, Puncak Jaya dan Kaimana. Fakfak, Teluk Wondana, Rokan Hulu, Kota Dumai, Bengkalis, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir, Mamuju Utara dan Mamasa.

Bantaeng, Bone, Takalar, Jeneponto, Barru, Toraja Utara, Kepulauan Selayar, Pinrang, Kota Palu, Poso, Banggai, Banggai Laut, Morowali Utara, Banggai Kepulauan, Morowali, Muna, Buton Utara, Konawe Utara, Buton Tengah, Kolaka, Konawe, Bombana, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Kepulayan Talaud dan Minahasa Tenggara.

Padang Pariaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Dharmasraya, Lima Puluh Kota, Kota Payahkumbuh, Kota Bukittinggi, Empat Lawang, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu dan Kota Pagar Alam. Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Lahat, Musi Banyuasin, Samosir dan Tapanuli Utara.

Zona Hijau dan Zero

Zona Hijau

Ada juga 82 kabupaten kota berstatus zona hijau atau tidak terdampak dan tidak ada kasus baru Covid-19. Kabupaten atau kota tidak terdampak adalah Pidie Jaya, Aceh Singkil, Lebong, Lingga, Natuna, Kepulauan Anambas, Maluku Tenggara Baratm Kepulauan Aru, Sumba Tengah, Ngada, Alor, Malaka, Sabu Raijua, Manggarai Timur, Belu, Intan Jawa dan Asmat.

Kemudian, Deiyai, Dogiyai, Mamberamo Raya, Mappi, Puncak, Yahukimo, Nduga, Paniai, Tambrauw, Sorong Selatan, Maybrat, Pegunungan Arfak, Tojo Una-una, Konawe Kepulauan dan Nias. Nias Barat, Mandailing Natal dan Pakpak Bharat.

Zero Kasus Covid-19

Sedangkan kabupaten atau kota yang tidak ada kasus Covid-19 adalah Gayo Lues, Mukomuko, Kaur, Bungo, Merangin, Tebo, Melawi, Landak, Senggau, Sekadau, Kota Singkawang, Sintang, Kayong Utara, Mempawah, Kapuas Hulu, Sukamara, Tana Tidung, Bangka Barat, Tulang Bawang dan Lampung Timur. Way Kanan, Maluku Barat Daya, Buru Selatan, Pulau Taliabu, Rote Ndao, Manggarai, Ende, Timor Tengah Selatan, Nagakeo dan Flores Timur.

Sumba Timur, Boven Digul, Waropen, Teluk Bintuni, Manokwari Selatan, Raja Ampat, Parigi Noutong, Tolitoli, Donggala, Buol, Sigi, Kolaka Timur, Bolaang Mangondow Utara, Kepulauan Mentawai, Sijunjung, Pasaman dan Solok Selatan.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Unsoed Lockdown karena Covid-19, Ini Penjelasan Resmi Kampus

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Purwokerto - Desas-desus Unsoed Purwokerto me-lockdown kampus santer terdengar. Menurut isu yang berembus, lockdown dilakukan karena ada dosen yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Unsoed membantah kabar ini melalui keterangan pers yang dirilis Subbag Kerjasama dan Humas, Rabu (12/8). Dalam pernyataan resminya, Unsoed membantah melockdown kampus karena ada dosen yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penutupan kampus dilakukan untuk keperluan sterilisasi dan penambahan sirkulasi udara ruangan.

Unsoed menyatakan tidak ada mahasiswa dan dosen yang terkonfirmasi positif COVID-19 hingga Rabu (12/8/2020) pukul 10.65 WIB.

Adapun dosen yang kontak erat keluarganya positif COVID-19 kini tengah menjalani karantina mandiri. Dosen Unsoed ini telah menjalani tes swab dan kini tengah menunggu hasilnya keluar.

Pelacakan Kontak dan Karantina Mandiri di Unsoed

Penyemprotan Disinfektan di Unsoed. (Humas Unsoed/Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Penyemprotan Disinfektan di Unsoed. (Humas Unsoed/Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Yang bersangkutan didampingi tim pendamping adaptasi tatanan normal baru Unsoed," demikian pernyataan resmi Unsoed melalui Kasubbag Kerja Sama dan Humas, Hermawan Prasojo.

Sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus, tim pendamping melacak kontak erat setiap warga kampus jika ada yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain itu, tim juga melakukan surveilans terhadap semua warga kampus. Mereka yang memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif COVID-19 akan diminta menjalani karantina mandiri.

"Penanganan dan pencegahandilakukan tim pendamping dan berkoordinasi dengan dinas terkait."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Beijing Keluarkan Peringatan Siaga Kuning Hujan Badai

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Orang-orang membersihkan genangan air di sebuah jalan di Distrik Haidian, Beijing, ibu kota China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing memperkirakan hujan deras akan mengguyur wilayah Beijing-Tianjin-Hebei antara Rabu (12/8) hingga Kamis (13/8). (Xinhua/Ren Chao)
Orang-orang membersihkan genangan air di sebuah jalan di Distrik Haidian, Beijing, ibu kota China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing memperkirakan hujan deras akan mengguyur wilayah Beijing-Tianjin-Hebei antara Rabu (12/8) hingga Kamis (13/8). (Xinhua/Ren Chao)

Orang-orang membersihkan genangan air di sebuah jalan di Distrik Haidian, Beijing, ibu kota China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing memperkirakan hujan deras akan mengguyur wilayah Beijing-Tianjin-Hebei antara Rabu (12/8) hingga Kamis (13/8). (Xinhua/Ren Chao)

Mobil-mobil melintas di sebuah jalan yang tergenang air di Distrik Xicheng, Beijing, ibu kota China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing mengeluarkan peringatan siaga kuning untuk hujan badai. (Xinhua/Ju Huanzong)
Mobil-mobil melintas di sebuah jalan yang tergenang air di Distrik Xicheng, Beijing, ibu kota China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing mengeluarkan peringatan siaga kuning untuk hujan badai. (Xinhua/Ju Huanzong)

Mobil-mobil melintas di sebuah jalan yang tergenang air di Distrik Xicheng, Beijing, ibu kota China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing mengeluarkan peringatan siaga kuning untuk hujan badai. (Xinhua/Ju Huanzong)

Para staf memompa genangan air di sebuah jalan di Distrik Haidian, Beijing, China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing memperkirakan hujan deras akan mengguyur wilayah Beijing-Tianjin-Hebei antara Rabu (12/8) hingga Kamis (13/8). (Xinhua/Ren Chao)
Para staf memompa genangan air di sebuah jalan di Distrik Haidian, Beijing, China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing memperkirakan hujan deras akan mengguyur wilayah Beijing-Tianjin-Hebei antara Rabu (12/8) hingga Kamis (13/8). (Xinhua/Ren Chao)

Para staf memompa genangan air di sebuah jalan di Distrik Haidian, Beijing, China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing memperkirakan hujan deras akan mengguyur wilayah Beijing-Tianjin-Hebei antara Rabu (12/8) hingga Kamis (13/8). (Xinhua/Ren Chao)

Seorang wanita berlari di bawah guyuran hujan di Distrik Chaoyang, Beijing, China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing mengeluarkan peringatan siaga kuning untuk hujan badai. (Xinhua/Ju Huanzong)
Seorang wanita berlari di bawah guyuran hujan di Distrik Chaoyang, Beijing, China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing mengeluarkan peringatan siaga kuning untuk hujan badai. (Xinhua/Ju Huanzong)

Seorang wanita berlari di bawah guyuran hujan di Distrik Chaoyang, Beijing, China (12/8/2020). Badan meteorologi Beijing mengeluarkan peringatan siaga kuning untuk hujan badai. (Xinhua/Ju Huanzong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jerinx Bakal Ajukan Penangguhan Penahanan

Posted: 12 Aug 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kuasa hukum Jerinx mengungkapkan rencana mengajukan penangguhan penahanan kliennya. Saat ini Jerinx ditahan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Kenang Kebaikan Mantan Wali Kota Seoul saat Diminta Bantuan Covid-19

Posted: 12 Aug 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan mengenang betapa susahnya saat dia mencari pertolongan ke negara lain, saat virus Covid-19 menyerang Jakarta pertama kali.

Hal ini diungkapkan melalui akun Instagramnya. Saat itu, menurut Anies, Pemprov DKI sempat kesulitan mendapat alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Oleh karena itu, mengirim surat ke 8 kota di dunia, untuk meminjam alat tersebut, demi meningkatkan jumlah tes Covid-19.

"Dalam surat disampaikan bahwa Jakarta berencana meminjam alat RT-PCR selama masa pandemi ini saja. Setelah wabah selesai, maka alat itu akan dikembalikan. Semua merespon cepat. Mayoritas menjawab bahwa mereka juga sedang mengalami masalah yang sama," tutur Anies seperti dikutip dari akun tersebut, Kamis (13/8/2020).

Dia lantas mencoba meminta bantuan ke mantan Wali Kota Seoul, Park Woon Soon. Park pun disebut merespon positif surat permintaan Anies untuk meminjam alat tes uji Covid-19. Katanya, ketimbang meminjamkan alat, Seoul bersedia menghibahkan alat tersebut.

"Mayor Park mengirim pesan bahwa lebih mudah untuk menghibahkan RT-PCR daripada meminjamkan. Jadi alat milik mereka yang masih baru itu dihibahkan untuk DKI Jakarta," ungkap Anies.

Telah Berpulang

Anies pun merasa tertolong, karena alat tersebut langsung diantarakan ke Balai Kota DKI oleh Duta Besar Korsel untuk Indonesia. Di mana alat tersebut bisa memproses 900 sampel setiap harinya.

Pada kesempatan itu, Anies menitipkan sepucuk surat dan selembar kain batik Betawi untuk Park.

Dia mengungkapkan, surat itu memang sampai ke tangan Wali Kota tersebut. Namun, batik Betawi belum sempat dipakai karena Park wafat 3 minggu kemudian.

"Seorang Wali Kota yang berjasa dalam membantu Jakarta itu telah berpulang, tapi budi baik dan persahabatannya kita rasakan hingga sekarang. Pada ribuan tes yang dilakukan di Jakarta, ada jejak jasa Mayor Park dan persahabatan dua kota. Interaksi yang selama ini dibangun di tataran global itu mengantarkan pada persahabatan dan jejaring internasional," tukas Anies.

 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolom Abu Gunung Sinabung Kecokelatan saat Erupsi Kedua Hari Ini

Posted: 12 Aug 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sinabung erupsi untuk kedua kalinya pukul 08.31 WIB, Kamis (13/8/2020) tadi. Tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 4.460 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara," info PVMBG dalam siaran tertulisnya, Kamis.

Erupsi Gunung Sinabung itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 17 menit 15 detik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM memastikan, status Gunung Sinabung masih berada pada Status Level III (Siaga).

 

Bahaya Lahar

PVMBG meminta masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi. Juga di lokasi dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km di timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

"Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," pinta PVMBG.

Mereka pun meminta masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Mati Total, Telkom Pastikan Internet Indihome Kembali Normal

Posted: 12 Aug 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Layanan Indihome yang sempat mengalami gangguan pagi ini dipastikan sudah kembali normal. Hal itu diungkapkan oleh Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

Menurut Arif, gangguan ini sempat terjadi beberapa saat, tapi kini seluruh layanan telah kembal normal. Lebih lanjut Arif mengatakan pihaknya masih melakukan identifikasi penyebab gangguan.

"Kami masih mengidentifikasi penyebab gangguan dan akan terus memantau layanan IndiHome secara keseluruhan," tuturnya saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Kamis (13/8/2020).

Menyusul kejadian, Telkom pun menyampaikan permohonan maaf pada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan pada layanan Indihome.

Kendati demikian, Telkom akan berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi semua pelanggan.

Warganet Keluhkan Internet IndiHome Mati Total

Melalui My IndiHome pelanggan dapat mengatur layanan IndiHome di rumah dengan mudah, nyaman dan pasti, sesuai dengan keinginan
Melalui My IndiHome pelanggan dapat mengatur layanan IndiHome di rumah dengan mudah, nyaman dan pasti, sesuai dengan keinginan

Warganet mengeluhkan tidak bisa mengakses internet dengan jaringan IndiHome. Mereka menyampaikan keluhannyaa melalui situs microblogging Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (13/8/2020), banyak pengguna Twitter megeluhkan bahwa jaringan internet IndiHome tidak bisa digunakan. Saat artikel ini ditulis sekitar pukul 10.48 WIB, akses internet IndiHome masih down atau mati.

Berikut beberapa keluhan pengguna di Twitter:

"Ini kenapa sinyal mendadak hilang? Tega sekali membuat pelanggan anda penasaran dengan drakor yang berhenti di tengah jalan," tulis pemilik akun @rndyel.

"IndiHome hamba lagi sekolah woi, tiba-tiba disconnect. Bisa gal kalau gangguan itu di malam hari saja. orang-orang pada tidur gangguan kan enak, jadinya gak ada komplain," twit dari @damnnmatthews.

"Semua indikator nyala dan baik-baik saja, tapi internet tidak dapat diakses. Terlihat dilayar PC no internet tapi signal kencang," tulis akun @erander.

Keluhan Lain

Mudah dan Dapat Banyak Bonus Saat Langganan Indihome
Mudah dan Dapat Banyak Bonus Saat Langganan Indihome

Berikut beberapa keluhan lain dari warganet:

"Ini tiba tiba ga ada koneksi internet di routernya juga kenapa hey!," kicau pemilik akun @JayaMstpa di Twitter.

"punten mau lapor juga, teman-teman saya lagi pada ulangan sisa soal dikit lagi pada keluar dan akhirnya gabisa di ulangg. yaudasi gitu aja, semoga bisa membaik setelah ini dan gada masalah lagi yaa wifi indieeeee," tulis @nadaarf1.

"Selamat siang, internet di rumah saya pagi ini mati. Adik saya yang sedang sekolah online marah marah akibat internet rumah mati. Call center 147 juga tidak bisa dihubungi. Terima Kasih," ungkap pemilik akun @Ngentasi_pemean.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 WNI Melaksanakan Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Posted: 12 Aug 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun umat Muslim yang memenuhi syarat dari seluruh dunia melakukan ibadah haji ke Makkah dan Madinah. Tahun ini ritual tahunan tersebut dibatasi karena pandemi Corona COVID-19.

Indonesia yang memiliki kuota haji dan populasi Muslim terbesar di dunia, awalnya akan mengirim 221 ribu jemaah haji tahun ini. Namun pemerintah membatalkan dengan alasan kesehatan dan keselamatan. Sebab hal tersebut sangat berisiko.

"Pandemi telah mengubah pola hidup kita. Tetapi haji terus menyatukan dan mempertemukan umat Muslim dari seluruh dunia, dari berbagai belahan dunia. Terlepas dari budaya, ras dan warna kulit mereka," demikian disampaikan oleh Fausto DeGuzman, Political Officer US Embassy di Jakarta dalam sambutan singkat di acara web seminar yang diadakan oleh @america dalam tema Hajj in the time of the Pandemic, Rabu (12/8/2020) malam.

Nasaruddin Umar yang merupakan Imam Besar Masjid Istiqlal mengatakan, ibadah haji itu adalah Rukun Islam yang kelima, yang terakhir.

"Lima itu persyaratannya sangat ketat. Rukun Islam yang kelima ini juga disebut sebagai ibadah badaniah, di mana badan kita harus dibawa. Badan terlibat, uang terlibat dan rohnya terlibat."

"Tidak diwajibkan bagi seluruh umat islam. Diwajibkan bagi mereka yang memenuhi syarat (mampu). Fisik kuat dan kemampuan hartanya. Dua-duanya harus memenuhi syarat."

Namun, ada satu syarat lagi yaitu keamanan. Seseorang tidak diwajibkan menunaikan ibadah haji jika tempat itu tidak aman. Atau proses perjalanan itu tidak aman.

"Di Indonesia dan negara lain persoalannya sama. Saat pandemi, jika kita paksakan akan membuat keluarga, teman tertular penyakit yang kita bawa. Meski badan sehat, harta ada untuk berangkat namun ada virus tidak diwajibkan."

Ada 16 WNI Ikut Ibadah Haji 2020

Jemaah melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram saat melakukan rangkaian ibadah haji di tengah pandemi COVID-19 di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020).  Tawaf dilakukan dengan menjaga jarak mengikuti garis-garis yang telah ditentukan. (Saudi Media Ministry via AP)
Jemaah melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram saat melakukan rangkaian ibadah haji di tengah pandemi COVID-19 di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Tawaf dilakukan dengan menjaga jarak mengikuti garis-garis yang telah ditentukan. (Saudi Media Ministry via AP)

Pembicara selanjutnya dalam acara itu adalah Endang Jumali, perwakilan dari Konsulat Jendral di Jeddah.

"Saya setuju ibadah itu juga harus melihat situasi," ujar Endang Jumali.

"Jika kita lihat data 12 tahun terakhir, ibadah haji ini tidak kurang dari 2,5 juta tiap tahunnya. Tahun 2019 data yang kami terima 2,5 juta. Tahun 2020, sangat terbatas, angkanya ada 1.200 per hari. Maka, oleh karena itu pemerintah membatasi hanya 1.000 orang dan ada 16 orang Indonesia diberi kesempatan untuk berhaji."

"Dari 16 orang WNI ini, itu diprioritaskan adalah baru haji pertama kali. Kita ada aplikasi di kementerian haji Arab Saudi. Ribuan orang mendaftar, 30 persen warga Arab Saudi dan 70 persen warga asing yang kebanyakan bekerja di sana."

Dari jumlah itu, Endang menyampaikan ada 16 orang yang diterima. Mereka berasal dari berbagai profesi. Perawat, guru, cleaning service, ibu rumah tangga dan profesi lain WNI di Arab Saudi.

"Syaratnya adalah usia. Mereka yang diterima tidak boleh lebih dari 50 tahun dan minimal 20 tahun. Selain itu, sebelumnya belum berstatus haji dan melakukan test COVID-19."

"Para jemaah haji ini juga dijaga dengan ketat. Salah satunya mereka tidak boleh melakukan aktivitas lain di luar agenda. Yaitu tidak diperkenankan keluar hotel dan berkumpul guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona COVID-19."

"Tiap dua hari sekali diperiksa kesehatan. Haji di masa pandemi ini yang jelas menekankan protokol kesehatan. Proses ritual mengedepankan social distancing. Adanya pengurangan jumlah personel per kamar. Prosedur pelaksanaan tawaf minimal 2 meter dan pembatasan usia."

Nurmayanti selaku Managing Editor Liputan6.com juga menjadi pembicara dalam acara tersebut. Ia merupakan salah satu dari jurnalis di Indonesia yang mendapat kesempatan bertugas dalam penyelenggaraan haji tahun 2019.

Dalam kesempatan tersebut, ia berbagi pengalaman dan kondisi ibadah haji 2019 di lapangan dari kaca mata seorang jurnalis yang turut menyukseskan pengamanan WNI di sana.

"Tahun lalu saya bergabung dengan media center haji. Awal mula lolos saya dan yang lain melewati seleksi ketat. Ada banyak media yang mendaftar. Kemudian dalam prosesnya ada wawancara hingga sekitar 30 orang lolos dalam seleksi. Kami mendapat bimbingan dari kesehatan dan soal agama. Para jurnalis juga 10 hari di karantina. Dan diingatkan kami jurnalis yang harus bisa melayani jemaah haji."

Menurut Nurma, 1.100 petugas haji yang dikirim ke sana untuk melayani 210 ribu haji dari berbagai bidang. Ia ditugaskan di bandara. Dalam waktu 74 hari jurnalis melaksanakan tugas berpindah lokasi, awalnya di Jeddah, Madinah dan Makkah.

"Bicara haji tahun ini, tentu tahun ini menjadi pembicaraan yang kerap dibahas oleh rekan-rekan jurnalis. Namun, itu semua terjawab ketika pemerintah mengumumkan perihal penundaan ibadah haji tahun ini."

"Saya pribadi sepakat dengan pemerintah Indonesia dengan melihat kondisi kesehatan warga negara kita."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Menteri Edhy Iklim Usaha Budi Daya Udang Lebih Kondusif dan Ramah Investasi

Posted: 12 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memastikan untuk menjamin usaha komoditas udang nasional lebih kondusif dan ramah investasi. Hal tersebut ditegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pandeglang-Banten, Selasa, 11 Agustus 2020.

Dia memastikan pelaku usaha maupun investor untuk tidak lagi merasa ragu terjun dalam bisnis budi daya udang. Saat ini, pemerintah tengah memfasilitasi penyederhanaan berbagai jenis izin yang tidak diperlukan dan dinilai menghambat investasi masuk di usaha ini.

"Berkali kali selalu saya tegaskan, bahwa sebagai pelayan masyarakat, KKP akan selalu hadir untuk memfasilitasi para pelaku usaha mendapat berbagai kemudahan akses. Masalah perizinan yang kemarin banyak dikeluhkan di berbagai daerah, kami dengan lintas sektoral terkait sudah sepakat melakukan penyederhanaan perizinan," jelas dia.

Ia mengatakan, secara administratif nanti yang keluarkan izin usaha (SIUP) hanya satu pintu, yakni di BKPM, sehingga lebih efisien." Jika izin lebih efisien, saya rasa ini yang akan memicu banyak minat investasi," ujarnya.

Sementara untuk masalah permodalan, pihaknya juga mendorong untuk mengakses kredit program seperti KUR, karena dana yang tersedia masih banyak untuk diserap.

"Kemarin BNI sudah berkomitmen, siap mengucurkan pinjaman modal untuk usaha budi daya skala besar," ungkapnya.

 

Program 100 Ha Tambak

Udang tiger(Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Udang tiger(Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Khusus untuk pengembangan tambak udang di Kabupaten Pandeglang, Edhy menyampaikan akan mendorong program 100 Ha tambak dengan sistem pengelolaan berbasis klaster.

"Bapak ibu tidak usah khawatir, kalian tidak sendiri. Seluruh eselon 1 di KKP sekarang bersatu melayani masyarakat langsung. Apa masalahnya kita akan tanggap untuk cari solusi," pungkas Edhy.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, yang turut hadir mendampingi Menteri KP, mengatakan potensi untuk pengembangan tambak udang di Kabupaten Pandeglang cukup besar. Dia pun meminta dukungan langsung dari pemerintah pusat untuk memfasilitasi pengembangannya.

"Kita punya potensi besar. Namun, masalahnya budi daya udang ini butuh modal besar, sehingga hingga saat ini pemanfaatannya masih minim. Saya berharap kehadiran pak Menteri ke sini bisa menjadi motivasi dan tentu berbagai program dan kemudahan yang ditawarkan secara langsung bisa memicu minat pelaku usaha dan investor untuk berbudidaya udang. Dengan begitu, perekonomian masyarakat bisa terangkat," ungkap Irna.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, BNPB: Situasi Aman

Posted: 12 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sinabung kembali erupsi Kamis (13/8/2020). Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan, situasi di Gunung Sinabung masih aman.

Gunung berapi tersebut masih berstatus Level III atau Siaga.

"Kondisi dan situasi di tengah masyarakat aman," ujar Raditya dalam siaran tertulis BNPB, Jakarta, Kamis.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM melaporkan kolom abu berwarna kelabu akibat erupsi Gunung Sinabung, mengarah ke timur, tenggara dan selatan.

Erupsi Gunung Sinabung terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pembersihan dan penyemprotan sisa abu vulkanik pascaerupsi beberapa hari ini.

 

 

Erupsi Lanjutan

Pukul 08.31 WIB, Kamis tadi, Gunung Sinabung kembali erupsi. Tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 4.460 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara," info PVMBG.

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 17 menit 15 detik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Momen Fahri dan Fadli Terima Bintang Mahaputra Naraya dari Jokowi

Posted: 12 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua politikus yaitu Fahri Hamzah dan Fadli Zon menerima bintang tanda kehormatan Mahaputra Naraya dari Presiden Jokowi. Fahri dan Fadli dikenal sebagai politikus yang kerap mengkritik kebijakan Presiden Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eko Patrio Berbagi Hotspot Gratis Buat Belajar Online

Posted: 12 Aug 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi Corona Covid-19, Eko Patrio mencoba berbagi kebahagian kepada para siswa yang saat ini menjalani pembelajaran online atau virtual. Upaya pemberian hot spot gratis ini dilakukan Eko Patrio, guna membantu siswa yang kurang mampu dalam belajar virtual karena terkendala paket kuota atau internet.

Diberi nama "Pak Eko" atau Paket Edukasi Online gratis, program ini sudah berjalan di tujuh titik lokasi. Di mana target utamanya kata Eko Patrio, bisa memberikan hotspot gratis di 50 titik di DKI Jakarta.

"Tidak semua orang tua punya handphone atau punya pulsa. Mereka jangankan punya uang untuk paket data, untuk kebutuhan sehari-hari aja mereka masih kurang," kata Eko Patrio saat mensosialisasikan program Pak Eko di kawasan Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (12/8/2020).

"Maka dari itu kita yang support mengenai wifi gratis. Jadi berkelompok, nanti kita bikin 50 titik sekolah berkelompok. Artinya kita meringankan beban pemerintah daerah juga pemerintah pusat," lanjutnya.

Berkontribusi

Eko Patrio berbagai Hot Spot Gratis
Eko Patrio berbagai Hot Spot Gratis

Dengan hal ini, pemilik nama asli Eko Hendro Purnomo yang juga anggota DPR RI dapil DKI Jakarta itu berharap, ada pihak yang menirukan jejaknya. Agar bisa membantu pendidikan di Indonesia selama pandemi.

"Ya mudah-mudahan gerakan-gerakan ini diikuti, bukan hanya sama kita, tapi juga sama yang lain-lainnya. Mungkin sama pengusaha, sama individu yang mampu, atau sama partai-partai lain juga, enggak apa-apa. Yang penting kegiatan kita ini pure membantu, men-support kegiatan pendidikan di Indonesia." kata Eko.

Ajak Selebriti

Eko Patrio berbagai Hot Spot Gratis
Eko Patrio berbagai Hot Spot Gratis

Ke depannya, Eko Patrio akan mengajak para selebiti ikut bagian dalam hal ini. Terutama selebriti yang memiliki kanal YouTube yang banyak ditonton masyrakat Indonesia.

"Saya bilang sama teman-teman kalau berkaitan dengan pendidikan, alhamdulillah banyak yang support. Jadi misalnya saya punya keinginan untuk ini itu, di-support, didukung," kata Eko.

Bermanfaat

Ketua DPW PAN Provinsi DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio (tengah) memberi pengarahan saat konsolidasi bakal calon anggota legislatif di Jakarta, Sabtu (24/3). Ratusan orang daftar bakal caleg lewat PAN. (Liputan6.com/JohanTallo)
Ketua DPW PAN Provinsi DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio (tengah) memberi pengarahan saat konsolidasi bakal calon anggota legislatif di Jakarta, Sabtu (24/3). Ratusan orang daftar bakal caleg lewat PAN. (Liputan6.com/JohanTallo)

Eko Patrio berharap, program ini bisa benar-benar berguna dan bermanfaat. Serta banyak pihak yang ikut bagian dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Pokoknya harapan saya program ini didukung, kalau misalnya tidak support kami, buat seperti ini juga tidak apa-apa, yang penting adik-adik kita yang sekolah yang serba kekurangan ini bisa didukung di tengah pandemi virus Corona seperti ini. Jadi mohon di-support adik-adik untuk sekolah," kata Eko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fadli Zon-Fahri Hamzah Dapat Bintang Tanda Jasa, Jokowi: Beda Politik Bukan Berarti Bermusuhan

Posted: 12 Aug 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, pemberian tanda jasa dan kehormatan sudah melalui pertinbangan yang matang. Jokowi lantas menjawab pertanyaan publik terkait mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah yang mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Nararya.

Pasalnya, dua politikus itu dikenal kerap melontarkan kritikan kepada Jokowi. Dia menekankan bahwa meski berbeda pandangan dalam politik dengan Fadli dan Fahri, bukan berarti bermusuhan.

"Misalnya ada pertanyaan mengenai Pak Fahri Hamzah kemudian Pak Fadli Zon ya berlawanan dalam politik kemudian berbeda dalam politik ini bukan berarti kita ini bermusuhan dalam berbangsa dan bernegara," jelas Jokowi di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Menurut dia, hal tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi. Jokowi mengatakan, dia tetap berteman baik dengan Fadli Zon dan Fahri Hamzah meski berlawanan dalam politik.

"Ini lah yang namanya negara demokrasi. Jadi saya berkawan baik dengan Pak Fahri Hamzah, berteman baik dengan Pak Fadli Zon. Ini lah Indonesia," ucap Jokowi.

Jokowi Beri Tanda Kehormatan ke Sejumlah Tokoh

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Pemberian tanda kehormatan tersebut digelar di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Adapun tanda kehormatan ini diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Acara tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19

Pemberian tanda kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. Dua tokoh di antaranya yang mendapat tanda kehormatan yakni, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Berikut beberapa nama penerima tanda kehormatan yang disebutkan:

1. Achwilutan (Komjen Purn) Kalakhar BKNN tahun 1999-2001, mewakili satu orang lainnya dianugerahi tanda jasa medali kepeloporan.

2. H. Oesman Sapta Oedang Ketua DPD 2017-2010 dianugerahi Tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama

3. M. Hatta Ali (Ketua MA 2012-2020) dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama

4. Mahyudin (Wakik Ketua MPR RI 2014-2019), mewakili 6 orang lainnya dianuegari Bintang Mahaputra Nararya

5. Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman RI 2016-2021) mewakili 8 oranf lainnya. Dianugerahi tanda kehormatan Bintang Tanda Utama.

6. Jimmly Asshiddiqie (Ketua DKPP tahun 2012-2017), dianugerahi tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama

7 Almarhum Bartolomeus Bayu Satrio, mewakili 9 orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama

8. Almarhumag Mulatsi Widji Astuti, Letkol Laut (Purn), mewakili 21 orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minim Literasi Keuangan Bikin Orang Jatuh Miskin di Tengah Pandemi

Posted: 12 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dampak pandemi Covid-19 tidak bisa dipandang sebelah mata. Arus permintaan dan penawaran terhambat. Orang-orang tidak bisa bekerja dan jatuh miskin karena virus dan bisnis terancam gulung tikar karena tidak ada pembeli.

Akhirnya, Indonesia memasuki situasi darurat dengan pertumbuhan ekonomi yang minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 (data BPS).

Namun di saat darurat seperti ini, masyarakat Indonesia justru tidak memiliki dana cadangan untuk membantu mereka hidup. Hal itu dikarenakan masih minimnya literasi keuangan yang dipelajari.

"Implikasinya, dari pertumbuhan negatif ini banyak kaum marjinal yang mendadak jatuh miskin karena nggak bekerja dan mereka nggak siap menghadapi keadaan darurat ini. mereka nggak punya uang buat berjaga-jaga," ujar Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara dalam webinar, Kamis (13/8/2020).

Lanjut Tirta, hal itu tercermin dari data Kementerian Keuangan yang menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan yang tumbuh 1,89 juta hingga 4,86 juta dan pengangguran yang meningkat 2,92 juta hingga 5,23 juta.

Namun, bukan cuma Indonesia saja yang mengalami hal itu. Warga Amerika Serikat (AS) juga masih minim literasi keuangan. Sekitar 2/3 penduduk AS ternyata tidak lulus tes literasi keuangan level basic.

"Sekitar 40 persen masyarakat AS tidak memiliki uang untuk berjaga-jaga, lalu utang kartu kredit di AS mencapai titik tertinggi dan setengah dari penduduk AS tidak bisa berharap pada uang pensiun," jelas Tirta.

Oleh karenanya, pemerintah AS sedang gencar melakukan literasi keuangan untuk mengedukasi masyarakat mereka apalagi di tengah pandemi. Demikian pula dengan OJK.

"Edukasi ini memang sangat penting di masa krusial ini, dan OJK juga meletakkan literasi keuangan ini sebagai program prioritas ke kampus-kampus untuk memberikan pesan ke milenial-milenial," kata Tirta. Hal ini tentu saja agar tak banyak lagi yang jatuh miskin.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Angka Pengangguran dan Kemiskinan Kompak Naik Akibat Virus Corona

Suasana pemukiman kumuh padat penduduk di bantaran kali di Jakarta, Selasa (4/8/2020). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin Indonesia meningkat sebanyak 1,63 juta orang dari September 2019 hingga Maret 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana pemukiman kumuh padat penduduk di bantaran kali di Jakarta, Selasa (4/8/2020). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin Indonesia meningkat sebanyak 1,63 juta orang dari September 2019 hingga Maret 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang mengakibatkan pengangguran dan angka kemiskinan serentak naik akibat pandemi Virus Corona beberapa waktu terakhir. PHK kini menembus angka 2,1 juta sementara kemiskinan naik dari 9,41 menjadi 9,78 persen.

"Beberapa hal yang menjadi catatan adalah Covid ini juga berdampak pada mereka yang terkena PHK meningkat. Data kemarin dari Kemenaker naik menjadi 2,1 juta, pekerja migran itu 34.100 itu dipulangkan dan yang masih di datanya 1,4 juta. Kita melihat tingkat kemiskinan dari 9,41 menjadi 9,78 persen," ujar Airlangga, Jakarta, Rabu (12/8).

Meski pengangguran dan kemiskinan menunjukkan kenaikan, sejumlah indikator ekonomi kini mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan usai pemerintah menerapkan kenormalan baru. Pertama adalah sektor otomotif mulai menggeliat meskipun pergerakannya tergolong kecil.

"Kalau kita lihat dari situasi yang ada beberapa hal sudah menunjukan bahwa sudah ada kenaikan dan geliat di masa normal baru ini. PMI berangsur bergerak 46,9. Sektor otomotif sudah mulai ada demand kendaraan dan sektor ritel mulai naik negatif 20 ke negatif 14," jelasnya.

Kemudian indikator lain, kata Airlangga, indeks keyakinan konsumen mulai mengalami perbaiki ke 83. Tidak hanya itu permintaan dan penjualan semen juga meningkat, artinya masyarakat mulai melakukan kegiatan ekonomi yang dapat mengurangi tingkat pengangguran.

"Indeks keyakinan konsumen ke 83, penjualan semen juga sudah meningkat 6 persen dan inflasi year on year masih terkendali meskipun velotile foodnya turun tapi administered price sudah mulai agak naik," jelasnya.

Fokus Pemulihan Ekonomi

Suasana pemukiman kumuh padat penduduk di bantaran kali di Jakarta, Selasa (4/8/2020). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin Indonesia meningkat sebanyak 1,63 juta orang dari September 2019 hingga Maret 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana pemukiman kumuh padat penduduk di bantaran kali di Jakarta, Selasa (4/8/2020). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin Indonesia meningkat sebanyak 1,63 juta orang dari September 2019 hingga Maret 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi, pemerintah memiliki fokua terhadap dua hal yaitu kesehatan dan ekonomi. Pemerintah menargetkan, pada pertengahan 2022 hingga 2023 terjadi pemulihan ekonomi maupin kesehatan secara menyeluruh.

"Kemudian mengenai skema penanganan Covid-19 dua hal yang harus kita jaga yaitu kesehatan dan ditambah juga terkait mata pencaharian penduduk dan kita mempunyai mid term target di 2022-2023 terjadi pemulihan kesehatan maupun ekonomi," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor, Arie Andika Masak Hidangan Spesial

Posted: 12 Aug 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki era New Normal, kini orang-orang sudah mulai menghabiskan waktu di luar rumah untuk melepas penat. Hal ini pula yang dilakukan oleh para seleb Tanah Air, salah satunya yakni keluarga Ardina Rasti dan Arie Andika.

Ketika banyak keluarga seleb yang memutuskan untuk berlibur ke Jawa Tengah, pasangan yang menikah pada 20 Januari 2018 ini memilih untuk berlibur di Bogor yang tak jauh dari kediamannya. 

Bersama dengan sang buah hati, Anara Langit Adria Respati, keluarga ini melakukan staycation di salah satu villa di Bogor. Di momen liburan tersebut, Arie Andika di bantu oleh Chef Kadiman, menunjukkan kebolehannya dalam memasak.

Kira-kira seperti apakah potret liburan keluarga Ardina Rasti dan Arie Andika di Bogor? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari laman Instagram @ardinarasti6 oleh Liputan6.com, Kamis (13/8/2020).

1. Memasuki era New Normal, keluarga Ardina Rasti dan Arie Andika memutuskan untuk staycation di Bogor.

Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)
Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)

2. Pasangan yang menikah pada 20 Januari 2018 ini menginap di salah satu villa mewah di Bogor.

Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)
Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)

3. Dalam momen liburan ini, Arie Andika pun menunjukkan kebolehannya memasak.

Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)
Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)

4. Dalam menyiapkan hidangan spesialnya, Arie Andika dibantu oleh Chef Kadiman.

Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)
Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)

5. Usai memasak, nampak hidangan buatan Arie Andika sangat mengunggah selera

Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)
Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)

6. Meski hanya berlibur di Bogor saja, namun keluarga Ardina dan Arie nampak sangat menikmatinya.

Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)
Potret Liburan Keluarga Ardina Rasti di Bogor. (Sumber: Instagram/ardinarasti6)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Bentuk Gugus Tugas Untuk Awasi Kampanye Pilkada 2020

Posted: 12 Aug 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan Dewan Pers membentuk gugus tugas pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye Pilkada 2020 melalui lembaga penyiaran, perusahaan pers cetak dan siber.

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan gugus tugas tersebut ditetapkan dalam keputusan bersama tentang pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye Pilkada 2020.

"Kerja sama dengan KPU, Dewan Pers, dan KPI adalah kerja sama yang baik untuk memastikan keterpenuhan hak dan keadilan dalam kampanye. Kami sepakat untuk membentuk gugus tugas yang nanti akan mengawasi dan memantau konten pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye," kata Abhan di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (13/8/2020).

Dia mengatakan kerja sama dengan para pemangku kepentingan pengawasan media massa dan lembaga penyiaran sangat dibutuhkan.

Hal itu karena adanya kenormalan baru akibat pandemi COVID-19 yang mendorong peningkatan aktivitas politik melalui media cetak, elektronik, dan penyiaran.

"Peran serta dan partisipasi media dalam pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye juga sangat membantu kerja-kerja pengawasan dan penegakan hukum pemilihan," kata dia.

Dibentuk Sampai ke Tingkat Kabupaten

Gugus tugas pengawasan tersebut dibentuk di tingkat pusat, tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten/kota. Di tingkat pusat, gugus tugas merupakan kerja sama antara Bawaslu RI, KPU RI, KPI, dan Dewan Pers.

Kemudian di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, gugus tugas dibentuk oleh Bawaslu dan KPU provinsi serta KPID setempat dengan tetap melibatkan Dewan Pers.

Menindaklanjuti penandatanganan keputusan bersama ini, menurut dia, ke depan akan diterbitkan petunjuk teknis yang menjadi pedoman kerja gugus tugas setiap tingkatan.

Abhan menjelaskan tahapan kampanye Pilkada 2020 akan berlangsung pada 26 September hingga 5 Desember 2020. Sedangkan kampanye melalui media massa baru dapat dilakukan selama 14 hari sejak 22 November hingga 5 Desember 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin Resmi Bebas Murni

Posted: 12 Aug 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terpidana korupsi kasus proyek wisma atlet Hambalang M Nazaruddin dinyatakan bebas murni hari ini, Kamis (13/8/200).

Dia bebas murni setelah dua bulan menjalani masa cuti menjelang bebas di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung.

Pembimbing Kemasyarakatan Madya Bapas Bandung Budiana mengatakan Nazaruddin menjalani cuti menjelang bebas sejak 14 Juni 2020. Selama itu, menurut dia, Nazaruddin telah melakukan wajib lapor sebanyak sembilan kali.

"Selama menjalani bimbingan selalu komunikasi dengan PK, di mana pun keadaan yang bersangkutan, saya selaku pembimbing kemasyarakatannya mengetahui secara pasti," kata Budiana di Bapas Bandung, Kota Bandung, Kamis (13/8/2020).

Dia memastikan Nazaruddin berperilaku baik selama dalam masa bimbingan cuti menjelang bebas. Menurut dia, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu dibebaskan sesuai jadwalnya karena telah menaati aturan yang ditetapkan.

"Saya hari ini akan menyerahkan surat selesai menjalani masa cuti menjelang bebasnya," katanya seperti dikutip dari Antara.

 

Ambil Hikmah

Nazaruddin mengaku mengambil hikmah setelah dirinya menghirup udara bebas. Nazaruddin diketahui seharusnya bebas pada 2025, namun karena berbagai remisi, ia sudah keluar dari Lapas Sukamiskin sejak masa cuti menjelang bebas.

"Mungkin ini memang yang terbaik buat saya, ke depan semua pengalaman akan ada hikmanya lah," kata Nazaruddin.

Nazaruddin pada kasus wisma atlet Hambalang, terbukti menerima suap Rp 4,6 miliar dari mantan Manajer Pemasaran PT Duta Graha Indah (DGI) M El Idris. Setelah divonis hakim, hukuman itu juga diperberat oleh Mahkamah Agung menjadi 7 tahun dan denda Rp 300 juta.

Lalu vonis Nazaruddin ditambah 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar karena terbukti secara sah dan meyakinkan menerima gratifikasi dan melakukan pencucian uang dari PT DGI dan PT Nindya Karya untuk sejumlah proyek yang jumlahnya mencapai Rp 40,37 miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oscar Lawalata Memutuskan Jadi Wanita

Posted: 12 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Oscar Lawalata telah memutuskan menjadi seorang wanita. Keputusan ini tentu membuat publik sangat terkejut.

Hal ini disampaikan sendiri oleh ibunda Oscar Lawalata, Reggy Lawalata, melalui saluran YouTube-nya, The Lawalatas. Ketika ditanya apa pilihan gender Oscar saat ini, sang ibu pun memberi jawaban.

"Wanita, firm!" katanya dengan tegas dalam video yang diunggah pada 5 Agustus 2020.

 

Butuh Waktu 

Oscar Lawalata. (Foto: Meita Fajriana/ Fimela)
Oscar Lawalata. (Foto: Meita Fajriana/ Fimela)

Tak mudah memang menerima kenyataan ini. Butuh waktu yang sangat lama bagi Reggy Lawalata untuk menerima kondisi anaknya yang berbeda. Mereka terlibat pembicaraan yang sangat panjang.

"Bisa menerima kondisi Oscar itu lima atau enam tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan," paparnya.

Dukungan

Oscar Lawalata. (Foto: Meita Fajriana/ Fimela)
Oscar Lawalata. (Foto: Meita Fajriana/ Fimela)

Ya, apa pun keputusan Oscar Lawalata, Reggy Lawalata berusaha untuk tetap memberi dukungan. Kasih sayangnya terhadap sang anak tak berkurang sedikit pun.

"Pemilihan Oscar apa pun itu, saya support karena bagaimana pun kamu adalah anak saya. Apa pun kamu I love you so much, so you can do what you want. Whatever you want. Whatever dan saya tidak peduli sama semua orang," ucapnya.

Menerima

"Tidak sampai di situ, saya juga bicara dengan Mario begini begini begini akhirnya kita bilang apa pun yang mau kamu lakukan, apa pun yang buat kamu bahagia," sambung wanita berusia 60 tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Warga Usir Petugas Medis Berpakaian APD

Posted: 12 Aug 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video warga mengusir petugas medis berpakaian APD. Kejadian ini terjadi karena warga meminta proses pemakaman dilakukan di pemakaman umum biasa bukan di makam khusus Covid - 19

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Keluhkan Internet IndiHome Mati Total

Posted: 12 Aug 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warganet mengeluhkan tidak bisa mengakses internet dengan jaringan IndiHome. Mereka menyampaikan keluhannyaa melalui situs microblogging Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (13/8/2020), banyak pengguna Twitter megeluhkan bahwa jaringan internet IndiHome tidak bisa digunakan. Saat artikel ini ditulis sekitar pukul 10.48 WIB, akses internet IndiHome masih down atau mati.

Berikut beberapa keluhan pengguna di Twitter:

"Ini kenapa sinyal mendadak hilang? Tega sekali membuat pelanggan anda penasaran dengan drakor yang berhenti di tengah jalan," tulis pemilik akun @rndyel.

"IndiHome hamba lagi sekolah woi, tiba-tiba disconnect. Bisa gal kalau gangguan itu di malam hari saja. orang-orang pada tidur gangguan kan enak, jadinya gak ada komplain," twit dari @damnnmatthews.

"Semua indikator nyala dan baik-baik saja, tapi internet tidak dapat diakses. Terlihat dilayar PC no internet tapi signal kencang," tulis akun @erander.

Keluhan Lain

The Next IndiHome (Foto: Dok Kementerian BUMN)
The Next IndiHome (Foto: Dok Kementerian BUMN)

Berikut beberapa keluhan lain dari warganet:

"Ini tiba tiba ga ada koneksi internet di routernya juga kenapa hey!," kicau pemilik akun @JayaMstpa di Twitter.

"punten mau lapor juga, teman-teman saya lagi pada ulangan sisa soal dikit lagi pada keluar dan akhirnya gabisa di ulangg. yaudasi gitu aja, semoga bisa membaik setelah ini dan gada masalah lagi yaa wifi indieeeee," tulis @nadaarf1.

"Selamat siang, internet di rumah saya pagi ini mati. Adik saya yang sedang sekolah online marah marah akibat internet rumah mati. Call center 147 juga tidak bisa dihubungi. Terima Kasih," ungkap pemilik akun @Ngentasi_pemean.

Belum Ada Tanggapan

Saat artikel ditulis, pihak Telkom belum memberikan tanggapan terkait masalah ini. Akun remi IndiHome di Twitter pun belum menyampaikan penjelasan, meski keluhan dari para penggunanya terus bertambah.

Tim Tekno Liputan6.com juga telah mencoba menghubungi pihak Telkom, tapi belum ada respons.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Samsung S8 Terbaru 2020, Lengkap dengan Spesifikasinya

Posted: 12 Aug 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga Samsung S8 masih banyak dicari para pencinta brand asal Korea Selatan ini. Samsung S8 merupakan salah satu dari banyak seri Samsung Galaxy S dengan inovasi menariknya. Samsung S8 dirilis pada Maret 2017 lalu.

Meski sudah tiga tahun berjalan, Samsung S8 masih jadi incaran. Harga Samsung S8 termasuk ke dalam barisan smartphone kelas menengah atas. Pada awal perilisannya, harga Samsung S8 dibanderol pada angka Rp 10,5 juta.

Seiring terus keluarnya seri Galaxy S, tak menutup kemungkinan harga Samsung S8 akan jauh lebih terjangkau di tahun 2020 ini. Jika kamu sedang mengincar smartphone ini, tak ada salahnya mengetahui harga Samsung S8 di pasaran.

Harga Samsung S8 juga bisa menjadi pembanding dengan seri-seri Samsung lainnya. Berikut ulasan mengenai harga Samsung S8 dan spesifikasinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/8/2020).

Dapur pacu Samsung S8

Ilustrasi Samsung Galaxy S8 (sumber: Unshplash)
Ilustrasi Samsung Galaxy S8 (sumber: Unshplash)

Samsung S8 dibekali dengan prosesor Exynos 8895. Prosesor ini diklaim setara dengan kelas Snapdragon 835. Untuk mendukung kinerjanya, Samsung S8 dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Smartphone ini juga mendukung memori eksternal hingga 256GB.

Sementara itu, untuk menunjang performa yang tangguh, smartphone ini dibekali baterai yang cukup besar yakni 3.000mAh. Secara keseluruhan saat dipakai untuk pemakaian normal, Galaxy S8 bisa dibilang sangat cepat dan anti nge-lag. Spesifikasi ini tentu sesuai dengan harga Samsung S8.

Kamera

Ilustrasi Samsung Galaxy S8 (sumber: Unshplash)
Ilustrasi Samsung Galaxy S8 (sumber: Unshplash)

Kualitas kamera merupakan spesifikasi penting yang harus diketahui para calon pembeli. Galaxy S8 mengusung kamera belakang sebesar 12MP dengan bukaan f/1.7 serta fitur Phase Detection Autofocus, OIS, dan LED Flash.

Kualitas kamera dari Samsung S8 ini diklaim memiliki hasil foto kamera utamanya yang fokus. Samsung S8 didukung dengan teknologi Dual Pixel yang membuat autofokus jadi makin cepat dan presisi.

Untuk kamera depan, Samsung S8 memiliki kamera dengan sensor 8MP. Selain kamera di smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur face-detection autofocus. Samsung juga menjanjikan software yang lebih baik untuk segi kamera, dengan built-in HDR mode yang membuat performa low-light makin baik. Hasil kamera jadi makin maksimal dengan fitur auto filter inovatif.

Desain

Bagian bawah bodi Samsung Galaxy S8 tertanam USB type-C, audio jack 3,5mm, dan speaker. Liputan6.com/ Iskandar
Bagian bawah bodi Samsung Galaxy S8 tertanam USB type-C, audio jack 3,5mm, dan speaker. Liputan6.com/ Iskandar

Sesuai dengan harga Samsung S8 yang cukup mahal, Samsung S8 merupakan salah satu pelopor smartphone Samsung dengan desain infinity display. Samsung S8 ini hadir dengan mengusung layar hampir tanpa bezel yang sudah jadi tren di smartphone terbaru. Dengan lengkungan layar di sisi kanan dan kiri, smartphone ini begitu nyaman saat digenggam.

Samsung S8 juga termasuk dalam seri smartphone Samsung yang sudah menghilangkan tombol home di bagian mukanya. Keunggulan lain dari smartphone ini adalah adanya sensor biometrik iris scanner yang menungkinkan penggunanya untuk membuka dan mengunci ponsel dengan sensor iris mata.

Samsung S8 mengusung layar berpanel Super AMOLED berukuran 5.8 inci beresolusi Quad HD Plus atau 2960x1440. Dengan resolusi tersebut warna yang ditampilkan bisa terlihat tajam dan jernih. Layar dengan rasio 18,5:9 tersebut sudah dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan lengkung di kedua sisinya sehingga membuat layarnya memenuhi bagian depan smartphone.

Fitur andalan lainnya

Infinity Display jadi salah satu teknologi unggulan di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Liputan6.com/ Iskandar
Infinity Display jadi salah satu teknologi unggulan di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Liputan6.com/ Iskandar

Keunggulan dari Samsung S8 yang tak kalah canggih adalah mampu tahan terhadap debu dan air. Samsung Galaxy S8 sudah dibekali dengan sertifikat IP68. Sertifikat ini membuktikan bahwa Samsung S8 mampu tahan oleh debu dan air hingga kedalaman maksimal 1,5 meter dengan waktu yang mencapai 30 menit.

Samsung S8 juga dibekali dengan sensor biometrik yang cukup banyak, mulai dari pemindai wajah, pemindai retina mata, dan pengukur detak jantung.

Selain itu, pada Samsung Galaxy S8 ini telah disematkan asisten virtual Bixby yang terus dikembangkan. Dengan hadirnya Bixby ini dapat memudahkan penggunanya dalam mengakses smartphone setiap harinya. Samsung mengklaim bahwa Bixby dibekali dengan kecerdasan buatan yang akan memberikan kemudahan dari penggunanya.

Harga Samsung S8

Penjualan perdana Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di mal Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (5/5/2017). (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)
Penjualan perdana Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus di mal Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (5/5/2017). (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Melihat fitur-fitur menarik dan berkelas dari Samsung S8, tak mengelakkan jika harga Samsung S8 punya harga tinggi. Harga Samsung S8 ini sebanding dengan fitur andalan yang ditawarkannya.

Di awal perilisannya pada 2017, harga Samsung S8 di Indonesia berada pada kisaran Rp 10,5 juta. Setahun setelahnya, pada 2018, harga Samsung S8 kondisi baru terpantau berada pada kisaran Rp 8,9 juta hingga Rp 9 jutaan. Sementara harga Samsung S8 bekas pada 2018 berada sekitar Rp 4,7 juta sampai Rp 5 juta.

Di tahun 2020, tiga tahun usai perilisannya, harga Samsung S8 mengalami penurunan. Ini karena bermunculannya Samsung S series lainnya dengan fitur yang tak kalah mumpuni.

Dipantau dari situs jual beli online seperti Bukalapak, Tokopedia dan Blibli, harga Samsung S8 baru dibanderol mulai dari Rp 4 jutaan. Sementara harga Samsung S8 bekas dibanderol pada kisaran 2,2 jutaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut HUT ke-75 RI, Kemenparekraf Gelar Lomba Kemerdekaan Berhadiah Rp1 Miliar

Posted: 12 Aug 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah ada rencana apa untuk merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia? Bila belum, Anda bisa mengikuti lomba rayakan kemerdekaan bertema Cinta Indonesia yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun ini.

Dalam lomba ini, masyarakat diajak membuat video kreatif berdurasi tiga menit yang mencerminkan 'Kerja Bersama Kita Bangkit.' Video yang dibuat harus diisi dengan upaya mempercantik lingkungan sambil tetap menjaga protokol kesehatan.

Selain itu, warga harus menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dengan berdiri tegak sikap sempurna, saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak pada 17 Agustus pukul 10.17 WIB.

"Pendaftaran telah dibuka dan peserta dapat memulai mengirimkan karyanya pada 17 Agustus malam, karena sikap sempurna dan penghormatan bendera harus diambil tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB," kata Sekretaris Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (13/8/2020).

Kemenparekraf/Baparekraf menyiapkan hadiah total sebesar Rp1 miliar serta trofi Piala Presiden. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di laman hutri75.kemenparekraf.go.id.

Giri mengatakan acara yang digelar secara virtual merupakan upaya penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Meski begitu, ia menjamin hal tersebut tidak mengurangi makna peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

"Masyarakat masih bisa menikmati hiburan, pada 17 Agustus 2020 karena nanti akan tetap dihadirkan atraksi dan penampilan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI. Persiapannya pun sudah sangat matang. Sekitar pukul 09.48 WIB sudah masuk persiapan upacara di Istana, setelah selesai disambung lagi hiburan hingga penurunan bendera dan dilanjutkan lagi hiburan," ujar Giri lagi.

Pandang Istana

Lima hari jelang HUT ke-74 RI, seluruh calon Paskibraka Nasional 2019 diajak melakukan observasi lapangan di Istana Merdeka. (Foto: Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)
Lima hari jelang HUT ke-74 RI, seluruh calon Paskibraka Nasional 2019 diajak melakukan observasi lapangan di Istana Merdeka. (Foto: Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, rangkaian peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI akan tetap dilaksanakan mulai dari pidato kenegaraan, pelantikan anggota Paskibra nasional, hingga penaikan dan penurunan bendera Merah Putih dari Istana Merdeka, dan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan. Namun, formatnya sedikit berbeda dengan pembatasan jumlah orang.

"Biasanya kami mengundang juga tamu negara, pejabat negara, dan masyarakat. Mereka bisa mengikuti secara langsung secara virtual. Namun, kami bagi dua pada pagi hari dan sore hari secara virtual, termasuk masyarakat," katanya.

Untuk itu, pihaknya meluncurkan situs Pandang Istana dengan alamat https://pandangistana.setneg.go.id, sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta virtual peringatan HUT ke-17 RI di Istana Merdeka. Total undangan yang bisa ikut serta adalah 17.845 undangan yang terbagi dua, saat pengibaran dan penurunan bendera.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, kata Heru, dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan akan disiarkan secara daring agar dapat disaksikan seluruh masyarakat Indonesia, baik di dalam dan luar negeri. Termasuk detik-detik proklamasi di mana masyarakat diajak untuk mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB pada 17 Agustus 2020 dan menghormat bendera.

"Pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dapat memanfaatkan fasilitas yang dimiliki untuk membunyikan sirine sebagai tanda memasuki waktu tersebut. Sehingga masyarakat diharapkan bersama-sama dapat mengikuti momen tersebut," kata Heru Budi.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan BPOM Optimistis Vaksin Covid-19 Siap Edar Januari 2020

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) siap memberikan izin edar vaksin Covid-19 pada Januari 2020. Saat itu, dipastikan uji klinis vaksin Covid-19 yang memasuki fase ketiga sudah selesai.

"BPOM mendampingi keamanan mutu dan khasiat dari dua aspek, yaitu satrana produksi dengan mendampingi fasilitas produksi dan yang kedua mendampingi uji klinik dari awal perumusan sampai izin edar," ujar Kepala BPOM Penny Kusumawati Lukito, seusai Stikerisasi dan Penyerahan Sertifikat Keikutsertaan Bimbingan Teknis Sanitasi Higiene dan Dokumentasi kepada Usaha Jamu Gendong di Hotel Tentrem Yogyakarta, Rabu (12/8/2020).

Penny mengungkapkan hasil analisis menjadi salah satu landasan mengeluarkan izin edar. BPOM bisa memberikan percepatan pada masa krisis akibat pandemi seperti sekarang ini dengan mengeluarkan izin penggunaan di masa darurat.

Setelah ada izin edar, maka produk berupa vaksin Covid-19 bisa diproduksi dan ada sertifikasi juga untuk fasilitas produksinya.

"Vaksin Covid-19 diproduksi, dilakukan imunisasi, dan BPOM melakukan pendampingan efek samping, namun bisa dipastikan ini sudah aman dan berkhasiat," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MV Agusta Resmi Bekerja Sama dengan Akrapovic

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MV Agusta resmi bekerja sama dengan pabrikan knalpot premium Akrapovic. Perusahaan knalpot asal Slovenia tersebut bertanggung jawab untuk sistem pembuangan jajaran motor Meccanica Verghera. 

Jenama asal Italia dan Akrapovic punya cara yang mirip dalam kiprah industri, yaitu selalu ingin jadi yang terbaik. "Kerja sama ini sebenarnya memang terjadi secara alami antara dua pemimpin dengan kehebatan dalam bidang masing-masing. Maka ke depannya kami bakal menciptakan kendaraan berkualitas," tutur Timur Sardarov, CEO MV Agusta SpA.

Bagi Timur, sinergi ini tercipta untuk jangka panjang. Keduanya dapat mentransfer teknologi mutakhir masing-masing agar mendapatkan kinerja dan kualitas tak tertandingi ke model produksi. Apalagi kedua merek ini sama-sama didirikan oleh mantan pembalap, Domenico Agusta dan Igor Akrapovic yang telah mengukir banyak kemenangan. Terlebih perusahaan knalpot dari Slovenia ini sangat terkenal di dunia balap motor seperti MotoGP, superbike, supersport, supermoto, motocross dan mobil di seluruh dunia.

Beberapa model motor MV Agusta untuk tahun pembuatan 2021 nantinya menggunakan knalpot dari Akrapovic. Seperti kita tahu, sistem pembuangan premium yang dibuat oleh Igor dikenal dengan invoasinya, baik dalam hal desain maupun penggunaan material. Seluruh lini yang hadir hingga saat ini menggunakan bahan titanium, super alloy hingga serat karbon. Versi tertingginya terbukti memberikan kepuasan dalam menunjang performa motor terutama di dunia balap.

 

Produsen Sepeda Motor Terbesar

Sementara MV Agusta sendiri dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia asal Italia. Setiap produknya penuh dengan filosofi unik dan syarat dengan karya seni tinggi. Selain itu, model-modelnya lebih familiar dengan mahakarya ketimbang sekadar tunggangan.

Menurut pria kelahiran Italia, kunci dari semua itu adalah penggunaan teknologi terkini, serta komitmen untuk memberikan kualitas yang tanpa kompromi. "Suara raungan motor adalah bagian penting bagi MV Agusta. Itu elemen kunci bagi produk kami dan kami memberikan perhatian khusus untuk itu. Motor 3 dan 4 silinder kita punya karakter khusus sehingga suaranya pun harus prima," katanya.

Walau telah menorehkan catatan baik dalam dunia balap, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Akrapovic untuk menghasilkan knalpot yang sesuai dengan karakter MV Agusta. Tentunya tidak hanya dikhususkan buat penggunaan jalan raya, tapi juga di lintasan sirkuit. Pihaknya juga tak sungkan menyatakan kebanggaannya akan kerja sama baru ini, seperti disampaikan oleh sang CEO, Uroš Rosa. "Bermitra dengan salah satu merek motor ikonik, yang juga memiliki etos serta DNA yang mirip dengan kami, adalah satu langkah besar untuk kami," tuturnya.

 

Suara Spesifik

Akrapovic rencananya membuat knalpot untuk MV Agusta dengan suara yang sangat spesifik. Materi yang digunakan pun merupakan terobosan terbaru dengan teknologi paling mutakhir. Desainnya juga dipastikan selaras dengan tampilan motor ikonik. Menggunakan DNA dan karakter motor-motor indah pabrikan yang bermarkas di Varese, namun tanpa menghilangkan identitas asli dari sistem pembuangan yang bermarkas di Ivancna Gorica, Slovenia.

Selain menjadi pemasok sistem pembuangan untuk motor, ia juga dipilih oleh beberapa pabrikan mobil untuk balap, seperti Audi, BMW M series, Aston Martin Racing, atau Toyota Motorsport. Kemitraan perusahaan knalpot dengan pabrikan motor bukan hanya kali ini saja. Sebelumnya sudah ada Ducati dengan Termignoni, serta Harley-Davidson bersama Screamin Eagle. Mereka juga telah mengembangkan partnership ini selama bertahun-tahun.

Sumber: Oto.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tingkah Kocak Cheater Main Gim Fall Guys Bikin Penasaran

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tingkah kocak seorang cheater saat bermain dan tetap kalah di gim Fall Guys, membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (12/8/2020) kemarin.

Tak hanya itu, artikel tentang TikTok diduga mengumpulkan MAC address perangkat Android, dan harga Xiaomi Mi 10 Ultra juga bikin penasaran.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Kocak, Gamer Ini Kalah Main Gim Fall Guys Meski Pakai Cheat

Tak dapat dimungkiri, Fall Guys saat ini menjadi salah satu gim paling populer di berbagai negara di dunia.

Sejalan dengan semakin meningkatnya populeritas gim tersebut, tidak mengherankan bila ada pemain "jahat" yang ingin merusak keseruan di dalam gim Fall Guys.

Gim ini sendiri sebetulnya tidak sulit untuk dimainkan, gamer hanya memerlukan keterampilan untuk menang--juga sedikit keberuntungan.

Baca selengkapnya di sini

 

2. TikTok Diduga Kumpulkan Identitas Android Pengguna Selama Lebih dari 1 Tahun

Aplikasi TikTok di Android diduga mengumpulkan MAC address perangkat pengguna selama 18 bulan. Hal ini dianggap merupakan sebuah pelanggaran kebijakan Android.

Informasi ini pertama kali diungkap dalam investigasi yang dilakukan Wall Street Journal, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (12/8/2020).

MAC address berfungsi sebagai pengenal unik untuk tiap perangkat pengguna. Pengenal ini dianggap cukup bernilai untuk iklan dan bahkan, bisa menjadi tools pelacakan yang berpotensi invasif.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Xiaomi Rilis Mi 10 Ultra Pakai Fast Charging 120W, Harganya Mulai Rp 11 Jutaan

Xiaomi mengumumkan smartphone barunya, Mi 10 Ultra. Perangkat ini hadir dengan dukungan pengisian daya cepat 120W untuk mengisi daya 4.500mAh.

Dengan pengisian daya cepat ini, Xiaomi mengklaim perangkat bisa diisi hingga 41 persen hanya dalam waktu 5 menit. Sementara untuk pengisian penuh hanya dibutuhkan waktu 23 menit pengisian daya.

"Apa yang kamu bayangkan, Mi 10 Ultra memilikinya," kata Xiaomi, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Rabu (12/8/2020).

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tes Kepribadian Melalui Objek Pertama yang Dilihat Pada Gambar

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang berpikir untuk mengetahui karakter seseorang bukanlah hal yang mudah. Namun, rupanya karakter maupun kepribadian seseorang bisa diungkap dari hal-hal sederhana, seperti apa yang kamu lihat di sekitarmu.

Tak hanya itu, gambar ilusi juga dapat menunjukkan hal-hal yang terjadi dalam pikiran orang. Serta bisa mengungkapkan beberapa hal tersembunyi dari kepribadian seseorang tersebut.

Bagi kamu yang ingin tahu seperti apa kepribadianmu secara garis besar, kamu bisa melakukannya lewat sebuah tes mata. 

Artikel tentang objek pertama yang dilihat di gambar ini ungkap karakter diri menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tak terurus akibat belajar online, gedung sekolah ini dipenuhi jangkrik.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang super romantis, deretan zodiak yang diklaim sangat peduli dengan pasangannya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Objek Pertama yang Dilihat di Gambar Ini Ungkap Karakter Diri

foto: Namastest.net
foto: Namastest.net

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini. Objek pertama kali yang kamu lihat pada foto ini bisa ungkap seperti apa kepribadian seseorang. Melansir dari Namastest, Rabu (12/8/2020) berikut ulasannya:

Selengkapnya...

2. Tak Terurus Akibat Belajar Online, Gedung Sekolah Ini Dipenuhi Jangkrik

(@sendaljaphethku/twitter.com)
(@sendaljaphethku/twitter.com)

Pandemi Corona Covid-19 mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah secara daring. Hal ini tentunya dilakukan guna mengurangi penularan virus Corona.

Seluruh siswa-siswi dari berbagai tingkatan sekolah pun telah melakukan kegiatan belajar mengajar lewat online. Hingga saat ini, kira-kira seluruh siswa di Tanah Air telah menjalani lebih dari lima bulan lamanya.

Hal ini membuat banyak gedung sekolah tak digunakan sementara waktu. Tentunya gedung sekolah dibiarkan kosong begitu saja dan tidak dibersihkan seperti biasanya selama pandemi.

Selengkapnya...

3. Super Romantis, 4 Zodiak Ini Diklaim Sangat Peduli dengan Pasangannya

ilustrasi pasangan/Photo by Gui Vergouwen from Pexels
ilustrasi pasangan/Photo by Gui Vergouwen from Pexels

Ketika menjalin hubungan dengan pasangan, sudah sepatutnya kamu menunjukkan rasa peduli terhadapnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan perhatian kepada pasangan. Mulai dari memberikan kejutan, menanyakan kabar setiap hari dan berbagai hal romantis lain.

Meski untuk bersikap romantis tidaklah mudah bagi sebagian orang, tapi beberapa zodiak bisa sangat romantis dan peduli kepada pasangannya. Berikut beberapa zodiak yang dikatakan sangat romantis kepada pasangannya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Leipzig Bersiap Hadapi Atletico Madrid

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Lluis Gene/Pool via AP)
Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Lluis Gene/Pool via AP)

Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Lluis Gene/Pool via AP)

Pemain Leipzig Lukas Klostermann berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Pemain Leipzig Lukas Klostermann berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pemain Leipzig Lukas Klostermann berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Lluis Gene/Pool via AP)
Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Lluis Gene/Pool via AP)

Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Lluis Gene/Pool via AP)

Pemain Leipzig Dayot Upamecano (tengah) melakukan peregangan saat berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Pemain Leipzig Dayot Upamecano (tengah) melakukan peregangan saat berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Pemain Leipzig Dayot Upamecano (tengah) melakukan peregangan saat berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)
Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

Para pemain Leipzig berlatih di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (12/8/2020). Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions. (Miguel A. Lopes/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Menarik Usai PSG Menang Dramatis Lawan Atalanta di Liga Champions

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon- Paris Saint-Germain (PSG) berhasil lolos ke semifinal Liga Champions secara daramatis. PSG tekuk Atalanta 2-1 di perempat final lewat dua gol yang dicetak Marquinhos dan Choupo Moting di menit akhir.

Pertandingan yang disiarkan SCTV dan Vidio Kamis (13/8/2020) dini hari tadi itu memang berlangsung dramatis. Meski menyerang, PSG gagal memanfaatkan dengan baik.

Neymar sempat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Atalanta tapi tendangannya melebar. Namun semua kegagalan itu terobati lewat dua gol yang dicetak di menit akhir.

Keberhasilan ini menjadi penantian panjang bagi PSG di Liga Champions. Mereka tak pernah tampil di semifinal sejak 26 tahun lalu.

Kini klub yang didanai miliuner asal Qatar ini siap mengejar asa lolos ke final Liga Champions. Ada Barcelona atau Bayern Munchen yang bakal jadi lawan mereka.

Untuk mengetahui apa saja di balik keberhasilan PSG, ada baiknya menyimak beberapa fakta menarik yang terungkap usai pertandingan. Berikut 6 fakta menarik Liga Champions Atalanta vs PSG

 

Fakta Menarik

Eric Maxim Choupo-Moting mejadi pahlawan PSG dalam pertandingan melawan Atalanta di perempat final Liga Champions 2019/2020. Golnya di menit 90+3 membawa PSG tembus ke semi final Liga Champions. (AFP/David Ramos/pool)
Eric Maxim Choupo-Moting mejadi pahlawan PSG dalam pertandingan melawan Atalanta di perempat final Liga Champions 2019/2020. Golnya di menit 90+3 membawa PSG tembus ke semi final Liga Champions. (AFP/David Ramos/pool)

1. PSG menjadi klub keempat yang nyaris tersingkir tapi berhasil lolos gara-gara gol di menit akhir. Sebelumnya ini terjadi pada MU vs Munchen (1999), Bayern Munchen vs Chelsea (2005) dan Dortmund vs Malaga (2013).

2. Neymar melakukan dribel sukses sebanyak 16 kali. Ini statistik terbanyak di Liga Champions sejak Lionel Messi melakukannya di 2008.

3. PSG tak pernah lolos semifinal Liga Champions sejak terakhir kali pada 1994-1995. Saat itu, PSG dilatih Luis Fernandez.

 

Fakta Menarik

Selama berseragam PSG, striker asal Kamerun ini baru delapan kali berlaga di kompetisi Liga Champions. Gol Choupo-Moting ke gawang Atalanta menjadi gol pertamanya di pentas Liga Champions. (AFP/Geoffroy Van Der Hasselt)
Selama berseragam PSG, striker asal Kamerun ini baru delapan kali berlaga di kompetisi Liga Champions. Gol Choupo-Moting ke gawang Atalanta menjadi gol pertamanya di pentas Liga Champions. (AFP/Geoffroy Van Der Hasselt)

 

 

4. PSG hanya membutuhkan 149 detik untuk mencetak dua gol dari Marquinhos dan Choupo Moting.

5. Atalanta sudah tujuh kali mencetak gol terlebih dahulu di Liga Champions musim ini. Lebih dari tim manapun.

6. Mario Pasalic terlibat dalam 5 gol dari enam laga terakhir Atalanta di Liga Champions (3 gol, 2 assist). Padahal dia sempat tak bisa cetak gol atau asissit di sembilan laga Liga Champions sebelumnya.

 

 

Hasil Liga Champions

Atalanta 1-2 PSG

Gol: Mario Pasalic (26); Marquinhos (90), Choupo-Moting (90+3)

Jadwal Liga Champions

Jumat,14 Agustus 2020

02.00 WIB RB Leipzig vs Atletico Madrid

Live SCTV dan Vidio

Saksikan Video Liga Champions

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kamala Harris Serang Trump di Pidato Pertamanya Sebagai Cawapres

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cawapres AS dari Partai Demokrat, Kamala Harris sampaikan pidato pertamanya sebagai pendamping Joe Biden. Harris menyebut Trump gagal menangani pandemi dan berujung krisis ekonomi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Banjir Susulan di Luwu Utara, Kementerian PUPR Bangun Tanggul

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membantu penanganan darurat banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menangani musibah ini, pemerintah daerah menetapkan masa penetapan tanggap darurat 14 Juli-12 Agustus 2020 hingga pascabencana.

Bencana banjir bandang terjadi pada Senin 13 Juli 2020 lalu, disebabkan oleh luapan air Sungai Masamba, Sungai Radda (anak Sungai Masamba), dan Sungai Rongkong akibat curah hujan yang sangat tinggi di hulu sungai.

Selama masa tanggap darurat Kementerian PUPR masih mengoperasikan 30 unit excavator, 4 unit Dozer, 29 unit Dump Truck, dan 22 unit pompa air alkon ke enam kecamatan terdampak yakni Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Malangke Barat, dan Malangke. Serta di Desa Radda yang kondisinya paling parah akibat banjir bandang.

Sebagai langkah cepat penanganan darurat, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menginstruksikan agar lumpur pasir yang dibersihkan dari permukiman dikumpulkan dan dimasukkan ke geobag untuk dimanfaatkan menjadi tanggul sementara di bantaran tiga sungai (Rongkong, Radda dan Masamba) agar tidak terjadi luapan material atau banjir dari sungai-sungai tersebut saat terjadi hujan di hulu.

"Untuk penanganan permanen nantinya dilakukan normalisasi sungai dengan pengerukan, perbaikan alur sungai dan pembuatan tanggul sungai dengan struktur permanen," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Saat ini Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang tengah mengerjakan normalisasi pada Sungai Masamba, Sungai Radda (anak Sungai Masamba), dan Sungai Rongkong sehingga diharapkan bisa mencegah terjadinya banjir lagi.

Pekerjaan normalisasi Sungai Radda telah dimulai sejak 25 Juli 2020 dengan total panjang sungai yang telah ditangani hingga 11 Agustus 2020 sepanjang 1.021 meter (m).

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Rincian Konstruksi

Kendaraan hanyut oleh banjir bandang di sebelah rumah-rumah di desa Radda di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (14/7/2020). Hujan lebat yang mengakibatkan tiga sungai meluap telah menyapu rumah-rumah, kendaraan dan berbagai fasilitas umum di enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara. (AFP/Aryanto)
Kendaraan hanyut oleh banjir bandang di sebelah rumah-rumah di desa Radda di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (14/7/2020). Hujan lebat yang mengakibatkan tiga sungai meluap telah menyapu rumah-rumah, kendaraan dan berbagai fasilitas umum di enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara. (AFP/Aryanto)

Menurut Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Adenan Rasyid, pekerjaan di Sungai Radda juga diikuti pembuatan geotextile/tanggul di kiri aliran sungai dengan struktur permanen yang telah dimulai sejak 30 Juli 2020. Tercatat hingga 11 Agustus 2020 pekerjaan tersebut sudah sepanjang 369 m untuk layer 1, sementara untuk layer 2 sudah sepanjang 192 m, layer 3 (97 m), dan layer 4 (69 m). Total sebanyak 5 excavator dikerahkan untuk pekerjaan di Sungai Radda.

Untuk di Sungai Masamba, pekerjaan tanggul sungai sementara sudah dikerjakan sepanjang 2.577 m dan juga dilakukan pembuatan geotextile/tanggul pada kanan aliran sungai dengan struktur permanen yang sudah terpasang sepanjang 328 m (layer 1), 208 m (layer 2), dan 60 m(layer 3). Sebanyak 6 unit excavator, 1 unit bulldozer, 5 unit dump truck untuk penggalian sedimen di Sungai Masamba.

Selanjutnya untuk pekerjaan tanggul sementara di Sungai Rongkong telah dilaksanakan sepanjang 1235 meter sejak 3 Agustus 2020 lalu. Untuk pembuatan geotextile/tanggul pada bagian kanan aliran Sungai Rongkong hingga 11 Agustus 2020 telah dilakukan sepanjang 396 m untuk layer 1 dan 16,5 m untuk layer 2. Total sebanyak 8 unit excavator dan 3 unit bulldozer dikerahkan untuk penggalian sedimen Sungai Rongkong, dan 2 unit excavator untuk pemasangan geotextile.

Dalam penanganan darurat, Kementerian PUPR juga didukung oleh PT Brantas Abipraya dan PT Hutama Karya yang kebetulan sedang menangani pembangunan DI Baliase di dekat lokasi bencana sehingga memudahkan dalam memobilisasi alat berat dan personel.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Digunakan Luas Tanpa Uji Klinis Lengkap, Vaksin COVID-19 Rusia Dinilai Tak Lazim

Posted: 12 Aug 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rusia menjadi negara pertama di dunia yang menyatakan bahwa mereka telah secara resmi memiliki vaksin COVID-19. Namun, kehadiran vaksin 'Gam-COVID-Vac' atau lebih dikenal dengan Sputnik V ini mengundang kontroversi.

Para peneliti di dunia banyak yang meragukan efektivitas dan keamanan dari vaksin COVID-19 yang dikembangkan Gamaleya Institute ini.

Terkait hal ini, dokter spesialis penyakit dalam Dirga Sakti Rambe mengatakan bahwa biasanya, kandidat vaksin untuk secara resmi bisa digunakan sebagai vaksin, harus melalui tahap uji klinis yang sudah terstandar.

"Secara umum, suatu vaksin tidak lazim digunakan luas sebelum melewati tiga fase tadi," kata Dirga, yang juga seorang vaksinolog, saat dihubungi oleh Health Liputan6.com pada Rabu (12/8/2020).

Ia mencontohkan, kandidat vaksin COVID-19 yang dikembangkan perusahaan Tiongkok Sinovac saja baru diuji klinis fase tiga beberapa waktu lalu di mana salah satu negara yang terlibat sebagai lokasi pengujian adalah Indonesia.

Dirga mengatakan, pengumuman vaksin COVID-19 buatan Rusia yang tiba-tiba membuat banyak peneliti terkejut dan mempertanyakan data atau laporan dari studi terhadap vaksin ini.

"Karena dalam dunia penelitian, data-data penelitian, hasil penelitian, itu semuanya dipublikasikan dan semua orang bisa baca, bukan diam-diam saja," kata dokter yang berpraktik di Jakarta tersebut.

Masyarakat Harus Berhati-hati Menyikapinya

Vaksin pencegah infeksi Virus Corona yang dikembangkan Pusat Penelitian Federal Gamaleya di Moskow, Rusia. (Xinhua/RDIF)
Vaksin pencegah infeksi Virus Corona yang dikembangkan Pusat Penelitian Federal Gamaleya di Moskow, Rusia. (Xinhua/RDIF)

Ia menjelaskan, laporan yang baru terdaftar di kepustakaan pun hanya uji klinis fase satu atau baru dicoba ke puluhan orang.

"Tentu saja ini tidak cukup. Tidak lazim suatu vaksin yang baru fase satu habis itu mau dikasih ke masyarakat luas, sekalipun untuk negaranya sendiri," ujar vaksinolog lulusan University of Siena, Italia ini.

"Bahkan kalau kita cek mana hasil uji klinis fase satu itu juga tidak ada, tapi pemerintah Rusia mengklaim ini sedang berjalan fase dua dan fase tiga, tentu ini klaim. Kalau kita mau betul, dibuktikan mana hasil penelitiannya, mana jurnalnya, harusnya begitu."

Untuk itu, Dirga mengatakan bahwa masyarakat pun harus berhati-hati dalam menyikapi informasi soal vaksin buatan Rusia ini.

"Karena tadi, klaim vaksin Rusia ini ternyata tidak didukung oleh hasil uji klinis sampai fase tiga yang hasilnya bisa dibaca oleh semua orang. Jadi ini hanya suatu klaim dari suatu negara."

"Bahwa di Rusia mereka mau menggunakan untuk negaranya sendiri ya silahkan. Itu urusan internal dalam negeri, kita tidak bisa ikut campur," tambahnya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Beri Tanda Kehormatan ke Sejumlah Tokoh

Posted: 12 Aug 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Pemberian tanda kehormatan tersebut digelar di Istana Negara Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Adapun tanda kehormatan ini diberikan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Acara tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19

Pemberian tanda kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto. Dua tokoh diantaranya yang mendapat tanda kehormatan yakni, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Berikut beberapa nama penerima tanda kehormatan yang disebutkan:

1. Achwilutan (Komjen Purn) Kalakhar BKNN tahun 1999-2001, mewakili satu orang lainnya dianugerahi tanda jasa medali kepeloporan.

2. H. Oesman Sapta Oedang Ketua DPD 2017-2010 dianugerahi Tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama

3. M. Hatta Ali (Ketua MA 2012-2020) dianugerahi tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama

4. Mahyudin (Wakik Ketua MPR RI 2014-2019), mewakili 6 orang lainnya dianuegari Bintang Mahaputra Nararya

5. Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman RI 2016-2021) mewakili 8 oranf lainnya. Dianugerahi tanda kehormatan Bintang Tanda Utama.

Selanjutnya

6. Jimmly Asshiddiqie (Ketua DKPP tahun 2012-2017), dianugerahi tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama

7 Almarhum Bartolomeus Bayu Satrio, mewakili 9 orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama

8. Almarhumag Mulatsi Widji Astuti, Letkol Laut (Purn), mewakili 21 orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Nararya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Ditopang Ekspektasi Stimulus AS

Posted: 12 Aug 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Kamis ini bergerak menguat tipis. Pendorong penguatan rupiah adalah ekspektasi positif akan paket Stimulus AS.

Mengutip Bloomberg, Kamis (13/8/2020), rupiah dibuka di angka 14.742 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.760 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.725 per dolar AS hingga 14.793 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,69 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.877 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya di angka 14.777 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis, menguat seiring ekspektasi positif pasar terhadap tercapainya kesepakatan paket stimulus pemerintah AS.

"Pagi ini sentimen pasar terlihat positif untuk aset berisiko dengan indeks saham Asia bergerak menguat mengikuti penguatan yang terjadi di pasar saham AS semalam," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra diktuip dari Antara.

Sementara itu, lanjut Ariston, nilai tukar di pasar negara berkembang (emerging markets) juga terlihat menguat pagi ini terhadap dolar AS.

"Hari ini pasar mungkin merespons positif indikasi pemulihan ekonomi global dan masih berekspektasi positif terhadap persetujuan paket stimulus kedua AS untuk membantu pemulihan ekonomi AS di tengah pandemi," ujar Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi menguat di kisaran 14.650 per dolar AS hingga 14.850 per dolar AS.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

BI Sebut Nilai Tukar Rupiah dan Inflasi Masih Terkendali

Mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, seiring dengan kondisi perekonomian Indonesia khususnya sebagai dampak penyebaran COVID-19, Bank Indonesia menyampaikan perkembangan indikator stabilitas nilai Rupiah secara periodik. Indikator dimaksud adalah nilai tukar dan inflasi yang masih terkendali.

Pada akhir hari Kamis, 23 Juli 2020, Rupiah ditutup pada level Rp 14.550 per dolar AS. Kemudian Yield SBN (Surat Berharga Negara) 10 tahun turun ke level 6,86 persen. DXY[1] tercatat melemah ke level 94,69serta yield UST (US Treasury) Note[2] 10 tahun turun ke level 0,577 persen.

Sementara pada pagi hari tadi, Jumat (24/7/2020), Rupiah dibuka pada level Rp 14.500 per dolar AS. Kemudian Yield SBN 10 tahun turun di 6,83 persen.

Adapun aliran Modal Asing pada minggu ke-4 Juli 2020, BI mencatat Premi CDS (Credit Default Swaps)[3] Indonesia 5 tahun turun ke 112,9 bps per 23 Juli 2020 dari 124,7 bps per 17 Juli 2020.

"Berdasarkan data transaksi 20-23 Juli 2020, non residen di pasar keuangan domestik beli neto Rp 5,17 triliun, dengan beli neto di pasar SBN sebesar Rp 5,40 triliun dan jual neto di pasar saham sebesar Rp 0,23 triliun," papar Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangan resmi.

"Berdasarkan data setelmen selama 2020 (ytd), non residen di pasar keuangan domestik jual neto Rp 143,77 triliun," sambung dia.

Selanjutnya, BI mencatat inflasi berada pada level yang rendah dan terkendali. "Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu IV Juli 2020, bulan Juli 2020 diperkirakan mengalami deflasi sebesar 0,03 persen (mtm). Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Juli 2020 secara tahun kalender sebesar 1,06 persen (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,61 persen (yoy)," beber Onny.

Penyumbang utama deflasi pada periode laporan antara lain berasal dari bawang merah sebesar -0,10 persen (mtm), daging ayam ras sebesar -0,03 persen (mtm), bawang putih sebesar -0,03 persen (mtm), gula pasir sebesar -0,02 persen (mtm), jeruk sebesar -0,02 (mtm) serta cabai merah, kelapa, daging sapi, dan angkutan udara masing-masing sebesar -0,01 persen (mtm).

"Sementara itu, komoditas utama penyumbang inflasi, yaitu telur ayam ras sebesar 0,05 persen (mtm), emas perhiasan sebesar 0,04 persen (mtm), dan rokok kretek filter sebesar 0,01 persen (mtm)," tambah dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin

Posted: 12 Aug 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi. Rachmat akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka.

"RY diperiksa sebagai tersangka tindak pidana korupsi pemotongan uang dan gratifikasi oleh Bupati Bogor," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (13/7/2020).

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Rachmat Yasin, Bupati Bogor periode 2009-2014 dalam kasus suap dan gratifikasi. Rachmat Yasin kini dijerat dengan kasus dugaan "memalak" dan "menyunat" para satuan perangkat kerja daerah (SKPD) selama menjabat Bupati Bogor.

Rachmat Yasin diduga meminta, menerima atau memotong pembayaran dari beberapa SKPD Rp 8.931.326.223. Setiap SKPD diduga memiliki sumber dana yang berbeda untuk memberikan dana kepada Rachmat Yasin.

Uang tersebut diduga digunakan Rachmat Yasin untuk biaya operasional dan kebutuhan kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Legislatif yang diselenggarakan pada 2013 dan 2014.

Selain itu, Rachmat Yasin juga diduga menerima gratifikasi, yaitu berupa tanah seluas 20 hektare di Jonggol, Kabupaten Bogor dan Toyota Velflre senilai Rp 825 juta.

Untuk penerimaan gratifikasi berupa tanah seluas 20 hektare, Rachmat Yasin sengaja meminta kepada anak buahnya untuk memeriksa satu bidang tanah seluas 350 hektare. Pemilik tanah tersebut hendak membangun pesantren di tanah tersebut.

Pada tahun 2010 seorang pemilik tanah seluas 350 hektare yang terletak di Desa Singasan dan Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor ingin mendirikan Pondok Pesantren dan Kota Santri. Untuk itu pemilik tanah berencana akan menghibahkan tanahnya seluas 100 hektare agar pembangunan pesantren terealisasi.

Gratifikasi Tanah untuk Pesantren

Pemilik tanah tersebut kemudian menyampaikan maksudnya untuk mendirikan pesantren pada Rachmat Yasin melalui stafnya. Rachmat Yasin menjelaskan agar dilakukan pengecekan mengenai status tanah dan kelengkapan surat-surat tanahnya.

Pada pertengahan tahun 2011, Rachmat Yasin melakukan kunjungan lapangan di sekitar daerah pembangunan Pondok Pesantren tersebut. Melalui perwakilannya, Rachmat menyampaikan ketertarikannya terhadap tanah tersebut. Rachmat juga meminta bagian agar tanah tersebut juga dihibahkan untuknya.

Pemilik tanah kemudian menghibahkan atau memberikan tanah seluas 20 Ha tersebut sesuai permintaan Rachmat Yasin. Diduga Rachmat mendapatkan gratifikasi agar memperlancar perizinan lokasi pendirian Pondok Pesantren dan Kota Santri.

Rachmat Yasin sendiri diketahui baru bebas pada 8 Mei 2019. Dia sebelumnya dijerat dalam kasus suap rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor Tahun 2014 atas nama PT Bukit Jonggol Asri seluas 2.754 Hektare.

Rachmat Yasin divonis 5 tahun 6 bulan penjara. Dalam perkara yang diawali operasi tangkap tangan (OTT) pada 7 Mei 2014, KPK juga memproses FX Yohan Yap (swasta), M Zairin (KepaIa Dinas Pertanian dan Kehutanan Bogor) dan Kwee Cahyadi Kumala, Komisaris Utama PT. Jonggol Asri dan Presiden Direktur PT. Sentul City.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah Minta Anggota Pramuka Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Posted: 12 Aug 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jawa Timur Khoffah Indar Parawansa meminta, anggota Pramuka harus lantang mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

"Anggota Pramuka harus jadi speaker agar masyarakat semakin disiplin dan peduli, jaga jarak aman, pola hidup bersih dan sehat serta bermasker," tutur dia di sela peringatan Hari Pramuka ke-59 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, ditulis Kamis, (13/8/2020).

Khofifah yang juga Gubernur Jatim tersebut juga melanjutkan pesan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Kamabinas) agar anggota Pramuka tak pernah bosan menyampaikan edukasi ke masyarakat pandemi COVID-19 belum selesai.

Dia menuturkan, kepedulian dan kedisiplinan masyarakat menjadi penting karena beberapa saat ini sejumlah sektor mulai menggeliat dan perekonomian bergerak.

"Sehingga kedisplinan dan kepedulian masyarakat menjadi titik sentral untuk bisa digerakkan oleh Pramuka," ucap Khofifah.

Respons Kwarda Jatim

Ketua PBNU Saifullah Yusuf. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Ketua PBNU Saifullah Yusuf. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Sementara itu, peringatan Hari Pramuka Ke-59 dilakukan secara virtual dan diikuti pengurus Kwartir Daerah Pramuka Jatim, serta Majelis Pemimbing Cabang-Kwartir Cabang (38 kabupaten/kota).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarda Jatim Saifullah Yusuf berterima kasih kepada Pemprov Jatim, terutama kepada Khofifah yang telah menunjukkan kepedulian terhadap Pramuka setempat.

"Semua program Pramuka selalu mendapat dukungan dari Gubernur. Seperti membangun rumah, mengecat warna-warni rumah dan jembatan, membantu membuat jalan serta bagi-bagi masker di masa pandemi ini," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Wakil Gubernur Jatim periode 2009-2019 tersebut bahkan berterima kasih karena Pramuka Jatim mendapat bantuan 250 ribu masker yang nantinya dibagikan kepada masyarakat di sejumlah daerah.

"Intinya, kami sangat mengapresiasi Kamabida Kak Khofifah sehingga Pramuka Jatim menjadi salah satu yang diperhitungkan di tingkat nasional," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud Ingin Bangun SMK di Kawasan Industri

Posted: 12 Aug 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menginginkan setiap kawasan Industri bisa membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di sekitarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud, Wikan Sakarinto mengatakan, saat ini Inonesia memiliki 98 kawasan industri. Tapi hanya baru dua saja yang membangun SMK.

"Kita ingin mereplikasi ke-96 yang lain. Oleh karena itu, kami ke sini karena kita ingin gali, kita ekstrak konsepnya agar menjadi suatu panduan yang akan kita bagikan ke kawasan industri lain. Ini yang disebut link and match," kata Wikan dalam keterangan yang diterima, Kamis (13/8/2020).

Dia mengaku akan melanjutkan koordinasi dengan instansi terkait supaya rencana pembangunan SMK di kawasan industri dapat segera terealisasi. Saat ini Kemendikbud juga berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait penyusunan regulasi yang menarik bagi industri.

"Kita revisi undang-undangnya, Kemendikbud akan komunikasi dengan industri dan Kemenperin, kita cari solusinya, dan roadshow akan terus dilakukan," jelas Wikan.

 

Seribu SMK

Wikan juga menuturkan, akan sangat baik, jika setiap kawasan industri memiliki SMK di kawasannya. Karena nanti bisa saling membina terhadap sekolah lainnya.

Jika ini bisa dilakukan, maka jumlah SMK di Indonesia bisa mencapai 1.000 sekolah.

"Karena, jika pada akhirnya setiap kawasan industri memiliki satu SMK, dan setiap SMK membina 10 SMK di sekitarnya dan saling beraliansi, mestinya Indonesia memiliki hampir 1.000 SMK yang seperti ini," tutup Wikan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vidio Original Series Loncat Kelas Sudah Tayang, Yuk Kenalan Sama Pemainnya

Posted: 12 Aug 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sukses dengan serial Omen, I Love You Baby, Heart Series, dan Get Married Series, Vidio akhirnya kembali merilis original series terbarunya bertajuk Loncat Kelas.

Tayang mulai Rabu, (12/8/2020) episode perdana Loncat Kelas sudah bisa disaksikan secara gratis di seluruh platform streaming Vidio.

Mengusung genre komedi romantis, Vidio original series Loncat Kelas bercerita tentang pahit manisnya kehidupan masa remaja. Adalah Archie, murid SMP jenius yang harus harus 'loncat kelas' ke SMA.

Alih-alih bahagia, bocah polos yang ceplas-ceplos ini justru menghadapi banyak hal yang tak pernah ia bayangkan di sekolah barunya ini. Mulai dari dimusuhi satu sekolah, hingga merasakan cinta pertama.

Dibintangi para aktor dan aktris muda berbakat Tanah Air, yuk kenalan sama para pemain Vidio original series Loncat Kelas.

Fatih Unru

Vidio Original Series Loncat Kelas. (Sumber: Vidio)
Vidio Original Series Loncat Kelas. (Sumber: Vidio)

Nama Fatih Unru mulai dikenal ketika ia menjadi komika termuda di Indonesia saat dirinya berusia 7 tahun. Tak hanya piawai dalam dunia stand up comedy, ia juga pandai bermain peran. 

Di Loncat Kelas, Fatih Unru didaulat memerankan karakter Archie, murid SMP polos yang loncat ke kelas 12 SMA karena saking jeniusnya. Namun ia justru dimusuhi satu sekolah karena omongannya yang ceplas ceplos.

Kendati jadi anak paling kecil di sekolah, tak menghalangi Archie untuk jatuh cinta pada pandangan pertama ke Nadya, murid paling senior di kelasnya.

Mawar de Jongh

Vidio Original Series Loncat Kelas. (Sumber: Vidio)
Vidio Original Series Loncat Kelas. (Sumber: Vidio)

Mahir bernyanyi dan berakting membawa nama Mawar Eva de Jongh ke puncak popularitas di usianya yang masih muda. Puluhan serial, televisi, serta film layar lebar telah ia perankan.

Dalam Vidio original series Loncat Kelas, artis kelahiran 26 September 2001 itu didapuk memerankan tokoh Nadya, cewek eksis di sekolah yang jadi pujaan hati Archie.

Nadya juga jadi murid yang langganan tinggal kelas. Meskipun usianya sudah 20 tahun, ia masih duduk di bangku SMA. 

Antonio Blanco Jr

Vidio Original Series Loncat Kelas. (Sumber: Vidio)
Vidio Original Series Loncat Kelas. (Sumber: Vidio)

Mengawali debutnya di jagat hiburan sebagian bintang FTV, Antonio Blanco Jr pernah menjajal berbagai peran, mulai dari protagonis hingga antagonis.

Aktor yang kerap disapa Nio ini menjalani perannya sebagai Domino di Vidio original series Loncat Kelas. Domino sendiri diceritakan sebagai ketua tim basket sekolah, yang kerap menjahili Archie. Ia juga kekasih Nadya.

Nonton Vidio Original Series Loncat Kelas

Vidio original series Loncat Kelas dapat disaksikan mulai Rabu, (12/8/2020). Total akan ada 10 episode Loncat Kelas yang hadir setiap hari Rabu dan Sabtu hanya di Vidio.

Yuk, download aplikasi Vidio sekarang! Jangan lupa juga untuk berlangganan paket Vidio Premier supaya nggak ketinggalan episode Loncat Kelas setiap minggunya. Klik di sini untuk menonton.

Saksikan video trailer Loncat Kelas berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: