Kamis, 23 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Pria Ini Pilih Curi 24 Motor Dibanding Jadi Supir Angkot

Posted: 23 Apr 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria baru dikeluarkan dari penjara Rembang Jawa Tengah. Ia kembali lakukan aksi kriminal, mencuri 24 sepeda motor hanya dalam waktu satu bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Najwa Shihab Shock, Jokowi Sebut Mudik dan Pulang Kampung Itu Beda

Posted: 23 Apr 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Video obrolan Najwa Shihab dengan RI-1 bertajuk "Jokowi Diuji Pandemi, Jokowi: Mudik dan Pulang Kampung Itu Beda (Part 2)" menjadi topik paling tren di situs berbagi video, YouTube, Jumat (24/4/2020)

Hingga artikel ini disusun, video percakapan Najwa Shibab dengan Presiden Jokowi membahas beda mudik dan pulang kampung ditonton  2,3 juta orang lebih. Ada bagian menarik dalam sesi obrolan Najwa Shihab dengan Jokowi.

Presenter kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977, ini mengutip data Kementerian Perhubungan RI. Data tersebut mengungkap, hampir satu juta orang mencuri start mudik.

Itu Bukan Mudik...

Presiden Jokowi resmi lantik Ahmad Riza Patria jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Istimewa)
Presiden Jokowi resmi lantik Ahmad Riza Patria jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Istimewa)

Angka awal yang cukup fantastis. Namun Jokowi menyebut, itu bukan mudik. Najwa Shihab pun syok. "Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang karena anak istrinya ada di kampung," urai Jokowi.

Seolah tak terima dengan penjelasan ini, Najwa Shihab kembali bertanya. "Apa bedanya Bapak, pulang kampung dan mudik?" Sang Presiden menegaskan, "Kalau mudik itu di hari Lebarannya, beda."

Beda Timing, Aktivitas Sama

Tangkapan layar wawancara Najwa Shihab dan Presiden Jokowi. (Foto: YouTube Mata Najwa)
Tangkapan layar wawancara Najwa Shihab dan Presiden Jokowi. (Foto: YouTube Mata Najwa)

Situasi makin panas lantaran Najwa Shihab menyela penjelasan Jokowi dengan bilang, "(Itu) hanya perbedaan masalah waktu Bapak…" Jokowi berkukuh dengan pendapatnya, "(Mudik) untuk merayakan Idulfitri, kalau yang namanya pulang kampung itu bekerja di Jakarta tetapi anak istrinya ada di kampung."

Pendapat ini dibantah Najwa Shihab. Tuan rumah program Mata Najwa berujar, "Itu hanya perbedaan timing Bapak Presiden, tapi aktivitasnya sama. Pulang dan kemungkinan membawa virus ke rumah itu juga sama."

Lebih Bahaya Mana?

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

Jokowi lantas meminta semua pihak mempelajari kondisi di lapangan. Di Jakarta, para pekerja menyewa ruang 3 kali 3 atau 3 kali 4 meter. Ruangan itu dihuni 8 atau 9 orang. Saat tidak bekerja, mereka menghuni ruangan sempit itu.

"Di sini, di dalam ruangan, dihuni sembilan, delapan orang, atau pulang kampung tapi di sana sudah disiapkan (ruang) isolasi dulu oleh desa. Saya kira sekarang semua desa sudah menyiapkan ruang isolasi untuk yang pulang dari Jakarta. Lebih bahaya mana?" tanya balik Jokowi.

Masyarakat Dilarang Mudik

Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)
Najwa Shihab. (Foto: Instagram @najwashihab)

"Tahapan pertama, ASN dilarang mudik, (lalu) TNI Polri, pegawai BUMN, sampai di suatu titik kita akan juga larang masyarakat untuk mudik," sambung Jokowi yang mengenakan kemeja lengan panjang putih tanpa motif.

Percakapan Najwa Shihab dan Jokowi berlangsung di Istana Merdeka pada Selasa (21/4/2020). Keesokan harinya, media santer memberitakan Jokowi melarang mudik untuk semua kalangan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkapan Pasien Usai Dinyatakan Sembuh dari Corona COVID-19

Posted: 23 Apr 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua pasien Corona COVID-19 asal Kota Kediri, Jawa Timur, dinyatakan negatif atau sembuh. Dua pasien ini merupakan klaster dari pelatihan haji di asrama Sukolio, Surabaya, Jawa Timur.

Dua pasien tersebut pun mengungkapkan tentang proses perawatan diri, dari awal terkonfirmasi positif hingga kemudian dinyatakan berhasil sembuh atau negatif Corona COVID-19.

"Saya tak bisa berkata apa-apa. Terima kasih sudah merawat saya sampai sembuh. Semoga Allah membalas kebaikan semua pegawai rumah sakit ini," ujar FT (49), pasien sembuh, warga Kediri, Kamis, 23 April 2020, seperti dikutip dari Antara.

Selain FT, pasien lainnya adalah TR (42), juga sangat senang setelah dinyatakan negatif corona COVID-19. Ia menuturkan, selama dirawat di RSUD Gambiran, Kota Kediri, kesehatan serta gizi makanan diutamakan.

"Selama di sini saya dirawat dengan sangat baik oleh para petugas. Mulai gizi makanan sampai perawatan medis, semua dilakukan sangat baik," ujar TR.

FR maupun TR mengaku tidak akan pernah melupakan momen ini, di mana mereka sempat dinyatakan terinfeksi virus corona baru (Sars-CoV-2). Mereka juga meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga diri dan keluarga, karena virus ini bisa menyerang siapa saja. FT dan TR mulai dirawat di RSUD Gambiran, Kota Kediri sejak 10 April 2020.

Keduanya merupakan klaster dari pelatihan haji di asrama Sukolilo Surabaya. Meski mereka sudah dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang, mereka tetap dianjurkan untuk mengenakan masker.

Menambah Optimisme untuk Lawan Corona COVID-19

Ilustrasi rumah sakit/Pixabay StockSnap
Ilustrasi rumah sakit/Pixabay StockSnap

Dalam proses pemulangan, keduanya mendapatkan salam perpisahan yang sangat baik. Selain menerima ucapan selamat sembuh dari para tenaga medis yang merawatnya, FT dan TR juga diberikan karangan bunga sebagai tanda mata dari seluruh staf RSUD Gambiran Kota Kediri.

Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr Fauzan Adima mengatakan pemberian kehormatan kepada para pasien COVID-19 yang sudah sembuh ini untuk menyemangati mereka setelah berjuang melawan virus. Selain itu, proses perawatan yang panjang hingga mencapai kesembuhan turut membentuk ikatan emosional antara pasien dengan para perawat dan dokter di ruang isolasi.

"Kita bisa bayangkan saat semua orang menjauhi mereka, para perawat dan dokter justru mendekat dan merawat dengan tulus. Risikonya menjadi sama. Karena itu, kesembuhan ini adalah perjuangan bersama antara pasien dan tenaga medis," kata Fauzan Adima.

Fauzan berharap dengan kesembuhan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif corona tersebut akan menambah optimistis di masyarakat dalam melawan COVID-19, dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pasien yang sembuh ini juga diminta menjadi duta kesehatan untuk mengajak orang di sekitarnya mematuhi ketentuan pemerintah.

"Saya menyampaikan hormat dan terima kasih sebesar-besarnya kepada tenaga medis maupun nonmedis di RSUD Gambiran Kediri. Tetap semangat karena beban kesehatan masyarakat ada di pundak kita," kata Fauzan Adima.

Di Kota Kediri, data per Kamis, 23 April 2020, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 197, pasien dalam pengawasan sembilan orang, dan yang terkonfirmasi tujuh orang, dimana tiga dirawat dan empat sisanya sudah dinyatakan sembuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Tingkatkan Irigasi Lewat Padat Karya Tunai

Posted: 23 Apr 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan program padat karya tunai dengan percepatan pembangunan infrastruktur kerakyatan pada 2020.

Salah satunya yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang dilaksanakan oleh Balai-balai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) bersama masyarakat.

P3TGAI dipercepat sebagai salah satu bentuk antisipasi terhadap dampak penyebaran wabah virus corona (Covid-19), khususnya di kawasan perdesaan. Nilai anggaran untuk program ini mencapai Rp 2,250 triliun.

Dengan program padat karya tunai, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi akibat merebaknya pandemi corona.

Hal ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo untuk memfokuskan anggaran membantu masyarakat perdesaan bertahan selama masa sulit ini. Selain itu juga menjaga produktifitas hasil pertanian lantaran suplai air yang lebih memadai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program infrastruktur kerakyatan atau padat karya tunai (PKT) ini sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Selain untuk mengurangi angka pengangguran dan menjaga daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur irigasi di kawasan perdesaan. Kehilangan air di dalam saluran bisa dikurangi dengan lining saluran yang baik. Pola pelaksanaan PKT juga dengan memperhatikan protokol physical and social distancing," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/4/2020).

 

Saluran Irigasi

© Kementerian PUPR.
© Kementerian PUPR.

P3TGAI merupakan pekerjaan peningkatan saluran irigasi tersier, dari saluran alam/tanah menjadi saluran dengan pasangan batu/lining yang dikerjakan oleh petani atau penduduk setempat.

Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen.

Pada 2020, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi dilaksanakan di 10 ribu lokasi yang tersebar di 33 provinsi. P3TGAI merupakan salah satu dari program PKT Kementerian PUPR dengan anggaran total Rp 10,2 triliun. Sebelum dilakukan refocussing kegiatan terkait mitigasi dampk Pandemi COVID-19, jumlah lokasi P3TGAI yang diprogramkan yakni 6.000 lokasi.

Hingga saat ini, sudahtercatat 458 lokasi di 11 provinsi antara lain Jambi, Sumbar, Kepulaan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan NTB telah memulai pekerjaan fisiknya. Sedangkan hampir 1.800 lokasi di 33 provinsi sudah melakukan sosialisasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Jaga PSBB Tak Picu PHK Pekerja Bertambah

Posted: 23 Apr 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menginginkan pemerintah benar-benar menjaga kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar tidak menambah jumlah fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani, mengharapkan pemerintah tetap mengedepankan dua kepentingan secara paralel. Keduanya, yaitu kepentingan pemutusan penyebaran COVID-19 dan kepentingan mempertahankan ekonomi agar mengurangi terjadinya pemutusan hubungan kerja.

Dia mengemukakan bahwa penerapan PSBB penting untuk ditaati oleh seluruh pemangku kepentingan demi keselamatan masyarakat dalam skala luas, namun penerapan PSBB ini juga berpotensi mengakibatkan munculnya kerawanan sosial dari terhentinya aktifitas ekonomi riil.

"Berbagai jenis pusat perbelanjaan, pabrik atau perusahaan skala besar menengah dan kecil terhenti dan tidak mampu lagi memberikan gaji atau tunjangan kepada pekerjanya. Akibatnya pada jangka menengah nanti akan berpotensi memunculkan masalah baru yaitu stagnansi ekonomi, efek domino yang terjadi adalah munculnya penggangguran baru dan tidak terserapnya angkatan kerja dari fresh graduate," jelas dia melansir Antara, Jumat (24/4/2020).

Terkait dengan upaya menjaga kelangsungan ekonomi, Apindo melihat bahwa SE Kementerian Perindustrian nomor 4 tahun 2020 dan nomor 7 tahun 2020 sebagai salah satu opsi yang baik agar dunia usaha tidak serta merta terhenti mengingat kepentingan untuk tetap memberikan pekerjaan dan penghasilan bagi karyawan dan ekonomi secara makro.

Dalam operasionalisasi kebijakan Menteri Perindustrian tersebut, Apindo mendukung dan memberikan apresiasi dan sekaligus berkomitmen mendukung anggota yang dalam menjalankan operasionalisasi usahanya tetap wajib mengedepankan protocol kesehatan sesuai ketentuan dan peraturan.

Apindo juga mensosialisasikan kepada seluruh anggota untuk mengikuti dan mematuhi prosedur yang dikeluarkan pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Menteri Perindustrian kepada Gubernur Bupati dan Walikota seluruh Indonesia bernomor S/336/M-IND/IV/2020 menindaklanjuti Surat Menteri Perindustrian sebelumnya Nomor 7 tahun 2020 yang pada intinya Kementerian Perindustrian dapat memberikan ijin operasional/mobilitas kegiatan industri dan dapat melakukan pencabutan apabila diketemukan pelanggaran terhadap protokol Kesehatan.

"Dalam hal stimulus untuk dukungan pertumbuhan ekonomi, Apindo sudah memohon kepada Bapak Presiden melalui surat bernomor 145/DPN/3.2.1/5C/IV/20 tertanggal 20 April 2020 tentang Rekomendasi yang pada intinya terkait dengan permohonan stimulus pajak dan restructuring hutang," ucapnya.

 

Harapan Pemerintah

Petugas memberhentikan pengendara motor tanpa mengenakan masker di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (13/4/2020). Batas maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan roda empat, berkendara dalam keadaan sakit, dan batas operasional kendaraan umum hingga pukul 18.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas memberhentikan pengendara motor tanpa mengenakan masker di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (13/4/2020). Batas maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan roda empat, berkendara dalam keadaan sakit, dan batas operasional kendaraan umum hingga pukul 18.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Apindo memberikan apresiasi kepada pemerintah dalam upayanya untuk menjaga kesehatan masyarakat dan ekonomi masyarakat agar tetap terjaga dengan baik.

Sebagaimana diharapkan, Pemerintah berharap pemberian stimulus ekonomi terhadap sektor riil, salah satunya perluasan Pasal PPh 21 dapat mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Diharapkan dengan pemberian stimulus, misalnya pasal PPh 21 yang diperluas selama 6 bulan mampu menahan PHK," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/4).

Airlangga mengatakan dampak fiskal dari perluasan PPh 21 sekitar 15,7 triliun.

Dia menekankan sejumlah fasilitas yang diberikan Pemerintah diharapkan memberikan pelonggaran kepada dunia usaha untuk sebisa mungkin tidak melakukan PHK.

Adapun Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan sejumlah insentif yang diberikan kepada kalangan dunia usaha, termasuk diantaranya relaksasi kredit.

Pemerintah ingin memastikan insentif yang diberikan benar-benar membuat usaha bertahan dan tidak melakukan PHK.

Manakala insentif berupa insentif menyebabkan kredit macet maka Pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan akan membuat rambu-rambunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Bisnis Ternak Milenial Madiun Ini Tembus Omset Rp 90 Juta per Bulan

Posted: 23 Apr 2020 10:10 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Berkat kerja keras dan ketekunannya, M. Tanfidzul Khoiri salah satu generasi milenial pertanian yang dinobatkan sebagai Duta Petani Muda Indonesia pada tahun 2014 ini telah menjelma menjadi peternak dan pengusaha muda yang sukses. 

Khoiri berhasil mengembangkan bidang peternakan mulai dari budidaya kambing/domba, membuat pakan silase dan konsentrat, pupuk organik, perlengkapan ternak ruminansia hingga melayani aqiqah siap saji dan kambing guling.

Usaha yang telah ditekuni oleh milenial asal Madiun Jawa Timur selama 8 tahun ini membuahkan hasil yang memuaskan. Kini ia menjabat sebagai Owner Kandank Oewang, Ketua P4S LKPNU (Lembaga Kajian dan Pengembangan Potensi Umat) yang dibina Pusat Pelatihan Pertanian dan Ketua koperasi slamet agriculture Jawa Timur.

"Alhamdulillah setiap hari pemasukan dari penjualan silase dan konsentrat, ternak domba, pupuk organik, melayani aqiqah siap saji dan kambing guling serta pelatihan mencapai 90 juta perbulan. Kalau dikalkulasi dalam satu tahun mencapai Rp 1,080,000.000," ujarnya.

M. Tanfidzul Khoiri mengakui profesinya ini sangat "Keren". Ada banyak manfaat dari profesi sebagai peternak atau terlibat dalam bidang pertanian, di antaranya adalah kebebasan mengatur waktu, sehat secara fisik karena senantiasa berkeringat dan dapat berkomunikasi secara batin pada ternak yang diusahakan.

Selain itu menurutnya, dalam hal finansial orang yang fokus dalam bidang peternakan bisa memiliki penghasilan yang lebih baik dari profesi lainnya, ada penghasilan harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

"Sebagai contoh, dengan domba 80 ekor ada yang beranak dan ada yang dibeli peternak lain, produksi kotoran setiap hari rata-rata 80 kg dan harga jual kompos per karung kecil Rp 20.000, produksi silase setiap bulan 30 ton dengan harga Rp 1100/kg, konsentrat produksi per bulan 30 ton dengan harga Rp 4500/kg, penjualan domba untuk aqiqah dengan harga 1,5 – 2,5 Juta, dari usaha ini omzet yang bergerak setiap bulan adalah Rp. 90 juta atau kalo setahun Rp 1,08 Miliar.

 

M. Tanfidzul Khoiri juga menjabat sebagai Ketua P4S LKPNU (Lembaga Kajian dan Pengembangan Potensi Umat) yang dibina Pusat Pelatihan Pertanian dan Ketua koperasi slamet agriculture Jawa Timur.
M. Tanfidzul Khoiri juga menjabat sebagai Ketua P4S LKPNU (Lembaga Kajian dan Pengembangan Potensi Umat) yang dibina Pusat Pelatihan Pertanian dan Ketua koperasi slamet agriculture Jawa Timur.

"Saya berharap agar generasi muda tidak takut untuk bermimpi menjadi peternak. Jangan takut dan ragu untuk terjun dalam sektor peternakan. Beternak itu menjanjikan dan menguntungkan. Sudah semakin banyak yang merasakan manfaat dari sisi finansial jika fokus di bidang peternakan, bahkan ada diantara rekan kami pengelola P4S sesama petani muda yang mampu mendapatkan keuntungan hingga Rp. 100 juta dalam sebulan," tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa sudah saatnya pembangunan pertanian dilanjutkan oleh generasi milenial yang saat ini semakin cerdas dalam mencari peluang bisnis, mereka yang telah terjun dan mencintai dunia pertanian/peternakan akan semakin menguasai bagaimana mengembangkan pertanian/peternakan mulai dari hulu sampai hilirnya menjadi peluang bisnis.

"Apalagi ditambah dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti startup akan semakin menjanjikan tentunya," tegas Dedi.

"Jumlah startup pertanian yang semakin bertambah dan meningkat, membuktikan bahwa sektor pertanian termasuk di dalamnya bidang peternakan adalah sektor yang punya peluang besar untuk usaha dan menandakan regenerasi petani sedang berjalan," tegas Dedi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tindak 29 Ribu Pelanggar PSBB di Jadetabek, Mayoritas Ogah Pakai Masker

Posted: 23 Apr 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta sudah dua pekan lebih menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak hanya di Jakarta, PSBB juga mulai berlaku atau diterapkan di daerah penyangga seperti di Depok, Bekasi dan Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah memberikan teguran kepada 29 ribu kendaraan. Data itu terhitung pada Kamis, 23 April 2020. 

"(Pelanggaran) Masih, sampai dengan hari ke tanggal 23, berdasarkan data kemarin. Secara kuantitatifnya, secara kendaran masyarakat sudah turun, total semua sampai dengan tanggal 23 kemarin itu 29 ribu lah teguran di seluruh DKI dan juga (daerah) penyangga-peyangganya, Bekasi, Depok maupun Tangerang, Tangerang Selatan," kata Yusri saat dihubungi, Jumat (24/4/2020).

Dia menyebut, para pelanggar yang diberikan teguran mayoritas  karena tidak memakai penutup hidung dan mulut atau masker. "Rata-rata masih dominan enggak pakai masker, tapi kita enggak akan berhenti," ujar dia.

Meski masih banyaknya masyarakat yang melakukan pelanggaran, pihaknya tak bosan-bosan untuk memberikan imbauan. Hal itu agar putusnya rantai penyebaran virus Covid-19 atau corona.

"Kita akan tetep masif dan tegas sekarang untuk mereka juga, tegasnya dalam TKP, pokoknya dengan humanis tapi lebih menekan sedikit kepada masyarakat bahwa ini bukan untuk polisi, tapi untuk kamu ini, untuk masayarakat," tutupnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Surabaya Mulai Resmi Diterapkan 28 April 2020, Ini 4 Faktanya

Posted: 23 Apr 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona Covid-19 sedang mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tercatat hingga hari Kamis (23/4/2020), berdasarkan informasi dari Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, menyebutkan bahwa ada sebanyak 7.775 orang positif Corona Covid-19 di Indonesia. Jumlah tersebut naik 357 orang dari hari sebelumnya.

Salah satu daerah yang termasuk mengalami kasus terbanyak Corona Covid-19 adalah Surabaya. Berdasarkan informasi dari infocovid19.jatimprov.go.id, Kamis (23/4/2020), menyebutkan terdapat 17.625 orang dalam pemantauan (ODP), 2.441 pasien dalam pengawasan (PDP), 662 dinyatakan positif COVID-19, dan yang sembuh 127 orang di wilayah Jatim.

Selain itu, jumlah pasien meninggal yang mencapai 66 orang juga membuat Jatim khususnya area Surabaya masuk dalam zona merah. Hal tersebut membuat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan (Surabaya, sebagian Sidoarjo, dan sebagaian Gresik) akan menerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta-fakta PSBB di Surabaya demi mencegah Corona Covid-19, Jumat (24/4/2020).

1. Sosialisasi PSBB Surabaya mulai 25 April 2020

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Daerah Surabaya dan sekitarnya akan segera diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB akan segera disosialisasikan oleh Khofifah dengan menyerahkan Pergub Jatim dan SK Gubernur Jatim kepada Sekdakot Surabaya, Hendro Gunawan, lalu Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, dan Wakil Bupati Gresik, Moh Qosim.

Pergub Jatim dan SK Gubernur Jatim menjadi bukti bentuk kesiapan dan kesiagaan daerah Surabaya sekitarnya untuk melakukan sosialisai PSBB. Sosialisasi PSBB akan dilaksanakan 3 hari mulai Sabtu hingga Senin (25-27/4/2020).

"Besok insyaallah Perwali Surabaya, Perbup Gresik dan Perbup Sidoarjo sudah final karena kemarin sudah selesai pemaparan," ucap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (23/4/2020).

2. PSBB efektif dimulai pada 28 April 2020

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kebijakan PSBB di daerah Surabaya dan sekitarnya akan dilakukan setelah sosialisiasi PSBB sudah dilakukan. Sosialisasi PSBB mulai dilakukan pada Sabtu (25/4/2020). Setelah itu, Surabaya dan sekitarnya akan efektif melakukan PSBB.

"Dan insyaallah hari Selasa PSBB sudah efektif berlaku," ujar Khofifah.

3. PSBB dilakukan selama 14 hari

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

PSBB Surabaya akan efektif berlaku sejak 28 April 2020 di Surabaya, Sidoarjo dan sebagain Gresik. Disepakati lama PSBB yakni 2 minggu. Setelah 2 minggu akan dilihat evaluasi nilai disesuaikan dengan aturan Menkes diperpanjang atau tidak statusnya setelah itu.

"PSBB mulai berlaku tanggal 28 (April) sampai 11 Mei, atau selama 14 hari," ujarnya Khofifah.

4. KAI Daop 8 Surabaya mulai menghentikan sebagian besar angkutan penumpang

Penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Efek adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) direspon oleh PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya dengan mulai menghentikan sebagian besar angkutan penumpang. Hal ini dilakukan agar bisa efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun KAI Daop 8 Surabaya akan mengoptimalkan kereta api (KA) angkutan barang untuk mendistribusikan logistik dan bahan pangan.

"Untuk angkutan barang tetap kami lakukan, dan kami siap mendistribusikan barang ritel termasuk pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lainnya dengan aman," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Suprapto di Surabaya, Kamis, 23 April 2020, seperti dikutip dari Antara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Asteroid Dekati Bumi Saat Ramadan: Seperti Pakai Masker

Posted: 23 Apr 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asteroid besar akan melintasi Bumi pada 29 April, bertepatan dengan bulan suci Ramadan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Asteroid yang diperkirakan memiliki lebar 1,2 mil itu tidak akan bertabrakan dengan Bumi.

Gambar terbaru yang ditangkap Observatorium Arecibo di Puerto Rico, menunjukkan bentuk lesatan asteroid itu seperti mengenakan masker wajah, seperti dikutip dari CNN, Jumat (24/4/2020). 

Pertama kali terlihat pada 1998, asteroid itu disebut sebagai 52768 (1998 OR2).

Asteroid itu dilaporkan akan melewati 3.908.791 mil dari Bumi pada 29 April, dan akan bergerak dengan kecepatan 19.461 mil per jam. Jarak itu dikatakan masih 16 kali lebih jauh dari jarak antara Bumi dan bulan.

Menurut NASA, ketika asteroid pertama kali ditemukan, asteroid itu bisa menimbulkan efek cukup besar jika bertabrakan dengan bumi. Namun kini hampir dipastikan, asteroid tersebut tak akan menabrak planet Manusia. 

 

Topografi Memesona

Foto angkasa luar yang ditangkap oleh teleskop angkasa luar milik NASA, Hubble. (ESA/Hubble/NASA/RELICS)
Foto angkasa luar yang ditangkap oleh teleskop angkasa luar milik NASA, Hubble. (ESA/Hubble/NASA/RELICS)

Kepala radar planetary di Observatorium Arecibo, Anne Virkki dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa fitur topografi skala kecil seperti bukit dan pegunungan di salah satu ujung asteroid 1998 OR2 sangat memesona secara ilmiah. 

Namun karena sekarang orang-orang sedang memikirkan tentang Virus Corona COVID-19, bentuknya membuat asteroid 1998 OR2 tampak seperti memakai masker, kata Anne Virkki. 

Asteroid itu diperkirakan melintas pada Rabu 29 April pukul 5.56 ET, menurut Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA.

Dikelola oleh University of Central Florida, Observatorium Arecibo adalah fasilitas National Science Foundation. Tim ahli telah memantau asteroid dekat Bumi ini, antara lain. Dengan dukungan oleh Program Observasi Objek Dekat-Bumi NASA, observatorium tersebut telah menganalisis asteroid sejak pertengahan 90-an.

Para ilmuwan di Areciboterus melakukan pengamatan selama pandemi, dalam kepentingan pertahanan planet. Mereka membatai jumlah ilmuan dan operator radar di fasilitas itu sejalan dengan jarak sosial,  juga mengenakan masker selama pengamatan.

 

Asteroid Terbesar

ilustrasi asteroid. (iStockphoto)
ilustrasi asteroid. (iStockphoto)

Menurut laporan, asteroid itu diklasifikasikan sebagai objek yang berpotensi berbahaya karena lebih besar dari 500 kaki dan berada dalam jarak 5 juta mil dari orbit Bumi. Asteroid dapat dimonitor para ahli di Arecibo, dan menentukan jalur mereka di masa depan dengan menggunakan pengamatan, untuk melihat apakah mereka berisiko terhadap Bumi.

Seorang ilmuwan penelitian di observatorium, yang bernama Flaviane Venditti mengatakan, pengukuran radar memungkinkan para ahli untuk mengetahui lebih tepat di mana asteroid akan berada di masa depan, termasuk pendekatan penutupan masa depan ke Bumi. 

"Pada 2079, asteroid 1998 OR2 akan melewati Bumi sekitar 3,5 kali lebih dekat dari tahun ini, jadi penting untuk mengetahui orbitnya secara tepat."

Asteroid itu merupakan yang terbesar melintasi Bumi dalam kurun waktu dua bulan ke depan, namun asteroid itu bukan yang terbesar dalam sejarah.

Asteroid terbesar yang pernah ditemukan adalah asteroid 3122 Florence (1981 ET3), yang terbang dan tidak bertabrakan dengan Bumi pada 1 September 2017. Asteroid ini akan kembali melewati Bumi pada 2 September 2057.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Innova Ini Bisa Mendeteksi Awal Corona Covid-19

Posted: 23 Apr 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh dunia memang belum menunjukan akan berakhir. Dengan begitu, kesadaran masyarakat untuk berdiam diri di rumah, dan tidak melakukan kontak sosial secara fisik, akan sangat membantu memutus mata rantai penyebaran penyakit yang teridentifikasi pertama kali di Wuhan, Cina.

Selain itu, penyebaran Covid-19 yang begitu cepat ini juga membuat berbagai pihak untuk berpikir menciptakan ide baru untuk menahan virus tersebut.

Salah satunya seperti di India. Ada Toyota Innova modifikasi yang bisa bekerja sebagai pendeteksi awal Covid-19.

Melansir laman Cartoq, mobil yang diberi nama Tiranga ini, diluncurkan oleh Administrasi negara bagian Pathanamthitta untuk mendeteksi awal orang yang terinfeksi.

Toyota Innova ini dimodifikasi dengan dapat menampung tiga petugas kesehatan, yang dapat berkeliling dan mencari orang yang terinfeksi.

Cara kerjanya, orang yang berada di luar tidak bertemu langsung dengan petugas yang berada di mobil, begitu juga sebaliknya petugas juga tidak perlu keluar. Mobil ini, dilengkapi dengan termometer inframerah untuk mendeteksi suhu tubuh orang.

Segera diproduksi

Petugas yang ada di dalam mobil akan memeriksa dan menyimpan rincian pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan menggunakan RSV-1 itu akan disampaikan ke Primary Health Centre (PHC)terdekat.

Kemudian PHC yang bertanggung jawab untuk penanganan tindak lanjut bagi mereka yang memiliki gejala COVID-19.

Sebagai informasi, mobil pendeteksi virus Corona Covid-19 ini akan segera diluncurkan, dan kini sedang diproduksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Kesibukan Terbaru Pasangan Achmad Hulaefi dan Lindswell Kwok

Posted: 23 Apr 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Achmad Hulaefi dan Lindswell Kwok sedang merasakan nikmatnya mengurus buah hati. Pasangan atlet wushu ini menikah pada 9 Desember 2018 itu kini telah dikaruniai buah hati bernama Achmad Zubayr yang lahir pada 10 Januari 2020 lalu.

Dalam salah satu unggahannya, Achmad Hulaefi tampak asyik sedang menggendong putranya itu. Sebelumnya, ia menggendong anak orang, saat ini mereka menggendong anak sendiri.

"Di fotoin sama mamanya @lindswell_k hahahaWaktu itu gendong anak org skrng gendong anak sendiri hihihi," tulis Hulaefi dalam unggahannya di Instagram baru-baru ini.

Hulaefi senang tumbuh kembang putranya berjalan dengan sehat. Zubayr bahkan kini makin besar.

"Anak papa da Gede masyallah,tabarakallah," tulis Achmad Hulaefi.

Ikan Cupang dan Busana

Selain clothing line, Achmad Hulaefi juga menekuni hobinya memelihara ikan cupang (Dok.Instagram/@lindswell_kwok/https://www.instagram.com/p/B8oBqoRAQa5/Komarudin)
Selain clothing line, Achmad Hulaefi juga menekuni hobinya memelihara ikan cupang (Dok.Instagram/@lindswell_kwok/https://www.instagram.com/p/B8oBqoRAQa5/Komarudin)

Di tengah kesibukannya mengurus buah hatinya, Achmad Hulaefi menekuni hobinya memelihara ikan cupang dan menangani clothing line-nya. Dalam unggahannya, Lindswell Kwok mengunggah potret suaminya saat sedang memandangi ikan-ikan cupang peliharaannya.

"Hulaefi dan Hobinya -Sampe2 ada IG @betta.ajib buat ikan cupangnya 🙃🙃🙃🙃🙃," tulis Lindswell.

Berbeda Hulaefi, sang istri menekuni bisnis busana muslimah dengan bendera Kiane. Dalam akun Instagram pribadinya, Lindswell mengungkapkan diri adalah owner Kiane.

Selain itu, Lindswell juga meng-endorse sejumlah produk. Warganet ramai memberikan dukungan kepada mereka.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dassault Systèmes Tekankan Kontribusi Teknologi di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19, Dassault System menekankan bahwa perusahaan dapat tetap berjalan dengan penyesuaian alur dan cara kerja.

Kepada awak media melalui sesi video conference, Samson Khaou, Managing Director, Asia Pacific, Dassault Systèmes menyebut perusahaan asal Prancis itu menerapkan kebijakan work from home sama seperti sektor industri lainnya.

"Sama seperti sektor industri lain, kami menyusun ulang alur dan cara kerja perusahaan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan kebijakan bekerja di rumah," kata Samson.

Divisi di perusahaan yang terkena kebijakan ini antara lain divisi riset dan pengembangan (research and development, R&D). Menurut Khou, divisi ini merupakan salah satu fokus perusahaan, mengingat perusahaan berinvestasi cukup besar di sana.

"Kami memiliki pusat R&D di Prancis dan juga di India, yang merupakan fasilitas R&D terbesar kedua di negeri itu," ujar Samson.

Di India, perusahaan yang terkenal dengan produk perangkat lunak 3D design, 3D mock-up, dan manajemen siklus hidup produk itu memiliki sekitar delapan ribu insinyur. Mereka bertugas mengembangkan perangkat lunak perusahaan.

Kontribusi Teknologi

Terkait Covid-19, lembaga, organisasi, dan perusahaan lintas bidang di seluruh dunia tengah melakukan upaya terbaiknya untuk menangani virus tersebut. Samson menyebut perusahaan juga turut berkontribusi terhadap penanganan Covid-19.

Misalnya, perusahaan terlibat dalam proyek perancangan rumah sakit darurat di Tiongkok. Pada proyek itu, perusahaan memanfaatkan sumber dayanya untuk menyimulasikan sistem ventilasi untuk rumah sakit darurat itu.

Selain itu, perusahaan juga melibatkan diri dalam proyek perancangan ventilator di India. Sama seperti di Tiongkok, dalam proyek ini perusahaan memanfaatkan keahliannya di bidang perancangan tiga dimensi.

Untuk diketahui, salah satu perangkat lunak 3D design dan 3D mock-up milik Dassault Systèmes yang banyak dikenal adalah 3DEXPERIENCE. Platform ini menggabungkan seluruh perangkat lunak perusahaan dari berbagai bidang yang memungkinkan klien melakukan perancangan 3D.

Selain itu, platform ini juga telah mendukung prinsip kolaborasi yang memungkinkan banyak orang mengerjakan satu proyek yang sama terlepas di mana pun mereka berada. Hal ini juga selaras dengan kondisi saat ini di mana orang-orang bekerja secara remote dari rumah masing-masing.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selipkan Sabu di Selangkangan, Seorang Wanita Muda Pasrah Dibawa Petugas Bandara

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Batam - Petugas Bandara Hang Nadim Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 216 gram. Barang haram itu coba diselundupkan seorang wanita dengan cara menyelipkannya di selangkangan.  

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Batam Sumarna mengatakan, wanita berinisial RA (29) itu rencananya akan menyelundupkan sabu-sabu dari Batam ke Surabaya, dengan menumpang maskapai penerbangan Lion Air.

"Gerak-geriknya mencurigakan," katanya, Jumat (24/4/2020).

Awalnya saat pemeriksaan barang bawaan, petugas tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan. Namun, kata Sumarna, saat dilakukan pemeriksaan badan menggunakan detektor, petugas menemukan dua bungkus plastik bening yang disembunyikan dalam selangkangan.

"Terhadap barang tersebut kemudian dilakukan uji Narcotic Idetification Kits (NIK). Berdasarkan hasil tes uji NIK diidentifikasikan barang tersebut adalah methamphetamine atau sabu," jelas Sumarna.

Pelaku penyelundupan dan barang bukti langsung dibawa ke KPU Bea dan Cukai Batam untuk pemeriksaan lebih mendalam. Selanjutnya diserahkan ke Polda Kepri untuk proses lebih lanjut.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban untuk semua umat Islam. Perintah khusus mengenai puasa telah diturunkan Allah melalui surat Al Baqarah ayat 183.

Bunyinya adalah sebagai berikut:

ÙŠَا Ø£َÙŠُّÙ‡َا الَّØ°ِينَ آمَÙ†ُوا Ùƒُتِبَ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ُ الصِّÙŠَامُ ÙƒَÙ…َا Ùƒُتِبَ عَÙ„َÙ‰ الَّØ°ِينَ Ù…ِÙ†ْ Ù‚َبْÙ„ِÙƒُÙ…ْ Ù„َعَÙ„َّÙƒُÙ…ْ تَتَّÙ‚ُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Tentu orang beriman harus tahu apa saja yang membatalkan puasa mereka, agar ibadahnya tidak sia-sia. Berikut 12 hal yang membatalkan puasa Ramadan, seperti dikutip dari Dream.com.

Hal yang membatalkan puasa artinya perbuatan yang merusak nilai pahala puasa. Puasa Ramadan yang dilakukan bahkan tidak sah dan tidak akan mendapatkan pahala sedikit pun.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bahkan mengatakan puasa Ramadan yang demikian itu adalah puasa yang sia-sia. "Banyak dari orang-orang yang berpuasa tapi tidak memperoleh hasil dari puasanya melainkan lapar dan dahaga saja."

Sayang sekali jika itu terjadi, karena kita belum tentu bisa bertemu lagi dengan bulan puasa Ramadan di tahun berikutnya.

Nah, berikut ini 12 hal yang membatalkan puasa Ramadan, berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber:

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

Makan Terlalu Banyak / Sumber: iStockphoto
Makan Terlalu Banyak / Sumber: iStockphoto

1. Makan dan minum dengan sengaja

Ini sudah pasti ya. Makan dan minum dengan sengaja adalah hal yang membatalkan puasa. Tapi kalau makan dan minum dalam keadaan lupa atau tidak sengaja, puasanya tidak batal. Dengan syarat kita langsung berhenti makan dan minum begitu kita ingat, dengan begitu kita bisa melanjutkan puasa kita.2. Bersetubuh di siang hari

2. Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari

Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari dalam keadaan puasa, maka batallah puasanya. Kalau puasanya adalah puasa Ramadan, maka wajib untuk mengganti puasa tersebut. Tapi kalau hubungan suami istri dilakukan pada malam hari (sudah berbuka) maka tidak akan merusak puasa.

 

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

3. Muntah dengan sengaja

Muntah yang sengaja di sini maksudnya dengan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Sedangkan kalau tidak sengaja muntah (sama sekali tak ada niatan untuk muntah), maka tidak membatalkan puasa.

4. Merokok saat puasa

Merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, merokok ini bisa membuatmu batal puasa. Asap rokok merupakan benda yang bisa masuk ke dalam lambung, kecuali mencium wangi-wangian. Bukan hanya saat puasa Ramadan saja, merokok saat menjalankan puasa lainnya bisa membatalkan puasa.

 

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

ilustrasi perempuan sikat gigi/copyright Shutterstock
ilustrasi perempuan sikat gigi/copyright Shutterstock

5. Sikat gigi saat puasa

Hukum sikat gigi saat puasa sebenarnya masih jadi perdebatan. Sebagian ulama memiliki pemikiran yang berbeda. Bau mulut memang jadi masalah utama saat puasa Ramadan. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi kalau dilakukan setelah waktu Zuhur.

6. Memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja

Batal puasa jika memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja. Bagian tubuh yang berlubang itu seperti hidung, kedua telinga, mulut, qubul dan dubur pria maupun wanita. Termasuk kategori sengaja, yaitu ceroboh. Contohnya sedang puasa, tapi malah berenang.

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

7. Hilang akal karena gila atau epilepsi

Sudah jelas bahwa orang gila atau menderita epilepsi tidak diwajibkan untuk puasa Ramadan. Jika seseorang memiliki gangguan kejiwaan secara tiba-tiba, dan sedang berpuasa, maka puasanya batal.

8. Memakan selain makanan biasa

Memasukkan sesuatu ke dalam mulut, baik mengenyangkan atau tidak (seperti dengan sengaja menelan batu kecil, potongan kulit, adonan terigu, obat-obatan, atau pil), juga bisa membatalkan puasa. Jadi di Ramadan 2019 kali ini, untuk lebih aman jangan menelan apa pun saat sedang puasa.

 

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Have a nice day Photo
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Have a nice day Photo

9. Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Pria yang mengeluarkan air mani dengan sengaja (ejakulasi), puasanya bisa batal dan wajib untuk mengganti (qadha) puasanya.

10. Haid dan nifas

Wanita yang datang bulan atau sedang haid, puasanya akan batal. Sekalipun haid datang di akhir siang atau menjelang waktu berbuka puasa, maka batal puasanya. Wanita yang kedatangan nifas pun, puasanya batal.

 

Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa di Bulan Ramadan

11. Berniat berbuka puasa

Secara sengaja memiliki niat untuk berbuka puasa, padahal belum masuk waktu buka, maka puasanya bisa batal. Bahkan sekalipun itu hanya niat dan belum makan atau minum apacpun, puasa bisa batal. Kenapa? Karena niat adalah rukun puasa. Penting sekali untuk menjaga niat puasa selama Ramadan 2018 kali ini agar puasa kita sebulan penuh tetap sah.

12. Murtad (keluar) dari Islam

Seseorang yang tadinya muslim lalu murtad atau keluar dari Islam secara sadar dan sengaja, maka puasanya batal.

(Fajriah Nurdiasih)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Merajalela, Penjual Kue Kering Merana

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis usaha kue kering di bulan suci Ramadan 2020 terasa berbeda dengan tahun sebelumnya. Setelah menurun drastisnya jumlah permintaan kue lebaran saat wabah virus corona atau covid-19 berlangsung.

Hal ini diungkapkan Velyna (26) seorang penjual kue kering rumahan di Kabupaten Cirebon yang biasanya ketiban untung saat memasuki bulan puasa.

"Biasanya sudah banyak pesanan kue masuk  untuk hari raya Idul Fitri. Tahun ini sekarang sepi," keluh Velyna kepada Merdeka.com, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya pada awal puasa tahun 2019 pesanan kue lebaran sudah mencapai 50 pcs dari konsumen setianya. Namun, diawal puasa tahun ini pesanan kue yang masuk baru 10 pcs, sehingga bisnisnya menurun drastis lebih dari 70 persen.

Padahal Velyna mengklaim pihaknya belum menaikkan harga jual kue lebaran, berharap dapat menarik minat konsumennya untuk berbelanja disaat kondisi sulit akibat wabah corona. Namun cara ini di rasa belum efektif untuk meningkatkan angka penjualan bisnisnya.

"Masih normal semua harga kue. Tergantung dari variannya kisaran  Rp 25.000 - Rp70.000-an per pcs ," sahut dia.

 

Berharap Segera Berakhir

©Shutterstock
©Shutterstock

Namun, dia menyadari banyak konsumen setianya yang mengalami penurunan pendapatan akibat wabah virus corona. Sehingga ia berharap wabah ini segera berlalu agar bisnisnya kembali berjalan normal seperti tahun sebelumnya.

Velyna kemudian berharap pemerintah daerah berinisiatif untuk menyerap produksi kuenya agar kelangsungan usahanya dapat terjaga. Selain itu masyarakat juga diminta agar tidak mengambil sikap berlebihan dalam merespon pemberitaan terkait wabah virus corona.

"Kalau semuanya panik. Bisnis kita juga jadi terganggu," jelasnya.

Sulaeman

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Bertemu Pacar Selama Karantina Corona, Ini Tips Agar Tetap Langgeng

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini nampaknya banyak pasangan yang untuk sementara waktu tak dapat bertemu selama pandemi Corona Covid-19. Namun ada hal yang patut diperhatikan, yaitu kualitas komunikasi satu sama lain.

Komunikasi adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik mustahil sebuah hubungan akan berjalan baik dan awet. Namun jangan khawatir, rupanya ada beberapa hal yang bisa membantumu agar komunikasi dengan pasangan berjalan lancar.

Hal ini nampaknya penting diterapkan bagimu yang tak bisa bertemu dengan pasangan untuk sementara waktu agar hubungan tetap langgeng. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Rutin memberi kabar

Ilustrasi pacaran LDR. (via: glitxmedia.co)
Ilustrasi pacaran LDR. (via: glitxmedia.co)

Meski tak bertemu, kamu bisa dengan mudah berbincang dan menanyakan kabar satu sama lain melalui chatting maupun video call. Hal ini bisa membantu mengobati kerinduan.

2. Jangan berpikiran negatif

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketika terpisah satu sama lain atau tidak bisa melihat secara langsung pasangan,  banyak yang mulai membuat segala macam asumsi atau penilaian yang tidak benar.

Dalam beberapa kasus, orang menjadi sangat cemburu atau posesif secara irasional terhadap pasangan. Terlebih dengan adanya media sosial, seringkali rasa curiga muncul ketika pasangan lebih aktif di media sosial dan menanggapi orang lain. Ingat, saling berkomunikasi dengan seseorang yang tidak dikenal, berpotensi meretakkan hubungan.

3. Jadwalkan kencan romantis ketika bertemu

Ilustrasi pasangan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi pasangan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Buatlah jadwal kencan atau makan malam romantis saat akan bertemu nanti. Hal ini berfungsi untuk mempererat hubungan terlebih usai lama tak bertemu.

Kamu bisa mencoba tempat kencan baru atau melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk merefresh hubungan seolah-olah ketika masih baru jadian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Debut Bayi Singa Putih Kembar Tiga di China

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Bayi singa putih bermain dengan petugas di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)
Bayi singa putih bermain dengan petugas di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih bermain dengan petugas di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)
Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)
Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)
Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

Bayi singa putih kembar tiga bermain di luar ruangan di Nantong Forest Safari Park di Kota Nantong, Provinsi Jiangsu, China, 23 April 2020. Bayi-bayi berusia hampir dua bulan itu memulai debut mereka di Nantong Forest dan mereka secara resmi akan bertemu wisatawan pada 1 Mei. (Xinhua/Xu Congjun)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Presiden Trump Kembali Menyinggung Keberadaan Muslim AS

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah berbagai isu yang ia tangani khususnya pandemi COVID-19, Presiden AS Donald Trump kembali menyinggung keberadaan Muslim AS. Ia men-tweet ulang, cuitan yang menuduh pemda membiarkan minoritas Muslim melanggar pembatasan sosial, di saat kegiatan keagamaan mayoritas Kristiani dibatasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mas Kawin Pernikahan Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Satu Set Perhiasan

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Zaskia Gotik kini telah resmi menjadi istri pengusaha Sirajuddin Mahmud. Keduanya melangsungkan ijab kabul di kediaman Sirajuddin Mahmud, di kawasan Cikarang, Jawa Barat, pada, Rabu (22/4/2020) lalu.

Untuk mas kawin pernikahan, Zaskia Gotik dipersunting Sirajuddin Mahmud dengan satu set perhiasan. Hal itu diungkapkan Kepala KUA Karang Bahagia, Cikarang, Jawa Barat yang hadir dalam pernikahan Zaskia Gotik dengan Sirajuddin.

"Mas kawinnya satu set perhiasan," ujar Hisbulatif saat dihubungi Jumat (24/4/2020).

Detail

Hubungan kisah asmara penyanyi dangdut Zaskia Gotik dan Vicky Prasetyo berakhir tragis. Setelah resmi bertunangan, Vicky yang saat itu dikenal sebagai pengusaha harus mendekam di penjara terkait kasus penipuan. (Bambang E. Ros/Bintang.com)
Hubungan kisah asmara penyanyi dangdut Zaskia Gotik dan Vicky Prasetyo berakhir tragis. Setelah resmi bertunangan, Vicky yang saat itu dikenal sebagai pengusaha harus mendekam di penjara terkait kasus penipuan. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Namun sayangnya, Hisbulatif tidak bisa menjelaskan secra detail berapa gram perhiasan yang dijadikan mas kawin.

"Jadi itu ada satu set perhiasan aja dan walinya juga menyebutkannya cuman tersebut aja tidak secara detail," kata Hisbulatif.

"Nilainya enggak disebutkan," sambungnya.

Sah Secara Agama

Zaskia Gotik romantis di acara ulang tahun kekasihnya, Sirajuddin. (Sumber: Instagram/@zaskia_gotix)
Zaskia Gotik romantis di acara ulang tahun kekasihnya, Sirajuddin. (Sumber: Instagram/@zaskia_gotix)

Meski begitu pernikahan Zaskia Gotik tetap sah secara agama, meskipun mereka terdaftar secara hukum negara. Sebab ada beberapa hal yang harus dipenuhi dan itu terkendala pandemi Corona Covid-19

"Pernikahan resmi secara agama, dan belum didaftarkan di KUA," jawab Hisbulatif lagi.

 

 

Berkas Pernikahan

Zaskia Gotik (Adrian Putra/bintang.com)
Zaskia Gotik (Adrian Putra/bintang.com)

Saat ini, pihak KUA Karang Bahagia masih menunggu berkas-berkas keduanya agar pernikahan mereka terdaftar oleh negara, dan tidak dinyatakan sebagai nikah siri.

"Enggak masalah selama itu tidak lebih dari 60 hari. Kalau lebih dari 60 hari, berarti pernikahannya dianggap nikah siri," ujarnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama Puasa, Bandara APT Prantoto Hentikan Operasi

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Pemerintah melalui Kemeterian Perhubungan sudah mulai mengatur mobilitas warga sepanjang Ramadan dan Idul Fitri. Terbaru, larangan penerbangan komersil sudah diterbitkan.

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Permenhub tersebut disahkan tanggal 23 April 2020, sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah melarang mudik pada tahun ini.

Salah satu poin penting dalam peraturan tersebut adalah larangan penggunaan transportasi udara. Demi mendukung pemerintah dalam program larangan mudik 2020, Bandara APT Pranoto Samarinda juga melakukan penghentian sementara penerbangan komersil dan charter mulai tanggal 24 April - 1 Juni 2020.

Menurut Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi, selama pemberhentian penerbangan komersil dan charter, operasional bandara akan tetap dibuka. Hal ini bertujuan untuk melayani penerbangan-penerbangan yang masuk dalam pengecualian dalam Permenhub tersebut.

"Bandara tetap beroperasi. Kami tetap bertugas, Peraturan Menteri Nomor 25 jelas mengatur itu," kata Dodi, Jumat (24/4/2020).

Kasi Pelayanan dan Operasi Bandara APT Pranoto Samarinda Rora Ardian menjelaskan, bagi calon penumpang yang terlanjur membeli tiket, dapat langsung menghubungi maskapai dan agen pemesanan untuk informasi pengembalian tiket.

"Kepada seluruh calon penumpang yang telah membeli tiket agar segera menghubungi maskapai dan agen pemesanan tiket resmi untuk ketentuan refund, reroute dan reschedule," katanya.

Dengan keputusan ini, maka operasional Bandara APT Pranoto tutup selama Bulan Ramadan. Arus keluar masuk Kota Samarinda tidak lagi bisa dilalui lewat udara.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pria Kumpulkan Butiran Beras di Jalanan untuk Makan Ini Bikin Pilu

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan setiap orang memang berbeda-beda. Tak dipungkiri jika seseorang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Banyak orang yang masih tidak bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari lantaran tidak mempunyai uang untuk membeli makanan.

Hal apapun akan dilakukan seseorang agar mendapatkan makanan dan tidak kelaparan. Tak jarang seseorang terpaksa untuk mengonsumsi makanan sisa agar bisa makan. Melihat seseorang yang sulit untuk memenuhi kebutuhannya, tak jarang mengetuk pintu hati orang lain agar tetap bersyukur.

Zaman sekarang banyak orang yang terkadang membuang-buang makanan secara percuma. Namun tidak ingat jika masih banyak orang yang sulit untuk mendapatkan makanan. Bahkan masih banyak orang yang tidak mempunyai uang hanya untuk membeli beras.

Seseorang yang tidak mempunyai uang untuk membeli beras terkadang rela memungut sisa beras yang berserakan di jalan. Tidak mempedulikan kesehatan, hal tersebut harus dilakukan demi bisa mendapatkan makanan. Seperti dilansir dari World of Buzz pada Jumat (24/4/2020), seorang pria terlihat memungut beras yang berserakan di pinggir jalan yang membuat pilu.

Kisah Seorang Pria Mengumpulkan Beras di Jalanan

Baru-baru ini beredar foto seorang pria memungut beras di jalanan. Foto pria tersebut diunggah di akun Facebook milik seseorang.

Tidak diketahui identitas seorang pria ini berasal dari mana. Namun, sepertinya pria tersebut berasal dari Thailand. Potret seorang pria yang memungut beras di jalanan ini pun menuai ragam komentar di akun Facebook tersebut.

Dalam postingan Facebook tersebut terlihat seorang pria mengumpulkan beras dan memasukkan ke dalam plastik. Foto pria tersebut mengetuk banyak hati masyarakat yang melihat postingan tersebut. Pasalnya, kisah tersebut cukup menyadarkan banyak orang yang sering tidak bersyukur atas sesuatu yang dimiliki.

Walaupun beras tersebut tidak bersih, pria tersebut tetap terlihat bersyukur dan bahagia mendapatkan beras untuk memenuhi kebutuhannya.

 

🥺💔

Posted by รวมเด็ด คลิปดัง on Wednesday, 22 April 2020

Ungkapan Warganet

Kisah Pria Kumpulkan Beras di Jalanan Untuk Makan. (Sumber: Facebook)
Kisah Pria Kumpulkan Beras di Jalanan Untuk Makan. (Sumber: Facebook)

Warganet pun memberikan beragam komentar untuk merespon foto pria tersebut. Para pengguna Facebook pun merasa kasihan dan ingin menangis lantaran foto tersebut. Banyak hati warganet yang terketuk melihat foto seorang pria tersebut.

Tidak sedikit warganet yang hatinya terketuk melihat foto tersebut. Warganet pun membubuhkan emoticon sedih dan menangis untuk menggambarkan perasaannya ketika melihat foto seorang pria yang memungut beras di jalan tersebut.

Seorang pengguna Facebook berkata, "Saya merasa kasihan. Di mana saya bisa membantunya? ".

Sementara yang lain menambahkan, "Sampai di titik ini. Sangat menyedihkan."

Pengguna Facebook lainnya pun berkata,"Saya merasa kasihan. Saya akan menangis."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Coba dan Sosialisasi PSBB Sebelum Penerapan di Tarakan

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tarakan - Uji coba Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Tarakan, mulai dilakukan. Ujicoba dimulai hari Kamis, (23/4/2020) dan akan dilakukan selama tiga hari.

Bagi masyarakat yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa teguran dari petugas yang ada dilapangan. Pada uji coba PSBB, petugas merazia warung, cafe, dan restoran serta pedagang kaki lima yang masih buka diatas jam 21.00 Wita.

Pengawasan juga akan dilakukan diseluruh toko-toko yang ada di Tarakan, termasuk pelaksanaan physical distancing dan penyediaan tempat cuci tangan serta pembeli dan pelayan yang harus pake masker.

"Sebelum benar-benar menerapkan PSBB di Tarakan, kita melakukan uji coba terlebih dahulu, ini agar masyarakat nantinya tidak kaget pada saat itu resmi diberlakukan," kata Wali Kota Tarakan, Khairul.

Nantinya, uji coba PSBB ini akan dievaluasi sebagai bahan penguatan untuk melaksanakan yang resmi diberlakukan pada 26 sampai 30 Mei 2020 mendatang.

"Perwalinya masih kita ceramati, karena ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki, tapi yang jelas pengawasan dalam PSBB ini nantinya pasti sangat ketat, sehingga masyarakat kita harapkan jangan sampai ada yang kena sanksi, ini juga kan untuk kepentingan kita bersama, bukan pemerintah," ungkapnya.

Adapun dalam pelaksanaannya melibatkan petugas yang terdiri dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan Instansi terkait lainnya. Para petugas akan melakukan pengawasan langsung kepada masyarakat, utamanya bagi para pengguna jalan.

Jika ditemukan ada yang tidak memakai masker maka akan diberi sanksi berupa teguran dan akan diminta untuk memakai masker.

"Bagi pengendara motor itu tidak boleh berboncengan kalau tidak dari tujuan yang sama. Sedangankan kendaraan roda empat, penumpangny maksimal separuh dari kapasitas kendaraan," kata Khairul.

Terkait sanksi yang kepada pelanggar PSBB, peraturan daerah yang dibuat akan mengatur mulai dari teguran, tindak pidana ringan, maupun pidana umum.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Ton Buah untuk Tenaga Medis yang Tangani Pasien COVID-19

Posted: 23 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merek dagang Indonesia Supride menyalurkan bantuan kepada tenaga medis yang memiliki risiko tinggi terpapar COVID-19. Bantuan yang diberikan berupa buah-buahan segar.

Bantuan diberikan sejak 20 Maret hingga 18 April 2020. Total donasi mencapai lebih dari 10 ton buah.

Jenis buah yang diberikan termasuk di antaranya Guava Crystal dan Nanas Honi. Tercatat 54 Rumah Sakit, 4 Puskesmas, serta 4 Instansi di Jabodetabek, Lampung, Surabaya dan Bali mendapatkan manfaat dari bantuan ini.

Buah-buahan yang dibagikan seperti Guava Crystal, Nanas Honi dan Pisang Cavendish Sunpride adalah hasil tanam sendiri.

Buah Sehat

Buah diambil dari perkebunan yang terletak di Lampung. Ini merupakan satu satunya perkebunan Guava Crystal, Nanas Honi, dan Pisang Cavendish yang sudah tersertifikasi Global Good Agricultural Practices (G.A.P).

G.A.P merupakan sertifikasi keamanan pangan internasional yang memastikan buah bebas dari residu pestisida, patogen dan kontaminasi fisik lainnya.

Luthfiany Azwawie, Head of Marketing Sunpride berharap agar pandemi cepat berlalu.

Ia berharap "buah yang dikirimkan dapat menambah daya tahan tubuh seluruh petugas medis dan relawan, dan berharap agar pandemi ini dapat segera berlalu," seperti dikutip dari keterangan pers.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melawan Petugas, Polisi Tembak Mati 1 Tahanan Polsek Kalideres yang Kabur

Posted: 23 Apr 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menembak mati seorang tahanan Polsek Kalideres, Jakarta Barat. Dia merupakan satu dari sembilan tahanan yang kabur pada Kamis, 16 April 2020 malam lalu.

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi, pihaknya terpaksa mengambil tindakan tegas karena tahanan itu menyerang petugas saat hendak ditangkap.

"Tahanan ini melawan dengan senjata tajam. Kalau tidak segera kami lumpuhkan, bisa membahayakan nyawa anggota," kata dia Jumat (24/4/2020).

Arsya menerangkan, tahanan tersebut langsung berulah setelah berhasil kabur dari Polsek Kalideres. Menurut penuturan Arsya, pelaku kembali terjun ke dunia narkoba.

"Pelaku mulai melakukan aktifitas transaksi narkoba atas suruhan bandar," ucapnya.

Meski begitu, Arsya belum menjelaskan secara gamblang mengenai penangkapan satu tahanan tesebut.

"Nanti akan kami rilis secara live IG (Instagram)," jelas Arsya.

 

9 Tahanan Kabur

Ilustrasi tahanan. (iStockphoto)
Ilustrasi tahanan. (iStockphoto)

Sebelumnya, melalui keterangan tertulis Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru mengkonfirmasi sembilan tahan kabur pada Kamis, 16 April 2020 lalu.

Delapan di antaranya sudah berhasil ditangkap kurang dari 1x24 jam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapkan Selamat Puasa Ramadan, Ahok: Kita Sanggup Kalahkan Virus Corona

Posted: 23 Apr 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam. Ucapan itu dikatakan Ahok bersama sang istri, Puput Nastiti Devi.

"Kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi saudara-saudara yang beragama muslim," kata Ahok lewat akun Instagramnya, Jumat (24/4/2020).

"Semoga puasa kita tahun ini membawa kita semua dalam keberkahan, selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa," timpal Puput.

Ahok menyebut, dengan adanya ibadah puasa, masyarakat akan berhasil menahan diri dan tetap berada di rumah. Dengan itu, dia yakin virus Corona bisa dikalahkan.

"Melalui ibadah puasa ini, kita juga akan berhasil menahan diri untuk tidak banyak keluar dari rumah yang tidak perlu, menggunakan masker kemanapun pergi ke tempat keramaian. Kita percaya melalui disiplin, kebersihan, menahan diri, kita akan sanggup mengalahkan virus corona," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap bulan suci ramadan ini dapat memberikan berkah untuk semua.

"Selamat menunaikan ibadah puasa seluruh umat Islam. Semoga bulan Ramadan ini memberi berkah bagi kita semua," tutup Ahok.

 

1 Ramadan Jatuh pada 24 April 2020

Ilustrasi bulan Ramadan (AP)
Ilustrasi bulan Ramadan (AP)

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa Ramadan 2020 jatuh pada 24 April 2020.

Awal puasa ini diputuskan melalui sidang Isbat penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah yang digelar Kemenag bersama sejumlah pihak.

"Kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari bertepatan dengan Hari Jumat tanggal 24 April 2020," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Kemenag, Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal Ramadan 1441 H/2020 M pada hari ini, Kamis, 23 April 2020 di 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyebut, rukyatul hilal Ramadan dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung (MA).

"Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur sebanyak 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi," ujar Kamaryddin di Jakarta, Senin 20 April 2020.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Ada Waktu Tertentu yang Harus Ditunaikan dan Tak Bisa Digantikan

Posted: 23 Apr 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menurut Quraish Shihab waktu adalah sebuah proses yang harus disiapkan untuk memulai pekerjaan hingga mengakhirinya. 

Quraish Shihab juga mengingatkan ada waktu-waktu tertentu yang harus ditunaikan dan tak bisa digantikan dengan waktu yang lain.

"Karena waktu itu akan pergi dan tidak akan pernah kembali," jelasnya. 

Karena bila menyia-nyiakan waktu yang diberikan saat ini, Lanjut dia, maka suatu saat nanti yang didapat hanyalah penyesalan.

"Untuk itu rencanakanlah waktu dan hidup untuk memulai sesuatu sehingga hidup tidak sia-sia," ucap Quraish Shihab di akhir renungannya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Persija Ajak Masyarakat Berdoa Selama Ramadan agar Pandemi Covid-19 Berakhir

Posted: 23 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, tetap menyambut bulan suci Ramadan dengan antusias, walaupun ada yang berbeda tahun ini karena pandemi virus corona Covid-19.

Bagi umat muslim di seluruh dunia, Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu kedatangannya. Sandi bersyukur bisa merasakannya lagi tahun ini dan Persija sudah meliburkan para pemainnya dari rutinitas latihan bersama.

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 juga dihentikan sehingga tim pelatih Persija menginstruksikan para pemain berlatih sendiri di rumah selama karantina mandiri karena pandemi Covid-19.

Sandi mengaku bersemangat menyambut Ramadan dan ingin lebih beribadah maksimal tahun ini, walaupun tidak bisa ke masjid karena penyebaran Covid-19 yang belum bisa dikendalikan.

"Memang saat ini di situasi berbeda. Akan tetapi Alhamdulilah saya bisa berkumpul dengan keluarga dan berpuasa dengan mereka di Palu," kata Sandi Sute, seperti dilansir situs resmi Persija.

Berdoa

Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Mantan pemain Borneo FC ini berharap ibadah puasanya dapat berjalan lancar meskipun sekarang dalam masa karantina wilayah karena pandemi Covid-19. Menurut pemain asal Palu, Sulawesi Tengah ini, bulan Ramadan waktu yang tepat untuk berdoa lebih giat.

Dia berharap masyarakat mematuhi imbauan pemerintah untuk beraktivitas di rumah, termasuk saat beribadah. Seperti halnya orang lain, Sandi berdoa agar cobaan dari pandemi Covid-19 selesai dan semua kembali ke situasi normal.

Patuhi Imbauan

"Mari kita sama-sama terus berdoa dan patuhi segala upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi virus ini. Jika itu bisa selesai, kami bisa menjalani ibadah puasa dengan riang gembira, ramai saat ngabuburit, dan bisa meramaikan masjid untuk ibadah taraweh," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Favorit Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

Posted: 23 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di tengah pandemi Corona sudah barang tentu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh perlu adanya perhatian khusus.

Tak cuma memenuhi gizi yang seimbang, kebersihan diri dan lingkungan diikuti dengan olah raga yang cukup juga perlu diperhatikan. Hal ini agar imunitas tubuh terus terjaga selama pandemi Corona.

Selain asupan makanan dan vitamin, menu sahur dan berbuka yang satu ini ternyata juga menyimpan banyak manfaat. Misalnya dengan menjalankan kebiasaan Nabi Muhammad yang menganjurkan berbuka puasa dengan kurma.

Lantas, manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan saat mengonsumsi kurma waktu berbuka puasa

Mengembalikan Energi

Teknik Relaksasi agar Tubuh Lebih Segar dan Berenergi (AXL/shutterstock)
Teknik Relaksasi agar Tubuh Lebih Segar dan Berenergi (AXL/shutterstock)

Setelah berpuasa dari Subuh hingga Magrib, tubuh pastinya kehilangan banyak energi karena digunakan menjalani kegiatan sehari-hari. Jadi, penting buat memilih menu berbuka yang dapat mengembalikan energi tubuh, seperti kurma.

Menurut data yang ditulis dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, kurma memiliki kandungan penting untuk mengembalikan energi tubuh, yaitu gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Buka puasa dengan kurma dan air putih nggak hanya bisa membuat tubuh kembali bersemangat, tapi juga mencegah konsumsi makanan berlebihan yang dapat mengakibatkan gangguan pencernaan saat puasa.

Sistem Pencernaan Terjaga

Kalau orang merasa stres, marah, dan tertekan,  akan merasakan sakit pada perutnya. Apa alasannya?
Kalau orang merasa stres, marah, dan tertekan, akan merasakan sakit pada perutnya. Apa alasannya?

Kurma sudah menjadi bagian dari obat tradisional Tunisia yang dipercaya dapat menyembuhkan konstipasi. Ternyata, hal ini bukan hanya sekadar mitos yang dipercaya masyarakat Tunisia di masa lalu saja.

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agricultural Food Chemistry menyebutkan jika kurma kaya akan kandungan serat yang berperan buat kelancaran sistem pencernaan.

Selain itu, menurut penjelasan dalam Journal of Nutritional Review, disebutkan juga bahwa serat dapat membantu kondisi pasien yang memiliki masalah gastroesophageal reflux disease (GERD).

Jadi, konsumsi kurma secara rutin dapat mencegah gangguan sistem pencernaan selama puasa.

Kandungan Zat Besi Tinggi

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Nor Gal
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Nor Gal

Kekurangan zat besi selama menjalani puasa bisa menimbulkan risiko masalah kesehatan. Beberapa gejala seperti lemah, lesu, pusing, dan napas pendek bisa terjadi selama puasa, yang pastinya bisa mengganggu aktivitas harianmu.

Jadi, penting memilih makanan berbuka puasa yang punya kandungan zat besi untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Kabar baiknya, kurma ternyata menjadi salah satu sumber zat besi yang baik buat meminimalisir gejala anemia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi penyakit jantung (foto: shutterstock)
Ilustrasi penyakit jantung (foto: shutterstock)

Kurma ternyata juga memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan riset yang dilakukan Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan jika konsumsi kurma secara rutin dapat menurunkan level triglyceride dan oxidative stress yang menjadi faktor utama penyakit jantung dan munculnya plak di pembuluh arteri.

Hal ini didukung oleh kandungan antioksidan yang ada dalam kurma yang dapat menjaga kesehatan dari risiko penyakit jantung.

Kurma juga kaya kalium yang penting buat menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko stroke. 

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang selama berpuasa juga bisa dilakukan dengan konsumsi kurma secara rutin.

Menurut penelitian yang dilakukan Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D dari North Dakota State University menjelaskan bahwa kurma memiliki kandungan boron, yaitu nutrisi yang menunjang kesehatan tulang.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh Journal of Critical Reviews in Food Science and Nutrition juga menemukan kandungan mineral seperti fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium yang penting buat menjaga ketahanan tulang.

 

Reporter: Wuri Anggarini

Sumber: Dream.co.id

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Puasa Ramadan, Ada Jeda 1 Bulan Usai Ayat Diturunkan

Posted: 23 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marhaban Ya Ramadan. Umat Islam mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah. Inilah bulan penuh keistimewaan.

Ramadan, bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan Ramadan merupakan tamu agung. Seluruh umat Islam di dunia menyambutnya dengan penuh kegembiraan.

Puasa Ramadan tidak hanya sekadar menahan haus dan lapar. Praktik puasa memiliki dimensi sangat luas.

Ibadah puasa Ramadan juga memiliki tuntunan, hukum, dan aturan. Perintah ibadah puasa memiliki hal spesial.

Hukum ibadah secara umum ketika ayat turun, maka ibadahnya mulai berlaku. Seperti ibadah mendirikan salat, zakat, haji, dan umrah. Namun, khusus ibadah puasa berbeda.

Para ulama menjelaskan, ada jeda selama satu bulan sejak turunnya ayat perintah untuk menjalankan puasa. Dari bulan Syakban menuju bulan Ramadan.

Jeda itu dimaksudkan agar Nabi Muhammad dapat menjelaskan ketentuan dan aturan tentang puasa yang belum diketahui oleh para sahabat Nabi saat itu.

Sehingga ketika sudah memasuki bulan Ramadan, sahabat Nabi sudah mengerti tentang tuntunan puasa.

 

Perintah Puasa

Ilustrasi berbuka puasa (Foto:Shutterstok)
Ilustrasi berbuka puasa (Foto:Shutterstok)

Perintah puasa telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Ayat tersebut turun pada tahun kedua Hijriah, pada bulan Syakban atau bulan ke-8 dalam kalender Hijriah.

Kemudian pada ayat berikutnya, dijelaskan kapan pelaksanaan bulan puasa, yaitu dalam surat Al- Baqarah ayat 185.

Ayat itu juga menjelaskan ketentuan bagaimana jika orang dalam keadaan sakit dan musafir, apakah perlu puasa atau tidak.

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

 

Keistimewaan Bulan Ramadan

Puasa baru mau masuk hari ke-13, jangan sampai lupa, ini jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasanya. (Ilustrasi: National Geographic)
Puasa baru mau masuk hari ke-13, jangan sampai lupa, ini jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasanya. (Ilustrasi: National Geographic)

Bulan Ramadan begitu istimewa. Banyak ulama menyebut, Ramadan adalah bulan Al-Qur'an. Sebab, di bulan itu juga Al-Qur'an diturunkan, tepatnya pada malam Lailatul Qadar.

Pakar tafsir Al-Qur'an Quraish Shihab menjelaskan, bulan Ramadan terdapat malam Qadar.

Menurut Al-Qur'an, malam Qadar lebih baik dari seribu bulan. Para malaikat silih berganti turun atas izin Tuhan dan kedamaian akan terasa hingga terbitnya fajar.

Selain itu, ayat-ayat puasa Ramadan juga disisipkan ayat yang mengandung pesan tentang kedekatan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya serta janji-Nya untuk mengabulkan doa siapapun yang dengan tulus berdoa.

Karena itu, mari menangkan dan jalankan rukun Islam ketiga ini dengan gembira. Menangkanlah jihad akbar ini. Selalu bersimpuh di padang yang luas dengan doa dan perbanyak ibadah agar kita menjadi orang yang bertaqwa.

 

Reporter : Muhammad Hasits

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulog Janji Tambah Stok 600 Ribu Ton Beras sampai Mei 2020

Posted: 23 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog menyatakan siap untuk menambah daya tampung beras di gudangnya sebesar 600 ribu ton hingga Mei 2020. Langkah ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan selama bulan Ramadhan dan masa pandemi virus corona (Covid-19).

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, pihaknya target menyerap sekitar 300 ribu ton beras selama musim panen pada April ini.

"Kemudian nanti kita di bulan Mei kami harus menyerap lagi sekitar 300 ton, sehingga antara April-Mei diserap 600 ribu ton. Ini untuk mengimbangi yang masuk dan yang keluar," ujar Tri dalam sesi bincang-bincang di YouTube, seperti dikutip Jumat (24/4/2020).

Untuk menjaga stabilitas harga, ia menyebutkan, Perum Bulog juga terus menjaga agar jumlah beras yang keluar/masuk gudangnya sama, yakni sekitar 5.000 ton per hari.

"Sampai dengan hari ini, kita melakukan stabilisasi harga, kita keluarkan sekitar 5.000 ton per hari. Sementara pengadaannya, masuknya, itu sama-sama 5.000 ton per hari. Jadi in-out-nya sama," jelasnya.

Tri pun bercerita, biasanya permintaan akan beras ketika musim panen seperti sekarang cenderung berkurang. Namun situasi kini berbicara lain, dimana Bulog harus banyak menyalurkan beras untuk program bantuan sosial dalam menghadapi wabah virus corona.

"Biasanya di bulan-bulan padat seperti ini kami tidak ada yang namanya KPS (Kartu Perlindungsn Sosial) atau operasi pasar. Artinya suplai sedang banyak, permintaan turun biasanya. Tapi ini musim panen permintaan tetap tinggi, karena banyak bantuan sosial," tuturnya.

Oleh karenanya ia berjanji Bulog akan terus menambah serapan beras hingga 600 ribu ton sampai Mei mendatang, sehingga stok yang tersedia di gudang perseroan mencukupi.

"Dari sisi beras stok kami memang ada 1,4 juta ton saat ini. Stok kami cukup. Artinya kalau kami masih menyerap itu harapan kami akan terus nambah pasokannya. Untuk beras kita Insya Allah enggak ada masalah," pungkasnya.

Capai 3,38 Juta Ton, Stok Beras Nasional untuk Ramadan Dipastikan Cukup

Pekerja memanggul karung beras Bulog di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Jelang Ramadan dan Idul Fitri 2020 Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog siap mengamankan pasokan beras di seluruh wilayah Indonesia mencapai 1,7 juta ton. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pekerja memanggul karung beras Bulog di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Jelang Ramadan dan Idul Fitri 2020 Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog siap mengamankan pasokan beras di seluruh wilayah Indonesia mencapai 1,7 juta ton. (merdeka.com/Imam Buhori)

Stok beras secara nasional menjelang Puasa Ramadan dan Idul Fitri 2020 dipastikan aman, mantul (mantab betul) dan tidak mempengaruhi inflasi nasional.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto usai melakukan kunjungan lapangan sekaligus melakukan sidakpemantauan ketersediaan stok bahan pokok ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan PT Food StationTjipinang Jaya di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

"Secara nasional, stok beras saya pastikan cukup untuk kebutuhan masyarakat menjelang puasa dan Idul Fitri 1441 H bahkan sampai panen mendatang. Aman dan Mantul," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Di tengah berjalannya implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melawan COVID-19 di DKI Jakarta dan beberapa wilayah lainnya, imbuh Mendag, masyarakat dapat lebih mudah membeli bahan pokok dan menyambut datangnya Ramadan dengan perasaan tenang sehingga bisa menjalankanibadah puasa Ramadhan dengan lebih khusyuk.

Menurut dia, stok beras nasional untuk menghadapi puasa dan Lebaran saat ini tersedia sebanyak 3,38 juta ton. Beras di Perum Bulog tersedia stoknya sebesar 1,42 juta ton, stok di penggilingan 1,2 juta ton, stok di pedagang 728 ribu ton, stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) sebesar 28.431 ton, dan stok diLumbung Pangan Masyarakat binaan BKP sebesar 2.939 ton.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLBHI Sebut Polisi Sudah Bebaskan Aktivis Ravio Patra

Posted: 23 Apr 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati menyebut pihak kepolisian sudah membebaskan aktivis Ravio Patra. Ravio sebelumnya ditangkap Polisi atas dugaan penyebaran berita onar.

"Iya benar (Ravio Patra sudah dibebaskan)," kata Asfinawati saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (24/4/2020).

Menurut Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Ade Wahyudin, Ravio Patra dibebaskan oleh pihak kepolisian pada pukul 08.30 WIB. Ravio sebelumnya ditangkap pihak kepolisian di Jalan Gelora, Menteng Jakarta Pusat pada Rabu 22 April 2020 malam.

"Iya (Ravio Patra) sudah lepas. Pukul 08.30 WIB," ucap Ade saat dihubungi.

Seperti diketahui, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan telah menangkap, Ravio Patra, aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik. Ravio ditangkap Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya atas tuduhan menyiarkan berita onar.

"Memang saya membenarkan tadi malam dari Krimum Polda Metro Jaya mengamankan seserorang insial RPA," kata Yusri dalam rilisnya di Polda Metro Jaya, Kamis (23/4/2020).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif SAFEnet dalam keterangan Damar Juniarto, menjelaskan, penangkapan itu tak lama setelah handphone Ravio Patra diretas oleh orang tidak dikenal.

Dia menyampaikan peretas menyebarkan pesan-pesan bermuatan provokasi. Adapun bunyinya pesan tersebut:

"KRISIS SUDAH SAATNYA MEMBAKAR!AYO KUMPUL DAN RAMAIKAN 30 APRIL AKSI PENJARAHAN NASIONAL SERENTAK, SEMUA TOKO YG ADA DIDEKAT KITA BEBAS DIJARAH," kata Damar mengurai isi pesan peretas.

Damar mengatakan, Ravio Patra lah yang bercerita langsung bahwa handphonenya diretas.

"Ravio menunjukkan pesan ketika mecoba menghidupkan WA, muncul tulisan, 'You've registered your number on another phone.' Dicek ke pesan inbox SMS, ada permintaan pengiriman OTP," ujar Damar.

 

Lapor ke Whatsapp

Damar menyarankan Ravio melaporkan peristiwa ini ke Head of Security Whatsapp. Pelaku pembobolan menemukan cara mengakali nomer mereka untuk bisa mengambil alih Whatsapp yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor Ravio.

Menurut Damar, motif penyebaran itu ingin menjebak Ravio sebagai salah satu yang akan membuat kerusuhan.

"Saya minta Ravio untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan semua bukti. Agar kami bisa memeriksa perangkat tersebut lebih lanjut," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Ungkap Sulitnya Membawakan Lagu Up Beat

Posted: 23 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agnez Monica atau Agnez Mo adalah salah satu artis Indonesia yang kini sudah berkarier di luar negeri alias go international. Pelantun "Matahariku" ini pun mantap menjejakkan langkah kariernya di Amerika Serikat sejak beberapa tahun lalu.

Tentu saja sebagai penyanyi dan aktris sukses Tanah Air, Agnez Mo memiliki banyak penggemar. Banyak sekali penggemar yang penasaran dengan kehidupan Agnez Mo.

Pada kesempatan kali ini dalam acara bertajuk Inbox @Home akan QnA dengan Agnez Mo. Yuk, buat Anda yang penasaran langsung saja simak di channel SCTV hanya di Vidio.

saksikan videonya di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Setujui Andi Taufan Mundur dari Staf Khusus Presiden

Posted: 23 Apr 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Andi Taufan Garuda Putra sebagai Staf Khusus Presiden. Surat pengunduran diri itu diterima Jokowi pada 17 April 2020.

"Presiden sudah menerima dan menyetujui pengunduran diri Saudara Andi Taufan dan memahani alasan yang mendasari dan disampaikan oleh yang bersangkutan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).

Andi yang merupakan CEO PT Amartha sebelumnya dikritik karena membuat surat kepada para camat. Melalui surat itu, Andi Taufan meminta para camat mendukung relawan PT Amartha Mikro Fintek dalam menangani virus Corona (Covid-19).

Menurut Pramono, Jokowi menghargai komitmen Andi Taufan yang ingin mengabdikan diri secara penuh kepada penguatan ekonomi masyarakat bawah. Khususnya, usaha mikro.

"Karena penguatan ekonomi lapisan bawah terutama UMKM juga menjadi perhatian Bapak Presiden selama ini," jelas Pramono.

Andi Taufan Garuda Putra akhirnya memilih mundur dari posisi Staf Khusus Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Andi dinilai menimbulkan konflik kepentingan karena mengirim surat ke para camat untuk mendukung perusahaannya.

"Perkenankan saya untuk menyampaikan informasi pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia yang telah saya ajukan melalui surat pada 17 April 2020," ucap Andi Taufan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/4/2020).

Dia mengakui Presiden Jokowi sudah menyetujui surat pengunduran dirinya sebagai staf khusus. Dia berterima kasih kepada Jokowi yang telah memilih dan mempercayainya mengemban jabatanya staf khusus.

Polemik Surat Camat

Polemik konflik kepentingan Andi Taufan Garuda Putra bermula saat dirinya mengirim surat berkop sekretariat kabinet kepada seluruh camat di Indonesia. Surat tersebut beredar di media sosial dan menuai kontroversi.

Isi surat itu yakni permintaan dukungan kepada seluruh camat untuk Relawan Desa Lawan Covid-19. Program ini diinisiasi Kementerian Desa daan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bekerja sama dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha). Andi merupakan pendiri Amartha.

Andi menjelaskan, surat tersebut bersifat pemberitahuan dan dukungan kepada program desa untuk melawan Covid-18 yang diinisiasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Taufan juga menjelaskan tidak ada maksud buruk dalam surat tersebut.

Dia mengatakan dukungan tersebut murni dari dasar kemanusiaan dan dengan biaya Amartha serta donasi masyarakat, yang akan dipertanggungjawabkan secara transparan dan akuntabel. Dukungan dan biaya tersebut Taufan mengklaim tidak ada campur tangan dari negara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jalan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Gagal Mudik

Posted: 23 Apr 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melepas kerinduan dan berkumpul bersama keluarga di hari istimewa adalah hal menyenangkan, terutama bagi mereka yang akan pulang berlebaran ke kampung halaman. Biasanya sejumlah kegiatan pun sudah direncanakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Salah satunya menginap di hotel karena dinilai lebih berkesan karena bisa menikmati berbagai fasilitas. Namun sayangnya, saat ini agenda bernostalgia bersama keluarga tak bisa terlaksanakan, karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sedih pasti, gagal mudik dan jalan-jalan bareng keluarga. Akan tetapi ada jalan terbaik yang bisa kamu lakukan, untuk mengobati rasa rindumu bertemu keluarga.

 

1. Virtual Meeting

Saatnya kamu mengandalkan teknologi tak hanya dipekerjaan, tapi juga untuk keluarga. Selama masa pandemi ini, warga Tanah Air menggunakan virtual meeting untuk saling berkomunikasi. Dengan virtual meeting, kamu bukan hanya bisa bertemu keluarga di kampung halaman saja, tapi juga kerabat atau saudara yang ada di daerah lainnya.

 

2. Nikmati Tradisional

Makanan khas kampung halaman nyatanya memang menjadi salah satu hal yang dirindukan. Meski tahun ini gagal menikmati kudapan favorit khas daerahmu karena kondisi pandemi, namun kamu tetap bisa kok menikmati menu tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari memesan makanan tersebut lewat pesanan online hingga membuat menu tersebut sendiri. Kalau nggak ngerti, tinggal tanya keluargamu bagaimana resep dan cara membuatnya.

3. Booking Hotel

Banyak Promo hotel menarik dan terbaik dari Traveloka/shutterstock.
Banyak Promo hotel menarik dan terbaik dari Traveloka/shutterstock.

Biasanya ketika sudah booking kamar hotel dan membatalkan pesanan di tanggal yang sudah dipesan, kamu tidak akan bisa melakukan reschedule. Uangmu dipastikan hangus, apalagi jika booking dilakukan secara online.

Tapi hal itu nggak akan terjadi jika kamu melakukan pemesanan kamar di Traveloka. Apalagi di bulan penuh berkah ini, Traveloka menawarkan banyak Promo Ramadhan.

Ya banyak Promo hotel menarik dan terbaik dari Traveloka. Ada keunggulan ketika kamu melakukan booking hotel di Traveloka karena adanya fitur Hotel Easy Reschedule.

Fitur Hotel Easy Reschedule dihadirkan karena Traveloka menghargai waktu para pelanggannya. Dengan fitur ini bisa mengatur ulang tanggal pemesanan kamar hotel dan mengubah periode inap sesuai kebutuhan.

Dengan mudahnya, kamu bisa menyelesaikan beragam pemesanan perjalananmu hanya di satu genggaman. Buktinya dengan melakukan reschedule booking hotel, kamu akan menerima voucher hotel terbaru hanya dalam waktu 30 menit, setelah pembayaran dikonfirmasi. Cepat banget kan?

Nah cara menggunakan fitur easy reschedule ini gampang banget kok. Namun pastikan dulu ya kalau kamu sudah memperbarui Traveloka Web atau Traveloka App minimum versi 3.0.

 

(*)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Seram Koleksi Museum Dunia di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19

Posted: 23 Apr 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Meskipun sedang ditutup selama pandemi Virus Corona COVID-19, beberapa museum di seluruh dunia tetap mencari cara untuk mendapatkan kesibukan. Pada awal April, Museum Yorkshire di Inggris memberikan tantangan pada berbagai museum via Twitter untuk berbagi benda-benda paling menyeramkan di koleksi mereka. 

Pada 17 April, Museum Yorkshire via Twitter menggelar tantangan itu dengan tagar #curatorbattle dan membagikan gambar sebuah rambut dari makam Romawi yang berasal pada abad ke-3 atau ke-4. Sejak postingan itu, puluhan institusi ikut berpartisipasi, seperti dikutip dari Mental Floss, Jumat (24/4/2020). 

Sorotan terbanyak untuk salah satu benda menyeramkan lainnya, setidaknya dari tanggapan yang tampak di Twitter, didapatkan oleh koleksi "The Mermaid" dari National Museums of Scotland's Natural Sciences department. Koleksi monstrositas itu sebagai salah satu dari banyak hybrid taksidermi ikan-monyet yang dipopulerkan oleh P.T. Barnum.

 

Bukan Kali Pertama

Ilustrasi viral di media sosial. (iStockphoto)
Ilustrasi viral di media sosial. (iStockphoto)

Hal ini bukan pertama kalinya museum menggunakan media sosial untuk memamerkan beberapa koleksi mereka yang tidak biasa.

Pusat Sejarah Kabupaten Olmsted di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat  pada bulan Oktober tahun lalu telah mengadakan kontes untuk menentukan boneka antik mana dalam koleksinya yang paling menyeramkan. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Isi Lengkap Aturan Kemenhub Soal Larangan Mudik Gunakan Transportasi Umum

Posted: 23 Apr 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi melarang mudik warganya mulai hari ini, Jumat (24/4/2020) per pukul 00.00 WIB. Peraturan soal pelarangan mudik ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 tahun 2020 (Permenhub 25/2020).

Dalam Permenhub yang telah ditetapkan per 23 April 2020 tersebut, tertulis dengan rinci mengenai larangan operasional angkutan umum darat, laut dan udara.

"Pengendalian transportasi selama masa mudik idul fitri tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19) dilakukan melalui larangan sementara penggunaan sarana transportasi," demikian bunyi pasal 1 ayat 1 Permenhub 25/2020, sebagaimana ditulis Jumat (24/4/2020).

Pengendalian transportasi berlaku untuk moda di darat, laut, udara dan perkeretaapian, dimulai pada tanggal 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020.

Untuk moda transportasi darat yang dimaksud adalah kendaraan bermotor umum dengan jenis mobil bus dan mobil penumpang, kendaraan bermotor perseorangan dengan jenis mobil penumpang, mobil bus, dan sepeda motor, lalu kapal angkutan penyeberangan dan kapal angkutan sungai dan danau.

Untuk moda kereta api yang dimaksud ialah perjalanan kereta api antara kota, kereta api perkotaan dan kereta api luar biasa.

Untuk transportasi laut, yang dimaksud ialah kapal penumpang untuk mudik dalam satu wilayah provinsi, kabupaten, atau kecamatan yang menerapkan PSBB dan pelayaran antarprovinsi, kabupaten, atau kecamatan dengan ketentuan pelabuhan asal, singgah, atau tujuan yang menerapkan PSBB. Sementara transportasi udara yang dimaksud adalah pesawat terbang.

Secara garis besar, moda transportasi ini tidak diperbolehkan mengangkut penumpang kecuali dengan beberapa kondisi. Di moda transportasi udara, yang diperbolehkan terbang hanya pemimpin negara, tamu negara, perwakilan organisasi internasional, WNI yang bekerja di luar negeri (pemulangan) serta penegak hukum, ketertiban dan darurat yang harus menggunakan moda transportasi udara untuk menjalankan tugasnya.

 

Moda Laut

TV Mudik Lebaran
TV Mudik Lebaran

Begitu juga dengan moda laut yang hanya memperbolehkan mengangkut penumpang untuk pemulangan ABK, pekerja migran serta petugas khusus seperti TNI dan Polri. Angkutan laut juga masih diizinkan beroperasi untuk rute rutin non-mudik antar pulau dengan catatan satu wilayah tidak menerapkan PSBB.

Lebih penting, seluruh angkutan umum beroperasi penuh untuk mengangkut logistik dan kebutuhan esensial lainnya, seperti suplai alat kesehatan dan atau barang penting lainnya. Mengacu pada Permenhub 25/2020, larangan operasional secara komersil untuk seluruh moda berlaku hingga 31 Mei 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Sukses Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF 2013

Posted: 23 Apr 2020 09:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-19 pernah mendapatkan julukan class of 2013. Mengapa demikian? Pada tahun ini, Timnas Indonesia U-19 memiliki skuat yang sangat solid di semua lini.

Selain itu, Timnas Indonesia U-19 juga menjadi juara di Piala AFF 2013. Di bawah racikan tangan dingin Indra Sjafri, Evan Dimas dkk. mampu mengembalikan senyum manis di wajah para pecinta sepak bola Tanah Air.

Timnas Indonesia U-19 memberikan kejutan saat menjuarai Piala AFF. Padahal saat itu, prestasi Merah Putih di Asia Tenggara sedang redup.

Sejak 1991, kala terakhir kali menyabet medali emas SEA Games, Indonesia urung membaik. Sebaliknya, selama dua dekade prestasi Indonesia justru terus cenderung menurun.

Tak hanya itu saja, gelar juara ini terasa begitu spesial karena didapat setelah PSSI dilanda kisruh internal. Perseteruan dengan KPSI (Komisi Penyelamat Sepak Bola Indonesia) yang berujung pada dualisme pada tahun-tahun sebelumnya membuat Indonesia diberikan sanksi oleh FIFA.

Kendati begitu, Hansamu Yama cs. sukses menjuarai Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Vietnam di partai final lewat adu penalti dengan skor 7-6. Gaya permainan yang ditunjukkan para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa dibilang sangat enak ditonton.

Timnas Indonesia U-19 memeragakan gaya bola-bola pendek dan efektif seperti saat Barcelona ditangani Pep Guardiola. Banyak orang meyakini itu adalah generasi emas Indonesia.

 

 

 

 

Perjalanan Menuju Juara

Pemain Timnas Indonesia U-19, Ilham Udin Armaiyn, dikepung pemain Vietnam saat kedua tim bertemu di Piala AFF U-18 2013. (Aseanfootball.org)
Pemain Timnas Indonesia U-19, Ilham Udin Armaiyn, dikepung pemain Vietnam saat kedua tim bertemu di Piala AFF U-18 2013. (Aseanfootball.org)

Pesimisme sempat melanda sejak babak penyisihan grup. Bagaimana tidak, Indonesia berada satu grup dengan raksasa-raksasa Asia Tenggara, yakni Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Terbilang hanya Brunei Darussalam saja yang kualitasnya ada di bawah Indonesia.

Indonesia memulai konmpetisi dengan sempurna. Menghadapi Brunei, Ilham Udin dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh sukses mencetak masing-masing dua gol untuk membawa Merah Putih menang 5-0.

Tantangan berat Indonesia dimulai pada laga kedua. Musuhnya, Myanmar, datang dengan deretan youngsters yang haus akan prestasi di Asia Tenggara. Lewat perlawanan sengit, Indonesia menang tipis 2-1.

Nasib nahas didapat Indonesia pada laga ketiga. Menghadapi Vietnam yang difavoritkan juara, Putu Gede Juti Antara dkk. tumbang 1-2. Padahal, Indonesia lebih dulu unggul lewat gol Evan Dimas menit pertama.

Indonesia mengamuk pada pertandingan keempat. Lawannya, Thailand, yang sudah dua kali menelan kekalahan pada laga sebelumnya, disengat oleh tiga gol Evan Dimas.

Pada laga terakhir fase grup yang menentukan, Indonesia bersua Malaysia. Kedua kesebelasan hanya berjarak dua poin. Kalah, Indonesia akan tersingkir oleh Negeri Jiran.

Momen menegangkan terjadi di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 18 September 2013. Muhammad Jafri membawa Malaysia unggul pada menit 19. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Setelah usaha tak kenal lelah, Indonesia mampu menyamakan kedudukan melalui gol Ilham Udin Armayn. Hasil imbang cukup untuk mengantarkan Indonesia ke semifinal.

Timor Leste yang di luar dugaan mampu keluar sebagai juara Grup A menjadi lawan Indonesia. Mendapat perlawanan sengit, Timnas Indonesia U-19 sanggup melewati hadangan Timor Leste dengan kemenangan 2-0.

Partai ulangan terjadi di final. Vietnam yang susah payah mengalahkan Laos pada semifinal lainnya kembali berjumpa Timnas Indonesia U-19. Target Evan Dimas cs. tak cuma sekadar balas dendam, tapi juga memberikan gelar juara buat puluhan ribu suporter Merah Putih di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Setelah melewati 90 menit waktu normal plus babak tambahan, Timnas Indonesia U-19 secara dramatis sanggup mengalahkan Vietnam di babak adu penalti dengan skor 7-6. Ilham Udin Armayn menjadi pahlawan berkat gol penentunya.

Tak Kuat Beban?

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafrie memberikan komentarnya di kantor PSSI pada Jumat 28 Januari 2014 (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah).
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafrie memberikan komentarnya di kantor PSSI pada Jumat 28 Januari 2014 (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah).

Timnas Indonesia U-19 seakan terbang ke langit tertinggi. Dalam waktu singkat, dua kisah sukses membuat popularitas anak asuh Indra Sjafri melonjak tajam. Ya, tak sampai sebulan usai menjuarai Piala AFF 2013, Paulo Sitanggang dkk. tampil apik pada kualifikasi Piala Asia U-19 2014.

Bertindak sebagai tuan rumah, tiga kemenangan disapu bersih, dan yang paling berkesan adalah keberhasilan mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Itu membawa Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara grup dan lolos ke Piala Asia U-19 2014 di Myanmar.

Sayang, pada putaran final itu, taji Timnas Indonesia U-19 tak terlihat. Padahal, selama satu tahun persiapan, Indra Sjafri membawa anak asuhnya tur ke Indonesia, mendekatkan para pecinta Timnas U-19 kepada idolanya.

Indonesia berturut-turut menelan kekalahan dari Uzbekistan (1-3), Australia (0-1), dan Uni Emirat Arab (1-4). Indonesia pun tersingkir sebagai juru kunci grup B.

Kegagalan di Piala Asia U-19 2014 Myanmar, yang sekaligus membuyarkan mimpi Indonesia tampil di Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru, memunculkan berbagai opini liar dari banyak pihak.

Anggapan paling popular adalah Timnas Indonesia U-19 yang melewati periode penuh sukses sepanjang 2013 terbebani target dan tingginya harapan publik. Ada pula anggapan bahwa Indra Sjafri melakukan blunder dengan terus menerus menggeber fisik Evan Dimas cs dengan rangkaian tur Nusantara.

Hingga pada akhirnya, muncul opini bahwa memang Indonesia belum siap untuk bernyanyi di level Asia, apalagi dunia. Namun demikian, tren positif menyeruak. Publik Tanah Air mulai memberikan perhatian kepada Timnas Indonesia kategori junior atau di bawah level senior.

Kini, geliat anak-anak muda Indonesia selalu dinanti, bahkan diberikan atensi sejak U-16. Indra Sjafri adalah jenius yang mampu menghidupkan tak cuma sepak bola usia dini, tapi juga menggelitik adrenalin pecinta sepak bola Merah Putih sejak kedatangannya.

 

Yang Lantas Bersinar dan Tenggelam

Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak oleh Evan Dimas, ke gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu, (1/3/2020). Persija menang 3-2 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak oleh Evan Dimas, ke gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu, (1/3/2020). Persija menang 3-2 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tak berlebihan untuk menyebut para pemain Timnas Indonesia U-19 yang mempersembahkan gelar Piala AFF U-19 2013 sebagai generasi emas. Hal itu terbukti karena saat ini mayoritas pemain alumni skuat tersebut memperkuat klub-klub elite di Shopee Liga 1 2020.

Ravi Murdianto yang dulu menjadi kiper Timnas Indonesia U-19 kini membela Persikabo bersama Muhammad Dimas Drajad di Shopee Liga 1. Namun, Ravi belum tampil karena gagal bersaing dengan Dwi Kuswanto dan Syahrul Fadil.

Putu Gede Juni Antara, Muhammad Fatchu Rochman, dan Muhammad Hargianto saat ini memperkuat Bhayangkara FC. Adapun Hansamu Yama Pranata saat ini menjadi andalan di lini belakang Persebaya Surabaya.

Zulfiandi saat ini menjadi andalan di lini tengah Madura United. Kemudian Paulo Sitanggang kini membela Persik Kediri dan Ilham Udin Armaiyn berseragam Barito Putera di Liga 1 2020.

Sementara itu, Evan Dimas bermain untuk Persija Jakarta musim ini. Evan tampil gemilang dengan torehan dua gol dalam dua laga yang dimainkannya sejauh ini.

"Saya setiap pertandingan tidak ada target cetak gol dan tampil baik sendiri, tapi yang terpenting bagaimana tim merah kemenangan," ujar Evan Dimas.

Jika ada yang bersinar, maka ada pula yang meredup. Banyak pemain eks Timnas Indonesia U-19 yang gagal bersaing untuk bermain di Shopee Liga 1 2020.

Contohnya adalah Mahdi Fahri Albaar yang harus dipinjamkan Persikabo ke Sulut United di Liga 2 2020. Kemudian ada Hendra Sandi yang meski terdaftar di Persela Lamongan, namun belum mendapatkan kepercayaan bermain.

Sementara itu, Martinus Novianto kini diketahui membela PSIM Yogyakarta. Adapun Muchlis Hadi Ning Syaifulloh kini masih menganggur setelah dilepas Persib Bandung pada 2020.

Kemudian ada Maldini Pali yang saat ini bermain bersama Kalteng Putra di Liga 2 2020. Sementara itu, Dinan Javier tidak diketahui keberadaannya saat ini.

 

Skuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2013

Selebrasi Timnas U-19 saat meraih gelar Piala AFF 2013 (www.aseanfootball.org)
Selebrasi Timnas U-19 saat meraih gelar Piala AFF 2013 (www.aseanfootball.org)

Kiper: Ravi Murdianto, Rully Desrian

Belakang: Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Muhamad Sahrul Kurniawan, Febly Gushendra, Muhammad Fatchu Rochman, Dimas Sumantri, Mahdi Fahri Albaar

Tengah: Muhammad Hargianto, Zulfiandi, Hendra Sandi Gunawan, Alqomar Tehupelasury, Evan Dimas Darmono, Paulo Sitanggang, Ilham Udin Armaiyn, Maldini Pali

Depan: Muhammad Dimas Drajad, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Angga Febrianto Putra, Dinan Yahdian Javier

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRILian Fight Covid-19 Sukses Galang Donasi Rp 7,2 Miliar, BRI Mulai Saluran Bantuan 

Posted: 23 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BRILiaN Fight Covid-19, gerakan sosial yang diinisiasi oleh karyawan BRI untuk melawan virus corona atau Covid-19 telah berhasil menghimpun dana lebih dari Rp 7,2 Miliar. Secara bertahap dana tersebut telah disalurkan dalam bentuk bantuan-bantuan yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat.

Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto mengungkapan penerima manfaat bantuan diutamakan kepada masyarakat yang secara finansial terdampak pandemi seperti pedagang asongan, pengayuh becak, sopir transportasi dalam jaringan (daring) maupun konvensional serta masyarakat prasejahtera di seluruh daerah yang terdampak Covid-19. 

BRILiaN Fight Covid-19 merupakan kreativitas dari para milenial BRI yang memiliki rasa kepedulian untuk mengajak segenap pekerja BRI Group (Insan BRILian) secara sukarela menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Sampai dengan saat ini, tercatat lebih dari 18.300 Insan BRILiaN di berbagai wilayah di Indonesia yang telah ikut ambil bagian dari program ini.

"Penyaluran donasi telah kami lakukan berupa penyaluran 72.000 paket sembako. Kami bekerjasama dengan Agen BRILink yang memiliki usaha sembako di setiap wilayah penyaluran, sehingga pelaku UMKM berdaya dan masyarakat pun mendapatkan manfaatnya," urai Catur.

 

Secara bertahap dana BRILiaN Fight Covid-19 telah disalurkan dalam bentuk bantuan-bantuan yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat.
Secara bertahap dana BRILiaN Fight Covid-19 telah disalurkan dalam bentuk bantuan-bantuan yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain sembako, penyaluran bantuan dari program "BRIlian Fight Covid-19 nantinya akan disalurkan juga bagi tenaga medis yang bertugas di garda terdepan berupa Alat Pelindung Diri (APD), masker dan alat kesehatan lainnya.

"Dalam penyaluran bantuan kami tetap menjaga dan menerapkan aspek-aspek keamanan dan keselamatan sesuai arahan pemerintah, seperti physical distancing untuk menghindari penumpukan massa. Kami juga memastikan bantuan dapat tersalur dengan tepat terutama kepada masyarakat yang membutuhkan," pungkas Catur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

150 Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari A-Z, Indah dan Penuh Makna

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama bayi perempuan Kristen dan artinya bisa menjadi referensi memberikan nama anak. Selain arti nama bayi yang mencerminkan harapan orangtua, tentunya pemilihan nama untuk anak juga didasarkan pada berbagai hal yang telah dipertimbangkan sebelumnya. 

Nama adalah doa yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya. Oleh karena itu, memberikan nama bayi tidaklah mudah karena akan digunakan seumur hidup oleh anak nantinya. Merujuk kepada Alkitab bisa jadi solusi bagi orangtua. 

Nama bayi perempuan Kristen dan artinya disukai banyak orang tua karena makna dan kata-katanya yang indah. Hal ini tentunya harus dipikirkan oleh orangtua pada anak sebelum melahirkan. Apalagi anak tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri dan merupakan harapan baru bagi ibu dan ayah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/4/2020) tentang nama bayi perempuan Kristen dan artinya

Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari A-D

Ilustrasi Bayi (iStockphoto)
Ilustrasi Bayi (iStockphoto)

Berikut Nama bayi perempuan kristen dan artinya dari A-D:

1. Aalona: Sekuat pohon oak

2. Abbie: Kegembiraan ayah

3. Abigail: Bertujuan baik, indah

4. Abira: Kuat

5. Achava: Persahabatan

6. Adara: Kecantikan

7. Amarise: Diberi oleh Tuhan

8. Annette: Baik budi pekertinya

9. Barru: Pilihan Tuhan

10. Batya: Anak perempuan dari Dewa

11. Bethani: Rumah pohon ara

12. Bina: Pengertian

13. Brielle: Tuhan adalah kekuatanku

14. Cana: Semangat, perhatian

15. Carlissa: Gadis kecil yang suci

16. Chana: Anggun

17. Chesa: Pelindung

18. Dalila: Lembut

19. Dania: Tuhan adalah hakimku

20. Daphne: Kemenangan

21. Alexandra Nathania Emery yang artinya anak perempuan pemberian Tuhan menjadi penolong dan pelindung masyarakat untuk menjadi pemimpin yang baik hati

22. Albertina Alexandra Bennetta yang artinya pembela umat manusia terkenal yang diberkati

23. Anggelina Alexandra Nanette yang artinya penolong yang penuh kemuliaan dan penyampai pesan Tuhan

24. Bertha Darra Grazinia yang berarti tuan putri yang cerdas dan mulia

25. Bertha Bedelia Belva yang berarti perempuan yang cerdas, kuat dan jujur

Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari D-H

Berikut Nama bayi perempuan kristen dan artinya dari D-H:

1. Dareen: Bijaksana

2. Davina: Yang dikasihi

3. Diana: Bersifat ketuhanan

4. Divsha: Madu

5. Early: Pembawa pesan

6. Edna: Pemulihan

7. Eliana: Tuhan telah menjawab

8. Elsie: Bentuk kesayangan dari Elizabeth (Tuhan adalah sumpahku)

9. Eritha: Bunga

10. Ester: Bintang

11. Eunice: Kemenangan baik

12. Fifna: Dia akan memenuhi

13. Fio: Dibuat, dilakukan, menjadi

14. Galenka: Tuhan senantiasa membebaskan

15. Gana: Kebun

16. Geela: Kebahagiaan abadi

17. Gisa: Potongan batu

18. Genessa: Permulaan

19. Geona: Memuliakan

20. Grace: Kemurahan, murah hati

21. Hanah: Penuh dengan maaf

22. Hania: Anggun, baik hati

23. Damarisa Axella Analise yang artinya penyebar agama Kristen yang memberikan kedamaian dan berbakti kepada Tuhan

24. Darra Lisette Damarisa yang artinya seorang tuan putri penyebar agama Kristen dan disucikan oleh Tuhan

25. Eleanor Annie Kassia yang berarti perempuan yang bercahaya, baik hati dan suci

Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari H-L

Ilustrasi Bayi/ Daria Shevtsova from Pexels
Ilustrasi Bayi/ Daria Shevtsova from Pexels

Berikut Nama bayi perempuan kristen dan artinya dari H-L:

1. Hannele: Baik budi

2. Helsa: Mengabdi kepada Tuhan

3. Henessy: Anggun

4. Ilana: Pohon

5. Iris: Pelangi

6. Ivana: Kemuliaan Tuhan

7. Isabel: Tertuju pada Tuhan

8. Jessie: Dia melihat

9. Juanita: Kemuliaan Tuhan

10. Joanna: Tuhan yang Maha Pengasih

11. Jocelin: Riang gembira

12. Joda: Dipuji

13. Joevanca: Kasih Tuhan

14. Jose: Tuhan pasti memenuhi

15. Jubilee: Tanduk rusa

16. Julia: Bulu halus

17. Kannelite: Kebun anggur Tuhan

18. Keeran: Terompet

19. Kefira: Anak singa

20. Kerrin: Kecantikan

21. Laviona: Rempah

22. Bryna Eleanor Gavrila yang berarti perempuan yang cahaya penuh kebajikan Tuhan sebagai sumber kekuatanku

23. Eleanor Bica Elzira yang berarti anak perempuan Yehova yang bersinar dan mengabdi kepada Tuhan

24. Feodora Shakila Caresse yang artinya perempuan yang merupakan anugerah Tuhan yang tercinta juga cantik rupawan

25. Gloria Irena Jennie yang berarti keagungan yang penuh kedamaian dan jujur

Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari L-R

Berikut Nama bayi perempuan kristen dan artinya dari H-L:

1. Lily: Cantik, harum

2. Liora: Terang

3. Livana: Putih

4. Maela: Tuhan mendengar

5. Mahira: Hidup

6. Manna: Roti dari surga

7. Mava: Nyaman

8. Meira: Terang

9. Nafa: Yang tercinta

10. Nana: Kecantikan, mulia

11. Naomi: Menyenangkan

12. Nasya: Keajaiban

13. Nora: Terang

14. Ozora: Harta karun

15. Orlee: Terang

16. Paza: Emas

17. Penina: Mutiara

18. Quineera: Ratu Bajak

19. Reesha: Mawar

20. Ranice: Nada indah

21. Rena: Lagu yang riang gembira

22. Garneta Gloria Maribel yang berarti perempuan mulia bagaikan permata merah yang cantik

23. Gloria Nessa Salsabila yang berarti perempuan ibarat mata air surga yang bersih murni penuh kemuliaan

24. Ivana Alitza Danielle yang berarti perempuan pemberian Tuhan yang riang gembira

25. Nediva Gilia Nathania yang artinya pemberi Tuhan berupa kebahagiaan abadi

Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari R-T

Ilustrasi ibu dan bayi (foto: shutterstock).
Ilustrasi ibu dan bayi (foto: shutterstock).

Berikut Nama bayi perempuan kristen dan artinya dari R-T:

1. Rhania: Dia bernyanyi

2. Rona: Kegembiraanku

3. Rosanne: Anggun

4. Sally: Tuan putri

5. Samara: Dilindungi Tuhan

6. Sanarah: Dilindungi Tuhan

7. Semira: Dari surga

8. Shaenette: Tuhan yang Maha Pengasih

9. Sharaziva: Banyak disayang

10. Sharren: Tanah yang subur

11. Shayna: Indah nian

12. Sheeba: Janji

13. Sheena: Kemuliaan Tuhan

14. Sheera: Nyanyian

15. Sheisha: Dari pualam, menyenangkan

16. Sheryn: Dataran yang subur

17. Shifra: Keindahan

18. Susy: Bunga lili

19. Suzette: Lili kecil

20. Tabita: Rusa kecil

21. Talia: Embun surga

22. Olivia Christa Avariella yang berarti semoga dia bisa menjadi pengikut Kristus yg senantiasa diberi kekuatan dalam memberitakan kabar damai sejahtera

23. Nathania Olivia Zerlinda yang berarti perempuan pemberian Tuhan yang membawa kedamaian serta indah seperti fajar

24. Seraphina Nathania Roselani yang berarti bidadari pemberian Tuhan yang cantik seperti mawar

25. Samara Griselda Seraphina yang berarti gadis gigih bak bidadari yang dilindungi Tuhan

Nama Bayi Perempuan Kristen dan Artinya dari T-Z

Berikut Nama bayi perempuan kristen dan artinya dari T-Z:

1. Tamara: Pohon palm

2. Tsifira: Mahkota

3. Tzilla: Pembela

4. Vania: Hadiah dari Tuhan

5. Vanya: Memiliki sifat yang baik

6. Varda: Mawar

7. Vioneta: Pemimpin yang rindang

8. Vidette: Yang dikasihi

9. Yaffa: Keindahan

10. Yalefa: Yang pertama

11. Yesika: Dia melihat

12. Yeshara: Jujur, teguh

13. Yessie: Kemakmuran

14. Yonata: Sang Burung Merpati

15. Zahavah: Emas

16. Zeca: Ingatan Tuhan

17. Zanna: Hadiah dari Tuhan

18. Zahira: Dilindungi

19. Zaneta: Hadiah dari Tuhan

20. Zamara: Dipuji

21. Seraphina Farrah Dominica yang berarti ratu yang cantik bagai bidadari.

22. Trisha Chiara yang artinya bangsawan perempuan nyang terkenal

23. Trisha Felicia yang artinya bangsawan yang bahagia

24. Zefanya Trifena yang berarti seorang pemimpin yang hidup dalam kemewahan

25. Zefanya Rishona yang berarti seorang pemimpin pertama

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelni Setop Penjualan Tiket Penumpang hingga 8 Juni 2020

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menghentikan penjualan tiket kepada pelanggan hingga 8 Juni 2020 menindaklanjuti arahan pemerintah terkait larangan mudik menggunakan moda transportasi laut.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mengatur pola trayek menyesuaikan larangan mudik ini.

"Berdasarkan aturan tersebut, sementara waktu kami akan mempersiapkan seluruh kapal penumpang kami untuk mengangkut muatan logistik. Manajemen akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan selaku regulator untuk mengatur pola trayek agar dapat berjalan secara maksimal," ungkap Yahya dalama keterangannya, Jumat (24/4/2020).

Lebih lanjut, soal transportasi logistik, Yahya menyatakan sekitar 50 persen kapal penumpang Pelni memiliki ruang yang dapat dimaksimalkan untuk mengangkut muatan kontainer, baik itu dry maupun reefer container, general cargo. Bahkan beberapa kapal mampu mengangkut kendaraan.

Pelni juga akan tetap mengoperasikan kapal perintis guna mengamomodir kebutuhan transportasi masyarakat yang berada di wilayah T3P yang ingin memenuhi kebutuhan pokok ataupun bekerja.

"Tentu sebelum melakukan kegiatan operasional, kami akan memeriksa kesehatan seluruh kru yang bertugas sesuai dengan prosedur yang ada. Kami akan pastikan semua kru dalam keadaan sehat dan memenuhi standar untuk melakukan pelayaran," ungkap Yahya.

 

Kapal yang Beroperasi

Pelni mendapat alokasi 15 kapal Sabuk Nusantara (Sanus) baru dari pemerintah.
Pelni mendapat alokasi 15 kapal Sabuk Nusantara (Sanus) baru dari pemerintah.

Kemudian, beberapa kapal telah dijadwalkan akan kembali melakukan operasional, diantaranya KM Sinabung akan berlayar pada 24 April 2020 dari Tanjung Priok dengan rute Tanjung Priok - Kijang - Batam - Belawan (PP) menggantikan rute yang dioperasikan KM Kelud.

KM Gunung Dempo akan beroperasi pada 24 April 2020 dengan rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Jayapura - Sorong - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok dan melakukan omisi Manokwari, Nabire, Wasior serta deviasi di Ambon.

KM Labobar dijadwalkan akan berangkat dari Pelabuhan Surabaya pada 27 April 2020 dengan rute Surabaya - Makassar - ParePare - Balikpapan - Tarakan - Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - ParePare - Makassar - Surabaya.

KM Ciremai akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada 29 April 2020 dengan rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - BauBau - Sorong - Biak - Jayapura - Biak - Sorong - Namlea - BauBau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok. Kapal melakukan omisi Manokwari dan deviasi di Namlea.

KM Dobonsolo akan berangkat pada tanggal 4 Mei 2020 dengan rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - BauBau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Sorong - Ambon - BauBau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Nggapulu dijadwalkan akan berangkat melalui Pelabuhan Tg. Priok pada 6 Mei 2020 dengan rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - BauBau - Ambon - Tual - Dobo (PP). Kapal melakukan omisi di Banda, Kaimana dan Fak-Fak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Ada 88,4 Juta Serangan Siber Terjadi di Indonesia

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang detail jumlah serangan siber di Indonesia yang terjadi sejak 1 Januari hingga 12 April 2020, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (23/04/2020).

Artikel lain yang populer kemarin, termasuk akan ada fitur baru di Google Dua dan gim Crash Bandicoot Mobile siap dirilis.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Indonesia Dibombardir 88,4 Juta Serangan Siber, Ini Detailnya

Pusat Operasi keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat ada 88.414.296 serangan siber di Indonesia yang terjadi sejak 1 Januari hingga 12 April 2020.

Pada Januari terpantau ada 25.224.811 serangan dan kemudian pada Februari terekam 29.188.645 serangan. Lalu, pada Maret terjadi 26.423.989 serangan dan sampai dengan 12 April 2020 tercatat ada 7.576.851 serangan.

"Puncak jumlah serangan terjadi pada tanggal 12 Maret 2020 yang mencapai 3.344.470 serangan dan setelah itu jumlah serangan mengalami penurunan yang cukup signifikan saat diberlakukannya kebijakan work from home (WFH) di berbagai tempat," ungkap BSSN melalui pernyataannya via pesan singkat, Kamis (23/4/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Google Duo Akan Kedatangan Fitur-Fitur Anyar

Google Duo akan mendapat sejumlah pembaruan untuk aplikasinya. Informasi ini diketahui dari unggahan Group Product Manager Google Duo Dave Citron.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (23/4/2020), pembaruan ini meliputi sejumlah fitur anyar, termasuk peningkatan dari sisi keamanan. Pembaruan ini sendiri hadir setelah Google mengumumkan menambah daftar peserta untuk panggilan grup di Duo.

Pembaruan pertama adalah fitur mengambil foto saat melakukan panggilan. Jadi, pengguna dapat mengambil foto di tengah video call bersama orang lain, tetapi belum mendukung saat melakukan grup video call.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Crash Bandicoot Mobile Sudah Rilis di Google Play Store

Gim mobile yang menampilkan karakter ikonik era kejayaan PlayStation, yakni Crash Bandicoot, akhirnya resmi meluncur di Google Play Store.

Sebelum meluncur secara global, saat ini gim berjudul Crash Bandicoot Mobile itu sedang dalam fase soft launch di beberapa negara, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Jumat (24/4/2020).

Dua bulan lalu, informasi tentang gim ini sudah sempat bocor di internet dengan menampilkan seperti apa gameplay Crash Bandicoot Mobile tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mudik Dilarang, Polisi Cegat Pengendara di Tol Jakarta-Cikampek

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi dan Dinas Perhubungan melakukan pencegatan di ruas tol Jakarta-Cikampek. Hal ini dilakukan untuk menghentikan warga yang akan melakukan mudik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Kartu Prakerja Terlalu Eksklusif ala CfDS UGM

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Peneliti Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja yang baru saja diluncurkan oleh pemerintah. Riset ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan program Kartu Prakerja dengan mempertimbangkan lanskap digital di Indonesia.

Riset dilakukan oleh peneliti CfDS UGM dengan metode analisis media sosial Twitter. Pengambilan data dilakukan mulai 10 sampai 18 April 2020 dengan kata kunci prakerja, pra-kerja, dan #kartuprakerja.

Dalam kurun waktu tersebut terdapat 90.830 tweets atau cuitan yang berkorelasi dengan kata kunci dan didominasi retweet yakni sebanyak 83 persen. Puncak cuitan terjadi pada 14 April yakni saat peristiwa pengunduran diri Belva, staf khusus Presiden, dan 18 April dengan topik pembahasan alternatif daring.

"Selain fokus ke pembahasan Belva staf khusus presiden, warganet juga membicarakan soalnya sulitnya akses ke platform ini," ujar Paksa Darmawan, Manajer Digital Intelligence Lab (DIL) CfDS Fisipol UGM, dalam video conference, Kamis (23/4/2020).

Ia menilai kesenjangan digital menjadi salah satu penyebab Kartu Prakerja terlihat eksklusif. Artinya, pengguna yang mengakses program ini memerlukan kuota data yang besar dan jaringan internet yang baik.

Tingkat penetrasi internet di Indonesia pada 2020 sebesar 64 persen dari total populasi masyarakat Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan 56 persen pengguna internet berada di Pulau Jawa.

Artinya, ketersediaan infrastruktur jaringan dan pendapatan masyarakat menjadi dua indikator yang berkontribusi terhadap ketidakmerataan jumlah pengguna internet di Indonesia.

"Bisa disimpulkan Kartu Prakerja tidak menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan pemerintah harus berpikir bagaimana cara menjangkau mereka yang tidak terpapar internet," ucap Paska.

Eksklusivitas Kartu Prakerja juga terlihat dari target penerima program yang adalah masyarakat Indonesia dengan kecakapan digital yang baik.

Menurut Paska, pemerintah perlu memperhatikan akses dan kapasitas calon peseta Kartu Prakerja. Selain itu, penjaminan keamanan dan privasi data dari peserta Kartu Prakerja menjadi hal penting, terutama ketika ada mekanisme berbagi data antara pemerintah dengan platform digital penyedia kelas-kelas Kartu Prakerja.

Per 18 April 2020, terdapat 742 kelas yang ditawarkan oleh 10 platform digital yang telah bermitra dengan pemerintah dalam program Kartu Prakerja. Platform Mau belajarapa sebagai platform yang memiliki kelas terbanyak yakni mencapai 165 kelas.

Berdasarkan penelitian CfDS Fisipol UGM, ada sembilan kategori kelas dalam Kartu Prakerja yang bisa diikuti, mulai dari kategori teknologi, bisnis dan keuangan, pelatihan bahasa asing, hingga pelatihan tata boga dan tata rias. Harga yang ditawarkan untuk dapat mengakses kelas-kelas tersebut pun bervariasi, dari yang termurah sebesar Rp 29.000  hingga yang termahal mencapi Rp 3,5 juta.

 

Kurang Inklusif

CfDS Fisipol UGM (Liputan6.com /Switzy Sabandar)
CfDS Fisipol UGM (Liputan6.com /Switzy Sabandar)

Manajer Riset CfDS Fisipol UGM, Treviliana Eka Putri, berpendapat program ini menjadi semakin terasa eksklusif karena diluncurkan di tengah pandemi Corona Covid-19.

"Belum bisa dinilai sebenarnya efektif atau tidak karen programnya baru saja mulai, namun melihat kelas dan lanksap digital masyarakat Indonesia, muncul kebingungan ketika Kartu Prakerja termasuk dalam jaring pengaman sosial," tuturnya.

Menurut Trevi, program jaring pengaman sosial seharusnya lebih inklusif, seperti bantuan langsung tunai yang bisa diakses banyak orang.

Ia juga mengkritisi kurasi kelas dalam Kartu Prakerja. Kurasi yang tidak spesifik membuat ada dua kelas serupa dengan harga yang berbeda, yakni Rp 200.000 dan Rp 3,5 juta.

"Program Kartu Prakerja untuk meningkatkan keterampilan dirasa lebih tepat jika diluncurkan di era biasa dan bukan saat pandemi Corona Covid-19, pada saat biasa orang akan cenderung lebih senang untuk meningkatkan kapasitas dirinya," kata Trevi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Ingin Kena Virus Corona Covid-19

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah Virus Corona di Indonesia dan dunia membuat panik dan ketakutan sebagian orang. Namun siapa sangka hal ini justru tidak berlaku bagi Deddy Corbuzier

Dalam percakapannya bersama dengan artis cantik Luna Maya, Deddy Corbuzier mengungkap bahwa dirinya mengaku ingin terkena virus corona atau covid-19 itu.

Apa sebenarnya yang tidak membuat Deddy Corbuzier takut? Berikut ulasan lengkapnya dari berbagai sumber.

 

Ungkapan Deddy Soal Kepanikan 

Luna May saat berbincang dengan Deddy Corbuzier
Luna May saat berbincang dengan Deddy Corbuzier

Pada video saluran Youtube-nya, Deddy Corbuzier menyebut kepanikan yang dirasakan masyarakat akibat virus corona. Ia mengatakan hal tersebut dalam video yang diunggah pada Selasa (21/4) itu. 

"Kan pada gila kan, sakit tenggorokan tiba-tiba kalau ketemu orang gitu kan iya kan? Ngobrol sama orang wih kok sakit tenggorokan gue gitu, stres, minum paracetamol, bangun pagi agak bersih aduh kenapa gua bersin gitu kan? Pada gila sekarang semua kan!," ujarnya.

 

Luna Maya Sempat Khawatir

Deddy Corbuzier saat berbincang dengan Luna Maya
Deddy Corbuzier saat berbincang dengan Luna Maya

Setelah itu, Luna mencoba menceritakan bahwa dirinya sempat berada di fase yang dikatakan Deddy. Ia mengungkap dirinya mengalami fase tersebut pada tiga minggu pertama pada saat situasi di sekitar tak terkendali. 

"Gua abis lagi dari Brasil lagi kemarin, sempat travelling, terus perut kayak enggak enak mules entah kayak diare gitu. Terus gue pikir jangan-jangan gue corona apa ini ya? Tapi setelah tiga minggu di rumah aja enggak ngapa-ngapain, fine. Ternyata stres, alam bawah sadar kita, karena ketakutan-ketakutan itu," jelasnya.

 

Deddy Bilang Ingin Kena Corona

Deddy juga mengeluarkan pernyataan yang cukup mencengangkan Luna Maya. Deddy menyebut bahwa dirinya ingin terkena virus corona. 

"Kalau memang dia bisa kena corona sekali terus enggak reactivated, gue pengen kena corona," ujar Deddy Corbuzier.

"Wow! Serius?," timpal Luna dengan wajah kaget.

 

Alasan Deddy

Deddy mengungkapkan ia ingin terkena corona jika memang seseorang yang sudah terjangkit virus tersebut tidak dapat terinfeksi kembali. Dirinya mengungkap setelah terjangkit dan sembuh dia akan bisa beraktivitas kembali dari pada harus hidup dalam ketakutan. 

"Sudah kena aja dulu yuk yuk, enggak reactivated tapi ya, catatannya tidak reactivated tapi ya. Ya sudah, yok abis itu gua bisa kerja lagi, gua bisa apa lagi, oh gua udah pernah kena begitu kan? Dibandingkan Anda hidup dengan ketakutan," ungkapnya.

 

Memastikan

Pernyataan dari Deddy menimbulkan sebuah pertanyaan dari Luna Maya tentang apakah ia yakin benar-benar sehat saat terinfeksi virus corona. Sontak Deddy menjawab, bahwa akan memastikan terlebih dahulu dengan melakukan pengecekan diabetes dan lainnya. 

"Cuma kan kadang-kadang kita enggak tahu ternyata kita ada something else (hal lain)," kata Luna.

"I'll make sure, I don't have (saya pastikan saya enggak punya hal itu)," tegas Deddy. 

"Oke, jadi tes dulu?" timpal Luna.

"Jadi tes dulu, tes jantung, tes diabetes ya kan," jawab Deddy.

 

Tak Mau Menantang

Menanggapi pernyataan Deddy, Luna mengatakan dirinya tengah rutin melakukan tes kesehatan setiap tahunnya yang hasilnya baik-baik saja sejauh ini. Dia juga mengungkap bahwa ia juga tidak mau menantang untuk terkena virus corona.

"Setiap tahun gue biasanya medical check-up, so far so good sih. Jadi mungkin, ya gue enggak mau nantangin sih," ujarnya.

 

Antivirus

Dalam momen yang sama, secara tak sengaja Deddy melihat Luna mengenakan kalung antivirus untuk mencegah virus corona. Sontak Deddy mengatakan bahwa Luna merupakan orang yang 'stupid'. 

"Tapi lo pakai antivirus itu? You're so stupid," tanya Deddy sembari menunjuk kalung Luna.

"Iya, gua enggak tahu ini beneran atau enggak tapi yasudah lah," ujar Luna sambil tertawa terbahak-bahak.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Resep Kebab untuk Berbuka Puasa, Mudah Membuatnya

Posted: 23 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Resep kebab untuk berbuka puasa bisa Anda jadikan pilihan saat Anda bosan dengan menu berbuka yang biasa-biasa saja. Resep kebab untuk berbuka puasa sangat mudah untuk dipraktikkan. Selain itu, bahan-bahan pada resep kebab untuk berbuka puasa sebenarnya sangat mudah ditemukan di supermarket.

Pada paraktiknya, resep kebab untuk berbuka puasa ini hanya membutuhkan waktu yang singkat dalam membuatnya. Kebab merupakan sebutan untuk berbagai hidangan daging yang dimasakan dengan cara dipanggang atau dibakar. Kebab umumnya banyak dijumpai di daerah Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga di Afrika. Dewasa ini, kebab lebih dikenal sebagai makanan khas yang berasal dari Turki.

Di Indonesia sudah banyak gerai yang menjual makanan berupa kebab ini. Harganya juga terbilang sangat terjangkau. Saat bulan puasa biasanya banyak orang yang membeli kebab sebagai hidangan berbuka puasa. Dan mungkin salah satu hal yang cukup menggelitik adalah betapa sederhananya resep kebab untuk berbuka puasa jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah.

Anda pensaran dengan seperti apa resep kebab untuk berbuka puasa? Di bawah ini, Liputan6.com telah menyiapkan beberapa resep kebab untuk berbuka puasa yang mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri untuk membuatnya di rumah, Kamis (23/4/2020).

1. Kebab ala Turki

Ilustrasi kebab./Copyright shutterstock.com/g/daphnusia
Ilustrasi kebab./Copyright shutterstock.com/g/daphnusia

Bahan daging kebab:

- ½ kg daging sapi

- 100 ml yogurt tawar

- 2 siung bawang putih

- ½ sdt ketumbar

- 3 buah saus sambal merah

- 2 buah jahe

- Garam secukupnya

- Lada secukupnya

- Mentega

 

Cara memasak:

a. Cuci daging hingga bersih, lalu iris melintang

b. Pukul-pukul daging hingga pipih dan lunak

c. Haluskan ketumbar, saus sambal merah, jahe, dan bawang putih

d. Lumuri daging sapi dengan bumbu yang telah dihaluskan tersebut hingga rata

e. Campurkan daging dengan yogurt, lada, dan garam sesuai selera

f. Lalu diamkan 10-15 menit

g. Siapkan alat panggang yang telah diolesi mentega

h. Setelah dirasa bumbu benar-benar meresap lalu panggang daging

 

Bahan isi kebab:

- 1 lembar tortilla (roti kebab)

- Daging kebab yang telah panggang

- Mentega

- Bawang bombay

- Tomat

- Selada

- Timun

- Saus tomat atau saus sambal

- Mayones

 

Cara memasak:

a. Olesi wajan dengan mentega secukupnya

b. Panggang tortilla hingga berwarna kecokelatan, lalu tiriskan

c. Iris tipis seluruh sayuran

d. Setelah sayuran diiris tipis lalu letakkan diatas tortilla yang telah matang

e. Tuang saus tomat, saus saus sambal, mayones sesuai selera

f. Letakkan daging kebab di atasnya lalu ratakan

g. Gulung seluruh bahan dengan bentuk memanjang

h. Kebab siap dinikmati

2. Kebab ayam

Kebab
Kebab

Bahan daging kebab:

- Daging dada ayam

- Saus barbeque instan

- Mentega

 

Cara memasak:

a. Cuci dada ayam hingga bersih

b. Pukul-pukul dada ayam hingga pipih dan lunak

c. Iris sesuai selera

d. Lumuri dada ayam dengan saus barbeque instan hingga rata

e. Diamkan 10 menit

f. Siapkan alat panggang yang telah diolesi mentega

g. Panggang dada ayam hingga matang

 

Bahan isi kebab:

- 1 lembar tortilla (roti kebab)

- Timun

- Wortel

- Mayones

- Selada

- Saus tomat

- Saus saus sambal

- Ayam bbq yang telah dipanggang

 

Cara membuat:

a. Parut wortel

b. Potong timun dan selada kecil-kecil

c. Panaskan tortilla di atas wajan yang telah diberi mentega

d. Letakkan dada ayam panggang, sayuran, saus, dan mayones diatas tortilla, lalu ratakan

e. Gulung tortilla beserta isiannya

f. Olesi wajan dengan mentega

g. Panggang kebab hingga matang

3. Kebab sosis

-
-

Bahan kebab:

- Sosis yang telah dipanggang atau digoreng, sesuai selera

- 2 lembar lettuce

- Mentega

- Bawang bombay

- 1 lembar Kulit tortilla

- Tomat

- Saus tomat dan saus sambal

- Mayones

 

Cara memasak:

a. Bersihkan semua sayuran dan potong kecil atau sesuai selera

b. Panaskan tortilla di atas wajan

c. Letakkan lettuce dan tomat di atas lembaran tortilla

d. Masukkan sosis dan bawang bombay

e. Tambahkan saus tomat, saus sambal, dan mayones sesuai selera

f. Panggang di atas wajan atau teflon yang telah dilumuri mentega

g. Kebab siap dinikmati

4. Kebab tuna

Ilustrasi kebab. (dok. Pixabay/Novi Thedora)
Ilustrasi kebab. (dok. Pixabay/Novi Thedora)

Bahan kebab:

- 1 kaleng tuna kaleng

- 4 lembar kulit tortilla

- 4 butir telur rebus dipotong kecil

- 1 batang selada

- Mayones

- Tomat yang diiris tipis

- Bawang Bombay cincang

- saus sambal atau saus tomat

 

Cara memasak:

a. Tumis ikan tuna kaleng dengan bawang bombay

b. Taburi garam dan penyedap rasa

c. Siapkan kulit tortilla

d. Masukkan selada, tomat, telur rebus ke dalam tortilla dan susun sesuai selera

e. Masukkan ikan tuna yang telah di tumis mayones, dan saus

f. Panaskan kebab di atas teflon hingga kecokelatan

g. Angkat dan kebab siap dinikmati

5. Kebab mie

Bahaya Mie Instan
Bahaya Mie Instan

Bahan kebab:

- 1 bungkus mie instan goreng rasa original

- 1 pak kulit martabak instan

- 5 butir telur puyuh

- 2 buah sosis

- Mentega

 

Cara memasak:

a. Rebus mie instan seperti biasa

b. Setelah matang, tiriskan dan campur dengan bumbu mie tersebut hingga rata

c. Potong telur puyuh dan sosis tipis-tipis

d. Siapkan kulit martabak

e. Letakkan mie, telur, dan sosis di atas kulit martabak, lalu gulung

f. Olesi bagian luar kulit dengan mentega

g. Panaskan kebab kedalam wajan hingga berwarna kecokelatan

h. Siap disantap

6. Kebab sayur

Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/jill111/Putu Elmira)
Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/jill111/Putu Elmira)

Bahan kebab:

- 1 butir telur

- 1 lembar kulit kebab

- Daun bawang

- Garam

- Wortel yang diserut

- 1/4 sdt baking powder

- 1 batang seledri

- Kol

- Mayones

- Serbuk kaldu jamur

- 1/4 sdt lada bubuk

- saus tomat atau saus sambal

 

Cara memasak:

a. Cuci bersih seluruh sayuran

b. Potong kecil-kecil seluruh sayuran, lalu masukkan kedalam wadah namun sisakan wortel sedikit

c. Masukkan telur kedalam wadah berisi sayuran

d. beri sedikit garam, kaldu jamur, lada bubuk, dan baking powder

e. Seluruh campuran tersebut diaduk hingga rata seperti mengaduk telur dadar

f. Lalu goreng adonan telur

g. Siapkan kulit kebab, lalu isi dengan telur dadar, wortel serut, saus, dan mayones.

h. Gulung tortilla, lalu panaskan di wajan yang telah diberi mentega, tiriskan jika sudah kecokelatan

i. Kebab siap dinikmati

 

 

Mudah bukan resep kebab untuk berbuka puasa diatas? Selamat mencoba ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andi Taufan Akhirnya Mundur dari Staf Khusus Jokowi Usai Polemik Surat Camat

Posted: 23 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Andi Taufan Garuda Putra akhirnya mundur dari posisi Staf Khusus Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Andi yang merupakan CEO PT Amartha sebelumnya dikritik karena membuat surat kepada para camat.

Melalui surat itu, Andi Taufan meminta para camat mendukung relawan PT Amartha Mikro Fintek dalam menangani virus corona (Covid-19). Perusahaan itu diketahui milik Andi.

"Perkenankan saya untuk menyampaikan informasi pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia yang telah saya ajukan melalui surat pada 17 April 2020," kata Andi Taufan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/4/2020).

Dia mengakui Presiden Jokowi sudah menyetujui surat pengunduran dirinya sebagai staf khusus. Dia berterima kasih kepada Jokowi yang telah memilih dan mempercayainya mengemban jabatanya staf khusus.

"Pengunduran diri ini semata-mata dilandasi keinginan yang tulus untuk dapatmengabdi secara penuh kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama yang menjalankan usaha mikro dan kecil," jelas dia.

Menurut Andi, banyak pelajaran dan nilai-nilai yang didapatnya selama menjadi staf khusus Jokowi. Meski hanya lima bulan menjadi staf khusus, dia menilai Jokowi adalah sosok pemimpin yang tulus.

"Dalam kurun waktu tersebut, saya menyaksikan sendiri bagaimana neliau adalah sosok pemimpin teladan yang bekerja keras dengan tulus dan penuh dedikasi demi kebaikan seluruh masyarakat dan masa depan Indonesia," tuturnya.

"Begitu banyak pelajaran berharga yang saya petik. Saya pun tidak luput dari berbagai kekurangan. Untuk itu, saya sekali lagi mohon maaf dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi lebih baik," sambung dia.

Sebelumnya, polemik konflik kepentingan Andi Taufan Garuda Putra bermula saat diriny mengirim surat berkop sekretariat kabinet kepada seluruh camat di Indonesia. Surat tersebut beredar di media sosial dan menuai kontroversi.

Isi surat itu yakni permintaan dukungan kepada seluruh camat untuk Relawan Desa Lawan Covid-19. Program ini diinisiasi Kementerian Desa daan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bekerja sama dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha). Andi merupakan pendiri Amartha.

Andi menjelaskan, surat tersebut bersifat pemberitahuan dan dukungan kepada program desa untuk melawan Covid-18 yang diinisiasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Taufan juga menjelaskan tidak ada maksud buruk dalam surat tersebut.

Dia mengatakan dukungan tersebut murni dari dasar kemanusiaan dan dengan biaya Amartha serta donasi masyarakat, yang akan dipertanggungjawabkan secara transparan dan akuntabel. Dukungan dan biaya tersebut Taufan mengklaim tidak ada campur tangan dari negara.

Menyadari suratnya menuai kecaman meski tak bermaksud buruk, Andi pun akhirnya meminta maaf. Dia juga menarik kembali surat tersebut.

"Saya mohon maaf atas hal ini dan menarik kembali surat tersebut," kata Andi Taufan dalam surat terbuka, Selasa (14/3/2020).

Terus Bantu Pemerintah

Taufan mengatakan, akan terus membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan cara lain. Termasuk bekerja sama dengan semua lapisan.

"Sekali lagi terima kasih dan mohon maaf atas kegaduhan dan ketidaknyamanan yang timbul. Apapun yang terjadi, saya tetap membantu desa dalam kapasitas dan keterbatasan saya," tutur Andi.

Andi Taufan adalah CEO PT Amartha yang bergerak di bidang pemberdayaan dan pembangunan UMKM melalui sistem Peer to Peer Landing.

Dalam surat tersebut juga berisi program bertajuk Kerja Sama Sebagai Relawan Desa Lawan Covid-19 itu akan dijalankan untuk area Jawa, Sulawesi dan Sumatra. Kerja sama yang dimaksud mencakup perihal edukasi Covid-19 dan pendataan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) Puskesmas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanya Diperiksa Sebagai Saksi, Polisi Pulangkan Ravio Patra

Posted: 23 Apr 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memulangkan aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik Ravio Patra pada Jumat (24/4/2020). Pihak kepolisian membenarkan kabar ini.

"Iya benar (sudah dipulangkan)," singkat Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi awak media, Jumat (24/4/2020).

Argo tak menjelaskan secara detail terkait alasan polisi memulangkan Ravio Patra. Dia hanya mengatakan, Ravio saat ini masih berstatus saksi.

"Iya masih sebagai saksi," ucap dia.

Sebelumnya, Jajaran Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap Ravio Patra atas tuduhan menyiarkan berita onar.

Ravio diamankan di Jalan Gelora Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (22/4/2020) malam. Argo menjelaskan, turut diamankan pula Warga Negara Asing (WNA) berinsial RS.

"Diamankan pada saat memasuki kendaraan berpelat CD diplomatik dari Kedutaan Belanda," tutur Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/4/2020).

Menurut Argo, awal penangkapan Ravio berdasarkan laporan saksi berinisial DR terkait adanya ajakan melakukan penjarahan melalui pesan singkat di aplikasi Whatsapp. Dari situ, penyidik Polda Metro Jaya melakukan profiling pemilik nomor.

"Setelah kita profiling bahwa nomor itu ada nomornya atas nama RPS yang dilacak keberadaannya berada di Menteng, Jakarta Pusat," jelas dia.

Whatsapp Dibajak

Menurut pengakuanya, WhatsApp dibajak orang tidak dikenal.

"Dari pengakuan RPS bahwa WA-nya telah dihack, saat ini penyidik Polda Metro Jaya sedang mengirimkan kepada laboratorium forensik untuk mengetahui jejak digitalnya seperti apa," Argo menandaskan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif SAFEnet dalam keterangan Damar Juniarto, menjelaskan, penangkapan itu tak lama setelah handphone Ravio Patra diretas oleh orang tidak dikenal.

Dia menyampaikan peretas menyebarkan pesan-pesan bermuatan provokasi. Adapun bunyinya pesan tersebut:

"KRISIS SUDAH SAATNYA MEMBAKAR!AYO KUMPUL DAN RAMAIKAN 30 APRIL AKSI PENJARAHAN NASIONAL SERENTAK, SEMUA TOKO YG ADA DIDEKAT KITA BEBAS DIJARAH," kata Dama mengurai isi pesan peretas.

Damar mengatakan, Ravio Patra lah yang bercerita langsung bahwa handphonenya diretas.

"Ravio menunjukkan pesan ketika mecoba menghidupkan WA, muncul tulisan: "You've registered your number on another phone" Dicek ke pesan inbox SMS, ada permintaan pengiriman OTP," ujar Damar.

Damar menyarankan Ravio melaporkan peristiwa ini ke Head of Security Whatsapp. Pelaku pembobolan menemukan cara mengakali nomer mereka untuk bisa mengambil alih Whatsapp yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor Ravio.

"Dikatakan memang terbukti ada pembobolan, karena OTP dikirim ke nomer Ravio, besar kemungkinan pembobol sudah bisa membaca semua pesan masuk lewat nomer tersebut," ucap dia.

Menurut Damar, motif penyebaran itu ingin menjebak Ravio sebagai salah satu yang akan membuat kerusuhan.

"Saya minta Ravio untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan semua bukti. Agar kami bisa memeriksa perangkat tersebut lebih lanjut," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantuan EMTEK Peduli Corona Diterima Langsung Walikota Surabaya

Posted: 23 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta EMTEK Peduli Corona terus menyalurkan bantuan. Melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) yang berada di bawah naungan PT. ELANG MAHKOTA TEKNOLOGI, Tbk  atau EMTEK, pada hari Kamis (23/4/2020) telah menghimpun Rp. 10.422.591.167,. Inilah dana hasil uluran tangan pemirsa SCTV dan Indosiar serta pengguna Bukalapak.

Seperti diketahui, sejak pertengahan Maret lalu, program EMTEK Peduli Corona sudah menyalurkan ragam bantuan medis ke berbagai rumah sakit dan masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat wabah COVID-19.

Sampai Kamis kemarin, bantuan yang disalurkan EMTEK Peduli Corona semakin meluas ke penjuru Tanah Air. Dan, pada hari itu bantuan sebanyak 1.500 paket sembako senilai Rp.150 juta diserahkan langsung kepada Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, seperti siaran pers yang diterima redaksi.

Selama proses penyerahan bantuan, semua pihak menaati protokol kesehatan dan keselamatan yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu dengan tetapmenjaga jarak (physical distancing) dengan selalu mengenakan masker dan sarung tangan. Bahkan bantuan pun langsung ditempatkan di posisi yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Paket Sembako dan Lain-Lain

Emtek Peduli Corona, Kamis, 23 April 2020
Emtek Peduli Corona, Kamis, 23 April 2020

Selain Surabaya, Kamis kemarin,  EMTEK Peduli Corona juga mengantarkan 100 paket sembako dan 24 liter disinfektan beserta alat penyemprotnya. Kegiatan ini berlangsung di RW 08 Kp. Jati, Jatimuly,a Bekasi yang dihuni oleh 1.800 kepala keluarga.

Menurut penuturan pengurus RW setempat, sebagian besar warga memiliki mata pencarian sebagai buruh harian seperti ojek online, buruh pabrik, buruh cuci-setrika, tukang bangunan, pembuat tempe dan kaum lansia yang terkena dampak besar dengan adanya situasi saat ini.

Sementara itu, bantuan cairan disinfektan dan alat langsung dipergunakan untuk menyemprot fasilitias umum seperti masjid dan musala sekitar. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virusCOVID-19.

Kelurahan Curug, Bogor Barat pun juga menjadi titik distribusi EMTEK Peduli Corona Kamis kemarin. Sejumlah 150 paket sembako disalurkan bagi warga yang dalam kesehariannya bekerja sebagai ojek online, penjual makanan di kantin sekolah dan jenis pekerjaan lepas lainnya.

Sejak wabah COVID-19 melanda, sumber penghasilan merekapun turut terpengaruh. Sebagian pendistribusian paket sembako juga turut dibantu oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat setempat.

Jumat Hari Ini

Emtek Peduli Corona, Kamis, 23 April 2020
Emtek Peduli Corona, Kamis, 23 April 2020

Dan, Jumat (24/4/2020) hari ini direncanakan EMTEK Peduli Corona akan menyerahkan 10.000 paket sembako langsung kepada Menteri Sosial RI, Bapak Juliari P. Batubara bertempat di kantor Kementerian Sosial, Jakarta.

EMTEK Peduli Corona mengajak pemirsa untuk peduli pada para pahlawan medis yang berjuang di garda terdepan serta saudara-saudara kita akibat pandemik yang masih berlangsung.

Untuk itu diharapkan uluran tangan masyarakat melalui beberapa pilihan nomor rekening antara lain:

- BCA (500.557.2000) –SCTV

- BCA (162.633.8888)

- BRI (0376.01.001220.30.7)

- Mandiri (122.00.5578.2000) – Indosiar serta

- BNI (233.455.60000).

Alternatif donasi dapat juga disampaikan melalui platform aplikasi Bukalapak di Serbu SeruBukalapak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Klub Kaya, 5 Pemain Ini Paling Realistis Diboyong Newcastle United Musim Depan

Posted: 23 Apr 2020 09:20 PM PDT

Jakarta Newcastle United bakal menjadi klub kaya raya di Inggris kalau Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman rampung mengakuisisi klub. Salman dikabarkan siap membeli Newcastle dengan harga 300 juta pounds.

Dengan gelontoran dana segar cukup banyak itu, Newcastle United diyakini bisa membeli pemain-pemain berlabel bintang untuk menggapai asa meraup prestas hingga ke level internasional.

Berbagai nama sudah mulai mengapung, dimunculkan banyak kalangan. Mulai pundit hingga kalangan suporter, punya pendapat tersendiri perihal siapa yang perlu diboyong begitu proses akuisisi tuntas.

Fans setia mungkin berharap datangnya pemilik baru bisa membawa perubahan signifikan dalam komposisi skuad, seperti apa yang dilakukan Roman Abramovic di Chelsea.

Namun, perlu diingat, Newcastle United tetap tak bisa bebas begitu saja membelanjakan dana di bursa transfer.

The Magpies juga harus bijak dalam menggunakan uang di lantai bursa transfer karena ada aturan financial fair play (FFP) yang harus dipatuhi.

Mungkin sebaiknya klub yang bermarkas di St James' Park ini membangun tim secara perlahan, seperti yang dilakukan Sheikh Mansour saat tiba di Manchester City pada 2008.

Dengan begitu, the Magpies tak harus langsung jorjoran di musim pertama akuisisi tuntas dilakukan. Ada baiknya, klub yang didirikan 127 tahun lalu ini membeli pemain yang "realistis" saja untuk musim depan.

Siapa saja pemain yang masuk kategori realistis tersebut? Berikut enam pemain yang realistis untuk diboyong Newcastle United pada bursa transfer mendatang.

1. Dries Mertens (Napoli)

Penyerang SSC Napoli, Dries Mertens. (Dok. Twitter/SSC Napoli)
Penyerang SSC Napoli, Dries Mertens. (Dok. Twitter/SSC Napoli)

Bulan Mei mendatang Dries Mertens sudah berusia 33 tahun. Namun, hal itu diyakini tak akan mengurangi nilai Mertens.

Ia bisa diboyong dan menjadi pembawa pesan ke pentas Premier League, bahwa pemilik baru Newcastle United tak takut untuk mendobrak kebiasaan klub-klub elite memboyong pemain bintang.

Lebih dari itu, Mertens masih oke. Dia akan membawa kepiawaiannya mencetak gol dan membuat assist ke St James' Park. Sejauh ini di Napoli, Mertens telah mengoleksi 90 gol dan 51 assist di Serie A.

2. John McGinn (Aston Villa)

John McGinn (tengah) bersinar dengan Aston Villa tapi luput dari radar MU (AFP)
John McGinn (tengah) bersinar dengan Aston Villa tapi luput dari radar MU (AFP)

Saat ini John McGinn masih mengalami cedera pergelangan kaki. Namun, pemain Aston Villa ini tetap dianggap sebagai satu di antara gelandang terbaik di jajaran klub-klub semenjana. Absennya di skuad the Villa begitu terasa. Aston Villa kini tercecer di zona degradasi.

Andai Aston Villa terdegradasi, kemungkinan McGinn pindah ke klub yang lebih besar cukup terbuka.

3. Boubakary Soumare (Lille)

MU Incar Boubakary Soumare (Ist)
MU Incar Boubakary Soumare (Ist)

Newcastle United pernah dikabarkan coba memboyong Soumare pada Januari lalu. Namun, pemain berusia 21 tahun asal Prancis itu lebih memilih gabung Liverpool atau Manchester United.

Kini, dengan dana segar lebih banyak, the Magpies diyakini akan mencoba merayu gelandang bertahan itu lagi.

Soumare, yang dilabeli sebagai the new Paul Pogba, diprediksi akan jadi bintang besar di masa mendatang dan tak menutup kemungkinan hal itu terjadi di St James' Park.

4. Diego Godin (Inter Milan)

Bek veteran Inter Milan, Diego Godin, berebut bola dengan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, pada laga pekan ke-23 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (9/2/2020). Sempat tertinggal, Inter Milan sukses mengemas kemenangan 4-2 dari rival sekota AC Milan. (AP/Antonio Calanni)
Bek veteran Inter Milan, Diego Godin, berebut bola dengan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, pada laga pekan ke-23 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (9/2/2020). Sempat tertinggal, Inter Milan sukses mengemas kemenangan 4-2 dari rival sekota AC Milan. (AP/Antonio Calanni)

Pertahanan mungkin menjadi sektor terbaik di Newcastle United. Namun, tak ada salahnya tetap mendatangkan pemain anyar di sektor ini. Diego Godin cukup realistis jadi incaran.

Bek veteran ini juga dikaitkan dengan Manchester United serta Tottenham Hotspur menyusul kariernya yang mandeg di Inter Milan.

Situasi ini juga bisa menjadi peluang buat Newcastle United. Sama halnya Dries Mertens, pembelian Godin bisa jadi pesan ke Premier League, betapa ambisiusnya mereka.

5. Max Aarons (Norwich)

Max Aarons. (dok. Norwich City)
Max Aarons. (dok. Norwich City)

Norwich City boleh dibilang babak belur di Premier League, dan bisa jadi mereka tak terelakkan jadi satu dari tiga tim yang bakal terdegradasi di akhir musim nanti. Meski begitu, ada beberapa pemain yang diyakini masih layak beredar di kasta tertinggi, termasuk Max Aarons.

Sejauh ini Newcastle tak punya bek kanan tetap, selalu bergonta ganti. Namun, andai Aarons masuk, dia bisa permanen menduduki posisi itu.

Arsenal dan Tottenham Hotspur dikabarkan meminati pemain berusia 20 tahun ini, hanya belum jelasnya ke London Utara mana yang jadi tujuan, bisa jadi peluang Newcastle untuk menelikung dua klub tersebut.

Sumber: Talksport

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Dilarang, Ini Cara Pengembalian Tiket yang Sudah Dibeli

Posted: 23 Apr 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah memutuskan untuk melarang mudik Lebaran 2020. Dengan adanya pelarangan mudik, maka hal itu membuat transportasi umum dan pribadi terbatas beroperasi.

Pembatasan beroperasinya transportasi itu diatur melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Covid-19.

Dalam peraturan tersebut, diatur pula mengenai cara pengembalian tiket setiap moda transportasi.

Pertama, untuk angkutan darat, terutama Pasal 4 berisi biaya tiket diminta dikembalikan secara penuh.

"Penyelenggara sarana transportasi darat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 wajib mengembalikan biaya tiket secara penuh atau 100 persen kepada calon penumpang yang telah membeli tiket untuk perjalanan pada tanggal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1," demikian bunyi Pasal 4, sebagaimana dikutip dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020, Jumat (24/4/2020).

Untuk transportasi laut, pengembalian tiket juga dikembalikan secara penuh, yang diatur dalam Pasal 16.

"Badan usaha transportasi laut wajib mengembalikan biaya tiket secara penuh atau 100 persen kepada calon penumpang yang telah membeli tiket yang untuk perjalanan pada tanggal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1," demikian bunyi kutipannya.

 

Transportasi Udara

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sedangkan untuk pengembalian biaya tiket transportasi udara, diatur dalam Pasal 24 namun dengan banyak cara. Tidak seperti angkutan darat dan laut.

Berikut isi lengkap dari Pasal 24:

(1) Badan usaha angkutan udara dalam mengembalikan biaya tiket angkutan udara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a. melakukan penjadwalan ulang (re-schedule) bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket dengan tanpa dikenakan biaya;

b. melakukan perubahan rute penerbangan (re-route) bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket tanpa dikenakan biaya dalam hal rute pada tiket tidak bertujuan keluar dan/atau masuk wilayah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2;

c. mengkompensasikan besaran nilai biaya jasa angkutan udara menjadi perolehan poin dalam keanggotaan badan usaha angkutan udara yang dapat digunakan untuk membeli produk yang ditawarkan oleh badan usaha angkutan udara; atau

d. memberikan kupon tiket (voucher ticket) sebesar nilai biaya jasa angkutan udara (tiket) yang dibeli oleh penumpang dapat digunakan untuk membeli kembali tiket untuk penerbangan lainnya dan berlaku paling singkat 1 (satu) tahun serta dapat diperpanjang paling banyak 1 (satu) kali.

(2) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengacu kesepakatan antara badan usaha angkutan udara dengan calon penumpang.

Sebelumnya, Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah menyusun peraturan tentang pengendalian transportasi selama masa mudik tersebut. Di mana, transportasi umum dan pribadi dilarang beroperasi untuk mudik.

Adapun, aturan ini berlaku mulai 24 April pukul 00.00 WIB secara serempak. Namun, untuk masa berakhirnya berbeda-beda setiap moda transportasi.

"Perlu dipahami, bahwa peraturan ini akan mulai berlaku tanggal 24 Pukul 00.00 WIB sampai dengan 31 Mei 2020 untuk transportasi darat. Tanggal 15 Juni Untuk Kereta Api, Tanggal 8 Juni untuk transportasi laut, dan 1 Juni untuk transportasi udara," kata Adita di kantor BNPB, Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Menurut dia, aturan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Hal ini dapat diperpanjang dengan menyesuaikan dinamika pandemi Covid-19 di Indonesia," jelas Adita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: