Senin, 20 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hari Kartini di Tengah Pandemi COVID-19, Menteri PPPA: RA Kartini Ajarkan Keterbatasan Bukan Penghalang

Posted: 20 Apr 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Bintang Darmavati mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19 saat ini, Hari Kartini tahun 2020 menjadi pengingat bahwa kondisi bukanlah penghalang bagi masyarakat untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Hal ini disampaikan Bintang dalam pesannya terkait Hari Kartini 2020 yang diunggahnya lewat sebuah video di akun Instagramnya @bintang.puspayoga pada Selasa (21/4/2020).

"Saya sangat paham kondisi saat ini memberikan tantangan bagi kita semua dalam mencari ilmu," kata menteri yang juga dikenal dengan nama Bintang Puspayoga itu dalam unggahannya tersebut.

"Namun sosok Kartini mengajarkan keterbatasan bukan menjadi penghalang. Maka dari itu, ayo kita lanjutkan perjuangan dan cita-cita Kartini," kata istri dari Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga itu menambahkan.

Kreatif Memanfaatkan Waktu di Rumah

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati saat mengikuti rapat kerja dengan komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11). Rapat membahas lima program prioritasnya untuk periode 2019-2024 Salah satuny kelanjutan RUU P-KS. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati saat mengikuti rapat kerja dengan komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11). Rapat membahas lima program prioritasnya untuk periode 2019-2024 Salah satuny kelanjutan RUU P-KS. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bintang menambahkan, perempuan Indonesia juga harus cerdas dan kritis dalam menerima informasi dari berbagai sumber, serta bisa berpikir kreatif dalam memanfaatkan waktu belajar dan bekerja dari rumah.

"Sabar mengajar, mendidik, dan mendampingi anak di rumah, demikian juga pantang menyerah menghadapi kondisi saat ini, serta selalu berpikir positif bahwa COVID-19 di negara kita akan cepat berakhir," katanya.

Dalam video tersebut, Bintang juga mengucapkan selamat Hari Kartini bagi masyarakat.

"Mari kita sama-sama berjuang dan belajar sebagai penerus sosoknya untuk mewujudkan SDM unggul, Indonesia maju," kata Bintang menutup videonya tersebut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Detik-Detik Pengendara Tewas Terseret Banjir

Posted: 20 Apr 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengedara motor di Cimahi tewas terseret arus banjir. Warga setempat sempat merekam detik-detik korban hanyut bersama motornya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telkomsel Optimalisasi Jaringan secara Virtual untuk Hadapi Lonjakan Traffic selama Ramadan dan Idul Fitri

Posted: 20 Apr 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19 ini Telkomsel melakukan optimalisasi jaringannya secara virtual.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam sesi video conference pada hari ini, Selasa (21/4/2020) bersama awak media dan jajaran BOD Telkomsel lainnya.

Pria yang akrab disapa Anto itu mengatakan, upaya ini dilakukan selaras dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami melakukan cara yang belum pernah kami lakukan sebelumnya, yaitu dengan cara virtual. Tapi kami jamin, kami melakukannya sebaik mungkin," ujar Anto menjelaskan.

Sementara untuk teknisi di lapangan yang tidak dapat bekerja dari rumah, kata Anto, Telkomsel menyediakan alat pelindung diri (APD).

"Sebagian karyawan dan partner kami memang harus bekerja on site. Kami sediakan APD sesuai dengan protokol kesehatan," tutur Anto.

 

Jamin kelancaran jaringan

Lebih lanjut, Anto menegaskan perusahaan menjamin kelancaran jaringan selama Ramadan dan Idul Fitri.

Apalagi, menurut Anto, di saat seperti sekarang, layanan telekomunikasi seluler berperan penting untuk menjembatani komunikasi dengan keluarga, kerabat, dan sebagainya.

Anto juga menyebut perusahaan memastikan akan dapat memenuhi lonjakan traffic yang terjadi sejak kebijakan work form home.

Selain itu, perusahaan juga akan membantu warga terdampak Covid-19, terutama mereka yang merupakan pekerja sektor informal yang bergantung pada penghasilan harian. Salah satu sumber dana untuk aktivitas sosial ini adalah dana Corporate Social Responsibility (CSR). 

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Bansos Tunai Juga Akan Dilaksanakan Minggu Ini

Posted: 20 Apr 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan minggu ini akan dilakukan pendistribusian bantuan sosial tunai. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Minggu ini bansos tunai juga dikerjakan," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju melalui siaran telekonferensi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/4/2020).

Dia menjelaskan, hingga saat ini pemeritah sudah melaksanakan berbagai hal untuk membantu masyarakat. Mulai dari pembagian bantuan sosial sembako di Jabodetabek, hingga kartu prakerja yang sudah berjalan.

"Bansos sudah mulai dilaksanakan kemarin, pembagian sembako untuk Jabodetabek, kartu prakerja sudah berjalan," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan pemerintah sudah mulai menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk warga yang terdampak virus corona (Covid-19). Setidaknya, ada 1,2 juta keluarga yang mendapat bansos tersebut.

"Bantuan sosial tadi pagi sudah dimulai secara besar-besaran untuk 1,2 (juta) dimulai di DKI terlebih dulu. Lalu Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang) dan nanti di daerah-daerah lainnya," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (20/4/2020).

 

Harus Tepat Sasaran

Jokowi meminta penyaluran bansos harus tepat sasaran ke warga yang benar-benar membutuhkan. Untuk itu, dia menekankan perlunya pengawasan ketat agar bantuan ini tersampaikan ke warga yang kurang mampu.

"Saya ingin bantuan sosial kepada yang kurang mampu ini betul-betul tepat sasaran. Ada kontrol pengawasan, ada cek lapangan sehingga bantuan bisa diterima penerima dengan baik dan sekali lagi bisa tepat sasaran," kata dia.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Harus Tegas Larang Mudik

Posted: 20 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menuntut ketegasan pemerintah terkait pelaksanaan aturan larangan mudik di tengah pandemi Corona covid-19. Sebab Indonesia mempunyai UU NO 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Wilayah yang dapat menjadi rujukan untuk menindak tegas bagi pemudik nekad.

"Ya..kalau sekedar himbauan orang pasti bakalan tetap mudik. Berati pemerintah lembek," kata Agus saat dihubungi Merdeka.com, Selasa (21/4/2020).

Menurut Agus jika pemerintah berkomitmen menerapkan aturan dalam UU No 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan wilayah tentu masyarakat akan kooperatif mengikuti aturan hukum yang berlaku.

Sebab aturan ini memuat sanksi tegas berupa ancaman hukuman pidana hingga satu tahun atau denda Rp 100 juta untuk menciptakan efek jera bagi pemudik yang nekad pulang kampung.

Terlebih mudik diyakini sebagai media empuk bagi penyebaran virus covid-19 karena akan melibatkan banyak pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Imbasnya sebaran wilayah virus mematikan asal kota Wuhan semakin meluas.

"Apalagi, budaya orang Indonesia mayoritas tidak acuh kalau tidak ada sanak keluarga yang mengalami (terpapar covid-19)," keras dia.

Untuk itu pemberlakuan aturan hukum larangan mudik segera diterapkan sebagai wujud ketegasan sikap pemerintah. Mengingat ritual musim mudik lebaran tahun 2020 semakin dekat.

"Saya dari awal terus komitmen segera berlakukan larangan mudik, kalau pemerintah mau akhiri wabah corona ini," pungkasnya.

Reporter: Sulaeman 

Sumber: Merdeka.com

Jokowi Putuskan Semua Warga Dilarang Mudik Lebaran 2020

Calon pemudik saat berada di area Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Senin (30/3/2020). Pemerintah sedang menyiapkan peraturan terkait mudik lebaran 2020 untuk mengurangi mobilitas penduduk dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon pemudik saat berada di area Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Senin (30/3/2020). Pemerintah sedang menyiapkan peraturan terkait mudik lebaran 2020 untuk mengurangi mobilitas penduduk dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020 untuk semua masyarakat. Sebelumnya, larangan mudik hanya ditujukan untuk ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN.

"Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Selasa (21/4/2020).

Larangan mudik ini dikeluarkan Jokowi demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Jokowi menyatakan bahwa ada 24 persen masyarakat yang masih bersikeras untuk mudik.

"Oleh sebab itu saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pelaku Sepak Bola yang Terjangkit Corona Covid-19: Sudah Banyak yang Sembuh

Posted: 20 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kasus virus corona Covid-19 masih jadi perhatian di seluruh dunia. Korban virus ini tak pilih-pilih, sejumlah pesepak bola juga sempat terjangkit virus corona Covid-19. Beruntung semakin banyak insan sepak bola yang sudah sembuh.

Dua penggawa Juventus, Daniele Rugani dan Blaise Matuidi sudah negatif virus corona Covid-19. Sedangkan penyerang Juve Paulo Dybala diperkirakan pekan ini juga akan dinyatakan sembuh.

Dari Liga Inggris, winger Chelsea Callum Hudson-Odoi dan manajer Arsenal Mikel Arteta sempat dinyatakan mengidap virus corona Covid-19. Keduanya kini sudah berhasil sembuh.

Insan sepak bola terbaru yang terkena virus corona Covid-19 adalah presiden klub Liga Italia, Brescia, Massimo Cellino.

Berikut daftar insan sepak bola di dunia yang terpapar virus corona Covid-19:

Italia

Daniele Rugani (Juventus)

Blaise Matuidi (Juventus)

Paulo Dybala (Juventus)

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Marco Sportiello (Atalanta)

Massimo Cellino (Presiden Brescia)

Spanyol

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Lorenzo Sanz (Eks Presiden Real Madrid/Meninggal Dunia)

Fernando Martin (Eks Presiden Real Madrid)

Anonim (Girona)

Rustu Recber (Eks Barcelona)

Toni Dovale (Eks Celta Vigo)

Jordi Cardoner (Wakil Presiden Barcelona)

Ramon Canal (Direktur Pelayanan Medis Barcelona)

Josep Gutierrez (Dokter tim Barcelona)

Andres Palop (eks Sevilla)

Inggris dan Jerman

Bundesliga:

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

Premier League:

Mikel Arteta (Arsenal, manajer)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

Pemain Brighton And Hove Albion (tak disebutkan identitasnya)

Kenny Dalglish (Legenda Liverpool)

Norman Hunter (Legenda Leeds United, meninggal)

Pepe Reina (Aston Villa)

Lainnya

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Liga Tiongkok:

Marouane Fellaini (Shandong Luneng)

Liga 1:

Wander Luiz (Persib Bandung)

League One:

James Bolton, Andy Cannon, Sean Raggett, Haji Mnoga (Portsmouth)

Liga Prancis

Pape Diouf (Eks Presiden Marseille, meninggal dunia)

Bernard Gonzales (Dokter tim Stade de Reims, bunuh diri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Trenggalek Siapkan Tempat Singgah untuk Warganya yang Nekat Mudik

Posted: 20 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah rumah singgah di setiap kecamatan untuk menampung warganya yang nekat mudik Lebaran meski telah dilarang.

Pelarangan mudik Lebaran itu dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, pihaknya saat ini menyiapkan 14 gedung sekolah yang dialihfungsikan menjadi rumah singgah bagi pemudik Lebaran.

Jumlah itu bisa saja ditambah dengan melihat perkembangan ke depan. Meskipun, Nur Arifin berharap warga patuh untuk tidak mudik dulu demi mencegah dan memutus rantai penularan Corona Covid-19.

"Kabupaten Trenggalek menyiagakan rumah singgah sekaligus ruang observasi pelayanan Covid-19 ini ditujukan bagi mereka yang masih memaksa mudik dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Maka kami observasi dahulu di tempat yang telah disediakan," kata Nur Arifin usai meninjau rumah singgah sementara di SMPN 1 Pogalan, Trenggalek, dikutip dari Antara, Selasa (21/4/2020).

Dia menjelaskan, di tempat singgah tersebut, Pemkab Trenggalek menyiagakan lima ruang yang masing-masingnya bisa menampung hingga enam tempat tidur.

Sehingga, kata Nur Arifin, bila difungsikan secara maksimal, tempat singgah itu bisa menampung mereka yang nekat mudik hingga 100 orang.

"Rumah singgah ini nantinya juga akan dilengkapi dapur umum, yang logistiknya disediakan oleh Dinas Sosial. Namun yang masak nantinya kalau bisa UMKM setempat sehingga pelaku ekonomi ini bisa tergerak," ucapnya.

"Nanti setiap kecamatan kami ploting minimal ada satu, tetapi dari Dinas Pendidikan sesuai arahan gubernur sekolah-sekolah kami gunakan sebagai rumah singgah sementara," sambung Nur Arifin.

 

Tak Buat Stigma Buruk

Petugas medis dengan pakaian pelindung mengambil sampel dari pengemudi di layanan
Petugas medis dengan pakaian pelindung mengambil sampel dari pengemudi di layanan

Menurut Nur Arifin, Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek sudah menyiapkan tiga sampai lima opsi, baik SD maupun SMP. Namun saat ini, kata dia, proyeksi disiapkan dulu setiap kecamatan satu lokasi rumah singgah.

"Namun kami berharap meskipun rumah singgah sudah disiapkan, tempat ini bisa kosong. Artinya semua orang bisa disiplin bisa melaksanakan tidak mudik, sehingga tidak menjadi beban atau risiko bagi tempat yang didatangi," kata dia.

Nur Arifin berharap ada edukasi kepada masyarakat sehingga tidak ada stigma buruk terhadap rumah singgah atau ruang isolasi, bahkan kepada mereka yang nantinya disinggahkan dalam tempat tersebut.

"Jangan ada stigma negatif kepada mereka dan tempat ini, karena tempat ini kita persiapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang kemungkinan bisa terbawa oleh masyarakat yang melaksanakan mudik," jelas Nur Arifin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona COVID-19 21 April: 647.632 Pasien di Dunia Pulih

Posted: 20 Apr 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 2.477.426 kasus. 647.632 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Jerman, yang mencapai 91.500 dan Spanyol dengan 80.587 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 787.370 dengan 72.761 pasien sembuh.

Saat ini, Spanyol, Italia, Prancis dan Jerman tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Selasa, (21/4/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Spanyol, yang mencapai 200.210 kasus.

Kasus infeksi terbesar ketiga tercatat di Italia, yang mencapai 181.228 kasus dengan 48.877 orang pulih. Lalu 156.480 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2 di Prancis, dengan 38.036 orang pulih.

Pasien positif Corona COVID-19 di Jerman kini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 147.065 kasus.

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tembus 170.000 Jiwa

Seorang pengendara sepeda motor berhenti dekat mural yang dibuat sebagai penghormatan terhadap petugas medis yang sedang melawan virus corona COVID-19 di Depok, Jawa Barat, Indonesia, Rabu (15/4/2020). (AP Photo/Dita Alangkara)
Seorang pengendara sepeda motor berhenti dekat mural yang dibuat sebagai penghormatan terhadap petugas medis yang sedang melawan virus corona COVID-19 di Depok, Jawa Barat, Indonesia, Rabu (15/4/2020). (AP Photo/Dita Alangkara)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 170.324 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 185 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess. Sementara menurut www.worldometers.info/coronavirus/#countries sudah mencapai 210 negara.

Angka kematian paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 42.335 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya berada di Italia yang mencatat 24.114  jiwa, lalu Spanyol yang mencapai 20.852 jiwa. 

Sementara Prancis kini mencatat 20.265 kematian, lalu Inggris dengan 16.509 korban jiwa.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Minus, Saatnya Indonesia Impor Sebanyak-banyaknya

Posted: 20 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat energi dari Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan, penurunan harga minyak dan gas, kontrak berjangka West Texas Intermediate (WTI) menjadi negatif USD 37,63 per barel, hanya sementara.

"Saya kira penurunan sampai ke titik minus hanya sementara di karenakan para trader sedang menghabiskan stok untuk kontrak bulan Mei mengingat ini ada minggu terakhir. Pagi ini saya sudah melihat sudah ke arah positif kembali," kata Mamit kepada liputan6.com, Selasa (21/4/2020).

Lanjutnya, yang terjerembab itu harga WTI, sedangkan harga acuan Indonesia adalah Brent masih berada di level USD 26 per barel. Dengan begitu anjloknya harga minyak dunia, menurutnya ini merupakan kesempatan Indonesia untuk melakukan impor minyak sebanyak mungkin, karena jika memproduksi sendiri dengan kilang Indonesia biayanya akan lebih tinggi.

"Mengingat kilang-kilang kita cukup kompleks dan sudah berusia tua. Apa yang dilakukan Pertamina dengan meng-shutdown beberapa kilang mereka saya kira merupakan langkah efisiensi yang dilakukan oleh Pertamina," jelasnya.

Selain itu, implikasinya ia memperkirakan bulan depan akan ada penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terutama BBM Umum mengingat sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 62/2020 bahwa badan usaha melakukan evaluasi harga dari tanggal 25, 2 bulan sebelummya sampai tanggal 24 bulan berjalan.

Maka dengan demikian harusnya awal Mei akan ada penurunan harga. Untuk BBM Premium karena ini penugasan, ia mengatakan belum bisa memastikan meskipun dalam KepMen ESDM 62/2019 di atur bahwa perubahan harga dimulai tanggal 25 sampai tanggal 24 bulan sebelumnya karena ini sampai ke kementrian Koordinator Bidang Perekonomian yang memutuskannya.

"Saya kira memang akan tidak signifikan karena saat ini penggunaan BBM saja turun 30 persen. Masyarakat juga banyak WFH dan industri juga masih banyak yang belum berjalan secara normal. Tapi karena desakan masyarakat, saya kira pemerintah pasti akan menurunkan harga BBM terutama untuk BBM Umum. Setidaknya masyarakat bisa terbantu dengan penurunan tersebut," jelasnya.

 

Tarif Listrik

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Sementara, untuk tarif listrik ia perkirakan merupakan berkah bagi PLN karena dalam menentukan BPP mereka ada salah satu komponennya ICP.

"Dengan rendahnya harga minyak,saya pastikan ICP kita bulan April akan lebih rendah dari bulan Maret,bahkan mungkin ICP April kita bisa di bawah USD 30 per barelnya. Tinggal nanti PLN berhitung kembali apakah mereka dalam posisi untung atau tetap merugi karena tarif listrik sudah cukup lama tidak naik. Disisi lain, mata uang kita terus melemah dah ini menanjadi beban yang besar bagi PLN," ujarnya.

Selain itu,dengan rendahnya harga minyak ini secara pendapatan negara akan sangat berpengaruh mengingat migas adalah penyumbang terbesar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dengan semakin turunnya harga,maka bisa dipastikan akan turun juga.

Selanjutnya, untuk sektor Hulu ia perkirakan ini yang paling terdampak. Kegiatan hulu migas Indonesia banyak yang akan terhenti mengingat rendahnya harga. Target lifting migas nasional juga tidak akan tercapai.

"Kegiatan explorasi akan terganggu sehingga cadangan migas kita tidak akan bertambah," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Bersama Once Mekel: Nasib Musisi Saat Pandemi Covid-19

Posted: 20 Apr 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Imbas pandemi Covid-19 terasa di semua sektor kehidupan di Tanah Air, termasuk industri musik. Sejak pemberlakuan Work From Home dan PSBB, praktis tak ada lagi kegiatan musik di luar ruangan.

Once Mekel, musikus yang juga produser musik memahami betul seperti apa nasib rekan-rekannya. Di tengah pandemi Covid-19 ini, para pekerja di indutri seni yang paling dulu merasakannya. Itu karena tak ada event yang melibatkan mereka.

Lantas, apa solusi cerdas dan juga tepat di tengah ketidakpastian ini. Dalam bincang-bincang Live Streaming bersama Liputan6.com, Once Mekel akan mencurahkan hatinya dan pendapatnya. 

Anda bisa mengikuti live streaming Nasib Musisi Saat Pandemi Covid-19 ini, pada: 

Hari/Tanggal               :  Selasa, 21 April 2020

Waktu                        :  15.00 - 16.00 WIB

Zoom Meeting             : https://zoom.us/j/91023857884

 

 

Vokalis Once Mekel turut membawakan sejumlah lagu hits milik Dewa 19 dalam konser 20 tahun album Bintang Lima di Kota Bandung, Sabtu (15/2/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Vokalis Once Mekel turut membawakan sejumlah lagu hits milik Dewa 19 dalam konser 20 tahun album Bintang Lima di Kota Bandung, Sabtu (15/2/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, 6 Tahapan Pengajuan Insentif bagi Tenaga Medis

Posted: 20 Apr 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berupaya untuk menjaga Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terus bekerja merawat pasien Virus Korona (Covid-19) karena Nakes merupakan garda terdepan penjaga kesehatan masyarakat akan pandemi Covid-19.

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah pemberian insentif bagi tenaga medis melalui refocusing Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik ke anggaran Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).

Dikutip dari laman Setkab, Selasa (21/4/2020), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan telah menaikkan anggaran BOK tersebut dari Rp11,67 triliun menjadi Rp15,29 triliun. Dengan adanya BOK tambahan, Kemenkeu telah menyiapkan anggaran Rp3,7 triliun untuk 99.660 Nakes.

Adapun mekanisme pengalokasian Dana BOK tambahan ini berdasarkan usulan Kementerian Kesehatan dengan menggunakan basis data berupa jumlah Nakes per daerah sesuai spesialisasi.

Target Nakes adalah yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemerintah atau Swasta, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), serta personel dinas kesehatan yang melakukan penanganan Covid-19.

Saat ini, mekanisme pemberian insentif kepada tenaga kesehatan dari mulai pengusulan hingga pencairan telah ditetapkan dan siap untuk dijalankan, dengan urutan mekanisme yang sudah ditetapkan.

 

Tahapan Pemberian Insentif

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Pertama, RSUD, RS Swasta, dan Puskesmas mengusulkan insentif kepada Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kedua, Dinkes akan mengajukan usulan tersebut kepada Tim Verifikasi Kemenkes (Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan).

Ketiga, tim verifikator akan menyampaikan rekomendasi atau hasil verifikasi kepada Kemenkeu.

Keempat, setelah Kemenkeu menerima hasil verifikasi, data akan diteliti ulang kemudian dana insentif Nakes akan disalurkan dari RKUN (Rekening Kas Umum Negara) ke RKUD (Rekening Kas Umum Daerah).

Kelima, Pemerintah Daerah akan menyalurkan dana insentif dari RKUD ke rekening masing-masing Nakes dengan mengacu pada mekanisme yang ditetapkan oleh Pemda setempat.

Keenam, Sebagai bentuk akuntabilitas dan tata kelola anggaran atas pelaksanaan pembayaran insentif tenaga kesehatan di daerah, Pemda akan melaporkan realisasi Dana BOK Tambahan. Laporan dibuat dalam format sederhana dan hanya dibuat satu kali, yaitu pada akhir tahun anggaran 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren

Posted: 20 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Catatan Akhir Sekolah adalah film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang tayang di bioskop pada 31 Maret 2005. Film ini menceritakan tentang masa sekolah 3 murid bernama Arian, Agni dan Alde. Ketiga murid ini ingin memberikan sebuah karya terakhir untuk sekolah sebelum dinyatakan lulus.

Film Catatan Akhir Sekolah dibintangi oleh sederet aktor ternama Tanah Air, seperti Ramon Y. Tungka, Vino G. Bastian, Marcel Chandrawinata, Joanna Alexandra, Christian Sugiono dan masih banyak seleb lainnya. Gaya penampilan masa SMA dari para pemeran tersebut nyatanya cukup menyita perhatian publik.

Kini 15 tahun berselang, pemeran film Catatan Akhir Sekolah masih tetap eksis di dunia entertainment. Bahkan penampilan para pemeran semakin keren saja. Banyak perubahan yang bisa dilihat dari gaya penampilan saat masih bermain film di Catatan Akhir Sekolah vs kini. 

Penasaran kan bagaimana beda gaya pemeran film Catatan Akhir Sekolah dulu vs kini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beda gaya pemeran film Catatan Akhir Sekolah dulu vs kini, Selasa (21/4/2020).

1. Pemeran Arian, Vino G Bastian kini semakin terlihat tampan. Ia sudah menjadi ayah Jizzy Pearl.

Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/vinogbastian__)
Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/vinogbastian__)

2. Ramon Y. Tungka, pemeran Agni ini kini terlihat semakin keren dengan rambut gondrongnya.

Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/ramonytungka)
Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/ramonytungka)

3. Gaya pemeran Alde, Marcel Chandrawinata semakin keren saja. Ia saat ini berstatus sebagai suami Priscilla Deasy.

Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/marcelchandra)
Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/marcelchandra)

4. Pemeran Alina, Joanna Alexandra juga semakin terlihat cantik di usianya ke-32 tahun. Kini Joanna sudah memiliki 4 orang anak.

Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/joannaalexandra)
Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/joannaalexandra)

5. Christian Sugiono, pemeran Ray yang kini terlihat tampan. Suami Titi Kamal ini sudah menjadi ayah dari 2 anak.

Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/csugiono)
Beda Gaya 5 Pemeran Film Catatan Akhir Sekolah Dulu Vs Kini, Makin Keren (sumber: Instagram.com/csugiono)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Vaksin Virus Corona Covid-19, Lorenzo Sebut MotoGP 2020 Sulit Digelar

Posted: 20 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Lugano - Mantan pembalap Yamaha, Honda, dan Ducati, Jorge Lorenzo menyebut gelaran MotoGP 2020 bisa batal digelar karena belum ditemukan vaksin virus Corona Covid-19. Hingga saat ini, ajang balap motor terpopuler di dunia itu sudah molor lebih dari sebulan.

Seri pembuka MotoGP 2020 diharapkan bisa berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, 28 Juni mendatang. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan oleh siapapun, termasuk promotor MotoGP, Dorna Sport Sl.

Pasalnya, hingga Selasa (21/4/2020) pukul 11.00 WIB, sudah ada 2.476.916 kasus virus Corona Covid-19 di seluruh dunia. Tercatat, sudah ada 170.297 orang yang meninggal dunia karena wabah ini.

"Saya pesimistis karena para ahli mengatakan jika hanya vaksinasi saja yang dapat mengubah situasi secara signifikan," kata Lorenzo, dilansir dari Speedweek.

"Para peneliti di seluruh dunia tengah bekerja keras untuk menemukan obat yang cocok. Namun, itu masih bisa memakan waktu enam hingga dua belas bulan dan itu bisa menjadi masalah," Lorenzo, yang memutuskan pensiun pada MotoGP 2019.

70 Vaksin Dikembangkan

Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro
Ilustrasi Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/cottonbro

Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada 70 vaksin yang sedang dikembangkan untuk melawan virus corona covid-19. Bahkan, tiga di antaranya sudah dilakukan uji coba di tubuh manusia.

Satu dari tiga vaksin itu dalam proses klinis yang dikembangkan hasil kerja sama CanSino Biologics Hong Kong dengan Institut Bioteknologi Beijing. Uji coba vaksin ini sudah memasuki fase 2.

Dua lainnya yang sudah diuji pada manusia, masing-masing dikembangkan oleh produsen obat Amerika Serikat, yakni Moderna dan Inovio Pharmaceuticals.

 

Lorenzo Terperangkap di Dubai

Sebelumnya, sejak Februari 2020, Lorenzo terperangkap di Dubai hingga pertengahan April. Hampri dua bulan dia terkurung di sana akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Sejak saat itu, Lorenzo tak bisa meninggalkan Dubai. Sebab, pemerintah melarang adanya perjalanan yang masuk dan keluar negara mereka. Pada akhirnya, Lorenzo hanya bisa menjalani isolasi mandiri di Hotel Paramount yang mewah di Dubai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Corona Mematikan, Tapi Sebagian Warga AS Ingin Bisnis Dibuka

Posted: 20 Apr 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unjuk rasa berlangsung di sejumlah kota Amerika, memprotes perintah tinggal di rumah di beberapa negara bagian, yang disebut terlalu ekstrim dan melanggar hak warga. Namun di lain pihak jumlah kematian akibat pandemi Covid-19 di AS terus meningkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Biasa Ramai Pengunjung, Begini Suasana RPTRA Amir Hamzah yang Ditutup

Posted: 20 Apr 2020 09:30 PM PDT

Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Spanduk pemberitahuan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah, kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Spanduk pemberitahuan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah, kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Spanduk pemberitahuan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah, kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara melintasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah yang ditutup di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup RPTRA di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei MatePad 10.4 Hadir 23 April

Posted: 20 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dilaporkan sedang menyiapkan tablet baru, MatePad 10.4. Informasi tentang tablet tersebut juga sudah beredar di internet.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (21/4/2020), informasi baru tentang MatePad 10.4 datang dari pihak Huawei. Perusahaan melalui akun resmi di Weibo mengungkapkan bahwa lini baru MatePad akan hadir pada 23 April 2020.

Tablet tersebut sebelumnya dilaporkan akan memiliki layar FHD+ berukuran 10,4 inci (1.200 X 2.000 piksel) dengan bezel tipis. Selain itu juga terdapat kamera depan 8MP.

Kemudian di bagian belakang terdapat kamera 8MP dengan LED flash. Tablet tersebut juga dilengkapi speaker Harman Kardon.

MatePad 10.4 dilaporkan akan disokong chipset Kirin 810 dengan RAM 4/6GB dan memori internal 64/128GB. Terdapat slot microSD untuk memperluas ruang penyimpanan. Spesifikasi lainnya termasuk baterai 7.250mAh, serta tersedia dalam varian WiFi dan LTE.

Tablet ini juga akan mendukung stylus Huawei, M-pen. Namun, kedua produk akan dijual secara terpisah.

Hadir 23 April, Huawei Unggah Bocoran Nova 7

Huawei nova 5T (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
Huawei nova 5T (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Selain MatePad 10.4, Huawei juga akan mengumumkan smartphone Nova 7 pada tanggal yang sama. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Pihak Huawei melalui akun resmi di Weibo, mengunggah video mengenai smartphone tersebut. Berdasarkan video itu, ponsel pintar tersebut tampak memiliki layar dengan desain curved edge.

Smartphone yang muncul di dalam video diperkirakan sebagai varian Nova 7 Pro. Ponsel tersebut dilaporkan akan diperkuat chipset Kirin 990 5G.

Sebelumnya, sebuah smartphone dengan kode nomor HNB-AN10 juga muncul di Geekbench dan diprediksi sebagai Nova 7. Smartphone tersebut berbasis Android 10, memiliki RAM 8GB, dan chipset Kirin 985.

Selain Nova 7 dan 7 Pro, Huawei dilaporkan juga akan mengumumkan Nova 7 SE pada 23 April 2020. Smartphone tersebut diperkuat chipset Kirin 820.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Ramadan, Turki akan Berlakukan Jam Malam

Posted: 20 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Turki umumkan rencana pemberlakukan jam malam jelang bulan suci Ramadan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Print Screen di PC dan Laptop yang Mudah dan Cepat

Posted: 20 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara print screen di PC dan laptop sangat mudah dilakukan. Kamu bisa mengikuti beberapa cara untuk mendapatkan screenshot layar pada PC dan laptop hanya dengan menggunakan tombol Print Screen saja, ataupun dengan kombinasi tombol lainnya.

Kamu bisa mengambil screenshot seluruh layar ataupun hanya pada bagian yang kamu inginkan saja, seperti hanya di jendela yang aktif saja. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan print screen dengan menggunakan beberapa aplikasi lainnya yang juga semakin memudahkan.

Cara print screen di PC dan laptop bisa menggunakan keyboard saja maupun dengan aplikasi. Namun, cukup dengan menggunakan keyboard tanpa perlu menginstal berbagai macam aplikasi, kamu juga sudah bisa mengambil screenshot dari PC atau laptop.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/4/2020) beberapa cara print screen di pc dan laptop yang mudah.

Menggunakan Tombol Print Screen

keyboard komputer. kredit foto: stockvault
keyboard komputer. kredit foto: stockvault

Cara print screen PC dan laptop yang pertama tentunya dengan menggunakan tombol Print Screen saja. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah Pertama: Buka halaman pada PC atau laptop yang akan kamu ambil gambarnya.

Langkah Kedua: Tekan tombol Print Screen yang terdapat di sisi kanan atas keyboard PC atau laptop. Maka hasil screenshot akan tersimpan pada clipboard dan kamu tinggal paste.

Langkah Ketiga: Buka aplikasi Paint dan tempelkan screenshot (Ctrl +V), kamu akan mendapatkan hasil screenshot dari seluruh layar. Untuk menyimpan, tinggal klik File > Save As

Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara print screen PC dan laptop yang kedua dengan menggunakan tombol Alt + Print Screen. Tombol ini bisa membuat kamu mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif saja, tidak seluruh layar. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Tampilkan layar yang akan diambil gambarnya. Kamu bisa membuka Microsoft Word dan minimize ukurannya.

Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk menyimpan gambar pada clipboard.

Langkah 3: Buka aplikasi Paint dan paste (Ctrl + V) hasil screenshot. Maka hanya jendela Micorosoft Word yang akan diambil gambarnya, tidak termasuk background layar.

Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Tombol Keyboard (sumber: iStock)
Tombol Keyboard (sumber: iStock)

Cara print screen di pc dan laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol windows + print screen. Cara ini lebih praktis lagi, karena kamu tidak perlu lagi repot-repot mengeditnya di Paint. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka jendela atau halaman web yang akan kamu screenshot.

Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen dan perhatikan layar yang berkedip saat kamu mengambil screenshot.

Langkah 3: Untuk melihat hasil screenshot di komputer yang sudah disimpan, kamu tinggal pergi ke direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Selanjutnya, kamu juga bisa menerapkan cara print screen di PC dan laptop dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S. Hal ini dinamakan Snip & Sketch yang merupakan aplikasi bawaan Windows. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka halaman yang akan kamu screenshot.

Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk membuka aplikasi Snip & Skecth.

Langkah 3: Layar bakal berubah menjadi warna keabuan dan kursor kini juga berubah menjadi ikon "+". Sekarang kamu tinggal pilih area mana yang akan kamu screenshot.

Langkah 4: Otomatis Snip & Skecth akan merekam gambar layar dan akan muncul notifikasi yang harus kamu pilih

Langkah 5: Setelah itu, di jendela Snip & Skecth, kamu bisa menyunting dengan menambah coretan, highlighter, dan sebagainya. Jika sudah selesai, klik ikon Save di bagian atas untuk menyimpan.

Menggunakan Snipping Tool

Cara Print Screen (Sumber: Pixabay)
Cara Print Screen (Sumber: Pixabay)

Selanjutnya, ada juga cara print screen di PC dan laptop dengan menggunakan Snipping Tool. Caranya hampir sama dengan menggunakan Snip & Sketch. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka jendela yang akan di-screenshot, lalu tekan tombol Windows. Ketikkan Snipping Tool dan pilih tool tersebut.

Langkah 2: Setelah jendela Snipping Tool ditampilkan. Pilih New untuk mengambil screenshot layar PC atau laptop baru.

Langkah 3: Pilih area yang akan diambil yang ditandai dengan border tipis berwarna merah.

Langkah 4: Preview screenshot akan ditampilkan dan kamu bisa mengedit selanjutnya. Untuk menyimpan, kamu tinggal tekan File > Save As dan pilih direktori yang kamu inginkan.

Menggunakan Aplikasi Lightshot

Cara print screen di PC dan laptop juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, yaitu Lightshot. Berikut cara print screen menggunakan aplikasi Lightshot:

Langkah 1: Download dan install aplikasi Lightshot.

Langkah 2: Jika sudah diinstal, selanjutnya kamu tinggal menekan tombol Print Screen atau PrtSc SysRc sampai tampilan layar berubah menjadi redup.

Langkah 3: Pilih area yang kamu inginkan gambarnya dengan klik dan drag kursor.

Langkah 4: Lepaskan kursor, maka kamu telah memilih area yang hendak diambil gambarnya. Di sini kamu bisa melakukan editing seperti menambahkan coretan.

Langkah 5: Jika sudah, tekan ikon Save dan simpan pada direktori yang kamu inginkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larang Warga Mudik Lebaran, Ini Alasan Jokowi

Posted: 20 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran tahun 2020. Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang bersikeras ingin mudik di tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Jokowi menuturkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, ada 68 persen warga yang menyatakan tidak akan mudik. Sementara 24 persen masyarakat bersikukuh ingin mudik.

"Yang tetap bersikeras mudik 24 persen. Yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Selasa (21/4/2020).

Sehingga, Jokowi memutuskan larangan mudik tak hanya untuk ASN, TNI-Polri, dan pegawai BUMN. Namun, juga untuk semua masyarakat demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

"Mudik semuanya akan kita larang. Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini disiapkan," jelasnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien corona di Indonesia mencapai 6.760 orang hingga Senin, (21/4/2020). Adapun pasien sembuh totalnya 747 orang dan pasien meninggal akibat virus ini jumlahnya 590 orang.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona sebanyak 16.343. Semenatara, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 181.770. Data ini dihimpun hingga Senin (21/4/2020), pukul 12.00 WIB.

 

Melihat Kondisi Lapangan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah terus mengevaluasi kebijakan soal mudik untuk masyarakat di tengah pandemi Corona.

Luhut berujar, saat ini pemerintah masih menerapkan kebijakan terkait pergerakan manusia secara bertahap, melihat kondisi dan keadaan di lapangan.

"Kita bertahap, ya. Itu kan tergantung negara. Jangan bilang pemerintah nggak tegas juga, tidak ada satupun di dunia negara punya formula (kebijakan) yang sama," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/4/2020).

Dirinya menyatakan, mungkin saja pemerintah ke depannya akan melarang mudik jika keadaan di lapangan terdapat peningkatan jumlah orang yang terinfeksi virus Corona atau terjadi penurunan jumlah pasien yang tidak begitu signifikan.

"Ya, kita memang nggak mau orang-orang pergi ke luar Jakarta, jadi mungkin aja mungkin depan, atau kapan, pemerintah katakan nggak ada mudik, mungkin aja, tergantung penilaian terhadap keadaan sekarang. Kalau peningkatan banyak atau turunnya belum signifikan, ya bisa aja, nggak usah mudik," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Kelompok Orkestra Malaysia Beri Penghormatan pada Garda Terdepan Corona COVID-19

Posted: 20 Apr 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Kelompok musik orkestra untuk generasi muda di Malaysia, yaitu Malaysian Philharmonic Youth Orchestra (MPYO) tengah menjadi perhatian publik. Mereka membagikan video unik yang berisikan penampilan mereka memainkan instrumen musik bertema Star Wars

Video itu dibagikan dalam rangka memberi penghormatan untuk para pekerja garis depan yang berjuang selama pandemi Virus Corona COVID-19. 

Menurut laporan Malay Mail, postingan video di laman Facebook yang dibagikan pekan lalu itu adalah sususan video dari masing-masing anggota yang memainkan instrumen mereka secara individu dan kemudian diedit bersama, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (20/4/2020). 

Principal Conductor dari organisasi tersebut, yaitu Naohisa Furusawa, mengatakan dalam postingan Facebook itu, "Ini adalah penghormatan spesial dari Malaysian Philharmonic Youth Orchestra untuk para pekerja di garis depan yang bekerja sangat keras dalam masa-masa pandemi COVID-19 ini."

Mengacu pada langkah-langkah lockdown yang telah dilaksanakan di Malaysia karena Virus Corona COVID-19, video itu dimulai dengan judul yang diedit secara humor yang berbunyi "Star Wars: The Order Control Order."

Video itu juga menampilkan pesan yang memberikan semangat untuk para pekerja garis depan 

Video tersebut kemudian menampilkan pesan semangat yang mengekspresikan solidaritas, untuk para pekerja garis depan, sebelum orkestra itu melanjutkan ke nada ikonik.

Seorang juru bicara orkestra mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa video musik itu dilakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pekerja garis depan, dengan perencanaan dilakukan setelah pengumuman Perintah Kendali Gerakan pada 18 Maret, menurut laporan Malay Mail.

Juru bicara itu juga mengatakan tema Star Wars dipilih karena merupakan lagu yang populer dan orang-orang mengenalnya, dengan temanya yang cocok dari penggunaan ucapan populernya yaitu "May the Force be with you."

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Official Music Video Danang Bertajuk Jejak Cinta

Posted: 20 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pradana Dieva atau yang lebih dikenal dengan nama Danang Banyuwangi adalah salah satu penyanyi dangdut Tanah Air. Jawara Dangdut Academy Asia season pertama di Indosiar ini kembali membuat terobosan dengan karya terbarunya.

Menyambut bulan suci Ramadhan Danang memberikan sesuatu yang berbeda untuk para pecinta musik di Indonesia, khususnya para penggemarnya. Danang mengeluarkan single religi perdananya dengan judul "Jejak Cinta".

Lagu ini diciptakan oleh Yonggi Mikama dan diaransemen oleh Tengku Shafick. Penasaran kira-kira seperti apa musik dan video klip terbaru dari Danang? Simak selengkapnya di channel wowmusikindo hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mekanisme Pilkada Serentak Ala KPU Jika Digelar di Tengah Pandemi Corona

Posted: 20 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun mekanisme penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak jika terpaksa digelar di tengah pandemi Corona atau Covid-19.

"KPU sebetulnya sudah merancang beberapa hal, misalnya pemutakhiran data pemilih. Apakah memungkinkan UU yang mengatur tentang pasal pemutakhiran data pemilih, verifikasi dukungan calon, itu semua diubah menjadi digital," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Jakarta, Minggu, 19 April 2020 

Dilansir Antara, hal tersebut disampaikannya dalam diskusi virtual bertajuk "Pilkada 9 Desember 2020 Mungkinkah?".

Bahkan, kata dia, mekanisme kampanye akan disesuaikan menjadi "digital campaign" sehingga tidak perlu lagi ada kampanye yang melibatkan pertemuan banyak orang.

"Itu sudah kita siapkan, termasuk bagaimana nanti pemungutan dan penghitungan suaranya," lanjut Arief.

Pada tempat pemungutan suara (TPS), kata dia, akan diatur mengenai jarak antarbilik secara terukur sehingga tidak lagi saling berhimpitan.

"Kemudian, jumlah pemilih di TPS kemungkinan juga akan kita kurangi. Karena kalau mengikuti jumlah yang ada sekarang bisa sampai 800 orang. Banyak sekali orang dalam TPS," katanya.

Namun, setiap kebijakan yang akan diubah dan disesuaikan untuk membuat pilkada tetap terjaga kualitasnya memiliki konsekuensi-konsekuensi, mulai aspek anggaran hingga perubahan peraturan.

"Dan perubahan peraturan itu juga butuh waktu, harus dibahas dan dikonsultasikan dengan pemerintah dan DPR," katanya.

Penetapan Masa Darurat Bencana Nasional

Arief mengingatkan bahwa dalam kurun pertengahan Mei hingga Juni 2020 pada jadwal kerja DPR RI merupakan masa reses sehingga kemungkinan akan kerepotan jika harus mengejar penyelenggaraan pilkada pada Desember mendatang.

Mengenai penentuan tanggal 9 Desember 2020, kata dia, sudah berdasarkan memiliki tolok ukur sebagai salah satu konsideran, yakni penetapan masa darurat bencana nasional sampai 29 Mei 2020 seiring dengan pandemi Corona.

Namun, diakui Arief, ada kemungkinan masa tanggap darurat diperpanjang sehingga akan mempengaruhi apa yang sudah disepakati, termasuk Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Top Eropa Selepas Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 20 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran virus Corona di dunia mulai melambat. Namun, status kompetisi sepak bola masih tanda tanya dengan operator kesulitan menentukan jadwal baru.

Musim 2019/2020 terhitung berhenti sejak pekan pertama Maret lalu setelah pandemi virus Corona menyerang berbagai aspek kehidupan.

Tidak hanya liga domestik, jadwal dua turnamen besar yakni Piala Eropa dan Copa America juga berubah. Ajang tersebut urung digelar musim panas mendatang dan ditunda setahun.

Memiliki penggemar terbanyak dibanding cabang olahraga lainnya, pecinta sepak bola kini menunggu kapan dapat kembali menyaksikan aktor lapangan hijau berarti.

Para otoritas mengambil keputusan berdasar perkembangan pandemi virus Corona. Hingga kini baru Jerman dan Belanda yang memiliki rencana jelas. Berikut jadwal dimulainya kompetisi top sepak bola dunia:

Durasi Penundaan

Ilustrasi sepak bola (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi sepak bola (Liputan6.com/Abdillah)

Ligue 1 Prancis: tanpa batas waktu

La Liga Spanyol: tanpa batas waktu

Premier League Inggris: tanpa batas waktu

Bundesliga Jerman: awal Mei

Serie A Italia: tanpa batas waktu

Eredivisie Belanda: awal Juni

Liga Champions: tanpa batas waktu

Liga Europa: tanpa batas waktu

Kompetisi yang Ditunda

Olimpiade

Piala Eropa

Copa America

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jabar Klaim Persiapan PSBB Bandung Raya Sudah 100 Persen

Posted: 20 Apr 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengklaim persiapan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, sudah 100 persen. Termasuk keberadaan petugas dari kepolisian dan TNI, untuk menyiapkan titik-titik pengamanan.

Menurut Kamil, begitu juga dengan bantuan sosial senilai Rp500 ribu dari Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar yang telah mulai disalurkan supaya dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19 bisa tertangani.

"Pak Kapolda (Jabar), Pangdam III Siliwangi, dan jajaran dalam lima wilayah Bandung Raya ini sudah menyiapkan titik-titik pengamanan, kemudian persiapan penegakan disiplin bagi yang melanggar," kata Kamil dalam keterangan resminya ditulis, Bandung, Selasa, 21 April 2020.

Kamil menuturkan prosedur pengamanan PSBB di Bandung Raya, mengacu kepada evaluasi PSBB di Bodebek yang harus diperbaiki. Sehingga kata Kamil, dapat dijadikan landasan standar operasional prosedur oleh Polda Jabar.

 

 

Diiringi dengan RDT Masif

Kamil menyatakan, pemberlakuan PSBB Bandung Raya akan disertai dengan konsistensi rapid diagnostic test (RDT) masif. Sebab, tes masif dapat menunjang keberhasilan PSBB Bandung Raya karena tujuan pembatasan sosial tersebut adalah memutus rantai penularan, merawat dan mengobati penderita COVID-19.

"Keberhasilan PSBB ini adalah digunakan tes masif bersamaan, sehingga menghasilkan peta persebaran yang bisa dikendalikan. Kita bertekad tim Gugus Tugas Jawa Barat harus menjadi percontohan kesuksesan PSBB," ujar Kamil.

Sebagai tindaklanjut hasil tes cepat itu, Kamil menjelaskan Pemda Provinsi Jabar akan menggelar tes melalui pemeriksaan dengan teknik reaksi rantai polimerase (polymerase chain reaction/PCR) bagi warga terindikasi positif COVID-19. Itu karena adanya peningkatan kemampuan Labkesda Jabar.

Labkesda Jabar Mampu Periksa 2 Ribu Sampel per Hari

Awalnya di Labkesda Jabar hanya dapat memeriksa 140 sampel per hari. Namun kini menjadi 2 ribu sampel per hari, maka tes PCR ini akan dintensifkan di zona PSBB di 10 kota dan kabupaten.

"Pemda Provinsi Jabar berupaya menguatkan kesiapsiagaan menghadapi lonjakan kasus positif COVID-19 dengan menambah 71 rumah sakit rujukan, sehingga total ada 105 rumah sakit rujukan yang tersebar di Jabar. Selain itu, sejumlah pemerintah kabupaten dan kota di Jabar mengalihfungsikan gedung maupun stadion sebagai ruang isolasi," sebut Kamil.

Saat ini selain di rumah sakit, sejumlah pasien COVID-19 sudah bergeser ke non rumah sakit. Salah satunya BPSDM Cimahi, kemudian di Cikarang Bekasi dan lokasi yang dialihfungsikan menjadi fasilitas kesehatan lainnya. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Kuliner Khas Klaten yang Terkenal, Menggugah Selera dan Bikin Ketagihan

Posted: 20 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kuliner khas Klaten yang merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah ini, ternyata cukup beragam. Kuliner khas Klaten wajib untuk Anda coba tentunya. Klaten terletak di jalan utama yang menghubungkan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo. Atau, apabila Anda dari arah timur dan menuju arah barat atau sebaliknya, maka Klaten akan selalu Anda lewati.

Saat Anda melewati Kletn, tidak ada salahnya bagi Anda mencoba berkunjung ke beberapa lokasi yang menjajakan kuliner khas Klaten sembari beristirahat setelah berjam-jam perjalanan. Karena Anda akan menemukan berbagai kuliner khas Klaten yang unik dan mungkin membuat Anda ketagihan.

Umumnya, kuliner khas Klaten memiliki cita rasa sedap, gurih, dan manis. Ya, memang kuliner khas Klaten ini identik dengan cita rasa masakan Jawa. Namun jangan salah, walaupun identik dengan rasa manis gurih khas Jawa, banyak orang dan wisatawan yang selalu datang kembali ke kota ini hanya untuk melepas rasa kangen dengan kuliner khas Klaten tersebut.

Agar tidak membuat Anda semakin penasaran apa saja kuliner khas Klaten, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai kuliner khas Klaten yang dapat Anda cicipi, Selasa (21/4/2020).

Kuliner khas Klaten yang sehat dan mengenyangkan

Kedai Sop Ayam Pak Min Klaten (Sumber Foto: korneliusginting.web.id)
Kedai Sop Ayam Pak Min Klaten (Sumber Foto: korneliusginting.web.id)

1. Sop Ayam Pak Min

Kuliner khas Klaten ini sangat dikenal oleh masyarakat Klaten dan di sekitar daerah Klaten. Sop Ayam Pak Min ini sebenarnya merupakan sop khas Klaten yang biasanya disebut dengan sop ayam pecok. Istilah pecok sendiri memiliki arti dipotong acak, atau cacah. Disebut demikian karena ayam yang terdapat di dalam sop tersebut memang dipotong tidak beraturan.

Kuah sop ini sangat segar karena terbuat dari kaldu hasil rebusan tulang dan daging ayam. Kuliner khas Klaten ini sedikit berbeda dibanding sop ayam di daerah lain. Karena sop ini tidak memiliki isian sayuran kecuali daun seledri, dan benar-benar hanya kuah dan ayam yang direbus.

Ayam yang digunakan pada kuliner khas Klaten ini biasanya ayam kampung. Saat Anda berkunjung ke Sop Ayam Pak Min, Anda dapat memilih bagian tubuh ayam mana yang Anda suka, mulai dari bagian dada, paha, hingga kepala. Warung Sop Ayam Pak Min sangat mudah ditemukan saat Anda berkunjung ke Klaten. Salah satunya berada di Jalan Mayor Kusmanto No 23, tepatnya di depan Inspektorat Bawasda Klaten.

2. Rumah Makan Bu Mayar Cawas

Rumah makan satu ini merupakan salah satu rumah makan yang cukup menjadi favorit baik bagi masyarakat sekitar Klaten maupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke Klaten. Menu utama yang ada di Rumah Makan Bu Mayar Cawas ini yaitu ayam goreng bacem dengan sayur terancam. Selain itu disediakan juga areh dan gudeg serta krecek yang sangat nikmat untuk disantap dengan nasi panas.

Rumah makan ini memiliki beberapa cabang, yaitu di Jalan Klaten-Solo Km.4, Mlese, Ceper, Ngaran, Mlese, Kec. Ceper, Kabupaten Klaten. Selain itu ada juga yang berlokasi di Jalan Ringroad Selatan atau yang dikenal dengan By Pass Klaten.

Kuliner khas Klaten yang unik

Nasi Tumpang Lethok (sumber: pariwisataklaten)
Nasi Tumpang Lethok (sumber: pariwisataklaten)

3. Nasi Tumpang Lethok

Kuliner khas Klaten ini biasanya hanya ada di pagi hari. Kuliner ini umumnya berisi nasi putih dengan lauk berupa telur rebus, dan diberi sayuran. Lalu yang terpenting adalah kuah sambal tumpangnya. Sambal tumpang terbuat dari tempe yang telah didiamkan berhari-hari hingga mulai basi. Namun tentu saja makanan ini aman dikonsumsi. Karena dalam mengolah sambal tumpang memang harus hingga matang agar bakteri yang ada pada tempe basi tersebut mati.

Jika Anda suka, nasi tumpang tersebut dapat ditambah berbagai lauk seperti krecek, koyor sapi, dan urap. Salah satu warung makan yang terkenal menjajakan Nasi Tumpang Lethok adalah Warung Makan Mbak Riyanti yang berada di Jalan Mayor Kusmanto. Harganya juga sangat ramah dikantong.

4. Soto Bebek dan Bebek Goreng

Kuliner khas Klaten ini tidak seperti soto pada umumnya. Isi dari soto ini bukanlah berupa daging ayam. Pada soto ini Anda akan menemukan dagin bebek dengan kuah bening. Jangan salah, walaupun bebek biasanya memiliki tekstur daging yang cukup alot, namun pada soto ini daging bebek terasa sangat empuk.

Selain soto bebek, ada juga olahan bebek bacem yang juga terkenal diseluruh Klaten. Bebek ini diberi berbagai macam bumbu yang menimbulkan rasa gurih manis. Cara memasaknya juga membutuhkan waktu lama. Dan setelah selesai proses bacem, bebek kemudian digoreng.

Namun, saat Anda ingin membeli bebek bacem goreng, biasanya penjual sudah menyiapkan bebek bacem yang siap goreng dan dalam waktu singkat bisa Anda nikmati. Salah satu rumah makan yang terkenal yaitu Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Sabar. Anda bisa mengunjungi Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Sabar yang berlokasi Jalan Mayor Kusmanto.

Kuliner khas Klaten yang cocok sebagai menu makan malam

Bakmi nyemek, kuliner khas Banyumas, Jawa Tengah. (dok. Instagram @ekosoetarmo/https://www.instagram.com/p/BsrtNVjBIRX/)
Bakmi nyemek, kuliner khas Banyumas, Jawa Tengah. (dok. Instagram @ekosoetarmo/https://www.instagram.com/p/BsrtNVjBIRX/)

5. Bakmi Miroso

Klaten ternyata juga memiliki makanan berbahan dasar mie yang sudah termasuk kategori legendaris, yaitu Bakmi Miroso. Tentu saja yang dijual disini menu utamanya adalah bakmi. Uniknya, banyak orang rela mengantri untuk merasakan kenikmatan dari Bakmi Miroso.

Jika dilihat sekilas, cara memasak bakmi di warung ini terlihat seperti cara memasak makanan khas Chinese food. Namun jangan salah, rasa bakmi disini malah sangat kental dengan rasa khas Jawa. Lokasi dari Bakmi Miroso letaknya tidak jauh dari alun-alun Klaten, tepatnya di Gang Kawung 5, Tegalmulyo, Klaten.

6. Ayam Panggang Khas Klaten

Ayam panggang khas Klaten ini memiliki rasa yang istimewa. Dalam proses memasaknya, ayam terlebih dahulu didiamkan dalam wadah tertutup serta diberi santan dan berbagai rempah khas yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Rasa dari rempah inilah yang akan membuat rasa dari ayam panggang khas Klaten ini menjadi unik. Namun tidak hanya sampai situ, adanya bumbu areh pada ayam panggang ini menambah kenikmatan dan membuat Anda ingin tambah lagi.

Salah satu rumah makan yang menjual ayam panggang khas Klaten yang cukup terkenal yaitu Ayam Panggang Ny. Anggriani yang terletak di Jalan Rajawali, Gang Beruang No. 5, Klaten, Jawa Tengah.

Kuliner khas Klaten sebagai camilan dan oleh-oleh

Pernahkah Anda mencoba kripik belut? Kalau belum, cobalah. Dijamin ketagihan.
Pernahkah Anda mencoba kripik belut? Kalau belum, cobalah. Dijamin ketagihan.

7. Kepelan

Apabila Anda sedang mencari camilan yang nikmat, maka Anda bisa mencoba salah satu jajanan unik khas Klaten ini. Nama makanan ini diberikana karena bentuknya yang menyerupai kepalan tangan. Kepelan awalnya berasalh dari Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Kepelan terbuat dari bahan dasar yaitu tepung terigu. Kepelan akan sangat nikmat apabila disajikan saat masih hangat. Lalu kepelan ini di beri saos sambal atau saus kacang. Cemilan juga sangat mudah ditemui apabila sedang berkunjung ke Klaten. Salah satu lokasinya berada di sepanjang jalan utama Kecamatan Pedan, Klaten. Namun, kepelan saat ini sudah banyak dijual di daerah alun-alun Klaten.

8. Keripik Belut, Cakar, dan Paru

Apabila Anda telah puas berjalan-jalan dan menikmati berbagai macam kuliner khas Klaten, maka sebelum Anda kembali ke kota asal, Anda wajib membeli oleh-oleh khas Klaten yaitu keripiki belut, cakar, dan paru. Selain rasanya gurih dan nikmat, jenis makanan ini cukup tahan lama jika dijadikan oleh-oleh.

Untuk memperoleh keripik ini, Anda bisa mampir ke toko oleh-oleh salah satunya di Toko Oleh-Oleh Khas Klaten Bu Margono, yang terletak di Jalan Ki Ageng Gribig No.64, Dadmulyo, Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Nah, semua kuliner khas Klaten sangat menggugah selera bukan? selamat berlibur dan mencicipi kuliner khas Klaten.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perlancar Distribusi Logistik, Kementerian PUPR Perbaiki Jalan Lintas Timur Sumatera

Posted: 20 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga terus meningkatkan kemantapan ruas jalan nasional dalam rangka mendukung kelancaran distribusi logistik di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Salah satunya Jalan Lintas Timur Sumatera, terutama jalur Lampung-Sumsel-Jambi yang merupakan jalur vital penghubung berbagai pusat-pusat produksi, koleksi dan distribusi berbagai kebutuhan pokok masyarakat, termasuk alat-alat kesehatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sebagian ruas jalan saat ini mengalami kerusakan, sehingga diperlukan penanganan mendesak melalui preservasi dan peningkatan kualitas untuk mengembalikan kualitas layanan jalan.

Menurutnya, layanan jalan yang semakin baik akan menunjang kelancaran logistik, terutama pada masa pandemi corona saat ini. Selain itu juga untuk menopang perekonomian masyarakat, mengangkut hasil bumi dan hasil produksi lainnya.

"Untuk itu kegiatan pemeliharaan jalan perlu segera dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol physical distancing untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Misal dengan pengawasan terhadap kondisi tenaga kerja yang fit atau tidak, pembatasan jumlah pekerja, dan tetap menjaga jarak aman (physical distancing)," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (21/4/2020).

Pekerjaan preservasi rehabilitasi atau rekonstruksi jalan nasional salah satunya dilaksanakan di Jalan Lintas Timur Sumatera Selatan (Sumsel), antara lain pada 3 ruas jalan yakni di Jalan Batas Provinsi Jambi-Paninggalan, Jalan Betung-Batas Kota Palembang, dan Jalan Batas Kota Palembang-Indralaya-Meranjat-Batas Kota Kayu Agung.

Pada masa krisis Covid-19, pekerjaan fisik di lapangan tetap berjalan dengan protokol ketat sesuai arahan dalam Instruksi Menteri PUPR Nomor 2 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

 

Paket Peningkatan

Seorang pria melintas di jalan tol ruas Banda Aceh- Sigli seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang di Aceh, Jumat (21/2/2020). Ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh sepanjang 74 km itu merupakan tol pertama di Aceh dan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Seorang pria melintas di jalan tol ruas Banda Aceh- Sigli seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang di Aceh, Jumat (21/2/2020). Ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh sepanjang 74 km itu merupakan tol pertama di Aceh dan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Paket peningkatan kemantapan ruas Jalan Batas Provinsi Jambi-Paninggalan terletak di Jalan Lintas Timur Sumsel-Palembang-Jambi KM 156+5 hingga Km 235+4 sepanjang 90,54 km. Proyek preservasi dikerjakan oleh kontraktor PT Yasa Patria Perkasa-PT. Baniah Rahmat Utama (Kerja Sama Operasi/KSO) dengan biaya APBN sebesar Rp 193,1 miliar. Saat ini progres penanganannya mencapai 24,2 persen.

Kemudian, Paket Preservasi Rehabilitasi Jalan Betung-Batas Kota Palembang terletak di Jalan Lintas Timur Sumsel Km 13+054 hingga Km 69+214 dengan biaya Rp 124 miliar. Pekerjaannya meliputi pelebaran 1 km dengan progres 14,4 persen, rekonstruksi 1 km dengan progres 91,2 persen, rehabilitasi 19,98 km dengan progres 15,8 persen, dan pemeliharaan rutin 35 km dengan progres 27,2 persen.

Selanjutnya Jalan Batas Kota Palembang-Indralaya-Meranjat-Batas Kota Kayu Agung sepanjang 49,55 km senilai Rp 118 miliar. Paket pekerjaannya meliputi preservasi rehabitasi dan pemeliharaan rutin Ruas Batas Kota Palembang-Indralaya (16,4 km), ruas Simpang Indralaya-Meranjat (12,6 km), ruas Meranjat-Batas Kota Kayu Agung (20,5 km). Total progres fisik mencapai 16,2 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19, Pemain Rusia Tewas saat Latihan di Rumah

Posted: 20 Apr 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Moscow - Salah seorang pemain Lokomotiv Moscow, Innokenty Samokhvalov meninggal dunia saat tengah berlatih di rumahnya, Senin (20/4/2020) waktu setempat. Seperti pemain-pemain lainnya, Samokhvalov terpaksa harus berlatih mandiri gara-gara pandemi virus Corona Covid-19.

Meski demikian, pemain berusia 22 tahun itu meninggal bukan karena Covid-19. Seperti dilansir NBCSport, Samokhvalov tewas karena serangan jantung saat menjalani latihan. 

Tidak hanya bagi keluarga yang ditingalkan, kabar duka ini juga mengejutkan klub Lokomotiv Moscow.

"Pada 20 April, pemain bertahan Innokenty Samokhvalov meninggal dunia. Pemain sepak bola itu sakit setelah menjalani latihan mandiri. Detail mengenai kematiannya sedang ditelusuri," bunyi penyataan resmi Lokomotiv Moscow.

"Samokhvalov meninggalkan istri dan satu orang anak. FC Lokomotiv Moscow sangat terkejut atas kejadian ini. Ini merupakan kesedihan besar bagi keluarga. Kami turut berduka cita kepada keluarga dan teman-temannya," klub Rusia itu menambahkan.

 

Bermain di Divisi III

Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)
Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Sebelum liga Rusia dihentikan karena pandemi virus Corona Covid-19, Samokhvalov bermain untuk tim cadangan Lokomotiv, Kazanka. Tim ini bermain di kompetisi level ketiga di sepak bola Rusia.

Seperti rekan-rekannya yang lain, selama pandemi Covid-19, Samokhvalov menjalani latihan di rumahnya. Kegiatan ini mereka lakukan untuk menjaga kebugaran saat kompetisi kembali bergulir lagi.

 

Gagal Jantung

Ilustrasi Serangan jantung (iStockphoto)
Ilustrasi Serangan jantung (iStockphoto)

Kematian Samokhvalov juga meninggalkan duka yang mendalam bagi pelatih Kazanka, Alexander Grishin. Meski bukan karena Covid-19, kepergian Samokhvalov menurutnya tetap mengerikan.    

"Ini mengerikan," ujar pelatih Kazanka, Alexander Grishin kepada RIA Novos.

"Dokter mengatakan penyebab kematiannya adalah gagal jantung. Jika dokter mengizinkannya latihan, itu berarti dia tidak punya masalah selama ini," ujar Grishin menambahkan.  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Kondisi Tetap Ideal, Ini Cara BRI Jaga Likuiditas di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 20 Apr 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbagai strategi berkelanjutan disusun dan diimplementasikan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, agar tetap tumbuh di tengah kondisi yang menantang akibat pandemi Covid-19. Strategi yang disusun BRI itu salah satunya terkait pengelolaan likuiditas perusahaan.

Direktur Keuangan Bank BRI Haru Koesmahargyo mengungkapkan, perseroan terus berupaya menjaga likuiditas dalam kondisi ideal, dimana hal tersebut tercermin dari rasio Liquidity Coverage Ratio BRI (LCR) posisi Maret 2020 berada diangka sekitar 230 persen.

"Angka tersebut masih diatas ketentuan OJK yang menetapkan bahwa LCR Bank minimal dijaga sebesar 100," ujar Haru. 

Haru menambahkan, BRI akan mendapatkan tambahan likuiditas hingga Rp17 triliun setelah Bank Indonesia menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) sebesar 200 bps untuk Bank Umum Konvensional per 1 Mei 2020.

"Penambahan ini tentunya akan memperkuat kecukupan likuiditas BRI di tengah kondisi yang menantang," tuturnya.

BRI tetap aktif dalam mencari sumber likuiditas lainnya untuk diversifikasi pendanaan baik melalui penghimpunan Dana Pihak Kegita (DPK) dan Non DPK.

"BRI dapat melakukan akses funding Non DPK jangka pendek seperti repo dan pinjaman antar bank, sementara itu untuk jangka panjang penerbitan obligasi dan pinjaman dapat menjadi pilihan namun tetap dengan memperhatikan biaya yang efisien," jelas Haru.

Pada 12 April yang lalu perseroan telah membayarkan Obligasi Berkelanjutan II Bank BRI TAHAP II TAHUN 2017 SERI B dengan kupon 8.1 persen yang jatuh tempo sebesar Rp1,74 T pada 12 April 2020, di mana likuiditas untuk pembayaran Obligasi tersebut bersumber dari aset likuid BRI (HQLA). 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Putuskan Semua Warga Dilarang Mudik Lebaran 2020

Posted: 20 Apr 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020 untuk semua masyarakat. Sebelumnya, larangan mudik hanya ditujukan untuk ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN.

"Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Selasa (21/4/2020).

Larangan mudik ini dikeluarkan Jokowi demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Jokowi menyatakan bahwa ada 24 persen masyarakat yang masih bersikeras untuk mudik.

"Oleh sebab itu saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," katanya.

 

Melihat Kondisi Lapangan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah terus mengevaluasi kebijakan soal mudik untuk masyarakat di tengah pandemi Corona.

Luhut berujar, saat ini pemerintah masih menerapkan kebijakan terkait pergerakan manusia secara bertahap, melihat kondisi dan keadaan di lapangan.

"Kita bertahap, ya. Itu kan tergantung negara. Jangan bilang pemerintah nggak tegas juga, tidak ada satupun di dunia negara punya formula (kebijakan) yang sama," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/4/2020).

Dirinya menyatakan, mungkin saja pemerintah ke depannya akan melarang mudik jika keadaan di lapangan terdapat peningkatan jumlah orang yang terinfeksi virus Corona atau terjadi penurunan jumlah pasien yang tidak begitu signifikan.

"Ya, kita memang nggak mau orang-orang pergi ke luar Jakarta, jadi mungkin aja mungkin depan, atau kapan, pemerintah katakan nggak ada mudik, mungkin aja, tergantung penilaian terhadap keadaan sekarang. Kalau peningkatan banyak atau turunnya belum signifikan, ya bisa aja, nggak usah mudik," jelas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Animator Tom and Jerry dan Popeye Meninggal Dunia, Ini 5 Faktanya

Posted: 20 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri hiburan dunia. Seorang animator Tom and Jerry dan Popeye yang bernama Gene Deitch meninggal dunia. Gene Deitch menghembuskan napas terakhirnya pada hari Kamis (16/4/2020).

Gene Deitch lahir pada tanggal 8 Agustus 1924. Gene Deitch merupakan seorang animator, Ilustrator, sutradara dan produser asala Amerika Serikat. Salah satu karya Gene Deitch yang cukup terkenal adalah Tom and Jerry dan Popeye.

Film kartun Tom and Jerry dan Popeye tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Animasi tersebut sudah menemani masa kecil beberapa dari kita yang cinta dengan Tom and Jerry dan Popeye. Ragam karya Gene Deitch tentunya akan terkenang dalam hati masyarakat. Animasi Tom and Jerry dan Popeye sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat di seluruh dunia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta meninggalnya Gene Deitch, seorang animator Tom and Jerry dan Popeye, Selasa (21/4/2020).

1. Meninggal Dalam Usia 95 Tahun

Gene Deitch menghembuskan napas terakhirnya pada usia 95 tahun. Deadline melaporkan bahwa berita meninggalnya Gene Deitch telah dikonfirmasi oleh publisher-nya yang berada di Republik Ceko. Penerbitnya, Petr Himmel mengatakan jika Gene Deitch meninggal pada hari Kamis (16/4/2020) dan belum diketahui penyebab kematiannya. Gene Deitch meninggal di apartemennya di lingkungan Little Quarter Praha.

2. Animator Tom and Jerry dan Popeye

Tom and Jerry (Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) via IMDb)
Tom and Jerry (Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) via IMDb)

Sepanjang kariernya, Gene Deitch meninggalkan sejumlah jejak di bidang film animasi. Deadline mencatat bahwa Gene Deitch telah menyutradarai 13 episode dari kartun Tom and Jerry dan sejumlah episode Popeye The Sailor.

3. Penghargaan

Pada tahun 2004, Gene Deitch menerima Penghargaan Winsor McCay untuk kontribusinya seumur hidup di bidang animasi.

Film Gene Deitch, "Munro" memenangkan Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik pada tahun 1960. Ia juga dinominasikan untuk penghargaan yang sama dua kali pada tahun 1964 untuk "Here Nudnik" dan "How to Avoid Friendship."

4. Piala Oscar

Selama hidupnya, Gene Deitch juga sudah mendapatkan piala Oscar. Gene Deitch juga terlibat dalam pembuatan Sidney's Family Tree, yang masuk nominasi Piala Oscar pada 1959.

Film garapannya, Munro, memenangkan Piala Oscar untuk Film Animasi Pendek Terbaik setahun kemudian.

5. Keluarga Gene Deitch

Gene Deith meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak dari pernikahan pertamanya. Ketiga anaknya adalah seorang kartnuis dan illustrator.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Anak-Anak Palestina Pakai Masker Kubis Saat Pandemi

Posted: 20 Apr 2020 09:05 PM PDT

Seorang anak berpose dengan masker dari kubis di tengah wabah pandemi corona (Covid-19) di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, seorang ibu di Jalur Gaza utara mencoba menghibur anak-anaknya dengan masker yang dibuat dari sayuran kubis. (AFP/Mohamed Abed)
Seorang anak berpose dengan masker dari kubis di tengah wabah pandemi corona (Covid-19) di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, seorang ibu di Jalur Gaza utara mencoba menghibur anak-anaknya dengan masker yang dibuat dari sayuran kubis. (AFP/Mohamed Abed)

Seorang anak berpose dengan masker dari kubis di tengah wabah pandemi corona (Covid-19) di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, seorang ibu di Jalur Gaza utara mencoba menghibur anak-anaknya dengan masker yang dibuat dari sayuran kubis. (AFP/Mohamed Abed)

Anak-anak Palestina mengenakan masker yang terbuat dari kubis  saat bermain  di tengah pandemi Covid-19 di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). (AFP/Mohamed Abed)
Anak-anak Palestina mengenakan masker yang terbuat dari kubis saat bermain di tengah pandemi Covid-19 di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). (AFP/Mohamed Abed)

Anak-anak Palestina mengenakan masker yang terbuat dari kubis saat bermain di tengah pandemi Covid-19 di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). (AFP/Mohamed Abed)

Seorang ibu memakaikan anak-anaknya masker dari kubis saat sedang memasak di rumahnya di tengah wabah pandemi corona (Covid-19) di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). Hal itu dilakukan agar anak-anaknya tak cemas di tengah wabah pandemi. (AFP/Mohamed Abed)
Seorang ibu memakaikan anak-anaknya masker dari kubis saat sedang memasak di rumahnya di tengah wabah pandemi corona (Covid-19) di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). Hal itu dilakukan agar anak-anaknya tak cemas di tengah wabah pandemi. (AFP/Mohamed Abed)

Seorang ibu memakaikan anak-anaknya masker dari kubis saat sedang memasak di rumahnya di tengah wabah pandemi corona (Covid-19) di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). Hal itu dilakukan agar anak-anaknya tak cemas di tengah wabah pandemi. (AFP/Mohamed Abed)

Tiga anak Palestina berpose dengan masker yang terbuat dari kubis di halaman rumahnya di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020).  (AFP/Mohamed Abed)
Tiga anak Palestina berpose dengan masker yang terbuat dari kubis di halaman rumahnya di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). (AFP/Mohamed Abed)

Tiga anak Palestina berpose dengan masker yang terbuat dari kubis di halaman rumahnya di Beit Lahia di Jalur Gaza utara (16/4/2020). (AFP/Mohamed Abed)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Hari Kartini, Khofifah Sebut Perempuan Harus Tetap Tangguh Hadapi Pandemi COVID-19

Posted: 20 Apr 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Momen peringatan Hari Kartini 2020 di tengah pandemi COVID-19 dimaknai berbeda oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Menurut Gubernur perempuan pertama Jatim tersebut, peran seorang perempuan selama masa darurat COVID-19 ini benar-benar sangat diuji di semua lini dan bidang kehidupan. 

Tidak hanya di sektor domestik rumah tangga, tetapi juga pendidikan, ekonomi, serta kesehatan dengan menjadi garda terdepan penanggulangan COVID-19. 

Hal ini, kata Khofifah, dapat terlihat dari data yang dirilis Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI, mayoritas perawat yang meninggal adalah perempuan. Dari 16 orang perawat yang meninggal akibat COVID-19, 11 orang di antaranya adalah perempuan. 

"Jadi tahun ini bukan lagi berbicara tentang kesetaraan, tapi signifikansi peran dan tanggung jawab yang diemban para perempuan tersebut," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (21/4/2020). 

Di sektor domestik rumah tangga, lanjut Khofifah, perempuan diharuskan ikut turut menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga, memastikan tiap anggota keluarga tetap sehat dan terjaga asupan gizi di tengah pandemi COVID-19

Jadi Guru dan Manajer Keuangan di Rumah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kunjungan kerja ke Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Rabu (11/3/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kunjungan kerja ke Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Rabu (11/3/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Belum lagi mereka juga diharuskan menjadi teman sekaligus guru bagi anak-anak selama masa belajar di rumah. Dalam hal ekonomi keluarga, tambah dia, perempuan harus mampu mengelola kas yang masuk dan keluar agar bisa memenuhi kebutuhan selama masa darurat. 

"Bukan tidak mungkin pendapatan keluarga berkurang atau bahkan terkena PHK, sehingga peran perempuan dalam mengatur keuangan rumah tangga sangat dibutuhkan," imbuhnya. 

Khofifah mengungkapkan, tidak ada pilihan lain bagi perempuan selama masa pandemi COVID-19 ini selain tetap berdiri tangguh dengan seluruh peran yang diemban. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dugaan Pemotongan Dana Bansos di Kota Depok, Polisi: Kami Bantu Tertibkan

Posted: 20 Apr 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Depok - Dana bantuan sosial jaring pengaman sosial (JPS) PSBB Kota Depok diduga dipangkas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Polisi pun masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan Pemerintah Kota Depok.

Kapolres Metro Kota Depok Kombes Pol Aziz Ardiansyah mengatakan, pihaknya ikut turun tangan untuk membantu menertibkan. Tapi tetap medahulukan investigasi yang dilakukan inspektorat pemerintah daerah.

"Kami dahulukan fungsi pengawasan dari pemerintah daerah (pemda)," singkat dia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (21/4/2020).

Aziz belum menjelaskan lebih rinci terkait keterlibatan pihak kepolisian di dalam penyelidikan kasus ini. "Itu dulu ya saya masih ada kegiatan," ujar dia.

Menurut Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, yang terjadi di lapangan bukan hanya soal pemotongan dana bansos (bantuan sosial). Tapi, Pradi enggan membeberkan secara gamblang mengenai hal ini.

"Jangankan yang dipotong, yang dobel saja ada. Kacau ini," ucap dia saat dihubungi, Selasa (21/4/2020).

Pradi menyebut pemotongan dana bansos ditemukan di beberapa kelurahan. "Ada beberapa, tidak hanya di satu wilayah Mampang saja," ujar dia.

Pradi berharap kasus seperti ini tidak terjadi lagi. Ke depan, Pihaknya pun lebih meningkatkan pengawasan.

"Kita harapkan lebih merata lagi pembagiannya," ucap dia.

Diduga Oknum Ketua RT

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebut pemotongan diduga dilakukan oleh oknum ketua RT di Kota Depok. Mereka memotong Rp 25 ribu per Kartu Keluarga (KK).

Dia menjelaskan, setiap warga terdampak Covid-19 seharusnya mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 250 ribu. Namun, warga hanya menerima Rp 225 ribu.

Idris mengaku sedang menelusuri keberadaannya. Dikatakanya, penelusuran dan pengawasan itu dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

"Masing-masing wilayah memiliki Satgas Kampung Siaga Covid-19, diharapkan adanya pengawasan dalam pendistribusian bansos agar merata, tepat sasaran, serta jumlahnya sesuai dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah," ujarnya dikutip dari Antara, Minggu (19/4/2020).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Bocah Sumbang Tabungan ke Ganjar Pranowo untuk Bantu Beli APD Tenaga Medis

Posted: 20 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dua anak SD di Jawa Barat, kini kakak-beradik di Jawa Tengah menunjukkan rasa solidaritas dengan menyumbangkan tabungannya untuk para tenaga medis. Kisah inspiratif ini dibagikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Melalui video singkat yang diunggah di akun Instagram pribadi pada Senin, 20 April 2020, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa ia kedatangan tamu anak-anak yang memiliki semangat yang luar biasa.

Kedua anak itu bernama Olivia dan Regina. "Terus panggilannya siapa?" tanya Ganjar. "Oliv," jawab anak itu singkat.

"Oliv ini mau menyumbangkan tabungannya. Sudah berapa lama tabungannya?" tanya Ganjar lagi. "Sudah hampir satu tahun," kata Oliv kemudian. Sumbangan ini dimaksudkan Oliv untuk membeli masker untuk paramedis.

"Jadi, Gina adiknya Oliv dan berdua ini nabung tiap hari. Dan yang menariknya adalah Oliv ini nabungnya bukan uang dari orangtuanya. Dia jualan, jualan mainan terus kemudian hasilnya ditabung. Hari ini anak-anak kita belajar nilai-nilai kemanusiaan," kata suami Siti Atiqoh Supriyanti ini.

Di penghujung video, Olivia terlihat menyerahkan celengannya kepada Ganjar Pranowo. "Besok nabung lagi ya?" kata Ganjar. "Iya," kata Oliv dan Gina.

 

Ucapan Terima Kasih Ganjar

Ganjar Pranowo berbagi kisah dua bocah menyumbangkan tabungan untuk para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan. (dok. Instagram @ganjar_pranowo/https://www.instagram.com/p/B_MLUIJBpYg/Putu Elmira)
Ganjar Pranowo berbagi kisah dua bocah menyumbangkan tabungan untuk para tenaga medis yang berjuang di garda terdepan. (dok. Instagram @ganjar_pranowo/https://www.instagram.com/p/B_MLUIJBpYg/Putu Elmira)

Ganjar Pranowo tak dapat menutupi rasa antusiasmenya ketika Olivia dan Gina memiliki tujuan mulia untuk menyumbangkan tabungan yang ditujukan kepada para tenaga kesehatan yang tengah berjuang di garda terdepan.

"Olivia dan Regina, terimakasih ya. Kalian anak-anak hebat, menyumbangkan tabungan untuk beli masker buat para dokter," tulis Ganjar Pranowo.

"Oiya, kawan-kawan dokter dan tenaga medis, dapat salam dari anak-anak cantik ini," demikian tutup ayah satu anak ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tambah 11 Sektor Baru Masuk Dalam Stimulus Pajak

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo, mengatakan pemerintah telah menambah 11 sektor usaha baru yang bakal menerima keringanan pajak di luar mereka yang sudah masuk daftar dalam stimulus II. Tambahan sektor ini dilakukan dalam rangka meredam dampak Covid-19 terhadap ekonomi.

Adapun insentif pajak ini berupa relaksasi pajak penghasilan (PPh) Pasal 21, PPh Pasal 22 Impor, PPh Pasal 25, dan percepatan restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

"PPh Pasal 21 ditanggung Pemerintah, PPh Pasal 22 Impor dibebaskan dalam jangka waktu tertentu, PPh Pasal 25 setoran Masa yang dikurangi atau didiskon 30 persen, dan percepatan restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dengan batasan yang dinaikkan menjadi Rp5 miliar," kata dia dikutip dari laman resminya, Selasa (21/4/2020).

Adapun 11 sektor tembahan tersebut adalah:

1. Pangan: peternakan, perikanan, perkebunan, holtikultura

2. Perdagangan bebas dan eceran

3. Ketenagalistrikan dan energi terbarukan

4. Minyak dan gas bumi

5. Pertambangan, mineral dan batu bara

6. Kehutanan

7. Pariwisata dan ekonomi kreatif

8. Telekomunikasi dan penyelenggara jasa internet

9. Logistik

10. Jasa transportasi darat dan udara serta angkutan sungai dan penyeberangan

11. Konstruksi

 

Sebelumnya

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi (kiri) memaparkan empat pilar omnibus law, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Dirjen Pajak Suryo Utomo juga mengatakan upaya memperkuat perekonomian menjadi salah satu alasan utama pemerintah melakukan terobosan kebijakan dalam bentuk omnibus law. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi (kiri) memaparkan empat pilar omnibus law, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Dirjen Pajak Suryo Utomo juga mengatakan upaya memperkuat perekonomian menjadi salah satu alasan utama pemerintah melakukan terobosan kebijakan dalam bentuk omnibus law. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seperti diketahui, sebelumnya, pemerintah sudah menerbitkan stimulus serupa yang diberikan kepada 19 sektor industri pada Maret 2020 lalu. Antara lain industri bahan kimia dan barang kimia, industri alat angkutan lainnya, industri makanan, industri logam dasar, industri kertas dan barang dari kertas, industri minuman, industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional, industri kendaraan bermotor, trailer, dan semi trailer, serta industri karet, barang dari karet, dan plastik.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy Fold 2 Bakal Dilengkapi Layar 120Hz

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang menyiapkan smartphone Galaxy Fold 2. Informasi tentang smartphone ini juga sudah beredar di internet.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (21/4/2020), berdasarkan informasi baru, Galaxy Fold 2 akan dilengkapi layar berukuran 7,59 inci dengan resolusi 2.213 x 1.689 piksel. Smartphone tersebut memiliki refresh rate layar 120Hz.

Selain itu, kamera depannya memiliki desain hole-punch, sehingga smartphone ini disebut tidak akan memiliki kamera di bawah layar karena teknologinya belum siap.

Galaxy Fold 2 juga dilengkapi S-Pen untuk meningkatkan pengalaman penggunan secara keseluruhan.

Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran Galaxy Fold 2. Namun, informasinya diprediksi akan semakin banyak muncul menjelang hari pengumumannya.

Galaxy Note 10 Lite Dapat One UI 2.1

Tampak depan Galaxy S10 Lite dan Galaxy Note 10 Lite. (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Tampak depan Galaxy S10 Lite dan Galaxy Note 10 Lite. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Lebih lanjut, Samsung sudah mulai merilis One UI 2.1 untuk Galaxy S10 Lite dan kini giliran Note 10 Lite mendapatkan pembaruan serupa.

Kedua smartphone tersebut diumumkan secara bersamaan. Oleh sebab itu, dinilai tidak mengejutkan jika peluncuran pembaruan software dilakukan dalam waktu berdekatan.

Pembaruan untuk Note 10 Lite dilengkapi dengan patch keamanan April 2020. Sejauh ini versi software  N770FXXU2BTD4 sudah dirilis, serta untuk pasar Spanyol dan Uni Emirat Arab.

Peluncuran di wilayah lain belum diketahui, tapi disebut akan dilakukan secara bertahap.

One UI 2.1 pertama kali diperkenalkan melalui peluncuran Galaxy S20 pada awal tahun ini. Kini, software tersebut mulai dirilis ke berbagai smartphone Samsung lainnya.

Tampilan antarmuka khas Samsung itu menghadirkan mode Single Take dan Pro untuk video di aplikasi kamera. Selain itu juga terdapat fitur My Filters, Selfie Tone, dan AR Zone.

Fitur Quick Share dan Music Share pun hadir di One UI 2.1. Samsung juga memperbarui AR Emoji, dan Samsung Keyboard mendapatkan fitur penerjemah multibahasa.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov NTT Siapkan Insentif untuk 8.000 Pekerja yang Kena PHK

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Merebaknya Corona (Covid-19) berdampak signifikan terhadap sektor ekonomi dan sosial. Tidak sedikit perusahaan mengalami kerugian yang menyebabkan dirumahkannya sebagian karyawan. Saat ini, sebanyak 8.000 pekerja mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kepala Bagian Keuangan, Zakarias Moruk mengatakan, jumlah pekerja yang di-PHK di NTT mencapai 8.000 pekerja. Jumlah ini diprediksi terus meningkat, mengingat belum dipastikan kapan meredanya Covid-19.

"Jumlahnya mungkin lebih besar dari ini, kami masih terus menginvetarisir jumlah pekerja yang di-PHK. Bagi yang belum terdaftar, diminta untuk melapor, bisa di kabupaten masing-masing," katanya kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Menurut dia, Pemprov NTT akan memberikan insentif terhadap karyawan yang di-PHK. Insentif itu akan disalurkan melalui keringanan kredit, bantuan sosial, dan uang tunai senilai Rp500.000 per bulan.

Sejauh ini, pemerintah sudah merealokasi anggaran senilai Rp150 miliar. Dana itu nantinya, akan disalurkan untuk menopang perekoniman mereka.

Anggaran Pengaman Sosial

Foto : Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat melakukan video konferens bersama Menteri Sosial terkait anggaran bantaun sosia; bagi warga yang terdampak corona (Liputan6.com/Ola Keda)
Foto : Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat melakukan video konferens bersama Menteri Sosial terkait anggaran bantaun sosia; bagi warga yang terdampak corona (Liputan6.com/Ola Keda)

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Benediktus Polo Maing mengatakan, Pemrov NTT telah menyiapkan anggaran hingga Rp105 miliar untuk jaringan pengaman sosial bagi masyarakat miskin maupun bagi pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat penyebaran wabah Covid-19.

Berdasarkan hitungan sementara, ada sekitar 105 ribu kepala keluarga (KK) yang masuk kelompok rentan terdampak covid-19, baik KK miskin, pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja, maupun mereka yang masuk kategori ODP dan PDP.

"Berdasarkan hitungan kami, ada sekitar 8000-an pekerja yang di PHK dan kita sudah membuat skenario jaring pengaman sosial," katanya.

Secara keseluruhan, Pemrov NTT mengalokasikan dana sebesar Rp286 miliar untuk menangani dampak covid-19. Dana ini akan dimanfaatkan untuk pencegahan dan penanganan kesehatan, jaringan pengaman sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Desain Masker Super Konyol

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masker telah menjadi sebuah kebutuhan di kala pandemi Corona ini. Jika masker medis dan masker N95 disarankan untuk tenaga medis, maka WHO merekomendasikan warga untuk mengenakan masker yang terbuat dari kain. 

Namun, ada saja ide kreatif orang-orang di tengah pandemi ini. Banyak individu malah membuat masker super konyol dan membuat siapa pun yang melihatnya tertawa hingga terheran-heran.

Artikel tentang delapan desain masker tak biasa yang bikin bengong menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang kisah haru perawat yang tidak bisa peluk anaknya usai tangani pasien Corona.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Desain Masker Ini Tak Biasa, Bikin Bengong

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

Ada saja beberapa orang yang tetap kreatif dalam situasi pandemi Corona ini. Mereka menciptakan masker-masker unik yang bakal membuat Anda terkagum-kagum.

Selengkapnya...

 

2. 4 Tipe Kepribadian Menurut Ilmu Psikologi, Kamu yang Mana?

ilustrasi zodiak/Photo by Renato Abati from Pexels
ilustrasi zodiak/Photo by Renato Abati from Pexels

Setiap individu sudah pasti memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda-beda. Sudah sepatutnya kalian pun mengetahui karakter diri masing-masing.

Dengan mengenali kepribadian atau karakter diri kalian bisa dengan mudah mengoptimalkan perubahan diri ke arah yang lebih baik dan positif.

Namun tak hanya diri sendiri loh, kalian juga dianjurkan untuk bisa mengerti dan mengetahui kepribadian seseorang. Hal ini untuk membantu memahami lawan bicara pada interaksi sosial dengan orang- orang sekitar.

Selengkapnya...

 

3. Pakai Topeng Mainan Sebagai Pengganti Masker, Ulah Emak-Emak Ini Bikin Ketawa

foto: IG/@Nanank_kusumo
foto: IG/@Nanank_kusumo

Di tengah mewabahnya pandemi Corona Covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah guna meminimalisir penularannya. Namun, bagi yang harus menjalani aktivitas di luar rumah seperti bekerja diwajibkan untuk mengenakan masker.

Sayangnya, saat ini masker menjadi salah satu barang langka. Seperti yang kita ketahui, kini masker sangat dicari oleh banyak orang. Bahkan harganya pun kian meroket. Tak sedikit yang lantas mengakalinya dengan berbagai cara.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Gelombang Kedua Pandemi Corona Covid-19 Mengancam Indonesia

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hasbullah Thabrany selaku Ahli Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia perlu mewaspadai ancaman gelombang kedua penyebaran Corona Covid-19. Untuk menghadapi hal tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menjaga daya tahan tubuh.

Jika menilik pada wabah flu Spanyol yang terjadi kira-kira seabad lalu, memang ancaman munculnya gelombang ikutan setelah serangan pertama patut diwaspadai. "Kembali lagi virus begini memang pengalaman 100 tahun yang lalu juga menunjukkan ada 3 gelombang ya," kata dia, dalam diskusi SmartFM, Sabtu (18/4).

Daya tahan tubuh benar-benar menjadi kekuatan yang bisa dipakai untuk melawan Covid-19. Mengingat hingga saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang ditemukan.

"Untuk menghadapi gelombang itu tidak ada jalan lain sebelum vaksin dan obat ditemui. Dan sekarang sedang berupaya satu-satunya jalan adalah menjaga daya tahan tubuh kita ini sangat penting," katanya.

Jangan Anggap Remeh Covid-19

Selain itu, masyarakat juga harus mampu membuat semacam evaluasi terhadap diri masing-masing. Hal ini penting agar untuk menghindar dari kemungkinan ikut tertular.

"Buat yang muda insya Allah masih lebih aman buat yang tua jangan keluar rumah kecuali dalam posisi sendirian jaga jarak yang jauh," katanya.

Hal yang paling penting, tegas dia, yakni jangan pernah menganggap remeh Covid-19. Misalnya berpikir bahwa daerah tropis tidak akan terjangkit Covid-19.

"Virus itu selalu beradaptasi dengan lingkungan dengan cepat dan kita jangan underestimate (meremehkan) seolah-olah ini akan tidak terlalu berbahaya di negara tropis kan banyak yang begitu ya kita harus mengasumsikan bahwa virus ini sangat berbahaya. Dan kemungkinan besar dia akan kembali," terang dia.

"Oleh karena itu kita harus istilah perang kita harus selalu siap waspada Jangan menganggap remeh. Jangan Anggap enteng suatu ketika ini akan menjadi endemik seperti halnya demam berdarah," imbuhnya.

Salah satu upaya menjaga daya tahan tubuh, kata dia, bisa ditempuh dengan mengonsumsi ramuan herbal, semisal jamu. Sebab, jamu dapat membantu menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh.

"Ya kita punya buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C jambu itu banyak sekali dan itu juga membantu petani kita jadi bagus sekali kearifan lokal kita mengambil hikmahnya saja makan buah-buahan lokal jamu dan sebagainya. Insya Allah membuat daya tahan tapi tidak mengobati. Belum ada bukti untuk mengobati. Jadi jangan salah itu," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com ditayangkan Sabtu, 18 April 2020 20:05

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamilton Tak Punya Rencana Tinggalkan Mercedes

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Lewis Hamilton mengisyaratkan jika dirinya tak memiliki rencana untuk meninggalkan Mercedes yang ia sebut sebagai tim impian setelah kontraknya habis akhir tahun ini.

Pembalap asal Britania Raya itu sebelumnya disebut-sebut akan pindah ke Ferrari. Bahkan CEO Ferrari Louis Carey Camilleri mengatakan pada Desember jika dia tersanjung jika Hamilton telah setuju membahas masa depannya dengan chairman Ferrari John Elkann.

Namun sang pebalap berusia 35 tahun itu hari ini seakan mengakhiri pembicaraan itu dengan menyebut masa depannya tetap bersama Mercedes

"Tak ada impian dengan tim lain. Aku bersama tim impianku," tulis Hamilton di Instagram.

"Tak ada yang mengalangiku, karena aku tak ingin pindah. Aku bersama orang-orang yang aku sayangi sejak hari pertama."

Namun tak lama setelah itu, Hamilton menghapus post yang ia unggah di media sosial tersebut.

Ferrari Pertahankan Vettel

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel (AP Photo/Lim Yong Teck)
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel (AP Photo/Lim Yong Teck)

Respon Hamilton yang menyebut Mercedes sebagai tim terbaik itu muncul setelah peluangnya bergabung dengan Ferrari sirna karena Sebastian Vettel berpeluang besar dipertahankan oleh tim berlogo Kuda Jingkrak tersebut.

Juara dunia empat kali asal Jerman itu juga senasib dengan Hamilton yang kontraknya akan habis akhir tahun ini. Sementara Ferrari telah mengamankan satu bangku untuk Charles Leclerc hingga akhir 2024.

Kalender Balapan Berantakan

(AP/Rick Rycroft)
(AP/Rick Rycroft)

Di saat masa depan Hamilton menjadi salah satu topik utama, musim Formula 1 tahun ini terpaksa tertunda karena pandemi virus corona.

Sembilan balapan pertama yang ada di kalender tertunda dan dibatalkan karena krisis kesehatan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terharu Sang Kekasih Mualaf, Cita Citata Cerita Proses Ucap Syahadat

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cita Citata mengungkapkan kebahagiannya setelah sang kekasih resmi memeluk agama Islam. Ia bahkan mengaku sempat menangis haru usai Roy Geurts secara resmi menjadi seorang mualaf.

"Aku sih nangis ya ngelihatnya. Nangis bahagia, bangga," ujarnya saat dihubungi pada Senin (20/4/2020).

Cita pun mengungkapkan bahwa dirinyalah yang mengajari Roy untuk membaca dua kalimat syahadat. Ia juga mengungkapkan bahwa kekasihnya itu menunjukkan niat yang sangat besar dalam mempelajari agama Islam. 

"Iya (ajari syahadat) alhamdulillah. Karena dia juga menginginkannya ya, bukan cuma pengin menikah atau segala macam karena saya. Dia pengin juga memeluk agama Islam, jadi semangatnya tinggi gitu untuk belajar," lanjutnya.

Disaksikan Dipo Latief

Momen Roy Geurts, kekasih Cita Citata, jadi mualaf. (Sumber: Instagram/@dipoditiro)
Momen Roy Geurts, kekasih Cita Citata, jadi mualaf. (Sumber: Instagram/@dipoditiro)

Cita pun mengungkapkan bahwa tidak banyak orang yang bisa menyaksikan proses pembacaan dua kalimat syahadat yang dilakukan Roy. Ia menuturkan bahwa hanya ada dirinya, Roy dan Dipo Latief sebagai saksi sat prosesi tersebut berlangsung. 

"Dipo itu sama Roy sudah berteman lama sebelum ketemu aku. Jadi sebelumnya memang Dipo ini banyak membantu untuk apa yang menjelaskan tentang Islam ke Roy," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Redbull Depok FC yang Buat Heboh Jagat Maya

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akun Instagram yang mengklaim klub RedBull Depok FC hebohkan jagat maya. Kehadiran klub tersebut digadang-gadang sebagai bagian dari klub Red Bull global. Simak beberapa fakta tentang Redbull Depok FC dalam video berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citra Kirana dan 5 Artis Wanita yang Puasa Perdana dengan Suami di Ramadan 2020

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa bulan suci Ramadan 2020 akan tiba dalam beberapa hari lagi. Menariknya sejumlah selebritas wanita Tanah Air akan menjalani puasa tahun ini bersama suami tercinta, termasuk Citra Kirana.

Citra Kirana dan sejumlah artis wanita Tanah Air memang baru menikah. Dan mereka pun menjadi sorotan publik saat melepas masa lajang.

Waktu pernikahan mereka pun ada yang digelar tahun lalu atau awal tahun ini. Citra Kirana menggelar upacara dan resepsi pada Desember tahun lalu. Namun ada juga yang menggelar tahun ini, persis sebelum pandemi Covid-19.

Tak Cuma Artis Wanita

(Instagram/dibaliklayarorganizer)
(Instagram/dibaliklayarorganizer)

Sebenarnya, ada juga aktor yang baru melepas masa lajangnya, ia adalah Marcell Darwin. Ia dan sang istri, Nabila Faisal, resmi mengikat janji suci pada Januari 2020 lalu. Ini akan menjadi Ramadan pertama bagi Marcell bareng istri.

Bersamaan dengan PSBB

Bulan Ramadan 2020 akan dilalui bersamaan dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Namun, di tengah kondisi buruk yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia, sejumlah artis wanita ini tetap menyambut Ramadan 2020 dengan suka cita. Bahkan, ada juga yang mengaku saat ini sedang dalam kondisi hamil.

Siapa Saja?

Lalu, siapa sajakah para artis wanita yang akan menjalani Ramadan 2020 bersama suami tercinta untuk pertama kalinya? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

1. Citra Kirana

(Instagram/thereal_rezkyadhitya)
(Instagram/thereal_rezkyadhitya)

Ramadan 2020, Citra Kirana akan menjalani puasa bersama sang suami tercinta, Rezky Aditya. Keduanya menikah pada 1 Desember 2019 lalu. Selain berpuasa, keduanya memiliki rencana untuk tarawih di rumah saja mengingat wabah virus Corona Covid-19 masih melanda Indonesia.

2. Cut Meyriska

Cut Meyriska dan Roger Danuarta di acara IFA 2020. (Bambang E Ros/Fimela.com)
Cut Meyriska dan Roger Danuarta di acara IFA 2020. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Sama seperti Citra, Cut Meyriska juga menjalankan ibadah puasa pertama kali dengan sang suami, Roger Danuarta, selama Ramadan 2020 nanti.

3. Siti Badriah

Siti Badriah wujudkan impiannya umrah bareng suami. (Sumber: Instagram/@sitibadriahh)
Siti Badriah wujudkan impiannya umrah bareng suami. (Sumber: Instagram/@sitibadriahh)

Pedangdut Siti Badriah menikah dengan Krisjiana Baharuddin pada 11 Juli 2019 lalu. Keduanya pun sama-sama akan menjalankan ibadah puasa bersama selama Ramadan 2020.

4. Isyana Sarasvati

(Instagram/thebridestory)
(Instagram/thebridestory)

Penyanyi pop Isyana Sarasvati menikah dengan pria pilihannya, Rayhan Maditra, pada Februari 2020. Sehingga, tahun ini Isyana akan menjalankan ibadah puasa pertama bersama suami.

5. Kevin Liliana

Miss International 2017, Kevin Liliana resmi bertunangan dengan Oskar Mahendra yang berbeda usia 10 tahun. (dok. Instagram @kevinlin/https://www.instagram.com/p/BzDQurmhdjn/Dinny Mutiah)
Miss International 2017, Kevin Liliana resmi bertunangan dengan Oskar Mahendra yang berbeda usia 10 tahun. (dok. Instagram @kevinlin/https://www.instagram.com/p/BzDQurmhdjn/Dinny Mutiah)

Kevin Liliana siap menjalani Ramadan pertama bersama suami yang baru saja menikahinya pada 2 Februari 2020, Oskar Mahendra.

6. Vanessa Angel

7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)
7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)

Vanessa Angel juga merasakan Ramadan pertama bersama suaminya, Bibi Ardiansyah. Tak hanya itu, Vanessa juga saat ini sedang mengandung si buah hati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Jaga Imunitas Kuat Selama Puasa di Masa Pandemi Corona COVID-19

Posted: 20 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga imunitas menjadi hal penting saat Ramadan di masa-masa pandemi COVID-19.

Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat, menurut Sekretaris Fatwa MUI DR KH Asrorun Niam, akan mendatangkan kesehatan bagi tubuh.

"Seperti hadist shahih Rasullah Shalallahu Alaihi Wassalam, berpuasalah kalian niscaya akan mendatangkan kesehatan," kata Asrorun.

"Tentu saja dengan ketentuan puasa yang memerhatikan aspek tuntunan makan makanan yang seimbang dan menyegerakan berbuka dengan yang manis," Asrorun melanjutkan.

Tidak lupa dengan memperbanyak air putih, dan tidak berlebihan saat menyantap makanan sahur.

"Ada barokah di dalam sahur bersama keluarga. Kita bisa membicarakan banyak hal bersama-sama pada saat itu," ujarnya.

 

Di Rumah Aja Selama Pandemi COVID-19 di Bulan Ramadan

Ramadan (sumber: iStock)
Ramadan (sumber: iStock)

Akibat pandemi COVID-19 di Indonesia, banyak dari kita yang mungkin akan cukup lama berada di rumah saja dan kerja dari rumah.

Itu pun bisa dijadikan momentum untuk memperbanyak zikir bersama-sama, guna melahirkan ketenangan.

"Ibnu Sina menegaskan bahwa ketenangan yang dimiliki oleh seseorang akan melahirkan imunitas," katanya.

"Dan sebaliknya, kepanikan akan melahirkan penyakit. Akan tetapi, penyakit ini akhirnya mengirimkan kita untuk lebih dekat sama Allah, karena doa-doa yang kita panjantkan," Asrorun menambahkan.

 

Ibadah di Rumah

Ceramah Tentang Puasa Ramadan (sumber: iStock)
Ceramah Tentang Puasa Ramadan (sumber: iStock)

Lebih lanjut, MUI mengajak umat Islam untuk menjaga keamanan diri dan juga keamanan orang lain dengan melaksanakan ibadah dengan tetap mematuhi protokol sehat.

Kita harus memastikan segala aktivitas yang dikerjakan jangan sampai membuat tetangga takut. Pastikan tidak terjadinya potensi penularan.

"Selain itu, pastikan juga tetangga yang terkena dampak tidak mengalami kesulitan, dengan cara menyisihkan harta yang kita punya," katanya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona COVID-19, Kanguru Australia-Kambing Inggris Berkeliaran di Permukiman

Posted: 20 Apr 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Melbourne - Pada Minggu 19 April 2020, di Adelaide Australia Selatan, seekor kanguru terlihat melompat-lompat melalui jalan-jalan sepi di pusat kota. Wilayah itu bukan kota kecil tapi kota pesisir yang berpenduduk lebih dari 1,2 juta orang, namun kini tengah dalam masa lockdown akibat Virus Corona COVID-19.

Kanguru itu terlihat oleh Polisi Australia Selatan di CCTV. Seorang juru bicara mengatakan marsupial itu lolos dari kecelakaan di jalan, sebelum menuju ke lahan parkir.

"Itu cukup unik," kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa kemungkinan kondisi sepi akibat lockdown karena Virus Corona baru Adelaide yang menarik perhatian si kanguru ke pusat kota.

Semua warga Australia diharuskan untuk tinggal di rumah kecuali untuk alasan penting, seperti membeli bahan makanan atau mencari perawatan medis. Pertemuan pun terbatas untuk dua orang di ruang publik, dan semua area luar ruangan umum, termasuk taman bermain, ditutup.

Aturan pembatasan ini sedang diterapkan di seluruh dunia karena pandemi Virus Corona baru, penutupan bisnis, langkah-langkah kerja jarak jauh dan pesanan tetap di rumah membuat orang-orang tak berada di jalanan.

Kambing di Inggris Berkeliaran

Ilustrasi kambing (iStock)
Ilustrasi kambing (iStock)

Sementara itu, di Provinsi Phuket Thailand, jumlah sarang penyu di beberapa pantai telah mencapai ketinggian tak biasa.

Pengawas Yayasan Kura-kura Laut Mai Khao, Kanokwan Homcha-ai, mengatakan pada hari Senin bahwa peningkatan kemungkinan akan terjadi karena lockdown diterapkan sejak bulan Maret

Phuket adalah pulau paling populer di Thailand, dan menjadi objek wisata utama. Kemudian menjadi hotspot untuk wabah Virus Corona jenis baru negara itu, kini tengah dalam lockdown ketat. Sekarang, para turis pergi dan jalan-jalan kosong - begitu pula pantai dan garis pantai.

Homcha-ai mengatakan tindakan pencegahan meluasnya Virus Corona baru dapat memiliki efek positif jangka panjang untuk spesies lain dan lingkungan, karena kehidupan laut memiliki lebih banyak waktu untuk regenerasi yang tidak terganggu oleh aktivitas manusia.

Dan di Wales Inggris pada akhir Maret, sekelompok kambing meninggalkan rumah mereka di Great Orme, dan berkeliaran di sekitar kota pesisir utara Llandudno.

Jalanan sepi setelah pembatasan baru pada gerakan sosial sepertinya membuat kawanan kambing gembira mengisi wilayah kosong dari manusia.

Video dan gambar yang dibagikan secara online menunjukkan kambing-kambing yang merumput di rumput dari halaman gereja, hamparan bunga, dan properti tempat tinggal.

Saksikan juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Wajib Militer, Son Heung-min Sudah Tiba di Military Boot Camp

Posted: 20 Apr 2020 08:55 PM PDT

London - Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min sudah tiba di kamp pemusatan latihan militer di Pulau Jeju, Korea Selatan, untuk menjalani wajib militer (wamil).

Sebelumnya, Son Heung-min sudah megikuti wajib karantina di London selama dua pekan. Setelah itu, ia meminta izin kepada manajemen Spurs untuk terbang ke Korea Selatan hingga pertengahan Mei.

Son seharusnya mengikuti wajib militer pada musim panas ini. Namun, pandemi virus corona COVID-19 membuat pemerintah Korea Selatan menundanya pada akhir April 2020.

Pada 2018, Son Heung-min dan seluruh penggawa Timnas Korea Selatan mendapatkan pemotongan durasi waktu wajib militer usai memenangi medali emas Asian Games Jakarta-Palembang.

Durasi wajib militer yang dijalani Son berlangsung selama tiga pekan. Pemain berusia 27 tahun itu ditempatkan di divisi angkatan laut (marines).

Alasan Wamil di Jeju

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Norwich City pada pekan ke-24 Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (22/1/2020). Dele Alli dan Son Heung-min mencetak gol untuk membawa Tottenham Hotspur menang 2-1 atas Norwich City. (AP/Matt Dunham
Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-Min merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Norwich City pada pekan ke-24 Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (22/1/2020). Dele Alli dan Son Heung-min mencetak gol untuk membawa Tottenham Hotspur menang 2-1 atas Norwich City. (AP/Matt Dunham

Kapten Timnas Korea Selatan itu berharap agar tak ada fans yang berkerumun di area kamp di mana dia berada, khususnya saat ia tiba dan masuk kamp.

Hal itu ia sampaikan melalui akun media sosial SNS.

"Sangat penting menjauhi kerumunan di masa COVID-19 seperti sekarang dan mematuhi imbauan pemerintah terkait penanganan COVID-19. Untuk alasan itu, saya memutuskan untuk masuk kamp secara pribadi," tulisnya.

Sementara terkait lokasi wamil, disebutkan bahwa hal itu karena alamat tempat tinggal Son Heung-min saat ini adalah di Jeju. Jadi, wajar apabila dia menjalani wamil di area di mana dia tinggal.

Son Heung-min sudah mendapat izin dari Tottenham Hotspur untuk menjalani wamil ini. Terlebih kompetisi Premier League masih ditunda setidaknya hingga waktu yang belum ditentukan.

Sumber: Evening Standard, Yonhap

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Gregah Nurikhsani, published 21/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nilai Tukar Rupiah Tertekan Sentimen Penurunan Harga Minyak Dunia

Posted: 20 Apr 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) Bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini. Pelemahan rupiah ini karena terpengaruh penurunan harga minyak dunia.

Mengutip Bloomberg, Selasa (21/4/2020), rupiah dibuka di angka 15.506 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.412 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah ke 15.580 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.500 per dolar AS hingga 15.580 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,36 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.643 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.543 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah Selasa pagi terkoreksi seiring harga minyak dunia yang anjlok. "Sentimen negatif membayangi pergerakan harga aset berisiko pagi ini. Indeks saham Asia terlihat tertekan," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

Menurut Ariston, tertekannya aset berisiko karena penurunan harga minyak AS untuk kontrak Mei yang akan kadaluwarsa hari ini. Pada perdagangan semalam, harga minyak turun di bawah nol dolar AS karena banyak trader menolak menerima pengiriman minyak fisik akibat tidak adanya tempat penyimpanan yang kosong.

"Penurunan ini mengindikasikan ekonomi global masih tertekan karena wabah corona, sehingga kebutuhan minyak mentah sebagai sumber energi jauh berkurang," ujar Ariston.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun hingga ke zona negatif untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Produsen minyak Amerika telah kehabisan tempat untuk menampung minyak akibat kelebihan suplai yang disebabkan turunnya permintaan akibat terdampak pandemi.

Harga penutupan kontrak berjangka WTI periode Mei 2020 minus 37,63 dolar AS per barel pada perdagangan kemarin. Namun sudah kembali rebound ke zona positif 0,46 dolar AS per barel pagi ini.

Sementara untuk harga kontrak berjangka WTI Juni 2020 berada di level 21,46 dolar AS per barel. Harga minyak Brent ikut melemah 8,9 persen ke level 25,57 dolar AS per barel.

Ariston memperkirakan nilai tukar rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran 15.350 per dolar AS hingga 15.550 per dolar AS.

Rupiah Ditutup Menguat Usai S&P Pertahankan Peringkat Utang Indonesia

Teller menunjukkan mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar Rupiah masih melanjutkan tren positifnya terhadap Dolar AS hingga Senin sore (20/4). Dikutip dari Bloomberg, mata uang garuda meroket hingga 52 poin ke level Rp 15.412 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, faktor eksternal masih menjadi dalang utama tren positif penguatan nilai tukar Rupiah ditengah pandemi virus covid-19, setelah lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) Global Rating mempertahankan Sovereign Credit Rating atau peringkat utang Indonesia tetap BBB/A-2.

Dalam laporannya S&P juga menurunkan prospek (outlook) utang Indonesia dari sebelumnya stabil menjadi negatif. Setelah melihat adanya peningkatan risiko seperti posisi eksternal Indonesia yang mulai melemah akibat melebarnya budget defisit yang ditetapkan menjadi 5,07 persen dari produk domestik bruto (PDB).

"Namun, penurunan rating tersebut masih cukup bagus buat pasar obligasi dalam negeri sehingga arus modal kembali masuk ke pasar valas dan obligasi. Ini mengindikasikan bahwa fundamental ekonomi Indonesia cukup bagus ditengah wabah corona," kata Ibrahim melalui sambungan telepon, Senin (20/4/2020).

Selain itu, adanya rencana pembukaan lockdown atau karantina wilayah yang diusulkan Presiden Donald Trump demi perbaikan ekonomi AS ikut memberi sentimen positif terhadap nilai tukar rupiah di pasar spot. Bahkan mata uang garuda diprediksi kembali menguat di level Rp 15.320 hingga Rp 15.500 per USD pada Selasa (21/4).

Mengingat kondisi fundamental ekonomi Indonesia terbilang cukup gemilang di tengah ancaman virus asal kota Wuhan. Setelah pemerintah menggelontorkan berbagai paket stimulus untuk menggairahkan ekonomi nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Kuitansi Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Kota Tangerang, Ombudsman Turun Tangan

Posted: 20 Apr 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Ketua Ombudsman Banten Dedy Irsan mengamini adanya laporan tentang kuitansi senilai Rp 15 juta untuk pembayaran pemulasaran jenazah dari RS Bhakti Asih dan menggunakan peti jenazah beserta tim Covid-19. Dalam kuitansi tersebut tertulis tujuan dimakamkan di tanah 100 Ciledug, Kota Tangerang.

Menurut Dedy, laporan itu saat ini ramai diperbincangkan di media sosial. Sebab, sepengetahuannya biaya pemulasaran dan pemakaman korban meninggal Covid-19 tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

"Ini merupakan bencana nasional non-alam yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan telah diinstruksikan hingga ke pemerintah daerah kabupaten dan kota bahwa semua biayanya akan ditanggung oleh pemerintah," jelas dia saat dikonfirmasi, Selasa (21/4/2020).

Dedy melanjutkan, pihaknya akan meminta keterangan kepada beberapa pihak terkait seperti Tangerang Ambulance Service dan juga RS Bhakti Asih untuk hal terkait.

"Kita ingin tahu persoalan sebenarnya seperti apa hingga terjadi keluarga pasien menggunakan jasa ambulan swasta untuk penanganan korban Covid-19," jelas dia.

Selain itu, sambung Dedy, Ombudsman Banten juga akan menggali keterangan dari Pemerintah Kota Tangerang terkait pengawasan yang dilakukan terhadap rumah sakit yang sudah dijadikan rujukan Covid-19 di Kota Tangerang.

"Tiap wilayah sudah ada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Seharusnya kan pemerintah kota memiliki kendali terkait penangan Covid-19 ini," heran dia.

Pemkot Tangerang Abai

Dedy menduga, Pemkot Tangerang telah abai sehingga ada keluarga pasien korban meninggal covid-19 yang akhirnya merogoh kocek senilai Rp 15 juta untuk biaya pemulasaran jenazah aggota keluarganya sendiri.

"Jadi kami masih cari lebih detail dari pihak terkait, di mana koordinasi yang tidak berjalan, kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi," dia menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spanyol Lockdown, Rafael Nadal Frustrasi Tak Bisa Latihan

Posted: 20 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Rafael Nadal merasa frustasi karena tak bisa latihan di tengah pandemi virus corona, sementara Roger Federer senang dengan proses pemulihan dirinya pascaoperasi lutut.

Pemerintah Spanyol memperpanjang status darurat krisis virus corona hingga 9 Mei nanti, mengharuskan setiap warganya tinggal di rumah kecuali mereka yang bekerja di sektor tertentu.

"Saya tak terlalu paham karena kami tak bisa bermain tenis ketika banyak orang pergi bekerja dan bahkan lebih tak paham lagi di olahraga kami, di mana kami menjaga jarak yang cukup lebar dan kami bermain di sisi lapangan yang berbeda," kata petenis nomor dua dunia itu di sesi Live Instagram.

"Tapi saya mengerti jika kami berada di situasi kritis, jika pemerintah sedang menghadapi apa yang belum pernah terjadi sebelumnya dan saya juga paham jika hal terakhir yang mereka pikirkan adalah siapa yang bisa berlatih dan siapa yang tidak."

"Saya memahami situasi ini dan tentunya ada banyak hal yang tidak logis, tapi kita harus menerima aturan ini," ucap Nadal.

Nadal mengobati kerinduan dengan fan lewat sesi Live Instagram itu di mana ia juga berbicara kepada Roger Federer dan Andy Murray soal pengalaman mereka selama lockdown.

 

Banyak Turnamen Ditunda

Petenis Spanyol, Rafael Nadal (AFP Photo/William West)
Petenis Spanyol, Rafael Nadal (AFP Photo/William West)

Musim kompetisi tenis terpaksa tertunda karena krisis kesehatan itu, juga Wimbledon yang harus dibatalkan untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II. Sementara French Open, Grand Slam favorit Nadal, diundur ke 20 September.

"Saya tak bermain tenis, saya tak punya lapangan di rumah dan saya sedikit merindukannya," kata Nadal.

"Saya tetap menjalankan latihan fisik. Mereka mengirim sejumlah alat dari gym sebelum lockdown dimulai, jadi saya mencoba untuk sedikit berlatih pada pagi hari, dan di siang hari. Sangat penting untuk menjaga kepala dan badan tetap fokus dan itu yang saya coba lakukan setiap saat."

Lutut Federer

(AP/Eduardo Munoz Alvarez)
(AP/Eduardo Munoz Alvarez)

Sementara Federer memberi kabar terkini soal lutut kanannya yang dioperasi pada Februari lalu. "Saya tak bisa berlatih dan masih rehabilitasi lutut," kata Federer.

"Tak apa-apa, saya melewatkan enam pekan pertama dengan sangat baik, kemudian semuanya berjalan lebih lambat, sekarang terasa lebih baik lagi dan aku memiliki banyak waktu."

"Tak ada stress, tak buru-buru. Hanya ada hal positif (di saat lockdown). Saya hanya ingin lutut ini sembuh, tak peduli kapan saya bisa kembali."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjual Pupuk Bersubsidi Diimbau Menjual Sesuai HET

Posted: 20 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) mengimbau distributor dan pengecer atau penyalur menjual pupuk bersubsidi sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditentukan pemerintah. Bila melanggar, maka akan dikenakan sanksi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pupuk merupakan elemen penting dalam kegiatan pertanian di Indonesia. Oleh karena itulah pemerintah membuat regulasi mengenai peredaran hingga mengenai harga pupuk yang ada di pasaran.

"Pemerintah juga memiliki pogram subsidi pupuk untuk membantu meringankan beban petani. Beberapa jenis pupuk yang mendapatkan subsidi antara lain adalah pupuk urea, SP-36, ZA, NPK, dan organik," kata Mentan SYL.

Kementan pun terus mensosialisasikan HET pupuk bersubsdi. Agar petani dan masyarakat bisa turut mengawasi, perlu diketahui macam-macam pupuk bersubsidi dengan harga eceran yang ditetapkan.

HET yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 1.800 per Kg untuk Urea, Rp 2.000 per Kg untuk SP-36, Rp 1.400 per Kg untuk ZA, Rp 2.300 per Kg untuk NPK, Rp 3.000 per Kg untuk NPK berformula khusus, dan Rp 500 per Kg untuk organik.

"HET tersebut berlaku untuk pembelian oleh petani di kios resmi pupuk secara tunai, dan dalam zak utuh dengan volume 50 Kg untuk pupuk jenis Urea, SP-36, ZA, dan NPK, serta 40 Kg untuk pupuk jenis organik," sebut Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menambahkan, produsen pupuk agar menyimpan stok hingga kebutuhan dua minggu ke depan.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah kelangkaan saat terjadi lonjakan permintaan di musim tanam," tegas Sarwo Edhy.

Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi ini, lanjut Sarwo Edhy, nantinya para petani diharuskan memiliki kartu tani yang terintegrasi dalam Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

"Kartu tani akan berisi mengenai kuota yang sesuai dengan data e-RDKK yang diinput petani." kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy menyampaikan, distributor dan penyalur pupuk bersubsidi yang kedapatan melakukan kecurangan harga akan ditindak tegas. Sebab hal tersebut mengganggu prinsip penyaluran enam Tepat, yakni tepat jumlah, waktu, tempat, jenis, mutu dan harga.

"Distributor dan kios-kios yang tidak menyalurkan pupuk bersubsidi dengan jujur akan ditindak tegas. Sebagai sanksi, izin distribusi atau penyaluran bisa saja dicabut. Setiap tindakan penyelewengan pupuk bersubsidi dapat dijerat hukuman pidana maksimal lima tahun penjara," ujar Sarwo Edhy.

Sementara, Kepala Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana menambahkan, penugasan penyaluran pupuk bersubsidi diatur oleh Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian secara nasional mulai dari Lini I sampai dengan Lini IV dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2020 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun anggaran 2020, Juncto Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2020.

"Kedua aturan tersebut menjelaskan tentang syarat, tugas dan tanggung jawab dari produsen, distributor dan penyalur atau pengecer hingga HET pupuk bersubsidi yang wajib diikuti oleh distributor dan pengecer ketika menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani," terangnya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga mengimbau petani yang telah terdaftar dalam e-RDKK agar hanya membeli pupuk bersubsidi di kios-kios resmi.

"Sehingga petani bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan HET," imbuh Wijaya.

Wijaya menerangkan,kebijakan aturan yang menerangkan tentang keberadaan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) yang merupakan wadah koordinasi instansi terkait dalam pengawasan pupuk dan pestisida yang dibentuk Gubernur pada tingkat propinsi dan Bupati/Walikota untuk tingkat Kabupaten atau Kota.

"Untuk itu, Pupuk Indonesia bersama sejumlah pihak terkait seperti Kementerian Pertanian, Pemerintah Daerah dan aparat hukum terus berkoordinasi melakukan pengawasan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi agar sesuai aturan," pungkasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: