Sabtu, 25 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tangan Kanan Solskjaer Beberkan Formasi Andalan MU Musim Ini

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Mike Phelan membeberkan formasi terbaik yang sesuai dengan MU musim ini. Asisten manajer Ole Gunnar Solskjaer itu merasa formasi 4-3-3 paling pas dengan Fred dan kawan-kawan.

MU menggunakan beragam formasi musim ini. Solskajer tak punya formasi baku dalam setiap laga, seperti 3-4-3, 3-5-2, hingga 4-3-3.

Meski demikian perubahan formasi itu terbilang cukup sukses. Setan Merah berada di posisi kelima klasemen Liga Inggris dengan 45 poin dari 29 laga.

"Tim pelatih selalu punya formasi yang fleksibel. Kami juga tahu kapan formasi itu harus diubah," ujar Phelan seperti dilansir Manchester Evening News.

"Untuk sekarang kami pikir formasi paling pas adalah 4-3-3. Hal ini sesuai dengan stok pemain MU yang ada," ujarnya menambahkan.

 

Ubah Formasi

Anthony Martial (kanan) rayakan golnya ke gawang Burnley (OLI SCARFF / AFP)
Anthony Martial (kanan) rayakan golnya ke gawang Burnley (OLI SCARFF / AFP)

Phelan juga menyebut dalam satu laga, Solskjaer bisa mengubah formasi secara mendadak. Salah satunya saat MU mengalahkan Chelsea, Februari lalu.

"Saat melawan Chelsea kami awalnya ingin menurunkan dua striker. Namun kami tidak ingin memakai formasi 4-4-2," kata Phelan.

"Akhirnya kami memakai formasi 3-5-2 dan sukses. Para pemain juga terlihat menikmati dengan formasi tersebut."

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti Italia Deteksi Virus Corona COVID-19 dalam Partikel Polusi Udara

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan masih mencari tahu sifat pasti dari virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Termasuk kemungkinannya untuk bertahan di udara.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Italia mendeteksi adanya virus corona dalam partikel-partikel di polusi udara. Namun belum diketahui apakah mereka bisa hidup stabil dan berpotensi menyebarkan penyakit melalui udara karena studi ini masih pada tahap awal.

Pimpinan studi Leonardo Setti dari University of Bologna mengatakan mereka mengumpulkan sampel polusi udara di luar ruangan dari sebuah daerah pemukiman dan satu wilayah industri di Bergamo untuk mengidentifikasi adanya gen COVID-19 dari berbagai sampel.

Setti mengatakan, penelitian ini penting untuk mencari tahu apakah virus ini bisa dibawa lebih luas oleh polusi udara.

"Jika kita tahu, kita bisa menemukan solusinya. Namun jika kita tidak tahu, kita hanya akan menderita konsekuensinya," kata Setti seperti dikutip dari The Guardian pada Minggu (26/4/2020).

Belum Ada Kaitan Polusi Udara dengan Penyebaran Wabah

Ilustrasi polusi udara. (iStockphoto)
Ilustrasi polusi udara. (iStockphoto)

Dalam abstraksinya di medRxiv, Setti dan rekan-rekannya mengatakan bahwa studi masih terus dilanjutkan.

"Saat ini, tidak ada asumsi yang bisa dibuat mengenai korelasi antara keberadaan virus pada PM (Particulate Matter) dan perkembangan wabah COVID-19," tulis para peneliti.

Namun, Profesor Frank Kelly dari Imperial College London mengatakan meski gagasan ini menarik dan mungkin terjadi, ia ingin melihat ada penelitian lain yang dilakukan oleh dua atau tiga kelompok lainnya.

Terkait studi di Italia, Profesor Jonathan Reid dari Bristol University, Inggris mengatakan bahwa tidak terlalu mengejutkan apabila ada kemungkinan virus bisa melayang di udara.

"Percikan-percikan kecil dapat bergabung dengan partikel-partikel di perkotaan dan terbawa," kata ilmuwan yang juga meneliti kemungkinan penularan COVID-19 lewat udara tersebut.

Studi Lain Terkait Polusi Udara dan Virus Corona

Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (hijau) yang dikultur di laboratorium.  Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)
Gambar menggunakan mikroskop elektron yang tak bertanggal pada Februari 2020 menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 (oranye) muncul dari permukaan sel (hijau) yang dikultur di laboratorium. Sampel virus dan sel diambil dari seorang pasien yang terinfeksi COVID-19. (NIAID-RML via AP)

Penelitian terkait mengenai hubungan virus corona penyebab COVID-19 dengan polusi udara juga dilakukan oleh beberapa ilmuwan lain. Salah satunya dimuat di The Journal of Infection oleh Antonio Frontera, Claire Martin, Kostantions Vlachos, dan Giovanni Sgubin.

"Hipotesis kami adalah bahwa atmosfer, polusi udara yang kaya, bersama-sama dengan kondisi iklim tertentu dapat mempromosikan partikel virus yang lebih awet di udara sehingga mendukung difusi 'tidak langsung' di samping yang secara langsung (individu ke individu)," tulis para peneliti dikutip dalam catatannya di laman US National Library of Medicine National Institutes of Health.

"Oleh karena itu kami mendorong penyelidikan lebih lanjut yang berfokus pada peran aspek-aspek ini dalam perkembangan wabah COVID-19 di wilayah tinggi industri."

Mereka menambahkan, studi semacam ini bisa menjadi antisipasi terhadap kondisi tertentu sehingga memungkinkan langkah-langkah mitigasi yang tepat waktu di wilayah-wilayah kritis.

"Ini dapat memperkuat kebutuhan untuk mengurangi tingkat polusi udara sebagai bagian dari langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dan infeksi lainnya."

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Penerapan PSBB Sidoarjo Bakal Berlaku di 18 Kecamatan

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Sidoarjo akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi 18 kecamatan dari sebelumnya 14 kecamatan.

Selain itu, Kabupaten Sidoarjo akan memberlakukan jam malam, yakni pukul 21.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB saat PSBB. Penerapan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menuturkan, pada saat jam malam tersebut aktivitas warga sudah berhenti, kecuali keadaan darurat.

Artikel penerapan PSBB Sidoarjo bakal berlaku di 18 kecamatan menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler yang dirangkum pada Minggu, (26/4/2020):

1.Penerapan PSBB Sidoarjo Bakal Berlaku di 18 Kecamatan

Kabupaten Sidoarjo akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi 18 kecamatan dari sebelumnya 14 kecamatan.

Selain itu, Kabupaten Sidoarjo akan memberlakukan jam malam, yakni pukul 21.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB saat PSBB. Penerapan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menuturkan, pada saat jam malam tersebut aktivitas warga sudah berhenti, kecuali keadaan darurat.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Update Corona COVID-19 pada 25 April 2020 di Jatim: Pasien Positif Bertambah 78 Orang

Kasus positif Corona COVID-19 bertambah cukup signifikan di Jawa Timur (Jatim). Data terbaru ada 78 orang yang terkonfirmasi positif sehingga total mencapai 768 kasus.

78 kasus Corona COVID-19 tersebut berasal masing-masing satu pasien dari Kabupaten Lumajang, Kota Batu, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Gresik,Kabupaten Banyuwangi, Kota Probolinggo,  Kota Malang, dan Kabupaten Lamongan.

Selain itu, tujuh pasien di Kabupaten Sidoarjo, dua di Kota Kediri, 41 di Kota Surabaya, empat di Kabupaten Malang, dan 16 di Kabupaten Magetan.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Simak Poin Penting Pelaksanaan PSBB di Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya meminta warganya untuk memperhatikan beberapa poin penting dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 16/2020 Tentang Pedoman PSBB di Surabaya.

Pelaksanaan PSBB di Surabaya Raya yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik diberlakukan pada 28 April hingga 11 Mei 2020. Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M Fikser menuturkan, Perwali 16/2020 yang sudah ditandatangani Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, pada 24 April 2020 itu berisi beberapa poin penting dalam upaya pencegahan penularan  Covid-19 di Surabaya.

"Perwali itu langsung kami sosialisasikan hingga Senin 27 April 2020. Kemudian pada Selasa 28 April 2020 hingga Senin 11 Mei 2020 langsung pelaksanaan PSBB-nya," ujar Fikser, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 25 April 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Konyol Penumpang KM Fungka 8 Jatuh Tenggelam di Laut Banggai Gara-Gara Miras

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banggai Seorang penumpang Kapal Motor (KM) Fungka 8, jatuh dan hilang tenggelam di laut di Kabupaten Banggai dan hingga Sabtu (25/4/2020) belum ditemukan petugas SAR. Ironisnya dugaan korban terjatuh terbilang konyol, karena mabuk usai minum minuman keras di atas kapal.

Kejadian itu terjadi pada Jumat (24/4/2020) saat KM Fungka 8 tengah berlayar dari Pelabuhan Salakan menuju Luwuk. Penumpang tersebut jatuh dan tenggelam sekitar pukul 18.30 Wita atau 30 menit sebelum kapal sandar di pelabuhan tujuan.

Usai menurunkan penumpang di pelabuhan, kru kapal mulai mencari korban. Namun hingga pukul 00.16 Wita tidak berhasil menemukan.

"Informasi baru kami terima pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.30 Wita, kejadian terjadi pada jumat," kata Kepala Basarnas Palu, Basrano, Sabtu (25/4/2020).

Basrano melanjutkan berdasarkan keterangan Kapten KM Fungka 8, sesaat sebelum jatuh, korban diketahui minum minuman keras.

"Sesuai keterangan Kapten Kapal tersebut penyebab korban jatuh diduga karena mabuk. Pencarian sempat dilakukan sesaat setelah kejadian tapi belum berhasil," Basrano menambahkan.

Sabtu pagi dengan menggunakan KM Fungka 8 pencairan kembali dilakukan petugas SAR gabungan menggunakan metode pencarian paralel dengan luas area pencarian 33,9 Nm. Selain petugas Basarnas dan kru KM Funga 8, potensi SAR yang terlibat mencari korban tenggelam yakni Polsek Luwuk, Pos AL, dan Polair setempat. Hingga Sabtu (25/4/2020) pukul 17.00 Wita, korban belum berhasil ditemukan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Jembatan Bersejarah Usia 190 Tahun Dirobohkan

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah jembatan berusia 190 tahun dirobohkan di India. Jembatan ini dibangun pada awal era penjajahan Inggris dan dibuka pada 10 November 1830.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telegram Siapkan Layanan Group Video Call di Tahun Ini

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas layanan video call tidak dimungkiri tengah naik di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal ini tidak lepas dari imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, termasuk bertemu dengan orang lain.

Oleh sebab itu, dalam beberapa bulan terakhir, banyak penyedia layanan video call berlomba-lomba meningkatkannya layanannya. Salah satu yang diketahui akan melakukan hal tersebut adalah Telegram.

Saat ini, aplikasi aplikasi asal Rusia itu memang memiliki layanan video call. Namun dengan  kebutuhan video call yang terus meningkat, Telegram akhirnya berencana untuk fitur tersebut di aplikasinya.

"Video call di 2020 sama seperti aplikasi olah pesan di 2013. Namun, hanya ada dua pilihan, aman atau nyaman, tidak keduanya. Untuk itu, kami ingin mengatasi hal tersebut, dan fokus menghadirkan layanan group video call yang terjamin di 2020," tulis perusahaan seperti dikutip dari blog-nya, Minggu (26/4/2020).

Sayang, Telegram tidak menyebutkan lebih lanjut tentang rencananya tersebut. Karenanya, informasi mengenai jumlah anggota atau seperti apa kemampuan video call ini, masih perlu menunggu pengumuman resmi dari perusahaan.

Sebagai informasi, pengumuman fitur baru ini sebenarnya dilakukan bersamaan dengan capaian yang diperoleh Telegram hingga sekarang. Menurut data terbaru, aplikasi ini sudah memiliki 400 juta pengguna aktif bulanan, naik dari tahun lalu sebesar 300 juta.

Selain itu, setiap hari setidaknya ada 1,5 juta pengguna baru yang mendaftar di Telegram. Berbekal hal tersebut, Telegram pun menjadi aplikasi media sosial nomor satu yang paling banyak diunduh di lebih dari 20 negara.

Telegram Rilis Sejumlah Inisiatif untuk Sebar Informasi Terpercaya Soal Covid-19

Logo Aplikasi Telegram
Logo Aplikasi Telegram

Telegram baru saja mengumumkan sejumlah inisiatif untuk mendukung penyebaran informasi yang benar mengenai Covid-19 di aplikasi. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatkan kemampuan Telegram Channel yang dimilikinya.

Adapun cara yang dimaksud adalah menyediakan Telegram Channel yang berasal dari sumber terpercaya dan resmi. Salah satu yang dilakukan adalah verifikasi Channel resmi yang diperbarui.

Dikutip dari blog Telegram, Senin (6/4/2020), Telegram kini mempermudah akses untuk instansi atau media yang ingin memperoleh verifikasi di platformnya.

Jadi, kini instansi atau media yang sudah terverifikasi di media sosial lain, tinggal mengontak akun @VerifyBot untuk mendapatkan lencang biru.

"Untuk membantu pengguna membedakan sumber terpercaya dan berita palsu, kami meluncurkan proses verifikasi yang lebih efisien mulai sekarang," tulis perusahaan.

Tidak hanya itu, Telegram juga akan mengirimkan notifikasi ke seluruh pengguna di negara yang sudah memiliki akun resmi di platformnya. Untuk itu, aplikasi asal Rusia ini membuka kesempatan untuk otoritas negara bergabung.

Telegram juga menghadirkan kanal khusus untuk dimunculkan sebagai teratas dari pencarian keyword yang berhubungan dengan virus corona. Kanal ini berisi sumber resmi sejumlah Kementerian Kesehatan sejumlah negara.

Bos Telegram: WhatsApp Itu Berbahaya

Bos Telegram, Pavel Durov menyambangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Selasa (1/8/2017). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)
Bos Telegram, Pavel Durov menyambangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Selasa (1/8/2017). (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Terlepas dari fitur anyar tersebut, rivalitas Telegram dan WhatsApp sendiri masih kental. Bahkan, bos sekaligus pendiri Telegram Pavel Durov menyebut WhatsApp sebagai aplikasi berbahaya.

Hal ini diumumkan oleh Durov dalam sebuah unggahan blog yang kemudian dibagikan kepada followers akun Telegram-nya.

Mengutip laman Digital Trends, Durov menuding WhatsApp patut disalahkan dan harus memperbaiki diri. Ia juga mengatakan, fitur enkripsi end-to-end yang digembar gemborkan WhatsApp tidak berguna.

Pria asal Rusia ini menyebut, fitur enkripsi dinilai tidak bisa melindungi keamanan pengguna dari peretasan.

"WhatsApp memakai kata-kata enkripsi end-to-end sebagai mantra ajaib yang seharusnya membuat komunikasi aman. Namun, teknologi ini bukan peluru yang menjamin privasi pengguna dengan sendirinya," kata Durov.

Terpenting, Durov mengklaim bahwa bug keamanan pada WhatsApp menciptakan backdoor yang sengaja ada untuk mematuhi dan menenangkan lembaga penegak hukum.

Dengan begitu, kata Durov, jejaring sosial ini bisa melakukan bisnis tanpa gangguan di Iran dan Rusia.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonom CIMB Niaga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 di Angka 1,8 Persen

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala ekonom PT Bank CIMB Niaga Tbk Adrian Panggabean memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini bakal berada di kisaran 1,8 persen. Sementara untuk laju inflasi bertengger di angka 2,7 persen.

"Saya proyeksikan pertumbuhan ekonomi di 1,8 persen. Inflasi 2,7 persen apakah ini pesimistis atau optimistis," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Minggu (26/4/2020). 

Untuk target petumbuhan ekonomi tersebut sanhat jauh di bawah asumsi makro APBN 2020 yang berada di angka 5,3 persen. Namun untuk prediksi inflasi berada di kisaran target pemerintah yang ada di angka 3,5 persen plus minus 1 persen.

Adrian melanjutkan, prediksi yang dia berikan ini cukup optimistis jika dibandingkan dengan prediksi beberapa ekonom lainnya. Beberapa lembaga peneliti lainnya ada yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi tak bakal di atas 1 persen. Bahan ada juga yang memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan di bawah 0 persen.

Dia menambahkan, pemulihan pertumbuhan ekonomi bakal terasa di kuartal IV 2020. Sementara di kuartal II-III masih berada di bawah tekanan. Ini dikarenakan kondisi pandemi virus Corona ini masih akan berlangsung selama delapan minggu ke depan.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Faisal Basri Ramal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 hanya 0,5 Persen

Pekerja tengah menyelesaikan proyek pembangunam gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (27/8/2019). Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 sebesar 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah menyelesaikan proyek pembangunam gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (27/8/2019). Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 sebesar 5,3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ekonom senior Faisal Basri memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini bisa mencapai -2,5 persen. Prediksi itu sejalan dengan perkiraan bank dunia, dimana pertumbuhan ekonomi global diramal berada pada kisaran -0,3 persen akibat perang melawan virus corona (Covid-19).

Sementara dalam skenario optimis, ia menyebutkan, pertumbuhan ekonomi tertinggi yang bisa diperoleh hanya 0,5 persen.

"Saya menduga ekonomi Indonesia kemungkinan akan tumbuh hanya 0,5 persen paling optimis. Pesimisnya ya -2 sampai -2,5 persen," ujar dia dalam sesi bincang online bersama Katadata, Jumat (24/4/2020).

Prediksi tersebut dilontarkan dengan memakai berbagai indikator. Seperti lambatnya langkah pemerintah dalam penanganan pandemi virus corona.

"Sebetulnya kita amat sulit memprediksi Indonesia, karena penanganan covid-19 nya enggak karu-karuan," sambung dia.

Faisal sangat menyayangkan kondisi seperti ini terjadi, sebab Indonesia disebutnya tak punya banyak modal untuk menopang ekonomi pada masa pasca krisis ini.

"Kita tidak punya kemampuan untuk mem-back up ekonomi kita supaya tidak turun terlalu tajam. Karena kita tidak punya kemewahan seperti yang dimiliki Amerika, menggelontorkan dana untuk insentif kemarin USD 484 miliar. Total stimulus USD 2,3 triliun, belum USD triliun digelontorkan The Fed untuk meningkatkan stimulus likuiditas," tuturnya.

Hal berikut yang ia kritik yakni terkait paket stimulus melawan corona sebesar Rp 405,1 triliun. Berdasarkan data perubahan APBN 2020, anggaran belanja negara naik Rp 73,4 triliun.

"Jangan dilihat defisit APBN pemerintah yang naik 5,8 itu sebagai suatu stimulus. Bukan. Defisit 5,8 itu lebih disebabkan karena penerimaannya anjlok. Jadi peningkatan belanja itu cuman Rp 73,4 triliun. Penerimaan negaranya anjlok Rp 472 triliun. Jadi praktis tidak ada stimulus sebetulnya kalau dilihat dari magnitude tambahan dari APBN itu," pungkasnya.

 
  •  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI Fasilitasi Pemulangan 75 WNI dari Mesir di Tengah Pandemi Corona

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kairo - KBRI Kairo memfasilitasi repatriasi mandiri 75 WNI yang ada di Mesir kembali ke tanah air. Mereka merupakan WNI yang "stranded" di Mesir di tengah pandemi virus corona dan yang memiliki kebutuhan mendesak untuk kembali ke Indonesia.

Repatriasi dilakukan di tengah kebijakan Pemerintah Mesir menutup seluruh penerbangan internasional dari dan ke negara tersebut sejak tanggal 19 Maret 2020.

Repatriasi atas kerja sama antara KBRI Kairo dan Pemerintah Mesir tersebut dilakukan dengan menggunakan pesawat Air Cairo.

Maskapai penerbangan komersil yang merupakan anak perusahaan Egypt Air tersebut membebankan biaya tiket one way sebesar US$ 700 perpenumpang dengan tujuan Jakarta dan Bali. Biaya tiket dibayar oleh masing-masing penumpang.

RI - Mesir Saling Bantu Upaya Pemulangan WN

Inisiatif repatriasi mandiri tersebut bermula dari upaya Pemerintah Mesir untuk mengevakuasi warga negaranya yang stranded di luar negeri termasuk di Indonesia akibat pandemi COVID-19.

Terdapat sekitar 80 warga Mesir yang stranded di Indonesia baik di Jakarta maupun di Bali.

"Pihak Kemlu Mesir telah menawarkan kepada kami untuk mengangkut WNI dari Mesir dengan pesawat yang akan mengevakuasi WN Mesir dari Indonesia," jelas Helmy Fauzy, Dubes RI Kairo.

"Komunikasi yang telah dijalin sejak akhir bulan Maret 2020 akhirnya bisa direalisasikan tanggal 25 April 2020," tambah Dubes RI.

"KBRI Kairo telah mendata awalnya lebih dari 100 WNI yang berminat ikut repatriasi mandiri," ucap Dubes Helmy.

"Namun, setelah disampaikan himbauan bahwa repatriasi ini diprioritaskan bagi yang stranded dan yang mendesak butuh pulang ke tanah air, serta prosedur dan situasi di Indonesia yang akan dijalani WNI yang datang dari luar negeri, jumlah WNI yang ikut akhirnya menurun menjadi 75 orang," pungkas Dubes RI.

 

Status WNI di Mesir

Proses repatriasi mandiri WNI di Mesir (sumber: KBRI Kairo)
Proses repatriasi mandiri WNI di Mesir (sumber: KBRI Kairo)

Sebagai informasi, 75 WNI yang ikut repatriasi tersebut sebagian adalah para peserta pelatihan/kursus bahasa Arab dan materi lainnya yang telah selesai masa pelatihannya di Mesir tetapi tidak bisa kembali ke tanah air akibat ditutupnya penerbangan komersil penumpang intenasional di Mesir.

Selain itu, banyak juga mahasiswa yang ikut karena sudah menyesaikan kuliahnya, para WNI dosen bahasa Indonesia, turis WNI yang di rawat di RS di Mesir karena mengalami kecelakaan, dan pekerja migran Indonesia.

KBRI Cairo juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengenai repatriasi tersebut sehingga diharapkan para WNI peserta repatriasi dapat difasilitasi kepulangan mereka hingga ke daerah masing-masing.

Selain itu, mereka juga telah diminta untuk melakukan protokol kesehatan yang telah ditentukan untuk kembali ke Tanah Air.

Sebagai catatan, para WNI yang ikut repatriasi berasal dari berbagai daerah di Indonesia antar lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Aceh, dan Sumatera Barat.

Pesawat Air Cairo berangkat tanggal 25 April 2020 pukul 14.45 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Jakarta tanggal 26 April 2020 pukul pukul 10.35 WIB.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Sisi Lain Tim Medis Covid-19

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Dr  Rahmadi Iwan Guntoro, Sp.P (52) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan dengan buku saat di jumpai di Rumah Sakit Haji, Jakarta. dr  Rahmadi Iwan Guntoro, Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi membaca buku. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Dr Rahmadi Iwan Guntoro, Sp.P (52) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan dengan buku saat di jumpai di Rumah Sakit Haji, Jakarta. dr Rahmadi Iwan Guntoro, Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi membaca buku. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr Rahmadi Iwan Guntoro, Sp.P (52) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan dengan buku saat di jumpai di Rumah Sakit Haji, Jakarta. dr Rahmadi Iwan Guntoro, Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi membaca buku. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.PD (60) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan raket tenis saat di jumpai di Rumah Sakit Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.PD selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi bermain tenis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.PD (60) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan raket tenis saat di jumpai di Rumah Sakit Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.PD selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi bermain tenis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.PD (60) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan raket tenis saat di jumpai di Rumah Sakit Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.PD selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi bermain tenis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat Maria Ulfa (23) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan alat masak saat di jumpai di Rumah Sakit Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. Maria selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi memasak. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat Maria Ulfa (23) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan alat masak saat di jumpai di Rumah Sakit Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. Maria selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi memasak. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat Maria Ulfa (23) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan alat masak saat di jumpai di Rumah Sakit Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. Maria selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi memasak. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat Yulianita (28) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan raket bulu tangkis  saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta. Yulianita selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi bermain bulu tangkis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat Yulianita (28) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan raket bulu tangkis saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta. Yulianita selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi bermain bulu tangkis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat Yulianita (28) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan raket bulu tangkis saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta. Yulianita selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi bermain bulu tangkis. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr. Risky Akaputra Sp.P (40) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan kamera saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta. dr. Risky Akaputra Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi motret. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Dr. Risky Akaputra Sp.P (40) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan kamera saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta. dr. Risky Akaputra Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi motret. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr. Risky Akaputra Sp.P (40) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan kamera saat dijumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu, Jakarta. dr. Risky Akaputra Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi motret. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr. Koko Harnoko, Sp.P (54) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan tas ransel saat di jumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor, Jawa Barat. dr. Koko Harnoko, Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi traveling. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Dr. Koko Harnoko, Sp.P (54) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan tas ransel saat di jumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor, Jawa Barat. dr. Koko Harnoko, Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi traveling. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dr. Koko Harnoko, Sp.P (54) berpose dengan Alat Perlindung Diri (APD) dan tas ransel saat di jumpai di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor, Jawa Barat. dr. Koko Harnoko, Sp.P selain menangani pasien Covid-19 ia mempunyai hobi traveling. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penata Rambut Nikita Mirzani Banting Setir Jualan Baju Muslim Gara-Gara Corona Covid-19

Posted: 25 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Corona Covid-19 memang berdampak begitu besar bagi semua kalangan. Tak terkecuali untuk artis sekelas Nikita Mirzani.

Dalam sebuah kesempatan, Nikita Mirzani mengaku bahwa ia sampai-sampai harus memberhentikan 80 persen tenaga yang bekerja untuknya. 

Termasuk juga bagi sahabat sekaligus penata rambut Nikita Mirzani, Krizna Fahrezi. Ia benar-benar tidak mendapatkan pemasukan selama pandemi Corona Covid-19 ini. 

"Kerjaan aku sebagai hairstylish sama sekali enggak ada pemasukan, karena kan aku sering kerjanya kalau dipanggil untuk para artis di acara televisi ataupun off air," kata Krizna Fahrezi, saat dihubungi melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

 

Jual Baju Muslim

Krizna Fahrezi dengan Baju Rancangannya. (ist)
Krizna Fahrezi dengan Baju Rancangannya. (ist)

Untuk itu, demi bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya ia harus memutar otak. Salah satunya dengan berjualan baju muslim hasil rancangannya sendiri.

"Ya sekarang aku lagi coba-coba alih profesi sebagai desainer. Coba-coba bikin baju muslim untuk cowok gitu, kan sebentar lagi mau puasa, jadi aku pikir pas aja momennya," ujarnya.

 

Isi Waktu Luang

Nikita Mirzani dan Krizna Fahrezi. (instagram.com/kriznafahrezi)
Nikita Mirzani dan Krizna Fahrezi. (instagram.com/kriznafahrezi)

Masa pandemi ini dimanfaatkan oleh Krisna untuk tetap berkreasi dan bisa menghasilkan. Salah satunya dengan mengisi waktu luang dengan memproduk sendiri hasil rancangannya tersebut.

Melanjutkan Hidup

"Ya sama sekali enggak ada job, makanya ngisi waktu bikin brand sendiri, karena pandemi ini bikin kita semua mikir keras gimana untuk melanjutkan hidup. Sempet juga bagi-bagi dan turun ke jalan untuk ngasih handsanitizer dan masker, tapi ini sekarang bener-bener enggak ada pemasukan makanya mau bisnis muslim wear. Doain ya semoga lancar dan berhasil," harapnya kemudian. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

35 Kata-Kata Bijak Hacker yang Mencerminkan Kepribadian

Posted: 25 Apr 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata bijak hacker bisa membuat kita sadar bahwa perbuatan buruk seseorang tidak bisa hanya dipandang sebelah mata saja. Kesan yang buruk dalam diri seorang hacker tentu tidak bisa dijadikan penilaian pada kepribadiannya.

Pekerjaannya meretas situs-situ besar juga bukan pekerjaan yang mudah. Mereka harus disiplin dan tetap berpegang pada aturan. Dari kata-kata bijak hacker akan diketahui bagaimana sisi bijaksana hacker ini.

Hacker yang paling terkenal adalah Anonymous. Kata-kata bijak hacker bisa sedikit menjelaskannya. Mereka merupakan sekelompok Hacktivis Internasional yang terdesentralisasi dan telah dibentuk pada tahun 2003. Para anggotanya bisa dibedakan di depan publik dengan mengenakan topeng Guy Fawkes atau yang biasa dikenal V for Vendetta.

Berikut kumpulan kata-kata bijak hacker yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/4/2020).

Kata-Kata Bijak Hacker Tentang Prinsip

Ilustrasi hacker (iStockPhoto)
Ilustrasi hacker (iStockPhoto)

1. "Jangan pernah meremehkan tekad seorang anak yang kaya waktu dan miskin uang."

2. "Ada beberapa sumber energi yang begitu kuat sebagai mahasiswa yang suka menunda-nunda."

3. "Kebanyakan peretas masih muda, karena orang cenderung mudah beradaptasi. Selama anda tetap bisa beradaptasi, anda selalu bisa menjadi peretas yang baik."

4. "Bukan monster yang harus kita takuti; itu adalah orang-orang yang tidak mengenali monster yang sama di dalam diri mereka."

5. "Faktanya ya, mereka sangat mudah. Masalahnya adalah anda tidak harus melindungi diri dari orang bodoh. Anda harus melindungi diri terhadap orang seperti saya."

6. "Apa yang dilakukan peretas adalah mencari tahu teknologi dan bereksperimen dengannya dengan cara yang tidak pernah dibayangkan banyak orang. Mereka juga memiliki keinginan yang kuat untuk membagikan informasi ini dengan orang lain. Dan menjelaskannya kepada orang-orang yang satu-satunya kualifikasi mungkin adalah keinginan untuk belajar."

7. "Kebodohan manusia, itulah sebabnya peretas selalu menang."

8. "Ingat, ketika anda terhubung dengan komputer lain, anda terhubung ke setiap komputer yang terhubung dengan komputer."

9. "Peretas adalah bakat. Anda tidak akan mempelajarinya di sekolah. Ini seperti menjadi Messi atau C. Ronaldo. Jika anda dilahirkan untuk menjadi seorang Peretas, itu adalah takdir anda. Jika tidak, anda akan diretas."

10. "Peretasan komputer seperti ikatan kimia yang mengikat kita semua."

Kata-Kata Bijak Hacker Tentang Pengetahuan

Ilustrasi hacker meretas mobil. Dok: carbay.ph
Ilustrasi hacker meretas mobil. Dok: carbay.ph

11. "Anda tidak dapat meretas takdir, kekuatan kasar… Anda perlu pintu belakang, saluran samping ke dalam hidup."

12. "Jika anda adalah peretas yang baik, semua orang mengenal anda. Tetapi jika anda peretas yang hebat tidak ada yang mengenal anda."

13. "Lawan dulu dan sekarang memiliki kelemahan esensial yang sama tentang mereka. Pertama mereka ingin menggunakan anda, kemudian ingin menjadi anda, kemudian mereka ingin menghabisi anda."

14. "Sains adalah apa yang kami pahami dengan cukup baik untuk dijelaskan ke komputer; seni adalah segalanya."

15. "Tidak ada yang tidak baik atau buruk tentang pengetahuan itu sendiri; moralitas terletak pada penerapan pengetahuan."

16. "Bagi saya, komputer itu alat yang paling luar biasa yang pernah kita miliki. Ini setara dengan sepeda untuk pikiran kita."

17. "Saya percaya pada dunia di mana semua hal ini bisa terjadi, bahkan jika saya harus melakukannya sendiri."

18. "Hal terpenting tentang teknologi adalah bagaimana hal itu mengubah orang."

19. "Pelajari hari Ini, terapkan hari Ini."

20. "Anda hanya berjarak satu klik untuk menemukan diri sejati anda."

Kata-Kata Bijak Hacker Tentang Perjuangan

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

21. "Saat berjudi, seseorang harus tahu lawan mereka, dan kelemahan mereka. Terutama, jika lawan itu adalah mesin."

22. "Percayalah pada getaran yang anda dapatkan, energi tidak berbohong."

23. "Ketika kita semua memiliki akses ke informasi, kita kuat. Ketika kita kuat, kita tetap memiliki kekuatan untuk melakukan hal yang mustahil."

24. "Kami melakukan hal-hal yang kami lakukan untuk rakyat, bukan untuk kepentingan kita sendiri seperti sebuah ketenaran."

25. "Pemerintah dunia tidak bisa terus menerus menekan Anonymous untuk selamanya, karena jumlah mereka terus berkembang setiap hari."

26. Mereka menganggapku remeh dalam Dunia nyata, tapi mereka tidak tahu aku di dalam 'Cyber World'."

27. "Jika anda yakin bahwa satu ide dapat mengubah dunia, maka kami percaya anda adalah gagasan itu."

28. "Duniaku jauh lebih menarik dari dunia mereka."

29. "Tak ada yang tahu identitas kami."

30. "Ini tak semudah yang orang lain lihat, dan ini bukan hal yang dapat dilakukan semua orang."

31. "Kami tumbuh untuk percaya bahwa kami tidak bersalah sampai terbukti bersalah, tapi kenyataannya kami selalu divonis bersalah."

32. "Dibalik layar monitor ini aku dapat melihat dunia."

33. "Bukan tanpa alasan hal ini kami lakukan, ini semua untuk kebebasan yang dikekang pemerintah."

34. "Kami dimulai sebagai sekelompok orang yang dikendalikan tanpa sebuah alasan."

35. "Kita tidak perlu pemimpin. Kita punya ide. Ide adalah anti peluru."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres Ma'ruf Amin: Insyaallah Ramadan Kali Ini Pahalanya Lebih Besar

Posted: 25 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak masyarakat untuk sabar dan tawakal menghadapi virus Corona atau Covid-19 di bulan Ramadan. Dia ingin masyarakat untuk sabar tetap berada di rumah guna memutus penyebaran virus Corona.

"Kesabaran kita bukan hanya sabar menahan diri tidak makan tidak minum, tapi tidak untuk keluar rumah, ibadah di rumah, untuk belajar di rumah, bekerja dari rumah dan tentu sabar menahan diri, jadi kesabaran kita lebih diperlukan," kata Ma'ruf saat acara konser musik amal secara virtual dari rumah, Sabtu malam (25/4/2020).

"Jadi Insyaallah Ramadan kali ini pahalanya lebih besar, karena banyak hal yang harus dihindari dibanding Ramadan-Ramadan sebelumnya," sambungnya.

Ma'ruf mengingatkan, masyarakat tidak perlu ke tarawih berjemaah di masjid untuk mencegah penularan virus. Agama, kata dia, mengajarkan untuk tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Untuk mencegah itu maka kita harus menghindari kumpul-kumpul, termasuk salat jemaah, karena salat tarawih itu sunah saja, karena itu tidak mengurangi kekhusyukan, bahkan pahalanya jadi lebih besar pada saat seperti ini di rumah," tuturnya.

Selain itu, Ma'ruf ingin masyarakat saling membantu tanpa harus mengandalkan bantuan sosial yang diberikan pemerintah saja.

"Tetapi juga partisipasi masyarakat karena situasi ekonomi masyarakat kita sedang terguncang," ucap Ma'ruf Amin.

Larangan Mudik

Pihak kepolisian yang berjaga di GT Merak mengaku menjalankan perintah Presiden bahwa mudik dilarang. (Foto: Liputan6.com/Yandhi Deslatama)
Pihak kepolisian yang berjaga di GT Merak mengaku menjalankan perintah Presiden bahwa mudik dilarang. (Foto: Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin angkat bicara soal larangan mudik yang resmi dikeluarkan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, larangan tersebut bukan hendak memutus jalan silaturahmi antarumat, melainkan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Pemerintah pusat memutuskan larangan mudik bagi seluruh masyarakat pada momen Lebaran tahun ini. Keputusan Ini sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran Covid-19," tulis Wapres Ma'ruf lewat akun Instagram resminya, seperti dilihat Liputan6.com, Rabu (22/4/2020).

Ma'ruf menjelaskan, keputusan melarang mudik yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, sudah melalui serangkaian kajian dan pendalaman di lapangan. Namun demikian, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, tercatat masih ada potensi minor dalam giat mudik 2020.

"Data Kemnhub mencatat, terdapat 68 persen responden yang menetapkan untuk tidak mudik di tengah pandemi Covid-19, sedangkan 24 persen responden mengatakan ingin tetap mudik, dan 7 persen telah melakukan mudik," beber dia.

Ma'ruf menilai, meski angka mayoritas masih lebih besar, kelompok minor di angka 24 persen juga termasuk tidak sedikit. Karenanya dia mengimbau kepada mereka yang belum mudik agar memikirkan kembali semata demi memutus rantai Covid-19 di Indonesia.

"Mudik memang memiliki makna menjalin silaturahim, namun di tengah bencana pandemi, silaturahim dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi," tandas Ma'ruf Amin.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Persib Berharap Kehangatan Ramadan Disempurnakan dengan Berakhirnya Corona Covid-19

Posted: 25 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Gelandang Persib Bandung Ghozali Siregar merasakan suasana berbeda pada bulan Ramadan 1441 H. Sejak hari pertama puasa, pemain yang akrab disapa Ghozo ini begitu menikmati momen kehangatan bersama keluarga.

Berpuasa di tengah masa pandemi corona Covid-19 juga membuat pemain Persib asal Medan tersebut menjalaninya kesehariannya di rumah. Anggota keluarga mulai dari orangtua, saudara hingga keponakan turut meramaikan kegiatan kesehariannya.

"Ya yang pasti, bulan puasa berbeda dengan bulan biasa. Tahun ini saya puasa sama keluarga di Medan, dari mulai sahur sampai buka sama-sama keluarga jadi ramai di rumah, " kata Ghozo seperti dikutip dari laman Persib.

Ghozo bersyukur, semua anggota keluarganya dalam keadaan sehat. Ia pun berharap, kehangatan ini terus berlanjut dan disempurnakan dengan berakhirnya pandemi corona Covid-19.

"Alhamdulillah keluarga di sini semuanya sehat, semoga seterusnya bisa sehat. Selamat berpuasa Ramadan, mohon maaf lahir dan batin, semoga situasi yang ada ini bisa membaik, " harapnya.

 

 

Brace Termanis

Gelandang Persib Bandung Ghozali Siregar mengikuti sesi latihan bersama Maung Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Gelandang Persib Bandung Ghozali Siregar mengikuti sesi latihan bersama Maung Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Ghozo memperkuat Persib sejak awal musim 2018. Pemain berusia 27 tahun itu bergabung setelah satu musim sebelumnya memperkuat PSM Makassar.

Di musim pertamanya bersama Persib, Ghozo mengaku memiliki kenangan manis. Dalam laga tandang melawan Persebaya Surabaya pada Liga 1 2018 itu, ia mencetak brace bersama kapten Supardi Nasir.

Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, 26 Juli 2018 itu, berakhir 4-3 untuk kemenangan Persib. "Iya mungkin waktu itu sudah jadi rezeki saya dan bang Supardi yang bikin gol," ucapnya.

"Tetapi, waktu itu memang lagi ada momen buat saya bikin gol, ya pastinya ketika ada peluang sebisa mungkin harus dimaksimalkan."

Klasemen Shopee Liga 1

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serunya Buka Puasa Online Hari Pertama Bareng KapanLagi Youniverse, Ada Rendy Pandugo Sampai Luna Maya

Posted: 25 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen buka puasa pada Ramadan 2020 kini makin semarak, meski hanya bisa dilakukan di rumah saja. Ini tak lain karena acara buka puasa online bersama KapanLagi Youniverse bertajuk panLagi Buka Bareng. 

Lewat acara ini, warganet dari berbagai kota bisa bertatap muka secara digital dengan chef selebriti, artis, serta musisi ternama Tanah Air. Rencananya, event digital ini akan digelar setiap akhir pekan selama Ramadan.

 

Pada edisi pertama yang digelar pada Sabtu (25/4/2020) ini, KLY menghadirkan Endah N Rhesa, Rendy Pandugo, Chef Nicky Tirta, Luna Maya, dan Revalina S Temat. Mereka bergantian menyapa netizen sejak pukul 14.00 WIB lewat live streaming dan juga meet & greet via aplikasi Zoom. Paduan hiburan serta obrolan hangat bersama selebritas ini menjadi suguhan manis saat ngabuburit sampai tiba waktunya buka puasa.

Nah, kamu yang belum sempat mendaftar dan mengikuti keseruan Buka Bareng Edisi Pertama ini, kami punya cuplikannya untukmu.

Endah N Rhesa

Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Endah N Rhesa (foto via Kapanlagi.com)
Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Endah N Rhesa (foto via Kapanlagi.com)

Tepat pukul 2 siang, duo musisi sekaligus pasutri Endah N Rhesa menyapa dari studio musik mereka. Dalam outfit kasual, keduanya memainkan lagu-lagu hits seperti "Liburan Indie" dan lagu ikonis mereka, "When You Love Someone". 

Tak hanya memainkan lagu-lagu mereka, Endah N Rhesa juga memberi selingan berupa obrolan santai dan ringan untuk semakin menambah hangat suasana. "Ini hari pertama ya kita ikutan Kapanlagi Buka Bareng. Ini kali pertama di Indonesia ya bukber online, kalian yang di rumah harus ikutan karena kita di sini bakal nemenin ngabuburit kalian," kata Endah. "Ya, semoga lagu-lagu kami bisa menemani kalian sembari mengisi waktu menunggu buka puasa," sambung Rhesa Aditya.  

Penampilan dalam KapanLagi Buka Bareng ini juga membawa kesan tersendiri bagi keduanya. Selain tetap produktif saat puasa, penampilan ini menjadi hiburan tersendiri bagi mereka di tengah pandemi dan masa-masa harus #dirumahsaja.

"Sungguh menyenangkan bisa tampil ngabuburit di Kapan Lagi Buka Bareng! Kegiatan seperti ini membuat kami bahagia, bisa menunggu waktu berbuka bersama teman-teman semua yang menyaksikan. Semoga Ramadan ini membawa berkah dan Kapan Lagi bisa membuat program-program berkualitas dan menghibur hati di masa pandemi ini," doa keduanya. 

Rendy Pandugo

Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Rendy Pandugo. (foto via Kapanlagi.com)
Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Rendy Pandugo. (foto via Kapanlagi.com)

Membawakan delapan lagu dari dua extended play miliknya, Rendy membuat suasana ngabuburit jadi terasa teduh dan romantis. Ia bergantian mengiringi nyanyiannya dengan petikan gitar dan juga permainan keyboard. Di sela-sela penampilannya, Rendy menjawab pertanyaan netizen dan juga berbagi cerita tentang kesibukannya, utamanya di masa pandemi corona ini.

"Makin produktif, lebih bisa memaksimalkan flow kerja sendiri. Bisa take vocal sendiri. Juga nggak nyita waktu untuk keluarga. Gue semakin fleksibel waktunya bekerja," aku Rendy. Ia juga mengawali segmen Lockdown Session di Instagram sebagai show dirinya dengan bintang tamu musisi lain di setiap pekannya.

Bagi Rendy, tampil dari rumah seperti ini memangkas waktu persiapannya yang biasanya memerlukan waktu 2-3 jam. Lebih dari pada itu, ia melihat konsep live streaming dari rumah seperti ini bisa membawa pengalaman baru bagi netizen. "Panggung, harus keluar rumah, prepare 2 - 3 jam lebih. Kalau di rumah cukup satu jam, mandi santai. Sementara penonton punya experience baru, bisa tiduran, nyemil, ditemani keluarga terdekat," kata Rendy.

Ia pun menutup penampilannya lewat lagu "Silver Rain" dan ucapan terima kasih serta harapannya. " Terima kasih banyak sudah diundang di Kapan Lagi Buka bareng. Seneng banget bisa menghibur temen-temen yang lagi di rumah di jam ngabuburit. Semoga puasa di bulan Ramadan kali ini kita semua diberikan kelancaran meskipun sedikit berbeda dari biasanya. Dan semoga program-program keren dari KapanLagi akan terus ada untuk menghibur kita semua," tutupnya.

Nicky Tirta

Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Nicky Tirta. (foto via Kapanlagi.com)
Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Nicky Tirta. (foto via Kapanlagi.com)

Pukul 16.20, giliran chef Nicky Tirta yang menyapa dari rumahnya. Ia sudah siap di ruang kerjanya alias dapur rumahnya untuk mengajak KLovers menyiapkan menu berbuka. Nicky akan memperagakan cara memasak Bakwan UFO. Menu satu ini adalah pilihan KLovers dari voting yang dilangsungkan beberapa waktu lalu. Selain itu, Nicky menganggap menu ini pas di lidah orang Indonesia serta tidak butuh waktu lama memasaknya.

"Menu simple, bisa dipakai takjil, bisa dipraktekkin di rumah langsung. Orang Indonesia kan lekat dengan gorengan. Bahannya tahu, telor, wortel, taoge, tepung, daun bawang.

Nicky berusaha membuat menu yang unik dan selalu berpatokan pada lidah orang Indonesia. Maka dari itu, tak jarang ia membuat menu fusion yang adalah perpaduan masakan mancanegara dengan cita rasa khas Indonesia.

"Bikin mac and cheese dari mi instan juga bisa. Dicampur keju dan smoked beef. Aku pernah bikin fetucini Betawi. Macam soto Betawi, kental gitu, tapi nggak pakai mie. Atau aglio olio dikombinasikan dengan sambel matah. Bisa fusion agar rasanya Indonesia banget," jelasnya.

Luna Maya dan Revalina

Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Luna Maya. (foto via Kapanlagi.com)
Buka Bareng Kapanlagi Youniverse bersama Luna Maya. (foto via Kapanlagi.com)

Sebagai penutup event, Luna Maya dan Revalina S Temat hadir dalam meet & greet digital via aplikasi Zoom. Bagi KLovers yang sudah mendaftar dan mendapat undangan, bisa bergabung untuk mengobrol bersama di aplikasi Zoom. Sementara yang belum sempat mendaftar, bisa mengikuti live streamingnya via vidio.com 

Pengalaman buka puasa digital seperti ini baru pertama kali dirasakan oleh keduanya. Luna mengaku pernah makan bareng sambil mengobrol secara digital, tapi lewat IG live. Baru kali ini ia merasakan ramai-ramai berbuka puasa secara online seperti ini. "Pernah tapi nggak kayak sekarang ya. Insta Live aja. Tapi ini bener-bener kumpul semua ya. Seperti new experience," tutur Luna.

Saat azan berkumandang, Luna dan Reva mengucap Alhamdulillah sambil kemudian mengajak semua yang ikut serta dalam meet and greet untuk segera berbuka. Obrolan pun berlanjut sambil semuanya menyantap menu berbuka mereka. Topik ringan seperti menu berbuka favorit sampai yang aktual seperti bagaimana Luna dan Reva menghadapi pandemi jadi bahasan yang seru. Bahkan salah satu KLovers bertanya tentang pemikiran Luna dan Reva tentang bagaimana menghadapi kesalahan, kegagalan dan kekecewaan. Dalem bangat bukan?  

Cara Mendaftar

Seru bukan event KapanLagi Buka Bareng kali ini? Momen ngabuburit dan berbuka puasa jadi terasa manis dan penuh kesan. KapanLagi coba makan takjil sambil ngobrol sama artis.

Jangan lewatkan keseruan KapanLagi Buka Bareng berikutnya, Sabtu (2/5) mendatang. Kami bakal punya bintang tamu istimewa lainnya yang nggak kalah seru. Tunggu apa lagi, cari tahu info selengkapnya dan daftarkan dirimu di sini.

(Kapanlagi.com/ Mahardi Eka Putra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Positif Corona DKI Bertambah Jadi Total 3.746 Kasus

Posted: 25 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta terus bertambah. Saat ini jumlah tersebut mencapai 3.746 kasus. Data tersebut berdasarkan website corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pukul 10.55 WIB.

Dalam website tersebut tertulis jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dari corona sebanyak 338 orang, meninggal 357 orang, yang masih mendapatkan perawatan 1.952 orang dan isolasi mandiri ada 1.099 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 968 kasus. Kemudian sebanyak 2.613 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya dan sisanya 1.133 belum diketahui.

2.613 kasus Covid-19 yang telah diketahui tersebut tersebar di lima kota administrasi di Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Sebaran Provinsi

Sebelumnya, jumlah kasus pasien positif virus corona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah menjadi 8.607 orang, hingga Sabtu (25/4/2020). Data tersebut merupakan data yang diterima pemerintah per Sabtu, pukul 12.00 WIB.

Sedangkan untuk jumlah pasien yang sembuh dari corona covid-19 naik 40 orang. Dengan begitu, jumlah totalnya mencapai 1.042 kasus.

"Jumlah pasien meninggal akibat covid-19 bertambah 31 orang, sehingga jumlah akumulatifnya menjadi 720 kasus," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto dalam keterangan di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Berdasarkan sumber data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), DKI Jakarta masih menjadi daerah dengan jumlah penularan tertinggi di Indonesia yakni, 3.684 kasus. Kemudian ada Jawa Barat yang bertambah 45 menjadi 907 pasien positif.

Kemudian Jawa Timur juga mengalami kenaikan sebanyak 80 orang menjadi 770 kasus positif corona.

Berikut rincian masing-masing provinsi:

1. Aceh: 9 pasien Covid-19.

2. Bali: 183 pasien Covid-19.

3. Banten: 370 pasien Covid-19.

4. Bangka Belitung: 9 pasien Covid-19.

5. Bengkulu: 8 pasien Covid-19.

6. DI Yogyakarta: 79 pasien Covid-19.

7. DKI Jakarta: 3.684 pasien Covid-19.

8. Jambi: 21 pasien Covid-19.

9. Jawa Barat: 907 pasien Covid-19.

10. Jawa Tengah: 621 pasien Covid-19.

11. Jawa Timur: 770 pasien Covid-19.

12. Kalimantan Barat: 51 pasien Covid-19.

13. Kalimantan Timur: 97 pasien Covid-19.

14. Kalimantan Tengah: 100 pasien Covid-19.

15. Kalimantan Selatan: 146 pasien Covid-19.

16. Kalimantan Utara: 83 pasien Covid-19.

17. Kepulauan Riau: 83 pasien Covid-19.

18. Nusa Tenggara Barat: 180 pasien Covid-19.

19. Sumatera Selatan: 119 pasien Covid-19

20. Sumatera Barat: 97 pasien Covid-19.

21. Sulawesi Utara: 36 pasien Covid-19.

22. Sumatera Utara: 105 pasien Covid-19.

23. Sulawesi Tenggara: 41 pasien Covid-19.

24. Sulawesi Selatan: 432 pasien Covid-19.

25. Sulawesi Tengah: 36 pasien Covid-19.

26. Lampung: 38 pasien Covid-19.

27. Riau: 38 pasien Covid-19.

28. Maluku Utara: 14 pasien Covid-19.

29. Maluku: 22 pasien Covid-19.

30. Papua Barat: 16 pasien Covid-19.

31. Papua: 136 pasien Covid-19.

32. Sulawesi Barat: 35 pasien Covid-19.

33. Nusa Tenggara Timur: 1 pasien Covid-19.

34. Gorontalo: 14 pasien Covid-19.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ed Woodward Ingin Premier League Musim Ini Bisa Berlanjut

Posted: 25 Apr 2020 09:35 PM PDT

Manchester - CEO Manchester United, Ed Woodward, bersama operator liga dan klub Premier League terus berdiskusi dengan pemerintah Inggris terkait elanjutkan kompetisi. Woodward berharap Premier League musim ini kembali berlanjut. 

Pandemi virus corona yang terus meningkat di Inggris dan Eropa membuat operator Premier League menunda kompetisi sejak 13 Maret lalu. Awalnya penghentian direncanakan hingga 30 April.

Akan tetapi, perkembangan situasi membuat semua pihak beberapa waktu lalu bersepakat untuk melanjutkan liga jika keadaan dirasa sudah benar-benar aman.

Dengan masa lockdown di Inggris yang akan berakhir pada 7 Mei mendatang, Premier League berpeluang untuk dilanjutkan. Namun, kompetisi baru bisa bergulir setelah beberapa pekan lockdown dicabut.

Selain itu, kompetisi akan digelar tanpa penonton serta lima persyaratan yang wajib dipenuhi. Beberapa persyaratannya adalah melakukan tes secara reguler kepada pemain, pelatih, dan staf yang terlibat, klub melindungi staf dari risiko terinfeksi virus corona, serta harus bisa menangani suporter yang memaksa datang ke stadion.

Demi menekan jumlah suporter yang hadir di stadion, seluruh pertandingan yang tersisa di Premier League musim ini tidak disiarkan lewat televisi berbayar alias gratis.

Berharap Kembali Dilanjutkan

PEMAIN BARU - Wakil Ketua MU, Ed Woodward, menegaskan akan memboyong beberapa pemain baru lagi. (MUTV)
PEMAIN BARU - Wakil Ketua MU, Ed Woodward, menegaskan akan memboyong beberapa pemain baru lagi. (MUTV)

Ed Woodward berharap Premier League musim ini bisa dilanjutkan. Namun, CEO Manchester United itu tak menampik kompetisi dapat kembali bergulir jika pandemi virus corona bisa dikendalikan.

"Sama seperti kalian semua, kami sangat ingin melihat MU kembali ke lapangan segera setelah kami merasa aman untuk menggelar pertandingan," ujar Woodward lewat teleconference pada forum suporter.

"Semoga bisa menyelesaikan musim ini di mana kami masih memiliki banyak janji di Premier League, Liga Europa, dan Piala FA ketika semuanya ditangguhkan," lanjut Woodward.

"Kami terus berdialog dengan badan-badan Pemerintah Inggris tentang kapan dan bagaimana kompetisi bisa dilanjutkan, dan kami akan terus terlibat dalam forum ini untuk terus berkonsultasi dengan penggemar," tuturnya.

"Kemungkinan pertandingan harus berlangsung secara tertutup dalam jangka pendek. Kita semua mengakui sepak bola tidak akan sepenuhnya kembali normal sampai pendukung kembali hadir di stadion," kata Woodward.

Sumber: RTE

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 26/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY Minta Kader Demokrat Lakukan Gerakan Nasional Peduli Covid-19

Posted: 25 Apr 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengeluarkan instruksi kepada kader untuk melakukan kegiatan Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi.  Instruksi ini merupakan lanjutan dari instruksi sebelumnya, tentang Gerakan Nasional Demokrat Lawan Corona dan Utamakan Keselamatan Diri.

"Di tengah Ramadhan yang penuh berkah ini, mari kita wujudkan spirit Islam rahmatan lil alamin dengan sikap dan laku politik yang nasionalis dan religius kepada semua pihak, termasuk saudara-saudara umat agama lainnya," kata AHY melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/4/2020).

Menurut dia, pada dasarnya meskipun berbeda agama, tetapi harus menjunjung tinggi nilai persaudaraan sebagai sesama warga negara atau ukhuwah wathaniyah, dan juga persaudaran dalam kemanusiaan atau ukhuwah insaniyah.

AHY juga meminta para kader untuk identifikasi kelompok masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 secara sosial dan ekonomi, termasuk anak-anak yatim piatu, masyarakat kurang mampu, lansia, dan kelompok disabilitas, terutama yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat.

"Hal ini ditujukan untuk memudahkan pendistribusian bantuan sosial secara cepat dan tepat sasaran," terang AHY.

Dia juga meminta kader melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sesuai kemampuan masing- masing.

"Jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing, dan pendistribusiannya dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat sebelumnya," jelasnya.

 

Bantu Pemerintah

Tidak lupa AHY pun meminta para kader tetap mengutamakan keselamatan diri saat melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi.

"Lakukan jaga jarak paling aman dua meter dengan orang lain, physical distancing, pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer," tegasnya.

Sementara itu khusus kepada Ketua Fraksi PD DPR-RI, Ketua Fraksi PD DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, AHY meminta agar membantu pemerintah untuk melakukan dua hal. Pertama, realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak dan mendorong pemulihan perekonomian negara.

Kedua, mengawasi penggunaan anggaran dan pendistribusian bantuan pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran, transparan dan akuntabel, sesuai prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara, undang-undang dan peraturan yang berlaku.

"Terima kasih kepada seluruh pengurus, kader, simpatisan, dan relawan, yang telah bersatu dan saling membantu, mengerahkan segenap sumber daya yang kita miliki untuk melawan wabah Corona ini dan memulihkan perekonomian kita," kata AHY.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggunnya Kate Middleton Saat Bertepuk Tangan dalam Balutan Gaun Floral yang Naik Daun

Posted: 25 Apr 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski masa krisis pandemi corona Covid-19 belum berlalu, keceriaan tampak dari keluarga Kate Middleton dan Pangeran William. Keduanya bersama tiga anak mereka tampil dalam sebuah video pendek yang diunggah dalam akun Instagram @kensingtonroyal.

Kate Middleton yang sedang mengisolasi mandiri di Anmer Hall tampil anggun saat bertepuk tangan di depan pintu rumah pada Jumat sore, 24 April 2020. Sambil menggendong si bungsu, Pangeran Louis, Kate terus mengembangkan senyum dalam video tersebut.

Tepuk tangan tersebut ditujukan bagi para petugas kesehatan yang tergabung dalam NHS. Aksi tersebut merupakan wujud apresiasi keluarga Cambridge atas upaya mereka merawat para pasien Covid-19 di Britania Raya.

Kate, William, George, Charlotte, dan Louis tampil senada. Mereka mengenakan busana warna biru yang memberi kesan kalem dan ceria sekaligus pada hari yang cerah.

Gaun Kate menarik perhatian. Gaun berkerah V itu berpotongan loose dan pas badan dalam waktu yang sama. Dengan motif bunga-bunga, ia tampak anggun tanpa perlu banyak usaha.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu, 25 April 2020, gaun tersebut merupakan keluaran Ghost. Harganya 123 pound sterling atau sekitar Rp2,4 juta.

Gaun midi itu berdesain vintage. Diketahui bila busana itu bisa dikenakan untuk banyak acara, khususnya saat datang ke pernikahan.

 

Akting Pangeran William

Kate Middleton, Pangeran William, dan Pangeran Louis. (dok. Screenshoot Youtube Royal Family Channel/Dinny Mutiah)
Kate Middleton, Pangeran William, dan Pangeran Louis. (dok. Screenshoot Youtube Royal Family Channel/Dinny Mutiah)

Keluarga Duke dan Duchess Cambridge bergabung dalam momen Clap for Carers setiap minggu pada pukul 20.00 waktu setempat. Pasangan kerajaan itu baru-baru ini meluncurkan inisiatif baru untuk mendukung pekerja kunci dengan menyediakan sistem pendukung kesehatan mental bernama Our Frontline.

Namun sebelum mereka bertepuk tangan, William sempat memperlihatkan kemampuan aktingnya dalam video tersebut. Beradu akting dengan aktor Stephen Fry, mereka berdialog dalam kalimat-kalimat kocak.

Dalam adegan yang berlatar video call lewat aplikasi Zoom, William dan Stephen Fry bercakap-cakap soal homeschooling yang dijalani kedua anaknya. Sejumlah warganet mengaku terhibur dengan adegan kocak tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips agar Tidak Ngantuk Saat Tarawih di Rumah, Lebih Khusyuk

Posted: 25 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips agar tidak ngantuk saat tarawih di rumah bisa jadi solusi saat kantuk datang. Tarawih merupakan salah satu ibadah sunah di bulan Ramadan. Salat malam ini memiliki banyak keutamaan dan keberkahan.

Di tengah kondisi pandemi saat ini, para ulama sepakat untuk meniadakan salat tarawih di masjid. Sebagai gantinya, salat tarawih bisa dilakukan sendiri atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah. Suasana salat tarawih di masjid dan di rumah pastinya berbeda. 

Saat salat tarawih, rasa ngantuk bisa saja muncul. Rasa ngantuk ini bisa lebih besar saat berada di rumah. Padahal ibadah yang dijalankan sambil menahan kantuk bisa berkurang berkahnya. Memaksakan ibadah saat mengantuk justru tidak dapat mencapai tujuannya dalam beribadah, dan bahkan akan menimbulkan kesalahan.

Maka dari itu penting mengetahui tips agar tidak ngantuk saat tarawih di rumah. Dengan tips ini, ibadah bisa lebih khusyuk dan memperoleh kemuliaan. Berikut tips cara agar tidak ngantuk saat tarawih di rumah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(23/4/2020).

Tanamkan niat kuat

Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membangun niat yang kuat untuk beribadah. Mantapkan hati dan kuatkan niat untuk menjalankan salat Tarawih untuk beribadah mendapatkan pahala. Niatkan pula melakukan ibadah hanya untuk Allah semata.

Ingatkan pada diri sendiri bahwa salat tarawih merupakan ibadah yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. Ketahui keistimewaan salat tarawih dan kemuliaan apa saja yang didapat dari salat tarawih. Dengan begitu, semangat untuk menjalankan ibadah ini akan terus hadir selama berjalannya Ramadan.

Hindari makan terlalu banyak

Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/fauxels
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/fauxels

Sebelum tarawih sebaiknya hindari makan terlalu banyak. Makan terlalu banyak apa lagi makan besar usai berbuka akan menimbulkan kekenyangan. Rasa kenyang inilah yang membuat kantuk datang. Makan terlalu banyak saat berbuka hanya akan membuat Anda merasa mengantuk.

Perut yang penuh bisa membuat gerak tubuh menjadi lambat dan menimbukan rasa malas untuk bergerak. Alih-alih makan besar, cobalah untuk memakan takjil ringan saat berbuka. Makan besar bisa dilakukan setelah tarawih.

Perbanyak minum air putih

ilustrasi air putih/Photo by Daria Shevtsova from Pexels
ilustrasi air putih/Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Selain konsumsi takjil, perbanyak minum air putih saat berbuka. Air putih bisa memberi rasa kenyang sementara selama menjalankan salat tarawih. Air putih juga bisa mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh kekurangan cairan selama seharian berpuasa. Dehidrasi ringan dapat membuat seseorang merasa lelah atau lesu serta mengantuk.

Anda bisa meminum air hangat atau air dingin. Bisa juga meminum air teh atau jahe yang bisa membuat tubuh lebih nyaman dan terjaga.

Hindari rebahan setelah berbuka

Ilustrasi rebahan (iStockphoto)
Ilustrasi rebahan (iStockphoto)

Setelah berbuka, keinginan untuk rebahan bisa saja muncul. Saat tarawih di rumah, kesempatan untuk rebahan pun lebih besar. Padahal ini adalah kesalahan besar yang akan membuat tubuh mengantuk dan ingin terus bermalas-malasan.

Setelah berbuka, isi aktivitas dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca Al Quran, dzikir, atau melakukan peregangan ringan. Aktivitas ini bisa meningkatkan fokus dan membuat salat tarawih menjadi lebih khusyuk.

Tidur siang

Ilustrasi tidur./Copyright shutterstock.com
Ilustrasi tidur./Copyright shutterstock.com

Tidur siang menjadi salah satu cara agar tetap terjaga saat salat tarawih. Dalam istilah Islam tidur siang disebut qoilulah.

Ishaq bin Abdillah bin Abi Farwah rahimahullah berkata, "Qoilulah merupakan amalan pencinta kebaikan. Di dalamnya terkumpul banyak faedah sekaligus faktor penguat untuk shalat malam."

Sempatkan untuk tidur siang sebentar di bulan puasa. Ini akan memberikan cukup energi untuk salat tarawih tanpa merasa ngantuk. Namun, selam tidur siang, jangan sampai melewatkan ibadah wajib, ya.

Tempat saat salat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Saat salat tarawih di rumah, buat tempat salat senyaman mungkin. Pastikan tempat salat sedikit jauh dari kipas angin atau AC. Semilir angin yang ditimbulkan pendingin ruangan akan menimbulkan rasa kantuk sepanjang ibadah salat tarawih.

Pilih tempat salat yang jauh dari gangguan apapun. Tempat salat yang nyaman akan membuat Anda lebih fokus menjalankan ibadah.

Berwudu dan trik sujud

wudu (Sumber: Pixabay)
wudu (Sumber: Pixabay)

Jika dalam pertengahan tarawih merasa ngantuk, Anda bisa mencoba kembali mengambil air wudu. Basuhan air di tubuh terutama di wajah bisa mengusir rasa kantuk yang tak tertahankan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan trik agar tidak ngantuk saat sujud. Cobalah untuk menahan napas saat sujud. Trik ini akan membuat Anda terhindar dari rasa kantuk saat sujud. Selain itu, coba pula untuk meresapi bacaan-bacaan Al Quran yang dilafalkan oleh imam saat salat.

Keutamaan salat tarawih

Ilustrasi salat (iStock)
Ilustrasi salat (iStock)

Keutamaan salat tarawih juga sebagai penghapus dosa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu Beliau bersabda :

"Siapa yang salat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

Dalam hadis ini diberitahukan bahwa salat tarawih atau qiyam Ramadan yang dilakukan karena niat dan iman dalam mencari pahala dapat diampuni dosa yang ada. Yang dimaksud dosa yang diampuni dalam hadis ini adalah dosa besar maupun kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rombak Formasi, Band Rock Logeex Kembali dengan Delusi

Posted: 25 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Band beraliran Rock, Logeex cukup lama menghilang. Namun sejak 2018 lalu, band yang kini digawangi Fajar Akbar (drum, percusi, hacking vokal), Toni Fibriyanto (bass, backing vokal), Chan Chan (gitar, backing vokal), Dedy (gitar, backing vokal), Robby Bakha (vokal) kembali ke industri musik Tanah Air.

Dan uniknya, seluruh personel lama tak lagi bergabung dalam band Logeex.

Band Logeex terbentuk pada 2006 dengan personel Gablen (Vokal), Jauhari Sagalih (gitar), Kristali Widiaputra (gitar), Daniel "slide" Ardhy (turntables), Chandra Arfiansyah (gitar), Derry K Iskandar (gitar), Mahmud Wibowo (Drum, Perkusi).

 

Keluarkan Album

Band Logeex (Foto: Ist)
Band Logeex (Foto: Ist)

Pada 2008 silan, Logeex sempat mengeluarkan album bertajuk Voice of Freedom, dengan single andalannya "Extreme" dan "Tak Ada Hati".

 

Vakum 2015

Band Logeex (Foto: Ist)
Band Logeex (Foto: Ist)

Meski sudah banyak main di atas panggung secara off air, namun band Logeex memutuskan vakum dari blantika musik Indonesia pada 2015 silam. Sayangnya, mereka tak menceritakan alasan kevakumannya.

 

Kembali Lagi

, sejak 2018 lalu band yang dipengarungi musik Korn, Limp Bizkit dan Deftones ini kembali unjuk gigi. Mereka meluncurkan single berjudul "Delusi".

"Nah di lagu ini kita menjelaskan apa yang dialami orang ini saat dia tahu ternyata dia itu terjebak dalam delusionalnya. Bagaimana dia berusaha keras untuk keluar dari itu semua dan bangkit," jelas salah satu personel Logeex dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

Secara Umum

Dalam lagu itu, Logeex tidak hanya melihat dari satu sisi permasalahan.

"Delusi ini secara secara umum bisa terhadap apapun ya. Bisa mengenai politik, percintaan. Pokoknya secara umum," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nenek 75 Tahun di Serdang Bedagai Jadi Korban Pemerkosaan Cucu Sendiri

Posted: 25 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Serdang Bedagai Seorang nenek berusia 75 tahun di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), menjadi korban pemerkosaan. Ironisnya, pelaku pemerkosaan merupakan cucunya sendiri.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang mengatakan, korban pemerkosaan berinisial AH. Sedangkan pelakunya RP, pria 27 tahun warga Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah.

"Pelaku sudah ditangkap dan ditahan Sat Reskrim Polres Sergai, statusnya sudah tersangka," kata Robin, Minggu (26/4/2020).

Dijelaskannya, perbuatan asusila dilakukan RP terhadap AH terjadi pada Rabu, 22 April 2020, sekitar pukul 02.00 WIB di kediaman korban, yang tidak jauh dari kediaman tersangka.

"Tersangka mengaku, perbuatannya dilakukan secara spontan, tanpa rencana," ujarnya.

Kepada petugas tersangka mengaku keberadaannya di rumah korban saat itu hendak memperbaiki pompa air. Namun tersangka melihat korban sedang tertidur di kamarnya mengenakan baju tidur.

Melihat kondisi korban, tiba-tiba muncul niat tersangka melakukan pemerkosaan terhadap neneknya sendiri. Sebelum melakukan aksi bejat, tersangka membekap mulut dan mengikat tangan korban.

Meski tersangka mengenakan penutup wajah dalam melakukan perbuatannya, tetap dikenali oleh korban. Setelah melakukan aksinya, tersangka kabur dari pintu dapur rumah korban.

Di saat itu juga, korban AH menuju rumah anaknya, RI, yang berjarak sekitar 100 meter dari rumahnya. Kepada RI, ibunya menceritakan peristiwa asusila yang dialaminya, dan pelakunya adalah cucunya sendiri.

Mendengar cerita korban, keluarga langsung menuju Mapolres Sergai untuk membuat laporan pengaduan saat itu juga. Pihak kepolisian yang mendapat laporan langsung memburu pelaku.

"Korban mengalami rasa perih pada kelamin, mengalami sakit dan bengkak pada mulutnya. Tersangka ditangkap pada Kamis, 23 April 2020, sekitar pukul 22.00 WIB," terangnya.

 

Pengakuan Tersangka

Terkait perbuatan tersangka, petugas mengamankan barang bukti satu potong kain sprei erdapat bercak darah yang digunakan menyekap mulut korban dan potongan kain sprai untuk mengikat tangan korban.
Terkait perbuatan tersangka, petugas mengamankan barang bukti satu potong kain sprei erdapat bercak darah yang digunakan menyekap mulut korban dan potongan kain sprai untuk mengikat tangan korban.

Selain mengaku tindakan pemerkosaan yang dilakukannya secara spontan, tersangka yang telah memiliki dua anak juga mengaku sudah satu bulan pisah ranjang dengan istrinya. Pisah ranjang antara tersangka dan istrinya gara-gara persoalan ekonomi.

"Baru kali ini saya dapat kerjaan sebagai penjaga malam," sebutnya.

Terkait perbuatan tersangka, petugas mengamankan barang bukti satu potong kain sprei terdapat bercak darah yang digunakan menyekap mulut korban dan potongan kain sprai untuk mengikat tangan korban.

"Tersangka dikenakan Pasal 285 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," Kapolres menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Pandemi Virus Corona Covid-19, Striker Everton Malah Gelar Pesta di Rumah

Posted: 25 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Everton sangat kecewa dengan sikap Moise Kean yang mengadakan pesta di saat pandemi virus corona covid-19. Mereka menilai Kean tidak melindungi para petugas medis yang sedang berjuang di RS.

Inggris menjadi salah satu negara terdampak besar pandemi virus corona covid-19. Hingga Minggu (26/4/2020) ada 148.377 kasus positif dan menewaskan 20.319 orang.

Itu sebabnya Pemerintah Inggris melockdown negaranya dan tidak memperbolehkan warga untuk keluar rumah. Selain itu warga juga diimbau tidak boleh berkumpul dalam jumlah yang banyak meski di dalam ruangan.

Sayangnya aturan tersebut dilanggar oleh beberapa pemain Liga Inggris. Seperti dua pemain Tottenham Serge Aurier dan Moussa Sissoko dan empat pemain Arsenal.

Terakhir, video Kean sedang berpesta di rumahnya viral di media sosial. Pemain asal Italia itu terlihat bernyanyi, berpelukan, dan bermesraan tanpa mengindahkan aturan saat masa pandemi virus corona covid-19.

 

Pernyataan Everton

Moise Kean saat selebrasi gol untuk Timnas Italia lawan Finlandia pada kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (24/3/2019) (Andreas SOLARO / AFP)
Moise Kean saat selebrasi gol untuk Timnas Italia lawan Finlandia pada kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (24/3/2019) (Andreas SOLARO / AFP)

"Everton terkejut ada pemain yang melanggar aturan pemerintah dan kebijakan klub di saat krisis pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang. Kami kecewa pada sikap pemain itu dan tindakannya tidak bisa diterima," bunyi pernyataan resmi Everton.

"Kami selalu menekankan pentingnya aturan yang harus ditaati saat pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang. Kami memberikan aturan yang harus dijalani pemain di dalam dan luar rumah."

"Petugas medis telah melakukan pekerjaan luar biasa dan rela berkorban nyawa di RS. Jadi cara terbaik untuk menghormati mereka adalah mematuhi aturan yang ada."

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Ziyech Diyakini Bisa Bawa Pengaruh Positif Buat Chelsea

Posted: 25 Apr 2020 09:20 PM PDT

London - Hakim Ziyech segera bergabung dengan Chelsea pada 1 Juli 2020.  Statistik gemilang bersama Ajax Amsterdam membuat Ziyech diyakini bisa bawa pengaruh positif dan menjadi kreator serangan The Blues.

Pemain Timnas Maroko itu ditebus Chelsea dari Ajax Amsterdam pada Februari 2020. Tim London Biru harus merogoh kocek hingga 37 juta poundsterling (Rp 747 miliar) untuk mendapatkan jasa Ziyech.

Manajer Chelsea, Frank Lampard, awalnya ingin membawa Hakim Ziyech ke Stamford Bridge pada Januari 2020 untuk meningkatkan daya gedor. Akan tetapi, Ajax hanya ingin berpisah dengan sang pemain pada akhir musim ini.

Sayangnya, proses kepindahan Hakim Ziyech terganggu pandemi virus corona. Pasalnya akibat virus tersebut, jadwal kompetisi ada yang ditunda bahkan hingga dihentikan, serta membuat bursa transfer musim panas 2020 bakal digeser.

Meski begitu, pemain berusia 27 tahun tersebut tak khawatir dengan transfernya ke Chelsea. Sesuai dengan kontrak yang telah ditanda tangani, Ziyech akan bergabung dengan Tim London Biru pada awal Juli mendatang.

"Saya benar-benar tidak memikirkan kepindahan ke Chelsea terlalu serius untuk beberapa saat. Saya merasa tanda tangan saya sudah ada di kontrak, jadi ya pada 1 Juli, saya akan menjadi pemain Chelsea. Saya tidak pernah memiliki pemikiran lain," jelas Ziyech.

 

Statistik Hakim Ziyech

Ziyech menjadi salah satu talenta paling bersinar di kompetisi liga Belanda selama dua musim terakhir. Penampilan briliannya bersama Ajax mengundang klub raksasa Chelsea tertarik meminangnya. (AFP/Olaf Kraak)
Ziyech menjadi salah satu talenta paling bersinar di kompetisi liga Belanda selama dua musim terakhir. Penampilan briliannya bersama Ajax mengundang klub raksasa Chelsea tertarik meminangnya. (AFP/Olaf Kraak)

Pemain kelahiran 19 Maret 1993 itu mencuri perhatian Ajax Amsterdam saat masih berseragam FC Twente. Setelah mengucurkan dana hingga 11 juta euro, Ajax berhasil menebus Hakim Ziyech dari Twente pada 30 Agustus 2018.

Sejak saat itu, Ziyech langsung menjadi sosok penting di lini serang Ajax Amsterdam. Selama hampir empat musim membela de Godenzonen, Ziyech berhasil menorehkan 48 gol dan 82 assist dari 165 pertandingan di seluruh ajang.

Berkat kontribusi Hakim Ziyech, Ajax Amsterdam berhasil merengkuh tiga tetal juara pada 2019, yakni Eredivisie dan KNVB Cup 2018-2019 serta Johan Cruyff Shield 2019.

Memiliki pesona sebagai raja assist di Ajax membuat Chelsea tertarik mendapatkan tanda tangan sang pemain. Setelah melakukan pendekatan, The Blues akhirnya sukses meminang Hakim Ziyech.

Bakal menggantikan peran Willian dan Pedro Rodriguez sebagai winger kanan, Ziyech diharapkan mampu menjadi kreator serangan Tim London Biru pada musim-musim berikutnya.

"Saya menilai dia adalah pemain yang membawa sesuatu untuk membangkitkan semangat orang-orang di tribune untuk membuat suporter Chelsea membeli tiket," ujar mantan pemain The Blues, Gustavo Poyet, beberapa waktu lalu. 

Sumber: Football London, Transfermarkt

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 26/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Makanan Aneh di Dunia, Unik dan Berbeda Setiap Negara

Posted: 25 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan aneh di dunia memang cenderung dianggap unik dan ekstrem bagi sebagian orang Indonesia. Tentu saja hal ini disebabkan karena lidah dan kebiasaan konsumsi makanan setiap negara berbeda-beda.

Makanan yang tidak lazim dikonsumsi oleh orang Indonesia justru dianggap lazim oleh negara tetangga. Makanan aneh di dunia kebanyakan berasal dari bahan makanan yang tidak biasa disajikan di meja makan. Hal inilah yang membuat makanan ini dikategorikan sebagai makanan aneh, bahkan oleh kebanyakan orang.

Banyak orang pasti lebih suka mengonsumsi makanan yang enak dan mewah bukan? Tetapi jangan heran kalau makanan aneh di dunia ternyata banyak juga peminatnya.

Berikut kumpulan makanan aneh di dunia yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/4/2020).

Makanan Aneh di Dunia

Ilustrasi Embrio Ayam (Foto: hostelworld.com)
Ilustrasi Embrio Ayam (Foto: hostelworld.com)

1. Balut

Balut merupakan makanan aneh yang terbuat dari telur yang sudah berembrio. Telur-telur ini memang sengaja dibiarkan hingga embrio di dalamnya mulai berwujud. Kemudian telur-telur ini dimasak ke dalam air mendidih. Cara memakannya dengan diberi garam sedikit. Dan makanan ini juga biasa digunakan untuk suatu upacara di daerah setempat (Filipina).

2. Haggis

Haggis merupakan makanan aneh yang terbuat dari jeroan yang berisikan paru-patu, hati, dan jantung domba. Jeroan tersebut dicincang dan dipadukan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti garam, suet, oat, dan kaldu. Tampilannya juga cukup aneh karena sebelum direbus, satu kesatuan jeroan dan rempah-rempahnya dibungkus ke dalam lambung domba baru. Kemudian semuanya direbus kurang lebih 3 jam.

3. Black Pudding

Black pudding merupakan makanan aneh yang terbuat dari sosis dan darah. Bukan pudding manis tetapi puding gurih lebih tepatnya. Sosis ini akan dimasak dengan darah, lalu dibekukan. Makanan ini biasa digunakan untuk sarapan pagi.

Makanan Aneh di Dunia

Daging babi di Pasar Tomang Barat. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com
Daging babi di Pasar Tomang Barat. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

4. Surstromming

Surstromming merupakan makanan aneh yang terbuat dari ikan. Tetapi ikan yang dibusukkan di dalam kaleng dalam jangka waktu yang cukup lama. Menurut sebagian orang bau busuk dari makanan ini sangat membangkitkan selera.

5. Scrapple

Scrapple merupakan makanan aneh yang terbuat dari bagian tubuh babi. Makanan ini bagian dari pengisi roti. Pengisi ini dibuat semacam agar-agar yang dibuat dari bagian tubuh babi seperti bibir, moncong, atau bagian organ lainnya. Semua bagian dimasak sebentar lalu dituangkan dalam cetakan untuk mengeraskan dan dibuat semacam agar-agar.

6. Escamoles

Escamoles merupakan makanan aneh yang terbuat dari telur semut hitam raksasa Liometopum. Uniknya lagi, telur dari semut ini sulit untuk ditemukan karena semut ini juga sangat berbisa. Makanan ini biasa disantap dalam taco dengan guacamole.

Makanan Aneh di Dunia

(Foto :Casu Marzu/Elitereaders.com)
(Foto :Casu Marzu/Elitereaders.com)

7. Casu Marzu

Casu Marzu merupakan keju domba susu yang telah sengaja terserang oleh larva casei Piophila atau lalat keju. Kemudian akan dihasilkan sarat-belatung bom kentut. Rasa makanan aneh ini cukup kuat dan membakar lidah.

Larvanya sulit dicerna bahkan terkadang bisa hidup cukup lama di usus untuk berkembang biak. Larva ini bisa berusaha menembus dinding perut dan menyebabkan muntah dan diare berdarah.

8. Baby Mice Wine

Baby Mice Wine merupakan makanan aneh yang terbuat dari bayi tikus yang difermentasi. Hidangan ini biasa dijadikan hidangan pencuci mulut dan sering disebut anggur bayi tikus. Rasanya seperti bensin mentah. Dan di Cina dan Korea biasa digunakan untuk pengobatan tradisional.

9. Pacha

Pacha merupakan makanan aneh yang terbuat dari kepala kambing. Kepala kambing ini biasa didapat saat umat Muslim merayakan hari raya kurban atau Idul Adha. Pada hari itu banyak sekali daging hewan kurban yang dibagi-bagikan kepada masyarakat dan salah satunya adalah daging kambing.

Daging kambing ini biasa diolah menjadi sate, gulai, dan sop kambing. Tapi di Iraq ada satu olahan kambing yang cukup ekstrim bagi kita yaitu Pacha. Pacha adalah olahan kepala kambing yang direbus terlebih dahulu hingga matang. Dan kemudian disantap untuk hidangan hari raya kurban.

Makanan Aneh di Dunia

Mata ikan tuna. Source: http://tourismattraction.com
Mata ikan tuna. Source: http://tourismattraction.com

10. Bola Mata Ikan Tuna

Di Jepang, bola mata ikan Tuna yang masih mentah atau yang sudah diolah, di santap sebagai "cemilan" di saat senggang. Hal ini disebabkan karena bola mata ikan Tuna dipercaya dapat menambah stamina. Tentu saja agar pengonsumsi bisa lebih produktif menjalani aktivitas sehari-hari.

11. Burger Cindil

Makanan aneh ini merupakan burger dengan daging anak tikus. Memilih anak tikus karena menurut sebagian orang, cindil atau anak tikus yang baru lahir di percaya bisa menambah stamina dan membuat tubuh lebih fit. Bahkan cindil juga dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Makanan ini biasa dikonsumsi oleh penduduk China.

12. Plasenta Janin Manusia

Plasenta manusia juga termasuk bahan makanan yang cukup populer. Hal ini disebabkan karena beberapa orang meyakini plasenta bayi dapat mencegah depresi dan gangguan kehamilan selanjutnya. Makanan aneh ini biasa dikonsumsi di Amerika, Eropa, Meksiko, Hawai, dan China.

Makanan Aneh di Dunia

Ilustrasi Serangga Goreng
Ilustrasi Serangga Goreng

13. Serangga Goreng

Makanan aneh selanjutnya adalah Kecoa Goreng. Ada yang terbuat dari kecoa, jangkrik, bahkan Kalajengking. Makanan ini bahkan biasa dijadikan sebagai kudapan favorit oleh sebagian orang. Cara mengolahnya juga cukup mudah, bisa digoreng dengan mentega atau minyak wijen.

14. Sup Kelalawar

Sup yang terbuat dari kelelawar ternyata juga banyak sekali penggemarnya. Hal ini disebabkan karena banyak yang meyakini sup dapat meningkatkan gairah dan stamina. Serta mampu mencegah dan mengatasi penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan jantung.

15. Kepala Salmon Fermentasi

Makanan aneh ini biasa disebut dengan 'kepala bau'. Kepala ikan salmon diolah dengan fermentasi. Dan makanan aneh ini merupakan masakan tradisional di Alaska.

Cara memasaknya juga cukup mudah. Kepala ikan salmon dipotong, kemudian dikubur dalam tanah selama beberapa minggu sampai membusuk. Terakhir kepala ikan salmon ini dihancurkan dan dihaluskan sampai seperti puding lalu disajikan.

Makanan Aneh di Dunia

Ulat kering mopane. Source: http://mashable.com
Ulat kering mopane. Source: http://mashable.com

16. Ulat Mopane

Ulat Mopane merupakan makanan aneh khas Zimbabwe. Perlu diketahui juga kalau penduduk Zimbabwe ini sangat sangat menyukai 'Cacing Mopane'. Caing ini berbentuknya mirip dengan ulat besar dari spesies Belina Gonimbrasia, biasa disebut ngengat kaisar atau Worms. Disebut cacing Mopane karena memakan daun dari pohon Mopane.

Di Zimbabwe cacing ini biasa diolah kering, renyah seperti keripik kentang atau dimasak basah dengan saus. Cara membuatnya juga tidak kalah unik, pertama dengan mengumpulkan cacing dalam ember, kemudian cacing diremas untuk dikeluarkan isi perutnya, terakhir dikeringkan. Seorang ahli nutrisi dari Zimbabwe, Marlon Chidemo juga mengatakan cacing ini tinggi nutrisi dan memiliki kandungan protein tiga kali dari protein daging sapi.

17. Hasma

Di negara China, banyak orang yang percaya bahwa hasma adalah makanan penutup yang sempurna. Makanan aneh ini terbuat dari saluran reproduksi katak. Saluran reproduksi katak ini biasa dijual dalam bentuk kering dan bisa mengembang atau membengkak 10-15 kali saat diberi air. Memasaknya hanya cukup dengan menambahkan gula saja.

18. Cockscomb/Jengger Ayam

Makanan aneh ini terbuat dari bagian atas kepala ayam jantan atau biasa disebut jengger ayam. Di beberapa negara makanan aneh ini termasuk dalam masakan tradisional. Begitu juga dengan hidangan Italia yang disajikan dengan saus.

 

Makanan Aneh di Dunia

Sannakji (shutterstock)
Sannakji (shutterstock)

19. Sannakji

Di Korea, ada makanan aneh tetapi banyak sekali yang menyukainya. Terbuat dari bayi gurita dan dinikmati ketika bayi gurita masih hidup. Sannakji ini disajikan dengan minyak wijen dan lalu dipotong-potong sesuai keingginan pelanggan.

20. Tikus Panggang

Tikus panggang merupakan salah satu makanan aneh yang terbuat dari tikus dan bumbu panggang. Menggunakan cita rasa rempah dengan paduan daging tikus sawah dapat tercipta cita rasa yang khas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Pintu Masuk untuk Mencintai dan Dicintai Allah Melalui Tauhid

Posted: 25 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti apa proses lahirnya cinta Allah? Menurut cendikiawan muslim Quraish Shihab, proses lahirnya cinta Allah SWT dilalui melalui tauhid. 

"Menurut para pakar, prosesnya dilalui melalui tauhid. Itulah pintu masuk untuk mencintai dan dicintai Allah," ujar Quraish Shihab

Definsi Tauhid menurut cendikiawan muslim ini adalah mengakui keesaann-Nya dengan mempelajari sifat-sifat Allah yang wajib, mustahil, dan yang boleh.

Dari mempelajari sifat-sifat-Nya, lanjut Quraish yang pertama muncul adalah rasa takut kepada Allah. 

"Tetapi semakin dipelajari sifat Allah, semakin dalam pengetahuan kita tentang Allah SWT dan akan semakin timbul pula rasa kagum kepada-Nya," ujar mantan menteri agama ini.

"Saat rasa kekaguman itu timbul, maka akan melahirkan harapan akan surga-Nya," pungkas Quraish Shihab

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Penghinaan Presiden, Tim Hukum: Ali Baharsyah Tidak Dijerat Pasal Pornografi

Posted: 25 Apr 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chandra Purna Irawan, Kuasa Hukum tersangka kasus penghinaan Presiden, Alimudin Baharsyah (AB), membatah polisi menjerat kliennya dengan UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Berdasarkan Surat Nomor: B/30/IV/2020/Ditpidsiber tanggal 1 April 2020, Perihal Dimulainya Penyidikan, Surat Ketetapan Nomor : S.Tap/59/IV/2020/Ditsiber, Tentang Status Tersangka, Surat Nomor : SP.Han/2.3/IV/2020/Ditsiber, tentang Perintah Penahanan, didalamnya tak ada satupun pasal yang memuat status tersangka berdasarkan UU Pornografi.

Chandra mengungkapkan bahwa dalam proses pemeriksaan yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang didampingi oleh tim hukum LBH Pelita Umat, tidak ada satupun materi pertanyaannya terkait pornografi dan tidak ada satupun bukti hukum baik berupa file atau penayangan video atau gambar yang memuat pornografi.

"Kami tim hukum LBH Pelita Umat menjamin 100 persen bahwa Alimudin Baharsyah disidik dalam kasus yang sama sekali tidak terkait tindak pidana pornografi," tegasnya kembali.

Chandra mengaku pihaknya merasa keberatan dengan tuduhan polisi yang menyebut dan menunjukkan bukti seakan mengarah kepada pasal pornografi.

"Kami mengecam tindakan Mabes Polri yang mengumumkan informasi tentang sejumlah bukti terkait pornografi, padahal materi dan pasal terkait pornografi tak pernah muncul dalam surat dimulainya penyidikan, surat ketetapan tersangka, surat penahanan, dan tak pernah disingung dalam berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP)," ungkapnya.

Chandra menduga bahwa pihak kepolisian telah melakukan pembunuhan karakter terhadap Alimudin atau Ali.

Menurut Chandra, tindakan ini selain tidak berdasar hukum juga merupakan tindakan yang sangat jahat, tidak profesional, tidak bertanggung jawab dan justru berpotensi meruntuhkan wibawa dan kehormatan institusi Polri.

 

Dugaan Makar

Ia mengatakan bahwa persoalan utama kiennya justru pada tuduhan makar melalui Facebook berdasarkan pasal 107 KUHP. Berulang kali Penyidik memperlihatkan sejumlah screenshoot berisi video tentang dakwah khilafah dalam proses pemeriksaan (BAP).

"Faktor utama yang menyebabkan Saudara Alimudin Baharsyah ditangkap adalah karena konsisten mendakwahkan khilafah, sedangkan pasal lainnya hanyalah pasal ikutan. Alimudin rutin mengunggah video seruan untuk menerapkan khilafah melalui sosial media termasuk Facebook. Karena itulah ditetapkan sebagai tersangka makar melalui sosial media Facebook," tandasnya.

Saat dihubungi mengenai hal ini, sampai saat ini pihak kepolisian belum meresponsnya.

Sebelumnya diketahui, AB atau Alimudin Baharsyah diciduk Dittipidsiber Bareskrim Polri pada  Jumat (3/4/2020). Ia ditangkap terkait penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo. AB juga dituding menyimpan file yang bermuatan pornografi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timbun 1,6 Ton Masker Saat Corona, Pria di New York Terancam 1 Tahun Penjara

Posted: 25 Apr 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, New York - Jaksa penuntut di New York menuntut seorang pebisnis ritel yang ketahuan menimbun perlengkapan medis, seperti masker hingga hand sanitizer. Ia kini terancam 1 tahun penjara.

Dilaporkan Time, Sabtu (25/4/2020), pria bernama Amerdeep Singh ini dituntut melanggar UU Produksi Pertahanan. Perlengkapan medis yang ia tuntut mencapai berton-ton, padahal New York sedang terkena dampak sangat parah dari Virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat.

Pria yang akrab dipanggil Bobby itu menimbun lebih dari 1,6 ton masker sekali pakai, 2,2 ton baju operasi, 1,8 ton hand sanitizer, dan tujuh shipment termometer digital.

Berdasarkan barang bukti di tokonya, ia memberi masker wajah seharga 7 sen saja, kemudian dijual lagi seharga 1 dolar (setara 100 sen). Penimbunan ini berlangsung dari akhir Maret sampai awal April.

Ketika ada penggeladahan lebih lanjut di pabriknya, Singh ternyata tak hanya menimbun masker saja, tapi turut menimbun 5.000 pelindung wajah, 2.417 pakaian isolasi full-bod, dan 711.400 sarung tangan vinyl sekali pakai.

Jaksa di New York berkata Bobby Singh melakukan penimbunan ketika sedang ada krisis kesehatan.

"Singh mengumpulkan peralatan pelindung diri yang penting selama ada krisis kesehatan publik dan menjualnya kembali dengan selisih besar telah membuatnya bersinggungan dengan penegak hukum yang dipersenjatai UU Produksi Pertahanan," ujar Jaksa Richard Donoghue di Brooklyn. 

Kuasa Hukum Menolak Tuduhan

ilustrasi dokter dan layanan telemedis | pexels.com/@olly
ilustrasi dokter dan layanan telemedis | pexels.com/@olly

Kuasa hukum pelaku, Bradley Gerstman, menolak mentah-mentah tuduhan yang dikenakan kepada kliennya. Ia berkata tak ada salahnya untk menjual produk kesehatan.

"Jika menjual alat-alat perlindungan kesehatan diri itu tidak pantas atau kriminal, maka banyak orang yang harus dipenjara," ujarnya.

Ia lantas mengkritik UU Produksi Pertahanan yang ia sebut tidak jelas.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump juga menerbitkan perintah eksekutif yang membuat ilegal praktek penimbunan persediaan medis yang langka atau menjual peralatan perlindungan diri dengan harga yang tinggi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen 6 Keluarga Seleb Tarawih Bersama di Rumah

Posted: 25 Apr 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam masa pandemi virus Corona Covid-19, perayaan Ramadhan di Indonesia kali ini terasa berbeda. Ramadhan yang biasa identik dengan ramainya masjid dan tradisi ngabuburit, terpaksa ditiadakan guna memutus mata rantai penyebaraan virus tersebut.

Imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), meminta agar masyarakat untuk melaksanakan ibadah di rumah saja. Tentunya, hal ini juga berdampak pada para seleb Tanah Air.

Nampak, ada beberapa seleb yang membagikan aktivitasnya pada momen Ramadhan kali ini. Mulai dari momen sahur, buka puasa, hingga ibadah tarawih dilakukan di rumah guna mengikuti imbauan tersebut.

Meskipun cukup prihatin dengan adanya wabah ini, namun hikmahnya adalah banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama dengan keluarga di rumah. Seperti apakah momen seleb jalankan ibadah salat tarawih di rumah? Berikut potretnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (26/4/2020).

1. Pada Ramadhan kali ini, Mulan Jameela jalankan ibadah tarawih bersama anak-anaknya.

Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/mulanjameela1)
Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/mulanjameela1)

2. Vidi Aldiano salat berjamaah tarawih di rumah, ajak sang kekasih, Sherly Sheinafia untuk ikut serta.

Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

3. Tanpa Verrel Bramasta, Athalla pimpin salat jamaah tarawih Venna Melinda dan Vania.

Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/vennamelindareal)
Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/vennamelindareal)

4. Momen keluarga Dede Sunandar usai tunaikan ibadah salat tarawih.

Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/dede_sunandar)
Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/dede_sunandar)

5. Momen Adelia Wilhemina berselfie bersama dengan anak usai jalankan ibadah tarawih.

Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/adeliapasha)
Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/adeliapasha)

6. Sempat curi perhatian, begini potret Fahrul Sudiana dan Rica Andriani usai jalani ibadah salat tarawih.

Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/pauull21)
Momen keluarga seleb Tarawih bersama di rumah. (Sumber: Instagram/pauull21)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Mengantuk dan Tak Lapar, Marcell Darwin Tetap Makan saat Sahur

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan tahun ini menjadi bulan puasa perdana bagi Marcell Darwin sebagai mualaf. Dalam video yang diunggah sang istri, Nabila Faisal, Marcel terlihat sedang makan sahur. Marcel terlihat masih mengantuk. Meski demikian, dia tetap menyantap menu sahurnya.

"Enggak lapar tapi harus makan, ya? Iya?" kata Nabila Faisal sambil menggoda sang suami.

Meski tidak lapar, namun Marcel tetap melakukan sahur yang juga ditemani oleh sang istri.

Sedangkan, Nabila sangat bahagia bisa menemani sang suami makan sahur. Maklum memang ini kali pertama pasangan ini menjalani puasa bersama. Mereka memang baru menikah pada 12 Januari 2020.

 

 

Mualaf sejak Januari lalu

Lebih lanjut, pria pemilik nama lengkap Benjamin Marcel Darwin ini mengaku memang belum kepikiran untuk segera melangkah ke jenjang pernikahan. (Galih W. Satria/Bintang.com)
Lebih lanjut, pria pemilik nama lengkap Benjamin Marcel Darwin ini mengaku memang belum kepikiran untuk segera melangkah ke jenjang pernikahan. (Galih W. Satria/Bintang.com)

Marcell Darwin dan Nabila menikah secara Islam. Sebelum memutuskan menikah, Marcell terlebih dahulu menjadi mualaf. Menurut Aa Reza yang mengislamkan Marcell menjelaskan, artis berdarah Makassar-Jerman ini menjadi mualaf sejak 3 bulan lalu.

" Lupa saya. Udah dua bulan yang lalu atau tiga bulan yang lalu gitu," ungkap Aa Reza di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Minggu, 12 Januari 2020.

Kata Aa Reza, Marcell masuk Islam saat berada di kediamannya dan disaksikan pengurus Masjid. Aa Reza menekankan bahwa Marcell juga sudah memiliki sertifikat mualaf.

" Pada saat Marcell masuk ke dalam Islam, kebetulan alhamdulillah Aa yang mengislamkan dan di rumah," kata dia lagi.

Lebih lanjut katanya, keputusan Marcell memeluk Islam juga sudah mendapat restu dari ibunya.

" Ibunya nggak ada (pembacaan dua kalimat syahadat) cuma ibunya sudah memberikan izin. waktu ke rumah Aa tuh, Aa nanya juga 'Mama gimana?' 'Mama sudah memberikan izin'," ungkap dia. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Aplikasi Bantu Beribadah Lebih Khusyuk di Ramadan

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang aplikasi Umma yang memperkenalkan fitur baru, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (25/04/2020).

Tak hanya itu, arikel lain yang juga menjadi perhatian pembaca termasuk fitur baru Line menyambut Ramadan, dan tanggal rilis LG Velvet.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Umma Sediakan Fitur Khusus Ibadah di Rumah Selama Ramadan

Aplikasi media sosial umat muslim di Indonesia Umma baru saja mengumumkan telah menghadirkan beragam fitur anyar.

Kehadiran fitur anyar ini ditujukan untuk membantu umat muslim di Indonesia memaksimalkan ibadah di rumah sepanjang Ramadan 1441 H.

Seperti diketahui, wabah Covid-19 telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab, selama wabah ini pemerintah telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membatasi segala bentuk kegiatan di tempat umum, tak terkecuali kegiatan keagamaan.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Line Semarakkan Ramadan dengan Sejumlah Fitur Baru

Line Indonesia kembali memperkenalkan salah satu inisiatif tahunananya dalam memperingati bulan Ramadan tahun ini. Hal itu dilakukan dengan menghadirkan berbagai fitur interaktif di Line Ramadan.

Mengusung tema Di Rumah BERSAMA (Berkah Selama Ramadan) Line, aplikasi chatting ini ingin mengajak pengguna tetap dapat merayakan Ramadan dengan aktivitas yang edukatif dan interaktif.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Tanggal Rilis dan Varian Warna LG Velvet Terungkap

LG Velvet merupakan smartphone kelas menengah yang bakal menggantikan lini seri-G milik perusahaan. Berdasarkan kabar yang beredar, LG akan mengumumkan ponsel pintar seri terbarunya pada 15 Mei.

Namun dari trailer yang disebar LG, tampaknya perusahaan asal Korea Selatan itu akan mengumumkan seri LG Velvet pada 7 Mei 2020--lebih awal dari kabar yang beredar.

Dilansir Gizchina, Sabtu (25/4/2020), LG Velvet akan menghadirkan pengaturan tiga kamera di belakang bodi smartphone.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Virus Corona Covid-19 Belum Mereda, Arsenal Bakal Buka Markas Latihan

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal berencana untuk membuka lagi markas latihan di London Colney bagi para pemainnya. Namun aturan ketat bakal diberlakukan untuk menghindari penyebaran virus corona covid-19.

Inggris menjadi salah satu negara terdampak besar pandemi virus corona covid-19. Hingga Minggu (26/4/2020) ada 148.377 kasus positif dan menewaskan 20.319 orang.

Bahkan virus tersebut menyerang manajer Arsenal, Mikel Arteta Maret lalu. Usai kabar itu muncul seluruh kegiatan olahraga di Inggris dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan.

Menariknya, Arsenal rupanya mendapat lampu hijau dari Pemerintah Kota setempat untuk membuka lagi London Colney. Tetapi beberapa aturan diterapkan termasuk social distancing.

Rencananya para pemain Arsenal bisa berlatih lagi, Senin, (27/4/2020) besok. Meskipun Liga Inggris sendiri belum tahu kapan akan dilanjutkan.

 

Pernyataan Arsenal

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) - 7 Gol. (AFP/Adrian Dennis)
4. Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) - 7 Gol. (AFP/Adrian Dennis)

"Pemain diizinkan untuk kembali ke London Colney. Tetapi akses akan dibatasi dan social distancing diterapkan," ujar juru bicara Arsenal seperti dilansir Soccerway.

"Selain lapangan latihan, semua akses tertutup. Pemain juga diimbau untuk datang dan pulang latihan sendiri," katanya menambahkan.

London Colney punya 10 lapangan latihan. Sehingga semua pemain bisa tetap menjaga jarak satu sama lain.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Ungkap Kunci Keberhasilan PSBB Bandung Raya

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil menyebutkan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Bandung raya yang diterapkan sejak Rabu (22/4/2020) dinilai berhasil, salah satunya jika pergerakan manusia hanya sebanyak 30 persen. Pembatasan pergerakan itu berlaku di permukiman maupun di jalanan.

"Keberhasilan PSBB Bandung raya, saya harap bupati/wali kota bisa menurunkan pergerakan hingga 30 persen," ujar Emil dalam pertemuan via video conference dengan bupati dan wali kota se-Bandung raya dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (25/4/2020).

Menurut Emil, khusus pergerakan di jalan raya, warga atau kendaraan yang dibolehkan beraktivitas adalah yang sifatnya darurat dan memiliki izin tertulis, termasuk di antaranya pengecualian yang diatur dalam peraturan bupati/wali kota.

Untuk itu, Emil pun meminta kepolisian untuk memperketat pintu masuk di wilayah perbatasan, termasuk jalan-jalan tikus.

"Mulai sekarang kita perketat penjagaan di perbatasan, tidak boleh ada warga yang masuk maupun keluar dari wilayahnya, kecuali dengan alasan yang jelas," ujarnya.

Ia juga turut meminta laporan pelaksanaan rapid test di masing-masing daerah. Menurutnya, indikator keberhasilan PSBB lainnya adalah ditemukannya peta persebaran Covid-19 melalui tes masif dengan metode rapid diagnostic rest (RDT) maupun Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). 

Harapannya, saat PSBB Bandung raya berakhir pada 5 Mei mendatang, bisa terjadi perlambatan penambahan kasus Covid-19.

"Kalau penambahan memang masih diprediksi naik, tapi jumlah penambahannya berkurang tidak seperti sebelum diberlakukan PSBB. Misalnya yang biasanya sehari ada 12 kasus positif menjadi 5 (kasus), ini juga salah satu ukuran keberhasilan PSBB," tutur Emil.

"Kami harap Bandung Raya menjadi percontohan PSBB terbaik di Indonesia," kata Emil menambahkan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Banyak Gunakan Internet, Kak Seto Minta Orangtua Waspada Kejahatan di Dunia Maya

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Psikolog Seto Mulyadi atau lebih dikenal dengan julukan Kak Seto meminta orangtua agar lebih waspada dengan kejahatan di internet yang lebih berisiko terjadi saat anak berkegiatan di rumah.

Hal ini disampaikan oleh Kak Seto dalam konferensi persnya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang juga disiarkan secara daring pada Sabtu kemarin.

Kak Seto mengatakan, penggunaan gawai yang lebih sering saat di rumah juga membuat salah satu hal yang berpotensi membuat anak berisiko terpapar dari hal-hal negatif dari dunia maya

"Manakala tidak ada pendampingan dari orangtua, tidak ada persahabatan di dalam keluarga sehingga saling mengontrol apa yang diunggah oleh anak-anak melalui media gadget, kadang-kadang nuansanya juga penuh kekerasan," kata Kak Seto seperti dikutip dari siaran di Youtube BNPB Indonesia pada Minggu (26/4/2020).

Tetap Waspada

Ilustrasi Internet (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Internet (sumber: iStockphoto)

Kejahatan siber lain yang harus diwaspadai oleh orangtua dan berisiko terjadi pada anak selama di rumah adalah pornografi.

"Kadang-kadang juga kekerasan seksual melalui media daring," kata pencipta karakter Si Komo tersebut.

Meskipun pihak kepolisian kerap melakukan tindakan untuk menanggulangi kekerasan dan predator seksual di dunia maya, namun Kak Seto tetap meminta agar orangtua dan masyarakat luas tetap waspada dengan hal-hal semacam ini di internet.

"Mohon ini juga menjadi kewaspadaan kita bersama," kata pria berusia 68 tahun ini menegaskan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Cerah Berawan hingga Malam Hari

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, Surabaya, Jawa Timur berpeluang cerah berawan pada Minggu (26/4/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah berawan pada pukul 13.00, 16.00, dan 19.00 WIB. Pada malam hari pukul 22.00 WIB, Surabaya akan cerah. Suhu berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban di kisaran 55-85 persen.

Demikian juga cuaca di Sidoarjo akan cerah berawan dari siang hari hingga malam hari. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius. Kecepatan angin 30 KM per jam dan kelembaban 55-85 persen.

Di Lamongan, cuaca juga akan cerah berawan sejak pagi hingga malam hari. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 24-34 derajat celsius dan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban antara 55-85 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sementara itu, di Gresik, cuaca akan cerah berawan pada pukul 13.00, 16.00 dan 19.00 WIB. Sedangkan pada malam hari pukul 22.00 WIB akan cerah. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius. Kecepatan angin 30 KM per jam dengan kelembaban 55-90 persen.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah. Pada siang hari di Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Lumajang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Niat dan Cara Lengkap Sholat Tarawih di Rumah

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tahun dijalani cukup berbeda. Pasalnya Ramadan tahun ini dijalani di tengah pandemi Covid-19. Ini membuat semua orang tak bisa menjalani sholat tarawih seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu tim Citizen6-Liputan6.com merangkum niat serta tata cara sholat tarawih lengkap di rumah.

Artikel tentang niat dan tata cara sholat tarawih tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan potret kelakukan hewan peliharaan saat tuannya taka da di rumah.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang zodiak yang paling menuntut pasangannya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Niat dan Tata Cara Lengkap Sholat Tarawih di Rumah

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)

Saat ini kita telah memasuki bulan Ramadan di tahun 2020. Tentunya bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Di bulan Ramadan segala bentuk amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya.

Namun bulan Ramadan tahun dijalani cukup berbeda. Pasalnya Ramadan tahun ini dijalani di tengah pandemi Covid-19. Hal ini membuat semua orang tak bisa menjalani sholat tarawih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selengkapnya…

2. 7 Potret Kelakuan Nakal Hewan Peliharaan Saat Tuannya Tidak di Rumah

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan. Kamu jadi memiliki teman yang bisa menemani saat kesepian di rumah.

Tapi, kamu pasti tak tahu apa yang dilakukan hewan peliharaanmu di rumah saat kamu tak ada? Ada-ada saja ulah mereka yang membuatmu kaget saat pulang ke rumah.

Selengkapnya…

3. 4 Zodiak Paling Menuntut Perhatian dari Pasangan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/ME Image
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ME Image

Bagi mereka yang berjiwa bebas, terlalu banyak perhatian bisa terasa mencekik. Untuk tipe-tipe manja, terlalu sedikit perhatiann bisa menyusahkan.

Ada beberapa zodiak yang benar-benar butuh perhatian dari pasangannya alias 'needy'. Untuk keempat zodiak ini, pastikan untuk menghujani mereka dengan banyak cinta.

Selengkapnya…

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Gotik Menikah, Orangtua Sang Suami Tak Hadir

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud kini resmi menjadi pasangan suami istri. Pernikahan keduanya digelar di kediaman Zaskia Gotik di kawasan Cikarang, Jawa Barat pada 22 April 2020.

Berlangsung secara tertutup pernikahan mereka hanya dihadiri oleh keluarga dan juga orang terdekat saja. Namun sayangnya kedua orangtua Sirajuddin tidak bisa hadir untuk menyaksikan putranya menikah dengan Zaskia Gotik.

"Yang hadir saudara kandung yang paling tua karena sebelum ada PSBB ini orangtua yang mau hadir," kata Zaskia Gotik kepada wartawan, pada Sabtu (25/4/2020).

PSBB

Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)
Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)

Sirajuddin Mahmud sebenarnya menginginkan orangtuanya hadir dalam pernikahannya dengan Zaskia Gotik. Namun apa daya, peraturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi ini membuat kedua orangtuanya di Balikpapan, Kalimantan Timur tidak bisa hadir.

"Karena aturan dari pemerintah dinamis dan cepat terpaksa yang hadir, kebetulan kakak saya ini tinggalnya di Jakarta makanya mereka yang bisa hadir," kata Sirajuddin.

Tertunda

Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)
Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)

Sebenarnya pernikahan Zaskia Gotik dan Sirajuddin berencana digelar sebelum tanggal 22 April 2020. Namun karena ada pandemi Corona Covid -19 rencana itu harus berubah.

"Proses awalnya memang kita harapannya semua terlaksana mulai dari secara negara, secara agama kita persiapkan secara baik. sambil berproses gini ada kendala namanya kita cuma berencana tapi Tuhan yang menentukan ya akhirnya kita koordinasi dengan KUA setempat," kata Sirajuddin.

Sah Secara Agama

Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)
Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)

Meski sah secara agama, namun pernikahan keduanya belum tercatat secara negara. Sebab saat itu Kantor Urusan Agama (KUA) sedang tidak melayani pernikahan sesuai peraturan pemerintah di tengah pandemi Corona Covid-19.

"Ada peraturan dari Kemenag per 1 April sudah tidak bisa terima untuk pengajuan nikah. Itu masa berlakunya sampai untuk 21 April. akhirnya kita tunggu, sambil nunggu kita ngobrol lagi dengan keluarga besar untuk nentuin tanggal dan bulan. karena kita lihat situasi COVID-19 ini nggak pasti, kemudian juga ada arahan pemerintah terkait larangan mudik, Lebaran tidak ada salat Ied, untuk menghindari fitnah terpaksa kita menikah secara agama dulu," Kata Sirajuddin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi Ikan Selama Ramadan Diprediksi Naik 20 Persen

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan konsumsi ikan meningkat sekitar 20 persen selama bulan Ramadan. Dengan adanya kenaikan tersebut, pelaku usaha mengantisipasi dengan pengaturan pasokan di tingkat supplier agar harga tidak mengalami kenaikan.

"Kondisi ini menjadikan ikan sebagai solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan sumber protein hewani (ikan segar dan produk olahan ikan) dengan harga yang terjangkau," kata Dirjen Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (26/4/2020).

Nilanto memastikan KKP terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga ikan selama masa pandemi Corona, bulan puasa dan lebaran. Upaya yang dilakukan di antaranya konsolidasi dan komunikasi dengan berbagai stakeholder perikanan terkait, seperti supplier, ritel modern, dan asosiasi perikanan.

Upaya lainnya ialah menjaga akses bagi kelancaran pengiriman logistik input produksi dan hasil suplai produksi di bidang kelautan dan perikanan.

"Ini sudah dimulai melalui surat Menteri Kelautan dan Perikanan kepada Kepala BNPB selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tertanggal 30 Maret 2020," sambungnya.

 

Perluasan Izin Operasional Kapal Pengangkut Ikan

Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ekspor perikanan naik 7,21 persen dibanding periode yang sama tahun 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ekspor perikanan naik 7,21 persen dibanding periode yang sama tahun 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tak hanya itu, KKP juga memberikan perluasan izin operasional kapal pengangkut ikan dan kapal pengangkut ikan hidup untuk mengangkut hasil produksi. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan bahan baku industri pengolahan dan stok dalam cold storage.

Perluasan izin ini sekaligus membantu kelancaran distribusi pemasaran hasil nelayan dan pembudidaya ikan melalui Surat Edaran Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor B-239/MEN-KP/IV/2020 tentang Alih Muatan pada Kapal Perikanan yang diberlakukan sejak 21 April 2020 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2020. Koordinasi juga dilakukan dengan kementerian/lembaga terkait.

Termasuk maskapai penerbangan, shipping line, trucking, agen cargo, pelaku usaha perikanan dan stakeholder terkait. Tujuan demi mendorong efisiensi distribusi perikanan melalui transportasi darat, udara dan laut.

Dikatakan Nilanto, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo telah menerbitkan surat bernomor: B-194/MEN-KP/IV/2020 yang ditujukan kepada gubernur/bupati/walikota seluruh Indonesia. Surat tertanggal 3 April 2020 tersebut berisi ajakan agar produk perikanan digunakan untuk program perlindungan sosial yang dilaksanakan melalui dana APBD.

Tujuannya untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat bersumber dari protein hewani dan penurunan angka anak yang mengalami stunting. Sekaligus penyerapan hasil tangkapan nelayan dan hasil pembudidaya ikan serta produk UMKM perikanan di daerah.

"Ada juga kerja sama pemasaran online produk perikanan yang berasal dari nelayan, pembudidaya dan produk olahan UMKM dengan beberapa startup produk perikanan dan marketplace lainnya," kata dia.

 

Stimulus Ekonomi Sektor Kelautan dan Perikanan

Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan hasil ekspor perikanan Indonesia menunjukkan peningkatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan hasil ekspor perikanan Indonesia menunjukkan peningkatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara Menteri Edhy, juga telah mengusulkan stimulus ekonomi sektor kelautan dan perikanan untuk penanganan dampak Covid-19 kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Usulan tersebut tertuang dalam surat bernomor: B-209/MEN-KP/IV/2020 tanggal 16 April 2020 perihal Tambahan Usulan Stimulus Ekonomi Sektor KP untuk Penanganan Dampak Covid-19.

Poin-poin surat tersebut ialah permintaan kepada Kementerian BUMN agar dapat memberikan penugasan kepada PT Perikanan Nusantara (Perinus) dan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) untuk menyerap ikan dan produk perikanan.

Serta permintaan kepada Kementerian Sosial agar dapat menyalurkan produk tersebut sebagai bagian dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sembako untuk keluarga penerima manfaat (KPM).

KKP juga melakukan monitoring pasokan dan harga ikan di beberapa sentra produksi, di pusat-pusat distribusi, di pasar-pasar utama (grosir atau retail). Caranya melalui kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi/Kabupaten/Kota, Supplier, Pengelola Pasar Ikan, dan instansi terkait lainnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 9 Keutamaan Bulan Ramadan yang Perlu Kamu Tahu

Posted: 25 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu pun di Indonesia. Meski saat ini dunia sedang berada dalam pandemi virus Corona Covid-19. Namun, hal tersebut diharapkan tidak akan mengubah nikmatnya menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, juga tidak akan mengurangi keutamaan bulan Ramadan itu sendiri.

Selain melakukan beberapa upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Corona dalam situasi ini, manusia juga diharapkan untuk banyak-banyak berdoa. Bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah bulan pengampunan dosa.

Di bawah ini ada 9 keutamaan bulan Ramadan, dari diturunkannya Al-Quran hingga malam lailatul qadar, seperti dikutip dari Merdeka.com.

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Ilustrasi Al-qur'an (sumber: Pixabay)
Ilustrasi Al-qur'an (sumber: Pixabay)

Keutamaan bulan Ramadan salah satunya adalah bulan Al-Qur'an atau syahrul Quran. Diturunkannya Al-Qur'an pada bulan Ramadan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan.

Allah SWT berfirman yang memiliki arti,"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)". (QS. Al-Baqarah: 185).

2. Bulan Penuh Keberkahan

Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah bulan ini juga kerap disebut dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW yang memiliki arti,

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.." (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan ini, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya.

Selain itu di dalam bulan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan ini, maka tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, melainkan banyak keberkahan lainnya. Keutamaan bulan Ramadan juga ditinjau dari aspek ekonomi, di mana Ramadan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya.

Sedangkan bagi fakir miskin, Ramadan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan Ramadan ini, seorang muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah di bulan Ramadan kepada mereka ini. Bahkan, diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk mereka.

3. Bulan Penuh Pengampunan

Keutamaan bulan Ramadan juga sebagai kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa. Hal ini menjadi keutamaan di bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat.

Nabi SAW bersabda yang artinya:"Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR. Muslim)

Dengan berpuasa pada bulan Ramadan ini, maka bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi SAW yang artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim) Selain itu, sholat tarawih yang dikerjakan pada setiap malam di bulan Ramadan juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana hadis Nabi SAW yang artinya: Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan sholat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta setan-setan diikat.

Dengan demikian, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadan.

5. Dilipatgandakan Pahala pada Bulan Ramadan

Amalan-amalan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

"Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji." (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan keutamaan bulan Ramadan dalam riwayat yang lain juga disebutkan, pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji bersamaku (Nabi).

Dalam riwayat lain juga disebutkan, Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata,

"Apabila telah tiba bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain."

6. Adanya Malam Lailatul Qadar

Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Di bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan adalah saat diturunkannya Alquranul Karim.

7.Bulan Ramadan Bagian dari Rukun Islam

Allah SWT telah menjadikan puasa yang dilakukan pada bulan Ramadan sebagai rukun yang keempat dari rukun Islam.

Hal ini tertulis dalam ayat al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185:

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah."

Dalam hadis juga telah disebutkan, Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi SAW., bersabda: "Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan haji ke Baitullah." (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Doa di Bulan Ramadan Mustajabah

Keutamaan bulan Ramadan selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadan lebih mustajabah. Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari apai neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

Selain itu juga dipertegas dalam hadis lain. Rasulullah SAW, bersabda yang artinya:"Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi." (HR. at Tirmidzi).

9. Puasa Bulan Ramadan Pahalanya Senilai Puasa 10 Bulan

Abu Ayub Al-Anshary meriwayatkan hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun." (HR. Muslim)

Selain itu, juga ditegaskan dalam hadis Nabi yang lain. Imam Ahmad meriwayatkan, Nabi SAW bersabda:

"Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sepurna satu tahun." (HR. Ahmad).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 News: Pasien Positif Corona DKI Bertambah hingga Kisah Penggali Makam yang Berpacu dengan Waktu

Posted: 25 Apr 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, DKI Jakarta, salah satu provinsi dengan jumlah pasien positif Corona terbanyak saat ini. Dari total akumulatif kasus positif di Indonesia 8.211 orang, pasien positif di Ibu Kota telah mencapai 3.681 kasus.

Data ini berdasarkan website corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pukul 12.15 WIB, Sabtu, 25 April 2020. Sementaar, yang masih menunggu hasil sebanyak 981 kasus.

Untuk menekan penyebaran virus Corona semakin meluas, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menutup sementara sejumlah transportasi, baik darat, laut maupun  udara.

Selain Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma, kini giliran Bandara Hang Nadim Batam yang menghentikan oprasional. Layanan penerbangan komersial mulai Sabtu, 25 April kemarin hingga 1 Juni 2020, tidak akan melayani penumpang.

Namun, pengelola Bandara Hang Nadim akan terus melayani masyarakat yang ingin melakukan refund atau reschedule jadwal penerbangan.

Merebaknya kasus penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia  juga banyak menyisakan kisah mengharukan dan menginspirasi banyak orang. Salah satunya datan dari seoarang penggali makam bernama Minar yang bertugas di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Di tengah pandemi Corona mewabah, dalam sehari dia mengaku bisa menggali lima kuburan bahkan bisa lebih jika jenazah yang datang cukup banyak. Hal tersebut telah dilakukan Minar sejak awal Maret lalu.

Dalam menjalankan tugasnya, Minar mendapat alat pelindung diri (APD) dari pemerintah. Dia harus membawa mayat keluar dari ambulans lalu menguburnya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 25 April 2020:

1. Update Sabtu 25 April: Pasien Positif Covid-19 DKI Bertambah Jadi 3.681 Kasus

Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta terus mengalami kenaikan. Saat ini jumlah tersebut mencapai 3.681 kasus dan data tersebut berdasarkan website corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pukul 12.15 WIB.

Dalam website tersebut juga dituliskan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari corona sebanyak 334 orang, meninggal 350 orang, yang masih mendapatkan perawatan 1.947 orang dan isolasi mandiri ada 1.050 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 981 kasus. Kemudian sebanyak 2.509 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya dan sisanya 1.172 belum diketahui.

 

Selengkapnya...

2. Cegah Corona, Bandara Hang Nadim Resmi Tak Layani Penerbangan hingga 1 Juni 2020

Bandara Hang Nadim Batam Resmi Mengentikan Penerbangan (Foto:Merdeka.com)
Bandara Hang Nadim Batam Resmi Mengentikan Penerbangan (Foto:Merdeka.com)

Pemerintah melarang warga mudik untuk pencegahan penyebaran virus Corona. Oleh karena itu, Bandara Hang Nadim Batam resmi menghentikan sementara layanan penerbangan komersial mulai hari ini, Sabtu (25/4/2020) hingga 1 Juni 2020.

"Melalui aturan larangan mudik, Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim dan TIK BP Batam menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersial penumpang mulai 25 April hingga 1 Juni 2020," kata Direktur BUBU Hang Nadim dan TIK Badan Pengusahaan Batam Suwarso dalam siaran tertulisnya, Jumat, 24 April 2020. 

Pada Jumat kemarin, tercatat ada 21 penerbangan keberangkatan terakhir ke beberapa bandara di Tanah Air yang dilakukan oleh sejumlah maskapai. 

Namun, Bandara Hang Nadim akan tetap beroperasi untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan refund atau reschedule jadwal penerbangan. 

 

Selengkapnya...

3. Kisah Minar, Penggali Makam Korban Corona di TPU Pondok Rangon Jakarta

Petugas menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah media asing menyoroti kisah para penggali makam di Indonesia di tengah pandemi Corona Covid-19. Channel News Asia misalnya, menggambarkan seperti apa pengalaman para penggali makam  di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur. 

Cerita itu salah satunya datang dari penggali kubur bernama Minar (53). Di bawah terik matahari, Minar mengatakan sejak 33 tahun bekerja sebagai penggali makam, dia tidak pernah sesibuk saat ini.

Dia menuturkan, sejak awal Maret lalu, jumlah kematian akibat virus Corona terus meningkat. Hal ini membuat para penggali kubur sepertinya tak pernah berhenti bekerja.

"Pekerjaan saya sekarang sangat berbeda. Saya hampir tidak bisa istirahat. Sekarang sangat melelahkan karena ada begitu banyak mayat tiba setiap hari. Jadi saya merasa lelah karena menggali tanpa henti," kata dia. 

Menurut dia, satu makam membutuhkan waktu dua jam penggalian. Dalam satu hari, Minar harus menggali lima kuburan.

Dia mengaku diliputi kesedihan setiap kali melihat keluarga almarhum mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka dari jauh.

 

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Warganet Usai Eredivisie 2019-2020 Ditiadakan dan Tak Ada Juara

Posted: 25 Apr 2020 08:55 PM PDT

Jakarta- Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) resmi tidak melanjutkan Eridivisie musim 2019-2020. Musim ini juga dinyatakan tidak ada juara meski Ajax Amsterdam berada di puncak klasemen.

Yap, seperti halnya ajang lain di negara Eropa, Eredivisie harus ditunda sejak 12 Maret 2020 akibat pandemi virus corona. Kemudian kompetisi kasta tertinggi di Belanda tersebut rencananya akan kembali bergulir pada 30 Maret lalu.

Namun, terus merebaknya virus corona penyebab COVID-19 di Belanda membuat penundaan Eredivisie diperpanjang hingga 6 April 2020. Lagi-lagi, upaya untuk melanjutkan sisa kompetisi Eredivisie musim ini sulit terwujud.

Terlebih lagi, pemerintah Belanda memperpanjang larangan aktivitas yang mengundang keramaian hingga 1 September 2020. Kondisi tersebut membuat KNVB menangguhkan berbagai kompetisi, termasuk Eridivisie musim ini hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Setelah berkonsultasi dengan UEFA dan klub-klub peserta, KNVB memutuskan untuk menghentikan Eredivisie musim ini. Selain itu, liga teratas di Belanda tersebut juga tanpa juara pada musim 2019-2020.

Ditiadakannya Eredivisie 2019-2020 pun langsung menuai respons dari berbagai pihak. Tak sedikit yang bertanya-tanya apakah hal serupa akan terjadi di kompetisi lain di Eropa.

Berikut ini Bola.com mengumpulkan dari media sosial, Twitter, ragam reaksi warganet setelah Eridivisie 2019-2020 ditiadakan dan tak ada juara.

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Hendry Wibowo,published 25/4/2020)

1. Fans Liverpool Sudah Siap

2. Akan Diikuti Liga Lainnya?

3. Premier League Harus Tiru Eredivisie

4. Eredivisie dan Premier League Beda

5. Ada yang Ketakutan

6. Menunggu Keputusan Premier League

7. Apakah Premier League Akan Menyusul

8. Tuhan Sayang Fans Liverpool

9. Siapa yang Jantungan ya?

10. Mungkin ada yang Enggak Rela

11. Keputusan Bijak

Saksikan Video Pilihan Kami:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Penyandang Polio Hidup Mandiri Menjalani Fungsi Sosial

Posted: 25 Apr 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyandang polio Geetha Archa adalah pekerja sosial yang aktif berkegiatan menolong sesama. Disabilitas tak menghalangi tekadnya untuk tetap bekerja sebagai penjual tiket.

Pengguna kursi roda asal Trivandrum, India ini memiliki rencana untuk memperluas pekerjaan sosialnya di masa depan.

Perempuan usia 38 ini didiagnosis polio di usia dua bulan. Hal tersebut tak membuatnya ragu untuk mengenyam pendidikan dengan dukungan keluarga.

Usai mengenyam pendidikan di sekolah menengah, Geetha mengejar gelar sarjana sejarah dan bekerja sebagai pramuniaga di departemen otoritas air Kerala, India.

"Saat ini saya menggunakan kursi roda. Tapi saya lebih suka merangkak karena saya bisa menggerakkan seluruh tubuh saya dengan cara itu. Sejak saya ingat, saya telah melakukan ini. Saya tidak ingin membatasi diri pada kursi roda," ujarnya pada Newz Hook.

Baru-baru ini, dia mulai menjual tiket lotre dengan kendaraan roda tiga. Geetha tinggal sendirian dan jauh dari keluarganya. Menurutnya, itu cara menjadi seseorang yang mandiri.

Kegiatan Sosial

Geetha telah menjadi bagian dari grup WhatsApp 'Poomaram'. Dalam bahasa Malayalam, istilah itu berarti pohon dengan bunga yang mekar.

Mereka bahkan memiliki saluran YouTube dengan banyak pengikut. Tim 'Poomaram' telah melakukan berbagai jenis pekerjaan sosial di seluruh Kerala. Mereka menjangkau orang-orang dengan dan tanpa disabilitas selama dibutuhkan.

"Saya percaya setiap manusia memiliki tanggung jawab sosial. Jadi saya hanya melakukan bagian saya. Kami membantu orang-orang dengan menyediakan makanan, obat-obatan, dan lainnya."

Sebagai difabel, salah satu aset terbesarnya adalah lingkaran pertemanan. "Mereka adalah orang-orang yang melihat saya di luar disabilitas saya," katanya sambil tersenyum.

Geetha berharap untuk menjangkau lebih banyak orang dan memperluas pekerjaannya di masa mendatang. "Jangan pernah biarkan orang lain mengatakan bahwa Anda tidak dapat melakukan sesuatu karena Anda difabel. Hiduplah dengan percaya diri," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Hujan Lebat Ajak Angin Kencang Bakal Datangi Beberapa Wilayah di Sumsel

Posted: 25 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan sebanyak sembilan kabupaten di Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang, pada Minggu (26/4/2020).

BMKG menyebutkan, sembilan kabupaten itu yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musirawas Utara, Lahat, Lubuk Linggau, Pagaralam dan Empat Lawang.

Pagi hari diperkirakan cerah - berawan dan berpotensi hujan lokal di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, OKI dan Ogan Ilir. Siang hari diperkirakan berawan, potensi hujan sedang - lebat di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Lahat, Pagaralam, Musirawas Utara, OKI, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Dan potensi hujan lokal di wilayah Muara Enim, OKU, Palembang, Musi Rawas, Empat Lawang, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Lubuk Linggau dan Prabumulih.

Malam hari diperkirakan berawan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Banyuasin, Lahat, Musi Rawas, Empat Lawang, dan Lubuk Linggau. Potensi hujan lokal di wilayah Banyuasin, Muara Enim, Musirawas Utara, Pagaralam, Ogan Ilir, OKI, OKU ,dan OKU Timur.

Dini hari diperkirakan cerah berawan dan udara kabur/berkabut, berpotensi hujan lokal di wilayah Musi Rawas, Lubuk Linggau, OKI dan Musi Banyuasin.

Suhu Udara untuk Wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 23 – 32 °C, Kelembaban udara 60 persen - 98 persen.

Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan: 19 – 31 °C; Kelembaban Udara 65 persen - 100 persen.

Angin : Timur – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 km/jam. Tinggi gelombang laut : di Selat Gelasa 0.5 – 1.25 m, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.1 – 0.5 m; Cuaca : Berawan; Angin : Timur – Barat Daya dengan kecepatan 5 – 25 Km/jam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Salah Injak Pedal, Pengunjung Toko Buah Terseret Mobil Kencang

Posted: 25 Apr 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah mobil menabrak toko buah karena pengemudi salah menginjak pedal. Seorang pengunjung toko terluka karena terseret mobil yang melaju kencang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang MU Rindu ke Makkah di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 25 Apr 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Pandemi virus corona Covid-19 yang sedang melanda hampir di seluruh dunia telah menghentikan banyak kegiatan. Mulai dari bisnis, olahraga hingga keagamaan terkena dampak dari virus corona Covid-19.

Nyaris seluruh kompetisi olahraga di seluruh dunia telah dihentikan sejak Maret lalu. Kegiatan bisnis juga tersendat karena karyawan diminta diam di rumah. Kegiatan keagamaan pun juga terkena imbas. Rumah-rumah ibadah ditutup. Masyarakat diminta berdoa di rumah saja.

Gelandang Manchester United Paul Pogba pun sangat merasakan dampak pandemi virus corona Covid-19. Pria Prancis itu merindukan momen beribadah di Makkah saat bulan Ramadan tiba.

Pada hari pertama Ramadan 2020, Pogba mengunggah foto tengah berada di depan Ka'bah. Eks pemain Juventus itu memang beberapa kali menunaikan ibadah umrah saat bulan Ramadan.

Adanya pandemi virus corona Covid-19 membuat Pogba tidak lagi bisa terbang ke Makkah menjalani umrah. Pemerintah Arab Saudi telah menghentikan sementara layanan haji dan umrah guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona Covid-19 pada para peserta.

 

Kompetisi Berhenti

Tak hanya itu, Pemerintah Saudi juga menutup kompleks Masjidil Haram sehingga masyarakat setempat pun tidak dapat berkunjung ke sana. Langkah ini diambil guna mengantisipasi agar virus corona Covid-19 tak semakin parah.

Wabah virus corona Covid-19 juga menghambat karier Pogba. Kompetisi Liga Inggris dan Liga Champions yang diikuti oleh MU saat ini dihentikan.

 

 

Tak Jelas

Penghentian kompetisi sudah terjadi sejak pertengahan Maret lalu hingga waktu yang belum ditentukan.

 
 
 
View this post on Instagram

Ramadan Kareem to all the Muslims ❤️🤲🏾#

A post shared by Paul Labile Pogba (@paulpogba) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Dapatkan Bansos Corona saat PSBB Jakarta

Posted: 25 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta terus sosialisasi kepada warga membutuhkan yang belum mendapatkan bantuan sosial corona Covid-19 saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskal Besar (PSBB).

Melalui akun Facebook, Pemrov DKI Jakarta membeber tata cara untuk mendapat bansos. Dikutip Liputan6.com, Minggu (26/4/2020), Pemprov menyebutkan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir permintaan bantuan di RW setempat.

Namun sebelum mengajukan, warga harus memastikan dia memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan sosial. Berikut kriterianya:

1. Warga berkartu identitas DKI atau non-DKI dengan penghasilan kurang dari Rp 5 juta rupiah perbulan.

2. Mengalami salah satu hal di bawah ini:

a. Terkena PHK atau dirumahkan dengan pengurangan atau tidak menerima gaji,

b. Tutup usaha atau tidak berjualan,

c. Pendapatan atau omzet berkurang drastis karena Covid-19.

Jika memenuhi kriteria tersebut, warga berhak atas bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aetelah mengisi formulir di RW, pihak RW akan mengirimkan formulir anda ke kelurahan.

Selanjutnya kelurahan akan mengirimkan data warga kepada Dinas Sosial untuk diverifikasi. Jika sudah, Biro Tata Pemerintahan akan melakukan penjadwalan jika calon penerima memenuhi kriteria.

Dan terakhir, Pasar Jaya akan mendistribusikan bantuan tersebut kepada penerima.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Usai Banyak Seri Tertunda Akibat Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 25 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal MotoGP 2020 menjadi tidak jelas akibat pandemi virus corona covid-19. Beberapa seri harus ditunda atau dibatalkan mengingat banyak negara melockdown untuk menghindari penyebaran virus yang lebih luas.

Seri perdana MotoGP 2020 awalnya akan digelaer di Qatar pada 8 Maret 2020. Namun Dorna selaku operator akhirnya membatalkan seri tersebut.

Setelah Qatar, tujuh balapan MotoGP 2020 juga akhirnya ditunda. Seri tersebut adalah Seri Jerez, Le Mans, Mugello, Catalunya, Sachsenring, Assen, dan Finlandia.

Belum diketahui kapan seri MotoGP 2020 yang ditunda tersebut dapat digelar. Apalagi di Eropa pandemi virus corona covid-19 belum mereda.

Seri MotoGP 2020 terdekat selanjutnya adalah di Brno. Namun Dorna masih menunggu situasi lebih baik terlebih dahulu.

Jadwal

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan kemenangannya pada balapan MotoGP Thailand 2019 di Chang International Circuit, Buriram, Minggu (6/10/2019). Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez merayakan kemenangannya pada balapan MotoGP Thailand 2019 di Chang International Circuit, Buriram, Minggu (6/10/2019). Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

9 Agustus: MotoGP Republik Ceko

16 Agustus: MotoGP Austria

30 Agustus: MotoGP Inggris

13 September: MotoGP San Marino

27 September: MotoGP Aragon

4 Oktober: MotoGP Thailand

18 Oktober: MotoGP Jepang

Jadwal Selanjutnya

25 Oktober: MotoGP Australia

1 November: MotoGP Malaysia

15 November: MotoGP Amerika Serikat

22 November: MotoGP Argentina

29 November: MotoGP Valencia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyanyi Muda Izellah Gandeng Produser Dua Lipa

Posted: 25 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi remaja berdarah Indonesia-Selandia Baru, Izellah Rahmania Connelly merilis lagu terbaru berjudul 'No Hard Feelings'. Serunya, dalam single ini, Izellah berkolaborasi dengan Larz Principato yang juga dikenal sebagai produser musik dari Dua Lipa. 

Sebelumnya, Izellah sukses berkolaborasi dengan penyanyi Melly Goeslaw dalam single 'Hello'. Dirinya yang menetap di Australia juga sempat mengeluarkan lagu "Where Nobody Knows Men" yang mendapat respons positif dari pendengar musik di Indonesia melalui radio, streaming platforms, dan juga YouTube Play.

Kembali ke single 'No Hard Feelings', Izellah mengaku mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Ini semua terbantu dengan pengalaman berharga dalam karirnya di industri musik.

"Banyak ilmu yang saya dapat selama mengerjakan lagu ini. 'No Hard Feelings' bernuansa musik yang berkarakter," ujar Izellah dalam siaran pers yang diterima wartawan, baru-baru ini.

 

Karier Luar negeri

Izellah Rahmania Connelly
Izellah Rahmania Connelly

Nama Izellah diketahui sempat mengembangkan kariernya di Los Angeles dan New York, serta berkerja sama dalam proses co-writing music dengan beberapa produser ternama yang juga pernah bekerja sama dengan beberapa musisi dunia, seperti Eminem, Justin Bieber, Maroon 5, Dua Lipa, Celine Dion, dan Kylie Minogue.

 

Co-writer

Izellah Rahmania Connelly
Izellah Rahmania Connelly

Dalam single barunya ini,  Izellah berperan sebagai co-writer. Ia berkolaborasi dengan Larz Principato. Untuk proses co-write dan recording sendiri, dilakukan di Warner Chappell, New York, Amerika Serikat. 

"Aku senang bisa dibantu produser yang sudah biasa bekerjasama dengan musisi dunia. Semoga karya laguku bisa diterima pecinta musik di Indonesia dan di luar," pungkas Izellah.

 

Latar Belakang

Perempuan berusia 13 tahun yang memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya tersebut juga diketahui punya latar belakang musik teater. Izellah sudah menjadi bintang dan terlibat dalam beberapa produksi besar teater profesional Broadway di Australia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi Serapan KUR Pertanian Capai Rp 15,4 Triliun per 23 April 2020

Posted: 25 Apr 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Realisasi serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian hingga 23 April 2020 mencapai Rp 15,4 triliun. Serapan KUR tertinggi terjadi untuk sektor tanaman pangan yang mencapai Rp 4,7 triliun atau 30,79% dengan 215,846 debitur.

Selain tanaman pangan, serapan KUR tersalurkan untuk perkebunan Rp 4,6 triliun, hortikultura Rp 1,9 triliun, peternakan Rp 3 triliun, jasa pertanian 257 miliar, dan kombinasi pertanian Rp 852 miliar.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajak para petani dan pimpinan daerah untuk memanfaatkan layanan KUR demi meningkatkan kinerja sektor pertanian dari hulu hingga hilir.

"Kalau ini termanfaatkan dengan baik, maka tidak perlu lagi petani ngambil pinjaman dari mana-mana yang bunganya besar-besar. Tentu saja, semua penerima KUR masuk dalam kelompok-kelompok tani yang dikendalikan bersama-sama," ujar Mentan SYL.

KUR untuk sektor pertanian dialokasikan mencapai Rp50 triliun. Dana ini bisa dimanfaatkan para petani di seluruh Indonesia. Dalam jangka pendek, penyaluran KUR juga diharapkan dapat menangkal dampak pandemi Covid-19.

"Sektor pertanian tidak boleh goyah akibat Covid-19. KUR ini juga sebagai upaya agar dampaknya tidak sampai memukul perekonomian petani," kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, penyerapan KUR pertanian masih didominasi sektor hulu. Kementan akan mendorong juga pemanfaatan KUR di sektor hilir, seperti untuk pembelian alat pertanian.

"Sektor hulu selama ini dianggap lebih mudah diakses karena tidak memerlukan agunan. Padahal KUR dengan plafon besar pun sebenarnya akan mudah diakses jika digunakan untuk pembelian alat," ungkap Sarwo Edhy.

Realisasi serapan KUR ini tersebar di sejumlah Provinsi. Tertinggi serapannya adalah Jawa Timur sebesar Rp 3,6 triliun. Disusul Jawa tengah sebesar Rp 2,7 triliun, Sulawesi Selatan sebesar Rp 1,2 triliun, Lampung sebesar Rp 838 miliar, dan Riau sebesar Rp 804 miliar.

Kemudian Banten sebesar Rp 19 miliar, DKI Jakarta sebesar Rp 16 miliar, Papua Barat sebesar Rp 13,6 miliar, Kalimantan Utara sebesar Rp 9,5 miliar, dan Maluku Utara sebesar Rp 8,6 miliar.

"Kami akan tingkatkan serapan di Provinsi yang lainnya. Karena belum semua petani tau proses mengakses KUR ini," tambahnya.

Berkaitan dengan penyaluran KUR itu, Bank BNI, BRI dan Bank Mandiri menjadi penyalur di semua daerah di Indonesia. Bank BRI menyalurkan KUR sebesar Rp 8,4 triliun, Bank BNI sebesar Rp 1,1 triliun, dan Bank Mandiri sebesar Rp 1,5 triliun. Sementara Bank lainnya (plus bank daerah) sebesar Rp 745 miliar.

"Syarat mendapat KUR pertanian cukup mudah. Petani hanya diharuskan memiliki lahan garapan produktif, rancangan pembiayaan anggaran, dan sejumlah syarat untuk kepentingan BI Checking. Jika penyaluran KUR bekerja sama dengan bank milik BUMN, bunganya hanya 6 persen," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Supaya Mobil Tetap Prima dan Nyaman, Cek Enam Hal Ini

Posted: 25 Apr 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada larangan mudik dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), perawatan kendaraan mesti rutin Anda lakukan. Apalagi selama ini intensitas penggunaan kendaraan tergolong tinggi.

Tingginya aktivitas, tak jarang membuat pemilik sering kali lupa melakukan servis rutin. Padahal perawatan berkala perlu dilakukan setiap 10.000 kilometer atau tenggang waktu 6 bulan.

Tak hanya servis rutin, pengecekan beberapa komponen di rumah juga perlu dilakukan sebelum berkendara.

Melihat kebutuhan tersebut, Daihatsu membagikan tips agar mobil tetap aman dan nyaman digunakan setiap hari, berikut tipsnya:

1. Periksa rutin ketinggian radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan radiator coolant.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal.

Cek Bagian Lainnya

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, pemilik bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yangada pada tangki penampungan minyak power steering.

Sebelum mematikan mesin, pastikan roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

5. Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan.

Bila mencapai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, pastikan ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara lower level dan upper level. Isilah air aki secara berkala agar berfungsi secara optimal.

"Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan kesayangan agar tetap dalam kondisi yang optimal. Pemilik juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi, agar pengecekan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi andal," jelas Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses

Posted: 25 Apr 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Najwa Shihab tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Wanita yang akrab disapa Nana ini merupakan jurnalis ternama yang dikenal tegas dan selalu berani mengungkap kebenaran. Sudah belasan tahun berkarier, kemampuannya dalam memandu diskusi dan pemikiran yang krtitis sudah tak diragukan lagi.

Selain kariernya, kehidupan pribadi Najwa Shihab tak luput dari sorotan publik. Seperti diketahui, wanita kelahiran 16 September 1977 ini merupakan anak kedua dari ulama besar Indonesia, Quraish Shihab. Najwa Shihab sendiri memiliki saudara kandung yang sangat akrab.

Ia memiliki empat saudara perempuan dan satu laki-laki, yakni Najelaa Shihab, Najwa Shihab, Nasywa Shihab, Ahmad Shihab, dan Nahla Shihab. Sama seperti Najwa Shihab, para saudaranya juga dikenal tangguh dan sukses. Hal tersebut terungkap di video akun YouTube Najwa Shihab yang tayang pada 23 April 2020.

Najwa mengajak ibu dan saudara perempuannya untuk masuk dalam konten YouTube-nya yang membahas mengenai 'Perempuan di Keluarga Shihab'. Meski jarang tersorot oleh media, Shihab bersaudara ini kerap membagikan momen kedekatannya di Instagram. Berikut potret kebersamaan Najwa Shihab dan saudara perempuannya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (26/4/2020).

1. Potret Najwa Shihab bersama ibu dan saudara perempuannya saat membuat konten di YouTube.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: YouTube/Najwa Shihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: YouTube/Najwa Shihab)

2. Meski jarang terekspos oleh media, Shihab bersaudara kerap membagikan kebersamaan di Instagram.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@najelaashihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@najelaashihab)

3. Najwa dan saudara perempuannya sesekali menghabiskan waktu liburan bersama dan merekamnya dalam jepretan foto.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@najelaashihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@najelaashihab)

4. Selain cantik, Shihab bersaudara dikenal sebagai wanita yang hebat dan sukses.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@nahlashihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@nahlashihab)

5. Ada yang berprofesi sebagai jurnalis, dokter dan pebisnis.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@najelaashihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@najelaashihab)

6. Shihab bersaudara memang tidak semuanya perempuan. Quraish Shihab memiliki anak laki-laki bernama Ahmad Shihab. Meski begitu istri Ahmad yaitu Sidah Ahmad kerap berkumpul bersama kakak iparnya.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@nasywashihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@nasywashihab)

7. Shihab bersaudara juga kerap menghabiskan waktu dengan hangout bersama, kompak.

7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@nasywashihab)
7 Potret Najwa Shihab dan Saudara Perempuannya, Cantik dan Sukses (Sumber: Instagram/@nasywashihab)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: