Rabu, 15 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Trump Klaim AS Telah Lewati Puncak Pandemi Corona

Posted: 15 Apr 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden AS Donald Trump nyatakan Amerika Serikat telah melewati puncak pandemi corona. Ia pun berencana segera menyusun rencana pembukaan kembali sejumlah negara bagian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Ojol, Pertamina Bakal Beri Cashback 50 Persen untuk Angkutan Umum Lain?

Posted: 15 Apr 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu yang lalu, PT Pertamina (Persero) meluncurkan program khusus cashback saldo LinkAja sebesar 50 persen khusus ojek online (ojol) untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) selama tiga bulan sebagai upaya Pertamina untuk meringankan beban hidup para pengemudi ojol terutama pada masa wabah Covid-19.

Namun, tentunya program tersebut  dinilai memicu kecemburuan sosial pada tataran masyarakat. Tapi hal itu dibantah oleh Vice President Corporate Communication Fajriyah Usman, yang mengatakan bahwa memang program itu sifatnya bantuan, yang disesuaikan dengan ketersediaan dana dan sebagainya.

"Ojol juga nantinya dapat berkolaborasi untuk jadi bagian layanan Pertamina Delivery Service. Ini masih persiapkan," kata Fajriyah saat dihubungi oleh Liputan6.com, Kamis (16/4/2020).

Diketahui memang cashback 50 persen itu maksimal Rp 15.000 bagi 10.000 pengendara ojek online per hari, untuk pembelian BBM berupa Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo, yang bisa didapatkan apabila menggunakan aplikasi MyPertamina.

Total cashback saldo yang diberikan Pertamina untuk keseluruhan program itu sebesar Rp 13,5 miliar.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Untuk Angkutan Umum Lain

Pengemudi ojek darling menunjukkan aplikasi setelah mengisi bahan bakar di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (14/4/2020). PT. Pertamina memberikan bantuan cashback 50% kepada ojek darling hingga 12 Juli 2020 demi mereda pandemi virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pengemudi ojek darling menunjukkan aplikasi setelah mengisi bahan bakar di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (14/4/2020). PT. Pertamina memberikan bantuan cashback 50% kepada ojek darling hingga 12 Juli 2020 demi mereda pandemi virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lanjut Fajriyah, mengatakan bahwa ada kemungkinan untuk ke depannya Pertamina juga akan memberikan program yang sama yakni cashback 50 persen kepada pengemudi angkutan umum lainnya.

"Ya kemungkinan itu bisa saja," ujarnya.

Saat ditanyai lebih lanjut kapan realisasi tersebut akan diresmikan, ia mengatakan bahwa pihaknya menegaskan itu masih dalam tahap kemungkinan, bisa saja direalisasikan bisa juga tidak.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Foto yang Beredar Adalah Surat Teguran bagi Pelanggar PSBB, Bukan Surat Tilang

Posted: 15 Apr 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Foto yang diklaim sebagai surat tilang atas pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) viral. Foto tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Dalam foto tersebut tersebut tertulis jenis pelangaran pembatasan moda transportasi. Di antaranya sepeda motor, mobil penumpang pribadi, dan angkutan umum/barang.

Selain itu juga tertulis beberapa pelanggaran, di antaranya tidak menggunakan masker, tidak menggunakan sarung tangan, melebihi jumlah orang dalam kendaraan, dan lainnya.

"*Perhatikan...!!!* 👆🏻Tilangan baru di berlakukan saat PSBB dan harap di lengkapi ketentuan sesuai yg ada di surat Tilangan...," demikian narasi yang tertulis dalam pesan berantai tersebut.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai surat tilang PSBB. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "surat tilang PSSB".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai klaim surat tilang tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Bukan Tilang, Pelanggar PSBB Akan Dapatkan Surat Ini" yang ditayangkan situs Liputan6.com pada 15 April 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau pengendara kendaraan bermotor untuk selalu mematuhi paraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19.

Peraturan tersebut mencakup penggunaan masker, sarung tangan, tidak dalam keadaan sakit, jumlah orang dalam kendaraan roda empat maksimal 50 persen dari kapasitas dan tak berboncengan di sepeda motor.

Apabila melakukan pelanggaran, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pengendara akan diberikan surat teguran. Surat teguran ini berbeda dengan surat tilang.

"Enggak sama, beda," kata Sambodo kepada Merdeka.com, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, pelanggaran PSBB tak akan menjalani persidangan. Bahkan pengendara tak mengeluarkan uang denda. "Kagak ada," ujar Sambodo.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, pelanggar aturan PSBB pertama kali akan diminta untuk menuliskan surat pernyataan tidak akan mengulang lagi.

Kemudian, petugas menginput data-data pribadi yang tertera di Surat Izin Mengemudi (SIM) ke data base.

"Nanti kalau melanggar diberhentikan di bawa ke pos bikin surat teguran kemudian bikin pernyataan. Jika kedua kali (melanggar), kita lihat situasinya lagi karena bisa kita lakukan sanksi yang tegas berupa penegakan hukum sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2018," ucap dia.

Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 18 Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Disebutkan, pihak kepolisian berwenang menindak pengendara yang tidak menggunakan masker dan atau sarung tangan bagi pengendara motor.

Kemudian, kepolisian juga berhak menindak pengendara yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang ditetapkan. Pada PSBB, jumlah orang dalam kendaraan roda empat dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan.

Selain itu, kepolisian juga bakal menindak pengemudi yang berkendara dalam keadaan sakit atau memiliki suhu badan di atas normal. Terakhir, polisi menindak pengendara yang melewati batas jam operasional kendaraan umum sebagaimana yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta yaitu pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

Para pengendara yang membandel ini dijerat Pasal 93 Jo Pasal 9 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dengan ancaman pidana penjara selama satu tahun dan denda Rp 100 juta.

Dalam artikel tersebut juga memuat tampilan utuh dari foto yang diklaim sebagai surat tilang. Foto tersebut ternyata bukan surat tilang, melainkan surat teguran.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus membenarkan bahwa pihaknya memberikan teguran bagi masyarakat yang melanggar aturan PSBB. Menurutnya, teguran merupakan bagian dari sanksi.

"Selama orang mau nurut ketika ditegur ya dikesampingkan lah denda itu," kata Yusri kepada Liputan6.com, Kamis (16/4/2020).

Yusri menambahkan, pihaknya terus berupaya mengingatkan dan menyadarkan masyarakat pentingnya menerapkan aturan PSBB.

"Kita ini kan situasinya sekarang Covid, masyarakat sudah bingung, sedih, resah. Jangan ditambah sedih lagi, sementara kita beritahu secara humanis, persuasif terus," ucap Yusri.

 

Kapan Sanksi Teguran Jadi Denda atau Kurungan?

Seperti dimuat dalam artikel berjudul Pelanggar PSBB Dikenai Teguran, Kapan Berubah Jadi Denda? yang dimuat Liputan6.com pada 15 April 2020, meski saat ini polisi lebih memilih memberikan sanksi teguran ketimbang jeratan pidana kepada pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan berarti masyarakat boleh abai.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, sanksi yang tertuang di Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan berupa hukuman penjara satu tahun atau denda Rp 100 juta merupakan opsi terakhir. Selama, sanksi teguran dianggap efektif maka penindakan secara hukum itu dikesampingkan.

"Bukan kita tidak bisa keluarkan aturan tentang penindakan sanksi. Boleh, kapan? Ada waktunya nanti," kata dia saat dihubungi, Rabu (15/4/2020).

Yusri memberikan gambaran terhadap orang yang layak dijatuhi denda atau hukuman pidana saat PSBB. Misalnya, ketika ada pengendara mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang telah ditetapkan. Saat ditegur oleh petugas, malah melawan.

"Kamu naik mobil isinya 10 orang. Nggak boleh kan? Terus saya berhentikan di tengah jalan. 'Pak mohon maaf, sesuai dengan aturan PSBB mobil bapak cuma boleh muat empat orang'," Yusri mencontohkan.

"Terus dijawab sama pengenda 'oh kenapa, mau saya 10 orang, 20 orang mobil mobil gua urusan gua. Jadi mau apa lu polisi', kata Yusri menirukan pengendara yang dicontohkan.

Menurut Yusri, pengendara yang melawan tersebut pantas dinilai cocok untuk diberikan sanksi sesuai UU Kekarantinaan. Tapi, Yusri mengatakan, sejauh ini sanksi berupa teguran masih efektif untuk menyadarkan masyarakat saat PSBB.

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai surat tilang PSBB adalah surat teguran yang ditujukan kepada pelanggar PSBB di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Polisi menyebut surat teguran itu ditujukan untuk menyadarkan masyarakat pentingnya mematuhi aturan PSBB. Tidak ada penahanan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) bagi masyarakat yang mendapatkan surat teguran model seperti itu.

Namun, itu bukan berarti pelanggar PSBB boleh abai. 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Minta Pemerintah Beri Roadmap Jelas Tentang Penundaan Pilkada 2020

Posted: 15 Apr 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah diminta memberikan roadmap yang jelas tentang penundaan (Pilkada) 2020.

"Pemerintah harus memberikan roadmap kepada kita semua, agar kita bisa ikut membantu pemerintah dalam memutuskan kapan pelaksanaan pilkada terbaik," kata anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja virtual Komisi II DPR RI di Jakarta, Selasa, 14 April 2020. 

Menurutnya, pemerintah dan DPR RI harus mampu menjelaskan argumentasi terkait pelaksanaan pilkada pada 9 Desember 2020. Misalnya, apabila Pilkada 2020 tidak bisa dilaksanakan 9 Desember 2020, mengapa pilkada harus dilaksanakan Maret 2021.

"Argumentasi apa yang bisa kita sampaikan ke publik. Publik itu akan tanya, apa argumentasinya ada kalimat, 'Kalau Desember enggak bisa, maka diundur Maret', itu kan harus ada argumen yang jelas. Saya kira argumentasi paling tepat itu adalah roadmap, sekali lagi," kata Yaqut dilansir Antara.

Apabila jalan berpikir dalam mengeluarkan argumentasi tidak berdasarkan peta jalan yang jelas, maka akan menimbulkan kesulitan di kemudian hari.

"Saya kira ini harus disampaikan dulu oleh Mendagri (Tito Karnavian), terutama soal roadmap itu, agar kita mudah menentukan kapan ini ditunda. Apakah Desember, Maret tahun depan, atau September tahun depan," kata Yaqut menegaskan.

Apalagi, kata Yaqut, ada banyak pihak merasa pesimistis bahwa pemerintah memiliki peta jalan itu.

"Saya tidak yakin bahwa Covid-19 ini akan berakhir dengan cepat. Saya bagian dari yang pesimistis," kata Yaqut.​​​​​​​

 

 

 

Perbaiki Syarat Menangani Pandemi Corona

Dia pun meminta pemerintah memperbaiki tiga syarat utama dalam menangani pandemi, yaitu kepemimpinan (leadership) yang kuat, kedua otoritas kesehatan yang kokoh, dan ketiga adanya saling percaya (mutual trust) antara pemerintah dan masyarakat.

Dia pun mencontohkan, adanya peraturan ojek dalam jaringan (daring) yang tidak dibolehkan mengangkut penumpang oleh pejabat A. Lalu tidak lama kemudian diralat dan dibolehkan mengangkut penumpang oleh pejabat B.

"Ini menunjukkan kalau leadership-nya lemah," kata Yaqut.​​​​​​​

Menurut Yaqut, otoritas kesehatan yang kokoh itu bisa diukur dari empat hal, pertama staf (staff), kedua peralatan (stuff), ketiga bangunan (structure), dan keempat sistem prosedur operasional (SOP) medis yang memadai.

​​​​​​​Dia mengatakan adanya tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 mengeluh kekurangan alat pelindung diri (APD) dan ventilator di rumah sakit rujukan COVID-19, serta adanya pasien COVID-19 yang ditolak masuk rumah sakit rujukan di daerah, karena rumah sakit tersebut kurang memiliki fasilitas medis untuk menangani COVID-19 adalah bukti kurang memadainya staff, stuff, dan structure yang dimiliki Indonesia saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Obat Keracunan Makanan pada Anak dari Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

Posted: 15 Apr 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Obat keracunan makanan pada anak yang mungkin orang tua belum banyak mengetahuinya. Obat keracunan makanan pada anak sebenarnya dapat ditemukan di sekitar dengan mudah. Bahkan jenis dari obat keracunan makanan pada anak ini merupakan bahan konsumsi sehari-hari.

Keracunan makanan sesungguhnya bisa terjadi pada siapa pun, baik dewasa maupun anak-anak. Namun keracunan karena makanan lebih sering dialami oleh anak-anak, terutama yang masih berusia di bawah lima tahun atau balita. Hal tersebut tentu saja karena sistem kekebalan tubuh pada anak belum berfungsi secara baik dan masih rentan terhadap penyakit.

Obat keracunan makanan pada anak sebenarnya hampir sama jika dibandingkan dengan obat keracunan pada orang dewasa. Namun jenis dari obat keracunan makanan pada anak disarankan lebih bersumber dari bahan-bahan alami dibandingkan dengan obat buatan.

Supaya menambah wawasan dalam mengetahui apa saja obat keracunan makanan pada anak yang bisa Anda berikan kepada anak-anak jika keracunan makanan, maka di bawah ini Liputan6.com, Kamis (16/4/2020) telah merangkum berbagai macam obat keracunan makanan pada anak yang mudah untuk ditemukan.

1. Air putih

Anak Bisa Terkena Batu Ginjal karena Kurangnya Asupan Cairan Padahal Anak Senang Bermain (Ilustrasi/iStockphoto)
Anak Bisa Terkena Batu Ginjal karena Kurangnya Asupan Cairan Padahal Anak Senang Bermain (Ilustrasi/iStockphoto)

Umumnya saat seseorang baik usia dewasa maupun anak-anak mengalami keracunan, hal yang terjadi biasanya adalah muntah dan diare. Keadaan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi kehilangan cairan dan akhirnya dehidrasi. Apabila tubuh yang dehidrasi tetap tidak mendapatkan asupan cairan, maka akan berbahaya bagi nyawa.

Obat keracunan makanan pada anak yang biasanya diberikan yaitu diawali dengan air putih. Hal tersebut agar cairan dalam tubuh anak tetap terjaga. Untuk konsumsinya juga jangan terlalu banyak, karena anak-anak bisa mengalami kembung dan dapat memicu terjadinya gejala muntah yang lebih banyak lagi. Jadi berikan air putih secukupnya.

2. Air kelapa

Air Kelapa / Sumber: iStockphoto
Air Kelapa / Sumber: iStockphoto

Obat keracunan pada anak selanjutnya yaitu air kelapa. Air kelapa sendiri sebenarnya memiliki kandungan karbohidrat. Kandungan karbohidrat ini berasal dari gula yang menimbulkan rasa manis pada air kelapa.

Kandungan air kelapa lainnya yaitu elektrolit. Kandungan elektrolit di dalam air kelapa sering digunakan sebagai obat untuk mencegah atau menangani dehidrasi. Itulah mengapa air kelapa disebut buah yang menjadi sumber elektrolit yang baik.

Jika Anda hanya memberikan air putih saja kepada anak yang sedang mengalami keracunan, hal tersebut tidaklah cukup. Sedangkan jika memberi air kelapa, maka dapat mengembalikan jumlah elektrolit yang telah hilang karena muntah dan diare, sehingga anak bisa pulih lebih cepat. Selain itu, air kelapa juga mengandung zat yang dapat membantu proses detoksifikasi pada saluran pencernaan yang terpapar racun dikarenakan makanan.

3. Susu

ilustrasi minum susu/copyright by Makistock from Shutterstock
ilustrasi minum susu/copyright by Makistock from Shutterstock

Obat keracunan makanan pada anak ini sebenarnya sudah cukup populer, karena susu memang memiliki senyawa protein. Senyawa protein ini terdapat dua jenis, yaitu rantai pendek dan rantai panjang.

Senyawa protein ini lalu akan dihancurkan dan menjadi asam amino untuk diserap oleh tubuh. Lalu, setelah itu senyawa ini akan dicerna enzim dan menjadi peptida polimer pendek asam amino yang berfungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh, lalu dapat menjadi antimikroba, dan sebagai penangkal racun.

Itulah sebabnya mengapa susu dipercaya dapat menjadi obat keracunan makanan pada anak. Namun harus diperhatikan dalam memilih jenis susu tersebut. Sangat disarankan untuk membeli susu yang telah melalui tahap sterilisasi. Karena susu yang belum di sterilisasi sangat rentan akan bakteri dan kuman pada susu, yang justru akan membuat masalah lain pada kesehatan.

4. Jahe

Ilustrasi jahe (iStockphoto)
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Jahe merupakan bahan makanan yang telah lama digunakan dalam mengatasi keracunan makanan. Bahan alami ini juga dipercaya mampu mengatasi rasa mual yang menyebabkan muntah, dan dapat membuat tubuh menjadi segar dan lega.

Cara mengonsumsi jahe terutama pada anak cukup mudah. Namun karena anak kurang menyukai rasa pedas pada jahe maka bisa dicampurkan jahe tersebut dengan madu atau gula.

5. Madu

Madu dengan campuran kunyit bisa bantu cerahkan siku. (unsplash.com/Lindsay Moe).
Madu dengan campuran kunyit bisa bantu cerahkan siku. (unsplash.com/Lindsay Moe).

Madu dapat dikatakan sebagai bahan alami yang sangat kaya akan manfaat yang dimilikinya. Madu memiliki memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi masalah pada pencernaan atau bahkan karena keracunan makanan.

Rasa manis pada madu memang sangat nikmat, dan mungkin anak-anak sangat menyukainya. Namun konsumsi madu juga harus di perhatikan. Karena kandungan gulanya tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

6. Yogurt dan pisang

Pisang dan yoghurt. Foto: harmonia.la
Pisang dan yoghurt. Foto: harmonia.la

Yogurt selain nikmat ternyata juga mengandung mikro-organisme yang dapat membantu membunuh bakteri jahat yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Sedangkan buah pisang mengandung senyawa berupa potasium yang dapat membantu tubuh dalam membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan.

Dengan mengkombinasikan kedua bahan ini, mampu membantu anak untuk sembuh dari keracunan makanan yang tentu tidak diinginkan oleh semua orang tua.

Semoga jenis obat keracunan pada anak dari bahan-bahan alami di atas dapat membantu anak Anda untuk terhindar dari keracunan makanan ya. Namun apabila gejala keracunan masih berlanjut, segera hubungi dokter untuk diberi tindakan lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Rabu, 15 April Ada 1.035 Jenazah Dimakamkan dengan Protap Corona di Jakarta

Posted: 15 Apr 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta mendata ada sebanyak 1.035 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur terkait virus corona atau Covid-19. Jumlah tersebut berdasarkan data di website corona.jakarta.go.id yang dikutip Liputan6.com, Kamis (16/4/2020).

Jumlah tersebut merupakan data hingga Rabu (15/4/2020). Untuk hari yang sama pemakaman dengan protap Covid-19 sebanyak 26 jenazah dan di hari sebelumnya yakni 14 April 2020 mencapai 46 jenazah.

Untuk diketahui pemakaman dengan protap Corona tidak semua merupakan pasien yang telah dinyatakan positif. Namun, terdiri dari orang dalam pemantauan (ODP) ataupun pasiem dalam pengawasan (PDP) yang belum test Covid-19 atapun masih menunggu hasil.

Sebab beberapa diantaranya hasil test Covid-19 keluar ketika pasien meninggal telah dimakamkan.

Jumlah Pasien Naik

Sementara itu, jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta terus mengalami kenaikan. Saat ini jumlah tersebut mencapai 2.670 kasus dan data tersebut berdasarkan website corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pukul 10.08 WIB.

Dalam website tersebut juga dituliskan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 202 orang, meninggal 248 orang, yang masih mendapatkan perawatan 1.601 orang dan isolasi mandiri ada 619 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 882 kasus. Kemudian sebanyak 1.511 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya dan sisanya 1.159 belum diketahui.

1.511 kasus yang telah diketahui tersebut tersebar di lima kota administrasi di Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unboxing dan First Impression Samsung Galaxy S20 Ultra

Posted: 15 Apr 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti apa sih unboxing dan kesan pertama Galaxy S20 Ultra yang baru diluncurkan Samsung? Yuk, tonton videonya sampai habis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Briptu Ilham Usai Ditembak Kelompok Teroris MIT di Poso

Posted: 15 Apr 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Briptu Ilham, polisi yang terkena tembakan dua anggota kelompok bersenjata di Poso, Rabu sore (15/4/2020) dibawa ke RS Bayangkara Palu, untuk mendapat perawatan intensif. Pantauan Liputan6.com, setibanya di rumah sakit, polisi yang juga penjaga keamanan Bank Mandiri Syariah Poso itu langsung ditangani tim dokter dan menjalani rontgen.

Walau begitu secara umum kondisi anggota Satuan Sabhara Polres Poso itu dalam keadaan stabil.

"Tadi pagi sempat dirawat di Poso dan dibawa ke Palu untuk diperiksa lebih lanjut. Korban juga sudah menjalani operasi," kata Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto di RS Bayangkara Palu, Rabu (15/4/2020).

Briptu Ilham, kata Didik, tertembak di bagian dada kanan atas oleh senjata jenis FN saat mempertahankan senjata laras panjangnya yang hendak direbut pelaku. Beruntung tembakan pelaku tidak berakibat fatal bagi korban.  

Bahkan saat kedua pelaku kabur dengan sepeda motor Briptu Ilham sempat mengejar dan melepaskan tembakan sebelum dia dievakuasi ke rumah sakit daerah Poso.

Kedua pelaku yang diidentifikasi sebagai anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) itu sendiri akhirnya tewas ditembak oleh aparat Satgas Tinombala gabungan TNI-Polri di kawasan Moengko pada Rabu siang. Jenazah keduanyapun pada Rabu malam telah berada di RS Bayangkara untuk diautopsi.  

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beroperasi saat PSBB, Tempat Hiburan Malam di Kota Bogor Ditutup Paksa

Posted: 15 Apr 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tempat hiburan malam (THM) di Kota Bogor kedapatan masih beroperasi di hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah tersebut.

Masih adanya aktivitas tempat hiburan malam itu terungkap saat petugas gabungan melakukan kegiatan pengawasan pelaksanaan PSBB di Kota Bogor, Rabu (15/4/2020) malam.

Petugas gabungan dari unsur Satpol PP, TNI/Polri ini langsung membubarkan para pengunjung. Setelah itu menutup paksa tempat karaoke dan live music tersebut.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Bogor Elyis Sontikasyah mengatakan, sebelum diterapkannya PSBB, Pemerintah Kota sudah mengeluarkan surat edaran terkait penutupan sementara seluruh sektor yang dikecualikan oleh Pemkot Bogor. Salah satunya tempat hiburan malam.

"Saat melakukan pengawasan PSBB, ternyata masih ada THM yang beroperasi. Dari keterangan pihak manajemen, alasan masih buka karena ada pemaksaan dari pemilik," kata Elyis, Kamis (16/4/2020).

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada pemilik usaha yang masih bandel mengoperasikan tempat usahanya di luar delapan sektor selama penerapan PSBB. Sanksinya mulai denda hingga pencabutan izin usaha salah satu upaya penegakan hukum guna memperkecil ruang penularan virus Corona.

"Nanti kita lihat intensitasnya seperti apa. Untuk kali ini kita kasih teguran dulu," kata Dedie.

Selain menutup tempat hiburan malam, petugas gabungan juga keliling kota untuk melakukan pengawasan di setiap sudut kota dan membubarkan setiap ada kerumunan warga.

 

Jaga Jarak dan Bermasker

Selain itu, petugas juga memberikan imbauan kepada para pedagang maupun masyarakat untuk melakukan social distancing dan menggunakan masker.

"Bagi mereka yang masih berkumpul-kumpul dan tidak mematuhi pedoman PSBB untuk beri peringatan. Sebab kerumunan ini berpotensi terjadi penyebaran covid," terang Dedie.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Relawan COVID-19 Capai Angka 23.472 Orang

Posted: 15 Apr 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Koordinator Relawan Covid-19 Andre Rahadian sebut jumlah relawan mencapai 23.472 orang. Terdiri dari 4.401 relawan medis dan 19.071 relawan non medis.

"Jadi sampai hari ini ada 23.472 relawan yang terdaftar di mana 4.401 orang itu relawan medis sedangkan 19.071 orang termasuk relawan non medis. Ini tersebar dari Provinsi Aceh sampai Papua semua ada," kata Andre dalam konferensi pers, Kamis (16/4/2020).

Menurutnya, relawan dengan jumlah terbesar berasal dari Jawa Barat sekitar 5.900 orang.

Untuk penempatan dan pelatihan relawan medis pihak Gugus Tugas bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kesehatan.

Terus Mendaftar

Andre meminta relawan untuk terus mendaftar karena rumah sakit masih meminta relawan terutama relawan dokter dan perawat.

"Ini sudah berjalan baik, memang kebutuhan terus masuk dan kita mencoba untuk mengajak semua relawan medis untuk terus mendaftar karena kebutuhan dari rumah sakit rujukan, rumah sakit darurat terus masuk."

Pada umumnya, rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat membutuhkan relawan dengan latar belakang dokter dan perawat.

Sedang, untuk relawan non medis yang terhitung 80% dari jumlah keseluruhan relawan, 250 orang di antaranya sudah dilatih secara daring.

"Relawan non medis kita sudah melakukan pelatihan untuk bisa turun dan masuk ke lingkungannya. Karena memang fokus kita dalam melawan Covid-19 ini adalah pendekatan komunitas. Kemarin kita sudah melakukan pelatihan untuk sekitar 250 orang secara online."

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Corona COVID-19, Meghan Markle dan Pangeran Harry Janjikan Sumbangan Rp1,8 Miliar

Posted: 15 Apr 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle dilaporkan telah mengatur agar uang yang dihasilkan dari siaran pernikahan mereka digunakan untuk memberi makan anak-anak kelaparan selama pandemi corona COVID-19.

Dilansir dari Town and Country Magazine, Kamis (16/4/2020), orangtua Archie Harrison Mountbatten-Windsor ini menjanjikan lebih dari 90 ribu pound sterling atau setara Rp1,8 miliar untuk badan amal, Feeding Britain.

Program-program badan amal itu fokus pada memberi bantuan pada keluarga yang membutuhkan makanan segar, serta paket makanan di seluruh Inggris. Dana ini disebut anugerah oleh National Director Feeding Britain, Andrew Forsey.

Harry dan Meghan Markle mengatakan pada Forsey bahwa mereka ingin uang itu disumbangkan ke organisasi dalam panggilan telepon diadakan di sekitar waktu sekolah di Inggris menutup pintu mereka untuk sebagian besar anak-anak.

Seorang juru bicara Harry dan Meghan mengatakan mereka senang melihat uang itu pergi ke tujuan yang sangat bagus. Telah disepakati saat pernikahan pasangan ini jika ada keuntungan berlebih dari siaran BBC, uang akan diberi untuk amal yang ditunjuk oleh Harry dan Meghan.

Mereka diberitahu soal dana tersebut di saat pandemi corona COVID-19 mulai terjadi. Dipahami bahwa Harry dan Meghan menganggap sepatutnya bahwa dana yang dihasilkan dari pernikahan mereka disalurkan ke badan amal didukung oleh Uskup Agung yang memainkan peran penting pada hari pernikahan mereka.

Tujuan Mulia

Pernikahan Meghan Markle - Pangeran Harry. (Steve Parsons / POOL / AFP)
Pernikahan Meghan Markle - Pangeran Harry. (Steve Parsons / POOL / AFP)

Forsey mengatakan, donasi ini akan membantu Feeding Britain mempertahankan program mereka sampai sekolah dibuka kembali.

"Konsekuensi sosial dan ekonomi dari virus corona telah mengirimkan gelombang mengejutkan ke seluruh jaringan Feeding Britain. Keluarga-keluarga yang hidup dalam kemiskinan, yang sudah berjuang untuk mengakses dan membeli makanan, bahkan lebih berisiko kelaparan," katanya.

Ia menambahkan bahwa uang itu, yang diharapkan tiba minggu ini, akan digunakan untuk membuat sarapan, makan siang, dan makan malam bagi puluhan ribu anak di seluruh jaringan lembaga amal tersebut.

Feeding Britain bekerja di 12 area di Inggris untuk menguji coba pendekatan baru demi mengatasi kelaparan. Selama pandemi COVID-19, badan amal ini juga membentuk kemitraan baru di London dan Skotlandia.

Juga, menjalankan program makanan darurat yang menyediakan makanan dan paket makanan melalui pengiriman rumah, serta titik pengumpulan bagi mereka yang membutuhkan.

Harry dan Meghan melihat karya badan amal itu secara langsung pada Januari lalu ketika mereka mengunjungi supermarket Feeding Britain di Birkenhead. "Keajaiban yang mereka tinggalkan di kota pada hari itu telah diteruskan melalui sumbangan yang sangat dermawan ini," kata Forsey.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Olahraga saat PSBB

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Seorang pria bersepeda selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang pria bersepeda selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pria bersepeda selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah orang berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Komplek Gelora Bung Karno, Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek GBK. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah orang berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Komplek Gelora Bung Karno, Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek GBK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah orang berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Komplek Gelora Bung Karno, Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek GBK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pria dengan mengenakan masker berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang pria dengan mengenakan masker berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pria dengan mengenakan masker berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah orang berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Komplek Gelora Bung Karno, Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek GBK. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah orang berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Komplek Gelora Bung Karno, Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek GBK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah orang berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Komplek Gelora Bung Karno, Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek GBK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pria dengan mengenakan penutup mulut berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan menerapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang pria dengan mengenakan penutup mulut berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan menerapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seorang pria dengan mengenakan penutup mulut berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan menerapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niatnya Menghindari Sepeda, Pemotor Malah Nyemplung ke Got

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai motor memang tidak hanya harus bisa gas dan rem saja. Sebagai pengendara motor, wajib hukumnya untuk menjaga keseimbangan si kuda besi, dan waktu yang tepat untuk kapan menyalip kendaraan, berhenti, dan tidak memaksakan jalur yang sempit.

Seperti pengendara motor satu ini, yang sedang melewati jalan di gang yang sempit, namun tetap memaksa jalan. Padahal, di sampingnya ada pesepeda yang juga berada di area tersebut, dan alhasil pemotor dan yang dibonceng harus terjatuh di got.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram @dramaojol.id, pemotor tersebut terus memaksa masuk dan bersinggungan dengan anak kecil yang sedang menaiki sepeda. Saat hendak berjalan kembali, ada sepeda lainnya dan yang menggunakan motor harus mengerem, tapi tidak mampu menyeimbangkan kuda besinya dengan sempurna sehingga jatuh ke got.

"Pengen jalan-jalan 😌," tulis akun tersebut sebagai caption, dilihat Rabu (15/4/2020).

Saksikan Video Lengkapnya:

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Pengen jalan-jalan 😌

Sebuah kiriman dibagikan oleh Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) pada

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Masa Pandemi COVID-19, Nasib Dokter Gigi Tak Ubahnya Ojek Online

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belinda Chandra Hapsari, salah seorang dokter gigi di Puskesmas Cijeruk Kabupaten Bogor, bercerita tentang hari-harinya selama pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia.

Sudah satu bulan ini, Belind, begitu dia disapa, tidak melakukan tindakan apa pun yang bersifat menghasilkan aerosol, seperti mengebor dan scalling. Begitu juga dengan tindakan cabut gigi, hanya akan dilakukan jika benar-benar mendesak. Apabila dirasa bisa ditunda, akan ditunda.

Dia dan rekan sejawat yang lain 'manut' pada arahan yang tercantum di dalam surat edaran dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), mengenai 'Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi COVID-19yang terbit pada 17 Maret 2020. 

Sebanyak 10 poin tercantum di surat edaran nomor 2776/PB PDGI/III-3/2020. Salah satu poinnya mengimbau dokter gigi untuk menunda tindakan tanpa keluhan simtomatik, bersifat elektif, perawatan, estetis, dan tindakan dengan menggunakan bur atau scaler atau suction.

"Jadi, benar-benar cuma kasih obat saja," katanya kepada Health Liputan6.com pada Rabu, 15 April 2020.

"Pengobatan itu kalau ada sakit akut, nyut-nyutan, atau bengkak, kita kasih resep obat minum," Belind menambahkan.

Surat edaran dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), mengenai 'Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi COVID-19' yang terbit pada 17 Maret 2020.
Surat edaran dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), mengenai 'Pedoman Pelayanan Kedokteran Gigi Selama Pandemi COVID-19' yang terbit pada 17 Maret 2020.

Bila keadaan mendesak yang mengharuskan adanya tindakan, Belind, mengatakan, dokter gigi mesti mengenakan alat pelindung diri (APD) level 3. Standar baju kerja atau APD level 3 in terdiri dari:

  • Baju kerja,
  • memakai topi,
  • masker bedah jika tidak melakukan tindakan bersifat aerosol,
  • masker N 95 jika melakukan tindakan aerosol (tiga lapis: masker bedah-masker N95-masker bedah), kemudian N95 disimpan dalam plastik pribadi untuk satu minggu,
  • dan APD coverall (topi, faceshield atau visor, masker, gaun, jas hujan, sarung tangan, sepatu booth atau covershoe)

Menurut Belind, pelaksanaan di tiap-tiap tempat berbeda. Tergantung dinas masing-masing. Bahkan, di beberapa dinas sudah mulai diminta untuk menghentikan sementara praktik dokter gigi.

Di salah satu kota, lanjut dia, PDGI sampai mengirimkan surat kepada pemberi kredit agar bisa ditangguhkan sementara.

"Karena banyak dari kami yang juga hidup hanya dari praktik saja. Jadi, sudah mulai mantab alias makan tabungan," ujarnya.

Sepinya pasien yang datang membuat para dokter gigi yang mengandalkan hidup dari praktik sudah mulai menghancurkan celengan. Semata-mata untuk menyambung hidup.

"Kalau kata dokter gigi senior, kita sama saja kayak ojol (ojek online). Bedanya kita dokter, sudah, gitu doang. Maksudnya pendapatan ya harian gitu," katanya.

Belind bersyukur, karena statusnya adalah dokter PTT (pegawai tidak tetap) di Puskesmas, dia masih menerima gaji.

"Yang susah yang dokter gigi swasta. Kan penghasilan otomatis turun atau berhenti sama sekali," katanya.

"Buat yang PNS atau PTT kayak kami masih bisa mengandalkan gaji," Belind menambahkan.

 

Tempat Praktik Tutup Sementara Selama Pandemi COVID-19

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)

Omongan Belinda dirasakan Dita Firdiana, dokter gigi sekaligus pemilik Difa Oral Health Center. Mengikuti arahan dari PDGI, Dita dan dua orang rekannya memilih menutup sementara waktu usaha yang dirintis bersama itu.

"Awal-awal muncul edaran masih buka, tapi hanya menerima emergency. Sisanya konsultasi," kata Dita saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui sambungan telepon. 

"Kalau ada pasien yang datang, kemudian dirasa masih mempan jika dikasih obat, akan disuruh minum obat saja," Dita menambahkan. 

Saat ini, klinik gigi yang beralamat di Jalan RS Fatmawati Raya nomor 15, Jakarta Selatan, ini masih 'buka'. Semata-mata untuk mengirim barang-barang yang mereka jual. 

"Difa kan jualan kayak sikat gigi dan obat kumur gitu di (salah satu situs jual beli). Nah, stok barang ada di klinik. Jadi, aku dan yang lain masih tetap ke klinik. Ya, kita lanjut jualan yang sudah dipunya saja," katanya. 

Menurut Dita, Difa Oral Health Center bukannya tidak memiliki alat pelindung diri (APD). Akan tetapi Dita merasa masih belum percaya diri untuk menerapkannya. Di satu sisi, Dita sangat ingin bisa tetap praktik dengan mengenakan APD. Akan tetapi di sisi lain, dia memikirkan soal biaya yang harus dikeluarkan pasiennya. 

"Kita punya biaya sarana dan prasarana. Tapi, APD ini kan mahal. Masa iya mau dibebankan ke pasien?," katanya. 

Itu sebabnya Dita dan rekan-rekannya untuk sementara waktu 'cari aman' dengan mengikuti anjuran yang datang dari PDGI. Namun, bila pandemi Corona ini tak kunjung berakhir sementara mereka harus 'hidup', tidak menutup kemungkinan klinik gigi yang juga menerima orang dengan HIV AIDS (ODHA) kembali beroperasi.

"Mau tidak mau menaikkan biayanya, agar bisa tetap mengenakan APD," ujarnya. 

Selain berjualan, Dita dan dua orang rekannya membuat sesi berbayar berupa kuliah WhatsApp atau kulwap, dengan topik yang berbeda-beda setiap harinya. 

"Kulwap-nya berbayar, tapi seikhlasnya, tidak matok harga," katanya. 

Bila ada yang ingin bergabung ke dalam kulwap yang diadakan Difa Oral Health Center, bisa menghubungi Dita dengan mensyen akun Twitter pribadinya, @fairyteeth atau akun Twitter Difa Oral Health Center, @difa_OHC.

"Kita masih terus putar otak agar bisa survive. Soalnya, pandemi ini kan bukan kejadian yang setiap tahun begitu. Jadi, tidak ada rencana apa-apa sebelumnya. Ya, dalam waktu dekat InsyaAllah sudah ada gebrakan baru," ujarnya.

Kata Persatuan Dokter Gigi Indonesia

Di Graha BNPB Jakarta, Selasa (7/4/2020), Ketua PB PDGI Hananto Seno berterima kasih atas bantuan alat pelindung diri yang diberikan gugus tugas ke dokter gigi di seluruh Indonesia. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Di Graha BNPB Jakarta, Selasa (7/4/2020), Ketua PB PDGI Hananto Seno berterima kasih atas bantuan alat pelindung diri yang diberikan gugus tugas ke dokter gigi di seluruh Indonesia. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Terkait poin-poin yang ada di dalam surat edaran tersebut, Ketua Umum PDGI, Dr drg RM Sri Hananto Seno, SpBM(K) MM mengatakan surat dibuat berdasarkan kondisi yang terjadi di lapangan saat ini.

Semua itu dilakukan demi kebaikkan bersama, disebabkan sudah tidak bisa lagi membedakan apakah pasien yang datang itu benar-benar sehat, atau hanya terlihat sehat tapi ternyata adalah carrier (pembawa Virus Corona)

"Amannya seperti itu," kata Seno saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Menurut Seno, aturan itu berlaku sampai waktu yang tidak ditentukan. "Selesainya kapan saja kita tidak tahu, karena di China sendiri masih ada gelombang kedua. Jadi, kami belum memutuskan kapan. Mungkin sampai pemerintah benar-benar mengatakan bahwa Indonesia bebas dari COVID-19," ujarnya.

Kecuali, apabila rumah sakit atau puskesmas atau tempat praktik punya APD yang mempuni. Itu pun sebaiknya dihindari, jika memang tidak mendesak banget.

"Kalau tidak sakit banget, sebaiknya tunda dululah. Kalau hanya ingin periksa rutin, cek ada lubang atau enggak, atau pasang behel atau benarin behel, misalnya, tunda, dari pada memaksakan datang malah merugikan diri sendiri atau dokternya," katanya.

Terlebih sudah ada dokter gigi yang diketahui meninggal dunia setelah dinyatakan positif Corona, Seno mengatakan untuk benar-benar mengindahkan edaran yang sudah dibuat itu.

"Terutama buat teman kita yang umurnya di atas 60 tahun, tolong jangan lakukan praktik dulu, karena itu memiliki risiko tinggi," kata Seno.

"Bagaimana juga usia di atas 60 itu sistem kekebalannya sudah turun. Sudah tidak semaksimal yang berusia 30, 35," ujarnya.

Untuk dokter-dokter berusia muda, yang disadari betul oleh Seno sangat membutuhkan pemasukan untuk bayar cicilan rumah atau mobil, jika mau praktik tetap harus menggunakan APD.

"Jika bisa ditahan untuk tidak dulu, jangan dululah, biar aman," ujarnya.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Gembira dan Kabar Murung Corona Covid 19 di Pulau Madura

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bangkalan Informasi dari Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur ini, memberi sebuah kekuatan di saat penambahan kasus positif corona baru di Pulau Madura kian mencemaskan.

Agus Susanto Zein, juru bicara Gugus Tugas Bangkalan, mengabarkan bahwa kondisi 'pasien blega', pasien covid 19 pertama di Bangkalan, terus membaik sejak menjalani isolasi di RSUD Syamrabu 5 April lalu.

Makin menggembirakan karena dari hasil tes swab PCR kedua oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBPTK-PP) Surabaya, pria 36 tahun itu dinyatakan telah negatif virus yang bermuasal dari Kelelawar dan tenggiling itu.

"Untuk menguatkan bahwa telah sembuh, diperlukan satu uji swab terakhir oleh Balitbangkes Kementrian Kesehatan," kata Agus, kini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangkalan.

Pasien Blega adalah seorang perantau Jakarta yang pulang kampung dalam kondisi sakit pada 26 Maret 2020 ketika covid tengah mewabah di ibukota. Setiba di rumahnya Kecamatan Blega dia langsung menjalani rawat inap di puskesmas setempat.

Hanya semalam, dia kemudian dirujuk ke RSUD Syamrabu karena kondisinya memburuk, maka terungkaplah virus corona menjangkiti tubuhnya selain tuberkulosis yang telah lama diderita.

Sempat memaksa pulang karena kondisinya membaik pada 4 April, ia dijemput paksa polisi dan TNI sehari kemudian untuk menjalani isolasi karena hasil tes telah keluar dan menyatakan dia positif virus yang menyerang sistem pernafasan itu.

Bocah 8 Tahun Positif Corona

jaga jarak menjadi salah upaya yang diterapkan pemerintah Indonesia untuk mencegah Penukaran virus Corona antar manusia.
jaga jarak menjadi salah upaya yang diterapkan pemerintah Indonesia untuk mencegah Penukaran virus Corona antar manusia.

Selain kabar baik itu, kabar murung menyeruak dari Kecamatan Klampis. Seorang bocah 8 tahun di sana dinyatakan positif corona berdasarkan rapid tes.

Gugus Tugas Covid 19 Bangkalan sejak 10 April 2020 bergerak cepat melakukan tracing di Klampis, setelah pasangan dokter di sana dipastikan terjangkit Corona. Pasangan dokter itu dihujat publik karena selama ODP tak patuh karantina mandiri.

Mereka masih buka praktik di rumah dan masih ngantor di Puskesmas juga di dua rumah sakit lain. Bahkan pernah kepergok berbelanja di sebuah apotik.

Hasil akhir tracing oleh surveilance menyebut selama ODP pasangan dokter itu telah berinteraksi dengan 226 orang. tracing pertama di lingkungan tempat tinggal dan Puskesmas Klampis. kedua di RSUD Syamrabu Junok dan ketiga di Rumah Sakit Lukas.

Selain bocah 8 tahun itu, seorang tenaga medis di RSUD Syamrabu juga positif corona karena berinteraksi dengan dokter yang salah satunya bertugas sebagai Tenaga Kesehatan Haji Indonesia tiap musim Haji.

Dan besar kemungkinan mereka yang positif bertambah. sebab dari 266 orang itu tidak semua menjalani rapid tes karena keterbatasan alat.

di Klampis misalnya dari 36 orang yang pernah kontak langsung, hanya 17 orang yang telah di rapid tes. Di RS Lukas, dari 25 yang terlacak baru 4 orang di rapid tes dengan hasil semua negatif.

Lagi, Dua Petugas Haji Pamekasan Positif Corona

Aparat Polres dan Satpol PP Bangkalan membubarkan pasar burung di Kelurahan Pejagan. pembubaran ini memunculkan istilah baru: razia Phisycal distancing.
Aparat Polres dan Satpol PP Bangkalan membubarkan pasar burung di Kelurahan Pejagan. pembubaran ini memunculkan istilah baru: razia Phisycal distancing.

Kasus baru corona di Kabupaten Pamekasan tak kalah mengkhawatirkan. Hanya dua hari setelah kasus positif Corona ketiga diumumkan 12 April 2020, pasien positif corona di Kabupaten Pamekasan telah menjadi lima orang per-14 April 2020.

Kecuali pasien pertama, seorang remaja 11 tahun, yang telah meninggal. Empat kasus positif corona lainnya di Pamekasan berasal dari profesi yang sama yaitu petugas Haji.

Data Humas dan Protokol Pemkab Pamekasan merinci dua pasien baru itu adalah seorang Petugas Pendamping Ibadah Haji (PPIH) berusia 57 tahun asal Kecamatan Proppo. dan satu lagi adalah Tenaga Kesehatan Ibadah Haji (TKIH) berusia 40 tahun asal Kecamatan Galis.

Mereka ditetapkan sebagai ODP sejak akhir Maret setelah ditracing karena ikut pelatihan Haji di Asrama Haji Surabaya.

Mereka menjalani karantina mandiri meski menurut rapid tes pertama negatif. Mereka positif corona pada rapid tes kedua yang diperkuat hasil swab PCR oleh Litbangkes Jakarta. Para petugas haji ini, kini menjalani isolasi di RSUD dr Slamet Marthodirjo Pamekasan.

Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sampang yang hingga kini berada di zona hijau Corona, merespon kasus Corona di Pamekasan itu dengan menutup Puskesmas Tanjung, Kecamatan Camplong selama sepekan.

Sebab, pasien positif ketiga Pamekasan bekerja di Puskesmas itu juga menjadi petugas haji. Selama ditutup semua ruangan distrelisasi dan puluhan pegawainya menjalani rapid tes dengan hasil semua negatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Pekanbaru Jelang Penerapan PSBB 17 April 2020

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Resort Kota Pekanbaru mempersiapkan 2/3 personel untuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 17 April 2020. Tidak hanya patroli, pintu masuk Pekanbaru dari Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, dan Kuantan Singingi akan dijaga.

Menurut Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Nandang Mu'min Wijaya SIK, akan didirikan posko penjagaan di daerah perbatasan itu. Kepolisian akan bergabung dengan dinas kesehatan dan dinas kesehatan setempat serta instansi terkait lainnya.

Pos ini bertujuan memeriksa kesehatan orang yang ingin masuk dan keluar Pekanbaru. Termasuk kendaraan penumpang apakah sudah mentaati protokol pencegahan virus corona atau covid-19.

"Khususnya angkutan umum dalam peraturan PSBB nanti, penumpang hanya 50 persen dari seperti biasa," kata Nandang, Rabu petang, 15 April 2020.

Tidak hanya di perbatasan, pemeriksaan kendaraan angkutan juga dilakukan di dalam kota seperti di terminal. Begitu juga dengan aktivitas keluar masuk di bandara dan pelabuhan.

"Nanti akan dilakukan pengukuran suhu tubuh bagi warga beraktivitas di sana," sebut Nandang.

Dalam kegiatan ini, kepolisian juga akan dilibatkan dalam pengawalan distribusi kebutuhan masyarakat dan medis. Misalnya pengawalan kendaraan pengangkut sembako.

"Itu menjadi tugas menjamin ketersediaan sembako, karena ini penting, untuk kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Nandang menambahkan, ada beberapa jenis kendaraan dan moda transportasi yang nantinya masuk pengecualian, saat pemberlakuan PSBB. Transportasi tersebut masuk ke dalam skala prioritas untuk dijamin kelancaran dan keamanannya.

"Seperti kendaraan pengedaran uang, BBM, energi dan gas, kelistrikan, bahan baku industri dan manufaktur, ekspor impor. Semua dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona," kata Nandang.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Terbitkan Aturan Penyusunan Laporan Keuangan Perbankan

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan panduan penyusunan laporan keuangan dalam menerapkan ketentuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 71 mengenai penghitungan pencadangan dan PSAK 68 mengenai pengukuran nilai wajar surat berharga.

Dikutip dari keterangan resmi OJK, Kamis (16/4/2020), surat edaran yang membahas hal tersebut mengacu pada POJK Nomor 11/POJK.03/2020 dan panduan Dewan Standar Akuntansi Keuangan - Ikatan Akuntansi Indonesia (DSAK - IAI) pada 2 April 2020 tentang Dampak Pandemi Covid -19 terhadap Penerapan PSAK 8.

Dalam panduannya, OJK meminta perbankan untuk melakukan beberapa hal, antara lain:

a. Mematuhi dan melaksanakan POJK Nomor 11/POJK.03/2020 dan secara produktif mengidentifikasi debitur-debitur yang selama ini berkinerja baik namun menurun kinerjanya karena terdampak Covid- 19

b. Menerapkan skema restrukturisasi mengacu pada hasil asesmen yangakurat disesuaikan profil debitur dengan jangka waktu selama-lamanya satu tahun dan hanya diberikan pada debitur-debitur yang benar-benar terdampak Covid -19

c. Menggolongkan debitur-debitur yang mendapatkan skema restrukturisasi dalam stage 1 dan tidak diperlukan tambahan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

d. melakukan identifikasi dan monitoring secara berkelanjutan serta berjaga-jaga untuk tetap melakukan pembentukan CKPN apabila debitur-debitur yang telah mendapatkan fasilitas restrukturisasi tersebut berkinerja baik pada awalnya, diperkirakan menurun karena terdampak Covid -19 dan tidak dapat pulih pasca-restrukturisasi atau dampak Covid berakhir

Selain itu, OJK juga memberikan panduan penyesuaian bagi perbankan dalam penerapan PSAK 68 yaitu pengukuran nilai wajar dari surat berharga mengingat tingginya volatilitas dan penurunan signifikan volume transaksi di bursa efek yang mempengaruhi pertimbangan bank dalam menentukan nilai wajar surat berharga.

 

Panduan

Tujuan Laporan Keuangan (sumber: Pexels)
Tujuan Laporan Keuangan (sumber: Pexels)

Adapun panduan kepada bank yang diberikan:

a. Menunda penilaian yang mengacu pada harga pasar (mark to markert) untuk SUN dan surat-surat berharga lain yang diterbitkan Pemerintah termasuk surat berharga Bank Indonesia selama enam bulan.

Selama masa penundaan, perbankan dapat menggunakan harga kuotasian tanggal 31 Maret 2020 untuk penilaian surat-surat berharga tersebut.

b. Menunda penilaian yang mengacu pada harga pasar (mark to market) untuk surat-surat berharga lain selama enam bulan sepanjang meyakini kinerja penerbit surat-surat berharga tersebut dinilai baik sesuai kriteria yang ditetapkan.

Selama masa penundaan, perbankan dapat menggunakan harga kuotasian tanggal 31 Maret 2020 untuk penilaian surat-surat berharga tersebut.

Apabila dianggap kinerja penerbit surat berharga itu tidak atau kurang baik, maka bank dapat melakukan penilaian berdasarkan model sendiri dengan menggunakan berbagai asumsi, antara lain suku bunga, credit spread, risiko kredit penerbit dan sebagainya

c. Melakukan pengungkapan yang menjelaskan perbedaan perlakukan akuntansi yang mengacu pada panduan OJK dengan standar akuntansi sebagaimana dipersyaratkan PSAK 68.

Adapun, ketentuan penyesuaian penerapan PSAK 71 dan 68 tersebut dikeluarkan mengingat kondisi sektor jasa keuangan yang terpengaruh melemahnya perekonomian akibat pandemi Covid -19 sehinggga menimbulkan ketidakpastian ekonomi global dan domestik secara signifikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trump Setop Dana ke WHO, Menlu Retno Pilih RI Fokus Tangani Pandemi Corona COVID-19

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Donald Trump menghentikan anggaran kontribusi terhadap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Alasannya adalah WHO dianggap melakukan kesalahan dalam mengantisipasi Virus Corona COVID-19.

Selain itu, Presiden Trump berkata WHO menutup-nutupi terkait virus ini. Tak hanya itu, ia juga kerap menyebut WHO terlalu "China-sentris". 

Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno mengatakan bahwa di saat seperti ini negara-negara seharusnya lebih fokus menangani pandemi COVID-19. 

"Dalam situasi yang serba sulit seperti ini, saya kira hal yang paling pas sebenarnya energi kita, kita pusatkan saja pada upaya untuk menangani kasus COVID-19 karena itu sudah memerlukan energi yang sangat luar biasa," papar Menlu Retno dalam siaran Instagram Live bersama jurnalis Hanum Mega. 

Menlu Retno kemudian menjelaskan bahwa dalam KTT Virtual bersama negara-negara ASEAN beberapa waktu lalu, para pemimpinnya berkomitmen untuk menangani pandemi ini bersama-sama. 

"Fokus aja supaya kita bisa keluar dari situasi ini bersama-sama," tambahnya lagi.

Sekjen PBB Juga Pilih Persatuan

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara di hadapan DK PBB (AP)
Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara di hadapan DK PBB (AP)

Sekretaris Jenderal Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengatakan bahwa ini "bukan waktunya" untuk mengurangi dana ke WHO atau organisasi lain yang berjuang memerangi pandemi.

"Sekarang adalah waktu untuk persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja bersama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan," kata Guterres dalam sebuah pernyataan. 

WHO sejauh ini belum berkomentar. 

Dalam media sosial, Dr Nahid Bhadelia, seorang spesialis penyakit menular dan direktur medis Unit Patogen Khusus di Universitas Boston, mengatakan penarikan dana akan menjadi bencana.

"Memotong 15 persen (kontribusi AS) dari anggaran WHO selama pandemi terbesar yang diproyeksikan pada abad terakhir adalah bencana mutlak," tulisnya di Twitter.

"WHO adalah mitra teknis global, platform di mana negara-negara berdaulat berbagi data / teknologi, mata kita pada lingkup global pandemi ini."  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cimoy Montok Pasang Tarif untuk Endorse dan Tampil di TV, Ini Alasannya

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Cimoy Montok, gadis 15 tahun saat ini sedang naik daun berkat aplikasi TikTok. Saat ini, dirinya lebih nyaman dan percaya diri disapa Cimoy daripada nama aslinya, Nur Aini. 

Kehidupan bersama keluarga sederhana dengan rumah yang beratapkan terpal dan dinding kardus, semakin meningkatkan semangat kariernya. Kini artis TikTok Cimoy Montok memiliki daftar tarif dan manajer sendiri. 

Ingin tahu berapa kocek yang harus diberikan untuk meng-endorsement Cimoy Montok? Simak lebih lanjut, seperti dilansir dari berbagai sumber.

 

Tarif Khusus

Cimoy Montok bersama Ria Ricis
Cimoy Montok bersama Ria Ricis

Dalam video unggahan Ria Ricis sang YouTuber Tanah Air, Cimoy mengaku untuk tarif jasa endorse di Instagram cukup dibayar seratus ribu ke atas.

Biaya ini tergantung dari produk yang ditawarkan, serta waktu yang dibutuhkan. Cimoy disambar berbagai pertanyaan dengan terus menerima tantangan melompat di trampolin. 

"Berapakah harga endorse di Cimoy?," tanya Ria Ricis.

"Seratus ribu ke atas," jawab Cimoy sembari lompat-lompat.

 

Tarif di Televisi

Cimoy Montok bersama Ria Ricis
Cimoy Montok bersama Ria Ricis

Ria Ricis juga menanyakan mengenai tarif yang harus dibayarkan jika mengundang Cimoy di acara televisi.

Masih terhitung harga wajar sebagai artis baru yang masih banyak belajar. Cimoy memasang tarif minimal satu juta rupiah. 

"Kalau budget undang Cimoy ke TV berapa tuh?," tanya Ria.

"Satu juta ke atas," ujar Cimoy.

 

Penghasilan Cimoy Sebulan

Cimoy Montok bersama Ria Ricis
Cimoy Montok bersama Ria Ricis

Gadis yang selalu semangat dan lincah ini sayangnya tidak mengetahui secara pasti berapa penghasilannya satu bulan.

Cimoy mengaku bahwa urusan keuangan dan jadwal kini sudah dibantu oleh manajer yang lebih paham. 

"Berapakah penghasilan Cimoy sebulan?" tanya Ricis.

"Enggak tahu juga sih, soalnya manajer aku," kata Cimoy.

 

Ingin Lekas Beli Rumah

Cimoy Montok (Sumber: Instagram/realcimoynuraini)
Cimoy Montok (Sumber: Instagram/realcimoynuraini)

Remaja yang dikabarkan sedang dekat dengan Bowo Alpenliebe ini sengaja memasang tarif, supaya bisa lekas membelikan rumah untuk keluarga. 

Cimoy kini tinggal di rumah yang terhitung di bawah kata 'sederhana', dengan atap terpal, dinding kardus, dan berdampingan dengan tumpukan sampah hasil memulung ayahnya.

 

Doa Ibu dan Cita-cita Cimoy

Gadis yang pernah melakukan pemotretan dengan Mario Photographie dan Robchan ini berharap bisa meningkatkan derajat keluarga, dan bercita-cita bisa membelikan rumah.

Doa ibunya Cimoy masih terus dipanjatkan untuk anak gadisnya yang kerap disapa Ni ini, terutama sejak dikenal publik, supaya lekas sukses. 

"Orang dia dari minggu kemarin bilang, 'Mak doain Ni ya, kalau Ni sukses, Ni beliin rumah buat Emak," papar ibunya Cimoy dalam wawancara bersama Nikita Mirzani.

 

Akses ke Rumah Cimoy

Perjalanan menuju rumah Cimoy Montok tidak bisa dilewati oleh kendaraan sama sekali. Keluarga Cimoy Montok harus berjalan kaki melewati sejumlah pohon liar. 

"Ini emang jalanan ke rumah Cimoy emang gini moy?" tanya Nikita.

"Iya kak, banyak pohon-pohon liar," ujar Cimoy.

 

Teras Depan Rumah

Siapa sih yang tidak mengenal Cimoy Montok. Namanya tengah melambung berkat aplikasi TikTok. Namun, tak banyak yang tahu kehidupan Cimoy sebelum dirinya terkenal. 

Tidak dilingkupi barang mewah ataupun rumah mewah, Cimy bahkan hanya tinggal di rumah sepetak saja. Seperti dilihat, di depan rumah Cimoy banyak sekali tumpukan barang-barang bekas. Bahkan, saking banyaknya sampai menutupi halaman depan rumahnya.

 

Pintu Masuk

Rumah Cimoy Montok hanya memiliki pintu masuk yang sederhana. Bagaimana tidak, pintu utama menuju rumahnya hanya terbuat dari triplek serta asbes. 

Kondisi keduanya juga sudah miring dan rentan jatuh. Kemungkinan rusak diterpa angin juga sangat besar.

 

Tembok Kardus dan Atap Terpal

Kesederhanaan rumah Cimoy Montok belum berhenti di situ. Melansir dari video yang sama, rumah Cimoy hanya dilapisi oleh kardus-kardus sebagai tembok. 

Tak hanya itu, Cimoy Montok juga menggunakan terpal sebagai atapnya. Di rumah sepetak ini, Cimoy Montok mengaku tinggal bersama dengan orangtuanya.

 

Satu Kasur untuk Lima Orang

Rumah hanya sepetak membuat Cimoy Montok tidak memiliki ruang yang cukup. Bahkan, keluarga Cimoy Montok rela berbagi satu kasur untuk lima orang untuknya tidur dan beristirahat. 

"Di sini (kasur) ramai-ramai. Sama cimol lima orang (yang tidur). Kakaknya Cimoy kan ada, adiknya ada, Bapaknya juga saya. Ita, satu tempat," ungkap ibu Cimoy Montok.

Sumber: merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Kantong Plastik Sebagai Pengganti Masker, Pengendara Motor Ini Viral

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah mewabahnya pandemi Corona Covid-19 kita diimbau untuk tetap berada di dalam rumah guna meminimalisir penularannya. Namun, bagi yang harus menjalani aktivitas di luar rumah seperti bekerja dianjurkan mengenakan masker.

Saat ini bahkan mengenakan masker menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan masyarakat ketika bepergian dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Sayangnya, saat ini masker menjadi salah satu barang yang langka. Ya, seperti yang kita ketahui kini masker sangat dicari oleh banyak orang. Tak heran harganya pun kian meroket. Tak sedikit yang lantas mengakalinya dengan berbagai cara.

Seperti yang dilakukan pengendara motor satu ini yang videonya viral di media sosial. Video berdurasi 32 detik itu menunjukkan pengemudi motor sedang berkendara menyusuri jalanan.

Sekilas tak ada yang aneh dari pengendara tersebut, hingga kamu melihat bagian kepalanya. Pasalnya pengendara tersebut mengenakan helm namun dilapisi dengan sebuah kantong plastik.

Pengganti masker

foto: Instagram/@agoez_bandz4
foto: Instagram/@agoez_bandz4

Pada video yang diunggah akun Instagram @agoez_bandz4, terlihat pengendara motor itu tampak santai mengendarai motornya di jalan raya yang cukup lengang.

Dirinya mengenakan helm selayaknya pengendara motor lain, namun dia membungkus helm yang dikenakannya dengan sebuah plastik bening. Dari keterangan video yang diunggah diketahui plastik tersebut digunakan sebagai pengganti masker.

"Tak ada masker kantong plastik pun jadi," tulis akun tersebut.

Respons Warganet

foto: Instagram/@agoez_bandz4
foto: Instagram/@agoez_bandz4

Video tersebut tentu saja menuai beragam komentar warganet. Tak sedikit yang mengaku tertawa melihatnya, namun ada pula yang mengatakan bahwa dengan aksinya tersebut bisa membuat pengendara tersebut kehabisan oksigen.

"Aduh warga +62 unik" deh," kata akun @kosaka_reina515.

"Bisa2 keabisan oksigen wkwkw," tulis @jihad_alflh.

"Full head protection," timpal @sa_photograph. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Mainkan YouTube Music Nonpremium di Background Saat Pakai Ponsel

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun lalu, Google secara resmi merilis layanan YouTube Music dan YouTube Premium mereka untuk pengguna di Indonesia.

Lewat layanan YouTube Music, pengguna dapat mendengarkan beragam jenis genre dan judul lagu favorit masing-masing secara gratis ataupun berlangganan.

Tersedia ribuan playlist lagu, wajar bilamana kamu ingin mendengarkan musik tersebut bermain di background--seperti Spotify--saat sedang menggunakan smartphone.

Sayangnya, kecuali jika kamu berlangganan YouTube Premium atau YouTube Music setiap bulannya, kemampuan untuk mendengar musik dan video di background sangat terbatas.

Walau begitu, kemampuan untuk mendengar lagu favorit di background ini bukan berarti tidak dapat diakali agar dapat dinikmati secara gratis, dikutip dari laman The Verge, Kamis (16/4/2020).

 

Buka YouTube Music di Browser

Lebih lanjut, pengguna Android lebih mudah mengaplikasikan trik ini di smartphone mereka.

Di perangkat Android, buka aplikasi Chrome dan lanjut ke situs web YouTube Music (harus di browser, bukan apliksi YouTube).

Setelah itu, cari lagu atau playlist favorit yang ingin kamu dengar. Tap tiga titik di kanan atas layar untuk munculkan opsi "Desktop site" dan kasih centang di kotak kecil tersebut.

Kini, kamu akan ditampilkan laman utama YouTube versi desktop PC. Play atau putar ulang lagu yang diinginkan.

 

Bisa Dengarkan Musik Meski Ponsel Terkunci

Setelah itu, tap tombol "Home" di bawah layar. Di beberapa perangkat, musik yang diputar akan berhenti. Jangan khawatir.

Tarik notifikasi dari atas layar ke bawah. Kamu akan melihat notifikasi lagu yang sedang diputar. Klik tombol play untuk memainkan lagu.

Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba ya sobat Tekno Liputan6.com.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran virus Corona yang semakin meluas membuat masyarakat harus menaati peraturan pemerintah untuk menghindari keramaian. Adanya peraturan pemerintah untuk physical distancing membuat Nia Ramadhani ini merayakan ulang tahun melalui aplikasi Zoom bersama teman-temannya.

Walaupun hanya dirayakan melalui aplikasi Zoom, namun kebersamaan perayaan ulang tahun Nia Ramadhani bersama sahabat-sahabatnya tetap terlihat hangat. Ibu tiga anak ini terlihat membagikan momen tersebut di Instagram Story miliknya. Dalam Instagram Story tersebut terlihat Nia sudah menyiapkan kue dan lilin untuk dirayakan bersama teman-temannya.

Selain merayakan bersama sahabat-sahabatnya, rupanya Ardi Bakrie juga tetap memberikan kejutan untuk artis berdarah Sunda ini. Walaupun sederhana, aura kebahagiaan aktris yang berulang tahun ke-30 ini tetap terpancar. Ardi Bakrie juga tak lupa mengabadikan momen ulang tahun sang istri di Instagram story miliknya.

Walau sedang dalam masa karantina, istri Ardie Bakrie ini tetap merasa bersyukur karena masih banyak teman yang sayang dan ingat hari ulang tahunnya. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 5 momen perayaan ulang tahun Nia Ramadhani, Kamis (16/4/2020).

1. Walaupun sederhana, Ardi Bakrie tetap memberikan kejutan untuk sang istri tercinta.

Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)
Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)

2. Sang buah hati pertama, Mikhayla pun ikut memberikan kejutan untuk sang mama.

Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)
Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)

3. Teman-teman Nia Ramadhani tetap memberikan ucapan manis walau hanya melalui aplikasi Zoom.

Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ramadhaniabakrie)
Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ramadhaniabakrie)

4. Selain ucapan manis, Nia Ramadhani juga mendapatkan kiriman kue dari temannya.

Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)
Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)

5. Nia Ramadhani merasa bahagia dan bersyukur karena masih banyak orang yang menyayanginya.

Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)
Momen Nia Ramadhani Rayakan Ulang Tahun 'Di Rumah Aja' Bersama Sahabat. (Sumber: Instagram.com/ardibakrie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ridwan Kamil Targetkan Produksi Masker Jabar 1 Juta per Hari

Posted: 15 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jabar Ridwan Kamil menargetkan peningkatan produksi masker hingga 1 juta per hari hingga akhir April 2020. Produksi ini bisa menutupi kebutuhan masker di Bogor, Jabar, dan Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Transmisi COVID-19 Melonjak, WHO Minta Pencabutan Lockdown Dilakukan Hati-Hati

Posted: 15 Apr 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa negara menunjukkan penurunan dalam angka penularan COVID-19 dan dilaporkan mulai mempertimbangkan pencabutan lockdown maupun pembatasan kegiatan. Namun, World Health Organization (WHO) memperingatkan agar hal itu dilakukan dengan hati-hati.

Dalam konferensi persnya beberapa waktu lalu, WHO mengatakan bahwa pembatasan harus dicabut dengan perlahan dan strategis agar tidak mengarah pada pembatasan lanjutan di masa depan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa COVID-19 naik dengan sangat cepat namun menurun jauh lebih lambat.

"Dengan kata lain, penurunan jauh lebih lambat daripada caranya meningkat. Ini berarti langkah-langkah kontrol harus diangkat perlahan-lahan dan terkendali. Tidak bisa dilakukan sekaligus," ujarnya seperti dikutip dari Business Insiders Singapore pada Kamis (16/4/2020).

6 Syarat yang Harus Dipenuhi

Pemandangan Kota Wuhan diambil dari sebuah hotel karantina di provinsi Hubei, China tengah (30/2/2020). Lockdown di Kota Wuhan, China, tempat wabah pandemik virus corona berasal, berakhir pada 8 April. (AP Photo/Olivia Zhang)
Pemandangan Kota Wuhan diambil dari sebuah hotel karantina di provinsi Hubei, China tengah (30/2/2020). Lockdown di Kota Wuhan, China, tempat wabah pandemik virus corona berasal, berakhir pada 8 April. (AP Photo/Olivia Zhang)

Dikutip dari NPR, Tedros mengungkapkan setidaknya ada enam hal yang harus dipenuhi oleh pemerintah sebuah negara apabila benar-benar ingin mencabut pembatasan kegiatan seperti lockdown atau karantina wilayah:

  1. Penularan penyakit terkendali
  2. Sistem kesehatan dapat mendeteksi, menguji, mengisolasi, dan menangani setiap kasus dan melacak setiap kontak
  3. Risiko di titik panas diminimalkan di tempat-tempat rentan seperti panti jompo
  4. Sekolah, tempat kerja, dan tempat-tempat penting lainnya telah menetapkan langkah-langkah pencegahan
  5. Risiko kasus baru impor dapat dikelola
  6. Masyarakat sepenuhnya teredukasi, dilibatkan, dan diberdayakan untuk hidup di bawah kondisi norma yang baru

Usai dicabutnya lockdown-pun, masih ada kondisi yang harus diterapkan.

"Petugas kesehatan harus terus memiliki peralatan pelindung dan kita harus terus memiliki tempat perawatan intensif siaga, karena kita keluar dari situasi penguncian ini, kita mungkin melihat lonjakan kasus kembali," kata Dr. Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan WHO.

"Kita perlu memiliki strategi keluar yang jauh lebih stabil, memungkinkan kita bergera dengah hati-hati dan terus menerus jauh dari lockdown," tambahnya.

Tedros mengatakan, setiap negara harus menerapkan langkah-langkah komprehensif untuk memperlambat transmisi dan menyelamatkan nyawa orang-orang, dengan tujuan mencapai kondisi stabil dalam tingkat yang rendah atau tanpa penularan.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: Pandemi COVID-19 Pengaruhi Kesehatan Mental dan Emosional Anak Autis

Posted: 15 Apr 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah survei di New York menyatakan keluarga yang memiliki anak autis menghadapi sejumlah kesulitan karena COVID-19. Beberapa fasilitas pelayanan untuk anak autis sangat terganggu, tetapi mereka beradaptasi dan bahkan menemukan beberapa cara baru.

Wabah COVID-19 membuat sekolah-sekolah dan penyedia layanan lainnya tutup. Hal ini jadi penyebab lebih dari 75 persen keluarga melaporkan gangguan sedang hingga berat pada layanan dan terapi anak-anak mereka.

Terapi wicara paling terpengaruh. Gangguan itu lebih parah pada anak di bawah usia 5 tahun.

Survei dilakukan pada lebih dari 8.000 keluarga yang punya anak dengan spektrum autisme. Topiknya fokus pada kehidupan mereka selama pandemi COVID-19.

Kuesioner online dikirimkan kepada keluarga yang telah berpartisipasi dalam SPARK. Sebuah upaya luas untuk mengumpulkan dan mempelajari data genetik dari orang dengan autisme dan keluarga mereka yang didanai oleh Simons Foundation Autism Research Initiative, di New York, Amerika Serikat.

"SPARK menyediakan infrastruktur bagi komunitas autisme untuk belajar satu sama lain dan segera berbagi pelajaran yang didapat. Bahkan, di saat-saat yang sama sulitnya dengan krisis coronavirus ini," kata Wendy Chung yang mengembangkan survei dan merupakan peneliti utama studi SPARK seperti dikutip dari Disability Scoop (15/4/2020).

Temuan Survei

Survei yang dilakukan antara 20 sampai 30 Maret 2020 menunjukkan sekitar sepertiga keluarga mengatakan mereka menerima layanan atau terapi jarak jauh. Hampir setengahnya mengatakan hal tersebut memberi manfaat.

Lebih dari 62 persen melaporkan bahwa anak mereka merasa baik secara keseluruhan dan sekitar setengah dari orang tua mengatakan hal yang sama tentang diri mereka sendiri.

Namun, pada saat yang sama, hampir semua orang yang menjawab mengatakan gangguan yang disebabkan oleh Virus Corona berdampak negatif pada perilaku anak mereka dengan autisme. 82 persen mengatakan itu telah memengaruhi kesehatan mental dan emosional anak mereka.

Orang tua juga mengkhawatirkan anaknya akan kehilangan keterampilan yang selama ini dipelajari susah payah.

Namun, beberapa orang tua melaporkan melihat hal positif di tengah tantangan. Satu orang tua menunjukkan bahwa anaknya berjuang di sekolah secara sosial dan dengan komunikasi, tetapi tampak lebih bahagia dan lebih tenang di rumah.

Yang lain mengatakan bahwa kelas online memungkinkan anak-anak mereka bergerak lebih lambat.

Ratusan orang tua mengatakan bahwa latihan pernapasan, yoga, doa, meditasi, dan latihan kesadaran lainnya telah membantu dalam menghadapi situasi ini. Mempertahankan jadwal harian juga penting untuk mencegah masalah perilaku, menurut temuan survei.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Putri Ma'ruf Amin, Siti Azizah Gabung Partai Demokrat

Posted: 15 Apr 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri Wapres Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah mengatakan dengan bergabung ke Partai Demokrat sebagai keseriusan untuk terjun ke dunia politik.

Siti ditunjuk Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai wakil sekretaris jenderal Partai Demokrat periode 2020-2025.

"Masuknya saya di jajaran pengurus pusat partai Demokrat adalah salah satu bentuk keseriusan untuk terjun ke dunia politik," ujar Siti, Kamis (16/4/2020).

Dia bercerita, sejak mundur sebagai aparatur sipil negara pada 2019, banyak partai yang menawarkan bergabung. Siti mengaku banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan bergabung ke partai.

Pilihan Siti jatuh kepada Partai Demokrat. Sebab, tertarik dengan hasil Kongres V Partai Demokrat. Di mana AHY, seorang anak muda, terpilih untuk memimpin Partai Demokrat.

"Di situ mata saya mulai terbuka. Kita harus memberi dukungan, kita harus memperkuatnya," kata Siti.

Siti Nur Azizah yakin dapat memperkuat posisi Demokrat di tingkat lokal maupun nasional. Dia yakin dengan maju dalam Pilkada Tangerang Selatan akan memperkuat posisi Demokrat di tingkat lokal.

"Partai Demokrat itu punya potensi yang besar, dengan sedikit sentuhan insya Allah partai ini akan kembali bangkit," kata dia.

Siti menilai, Demokrat merupakan partai yang mendukung kaum muda untuk maju dalam gelanggang politik. Karena itu, dia memilih Demokrat untuk terjun ke dunia politik.

"Partai Demokrat itu partai parlemen dengan ketua umum termuda se-Indonesia, karena itu kita wajib mendukungnya. Ini gagasan penting untuk regenerasi politik di Indonesia. Generasi lama dan generasi muda itu harus sambung-sinambung, saling mendukung. Saya meyakini muda sesungguhnya memiliki kekuatan. Dia harus diberi peran signifikan. Demokrat telah mulai mengambil langkah nyata dalam hal ini," kata dia.

Selain itu, Demokrat dianggap cocok dengan latar belakang Siti sebagai putri ulama. Demokrat merupakan partai berideologi nasionalis-religis. Hal itu baginya akan memudahkan terjun ke masyarakat lintas agama, suku, bangsa dan golongan.

"Ibarat wadah, maka Demokrat itu wadahnya luas, sehingga bisa menampung berbagai aspirasi dan kepentingan dari masyarakat Indonesia yang majemuk tanpa kepura-puraan. Itulah kenapa partai ini pernah menjadi juara di Indonesia, karena dia benar-benar bisa berada di tengah dan bisa membawa semangat kebersamaan bagi bangsa Indonesia," kata dia.

Siti mengaku mantap memilih Demokrat atas pilihan sendiri. Tak ada tekanan dari pihak manapun. Dia pun yakin ayahnya Wapres Ma'ruf Amin akan menghormati keputusan tersebut.

"Demokrat itu pilihan politik rasional saya, sehingga saya memutuskannya secara mandiri. Tanpa tekanan dari pihak manapun. Insyaallah sepanjang itu diniatkan untuk kebaikan Abah sebagai orangtua tentunya akan menghormati keputusan tersebut," kata Siti.

Kata Demokrat

Sementara, Kepala Departemen Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Ossy Dermawan mengatakan, Siti Nur Azizah baru bergabung setelah Kongres V Demokrat.

"Beliau baru saja bergabung dengan Partai Demokrat. Sesudah Kongres," kata Ossy kepada wartawan, Kamis (16/4/2020).

Ossy mengatakan, Partai Demokrat tidak merekrut Siti Nur Azizah. Tak ada juga hubungan dengan status sebagai putri Wapres Ma'ruf.

Siti menyatakan sendiri masuk Demokrat sebagai jalan perjuangan politik ke depan.

"Ibu Siti Nur Azizah menyatakan keinginannya untuk melakukan perjuangan politik ke depan lewat Partai Demokrat," kata Ossy.

Demokrat menyambut baik siapapun yang ingin memajukan partai. Demokrat terbantu dengan kapasitas yang dimiliki Siti.

"Ketum AHY dan kami semua, keluarga besar Partai Demokrat tentu menerimanya dengan baik. Partai Demokrat tentu akan sangat terbantu melalui kapasitas yang dimiliki oleh Ibu Siti Nur Azizah," kata Ossy.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Untuk Atasi Dampak Covid-19, Kementerian Keuangan Berikan Insentif Tambahan

Posted: 15 Apr 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menanggulangi dampak pandemi global Covid-19 yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi global, mengganggu rantai pasok dalam negeri, dan kelangkaan ketersediaan barang di dalam negeri, Kementerian Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PMK.04/2020 tanggal 13 April 2020 tentang Insentif Tambahan untuk Perusahaan Penerima Fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan/atau Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Penanganan Dampak Bencana Penyakit Virus Corona (Coronavirus Disease 2019/Covid-19).

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat mengungkapkan pandemi Covid-19 ini telah mengakibatkan perusahaan KB dan KITE mengalami hambatan dalam proses produksi karena kesulitan bahan baku dan juga memengaruhi penurunan kinerja ekspor perusahaan serta berdampak pada pengurangan tenaga kerja.

Sebagaimana diketahui, fasilitas KB dan KITE selama ini merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah kepada perusahaan dalam rangka penyerapan tenaga kerja dan mendorong ekspor dalam bentuk insentif fiskal maupun prosedural. Perusahaan-perusahaan tersebut berorientasi ekspor dan dalam menjalankan usahanya, mereka telah terikat kontrak dengan pembeli di negara lain termasuk suplai bahan bakunya pun sebagian besar dari luar negeri. Sehingga dalam hal ini, Indonesia mendapatkan manfaat dari penyediaan tenaga kerja di perusahaan KB maupun KITE.

Lebih lanjut, Syarif menjelaskan juga bahwa pandemi ini mengakibatkan meningkatnya kebutuhan dalam negeri terhadap barang-barang untuk penanggulangan penyebaran virus corona seperti alat pelindung diri (APD) yang sebagian besar diproduksi oleh perusahaan KB dan KITE. 

Maka dari itu, Kementerian Keuangan mengeluarkan kebijakan melalui PMK ini dengan memberikan insentif tambahan berupa perluasan dalam proses bisnis untuk perusahaan KB dan KITE, insentif atas penyerahan hasil produksi KB dan KITE yang digunakan untuk penanggulangan dampak penyakit virus corona, insentif mendapatkan alat kesehatan untuk karyawan, dan insentif perpajakan atas penyerahan barang baku dari lokal.

Insentif tambahan bagi perusahaan KB yang dimaksud dalam PMK ini adalah :

Insentif tambahan bagi perusahaan KB
Insentif tambahan bagi perusahaan KB

Insentif tambahan bagi perusahaan KITE yang dimaksud dalam PMK ini adalah : 

Insentif tambahan bagi perusahaan KITE
Insentif tambahan bagi perusahaan KITE

Syarif berharap PMK ini dapat memberikan kejelasan dan kepastian hukum terkait perlakuan kepabeanan dan perpajakan pada perusahaan KB dan perusahaan KITE selama masa pandemi Covid-19 dan dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan tersebut untuk melakukan substitusi bahan baku produksi asal impor dengan lokal dan pasar ekspor dengan pasar lokal. "Tentunya juga kami berharap kebutuhan dalam negeri atas barang-barang untuk penanggulangan penyebaran penyakit virus corona berupa APD dapat terpenuhi untuk tenaga medis dan masyarakat luas," harap Syarif. 

Plt. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jalur Prioritas (APJP), Rishdianto Budi Irawan menyampaikan apresiasinya atas peran aktif Bea Cukai dalam menangani dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian dalam negeri. Menurutnya, berbagai fasilitas yang telah diberikan dapat membangkitkan roda perekonomian melalui peningkatan daya beli masyarakat melalui relaksasi pajak.

"Kebijakan di tengah pandemi ini, membantu terpenuhinya kebutuhan dalam negeri terhadap barang-barang yang digunakan untuk penanggulangan wabah virus ini, dan menurunkan biaya logistik, serta meningkatkan daya saing Indonesia dalam kualitas produk ekspor," ujarnya.

Selain itu, General Manager PT Utama Korindah, salah satu perusahaan pengguna fasillitas KITE pembebasan yang bergerak di bidang Industri Bulu Mata Palsu, Jan Sangapan Hutabarat, mengungkapkan bahwa semua fasilitas yang diberikan pemerintah kepada perusahaan merupakan insentif untuk tumbuh dan berkembangnya industri yang juga akan berdampak kepada masyarakat. "Salah satu manfaat yang perusahaan rasakan adalah dapat memberikan penghasilan atas meluasnya lapangan kerja kepada masyarakat. Pengusaha dan Pemerintah sudah seharusnya bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat karena masyarakat yang sejahtera adalah negara yang sejahtera," ungkapnya.

Perwakilan PT Tjiwulan Mandiri, perusahaan fasilitas KITE IKM, Taufik Hidayat juga menyampaikan bahwa kebijakan KITE IKM yang diberikan Bea Cukai mempercepat proses pengeluaran barang sehingga membantu cash flow perusahaan. "Kami menyambut baik PMK ini yang berisi antara lain pembebasan PPN pembelian lokal karena akan membantu perusahaan secara signifikan dalam keadaan sulit seperti ini untuk dapat keluar dari tekanan dan bisa bangkit kembali," ujarnya.

Vice CEO PT Pan Brother Tbk, perusahaan fasilitas KB, Anne Patricia Sutanto, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dalam hal ini Bea Cukai Kementerian Keuangan yang telah mengeluarkan aturan baru ini sehingga perusahaannya dapat memproduksi APD untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, juga atas fasilitas insentif dan relaksasi fasilitas KB dalam rangka penanganan Covid-19. "Mari bersama kita lawan Covid-19, Indonesia One Fight Against Covid-19," pungkasnya.

Kementerian Keuangan c.q. Bea Cukai terus berkomitmen untuk melindungi industri dalam negeri dari tekanan ekonomi global dengan terus menerbitkan kebijakan yang dapat memberikan kemudahan bagi dunia usaha khususnya di masa pandemi Covid-19. Bagi pengguna jasa maupun masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Contact Center Bea Cukai 1500225 atau melalui live web chat di bit.ly/bravobc.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesuai PSBB, Hari Ini dan Besok KRL Masih Beroperasi

Posted: 15 Apr 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- KRL Commuter Line masih akan beroperasi, hari ini, Kamis dan Jumat (16-17 April) sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu diungkap Manager External Relations PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Adli Hakim.

"KCI telah mengetahui usulan lima kepala daerah di Bodebek untuk menghentikan sementara operasional KRL. Sampai saat ini pembahasan usulan tersebut masih dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT KAI, dan PT KCI. Selama dalam pembahasan, pada 16-17 April ini KRL Commuter Line masih beroperasi," kata Adli Hakim dikutip dari Antara, Kamis (16/4/2020).

Adli mengatakan PT KCI akan menaati keputusan akhir hasil pembahasan bersama yang dilakukan dengan pemerintah daerah terkait serta PT KAI. Diberitakan penghentian operasional KRL di wilayah Jabodetabek akan dimulai 18 April 2020.

"Sudah tentu PT KCI sebagai operator KRL yang beroperasi dan melayani masyarakat di tiga provinsi akan patuh terhadap kesepakatan yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Karena KCI melihat semangat utama dalam penerapan PSBB adalah gotong royong untuk bersama menghentikan penyebaran COVID-19," kata Adli.

Penurunan Penumpang

Adli mengatakan, selama penerapan PSBB memasuki hari yang ketujuh hari di Jakarta dan baru dua hari di kawasan Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), pihaknya mencatat telah terjadi penurunan penggunaan KRL oleh warga untuk mobilisasi.

Berdasarkan data yang dihimpun KCI selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu (15/4/2020) penurunan jumlah pengguna terus menurun dari hari ke hari.

Pada Senin (13/4/2020) total pengguna sebanyak 75.661 orang, menurun sebanyak 10.000 pengguna menjadi 62.282 pada Selasa (14/4/2020).

Sedangkan pada Rabu (15/4/2020) pukul 09.00 WIB, KCI kembali mencatat terjadi penurunan pengguna layanannya menjadi sebanyak 48.800 penumpang.

Pembatasan Waktu

Calon penumpang menanti KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/4/2020). Seiring dengan pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta, PT KCI membatasi operasional KRL dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan jumlah penumpang 60 orang di setiap gerbongnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang menanti KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (13/4/2020). Seiring dengan pemberlakuan PSBB di DKI Jakarta, PT KCI membatasi operasional KRL dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan jumlah penumpang 60 orang di setiap gerbongnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selama masa PSBB, KCI mengikuti aturan pembatasan waktu dengan ketentuan penumpang diperbolehkan masuk ke dalam stasiun hingga pukul 18.00 WIB.

Sebab, penerapan PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kawasan Bodetabek akan segera diberlakukan menyusul DKI Jakarta.

Usulan 5 Daerah

Usulan kelima Kepala Daerah itu diusulkan dalam dialog dengan pimpinan PT KAI dan PT KCI, melalui video conference, Senin (13/4/2020).

"Usulan pemberhentian sementara operasional commuter line ini, dimaksudkan agar penerapan PSBB di Bodebek bisa efektif dan optimal, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie.

(Yusron Fahmi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

60 Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Diri dan Bermakna Indah

Posted: 15 Apr 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama anak perempuan Islami saat ini banyak dicari. Tidak heran karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, hampir 90 persennya. Berbicara di luar agama, nama ini tetap penting di ranah kehidupan kita.

Seumur hidup, nama akan selalu kita bawa bahkan saat sudah tidak ada di dunia. Banyak yang mengatakan bahwa nama adalah doa. Dan tidak ada orang tua yang akan memberikan nama buruk kepada anak-anaknya. Jadi, nama anak perempuan Islami ini penting diketahui.

Memang tidak mudah dalam memutuskan untuk memberi nama. Makna yang dalam pada sebuah nama akan sangat berdampak pada kehidupannya. Namun, nama juga tidak bisa dijadikan ukuran seberapa berhasil anak di masa depan ya. Apalagi untuk sekadar mengukur kadar keimanan seseorang. Tetapi nama anak perempuan Islami ini bisa sedikit memberikan inspirasi.

Berikut kumpulan nama anak perempuan Islami beserta artinya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/4/2020).

Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Kepribadian

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

1. Aamal Hasanah artinya cita-cita yang mulia.

2. Abidah Daniya artinya ahli ibadah yang dekat (dengan Allah SWT).

3. Abidah Khairiyah artinya wanita yang tekun beribadah dan bersifat baik.

4. Adawiyatul Mariah artinya perempuan sufi yang indah kehidupannya.

5. Afifa Fitriya artinya yang suci dan memiliki harga diri.

6. Afifah Ghaliyati artinya wanita yang selalu dirinya.

7. Afifah Khairunnisa artinya yang lembut dan sebaik-baik wanita.

8. Afifah Talita artinya gadis yang memiliki harga diri.

9. Athifah Farihan artinya perasaan gembira.

10. Athira Ardillah artinya yang mewangi dan diridai Allah SWT.

Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Perbuatan

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

11. Badi'ah Rahimah artinya yang cantik dan penyayang.

12. Badiyah Burairah artinya cantik seperti bulan purnama yang selalu berbuat baik

13. Badriyah Fatinah artinya cantik seperti bulan purnama yang menarik hati.

14. Bahijah Musfirah artinya wanita yang selalu bahagia dan berseri.

15. Butsainah Faiqah artinya wanita yang cantik yang sangat mengagumkan.

16. Da'amatul Faida artinya wanita yang menjadi pilar kesejahteraan.

17. Da'iyah Barirah artinya wanita yang salihah yang berseru ke jalan kebaikan.

18. Daimah Rasiyah artinya wanita yang selalu tegar.

19. Dalilah Syarihah artinya wanita yang dapat berbicara dengan terus terang.

20. Dariah Askanah artinya wanita baik hati yang lemah lembut.

Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Ketegasan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/ZouZou
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ZouZou

21. Faadhillah Hooriya artinya bidadari yang istimewa.

22. Faadhillah Nailah artinya perempuan yang sempurna yang suka memberi.

23. Fakhrun Nisa artinya kehormatan kaum perempuan.

24. Farida Fakhriyyah artinya wanita yang mandiri dan menonjol.

25. Farida Kayyisah artinya satu – satunya wanita yang berakal cerdik dan pikirannya bersih.

26. Fitri Rafifah artinya anak yang suci dan berakhlak baik.

27. Fitriyah Tayyibah artinya wanita suci yang penuh kebaikan.

28. Ghadah Rahimah artinya wanita yang lembut dan pengasih.

29. Ghaliyah Faiurz artinya permata berwarna biru yang tak ternilai harganya.

30. Ghaliyatul Hayah artinya hidup yang bermakna.

Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Keberanian

Ilustrasi/Copyright shutterstock.com
Ilustrasi/Copyright shutterstock.com

31. Gharizah Jalilah artinya wanita yang karakternya mulia dan agung.

32. Ghaziyah Fathiya artinya pejuang yang selalu memenangkan pertempuran.

33. Gusun Fawaida artinya wanita yang menumbuhkan banyak kemanfaatan laksana tangkai – tangkai pohon yang menumbuhkan banyak daun.

34. Hadziqah Khairunnisa artinya wanita cerdik adalah sebaik baik wanita.

35. Hafizah Syarifah artinya perempuan penghafal Al Quran yang mulia.

36. Hafsha Kamilatunnisa artinya perempuan yang mempunyai kepribadian sempurna.

37. Hafshah Syarifah artinya wanita yang mulia laksana Hafsah.

38. Haibah Ma'rifatunnisa artinya wanita yang berwibawa karena memiliki ilmu pengetahuan.

39. Habibah Jalilah artinya kekasih yang mulia.

40. Haida Zahratussalamah artinya wanita indah yang selalu bertaubat sehingga mendapat keselamatan.

Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Kelembutan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang

41. Ibnatu Alifah artinya wanita yang ramah dan disenangi.

42. Ifah Askanah artinya wanita baik hati yang tahu harga diri.

43. Iffah Annisa artinya kelembutan seorang perempuan.

44. Iffah Karimah artinya wanita baik jiwanya yang menjaga harga diri dan mendapat petunjuk.

45. Iftinan Anisah artinya gadis yang baik amat menarik hati.

46. Ilmi Suhaimah artinya yang berilmu dan beruntung.

47. Inas Haura artinya wanita berkulit putih yang mudah bergaul.

48. Inayah Hasanah artinya wanita yang menjadi pelindung yang baik.

49. Insyirah Qaniyah artinya wanita yang berlapang dada dan puas dengan pemberian Allah.

50. Irtiyah Atiqah artinya kesenangan wanita cantik.

Nama Anak Perempuan Islami yang Mencerminkan Kecantikan

Ilustrasi/Copyright shutterstock.com/g/Makistock
Ilustrasi/Copyright shutterstock.com/g/Makistock

51. Jahra Huriyyah artinya bidadari yang memiliki pipi yang indah.

52. Jalila Diyanatuha artinya wanita yang mulia dengan agamanya.

53. Jamilah Syaratuha artinya wanita yang sempurna kecantikanya.

54. Jannah Syauqiah artinya wanita yang dirindukan surga.

55. Kamilah Adlillah artinya wanita yang sempurna yang mendapat keadilan atau karunia Allah.

56. Karomah Hanifah artinya kehormatan muslimah yang teguh.

57. Kayasmini Raihatuha artinya wanita yang wanginya seperti bunga yasmin atau melati.

58. Khaulah Syakirah artinya wanita yang bersyukur laksana Khaula, nama seorang sahabat.

59. Khotimah Sahirah artinya penghabisan mata air sang pejuang.

60. Kamila Ulfa artinya persahabatan yang sempurna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Keuangan Berikan Fasilitas Penundaan Pembayaran Cukai

Posted: 15 Apr 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus corona berdampak pada sektor perekonomian di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan c.q Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang dimana sebelumnya telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka menjaga keberlangsungan industri.
 
Kali ini di sektor cukai, pemerintah memberikan relaksasi penundaan pembayaran sebagai akibat tersendatnya logistik barang kena cukai di pasaran sebagai akibat Covid-19. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 30/PMK.04/2020 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 57/PMK.04/2017 tentang Penundaan Pembayaran Cukai untuk Pengusaha Pabrik atau Importir Barang Kena Cukai yang Melaksanakan Pelunasan dengan Cara Pelekatan Pita Cukai.
 
Pemesanan pita cukai yang diajukan oleh pengusaha pabrik pada tanggal 9 April-9 Juli 2020 diberikan penundaan pembayaran selama 90 hari atau kurang lebih 3 bulan. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat menyampaikan bahwa dengan adanya relaksasi ini dapat membantu cash flow perusahaan sehingga perusahaan dapat tetap menjalankan usahanya karena keberlangsungan industri sangat diperlukan untuk mengatasi terhambatnya penyediaan logistik dan penyerapan tenaga kerja agar tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 
Bea Cukai berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat 24 jam/7 hari dan tetap menjalankan fungsi pengawasan untuk melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya dan peredaran barang ilegal. Bagi pengguna jasa maupun masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Contact Center Bea Cukai 1500225 atau melalui live web chat di bit.ly/bravobc.
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan hingga Sore Hari

Posted: 15 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, Surabaya, Jawa Timur akan hujan lokal pada Kamis (16/4/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 WIB, dan malam hari pada pukul 19.00, 22.00 WIB. Sedangkan pukul 16.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di Surabaya berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 80-95 persen.

Sementara itu, cuaca di Sidoarjo akan hujan disertai petir pada pukul 22.00 WIB. Sedangkan siang hari pukul 13.00 dan 19.00 WIB akan hujan lokal. Pukul 16.00 WIB, cuaca di Sidoarjo akan cerah berawan. Kecepatan angin 20 KM per jam dan kelembaban 80-95 persen. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius.

Cuaca di Gresik akan alami hujan lokal pada pukul 13.00, 19.00 dan 22.00 WIB. Sedangkan pada pukul 16.00 WIB akan cerah berawan. Suhu berada di kisaran 26-33 derajat celcius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban d kisaran 75-95 persen.

Di Lamongan, cuaca akan hujan lokal pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan pukul 16.00, 19.00 dan 22.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di Lamongan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 75-100 persen.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Sedangkan pada malam hari di Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Jember.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Sebelum Ada Wabah Virus Corona Covid-19

Posted: 15 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - La Liga berjalan sangat sengit sebelum ada pandemi virus corona covid-19. Persaingan gelar juara masih diperebutkan Barcelona dan Real Madrid.

Kompetisi sudah lama dihentikan untuk sementara menyusul pandemi corona Covid-19. Penundaan kompetisi membawa dampak pada setiap klub, termasuk perjalanan mereka di musim ini.

Sala satunya adalah persaingan sengit antara dua klub raksasa La Liga Barcelona dan Real Madrid. Kedua rival abadi ini tengah bersaing di klasemen sementara.

Barcelona sudah sukses menggusur Real Madrid dalam klasemen Liga Spanyol. Lionel Messi dan kawan-kawan melakukannya sebelum kompetisi terhenti karena pandemi virus Corona covid-19.

Untuk sementara Barcelona boleh menepuk dada. Pasalnya, Messi dan kawan-kawan memimpin di posisi pertama La Liga. Tim asuhan Quique Setien itu membukukan 58 poin, unggul dua poin dari Real Madrid. Keunggulan itu tercipta usai sang rival terpeleset di markas Real Betis.

 

 

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Top Scorer La Liga

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS: China Mungkin Menjalankan Uji Coba Nuklir Rahasia

Posted: 15 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Departemen Luar Negeri AS khawatir China mungkin melakukan uji coba nuklir kecil secara rahasia, melanggar perjanjian internasional yang melarang uji coba itu, Fox News mengonfirmasi Rabu 15 April 2020.

Sebuah laporan Departemen Luar Negeri AS terbaru tentang kepatuhan terhadap kontrol senjata, nonproliferasi, dan pelucutan senjata, yang pertama kali diperoleh Wall Street Journal Rabu pagi, menemukan bahwa China mungkin melanggar hukum internasional dengan melakukan tes di wilayah barat laut negara itu, menggunakan daya ledak rendah.

Laporan itu tidak membuktikan kesalahan apa pun dari pihak China, kendati demikian masih mengibarkan sinyal tanda bahaya.

"Beberapa masalah kepatuhan dikemukakan dan beberapa temuan pelanggaran dibuat," bunyi laporan tersebut seperti dikutip dari Fox News, Kamis (16/4/2020).

Pihak berwenang menulis bahwa China telah mempertahankan "aktivitas tingkat tinggi" di situs Lop Nur pada 2019, dan mungkin berusaha untuk mengoperasikannya sepanjang tahun ke depan.

Juga disebutkan penggunaan ruang penahanan bahan peledak di China, evakuasi ekstensif di lokasi itu dan kurangnya transparansi dalam uji coba nuklir sebagai alasan untuk meningkatkan kecurigaan.

Laporan itu juga menyebutkan kekhawatiran lebih lanjut tentang kemungkinan pelanggaran China terhadap Biological Weapons Convention (BWC) dengan melibatkan "aktivitas biologis dengan potensi penggunaan ganda."

Pemerintah AS sejauh ini tidak dapat menentukan apakah China telah menutup program perang biologisnya, juga tidak dapat mengkonfirmasi apakah Beijing masih memiliki akses ke senjata semacam itu, karena kurangnya keterbukaan dan transparansi.

China telah berada di bawah pengawasan ketat atas penanganan wabah Virus Corona COVID-19. Ada peningkatan dugaan bahwa COVID-19 kemungkinan berasal dari laboratorium Wuhan bukan sebagai bioweapon, tetapi bagian dari upaya Tiongkok untuk menunjukkan bahwa upayanya untuk mengidentifikasi dan memerangi virus sama atau lebih besar dari kemampuan Amerika Serikat. Demikian menurut laporan berbagai sumber terkait hal itu yang diungkapkan kepada Fox News.

Komentar Menlu AS

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (AP PHOTO)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (AP PHOTO)

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyerukan pemerintah China untuk tidak berbagi cerita lengkap dengan seluruh dunia.

"Kami tahu bahwa virus ini berasal dari Wuhan, China," kata Pompeo pada "The Story".

"Kami tahu ada Institut Virologi Wuhan yang hanya beberapa mil jauhnya dari tempat pasar basah itu. Masih banyak yang harus dipelajari. Pemerintah Amerika Serikat bekerja keras untuk mengetahuinya," jelasnya.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Objek Bergerak di Bulan Tertangkap Kamera

Posted: 15 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video yang memperlihatkan kondisi bulan tengah viral. Video yang diunggah 3 April 2020 tersebut sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Pemkot Singkawang Buat Ramadan Tetap Semarak di Tengah Pandemi Corona

Posted: 15 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat mengupayakan bulan Ramadan tetap semarak meski wabah Corona Covid-19 sedang melanda Indonesia.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, pihaknya akan mempercantik kota dengan pernak-pernik hiasan khas Ramadan dan memajang beduk berukuran raksasa di depan Masjid Raya Singkawang.

"Ramadan Fair yang ketiga kalinya digelar di Kota Singkawang ini akan tetap meriah meskipun tidak diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mendatangkan banyak orang karena masih dalam suasana pandemi Covid-19," ujar Tjhai Chui Mie, dilansir Antara, Kamis (16/4/2020).

Tjhai Chui Mie memerintahkan aparat pemerintah kota untuk memajang beduk raksasa di depan Masjid Raya Singkawang paling lambat tiga hari jelang bulan puasa.

Selain itu, Tjai Chui Mie mengatakan, pemerintah kota juga akan memasang gerbang Ramadan Fair di simpang BNI Singkawang, Jalan Yos Soedarso, dan Jalan Merdeka.

"Di Bundaran 1001 Sakok dan beberapa ruas jalan saat ini juga sedang dilakukan proses pemasangan pernak-pernik supaya bulan suci Ramadan dan Idul Fitri tetap meriah," kata dia.

 

Minta Warga Tetap Semangat

Masjid El Sahaba di Mesir. (Liputan6.com/Hairil Hiar)
Masjid El Sahaba di Mesir. (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Tjai Chui Mie pun berpesan kepada warga Muslim agar tetap semangat menunaikan ibadah selama bulan Ramadan.

"Kepada semua umat juga diimbau, jangan lupa berdoa dan memohon kepada Tuhan agar Indonesia segera terbebas dari Covid-19, khususnya di bulan suci Ramadan," jelas Tjai Chui Mie.

Panitia Ramadan Fair Singkawang Muhammadin mengatakan, warga Muslim tetap harus bersemangat menjalankan ibadah selama bulan puasa meski dalam keadaan wabah.

"Selain semangat, kita juga harus meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT," kata Muhammadin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersebar dari Aceh hingga Papua, Jumlah Relawan Covid-19 Terus Bertambah

Posted: 15 Apr 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Andre Rahadian, mencatat sudah ada 23.472 relawan yang bergabung. Dia merinci, sebanyak 4.401 orang adalah relawan medis dan 19.071 orang termasuk relawan non-medis.

"Ini tersebar dari Aceh sampai Papua, ada yang terbesar di Jawa Barat 5.900 orang relawan," kata Andre saat jumpa pers di Graha BNPB Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Dia menjelaskan, teknis pelatihan dan penempatan untuk relawan medis, bekerjasama dengan BPPSDM Kesehatan. Dia meyakini, hal tersebut sudah berjalan baik.

Selain itu, dikarenakan masa tanggap darurat pandemi yang masih dicanangkan hingga akhir Mei dan melihat jumlah pasien positif terus bertambah, Andre mengajak kepada mereka yang tergerak untuk bisa mendaftarkan diri sebagai relawan, khususnya relawan medis.

Sebab, kebutuhan dari rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat seperti di Wisma Atlet dan Pulau Galang terus masuk.

"Saya lihat kebutuhan pada umumnya dokter dan perawat," jelas dia.

Data yang dimiliki Andre, hingga saat ini tercatat 19 ribu orang relawan non medis yang sudah mulai melakukan pelatihan agar bisa turun dan masuk ke lingkungan masing-masing.

"Fokus kita dalam penanganan Covid-19 ini community based approach, jadi kita akan melakukan dan sudah melakukan pelatihan untuk 250 ribu orang secara online jadi kita harapkan teman-teman relawan ini bisa mejadi gugus terdepan memutus penyebaran Covid-19," imbuh dia.

Masih Butuh Relawan

Terkait kebutuhan relawan, Andre menyatakan tetap akan membuka kesempatan bagi siapa pun bergabung, khususnya untuk realawn non-medis.

"Kita tetap membuka, walau kita juga bekerja sama dengan banyak komunitas dan kelompok seperti Baznas, KNPI dan teman relawan yang banyak bekerja sama dengan BNPB," tutur dia.

Karnanya, bagi yang berminat, Andre menyarankan bisa mendaftar melalui desk relawan di situs resmi Covid-19 milik pemerintah dan langsung dikordinasikan dengan tim gugus tugas.

"Ini bentuknya untuk semua pihak, makin banyak relawan maka akan lebih baik," Andre menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Refund Tiket Kapal Pelni, Calon Penumpang Diberi Waktu Maksimal 24 Jam

Posted: 15 Apr 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyesuaikan sejumlah pelayanan dengan mempersiapkan kebijakan untuk memberlakukan skema portstay secara bergantian bagi seluruh kapal untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Terkait ini, perusahaan menginformasikan bagi para calon penumpang yang ingin membatalkan perjalanan dapat melakukan pengembalian uang tiket (refund) di loket Pelni maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Untuk mengakomodasi permintaan pembatalan tiket, calon penumpang dapat melakukan refund pada loket Pelni dengan membawa identitas. Pengembalian uang tiket akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro, Kamis (16/4/2020).

Dia menyampaikan sebagai bentuk efisiensi serta optimalisasi kegiatan operasional kapal serta rasionalisasi, pada kapal penumpang maupun kapal perintis, maka pemberlakuan portstay akan dilakukan secara bergantian. Langkah ini mempertimbangkan jumlah penumpang dan pengiriman logistik di masa karantina wilayah pada masa pandemi COVID-19.

"Rentang waktu pelaksanaan portstay berbeda pada tiap-tiap kapal. Adapun rencana pelaksanaan akan ada kapal yang beroperasi dengan rute kapal yang sedang portstay. Sehingga kami harap operasional tetap berjalan dan dapat memberikan pelayanan kepada publik," terang Yahya.

Dia menuturkan jika pada awal April 2020, Pelni telah menyesuaikan jadwal operasional kapal yang melayani wilayah Jakarta-Papua, Makassar-Papua, Bitung-Papua, Kalimantan Timur-Nusa Tenggara Timur. Selain itu, manajemen juga melakukan penyesuaian jadwal untuk sementara waktu bagi kapal yang saat ini berhenti beroperasi.

Hal ini dilakukan selain sebagai salah satu langkah yang dilakukan perusahaan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia juga berkaitan dengan adanya kebijakan pemerintah daerah terkait penutupan pelabuhan dan pembatasan penumpang untuk naik dan turun di pelabuhan.

Selama kapal menunggu di pelabuhan, manajemen terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan selaku regulator, terkait dengan penyesuaian trayek kapal penumpang dan kapal perintis untuk kondisi saat ini.

"Kami juga telah menginstruksikan kepada seluruh cabang dan petugas kapal untuk dapat standby bila sewaktu-waktu kapal dioperasikan," tambahnya.

Adapun kapal penumpang Pelni melakukan portstay pada 9 lokasi yang berbeda, yaitu Semarang (KM Gunung Dempo, KM Kelimutu); Sorong (KM Dobonsolo); Tg. Priok (KM Ciremai, KM Nggapulu, KM Dorolonda, KM Sinabung, KM Bukit Raya, KM Lawit); Surabaya (KM Labobar, KM Awu, KM Leuser, KM Egon); Belawan (KM Kelud); Makassar (KM Lambelu, KM Tidar, KM Bukit Siguntang, KM Umsini, KM Tilongkabila, KM Sirimau, KM Binaiya, KM Willis); Bitung (KM Tatamailau, KM Sangiang); Ambon (KM Pangrango); Baubau (KFC Jetliner).

Begitu pula dengan kapal perintis. Dalam pemberlakuan portstay, kapal menunggu di pelabuhan pangkalan masing-masing seperti di Meulaboh, Teluk Bayur, Bengkulu, Tanjung Pinang, Kijang, Kotabaru, Surabaya, Makassar/Bringkasi, Kupang, Bitung, Tahuna, Kwandang, Makassar, Ambon, Ternate, Kendari, Saumlaki, Jayapura, Biak, Merauke, Manokwari dan Sorong.

Dalam pelaksanaan portstay, seluruh petugas kapal mendapatkan pengawasan yang ketat dari kantor cabang PT Pelni beserta otoritas pelabuhan setempat. Perusahaan juga terus melakukan peningkatan pengawasan terhadap kesehatan seluruh petugas kapal.

 

Protokol Kesehatan

Salah satu armada PT.Pelni bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.
Salah satu armada PT.Pelni bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

PT Pelni terus berusaha untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan yang sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan RI.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, selain seluruh petugas kapal telah diinstruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan serta menjalankan seluruh SOP kesehatan, manajemen juga telah melengkapi seluruh petugas kapal dengan APD serta membekali multivitamin sebagai upaya dalam meningkatkan imunitas para ABK.

Sebagai bentuk antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19, sejalan dengan kebijakan pemerintah, mulai 12 April 2020 Pelni mewajibkan seluruh penumpangnya untuk menggunakan masker selama berada di atas kapal.

Selain itu, Pelni secara konsisten menjalankan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh penumpang sebelum naik ke atas kapal.

Perusahaan juga melakukan penyemprotan disinfektan pada seluruh kapalnya secara berkala, serta menerapkan physical distancing bagi para penumpang dengan mengatur jarak antar penumpang sejauh 1-2 meter baik itu pada nomor bed maupun saat mengantri makan.

Begitu pula dengan hand sanitizer yang telah disediakan pada setiap dek penumpang, sabun cuci tangan di setiap toilet, pemberian masker bagi penumpang yang sakit ditengah perjalanan, serta memberikan iimbauan mengenai kesehatan melalui pengeras suara setiap tiga jam.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut perihal optimalisasi operasi kapal PSO penumpang dan perintis pada masa karantina wilayah akibat Covid-19, manajemen juga telah mengambil keputusan untuk menjual tiket maksimal 50 persen dari kapasitas seat terpasang untuk masing-masing kapal dan efektif sejak 4 April 2020. Hal tersebut dilakukan agar physical distancing bagi penumpang dapat terlaksana selama perjalanan.

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Setujui Pengajuan PSBB Kota Makassar

Posted: 15 Apr 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui permintaan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Kota Makassar.

Seperti diketahui, hari ini beredar surat keputusan (SK) dari Kementerian Kesehatan yang menetapkan Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan berstatus PSBB.

"Sudah (PSBB)," ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Kamis (16/4/2020).

Diketahui surat keputusan (SK) tersebut bernomor HK.01.07/MENKES/257/2020 dan ditandatangani Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Jakarta pada Rabu, 16 April 2020.

Sebelumya diberitakan, pada Rabu 15 April 2020, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah telah menandatangani surat terkait PSBB dan tinggal menunggu persetujuan pemerintah pusat.

Menurut dia, PSBB harus diterapkan karena banyak masyarakat di Provinsi Sulsel, khususnya Makassar belum tertib aturan pemerintah tentang stay at home sehingga jumlah pasien positif masih terus bertambah dari hari ke hari.

Seperti diketahui bila PSBB diterapkan, maka pemerintah daerah memiliki kewenangan lebih untuk mengatur dan menertibkan masyarakatnya dengan aturan hukum yang lebih kuat.

 

Jumlah Pasien Positif Corona di Sulsel

Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah pasien positif di Sulawesi Selatan sampai dengan kemarin, 15 April 2020 berjumlah 242 jumlah akumulatif. Pasien sembuh sebanyak 42 orang jumlah akumulatif, dan pasien meninggal sebanyak 15 orang jumlah akumulatif.

Bila dilihat jumlah rerata penyumbang pasien positif terbanyak di Indonesia, Sulawesi Selatan berada di urutan ke enam.

Urutan pertama DKI Jakarta dengan jumlah pasien positif akumulatif sebanyak 2474, kedua adalah Jawa Barat dengan jumlah akumulatif 559 orang, ketiga adalah Jawa Timur dengan jumlah akumulatif 499 orang, keempat adalah Jawa Tengah dengan jumlah akumulatif 292 orang, kelima adalah Banten dengan jumlah akumulatif 281 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pemain Peraih Top Scorer Premier League Beruntun

Posted: 15 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liverpool - Striker Liverpool, Mohamed Salah, tampil mengesankan sejak 'kembali' ke Premier League. Ia berhasil menyumbangkan banyak gol untuk The Reds.

Pemain Mesir itu mencetak 22 gol di Premier League musim kemarin. Dengan demikian, Salah berhasil menyabet penghargaan Sepatu Emas Premier League musim 2018-2019.

Salah ternyata tidak sendirian dalam meraih penghargaan Sepatu Emas. Sadio Mane dan Pierre Emerick Aubameyang juga sama-sama meraih penghargaan tersebut setelah mencetak 22 gol.

Ini merupakan gelar topskor Salah dalam dua musim beruntun. Salah menyabet gelar Sepatu Emas Premier league musim lalu setelah mencetak 32 gol.

Salah tercatat sebagai pemain keenam dalam sejarah Premier League yang memenangkan penghargaan Sepatu Emas. Berikut ini keenam pemain tersebut seperti dilansir 90min.

Alan Shearer

2. Alan Shearer (11 Hattrick) - Mantan pemain Newcastle United dan Blackburn Rovers ini mencatatkan 11 hat-trick dalam kariernya selama bermain di Premier League. (AFP/Odd Andersen)
2. Alan Shearer (11 Hattrick) - Mantan pemain Newcastle United dan Blackburn Rovers ini mencatatkan 11 hat-trick dalam kariernya selama bermain di Premier League. (AFP/Odd Andersen)

Sepatu Emas: 1994-1995, 1995-1996, 1996-1997

Alan Shearer meraih Sepatu Emas pertamanya pada 1994/95 setelah 34 golnya dalam 42 pertandingan membuat Blackburn meraih gelar Premier League pertama dan satu-satunya buat mereka.

Rovers terpuruk musim berikutnya, tetapi Shearer mampu mencetak 31 gol dalam 35 pertandingan untuk mempertahankan penghargaan Sepatu Emasnya. Dia kemudian meraih penghargaan ketiga secara beruntun setelah mencetak 25 gol di musim debutnya dengan Newcastle pada 1996-1997.

 

Michael Owen

6. Michael Owen (8 Hattrick) - Owen tercatat membuat delapan hattrick saat bermain di Liga inggris ketika bermain untuk Liverpool & Newcastle United. (AFP/Paul Barker)
6. Michael Owen (8 Hattrick) - Owen tercatat membuat delapan hattrick saat bermain di Liga inggris ketika bermain untuk Liverpool & Newcastle United. (AFP/Paul Barker)

Sepatu Emas: 1997-1998, 1998-1999

Michael Owen masih remaja ketika ia menyabet Sepatu Emas Premier League pada 1997/98 dan 1998/99. Ia tampil luar biasa pada dua musim penuh pertamanya sebagai seorang pemain profesional.

Dengan mencetak 18 gol pada kedua musim, striker Liverpool itu berbagi dengan Chris Sutton dan Dion Dublin pada musim pertamanya. Sementara itu Dwight Yorke dan Jimmy Floyd Hasselbaink menemani Owen pada musim keduanya.

 

Thierry Henry

4. Thierry Henry (8 Hattrick) - Penyerang legendaris Arsenal Thierry Henry juga mencatatkan delapan hat-trick selama kariernya di kompetisi Premier League. (AFP/Odd Andersen)
4. Thierry Henry (8 Hattrick) - Penyerang legendaris Arsenal Thierry Henry juga mencatatkan delapan hat-trick selama kariernya di kompetisi Premier League. (AFP/Odd Andersen)

Sepatu Emas: 2001-2002, 2003-2004, 2004-2005, 2005-2006

Legenda Arsenal, Thierry Henry memenangkan empat penghargaan Sepatu Emas Premier League selama bermain di Inggris. Tiga di antaranya terjadi secara antara 2003 dan 2006.

Catatan terbaiknya adalah 30 gol yang terjadi pada 2003/04 saat Arsenal meraih musim 'invincible' bersejarah. Henry bersanding dengan Alan Shearer sebagai pemain yang pernah menyabet tiga penghargaan Sepatu Emas Premier League secara beruntun.

 

Robin van Persie

6. Robin Van Persie (Arsenal dan Manchester United) - 98 Gol. (AFP/Adrian Dennis)
6. Robin Van Persie (Arsenal dan Manchester United) - 98 Gol. (AFP/Adrian Dennis)

Sepatu Emas: 2011-2012, 2012-2013

Setelah bertahun-tahun berjuang melawan cedera, Robin van Persie akhirnya berhasil fit sepanjang musim 2011/12. Ia memainkan 38 pertandingan untuk Arsenal dan mencetak 30 gol.

Manchester United kemudian membawanya ke Old Trafford pada musim berikutnya. Ia mencetak 26 gol bersama Setan Merah sehingga memenangkan Sepatu Emas keduanya dan gelar Premier League pertamanya pada 2012/13.

 

Harry Kane

2. Harry Kane (Tottenham Hotspur) - Harry Kane menempati posisi kedua sebagai penyerang dengan nilai termahal. Pemain asal Inggris ini memiliki nilai pasar seharga 150 juta euro. (AFP/Ian Kington)
2. Harry Kane (Tottenham Hotspur) - Harry Kane menempati posisi kedua sebagai penyerang dengan nilai termahal. Pemain asal Inggris ini memiliki nilai pasar seharga 150 juta euro. (AFP/Ian Kington)

Sepatu Emas: 2015-2016, 2016-2017

Harry Kane berhasil menyabet penghargaan Sepatu Emas Premier League pertamanya pada musim 2015/16. Saat itu ia mampu mencetak 25 gol bersama Tottenham.

Kane meningkatkan torehan golnya menjadi 29 pada musim 2016/17. Kane mencetak gol lebih banyak pada musim berikutnya tetapi gagal menyabet Sepatu Emas ketiga karena kemunculan bintang Liverpool.

Mohamed Salah

4. Mohamed Salah - Mohamed Salah adalah satu di antara pemain yang berhasil menorehkan quattrick di Premier League. Salah mengukir pencapaian tersebut ketika Liverpool bertemu Watford pada Maret 2018. (AFP/Geoff Caddick)
4. Mohamed Salah - Mohamed Salah adalah satu di antara pemain yang berhasil menorehkan quattrick di Premier League. Salah mengukir pencapaian tersebut ketika Liverpool bertemu Watford pada Maret 2018. (AFP/Geoff Caddick)

Sepatu Emas: 2017-2018, 2018-2019

Mohamed Salah melampaui semua ekspektasi pada debutnya di Liverpool musim 2017/18 dengan mencetak 32 gol Premier League hanya dalam 36 penampilan. Rekor gol tertinggi Premier League dalam 38 pertandingan.

Salah sempat mengalami kesulitan pada awal musim 2018/19. Namun, torehan 22 golnya masih cukup untuk meraih Sepatu Emas Premier League keduanya, berbagi dengan sesama bintang Afrika Sadio Mane dan Pierre-Emerick Aubameyang.

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Gregah Nurikhsani, published 16/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ika Dewi, Satu-Satunya Relawan Sopir Ambulans Perempuan yang Bantu Lawan COVID-19

Posted: 15 Apr 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ika Dewi Maharani perempuan asal Maluku Utara terdaftar sebagai relawan medis COVID-19 yang ditempatkan sebagai sopir ambulans. Memiliki latar belakang perawat dan keahlian menyetir membuatnya memilih posisi ini.

"Awalnya, untuk relawan dibutuhkan perawat ambulan. Dengan keahlian yang saya miliki, saya bisa menyetir saya basic perawat jadi seperti panggilan hati, saya harus melayani. Di Jakarta angka Covid-19 makin tinggi," ujar Ika dalam konferensi pers BNPB, Kamis (16/4/2020).

Ia menambahkan, banyak ambulans dari AGD 118 kekurangan personel. Maka dari itu, pihak BNPB menyediakan ambulans khusus Covid-19.

Susah Senang Jadi Relawan

Selama menjadi relawan sopir ambulans, Ika mengalami susah senang di setiap  perjalanannya.

"Ini pengalaman pertama saya, ternyata di ambulans tidak semudah yang kita bayangkan. Kita membunyikan sirine tapi kadang orang-orang di sekitar kita tidak peka untuk memberi jalan."

Ia mengaku, rasa takut tetap ada. Namun, ia menganggap bahwa itu tanggung jawabnya sebagai relawan medis yang harus menangani pasien dari awal sampai akhir.

Sedang, untuk kebutuhan sehari-hari perempuan yang dulunya berkuliah di Surabaya ini mengaku difasilitasi dari mulai mess hingga makan.

"Semua kita dijamin dari BNPB dan karena saya bertugas di RS UI saya difasilitasi UI juga."

Kini Ika menjadi relawan di Jakarta. Sebelumnya, sempat tergabung dalam Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana di Surabaya.

"Harapannya agar bencana Covid-19 ini segera berakhir. Dengan kita mengabdikan diri sebagai relawan semoga penanganannya menjadi lebih cepat dan pandemic cepat berakhir," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: TNI, Polisi dan Satpol PP Gelar Patroli di Kawasan Fatmawati

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, polisi hingga TNI melakukan patroli di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (15/4/2020). Patroli gabungan tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap dirumah dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruan, Pendaftaran Kartu Prakerja Tahap I Ditutup Hari Ini Pukul 4 Sore

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja pada Sabtu, 11 April 2020 pukul 19.00 WIB. Keikutsertaan program ini bisa dilakukan secara online melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

Proses pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan oleh para karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Rencananya, pendaftaran kartu prakerja adalah pada Kamis (16/4/2020) ini pukul 16.00 WIB. Penutupan jadwal pendaftaran kartu prakerja mengacu pada pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat meresmikan pembukaan pendaftaran gelombang I Program Kartu Prakerja secara online, Sabtu (11/4/2020) lalu.

Dia mengatakan, pemerintah akan menerima 164 ribu peserta pada gelombang pertama pendaftaran yang akan berlangsung hingga 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.

"Untuk tahap gelombang pertama ini setidaknya akan direkrut sebanyak 164 ribu peserta gelombang pertama pendaftaran, dibuka dari sekarang sampai dengan hari Kamis 16 April 2020 pukul 16.00 WIB," kata dia.

Setelah Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB, ia melanjutkan, proses pendaftaran program Kartu Prakerja akan masuk ke dalam gelombang selanjutnya.

Program Kartu Prakerja ini dapat diakses masyarakat secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Proses pendaftaran akan terbuka selama 24 jam 7 hari selama satu pekan.

Kartu Prakerja sebagai salah satu langkah implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Anggaran yang telah disiapkan untuk pelaksanaan Program Kartu Prakerja yakni sebesar Rp 20 triliun. Diharapkan program tersebut juga dapat membantu daya beli pekerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan atau kehilangan mata pencaharian.

 

Hal yang Harus Disiapkan jika Ingin Daftar Kartu Prakerja

Situs Kartu Prakerja.
Situs Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja resmi meluncur pekan lalu. Program ini menjadi salah satu upaya untuk menekan dampak wabah Virus Corona terhadap ekonomi Indonesia.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, prioritas atau fokus program Kartu Prakerja adalah Pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK. Serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan.

Hingga Selasa (14/4/2020) siang, tercatat 3,7 juta orang mendaftar.  Dari jumlah tersebut, yang sudah terverifikasi email dan NIK serta dinyatakan lolos tahap pertama mencapai 926.790 jiwa. 

Diketahui pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama dibuka mulai 11-16 April 2020, dan terbuka selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Dengan begitu, Anda bisa mendaftar dan mengakses laman resmi www.prakerja.go.id kapan pun.

Lalu apa saja yang harus Anda persiapkan jika ingin mendaftar kartu prakerja?

Dilansir dari laman resmi prakerja.go.id, caranya terbilang sederhana. Namun sebelum mendaftar pastikan Anda Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Berikut cara dan yang harus Anda lakukan:

1. Buka laman resmi www.prakerja.go.id untuk mendaftar

2. Pilih menu daftar sekarang

3. Lalu akan diminta untuk mengisi alamat email. Jika belum memiliki alamat email, maka perlu membuat dahulu, karena untuk validasi atau verifikasi

4. Masukan kata sandi atau Password minimal 8 karakter atau lebih, lalu centang tulisan "Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku".

5. Jika proses sudah berhasil, maka Anda akan diminta untuk mengisi data diri berupa nama lengkap, Alamat sesuai KTP. Serta mengisi hal-hal lainnya seperti jenis kelamin, pendidikan terakhir, status kebekerjaan, dan lain sebagainya.

6. Setelah itu harus menyiapkan foto KTP, dan foto diri (Selfie) memegang KTP. Ingat! Maksimal pengunggahan hanya 2 MB.

7. Apabila semua tahapan sudah dilalui dan berhasil, Anda akan ke tahap selanjutnya yakni menjalani Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal yang berjumlah 18 soal yang perlu dijawab dalam waktu 25 menit.

8. Kemudian pilih Pelatihan yang Anda inginkan. Pastikan mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang sudah dipilih.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riwayat Tiga Bayi PDP Corona Covid-19 di Yogyakarta yang Meninggal Dunia

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Pekan ini, tiga bayi pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Covid-19 di Yogyakarta meninggal dunia. Dua orang bayi meninggal pada Senin, 13 April 2020 adalah bayi berusia 10 hari dan satu tahun. Sedangkan satu orang bayi berusia sembilan bulan meninggal dunia pada 15 April 2020.

Bayi berusia 10 hari sempat dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan dimakamkan di Condongcatur, Sleman, sementara bayi yang berusia satu tahun dirawat di RS Pratama Yogyakarta dan dimakamkan di Mergangsan Yogyakarta, dan bayi berusia sembilan bulan dirawat di RS Sakina Idaman dan dimakamkan di Trimulyo, Sleman.

Berdasarkan hasil penelusuran ke rumah sakit, bayi berusia satu tahun yang beralamat di Sewon Bantul itu belum pernah diuji seka. Namun, hasil tes cepat menunjukkan negatif Corona Covid-19.

"Kondisi pasien pneumonia berat dan tidak ada riwayat perjalanan, ruamh sakit juga belum laporan ke kabupaten dan provinsi," ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk penanggulangan Covid-19, Kamis (16/4/2020).

Untuk bayi berusia 10 hari memiliki riwayat kontak dengan orangtua yang bekerja di Klaten. Pasien sudah mengikuti uji seka sebanyak satu kali dan memiliki penyakit penyerta. Meskipun demikian, pasien belum masuk pemetaan DIY.

Bayi PDP Corona Covid-19 di Yogyakarta yang berusia sembilan bulan meninggal pada pukul 14.00 WIB. Pasien sudah pernah mengikuti uji seka satu kali. "Laporannya belum masuk Sleman dan provinsi," ucap Berty.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Kemenkop Lindungi UMKM di Tengah Pandemi Corona

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melakukan upaya untuk melindungi UMKM karena tekanan ekonomi sebagai dampak Covid-19. Perlindungan tersebut berbentuk dua skema, yaitu melalui mekanisme ekonomi dan bantuan sosial.

Menteri Koperasi UMKM, Teten Masduki menyebut, mekanisme ekonomi ditujukan bagi pelaku usaha yang masih bisa bertahan. Sedangkan mekanisme bantuan sosial atau bansos untuk mereka yang terimbas, terutama di sektor mikro dan ultra mikro, seperti mereka yang tidak bisa lagi berjualan.

"Mereka udah betul-betul harus segera ditolong. Tidak bisa lewat mekanisme ekonomi," ujar Teten saat konferensi pers di kantor BNPB, seperti ditulis Kamis (16/4/2020).

Teten menyampaikan bahwa ada enam program utama yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait program mitigasi dampak Covid- 19 terhadap UMKM.

"Pertama, stimulus relaksasi kredit cicilan dan bunganya selama 6 bulan untuk penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), maupun juga penerima kredit ultra mikro di bawah 10 juta disalurkan lewat LPDB, PNM, Program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), Mekaar dan lewat ventura serta melalui pegadaian," ujar Teten.

Teten menambahkan, bahwa pemerintah ingin memberikan suntikan pembiayaan baru, kredit baru khususnya ultra mikro dengan menggunakan seluruh penyaluran kredit melalui kur, yang diperluas lewat berbagai saluran lewat BLU pemerintah, koperasi simpan pinjam, BPR maupun BMT.

Ketiga yaitu penghapusan pajak untuk UMKM selama enam bulan. Berikutnya kementeriannya akan memberikan perluasan bansos bagi ultra mikro yang memang tidak bisa lagi berusaha.

"Kita masukkan, kita usulkan di dalam program bansos, yang akan diperluas, termasuk juga kartu prakerja," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Stimulus Daya Beli

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, di acara Ngetem X KUMKM, di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Senin (9/3/2020).
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, di acara Ngetem X KUMKM, di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Di samping itu, program lain yaitu menyasar stimulus daya beli produk UMKM serta program integrase pelaksanaan bansos, kartu sembako murah dengan pelibatan warung-warung tradisional.

Pada kesempatan itu, Teten juga menyampaikan mengenai katalog produk UMKM, seperti alat pelindung diri. Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Daruma yang memiliki sertifikat untuk mengontrol kualitas sekaligus mencari pasarnya.

Teten menyampaikan bahwa UMKM ini sebagai penyangga ekonomi di saat krisis. Pemerintah, kata dia, berkomitmen untuk membantu keberlanjutan UMKM untuk terus berproduksi.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Horor, Mayat Pasien Corona Bergelimpangan di Jalanan

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Ekuador akui lamban dalam menangani kasus virus corona dinegaranya. Sehingga membuat pasien yang meninggal terlantar. Sekitar 3500 orang meninggal akibat virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bocoran Harga Galaxy Tab S6 Lite Terungkap Paling Hits

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Informasi dan harga Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang kembali marak beredar di internet, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (15/04/2020).

Lainnya, artikel tentang Smartfren memproduksi dan membagikan puluhan ribu masker untuk membantu pencegahan Covid-19, dan dua mahasiswa Pascasarjana UNPAD raih title doktor setelah lulus sidang terbuka online.

Lebih lengkapnya simak berita paling populer berikut ini.

1. Informasi dan Harga Samsung Galaxy Tab S6 Lite Kembali Terungkap

Informasi soal kehadiran Samsung Galaxy Tab S6 Lite kian santer terdengar, meski perusahaan belum mengumumkannya. Terbaru, tablet anyar ini ternyata muncul di situs penjualan asal Inggris, Argos.

Dilansir GSM Arena, Rabu (15/4/2020), tablet ini muncul dengan sejumlah aksesoris pendukung, seperti stylus S Pen yang disertakan dalam paket penjualan dan book cover yang dijual terpisah.

Berdasarkan informasi di situs itu pula diketahui, tablet ini memiliki dua pilihan warna, yakni Oxford Grey dan Agora Blue. Warna S Pen sebagai aksesoris tambahan juga disesuikan dengan tablet.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Smartfren Produksi dan Bagikan Puluhan Ribu Masker untuk Bantu Cegah Covid-19

Operator telekomunikasi Smartfren ikut membantu mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 dengan memproduksi dan membagi-bagikan masker sekaligus cairan pembersih tangan.

Dalam memproduksi masker kain ini, Smartfren berkolaborasi dengan kreator muda asal Bandung, doodle artist Addy Debil.

Selanjutnya, masker kain dengan doodle warna merah muda inipun dibagikan secara gratis kepada masyarakat, agar tetap menjaga kesehatan.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Lulus Sidang Terbuka Online, Dua Mahasiswa Pascasarjana Unpad Raih Titel Doktor

Pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak menghambat Agung Nugraha dan Sulistyo untuk meraih titel doktor.

Setelah lulus Sidang Ujian Doktor Terbuka Bidang Hubungan Internasional Program Pascasarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran secara online melalui video conference, pada hari ini, Rabu (15/4/2020), mereka dianugerahi titel Doktor dengan nilai A.

Sidang ujian terbuka ini dipimpin oleh Dekan FISIP Universitas Padjadjaran Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.T., M.Si (Han) selaku Ketua Sidang, yang juga menjadi Anggota Promotor.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twindy Rarasati Positif Corona Covid-19, Dikirimi Pesan Manis oleh Ridwan Kamil

Posted: 15 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seleb yang juga berprofesi sebagai seorang dokter, Twindy Rarasati, menyatakan dirinya positif Corona Covid-19. Kabar tersebut disampaikan langsung Twindy Rarasati lewat akun Instagram pribadinya, Rabu (15/4/2020).

Dalam foto unggahannya, Twindy Rarasati sedang berada di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan penyembuhan virus yang kini tengah mewabah di berbagai wilayah dunia, termasuk Indonesia.

"Saya positif Covid-19 😊 terima kasih keluargaku tersayang dan orang-orang terdekatku untuk supportnya yang melimpah ❤️ teruntuk sahabat dan teman-teman yang masih melanjutkan perjuangan menghadapi pandemi ini, I'm sorry that I have to take a rest in this one 😊🙏🏻 sehat-sehat terus teman-teman semuaaa!," tulis Twindy.

Ridwan Kamil

Twindy Rarasati kabarkan kondisinya positif Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@twindyrarasati)
Twindy Rarasati kabarkan kondisinya positif Corona Covid-19. (Sumber: Instagram/@twindyrarasati)

Sahabat dan warganet membanjiri kolom komentar Twindy Rarasati untuk memberikan dukungan, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Apalagi selama ini Twindy Rarasati ikut berada di garda terdepan dalam penanganan Corona Covid-19.

Ia juga mengumpulkan donasi yang nantinya akan diberikan kepada rumah sakit yang membutuhkan bantuan dalam penanganan Corona Covid-19.

"Sehat dan sembuh dengan cepat dok. Terima kasih utk dedikasinya," tulis Ridwan Kamil.

 

Bikin Iri Warganet

Twindy Rarasati dan saudara kembarnya. (Sumber: Instagram/@twindararasati)
Twindy Rarasati dan saudara kembarnya. (Sumber: Instagram/@twindararasati)

Warganet iri dengan semangat yang diberikan oleh Ridwan Kamil kepada Twindy Rarasati. Bahkan ada yang minta disemangati juga seperti kembaran Twinda Rarasati.

"@ridwankamil saya juga mau di kasih semangat dong sama kang emil karena, kita karyawan 😌," tulis akun @khaikuy

Doa Untuk Twindy

Twindy Rarasati dan saudara kembarnya.  (Sumber: Instagram/@
Twindy Rarasati dan saudara kembarnya. (Sumber: Instagram/@

Doa untuk segera diberi kesembuhan dan terbebas dari virus Corona Covid-19 juga didapatkan Twindy dari sejumlah seleb Tanah Air.

"Duh kamu .. insyaallah pasti sehat lg yaa..kita semua ada di sebelah km twindy," tulis Baim Wong.

"Semua doa yang terbaik .. tetep semangat .. Get well soon and GB," tulis Lukman Sardi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Rambut Devina Aureel, dari Kepang hingga Pakai Wig yang Curi Perhatian

Posted: 15 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris sekaligus YouTuber Devina Aureel kerap mencuri perhatian netizen melalui unggahan media sosialnya. Terutama dalam media sosial Instagramnya @devinaureel. Dalam medis sosial tersebut, ia pun kerap mengunggah momen kesehariannya.

Pemeran karakter Wiwid dalam film Imperfect yang dibintangi oleh Jessica Mila ini pun juga kerap mengunggah potretnya yang kocak. Namun meski kocak, pesona kecantikan Devina Aureel pun tetap selalu nampak. Apalagi saat ia mengkreasikan gaya rambutnya.

Sebenarnya, cewek 23 tahun ini memiliki rambut yang sangat panjang hingga punggung. Namun dalam unggahannya di Instagram, ia pun kerap mengunggah gaya rambutnya saat berponi, dikepang, hingga saat menggunakan wig.

Banyak netizen yang memuji gaya rambutnya. Cewek kelahiran Malang ini pun dipuji karena cantik, bahkan ada pula yang menyebutnya mirip salah satu aktris Korea Selatan. Berikut 7 gaya rambut Devina Aureel yang Liputan6.com kutip dari Instagram @devinaureel, Kamis (16/4/2020).

1. Begini gaya rambut panjang terurai milik Devina Aureel yang terlihat cantik memesona.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

2. Aktris kelahiran Malang ini pun cukup sering mengubah gaya rambutnya namun tetap tampil cantik.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

3. Ia pun kerap mengunggah kreasi gaya rambutnya tersebut dalam media sosial Instagramnya.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

4. Paling mencuri perhatian ialah saat ia memakai kebaya dengan rambutnya yang terlihat rapi.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

5. Namun ia pun juga pernah membuat gaya rambut dengan tampilan berantakan tapi tetap tampak cantik.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

6. Kreasi gaya rambutnya ini pun kerap dipuji netizen yang merupakan penggemar setianya.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

7. Berponi seperti ini Devina juga tampil menawan.

Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)
Gaya rambut Devina Aureel (Sumber: Instagram/devinaureel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Terbaru Para Pemain Sinetron Ikhlas yang Tetap Awet Muda

Posted: 15 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta sinetron Tanah Air, pasti sudah tak asing lagi dengan sinetron Ramadan yang ditayangkan di SCTV berjudul Ikhlas. Sinetron ini pertama kali tayang ada 2003 hingga 2005 silam. Bergenre religi, komedi, dan romantis, sinetron ini sukses disukai masyarakat.

Selain menyuguhkan cerita yang menarik, sinetron yang tayang pukul 17:00-18:00 WIB ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris ternama. Mulai dari Tamara Bleszynski, Primus Yustisio, Teuku Ryan dan pemain pendukung lainnya. 

Berselang 17 tahun, tentu saja para pemain sinetron Ikhlas juga telah berubah. Penampilan para aktor dan aktrisnya kini kian memesona bahkan tampak awet muda. Seperti Tamara Bleszynski yang kini masih punya banyak penggemar. 

Berikut ini 5 potret terbaru para pemain sinetron Ramadan, Ikhlas, yang tetap awet muda dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (16/4/2020).

1. Tamara Bleszynski didapuk menjadi pemeran utama, hingga kini pun paras cantik Tamara masih banyak digemari publik.

17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@tamarableszynskiofficial)
17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@tamarableszynskiofficial)

2. Penampilan Primus Yustisio kini cukup berbeda ketika dirinya bermain di sinetron Ikhlas. Primus kini lebih fokus ke dunia politik.

17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@jihanfahirarea)
17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@jihanfahirarea)

3. Teuku Ryan hingga sekarang masih eksis di dunia hiburan dengan membintangi sinetron ternama.

17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@teukuryan_official)
17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@teukuryan_official)

4. Sering membawakan karakter antagonis, penampilan Nana Khairina hingga kini tetap cantik.

17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@nanakhairina16)
17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@nanakhairina16)

5. Muncul di musim kedua, Natasha Dewanti sekarang menjadi mama hits dan kerap unggah liburannya di media sosial.

17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@dijet78)
17 tahun berlalu, ini potret terbaru para pemain sinetron edisi Ramadhan, Ikhlas. (Sumber: Instagram/@dijet78)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pekerja Seni Indonesia Bertahan Hidup di Australia Saat Pandemi Corona COVID-19

Posted: 15 Apr 2020 09:23 PM PDT

Melbourne - Beberapa seniman asal Indonesia di Australia menceritakan bagaimana mereka harus kehilangan sumber pendapatan, akibat larangan dan pembatasan jumlah kerumunan di saat Australia sedang mencoba menekan angka penularan Virus Corona COVID-19.

Wabah virus corona telah berdampak luas di berbagai sektor di Australia, termasuk industri seni.

Pemerintah Australia mengakui signifikansi sektor seni bagi ekonomi, yang menyumbang AU$112 miliar, atau sekitar 6,4% dari nilai Produk Domestik Bruto untuk ekonomi Australia pada 2016-2017, seperti dilansir dari laman ABC Indonesia, Rabu (15/4/2020). 

Jayanto Tan, yang pindah ke Australia di tengah kerusuhan 1998 dan menjadi warganegara Australia enam tahun kemudian, sekarang harus mengandalkan bantuan dari Centrelink yang merupakan program pendanaan Pemerintah Australia bagi warga negara mereka.

"[Bantuan dari Centrelink] mencukupi untuk makan yang sederhana, roti dan kacang hitam atau telur goreng dan kacang hitam, pasta atau 'chicken drumstick' [atau paha ayam]," kata Jayanto ketika diwawancarai via telepon.

"Untuk membayar sewa juga mencukupi. Sementara waktu memang harus hidup sederhana."

Jayanto yang bekerja sebagai seniman 'full-time' atau penuh waktu sebelumnya mendapatkan penghasilan dari mengajar 'workshop' dan mengadakan pameran seni menggunakan skema tunjangan dari organisasi kesenian di Australia.

Namun, sumber penghasilan seniman asal Tebing Tinggi, Sumatera Utara tersebut lenyap ketika gedung pagelaran, di mana ia biasa menggelar pelatihan ditutup.

Tak hanya itu dua pameran seninya diundur hingga tahun depan akibat pandemi COVID-19.

"Saat ini saya [hanya mengandalkan bantuan] Centrelink. Pendapatan saya semua ditahan sampai kapan tidak tahu," kata Jayanto.

"Dan saya kan juga memang seniman, tahu kan keadaan seniman bagaimana? Jadi apa-apa bersyukur saja."

Andalkan Skema Bantuan

Foto yang diabadikan pada 4 April 2020 ini menunjukkan sebuah pesan tentang harapan agar wabah COVID-19 segera berlalu di Fairlight, Sydney, Australia. (Xinhua/Bai Xuefei)
Foto yang diabadikan pada 4 April 2020 ini menunjukkan sebuah pesan tentang harapan agar wabah COVID-19 segera berlalu di Fairlight, Sydney, Australia. (Xinhua/Bai Xuefei)

Sebagai inisiatif membantu warga yang terancam kehilangan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Australia telah meluncurkan dua skema program subsidi, yakni 'JobSeeker' untuk mereka yang tidak memiliki pekerjaan, dan 'JobKeeper' untuk mereka yang berstatus karyawan tetap.

Bantuan Centrelink yang diterima Jayanto masuk dalam skema 'JobSeeker' karena untuk saat ini Jayanto dianggap tidak punya pekerjaan.

Tak hanya itu, ia juga sedang berusaha untuk mendapatkan bantuan dana, atau 'grant' dari sejumlah organisasi seni di Sydney, namun ia harus bersaing dengan 50.000 seniman lainnya.

Jumlah seniman ini juga termasuk 600.000 pekerja lainnya di Australia yang juga mengakses bantuan pemerintah.

"Sekarang lagi [mendaftar] banyak grant tapi susah mengharapkan dari sana. Saya mendaftar saja, kalau diterima syukur, kalau tidak juga tidak bisa marah," kata Jayanto kepada ABC News.

Namun, bila dirinya menjadi salah satu yang beruntung dan berhasil menerima 'grant', Jayanto tetap harus menunggu hingga tahun depan untuk dapat melangsungkan pamerannya.

Jayanto yang karya seninya bertema kisah keluarga, diaspora dan migran, sekarang hanya dapat berkarya di rumah sembari berbagi energi positif bagi para pengikutnya di media sosial.

"Saya sedang menyulam simbol double happiness [kebahagiaan ganda] untuk pameran tahun depan di University of Sydney. Semoga tidak dibatalkan," katanya.

"Saya juga sedang mencoba memasukkan karya masa lalu saya ke Instagram dua hari sekali ketika masih happy. Sekarang kan apa-apa sudah sedih, kelabu. Tapi ketika memasukkan karya saya ke Instagram banyak yang menunjukkan harapan indah."

Cerita Pekerja Seni Lainnya

Ilustrasi Penyanyi
Ilustrasi Penyanyi

Jika Jayanto menjalani profesi sebagai seniman secara penuh waktu, tidak demikian halnya dengan Nadira Farid.

Pertama kali menjejakkan kaki di Australia pada tahun 1999, Nadira sebenarnya sudah berprofesi sebagai perawat dan berstatus sebagai staf permanen pada tahun 2016.

Tetapi karena panggilan hatinya di bidang tarik suara, perempuan asal Jakarta ini memutuskan menjadi perawat 'casual', supaya bisa lebih serius melakoni 'ensemble' beraliran jazz 'Nadira and Friends' yang dirintisnya sejak tahun 2014.

"Sejak tahun lalu karena aku bertambah sibuk urusan gig [penampilan musik], aku memang selalu mengutamakan gig karena itu passion-ku, singing is my passion, dan aku rencananya ke depan memang ingin mengutamakan [bidang] ini, makanya aku switched status perawatnya menjadi casual" kata Nadira."Sok dan berani-beraninya jadi casual, padahal tahu sendiri kan risikonya. Enggak dapet cuti tahunan, enggak ada cuti sakit," tambah Nadira setengah tertawa saat berbicara dengan Hellena Souisa dari ABC News.

Keputusan Nadira sepertinya cukup beralasan karena sejak tahun 2015, ia bisa melakukan rata-rata 35 penampilan musik per tahun.

"Memang enggak sama setiap bulan karena job lebih banyak saat musim panas. Tetapi angkanya rata-rata segitu," ucap Nadira.

Sambil menjalani pilihannya antara menyanyi dan merawat orang sakit, ia membagi hidupnya dengan tinggal di dua kota, yakni Melbourne dan Hobart, di Tasmania.

Nadira memahami betul konsekuensi pilihan yang ia ambil, termasuk di saat wabah corona memaksanya tinggal di rumah.

Semua jadwal penampilan musiknya, baik di Melbourne dan Hobart, dibatalkan.

"Sampai bulan Mei sudah batal. Jadwal bulan Juni belum [dibatalkan], sepertinya pihak venue masih mau melihat situasi, berharap di bulan Juni keadaan sudah berubah," kata Nadira.

Akibatnya, Nadira yang kini tinggal di Hobart kehilangan sumber pemasukan terbesarnya.

Setidaknya 70 persen dari pendapatan Nadira dihasilkannya dari menyanyi. (Supplied: Facebook Nadira and Friends)"Pemasukan saya dari menyanyi itu kira-kira 75 persen dari total pemasukan saya per bulan, jadi memang [pendapatan saya] turun drastis sekarang," tutur Nadira.Pekerjaannya sebagai perawat casual pun tidak sesibuk yang ia bayangkan, karena sejak pandemi corona, banyak orang yang memilih untuk tidak datang ke rumah sakit kalau memang bukan untuk situasi yang sangat darurat.

Selain itu, karena peraturan larangan terbang dan bepergian di Australia, perawat yang berstatus permanen memilih tidak ke mana-mana dan bekerja dengan normal.

Akibatnya, perawat casual seperti Nadira yang biasanya dibutuhkan untuk mengisi kekosongan perawat lain yang mengambil cuti, kini tidak mendapat jadwal kerja.

Meski mengaku menghadapi situasi yang tidak mudah, ia mengaku pekerjaannya sebagai perawat, walaupun dengan jadwal kerja yang tidak menentu, masih bisa menghidupinya saat ini.

"Ya saya harus menyesuaikan saja. Semuanya diirit-irit," kata Nadira.

"Sampai saat ini rata-rata saya masih kebagian 2 sampai 3 shift [jadwal kerja] per minggu di rumah sakit dan saya bersyukur, mortgage [cicilan rumah] masih terbayar, bills [tagihan bulanan] ya telat-telat dikitlah," sambungnya.

Nadira menambahkan, meskipun bank menawarkan banyak keringanan seperti penundaan cicilan rumah selama enam bulan ke depan, ia memilih tidak berutang bila tidak benar-benar terpaksa.

Selain itu, sama seperti Jayanto, Nadira juga mengupayakan berbagai grant yang tersedia untuk melanjutkan karya seninya.

"Saya mencoba mengakses small business grant dari pemerintah, karena usaha ensemble ini sebenarnya masuk ke kategori usaha kecil karena saya mempekerjakan musisi-musisi lain," imbuh Nadira yang juga sudah memikirkan kemungkinan melakukan penampilan musik secara online.

"Kalau kita mau fokus ke masalah dan tantangan kayaknya memang berat ya, tapi kalau bisa jangan biarkan kesulitan keuangan menghentikan kita.""Take your time. Saya pikir wajar kita sedih, tapi jangan lama-lama. Dan mungkin jalani saja, kayaknya bisa kok meski mungkin uang kita sekarang terbatas. Toh pengeluaran kita juga berkurang," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: