Sabtu, 11 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pierre-Emerick Aubameyang Dapat Saran Segera Tinggalkan Arsenal

Posted: 11 Apr 2020 09:35 PM PDT

London - Presiden Federasi Sepak Bola Gabon, Pierre Alain Mounguengui, menyarankan  Pierre-Emerick Aubameyang  untuk pergi dari Arsenal. Menurutnya, The Gunners bukan tim yang cocok untuk Aubameyang.

Penyerang Timnas Gabon itu bergabung dengan Arsenal pada 31 Januari 2018. Auba ditebus Tim Gudang Peluru dari Borussia Dortmund dengan banderol yang mencapai 56 juta poundsterling (Rp 968 miliar).

Bersama Arsenal, Aubameyang menjadi sosok penting di lini serang. Dia berhasil mencetak 61 gol dari 97 pertandingan di seluruh ajang.

Akan tetapi, prestasi Arsenal yang tak kunjung meningkat membuat  Pierre-Emerick Aubameyang tak kerasan. Kegagalan Arsenal menjuarai Piala Liga Inggris 2017-2018 dan Liga Europa 2018-2019, semakin membuat Aubameyang ingin hengkang ke klub lain.

Situasi itu membuat pemain berusia 30 tahun tersebut enggan memperpanjang kontraknya bersama Arsenal. Saat ini, durasi kerja Aubameyang di The Gunners akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Barcelona dan Real Madrid dikabarkan tertarik untuk menebus Pierre-Emerick Aubameyang dari Arsenal pada bursa transfer musim panas tahun ini. Sementara itu, Tim Gudang Peluru dikabarkan siap menjual si pemain dengan harga 55 juta euro (Rp 951 miliar).

Lebih Baik Hengkang ke Klub Lain

2015 : Pierre-Emerick Aubameyang - Pemain asal Gabon ini meraih penghargaan pemain terbaik Benua Afrika saat bermain untuk Borussia Dortmund. (AFP/Glyn Kirk)
2015 : Pierre-Emerick Aubameyang - Pemain asal Gabon ini meraih penghargaan pemain terbaik Benua Afrika saat bermain untuk Borussia Dortmund. (AFP/Glyn Kirk)

Keinginan Aubameyang pergi dari Arsenal mendapat dukungan dari Pierre Alain Mounguengui. Pria yang menjabat sebagai presiden Federasi Sepak Bola Gabon itu menyebut Auba seharusnya hengkang ke klub lain yang lebih ambisius ketimbang The Gunners.

"Saya tidak ingin mengatakan Arsenal tidak ambisius, tetapi Arsenal tidak memiliki ambisi yang tinggi seperti beberapa klub lain di Eropa. Jadi jika Pierre bisa mendapatkan kontrak dengan klub yang lebih ambisius, dia pasti akan menemukan tempatnya di sana," ujar Mounguengui.

"Pada level individu, kita semua menganggapnya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, tetapi saran yang saya berikan kepadanya adalah untuk terus bekerja dan untuk menarik perhatian klub terbesar dan klub paling ambisius," tuturnya.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 12/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah 4 Bersaudara yang Lawan Corona COVID-19 di Garda Depan

Posted: 11 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sementara kebanyakan orang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah, empat dari lima bersaudara keluarga Surani asal Singapura malah berada di garda depan memerangi corona COVID-19, setiap hari.

Mengutip laman Strait Times, Sabtu, 11 April 2020, Firdaus dan Faiz bertugas di Singapore Civil Defence Force (SCDF). Fazlina adalah seorang perawat di Tan Tock Seng Hospital, sementara Sakinah tergabung dalam Singapore Police Force.

Saudara perempuan satu lagi bekerja sebagai regional branch manager di sebuah toko makanan di Negeri Singa.

Didorong orangtua untuk berkarier di institusi publik, pekerjaan harian mereka terdampak pandemi corona COVID-19. Faiz, seorang paramedis di SCDF punya tanggung jawab kerja berupa memenuhi panggilan darurat medis dan mempersiapkan peralatan untuk pasien.

Lelaki yang sudah menjalani pekerjaan itu selama empat tahun sekarang harus, sebagaimana pekerja medis lain, menggunakan alat pelindung diri sesuai standar di tengah risiko infeksi corona COVID-19.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saling Bersinggungan

Ilustrasi tenaga medis tangani pandemi corona COVID-19. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Ilustrasi tenaga medis tangani pandemi corona COVID-19. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Kemudian, sebagai spesialis pusat operasi, Firdaus adalah kontak pertama pelayanan publik saat mereka menghubungi hotline darurat SCDF. Karenanya, ia pun membekali diri dengan infomasi, termasuk memprioritaskan perawatan bagi dugaan kasus COVID-19.

"Saya merasa lebih tenang bila mendengar suara Firdaus di akhir telepon atau dalam siaran," kata Faiz. Ya, karena tanggung jawab pekerjaan, keduanya sering kali berkomunikasi dan bekerja sama.

Sedangkan, sebagai seorang petugas polisi, Sakinah sekarang sering bertugas di Fasilitas Karantina Pemerintah. Fazlina mengurusi pasien yang melakukan karantina mandiri di rumah.

Sebelum pandemi, seluruh anggota keluarga biasanya akan piknik di East Coast Park setiap bulan, atau makan bersama di rumah orangtua mereka di kawasan Hougang, tempat di mana Faiz dan Sakinah tinggal, sementara Firdaus dan Fazlina sudah menikah.

"Saya selalu mendukung anak-anak. Berkaca pada situasi sekarang, saya bangga dan senang mereka bisa melakukan bagian mereka untuk warga Singapura," kata sang ayah, Surabi Kasnan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paul Scholes Akui Pernah Dapat Tawaran Gabung Inter Milan

Posted: 11 Apr 2020 09:20 PM PDT

Manchester - Legenda Manchester United, Paul Scholes, mengaku pernah mendapat tawaran untuk membela Inter Milan.

Mantan gelandang Timnas Inggris itu menghabiskan kariernya sebagai pesepak bola di Manchester United. Paul Scholes membela The Red Devils dari 1993 sampai 2011 dan juga 2012 hingga 2013.

Selama 20 musim memperkuat MU, Scholes berhasil mencetak 155 gol dari 718 pertandingan di seluruh ajang. Paul Scholes juga turut membantu Manchester United meraih 25 trofi juara, beberapa di antaranya adalah 11 gelar Premier League dan dua titel Liga Champions.

Memiliki performa impresif bersama Tim Setan Merah, Paul Scholes sempat didekati sejumlah klub elite Eropa, satu di antaranya adalah Inter Milan. Scholes ditawarkan untuk membela I Nerazzurri pada musim panas 2000.

"Saya tidak pernah diberitahu tentang tim mana pun yang datang untuk mendapatkan saya. Saya memang pernah mendapatkan satu panggilan telepon dari seorang agen, agen lama Bryan Robson, dia menelepon saya ketika kami di Piala Eropa 2000," jelas Scholes.

"Dia bertanya apakah saya tertarik untuk pergi ke Inter Milan, tetapi itu satu-satunya panggilan telepon yang pernah saya dapatkan. Saya tidak pernah mendengar apa pun setelah itu, dan manajer tidak pernah mengatakan apa pun kepada saya," kata Paul Scholes.

 

Tak Pernah Berniat Pergi dari MU

Paul Scholes (Stefanus Ian/AFP)
Paul Scholes (Stefanus Ian/AFP)

Meski pernah mendapat tawaran untuk hengkang ke Inter Milan, Scholes mengaku tak berniat untuk pergi dari Manchester United. Bagi Scholes, MU adalah klub besar yang selalu bersaing meraih titel juara di Inggris dan Eropa.

"Saya bermain di klub masa kecil, saya adalah pemain Manchester, kami memenangkan trofi sepanjang waktu. Jika manajer mengatakan kepada saya jika dia tidak menginginkan saya, saya pasti akan pergi andai ada klub besar di luar negeri yang menginginkan saya," kata Scholes.

"Tetapi tidak perlu memikirkan Barcelona, ​​Real Madrid, atau AC Milan karena saya berada di klub terbesar di dunia. Kami tidak memenangkan Liga Champions sebanyak yang seharusnya, tetapi kami sama bagusnya dengan tim-tim itu, atau mungkin lebih baik."

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 12/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Paskah: Berdiam Diri di Rumah Saat Corona Wujud Cinta Kasih

Posted: 11 Apr 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jacky Manuputty menyampaikan, merayakan Paskah di rumah bersama keluarga si tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 merupakan sikap pusat iman.

"Kita menjadi umat kebangkitan. Kita diutus untuk terus mempersaksikan kehidupan yang kita temukan di dalam Kristus yang telah bangkit melalui kehidupan kita secara pribadi maupun bersama-sama," tutur Jacky di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (12/4/2020).

Menurut Jacky, kebangkitan Kristus dari kematian menjadi perwujudan Tuhan yang membela kehidupan. Salah satu sikap mengimani hal tersebut dalam kondisi saat ini adalah dengan mengikuti anjuran pemerintah berdiam diri di rumah demi memutus penyebaran Covid-19.

"Sikap abai pada usaha itu justru menjadikan kekristenan dan gereja ancaman atas kehidupan. Dengan begitu berlawanan dengan pesan Paskah," jelas dia.

Saat bersama keluarga di rumah, empati terhadap mereka yang terpapar Covid-19 menjadi kunci memaknai Paskah. Stigmatisasi harus dilawan bersama.

"Kalau mereka hidup di sekitar kita dan karantina di rumah, kita perlu menciptakan suasana yang tidak diskriminatif. Tentu saja tetap menjaga jarak. Terpapar virus Corona bukanlah aib atau pun kutukan Tuhan," kata Jacky.

Lebih lanjut, dia juga mengajak seluruh gereja untuk bersiap menjadi tempat karantina darurat pasien Covid-19 jika memang dibutuhkan dan layak.

"Yang kuat membantu yang lemah. Walau pun gereja-gereja harus menderita karena membela kehidupan. Sejarah gereja menghadapi wabah kental ditandai kesediaan memberi diri untuk penuh dalam pelayanan kasih," Jacky menandaskan.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Menag Apresiasi Gereja dan Umat Kristiani Gelar Paskah 2020 dengan Sederhana

Menteri Agama Fachrul Razi (kanan) menyampaikan pendapatnya saat diskusi panel III  Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel III itu membahas pembangunan sumber daya manusia.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Menteri Agama Fachrul Razi (kanan) menyampaikan pendapatnya saat diskusi panel III Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel III itu membahas pembangunan sumber daya manusia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi imbauan gereja dan komitmen umat Kristiani menggelar Paskah 2020 secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun hari kebangkitan Yesus Kristus akan dirayakan Minggu 12 April 2020 besok. Menteri pun mengucapkan selamat Paskah.

"Saya juga mengapresiasi Gereja dan umat Kristiani atas perayaan Paskah 2020 yang digelar secara sederhana, sesuai anjuran Pemerintah dan protokol kesehatan, di tengah pandemi Covid-19," kata Fachrul dalam keterangannya, Sabtu (11/4/2020).

Dia pun mengajak seluruh umat Kristiani untuk melawan wabah tersebut.

"Saya mengajak Umat Kristiani untuk memenangkan perang melawan Covid-19, sebagaimana keyakinan umat Kristiani tentang Yesus Kristus yang menang melawan kematian," ungkap Fachrul.

Dia berharap, umat Kristiani mampu memaknai keyakinan mereka akan kebangkitan Yesus Kristus, serta mengimplementasikannya untuk meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antar sesama.

"Sekali lagi, saya ucapkan Selamat Paskah 2020 kepada umat Kristiani di seluruh nusantara. Salam tangguh. Indonesia Maju. Selamat Paskah 2020," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Diizinkan Rekrut Harry Kane, Asal Bayar Rp 3,93 Triliun

Posted: 11 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Harry Kane terus dikaitkan dengan Manchester United (MU). Apalagi, striker Timnas Inggris tersebut menyatakan bisa meninggalkan Tottenham Hotpsur pada musim panas ini.

Sejak memperkuat Spurs, Kane memang tak pernah merasakan gelar juara. Karena itu, pindah ke MU bisa mewujudkan ambisinya tersebut.

MU dikabarkan sangat tertarik memboyong Kane ke Old Trafford. Klub berjuluk Setan Merah tersebut memang tengah membutuhkan striker baru.

Bos Spurs Daniel Levy dikabarkan siap mengizinkan Kane bergabung dengan MU. Tapi, ia tidak akan melepas pemain bintangya tersebut dengan harga murah.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sangat Mahal

Bek Liverpool, Dejan Lovren (kiri), berjibaku dengan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane pada lanjutan Liga Inggris di Wembley, Minggu (22/10/2017). (AFP/Ian Kington)
Bek Liverpool, Dejan Lovren (kiri), berjibaku dengan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane pada lanjutan Liga Inggris di Wembley, Minggu (22/10/2017). (AFP/Ian Kington)

Daily Mail dalam laporannya menyebut Levy prihatin dengan keadaan finansial klub akibat pandemi corona Covid-19. Pasalnya, klub harus terus membayar stadion baru mereka walau kompetisi sedang ditangguhkan.

Karena itu, Levy mematok harga 200 juta pound atau sekitar Rp 3,93 triliun jika MU mau memboyong Kane ke Old Trafford.

 

Disarankan ke MU

Harry Kane telah mencetak 181 gol dalam 278 penampilannya bersama Spurs. Keahlian Kane dalam mencetak gol membuatnya dilirik MU.

Mantan penyerang Spurs dan MU Dimitar Berbatov menyarankan Kane mengikuti jejaknya. Menurut Berbatov, langkah itu bisa membuat Kane meraih gelar.

"Saya melihat banyak kesamaan dalam situasi yang saya lalui dan apa yang terjadi dengan Kane," kata Berbatov.

"Saya merasa ini juga waktu yang sama dalam kariernya, saya mulai berpikir jika Anda berada di jalan yang benar dan Anda berpikir tentang memenangkan sesuatu," tutur eks pemain Fulham ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Suara Dentuman Misterius Bikin Warganet Geger

Posted: 11 Apr 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial yang tinggal di Jakarta, Depok hingga Jawa Barat, dihebohkan dengan suara dentuman keras yang terjadi pada Sabtu (11/4/2020) dini hari tadi.

Banyak dari warganet mengklaim bahwa dentuman tersebut berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau. Selain itu, mereka juga meminta agar warganet lainnya berdoa dan tetap aman.

Artikel tentang suara dentuman misterius buat warganet geger menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 4 hal yang harus dilakukan agar gebetan selalu rindu.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang warna yang membawa keberuntungan ke masing-masing zodiak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Suara Dentuman Misterius Bikin Geger, Warganet Ramai-Ramai Unggah Video

Ilustrasi rekaman suara. (iStockphoto)
Ilustrasi rekaman suara. (iStockphoto)

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, warganet pun berbondong-bonding mengunggah berbagai video suara dentuman keras dari rumah mereka.

Selengkapnya...

2. Tak Sulit, Lakukan 4 Hal Ini untuk Buat Gebetan Selalu Merindukanmu

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pernahkah kamu berpikir apakah si dia juga merasakan hal yang sama? Tentu menjadi hal yang menyenangkan ketika dirinya juga merindukan kita.

Jangan khawatir, nyatanya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat si dia selalu merindukanmu saat jauh.

Selengkapnya...

3. Warna yang Akan Membawa Keberuntungan Berdasarkan Zodiak (Part 1)

ilustrasi perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels
ilustrasi perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels

Setiap individu tentu memiliki warna favorit. Namun, apakah kamu tahu bahwa warna membawa energi? Memakai pakaian dengan warna yang tepat juga bisa membantumu menjadi versi terbaik dari dirimu.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibujuk, PDP Pengancam Tenaga Medis Mau Diisolasi di Rumah Sakit

Posted: 11 Apr 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Warga Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 akhirnya bersedia kembali ke rumah sakit. Lewat bujukan, pasien yang masuk klaster ijtimak dunia itu dibawa kembali ke ruang isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kosasih membenarkan jika pasien yang beramat di Jalan Pemuda 2, Kecamanatan Sungai Pinang itu sudah kembali ke rumah sakit. Proses isolasi dilanjutkan, namun di rumah sakit berbeda dari sebelumnya.

"Untuk pasien Covid-19 inisal N,sudah berhasil dibujuk dan saat ini dirawat di RSUD IA Moeis Samarinda," kata Ismed, Minggu (12/4/2020).

Proses penjemputan pasien, kata Ismed, dilakukan pada Sabtu (11/4/2020) sore. Dengan pengawalan petugas kepolisian dan BPBD, pasien langsung dipindahkan.

Sebelumnya pasien ini diisolasi dan mengamuk di RSUD AW Syahranie. Ismed menyatakan pemindahan tempat isolasi ini hal biasa karena Kota Samarinda memiliki dua rumah sakit rujukan Covid-19.

"RSUD AW Syahranie dan RSUD IA Moeis adalah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Samarinda. Di RSUD IA Moeis sudah ada satu pasien PDP yang dirawat lebih dulu di sana," katanya.

Karena kapasitasnya baru terisi satu pasien, Dinkes Samarinda memilih mengisolasi PDP ini ke RSUD IA Moeis. Ismed menyebut di rumah sakit ini memiliki enam kamar untuk ruang isolasi.

"Doakan saja pasien cepat sembuh, karena standar penanganan rumah sakit rujukan sama dan dirawat dengan SOP yang sama," pungkasnya.

Tidak Laksanakan Isolasi Mandiri

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi M Ishak.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi M Ishak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi M Ishak menjelaskan, warga dengan status ODP maupun PDP bisa isolasi mandiri di rumah. Namun tentu saja ada syarat ketat yang harus dijalankan.

Untuk ODP dan PDP yang memiliki gejala ringan, kata Andi, bisa isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Namun isolasi yang dilakukan harus sangat disiplin dengan tidak keluar rumah dan menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain.

"Kami lihat yang bersangkutan tidak disiplin melaksanakan isolasi mandiri di rumah, masih ketemu tetangga sehingga wajib diisolasi di rumah sakit," kata Andi.

Jika ada pasien, meski hasil rapid test dinyatakan positif Covid-19, masih bisa meminta untuk isolasi mandiri di rumah. Asalkan memang tak memiliki gejala klinis serius.

Sebelumnya seorang pasien yang berstatus PDP mengamuk dan mengancam petugas medis di RSUD AW Syahranie Samarinda. Pasien mengamuk pada Jumat (10/4/2020) pagi dengan mendobrak pintu dan memecahkan kaca jendela.

Sore harinya pasien dipulangkan ke rumahnya di Jalan Pemuda 2, Samarinda. Kepolisian memasang garis polisi di rumah yang bersangkutan untuk memastikan tidak keluar rumah.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prihatin Penolakan, Ganjar Siapkan Taman Makam Pahlawan Bagi Tenaga Medis Meninggal Akibat Covid-19

Posted: 11 Apr 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus penolakan pemakaman seorang perawat di Kabupaten Semarang membuat sakit hati Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Tak ingin kejadian terulang, Ganjar telah menyiapkan Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di seluruh Jawa Tengah bagi perawat, dokter dan tenaga medis yang meninggal akibat covid-19.

Hal itu disampaikan Ganjar di rumah dinasnya, Sabtu (11/4). Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait hal ini. Dua langkah telah dilakukan, yakni persiapan tempat dan pengurusan administrasi.

"Saya sudah perintahkan Dinsos dan Kesra untuk mempersiapkan ini. Satu soal tempatnya, kedua soal administrasinya, agar penempatan seseorang di Taman Makam Pahlawan sesuai," kata Ganjar.

Pihaknya lanjut dia juga sudah komunikasi dengan Seluruh Bupati/Wali Kota se Jawa Tengah. Mayoritas, para pemangku kepentingan di daerah setuju dengan kebijakan itu.

"Kalau satu dua hari ini selesai proses itu, minggu depan sudah bisa dilaksanakan," terangnya.

Ganjar menerangkan, keputusan menyiapkan Taman Makam Pahlawan untuk dokter, tenaga medis dan perawat yang meninggal akibat covid-19 dikarenakan kasus penolakan pemakaman perawat di Kabupaten Semarang. Menurutnya, kejadian itu membuat seluruh masyarakat sakit hati.

"Masa seorang pejuang yang sudah berjuang ditolak. Ini menyakitkan betul, iki natu ati bikin sakit hati," ucapnya.

Menurutnya, seluruh dokter, perawat dan tenaga medis merupakan pejuang kemanusiaan. Mereka harus diberikan penghormatan, karena sudah berjuang luar biasa, mengorbankan dirinya untuk mengatasi wabah covid-19.

"Dan mereka tahu, bahwa itu beresiko pada keselamatannya. Kita harus memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Saya kira, Taman Makam Pahlawan adalah tempat yang sangat tepat untuk mereka," tegasnya.

Lebih lanjut Ganjar menerangkan, selain Taman Makam Pahlawan, dirinya juga menyiapkan skenario kedua untuk memberikan penghormatan bagi tenaga medis yang meninggal akibat covid-19. Apabila Taman Makam Pahlawan tidak cukup, dirinya siap membuatkan tempat pemakaman baru yang diberi nama Taman Makam Pahlawan.

"Kalau ada area eksisting di Taman Makam Pahlawan, maka bisa dipakai. Tapi kalau sudah penuh, kita bisa membuat tempat khusus baru yang dikasih nama Taman Makam Pahlawan khusus untuk mereka," tutupnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update di RS Wisma Atlet 12 April: Pasien Positif Corona Berkurang 27 Orang

Posted: 11 Apr 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan, pasien rawat inap terkait virus Corona atau Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Minggu (12/4/2020) pukul 08.00 WIB bertambah 11 pasien. Dengan demikian, totalnya menjadi 535 orang.

"Pasien rawat inap menjadi 535 orang, terdiri dari 345 pria dan 190 wanita," kata Yudo saat dihubungi merdekacom, Minggu (12/4/2020).

Dia menyampaikan, pasien positif virus Corona atau Covid-19 yang dirawat di RS Wisma Atlet pun berkurang 27 orang. Sebelumnya, ada 369 pasien positif, kini menjadi 342 orang.

"Pasien Covid berkurang 27 orang. Keterangan turun status menjadi PDP," ungkap Yudo.

Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini dirawat di Wisma Atlet, Jakarta terdapat 48 orang. Hal tersebut mengalami peningkatan, semula 95 kini jadi 143 pasien. Tidak hanya itu orang dalam pengawasan (ODP) pun berkurang 10 orang.

"Pasien ODP berkurang 10 orang. Semula 60 orang menjadi 50 orang dengan keterangan 4 orang dirujuk dan 6 orang menjadi PDP," jelas Yudo.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Corona Sabtu 11 April

Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona secara Live di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (5/4/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona secara Live di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (5/4/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan, jumlah pasien positif Covid-19 pada Sabtu (11/4/2020) bertambah 330 orang. Dengan demikian, totalnya mencapai 3.842 orang.

"Hari ini jumlah pasien positif Covid-19 bertambah sebanyak 330 orang, sehingga total sebanyak 3.842 orang," ujar Yurianto melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta Timur, Sabtu (10/4/2020).

Sementara untuk penambahan pasien yang meninggal, hari ini ada 21 orang, sehingga total menjadi 327orang.

Dia mengatakan, dari total kasus tersebut, jumlah pasien sembuh dari infeksi Corona sebanyak 286 orang, dengan tambahan hari ini sebanyak 4 orang.

Semua data pasien Corona Covid-19 tersebut dikumpulkan dari pukul 12.00 WIB, Jumat 11 April hingga pukul 12.00 WIB, Sabtu (11/4/2020).

Yurianto mengingatkan kepada semua masyarakat untuk menjaga jarak, lebih dari 2 meter, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan tetap produktif selama di rumah.

 

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulit Jaga Jarak, Penggunaan Masker Kain Dinilai Efektif Turunkan Risiko Penularan COVID-19

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan masker digencarkan sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan COVID-19 bagi mereka yang terpaksa harus keluar rumah untuk melakukan kegiatan yang penting untuknya.

Apalagi, saat ini beberapa kasus COVID-19 di Indonesia ditemukan tak bergejala sehingga sulit mengenali apakah seseorang terjangkit atau tidak.

Dokter M. Hud Suhargono, Humas Keluarga Penyangga Indonesia mengatakan bahwa individu yang tak bergejala dan bebas berinteraksi dengan lainnya berpotensi menularkan ke orang lain terutama yang rentan.

"Kami menilai ketika aturan social dan physical distancing sukar diterapkan, maka penggunaan masker kain untuk umum dinilai cukup efektif untuk menurunkan risiko penularan COVID-19," kata Hud dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Minggu (12/4/2020).

Masker Salah Satu Strategi Pencegahan

Seseorang memakai masker kain buatan ibu-ibu PKK di Desa Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/4/2020). Saat pelaksanaan isolasi mandiri akibat COVID-19, ibu-ibu PKK ini membuat masker untuk dibagikan secara gratis kepada warga sekitar. (merdeka.com/Arie Basuki)
Seseorang memakai masker kain buatan ibu-ibu PKK di Desa Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/4/2020). Saat pelaksanaan isolasi mandiri akibat COVID-19, ibu-ibu PKK ini membuat masker untuk dibagikan secara gratis kepada warga sekitar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Hud mengatakan, Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat telah merekomendasikan penggunaan masker kain buatan sendiri untuk alternatif penggunaan masker bagi masyarakat pada awal April 2020.

CDC mengatakan bahwa masker bedah dan N95 sebaiknya digunakan oleh tenaga kesehatan di fasilitas medis karena keterbatasan jumlah.

"Masker sebaiknya digunakan oleh semua orang, bukan hanya orang yang sedang sakit batuk, pilek, dan panas," kata Hud.

Sosialisasi penggunaan masker kain pada masyarakat ini merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan diri sendiri, serta keluarga dan orang lain di sekitarnya.

"Yang perlu ditekankan dalam kampanye penggunaan masker kain untuk publik ini adalah, bahwa masker adalah bagian satu paket strategi pemutusan rantai penularan COVID-19 ini, di samping strategi utama yaitu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan social dan physical distancing, serta lebih banyak melakukan kegiatan di rumah," kata Hud dalam pesannya.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agnez Mo Tepergok Jalan Berdua dengan Raphael Maitimo

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kisah asmara Agnez Mo kembali jadi sorotan publik. Ia kini disebut sedang menjalin hubungan dengan pesepakbola Persita Tangerang, Raphael Maitimo.

Lewat akun Instagram Lambe Turah, Agnez Mo dam pemain naturalisasi ini terlihat sedang bergandengan tangan di sebuah toko swalayan. Keduanya mengenakan busana kasual.

Tak hanya itu, melalui Instagram Stories-nya, Agnez Mo juga tak malu lagi memperlihatkan keakraban dengan Raphael Maitimo.

Pelantun lagu "Coke Bottle" ini mengunggah foto dirinya sedang berada di samping Raphael. Agnez Mo mendekatkan wajahnya pada pria berambut pirang itu.

Respons

Agnez Mo (Liputan6.com/Putu Elmira)
Agnez Mo (Liputan6.com/Putu Elmira)

Kedekatan keduanya pun memancing reaksi dari warganet. Sebagian besar memberi komentar yang positif atas hubungan mereka.

"Maitimo ini pemain beruntung. Udah main di berbagai klub besar, naturalisasi, eh sekarang pacaran sama Agnes, beruntung banget," kata 76timofisal.

"Semoga sama Mas yang ini Mba Mo mendapat kebahagiaan sejati ya," tambah yang lainnya.

Perjalanan Cinta Agnez Mo

Agnez Mo. (Via Instagram/@saputrawijaya)
Agnez Mo. (Via Instagram/@saputrawijaya)

Perjalanan Agnez Mo mencari pasangan memang cukup panjang dan berliku. Ia sebelumnya pernah dekat dengan sejumlah artis besar Indonesia seperti Daniel Mananta dan Rezky Aditya.

Ia juga digosipkan pernah berpacaran dengan pebasket Denny Sumargo. Terakhir, ia sempat menjalin kasih selama bertahun-tahun dengan Wijaya Saputra alias Wijin, yang kini menjadi kekasih Gisella Anastasia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspadai Hujan Disertai Petir di Surabaya pada Sore Hari

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur alami hujan pada Minggu (12/4/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, Surabaya akan hujan lokal pada pukul 13.00,19.00, dan 22.00 WIB. Sedangkan hujan disertai petir akan terjadi pada pukul 16.00 WIB. Suhu di kisaran 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 75-95 persen.

Sementara itu, di Sidoarjo akan alami hujan lokal dari pukul 13.00 hingga 22.00 WIB. Suhu di Sidoarjo berada di kisaran 24-33 derajat celsius. Kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 70-95 persen.

Demikian juga di Gresik akan terjadi hujan lokal dari pukul 13.00 WIB hingga 19.00 WIB. Sedangkan pukul 22.00, cuaca akan cerah berawan di Gresik. Suhu di kisaran 26-33 derajat celsius. Kecepatan angin 20 KM per jam dengan kelembaban 75-90 persen.

Di Lamongan akan alami hujan lokal dari pukul 13.00 hingga pukul 19.00 WIB. Sedangkan pukul 22.0 WIB, Lamongan akan cerah berawan. Suhu di kisaran 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 75-90 persen.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk Jawa Timur dengan mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di sejumlah wilayah pada siang hingga sore dan malam hari.

Antara lain pada siang hingga sore hari di Surabaya, Jember, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Kemudian pada malam hari di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Mategan, Ponorogo, Kabupaten Kediri, Kota Kediri.

Lalu di Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo dan Lumajang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Gugus Tugas Covid-19 Mamuju Jemput Paksa PDP yang Menolak Isolasi RS

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamuju - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mamuju mengevakuasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang menolak diisolasi di rumah sakit. Mereka adalah NM (49) dan NH (35) warga Desa Pontanakayang, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

"Mereka merupakan PDP dari RSUD Regional Sulbar, yang menolak untuk diisolasi di rumah sakit dan sudah ada yang bergejala, sehingga kita melakukan tindakan tegas mengevakuasi mereka untuk mecegah penyebaran Covid-19," kata Kapolsek Mamuju Kota AKP Suhartono saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (11/04/2020).

Suhartono menambahkan, meraka dievakuasi dari salah satu perumahan yang ada di dalam Kota Mamuju pada Sabtu siang sekitar pukul 11.30 Wita, karena keberadaan mereka membuat resah warga. Awalnya pasien menolak untuk dievakuasi ke rumah sakit dan lebih memilih untuk isolasi secara mandiri.

"Setalah dilakukan pendekatan dan bujuk rayu dengan memberikan penjelasan menganai bahaya dari Covid-19. Mereka pun mau kami evakuasi ke RSUD Regional Sulawesi Barat sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19," ujar Suhartono.

Suhartono mengungkapkan, saat mengevakuasi kedua PDP itu, tim gugus tugas juga turut mengevakuasi tiga orang lainnya yang berada di dalam rumah itu. Mereka adalah L (23), A (6) dan AL (3), yanh turut dievakuasi demi pencegahan dan sudah kontak langusnh dengan PDP, sehingga total lima orang yang dievakuasi.

Sementara itu, Kepala BPBD Mamuju Muhammd Ali Rachman mengatakan, warga yang dievakuasi itu merupakan keluarga dari pasien positif Corona Covid-19 ketiga di Sulawesi Barat asal Kabupaten Mamuju Tengah yang meninggal dunia pada Jumat, 3 April 2020 yang lalu.

"Mereka (NM dan NH) masuk dalam kategori PDP setelah hasil rapid testnya dinyatakan positif beberapa waktu yang lalu. Kita melakukan evakuasi ini, semata untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Ali.

Sementara hasil rapid test tiga orang yang turut ikut dievakuasi, terdapat satu orang yang dinyatakan positif yakni A (6), sementara dua lainnya negatif. Namun, mereka semua tetap menjalani isolasi di RSUD Regional Sulbar.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ojol Boleh Angkut Penumpang saat PSBB, Ini Syarat dari Kemenhub

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta telah resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mengurangi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Dalam aturannya, Ojek Online (Ojol) dalam PSBB dilarang mengangkut penumpang, melainkan hanya boleh mengangkut barang dan makanan.

Namun para pengendara ojol patut bersyukur karena Kementerian Perhubungan memperbolehkan ojol angkut penumpang. Hanya saja harus memenuhi berbagai syarat.

"Untuk sepeda motor dapat mengangkut penumpang dengan ketentuan harus memenuhi protokol kesehatan seperti : dilakukan untuk aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB, melakukan disinfeksi kendaraan dan atribut sebelum dan setelah selesai digunakan, menggunakan masker dan sarung tangan, dan tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit," kata juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati kepada wartawan, Minggu (12/4/2020).

Untuk mendasari hal ini, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Peraturan tersebut ditetapkan pada 9 April 2020.

Adita menjelaskan, secara garis besar peraturan tersebut mengatur tiga hal yaitu pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah, pengendalian transportasi pada wilayah yang ditetapkan sebagai PSBB, dan pengendalian transportasi untuk kegiatan mudik tahun 2020.

 

Bisa Dilakukan Penyesuaian

Driver ojek online berbincang di kawasan Jakarta, Jumat (10/4/2020). Peraturan Gubernur DKI Jakarta dalam pelaksanaan PSBB mengatur angkutan roda dua seperti ojek online maupun ojek konvensional dilarang membawa penumpang.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Driver ojek online berbincang di kawasan Jakarta, Jumat (10/4/2020). Peraturan Gubernur DKI Jakarta dalam pelaksanaan PSBB mengatur angkutan roda dua seperti ojek online maupun ojek konvensional dilarang membawa penumpang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Permenhub ini dibuat berdasarkan kondisi riil saat ini, namun Pemerintah akan memperhatikan dinamika yang berkembang dan tidak tertutup kemungkinan untuk dilakukan penyesuaian.

"Peraturan tersebut berlaku untuk transportasi penumpang (kendaraan umum dan pribadi) serta transportasi barang/logistik, yang mengatur hal-hal yang harus dilakukan mulai pada saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan saat sampai tujuan atau kedatangan," ungkap Adita.

Adita menambahkan, peraturan ini ditujukan baik untuk penumpang kendaraan umum dan pribadi, operator sarana dan prasarana transportasi baik di transporasi darat, kereta api, laut dan udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Asli Italia Ini Akui Kesulitan Gusur Posisi Kapten Inter Milan

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Daniele Padelli sudah bergabung dengan Inter Milan sejak 2017. Namun hingga kini, dia selalu kesulitan menggusur posisi kapten Inter Milan, Samir Handanovic di bawah mistar gawang.

Pada dua musim pertamanya di Inter Milan, Padelli malah tidak mendapat kesempatan tampil di pentas Serie A. Dia baru mendapat kesempatan pada 2019/20, musim ketiganya di Inter Milan.

Padelli pada musim ini, sebelum Serie A dihentikan karena pandemi corona Covid-19, sudah tampil tiga kali di bawah mistar gawang tim asuhan Antonio Conte. Total, selama berkostum Inter Milan, Padelli hanya tampil sebanyak delapan kali di semua kompetisi.

Padahal, di klub sebelumnya, Torino, Padelli selalu menjadi andalan. Dia mencatatkan 100 penampilan di Serie A pada 2013 hingga 2017.

"Menggantikan Samir Handanovic benar-benar hal yang sulit, karena dia bukan pemain sembarangan, mungkin penjaga gawang terbaik di Eropa saat ini," ucap kiper kelahiran Lecco, Italia tersebut, dikutip dari situs resmi klub.

"Ini juga diikuti dengan banyaknya tekanan karena Anda harus berusaha untuk mengimbanginya. Itu merupakan tugas yang sulit. Namun, saya bangga bisa merasakannya di Inter Milan," katanya menambahkan.

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Rasakan Atmosfer

Kiper Inter Milan, Daniele Padelli, berusaha menghadang tendangan pemain Napoli, Piotr Zielinski, pada laga semifinal Coppa Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Rabu (12/2/2020). Inter Milan takluk 0-1 dari Napoli. (AP/Luca Bruno)
Kiper Inter Milan, Daniele Padelli, berusaha menghadang tendangan pemain Napoli, Piotr Zielinski, pada laga semifinal Coppa Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Rabu (12/2/2020). Inter Milan takluk 0-1 dari Napoli. (AP/Luca Bruno)

Kendati hanya menjadi ban serep di posisi penjaga gawang Inter Milan, Padelli tetap merasakan atmosfer fans yang istimewa. Dia mengagumi dukungan para fans, meski hanya berada di bangku cadangan.

"Saya telah banyak merasakan emosi di Inter Milan. Bahkan dari bangku cadangan, seperti pada pertandingan melawan Lazio yang membuat kami kembali menembus Champions League."

"Lalu, ada juga emosi yang saya alami ketika berada di lapangan, bahkan pada periode terakhir musim ini, seperti dalam laga Derby. Saya sudah merasakan permainan itu tujuh atau delapan kali di dalam kepala saya, dan itu tidaklah mudah," ucapnya.

Statistik Padelli

Berikut statistik Daniele Padelli selama memperkuat Inter Milan:

Main: 8

Menit main: 790

Kebobolan: 8

Clean sheet: 3

Kartu kuning: 0

Kartu merah: 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kematian Akibat Virus Corona COVID-19 di Amerika Serikat Tertinggi Sedunia

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat (AS) kini berada di posisi pertama yang mencatat jumlah kematian tertinggi akibat Virus Corona (COVID-19). Totalnya ada 20.602 kasus kematian. 

Dengan ini, AS mengalahkan China dan Italia yang sebelumnya memilik jumlah kematian tertinggi di dunia. Secara keseluruhan, ada 108 ribu kasus kematian akibat Virus Corona di dunia.

Meski demikian, secara persentase tingkat kematian AS masih rendah. Berdasarkan peta Gis And Data per Minggu pagi (12/4/2020), tingkat kematian Virus Corona di AS hanya 3,8 persen. 

Angka 3,8 persen lebih rendah dari rata-rata persentase kematian dunia yang saat ini sebesar 6,1 persen. Sebagai catatan, tingkat persentase kematian di Indonesia adalah sebesar 8,5 persen sehingga lebih tinggi dari rata-rata dunia.

Kasus AS lebih tinggi karena negara itu melakukan tes besar-besaran sehingga banyak kasus terdeteksi. Presiden AS Donald Trump berkata jumlah pengujian di AS adalah terbanyak di dunia.

Selain itu, setiap kasus kematian Virus Corona di AS dibuat sangat detail. Semua pasien meninggal yang positif Virus Corona masuk ke data kematian, meski penyebab kematiannya mungkin penyakit lain.

Ini berbeda dari negara lain yang tidak menghitung kematian akibat Virus Corona apabila si pasien sudah punya penyakit lain. 

"Bila virus itu itu membuat kamu masuk ICU dan kemudian kamu terkena masalah jantung atau ginjal, beberapa negara mencatatnya sebagai masalah jantung atau ginjal, dan bukan kematian COVID-19," ujar Dr. Deborah Birx, Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih.

"Tujuan saat ini adalah bahwa jika seseorang meninggal dengan COVID-19, kita menghitungnya sebagai kematian COVID-19," lanjut Dr. Birx. 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pakar Epidemiologi: Udara Panas Tak Hambat Penyebaran Corona

Petugas memeriksa kendaraan yang memasuki Jakarta pada penerapan PSBB di gerbang pintu Tol Pasar Rebo 2, Jakarta, Jumat (10/4/2020).  Petugas juga mengimbau agar menjaga jarak untuk menghindari penularan COVID-19 sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 tahun 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas memeriksa kendaraan yang memasuki Jakarta pada penerapan PSBB di gerbang pintu Tol Pasar Rebo 2, Jakarta, Jumat (10/4/2020). Petugas juga mengimbau agar menjaga jarak untuk menghindari penularan COVID-19 sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 tahun 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pakar dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Siwi Wijayanti mengatakan, virus corona (Covid-19)  akan mati bila terpapar udara panas kala keluar dari inangnya melalui droplet. Namun kematiannya tetap membutuhkan waktu.

"Virus kan memang hanya bisa hidup di host atau inang misalnya saja ketika virus itu menginfeksi manusia, karena itu dia bisa hidup dan bereplikasi atau memperbanyak diri. Tanpa itu dia akan mati, misalnya ketika orang batuk atau bersin, kemudian mengeluarkan droplet atau tetesan, dalam beberapa saat ketika dia di luar inang, dia akan mati atau terdegradasi," papar Siwi kepada Liputan6.com, Minggu (12/4/2020).

Siwi tidak menampik bahwa virus mudah mati dalam temperatur yang tinggi, namun faktor itu tidak menjadi penangkal laju penyebaran Covid-19 ke manusia, utamanya di Indonesia.

"Dia masih bisa bertahan beberapa lama ketika di dalam droplet. Itu yang berbahaya dalam proses penularan penyakit. Intinya ketika virus di luar tubuh inang atau hostnya ya akan mati, dan memang akan lebih cepat mati ketika temperaturnya tinggi," jelasnya.

Siwi mengatakan, kalau virus sudah masuk ke tubuh manusia atau inangnya, maka selama dia bisa hidup di sel tubuh, maka tidak bakal mati walaupun cuaca di luar panas seperti di Indonesia.

"Karena dia tetap bisa hidup di dalam tubuh. Kecuali sistem imun tubuh berhasil melawan infeksi virus (Covid-19), maka perkembangbiakkan virus dapat terhambat," paparnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Pakai Baju Kulit Lateks Belanja di Supermarket

Posted: 11 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria mengenakan kostum berbahan kulit lateks hitam saat sedang berbelanja di sebuah supermarket. Hal itu ia lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Aksinya pun menarik perhatian orang sekitar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Tangani Corona Covid-19, Marco Motta Lelang Jersey dan Sepatu

Posted: 11 Apr 2020 08:55 PM PDT

Jakarta Pemain Persija Jakarta, Marco Motta, turut berpartisipasi pada program 'Lelang Satu Hati Lawan Corona' milik timnya. Pemain berusia 33 tahun tersebut melelang seragam dan sepatunya.

Jersey yang dilelang Motta merupakan seragam Persija yang dipakainya ketika menghadapi Borneo FC pada pekan pertama Shopee Liga 1 2020. Adapun, sepatu yang dipasarkan demi aksi kemanusiaan ini digunakannya saat bertanding di turnamen pramusim, Piala Gubernur Jatim 2020.

Dua barang Motta tersebut dilelang melalui akun Instagram Persija, @persijajkt selama sehari ke depan. Penawaran nilai tertinggi dibuka pada Sabtu (11/4/2020) pukul 20.00 WIB hingga Minggu (12/4/2020) pukul 19.00 WIB.

Motta dan Persija mematok Rp2 juta sebagai harga pembuka dua barang tersebut. Hasil dari lelang akan disumbangkan untuk membantu penanganan corona.

Hati Motta tergugah melihat virus corona yang makin mewabah di Indonesia, khususnya Jakarta. Maka dari itu, eks bek Juventus tersebut berinisiatif untuk ambil bagian dalam program Persija.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Barang Spesial

Marco Motta (Juventus - kanan) berebut bola dengan Esteban Vizcara (ISL All Stars) saat berlaga di Stadion GBK Jakarta, (6/8/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Marco Motta (Juventus - kanan) berebut bola dengan Esteban Vizcara (ISL All Stars) saat berlaga di Stadion GBK Jakarta, (6/8/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seragam dan sepatu yang dilelang, kata Marco Motta, merupakan barang spesial baginya. Dia berharap hasil lelang dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

"Barang-barang ini spesial bagi saya karena saya gunakan pada musim pertama saya di Persija. Saya berharap jersey dan sepatu saya dapat membantu Jakarta yang selama ini selalu mendukung saya," kata Motta dinukil dari laman klub.

Motta menjadi pemain keenam Persija yang melelang barangnya pada program 'Satu Hati Lawan Corona'. Sebelumnya, hasil lelang dari barang Riko Simanjuntak, Marko Simic, Shahar Ginanjar, Marc Klok, dan Ramdani Lestaluhu telah menghasilkan Rp66,6 Juta.

 

Disadur dari: Bola.com (penulis, Muhammad Adiyaksa/editor Wiwig Prayugi, published 12/4/2020)

 

 
 
 
View this post on Instagram

Lelang #SatuHatiLawanCorona dari Persija untuk Indonesia adalah program lelang dari para pemain atau manajemen Persija Jakarta. 100% hasil lelang akan disumbangkan untuk campaign "Satu Hati Lawan Corona" di https://kitabisa.com/campaign/persijalawancorona Lelang kali ini adalah Jersey Match Worn & Sepatu milik Marco Motta. PENTING! Sebelum mengikuti lelang, wajib membaca dan mematuhi peraturan untuk Lelang #SatuHatiLawanCorona: 1. PENAWARAN hanya dilakukan di KOLOM KOMENTAR postingan ini. Komentar penawaran di postingan lain tidak sah. 2. Lelang dibuka malam ini pukul 20.00 WIB dan berakhir besok, Minggu (12/04) pukul 19.00 WIB. 3. START BID Rp2.000.000 4. Kelipatan bid adalah Rp100.000,-. Jika melakukan bid dibawah Rp100.000,- maka dianggap tidak sah. 5. Format komen untuk melakukan bid ; Nama (spasi) nilai bid. Contoh: Irsyad 2.100.000 6. Kesalahan penulisan koma, titik dan format bid pada kolom komentar dianggap TIDAK SAH. 7. Para peserta lelang harap tidak menggunakan akun anonim untuk melakukan bid, dan jika akun asli yang melakukan bid tetapi diprivate dianggap TIDAK SAH. 8. Pemenang lelang akan ditentukan sesuai bid tertinggi pada batas waktu pada poin 2 dan akan mendapatkan notifikasi berupa DM dari Persija terkait panduan selanjutnya. 9. Pemenang lelang diwajibkan membayar lunas selambat-lambatnya 1x24 jam dari lelang berakhir. 10. Jika dalam 1x24 jam pemenang lelang tidak merespon atau tidak membayar lunas, maka pemenang jatuh ke penawar tertinggi setelahnya. 11. Jika menulis komentar selain penawaran atau diluar konteks lelang AKAN LANGSUNG DIBLOCK. 12. Setiap peserta lelang yang mengikuti lelang berarti dianggap telah membaca dan mematuhi peraturan lelang ini. . Happy bidding, Jak 👆🔴 . #BelieveIn12 #PersijaJakarta #PersijaUntukIndonesia #SatuHatiLawanCorona

A post shared by Persija Jakarta (@persijajkt) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Jepang Jadikan Bandara Lokasi Karantina Corona, Tempat Tidur dari Karton

Posted: 11 Apr 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19, banyak negara menerapkan berbagai macam cara pencegahan. Mulai dari lockdown, social distancing, hingga penghentian sementara acara-acara yang mengundang massa banyak.

Kebijakan seperti ini tentunya mobilisasi masyarakat juga dibatasi. Apalagi orang keluar-masuk dalam suatu wilayah harus menjalani pemeriksaan dan wajib lapor, khususnya yang berasal dari luar negeri maupun luar wilayah tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan di Jepang. Salah satu bandara internasionalnya, yaitu Bandara Narita menjadi salah satu tempat karantina sementara untuk pencegahan Corona Covid-19.

Berbeda dengan yang dilakukan di Malaysia melansir dari Worldofbuzz, Minggu (12/4/2020). Di Malaysia bagi tamu kedatangan yang berasal dari luar negeri akan ditempatkan di hotel selama 14 hari dan menjalani pemeriksaan, apabila hasil tes negatif baru diperbolehkan pulang.

Di Jepang, warga yang baru saja dari luar negeri akan menjalani pemeriksaan dan menjalani tes kesehatan. Sebelum hasil tesnya keluar tidak diperbolehkan pulang namun harus tinggal sementara di bandara dengan tempat tidur dari karton dan beberapa fasilitas yang sudah disiapkan.

Berikut ulasan cara unik Jepang mencegah penyebaran Corona Covid-19 yang Liputan6.com lansir dari Worldofbuzz, Minggu (12/4/2020).

Warga yang baru saja pulang dari luar negeri tidak diperbolehkan pulang sebelum hasil tesnya keluar

Tempat karantina sementara di Bandara Narita Jepang (Sumber: Instagram/kazuki01282000)
Tempat karantina sementara di Bandara Narita Jepang (Sumber: Instagram/kazuki01282000)

Mengutip dari netizen Jepang yang baru saja pulang dari luar negeri @kazuki01282000, Kamis (9/4/2020), ia mengunggah potret tempat karantina sementara di Bandara Narita. Ia juga menulis keterangan bahwa ia setidaknya harus bermalam selama satu hingga dua hari untuk menunggu hasil tesnya keluar.

"Pulang dari luar negeri, tempat tidur karton di Bandara Narita. Saya perlu tidur di sini malam ini. Saya tidak bisa pulang sampai saya mendapatkan hasil tes Covid-19 saya, " ungkap Kazuki dalam media sosial Instagramnya.

Tempat karantina berada di area bandara dengan menggunakan tempat tidur dari karton

Tempat karantina sementara di Bandara Narita Jepang (Sumber: Instagram/kazuki01282000)
Tempat karantina sementara di Bandara Narita Jepang (Sumber: Instagram/kazuki01282000)

Tempat karantina sementara di Bandara Narita Jepang menggunakan sebagian area bandara yang terlihat bertuliskan area B. Di area B yang digunakan sebagai tempat karantina tersebut, tempat tidurnya menggunakan karton lalu diberi kasur dan selimut.

Apabila nanti hasil tes kesehatan telah keluar baru diputuskan diperbolehkan pulang atau harus masuk ke tempat karantina khusus yang telah disiapkan bagi warga yang terinfeksi Corona Ccovid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Berperan jadi Bank Pembayar Insentif Kartu Prakerja

Posted: 11 Apr 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Langkah nyata kini semakin dinanti dalam membantu kelompok-kelompok masyarakat yang terkena dampak serius akibat wabah Coronavirus Desease (COVID-19), salah satunya adalah merealiasikan program kartu pra kerja. BNI menjadi  bank yang ditunjuk sebagai Official Digital Banking Partner pada  penyaluran insentif-insentif Kartu Prakerja, baik Insentif Pelatihan, Insentif Survey, maupun menyediakan sistem cash management yang terintegasi dengan Project Management Ofiice (PMO) Kartu Pra Kerja dalam mengelola dana insentif tersebut agar tersalurkan secara akurat, efektif, dan efisien.

"Guna menyukseskan Program Kartu Prakerja, BNI berperan sebagai pengelola aliran Dana Kartu Prakerja atau penyedia jasa Cash Management, mengelola pembayaran Insentif dan uang survey peserta Kartu Prakerja, juga mengelola pembayaran Insentif Pelatihan," ujar Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati, Minggu (12 April 2020).

BNI juga menjadi bank yang akan memastikan kebutuhan seluruh pemangku kepentingan dalam penyaluran Kartu Prakerja ini terpenuhi. Peran penting dan strategis BNI itu antara lain adalah Pertama, BNI menjadi bank yang membukakan rekening bagi peserta Kartu Prakerja, yaitu calon pencari kerja dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kedua, membukakan rekening bagi Lembaga atau Balai Pelatihan, yaitu  Balai Latihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Ketiga, membukakan rekening Marketplace dan perusahaan Digital Payment yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam menyalurkan insentif Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Untuk mengikuti program ini, masyarakat harus mendaftar situs resmi program, yaitu www.prakejra.go.id  dan nanti ada persetujuan dari PMO.

Apabila pendaftar sudah disetujui sebagai peserta Program Kartu Prakerja, pembayaran insentif pelatihan dan uang survey dapat dilakukan melalui rekening BNI, atau OVO, dan Link Aja. Pembayaran insentif dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses pelatihan atau kursusnya.

"Sebagai official digital banking partner Program Kartu Prakerja, BNI berperan menyelenggarakan cash management system, melakukan pembayaran manfaat untuk marketplace, pembayaran insentif peserta, hingga pembayaran ke BLK dan LPK. BNI juga memberikan kemudahan kepada para pencari kerja yang belum memiliki rekening dengan berbagai kemudahan dan penawaran special," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Persib Mulai Jenuh Latihan Mandiri Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 11 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah lebih dari dua pekan skuat Persib Bandung terpaksa menjalani latihan mandiri. Ini imbas dari pandemi corona Covid-19 yang semakin luas di Indonesia.

Gelandang Persib Abdul Aziz mengakui ada perbedaan antara latihan mandiri dan bersama. Pemain bernomor punggul delapan itu pun tak menampik mulai merasakan kejenuhan.

Meski demikian, dia tetap menjalani latihan mandiri demi menjaga kebugaran jika kompetisi Shopee Liga 1 2020 kembali bergulir. "Yang pasti ada perbedaan latihan sendiri di rumah dan bareng tim, (latihan mandiri) sangat jenuh sekali," kata Aziz di Bandung, baru-baru ini.

Aziz mengakui mengakui situasi ini bukan hanya dialami dirinya dan pemain Persib. Menurutnya, semua orang berada di situasi yang sama lantaran mengalami kesulitan serupa.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Demi Kebaikan

Gelandang Persib Bandung Abdul Aziz. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Gelandang Persib Bandung Abdul Aziz. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Aziz memahami kompetisi untuk sementara di tangguhkan. Sebab, kesehatan dan keselamatan masyarakat lebih penting daripada kompetisi sepak bola.

"Ini untuk kebaikan kita semua. Mudah-mudahan virus corona ini segera cepat berakhir sehingga kita bisa berkumpul latihan bersama-sama lagi dan bisa mulai kembali lagi Liga," pungkasnya.

Sumber: Ayo Bandung

 

Klasemen Shopee Liga 1 2020

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ojek Online Boleh Angkut Penumpang di Wilayah PSBB dengan Syarat

Posted: 11 Apr 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan menerbitkan Permenhub No. 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Permenhub tersebut telah ditetapkan oleh Menhub Ad Interim Bapak Luhut Binsar Pandjaitan pada 9 April 2020," ujar juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dikutip dari keterangan resmi Kemenhub, Minggu (12/4/2020).

Secara umum Permenhub No. 18 Tahun 2020 mengatur tiga hal:

  • pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah;
  • pengendalian transportasi pada wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB);
  • pengendalian transportasi untuk kegiatan mudik tahun 2020.

"Peraturan tersebut berlaku untuk transportasi penumpang (kendaraan umum dan pribadi) serta transportasi barang/logistik, yang mengatur hal-hal yang harus dilakukan mulai pada saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan saat sampai tujuan atau kedatangan," tutur Adita lebih lanjut.

Peraturan ini, kata Adita, ditujukan baik untuk penumpang kendaraan umum dan pribadi, operator sarana dan prasarana transportasi, baik transporasi darat, kereta api, laut maupun udara.

 

Di wilayah PSBB

Selain itu, terkait pengendalian transportasi pada wilayah PSBB seperti Jakarta, kini sepeda motor baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat (ojek) dalam hal tertentu dapat mengangkut penumpang.

Namun, harus ada syarat-syarat ketat yang harus dipenuhi sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Sepeda motor dapat mengangkut penumpang dengan ketentuan harus memenuhi protokol kesehatan seperti dilakukan untuk aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB, melakukan disinfeksi kendaraan dan atribut sebelum dan setelah selesai digunakan," kata Adita.

Protokol lainnya termasuk penggunaan masker dan sarung tangan, serta tidak berkendara jika suhu badan di atas normal atau sedang sakit. 

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Tawari Alessio Romagnoli dan Ante Rebic Kontrak Baru

Posted: 11 Apr 2020 08:35 PM PDT

Milan - AC Milan menilai performa Alessio Romagnoli dan Ante Rebic cukup memuaskan. Karenanya, seperti dilansir Gazzetta dello Sport, Milan bakal memberikan kontrak baru kepada Romagnoli dan Rebic.

Alessio Romagnoli mulai berseragam I Rossoneri setelah ditebus dari AS Roma dengan banderol 25 juta euro, pada Agustus 2015. Sejak saat itu, bek Timnas Italia tersebut menjadi sosok penting di jantung pertahanan AC Milan.

Dia pun telah tampil dalam 181 pertandingan di seluruh ajang dan mencetak tujuh gol. Alessio Romagnoli yang bertugas sebagai kapten AC Milan sejak musim lalu, turut membantu timnya menjuarai Piala Super Italia 2016.

Performa pemain berusia 25 tahun tersebut membuat Lazio dan Barcelona menginginkan jasanya pada musim panas 2020. Tak ingin kehilangan aset berharganya, manajemen AC Milan akan menambah durasi kerja sang pemain.

Saat ini, kontrak Romagnoli di Il Diavolo Rosso akan berakhir pada 30 Juni 2022. Milan pun siap melakukan pertemuan dengan agen Alessio Romagnoli, Mino Raiola, untuk membahas kontrak baru tersebut.

Namun, pembahasan tersebut bakal sedikit menemui kendala. Seperti dilansir Gazzetta dello Sport, AC Milan masih keberatan dengan permintaan kenaikan gaji hingga 3,5 juta euro (Rp 60 miliar) dari yang diterima Alessio Romagnoli saat ini.

 

Beri Kontrak Permanen

Penyerang AC Milan, Ante Rebic, berhasil mencetak dua gol sekaligus membantu timnya menang 3-2 atas Udinese pada laga pekan ke-20 Serie A, di San Siro, Minggu (19/1/2020). (AFP/Marco Bertorello)
Penyerang AC Milan, Ante Rebic, berhasil mencetak dua gol sekaligus membantu timnya menang 3-2 atas Udinese pada laga pekan ke-20 Serie A, di San Siro, Minggu (19/1/2020). (AFP/Marco Bertorello)

Selain itu, AC Milan juga puas dengan performa Ante Rebic. Penyerang berusia 26 tahun tersebut dipinjam Milan dari Eintracht Frankfurt hingga musim panas 2021.

Rebic mampu tampil gemilang bersama I Rossoneri pada musim 2019-2020. Dari 18 pertandingan yang sudah dijalani pada musim ini, Ante Rebic berhasil mencetak tujuh gol.

AC Milan pun berencana untuk memberikan kontrak permanen kepada pemain Timnas Kroasia tersebut pada bursa transfer musim panas tahun ini. Dana 40 juta euro (Rp 691 miliar) disiapkan Milan demi menebus Ante Rebic dari Eintracht Frankfurt.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 12/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Pakai Masker, MRT Perketat Penjagaan di Pintu Masuk Stasiun

Posted: 11 Apr 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Humas PT Mass Rapid Transit (MRT) Muhammad Kamaludin mengatakan, penumpang wajib memakai masker mulai hari ini. Pihaknya akan menindak tegas terhadap penumpang yang melanggar.

"Enggak boleh, kami sudah sosiliasiasi sejak tanggal 6. Jadi dari tanggal 6 sudah diingatkan, dan hari ini sudah tegas sekali memang nggak pakai masker, nggak boleh masuk stasiun. Di pintu masuk sudah kami larang," kata Kamaluddin saat dihubungi merdeka.com, Minggu (12/4/2020).

Dia menyebut, PT MRT telah memasang seluruh pengumuman berdasarkan Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 tahun 2020 tentang Penggunaan Masker untuk Mencegah Penularan Coronavirus Disease (Covid-19), sebelum peraturan itu efektif hari ini. Sehingga, diharapkan penumpang taat akan aturan itu guna memerangi pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Ada posternya, ada SOP sudah jelas, di staf kami mulai tegas. Kemudian di medsos, di website semua sudah jelas. Nggak bisa (harus pakai masker), sesuai dengan aturan kan sudah jelas sekali sekarang. Selain surat edaran soal penegakan kan juga ada Pergub 33 sama, sudah jelas sekali itu," bebernya.

Kamaluddin mengatakan, pihaknya mempertebal anggota yang berjaga untuk menerapkan aturan wajib memakai masker.

"(Anggota di luar stasiun) Biasanya 4 jadi 8 ya. Tapi di dalam kita kurangi, karena penumpang sudah sedikit kalau sudah masuk penjagaan nggak ketat. Yang penting sebenarnya di luar," pungkas dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pengguna KRL Wajib Pakai Masker Mulai Hari Ini 12 April 2020

Para pengguna KRL di Jakarta memakai masker sebagai antisipasi penyebaran virus corona Covid-19. (Merdeka.com/Bachtiarudin Alam)
Para pengguna KRL di Jakarta memakai masker sebagai antisipasi penyebaran virus corona Covid-19. (Merdeka.com/Bachtiarudin Alam)

PT Kereta Commuter Indonesia mewajibkan kepada setiap penumpang kereta commuter untuk mengenakan masker mulai hari ini, Minggu (12/4/2020). Penumpang tidak dibolehkan naik, bila tidak menggunakan masker.

"#RekanCommuters Kami mohon kerjasamanya guna upaya untuk pencegahan Virus Corona. Mulai tanggal 12 April 2020, seluruh pengguna wajib menggunakan masker di Area Stasiun maupun di KRL dan selalu jaga jarak antar pengguna," tulis akun Twitter resmi KCI, @CommuterLine, Minggu (12/4/2020).

PT KCI mulai mewajibkan pengguna kereta rel listrik (KRL) untuk memakai masker penutup mulut. Aturan ini merujuk seruan Gubernur DKI Nomor 9 Tahun 2020 tentang penggunaan masker di tempat umum.

"Sesuai dengan seruan Gubernur DKI Jakarta, PT KCI mengajak seluruh pengguna jasa KRL untuk menggunakan masker saat berada di lingkungan stasiun maupun di dalam KRL. Hal ini merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan bersama dan mencegah penularan virus corona," kata Manager External Relations PT KCI Adli Hakim dalam keterangan tertulisnya, Minggu 5 April 2020.

PT KCI melakukan sosialisasi kepada penumpang di lingkungan stasiun dan kereta untuk menggunakan masker kain pada Senin 6 April 2020 sampai 11 April 2020.

"Penggunaan masker untuk naik KRL ini akan diwajibkan untuk seluruh pengguna KRL mulai 12 April 2020. Menjelang tanggal tersebut, para petugas di stasiun dan KRL akan senantiasa mengingatkan pengguna mengenai pentingnya menggunakan masker," kata Adli.

 

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Polisi Tewas Usai Bertikai dengan Anggota TNI di Mamberamo Raya Papua

Posted: 11 Apr 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Papua - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, dua anggota Polri meninggal dalam pertikaian dengan anggota TNI di Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya (Mamra).

"Memang betul ada pertikaian yang berawal dari kesalahpahaman hingga menyebabkan dua anggota Polres Mamberamo Raya meninggal," kata Waterpauw kepada ANTARA, di Jayapura, Minggu (12/4/2020) pagi.

Menurut dia, insiden yang terjadi Minggu dini hari itu berawal dari kesalahpahaman yang sebetulnya sudah diselesaikan pada Sabtu (11/4/2020) malam sekitar pukul 23.00 WIT.

"Dari laporan yang diterima terungkap bahwa anggota yang meninggal itu bersama empat rekannya pada Minggu dini hari tadi menyeberang ke Kasonaweja dan berupaya menyerang," katanya.

Ia mengatakan saat ini seluruh anggota dan keluarga sudah diperintahkan untuk tidak keluar mako.

"Senin (13/4) saya bersama Pangdam VII Cenderawasih akan ke Mamberamo Raya, namun hari ini Danrem 172, Direktur Intelkam, dan beberapa pejabat ke Mamberamo Raya," kata Paulus Waterpauw.

<p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Serie A: Juventus Pimpin Persaingan Gelar Serie A

Posted: 11 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus memimpin persaingan dalam perburuan gelar di Serie A sebelum kompetisi dihentikan oleh virus corona covid-19. Si Nyonya Tua unggul dari Lazio dan Inter Milan.

Peghentian itu berkaitan dengan masih mewabahnya virus corona covid-19. Ada sekitar 1,3 juta orang di seluruh dunia yang dinyatakan positif virus corona menurut data New York Times, Rabu (6/4/2020). Dari jumlah itu, 74.834 orang meninggal dunia.

Klub-klub Italia pun baru melakoni 26 pertandingan saja dari total 38. Jika sesuai jadwal, Liga Italia semestinya berakhir sekitar Juli-Agustus.

Juara bertahan Juventus masih berada di puncak klasemen. Cristiano Ronaldo dan kawa-kawan mengoleksi 63 poin.

Bianconeri -julukan Juventus- hanya unggul satu poin dari peringkat dua Lazio.

Inter Milan menempati posisi tiga klasemen Serie A dengan 54 poin. Namun pasukan Antonio Conte itu masih menyisakan satu pertandingan tunda.

Belum diketahui apakah Serie A akan kembali dilanjutkan atau selesai di tengah jalan. Pasalnya wabah virus corona di Italia semakin parah saja.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Klasemen Serie A

 

 

Top Scorer Serie A

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Petugas Gabungan Tangani Rusuh Penjara Manado

Posted: 11 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kerusuhan di lapas kelas 2A Manado berlangsung hingga Minggu (11/4) malam. Petugas gabungan terpaksa ambil tindakan tegas untuk tangani kerusuhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Resep Masakan Enak dan Simpel untuk Sahur, Cocok Buat Anak Kos

Posted: 11 Apr 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Resep masakan enak dan simpel cocok menjadi menu makan sahur. Makan sahur penting untuk membentuk energi selama seharian berpuasa. Saat sahur Anda mungkin mencari menu makanan yang praktis untuk dibuat.

Meski simpel dan praktis, makanan sahur juga harus bergizi dan enak. Anda bisa mencoba resep masakan enak dan simpel ini saat sahur. Resep masakan enak dan simpel ini cocok untuk keluarga atau bahkan anak kos.

Resep masakan enak dan simpel ini juga terbilang mudah untuk dibuat. Dengan bahan-bahan sederhana, Anda bisa mendapatkan resep masakan enak dan simpel yang sehat dan bergizi.

Resep masakan enak dan simpel saat sahur ini akan lebih menghemat waktu. Dengan begitu, Anda jadi punya lebih banyak waktu untuk beribadah di bulan Ramadan. Berikut 7 resep masakan enak dan simpel yang berhasil Liputan6.com kutip dari Fimela, Minggu (12/4/2020).

Telur gulung

Ilustrasi telur gulung./Copyright shutterstock.com/g/miamama
Ilustrasi telur gulung./Copyright shutterstock.com/g/miamama

Bahan:

5 butir telur ayam

1 batang daun bawang, diiris

1 buah wortel, dicincang

6 buah buncis, dicincang

1/4 sdt garam

Cara Membuat:

1. Siapkan wadah, kocok lepas telur, wortel, buncis, dan daun bawang.

2. Tambahkan garam. Kocok sampai tercampur rata.

3. Panaskan minyak di wajan anti lengket dengan api kecil. Masukkan 1 sendok sayur adonan telur, setelah matang, gulu, lalu pinggirkan. Masukkan lagi 1 sendok sayur adonan telur, gulu, lalu pinggirkan, lakukan sampai semua adonan habis.

4. Telur gulung bisa dipotong-potong sesuai selera.

Omurice

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tataya Kudo
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tataya Kudo

Bahan:

2 centong nasi putih

Dada ayam goreng, potong dadu

1 butir telurBrokoli sesuai selera

1/2 bagian wortel, potong dadu

1 sdm polong

1/4 bawang bombai

2 siung bawang putih, cincang

1 sdm kecap manis

2 sdm minyak goreng

Lada dan garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak goreng pada wajan. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu dan mengeluarkan aroma wangi.

2. Masukkan potongan dada ayam, masukkan garam dan lada secukupnya. Aduk-aduk hingga rata, kemudian masukkan sayuran.

3. Tumis hingga berubah menjadi layu.

4. Jika sayuran sudah mulai layu, masukkan nasi putih, kecap manis, lada, dan garam, aduk hingga rata.

5. Panaskan teflon dan minyak goreng secukunya. Kocok lepas telur dengan memberikan sedikit garam. Kemudian dadar pada teflon dengan api kecil.

6. Jika telur sudah matang, tata nasi diatas telur dadar tersebut. Kemudian lipat, hingga nasi terbungkus sempurna.

7. Letakkan pada piring, kemudian sajikan dengan saus tomat dan mentimun.

Tumis Bawang Bombay

ilustrasi Resep Tumis Bawang Bombay/copyright By Brent Hofacker (Shutterstock)
ilustrasi Resep Tumis Bawang Bombay/copyright By Brent Hofacker (Shutterstock)

Bahan:

1 buah bawang bombay besar

1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu:

1 sdm kecap asin

1 sdm kecap manis

1 sdm saus tiram

1 sdm bubuk cabai (bisa diganti saus cabai atau potongan cabai)1/4 sdt merica bubuk

1 sdt minyak wijen (optional)

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak secukupnya, masukkan daun bawang dan tumis sebentar.

2. Belah dua dan potong-potong bawang bombay. Tumis hingga agak transparan dan layu.

3. Campur semua bahan bumbu, tuang bumbu ke dalam tumisan. Aduk rata. Masak hingga sedap.

4. Setelah bawang bombay matang dan empuk, tuang minyak wijen, aduk rata. Angkat.

Tumis Kecap Ayam Jagung

ilustrasi dada ayam jagung manis/copyright By Anastasia_Panait (Shutterstock)
ilustrasi dada ayam jagung manis/copyright By Anastasia_Panait (Shutterstock)

Bahan:

1 buah dada ayam, potong dadu

1 buah jagung manis, pipil

Bumbu:

2 siung bawang putih, cincang

2 siung bawang merah, cincang

3 buah cabai merah, buang bijinya dan potong dadu kecil

2 sdm kecap manis

1 sdm saus tiram

1 sdt saus cabai

1 sdt garam

1 cm jahe, memarkan

merica bubuk secukupnya

air secukupnya

Cara Membuat:

1. Lumuri dada ayam dengan jeruk nipis, bilas setelah 10 menit.

2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabai merah, dada ayam dan jahe, tumis hingga ayam berubah warna.

3. Masukkan jagung manis dan sedikit air, tumis sebentar hingga berubah warna.

4. Masukkan kecap manis, saus cabai, tiram dan merica bubuk, aduk rata. Masak hingga mengental.

Cah Kembang Kol Ayam

ilustrasi Resep Tumis Kembang Kol Ayam/copyright By Tuanjai Pratumma from Shutterstock
ilustrasi Resep Tumis Kembang Kol Ayam/copyright By Tuanjai Pratumma from Shutterstock

Bahan:

1 bungkul kembang kol, potong-potong

200 gr dada ayam, iri tipis

Bumbu:

2 siung bawang putih

1/2 siung bawang bombay, cincang

2 sdm saus tiram

1 sdm saus cabai

1 ruas jahe

1 sdt gula pasir

1/2 sdt merica bubuk

garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus kembang kol sebentar, tiriskan.

2. Tumis bawang bombay hingga agak layu, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Masukkan jahe dan tuang sedikit air.

3. Masukkan ayam dan tumis hingga berubah warna. Masukkan kol dan aduk rata.

4. Masukkan semua saus, merica bubuk, gula dan garam secukupnya. Tes rasa, jika sudah sedap. Angkat.

Tumis Sosis Kemangi

ilustrasi Resep Tumis Sosis Kemangi/copyright By Atiwan Janprom from Shutterstock
ilustrasi Resep Tumis Sosis Kemangi/copyright By Atiwan Janprom from Shutterstock

Bahan:

5 buah sosis sapi

2 genggam kemangi

1 sdm saus tiram

2 siung bawang putih

1/2 sdt lada bubuk

garam secukupnya

minyak secukupnya

Cara Membuat:

1. Goreng sosis sebentar, tiriskan.

2. Tumis bawang bombay hingga layu, masukkan bawang putih, tumis lagi hingga harum.

3. Masukkan saus cabai dan tiram, aduk rata. Tuang sedikit air agar tidak meletup-letup.

4. Masukkan sosis, aduk rata dan tambahkan sedikit gula. Aduk rata hingga air habis dan saus mengental. Angkat.

Sup Makaroni

ilustrasi Sup Makaroni/photo copyright by papkin Shutterstock
ilustrasi Sup Makaroni/photo copyright by papkin Shutterstock

Bahan:

200 gr makaroni atau fusilli

1 buah wortel, potong-potong

5 potong sayap ayam secukupnya

Bumbu:

3 siung bawang putih, cincang

2 siung bawang merah, iris tipis

1 batang daun bawang, potong-potong

1 sdt gula

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt pala bubuk

1/2 sdt lada bubuk

1 batang seledri

Cara Membuat:

1. Setelah dicuci bersih, rebus sayap ayam hingga matang dengan 500 ml air. Buang busanya dan saring untuk dijadikan kaldu.

2. Tumis bawang putih, bawang merah dan daun bawang hingga harum. Masukkan pala dan lada bubuk, tumis sebentar. Matikan api.

3. Rebus lagi air kaldu, masukkan makaroni dan masak hingga setengah matang. Masukkan wortel dan masak hingga mendidih.

4. Masukkan bumbu dan daun seledri. Masak hingga semua bahan matang dan kuah sedap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Bogor Terapkan PSBB Pekan Depan, Ini yang Akan Dibatasi

Posted: 11 Apr 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bogor secara resmi telah menerima keputusan (SK) dari Menteri Kesehatan (Menkes) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Sabtu (11/4/2020) malam.

Saat ini, Pemerintah Kota Bogor sedang mempersiapkan langkah-langkah untuk mengimplementasikan penerapan PSBB, yang diberlakukan efektif pada Rabu (15/4/2020) mendatang. Hal ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Salah satunya adalah menyiapkan Peraturan Wali Kota (Perwali) dan SK Wali Kota untuk teknis implementasi dan SK Daftar Penerima Jaring Pengaman Sosial Kota Bogor.

"Dua hari kedepan ini kita meminta kepada semua pihak untuk mempersiapkan diri penerapan PSBB," ujar Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, Minggu (12/4/2020).

Pada saat diberlakukan PSBB, Pemkot Bogor akan mengeluarkan kebijakan pembatasan secara menyeluruh guna menghindari kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

Adapun kebijakan pembatasan meliputi, para pemilik restoran/rumah makan, untuk sementara waktu tidak memberikan layanan makan di tempat bagi pelanggan, dan digantikan dengan layanan take away atau pemesanan via jasa layanan diantar ke tempat pemesan (delivery order).

"Jadi pembeli pun untuk memesan makanan dengan memanfaatkan ojek daring. Penutupan Mall akan diperpanjang menyesuaikan PSBB," kata dia.

Demikian pula sistem belanja, yang sebelumnya dilakukan langsung ke pasar tradisional, semaksimal mungkin dengan cara pesan on-line atau belanja kolektif.

"Saat ini PD Pakuan Jaya sudah memiliki layanan pembelian kebutuhan bahan-bahan pokok dan sayuran secara online," terangnya.

Selanjutnya, membatasi jam operasional angkutan umum dari pukul 06.00 sampai jam 18.00 WIB dengan jumlah penumpang hanya 50 persen dilengkapi dengan masker.

Beberapa titik lokasi yang selama ini menjadi pusat kegiatan warga berlalu lalang akan dilakukan pembatasan untuk menghindari kerumunan dan memaksimalkan social distancing.

Pantau Terminal dan Stasiun

Pemkot juga akan melakukan pemantauan jumlah kendaraan dan pergerakan warga yang keluar-masuk dari dan menuju Kota Bogor. Pemantauan pergerakan warga secara khusus dilakukan di sejumlah stasiun kereta dan terminal bis seperti Stasiun Bogor, Terminal Baranangsiang, dan Terminal Bubulak. Sedangkan pemantauan pergerakan kendaraan dilakukan di gerbang Tol Bogor

"Sesuai kesepakatan dengan sejumlah kepala daerah akan terus dimaksimalkan pengurangan mobilitas warga khususnya yang tidak berkepentingan," kata dia.

Terkecuali, yang berhubungan dengan bahan dan barang pangan atau kebutuhan pokok serta barang penting, yang mencakup makanan, obat-obatan, peralatan medis, bahan bakar minyak, telekomunikasi, dan industri strategis.

PSBB di Kota Bogor akan berlaku efektif mulai Rabu (15/4/2020) selama 14 hari dan bisa diperpanjang kembali sesuai kebutuhan.Pelaksanaan PSBB mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Selain Kota Bogor, beberapa daerah seperti Kota Depok, Bekasi dan kabupaten Bekasi juga akan menerapkan PSBB di waktu yang sama. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal dan Peserta MotoGP Virtual Jilid 2: Balapan Malam Ini Ada Duel Marquez vs Rossi

Posted: 11 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Spielberg - Balapan MotoGP Virtual Jilid 2 bakal berlangsung Minggu, 12 April 2020. Balapan akan berlangsung di Sirkut Red Bull Ring, Austria.

Berbeda dari yang pertama, pada MotoGP Virtual Jili 2, pembalap senior Valentino Rossi bakal berpartisipasi. Balapan ini bakal berlangsung selama 10 putaran.

Kehadiran The Doctor dalam balapan kali ini membuat Monster Energy Yamaha bakal memiliki dua wakil. Pasalnya di race virtual pertama, tim pabrikan Yamaha itu hanya memiliki Maverick Vinales.

Rossi dan Vinales akan mencoba menantang Alex Marquez (Repsol Honda) yang pada race virtual pertama menjadi juara.

Setelah sesi kualifikasi MotoGP Virtual Race selama lima menit akan ada pula "Parc Ferme Interviews" dengan tiga rider terdepan. Wawancara ini dilakukan Jack Appleyard, komentator eSport MotoGP.

Beberapa pembalap yang ambil bagian di seri pertama bakal absen dari balapan kali ini. Mereka antara lain duo Suzuki ECSTAR, Alex Rins dan Joan Mir, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliviera dan Iker Lecuona, serta pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro.

Lihat jadwal balapan dan peserta MotoGP Virtual Jilid 2 di halaman selanjutnya.

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jadwal Balapan

MotoGP Virtual Race Jilid II, Minggu (12/4/2020). (Twitter/MotoGP)
MotoGP Virtual Race Jilid II, Minggu (12/4/2020). (Twitter/MotoGP)

MotoGP Virtual Jilid 2

Sirkuit: Red Bull Ring

Minggu, 12 April 2020

Pukul: 20.00 WIB

10 Lap

Diikuti 9 Pembalap MotoGP 

Daftar Pembalap

Peserta MotoGP Virtual Race 2 di Sirkuit Redbull Ring, Austria:

1 Alex Marquez, Repsol Honda

2 Marc Marquez, Repsol Honda

3 Takaaki Nakagami, LRC Honda

4 Maverick Vinales, Monster Energy Yamaha

5 Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha

6 Fabio Quartararo, Petronas Yamaha SRT

7 Danilo Petrucci, Ducati Desmosedici GP20

8 Michele Pirro, test riders Ducati Desmosedici GP20

9 Francesco Bagnaia, Pramac Ducati Tito Rabat, Reale Avinta Racing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Surinala Anak Putri Marino dan Chicco Jerikho yang Menggemaskan

Posted: 11 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan para seleb Tanah Air tak jarang selalu buat penasaran warganet, tak terkecuali sang buah hati. Salah satu anak selebyang kerap mencuri perhatian adalah Surinala anak semata wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho.

Anak perempuan yang diberi nama Surinala Carolina Jarumillind ini memiliki mata bulat nan indah. Paras cantik dan tingkah laku menggemaskan Surinala tak jarang membuat warganet menyebutnya sebagai keponakan online.

Potret manis Surinala selalu diposting di akun Instagram milik Putri Marino dan Chicco. Selain itu, pasangan ini selalu menggunakan caption-caption yang indah dan manis untuk melukiskan anak semata wayangnya.

Keharmonisan keluarga pasangan yang menikah 3 Maret 2018 ini tak jarang membuat warganet merasa iri. Pasalnya, momen keluarga kecil ini selalu diabadikan di akun Instagram milik masing-masing. Artis kelahiran Denpasar ini juga memilih untuk meninggalkan sementara industri hiburan demi merawat sang buah hati dan keluarga.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber potret anak semata wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho, Minggu (12/4/2020).

1. Putri cantik Putri Marino dan Chicco Jerikho ini lahir ke dunia pada tanggal 24 September 2018.

Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)
Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)

2. Sudah berusia 18 bulan, Surinala semakin lucu dan menggemaskan.

Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)
Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)

3. Paras rupawan Putri Marino dan Chicco Jerikho rupanya diwariskan kepada sang buah hati.

Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)
Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)

4. Memiliki mata indah dan bulu mata lentik, Surinala semakin terlihat cantik dan manis.

Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)
Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)

5. Anak kesayangan Putri Marino dan Chicco Jerikho ini selalu terlihat menggunakan bandana. Imut banget Surinala!

Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)
Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)

6. Tawa renyah Surinala yang selalu membuat warganet semakin gemas.

Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)
Potret Anak Semata Wayang Putri Marino dan Chicco Jerikho. (Sumber: Instagram.com/putrimarino)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub: Pengemudi Ojek Boleh Angkut Penumpang di Wilayah PSBB

Posted: 11 Apr 2020 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Dalam aturan itu, salah satunya poinnya memperbolehkan pengemudi ojek mengangkut penumpang di wilayah yang ditetapkan sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Untuk sepeda motor dapat mengangkut penumpang dengan ketentuan harus memenuhi protokol kesehatan," kata juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Minggu (12/4/2020).

Adita mencontohkan, seperti di DKI Jakarta. Pengemudi ojek yang hendak mengangkut dapat mengangkut penumpang dengan syarat-syarat yang ketat.

"Melakukan disinfeksi kendaraan dan atribut sebelum dan setelah selesai digunakan, menggunakan masker dan sarung tangan, dan tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit," ujar dia.

Peraturan tersebut ditetapkan oleh Menhub Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan pada 9 April 2020.

Adita menjelaskan, Permenhub berlaku untuk kendaraan umum dan pribadi serta transportasi untuk mengangkut barang atau logistik.

"Secara garis besar peraturan tersebut mengatur tiga hal, yaitu pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah, pengendalian transportasi pada wilayah yang ditetapkan sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan pengendalian transportasi untuk kegiatan mudik tahun 2020," tandas dia.

Anies Larang Ojek Angkut Penumpang di Jakarta Sampai 23 April

Driver ojek online berbincang di kawasan Jakarta, Jumat (10/4/2020). Peraturan Gubernur DKI Jakarta dalam pelaksanaan PSBB mengatur angkutan roda dua seperti ojek online maupun ojek konvensional dilarang membawa penumpang.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Driver ojek online berbincang di kawasan Jakarta, Jumat (10/4/2020). Peraturan Gubernur DKI Jakarta dalam pelaksanaan PSBB mengatur angkutan roda dua seperti ojek online maupun ojek konvensional dilarang membawa penumpang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Tukang ojek, baik pangkalan maupun online menjadi sektor terdampak karena dilarang menarik penumpang.

"Ojek tidak boleh antar penumpang, tetapi ojek boleh antar barang. Aturan ini dituangkan dalam Pergub tentang PSBB mengacu pada aturan Permenkes Nomor 9 tahun 2020," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Menurut dia, dengan batasan ini para sopir ojek online dilarang mengangkut penumpang kecuali barang.

Aturan tentang PSBB Jakarta ini berlaku untuk 14 hari ke depan, dimulai pukul 00.00 WIB, Jumat 10 April 2020, sampai 23 April 2020.

Anies menuturkan, Pemprov DKI Jakarta sudah mengusulkan agar ada pengecualian untuk driver ojek online. Namun, tidak ada perubahan tentang peraturan Menteri Kesehatan yang menjadi acuan PSBB Jakarta.

"Kemarin kita coba sampaikan untuk difasilitasi saat pembicaraan dengan Kemenhub, tetapi karena belum ada perubahan di peraturan permenkes dan pergub harus sejalan dengan rujukan Peremenkes," Anies menandasikan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangani Virus Corona Covid-19, Indonesia Bisa Tiru Strategi 3 Negara Ini

Posted: 11 Apr 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona Covid-19 sudah mewabah ke sejumlah negara di dunia. Bahkan, negara maju dan negara adikuasa pun sempat kewalahan menangani virus mematikan tersebut.

Strategi apapun pada akhirnya hanya bisa memperlambat dan meredam penyebaran masif dari virus ini, pada dasarnya belum ada yang mampu menghentikan bahkan menghindari gejolak corona.

Dua belahan dunia yang terpisah antar benua, yaitu Amerika Serikat dan Jerman yang berasal dari benua biru, Eropa, dalam sudut pandang peneliti dirangkum dalam perspektif strategi kebijakan pemerintah dan masyarakatnya. Kedua negara maju tersebut diklaim mampu meredam laju penularan virus dengan berbagai upaya yang telah dilakukan.

Sementara di Asia, Singapura juga menjadi negara yang memiliki berbagai strategi untuk menangani virus corona. Ketiga negara tersebut bisa menjadi acuan bagi pemerintah Indonesia dalam menangani virus corona

 

.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jerman

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Peneliti ekonomi dari INDEF Deniey Purwanto memaparkan hasil kajiannya terhadap kajian dari Jerman atas penanganan virus corona, dikutip Antara. Secara umum Jerman masih menggunakan metode Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dengan melihat kurva sebaran epidemik.

Melihat kurva begitu melonjak, pemerintah Jerman mengambil tiga langkah strategi utama yaitu pertama, menunda terjadinya wabah, mengurangi beban puncak wabah terhadap sistem layanan kesehatan dan ketiga adalah mengurangi penyebaran wabah serta dampak kesehatan.

Hingga 8 April 2020 di Jerman, 103.228 orang terdampak COVID-19 dengan korban jiwa sebesar 1.861 dilaporkan dalam Robert Koch Institute in Germany. Dari 16 negara bagian di Jerman, Bavaria merupakan terdampak paling parah, disusul oleh Baden-wurttemberg dan Hamburg.

Melihat korban yang terus berjatuhan Pemerintah pusat Jerman mengambil alih penanganan dengan memberi kenijakan tegas yaitu, melakukan sebaran test dan menelusuri yang terpapar, mengendalikan pergerakan warga termasuk penerbangan, kereta dan bus, tidak menganjurkan adanya acara-acara pertemuan dan melarang tegas penduduk lokal untuk keluar wilayah.

Jerman ternyata sudah memulai test massal corona virus sejak awal, atau deteksi dini sejak pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Bahkan pada awal Januari 2020, Jerman sudah melakukan test massal sebelum WHO mengumumkan bahwa corona virus bisa menular antar kontak manusia.

Kedua, sebelum jadi pandemik ketika masih endemik Jerman sudah memerintahkan negara bagian untuk mewaspadai dan membatasi penularan antar manusia, yaitu dengan meminimalisir kontak. Bahkan pada April 2020 awal, Jerman sudah melakukan test massal dengan rata-rata 500.000 orang per minggu, dengan perawatan utama ketika ada indikasi positif.

Sisi infrastruktur Jerman nampak menonjol dari perlengkapan Rumah Sakit, Jerman memiliki rumah sakit dengan perlengkapan terbaik di setiap 16 negara bagian. Rata-rata rumah sakit Jerman mampu menampung 1.000 pasien dalam satu RS.

Terakhir, Jerman memiliki manajemen krisis yang baik dipimpin oleh Kanselir Jerman Angela Merkel yang langsung membawahi para ilmuwan dan dokter-dekter terbaik di negaranya. Secara umum strategi Jerman dalam menangani sebaran adalah mendengungkan isolasi mandiri, social distancing, melarang perkumpulan massal, menutup sekolah-sekolah dan kebijakan Lockdown.

Kebijakan ekonomi yang dilakukan Jerman adalah menangguhkan pinjaman atau kredit untuk perusahaan, memberikan subsidi pendapatan kepada pekerja terdampak, pelunakan pajak dan penjaminan keamanan sosial di setiap negara bagian.

Amerika Serikat

Amerika Serikat tidak luput dari serangan virus covid-19 dengan sebanyak 366.614 terjangkit dan 10.783 diantaranya meninggal dengan rasio kematian sebesar 2,9 persen, sedangkan dibandingkan Indonesia sebesar 8,4 persen.

Kebijakan dari Amerika Serikat berdasarkan catatan Peneliti INDEF Eisha Maghfiruha dalam menangani wabah adalah koordinasi kuat antara pemerintah pusat dan negara bagian. Pemerintah melibatkan peran besar dari ilmuwan bidang medis dan mengambil kebijakan berdasarkan data dan fakta ilmiah, sejak Januari 2020.

Namun, tidak semua negara bagian menerapkan perintah tetap di rumah, hanya negara bagian yang terdampak. Negara bagian memiliki kebijakan masing-masing dalam menangani COVID -19 sedangkan pemerintah federal pusat memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh negara bagian, seperti mengirimkan pasukan garda nasional dan kapal induk yang digunakan sebagai rumah sakit bagi negara bagian yang tidak memiliki fasilitas lengkap.

Rapid tes massal mampu menghasilkan 15 menit selesai setelah uji. rata-rata lebih dari 100.000 test per hari. Kemudian memerintahkan kebijakan "stay at home" di wilayah terdampak. Pengecualian keluar rumah hanya untuk belanja kebutuhan pokok, ke RS/apotik dan pekerja esensial, selain itu dilarang.

Sejak 3 April 2020, memberlakukan masker kain bagi seluruh masyarakat dan masker N95 hanya bagi petugas medis. Namun seluruh kebijakan AS, tidak serta merta menghasilkan dampak baik. Kegiatan produktif seluruhnya terhambat, sehingga ekonomi anjlok secara drastis.

Pelajaran dari dampak negatif di sisi ekonomi adalah Amerika Serikat menerapkan implementasi stimulus fiskal untuk kompensasi ekonomi terdampak. Kemudian memberikan sinyal terhadap investor bahwa pemerintah dapat menangani penyebaran covid-19 dengan tanggap dan bekerja efektif.

Selain itu, mendorong sektor industri dan retail untuk menjaga stabilitas harga dan jaminan ketersediaan bahan pokok, obat-obatan, dan perlengkapan medis seperti APD dan masker. Upaya lainnya adalah mendorong industri untuk menunjang ketersediaan alat kesehatan.

Upaya ekonomi kepada masyarakat adalah, bantuan dana langsung senilai total USD 301 miliar untuk seluruh rumah tangga terdampak dengan rincian bagi rumah tangga berpenghasilan di bawah USD 75.000 mendapatkan bantuan USD 1.200 serta USD 500 untuk tiap anak.

Bantuan asuransi sebesar USD 250 miliar dengan memperpanjang masa dari 13 minggu menjadi 39 minggu. Kemudian bantuan pinjaman usaha kecil dibawah karyawan 500 orang dengan masing-masing maksimal USD 10 juta. Bantuan pemangkasan pajak untuk bisnis sebesar USD 221 miliar dan menggelontorkan USD 130 miliar untuk Rumah Sakit dan layanan kesehatan.

Singapura

Pengamat kebijakan Profesor Tikki Pangestu dari National University of Singapore mengatakan, Singapura memiliki teknologi sistem informasi yang dapat membantu melakukan pelacakan terhadap individu yang melakukan atau menjalin kontak dengan kasus-kasus Covid-19 di masyarakat.

Menurut dia, Singapura menjalankan dan mengimplementasikan sistem informasi yang sangat efektif dengan menggunakan big data dan kecerdasan buatan dalam rangka pengawasan dan pelacakan sangat efektif terhadap kasus-kasus Covid-19 yang terjadi di dalam masyarakat.

"Kebetulan langkah penerapan teknologi informasi dalam pengawasan dan pelacakan kasus-kasus Covid-19 ini juga dilakukan dengan sangat baik oleh China," kata Tikki dikutip Antara, Jumat (10/4).

Singapura mungkin merupakan sebuah negara yang bereaksi cepat sekaligus mengantisipasi skenario-skenario yang kemungkinan terjadi terkait pandemi Covid-19. Selain penerapan teknologi sistem informasi yang baik, Singapura juga melakukan pemantauan dan pembendungan pandemi Covid-19 dengan berfokus pada tes pemeriksaan yang cepat, masif dan kurat untuk mengetahui kasus-kasus positif Covid-19.

Kemudian melakukan isolasi dan pelacakan kontak secara luas dalam rangka mengisolasi atau "ring fence" kasus-kasus Covid-19 di dalam kluster-kluster atau zona merah serta mencegah penyebaran ke komunitas lebih luas.

Singapura juga menjalankan social distancing dan pembatasan mobilitas yang mencakup pembatasan arus keluar masuk di dalam wilayah dan ke luar Singapura, lalu pemberlakukan kebijakn stay and work from home, pelarangan atau pembatasan public gathering dan mobilitas individu.

"Salah satu hal paling penting yang dilakukan Singapura dalam menanggulangi pandemi Covid-19 adalah melindungi para tenaga medisnya yang berjuang di garda terdepan dengan alat-alat pelindung diri atau APD," jelasnya.

Disadur dari: Merdeka.com (penulis/editor, Siti Nur Azzura/azz, published 12/4/2020)

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Kebersihan, Berikut Cara Mudah Cuci Karpet Mobil di Rumah

Posted: 11 Apr 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat membersihkan kabin mobil, salah satu komponen yang harus diperhatikan ialah karpet . Jika kondisi karpet bersih, udara segar tanpa debu bisa didapatkan pengendara dan penumpang.

Setiap mobil biasanya sudah dilengkapi dengan karpet dasar. Berperan sebagai pelapis antara pelat dasar kendaraan dengan ruang kabin, bahan yang digunakan biasanya beludru kasar.

Untuk memudahkan menjaga kebersihan karpet dasar, sebagian konsumen melapisinya dengan menggunakan bahan kulit sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC) atau disebut comfor mat.

Berikut 4 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet dasar, seperti dilansir presroomtoyotaastra.com:

1. Pilih Sikat yang Tepat

Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

Sementara, untuk jenis beludru kasar gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu. Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi kulit dan karet.

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Hampir setiap karpet memiliki serat yang berbeda, seperti pada bahan beludru dan PVC. Untuk mempermudah perawatan karpet dasar, sebaiknya gunakan vacuum cleaner.

 

3. Bersihkan dengan Sabun dan Air

Karpet dasar sebaiknya dibersihkan dengan cara mencuci menggunakan sabun anti bakteri serta air. Bersihkan secara menyeluruh di setiap bagian serta sudut karpet dasar.

Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada pada karpet dasar.

Karpet dasar sebaiknya juga dijemur hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman, bersih, serta wangi.

4. Bersihkan Berkala

Jaga kebersihan karpet dasar secara berkala setidaknya dua minggu sekali.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Gaya Kiano Anak Baim Wong Pakai Baju Koko dan Peci Ini Menggemaskan

Posted: 11 Apr 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putra dari pasangan seleb Baim Wong dan Paula Verhoeven memang kerap mencuri perhatian netizen. Baby Kiano yang kerap tampil lucu dan menggemaskan ini memang sudah menjadi bayi yang banyak penggemar.

Kiano yang memiliki akun media sosial Instagram sendiri ini pun sudah memiliki banyak followers hingga 700 ribu. Ia pun baru-baru ini berpenampilan lucu dan menggemaskan dengan memakai baju muslim yang diunggah dalam Instagram Baim Wong @baimwong, Kamis (9/4/2020).

Baju muslim yang dikenakan Kiano pun berupa baju koko putih dengan motif khas pada bagian dada. Selain itu ia pun juga mengenakan sarung. Pada unggahannya yang lain, Kiano pun mengenakan peci putih yang membuatnya makin lucu.

Banyak netizen pun memuji penampilannya. Baim pun berdoa dalam keterangan Instagramnya agar Kiano nantinya menjadi anak yang sholeh dan rajin salat lima waktu.

Berikut 5 gaya Kiano anak Baim Wong pakai baju koko dan peci yang Liputan6.com kutip dari Instagram @baimwong dan @kianotigerwong, Minggu (12/4/2020).

1. Baby Kiano yang didandani memakai baju koko dan peci ini terlihat menggemaskan.

2. Dari penampilannya ini pun Kiano sudah sangat cocok dan terlihat sudah besar.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

3. Ekspresinya saat berfoto dengan ayahnya pun kocak, seperti sudah sadar kamera.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

4. Netizen pun banyak yang memuji penampilannya karena ia terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

5. Baim berdoa agar nantinya Kiano menjadi anak yang sholeh dan mengamalkan salat lima waktu.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi 6 Bulan di Jayapura Terserang Virus Corona Covid-19

Posted: 11 Apr 2020 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Penyebaran virus corona (Covid-19) makin merambah ke berbagai pulau di Indonesia. Di Jayapura Papua, seorang bayi perempuan berusia enam bulan terserang Covid-19. Hal tersebut diutarakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule.

Silwanus mengatakan, bayi tersebut merupakan anak dari seorang perawat yang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Wakil Direktur Medis Rumah Sakit Dian Harapan Waena, Sugianto Gani mengatakan, bayi tersebut bersama ibunya kini menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Dian Harapan. Bayi tersebut sebelumnya dirawat di rumah dan pada Minggu pagi dibawa ke Rumah Sakit Dian Harapan Waena untuk menjalani perawatan bersama ibunya.

"Belum diketahui dengan pasti si ibu yang juga perawat terpapar dari siapa karena hasil pemeriksaan terhadap rekan-rekan seruangan di tempatnya bekerja negatif," kata Sugianto, dikutip Antara, Minggu (12/4/2020).

Silwanus mengatakan, sampai saat ini ada lima petugas kesehatan yang terserang Covid-19 di Jayapura, satu di antaranya sudah sembuh dan empat lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit yang ada di Jayapura.

Empat petugas kesehatan di Jayapura yang masih menjalani perawatan karena terserang virus corona terdiri atas dua perawat, satu dokter, dan satu petugas laboratorium.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Chris Sadeva Menunggak Uang Kost di Thailand

Posted: 11 Apr 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Serial komedi dari Indovidgram, yakni Sawadikap masih berlanjut. Jika sebelumnya kita selalu melihat Chris Sadeva selalu meminjam uang milik Gema saat ditagih untuk membayar uang kost, di episode kali ini ia menceritakan mengapa hal itu bisa terjadi.

Di awal tahun 2015, Chris izin untuk merantau ke Thailand oleh ayahnya. Ia berharap menjadi orang sukses jika bekerja di luar negeri. Alasan itulah yang ia berikan kepada Gema ketika temannya itu menagih uang kost.

Tetapi Gema tidak mau menerima alasan itu. Hingga akhirnya Chris berkata jujur mengapa ia sering menunggak membayar uang kost. 

Penasaran dengan alasan Chris yang sering menunggak uang kost? Kamu bisa dapetin jawabannya dengan nonton Sawadikap Episode 3 Alasan Merantau yang Bikin Geleng-geleng Kepala. 

Saksikan kelucuan kisah Chris Sadeva dan teman rantaunya di Thailand, Gema, dalam serial Sawadikap di channel Indovidgram hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Apa Produk Gaya Hidup Terlaris di Tengah Pandemi Corona COVID-19?

Posted: 11 Apr 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Demi mengurangi dampak penyebaran wabah corona Covid-19, pemerintah mengimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruang. Saat ini bekerja, belajar, beribadah dan aktivitas lainnya dilakukan dari rumah. Bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April 2020 selama dua minggu.

Meski begitu, belanja kebutuhan rumah tangga, panganan, obat-obatan, atau berbagai kebutuhan lainnya pun sekarang tidak sulit. Anda bisa mengandalkan toko online, dan layanan jasa lainnya.

Setelah hampir semua mal maupun pusat perbelanjaan tutup sementara, belanja online maupun lewat toko online sepertinya lebih jadi pilihan. Lalu, benarkah penjualan toko online memang meningkat sejak corona mewabah di Indonesia pada awal Maret 2020? Lalu, barang-barang apa saja yang paling laris dan paling diminati pembeli?

Salah satu toko online terkemuka, Blibli.com, mengakui penjualan mereka meningkat meski tidak merinci secara pasti jumlahnya. Yang jelas peningkatan transaksi terjadi pada produk kebutuhan sehari-hari dan kesehatan personal sejak awal Maret 2020.

Setelah pengumuman resmi dari pemerintah akan kasus COVID-19 pertama, peningkatan terlihat pada produk sanitasi, makanan ringan, serta makanan instan.

Menurut Senior Key Account Manager Consumer Goods Blibli Priscilia Cynthia, lewat keterangan tertulis pada 9 April 2020, memasuki masa kerja di rumah (WFH), pembelian beralih ke berbagai produk makanan segar seperti sayur, buah-buahan, dan makanan beku, multivitamin dan suplemen, serta produk-produk sembako seperti minyak goreng dan beras.

Untuk memudahkan pelanggan berbelanja dari rumah, Blibli telah mengkurasi berbagai produk yang menjadi kebutuhan utama pelanggan. Pelanggan dapat mencari produk-produk kebutuhan pokok dan rumah tangga di BlibliMart, sedangkan untuk mendapatkan makanan beku dan makanan segar lainnya bisa membeli produk BlibliFresh. Blibli memastikan ketersediaan produk bagi para pelanggan dengan memantau kinerja merchant Blibli dalam menjaga ketersediaan stok.

"Usaha kami untuk menyediakan produk-produk yang dibutuhkan para pelanggan selama mereka melakukan aktivitas #dirumahaja sejalan dengan komitmen bisnis kami yang mengutamakan kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction First, serta mendukung pemerintah memitigasi penyebaran COVID-19," terang Priscilia Cynthia.

Hal hanpir senada juga diungkapkan Shopee Indonesia. Selama pandemi corona mewabah di Indonesia, ada peningkatan terhadap kebutuhan sanitasi, seperti masker, hand sanitizer dan barang-barang esensial kebutuhan sehari-hari (FMCG).

"Kategori tersebut mengalami peningkatan permintaan yang lebih besar selama periode ini, dengan jumlah peningkatan pencarian terhadap kedua kategori tersebut dari para pengguna kami," terang Handika Jahja, Director of Shopee Indonesia dalam Peluncuran Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, 8 April 2020,

"Shopee berkomitmen untuk berusaha semaksimal mungkin mungkin agar para pengguna selalu bisa mendapatkan akses ke kebutuhan-kebutuhan esensial. Dan kami berfokus untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pengguna saat berbelanja online," sambungnya.

Untuk itu, Shopee selalu berupaya dalam memenuhi kebutuhan barang-barang khususnya kebutuhan pokok dan produk kesehatan bagi pengguna mereka. Kalau terdapat akun yang menjual barang kebutuhan pokok dan kesehatan dengan harga tinggi, tim internal Shopee akan mengambil langkah tegas dan akan segera menindaklanjutinya.

"Sampai saat ini, Shopee telah menutup lebih dari 3000 toko nakal yang melanggar aturan seperti melambungkan harga jauh diatas harga pasar, judul serta deskripsi yang memanfaatkan dampak wabah COVID-19," jelas Handika.

Meski wabah corona belum mereda, Shopee tetap optimis dengan penjualan beragam produk mereka di Ramadan nanti. "Ramadhan tahun lalu, Shopee berhasil mencatatkan keberhasilan dengan 300 persen peningkatan transaksi dibanding Ramadhan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, tentunya kami berharap dapat melampaui keberhasilan tahun lalu," ujar Handika Jahja.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Perawatan Kesehatan dan Pribadi

Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Pembelian produk kesehatan dan makanan juga banyak diminati di toko online terkemuka lainnya, Tokopedia.

"Kesehatan, Keperluan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman merupakan 3 kategori produk yang meningkat signifikan selama Maret. Pada kategori Perawatan Kesehatan dan Pribadi misalnya, terjadi kenaikan transaksi hampir 3 kali lipat," ungkap VP Nuraini Razak selaku VP of Corporate Communications Tokopedia, dalam surat elektronik pada 8 April 2020.

Selain dapat menekan penyebaran COVID-19, belanja daring juga bisa mendorong bisnis lokal tetap beroperasi secara online. Hal ini dibuktikan dari peningkatan jumlah penjual baru pada kategori Perawatan Kesehatan dan Pribadi sebesar hampir 2,5 kali dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Kami juga saat ini mengadakan kampanye #JagaEkonomiIndonesia untuk mendorong lebih banyak lagi masyarakat berani menciptakan peluang di ranah online agar roda ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi seperti ini," tambah Nuraini.

Hand sanitizer, vitamin dan masker adalah produk yang banyak dicari masyarakat di kategori Kesehatan. Nilai penjualan masker tercatat meningkat 197 kali dibanding bulan-bulan sebelumnya selama Maret. Di sisi lain, ada satu waktu dimana dalam 42 menit, 72 ribu hand sanitizer terjual habis. Pembeli hand sanitizer paling jauh berasal dari Merauke.

Dalam kategori Keperluan Rumah Tangga, produk paling diburu mencakup disinfektan, tisu dan air purifier, sedangkan dari kategori Makanan dan Minuman, daging sapi, jahe dan kurma mengalami peningkatan signifikan.  Lebih dari 100 ton daging sapi terjual di Tokopedia selama bulan Maret 2020.

Jumlah jahe yang terjual pun mencapai 60 ton, setara dengan jumlah jahe yang dibutuhkan untuk membuat jamu empon-empon bagi seluruh masyarakat Kota Sukabumi. Selain itu, selama pandem corona berlangsung, Tokopedia membuka dua kanal berdonasi untuk mengajak masyarakat bersama melawan pandemi, yaitu lewat fitur 'Bantu Pejuang COVID-19' dan halaman Checkout Tokopedia.

Menanggapi produk/harga/judul/deskripsi tidak wajar di kategori kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari COVID-19, Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar, juga terus melakukan sweeping berkala untuk memastikan produk yang dijual dalam platform Tokopedia sesuai dengan peraturan.

Jika masih menemukan produk yang melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku di Indonesia, masyarakat bisa ikut melaporkannya melalui fitur 'Laporkan' yang ada di pojok kanan atas setiap halaman produk.

Pelanggaran Baru Belanja Online

Koleksi fashion muslim dari Suqma Indonesia. (dok.Instagram @suqmaid/https://www.instagram.com/p/B-osZTiprzI/Henry)
Koleksi fashion muslim dari Suqma Indonesia. (dok.Instagram @suqmaid/https://www.instagram.com/p/B-osZTiprzI/Henry)

Lalu, bagaimana dengan penjualan brand fashion Indonesia sejak corona mewabah di Indonesia?  Brand fashion kasual terutama untuk pria, Cottonlogy mengaku penjualan mereka sedikit menurun tapi tidak terlalu signifikan.

"Persentasenya kecil, tidak sampai 5 persen. Saya pikir mungkin karena faktor penjualan online yang menjadi backbone kami yang sangat membantu bisnis tetap tumbuh walau agak slowdown," terang Carolina Danella Laksono selaku CEO dan pendiri Cottonology.

Untuk bulan puasa dan lebaran, merujuk tahun-tahun sebelumnya, terjadi kenaikan drastis. "Untuk tahun ini, memang belum terlihat. Prediksi saya tetap naik namun masih di bawah tahun lalu prosentasenya," ucapnya lagi.

Ia menambahkan, brand miliknya memiliki pelanggan loyal dimana fesyen sudah menjadi kebutuhan semi primer, yaitu kebutuhan pokok setelah sandang pangan papan. Apalagi harganya terjangkau oleh semua kalangan. Dengan kampanye secara digital yang cukup kuat, ditambah perilaku masyarakat yang #dirumahaja merubah cara mereka berbelanja.

"Justru pebisnis yang punya toko online seperti Cottonology ini terbantukan dengan adanya himbauan untuk tetap di rumah. Terjadinya penambahan pelanggan baru yang sebelumnya masih awam dalam berbelanja online," ujar Carolina.

Mereka juga membidik peluang laib dengan memproduksi masker medis dengan tetap mempekerjakan warga sekitar sebagai tim produksi. "Masker medis ini penjualannya meningkat pesat, dan ini menjadi salah satu yang membuat perusahaan tetap tumbuh," tutup Carolina.

Hal berbeda diungkapkan brand fashion muslim, Suqma. Mereka cukup optmis menghadapi bulan Ramadan karena belakangan ini mengalami kenaikan penjualan yang sangat signifikan. Meski begitu, semua gerai offline tutup sementara karena memenuhi anjuran pemerintah dalam usaha memberantas wabah corona.

"Untuk saat ini kami sedang push penjualan online karna offline kami (store) sedang tutup sementara. Untuk penjualan online saat ini sedang Ada peningkatan sekitar 200 persen. Karna customer offline juga sementara ini pindah ke pembelian online Dan kami juga mengadakan sale/promo product," jelas pihak Suqma Indonesia dalam pesan elektronik, 11 April 2020.

Sedangkan produk yang lebih diminati pelanggan mereka adalah dress dan tunic, karena selain ada special price saat ini juga banyak dicari untuk persiapan Ramadan dan Lebaran,

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bak Rapunzel, Wanita India Ini Punya Rambut Sepanjang 2,2 Meter

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita asal Allahabad dijuluki Rapunzel India. Hal itu dikarenakan ia memiliki rambut yang sangat panjang yakni 7 kaki 6 inci atau sekitar 2,28 meter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WFP: Corona COVID-19 Mayoritas Menginfeksi Kelompok Penghasilan Tinggi

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP), melalui datanya memaparkan, mayoritas kasus virus corona COVID-19 menginfeksi kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dan menengah tinggi.

Data tersebut dipaparkan dalam situs hungermap.wfp.org, situs yang dikelola oleh WFP untuk memantau fenomena kelaparan di seluruh dunia.

Menurut data dari program PBB tersebut per-23.59 pada 11 April 2020, lebih dari 1,4 juta manusia berpenghasilan tinggi terinfeksi virus corona, dengan lebih dari 94 ribu diantaranya meninggal akibat virus penyebab penyakit COVID-19, demikian seperti dikutip pada Minggu (12/4/2020).

Sementara itu, lebih dari 298 ribu manusia berpenghasilan menengah tinggi terinfeksi virus corona, dengan lebih dari 12 ribu kematian.

Kelompok manusia berpenghasilan menengah rendah yang terinfeksi virus corona berjumlah lebih dari 35 ribu, dengan total 1.492 kematian.

Sementara itu, kelompok manusia berpenghasilan rendah yang terinfeksi virus corona berjumlah 2.863 dengan total 106 kematian.

Data terus diperbarui setiap harinya.

Disclaimer dari WFP:

Data beban kasus COVID-19 tersebut merupakan agregasi kelompok pendapatan berdasarkan standar Bank Dunia atau World Bank: berpenghasilan rendah, pendapatan menengah ke bawah, pendapatan menengah ke atas, dan negara-negara berpenghasilan tinggi.

WFP juga mencatat: jumlah kasus virus corona COVID-19 yang lebih besar yang dikonfirmasi di negara-negara berpenghasilan tinggi dapat dikaitkan dengan kapasitas pengujian suatu negara.

Referensi yang digunakan dan penyajian materi untuk semua peta di situs WFP tidak menyiratkan ekspresi pendapat apa pun pada bagian dari program PBB tersebut mengenai status hukum atau konstitusional negara, wilayah, kota atau wilayah dari otoritas, atau mengenai batas perbatasan atau batas-batasnya.

Garis putus-putus mewakili kira-kira Garis Kontrol di Jammu dan Kashmir yang disepakati oleh India dan Pakistan. Status akhir Jammu dan Kashmir belum disetujui oleh para pihak.

Batas terakhir antara Republik Sudan dan Republik Sudan Selatan belum ditentukan.

Status akhir wilayah Abyei belum ditentukan.

Ada perselisihan antara Pemerintah Argentina dan Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara mengenai kedaulatan atas Kepulauan Falkland (Malvinas).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sekilas WFP

Orang-orang berbelanja sayuran di sebuah pasar di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)
Orang-orang berbelanja sayuran di sebuah pasar di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (23/1/2020). Pemerintah China mengisolasi Kota Wuhan yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa untuk menahan penyebaran virus corona. (Xiao Yijiu/Xinhua via AP)

Program Pangan Dunia atau WFP adalah cabang bantuan makanan dari PBB dan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia yang menangani kelaparan dan mempromosikan ketahanan pangan. Menurut WFP, mereka menyediakan bantuan makanan untuk rata-rata 91,4 juta orang di 83 negara setiap tahun.

Dari kantor pusatnya di Roma dan dari lebih dari 80 kantor di seluruh dunia, WFP bekerja untuk membantu orang-orang yang tidak dapat memproduksi atau mendapatkan makanan yang cukup untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Ini adalah anggota Kelompok Pengembangan PBB dan bagian dari komite eksekutifnya.

WFP berbeda dengan badan PBB untuk Pangan dan Agrikultur atau Food and Agriculture Organization (FAO), terutama dari segi tugas secara umum.

Seperti dikutip dari UK Trade & Investment tentang FAO, WFP, and IFAD Aid-Funded Business Factfile:

FAO: memastikan orang memiliki akses reguler untuk makanan yang cukup berkualitas tinggi untuk menjalani kehidupan yang aktif dan sehat.

Mandat FAO adalah meningkatkan gizi, meningkatkan produktivitas pertanian, meningkatkan standar hidup di populasi pedesaan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi global. FAO turut berinvestasi dalam akuakultur, perdagangan, pertanian, peternakan dan lingkungan, serta kerjasama Selatan-Selatan.

WFP: lembaga kemanusiaan terbesar di dunia yang memerangi kelaparan di seluruh dunia.

Dalam keadaan darurat, WFP mendistribusikan makanan ke tempat yang dibutuhkan, menyelamatkan nyawa para korban perang, konflik sipil dan bencana alam. Setelah penyebab darurat berlalu, mereka menggunakan makanan untuk membantu masyarakat membangun kembali.

WFP adalah bagian dari sistem PBB dan didanai secara sukarela. Rata-rata, WFP bisa menjangkau lebih dari 90 juta orang dengan bantuan makanan di 80 negara setiap tahun. Sekitar 13.500 orang bekerja untuk organisasi, sebagian besar di daerah terpencil, langsung melayani orang miskin yang kelaparan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skor Benchmark MediaTek Dimensity 1000L Hasil Mark Up?

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, bukan hal asing kalau ada vendor smartphone melakukan me-mark up hasil uji benchmark mereka.

Tak dimungkiri, hal ini terjadi karena skor benchmark jadi salah satu indikator performa perangkat, saat orang mau beli smartphone.

Nah kini, berdasarkan informasi terbaru dari Anandtech, MediaTek kedapatan mencurangi skor benchmark dari prosesornya.

Mengutip Android Authority, Minggu (11/4/2020), Anandtech mulanya menemukan kejanggalan hasil benchmark prosesor Dimensity 1000L yang menyokong smartphone Oppo Reno3 (versi Tiongkok).

Pasalnya, hasil benchmark dari PCMark menunjukkan skor prosesor Helio P95 di Oppo Reno3 Pro ternyata lebih tinggi dibandingkan Reno3 yang memakai Dimensity 1000L.

Hal ini dianggap aneh. Bagaimana tidak, secara spesifikasi, core CPU Cortex-A75 pada Helio P95 dua generasi lebih tua ketimbang core CPU Cortex-A77 milik Dimensity 1000L.

Banyaknya Inti yang Digunakan

MediaTek (screenshot via GSM Arena)
MediaTek (screenshot via GSM Arena)

Selain itu, Helio P95 hanya menggunakan dua inti (core). Sementara, Dimensity 1000L menggunakan empat inti (core).

Anandtech kemudian melihat ada penurunan skor 30 persen ketimbang skor yang awalnya diragukan. Tak hanya itu, beberapa tes pengujian benchmark juga turun sebesar 75 persen.

Anandtech juga menguji Reno3 Pro versi Tiongkok yang mengganti Helio P95 dengan Snapdragon 765G.

Outlet berita ini mencatat, smartphone tersebut menjalankan benchmark tanpa mencurangi angka skornya.

MediaTek: Ini Praktik yang Wajar Dilakukan

Pekerja memperbaiki poster yang mengumumkan Mobile World Congress (MWC) 2020 di lokasi pameran di Barcelona, Spanyol, Selasa (11/2/2020). Perusahaan teknologi yang mundur dari MWC 2020 di antaranya Facebook, Intel, Ericsson, AT&T, Sprint, Sony, Mediatek, Vivo, dan LG. (AP Photo/Emilio Morenatti)
Pekerja memperbaiki poster yang mengumumkan Mobile World Congress (MWC) 2020 di lokasi pameran di Barcelona, Spanyol, Selasa (11/2/2020). Perusahaan teknologi yang mundur dari MWC 2020 di antaranya Facebook, Intel, Ericsson, AT&T, Sprint, Sony, Mediatek, Vivo, dan LG. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Ketika dikonfirmasi, MediaTek membuat pernyataan. Intinya mereka menyebut, perusahaan menerima standar yang dipakai dalam industri dan tetap percaya diri bahwa akurasi tes benchmark mewakili kapabilitas chipset mereka.

Selain itu, MediaTek juga mengatakan, perusahaan lain pun banyak yang menampilkan kemampuan penuh chipset saat pengujian benchmark dilakukan. Hal ini, kata MediaTek, memberikan gambaran akurat kepada konsumen mengenai kinerja perangkat.

"Kami bekerja dengan vendor global dalam hal pengujian dan pembandingan perangkat yang didukung chipset kami. Pada akhirnya, brand memiliki fleksibilitas untuk mengkonfigurasi perangkat mereka, sesuai keinginan masing-masing," kata MediaTek.

Lebih lanjut, MediaTek juga menyebut, banyak perusahaan merancang smartphone untuk dijalankan pada tingkat kinerja setinggi mungkin dan ketika dites benchmark hasilnya menunjukkan kemampuan penuh dari si chipset.

Menurut MediaTek, hal inilah memperlihatkan kemampuan tertinggi yang dimiliki setiap chipset, meskipun ada banyak faktor yang menentukan bagaimana kinerja chipset.

MediaTek menyebutkan, sejumlah brand memiliki berbagai chipset berbeda untuk sebuah merek smartphone. "Dengan begitu, kinerja perangkat dapat bervariasi sesuai persyaratan pasar regional.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

349 Posko Relawan COVID-19 di Sidoarjo Menyebar Hingga Pedesaan

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memiliki 349 posko relawan COVID-19 tingkat desa, sebagai upaya mencegah merebaknya virus corona atau COVID-19.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengatakan petugas di posko ini terdiri dari perangkat desa, relawan dan melibatkan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu, 11 April 2020.

"Mereka akan berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di wilayah setempat," katanya.

Ia mengatakan, salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu jika ada orang dari luar wilayah desa harus diperiksa kondisi tubuh atau juga dilakukan proses sterilisasi, dilansir dari Antara.

"Kesiapan dan kesigapan pelayanan serta penanganan masyarakat, apabila ada yang terindikasi COVID-19. Dengan tersedianya ruang isolasi juga APD pada masing-masing posko," katanya.

Selain itu, lanjut dia, setiap posko relawan pencegahan COVID-19 tingkat desa yang diketuai kepala desa masing-masing diharapkan cepat memberikan informasi dengan Forkopimka maupun Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

"Terutama terkait perkembangan kondisi warganya yang berhubungan dengan penyebaran COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, kepala desa yang menjadi koordinator di setiap posko ini diharapkan mengontrol apabila ada warga yang datang dari luar wilayahnya atau ada pemudik yang datang ke tempatnya.

"Karena sesuai protokol kesehatan bagi warga yang tetap mudik salah satunya harus melakukan konservasi atau isolasi diri secara mandiri," katanya di Sidoarjo.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Peran Kepala Desa

Petugas kesehatan berjaga di Posko Tanggap Darurat Corona Covid-19 yang didirikan di depan Balai Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)
Petugas kesehatan berjaga di Posko Tanggap Darurat Corona Covid-19 yang didirikan di depan Balai Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Menurutnya, di sinilah peran kepala desa agar turut membantu memantau proses konservasi atau isolasi mandiri yang dilakukan warganya. "Posko ini bertempat di 349 desa yang ada di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Menurutnya, upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, harus dilakukan dan melibatkan semua lini mulai dari pusat sampai dengan tingkat desa.

"Melalui adanya posko ini diharapkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dapat memaksimalkan penerapan physical distancing dan juga mengawasi warga di dalam desa dan yang datang dari luar desa," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya Posko Relawan Pencegahan COVID-19 tingkat desa, para Kepala Desa beserta perangkatnya, juga ada relawan dan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, diharapkan dapat segera bergerak ikut dengan segala upaya mempercepat putusnya mata rantai COVID-19.

"Warga di desanya harus diawasi, warga luar yang datang ke desanya juga harus dicek dan disteril," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skema Bantuan Sembako Jika PSBB Diberlakukan di Batam

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Batam - Pemerintah Kota Batam berencana menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk menekan penyebaran corona Covid-19.

Wali Kota Batam sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas penanganan Covid 19 Batam, Muhammad Rudi mengatakan pemerintah kota Batam mengalokasikan dana Rp54 miliar untuk proses pelaksanaan penerapan PSBB.

"Yang punya hak melakukan PSBB adalah Gubernur, Saya sudah berkomunikasi dengan pak Gubernur. Beliau akan surati Menteri Kesehatan terkait bahwa PSBB akan diberlakukan," kata Rudi saat rapat bersama sejumlah pengusaha distributor sembako sekota Batam, di Ruang Rapat terbuka, Kantor Pemko Batam, Rabu (8/4/2020).

 

Karenanya, tim gugus tugas saat ini telah menyiapkan data sebanyak 415 Ribu Kepala Keluarga (KK) kurang mampu yangmenerima bantuan, yakni berupa beras dan gula, untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

Dalam tiga bulan berturut-turut paket sembako dibagikan. Pada bulan pertama dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, lalu kedua Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dan terakhir Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Selama tiga bulan paket ini kita berikan. Kita ingin betul-betul punya keinginan bagaimana Covid ini harus berakhir. Salah satunya hanya itu caranya, lain tidak ada. Kalau hanya mengobati hari ini kita tidak tahu siapa yang sakit ," kata Rudi.

Menurut dia, cara yang paling tepat menekan penyebaran Covid-19 di Kota Batam yakni merumahkan semua orang, dengan catatatan semua kebutuhan masyarakat akan dipenuhi.

"Semua pihak, saya harap bersama-sama bisa membantu dalam penanganan virus ini. Sehingga bisa memutuskan mata rantai penyebaran virus ini," Rudi berharap.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Dukungan DPRD Batam

Pemko Batam mengalokasikan Rp54 miliar jika PSBB diberlakukan di wilayah ini. (Foto: Liputan6.com/Ajang Nurdin)
Pemko Batam mengalokasikan Rp54 miliar jika PSBB diberlakukan di wilayah ini. (Foto: Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto menyebutkan pengalokasian dana untuk penarapan karantina wilayah atau PSBB tidak ada anggaran di tahun 2020.

"Pada prinsipnya DPRD mendukung kebijakan pemerintah kota tentang Karantina Wilayah, untuk pencegahan Covid-19," kata Nuryanto.

Sebagai upaya dukungan, sebut Nuryanto DPRD Batam akan menyetujui pengalihan pos-pos anggaran tahun 2020.

Anggota DPRD Komisi II, Udin P Sihaloho mengatakan dana Rp54 Miliar itu dari APBD nantinya diharapkan terealisasi untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi 200 ribu kepala keluarga (KK) dengan asumsi satu KK berjumlah lima orang.

"Pemberlakuan untuk bulan pertama, nantinya akan ditalangi oleh BP Batam. Sehingga nantinya satu kepala keluarga jika dinominalkan akan mendapatkan paket sembako senilai Rp270 ribu per kepala keluarga, untuk setiap bulannya," kata Udin.

Adapun kriteria masyarakat yang nantinya akan berhak menerima bantuan paket sembako karena dampak Virus Corona ini, terdiri dari karyawan yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK), ojek online, supir taksi, buruh bangunan, hingga pedagang kecil atau pedagang yang berjualan di pinggir jalan.

Dan penentuan kriteria tersebut, melalui pendataan yang melibatkan mulai dari tingkat RT, RW, hingga kelurahan dengan sesi wawancara singkat terhadap warga, guna menentukan warga mana saja yang berhak mendapatkan bantuannya.

"Dan pemberian sembako ini, dengan tegas disebutkan tidak berlaku untuk PNS, TNI-Polri, Pegawai BUMN, Anggota DPRD hingga pengusaha besar," dia menerangkan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Paskah, Paus Fransiskus: Jangan Takut, Jadilah Pembawa Pesan Kehidupan

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paus Fransiskus mengatakan bahwa Paskah memberikan pesan pengharapan di masa-masa gelap masyarakat saat ini. Pernyataan ini disampaikannya pada misa Malam Paskah di Basilika Santo Petrus, yang tak dihadiri orang-orang karena pandemi COVID-19 pada hari Sabtu waktu Vatikan.

Dalam homilinya pada misa Malam Paskah tersebut, Paus mengatakan bahwa ketakutan orang-orang saat ini sama seperti ketakutan para pengikut Yesus sehari usai diri-Nya disalibkan.

"Mereka, seperti kita, di hadapan mereka terjadi drama penderitaan, tragedi tidak terduga yang terjadi sangat tiba-tiba," kata Paus seperti dilansir dari AP News pada Minggu (12/4/2020).

Paus mengatakan, para pengikut Yesus pada saat itu telah melihat kematian yang membebani hati mereka. "Bagi mereka, sama seperti kita, itu adalah saat yang paling gelap," tambahnya.

Malam Paskah di Basilika Santo Petrus sendiri berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, usai lilin Paskah dinyalakan, cahaya akan dinyalakan di tempat tersebut sebagai simbol kegembiraan. Namun misa tersebut terasa berbeda karena kekosongan yang menyertainya.

Paskah Sebagai Pesan Pengharapan

Paus Francis berdoa di St. Marcello al Corso, Roma, Italia, Minggu (15/3/2020). Vatikan menyatakan, Paus berdoa untuk mengakhiri pandemi virus corona COVID-19. (Vatican News via AP)
Paus Francis berdoa di St. Marcello al Corso, Roma, Italia, Minggu (15/3/2020). Vatikan menyatakan, Paus berdoa untuk mengakhiri pandemi virus corona COVID-19. (Vatican News via AP)

Dalam pesannya, Paus mendorong agar orang-orang menaburkan benih-benih harapan dengan sikap peduli meskipun kecil, serta doa yang penuh kasih.

"Malam ini kita memperoleh hak fundamental yang tidak pernah dapat diambil dari kita: hak untuk berharap," katanya.

Sehingga, Paskah dinilai sebagai pesan pengharapan di tengah ketakutan saat ini. Di sini, Paus meminta agar umat Kristen untuk menjadi pembawa pesan kehidupan di masa-masa penuh kematian.

"Jangan takut, jangan menyerah pada rasa takut. Ini adalah pesan pengharapan. Ini ditujukan pada kita hari ini. Inilah kata-kata yang diulangi Tuhan kepada kita malam ini."

"Semoga hati mereka yang memiliki cukup terbuka untuk mengisi tangan-tangan kosong yang tidak mampu memenuhi kebutuhannya," ujarnya menambahkan.

Dikutip dari Global News, pandemi COVID-19 membuat kegiatan Pekan Suci harus diubah sehingga berlangsung tanpa partisipasi umat, termasuk misa Minggu Paskah di mana biasanya Paus akan menyampaikan berkat dan pesan "Urbi et Orbi" atau "ke Kota dan dunia."

Misa Minggu Paskah biasanya dihadiri sekitar seratus ribu orang. Namun, tahun ini akan diadakan dalam gereja dengan jemaat yang hadir secara simbolis kurang dari 20 orang.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cristiano Ronaldo Pernah Bikin Bek MU Nyaris Butuh Tabung Oksigen

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rio Ferdinand menceritakan duel Manchester United (MU) kontra Sporting Lisbon. Laga persahabatan pramusim itu berlangsung pada 2003 silam.

Tidak ada yang mengira jika performa Cristiano Ronaldo pada laga MU kontra Sporting menjadi jalan baginya menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Ferdinand ingat bagaimana Ronaldo yang ketika itu berusia 18 tahun membuat beberapa pemain MU benar-berna malu. Mereka kemudian memohon kepada Manajer MU Sir Alex Ferguson untuk merekrutnya.

"Kami bermain melawan Sporting pada 2003, kami bermain pada babak pertama dan John O'Shea pasti membutuhkan tabung oksigen di sebelahnya," cerita mantan bek MU itu dalam acara EA Sports FIFA 20 seperti dikutip Ronaldo.com

"Dia duduk disana terengah-engah. Kami mengatakan kepadanya untuk lebih dekat dengan Ronaldo dan dia bahkan tidak bisa menjawab kami," lanjut Rio.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kagum dengan Kemampuan Ronaldo

Cristiano Ronaldo menggunakan jersey nomor tujuh di Old Trafford pada 2003 hingga 2009. Ronaldo sukses mencetak 96 gol dari 214 penampilan bersama Manchester United. (AFP/Andrew Yates)
Cristiano Ronaldo menggunakan jersey nomor tujuh di Old Trafford pada 2003 hingga 2009. Ronaldo sukses mencetak 96 gol dari 214 penampilan bersama Manchester United. (AFP/Andrew Yates)

Rio mengakui para pemain MU sangat kagum dengan kemampuan Ronaldo. "Agar adil, saya, Paul Scholes, dan Nicky Butt berdiri di sana sambil berkata 'anak ini tidak bisa dipercaya, kita harus merekrutnya'," katanya.

Hanya beberapa hari kemudian, Ronaldo resmi menjadi pemain MU. Ia memulai musim 2003 bersama klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Bahkan, Rio percaya kesepakatan transfer Ronaldo dilakukan sebelum mereka meninggalkan stadion."Kami tertunda sekitar satu setengah jam, dan kemudian mereka mengatakan melakukan kesepakatan untuk merekrut Ronaldo sekarang," kenang Rio.

 

 

Keputusan Tepat

Keputusan MU merekrut Cristiano Ronaldo sangat tetap. Pemain berjuluk CR7 itu menjelma menjadi pemain bintang.

Ronaldo membawa MU memenangkan tiga gelar juara Liga Inggris. Selain itu, ia juga membantu MU meraih trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Life Beri Bantuan ke 3.667 Pensiunan

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT BNI Life Insurance memberikan bantuan kepada pensiunan dan juga kepada mereka yang tidak dapat menerima gaji lagi dikarenakan tutupnya tempat mereka bekerja.

Direktur Keuangan BNI Life Eben Eser Nainggolan menjelaskan, dampak dari pandemik Virus Corona atau Covid-19 ini rentan terhadap para lansia terutama mereka yang telah mengidap penyakit bawaan sebelumnya.

"Terlebih para pensiunan ini juga mendapatkan uang kesejahteraan setiap bulannya di bawah UMR dan bantuan telah diberikan kepada 3.667 pensiunan melalui Persatuan Pensiunan Pusat PT BNI," ujar dia seperti dikutip Minggu (12/4/2020).

Bagi para lansia, diterapkannya physical distancing juga menimbulkan jarak secara emosional antara keluarga, teman, atau umat di tempat ibadah yang biasanya dapat saling memberi dukungan secara langsung.

Selain itu, BNI Life juga melihat dampak sosial lainnya, bagi mereka yang tidak dapat lagi memberikan nafkah untuk keluarganya, tentunya secara psikologis mereka pasti tertekan dalam kondisi ini.

Bantuan diberikan kepada Dewan Pengawas Perkumpulan Ende Lio, dimana banyak diantaranya bekerja sebagai satpam atau security hotel, tempat pembelanjaan dan sebagainya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Dukung Pemerintah

BNI Life.
BNI Life.

BNI Life juga mendukung beberapa upaya pemerintah yang telah dilakukan bagi pekerja terkena PHK, agar mereka bisa mendapat tambahan penghasilan dari insentif yang diberikan dalam program padat karya dan juga bantuan sosial lainnya, semoga ini dapat meringankan beban mereka.

"Melalui Program CSR Sentuhan BNI Life , kami juga sedang mempersiapkan kegiatan inisiatif lainnya melalui bantuan tindakan preventif pencegahan," ujar Eben.

Harapannya dari setiap kegiatan ini dapat meringankan beban mereka yang terkena dampak dan tetap optimis melalui pandemik Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arie Untung Umumkan Istri Positif Hamil?

Posted: 11 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Corona Covid-19 ini, kata "positif" menjadi begitu sensitif terdengar. Kira-kira hal itu pula yang ditangkap oleh Arie Untung

Arie Untung mengunggah sebuah foto yang menunjukkan hasil positif dari sebuah alat tes kehamilan. Bersamaan dengan itu, ia juga menuliskan sebuah keterangan foto panjang berkaitan dengan Corona Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Hal itu dituliskan Arie Untung dalam unggahannya pada Jumat (10/4/2020). 

"Positif? Hari ini mulai PSBB. Keadaan makin baik Kurang baik? Lebih baik? Lebih buruk? AtauBiasa2 aja? Masing2 pasti beda2 ya menyingkapinya," tulis Arie Untung mengawali keterangan fotonya. 

Banyak Hal Positif

Unggahan Arie Untung. (instagram.com/ariekuntung)
Unggahan Arie Untung. (instagram.com/ariekuntung)

Arie Untung juga menyampaikan bahwa banyak hal-hal kurang menyenangkan yang dialami masyarakat selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menanggulangi Corona Covid-19. Namun di sisi lain, ada banyak hal-hal baik yang seharusnya dapat disyukuri ketika menjalani PSBB. Di antaranya adalah memanfaatkan waktu dengan anggota keluarga di rumah.

"Tapi Ada Peluang positive dari angle lain. Ga bisa dekat2 dengan orang lain, Justru jadi Selalu bisa deket2 dengan orang tersayang, Ga bisa ramai2 beribadah justru bisa intim dng Nya dalam kesendirian," sambung Arie Untung lagi.

 

Berita Bahagia

(Instagram/ariekuntung)
(Instagram/ariekuntung)

Selain itu, Arie Untung juga mengatakan ada hal lain yang membahagiakannya selama PSBB ini, yaitu ketika mengetahui sang istri, Fenita Arie, positif hamil.

"Memperbesar Kemungkinan peluang turunnya covid Test Positive, malah Naiknya peluang Test Pack positive yg lebih besar dan sebaliknya kayanya ingin semua orang tau klo kebetulan kita yg dapet berita bahagia ini," lanjut Arie Untung.

 

Meningkatkan Angka Kelahiran

Arie Untung menilai bahwa Corona Covid-19 memang merenggut banyak nyawa. Namun di balik itu PSBB ini bisa berpeluang meningkatkan angka kelahiran.

"Saat ini Mungkin Angka kematian meningkat ratusan, tapi siapa tau justru akan Naiknya ribuan angka kehidupan di 9 bulan ke depan, karena intensitas dekatnya sama pasangan tersayang 😊. Wallahualambisawab. Gmn? Yuk mumpung PSBB Selamat "mencoba" ya," tulis Arie Untung lagi.

 

Ucapan Selamat

Unggahan tersebut langsung dibanjiri ucapan selamat dari para sahabat Arie Untung.

"Selamat @ariekuntung & @fenitarie 😁. Semoga sehat selalu dan dilancarkan 🤲," tulis Roger Danuarta.

"Disuruh pemerintah di rumah aja, bukan di kamar ajaaaa 🤣🤣🤣 @ariekuntung @fenitarie," ledek Herfiza, istri Ricky Harun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI Minta Ahli dan Pemerintah Jelaskan ke Warga soal Jenazah Terpapar Corona

Posted: 11 Apr 2020 07:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Majelis Ulama Indonesia atau MUI Anwar Abbas meminta masyarakat untuk tidak menolak jenazah pasien yang terpapar virus Corona atau Covid-19. Hal ini merespons banyaknya penolakan penguburan jenazah korban Corona di sejumlah daerah.

"Kepada masyarakat kita harapkan bila penguburan jenazah yang aman seperti yang dikatakan oleh para ahli dan pemerintah tersebut sudah terpenuhi dan dipenuhi, maka kita harus bisa menerima dan menghormati serta menyelenggarakan pemakamannya dan jangan lagi ada penolakan-penolakan karena hal itu jelas akan membuat kita susah semua," pinta Anwar saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (12/4/2020).

Anwar meminta semua pihak, utamanya dari mereka yang memiliki kapasitas untuk menjelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa penguburan jenazah sesuai protokol kesehatan tidak akan menimbulkan penularan. Ini dirasakan penting agar di tengah masyarakat tak kembali timbul gejolak penolakan karena ketidakpahaman mengenai hal itu.

"Oleh karena itu perlu ada penjelasan yang sejelas-jelasnya dari para ahli dan dari pihak pemerintah tentang cara-cara dan ketentuan-ketentuan terkait penguburan jenazah yang terpapar Corona yang aman, yang dijamin tidak akan menularkan virus tersebut kepada masyarakat setempat, agar masyarakat bisa mengerti dan memahaminya secara baik sehingga mereka bisa hidup dengan tenang," kata Anwar .

Terlebih lagi, lanjut dia dalam ajaran Islam menguburkan jenazah hukumnya wajib. Oleh karenanya jika menganut pada pemahaman Islam, maka tak ada alasan bagi warga menolak penguburan jenazah di pekuburan wilayahnya.

"Apalagi mereka tahu bahwa dalam agama Islam orang yang masih hidup harus dan wajib hukumnya menghormati jenazah dan salah satu cara menghormati jenazah dalam islam yaitu dengan menguburkannya," jelas dia.

Anwar pun berharap, wabah virus Corona ini bisa menjauh. "Semoga Allah SWT melindungi dan menjauhkan kita dari wabah yang menakutkan ini. Aamiin," harapnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Provokator Penolakan Jenazah Pasien Corona di Jateng Dijerat Pasal Berlapis

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Polda Jawa Tengah menjerat tiga orang yang diduga provokator penolakan pemakaman jenazah positif Corona Covid-19 di Ungaran, Kabupaten Semarang, dengan pasal berlapis KUHP dan UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Penanggulangan Wabah.

"Disangkakan dengan pasal 212 dan 214 KUHP serta UU Nomor 4/1984 tentang Penangulangan Wabah," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Budi Haryanto, di Semarang, Sabtu (11/4/2020).

Pasal 212 KUHP menyebut: Barang siapa dengan kekerasan atau dengan ancaman kekerasan melawan serang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang waktu itu menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat yang bersangkutan sedang membantunya, diancam karena melawan pejabat dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan.

Sementara pasal 214 KUHP menyatakan: Paksaan dan perlawanan tersebut dalam Pasal 212, bila dilakukan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Menurut dia, pemakaman terhadap jenazah pasien positif Corona sudah dilakukan sesuai prosedur yang ditentukan. "Masyarakat tidak perlu resah. Pemakaman sudah dipersiapkan SOP dan tata caranya," katanya seperti dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat tidak boleh menolak sehingga warga yang menolak dikategorikan sebagai pihak yang melawan hukum.

Setelah kejadian ini, ia mengharapkan tidak ada lagi penolakan terhadap jenazah yang akan dimakamkan.

Perawat Meninggal Dunia Akibat Corona

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Sebelumnya diberitakan, seorang perawat RS Dr Kariadi di Semarang yang meninggal dunia dengan status positof virus Corona sempat ditolak pemakamannya di Ungaran.

Jenazah almarhum kemudian dimakamkan di makam keluar RS Dr Kariadi di tempat pemakaman umum Bergota Semarang.

Polda Jawa Tengah memproses hukum tiga orang yang diduga provokator penolakan pemakaman jenazah positif Covid-19 di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Ketiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam penolakan pemakaman jenazah di TPU Siwarak pada 9 April 2020 tersebut masing-masing THP (31) BSS (54) dan S (60) masing-masing warga Sewakul, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Para tersangka itu berusaha memrovokasi dan menghalang-halangi petugas yang akan memakamkan jenazah pasien positif Corona itu. Ada sekitar 10 orang yang memblokade jalan masuk menuju TPU sehingga petugas tidak bisa melaksanakan tugasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Sudah Temukan Target Partner Ideal Virgil van Dijk

Posted: 11 Apr 2020 07:50 PM PDT

Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dilaporkan sudah menemukan target untuk memperkuat timnya musim depan. Klopp mengincar bek Sevilla, Diego Carlos, untuk diplot sebagai partner Virgil van Dijk di sektor belakang The Reds. 

Liverpool menjadi tim dengan pertahanan terbaik di Premier League musim ini, karena hanya kebobolan 21 gol dalam 29 pertandingan. Meski demikian, Klopp tetap merasa perlu mencari bek baru agar pertahanan The Reds makin kukuh. 

Seperti dilansir Daily Star, Sabtu (11/4/2020), Klopp menilai Diego Carlos memenuhi krieria untuk menjadi partner Van Dijk di jantung pertahanan Liverpool. The Reds dikabarkan bersiap-siap mengajukan tawaran kepada Sevilla. 

Bek berusia 27 tahun tersebut melakoni musim debut impresif bersama Sevilla di La Liga. Dia sebenarnya masih terbilang anyar di klub tersebut, karena baru gabung dari Nantes pada musim panas 2019. 

Penampilan apiknya bukan hanya membuat fans Sevilla terpikat. Klub-klub papan atas Eropa, juga tak luput memperhatian. Selain Liverpool, klub lain yang juga berminat mengejar tanda tangan Diego Carlos adalah Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid. 

Jika tak ingin kena tikung, Liverpool harus benar-benar menyodorkan tawaran serius kepada Sevilla. Janji untuk memasang Diego Carlos di skuat utama tampaknya juga akan menjadi opsi yang menggoda.  

 

Cocok Bermain di Premier League

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan kepada pemainnya saat menghadapi Atletico Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (19/2) dini hari WIB. Atletico menang 1-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soranio)
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan kepada pemainnya saat menghadapi Atletico Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (19/2) dini hari WIB. Atletico menang 1-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soranio)

Liverpool dikabarkan memiliki dana yang memadai untuk memboyong Diego Carlos ke Anfield. Permainan fisik ala Carlos dinilai juga cocok dengan gaya sepak bola Inggris. 

Dia diprediksi tak bakal kesulitan beradaptasi di Premier League. Masalahnya, The Reds disebut-sebut bukan prioritas utama sang pemain. 

Diego Carlos dikabarkan lebih tertarik merapat ke sesama klub La Liga, Barcelona. Masalahnya, Barca bermasalah dengan kocek untuk mengamankan jasa Diego Carlos. 

Kondisi finansial Barcelona cukup terpukul akibat pandemi virus corona. Selain itu, transfer tersebut juga akan terhalang sikap Sevilla, yang biasanya enggan menjual pemain ke klub yang menjadi rival langsung. 

Sumber: Daily Star

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Yus Mei Sawitri, published 12/4/202

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duet Pogba dan Bruno Fernandes Bisa Bikin MU Hebat Lagi

Posted: 11 Apr 2020 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba menjalani musim 2019-20 dengan buruk. Pemain asal Prancis itu lebih banyak di luar lapangan karena cedera.

Kehilangan Pogba, MU kemudian mendatangkan Bruno Fernandes dari Sporting pada jendela transfer Januari. Gelandang asal Portugal itu langsung jadi idola baru di Old Trafford karena membawa MU tak terkalahkan di 11 laga.

Banyak pihak menyarankan MU agar melupakan Pogba setelah kehadiran Bruno. Sebab, Bruno dinilai sukses menggantikan peran Pogba, yang kembali dikaitkan dengan Real Madrid.

Tapi, pendapat berbeda datang dari striker MU Odion Ighalo. Ia percaya duet Pogba dan Bruno di lini tengah bisa mengembalikan MU ke masa kejayaan sebelumnya.

"Dia bekerja keras untuk kembali ke kebugaran dan membayangkan ketika kita memiliki Pogba dan Bruno di lini tengah, maka Anda akan melihat tim yang berbeda - [Marcus] Rashford juga kembali," kata Ighalo dalam sebuah wawancara dengan Juliet Bawuah lewat live streaming di halaman Twitter miliknya.

"MU akan menjadi luar biasa lagi, memenangkan pertandingan minggu demi minggu. Dia pemain hebat dan itu akan menjadi hak istimewa untuk bermain dengannya," tambahnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Belum Perfoma Terbaik

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, berkontribusi membantu timnya menang 2-0 atas Chelsea pada laga pekan ke-26 Premier League di Stamford Bridge, Senin (17/2/2020). (AFP/Adrian Dennis)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, berkontribusi membantu timnya menang 2-0 atas Chelsea pada laga pekan ke-26 Premier League di Stamford Bridge, Senin (17/2/2020). (AFP/Adrian Dennis)

Bruno telah mencetak dua gol dan tiga asssist dalam lima penampilan di Liga Inggris. Namun, Ighalo menegaskan pemain berusia 25 tahun itu belum mengeluarkan performa terbaiknya.

"Bruno adalah pemain yang fantastis," ucapnya. "Saya bermain dengannya pada 2013-14 di Udinese. Kami belum melihat yang terbaik darinya di Liga Inggris."

"Begitu Bruno Fernandes menetap di Inggris, Anda akan melihat apa yang dapat dilakukan orang itu. Dia memiliki visi, dia selalu ingin bola. Dia bisa menembak, dia bisa mencetak gol, dia sangat cerdas," papar Ighalo.

"Sebelum bola datang, dia selangkah lebih maju untuk mengetahui apa yang ingin dia lakukan. Di masa yang akan datang, Anda akan melihat apa yang bisa dia lakukan di Liga Inggris, bahkan lebih baik daripada apa yang dia lakukan sekarang."

 

Masa Depan

Dalam kesempatan ini, Odion Ighalo juga membicarakan masa depannya. Seperti diketahui, penyerang asal Nigeria itu didatangkan dari Shanghai Shenhua dengan status pinjaman pada Januari lalu.

Sejauh ini, Ighalo tampil cukup mengesankan dengan mencetak empat gol di semua kompetisi. Namun, belum diketahui masa depannya di Old Trafford setelah masa pinjamannya nanti habis.

"Anda tahu, saya punya perjanjian pinjaman sampai akhir musim," katanya. "Sekarang bagi kami untuk menyelesaikan musim dengan baik, bagi saya untuk melakukannya dengan baik dan mencetak gol."

Jika kariernya berlangsung singkat di MU, Ighalo tetap bangga. Apalagi, dia mencetak gol brilian ketika MU menghadapi LASK di Liga Europa.

"Ya, untuk saat ini saya akan mengatakan itu adalah gol terbaik dalam karier saya," ujarnya.

"Setelah gol itu, saya tidak tahu bagaimana saya mencetak gol itu. Rekan setim saya menunjukkan kepada saya sebuah video dan menjadi 'wow, wow, wow' dan saya bertanya pada diri sendiri, 'Bagaimana kamu melakukan itu?'."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: