Jumat, 03 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KTM Siap Luncurkan Motor Sport Terbaru

Posted: 03 Apr 2020 01:04 AM PDT

Liputan6.com, New Delhi- Setelah resmi diperkenalkan di EICMA 2019 November lalu, KTM 890 Duke R siap memeriahkan pasar otomotif India pertengahan tahun 2021 mendatang.

Seperti dilansir Motorbeam, Jumat (3/4/2020), pabrikan motor asal Austria tersebut menjual Duke 790 untuk negeri film Bollywood saat ini. Namun, harganya yang mahal membuat motor naked tersebut tak mendapatkan banyak peminat.

Diimpor dalam jumlah terbatas, harga untuk Duke 790 mencapai Rs. 8,63 lakh atau setara dengan Rp188 juta.

Hadirnya KTM 890 Duke R di India kabarnya akan menggantikan Duke 790, karena tak ada penyegaran dari sisi dapur pacu terkait peraturan yang berlaku saat ini.

Memiliki mesin DOHC 890cc, paralel-kembar, berpendingin cairan, KTM 890 Duke R mampu menghasilkan tenaga hingga 121 Tk pada 9.250 rpm dan torsi 99 Nm pada 7750 rpm karena dikawinkan dengan gearbox 6-kecepatan.

Bergam fitur canggih juga disematkan pada motor, seperti traction control with lean angle sensitivity dan tiga mode berkendara, yakni optional track mode, Cornering ABS dan Supermoto mode.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Harga

Untuk menambah kenyamanan berkendara, KTM disematkan suspensi AP WP berukuran 43 mm yang dapat disetel pad bagian depan dan WP APEX di bagian belakang.

Terkait harga, KTM 890 Duke R diharapkan hadir dengan kisaran harga Rs 10-11 lakh atau setara dengan Rp217,8 juta hingga Rp239,6 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Beda, Irfan Hakim dan Indra Bekti Pakai Masker Merah Putih

Posted: 03 Apr 2020 01:03 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak merebaknya corona COVID-19, masker jadi trend yang dikenakan banyak orang di dunia. Rumah mode di dunia pun ramai-ramai membuat masker untuk kalangan atas.

Di Indonesia banyak beredar masker dengan berbagai bentuk, jenis, warna. Ada yang terbuat dari kain, ada juga masker yang digunakan sekali pakai.

Namun, ada yang berbeda dengan masker yang dikenakan Irfan Hakim. Dalam unggahan terbaru, Irfan bersama Indra Bekti memamerkan masker dengan warna merah putih, warna lambang negara kita.

"Semangat untuk Indonesia....With @indrabekti. Makasih @indra_thetitans masker nya..🙏💪🙏," tulis Irfan, Selasa, 31 Maret 2020.

Indra juga mengunggah potret yang sama saat bersama Irfan saat memakai masker warna merah putih.

"semangat INDONESIA yuk kita saling menjaga diri , pake masker gunanya untuk aku menjaga kamu , kamu menjaga aku terima kasih @indra_thetitans utk masker nya," komentar Indra Bekti, Rabu, 1 April 2020.

 

Keren

Indra Bekti bersama Irfan Hakim memamerkan masker merah putih (Dok.Instagram/@indrabekti/https://www.instagram.com/p/B-bAi7uASA4/Komarudin)
Indra Bekti bersama Irfan Hakim memamerkan masker merah putih (Dok.Instagram/@indrabekti/https://www.instagram.com/p/B-bAi7uASA4/Komarudin)

Masker warna merah putih yang dipakai Irfan Hakim dan Indra Bekti ternyata mendapat beragam tanggapan dari warganet. Tidak sedikit yang tertarik dengan masker merah putih itu.

"Ka bekti, maskernya keren bgt👍.," komentar seorang warganet.

"Aa mau dong masker merah putihnya klo boleh," kata seorang warganet dalam kolom komentar akun Irfan Hakim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Sajadah Populer dan Unik untuk Dukung Kenyamanan Anda Beribadah

Posted: 03 Apr 2020 01:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan sebentar lagi tiba, sudahkah Anda memiliki sajadah baru? Sajadah menjadi salah satu perlengkapan yang kerap digunakan seorang muslim untuk melaksanakan ibadah sholat. Selain sebagai alas sholat, sajadah memiliki banyak manfaat yang disadari atau tidak turut memberikan kenyamanan ketika beribadah. Dengan menggunakan sajadah maka kita dapat menghindari debu, kotoran maupun najis yang ada di tanah.

Selain itu, penggunaan sajadah juga dapat membantu kita lebih tenang dan khusyuk ketika dalam posisi sujud. Jika tanpa alas, mungkin ada debu atau pasir dan bahkan bau yang bisa mengganggu, dengan alas sajadah permukaan jadi lebih rata dan bau yang netral. Seiring dengan perkembangan zaman, jenis sajadah yang biasa digunakan sebagai alas sholat semakin beragam. Dari jenis kain, ketebalan hingga motif dan kegunaannya.

Berikut ini jenis sajadah populer dan unik yang bisa Anda pilih untuk mendukung kenyamanan dalam beribadah:

1. Sajadah Beludru

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Jenis sajadah ini banyak digemari orang-orang. Bahannya yang berstruktur halus, rata dengan berat yang relatif ringan. Mudah dilipat sehingga cocok dibawa bepergian. Jenis sajadah ini biasanya kerap menjadi oleh-oleh atau buah tangan.

2. Sajadah Turki

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Sajadah impor yang banyak digemari orang Indonesia adalah sajadah Turki. Karena sudah terkenal kualitas bahannya yang tidak mudah rusak atau rontok. Keunggulan lainnya adalah dari desain dan motif-motif yang elegan. Selain sajadah import, ada pula produk lokal yang mengadopsi motif dan desain sajadah turki.

3. Sajadah Meshcah

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Sajadah Meshcah terkenal dengan nuansa arabic dan  bahannya yang tebal, berbeda dengan sajadah lainnya yang lebih ringan. Kualitas bahan yang awet dan tahan lama membuat sajadah jenis ini dipergunakan di masjid-masjid dan mushola. Sajadah Meshcah yang paling laris adalah varian Saudi Arabia yang memiliki lapisan karpet tebal di bawahnya.

4. Sajadah Madinah

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Sajadah Spesial dari Madinah Al-Munawarah dengan motif yang sama dengan sajadah yang ada di dalam Masjid Nabawi. Warna hijau seperti alas atau karpet yang digunakan di area raudhah, sedangkan warna merah hampir di seluruh area Masjid Nabawi.

5. Sajadah Busa

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Keberadaan busa membuat sajadah ini lebih tebal dari sajadah lainnya. Teksturnya yang empuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Selain itu sajadah ini juga anti slip atau anti licin. Sajadah ini populer dikalangan anak-anak sehingga membuat mereka betah untuk beribadah.

6. Sajadah Bulu

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Satu lagi jenis sajadah yang menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa adalah sajadah bulu. Alasannya karena corak dan warnanya yang menyenangkan. Teksturnya yang sangat lembut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunannya.

7. Sajadah Sandar Lipat

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Sajadah multifungsi, bisa dipakai untuk sholat dan juga bisa dipakai untuk sandaran / penyangga punggung anda. Dengan bahan spons di dalam dan beludru di luar, maka akan empuk dan lembut saat menggunakan sajadah ini. Besi penyangga bisa menahan hingga 100 Kg beban. Model produk elegant dan tersedia beberapa warna menarik.

8. Sajadah Latex Micro

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Sajadah Micro latex memberikan kenyamanan tersendiri dalam beribadah dibandingkan sajadah kain pada umumnya, mudah dilipat, mudah disimpan, ukuran yang lebih tebal dibandingkan sajadah kain pada umumnya.

9. Sajadah Tenun

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Selanjutnya ada sajadah tenun. Proses tenun yang dilaluinya membuat tekstur sajadah ini unik. Keindahan sederhana yang dihasilkan berhasil merepresentasikan budaya lokal. Karena keunikannya, sajadah ini kerap menjadi buah tangan.

10. Sajadah Batik

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Selain tenun, sajadah batik juga digemari masyarakat. Pola batik yang khas membuat sajadah ini menarik bagi para penggunannya. Proses pembuatan dengan mesin maupun tradisional menjadi faktor penentu nilai jual sajadah batik.

11. Sajadah Lipat Saku

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Jenis sajadah ini sangat populer dikalangan para pengguna yang aktif berkegiatan di luar maupun traveling. Bahannya yang tipis dan dapat dilipat seukuran sakit membuatnya mudah dibawa kemana saja. Sajadah lipat saku biasanya dipaketkan dengan tas kecil tempat sajadah bernaung.

12. Sajadah Lipat Anti Air

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Dengan bahan sajadah Polyester Water Resistant membuat Anda tidak perlu kuatir bila basah tatkala dipakai atau terkena air.

13. Sajadah Anti Alergi

Foto: Tokopedia.
Foto: Tokopedia.

Sajadah anti alergi memanfaatkan salah satu perkembangan teknologi terbaru dari industri tekstil, yakni bahan busa suede. Bahan suede ini memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga tidak hanya memberikan efek anti alergi, kenyamanan yang ditawarkan juga sangat baik. Sajadah ini cocok untuk kamu yang memprioritaskan kesehatan selagi beribadah dengan nyaman.

Untuk mendapatkan berbagai pilihan Sajadah di atas, Anda dapat mengunjungi Tokopedia, marketplace yang menyediakan berbagai layanan dan kebutuhan untuk melengkapi ramadhan Anda. Penuhi semua kebutuhan Ramadhan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai Promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Luncurkan Tes Online untuk Bantu Warga Deteksi Dini Corona COVID-19

Posted: 03 Apr 2020 01:01 AM PDT

Liputan6.com, Singapura - Pemerintah Singapura telah meluncurkan alat screening test secara online agar masyarakat dapat menjalankan pemeriksaan diri cepat dan mendapatkan saran dasar. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami gejala tertentu dan menduga dirinya mungkin sudah terinfeksi Virus Corona COVID-19. 

Diluncurkan pada Jumat (3/4/2020) oleh Sistem Kesehatan Universitas Nasional (NUHS), Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) dan Departemen Kesehatan untuk Transformasi Kesehatan (MOHT), COVID-19 Symptom Checker bertujuan untuk membantu orang menavigasi sistem perawatan kesehatan dan mendapatkan kejelasan tentang apa yang harus dilakukan jika mereka merasa tidak sehat. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia

Mereka yang memiliki gejala mirip flu kini dapat mengunjungi  www.sgcovidcheck.com di mana mereka dapat menjawab serangkaian pertanyaan untuk menentukan apakah mereka harus memantau gejala mereka selama beberapa hari lagi atau pergi ke dokter, serta informasi tentang ke mana harus pergi untuk mendapat perhatian medis.

Alat ini akan menyarankan opsi perawatan berdasarkan usia orang tersebut, riwayat perjalanan baru-baru ini, orang-orang yang mungkin terpapar dengan mereka dan gejalanya. 

"Pengguna menerima saran langsung tentang kemungkinan langkah selanjutnya, apakah itu terus memantau gejala mereka atau mencari perhatian medis di pengaturan perawatan kesehatan yang sesuai," kata pihak berwenang dalam rilis media bersama. 

"Meskipun alat ini tidak mengeluarkan saran medis, alat ini membantu menavigasi sistem perawatan kesehatan."

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Negara Lain Juga Luncurkan Hal Serupa

Petugas medis dengan pakaian pelindung mengambil sampel dari pengemudi di layanan
Petugas medis dengan pakaian pelindung mengambil sampel dari pengemudi di layanan

Pemeriksa mengikuti opsi penyaringan online serupa juga diluncurkan di Amerika Serikat, China, dan beberapa negara di Eropa, menyesuaikan informasi dengan konteks Singapura. 

Situs ini tidak mengumpulkan data yang dapat diidentifikasi secara pribadi, menurut pihak berwenang. Pengidentifikasi pasien tidak digunakan dalam pemeriksa gejala, tetapi data yang dikumpulkan memberikan gambaran tentang berbagai jenis pasien yang khawatir tentang COVID-19 dan yang menggunakan situs.

"Ini menghasilkan wawasan tentang prediktor penting perilaku pencarian kesehatan dan mendorong alokasi sumber daya kesehatan yang lebih baik," kata pihak berwenang dalam lembar fakta tentang alat tersebut. 

"Ini juga memberikan wawasan tentang di mana kebutuhan dan apa yang paling diperhatikan orang, yang membantu Departemen Kesehatan dalam upaya pendidikan dan komunikasi pasien."

Alat ini dikembangkan setelah statistik dari Kementerian Kesehatan (Depkes) menunjukkan 24 persen pasien COVID-19 di Singapura telah berkonsultasi dengan banyak dokter hanya dalam waktu singkat.

Tim dari NCID, NUHS, dan National University of Singapore memberikan saran klinis untuk platform tersebut. 

Kegunaannya kemudian divalidasi oleh tim yang dipimpin oleh Dr Franco Wong, kepala Jurong Polyclinic.

Aplikasi Pelacak Kontak

Seorang pengunjung, yang mengenakan masker pelindung di tengah kekhawatiran tentang penyebaran Virus Corona COVID-19, berjalan di sepanjang Merlion Park di Singapura pada 17 Februari 2020. (Roslan RAHMAN / AFP)
Seorang pengunjung, yang mengenakan masker pelindung di tengah kekhawatiran tentang penyebaran Virus Corona COVID-19, berjalan di sepanjang Merlion Park di Singapura pada 17 Februari 2020. (Roslan RAHMAN / AFP)

Ada rencana untuk memperluas cakupan pemeriksa untuk memasukkan lebih banyak fitur seperti pra-pendaftaran untuk konsultasi di klinik atau akses ke penyedia layanan kesehatan, menurut informasi dari rilis tersebut.

Fitur terencana lainnya termasuk informasi tentang waktu tunggu di unit gawat darurat, yang secara langsung menghubungkan mereka yang membutuhkan tes ke fasilitas kesehatan yang sesuai dan peta pada kluster infeksi COVID-19.

Informasi tentang bagaimana orang menggunakan alat ini juga dapat digunakan untuk melacak perilaku virus, kata Dr Praveen Deorani, seorang ilmuwan data di MOHT.

"Dengan lebih banyak orang menggunakan alat pemeriksa, dan dengan analisis kami selanjutnya tentang bagaimana itu digunakan, kami kemudian dapat menggunakan teknik pembelajaran mesin untuk melacak perilaku virus (dan gejala yang ditampakkannya) sehingga pasien dapat memilih lokus yang tepat dan perawatan pada waktu yang tepat, "katanya.

Singapura telah datang dengan berbagai solusi berbasis teknologi untuk memerangi pandemi.

Bulan lalu, pihak berwenang meluncurkan aplikasi seluler bernama TraceTogether yang berupaya meningkatkan proses pelacakan kontak. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pater Tenangkan Puluhan Warga yang Tolak ODP di Sikka NTT

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Sikka Wabah virus corona (Covid-19) sepertinya menjadi kekhawatiran bagi masyarakat. Pemahaman yang tidak menyeluruh soal Covid-19 ini pun menimbulkan kesalahpahaman bagi warga yang hidup di lingkungan masyarakat.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Puluhan warga menolak keberadaan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Aksi penolakan pasien ODP dan HIV yang menghuni Rumah Singgah ODHA terjadi Kamis (2/4/2020) sekitar pukul 09.00 Wita.

Warga RT/RW 002/001 dan RT/RW 003/001 mendatangi Rumah Singgah yang terletak tidak jauh dari situ. Mereka berteriak-teriak meminta penghuni Rumah Singgah segera keluar dari tempat itu. Warga kuatir menularnya penyakit, terutama virus corona yang sedang mewabah.

Sekitar 20 orang warga yang datang menolak keberadaan ODP berada di lingkungan sekitar mereka.

Lurah Waioti Maria Anita Yuniati,Tim Satuan Gugus Tugas Pencegahan Covid 19, Dokter dan petugas kesehatan akhirnya datang ke lokasi penolakan ODP dan memberikan penjelasan kepada warga terkait HIV dan ODP. Namun apapun penjelasannya, tidak diterima warga.

Dokter dan petugas kesehatan berupaya memberikan pemahaman terkait keberadaan penghuni ODP dan HIV di Rumah Singgah. Warga tetap saja tidak menerima penjelasan.

Setiap penjelasan yang disampaikan petugas kesehatan, pembicaraannya langsung dipotong warga. Mereka terus mendesak agar penghuni Rumah Singgah dikeluarkan dari lingkungan mereka.

"Kami tidak mau dengar penjelasan. Kami hanya minta mereka segera angkat kaki dari sini," ujar seorang warga yang memotong penjelasan petugas kesehatan.

Tidak kuasa menahan desakan dan protes warga, akhirnya Tim Satgas Covid tinggalkan lokasi untuk berkoordinasi dengan pengambilan keputusan. Hingga saat ini belum diketahui langkah yang akan diambil Satgas Covid.

Rumah Singgah ini sementara dihuni oleh 4 orang dari Kecamatan Palue yakni ZL bersama ibu kandungnya, saudari kandungnya dan keponakannya. Mereka berempat dititipkan sementara di rumah singgah sejak Senin (30/3) lalu.

Sebagaimana diberitakan, ZL baru kembali dari Batam pada Kamis (19/3) lalu. Kehadiran ZL di desanya di Kecamatan Palue, meresahkan warga di tengah merebaknya virus corona. Warga di desa itu lalu ramai-ramai menolak ZL bersama keluarganya.

ZL bersama keluarganya kemudian dibawa ke Maumere untuk melakukan pemeriksaan. Petugas kesehatan langsung memeriksa di Pelabuhan Laurens Say. ZL disarankan untuk melakukan karantina mandiri.

Persoalannya, keluarga ZL yang di berada di Maumere menolak memberikan tumpangan. Setelah melalui koordinasi dengan beberapa pihak, akhirnya ZL bersama ibu kandung, saudari kandung dan keponakan, dikarantinakan di Rumah Singgah ODHA.

Rumah Singgah ODHA ini adalah rumah milik orang yang dikontrak Komisi Penanggulangan AIDS Propinsi NTT sejak tahun 2018. Selama ini, jika ada ODHA yang menghuni rumah singgah, warga sekitar merespons secara positif.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pater membawa ODP

Aksi warga menolak kehadiran ODP di Sikka, NTT
Aksi warga menolak kehadiran ODP di Sikka, NTT

Pater Vande Raring SVD datang ke lokasi kejadian langsung membawa ODP. Ia tak ingin memberi rasa cemas dan takut pada warga.

Kami datang menjemput ZL dan membawa pulangnya. Kami bawa pulang ke rumah saudarinya sambil mencarikan rumah untuknya.

"Sehingga akhirnya penderita-penderita yang normatif seperti flu, batuk dan pilek termaksud HIV menjadi ancaman serius bagi warga," ungkapnya.

Hanya karena situasi global yang disebabkan oleh wabah virus corona, sehingga kami datang membantu mengamankan para penderita ini.

"Saat ini para penderita sudah sakit dan beban yang dia derita sudah, apalagi ditolak oleh warga bisa membuat perasan batin yang sangat mendalam,"ujarnya.

Sebut Vande Raring, kita tidak tau kalau sakit karena ditolak atau dikucilkan oleh sesama, lebih baik kita memberi mereka keamanan dan peneguhan sehingga bisa bangkit kembali dari sakit dan penderitaan yang sedeng dialami saat ini.

Ia berharap warga punya kepekaan, agar orang-orang sakit dan kembali kita mematuhi perintah Bupati atau Presiden dalam situasi darurat ini.

"Karena kita berada dalam satu negara yang lagi mengalami wabah virus corona dan diawasi langsung oleh Presiden RI, Gubernur NTT, dan Bupati sikka. Sehingga sebagai masyarakat tidak boleh mengambil sikap main hakim sendiri terhadap warga, segala sesuatu yang terjadi ini harus sesuai dengan prosedural," pungkasnya. (Dionisius Wilibardus)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Virus Corona Covid-19, Petenis Cantik Kanada 'Mengungsi' ke Gurun

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Nevada - Social discancing atau yang oleh WHO kini diganti menjadi physical distancing merupakan salah satu cara yang dianggap ampuh dalam memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19. Dengan menjaga jarak yang aman dari orang di sekitar kita, penularan virus melalui droplet bisa dicegah.

Petenis cantik asal Kanada, Eugenie Bouchard, punya cara yang ekstrem dalam menerapkan aturan ini dalam kehidupannya. Seperti dilansir Marca, dia memilih pergi ke gurun untuk 'mengasingkan' diri. 

Seperti diketahui, Amerika Serikat menjadi salah satu epicentrum baru bagi penyebaran virus Corona Covid-19. Sebanyak 245 ribu lebih warga AS telah terjangkit virus Corona di mana hampir 6 ribu orang meninggal dunia. Angka ini menempatkan AS di urutan teratas jumlah korban terbanyak di dunia.

Untuk mengurangi penyebaran virus ini, sejumlah kota terpaksa ditutup. Sementara warga di minta untuk berada di rumah dan diimbau untuk tidak keluar bila tidak ada keperluan yang mendesak. 

 
 
 
View this post on Instagram

s o c i a l d i s t a n c i n g

A post shared by Genie Bouchard (@geniebouchard) on

 

Florida salah satu negara bagian yang menerapkan lockdown di AS. Tidak ingin terjebak di rumah, Bouchard yang tinggal di Miami, memilih kabur ke Nevada. Petenis asal Kanada itu untuk sementara menetap di Las Vegas. Dia juga sempat mengunjungi pusat wisata Red Rock Canyon.

"Rumah baruku," tulis Bouchard pada foto yang memperlihatkan dia tengah berteduh di bawah batu. 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

 

 

Asah Kemampuan

Petenis Kanada, Eugenie Bouchard saat tampil melawan petenis Prancis, Oceane Dodin pada putaran pertama Australia Tebuka di Melbourne, (16/1/2018). (AFP/Saeed Khan)
Petenis Kanada, Eugenie Bouchard saat tampil melawan petenis Prancis, Oceane Dodin pada putaran pertama Australia Tebuka di Melbourne, (16/1/2018). (AFP/Saeed Khan)

Dalam postingan terbarunya, Bouchard terlihat tengah berlatih tenis. Dalam keterangan video yang diunggahnya itu, Bouchard mengaku tengah mengasah kemampuan backhand-nya. 

 

Profil Singkat

Eugenie Bouchard memiliki tinggi 178 cm dengan berat 61 kg. Dirinya biasa bermain dengan mengandalkan tangan kanannya. (AFP/Glyn Kirk)
Eugenie Bouchard memiliki tinggi 178 cm dengan berat 61 kg. Dirinya biasa bermain dengan mengandalkan tangan kanannya. (AFP/Glyn Kirk)

Eugenie "Genie" Bouchard merupakan petenis asal Kanada yang berdomisili di Miami, Amerika Serikat. Pada tahun 2014 lalu, Bouchard berhasil melaju ke final turnamen Wimbledon dan menjadi petenis tunggal putri pertama dari Kanada yang lolos ke final Grand Slam. Sayang, Bouchard gagal mengangkat trofi setelah menyerah di tangan petenis asal Republik Ceko, Petra Kvitová.

Bouchard juga berhasil melangkah ke semifinal Australia Open 2014 lalu dan France Open 2014. Dia pernah dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik WTA pada akhir musim 2013. Sementara setahun kemudian dia dianugerahi WTA Most Improved Player dan sempat berada di rangking 5 dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Mendalam Pasien Covid-19 di Karawang: Positif Corona Bukan Aib

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Karawang - Pasien positif virus corona (Covid -19), Asep Aang Rahmatullah, yang juga seorang pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang kini kondisinya berangsur-angsur membaik. Plt Kepala Diskominfo tersebut, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada 24 Maret lalu, bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Sebelum menjalani perawatan di RSUD Karawang, Asep sempat diisolasi di RS Paru Jatisari Karawang selama 7 hari.

Di ruang isolasi RSUD Karawang, dirinya membagikan semangat untuk tetap optimis di tengah pandemi. Melalui akun media sosial pribadinya, Asep meminta seluruh masyarakat agar tidak panik dengan kondisi dan situasi saat ini.

Selama dalam perawatan, ia menyebutkan terus berjuang melawan virus corona dengan pengawasan tim medis rumah sakit pemerintah itu.

Asep juga mengatakan, terpapar Covid-19 bukanlah aib, baik bagi pribadi maupun keluarga. Penyakit ini mampu dilawan dengan rasa percaya diri.

"Menjadi pengalaman berharga, kondisi semakin hari semakin membaik setelah menjalani perawatan," katanya, Jumat (3/4/2020).

Virus tersebut, katanya, akan mudah menjangkit jika orang dalam kondisi panik dan resah sehingga menimbulkan katakutan yang berlebih. Pada saat itu daya tahan tubuh menurun sehingga virus corona dengan mudah menjangkit.

"Jangan merasa kecemasan akut, karena bakal bikin stres akhirnya tubuh lemah imun turun, peluang bagi virus masuk dalam tubuh," katanya.

Untuk itu berdasarkan pengalamnya, ia menegaskan kalau imunitas tubuh kuat, tidak panik, maka akan menghambat virus corona masuk kedalam tubuh.

"Rasa takut yang ada saat itu manuasiawi karena kabarnya virus corona ini sangat mematikan. Namun sejak awal dinyatakan positif belajar ikhlas menghadapinya," katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Physical Distancing, Bimbel Ini Fasilitasi Belajar Online Gratis

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama physical distancing atau menjaga jarak antar satu dengan yang lain selama pandemi Corona atau Covid-19, beberapa sekolah di Indonesia, menghentikan proses belajar-mengajar tatap muka. Sebagai gantinya, siswa akan belajar di rumah secara online.

Pembelajaran jarak jauh atau remote learning juga telah terapkan berbagai sekolah. Untuk itu, EF Indonesia memotivasi seluruh masyarakat untuk terus dan tetap belajar, meskipun harus dilakukan di dalam rumah.

Oleh karena itu, bimbel ini menyediakan berbagai program pelajaran bahasa Inggris online yang bisa diakses di rumah secara gratis.

"Di situasi saat ini, kami harap berbagai program online gratis ini menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia untuk terus belajar, salah satunya untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Program ini tersedia dengan berbagai materi yang menarik untuk usia mulai dari anak hingga dewasa," kata Director of Corporate Affairs EF Indonesia, Juli Simatupang, Jumat (3/4/2020).

 

Program yang Bisa Diakses Gratis

Layanan dan program ini dapat diakses mulai dari sekarang untuk membantu proses belajar bahasa Inggris menjadi lebih baik. Ada lima program yang bisa diakses secara gratis di rumah, di antaranya EFolklore, Youtube Series, animasi cerita rakyat Indonesia berbahasa Inggris untuk usia 4-13 tahun.

Ada pula EF Adventure to Letterland yang menyediakan berbagai video materi pelajaran bahasa Inggris untuk usia 3-10 tahun. EF Junior English Test, rangkaian tes bahasa Inggris untuk siswa untuk usia 8-13 tahun.

Lalu ada EF English Standard Test (EFSET), rangkaian tes bahasa Inggris adaptif untuk mengukur kemampuan standar Bahasa Inggris, untuk usia 14+. Yang terakhir, EF English 24/7, aplikasi mobile gratis berisi pembelajaran bahasa Inggris melalui video yang merefleksikan kehidupan sehari-hari, untuk usia 18+, dapat diunduh melalui iOS dan Android.

Komitmen Mendukung Imbauan Pemerintah

Bimbel ini berharap fasilitas tersebut dapat membantu siswa-siswi untuk tetap bisa belajar dan mendapatkan pendidikan bahasa Inggris terbaik. 

"EF juga berkomitmen untuk sepenuhnya mendukung segala sesuatu yang terkait dengan inisiatif pemerintah, termasuk turut serta berpartisipasi dalam melakukan tindakan pencegahan yang tepat serta bersama-sama berjuang untuk mengatasi kondisi yang sulit seperti yang tengah kita hadapi saat ini," lanjut Juli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Terus Meningkat, Kasus Positif COVID-19 di Kanada Tembus 10 Ribu

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Layar berisi pesan pengendalian penyebaran virus corona COVID-19 terlihat di Jalan Tol Gardiner, Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)
Layar berisi pesan pengendalian penyebaran virus corona COVID-19 terlihat di Jalan Tol Gardiner, Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Layar berisi pesan pengendalian penyebaran virus corona COVID-19 terlihat di Jalan Tol Gardiner, Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Taman bermain yang ditutup terlihat di Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)
Taman bermain yang ditutup terlihat di Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Taman bermain yang ditutup terlihat di Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Taman bermain yang ditutup terlihat di Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)
Taman bermain yang ditutup terlihat di Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Taman bermain yang ditutup terlihat di Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Layar berisi pesan pengendalian penyebaran virus corona COVID-19 terlihat di Jalan Tol Gardiner, Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)
Layar berisi pesan pengendalian penyebaran virus corona COVID-19 terlihat di Jalan Tol Gardiner, Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

Layar berisi pesan pengendalian penyebaran virus corona COVID-19 terlihat di Jalan Tol Gardiner, Toronto, Kanada, Kamis (2/4/2020). Hingga Kamis (2/4/2020) pagi waktu setempat, Kanada melaporkan 10.132 kasus virus corona COVID-19 dengan jumlah kematian meningkat menjadi 127 jiwa. (Xinhua/Zou Zheng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Perpanjang Akses 2GB per Hari Gratis untuk Aplikasi Belajar di Rumah

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memperpanjang gratis akses internet 2GB per hari seiring dengan keputusan pemerintah untuk memperpanjang tanggap darurat guna menghindari penyebaran Covid-19.

Pelanggan XL Axiata, baik mereka yang menggunakan kartu XL, Axis, XL Prioritas, pelanggan korporasi XL Business Solution, dan internet rumah XL Home Wireless bisa memanfaatkan program ini. Rencananya, program ini berlaku mulai 1-14 April 2020.

Pengguna yang ingin mengaktifkan paket ini bisa mengakses aplikasi myXL, myXL Postpaid, atau Axisnet. Tak hanya memperpanjang masa gratis akses internet 2G per hari, XL juga menambah cakupan perguruan tinggi agar mahasiswanya bisa mengakses kuliah online, memanfaatkan program ini.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, dengan memperpanjang masa tanggap darurat, pemerintah juga memperpanjang masa belajar di rumah bagi para pelajar, begitu juga dengan kerja di rumah.

Tambah 7 Kampus

Ilustrasi work from home (Foto: Cisco)
Ilustrasi work from home (Foto: Cisco)

"Melalui program gratis 2GB per hari, XL Axiata terus berupaya mendukung usaha pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19. Kami harap fasilitas ini bisa dimanfaatkan dengan bijak untuk tetap produktif di masa harus tinggal di rumah," kata Dian, dalam keterangan resmi XL Axiata yang diterima Liputan6.com.

Ada 7 kampus tambahan yang diberikan akses materi kuliah online, yakni Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Tanjung Pura. Total, kini 14 kampus yang materi kuliah daringnya bisa diakses gratis melalui program ini.

Kuota gratis 2GB per hari ini bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau website seperti Udemy, Ruangguru, Zenius, Rumah Belajar, Kelas Pintar, Sekolah.mu, dan portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Manfaat tambahan lainnya adalah gratis akses ke hotline Covid-19: 112, 117, 119, dan portal www.covid-19.go.id, https://infeksiemerging.kemkes.go.id dan https://corona.jakarta.go.id.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Kuliner Daerah Tebet Nikmat, dari Legendaris Hingga Kekinian

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kuliner daerah Tebet sangat cocok bagi kamu yang sedang berada di daerah Jakarta Selatan. Tebet merupakan sebuah kecamatan di wilayah Jakarta Selatan. Tebet memiliki mobilitas tinggi dan tak pernah sepi dari hiruk pikuk.

Berdirinya pemukiman, fasilitas umum dan perkantoran di kawasan ini membuat munculnya kuliner daerah Tebet dengan beragam pilihan. Di sini kamu bisa puas kulineran setiap hari.

Di kuliner daerah Tebet kamu bisa menemukan beragam makanan yang memanjakan lidah. Kuliner daerah Tebet ini terdiri mulai dari kuliner Nusantara hingga kuliner kekinian.

Pilihan-pilihan kuliner daerah Tebet ini bisa kamu temukan dengan mudah di sepanjang jalan. Kuliner daerah Tebet tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Berikut kuliner daerah Tebet yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

Kuliner daerah Tebet

Pak Warmo membuka warteg legendaris ini pada tahun 1970 di salah satu persimpangan ramai bilangan Tebet.
Pak Warmo membuka warteg legendaris ini pada tahun 1970 di salah satu persimpangan ramai bilangan Tebet.

Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia merupakan tempat populer untuk menikmati nasi goreng di Tebet. Nasi Goreng Mafia dikenal dengan tambahan rempahnya yang khas. Mafia sendiri merupakan singkatan dari makanan favorit Indonesia.

Nama-nama menu nasi goreng di sini juga terbilang unik seperti Yakuza, Preman, Triad, Gangster, dan Godfather. Nasi Goreng Mafia juga bisa ditemukan di Bandung, Cimahi, Sukabumi, dan Cikampek.

Warteg Warmo

Warteg Warmo merupakan warteg legendaris di Ibu Kota Jakarta. Warteg ini sudah ada sejak 1970 dan masih eksis hingga saat ini. Warteg Warmo menyediakan berbagai macam makanan berat mulai dari tempe, tahu, hingga cumi. Warteg Warmo menjadi sangat terkenal karena kerap disambangi pejabat mulai dari menteri hingga presiden.

Kuliner daerah Tebet

ilustrasi soto/copyright Shutterstock
ilustrasi soto/copyright Shutterstock

Soto Daging Grebak Cak Anton

Tak jauh dari Warteg Warmo, kamu bisa menemukan Soto Daging Grebak Cak Anton. Di kedai soto yang telah dirintis sejak 1973 ini disediakan berbagai macam soto. Di antaranya ada soto daging, soto ayam, soto rawon, dan tak ketinggalan soto jeroan. Warung soto ini terkenal akan suara gebrakan di dalamnya. Suara ini berasal dari si peramu soto yang memukulkan sebuah alat yang terbuat dari kayu seperti botol ditambah perkakas lainnya.

Bakmi Berdikari Tebet

Jika kamu mencari menu chinese food, kamu bisa pergi ke Bakmi Berdikari. Rumah makan ini sudah terkenal akan kelezatannya. Di sini kamu bisa menemukan pilihan menu bakmi seperti Tom Yum, Mie bebek panggang, maylan, mie sapi lada hitam, Mie Hokkien, Mie ayam tim, dan masih banyak lagi.

Kuliner daerah Tebet

ilustrasi mie ayam/copyright by Shutterstock
ilustrasi mie ayam/copyright by Shutterstock

Tebet 39

Tebet 39 merupakan kafe yang menyajikan beragam menu mulai dari masakan nusantara, tionghoa, hingga barat. Kafe ini sering menjadi tempat nongkrong bagi anak muda. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan ramah bagi kaum muda.

Mie Ayam Bakso Yunus

Kuliner legendaris di Tebet lainnya adalah Mie Ayam Bakso Yunus. Warung mie ayam yang berada di Jl. Tebet Barat Dalam ini selalu tak pernah sepi pengunjung. Mie Ayam Bakso Yunus dikenal dengan mienya yang lembut dan kenyal serta daging ayamnya yang melimpah.

Kuliner daerah Tebet

ilustrasi ayam bakar/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi ayam bakar/photo copyright by Shutterstock

Bebek Kaleyo

Jika ingin menikmati olahan bebek, kamu bisa menuju Bebek Kaleyo yang ada di Jalan Lapangan roos No.49, Tebet Timur. Olahan bebek di Bebek Kaleyo terkenal dengan tekstur dagingnya yang empuk dan gurih. Bebek Kaleyo terkenal selalu ramai saat jam makan siang atau makan malam.

Ayam Bakar Mas Mono

Ayam Bakar Mas Mono berlokasi di Jalan Tebet Raya No, 72, Manggarai, Tebet. Ayam bakar di sini memiliki daging yang empuk dengan bumbu yang begitu meresap. Ayam Bakar Mas Mono dimulai dari usaha ayam bakar gerobak yang hingga kini berkembang menjadi restoran dengan beberapa cabang.

Kuliner daerah Tebet

Ilustrasi Bakso Credit: merdeka.com/shutterstock
Ilustrasi Bakso Credit: merdeka.com/shutterstock

Ayam Kremes Kraton

Selain ayam bakar, kamu juga bisa menikmati ayam kremes di daerah Tebet. Rumah makan ini berada di Jalan Tebet Barat Dalam No. 34, Tebet Barat. Di sini kamu bisa memilih ayam kremes dengan sambal ijo atau sambal terasi. Tak cuma ayam, di sini kamu juga bisa menemukan menu lain seperti bebek, nila, tahu, tempe, atau oseng.

Bakso Boedjangan Tebet Raya

Bakso Boedjangan merupakan kuliner daerah Tebet yang sangat populer. Ada beragam varian bakso yang tersedia mulai dari bakso urat, bakso keju, bakso pedas, bakso mozarella, atau bakso wagyu. Tak cuma bakso, kamu juga bisa menemukan menu lain seperti mie yamin, mie ayam, dan nadi goreng.

Bagi kamu pecinta pedas, kamu bisa memilih varian kuah seperti kuah rawon dan kuah taichan dengan level hingga 3. Bakso Boedjangan berada di Jalan Tebet Raya No. 58, Tebet Timur.

Kuliner daerah Tebet

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kopikina Tebet

Kopikina Tebet merupakan kafe terkenal yang ada di kawasan Tebet. Di sini kamu bisa memesan aneka kopi baik panas maupun dingin. Kopi-kopi yang ditawarkan pun beragam dan berasal dari berbagai daerah seperri Gayo, Toba, Baliem, Toraja, hingga Flores. Kopikina Tebet juga memiliki interior vitage yang bikin kamu makin betah nongkrong di kafe ini.

Uduk Bro

Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi yang tak boleh terlewatkan saat di Jakarta. Di Tebet kamu bisa menikmati nasi uduk dengan nuansa kekinian. Uduk Bro yang berada di Tebet Utara Dalam ini menyajikan nasi uduk dengan aneka lauk seperti ayam, bebek, lele, tempe, tahu, daging sapi, lalapan, orek, sayuran, dan banyak lagi. Nasi uduk di Uduk Bro ini juga memiliki nasi yang pulen dan gurih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Perkirakan Inflasi Minggu Pertama April di Angka 0,2 Persen

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada minggu pertama April 2020 sebesar 0,2 persen (mtm). Angka ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya yakni 0,07 persen pada minggu pertama bulan Maret 2020.

"Inflasi April 2020 sampai dengan minggu pertama diperkirakan sebesar 0,20 persen (mtm), lebih tinggi dari bulan sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi, Onny Wijanarko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (2/4/2020).

Sehingga secara tahun kalender sebesar 0,96 persen (ytd), dan secara tahunan sebesar 2,80 persen (yoy).

Penyumbang inflasi pada periode laporan antara lain berasal dari komoditas bawang merah 0,08 persen, emas perhiasan 0,07 persen, jeruk 0,05 persen, gula pasir 0,02 persen. Lalu tahu mentah, kangkung, tempe, bayam, beras, cabai rawit, air minum kemasan dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm).

Sementara itu, komoditas utama yang menyumbang deflasi yaitu cabai merah -0,09 persen, daging ayam ras -0,03 persen dan angkutan udara -0,01 persen.

BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan OJK untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Ini dilakukan untuk menentukan langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," tutup Onny.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

BPS: Inflasi Maret 2020 Turun Jadi 0,1 Persen

Pedagang bumbu masak merapikan dagangannya di sebuah pasar di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pada Maret 2020 terjadi inflasi sebesar 0,10 persen, salah satunya karena adanya kenaikan harga sejumlah makanan, minuman, dan tembakau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang bumbu masak merapikan dagangannya di sebuah pasar di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pada Maret 2020 terjadi inflasi sebesar 0,10 persen, salah satunya karena adanya kenaikan harga sejumlah makanan, minuman, dan tembakau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama bulan Maret 2020 sebesar 0,10 persen. Lebih rendah dari inflasi Februari sebesar 0,28 persen. Sementara, inflasi tahun kalender sebesar 0,76 persen dan inflasi tahun ke tahun 2,96 persen.

"Inflasi selama bulan Maret 2020 sebesar 0,10 persen. Inflasi tahun kalender 0,76 persen . Inflasi tahun ke tahun 2.96 persen ," kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Rabu (1/4/2020).

Suhariyanto mengatakan dari 90 kota indeks harga konsumen (IHK), 43 kota mengalami inflasi dan 47 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Lhokseumawe 0,64 persen dan terendah di Surabaya, Surakarta dan Pekanbaru sebesar 0,01 persen.

Sementara itu, kota yang mengalami deflasi tertinggi di Timika -1,91 persen dan deflasi terendah di Tanggerang sebesar -0,01 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melawan Covid-19 dengan Ilustrasi ala Mahasiswa ITS

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya Departemen Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DKV ITS) menantang para mahasiswa untuk membuat karya ilustrasi bertema Solidaritas Melawan Covid-19. Karya-karya dari 58 mahasiswa DKV tersebut juga dipublikasikan melalui media sosial Instagram, sehingga diharapkan bisa dinikmati dan menginspirasi banyak orang untuk membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Rabendra Yudistira Alamin, dosen DKV ITS mengatakan, ide untuk membuat karya ilustrasi mengenai Covid-19 ini bermula ketika Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membutuhkan sebuah inovasi baru untuk mengedukasi masyarakat terutama sosialisasi dalam melawan Covid-19. 

"Karena itu, saya dan dosen DKV lainnya berinisiatif untuk menggunakan karya ilustrasi mahasiswa DKV ITS sebagai media edukasinya," ujarnya, Jumat (3/4/2020). 

Rabendra menjelaskan bahwa ilustrasi yang digunakan sebagai media edukasi Covid-19 ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Ilustrasi Konseptual yang diampu bersama rekan dosen Nugrahardi Ramadhani di DKV ITS. Mata kuliah ini memiliki kebiasaan untuk menyinkronkan tugas perkuliahan dengan kondisi terkini. 

"Setiap tahunnya kami berusaha menggunakan topik yang relevan dan untuk tahun ini topiknya Covid-19," ucap Rabendra.

Ia berharap supaya karya-karya dari mahasiswa ITS ini dapat diapresiasi oleh masyarakat secara luas dan juga pesan-pesan positif yang diusung dapat memberikan pengaruh positif. 

"Walaupun kami bukan dokter atau aparat berwenang, tapi kami juga ingin mengambil peran melalui apa yang kami bisa, yaitu menyampaikan pesan positif melalui bahasa visual," kata Rabendra.

 

 

Sarat Pesan

Departemen Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DKV ITS) menantang para mahasiswanya untuk membuat karya ilustrasi bertema Solidaritas Melawan Covid-19. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Departemen Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DKV ITS) menantang para mahasiswanya untuk membuat karya ilustrasi bertema Solidaritas Melawan Covid-19. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Salah satu mahasiswa DKV ITS angkatan 2018, Adhec Saputra menguraikan, karya ilustrasi yang dibuat olehnya berdasarkan keresahan terhadap perilaku remaja di Indonesia yang masih belum peduli dengan penyebaran Covid-19 ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemuda yang merasa tidak akan terjangkit oleh virus ini. 

"Oleh karena itu, ilustrasi yang saya buat bertujuan untuk mengubah pola pikir mereka mengenai hal itu," jelas Adhec.

Mahasiswa yang berasal dari Trenggalek ini juga menambahkan konsep dari ilustrasinya menyesuaikan dengan kehidupan para remaja, yaitu bertemakan semi romantis dengan menggunakan warna yang menarik dan bahasa yang mudah dimengerti. 

"Dan juga di ilustrasinya, saya gambarkan hal apa saja yang bisa dilakukan di rumah agar tetap produktif," tutur mahasiswa kelahiran tahun 1999 ini.

Sama halnya dengan Adhec, Dandy Anugrah Cahyadi menjelaskan bahwa konsep dari karya ilustrasinya berbentuk cerita bersambung yang berjudul A Journey to Against Covid-19. Adapun cerita bersambung ini menceritakan usaha-usaha apa saja yang bisa dilakukan seseorang untuk mengalahkan virus tersebut. 

"Tentunya hal ini bertujuan agar pesan yang disampaikan lebih interaktif dan menyasar semua kalangan," kata Dandy, sapaan akrabnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Potret Tunawisma Las Vegas di Tengah Pandemi COVID-19

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para tunawisma di Las Vegas, Amerika Serikat, mulai merasakan dampak wabah COVID-19. Mereka dipindah setelah sebelumnya ditemukan satu kasus yang menjangkiti pria di penampungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rica Andriani Gembok Akun Instagram, Gara-Gara Heboh Berita Suami Dimutasi?

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamis (2/4/2020) kemarin, selebgram Rica Andriani membuat keputusan mengejutkan. Rica Andriani menggembok akun Instagram terverifikasi miliknya. Showbiz Liputan6.com mendapati fakta ini pada Kamis jelang malam.

Akun Instagram terverifikasi Rica Andriani digembok hanya beberapa jam setelah kabar suaminya, Fahrul Sudiana, dimutasi viral di jagat maya. Fahrul Sudiana dimutasi dari jabatan Kapolres Kembangan Jakarta Barat menjadi Analis Kebijakan Polda Metro Jaya.

Kompol Fahrul Sudiana dimutasi lantaran dinilai melanggar Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 soal Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) tertanggal 19 Maret 2020.

Maklumat Kapolri

Rica Andriani dan Fahrul Sudiana. (Foto: Instagram @ricaandriani)
Rica Andriani dan Fahrul Sudiana. (Foto: Instagram @ricaandriani)

Maklumat Kapolri ini salah satunya mengatur pembumbaran kerumunan massa untuk mencegah meluasnya wabah virus Corona Covid-19 di Indonesia. Kabar suami Rica Andriani dimutasi telah dikonfirmasi oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. 

Konfirmasi kepada Awak Media

Rica Andriani dan Fahrul Sudiana. (Foto: Instagram @ricaandriani)
Rica Andriani dan Fahrul Sudiana. (Foto: Instagram @ricaandriani)

"Berdasarkan perintah Kapolda Metro Jaya sejak hari ini yang bersangkutan (Kompol Fahrul Sudiana -red.) dimutasikan ke Polda Metro Jaya sebagai Analis Kebijakan," ujar Yusri Yunus lewat keterangan pers yang diterima awak media.

Belum Berikan Pernyataan

Hingga kini, Rica Andriani belum memberikan pernyataan apa pun terkait mutasi sang suami dan penggembokan akun Instagram. Seperti diketahui, Rica Andriani dan Fahrul Sudiana menggelar akad nikah dan resepsi di Jakarta pada 21 Maret 2020, yang dihadiri keluarga dan kerabat terdekat.

 

Pernikahan di Hotel Bintang Lima

Resepsi pernikahan digelar di hotel bintang lima di kawasan elit Senayan Jakarta. Kesan mewah dalam pernikahan itu menguat saat Rica Andriani tampil mengenakan kebaya putih karya perancang busana Asky Febrianti dan siger buatan Rinaldy A Yunardi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye #BelanjaDariRumah, Langkah Paling Aman Selama Masa Social Distancing

Posted: 03 Apr 2020 01:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi COVID-19 dan social distancing saat ini, pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan pangan menjadi salah satu tantangan terbesar. Jika biasanya masyarakat berbelanja di pasar swalayan maupun tradisional, maka kini belanja online menjadi cara paling aman untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan belanja.

Memahami betapa pentingnya pemenuhan kebutuhan rumah tangga sehari-hari secara aman, terjangkau, serta melindungi konsumen dan para pedagang, aplikasi belanja online Shopee sejak tanggal 18 Maret 2020 lalu telah menghadirkan kampanye #BelanjaDariRumah. Kampanye ini juga menjadi bagian dari langkah Shopee untuk mendukung kebijakan pemerintah untuk social distancing selama pandemi COVID-19.

Tidak hanya menghadirkan kampanye tersebut, melihat angka positif virus corona yang mengkhawatirkan, Shopee juga ikut turun tangan dalam memberikan bantuan bagi yang membutuhkan. Beberapa waktu lalu, Shopee bekerja sama dengan Yayasan Benih Baik, mendonasikan Rp 1 Miliar untuk Palang Merah Indonesia. Donasi tersebut akan digunakan untuk memberikan masker dan hand sanitizer bagi yang paling membutuhkan. Pengguna setia Shopee juga diajak untuk berdonasi untuk melawan pandemi corona dengan memanfaatkan fitur donasi masker di dalam aplikasinya.

Dalam menjalankan kampanye #BelanjaDariRumah, Shopee juga mengupayakan agar produk-produk dijual dengan harga yang wajar dan pesanan dapat diterima konsumen dengan tepat waktu. Hal ini juga termasuk menindak tegas para penjual yang menjual barang-barang yang tidak sesuai dengan standar kualitas maupun harga yang berlaku. Beberapa waktu lalu, ribuan penjual yang dengan sengaja menaikkan harga masker dengan nominal yang tidak masuk akal telah diblokir, dan di aplikasi Shopee pun pengguna bisa menemukan sosialisasi tentang virus corona sekaligus informasi terkini seputar penyebaran virus ini.

Shopee juga bergandengan tangan dengan para pejuang #BelanjaDariRumah, yaitu penjual, agen gudang, hingga pengantar barang, untuk memberikan pelayanan terbaik, memastikan ketersediaan barang-barang kebutuhan masyarakat, serta mengirimkannya dengan aman, bersih, dan tepat waktu. Semua hal tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen Shopee dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi para penggunanya.

Puncak Kampanye #BelanjaDariRumah

Shopee 4.4 #BelanjaDariRumah.
Shopee 4.4 #BelanjaDariRumah.

Besok, pada tanggal 4 April 2020, akan tiba puncak kampanye #BelanjaDariRumah, di mana masyarakat bisa memanfaatkan promo paling spesial yang diberikan oleh Shopee. Khusus hari tersebut, kamu bisa menikmati Gratis Ongkir minimal belanja Rp 0 dan Diskon sampai dengan 90%! Penawaran khusus tanggal 4 April ini tentunya akan sangat berguna untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. Terlebih karena selama masa pandemi virus corona, harga-harga beberapa barang meningkat drastis dan terjadi kelangkaan di pasaran.

Di esok hari, pengguna bisa memenuhi kebutuhan sekaligus membeli barang impian dengan memanfaatkan promo gratis ongkir tanpa minimal belanja serta harga yang spesial. Tentunya tidak perlu khawatir akan keterbatasan stok barang karena Shopee selalu memastikan agar produk-produk yang dibutuhkan selalu tersedia. Mulai dari makanan segar, gadget dan paket data untuk menunjang pekerjaan selama work from home, perangkat gaming untuk hiburan selama di rumah, hingga multivitamin, obat, dan suplemen yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Agar puncak kampanye ini semakin berkesan, Shopee juga akan menghadirkan program spesial #BelanjaDariRumah di Shopee LIVE dan GTV pada tanggal 4 April besok! Program ini akan dilangsungkan pada pukul 12.00 sampai dengan 13.00 WIB. Tentunya dalam acara tersebut akan ada berbagai kejutan spesial yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, saat jam makan siang tiba, jangan lupa saksikan keseruannya di Shopee LIVE dan GTV, ya!

Sebagai aplikasi belanja online terdepan, kepuasan pengguna dalam berbelanja menjadi fokus utama Shopee. Promo-promo spesial yang ada dalam puncak #BelanjaDariRumah tanggal 4 April besok dapat sangat membantu masyarakat yang kini tengah menerapkan social distancing, serta memudahkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Oleh karena itu,  jangan lupa akses #ShopeeDariRumah, serbu promo Gratis Ongkir minimal belanja Rp 0 dan Diskon sampai dengan 90%, serta saksikan program spesial #BelanjaDariRumah!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Ingin BUMN Tak Lagi Salurkan Subsidi

Posted: 03 Apr 2020 12:55 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan perusahaan milik negara tak lagi mengurusi subsidi. Subsidi nantinya akan langsung diberikan kepada rakyat.

"Policy ke depan kita ingin BUMN sudah tidak terima subsidi, subsidinya biar langsung ke rakyat," ujar Erick di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Erick melanjutkan, ke depan BUMN nantinya akan fokus mengurusi bisnis. "Ini bagian transparan juga supaya perusahaan BUMN jadi korporasi yang benar-benar korporasi," paparnya.

Beberapa perusahaan yang sedang dikaji untuk tak lagi mengurus subsidi adalah PLN, Pertamina dan Pupuk. Rencana pengalihan subsidi ini masih dimatangkan bersama kementerian terkait termasuk Kementerian Keuangan.

"Habis ini terus terang yang kita pelajari Pupuk. Kemarin untuk PLN, untuk energi seperti minyak, elpiji kita ada kesepakatan dengan Menteri Keuangan. Tapi biar Menteri Keuangan, itu domain beliau," jelasnya.

Kebijakan baru di BUMN ini dimungkinkan bisa langsung diterapkan pada awal tahun depan. "Mungkin awal tahun depan, atau akhir tahun ini atau pertengahan tahun silakan tapi policy-nya seperti itu," jelasnya.

 

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Hilangkan Manipulasi Laporan Keuangan

Menteri BUMN Erick Thohir (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri BUMN Erick Thohir (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Erick melanjutkan, kebijakan subsidi langsung tersebut juga akan mengubah paradigma pimpinan perusahaan pelat merah maupun kementerian. Langkah tersebut, kata dia salah satu cara mengantisipasi kegiatan pemolesan laporan keuangan (window dressing).

"Ini juga bagian mengubah paradigma pimpinan direksi BUMN dan kementerian jangan buku-buku ini menjadi grey area. Yang akhirnya mohon maaf, tadi ada yang namanya window dressing," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Ikut Berdayakan Petani Indonesia Lewat TaniGroup

Posted: 03 Apr 2020 12:54 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah penyebaran wabah Covid-19, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya meminimalkan dampak risiko terhadap pelaku UMKM khususnya para petani. Lewat anak perusahaan BRI yakni  BRI Ventures, perusahaan ikut menyuntik investasi startup bidang pertanian (agritech) yaitu TaniGroup lewat penyertaan modal. Tambahan dana investasi akan digunakan untuk memperluas layanan dan cakupan operasional TaniGroup sehingga akan lebih banyak petani, pelaku UMKM di bidang pertanian, maupun customer yang memanfaatkan platform TaniGroup.

TaniGroup bergerak dalam dua lini utama, TaniHub yakni e-commerce yang menghubungkan petani langsung dengan pembeli, sementara itu TaniFund bergerak di bidang digital lending platform atau peer to peer lending yang menyediakan sarana pembiayaan bagi petani untuk mengembangkan usahanya.

"Kami melihat TaniGroup berperan penting dalam memberdayakan para petani. Lewat platform digital, sekarang ini petani  bisa menjual produk langsung ke end user tanpa perantara dengan akses yang jauh lebih luas. Hal ini sejalan dengan semangat BRI untuk memberdayakan pelaku UMKM salah satunya para petani," jelas Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto lewat siaran pers.

Sebelumnya, Bank BRI telah bekerja sama dengan TaniGroup untuk memberikan layanan perbankan. Layanan ini antara lain online acquiring yang memudahkan pembeli/customer bertransaksi menggunakan BRI virtual account (BRIVA), e-pay BRI, maupun kartu kredit. Sejalan dengan semangat physical distancing, dengan adanya layanan tersebut para pembeli/customer TaniGroup dapat menikmati produk-produk BRI untuk berbelanja dari rumah lebih mudah dengan limit yang lebih besar. Tak hanya itu, untuk mengelola keuangan perusahaan, Bank BRI memfasilitasi TaniGroup untuk penyediaan Cash Management System (CMS) dan Giro untuk penampungan transaksi online.

"Dengan berbagai dukungan layanan keuangan BRI untuk TaniGroup, kami berharap dapat ikut serta mengembangkan sektor pertanian terutama memberikan added value untuk para petani di Indonesia," pungkas Amam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN: Tak Semua Pelanggan Listrik 900 VA Dapat Diskon

Posted: 03 Apr 2020 12:53 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Dirut PLN Dermawan Prasojo mengatakan tidak semua pelanggan listrik PLN 900 VA bisa menikmati tagihan listrik 50 persen. Hanya pelanggan bersubsidi yang mendapatkan keringanan tarif listrik akibat wabah virus corona.

"Sekali lagi saya tekankan, bahwa 900 VA ini untuk yang R1 khusus yang bersubsidi," kata Dermawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (2/4/2020).

"Jangan khawatir, nanti rekening listriknya dibayar 50 persen di akhir bulan," sambung dia.

Sementara itu untuk pelanggan prabayar akan diberikan token gratis. Besarannya 50 persen dari pemakaian listrik tertinggi selama 3 bulan terakhir.

"Jadi ini senario pelaksanaannya," kata dia.

 

Hanya Ada 7 Juta Pelanggan

Meteran listrik terlihat di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) 900 VA pada 1 Januari 2020, kenaikan tarif listrik diperkirakan mencapai Rp29.000 per bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Meteran listrik terlihat di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) 900 VA pada 1 Januari 2020, kenaikan tarif listrik diperkirakan mencapai Rp29.000 per bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dermawan mengatakan hanya ada 7 juta pelanggan dengan listrik 900 VA yang berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Bagi pelanggan dengan listrik 450 VA semua digratiskan selama tiga bulan. Terhitung bulan April, Mei dan Juni.

Sementara itu untuk pelanggan prabayar atau menggunakan token, tiap bulannya PLN akan memberikan token gratis. Jumlahnya sesuai dengan pemakaian tertinggi selama 3 bulan terakhir (misalnya pemakaian tertinggi di antara bulan Januari, Februari dan Maret).

"Jadi yang tertinggi selama 3 bulan terakhir," kata Dermawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil: Jabar Bisa Kewalahan atasi Covid 19 Jika di Jakarta Masih Mudik

Posted: 03 Apr 2020 12:53 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengaku khawatir dengan para pemudik yang datang ke wilayahnya karena banyak yang tak sehat.

"Kenyataannya, banyak yang tidak sehat Pak Wapres saya laporkan. Kemarin di Ciamis ada lansia sekarang positif Covid di Ciamis gara-gara didatangi anaknya dari Jakarta. Sebelum anaknya sakit, dia sakit tapi masih bisa di manage tanpa ke rumah sakit. Salah satunya itu," kata Emil saat melaporkan penanganan corona atau Covid-19 ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin melalui teleconference, Jumat (3/4/2020).

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga mendapati hal serupa di Bandung seorang suami kedapatan istrinya positif Covid-19.

"Saya tanya apa pola kerjanya? Dia jawab istri saya kerjanya di Jakarta. Kemarin karena diliburkan dia pulang. Dia bergejala, pas di tes positif pak," jelasnya.

Menurut dia, cerita-cerita ini bisa membuat Jabar kewalahan dengan para pemudik dari Jakarta.

"Dua cerita ini Pak Wapres menunjukkan bahwa jika mudik ini tidak kita tahan, kami di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogya, pasti kewalahan luar biasa karena pulangnya itu ke pelosok-pelosok pak," kata Ridwan Emil.

Jangan Mudik

Dia pun memamparkan peta di Jabar, bahwa banyak yang lansia. Apalagi, mayoritas yang mudik adalah usianya milenial.

"Saya sedang kampanye sekarang, milenial jangan pulang, jika sayang orang tuamu, kakek nenekmu jangan pulang, tinggal di Jakarta dan sekitarnya Kira-kira begitu," ujarnya.

Emil mengaku sedang mengkampanyekan jangan mudik karena akan ada intensif dua. Satu, libur mudik diganti di bulan lain, kemudian penghasilan dibantu.

"Kalau KTP DKI oleh Pak Anies, kalau perantau tidak ber KTP DKI dibantu Pak Jokowi, oleh Bapak lewat pemerintah pusat," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Kasual Icha Nabilah Pemeran Shiren dalam Kisah Cinta Anak Tiri

Posted: 03 Apr 2020 12:50 AM PDT

Selain menjadi seorang pesinetron dalam judul yang dibintangi Aditya Zoni dan Zoe Abbas Jackson. Ia pun kerap mengunggah aktivitasnya saat proses syuting sinetron tersebut. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)
Selain menjadi seorang pesinetron dalam judul yang dibintangi Aditya Zoni dan Zoe Abbas Jackson. Ia pun kerap mengunggah aktivitasnya saat proses syuting sinetron tersebut. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Selain menjadi seorang pesinetron dalam judul yang dibintangi Aditya Zoni dan Zoe Abbas Jackson. Ia pun kerap mengunggah aktivitasnya saat proses syuting sinetron tersebut. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Memiliki paras cantik, perempuan kelahiran Jakarta ini pun juga menjadi seorang model. Ia pun beberapa kali mengunggah potretnya saat menjadi model dalam berbagai produk di media sosial Instagramnya. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)
Memiliki paras cantik, perempuan kelahiran Jakarta ini pun juga menjadi seorang model. Ia pun beberapa kali mengunggah potretnya saat menjadi model dalam berbagai produk di media sosial Instagramnya. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Memiliki paras cantik, perempuan kelahiran Jakarta ini pun juga menjadi seorang model. Ia pun beberapa kali mengunggah potretnya saat menjadi model dalam berbagai produk di media sosial Instagramnya. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Tak hanya cantik, Icha Nabilah pun memiliki gaya berpakaian yang menarik. Penampilannya pun kerap mencuri perhatian para penggemarnya. Baik itu perempuan maupun laki-laki yang turut menjadi pengikutnya di media sosial Instagram. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)
Tak hanya cantik, Icha Nabilah pun memiliki gaya berpakaian yang menarik. Penampilannya pun kerap mencuri perhatian para penggemarnya. Baik itu perempuan maupun laki-laki yang turut menjadi pengikutnya di media sosial Instagram. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Tak hanya cantik, Icha Nabilah pun memiliki gaya berpakaian yang menarik. Penampilannya pun kerap mencuri perhatian para penggemarnya. Baik itu perempuan maupun laki-laki yang turut menjadi pengikutnya di media sosial Instagram. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Icha yang suka berpenampilan kasual ini kerap menambahkan topi seperti bucket hat dan kacamata fashion yang membuat penampilannya makin cantik. Namun penampilannya saat memakai kaos pun tak kalah menarik. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)
Icha yang suka berpenampilan kasual ini kerap menambahkan topi seperti bucket hat dan kacamata fashion yang membuat penampilannya makin cantik. Namun penampilannya saat memakai kaos pun tak kalah menarik. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

Icha yang suka berpenampilan kasual ini kerap menambahkan topi seperti bucket hat dan kacamata fashion yang membuat penampilannya makin cantik. Namun penampilannya saat memakai kaos pun tak kalah menarik. (Liputan6.com/IG/@ichanabilahh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Social Distancing: Kurangi Penyebaran Corona Covid-19 Hingga Perbaiki Keuangan

Posted: 03 Apr 2020 12:50 AM PDT

Jakarta - Masyarakat harus ikut serta dalam menghentikan penyebaran virus corona di Indonesia. Penyebarannya yang masif dari manusia ke manusia menyebabkan adanya imbauan untuk social distancing.

Imbauan Pemerintah untuk social distancing perlu dipertimbangkan masyarakat agar tidak tertular virus corona. Banyak di antaranya yang tidak menghiraukan imbauan ini lantaran dianggap tidak ada hal yang dapat dilakukan di rumah.

Perlu diketahui, berikut beberapa manfaat social distancing yang dapat Anda peroleh, seperti dirangkum oleh Merdeka.com.

1. Social distancing adalah imbauan yang dilakukan dengan tujuan utamanya dapat mengurangi risiko penyebaran virus corona covid-19. Sebab, satu cara penularan virus corona adalah dengan droplets yang secara tidak sadar dapat dikeluarkan oleh orang lain di sekitar.

Tidak hanya itu, melakukan interaksi dan bahkan bersentuhan dengan orang lain pun dapat menjadi salah satu penyebab dari penularan virus corona covid-19 tersebut. Maka dari itu, dengan melakukan social distancing pada saat ini adalah tindakan yang tepat.

2. Melakukan social distancing berarti Anda dapat melakukan segala rutinitas Anda dari rumah. Dengan begitu, secara tidak langsung kondisi finansial Anda akan jauh lebih dapat diatur.

Sebab, Anda dapat menekan pengeluaran yang selama ini mendukung rutinitas Anda di luar rumah. Pengeluaran yang dapat ditekan pada saat Anda melakukan social distancing adalah biaya transportasi, makan siang, dan lain sebagainya.

Dengan berdiam diri di rumah, maka Anda dapat menekan pengeluaran sehingga manajemen keuangan akan dapat diperbaiki secara efektif.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Menekan Polusi

Banner Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Foto: Dok. Freepik)
Banner Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Foto: Dok. Freepik)

Banyak aktivitas manusia di bumi yang menyebabkan polusi udara, suara, hingga air sehingga dapat menyebabkan masalah lingkungan seperti pemanasan global di seluruh dunia.

Dengan adanya imbauan social distancing, maka aktivitas manusia yang menyebabkan polusi dapat berkurang dengan drastis. Sebab, segala aktivitas yang dapat dikerjakan dari rumah mampu mengurangi rutinitas manusia yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan polusi antara lain penggunaan bahan bakar fosil sebagai akibat dari tingginya mobilitas manusia untuk beraktivitas di luar rumah.

Tidak hanya itu, penggunaan lampu dan listrik yang sangat besar pada pusat perbelanjaan, kantor, dan tempat wisata juga dapat menyumbang polusi yang tinggi.

Lebih Dekat dengan Orang Terdekat

Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Keluarga (iStockphoto)

Social distancing membuat waktu untuk beraktivitas di rumah menjadi lebih panjang. Hal tersebut dapat menjadi momen yang tepat untuk mengisi waktu bersama orang terdekat di rumah.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang positif bersama keluarga seperti melakukan olahraga bersama hingga membersihkan perabot rumah bersama.

Pastikan anggota keluarga yang berada di rumah tetap sehat sehingga tidak terjadi penularan virus corona. Apabila salah satu anggota keluarga mengalami gejala, segera lakukan isolasi diri di ruang terpisah dari anggota keluarga yang lain.

Waktu untuk Hobi

Komunitas Urban Farming Jakarta: Ajak masyarakat berkebun di rumah. (Fimela.com/Adrian Putra)
Komunitas Urban Farming Jakarta: Ajak masyarakat berkebun di rumah. (Fimela.com/Adrian Putra)

Selama di rumah, maka Anda akan memiliki waktu yang lebih. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hobi yang selama ini tertunda akibat dari kesibukan Anda.

Bila perlu, eksplor hobi baru agar otak Anda terus berkembang secara positif. Gali hobi baru Anda seperti pada bidang musik, kepenulisan, olahraga, seni, dan lain-lain. Selain mendapatkan hobi baru, Anda juga dapat mengasah kreativitas.

Pola Tidur

Ilustrasi anak tidur. (dok. unsplash/@anniespratt)
Ilustrasi anak tidur. (dok. unsplash/@anniespratt)

Manfaat lain yang dapat diperoleh selama social distancing adalah Anda dapat memperbaiki pola tidur yang selama ini kurang teratur. Pada saat social distancing, hindari untuk tidur terlalu lama.

Sebab, hal tersebut justru akan menimbulkan masalah kesehatan seperti peningkatan kadar gula darah hingga diabetes. Maka dari itu, istirahat di dalam rentang waktu yang normal yakni 7-8 jam per hari.

Waktu untuk Olahraga

Selain lari, ini beberapa olahraga yang mudah dilakukan setiap hari. Yuk, coba di rumah! (Sumber Foto: shutterstock.com)
Selain lari, ini beberapa olahraga yang mudah dilakukan setiap hari. Yuk, coba di rumah! (Sumber Foto: shutterstock.com)

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang sering melakukan aktivitas fisik. Dengan melatih tubuh melalui olahraga, maka sistem daya tahan tubuh perlahan juga akan meningkat.

Dengan melakukan social distancing, Anda dapat memiliki waktu lebih untuk berolahraga. Mungkin selama ini Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga dikarenakan rutinitas yang memaksa Anda untuk meninggalkan olahraga.

Padahal, olahraga adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Bersantai

ilustrasi perempuan santai/copyright By Maridav (Shutterstock)
ilustrasi perempuan santai/copyright By Maridav (Shutterstock)

Waktu yang selama ini lebih banyak digunakan untuk beraktivitas di luar rumah akan lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Anda dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan relaksasi.

Relaksasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melakukan perawatan diri maupun menonton film. Kegiatan ini pun juga dapat dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga.

Namun, pastikan seluruh anggota keluarga sehat terlebih dahulu sebelum menghabiskan waktu bersantai bersama di rumah.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika Anda melakukan social distancing guna menekan laju penyebaran virus corona.

 

Sumber: Merdeka.com

Disadur dari: Merdeka.com (Mutia Anggraini, published 2/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Baleg DPR: Buruh Minta Audiensi soal Omnibus Law Cipta Kerja

Posted: 03 Apr 2020 12:48 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Badan Legislasi DPR Supratman Andi Agtas menjamin keterbukaan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja. Supratman mengatakan, sudah banyak kelompok buruh yang meminta untuk audiensi.

"Justru yang paling banyak meminta audiensi adalah serikat pekerja (buruh)," ujar Supratman di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Supratman berjanji akan memenuhi permintaan para kelompok buruh untuk audiensi. Baleg segera menyusun jadwal dan mekanisme audiensi pada Senin, 6 April 2020 mendatang.

"Kami di Baleg sudah menjanjikan akan bertemu dengan teman-teman serikat pekerja. Senin yang akan datang kami menyusun jadwal dan mekanisme uji publiknya. Termasuk dengan teman-teman media untuk meliput. Media harus mengawal ini," kata Politikus Gerindra itu.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Undang Semua Kelompok Buruh

Supratman tak menyebut kelompok buruh mana saja yang meminta audiensi. Dia mengatakan, ada beberapa kelompok buruh yang pernah melakukan audiensi dengan DPR. Dia menuturkan, semua kelompok buruh akan diundang kembali ke DPR.

"Semuanya. Ada yang sudah pernah audiensi tapi akan kita undang lagi. Ada yang blom sempat dilakukan. Jadi semua kelompok pekerja akan kita undang untuk didengar aspirasinya," kata Supratman.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Gangguan, Token Listrik Gratis via WhatsApp Bisa Diakses Normal pada 6 April 2020

Posted: 03 Apr 2020 12:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) akan membebaskan tagihan listrik bagi golongan pelanggan 450 VA selama tiga bulan ke depan. Selain itu, PLN juga memberikan diskon 50 persen untuk tagihan listrik pada golongan 900 VA bersubsidi.

Para pengguna listrik prabayar (token) untuk golongan 450 VA dan 900 VA bisa mengakses kode voucher untuk mendapat potongan harga lewat berbagai media, salah satunya WhatsApp.

Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kode voucher bisa didapatkan melalui WhatsApp dengan cara mengontak 08122123123 yang merupakan nomor layanan PLN di aplikasi tersebut.

"Di situ ketik apa saja, langsung akan mendapatkan balasan kemudian dimasukan id pelanggan. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter untuk dapatkan gratis atau diskon," tutur dia dalam sesi teleconference, Jumat (3/4/2020).

Namun, ia mendapat laporan bahwa sejumlah pelanggan mengeluh kesulitan mendapat token listrik gratis via WhatsApp lantaran nomor yang tertera tidak memberikan respons.

Menurutnya, itu disebabkan server WhatsApp yang saat ini sedang dalam masa perbaikan.

Darmawan pun meminta pelanggan bersabar, dan menargetkan layanan PLN via WhatsApp akan dapat mulai beroperasi normal pada Senin pekan depan.

"Itu bukan dari PLN, tapi dari WhatsApp yang lagi upgrade aplikasinya. Makanya nomor WhatsApp itu Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin, tapi saat ini masih dalam perbaikan dari server WhatsApp dan Facebook," terangnya.

 

Akses Lain

Warga memeriksa meteran listrik di kawasan Matraman, Jakarta, Kamis (2/4/2020). Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menggratiskan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen bersubsidi 900 VA. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga memeriksa meteran listrik di kawasan Matraman, Jakarta, Kamis (2/4/2020). Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menggratiskan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen bersubsidi 900 VA. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain di WhatsApp, konsumen juga bisa mengakses situs resmi www.pln.co.id untuk mendapat kode voucher listrik gratis. Dalam website tersebut, konsumen bisa masuk ke dalam menu Pelanggan, lalu memilih submenu Stimulus Covid Pelanggan.

"Masukan id pelanggan atau nomor meternya, kemudian masuk ke nomor listrik gratis. Begitu token listrik gratis didapatkan, masukan ke kWh meter agar dapat gratisan atau diskonnya," imbuh dia.

Namun begitu, ia memperingatkan, tak semua pengguna listrik bisa mendapat kode voucher tersebut, khususnya bagi pelanggan untuk golongan 900 VA.

Darmawan menghimbau konsumen golongan 900 VA untuk lebih dulu mengecek struk pembelian token yang dimilikinya.

"Pertama, mohon lihat struknya pada saat membeli token. Jika di sana kodenya ada R1M, artinya mampu, itu berarti meski 900 VA tapi mohon maaf saat ini tidak eligible untuk dapatkan diskonnya," ujar Darmawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Covid-19, Masyarakat Bisa ke Dokter Gigi dengan Syarat Ini

Posted: 03 Apr 2020 12:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona Covid-19 juga berdampak kepada aktivitas masyarakat dalam memeriksakan kesehatan gigi mereka. Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Drg. Sri Hananto Seno menghimbau masyarakat batasi pemeriksaan ke dokter gigi, meski tidak dilarang.

Dia mengimbau masyarakat periksa gigi hanya dalam kondisi darurat saja di suasana corona covid-19.Hal ini juga terkait dengan keamanan baik dokter serta pasien itu sendiri.

"Saat ini masyarakat masih boleh berobat ke dokter gigi, diimbau hanya kasus-kasus emergensi. Serta, dokter gigi harus menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) Level 3," kata Seno dalam keterangannya kepada Health Liputan6.com pada Kamis malam, ditulis Jumat (3/4/2020).

"Kasus-kasus yang sifatnya elektif untuk ditunda terlebih dahulu dan bila tidak bisa diatasi di klinik (kasusnya sulit atau APD tidak standar) maka dapat dirujuk ke RS yang memiliki APD dokter gigi yang lebih lengkap," Seno menambahkan.

 

Menjaga Keamanan Pasien dan Dokter Gigi

 

Seno mengatakan, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk melindungi dokter gigi dan pasien dari penularan COVID-19.

"Karena kita tidak tahu lagi pasien yang datang ke praktik dokter gigi itu statusnya ODP (Orang dalam Pemantauan) atau PDP (Pasien dalam Pengawasan) atau OTG (Orang Tanpa Gejala) atau pembawa tersembunyi," tambahnya. Maka dari itu, kewaspadaan menjadi hal yang sangat penting di sini.

PDGI sendiri telah mengeluarkan surat edaran kepada para dokter gigi di Indonesia lewat Ketua PDGI cabangnya masing-masing, serta tata laksana praktik di tengah pandemi COVID-19.

Seno pun juga meminta agar baik dokter gigi dan masyarakat tetap mematuhi imbauan pemerintah serta organisasi profesi.

Disadur dari kanal health Liputan6.com (Giovani Dio,published 3/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Gandeng Gojek Lancarkan Distribusi Bahan Pangan

Posted: 03 Apr 2020 12:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bahan pangan menjadi salah satu kebutuhan prioritas dalam menghadapi pandemi Corona Covid -19, apalagi bulan ini masyarakat muslim di Indonesia akan memasuki Bulan Ramadan.

Untuk memastikan akses pangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama Bulan Ramadan di tengah pandemi Corona, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Gojek untuk menyediakan jasa belanja pangan bagi masyarkaat tanpa harus keluar rumah.

"Ini sesuai arahan presiden, kami diminta untuk memastikan ketersediaan 11 bahan pangan di tengah pandemi ini hingga Idul Fitri, dan saya mengapresiasi kerja sama dengan Gojek ini, karena untuk menyikapi tantangan saat ini, kita tidak bisa menggunakan cara-cara yang lama, kita harus tangani dengan cara-cara sekarang" ungkap Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Jumat (3/4/2020).

Dalam kesepakatan yang ditandatangi Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriari dan Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa, Dyan Shinto Ekopuri menyatakan bahwa kedua belah pihak akan berkomitmen menjaga ketersediaan, stabilisasi pasikan dan harga pangan ke 11 komoditas tersebut melalui pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi yaitu Gojek.

Nantinya, masyarakat yang membeli bahan pangan di Toko Mitra Tani milik Kementerian Pertanian via Gojek tidak perlu membayar biaya antar, dalam artian ongkos kirim Gojek diberikan secara gratis.

"Maksudnya disini biaya gojek tersebut dibebankan ke Kementerian Pertanian, kami yang akan membayar, sistemnya tentu pihak gojek sudah ada, dan ini tidak menpengaruhi harga pangan yang dibeli, jadi tentu driver gojeknya juga mendapat bayaran, dan masyarakat diringankan dengan tidak dibebankan biaya antar," jelas Agung.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Toko Mitra Tani

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat berada di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (19/3).
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat berada di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (19/3).

Agung menyebutkan, kerjasama ini nantinya akan diberlakukan di Toko Mitra Tani yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai 3500 unit.

"Jadi kami harap masyarakat bisa memanfaatkan kerjasama ini, konsep kami memang melayani kebutuhan pangan masyarakat harian dengan jumlah yang tidak besar paling tidak untuk kebutuhan tiga hari kedepan, ini menjadi bagian dari upaya kami juga dalam memininalisir rush buying," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Shinto selaku perwakilan dari pihak gojek mengaku senang atas kesempatan yang diberikan Kementerian Pertanian untuk ikut berperan mendukung ketahanan pangan Indonesia, ia mengatakan siap mendukung upaya pemerintah dalam memastikan pendistribusian pangan di masyarakat tidak hanya di Jabodetabek tapi diseluruh Indonesia.

"Kami sangat senang karena kami menjadi on demand platform pertama yang diberi kesempatan untuk medukung keamanan logistic diseluruh Indonesia, seperti yang kita ketahui kelancaran distribusi pangan saat ini juga menjadi prioritas utama pemerintah, prinsip kami masyarakat harus happy agar healthy," ungkap Shinto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Premier League Musim 2019/2020 Dilanjutkan di China?

Posted: 03 Apr 2020 12:43 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari Premier League. Lanjutan musim 2019/2020 yang kini ditangguhkan karena pandemi virus corona Covid-19 kabarnya bakal digelar di luar Inggris, tepatnya di China.

Premier League musim 2019/2020 tidak lagi digulirkan sejak laga pekan ke-29 yang digelar pada awal Maret yang lalu. Bahkan, klub-klub telah meliburkan aktivitas tim menyusul masifnya kasus virus corona di Inggris.

Beberapa pekan lalu, klub Premier League telah menggelar pertemuan secara virtual. Ada komitmen untuk melanjutkan musim 2019/2020, tetapi belum ditentukan kapan dan seperti apa formatnya.

Sejauh ini, pihak Premier League memastikan kompetisi tidak akan bergulir sebelum 30 April 2020. Dan, kini muncul bahwa lanjutan musim 2019/2020 sangat mungkin bakal digelar di negara yang aman dari virus corona.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Premier League Digelar di China?

Pemain Liverpool Curtis Jones (kanan) dan Neco Williams merayakan gol bunuh diri pemain Shrewsbury Town Ro-Shaun Williams pada pertandingan ulang babak keempat Piala FA di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Selasa (4/2/2020). Liverpool menang 1-0. (AP Photo/Jon Super)
Pemain Liverpool Curtis Jones (kanan) dan Neco Williams merayakan gol bunuh diri pemain Shrewsbury Town Ro-Shaun Williams pada pertandingan ulang babak keempat Piala FA di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Selasa (4/2/2020). Liverpool menang 1-0. (AP Photo/Jon Super)

Klub-klub Premier League bakal kembali menggelar pertemuan terkait lanjutan musim 2019/2020. Salah satu ide yang akan dibahas adalah untuk melanjutkan sisa laga musim ini di China.

Klub-klub ngotot ingin kompetisi dilanjutkan. Sebab, jika kompetisi harus dihentikan di tengah pandemi virus corona, maka klub bisa kehilangan 763 juta pounds. Hal itu tidak diinginkan pihak klub karena bakal membuat finansial memburuk.

"Semakin banyak klub yang khawatir, ide-ide aneh pun bermunculan, termasuk menyelesaikan musim ini di negara di mana Covid-19 dimulai tetapi tampaknya akan pulih lebih dulu," tulis jurnalis The Sun, Ian Tuckey.

Kabar serupa juga dimuat di The Athletic, media Inggris lainnya. Sumber mereka menyebut ada beberapa klub yang ngotot menggelar sisa laga musim 2019/2020 ini di China walau beberapa klub tidak sepakat.

"Itu tidak masuk akal. Itu adalah ide gila dan saya pikir itu akan ditolak dengan tegas. Jika kita melanjutkan Premier League dan memindahkannya ke bagian lain di dunia ini, kita akan dibantai habis-habisan," kata sumber The Athletic.

 

Sikap UEFA Belum Jelas

Logo UEFA. (Dok. UEFA)
Logo UEFA. (Dok. UEFA)

Bukan hanya Premier League yang harus menderita karena pandemi virus corona. Kompetisi di Eropa lain juga mengalami kendala yang sama. Bahkan, Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020 pun belum jelas nasibnya. Dalam hal ini, UEFA belum memutuskan lanjutan musim 2019/2020.

"Kami percaya bahwa sepak bola bisa dimulai kembali beberapa bulan ke depan, tentu dengan kondisi yang akan ditentukan pemerintah, serta meyakini bahwa keputusan mengakhiri musim domestik di tahap ini adalah keputusan prematur dan tidak dibenarkan," tulis pernyataan resmi UEFA.

"Sangat penting bahwa dalam gangguan seperti epidemi ini, kita tetap bisa menentukan hasil kompetisi di lapangan, sesuai dengan aturan dasar bahwa setiap gelar juara olahraga diberikan berdasarkan hasil akhir," tutup surat tersebut.

Sumber: The Sun

Disadur dari Bola.net (Penulis Asad Arifin, Published 3/4/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Gandeng Gojek Siapkan Layanan Distribusi Pangan Gratis

Posted: 03 Apr 2020 12:43 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sektor pertanian menjadi kebutuhan prioritas dalam menghadapi pandemi Covid - 19, apalagi bulan ini masyarakat muslim di Indonesia akan memasuki Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Presiden Jokowi disetiap arahannya mengatakan agar semua Menteri termasuk pemerintah pusat dan daerah fokus untuk menjamin dan mempersiapkan stok pangan termasuk urusan pendistribusiannya.

Untuk memastikan akses pangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Kementerian Pertanian menggandeng Gojek untuk menyediakan jasa belanja pangan bagi masyarakat tanpa harus keluar rumah.

"Ini sesuai arahan Presiden, kami diminta untuk memastikan ketersediaan 11 bahan pangan ditengah pandemi ini hingga Idul Fitri, dan saya mengapresiasi kerjasama dengan Gojek ini, karena untuk menyikapi tantangan saat ini, kita tidak bisa menggunakan cara - cara yang lama, kita harus tangani dengan cara - cara sekarang," ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai menyaksikan penandatanganan kerjasama Kementan dan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa yang menaungi Gojek di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (3/4).

Lebih lanjut Syahrul mengatakan dua hal yang penting dalam ketersediaan pangan adalah supply dan demand, ia meminta semua yang terlibat dalam pertanian ikut berperan dalam hal ketersediaan pangan dan stabilisasi harga. Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan video conference bersama Kepala Dinas Lingkup Pertanian dan Produsen serta Supplier Pangan.

"Dua hal yang penting, pertama siapkan dan pastikan ketersediaan 11 komoditas pangan didaerah masing - masing, kedua mari kita ikut membantu stabilisasi harga pangan, saya minta para Kepala Dinas siapkan ini dengan baik" tambah Mentan yang sering disapa SYL tersebut.

Syahrul mengakui kondisi pandemi saat ini tentu menganggu perekonomian negara, namun demikian pertanian harus tetap bertahan dalam kondisi apapun.

"Saya minta seluruh Kepala Dinas Lingkup Pertanian di daerah dan pelaku usaha bidang pertanian lainnya agar siap menjadi pahlawan, berkomitmen menyiapkan kebutuhan pangan bagi 267 juga jiwa rakyat Indonesia, ayo kita selesaikan masalah pertanian ini dengan ketulusan" tutupnya.

Sebagai informasi 11 komoditas pangan yang dimaksud adalah beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih.

 

 

 

 

Distribusi Pangan Gratis

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan penandatanganan kerjasama Kementan dan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa yang menaungi Gojek di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (3/4).
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan penandatanganan kerjasama Kementan dan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa yang menaungi Gojek di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (3/4).

Dalam kesepakatan bersama yang ditandatanganii Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriari dan Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa, Dyan Shinto Ekopuri menyatakan bahwa kedua belah pihak akan berkomitmen menjaga ketersediaan, stabilisasi pasikan dan harga pangan ke 11 komoditas tersebut melalui pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi yaitu gojek.

Dikesempatan yang sama, Agung menyampaikan selain untuk mengantisipasi distribusi pangan dan mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing, kerjasama ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan penghasilan tambahan bagi para ojek online, ia mengaku masyarakat yang membeli pangan di Toko Mitra Tani milik Kementerian Pertanian via Gojek tidak perlu membayar biaya antar, dalam artian ongkos kirim Gojek diberikan secara gratis.

"Maksudnya di sini biaya gojek tersebut dibebankan ke Kementerian Pertanian, kami yang akan membayar, sistemnya tentu pihak gojek sudah ada, dan ini tidak menpengaruhi harga pangan yang dibeli, jadi tentu driver gojeknya juga mendapat bayaran, dan masyarakat diringankan dengan tidak dibebankan biaya antar," jelas Agung.

Lebih lanjut ia mengatakan kerjasama ini nantinya akan diberlakukan di Toko Mitra Tani yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai 3500.

"Jadi kami harap masyarakat bisa memanfaatkan kerjasama ini, konsep kami memang melayani kebutuhan pangan masyarakat harian dengan jumlah yang tidak besar paling tidak untuk kebutuhan tiga hari kedepan, ini menjadi bagian dari upaya kami juga dalam memininalisir rush buying" papar Agung.

 

Launching Kerja Sama Pasar Mitra Tani/TTI-C dengan Gojek untuk Pendistribusian Bahan Pangan Pokok.
Launching Kerja Sama Pasar Mitra Tani/TTI-C dengan Gojek untuk Pendistribusian Bahan Pangan Pokok.

Di kesempatan yang sama Shinto selaku perwakilan dari pihak gojek mengaku senang atas kesempatan yang diberikan Kementerian Pertanian untuk ikut berperan mendukung ketahanan pangan Indonesia, ia mengatakan siap mendukung upaya pemerintah dalam memastikan pendistribusian pangan di masyarakat tidak hanya di Jabodetabek tapi diseluruh Indonesia.

"Kami sangat senang karena kami menjadi on demand platform pertama yang diberi kesempatan untuk mendukung keamanan logistic diseluruh Indonesia, seperti yang kita ketahui kelancaran distribusi pangan saat ini juga menjadi prioritas utama pemerintah, prinsip kami masyarakat harus happy agar healthy" ungkap Shinto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donasi Tempo Scan Group pada BNPB untuk Atasi Wabah Corona Covid-19

Posted: 03 Apr 2020 12:41 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemberian bantuan donasi terkait wabah corona Covid-19 di Indonesia terus mengalir. Kali ini datang dari Tempo Scan Group (TSG) yang bakal memberikan bantuan sebesar Rp10 miliar untuk tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan diberikan secara langsung oleh Presiden Direktur Tempo Scan Group (TSG) Handojo S. Muljadi kepada Kepala BNPB Letjen Doni Monardo di kantor Graha BNPB.

Bantuan sebesar Rp10 miliar itu antara lain untuk membantu BNPB dalam pengadaan Alat Pendeteksi Covid-19. Bantuan tersebut merupakan bagian dari donasi CSR TSG yang terkait penanggulangan Covid-19 yang nilai keseluruhannya mencapai Rp17,5 miliar, sebagaimana diumumkan dalam keterangan tertulis TSG pada 31 Maret 2020.

Pemberian bantuan pada BNPB merupakan realisasi secara bertahap dari komitmen CSR TSG-Covid-19 yang akan terdiri dari serangkaian bantuan kepada instansi pemerintah yang terkait. Di antaranya Alat Pelindung Diri (APD) yang akan diperbantukan kepada para tenaga medis Indonesia, seperti produk obat-obatan, vitamin, minuman, susu anak, hand sanitizer, sabun, disinfektan dan masih banyak lagi.

Semua bantuan donasi TSG akan diberikan secara bertahap dan diusahakan akan tuntas pada Mei 2020. Tahapan realisasi tersebut akan dilakukan secara transparan dan terdokumentasi dengan baik.

"Semua bantuan ini adalah wujud nyata dari penjabaran core value Tempo Scan yaitu 'Bertanggung Jawab dan Bermanfaat' terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Handojo S. Muljadi dalam keterangan tertulis pada Liputan6.com, Jumat (3/4/2020).

TSG tersebut hanyalah bagian kecil dari apa yang dibutuhkan oleh Tenaga Medis Indonesia dan masyarakat Indonesia, yang harus menghadapi krisis Wabah Covid-19 yang sangat memberatkan masyarakat. Upaya ini diharapkan mampu membantu Indonesia untuk lebih cepat menyelesaikan wabah Covid-19 sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti semula.

Selain itu, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Ejkman juga mendapat sumbangan dana penguatan laboratorium pemeriksaan COVID-19 sebesar Rp10 miliar dari PT Tempo Scan Pasific, Tbk di kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (3/4/2020).

"Hari ini, kami menerima bantuan untuk penyelenggaraan pemeriksaan virus corona ini dari PT Tempo Scan (Pasific) melalui BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," tutur Kepala LBM Eijkman Amin Subandrio.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Memutusa Rantai Penyebaran Covid-19

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

LBM Eijkman adalah salah satu laboratorium yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan deteksi terhadap berbagi virus atau mikroba berbahaya termasuk menjadi garda depan di dalam pendeteksian virus SARS-COV-2 di Indonesia.

"Sejak ditunjuk sebagai laboratorium yang membantu Kementerian Kesehatan untuk mendeteksi (SARS-COV-2) ini, kami sampai saat ini sudah memeriksa hampir 3.000 sampel dan yang positif kurang lebih 10 persen," terang Amin.

Amin mengatakan dalam melakukan pekerjaan tersebut, LBM Eijkman tentu membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk peningkatan kapasitas laboratorium yang dimiliki, mengingat peningkatan kapasitas deteksi menjadi kunci keberhasilan di dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Dengan bertambahnya kasus-kasus yang harus diperiksa, kami juga harus meningkatkan kapasitas laboratorium itu sendiri, untuk itu dana yang kami terima akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas (laboratorium) itu, sehingga tidak terjadi keterlambatan (pemeriksaan) yang tidak perlu dan hasilnya lebih cepat dipergunakan oleh Kementerian Kesehatan maupun pihak lain yang membutuhkan," jelas Amin lagi.

Sementara itu dalam rilisnya, Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB menjelaskan bahwa cdana yang disisihkan PT Tempo Scan Pasific Tbk untuk penanganan COVID-19 sebesar Rp17,5 miliar.

Dana tersebut diberikan melalui BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 secara bertahap. Pada tahap awal, BNPB akan mendistribusikan dana tersebut sebesar Rp 10 miliar kepada LBM Eijkman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup Restoran, Ini 7 Potret Ussy dan Andhika Bagikan Nasi Bungkus dan Hand Sanitizer

Posted: 03 Apr 2020 12:40 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mewabahnya virus Corona Covid-19 berdampak besar terhadap berbagai sektor, termasuk mematikan banyak lini usaha masyarakat. Hal tersebut juga dialami oleh sederet selebriti Tanah Air, seperti Ussy Sulistiawaty dan suaminya, Andhika Pratama.

Pasangan yang menikah pada 2012 ini mengaku mengalami kerugian besar akibat virus Corona Covid-19. Seperti diketahui Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama memiliki usaha restoran di beberapa tempat. Namun untuk memutus rantai penularan virus tersebut, ia terpaksa harus menutup bisnisnya sementara.

Tak hanya dari sektor bisnisnya saja, banyak jadwal Ussy dan Andhika Pratama di bidang hiburan pun terpaksa batal atau diundur. Maka saat ini pasangan selebriti ini bertahan hidup hanya dari tabungan-tabungan yang ia miliki saja. Meski begitu, keduanya tak menyalahkan keadaan. Ussy dan Andhika sadar dalam keadaan seperti ini banyak yang jauh lebih sulit menjalani hidup.

Namun hal tersebut juga tak membuat Ussy dan Andhika berhenti melakukan kebaikan. Momen sulit ini dimanfaatkan keduanya dengan bagi-bagi nasi bungkus ke masyarakat yang membutuhkan. Momen tersebut dibagikan Ussy di channel YouTube-nya, Senin (30/3/2020).

Selain bagi-bagi sembako, Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama juga bagi-bagi hand sanitizer ke warga. Seperti diketahui, kini hand sanitizer menjadi barang langka dan harganya cukup mahal. Berikut potret Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama bagi-bagi nasi bungkus dan hand sanitizer dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

1. Pada 30 Maret 2020, Ussy dan Andhika mengunggah video bagi-bagi nasi bungkus di channel YouTubenya.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

2. Ussy dan Andhika dibantu oleh timnya untuk menyiapkan nasi bungkus yang akan dibagikan ke masyarakat.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

3. Saat membagikan nasi bungkus, Andhika tetap menjaga jarak seperti yang sudah diimbau oleh pemerintah.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

4. Kemudian pada 2 April 2020, pasangan ini memosting video bagi-bagi hand sanitizer di channel YouTube-nya.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

5. Menjadi barang langka, Ussy dan Andhika membagikan 1.000 hand sanitizer ke masyarakat.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

6. Saat membagikan hand sanitizer, tim mereka dibagi dua. Sebagian dengan Andhika, dan lainnya bersama Ussy.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

7. Saat membagikan ke salah satu rumah sakit, Andhika tampak terjun langsung membawa hand sanitizer.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/  Ussy Andhika Official)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Sumber: YouTube/ Ussy Andhika Official)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.788 Tempat di Jakarta Telah Disemprot Cairan Disinfektan

Posted: 03 Apr 2020 12:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.788 titik di lima kawasan Provinsi DKI Jakarta telah didisinfeksi oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) selama masa tanggap darurat Covid-19 diberlakukan di Ibu Kota.

"Proses penyemprotan yang dimulai tanggal 16 sampai dengan 31 Maret 2020, sudah menjangkau 1.788 titik lokasi disinfeksi. Kegiatan disinfeksi akan terus dilakukan Dinas Gulkarmat sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran COVID-19," ujar keterangan yang tertulis dalam instagram resmi Dinas Gulkarmat DKI @humasjakfire, Jumat (3/4/2020).

Jakarta Timur merupakan kawasan yang paling banyak telah didisinfeksi selama kurun waktu dua minggu itu yaitu sebanyak 688 titik. Disusul oleh Jakarta Selatan sebanyak 375 titik, Jakarta Utara sebanyak 268 titik, Jakarta Barat 255 titik dan terakhir Jakarta Pusat 220 titik yang sudah didisinfeksi.

Proses disinfeksi dilakukan oleh Dinas Gulkarmat DKI itu dengan metode yang bermacam- macam dimulai dengan penyemprotan menggunakan mobil pemadam kebakaran hingga menggunakan sistem "door-to-door" dan menggunakan penyemprotan langsung ke rumah-rumah warga.

Objek-objek yang disemprotkan cairan pembersih kuman itu pun beragam mulai dari ruang- ruang publik, seperti jalan-jalan protokol, tempat ibadah, sekolah, hingga rumah warga.

"Untuk di Jakarta Pusat kita setiap hari mendapatkan permintaan penyemprotan disinfektan, kita terus bekerja karena permintaan banyak sekali untuk mencegah Covid-19 khususnya yang dekat sama warga," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril saat dihubungi.

Untuk masyarakat yang menginginkan bantuan disinfeksi, Asril mengatakan hal tersebut dapat dikoordinasikan dengan Lurah setempat. 

"Lingkungan warga yang didisinfeksi rumah, biasanya koordinasi dengan Lurah. Jadi lapor ke Lurah, nanti dari Lurah disampaikan ke kita (Gulkarmat)," ujar Asril.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Token Listrik Gratis Ada di WhatsApp dan Situs Resmi PLN, Simak Cara Dapatkan!

Posted: 03 Apr 2020 12:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) akan membebaskan tagihan listrik untuk golongan 450 VA selama tiga bulan ke depan. Selain itu, PLN juga memberikan diskon 50 persen untuk tagihan listrik pada golongan 900 VA subsidi.

Adapun jumlah diskon listrik yang didapatkan pelanggan dihitung dari pemakaian tertinggi selama 3 bulan sebelumnya. Untuk 450 VA akan mendapat listrik sebesar pemakaian tertinggi, sementara golongan 900 VA mendapatkan sebagiannya selama tiga bulan ke depan.

Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, pengguna listrik token golongan 450 VA dan 900 VA bisa mendapatkan kode voucher salah satunya melalui aplikasi WhatsApp.

Melalui WhatsApp, Darmawan menjelaskan, pihak konsumen cukup mengkontak 08122123123 untuk bisa memperoleh diskon atau voucher gratis tersebut.

"Di situ ketik apa saja, langsung akan mendapatkan balasan dari PLN kemudian dimasukan ID pelanggan. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter untuk dapatkan gratis atau diskon," terangnya dalam sesi teleconference, Jumat (3/4/2020).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Situs PLN

Warga memeriksa meteran listrik di kawasan Matraman, Jakarta, Kamis (2/4/2020). Pemerintah menggratiskan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen bersubsidi 900 VA mulai April hingga Juli 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Warga memeriksa meteran listrik di kawasan Matraman, Jakarta, Kamis (2/4/2020). Pemerintah menggratiskan biaya tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen bersubsidi 900 VA mulai April hingga Juli 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain itu, ia melanjutkan, konsumen juga bisa mengakses situs resmi pln.co.id untuk kemudian masuk ke dalam menu Pelanggan, lalu memilih submenu Stimulus Covid Pelanggan.

"Masukan id pelanggan atau nomor meternya, kemudian masuk ke nomor listrik gratis. Begitu token listrik gratis didapatkan, masukan ke kWh meter agar dapat gratisan atau diskonnya," imbuh dia.

Namun begitu, tak semua pengguna listrik bisa mendapat kode voucher tersebut, khususnya bagi pelanggan untuk golongan 900 VA. Darmawan menghimbau konsumen golongan 900 VA untuk lebih dulu mengecek struk pembelian token yang dimilikinya.

"Pertama, mohon lihat struknya pada saat membeli token. Jika di sana kodenya ada R1M, artinya mampu, itu berarti meski 900 VA tapi mohon maaf saat ini tidak eligible untuk dapatkan diskonnya," ujar Darmawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Merasa Difitnah AS Setelah Dituding Tutupi Data Asli Corona COVID-19

Posted: 03 Apr 2020 12:33 AM PDT

Liputan6.com, Beijing - China merasa difitnah Amerika Serikat (AS) karena dituduh menyembunyikan data kasus Virus Corona COVID-19. Tuduhan itu berasal dari laporan rahasia intelijen AS yang bocor ke media.

Dilaporkan Bloomberg, Jumat (3/4/2020), laporan intel AS menyebut China sengaja tidak jujur dalam menyajikan data kasus pasien dan kematian Virus Corona. Kesimpulan laporan itu adalah data China palsu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying membantah laporan intelijen AS. Laporan itu ia anggap sebagai upaya fitnah AS untuk menyalahkan China.

"Beberapa pejabat AS hanya ingin melempar kesalahan," kata Hua. "Sebetulnya kami tidak ingin berargumen dengan mereka, tetapi dihadapi dengan fitnah moral yang berulang-ulang, saya merasa harus meluangkan waktu dan meluruskan kebenaran lagi," ujar wanita itu di Beijing.

Hua Chunying juga mempertanyakan kecepatan AS dalam merespons Virus Corona. Sejak 2 Februari, AS sudah melarang penerbangan dari China.

Ia pun menegaskan China siap memberikan bantuan, dan aksi saling tuding dianggap hanya buang-buang waktu dan nyawa.

"Kami ingin menyediakan support dan membantu mereka sesuai kapasitas kami," ucapnya.

Sebelumnya, Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih Dr. Deborah Birx sempat mempertanyakan data dari China. Dr. Birx menduga China tak memberi data secara lengkap, alhasil ilmuwan terkecoh.

"Ketika kamu melihat data China di awal-awalnya, dan kamu mendapati ada 80 juta orang, atau 20 juta orang di Wuhan dan 80 juta di Hubei, dan mereka menyebut ada 50 ribu (pasien), kamu berpikir ini lebih mirip SARS ketimbang pandemi global seperti sekarang," ujar Dr. Deborah Birx, Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih.

"Saya pikir komunitas medis menginterpretasi data dari China bahwa ada sesuatu yang serius, tetapi lebih kecil ketimbang yang siapa pun perkirakan, karena saya pikir mungkin kita kehilangan jumlah data yang signifikan," pungkas Dr. Birx.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jaga Jarak 2 Meter

Dr. Deborah Birx, Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih. Dok: Gedung Putih
Dr. Deborah Birx, Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih. Dok: Gedung Putih

Pakar kesehatan Gedung Putih terus mendorong adanya social distancing (jaga jarak sosial) supaya menekan penyebaran Virus Corona COVID-19 (COVID-19). Jarak ideal antar satu sama lain disebut sekitar 2 meter atau tepatnya 1,82 meter. 

Dr. Deborah Birx berkata Jarak tersebut meter dianggap ideal untuk menghindari droplet (percikan air liur).

"(Social distancing) adalah ketika kita meminta orang-orang untuk setidaknya saling memberi jarak enam kaki (1,82 meter). Dan kamu mungkin bertanya kenapa enam kaki? Karena banyak bukti sains terkait penyakit pernapasan bahwa jarak itu adalah jarak terjauh saat droplet keluar saat bersin atau batuk," ucap Dr. Birx dalam video Gedung Putih, seperti dikutip Selasa (18/3/2020).

Virus Corona COVID-19 dapat menular lewat kontak fisik dekat. Pihak Gedung Putih juga meminta agar tak ada acara kumpul-kumpul lebih dari 10 orang. 

Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional Dr. Anthony Fauci juga meminta agar masyarakat jangan nekat ke tempat-tempat ramai dulu. Terkait pekerjaan bisa dilakukan dari jarak jauh, sementara untuk hiburan diharapkan ditunda dahulu. 

"Jangan ke bar, jangan ke restoran, jangan ke bioskop dengan banyak orang. Pokoknya pemisahan fisik agar Anda punya ruang antara diri Anda dan orang lain yang bisa saja terinfeksi atau menginfeksimu," tegas Dr. Fauci.

Ada kasus-kasus penularan Virus Corona COVID-19 terjadi akibat keramaian. Ambil contoh di Malaysia, akibat acara tabligh akbar di Kuala Lumpur kini kasus Virus Corona COVID-19 di negeri jiran sedang melonjak bahkan menyebar ke negara lain.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Wabah Covid-19, Petani Oku Selatan Siap Panen Raya

Posted: 03 Apr 2020 12:31 AM PDT

Liputan6.com, Oku Selatan Lahan pertanian Provinsi Sumatera Selatan saat ini memasuki panen raya. Di tengah pandemi Covid -19, petani Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan melaksanakan panen padi dan jagung yang sudah dimulai pada bulan Februari dan akan berlangsung hingga bulan Mei 2020.

"Para petani padi dan jagung di Oku Selatan tetap melaksanakan panen raya walupun merebaknya wabah virus corona seolah tidak menyurutkan mereka untuk tetap panen," kata Kepala Dinas Pertanian Oku Selatan, Asep Sudarno, Jumat, (3/04/20).

Asep mengatakan bahwa luas panen untuk lahan padi pada bulan maret sudah mencapai 4.836 Ha dan luas panen jagung mencapai 7.191 Ha. Sedangakan panen pani pada bulan April diprediksi padi mencapai 5.391 Ha dan untuk jagung juga mencapai 15.016 Ha.

"Alhamdulillah para petani kita walaupun ada wabah corona mereka tetap ke sawah dan ladang, walaupun mereka berkelompok tapi berdasarkan penyuluhan dari pemerintah, baik melalui aparat desa dan PPL mereka mematuhi SOP untuk jaga kebersihan dan jaga jarak," ucapnya

Ia menambahkan jika harga pangan khususnya padi dan jagung stabil, yakni unt padi dikisaran Rp. 4000 - Rp. 4.500/kg gabah kering panen dan untuk Jagung Rp. 3.200 - Rp. 3.500/kg jagung pipilan kering. Produksi pertanian selalu dijaga agar ketersediaan pangan masyarakat Oku Selatan khususnya aman.

"Selain jaga produksi, kita juga minta kepada para penyuluh pertanian agar setiap bertemu dengan petani selain memberikan penyuluhan tentang pertanian juga memberikan sosialisasi tentang Covid-19," terangnya.

 

Pasokan Pangan di bulan Ramadhan

Di tempat berbeda, Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ketersediaan pangan selama wabah Virus Corona dan hingga lebaran harus terjamin. Oleh karena itu Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan 11 bahan pokok untuk kebutuhan bulan puasa hingga lebaran 2020 dalam kondisi aman dan terkendali.

Ia menambahkan jika ini kepastian yang sekaligus menjawab keraguan banyak pihak terkait kelangkaan stok pangan akibat penyebaran Covid 19.

"Beras nasional sudah over stok hingga 4 juta ton kurang lebih. Kemudian bulan ini kita panen raya sebanyak 8 juta ton," ujarnya.

Lebih lanjut, Suwandi menerangkan bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19 pun diperkirakan akan sampai pada bulan April 2020, Kementan dengan sigap menyiapkan pangan untuk masyarakat Indonesia dengan mendorong produksi padi dan jagung bulan Maret-April 2020.

Produksi padi pada bulan Maret 1,1 juta Ha dengan perkiraan produksi 5,6 juta ton Gabah Kering Giling (GKG, puso 4%) setara beras 3,2 juta ton beras. Stok beras nasional ada 3,51 juta ton, dan stok beras di Bulog 1,65 juta ton serta stok beras di penggilingan 1,07 juta ton, dan terakhir stok di pedagang masih ada 792 ribu ton.

"Kebutuhan beras bulan Maret sebanyak 2,49 juta ton sehingga pada bulan Maret terdapat surplus 698 ribu ton beras,"tutur Suwandi.

Ia menambahkan jika memasuki bulan April 2020 diperkirakan panen akan berkisar 1,7 juta Ha dengan perkiraan produksi mencapai 8,8 juta ton GKG, puso 4% atau setara beras 5,04 juta ton. Kebutuhan beras bulan April diperkirakan 2,5 juta ton sehingga pada bulan April terdapat surplus 2,53 juta ton.

"Dengan kata lain, stok pangan khususnya beras hingga April ini aman," tukasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Manchester City Minta Liga Inggris Dihentikan Karena Virus Corona Covid-19

Posted: 03 Apr 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Manchester - Bintang Manchester City, Kevin De Bruyne lebih memilih menghntikan ketimbang melanjutkan Liga Inggris di tengah pandemi virus corona covid-19. Liga Inggris sudah terhenti sejak 13 Maret lalu.

FA, sebagai otoritas tertinggi di sepak bola Inggris, masih meliburkan Liga Inggris hingga 30 April 2020. Namun, itu bisa saja diperpanjang karena virus corona di Inggris Raya belum mereda.

Hingga saat ini, sudah ada 29 ribu kasus virus corona di Inggris Raya. Tercatat, sebanyak 2.300 orang meninggal dunia akibat wabah yang pertama kali muncul di Wuhan, China.

"Saya tidak tahu apakah bisa bermain lagi di musim ini. Sama seperti Belgia, Inggris juga menunggu selama mungkin untuk membuat sebuah keputusan," kata De Bruyne, seperti dikutip dari Sky Sports.

"Kondisi untuk memainkan Liga Inggris tidak jelas. Jika tak bermain selama enam minggu, Anda harus melakukan pramusim selama 3 hingga 4 pekan. Jika liga dimulai, banyak pemain yang cedera dalam hitungan beberapa pertandingan," ujar eks Chelsea tersebut. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Muncul Masalah Baru

Kevin de Bruyne. (AFP/Oli Scarff)
Kevin de Bruyne. (AFP/Oli Scarff)

Bila FA tidak secepat mungkin membuat keputusan, De Bruyne memprediksi bakal ada masalah baru yang muncul untuk musim depan. Para pemain bisa kehilangan jatah liburan musim panas.

"Menurut saya, jika kami menunggu terlalu lama, maka bisa mengakibatkan masalah buat musim depan. Libur musim panas tidak selama itu, dan kita juga tak bisa memepetkan jadwal," ujar De Bruyne.

"Sangat disayangkan jika musim yang bagus ini harus berhenti cepat, tapi jika hal itu bisa menghindari masalah-masalah yang mungkin muncul musim depan, maka itu harus dilakukan," ucap pemain berusia 28 tahun itu.

Klasemen Liga Inggris

Sebelum Liga Inggris dihentikan karena virus corona, Manchester City tertinggal 25 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jatim Gelar 3.976 Rapid Test, 97 Orang Dinyatakan Positif Corona COVID-19

Posted: 03 Apr 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar rapid test virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19 kepada 3.976 orang yang dilakukan serentak di 38 kabupaten/kota. Dari jumlah rapid test itu, 97 orang dinyatakan positif dan 16 di antaranya adalah tenaga medis di Jawa Timur.

Dari rapid test Corona COVID-19 itu, 97 orang dinyatakan positif termasuk 16 tenaga medis tersebut. Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyu Hadi mengatakan, ada tenaga medis yang dinyatakan positif setelah menjalani rapid test. Sayang, ia tak menyebutkan asal daerah para tenaga medis tersebut.

"Yang tenaga kesehatan (dinyatakan positif) beberapa daerah, ada," ujar dia, Kamis, 2 April 2020, seperti dikutip dari Merdeka.

Dia menuturkan, 16 petugas medis tersebut telah dibebas tugaskan. Petugas medis itu juga menjalani isolasi dengan pengawasan ketat.

"Sudah kita awasi nanti kita lanjutkan dengan tes swabnya. Apakah betul dia positif. Tidak perlu saya sebutkan kabupatennya," kata dia.

Dia menuturkan, hasil rapid test Corona Covid-19 tersebut tak sepenuhnya valid. Sebab rapid test yang digunakan di Indonesia hanya mampu mendeteksi antibodi. Tingkat positif palsu dalam rapid test juga cukup tinggi.

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka

Lakukan Swab PCR

Oleh karena itu, kata Joni, hasil rapid test tersebut haruslah ditindak lanjuti dengan tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction), demi keabsahan diagnosis.

"Rapid test tadi yang positif, untuk tenaga kesehatan itu tidak selalu dia menderita corona, bisa positif palsu," ujar dia.

Sejak, Jumat, 27 Maret 2020, Pemprov Jatim telah mendistribusikan 18.400 alat rapid tes ke sejumlah rumah sakit rujukan ke 38 Kabupaten/kota se Jatim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mencegah Penyebaran Corona COVID-19 di Pemukiman Warga

Posted: 03 Apr 2020 12:30 AM PDT

Pengendara sepeda motor melintasi tempat penyemprotan cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengendara sepeda motor melintasi tempat penyemprotan cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor melintasi tempat penyemprotan cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor disemprot cairan disinfektan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor menjalani pemeriksaan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengendara sepeda motor menjalani pemeriksaan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengendara sepeda motor menjalani pemeriksaan saat akan memasuki pemukiman warga di kawasan H. Gari, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Penyemprotan secara swadaya tersebut dilakukan warga untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Raisa Tunda Konser Tunggal karena Virus Corona

Posted: 03 Apr 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raisa menunda konser tunggalnya yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Penundaan dilakukan karena pandemi corona yang masih terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ussy Sulistiawaty Tetap Beri Gaji Karyawan, Meski Rugi Besar Akibat Wabah Corona

Posted: 03 Apr 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty mengatakan bahwa usahanya tersendat karena wabah Corona Covid-19. Banyak restorannya terpaksa ditutup. Ussy Sulistiawaty juga meliburkan para pegawainya.

Langkah tersebut dilakukan Ussy Sulistiawaty sejak awal Corona Covid-19 mewabah di Indonesia. Menurutnya, banyak pusat perbelanjaan yang mendadak sepi saat pemerintah mengumumkan ada WNI positif Corona Covid-19.

Hal itu disampaikan Ussy Sulistiawaty saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Kamis (2/4/2020).

"Pokoknya semenjak ada pengumuman (mulai tutup). Jadi awalnya pas ada yang (positif) dari Depok pertama kali itu, mal sepi semua. Kita mulai takut keluar, dari situ sampai akhirnya ada pengumuman kita WFH (work from home -red.), sekitar 3 hari kemudian langsung aku tutup," kata Ussy Sulistiawaty.

 

Penuhi Hak Pekerja

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Instagram/ussypratama)

Kendati demikian, Ussy Sulistiawaty tetap memenuhi hak-hak para pekerjanya. Ussy Sulistiawaty tetap menggaji mereka.

"Ya iyalah, pasti. Kalau gaji di bulan ini pastilah karena itu, kan sudah haknya. Tinggal bagaimana ke depannya harus diomongkan lagi. Dibicarakan ke depannya. Kalau yang kemarin haknya, mau bagaimana lagi," Ussy Sulistiawaty membeberkan.

 

Rugi Besar

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Instagram/ussypratama)
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Instagram/ussypratama)

Ussy Sulistiawaty mengakui, situasi saat ini membuatnya rugi besar. Namun di balik itu semua, Ussy Sulistiawaty tak pernah mengeluh. Ia sadar, mengeluh tidak akan mengubah apapun.

 

Sekarang, Bagaimana Kita Bertahan?

"Ya pastinya banyaklah. Apalagi aku ada 3 restoran. Kalau mau dibilang kerugian sudah pasti rugi banyak, rugi besar. Cuma balik lagi, kita mau koar-koar bilang rugi, apa yang mau kita dapat kalau koar-koar doang? Sekarang bagaimana kita bertahan," pelantun "Klik" membeberkan.

 

Bertahan dari Tabungan

Kini Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty bertahan hidup hanya dari tabungan yang mereka punya. "Sekarang kita bertahan hidup dari tabungan, dari yang ada, tabungan aja yang ada, gimana lagi," Ussy Sulistiawaty mengakhiri perbincangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Dibuka Menguat ke 16.450 per Dolar AS Jelang Akhir Pekan

Posted: 03 Apr 2020 12:29 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah dibuka menguat Rp 16.450, pada pada Jumat, 3 April 2020. Sebelumnya rupiah ditutup melemah Rp 16.470 pada Kamis, 2 April 2020.

Selain itu Yeild SBN 10 tahun juga naik ke 8 persen pada hari Kamis. Kemudian hari ini kembali naik menjadi 8,08 persen. Sementara DXY menguat ke level 100,18 pada hari Kamis 2 April 2020.

Bank sentral juga melaporkan perkembangan aliran modal asing di minggu pertama April 2020. Premi CDS (Currency Default Swap) Indonesia 5 tahun naik ke 235,64 bps per 2 April 2020 dari 200,11 bps per 27 Maret 2020.

"Ini dipicu oleh kekhawatiran resesi ekonomi global seiring berlanjutnya penyebaran kasus Covid-19," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi, Onny Wijanarko dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (2/4/2020).

Berdasarkan data transaksi 30 Maret – 2 April 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net beli Rp 3,28 triliun dengan net beli di pasar SBN sebesar Rp 4,09 triliun. Sementara net jual di pasar saham sebesar Rp 82 miliar

Sementara itu, berdasarkan data setelmen 30 Maret – 2 April 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net beli Rp 770 miliar. Selama 2020 (ytd), nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat net jual Rp 143,99 triliun.

BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan OJK untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Ini dilakukan untuk menentukan langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," tutup Onny.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Atasi Dampak Corona, Pemerintah Diminta Tak Hanya Fokus di Pasar Keuangan

Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal berada di kisaran 2,3 persen. Bahkan skenario terburuknya bisa menyentuh negatif 0,4 persen.

Skenario terburuk itu bisa terjadi jika pandemi virus corona atau Covid-19 terus berlangsung dalam jangka panjang. Bahkan, nilai rukar rupiah saja masih berada di angka Rp 16 ribu per dolar AS.

Diakui, dampak Corona membuat prospek ekonomi memburuk sehingga pemerintah berusaha keras menjaga kestabilan pasar keuangan. Namun, pemerintah dinilai harus hati-hati dalam menghadapi pelemahan rupiah ini.

"Jangan hanya fokus pada pengguyuran likuiditas di pasar keuangan sekunder. Pemerintah juga harus intervensi sektor riil," ujar pengamat ekonomi Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/4/2020).

Ronny melanjutkan, intervensi tersebut bertujuan agar kapasitas produksi nasional tidak merosot terlalu dalam di satu sisi serta menjaga daya beli masyarakat agar tidak anjlok.

Kalau pemerintah bisa menjaga roda ekonomi di sektor riil, lanjut Ronny, maka kemungkinan terbebas dari krisis bahkan resesi akan semakin kecil.

Ronny mengingatkan agar pemerintah bisa belajar dari krisis-krisis yang pernah terjadi di muka bumi. Pada Great Depression 1929, terlalu banyak uang terkonsentrasi di pasar keuangan dan pasar modal.

"Lalu pada krisis moneter dan krisis supreme mortgage 2008, terlalu banyak uang murah (cheap money) dengan suku bunga super rendah di sistem perbankan," tutur Ronny.

Oleh karenanya, pemerintah harus benar-benar memperhatikan kelangsungan usaha di sektor riil.

"Karena di sanalah nafas ekonominya," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditunda Karena Corona Covid-19, Bagaimana Nasib Atlet yang Sudah Lolos ke Olimpiade Tokyo?

Posted: 03 Apr 2020 12:25 AM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyebut atlet-atlet yang bakal tampil di Olimpiade Tokyo pada 2021 harus dipilih ulang oleh Komite Olimpiade Nasional (NOC) di negaranya masing-masing. Olimpiade Tokyo diundur setahun karena pandemi virus corona covid-19.

Sebenarnya, sudah ada 57 persen dari 11.000 atlet yang sudah lolos kualifikasi untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, pemerintah Jepang memilih untuk mengundurkan Olimpiade ke tahun 2021 karena desakan para atlet.

Melalui sebuah pernyataan resmi yang dikutip dari Antara, IOC menegaskan bahwa atlet-atlet yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos olimpiade itu kini harus dipilih kembali oleh NOC karena para atlet tersebut nantinya akan mewakili negaranya masing-masing, bukan diri sendiri.

"Semua kualifikasi yang telah dipenuhi oleh NOC dan tiap-tiap atlet akan tetap ada. Namun, seluruh atlet harus dipilih kembali secara individu karena mereka akan merepresentasikan NOC-nya masing-masing. Dalam dunia olah raga, NOC mempunyai hak untuk memilih atlet," kata Direktur Olah Raga IOC Kit McConnell.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa IOC juga masih berdiskusi dengan FIFA terkait pelaksanaan Olimpiade tahun depan karena hanya atlet berusia di bawah 23 tahun yang diperbolehkan untuk bertanding.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Lewati Batas Usia

Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)
Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)

Dalam banyak kasus, beberapa pemain sepak bola akan melewati batas usia yang telah ditentukan pada tahun depan meskipun sudah lolos kualifikasi di tahun ini.

"Dalam beberapa jenis olah raga, ada aturan spesifik mengenai batasan usia atlet, baik itu usia terendah maupun tertinggi, demi alasan keselamatan sekaligus penyetaraan, seperti yang diterapkan dalam aturan sepak bola pria dengan usia dibawah 23 tahun," ujar Kit.

"Saat ini, kami masih berdiskusi dengan FIFA. Kami harus mencapai kesepakatan dalam beberapa minggu kedepan," sambung Kit.

Di sisi lain, IOC juga sedang berusaha agar wisma atlet kembali tersedia karena rencananya akan dijual sebagai hunian apartemen setelah olimpiade tahun ini berakhir.

"Wisma atlet itu adalah salah satu prioritas utama. Jadi, kami harus mengamankan kembali properti tersebut. Ini merupakan tugas penting," tegas Direktur Eksekutif Olimpiade IOC Christphe Dubi.

 

Yang Diprioritaskan

Selain wisma atlet, beberapa tempat lainnya yang juga menjadi prioritas dan harus secepatnya diamankan kembali, yaitu arena olah raga, gedung serbaguna dan kamar-kamar hotel.

"Semua tempat itu harus diambil alih selama satu tahun kedepan. Ini merupakan langkah besar agar kita bisa kembali ke nilai-nilai dasar olimpiade," ungkap Dubi.

Dia menambahkan, IOC juga berencana untuk memecahkan masalah terkait tempat-tempat prioritas tersebut dalam waktu beberapa minggu. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baleg Akan Gelar Uji Publik Omnibus Law Cipta Kerja

Posted: 03 Apr 2020 12:25 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Legislasi DPR akan melakukan uji publik RUU Omnibus Law Cipta Kerja pada masa sidang ketiga tahun 2019-2020. Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas mengatakan, sudah banyak pihak yang meminta audiensi terkait RUU Cipta Kerja ini.

"Karena memang sudah banyak pihak yang minta untuk audiensi ke Baleg. Yang kita mau lakukan sekarang dalam masa sidang ini adalah uji publik," ujarnya di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Baleg baru akan membahas bagaimana mekanisme uji publik ini dilakukan di tengah darurat corona pada Senin, 6 April 2020. Sedangkan, DPR sudah mengesahkan tata tertib terbaru yaitu menggelar rapat secara virtual dalam kondisi darurat.

"Itu yang akan kita putuskan hari Senin," kata Supratman.

Langkah awal yang akan diambil Baleg adalah menyusun jadwal pembahasan. Supratman mengatakan, proses pembahasan Omnibus Law masih panjang.

Selain uji publik, Baleg juga masih menunggu daftar inventaris masalah dari fraksi-fraksi di DPR. Serta, Baleh akan mendengar masukan pakar dan akademisi perguruan tinggi.

"Pembahasannya masih lama," kata Supratman.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Rapat dengan Pemerintah

Politikus Gerindra itu mengatakan, untuk membahas Omnibus Law Cipta Kerja ini juga butuh waktu untuk rapat kerja dengan pihak pemerintah.

"Pembahasannya sendiri masih akan menunggu raker dengan pemerintah," kata Supratman.

Sebelumnya, DPR RI menyepakati pembahasan draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja untuk diserahkan ke Badan Legislasi DPR. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin dalam rapat paripurna di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

"Surat R06/Pres/202/2020 tanggal 7 Februari 2020 berkenaan RUU tentang Cipta Kerja yang telah dibahas di dalam Rapat Konsultasi pengganti Bamus pada tanggal 1 April 2020 dan telah disepakati untuk dilanjutkan ke tingkat badan legislasi," ucap Azis, Kamis (1/4/2020).

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Tanning, Kulit Wanita Ini Berubah Jadi Hijau

Posted: 03 Apr 2020 12:25 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki warna kulit putih dan bersih merupakan idaman bagi sebagian besar orang. Namun ada banyak orang pula yang ingin punya warna kulit gelap atau kecoklatan. Orang-orang yang ingin memiliki kulit berwana coklat biasanya menggunakan cara tanning untuk mendapatkannya. Baik secara alami maupun menggunakan metode, produk hingga peralatan modern.

Namun jika melakukan tanning dengan cara yang salah dan tidak berhati-hati, hasilnya dapat berakibat buruk. Selain berbahaya bagi kesehatan kulit, tanning yang salah dapat merubah warna kulit menjadi warna yang tidak diinginkan. Seperti yang dialami oleh Jenni Coleman dari Wythenshawe, Greater Manchester.

Ibu dua orang anak itu mengunakan beberapa lapisan produk tanning palsu untuk menggelapkan warna kulit wajah dan tubuhnya. Setelah beberapa saat menggunakan produk tersebut ia melihat sedikit retakan berwarna hijau pada kulitnya. Namun ia tidak curiga dan memilih tetap mendiamkannya sambil bersantai.

Keesokan harinya ketika ia bangun dan berkaca di depan cermin kamar mandi, ia terkejut melihat kulitnya telah berubah menjadi hijau. Jenni pun syok dan tidak percaya dengan yang terjadi pada kulitnya.

"Ketika saya melihat diri saya sendiri di pagi harinya saya hampir menangis, itu tidak hebat, saya hanya tidak bisa mempercayainya," kata Jenni seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Metro.co.uk, Jumat (3/4/2020).

Tanningnya Gagal dan Membuatnya Seperti Karater Penyihir di Film Wizard of Oz

Gagal Tanning, Kulit Wanita Ini Berubah Jadi Hijau (Sumber: metro.co.uk)
Gagal Tanning, Kulit Wanita Ini Berubah Jadi Hijau (Sumber: metro.co.uk)

Wanita berusia 35 tahun itu mengatakan ia tidak yakin apa yang menyebabkan hal tersebut, namun ia menduga penyebabnya adalah karena ia telah menggunakan produk palsu dan kadaluwarsa yang sudah disimpan terlalu lama.

Jenni yang tinggal bersama putrinya Leah Coleman, 17 tahun, dan Emily Coleman yang berusia 14 tahun, harus terus mandi dan menggosok kulitnya untuk menghilangkan warna hijau tersebut. Ia kemudian memutuskan utuk tidak beraktivitas beberapa hari dan hanya bersembunyi di rumah sampai kulitnya kembali normal.

"Saya beberapa hari menghilangkannya, saya bersembunyi di rumah akhir pekan mencoba untuk menggosok, itu membuat saya sedikit coklat." kata Jenni.

Hasil tanningnya yang gagal tersebut membuat teman-teman Jenni mengatakannya mirip dengan karakter penyihir dalam film tahun 90an yang berjudul Wizard of Oz. Jenni juga mengatakan, insiden itu sudah terjadi empat tahun yang lalu. Namun baru-baru ini disebarkan oleh temannya.

"Insiden itu terjadi empat tahun yang lalu tapi baru-baru ini teman-temanku berbagi untuk membuat orang tertawa. Pal Jan Patricia membaginya pada hari sabtu 28 maret 2020 dengan bercanda menyarankan bahwa kerajaan inggris berada dalam penutupan," ungkap Jenni.

Sering Menggunakan Produk Tanning Palsu

Gagal Tanning, Kulit Wanita Ini Berubah Jadi Hijau (Sumber: metro.co.uk)
Gagal Tanning, Kulit Wanita Ini Berubah Jadi Hijau (Sumber: metro.co.uk)

Jenni mengatakan bahwa ia sering melakukan tanning dengan produk palsu, tapi ia berhasil membuat kulitnya menjadi berwarna coklat. Jenni juga mengungkapkan bahwa ia harus tinggal di rumah sampai semua warna hijaunya hilang. Setelah kejadian tersebut, ia sempat khawatir itu akan terjadi lagi. Tapi sekarang ia masih menyukai tanning palsu.

"Saya mengambil foto untuk dikirim ke saudara perempuan saya dan untuk sementara waktu setelah itu saya agak paranoid bahwa itu akan terjadi lagi," kata Jenni.

"Itu tidak akan langsung berubah menjadi hijau, kalau saja aku langsung mencucinya," tambah Jenni.

Apa yang dialami oleh Jenni menjadi pelajaran bagi semua orang untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk kecantikan atau perawatan kulit, karena jika tak sesuai akan dapat berakibat buruk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkaya Ilmu Agama dengan Tausiyah dari Ustaz Subki Al Bughury di Vidio

Posted: 03 Apr 2020 12:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ustaz Subki Al Bughury dikenal sebagai penceramah yang sering mengisi program religi di berbagai stasiun TV. Tidak sedikit masyakarat yang menyukai cara ustaz kondang tersebut dalam menyampaikan tausiyahnya. 

Belum lama ini, bertepatan dengan momen Isra Mi'raj lalu, Ustaz Subki Al Bughury mengajak para umat muslim untuk semakin memperkuat ibadah. 

"Kita perkuat ruku dan sujud, agar Allah mengangkat dan mencabut bencana dari Indonesia dan seluruh dunia. Dan Allah SWT melindungi diri, keluarga dan seluruh warga bangsa. Aamiin," tulisannya dalam unggahan Instagram pribadinya.

Himbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah membuat kita memiliki waktu luang lebih banyak. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memperkaya ilmu agama dengan mendengarkan tausyiah dari Ustaz Subki. 

Anda bisa nonton siraman rohani dari Ustaz Subki Al Bughury melalui program Tanya Pak Ustadz yang tayang live streaming setiap hari pukul 17.00 WIB hanya di Vidio

Tidak hanya menonton, Anda juga bisa bertanya secara langsung melalui fitur chat yang tersedia saat live streaming. Yuk, perkaya ilmu agama dengan mendengarkan tausyiah dari Ustaz Subki Al Bughury di sini.

saksikan videonya di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Lawas Mandra, Foto Pernikahannya Sederhana

Posted: 03 Apr 2020 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seniman, aktor dan pelawak bernama Mandra, baru-baru ini sedang menjadi perbincangan netizen. Pasalnya Mandra yang baru saja dikaruniai anak laki-laki di usianya yang ke-54. Momen bahagia ini pun tentu disambut oleh para penggemarnya di media sosial.

Banyak netizen mengucapkan selamat, sang istri Mila Sari Juwita pun mengunggah potret putra laki-lakinya dalam media sosial Instagram @mildrajuwita, Kamis (2/4/2020).

Mandra sendiri kerap membagikan potret kesehariannya dalam media sosial pribadinya @mandra_ys. Ia pun kerap mengunggah potret lawasnya saat berperan dalam berbagai sinetron.

Mulai dari Si Doel Anak Sekolahan, Mandragade, hingga potret pernikahannya 23 tahun lalu. Potret lawas Mandra ini pun tak kalah curi perhatian dimana ia mengalami cukup banyak perubahan. Selain itu potret pernikahannya bersama sang istri pun terlihat sederhana.

Berikut 7 potret lawas Mandra yang Liputan6.com kutip dari Instagram @mandra_ys, Jumat (3/4/2020).

1. Potret lawas Mandra bersama Sherly Oktaviana yang memanggilnya dengan sebutan Baba

Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)
Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)

2. Potret lawas pemain Si Doel Anak Sekolahan yang saat itu masih bersama Benyamin Sueb

Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)
Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)

3. Mandra telah membintangi banyak film dan sinetron, salah satunya Janggo Betawi pada tahun 2004

Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)
Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)

4. Sosok Mandra saat berperan dalam Mandragade pun saat itu berperawakan gemuk

Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)
Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)

5. Begini penampilan Mandra saat dalam Tarzan Betawi bersama Kiwil dan Christy Jusung

Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)
Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)

6. Potret lawasnya yang ia bagikan masih selalu mencuri perhatian netizen

Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)
Mandra (Sumber: Instagram/mandra_ys)

7. Potret lawas pernikahan Mandra dan Mila Sari Juwita yang kini telah berusia 23 tahun pernikahan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arema FC Dijatuhi Sanksi Denda Total Rp 100 Juta

Posted: 03 Apr 2020 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Malang - Sebelum ditunda hingga waktu yang belum pasti, kompetisi Shopee Liga 1 2020 sudah berlangsung selama tiga pekan. Kendati demikian, tim Arema FC dijatuhi denda Rp 100 juta dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Sebenarnya, Komdis PSSI telah menggelar sidang mengenai pelanggaran kode disiplin Liga 1 2020 pada Jumat (13/3) lalu. Namun,  hasil sidang itu baru diumumkan dalam laman resmi PSSI pada Kamis (2/4) kemarin.

Dari hasil sidang tersebut, pasukan Arema FC mendapat dua sanksi yang masing-masing berupa denda sebesar 50 juta rupiah. Denda itu untuk pelanggaran lima kartu kuning dalam satu pertandingan saat Arema kalah 1-2 atas Persub Bandung pada laga pekan kedua Liga 1 2020 (8/3).

Seperti dirilis wearemania.net, pada laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang itu, Arema FC didakwa melakukan pelanggaran oleh Komdis. Mereka mencatat adanya pelanggaran dari suporter tim tuan rumah dengan melempar botol ke dalam are teknis lapangan setelah pertandingan selesai.

Selain terkena denda 100 juta rupiah, pasukan Singo Edan juga medapat sanksi lain dari Komdis PSSI. Dua staff kepelatihan Arema FC mendapat teguran keras.

Protes Wasit

Sanksi tanpa denda uang itu diberikan kepada pelatih kepala, Mario Gomez dan asisten pelatih, Charis Yulianto.

Keduanya tercatat melakukan protes berlebih kepada wasit cadangan pada laga pekan pertama Liga 1 2020 (2/3) melawan Tira Persikabo. Dalam pertandingan tersebut dimenangkan Arema FF dengan hasil 2-0.

 

 

Berikut Sanksi Komdis PSSI

1. Pelatih Arema FC, Sdr. Roberto Mario Carlos Gomez

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: PS Tira vs Arema FC

– Tanggal kejadian: 2 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: Protes berlebihan kepada wasit cadangan

– Hukuman: Teguran keras

2. Ofisial Arema FC, Sdr. Charis Yulianto

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: PS Tira vs Arema FC

– Tanggal kejadian: 2 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: Protes berlebihan kepada wasit cadangan

– Hukuman: Teguran keras

3. Pemain Persipura Jayapura, Sdr. Arthur Cunha Da Rocha

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: Borneo FC vs Persipura Jayapura

– Tanggal kejadian: 7 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: Melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar Fair Play

– Hukuman: Larangan bermain 1 (satu) pertandingan dan denda Rp. 10.000.000

4. Pemain Persela Lamongan, Sdr. Gabriel Do Carmo

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: Persela Lamongan vs PSIS Semarang

– Tanggal kejadian: 7 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: Melakukan tindakan tidak sportif dan melanggar Fair Play

– Hukuman: Larangan bermain sebanyak 2 (dua) pertandingan dan denda Rp. 20.000.000

5. Arema FC

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: Arema FC vs Persib Bandung

– Tanggal kejadian: 8 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: 5 kartu kuning dalam satu pertandingan

– Hukuman: Denda Rp. 50.000.000

6. Arema FC

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: Arema FC vs Persib Bandung

– Tanggal kejadian: 8 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: Suporter melakukan pelemparan botol ke dalam lapangan & masuknya suporter ke dalam lapangan

– Hukuman: Denda Rp. 50.000.000

7. Pemain Persipura Jayapura, Sdr. Israel Wamiau

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: Persipura Jayapura vs PSIS Semarang

– Tanggal kejadian: 1 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: Menendang pemain lawan

– Hukuman: Larangan bermain 2 (dua) pertandingan dan denda Rp. 10.000.000

8. Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2020

– Pertandingan: Persib Bandung vs Persela Lamongan

– Tanggal kejadian: 1 Maret 2020

– Jenis pelanggaran: supporter Persib Bandung masuk ke area lapangan

– Hukuman: Denda Rp. 30.000.000

(Balwa Ramadhan/Mg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Terima Bantuan Rp 10 M untuk Laboratorium yang Deteksi Corona

Posted: 03 Apr 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Tempo Scan Pasific Tbk memberikan bantuan dana kepada Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Ejkman sebanyak Rp 10 miliar untuk pemeriksaan terkait virus Corona. Bantuan ini diberikan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

LBM Eijkman adalah salah satu laboratorium yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan deteksi terhadap virus-virus atau mikroba berbahaya. Oleh karena itu, laboratorium ini termasuk dalam garda depan untuk mendeteksi virus SARS-COV-2 di Indonesia.

"Pada hari ini, LBM Eijkman menerima bantuan untuk penyelenggaraan pemeriksaan virus Corona ini dari PT Tempo Scan (Pasific) melalui BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," kata Kepala LBM Eijkman Amin Subandrio, di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2020).

Menurut dia, laboratoriumnya sudah memeriksa hampir 3.000 sampel sejak ditunjuk pemerintah untuk membantu Kementerian Kesehatan dalam mendeteksi virus Corona. Dia mengatakan, 10 persen dari sampel yang diteliti itu positif mengandung virus Corona.

Amin mengatakan, dalam melakukan pekerjaan tersebut, LBM Eijkman tentu membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk peningkatan kapasitas laboratorium yang dimiliki. Dia berharap, dengan pengembangan ini, tidak ada keterlambatan dalam mendiagnosa sampel di tengah wabah Corona saat ini.

"Dengan bertambahnya kasus-kasus yang harus diperiksa, kami juga harus meningkatkan kapasitas laboratorium itu sendiri. Untuk itu, dana yang kami terima akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas (laboratorium) itu, sehingga tidak terjadi keterlambatan (pemeriksaan) yang tidak perlu dan hasilnya lebih cepat dipergunakan oleh Kementerian Kesehatan maupun pihak-pihak lain yang membutuhkan," ujar Amin.

 

Bertahap

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Presiden Direktur PT Tempo Scan Pasific, Tbk. Handojo S Muljadi mengatakan, dana yang disisihkan PT Tempo Scan Pasific Tbk untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 17,5 miliar. Dana tersebut diberikan melalui BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 secara bertahap.

"Penyerahan dilakukan kepada BNPB atau Gugus Tugas secara bertahap Rp 10 miliar. Saya dapat kabar dari Pak Doni Monardo (Kepala Gugus Tugas), bahwa bantuan kami akan disalurkan kepada LBM Eijkman," kata Muljadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Sri Mulyani ke Pejabat yang Baru Dilantik: Tak Ada Waktu untuk Belajar

Posted: 03 Apr 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik dua pejabat penting di lingkungan Kementerian Keuangan. Kedua pejabat tersebut adalah Basuki Purwadi sebagai Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan Febrio Nathan Kacaribu sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani meminta pejabat yang baru saja dilantik untuk segera menyesuaikan diri. Alasannya, kedua pejabat tersebut tidak mempunyai cukup waktu untuk belajar di tengah pandemi virus Corona covid-19 yang mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi negara.

"Anda saat ini tidak mempunyai waktu untuk belajar, karena di tengah kondisi extraordinary covid-19, yang mempengaruhi sisi keuangan negara dan swasta," kata Sri Mulyani melalui Video Conference pada Jumat (3/4/2020).

Sri Mulyani berharap kedua pejabat penting tersebut mampu meningkatkan komunikasi, kreatifitas, dan inovasi yang merupakan kunci keberhasilan, di tengah ancaman Covid-19.

"Karena, sangat mengancam kesehatan masyarakat dan berdampak signifikan pada bidang sosial, ekonomi, dan keuangan," imbuh Sri Mulyani.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kuatkan Moral

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Barang bukti selundupan tersebut dikemas dalam 18 kardus berwarna cokelat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Barang bukti selundupan tersebut dikemas dalam 18 kardus berwarna cokelat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Wanita kelahiran Bandar Lampung tersebut kemudian memberikan pesan khusus Basuki Purwadi selaku Direktur LMAN, untuk meningkatkan moral jajarannya yang tengah terguncang, akibat kehilangan pegawainya karena menjadi korban dari ganasnya virus Covid-19.

Tak lupa ia menutup acara pelantikan yang berlangsung secara singkat dan sederhana tersebut, dengan memberikan ucapan semangat bagi dua pejabat baru di Kementeriannya.

"Selamat bekerja, Semoga Allah SWT, bersama kita semua," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Aman Berolahraga Saat Pandemi Corona COVID-19

Posted: 03 Apr 2020 12:10 AM PDT

Jakarta - Pembatasan aktivitas karena Corona COVID-19 bukan berarti kegiatan berolahraga juga harus terhenti. Selain tetap sehat, hal ini juga menghindarkan kita dari stres apabila terlalu lama berada di rumah atau tengah menjaga jarak dengan orang lain.

Dalam laman resminya, World Health Organization (WHO) memberikan beberapa tips agar masyarakat bisa tetap berolahraga dengan aman selama masa pandemi Corona COVID-19.

Cek Kondisi Kesehatan

WHO mengatakan, yang pertama harus Anda perhatikan adalah kondisi kesehatan. Mereka meminta seseorang untuk tidak berolahraga apabila mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas.

"Tetap di rumah dan istirahat, cari bantuan medis dan telepon terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda," ujar WHO menyarankan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jaga Jarak dan Rutin Cuci Tangan

ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk
ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk

Beberapa negara masih memperbolehkan orang yang sehat untuk keluar dan beraktivitas seperti olahraga. Apabila Anda diperbolehkan untuk berjalan-jalan atau naik sepeda, selalu praktikkan jaga jarak dan rutin mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum pergi, ketika sampai di tempat tujuan, dan saat pulang ke rumah.

Apabila tidak ada air dan sabun, Anda boleh menggunakan cairan pembersih tangan berbahan alkohol.

Ketika Pergi ke Tempat Umum

ilustrasi perempuan di taman/copyright By N U S A R A (Shutterstock)
ilustrasi perempuan di taman/copyright By N U S A R A (Shutterstock)

Sama seperti poin sebelumnya, Anda harus tetap menjaga jarak fisik dan selalu mencuci tangan sebelum pergi, saat tiba di tujuan, dan saat pulang ke rumah apabila bepergian ke taman atau ruang terbuka publik untuk berolahraga.

"Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda terkait dengan pembatasan jumlah orang bersama Anda dan/atau pembatasan penggunaan permainan di ruang terbuka publik atau peralatan olahraga," tulis WHO.

Jika Tak Terbiasa Aktif

(sumber:cak.com).
(sumber:cak.com).

Apabila Anda tidak aktif secara fisik, mulailah perlahan dengan aktivitas intensitas rendah seperti berjalan atau olahraga ringan.

"Mulailah dengan jumlah yang lebih pendek seperti 5 sampai 10 menit dan secara bertahap kembangkan hingga 30 menit atau lebih, terus menerus selama beberapa minggu."

WHO mengatakan, lebih baik dan aman untuk aktif dalam waktu singkat namun sering, ketimbang mencoba aktif dengan waktu yang lama tetapi Anda tidak terbiasa.

Memilih Aktivitas

Potret Saat Rebahan di Sembarang Tempat ini Bikin Geleng Geleng (sumber:cak.com).
Potret Saat Rebahan di Sembarang Tempat ini Bikin Geleng Geleng (sumber:cak.com).

WHO merekomendasikan untuk memilih aktivitas yang tepat sehingga mengurangi risiko cedera dan Anda juga bisa menikmati kegiatan tersebut.

"Pilih intensitas yang tepat sesuai dengan status kesehatan dan tingkat kebugaran Anda. Anda harus dapat bernapas dengan nyaman dan melakukan percakapan saat beraktivitas fisik intensitas ringan dan sedang."

Sumber asli: WHO

Disadur dari: Liputan 6 (Giovani Dio Prasasti, published 2/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Perang Melawan Covid 19 Masih Panjang, Harus Maraton

Posted: 03 Apr 2020 12:06 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, butuh kerja sama semua pihak untuk menanggulangi Covid-19. Sebab, menurut dia, proses penyebaran juga upaya penanggulangan Covid-19 bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

"Ini masih panjang. Ini bukan sprint, ini maraton," kata Anies ketika menerima bantuan dari Kadin Indonesia, di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Dalam situasi seperti sekarang, tegas dia, yang dibutuhkan adalah tindakan cepat oleh pemangku kebijakan.

"Dan kita semua pokoknya dalam situasi seperti ini yang penting adalah action-nya terlaksana. Birokrasi mengikuti kemudian. Regulasi dan lain-lain," ujar dia.

Menurut Anies, baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat merupakan elemen yang ada di garda terdepan dalam perang melawan Covid-19. Upaya pencegahan oleh garda terdepan ini harus dijalankan sungguh-sungguh. Dengan demikian kerja-kerja tenaga medis dapat dibantu, bukan malah diberikan beban yang makin besar.

"Yang garda terdepan dalam menghadapi kita semua adalah kita yang bisa menjaga. Pertahanan terakhirnya adalah teman-teman medis. Teman-teman medis itu bekerja luar biasa kalau pertahanan depannya bobol makin banyak yang harus dirawat. Makin besar bebannya," ujar Anies Baswedan.

 

Harap Pebisnis Ambil Keputusan yang Tepat

Kepada pelaku usaha, lanjut Anies, tentu saat-saat ketika Covid-19 merebak seperti akhir-akhir ini, merupakan waktu yang berat. Mengingat pelaku usaha harus bisa membuat keputusan baik untuk menjaga bisnis dari hantaman perekonomian yang turun, serentak harus berupaya menjaga para karyawan yang menggantungkan nasibnya pada keputusan bisnis pemilik usaha.

"Khusus bagi teman-teman dunia usaha saya membayangkan situasi yang tidak ringan. Karena setelah Covid-19 ini ada, ada masalah perekonomian. Ini tiap pribadi yang berdiri di sini (pelaku usaha) punya anak buah, puluhan, ratusan ribu yang harus tetap mereka kelola supaya ratusan ribu keluarga yang ada juga tetap bisa berkegiatan. Ini bukan sesuatu yang ringan," ungkapnya.

Dia berharap, pelaku usaha dapat membuat keputusan-keputusan bisnis secara tepat. Dengan begitu, usahanya dapat bertahan selama periode merebaknya Covid-19. Kerja sama akrab antara pemerintah dan pelaku usaha tetap dibutuhkan ke depan.

"Izinkan saya atas nama warga Jakarta menyampaikan terima kasih atas dukungannya dan mohon kami didukung terus," katanya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: