Kamis, 09 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Ponorogo Tangkap Penyebar Hoaks Corona COVID-19

Posted: 09 Apr 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Ponorogo, Jawa Timur, menangkap AH (44) atas dugaan sebagai penyebar kabar bohong atau hoaks tentang pasien COVID-19 di RSUD dr. Hardjono, Ponorogo, yang dinarasikan meninggal dunia karena kondisinya terus memburuk sebagaimana potongan foto terlampir.

Kapolres Ponorogo, Jawa Timur AKBP Arif Fitrianto mengungkapkan, foto yang diunggah AH di grup media sosial Facebook, Info Cegatan Wlayah Ponorogo (ICWP), adalah potongan gambar dari bungkus rokok, Kamis 9 April 2020.

"Pelaku ini sudah mengakui kesalahannya karena tidak menyaring dahulu informasi yang dia terima, kemudian menyebarkannya ke Facebook," kata Kapolres Arif Fitrianto menjelaskan.

AH ini merupakan warga Desa Semanding, Kecamatan Kauman. Dia mengaku mendapat informasi tentang pasien COVID-19 yang sedang dirawat di ruang isolasi RSUD dr. Hardjono dari grup WhatsApp BPD Semanding, lalu diteruskan (mengunggah) ke grup ICWP, dilansir dari Antara.

"Saya memohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Ponorogo, khususnya keluarga besar Bapak Slamet karena saya telah mengunggah berita tidak benar tentang pasien COVID-19. Saya berjanji tidak akan mengulangnya," kata AH menyampaikan permintaan maaf saat gelar perkara di Satreskrim Polres Ponorogo.

AH mengaku sebenarnya sudah berusaha menghapus unggahan informasi tersebut dari dinding ICWP. Namun, tidak berhasil karena akunnya keburu diblokir pihak pengelola atau admin grup ICWP.

AH akhirnya ditangkap setelah berita bohong tentang kematian pasien COVID-19 viral dan dilaporkan ke aparat kepolisian. Dari laporan dan jejak digital itulah kemudian jajaran Satreskrim Polres Ponorogo menangkap AH.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ditetapkan Tersangka

PODCAST: Waspada Hoaks Lebih Cepat Menyebar dari Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
PODCAST: Waspada Hoaks Lebih Cepat Menyebar dari Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

AH kini dianggap telah melakukan dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong yang menyesatkan sehingga kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.

AH telah ditetapkan sebagai tersangka dan diancam dijerat dengan Pasal 45 A Ayat (1) juncto Pasal 28 Ayat(1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11/2008.

Kapolres Arif memastikan pasien COVID-19 yang saat ini dirawat di RSUD dr. Hardjono Ponorogo dalam kondisi baik. Ia menyebutkan ada lima pasien/warga berstatus positif COVID-19 di Ponorogo.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni melalui pesan aplikasi WhatsApp menjelaskan bahwa dua dari lima pasien positif COVID-19 berasal dari klaster pelatihan calon petugas haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Ipong Muchlissoni mengatakan, satu pasien di antaranya merupakan pasangan dari yang terkonfirmasi positif sebelumnya.

"Tentu ini memprihatinkan. Oleh karena itu, kita harus lebih fokus lagi pada orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan peserta TKHI dan kelurganya, ini harus dicari, diidentifikasi, diisolasi, dan diobati, biar tidak melebar ke mana-mana, tetap semangat, terus berjuang, berdoa, bersatu lawan COVID-19," ucap Bupati Ipong.

Ipong juga menyampaikan kabar baik jika dari ke lima pasien yang yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut saat ini kondisi fisiknya sudah makin membaik.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadon Sancho Prioritaskan Pindah ke MU

Posted: 09 Apr 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Peluang Manchester United (MU) mendapatkan wonderkid Borussia Dortmund Jadon Sancho semakin membesar saja. Pemuda 20 tahun itu dikabarkan memprioritaskan pindah ke MU akhir musim nanti.

Pemain yang berposisi sebagai winger itu memang jadi buruan utama MU untuk bursa transfer akhir musim nanti. MU butuh Sancho karena sayap mereka cukup lemah.

Sancho disiapkan menggantikan Jesse Lingard yang akan segera dibuang. MU tergoda dengan bakat besar Sancho di Dortmund. Sancho sukses membuat 14 gol dan 16 assists di Bundesliga musim ini.

Untuk mendapatkan Sancho, MU harus saling sikut dengan banyak klub besar Eropa. Mulai dari Liverpool, Chelsea, Real Madrid hingga Juventus.

The Athletic melaporkan MU paling berpeluang mendapatkan Sancho dibanding klub-klub besar Eropa lainnya. Sancho memang ingin kembali main di kota Manchester.

 

Punya Banyak Teman

Gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho  (AP Photo/Martin Meissner)
Gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho (AP Photo/Martin Meissner)

Sebelum di Dortmund, Sancho merupakan pemain binaan Manchester City. Sancho sudah kerasaan di kota Manchester. Dia memiliki banyak teman di kota Manchester.

Selain itu, Sancho juga cukup akrab dengan pemain muda MU, penyerang Marcus Rashford. MU akan meminta bantuan Rashford merayu Sancho agar mau pindah ke Old Trafford.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terapkan PSBB, PNS Diminta Tetap Kerja Sesuai Target

Posted: 09 Apr 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memandang pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di wilayah dengan penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dapat menjalankan tugas kedinasan di tempat tinggalnya (work from home/WFH) secara penuh.

Namun tetap memperhatikan sasaran kinerja dan target kerja pejabat/pegawai yang bersangkutan, serta kebutuhan minimum untuk pelayanan perkantoran.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pada instansi pemerintah diminta melakukan penyesuaian sistem kerja bagi ASN di wilayah PSBB. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 45 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Bagi Aparatur Sipil Negara pada Instansi Pemerintah yang Berada di Wilayah dengan Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

PPK juga diminta mengatur ASN yang memiliki tugas dan fungsi bersifat strategis sebagaimana diatur dalam Permenkes No. 19/2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dapat melaksanakan tugas kedinasan di kantor dengan memperhatikan jumlah pejabat/pegawai seminimum mungkin.

Namun kehadiran tersebut tetap mengutamakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 (pemutusan rantai penularan) sesuai dengan protokol kesehatan di tempat kerja.

Dalam surat edaran ini juga diberitahukan bahwa penyesuaian sistem kerja PNS ini agar dilaksanakan sesuai dengan masa berlakunya PSBB bagi masing-masing wilayah dimana Instansi Pemerintah berlokasi.

PNS Dilarang Cuti Selama Darurat Covid-19

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 Pemerintah melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan keluarganya untuk berpergian keluar daerah ataupun mudik selama masa penyebaran virus corona (Covid-19). Selain itu, PNS juga rupanya dilarang mengajukan cuti jika tidak dalam keadaan terdesak.

Aturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 46 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Keluar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Aparatur Sipil Negara tidak mengajukan cuti selama berlakunya Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," bunyi iSurat Edaran tersebut, Kamis (9/4/2020).

Mengacu ketentuan tersebut, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pada Kementerian/Lembaga/Daerah juga tidak diperbolehkan memberikan izin cuti kepada PNS.

Terkecuali, bagi beberapa PNS dalam keadaan atau kondisi tertentu. Izin dapat diberikan kepada PNS dengan alasan cuti melahirkan, cuti sakit, ataupun cuti karena alasan penting bagi Pegawai Negeri Sipil.

"Cuti karena alasan penting hanya diberikan terbatas pada alasan bahwa salah satu anggota keluarga inti (ibu, bapak, isteri atau suami, anak, adik, kakak, mertua, atau menantu) dari Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan sakit keras atau meninggal dunia," tulis Surat Edaran itu.

Tak hanya ASN yang berstatus sebagai PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga dapat memperoleh izin cuti dengan alasan cuti melahirkan dan/atau cuti sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Jakarta, Pemprov Sebarkan 2 Ribu Paket Sembako

Posted: 09 Apr 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta kembali melanjutkan distribusi bantuan sosial selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Hari kedua distribusi adalah di Kelurahan Jatinegara dan Cililitan.

Kepala Dinas Sosial Irmansyah menuturkan, jumlah sembako yang akan diberikan hari ini sebanyak 2.000 paket untuk dua kelurahan.

"Pembagian sembako dari Dinas Sosial DKI Jakarta gelombang ke 2 sejumlah 20.000 paket sembako di wilayah Kelurahan Penjaringan, Jatinegara, dan Cililitan," kata Irmansyah, Jumat (10/4).

Isi tiap paket sembako adalah adalah beras 5 kg, minyak goreng 1 kg, sarden 2 kaleng, sabun 3 buah, masker 2 lembar, dan biskuit 2 kaleng.

Irmansyah menambahkan, untuk operasional distribusi sembako ini, PD Pasar Jaya membutuhkan bantuan 25 truk TNI. Nantinya, truk yang diterjunkan dibagi menjadi dua sesi.

"Gelombang 1, 10 truk standby PD Pasar Jaya Kramat Jati pukul 12.30 WIB, gelombang 2, 15 truk. Standby PD Pasar Jaya Kramat Jati pukul 15.00 WIB," ujar Irmansyah merinci.

Diketahui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memulai distribusi bantuan sosial selama PSBB ke Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Pemprov juga telah menjadwalkan kelurahan di lima kota administrasi Jakarta yang akan menerima bantuan.

 

Diantar ke Rumah

Jumat 10 April, Jatinegara dan Cililitan,

Sabtu 11 April, Cilincing, Rorotan, Pegangsaan Dua,

Minggu 12 April, Kalibaru, Kebon Melati, Rawamangun, Kebon Kacang, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Gelora

Senin 13 April, Penggilingan, Semper Timur, Pulo Gebang, Pekayon, Pademangan Barat, Rawa Badak Utara Tugu Utara, Koja, Semper Barat, Pademangan Timur, Lagoa, Ancol, Cakung Barat , Malaka Jaya, Klender, Malaka Sari, Cakung Timur, Pulau Kelapa, Sukapura, Pulau Panggang, Rawa Badak Selatan, Pulau Tidung, Marunda, Pulau Pari, Tugu Selatan, Pulau Harapan

Selasa 14 April, Kapuk, Tegal Alur, Cegkareng Timur, Semanan, Kalideres, Duri Kosambi, Kamal, Pegadungan, Rawa Buaya, Cengkareng Barat, Kembangan Utara

Dikutip melalui akun instagram @dkijakarta, bantuan akan diantar lansgung ke rumah. Jika pukul 18.00 WIB warga belum menerima bantuan diharapkan untuk menghubungi perangkat RT melalui SMS atau Whatsapp untuk segera diproses.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan selama PSBB, Pemprov Jakarta menggelontorkan bantuan untuk 1,25 juta keluarga. Bantuan akan dikirim setiap minggu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Lagu Bimbo soal Virus Corona Diciptakan 30 Tahun Lalu, Ini Faktanya

Posted: 09 Apr 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya dihebohkan dengan munculnya sebuah lagu yang dinyanyikan Bimbo. Lagu tersebut menceritakan mengenai virus Corona yang merebak di berbagai penjuru dunia dan juga Indonesia.

Hebohnya, dalam keterangan di lagu tersebut, Bimbo dikabarkan sudah menciptakan lagu tersebut sejak 30 tahun yang lalu. Kemunculan lagu tersebut dianggap sebagai sebuah pertanda sejak lama.

Namun, klarifikasi akhirnya muncul dari perwakilan keluarga Bimbo. Pihak keluarga membenarkan kalau lagu tersebut dinyanyikan oleh Bimbo.

"Tapi itu lagu baru. Bukan lagu yang diciptakan 30 tahun yang lalu," ujar salah satu perwakilan keluarga seperti dikutip Liputan6.com.

Lagu Baru

Sam Bimbo (ist)
Sam Bimbo (ist)

Perwakilan keluarga Bimbo juga menjelaskan bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Syam, Acil, dan Jaka belum lama ini di studio Batu Nunggal, Bandung, Jawa Barat. 

"Lagu itu memang khusus bercerita soal virus Corona," ujarnya.

 

 

 

 

 

 

Doni Monardo

Sambutan hangat para penonton menjadi bukti jika Bimbo menjadi musisi legendaris yang masih eksis hingga kini. Di tengah hantaman musisi luar negeri dan trend silih berganti, Bimbo tetap bertahan. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Sambutan hangat para penonton menjadi bukti jika Bimbo menjadi musisi legendaris yang masih eksis hingga kini. Di tengah hantaman musisi luar negeri dan trend silih berganti, Bimbo tetap bertahan. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Bahkan, diceritakan bahwa Bimbo menciptakan lagu tersebut karena diminta oleh Kepala Gugus Tugas Covid-19, Doni Monardo. 

"Lagu soal Corona itu diminta oleh Kepala Gugus Tugas, Doni Monardo," katanya.

Terimakasih

Bimbo pun berterimakasih karena lagu Virus Corona ini mendapatkan apresiasi yang tinggi setelah dilempar ke media sosial dan juga situs berbagi video, Youtube.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tribute Bagi Glenn Fredly, 8 Seleb Ini Cover Lagu Mendiang yang Penuh Makna

Posted: 09 Apr 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepergian musisis Indonesia Glenn Fredly pada Rabu (8/4/2020) petang, pukul 18.47 WIB di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan cukup mengejutkan banyak pihak. Jenazah dari penyanyi 44 tahun tersebut telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, pada Kamis (9/4/2020) setelah sebelumnya jenazah disemayamkan di Gereja Sumber Kasih, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Bukan hanya keluarga saja yang merasa kehilangan pria bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo. Akan tetapi para sahabat dan rekan selebriti serta masyarakat pun merasa sangat kehilangan. Sosok Glenn Fredly sendiri dikenal sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu berbakat. Bahkan, dirinya cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan penegakkan mengenai Hak Asasi Manusia (HAM).

Rasa kehilangan seorang musisi berbakat Tanah Air ini pun banyak dirasakan selebriti. Pasalnya, tak sedikit pula lagu-lagu hits dari suami Mutia Ayu ini menemani masa muda mereka. Beberapa selebriti Tanah Air pun melakukan tribut untuk mendiang Glenn Fredly. Mereka pun mengunggah video dengan membawakan lagu mendingan di akun Instagram.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020) berikut ini beberapa aksi selebriti Tanah Air yang melakukan cover lagu Glenn Fredly sebagai tanda kenangan dan penghormatan kepada sang mendiang.

1. Ifan Seventeen pun memilih lagu Sekali Ini Saja dari Glenn Fredly. Kesedihan merasa kehilangan sang musisi juga terlihat jelas pada wajah Ifan.

View this post on Instagram

🌹 @glennfredly309 #ripglennfredly

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on

3. Gamaliel dan Audrey melakukan tribute kepada Glenn dengan menyanyikan lagu dari Glenn Fredly berjudul Akhir Cerita Cinta.

4. Lagu Sedih Tak Berujung merupakan singel yang dirilis Glenn pada 2014 lalu. Kiki The Potters pun terlihat menyanyikan kembali dengan diiringi petikan gitar sebagai salah satu penghormatan kepada mendiang.

6. Mytha Lestari juga mengenang mendiang Glenn Fredly lewat lagu Sekali Ini Saja. Dirinya pun sangat merasa sedih atas kepergian sang musisi.

7. Bagi Raffi Ahmad, lagu-lagu dari Glenn merupakan musik yang menemaninya masa remaja. Bahkan, lagu berjudul Januari menjadi salah satu lagu bermakna bagi suami Nagita Slavina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19, Kemenag: Umat Budha Indonesia Rayakan Waisak dari Rumah

Posted: 09 Apr 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Ditjen Bimas Budha Kemenag, Nyoman Suriadarama menyatakan anjuran perayaan Hari Besar Waisak bagi umat Budha di Indonesia dirayakan dari rumah saja. Hal ini menyusul pandemi Covid-19 yang belum dipastikan waktu meredanya.

"Ditjen Bimas Budha mengajak seluruh umat Budha dalam rangka merayaakan Waisak ini, rayakan masing-masing dari rumah. Bahkan, detik-detik waisak, untuk sementara yang akan jatuh pukul 17:45, diadakan juga dari rumah." tutur Nyoman saat jumpa pers di Graha BNPB Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Nyoman menjelaskan, anjuran ini semata dukungan bagi bangsa Indonesia dalam perjuangan melawan bahkan memberantas Corona virus atau Covid-19.

Selain itu, lanjut dia, kepada seluruh umat Budha di Indonesia juga diajak berkegiatan ibadah di hari minggu juga dilakukan di rumah masing-masing.

"Begitu juga sekolah minggu yang biasa rutin dilakukan oleh anak-anak kita, mari anak-anak kita kita ajak belajar dari rumah masing-masing," harap Nyoman.

Terakhir dalam kegiatan ibadah sembahyang Puja Bakti, Nyoman juga meminta agar kegiatan mediasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya media sosial.

"Kita guakan live streaming dan macam-macamnya. itulah teknologi yang kita bisa manfaatkan bersama keluarga, Bersama saudara. baik itu yang jauh jauh dari tempat kita, kita tetap bisa melakukan komunikasi dan silaturahmi," dia menandasi. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Dirikan 33 Titik Pemeriksaan PSBB

Posted: 09 Apr 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membangun 33 titik pengecekan (check point) untuk mengawasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

"Untuk mengawasi pelaksanaan PSBB tersebut Polda Metro Jaya membangun 33 check point di seluruh wilayah DKI Jakarta," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau check point di PSBB di Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2020).

Sambodo mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan hari pertama pelaksanaan PSBB dan pengawasan di 33 check point tersebut.

Ia menyebutkan, 33 check point tersebut dibangun di seluruh wilayah DKI Jakarta meliputi pintu-pintu masuk Jakarta, terminal, stasiun kereta api dan gerbang-gerbang tol.

"Intinya adalah untuk memastikan warga DKI Jakarta mematuhi aturan-aturan di dalam PSBB tersebut," katanya seperti dikutip Antara.

Sambodo menjelaskan, aturan dalam PSBB tersebut mengatur di antaranya pembatasan jumlah penumpang dalam kendaraan pribadi dan pembatasan penumpang angkutan umum hanya 50 persen. Kemudian jarak antara penumpang juga harus mengacu physical distancing.

Pengendara kendaraan pribadi seperti mobil walau hanya berdua orang tetap harus menerapkan pembatasan fisik. Penumpang harus duduk di belakang, sedangkan pengemudi tetap di depan sendirian.

"Kemudian juga kewajiban menggunakan masker dan sarung tangan bagi pengendara sepeda motor," kata Sambodo.

Dia mengharapkan dengan pemantauan dan sosialisasi yang dilakukan dapat dilaksanakan oleh masyarakat. Pemantauan dan pengawasan yang dilakukan pihaknya bagian dari sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan PSBB.

"Ketentuan-ketentuan ini kita laksanakan dan kita sosialisasikan kepada masyarakat, sehingga walaupun isi kendaraan cuma berdua secara kapasitas memenuhi 'physical distancing' harus dijaga sehingga kemudian satu orang harus duduk di belakang pengemudinya sendirian," kata Sambodo.

 

Penutupan dan Pembatasan

Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan PSBB secara resmi mulai Jumat ini pukul 00.00 WIB dengan dasar hukum Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020. Selain itu, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Adapun yang dibatasi selama PSBB adalah sekolah dan tempat kerja diliburkan kecuali delapan sektor dan semua tempat ibadah ditutup. Semua fasilitas umum pemerintah dan swasta ditutup, transportasi umum dibatasi jam operasional dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB termasuk jumlah penumpang per moda.

PSBB bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) yang grafik kasusnya meningkat setiap harinya. DKI Jakarta menjadi episentrum Covid-19 di Indonesia dilihat dari banyaknya jumlah kasus.

Berdasarkan data corona.jakarta.go.id per Jumat pukul 11.28 WIB jumlah kasus positif di DKI Jakarta sebanyak 1.810 orang dengan rincian, 1.139 orang dirawat, 433 orang isolasi mandiri, 82 orang pasien sembuh dan 156 orang meninggal dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil hingga Kini

Posted: 09 Apr 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air memang sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan Juwita Tofhany Sanjaya atau akrab disapa Juwita Bahar. Juwita terkenal sebagai penyanyi dangdut dan pesinetron Tanah Air. Ia sudah berkarier di dunia entertainment sejak 7 tahun.

Sepanjang kariernya, perempuan kelahiran 11 Januari 1996 ini sudah menelurkan 2 judul album yakni Maybe Yes Maybe No (2008) dan Buka Sitik Joss (2013). Tak hanya bermusik, wanita 24 tahun ini juga melebarkan sayap di dunia akting. Ia pernah membintangi film berjudul Shy Shy Cat (2011) dan Cewek Saweran (2016).

Juwita Bahar juga terkenal sebagai pesinetron hits Tanah Air. Ia sudah membintangi 8 judul sinetron. Sinetron populer yang dibintangi Juwita antara lain Jodoh Wasiat Bapak dengan memerankan karakter Erna. Kini Juwita masih tetap eksis di dunia entertainment.

Penasaran kan bagaimana transformasi Juwita Bahar dari kecil hingga kini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, transformasi Juwita Bahar, Jumat (10/4/2020).

1. Sedari kecil, Juwita Bahar memang sudah memiliki paras cantik menawan.

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)
6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)

2. Ia sudah berkarier di dunia entertainment sejak 2003 di usia 7 tahun.

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)
6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)

3. Sepanjang kariernya, Juwita Bahar sudah membintangi 2 judul film.

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber:KapanLagi)
6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber:KapanLagi)

4. Penampilannya yang menawan membuat Juwita Bahar mendapatkan banyak tawaran bermain sinetron.

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber:KapanLagi)
6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber:KapanLagi)

5. Perempuan kelahiran 11 Januari 1996 ini sudah terlibat 8 judul sinetron.

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)
6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)

6. Kini penampilan Juwita Bahar semakin terlihat cantik menawan saja di usianya ke-24.

6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)
6 Potret Transformasi Juwita Bahar, dari Kecil Hingga Kini (sumber: Instagram.com/juwitasanjaya11)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Titik Pengawasan Pelaksanaan PSBB di Jakarta Selatan

Posted: 09 Apr 2020 10:05 PM PDT

Petugas saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker dan aturan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie B
Petugas saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker dan aturan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie B

Petugas saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker dan aturan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie B

Petugas menyuruh pengemudi mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya merupakan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas menyuruh pengemudi mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya merupakan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas menyuruh pengemudi mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya merupakan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas menyuruh pengendara mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker. (merdeka.com/Arie Basuk
Petugas menyuruh pengendara mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker. (merdeka.com/Arie Basuk

Petugas menyuruh pengendara mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker. (merdeka.com/Arie Basuk

Petugas memakaikan masker ke pengendara saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya merupakan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memakaikan masker ke pengendara saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya merupakan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memakaikan masker ke pengendara saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya merupakan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPSB. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas menyuruh pengemudi truk mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas menyuruh pengemudi truk mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas menyuruh pengemudi truk mengenakan masker saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). Kegiatan gabungan Dishub dan Polda Metro Jaya menyasar pengemudi kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNI Meninggal Sesaat Usai Merapat di Florida Akibat Corona COVID-19

Posted: 09 Apr 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi awak Kapal Pesiar Zandaam meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke rumah sakit di Florida. Penyebabnya adalah akibat corona COVID-19.

Dikutip dari South China Morning Post, Jumat (10/4/2020), Craig Mallak, pemeriksa kesehatan Broward County, pada Kamis, 9 April 2020, mengonfirmasi kematian WNI bernama Wiwit Widarto. Ia dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani pengujian.

Wiwit meninggal pada Rabu, 8 April 2020, enam hari setelah Zaandam dan Rotterdam, kapal saudaranya, diizinkan merapat di Pelabuhan Lauderdale setelah dua pekan terombang-ambing di laut lantaran ditolak merapat oleh Pelabuhan South American. Hal itu disampaikan juru bicara Holland America Line.  

WNI itu segera dibawa ke Rumah Sakit Florida setelah kapal melempar jangkar. Kematian pria berusia 50 tahun itu menambah daftar korban meninggal penumpang kapal pesiar menjadi empat orang akibat corona.

Tiga penumpang berusia lanjut telah meninggal lebih dulu sebelum bisa merapat ke pelabuhan. Pemeriksa kesehatan mengonfirmasi ketiga orang tersebut positif Covid-19.

Sementara, seorang penumpang lainnya yang juga meninggal dinyatakan negatif terinfeksi COVID-19. Namun, ia telah meninggal 12 hari sebelum ia dites.

Sekitar 1.200 penumpang kapal pesiar Zaandam dan Rotterdam berhasil diturunkan. Mereka diberi kesempatan untuk mengisi ulang perbekalan dan melarikan awak kapal yang jatuh sakit ke rumah sakit. Perusahaan kapal pesiar, pejabat federal, dan otoritas Florida bernegosiasi berhari-hari sebelum akhirnya mengizinkan penumpang turun.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Menyisakan 29 Penumpang

Ilustrasi Foto R.I.P atau Beristirahat dengan Damai. (iStockphoto)
Ilustrasi Foto R.I.P atau Beristirahat dengan Damai. (iStockphoto)

Pihak kapal pesiar mengatakan 29 penumpang harus tetap berada di kapal karena mereka mengidap gejala ringan. Meski begitu, mereka diharapkan bisa kembali pulang pada Kamis, 9 April 2020, menggunakan pesawat charter, seminggu setelah tiba di Florida.

Zaandam berangkat dari Buenos Aires, Argentina, pada 7 Maret, sehari sebelum Departemen Luar Negeri mengimbau agar orang-orang menghindari bepergian menaiki kapal pesiar dan seminggu sebelum mayoritas kapal pesiar membatalkan pelayarannya.

Sementara itu, puluhan tamu internasional tetap dikarantina di Coral Princess yang merapat akhir pekan lalu di Miami akibat temuan kasus COVID-19. Pihak Princess Cruise, operator kapal itu, menyatakan banyak penumpang Coral Princess telah meninggalkan Florida Selatan menggunakan lima penerbangan sewa, kemarin.

Satu penerbangan adalah rute domestik, sisanya terbang ke Amerika Selatan dan Eropa. Meski upaya diplomatik tetap berlanjut, pihak perusahaan mengatakan 13 tamunya mengalami kesulitan kembali ke negara mereka akibat adanya pelarangan, sementara otoritas lokal tidak akan mengizinkan mereka menginap di hotel-hotel setempat.

Para tamu tetap akan berada di kapal bersama awak kapal Coral Princess untuk menjalani 14 hari karantina mandiri. Kapal dijadwalkan meninggalkan Pelabuhan Miami pada Kamis malam.

Dua penumpang Coral Princess meninggal sebelum berhasil bersandar di Miami dan korban ketiga meninggal di rumah sakit. Namun, belum jelas apakah ketiganya meninggal akibat COVID-19. Kapal tersebut meninggalkan Chile pada 5 Maret dan semestinya berlabuh di Argentina pada 19 Maret. 

Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS kemarin mengumumkan perpanjangan larangan untuk berlayar bagi seluruh kapal pesiar. Belum diketahui larangan itu berlaku sampai kapan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluar ICU, PM Inggris Boris Johnson Pulih dari Virus Corona COVID-19

Posted: 09 Apr 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, London - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sempat dilarikan ke unit perawatan intensif (ICU) karena sakit akibat Virus Corona jenis baru atau COVID-19. Namun, pada Kamis 9 April malam waktu London, kondisinya dinyatakan telah pulih dari COVID-19, namun masih berada dalam pengawasan rumah sakit.

"Perdana Menteri telah dipindahkan malam ini dari ICU ke ruang rawat biasa dan akan tetap mendapat pengawasan ketat selagi dirinya berada di masa awal pemulihan. Beliau sangat amat merasa baik," kata juru bicara kantor pemerintahan, Jumat (10/4/2020).

Pemimpin negara berusia 55 tahun itu dinyatakan positif terjangkit Virus Corona jenis baru pada 27 Maret lalu dan menjalani isolasi mandiri di kediamannya di Downing Street. Pada Minggu 5 April, Boris Johnson dilarikan ke Rumah Sakit St Thomas akibat terus mengalami demam tinggi dan batuk, hingga satu hari kemudian dirawat di ICU.

Johnson menjadi pemimpin negara pertama di dunia yang dirawat di rumah sakit karena Virus Corona COVID-19, membuatnya terpaksa menyerahkan sementara urusan negara, yang juga tengah menghadapi wabah penyakit itu, kepada Menteri Luar Negeri Dominic Raab.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Komentar Donald Trump

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengunjungi laboratorium di Layanan Infeksi Nasional Inggris Kesehatan Masyarakat, setelah lebih dari 10 pasien Virus Corona diidentifikasi di Inggris, di Colindale, London utara, Minggu, 1 Maret 2020. (Henry Nicholls / Pool Foto via AP)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengunjungi laboratorium di Layanan Infeksi Nasional Inggris Kesehatan Masyarakat, setelah lebih dari 10 pasien Virus Corona diidentifikasi di Inggris, di Colindale, London utara, Minggu, 1 Maret 2020. (Henry Nicholls / Pool Foto via AP)

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Raab menyebut peningkatan kondisi kesehatan Boris Johnson sebagai "kabar yang ingin didengar oleh semua orang". Sementara Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga turut berkomentar dengan menyebut itu sebagai kabar baik, seperti dilansir Antara.

Walaupun demikian, keterangan resmi dari pemerintah tidak menyertakan secara rinci kapan Boris Johnson akan kembali mengemban tugas negara, dan Raab juga menekankan pentingnya membiarkan dia berfokus pada pemulihan diri.

Mengenai pembatasan yang dilakukan Inggris, Raab sebelumnya menyatakan, terlalu dini untuk mengangkat status tersebut karena Inggris belum mencapai puncak wabah COVID-19.

Sejauh ini, angka kematian akibat COVID-19 di negara itu mencapai hampir 8.000 kasus, meningkat sebanyak 881 kasus dari jumlahnya pada satu hari sebelumnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung PSBB, Toyota Setop Produksi Mobil di Indonesia

Posted: 09 Apr 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi menghentikan aktivitas produksi mobil untuk dalam negeri dan juga ekspor.

Berlangsung mulai 13 hingga 17 April 2020, langkah ini merupakan dukungan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berlaku, Jumat (10/4/2020).

Walau aktifitas produksi berhenti, pabrikan otomotif asal Jepang ini akan terus memantau perkembangan pasar terkait pandemi Corona Covid-19 yang terjadi.

"Kami akan terus memantau perkembangan situasi untuk segera melakukan aktivitas produksi ketika ada pembaruan tentang kondisi pasokan dan permintaan pelanggan," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam.

Tak hanya itu, TMMIN juga memastikan distribusi mobil Toyota untuk pelanggan di pasar domestik dan ekspor akan tetap terpenuhi.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Semua Aktivitas Sesuai Peraturan

Berjalan di bawah pengawasan pembatasan sosial dan keamanan kesehatan yang ketat, TMMIN memastikan pelaksanaan seluruh aktivitas perusahaan selama PSBB akan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kami selalu memastikan bahwa semua kegiatan penyesuaian aktivitas di TMMIN selalu mendapatkan persetujuan dari otoritas nasional dan lokal," ujar Bob.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Jakarta Berlaku Hari Ini, Warganet Kebingungan

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Jakarta, berlaku hari ini, Jumat (10/4/2020). Warga Jakarta pun dimbau tidak beraktivitas di luar rumah untuk memutus rantai penyebaran pandemi Corona atau Covid-19.

Sejumlah larangan telah diterbitkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Rencananya pelaksanaan PSBB dimulai pada Jumat (10/4/2020), pukul 00.00 hingga 14 hari ke depan atau sampai Jumat (23/4/2020). Kendati begitu, pelaksanaan PSBB masih dapat dilakukan perpanjangan.

Meski kebijakan tersebut telah diberlakukan sejak hari ini, namun tampaknya masih banyak publik, khususnya para pengguna jejaring sosial yang masih bingung dengan peraturan pembatasan aktivitas di luar rumah tersebut.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, PSBB Jakarta pun ramai dibahas warganet. Banyak dari mereka merasa masih bingung dan tidak mendapatkan informasi jelas mengenai kebijakan PSBB Jakarta.

Respons Warganet

Berikut beberapa respons warganet mengenai kebijakan PSBB Jakarta, yang diterapkan hari ini, seperti merangkum dari Twitter.

"Masih bingung sama PSSB Jakarta, gue sebagai orang Depok itu boleh masuk Jakarta gasih?" tulis akun @raraaaulia.

"PSSB udh resmi berlaku, adakah yang tau akses keluar masuk Jakarta bakal ditutup gak sih?" kata akun @adityopputra.

"Aku tidak mengerti. Kalau selama PSSB Jakarta, ojek online tidak boleh angkut penumpang, lalu kalau ojek biasa boleh atau engga? Atau naik motor boncengan deh, boleh atau engga?" komentar akun @yutaberry.

"Pen ngeluh WFH kerjaan malah tambah seabreg, deadline dan ada di zona merah, tapi harus bersyukur karena banyak yg kehilangan pekerjaan. Entah nih dgn adanya PSSB gmn kelanjutannya di Jakarta," @abdausiraj22.

Peraturan Lengkap PSBB Jakarta

Berikut sejumlah larangan yang di Pergub Nomor 33 Tahun 2020 yang telah dirangkum Liputan6.com:

1. Perayaan Nikah dan Khitanan

Berdasarkan Pasal 17 dalam Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta dilarang meniadakan acara perayaan yang mengundang keramaian.

Untuk khitan harus dilakukan dengan sejumlah ketentuan, yakni dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian dihadiri oleh kalangan terbatas dan menjaga jarak antar pihak yang hadir (physical distancing)paling sedikit dalam rentang 1 meter.

Kemudian untuk kegiatan pernikahan dilaksanakan di KUA atau Kantor Catatan Sipil dan dihadiri oleh kalangan terbatas. Selanjutnya harus tetap mengedepankan pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

2. Ojek Online Dilarang Bawa Penumpang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan selama pelaksanaan PSBB kegiatan pergerakan orang dihentikan sementara. Salah satunya yakni larangan ojek dilarang membawa penumpang.

"Ojek tidak boleh antar penumpang, tetapi ojek boleh antar barang. Aturan ini dituangkan dalam Pergub tentang PSBB mengacu pada aturan Permenkes No. 9 tahun 2020," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Anies melanjutkan, dengan batasan ini mereka para sopir ojek untuk 14 hari ke depan, dimulai besok Jumat 10 April 2020, dilarang mengangkut penumpang kecuali barang sampai 23 April 2020.

Meski demikian, Anies mengaku bila selama masa PSBB ada kebijakan terkait yang diubah, maka aturan terhadap hal ini bisa disesuaikan.

"Kemarin kita coba sampaikan untuk difasilitasi saat pembicaraan dengan Kemenhub, tetapi krn belom ada perubahan di peraturan di permenkes dan pergub harus sejalan dengan rujukan Permenkes," ucap Anies.2 dari 3 halaman

Berkumpul hingga Larangan Kendaraan Pribadi

3. Larangan Berkumpul Lebih 5 Orang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan terdapat sejumlah catatan penting yang harus menjadi perhatian warga Ibu Kota. Salah satunya soal larangan berkumpul lebih dari lima orang.

"Saat PSBB dilaksanakan, tidak boleh ada kerumunan di atas 5 orang. Bagi yang melanggar, pemprov akan menimdak tegas," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (7/4/2020).

Dia juga mengatakan, selama penerapan PSBB, kegiatan patroli oleh aparat akan ditingkatkan untuk memantau kedisiplinan warga menaati aturan.

"Kegiatan patroli akan ditingkatkan untuk kepentingan utama mengendalikan penyebaran Covid-19.

4. Larangan Makan di Tempat Penjual

Selama PSBB berlaku, segala jenis aktivitas ditiadakan, kecuali beberapa sektor. Salah satunya usaha makanan dan minuman.

"Di dalam sektor bahan makanan, minuman, warung, restoran, rumah makan bisa tetap buka. Tetapi tidak diizinkan untuk makan atau menyantap makanan di lokasi," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi persnya, di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/4/2020) malam.

Dia menerangkan, pembelian makanan hanya diizinkan untuk tidak disantap di lokasi pembeli selama PSBB Jakarta berlangsung. Makanan yang dibeli harus disantap di tempat lain atau tempat tinggal masing-masing.

"Take away, bisa menggunakan delivery, atau bisa datang ke warung dibungkus," tutur Anies

Anies menjelaskan, Pemprov DKI tidak menghentikan usaha dalam bidang makanan dan minuman. Tetapi, hanya menghentikan interaksi orang di tempat usaha tersebut untuk mencegah penularan virus Corona.

5. Larangan Soal Kendaraan Pribadi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan untuk moda transportasi diberlakukan pembatasan sementara penggunaan kendaraan untuk pergerakan orang dan barang.

Dia menyebut untuk kendaraan umum akan dibatasi waktu operasionalnya yakni mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

"Kemudian kendaraan pribadi itu diizinkan untuk digunakan hanya untuk bepergian memenuhi kebutuhan pokok," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut dalam satu kendaraan roda empat atau lebih, jumlah penumpang dibatasi setengah dari jumlah kapasitas kursi yang telah disediakan.

" Jadi bila jumlah kursi bisa untuk enam orang, maka maksimal tiga orang dan semua harus menggunakan masker," ucapnya.

Selain untuk kebutuhan pokok, dia menyatakan kendaraan roda empat atau lebih juga diizinkan untuk kegiatan yang termasuk dikecualikan.

"Jadi untuk kegiatan pemerintahan, atau kegiatan swasta yang di dalam sektor-sektor yang tadi dikecualikan," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Ajak Manchester City Barter Pemain

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona sedang menyiapkan rencana pertukaran pemain dengan Manchester City. Kedua klub akan melakukan barter bek kanan di akhir musim nanti.

The Telegraph melaporkan Barcelona menginginkan bek kanan Manchester City Joao Cancelo. Demi mendapatkan Cancelo, Barca akan mengajak City melakukan barter dengan memberikan Nelson Semedo.

Barter pemain coba dilakukan Barcelona untuk menyiasati kondisi keuangan yang tidak sehat akibat pandemi virus corona Covid-19.

Barcelona berharap City akan tertarik denan proposal barter ini. Pasalnya di City, Cancelo bukanlah pilihan utama. Cancelo kalah bersaing dengan Kyle Walker.

Semedo diharapkan Barcelona akan membuat pelatih City Josep Guardiola membiarkan Cancelo pergi. Guardiola diketahui sempat mengincar Semedo sewaktu masih bermain di Benfica.

 

 

Kinerja Pemain

Semedo pada musim 2019-2020 tampil 21 kali di La Liga bersama Barcelona. Pria Portugal itu cuma memberikan tiga assists saja.

Adapun Cancelo tampil mengecewakan di musim pertamanya di City sejak direkrut dari Juventus. Cancelo cuma main 11 kali di Liga Inggris.

Alumni La Liga

Joao Cancelo  (AFP/Marco Bertorello)
Joao Cancelo (AFP/Marco Bertorello)

Cancelo tidak akan kesulitan beradaptasi jika pindah ke Barcelona. Pria Portugal itu sudah tak asing dengan La Liga karena pernah bermain di Valencia sebelum berpetualang di Italia bersama Inter Milan dan Juventus.

Pemuda 25 tahun itu menghabiskan empat tahun bersama Valencia. Di sana Cancelo tampil menjanjikan sehingga diboyong oleh Inter pada tahun 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derita PNS Ditengah Corona, Dilarang Mudik hingga Ancaman Potong THR

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Virus Corona yang menyebar  secara cepat membuat banyak orang akhirnya bekerja di luar kantor alias di rumah atau Work From Home (WFH), yakni demi menghindari penyebaran virus tersebut lebih lanjut. Begitupun ketetapan ini juga berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Seiring kebijakan yang sudah ditentukan pemerintah, melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB), menimbulkan beberapa kebijakan baru yang memberatkan  ASN dan PNS.

Lalu apa saja kebijakan-kebijakan yang ditentukan pemerintah bagi ASN dan PNS di tengah wabah virus corona ini? Simak rangkuman yang ditulis Liputan6.com di kanal bisnis, Jumat (10/4/2020).

1. PNS Kerja dari Rumah

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB), Tjahjo Kumolo, sebelumnya mengatakan bahwa menurut Surat Edaran (SE) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja PNSdalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah dilakukan hingga 31 Maret 2020.

"Pelaksanaan tugas kedinasan di tempat tinggal sebagaimana dimaksud, dilakukan sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan," ucap Tjahjo dalam konferensi pers, Senin (16/03/2020).

Namun kini, Kementerian PANRB kembali menerbitkan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020. Isi dari SE ini adalah perpanjangan WFH hingga 21 April 2020.

Tapi, dalam pelaksanaannya, ada beberapa syarat yang wajib dipatuhi. Salah satunya PNS harus berada di rumah atau tempat tinggal masing-masing, kecuali keadaan mendesak. Artinya, PNS tak boleh berjalan-jalan atau bekerja di tempat lain selain di rumah.

2. PNS  Dilarang Cuti

Pemerintah melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS mengajukan cuti jika tidak dalam keadaan terdesak.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) PANRB Nomor 46 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Keluar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Kecuali, bagi beberapa PNS dalam keadaan atau kondisi tertentu. Bisa mendapatkan izin dengan alasan cuti melahirkan, cuti sakit, ataupun cuti karena alasan penting bagi PNS misalnya ada salah satu anggota keluarga inti (ibu, bapak, isteri atau suami, anak, adik, kakak, mertua, atau menantu) dari PNS yang bersangkutan sakit keras atau meninggal dunia.

Apabila masih ada yang mengajukan cuti yang tidak memenuhi aturan atau tidak berkoordinasi, maka menurut menteri Tjahjo, sesuai PP Nomor 53 Tahun 2020, ada tiga jenis kategori pelanggaran yakni ringan, sedang dan berat.

Untuk PNS yang cuti dan mudik akan diberikan sanksi sedang, dan akan mendapatkan ganjaran berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

 

 

Selanjutnya

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id
Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

3. PNS dilarang Mudik

Selanjutnya, menurut Surat Edaran yang dikeluarkan menteri PAN-RB Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona.

Dengan tegas Menteri Tjahjo  Kumolo  meminta ASN dilarang untuk mudik, bahkan mengajukan cuti di tengah pandemi Corona ini.

"Apabila terdapat Aparatur Sipil Negara yang melanggar hal tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2020 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja," demikian salah satu bunyi poin surat tersebut, Kamis (9/4/2020).

Menurut Tjahjo, sesuai PP Nomor 53 Tahun 2020, ada tiga jenis kategori pelanggaran yakni ringan, sedang dan berat. Bagi PNS yang nekat mudik akan dikenakan sanksi kategori sedang berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun.

4. Terancam THR dipotong

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melakukan beberapa pertimbangan terkait pembayaran gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk ASN. Pertimbangan itu dilakukan dikarenakan beban keuangan negara saat ini begitu besar akibat pandemic  virus corona.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada Senin (6/4), pembayaran keduanya telah dikaji secara luas oleh pemerintah bersama dengan Presiden Joko Widodo. Mengingat, anggaran negara sudah digelontorkan kepada dunia usaha serta bantuan sosial untuk meredam dampak virus corona.

Kendati begitu, menteri Sri  itu tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai skema pembayaran gaji ke-13 dan THR kepada ASN apakah bakal dipangkas besarannya atau ditunda penyalurannya.

Sementara itu, menurut  Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhammad Ramli Rahim, yang akrab disapa MRR, mengatakan kepada Liputan6.com, Selasa (7/4), bahwa THR merupakan hal pokok bagi guru. Oleh sebab itu, MRR menyarankan pemerintah untuk memangkas anggaran lainnya saja, seperti berbagai tunjangan lain, yakni tunjangan kinerja atau tunjangan profesi guru bagi guru.

Ramli, menilai dengan memangkas tunjangan lain, dianggap lebih akan lebih efisien jika anggaran untuk program-program yang gagal tersebut uang dipangkas.

Sedangkan menurut ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Piter Abdullah mengatakan, sangat disayangkan jika dalam kajian yang dilakukan pemerintah berbuntut pada penundaan pembayaran gaji ke-13 dan pemberian THR. Sebab, itu makin memperburuk keadaan di tengah penyebaran virus Corona.

Piter memaklumi kondisi APBN saat ini sedang tertekan akibat pelebaran defisit dalam rangka meningkatkan stimulus, baik dalam rangka membantu masyarakat terdampak maupun untuk menjaga perekonomian.

Namun, bukan berarti pemerintah menunda kewajibannya dalam memberikan gaji ke-13 hingga THR. Pemerintah jangan tanggung untuk menambah anggaran, karena pelebaran defisit sudah bisa dipastikan. Ia menilai tambahan sedikit untuk membayar THR dan gaji ke-13 tidak akan memperburuk defisit yang sudah diputuskan lebih besar.

Selai itu, dengan tetap memberikan gaji ke-13 dan THR untuk ASN dampak positifnya adalah mempertahankan konsumsi dalam rangka menjaga perekonomian. Dan yang lebih penting lagi memberikan spirit kepada masyarakat, khususnya PNS di tengah himpitan wabah Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rindu Glenn Fredly, Mutia Ayu Luapkan dengan Kalimat Menyentuh

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Glenn Fredly telah pergi untuk selamanya meninggalkan istri tercinta, Mutia Ayu dan anak semata wayangnya, Gewa. Ia meninggal dunia setelah berjuang melawan meningitis atau radang selaput otak.

Dua hari setelah kepergian Glenn Fredly, Mutia Ayu mengungkap rasa rindu melalui akun Instagram pribadinya. Ia membuat unggahan itu pada Jumat (10/4/2020).

"Kangen kamu babeh," tulis Mutia Ayu dengan membubuhkan tiga emoji bunga berwarna merah.

Bersama keterangan itu, Mutia Ayu menyertakan video berdurasi singkat yang memperlihatkan Glenn Fredly sedang tampil di atas panggung.

Romantisme di Panggung

[Foto: Instagram Mutia Ayu]
[Foto: Instagram Mutia Ayu]

Musikus legendaris ini bernyanyi ditemani sang istri di sampingnya. Glenn Fredly kemudian merangkul dan memeluk Mutia Ayu di hadapan penonton. Kala itu, sang istri masih mengandung.

Unggahan ini seketika membuat warganet terenyuh. Dalam waktu kurang dari satu jam saja, video itu telah ditonton sebanyak 213 ribu kali dan dihujani oleh lebih dari 2 ribu komentar.

Respons

Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)
Mutia Ayu (Sumber: Instagram/mutia_ayuu)

"Gewa pasti bangga melihat keromantisan mama papanya," kata pemilik akun cameliaputricp.

"Tuhan beserta kakak. Kakak pasti kuat. God bless you kakak dan debay," tulis warganet lainnya.

Pemakaman

Jenazah Glenn Fredly telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Kamis (9/4/2020) siang. Prosesi pemakaman disaksikan langsung oleh sang istri, Mutia Ayu.

Saat para pelayat satu persatu mulai meninggalkan makam, Mutia Ayu pun memberi salam perpisahan kepada suami yang telah memberinya satu anak tersebut. Ia berlutut dan memeluk makam suaminya sambil menangis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Isu Gerakan 'Berhenti Total 3 Hari' di Mamuju, Ini Faktanya

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamuju - Beberapa hari terkahir beredar isu gerakan 'Berhenti Total Tiga Hari' untuk mencegah penyebaran Corona Covid-19 di Indonesia pada tanggal 10-12 April. Informasi mengenai gerakan itu menyebar di sejumlah media sosial dan menjadi perbincangan hampir seluruh masyarakat termasuk di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Bahkan, banyak dari masyarakat yang memercayai jika gerakan itu akan benar-benar dilakukan di ibu kota provinsi ke-33 itu. Akibatnya, pasar tradisional yang satu bulan terakhir sepi pembeli mendadak menjadi ramai, banyak warga yang berbondong-bondong membeli kebutuhan pokok untuk menghadapi gerakan itu.

"Katanya pasar akan ditutup dan kita dilarang berkegiatan di luar rumah selama tiga hari, makanya saya ke pasar untuk membeli kebutuhan," kata Rahma salah seorang warga yang ditemui di Pasar Sentral Mamuju, Kamis (09/04/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Mamuju Imelda Pababari yang mendengar informasi itu langsung turun ke pasar untuk meredakan kepanikan warga. Ia mengatakan isu penutupan pasar di Mamuju selama tiga hari tidaklah benar.

"Saya langsung turun ke pasar, hujan-hujan mengecek kebenaran informasi itu, rupanya warga mengetahui informasi itu dari media televisi, terkait penutupan pasar di Jakarta. Warga menilai, pasar di Jakarta saja tutup apalagi di Mamuju," terang Imelda.

Karena itu, Imelda mengimbau kepada masyarakat agar tidak cepat merespon Informasi yang beredar terkait gerkan 'Berhenti Total Tiga Hari' itu, apa lagi soal penutupan pasar. Penutupan pasar tidak akan dilakukan, sebab, secara kondisi akibat wabah Corona Covid-19 di Jakarta dan Mamuju sangatlah berbeda.

"Informasi penutupan pasar itu tidak benar alias hoaks dan tidak perlu khawatir, Pasar Sentral Mamuju akan tetap buka. Di Jakarta penderita Covid-19 jumlahnya ratusan, sementara di Mamuju baru satu itupun di isolasi di Makassar," ujar Imelda.

Tak lupa, Imelda meminta agar masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait physical distance dan tidak tidak mudah percaya dengan informasi yang sumbernya belum jelas. Jika ada penutupan pasar pasti pemerintah daerah mengeluarkan surat edaran atau instruksi.

"Jika ada penutupan, Dinas Perdagangan Mamuju yang akan menyampaikannya sendiri. Saya minta warga pasar, beraktivitas seperti biasa tetap ikuti anjuran pemerintah ditengah wabah Covid-19 ini," tutup Imelda.

Penjelasan Gugus Tugas Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi mengatakan, gerakan 'Berhenti Total Tiga Hari' tidak benar atau hoax. Tidak ada instruksi untuk penutupan wilayah atau larangan membuka fasilitas umum selama tiga hari seperti pasar.

"Tidak benar kalau akan ada gerakan itu di Sulawesi Barat, apa lagi sampai penutupan pasar. Jadi masyarakat jangan mudah mempercayai isu-isu yang beredar," kata Safaruddin.

Safaruddin menambahkan, saat ini hanya Provinsi DKI Jakarta saja yang akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat 10 April, besok. Hal itu dilakukan mengingat kondisi ibu kota negara itu yang sudah sangat parah terpapar Corona Covid-19.

"PSBB itu hanya di Jakarta saja dan PSBB itu diusulkan oleh masing-masing daerah ke Presiden. Sampai saat ini Pemprov Sulawesi Barat belum pernah mengusulkan itu. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir akan isu 'Berhenti Total Tiga Hari' itu," jelas Safaruddin.

Safaruddin pun meminta agar masyarakat tidak bertindak berlebihan apa lagi sampai terjadi panic buying, tetap mengikuti imbauan pemerintah dalam rangka memutus penyebaran virus mematikan itu. Karena menurutnya, langkah itulah yang paling tepat untuk masyarakat Sulawesi Barat.

"Masyarakat tetap jaga jarak atau physical distance, terus di rumah saja klo tidak ada keperluan mendesak dan kalau keluar rumah tetap gunakan masker," tutup Safaruddin.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Protes Kurang APD, Dokter Pakistan Malah Dipukul Polisi

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlh dokter muda melakukan protes di Pakistan karena kekurangan APD untuk menangani kasus COVID-19. Bukannya diterima, mereka malah dipukuli dan ditangkap polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Seleb Ini Kenang Glenn Fredly dengan Unggahan yang Mengharukan

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Glenn Fredly untuk selama-lamanya pada Rabu (8/4/2020), mengejutkan banyak pihak. Pasalnya sang penyanyi selama ini dikenal sebagai sosok yang bersahabat. Sejumlah selebritas pun mengenang kebersamaan mereka dengan Glenn.

Semasa hidupnya, Glenn Fredly memang dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan ramah kepada siapapun. Sejumlah selebritas mengakui sifat baik Glenn Fredly tersebut. Mereka bahkan menceritakan sejumlah momen manis saat bersama Glenn.

Dari sekian banyak artis yang menceritakan kenangan mereka bersama Glenn Fredly, beberapa di antaranya mengunggah potret lawas yang membuat publik terharu.

Bagaimana tidak? Kenangan yang mereka ungkap ini rasanya cukup untuk membuktikan bahwa Glenn adalah pribadi yang baik dan menyenangkan.

Perjuangan

Glenn Fredly (Deki Prayoga/Fimela.com)
Glenn Fredly (Deki Prayoga/Fimela.com)

Para artis ini membuka kembali kenangan mereka selama bekerja sama dengan Glenn Fredly. Bahkan ada juga yang mengakui perjuangan pelantun "Januari" itu demi kemajuan dunia musik di Tanah Air.

Siapa Saja?

Lalu, siapa sajakah artis-artis yang mengenang kembali momen-momen manis bersama Glenn Fredly ini? Ikuti deretannya berikut ini.

1. Pasha Ungu

Pasha Ungu
Pasha Ungu

Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu mengenang kembali pertemuannya bersama Glenn Fredly saat membahas seputar dunia musik di Tanah Air bersama ketua MPR RI. Pasha mengunggah kembali rekaman video pertemuan mereka melalui akun Instagram @pashaungu_vm.

"Ini adalah moment saat bersama saudaraku almarhum.glenn fredly dalam pertemuan antara ketua MPR RI yang pada saat itu dijabat oleh bapak DR.H.zulkifli hasan,S.E,M.M. bersama insan musik dan insan perfilman indonesia dalam rangka sosialisasi empat (4) pilar kebangsaan," tulis Pasha mengawali keterangan videonya.

"Dalam kesempatan itu almarhum banyak memberikan masukan termasuk perihal peran dan kedudukan para seniman indonesia dalam pembangunan bangsa melalui musik,film dan budaya," lanjutnya.

Pasha pun memuji perjuangan Glenn di kancah musik Indonesia. "Almarhum bukan hanya aset bangsa tapi juga adalah pejuang bagi keberlangsungan industri kesenian budaya tanah air serta hak2 para seniman atas karya2nya..," ujarnya.

"Selamat jalan saudaraku.. selamat beristirahat dalam damai.. semoga tuhan menempatkanmu ditempat yang terindah.. kami seluruh sahabat seniman tanah air dan rakyat indonesia sangat kehilanganmu.. 😔🙏 #indonesiamenangis #sahabatbaiktelahpergi #glenn," Pasha memungkasi.

2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo menjadi produser di film Guru Guru Gokil (Daniel Kampua/Fimela.com)
Dian Sastrowardoyo menjadi produser di film Guru Guru Gokil (Daniel Kampua/Fimela.com)

Dian Sastrowardoyo mengenang kebersamaannya dengan Glenn Fredly melalui Instagram Stories di akun @therealdisastr miliknya. Unggahan pertama, Dian mengenang momen carpool karaoke.

"Selamat jalan carpool karaoke buddy@glennfredly309," tulisnya bersama video singkat rekaman mereka di video carpool.

Dian lantas mengenang momen kerjasama sebagai model video klip Glenn untuk lagu "Pada Satu Cinta". Ia mengunggah potongan video lagu tersebut.

"Pernah kerja bareng Glenn di video clip Pada Satu Cinta tahun 2009. Semoga amal baktinya diterima yang kuasa. Selamat jalan Glenn," kenang Dian Sastro.

3. Luna Maya

Luna Maya (Daniel Kampua/Fimela.com)
Luna Maya (Daniel Kampua/Fimela.com)

Sama halnya dengan Dian Sastrowardoyo, Luna Maya juga mengenang momen saat menjadi video klip Glenn Fredly. Membuka akun Instagram @lunamaya, Luna mengunggah video klip lagu yang diperankannya, "Kisah Romantis."

"Habis kata kata mendengar berita hari ini. Tuhan terlalu sayang dan ingin di nyanyikan langsung sama Kaka @glennfredly309 😭," tulis Luna Maya bersama keterangan video tersebut.

"Terima kasih sudah memberikan energi yang luar biasa di industri musik dan juga film. Pertama kali ketemu dan kenal di tahun 2003, selalu kagum dan yang aku tau pasti Kaka Glenn super baik, ramah dan selalu seru di ajak diskusi apa pun. Rest In Peace dear Glenn. ❤️😇," lanjut Luna.

Ia lantas mengunggah potret lawasnya bersama Glenn sambil menuliskan, "Rest in love Kaka @glennfredly309 #beautifulsoul #legend ❤️❤️❤️❤️😢😢😢😢."

4. Ivan Gunawan

(Daniel Kampua/Fimela.com)
(Daniel Kampua/Fimela.com)

Ivan Gunawan juga mengunggah potret lawas bersama Glenn Fredly melalui akun Instagram @ivan_gunawan. Bersama foto itu, sang desainer mengenang pertemuan pertama dan terakhir dengan Glenn.

"Berteman dengan oppa @glennfredly309 dari jaman aku baru merintis karir di dunia hiburan ❤️ kami berteman sangat baik sampe terakhir ketemu oppa di plasa senayan beberapa bulan lalu ... selamat jalan oppa .... semoga oppa damai di sisi TUHAN ❤️❤️," tulis Igun.

5. Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina (Bambang E Ros/Fimela.com)
Prilly Latuconsina (Bambang E Ros/Fimela.com)

Meskipun Prilly Latuconsina terbilang junior di antara deretan artis ini, Glenn Fredly rupanya sempat menyisakan kenangan manis kepada sang aktris.

"Ka Glenn. Asli nangis banget ya Allah... Too soonRest in peace ka! sumpah lansung shocked! you willl always be my favorite!" tulis Prilly melalui akun @prillylatuconsina96 sambil mengunggah potret dirinya menemani Glenn bermain piano.

"Ka Glenn 😭you gone too soon 😭 Rest in peace ka! you will always be my favorite ❤️," ujar Prilly dalam keterangan fotonya.

Selain itu Prilly juga mengungkapkan rasa kehilangannya terhadap Glenn di Instagram Stories. Pertama ia memamerkan potongan nada lagu yang rencananya menjadi proyek mereka berdua.

"Project 4 tahun lalu sama ka Glenn yang yang belum sempat terealisasikan. Ya Allah kaaa. Rest in peace," tulis Prilly.

Prilly juga mengunggah potongan video saat dirinya menonton konser Glenn Fredly. "Lagu ini punya kenangan tersendiri buat aku. Beruntung banget aku bisa nonton ka Glenn paling depan. Asli bangun tidur langsung kepikiran masih gak nyangka," ungkapnya.

6. Uya Kuya

Uya Kuya (Fimela.com/Bambang E Ros)
Uya Kuya (Fimela.com/Bambang E Ros)

Uya Kuya juga memiliki kenangan tersendiri dengan Glenn Fredly. Meskipun tak memamerkan potret bersama sang penyanyi. Namun kisah dari Uya menunjukkan betapa murah hatinya Glenn Fredly.

"Selamat jalan @glennfredly309, ada cerita tentang Glenn pada saat gw Kuliah juga di STEKPI , waktu itu sekitar tahun 1996/1997 Gue inget banget dulu pada saat kita di stekpi angkatan 93 bikin acara Animasi93," tulis Uya melalui akun Instagram @king_uyakuya.

"Glenn sama full band nya Funk Section dateng ke acara kita tanpa mau dibayar, pdhal full band nya itu isinya musisi top seperti Mus Mujiono dll," kenang Uya.

Uya pun menambahkan, "Asal bisa bantu temen2 stekpi udah seneng dia bilang, pada saat itu gw berteman dengan Glenn karna gw jadi penyiar di Radio TMI dan sering mewawancarai Glenn di Radio TMI , gw meminta Glenn tampil di acara kampus gw pada saat itu dengan dana yg susah payah kita cari. Namun saat kita mau bayar honornya mereka menolak untuk dibayar sama sekali."

"Gw masih inget selain lagu2 Funk Section pada saat itu Glenn juga bawain lagu One last cry nya Brian mc knight yg bikin semua penontonnya histeris karna mirip banget sama penyanyi aslinya .Itulah yang paling gw inget tentang seorang Glenn Fredly #restinlove Glenn 🙏," pungkas Uya.

7. Najwa Shihab

Najwa Shihab (Liputan6.com/Johan Tallo)
Najwa Shihab (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sedangkan presenter Najwa Shihab mengenang Glenn Fredly di akun Instagram-nya, @najwashihab, dengan mengunggah video terbaru Glenn sebelum meninggal, saat merekam aksinya untuk konser musik amal #dirumahaja.

"Glenn Fredly Tercinta. Sahabat saya, Glenn Fredly berpulang malam ini. Terakhir kami berkontak minggu lalu. Memintanya merekam video ini dan mengajaknya ikut konser musik amal #dirumahaja," tulis Najwa.

"Belakangan saya baru tahu ketika menyanyikan dan membuat video ini Kakak Glenn sedang menahan sakit kepala luar biasa. Tapi dia memang orang yang tidak pernah mau mengecewakan orang lain," lanjut Najwa.

Najwa lalu menutup keterangannya dengan ucapan terima kasih. "Video ini adalah rekaman penampilan terakhirnya sebelum berpulang. Terima kasih kakak. Nanti kita cerita soal kakak lagi. Karena cerita soal kebesaran hati kakak terlalu berharga jika tidak dibagi. Salam sayang dari kami semua di Narasi."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencampur Susu dengan Madu, Cek Manfaatnya untuk Kesehatan

Posted: 09 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki efek menenangkan, kombinasi susu dan madu menghasilkan rasa yang luar biasa.

Kedua bahan ini telah diteliti untuk sifat oatnya dan sering digunakan sebagai obat alami untuk menggobati berbagai kondisi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dari madu dan susu untuk kesehatan tubuh.

Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Mencampurkan susu dengan madu dapat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan ptensial. Banyak orang minum segelas susu hangat dengan madu sebelum tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, dan obat ini didukung oleh ilmu pengetahuan.

Beberapa penelitian telah mencatat bahwa susu dan madu dapat meningkatkan kualitas tidur ketika digunakan secara individual. Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 10 gram atau ½ sendok makan madu, 30 menit sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi batuk malam hari pada 300 anak-anak dengan infeksi pernapasan.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Susu adalah sumber kalsium, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mungkin dikaitkan dengan risiko osteoporosisi dan patah tulang yang lebih rendah. Menggabungkan susu dengan madu dapat meningkatkan manfaat pembentuk tulang dari permbentuknya. Bahkan, satu ulasan melaporkan bahwa madu dapat melindungi kesehatan tulang karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

 

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Susu dan madu masing-masing telah dikaitkan dengan beberapa manfaat potensial untuk kesehatan jantung. Secara khusus, susu telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) yang dapat membantu membersihkan plak dari arteri untuk melindungi dari penyakit jantung. Namun, ini hanya terbukti benar untuk susu murni, bukan susu skim. Ini juga kaya kalium, nutrisi penting yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi kadar trigliderida, kolesterol toral, dan kolesterol LDL, yang mana semua faktor risiko penyakit jantung.

Kekurangan dari Mengonsumsi Susu dan Madu

Meskipun susu dan madu dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Konsumsi susu juga dapat dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dari kondisi kulit tertentu, termasuk jerawat dengan risiko yang lebih tinggi dari kondisi kulit tertentu termasuk jerawat, rosacea, dan eksim.

Penting juga untuk diingat bahwa meskipun madu memiliki khasiat kesehata, madu mengandung banyak gula dan kalori. Mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah tinggi dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, penyakit jantung, diabetes dan masalah hati.

Susu dan madu adalah dua bahan yang ampuh yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang menjanjikan. Secara khsusu mereka dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatakan kekuatan tulang dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun, minuman ini mungkin juga memiliki beberapa efek samping dan tidak coco untuk semua orang. Karena itu, baiknya memoderasi asupan dan menikmati madu dan susu sebagai bagian dari diet seimbang.

(Gayuh Tri Pinjungwati/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Menambah RAM Android, Aman Tak Perlu Root

Posted: 09 Apr 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menambah RAM Android mungkin diperlukan bagi sejumlah penggunanya. Kapasitas RAM bisa memengaruhi Android memproses data dan perintah yang diberikan.

Pada dasarnya RAM pada Android tidak bisa diotak atik karena sudah tertanam di dalam sirkuit perangkat. Kini sudah banyak ponsel atau perangkat Android dengan RAM berkapasitas besar.

Namun, bagaimana dengan perangkat Android pendahulunya yang memiliki RAM relatif kecil? Bagi kamu pemilik perangkat Android dengan RAM kecil, kamu mungkin akan mencari cara menambah RAM Android yang efektif.

Sejumlah developer aplikasi menyediakan cara menambah RAM Android dengan memanfaatkan kartu microSD. RAM tambahan membantu prosesor untuk bekerja lebih cepat, sehingga membantu kinerja Android itu sendiri. Namun, cara menambah RAM Android ini cukup berisiko karena perangkat harus diroot terlebih dahulu.

Cara menambah RAM Android yang lebih aman adalah dengan meningkatkan kinerja RAM dengan efektif. Cara menambah RAM Android ini cukup aman tanpa memerluka rooting perangkat. Berikut cara menambah RAM Android yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020).

Mengenal fungsi RAM

Ilustrasi Radiasi Ponsel (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Radiasi Ponsel (sumber: iStockphoto)

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Hal ini dimaksudkan bahwa, saat perangkat elektronik yang dijalankan oleh suatu aplikasi program akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.

Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada perangkat seperti proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program akan semakin cepat sesuai besarnya RAM tersebut.

Sebagai patokan, semakin banyak ponsel melakukan pekerjaan, semakin banyak RAM yang digunakan.

Cara menambah RAM Android: Batasi widget dan live wallpaper

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay
Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Widget dan live wallpaper bisa sangat memakan penggunaan RAM. Banyaknya aktivitas refresh, pemenuhan bandwidth, dan widgen yang terus aktif juga dapat memengaruhi kapasitas RAM dan membuat Android jadi lebih lemot.

Penggunaan widget dan wallpaper juga dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi pastikan untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup untuk mengoptimalkan RAM.

Cara menambah RAM Android: Hapus aplikasi secara manual

Ilustrasi  android
Ilustrasi android

Banyaknya aplikasi bisa menguras kapasitas RAM. Kamu bisa menghapus atau mentup aplikasi yang tidak penting atau tidak sedang kamu gunakan.

Cara menghapus aplikasi sangat mudah. Kamu bisa menekan aplikasi dan memilih opsi uninstall yang ada. Selain itu, kamu bisa membuka pengaturan, lalu pilih opsi aplikasi, pilih aplikasi yang sekiranya memakan RAM dan pilih opsi uninstall.

Jika aplikasi tidak bisa dihapus atau kamu masih memerlukannya, kamu bisa menutup aplikasi tersebut agar tidak terus berjalan.

Ini dapat dilakukan di Pengaturan> Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul Memori, kamu dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir. Kamu bisa memilih opsi force stop untuk mencegah aplikasi memakan RAM.

Cara menambah RAM Android: Nonaktifkan aplikasi bawaan

Ilustrasi ponsel (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi ponsel (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pada Android yang tidak diroot, akan ada aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Aplikasi-aplikasi ini terkadang tidak berguna namun bisa memakan kapasitas RAM.

Meski tidak bisa dihapus, kamu masih bisa menonaktifkannya agar aplikasi tidak memakan RAM. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan, pilih menu aplikasi, lalu pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan. Setelah itu pilih opsi disable app atau nonaktifkan aplikasi.

Cara menambah RAM Android: Nonaktifkan animasi

Ilustrasi ponsel (Foto: Unsplash)
Ilustrasi ponsel (Foto: Unsplash)

Animasi sering mencuri kapasitas RAM dan sangat tidak penting. Kamu dapat mengatur ini di opsi pengembang atau developer. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkatmu, buka Pengaturan, lalu Tentang Telepon/About Phone lalu ketuk nomor build sekitar tujuh kali sampai memberitahukan bahwa kamu telah menjadi pengembang.

Setelah selesai melakukannya, kembali ke pengaturan ponsel dan gulir ke bawah ke Opsi Pengembang. Selanjutnya, masuk ke bagian Drawing dan matikan opsi berikut:

Window animation scale Transition animation scale Animator duration scale

Cara menambah RAM Android dengan Smart Booster

Ilustrasi Ponsel (Foto: Unsplash)
Ilustrasi Ponsel (Foto: Unsplash)

Instal aplikasi Smart Booster di Play Store. Setelah terinstal kaum bisa melakukan pelepasan RAM dengan menekan ikon roket yang berada di kanan bawah layar. Setelah itu kamu bisa mulai membersihkan RAM.

Klik setting lalu pilih opsi RAM Boost. Akan ada pilihan boost level mulai dari Gentle, Medium, Strong, dan Aggresive. Kamu bisa memilih level Aggresive untuk melakukan pembersihan RAM secara maksimal.

Pembersihan ini biasanya dilakukan ketika layar ponsel menyala. Kamu juga bisa melakukan pembersihan disaat layar mati atau sedang tidak digunakan. Caranya adalah dengan mencentang opsi Boost when screen off dan mengubah opsi Delay yo boost when screen off menjadi Immediately.

Kamu juga bisa mengaktifkan pembersihan otomatis dengan mencentang opsi Boost automatically dan mengubah RAM threshold (MD) menjadi 100MD dan atur Boost interval sesuai waktu pembersihan yang kamu inginkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Grab soal Pemberlakuan PSBB per Hari Ini hingga 23 April

Posted: 09 Apr 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah mendeklarasikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 yang berlaku untuk seluruh wilayah di DKI Jakarta mulai hari ini.

Adapun Pergub ini memiliki 28 pasal yang mengatur PSBB Jakarta. Salah satunya adalah larangan naik sepeda motor berboncengan.

Lewat aturan ini, layanan ojek online seperti Gojek dan Grab pun paling terkena imbasnya. Pihak Grab pun menanggapi hal terkait Pergub tersebut.

Dalam pernyataan resmi Grab yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/4/2020), Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan prioritas utama kami adalah untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan komunitas.

"Kami telah menonaktifkan sementara layanan GrabBike di DKI Jakarta untuk mendukung PSBB yang telah ditetapkan," ucap Neneng.

Ia juga menambahkan, "Layanan Grab selain GrabBike, seperti pengiriman makanan, pengiriman barang, GrabMart dan transportasi (Grab Car) akan tetap beroperasi untuk melayani penduduk DKI Jakarta."

Berbeda dari layanan ojek online lain, GrabBike masih melayani pengguna di kota sekitar Jakarta seperti Tangerang, Depok, dan Bekasi.

 

Anjuran Grab untuk Penumpang

Ia menambahkan, "guna melindungi kesejahteraan para mitra serta melindungi kesehatan dan keselamatan mereka, kami sangat menganjurkan penumpang menggunakan metode pembayaran non-tunai untuk meminimalkan kontak fisik."

"Kami sangat menganjurkan penumpang kami untuk selalu memakai masker saat mereka berada di luar rumah."

Saat ini, layanan GrabBike masih dapat melayani penumpang di kota-kota sekitar DKI Jakarta, seperti Depok, Tangerang dan Bekasi serta kota-kota lainnya di Indonesia.

"Dalam masa sulit ini, kami tetap berkomitmen untuk melayani dan mendukung komunitas Mitra Pengemudi, Pengantaran, Merchant dan pelanggan kami sebaik mungkin. Dengan dukungan satu sama lain, kami yakin kita dapat menghadapi hal ini bersama," tuturnya.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag: Jangan Benturkan Protokol Kesehatan dan Agama

Posted: 09 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah memberlakukan sejumlah aturan yang sesuai dengan protokol kesehatan, demi mencegah menyebarnya wabah pandemi Corona. Salah satu konsekuensinya, peribadatan agama menyesuaikan, termasuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Jakarta.

Terkait hal ini, pihak Kementerian Agama meminta jangan ada yang mencoba membenturkan antara protokol kesehatan dengan agama.

"Kita juga sebagai masyarakat beragama, kami imbau tidak mempersoalkan dua cara yang berbeda. Seolah-olah kita melawan antara cara bagaimana protokol kesehatan dengan cara agama, dan lain sebagainya," ucap Plt. Dirjen Bimas Hindu Kemenag, I Made Sutresna, Jumat (10/4/2020).

Menurut dia, semuanya harus mengambil langkah bijak dalam kondisi seperti ini.

"Bagaimana kedua cara ini bisa hand ini hand. Secara dukung mendukung, saling melengkapi, saling menguatkan dalam kerangka menghadapi ujian yang sangat dasyat ini," ungkap Sutresna.

Dia berharap, dengan dilakukannya protokol kesehatan dalam hal ini untuk menangkal penyebaran virus Corono, maka mentalitas setiap orang akan semakin kuat.

"Secara maksimum kita harus menaati seluruh hal yang dianjurkan protokol kesehatan. Menggunakan masker, tidak keluar rumah, menjaga kesehatan dan kebersihan diri termasuk mencuci tangan," dia memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Seorang Remaja Ditemukan Tewas dengan Kondisi Dikubur Setengah Badan

Posted: 09 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Simalungun Nasib tragis dialami oleh seorang remaja berjenis kelamin laki-laki di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Jasadnya ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa dikubur setengah badan.

Penemuan jasad remaja tersebut berawal dari seorang warga yang hendak menggembalakan sapi pada Rabu, 8 April 2020. Saat itu, warga mencium aroma tidak sedap di lahan perkebunan karet PTPN III Afdeling II, Blok I, Jalan Asahan, Nagori Bangun, Gunung Malela.

Oleh warga, sumber aroma tidak sedap dicari. Tidak lama kemudian, ditemukan mayat dalam kondisi terkubur setengah badan. Pada bagian dada ke bawah dikubur di tanah, sedangkan bagian dada ke atas ditutupi dengan dedaunan.

Penemuan jasad dilaporkan warga kepada pihak kepolisian. Mendapat informasi, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Bangun turun langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Di sekitar TKP, ditemukan sebuah cangkul.

Kapolsek Bangun, AKP Banuara Manurung mengatakan, setelah dilakukan identifikasi, jasad diketahui bernama Canda Prayoga, berusia 13 tahun. Remaja tersebut merupakan warga Nagori Bahjoga, Kecamatan Jawa Maraja, Bahjambi, Simalungun.

"Korban merupakan siswa SMP kelas 2," kata Banuara, Jumat (10/4/2020).

Sebelum ditemukan meninggal dunia, Canda dilaporkan terakhir berangkat dari rumah mengendarai sepeda motor Yamaha Mio Soul GT dengan nomor polisi BK 4623 TAT pada Sabtu, 4 April 2020, malam.

"Setelah ditemukan, jenazahnya dievakuasi ke RSUD Djasamen Saragih," ucap Kapolsek.

 

Korban Pembunuhan

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)
Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Pasca penemuan jasad Canda, polisi langsung melakukan penyelidikan. Tidak butuh waktu lama, Canda teridentifikasi sebagai korban pembunuhan yang dilakukan oleh dua orang temannya, RBP (17) dan MA (18). Kedua pelaku ditangkap pada hari penemuan jasad Canda.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, RBP diketahui sebagai warga Marihat Bayu, Bahjoga, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, dan MA warga Nagori Bangun, Gunung Malela.

"Sudah diamankan (kedua pelaku) sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolsek," sebut Kapolsek Bangun.

Pemeriksaan sementara, kedua pelaku mengaku membunuh remaja 13 tahun itu untuk menguasai hartanya. Pelaku awalnya mengajak Canda berkeliling menggunakan sepeda motor berbonceng tiga.

Saat berada di tengah perkebunan karet, mereka menghabisi korban dengan cara mencekik. Setelah korbannya tewas, kedua pelaku menguburnya di areal perkebunan karet PTPN III Afdeling II, lokasi penemuan jasad Canda.

Setelah itu, kedua pelaku membawa kabur sepeda motor dan handphone milik Canda. Sepeda motor dijual kedua pelaku kepada seorang penadah dengan harga Rp 1.750.000. Hingga saat ini, pengakuan kedua pelaku masih didalami polisi.

"Kita masih melakukan pendalaman, agar mendapat motif pasti kedua pelaku melakukan pembunuhan," Banuara menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Gejala Tortikolis atau Leher Kaku, Bisa Tandakan Penyakit Berbahaya

Posted: 09 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala leher kaku sehingga sulit digerakkan disebut juga dengan tortikolis. Secara umum, rasa kaku atau nyeri di leher ini terjadi di area kepala hingga bahu, dan biasanya dialami oleh orang-orang pada usia lanjut.

Kamu harus mengenali gejala leher kaku yang merupakan kondisi serius maupun yang tidak. Jika kamu mengalami leher kaku berkepanjangan, apalagi disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan pertolongan yang tepat.

Gejala leher kaku ini perlu diwaspadai karena dapat menandakan seseorang terkena penyakit berbahaya. Walaupun, sebenarnya ada juga gejala leher kaku yang tidak menandakan kondisi yang serius, atau hanya disebabkan  ketegangan minor pada jaringan lunak leher.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang gejala leher kaku atau tortikolis dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020).

Gejala Leher Kaku yang Bukan Menandakan Kondisi Serius

Gejala Leher Kaku
Gejala Leher Kaku

Gejala leher kaku yang merupakan kondisi tidak terlalu serius biasanya disebabkan oleh ketegangan minor pada jaringan lunak leher. Biasanya hal ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti, membawa beban yang berat dan tidak seimbang, tidur dengan posisi yang janggal dan tidak nyaman, postur tubuh yang buruk, hingga menggerakkan leher secara tiba-tiba yang membuat otot dan ligamen leher mengalami cedera.

Kondisi ini juga akan akan menyerang bila kamu kerap kali menggunakan komputer untuk waktu yang lama dengan posisi duduk yang buruk. Selain itu, stres juga dapat memicu ketegangan pada otot yang bermula dari bagian belakang kepala, menjalar ke bagian belakang bahu.

Cara Menangani Leher Kaku yang Bukan Tanda Penyakit Serius

Leher kaku atau tortikolis ini biasanya akan sembuh dalam waktu 24-48 jam, namun bisa juga berlanjut hingga seminggu. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menanganinya, sebagai berikut:

- Tidur menggunakan bantal yang rendah dengan posisi tidur yang baik.

- Lakukan gerakan leher secara perlahan-lahan, seperti menunduk, mendongak, tengok sisi kanan dan kiri, serta gerakan memutar dari kanan ke kiri dan sebaliknya.

- Untuk mengurangi rasa sakit, kompres dengan air dingin pada 2-3 hari pertama kondisi leher kaku. Setelah itu, ganti dengan kompres air hangat.

- Gunakan gel pereda rasa sakit, seperti gel ibuprofen. Penggunaan gel lebih disarankan daripada mengonsumsi obat dalam bentuk tablet. Pakailah sesuai petunjuk penggunaan obat.

Periksakan kondisi kamu ke dokter bila gejala leher kaku tidak kunjung mereda untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Gejala Leher Kaku yang Merupakan Tanda Penyakit

Gejala Leher Kaku
Gejala Leher Kaku

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala leher kaku atau tortikolis ini dapat menandakan terjadinya penyakit berbahaya. Hal ini biasanya dapat dilihat jika gejala terjadi secara berkepanjangan dan disertai oleh gejala lainnya seperti, demam tinggi, berat badan menurun drastic, menurunnya fungsi koordinasi syaraf, seperti sulit berjalan, hingga buang air terus-menerus.

Berikut beberapa penyakit yang memiliki gejala leher kaku sebagai salah satu tandanya:

Meningitis

Gejala leher kaku atau tortikolis bisa menandakan kamu sedang mengalami meningitis. Penyakit ini merupakan radang pada selaput (meninges) otak dan saraf tulang belakang akibat infeksi virus, jamur dan bakteri.

Beberapa gejala meningitis selain leher kaku adalah, demam secara tiba-tiba, sulit konsentrasi, mual dan muntah, nafsu makan menurun, sensitif terhadap cahaya, dan cepat mengantuk. Segera periksakan kesehatanmu ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Gejala Leher Kaku yang Merupakan Tanda Penyakit

Gejala Leher Kaku
Gejala Leher Kaku

Rheumatoid Arthritis 

Selain itu, gejala leher kaku juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami rheumatoid arthritis. Penyakit ini merupakan peradangan kronis pada sendi kecil yang mengakibatkan penipisan tulang dan perubahan bentuk sendi.

Peradangan terjadi saat sistem kekebalan tubuh keliru menyerang tubuh, sehingga selain menyerang persendian juga dapat menyerang kulit, mata, paru-paru, dan jantung.

Gejala seseorang mengalami penyakit ini selain kaku pada persendian (termasuk gejala leher kaku), juga mengalami demam, persendian bengkak, hingga kelelahan dan berat badan yang menurun.

Kamu bisa menanganinya dengan berisitirahat yang cukup saat merasakan sakit. Untuk melakukan pengobatan, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cervical Spondylosis 

Gejala leher kaku juga dapat menyebabkan penyakit Cervical Spondylosis atau masalah osteoartritis yang terjadi di leher, terutama berkaitan dengan ligamen dan bantalan. Kondisi ini umumnya menyerang orang lanjut usia.

Kamu bisa mengenali penyakit ini dengan melihat gejala-gejalanya yang berupa:

- Gejala leher kaku dan nyeri, terkadang ada suara retak atau "klik" pada leher.

- Sakit kepala.

- Kejang pada otot leher.

- Sulit tidur dan merasa kelelahan.

- Sensasi kesemutan dan kelemahan lengan atau kaki.

- Gangguan keseimbangan akibat lengan, tangan, dan kaki melemah.

Cara penanganannya bisa dengan terapi fisik dan penggunaan obat anti peradangan yang diresepkan oleh dokter.

Jika kamu mengalami gejala leher kaku yang tidak kunjung mereda atau disertai dengan gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Jumat 10 April 2020: 1.810 Orang Pasien Positif Covid-19 di Jakarta

Posted: 09 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta terus mengalami kenaikan. Saat ini jumlah tersebut mencapai 1.810 kasus dan data tersebut berdasarkan website corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pukul 10.15 WIB.

Dalam website tersebut juga dituliskan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 82 orang, meninggal 156 orang, yang masih mendapatkan perawatan 1139 orang dan isolasi mandiri ada 433 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 842 kasus. Kemudian sebanyak 1.017 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya dan sisanya 793 belum diketahui.

1.107 kasus yang telah diketahui tersebut tersebar di lima kota administrasi di Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

Sementara itu, pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai pada Jumat (10/4/2020) pukul 00.00 hingga 14 hari ke depan atau sampai Jumat (23/4/2020). Kendati begitu, pelaksanaan PSBB masih dapat dilakukan perpanjangan.

 

Mengurangi Kegiatan di Luar Rumah

Ojek online (ojol) menerima bantuan berupa bingkisan makan siang dan hand sanitizer di kawasan Jalan Raden Saleh, Jakarta, Selasa (7/3/2020). Bantuan dari DPP PKB guna meringankan beban ojol yang sepi orderan akibat lesunya perekonomian selama pandemi corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Ojek online (ojol) menerima bantuan berupa bingkisan makan siang dan hand sanitizer di kawasan Jalan Raden Saleh, Jakarta, Selasa (7/3/2020). Bantuan dari DPP PKB guna meringankan beban ojol yang sepi orderan akibat lesunya perekonomian selama pandemi corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan dengan adanya PSBB Jakarta, masyarakat diharapkan untuk berada di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah.

"Diharapkan untuk berada di rumah berada di lingkungan rumah, mengurangi bahkan meniadakan kegiatan di luar. Pada pronsipnya ini untuk memotong mata rantai penularan Covid-19 di mana Jakarta menjadi episenter," tutur Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smalling Merasa Dimanjakan AS Roma Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 09 Apr 2020 09:35 PM PDT

Roma - Para pemain Serie A masih melakukan isolasi mandiri di tengah pandemi virus corona. Bek AS Roma, Chris Smalling, menceritakan bagaimana pihak klub 'memanjakan' pemain-pemainnya.

Smalling juga mengungkapkan bahwa teman-teman di negara asalnya, Inggris, bertanya kepadanya tentang cara melalui hari-hari di tengah situasi lockdown.

"Saya rasa di sana (Inggris) sedikit terlambat," tulis Smalling di Twitter AS Roma, seperti dikutip Football Italia. "Teman-teman saya bertanya tentang lockdown dan hal-hal lain."

"Saya rasa mereka awalnya mengira tak harus sampai melakukan ini. Namun, seperti kita lihat, ini sifanya sudah global. Sekarang, mereka bertanya bagaimana cara menghadapinya."

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kiat Khusus

(AFP/Miguel Medina)
(AFP/Miguel Medina)

Klub-klub Serie A melakukan berbagai cara untuk menjaga para pemainnya tetap bugar di rumah. AS Roma pun punya kiat khusus guna memanjakan para pemainnya.

"Saya berlatih setiap hari," lanjut Smalling. "Klub benar-benar membantu, memastikan kami punya apa yang kami butuhkan."

"Mereka menghubungi kami semua, bertanya tentang situasi kami - apakah kami punya halaman, peralatan gym apa yang sudah kami miliki, dan lain sebagainya."

"Saya cukup beruntung punya halaman di rumah, jadi mereka memberi saya program untuk menjaga berat badan dan latihan-latihan yang bisa dilakukan di halaman. Mereka juga mengirim beberapa keperluan kami - resistance band dan semacamnya. Saya fokus pada cardio di beberapa hari, dan circuit training di beberapa hari lainnya."

"Kami memiliki aplikasi untuk conference call dan koordinasi dengan pelatih. Mereka mengirimi kami rencana diet, sama seperti sebelumnya. Bedanya, sekarang kami menyantap menu-menu itu di rumah - bukan di Trigoria (tempat latihan)."

Bersiap untuk Segala Situasi

Serie A musim ini masih bisa saja dilanjutkan. Jika situasi memungkinan, liga bisa kembali digulirkan.

"Kami menunggu keputusan pihak yang berwenang, mereka tahu apa yang terbaik," lanjut Smalling.

"Namun, kami tahu kalau akan ada banyak pertandingan yang dimainkan dalam waktu berdekatan, jadi kami harus siap untuk itu. Kami akan butuh dua atau tiga minggu latihan untuk kembali ke performa ideal - setelah itu kami bisa ditunggu jadwal yang padat."

"Kami ingin melanjutkan (musim ini), tapi kami juga tahu kalau ini pandemi global. Beberapa hal lebih besar dan lebih penting daripada sepak bola," pungkas bek pinjaman dari Manchester United tersebut.

Sumber asli: Football Italia

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 9/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Cristiano Ronaldo untuk Isolasi Diri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar

Posted: 09 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Mega Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo? Pemain yang berhasil meraih gelar Ballon d'Or lima kali selalu menyita perhatian publik. Seperti aktivitasnya sekarang ini yang sedang melakukan karantina mandiri di rumahnya daerah Madeira. Diketahui, pemain yang identik dengan nomor 7 itu memiliki rumah megah di dekat lepas pantai barat daya Portugal.

Rumah Cristiano Ronaldo dibangun selama 4 tahun lamanya. Awalnya, Ronaldo hanya membeli gudang di kawasan tersebut. Namun semakin berjalannya waktu, striker Si Nyonya Tua ini merenovasi rumah tersebut menjadi rumah megah dengan tujuh lantai. Ditaksir, rumah megah Ronaldo merogoh kocek sekitar 7 juta pounds atau setara Rp 137,8 miliar.

Rumah Cristiano Ronaldo memang sangat megah. Selain bisa melihat keindahan panorama laut lepas yang indah, rumah pencetak 25 gol musim ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung. Ruang gym, jacuzzi hingga halaman yang lapang menjadi bukti megahnya rumah eks Real Madrid ini.

Penasaran kan bagaimana isi rumah Cristiano Ronaldo? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @cristiano dan @georginagio, Jumat (10/4/2020).

1. Halaman rumah peraih 5 gelar Ballon d'Or ini sangat luas. Ronaldo biasa berjogging dengan Georgina di halaman rumahnya ini.

2. Masuk ke dalam rumah, terdapat ruang santai keluarga yang sangat elegan.

7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)
7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)

3. Rumah Ronaldo juga dilengkapi ruang gym, agar pemain berusia 35 tahun tersebut bisa mempertahan bentuk tubuh.

7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)
7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)

4. Dari rumah Cristiano Ronaldo, bisa melihat pemandangan laut lepas di pantai barat daya, Portugal.

7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/georginaginio)
7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/georginaginio)

5. Dengan pemandangan sangat indah, membuat keluarga Cristiano Ronaldo sangat nyaman tinggal di sana.

7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)
7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)

6. Kamar mandi di rumah Cristiano Ronaldo sangat megah dengan adanya bath tub yang bisa digunakan bersama anak-anaknya.

7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)
7 Potret Isi Rumah Cristiano Ronaldo untuk Karantina Mandiri, Ditaksir Seharga Rp 138,8 Miliar (sumber: Instagram.com/cristiano)

7. Di bagian sisi lain dari rumah Ronaldo, nyatanya juga terdapat jemuran pakaian yang menyita perhatian publik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB, Perusahaan Ojek Online Hilangkan Layanan Angkut Penumpang dari Aplikasi

Posted: 09 Apr 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi diberlakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis 9 April 2020 malam tadi. Dalam Pergub Nomor 33 Tahun 2020, terdapat 28 pasal yang mengatur PSBB di wilayah Jakarta, salah satunya larangan naik sepeda motor.

Hal ini tentu memiliki dampak bagi ojek online, karena mereka tak bisa mengangkut penumpang selama PSBB di Ibu Kota berlaku.

"Ojek tidak boleh antar penumpang, tetapi ojek boleh antar barang. Aturan ini dituangkan dalam Pergub tentang PSBB mengacu pada aturan Permenkes Nomor 9 tahun 2020," ujar Anies di Balai Kota, malam tadi.

Mengikuti arahan tersebut, GrabBike dan GoRide yang hadir di dalam aplikasi pun dihilangkan perusahaan, sehingga masyarakat tidak dapat mengakses layanan ini.

Sementara, beberapa pengguna yang berada di luar daerah Jakarta masih bisa menemukan layanan GrabBike dan GoRide bisa diakses.

Hal serupa diungkap oleh akun Twitter Transport for Jakarta (@TfJakarta), yang mencuitkan, "Mengapresiasi @gojekindonesia dan @GrabID yang menghilangkan sementara fitur go ride dan grab bike untuk mendukung program PSBB."

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Grab Menindaklanjuti Larangan Angkut Penumpang selama PSBB

Sebelumnya, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) layanan ojek online dilarang membawa penumpang dan hanya boleh mengangkut barang.

Hal tersebut merupakan salah satu pedoman dalam Permenkes PSBB yang diterbitkan belum lama ini.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menerbitkan Permenkes No. 9 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Penanganan COVID-19.

Peraturan ini bertujuan memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Sejak awal penyebaran Covid-19, perusahaan mengaku telah memantau kondisi dan menyiapkan pemangku kepentingan terkait termasuk para mitra pengemudi.

"Oleh karena itu, terkait kebijakan PSBB dari pemerintah, saat ini kami sedang menindaklanjuti pedoman dari Permenkes No.9/2020 dan berkoordinasi dengan pihak terkait," ujar Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno, dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (6/4/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Minta Masyarakat Tak Gelar Buka Puasa Bersama di Tengah Pandemi Corona

Posted: 09 Apr 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang masuknya bulan ramadhan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) meminta umat Islam untuk tidak menggelar buka puasa bersama di tengah wabah Covid-19 ini.

"Kita berharap buka puasa bersama ditiadakan, sholat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing, kemudian Nuzulul Qur'an juga ditiadakan, begitu juga tadarus di masjid akan ditiadakan," pinta Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin melalui keterangan pers daring, Jumat (10/4/2020).

Pihaknya juga berharap selama bulan Ramadan, umat Islam di Indonesia tetap menjaga pembatasan sosial secara fisik guna memerangi Covid-19 dengan cara mencegah penyebarannya.

"Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah di rumah masing-masing Insyaallah tidak mengurangi kualitas ibadah kita, tidak mengurangi pahala kita karena kita sedang keadaan darurat," katanya.

Kamaruddin juga meminta umat Islam untuk mematuhi segala kebijakan pemerintah. Pasalnya menurut dia kebijakan pemerintah terhadap rakyat pasti demi kemaslahatan rakyatnya.

 

 

Ikuti Protokol Kesehatan

Aktivitas penjualan baju di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (19/03). Terkait merebaknya virus Corona (Covid-19) Pasar Tanah Abang Blok B mengalami penurunan penjualan. Namun sebagian warga masih berdatangan untuk membeli kebutuhan dalam menyambut Bulan Ramadan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas penjualan baju di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (19/03). Terkait merebaknya virus Corona (Covid-19) Pasar Tanah Abang Blok B mengalami penurunan penjualan. Namun sebagian warga masih berdatangan untuk membeli kebutuhan dalam menyambut Bulan Ramadan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di luar itu, Kamaruddin juga meminta masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dalam segala aktivitasnya. Baik itu mencuri tangan, maupun menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah.

"Kita menjaga jarak minimal satu sampai dua meter. Kita berada di rumah, stay at home dan kita lakukan ibadah di rumah dan tidak mudik menjelang Idul Fitri," imbaunya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Pastikan Listrik Jakarta Tetap Andal Meski Diterapkan PSBB

Posted: 09 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta untuk memutus mata rantai virus corona atau Covid-19 efektif pada Jumat, 10 April 2020. Dalam rangka mendukung PSBB, PLN berkomitmen untuk menjaga pasokan listrik di DKI Jakarta.

Untuk menjaga pasokan listrik tetap andal selama PSBB diberlakukan, sebanyak 2.371 personil PLN yang bertugas di unit-unit kritikal seperti pembangkit, transmisi, Pengatur Beban, Transmisi, Distribusi, Pembangkit (Control Room dan Dispatcher Room), Call Center 123, Command Center, dan Posko Pelayanan Teknik tetap akan bekerja di unit kerjanya masing-masing.

Hal tersebut juga telah di atur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 di mana perusahaan pelayanan publik penyedia listrik tetap dapat beroperasi.

"Dalam kondisi PSBB di mana masyarakat dituntut untuk tetap berada di rumah, tentu kehadiran listrik sangat penting agar masyarakat tetap dapat beraktifitas dengan nyaman di rumah," tutur Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN, Haryanto W.S kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

PLN juga telah melakukan pemantauan secara khusus untuk rumah sakit rujukan di DKI Jakarta dimana terdapat pasien yang diisolasi karena masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun yang sudah positif terjangkit corona.

Standard Operational Procedure (SOP) yang diterapkan terhadap rumah sakit besar tersebut antara lain, memastika pasokan listrik berasal dari dua sumber, sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan maka langsung dipindahkan ke sumber listrik cadangan.

"Jaringan pemasok rumah sakit, kantor pemerintah fasilitas lain yang menjadi bagian vital untuk siaga Penanganan Covid-19. Ini kita buat siaga dengan dua sumber dari gardu yang berbeda, sumber utama dan sumber cadangan, bebannya pun dimonitor berkala setiap 3 jam," pungkas Haryanto.

PLN juga memberikan bantuan supervisi instalasi listrik milik pelanggan rumah sakit agar pasokan listrik selalu tersedia dan andal.

 

Siagakan 41 Unit UPS

Berdasarkan pemadaman yang dilakukan pada  Agustus 2019 lalu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memberikan kopensasi sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 27 tahun 2017.
Berdasarkan pemadaman yang dilakukan pada Agustus 2019 lalu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memberikan kopensasi sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 27 tahun 2017.

Dalam masa PSBB ini, PLN juga menyiagakan 41 unit UPS dengan total kapasitas 7.070 kilo Volt Ampere (kVA), 15 unit trafo bergerak dengan total kapasitas 1.745 kVA, 7 unit kabel bergerak sepanjang 2.600 meter, 23 Unit Gardu Bergerak dengan total kapasitas 17.080 kVA, 10 unit genset dengan total kapasitas 1.745 kVA untuk mengantisipasi terjadinya gangguan listrik.

Untuk memastikan kesehatan petugas, PLN juga memberikan asupan vitamin dan menyediakan ruang pemeriksaan kesehatan khusus beserta tenaga medis dan peralatan pendukung untuk memonitor kondisi kesehatan pegawai yang harus bekerja di unit-unit kritikal tersebut.

Ia menambahkan, pegawai PLN juga dibagi dalam kelompok-kelompok berbeda (split team) untuk memastikan pekerjaan dan layanan rutin tetap berlangsung. Sementara unit-unit yang bersifat pendukung dan administratif di kantor-kantor PLN, baik di pusat maupun daerah, para pegawainya diminta untuk bekerja dari rumah.

"Dengan cara seperti itu, PLN memastikan dan menjamin pasokan listrik kepada pelanggan tetap terjaga selama pemberlakukan kebijakan PSBB," imbuh Haryanto.

Dirinya menambahkan, Semoga dengan PLN tetap menjamin pasokan listrik, maka masyarakat bisa lebih tenang beraktivitas atau WFH dirumah, sehingga harapan mengurangi penularan Covid 19 dapat dilakukan dengan baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UFC 249 Akhirnya KO Melawan Virus Corona Covid-19

Posted: 09 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, New York- Pertarungan UFC 249 dipastikan batal digelar pada 18 April 2020 mendatang. Pandemi virus corona Covid-19 yang semakin parah di Amerika Serikat membuat UFC 249 KO.

UFC 249 seharusnya digelar di Tachi Palace Casino Resort, California. Awalnya bos UFC Dana White ngotot untuk tetap menggelar pertarungan 249.

White berani ngotot menggelar pertarungan di tengah wabah virus corona Covid-19 setelah Tachi Palace Casino Resort bersedia mengizinkan pertarungan meski ada peraturan pemerintah mengenai larangan berkumpul.

UFC 249 akan digelar tanpa penonton. Walau tanpa penonton tetap muncul kekhawatiran mengenai keselamatan semua pihak yang terlibat di UFC 249.

Namun Dana White akhirnya memutuskan membatalkan UFC 249 setelah diminta oleh ESPN yang menyiarkan ekslusif pertarungan tersebut secara pay per view.

"Kekuatan yang diminta saya untuk mundur dan tidak melakukan acara ini Sabtu depan," kata bos UFC Dana White.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Khabib

UFC 249 awalnya akan menyajikan duel super seru antara Tony Ferguson melawan Khabib Nurmagomedov. Akan tetapi belakangan Khabib mundur. Dia memilih balik ke Rusia di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Usai Khabib mundur, UFC langsung menyiapkan lawan pengganti untuk Ferguson yakni Justin Gaethje. Keduanya akan bertarung memperebutkan gelar juara kelas ringan sementara.

Pulau Pribadi

Dana White sendiri masih berharap dapat menggelar pertarungan UFC di sebuah pulau pribadi pada Mei nanti. Dia tetap melakukan persiapan agar pertarungan bertajuk Fight Island itu benar-benar terwujud.

"Fight Island nyata, infrastruktur sedang dibuat saat ini. Itu benar-benar akan terjadi dan akan ditayangkan di ESPN," tegas Dana White.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Kediri Siapkan Rp 103 Miliar Tangani Corona COVID-19

Posted: 09 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melakukan refocusing dan realokasi APBD Kabupaten Kediri Tahun 2020 dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp103 miliar untuk penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona di kabupaten ini.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno mengemukakan, kebijakan itu diambil guna menindaklanjuti arahan Menteri Dalam Negeri dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Kediri dengan refocusing dan realokasi anggaran APBD Kabupaten Kediri, Jawa Timur Tahun 2020.

"Realokasi anggaran difokuskan pada dua hal. Pertama, anggaran tersebut digunakan untuk memperkuat penanganan bidang kesehatan dalam pengendalian penyebaran dan penanganan COVID-19, di antaranya penyediaan APD (alat pelindung diri) bagi tenaga medis, penambahan ruang isolasi yang selama ini jumlahnya masih terbatas, penyediaan peralatan medis terkait penanganan COVID-19, serta kebutuhan penunjang percepatan penanganan medis lainnya," kata dia di Kediri, Kamis, 9 April 2020, dilansir dari Antara.

Ia menambahkan, anggaran tersebut juga dimanfaatkan untuk program-program non-kesehatan seperti program social safety net berupa bantuan sosial bagi warga yang perekonomiannya terdampak akibat pandemi corona, penambahan kebutuhan kesehatan tim medis dan pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah corona.

Menurut Bupati Haryanti, upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang dilakukan melalui social distancing dan physical distancing dengan mengimbau masyarakat untuk tidak ke luar rumah kecuali untuk urusan yang sangat penting serta pembatasan-pembatasan kegiatan sosial, dapat memengaruhi kondisi perekonomian masyarakat.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sesuai Arahan Menteri

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Para pekerja sektor informal pasti bisa terpengaruh kondisi perekonomiannya. Selain itu, UMKM di wilayah Kabupaten Kediri yang mulai berkembang dengan kondisi seperti ini juga bisa mengalami kesulitan untuk meneruskan usahanya.

"Hal ini tentunya juga menjadi pertimbangan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam melakukan refocusing dan realokasi anggaran ini," kata dia.

Selain itu, Bupati Haryanti menambahkan perhatian juga harus diberikan kepada tenaga medis yang berada di garda depan dalam penanganan pandemi ini.

Adapun perubahan anggaran untuk penanganan COVID-19 ini dilakukan sesuai arahan Menteri Dalam Negeri dan sudah dilaporkan kepada Kemendagri pada tanggal 8 April 2020.

Anggaran untuk teknis penanganan COVID-19 dialokasikan di BPBD, RSKK, RSUD SLG dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri sebesar Rp47,85 miliar. Sedangkan lainnya di BPKAD untuk menambah alokasi anggaran belanja tidak terduga (BTT).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ada Leak Bali Belanja di Supermarket

Posted: 09 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria bernama Greg Dwidjaya yang tinggal di kota Seattle, Amerika Serikat, memakai topeng leak Bali saat sedang berbelanja di supermarket. Aksinya pun menarik perhatian orang sekitar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 4 Keputusan Jokowi Hadapi Pandemi Corona Covid-19

Posted: 09 Apr 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengambil langkah-langkah untuk menangani kasus pandemi Corona Covid-19 di Indonesia. Salah satunya, Jokowi memutuskan melarang Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, hingga pegawai BUMN untuk mudik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggahan Pertama Mutia Ayu Setelah Glenn Fredly Tiada, Bikin Haru

Posted: 09 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duka mendalam tengah menyelimuti belantika musik Tanah Air. Musisi ternama, Glenn Fredly meninggal dunia karena sakit meningitis pada Rabu (8/4/2020). Meski sempat menutup rapat-rapat mengenai penyakitnya, pihak keluarga menjelaskan beberapa waktu terakhir Glenn memang mengeluhkan meningitis yang dideritanya.

Jenazah pelantun lagu Sekali Ini Saja kemudian dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (9/4/2020) siang. Isak tangis keluarga tercinta tak terbendung saat mengantarkan Glenn Fredly ke tempat peristirahatan terakhirnya tersebut.

Sementara itu sang istri, Mutia Ayu terus berada di sebelah jenazah suaminya. Kesedihan serta rasa kehilangan tampak jelas di wajahnya. Saat kepergian sang suami, Mutia tidak membuat unggahan apapaun di media sosial.

Namun kini sehari setelah kepergian Glenn Fredly untuk selamanya, Mutia Ayu mengunggah sebuah video di akun Instagramnya, Jumat (10/4/2020). Dalam vdeo tersebut menujukkan Glenn sedang menyanyi di atas panggung.

Sebelum Glenn Meninggal, Mutia Ayu Unggah Foto Berpelukan

 

Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia, Rabu (8/4/2020) meninggalkan seorang istri, Mutia Ayu dan satu putri perempuan yang baru berusia 40 hari. Sebelum kepergian Glenn untuk selama-lamanya, Mutia Ayu sempat mengunggah foto berdua bersama Glenn Fredly di akun Instagramnya.

Dalam foto tersebut ia tengah memeluk Glenn Fredly dengan mesra. Ia juga memberikan caption yang menyentuh pada foto tersebut. Mutia mengatakan jika anaknya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo akan sangat bangga dengan ayahnya.

"Ketika Gewa sudah dewasa nanti dan mengerti, Gewa pasti akan berkata 'Gewa Bangga menjadi anak Perempuan Ayah' Tuhan selalu jaga kami," tulis Mutia Ayu pada caption foto tersebut, Rabu (8/4/2020).

Sebelum Meninggal Glenn Fredly Ucapkan Ulang Tahun untuk Mutia

 

Sebelum tutup usia, empat hari sebelumnya ia sempat mengunggah sebuah video pendek berdurasi delapan detik. Video tersebut menampilkan Glenn Fredly dan sang istri, Mutia Ayu, berkunjung ke sebuah pantai ikonis di Sumba Timur.

Keduanya tampak mesra, melempar tawa sambil bergandengan tangan saat menyusuri bibir pantai. Lewat video itu, Glenn menyampaikan untaian kata manis untuk Mutia yang baru berulang tahun.

"Happy BirthDay isitriku tercinta @mutia_ayuu, Semesta menjagamu dan kita bersama selalu.... Amsal 31 : 30. Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji," tulisnya pada 4 April 2020.

Unggahan Pertama Mutia Sehari Kepergian Glenn

View this post on Instagram

🌹🌹🌹 Kangen Kamu Bebeh

A post shared by 𝓜𝓐𝓦 🌹 (@mutia_ayuu) on

 

Sejak kabar meninggalnya Glenn Fredly, Mutia Ayu tidak membuat unggahan di media sosialnya. Namun usai sehari kepergian Glenn Fredly untuk selamanya, Mutia Ayu mengunggah sebuah video di akun Instagramnya. Dalam video tersebut, Glenn sedang menyanyi di atas panggung.

Video tersebut juga menunjukkan Glenn mengajak Mutia ke atas panggung dan memeluknya. Kala itu, Glenn tengah melantunkan tembang 'Kisah Romantis' sembari memainkan gitarnya. Mutia Ayu juga memberikan caption yang berisi tentang kerinduannya pada Glenn Fredly.

"Kangen kamu bebeh," kata Mutia di Instagram, Jumat (10/4/2020).

Sederet Artis dan Warganet Beri Dukungan Mutia Agar Tetap Sabar

View this post on Instagram

Lucky Me ❤️🌹

A post shared by 𝓜𝓐𝓦 🌹 (@mutia_ayuu) on

 

Sudah satu jam sejak video tersebut diunggah, kolom komentar dibanjiri pesan doa untuk Mutia. Sederet artis juga memberikan dukungan pada Mutia Ayu agar selalu diberi kesabaran atas meninggalnya Glenn Fredly. Hingga saat ini video tersebut sudah disukai oleh 360 ribu pengguna Instagram.

"Turut berduka cita yaa beb mutiaa smoga diberi kekuatan kesabaran," tulis akun @jenitajanet di kolom komentar Instagram Mutia Ayu.

Tuhan beserta kakak pasti kuat. God bless you kakak n debay," tulis akun @christhyana di kolom komentar Instagram Mutia Ayu.

"Gewwwaaa pastiii Bangga melihat keromantisan papa mamanyaaaa" tulis tulis @novirizkiyanti di kolom komentar Instagram Mutia Ayu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Gelontorkan Bantuan Untuk Perangi Corona Covid-19

Posted: 09 Apr 2020 09:20 PM PDT

Manchester - Manchester United (MU) mengumumkan langkah-langkah untuk mendukung NHS (National Health Service) Inggris dalam menangani pandemi virus corona.

Mengutip situs resmi klub, MU juga akan mengakomodasi permintaan lebih lanjut dari NHS untuk penggunaan fasilitas di Old Trafford.

Manchester United Foundation telah mengirim belasan armada kendaraan pada Rabu (8/4/2020) ke Salford Royal NHS Foundation Trust dan NHS.

Manchester Foundation Trust Charity, juga mengirim lebih dari 3.500 hadiah untuk staf NHS, termasuk pahlawan tanpa tanda jasa dari petugas kebersihan dan ruang perawatan di rumah sakit.

Bantuan ini merupakan gelombang kedua, setelah pada pekan lalu dilakukan oleh Yayasan klub.

Setelah berdiskusi dengan NHS, Manchester United juga menyiapkan 16 kendaraan dengan pengemudi untuk mendukung operasi kurir NHS di daerah tersebut.

MUjuga telah menyumbangkan peralatan medis dan barang-barang kebutuhan lainnya ke Salford Royal, termasuk peralatan pelindung, perban, dan pasokan medis lainnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Staf Dibayar Penuh

Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

MU juga mendorong stafnya untuk menjadi sukarelawan NHS atau di komunitas lokal mereka selama pandemi, terutama mereka yang saat ini tidak punya banyak beban kerja.

Manchester United juga akan membayar staf secara penuh jika pekerjaan sukarela itu berlangsung selama jam kerja.

Saat ini, pemerintah Inggris terus bekerja keras untuk memerangi pandemi virus yang menyebabkan penyakit COVID-19 itu. Di Inggris, hingga Kamis (9/4/2020), ada 60.733 kasus dengan kematian mencapai 7.097.

Gerakan Pemain

Logo Premier League (Bola.com/Adreanus Titus)
Logo Premier League (Bola.com/Adreanus Titus)

Sejumlah pesepak bola Premier League sepakat menyumbangkan dana kepada badan aman Layanan Kesehatan Nasional (NHS). Langkah ini ditempuh sebagai bentuk perlawanan terhadap pandemi virus corona COVID-19.

Inisiatif itu lantas disebut Players Together. Mereka mengatakan donasi akan sampai ke NHS dengan cepat.

Ini menjadi kabar bagus di tengah pergolakan yang terjadi di Premier League. FA memutuskan kepada klub agar melakukan diskusi terkait pemotongan gaji sebesar 30 persen.

Akan tetapi, beberapa kapten tim disebutkan menolak tegas wacana tersebut. Mark Noble (West Ham) dan Troy Deeney (Watford) dilaporkan tidak menyetujui rencana pemotongan gaji.

Di tempat terpisah, Wayne Rooney mengatakan bahwa apa yang dilakukan pesepak bola Premier League bakal lebih efektif ketimbang pemotongan gaji.

Kemudian, Jordan Henderson melakukan pembicaraan intensif dengan perwakilan klub, yang tak lain adalah kapten masing-masing peserta Premier League. Hasilnya yakni Players Together.

 

Sumber: Manchester United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Ekspektasi Vs Realita saat Memasak Ini Bikin Senyum Getir

Posted: 09 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjalani social distancing selama wabah corona berlangsung menjadi salah satu upaya dalam pencegahan corona atau COVID-19. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan demi mengurangi rasa bosan selama berada di rumah, salah satunya memasak.

Melakukan social distancing demi cegah penyebaran corona bisa dilakukan dengan mencoba beberapa resep baru sekaligus mengasah kemampuan memasak. Tak sedikit pula netizen yang turut membagikan hasil masakan di akun media sosial.

Namun, bagi banyak orang pula memasak merupakan hal baru dan membutuhkan keahlian. Tapi tentu saja, semua orang bisa berkesempatan untuk memasak. Mulai dari menumis, menggoreng hinga membuat kue.

Kegagalan dalam memasak pun sering dialami oleh masyarakt. Bahkan, melalui akun Twitter @FOOD_FESS pada Kamis (9/4/2020) dirinya pun turut membagikan foto dan mengajak netizen lainnya untuk berbagi pengalaman kegagalan dalam memasak. Tak sedikit unggahan netizen yang gagal dalam memasak mengundang tawa namun juga bisa membuat kamu menggelengkan kepala.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @FOOD_FESS Jumat (10/4/2020) berikut ini beberapa curhatan netizen yang mengalami kegagalan saat memasak yang bisa bikin kamu ikut tersenyum getir.

1. Duh ada yang pernah mengalami hal serupa?

Realita memasak (Sumber: Twitter/chachatimeee)
Realita memasak (Sumber: Twitter/chachatimeee)

2. Niatnya berkreasi bikin kue dengan magic com tapi justru menempel di tutup ya.

Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)
Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)

3. Ini habis ditinggal ngapain sampai gosong?

Realita memasak (Sumber: Twitter/vanillaoreoq)
Realita memasak (Sumber: Twitter/vanillaoreoq)

4. Makan satu potong juga bisa langsung kenyang nih.

Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)
Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)

5. Niatnya bikin kue ulang tahun tapi justru hancur deh.

Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)
Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)

6. Lain kali apinya tidak perlu terlalu besar ya.

Realita memasak (Sumber: Twitter/laptopfujitsu)
Realita memasak (Sumber: Twitter/laptopfujitsu)

7.Siapa yang masih sering masak nasi sampai gosong?

Realita memasak (Sumber: Twitter/rizkacrylina)
Realita memasak (Sumber: Twitter/rizkacrylina)

8. Rasa tapi masih enak seperti molen kan?

Realita memasak (Sumber: Twitter/iyahapah)
Realita memasak (Sumber: Twitter/iyahapah)

9. Siapa yang pernah berkreasi membuat pie susu sendiri?

Realita memasak (Sumber: Twitter/chachaviii)
Realita memasak (Sumber: Twitter/chachaviii)

10. Duh kalau kaya bikin sedih juga nih.

Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)
Realita memasak (Sumber: Twitter/FOOD_FESS)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tak Tersorot Langkah Prabowo Subianto Tangani Wabah Corona

Posted: 09 Apr 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Corona di Indonesia membuat beberapa menteri juga terjun untuk membantu. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah COVID-19, Kemenag Imbau Umat Muslim Beribadah di Rumah Saat Ramadan 2020

Posted: 09 Apr 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin sampaikan pedoman pelaksanaan ibadah jelang Ramadan. Menurutnya, di masa pandemi COVID-19 ini masyarakat diimbau untuk beribadah di rumah.

"Kementerian Agama telah mengeluarkan sebuah pedoman untuk beribadah pada bulan suci Ramadan. Umat Islam di seluruh Indonesia diimbau agar melaksanakan ibadah di rumah," ujar Kamaruddin dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Jumat (10/4/2020).

Ibadah ini termasuk shalat, puasa dengan catatan sesuai fiqih puasa, shalat tarawih, nuzulul quran, tadarus. Serta segala hal yang berkaitan dengan Ramadan seperti buka puasa bersama.

"Kita berharap buka puasa bersama ditiadakan, shalat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing, Nuzulul Quran juga akan ditiadakan, begitu juga pelaksanaan tadarus di masjid."

Ia berharap, walaupun dikerjakan di rumah namun pahala dan kualitas ibadah selama Ramadan tidak berkurang. "Karena kita sedang dalam situasi darurat dan tentu Allah SWT akan sangat memahami ."

Tetap Jalankan Protokol

Kamaruddin mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia tetap menjalankan semua protokol pemerintah.

"Karena kebijakan pemerintah terhadap rakyatnya tentu berorientasi kepada kemaslahatan."

Ia berpesan untuk terus menjalankan protokol kesehatan dalam menjalani ibadah. Dengan menjaga jarak sosial, mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir selama 20 detik.

"Terus menggunakan masker ketika berada di tempat umum, tetap di rumah, dan untuk kali ini beribadah di rumah, jangan mudik pada saat menjelang idul fitri."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bendung Penyebaran COVID-19, Toko-Toko di Tokyo Tutup

Posted: 09 Apr 2020 09:05 PM PDT

Pelanggan mengantre untuk melakukan pembayaran di sebuah supermarket di Shinagawa-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota-kota besar di Jepang, termasuk ibu kota Tokyo, tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada Rabu (8/4). (Xinhua/Du Xia
Pelanggan mengantre untuk melakukan pembayaran di sebuah supermarket di Shinagawa-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota-kota besar di Jepang, termasuk ibu kota Tokyo, tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada Rabu (8/4). (Xinhua/Du Xia

Pelanggan mengantre untuk melakukan pembayaran di sebuah supermarket di Shinagawa-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota-kota besar di Jepang, termasuk ibu kota Tokyo, tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada Rabu (8/4). (Xinhua/Du Xia

Seorang penumpang menaiki bus di Shinagawa-ku di Tokyo, Jepang  (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi)
Seorang penumpang menaiki bus di Shinagawa-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi)

Seorang penumpang menaiki bus di Shinagawa-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi)

Anak-anak bermain di sebuah taman di Meguro-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi)
Anak-anak bermain di sebuah taman di Meguro-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi)

Anak-anak bermain di sebuah taman di Meguro-ku di Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi)

Sejumlah warga melewati gerbang tiket di Stasiun Meguro, Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi
Sejumlah warga melewati gerbang tiket di Stasiun Meguro, Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi

Sejumlah warga melewati gerbang tiket di Stasiun Meguro, Tokyo, Jepang (8/4/2020). Tidak seperti biasanya, kota Tokyo tampak sepi dengan banyak toko tutup dan hanya sedikit orang berada di jalanan pada (8/4), hari pertama setelah keadaan darurat diumumkan untuk membendung COVID-19. (Xinhua/Du Xiaoyi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg yang Wajib Dicoba

Posted: 09 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas jogja selain gudeg tentu sangatlah banyak dan bisa Anda temukan pada saat mengunjungi salah satu kota yang terkenal dengan julukan Kota Pelajar ini. Mungkin banyak dari Anda yang mengenal makanan khas Jogja hanyalah gudeg, namun Jogja sebenarnya memiliki beberapa makanan khas lainnya.

Selain sebagai kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pelajar, Jogja memang terkenal juga dengan banyak objek wisatanya, seperti Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung paling aktif di dunia. Objek wisata lainnya yaitu Jalan Malioboro yang memang terkenal karena suasana tradisionalnya masih sangat kental dan banyak penjual cinderamata yang berjajar di sepanjang trotoar.

Rasanya sayang sekali apabila Anda mengunjungi Jogja, namun tidak mencoba berbagai jenis makanan khas Jogja selain gudeg. Karena Anda akan melewatkan pengalaman yang sangat menarik jika tidak mencicipinya.

Lalu, apa saja sih makanan khas Jogja selain gudeg yang bisa Anda cicipi? Berikut Liputan6.com telah merangkum berbagai makanan khas Jogja selain gudeg dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020).

Makanan khas Jogja selain gudeg yang mengenyangkan

Sate Klatak Pak Pong
Sate Klatak Pak Pong

1. Sate klatak

Nah, makanan khas Jogja selain gudeg yang pertama, yaitu sate klathak atau klatak. Sate ini sebenarnya menggunakan bahan dasar daging kambing. Selain itu, yang menarik dari sate ini adalah pada bagian bumbunya.

Umumnya, sate akan dibumbui dengan kecap dan saus kacang, namun sate klatak ini hanya dibumbui dengan garam dan merica. Setelah itu sate klatak disajikan dengan pendamping berupa kuah kaldu kambing yang memiliki rasa seperti gulai, tetapi lebih enncer dan bening.

Ada hal yang menarik lainnya pada sate klatak, yaitu sate klatak menggunakan jeruji roda sepeda untuk menusuk dagingnya, cukup unik bukan. Nah, jeruji roda sepeda ini dipercaya menjadi penghantar panas yang baik pada saat proses memanggang, sehingga daging akan cepat matang hingga ke dalam.

Sate klatak biasanya disajikan bersama nasi, kuah gulai atau kecap, dan potongan cabai rawit. Anda bisa menemukan sate klatak di sepanjang daerah Imogiri Timur atau cukup lakukan pencarian di Google Maps.

2. Nasi Kucing

Makanan satu ini merupakan makanan yang biasanya dapat Anda temukan di angkringan yang biasa buka di malam hari. Angkringan merupakan warung penjual makanan yang biasanya berjualan dengan menggunakan tenda dan gerobak.

Angkringan diambil dari kata nangkring atau nongkrong, ya, memang angkringan ini biasanya dijadikan tempat nongkrong dan bercengkerama bersama teman. Salah satu menu yang terkenal di angkringan yaitu nasi kucing atau sego kucing.

Banyak yang heran saat mendengarnya pertama kali. Orang mengira nasi kucing merupakan nasi dengan menggunakan lauk berupa kucing. Sebenarnya, nasi kucing merupakan nasi yang biasanya dijual dengan porsi kecil yang terbungkus kertas koran, lalu terdapat sambal dan teri sebagai lauknya. Nah, karena porsinya yang kecil dan lauk teri tersebut, mengapa nasi ini disebut nasi kucing.

Saat memakan nasi kucing, Anda dapat menambahkan pendamping berupa gorengan, sate usus, cakar ayam, sate ati ampela, dan berbagai pilihan lainnya. Lalu akan sangat lengkap jika Anda makan nasi kucing dengan ditemani minuman berupa wedang jahe atau teh jahe yang sangat cocok dikonsumsi pada malam hari untuk menghangatkan badan.

3. Oseng-oseng Mercon

Anda penggemar kuliner pedas? Jika Anda penggemar kuliner pedas, maka makanan khas Jogja selain gudeg yang satu ini wajib untuk masuk daftar tujuan kuliner Anda saat berkunjung ke Jogja.

Oseng mercon ini bukan tanpa maksud kenapa diberi nama mercon. Oseng mercon ini memiliki rasa pedas yang sangat kuat, dan akan membuat lidah dan mulut Anda panas seperti terkena api mercon. Dan di dalam oseng mercon ini, terdapat tetelan daging seperti koyor sapi, usus, ati ampela dan kikil sebagai bahan utamanya, dan tentunya cabai rawit yang membuat rasanya pedas.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka Anda bisa menuju ke oseng-oseng mercon bu Narti. Oseng Mercon Bu Narti merupakan penjual oseng mercon pertama di Jogja, sejak tahun 1977.

4. Sego Abang Lombok Ijo

Sego abang merupakan istlah pada Bahasa Jawa, yang memiliki arti nasi merah. Sedangkan lombok ijo berarti cabai hijau. Nah sudah tertebak bukan, sego abang lombok ijo merupakan makanan berupa nasi merah dengan sayur dan sambal yang memiliki campuran cabai hijau. Makanan ini merupakan makanan khas dari Gunung Kidul, namun sekarang Anda juga dapat menemuinya di daerah Pakem-Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dalam satu porsi sego abang lombok ijo terdapat nasi berwarna merah yang dihidangkan bersama sayur lodeh dan cabai hijau. Anda juga dapat memilih lauk tambahan lainnya yang bisa Anda pilih sesuai selera, seperti ayam kampong goring bacem, tempe, tahu, pepes, botok, empal goreng, dan pepes tuna.

Makanan khas Jogja selain gudeg sebagai camilan

Ilustrasi Gambar Belalang Goreng (Sumber: Brilio)
Ilustrasi Gambar Belalang Goreng (Sumber: Brilio)

1. Jadah Tempe

Jadah tempe merupakan makanan yang berasal dari Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi tepatnya dari penjual jadah tempe ini ada di daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang.

Makanan ini merupakan makanan khas Jogja yang menggabungkan jadah dan tempe atau tahu bacem. Jadah terbuat dari olahan ketan. Dan biasanya jadah tempe dikemas dengan daun pisang. Makanan ini merupakan makanan khas dari kawasan Kaliurang yang harus dicoba oleh setiap orang pada saat berkunjung ke sana.

2. Belalang Goreng

Jika di Papua ada makanan unik dan sedikit ekstrem berupa ulat sagu, di Yogyakarta juga terdapat makanan yang tak kalah unik, yaitu belalang goreng. Belalang goreng merupakan makanan khas Gunungkidul, Yogyakarta.

Belalang yang dipilih untuk digoreng merupakan belalang kayu yang mudah ditemukan di daerah Gunungkidul. Belalang kayu biasanya hinggap di dahan pohon jati atau semak-semak.

Bagi sebagian orang, belalang yang telah melewati proses penggorengan memiliki rasa seperti udang. Tekstur dari belalang goreng cukup gurih dan renyah sehingga tak sedikit orang yang ketagihan saat menyantapnya.

Bumbu dari belalang goreng cukup sederhana, seperti bawang putih, ketumbar, garam, dan cabai. Jika Anda penasaran, Anda dapat langsung menuju Gunungkidul, dan dapat menemukan penjual belalang goreng di pinggiran jalan ataupun melalui toko.

3. Kipo

Makanan satu ini bernama Kipo. Ya, Kipo yang merupakan makanan khas dari Kotagede, salah satu wilayah yang di kota Yogyakarta yang terkenal dengan daerah pengrajin perak. Kipo biasa dimakan untuk dijadikan camilan atau kudapan bersama secangkir minuman hangat.

Kipo terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna alami hijau dari daun pandan dan memiliki isian gula jawa yang dicampur parutan kelapa. Yang unik selanjutnya, karena Kipo di masak dengan cara tradisional, dengan wajan dari tanah liat, lalu di panaskan menggunakan arang.

4. Tiwul dan Gatot

Kedua makanan khas Jogja ini berasal dari Gunung Kidul. Biasanya tiwul dan gatot memang dijual sepasang. Bahan baku dari tiwul dan gatot sama, yaitu singkong, yang mudah ditemukan di Gunungkidul.

Tiwul dan gatot biasanya diberi campuran kelapa untuk menambah cita rasa gurih pada makanan ini. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat dijadaikan makanan pengganjal perut karena cukup mengenyangkan apabila Anda mengonsumsinya. Jajanan pasar ini biasa dijual dari pagi hari hingga menjelang siang hari. Namun ada juga penjual tiwul yang berkeliling pada sore hari menjelang petang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Camilan untuk Buah Hati yang Disajikan Ayu Ting Ting Saat di Rumah Aja

Posted: 09 Apr 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona COVID-19. Selain berolahraga, memasak jadi salah satu pilihan Ayu Ting Ting.

Sebelum pandemi corona COVID-19, Ayu terbilang jarang mengunggah potret memasak. Itu karena kesibukannya dari stasiun TV satu ke stasiun TV yang lain.

Dalam unggahan terbaru, Ayu memamerkan potret hasil masakannya. Pelantun tembang Alamat Palsu ini mengunggah potret sedang memegang nampan yang berisi macarono schotel.

"Yummy....macaroni schotel ala bunda utk khumairah ????????," kata Ayu.

Ada enam macaroni yang siap disajikan untuk putrinya tercinta, Bilqis Khumairah Razak.

"kemarin langsung dmakan....kriting suka bgt, minta buatin lg ?????? siap nak, today buat ini lg atw buat makanan lain nih? ??," imbuh Ayu Ting Ting.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Camilan Lain

Ayu Ting Ting rajin memasak saat berada di rumah. Selain martabak mini, ia juga membuat makaroni (Dok.Instagram/@ayutingting92/https://www.instagram.com/p/B-stwYaFLUZ/Komarudin)
Ayu Ting Ting rajin memasak saat berada di rumah. Selain martabak mini, ia juga membuat makaroni (Dok.Instagram/@ayutingting92/https://www.instagram.com/p/B-stwYaFLUZ/Komarudin)

Sebelum macaroni schotel, Ayu Ting Ting sempat memamerkan hasil masakannya berupa martabak mini. Dia ketagihan memasak dengan membuat makanan.

"Tiap hari ketagihan buat makanan.....hari ini nyoba martabak mini ???????? #stayhome," jelas Ayu.

Selama berada di rumah, Ayu juga menyempatkan memasak kue cucur. Hasil masakannya itu sempat ia pamerkan baru-baru ini.

"Yeaaaa cucur berhasil....ada yg punya ide enaknya besok buat makanan apalagi nh? ???????? #cookingtime #stayhome," jelas Ayu Ting Ting.

Sebelumnya, Ayu juga sempat mengunggah potret usai membuat donat. Unggahan Ayu sedang memegang donat hasil buatannya itu mendapat banyak komentar warganet, tidak terkecuali dari Sahrul Gunawan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terimbas Kebijakan PSBB, Gojek Tak Bisa Bawa Penumpang hingga 23 April 2020

Posted: 09 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Gojek terimbas aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dijalankan Pemprov DKI Jakarta.

Salah satu fitur utamanya, yakni GoRide, hilang dari aplikasi. Dengan begitu, pengguna tidak bisa pesan kendaraan roda dua untuk mengangkut mereka.

Pihak Gojek pun menanggapi hal ini. Dalam pernyataan resmi Gojek yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/4/2020), Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita menyebut, pihak Gojek mematuhi keputusan Pemprov DKI Jakarta terkait penerapan PSBB. Nila berharap, kebijakan PSBB bisa mencegah penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, Nila mengatakan, larangan ojek online membawa penumpang selama penerapan PSBB berlaku pada 10-23 April 2020.

"Larangan ojek online membawa penumpang selama penerapan PSBB pada 10-23 April berdampak pada berhentinya sementara salah satu layanan yang disediakan oleh mitra driver Gojek di Jabodetabek, yaitu layanan transportasi roda dua GoRide," kata Nila dalam keterangan.

Layanan GoCar dan GoFood Tetap Bisa Diakses

Gojek Bagikan 1 Juta Voucher Makan Per Pekan untuk Mitra Driver. Kredit: Gojek
Gojek Bagikan 1 Juta Voucher Makan Per Pekan untuk Mitra Driver. Kredit: Gojek

Meski begitu, layanan transportasi roda empat GoCar dan GoBlueBird masih tersedia dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga.

Layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi melayani masyarakat selama periode PSBB.

"Masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery)," kata Nila.

Tidak hanya itu, untuk memastikan kesehatan para mitra, Gojek menyediakan masker. Pihak Gojek juga mengingatkan agar penumpang GoCar menggunakan masker selama perjalanan, dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan lewat aplikasi.

"Gojek siap menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat DKI Jakarta selama periode PSBB," tutur Nila.

GoRide Hilang dari Aplikasi Gojek

Fitur keamanan di aplikasi Gojek (foto: ©Gojek).
Fitur keamanan di aplikasi Gojek (foto: ©Gojek).

Setelah aturan PSBB diteken dan diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, dampaknya adalah larangan sepeda motor membawa penumpang.

Salah satu yang terkena dampak paling terasa adalah tukang ojek, baik pangkalan maupun online. Karena dengan peraturan ini, mereka dilarang menarik penumpang.

"Ojek tidak boleh antar penumpang, tetapi ojek boleh antar barang. Aturan ini dituangkan dalam Pergub tentang PSBB mengacu pada aturan Permenkes Nomor 9 tahun 2020," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta, malam tadi.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (10/4/2020), layanan GrabBike dan GoRide yang hadir di dalam aplikasi pun hilang atau tidak dapat diakses lagi oleh pengguna di Jakarta.

Sementara, beberapa pengguna yang berada di luar daerah Jakarta masih bisa menemukan layanan GrabBike dan GoRide bisa diakses.

Hal serupa diungkap oleh akun Twitter Transport for Jakarta (@TfJakarta), yang mencuitkan, "Mengapresiasi @gojekindonesia dan @GrabID yang menghilangkan sementara fitur go ride dan grab bike untuk mendukung program PSBB."

(Tin/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Dewa Budjana dan Glenn Fredly Nyanyikan Lagu Idul Fitri, Bikin Sejuk Sekaligus Merinding

Posted: 09 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Glenn Fredly memang cukup sulit untuk dipercaya. Pasalnya, Glenn Fredly meninggal dunia dengan begitu mendadak.

Namun di balik itu, Glenn Fredly meninggalkan banyak kenangan mangis bagi dunia musik Tanah Air dan para musisinya. Salah satu yang masih melekat adalah ketika Glenn Fredly berkolaborasi dengan Dewa Budjana menyanyikan lagu islami berjudul Idul Fitri.

Momen kebersamaan Glenn Fredly dan Dewa Budjana itu kembali diunggah ke Instagram pribadi sang gitaris Gigi.

"Kita semua kehilangan atas kepergian Seniman hebat, yg sangat Humble Glenn Fredly, secara pribadi saya sangat kehilangan sahabat dlm laku Kebhinekaan," tulis Dewa Budjana.

 

Sosok Toleran

Dewa Budjana dan Glenn Fredly. (instagram.com/dewabudjana)
Dewa Budjana dan Glenn Fredly. (instagram.com/dewabudjana)

Video yang diunggah tersebut adalah bukti bagaimana Glenn Fredly adalah sosok yang sangat toleran dengan perbedaan umat beragama.

"seringkali kami menghabiskan waktu hanya membahas tentang budaya dan seisinya, Video ini salah satu dari beberapa video yg buat saya sangat berkesan dan berarti untuk selamanya. Selamat jalan Glenn," lanjut Dewa Budjana.

 

Kolaborasi

Glenn Fredly. (Sumber: Instagram.com/glennfredly309)
Glenn Fredly. (Sumber: Instagram.com/glennfredly309)

Dalam video tersebut, Glenn Fredly mengaku bahwa kolaborasinya dengan Dewa Budjana ini adalah sebuah kolaborasi tentang perjalanan spiritual. 

"Apa yang ingin gue dan Dewa Budjana sampaikan, ini seperti sebuah kolaborasi peristiwa seni. Mempertemukan perjalanan spritual masing-masing dalam sebuah concern," kata Glenn Fredly.  

Toleransi

Warganet pun sepakat dengan apa yang ditulis oleh Dewa Budjana. Bhineka Tunggal Ika tertuang jelas dalam video tersebut.

"😭😭benar2 toleransi umat beragama glen MasyaAllah," tulis @sunrise_dpg.

"Berbeda beda tetap SATU tujuan ✊😎❤️😊 @dewabudjana," timpal @notmorrison.

"Berkurang kembali Orang2 yang sangat menghargai kebhinnekaan 😭😭 | Peace in Heaven Bg Glenn 🙏," tambah @bg_richard. 

Bikin Sejuk dan Merinding

Bahkan tidak sedikit yang merasa kesejukan ketika melihat video tersebut.

"Gitarisnya Hindu, Vocalnya kristen. Lagunya islam. Ademmmmmm. Rip @glennfredly309 😭," tulis @lichwst.

"Merinding dengernya om," timpal @mua_evaarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batita Positif COVID-19 Setelah Ayahnya Belanja di Swalayan

Posted: 09 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang batita laki-laki asal Inggris dirawat di rumah sakit karena terjangkit COVID-19.  Ia dinyatakan positif setelah ayahnya belanja bahan makanan di pasar swalayan.

"Kami telah berada dalam isolasi selama 3 minggu, saya membawa virus sepulang dari kunjungan singkat ke swalayan," tulis sang ayah, Peter Jones di Twitter seperti dikutip dari New York Post pada (9/4/2020).

Dia mengatakan, seluruh anggota keluarganya terkena imbas. Namun, 3 diantaranya pulih dengan cepat. Sedang, anaknya yang berusia 1 tahun harus dilarikan ke rumah sakit untuk pemulihan.

Peter menambahkan, bahkan keluar dalam waktu singkat saja dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat buruk.

"Aku ingin orang-orang tahu bahwa hanya satu perjalanan saja bisa menimbulkan risiko tinggi!"

Pesan untuk Keluarga Lain

Sebelumnya, Koordinator Respons Coronavirus Gedung Putih Dr. Deborah Birx mengatakan kepada orang Amerika bahwa ini adalah "saat untuk tidak pergi ke toko kelontong" atau bahkan ke apotek.

"Tolong jangan pergi! Tetap di rumah, dan lindungi orang-orang tersayangmu! Silakan bagikan sehingga orang lain dapat menghindari pengalaman kami," tulis Peter.

Beruntung, kini putranya sudah pulih dan dipulangkan ke rumah setelah mendapatkan oksigen dan antibiotik.

"Kita harus mencoba  membatasi kunjungan dan mengikuti panduan untuk membatasi risiko. Tolong tetap jaga kesehatan dan cobalah untuk menghindari keluar rumah sedapat mungkin," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pegunungan Himalaya Kembali Terlihat Setelah 30 Tahun

Posted: 09 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona yang mengharuskan orang di rumah, telah membuat Pegunungan Himalaya kembali terlihat dari India untuk pertama kalinya setelah 30 tahun. Hal ini dikarenakan tingkat polusi udara di negara tersebut menurun tajam selama lockdown diberlakukan di India.

Sebagaimana diketahui, India adalah salah satu dari sekian banyak negara yang memberlakukan aturan lockdown untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona. Aturan itu diberlakukan pada 24 Maret lalu oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Warga India dari distrik Jalandhar di Punjab, yang berjarak 201 kilometer dari Himalaya, berbondong-bondong mengunggah penampakan pegunungan yang tertutup salju di media sosial. 

Artikel tentang polusi udara menurun karena Corona, Himalaya kembali terlihat dari India setelah 30 tahun menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan zodiak yang sering merasa kesepian.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang ungkap rasa kehilang, tujuh artis unggah foto kebersamaan dengan Glenn Fredly.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Polusi Menurun karena Corona, Himalaya Kembali Terlihat dari India Setelah 30 Tahun

doc: Twitter.com/ghauravbhanu89
doc: Twitter.com/ghauravbhanu89

Netizen mengatakan bahwa fenomena tersebut merupakan indikasi jelas dampak pencemaran terhadap alam dan bagaimana Bumi menjadi lebih bersih selama pandemi virus Corona.

Selengkapnya...

2. 4 Zodiak Ini Paling Sering Merasa Kesepian

ilustrasi zodiak/copyright unsplash/Joshua Chun
ilustrasi zodiak/copyright unsplash/Joshua Chun

Kesendirian bisa menyerang pada saat-saat yang paling tak terduga. Bahkan jika Anda menikmati kesendirian itu, wajar untuk merindukan interaksi dengan seseorang. Lagipula, manusia adalah makhluk sosial. Jadi, jangan merasa malu untuk merasa kesepian.

Menariknya, ada beberapa zodiak yang meski menyukai kesendirian, namun pada titik tertentu mereka bisa begitu merasa kesepian dan butuh pertemanan. Zodiak apa saja? Melansir dari Elite Daily, ini dia.

Selengkapnya...

3. Ungkap Rasa Kehilangan, 7 Artis Ini Unggah Potret Kebersamaan dengan Glenn Fredly

(Agus Apriyanto/KapanLagi.com)
(Agus Apriyanto/KapanLagi.com)

Penyanyi berbakat Tanah Air, Glenn Fredly, meninggal dunia di usia 44 tahun pada Rabu (8/4/2020) malamdi Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati. Glenn dikabarkan meninggal lantaran penyakit meningitis yang diidapnya.

"Kami, pihak keluarga, menyampaikan kabar duka yang mendalam atasberpulangnya putra, saudara, kerabat, teman, dan sahabat bagi semua, Glenn Fredly yang bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo pada Rabu, 8 April 2020, pukul 18.47 dalam usia 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan," tulis Mozes Latuihamalo, perwakilan keluarga Glenn Fredly kepada Liputan6.com.

Tentu saja kabar kepergian Glenn Fredly mengejutkan banyak pihak. Tak hanya para fans, rekan sesame artis juga seakan tak menyangka. Tak sedikit yang merasa sangat kehilangan sosok ayah satu anak tersebut.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool Diambang Juara Sebelum Datang Virus Corona Covid-19

Posted: 09 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Liverpool harus menunggu lebih lama untuk mengunci gelar Liga Inggris. Tinggal butuh dua kemenagan lagi, pesta Liverpool diganggu virus Corona Covid-19.

The Reds masih berstatus sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Mereka mengoleksi 82 poin dari 29 laga dan unggul 25 poin dari pesaing terdekat mereka, Manchester City.

Man City yang penampilannya kurang mengilap di musim ini hanya mampu duduk di posisi kedua. Tim asuhan Pep Guardiola itu pun harus bersiap kehilangan gelar juara yang mereka raih musim lalu.

Pasalnya, Liverpool hanya butuh dua kemenangan lagi untuk menyegel gelar juara Liga Inggris. Selain itu, kompetisi musim ini hanya menyisakan sembilan laga.

Perebutan sengit terjadi di posisi empat besar. Chelsea, MU, Wolverhampton hingga Arsenal masih berpeluang mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan.

Berikut klasemen Liga Inggris sebelum tertunda karena Corona Covid-19:

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Top Skorer Liga Inggris

Logo Liga Inggris
Logo Liga Inggris
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ojek di Jakarta Tak Boleh Angkut Penumpang Sampai 23 April 2020

Posted: 09 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi berlaku di Jakarta. Salah satu peraturan yang ditekankan Gubernur DKI Anies Baswedan ialah, tukang ojek baik pangkalan maupun online tidak boleh mengangkut penumpang.

"Ojek tidak boleh antar penumpang, tetapi ojek boleh antar barang. Aturan ini dituangkan dalam Pergub tentang PSBB mengacu pada aturan Permenkes Nomor 9 tahun 2020," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Meski masih bisa beroperasi, ojek online hanya boleh mengangkut barang untuk diantarkan. Aturan tentang PSBB Jakarta ini berlaku untuk 14 hari ke depan, dimulai pukul 00.00 WIB, Jumat 10 April 2020, sampai 23 April 2020.

Selain itu, Anies menuturkan, Pemprov DKI Jakarta sudah mengusulkan agar ada pengecualian untuk driver ojek online. Namun, tidak ada perubahan tentang peraturan Menteri Kesehatan yang menjadi acuan PSBB Jakarta.

"Kemarin kita coba sampaikan untuk difasilitasi saat pembicaraan dengan Kemenhub, tetapi karena belum ada perubahan di peraturan permenkes dan pergub harus sejalan dengan rujukan Permenkes," Anies menandasi.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Mitra Driver Utamakan Kesehatan

Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno menegaskan, Grab secara aktif mengimbau semua mitra pengemudi dan pengiriman untuk mengutamakan kesehatan dan untuk mengambil tindakan pencegahan secara menyeluruh.

Dalam hal ini termasuk mengenakan masker setiap saat, mendisinfeksi kendaraan dan tas pengiriman mereka secara teratur, sering mencuci dan membersihkan tangan, serta menjaga jarak aman melalui prosedur contactless delivery bagi mitra pengiriman GrabFood dan GrabExpress.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: