Jumat, 17 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Bupati Bogor Sebut Banyak Pasien Positif Covid-19 Tertular di KRL

Posted: 17 Apr 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan bahwa rata-rata pasien positif terinfeksi virus corona COVID-19 yang berdomisili di Kabupaten Bogor, Jawa Barat lantaran tertular di kereta rel listrik (KRL).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA Sepakat Pemotongan Gaji Pemain 25 Persen

Posted: 17 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, New York - NBA dan Asosiasi Pemain Bola Basket mencapai kesepakatan pemotongan gaji sebesar 25 persen. ESPN melaporkan, kebijakan ini berlaku efektif 15 Mei.

Keputusan ini membantu klub NBA mengatasi krisis ekonomi jika musim ini dibatalkan karena pandemi virus Corona.

Hal tersebut sesuai dengan klausul force majeure di dalam kontrak pemain, yang membuat NBA berhak memangkas gaji jika ada dampak luar biasa terhadap liga dan mengancam keberlangsungan musim.

NBA sudah menghentikan kompetisi 2019/2020 sejak 11 Maret karena pandemi virus Corona. Hingga kini belum ditentukan kapan musim bisa diteruskan.

Sejumlah pemain terjangkit Covid-19 di antaranya duo Utah Jazz, Rudy Gobert dan Donovan Mitchell. Sementara Ibu bintang Minnesota Timberwolves, Karl-Anthony Towns, meninggal dunia usai positif virus Corona.

Perang Lawan Corona

ilustrasi NBA (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi NBA (Liputan6.com/Abdillah)

Menghadapi pandemi ini, NBA sudah memberikan sumbangan berupa satu juta masker bedah kepada kota New York untuk membantu tenaga medis memerangi Covid-19.

New York merupakan salah satu kota terparah di Amerika Serikat yang terkena pandemi virus Corona. Selain itu, NBA juga bermarkas di Big Apple.

Masker bedah ini akan langsung didistribusikan kepada petugas medis di New York yang sangat membutuhkan alat pelindung diri (APD) untuk memerangi pandemi.

Episentrum Baru

AS kini menjadi episentrum baru virus Corona. Hingga Sabtu (18/4/2020) pukul 11.00 WIB, sudah ada 701.610 kasus Covid-19 dengan 37.055 meninggal dan 59.492 pulih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tangerang Raya Mulai Berlakukan PSBB Hari Ini

Posted: 17 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diberlakukan di Tangerang Raya hari ini, Sabtu (18/4/2020). Aturan ini akan diterapkan hingga 1 Mei 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Kulit Wajah yang Berisiko Timbul Selama di Rumah Aja

Posted: 17 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan Di Rumah Aja ternyata tak menjamin Anda bebas dari masalah kulit wajah. Perubahan gaya hidup nyatanya bisa berdampak pada kesehatan kulit.

Dokter spesialis kulit, dr. Eddy Karta, Sp.KK, Ph.D, menyebut slogan Di Rumah Aja terkadang membuat orang melupakan perawatan kulit wajah. Berkurangnya kegiatan rutin yang membuat kondisi wajah tidak banyak bersentuhan dengan sinar matahari, debu dan polusi membuat lalai untuk membersihkan wajah pada waktunya.

"Kegiatan di rumah saja untuk daerah tropis tetap harus diimbangi dengan mencuci wajah secara teratur. Dehidrasi dapat membuat wajah berminyak dan selanjutnya membuat wajah tidak segar," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Kegiatan lain yang berisiko menimbulkan masalah kulit wajah adalah perubahan pola tidur. Beberapa orang yang beraktivitas seharian di rumah malah jadi terbiasa tidur larut.

"Hal ini membuat kulit tidak beregenerasi dengan optimal," katanya.

Padahal, sambung Eddy, momen di rumah saja sesungguhnya bisa menjadi kesempatan baik untuk memberikan perhatian lebih pada diri sendiri salah satunya dengan merawat wajah. "Dimulai dengan penggunaan pembersih wajah yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus meningkatkan kolagen kulit," tuturnya.

Kolagen merupakan protein penting dalam tubuh. Namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun sehingga menyebabkan kulit, termasuk di wajah, menjadi kurang elastis dan muncul garis-garis halus atau keriput. Selain itu, sejumlah kondisi dapat memperparah produksi kolagen, seperti pola makan, stres, dan pola tidur yang tidak teratur.

 

Sabun Kolagen

Ilustrasi mencuci muka. (dok. Pexels/Dinny Mutiah)
Ilustrasi mencuci muka. (dok. Pexels/Dinny Mutiah)

Senka baru-baru ini menghadirkan produk facial foam terbaru yang mengandung kolagen untuk membantu elastisitas kulit sehingga lebih kenyal dan tampak lebih muda. Ada pula kandungan 60 persen beauty serum untuk membantu kulit tampak bercahaya.

Seperti halnya yang dimiliki Perfect Whip lainnya, inovasi Micro Dense Foam juga terdapat pada Senka Perfect Whip Collagen In sehingga mampu menghasilkan whip yang lebih besar dan padat. Tekstur whip diklaim membuat proses membersihkan wajah lebih higienis karena tidak langsung bersentuhan dengan wajah.

"Senka Perfect Whip Collagen In adalah salah satu produk best seller di beberapa negara di Asia dan banyak yang menantikannya di Indonesia. Semoga produk ini menjadi salah satu solusi praktis untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, khususnya bagi wanita berusia di atas 30 tahun ke atas agar wajah tampak lebih muda," kata Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni.

Sabun muka tersebut tersedia dalam ukuran 120 gram. Setelah dicoba, teksturnya memang lembut dan membersihkan tanpa membuat kesat. Namun, perlu usaha untuk membuat whip yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo: Regulasi Validasi IMEI Sudah Berlaku

Posted: 17 Apr 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa regulasi validasi IMEI (International Mobile Equipment Identity) mulai berlaku per hari ini, Sabtu, 18 April 2020.

Dengan berlakunya regulasi ini, pemerintah dan industri berharap untuk dapat menekan peredaran ponsel BM (black market) atau ilegal di Tanah Air.

"Ya, sudah berlaku aturannya (regulasi pengendalian IMEI)," kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemkominfo, Ismail, dalam pesan kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, Sabtu (18/4/2020).

Sekadar informasi, dengan berlakunya regulasi mengenai pengendalian IMEI ini, semua smartphone ilegal atau ponsel BM yang aktif pada tanggal 18 April 2020 dan setelahnya tak akan bisa memakai layanan operator seluler Indonesia.

Dengan begitu, ponsel BM tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi, internetan, SMS, dan telepon menggunakan jaringan seluler.

Sementara, smartphone apapun, baik black market atau legal yang diaktifkan sebelum tanggal 18 April 2020, tidak terdampak kebijakan ini.

Konsumen Harus Ngapain?

Cara Cepat Anti Ribet Cek IMEI Smartphone
Cara Cepat Anti Ribet Cek IMEI Smartphone

Nah, untuk memastikan apakah smartphone yang kamu beli apakah ilegal atau tidak, kamu bisa mengeceknya di situs IMEI Kemenperin (https://imei.kemenperin.go.id/).

Untuk mengetahui nomor IMEI, kamu bisa melihat bagian belakang bodi smartphone atau di boks penjualan.

Cara lain yang juga mudah adalah dengan mengetik *#06#. Dengan langkah ini seri nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

Alternatif lain untuk mengetahui nomor IMEI smartphone adalah dengan memilih menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Status > Informai IMEI.

Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan nomor IMEI di kolom pengecekan pada situs IMEI Kemenperin.

Berlakukan Skema Whitelist

IMEI. Liputan6.com/Isk
IMEI. Liputan6.com/Isk

 

Pemerintah menerapkan aturan validasi IMEI menggunakan skema whitelist. Apa itu?

Skema whitelist adalah skema yang memungkinkan masyarakat untuk mengecek legalitas IMEI dalam perangkat, sebelum membelinya. Pengecekan IMEI bisa dilakukan lewat laman https://imei.kemenperin.go.id.

Jika IMEI di perangkat terdaftar di database SIINAS yang ada di Kementerian Perindustrian, masyarakat bisa membeli ponsel dan bisa menikmati layanan seluler.

Sementara dalam skema blacklist, ponsel baru (baik itu BM maupun resmi) perlu dihubungkan dengan layanan seluler terlebih dahulu.

Jika setelah terhubung dengan layanan seluler, IMEI tidak terdaftar (black market) di database SIINAS, ponsel pun tak bakal lagi bisa dipakai.

Tujuan pemerintah menerapkan skema whitelist adalah untuk melindungi masyarakat, sehingga nantinya masyarakat tidak terlanjur membeli ponsel yang ternyata tidak bisa dipakai.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Sejak Kecil, Maverick Vinales Sudah Mengidolakan Valentino Rossi

Posted: 17 Apr 2020 09:20 PM PDT

Madrid - Tidak ada hal yang lebih membanggakan dari bisa jadi rekan setim pembalap yang notabene idola Anda.

Hal di atas berhasil dirasakan pembalap asal Spanyol, Maverick Vinales. Ya, ia ternyata seorang fans berat Valentino Rossi yang merupakan rekan setimnya di Yamaha.

"Rossi merupakan idola saya sejak kecil. Usia saya masih 3-4 tahun ketika melihatnya berlomba di kelas 250 cc," Vinales bercerita kepada Sky.

Vinales pun buka-bukaan soal makna kehadiran Valentino Rossi menjadi rekan setimnya di Yamaha. "Berada di trek bersamanya membuat saya memiliki motivasi tambahan," ucap eks pembalap Suzuki itu.

Oleh karena itulah, Vinales berharap Valentino Rossi masih bisa terus berlomba di MotoGP 2021. Seperti diketahui, kursi rekan setimnya di Yamaha musim depan sudah pasti milik Fabio Quartararo.

Tetap di Yamaha

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kanan), diprediksi akan membantu rekan setimnya, Maverick Vinales, pada empat seri tersisa MotoGP 2017. (Bola.com/Twitter/wearemotofire)
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kanan), diprediksi akan membantu rekan setimnya, Maverick Vinales, pada empat seri tersisa MotoGP 2017. (Bola.com/Twitter/wearemotofire)

Kini Valentino Rossi punya opsi gabung tim satelit Petronas Yamaha jika memang kembali menunda pensiun pada MotoGP 2021.

Vinales pun mendukung gagasan di atas. "Saya harap Valentino terus berlanjut di Yamaha. Itu sangat penting," Vinales menuturkan.

Vinales sendiri gabung Yamaha sejak musim 2017. Sampai kini, ia sudah merasakan enam kemenangan.

Namun meski telah tiga musim bersama tim berlambang garpu tala, Vinales belum pernah bisa bersaing jadi juara dunia MotoGP.

Sumber: gpone.com

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo/Hendry Wibowo, published 18/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendes: Akan Ada Reborn Kunjungan Wisata ke Daerah Pasca Berakhirnya Corona

Posted: 17 Apr 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memperkirakan akan terjadi lonjakan tajam terhadap kunjungan wisatawan ke daerah-daerah wisata pasca wabah virus corona selesai.

Hal ini bisa menjadi salah satu pendorong bagi ekonomi Indonesia bisa bangkit dengan cepat setelah dihantam wabah ini.

"Prediksi kita akan ada reborn kunjungan masyarakat ke daerah-daerah wisata, makanya kita siapkan. Pasca Covid ini ekonomi bisa tumbuh cepat. Bukan hanya desa bisa lakukana manajemen covid dengan baik tapi juga lakukan pendataan desa-desa yang punya produktivitas sehingga setelah covid bisa kembali" ujar dia dalam Live Streaming Liputan6.com dengan tema Jangan Mudik ke Desa, Tak Pulang Karena Sayang, Sabtu (18/4/2020).

Sebagai persiapan dari reborn kunjungan wisatawan ini, lanjut Halim, dirinya telah menghimbau kepala desa untuk memperbaiki dan merawat objek wisatanya dengan baik sehingga siap penyambut lonjakan kunjungan ketika wabah corona ini selesai.

"Hari ini saya minta yang punya objek wisaya dirawat yang bagus untuk reborn, desa yang punya ketahanan pangan, ini yang agak terhambat ekspornya kita fasilitasi seperti adanya gudang, sehingga kalau ini selesai ekspornya kembali, rebornnya cepat," kata dia.

Halim juga berharap wabah corona ini bisa selesai, sehingga kegiatan ekonomi Indonesia tidak hanya di perkotaan mapun pedesaan bisa kembali normal.

"Kita berharap ini tidak lama-lama. Ini wujud optimisme kita ini disiapkan dengan baik sehingga terkelola dengan baik," tandas dia.

Mendes Abdul Halim Terpesona Potensi Ekonomi Purbalingga

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak BUMDes di Purbalingga mengikuti lomba BUMDes berhadiah Rp 4 Miliar. (Galoeh Widura/Liputan6.com)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak BUMDes di Purbalingga mengikuti lomba BUMDes berhadiah Rp 4 Miliar. (Galoeh Widura/Liputan6.com)

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengusulkan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sebagai lokasi wajib untuk dikunjungi Presiden Jokowi. Kunjungan tersebut terkait dengan implementasi penggunaan Dana Desa untuk pengembangan ekonomi dan Sumber Daya Manusia.

"Jawa Tengah hanya satu yang saya usulkan untuk dikunjungi Presiden, yaitu Kabupaten Purbalingga," ujar Abdul Halim Iskandar saat Kunjungan Kerja di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Selasa, 10 Maret 2020. 

Dia melihat desa di Purbalingga melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memiliki potensi untuk berkembang memakmurkan masyarakat. Sebagai contoh, BUMDes Desa Serang yang saat ini bergerak di bidang pariwisata dan pertanian telah berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan meraup pendapatan Rp3,4 miliar.

BUMDes merilis 10 persen kepemilikan saham untuk masyarakat desa, sedangkan 90 persen tetap dijadikan milik Desa Serang. Bahkan, ada rencana BUMDes Serang untuk berinvestasi di desa lain.

"Desa lain jangan mau kalah, sebelum Pak Kades (Sugito) investasi di desa lain, ikut juga investasi di sini," katanya.

Selain itu, masing-masing desa harus siap untuk digitaliasi desa. Seperti Desa/Kecamatan Karanganyar, Kepala Desa Taufik mendorong penggunaan aplikasi untuk administrasi kependudukan, inventarisasi aset, pertanahan, pemetaan digital, keuangan desa, dan pasar digital.

 

Digitalisasi Desa

Mendes PDT Abdul Halim Iskandar berkunjung ke KPK, Selasa (3/3/2020). (Liputan6.com/Fachrul Rozie)
Mendes PDT Abdul Halim Iskandar berkunjung ke KPK, Selasa (3/3/2020). (Liputan6.com/Fachrul Rozie)

Terkait digitalisasi desa, Abdul Halim menargetkan nantinya desa di Indonesia sudah cash less. Setiap penggunaan anggaran tercatat di sistem perbankan untuk meminimalkan kesalahan adminsitrasi dan penyalahgunaan.

"Digitalisasi anggaran jelas jejaknya, jam berapa, kapan, untuk apa. Program padat karya juga kedepan harus non tunai untuk mendukung inklusi keuangan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Halim meluncurkan lomba BUMDes se-Indonesia. Kementerian Desa PDTT menyiapkan Rp4 miliar untuk pemenangnya.

Dia mengajak BUMDes di Purbalingga untuk mengirimkan portofolio ke Kementerian. Nantinya, nominator akan diverifikasi langsung oleh tim dari Kemendes PDTT.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika KRL Masih Beroperasi, Bupati Bogor Sebut PSBB Akan Sia-sia

Posted: 17 Apr 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menangani penyebaran virus corona (COVID-19) di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) akan menjadi sia-sia jika Kereta Rel Listrik (KRL) masih beroperasi.

Sebab, rata-rata pasien positif terinfeksi virus corona COVID-19 yang berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat lantaran tertular di KRL.

Berdasarkan catatan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bogor, wilayah dengan jumlah warga paling banyak terinfeksi COVID-19 yaitu zona merah. Dua wilayah tersebut yakni Kecamatan Cibinong dan Bojonggede terdapat stasiun KRL.

"Dari data yang saya terima, rata-rata (penularan) dari penumpang kereta. Kasus positif pertama yang di Bojonggede itu dari kereta," kata Ade Yasin, Jumat (18/4/2020).

Karena itu, Ade menyayangkan langkah pemerintah pusat yang tetap mengoperasionalkan KRL di tengah penerapan PSBB di wilayah Jabodebek.

"Pemkab Bogor sudah mempersiapkan risiko dan biaya sebelum memutuskan PSBB. Termasuk di antaranya jaring pengaman sosial untuk warga tidak mampu. Jangan sampai apa yang kami siapkan ini menjadi sia-sia," ungkapnya.

Berdasarkan hasil evaluasi penerapan PSBB selama tiga hari dinilai belum efektif. Hal ini disebabkan karena kewenangan pemerintah daerah untuk melakukan pembatasan yang lebih ketat sangat terbatas akibat terbentur aturan di pusat.

Ia mencontohkan, Pemkab Bogor tidak bisa memblokir sebagian jalan untuk menyeleksi siapa saja yang diizinkan keluar masuk ke wilayah Kabupaten Bogor. Padahal ini sangat penting guna menekan angka penularan, karena selama ini penerapan PSBB hanya sebatas pembatasan physical distancing dan sosialisasi.

"Sementara kalau semua bisa masuk apalagi dengan tujuan yang tidak jelas, kemungkinan besar upaya untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 akan sia-sia lagi," terangnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Corona di Bogor Terus Meluas

Sementara itu, penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bogor terus meluas. Pada Jumat malam, terdata ada dua kecamatan yang masuk dalam zona merah, yakni Kecamatan Leuwisadeng dan Gunung Sindur. Di dua wilayah tersebut masing-masing ditemukan satu kasus baru positif corona.

Dengan demikian, secara keseluruhan tercatat ada 16 kecamatan yang masuk zona merah. Cibinong merupakan wilayah dengan pasien COVID-19 terbanyak, yakni 12 orang, selanjutnya Gunung Putri sembilan orang.

Kemudian Kecamatan Bojonggede tujuh orang, Cileungsi enam orang, Ciampea tiga orang, Tajur Halang, Kemang, Citeureup dan Babakan Madang masing-masing dua orang, serta Parung Panjang, Ciseeng, Ciomas, Ciawi, Jonggol, Leuwisadeng, dan Gunung Sindur masing-masing satu orang.

Pada periode yang sama, Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat jumlah positif terinfeksi virus corona COVID-19 di Kabupaten Bogor sebanyak 56 pasien.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Hotman Paris Berjemur di Tengah Pandemi Corona, Gayanya Curi Perhatian

Posted: 17 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea? Pria asal Sumatra Utara tersebut memang dikenal kerap membantu menyelesaikan permasalahan hukum masyarakat biasa hingga selebriti. Eksis bak selebriti, tentunya Hotman Paris banyak memiliki penggemar. 

Baru-baru ini netizen dibuat salah fokus saat Hotman Paris tengah berjemur di tengah pandemi Corona Covid-19. Aktivitas berjemur memang menjadi aktivitas penting saat ini diengah wabah virus asal Wuhan tersebut. Tak ketinggalan dari orang lain, Hotman Paris pun membagikan momen dirinya kala berjemur di bawah sinar matahari.

Biasanya berjemur hanya beralaskan karpet atau memakai kacamata saja, Hotman Paris justru berjemur sambil tetap bekerja. Tak hanya itu, penampakan mobil mewahnya juga turut mencuri perhatian. Hotman Paris dalam unggahannya menyebutkan jika pengadilan tak libur meski Corona Covid-19 tengah menjadi masalah di Indonesia. 

Maka dari itu, Hotman Paris tetap bekerja sambil berjemur. Tampak banyak kertas perkara berserakan menutupi karpet hingga diatas mobil lamborghini miliknya. Curi perhatian, berikut ini 6 potret Hotman Paris saat berjemur dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Sabtu (18/4/2020). 

1. Hotman Paris bagikan momen dirinya berjemur di bawah sinar matahari sambil tiduran beralaskan bantal besar.

Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)
Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)

2. Tak hanya penampilannya yang disorot, penampakan mobil lamborghini dan dua Alphard berwarna putih bikin salah fokus netizen.

Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)
Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)

3. Hotman Paris mengakui meski pandemi, pengadilan tetap bekerja dan tidak libur sehingga dirinya tetap meluangkan waktu berjemur sambil bekerja.

Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)
Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)

4. Momen berjemur Hotman Paris ini justru bikin netizen yang salah fokus ke tato pengacara yang akrab disapa Bang Hotman ini.

Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)
Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)

5. Pengacara yang dapat julukan

Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)
Netizen dibikin salah fokus saat lihat Hotman Paris berjemur. (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)

6. Momen Hotman Paris menyapa penggemarnya di Instagram sambil berjemur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Virus Corona Covid-19, Kiper Barcelona Nikmati Pengalaman Jadi Ayah Baru

Posted: 17 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen mengambil sisi positif dari pandemi virus corona covid-19 yang terjadi saat ini. Ia mengungkapkan bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Spanyol menjadi salah satu negara yang terdampak besar pandemi virus corona covid-19. Hingga Sabtu (18/4/2020), ada 190.839 kasus dengan angka kematian mencapai 20.002 orang.

Ter Stegen sudah meninggalkan Spanyol sejak pandemi meluas. Ia pulang ke Jerman menemani istri dan anaknya yang baru lahir Desember lalu.

"Dalam setiap situasi negatif selalu ada sisi positif. Termasuk dalam pandemi virus corona covid-19 seperti sekarang," ujar Ter Stegen seperti dilansir Soccerway.

"Kita bisa bersama keluarga lebih lama saat ini. Situasi memang kurang menyenangkan namun kami mencoba menikmatinya di rumah," katanya menambahkan.

 

Pengalaman Baru

Ekspresi Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen usai laga melawan Borussia Moenchengladbach pada liga Champions di Borussia Park, Jerman (Kamis (29/9/2016) dini hari WIB. (AP/Michael Probst)
Ekspresi Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen usai laga melawan Borussia Moenchengladbach pada liga Champions di Borussia Park, Jerman (Kamis (29/9/2016) dini hari WIB. (AP/Michael Probst)

Di sisi lain, kiper berusia 27 tahun itu mengungkapkan pengalamannya menjadi ayah.

"Awalnya sangat menantang karena saya dan istri kurang tidur. Namun semuanya sudah normal sekarang," kata kiper timnas Jerman itu tersenyum.

"Saya juga berlatih sendiri di rumah dan menjalankan perintah yang diberikan klub."

Klasemen La Liga

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Kemlu China Soal Tuduhan Virus Corona Berasal dari Lab di Wuhan

Posted: 17 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - China mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona baru dibuat atau bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan.

Pernyataan itu, pada 16 April 2020, muncul setelah Presiden AS Trump mengatakan pemerintahnya sedang menyelidiki apakah virus corona mematikan itu bermula di lab di pusat pandemi China.

Dalam sebuah konferensi pers harian, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menerima pertanyaan dari kantor berita Rusia RIA Novosti yang menanyakan; "Fox News melaporkan mengutip beberapa sumber bahwa virus corona baru bocor dari laboratorium (di Wuhan). Saya ingin tahu apa komentar China tentang publikasi ini?"

Zhao Lijian menjawab: "Posisi China sehubungan dengan asal dan rute transmisi virus corona baru sudah jelas. Ini adalah masalah sains yang harusnya kita andalkan hanya pada temuan ilmuwan dan pakar medis," jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Kemlu China fmprc.gov.cn pada 16 Maret 2020, dikutip pada Minggu (18/4/2020).

"Saya ingin mengingatkan Anda bahwa WHO telah berulang kali menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan virus itu dibuat di laboratorium (di Wuhan). Banyak spesialis medis terkenal di dunia juga menolak teori 'kebocoran laboratorium' karena sama sekali tidak berbasis sains."

"Penyakit menular adalah musuh umum manusia. Komunitas internasional hanya dapat mengalahkan mereka dengan upaya bersama. Tiongkok akan terus berdiri dalam solidaritas dan memberikan bantuan timbal balik dengan negara-negara lain untuk bersama-sama mengatasi pandemi ini.

Laporan Media AS

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Pekan ini, Washington Post dan Fox News, keduanya mengutip sumber-sumber anonim, menyuarakan keprihatinan bahwa virus corona baru SARS CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 mungkin datang --secara tidak sengaja-- dari pusat penelitian biologi sensitif di kota metropolitan Wuhan.

"Kami sedang melakukan investigasi penuh dari segala yang kami bisa untuk mempelajari bagaimana virus ini dapat menyebar, keluar ke dunia dan sekarang telah menciptakan begitu banyak tragedi - begitu banyak kematian - di sini di Amerika Serikat dan di seluruh dunia," Menlu AS Mike Pompeo mengatakan kepada Fox News, seperti dikutip dari AFP.

Dia tidak menolak laporan itu dan mengatakan bahwa Amerika Serikat tahu bahwa laboratorium Wuhan "mengandung bahan yang sangat menular."

"Di negara-negara yang terbuka dan transparan, mereka memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan menjaga mereka tetap aman dan mereka memungkinkan pengamat dari luar untuk memastikan semua proses dan prosedur berjalan dengan benar," kata Pompeo.

"Aku hanya berharap itu terjadi di tempat ini. Kita akan tahu lebih banyak tentang itu dan kita akan tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi di sana, jika ada, hari ini."

Presiden AS Donald Trump, ditanya tentang teori 'kebocoran laboratorium' pada konferensi pers pada Rabu pekan ini, mengatakan bahwa "semakin banyak, kita mendengar cerita itu" dan bahwa Amerika Serikat "melakukan penyelidikan yang sangat teliti."

Trump, yang telah menghadapi banyak kritik di dalam negeri atas penanganan pandemi yang telah menewaskan lebih dari 30.000 orang di Amerika Serikat, telah berulang kali menyalahkan China dan Organisasi Kesehatan Dunia.

 

Topik Populer

Seorang wanita membeli daging di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah, (16/4/2020). Seiring meredanya epidemi COVID-19, kehidupan berangsur kembali normal di Wuhan. (Xinhua/Shen Bohan)
Seorang wanita membeli daging di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah, (16/4/2020). Seiring meredanya epidemi COVID-19, kehidupan berangsur kembali normal di Wuhan. (Xinhua/Shen Bohan)

Asal usul virus corona baru adalah topik populer di media sosial, dengan teori konspirasi menyarankan itu adalah senjata biologis China dan pejabat Tiongkok membuat marah Washington dengan mengatakan bahwa pasukan AS mungkin membawanya ke Wuhan.

Baik Fox News maupun The Washington Post tidak mengatakan bahwa virus itu disengaja atau bahwa laboratorium ditentukan secara pasti sebagai sumbernya, AFP melaporkan.

Sebuah kolom oleh kolumnis Washington Post Josh Rogin mengatakan bahwa pejabat Kedutaan Besar AS mengunjungi Institut Virologi Wuhan dua tahun sebelum pandemi dan memperingatkan keselamatan yang tidak memadai di laboratorium, yang mempelajari kelelawar yang disalahkan karena virus corona SARS pada tahun 2003.

Fox News mengatakan bahwa "pasien zero" dalam pandemi baru mungkin telah terinfeksi oleh kelelawar di laboratorium dan masuk ke populasi di Wuhan.

Simak video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan

Posted: 17 Apr 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Masyarakat muslim begitu menantikan bulan suci ini. Apalagi diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan lamanya. Selain bulan yang penuh berkah, ada yang spesial di bulan Ramadan kali ini bagi beberapa selebriti Tanah Air. 

Jika tahun lalu mereka menjalani puasa dengan status lajang, tahun ini para selebriti ini punya partner untuk menamani sahur dan berbuka puasa. Apalagi saat ini Corona Covid-19 masih melanda di Indonesia  membuat masyarakat termasuk para selebriti untuk tetap di rumah. 

Dengan demikian, pada bulan Ramadhan 2020 memiliki waktu bersama kekasih lebih banyak. Dari menemani sahur, berbuka puasa hingga salat taraweh bersama. Enggak bisa dipungkiri lagi, kebahagiaan saat Ramadan tahun ini terasa lengkap dengan kehadiran pasangan setiap hari.

Penasaran siapa saja selebriti yang pertama kali menjalani Ramadhan sebagai pasangan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas seleb yang jalani Ramdahan sebagai pasangan, Sabtu (18/4/2020)

1. Menikah pada Desember 2019 lalu, Citra Kirana dan Rezky Aditya menjalani Ramadhan pertama sebagai suami istri pada tahun ini. Bahkan saat ini, Citra tengah mengandung buah hati loh!

Sudah Enggak Sendiri,  7 Seleb Ini Jalani Ramadhan Bareng Pasangan
Sudah Enggak Sendiri, 7 Seleb Ini Jalani Ramadhan Bareng Pasangan

2. Berbeda dari Ramadhan sebelumnya, kini Cut Meyriska menjalani Ramadhan bersama suami Roger Danuarta. Kini Cut tengah hamil anak pertama.

Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan
Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan

3. Menikah pada Februari 2020, Vanessa Angel resmi menjadi istri dari Bibi Ardiansyah. Vanessa Angel kini tengah menanti kelahiran buah hatinya loh!

Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan
Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan

4. Penyanyi dangdut Siti Badriah juga menjalani Ramadhan pertama kali sebagai istri Krisjiana Baharudin.

Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan
Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan

5. Februari 2020 lalu, Isyana Sarasvati menikah dengan dokter tampan Rayhan Maditra. Keduanya siap menjalani ramadan pertama sebagai sepasang suami istri.

Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan
Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan

6. Ramadan tahun ini, menjadi Ramadhan pertama Faul dan Fikoh LIDA sebagai sepasang suami istri.

Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan
Sudah Enggak Sendiri, 6 Seleb Cantik Ini Jalani Puasa Pertama Bareng Pasangan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Kocak Orang ‘Liburan di Rumah’ Saat Karantina Corona

Posted: 17 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang merasa bosan lantaran telah menjalani karantina mandiri di rumah dalam waktu yang cukup lama. Mereka pun rindu untuk pergi berlibur seperti yang kerap dilakukan sebelumnya.

Hal ini lantas membuat beberapa orang melakukan hal nyeleneh dengan mengkreasikan ulang foto berlibur mereka namun dilakukannya di dalam rumah.

Artikel tentang deretan potret kocak orang saat liburan di rumah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang seorang pria yang terkena virus Corona usai pergi ke supermarket.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Kocak Orang 'Liburan di Rumah', Bikin Miris Lihatnya

foto: Boredpanda
foto: Boredpanda

Pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk berdiam diri di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang sekitar dan bisa meminimalisir penularan virus Corona jenis baru ini.

Beberapa negara bahkan telah memberlakukan lockdown dan melarang warganya untuk keluar dari rumah.

Selengkapnya…

2. Selalu Diam di Rumah, Pria Ini Kena Virus Corona Setelah Pergi ke Supermarket Sekali

Doc: NBC LA
Doc: NBC LA

Meski telah melakukan segala cara agar tak tertular virus Corona (Covid-19), seorang pria berusia 31 tahun terpaksa masuk unit perawatan intensif karena virus itu. Padahal, ia cuma sekali keluar untuk membeli bahan makanan.

Benji-Ha yang biasanya selalu terlihat bugar mengatakan serangan virus Corona seperti sekantong batu bata yang menghantam wajahnya. Itu membuatnya sulit untuk bernapas.

Selengkapnya…

3. Kocak, Polisi Ini Lupa Melepas Maskernya Saat Akan Minum

Doc: Instagram.com/@krishnamurti_bd91
Doc: Instagram.com/@krishnamurti_bd91

Kebiasaan hidup banyak orang berubah sejak pandemi virus Corona merebak. Tak hanya menjadi lebih sadar terhadap kebersihan dan menjaga kesehatan, banyak warga juga yang mulai patuh pada anjuran-anjuran yang dikeluarkan pemerintah.

Salah satunya adalah mengenakan masker untuk mencegah penularan virus Corona. Berdasarkan rekomendasi WHO, pemerintah Indonesia mewajibkan penggunaan masker kepada warga untuk mengurangi penyebaran virus saat berada di luar rumah.

Selengkapnya…

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Corona Covid-19 Masih Menghantui, Pembangunan Pabrik Hyundai Jalan Terus

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih mewabah di Tanah Air, tidak menjadikan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menghentikan proses pembangunan pabrik. Jenama asal Korea Selatan ini, memastikan kelanjutan pembangunan pabriknya di Tanah Air, setelah adanya koordinasi intensif dengan otoritas lokal dan nasional terkait.

Hyundai meyakini bahwa proyek ini penting untuk mendorong dan memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk terus bergerak, yang juga memiliki nilai investasi senilai USD 1,55 miliar hingga 2030. Pembangunan pabrik tersebut juga akan berkontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Untuk mengawasi jalannya investasi, Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama dengan beberapa anggota direksi, hari ini juga mengunjungi pabrik HMMI dan secara langsung mengamati perkembangan terbaru dari pembangunan pabrik.

Hingga saat ini, proyek manufaktur telah mencapai kemajuan konstruksi dengan proses pembersihan lahan dan pekerjaan pemancangan yang telah selesai. Target saat ini dari proyek konstruksi pabrik adalah untuk merampungkan penyusunan kerangka baja dan melanjutkan ke langkah pengembangan selanjutnya.

Hyundai memahami bahwa saat-saat ini merupakan situasi sulit yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia. Pada saat yang bersamaan, melanjutkan pembangunan pabrik di situasi ini bukanlah keputusan mudah yang diambil oleh Hyundai. Mengingat hal tersebut, perusahaan menjalankan aktivitas pembangunan di bawah bimbingan dan dukungan dari pemerintah Indonesia, setelah mendapat izin serta persetujuan dari Kementerian Perindustrian. Hyundai dengan berhati-hati menerapkan operasi yang efektif dan efisien untuk mencegah paparan risiko virus corona, sembari tetap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dijelaskan YoonSeok Choi, Presiden Direktur PT HMMI, Hyundai memahami bahwa apa yang dihadapi saat ini adalah situasi yang sangat menantang. Namun, adalah komitmen Hyundai untuk terus mendukung masyarakat serta lingkungan di sekitar.

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah saat yang penting untuk menunjukkan solidaritas kami kepada Indonesia dengan terus mendorong dan mendukung ekonomi Indonesia untuk terus bergerak," jelas YoonSeok dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (17/4/2020).

Social Distancing

Hyundai memberlakukan langkah-langkah kebersihan dan physical distancing yang ketat di pintu masuk pabrik serta area kantor, termasuk dalam aktivitas pembangunan pabrik yang saat ini fokus dalam pengerjaan peralatan guna menghindari kontak manusia.

Selain itu, Hyundai memberlakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi masker di area transit, pemantauan suhu untuk karyawan, serta membatasi akses personal di pintu masuk pabrik. Peraturan kebersihan yang diterapkan secara lebih ketat di area kantor adalah dengan menerapkan physical distancing, meningkatkan frekuensi dan ketepatan upaya sanitasi. Contohnya termasuk sistem pembersihan berkala dan pemberian disinfektan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemda Jabar Salurkan Ribuan APD ke RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Jabar Quick Response (JQR) menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada RSUP Dr. Hasan Sadikin atau RSHS Bandung yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Jawa Barat (Jabar).

APD yang diberikan berupa hazmat 2.000 unit, kacamata goggles 1.000, apron 2.000, tameng wajah (faceshield) 1.000 buah, kasur lipat (fieldbed) 100, tenda pleton 25 unit, tempat minum nalgene 100, alat cuci tangan 200, disinfektan 5.000 liter, cairan pencuci tangan 1.000 liter, sabun cair 1.000 botol, masker kain 5.000 lembar, masker N95 1.000 buah, dan alat semprot disinfektan 100 unit.

Menurut Penanggung Jawab JQR Hermansyah, bantuan APD diperuntukkan bagi para tenaga medis seperti dokter perawat dan petugas lainnya yang berada di garda terdepan dalam merawat pasien COVID-19.

"APD merupakan komponen penting yang wajib digunakan para medis agar aman dan terjaga saat menangani pasien positif maupun pasien dalam pengawasan. Bantuan ini menunjukkan bahwa di Jawa Barat masih banyak masyarakat yang sangat peduli untuk bersama-sama melawan dan menangani COVID-19," ujar Hermansyah dalam keterangan resminya ditulis, Bandung, Sabtu, 18 April 2020.

Hermansyah menuturkan, barang-barang penting tersebut merupakan corporate social responsibility (CSR) dari Bank BJB selaku BUMD milik Pemda Provinsi Jawa Barat. Bantuan APD merupakan hasil diskusi dan assesment JQR dengan RSHS Bandung.

 

Upaya Maksimal JQR

Penanggung Jawab JQR Hermansyah menyerahkan APD bantuan dari bank bjb kepada Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr Hasan Sadikin (RSHS Bandung) Muhammad Kamaruzzaman, di Kantor Humas RSHS, Kota Bandung, Kamis (16/4/20). (sumber foto : Humas Pemprov Jabar)
Penanggung Jawab JQR Hermansyah menyerahkan APD bantuan dari bank bjb kepada Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr Hasan Sadikin (RSHS Bandung) Muhammad Kamaruzzaman, di Kantor Humas RSHS, Kota Bandung, Kamis (16/4/20). (sumber foto : Humas Pemprov Jabar)

JQR sebagai unit reaksi cepat yang dimiliki Pemda Provinsi Jabar berupaya maksimal dalam merespons situasi dan perkembangan di masyarakat. Selain jemput bola ke lapangan dengan misalnya mendistribusikan bantuan langsung ke masyarakat, JQR juga memiliki gudang logistik yang terbuka bagi siapa yang mau membantu termasuk Bank bjb.

Sementara itu Direktur Umum dan Operasional RSHS Bandung Muhammad Kamaruzzaman mengatakan, APD sangat berarti bagi tenaga medis yang berada di ring satu atau zona merah karena digunakan di ruang isolasi pasien COVID-19. "Mudah-mudahan support ini bisa terus berjalan dengan baik. Dan kita akan selalu melakukan koordinasi agar masyarakat Jawa Barat dapat dilayani dengan baik, serta berharap wabah ini dapat berakhir dengan segera", ucap Kamaruzzaman.

Tidak hanya ke RSHS Bandung, JQR juga telah mendistribusikan logistik yang diperlukan ke 27 kota dan kabupaten. Saat ini, bantuan difokuskan juga ke wilayah Bogor, Bekasi, Depok yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dalam percepatan penangangan COVID-19, Pemda Provinsi Jabar menggandeng banyak kalangan swasta untuk berpartisipasi membantu saat kondisi darurat nasional ini. Sebelumnya, Pemda Provinsi Jabar menyalurkan empat alat ventilator yang satu unitnya seharga mobil kepada RSHS yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Pertama PSBB Tangerang Raya, Kendaraan Masuk Tangsel Diperiksa

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Petugas Kepolisian memberhentikan pengemudi mobil saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan  PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas Kepolisian memberhentikan pengemudi mobil saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Kepolisian memberhentikan pengemudi mobil saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Antrean kendaraan yang hendak menjalani pemeriksaan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan  PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)
Antrean kendaraan yang hendak menjalani pemeriksaan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Antrean kendaraan yang hendak menjalani pemeriksaan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa identitas berupa surat nikah saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Hari ini Tangerang Raya melakukan  PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memeriksa identitas berupa surat nikah saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Hari ini Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa identitas berupa surat nikah saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Hari ini Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa identitas pengendara saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Hari ini Tangerang Raya melakukan  PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memeriksa identitas pengendara saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Hari ini Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa identitas pengendara saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Hari ini Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Antrean kendaraan yang hendak menjalani pemeriksaan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan  PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)
Antrean kendaraan yang hendak menjalani pemeriksaan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Antrean kendaraan yang hendak menjalani pemeriksaan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada check point di Jalan RE Martadinata, perbatasan dengan wilayah Bogor, Tangerang Selatan, Sabtu (18/4/2020). Tangerang Raya melakukan PSBB hingga 3 Mei 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Jerman Resmi Jadi Korban Pandemi Corona Covid-19

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Seri pembuka MotoGP 2020 kembali mundur setelah panitia resmi membatalkan balapan di Jerman karena pandemi virus Corona.

Balapan di di Sirkuit Sachsenring pada 21 Juni nanti sebagai seri pembuka setelah sejumlah seri sebelumnya ditunda karena alasan sama.

Namun, Pemerintah Jerman sepakat memperpanjang larangan pagelaran ajang besar hingga akhir Agustus. Keputusan tersebut memaksa panitia dan Dorna selaku operator MotoGP bertindak.

"Kesehatan suporter dan semua orang yang terlibat selalu menjadi prioritas utama. Tiket yang telah terbeli tetap berlaku untuk tanggal baru. Kami meminta pendukung setia bersabar," tulis keterangan resmi ADAC.

Setelah Jerman, Belanda dijadwalkan menggelar balapan selanjutnya di Sirkuit Assen pada 28 Juni. Namun, status ajang itu juga masih tanda tanya.

MotoGP menyatakan sedang mengerjakan revisi kalender musim ini dan segera mempublikasikannya.

Dipangkas?

Ilustrasi MotoGP. (MotoGP)
Ilustrasi MotoGP. (MotoGP)

Mengantisipasi terus berkurangnya balapan, Dorna mengindikasikan bakal memangkas jumlah balapan pada MotoGP musim ini. Sebab, kompetisi 2020 harus rampung pada 15 Desember agar persiapan 2021 tidak terganggu. Diperkirakan MotoGP tahun ini hanya melangsungkan 10 lomba.

Hingga kini Dorna sudah membatalkan seri Qatar dan mengatur ulang pelaksanaan balapan di Thailand, Amerika Serikat, dan Argentina. Sementara ajang di Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya belum ditentukan meski sudah ditunda.

Kalender 2020

28 Juni: Belanda - Assen

12 Juli: Finlandia - KymiRing

9 Agustus: Ceko - Brno

16 Agustus: Austria - Red Bull Ring

30 Agustus: Inggris - Silverstone

13 September: San Marino - Misano

27 September: Spanyol - MotorLand Aragon (telah dijadwal ulang)

4 Oktober: Thailand - Buriram (telah dijadwal ulang)

18 Oktober: Jepang - Twin Ring Motegi

25 Oktober: Australia - Phillip Island

1 November: Malaysia - Sepang

15 November: Amerika Serikat - Austin (telah dijadwal ulang)

22 November: Argentina - Termas de Rio Hondo (telah dijadwal ulang)

29 November: Spanyol - Valencia (telah dijadwal ulang)

 

Belum Ditentukan

Spanyol - Jerez

Prancis - Le Mans

Italia - Mugello

Spanyol - Catalunya

Jerman - Sachsenring

 

Dibatalkan

Qatar - Losail

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Empati dari Kosongnya Perut di Bulan Ramadan

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian manfaat puasa Ramadan bagi kesehatan, salah satu yang utama adalah mengajarkan seorang mukmin untuk berempati. Merasakan apa yang saudara sesama kita dalam kelaparan, dahaga dan juga menahan hawa nafsu.

Habib Husein Ja'Far Al Hadar, seorang sosok muda intelektual islam menyampaikan ada banyak sekali aspek dari puasa yang bisa menjadi madrasah. Yakni pembelajaran bagi kita untuk kehidupan kita pasca bulan Ramadan untuk selamanya.

"Salah satu pembelajaran yang utama adalah Rasul pernah katakan bahwa bukan seorang mukmin mereka yang kenyang sedangkan tetangganya dalam keadaan lapar. Maka puasa adalah satu pembelajaran kepada kita untuk merasakan lapar," ujarnya, seperti dimuat dalam YouTube, Jeda Nulis miliknya.

"Betapapun kebutuhan, kita bisa kita penuhi setiap harinya. Betapapun kita orang yang kaya raya. Maka Allah wajibkan kepaada siapa saja setiap muslim untuk berpuasa di bulan Ramadan agar siapa saja yang mengaku seorang muslim pernah merasakan rasa lapar di dalam perutnya sehingga diharapkan dia tidak akan pernah merasakan kenyang kecuali dia mengetahui bahwa tetangganya, orang-orang di dekatnya, keluarganya juga merasakan perasaan yang sama yakni tidak sedang kelaparan," ujarnya.

Pria yang aktif memberikan dakwah secara digital melalui akun media sosialnya mengatakan, puasa adalah suatu pembelajaran ibadah kita untuk menghadirkan kesusahan orang lain, penderitaan orang lain, rasa lapar orang lain, kesulitan ekonomi orang lain, ke dalam diri kita.

"Secara eksistensial, kita mungkin mendapatkan pembelajaran dalam Al-Qur'an dan Hadits. Bahwa kita harus kemudian memiliki sikap empati kepada orang lain, kepada orang yang kesusahan," katanya.

Banyak sekali ayat maupun hadits yang mengajarkan kepada kita untuk berempati kepada orang lain. Namun pembelajaran itu bersifat teoritis. Sedangkan pembelajaran yang bersifat praktis adalah di bulan Ramadan ini. Dimana kemudian kita dibuat secara eksistensial. Rasa sulit itu, rasa lapar itu, rasa haus itu hadir dalam diri kita.

"Meskipun sebenarnya kita bisa membeli makanan, kita bisa membeli minuman, bahkan kita memiliki kekayaan untuk bermewah-mewahan. Tapi kata Allah, di bulan Ramadan tahan semua itu. Janganlah makan dari fajar sampai maghrib. Sehingga rasa lapar, rasa kekurangan itu hadir dalam diri ini dengan harapan kemudian," ucapnya.

 

Bagaimana empati tumbuh di dalam diri

Ilustrasi Ramadan (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Ramadan (sumber: iStockphoto)

Dai Muda itu juga menyampaikan, rasa empati kepada mereka yang kekurangan itu benar-benar tumbuh dalam diri kita. Bukan hanya kita belajar secara teoritis dengan membaca Al-Qur'an dan Hadits bahwa kita harus membantu orang lain sehingga kemudian dalam pikiran kita dan hati kita muncul perasaan untuk membantu orang lain, namun secara praktis pun Allah kemudian membimbing kita untuk membangun rasa empati kapada orang yang kekurangan, yang kelaparan dengan menghadirkan ibadah puasa.

"Sehingga kalau mungkin secara teoritis kita masih belum terdorong dengan membaca Al-Qur'an dan Hadits, untuk membantu orang lain yang kelaparan namun dengan rasa lapar ini hadir dalam diri kita," katanya.

Maka tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak berempati kepada mereka yang kekurangan. Karena kita sudah tahu beratnya menjadi seorang yang kelaparan, susahnya menjadi orang yang sedang kesulitan.

Sebagaimana dalam Al-Qur'an bahwa tolak ukur dari puasa itu kata Allah dimaksudkan agar kita menjadi seorang yang bertaqwa. "La'allakum Tattaquun", kata Allah," katanya.

"Maka kemudian kalau kita ingin tahu apa makna dari taqwa, bagaimana mengukur seorang itu sudah bertaqwa atau tidak, kita baca surat Ali Imran ayat 134. Dikatakan bahwa tolak ukur dari kita melihat siapa yang bertaqwa adalah salah satunya yaitu disebutkan, dia ringan tangan, mudah berderma kepada orang lain bahkan hanya dalam keadaan lapang tapi dalam keadaan sempit," ujarnya.

Maka puasa adalah pembelajaran bagi kita untuk berempati kepada orang lain. Bahkan bukan hanya dalam keadaan kita bisa berempati kepada orang lain, namun dalam keadaan kita tidak bisa berempati kepada orang lain dalam keadaan kita sempit.

Ketahuilah bahwa berempati kepada orang lain tidak mesti memberikan harta kita ketika kita tidak memilikinya.

Ibarat kita memindahkan paku yang ada di tengah jalan ke pinggir jalan. Sekadar kita memberikan senyum kepada orang lain. Maka itu adalah bentuk empati kepada orang lain karena bisa jadi seseorang itu berkecukupan secara ekonomi, namun mereka berkekurangan dalam hatinya.

"Tidak bahagia hatinya sehingga senyum bisa menjadi sedekah terbaik bagi kita untuk orang yang kekurangan batinnya. Maka puasa adalah pembelajaran kepada kita untuk memberikan rasa empati kepada orang yang kekurangan hartanya maupun kekurangan hatinya untuk mendapatkan kebahagiaan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Penyesuaian di Bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma Saat PSBB

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II melakukan penyesuaian terhadap Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma untuk pembelakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini guna memastikan kedua bandara tersebut dapat tetap beroperasi lancar dan optimal selama berjalannya PSBB.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, optimistis bahwa kedua bandara ini juga dapat mempercepat penerapan penuh PSBB di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan) yang dimulai hari ini, Sabtu (18/4/2020).

"Sebagai salah satu pusat aktivitas terbesar bagi warga Jabodetabek, Soekarno-Hatta bersama dengan Halim Perdanakusuma akan mempercepat penerapan PSBB secara penuh di Tangerang Raya. Kami menerapkan pembatasan sosial di kedua bandara tersebut sehingga terintegrasi dengan penerapan PSBB di DKI Jakarta dan Tangerang Raya," ujar Awaluddin dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2020).

Secara umum, Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma sangat mendukung penerapan PSBB DKI Jakarta dan Tangerang Raya.

Adapun update mengenai operasional dan pelayanan Bandara Soekarno-Hatta setelah sepekan berjalannya PSBB DKI Jakarta, berikut informasinya:

Maskapai yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta  berdasarkan data per 16 April 2020:

Batik Air, Citilink Indonesia, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, My Indo Airlines, Qatar Airways, K-Mile Air, China Airlines, EVA Air, Air China, Cathay Pacific Airways, Emirates, Federal Express, Trigana Air, Japan Airlines, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Singapore Airlines, Vietnam Airlines, Airfast Indonesia, Lanmei Airlines.

Terminal yang Beroperasi

Aktivitas penumpang di terminal keberangkatan 1A Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (28/3/2020). PT Angkasa Pura II (Persero) akan membatasi kegiatan di Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta mulai 1 April 2020 terkait meluasnya kasus virus Corona.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Aktivitas penumpang di terminal keberangkatan 1A Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (28/3/2020). PT Angkasa Pura II (Persero) akan membatasi kegiatan di Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta mulai 1 April 2020 terkait meluasnya kasus virus Corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Adapun terminal yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta yaitu:

Terminal 1A, Terminal 2D, Terminal 2E dan seluruh Terminal 3.

Transportasi Publik yang beroperasi:

Bus: Damri, Primajasa, Hiba, Sinar Jaya dan Big BirdTravel: Citi Trans, Jackal Holidays, X Trans, Lintas Shuttle, Primajasa Red White Star, SInar Shuttle, DamriTaksi reguler: Blue Bird, Gamya, Express, Diamond, Borobudur, Primajasa, GreenlineTaksi Eksekutif: Silver Bird, Tiara ExpressRent Car & Online: Golden Bird, Ligat Utama Indonesia, Inkopau, Inkoppol, Inkopal, Mandar Indonesia, Gojek, Abhinaya, Diva Service, Grab.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta:

Railink tidak mengoperasikan sementara waktu kereta bandara sejak 12 April 2020.

Mendukung penerapan PSBB Tangerang Raya, mulai 15 April 2020 operasional Skytrain yang menghubungkan Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 dihentikan sementara.

Selain itu, Transit Oriented Development (TOD) M1 Soekarno-Hatta juga ditutup sementara mulai 18 April 2020 pukul 00.00 WIB guna mendukung PSBB Tangerang Raya. Penutupan diberlakukan selama PSBB Tangerang Raya diterapkan.

Sejalan dengan penutupan TOD M1, pengendara sepeda motor dan pejalan kaki dapat masuk dan keluar kawasan Bandara Soekarno-Hatta melalui akses sementara yang terdapat di area TOD M1.

Bandara Internasional Halim Perdanakusuma

Suasana lengang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/4/2020). Akibat wabah virus corona COVID-19, PT Angkasa Pura II mencatat adanya penurunan penumpang di atas 30 persen dalam 14 hari terakhir di Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana lengang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/4/2020). Akibat wabah virus corona COVID-19, PT Angkasa Pura II mencatat adanya penurunan penumpang di atas 30 persen dalam 14 hari terakhir di Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Maskapai yang Beroperasi Berdasarkan Data per 16 April 2020:

Batik Air, Wings Air, Citilink Indonesia, Tri MG, Ekspres Transportasi Antarbenue, Travira Air.

Transportasi publik yang beroperasi:

Bus: DamriTaksi reguler: Puskopau, Express/Next, PrimajasaTaksi eksekutif: SilverbirdRent car & Online: Puskopau, Grab Car

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pemberlakuan Validasi IMEI Jadi Sorotan

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dengan berlakunya aturan valudasi IMEI, per hari ini, Sabtu (18/4/2020), pemerintah dan industri berharap bisa memberantas peredaran ponsel BM di Indonesia.

Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (17/4/2020). Berita lain yang juga menjadi sorotan yaitu terkait celah keamanan pada aplikasi video conference Zoom.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Validasi IMEI Berlaku Besok, Smartphone yang Aktif Sebelum 18 April 2020 Tak Terdampak

Pemerintah melalui Kemkominfo memastikan aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) bakal belaku 18 April 2020.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Kemkominfo, Nur Akbar Said, dalam video meeting terkait Kebijakan Validasi IMEI pada Rabu (15/4/2020).

Dengan berlakunya aturan ini, pemerintah dan industri berharap bisa memberantas peredaran ponsel BM atau ilegal di masyarakat.

Baca selengkapnya di sini

2. Banyak Celah Keamanan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Zoom

Selama pandemi Covid-19, platform atau aplikasi video conference marak digunakan masyarakat di sejumlah negara untuk terhubung satu sama lain dari jarak jauh. Salah satu yang populer adalah Zoom.

Nama Zoom langsung melesat dan banyak dipilih pengguna karena memiliki banyak kelebihan. Beberapa di antaranya memiliki fitur chat, video kualitas HD, mendukung hingga 1.000 peserta, ada fitur rekaman, dan penjadwalan.

Namun demikian, aplikasi ini tidak memiliki sistem keamanan end to end encryption (enkripsi dari ujung-ke-ujung) yaitu sebuah sistem komunikasi digital yang dirancang agar orang yang menerima pesan atau konten hanyalah pihak-pihak yang berhak menerimanya.

Baca selengkapnya di sini

 

Saran BSSN Agar Pengguna dan Instansi Pemerintah Tidak Jadi Korban Zoombombing

Ilustrasi malware, scam, ancaman siber terkait Covid-19. Kredit: Engin Akyurt from Pixabay
Ilustrasi malware, scam, ancaman siber terkait Covid-19. Kredit: Engin Akyurt from Pixabay

Penggunaan Zoom yang terus meningkat dalam kondisi pandemi Covid-19 ini tidak dimungkiri telah menarik perhatian para aktor jahat melakukan aksinya di platform tersebut.

Salah satu kasus yang banyak ditemukan baru-baru ini adalah Zoombombing. Aksi ini sempat terjadi pada diskusi online yang diselenggarakan Dewan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Nasional (Wantiknas).

Zoombombing sendiri merupakan aksi tidak bertanggung jawab yang dilakukan seseorang untuk merusak jalannya sebuah pertemuan. Biasanya, aksi yang mereka lakukan adalah mengeluarkan ejekan bernada rasial atau membagikan video tidak pantas.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhammadiyah Desak Surabaya Ajukan PSBB

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya meminta Pemerintah Kota Surabaya mengajukan surat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada Kementerian Kesehatan melalui Pemerintah Proivinsi Jatim menyusul adanya lonjakan warga Kota Pahlawan yang positif COVID-19.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya Mahsun, menyampaikan terima kasih atas peran Pemerintah Kota Surabaya selama ini dalam rangka menangkal penyebaran COVID-19 di Kota Surabaya. "Kami apresiasi atas upaya dan kinerja Pemkot Surabaya selama ini," katanya di Surabaya, Sabtu (18/4/2020) dilansir Antara.

Meski demikian, berdasarkan laporan Tim Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Surabaya, angka terkonfirmasi positif COVID-19 terus merangkak naik. Sehingga PDM Surabaya mengusulkan Wali Kota Surabaya agar segera mengusulkan pemberlakuan PSBB sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19 di berbagai daerah.

Adapun Tujuan pemberlakuan PSBB adalah untuk mempercepat penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan tahapan dan tupoksi yang jelas dari instansi terkait dan juga relawan serta penegakan hukum bagi yang melakukan pelanggaran ada tindakan.

Sekretaris PDM Surabaya M. Arif An menyadari, dampak dari PSBB adalah persoalan ekonomi warga yang jelas akan terpuruk, perusahaan akan banyak mem-PHK karyawan, pedagang susah berjualan, pekerja non-formal tidak ada penghasilan dan masih banyak yang lainnya.

"Tetapi ini harus dilaksanakan dari pada kita berlarut-larut dengan ketidakjelasan tahapan yang akan kita lalui. PSBB adalah waktu yang tepat segera untuk diterapkan di Surabaya," ujarnya.

Selama ini, PDM Surabaya sudah melakukan himbauan kepada amal usaha Muhammadiyah seluruh Surabaya baik masjid, panti, sekolah dan kantor untuk mengadakan kegiatan dan ibadah di rumah.

"Komitmen kami bersama agar COVID-19 di Kota Surabaya cepat selesai diimbangi dengan jadwal dan program yang terukur, masif, tegas dan disiplin," katanya.

Hanya saja, kata dia, masih banyak masyarakat yang belum memahami protokol kesehatan serta anjuran untuk jaga jarak sosial dan fisik serta tidak keluar rumah. Bahkan sikap meremehkan dan merasa bahwa dirinya sehat dan tidak akan terjadi apa-apa sering kali terucap dari masyarakat.

"Maka dari ini kami mengusulkan PSBB kepada Wali Kota Surabaya. Harapan agar usulan kami dapat diperhatikan," katanya.

 

Langkah Pemkot Surabaya

Koordinator Protokol Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, M. Fikser sebelumnya mengatakan Pemerintah Kota Surabaya hingga saat ini belum mengirim surat pengajuan pemberlakuan PSBB.

"Kita masih dalam kajian, tapi belum ke arah pelaksanaan. Pemkot belum kirim surat. Kita coba melakukan pembatasan dan itu pun berkoordinasi dengan jajaran TNI dan Polri," ujarnya.

Menurut dia, pada titik keramaian, Pemkot Surabaya bersama jajaran TNI dan Polri rutin melakukan razia di tempat umum. Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 terhadap pengunjung di sejumlah kafe atau tempat umum lainnya.

"Sekali lagi, ini betul-betul memerlukan kesadaran warga untuk bisa menahan diri untuk sementara waktu tidak keluar rumah," ujarnya.

Diketahui dari laman lawancovid-19.surabaya.go.id, jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Surabaya sempat mengalami lonjakan dari sebelumnya pada Sabtu (11/4) hanya 97 orang menjadi 180 orang pada Ahad (12/4).

Sedangkan pada Senin (13/4) mengalami kenaikan 28 orang, Selasa (14/4) 20 orang, Rabu (15/4) 16 orang, Kamis (16/4) 2 orang, Jumat (17/4) 4 orang sehingga total saat ini menjadi 250 orang.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nia Ramadhani Rasakan Ulang Tahun Tanpa Kemewahan dan Pesta di Tengah Wabah Corona Covid-19

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nia Ramadhani merayakan ulang tahun ke-30 pada Kamis (16/4/2020) kemarin. Ia mendapat kejutan dari suami tercinta, Ardi Bakrie. Kejutan itu membuat Nia Ramadhani terharu lalu menangis.

Bintang sinetron Bawang Merah Bawang Putih dan Putri Nomor Satu menyebut ulang tahunnya kali ini terasa beda. Pasalnya, dirayakan di tengah meluasnya wabah Corona Covid-19 di Indonesia.

Jika biasanya dirayakan dengan kumpul bareng keluarga, sahabat, dan para artis di tengah gemerlap pesta, kali ini ulang tahun Nia Ramadhani diperingati lewat pertemuan virtual.

Keadaan Lagi Seperti Ini

Unggahan Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Unggahan Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

Pesta virtual ini merespons imbauan pemerintah untuk di rumah aja dan social distancing. Nia Ramadhani tak mampu menahan haru merayakan ulang tahun secara virtual gara-gara wabah. Usai pesta virtual, Nia Ramadhani membuat pernyataan via akun Instagram terverifikasi miliknya.

"Tahun ini ulang tahun yang ketiga puluh. Ternyata berbeda, ya sama tahun-tahun sebelumnya. Pertama bedanya, ya karena juga keadaan lagi seperti ini," beri tahu Nia Ramadhani di Intagram Stories, Jumat (17/4/2020) kemarin.

Menghitung Berkat

Unggahan Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Unggahan Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

Menurutnya, manusia sedang dipaksa punya lebih banyak waktu untuk sendiri. Berdiam diri di rumah. "Jadi akhirnya aku punya banyak waktu untuk lebih melihat ke dalam. Terus udah gitu aku lebih punya banyak waktu untuk count my blessing (menghitung berkat). Dan tepat kemarin saat aku ulang tahun justru rasanya jauh-jauh lebih, apa ya, bisa dibilang bahagianya, tuh luar dalam," Nia Ramadhani menambahkan.

Awalnya, bintang film Hantu Jembatan Ancol dan Kesurupan ragu, apakah ulang tahun di jalur virtual bisa semeriah pesta tatap muka.

Mata Hati Lebih Terbuka

Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

Rupanya, perjumpaan di jagat maya lewat aplikasi video menghadirkan sensasi berbeda. Tak kalah membekas di benak. "Karena aku bisa habiskan that moment sama orang-orang yang benar-benar berarti, benar-benar hampir setiap hari selalu ada sama aku," ibu tiga anak ini menyambung.

Momen ulang tahun di tengah wabah membuat mata hati Nia Ramadhani terbuka lebih lebar. Dari monitor, Nia Ramadhani melihat satu per satu wajah mereka yang hampir setiap hari selalu ada untuknya.

Tuhan Sayang Sama Aku

Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)
Nia Ramadhani. (Foto: Instagram @ramadhaniabakrie)

"Bahwa lo tuh patut banget bersyukur Nia bukan karena apa yang bisa dilihat sama orang luar, apa yang aku dapat. Tapi aku sangat bersyukur, aku merasa Tuhan sayang sama aku karena aku dikelilingi sama orang yang sungguh luar biasa," imbuhnya menahan haru.

Dengan kata lain, Nia Ramadhani merasa ulang tahunnya kali ini terasa intim dan hangat. "(Karena dihadiri oleh) orang-orang yang mengisiku dengan cinta aku merasa mereka bisa mengisi aku," beri tahu aktris bernama lengkap Prianti Nur Ramadhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye Cegah Covid-19 Lewat Motif Batik

Posted: 17 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tarakan - Seorang seniman batik asal kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) menyuarakan pesan pencegahan dan bahaya Virus Corona Covid-19 yang kini jadi pandemi. Pesan itu dituangkannya lewat goresan canting dan kuas di kain putih.

Adi Setyo Purwanto atau yang akrab disapa Anto Gondrong, terinspirasi dari Covid-19 untuk menyampaikan pesan-pesan pencegahan. Sebagai pelukis, tentu  dia tak hanya sekedar melukis.

Selalu ada pesan dalam lukisannya, seperti kehadiran Covid-19 yang ia abadikan menjadi motif batik. Semua berawal dari perasaan bosan dan jenuh karena berdiam dirumah untuk mengikuti anjuran pemerintah.

"Kalau batiknya sendiri sudah lama, tapi untuk versi corona baru, sebagai seniman batik saya ingin mengabadikan yang saat ini lagi mendunia yaitu Covid-19," kata Anto saat ditemui di galeri batik miliknya, Kamis (16/4/2020).

Menariknya, pria berkacamata kelahiran Tuban tahun 1970 ini, membuat motif batik disertai pesan Covid-19 dengan menyesuaikan kultur budaya masyarakat dayak pesisir atau dayak Kalimantan. Anto menampilkan warna-warna kuat dan berani yang menggambarkan watak orang Kalimantan yang keras dan tegas.

Adapun, proses pembuatannya memakan waktu selama tiga hari untuk menyelesaikan lukisan ini. Dia menyebut ada empat tahapan pengerjaan yakni tahap pertama canting cap, pewarnaan, fiksasi atau penguat warna supaya tidak luntur, dan terkahir direbus atau pelorotan untuk menghilangkan lilin yang ada di kain.

Hasil Penjualan Disumbangkan

Satu lukisan batik bisa diselesaikan Adi Setyo Purwanto dalam waktu tiga hari. (foto: Siti Hardiani)
Satu lukisan batik bisa diselesaikan Adi Setyo Purwanto dalam waktu tiga hari. (foto: Siti Hardiani)

Di galeri Batik Pakis Asia khas Tarakan miliknya yang berada di Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Gunung Lingkas, ia mengerjakan seorang diri batik versi corona. Selama sepekan terakhir, Anto telah menghasilkan 25 lembar batik.

Harganya bervariasi mulai dari Rp 450 ribu sampai Rp 1,5 juta. Pemasaran menggunakan media sosial membuat peminat lukisan batik ini datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Mereka bilang batik ini lain dari pada yang lain, ada yang pesan saya bikin lagi sampai saat ini bikin terus karena pesanan juga terus ada," kata Anto penuh semangat.

Hanya saja, proses pengiriman sedikit terhambat, imbas dari pandemi Covid-19. Penerbangan ke luar Tarakan dibatasi sehingga pengiriman barang membutuhkan waktu lebih lama.

Tak heran, jika kini karyanya pun diminati dan diburu oleh masyarakat baik di Kaltara maupun daerah lainnya seperti Sumatera dan Jawa. Hasil dari penjualan batik versi Covid-19 ini nantinya akan ia donasikan untuk membeli masker atau alat pelindung diri (APD), sehingga dapat membantu paramedis dan masyarakat yang membutuhkan.

"Saat ini kita masih kumpulkan dananya, bersama dengan teman-teman dari kelompok wirausaha, sebagian dari penjualan ini kita donasikan untuk membeli bahan baku masker atau APD," pungkasnya.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Perbolehkan KRL Berhenti Beroperasi saat PSBB, DPR Akan Panggil Menko Luhut

Posted: 17 Apr 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi V DPR berencana memanggil Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan karena tak mengakomodir permintaan para Kepala Daerah untuk menghentikan operasi KRL, khususnya Jabodetabek, terkait penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Hari Selasa Komisi V DPR RI mau memanggil Kemenhub, termasuk mempertanyakan beberapa kebijakan Kemenhub yang sepertinya tidak mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jabodetabek dan daerah lainnya di Indonesia," kata Anggota Komisi V DPR RI Irwan kepada Liputan6.com, Sabtu (18/4/2020).

Dia pun mengkritisi sikap Kemenhub yang sepertinya tidak mengindahkan data dari Bupati Bogor Ade Yasin. Di mana sebelumnya, Ade menuturkan, bahwa rata-rata pasien positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 yang berdomisili di Kabupaten Bogor, Jawa Barat lantaran tertular di kereta rel listrik (KRL).

"Ini karena koordinasi penanganan Covid-19 yang tidak jelas dan tegas. PSBB itu tidak jelas mau apa dalam memutus mata rantai Covid-19. Koordinasi dan birokrasinya berbelit-belit. Hanya memindahkan pembiayaan penanganan Covid-19 ke daerah tetapi kewenangan pembatasan dan lain-lain masih di pusat. Beda halnya dengan karantina wilayah. Semua aktifitas dihentikan dan hidup rakyat dijamin," ungkap Irwan.

Dia pun menegaskan, jika KRL tak dihentikan, maka akan sia-sia kebijakan PSBB. "Pasti sia-sia, kalau KRL masih beroperasi," tukasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tertular di KRL

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin, merasa yakin bahwa maraknya positif Covid-19 karena KRL.

"Kami yakin salah satu penyebab maraknya positif itu karena KRL. Dari data yang ada, rata-rata dari penumpang kereta. Kasus positif pertama yang di Bojonggede itu dari kereta," ungkap Ade.

Menurutnya, berdasarkan catatan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, wilayah dengan jumlah warga paling banyak terinfeksi Covid-19 yaitu zona merah yang terdapat stasiun KRL, seperti Kecamatan Cibinong dan Bojonggede.

Ade Yasin menyayangkan langkah pemerintah pusat yang tetap mengoperasionalkan KRL di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta serta Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

"Jadi mohon kepada pemerintah pusat untuk mendengar aspirasi kami semata-mata untuk memutus mata rantai Covid-19," kata perempuan yang juga merupakan Ketua DPW PPP Jawa Barat itu.

Sementara, Usulan tersebut ternyata ditolak oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut dia, KRL tetap beroperasi dengan pembatasan waktu dan pengendalian penumpang, sampai Bantuan Sosial (Bansos) yang dari pemerintah sudah diterima masyarakat.

"Pak Menko Luhut mendapatkan laporan bahwa penumpang KRL itu mayoritas adalah pekerja. Jadi kita juga tidak ingin seperti mereka yang bekerja di fasilitas kesehatan jadi terdampak jika KRL ini disetop operasionalnya," kata Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi, dalam keterangannya, Jumat (17/4/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati Beri Tenda Karantina ke Pemkot Semarang untuk Penanganan Covid-19

Posted: 17 Apr 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan seluruh kadernya, khususnya yang menjadi kepala daerah dan pimpinan dewan, bergotong royong menghadapi Corona

Dia juga meminta kepala daerah yang diusungnya untuk merelokasi anggaran dan mendorong program padat karya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain itu, Megawati juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Semarang berupa tenda karantina, pada Jumat, 17 April kemarin yang bisa menampung sekitar 100 orang.

"Tenda ini akan dipakai sebagai tempat isolasi ODP atau orang dalam pemantauan di Kota Semarang. Kami sangat berterimakasih kepada Ibu Mega," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau yang biasa dipanggil Hendi, Sabtu (18/4/2020).

Hendi meyakini adanya bantuan berupa tenda raksasa tersebut semakin menguatkan masyarakat Kota Semarang dalam perjuangan melawan Covid-19.

Tenda Karantina Covid-19 bantuan Megawati ini berdiri di Jalan Abdul Rahman Saleh, Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Persis di halaman rumah dinas Wali Kota Semarang.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Gaji Kader PDIP Disumbangkan untuk Penanganan Corona

Selain masker dan APD, PDIP juga memberikan bantuan berupa jamu, telor, hand sanitizer, dan juga penyemprotan desinfektan.

Kemudian, para kader PDIP yang menjabat di kursi struktural, eksekutif dan legislatif partai atau tiga pilar agar berkomitmen untuk menyisihkan gajinya untuk gotong royong kemanusiaan ini.

"Ketua Umum memberikan arahan bahwa hasil penyisihan gaji tersebut harus dikoordinir dengan baik dan diprioritaskan untuk bantuan in-natura agar dapat segera sampai dan dapat segera digunakan oleh tujuan," jelas Sekjen PDiP Hasto Kristiyanto, Jumat, 27 Maret 2020.

"Ketua Umum memberikan arahan bahwa hasil penyisihan gaji tersebut harus dikoordinir dengan baik dan diprioritaskan untuk bantuan in-natura agar dapat segera sampai dan dapat segera digunakan oleh tujuan," jelas Hasto.

 

Reporter: Muhamad Agil Aliansyah

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Teknologi Canggih dalam Jersey Anyar Timnas Indonesia

Posted: 17 Apr 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Mills resmi merilis seragam kandang bagi Timnas Indonesia. Kombinasi warna merah dan putih dipersembahkan oleh produsen olahraga lokal ini.

Mills baru mengumumkan satu jenis jersey untuk Timnas Indonesia melalui akun Instagram, @millssportid. Seragam gres dari Milss terlihat sederhana namun tetap elegan karena bergaya futuristik.

Kesan elegan terlihat dari sentuhan gambar sayap yang disematkan secara siluet, serta tulisan 'Kita Garuda', Bhineka Tunggal Ika, dan tulisan PSSI di bagian kerah belakang. Di depan, tertempel logo Mills dan Garuda.

"Dengan bangga dan penuh percaya diri, kami perkenalkan seragam resmi Timnas Indonesia untuk 2020," tulis Mills dalam unggahannya.

"Seragam ini adalah baju perang yang akan digunakan oleh para penggawa Garuda dalam membela nama bangsa Indonesia," lanjut keterangan dari Mills.

 
 
 
View this post on Instagram

INDONESIA NATIONAL TEAM⠀⠀ Official Home Jersey 2020⠀ ⠀ Persembahan terbaik dari MILLS untuk negara Indonesia tercinta. Karya anak bangsa Indonesia siap menemani perjuangan para penggawa Garuda.⠀ ⠀ Player Issue Jersey (Home)⠀⠀ Merah-Putih-Merah⠀ ⠀ Dilengkapi dengan teknologi terbaik⠀⠀ • Anti Ultra Violet⠀⠀ • Anti Bacterial⠀⠀ • Breathable⠀⠀ • Mouisture Wicking⠀⠀ • Anti Static⠀⠀ • Extra Light⠀ ⠀ Mari bersama memajukan Sepakbola Indonesia dan membawa merah putih berkibar di langit tertinggi.⠀ ⠀ #KitaGaruda⠀ ⠀ #BanggaIndonesia⠀⠀ #ProdukIndonesiaKualitasDunia⠀⠀ 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

A post shared by MILLS SPORTS (@millssportid) on

Di unggahan lainnya, Mills mengungkapkan bahwa seragam Timnas Indonesia dilengkapi dengan teknologi terbaik meliputi anti radiasi matahari, anti bakteri, tidak mengendap, tidak lembab, anti statis, dan extra light.

"Persembahan dari Mills untuk negara Indonesia tercinta. Karya anak bangsa Indonesia siap menemani perjuangan para penggawa Garuda," kata Mills.

Harga Jersey Timnas Indonesia

Baju latihan Timnas Indonesia yang diproduksi Mills Sport. (Instagram/Mills Sport)
Baju latihan Timnas Indonesia yang diproduksi Mills Sport. (Instagram/Mills Sport)

Jersey Match

Jersey Player Issue: Rp789 ribu

Jersey Replika: Rp389 ribu

Celana Kandang: Rp189 ribu

 

Jersey Latihan

Jersey Latihan Merah: Rp289 ribu

Jersey Latihan Putih: Rp289 ribu

Jersey Latihan Biru: Rp289 ribu

Celana Latihan Hitam: Rp189 ribu

 

Polo Shirt

Hitam: Rp389 ribu

Merah: Rp389 ribu

Putih: Rp389 ribu

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Hendry Wibowo, published 18/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Sulit Cegah Lautaro Martinez Gabung Barcelona

Posted: 17 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Inter Milan dikabarkan bakal kesulitan untuk mencegah keinginan Lautaro Martinez gabung dengan Barcelona di musim depan. Koneksi Martinez dengan Barcelona begitu kuat, karena sudah menjadi tujuannya.

Barcelona menjadikan Martinez sebagai target utama musim depan. Neymar juga dikait-kaitkan dengan mereka, tapi harga sang pemain bisa jadi ganjalan.

Transfer Lautaro Martinez juga tak akan murah tapi dipastikan lebih rendah dari Neymar. Marca melaporkan, keinginan Martinez gabung sudah sangat besar.

Sang pemain juga dikabarkan sudah mengungkapkan itu langsung kepada Barcelona. Klub asal Katalunya ini juga sepertinya tak punya saingan.

Real Madrid dan Manchester City yang juga membidik Martinez dikabarkan sudah alihkan bidikan. Madrid incar Erling Haaland, sedangkan City setia dengan Aguero dan Gabriel Jesus.

 

Bicara ke Pemilik

Bek Juventus, Matthijs de Ligt dan rekannya Leonardo Bonucci berebut bola dengan pemain Inter Milan Lautaro Martinez dalam lanjutan kompetisi Serie A 2019-2020 di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (6/10/2019). Juventus memenangi duel bertajuk Derby d'Italia dengan keunggulan 2-1. (AP/Luca Bruno)
Bek Juventus, Matthijs de Ligt dan rekannya Leonardo Bonucci berebut bola dengan pemain Inter Milan Lautaro Martinez dalam lanjutan kompetisi Serie A 2019-2020 di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (6/10/2019). Juventus memenangi duel bertajuk Derby d'Italia dengan keunggulan 2-1. (AP/Luca Bruno)

Pemilik Inter Milan, Steven Zhang sebelumnya mengaku tak akan melepas Martinez hingga sang pemain ungkapkan ingin hengkang. Itu pula sepertinya yang akan dilakukan striker asal Argentina itu.

Martinez berprinsip tak mau melepas tawaran bagus. Meski klausul pelepasan Martinez bernilai 110 juta euro, tapi nilai jualnya diyakini lebih kecil.

Barcelona juga akan menerapkan strategi barter pemain. Sederet pemain disiapkan seperti Arturo Vidal, Nelson Semedo, Carles Alena, Arthur dan Marc Cucurella.

 

Sarankan Neymar

 

Sementara itu, eks gelandang Barcelona, Rivaldo tak setuju dengan kehadiran Lautaro Martinez. Dia meyakini Neymar bisa jadi solusi di Barcelona.

"Lautaro bukan solusi untuk Barcelona saat ini, Neymar selalu prioritas saya kalau ingin memperkuat Barcelona," ujar Rivaldo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Bogor Sebut Banyak Pasien Terinfeksi Corona di KRL, Ini Kata Jubir Luhut

Posted: 17 Apr 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan bahwa rata-rata pasien positif terinfeksi virus Corona Covid-19 yang berdomisili di Kabupaten Bogor, Jawa Barat lantaran tertular di kereta rel listrik (KRL).

Terkait hal ini, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, mengatakan, kebijakan yang diambil sudah mempertimbangkan positif dan negatifnya.

"Sebuah kebijakan harus dipikirkan secara matang dengan mempertimbangkan sisi positif dan negatifnya, untuk dicari jalan tengah yang paling baik. Walaupun beroperasi, KRL sekarang fokus menerapkan physical distancing," ucap Jodi kepada Liputan6.com, Sabtu (18/4/2020).

Menurut dia, memang untuk KRL Jabodetabek yang telah menerapkan PSBB, sampai sekarang pengendalian yang dilakukan adalah dengan pembatasan, bukan menutup atau melarang sama sekali.

Khususnya untuk melayani kegiatan dan pekerjaan yang dikecualikan selama PSBB.

"Yang dilakukan adalah membatasi jumlah penumpang untuk menjaga jarak (Physical Distancing), membatasi jam operasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menempatkan petugas yang akan mengawasi pelaksanaan physical distancing," jelas Jodi.

Dia pun menuturkan, akan terus dilakukan evaluasi dari waktu ke waktu.

"Selain itu juga akan dilakukan evaluasi operasi angkutan KRL Jabodetabek dari waktu ke waktu. Akan dilakukan juga berbagai upaya untuk mendukung pencegahan Covid-19. Seperti rekayasa operasi, penertiban antrian di stasiun-stasiun yang masih ramai dan menjaga physical distancing," ungkap Jodi.

Menurut dia, kebijakan ini perlu kerja sama semua pihak. Pemerintah pun telah berupa keras untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ini. 

"Pengoperasian KRL Jabodetabek akan lebih efektif jika semua stakeholder terkait tetap melakukan: penertiban kegiatan-kegiatan yang dilarang, bekerja dari rumah dan diam di rumah," pungkasnya.

  

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Penularan Corona di KRL

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin, merasa yakin bahwa maraknya positif Corona karena KRL.

"Kami yakin salah satu penyebab maraknya positif itu karena KRL. Dari data yang ada, rata-rata dari penumpang kereta. Kasus positif pertama yang di Bojonggede itu dari kereta," ungkap Ade.

Menurutnya, berdasarkan catatan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor, wilayah dengan jumlah warga paling banyak terinfeksi Covid-19 yaitu zona merah yang terdapat stasiun KRL, seperti Kecamatan Cibinong dan Bojonggede.

Ade Yasin menyayangkan langkah pemerintah pusat yang tetap mengoperasionalkan KRL di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta serta Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

"Jadi mohon kepada pemerintah pusat untuk mendengar aspirasi kami semata-mata untuk memutus mata rantai Covid-19," kata perempuan yang juga merupakan Ketua DPW PPP Jawa Barat itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setuju Lanjutkan Kompetisi, Liga Inggris Tak Akan Selesai 30 Juni 2020

Posted: 17 Apr 2020 08:35 PM PDT

London - Klub-klub Liga Inggris sepakat untuk melanjutkan pertandingan pada musim ini. Meski begitu, pekan terakhir tak berlangsung pada 30 Juni 2020, seperti yang sempat dikabarkan media-media Inggris.

Pandemi virus corona yang semakin memburuk di Inggris memaksa otoritas terkait menghentikan kompetisi, mulai dari Liga Inggris hingga liga-liga kasta di bawahnya.

Awalnya penghentian direncanakan berjalan hingga 30 April 2020. Akan tetapi, perkembangan situasi membuat semua pihak beberapa waktu lalu bersepakat untuk melanjutkan liga jika keadaan dirasa sudah benar-benar aman.

Sebelumnya, klub-klub dirumorkan ingin agar kompetisi musim ini selesai pada 30 Juni 2020. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya masalah soal kontrak pemain dan staf.

Namun, wacana ini rupanya hanyalah satu dari beberap model penyelesaian kompetisi yang ditunjukkan dalam pertemuan via tele conference pada Jumat (17/4/2020).

Tak ada klub yang mendukung ide untuk menyelesaikan kompetisi pada 30 Juni 2020. Selain itu, permasalahan kebijakan pemotongan gaji dan bursa transfer juga tak menjadi perdebatan.

Operator Liga Inggris menunjukkan kemungkinan jika kompetisi dilanjutkan pada Juni, Juli, dan Agustus. Namun, Liga Inggris menegaskan kompetisi hanya akan dilanjutkan ketika pemerintah sudah menyatakan hal tersebut aman dilakukan.

Pernyataan Liga Inggris

Trofi Premier League (TheLineColnite)
Trofi Premier League (TheLineColnite)

"Bersama bisnis dan industri lainnya, Liga Inggris dan klub-klub tengah mengusahakan skenario perencanaan yang kompleks," tulis Premier League dalam keterangan resminya.

"Kami secara aktif menjalin hubungan dengan para stakeholder, termasuk partner siaran, dan kami ingin memastikan bahwa kami ada di posisi untuk melanjutkan kompetisi ketika itu aman dilakukan dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah."

"Kesehatan dan kesejahteraan para pemain, pelatih, manajer, staf klb dan suporter merupakan prioritas kami dan Liga akan akan dimulai kembali ketika dari sisi medis memperbolehkannya."

Sumber: Premier League

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Ari Prayoga/Published: 18/04/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemensos Siapkan 6 Balai Karantina Bagi Pekerja Migran dari Malaysia

Posted: 17 Apr 2020 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial menyiapkan enam balai di sejumlah daerah sebagai tempat karantina bagi pekerja migran yang baru dipulangkan dari Malaysia terkait wabah Corona Covid-19.

"Enam balai disiapkan untuk menampung sementara pekerja migran sebelum mereka dikembalikan ke kampung halaman masing-masing," kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/4/2020).

Harry menjelaskan, balai yang disiapkan tersebut yaitu Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus Jakarta Timur, RPTC Tanjungpinang, Balai Mulya Jaya Pasar Rebo, Balai Napza Bambu Apus, Balai Insyaf Medan dan Balai Bahagia Medan.

Lebih lanjut dikatakan Harry, hingga saat ini RPTC Tanjungpinang sudah menampung 400 lebih pekerja migran sejak 16 Maret.

Sedangkan RPTC Bambu Apus sudah menampung 130 orang dan Balai Mulya Jaya 108 orang. Sedangkan tiga balai lainnya sementara tidak ada klien sehingga disiapkan untuk karantina pekerja migran.

"RPTC Tanjungpinang dan Bambu Apus memang sudah sering digunakan untuk menampung pekerja migran atau korban perdagangan orang," kata Harry.

Di balai-balai tersebut, para pekerja migran akan menjalani isolasi dan mereka diberikan pemahaman protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Corona.

Jalani Rapid Test

Para pekerja migran itu juga akan menjalani tes cepat untuk memastikan kondisi kesehatan mereka tidak terpapar penyakit akibat virus corona jenis baru itu.

"Tes cepat (rapid test) sebagai bukti mereka mendapat surat keterangan tidak terpapar COVID-19, sehingga ketika pulang ke kampung terhindar dari penolakan masyarakat di daerah asal," ujar Harry Hikmat.

Sebelumnya Kemensos sudah memulangkan 51 pekerja migran yang ditampung di RPTC Bambu Apus Jakarta Timur setelah hasil tes cepat mereka dinyatakan negatif Covid-19.

Pemulangan tahap I dilakukan pada Kamis (16/4/2020) pukul 00.15 WIB untuk tujuan NTT sebanyak satu PMI, tujuan Surabaya sebanyak 27 PMI dan tujuan Lombok sebanyak 13 PMI. Pemulangan tahap II pada pukul 07.00 WIB tujuan Surabaya sebanyak 11 PMI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Covid-19, Kepiting Kualitas Ekspor Dijual Eceran

Posted: 17 Apr 2020 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 mulai terasa kuat. Sejumlah nelayan tambak di Kalimantan Timur (Kaltim) terpaksa harus menjual dengan harga murah.

Dampak paling terasa dialami oleh nelayan tambak kepiting. Di beberapa desa di kawasan Delta Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara para nelayan kesulitan menjual kepiting kualitas ekspor.

Sebab, pasar ekspor mereka selama ini menutup diri dari kiriman kepiting. Salah satu tujuan ekspornya adalah Cina.

Di Delta Mahakam ada tiga desa penghasil udang dan kepiting kualitas ekspor. Ketiganya adalah Desa Sepatin, Desa Tani Baru, dan Desa Muara Pantuan yang berada di Kecamatan Anggana.

Sebenarnya, ketiga desa ini termasuk terisolir karena tidak ada akses darat. Selain itu, untuk menuju ke tiga desa tersebut butuh perjuangan karena tidak ada kapal angkutan umum, sehingga harus sewa kapal dengan harga yang mahal.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Anggana Dedy Wahyudiansyah menjelaskan, produksi kepiting merupakan produk paling terpukul saat pandemi Covid-19.

"Terdampak yang besar ini kepiting dan sayur mayur, produksi banyak, namun tidak ada pembeli," kata Dedy, Sabtu (18/4/2020).

Penyemaian bibit dilakukan sejak awal tahun. Sehingga, panennya bertepatan dengan pandemi Covid-19.

"Kalau mereka tahu bakal ada Covid-19, pasti tidak menyemai bibit di tambak," ujarnya.

Dedy menjelaskan, kepiting kualitas ekspor ini kini dijual eceran lewat media sosial. Sebagian lagi dititip di lapak-lapak pedagang yang masih diijinkan dengan pembatasan jumlah penjual dan pembeli.

"Sekarang kepiting telur itu harganya hanya Rp40 ribu, sedangkan yang bukan kepiting telur, jauh lagi di bawahnya," papar Dedy.

Padahal untuk pasar lokal, harga kepiting kualitas ekspor ini paling murah dijual Rp120 ribu per kilogram. Harga itu akan semakin mahal jika ukurannya semakin besar.

"Para petambak kepiting itu produksinya lagi banyak sehingga harganya murah karena yang penting cepat habis," tambah Dedy.

Dedy menjelaskan, untuk produksi udang saat ini belum terganggu pandemi Covid-19. Sebab negara-negara tujuan ekspor udang masih membuka diri. Berbanding terbalik dengan produksi kepiting.

Manfaatkan Pasar Online

Para pemuda di Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara bergantian jadi kurir untuk mengantarkan pesanan kebutuhan masyarakat hingga pelosok desa.
Para pemuda di Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara bergantian jadi kurir untuk mengantarkan pesanan kebutuhan masyarakat hingga pelosok desa.

Pihak Pemerintah Kecamatan Anggana sudah mengupayakan agar hasil pertanian dan budidaya perikanan masih menemukan pasarnya. Salah satunya adalah pasar online.

Bukan lewat aplikasi jual beli online, namun lewat media sosial. Bersama para pemuda di sana, mereka bikin market place di media sosial dan grup-grup aplikasi pesan instan.

"Pembelinya lumayan banyak dan jualan mereka laku meski harganya jatuh," kata Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Anggana, Dedy Wahyudiansyah.

Meski demikian, tambahnya, para petani dan nelayan tambak tetap terbantu dengan adanya pasa online ini. Apalagi pemesannya ada yang datang dari luar Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Meski harganya jatuh, setidaknya ada yang beli sehingga tidak dibuang sia-sia," tambahnya.

Untuk pengantaran, pihak kecamatan sudah bekerjasama dengan kelompok pemuda. Mereka menjadi kurir jika sedang tidak masuk kerja.

"Alhamdulillah pemuda di sini kreatif dan inovatif. Mereka juga yang menginisiasi pembuatan pasar online-nya," sambung Dedy.

Harga pengantaran relatif terjangkau karena memang targetnya bukan keuntungan, namun membantu pedagang dan pembeli. Pedagang atau nelayan yang kesulitan menjual akan menemukan pembeli, pembeli juga tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan kebutuhannya.

Syam Sanubari, seorang pemuda di Kecamatan Anggana, adalah inisiator pasar ini. Mereka membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk membantu pedagang dan pembeli dalam bertransaksi.

"Kebanyakan anggota kami yang jadi kurir itu pekerja sehingga untuk pengantaran harus bergantian tergantung siapa yang tidak masuk kerja," kata Syam.

Kelompok ini juga memantau pergerakan pasar dan stabilitas harga. Masyarakat dihimbau untuk tidak khawatir soal kebutuhan sehari-hari.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Ketua Rumpun Kuratif Terkait Meninggalnya Pasien COVID-19 di Lumajang

Posted: 17 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi mengaku telah mendapat informasi ada pasien di Lumajang, yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dan setelah dua hari pulang di rumahnya ternyata meninggal dunia. 

"Jadi begini, pasien tersebut dirawat di rumah sakit indikasi perawatannya bukan karena positif atau negatif COVID-19 tapi karena kondisi klinisnya pasien," tutur dia di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat malam, 17 April 2020. 

Joni menuturkan, pasien yang positif sejak awal tapi tidak menunjukkan kondisi klinis, tidak perlu dirawat di rumah sakit melainkan di rumah saja untuk melakukan isolasi mandiri. 

"Jadi pasien tersebut masuk rumah sakit itu karena kondisi klinisnya. Kemudian pasien ini sudah pulang, dua hari kemudian meninggal," kata dia. 

Joni mengatakan,untuk memastikan meninggalnya pasien tersebut karena COVID-19 apa tidak, harus dilakukan otopsi. 

"Tapi ini enggak mungkin, ya enggak mungkin dilakukan otopsi karena bukan meninggal yang tidak wajar dan belum tentu juga karena COVID-19," ucapnya. 

Joni menegaskan, sebagian besar pasien positif COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dr Soetomo, yang diagnosanya kategori berat adalah karena ada komorbid atau penyakit penyerta seperti ada hipertensi dan diabetes. 

"Jadi karena ada Komorbidnya itulah biasanya akan memberatkan pada saat terinfeksi virus COVID-19 ini. kami mencatat yang benar - benar meninggal dunia karena Corona COVID-19 itu hanya ada dua orang, sedangkan yang lainnya itu karena ada komorbidnya," ujarnya. 

Pasien Asal Lumajang Tutup Usia Setelah Dua Hari Dinyatakan Sembuh COVID-19

Ilustrasi Foto Pemakaman (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pemakaman (iStockphoto)

Sebelumnya, pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berinisial AZ dikabarkan meninggal dunia pada Jumat pagi (17/4/2020), dua hari usai diizinkan pulang dari RSUD dr Haryoto.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Pasien positif corona yang telah dinyatakan sembuh atas nama AZ dari Kecamatan Randuagung pagi ini meninggal dunia," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang ditulis dalam akun resmi pribadinya dan diunggah pada Jumat, seperti dikutip dari Antara.

AZ tutup usia setelah dua hari yang lalu dinyatakan sembuh oleh tim medis RSUD dr Haryoto Kabupaten Lumajang dan pasien tersebut dinyatakan sembuh karena hasil swab menunjukkan negatif.

Selama proses karantina yang sebelumnya berdasarkan hasil swab dinyatakan positif Corona COVID-19, AZ dalam kondisi stabil secara klinis. AZ tidak mengalami batuk, tidak sesak napas, tidak demam tinggi, artinya tidak mengalami gangguan klinis apapun.

"Saya baru saja mendapatkan kabar dari teman-teman yang ada di Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung dan saya konfirmasi kepada Pak Camat terkait kabar meninggal AZ," tuturnya kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan kegiatan di Kantor Bupati Lumajang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang, lanjut dia, turut berduka cita atas meninggalnya AZ, sehingga pihaknya akan melakukan langkah-langkah yang terbaik untuk menghormati jenazah dalam proses pemakaman.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya AZ. Kami semua turut berduka dan berbela sungkawa, kami semua ikut bersedih dan saya yakin almarhum AZ dalam keadaan husnul khotimah," ujar dia.

Berkonsultasi dengan Pemprov Jatim

Ia menuturkan, AZ sudah mendapatkan perawatan selama 14 hari oleh tim medis RSUD dr Haryoto Lumajang dan dilakukan tes swab setelah fase tersebut, kemudian dalam dua kali tes swab menunjukkan hasil negatif.

Dari kedua hasil swab test tersebut, secara resmi AZ dinyatakan negatif COVID-19, sehingga yang bersangkutan dipulangkan pada 15 April 2020, namun pasien sembuh dari virus Corona itu tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama sepekan sesuai prosedur protokoler penanganan pasien COVID-19.

"Dari dua kali swab dengan hasil negatif tersebut dapat dinyatakan sembuh dan bisa dipulangkan dengan prosedur karantina mandiri selama seminggu. Tentu, seluruh ikhtiar dan tahapan prosedur telah dilakukan," ujarnya.

Pemkab Lumajang, lanjut dia, terus berkonsultasi kepada Pemprov Jatim dan Kementerian Kesehatan dengan kejadian tersebut dan sampai saat ini tahapan pencegahan COVID-19 dari seluruh diagnosa pasien positif di semua kabupaten/kota di Jawa Timur memang berbeda beda.

"AZ menjadi duka yang bertambah bagi seluruh langkah penanganan virus corona yang semakin unpredictable. Yang terbaik hari ini adalah melakukan pencegahan dengan menggunakan masker, cuci tangan, berada di rumah, jaga jarak, hidup bersih, jaga imunitas, dan jaga kesehatan," tulis Thoriq dalam akun pribadinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin De Bruyne Duga Keluarganya Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Posted: 17 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Kevin de Bruyne merasa dirinya telah terinfeksi virus corona covid-19 beberapa waktu lalu. Namun pemain Manchester City itu sekarang dalam kondisi yang sehat.

Inggris menjadi salah satu negara yang paling besar terdampak virus corona covid-19. Total ada 108.609 kasus positif dan menewaskan 14.576 orang hingga Sabtu (18/4/2020).

Itu sebabnya seluruh ajang olahraga berhenti sejak bulan lalu. Masyarakat juga diimbau untuk tetap di rumah agar virus tidak semakin menyebar.

"Saat pertamakali Inggris lockdown keluarga saya sakit selama delapan atau sembilan hari. Awalnya anak saya yang kecil, lalu anak saya besar dan saya," kata De Bruyne seperti dilansir Sky Sports.

"Namun saya tidak tahu apakah kami terinfeksi virus corona covid-19 atau tidak. Beruntung dalam dua pekan terakhir semuanya sudah sehat. Kami bisa beraktivitas rutin lagi sekarang."

 

Adaptasi

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di di Stadion Emirates, London (15/12/2019). Dalam pertandingan ini, De Bruyne mencetak dua gol dan mengantar City menang telak 3-0 atas Arsenal. (AP Photo/Ian Walton)
Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arsenal pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di di Stadion Emirates, London (15/12/2019). Dalam pertandingan ini, De Bruyne mencetak dua gol dan mengantar City menang telak 3-0 atas Arsenal. (AP Photo/Ian Walton)

Di sisi lain, pemain asal Belgia itu terus beradaptasi selama masa karantina di rumah.

"Dua pekan pertama sangat aneh karena saya tidak tahu apa yang terjadi. Lalu saya mulai berolahraga ringan dengan berlari dan berenang," kata De Bruyne.

"Seluruh staf City juga mengirimi para pemain bagaimana menjaga kebugaran di rumah. Tetapi jujur saja saya sudah mulai bosan."

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona COVID-19 18 April: 2,2 Juta Orang di Dunia Terinfeksi, 572.110 Pasien Sembuh

Posted: 17 Apr 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Angka kasus positif Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di seluruh dunia sudah mencapai 2.243.512. Sedangkan angka kematian yang tercatat adalah 154.256 dengan 572.110 kesembuhan. 

Menurut pantauan Liputan6.com melalui coronavirus.jhu.edu/map pada Sabtu 18 April pukul 10.00 WIB, Amerika Serikat masih tecatat sebagai negara dengan kasus serta angka kematian terbanyak.

Negara Adidaya tersebut kini telah melaporkan lebih dari 700.000 kasus dengan lebih dari 37.000 kematian. Sedangkan untuk angka kesembuhannya sudah mencapai sekitar 60.000 pasien pulih. 

Selanjutnya setelah AS, Spanyol menempati posisi kedua dengan kasus terbanyak yaitu 190.839. Kemudian diikuti oleh Italia (172.434 kasus), Prancis (149.130 kasus) dan Jerman (141.397 kasus). Negara-negara tersebut lah yang menempati lima posisi teratas dengan angka kasus terbanyak.

New York Sebagai Hotspot di AS

Pasien dan petugas medis memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di luar NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat, Senin (13/4/2020). Berdasarkan data Johns Hopkins University, total kasus COVID-19 global sudah menembus dua juta pasien. (AP Photo/John Minchillo)
Pasien dan petugas medis memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di luar NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat, Senin (13/4/2020). Berdasarkan data Johns Hopkins University, total kasus COVID-19 global sudah menembus dua juta pasien. (AP Photo/John Minchillo)

Hingga tanggal 17 April 2020, Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) telah mencatat 678.210 kasus COVID-19 di AS dengan jumlah meninggal 34.641. Sementara itu, jumlah kasus di 15 negara bagian wilayah kerja KJRI New York adalah sebanyak 413.954 dengan jumlah meninggal sebanyak 23.800.

Negara bagian New York merupakan wilayah dengan jumlah kasus tertinggi dengan total kasus sebanyak 226.198 dan jumlah meninggal sebanyak 16.106. Adapun jumlah kasus di New York City adalah sebanyak 117.565 dengan jumlah meninggal sebanyak 8.893.

Selengkapnya di sini...

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Starter Motor Mati, Segera Cek Komponen Ini agar Tak Merepotkan Saat Puasa

Posted: 17 Apr 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa bulan suci ramadan hanya tinggal hitungan hari. Dalam kondisi pandemi Corona Covid-19, selain kesehatan diri, kendaraan seperti sepeda motor pun harus dalam keadaan sehat.

Bagi pemilik motor, jika starter elektrik tidak berfungsi pastinya akan sangat merepotkan. Pasalnya, untuk menyalakan kendaraan harus menggunakan kick starter atau engkol yang mesti mengeluarkan tenaga lebih.

Biasanya, jika starter elektrik sudah bermasalah, si empunya kendaraan akan mengira aki sudah soak. Meskipun tidak salah, namun itu bukan satu-satunya faktor penyebab electric starter tidak berfungsi.

Melansir laman resmi Wahana Honda, ada beberapa komponen yang harus diperiksa ketika electric starter tidak berfungsi, sebelum memang harus mengecek aki.

Pertama, masalah yang biasanya terjadi adalah sekring atau fuse yang terdapat pada motor juga dapat menjadi penyebab electric starter ngadat.

Fuse sendiri bertugas dengan memanfaatkan kawat tipis untuk menjadi indikator munculnya aliran listrik berlebih. Ketika ada aliran listrik besar, maka kawat tersebut akan terputus secara otomatis.

Ketika kawat pada fuse putus, maka rangkaian kelistirkan menuju starter juga terkendala.

Masalah yang kedua, biasanya terletak di switch starter. Hampir sama dengan fungsi fuse, switch starter atau bendik juga berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik.

Tanda-tanda switch starter motor rusak, maka akan muncul bunyi "krek .. krek" saat kabelnya disambungkan. Dan saat switch starter bermasalah, maka electric starter otomatis tdak berfungsi.  

Kumparan Bermasalah

Kemudian, bisa juga terjadi masalah pada arang kumparan yang rusak dan habis tergerus. Jika sudah begitu, otomatis tidak ada daya listrik yang tersalur dan menyebabkan aliran menuju electric starter pun tidak berjalan sebagain mana mestinya.

Selain itu, ketika electric starter tidak berfungsi, ada kemunginan juga rangkaian kabel bodi tidak tersambung secara sempurna atau ada yang putus.

Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu rangkaian kabel tersebut sebelum memutuskan untuk memvonis salah satu komponen di dalam motor, termasuk aki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Italia Ngotot Serie A Digelar Akhir Mei Mendatang

Posted: 17 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina ngotot Serie A musim ini dilanjutkan pada akhir Mei mendatang. Ia bahkan menuding semua pihak yang menolak Serie A dilanjutkan merupakan orang yang tidak suka sepak bola.

Italia menjadi menjadi salah satu negara terdampak paling besar akibat virus corona covid-19. Hingga Sabtu (18/4/2020), ada 172.434 kasus positif dan menewaskan 22.745 orang.

Itu sebabnya FIGC sempat mengumumkan bakal menunda Serie A sampai keadaan membaik. Namun belakangan FIGC ingin kompetisi segera dilanjutkan.

"Siapapun yang ingin membatalkan musim ini berarti tidak suka sepak bola dan Italia. Mereka ingin mengambil masa depan kami untuk melanjutkan kompetisi," ujar Gravina seperti dilansir Rai Radio.

"Kami akan mengajukan proposal kesehatan pada Vincenzo Spadafora hari ini. Semoga saja Serie A bisa dimulai setidaknya akhir Mei atau awal Juni," ujarnya menambahkan.

 

3 Pekan Persiapan

Logo Serie A 2019/2020 (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)
Logo Serie A 2019/2020 (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)

Juventus saat ini memuncaki klasemen Serie A. Mereka mengoleksi 63 poin dari 26 laga.

"Kami siapkan tiga pekan ke depan untuk memeriksa semua pihak yang terlibat dalam pertandingan bebas dari virus corona covid-19. Jadi kami tak khawatir saat pertandingan dimulai lagi," kata Gravina.

"Sekarang situasi pelik untuk negara, ekonomi, dan juga sepak bola. Kami akan mencari solusi terbaik dengan penuh tanggung jawab," ujarnya.

Klasemen Serie A

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Gemas Safeea Ahmad Anak Mulan Jamela Pakai Hijab, Makin Cantik

Posted: 17 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak pertama dari pasangan selebriti Ahmad Dhani dan Mulan Jameela yakni Safeea Ahmad kini semakin cantik. Sejak kecil paras cantik Shafeea memang sudah mencuri perhatian publik.  Anak artis yang saat ini berusia 9 tahun ini mulai mengerti fashion termasuk mengikuti gaya berhijab sang ibunda, Mulan Jameela. 

Mulan Jameela memang telah memutuskan untuk berhijab sejak 2018 lalu. Hingga kini pun Mulan masih mantap mengenakan hijab dalam kesehariannya. Safeea pun kini turut diajarkan oleh Mulan untuk mengenakan hijab. Potret menggemaskan Safeea sering diunggah di akun pribadi Mulan serta Ahmad Dhani. 

Wanita yang kini menjadi anggota perwakilan rakyat tersebut mulai mengajarkan Safeea tampil dengan hijab. Paras cantik dan menggemaskan Safeea pun semakin membuat netizen mengagumi bocah 9 tahun tersebut. Tampil dengan hijab, bocah yang lahir 2011 lalu ini dipuji cantik seperti ibunya.

Berikut ini 6 potret Safeea Ahmad anak dari pasangan Mulan Jameela dan Hmad Dhani saat pakai hijab, dirangkum dari berbagai sumber oleh LIputan6.com, Sabtu (18/4/2020). 

1. Ahmad Dhani unggah foto putrinya saat belajar dari rumah menggunakan balutan hijab yang cantik.

Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@ahmaddhaniofficial)
Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@ahmaddhaniofficial)

2. Safeea dipuji makin cantik seperti Mulan Jameela saat keduanya kompak pakai hijab.

Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)
Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)

3. Diberbagai kesempatan pun, Safeea tetap menggunakan hijab bahkan saat liburan bersama keluarganya.

Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)
Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)

4. Manisnya Safeea saat pakai balutan hijab warna jijau dan merah muda sambil membawa boneka, bikin gemas.

Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)
Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)

5. Ahmad Dhani tunjukan rasa sayangnya pada Safeea, bikin netizen terenyuh.

Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)
Makin cantik dan gemas, ini potret Shafeea saat pakai hijab. (Sumber: Instagram/@mulanjameela1)

6. Aksi kocak saat Safeea masih kecil yang diabadikan oleh Mulan Jameela, gemas banget!

View this post on Instagram

Feea feeaaa.. Ada2 Aja kamu naaakkk 😁😍😘

A post shared by Mulan Jameela (@mulanjameela1) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Pasien Positif Corona di RS Darurat Wisma Atlet Berkurang 22 Orang

Posted: 17 Apr 2020 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasien positif Corona Covid-19 yang dirawat di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran berkurang 22 orang. Satu hari sebelumnya, pasien positif berjumlah 575 dan kini menjadi 553.

"Pasien Covid-19 berkurang 22 orang, semula 575 orang menjadi 553 orang," ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono, Sabtu (18/4/2020).

Penurunan jumlah pasien rawat juga terjadi pada pasien kategori orang dalam pemantauan (ODP). Sehari sebelumnya jumlah ODP Corona sebanyak 19, kini menjadi 17 orang.

Namun, penambahan pasien rawat terjadi di kategori pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 51 orang.

"Pasien PDP bertambah 51 orang. Semula 86 orang menjadi 137 orang," rincinya.

Sehingga, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran saat ini merawat 707 pasien dengan rincian 553 pasien positif, 137 PDP, dan 17 ODP.

Yudo merinci jumlah pasien rawat yakni 413 pasien laki-laki, dan 294 pasien perempuan.

"Pasien rawat inap 707 orang; 413 pasien pria, 294 pasien wanita" ujarnya.

Kriteria Khusus Pasien di RS Darurat

Rumah sakit darurat penanganan Corona Wisma Atlet Kemayoran punya kriteria khusus dalam menerima pasien. Pasien yang diterima hanya untuk usia 15 tahun ke atas.

Rumah sakit darurat itu mulai beroperasi Senin, 23 Maret. Ada 4 gedung yang diproyeksikan menangani pasien Covid-19. Khusus gedung atau tower 6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratorium dan ruang radiologi, ruang isolasi (ICU maupun non ICU) untuk merawat pasien Corona.

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona.

Pertama, zona hijau adalah Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang dapat memasuki daerah ini. Termasuk di dalamnya dari pihak TNI, Polri, BNPB dan kelompok relawan.

Kedua, zona kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

Ketiga, zona merah adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang dapat masuk ke zona ini selain pasien.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Terinfeksi Corona Covid-19, Legenda MotoGP Mulai Isolasi Diri

Posted: 17 Apr 2020 08:10 PM PDT

Bari - Dua sosok penting di dunia balap motor, Vito Ippolito dan Phil Read sedang memulai proses penyembuhan pasca keduanya divonis terinfeksi virus corona Covid-19 pada dua pekan lalu.

Keduanya bahkan telah menjalani proses karantina di rumah masing-masing sejak Rabu (15/4/2020). Ippolito da Phil Read pernah menjadi bagian penting ajang MotoGP

Ippolito sendiri dirawat di Rumah Sakit Policlinico di Bari, Italia sejak divonis terinfeksi virus corona selama dua pekan.

Untuk diketahui, Vito Ippolito merupakan eks Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM). Ippolito cukup lama menjabat sebagai Presiden FIM. Tepatnya pada tahun 2006-2018.

Sementara Phil Read merupakan juara Kejuaraan Dunia Balap Motor sebanyak tujuh kali. Phil Read yang berasal dari Inggris adalah juara dunia kelas 500cc (sekarang MotoGP) musim 1973 dan 1974.

Selain dua gelar kelas utama yang kini setara MotoGP itu, dia turut merasakan gelar terbaik di kelas 125cc tahun 1968 dan kelas 250cc musim 1964, 1965, 1968, 1971.

Komentar Ippolito

Eks Presiden FIM, Vito Ippolito. (Istimewa)
Eks Presiden FIM, Vito Ippolito. (Istimewa)

Dalam keterangan resminya, secara khusus Vito Ippolito mengucapkan terima kasih kepada keluarganya lantaran sangat mendukung selama periode dirinya terinfeksi virus corona.

Dia turut salut dengan perlakuan orang-orang di rumah sakit yang turut membantunya selama periode tersebut. Kini ia mengaku fokus menjalani proses penyembuhan dengan melakukan karantina di dalam rumah.

"Tentu tidak ada orang yang ingin berdiam diri di rumah (karantina). Tapi ini pengorbanan yang harus dilakukan semua orang untuk memerangi pandemi virus corona," kata Ippolito.

Sumber: GPone.com

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo/Hendry Wibowo, published 18/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga Saat WFH Diperpanjang

Posted: 17 Apr 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini di Indonesia. Untuk mencegah penyebaran virus berbahaya ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social dan psychical distancing serta work from home (WFH).

Pada awalnya instruksi bekerja dari rumah terdengar menyenangkan. Anda tak perlu pergi ke kantor, menghadapi kemacetan, kehujanan atau kepanasan, bisa selalu berkumpul dengan keluarga dan sebagainya.

Namun, seiring berjalannya waktu terus menerus berada di rumah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan secara mental maupun fisik. Dikutip medicaldaily.com, permasalahan yang terjadi seperti depresi, frustasi, rasa cemas hingga ketakutan. Sedangkan secara fisik badan menjadi mudah pegal-pegal, kram pada kaki, nyeri pada leher dan bahu, serta mata menjadi mudah lelah. Belum lagi jika asupan makanan, pola istirahat dan kebersihan rumah tidak diperhatikan. Malahan membuat tubuh gampang sakit dan mudah terpapar virus.

Untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh selama berada di rumah dikutip dari Healthline, Anda bisa praktekkan hal ini.

1. Jaga Rutinitas dengan Teratur

Sebelum pandemi corona, Anda terbiasa bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Pertahankan rutinitas sehat ini. Jangan karena bekerja di rumah, Anda malah terbiasa bangun siang. Seperti Anda ketahui bangun pagi, menghirup udara pagi dan menikmati sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Ditambah Anda bisa mengawali hari dengan berolahraga dan rutin sarapan pagi.

 

2. Tidak Tidur Siang Berlebihan

Melihat sofa dan kasur empuk di rumah tentu menggoda untuk tidur siang. Secukupnya saja, jangan tidur siang berlebihan karena ini dapat merusak rutinitas Anda. Alih-alih tidur siang, lebih baik segera menyelesaikan pekerjaan sehingga menghindari lembur dan bisa melakukan aktivitas bermanfaat lain di rumah.

3. Rutin Olahraga

Langkah kaki harian Anda jauh berkurang, tempat gym tutup dan Anda tidak bisa jogging bebas seperti biasanya. Lakukan olahraga ringan selama di rumah, stretching, yoga, angkat barbel, lompat tali, dan sebagainya manfaatkan perlengkapan lain yang Anda miliki. Buat diri Anda berkeringat agar metabolisme tubuh bekerja optimal. Selain itu olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres dan depresi serta membakar kalori.

4. Asupan Makanan dan Informasi yang Sehat

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur, Anda juga perlu menerima informasi atau arus berita yang sehat. Tak melulu tentang Covid-19, Anda juga perlu mengakses informasi lain yang bisa membuka wawasan, memberi inspirasi dan optimisme. Sehingga Anda bisa menghindari perasaan cemas dan khawatir berlebihan karena pandemi.

 

5. Batasi Paparan Cahaya Biru dan Penggunaan Gadget

Tak bisa dipungkiri selama pandemi corona, internet dan gadget menjadi alat paling aktif untuk mengusir rasa jenuh dan bosan. Namun, menatap layar ponsel dan televisi terus menerus tidak membuat tubuh Anda lebih baik dan tidur lebih nyenyak. Mulai sekarang sebaiknya Anda mencoba tidak menonton televisi maupun menggunakan ponsel satu jam sebelum waktu tidur.

6. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

 Karena tidak banyak melakukan aktivitas berat selama di rumah, tanpa disadari kita menjadi jarang minum air putih. Jangan sampai ini terjadi. Anda perlu tetap memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar seluruh sistem di tubuh dengan lancar dan sempurna. Kekurangan cairan dapat membuat Anda mudah lelah dan tidak baik bagi organ dalam. Hindari mengonsumsi minuman soda berlebihan atau bahkan alkohol.

Untuk alternatif minuman sehat, Anda bisa mencicipi minuman sarang burung walet.  Sarang walet atau dikenal dengan sebutan Edible's Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat.

Sumber: Health Liputan6.com ditayangkan 16 Apr 2020, 00:00 WIB

Penulis: Gilar Ramdhani

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Bayi Seleb saat Berjemur Pagi Hari, Lucu dan Menggemaskan

Posted: 17 Apr 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tradisi menjemur bayi di pagi hari masih sering dilakukan di Indonesia. Perilaku ini bukan tanpa alasan. Nyatanya, beberapa studi menunjukkan bahwa paparan sinar matahari di waktu yang tepat mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi. 

Salah satu manfaat dari menjemur bayi adalah untuk menghangatkan tubuh bayi, dan merangsang rasa haus bayi agar lebih banyak minum ASI. Semakin sering bayi minum ASI maka tumbuh kembangnya akan lebih optimal.

Kebiasaan menjemur bayi di pagi hari ternyata dilakukan pula oleh sederet selebriti Tanah Air. Layaknya orang tua lainnya, beberapa seleb yang baru saja dikaruniai buah hati ini menjemur anaknya di bawah terik matahari pagi.

Tak mau kehilangan momen, mereka tak lupa mengabadikan potret anaknya saat berjemur. Menariknya, para bayi seleb yang berjemur ini memiliki gaya yang lucu dengan kacamata hitam. Enggak sedikit warganet yang gemas melihatnya. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas gaya bayi seleb saat berjemur, Minggu (18/4/2020)

 

1. Putra Baim Wong dan Paula, Kiano terlihat menggemaskan saat berjemur di bawah terik matahari pagi.

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: YouTube/Baim Paula)
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: YouTube/Baim Paula)

2. Tak ketinggalan, Sada Aminahanara putri Fitri Tropica berjemur sambil menggunakan kacamata hitam.

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram//sada_aminahanara/
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram//sada_aminahanara/

3. Anak keempat Ricky Harun yang baru lahir pada Maret 2020 lalu ini juga rutin berjemur di pagi hari. Baby Aisyah ini berjemur di kereta bayi.

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@rickyharun
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@rickyharun

4. Hanya menggunakan popo, baby Zayn dan Zunaira anak kembar Syahnaz Shadiqah kompak berjemur dengan kacamata hitamnya. Keduanya terlihat menggemaskan ya!

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@syahnazs
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@syahnazs

5. Sambil digendong sang ibu Tika Bravani, baby Kalam berjemur di pagi hari. Pipi tembamnya sukses bikin warganet gemas.

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@tikabravani
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@tikabravani

6. Baby Kenza buah hati pemeran Entin di Dunia Terbalik ini terlihat santai saat berjemur.

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@rosnitaputri
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram/@rosnitaputri

7. Chava kompak menggunakan kacamata bersama sang ibunda Rachel Vennya. Chava tetap tampil cantik saat berjemur ya!

Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram//rachelvennya/
Gaya Bayi Seleb saat Berjemur (Sumber: Instagram//rachelvennya/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Biji Mangga Bagi Kesehatan

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mangga menjadi salah buah yang disukai banyak individu.  Selain enak, buah ini juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

Namun, tahukah kamu bahwa biji mangga juga memiliki khasiat gizi? Ternyata biji mangga yang sering kamu abaikan bahkan dibuang mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Biji mangga yang berserat dan berbulu mengandung minyak, protein, abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium dan kalsium. Selain itu, juga memiliki sejumlah senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh dan antioksidan. 

Biji mangga bisa dimakan, tapi hanya jika sudah matang bisa diambil dalam bentuk bubuk, minyak atau mentega. Nah, penasaran apa saja manfaat dari biji mangga? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (19/4/2020). 

1.   Kontrol Diabetes

Ilustrasi Penyakit Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX
Ilustrasi Penyakit Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji mangga menunjukkan sifat antidiabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes dan secara signifikan bisa mengurangi kadar gula darah. 

Konsumsi ekstrak biji mangga juga bermanfaat bagi pengidap diabetes dan bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini.

2. Menurunkan Berat Badan

 

Dalam sebuah penelitian, ekstrak biji mangga diklaim bisa meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid, juga mengurangi obesitas. 

Asupan ekstrak biji mangga juga bisa membantu individu yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

3. Cegah Kanker

 

Biji mangga memiliki antioksidan, fitokimia dan asam galat. Sebuah penelitian menunjukkan efek antiproliferative dari ekstrak etanol biji mangga pada sel kanker. Hasilnya, positif dalam menurunkan risiko kanker payudara.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

 

Dengan ontioksidannya yang tinggi, biji mangga diklaim bisa mengurangi bekas jerawat, bitnik-bintik penuaan dan kerutan, terutama bila digunakan dalam bentuk bubuk.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat kesehatan dari biji mangga adalah bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, dan bisa mengendalikan uban sejak dini. 

Selain itu, bisa memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok.

6. Kesehatan Jantung

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan menstabilkan kadar koleseterol secara keseluruhan. 

Ini karena aktivitas antioksidan polifenol yang tinggi dalam biji mangga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Jabar Terima Bantuan dari Masyarakat untuk Tanggulangi COVID-19

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Jawa Barat kembali menerima bantuan dari masyarakat, baik perorangan, yayasan, maupun perusahaan untuk penanggulangan COVID-19. Terus mengalirnya bantuan dari masyarakat tersebut menunjukkan tingginya soliditas kepedulian untuk membantu sesama di tengah pandemi.

Gubernur Jabar yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Ridwan Kamil mengaku telah menerima alat pelindung diri (APD), masker kain, hand sanitizer sampai sembako dari masyarakat. Nantinya ucap Emil, bantuan tersebut akan disalurkan kepada tenaga medis dan masyarakat yang membutuhkan.

"Atas nama pemerintah provinsi Jawa Barat yang secara Undang-undang ditugaskan pula menjadi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jabar, kami haturkan terima kasih atas kebaikan ini," kata Emil dalam keterangan resminya ditulis, Bandung, Sabtu, 18 April 2020.

Emil menyebutkan rincian bantuan tersebut adalah seribu APD dan 10 ribu masker kain dari PT Adetex, 600 kilogram beras, 444 baju hazmat, dan 1.680 masker kain dari Kadin Jabar. Ditambah 10 ribu baju hazmat, 50 ribu kilogram beras, seribu pelindung muka, 37.500 sarung tangan, 150 liter disinfektan, 150 liter sabun cuci tangan, dan 10 pcs sprayer dari Rumah Yatim.

 

Sumbangan dari Hafidh dan Azrilia

Dua anak asal Kabupaten Bandung, Mochammad Hafidh Al-Bukhori (9), dan Azrilia Alya Nabila (7) asal Kab. Bandung Barat, juga menyumbangkan tabungannya untuk penanggulangan COVID-19.
Dua anak asal Kabupaten Bandung, Mochammad Hafidh Al-Bukhori (9), dan Azrilia Alya Nabila (7) asal Kab. Bandung Barat, juga menyumbangkan tabungannya untuk penanggulangan COVID-19.

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar menerima 2.500 liter hand sanitizer dari Victoria Care Indonesia, dan 3.000 masker kain dari Bisnis Forum Indonesia. Tak hanya itu, dua anak asal Kabupaten Bandung, Mochammad Hafidh Al-Bukhori (9), dan Azrilia Alya Nabila (7) asal Kab. Bandung Barat, juga menyumbangkan tabungannya untuk penanggulangan COVID-19.

"Masalah ini juga jadi perhatian orang dewasa juga anak-anak kita, ada Hafidh dan Azrilia yang luar biasa diusianya yang masih kecil memberananikan diri membantu pemerintah. Maka akan tepat sasaran bila menyerahkan bantuannya kepada Gugus Tugas. Kami punya data mana yang urgent mana yang skala menengah, tapi kami persilakan juga kalau mau memberikan langsung ke tempat-tempat yang membutuhkan," ujar Emil.

Di tengah menerima bantuan tersebut, Emil mengingatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan physical maupun social distancing dan mengikuti imbauan pemerintah, amat krusial untuk mencegah penyebaran COVID-19. Emil melaporkan bahwa golongan masyarakat yang paling tidak rentan terpapar COVID-19 adalah anak-anak karena disiplin.

"Tapi yang terkena positif juga kebanyakan usia lansia. Ini mengindikasikan mari kita perkuat imunitas dan jaga orang tua kita. Itulah kenapa kita tidak mudik agar orang tua kita yang paling rawan imunitasnya tidak terpapar (COVID-19)," katanya. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Jatim Beri Keringanan Kredit UMKM

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Jatim Cabang Pamekasan memberikan keringanan kredit kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi  (COVID-19) di wilayah itu.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami pada nasabah, khususnya pelaku usaha mikro di Pamekasan ini," kata Kepala Bank Jatim Cabang Pamekasan Firman Iswahyudi, Jumat, 17 April 2020.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, sambung dia, pelaku usaha mikro sangat merasakan dampaknya. Hal ini terjadi, karena pemerintah sedang berikhtiar untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Sars-CoV-2 tersebut, dengan cara menjaga jarak fisik, meminta masyarakat untuk tidak berkerumun, dan tetap berada di rumah.

Sedangkan bagi pelaku usaha, keramaian merupakan sesuatu yang diharapkan agar usaha mereka bisa laku, dilansir dari Antara.

"Oleh sebab itu, kami juga berusaha untuk bisa membantu para pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 di Pamekasan ini dengan cara memberikan keringanan kepada mereka," ujar Firman.

Caranya, nasabah terdampak COVID-19 diminta mengajukan permohonan kepada Bank Jatim dan pihaknya akan menindaklanjutinya dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan ke lapangan.

Firman menjelaskan, jenis keringanan yang diberikan Bank Jatim kepada nasabah pelaku usaha mikro terdampak COVID-19 itu antara lain penundaan bunga dan denda keterlambatan angsuran.

"Kami sudah menyampaikan hal ini kepada nasabah. Namun hingga kini belum ada yang mengajukan," katanya.

 

Keringanan dari OJK

Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerapkan keringanan atau relaksasi kepada pihak bank bagi nasabah terdampak COVID-19

Kebijakan relaksasi OJK untuk tetap mendorong roda ekonomi di tengah pelemahan ekonomi dampak penyebaran COVID-19 itu tertuang dalam POJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical dan surat edaran OJK kepada Perusahaan Pembiayaan pada awal April 2020 ini.

Kebijakan OJK itu meminta bank atau perusahaan pembiayaan untuk memberikan relaksasi atau keringanan pembayaran kredit bank atau pinjaman leasing bagi debitur atau peminjam yang usaha dan pekerjaannya terdampak langsung atau tidak langsung pandemi COVID-19 ini.

Keringanan pembayarannya bisa dengan penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu cicilan, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit/leasing, konversi kredit/leasing menjadi penyertaan modal sementara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Produk Kreatif yang Tercipta Gara-Gara Corona

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mencegah dan mengurangi dampak corona Covid-19 di Indonesia, pemerintah sudah menerapkan sejumlah kebijakan dan himbauan. Ada social distancing, physical distancing, Work From Hone (WFH), isolasi mandiri dan yang terbaru, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Pada intinya, masyarakat dihimbau untuk lebih banyak berada di rumah. Di Jakarta misalnya, kini jalanan-jalanan yang semula terlihat macet dipagi hari terlihat lengang. Selain berdampak kepada jalanan, tempat keramaian seperti restoran dan mal juga cukup banyak yang tutup atau membatasi jam operasionalnya.

Tentu hal ini juga berpengaruh pada penjualan jasa dan barang yang dilakukan oleh para penggiat usaha yang memang asli Indonesia. Meski begitu mereka tidak mau menyerah begitu saja.  Berbagai brand baik makeup, skincare, fashion maupun makanan berlomba-lomba membuat teknik promosi yang menarik pembeli.

Bahkan ada sejumlah produk baru yang lahir dari ide-ide kreatif para brand maupun pengusaha lokal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam produk kreatif dari para brand serta pengusaha Indonesia yang tercipta karena dampak corona.

1. Kopi 1 Liter

Saat banyak orang melakukan aktivitas di rumah, terutama mereka yang suka minum kopi, tentu bakal lebih lengkap sambil ditemani minuman yang satu ini. Pandemi corona pun membuat kedai kopi di Indonesia melalukan terobosan kreatif, salah satunya dengan meluncurkan produk kopi kemasan botol dalam ukuran besar.

Ada Kopi Tuku yang membuat produk TUKUcur, minuman favorit mereka yang kali ini dikemas dalam botol dengan isi 1 liter. Seperti dilihat di akun Instagram resmi mereka, TUKUcur versi Es Kopi Susu Tetangga sudah bisa dibeli untuk tetangga di Jakarta melalui halaman Tokopedia resmi Toko Kopi Tuku, setiap jam 10 malam.

Produk kopi 1 liter juga diluncurkan Kopisoe. Produk ini dapat bertahan maksimal tiga hari diidalam kulkas. Soeliter tersedia dalan empat rasa atau varian yaitu, Es Kopi Goela Merah, Roegal, Kopi Soe Rum, dan Cokelat. Harganya mulai dari Rp80 ribu sampai Rp103 ribu. Saat ini pemesan hanya dapat dilakukan melalui ojek online di area Jakarta.

"Kedepannya nanti juga akan tersedia di Bandung dan Bali. Kita juga akan memperluas ke beberapa kota lainnya. Kalau situasi sudah kembali normal akan dijual di gerai-gerai KopiSoe. Saat ini kami fokus di penjualan secara delivery dan kopinya dibuat secara fresh sesuai orderan," terang mereka dalam pesan elektronik pada Liputan6.com, Jumat, 17 April 2020.

Yang menarik lagi, tiap pembelian berarti Anda memberikan satu buah masker kain gratis untuk pengemudi ojol yang mengantarkan pesanan Anda. Tujuannya untuk mengurangi pengunaan masker bedah yang diutamakan untuk para tim medis yang saat ini sedang berjuang memberantas corona.

2. Hand Sanitizer Brand Fashion

Produk Kreatif yang Tercipta Karena Corona, Hand Sanitizer BAAE. (dok.Instagram @luxcrime_id/https://www.instagram.com/p/B-g4Ah8ggLy/Henry)
Produk Kreatif yang Tercipta Karena Corona, Hand Sanitizer BAAE. (dok.Instagram @luxcrime_id/https://www.instagram.com/p/B-g4Ah8ggLy/Henry)

Karena mulai langkanya dan mahalnya hand sanitizer, sepertinya hal ini menggelitik hati para penggiat brand kecantikan lokal. Mereka mulai memproduksi hand sanitizer dengan harga yang bersaing.

Salah satunya adalah yang diproduksi Luxcrime yaitu BAAE ((Before Applying Anything Else).Di akun Instagramnya, mereka mengklaim produk ini mengelurkan pecampuran antara Hand Sanitizer Gel & Disinfectant dalam satu kemasan.  Produk bernama Luxcrime BAAE (Before Applying Anything Else) Hand Sanitizer Gel & Disinfectant ini mengandung alkohol 70 persen dan bahan pelembap.

Jadi, Anda tak perlu takut tangan kering dan lembap.Luxcrime memformulasikan bahwa produk ini 99% efektif dalam desinfektan dan membunuh kuman. Produk ini juga tidak memiliki kandungan paraben dan tidak ada bahan kimia berbahaya.

Tak hanya Luxcrime, brand kecantikan lainnya yang membuat hand sanitizer di antaranya adalah, Jarte Beauty, Fanbo, Nivea, Botanina Indonesia, Mustika Ratu dan masih banyak lagi.Yang agak berbeda adalah hand sanitizer dari WCKCD! Cosmetics. Mereka memberikan satu buah hand sanitizer secara gratis untuk setiap transaksi di Tokopedia. Promosi ini sudah berjalan sejak 25 Maret 2020.

3. Masker kain batik

Selain hand sanitizer, masker juga menjadi salah satu benda yang langka saat ini akibat penyebaran corona yang cukup cepat. Bukan hanya masker non-medis, tetapi masker kain pun jarang terlihat.

Hal itu mendorong brand fashion yaitu House of Kain yang biasa menjual pakaian ready to wear dengan kain batik memutuskan untuk menjual masker dengan motif batik. Selain menjual, House of Kain juga membagikan masker secara gratis bagi para pengikut barunya di Instagram yaitu dua buah per akun.

4. Sambal Botol

Produk Kreatif yang Tercipta Karena Corona, Sambal De'So. (dok.Instagram @fooddeso/https://www.instagram.com/p/B-6qStmJLVI/Henry)
Produk Kreatif yang Tercipta Karena Corona, Sambal De'So. (dok.Instagram @fooddeso/https://www.instagram.com/p/B-6qStmJLVI/Henry)

Himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja membuat sejumlah tempat usaha seperti warung makan sepi pengunjung. Hal itu juga dialami oleh Gustu, seorang pemilik warung makan di Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali. Meski ada yang memesan secara online, tapi pemasukannya tetap jauh lebih sedikit dari biasanya.

Namun Gustu tidak berputus asa. Ia tetap menjalankan usaha kulinernya sambil membuat produk baru. Ia berhasil membuat produk sambal khas Food De'so, yang dijual secara online dan juga menjaring reseller. Pilihannya tidak salah, sambal yang dijualnya ternyata sangat laris dan diminati.

"Ide itu muncul setelah usaha aku ini bener bener sepi. Saya bingung karena hutang saya banyak. Terus saya bikin sambal yang bahan utamanya dari sambal yang selama ini dibuat untuk warung makan saya dengan sedikit inovasi dan berbagai macam rasa," terang Gustu saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 17 April 2020.

"Ternyata pas saya jual sambal, banyak yang suka dan bahkan lebih laris dari usaha warung makan saya selama ini. Ya mungkin karena banyak orang yang jarang ke pasar karena lebih banyak di rumah, mereka beli sambal yang sudah matang, Ini dijualnya secara online aja dan bisa juga lewat ojek online," sambungnya.

Hasilnya, usaha sambal botol ukuran 200 gram yang baru dimulai pada awal April 2020 ini sudah laku lebih dari 2.000 botol. Yang terlaris adalah varian 'kerang sauce'. Informasi seputar varian produknya dan untuk pemesanan bisa dilihat di akun Instagram resminya @fooddeso.

Gustu pun makin bersemangat dan akan terus berinovasi untuk membuat varian sambal lainnya dan berharap produknya bisa dijual di banyak daerah. "Tapi saya akan tetap jual online dan reseller karena lebih menjanjikan," ujarnya lagi.

5. Face Shield

Saat harus keluar rumah untuk membeli berbagai keperluan masyarakat diimbau selalu menggunakan masker. Tapi ternyata tak hanya masker, beberapa orang punya cara sendiri untuk melindungi diri mereka ketika harus keluar rumah. Ada yang mengenakan topi pelindung wajah dan mata dari bahan plastik seperti face shield.

Tujuannya untuk mencegah penularan virus melalui droplets (tetesan liur). Belakangan ini bermunculan beragam akun di media sosial yang menjual topi pelindung wajah dan mata. Ada yang menyebutnya dengan face shield karena hanya menjual penutup wajah saja. Ada juga yang menyebutnya dengan topi mika anti droplets karena menjual topi serta face shiled dalam satu paket.

"Semoga sehat selalu. Aku jual topi mika anti droplets yaa. Only 150k (Pre-order/PO 7hari). Jadi penyebaran Covid-19 ini kan melalui droplets/percikan air. Nah berhubung skrg masker medis udh langka dan digantikan dgn masker kain yg gak anti air (cont)," tulis akun @FRUUfruut dalam cuitannya pada 13 April 2020.

Sedangkan yang hanya menjual face shield ada akun Twitter @mbakuki. "Siap dipesan, face shield. Bahan plastik dengan karet di belakangnya. Proses pengerjaan sekitar 4 hari. Harga Rp 15.000 per pcs. Siap kirim seluruh Indonesia. Pengiriman dari Jogja. Kontak admin 0817-963-2995 Terimakasih banyak," cuit mereka pada 14 April 2020.

6. Protection Hat/Topi Corona

Produk Kreatif yang Tercipta Karena Corona, Protection Hat. (dok.Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/B-1GFT1gmxq/Henry)
Produk Kreatif yang Tercipta Karena Corona, Protection Hat. (dok.Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/B-1GFT1gmxq/Henry)

Ada lagi produk yang hampir sama dengan topi mika yaitu topi corona tapi dengan bentuk dan desain yang lebih modis. Artis Cathy Sharon dalam akun Instagram-nya mengunggah foto dirinya sedang mengenakan bucket hat dengan kaca Visor yang menutupi area wajah. Cathy menyebutnya sebagai topi Corona.

"Siap sedia topi Corona kalau sampai harus keluar rumah guys. Yang aku punya dari @alleira_batik biar tetap ❤️Indonesaaah 🇮🇩," tulis Cathy Sharon dalam unggahannya pada 16 April 2020.

Topi perlindungan juga dikenakan menantu SBY, Aliya Rajasa. Topi bermotif batik itu digunakannya juga saat harus keluar rumah.

"Situasi saat ini mengharuskan kita untuk berhati-hati dan menjalankan protokol anti corona pada keseharian kita. Padahal kita masih harus pergi keluar untuk belanja makanan, ke bank dan lain-lain. Nah ada topi proteksi dari Alleira ni, tinggal tambahkan masker dan sarung tangan utk kita aman kegiatan deh..," tulis Aliya dalam unggahannya di Instagram pada 11 April 2020.

Topi dengan Visor yang dipakai keduanya merupakan keluaran dari brand lokal Alleira. Topi bermotif batik iti dilengkapi visor atau kaca yang biasa digunakan untuk kaca helm.

Visor ini bisa dilepas dan dipasang kembali saat ingin dipakai.Dilihat dari Instagram resmi Alleira Batik, produk bernama Protection Hat ini punya beragam motoif dan warna dan dijual seharga Rp299 ribu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Warga Kota Jambi Positif Corona Covid-19 dari Klaster Ijtima Ulama Gowa

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengonfirmasi 2 orang warganya positif terinfeksi corona Covid-19 setelah melalui uji seka PCR (polymerase chain reaction). Kedua orang yang dinyatakan positif itu sebelumnya pernah mengikuti Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Kedua orang pasien yang bersangkutan saat ini masih dirawat intensif di ruang isolasi rumah sakit daerah milik Pemkot dan Pemprov Jambi," kata Syarif Fasha di Jambi, Jumat (17/4/2020).

Lewat keterangan resminya yang disampaikan secara langsung melalui siaran langsung media sosial itu Fasha mengatakan, dua warganya yang positif itu memiliki riwayat perjalanan yang sama, yakni dari klaster Gowa yang berangkat pada 16 Maret dan kembali di Kota Jambi pada 29 Maret 2020.

Selang beberapa hari tiba di Jambi, pasien sempat mengeluh sakit dan berobat di rumah sakit. Setelah diketahui memiliki riwayat perjalanan dari klaster Gowa itu, kemudian keduanya dilakukan uji seka. Hasilnya, pasien pertama diketahui positif pada 15 April 2020 dan dua hari kemudian menyusul hasil positif untuk pasien kedua. 

Kedua orang pasien positif Corona Covid-19 dari Kota Jambi itu, yakni laki-laki berusia 66 tahun dan 63 tahun. Selain memiliki riwayat perjalanan yang sama, keduanya juga merupakan warga Pall Merah Kota Jambi.

Syarif Fasha mengatakan, setelah melalui penelusuran dan pendataan terdapat 34 warga Kota Jambi yang pernah mengikuti rombongan jemaah tablig di Gowa. Mereka semuanya telah dilakukan rapid test tahap pertama dan hasilnya negatif Corona Covid-19.

"Tahap pertama tes cepat hasilnya negatif, tapi ini akan dilakukan rapid test tahap kedua. Kami imbau kepada warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar dan pihak keluarga untuk segera melapor ke puskesmas terdekat," ujar Fasha.

Di Provinsi Jambi Total 8 Kasus Positif Covid-19

Berdasarkan update data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi per 17 April 2020, pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 total berjumlah 8 orang. Jumlah ini mengalami penambahan selama tiga hari secara berturut-turut satu orang.

Dari 8 kasus positif terinfeksi itu, di antaranya mereka berasal dari enam daerah kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Yakni Kabupaten Tebo (1), Bungo (2), Kerinci (1), Tanjungjabung Barat (1), Kota Sungaipenuh (1), dan Kota Jambi (2).

Sementara itu, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) di Provinsi Jambi juga mengalami penambahan 4 orang dari sebelumnya. Per 17 April 2020, jumlah PDP di Jambi mencapai 21 orang. Dari jumlah tersebut yang paling banyak terdapat di Kota Jambi yakni 11 orang.

"Yang masih menunggu uji lab ada 8 pasien," kata Johansyah selaku juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jambi.

 

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menyambut Ramadan dengan Tradisi Lentera Tradisional di Tengah Corona

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza, 15 April 2020. Biasanya menjelang Ramadan, warga Palestina berburu lentera tradisional untuk dijadikan dekorasi. (SAID KHATIB / AFP)
Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza, 15 April 2020. Biasanya menjelang Ramadan, warga Palestina berburu lentera tradisional untuk dijadikan dekorasi. (SAID KHATIB / AFP)

Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza, 15 April 2020. Biasanya menjelang Ramadan, warga Palestina berburu lentera tradisional untuk dijadikan dekorasi. (SAID KHATIB / AFP)

Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 15 April 2020. Karena pandemi Covid-19, keadaan berubah dan tradisi Ramadan pun tidak akan ada. (SAID KHATIB / AFP)
Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 15 April 2020. Karena pandemi Covid-19, keadaan berubah dan tradisi Ramadan pun tidak akan ada. (SAID KHATIB / AFP)

Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan pada 15 April 2020. Karena pandemi Covid-19, keadaan berubah dan tradisi Ramadan pun tidak akan ada. (SAID KHATIB / AFP)

Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza, 15 April 2020. Biasanya menjelang Ramadan, warga Palestina berburu lentera tradisional untuk dijadikan dekorasi. (SAID KHATIB / AFP)
Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza, 15 April 2020. Biasanya menjelang Ramadan, warga Palestina berburu lentera tradisional untuk dijadikan dekorasi. (SAID KHATIB / AFP)

Anggota keluarga Palestina al-Yaqoubi berkumpul di sekitar meja membuat lentera bulan suci Ramadan untuk dijual selama penerapan lockdown di Khan Yunis, di Jalur Gaza, 15 April 2020. Biasanya menjelang Ramadan, warga Palestina berburu lentera tradisional untuk dijadikan dekorasi. (SAID KHATIB / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Dunia Sebut Ekonomi Dunia Berpotensi Alami Resesi Lebih Dalam Akibat Corona

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Bank Dunia David Malpass menyatakan bantuan yang terkumpul untuk mengatasi dampak dari pandemi Corona di seluruh dunia harus diutamakan untuk negara-negara berkembang.

Negara-negara tersebut akan menerima bantuan yang digelontorkan World Bank bekerjasama dengan bank-bank multilateral dan diprioritaskan. Hal ini dikarenakan negara berkembang terhantam paling keras oleh pandemi yang tak kunjung usai ini.

"Kami merespon secara masif kepada negara berkembang, termasuk dalam meningkatkan bantuan finansial dan jaminan-jaminan," ujar Malpass dalam konferensi pers virtual, Jumat (17/4/2020) malam.

Lebih lanjut, Malpass menyatakan fokus program Bank Dunia saat ini berbasis 3 pilar, yaitu menjaga kalangan yang membutuhkan, mendukung dan menyelamatkan lapangan kerja serta membantu negara berkembang mengimplemetasikan operasi darurat untuk memperkuat ekonomi negara.

Karena tak dipungkiri, pandemi ini melukai dan menghantui ekonomi global dalam jangka waktu panjang. Malpass juga menyatakan, tidak menutup kemungkinan dunia akan resesi dan mengalami downturn yang lebih dalam.

Dirinya menekankan kepada seluruh jajaran Bank Dunia dan institusi yang bekerjasama dengan Bank Dunia untuk selalu menyusun rencana menyelamatkan ekonomi yang dapat dilakukan dengan cepat, mencakup secara luas dan dapat langsung dilakukan saat itu juga.

"Kami ingin aksi yang cepat, meluas dan saya ingin menggarisbawahi, ini adalah tugas yang paling penting," katanya.

Sri Mulyani: Negara G20 Bahu-Membahu Atasi Resesi Global Akibat Corona

Menkeu Sri Mulyani melantik 2 pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam pelantikan ini Sri Mulyani menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. (Dok Kemenkeu)
Menkeu Sri Mulyani melantik 2 pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam pelantikan ini Sri Mulyani menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. (Dok Kemenkeu)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa negara-negara G-20 telah sepakat untuk bersama-sama mengatasi resesi yang terjadi akibat pelemahan ekonomi global. Seperti diketahui, ekonomi dunia saat ini diprediksi akan buruk akibat pandemi virus Corona Covid-19.

"(Anggota G-20) bersama-sama akan menggunakan instrumen masing-masing negara maupun mendukung agar trade bisa berjalan dengan baik sehingga ekspor-impor bisa berjalan," kata Menteri Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT Virtual G-20, seperti ditulis Kamis (27/3/2020).

Menteri Sri Mulyani mengatakan di Indonesia sendiri pemerintah tengah memperkuat rantai pasokan di sektor perdagangan. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat kondisi perdagangan khususnya ekspor Indonesia.

Menurutnya di tengah situasi saat ini suplai alat kesehatan sangat dibutuhkan oleh negara-negara lain. China sendiri tengah memperkuat produksi alat kesehatan untuk disuplai ke negara-negara terdampak.

"Indonesia yang memiliki kapasitas produksi alat kesehatan juga akan melakukan percepatan sehingga memungkinkan terjadinya suplai chain," kata dia.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan, Indonesia sendiri telah merespons kondisi pelemahan ekonomi global dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Hal itu dilakukan agar ekonomi domestik tidak tertekan lebih jauh akibat adanya virus Corona.

"Untuk Indonesia kita akan lakukan instrumen bersama-sama dengan BI, OJK dan seluruh instrumen di bidang ekonomi," kata dia.

Relaksasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk meminimalisir dampak buruk dari penyebaran virus Corona ke ekonomi Indonesia, pemerintah sudah merelaksasi kebijakan moneter dan fiskal. Di mana saat ini sedang memfinalkan berbagai paket stimulus ekonomi.

"Saat ini kami sedang memfinalkan seluruh paket yang sudah disampaikan beberapa pihak dan KL pemda, untuk bisa formulasikan kebijakan fiskal yang tepat termasuk paket ketiga dan keseluruhan untuk bisa dukung penanganan covid-19," kata dia.

Di sisi lain pemerintah juga berencana untuk melebarkan defisit APBN. Hal itu dilakukan untuk menekan dampak buruk dari mewabahnya virus corona.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sambut Ramadan, Ini yang Disiapkan Muslim Palestina

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci ramadan adalah bulan spesial bagi seluruh umat muslim di dunia. Di tengah pandemi corona, warga palestina menyiapkan sesuatu yang istimewa jelang bulan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung Juventus, Maurizio Sarri Akui Pernah Bertengkar dengan Pemain Chelsea

Posted: 17 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Maurizio Sarri kembali menceritakan masa-masa buruknya bersama Chelsea. Meski memberikan gelar juara Liga Europa, tapi Sarri hanya satu musim bersama The Blues.

Maurizio Sarri mengaku memang tak akur dengan pemain Chelsea saat itu. Prestasinya di Chelsea tidaklah buruk.

Dia mampu membawa Chelsea lolos ke zona Liga Champions dan juara Liga Europa. Namun dia putuskan pulang ke Italia dan melatih Juventus.

"Semakin tinggi Anda panjat tangga, semakin sulit Anda menjaga hubungan dengan pemain," ujar Maurizio Sarri seperti dikutip Football Italia.

"Lingkungan Anda berubah banyak dan butuh waktu lebih lama untuk membangun hubungan baik. Saya konflik dengan pemain, tapi saat saya bilang akan pergi, pemain menangis."

 

Tegas

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (AFP/Jonathan Nackstrand)
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Sarri mengakui bukan tipikal pelatih yang suka kompromi. Dia juga tak pernah bilang hal-hal baik dari pemain.

"Saya bukan orang yang biasa mengelus-elus pemain. Saya lebih banyak bicara apa kesalahan mereka, bukan kebaikan mereka," kata Sarri.

"Orang-orang yang akan pensiun dari sepak bola terkadang tanya saya tips bagaimana melatih."

 

Jatuh Cinta

 

Meski tak suka dengan gaya hidup di Inggris. Namun Sarri mengakui dia jatuh cinta dengan sepak bola di negeri Ratu Elizabeth itu.

"Pemain muda banyak mendapatkan kesempatan di Inggris, tidak hanya di sepak bola. Saya rindu Liga Inggris. Sepak bola mereka punya level tinggi dan atmosfer luar biasa," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: