Minggu, 12 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


4 Cara Cek Pulsa 3 Serta Mendapatkan Kuota Gratis, Mudah dan Praktis

Posted: 12 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara cek pulsa 3 penting diketahui bagi kamu pengguna operator seluler ini. 3 atau Tri merupakan salah satu operator seluler yang beroperasi di Indonesia. Meski terbilang baru di antara operator seluler lainnya, 3 mampu memikat banyak pengguna.

3 Kerap memberikan promo baik itu pulsa SMS, data, hingga telepon. Kamu pastinya harus tahu bagaimana cara cek pulsa 3 dengan benar. Cara cek pulsa 3 ini bisa memberimu informasi seputar pulsa yang kamu punya.

Kamu juga bisa mengecek kuota dan bonus yang diberikan oleh operator ini. Ada tiga cara cek pulsa 3 dengan mudah. Cara cek pulsa 3 bisa kamu lakukan sewaktu-waktu untuk melihat penggunaan pulsamu.

Bagi kamu pengguna baru 3, kamu mungkin belum tahu cara cek pulsa 3. Berikut 4 cara cek pulsa 3 yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/4/2020).

Cara cek pulsa 3 lewat dial-up

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Cara cek pulsa 3 paling mudah adalah lewat dial-up menggunakan kode yang telah ditentukan. Kode ini biasa disebut kode USSD atau UMB. Kode USSD biasa dikenal menggunakan * (bintang), nomor, lalu # (pagar). Berikut caranya:

1. Masuk ke menu dial-up seperti saat ingin menelepon biasa.

2. Ketikkan kode *111# lalu tekan call atau ok/yes.

3. Kamu akan di bawa pada opsi pengecekan saldo. Pilih opsi cek pulsa, biasanya ada pada opsi 1. Pilih lalu tekan ok.

4. Tunggu hingga muncul informasi sisa pulsa yang kamu miliki.

5. Untuk lebih cepat, kamu juga bisa mengetik kode *111*1# dengan kode ini kamu akan langsung dibawa pada informasi sisa pulsa yang kamu miliki.

Cara cek pulsa 3 lewat SMS

Ilustrasi SMS (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi SMS (sumber: iStockphoto)

Selain lewat kode dial-up, kamu juga bisa cara cek pulsa 3 lewat SMS. Tak perlu khawatir pulsa terpotong, cara cek pulsa 3 lewat SMS ini gratis. Kamu cukup mengirim format SMS ke nomor yang telah ditentukan. Berikut caranya:

1. Buka menu SMS pada ponsel

2. Ketikkan info (spasi) data.

3. Kirim SMS ke 234

4. Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan SMS balasan.

5. Balasan SMS akan berisi pulsa yang kamu miliki dan masa aktif kartumu.

Cara cek pulsa 3 lewat aplikasi

Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Cara cek pulsa 3 paling baru adalah lewat aplikasi Bima+. Bima+ merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh PT Hutchison 3 Indonesia khusus untuk pelanggan 3. Bima+ memiliki layanan yakni musik, games, movie, dan &Co. Selain itu di Bima+ kamu juga dapat mendapatkan promo-promo menarik untuk smartphonemu. Untuk melakukan cara cek pulsa 3 lewat aplikasi, kamu harus memiliki koneksi internet, ya.

Di sini kamu juga bisa membeli kuota internet, telepon, dan SMS. Salah satu fitur penting di aplikasi ini adalah fitur cek pulsa. Saat kamu masuk ke aplikasi, Bima+ akan secara otomatis memberikan informasi mengenai sisa pulsa yang kamu miliki. Berikut caranya:

1. Instal aplikasi Bima+ di Play Store atau Appstore.

2. Lakukan registrasi nomor. Masukkan nomor dan informasi seperti nama.

3. Setelah berhasil teregistrasi, kamu akan dibawa ke halaman utama. Di halaman utama ini kamu bisa melihat sisa pulsamu. Tak cuma itu, di halaman utama ini kamu juga bisa mengetahui sisa pulsa internet, SMS, dan telepon. Kamu juga akan mengetahui jumlah BonsTrimu.

BonsTri memungkinkan pelanggan 3 mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar dapat ditukarkan dengan promo-promo menarik salah satunya cara dapat kuota gratis 3.

Cara cek pulsa 3 lewat web

Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa melakukan cara cek pulsa 3 lewat web. Cara ini bisa kamu lakukan di browser hp atau pc. Cara ini mirip dengan cara cek pulsa 3 lewat aplikasi. Berikut caranya:

1. Buka laman https://bima.tri.co.id/

2. Lakukan registrasi dengan memasukkan nomor 3 mu.

3. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS.

4. Masukkan kode tersebut. Lalu kamu akan dibawa ke halaman utama mirip dengan tampilan pada aplikasi Bima+

5. Di halaman utama ini kamu akan mendapatkan informasi seputar sisa pulsa, paket internet, telepon, SMS, dan BonsTri.

Cara mendapatkan kuota gratis 3 lewat BonsTri

ilustrasi mengecek handphone/Photo by Porapak Apichodilok from Pexels
ilustrasi mengecek handphone/Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

BonsTri ini mirip dengan program Telkomsel Poin pada Telkomsel. BonsTri memungkinkan pelanggan 3 mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar dapat ditukarkan dengan promo-promo menarik salah satunya cara dapat kuota gratis 3.

BonsTri ini juga memiliki level loyality tersendiri untuk penggunanya. Level ini berdasarkan pada lamanya pelanggan menggunakan layanan 3. Ada 4 level pengguna BonsTri yaitu Classic, Super, Master, dan Legend. BonsTri ini merupakan bentuk terima kasih 3 kepada pelanggan setianya.

Ada berbagai macam penawaran di BonsTri salah satunya adalah kuota gratis. Kamu dapat menukarkan poin BonsTri-mu dengan kuota gratis lewat aplikasi Bima+ yang sudah kamu download sebelumnya.

- Buka aplikasi Bima+.

- Pada tampilan awal layar, aka nada pilihan BonsTri dengan rincian jumlah BonsTri kamu- Pilih pilihan BonsTri.

- Lalu pilih tukar poin. Pada tampilan ini kamu akan diperlihatkan penawaran apa saja yang kamu dapatkan.

- Kemudian cari produk berupa penawaran penukaran kuota, jika sudah ketemu klik tombol Tukar-nya.

- Pilih poin BonsTri sejumlah syarat yang akan dibutuhkan untuk melakukan penukaran, kemudian lanjutkan klik tombol Tukar sekali lagi.

- Kamu juga bisa menukarkan BonsTri dengan penawaran lain seperti voucher, souvenir, atau hadiah menarik lainnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Tes PCR Corona Diperbanyak 10.000 Spesimen Per Hari

Posted: 12 Apr 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar tes untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) diperbanyak. Jokowi tak mau ada penumpukan pemeriksaan sampel khususnya di daerah episentrum penyebaran virus corona.

Menurut dia, hingga kini tes PCR di Indonesia sudah mencapai 26.500 spesimen. Namun, Jokowi meminta agar ke depannya tes PCR corona dapat dilakukan terhadap 10.000 spesimen setiap harinya.

"Tes PCR sampai hari ini juga sudah menjangkau 26.500 tes, ini juga lompatan yang baik, tapi saya ingin setiap hari paling tidak kita bisa mengetes lebih dari 10 ribu (spesimen)," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Senin (13/4/2020).

Dia mengatakan bahwa Kementeriam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah mengadakan 18 buah alat tes PCR. Jokowi ingin setidaknya ada tiga alat yang dapat dipakai untuk tes PCR dalam pekan ini.

"Sehari satu alat bisa 500 PCR. Berarti kalau 18 (alat), berarti per hari bisa mengetes 9.000 PCR per harinya. Ini sangat baik," ucap Jokowi.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Data Corona Terintegrasi

Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di sisi lain, Jokowi juga meminta agar data-data informasi terkait virus corona terintegrasi dan terbuka di semua kementerian. Sehingga, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP), jumlah pasien positif, jumlah pasien meninggal, dan sembuh terdata dengan baik.

"Harusnya ini setiap hari bisa di-update dan lebih terpadu," ucapnya.

"Sekali lagi data terpadu ini menyangkut PDP, ODP, yang positif, kemudian yang sembuh, yang meninggal, jumlah yang sudah di- PCR berapa, ada semuanya dan terbuka hasilnya," sambung Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Liverpool dengan Trofi Terbanyak

Posted: 12 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liverpool - Liverpool racikan Jurgen Klopp salah satu tim paling menarik di dunia sepak bola. Meski butuh waktu yang lama untuk membentuk tim impian, buah kesabaran Klopp selama empat tahun dibayar lunas sekarang.

Liverpool sukses masuk final Liga Champions berturut-turut pada 2018 dan 2019. The Reds juga sukses menyabet trofi Liga Champions 2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Antarklub 2019.

The Reds juga semakin dekat gelar pertama di Premier League. Klub Merseyside Merah itu unggul 25 poin di puncak klasemen.

Liverpool hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar. Sayang, kiprah mereka di Premier League terpaksa terhenti karena pandemi virus corona. Otoritas Premier League masih menunggu perkembangan pandemi virus corona untuk memutuskan kelanjutan liga. 

Rataan skuat yang berada di usia emas menjadi satu di antara faktor kegemilangan Liverpool musim ini. Selain itu ada juga peran pemain yang pernah merasakan banyak trofi juara sebelumnya.

Tercatat ada lima pemain Liverpool yang telah memenangkan lebih dari enam trofi. Berikut Bola.com merangkum lima pemain tersebut yang dilansir dari Sportskeeda, Minggu (12/4/2020).

1. Xherdan Shaqiri - 17 Trofi

Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri.  (AFP/Javier Soriano)
Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri. (AFP/Javier Soriano)

Swiss Super League  (2009/2010, 2010/2011, 2011/2012)

Swiss Cup  (2009/2010, 2011/2012)

Bundesliga (2012/2013, 2013/2014, 2014/2015)

DFB Pokal (2012/2013, 2013/2014)

Liga Champions (2012/2013, 2018/2019)

Piala Super Jerman  (2012)

Piala Super Eropa  (2013, 2019)

Piala Dunia Antarklub  (2013 2019)

2. James Milner - 9 Trofi

Gelandang Liverpool, James Milner mengangkat Piala Super Eropa 2019 setelah mengalahkan Chelsea  pada pertandingan Piala Super Eropa 2019  di Besiktas Park, di Istanbul (15/8/2019). Liverpool menang adu penalti atas Chelsea 5-4 (2-2). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Gelandang Liverpool, James Milner mengangkat Piala Super Eropa 2019 setelah mengalahkan Chelsea pada pertandingan Piala Super Eropa 2019 di Besiktas Park, di Istanbul (15/8/2019). Liverpool menang adu penalti atas Chelsea 5-4 (2-2). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

UEFA Intertoto Cup (2006)

Premier League  (2011/2012, 2013/2014)

Piala FA  (2010/2011)

Piala Liga (2013/2014)

Community Shield (2012)

Liga Champions (2018/2019)

Piala Super Eropa (2019)

Piala Dunia Antarklub (2019)

3. Alex Oxlade-Chamberlain - 9 Trofi

Selebrasi pemain Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada leg pertama perempat final Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (4/4). Liverpool menang tiga gol tanpa balas. (Peter Byrne/PA via AP)
Selebrasi pemain Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada leg pertama perempat final Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (4/4). Liverpool menang tiga gol tanpa balas. (Peter Byrne/PA via AP)

Piala FA (2013/2014, 2014/2015, 2016/2017)

FA Community Shield  (2014, 2015, 2017)

Liga Champions (2018/2019)

Piala Super Eropa (2019)

Piala Dunia Antarklub (2019)

4. Takumi Minamino - 9 Trofi

Pemain Liverpool, Takumi Minamino, berlari saat melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Premier League di Stadion Molineux, Kamis (23/01/2020). Liverpool menang dengan skor 2-1. (AP/Rui Vieira)
Pemain Liverpool, Takumi Minamino, berlari saat melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Premier League di Stadion Molineux, Kamis (23/01/2020). Liverpool menang dengan skor 2-1. (AP/Rui Vieira)

Austrian Bundesliga (2014/2015, 2015/2016, 2016/2017, 2017/2018, 2018/2019)

Austrian Cup (2014/2015, 2015/2016, 2016/2017, 2018/2019)

5. Georginio Wijnaldum - 7 Trofi

Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum berselebrasi dengan Trent Alexander-Arnold setelah mencetak gol ke gawang Barcelona pada laga kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Selasa (7/5/2019).  Liverpool sukses melaju ke final Liga Champions usai menghajar Barcelona 4-0. (AP/Emilio Morenatti)
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum berselebrasi dengan Trent Alexander-Arnold setelah mencetak gol ke gawang Barcelona pada laga kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Selasa (7/5/2019). Liverpool sukses melaju ke final Liga Champions usai menghajar Barcelona 4-0. (AP/Emilio Morenatti)

Piala Belanda (2007/2008, 2011/2012)

Piala Super Belanda (2013)

Eredivisie (2014/2015)

Liga Champions (2018/2019)

Piala Super Eropa (2019)

Piala Dunia Antarklub (2019)

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Yus Mei Sawitri, Published 13/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bent Dukung Rencana Grealish Pindah MU

Posted: 12 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Birmingham - Darrent Bent mendukung rencana Jack Grealish untuk pindah ke MU atau Manchester City. Eks striker Aston Villa itu menilai Grealish sudah waktunya pindah ke klub yang lebih besar.

MU dan Manchester City terdepan untuk mendapatkan Grealish. Mereka dikabarkan siap merogoh kocek dalam untuk pemain asal Inggris tersebut.

Maklum, musim ini penampilan Grealish semakin meningkat. Ia mampu mencetak sembilan gol dari 30 laga di semua kompetisi.

"Ada tiga klub yang saya pikir cocok untuk Grealish. Yakni MU, Manchester City dan mungkin Tottenham Hotspur," kata Bent seperti dilansir Manchester Evening News.

"Namun saya sarankan agar Grealish memilih MU. Saya pikir dia harus pindah apalagi jika Villa degradasi."

 

Pujian

Kabarnya, Setan Merah siap mengeluarkan dana hingga 80 juta pound untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut. (AFP/Adrian Dennis)
Kabarnya, Setan Merah siap mengeluarkan dana hingga 80 juta pound untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut. (AFP/Adrian Dennis)

Bent juga tak sungkan memuji Grealish yang dianggapnya terus bersinar meski Villa terpuruk.

"Dia pemain yang luar biasa. Saya senang dia bertahan di Villa meskipun ada peluang pergi saat di Divisi Championship," kata Bent.

"Grealish pemain bertalenta yang selalu bisa membuat peluang. Saya pikir harganya terlalu mahal untuk dua klub Manchester," katanya menambahkan.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Terancam Alami Krisis Jumlah Petani dalam 10 Tahun Mendatang

Posted: 12 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini keadaan pertanian Indonesia mengalami penurunan dalam segi pelaku petaninya. Jika terus begitu, maka 10 tahun yang akan datang Indonesia akan mengalami krisis petani, karena petani-petani di Indonesia umurnya sudah mendekati umur kurang produktif.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, melalui keterangan virtual video, Senin (13/4/2020).

Oleh karena itu pihaknya dibawah Kementerian Pertanian menetapkan Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) yang berjumlah 67 orang dari berbagai provinsi di Indonesia.

Diketahui untuk DPM berusia 19-39 tahun yang menekuni bidang pertanian dari hulu ke hilir dan adaptif dengan perubahan teknologi dan informasi, dan DPA di atas 39 tahun yang memiliki kemampuan pioner di bidang agribisnis.

"Dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas untuk memajukan pertanian Indonesia secara modern dan berorientasi ekspor agar Indonesia menjadi negara agraris yang mandiri pangan," ujarnya.

Dia mengeluhkan karena jumlah pertanian milenial yang umurnya 19-39 tahun mengalami penurunan setiap tahunnya. Bahkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah petani milenial yang umurnya 19-39 tahun itu menurun terus, untuk contoh seperti tahun 2017 ke tahun 2018 ada penurunan kurang lebih 415 ribu petani milenial. oleh karena itu, ia mengatakan hal tersebut menjadi tantangan untuk meningkatkan petani-petani milenial.

"Pentingnya duta pertanian mienial DPM dan Andalan DPA khusus ditengah wabah covid 19. Jadi ternyata petani milenial itu gak nyampe 10 persen dari total petani kita yang berjumlah 33,4 juta petani dan sebagian lagi sudah masuk usia tua, nah itulah permasalahan kita," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kurang Produktif

Total luas sawah Kabupaten Lampung Selatan yang bakal masuk LP2B geospasial seluas 36.052 hektar dari luas lahan sawah Lampung Selatan 45.575 hektar.
Total luas sawah Kabupaten Lampung Selatan yang bakal masuk LP2B geospasial seluas 36.052 hektar dari luas lahan sawah Lampung Selatan 45.575 hektar.

Sementara itu, saat ini petani-petani di Indonesia umurnya sudah mendekati kurang produktif dan umurnya banyak yang mendekati umur 56-60 tahun, dan ini fase kurang produktif, sementara penambahan petani muda masih tersendak.

Padahal yang namanya pembangunan pertanian di zaman modern apalagi di era 4.0, petani milenial itu mutlak, karena  mereka pasti melek teknologi, dan cerdas.

Oleh karena itu regenerasi itu mutlak harus dilakukan, mau tidak mau,  suka tidak suka, mampu tidak mampu harus meregenerasi petani kepada petani milenial dan petani andalan, karena merekalah yang paling berperan dalam pembangunan pertanian Indonesia ke depan.

"Sekarang generasi muda sudah mulai nampak kontribusinya pada pembangunan pertanian, karena memang petani milenial dan petani andalan berperan penting dalam peningkatan generasi muda, selain itu mereka sebagai pelopor dan contoh kepada generasi muda yang lain agar terjun kepertanian, khususnya agribisnis," pungkasnya.    

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyebab Antrean Panjang di Stasiun Bogor

Posted: 12 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Antrean penumpang terjadi Senin (13/4) pagi di stasiun Bogor. Antrean terjadi karena masih banyaknya warga yang masih bekerja dan pembatasan penumpang di dalam kereta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Tahlilan Pasien Positif Corona, Puluhan Warga di Bogor Jadi ODP

Posted: 12 Apr 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Puluhan warga di Desa Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor menjalani isolasi mandiri karena berstatus orang dalam pengawasan (ODP) Coronavirus Disease atau Covid-19.

Mereka diketahui ikut dalam acara tahlilan seorang warga yang dinyatakan positif Covid-19 setelah meninggal dunia pekan lalu.

"Sebetulnya kita inisiatif sendiri meminta warga yang ikut tahlilan untuk mengisolasi mandiri di rumah," kata Sekretaris Camat Ciseeng, Heri Risnandar saat dihubungi wartawan, Senin (13/4/2020).

Namun untuk keluarga terdekat seperti anak dan istri serta pembantunya akan menjalani rapid test hingga test swab hari ini.

"Utamanya mereka dulu, karena mereka kontak langsung dengan almarhum," kata dia.

Menurutnya, saat ini pengurus RT/RW masih melakukan penelusuran siapa saja yang pernah ikut tahlilan selama tujuh hari di rumah almarhum.

"Sepertinya ga lebih dari 30 orang. Yang datang kan hanya warga sekitar RT situ saja," ucapnya.

Heri mengungkapkan, warganya kini berstatus ODP setelah Pemerintah Kabupaten Bogor mengumumkan jika almarhum positif Covid-19.

Almarhum sempat dirawat di RSUD Cibinong karena sakit jantung. Meski begitu, pasien tersebut dilakukan test swab untuk mengetahui kemungkinan ada virus corona.

Beberapa hari setelah diambil sampel dahak di tenggorokan, pasien tersebut meninggal. Kemudian almarhum dimakamkan di pemakaman keluarga di kawasan Cibinong.

 

Pemakaman Tanpa Protocol Covid-19

Proses pemakaman pun dilakukan seperti biasa tanpa ada penanganan khusus layaknya memakamkan jenazah pasien Covid-19. Karena diagnosa dokter pasien sakit jantung dan almarhum juga sebelumnya bukan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Setelah jenazah dimakamkan, keluarga almarhum pulang ke Ciseeng dan malam harinya menggelar tahlilan selama tujuh hari yang dihadiri warga sekitar.

Seminggu kemudian atau setelah selesai tahlilan, hasil test swab keluar dan almarhum dinyatakan positif COVID-19.

"Setelah Pemkab Bogor mengeluarkan informasi kalau almarhum ternyata positif corona, ya warga kaget," ujar Heri.

Namun demikian, warga sudah diimbau untuk tidak panik. Mereka yang pernah ikut tahlilan untuk melakukan isolasi mandiri dan bagi yang mengalami gejala klinis untuk segera melapor ke pihak desa maupun puskesmas.

"Ga perlu panik, yang penting diam di rumah dan jaga jarak," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Merawat Mobil saat PSBB, Sederhana Tapi Penting Diperhatikan

Posted: 12 Apr 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips merawat mobil saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), bagi Anda yang tinggal di daerah yang telah menerapkan PSBB tersebut, haruslah sangat diperhatikan. Dan peraturan ini memaksa Anda untuk terpaksa tidak menggunakan kendaraan Anda. Sehingga tidak ada salahnya jika tips merawat mobil saat PSBB Anda terapkan, agar kondisi mobil tetap prima.

Dalam hal merawat dan menjaga performa kendaraan Anda, terutama mobil, cukuplah penting. Mengingat kondisi kelistrikan dan mesin yang akan berhenti beroperasi selama PSBB yang jangka waktunya cukup lama. Tips merawat mobil saat PSBB bertujuan agar Anda terhindar dari masalah seperti mobil kehabisan tenaga pada aki, atau kondisi lainnya seperti rem mobil yang menjadi lengket.

Mungkin beberapa dari Anda menganggap enteng tentang bagaimana tips merawat mobil saat PSBB. Namun, perihal bagaimana harusnya Anda merawat mobil saat PSBB sebenarnya merupakan faktor penting untuk menjaga mobil Anda agar selalu dalam keadaan normal.

Berikut Liputan6.com telah merangkum apa saja tips merawat mobil saat PSBB yang mudah namun berdampak besar bagi mobil Anda, Senin (13/4/2020).

Tips merawat mobil saat PSBB agar performa tetap prima

Parkir mobil bisa lebih mudah dengan rem tangan elektronik. (Foto: Shutterstock)
Parkir mobil bisa lebih mudah dengan rem tangan elektronik. (Foto: Shutterstock)

1. Jangan menggunakan rem tangan

Hal sederhana pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil terutama saat PSBB, Anda bisa melepas penggunaan rem tangan. Rem tersebut memiliki kontak langsung dengan disc brake pada yang menahan beban laju kendaraan.

Namun kondisi ruangan garasi yang terkadang lembab dan panas menyebabkan masalah yang tidak baik bagi keawetan konidisi pada karet kampas rem. Maka hal tersebut ditakutkan dapat menyebabkan masalah seperti karet menjadi lengket pada disc brake dan akan macet saat digunakan. Hal ini akan berbahaya jika Anda tidak menyadarinya namun tetap digunakan, karena bisa menyebabkan kecelakaan.

2. Masukkan transmisi mobil ke posisi "P"

Jika mobil Anda merupakan mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau matic, sangat disarankan untuk Anda memasukkan transmisi mobil pada posisi "P" atau Parking. Karena pada posisi ini, mobil tidak akan bergerak, walaupun tidak Anda gunakan rem tangan.

3. Ganjal ban mobil

Jika Anda memiliki mobil dengan transmisi manual, jika tidak menggunakan rem maka mobil akan menggelinding, karena tidak ada fitur "Parking" pada mobil manual seperti yang dimiliki mobil dengan transmisi otomatis. Sehingga agar Anda tidak perlu menggunakan rem saat memarkir mobil dengan jangka waktu cukup lama di dalam garasi, lebih baik Anda mengganjal ban mobil dengan batu atau balok kayu yang cukup besar, agar mobil Anda tetap berdiam di tempat.

Memang, ada juga yang memasukkan gigi mobil, lalu sengaja mobil tersebut dimatikan, tujuannya karena mobil manual yang pada posisi mati namun giginya masuk, maka tidak akan bisa jalan atau akan stuck di satu tempat. Memang sah-sah saja jika hal tersebut dilakukan, namun akan berbahaya dan dapat merusak part-part didalam mesin mobilk.

4. Tambah tekanan angin pada ban

Tujuan dari penambahan tekanan angina pada ban, tentu agar kondisi ban yang lama tidak digunakan tersebut dapat selalu dalam keadaan prima. Dengan melakukan penambahan tekanan angin pada ban, mobil Anda akan terhindar dari kerusakan pada ban di beberapa bagian-bagian tertentu, yang dikarenakan oleh tidak meratanya tekanan pada ban lalu ditambah oleh distribusi beban badan mobil yang mungkin tidak sama pada saat di parkir pada saat PSBB.

5. Panaskan mesin dan nyalakan AC mobil

Hal ini sangat penting bagi manjaga performa mobil Anda. Yaitu dengan rutin memanaskan mesin mobil di ruang terbuka, lalu nyalakan AC mobil, dengan tujuan agar saluran pada AC mobil tetap terjaga kondisinya dan selalu pada keadaan prima.

Cukup dua kali seminggu untuk memanaskan mobil Anda. Durasinya juga tidak perlu terlalu lama. Cukup selama 20 menit sembari menginjak pedal gas secara perlahan dan berulang-ulang, dengan batas mencapai 2.000 Rpm.

Tips merawat mobil saat PSBB agar penampilan tetap terjaga

Ilustrasi Cara membersihkan kaca jendela mobil luar. (Microfiber Wholesale)
Ilustrasi Cara membersihkan kaca jendela mobil luar. (Microfiber Wholesale)

1. Parkir pada lokasi beratap

Saat Anda memarkir mobil, hendaknya parkir pada lokasi yang terdapat atap pada bagian atasnya. Hal ini bertujuan agar mobil terhindar dari benda-benda yang terjatuh dari atas, seperti kotoran burung.

Selain itu dengan adanya atap akan menghindarkan cat mobil menjadi kusam. Kusam pada cat mobil dapat terjadi jika mobil Anda terkena hujan dan kondisi dingin, lalu keesokan harinya terkena panas matahari. Dan jika kondisi tersebut terus menerus dibiarkan, maka akan menyebabkan penampilan mobil akan kurang sedap dipandang.

Jika memarkir mobil, jangan juga Anda parkirkan mobil pada lokasi seperti dibawah pohon. Memang akan cukup teduh, namun akan berbahaya, terutama saat terjadi hujan deras yang beririko menyebabkan pohon tumbang dan dapat menimpa mobil Anda.

2. Gunakan pelindung tambahan

Untuk membantu menjaga kondisi mobil pada bagian luar, maka Anda dapat menambahkan selimut mobil. Tujuannya agar membantu mobil Anda tetap bersih dan terhindar dari debu yang dapat menempel pada kaca dan cat mobil. Kondisi tersebut ditakutkan akan menimbulkan jamur pada kaca mobil dan bodi mobil.

Selain berguna untuk menjaga tampilan mobil, pelindung tambahan ini akan berguna jika Anda tidak memiliki garasi yang tertutup, karena beberapa produk selimut mobil mampu menahan paparan panas matahari yang dapat merusak bagian luar mobil hingga bagian dalam pada mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Polisi Beber Buku Tere Liye jadi Barang Bukti Vandalisme Kelompok Anarko

Posted: 12 Apr 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warganet mengritisi tindakan Kepolisian Resor Banjar, Jawa Barat, yang menjadikan buku Tere Liye sebagai barang bukti aksi vandalisme tiga pemuda di kota tersebut.

Buku yang dimaksud bertajuk "Negeri Para Bedebah" karya Tere Liye. Dalam unggahan di akun Instagram resmi Humas Polda di @humaspoldajabar, menunjukkan sebuah foto polisi yang tengah melakukan konferensi pers penangkapan kelompok pemuda yang malakukan vandalistis.

Dalam foto itu tiga orang polisi tengah menenteng beberapa buku yang salah satunya buku Tere Liye. Di depan ketiga polisi tersebut ada meja yang diatasnya bertuliskan "Barang Bukti".

Di bingkai foto itu, akun resmi Humas Polda Jawa Barat menuliskan "Polres Banjar Bekuk Empat Pelaku Vandalisme".

Posting-an yang diunggah pada Minggu (12/4/2020) itu sontak mendapatkan kritik pedas warganet.

Akun @rafiansyahpratma menuliskan, "Anarko mana yang baca bukunya tere liye pak? anarko mana yang ngerasain kesenjangan rindu sampai serapuh itu?".

Sementara akun @zeinrasyid menuliskan, "Lucu banget buku jadi barang bukti".

Hal yang sama juga dijumpai dalam Twitter. Aksi polisi ini tersebut dikecam oleh warganet. Seperti halnya yang ditularkan akun @mengampus yang menuliskan, "Bener bener masa Buku sejenis Tere Liye, Sebuah Seni untuk Bersikap Bodoamat, Syeikh Siti Jenar, dijadikan barang bukti?? jelas jelas isi bukunya jauh berbeda dari judul. Gini nih cuma baca dari cover doang, gimana minat baca indonesia mau maju".

Unggahan tersebut juga ramai dikomentari. Akun @Cherryybombbs misalnya menuliskan, "Aku punya buku tere liye dan sebuah seni untuk bersikap bodo amat, apakah aku dianggap barudak anarko juga pak pulisi?:(".

Begitu pun dengan akun @hiyundaw yang membubuhkan komentar dalam unggah itu, "Rajin membaca jadi pandai, malas membaca jadi polis. Menohok sekali".

Akun Twitter @mas__piyuuu juga turut menarasikan, "Netizen HEBOH.. Ada Buku Tere Liye Yang Jadi Barbuk Pelaku Vandalisme "Anarko" di Kota Banjar".

Sementara itu, Kadivhumas Polda Jawa Barat Kombes Sapto Erlangga mengatakan bahwa buku-buku tersebut bukan dijadikan barang bukti. Melainkan hanya barang-barang yang diamankan dari ketiga tersangka.

"Ya itu kan yang diamankan. Barang buktinya itu kan yang ditembok itu vandalisme," kata Erlangga kala dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (13/4/2020).

Erlangga menuturkan bahwa tak ada kaitannya isi buku tersebut dengan tindakan vandalisme yang dilakukan ketiga tersangka.

"Yak gak ada, hanya barang yang diamankan," ungkapnya.

 

Dihapus

Warganet mengritisi tindakan Kepolisian Resor Banjar, Jawa Barat, yang menjadikan buku Tere Liye sebagai barang bukti aksi vandalisme tiga pemuda di kota tersebut. (dok. Polda Jabar)
Warganet mengritisi tindakan Kepolisian Resor Banjar, Jawa Barat, yang menjadikan buku Tere Liye sebagai barang bukti aksi vandalisme tiga pemuda di kota tersebut. (dok. Polda Jabar)

 

Namun unggahan @humaspoldajabar itu saat Liputan6.com kembali mengaksesnya pukul 9.25 WIB sudah tak bisa. Kemungkinan posting telah dihapuskan oleh pemilik akun.

Selain memampangkan buku Tere Liye, dalam gambar tersebut polisi juga menunjukkan buku Coret-coret Di Toilet karya Eka Kurniawan. Di samping juga bukan fenomenal "Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat" tulisan Mark Manson. Buku dengan tajuk "Syekh Siti Jenar Sang Kontroversial" karya Susatyo B. Wibowo juga turut dipamerkan dalam kesempatan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masker Kain Bisa Turunkan Risiko Penularan Corona Covid-19, Ini Penjelasannya

Posted: 12 Apr 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan masker bagi semua masyarakat dinilai menjadi salah satu cara untuk menekan penularan Corona Covid-19. Terutama saat ini terdapat beberapa kasus positif tak bergejala sehingga sulit mengenali apakah seseorang terjangkit atau tidak.

Dokter M. Hud Suhargono, Humas Keluarga Penyangga Indonesia mengatakan bahwa individu yang tak bergejala dan bebas berinteraksi dengan lainnya berpotensi menularkan ke orang lain terutama yang rentan.

"Kami menilai ketika aturan social dan physical distancing sukar diterapkan, maka penggunaan masker kain untuk umum dinilai cukup efektif untuk menurunkan risiko penularan COVID-19," kata Hud dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com.  

Hud mengatakan, Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat telah merekomendasikan penggunaan masker kain buatan sendiri untuk alternatif penggunaan masker bagi masyarakat pada awal April 2020.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Masker Salah Satu Strategi Pencegahan

CDC mengatakan bahwa masker bedah dan N95 sebaiknya digunakan oleh tenaga kesehatan di fasilitas medis karena keterbatasan jumlah.

"Masker sebaiknya digunakan oleh semua orang, bukan hanya orang yang sedang sakit batuk, pilek, dan panas," kata Hud.

Sosialisasi penggunaan masker kain pada masyarakat ini merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan diri sendiri, serta keluarga dan orang lain di sekitarnya.

"Yang perlu ditekankan dalam kampanye penggunaan masker kain untuk publik ini adalah, bahwa masker adalah bagian satu paket strategi pemutusan rantai penularan COVID-19 ini, di samping strategi utama yaitu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan social dan physical distancing, serta lebih banyak melakukan kegiatan di rumah," kata Hud dalam pesannya. 

Sumber: Kanal Health Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

189 Ribu Pekerja Sektor Parekraf Terdampak COVID-19 Diusulkan Dapat Kartu Prakerja

Posted: 12 Apr 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendata sebanyak 189.586 tenaga kerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dari 34 provinsi yang terdampak wabah pandemi COVID-19 untuk menerima bantuan melalui program kartu pra kerja yang dibuka pendaftarannya pada Sabtu, 11 April 2020.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menjelaskan, data yang masuk ke Kemenparekraf tersebut diperoleh dari asosiasi industri dan profesi pariwisata dan ekonomi kreatif serta dinas-dinas pariwisata dan sudah melalui proses data cleansing yang sudah dilaporkan ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk dijadikan basis data penerima kartu prakerja.

"Data tersebut merupakan data yang berasal dari pekerja formal, tenaga kerja informal, PHK, dan pekerja yang dirumahkan. Selain itu juga pelaku seni, federasi musisi Indonesia, persatuan karyawan film dan televisi, serta pelaku ekonomi kreatif lainnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 12 April 2020.

Setelah data terkumpul, ia meminta agar Dinas Pariwisata di daerah bisa membantu tenaga kerja yang kesulitan mendaftar di daerahnya masing-masing. "Agar para pelaku parekraf bisa menerima insentif. Sehingga dapat meringankan beban dan biaya operasional para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi membuka membuka Pendaftaran Program Kartu Prakerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja merupakan program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi COVID-19.

"Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi COVID-19," katanya.

Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya terdiri dari tiga tahap meliputi pembuatan akun Prakerja di laman www.prakerja.go.id, pengisian biodata, dan verifikasi data ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Bentuk Insentif

Situs Kartu Prakerja.
Situs Kartu Prakerja.

Berikutnya, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. Setiap minggunya, mulai 11 April 2020 sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta.

Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dibuka sampai Kamis, 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat, 17 April 2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya.

"Bagi masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mendaftar maka manajemen pelaksana kartu prakerja menyediakan layanan masyarakat atau call center di 02125541246. Tiap Senin sampai Jumat 08.00-19.00 WIB. Bisa juga di email di info@prakerja.go.id," katanya.

Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Total anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun ini adalah sebesar Rp20 triliun.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra. Sementara, insentif akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO, atau GoPay milik peserta.

Insentif ini terdiri dari dua bagian. Pertama, insentif pasca-penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan (Rp2.400.000). Kedua, insentif pasca-pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 persurvei untuk tiga kali survei (Rp150.000).

Sebanyak 189.000 pekerja tersebut diusulkan oleh Kemenparekraf untuk mendapatkan manfaat Kartu Pra Kerja. Di samping itu, masyarakat dan para pelaku parekraf diimbau untuk mendaftar secara mandiri melalui platform www.prakerja.go.id.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Corona, Softbank Group Siap Suplai 300 Juta Masker ke Seluruh Dunia

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO Softbank Group Corporation Masayoshi Son menyatakan dirinya siap mensuplai 300 juta masker kesehatan sebagai kebutuhan melawan penyebaran virus Corona di seluruh dunia.

Dirinya mengaku telah menjalankan kesepakatan dengan perusahaan kendaraan elektrik China, BYD Co. Ltd, untuk membuat masker tersebut.

Hal ini dilakukan karena Son geram dengan tindakan pemerintah Jepang yang lamban menangani virus dan lebih mementingkan kepentingan politik daripada kesehatan rakyatnya.

"Softbank akan bekerjasama dengan pemerintah untuk mensuplai masker untuk tenaga medis dan seluruh masyarakat sebanyak mungkin," ujar Son, sebagaimana dikutip dari Japan Times, Senin (13/3/2020).

Dari total 300 juta masker, 100 juta merupakan masker jenis N95 dan 200 juta lainnya merupakan masker medis yang biasa dijumpai.

Ke depannya, Softbank akan mensuplai 2 jenis masker, yaitu yang diperuntukkan untuk tenaga kesehatan dan untuk masyarakat umum. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk bantuan, tanpa mengambil imbalan sedikitpun.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Lakukan Donasi

Bantuan yang paling dibutuhkan di Ternate adalah APD dan masker. Untuk kelengkapan lain di luar itu masih bisa didapatkan.
Bantuan yang paling dibutuhkan di Ternate adalah APD dan masker. Untuk kelengkapan lain di luar itu masih bisa didapatkan.

Bukan kali ini saja Softbank melakukan donasi di tengah pandemi Corona. Sebelumnya, perusahaan juga menggelontorkan 1,4 juta masker ke New York, Amerika Serikat, mengingat tingkat infeksi dan kematian pasien Corona di sana meningkat tajam akhir-akhir ini.

Dengan demikian mulai minggu depan, pemerintah Jepang bisa mulai membagi masker-masker ini serta menentukan skala prioritas penerima masker.

Pemerintah Jepang juga menargetkan bisa memproduksi masker yang dapat dicuci dan digunakan kembali (washable) sebanyak 700 juta per bulan.

Adapun, Son sendiri sudah lama menjadi mitra kerja BYD. Dikatakan lewat juru bicara perusahaan, kapasitas produksi masker BYD mencapai 15 juta per bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Selebgram Tutup Akun Usai Ketahuan Edit Foto Kebangetan

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang influencer Instagram dirisak warganet setelah ketahuan mengedit fotonya agar kelihatan lebih ramping. Padahal foto tersebut ia gunakan untuk membantunya menjual produk diet.

Rosa Yin dengan akun @Enrosa_ membuat heboh warganet setelah sebuah foto berjudul 'behind the scene' tersebar di media sosial. Foto tersebut menunjukkan perbedaan Rosa di foto yang ia unggah ke Instagram dengan foto yang diambil oleh seseorang dari atas.

Artikel tentang ketahuan edit foto kebangetan, selebgram ini tutup akun menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang cara mencegah kacamata berembun saat pakai masker.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang meme wisuda saat pandemi Corona bikin sedih.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ketahuan Edit Foto Kebangetan, Selebgram Ini Tutup Akun

Doc: Asia Wire
Doc: Asia Wire

Di foto yang diunggah di Instagram, Rosa terlihat berpose di sebelah mobil. Tubuhnya terlihat ramping dan kulitnya putih.

Sementara di foto yang beredar di media sosial, foto yang diambil dari atas itu menunjukkan tubuh Rosa lebih berisi. 

Selengkapnya...

2. 3 Cara Mencegah Kacamata Berembun Saat Memakai Masker

Doc: Blog.Japanesecreations
Doc: Blog.Japanesecreations

Memakai masker saat ke luar rumah menjadi keharusan di saat pandemi virus Corona seperti sekarang. Sayangnya, bagi mereka yang memakai kacamata, memakai masker bisa menjadi hal yang mengganggu.

Kacamata yang berembun akibat napas yang keluar dari bagian atas masker adalah alasannya. Anda yang memiliki masalah penglihatan tentu cukup terganggu dengan hal ini.

Selengkapnya...

3. 7 Meme Wisuda Saat Pandemi Virus Corona Ini Bikin Sedih

Doc: Instagram.com
Doc: Instagram.com

Pandemi virus Corona telah mengubah banyak hal. Kebiasaan masyarakat untuk berkumpul, harus ditiadakan agar rantai penyebaran virus terputus.

Bahkan, untuk wisuda yang hanya sekali seumur hidup pun terpaksa ditiadakan. Ini semua demi keamanan berbagai pihak.

Akan tetapi, ada pula yang mencoba membuat wisuda dengan cara baru. Seperti lewat video online atau bahkan memakai robot.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG Akan Pakai Nama Velvet untuk Seri Smartphone Baru

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - LG memang saat ini sudah kalah pamor dengan vendor smartphone lainnya, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dan Asus.

Meski ponsel buatan perusahaan asal Korea Selatan itu kurang sukses di pasaran, LG tidak ingin berputus asa.

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, perusahaan diyakini akan meluncurkan smartphone seri baru mereka yang menyasar kelas premium, yakni LG Velvet.

Dikutip dari laman Gizchina, Senin (13/4/2020), LG Velvet akan menjadi flagship smartphone pertama perusahaan yang mengusung filosofi desain baru.

Dari sketsa yang muncul di internet, LG Velvet hadir dengan bentuk notch raindrop dan kaca lengkung di bagian depan dan belakang (arc 3D).

Dengan begini, LG akhirnya memutuskan untuk tidak lagi memakai penamaan alfanumerik di ponsel pintar buatan perusahaan mendatang.

Selain nama "Velvet", masih belum banyak informasi yang diungkap oleh LG terkait smartphone baru ini.

 

LG Bakal Umumkan Pengganti Seri G 15 Mei 2020

LG dilaporkan akan merilis seri smartphone premium baru untuk menggantikan seri G. Informasi tentang smartphone tersebut sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (8/4/2020), seri premium pengganti seri G dilaporkan akan diumumkan pada 15 Mei 2020.

LG dilaporkan sudah memberikan rincian tentang tanggal peluncurannya kepada tiga operator seluler Korea Selatan (Korsel).

Menurut laporan, smartphone tersebut akan mendukung konektivitas 5G dan disokong chipset seri Snapdragon 7. Penggunaan chipset ini disebut akan membuat LG bisa menerapkan harga yang lebih agresif dengan strategi produk baru.

Sejauh ini belum ada informasi baru tentang spesifikasi smartphone tersebut. Selain itu, tanggal peluncuran di pasar pun belum diketahui.

Menurut laporan, LG akan menjual seri smartphone baru itu dengan kisaran harga 900 ribu won atau sekira Rp 12 juta.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menikah di Tengah Wabah Corona, Pengantin Pakai Masker

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengantin asal Roma, Italia memakai masker saat acara resepsi pernikahannya. Pernikahan tersebut tidak dihadiri tamu undangan untuk meminimalkan penyebaran virus Corona COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Ikut Buru Penyerang Incaran MU

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Liverpool kembali akan menganggu rencana transfer Manchester United (MU). The Reds dikabarkan juga mengincar penyerang Crystal Palace Alexander Sorloth.

Pemain asal Norwegia itu saat ini bermain untuk klub Turki Trabzonspor. Sorloth dipinjamkan Palace ke Trabzonspor selama semusim.

Di Turki, Sorloth tampil gemilang, Sorloth sudah mengoleksi 25 gol sebelum kompetisi dihentikan karena wabah virus corona Covid-19.

Awalnya MU yang dikabarkan mengejar Sorloth untuk musim depan. Sorloth disiapkan sebagai alternatif jika gagal mempermanenkan Odion Ighalo.

MU kni harus saling sikut dengan Liverpool. The Reds juga mengincar Sorloth. Liverpool menjadikan Sorloth sebagai pelapis Roberto Firmino. Demikian diberitakan media Turki, Fanatik.

 

Fokus

Meski diminati MU dan Liverpool. Sorloth memilih fokus bersama Trabzonspor. Dia ingin membawa klubnya menjuarai Liga Turki musim ini.

"Prioritas saya adalah menjuarai liga bersama Trabzonspor. Saya akan mengesampingkan pembicaraan transfer hingga akhir musim. Jika kami juara liga, saya tahu saya akan mendapatkan tawaran lebih baik," tegas Sorloth.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PSBB Jakarta, Ruas Jalan Ibu Kota Masih Ramai

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol  tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (13/4/2020). Hari ke-4 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI yang dimulai sejak 10 April hingga 23 April 2020, arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut masih ramai kendaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riwayat Perjalanan Dua Pasien Positif Covid-19 Terbaru di Manado

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut terus bertambah. Hingga Minggu (12/04/2020) pukul 18.00 Wita, bertambah lagi 2 orang sehingga total berjumlah 17 orang.

"Untuk pasien positif Covid-19 di Sulut bertambah 2 orang sehingga total berjumlah 17 orang," ungkap Sekretaris Tim Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, Minggu malam.

Untuk pasien dengan nomor 16 adalah seorang laki-laki berumur 72 tahun dengan alamat di Manado. Pasien itu memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

"Kami sudah melakukan tracing terhadap 25 orang kontak erat dengan pasien, dan akan diperluas lagi lebih banyak," ujarnya.

Sedangkan untuk pasien nomor 17 juga seorang laki-laki warga Manado berusia 45 tahun dengan riwayat perjalanan dari Jakarta.

"Kontak erat yang sudah berhasil ditracing dengan pasien ini ada 43 orang," Dandel.

Sementara itu untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 296 orang, dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 31 orang. Untuk PDP ini dirawat di RSUP Kandou Manado (20 orang), RS Bhayangkara Manado (2), RSUD Anugerah Tomohon (4), dan RS Woltwer Mongisidi Manado sebanyak 5 orang.

"Kita juga menginformasikan ada dua PDP yang meninggal dunia, satu di Tomohon, dan satunya lagi di Bitung," ujar Dandel.

Berdasarkan data dari Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mempunyai kaitan dengan pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri. Ada 10 pasien yang merupakan pelaku perjalanan, dan 7 lainnya adalah kontak erat dengan pelaku perjalanan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Jelaskan Alasan Palangkaraya Belum Bisa Tetapkan PSBB

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menkes Terawan menyampaikan telah mengirimkan surat kepada Walikota Palangkaraya yang menyatakan bahwa Palangka Raya belum dapat menerapkan PSBB untuk pencegahan COVID-19.

"PSBB di Palangkaraya belum bisa diterapkan karena wilayah itu belum memenuhi kriteria penetapan PSBB," kata Menkes Terawan, di Jakarta melalui keterangan resmi di laman Sehat Negeriku, Senin (13/4/2020).

Sebelumnya, pada 8 April 2020 Pemerintah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah mengirimkan surat permohonan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto. Namun PSBB belum bisa diterapkan di sana.

Keputusan belum bisa diterapkannya PSBB tersebut didasarkan pada kajian epidemiologis dan aspek lainnya oleh tim teknis, serta memperhatikan pertimbangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Ya, keputusan itu diambil atas dasar kajian epidemiologis, kesiapan daerah, aspek sosial, aspek ekonomi, dan aspek lainnya," katanya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Alasan Menkes

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), diatur bahwa untuk dapat ditetapkan PSBB di suatu wilayah provinsi/kabupaten/kota harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

a. jumlah kasus dan/atau jumlah kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah,

b. terdapat kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa di wilayah atau negara lain.

Selain kriteria di atas, penetapan PSBB ditetapkan atas pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan juga harus memperhatikan pertimbangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam menetapkan PSBB.

Walaupun belum dapat diterapkan PSBB di Palangka Raya, Menkes berharap Pemerintah setempat tetap melakukan upaya penanggulangan Covid-19 dengan berpedoman pada protokol dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Tahun Berlalu, Ini Kabar Terbaru 6 Pemain Bawang Merah Bawang Putih

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu generasi 90-an pastinya tahu dong dengan sinetron Bawang Merah Bawang Putih? Ya, sinetron yang tayang pada 2004 ini menjadi salah satu sinetron hits pada masanya. Apalagi sinetron ini juga dibintangi oleh artis-artis ternama yang sukses mencuri perhatian publik.

Bahkan, beberapa nama artis ini semakin dikenal luas oleh masyarakat setelah bermain di Bawang Merah Bawang Putih, seperti Nia Ramadhani. Sinetron yang mengisahkan mengenai cerita anak remaja dan keluarga ini menjadi pun kerap jadi sorotan. Akting Nia Ramadhani yang berperan sebagai Bawang Merah juga sukses membuat netizen kesal akan tingkah lakunya. Sedangkan, untuk peran Bawang Putih dimainkan oleh Revalina S Temat.

16 tahun berlalu sejak awal penayangan sinetron ini. Namun, tak sedikit pula masyarakat yang masih mengingat akan karakter dari masing-masing pemain. Pada 2005, sinetron ini juga sempat menyabet penghargaan Panasonic Awards sebegai sinetron terfavorit.

Penasaran dengan kabar terbaru para pemain Bawang Merah Bawang Putih? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/4/2020) berikut ini beberapa potret terbaru para pemain sinetron Bawang Merah Bawang Putih.

1. Nia Ramadhani yang berperan sebagai Bawang Merah masih sering terlihat dilayar kaca dengan menjadi pembawa acara. Tak hanya itu, ia pun sering membagikan kegiatan bersama keluarga melalui media sosial.

Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/ramadhaniabakrie)
Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/ramadhaniabakrie)

2. Sebaliknya dari Nia, Revalina S Temat pemeran Bawang Putih lebih memilih fokus mengurus keluarga. Ia juga telah cukup jarang terlihat di layar kaca.

Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/vatemat)
Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/vatemat)

3. Dimaz Andrean pemeran Ferdi juga masih aktif berkarier sebagai seorang aktor. Ia juga sering berbagi berbagai aktivitasnya di akun Instagram.

Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/dimazandrean)
Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/dimazandrean)

4. Lydia Kandou yang berperan sebagai Yasmin, ibu Bawang Putih ini beberapa kali masih bermain sinetron. Namun, dirinya lebih sering menghabiskan waktu bersama anak dan cucu tersayang.

Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/naymirdad)
Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/naymirdad)

5. Lekat dengan karakter antagonis, Helsi Herlinda pemeran Rika Sumanto ibu dari Bawang Merah masih sering bermain sinetron atau FTV. Peran yang ia mainnkan juga tak lepas dari karakter antagonis loh.

Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/helsi_herlinda)
Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/helsi_herlinda)

6. Berbalik dengan Helsi Herlinda yang akrab dengan karakter antagonis. Nena Rosier pemeran Putri Cahaya atau ibu peri ini justru sering berperan sebagai perotagonis. Ia juga aktif bermain sinetron dan FTV.

Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/nenastar01)
Bawang Merah Bawang Putih (Sumber: Instagram/nenastar01)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Belasan Tahanan Polsek Bekasi Kota Melarikan Diri

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polres Bekasi Kota tengah menangani kasus kaburnya belasan tahanan di Polsek Bekasi Kota. Para Tahanan kabur dengan menjebol ruang tahanan. Beberapa tahanan berhasil ditangkap kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Menikah 11 April 2020, Jessica Iskandar: Percintaanku Seperti Drama Korea

Posted: 12 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar dan Richard Kyle terpaksa menunda pernikahan akibat wabah Corona Covid-19 yang melanda Indonesia awal tahun ini. Sebelumnya, pasangan ini merencanakan naik pelaminan pada 11 April 2020.

Meningkatnya jumlah kasus infeksi Corona Covid-19 membuat pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan social distancing atau menjauhi keramaian. Mau tak mau, Jessica Iskandar memundurkan jadwal pernikahannya dengan Richard Kyle.

Meski demikian, Jessica Iskandar tak mau larut dalam kekecewaan. Bintang film Dealova dan Kungfu Pocong Perawan ini mengambil hikmah di balik wabah Corona Covid-19.

Seperti Drama Korea

Jessica Iskandar (Foto: Instagram/@inijedar)
Jessica Iskandar (Foto: Instagram/@inijedar)

Jessica Iskandar mengunggah foto kebersamaannya dengan sang buah hati dan Richard Kyle, di akun Instagram, Sabtu (11/4/2020). Di jagat maya, ia mencurahkan perasaannya.

"Percintaan aku seperti drama Korea selalu geregetan sampai ending, kita semangat ya @richo_kyle untuk pelaminan kita di waktu berikutnya," tulis Jessica Iskandar membuka cerita.

 

Bukan Tanggal yang Tepat

Pose Bareng Richard Kyle, Busana Jessica Iskandar Jadi Sorotan. (dok.Instagram @inijedar/https://www.instagram.com/p/B-EyAa5nYqF/Henry)
Pose Bareng Richard Kyle, Busana Jessica Iskandar Jadi Sorotan. (dok.Instagram @inijedar/https://www.instagram.com/p/B-EyAa5nYqF/Henry)

Artis kelahiran Jakarta, 29 Januari 1988, ini merasa tanggal yang sudah dipilihnya untuk menikah dengan Richard Kyle tidak pas. "Mungkin 11 April bukan tanggal yang tepat," jelasnya. 

Masih Banyak Hari Indah

Jessica Iskandar. (Adrian Putra/Fimela.com)
Jessica Iskandar. (Adrian Putra/Fimela.com)

Jessica Iskandar yakin tanggal 11 April 2020 bukan satu-satunya hari indah untuk merayakan cinta bersama sang kekasih dan anak semata wayangnya, El Barack Alexander. "Masih banyak hari indah lainnya," ia menyambung. 

Hikmah di Balik Wabah

Jessica Iskandar dan Richard Kyle (Sumber: Instagram/riomotret)
Jessica Iskandar dan Richard Kyle (Sumber: Instagram/riomotret)

Untuk menyemangati hubungannya dengan Richard Kyle, sahabat Nia Ramadhani ini berpikir positif. "Kita hanya diberikan waktu lebih untuk pacaran dan lebih mengenal. I Love you, yangski. #throwback #dirumahaja," pungkas Jessica Iskandar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Krisis, Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Jaga Ketersediaan Pangan

Posted: 12 Apr 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan kepala daerah menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut dia, kepala daerah harus dapat memastikan agar bahan pokok di wilayahnya tak mengalami kelangkaan.

"(Kepala daerah) membuat perkiraan-perkiraan ke depan sehingga kita bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan harga yang masih terjangkau," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (13/4/2020).

Jokowi menyebut bahwa pandemi virus corona bisa berdampak pada kelangkaan atau krisis pangan dunia. Hal ini, kata dia, sesuai dengan peringatan dari Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO).

Untuk itu, para kepala daerah diminta memperhatikan panen raya baik April-Mei maupun Agustus-September 2020. Dengan begitu, maka distribusi bahan pangan tidak terganggu.

"Mungkin panen yang ini (April-Mei) baik, tapi panen pada penanaman yang ke bulan Agustus-September nanti betul dilihat secara detil. Sehingga tidak mengganggu produksi rantai pasok maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada," kata Jokowi.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Luhut Pastikan Stok Logistik Aman

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberi paparan saat rapat koordinasi membahas pengembangan kendaraan listrik nasional di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/11). Langkah ini sebagai upaya menekan emisi gas buang. (Liputan6.com/JohanTallo)
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberi paparan saat rapat koordinasi membahas pengembangan kendaraan listrik nasional di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/11). Langkah ini sebagai upaya menekan emisi gas buang. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa sejumlah stok logistik masih aman. Untuk itu masyarakat diminta tetap tenang dalam menyikapi pandemi virus Covid-19 di wilayah Indonesia.

Luhut mengatakan keamanan stok logistik merupakan prioritas utama bagi pemerintah, saat wabah Covid-19 melanda berbagai daerah. Apalagi Menko Luhut berujar bahwa di sejumlah wilayah Indonesia, pada bulan April akan memasuki musim panen padi sehingga stok beras akan bertambah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pesona Hiba Abouk, Kekasih Achraf Hakimi yang Menguasai Lima Bahasa

Posted: 12 Apr 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Achraf Hakimi telah menghabiskan dua musim terakhir dengan status pinjaman di Borussia Dortmund. Performa menawan bek kanan berusia 21 tahun di Bundesliga ini sukses menarik perhatian tim-tim besar Eropa seperti Chelsea dan Arsenal.

Achraf Hakimi memiliki klausul pelepasan senilai 50 juta pounds. Selama menjalani karier profesional, bintang muda Real Madrid itu tidak pernah melakukan perbuatan buruk dalam kehidupan pribadi.

Hakimi juga memiliki seorang kekasih yang cantik jelita yang berusia 12 tahun lebih tua darinya. Kekasih pemain kelahiran Madrid itu bernama Hiba Abouk.

Ia merupakan wanita kerununan Spanyol Tunisia dan berprofesi sebagai artis. Abouk merupakan pemain El Pricipe yang berperan sebagai Fatima.

Hiba Abouk juga fasih menggunakan lima bahasa yakni Spanyol, Arab, Prancis, Inggris, dan Italia.

Hubungan Hakimi dan Aubouk juga telah dikaruniai seorang anak. Sang bayi berjenis kelamin perempuan ini lahir pada Februari 2019.

Penasaran dengan sosok Hiba Abouk? Berikut 7 pesona kekasih Achraf Hakimi yang dirangkum dari dari akun @hiba_abouk_, Minggu (12/4/2020).

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

1. Hiba Abouk saat Mengajak Sang Anak Jalan-jalan

 
 
 
View this post on Instagram

Es viernes y nos vamos de paseo. ¡Feliz fin de semana a todos! ☀️👶🏽❤️ #fridayvibes #bugaboofox

A post shared by Hiba Abouk (@hiba_abouk_) on

2. Hiba Abouk Memesona pada Usia 33 Tahun

 
 
 
View this post on Instagram

@instylespain ❤️ #januaryissue

A post shared by Hiba Abouk (@hiba_abouk_) on

3. Hiba Abouk saat Mengandung Sang Putri

 
 
 
View this post on Instagram

🤰🏽❤️ #nightout #alwayswithmybaby

A post shared by Hiba Abouk (@hiba_abouk_) on

4. Hiba Abouk Memiliki Kulit yang Eksotis

5. Gaya Hiba Abouk Berjalan-jalan di London

 
 
 
View this post on Instagram

#aboutlastnight De cena en Londres con mi #bvlgarifamily y mi #serpentiseduttori 🐍 ❤️ 👗 @carmenmarch_official

A post shared by Hiba Abouk (@hiba_abouk_) on

6. Hiba Abouk Merupakan Aktris Papan Atas Spanyol

7. Hiba Abouk Kerap Pulang-Pergi Madrid dan Dourtmund

 
 
 
View this post on Instagram

Let's go! ✈️ 🐶❤️ @raiaboukhakimi #labrador #loveistheanswer

A post shared by Hiba Abouk (@hiba_abouk_) on

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Yus Mei Sawitri, Published 13/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Pandemi Corona COVID-19, Arab Saudi Tangguhkan Tarawih Berjemaah Ramadan

Posted: 12 Apr 2020 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Salat tarawih berjemaah selama bulan suci Ramadan tahun ini di masjid-masjid Arab Saudi kemungkinan bakal ditiadakan. Demikian menurut informasi dari Saudi Ministry of Islamic Affairs, Dawah and Guidance atau Kementerian Urusan Islam Saudi, Dawah dan Bimbingan Saudi.

Menurut laporan koran Al Riyadh, Menteri Urusan Islam Saudi Abdul Latif Al Sheikh mengatakan bahwa salat harus dilakukan di rumah jika situasinya tetap sama masih dalam pandemi Virus Corona COVID-19 di negara tersebut.

"Penangguhan salat lima waktu sehari di masjid lebih penting daripada penangguhan salat tarawih. Kami meminta Allah SWT untuk menerima salat tarawih baik di masjid atau rumah, dan melindungi umat manusia dari epidemi yang melanda seluruh dunia," katanya lagi seperti dikutip dari Khaleej Times, Senin (13/4/2020)

Penangguhan sementara waktu salat di masjid dilaksanakan sebagai tindakan pencegahan oleh otoritas Saudi untuk mencegah penyebaran Virus Corona jenis baru di negara kerajaan tersebut.

Selain itu, Al Sheikh mengatakan bahwa salat jenazah untuk mereka yang meninggal juga harus dilakukan hanya oleh 5 hingga 6 orang dan ibadah lainya dilakukan di rumah.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Penangguhan Salat Selama Pandemi Virus Corona COVID-19

Ilustrasi salat (iStock)
Ilustrasi salat (iStock)

Laporan The Gulf menyebut, Kementerian Urusan Islam, Dawah, dan Bimbingan Arab Saudi mengumumkan bahwa salat tarawih selama Ramadan hanya akan dilakukan di rumah karena penangguhan salat di masjid tidak akan dicabut sampai pandemi Virus Corona COVID-19 berakhir.

"Ini adalah tindakan pencegahan sejalan dengan larangan berkumpul, sehingga doa pemakaman yang dilakukan di pemakaman tidak boleh melebihi lima hingga enam kerabat almarhum, dan sisanya beribadah di rumah mereka, ia menekankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kalah Gagah dari Pangeran Brunei, Ini 6 Pesona BRM Syailendra Pangeran Surakarta

Posted: 12 Apr 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Abdul Mateen Bolkiah atau Pangeran Mateen belakangan ini menjadi perbincangan hangat warganet. Putra ketiga Sultan Brunei Darussalam ini viral di media sosial TikTok dan Instagram karena kehadirannya pada pelantikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Memiliki wajah yang rupawan dan tubuh atletis sontak membuat anak dari Sultan Hassanal Bolkiah ini sukses jadi sorotan warganet. Lagi, media sosial TikTok kembali viral dengan sosok pangeran tampan bernama BRM Syailendra Supomo yang merupakan Pangeran Surakarta.

Punya wajah yang rupawan dan bertubuh ateltis, potret-potret Pangeran Surakarta ini tersebar di media sosial. Warganet menilai pemilik nama lengkap BRM Bambang Suryo Tjahyono Syailendra Supomo ini tak kalah gagah dari Pangeran Brunei Darussalam. 

Meski tak banyak info yang bisa diketahui, rupanya keponakan Raja Surakarta Sunan Pakubuwono XIII ini dikabarkan pernah menjalin asmara dengan mendiang Julia Perez. Namun, hubungan asmara Julia Perez dan Syailendra tak berangsur lama.

Tak hanya itu saja, ia juga pernah bermain peran di film 'Cewek Gokil', beradu akting dengan Velove Vexia pada tahun 2011 lalu. Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Pangeran Surakarta, Senin (13/4/2020).

1. Ini dia sosok BRM Syailendra Pangeran Surakarta, enggak kalah tampan dari Pangeran Mateen kan?

BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)
BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)

2. Pangeran Surakarta ini mendadak viral setelah unggahan video TikTok yang berisi kolase fotonya menyebar di media sosial.

BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)
BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)

3. Usut punya usut, pemilik nama lengkap BRM Bambang Suryo Tjahyono Syailendra Supomo ini dikabarkan pernah menjalin asmara dengan mendiang Julia Perez.

BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)
BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)

4. Tak hanya itu saja, pria yang akrab disapa Syailendra ini juga pernah bermain dalam film Cewek Gokil bersama Velove Vexia pada tahun 2011 lalu.

BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)
BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)

5. Ini dia potret Syailendra saat berperan sebagai Dino, seorang pelatih mobil di film Cewek Gokil. Kala itu, Syailendra tampil dengan rambut yang agak gondrong.

BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)
BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)

6. Potret lawas keponakan Raja Surakarta Sunan Pakubuwono XIII. saat menggunakan blangkon. Dari dulu hingga kini, Syailendra selalu tampan.

BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)
BRM Syailendra Pangeran Surakarta (Sumber: Kapanlagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspadai Hujan Disertai Petir di Surabaya pada Sore Hari

Posted: 12 Apr 2020 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG Juanda) memprediksi Surabaya, Jawa Timur masih alami hujan pada awal pekan ini.

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Senin (13/4/2020), Surabaya akan hujan disertai petir pada sore hari tepatnya pukul 16.00 WIB. Sementara itu, pada siang pukul 13.00 WIB, Surabaya alami hujan lokal. Pada malam hari pukul 19.00 WIB,Surabaya juga masih hujan lokal. Pukul 22.00 WIB, Surabaya akan berawan.

Suhu di kisaran 24-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-95 persen. Sementara itu, di Sidoarjo akan alami hujan disertai petir dan lebat pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB. Sedangkan siang hari hingga malam hari pukul 19.00 WIB, di Sidoarjo akan hujan lokal. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 24-33 derajat celsius dan kecepatan angin 30 KM per jam.

Di Gresik, cuaca akan cerah berawan dari pukul 13.00-16.00 WIB. Sedangkan pada malam hari pukul 19.00-22.00 WIB, cuaca di Gresik akan berawan. Suhu di Gresik berada di kisaran 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 65-95 persen.

Cuaca di Lamongan akan berawan pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan pada pukul 19.00 WIB akan cerah berawan pada pukul 16.00 WIB. Sementara itu, pada pukul 22.00 WIB akan berawan. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Peringatan Dini Tiga Harian

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada sejumlah wilayah. Pada siang hari hingga sore hari di Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Magetan, Kabupaten Pasuruan, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang.

Sedangkan malam hari di Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Kabupaten Kediri, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Banyuwangi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bergerak Menguat, Rupiah Kembali ke Level 15 Ribu per Dolar AS

Posted: 12 Apr 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan awal pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (13/4/2020), rupiah dibuka di angka 15.800 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.805 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.800 per dolar AS hingga 15.812 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 13,98 persen.

Sedangkan dasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.840 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 16.241 per dolar AS.

"Rupiah menguat bergerak di level Rp15.000 per dolar AS. Kami melihat bahwa penguatan rupiah akibat posisi investor yang mulai masuk ke pasar finansial Indonesia dan mulai membeli Surat Berharga Negara (SBN)," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah dikutip Antara, Senin (13/4/2020).

Di sisi lain, lanjut dia, pemerintah juga telah menerbitkan obligasi global dengan nilai 4,3 miliar dolar AS, sehingga ketersediaan dolar AS di pasar kembali stabil.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Dampak Harga Minyak

Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rupiah ditutup menguat 170 poin atau 1,19 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.283 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rupiah ditutup menguat 170 poin atau 1,19 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.283 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Kepala Riset Monex Investindo Future Ariston Tjendra mengatakan bahwa pelaku pasar diharapkan tetap waspada di tengah outlook dolar AS yang masih berpotensi menguat karena permintaan terhadap aset paling likuid di dunia itu masih tinggi.

"Permintaan dolar AS masih tinggi karena peningkatkan jumlah kasus virus corona secara global serta tidak tercapainya kesepakatan penerbitan surat utang bersama dalam pertemuan para menteri keuangan zona euro pada pekan lalu," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, harga minyak yang berpeluang bergerak naik seiring pasar yang menyambut laporan bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mencapai kesepakatan pemangkasan produksi turut mempengaruhi pergerakan rupiah.

"Meningkatnya harga minyak dunia akibat pemangkasan produksi dapat mempengaruhi pergerakan nilai tukar. Saat harga minyak naik, kebutuhan dolar AS juga akan meningkat," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Italia Serie A Bakal Tanpa Penonton Hingga Tahun Depan

Posted: 12 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Roma- Kompetisi Liga Italia Serie A rencananya akan dimulai kembali akhir Mei 2020 nanti setelah terhenti cukup lama akibat pandemi virus corona Covid-19. Namun fans kemungkinan masih belum bisa menonton langsung di stadion.

Liga Italia Serie A dan kompetisi olahraga di Italia lainnya harus berhenti total sejak pertengahan Maret lalu. Penyebabnya tak lain karena semakin parahnya virus corona Covid-19 disana.

Hingga 13 April 2020, kasus virus corona di Italia masih sangat tinggi. Namun sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan baik korban positif maupun meninggal dunia.

Meski demikian pemerintah Italia masih memberlakukan lockdown hingga 4 Mei nanti. Jika lockdown sudah dicabut, klub-klub Italia akan kembali berlatih.

Liga Italia Serie A rencananya bakal dimulai lagi pada 31 Mei dengan catatan virus corona Covid-19 dapat terus dikendalikan.

 

Hingga Januari

Walau akan digulirkan lagi 31 Mei 2020, Liga Italia Serie A kemungkinan besar tidak bisa dihadiri penonton sampai Januari 2021.

Menurut laporan Sport Mediaset, dokumen pemerintah yang bocor menyatakan fans masih tidak diizinkan hadir di stadion-stadion hingga awal tahun depan.

 

Merugi

Langkah ini diambil pemerintah Italia guna menghindari fase kedua penyebaran virus corona Covid-19. Apalagi hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat untuk virus corona.

Dengan tanpa penonton, klub-klub akan merugi. Saat ini saja banyak klub Liga Italia yang melakukan pemotongan gaji setelah kompetisi dihentikan sementara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Setujui Status PSBB di Pekanbaru

Posted: 12 Apr 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Walikota Pekanbaru, Riau telah disetujui Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto. Maka PSBB yang dilakukan untuk pencegahan virus corona (Covid-19) sudah bisa diterapkan di wilayah tersebut.

Keputusan tersebut telah ditetapkan Menkes tanggal 12 April 2020 melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/250/2020.

Kasus Covid-19 di Pekanbaru terus meningkat dan penyebaran kasusnya cukup signifikan. Oleh sebab itu PSBB sudah harus ditetapkan di sana dalam rangka percepatan penangann Covid-19.

PSBB di Pekanbaru tersebut ditetapkan setelah dilakukan proses kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi, serta aspek lainnya oleh tim teknis.

"Beberapa waktu lalu Walikota Pekanbaru mengusulkan PSBB, dan setelah dilakukan kajian oleh tim teknis, maka PSBB di Pekanbaru bisa dilaksanakan," kata dr. Terawan melalui laman resmi kemenkes, Sehat Negeriku di Jakarta, Senin (13/4).

Selanjutnya Pemerintah Pekanbaru wajib melaksanakan PSBB dan secara konsisten mendorong serta mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

PSBB tersebut dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Masyarakat Contoh Warga Cimahi Tak Kucilkan Pasien Positif Corona

Posted: 12 Apr 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaranya di kabinet untuk terus mengingatkan masyarakat bahwa gotong royong dalam menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 sangat penting.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas (Ratas) dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui video conference.

"Yang terakhir tolong diingatkan bahwa gotong royong, partisipasi, saling membantu itu bisa ditumbuhkan dari bawah, ini penting sekali," kata Jokowi, Senin (13/4/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sangat bangga melihat gotong toyong yang dilakukan warga Cimahi, Jawa Barat di tengah pandemi virus corona.

"Saya sangat senang sekali kemarin melihat, misalnya di Cimahi. Kerukunan antartetangga dengan baik. Yang positif diisolasi, tetapi tetangganya membantu," ungkap Jokowi.

Jokowi menegaskan, hal seperti inilah yang harus digaungkan saat darurat virus corona di Indonesia.

"Hal-hal seperti ini, ke gotong-royong ini yang harus kita terus gaungkan. Sehingga benar-benar kalau ada isolasi mandiri, kalau ada pasien positif yang ada di sebuah kampung bukan malah dikucilkan, tetapi kanan kirinya bisa tolong-menolong," pungkasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Segera Beri Bantuan Masyarakat

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada Menteri Sosial Juliari P Batubara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani segera membagikan bantuan sosial untuk masyarakat. Dia menjelaskan saat ini keadaan sudah mendesak ditengah pandemi Corona Covid-19.

"Saya minta mensos dan menkeu juga minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat sangat mendesak," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas bersama Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020).

Dia meminta kepada menteri terkait segera membagikan kartu prakerja, untuk para pekerja yang terkena PKH akibat Corona, serta kartu sembako.

"Semua harus berjalan minggu ini," jelas Jokowi.

Dia menjelaskan saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Jangan sampai kata Jokowi, pemerintah hanya memberikan janji saja.

"Saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat jangan nanti di bawah melihat hanya omong saja tapi barang enggak sampai ke rakyat ke masyarakat," tegas Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Umat Muslim di AS Salat Berjamaah di Jalan Raya Saat Pandemi COVID-19

Posted: 12 Apr 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang umat muslim di Amerika Serikat salat magrib berjamaah di jalan raya beredar saat pandemi virus corona COVID-19 di media sosial. Kabar ini diunggah oleh akun Facebook Hafiz Okta Sanjaya pada 10 April 2020.

Akun Facebook Hafiz Okta Sanjaya mengunggah video berdurasi 45 detik berisi puluhan orang yang tengah salat berjamaah di jalanan. Video ini kemudian dikaitkan dengan warga muslim di Amerika Serikat salat magrib berjamaah di jalan raya saat pandemi COVID-19.

"SITUASI & KONDISI ( Sikon) Tadi Malem di Amerika Serikat . ...Saat Tiba Masuk Sholat Magrib Masyarakat Kaum Muslim berbondong bondong Menunaikan Sholat berjama"ah di Mesjid sampai Tumpah Ruah di Jalan Raya.

Sehubungan dengan Adanya Covid 19 , Pemerintah Setempat Memberi Kesempatan Ummat Islam beribadah Secara Terbuka & di boleh kan Suara Volume Mesdjid di besar kan.

Tumben... Sebelum Covid 19 datang di Amerika , Suara Volume Mesjid tidak di bolehkan Keluar," tulis akun Facebook Hafiz Okta Sanjaya.

Konten yang diunggah akun Facebook Hafiz Okta Sanjaya telah 2.600 kali dibagikan dan mendapat 1.200 komentar warganet.

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Yandex
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Yandex

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang umat muslim di Amerika Serikat salat magrib berjamaah di jalan raya beredar saat pandemi virus corona COVID-19

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs pencari Yandex. Hasilnya terdapat beberapa video identin dengan yang diunggah akun Facebook Hafiz Okta Sanjaya.

Satu di antaranya video berjudul صلات المغرب في مدينة نيويورك أنظور كم من مصلي yang diunggah akun YouTube قنات البث الحي الرجاء الاشتراك في القناة pada 5 Februari 2017 silam. Bila diterjemahkan, video tersebut berisi narasi "Doa Maghrib di New York City, lihat berapa banyak doa".

Liputan6.com juga menemukan video serupa yang diunggah akun YouTube Quran Videos pada 5 Februari 2017. Video itu bertajuk "Muslim praying in New york streets".

Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Thousands of Yemeni-Americans & Supporters of the General Meeting Against Trump's 'Muslim Ban'" yang ditayangkan situs bklyner.com pada 3 Februari 2017 silam.

Artikel tersebut menjelaskan bahwa peristiwa itu merupakan aksi protes warga muslim Amerika Serikat keturunan Yaman terhadap kebijakan Presiden Donald Trump yang melarang muslim masuk AS. Aksi itu dilakukan pada awal Februari 2017 lalu di beberapa daerah Amerika Serikat, termasuk New York. 

Kesimpulan

Kabar tentang umat muslim di Amerika Serikat salat magrib berjamaah di jalan raya beredar saat pandemi virus corona COVID-19 ternyata tidak benar.

Video yang diunggah akun Facebook Hafiz Okta Sanjaya tidak terkait dengan pandemi virus corona COVID-19 yang kini melanda Amerika Serikat.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Keluarkan 'Karcis' untuk Tangani Dampak COVID-19

Posted: 12 Apr 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Viral kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kartu sakti baru untuk menghadapi virus Corona baru (COVID-19), berupa Kartu Corona Indonesia Sehat (Karcis).

Kabar berupa tangkapan layar yang diunggah akun Facebook Tangguh E. Budianto, pada 29 Maret 2020.

Berikut isi kabar dalam tangkapan layar yang dibagikan akun Face Book Tangguh E. Budianto

Kabar terdapat keterangan sebagai berikut:

" Jokowi keluarkan KARTU SAKTI untuk hadapi virus CORONA!

"KARCIS"Kartu Corona Indonesia Sehat"

Benarkah Presiden Jokowi keluarkan "Karcis" untuk tangani COVID-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Presiden Jokowi mengeluarkan 'Karcis' untuk menangani COVID-19 menggunakan mesin pencari Google Search, dengan kata kunci 'kartu corona indonesia sehat'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Jokowi Minta APBN Fokus untuk Tangani Corona, Bantuan Sosial, dan UMKM" dimuat situs katadata.co.id, pada 20 Maret 2020.

Dalam artikel tersebut, Presiden Joko Widodo meminta realokasi anggaran dalam APBN dan APBD. Jokowi mengatakan anggaran tersebut nantinya difokuskan untuk mengatasi pandemi virus corona, memperbanyak bantuan sosial, dan insentif bagi UMKM. Jokowi mengatakan realokasi anggaran memang seharusnya difokuskan pada bidang kesehatan. "Terutama dalam upaya pengendalian Covid-19," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas via video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/3).

Dia juga meminta agar APBN dan APBD difokuskan untuk program jaring pengaman sosial. Caranya dengan memperbesar bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Sembako, dan Beras Sejahtera (Rastra).

Menurut Jokowi, program jaring pengaman sosial akan mampu meningkatkan konsumsi dan daya beli masyarakat. "Kartu Pra-Kerja juga harus segera cepat dimulai. Selain untuk memberikan skilling dan upskilling, juga untuk mengatasi hal berkaitan PHK," kata Jokowi.

Dalam artikel tersebut tidak ada keterangan Presiden Jokowi akan mengeluarkan 'Karcis' untuk tangani COVID-19.

"6 Paket Bantuan Jokowi: Listrik Gratis Sampai Kartu Sembako" yang dimuat situs cnbcindonesia.com, pada 31 Maret 2020.

cnbcindonesia.com menyebutkan, sejumlah program bantuan untuk meringankan beban masyarakat akibat wabah COVID-19. Program tersebut adalah:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

2. Kartu Sembako

3. Kartu Pra Kerja.

4. Diskon dan Gratis Tarif Listrik.

5. Antisipasi Kebutuhan Pokok.

6. Keringanan Pembayaran Kredit

Dalam artikel tersebut tidak menyebutkan 'Karcis' menjadi program penanganan COVID-19.

 

Kesimpulan

Klaim Presiden Jokowi mengeluarkan 'Karcis' untuk menangani COVID-19 tidak benar, pemerintah memiliki sejumlah program untuk meringankan beban masyarakat akibat wabah COVID-19 namun tidak ada program 'Karcis'.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Medali Juara Susy Susanti: Dari Olimpiade 1992 Hingga Kejuaraan Dunia

Posted: 12 Apr 2020 08:35 PM PDT

Jakarta - Susy Susanti adalah salah satu legenda bulu tangkis Indonesia. Beragam medali juara diraih Susy dan menggibarkan bendera Merah-Putih di dunia internasional.

Susy Susanti menyukai bulu tangkis sejak kecil. Wanita kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 49 tahun lalu itu mengawali kiprahnya bersama klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya. Bersama Tunas Tasikmalaya, dia berhasil meraih berbagai kejuaraan tingkat junior.

Ketika menginjak remaja, Susy memutuskan pindah ke Jakarta demi meningkatkan kariernya di dunia tepok bulu. Di Ibu Kota, Susy semakin giat berlatih. Dalam sepekan, enam hari digunakannya untuk berlatih mulai pukul 07.00 hingga 11.00 dan 15.00 sampai 19.00.

Tak hanya berlatih keras, Susy Susanti juga menjaga pola hidupnya. Dia selalu memakan makanan sehat, istirahat yang cukup, bahkan tidak menggunakan sepatu berhak tinggi demi terhindar dari cedera.

Kerja kerasnya pun perlahan membuahkan hasil. Setelah sukses merengkuh berbagai gelar juara di level junior, Susy juga berhasil meraih medali emas di tingkat senior.

Titel juara pertama yang diraih Susy Susanti adalah All England 1990. Pada partai final, Susy yang kala itu masih berusia 19 tahun berhasil mengalahkan jagoan asal China, Huang Hua, lewat pertarungan dua gim, 12-11 dan 11-1.

Selepas itu, berbagai medali juara sukses direngkuh Susy. Memiliki pertahanan yang kuat dan stamina yang tak kenal lelah membuat Susy Susanti mencapai puncak karier di dunia bulutangkis ketika menjuarai Olimpiade 1992.

Menjalani laga final nomor tunggal putri di Pavello de la Mar Bella, 4 Agustus 1992, Susy menghadapi Bang Soo-hyun asal Korea Selatan.

Susy dipaksa Bang untuk mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Meski sempat kalah pada gim pertama, Susy Susanti berhasil bangkit pada dua gim berikutnya dan mengunci kemenangan dengan skor 5-11, 11-5, 11-3.

Bagi Susy, medali emas Olimpiade 1992 terasa spesial. Pasalnya, Susy Susanti adalah atlet Indonesia pertama yang meraih medali emas di Olimpiade.

"Kemenangan di Olimpiade itu beda dengan di kejuaraan lain. Rasanya prestasi kita itu diakui dunia. Kita juga bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia," ucap Susy dalam rilis dari PBSI, 16 Februari 2020.

Tak berhenti sampat di situ, istri legenda bulutangkis Indonesia, Alan Budikusuma itu juga meraih sederet medali juara di berbagai turnamen bergengsi dunia. Berikut ini adalah deretan titel juara yang sukses direngkuh Susy Susanti selama berkiprah di dunia bulutangkis.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Olimpiade Hingga Kejuaraan Dunia

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, berpasangan dengan suaminya Alan Budikusuma meladeni pertandingan eksebisi melawan Menpora Imam Nahrawi. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, berpasangan dengan suaminya Alan Budikusuma meladeni pertandingan eksebisi melawan Menpora Imam Nahrawi. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Olimpiade 1992:

Susy Susanti 5-11, 11-5, 11-3 Bang Soo-hyun

IBF World Championships 1993:

Susy Susanti 7-11, 11-9, 11-3 Bang Soo-hyun

Piala Sudirman 1989:

Indonesia 3 - Korea Selatan

Piala Uber 1994:

Indonesia 3-2 China

Piala Uber 1996:

Indonesia 4-1 China

World Cup Badminton:

  • 1989 - Susy Susanti 11-5, 11-4 Han Aiping
  • 1993 - Susy Susanti 11-7, 11-5 Lim Xiaoqing
  • 1994 - Susy Susanti 12-9, 11-6 Bang Soo-hyun
  • 1996 - Susy Susanti 11-7, 11-4 Wang Chen
  • 1997 - Susy Susanti 11-8, 11-5 Ye Zhaoying

Medali Emas SEA Games Hingga All England

Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti, berupaya mengembalikan kok saat bertanding melawan Menpora Imam Nahrawi. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti, berupaya mengembalikan kok saat bertanding melawan Menpora Imam Nahrawi. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

World Badminton Grand Prix Finals:

  • 1990 - Susy Susanti 8-11, 11-5, 12-10 Tang Jiuhong
  • 1991 - Susy Susanti 9-11, 8-11, 11-1 Lee Heung-soon
  • 1992 - Susy Susanti 9-11, 11-3, 11-4 Sarwendah Kusumawardhani
  • 1993 - Susy Susanti 11-3, 12-9 Ye Zhaoying
  • 1994 - Susy Susanti 4-11, 12-10, 11-4 Ye Zhaoying
  • 1996 - Susy Susanti 11-4, 11-1 Ye Zhaoying

SEA Games:

  • 1987 - (beregu)
  • 1989 - (beregu)
  • 1989 - Susy Susanti Vs Sarwendah Kusumawardhani
  • 1991 - (beregu)
  • 1991 - Susy Susanti 5-11, 11-8, 11-2 Sarwendah Kusumawardhani
  • 1995 - (beregu)
  • 1995 - Susy Susanti 11-4, 11-0 Somharuthai Jaroensiri

IBF World Grand Prix:

  • All England 1990 - Susy Susanti 12-11, 11-1 Huang Hua
  • Chinese Taipei Open 1991 - Susy Susanti 11-1, 11-2 Somharuthai Jaroensiri
  • All England 1991 - Susy Susanti 0-11, 11-2, 11-6 Sarwendah Kusumawardhani
  • Indonesia Open 1991 - Susy Susanti 11-8, 11-3 Lee Heung-soon
  • Denmark Open 1991 - Susy Susanti 11-5, 6-11, 11-8 Huang Hua
  • Thailand Open 1991 - Susy Susanti 11-7, 11-4 Lee Heung-soon
  • Swedia Open 1991 - Susy Susanti 11-2, 11-3 Pernille Nedergaard
  • Denmark Open 1992 - Susy Susanti 11-3, 11-3 Lim Xiaoqing
  • Jepang Open 1992 - Susy Susanti 11-2, 11-0 Ye Zhaoying
  • Jerman Open 1992 - Susy Susanti 11-7, 10-12, 11-8 Sarwendah Kusumawardhani
  • Thailand Open 1992 - Susy Susanti 11-7, 11-4 Bang Soo-hyun
  • All England 1993 - Susy Susanti 4-11, 11-4, 11-1 Bang Soo-hyun
  • Malaysia Open 1993 - Susy Susanti 11-6, 11-2 Lim Xiaoqing
  • Thailand Open 1993 - Susy Susanti 12-10, 11-2 Somharuthai Jaroensiri
  • Jerman Open 1993 - Susy Susanti 11-6, 11-8 Ye Zhaoying
  • Belanda Open 1993 - Susy Susanti 11-7, 11-1 Camilla Martin
  • Chinese Taipei Open 1994 - Susy Susanti 11-2, 11-5 Kim Ji-hyun
  • All England 1994 - Susy Susanti 11-5, 11-9 Ye Zhaoying
  • Jepang Open 1994 - Susy Susanti 11-6, 10-12, 11-8 Ye Zhaoying
  • Malaysia Open 1994 - Susy Susanti 11-3, 11-8 Ye Zhaoying
  • Thailand Open 1994 - Susy Susanti 2-11, 11-0, 11-7 Lim Xiaoqing
  • Indonesia Open 1994 - Susy Susanti 2-11, 11-0, 11-7 Bang Soo-hyun
  • Jepang Open 1995 - Susy Susanti 11-7, 12-11 Bang Soo-hyun
  • Malaysia Open 1995 - Susy Susanti 11-1, 11-6 Bang Soo-hyun
  • Indonesia Open 1995 - Susy Susanti 11-1, 12-11 Bang Soo-hyun
  • Korea Open 1995 - Susy Susanti 3-11, 11-7, 11-9 Bang Soo-hyun
  • Indonesia Open 1996 - Susy Susanti 11-8, 11-8 Wang Chen
  • Chinese Taipei Open 1996 - Susy Susanti 11-5, 11-7 Ye Zhaoying
  • Malaysia Open 1997 - Susy Susanti 11-5, 11-7 Ye Zhaoying
  • Indonesia Open 1997 - Susy Susanti 11-4, 11-5 Meiluawati
  • Vietnam Open 1997 - Susy Susanti 11-4, 11-1 Xu Huaiwen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Saja yang Boleh Daftar Kartu Prakerja? Ini Rinciannya

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja telah resmi diluncurkan oleh Pemerintah. Program ini menjadi salah satu upaya untuk menekan dampak wabah virus corona terhadap ekonomi Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga menjelaskan, sasaran program kartu prakerja adalah pekerja, pencari kerja, dan pelaku usaha kecil dan mikro yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Pemerintah juga melakukan pendataan melalui dinas-dinas ketenagakerjaan, pariwisata, koperasi dan UKM, perindustrian dan perdagangan, selain juga pada sektor-sektor yang terdampak oleh pengurangan mobilitas masyarakat seperti transportasi dan ritel.

Sasaran program kartu prakerja ini adalah para pekerja, pencari kerja dan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Pemerintah melakukan pendataan melalui Kementerian/ Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah, terutama melalui dinas-dinas Ketenagakerjaan, Pariwisata, Koperasi dan UKM, Perindag dan juga pada sektor-sektor yang terdampak oleh pengurangan mobilitas masyarakat seperti transportasi dan ritel.

"Pendataan yang telah dilakukan bukan merupakan pendaftaran. Pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui wesite resmi Prakerja. Saya menghimbau masyarakat yang telah melaporkan ke K/L dan dinas-dinas, agar tetap melakukan pendaftaran di situs prakerja," lanjutnya.

Verifikasi data calon peserta program, dilakukan melalui pengecekan dengan database kependudukan (Dukcapil) di Kemendagri, Data Pokok Kependidikan (Dapodik) di Kemendikbud dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Hal ini untuk memastikan bahwa peserta Kartu Prakerja sesuai persyaratan, yaitu berusia di atas 18 tahun, tidak sedang sekolah/kuliah dan untuk mendahulukan masyarakat yang belum menerima berbagai bantuan sosial dari Pemerintah, supaya bantuan lebih merata.

"Prioritas atau fokus program Kartu Prakerja adalah Pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan. Menteri Ketenagakerjaan yang melakukan pendataan para Pekerja tersebut," kata Airlangga.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pelatihan Online

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dia pun memaparkan, lebih dari 900 pelatihan online dari beragam jenis dan tingkatan, mulai dari pemula sampai tingkat mahir akan tersedia di 8 platform digital. Setengahnya adalah jenis pelatihan yang praktis, ringan dan dapat menghasilkan pendapatan baru.

Contohnya, Pengenalan Teknologi Informasi untuk Pemula, Akuntansi untuk Pemula, Pelatihan Da'i Muda, Menjadi MC Andal, Manajemen Warung Kopi, Bahasa Inggris Praktis untuk Pelaku Pariwisata, Dasar Keterampilan Housekeeping, dan Belajar Menjadi Telemarketer.

"Pendaftaran pada Gelombang pertama akan dibuka s/d Kamis 16 April pukul 16.00. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada Gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di Gelombang selanjutnya, tanpa harus melakukan proses pendaftaran lagi," terang Menko Airlangga.

Penerimaan peserta Gelombang pertama akan disampaikan pada hari Jumat 17 April, dan pelatihan dapat digunakan di mitra platform mulai Sabtu 18 April. Pelatihan offline atau tatap muka bisa dilakukan setelah dievaluasi dari aspek keamanan dan pemenuhan standar kesehatan.

"Kami terus berupaya menambah jenis pelatihan, supaya ada kompetisi dan memberikan pilihan yang lebih banyak bagi masyarakat," jelas Airlangga.

Setiap minggunya hingga minggu ke-4 November 2020, program ini akan membuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Namun dengan mempertimbangkan antusiasme pendaftar yang sangat tinggi, kuota 164 ribu peserta per minggu akan segera dievaluasi untuk kemungkinan dilakukan peningkatan jumlah kuota per minggu.

"Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Dengan total anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun ini adalah sebesar Rp20 triliun, jumlah peserta yang ikut akan bisa mencapai 5,6 juta orang," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Diserbu 1,4 Juta Pendaftar

Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan saat acara Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menyebut jumlah antusiasme para pekerja dan masyarakat yang ingin mendaftar program kartu prakerja cukup tinggi.

Hal ini dibuktikan sejak dirilis pada 20 Maret 2020 lalu website resmi www.prakerja.go.id telah dikunjungi 2,4 juta unique visitors hingga Minggu kemarin. Sedangkan pada saat pembukaan pendaftaran tahap pertama, ada lebih dari 1,1 juta visitors baru.

Sebagamana diketahui, pada Sabtu, 11 April 2020 kemarin telah dilakukan pembukaan pendaftaran bagi calon peserta program kartu prakerja oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, selaku Ketua Komite Cipta Kerja, yang dihadiri oleh Kepala Staf Presiden, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Perindustrian.

"Kami melihat antusiasme ini sebagai refleksi dari ekspektasi publik yang sangat tinggi terhadap program Kartu Prakerja," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keteranganya, Senin (13/4).

Selaku Ketua Komite Cipta Kerja, Menko Airlangga menerangkan, sebagai tindak lanjut dan respon dari observasi itu lemerintah akan memastikan kapasitas dari sistem lartu prakerja (server, front-end dan back-end system) mampu melayani dengan baik. Di samping itu, keamanan data dan server dari serangan juga tentu menjadi fokus perhatian.

Berdasarkan catatan hingga Minggu 12 April 2020 kemarin atau 21 jam setelah pendaftaran dibuka, data mencatat jumlah yang melakukan registrasi sebanyak 1.432.133. Dari jumlah tersebut yang sudah melakukan verifikasi email sebanyak 1.063.028 (73,85 persen), sudah melalui verifikasi NIK sebanyak 624.090 (43,65 persen), dan yang sudah mengambil program pelatihan atau Join Batch sebanyak 77.834 (5,43 persen).

"Dari total yang telah registrasi sebanyak 1,4 juta itu, pernah dalam 1 menit, pendaftar Kartu Prakerja mencapai 80 ribu orang pada saat yang bersamaan, sehingga kapasitas server akhirnya ditingkatkan," tegas Menko Airlangga.

Kendati begitu beberapa hal teknis masih menjadi catatan dan terus mengalami perbaikan, seperti verifikasi email, unggah foto, kapasitas server dari Kementerian terkait untuk melayani request API dari server prakerja, hingga penyediaan fasilitas Call Center.

"Karena antusiasme pendaftar program Kartu Prakerja yang sangat tinggi, dan ini program baru yang melibatkan digital platform secara end to end, maka dengan segala kerendahan hati, kami berharap masyarakat bisa memaklumi atas segala kekurangan yang ada pada saat awal pembukaan pendaftaran ini," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap MotoGP Virtual Race Jilid II: Bagnaia Juara, Rossi Posisi 7

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Jakarta - MotoGP Virtual Race jilid II yang mengambil lokasi di Sirkut Red Bull Ring, Austria, Minggu (12/4/2020) malam WIB, telah rampung digelar. Francesco Bagnaia yang start dari pole position berhasil finis terdepan.

Lomba MotoGP Virtual Race yang diikuti 10 pembalap itu berlangsung seru dan menarik. Selepas start, para pembalap saling senggol dan berebut untuk berada di depan.

Akibatnya, beberapa nama harus terjatuh dan terlempar keluar lintasan, yakni Alex Marquez, Tito Rabat, Danilo Petrucci, dan Valentino Rossi.

Bagnaia yang lolos dari insiden tersebut menempati peringkat kedua. Dia berada di belakang Takaaki Nakagami, adapun Maverick Vinales di urutan ketiga.

Setelah melakukan 10 lap, Francesco Bagnaia berhasil memenangkan lomba. Meski terlibat persaingan sengit dengan Vinales pada lap terakhir, Bagnaia berhasil lebih dulu menyentuh garis finis.

Pembalap Pramac Ducati itu mencatatkan waktu 13 menit 47,091 detik. Dia unggul tipis 0,074 detik atas Maverick Vinales yang menghuni posisi kedua MotoGP Virtual Race jilid II.

 

 

Rossi Posisi 7

Sementara itu, Valentino Rossi yang pertama kali ambil bagian dalam MotoGP Virtual Race finis di peringkat ketujuh. The Doctor sempat terlibat insiden dengan Danilo Petrucci, sehingga membuat dirinya berada di posisi tujuh.

"Saya berusaha di tikungan terakhir, karena Danilo berada di depan. Namun saya menyenggolnya dan terjatuh. Saya menikmati balapan ini, saya mengakui level permainan saya tidak fantastis, tetapi saya akan meningkatkan kemampuan bermain," kata Valentino Rossi.

Berikut ini adalah hasil lengkap MotoGP Virtual Race Jilid II:

Hasil Balapan

MotoGP Virtual Race Jilid II, Minggu (12/4/2020). (Twitter/MotoGP)
MotoGP Virtual Race Jilid II, Minggu (12/4/2020). (Twitter/MotoGP)

1. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) 13 menit 47,091 detik

2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +0,074

3. Marc Marquez (Repsol Honda) +9,762

4. Alex Marquez (Repsol Honda) +12,572

5. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) +35,418

6. Danilo Petrucci (Ducati) -

7. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) -

8. Takaaki Nakagami (LRC Honda) -

9. Michele Pirro (Ducati) -

10. Tito Rabat (Reale Avinta Racing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Syarat Ojek Online Bisa Angkut Penumpang di Wilayah PSBB

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syarat ojek online boleh mengangkut penumpang di wilayah PSBB, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (12/04/2020).

Artikel lain yang juga populer kemarin, termasuk jumlah pemain Call of Duty: Warzone telah mencapai 50 juta dan berapa usia pakai smartphone dengan Snapdragon 865.

Lebih lengkapnya simak berita paling populer berikut ini.

1. Ojek Online Boleh Angkut Penumpang di Wilayah PSBB dengan Syarat

Kementerian Perhubungan menerbitkan Permenhub No. 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Permenhub tersebut telah ditetapkan oleh Menhub Ad Interim Bapak Luhut Binsar Pandjaitan pada 9 April 2020," ujar juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dikutip dari keterangan resmi Kemenhub, Minggu (12/4/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Call of Duty: Warzone Capai 50 Juta Pemain

Call of Duty: Warzone kini mencapai 50 juta pemain. Hal tersebut diumumkan perusahaan melalui akun Twitter resmi Call of Duty (CallofDuty).

"Lebih dari lima puluh juta pemain. Terima kasih para pemain #Warzone atas kunjungannya," tulis perusahaan.

Angka ini merupakan pencapaian signifikan sejak perusahaan mengumumkan kehadiran gim ini pada 10 Maret. Itu berarti pencapaian ini diraih hanya dalam waktu satu bulan.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Qualcomm: Usia Pakai Smartphone dengan Snapdragon 865 Lebih Panjang

Perkembangan teknologi yang begitu cepat ditambah inovasi yang bermunculan membuat perusahaan teknologi berlomba merilis produk terbaru. Tak sampai hitungan tahun, biasanya vendor sudah menghadirkan smartphone dengan inovasi terbaru.

Terkait hal ini, Qualcomm menyebut smartphone dengan flagship chipset terbaru mereka, yakni Snapdragon 865, berusia lebih panjang.

Diungkapkan oleh Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto, chipset Snapdragon 865 hadir dengan berbagai dukungan teknologi terbaru, bahkan fitur yang belum diterapkan oleh pengembang aplikasi.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tembak 5 Perampok Toko Emas, 3 Meninggal Dunia

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Jakarta Barat menembak 5 perampok toko emas di wilayah Jakarta Barat. 3 Perampok meninggal saat di bawa ke rumah sakit, 2 lainnya dirawat di IGD rumah sakit Polri Kramatjati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polisi India Terjun Produksi APD dan Masker untuk Tenaga Medis

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi baju Alat Pelindung Diri di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). India mengalami krisis alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus corona. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi baju Alat Pelindung Diri di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). India mengalami krisis alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus corona. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi baju Alat Pelindung Diri di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). India mengalami krisis alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus corona. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memperlihatkan baju Alat Pelindung Diri di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). India mengalami krisis alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus corona. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memperlihatkan baju Alat Pelindung Diri di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). India mengalami krisis alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus corona. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memperlihatkan baju Alat Pelindung Diri di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). India mengalami krisis alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi virus corona. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)
Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

Personel Pasukan Polisi Cadangan Sentral (CRPF) memproduksi masker di sebuah workshop polisi selama penerapan lockdown di New Delhi, Minggu (12/4/2020). Meningkatnya kasus corona COVID-19 membuat pemerintah India gencar memproduksi APD dan masker untuk kebutuhan tim medis. (SAJJAD HUSSAIN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Putusan Trio Ikan Asin Digelar Hari Ini Secara Teleconference

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berproses selama lebih dari tiga bulan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, sidang Trio Ikan Asin memasuki babak akhir. Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua akan mengahadapi sidang putusan, Senin (13/4/2020).

Namun karena pandemi Corona, maka sidang putusan Trio Ikan Asin akan dilakukan secara online atau teleconference. Hal ini disampaikan oleh pengacara Galih Ginanjar, Sugiyarto.

"Iya sidang Galih Ginanjar cs hari ini dengan agenda putusan. Masih secara teleconference," ucap Sugiyarto saat dihubungi melalui aplikasi berbagi pesan, WhatsApp, Senin (13/4/2020).

Sidang rencananya akan digelar sekitar pukul 13.00 WIB. Sang kuasa hukum pun menjelaskan teknis dari persidangan secara teleconference ini.

Optimisme

Galih Ginanjar (sumber: KapanLagi.com/Budy Santoso)
Galih Ginanjar (sumber: KapanLagi.com/Budy Santoso)

"Hakim, Jaksa dan penasihat hukum ada di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, sedangkan para terdakwanya tetap di Rutan Polda Metro Jaya," papar sang pengacara.

Galih Ginanjar sendiri cukup optimistis soal sidang putusan hari ini. Sebab, pengacara menilai ada beberapa hal yang meringankan kliennya tersebut.

Yang Meringankan

Rey Utami dan Pablo Benua. (Sumber: Instagram @bangbenua)
Rey Utami dan Pablo Benua. (Sumber: Instagram @bangbenua)

"Sebab kalau kita lihat dari BAP, video yang dilaporkan, fakta-fakta persidangan, dan keterangan para saksi, perkara ini berawal dari asumsi," ia menjelaskan.

Anggap Dipaksakan

"Kemudian dipaksakan menjadi image orang sebagai suatu tindak pidana baik UU no.19 th 2016 tentang perubahan atas UU no 11 th 2008 tentang ITE dan atau pasal. 310, 311 KUHP," Sugiyarto mengakhiri.

Tuntutan

Sementara itu, dalam sidang tuntutan pada 23 Maret 2020 lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjatuhkan tuntutan yang berbeda-beda. Pablo Benua dituntut 2,5 tahun penjara sementara Rey Utami 2 tahun penjara.

Sementara itu, Galih Ginanjar mendapat tuntutan paling berat, yakni 3,5 tahun kurungan penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal yang Disiapkan Ridwan Kamil Jelang PSBB Corona di Jawa Barat

Posted: 12 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di beberapa wilayah Jawa Barat (Jabar) akan segera diberlakukan. PSBB akan mulai berlaku pada Rabu, 15 April 2020.

Pemberlakuan PSBB ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19. Wilayah yang akan mulai diberlakukan PSBB adalah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi (Bodebek).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengambil langkah PSBB dan sudah menyiapkan beberapa kebijakan.

Pria yang karib disapa Emil itu pun mengaku telah memerintahkan seluruh RT dan RW di Jabar mendata warganya untuk menerima bantuan sosial atau bansos dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Hari ini RT RW akan melakukan pendataan, maka DTKS yang ada datanya dibantu, walaupun ber-KTP maupun tidak ber-KTP wilayah tersebut," ujar Emil saat konferensi pers, Minggu, 12 April 2020.

Selain itu, Emil juga akan melakukan Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu menyasar orang-orang yang belum terjamah dengan bansos saat masa PSBB.

Berikut 4 hal yang disiapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebelum PSBB diberlakukan dihimpun Liputan6.com:

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Siapkan 7 Bansos

Himpunan Bank Negara Aktif Salurkan Bansos Miliaran Rupiah. Dok: Liputan6.com
Himpunan Bank Negara Aktif Salurkan Bansos Miliaran Rupiah. Dok: Liputan6.com

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta masyarakat tak perlu khawatir akan diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB terkait virus Corona Covid-19 mulai Rabu, 15 April 2020.

Pasalnya, pria yang karib disapa Emil itu mengaku telah memerintahkan seluruh RT dan RW di Jabar mendata warganya untuk menerima bantuan sosial atau bansos dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Hari ini RT RW akan melakukan pendataan, maka DTKS yang ada datanya dibantu, walaupun ber-KTP maupun tidak ber-KTP wilayah tersebut," ujar Emil saat konferensi pers, Minggu, 12 April 2020.

Dia menyebut, ada tujuh program bansos yang akan diberikan oleh masyarakat. Di mana, kata Emil, bansos berasal dari pemerintah pusat dan daerah.

"Program bansos yang dimaksud adalah PKH, Kartu Sembako, Kartu Pra-Kerja. Kemudian keempat ada yang dibantu Presiden lewat bansos," ucapnya.

Kemudian kelima, lanjut Emil, di kabupaten akan dibantu dengan dana desa. Lalu keenam, dana sosial dari provinsi Jabar yaitu Rp 500 ribu dikali 4 bulan.

"Ketujuh, kalau masih kurang, akan dibantu dana sosial dari kabupaten atau kota," papar Emil.

 

Pastikan Perantau Dapat Bantuan

Bantuan untuk penanganan Corona COVID-19 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Bantuan untuk penanganan Corona COVID-19 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Emil juga menjamin warga perantau yang tergolong miskin dan rentan miskin akan mendapatkan bantuan selama masa PSBB di Jawa Barat.

"Kepada para perantau di lima wilayah ini jangan khawatir anda tetap akan dibantu oleh pemerintah Jabar dan pemerintah wilayah ini. Anda akan dipersamakan haknya selama Anda memang berhak dan butuh batuan, kami akan bantu," kata Emil.

Dia pun mengelompokkan warga terdampak Corona Covid-19 menjadi dua golongan. Kang Emil menyebut, golongan pertama yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"DTKS ini mayoritas akan dibantu oleh APBN melalui Kementerian kementeriannnya," ujar dia.

Kemudian, golongan non-DTKS. "Mereka-mereka yang rawan miskin baru yang sebelumnya tidak masuk daftar bantuan," ucapnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu membagi dua kelompok non-DTKS yakni yang ber-KTP di lima wilayah PSBB dan perantau.

Pihaknya saat ini sudah mengistruksikan kepada pengurus RT/RW untuk melakukan pendataan.

Dia berpesan agar semua yang dinilai layak mendapatkan bantuan untuk dimasukan nama-namanya. Baik itu ber-KTP atau tidak ber-KTP di wilayah tersebut.

"Para RT/RW saya imbau untuk segera melakukan kajian ulang, survei ulang jangan sampai ada perantau karena tidak ber-KTP di sana tidak dihitung sebagai yang dibantu, selama ekonominya susah, dan perlu bantuan itu perlu kita bantu. Selama de facto memang ngekos atau bekerja di situ," Ridwan Kamil menandaskan.

 

Gerakan Nasi Bungkus

Pengusaha Bagikan Nasi Bungkus dan Gantung Kerupuk di Mobil Ferrari. (dok.Instagram @shandypurnamasari/https://www.instagram.com/p/B-okXFAnGV0/Henry)
Pengusaha Bagikan Nasi Bungkus dan Gantung Kerupuk di Mobil Ferrari. (dok.Instagram @shandypurnamasari/https://www.instagram.com/p/B-okXFAnGV0/Henry)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencanangkan program bertajuk Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu selama masa PSBB berlangsung di lima wilayah.

Kelima wilayah itu yakni Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi (Bodebek).

Ridwan Kamil menjelaskan, Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu menyasar orang-orang yang belum terjamah dengan bantuan sosial atau bansos saat masa PSBB.

"Gasibu ini jika bantuan sosial yang jumlahnya tujuh tadi masih ada yang terlewat. Kemudian ada orang laper di jalan atau di RW. Minimal perutnya tidak kosong," ujar pria yang disapa Emil ini.

Emil menyebut, dirinya mengistruksikan untuk mendirikan dapur umum di tiap kelurahan yang menerapkan kebijakan PSBB untuk membagikan nasi bungkus kepada mereka yang kelaparan.

"Kami mohon di sinilah sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia kita harapkan maka kepada mereka yang mampu menyumbang makanan atau nasinya atau apa. Silakan koordinasikan dengan RW masing-masing untuk membantu kesetiakawanan sosial kepada mereka yang mungkin tidak termasuk atau terlewat oleh bantuan formal dari pemerintah," papar Emil.

 

Serahkan Sanksi PSBB pada Kepala Daerah

Petugas Lantas Polda Metro Jaya menyuruh pengemudi ojek online yang tidak memakai masker untuk kembali balik ke arah Ciputat saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas Lantas Polda Metro Jaya menyuruh pengemudi ojek online yang tidak memakai masker untuk kembali balik ke arah Ciputat saat kegiatan Check Point Pengawasan Pelaksaanaan PSPBB di kawasan Pasar Jumat, Jakarta selatan, Jumat (10/4/2020). (merdeka.com/Arie Basuki)

Emil menyebut keputusan PSBB muncul usai rapat koordinasi dengan kepala daerah di lima wilayah tersebut.

Terkait dengan sanksi selama PSBB, pria yang karib disapa Emil ini menyatakan akan menyerahkan kepada para kepala daerah masing-masing.

"Terkait sanksi, kami serahkan kepada wali kota dan bupati," ujar Emil.

Selain sanksi, dia juga menyebut akan menyerahkan kepada kepala daerah di lima wilayah tersebut terkait kebijakan yang akan diberikan kepada para ojek online (ojol).

"Termasuk juga ojol diserahkan kebijakannya itu kita serahkan kepada wali kota dan bupati. Apakah masih boleh beroperasi mengangkut penumpang atau tidak," jelas Emil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Khusus Corona di Pulau Galang Sudah Rawat 39 Pasien Positif Covid-19

Posted: 12 Apr 2020 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, mengatakan, saat ini sudah ada 39 pasien positif Corona Covid-19 yang dirawat di RS Khusus Corona di Pulau Galang.

Semuanya merupakan ABK KM. Kelud. "Covid (positif) 39 orang," ujar Yudo saat dikonfirmasi, Senin (13/4/2020).

Sementara, perkembangan jumlah pasien rawat inap, di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet per Senin (13/4/2020) pukul 08.00 WIB bertambah 28 orang.

"Pasien yang rawat inap bertambah 28 orang. Semula 535 orang menjadi 563 orang," kata Yudo.

ODP dan PDP Berkurang

Sementara itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sama-sama berkurang.

"Pasien PDP berkurang 20 orang. Semula 143 menjadi 123 orang. Pasien ODP berkurang 4 orang. Semula 50 menjadi 46 orang," tutur Yudo.

Namun, untuk pasien Covid bertambah. "52 orang. Semula 342 orang menjadi 394 orang," tukasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setia Menemani, Ini 6 Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda

Posted: 12 Apr 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Natasha Wilona tentunya sudah tidak asing di telinga para penikmat sinetron Indonesia. Natasha Wilona sudah banyak membintangi judul sinetron. Selain terjun di dunia sinetron, artis  berusia 21 tahun ini juga sudah mencoba terjun ke dunia perfilman Indonesia hingga memiliki brand kecantikan sendiri.

Artis berdarah Tionghoa ini memulai debut karirnya di sinetron Yang Masih Di Bawah Umur sebagai Cherry. Nama Natasha Wilona kemudian menjadi lebih dikenal masyarakat ketika berperan sebagai Reva di sinetron Anak Jalanan.

Kesuksesan Natasha Wilona di industri hiburan Tanah Air tentunya tidak jauh dari dukungan keluarga, khususnya sang ibunda yang bernama Theresia. Sejak kecil, sang bunda selalu mendampingi dan mendukung Natasha Wilona untuk mengikuti berbagai perlombaan.

Mantan kekasih Verrell Bramasta ini memang terlihat selalu dekat dengan sang ibunda yang memiliki peran penting terhadap kesuksesan kariernya. Hingga saat ini, artis kelahiran 1998 ini masih selalu ditemani sang ibunda ketika syuting ataupun menghadiri berbagai kegiatan. Kedekatan Natasha Wilona dan ibunda pun tak jarang mendapatkan komentar positif dari warganet.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 potret kedekatan Natasha Wilona dan ibunda, Senin (13/4/2020).

1. Ibunda Natasha Wilona selalu setia mendampingi sang buah hati dalam berbagai kegiatan.

Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)
Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)

2. Momen manis Natasha Wilona bersama sang bunda saat perayaan ulang tahunnya yang ke-21.

Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)
Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)

3. Natasha Wilona juga terlihat selalu menghabiskan waktu liburan bersama ibunda.

Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)
Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)

4. Di akun Instagram miliknya, Natasha Wilona kerap memosting foto Ibunda saat Hari Ibu ataupun saat sang mama berulang tahun.

Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)
Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)

5. Potret manis Natasha Wilona dan Theresia saat liburan ke Swiss.

Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)
Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)

6. Menurut Natasha Wilona, mama adalah segalanya.

Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)
Potret Kedekatan Natasha Wilona dan Sang Ibunda. (Sumber: Instagram.com/natashawilona12)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tornado Terjang Mississippi Amerika Saat Pandemi Corona COVID-19, 6 Orang Tewas

Posted: 12 Apr 2020 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Walthall County - Setidaknya enam orang dilaporkan tewas setelah tornado memporak-porandakan negara bagian selatan Mississippi Amerika Serikat pada hari Minggu (12 April) di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, demikian kata otoritas setempat.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (13/4/2020) tornado itu menyebabkan kerusakan "bencana", menurut media Amerika Serikat, dan mendorong Layanan Cuaca Nasional (NWS) mengeluarkan darurat tingkat tinggi tornado.

Badan Manajemen Darurat Mississippi (MSEMA) melaporkan satu kematian di Walthall County, dua di Lawrence County dan tiga di Jefferson Davis County, yang semuanya berada di bagian selatan negara bagian.

"Ini adalah laporan awal dan akan terus diperbarui ketika info tersedia," tulis agensi itu.

Pusat Prediksi Badai Amerika Serikat mengatakan pihaknya memperkirakan "badai besar" akan berlanjut sepanjang malam di Mississippi, serta di negara-negara tetangga, Alabama dan Georgia.

"Tornado yang kuat, angin yang merusak luas, dan hujan es besar mungkin terjadi," tambah pusat itu.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Imbauan Gubernur Mississippi

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Gubernur Mississippi Tate Reeves mendesak warga negara untuk menangani "badai hebat dengan sangat serius."

"NWS baru saja mengeluarkan peringatan serius atau Situasi Berbahaya," demikian bunyi kicauannya di Twitter pada Minggu sore.

"Tolong lakukan tindakan pencegahan untuk menjaga keamanan keluargamu."

Dia kemudian me-retweet sebuah pesan dari MSEMA yang mengingatkan penduduk untuk "mengenakan masker, bandana, atau syal di sekitar hidung dan mulut Anda" dan untuk jarak sosial guna mencegah penyebaran Virus Corona jika mereka harus pergi ke tempat penampungan sementara.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Tenaga Medis, Petani Disebut Juga Pahlawan di Tengah Wabah Corona

Posted: 12 Apr 2020 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kondisi di tengah Pandemi Covid-19, membuat masyarakat membutuhkan pasokan bahan pangan lebih. Pertanian dinilai merupakan salah satu garda terdepan dalam mencegah infeksi Covid-19, karena berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh.

"Apapun yang terjadi pertanian tidak boleh berhenti pertanian itulah yang menyediakan pangan, bahwa yang dinamakan pejuang atau pahlawan bukan hanya dokter, perawat tapi juga seluruh petani di Indonesia, karena petani lah yang menyediakan pangan, coba bayangkan kalau sekarang dalam kondisi covid-19 pangan bermasalah maka akan sulit, maka dari itu pertanian tidak boleh berhenti," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, melalui keterangan virtual video, Senin (13/4/2020).

Dia mengatakan, pertanian itu berperan sebagai penyedia pangan sumber karbohidrat, vitamin, dan protein, tidak kenal hari libur, produksi bahan makanan pada masa pandemi covid19 tetap terus berjalan.

Dengan terus meningkatkan pasokan input pertanian seperti benih, pupuk, pestisida, dan obat-obatan pertanian lainnya dan memastikan pasokan tersebut hadir ditengah petani, secepatnya agar petani terus berproduksi.

Dia juga memastikan distribusi pangan secara kontinyu khususnya ke anggota masyarakat atau petani yang kurang mampu.

 

Rantai Pasok

(Foto:Dok. Kementerian Pertanian)
(Foto:Dok. Kementerian Pertanian)

Lanjut Dedi, di tengah wabah ini pihaknya berusaha untuk memperpendek rantai pasok di mana petani lokal dapat langsung memasarkan produk pada tingkat lokal mengingat banyak karantina wilayah, atau dengan menggunakan e-commerce.

Selain itu, dengan adanya petani milenial sangat membantu pasokan bahan tersebut, karena mereka mampu mendistribusikan bahan pangan menggunakan kecanggihan teknologi, sehingga hal itu mempermudah petani untuk memasok bahan pangan.

"Pengusaha pertanian milenial khususnya di bidang produksi on-farm seperti sayuran segar, buah-buahan, susu, telur, kacang-kacangan, dan sebagainya yang merupakan penyedia vitamin dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi infeksi Covid 19, dapat menggandeng tokoh masyarakat untuk promosi dan memasok bahan pangan segar ke masyarakat sekitar," tutupnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Tetapkan 67 Duta Petani Milenial dari Seluruh Provinsi

Posted: 12 Apr 2020 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian menetapkan 67 orang pelopor atau Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) dari provinsi di Indonesia yang dikukuhkan secara formal oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Senin (13/4/2020) melalui virtual video.

Hal itu diungkap oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, bahwa ia meyakini usaha dan kredibilitas generasi muda di bidang pertanian semakin berkembang. Serta bnyaknya petani milenial yang kini telah menjadi pengusaha sektor pertanian dan mengembangkan usahanya dari hulu hingga hilir.

"Saya makin percaya anak muda yang mau terjun dibidang pertanian  bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kalian" ujarnya.

Pengukuhan ini bertujuan untuk mempercepat regenerasi petani dengan meningkatkan peran generasi muda pertanian, dalam mengembangkan dan memajukan sektor pertanian agar lebih prospektif dan berpeluang ekspor, sehingga perlu petani-petani muda yang dapat memberikan kontribusi dalam gerakan pembaharuan pembangunan pertanian.

Diketahui DPM dan DPA yang dikukuhkan sebanyak 67 orang. Terdiri dari 59 orang DPM yaitu petani  yang berusia antara 19-39 tahun, dan 8 orang DPA yaitu petani yang berusia diatas 39 tahun. 

Semuanya itu dari berbagai aspek komoditas seperti tanaman pangan, perkebunan, peternakan hingga hortikultura. Bahkan ada juga Penyuluh Pertanian yang mendampingi petani serta mentransfer inovasi dan teknologi informasi pertanian sehingga berhasil mecetak petani-petani sukses.

DPM dan DPA ini merupakan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas untuk memajukan pertanian Indonesia secara modern dan berorientasi ekspor agar Indonesia menjadi negara agraris yang mandiri pangan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan PPSDMP, Dedi Nursyamsi, menjelaskan berdasarkan data saat ini kita memiliki 33,4 juta petani. Sejumlah 30,4 atau sekitar 91 persen adalah petani berusia tua. Hanya 2,5 juta atau sekitar 9 persen, yang merupakan petani milenial.

"Untuk itu dirasa perlu pelopor pertanian yang diharapkan membuat jejaring usaha pertanian untuk menarik minat generasi milenial menekuni usaha di bidang pertanian. Selain sebagai penghela peningkatan produktivitas tenaga kerja pertanian serta produktivitas lahan dan komoditas," ujar Dedi.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Wirausaha Tani

Rumah tangga usaha pertanian di Kota Batu terus menurun dari tahun ke tahun (Liputan6.com/Zainul Arifin)
Rumah tangga usaha pertanian di Kota Batu terus menurun dari tahun ke tahun (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Nantinya duta-duta ini diharapkan mampu menarik generasi milenial lainnya untuk ikut berwirausaha pertanian. Selain itu mampu Ikut membantu sekaligus menjadi corong positif pemerintah melalui kementerian pertanian, dengan mempercepat advokasi kepada masyarakat terutama berkaitan dengan program-program Kementerian Pertanian.

Sehingga program tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat di lapangan yang otomatis juga mempercepat dampak positif pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Dedi, apalagi dalam menghadapi situasi ditengah wabah Covid-19 ini, ia menegaskan pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi Covid-19, karena berperan penting  dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh.

"Dalam masa Covid-19 ini banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha pertanian milenial khususnya di bidang produksi on-farm seperti sayuran segar, buah-buahan, susu, telur, kacang-kacangan, dsb yang merupakan penyedia vitamin dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh menghadapi infeksi Covid 19," ujarnya.

Maka untuk distribusinya tidak perlu dikhawatirkan. Di masa ini masyarakat akan lebih banyak beraktivitas dari rumah, berbelanja pun dari rumah.

Dengan adanya teknologi saat ini Petani Pengusaha dapat  menggandeng tokoh masyarakat untuk promosi dan memasok bahan pangan segar ke masyarakat sekitar melalui e-commerce sehingga memperpendek rantai pasok.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Bersaing, Alasan Eks AS Roma Tak Pernah Gabung MU

Posted: 12 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Daniele De Rossi akhirnya bercerita soal kegagalannya pindah ke MU. Eks gelandang AS Roma itu menyebut skuat gelandang berlimpah di MU membuatnya urung pindah.

De Rossi selalu dikaitkan dengan MU sejak lama. Namun transfer itu tak pernah terwujud karena banyak hal.

Akhirnya De Rossi pun membela AS Roma selama 17 musim. Sebelum akhirnya pindah ke Boca Juniors, Juli 2019 lalu.

"Sejak kecil saya selalu cinta MU. Namun keputusan tak pindah ke sana saya pikir sangat tepat," ujar De Rossi seperti dilansir Manchester Evening News.

"Jika saya pindah ke sana maka ada Roy Keane dan Paul Scholes, dua pemain yang luar biasa. Jadi saya lebih memilih pindah ke klub lain termasuk Boca Juniors," ujarnya menambahkan.

 

Seperti Dewa

Pemain veteran yang juga mantan pemain timnas Italia, Daniele De Rossi menyatakan pensiun dalam konferensi pers di Buenos Aires, Argentina, Senin (6/1/2020). Daniele De Rossi  yang berusia 36 tahun itu mengumumkan dirinya gantung sepatu dari karier di sepak bola profesional. (Enrique SANTOS / AFP)
Pemain veteran yang juga mantan pemain timnas Italia, Daniele De Rossi menyatakan pensiun dalam konferensi pers di Buenos Aires, Argentina, Senin (6/1/2020). Daniele De Rossi yang berusia 36 tahun itu mengumumkan dirinya gantung sepatu dari karier di sepak bola profesional. (Enrique SANTOS / AFP)

De Rossi merupakan legenda AS Roma selain Francesco Totti. Selama 17 musim, ia menyumbang tiga gelar bagi AS Roma.

Sementara untuk timnas Italia, De Rossi sukses menjadi juara Piala Dunia tahun 2006.

"Saya tidak pernah berencana untuk meninggalkan AS Roma. Namun di Boca Juniors saya seperti dewa," ujarnya menambahkan.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Anak Ketiga, Ini 6 Potret Tania Nadira dengan Kedua Buah Hatinya

Posted: 12 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Tania Nadira dan suaminya, Abdulla Alwi kini tengah menanti hadirnya anggota keluarga baru. Pasalnya wanita kelahiran 1991 tersebut saat ini tengah berbadan dua. Kabar tersebut diketahui setelah Tania Nadira dan suaminya menggelar acara pengajian 4 bulan kehamilan pada Februari 2020 lalu.

Sebelum menikah, mantan istri Tommy Kurniawan ini sudah dikaruniai dua orang buah hati. Mereka yakni Muhammad Al Fatih Fabrizio dan Naira Syabila Azzahra Kurniawan. Meski telah menikah dengan Abdulla Alwi, kedua anak Tania Nadira kini begitu akrab dengan sang ayah sambung.

Kedekatan ibu yang akan memiliki tiga anak ini pun, kerap ia unggah di laman Instagramnya bersama kedua anaknya. Tak heran jika tingkah lucu dan wajah gemas Zio dan Ayra sering menarik perhatian.

Berikut ini 6 potret Tania Nadira dengan kedua buah hatinya, dirangkum dari Instagram @tanianadira oleh Liputan6.com, Senin (13/4/2020).

1. Wajah kedua anak Tania Nadira, Zio dan Ayra, selalu sukses mencuri perhatian.

Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)
Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)

2. Keduanya pun punya wajah gemas dan kemiripan dengan Tania Nadira.

Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)
Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)

3. Antara ibu dan anak ini memang selalu kompak saat menghadiri berbagai acara.

Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)
Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)

4. Saat jalani pemotretan pun, Tania Nadira membawa kedua buah hatinya dan kompak pakai busana putih.

Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)
Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)

5. Banyak netizen yang gemas dengan wajah polos Zio dan Ayra yang hanya berjarak usia satu tahun ini.

Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)
Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)

6. Sebelum menikah dengan Abdulla Alwi, kedua anak Tania Nadira sudah dekat dengan pria berdarah Arab tersebut.

Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)
Potret Tania Nadira dan kedua buah hatinya. (Sumber: Instagram/@tanianadira)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Mensos dan Menkeu Segera Bagikan Bantuan Pada Masyarakat Terdampak Corona

Posted: 12 Apr 2020 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada Menteri Sosial Juliari P. Batubara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani segera membagikan bantuan sosial untuk masyarakat. Dia menjelaskan saat ini keadaan sudah mendesak ditengah pandemi Corona Covid-19.

"Saya minta mensos dan menkeu juga minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat sangat mendesak," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas bersama Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020).

Dia meminta kepada menteri terkait segera membagikan kartu prakerja, untuk para pekerja yang terkena PKH akibat Corona, serta kartu sembako.

"Semua harus berjalan minggu ini," jelas Jokowi.

Dia menjelaskan saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Jangan sampai kata Jokowi, pemerintah hanya memberikan janji saja.

"Saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat jangan nanti di bawah melihat hanya omong saja tapi barang enggak sampai ke rakyat ke masyarakat," tegas Jokowi.

Masa yang Berat

Jokowi mengatakan bahwa saat ini virus Corona (Covid-19) telah melanda 290 negara, termasuk Indonesia. Jokowi mengakui pandemi Corona merupakan masa-masa yang berat dan sulit bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi Corona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang. Kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Jokowi dalam sebuah video dari Sekretariat Presiden, Jumat (10/4/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tinggal di rumah. Menurut dia, dengan cara itu maka dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Dan artinya telah menyelamatkan banyak keluarga dari virus ini," ucapnya.

Jokowi mengajak agar masyarakat bersama-sama menangani wabah Corona dengan bergotong royong dan bersatu padu. Dia menekankan bahwa ada banyak negara yang tengah mengatasi virus tersebut.

"Tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin berada di rumah, jaga jarak dalam berhubungan, berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan, pakailah masker saat kelur rumah," jelasnya.

Dia menyebut apabila masyarakat disiplin mengikuti kebijakan pemerintah maka akan segera kembali ke situasi normal. Masyarakat dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan teman, kerabat, serta tetangga tanpa perlu khawatir tertular virus Corona.

"Tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja" kata Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Pesepak Bola Terbaik Era 90-an Versi Fans, Diego Maradona Teratas

Posted: 12 Apr 2020 08:10 PM PDT

Jakarta - Pesepak bola era 1990-an menorehkan kenangan manis bagi para penggemar. Mereka merupakan era emas sepak bola dengan menghadirkan gol-gol hebat, penggemar yang bersemangat, dan para pemain legendaris.

Melasir Give Me Sport, Minggu (12/4/2020) Ranker membuat poling, siapa pesepak bola terbaik pada era 1990-an.

Nama-nama seperti Diego Maradona hingga Zinedine Zidane menghiasi 25 pemain terbaik era 90-an pilihan fans. Ini seperti membuka memori dan mengobati kerinduan akan sepak bola. 

Pasalnya, dunia sepak bola sedang berhenti karena pandemi virus corona. Beberapa kompetisi pun ditunda sampai batas waktu yang belum dituntukan.

Lantas siapa saja pemain pesepak bola era 90-an yang masuk 25 besar? Berikut daftarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

25 Besar Pemain Terbaik Era 1990-an Pilihan Fans

Presiden Real Madrid, Florentino Perez (tengah) bersama para legenda Los Galacticos. Dari kiri ke kanan: David Beckham, Luis Figo, Zinedine Zidane, dan Ronaldo Luís Nazário de Lima. (Real Madrid).
Presiden Real Madrid, Florentino Perez (tengah) bersama para legenda Los Galacticos. Dari kiri ke kanan: David Beckham, Luis Figo, Zinedine Zidane, dan Ronaldo Luís Nazário de Lima. (Real Madrid).
  1. Diego Maradona
  2. Peter Schmeichel
  3. Roberto Baggio
  4. Alessandro Del Piero
  5. Zinedine Zidane
  6. Dennis Bergkamp
  7. Thierry Henry
  8. Ronaldo
  9. Pavel Nedved
  10. Roberto Carlos
  11. Luis Figo
  12. Ryan Giggs
  13. Gabriel Batistuta
  14. Eric Cantona
  15. Romario
  16. Hristo Stoichkov
  17. Gheorghe Hagi
  18. Raul Gonzalez
  19. Lothar Matthaus
  20. Paul Scholes
  21. Alan Shearer
  22. Oliver Kahn
  23. Rivaldo
  24. Oleg Salenko
  25. Jari Rantanen

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (Penulis Hanif Sri Yulianto / Editor Rizki Hidayat, Published 13/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: