Senin, 27 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Desainer Filipina Bocorkan Tampilan APD Awak Kabin AirAsia Rancangannya

Posted: 27 Apr 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia telah memperkenalkan alat pelindung diri (APD) yang akan dipakai petugas kabin mereka selama penerbangan.

Melansir laman Daily Mail, Selasa (28/4/2020), busana dari ujung kepala sampai kaki ini merupakan hasil kolaborasi dengan desainer asal Filipina yang sekarang tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat, Puey Quinones.

Terdiri dari setelan, masker medis, dan pelindung wajah, APD memanfaatkan warna khas maskapai, yakni merah-putih ini telah dikenakan dalam penerbangan Bangkok ke Manila pada Jumat, 24 April 2020.

Dilaporkan bahwa keamanan APD petugas kabin AirAsia ini telah disahkan Departemen Kesehatan Filipina.

Berdasarkan keterangan di akun Instagram Quinones, sang desainer juga tengah sibuk merancang APD, tak hanya untuk perusahaan seperti AirAsia, namun juga sejumlah rumah sakit di masa pandemi corona COVID-19.

"AirAsia launches PPEs to protect its cabin crews. Designed by me (AirAsia merilis APD unuk melindungi petugas kabin mereka. Didesain oleh saya)," tulis Quinones sebagai keterangan unggahan, beberapa waktu lalu. 

APD ini disebutkan akan dipakai awak kabin, baik dalam penerbangan domestik maupun internasional.

Bakal Kembali Beroperasi

Alat Pelindung Diri (APD) petugas kabin AirAsia yang dirancang desainer asal Filipina, Puey Quinones. (dok. Instagram @pueyquinones/https://www.instagram.com/p/B_XWoBtHYAE/)
Alat Pelindung Diri (APD) petugas kabin AirAsia yang dirancang desainer asal Filipina, Puey Quinones. (dok. Instagram @pueyquinones/https://www.instagram.com/p/B_XWoBtHYAE/)

AirAsia dilaporkan akan mulai kembali melayani penerbangan di Malaysia terhitung 29 April, diikuti Thailand pada 1 Mei, disusul di India di 4 Mei, kemudian Indonesia 7 Mei, dan Filipina pada 16 Mei, tergantung persetujuan pihak berwajib.

Hingga kini, belum ada pengumuman kapan penerbangan jarak jauh, termasuk ke Inggris Raya dan beberapa negara lain di Eropa, akan kembali beroperasi.

Penerbangan, dari sekian banyak bisnis, jadi salah satu yang harus paling keras menahan benturan akibat pandemi corona COVID-19. Berdasarkan laporan Strait Times, Singapore Airlines baru-baru ini melaporkan pembatalan penerbangan hingga 96 persen sampai akhir Juni.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Ginjal, Pasien PDP di Kota Samarinda Meninggal Dunia

Posted: 27 Apr 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Seorang pasien berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) meninggal dunia pada Selasa (28/4/2020). Pasien tersebut meninggal saat sedang menjalani isolasi di RSUD AW Syahranie Samarinda.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kosasih membenarkan salah satu PDP meninggal dunia. Soal kondisi pasien, Ismed menolak menjabarkan.

"Ya (ada pasien meninggal terkait Covid-19)," kata Ismed singkat melalui aplikasi pesan instan.

Tidak ada info tambahan dari Ismed selain mengupayakan akan menggelar konferensi pers. Rencana konferensi pers akan digelar setelah Musrenbang tingkat Provinsi Kaltim.

Pelaksana Tugas Direktur RSUD AW Syahranie dr David Masjhoer dikonfirmasi terpisah menjelaskan, pasien alami gagal ginjal. Saat ditetapkan sebagai PDP, pasien ini sudah memiliki penyakit bawaan.

"Pasien dirawat dengan kelainan bawaan, diantaranya gagal ginjal," kata David yang mengaku sedang mengikuti Musrenbang Provinsi Kaltim.

Sebelum ditetapkan sebagai PDP, pasien ini ikuti uji rapid test dan hasilnya positif. Untuk uji swab, David menyebut specimen sudah dikirim ke laboratorium Kemenkes dan masih menunggu hasilnya.

"Jadi pasien termasuk PDP, meninggal karena gagal ginjal," kata David.

Pasien lalu dimakamkan sesuai protokol Covid-19. Pemakaman dilakukan jelang pagi hari tadi di pemakaman khusus Covid-19.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Curanmor, Berikut 7 Tips Mengamankan Mobil Saat Parkir di Rumah

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang terjadi saat ini, banyak kendaraan yang jarang digunakan pemiliknya. Namun, meskipun hanya terparkir di garasi saja, tidak menjadikan mobil atau motor kesayangan 100 persen aman dari pencurian atau aksi kejahatan lainnya.

Selain itu, meskipun pemilik kendaraan hanya berada di rumah saja, tetap harus waspada dan mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi segala bentuk pencurian. Berikut, beberapa persiapan keamanan dari Asuransi Garda Oto bagi pemilik kendaraan yang mobilnya lebih sering terparkir di garasi saja:

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman

Masih banyak anggapan bahwa memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Faktanya, tak sedikit kasus pencurian yang berhasil mencuri mobil dari rumah korban. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan keamanan garasi dengan memilih material pintu garasi yang kokoh dan dapat menempatkan kamera CCTV.

Jika hendak berpergian, pilih tempat yang dekat dengan pusat keramaian. Akan lebih baik jika tempat tersebut terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap, karena akan rawan pencurian.

2. Pasang alarm & gunakan kunci tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib dimiliki pemilik mobil. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian. Ketika mobil dibuka paksa, secara otomatis alarm akan mengeluarkan suara nyaring yang dapat membuat pencuri panik.

Alarm saja belum tentu cukup, terutama jika menghadapi pencuri zaman sekarang yang sudah professional. Disarankan untuk menggunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada stir ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan ini membuat mobil tetap pada tempatnya, meskipun pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

3. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil

Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri untuk mencuri mobil Anda. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil Anda, jika terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang Anda di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil Anda.

4. Lakukan double-check

Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala. Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan menerapkan cara ini setiap hendak meninggalkan mobil, dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

5. Gunakan GPS

Ingin lebih aman? Disarankan untuk memasang GPS tracker, alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil Anda secara real time. Seandainya jika mobil hilang, akan lebih mudah mengetahui posisi mobil tengah berada di mana.

6. Letakkan kunci mobil jauh dari pintu masuk

Jika di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tak mudah dijangkau oleh pencuri, jika pencuri berhasil diam-diam memasuki rumah Anda.

7. Asuransikan mobil

Memberikan proteksi lebih, bisa juga dilakukan dengan cara mengangsurasikan mobil kesayangan. Terdapat perlindungan Total Loss Only yaitu menjamin Total Loss Accident dan Total Loss Stolen dimana memberikan jaminan atas kerugian/kerusakan di mana biaya perbaikan ≥ 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan akibat pencurian.

Jika ingin memberikan perlindungan yang lebih, ada baiknya memilih perlindungan comprehensive sehingga mobil akan diproteksi baik partial loss maupun total loss.

Merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pada Bab 1 Pasal 1 ayat (1) butir 1.3 mengenai jaminan terhadap kendaraan bermotor yang berbunyi "Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana". Maka mobil hilang akibat tindak pencurian akan dicover oleh pihak asuransi baik dengan kekerasan ataupun tidak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Quick Charge 3+ dari Qualcomm Mampu Isi Daya 50 Persen dalam 15 Menit

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm memperkenalkan teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 3+. Teknologi pengisian daya cepat ini diklaim lebih terjangkau sehingga lebih banyak perangkat yang bisa menerapkannya.

Untuk pertama, teknologi Quick Charge 3+ akan tersedia pada Snapdragon 765 dan 765 G, diikuti dengan beberapa seri Snapdragon terbaru lainnya pada 2020.

Perangkat pertama yang didukung Quick Charge 3+ sekaligus Quick Charge 4+ adalah Xiaomi Mi 10 Lite Zoom yang ditenagai Snapdragon 765G.

Mengutip keterangan resmi Qualcomm yang diterima Selasa (28/4/2020), ada sejumlah keunggulan dari Quick Charge 3+ selain harga terjangkau.

1. Pengisian lebih cepat dan efisien, di mana teknologi ini mampu mengisi 0-50 persen dalam waktu 15 menit. Kecepatan ini 35 persen lebih cepat dan 9 derajat Celcius lebih dingin ketimbang generasi sebelumnya.

Berbagai Fitur di Quick Charge 3+

Teknologi pengisian daya Quick Charge 3+ dari Qualcomm mampu mengisi daya 0-50 persen dalam 15 menit (Foto: Qualcomm)
Teknologi pengisian daya Quick Charge 3+ dari Qualcomm mampu mengisi daya 0-50 persen dalam 15 menit (Foto: Qualcomm)

2. Quick Charge 3+ mendukung kabel USB type A hingga type C dan aksesori sesuai standar industri yang mendukung tegangan hingga 20mV dari Quick Charge 4. Dengan begitu, teknologinya lebih terjangkau bagi vendor dan konsumen.

3. Quick Charge 3+ kompatible dengan perangkat-perangkat dengan Quick Charge generasi sebelumnya.

4. Terdapat fitur seperti kemampuan identifikasi kabel yang terintegrasi dan berbagai mekanisme keamanan.

Snapdragon 865 Bikin Usia Smartphone Lebih Panjang

Penampakan chip Snapdragon 865. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Penampakan chip Snapdragon 865. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, Qualcomm menyebut smartphone dengan flagship chipset terbaru mereka, yakni Snapdragon 865, berusia lebih panjang.

Diungkapkan oleh Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto, chipset Snapdragon 865 hadir dengan berbagai dukungan teknologi terbaru, bahkan fitur yang belum diterapkan oleh pengembang aplikasi.

"Usia smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 865 bisa panjang karena ada berbagai kemampuan untuk mendukung kinerja smartphone," kata Susanto dalam acara virtual meeting Qualcomm Academy, Kamis (9/4/2020).

Susanto mengatakan, di masa depan, jika sebuah fitur sudah jamak dipakai, smartphone dengan chipset Snapdragon 865 bisa mendukung proses kerja fitur baru tersebut.

Misalnya, kemampuan AI di Snapdragon 865 yang sudah mendukung teknologi low power, sehingga kamera smartphone bisa dibuat always on dengan daya rendah.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Perempuan Lumpuh Hidup dengan 12 Ekor Kucing di Bangkalan

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bangkalan - Kucing-kucing itu langsung meriungi Romlah yang dari kamarnya susah payah mencapai teras rumah. Sambil mengelus-elus sekenanya, Romlah menghitung jumlah kucing yang lucu dan bersih itu.

"Ini hanya lima, biasanya dua belas ekor," kata Romlah sembari memanggil kucing-kucingnya yang lain namun tak kunjung muncul.

"Paling mereka di rumah tetangga, cari makan, di sini tak ada makanan," imbuhnya lagi.

Romlah, kini 50 tahun, lumpuh sejak usia 12 tahun setelah mengalami demam tinggi. Sejak itu, episode kepedihan dalam hidupnya datang beruntun ketika satu persatu keluarganya meninggal dunia.

Maka sejak 30 tahun lalu, ia hidup sebatang kara di sebuah bilik kecil di Dusun Jakan, Desa Parseh, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Kucing-kucing itulah yang menemani dan jadi penghibur.

"Kalau tak ada mereka (kucing), rumah saya sepi," ujar dia.

Tapi kini Romlah bisa hidup tenang bersama kucing-kucingnya. Setidaknya tak perlu khawatir bocor saat hujan dan tak akan kedinginan saat malam. Gubuk bambunya yang reyot telah direnovasi gotong royong oleh para pemuda desa.

Dan tiap kali teringat kebaikan orang padanya, mata Romlah begitu mudah berair. Sebab, untuk makan pun dia hanya menunggu bantuan para tetangga.

"Saya bersyukur dikelilingi orang baik," ucap dia.

Menangis Tiap Ada yang Membantunya

Ketua Koni Bangkalan Fauzan Djakfar saat memberi bantuan pada Romlah
Ketua Koni Bangkalan Fauzan Djakfar saat memberi bantuan pada Romlah

Dan tangis Romlah itu pecah lagi, saat Ketua KONI Bangkalan Fauzan Djakfar menyambangi pada Minggu, 26 April 2020, untuk menyerahkan bantuan beras.

Kepada Mantan Ketua KPU Bangkalan itu, Romlah menceritakan riwayat lumpuh dan hidupnya yang susah.

"Terimakasih pak, masih ingat pada orang seperti saya, semoga Allah membalas kebaikan sampean," tutur Romlah.

Melihat Romlah dan kucingnya, adalah gambaran di dunia nyata tentang cerita persahabatan manusia dan kucing dalam novel yang terbit pada 2018: The Travelling Cat Chronicles.

Hiro Arikawa, penulis novel ini, dengan tajam membeberkan tabiat kucing dan bagaimana mereka memandang manusia, lewat persahabatan seorang pemuda Satoru Miyawaki yang piatu sejak kecil dengan Nana, seekor kucing liar yang dijumpainya di Tokyo.

Meski Kucing jamak identik sebagai hewan pemalas dan suka mencuri ikan, tapi ia punya kesetiaan melebihi kesetiaan anjing pada anak-anak, begitu menurut sebuah penelitian.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Sedih Wanita Kena Friendzone 12 Tahun Lalu Ditinggal Nikah

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Friendzone merupakan istilah yang biasanya dipakai anak muda untuk menggambarkan pertemanan laki-laki dan perempuan yang sangat akrab dan salah satu dari mereka ternyata menganggap lebih dari sekedar teman, tapi yang satunya hanya menganggap sebagai pertemanan biasa.

Terjebak dalam lingkaran friendzone memang enggak nyaman dan tentu tidak menyenangkan. Terkadang hal seperti ini membuat frustasi.

Kali ini famousid berama Fathia Izzati dalam acara bertajuk Cerita Cinta akan mendengar pengalaman Sabrina yang kena friendzone hingga ditinggal nikah 12 tahun kemudian.

Penasaran kira-kira seperti apa kisahnya? Yuk, simak selengkapnya di channel famousid hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Premier League Ingin Berlanjut, CEO Watford: Saat Ini Sepak Bola Tak Penting

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ketua dan CEO Watford, Scott Duxbury, mengatakan bahwa kompetisi utama di Inggris atau Premier League bisa dimulainya kembali setelah pandemi virus Corona Covid-19 mereda. Dengan begitu tak ada lagi tekanan pada Badan Pelayanan Nasional Kesehatan Inggris atau NHS.

Sebelumnya, dikabarkan Premier League dan Bundesliga didapuk menjadi liga utama pertama yang memulai kembali setelah aturan lock down atau penguncian corona.

"Saya merasa tidak nyaman pada tahap ini bahkan berbicara tentang sepak bola karena ada orang yang sekarat setiap hari ini, ada tekanan pada NHS, dan itu harus menjadi prioritas," kata Duxbury.

Duxbury juga menegaskan bahwa dirinya juga ingin melanjutkan sepakbola. Tapi, tentu saja ketika situasi aman dan pemerintah mengatakan tidak apa-apa, sehingga semua pemain serta staf pendukung bisa mengikuti kembali sepakbola [Premier League].

"Maka saya 100 persen di belakang itu. Tetapi pada saat ini saya merasa semua upaya harus dilakukan untuk mengalahkan pandemi dan mendukung NHS," ujarnya.

Bukan Tak Sopan

"Saya bukan tidak berusaha untuk tidak sopan ketika saya mengatakan saya tidak berpikir sepak bola itu penting saat ini. Ini adalah pertarungan yang penting, dukungan yang kami berikan penting," kata Duxbury.

"Tentu saja kita harus kembali ke keadaan normal, tentu saja sepakbola memainkan peran besar dalam hal itu, tetapi saat ini dunia menemukan dirinya dalam situasi yang mengerikan, dan di sinilah fokus kita perlu."

Makanan Gratis

Selama kuncian, Watford telah membuka stadion mereka untuk membantu staf dari rumah sakit umum Watford, serta yang dari rumah sakit di Hemel Hempstead dan St. Albans, yang lokasinya berdekatan.

Ruang eksekutif, termasuk yang disewa kapten, Troy Deeney, telah diubah menjadi kamar tidur untuk staf NHS yang terisolasi. Klub juga membersihkan 10.000 pasang scrub dan menyediakan 1.000 makanan gratis sehari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pentagon Rilis Tiga Rekaman Penampakan UFO

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Departemen Pertahanan AS atau Pentagon merilis keterangan dari 3 video yang menangkap pergerakan benda tidak teridentifikasi atau sering disebut UFO.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Omu, Sajian Buka Puasa Tradisional Gorontalo yang Langka dan Melegenda

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Jika Anda sedang berada di Gorontalo saat Ramadan, cobalah untuk mencicipi takjil yang satu ini. Minuman segar untuk buka puasa oleh masyarakat setempat diberi nama Omu. Minuman segar ini sudah menjadi minuman tradisional khas Gorontalo yang sejak jaman dahulu kala.

Omu merupakan sajian minuman segar berbahan kelapa muda yang dicampur dengan berbagai bahan tradisional lainya seperti gula merah hasil permentasi air aren, lalu dimasukan jelly yang terbuat dari tepung sagu.

"Terakhir kita tambah es batu. Sudah pasti akan sangat segar rasanya," kata Yani Pakaya, salah seorang pedagang Omu yang berada di Kota Gorontalo saat ditemui beberapa waktu lalu. 

Harganya pun cukup terjangkau, satu gelas minuman Omu hanya dibandrol dengan dengan harga sekitar Rp5 ribu hingga Rp8 ribu saja, tergantung campuran minumanya, makin banyak campuran seperti ditambahkan susu dan buah-buahan lainya, maka makin tinggi pula harganya.

Selain rasanya yang segar, ternyata minuman omu merupakan minuman legendaris yang sudah ada sejak lama dan menjadi minuman tradisional masyarakat Gorontalo kala itu. Minuman ini sudah ada sejak jaman permesta yang diprediksikan sekitar tahun 1957.

"Bahkan dulu bahan bakunya hanyalah kelapa muda dan gula aren saja, tidak seperti sekarang," jelas Yani.

Selain dikenal sejak lama, minuman ini juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan diantaranya mengobati penyakit batu ginjal dan penyakit maag. Seiring berjalanya waktu, menu asli omu sudah mulai dimodifikasi dengan bahan baku lainnya.

"Sudah lama omu memang minuman khas Gorontalo. Apalagi saat ramadan di rumah masjid saat buka puasa pasti hidanganya ada minuman ini," ungkapnya.

Namun menurut Yani, eksistensi minuman tradisional ini mulai tergerus dengan munculnya olahan minuman lain yang bahan bakunya mudah didapatkan di toko dan minimarket. Bahkan kurangya pembeli membuat sebagian pedagang sudah tak lagi menjual minuman legendaris ini.

"Banyaknya olahan minuman instan saat ini, orang-orang sudah tidak lagi melirik minuman ini," tutur Yani.

Sementara Mardan Lopuo, salah satu warga Gorontalo mengatakan, olahan minuman Omu yang asli saat ini sudah sangat sulit didapatkan di wilayah Kota Gorontalo. Olahan omu saat ini hanya bisa di dapatkan di daerah-daerah terpencil.

"Sudah sulit didapatkan, hanya di desa terpencil saja yang masih mempertahankan kulinner ini," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bacaan Doa Buka Puasa Beserta Arti dan Haditsnya, Lengkap dengan Amalan Sunnah

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa merupakan momen yang selalu ditunggu ketika memasuki bulan Ramadhan. Ketika memasuki bulan Ramadan, segala persiapan pun dilakukan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Salah satu hal penting untuk diketahui adalah bacaan doa yang selalu diucapkan sebelum sahur dan buka puasa.

Doa buka puasa sesuai sunnah dijelaskan melalui beberapa hadits dari Rasulullah dan juga para sahabat Rasulullah. Mungkin doa buka puasa sesuai sunnah berbeda-beda menurut pandangan orang-orang. Namun pada intinya doa buka puasa sesuai sunnah memiliki makna ucapan rasa syukur karena mampu menjalankan ibadah puasa.

Penting untuk mempelajari tentang bacaan doa buka puasa sebelum memasuki bulan Ramadhan agar lebih siap untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Puasa Ramadhan wajib dilakukan oleh orang yang beragama Islam, sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan atau jalan jauh, kemudian wanita yang suci dari haid dan juga nifas. Puasa di bulan Ramadhan dilaksanakan satu bulan penuh, sekitar 29 hari sampai 30 hari.

Buka puasa juga merupakan tindakan yang dianjurkan dan akan mendapat pahala jika dilakukan. Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk orang yang berpuasa menyegerakan berbuka ketika sudah datang waktunya. 

Puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya dan merupakan rukun Islam ke empat. Allah SWT menjelaskan kewajiban puasa Ramadhan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ (183)قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (183)

Bacaan Doa Buka Puasa

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bacaan doa buka puasa beserta arti dan haditsnya penting untuk diketahui agar kita bisa bisa lebih merasa dekat dengan Allah SWT. Apabila kita mengetahui tentang bacaan doa buka puasa beserta arti dan hadistnya, maka kita akan lebih memahami makna dari puasa Ramadan.

Doa buka puasa juga dianjurkan dalam Islam. Doa buka puasa diucapkan saat akan membatalkan puasa ketika matahari terbenam. Selain itu, waktu buka puasa juga ditandai dengan kumandang adzan magrib. Berikut ini adalah doa buka puasa yang sering digunakan.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin."

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Selain doa buka puasa di atas, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa doa buka puasa adalah sebagai berikut.

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

"Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah."

Artinya: Telah hilang dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami': 4/209, no. 4678)

 

Hadits Tentang Doa Buka Puasa

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Doa buka puasa juga dijelaskan dalam beberapa hadits sebagai berikut.

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya: Dari Mu'adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), 'Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthortu-ed' (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

Sementara hadits tentang niat puasa Ramadan dijelaskan dalam hadits berikut:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho'if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini)

Kemudian ada hadits lain yang menjelaskan niat puasa, sebagai berikut.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda:

وَإِنَّمَا لاِمْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya: Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. (Muttafaqun 'alaih)

 

 

Amalan Sunnah Ketika Buka Puasa

Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Selain mengetahui tentang bacaan doa buka puasa beserta arti dan haditsnya, penting untuk mengetahui tentang amalan sunnah ketika berbuka puasa. Terdapat beberapa amalan sunnah yang baik dilakukan saat berbuka puasa.

1. Menyegerakan Buka Puasa

Penting untuk mengetahui amalan sunnah yang baik saat buka puasa. Amalan sunnah yang pertama adalah menyegerakan buka puasa. Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk segera melaksanakan buka puasa atau membatalkan puasa ketika waktu berbuka puasa sudah datang. Hal ini dianjurkan karena berbuka puasa dengan segera mempu memulihkan tubuh yang sudah lemah karena menahan lapar dan dahaga sepanjang hari.

2. Buka Puasa dengan yang Manis

Amalan sunnah selanjutnya yang baik dilakukan saat buka puasa adalah berbuka dengan yang manis. Salah satunya yakni buka puasa dengan kurma.

Makanan yang manis atau kurma dipercaya mampu lebih cepat untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits sebagai berikut.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu:

كَانَ رَسُو لُ اللِّهِ صَلَّى اللَّهً عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أََنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَا تٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَم تَكُنْ حَسَا حَسَواتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: Adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.

3. Berdoa Ketika Buka Puasa

Berdoa ketika buka puasa adalah amalan yang penting dan wajib dilakukan sebelum buka puasa agar mendapatkan keberkahan. Berdoa adalah upaya penyerahan diri untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, agar mendapatkan keberkahan setelah melaksanakan ibadah puasa seharian.

4. Tidak Berlebihan saat Buka Puasa

Amalan baik selanjutnya yang baik untuk dilakukan saat buka puasa adalah tidak berlebihan saat buka puasa. Kita sering kali mengonsumsi makanan berlebihan lantaran adanya napsu yang menghampiri. Ini adalah godaan setiap orang yang menjalankan ibadah puasa, yaitu berbuka secara berlebihan. Puasa memang membuat rasa lapar dan juga dahaga, kemudian saat waktu berbuka, rasa ingin memakan dan meminum segala jenis makanan selalu terfikirkan. Namun hal ini tidak baik dilakukan. Selain tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga tidak dianjurkan oleh Rasulullah.

5. Memberi Makan untuk Orang Buka Puasa

Memberi makan untuk orang buka puasa merupakan amalan sunnah selanjutnya yang baik untuk dilakukan ketika buka puasa. Bulan ramadan adalah bulan yang dirahmati oleh Allah SWT. Segala perbuatan yang baik akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Bahkan orang yang memberikan makan buka puasa, pahalanya sama dengan orang yang diberi makan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nicholas Saputra Bersyukur Batal Menikah 15 Tahun Lalu

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nicholas Saputra sama sekali tak menyesali keputusannya membatalkan rencana pernikahan. Bintang film Ada Apa Dengan Cinta? dan Pendekar Tongkat Emas rupanya sempat berencana untuk naik pelaminan 15 tahun silam.

Kepada produser Mira Lesmana, Nicholas Saputra menyampaikan rasa syukur karena keinginannya untuk menikah tak sampai terwujud.

"Gue bersyukur juga, sih sebenarnya," kata Nicholas Saputra dalam perbincangan bersama Mira Lesmana di event Cabin Fever yang digelar di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Menikmati Hidup

Nicholas Saputra (Nurwahyunan/bintang.com)
Nicholas Saputra (Nurwahyunan/bintang.com)

Belakangan diketahui, Nicholas Saputra amat menikmati waktu melajang hingga saat ini. "Dan gue menikmati masa sekarang," sambung aktor kelahiran Jakarta, 24 Februari 1984.

Ditentang Mira Lesmana

Mira Lesmana dan Nicholas Saputra. (Dezmoond Manullang/bintang.com)
Mira Lesmana dan Nicholas Saputra. (Dezmoond Manullang/bintang.com)

Sebuah fakta menarik terungkap dalam perbincangan Nicholas Saputra dan Mira Lesmana di Cabin Fever. Bintang sinetron Dunia Tanpa Koma ini pernah berniat menikah muda. Niat itu ditentang Mira Lesmana. 

Riri Riza Tak Tahu

Syuting pertama Nicholas Saputra di New York. (viat path Mira Lesmana)
Syuting pertama Nicholas Saputra di New York. (viat path Mira Lesmana)

Terkait rencana pernikahan, Nicholas Saputra meminta pendapat Mira Lesmana. "Beberapa tahun yang lalu, gue lupa 15 tahun lalu, ini enggak banyak yang tahu, Riri saja enggak tahu. Waktu itu lo bilang ke gue, lo mau menikah, lo sudah siap nikah," beber produser Laskar Pelangi dan Petualangan Sherina.

Jawaban Nicholas Saputra

Nicholas Saputra (Bambang E Ros/Fimela.com)
Nicholas Saputra (Bambang E Ros/Fimela.com)

"Banyak banget soalnya yang nanya kan, kapan nikah. If only they know. Terus apa yang gue katakan ke lo? Bisa di-share enggak?," tanya Mira Lesmana kepada Nicholas Saputra.

"Jangan (jangan menikah)," jawab aktor peraih 2 Piala Citra itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Tidak Gragas Saat Sahur dan Buka Puasa, Berat Badan Dijamin Stabil

Posted: 27 Apr 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kita pasti pernah mengalami sebuah situasi ingin membeli semua jajanan yang kita lihat di pinggir jalan untuk disantap saat buka puasa. Rasa-rasanya semua yang terlihat itu ingin kita santap sampai tak bersisa. Padahal, saat itu terjadi, kita menjadi begah dan sulit untuk bergerak.

Sementara itu, tidak sedikit pula orang yang menjadikan puasa Ramadan momentum untuk memulai diet guna menurunkan berat badan. Akan tetapi seringkali hal tersebut tak berbuah manis. Penyebabnya, karena kita seringkali menjadi gragas atau rakus saat buka puasa maupun sahur.

Hal-hal tersebut sebenarnya dapat dihindari. Dan, bila kita dapat mengontrol perasaan dengan baik, akan terhindar dari sifat gragas tersebut. Lantas, bagaimana caranya? Dinda Utami dari APKI (Asosiasi Pelatih Kebugaran) Certified Trainer dan NLP Licensed Practitioner memberikan tipsnya. 

Pertama, kita harus menancapkan esensi atau makna dari puasa itu sendiri di dalam kepala. Dengan melakukan hal tersebut, akan memudahkan kita untuk bertindak wajar dan tidak berlebihan dalam menyantap makanan di saat sahur dan buka puasa.

"Salah satu dari esensi berpuasa adalah menahan diri. Menahan diri itu berarti memberi waktu dan ruang sebelum kita bertindak. Atau kata lainnya diam sejenak," kata Dinda Utami.

 

Minum Air Putih dan Makan Makanan Manis Saat Buka Puasa

Ilustrasi manfaat kurma (sumber: istockphoto)
Ilustrasi manfaat kurma (sumber: istockphoto)

Jadi, pada saat berbuka puasa, sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu. Setelah itu, santap kudapan yang manis, seperti kurma, guna mengembalikan energi yang hilang selama kita puasa.

"Kemudian berilah tubuh kita waktu untuk diam sejenak, duduk, dan bernapaslah dengan tenang dan santai," ujar Dinda.

"Dengan begitu, rasa ingin makan berlebihan atau "gragas" bisa turun perlahan," Dinda menambahkan. 

Apabila langkah sederhana itu dapat dilakukan dengan benar, tidak menutup kemungkinan perilaku baik ini bisa kita bawa di hari-hari berikutnya setelah puasa Ramadan usai.

"Tentu saja menahan diri ini tidak berakhir di saat puasa. Tapi diharapkan bisa menjadi tingkah laku yg bisa kita bawa terus ke depannya agar kita dapat selalu menjaga porsi makan," ujar ibu dua orang anak yang juga seorang pelatih kebugaran di Fitness Embassy, Jakarta Selatan.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona COVID-19 Masih Jauh dari Selesai, WHO Khawatirkan Nasib Anak-Anak

Posted: 27 Apr 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa - Pandemi Virus Corona COVID-19 "masih jauh dari selesai" dan masih mengganggu layanan kesehatan normal, terutama imunisasi yang menyelamatkan jiwa bagi anak-anak di negara-negara termiskin. Hal ini disampaikan oleh kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin 27 Apr.

Melansir laman Channel News Asia, Selasa (28/4/2020), badan PBB tersebut prihatin dengan meningkatnya jumlah kasus dan kematian di Afrika, Eropa Timur, Amerika Latin dan beberapa negara Asia, bahkan ketika jumlahnya mulai rata atau bahkan menurun di beberapa negara kaya.

"Kami memiliki jalan panjang di depan kami dan banyak pekerjaan yang harus dilakukan," Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada konferensi pers virtual di Jenewa, menambahkan bahwa gelombang kedua infeksi dapat dicegah dengan tindakan yang benar.

Kesehatan Anak-Anak Terancam

Anak-anak terlihat saat warga dan pengemudi ojek online mengantre nasi kotak serta masker dari TNI di Markas Komando Gabungan Wilayah I, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Dalam rangka Hari Kartini, TNI membagikan makanan dan masker kepada masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Anak-anak terlihat saat warga dan pengemudi ojek online mengantre nasi kotak serta masker dari TNI di Markas Komando Gabungan Wilayah I, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Dalam rangka Hari Kartini, TNI membagikan makanan dan masker kepada masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tedros menyatakan keprihatinannya bahwa kesehatan anak-anak sedang terancam oleh dampak darurat Virus Corona baru pada program vaksinasi untuk penyakit lain.

"Anak-anak mungkin berada pada risiko yang relatif rendah dari penyakit parah dan kematian akibat COVID-19 tetapi dapat berisiko tinggi dari penyakit lain yang dapat dicegah dengan vaksin," kata Tedros.

Sekitar 13 juta orang telah terkena dampak di seluruh dunia oleh keterlambatan imunisasi rutin terhadap penyakit termasuk polio, campak, kolera, demam kuning dan meningitis, katanya.

Kekurangan vaksin terhadap penyakit lain dilaporkan di 21 negara sebagai akibat dari pembatasan perbatasan dan gangguan perjalanan yang disebabkan oleh pandemi coronavirus, kata Tedros, mengutip aliansi vaksin global GAVI.

"Jumlah kasus malaria di Afrika sub-Sahara dapat berlipat ganda," katanya, merujuk pada dampak potensial COVID-19 pada layanan malaria reguler. 

"Itu tidak harus terjadi, kami bekerja dengan negara-negara untuk mendukung mereka."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masak Sendiri, Ini 6 Momen Maia Estianty Sahur Bareng Al, El dan Dul

Posted: 27 Apr 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan oleh Maia Estianty. Bulan Ramadhan tahun ini Maia masih berkesempatan untuk merasakan sahur bersama ketiga putra tercintanya. AL, El dan Dul kompak berkumpul di rumah Maia di Pejaten meski tak direncanakan. Momen sahur hari kelima tersebut pun diabadikan oleh Maia lewat unggahan video di channel Youtube miliknya. 

Musisi berusia 44 tahun asal Surabaya tersebut mengunggah momen sahur bersama ketiga putranya pada Selasa (28/4/2020). Dalam video berdurasi hampir 11 menit tersebut memperlihatkan bagaimana El sibuk membuat smoothies dari strawberry dan apel. Sibuk potong buah-buahan, Maia pun merekam aksi anak keduanya itu.

Tak jauh berbeda dengan El, Al juga sibuk memasak makanan untuknya sahur. Al tampak memasak scramble egg untuk santapannya. Meski jago memasak, Maia Estianty sempat becanda dengan Al lantaran anak sulungnya itu berantakan kala memasak di dapur dan membuang bekas telur sembarangan. Di sisi lain, Dul justru sibuk bermain piano sambil menunggu hidangan sahur siap di meja makan.

Begitu siap, mereka pun sahur bersama. Maia sebelumnya sudah memasak daging dan membuat sambal. Meski tak ditemani sang suami, Irwan Musry, Maia tetap bahagia bisa sahur bareng ketiga putra tercintanya. Berikut ini 6 potret keseruan Maia bersama Al, El, Dul sahur bareng dirangkum dari YouTube Maia Estianty oleh Liputan6.com, Selasa (28/4/2020). 

1. El sibuk memotong strawberry dan apel untuk ia jadikan smoothies.

Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. (Sumber: YouTube/Maia Estianty)
Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. (Sumber: YouTube/Maia Estianty)

2. El mengaku membuat smoothies untuk sahur agar kenyang tahan lama.

Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur.  (Sumber: YouTube/Maia Estianty)
Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. (Sumber: YouTube/Maia Estianty)

3. Berbeda dari kakak-kakaknya yang sibuk menyiapkan santapan sahur, Dul tampak menikmati bermain piano.

Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur.  (Sumber: YouTube/Maia Estianty)
Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. (Sumber: YouTube/Maia Estianty)

4. Sang putra sulung, sibuk membuat lauk makanan sahurnya yakni scramble egg.

Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. . (Sumber: YouTube/Maia Estianty)
Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. . (Sumber: YouTube/Maia Estianty)

5. Momen bahagia sahur yang tak direncanakan itu pun membuat Maia bahagia.

Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur.  (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)
Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. (Sumber: Instagram/@maiaestiantyreal)

6. Maia sebelumnya sudah sudah menyiapkan menu sahur yakni nasi krawu khas Gresik Jawa Timur yang lezat.

Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur.  (Sumber: YouTube/Maia Estianty)
Maia kumpul bareng kelima anaknya saat sahur. (Sumber: YouTube/Maia Estianty)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Diretas, Ravio Patra Lapor Polisi

Posted: 27 Apr 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik Ravio Patra membuat laporan polisi atas dugaan peretasan akun WhatsApp miliknya. Laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya, pada Senin (27/4/2020).

Laporan tertuang dengan nomor TBL/2528/IV/YAN 2.5/2020 SPKT PMJ tanggal 27 April 2020.

"Iya betul kami laporkan pada pukul 17.00 WIB tanggal 27 April 2020 dan selesai dibuat pukul 22.00 WIB," kata salah seorang penasihat hukum Ade Wahyudin yang mendampingi Ravio Patra saat mintai konfirmasi, Selasa (28/4/2020).

Ade Wahyudin menerangkan laporan tersebut berisikan dugaan tindak pidana peretasan atau menerobos sistem elektronik sebagaimana pasal 30 ayat (3) jo 46 ayat (3) Undang-Undang 19 tahun 2016 tentang ITE.

Ade meminta pihak kepolisian segera mengusut sosok dibalik peretas akun WhatsApp milik Ravio Patra. Hal itu jugalah yang diharapkan oleh Ravio Patra selaku korban.

"Polisi segera memproses kasus ini sehingga, sosok peretas dan apa maksud tujuannya pun akan terungkap," ujar dia.

Selain membuat laporan polisi, Ravio berencana membuat laporan resmi kepada provider selular.

Sempat Ditangkap Akibat Diretas

Sebelumnya, Ravio Patra juga sempat ditangkap polisi atas tuduhan menyiarkan berita onar. Ravio diamankan di Jalan Gelora Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (22/4/2020) malam. Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Argo Yuwono menjelaskan, turut diamankan pula Warga Negara Asing (WNA) berinsial RS.

"Diamankan pada saat memasuki kendaraan berpelat CD diplomatik dari Kedutaan Belanda," tutur Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/4/2020).

Menurut Argo, awal penangkapan Ravio berdasarkan laporan saksi berinisial DR terkait adanya ajakan melakukan penjarahan melalui pesan singkat di aplikasi Whatsapp. Dari situ, penyidik Polda Metro Jaya melakukan profiling pemilik nomor.

"Setelah kita profiling bahwa nomor itu ada nomornya atas nama RPS yang dilacak keberadaannya berada di Menteng, Jakarta Pusat," jelas dia.

Menurut pengakuanya, WhatsApp dibajak orang tidak dikenal.

"Dari pengakuan RPS bahwa WA-nya telah dihack, saat ini penyidik Polda Metro Jaya sedang mengirimkan kepada laboratorium forensik untuk mengetahui jejak digitalnya seperti apa," Argo menandaskan.

Belakangan, Ravio Patra dan seorang WNA itu pun dipulangkan pada Jumat (24/4/2020) pagi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif SAFEnet dalam keterangan Damar Juniarto, menjelaskan, penangkapan itu tak lama setelah handphone Ravio Patra diretas oleh orang tidak dikenal.

Dia menyampaikan peretas menyebarkan pesan-pesan bermuatan provokasi. Adapun bunyinya pesan tersebut:

"KRISIS SUDAH SAATNYA MEMBAKAR!AYO KUMPUL DAN RAMAIKAN 30 APRIL AKSI PENJARAHAN NASIONAL SERENTAK, SEMUA TOKO YG ADA DIDEKAT KITA BEBAS DIJARAH," kata Damar mengurai isi pesan peretas.

Damar mengatakan, Ravio Patra lah yang bercerita langsung bahwa handphonenya diretas.

"Ravio menunjukkan pesan ketika mecoba menghidupkan WA, muncul tulisan: "You've registered your number on another phone" Dicek ke pesan inbox SMS, ada permintaan pengiriman OTP," ujar Damar.

Damar menyarankan Ravio melaporkan peristiwa ini ke Head of Security Whatsapp. Pelaku pembobolan menemukan cara mengakali nomer mereka untuk bisa mengambil alih Whatsapp yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor Ravio.

"Dikatakan memang terbukti ada pembobolan, karena OTP dikirim ke nomer Ravio, besar kemungkinan pembobol sudah bisa membaca semua pesan masuk lewat nomer tersebut," ucap dia.

Menurut Damar, motif penyebaran itu ingin menjebak Ravio sebagai salah satu yang akan membuat kerusuhan.

"Saya minta Ravio untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan semua bukti. Agar kami bisa memeriksa perangkat tersebut lebih lanjut," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan 20 Unit Rumah Khusus di Pegunungan Arfak Rampung

Posted: 27 Apr 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan serta melaksanakan serah terima 20 unit rumah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

"Kami telah menyelesaikan pembangunan dan melakukan serah terima kunci rumah khusus sebanyak 20 unit rumah kepada Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak," ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Phiter Pakabu dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Phiter melanjutkan, bantuan rumah khusus tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Sebanyak 20 unit rumah khusus yang dibangun oleh Kementerian PUPR memiliki bangunan tipe 36 dan sudah dalam kondisi siap huni.

Sebagai informasi, rumah khusus di Kampung Sisrang, Kabupaten Pegunungan Arfak dibangun oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dengan nilai anggaran sebesar Rp 5,29 miliar pada 2019 lalu. Adapun kontraktor pelaksana pembangunan ini adalah CV Pilar Utama Sampurna.

"Adanya pembangunan rumah khusus tersebut diharapkan dapat membantu para masyarakat berpenghasilan rendah di daerah untuk mendapatkan hunian yang layak huni. Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni, kesejahteraan masyarakatdi Kampung Sisrang bisa lebih ditingkatkan lagi," ungkap Phiter.

 

Dirawat dan Dijaga

Rumah Khusus di Pegunungan Arfak (DOk/Kementerian PUPR)
Rumah Khusus di Pegunungan Arfak (DOk/Kementerian PUPR)

Sementara Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Pegunungan Arfak Anton Meyum menyampaikan bahwa masyarakat di kampung ini sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para warga di daerahnya.

Menurutnya, rumah merupakan salah satu kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja mencari kebutuhan sehari-hari untuk keluarga.

"Saya juga meminta kepada warga yang telah menerima bantuan ini agar hunian rumah ini dijaga dan dirawat. Selain itu para penghuni rumah khusus juga wajib menjaga keamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Berpangkat Jenderal Jadi Korban Koboi Jalanan di Ruas Tol Cikampek

Posted: 27 Apr 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi koboi jalanan terjadi di ruas Tol Cikampek KM 29, Jumat, 24 April 2020. Tak tanggung-tanggung, korbannya seorang polisi berpangkat jenderal bintang satu alias Brigjen atau brigadir jenderal. 

Pelaku kini telah diamankan jajaran Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Namun, identitas pelaku masih dirahasiakan. 

"Betul pelaku sudah kita amankan di rumahnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunu, Selasa (28/4/2020).

Lebih lanjut, Yusri menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Saat itu seorang polisi berpangkat Brigjen sedang menaiki mobil dinasnya di ruas Tol Cikampek KM 29. Ketika itu mobilnya menyalip mobil pelaku. 

Pelaku yang tak terima, terjadilah aksi kejar-kejaran.

"Korban mengikuti keinginan pelaku untuk menepi ke pinggir jalan tol. Pas disuruh berhenti dia (pelaku) mengeluarkan pisau," ungkap Yusri kepada awak media.

Tak hanya berhenti di situ, pelaku juga merusak mobil yang dikendarai jendaral polisi tersebut dengan menggunakan pisau.

"Pas mobil sudah berhenti, dia mengeluarkan pisau dan coret-coret mobilnya si pelapor," ucap dia. 

Kabur Saat Tahu Identitas Korbannya

Begitu mengetahui mobil yang dirusak adalah seorang petinggi di Polri, pelaku lantas melarikan diri.

"Pada saat dikasih lihat kartu anggota polisi, dia langsung kabur. Pelaku kabur tapi karena pelat nomor mobilnya terlihat jadi dilaporkan ke Polda Metro Jaya," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Waspada Corona, Belanja di Pedagang Sayur Keliling Terapkan Jaga Jarak

Posted: 27 Apr 2020 09:45 PM PDT

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon pembeli mengantre dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Penerapan jaga jarak fisik dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon pembeli mengantre dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Penerapan jaga jarak fisik dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon pembeli mengantre dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Penerapan jaga jarak fisik dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedagang sayur keliling melayani pembeli di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan saat berbelanja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pedagang sayur keliling melayani pembeli di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan saat berbelanja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedagang sayur keliling melayani pembeli di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan saat berbelanja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon pembeli mengantre dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Penerapan jaga jarak fisik dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon pembeli mengantre dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Penerapan jaga jarak fisik dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon pembeli mengantre dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Penerapan jaga jarak fisik dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedagang sayur keliling melayani pembeli di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan saat berbelanja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pedagang sayur keliling melayani pembeli di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan saat berbelanja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pedagang sayur keliling melayani pembeli di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan saat berbelanja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon pembeli mencuci tangan sebelum berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon pembeli mencuci tangan sebelum berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon pembeli mencuci tangan sebelum berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di pedagang sayur keliling di Taman Anyelir 3, Depok, Selasa (28/4/2020). Warga di wilayah Taman Anyelir 3 menerapkan pembatasan jarak fisik agar tidak terjadi penumpukan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Amalan Istimewa Saat Ramadan agar Dosa Diampuni Allah

Posted: 27 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Ramadan ini, Allah SWT memberikan banyak keistimewaan yang luar biasa jika dibandingkan dengan bulan lainnya.

Ketika Ramadan, Allah SWT melimpahkan dan membuka pintu ampunan selebar-lebarnya untuk mereka yang senantiasa melaksanakan perintah-Nya.

Bahkan, ada beberapa amalan khusus di bulan suci ini yang apabila dilaksanakan akan menjadi media agar mendapatkan ampunan dari Allah.

Salah satunya adalah zakat fitrah. Pengeluaran zakat fitrah ini hanya bisa dilakukan saat Ramadan.

Biasanya, zakat fitrah dikeluarkan pada 10 hari terakhir Ramadan. Dengan zakat fitrah, maka Allah akan menutup kesalahan berupa kata-kata kotor dan sia-sia.

Berikut amalan-amalan khusus yang bisa dilakukan saat Ramadan agar dosa terampuni oleh Allah:

 

Puasa

Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/Kaboompics
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/Kaboompics

Amalan yang tentu saja menjadi wajib dilakukan saat Ramadan adalah puasa. Puasa ini dilakukan agar dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Namun dengan catatan, puasa tersebut dilandasi dengan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa melakukan puasa Ramadan karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," dikutip dari HR Bukhari nomor 38 dan Muslim nomor 760.

 

Qiyam Ramadan (Salat Tarawih dan Witir)

Ilustrasi/copyright Rahayuningsih / Shutterstock.com
Ilustrasi/copyright Rahayuningsih / Shutterstock.com

Selain puasa, amalan selanjutnya yang bisa menjadi media agar dosa diampuni oleh Allah SWT selama bulan Ramadan adalah dengan melaksanakan qiyam Ramadan, yakni dalam bentuk mengerjakan salat tarawih dan witir.

Hal tersebut tertuang dalam sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa melakukan salat malam Ramadan (tarawih dan witir) karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," dikutip dari HR Bukhari nomor 37 dan Muslim nomor 759.

 

Salat Malam pada Lailatul Qadar

Keutamaan Malam Lailatul Qadar / Sumber: iStockphoto
Keutamaan Malam Lailatul Qadar / Sumber: iStockphoto

Malam lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan malam lailatul qadar hanya bisa dijumpai ketika bulan Ramadan saja.

Ada keistimewaan luar biasa apabila kita melaksanakan amalan kebajikan pada malam mulia ini. Salah satunya Allah SWT akan mengampuni dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," dikutip dari HR Bukhari nomor 1901.

 

Salat Lima Waktu

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Salat lima waktu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam.

Selain merupakan tiang agama, mendirikan salat lima waktu ternyata juga bisa menjadi amalan yang membuat terampuninya dosa-dosa, terlebih saat bulan Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda bahwa:

"Bagaimana pendapat kalian apabila ada sebuah sungai di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian, sehingga ia mandi di sunagi tersebut lima kali setiap harinya. Apakah hal itu masih menyisakan daki pada dirinya?" Para sahabat menjawab: " Tidak akan meninggalkan sedikit pun daki pada dirinya." Beliau bersabda: Demikian itulah perumpamaan shalat wajib lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa," dikutip dari HR Bukhari nomor 528 dan Muslim nomor 667.

 

Salat Jumat

Jemaah membaca kitab suci Alquran usai salat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (7/5/2019). Umat muslim meningkatkan ibadah pada bulan suci Ramadan dengan membaca Alquran (tadarus), salat berjemaah, berdoa, dan zikir di masjid. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Jemaah membaca kitab suci Alquran usai salat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (7/5/2019). Umat muslim meningkatkan ibadah pada bulan suci Ramadan dengan membaca Alquran (tadarus), salat berjemaah, berdoa, dan zikir di masjid. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Melaksanakan salat Jumat juga termasuk amalan khusus yang bila dilakukan dapat menghapuskan dosa.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa:

"Salat wajib lima waktu, salat Jumat ke salat Jumat berikutnya, dan puasa Ramadan ke puasa Ramadan berikutnya akan menghapuskan dosa-dosa di antara kedua waktu tersebut, selama ia menjauhi dosa-dosa besar," dikutip dari HR Muslim nomor 233.

 

Taubat Nasuha

Ilustrasi salat tahajud (Foto: moslemforall.com)
Ilustrasi salat tahajud (Foto: moslemforall.com)

Selain melaksanakan salat, amalan yang dapat dilakukan ketika bulan Ramadan agar dosa-dosa diampuni Allah SWT adalah taubat nasuha.

Taubat nasuha merupakan taubat yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan tulus.

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nashuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai," dikutip dari Alquran surat At Tahrim ayat 8.

 

Berwudu

Wudu. (muslimah.or.id)
Wudu. (muslimah.or.id)

Salah satu amalan yang juga bisa dilakukan saat Ramadan untuk menggugurkan dosa kita adalah dengan berwudu sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa berwudu seperti wuduku ini, lalu ia salat dua rakaat (dengan khusyuk) tanpa berbicara dengan dirinya sendiri (memikirkan hal selain salat), niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," dikutip dari HR Bukhari nomor 159 dan Muslim nomor 226.

"Barangsiapa berwudu dan memperbagus wudunya, niscaya dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya, sampai keluar dari bawah kuku-kukunya," dikutip dari HR Muslim nomor 245.

 

Zakat Fitrah

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Amalan terakhir yang dapat dilakukan agar Allah mengampuni dosa kita adalah dengan membayar zakat fitrah di penghuju bulan Ramadan.

Hal ini dikarenakan dengan zakat fitrah, maka Allah akan menutup kesalahan berupa kata-kata kotor dan sia-sia. Zakat fitrah menjadi amalan wajib yang harus dilaksanakan kaum muslimin.

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas ra bahwa:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum salat, maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat, maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah," dikutip dari HR Abu Daud nomor 1609 dan Ibnu Majah nomor 1827. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan.

 

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Sumber : Dream

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Higuain Masih Setia Bersama Juventus

Posted: 27 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Buenos Aires - Masa depan penyerang Gonzalo Higuain di Juventus terus saja jadi bahan pergunjingan media dalam beberapa pekan terakhir. Pria Argentina itu konon sudah tidak mau membela Juventus lagi.

Higuain saat ini muduk ke Argentina di tengah pandemi virus corona Covid-19 di Italia. Eks pemain Real Madrid itu terbang ke Argentina karena ibunya sedang sakit.

Beredar kabar bila Higuain tidak akan mau kembali ke Italia jika Juventus memanggil untuk melanjutkan Serie A 2019-2020. Higuain lebih memilih menemani ibunya. Dia juga takut dengan wabah virus corona Covid-19 di Italia.

Bahkan beberapa media melaporkan Higuain bersedia memutus kontraknya dengan Juventus. Selanjutnya Higuain akan memperkuat klub kampung halamannya, River Plate.

Kabar Higuain sudah tak setia bersama Juventus dengan tegas dibantah ayahnya, Jorge. Dalam wawancara dengan LM Nequen, Jorge memastikan komitmen Higuain bersama Juventus.

 

Komentar

"Semua yang dikatakan tentang Gonzalo tidak benar. Saya dapat memberi tahu Anda satu hal: Gonzalo akan tetap bersama Juventus karena ia masih memiliki sisa satu setengah tahun pada kontraknya dan ia akan menghormatinya. Dia akan menyelesaikan kontraknya saat ini," ujar Jorge.

Meski akan bertahan di Juventus, Jorge tak menjamin kelanjutan karier Higuain setelah kontraknya habis nanti. "Dalam 18 bulan, Gonzalo akan memutuskan apa yang harus dilakukan karena dia akan menjadi tuan atas takdirnya sendiri."

Masih Cinta Juve

Striker Gonzalo Higuain (AFP PHOTO/ALEJANDRO PAGNI)
Striker Gonzalo Higuain (AFP PHOTO/ALEJANDRO PAGNI)

"Ini adalah kenyataan dan apa yang akan terjadi dalam karier Pipita, kecuali hal-hal lain terjadi yang tidak terduga," lanjut Jorge.

"Tapi aku bisa menjaminmu bahwa, di kepala Gonzalo, tidak ada keinginan untuk meninggalkan Juve, di mana dia sangat dicintai oleh para penggemar, sama seperti dia mencintai Bianconeri, jersey mereka dan penggemar mereka," tegas Jorge.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Duka, Seorang Dokter di Surabaya Meninggal Dunia Akibat Corona

Posted: 27 Apr 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali berduka. Seorang dokter yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Soewandhie Surabaya, Berkatnu Indrawan Janguk meninggal dunia karena Corona Covid-19.

Humas IDI, Halik Malik membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan Indra, sapaan akrab mending meninggal pada Senin sore (27/4/2020).

"Iya positif Covid-19, sudah periksa swab," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (28/4/2020).

Halik menuturkan, sebelumnya meninggal Indrawan dirawat di rumah sakit tempatnya bertugas. Pihaknya mengaku begitu berduka mendengar kabar tersebut. Terlebih lagi, Indrawan dikenal sebagai pribadi yang ramah.

"PB IDI turut berduka atas berpulangnya seorang dokter muda di Surabaya yg dikenal ramah dan ceria oleh rekan-rekannya," ucap dia.

25 Dokter Meninggal Akibat Corona

Indrawan, kata Halik dokter yang cukup muda. Ia baru berusia 28 tahun. Meninggalnya Indrawan, disebutkan Halik mengukuhkan jumlah dokter yang meninggal karena virus Corona di Indonesia menjadi 25 orang.

"Sampai saat ini 25 dokter," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruh Minta Pemerintah Audit Perusahaan yang Tak Mampu Bayar Upah dan THR

Posted: 27 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pengusaha untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) secara penuh. Hal ini disampaikan Presiden KSPI Said Iqbal menanggapi pernyataan pengusaha yang mengatakan rugi sehingga tidak mampu membayar THR.

Pun, Said Iqbal menyesalkan sikap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang memberi restu perusahaan yang arus kasnya tertekan untuk mencicil atau menunda pembayaran THR.

"KSPI tidak setuju dengan sikap Menaker. Menaker tidak boleh terlalu pro pengusaha tetapi mengabaikan hak buruh termasuk THR,"kata Said Iqbal melalui siaran pers, Selasa (28/4)

Menurutnya apabila terdapat perusahaan yang mengklaim mengalami kerugian akibat pandemi virus corona di Tanah Air. Maka harus disertai laporan kas dan neraca keuangan perusahaan selama dua tahun terakhir, untuk diperiksa oleh pemerintah melalui kantor akuntan publik.

"Dari hasil audit itulah, dapat diketahui perusahaan benar-benar rugi atau sekedar cari-cari alasan. Termasuk, kita akan tahu, masih ada cadangan kas atau tidak," imbuh dia.

Dia mengatakan, audit keuangan berfungsi memberikan keadilan bagi kaum buruh. Lain ceritanya dengan klaim semata yang justru menimbulkan praduga antara kedua belah pihak.

Iqbal kemudian mendorong pemerintah untuk menekan perusahaan agar THR dan upah pekerja dibayarkan secara penuh. Ini bertujuan menjaga kemampuan daya beli buruh menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah yang biasanya diiringi dengan kenaikan sejumlah bahan langan.

Jokowi Tunda Pembahasan RUU Cipta Kerja, Buruh Batal Gelar Demo 30 April

Presiden KSPI Said Iqbal memberi keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/9/2019). Kendati menilai revisi UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan merugikan buruh, serikat pekerja meminta buruh menahan diri dan mengedepankan keutuhan NKRI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden KSPI Said Iqbal memberi keterangan saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/9/2019). Kendati menilai revisi UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan merugikan buruh, serikat pekerja meminta buruh menahan diri dan mengedepankan keutuhan NKRI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) batal menggelar demo di depan gedung DPR RI dan Kemenko Perekonomian pada 30 April 2020. Lantaran Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan menunda pembahasan klaster ketenagakerjaan dalam RUU Cipta Kerja.

"Maka dengan demikian, serikat buruh termasuk KSPI dengan ini menyatakan batal atau tidak jadi aksi pada tanggal 30 April di DPR RI dan Kemenko Perekonomian," kata Presiden KSPI Said Iqbal, Jumat (24/4/2020).

Iqbal mengatakan, KSPI dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) mengapresiasi baik terhadap keputusan Jokowi yang telah mendengarkan pandangan semua pihak. Termasuk masukan dari serikat buruh demi kebaikan seluruh bangsa dan rakyat Indonesia.

"Keputusan Presiden Jokowi inilah momentum bagi kita semua termasuk kaum buruh untuk menjaga persatuan Indonesia dalam melawan Covid-19 dan mengatur strategi bersama mencegah darurat PHK pascapandemi Corona," kata Said Iqbal.

Bahkan, menurut Said Iqbal, Presiden akan mempertimbangkan dengan sunguh-sungguh untuk membahas ulang klaster ketenagakerjaan di Omnibus Law RUU Cipta Kerja dengan melibatkan serikat pekerja atau serikat buruh.

"Hal ini tercermin dari pernyataan presiden yang menyatakan akan mendengarkan pandangan semua pemangku kepentingan," lanjutnya.

"Harus ada pembahasan ulang draf RUU Cipta Kerja klaster Ketenagakerjaan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Pembahasan tersebut dilakukan setelah pandemi Corona selesai," tegas Said Iqbal.2 dari 3 halaman

Jokowi Putuskan Tunda Pembahasan RUU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan menunda pembahasan klaster ketenagakerjaan dalam RUU Cipta Kerja. Jokowi mengaku telah menyampaikan kepada DPR untuk menunda pembahasan tersebut.

"Kemarin pemerintah telah menyampaikan kepada DPR dan saya juga mendengar Ketua DPR sudah menyampaikan kepada masyarakat bahwa klaster Ketenagakerjaan dalam RUU Cipta Kerja ini pembahasannya ditunda, sesuai dengan keinginan pemerintah," ujar Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Menurut dia, dengan penundaan tersebut, pemerintah bersama DPR memiliki waktu yang lebih banyak untuk mendalami substansi dari pasal-pasal yang berkaitan.

"Hal ini juga untuk memberikan kesempatan kepada kita untuk mendalami lagi substansi dari pasal-pasal yang terkait dan juga untuk mendapatkan masukan-masukan dari para pemangku kepentingan," jelas Jokowi.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani telah meminta Badan Legislasi (Baleg) untuk menunda sementara pembahasan klaster ketenagakerjaan dalam RUU Cipta Kerja. Klaster sebut sebelumnya banyak diprotes dari kelompok serikat pekerja dan buruh.

"Pada kesempatan kali ini atas nama ketua dan pimpinan DPR, saya ingin menyampaikan bahwa terkait dengan pembahasan Omnibus Law Cipta Kerja, untuk klaster ketenagakerjaan, kami meminta kepada Baleg untuk menunda pembahasannya," ujar Puan melalui keterangannya, Kamis (23/4/2020).

Ketua DPP PDIP ini meminta klaster ketenagakerjaan ditunda karena semua pihak tengah fokus penanganan pandemi Covid-19. Puan juga meminta DPR menerima masukan serikat pekerja terkait RUU Cipta Kerja.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuda Medan yang Tenggelam di Danau Toba Ditemukan Meninggal Dunia

Posted: 27 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Samosir - Seorang pemuda asal Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang tenggelam di Danau Toba saat berenang dengan teman-temannya akhirnya ditemukan. Pemuda bernama Candra Nuary Kasih Simbolon ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Humas Kantor SAR Medan, Hisar Turnip mengatakan, penemuan jasad pemuda berusia 19 tahun itu berada tidak jauh dari lokasi pertama kali dikabarkan tenggelam. Penemuannya sekitar 70 meter dari tepi pantai.

"Hasil operasi hari kedua, korban ditemukan meninggal dunia pukul 09.30 WIB tadi," kata Hisar, Selasa (28/4/2020).

Pasca-penemuan, jasad korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit (RSU) Pangururan, Kabupaten Samosir, untuk dilakukan pemeriksaan medis atau autopsi. Jasad korban ditemukan oleh Tim Rescue Pos SAR Danau Toba dan Potensi SAR.

"Operasi SAR ditutup dengan ditemukannya korban," ujarnya.

Korban atas nama Candra Nuary Kasih Simbolon merupakan warga Jalan Air Bersih Ujung, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Korban tenggelam di Danau Toba saat sedang mandi sambil berenang bersama teman-temannya.

Laporan Pelaku Usaha Wisata

Kabar tenggelamnya korban pertama kali dilaporkan pelaku usaha wisata setempat, Senin, 27 April 2020.
Kabar tenggelamnya korban pertama kali dilaporkan pelaku usaha wisata setempat, Senin, 27 April 2020.

Hisar menuturkan, sebelum tenggelam, Candra diketahui sudah seminggu berada di kawasan Danau Toba bersama 2 temannya, Yose Naibaho dan Pahu Ala Situmeang yang juga warga Medan.

Kabar tenggelamnya korban pertama kali dilaporkan pelaku usaha wisata setempat, Senin, 27 April 2020.

Lokasi tenggelamnya korban di perairan dekat Pantai Parbaba, Danau Toba, tepatnya di depan Raja Hotel, Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Laporan itu awalnya disampaikan kepada Camat Pangururan dan diteruskan kepada Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Samosir, serta Koordinator Pos SAR Danau Toba.

"Tim penyelamat dan pertolongan dikerahkan untuk mencari korban. Korban dilaporkan tenggelam sekitar pukul 12.20 WIB," terangnya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Resep Menu Buka Puasa Sederhana Ala Rumahan, Mudah Dibuat

Posted: 27 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap orang saat Ramadan. Buka puasa dilakukan tepat pada saat azan Maghrib berkumandang. Kemudian umat muslim diperbolehkan makan dan minum setelah puasa seharian penuh.

Bukan hanya ingin melepas dahaga dan lapar, momen buka puasa ini juga bisa menjadi ajang kumpul bersama keluarga dengan menikmati hidangan yang sudah disiapkan sejak sore. Ketika menjelang berbuka, tak sedikit orang sibuk menghabiskan waktu di dapur untuk menyiapkan sajian yang lezat.

Namun tak jarang juga orang bingung harus masak apa untuk menu buka puasa. Tak harus mewah, makanan sederhana ala rumahan jika diolah dengan tepat akan menggugah selera. Mulai dari tumisan, berbagai sayuran, ikan, daging dan lainnya menjadi menu spesial saat buka puasa.

Bahkan menu buka puasa sederhana ala rumahan ini praktis dan mudah dibuat. Membuat menu berbuka puasa ala rumahan sendiri kamu juga dapat berkreasi dengan bahan-bahan yang menyehatkan dan tentunya ramah di kantong. Berikut 7 resep buka puasa sederhana ala rumahan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (28/4/2020).

1. Ca Kangkung

Cah Kangkung (Sumber: Bango)
Cah Kangkung (Sumber: Bango)

Menu buka puasa pertama sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah, ialah ca kangkung. Harga kangung yang ramah di kantong dan cara memasak yang mudah menjadi andalan menu buka puasamu. 

Bahan:

1 ikat kangkung segar, potong-potong

3 buah cabai merah

3 buah cabai rawit merah

2 siung bawang putih, iris tipis

1 siung bawang putih, cincang kasar

1 buah tomat, potong dadu

2 sdm saus tiram

Garam secukupnya

1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:

1. Panaskan wajan dan masukkan minyak. Setelah panas tumis bawang putih kemudian masukkan bawang merah

2. Setelah bawang harum, masukkan cabai, tomat dan saus tiram

3. Tambahkan sedikit air kemudian masukkan potongan kangkung

4. Aduk rata, tambahkan sedikit garam dan masak hingga kangkung melunak

5. Angkat dan sajikan untuk menu buka puasa nanti. 

2. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh (Sumber: shutterstock)
Sayur Lodeh (Sumber: shutterstock)

Menu buka puasa kedua, ialah sayur lodeh. Berikut bahan serta cara membuat yang mudah dipraktikkan. 

Bahan:

1 ikat kacang panjang

1 bungkus tempe

2 buah terong ungu

2 lembar daun salam

1 buah serai

1 ruas lengkuas (geprek)

2 buah cabai hijau (iris)

5 buah cabai rawit (iris)

2 buah cabai merah (iris)

1 sdm garam

1 sdt gula pasir

500 ml santan

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt ketumbar

2 buah kemiri.

Cara Membuat:

1. Bersihkan dan potong-potong bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, sisihkan.

2. Ulek bumbu halus.

3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus lalu masukan lengkuas serai dan daun salam aduk hingga wangi.

4. Lalu masukkan santan dan aduk hingga rata.

5. Masukkan bahan-bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong.

6. Kemudian masukkan irisan cabai, tambahkan garam dan gula. Setelah itu, cek rasa dan tunggu hingga matang.

3. Ayam Kecap

Ayam Kecap (Sumber: shutterstock/yogi hadijaya)
Ayam Kecap (Sumber: shutterstock/yogi hadijaya)

Bahan:

300 gram ayam potong

2 siung bawang putih

1 ruas jahe

200 ml air

5 buah cabai rawit

2 butir bawang merah

merica bubuk secukupnya

2 sendok makan kecap manis

minyak goreng secukupnya

1 sendok teh gula pasir

garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Goreng ayam setengah matang, kemudian tiriskan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih, lalu tambahkan jahe memar, irisan cabai hingga harum.

3. Beri garam dan merica bubuk, lalu tuang air.

4. Setelah mendidih, masukkan ayam. Tambahkan kecap dan gula pasir secukupnya.

5. Masak sampai ayam matang dan kuah menyusut hingga separuhnya. Ayam kecap pun siap disantap untuk menu buka puasa

 

4. Oseng Kacang Panjang

Oseng Kacang Panjang (Sumber: Fimela)
Oseng Kacang Panjang (Sumber: Fimela)

Bahan:

12 buah kacang panjang

1 buah tempe

5 bawang putih diiris

4 bawang merah diiris

5 buah cabai merah diiris

1 ruas lengkuas digeprek

1 ruas jahe digeprek

1 serai digeprek

2 daun salam

2 daun jeruk

2 sdm kecap manis

1 sdm saus tiram

1 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

air putih secukupnya

minyak goreng

Cara Membuat:

1. Potong-potong kacang panjang cuci bersih dan sisihkan.

2. Potong kecil-kecil tempe dan digoreng sebentar. Kemudian angkat dan tiriskan.

3. Siapkan wajan beri minyak goreng secukupnya. Tumis bawang merah dan putih sampai layu lalu masukkan lengkuas, jahe ,serai, daun salam dan daun jeruk, cabai merah. Aduk rata.

4. Masukkan kacang panjang dan pete oseng-oseng lalu beri kecap manis, saus tiram, gula dan garam aduk rata beri sedikit air.

5. Koreksi rasa dan terakhir masukkan tempe goreng oseng-oseng sebentar sampai semua bahan tercampur rata. Lalu matikan api dan sajikan.

5. Sup Bakso

Sup Bakso Sumber: kemanaajaboleeh.com)
Sup Bakso Sumber: kemanaajaboleeh.com)

Bahan:

Bakso sapi secukupnya

Jamur kuping secukupnya

Mie putih , rendam air biasa dan tiriskan

Wortel secukupnya

Daging ayam, iris-iris

Kacang kapri

Daun bawang dan seledri secukupnya

3 siung bawang putih, cincang

2 cm jahe

Sdt lada

Pala

Garam dan kaldu secukupnya

800 ml air

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu hingga harum.

2. Tambahkan air kaldu dan biarkan hingga mendidih.

3. Tambahkan wortel, bakso, ayam suwir, kacang kapri, jamur kuping, dan garam.

4. Aduk hingga merata.

5. Tambahkan daun bawang.

6. Sajikan dengan bawang goreng dan seledri.

6. Tongkol Suwir

Tongkol Suwir (Sumber: Shutterstock)
Tongkol Suwir (Sumber: Shutterstock)

Bahan:

400 gram ikan tongkol

1 batang serai, memarkan

4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

1 sdm air jeruk nipis

1/2 sdm gula merah

garam dan lada bubuk

10 cabai merah kecil

2 cabai merah besar

8 cabai rawit

7 butir bawang merah

5 siung bawang putih

seiris jahe

seiris kunyit

Cara Membuat:

1. Kukus ikan tongkol, dinginkan, kemudian suwir-suwir. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus, masukkan serai dan daun jeruk. Aduk sampai matang.

3. Masukkan tongkol suwir dan aduk rata.

4. Beri garam, gula merah, dan lada bubuk dan aduk

5. Tuang jeruk nipis, aduk rata.

6. Tongkol suwir siap disajikan.

7. Telur Balado

Telur Balado (Sumber: shutterstock.com)
Telur Balado (Sumber: shutterstock.com)

Bahan:

6 butir telur rebus matang, kupas kulitnya

2 lembar daun jeruk

garam, gula, kaldu jamur secukupnya

sedikit air matang

minyak untuk menumis

12 buah cabai merah keriting

4 buah bawang merah

2 siung bawang putih

1/4 buah bawang bombay

1/2 buah tomat merah

Cara Membuat:

1. Goreng telur rebus sebentar, lalu sisihkan

2. Tumis cabai merah, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, tomat merah dan masukkan daun jeruk

3. Tuang sedikit air, beri garam, gula dan kaldu jamur. Masak hingga sambal balado matang

4. Tata telur di piring saji, siram dengan bumbu yang sudah ditumis siap disantap untuk buka puasa. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Jadikan Ramadan di Tengah Corona Covid-19 Momen Menata Hati

Posted: 27 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laudya Cynthia Bella memanjatkan doa selama Ramadan di tengah wabah Corona Covid-19. Dalam doanya, Laudya Cynthia Bella berharap agar ia bisa tetap menjalani ibadah selama Ramadan dengan semangat.

Laudya Cynthia Bella juga mengajak masyarakat untuk terus menambah amal ibadah selama di rumah. Hal itu disampaikan Laudya Cynthia Bella melalui unggahan di akun Instagram terverifikasi miliknya beberapa waktu lalu.

"Bismilah, ya Allah janganlah Engkau membuat musibah yang menimpa kami sampai menyerang agama dan ibadah kami. Keadaan seperti sekarang bukanlah menjadi alasan untuk tidak bersemangat ibadah," tulis Laudya Cynthia Bella.

 

Kejar Target

Laudya Cynthia Bella. (Foto: Instagram @ laudyacynthiabella)
Laudya Cynthia Bella. (Foto: Instagram @ laudyacynthiabella)

"Karena kita di rumah aja, yuk kita kejar target amalan kita. Semoga Allah Subhaanahu Wa Ta'ala berikan taufiq dan kemudahan ya," sambung bintang film Surga Yang Tak Dirindukan dan Talak 3.

Menata Hati

Laudya Cynthia Bella. (Nurwahyunan/Bintang.com)
Laudya Cynthia Bella. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Laudya Cynthia Bella juga memanfaatkan momen ini untuk menata hati. Terakhir, bintang sinetron Kesetiaan Cinta dan Cinta Bunga menyampaikan permohonan maaf menjelang Ramadan.

 

Mohon Rahmat dan Berkat

"Waktunya menata hati dan charge hati kita. Ya Allah, berikanlah rahmat dan keberkahan untuk kita semua. Allah Subhaanahu Wa Ta'ala, karena Islam dan alquran itu lebih baik, lebih mewah, dan berharga dari harta yang mereka kumpulkan di dunia ini. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa," personel Bukan Bintang Biasa itu mengakhiri.

Doa untuk Indonesia

Dalam unggahan tersebut, Laudya Cynthia Bella menunjukkan suasana jalan di Saudi Arabia yang terlihat begitu lengang. Sementara di kolom komentar, banyak warganet turut mendoakan agar situasi dan kondisi di dunia lekas membaik dari wabah Corona Covid-19.

"Amin semoga negeri Indonesia tercinta ini segera terbebas dari musibah dan kembali damai seperti sedia kala," tulis seorang warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Pesan Antar Pertamina Hadir di Sulawesi Utara dan Gorontalo

Posted: 27 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dengan mengusung hashtag #DirumahJo, layanan pesan antar atau Pertamina Delivery Service (PDS) kini hadir di Sulawesi Utara dan Gorontalo. Hal ini akan semakin memanjakan konsumen untuk memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG tanpa harus khawatir keluar rumah.

Dengan adanya himbauan Pemerintah terkait pembatasan aktivitas di luar rumah, membuat sebagian masyarakat mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, termasuk kebutuhan BBM dan LPG. Pertamina Delivery Service muncul sebagai sebuah solusi untuk pemenuhan kebutuhan tersebut.

Produk BBM yang tersedia melalui layanan PDS ini antara lain Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina DEX dan Dexlite. Untuk LPG, konsumen bisa sekalian melakukan pembelian tabung dan isi ulang Bright Gas ukuran 5,5kg dan 12kg. Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan produk pelumas sesuai peruntukkan mulai dari Fastron Gold, Fastron Techno, Fastron Diesel hingga Fastron Eco.

Selain, produk BBM, LPG dan Pelumas, Sales Area Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII juga siap mengantarkan kebutuhan sembako lain seperti beras dan minyak goreng.

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII PT Pertamina (Persero), Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa layanan delivery service ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk BBM, LPG maupun Pelumas dengan mudah dan tanpa perlu keluar rumah.

"Cara pemesanannya sangat mudah, cukup hubungi Call Center Pertamina 135 atau melalui chat whatsapp di nomor 0811 135 0135," ungkapnya.

Layanan delivery service ini, lanjut Hatim, dibuka setiap hari agar masyarakat bisa membeli produk Pertamina kapan saja. Khusus konsumen di wilayah Kota Manado, Bitung dan Gorontalo, Pertamina membebaskan biaya pengantaran (free ongkos kirim). "Pemesanan akan diantar pada hari yang sama jika dilakukan sebelum pukul 17.00 WITA, namun jika di atas itu, pengiriman akan dilakukan hari berikutnya mulai pukul 08.00 – 20.00 WITA," jelasnya.

Untuk kenyamanan dan keamanan, pada saat pengisian BBM, masih menurut Hatim, pihaknya mengingatkan konsumen untuk tetap memperhatikan aspek keselamatan seperti proses pengisian harus berada di ruang terbuka atau tidak dalam ruangan tertutup seperti basement maupun garasi.

"Hal ini untuk menghindari konsentrasi uap tidak berkumpul di satu titik," jelas Hatim.

Praktisnya lagi, pilihan pembayaran pun beragam. Tak hanya dengan cara tunai, pembayaran pesanan LPG, BBM dan pelumas ini pun bisa dilakukan dengan non-tunai, yakni melalui aplikasi MyPertamina maupun Voucher BBM.

"Bagi konsumen yang bertransaksi melalui aplikasi MyPertamina, kami berikan cashback hingga 25%," lanjut Hatim.

Pertamina juga memastikan layanan PDS ini tetap memperhatikan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya dengan penyemprotan disinfektan terhadap produk serta seluruh petugas pengantarannya.

"Selama pelanggan berkomunikasi dengan petugas pun tetap jaga jarak sesuai protokal pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan," tutup Hatim.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai Malaria di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 27 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah maraknya pandemi Corona Covid-19 di Indonesia, masyarakat diminta untuk meningkatkan rasa waspada terhadap penyakit malaria. Apalagi, penyebaran virus corona jenis baru tersebut sudah menyebar hingga ke daerah endemis malaria, seperti NTT, Maluku, dan Papua.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian penyakit Tular Vektor dan Zoonosis, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan bahwa penyakit malaria memiliki gejala serupa dengan Corona Covid-19, yakni demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

Oleh karena itu, prosedur layanan malaria mengacu pada protokol pencegahan virus corona guna mengantisipasi meningkatnya kasus malaria di tengah pandemi global ini.

"Penderita malaria dapat terinfeksi penyakit lainnya termasuk Corona COVID-19," terang dr. Siti dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Gunakan APD

Dalam upaya mencegah terpapar virus corona, petugas yang melakukan pelayanan malaria diwajibkan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19.

Sedangkan untuk masyarakat, dihimbau untuk selalu menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menggunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk.

Bukan Obat Malaria

Dalam masa pandemi COVID-19, pemeriksaan diagnostik malaria dilakukan dengan Tes Cepat (RDT) sehingga pasien dapat segera diberikan pengobatan bila hasil pemeriksaan tersebut positif. Selain itu, Pembuatan sediaan darah juga tetap dilakukan untuk konfirmasi hasil RDT dan evaluasi pengobatan malaria.

"Ingat Klorokuin yang digunakan saat pandemi COVID-19 bukan obat Malaria lagi sehingga bila sakit Malaria minum Obat Anti Malaria sesuai aturan. Untuk itu perencanaan kebutuhan logistik terutama RDT dan obat anti malaria (OAM) disiapkan mencukupi sampai 2-3 bulan ke depan di fasilitas Pelayanan Kesehatan," tambahnya.

Petugas dinas kesehatan provinsi, kabupaten/kota wajib memantau dan mengantisipasi layanan malaria pada saat diberlakukan pembatasan sosial atau karantina wilayah.

(Balwa Ramadhan/Mg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Gandeng Indonesia In Your Hand Dorong Ekspor Produk UMKM ke Australia

Posted: 27 Apr 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 yang tengah melanda seluruh dunia tidak menyurutkan peran Bank BRI dalam meningkatkan ekspor dan menaikkan kelas UMKM Indonesia agar Go Global. Terbaru, perseroan bekerja sama dengan Indonesia In Your Hand mengekspor puluhan jenis produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ke Australia, Selandia Baru dan negara Pasifik Selatan lainnya.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari menjelaskan, produk UMKM yang di ekspor merupakan kreasi dari para anggota binaan dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI.

"Hingga saat ini BRI telah memiliki 55 RKB dengan anggota mencapai hampir 400 ribu pelaku UMKM dan telah mengadakan 3.994 pelatihan untuk mendorong UMKM Go Global. Melalui pelatihan bersama BRIncubator, diharapkan produk – produk yang dihasilkan dapat menyesuaikan dengan standar Internasional," imbuh Supari.

Indonesia In Your Hand sendiri sebuah marketplace yang khusus menjual produk Indonesia di luar negeri dan memiliki kantor di Amsterdam & Sydney – Australia. Bersama House Of Indonesia – Sydney, setiap bulannya dikirimkan produk Indonesia yang diminati masyarakat Australia, Selandia Baru dan negara sekitarnya.

"Bulan ini (April) kami mengirimkan 1 kontainer produk Indonesia yang rutin dibeli oleh buyer dan kami sertakan juga produk UKM binaan RKB BRI seperti kerupuk Palembang, keripik kentang, keripik buah, gula aren, kopi dan permen jahe untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sedang menerapkan Work From Home di Australia. Selanjutnya, produk – produk tersebut akan dikurasi oleh House Of Indonesia – Sydney yang kemudian akan dikirim ke supermarket dan toko, sedangkan penjualan Online menggunakan IndonesiaStore.com.au & IndonesiaInYourHand.com" seperti yang dijelaskan oleh CEO Indonesia In Your Hand Amiranto Adi Wibowo.

 

Bersama House Of Indonesia – Sydney, setiap bulannya dikirimkan produk Indonesia yang diminati masyarakat Australia, Selandia Baru dan negara sekitarnya.
Bersama House Of Indonesia – Sydney, setiap bulannya dikirimkan produk Indonesia yang diminati masyarakat Australia, Selandia Baru dan negara sekitarnya.

Supari menambahkan, program ini akan dilaksanakan secara kontinyu oleh Bank BRI dalam kaitannya membuka akses para pelaku UMKM di pasar internasional.

"Selama 2020 ini RKB BRI & Indonesia In Your Hand akan mengadakan kurasi dan pelatihan digital secara online untuk mempersiapkan dan memilih produk UMKM yang akan diberangkatkan bulan Mei 2020 dan seterusnya ke Australia dan Eropa," imbuh Supari.

Mengutip data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tak kurang dari 1,2 juta wisatawan Australia datang ke Indonesia di tahun 2019. Pengalaman mencoba kuliner Indonesia dan cita rasa Asia yang melekat di makanan Indonesia menjadikan Produk UKM banyak dicari di Australia. Disaat Pandemi Covid-19 tidak menurunkan minat mereka berbelanja produk Indonesia secara Online. Hal tersebut merupakan peluang bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk memperluas penjualan hingga ke mancanegara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Motor Rusak, Bocah Ini Menangis Takut Pulang

Posted: 27 Apr 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ini jadi pelajaran bagi anda para orang tua agar tidak membiarkan anak di bawah umur mengendarai motor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koperasi Sumbang 1,2 Ton Nanas untuk Tenaga Medis dan Pasien Corona Covid-19

Posted: 27 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koperasi Produsen Singgalang Sari Maju (PSSM)  asal Kabupaten Subang, Jawa Barat memberikan bantuan buah Nanas sebanyak 1,2 ton untuk tenaga medis dan relawan penanggulangan wabah virus corona covid-19.

"Koperasi PSSM menyumbangkan Nanas melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan perantara Kemenkop dan UKM. Bantuan diserahkan Ketua Koperasi PSSM Efrizal di kantor BNPB, pada Sabtu (25/4)," tulis keterangan dalam unggahan akun instagram resmi @kemenkopukm, Selasa (28/4/2020).

Bantuan nanas-nanas tersebut diberikan  ke Rumah Sakit khusus Corona di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, menurut Ketua Koperasi PSSM Efrizal mengatakan buah nanas itu dapat digunakan sebagai tambahan asupan gizi bagi pasien corona, dan untuk tenaga medis yang bertugas, karena buah Nanas banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh.

"Memang selama ini membudidayakan Nanas jenis Smooth Cayene yang merupakan Nanas khas asal Subang, dan ide pemberian bantuan ini datang dari keinginan para petani Nanas anggota koperasi untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19," tutup Efrizal.

Berkurang 13, Pasien Corona Covid-19 di RSD Wisma Atlet Tersisa 824 Orang

Petugas menyiapkan perlengkapan ruang isolasi Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2019). RS Darurat Penanganan COVID-19 hampir 100 persen rampung. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas menyiapkan perlengkapan ruang isolasi Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2019). RS Darurat Penanganan COVID-19 hampir 100 persen rampung. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono merilis data perkembangan jumlah pasien virus corona yang rawat inap di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jumlah pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet yang sebelumnya 837 orang kini berkurang 13 orang. Dengan begitu, saat ini tersisa 824 pasien terkait virus corona Covid-19 yang masih dirawat inap di rumah sakit darurat tersebut.

"Terdiri dari 497 Pria dan 327 Wanita," kata Laksdya Yudo lewat siaran pers diterima, Selasa (28/4/2020).

Rinciannya untuk pasien terdiagnosa positif Covid-19 sebanyak 711 orang, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) jumlahnya sebanyak 56 orang, dan untuk orang dalam pemantauan (ODP) jumlahnya 57 orang.

"Jadi pasien rawat inap berkurang 13 orang. Terdiri dari pasien positif Covid-19 berkurang 12 orang semula 723 menjadi 711, dan pasien ODP berkurang 1 orang dari 58 menjadi 57," ungkap Laksdya Yudo.

Sebagai informasi, data pasien corona Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran ini terus diperharui setiap harinya berdasarkan informasi yang dihimpun dari data dalam 24 jam terakhir, sejak Senin (27/4/2020) hingga hari ini pukul 08.00 WIB.

Update Nasional 27 April

Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memaparkan, pada hari ini, Senin (27/4/2020), kasus positif virus Corona di Indonesia masih terus bertambah.

Dia mengatakan, penambahan pasien yang sudah terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona Covid-19 pada hari ini ada 214 orang.

"Pada periode ini sampai dengan pukul 12.00 WIB, ada penambahan 214, jadi total kasus positif 9.096," ujar Yurianto melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Senin (27/4/2020).

Meski begitu, pasien yang dinyatakan sembuh dan negatif dari Corona Covid-19 juga bertambah 44 pada hari ini.

Sehingga, total akumulatifnya sampai dengan hari ini ada 1.151 pasien sembuh dari Corona Covid-19.

Sementara itu, jumlah pasien meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona Covid-19 pada hari ini bertambah 22 orang. Dengan begitu, total akumulatif pasien meninggal dunia ada 765 orang.

Data update pasien Corona Covid-19 ini tercatat sejak Minggu 26 April 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insurtech Startup Qoala Raih Pendanaan Seri A

Posted: 27 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Startup di bidang teknologi asuransi (Insurtech) di Asia Tenggara, Qoala, meraih pendanaan seri A senilai 13,5 juta USD. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Centauri Fund, sebuah perusahaan joint venture antara Kookmin Bank asal Korea Selatan dan Telkom Indonesia.

Selain itu, putaran pendanaan ini melibatkan beberapa investor baru, yakni Sequoia India, Flourish Ventures, Kookmin Bank Investments, Mirae Asset Venture Investment, dan Mirae Asset Sekuritas.

Sementara beberapa investor dari putaran sebelumnya termasuk Central Capital Ventura dari Bank Central Asia, MDI Ventures, Surge, MassMutual Ventures Southeast Asia, dan SeedPlus.

"Sebagai pendatang baru di industri teknologi asuransi, kami senang mendapat kepercayaan dari investor global terkemuka yang terus mendukung kami mengembangkan inovasi di bidang teknologi asuransi. Dukungan ini membuat kami sangat optimistis dalam mencapai visi misi Qoala dalam memasyarakatkan asuransi dan mempermudah akses asuransi bagi semua orang," ujar Harshet Lunani, Founder dan CEO Qoala melalui keterangan tertulis.

Qoala memiliki visi menyediakan solusi asuransi bagi masyarakat. Pada praktiknya, startup yang berkantor pusat di Jakarta itu menerapkan dua model bisnis, yakni:

  • Bekerja dengan mitra platform skala besar untuk mendorong kesadaran asuransi di tengah masyarakat.
  • Menyediakan solusi digital melalui kerja sama dengan pialang asuransi untuk mendukung pemasaran produk asuransi tradisional secara offline, yang saat ini masih mencakup 99 persen dari premi asuransi.

Memproses dua juta polis per bulan

Perusahaan mengklaim telah memproses lebih dari dua (2) juta polis per bulan dalam waktu satu tahun sejak aktif di pasar. Selain itu, perusahaan melakukan diversifikasi layanan ke sektor lainnya, yaitu pariwisata, fintech, ritel, logistik, dan kesehatan karyawan.

Investasi teknologi dan SDM

"Melalui pendanaan ini, kami akan berinvestasi lebih jauh dalam teknologi, SDM, dan brand untuk dapat mendukung strategi kami dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan, mitra platform, dan perusahaan asuransi," tutur Tommy Martin, Co-founder Qoala.

Tommy menyebut ada peningkatan kebutuhan atas inovasi untuk mendukung industri asuransi.

"Sebagai bentuk komitmen kami dalam mengatasi krisis saat pandemi, kami juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi menyediakan layanan asuransi yang mencakup risiko terjangkit Covid-19 untuk konsumen dan UMKM di seluruh Indonesia," kata Tommy.

 

Tambah karyawan

Perusahaan juga berencana menambah jumlah karyawannya menjadi 300 dalam setahun ke depan.

"Investasi kami ke Qoala didasari oleh keyakinan kami pada inovasi yang mereka tawarkan di industri asuransi Indonesia. Melihat pertumbuhan kelas menengah yang cukup pesat kebutuhan asuransi dan perencanaan keuangan pun akan meningkat, kami yakin melalui inovasi yang mumpuni sektor asuransi di Indonesia dapat berkembang pesat," kata Kenneth Li, Managing Partner, Centauri Fund.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disinfektan Jadi Obat Corona Dilirik Warga AS, Donald Trump Malah Bingung

Posted: 27 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Presiden AS Donald Trump mengatakan dia "tidak bisa membayangkan mengapa" panggilan hotline AS tentang disinfektan telah meningkat, setelah dia menyarankan menyuntikkan zat tersebut sebagai upaya pengobatan Virus Corona COVID-19.

Pekan lalu, kantor gubernur Maryland mengatakan telah mengeluarkan peringatan waspada seluruh negara bagian terhadap menelan atau menyuntikkan disinfektan setelah pernyataan presiden. Demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (28/4/2020). 

Sedangkan pada hari Minggu, Gubernur Michigan dan Maryland pun menyalahkan presiden atas lonjakan panggilan semacam itu.

Desinfektan adalah zat berbahaya dan bisa beracun jika tertelan.

Menyusul kritik pedas dari para profesional medis, Trump mengatakan pernyataannya dibuat dengan sarkastis.

Selama konferensi pers COVID-19 Senin, seorang wartawan mencatat bahwa keadaan darurat hotline Maryland telah menerima ratusan panggilan dalam beberapa hari terakhir mencari petunjuk tentang komentar-komentar Trump.

"Aku tidak bisa membayangkan mengapa," kata presiden, bergerak cepat. "Aku tidak bisa membayangkan itu."

Ketika ditanya apakah dia bertanggung jawab atas peningkatan panggilan, Trump menjawab: "Tidak, saya tidak."

Pernyataan Trump

Presiden AS Donald Trump dalam briefing melawan Virus Corona (COVID-19) di Gedung Putih. Dok: White House
Presiden AS Donald Trump dalam briefing melawan Virus Corona (COVID-19) di Gedung Putih. Dok: White House

Trump telah membuat pernyataan disinfektan pada hari Kamis lalu, setelah seorang pejabat mempresentasikan hasil penelitian pemerintah AS yang menunjukkan COVID-19 dapat dibunuh dalam hitungan menit dengan pemutih.

"Saya melihat disinfektan di mana itu mematikannya dalam satu menit. Satu menit," kata Trump. 

"Dan adakah cara kita bisa melakukan hal seperti itu, dengan menyuntikkan ke dalam atau hampir membersihkan?"

Kemudian ada hari Jumat sore, Trump mengatakan kepada wartawan: "Saya mengajukan pertanyaan dengan sinis kepada wartawan seperti Anda hanya untuk melihat apa yang akan terjadi."

Tak Bakal Undur Pemilu

Presiden AS Donald Trump bersama Dr. Anthony Fauci dan Dr. Deborah Birx yang menjadi penasihat Gedung Putih melawan Virus Corona (COVID-19). Dok: Gedung Putih
Presiden AS Donald Trump bersama Dr. Anthony Fauci dan Dr. Deborah Birx yang menjadi penasihat Gedung Putih melawan Virus Corona (COVID-19). Dok: Gedung Putih

Selama konferensi pers hari Senin di Rose Garden, Trump juga ditanya apakah ia akan menunda pemilihan presiden pada bulan November.

"Aku bahkan tidak pernah berpikir untuk mengubah tanggal pemilihan," katanya. "Kenapa aku harus melakukan itu?"

Mantan Wakil Presiden AS Joe Biden, dugaan lawan Trump dari Partai Demokrat, mengatakan pekan lalu bahwa dia berpikir Trump akan "mencoba untuk mengubah pemilihan entah bagaimana".

Namun Trump mengatakan kepada wartawan bahwa gagasan itu adalah "propaganda yang dibuat-buat".

"Saya menantikan pemilihan itu," kata Trump.

Sarjana konstitusional telah mencatat bahwa jika seorang presiden ingin mengubah waktu pemilihan Gedung Putih dia tidak akan dapat melakukannya  bahkan dalam keadaan darurat, karena tanggalnya ditentukan oleh Kongres.

Trump juga ditanya oleh seorang wartawan jika seorang presiden yang kehilangan lebih banyak warganya selama enam minggu daripada dalam dua dekade perang Vietnam pantas untuk dipilih kembali.

Dia mengatakan pemerintahannya telah melakukan pekerjaan yang "sulit dipercaya".

Jumlah total kasus COVID-19 AS yang dikonfirmasi hampir mencapai satu juta. Sejauh ini ada lebih dari 55.000 kematian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: PSBB Surabaya Dimulai, 19 Titik Pemeriksaan Didirikan

Posted: 27 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Surabaya mendirikan 19 titik pemeriksaan jelang masuk kota di perbatasan Kabupaten Sidoarjo. Hal ini dilakukan sejalan dengan pemberlakuan PSBB di Surabaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Lagu Ramadan Era 1990-an Ini Masih Enak Didengar, Nomor 3 Bikin Merinding dan Nangis

Posted: 27 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selamat datang Ramadan. Suatu ketika di akun Twitter, presenter Tina Talisa berujar kira-kira begini, "Lagu-lagu tahun 1990-an itu apakah memakai bahan pengawet, ya? Didengarkan sekarang, kok masih enak."

Ya, bukan rahasia lagi hit dekade 1990-an telah teruji oleh waktu termasuk lagu religi atau tembang Ramadan. Dirilis lebih dari 20 tahun silam, lagu-lagu religi berikut ini tetap enak di telinga dan tentu saja membangkitkan kenangan. Bahkan, ada yang bikin kita merinding hingga meneteskan air mata.

Kali ini Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 lagu Ramadan atau tembang religi yang dirilis di dekade 1990-an. Sebelum menutup hari atau menjelang sahur coba, deh dengarkan satu atau dua lagu Ramadan berikut ini. Adakah salah satunya favorit Anda?

1. Dengan Menyebut Nama Allah (Novia Kolopaking)

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Lagu islami di era 1970 dan 1980-an identik dengan aransemen Timur Tengah yang notabene belum tentu cocok dengan kuping penikmat musik Indonesia. Jika dibiarkan, segmen musik islami akan sempit. Pada 1992, Dwiki Dharmawan dan AGS Arya Dwipayana membuat gebrakan dengan membuat tembang religi yang berpijak pada akar pop.

"Dengan Menyebut Nama Allah" yang dibawakan Novia Kolopaking pun meledak dipasar. Lebih dari setengah lusin penyanyi kemudian membawakan ulang lagu ini. Sebut saja Ita Purnamasari, Rita Effendy, Warna, Nagita Slavina, Marshanda, Gigi, dan lain-lain.

2. Maha Melihat Maha Mendengar (Rita Effendy)

Rita Effendy. (Foto: Instagram ritaeffendyrealaccount)
Rita Effendy. (Foto: Instagram ritaeffendyrealaccount)

Salah satu tembang religi terbaik yang pernah dibuat musisi Indonesia. Dirilis pada Ramadan 1996, "Maha Melihat Maha Mendengar" mengingatkan kita pada sifat mendasar Tuhan yang tak bisa dibohongi manusia. Serapi apapun manusia membungkus dosa, Tuhan (terlepas dari bagaimana manusia memanggil namaNya) pasti tahu.

Seniman Arie A. dan Sekar Ayu Asmara memahat lirik, "Tuhan melihat setiap warna hitam putih kelabu, lalu mengapa masih manusia melakukan dosa?" Bayangkan jika, semua orang Indonesia meresapi lirik ini. Penjara sepi, pengadilan pun lengang. Ya, kan?

 

3. Ketika Tangan dan Kaki Berkata (Chrisye)

Chrisye. foto: kompal.co
Chrisye. foto: kompal.co

Album Kala Cinta Menggoda (1997) yang legendaris itu tak hanya berisi pesta pora romantisme kepada lawan jenis. Track ke-6 adalah refleksi paling dalam dari Chrisye untuk Sang Arsitek Jagat Raya. "Ketika Tangan Dan Kaki Berkata" bagi kami bukan lagu melainkan puisi kontemplatif yang didendangkan.

"Rabbana, tangan kami, hati kami, mulut kami, mata hati kami, luruskanlah. Kukuhkanlah di jalan cahaya," pinta Chrisye (dan juga kita semua) kepada Maha Pengasih. Pernah kami mendengar karya Taufiik Ismail ini sambil menanti imsak. Tiba-tiba tangan merinding, mata berkaca-kaca...

 

4. Pagi Ramadan (Rida dan Sita RSD)

Rida Sita Dewi
Rida Sita Dewi

Lagu religi tak harus mendayu dan penuh ratapan. "Pagi Ramadan" milik Rida Sita Dewi dibawakan dalam riang lewat pembagian suara yang merefleksikan harmoni. Keriaan dituangkan dalam barisan lirik ciamik, "Syukurku penuh pasrah kupanjatkan. Doa penuh kuhaturkan hanya kepadaMu Tuhan."

Di bagian akhir lagu karya M. Luqman dan Agus "Snada" ini, kita diajak berdoa, "Ya Ilahi Robbi terimalah amal kami pada bulan suci ini, kukembali fitri." Ramadan adalah perjalanan kembali ke fitrah. Jika setelah Ramadan kita berkubang lagi di lumpur dosa, maka patut dipertanyakan ngapain aja kita selama puasa.

5. Hanya Tuhan (Anang dan Krisdayanti)

Kebersamaan KD dan Anang
Kebersamaan KD dan Anang

Bisa jadi, album Hanya Tuhan (1996) yang berisi 8 nomor ini diproduksi sebagai ucapan syukur Anang-Krisdayanti atas meledaknya album debut duet mereka. "Hanya Tuhan" dinyanyikan dengan cara unik. Anang Hermansyah mempertahankan karakter rok. KD memilih setia pada cengkok pop manis.

Hasilnya, dua harmoni beda warna yang berjalan seiring. Tembang balada ini mengingatkan kita bahwa manusia sebagai makhluk paling cerdas di muka bumi sangat kecil di hadapan Allah. Videoklip "Hanya Tuhan" salah satu yang terbaik pada tahunnya.

6. Kumohon (Sheila Majid)

Sheila Majid [foto: Herman Zakharia]
Sheila Majid [foto: Herman Zakharia]

Kami ajak Anda menyeberang ke Negeri Jiran. Sheila Majid pada 1999 merilis album sekuler. Ajaibnya, lagu yang dijadikan single perdana justru menceritakan komunikasi intensif antara manusia dan Tuhan berjudul "Kumohon."

Karya Sheila Majid dan Koki Yee Chedw ini mengandaikan hidup seperti kaca tipis yang kita sangga. "Ada kala kumerasa, hidup ini seperti kaca. Jikalau tidak bersabar hancur berderailah akhirnya," ucap sang diva. Suaranya yang kalem dan meneduhkan membuat kita tak merasa digurui oleh lagu ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Selalu Es, Ini 7 Minuman Hangat untuk Berbuka Puasa dan Cara Membuatnya

Posted: 27 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minuman hangat untuk berbuka puasa tak kalah nikmat dari minuman dingin seperti es. Saat berbuka, orang kerap memilih minuman es untuk membatalkan puasa. Minuman dingin yang menyegarkan dianggap mampu mengusir dahaga dengan cepat.

Namun, minuman hangat juga punya manfaat yang baik untuk berbuka. Meminum minuman hangat saat perut dalam keadaan kosong bisa menenangkan pencernaan dan mengatasi dehidrasi. Selain itu, minum minuman hangat bisa membantu memecah makanan lebih cepat daripada minum air dingin atau air dalam suhu ruangan.

Minuman hangat untuk berbuka bisa mengurangi risiko sembelit dengan mendukung gerakan usus yang teratur. Ada banyak pilihan minuman hangat yang bisa dibuat sendiri di rumah. Anda bisa mengkreasikannya setiap hari agar tidak bosan.

Berikut 7 minuman hangat untuk berbuka puasa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (28/4/2020).

Lemon tea

Lemon tea (foto: shutterstock)
Lemon tea (foto: shutterstock)

Bahan

1 buah lemon (cuci bersih, iris tipis)

1 buah teh celup atau 1 sdm teh tubruk

3 gelas air

Gula (secukupnya)

Madu (secukupnya)

Cara Membuat:

1. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan teh ke dalamnya.

2. Tambahkan gula dan aduk rata hingga gula larut.

3. Masukkan buah lemon yang telah diiris. Aduk-aduk.

4. Siapkan gelas saji lalu tuang lemon tea ke dalamnya.

5. Tambahkan madu agar rasanya makin sedap dan aromanya makin mantap.

6. Lemon tea hangat pun siap untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta.

Wedang Ronde

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Bahan:

200 gram tepung beras

1/2 buah kelapa parut

75 gram gula jawa

serai

jahe

daun suji

100 gram kacang tanah

300 ml air

Cara membuat wedang:

1. Potong jahe menjadi kecil-kecil.

2. Campurkan daun suji, jahe, batang serai, dan gula jawa untuk air wedang ronde.

3. Aduk sampai mendidih.

Cara membuat ronde:

1. Cairkan gula jawa merah dengan air. aduk sampai tercampur rata.

2. Campur air gula jawa dengan kelapa parut yang ditaruh dalam mangkuk.

3. Aduk sampai gula rata.

4. Campurkan tepung beras dengan air lalu aduk sampai kalis.Beri sedikit garam.

5. Bentuk bulat-bulat kecil.

6. Isi adonan ronde bulat dengan kacang tanah dan kelapa campur gula.

7. Letakkan ronde di dalam gelas dan campur dengan wedang. Bisa ditambah dengan kacang. Buka puasa pasti akan lebih spesial. Selamat mencoba ya.

Choco Cinnamon

Ilustrasi Kayu Manis | unsplash.com/@conunaese
Ilustrasi Kayu Manis | unsplash.com/@conunaese

Bahan:

600 ml susu cair plain

40 gram dark cooking chocolate, cincang kasar

2 sdm coklat bubuk hitam

gula secukupnya

1/2 sdt bubuk kayu manis

Cara Membuat:

1. Rebus semua bahan hingga coklat cair.

2. Biarkan mendidih 1-2 menit.

3. Sajikan saat hangat di cangkir.

Sekoteng

Sekoteng
Sekoteng

Bahan-Bahan:

1 genggam kacang tanah, sangrai dan buang kulitnya

100 gr kacang hijau, rebus hingga matang

2 lembar roti tawar, potong dadu

1 bungkus mutiara, rebus hingga matang

kolang-kaling secukupnya, rebus dengan sedikit gula (bisa juga diberi warna)

Bahan kuah:

700 ml air

4 sdm gula pasir

2 sdm gula jawa, sisir

1/4 sdt garam

3 cm jahe, memarkan

2 batang serai, memarkan

2 lembar daun pandan, simpul

Cara membuat:

1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan jahe, serai dan daun pandan. Masak hingga harum.

2. Masukkan gula dan garam. Aduk rata hingga tercampur rata. Setelah mendidih, matikan api.

3. Tata kacang hijau, mutiara, kolang kaling dan roti tawar di dalam mangkuk. Siram dengan kuah sekoteng hangat. Beri taburan kacang tanah.

Matcha Green Tea Latte

Ilustrasi/copyrightshutterstock/grafvision
Ilustrasi/copyrightshutterstock/grafvision

Bahan:

1 sdt bubuk matcha green tea

3 sdm air panas

1-2 sdt madu

150 ml susu skim/ susu soya

bubuk kayu manis untuk penyajian

Cara membuat:

1. Letakkan bubuk matcha dalam mangkok, tambahkan air dan madu, mixer hingga menjadi pasta lembut.

2. Di panci terpisah panaskan susu lalu mixer susu.

3. Campurkan susu dengan pasta green tea, aduk hingga rata.

4. Tuang ke dalam cangkir atau gelas favorit, sajikan dengan sedikit bubuk kayu manis di atasnya.

Sari kacang hijau

ilustrasi kacang hijau/pexels
ilustrasi kacang hijau/pexels

Bahan:

Kacang hijau 200 gram

Gula merah 100 gram

Jahe 1 ruas

Garam secukupnya

Air matang 3-4 liter air

Cara membuat:

1. Cuci kacang hijau hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel lagi. Rendam kacang hijau yang sudah dicuci ke dalam air biasa selama kurang lebih 12 hingga 24 jam.

2. Bilas dengan air mengalir, dan pastikan tidak ada kotoran dan kacang hijau benar-benar bersih.

3. Siapkan panci ukuran sedang hingga besar. Lalu, rebus air ke dalamnya hingga mendidih.

4. Masukkan kacang hijau yang sudah dibersihkan. Dan, kecilkan api.

5. Diamkan sebentar hingga biji kacang hijau menjadi lunak.

6. Setelah itu, masukkan gula merah, jahe yang sudah digeprek dan garam ke dalam panci.

7. Aduk sebentar, lalu biarkan rebusan kacang hijau hingga matang. Selalu gunakan api kecil, agar kacang hijau tidak lembek.

8. Saat mendidih, cek rasa. Setelah rasa pas, angkat panci.Siapkan saringan dan panci lain.

9. Tuangkan rebusan kacang hijau ke panci, sambil disaring.Sisa kacang hijau bisa digunakan untuk membuat makanan lain atau dijadikan bubur kacang hijau.

10. Air rebusan kacang hijau, siap dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Thai tea

milk tea/copyright by Avigator Fortuner (Shutterstock)
milk tea/copyright by Avigator Fortuner (Shutterstock)

Bahan:

2 sdm black tea

200 ml air

50 ml susu cair

3 sdm susu kental manis

1 sdm gula pasir

Cara Membuat:

1. Didihkan air dan seduh teh sampai kental.

2. Campur susu cair dengan gula dan susu kental manis lalu aduk sampai rata.

3. Tuang teh lalu susu dalam gelas saji.

4. Tambahkan es batu jika suka dingin.

5. Teh siap disajikan untuk berbuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Sidang, Hakim MK Diskusi soal Penggunaan Masker

Posted: 27 Apr 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pendahuluan, permohonan terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 (Perppu 1/2020) tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) dan/atau dalam rangka menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Berdasarkan tayangan langsung di kanal Youtube Mahkamah Konstitusi, tiga hakim panel MK, Aswanto, Wahiduddin Adams, dan Daniel Yusmic P Foekh tampak menggunakan masker. Namun, sebelum sidang dimulai rupanya ketiga hakim tersebut diskusi terlebih dahulu soal penggunaan masker.

"Saya kira itu yang ingin kami permakluman lebih awal, tadi kami agak telat sedikit, karena tadi kami harus bersepakat di ruangan tunggu, apakah persidangan ini ketika para pemohon atau para anggota panel menyampaikan pandangannya tetap menggunakan masker atau tidak," kata Ketua Majelis Hakim Panel Aswanto dalam persidangan, Selasa (28/3/2020).

Dia menuturkan, mendapatkan informasi ada beberapa sidang di pengadilan, jaksa meminta terdakwa membuka maskernya, karena ditakutkan yang hadir bukan yang bersangkutan.

Aswanto meyakinkan, bahwa hakim panel yang ada bukanlah hakim bayangan.

"Kalau kita saya kira tidak ada problem. Jelas diidentifikasi, panelnya adalah Aswanto, yang mulia pak Wahid, dan yang mulia Pak Daniel. Saya kira hakimnya bukan hakim bayangan," ungkap Aswanto.

Minta Maaf

Karenanya, Aswanto memohon maaf jikalau dalam persidangan ini ada protokol yang harus dilakukan.

"Saya kira itu, sekali lagi saya mohon maaf, harus ada pembatasan jumlah kuasa hukum yang hadir di ruangan maupun pengunjung karena itu protokol atau kebijakan yang ditentukan oleh pemerintah dan WHO," pungkasnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Kian Panas, AS Tuding China Bikin Alat Uji Virus Corona COVID-19 Palsu

Posted: 27 Apr 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Penasihat Perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro menuduh China, dengan mengatakan bahwa mereka mengirim alat pengujian antibodi Virus Corona COVID-19 berkualitas rendah dan bahkan palsu ke Amerika Serikat guna "mengambil keuntungan" dari pandemi.

Melansir Wtvbam, Selasa (28/4/2020), Navarro merupakan seorang kritikus diketahui kerap bersikap blak-blakan terhadap Beijing, yang ditunjuk oleh Presiden Donald Trump untuk menangani masalah jalur pasokan yang berkaitan dengan krisis kesehatan. Selain itu, ia juga mengatakan lebih banyak pengujian terhadap virus dan antibodi itu penting untuk membuat orang Amerika saat ini dalam keadaan terkunci bisa kembali bekerja.

"Di situlah, mungkin, kita dapat menemukan orang-orang yang kebal, yang dapat berada di tempat kerja di lingkungan yang lebih aman. Tapi kita tidak bisa memiliki China, misalnya, membawa tes palsu karena itu akan sangat mengganggu," kata Navarro.

"Ada banyak tes antibodi yang datang dari Tiongkok sekarang yang berkualitas rendah, pembacaan yang salah dan hal-hal seperti itu."

Amerika Serikat sangat bergantung pada China terutama untuk masalah peralatan dasar dan obat-obatan, walaupun keduanya sering saling lempar tudingan selama pandemi terjadi. 

Tak hanya menuding tentang peralatan palsu, Navarro juga menuduh China telah menyebarkan virus ke seluruh dunia setelah "mereka menyembunyikannya selama enam minggu."

"Mereka bisa menyimpannya di Wuhan," katanya. 

"Mereka tidak melakukannya. Mereka menyemai dunia dengan ini, dengan ratusan ribu orang China naik pesawat ke Milan, ke New York dan tempat-tempat lain."

China pun kemudian telah menolak tuduhan AS, termasuk dari Sekretaris Negara AS Mike Pompeo, yang menutupi wabah itu, dan pada hari Senin juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying mengatakan di Twitter bahwa Pompeo harus "berhenti bermain permainan politik. Lebih baik menghemat energi untuk menyelamatkan jiwa."

Tuduhan Terus Dilemparkan

Abbott Laboratories meluncurkan alat penguji yang dapat mengetahui apakah seseorang terinfeksi Virus Corona COVID-19 hanya dalam lima menit (Abbott Laboratories)
Abbott Laboratories meluncurkan alat penguji yang dapat mengetahui apakah seseorang terinfeksi Virus Corona COVID-19 hanya dalam lima menit (Abbott Laboratories)

Pada hari Sabtu, kementerian perdagangan China mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan persyaratan bahwa sejumlah produk perawatan virus utama harus mendapatkan persetujuan pengaturan domestik sebelum diekspor, selama mereka disetujui di negara-negara pengimpor. 

Kemudian pada hari Senin, Navarro menuduh bahwa selama waktu menunda pelaporan, China "menyedot debu dunia untuk peralatan pelindung pribadi" yang dibutuhkan oleh petugas kesehatan. "Dan hari ini, pencatutan China pada dasarnya dari situasi ini," tambahnya.

Seminggu yang lalu, Navarro menuduh bahwa China mungkin menahan data tentang infeksi virus corona dini karena ingin memenangkan perlombaan komersial untuk membuat vaksin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Ide Usaha Kuliner yang Cocok Selama Pandemi Corona Covid-19 dan Puasa Ramadan

Posted: 27 Apr 2020 09:20 PM PDT

Jakarta Usaha kuliner menjadi opsi yang belakangan diminati untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi corona covid-19 dan puasa ramadan. Baik yang membuat dan memasak sendiri maupun jadi reseller, usaha kuliner saat masa pandemi virus corona sekaligus bulan Ramadan menjadi sesuatu yang menjanjikan.

Memang, sih, saat semua orang di rumah saja, mau tak mau membuat kita mencoba memasak sendiri makanan untuk keluarga. Baik karena tak ada pilihan atau justru memiliki banyak waktu luang.

Nah, buat kita yang mempunyai skill masak, kenapa tidak dikembangkan untuk jadi bahan jualan selama corona covid-19? Dicoba dari usaha kuliner dari makanan andalan yang disukai semua anggota keluarga di rumah.

Berikut 5 ide usaha kuliner yang bisa dimulai di tengah pandemi virus corona covid-19, berikut detailnya: 

Lauk Siap Santap

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kelezatan lauk siap makan dari Minang seperti rendang sudah tidak diragukan. Proses memasak yang membutuhkan waktu dan kesabaran membuat orang berpikir dua kali untuk melakukannya saat tak punya banyak waktu luang.

Apalagi rendang merupakan makanan yang awet hingga bisa dikonsumsi dalam waktu yang lama. Siapa yang bisa melewatkan godaan nasi hangat dengan bumbu rendang kaya rasa?

Deretan lauk siap santap yang banyak berseliweran dijajakan di WhatsApp Group di antaranya varian ayam (bakar, ungkep, sambal ijo), cumi, sampai berbagai olahan ikan. 

 

 

Snack atau Kudapan Ringan

Siomay ayam udang. (Foto: Kokiku Tv)
Siomay ayam udang. (Foto: Kokiku Tv)

Meski waktu ngemil semakin terbatas saat Ramadan, snack tetap saja punya permintaan tinggi. Sebagai gantinya bisa dipakai sebagai takjil saat berbuka puasa. 

Apalagi saat di rumah saja membatasi kita jajan takjil di bazar Ramadan atau pasar malam. Akan jadi poin plus jika makanan tahan lama meski tanpa bahan pengawet. 

Misalnya siomay ikan tenggiri yang dibuat fresh dan diantar di hari yang sama. Setelahnya siomay akan bertahan 1 bulan dalam freezer.

 

 

Dessert

Omali (Foto: Instagram dapur.ummualby)
Omali (Foto: Instagram dapur.ummualby)

Makanan penutup selalu menjadi ide menarik dan tidak akan pernah salah. Di bulan Ramadan dessert dari Timur Tengah Om Ali atau Umm Ali menjadi dessert yang populer. 

Omali yang biasa disebut puding roti dari Mesir ini juga biasanya dilengkapi dengan kismis dan kacang-kacangan bergizi. Rasanya yang creamy, manis, dan lembut bersatu di mulut.

Selain itu varian dessert box seperti Dalgona, Milo, Regal, Kit-Kat juga sedang mencuri perhatian. Atau pudding klasik dengan modifikasi juga masih digemari.

 

 

Frozen Food

Fakta Mengejutkan di Balik Frozen Food (FotograFFF/Shutterstock)
Fakta Mengejutkan di Balik Frozen Food (FotograFFF/Shutterstock)

Goreng-gorengan seperti ebi furai, chicken nugget, samosa, risoles yang dijual beku juga banyak dicari. Begitu juga penjualnya, bisa kita temui online di mana-mana. 

Kita bisa membuatnya sendiri atau mencoba peruntungan menjadi reseller. Pastikan temukan supplier yang memberikan harga terbaik.

 

 

 

 

Aneka Minuman

Ilustrasi minuman herbal | unsplash.com/@nastyabogdanova
Ilustrasi minuman herbal | unsplash.com/@nastyabogdanova

Tak lengkap rasanya semua makanan di atas tanpa minuman. Dari jenis minuman yang berseliweran di Instagram, minuman kesehatan seperti herbal drink atau jamu racikan sendiri masih mendominasi.

Selain minuman herbal, es segar khas berbuka seperti merah delima, es pisang ijo, es buah juga menggugah selera. Atau jika kita punya resep andalan lainnya, kenapa tidak menjajalnya. 

 

6. Makanan Vegetarian dan Vegan

Menu Vegetarian (Instagram @nonamimpi)
Menu Vegetarian (Instagram @nonamimpi)

Gaya hidup sehat dengan menerapkan diet vegan dan vegetarian juga semakin tinggi peminat. Apalagi jika kamu sendiri menerapkannya sebagai gaya hidup.

Seperti Quiche, salah satu jenis makanan klasik yang berasal dari Perancis yang dimasak dengan cara dipanggang. Crust yg renyah dipadukan dengan filling dari sayuran pasti akan selalu dinantikan. 

Disadur dari Fimela.com (Novi Nadya,published 28/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adinda Azani Diminta Orangtua Mantap Berhijab usai Bermain Sinetron Insya Allah Surga

Posted: 27 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron muda Adinda Azani menambah daftar sinetron yang dibintanginya tambah panjang. Insya Allah Surga, bukan hanya membuat bintangnya tambah moncer. Drama religi di SCTV itu membuat perubahan dalam dirinya.

"Aku jadi kepikiran pengen pakai hijab," ungkap Adinda Azani, saat press conference virtual, di Jakarta, beberapa waktu lalu. Bersama sejumlah pemain sinetron lainnya, Ricky Harun, Ridwan Ghany dan juga Alfie Alfandy, Adinda ngobrol dengan sejumlah wartawan saat itu.

Dalam sinetron yang ditayangkan SCTV setiap malam mulai pukul 18.30 WIB, Adinda berperan sebagai Asma, mahasiswa yang juga guru mengaji anak-anak di kampung Cirempong. Lantaran perannya itu pesinetron muda ini harus berbusana muslimah.

Syuting sinetron sudah usai dilakukan sebelum wabah pandemi terjadi. Imbasnya, orang-orang sekeliling mendorong Adinda Azani berhijab seterusnya di luar sinetron.

Ada Niat

Preskon film Rompis (Bambang E. Ros/bintang.com)
Preskon film Rompis (Bambang E. Ros/bintang.com)

"Orangtua bilang, kamu cantik berhijab. Coba bisa pakai terus nggak. Teman-temanku juga bisa begitu hehe," ungkap Adinda. 

"Ada niat sih, tapi masih harus dimantapin lagi deh," tambahnya.

Banyak Pelajaran

Adegan sinetron Insya Allah Surga di Ramadan 2020 (Dok Starvision)
Adegan sinetron Insya Allah Surga di Ramadan 2020 (Dok Starvision)

Menjadi pemeran utama sebagai Asma dalam 30 episode membuat Adinda Azani jadi tambah ilmu agama.

"Soalnya dialog yang ada di sinetron ini banyak pelajaran tentang Islam. Asma sering kasih masukan ke karakter lain di sinetron ini tentang agama. Jadi otomatis aku tambah ilmu tentang Islam. Itu yang aku senang," papar pemain miniseri Dua Dunia Salma dan Gadis Pemimpi di SCTV ini.

Bersyukur Dikasih Peran

Adegan sinetron Insya Allah Surga di Ramadan 2020 (Dok Starvision)
Adegan sinetron Insya Allah Surga di Ramadan 2020 (Dok Starvision)

Pesinteron berusia 25 tahun ini juga bersyukur dikasih kesempatan bermain dalam sinetron religi tapi juga segar dalam dialog. 

"Aku terima kasih pada produser Pak Chand Parwez karena dikasih peran sebagai Asma. Ini berbeda dengan peran-peran yang pernah aku bintangi sebelumnya. Tambah ilmu tambah pengalaman," katanya.

Mimpi Jadi Kenyataan

Adegan sinetron Insya Allah Surga di Ramadan 2020 (Dok Starvision)
Adegan sinetron Insya Allah Surga di Ramadan 2020 (Dok Starvision)

Adinda mengaku sudah lama ingin bermain sinetron seperti ini. "Jadi waktu tawaran ini datang, aku girang banget. Sudah lama aku pengen main sinetron kayak gini. Apalagi ini ditayangkan bulan Ramadan. Jadi seperti memberikan hikmah pada masyarakat. Semoga penonton senang, terhibur dan bisa ambil pelajaran. Jadi aku juga dapat pahala kan," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Suzuki Ignis Baru dan Bekas Tahun 2020, Simak Dahulu Sebelum Membeli

Posted: 27 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga Suzuki Ignis yang merupakan produk keluaran cukup baru dari Suzuki ini, sukses membuat saingannya seperti Honda dan Toyota cukup kaget. Pasalnya, harga Suzuki Ignis ini sangatlah bersaing jika dibandingkan dengan mobil keluaran Honda, Toyota atau Daihatsu. Tidak hanya dari segi harga Suzuki Ignis yang sangat bersaing, namun kualitas serta performa Suzuki Ignis juga terbilang sangat mumpuni.

Suzuki Ignis tersebut memang cukup berhasil mendobrak pasar SUV. Bentuk dari Suzuki Ignis ini kurang lebih terlihat seperti Suzuki Jimny. Suzuki Ignis ini hadir dengan desain dan tampilan modern yang terkesan ringkas dan tentunya mampu diajak melibas berbagai macam jenis jalanan.

Sebelum lebih jauh membahas tentang harga Suzuki Ignis, mungkin beberapa dari Anda penasaran, sesungguhnya Suzuki Ignis ini terdapat pada kategori SUV yang seperti apa. Jika dilihat dari segi desain dan harga Suzuki Ignis, memang, Suzuki Ignis ini termasuk dalam kategori Urban SUV. Suzuki Ignis hadir dengan mesin 1250cc yang dilengkapi Multi Point Fuel Injection yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 89PS.

Suzuki Ignis termasuk jenis mobil yang sangat irit bahan bakar. Itulah mengapa selain harga Suzuki Ignis yang murah, mobil ini juga hemat biaya operasional. Selain itu, Suzuki Ignis juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan berupa pengereman ABS dan dual SRS Airbags.

Yuk, kita intip spesifikasi serta harga Suzuki Ignis dibawah ini, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/4/2020).

1. New Ignis GL M/T

Belum resmi meluncur, Suzuki Ignis sudah dipamerkan di salah mall di kawasan Cibinong, Bogor Jawa Barat. (Herdi Muhardi))
Belum resmi meluncur, Suzuki Ignis sudah dipamerkan di salah mall di kawasan Cibinong, Bogor Jawa Barat. (Herdi Muhardi))

Tipe pertama dari New Ignis, yaitu tipe GL yang merupakan tipe terendah. Pada tipe GL ini masih menggunakan transmisi manual. Selain itu pada tipe GL ini tersedia 6 pilihan warna Turquoise Blue, Metallic Glistening Grey, Metallic Lucent Orange, Pearl Midnight Black, Pearl Arctic White, Metallic Silky Silver.

Banderol harga yang ditawarakan merujuk pada harga On The Road Jakarta yaitu sebesar Rp 171.000.000,00. Berikut spesifikasi teknisnya.

 

DIMENSI

1. Panjang Keseluruhan: 3.700 mm

2. Lebar Keseluruhan: 1.690 mm

3. Tinggi Keseluruhan: 1.595 mm

4. Jarak Poros Roda: 2.435 mm

5. Jarak Pijak Depan: 1.460 mm

6. Jarak Pijak Belakang: 1.470 mm

7. Jarak Terendah: 180 mm

8. Radius Putar Minimum: 4,7 m

 

MESIN

1. Jenis Mesin: K12M

2. Isi Silinder: 1.197 cc

3. Jumlah Katup: 16

4. Jumlah Silinder: 4

5. Diameter x Langkah: 73,0 mm x 71,5 mm

6. Perbandingan Kompresi: 11.0

7. Daya Maksimum: 83/6.000 PS / rpm

8. Momem Puntir Maksimum: 113/4.200 Nm / rpm

9. Sistem Bahan Bakar: Multipoint Injection

 

TRANSMISI

1. Jenis Transmisi: Manual 5 percepatan

2. Perbandingan Gigi Akhir: 3.272

3. Ratio Gear:

1st 3.545

2nd 1.904

3rd 1.240

4th 0.914

5th 0.717

Mundur / Reverse: 3.272

 

BERAT

1. Berat Kosong: 840-850/860 Kg

2. Berat Kotor: 1.280 Kg

 

RANGKA

1. Sistem Kemudi: Rack & Pinion

2. Suspensi Depan: McPherson Strut with Coil Spring

3. Suspensi Belakang: Torsion Beam with Coil Spring

4. Rem Depan: Ventilated Disc

5. Rem Belakang: Drum, Leading &Trailing

6. Ukuran Ban: 175/65R15

 

KAPASITAS

1. Tempat Duduk: 5 Orang

2. Tangki Bahan Bakar: 32 Liter

2. New Ignis GL AGS

Suzuki Ignis di GIIAS 2016 (Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com)
Suzuki Ignis di GIIAS 2016 (Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com)

Masih dari tipe GL. Pada jenis ini menggunakan transmisi otomatis yang cukup unik, karena dalam perpindahan gigi, dapat dipindah menjadi manual. Dilihat dari segi harga lebih mahal dengan selisih 10 juta, namun dari segi fitur sama dengan tipe manualnya. Begitupula dengan pilihan warna yang serupa. 

Untuk banderol harga pada New Ignis GL AGS ini, yaitu sebesar Rp 181.000.000,00. Harga tersebut merupakan harga On The Road Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu. Di bawah ini merupakan spesifikasi teknisnya.

 

DIMENSI

1. Panjang Keseluruhan: 3.700 mm

2. Lebar Keseluruhan: 1.690 mm

3. Tinggi Keseluruhan: 1.595 mm

4. Jarak Poros Roda: 2.435 mm

5. Jarak Pijak Depan: 1.460 mm

6. Jarak Pijak Belakang: 1.470 mm

7. Jarak Terendah: 180 mm

8. Radius Putar Minimum: 4,7 m

 

MESIN

1. Jenis Mesin: K12M

2. Isi Silinder: 1.197 cc

3. Jumlah Katup: 16

4. Jumlah Silinder: 4

5. Diameter x Langkah: 73,0 mm x 71,5 mm

6. Perbandingan Kompresi: 11.0

7. Daya Maksimum: 83/6.000 PS / rpm

8. Momem Puntir Maksimum: 113/4.200 Nm / rpm

9. Sistem Bahan Bakar: Multipoint Injection

 

TRANSMISI

1. Jenis Transmisi: AGS (Auto Gear Shift)

2. Perbandingan Gigi Akhir: 3.272

3. Ratio Gear:

1st 3.545

2nd 1.904

3rd 1.240

4th 0.906

5th 0.696

Mundur / Reverse: 3.394

 

BERAT

1. Berat Kosong: 840-850/860 Kg

2. Berat Kotor: 1.280 Kg

 

RANGKA

1. Sistem Kemudi: Rack & Pinion

2. Suspensi Depan: McPherson Strut with Coil Spring

3. Suspensi Belakang: Torsion Beam with Coil Spring

4. Rem Depan: Ventilated Disc

5. Rem Belakang: Drum, Leading &Trailing

6. Ukuran Ban: 175/65R15

 

KAPASITAS

1. Tempat Duduk: 5 Orang

2. Tangki Bahan Bakar: 32 Liter

3. New Ignis GX M/T

Suzuki Resmi Luncurkan Ignis Facelift (Suzuki)
Suzuki Resmi Luncurkan Ignis Facelift (Suzuki)

Selanjutnya adalah Ignis Tipe GX, Tipe GX merupakan tipe yang ada diatas tipe GL. Pada tipe ini terdapat 3 pilihan warna khusus yang tidak terdapat di tipe GL, yaitu Stargaze Blue + Black; Stargaze Blue + Silver; Lucent Orange + Black.

Warna special yang terdapat pada Suzuki Ignis GX ini merupakan jenis warna kombinasi. Selain warna, fitur pada tipe GX juga lebih lengkap dibandingkan tipe GL, seperti Roof Rail yang berfungsi untuk membawa barang di atas atap mobil.

Banderol harga yang ditawarkan oleh Suzuki GX M/T ini yaitu sebesar Rp 190.000.000,00 dan merupakan harga On The Road Jakarta. Berikut daftar spesifikasi dari Suzuki Ignis GX M/T ini.

 

DIMENSI

1. Panjang Keseluruhan: 3.700 mm

2. Lebar Keseluruhan: 1.690 mm

3. Tinggi Keseluruhan: 1.595 mm

4. Jarak Poros Roda: 2.435 mm

5. Jarak Pijak Depan: 1.460 mm

6. Jarak Pijak Belakang: 1.470 mm

7. Jarak Terendah: 180 mm

8. Radius Putar Minimum: 4,7 m

 

MESIN

1. Jenis Mesin: K12M

2. Isi Silinder: 1.197 cc

3. Jumlah Katup: 16

4. Jumlah Silinder: 4

5. Diameter x Langkah: 73,0 mm x 71,5 mm

6. Perbandingan Kompresi: 11.0

7. Daya Maksimum: 83/6.000 PS / rpm

8. Momem Puntir Maksimum: 113/4.200 Nm / rpm

9. Sistem Bahan Bakar: Multipoint Injection

 

TRANSMISI

1. Jenis Transmisi: Manual 5 percepatan

2. Perbandingan Gigi Akhir: 3.272

3. Ratio Gear:

1st 3.545

2nd 1.904

3rd 1.240

4th 0.914

5th 0.717

Mundur / Reverse: 3.272

 

BERAT

1. Berat Kosong: 840-850/860 Kg

2. Berat Kotor: 1.280 Kg

 

RANGKA

1. Sistem Kemudi: Rack & Pinion

2. Suspensi Depan: McPherson Strut with Coil Spring

3. Suspensi Belakang: Torsion Beam with Coil Spring

4. Rem Depan: Ventilated Disc

5. Rem Belakang: Drum, Leading &Trailing

6. Ukuran Ban: 175/65R15

 

KAPASITAS

1. Tempat Duduk: 5 Orang

2. Tangki Bahan Bakar: 32 Liter

4. New Ignis GX AGS

Suzuki resmi meluncurkan Ignis terbaru untuk pasar otomotif India (Motorbeam)
Suzuki resmi meluncurkan Ignis terbaru untuk pasar otomotif India (Motorbeam)

Tipe GX AGS ini merupakan tipe tertinggi dari seluruh tipe Ignis. Tipe ini memiliki semua fitur yang ada pada tipe GX M/T hanya saja jenis transmisinya otomatis. Harga yang ditawarkan untuk On The Road Jakarta sebesar Rp 200.000.000,00. Berikut daftar spesifikasinya.

 

DIMENSI

1. Panjang Keseluruhan: 3.700 mm

2. Lebar Keseluruhan: 1.690 mm

3. Tinggi Keseluruhan: 1.595 mm

4. Jarak Poros Roda: 2.435 mm

5. Jarak Pijak Depan: 1.460 mm

6. Jarak Pijak Belakang: 1.470 mm

7. Jarak Terendah: 180 mm

8. Radius Putar Minimum: 4,7 m

 

MESIN

1. Jenis Mesin: K12M

2. Isi Silinder: 1.197 cc

3. Jumlah Katup: 16

4. Jumlah Silinder: 4

5. Diameter x Langkah: 73,0 mm x 71,5 mm

6. Perbandingan Kompresi: 11.0

7. Daya Maksimum: 83/6.000 PS / rpm

8. Momem Puntir Maksimum: 113/4.200 Nm / rpm

9. Sistem Bahan Bakar: Multipoint Injection

 

TRANSMISI

1. Jenis Transmisi: AGS (Auto Gear Shift)

2. Perbandingan Gigi Akhir: 3.272

3. Ratio Gear:

1st 3.545

2nd 1.904

3rd 1.240

4th 0.906

5th 0.696

Mundur / Reverse: 3.394

 

BERAT

1. Berat Kosong: 840-850/860 Kg

2. Berat Kotor: 1.280 Kg

 

RANGKA

1. Sistem Kemudi: Rack & Pinion

2. Suspensi Depan: McPherson Strut with Coil Spring

3. Suspensi Belakang: Torsion Beam with Coil Spring

4. Rem Depan: Ventilated Disc

5. Rem Belakang: Drum, Leading &Trailing

6. Ukuran Ban: 175/65R15

 

KAPASITAS

1. Tempat Duduk: 5 Orang

2. Tangki Bahan Bakar: 32 Liter

Harga Suzuki Ignis Bekas

Suzuki memberikan kesempatan kepada pengunjung IIMS 2017 untuk melakukan tes drive Suzuki Ignis. (Herdi Muhardi)
Suzuki memberikan kesempatan kepada pengunjung IIMS 2017 untuk melakukan tes drive Suzuki Ignis. (Herdi Muhardi)

Selain harga Suzuki Ignis baru, berikut ini terdapat harga Suzuki Ignis bekas yang bisa Anda jadikan pilihan jika berminat untuk membeli salah satu produk keluaran Suzuki ini.

Harga Suzuki Ignis GL M/T 2017 Rp 100.000.000,00

Harga Suzuki Ignis GL M/T 2017 Rp 110.000.000,00

Harga Suzuki Ignis GX M/T 2017 Rp 122.000.000,00

Harga Suzuki Ignis GL M/T 2018 Rp 118.000.000,00

Harga Suzuki Ignis GX AGS 2018 Rp 128.000.000,00

Harga Suzuki Ignis GL M/T 2019 Rp 125.000.000,00

Harga Suzuki Ignis GX AGS 2019 Rp 138.000.000,00

 

Jangan lupa untuk selalu perhatikan kondisi dari mobil yang akan Anda beli ya, baik itu baru maupun bekas, dan pastikan mobil tersebut sesuai dengan keinginan dan fungsi yang Anda butuhkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Apresiasi Dukungan DPR terhadap Perppu 1/2020

Posted: 27 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengapresiasi dukungan Komisi XI DPR Terhadap Perppu 1/2020. Kesepahaman antara pemerintah dan DPR menjadi modal penting dalam menangani pandemi Corona di Indonesia. 

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menjelaskan, pemerintah sangat mengapresiasi dukungan dari Ketua Komisi XI DPR, Dito Ganinduto terhadap Perppu 1/2020, termasuk komitmennya untuk terus mengawal implementasi Perppu tersebut.

"Peran Komisi XI DPR yang membidangi sektor keuangan dan perbankan tentu sangat penting dan strategis dalam memastikan implementasi Perppu ini berjalan lancar dengan tetap menjaga good governance dan akuntabilitas," kata Yustinus dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Menurut Yustinus, kesepahaman soal Perppu 1/2020 menjadi modal penting sebagai kunci penanganan pandemi saat ini, dimana setiap kebijakan yang dilahirkan mempunyai dimensi politis yaitu dukungan pemangku kepentingan, komunikasi publik, dan akuntabilitas.

Sebagai mitra Kementerian Keuangan, lanjut Yustinus, Komisi XI DPR selama ini juga memberikan dukungan yang sangat penting dan signifikan, sehingga perumusan kebijakan, tata kelola, dan implementasi dapat dilakukan dengan baik.

"Ketepatan dan kecepatan, adalah dua hal penting yang saat ini amat dibutuhkan untuk kebijakan fiskal dan moneter, akan semakin terjaga berkat dukungan Komisi XI DPR," ujarnya.

 

Fokus Perppu 1/2020

Adapun fokus dari Perppu 1/2020 antara lain penyesuaian batas defisit APBN, penggunaan sumber pendanaan alternatif, penyesuaian mandatory spending, pergeseran, dan refocusing anggaran, program penerbitan SBN dan pinjaman dalam rangka pembiayaan tambahan defisit, insentif dan fasilitas perpajakan.

Selain itu juga pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional, perluasan kewenangan KSSK, dan penguatan kewenangan Pemerintah dalam menangani permasalahan perbankan dan stabilitas sistem keuangan.

"Dengan semakin luasnya dukungan para pemangku kepentingan, koordinasi dan sinergi kelembagaan yang semakin baik, dan orkestrasi kewenangan yang lebih tertata, diharapkan penanganan dampak Covid-19 semakin fokus dan berhasil," jelas Yustinus.

Sementara itu, pemerintah terus mendengarkan masukan, kritik, dan aspirasi semua pihak demi semakin efektif dan optimalnya kebijakan dan implementasi di lapangan. Dengan bahu-membahu dan bergandeng tangan, kita optimistik badai pandemi segera berlalu dan Indonesia dapat kembali fokus membangun, maju, adil, dan sejahtera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayangan Boneka Belinda Bisa Jadi Referensi Hiburan di Rumah Saat Corona

Posted: 27 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), anak-anak mungkin bosan dengan aktivitas belajar di rumah yang dilakukan setiap hari. 

Untuk mengurangi rasa bosan tersebut, orangtua bisa sesekali mengajak anak-anak untuk menonton tayangan hiburan. Tentunya harus sesuai dengan usia mereka.

Bila zaman dahulu serial boneka identik dengan tokoh Si Unyil, kini banyak bermunculan karakter boneka dengan karakter yang kian beragam. 

Seperti tayangan Boneka Belinda yang kini sudah dibuat dalam bentuk serial hiburan. Tidak hanya itu, Boneka Belinda juga menyelipkan edukasi dalam setiap videonya.

Tayangan Boneka Belinda bisa menjadi salah satu referensi tayangan anak-anak ketika Anda sedang menghabiskan waktu luang di rumah. Anda bisa menontonnya di channel Belinda Palace yang ada di Vidio.

Saksikan videonya berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Akan Evaluasi Dewas TVRI, Siapkan Surat Pemberhentian

Posted: 27 Apr 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI. Hal itu merupakan kesepakatan hasil rapat internal Komisi I, Senin (27/4/2020).

"Komisi I sepakat untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Dewas," kata Anggota Komisi I Fraksi PDIP Charles Honoris kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Komisi I juga sudah membentuk tim untuk melakukan evaluasi terhadap Dewan TVRI. Termasuk menyiapkan langkah selanjutnya seperti pemberhentian.

Charles menyebut, dua pekan ke depan tim menyiapkan Surat Pemberitahuan Rencana Pemberhentian (SPRP).

"Kita sudah membentuk tim untuk mempersiapkan langkah-langkah pemberhentian terhadap Dewas. Dalam dua minggu ke depan tim tersebut akan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam menerbitkan SPRP terhadap Dewas TVRI," kata dia.

Punya Dasar Hukum Kuat

Charles juga menuturkan, Komisi I ingin keputusan yang disepakati ini dijalankan dengan argumentasi dan dasar hukum yang kuat.

"Kami ingin keputusan yang sudah disepakati ini dijalankan dengan argumentasi dan dasar hukum yang kuat," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Mengaku Cinta Allah, tapi Tak Mengenal-Nya

Posted: 27 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab menjelaskan, banyak orang yang mengaku dan mengenal Allah, tapi mereka tidak mencintainya.

"Bahkan di saat mendengar semua ajaran kebaikan-Nya, terkadang ada dari manusia yang tidak segera menyambutnya," ucap cendikiawan muslim ini. 

Quraish Shihab juga menegaskan, bahwa di saat manusia mengetahui betapa besar siksaannya, masih ada saja yang mengundang murkanya. 

"Sungguh mengherankan jika Anda telah merasakan keterasingan akibat kedurhakaan, lalu tidak merindukan kebahagiaan dengan menata hatinya," lanjut Quraish. 

"Namun, satu yang lebih mengherankan, di saat mengetahui bahwa Dia yang paling dibutuhkan, kita malah berpaling dari-Nya," kata Quraish Shihab di akhir renungannya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Amankan Wonderkidnya dari Godaan Arsenal

Posted: 27 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) dikabarkan berhasil mengamankan pemain remaja berbakat Omari Forson dari godaan Arsenal. Forson akan segera meneken kontrak profesional bersama Setan Merah.

Forson baru berusia 15 tahun. Dia digadang-gadang sebagai salah satu talenta muda paling bernilai di Inggris saat ini. MU mendapatkan Forson tahun lalu dari Tottenham Hotspur.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu sudah beberapa kali dimainkan MU di level U-16 dan U-18 meski baru berusia 15 tahun.

Bakat besar Forson membuat Arsenal tertarik membajaknya dari MU. Situasi ini membuat MU bergerak cepat. Media-media Inggris melaporkan, The Red Devils akan segera mengikat Forson dengan kontrak profesional.

Forson sendiri kabarnya telah menetapkan masa depannya ada bersama MU. Dia siap menandatangani kontrak setelah dipromosikan ke tim U-18 yang diasuh Neil Ryan.

 

Orbitkan Pemain Muda

Dalam beberapa musim terakhir MU memang rutin mempercayakan pemain akademi ke tim utama. Mereka ingin mengulang kisah sukses Class 92 yang dihuni David Beckham, Paul Scholes, Ryan Giggs hingga Gary Neville.

Beberapa pemain akademi MU yang saat ini manggung di tim utama antara lain Marcus Rashford, Scott McTominay hingga Brandon Williams.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Jualan Jitu, Jangan Tergantung pada Marketplace

Posted: 27 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Founder Bixbux.com dan Affiliate Marketer Wientor Rah Mada memberikan tips mengelola bisnis agar bisa bertahan lama. Wientor menjelaskan para pengusaha bisa menggunakan marketplace tetapi dianjurkan tidak tergantung kepada pasar online tersebut.

Marketplace dinilai memang salah satu tempat yang pas untuk berjualan. Namun ternyata jika para pengusaha khususnya UMKM tetap bergantung pada marketplace maka kemungkinan besar usaha tersebut tidak akan berkembang.

"Saya tidak akan membantah kalau ada yang menyatakan bahwa marketplace adalah tempat yang pas untuk jualan. Itu betul, tapi untuk jangka pendek," kata Wientor Rah Mada, dikutip dalam unggahan akun instagram resmi @kemenkopukm, Selasa (28/4/2020).

Lanjut Wientor, berjualan di marketplace berarti pengusaha hanya menumpang hidup kepada orang lain. Nasib usahanya bergantung kepada entitas lain yaitu marketplace tersebut. Jika terjadi sesuatu dengan marketplace maka usaha akan terdampak.

"Nasib Anda tergantung kepada traffic besar yang datang ke marketplace tersebut. Ada peraturan yang harus Anda penuhi, terkadang peraturannya juga ganti-ganti, sekali Anda berbuat salah, habislah toko Anda," ujarnya.

 

Buka Sendiri

Ilustrasi jualan online barang pemberian mantan (iStockphoto)
Ilustrasi jualan online barang pemberian mantan (iStockphoto)

Lalu bagaimana agar toko bisa bertahan lama? Menurut Wientor, kalau Anda sudah jualan dengan baik di marketplace, maka buatlah toko online sendiri.

Ada banyak platform yang menyediakan template toko online yang bisa dipakai. Ada juga banyak freelancer yang siap untuk membuatkan toko online untuk Anda.

"Pelan-pelan, pindahkan traffic Anda ke toko online, insyallah akan jauh sustainable (berkelanjutan)," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Pemukiman Kumuh di Makkah, Ditempati Para Pendatang

Posted: 27 Apr 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kota Makkah merupakan kota yang sangat ingin dikunjungi oleh umat Islam dari berbagai penjuru dunia. Di kota Baitullah inilah ibadah haji dan umrah dilaksanakan.

Selama ini, banyak foto-foto dari sanak saudara kita yang menunjukkan kemegahan dari kota Makkah, mulai dari potret Masjidil Haram hingga berbagai penginapan yang ada di sana.

Namun, tak banyak diketahui orang bahwa ternyata Makkah tetap memiliki pemukiman kumuh. Di video yang berjudul "SUASANA PERUMAHAN KUMUH DI LERENG GUNUNG DI TENGAH KOTA MEKKAH", YouTuber Alman Mulyana mengajak kita untuk melihat sisi lain dari kota Makkah.

Terletak di lereng-lereng pegunungan di tengah Kota Makkah, pemukiman ini biasanya dihuni oleh para pendatang. Seperti apakah potretnya? Berikut selengkapnya dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (28/4/2020).

1. Di pemukiman kumuh ini, lebih banyak ditempati oleh pendatang.

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

2. Makkah memiliki kontur wilayah berupa dataran pegunungan sehingga pemukiman ini terletak di lereng-lereng.

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

3. Pemukiman ini sangat tidak terawat, tampak sampah berserakan

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

4. Seperti di pemukiman pada umumnya, terdapat warung kecil yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

5. Kabel tampak dipasang secara serampangan

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

6. Terletak di lereng, semakin tinggi semakin banyak rumah yang dihuni.

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

7. Pemandangan kota Makkah yang terlihat dari puncak pemukiman kumuh tersebut.

Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)
Potret pemukiman kumuh di Makkah. (Sumber: YouTube/Alman Mulyana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Kerahkan Kapal TNI AL untuk Angkut Logistik

Posted: 27 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengatur laju pengendalian transportasi untuk mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 H. Aturan ini berlaku mulai 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 mendatang.

Secara garis besar, hampir seluruh moda transportasi umum termasuk transportasi laut berhenti beroperasi sementara, kecuali kapal logistik dan perintis.

Namun demikian, masih ada kekhawatiran penyebaran virus Corona di daerah terpencil imbas pengecualian ini, meskipun dalam pelaksanaannya, protokol kesehatan tetap diterapkan.

Direktur Eksekutif The National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi menyarankan agar kapal-kapal ini berhenti mengantar logistik, dan diganti dengan penggunaan kapala milik TNI Angkatan Laut (AL) saja.

"Di negara ini ada belasan Lantamal dan puluhan Lanal yang tersebar hampir di seluruh pelosok negeri. Apa tidak bisa transportasi logistik antarpulau dan angkut penumpang dilakukan oleh kapal-kapal TNI AL? Kapal komersial lebih baik istirahat seratus persen," kata Siswanto, mengutip keterangannya, Selasa (28/4/2020).

 

TNI Punya Puluhan Kapal

Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)
Gagah dan sangarnya pasukan TNI gelar apel siap amankan Laut Natuna dari kapal China. (Twitter @Puspen_TNI)

Siswanto melanjutkan, hal itu sudah sesuai dengan ketentuan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam misi kemanusiaan. TNI AL sendiri diketahui memiliki puluhan kapal angkut jenis Landing Ship Tank (LST) yang bisa mendarat tanpa memerlukan dermaga yang besar. Pengoperasian kapal-kapal ini dinilai efektif dan Siswanto yakin pihak TNI AL juga sudah menyediakan anggarannya.

"Kenapa tidak kapal-kapal ini yang dioperasikan atau Pesawat Hercules milik TNI AU, saya yakin mereka mampu dan sudah memiliki anggarannya," tambah dia.

Supaya potensi penyebaran virus menyusut, Siswanto meminta agar pimpinan TNI AL segera mengambil inisiatif atas hal ini. Dikatakan, para pemilik kapal komersial sepertinya berusaha mengakali peraturan pemerintah di tengah pandemi ini.

"Sepertinya mereka tengah berusaha mengakali peraturan yang sudah ditetapkan. Karenanya, pimpinan TNI AL saya kira langsung bisa ambil inisiatif," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tata Cara Sholat Tarawih dan Witir di Rumah

Posted: 27 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui bulan Ramadan kali ini kita jalani cukup berbeda. Pasalnya Ramadan tahun ini dijalani di tengah pandemi virus Corona Covid-19. Masyarakat pun masih diimbau untuk melakukan karantina mandiri di rumah.

Hal ini membuat masyarakat tak bisa melakukan aktivitas di luar rumah seperti buka puasa bersama hingga sholat tarawih di masjid.

Ya, pemerintah mengimbau masyarakat untuk sholat tarawih di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan virus Corona Covid-19 kian meluas.

Artikel tentang niat dan tata cara lengkap sholat tarawih beserta witir di rumah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang gengsi bilang "I love you."

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tanda kamu mengkonsumsi garam terlalu banyak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Niat dan Tata Cara Lengkap Sholat Tarawih Beserta Witir di Rumah

Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Namun jangan khawatir pasalnya, pahala yang didapatkan tak akan berkurang meski sholat tarawih dilakukan di rumah. Nah, bagi kalian yang ingin menjalani sholat tarawih di rumah berikut ini tim Citizen6-Liputan6.com telah merangkum niat dan tata cara sholatnya.

Selengkapnya...

2. Meski Cinta, 5 Zodiak Ini Gengsi Bilang I Love You

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Savs.
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Savs.

Mengutarakan cinta dengan mengucapkan kalimat "I love you" memang lumrah dilakukan setiap individu ke pasangan, maupun orang terkasih.

Meski lumrah, hal tersebut tampak sulit dilakukan beberapa zodiak. Bukan karena tidak cinta, mereka merasa kalimat "I love you" tidak terlalu berpengaruh dan bahkan dianggap drama. Padahal dengan mengungkapkan perasaan setiap saat, bisa membantu menjaga keharmonisan hubungan.

Selengkapnya...

3. Jangan Abai, Ini 7 Tanda Anda Mengonsumsi Garam Terlalu Banyak

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Anton27
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Anton27

Menurut pedoman diet terbaru, Anda dianjurkan hanya mengonsumsi 2.300 miligram sodium per hari. Namun diperkirakan, kebanyakan orang mengonsumsi rata-rata garam harian mendekati 3.400 miligram per hari.

Asupan garam yang berlebihan ini dapat menyebabkan hipernatremia dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seiring waktu.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Penasaran, Meghan Markle dan Pangeran Harry Bakal Rilis Potret Archie di Ultah ke-1

Posted: 27 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry akan merayakan ulang tahun pertama sang putra, Archie Harrison Mountbatten-Windsor pada 6 Mei 2020 mendatang. Pada momen spesial itu, mereka akan merilis potret terbaru si kecil.

"Anda bisa berharap melihatnya," kata juru bicara pasangan ini pada Sunday Times dilansir dari Hello Magazine, Selasa (28/4/2020).

Pernyataan tersebut diutarakan tanpa memberitahu lebih detail soal potret atau bagaimana akan dibagikan. Hal ini mengingat mereka tak lagi menggunakan akun Instagram Sussex Royal.

Seperti yang diketahui, Pangeran Harry, Meghan Markle, dan Archie saat ini tengah mengisolasi diri di Los Angeles, Amerika Serika, setelah memutuskan pindah ke sana dari Kanada sebelum lockdown diberlalukan.

Para penggemar kerajaan tentu akan senang melihat pertumbuhan Archie sejak terakhir kali mereka melihatnya sekilas pada Desember lalu.

Pada malam tahun baru, pasangan ini merilis ulasan video sepanjang tahun mereka di akun Instagram Sussex Royal, termasuk potret Archie yang sedang digendong ayahnya di depan sebuah danau di Kanada, tempat mereka tinggal dari akhir November hingga awal Maret.

Selalu Dinanti

Kartu Natal 2019 pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang juga memperlihatkan anak mereka, Archie Harrison. (dok. Twitter @queenscomtrust)
Kartu Natal 2019 pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang juga memperlihatkan anak mereka, Archie Harrison. (dok. Twitter @queenscomtrust)

Archie juga ada di tampilan depan dan tengah pada kartu Natal pasangan ini, sementara Pangeran Harry dan Meghan Markle tampak tersenyum semringah di depan pohon Natal.

Penggemar kerajaan belum melihat foto Archie tahun ini. Seseorang yang merasa senang melihatnya baru-baru ini adalah Ratu Elizabeth II saat melakukan video call dengan cicit kedelapannya itu, minggu lalu.

Duke dan Duchess of Sussex bersama putra mereka menelepon Ratu Elizabeth II pada Selasa, 21 April 2020 untuk mengucapkan selamat hari ulang tahun, kata juru bicara mereka pada saat itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: