Selasa, 21 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Produsen Minuman Kesehatan Beri Bantuan 2.000 APD ke Petugas Medis PMI

Posted: 21 Apr 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Produsen minuman kesehatan Extrajoss memberikan dukungan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai lembaga yang banyak diharapkan masyarakat dalam mengatasi keadaan saat ini. Dukungan yang diberikan berupa bantuan 2.000 Alat Pelindung Diri (APD) serta produk kesehatan kepada PMI dan disebar ke daerah-daerah yang membutuhkan. 

Penyerahan bantuan secara resmi President Direktur PT Bintang Toedjoe, Simon Jonathan dan diterima Sekertaris Jendral PMI, Sudirman Said di Markas Pusat PMI, Jakarta pada Rabu 22 April 2020.

"Petugas Medis merupakan garda terdepan dari musibah pandemi ini yang senantiasa harus terlindungi dan terjaga dari paparan virus saat melayani pasien, dengan pemeberian bantuan ini Extrajoss turut menjaga daya tahan garda terdepan untuk melawan COVID 19" ujar Simon.

Sampai dengan saat ini, jumlah penderita positif COVID 19 di Indonesia terus bertambah dari hari ke hari. Sampai dengan 15 April 2020 jumlah penderita positif yang telah resmi dinyatakan oleh pemerintah mencapai lebih dari 5.000 orang di seluruh Indonesia.

Penambahan angka ini kian menghawatirkan mengingat belum massifnya rapid test yang telah dilakukan pemerintah dengan keterbatasan alat yang tersedia. Angka mortalitas yang terjadi di Indonesia pun tergolong tinggi mencapai 10 persen dari jumlah penderita yang dinyatakan positif.

Dengan keadaan yang demikian, para petugas medis mulai kesulitan karena jumlah kamar perawatan dengan jumlah penderita mulai tidak sebanding lagi.

Para petugas media ini setiap hari harus berjibaku untuk terus berdedikasi terhadap pekerjaannya di tengah sarana dan prasarana yang terbatas.

 

 

Bantuan ke Lokasi Lain

Jumlah APD terutama baju hazmat untuk digunakan setiap hari kian menipis bahkan banyak RS di daerah terdengar sampai menggunakan jas hujan untuk digunakan sebagai APD. Dalam kesempatan ini Extrajoss memberikan bantuan APD tersebut.

Sementara Sudirman Said sangat memberikan apresiasi pemberian bantuan ini mengingat kebutuhan APD sangatlah diperlukan dan mendesak guna memberikan perlindungan kepada para petugas medis.

Dengan demikian para petugas ini tenang dalam bekerja dan fokus dalam melayani pasien COVID 19 sehingga kita mampu mengatasi pandemi ini.

Selain diberikan di Markas Pusat PMI, bantuan juga disebar ke daerah seperti Sukabumi, Bandung, Semarang, Jogja Surabaya, Bali, Medan dan Tegal.

Bantuan ini diberikan mulai tanggal 20 April dan akan disusul oleh daerah-daerah lain melalui cabang-cabang Extrajoss di daerah kepada Markas PMI di Kabupaten/Kota yang telah disebutkan diatas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Batasi Operasional SPBU Demi Cegah Penyebaran Corona

Posted: 21 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona telah menyelimuti Indonesia beberapa pekan terakhir. Kendati demikian, mobilitas masyarakat terpantau masih padat. Larangan bepergian (jika tidak penting) sudah berlaku, transportasi umum telah dibatasi, namun masih ada masyarakat yang nekat keluar rumah menggunakan kendaraan pribadinya.

Pengamat transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyatakan, ada beberapa alternatif yang bisa diterapkan pemerintah untuk mengurangi mobilitas masyarakat dengan kendaraan bermotor.

Salah satunya, menerapkan pembatasan operasional SPBU atau penaikkan tarif BBM.

"Ada lagi alternatif untuk mengurangi mobilitas warga menggunakan kendaraan bermotor, lokasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU beroperasi dibatasi atau menaikkan tarif BBM," kata Djoko dalam tulisannya, dikutip Rabu (22/4/2020).

Adapun, pemerintah juga sudah memutuskan melarang mudik demi pengurangan mobilitas orang dan pencegahan penyebaran corona ini. Djoko menambahkan, pemerintah memang harus tegas demi keselamatan dan kesehatan warga Indonesia. Tiap yang tidak mematuhi aturan karantina harus dipidana paling lama 1 tahun atau paling banyak Rp 100 juta.

 

Mudik Besar-besaran

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Djoko meramalkan, dalam 3 hari menjelang penetapan larangan mudik yang resmi per 24 April 2020, eksodus besar-besaran akan terjadi. Mobilitas kendaraan dan manusia akan sangat padat dalam rentang waktu tersebut.

Sementara, batasan jumlah penumpang bagi kendaraan keluar wilayah Jabodetabek belum diterapkan, seperti halnya penerapan PSBB di wilayah Jabodebatek. Oleh karenanya, Djoko mendorong agar pembatasan tersebut segera diterapkan.

"Larangan itu dapat diterapkan mulai sekarang pada semua kendaraan keluar Jabodetabek, kecuali kendaraan logistik dan kendaraan tertentu yang diijinkan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Tarawih, 15 Kegiatan Keagamaan di Masjid Istiqlal Dibatalkan Selama Ramadan

Posted: 21 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjid Istiqlal meniadakan kegiatan salat tarawih berjemaah dan sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak orang pada Ramadan 1441 Hijriah tahun ini. Hal ini diputuskan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.  

Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan belasan program yang biasanya diadakan saat Ramadan dipastikan dibatalkan. 

"Jadi tidak ada pelayanan agama selama masa Covid-19 di Masjid Istiqlal," ujar Abu dilansir Antara, Selasa, 21 April 2020. 

Kendati demikian, kata dia, masih ada beberapa program masjid yang tetap dijalankan. Namun, program tersebut bukan kegiatan yang dilakukan bersama-sama. 

"Program biasanya sekitar 17. Namun, dari 17 program itu hanya ada dua program yang kami laksanakan. Kedua program itu ialah pengumpulan zakat dan santunan yatim," tuturnya.

Kegiatan pengumpulan zakat dan santunan yatim tersebut, lanjut Abu, nantinya akan dilakukan secara online.

"Santunan yatim ini pun, pada dasarnya mereka tidak datang ke sini, tapi melalui sistem daring. Tautan terkait sudah saya sebar di semua yayasan, sudah banyak yang terdata," jelasnya.

"Untuk zakat fitrah, kami sudah sebar rekening untuk transfer, dan orangnya tidak perlu ke Masjid Istiqlal. Pembagiannya (zakat dan santunan) diantar seperti pembagian daging hewan kurban. Jadi mereka tidak perlu datang ke Masjid Istiqlal," ujarnya menambahkan.

 

Gerbang Masuk Masjid Istiqlal Ditutup

Untuk mengantisipasi kedatangan para jamaah, pengelola Masjid Istiqlal telah menutup gerbang masuk dan memasang imbauan di kawasan masjid bahwa masjid tidak akan buka seperti kebijakan yang disuarakan pemerintah dan majelis ulama.

"Masyarakat tidak perlu datang ke Masjid Istiqlal, karena masjid kali ini pasti kami tutup. Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan MUI," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanda Tanpa Sepak Bola Hingga 1 September karena Covid-19, Eredivisie Batal Bergulir Lebih Awal

Posted: 21 Apr 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Amsterdam - Keinginan federasi sepak bola Belanda (KNVB) untuk menggelar kembali kompetisi Eredivisie pada bulan Juni tidak dapat terwujud. Pemerintah Belanda melalui perdana menteri Mark Rutte telah memutuskan untuk melarang kegiatan olahraga hingga 1 September 2020 terkait pandemi Covid-19.

Eredivisie menjadi kompetisi elite pertama di Eropa yang menetapkan jadwal lanjutan kompetisi di tengah pandemi Virus Corona Covid-19. Sebelumnya, KNVB menyatakan akan kembali menggelar pertandingan pada 19 Juni 2020. Keputusan ini diambil setelah KNVB berkonsultasi dengan UEFA selaku otoritas sepak bola di Benua Biru meski belakangan ditentang sejumlah klub peserta.

Kondisi Negeri Kincir Angin belakangan juga belum stabil. Penyebaran virus Corona Covid-19 masih terus terjadi. Dan guna memutus mata rantai penyebarannya, pemerintah Belanda meningkatkan pembatasan aktivitas di negaranya dan melarang olahraga berlangsung hingga 1 September 2020.

"Ini berat, tapi kita harus berkorban," ujar Rutte seperti dilansir dari AS.

Sama halnya dengan kompetisi domestik di sejumlah negara Eropa lainnya, Eredivisie yang menjadi liga tertinggi di Belanda juga dihentikan sementara gara-gara pandemi virus Corona Covid-19.

Tugas Rumah KNVB

Pemain Ajax, Hakim Ziyech (kiri) mencoba melewati pemain Lille, Domagoj Bradaric pada laga Grup H Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (17/9/2019). Ajax memuncaki klasemen Grup H Liga Champions usai mengalahkan Lille 3-0. (AP Photo/Peter Dejong)
Pemain Ajax, Hakim Ziyech (kiri) mencoba melewati pemain Lille, Domagoj Bradaric pada laga Grup H Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (17/9/2019). Ajax memuncaki klasemen Grup H Liga Champions usai mengalahkan Lille 3-0. (AP Photo/Peter Dejong)

Belum ada komentar resmi KNVB terkait larangan yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda. Namun keputusan ini tentu menambah panjang pekerjaan rumah otoritas sepak bola Negeri Kincir Angin itu. 

Dalam kondisi seperti ini, KNVB perlu menyiapkan skenario terburuk, yakni menghentikan liga secara permanen di mana Ajax Amsterdam kemungkinan besar akan dinobatkan sebagai juara musim ini. 

Selain itu, KNVB bersama Eredivisie juga perlu merumuskan tim-tim yang akan tampil di Liga Champions dan Europa Legaue. Begitu juga dengan tim promosi dan degradasi musim depan. 

 

Bayar Hak Siar

Ilustrasi
Ilustrasi

Beban KNVB sedikit lebih ringan karena operator televisi di Belanda, Fox Sports, beberapa hari lalu telah mengumumkan komitmennya untuk membayar hak siar selama semusim meski liga tidak tuntas. Langkah ini setidaknya bakal mengurangi beban keuangan yang dialami oleh klub-klub saat ini. 

Keputusan ini tidak hanya berlaku pada sepak bola tapi olahraga lain, serta musik dan budaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9,71 Juta Wajib Pajak Sudah Laporkan SPT

Posted: 21 Apr 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat hingga per hari kemarin sebanyak 9,71 juta wajib pajak sudah melaporkan surat pemberitahuan (SPT) pajak tahunan 2019. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 11,6 juta wajib pajak.

"Sampai dengan kemarin SPT ditermia keseluruhan mencapai 9,7 juta. Tahun kemarin diperiode yang sama 11,6 juta wajib pajak," kata Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo dalam video conference di Jakarta, Rabu (22/4)

Suryo mengatakan, mayoritas wajib pajak yang telah melaporkan SPT-memanfaatkan layanan online yang mencapai 96,50 persen dari jumlah total SPT diterima. Angka ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 93,78 persen.Sementara sisanya masih menggunakan layanan manual.

Jika dirinci, sebanyak 115.993 wajib pajak melaporkan SPT melalui e-filing Application Service Provider (ASP), kemudian 576.556 wajib pajak menggunakan e-form, serta 133.628 wajib pajak yang menggunakan e-SPT.

Adapun pelaporan melalui e-filing DJP menjadi yang terbanyak dibandingkan layanan lainnya, yaitu 8,64 juta wajib pajak. Sayangnya laporan SPT lewat e-filing DJP tahun ini turun jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 10,1 juta wajib pajak.

 

Batas Penyampaian Diundur

Petugas melayani masyarakat yang ingin melaporkan SPT di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Rabu (11/3/2020). Hingga 9 Maret 2020, pelaporan SPT pajak penghasilan (PPh) orang pribadi yang telah diterima Kantor Pajak telah mencapai 6,27 juta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melayani masyarakat yang ingin melaporkan SPT di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Rabu (11/3/2020). Hingga 9 Maret 2020, pelaporan SPT pajak penghasilan (PPh) orang pribadi yang telah diterima Kantor Pajak telah mencapai 6,27 juta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menambahkn, salah satu penyebab jumlah pelaporan SPT masih rendah adalah kelonggaran pembayaran dan laporan SPT Tahunan wajib pajak (WP) orang pribadi yang diundur hingga satu bulan ke depan (30 April 2020).

"Penundaan SPT WP orang pribadi mereka berdampak penyampaian SPT di tahun 2020 ini. Kami imbau WP segera sampaikan SPT-nya," tandas dia.

Seagai informasi saja, DJP sendiri telah melonggarkan batas waktu pelaporan SPT bagi wajib pajak orang pribadi hingga akhir April 2020 dari sebelumnya 31 Maret 2020. Hal ini menyusul pencegahan penyebaran virus korona (covid-19), sehingga pelayanan di seluruh kantor pajak ditiadakan hingga 5 April 2020.

Tahun ini DJP menargetkan jumlah pelaporan SPT Tahunan bisa mencapai 80 persen dari 19 juta wajib pajak orang pribadi maupun badan. Berbagai macam sosialisasi, bimbingan, hingga pengawasan dilakukan DJP untuk mendorong para wajib pajak melaporkan SPT-nya.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Once Mekel Selesaikan Satu Buku Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 21 Apr 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah musisi mulai terkena dampak pandemi virus Corona Covid-19. Salah satunya adalah Once Mekel. Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Once justru melihat peluang.

Dalam wawancara Live Streaming bersama Liputan6.com, Selasa (21/4/2020) sore, Once Mekel mengaku bahwa selain menciptakan lagu, ia juga mengisi waktu selama pandemi ini dengan membuat buku.

"Kalau ambil hikmahnya, kita punya banyak waktu untuk merenung dan berkarya. Saya malah lagi bikin dua-tiga lagu dan juga buku," terang Once Mekel yang diselingi tawa.

Buku tentang Musik

Once Mekel. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)
Once Mekel. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

Namun, bukan berarti Once menulis buku yang temanya jauh dari musik. Once tetap memasukkan musik sebagai tema untuk penulisan bukunya.

Kamus Rima

Vokalis Once Mekel . (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Vokalis Once Mekel . (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

"Buku kaitannya dengan musik, sudah selesai sih. Bukunya ada versi digital, buku ringan, buku untuk bikin lagu. Jadi, semacam kamus rima, kamus sajak," kata Once.

"Jadi, saya lihat kan di toko buku enggak ada kamus sajak. Jadi kalau kita mau bikin lagu kan ada kata-kata yang matching dengan kata sebelumnya," ia melanjutkan.

Pikirkan Judul

Buku yang ditulis Once sendiri ini bahkan sudah dirampungkan dengan ditangani oleh empat orang editor. Ia pun sudah menemukan beberapa tema judul yang masih belum diputuskan.

"Sebetulnya sudah selesai, saya kasih judul kamus... Eh, judulnya belum jelas sih. Misalnya 'Kamus Kata-Kata Bersajak Indonesia', atau 'Kamus Rima by Once Mekel'," terang Once.

"Jadi kalau mau bikin lagu persamaan bunyi, kamu beli buku saya deh, kamusnya buat anak-anak rap juga bisa tuh," ia menambahkan.

Tak Dipercaya

Saat berkomunikasi dengan Kla Project, Once sempat mengungkapkan hal ini. Namun, alih-alih mendukung, sejumlah personel Kla malah seolah tak percaya Once menulis buku.

"Ini saya pikir-pikir, saya malah bikin buku, bukan lagu. Anak-anak Kla Project kayak Lilo, enggak percaya. Katanya, 'Bukannya bikin lagu malah bikin buku'," pungkas Once.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Ingin Pindah Markas Setelah Pandemi Corona Covid-19 Mereda

Posted: 21 Apr 2020 09:35 PM PDT

Madrid - Real Madrid sedang mengatur skema pemindahan laga kandang dari Santiago Bernabeu ke Stadion Alfredo di Stefano setelah penundaan kompetisi La Liga berakhir karena pandemi corona. Stadion Alfredo di Stefano merupakan venue yang biasa dipakai Real Madrid Castilla untuk bertanding.

Stadion Alfredo di Stefano ini merupakan stadion terbesar yang terletak dalam kompleks pemusatan latihan Real Madrid, di Valdebebas.

Melansir As, lanjutan pertandingan La Liga yang dimainkan secara tertutup setelah pandemi virus corona membaik, dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melanjutkan proyek besar.

Renovasi yang sudah dilakukan, terpaksa terhenti dua pekan menyusul protokol lockdown yang diberlakukan Pemerintah Spanyol untuk mencegah penyebaran virus corona.

Setelah ini, renovasi akan sampai pada bagian atap stadion. Pemindahan markas sementara jadi opsi terbaik, sehingga Real Madrid tak harus disibukkan dengan aktivitas menyesuaikan venue setiap kali Karim Benzema dkk. akan bertanding. Keputusan ini juga bisa menghemat anggaran klub.

Rencana ini sudah disosialisasikan ke pengelola La Liga dan tampaknya mereka tak berkeberatan, andai Real Madrid harus pindah ke stadion yang berkapasitas jauh lebih kecil.

UEFA juga diprediksi menyetujui rencana ini. Tim asuhan Zinedine Zidane ini diketahui masih aktif di Liga Champions musim ini.

Sementara di La Liga musim 2019-2020, Real Madridmasih menyisakan enam partai kandang, masing-masing menjamu Eibar, Valencia, Mallorca, Getafe, Alaves, dan Villarreal.

 

Mengenal Stadion Alfredo di Stefano

Stadion Alfredo di Stefano milik Real Madrid (Bola.com/dok. Real Madrid)
Stadion Alfredo di Stefano milik Real Madrid (Bola.com/dok. Real Madrid)

Stadion Alfredo di Stefano baru dibuka pada 2006. Tempat ini merupakan bagian dari kompleks latihan canggih klub.

Stadion ini mampu menampung 6.000 suporter. Penggunaan nama Alfredo di Stefano adalah bentuk penghargaan kepada satu di antara legenda Real Madrid.

 

Ramah Lingkungan

Stadion ini juga diklaim ramah lingkungan. Air panas untuk sanitasi diperoleh melaluo panel surya yang terletak di atap kompleks. Air untuk irigasi lapangan diperoleh dengan pengolahan air limbah dan pendingi AC berasal dari tangki es.

Sumber: As, Real Madrid

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto / Aning Jati)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Covid-19, Pertamina Hentikan Operasi Kilang Balikpapan

Posted: 21 Apr 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertamina menghentikan sementara pengoperasian kilang Balikpapan akibat pandemi Covid-19. Penghentian ini dilakukan karena permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) menurun drastis selama sebulan terakhir.

Region Manager Communication Relation and CSR Pertamina Kalimantan Robert Marchelino Verieza menyebutkan penghentian akan dimulai tanggal 28 April hingga 31 Mei 2020. Rencananya, selama penghentian operasi, kilang Balikpapan akan menjalani perawatan dan pemeliharaan.

"Dengan kondisi Covid-19 saat ini tentu membatasi masyarakat untuk berpergian, ini membuat secara tidak langsung konsumsi BBM juga ikut menurun," kata Robert, Rabu (22/4/2020).

Kilang Refinery Unit V PT Pertamina di Balikpapan berhenti beroperasi agar tidak ada kelebihan produksi. Meski demikian, stok ketersedian BBM selama beberapa bulan ke depan tetap terjamin.

"Kemarin sudah ada rapat TPID juga bahwa dari sisi produk BBM gasoline, kita mengalami penurunan konsumsi sekitar 17 persen," tambahnya.

Kondisi kondisi tanki timbun saat ini hampir seluruhnya sudah penuh. Sehingga pertamina tidak lagi memiliki tempat untuk menimbun sementara.

Perawatan kilang selama penghentian sementara operasi dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan. Kilang Balikpapan 1 akan mulai jalani perawatan 28 April – 1 Mei 2020. Sementara Kilang Balikpapan 2 mulai perawatan 1 hingga 31 Mei 2020.

Kilang Balikpapan 1 memiliki kapasitas produksi 60 ribu barel per hari. Sedangkan Kilang Balikpapan 2 menghasilkan BBM 200 ribu barel per hari.

Simak juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Para Srikandi untuk Percepat Penanganan Corona COVID-19

Posted: 21 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah dokter spesialis yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 di sejumlah rumah sakit (RS) rujukan wilayah Jawa Timur menceritakan pengalaman hadapi pandemi COVID-19 lewat video conference bersama bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa malam, 21 April 2020.

Kali ini, dokter tersebut para srikandi yang turut berperan dalam percepatan penanganan COVID-19 di Jawa Timur. Hal ini dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April 2020.

"Awalnya kami memang kelabakan ketika menangani pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 karena ini merupakan penyakit baru," tutur dr Vindrya Raharjanti SpPD, yang tergabung dalam Tim Satgas COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono, seperti dikutip dari Antara, Rabu (22/4/2020).

RSUD yang berlokasi di Madiun itu merupakan rumah sakit pertama di Jawa Timur yang menangani pasien positif COVID-19, ketika sejumlah warga asal Magetan tertular dari klaster Bogor.  Hingga kini terdapat 85 rumah sakit rujukan bagi pasien COVID-19 di seluruh kabupaten/ kota wilayah Jawa Timur.

Selain dr Vindrya, terdapat nama Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya Prof Dr Maria Lucia Inge Lucida SpMK, Ketua Satgas COVID-19 RSUD dr Saiful Anwar Malang Dr. dr Susanthy Dj SpP (K), serta dr Sri Puspitasari SpAn dari Satgas COVID-19 RSUD dr Soetomo Surabaya, yang tadi malam turut dihadirkan dalam konferensi video dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

 

Video conference di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, 21 April 2020 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Video conference di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, 21 April 2020 (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain itu, ada juga cerita dari Kepala Institute Tropical Disease (ITD) Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Prof Maria Inge Lusida. 

Prof Inge menyampaikan, dirinya mewakili teman-teman satu pasukan, teman-teman yang bekerja dan memeriksa sampel Corona COVID-19 dengan cara PCR. Mereka yang masih muda-muda dan sangat energik, serta semangat bekerja sampai malam untuk mendeteksi virus Corona dengan cara PCR. 

"Kita tetap semangat walaupun kadang-kadang reagennya belum datang lagi," ujar dia.

"Kami tiap hari juga selalu memberikan laporan kepada Balitbangkes, ke dinas kesehatan provinsi Jawa Timur dan ke Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso," ia menambahkan.

Saling Menguatkan

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Selasa (21/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Selasa (21/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

 

Mewakili rekan-rekan seprofesinya, dr Vindrya mengucapkan terima kasih kepada pihak rumah sakit dan pemerintah yang telah memberikan dukungan penuh terhadap petugas medis yang sedang berupaya menaklukkan COVID-19

"Kami menguatkan satu sama lain dan saling memberikan semangat untuk bersama-sama menangani pandemi COVID-19," ujar Vindrya.

Gubernur Khofifah mengapresiasi kerja keras dan pengorbanan dari para srikandi tersebut.  "Dengan risiko yang cukup berat tidak hanya bagi dirinya tapi juga keluarganya, mereka tetap memberikan layanan prima kepada seluruh pasien COVID-19," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Libatkan Ankutan Umum Distribusikan Pangan Ditengah Corona

Posted: 21 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri baru saja menandatangani Nota Kesepahaman dengan perusahaan hail ride Gojek untuk mendistribusikan bahan pokok ke masyarakat ditengah Covid-19.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, sebagai tindak lanjut, Pemerintah akan melakukan perjanjian kerja sama business to business (b to b) antara Gojek dengan Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (ASPIDI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) untuk pendistribusian bahan pokok tersebut.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menyatakan, sebenarnya, disamping menggandeng ojek online, pemerintah juga bisa melibatkan Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk mendistribusikan baham pokok ini agar mereka mendapatkan penghasilan untuk keberlangsungan hidupnya.

"Pemerintah tidak hanya menggandeng perusahaan transportasi online, dapat pula melibatkan Organda. Supaya pengusaha angkutan darat juga memperoleh penghasilan untuk keberlangsungan hidupnya," kata Djoko lewat keterangannya, Rabu (22/4/2020).

Pengusaha angkutan umum menjadi salah satu sektor yang terhantam keras bencana nasional Corona. Dengan berkurangnya mobilitas masyarakat, penggunaan transportasi juga berkurang, apalagi bagi angkutan umum.

Adapun pemerintah sendiri sudah mengalokasikan bantuan ditengah Covid-19 senilai Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan bagi pekerja transportasi terdampak melalui Kepolisian RI.

 

Tepat Sasaran

Sopir angkutan umum saat menunggu penumpang di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pengusaha angkutan umum lebih memilih untuk mengandangkan kendaraannya akibat penerapan PSBB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Sopir angkutan umum saat menunggu penumpang di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pengusaha angkutan umum lebih memilih untuk mengandangkan kendaraannya akibat penerapan PSBB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Djoko mengatakan, agar penyaluran tepat sasaran, Kepolisian RI bisa bekerjasama dengan Organda untuk mendapatkan data pengemudi angkutan umum secara akurat.

"Agar data penerima tepat sasaran, para Kasatlantas di Polres sebagai pelaksana terendah dapat bekerjasama dengan Organda Kabupaten/Kota untuk mendapatkan data pengemudi angkutan umum di daerahnya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Berlangsung, TikTok Tebar Ribuan Hadiah untuk Kaum Rebahan

Posted: 21 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona memaksa banyak orang untuk melakukan apapun di rumah. Bahkan, sejak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditetapkan, hampir semua kegiatan dilakukan di rumah.

Bukan hanya bekerja, bahkan sampai belanja kebutuhan sehari-hari pun diakses secara online.

Nah, bagi kaum rebahan yang ogah ke mana-mana, kondisi ini menjadi kesempatan bagi kamu untuk terus kreatif dan berkreasi.

Fenomena ini pun membuat TikTok tergerak untuk meluncurkan TikTok Tickets. Platform ini menyiapkan segudang diskon, bahkan ribuan hadiah gratis bagi pengguna.

Melalui keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Rabu (22/4/2020), cara mengumpulkan Tickets atau poinnya juga mudah. Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan:

  • Mengajak teman untuk mengunduh aplikasi TikTok akan memperoleh 1.000 poin
  • Mengajak teman untuk mengikuti TikTok Tickets akan memperoleh 400 poin
  • Check in tiap hari ke halaman TikTok Tickets akan memperoleh 200 poin

Selanjutnya, poin-poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan berbagai promo diskon dan hadiah menarik. Semakin banyak poin yang dimiliki, maka kian banyak pula diskon atau hadiah yang bisa diperoleh.

 

Gandeng 21 Produk

TikTok. Dok: money.com
TikTok. Dok: money.com

TikTok Tickets digelar mulai dari 16 April sampai 3 Mei mendatang. Tercatat ada 21 produk dan layanan yang bisa dinikmati hanya dengan menukarkan TikTok Tickets.

Adapun beberapa produk atau layanan yang bisa diperoleh antara lain Evos,FITCO, FIT Gourmet, Fitmee, Fore, Gerry salut, GoFiber, GoPay, Jedar Cosmetic, Kintakun, KlikFilm, Kopi kenangan, KopiYor, Mineral Botanical, Qraved,Ruang Guru, OTW, SHARP dan Zoya.

Platform TikTok sendiri telah diunduh lebih dari 1,9 miliar kali. Sementara pengguna aktifnya mencapai 800 juta di seluruh dunia dan tersedia di 154 negara dengan 75 pilihan bahasa.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teddy Pardiyana Tegaskan Tidak Ada yang Bisa Gantikan Sosok Lina Jubaedah

Posted: 21 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teddy Pardiyana disebut-sebut tengah dekat dengan seorang wanita. Gosip tersebut muncul setelah video karaoke Teddy Pardiyana dengan seorang wanita berhijab ramai di media sosial.

Teddy Pardiyana sendiri telah membantah isu kedekatan itu. Ia menegaskan bahwa hubungannya dengan wanita yang diketahui bernama Yuli Asiska KDI itu hanya sebatas teman lama.

"Duet sama temen artis KDI, Yuli Asiska. Karena lock down dan sosial distancing, mengisi waktu dengan karaoke #dirumahaja pake aplikasi gratis, sekalian mengurangi penat, dan mengembangkan hobby yang terpendam jadi artis kamar mandi," kata Teddy Pardiyana kepada wartawan saat dihubungi pada Selasa (21/4/2020).

Berkaitan dengan gosip kedekatannya itu, Teddy Pardiyana mengatakan bahwa hingga saat ini ia masih belum dapat menggantikan sosok Lina Jubaedah di dalam hidupnya.

 

Move On

Teddy Pardiyana. (YouTube BundaLina TV)
Teddy Pardiyana. (YouTube BundaLina TV)

Meski begitu, Teddy Pardiyana tidak membantah bahwa ia sudah berusaha untuk membuka hatinya untuk wanita lain.

"Belum ada (yang bisa menggantikan). Saya coba move on. Sudah 3 hari di aplikasi cari jodoh, ada yang suka sekitar 74 orang. Tapi saya belum ada yang sreg aja. Masih ingat terus bunda Lina," kata Teddy Pardiyana.

 

Gosip

Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Suami mendiang Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sementara itu, terkait dengan gosip-gosip yang beredar tentangnya, Teddy Pardiyana menanggapi santai.

"Saya gak pernah lihat atau baca media apalagi gosip, gosip itu dibuat oleh orang iri, dibawa santai aja. Banyak orang pintar menilai orang lain tapi sayang tukang gosip terlalu bodoh menilai dirinya sendiriberarti kehidupan saya lebih baik dari kehidupannya yang cuma bisa iri," kata Teddy Pardiyana.

Menyayangkan

Terlepas dari itu, Teddy Pardiyana menyayangkan warganet yang begitu mudah termakan gosip. Padahal setiap informasi yang diterima itu belum tentu kebenarannya. 

"Sangat disayangkan netizen indonesia banyak ga bisa filter berita, dimakan mentah-mentah. Kalau ibarat dikasih racun udah pada meninggal. Akhirnya kemakan gosip jadi ngotori hati," katanya lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pengendara Motor Jungkir Balik Usai Tabrak Gundukan Pasir

Posted: 21 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengendara motor mengalami kejadian tak diinginkan. Ia terjatuh sampai jungkir balik usai motornya menabrak gundukan pasir di pinggir jalan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Kulit 2 Dokter di Wuhan Menghitam Usai Sembuh dari Virus Corona COVID-19

Posted: 21 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Wuhan - Dua dokter China yang sama-sama sakit kritis akibat Virus Corona COVID-19 dilaporkan mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih hitam. Keduanya mendapati kulit mereka berubah menjadi gelap setelah berhasil melewati masa kritis.

Hu Weifeng dan Dr. Yi Fan, sebelumnya tertular SARS-CoV-2 ketika mereka merawat pasien di Wuhan Central Hospital pada Januari.

"Kulit mereka terlihat berubah warna karena ketidakseimbangan hormon setelah hati mereka rusak oleh infeksi Virus Corona jenis baru itu," menurut pernyataan dokter yang merawat keduanya kepada media pemerintah China seperti dikutip dari Science Times, Rabu (22/4/2020).

Stasiun televisi pemerintah China CCTV mengatakan bahwa kedua petugas medis ini sebelumnya didiagnosis 18 Januari lalu setelah dibawa ke Wuhan Pulmonary Hospital, mereka akhirnya dipindahkan dua kali.

Yi yang merupakan seorang ahli jantung itu telah mengalahkan Virus Corona COVID-19, setelah dokter memasang mesin pendukung kehidupan bernama ECMO selama tepat 39 hari.

 

Trauma

Dua dokter di Wuhan positif Corona COVID-19 dan kulitnya menggelap. (Beijing Satellite TV)
Dua dokter di Wuhan positif Corona COVID-19 dan kulitnya menggelap. (Beijing Satellite TV)

ECMO dikenal sebagai prosedur pendukung kehidupan yang drastis, menggantikan fungsi jantung dan paru-paru dengan proses memompa oksigen ke dalam darah yang berasal di luar tubuh.

Dari tempat tidur rumah sakit tempat dirawat, Yi menyampaikan perkembangan kesehatannya. Ia menyatakan telah pulih dalam sebuah pernyataan kepada CCTV. 

Menurut Dr. Yi, ia sudah bisa bergerak di tempat tidur secara normal. Kini tengah belajar berjalan secara mandiri. Ia juga mengakui bahwa cobaan untuk memerangi penyakit mematikan dari Virus Corona baru ini, sampai batas tertentu, membuatnya trauma.

Yi, mengatakan bahwa dia perlahan mampu mengatasi rintangan psikologis yang ada, setelah dokter menghiburnya dan juga mengatur konseling untuknya. Saat ini, ia dirawat di bangsal biasa lain di China-Japan Friendship Hospital di Wuhan.

 

Kondisi Dr Hu Lebih Serius

Petugas medis memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). China melaporkan 254 kematian baru dan lonjakan kasus virus corona sebanyak 15.152. (Chinatopix Via AP)
Petugas medis memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). China melaporkan 254 kematian baru dan lonjakan kasus virus corona sebanyak 15.152. (Chinatopix Via AP)

Dr. Hu Weifeng, ahli urologi, sebenarnya telah terbaring di tempat tidur selama 99 hari. Kesehatannya secara keseluruhan masih dianggap lemah, menurut Dr. Li Shusheng yang merawat Dr. Hu.

Dr. Li juga mengatakan, selain dampak infeksi SARS-CoV-2, mereka juga sangat khawatir dengan kesehatan mental Dr. Hu.

Menurut Dr. Li, Dr. Hu tidak berhenti berbicara dengan semua dokter yang datang untuk memeriksanya.

Hu menjalani terapi ECMO mulai dari 7 Februari hingga 22 Maret hingga akhirnya mendapatkan kembali kemampuannya untuk berbicara pada 11 April. Dia saat ini dirawat di unit perawatan intensif di rumah sakit yang sama dengan Dr. Yi.

Dr. Li curiga bahwa kedua kulit petugas medis itu menggelap karena jenis obat tertentu yang telah mereka terima sejak awal perawatan.

Dr. Li kemudian menambahkan bahwa efek samping obat itu sendiri adalah penggelapan warna kulit, meskipun dia tidak menentukan obat atau obat spesifik apa yang digunakan untuk mengobatinya.

Li juga berharap warna kulit kedua petugas medis pada akhirnya kembali normal setelah fungsi hati mereka membaik.

Saksikan Juga Video Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Covid-19 DKI: Hasil Evaluasi, Pemprov Akan Perpanjang PSBB

Posted: 21 Apr 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pertimbangan ini setelah adanya evaluasi.

"Berdasarkan hasil evaluasi, Pemprov berencana untuk melanjutkan pemberlakuan PSBB," ujar Ketua Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta Catur Laswanto, Rabu (22/4/2020).

Namun, Catur tidak menjelaskan lebih detail mengenai rencana perpanjangan masa PSBB.

Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan PSBB pada, Jumat 10 April 2020. Ada beberapa kegiatan yang dilarang penyelenggaraannya, namun ada juga sejumlah sektor yang masih diperbolehkan berjalan seperti biasa. Penerapan PSBB tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020.

Dalam Pergub itu, diatur aktivitas yang dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah yakni;

1. Kegiatan belajar mengajar di sekolah dan universitas.

2. Kegiatan peribadatan di rumah ibadah.

3. Menutup seluruh fasilitas umum, pusat perbelanjaan, tempat hiburan milik pemerintah maupun umum, taman, balai pertemuan, ruang RPTRA, gedung olah raga dan museum.

4. Kegiatan sosial budaya.

5. Resepsi pernikahan dan pesta khitanan.

6. Berkerumun di luar ruangan maksimal 5 orang.

7. Kapasitas penumpang di kendaraan umum maupun pribadi maksimal 50 persen.

8. Makan di restoran atau tempat makan umumnya. Hanya boleh untuk take away atau dibawa pulang.

Sementara 8 sektor yang dikecualikan dari PSBB adalah

1. Sektor kesehatan.

2. sektor pangan, makanan dan minuman.

3. Sektor energi , seperti air , listrik gas , pompa bensin, itu semua berfungsi seperti biasa.

4. Sektor komunikasi, baik jasa komunikasi sampai media komunikasi itu bisa berjalan.

5. Sektor keuangan dan perbankan, termasuk pasar modal itu semuanya berjalan seperti biasa.

6. Kegiatan logistik distribusi barang itu berjalan seperti biasa jadi ini dikecualikan.

7. Kebutuhan keseharian, retail, seperti warung, toko kelontong yang memberikan kebutuhan warga itu dikecualikan.

8. Sektor industri strategis yang ada di kawasan ibu kota.

9. Delivery barang.

 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

 

25 Perusahaan Ditutup, 190 Diberi Peringatan

Arus lalu lintas di jalan tol dalam kota dan Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat volume arus lalu lintas Ibu Kota relatif berkurang, meskipun masih ditemukan kemacetan di sejumlah titik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Arus lalu lintas di jalan tol dalam kota dan Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat volume arus lalu lintas Ibu Kota relatif berkurang, meskipun masih ditemukan kemacetan di sejumlah titik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan, pihaknya telah menutup 25 perusahaan yang masih menjalankan aktivitas selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dia menyebut jumlah tersebut merupakan data pelaksanaan sidak hingga Jumat, 17 April 2020 di lima kota administrasi dan satu kabupaten di Jakarta.

"Sampai Jumat, ada 25 perusahaan ditutup sementara dan 190 perusahaan diberikan peringatan atau pembinaan," kata Andri saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (18/4/3020).

Rinciannya yakni 54 perusahaan di Jakarta Pusat, 45 perusahaan di Jakarta Barat, dan 33 perusahaan di Jakarta Utara. 

Kemudian ada 38 perusahaan di Jakarta Timur, 41 perusahaan di Jakarta Selatan, serta 4 perusahaan di Kepulauan Seribu.

Dia menjelaskan, sanksi penutupan sementara tersebut diberikan kepada sektor usaha yang tidak dikecualikan berdasarkan Pergub PSBB yang diterbitkan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Sementara itu, untuk perusahaan yang diberikan peringatan atau pembinaan yang dibolehkan beroperasi selama PSBB atau pun perusahaan yang diberi izin oleh Kementerian Perindustrian.

"Kami lakukan teguran apabila menemui perusahaan yang tidak melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Lelang Sepatu Kesayangannya Seharga Rp 5,4 Juta

Posted: 21 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty mengikuti jejak selebritas lainnya dengan melelang barang kesayangannya. Barang yang dilelang berupa sepatu merek Valentino Garavani.

Maia Estianty menjual sepatu pemberian Irwan Mussry, saat menjadi kekasihnya tersebut live streaming Instagram yang digelar oleh Armand Maulana.

"Jadi aku senang banget sama sneakers ini, terus tiba-tiba kasih aja gitu. Ini udah lama banget 2016 atau 2017, cuma dipakai dua kali. Aku memang sayang banget sama sepatu ini," ungkap Maia Estinaty, Senin (20/4/2020).

 

Buka Harga Rp 2 Juta

Maia Estianty membuka harga untuk sepatunya sebesar Rp 2 juta. Lelang yang berlangsung 30 menit ini menutup tawaran di angka Rp 5,4 juta.

 

Rp 15-20 Juta

Irwan Mussry dan Maia Estianty pose di depan Museum Louvre, Prancis. (dok. Instagram @maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/BzPgf27HZBo/Putu Elmira)
Irwan Mussry dan Maia Estianty pose di depan Museum Louvre, Prancis. (dok. Instagram @maiaestiantyreal/https://www.instagram.com/p/BzPgf27HZBo/Putu Elmira)

Padahal, harga asli dari sepatu tersebut berkisar antara Rp 15-20 juta. Dan sneakers milik Maia Estianty ini sudah tidak diproduksi lagi.

"Ya enggak apa-apa, ini kan disumbang buat kemanusiaan. Ini sepatu kesayangan aku banget," paparnya.

 

Jaga Jarak

Maia Estianty pun berpesan untuk menjaga jarak sosial guna mencegah penyebaran virus Corona.

 

Pakai Masker

"Yang penting kalian jaga jarak. Kalau terpaksa pergi pakai masker, bawa hand sanitizer, jangan sentuhan sama orang. Makan yang bener, minum vitamin dan banyak doa," pungkasnya.(Antaranews.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya

Posted: 21 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Paula Verhoeven semakin dikenal luas masyarakat setelah menikah dengan aktor tampan, Baim Wong pada 2018 lalu. Bahkan sekarang kehidupan rumah tangga Paula dan Baim semakin berwarna dengan kehadiran anak pertamanya, Kiano. Selain itu keduanya juga kompak membuat konten di kanal YouTube Baim Paula.

Menyandang status sebagai istri seleb papan atas, membuat kehidupan Paula semakin disorot publik. Seperti diketahui, artis cantik ini merupakan putri pasangan Eddy Verhoeven dan Herlina Verhoeven. Tak banyak yang tahu, ternyata paras ayah Paula Verhoeven tak kalah tampan dari Baim Wong.

Eddy Verhoeven merupakan seorang pria keturunan Belanda-Tionghoa. Maka tak heran jika Paula Verhoeven lahir dengan paras cantik. Meski jarang terekspos oleh media, Paula kerap membagikan momen kebersamaan dengan ayah bulenya di akun Instagram.

Meski memiliki kesibukan sebagai model dan ibu rumah tangga, istri Baim Wong ini selalu meluangkan waktu untuk bertemu dengan orangtuanya. Berikut potret kebersamaan Paula Verhoeven dan ayah bulenya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/4/2020).

1. Sang ayah mendampingi Paula saat konferensi pers usai menikah dengan Baim Wong.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

2. Momen siraman Paula Verhoeven, tak sedikit netizen yang menyebut keduanya terlihat mirip.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@paula_verhoeven)

3. Momen kebersamaan Paula dan keluarganya, ayahnya mengenakan kemeja putih paling kanan.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)

4. Meski memiliki kesibukan, model 32 tahun ini kerap menghabiskan waktu bersama sang ayah dengan jalan-jalan.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)

5. Sang ayah kerap melakukan pemotretan bersama istri dan anak-anaknya.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)

6. Momen pemotretan wisuda sang adik, Eddy dan Paula turut berkumpul.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@mizheelverhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@mizheelverhoeven)

7. Selain Paula, Eddy Verhoeven juga sangat dekat dengan dua putrinya yang lain.

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)
Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Kebersamaan Paula Verhoeven dan Ayah Bulenya (Sumber: Instagram/@chelzeaverhoeven)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Korban Kecelakaan yang Tewaskan Kobe Bryant Tuntut Perusahaan Helikopter

Posted: 21 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Keluarga empat korban kecelakaan yang menewaskan legenda NBA Kobe Bryant menyeret perusahaan yang mengoperasikan helikoper ke jalur hukum.

AFP melaporkan, keluarga pelatih basket John Altobelli beserta istri Keri dan anak Alyssa, juga asisten pelatih Christina Mauser, memasukkan berkas tuntutan ke Pengadilan Tinggi Los Angeles.

Mereka menuduh perusahaan Island Express Helicopters dan Island Express Holding Corp melakukan kelalaian.

Istri Kobe Bryant, Vanessa, sebelumnya sudah melakukan hal serupa dua bulan lalu. Selain pihak perusahaan, dia juga menggugat pilot Ara Zobayan yang juga menjadi korban dalam kecelakaan helikopter itu.

Menurut Vanessa, pihak perusahaan lalai karena mengizinkan helikopter terbang dalam kondisi cuaca yang penuh kabut tebal dan berawan.

Bryant merupakan salah satu nama terbesar di dunia basket. Dia membawa LA Lakers menjadi juara NBA sebanyak lima kali.

Selain itu, Kobe Bryant menyabet dua medali emas Olimpiade. Kecelakaan yang merenggut nyawanya tersebut meninggalkan duka yang mendalam bagi dunia basket dan olahraga di seluruh dunia.

Kecelakaan Maut

Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi korban jatuhnya helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020). Legenda NBA, Kobe Bryant, menjadi salah satu korban tewas pada kecelekaan helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu. (AP/Mark J. Terrill)
Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi korban jatuhnya helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1/2020). Legenda NBA, Kobe Bryant, menjadi salah satu korban tewas pada kecelekaan helikopter berjenis Sikorsky S-76B itu. (AP/Mark J. Terrill)

Kecelakaan maut terjadi pada 26 Januari lalu. Helikopter yang membawa Bryant dan sang putri dalam perjalanan menuju Mamba Sports Academy yang berlokasi di Thousand Oaks, California, Amerika Serikat.

Kecelakaan tersebut juga menewaskan rekan satu tim Gianna, yakni Payton Chester beserta ibunya Sarah.

Daftar Korban

1. Kobe Bryant (legenda NBA)

2. Gianna Bryant (putri Kobe Bryant)

3. John Altobelli (pelatih Bisbol Orange Coast College)

4. Keri Altobelli (istri John Altobelli)

5. Alyssa Altobelli (putri John Altobelli, rekan setim Gianna)

6. Christina Mauser (pelatih Harbor Day School)

7. Payton Chester (rekan tim Gianna)

8. Sarah Chester (ibu Payton)

9. Ara Zobayan (pilot helikopter)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Amblas, Defisit APBN 2020 Bakal Bertambah USD 12,2 Triliun

Posted: 21 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak mentah dunia menurun sejak awal tahun karena aktivitas ekonomi global terdampak wabah COVID-19 yang eskalatif. Harga terus menurun sejak Senin (13/4), kemarin, terutama jenis Intermediate (WTI) yang disebabkan oleh permintaan global yang semakin menurun, serta sentimen negatif yang berasal dari proyeksi pertumbuhan ekonomi global yang kontraktif.

Berdasarkan rilis Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Selasa (21/4/2020), harga minyak WTI kontrak Mei berada pada level negatif (sempat USD -37 per barel).

"Produsen harus segera menyerahkan stok kepada konsumen karena faktor penyimpanan yang terbatas. Namun, hal ini diperkirakan berdampak secara jangka pendek, mengingat harga jual WTI kontrak pada Juni masih berkisar pada USD 20 per barel," tulis Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Publik BKF, Endang Larasati.

Sementara itu, harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) saat ini sedikit di atas harga minyak Brent. Sehingga, Perubahan ICP akan berdampak terhadap APBN, mengingat baseline asumsi harga ICP dalam Perpres 54/2020 ialah USD 38 per barel untuk harga rata-rata sepanjang 2020.

"Jika harga terus mengalami penurunan sehinga ICP menjadi USD 30,9 per barrel (rata-rata setahun) maka defisit (APBN) diperkirakan bertambah Rp 12,2 triliun," ungkap Endang.

Untuk itu, lanjut Endang, pemerintah terus melakukan pemantauan untuk melakukan kebijakan antisipatif termasuk pengendalian defisit, salah satunya melalui evaluasi atas belanja non-produktif, dan mengambil langkah-langkah mitigasi untuk menjaga kesinambungan fiskal dan pertumbuhan ekonomi.

Ikuti Minyak Dunia, Harga BBM Bakal Turun Signifikan di Mei 2020?

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anjloknya harga minyak mentah dunia saat ini membuat sejumlah negara menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) lebih dari 50 persen. Namun hal tersebut tak berlaku di Indonesia, dimana harga BBM belum kunjung turun sejak awal Februari 2020.

Sejumlah pihak menuding, itu terjadi lantaran keluarnya Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 62K/MEM/2020 yang diteken pada 28 Februari 2020 dan berlaku per 1 Maret 2020.

Dalam aturan baru ini, penentuan harga BBM bergantung pada harga produk minyak hasil kilang di Singapura (Mean of Platts Singapore/MOPS) atau acuan Argus, dimana perhitungannya menggunakan rata-rata harga publikasi dua bulan ke belakang untuk penetapan harga BBM di bulan berjalan.

Mengacu pada formulasi tersebut, Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Indonesia Berly Martawardaya menduga harga BBM di Indonesia baru akan turun signifikan pada Mei 2020.

"Berarti kalau pake rumus ini maka bulan depan akan turun signifikan," ujar Berly kepada Liputan6.com, Rabu (22/4/2020).

Sebagai perbandingan, Berly memaparkan, formula harga jual BBM ketika terakhir kali mengalami penurunan di awal Februari masih berpatok pada Kepmen ESDM lama Nomor 187K/MEM/2019 yang diteken pada 7 Oktober 2019 oleh Menteri ESDM saat itu, Ignasius Jonan.

Besaran Harga BBM

Pemilik kendaraan melakukan pengisian baham bakar minyak (BBM) di SPBU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pemerintah mencanangkan pembangunan BBM Satu Harga di 83 titik di Indonesia pada tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemilik kendaraan melakukan pengisian baham bakar minyak (BBM) di SPBU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pemerintah mencanangkan pembangunan BBM Satu Harga di 83 titik di Indonesia pada tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berdasarkan aturan yang efektif berlaku per 1 Januari 2020 ini, ditetapkan konstanta untuk jenis bensin RON di bawah 95 dan CN 48 Rp 1.000 per liter. Selain itu, konstanta untuk jenis bensin RON 95, RON 98 dan CN 51 memiliki besaran Rp 1.200 per liter.

Angka tersebut meninggi pada Kepmen ESDM baru Nomor 62K/MEM/2020, dimana terjadi perubahan besaran konstanta yakni Rp 1.800 per liter untuk RON di bawah 95 dan CN 48, serta Rp 2.000 per liter untuk RON 95, RON 98 dan CN 51.

Dengan diterbitkannya Kepmen ESDM baru, Berly mengutarakan, harga BBM kemungkinan memang akan turun signifikan pada Mei mendatang. Namun, ia belum bisa menyebutkan hingga seberapa besar penurunannya.

"Saya enggak tahu formula persisnya. Tanyakan ke ESDM dan BPH Migas," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hikmah Pandemi Virus Corona Covid-19, Atlet MMA Masuk Islam

Posted: 21 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Petarung Mix Martial Arts (MMA) asal Austria Wilhelm Ott memutuskan memeluk agama Islam. Ott berganti keyakinan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Ott mengumumkan sendiri keputusannya menjadi mualaf di akun Instagram-nya. Dalam video yang diunggah, Ott terlihat sedang mengucapkan dua kalimat syahadat.

Menurut Ott, dirinya sebenarnya sudah cukup lama mengenal ajaran agama Islam. Pandemi virus corona Covid-19 ini yang membuatnya semakin yakin pindah agama.

Selama pandemi virus corona Covid-19, Ott terpaksa harus berdiam diri di dalam rumah. Ott pun memiliki banyak waktu untuk mempelajari Islam lebih dalam dan merenung.

Karena sedang terjadi pandemi virus corona Covid-19 dan adanya peraturan menjaga jarak sosial, Ott mengucapkan kalimat Syahadat dengan dibimbing pemuka agama Islam secara online.

Ganti Nama

Ott resmi memeluk agama Islam pada 16 April 2020. Ott juga langsung mengganti namanya dengan nama Islam, Khalid. Demikian dikutip dari Marocco World News.

Usai resmi memeluk agama Islam, Ott langsung giat belajar Al-Quran. Sehari setelah menjadi pemeluk agama Islam, Ott mengunggah foto tengah memegang Al-Quran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Layaknya Selebritas, Robot Ini Jadi Incaran Paparazzi

Posted: 21 Apr 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembatasan sosial telah mengurangi kontak antar manusia dan membuat peran robot menjadi semakin penting. Kini ada robot antaran yang mulai mengambil alih tugas manusia, dan ada pula robot yang betugas membersihkan dan membawa peralatan medis di rumah sakit. Berikut laporan Helmi Johannes dari VOA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

190 Nama Anak Perempuan Islam Modern dan Artinya, Indah Penuh Makna

Posted: 21 Apr 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama anak perempuan Islam modern tak cuma unik, tapi juga punya makna yang indah. Tiap orangtua pasti ingin memberi nama yang baik pada buah hatinya. Nama anak perempuan Islam modern kerap menjadi inspirasi para orangtua.

Nama anak perempuan Islam modern ini punya arti yang indah dan bermakna dalam. Dengan nama anak perempuan Islam modern, orangtua bisa menyisipkan doa dan harapan di dalamnya.

Sebagian besar nama anak perempuan Islam modern berasal dari bahasa Arab. Anda bisa merangkai sendiri nama anak perempuan Islam modern mulai dari dua, tiga, atau bahkan empat suku kata. Berikut 190 nama anak perempuan Islam modern yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/4/2020).

Nama anak perempuan Islam modern: A-C

Ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay.com
Ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay.com

1. Aatirah: harum

2. Adiba: Beradab, berpengetahuan

3. Alishba: cantik

4. Aliza: gembira

5. Aniq: Cantik dan mungil (Arab)

6. Afiyah: Sehat; segar

7. Afnan: Pohon yang berbuah

8. Afsheen: Bersinar seperti bintang di langit (Arab)

9. Bahira: pintar

10. Baqiya: selamanya

11. Bushra: kabar gembira

12. Barizah: Menonjol kepandaian

13. Bari'ah: Cantik

14. Basimah: Senyum

15. Busyra: Kabar gembira; senang

16. Bayati: Nisbah

17. Chana: kesayangan

18. Chayra: Kebaikan (Arab)

19. Cordelia: Gadis yg hangat & baik hati (Arab)

20. Chairunnisa, Khairunnisa: Gadis yang paling cantik

22. Casilda : wanita yang pemberani.

 

Nama anak perempuan Islam modern: D-F

Ilustrasi Foto Bayi (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Bayi (iStockphoto)

1. Dairah: lemah lembut

2. Durriya: bersinar terang, bercahaya

3. Dalilah: petunjuk jalan

4. Dafiyah: Hangat, hubungan

5. Daniah: Sederhana; buah mudah dipetik

6. Dzakiyah: cerdas

7. Diyanah: Agama

8. Eiliyah: bertumbuh dalam damai dan cinta Allah

9. Ezzah: Kehormatan

10. Ermina : Peramah

11. Eshal : Bunga syurga

12. Erina : Wanita cantik

13. Enisa: teman baik

14. Eijaz: Keajaiban

15. Eliza: berharga, bermakna

16. Fadiyah : menyelamatkan, tebusan, yang terlindung

17. Fahimah : memahami

19. Faiqa: mahsyur, unggul, terkenal

20. Falihah: kesuksesan

21. Fathinah: cerdas

22. Fildzhah: belahan hati

23. Fadia: Melindungi orang lain

24. Faiha: Banyak kelebihannya (Arab)

25. Fayza: Menang

26. Finna: Lembut dan jujur

 

Nama anak perempuan Islam modern: G-I

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Ghalibah: Menang; mengalahkan

2. Ghina: Kekayaan

3. Ghaniyyah: harta yang berlimpah

4. Ghazalah: matahari terbit

5. Ghusun: Cabang; ranting pohon

6. Hafshah : istri nabi, harimau betina, pemberani

7. Haibah : wibawa

8. Halwa: manisan

9. Huwaida: lemah lembut

10. Hanania: Dikasihi Allah

11. Hanunah: Penuh belas kasih

12. Hayatun:Kehidupan

13. Hazimah: Sangat teliti

14. Humaira: Berpipi kemerah-merahan

15. Huriyah: Bermata indah; elok; pengikut setia

16. Ibnaty: Anak perempuan

17. Ibtisam: Senyuman

18. Iklilah: Mahkota

19. Intishar: Kemenangan

20. Istithah: Berkemampuan (Arab)

21. Izma: Teratas, terhormat

22. Izzah/izzati: Kemuliaan

23. Inas : Baik hati

24. Irbah: akal, pikiran tajam

Nama anak perempuan Islam modern: J-L

Ilustrasi bayi/copyright shutterstock
Ilustrasi bayi/copyright shutterstock

1. Jameela: cantik

2. Jannah : surga

3. Jinan: surga

4. Jullanar : nama bunga berwarna merah

5. Jasmin : Bunga Melati.

6. Jazima : Tegas.

7. Juhairah : Nyaring , Lantang.

8. Jahida: Penolong

9. Kahla: Mata yang sangat hitam (Arab)

10. Kalifa: Suci

11. Kamilah: Sempurna

12. Khalishah: Asli; murni

13. Kaysha : Hidup dalam kebaikan dan bahagia

14. Khairiyah: Kebaikan

15. Khansa: Seorang pejuang muslimah

16. Kayyisah : Wanita Cerdik

17. Khaulah: rusa betina

18. Kiasatina: bijaksana

19. Lahfah: kerinduan

20. Laila: kesenangan, kegembiraan; malam yang gelap

21. Layyanah: halus, gemulai

22. Luluah: mutiara

23. Luwazah: pohon yang berbuah dan subur

24. Lathifah: Lemah lembut

25. Layanah: Halus; gemulai

26. Lubna: Pandai; cerdas

Nama anak perempuan Islam modern: M-O

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Malihah: Cantik

2. Mahdyah: Petunjuk

3. Ma'rifatuha: Pengetahuan; ilmu

4. Madihah: terpuji

5. Mahabbah: cinta, kasih sayang tulus

6. Mazaya: kelebihan, unggul

7. Maisarah: Ketenangan

8. Malika, Malikah, Malyka, Maleeka, Maleika, Malieka, Maliika, Maleaka : Ratu

9. Nabihah: Cerdas; pandai; mulia

10. Nada: embun

11. Nadhirah: menawan

12. Naflah: bunga matahari

13. Nafhah: aroma yang melegakan hati

14. Nisrina: bunga mawar putih

15. Nuha: akal

16. Namiah: sempurna tubuh, akal, akhlak

17. Nailah: Suka memberi

18. Naurah: Bunga

19. Oadira: kuat

20. Oamra: bulan

21. Ojaala: cahaya

22. Orzala: kecerahan api

23. Ouarda: bunga mawar

24. Oamra : Bulan. 25. Omaira : Mengagumkan, Bintang.

26. Oaisara : Istri kaisar.

Nama anak perempuan Islam modern: P-S

Ilustrasi bayi (iStock)
Ilustrasi bayi (iStock)

1. Parisya: Perisai, pelindung

2. Pakiza: Murni

3. Parveen: bangsawan

4. Qismina : Bahagia.

5. Qistina : Keadilan.

6. Qoidah : Pemimpin.

7. Qomar : Bulan.

8. Qonitah : Berbakti, Shalat lama berdiri.

9. Qotrunnada : Tetesan embun.

10. Qudsiyyah : Kesucian, Keberkahan

11. Qarirah: wanita dengan hati lapang

12. Radhiyah: Ridha

13. Rafailah: Anggun

14. Rafifah: Berakhlak baik

15. Rahadatu: Kemakmuran

16. Rahmuna: Kasih sayang

17. Rakhshand: Cahaya

18. Ramizah: Orang yang terhormat

19. Riqqah: kasih sayang, lembut

20. Sadira: bintang

21. Safura: keemasan

22. Sabiya: pagi hari

23. Shatara: ramah

24. Syahmina: cerdik

25. Syaza: harum

26. Saffanah: Mutiara

27. Sakhi: Murah hati (Arab)

28. Salwa: Madu (Arab)

29. Salsabila: Mata air surga (Arab)

Nama anak perempuan Islam modern: T-W

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Tahsina: cantik

2. Tahira: perawan

3. Tihani: bahagia

4. Tsabitah: pemberani

5. Tuhfah: hadiah

6. Talina : Lembut

7. Thallah: Cantik, harum

8. Tsamara: Buah hati

9. Tsana: Pujian

10. Tasmirah: Permata yang indah

11. Ulya: lebih tinggi

12. Unaisah: kegirangan, kebahagiaan

13. Unsyudah: syair

14. Uthailah: mulia

15. Uzdah: Kelebihan

16. Uzma: Terbaik, terbesar

17. Valeeqa: tepercaya

18. Vardah: mawar

19. Varisha: petir

20. Wafa: setia

21. Wafiyya: benar, sempurna

22. Wasima: cantik, anggun

23. Watsiqah: benar, berwibawa

24. Wafiyyati: Sempurna; Merpati

25. Wajizah : yang bicaranya ringkas

26. Wasifah : Suka menolong

Nama anak perempuan Islam modern: Y-Z

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Yamini: berkah

2. Yaniah: mekar

3. Yusrina: kaya

4. Yumna: Kanan; kebenaran

5. Yusra: Lebih mudah

6. Zahrah: bunga

7. Zhafrah: kemenangan

8. Zharifah: halus, lembut

9. Zulfa: kedudukan yang dekat

10. Zuyyin: indah

11. Zalfa: Kulit mutiara

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anjloknya Harga Minyak Bikin Rupiah Melemah

Posted: 21 Apr 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu pekan ini. Jatuhnya harga minyak dunia turut berdampak pada pergerakan nilai tukar mata uang garuda ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu (22/4/2020), rupiah dibuka di angka 15.530 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.467 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah ke 15.585 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.530 per dolar AS hingga 15.585 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,40 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.567 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.643 per dolar AS.

"Harga minyak mentah kemarin kembali turun yang memberikan sentimen negatif ke pelaku pasar," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Rabu (22/4/2020).

Menurut Ariston, industri minyak melibatkan banyak pemangku kepentingan termasuk perusahaan keuangan sehingga bila industri terpuruk, dampak negatif bisa terasa ke perekonomian.

Selain itu, lanjutnya, turunnya harga minyak memberi sinyal ekonomi global masih tertekan yang menurunkan permintaan minyak sebagai sumber energi.

"Bila sentimen negatif ini bertahan, rupiah bisa kembali tertekan ke kisaran 15.600 dengan potensi support di kisaran 15.400," ujar Ariston.

Harga Minyak Jatuh

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Harga minyak berjangka Brent anjlok pada akhir perdagangan Selasa lalu (Rabu pagi WIB), memperpanjang kepanikan pasar menyusul meningkatnya banjir pasokan minyak mentah global karena pandemi COVID-19 telah melenyapkan permintaan bahan bakar.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juni ditutup anjlok 24 persen menjadi 19,33 dolar AS per barel, terendah sejak Februari 2002. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk penyerahan Juni, terperosok 8,86 dolar AS atau 43 persen, menjadi menetap di 11,57 dolar AS per barel.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi juga memperkirakan rupiah akan melemah namun masih berpeluang menguat.

"Dalam perdagangan hari ini rupiah kemungkinan masih akan bergolak. Walaupun dibuka melemah, tetapi kemungkinan ditutup menguat," ujar Ibrahim.

Ibrahim memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp15.320 per dolar AS hingga Rp15.570 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp15.567 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp15.643 per dolar AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Tangerang Tunggu Aturan soal Larangan Mudik

Posted: 21 Apr 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerinta Kota Tangerang menyatakan masih menunggu aturan yang bakal disusun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai pelarangan mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Kemarin sesaat setelah ratas (rapat terbatas) selesai dan ada larangan tersebut dari Presiden Jokowi, kami Dishub Kota Tangerang dan Kepala Dishub lain se Indonesia, melakukan tele konferensi dengan Kemenhub, dipimpin langsung Kepala BPTJ Ibu Polana," tutur Kadishub Kota Tangerang, Wahyudi, Rabu (22/4/2020).

Saat itu, Dishub Kota Tangerang memberi masukan, agar secepatnya dikeluarkan aturan lanjutan untuk mengatur pelarangan mudik tersebut. Terlebih Kota Tangerang terdapat Terminal Poris, yang biasa digunakan bus AKAP mengangkut penumpang.

"Usulan dari Pemkot Tangerang sudah disampaikan ke Kemenhub, terutama Kepala BPTJ, karena Terminal Poris berada pada wewenang BPTJ," katanya.

Bukan hanya mudik menggunakan AKAP, tapi aturan juga harus segera dikeluarkan mengenai angkutan massal lain. Seperti Kereta Api dan KRL, pesawat, bahkan yang menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku, hingga saat ini pihaknya masih melakukan imbauan agar warganya tidak mudik.

"Kita masih pada tahap mengimbau masyarakat untuk tidak mudik ya. Dishub sudah sering-sering cek ke Terminal Poris, terminal bayangan, semua ditertibkan, pemilik PO nya diberi pengertian," tutur Arief.

Sempat Ada Lonjakan Pemudik

Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara, berdasarkan catatan Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ), angka penumpang yang meninggalkan Kota Tangerang pada Maret lalu, meningkat bila dibandingkan bulan sebelumnya.

Adapun pada Februari 2020 tercatat penumpang yang keluar dari Kota Tangerang melewati Terminal Bus Poris Plawad sejumlah 18849 penumpang.

"Khusus untuk bulan Maret angka keberangkatan kembali naik mendekat masa normal yaitu sebanyak 20.292 orang," ujar Kepala BPTJ, Polana, dalam keterangan pers tertulisnya.

Angka penumpang yang meninggalkan Kota Tangerang melalui Terminal Poris Plawad pada Maret tak jauh berbeda dengan angka pada Januari 2020. Keberangkatan pada bulan Januari 2020 pada terminal ini tercatat sebanyak 20.298 orang.

Penurunan drastis justru terjadi pada kedatangan penumpang di Poris Plawad. BPTJ mencatat Pada Januari 2020 tercatat 4.777 penumpang datang ke Kota Tangerang melalui Terminal Poris Plawad. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Stimulus Ekonomi Transparan

Posted: 21 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada menteri terkait untuk membuat stimulus ekonomi demi penyelematanan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan harapan para sektor riil dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyerap banyak tenaga kerja untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Karena kita tiga ini sangat penting usaha mikro, usaha keciL, dan usaha menengah. Sehingga stimulus betul-betul menjangkau sektor-sektor ini, tetapi juga jangan dilupakan berkaitan dengan sektor informal, karena ini banyak juga menampung tenaga kerja," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Lanjutan Program Mitigasi Dampak Covid-19 pada Sektor Riil, bersama kabinet Indonesia Maju melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Dia juga meminta untuk para menteri membuat skema yang transparan. Dengan menjelaskan secara rinci sektor mana saja yang mendapatkan stimulus dan menyelematkan tenaga kerja.

"Skemanya betul-betul terbuka transparan jangan tertutup. Sektor apa, mendapatkan stimulus apa dan bisa menyelematkan berapa," ungkap Jokowi.

 

Bisa Dievaluasi

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Sehingga kata Jokowi stimulus tersebut bisa diklarifikasi. Serta dievaluasi bersama untuk selanjutnya.

"Saya bisa diklarifikasi secara detail dievalusi secara berkala sehingga efektifitas bisa dirasakan disektor real," jelas Jokowi.

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendera Setengah Tiang-Pesan Duka Cita Ratu Inggris untuk Korban Penembakan Kanada

Posted: 21 Apr 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Nova Scotia - Ratu Elizabeth II menyampaikan sebuah pesan belasungkawa untuk para korban penembakan massal terburuk dalam sejarah Kanada. Penghargaan dalam bentuk musik juga bermunculan bersamaan pada Selasa, 21 April 2020 waktu setempat.

Menurut laporan dari pihak berwajib, jumlah korban kasus penembakan saat ini telah meningkat menjadi 23 orang, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu 22 April 2020.

"Kami percaya ada 23 korban, termasuk seorang gadis (17 tahun). Semua korban lainnya adalah orang dewasa, baik pria maupun wanita," kata RCMP dalam sebuah pernyataan.

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) tidak menentukan apakah penembak termasuk yang dihitung, dan belum dapat dihubungi untuk klarifikasi.

Pria bersenjata itu, yang diidentifikasi sebagai Gabriel Wortman (51). Dia dinyatakan meninggal kira-kira 14 jam kemudian setelah ditembak oleh polisi di sebuah pom bensin di Halifax, beberapa kilometer dari lokasi kejadian.

Ratu Elizabeth II mengatakan dia dan Pangeran Philip "sangat sedih dengan kejadian mengerikan di Nova Scotia."

Raja, kepala negara Kanada, juga memberikan penghormatan kepada para perwira RCMP, salah satunya tewas.

Di seluruh Kanada, bendera berkibar setengah tiang, sementara Perdana Menteri Justin Trudeau menyatakan: "Hari ini kita semua ada untuk orang Nova Scotia."

Dia menceritakan bagaimana anggota keamanan RCMP mengetahui dan mengingat Polisi Heidi Stevenson, yang terbunuh ketika merespons penembakan.

"Itu benar-benar menunjukkan betapa eratnya ikatan bukan hanya RCMP sebagai kekuatan, tetapi seberapa dekat kita sebagai keluarga," kata Trudeau.

 

Motif Penembakan Belum Diketahui

Petugas Polisi Mounted Royal Kanada saat menangkap tersangka di sebuah pom bensin di Enfield, Nova Scotia, Minggu (19/4/2020). Seorang pria bersenjata menewaskan lebih dari 10 orang dalam aksinya, termasuk seorang polisi wanita. (Tim Krochak/The Canadian Press via AP)
Petugas Polisi Mounted Royal Kanada saat menangkap tersangka di sebuah pom bensin di Enfield, Nova Scotia, Minggu (19/4/2020). Seorang pria bersenjata menewaskan lebih dari 10 orang dalam aksinya, termasuk seorang polisi wanita. (Tim Krochak/The Canadian Press via AP)

Otoritas di Kanada menyatakan bahwa aksi ini merupakan insiden pembunuhan massal yang terparah sejak 30 tahun terakhir.

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan pria bersenjata itu adalah Gabriel Wortman (51) yang bekerja sebagai denturist yang mendampingi dokter gigi.

Pria ini disebutkan muncul dengan seragam polisi. Dia juga dengan susah payah membuat mobilnya agar terlihat seperti mobil polisi sungguhan saat melakukan aksi.

Wortman menembak orang di beberapa lokasi di seluruh lokasi kejadian, kata polisi dalam sebuah pengarahan, mengatakan jumlah korban tewas lebih dari 10 -- pada awal laporannya.

Polisi menambahkan mereka telah mengakhiri ancaman yang ditimbulkan oleh Wortman. Namun polisi tak menjelaskan apakah pelaku ditembak di lokasi kejadian atau menembak dirinya sendiri.

Pelaku kemudian disebutkan ditemukan dalam kondisi tewas.

Polisi mengatakan tidak ada hubungan yang jelas antara Wortman dan setidaknya beberapa korbannya. Mereka mengatakan mereka tidak tahu apa motivasinya.

"Hari ini adalah hari yang menghancurkan bagi Nova Scotia, dan akan tetap terukir di benak selama bertahun-tahun mendatang," Lee Bergerman, komandan RCMP di Nova Scotia, mengatakan kepada wartawan. Polisi wanita yang terbunuh adalah seorang perwira RCMP.

Pembantaian itu adalah yang terburuk di Kanada sejak seorang pria bersenjata membunuh 15 wanita di Montreal pada Desember 1989.

Penembakan massal relatif jarang terjadi di Kanada, lantaran memiliki undang-undang kontrol senjata yang lebih ketat daripada Amerika Serikat.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Performa Sama, Pilih Yamaha Vixion R atau MT-15?

Posted: 21 Apr 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Vixion R tak sendiri di kelas naked bike 150cc. Bahkan Vixion R memiliki rival satu darah, yaitu MT-15. Namun, Vixion R dibanderol Rp 31,63 juta. Alias selisih Rp 5 jutaan dari MT-15.

Ya, konstruksinya bukan memakai model diamond seperti pada Xabre maupun Byson. Melainkan sudah mengaplikasikan Deltabox, layaknya sang jagoan. Struktur ini cukup dikenal rigid dan memberi impresi pengendalian lebih baik. Hanya saja, masih dipasangkan dengan fork teleskopik. Bukan upside-down. Kalau penopang belakangnya, kurang lebih monoshock memiliki spesifikasi sama.

Namun apa yang terpasang di dalam Deltabox tak ada perbedaan. Basis mesin 155 cc SOHC sudah berteknologi VVA. Sistem buka tutup katup untuk mengoptimalkan performa di putaran tertentu. Kompresi dan komposisi diameter silinder pun begitu. Alhasil, produksi tenaga mencatat angka 19,3 Tk/10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm/8.500 rpm. Berikut pendinginan suhu ruang bakar didukung radiator. Persis.

Sebagai catatan, tenaga itu tak berlaku di Vixion standar. Teknologinya masih serupa Xabre dan Byson, dengan output 3 Tk lebih kecil. Karena tak memiliki VVA dan rasio kompresi rendah. Jadi jangan kira, membeli trim terbawah bakal mendapat impresi performa serupa.Bagusnya lagi, tipe R ini turut mengaplikasikan assist dan slipper clutch pada girboks enam percepatannya. Tuas kopling cukup ringan saat dioperasikan. Dan lebih penting, risiko ban mengunci kala proses down shifting terminimalisir. Perpindahan gigi jadi halus, meski biasanya mengurangi kekuatan engine brake.

 

Layar Digital

Informasi motor dipresentasikan pula dengan layar digital. Namun harus diakui, milik Vixion R agak ketinggalan zaman. Displaynya terlalu monoton tanpa warna. Untung saja data cukup lengkap. Selain posisi gear dengan shifting light, speedometer, putaran mesin, serta trip meter, ada penghitung konsumsi bahan bakar. Bukan real time, melainkan kalkulasi rata-rata.

Rasanya itu pun sudah cukup. Kebutuhan fundamental harian terpenuhi. Urusan pencahayaan juga telah dimodernisasi. Sinar lampu datang dari teknologi dioda nan terang, sekaligus tak makan banyak daya listrik. Baik pada headlight maupun di belakang.

Lantas, soal rupa, memang tidak bengis seperti MT-15. Bahasa desain jauh berbeda. Vixion diciptakan dengan garis lebih lembut. Batok lampu depan tak menyatakan dirinya sekencang MT. Begitu juga garis jok cenderung rata. Bagi orang yang menyukai aksen sporty, pasti jadi sebuah kekurangan. Namun justru menjadi anugerah bagi yang perlu berboncengan setiap saat. Karena niscaya posisi duduk lebih nyaman.Tapi tenang, buntut belakang masih bisa dibilang sporty. Aksen lekukan plastik hitam mendominasi di buritan ini. Plus berhias stoplamp persegi, berisi barisan LED. Mirip Aerox. Posisi behel juga tersembunyi di balik jok, memberi kesan minimalis. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desainer Stella McCartney Dikritik Tak Etik Usai Rumahkan Pegawai dan Terima Bantuan Pemerintah

Posted: 21 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Stella McCartney mendadak jadi sorotan. Pemilik label atas namanya sendiri itu dikritik tak etis lantaran merumahkan pegawainya selama krisis Covid-19 tetapi tetap menerima bantuan dana pemerintah.

Desainer fesyen yang ditaksir memiliki kekayaan 60 juta Pound sterling itu juga dikabarkan meminta para pekerjanya agar bersedia dipotong gaji bila mereka kembali bekerja. Sebelum itu, ia akan menggaji para pekerjanya menggunakan skema jaminan pemerintah, langkah serupa yang diambil Victoria Beckham selama krisis berlangsung.

Dilansir dari The Sun, Selasa, 21 April 2020, salah satu pekerja menyebut tindakan anak Paul McCartney itu salah secara moral dan tidak bisa diterima secara sosial.

"Kami telah berharap banyak dari Stella, tetapi ia tak menunjukkan loyalitas. Ia membanggakan pencapaian atas dirinya sendiri, tetapi balasannya kepada kami adalah dibuang," kata pekerja yang tak disebutkan namanya itu.

Di bawah rencana Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak, perusahaan dapat mengklaim hingga 80 persen gaji dengan nilai maksimum 2.500 Pound sterling. Tetapi yang jadi sorotan, Stella yang kini berusia 48 tahun tak berencana membantu para pegawainya dengan mengeluarkan kocek pribadi.

Tindakannya berbeda dari Victoria Beckham yang sampai mengeluarkan uang pribadi untuk menggaji sebagian pegawainya. Bisnis fesyen Vic juga dikabarkan terpukul hebat akibat pandemi corona Covid-19.

Tutup Toko

Gaun pengantin kedua Meghan Markle (Instagram Stella McCartney)
Gaun pengantin kedua Meghan Markle (Instagram Stella McCartney)

Karyawan dua toko resmi Stella McCartney di London sebelumnya telah menerima surat yang menginformasikan tentang rencana cuti karyawan. Sementara, cabang Stella di New York, Los Angeles, dan Las Vegas telah ditutup lebih dulu karena kebijakan lockdown akibat corona Covid-19.

Sumber dalam mengatakan setengah dari 1.400 karyawan di 51 toko seluruh dunia akan dirumahkan. Perusahaan McCartney diketahui memiliki omzet lebih dari 500 juta Pound sterling setahun.

Busananya banyak dikenakan selebritas dunia, termasuk Meghan Markle yang mengenakan gaun malam hasil desain McCartney dalam pesta resepsi pernikahannya, pada 2017 lalu. 

Juru bicara perusahaan mengonfirmasi rencana merumahkan pekerja, tetapi mengatakan tak seluruh pekerja akan mengalaminya. Ia juga menolak berkomentar pemotongan gaji para karyawan.

Sebelumnya, The Sun mengungkapkan rencana Victoria merumahkan karyawannya seiring penutupan toko resmi di Hong Kong. Ia juga akan memfokuskan pada pengembangan label kosmetiknya.

Seorang sumber mengatakan,"Seperti kebanyakan orang, Victoria terpaksa merumahkan karyawannya. Itu bukan keputusan ringan baginya, tetapi bagi stabilitas jangka panjang dan keuntungan perusahaan, itu harus dilakukannya."

"Ia selama ini menjaga seluruh tim secara personal lewat email, dan melibatkan semua staf dalam paket cuti yang lebih baik. Dia bahkan merelakan gajinya sendiri untuk memimpin dari depan."

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Penghuni Pertama Karantina Covid-19 Bisa Pulang Diantar Wali Kota Solo

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengantar penghuni rumah karantina di Graha Wisata Niaga, Syaiful Qomar pulang ke rumahnya, 21 April 2020. Syaiful merupakan penghuni pertama rumah karantina mandiri yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menampung para pemudik yang nekat pulang ke Solo. Karantina itu dilakukan untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 melalui para pemudik yang pulang kampung.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy menjemput Syaiful di rumah karantina yang terletak di kawasan Sriwedari, Solo. Sebelum meninggalkan karantina, pemudik pertama yang dikarantina itu harus melalui proses pemeriksaan medis terlebih dahulu untuk mengetahui apakah yang bersangkutan bebas dari corona Covid-19.

Setelah itu, Syaiful langsung masuk ke dalam mobil Toyota Hiace yang disiapkan Pemkot Solo. Kemudian menyusul Wali Kota Solo ikut masuk ke mobil tersebut untuk mengantarkan hingga ke rumahnya di Banyuanyar, Banjarsari, Solo.

Setibanya di rumah, keluarga Syaiful dan warga sudah menunggu bersama dengan Lurah Banjarsari, Ketua RT dan Ketua RW. Wali Kota Solo pun keluar terlebih dulu dari dalam mobil, selanjutnya disusul Syaiful.

Hindari Dikucilkan

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengantar pulang pemudik pertama yang dikarantina di Graha Wisata Niaga Solo, Selasa (21/4).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengantar pulang pemudik pertama yang dikarantina di Graha Wisata Niaga Solo, Selasa (21/4).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Rudy pun mengatakan tujuannya ikut mengantar Syaiful pulang ke rumahnya supaya warga tidak mengucilkannya. Pasalnya, orang yang dikarantina di Graha Wisata itu sudah distigma orang dalam pemantauan (ODP) oleh masyarakat.

"Sehingga setelah diperiksa dan dikarantina selama 14 hari setelah selesai dikembalikan ke rumahnya dengan kondisi yang sehat. Jadi, warga tidak boleh mengucilkannya," kata dia.

Lantas, Rudy pun menjelaskan pemudik yang telah menjalani karantina dipastikan tidak terpapar virus corona Covid-19. Kalaupun terdapat pemudik yang terpapar maka tempat karantinanya berbeda, tidak di Graha Wisata Niaga.

"Kenapa saya keroyo-royo ngeterke (berusaha meluangkan waktu untuk mengantar) karena masyarakat biar percaya jika Mas Syaiful tidak terpapar virus corona. Selesai karantina dikembalikan ke keluarga," ucapnya.

Nyaman Selama Karantina

Syaiful Qomar, pemudik pertama Solo yang menghuni karantina Graha WIsata Niaga setelah selesai menjalani karantian 14 hari diperbolehkan pulang.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Syaiful Qomar, pemudik pertama Solo yang menghuni karantina Graha WIsata Niaga setelah selesai menjalani karantian 14 hari diperbolehkan pulang.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara itu, Syaiful mengatakan awalnya tidak tahu-menahu jika para pemudik dari luar kota yang pulang ke Solo akan dikarantina. Tak pelak, ia pun mengaku kaget ketika oleh warga diminta untuk mejalani karantina di Graha Wisata Niaga.

"Awalnya ada rasa deg-degan mau diapain karena yang pertama masuk ke sana itu saya," kata dia.

Hanya saja setelah menjalani masa karantina tersebut, Syaiful justru merasa nyaman karena berbeda dengan apa yang dibayangkan saat akan masuk karantina. Bahkan, semakin hari kian semakin bertambah teman yang sesama pemudik dikarantina di tempat itu.

"Asyik-asyik saja di sana (karantina) karena sudah seperti saudara semua. Enak-enak saja dikarantina," akunya.

Setelah pulang dan berkumpul dengan keluarga, Syaiful mengatakan untuk fokus di rumah dulu lantaran pihak medis memintanya untuk tidak keluar rumah dulu selama sepekan.

"Tim medisnya ngomong di dalam rumah saja, tidak keluar-keluar," ucapnya.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Etiket Dasar Hargai Muslim yang Puasa di Bulan Ramadan

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alangkah lebih baik jika yang tidak berpuasa menunjukkan rasa hormat dan mengikuti etiket dasar dalam perilaku sehari-hari selama bulan Ramadan. Dan bagi siapapun yang menunjukkan rasa hormat kepada yang sedang berpuasa, tidak terbatas hanya pada umat Muslim, dijanjikan oleh Allah swt kemuliaan dan rahmat-Nya, sebagaimana tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 62 dan surat Al-Hajj ayat 12.

"Sesungguhnya, orang-orang Mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani, dan orang-orang Sabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian, dan beramal saleh akan menerima pahala dari Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS Al-Baqarah [2]: 62).

Sesungguhnya, pada orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Sabiin, orang-orang Nasrani, orang-orang Majusi, dan orang-orang musyrik, Allah akan memberi putusan di antara mereka pada hari kiamat. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu. (Al-Hajj [22]: 12).

Mengutip dari Gulf News, ada 7 etiket dasar bagi yang tidak berpuasa di bulan Ramadan, artinya termasuk umat muslim yang sedang berhalangan sehingga tidak mampu atau tidak boleh berpuasa.

Mereka yang tidak dianjurkan berpuasa misalnya seorang muslim yang sedang sakit dan sedang dalam pantauan dokter, sedang datang bulan, sedang hamil, masa nifas, batal karena suatu hal, dan sebagainya.

 

7 etiket menghormati yang sedang berpuasa

Membaca Alquran / Sumber: iStockphoto
Membaca Alquran / Sumber: iStockphoto

1. Tidak makan, minum, atau merokok di tempat umum selama jam-jam puasa. Termasuk mengunyah permen karet.

2. Tidak menunjukkan kasih sayang, seperti berpelukan atau berciuman di tempat umum.

3. Tidak terlibat tindakan agresif apapun.

4. Tidak menari atau memainkan musik di tempat umum. Anda bisa mendengarkannya melalui headphone.

5. Tidak memakai pakaian yang tidak sopan atau terbuka di tempat umum yang dapat mengundang syahwat atau hawa nafsu.

6. Tidak mengumpat.

7. Di tempat kerja, sediakan waktu untuk salat, waktu berbuka, dan saat sahur.

Terimalah hadiah, sekecil apapun dengan sopan. Jika diundang berbuka bersama lebih baik jika ikut serta. Turut serta beramal kepada yang membutuhkan akan sangat dihargai. Tidak harus berupa uang, melainkan bisa saja berupa makanan untuk berbuka puasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilik Switch Keluhkan Akun Nintendo Mereka Diretas

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna konsol Nintendo Switch mengeluhkan akun mereka diakses secara ilegal oleh orang tak dikenal.

Tak hanya itu, sejumlah gamer Switch pun mengakui dirinya kehilangan uang karena orang tak dikenal tersebut melakukan pembelian di dalam gim.

Salah satu gamer yang pertama kali melaporkan masalah akses tak dikenal tersebut adalah pemilik Nintendoite, Pixelpar.

Dikutip dari BGR, Rabu (22/4/2020), dia mendapati ada pihak yang tak dikenal yang berusaha menggunakan akun Nintendo miliknya.

Ia mengatakan, password akun Nintendo miliknya menggunakan kata unik dan PC-nya tidak diretas.

Hingga berita ini di-publish, perusahaan masih belum memberikan pernyataan tentang masalah peretasan terhadap sejumlah akun Nintendo itu.

Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah gamer di dunia yang akun Nintendo-nya diakses oleh tak dikenal.

Namun, dengan semakin meningkatnya populeritas Nintendo Switch saat ini bukan hal yang tak mungkin angka tersebut cukup tinggi.

Gamer Rakit Sendiri Konsol Nintendo Switch

Dengan diberlakukannya aturan social distancing di beberapa negara di dunia, banyak orang memilih mengisi waktu mereka di rumah dengan bermain gim.

Dari sekian konsol gim yang ada di pasaran saat ini, Nintendo Switch menjadi barang paling dicari oleh gamer.

Bisa dimainkan bersama keluarga dan judul gim yang lebih santai (ketimbang PS4 dan Xbox One), wajar bilamana tiba-tiba harga konsol ini melambung di pasaran.

Tak hanya itu, kenaikan harga dan jumlah yang langka diperparah dengan semakin berkurangnya pasokan hardwaer dari Tiongkok karena pandemi virus corona.

Berkaca dari hal tersebut, pengguna Reddit dengan akun Sarvaaz37 memilih untuk merakit sendiri Nintendo Switch dari komponen yang dapat dibeli di pasaran, sebagaimana dikutip dari Gamerant, Jumat (17/4/2020).

Beli Komponen Sendiri

Lebih lanjut, Sarbaaz37 berhasil mendapatkan semua bagian komponen yang yang dibutuhkan dari situs-situs web Tiongkok.

Dia juga mencari komponen tersebut di situs lelang di internet, menggali suku cadang atau suku cadang pengganti dari produsen atau penjual lainnya.

Seluruh proses mengumpulkan komponen membutuhkan waktu sedikit lebih dari sebulan, dan memakan biaya sekitar USD 200 atau sekitar Rp 3,1 jutaan--setara harga Nintendo Switch Lite.

Walau dia membuktikan, membuat Switch sendiri sangat memungkinkan, proses merakitnya harus sangat teliti dan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang elektronik.

Gimana, kamu tertarik untuk merakit sendiri konsol Nintendo Switch?

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Sarah Shahab, Adik Zee Zee Shahab yang Jadi Dokter Lawan Corona

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi Corona Covid-19 ini banyak sekali dokter dan perawat yang jadi korban paparan virus. Dokter yang jadi garda terdepan tersebut pun menjadi sosok pahlawan di tengah pandemi ini.

Dokter-dokter ini pun ternyata banyak yang sudah dikenal masyarakat. Seperti istri mendiang Bani Seventeen, Cindri Wahyuni yang juga jadi garda terdepan memerangi Corona Covid-19. Ada pula Sarah Shahab, adik dari Zee Zee Shahab yang dulunya seorang pesinetron. Namun kini dirinya memilih untuk mengabdi di dunia kesehatan. 

Hal ini pun diketahui melalui unggahan Zee Zee Shahab dalam Instagramnya @zeezeeshahab, Sabtu (18/4/2020). Zee Zee Shahab pun mengunggah potret adiknya yang seorang dokter memakai Alat Pelindung Diri (APD) saat bertugas memerangi Corona Covid-19.

Unggahannya ini pun menjadi sorotan dan banyak netizen yang turut membanjiri kolom komentarnya. Banyak yang mendoakan keselamatan dan kesehatan Sarah manakala bertugas.

Berikut 7 potret Sarah Shahab, adik Zee Zee Shahab yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (22/4/2020).

1. Zee Zee Shahab punya dua adik perempuan, Sarah Shahab berada di kanan dan Anisa Shahab berada di kiri

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeelovers)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeelovers)

2. Sarah yang dulunya juga pesinetron, kini menjadi seorang dokter yang jadi garda depan melawan corona

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/sarahsyahirahshahab)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/sarahsyahirahshahab)

3. Begini potretnya saat mengenakan APD lengkap di rumah sakit

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)

4. Dulu pesinetron dan kini jadi dokter, nama Sarah Shahab pun kini sedang menjadi perbincangan

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)

5. Lahir tahun 1992, Sarah Shahab berhenti dari dunia hiburan sejak 2009 karena fokus pada pendidikannya

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)

6. Menjadi dokter, ternyata mengikuti jejak sang ayah yang juga seorang dokter

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/zeezeeshahab)

7. Selain pernah bermain sinetron, Sarah Shahab ternyata juga memiliki suara indah.

Sarah Shahab (Sumber: Instagram/sarahsyahirahshahab)
Sarah Shahab (Sumber: Instagram/sarahsyahirahshahab)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pelaku Sepak Bola yang Terjangkit Virus Corona Covid-19: Semakin Banyak yang Sembuh

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus virus corona Covid-19 masih jadi perhatian di seluruh dunia. Korban virus ini tak pilih-pilih, sejumlah pesepak bola juga sempat terjangkit virus corona Covid-19. Beruntung semakin banyak insan sepak bola yang sudah sembuh.

Dua pemain Juventus, Daniele Rugani dan Blaise Matuidi sudah negatif virus corona Covid-19. Sedangkan penyerang Juve Paulo Dybala diperkirakan pekan ini juga akan dinyatakan sembuh.

Dari Liga Inggris, winger Chelsea Callum Hudson-Odoi dan manajer Arsenal Mikel Arteta sempat dinyatakan mengidap virus corona Covid-19. Keduanya kini sudah berhasil sembuh.

Insan sepak bola terbaru yang terkena virus corona Covid-19 adalah presiden klub Liga Italia, Brescia, Massimo Cellino.

Berikut daftar insan sepak bola di dunia yang terpapar virus corona Covid-19:

Italia

ilustrasi
ilustrasi

Daniele Rugani (Juventus)

Blaise Matuidi (Juventus)

Paulo Dybala (Juventus)

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Marco Sportiello (Atalanta)

Massimo Cellino (Presiden Brescia)

Spanyol

Ilustrasi Sepak Bola (Bola.com/Adreanus Titus)
Ilustrasi Sepak Bola (Bola.com/Adreanus Titus)

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Lorenzo Sanz (Eks Presiden Real Madrid/Meninggal Dunia)

Fernando Martin (Eks Presiden Real Madrid)

Anonim (Girona)

Rustu Recber (Eks Barcelona)

Toni Dovale (Eks Celta Vigo)

Jordi Cardoner (Wakil Presiden Barcelona)

Ramon Canal (Direktur Pelayanan Medis Barcelona)

Josep Gutierrez (Dokter tim Barcelona)

Andres Palop (eks Sevilla)

Inggris dan Jerman

Bundesliga:

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

Premier League:

Mikel Arteta (Arsenal, manajer)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

Pemain Brighton And Hove Albion (tak disebutkan identitasnya)

Kenny Dalglish (Legenda Liverpool)

Norman Hunter (Legenda Leeds United, meninggal)

Pepe Reina (Aston Villa)

Lainnya

Liga Tiongkok:

Marouane Fellaini (Shandong Luneng)

Liga 1:

Wander Luiz (Persib Bandung)

League One:

James Bolton, Andy Cannon, Sean Raggett, Haji Mnoga (Portsmouth)

Liga Prancis

Pape Diouf (Eks Presiden Marseille, meninggal dunia)

Bernard Gonzales (Dokter tim Stade de Reims, bunuh diri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Jawa Tengah Jadi Tujuan Mudik Terbesar di Tengah Corona

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan tahun 2020, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah terbesar tujuan mudik tahun ini.

"Hasil survei Balitbang Perhubungan (2020), Prov. Jawa Tengah merupakan daerah terbesar tujuan pemudik, yakni 24,2 persen. Berikutnya Prov. Jawa Timur (23,8 persen), Prov. Jawa Barat (12,7 persen), Wilayah Jabodetabek (6,3 persen) dan sisanya 33 persen ke daerah lain di Indonesia," kata Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/4/2020).

Bahkan, di Jawa Tengah, total kedatangan migran ke desa selama periode 26 Maret - 21 April 2020 sudah mencapai 653.813 orang. Tertinggi pada 30 Maret, yakni 114,922 pemudik.

"Jumlah pemudik menggunakan angkutan umum sebanyak 565.965 orang. Ada selisih 87.848 orang ke desa yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi atau kendaraan sewa," ujarnya.

Selain itu, yang mudik menggunakan angkutan umum menggunakan bus lewat terminal berjumlah 347.551 orang (61 persen), kereta api (stasiun) 169.760 orang (30 persen), pesawat udara (bandara) 44.004 orang (8 persen).

 

Pemudik Kapal Laut

Harga tiket pesawat yang masih mahal membuat para pemudik dari Gorontalo mengalihkan moda transportasinya menggunakan kapal laut. (Liputan6.com/Andri Arnold)
Harga tiket pesawat yang masih mahal membuat para pemudik dari Gorontalo mengalihkan moda transportasinya menggunakan kapal laut. (Liputan6.com/Andri Arnold)

Lanjutnya, serta kapal laut (pelabuhan) 4.650 orang (1 persen). Ia mengatakan ada kecenderungan pemudik makin menurun baik menggunakan jalan, KA, pesawat udara maupun kapal laut.

Sementara itu, diketahui lima besar daerah tujuan pemudik di Jateng adalah Kab. Brebes 76.016 orang, Kab. Banyumas 73.468 orang, Kab. Pemalang 58.517 orang, Kab, Tegal 48.826 orang dan Kab. Wonogiri 43.100 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Zodiak yang Paling Suka Mencari Perhatian

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zodiak bisa mengungkap banyak hal tentang seseorang, mulai dari kepribadian, minat hingga bagaimana mereka menjalani hubungan asmara.

Dalam menjalani sebuah hubungan, beberapa zodiak bahkan dikenal suka mencari perhatian kepada pasangannya. 

Artikel tentang zodiak yang suka mencari perhatian padahal dikenal cuek menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang laporkan berita dari rumah, reporter ini tak sadar perlihatkan suaminya mandi.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang deretan poster unik Hari Kartini buatan warganet.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dikenal Cuek, 5 Zodiak Ini Ternyata Suka Mencari Perhatian

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Matheus Ferrero.
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Matheus Ferrero.

Nah, penasaran zodiak apa saja yang suka mencari perhatian? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (21/4/2020).

Selengkapnya...

2. Laporkan Berita dari Rumah, Reporter Ini Tak Sadar Perlihatkan Suaminya Mandi

Ilustrasi Reporter (pixabay.com)
Ilustrasi Reporter (pixabay.com)

Untuk menekan penyebaran pandemi Corona atau Covid-19, masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Aktivitas keseharian seperti bekerja pun harus dilakukan dari rumah.

Segelintir individu tampaknya suka bekerja di rumah. Namun, beberapa individu, bekerja dari rumah bukanlah hal mudah. Selain tidak didukung fasilitas yang nyaman, gangguan dari anggota keluarga pun membuat tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selengkapnya...

3. Deretan Poster Unik Hari Kartini Buatan Warganet

Ilustrasi Ibu Kartini (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi Ibu Kartini (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Setiap tanggal 21 April tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini. Sebagian besar rakyat Indonesia tentu tahu bahwa Raden Adjeng Kartini merupakan salah satu tokoh Indonesia yang mampu membuat perubahan khususnya dalam memperjuangkan kebebasan dan menaikan martabat wanita Indonesia.

Semasa hidupnya wanita yang lahir pada 21 April 1897 itu juga tak lelah memperjuangkan hak agar perempuan bisa mendapat pendidikan yang sama dengan kaum laki-laki. Menjadi hal yang wajar bilamana hari lahirnya diperingati sebagai Hari Kartini.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gustika Jusuf Cucu Bung Hatta Dikritik Gara-gara Bahasa Inggris, Jawabannya Menohok

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu momen menarik pekan ini terjadi di jagat maya. Cucu salah satu pendiri bangsa, Muhammad Hatta atau Bung Hatta, yakni Gustika Jusuf-Hatta beraktivitas di medsos.

Ia mengomentari langkah Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo) terkait penanganan hoaks seputar wabah Corona Covid-19. Gustika Jusuf-Hatta punya perspektif dalam penanganan hoaks seputar Corona Covid-19.

Perspektif itu dituangkan Gustika Jusuf-Hatta dalam status teks berbahasa Inggris lalu diunggah di situs jejaring sosial Twitter pada Selasa (21/4/2020) malam. 

Hoaks Yang Berkembang

Unggahan Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)
Unggahan Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)

"I think Kemkominfo should realise that blocking platforms is not going to get rtid of any new fake news/ hoaxes that might pop up (Saya pikir Kemkominfo mestinya menyadari bahwa mengeblok platform membersihkan kabar bohong/ hoaks yang terus berkembang)," tulis Gustika Jusuf-Hatta sambil mencuit ulang headline akun sebuah media.

Berada Dalam Ketidaktahuan

Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)
Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)

Gustika Jusuf-Hatta melanjutkan, "A better step is for the government to be more communicative with their citizens because we're tired of being kept in the dark (Langkah lebih baik bagi pemerintah, yakni lebih komunikatif kepada masyarakat karena kami lelah berada dalam ketidaktahuan."

Pendapat ini disampaikan Gustika Jusuf-Hatta merespons judul berita "Hoaks Corona Bertambah, Kominfo Rencanakan Blokir Platform Digital." Pendapat ini dicuit ulang lebih dari 600 kali dan direspons warganet.

Bung Hatta Marah Pakai Bahasa Belanda

Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)
Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)

Salah satunya ada yang mengkritik Gustika Jusuf-Hatta karena mencuit pakai bahasa Inggris. "Pakai bahasa indo aja sih ngetwitnya.. anda kan cucu proklamator.. harusnya lbh bangga bernahasa Indonesia," sahut seorang warganet.

Ocehan ini tampaknya membuat Gustika Jusuf-Hatta terusik. Ia lantas membalas dengan jawaban menohok yang membuat si pengkritik mingkem. "Maaf saya enggak bisa Bahasa 'indo.' Tapi ngomong-ngomong, kakek saya yang proklamator bisa empat bahasa asing jadi santai saja. Dia kalau ngomel juga pakai Bahasa Belanda, bukan Bahasa Indonesia. So, up yours," jawab Gustika Jusuf-Hatta.

Nasionalisme dan Bahasa

Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)
Gustika Jusuf-Hatta. (Foto: Instagram @gustikajusuf)

Pernyataan ini menyita perhatian warganet. "Jadi ngebayangin Bung Hatta yang adem, tenang, dan kelihatan sabar gitu ngomelnya gimana, ya?" cetus seorang warganet.

Yang lain menambahkan, "Nasionalisme kok selalu dikaitkan dengan pilihan bahasa." Ada pula yang menyukai cara Gustika merespons kritik. "Aku suka ini, merendah untuk memaki," ujar seorang warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anaknya Ulang Tahun, Ayah Ini Malah Panggil Polisi

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rombongan mobil polisi tiba-tiba berhenti di depan anak-anak yang berkumpul di teras rumah. Polisi itu datang atas panggilan seorang ayah anak-anak itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir COVID-19: Kena DBD dan COVID-19 Bersamaan Berisiko Fatal Bagi Pasien Muda

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto kembali meminta masyarakat untuk mewaspadai demam berdarah dengue (DBD) di tengah ancaman infeksi virus corona.

Pernyataan ini disampaikan Yuri dalam konferensi persnya di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana hari Selasa sore kemarin.

"Apabila ini kemudian terjadi bersamaan dengan infeksi COVID-19, maka angka kesakitan akan semakin meningkat," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ini, ditulis Rabu (22/4/2020).

"Akan terlihat kecenderungan penderita COVID-19 yang meninggal adalah pada usia yang masih muda," kata Yuri.

Berantas Sarang Nyamuk di Rumah

Ilustrasi Foto Nyamuk (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Nyamuk (iStockphoto)

Yuri mengatakan bahwa DBD berisiko terjadi di masa pancaroba. Ia mengungkapkan seringkali di periode ini, terdapat peningkatan kasus demam berdarah di masyarakat.

Maka dari itu, Yuri meminta warga agar melakukan tindakan pencegahan DBD di rumah dan bersama keluarga dengan berbagai strategi yang ada.

"Lakukan pemberantasan sarang nyamuk di rumah kita bersama keluarga kita," ujarnya.

Cara lain yang harus dilakukan untuk mencegah DBD adalah dengan menguras dan membersihkan tempat penyimpanan air, menutup penampungan air, serta membuat atau mendaur ulang barang bekas agar tidak menjadi tempat penampungan air.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Covid-19 Menurun, Begini Aktivitas Warga Hong Kong

Posted: 21 Apr 2020 09:00 PM PDT

Sejumlah pria memancing dari dermaga di Victoria Harbour di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wallace)
Sejumlah pria memancing dari dermaga di Victoria Harbour di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wallace)

Sejumlah pria memancing dari dermaga di Victoria Harbour di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wallace)

Pedagang mengenakan masker melayani pelanggan di toko buah dan sayuran di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)
Pedagang mengenakan masker melayani pelanggan di toko buah dan sayuran di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)

Pedagang mengenakan masker melayani pelanggan di toko buah dan sayuran di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)

Seorang pekerja memakai masker sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona COVID-19 menumpuk kotak polystyrene di dekat toko yang menjual buah-buahan dan sayuran di Hong Kong (21/4/2020).  (AFP/Anthony Wallace)
Seorang pekerja memakai masker sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona COVID-19 menumpuk kotak polystyrene di dekat toko yang menjual buah-buahan dan sayuran di Hong Kong (21/4/2020). (AFP/Anthony Wallace)

Seorang pekerja memakai masker sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona COVID-19 menumpuk kotak polystyrene di dekat toko yang menjual buah-buahan dan sayuran di Hong Kong (21/4/2020). (AFP/Anthony Wallace)

Pelanggan duduk di sebuah kafe, yang memiliki selotip di setiap meja untuk pembatasan jarak sosial, di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wall
Pelanggan duduk di sebuah kafe, yang memiliki selotip di setiap meja untuk pembatasan jarak sosial, di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wall

Pelanggan duduk di sebuah kafe, yang memiliki selotip di setiap meja untuk pembatasan jarak sosial, di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wall

Seorang pria duduk di sebelah air mancur di Taman Peringatan Sun Yat Sen di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)
Seorang pria duduk di sebelah air mancur di Taman Peringatan Sun Yat Sen di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)

Seorang pria duduk di sebelah air mancur di Taman Peringatan Sun Yat Sen di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)

Seorang pria memakai masker berjalan di sepanjang jalan di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wallace)
Seorang pria memakai masker berjalan di sepanjang jalan di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wallace)

Seorang pria memakai masker berjalan di sepanjang jalan di Hong Kong (21/4/2020). Kepala eksekutif Carrie Lam mengatakan langkah-langkah jarak sosial dan beberapa pembatasan bisnis akan berlanjut selama dua minggu hingga setidaknya 7 Mei. (AFP/Anthony Wallace)

Pasangan berselfie di dermaga kargo yang dijuluki 'Dermaga Instagram' di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)
Pasangan berselfie di dermaga kargo yang dijuluki 'Dermaga Instagram' di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)

Pasangan berselfie di dermaga kargo yang dijuluki 'Dermaga Instagram' di Hong Kong (21/4/2020). Hong Kong melaporkan penurunan kasus infeksi harian Covid-19, tetapi pemerintah kota mengatakan mereka tidak mengambil risiko apa pun. (AFP/Anthony Wallace)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cantiknya Yuni Shara dalam Balutan kebaya, Tuai Pujian

Posted: 21 Apr 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi cantik Yuni Shara dikenal sebagai sosok wanita yang begitu anggun dan cantik di usianya hampir kepala 5. Wanita berusia 47 tahun tersebut tak hanya tampil memukau kala memakai kostum panggung, tetapi juga saat mengenakan kebaya tradisional. 

Tepat di Hari Kartini pada Selasa (21/4/2020) kemarin, Yuni Shara mengunggah potret dirinya mengenakan kebaya putih. Tampil dengan senyuman, ibu dua anak ini sukses membuat netizen berdecak kagum. Ia juga tampak mengenakan stagen merah yang melilit di bagian perut serta kain batik bernuansa cokelat muda dan cokelat tua.

Rambutnya yang disanggul Jawa klasik membuat penampilan Yuni Shara kian anggun. Dihiasi dengan bunga di bagian atas dan dalam sanggul pesonanya bak awet muda. Bukan kali ini saja Yuni unggah saat memakai kebaya, pelantun lagu 'Mengapa Tiada Maaf' ini memang kerap tampil mengisi berbagai acara dengan kebaya.

Berikut ini 6 pesona Yuni Shara dalam balutan kebaya dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Rabu (22/4/2020). 

1. Potret Yuni Shara bekerbaya dan menuliskan pesan mendalam tepat di Hari Kartini ini sukses bikin netizen kagum.

Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

2. Tak hanya cantik dengan kebaya putih, Yuni juga tampil anggun dan memesona dengan kebaya hitam.

Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

3. Dirinya cukup sering mengisi acara dengan balutan kebaya Jawa yang memukau.

Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

4. Kompak dengan sang anak pakai baju tradisional, Yuni Shara tampak bak kakak-adik dengan kedua putranya.

Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

5. Banyak netizen yang memuji wajah awet muda Yuni Shara yang kini sudah menginjak usia 47 tahun.

Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

6. Dengan kebaya hijau serta makeup tipis, Yuni Shara tetap cantik dan memesona.

Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)
Momen Yuni Shara pakai kebaya. (Sumber: Instagram/@yunishara36)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Larangan Mudik Demi Putus Mata Rantai Corona Covid-19

Posted: 21 Apr 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin angkat bicara soal larangan mudik yang resmi dikeluarkan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, larangan tersebut bukan hendak memutus jalan silaturahmi antarumat, melainkan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Pemerintah pusat memutuskan larangan mudik bagi seluruh masyarakat pada momen Lebaran tahun ini. Keputusan Ini sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran Covid-19," tulis Wapres Ma'ruf lewat akun Instagram resminya, seperti dilihat Liputan6.com, Rabu (22/4/2020).

Ma'ruf menjelaskan, keputusan melarang mudik yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, sudah melalui serangkaian kajian dan pendalaman di lapangan. Namun demikian, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, tercatat masih ada potensi minor dalam giat mudik 2020.

"Data Kemnhub mencatat, terdapat 68 persen responden yang menetapkan untuk tidak mudik di tengah pandemi Covid-19, sedangkan 24 persen responden mengatakan ingin tetap mudik, dan 7 persen telah melakukan mudik," beber dia.

Ma'ruf menilai, meski angka mayoritas masih lebih besar, kelompok minor di angka 24 persen juga termasuk tidak sedikit. Karenanya dia mengimbau kepada mereka yang belum mudik agar memikirkan kembali semata demi memutus rantai Covid-19 di Indonesia.

"Mudik memang memiliki makna menjalin silaturahim, namun di tengah bencana pandemi, silaturahim dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi," tandas Ma'ruf Amin.

Larangan Mudik

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020 untuk semua masyarakat. Sebelumnya, larangan mudik hanya ditujukan untuk ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN.

"Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu pada rapat hari ini   saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Selasa (21/4/2020).

Larangan mudik ini dikeluarkan Jokowi demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan,  Jokowi menyatakan bahwa ada 24 persen masyarakat yang masih bersikeras untuk mudik.

"Oleh sebab itu saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," kata Jokowi.

Larangan mudik tersebut mulai berlaku Jumat, 24 April 2020.

"Larangan mudik berlaku efektif Jumat 24 April 2020," kata Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Selasa (21/4/2020).

Meski mudik dilarang, Luhut menyatakan transportasi umun commuter line masih beroperasi. Luhut menjamin distribusi logistik ke daerah tidak akan terganggu dengan adanya kebijakan larangan mudik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Siapkan Sanksi bagi Pelanggar Larangan Mudik

Posted: 21 Apr 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera mengatur Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) yang mengatur mekanisme pelarangan mudik hingga sanksi yang diterapkan bagi masyarakat yang melanggar.

Hal ini menindaklanjuti keputusan Presiden Joko Widodo yang akhirnya dengan tegas melarang mudik demi menekan angka penyebaran Corona. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan, sektor transportasi diharapkan dapat berperan aktif dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

"Untuk itu, Kementerian Perhubungan akan segera menyiapkan Permenhub yang mengatur pelarangan mudik termasuk sanksinya apabila melanggar aturan," kata Adita di Jakarta, Rabu (22/4/2020)

Kata Adita, penyusunan regulasi Permenhub ini akan melibatkan stakeholder terkait seperti Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kepolisian dan sebagainya. Nantinya, regulasi transportasi terkait pelarangan mudik, berlaku untuk angkutan umum penumpang dan kendaraan pribadi. Sanksi juga akan mulai diberlakukan secara penuh per 7 Mei 2020.

"Pelarangan dimulai pada 24 April 2020 secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, dan mulai diberlakukan sanksi secara penuh pada 7 Mei 2020. Pelarangan mudik akan diberlakukan sampai dengan tanggal 2 Syawal 1441 H, dan dapat menyesuaikan dengan memperhatikan dinamika perkembangan Pandemi Covid-19," jelas Adita.

 

Pembatasan Lalu Lintas

Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.
Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

Lebih lanjut Adita menjelaskan, skenario yang akan disiapkan adalah pembatasan lalu lintas pada jalan akses keluar masuk wilayah, bukan penutupan jalan.

Hal tersebut dilakukan karena yang dilarang untuk melintas adalah angkutan yang membawa penumpang saja, sementara angkutan barang atau logistik masih dapat beroperasi.

Pelarangan mudik berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan wilayah-wilayah yang sudah ditetapkan untuk diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga wilayah yang masuk zona merah virus corona.

Larangan mudik ini nantinya tidak memperbolehkan lalu lintas orang untuk keluar dan masuk dari dan ke wilayah khususnya Jabodetabek, namun masih memperbolehkan arus lalu lintas orang di dalam Jabodetabek (aglomerasi).

Transportasi massal di dalam Jabodetabek seperti KRL juga tidak akan ditutup atau dihentikan operasionalnya, hal ini untuk mempermudah masyarakat yang tetap bekerja khususnya tenaga kesehatan, cleaning service rumah sakit, dan sebagainya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lukaku Ungkap 23 Pemain Inter Milan Sempat Rasakan Gejala Covid-19

Posted: 21 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Pengakuan mengejutkan disampaikan oleh striker Inter Milan, Romelu Lukaku terkait pengalamannya menghadapi pandemi virus Corona model terbaru. Dalam perbincangan lewat Instagram, Lukaku menyebut hampir seluruh pemain Nerazzurri sempat sakit dengan gejala mirip dengan Covid-19.

Kondisi ini disampaikan Lukaku dalam perbincangan daring bersama presenter Ka Kerkhofs. Rekan senegaranya, Dries Mertens juga ambil bagian dalam acara tersebut seperti dilansir dari AS.

"Di awal tahun, 23 dari 25 pemain Inter Milan sempat sakit dengan gejala batuk dan demam," ujar Lukaku seperti dilansir AS. "Tapi kami tidak melakukan tes untuk virus Corona Covid-19 dan meski demikian, Skriniar nyaris pingsan dan terpaksa diganti saat pertandingan," kata Lukaku.

Virus Corona Covid-19 seperti diketahui pertama kali merebak di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, akhir tahun lalu. Kasus ini kemudian meluas ke sejumlah negara, termasuk Italia dan kini telah menjangkiti lebih dari 2 juta orang di dunia dan membunuh lebih dari 160 ribu jiwa.

Italia juga ikut terpapar virus Covid-19. Bahkan Negeri Pizza menjadi salah satu epicentrum baru bagi virus yang belum ditemukan vaksin penangkalnya itu. Menurut data terbaru yang dirilis John Hopkins University, sampai saat ini setidaknya sudah terdapat 183.957 kasus positif Covid-19 di Italia.  

Virus mulai ditemukan di Italia pada Februari lalu. Seiring meningkatnya jumlah warga yang terjangkit, pemerintah pun menerapkan kebijakan lockdown sejak 9 Maret dan Serie A dihentikan sementara.

 

Sakit Setelah Libur

3. Milan Skriniar - Meski baru direkrut dari Sampdoria namun pemain asal Slovakia ini mampu beradaptasi dengan cepat. Bek berusia 22 tahun itu tampil disiplin dan tak tergantikan di lini pertahanan Inter Milan. (AFP/Miguel Medina)
3. Milan Skriniar - Meski baru direkrut dari Sampdoria namun pemain asal Slovakia ini mampu beradaptasi dengan cepat. Bek berusia 22 tahun itu tampil disiplin dan tak tergantikan di lini pertahanan Inter Milan. (AFP/Miguel Medina)

Sebelum itu, Inter Milan masih sempat bertemu Cagliari dan Skriniar memang diganti pada menit ke-17. "Kami libur selama sepekan pada bulan Januari dan saat kembali berkumpul, 23 dari 25 pemain sakit," kata Lukaku. "Saya tidak bercanda," beber mantan pemain Manchester United (MU) itu.

"Semua orang batuk dan demam," lanjutnya.

Daniel Rugani, pemain Juventus diketahui menjadi pemain Serie A pertama yang dinyatakan positif Covid-19. Akibatnya, seluruh skuat Si Nyonya Tua harus menjalani masa karantina selama 14 hari. 

Tidak lama berselang, pemain Juventus lainnya, Paulo Dybala juga dinyatakan positif Corona Covid-19. Selain itu, tujuh pemain Sampdoria juga mengalami nasib yang sama. (Lihat daftarnya di sini). 

 

Rasakan Gejala yang Sama

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, bersama Romelu Lukaku merayakan kemenangan atas AC Milan pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Sabtu (21/9). Milan kalah 0-2 dari Inter. (AFP/Marco Bertorello)
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, bersama Romelu Lukaku merayakan kemenangan atas AC Milan pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Sabtu (21/9). Milan kalah 0-2 dari Inter. (AFP/Marco Bertorello)

Lukaku juga merasakan gejala yang sama. "Saat kami pemanasan, saya merasa lebih hangat dari biasanya. Sudah bertahun-tahun saya tidak demam," ujar Lukaku. 

"Setelah pertandingan, kami menghadiri makan malam yang diatur oleh pihak sponsor, Puma, tapi saya tidak bisa ikut. Saya langsung pulang dan tidur. Saya belum pernah menjalani tes saat itu dan tidak pernah tahu (apakah kami terjangkit)," kata mantan pemain Everton itu menambahkan.

 

Infografis Serie A vs Corona

Infografis Serie A vs Virus Corona (Liputan6/Abdillah)
Infografis Serie A vs Virus Corona (Liputan6/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Potong Gaji, Carragher Sebut Bintang Arsenal Bunuh Diri

Posted: 21 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Jamie Carragher mengecam sikap Mesut Ozil yang menolak pemotongan gaji oleh klubnya Arsenal. Namun ia yakin aksi yang dilakukan Ozil karena desakan agennya.

Sebelumnya, Arsenal telah mengonfirmasi bahwa skuat tim utama dan pelatih Mikel Arteta akan menerima pemotongan gaji di tengah pandemi virus corona covid-19.

Menurut Mirror, Ozil dkabarkan ingin terlebih dahulu melihat dampak finansial akibat pandemi COVID-19 sebelum ia menerima pemotongan gaji.

"Saya pikir Ozil seperti membuat gol bunuh diri. Dia penerima gaji terbesar di Arsenal dan dia harus memberikan contoh bagi pemain lain," ujar Carragher seperti dilansir Metro.

"Bagi Arsenal cerita soal Ozil tidak bagus untuk publikasi, seperti sebuah blunder. Saya pikir ini soal agennya yang memang sudah bernegosiasi dengan klub seja dua atau tiga pekan lalu."

 

Gaji Besar

Gelandang Arsenal, Mesut Ozil (BEN STANSALL / AFP)
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil (BEN STANSALL / AFP)

Meski demikian Carragher ogah menyalahkan Ozil karena gajinya yang besar di Arsenal.

"Salahkanlah yang memberikan kontrak bukan Ozil. Sebagai pemain tentu saja kita ingin mendapat gaji sebanyak mungkin," ujar Carragher.

"Namun untuk sekarang saya pikir dia harus kompak dengan pemain lain yang rela memotong gajinya. Sepak bola adalah permainan tim bukan individu," ujar legenda Liverpool itu menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik

Posted: 21 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Amanda Manopo tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Sejak membintangi sinetron Mermaid In Love pada 2016 silam, sosok wanita kelahiran 6 Desember 1999 ini semakin dikenal publik. Berkat bakat aktingnya, ia kerap mendapat pemeran utama di berbagai judul sinetron.

Kini Amanda Manopo menyandang status sebagai selebriti populer di usia muda. Maka tak heran jika kehidupan pribadi seleb 20 tahun ini selalu jadi sorotan publik. Selain kisah asmaranya, kehidupan keluarga Amanda Manopo juga mengundang penasaran.

Tak banyak yang tahu, ternyata artis cantik ini merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Amanda Manopo punya seorang kakak perempuan bernama Felicia Angelica Manopo Lugue. Sama seperti sang adik, Felicia Angelica juga punya paras yang memesona.

Namun ia tak terjun di dunia akting seperti Amanda, Felicia lebih dikenal sebagai MC dan influencer. Wanita yang akrab disapa Angelica ini bahkan kerap mengisi workshop kecantikan. Kakak Amanda Manopo juga dikenal sebagai beauty influencer. Meski jarang terekspos oleh media, keduanya beberapa kali mengunggah momen kebersamaan di akun Instagram.

Penasaran seperti apa sosok kakak Amanda Manopo yang dikenal sebagai influencer? Berikut potret Felicia Angelica dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/4/2020).

1. Tak seperti sang adik, Felicia Angelica lebih dikenal sebagai influencer.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

2. Jarang terekspos media, Amanda dan Angelica kerap menghabiskan waktu bersama.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

3. Kakak Amanda Manopo ini juga punya hobi travelling, di Instagramnya ia kerap membagikan momen saat berlibur.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

4. Potret Felicia Angelica saat tanpa makeup, tampak cantik dan natural.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

5. Sama seperti sang adik, wanita yang akrab disapa Angelica ini juga berparas cantik.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

6. Momen Amanda dan Angelica kumpul bersama keluarga, harmonis banget.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

7. Momen pertunangan Felicia Angelica dan sang kekasih, dihadiri oleh keluarga dan Christ Laurent.

7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)
7 Potret Felicia Angelica, Kakak Amanda Manopo yang Tak Kalah Cantik (Sumber: Instagram/@angelicamanopo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Dilarang, Pengusaha hingga Sopir Angkutan Umum Harus dapat Kompensasi

Posted: 21 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengamat Transportasi sekaligus ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, mengatakan bahwa pemerintah harus memberikan kompensasi bagi pengusaha angkutan umum darat, dan pekerja angkutan umum.

"Melarang mudik sangat memberatkan bagi pengusaha angkutan umum darat seperti bus antar kota antar privinsi/AKAP, antar jemput antar provinsi/AJAP atau travel, bus pariwisata dan taksi reguler, dan sebagian angkutan perairan. Berikanlah bantuan insentif dan kompensasi bagi pengusaha dan pekerja transportasinya," kata Djoko dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Rabu (22/4/2020).

Tujuannya agar tidak ada satupun perusahaan angkutan umum yang gulung tikar nantinya. Menurutnya yang rugi juga kelak pemerintah jika banyak perusahaan angkutan umum yang gulung tikar.

Selain itu ia juga menyarankan agar pemerintah merevisi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Covid-19, yang memberikan debitur untuk keringanan membayar angsuran dengan plafon hingga Rp10 miliar.

"Jangan dibatasi nilai hingga Rp 10 miliar, dihilangkan saja batasan itu, supaya pengusaha angkutan umum mendapat insentif penundaan pembayaran pinjaman. Juga penundaan membayar pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP)," ujarnya.

Pengemudi juga Dapat Kompensasi

Kendaraan yang didominasi pemudik melintasi Jalan Tol Cipali di kawasan Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (8/7). Diberlakukannya sistem satu arah atau one way menyebabkan jalur Trans Jawa dari arah Palimanan menuju Cikampek ramai lancar pada H+3 Lebaran. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan yang didominasi pemudik melintasi Jalan Tol Cipali di kawasan Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (8/7). Diberlakukannya sistem satu arah atau one way menyebabkan jalur Trans Jawa dari arah Palimanan menuju Cikampek ramai lancar pada H+3 Lebaran. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara bagi pekerja transportasi, seperti pengemudi dan knek juga perlu mendapatkan kompensasi dari pemerintah sebagai bentuk kehadiran negara melindungi pekerja transportasi. Sudah dialokasi mendapat Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan melalui Kepolisian.

"Agar data penerima tepat sasaran, para Kasatlantas di Polres sebagai pelaksana terendah dapat bekerjasama dengan Organda Kabupaten/Kota untuk mendapatkan data pengemudi angkutan umum di daerahnya," serunya.

Di samping itu, untuk mengantar bantuan sembako bagi warga kurang mampu, pemerintah tidak hanya menggandeng perusahaan transportasi online, dapat pula melibatkan organda. Supaya pengusaha angkutan darat juga memperoleh penghasilan untuk keberlangsungan hidupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sidoarjo Siap Tembak Penjahat Jalanan saat PSBB

Posted: 21 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur, siap menembak di tempat pelaku kejahatan jalanan saat diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) duntuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur Kombes Pol Sumardji mengatakan, selama masa pemberlakuan PSBB, aparat Polresta Sidoarjo akan fokus pada upaya menciptakan rasa aman, tentram dan nyaman di masyarakat, terutama di jalanan, Selasa 21 April 2020.

"Polisi tidak akan segan menembak di tempat pelaku kejahatan jalanan yang beraksi di tengah keprihatinan wabah virus corona ini," katanya, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, selama pandemi COVID-19, angka kejahatan memang cenderung menurun, tetapi aksi kejahatan di jalanan tetap saja terjadi.

"Melihat kondisi ini, aparat Polresta Sidoarjo akan bertindak tegas menembak di tempat pelaku kejahatan di jalanan selama pemberlakuan PSBB," katanya di Sidoarjo.

 

Tegas Terhadap Pelaku Kejahatan

Polresta Sidoarjo bersama TNI dan Brimob Polda Jatim menggelar razia di titik keberangkatan transportasi darat Terminal Purabaya Surabaya (Bungurasih). (Liputan6.com/
Polresta Sidoarjo bersama TNI dan Brimob Polda Jatim menggelar razia di titik keberangkatan transportasi darat Terminal Purabaya Surabaya (Bungurasih). (Liputan6.com/

Kapolresta Sidoarjo sudah memerintahkan para personel di jajarannya untuk tegas terhadap pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat.

"Di situasi seperti ini kami akan melakukan tindakan tegas, sekali lagi, tindakan tegas tembak di tempat, terukur," katanya.

Kabupaten Sidoarjo bersama Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik sudah mengajukan pemberlakuan PSBB ke Kementerian Kesehatan. Penerapan PSBB diajukan setelah melihat penyebaran COVID-19 yang semakin memprihatinkan.

Polresta Sidoarjo bersama dengan pemangku kepentingan di Sidoarjo sudah melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebarluasan virus corona atau COVID-19.

Salah satunya adalah dengan menerapkan physical distancing kepada warga dan juga membubarkan kerumunan warga yang bergerombol.

Polresta Sidoarjo juga memberikan bantuan bahan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribet, Chef Arnold Mau Masak Harus Hitung Diameter Ubi dan Volume Air Rebusan

Posted: 21 Apr 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari sebulan di rumah saja sejak wabah Corona Covid-19 meluas, sejumlah seleb Tanah Air memperlihatkan tingkah kocak. Dari yang halu menggelar konser di rumah, membuat tantangan di medsos, hingga menggelar demo masak. Chef Arnold Poernomo baru-baru ini dikabarkan hendak memasak ubi.

Sayangnya, sebelum masak ada sejumlah persoalan matematika terkait bentuk dan ukuran yang ternyata memengaruhi waktu memasak. Chef Arnold Poernomo mendiskusikan perhitungan matematika bentuk ubi dengan sahabatnya, YouTuber kondang, Jerome Polin.

Tak main-main, diskusi perhitungan ubi antara chef Arnold Poernomo dan Jerome Polin digelar di fitur Instagram Live dan bikin heboh jagat maya. Tak ayal diskusi yang dinilai penting enggak penting ini kebanjiran komentar warganet.

Astuti, Oh Astuti...

Unggahan Jerome Polin. (Foto: Twitter @jeromepolin)
Unggahan Jerome Polin. (Foto: Twitter @jeromepolin)

Ini semua berawal dari pesan langsung sejumlah warganet kepada chef Arnold Poernomo. Isinya, pengalaman Astuti yang mengukus 500 gram ubi berbentuk tabung dan dadu. Ubi tabung berdiameter 5,6 cm dan tinggi 2 cm. Ubi yang berbentuk dadu panjang sisinya 3 cm.

Keduanya dikukus dengan air sebanyak 500 mililiter. Yang mana, yang matang duluan? "Kalau secara logika yang tipis lebih cepet matang," ulas chef Arnold. Perdebatan soal ubi pun memanas di Instagram Live.

Jari-jari Itu Apa?

Unggahan Jerome Polin. (Foto: Twitter @jeromepolin)
Unggahan Jerome Polin. (Foto: Twitter @jeromepolin)

Dalam percakapan virtual terkuak, chef Arnold tak paham jari-jari. "Kalau diameternya 5,6 cm berarti jari-jarinya 2,8, kan?" beri tahu Jerome. "Jari-jari itu, apa?" tanya chef Arnold. Jari-jari adalah setengah dari diameter.

"Air 500 ml itu buat apa? Apakah banyaknya air dan temperatur itu punya efek terhadap kecepatan matangnya ubi?" tanya chef Arnold. Kali ini, Jerome tak berani memastikan. Mengingat teknik kukus dan rebus itu berbeda cara kerjanya. "Jadi jawabannya yang benar?" chef Arnold memastikan.

ASTUTI RIBET!

Jerome Polin. (Liputan6.com/IG/@jeromepolin)
Jerome Polin. (Liputan6.com/IG/@jeromepolin)

"(Tergantung) ini soal apa? Tata boga, matematika atau fisika," Jerome menjawab. Di pengujung percakapan, barulah terungkap bahwa chef Arnold tak punya ubi. "Enggak punya. Aku punyanya brokoli," sahut juru masak kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1988. 

Diskusi sengit tanpa kesimpulan ini membuat sejumlah warganet keki pada sosok Astuti. "ASTUTI RIBET!" ujar seorang warganet di Instagram Live. "Lagian ubi kok diitung, mending dimakan," yang lain menimpali. 

Ubi Tak Ada Yang Berbentuk Tabung

Jerome Polin dan chef Arnold. (Foto: Instagram @arnoldpo)
Jerome Polin dan chef Arnold. (Foto: Instagram @arnoldpo)

Di sela perhitungan yang rumit kedua pesohor ini mengeluh. "Dia yang masak, kita yang ribet," keluh Jerome Polin. Chef Arnold yang hilang kesabaran di tengah jalan mengomel, "Astuti tolong kamu di sini, Astuti!"

Beberapa detik kemudian ia berseloroh, "Astuti, jangan macam-macamlah! Kalau masak-masak saja enggak usah pakai itung-itungan. Lagian ubi itu enggak ada yang berbentuk tabung!" Ribet banget, ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona 22 April 2020: 652 Orang Dirawat di RS Wisma Atlet

Posted: 21 Apr 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, melaporkan perkembangan jumlah pasien rawat inap terkait virus Corona atau Covid-19, di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet pada Rabu (22/4/2020) pukul 08.00 WIB,

Total ada 652 pasien yang tengah dirawat inap di Wisma atlet. Jumlah ini berkurang dari hari sebelumnya.

"Pasien rawat inap berkurang 17 orang. Semula 699 orang menjadi 652 orang," kata Yudo saat dikonfirmasi, Selasa (20/4/2020).

Menurut dia, jumlah pasien positif virus Corona per hari ini bertambah. Dari semula 548 orang menjadi 559 pasien.

"Pasien Covid bertambah 11 orang," jelas Yudo.

Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait virus Corona bertambah 1, dari 14 menjadi 13 orang. "Sedangkan pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang 27 orang. Semula 107 orang menjadi 80 orang," jelas Yudo.

RS Pulau Galang

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (foto: dokumentasi BNPB)
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (foto: dokumentasi BNPB)

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono menambahkan, untuk pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Pulau Galang berjumlah 43 orang. Belum ada penambahan dari kemarin.

Dari jumlah tersebut, 31 orang di antaranya positif virus Corona atau Covid-19. "Positif Covid 31 orang, PDP 3 orang, OTG 9 orang" jelas Yudo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olimpiade Tokyo Bisa Digelar Tahun Depan Jika Ada Vaksin Corona Covid-19

Posted: 21 Apr 2020 08:35 PM PDT

Jakarta - Olimpiade 2020 Tokyo rencananya akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus tahun depan setelah diundur akibat pandemi corona. Namun, seorang profesor di University of Edinburg, Devi Sridhar mengatakan, harus ada vaksin COVID-19.

"Apabila kita bisa menemukan vaksin corona hingga tahun depan maka saya kira Olimpiade menjadi realistis bisa digelar tahun depan," kata Sridhar dikutip dari BBC, Sabtu (18/4/2020).

Lebih lanjut, Sridhar mengklaim bahwa vaksin virus corona tidak mudah didapatkan. Menurutnya, harus ada tes atau uji klinis selama satu tahun lebih.

Hal itu tentu membuat Olimpiade Tokyo belum tentu bisa digelar sekali pun pencarian vaksin sudah dimulai sejak sekarang. Sridhar pun ragu pesta olahraga terbesar dunia itu bisa dilangsungkan.

"Vaksin corona akan mengubah kondisi saat ini. Kita harus cepat menemukannya, sebab kalau tidak, menurut saya Olimpiade Tokyo tidak akan bisa digelar," katanya lagi.

 

Sedikit Optimisme

(AP Photo/Jae C. Hong)
(AP Photo/Jae C. Hong)

John Coates, Ketua Komisi Koordinasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada konferensi pers Kamis pekan kemarin sependapat dengan ucapan Sridhar.

Sama seperti Ketua Penyelenggara Tokyo 2020, Toshiro Muto, yang ragu Olimpiade bisa berjalan sesuai rencana. Namun, ia mengaku persiapan menuju event tersebut sudah dimulai dan diharapkan bisa berjalan baik.

 

Pernyataan Muto

"Tidak ada yang bisa memastikan apakah situasi akan terkendali pada Juli tahun depan atau tidak," kata Muto.

"Kami percaya bahwa langkah baru ini adalah pencapaian yang penting untuk memastikan persiapan kami selama lima hingga enam tahun ini tidak sia-sia. Kami akan terus bekerja sama dengan semua pemangku kebijakan untuk memastikan Olimpiade sukses," pungkasnya.

Sumber: BBC

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurisakhni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: