Kamis, 23 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lolos Uji Kemenkes, Ventilator Karya Anak Bangsa Siap Diproduksi

Posted: 23 Apr 2020 12:16 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ventilator portabel bernama Vent-I buatan anak bangsa telah lolos uji produk oleh h Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 21 April 2020.

Ventilator Vent-I merupakan produk kerja sama antara Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan YPM Salman. Ventilator ini berhasil lolos untuk semua kriteria uji sesuai dengan standard SNI IEC 60601-1:204: Persyaratan Umum Keselamatan Dasar dan Kinerja Esensial dan Rapidly Manufactured CPAP Systems, Document CPAP 001, Specification, MHRA, 2020 seperti mengutip laman resmi ITB.

Pengembangan Vent-I dilakukan oleh Syarif Hidayat yang merupakan dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dari Kelompok Keahlian Ketenagalistrikan ITB. Dalam pengembangan produk ini didukung oleh beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) dan Desain Produk, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB.

"Dengan lolosnya uji produk ini, Vent-I dinyatakan aman digunakan sebagai ventilator non-invasive untuk membantu pasien COVID-19," kata tim komunikasi publik dari pengembang Vent-I Hari Tjahjono.

Vent-I adalah alat bantu pernapasan bagi pasien yang masih dapat bernapas sendiri bukan diperuntukkan bagi pasien ICU. Vent-I dapat digunakan dengan mudah oleh tenaga medis.

"Semoga ikhtiar kami untuk mengembangkan ventilator pertama karya anak bangsa ini dapat membantu penanganan pasien COVID-19 dengan lebih baik," kata Hari.

 

 

Segera Diproduksi

Setelah lolos uji produk, Vent-I dalam waktu dekat segera diproduksi, kemudian dibagikan ke rumah sakit yang membutuhkan.

"Untuk kebutuhan sosial ini, Vent-I akan diproduksi sekitar 300-500 sesuai dengan jumlah donasi yang masuk ke Rumah Amal Salman. Produksi tahap pertama dimulai begitu lolos uji pada tanggal 21 April kemarin, dan akan diproduksi melalui kerjasama dengan PT DI," kata Hari.

Vent-I akan digunakan pada pasien sesuai indikasi medis. Pemakaian produk ini akan dikawal oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin) di rumah sakit yang telah ditunjuk.

Sementara untuk keperluan komersial, masih dalam proses pengurusan. "Diharapkan akan segera siap dalam beberapa hari ke depan. Kegiatan ini akan dikelola oleh PT. Rekacipta Inovasi ITB," kata Hari.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UEFA Siapkan Panduan untuk Liga yang Berhenti karena Pandemi Corona Covid-19

Posted: 23 Apr 2020 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Nyon - Otoritas sepak bola Eropa, UEFA berencana mengeluarkan panduan bagi liga yang tidak tuntas karena pandemi virus corona covid-19. Panduan itu akan dijadikan acuan bagi setiap klub untuk lolos ke Liga Champions atau Liga Europa.

Seperti diketahui, beberapa liga lokal di Eropa berencana menghentikan kompetisi mereka di tengah jalan. Penghentian itu sehubungan dengan belum meredanya pandemi corona covid-19.

Salah satu liga yang kabarnya akan berhenti adalah Liga Belanda. Sementara, Liga Belgia sudah lebih dulu diberhentikan dan Club Brugge ditahbiskan sebagai juara.

UEFA sejatinya mengimbau kompetisi untuk tetap dilanjutkan jika pandemi selesai. Namun seperti dilansir Sportskeeda, mereka juga telah menyiapkan panduan bagi liga yang tidak tuntas.

"Sangat direkomendasikan menuntaskan kompetisi domestik. Tetapi untuk kasus tertentu, sebuah panduan terkait partisipasi di kompetisi tingkat Eropa sudah dikembangkan," tulis UEFA.

Pandemi virus corona covid-19 memang belum mereda. Menurut data World O Meters, Kamis (23/4/2020) ada 2,6 juta lebih orang yang dinyatakan positif di seluruh dunia.

Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan kasus positif virus corona terbanyak (849.092), disusul Spanyol (208.389), dan Italia (187.327). Total ada 184.235 korban meninggal dan 717.819 sembuh di seluruh dunia.

 

Adakan Pertemuan

Suasana Stadion Wembley di London, Selasa (17/3/2020). UEFA menunda gelaran Piala Eropa 2020 karena virus corona COVID-19. (AP Photo/Alastair Grant)
Suasana Stadion Wembley di London, Selasa (17/3/2020). UEFA menunda gelaran Piala Eropa 2020 karena virus corona COVID-19. (AP Photo/Alastair Grant)

UEFA mengatakan, panduan itu telah dikeluarkan setelah mereka bertemu dengan 55 anggota. Panduan tersebut merupakan salah satu dari opsi yang disiapkan tim bentukan UEFA.

Opsi lain yang dibahas adalah berbagai variasi tanggal untuk kompetisi sepak bola agar dapat digelar. "Variasi pilihan tanggalnya baik untuk kompetisi antar-negara dan liga lokal telah dipaparkan juga," tulis UEFA.

 

Pembayaran Anggota

Selain membahas nasib kompetisi, UEFA juga membahas pembayaran untuk asosiasi di setiap negara Eropa. Organisasi pimpinan Aleksander Ceferin itu berkomitmen menuntaskan hal tersebut.

"Pendanaan asosiasi nasional lewat program UEFA HatTrick juga didiskusikan dan UEFA berkomitmen membayar kepada para asosiasi anggota seperti yang telah direncanakan," tulis UEFA.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Kata Motivasi Lucu Bermakna, Bikin Semangat Jalani Hidup

Posted: 23 Apr 2020 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata motivasi lucu bermakna bisa banget untuk kamu jadikan penyemangat untuk orang-orang yang dekat denganmu. Karena, dengan kita memberi kata motivasi lucu bermakna, setidaknya dia akan terhibur.

Tidak hanya sebagai penghibur orang terdekatmu dikala bersedih. Namun kata motivasi lucu bermakna tersebut bisa saja kamu jadikan postingan di media sosial yang bisa menghibur.

Kata motivasi lucu bermakna biasanya bertemakan pengalaman kehidupan, baik yang dialami sendiri atau yang dialami oleh orang lain. Bahkan, di balik kata motivasi lucu bermakna tersebut ada cerita yang terkadang sangat menyentuh hati. Namun apa boleh buat, hidup akan selalu berputar, memang ada masanya berada di atas, tapi ada juga saat kita berada di bawah.

Kata motivasi tidak selamanya harus serius. Karena ada kalanya kita membutuhkan hiburan yang dapat membuat perasaan kita menjadi senang kembali, dan setidaknya sedikit membuat lupa akan beban masalah yang sedang dihadapi.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber kata motivasi lucu bermakna yang bisa kamu jadikan hiburan, Kamis (23/4/2020).

Kata motivasi lucu bermakna agar tidak mudah putus asa

Kata-kata Motivasi Sukses / Sumber: iStockphoto
Kata-kata Motivasi Sukses / Sumber: iStockphoto

1. "Jika rencana A tidak berhasil, masih ada 25 huruf alfabet lainnya. Santai saja."

2. "Hidup itu sudah susah dan kadang banyak masalah. Untuk itulah, terkadang hidup hanya perlu ditertawakan saja." (Ernest Prakasa)

3. "Saat hidup menutup pintu untukmu, buka lagi saja. Itu hanya pintu, itulah cara kerjanya."

4. "Jika kamu jatuh, aku selalu ada untukmu. Tertanda, lantai."

5. "Saya bekerja keras karena sadar kalau uang tidak punya kaki buat jalan sendiri ke kantong saya."

6. "Edison gagal 10.000 kali sebelum dia membuat lampu listrik. Jangan berkecil hati jika kamu gagal beberapa kali." (Napoleon Hill)

7. "Jangan menyerah akan mimpimu. Jadi, kembali tidurlah."

8. "Orang sering mengatakan bahwa motivasi tidak bertahan lama. Yah, begitu juga mandi. Itu sebabnya kami merekomendasikannya setiap hari." (Zig Ziglar)

9. "Bekerjalah dengan giat, sampai rekening bank kamu terlihat seperti sebuah nomor telepon."

10. "Jika ada seseorang yang meledekmu jelek, santai saja. Bilang padanya kalau kamu bukan cermin."

Kata motivasi lucu bermakna agar selalu bersyukur atas kehidupan

Kata-kata motivasi di pagi hari (Sumber: Pixabay)
Kata-kata motivasi di pagi hari (Sumber: Pixabay)

11. "Manusia itu emang susah nyalahin diri sendiri. Leher pegel dibilang salah bantal."

12. "Cobalah untuk menjadi seperti kura-kura, tenang di cangkangmu sendiri." (Bill Copeland)

13. "Kacamata hitam bisa membantumu mengamati orang tanpa ketahuan. Sama seperti Instagram di dunia nyata."

14. "Jika kamu berpikir kamu terlalu kecil untuk membuat perubahan, cobalah tidur bersama seekor nyamuk." (Dalai Lama)

15."Saat hidup tidak memberimu senyuman, beri dia sedikit gelitikan."

16. "Ketika saya mendengar seseorang menghela nafas dan, "Hidup itu sulit," saya selalu tergoda untuk bertanya, "Dibandingkan dengan apa?" (Sydney Harris)

17. "Seperti halnya beramal, mandi pun demikian. Kalo cuma mampu cuci muka, ya cuci muka aja, jangan dipaksa"

18. "Dalam hidup, perbanyaklah mikir dan zikir, agar hidup tenang dan tentram, selamat makan siang, jangan lupa bayar!"

19. "Aku selalu ingin menjadi orang lain, tapi sekarang aku sadar kalau aku harus menjadi lebih spesifik." (Lily Tomlin)

20. "Selalu ikuti kata hatimu. Tapi jangan lupa bawa juga otakmu."

Kata motivasi lucu bermakna bagi percintaan

Kata-kata Motivasi Islami / Sumber: iStockphoto
Kata-kata Motivasi Islami / Sumber: iStockphoto

21. "Betapa anehnya memimpikanmu, padahal aku sedang terbangun." (David Jones)

22. "Terlalu banyak manusia berharap pelukan saat hujan. Aku tak senaif itu, senyummu cukup menghangatkan."

23. "Lebih baik pacaran terus kita di sakitin, setidaknya kita pernah di bahagiain dari pada di PHP-in belum pacaran aja kita sudah di sakitin." (Cak Lontong)

24. "Meskipun kamu gendut, kamu tetap muat untuk masuk ke dalam hatiku."

25. "Ya Tuhan jika dia bukan jodohku, tolong hapuskan kata bukan dari hidup ini."

26. "Manusia boleh berencana, tapi saldo juga yang menentukan."

27. "Bila Anda jelek, jangan takut mencintai. Karena yang seharusnya takut adalah yang Anda cintai." (Cak Lontong)

28. "Anak kecil gak punya temen aja nangis, gimana hati kecil ini yang gak punya pasangan."

29. "Hanya karena seseorang terlihat baik, belum tentu mereka memang yang terbaik untukmu. Susu yang tumpah pun warnanya tetap putih."

30. "Apa kamu tahu, wanita sangat berisiko terkena diabetes? Ya, sebab dia sering menelan janji manis."

Kata motivasi lucu bermakna serta nasihat bagi sahabat

Kata Bijak Motivasi Islam / Sumber: iStockphoto
Kata Bijak Motivasi Islam / Sumber: iStockphoto

31. "Saat istimewa, adalah ketika kamu dan sahabatmu saling bertatapan karena tahu isi pikiran satu dengan lainnya dan tertawa lepas."

32. "Berharap menjadi teman itu cepat, tetapi persahabatan adalah buah yang lama matangnya." (Aristoteles)

33. "Hidup itu seperti sebuah acara televisi yang sangat panjang tanpa adanya iklan."

34. "Usia tidak ada artinya, kecuali kalau kamu adalah keju." (Billie Burke)

35. "Kita adalah sahabat. Selalu ingat, saat kamu jatuh aku akan membangkitkanmu, setelah aku selesai tertawa."

36. "Kita tidak berhenti berhenti bermain karena kita tumbuh dewasa; kita tumbuh dewasa karena kita berhenti bermain." (George Bernard Shaw)

37."Ponsel jatuh, kita panik. Teman jatuh, kita ketawa."

38. "Teman membelikanmu makanan, sahabat memakan makananmu."

39. "Jangan biarkan temanmu sendirian. Terus ganggu dia."

40. "Didepan orang tua, kita harus sopan. Didepan pacar, kita harus romantis. Didepan sahabat, kita harus kaya orang gila."

 

Semoga dengan kata motivasi lucu bermakna diatas dapat mengembalikan semangatmu dan orang disekiatarmu ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koalisi Tolak Kriminalisasi dan Rekayasa Kasus Desak Polisi Bebaskan Ravio Patra

Posted: 23 Apr 2020 12:14 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Tolak Kriminalisasi dan Rekayasa Kasus mendesak kepolisian membebaskan aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik, Ravio Patra. Polisi menangkap Ravio Patra pada Rabu (22/4/2020) malam setelah akun WhatsApp-nya diretas.

"Presiden Joko Widodo dan Kapolri untuk segera melepaskan Ravio Patra, menghentikan proses kriminalisasi, dan juga menghentikan tindakan-tindakan pembungkaman kepada warga negara lainnya," ujar Damar Juniarto, Direktur Eksekutif SAFEnet dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Koalisi Tolak Kriminalisasi dan Rekayasa Kasus ini terdiri dari sejumlah tokoh dan organisasi masyarakat sipi, antara lain Safnet, YLBHI, LBH Pers, KontraS, AMAR, ICW, Lokataru, AJAR, Amnesty International Indonesia, dan ICJR.

Damar meminta polisi menghentikan upaya-upaya dari pihak tertentu yang meretas gawai ataupun akun media sosial masyarakat yang kritis mendorong pemerintah untuk transparan dan bekerja dengan benar.

"Pemerintah harus memastikan setiap warga negara dilindungi oleh hukum dalam menikmati hak-hak yang dijamin oleh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ujar dia.

Terakhir, Damar menyampaikan, pihakya mendorong polisi segera membongkar dan mengungkap sosok yang meretas telepon seluler (ponsel) Ravio Patra.

"Tentu kemampuan meretas tidak dimiliki oleh sembarang orang atau instansi. Polri seharusnya menangkap pihak-pihak yang telah meretas handphone Ravio dan menyebarkan hoaks kerusuhan dengan menggunakan WhatsApp Ravio, bukan menangkap Ravio," ucap Damar.

Dia menjelaskan, Ravio Patra juga sempat mengumumkan secara terbuka melalui akun twitter pribadinya @raviopatra terkait peretasan ponsel miliknya.

"Bahwa WhatsApp miliknya diretas dan dikendalikan oleh orang lain, dan meminta agar tidak ada yang mengontak WhatsApp-nya, tidak menanggapi pesan yang datang dari nomornya, dan meminta agar akunnya dikeluarkan dari berbagai WhatsApp Group," ucap dia.

 

Sebar Pesan Provokasi

Ilustrasi Cyber Security. Foto: kean.edu
Ilustrasi Cyber Security. Foto: kean.edu

Sebelumnya, Damar mengungkapkan, penangkapan itu tak lama setelah handphone Ravio Patra diretas oleh orang tidak dikenal.

Dia menyampaikan peretas menyebarkan pesan-pesan bermuatan provokasi. Adapun bunyinya pesan adalah sebagai berikut:

"KRISIS SUDAH SAATNYA MEMBAKAR!AYO KUMPUL DAN RAMAIKAN 30 APRIL AKSI PENJARAHAN NASIONAL SERENTAK, SEMUA TOKO YG ADA DIDEKAT KITA BEBAS DIJARAH." 

Damar mengatakan, Ravio Patra lah yang bercerita langsung bahwa ponselnya diretas.

"Ravio menunjukkan pesan ketika mecoba menghidupkan WA, muncul tulisan: "You've registered your number on another phone" Dicek ke pesan inbox SMS, ada permintaan pengiriman OTP," ujar Damar.

Damar menyarankan Ravio melaporkan peristiwa ini ke Head of Security WhatsApp. Pelaku pembobolan menemukan cara mengakali nomor mereka untuk bisa mengambil alih WhatsApp yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor Ravio.

"Dikatakan memang terbukti ada pembobolan, karena OTP dikirim ke nomer Ravio, besar kemungkinan pembobol sudah bisa membaca semua pesan masuk lewat nomer tersebut," ucap dia.

Menurut Damar, motif penyebaran itu ingin menjebak Ravio sebagai salah satu yang akan membuat kerusuhan.

"Saya minta Ravio untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan semua bukti. Agar kami bisa memeriksa perangkat tersebut lebih lanjut," ucap dia.

Damar mengungkapkan, keberadaan Ravio Patra. "Saat ini ada di Polda Metro Jaya," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indomie X WeCare.id Ajak Generasi Muda Donasi Buat Tenaga Medis

Posted: 23 Apr 2020 12:11 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi salah satu negara yang menerapkan pandemi Covid-19. Per 23 April 2020, jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Tanah Air menembus angka 7.000-an orang. 

Ya, setiap hari jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah, sementara alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan tenaga medis di rumah sakit sangat terbatas. Ada lebih dari 300 rumah sakit yang tersebar di Nusantara dan membutuhkan APD.

Dari fakta itulah, Indomie berkolaborasi dengan WeCare.id dan mengajak para generasi muda Indonesia untuk ikut membantu.  Selain dengan nyaman di rumah, kita bisa membantu dengan cara berdonasi.  Donasi itu nantinya akan dikonversikan menjadi APD. 

Diketahui, setiap satu rumah sakit membutuhkan 100-500 masker untuk tenaga medis profesional. Tak hanya masker, ada 19 APD lainnya yang dibutuhkan para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menangani Covid-19. 

Indomie X WeCare.id siap mengonversikan hasil donasi dari masyarakat menjadi APD untuk tenaga medis.
Indomie X WeCare.id siap mengonversikan hasil donasi dari masyarakat menjadi APD untuk tenaga medis.

APD itu berupa head cap, sarung tangan, face shield, googles, hand wash and sanitizer, disinfektan, Covid screening test, APD lengkap hazmat, coverall, surgical apron, boots, dan masih banyak lagi yang diperlukan para tenaga medis dari Sabang sampai Merauke. 

Melihat kebutuhan itu, kini saatnya kita membantu mereka yang telah bekerja setiap hari menjaga pasien. Meski dari rumah, kamu tetap bisa berkontribusi membantu tenaga medis untuk melengkapi APD. Total dana yang dibutuhkan sekitar Rp780 juta. 

Yuk bersama Indomie, turut memberikan rasa aman bagi para tenaga kerja medis yang sedang berjuang. Bersama kamu, Indonesia bisa mewujudkan hal tersebut menjadi nyata, agar kita tetap #NyamandiRumah dan Mereka Aman Bekerja. Indomielovers, yuk berdonasi untuk pahlawan kesehatan di sini.  

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Corona, Pelaku IKM Pengolahan Kopi Diminta Kreatif

Posted: 23 Apr 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Industri kecil dan menengah (IKM) pengolahan kopi menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi covid-19. Setelah sejumlah negara pasar ekspor memberlakukan lockdown atau karantina wilayah guna melindungi warganya dari virus berbahaya asal kota Wuhan.

"Ini menjadi masalah tapi ini challenge. Diperlukan terobosan kreativitas oleh pelaku usaha industri pengolahan kopi," tegas Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam talkshow online #SatuDalamKopi, Kamis (23/4).

Menurut Agus kreativitas merupakan kunci kesuksesan ditengah tertekannya bisnis pengolahan kopi nasional akibat menurunnya tingkat konsumsi kopi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kreativitas pula yang membuat kelangsungan bisnis pengolahan kopi tetap terjaga ditengah ancaman gulung tikar akibat wabah corona.

Adapun bentuk dari kreativitas sendiri ialah pemasaran produk kopi secara online agar dapat menjangkau pasar lebih luas dan aktif melakukan pameran kopi lokal secara daring guna mendorong tingkat konsumsi masyarakat akan produk kopi nusantara. "Dengan ini (kreativitas) saya yakin kopi Indonesia bisa," imbuh dia.

Kendati demikian, Menperin Agus mengharuskan seluruh pihak di sektor pengolahan kopi untuk memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Aturan ini dimaksudkan untuk menekan penyebaran virus covid-19 demi perbaikan iklim usaha di Tanah Air.

Menperin Agus kemudian berjanji bahwa pihaknya akan mengupayakan pemberian bantuan stimulus bagi pelaku IKM pengolahan kopi yang terdampak wabah corona dan mengusulkan kemudahan regulasi ekspor hasil olahan kopi lokal kepada kementerian lainnya yang terkait.

IKM Pengolahan Biji Kopi

Ilustrasi es kopi jelly. Sumber foto: unsplash.com/Kari Shea.
Ilustrasi es kopi jelly. Sumber foto: unsplash.com/Kari Shea.

Sebelumnya, Menperin Agus mengatakan bahwa saat ini terdapat 1.204 pelaku IKM yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah Indonesia.

Dengan didukung ketersediaan bahan baku dan potensi pasar yang besar, industri pengolahan kopi mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional.

Kementeriannya mencatat, capaian ekspor produk kopi olahan yang mencapai USD 579,98 juta sepanjang 2018 atau meningkat 19,1 persen dibanding tahun 2017. Ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang telah menembus sejumlah pasar mancanegara di ASEAN, China, dan Uni Emirat Arab.

Namun pandemi covid-19 membawa dampak buruk bagi kelangsungan usaha kopi olahan akibat sepinya jumlah pengunjung. Bahkan, sejumlah petani kopi di Aceh kehilangan pendapatan hingga 50 persen akibat harga kopi yang menurun drastis.

Agus pun mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Tokopedia, serta para pelaku industri kopi lokal, menginisiasi kampanye #SatuDalamKopi. Langkah kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan kopi nusantara sekaligus membuat roda perekonomian tetap bergerak di tengah pandemi covid-19.

"Kampanye #SatuDalamKopi merupakan contoh nyata bagaimana kita bersama ambil bagian untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi dan masyarakat luas yang pada gilirannya akan berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai pasoknya," jelas Agus.

Kampanye nasional ini dilangsungkan pada 20-26 April 2020 di Tokopedia akan melibatkan hampir 1.200 pelaku industri kopi dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Tak hanya pelaku industri kopi, para pecinta kopi pun bisa turut berpartisipasi dalam menyemarakkan kampanye yang diselenggarakan selama tujuh hari tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Pertimbangkan Mundur dari Perburuan Harry Kane, Tottenham Beri Diskon

Posted: 23 Apr 2020 12:10 AM PDT

London - Manchester United (MU) dikabarkan mundur dari perburuan tanda tangan Harry Kane. Dan setelah laporan tersebut mencuat, Tottenham pun disebut langsung memangkas harga sang penyerang sebesar 50 persen.

Harry Kane merupakan penggawa paling penting Tottenham saat ini. Ia sudah menjadi tumpuan di lini depan sejak pertama kali terlihat di White Hart Lane pada tahun 2013 lalu.

Masalahnya, kapten Timnas Inggris itu terus dikabarkan akan hengkang pada akhir musim 2019/20. Alasannya ialah karena Tottenham selalu kesulitan untuk jadi kandidat peraih trofi dari berbagai ajang bergengsi.

Satu-satunya momen di mana Tottenham terlihat sangat dekat dengan trofi juara ada pada penghujung musim kemarin. Ya, mereka berhasil mencapai final Liga Champions namun tumbang di tangan Liverpool.

Mengingat seberapa pentingnya Kane, jelas saja kalau Tottenham sampai memasang bandrol tinggi untuk Harry Kane. Tak tanggung-tanggung, the Lilywhites meminta mahar senilai 200 juta pound sterling.

Angka tersebut melebihi nilai transfer Neymar ke PSG pada tahun 2017 lalu, yakni sebesar 198 juta pounds. Perlu diketahui bahwa Neymar memegang status pemain termahal di dunia saat ini.

Tottenham Pangkas Harga Kane

Pemain Tottenham Hotspur, Harry Kane dan bek tengah Liverpool, Dejan Lovren melompat saat berebut bola pada pekan ke-10 Liga Inggris musim 2019/20 di Anfield, Minggu (27/10/2019). Menjamu Tottenham Hotspur, pasukan Jurgen Klopp menang 2-1 setelah sempat tertinggal. (AP/Jon Super)
Pemain Tottenham Hotspur, Harry Kane dan bek tengah Liverpool, Dejan Lovren melompat saat berebut bola pada pekan ke-10 Liga Inggris musim 2019/20 di Anfield, Minggu (27/10/2019). Menjamu Tottenham Hotspur, pasukan Jurgen Klopp menang 2-1 setelah sempat tertinggal. (AP/Jon Super)

Manchester United menilai harga yang dipasang Tottenham terlalu tinggi. Ditambah dengan krisis yang disebabkan oleh pandemi virus corona, mereka pun memutuskan untuk mundur secara teratur.

Tottenham pun jadi melunak. Calciomercato melaporkan bahwa klub besutan Jose Mourinho tersebut memangkas harga Harry Kane menjadi 100 juta pounds saja, 50 persen dari angka yang sudah diusung sebelumnya.

Manchester United bukanlah satu-satunya klub yang meminati Kane. Dari laporan, diketahui bahwa raksasa Eropa lainnya seperti Juventus dan Real Madrid juga meminati jasa pemain berusia 26 tahun itu.

Juventus membutuhkan sosok pengganti Gonzalo Higuain yang sudah menua. Apalagi setelah penyerang berdarah Argentina tersebut dikabarkan enggan pulang ke Italia. Higuain sekarang berada di Argentina untuk menemani ibunda yang sedang sakit.

Masalah yang sama juga dialami oleh Real Madrid. Karim Benzema sudah memasuki usia berkepala tiga dan bomber terbarunya, Luka Jovic, belum mampu memenuhi ekspektasi sampai saat ini.

Sumber: Sports Mole

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 22/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.000 Hari di Indonesia, Penjualan Wuling Tembus 46.362 Unit

Posted: 23 Apr 2020 12:09 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) pada April tahun ini, genap 1.000 hari berkiprah di pasar otomotif nasional. Sederet pencapaian manis dari pabrikan asal Cina ini tercatat jelas, termasuk salah satunya raihan penjualan yang cukup postif sepanjang kurang lebih tiga tahun.

Mengandalkan empat model, yaitu Confero, Cortez, Formo, dan Almaz, jenama asal Negeri Tirai Bambu ini mampu menjual sebanyak 46.362 unit selama kiprahnya di Tanah Air.

"Penjualan selama 1.000 hari berada di angka lebih dari 45 ribu unit. komposisinya sendiri, masih Confero paling banyak dengan 26.550 unit, kemudian Almaz berada di posisi kedua karena baru diluncurkan 2019, dengan penjualan 9.903 unit, Cortez 9.424 unit, dan Formo 485 unit," jelas Brian Gomgom, Media Relation Wuling Motors, saat berbincang dengan media dalam program Ngobrol Virtual Dulu yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (23/4/2020).

Lanjut pria yang akrab disapa Gomgom ini, pencapaian penjualan selama 1.000 hari tersebut bisa dibilang cukup baik dari segi kuantitas maupun kualitas, karena dari tahun ke tahun totap penjualan terus meningkat.

"Dengan kondisi sekarang, penjualan kami sudah cukup baik. Setiap tahun juga bertumbuh, dan dari tahun ke tahun meningkat dan itu positif bagi kita," jelasnya.

Sementara itu, dengan penjualan yang cukup baik tersebut, memang tidak terlepas dari penerimaan tepat dari model yang dihadirkan Wuling. Pasalnya, setiap merencanakan produk baru untuk Indonesia, akan ada serangkai riset sehingga bakal tercipta model yang memang sesuai kebutuhan masyarakat di Indonesia.

"Secara garis besar, filosofi Wuling dalam menghadirkan model baru titik beratnya di value. Kalau orang membeli sesuatu dilihat pertama kali value-nya, kadang-kadang dalam memilih barang apapun tidak hanya mobil, duit segini dapet apa," tukas Gomgom.

Teknologi

Memang, dengan hal tersebut terbukti model yang dihadirkan Wuling memiliki nilai pembeda dari apa yang sudah ada di pasar. Salah satu contohnya, saat Wuling Confero keluar, mobil ini sudah disematkan fitur TPMS atau Tire Pressure Monitoring System yang sejatinya itu merupakan fitur untuk mobil menengah ke atas.

Sedangkan yang paling baru, adalah Wuling Almaz dengan fitur voice command berbahasa Indonesia (WIND). Meskipun perintah suara bukan hanya milik Wuling, tapi juga dipakai oleh berbagai pabrikan lainnya, namun dengan ciri khas bahasa Indonesia, itu sudah menjadi salah satu keunggulan Wuling dan seperti fitur tersebut merupakan milik Wuling sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Tak Surutkan Warga Jakarta untuk Berziarah Jelang Ramadan

Posted: 23 Apr 2020 12:06 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadan, beberapa tempat pemakaman umum (TPU) mulai ramai dikunjungi warga yang berziarah. Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat mereka untuk memanjatkan doa.

Salah satunya di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Petugas jaga Agustri menyatakan, jumlah peziarah meningkat sejak sepekan terakhir. Biasanya, warga berdatangan pada pagi dan sore hari.

"Kamis ini H-1 ramadan ini ramai sekali," kata Agustri, Kamis (23/4/2020).

Agustri meminta peziarah tetap memperhatikan keselamatan agar tidak tertular Covid-19. Dia mengimbau menggunakan masker ketika memasuki area pemakaman.

"Mereka kami imbau pakai masker, cuci tangan, dan selalu jaga jarak," ujar dia.

Salah satu penziarah Evia Putri menyatakan, ziarah kubur menjelang Ramadan sudah menjadi tradisi keluarganya selama turun temurun. "Sudah tradisi kalau mau puasa itu ziarah dulu," ujar dia.

Pakai Masker

Evia mengaku sedikit khawatir saat berziarah pada siang tadi. Apalagi, jika ada mobil ambulans melintas di area pemakaman.

"Kita lihat-lihat juga kalau ada ambulans suka deg-degan takut ambulans yang bawa korban Covid-19," ujar dia.

Tapi, Evia meyakini virus Corona tidak akan menularinya sepanjang mengikuti ajuran dari pemerintah. "Deg-degan pasti cuma safety aja pakai masker, hand sanizter," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kendaraan Keluar Jabodetabek Meningkat 27 Persen Usai Jokowi Larang Mudik

Posted: 23 Apr 2020 12:04 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut, ada kenaikan volume kendaraan sebanyak 27 persen. Tercatat, sebanyak 44.550 kendaraan yang keluar wilayah Jabodetabek melalui Gerbang Tol Cikampek Utama pada 21-22 April 2020.

"Berdasarkan perhitungan di Gerbang Tol Cikampek Utama, terjadi kenaikan volume arus kendaraan sebanyak 27 persen, dari 18.753 kendaraan pada tanggal 21 April menjadi 25.797 kendaraan pada tanggal 22 April 2020," kata Sambodo dalam keterangannya, Kamis (23/4).

Meski begitu, Sambodo belum memastikan apakah peningkatan volume kendaraan itu terkait dengan adanya pelarangan mudik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yakni mulai 24 April 2020.

"Belum tahu (ada atau tidaknya keterkaitan dengan larangan mudik)," ujarnya.

 

Jokowi Keluarkan Larangan Mudik

Sejumlah calon pemudik bersiap memasuki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Terminal Kampung Rambutan masih melayani penumpang menjelang pelarangan mudik Lebaran 2020 guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pada Jumat 24 April mendatang. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah calon pemudik bersiap memasuki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Terminal Kampung Rambutan masih melayani penumpang menjelang pelarangan mudik Lebaran 2020 guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pada Jumat 24 April mendatang. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah memutuskan larangan mudik Lebaran 2020 untuk seluruh masyarakat Indonesia. Polri pun berencana melakukan penyekatan jalur keluar masuk di setiap daerah.

"Kalau memang itu sudah larangan, kita harus melaksanakan dan mengamankan sesuai perintah Presiden. kita yang di lapangan akan melakukan penyekatan terhadap kendaraan-kendaraan yang akan keluar Jakarta," tutur Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin saat dikonfirmasi, Selasa (21/4).

Penyekatan dikhususkan untuk kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, kemudian transportasi umum. Sementara untuk truk pengangkut sembako, bahan bakar, dan sejenisnya dikecualikan.

"Itu tidak kita larang, biar tetap berjalan ekonomi ini," jelas dia.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terinfeksi Covid-19, Kulit Dua Dokter Ini Berubah Jadi Cokelat

Posted: 23 Apr 2020 12:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Media China baru-baru ini melaporkan kasus dua dokter yang terinfeksi virus corona dan mengalami perubahan pigmentasi kulit yang cukup drastis. Mereka adalah Dr. Yi Fan dan Dr. Hu Weifeng, yang terinfeksi Covid-19 sejak Januari lalu usai menangani pasien di Rumah Sakit Pusat Wuhan.

Dr. Yi dan Dr. Hu telah menghabiskan waktu lebih dari sebulan terbaring di ranjang dengan alat bantu pernapasan. Keduanya terkejut saat sadar dan melihat bahwa kondisi kulitnya berubah drastis.

Bagaimana tidak, kulit mereka yang awalnya cerah berubah menjadi cokelat gelap. Dalam laporan TV Satelit Beijing, penonton pun ikut terkejut melihat foto sebelum dan sesudah kedua dokter dirawat lantaran Corona Covid-19.

 

foto: Beijing Satellite TV/YouTube
foto: Beijing Satellite TV/YouTube

Beberapa rekan dokter yang merawat Dr. Yi dan Dr. Hu mengatakan bahwa perubahan pigmentasi kulit disebabkan oleh obat yang digunakan pada masa-masa awal perawatan mereka.

Efek dari obat

foto: Beijing Satellite TV/YouTube
foto: Beijing Satellite TV/YouTube

Rupanya salah satu efek samping dari obat yang digunakan adalah perubahan warna kulit. Dr. Yi, adalah seorang ahli jantung dan berhasil selamat dari Covid 19 setelah dia memakai alat pendukung kinerja paru-paru dan jantung yang disebut ECMO selama 39 hari. Alat ini menggantikan fungsi jantung dan paru-paru dalam memompa oksigen di dalam darah.

Kepada seorang wartawan Dr. Yi mengaku sudah merasa jauh lebih baik namun belum mampu berdiri dan jalan tanpa bantuan. Dia juga mengaku mengalami trauma akibat penyakit tersebut dan kerap mimpi buruk di malam hari.

Bersifat sementara

foto: Beijing Satellite TV/YouTube
foto: Beijing Satellite TV/YouTube

Sementara itu kondisi Dr. Hu jauh lebih serius. Pada video yang beredar Dr. Hu belum mampu berbicara. Namun dia mencoba menekan lengan dokter yang merawatnya sebagai ungkapan rasa terima kasih.

Dr. Hu yang merupakan seorang ahli urologi, telah berbaring di tempat tidur selama 99 hari dan dokter mengatakan mereka khawatir tentang kondisi mentalnya.

Dr. Li Shusheng, yang telah memantau pemulihan Dr. Hu, mengatakan kepada Beijing Satellite TV bahwa perubahan warna kulit kedua dokter itu sangat mungkin bersifat sementara dan akan kembali normal segera setelah fungsi hati mereka membaik. Keduanya juga diberikan dukungan kesehatan mental untuk membantu mereka mengatasi pengalaman traumatis yang mereka alami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiongkok dan Standar Baru Makan di Luar Rumah

Posted: 23 Apr 2020 12:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Restoran yang tengah berjuang di tengah pandemi corona COVID-19 mulai bertanya, pun penyebaran virus corona baru berakhir, bagaimana cara menarik pelanggan untuk kembali makan di luar rumah?

"Tiba-tiba jadi seperti, saya tak yakin bila seseorang menyentuh makanan saya," ucap Bob Goldin, partner di sebuah perusahaan konsultan di Amerika Serikat seperti dilansir dari laman South China Morning Post, Kamis (23/4/2020).

Pada satu atau cara lain, Goldin mengatakan, orang-orang mulai mengadaptasi hidup tanpa pergi ke restoran. "Konsumen, di mana kebanyakan mereka terbiasa masak di rumah atau tengah menghadapi pergolakan ekonomi, dikatakan akan sangat perlahan untuk kembali ke bar maupun restoran," imbuhnya.

Donald Trump, melibatkan para pemimpin indusri, minggu lalu membahas cara memperbaiki lingkaran ekonomi usai pandemi berakhir. Keputusannya, sekian banyak negara bagian di Negeri Paman Sam akan menyeimbangkan pemasukan restoran dengan realita bahwa kebiasaan makan di luar rumah mungkin tak kembali seperti sebelumnya.

Demi bertahan, bisnis harus membuat konsumen merasa aman dengan menjaga jarak di antara mereka, sebagaimana yang dilakukan banyak pelaku bisnis kuliner di Tiongkok, dan menemukan cara untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Disebutkan bahwa perhatian sekarang sedang tertuju ke Tiongkok perihal bagaimana mereka menetapkan standar baru makan di luar rumah. Kebanyakan restoran sekarang memang menerapkan jasa pengantaran, bahkan sampai ke kebutuhan pokok.

"Saya pikir, social distancing akan terus berlangsung beberapa saat, bahkan setelah pandemi berakhir. Karenanya bisnis tertentu harus siap dengan kemungkinan mereka yang akan menghindari tempat ramai," tutur Dr Erin DiCaprio, ahli di bidang keamanan makanan dari University of California.

Adaptasi yang Bisa Dilakukan Restoran

Gambar ini diambil pada 11 April 2018, menunjukkan pelanggan yang memasukkan pesanan dengan mesin pembayaran di restoran McDonald di Beijing. ( Wang Zhao / AFP.
Gambar ini diambil pada 11 April 2018, menunjukkan pelanggan yang memasukkan pesanan dengan mesin pembayaran di restoran McDonald di Beijing. ( Wang Zhao / AFP.

Jack Li, CEO badan penelitian Datassential mengatakan, restoran akan diharuskan menjaga jarak tertentu antar pelanggan, juga mengadopsi metode pembayaran tanpa kontak dengan meniadakan opsi tunai maupun memberi kartu kredit.

Ia menambahkan, layanan buffet sangat mungkin hilang. "Pekerja akan memakai sarung tangan karet dan masker, sementara perabot dapur disimpan secara terpisah, lalu dibungkus dengan aman," tutur Li.

Di Wuhan, sejumlah restoran sudah menggunakan channel siaran langsung memperlihatkan model makan di outlet mereka dalam upaya menunjukkan pada konsumen bahwa kembali datang adalah pilihan aman.

Kendati demikian, restoran dengan jasa pengantaran tetap jadi yang paling laris di tengah kondisi penyebaran corona COVID-19 yang mereda.

"Orang sangat mungkin akan secara rutin pergi ke pasar atau supermarket dan memenuhi kulkas mereka. Publik dunia tengah mengubah gaya hidup mereka dalam kurun waktu singkat. Saya pikir kebiasaan seperti ini tak akan mudah hilang," ucap Adnan Durrani, CEO perusahaan makanan Saffron Road.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Penghasil Terbesar ke-4 di Dunia, Mengapa Indonesia Masih Impor Kopi?

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia disebut-sebut sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Dengan kondisi tersebut, produk biji kopi dan kopi olahan Indonesia begitu melimpah.

Namun ternyata, jaringan bisnis makanan dan minuman masih mengandalkan pasokan kopi impor sebagai bahan bakunya.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih menyatakan, ada beberapa alasan kenapa produk kopi impor masih menjadi pilihan.

"Pertama, harga. Di kalangan pengusaha, harga yang utama. Yang kedua, kualitas. Kopi impor itu kualitasnya sangat konsisten," kata Gati dalam diskusi daring, Kamis (23/4/2020).

Adapun, pertumbuhan kedai kopi di Indonesia sangat pesat. Pada tahun 2016, kedai kopi di Indonesia masih berkisar 1.000 kedai saja, namun jumlahnya meningkat menjadi kurang lebih 2.950 kedai pada Agustus 2019.

Hal ini membuktikan industri kopi Indonesia yang sangat menjanjikan. Namun jika bahan bakunya masih impor, tentu tidak akan ada nilai tambah yang bisa dibanggakan.

 

Pekerjaan Rumah Pemerintah

Coffee Roaster menunjukkan biji kopi robusta yang telah disangrai atau diroasting di Mula Kopi Nusantara, BSD, Tangerang Selatan,  Selasa (25/02/2020). Proses roasting akan mengalami perubahan mulai dari pengurangan kadar air,  berat dan ukuran hingga perubahan warna. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Coffee Roaster menunjukkan biji kopi robusta yang telah disangrai atau diroasting di Mula Kopi Nusantara, BSD, Tangerang Selatan, Selasa (25/02/2020). Proses roasting akan mengalami perubahan mulai dari pengurangan kadar air, berat dan ukuran hingga perubahan warna. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Gati melanjutkan, ini memang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah khususnya Kemenperin dalam memastikan industri berkembang dengan baik.

Sebagai langkah awal, pemerintah harus memberi pelatihan dan standardisasi bagi pekerja di industri kopi untuk menyamakan kualitas kopi lokal.

"Supply chain ini yang harus diatur. Caranya gimana, dengan memberikan pelatihan, lalu standardisasi supaya rasa kopinya nggak berubah-ubah, konsisten," kata Gati.

Setelah semua pekerja industri kopi punya standar pengolahan kopi yang sama, maka merekalah yang akan didorong untuk menyuplai ke kedai-kedai kopi, sehingga penggunaan kopi lokal akan berkembang.

Lanjut Gati, selain itu industri kopi dituntut untuk terus berpikir kreatif dan adaptif bahkan di tengah krisis yang tidak pasti, seperti kondisi saat ini.

"Nah, industri kopi juga harus tetap kreatif dan adaptif sehingga bisnis tetap berjalan dan berkembang dengan baik," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Evaluasi Sepekan PSBB Pekanbaru, Bantuan untuk Warga Masih Misteri

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Sudah satu minggu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pekanbaru berlangsung. Namun, masyarakat terdampak pandemi corona covid-19 di Kota Bertuah belum dapat kepastian kapan bantuan dibagikan dan bagaimana bentuknya.

Pemerintah Kota Pekanbaru beralasan masih mempersiapkan, baik itu validisasi data hingga teknis pembagiannya. Masyarakat selalu diminta bersabar dan diperintahkan tetap di rumah, apalagi saat jam malam.

Sekretaris Kota Pekanbaru Muhammad Noer mengaku belum mendapat gambaran berapa jumlah penerima karena masih pendataan.

"Ini dipersiapkan, mudah-mudahan segera dapat gambaran karena inikan besar," kata Noer di Pekanbaru.

Dia menjelaskan, data masyarakat miskin dan rawan miskin memang sudah ada di dinas sosial setempat. Hanya saja untuk bantuan selama PSBB ini, dia menyebut perlu divalidkan lagi.

"Tentu ada penambahan, data tambahan mereka yang terdampak covid-19," jelas Noer.

Menurut Noer, sebelum puasa bantuan kepada masyarakat sudah dapat tersalurkan. Pasalnya petugas mulai melakukan pembungkusan bantuan yang akan diberikan.

"Yang jelas kan tidak mungkin dikumpulkan di satu tempat penerimanya," ucap Noer.

Bantuan Pihak Lain

Penyerahan simbolis bantuan sembako dari Kejari Pekanbaru kepada masyarakat terdampak covid-19. (Liputan6.com/M Syukur)
Penyerahan simbolis bantuan sembako dari Kejari Pekanbaru kepada masyarakat terdampak covid-19. (Liputan6.com/M Syukur)

Di sisi lain, saat Pemerintah Kota Pekanbaru lamban menyalurkan bantuan, instansi lain silih berganti menyalurkan sembako kepada masyarakat terdampak.

Selain perusahaan, penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan juga turut berbagi.

Seperti yang dilakukan Kejaksaan Negeri Pekanbaru pada Rabu petang, 22 April 2020. Ratusan paket sembako, terdiri dari minyak goreng, beras, gula, telur dan mi instan dibagikan kepada masyarakat.

Kejari berbagi ini menggandeng sejumlah jurnalis yang sehari-hari meliput kegiatan jaksa dan Persatuan Wartawan Indonesia Pekanbaru. Pembagian seremonial dilakukan kepada perwakilan masyarakat.

Pelaksana harian Kepala Kejari Pekanbaru Rully Afandi SH berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat selama covid-19.

"Jumlahnya memang tidak seberapa tapi bisa untuk beberapa hari ke depan," katanya.

Sebelumnya, Kejari Pekanbaru juga berbagi paket sembako ke sejumlah panti asuhan di Pekanbaru.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Bikin Anak Tetap Semangat Jalankan Ibadah Puasa

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Jakarta Anak-anak harus diajarkan untuk ikut menjalankan ibadah puasa sejak usia dini. Mereka wajib diajarkan menahan haus dan lapar hingga magrib, tapi tanpa lemas dan keluhan lainnya. Bagaimana caranya?

Menurut dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc – Dokter Anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua agar anak menjalankan puasa tanpa mengeluh. Apa saja? Mari kita simak.

1. Usia ideal mengajarkan anak puasa

dr. Caessar mengatakan anak enam tahun sudah bisa diajarkan untuk berpuasa seharian. Namun ajarkan secara bertahap dan jangan dipaksakan.

"Kesiapan anak memang tidak ada aturannya, namun idealnya saat anak memasuki usia enam tahun mulai ajari puasa dari durasi pendek atau sampe jam 12 siang, lalu jika ia kuat teruskan hingga adzan magrib," papar dr. Caessar dalam acara

2. Tetap terhidrasi

Minumlah cukup cairan setiap hari untuk menjaga dehidrasi terutama air. Air menjaga tubuh anak terhidrasi saat puasa dari fajar hingga senja. Biasanya anak minum siang hari, saat puasa cukupi kebutuhan air anak ketika buka, sebelum tidur, dan sahur. Ciri-ciri anak dehidrasi ialah mata cekung, lemas, bibir kering, dan intensitas buang kecil berkurang.

3. Nutrisi

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Oksana Kuzmina
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Oksana Kuzmina

Asupan nutrisi saat berbuka dan sahur perlu diperhatikan, agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga saat berpuasa apalagi di tengah pandemi virus corona. Nutrisi lengkap dan seimbang diutamakan seperti vitamin D yang bersumber dari sinar matahari perlu didukung juga dengan vitamin B kompleks lain. Kesemuanya dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi yang mengandung vitamin A, B, C, dan E serta kandungan nutrisi pendukung lainnya.

"Sayur, makanan protein, hingga berjemur bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh anak saat puasa. Berjemur tak perlu lama, 15 menit setiap 2-3 kali seminggu," paparnya.

4. Multivitamin

Untuk melengkapi asupan makanan yang bergizi, multivitamin seperti Sakatonik ABC bisa diberikan kepada si kecil. Bisa konsumsi multivatimin, dua saat sahur dan satu mutlivitamin saat buka puasa.

"Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan, asupan vitamin perlu untuk mendukung aktivitas kegiatan mereka sehari-hari sehingga anak-anak dapat secara maksimal beraktivitas seperti biasa walaupun sedang ikut berpuasa," tutup dr. Helmin Agustina Silalahi.

5. Olahraga ringan

Saat puasa, dr. Zeth Boroh, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, mengatakan saat puasa anak bisa melakukan olahraga dynamic strecthing seperti menggerakan sendi leher, bahu, tangan, pinggang, dan sendi kaki.

"Intensitas olahraga ini sedang jadi bisa dilakukan anak saat puasa. Tak harus pagi, bisa dilakukan sore hari sebelum buka puasa. Asalkan jangan olahraga berat yang membuat anak kelelahan," papar. dr. Zeth.

 Disadur dari Fimela.com (Anisha Saktian Putri/Adinda Tri Wardhana/Defri Saefullah,published 23/4/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartfren Umumkan Pemenang Undian WOW Tahap Keenam

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren telah mengumumkan pemenang undian WOW tahap keenam. Adapun pemenang utama yang mendapatkan rumah senilai Rp 1 miliar adalah Yashinta Dwi Puspita.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (23/4/2020), Yashinta yang baru berusia 21 tahun mengaku seperti mendapat durian runtuh. Sebab, di usianya yang sekarang ini, dia sudah memiliki rumah sendiri.

Terlebih, Yashinta yang berasal dari Gorontalo ini masih mengenyam pendidikan tingkat akhir di Semarang. Uniknya lagi, dia mengaku sebenarnya masih terbilang baru menggunakan layanan Smartfren, yakni kurang dari satu tahun.

Keputusan untuk memakai layanan Smartfren, menurut Yashinta, tidak lepas dari kebutuhannya sebagai mahasiwa yang memerlukan paket unlimited dengan harga terjangkau. Dia mengatakan mengumpulkan kupon WOW sejak program tahap kelima hingga keenam.

Selain pemenang hadiah rumah, Smartfren juga mengumumkan pemenang lain di tahap ini, yakni Kayisatul Hofidah yang berhasil memenangkan satu unit mobil. Sementara tiga pemenang yang mendapat motor adalah Daffariz Hafian, Dedi Setiawan, dan Dede Herdiyanto.

Smartfren sendiri masih membuka kesempatan pengguna yang ingin mengikuti undian ini. Program Smartfren WOW tahap ketujuh dan kedelapan sedang berlangsung dari 1 Maret hingga 31 April 2020.

"Pengguna tinggal mengunduh aplikasi MySmartfren di AppStore atau Google Play Store. Setelah itu, mereka tinggal membeli paket internet, telepon atau SMS untuk mendapatkan SmartPoin," tutur Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim.

Nantinya, 100 SmartPoin itu dapat ditukar menjadi satu kupon undian untuk berpartisipasi dalam undian ini. Smartfren menyediakan hadiah berupa utama berupa rumah, mobil, dan juga motor.

Smartfren Beri Kuota 30GB Gratis untuk Akses Ruangguru selama Sebulan

ilustrasi ibu dan anak/copyright By PR Image Factory from Shutterstock
ilustrasi ibu dan anak/copyright By PR Image Factory from Shutterstock

Di sisi lain, Smartfren baru saja memberikan kuota 30GB gratis untuk mengakses aplikasi Ruangguru selama 30 hari sejak pembelian paket.

Paket ini hadir seminggu setelah Smartfren meluncurkan kartu perdana 1ON+ untuk kalangan pelajar.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, kuota akses diberikan 1GB per hari dan dapat digunakan untuk mengakses semua fitur yang ada di aplikasi Ruangguru.

Kuota akses berlaku hingga pukul 23.59 di hari yang sama dan tidak berlaku akumulasi di hari berikutnya.

Smartfren juga memberikan promo Rp 0 untuk pembelian pertama dan berlaku sekali untuk setiap nomor pelanggan Smartfren.

Pembelian berikutnya dikenakan tarif normal Rp 25 ribu. Perlu diingat, paket kuota ini terbatas untuk 200 ribu pelanggan pertama dan akan berakhir pada 31 Mei 2020.

Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra mengatakan, tujuan adanya paket ini adalah untuk mendukung program pemerintah agar siswa belajar di rumah, demi menghindari penyebaran wabah Covid-19 lebih luas.

Cara Mengaktifkan

Ilustrasi Belajar dari Rumah/Shutterstock.
Ilustrasi Belajar dari Rumah/Shutterstock.

"Paket bebas biaya Ruangguru kami hadirkan sebagai bentuk tanggung jawab Smartfren. Diharapkan, paket Ruangguru dapat dimanfaatkan dan bisa memastikan proses belajar siswa tetap berjalan lancar," kata Roberto.

Mereka yang hendak mengakses paket ini, bisa mengunduh aplikasi MySmartfren dan langsung mendapatkan penawaran untuk klaim bebas biaya untuk akses Ruangguru.

Pelanggan yang menggunakan aplikasi ini untuk pertama kali, akan mendapat bonus kuota tambahan sebesar 5GB.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takmir Masjid di Surabaya Bakal Bagi Makanan Jelang Berbuka Saat Ramadan

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah takmir masjid di kawasan Rungkut Mapan Surabaya membagikan 700 paket nasi bungkus untuk makan siang pengemudi ojol, tukang becak dan pekerja lepas menjelang penerapan PSBB di Surabaya Raya, Rabu, 22 April 2020.

Takmir Masjid Ash Shobirin, Muh Molik Latief menyampaikan, sejak pandemi COVID-19 terjadi dan pemerintah menetapkan sebagai darurat pandemik COVID-19, berhenti kegiatan keagamaan di masjid seperti tidak ada salat berjamaah dan salat Jumat. 

"Sebagai gantinya, kami menggelar kegiatan sosial dengan membagikan 700 paket makan siang gratis setiap harinya," tutur dia, Surabaya

Dia berharap, dengan pembagian makan siang gratis ini bisa membantu mengurangi beban para pengemudi ojol, tukang becak dan pekerja lepas.

"Bagi-bagi makan gratis ini akan terus dilakukan hingga wabah COVID-19 berakhir. Saat bulan puasa Ramadan nanti akan diganti dengan pembagian makanan menjelang berbuka," kata dia.

Sementara itu, salah satu pengemudi ojol, Widodo mengaku sangat senang dapat sedikit meringankan pengeluaran hariannya. "Selama pandemi ini, pendapatan saya sebagai tukang ojol menurun drastis," ujar dia.

 

Unusa Bagikan Masker

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) Peduli bersama Jurnalis Sahabat Pendidikan (JSP) Kota Surabaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) Peduli bersama Jurnalis Sahabat Pendidikan (JSP) Kota Surabaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) Peduli bersama Jurnalis Sahabat Pendidikan (JSP) Kota Surabaya membagikan 1.000 masker dan bingkisan kepada pengendara kendaraan sepeda bermotor serta masyarakat sekitar.

Pembagian itu dilakukan di traffic light Jalan Darmo Surabaya (Depan Masjid Al Falah Surabaya), menjelang penerapan Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo dan Gresik). 

Ketua UNUSA Peduli, Mohammad Ghofirin mengungkapkan, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, semua harus menggunakan masker. Masker penting digunakan semua orang saat berada di luar rumah karena banyak sekali ancaman terpapar virus Sars-CoV-2 yang sebabkan COVID-19.

"Menggunakan masker di tempat umum menjadi salah satu cara yang diyakini dapat mengurangi risiko penularan virus corona yang telah menewaskan puluhan ribu orang di berbagai negara," ungkapnya. 

Ghofirin menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk konkret kepedulian UNUSA terhadap pencegahan COVID-19. Sebelum kegiatan ini, UNUSA telah menggalang dana untuk dibagikan kepada masyarakat, selain itu UNUSA juga bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jatim. 

"Kemarin, UNUSA telah kerja sama dengan BPBD Jatim membagikan ribuan masker ke beberapa pondok pesantren," tambahnya.

Pria yang juga sebagai dosen S1 Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ini mengungkapkan, masker yang digunakan masyarakat tak harus masker medis atau masker bedah, melainkan dapat memakai masker kain. Adapun masker bedah atau masker N95 wajib dikenakan para tenaga kesehatan. 

"Inilah salah satu alasannya kenapa UNUSA membagikan masker kain kepada masyarakat. Karena masker kain dapat dicuci dan dipakai kembali. Dalam kegiatan ini, selain membagikan masker, UNUSA Peduli dan JSP Kota Surabaya membagikan 100 bingkisan kepada masyarakat," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PT KAI Batalkan Semua Perjalanan Dari dan Menuju Jakarta per 24 April 2020

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Per tanggal 24-30 April 2020, PT KAI (persero) membatalkan semua perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awadah Dakwah, Platform Belajar Agama Online yang Digagas Yenny Wahid

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Awadah Dakwah, sebuah platform online yang menghadirkan para ustadz dan ulama, diluncurkan dan bisa diakses melalui aplikasi Cakap. Langkah ini agar masyarakat dapat tetap belajar bersama ustadz dan ulama kapan saja dan tetap berada di rumah.

Awadah Dakwah digagas oleh Yenny Wahid dengan didukung oleh edutech Cakap dan WIR Group.

Peluncuran Awadah Dakwah ditandai oleh penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Awadah Group yang diwakili oleh Yenny Wahid sebagai inisiator, Co-Founder dan CEO Cakap Tomy Yunus, serta WIR Group yang diwakili oleh Co-Founder dan CEO Michael Budi.

Peluncuran Awadah Dakwah yang bertepatan dengan bulan Ramadan ini diharapkan dapat membantu untuk tetap menyebarkan ajaran kebaikan dan ajaran Islam melalui platform online, di tengah pandemi Corona Covid-19 yang mengharuskan umat muslim untuk tetap beribadah dan belajar di rumah.

Oleh karena itu, menjelang bulan Ramadhan ini Awadah Dakwah mengadakan program "Awadah Dakwah Festival 2020" yang akan hadir selama 30 hari berturut-turut di aplikasi Cakap.

Inisiator Awadah Group Yenny Wahid menuturkan, bulan Ramasan merupakan bulan suci bagi umat Islam, dimana pada bulan ini umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan kajian belajar mengenai islam pada bulan Ramadan.

Agar umat Muslim tetap dapat belajar tentang Islam sambil mengikuti anjuran untuk tetap di rumah karena wabah Covid-19, Awadah Dakwah bersama Cakap dan WIR Group menginisiasi platform dakwah online live yang bisa diakses melalui aplikasi dimana para ustadz dan ulama bisa berinteraksi langsung melalui fitur live video dan chat selama siaran berlangsung.

"Semoga dengan adanya Awadah Dakwah ini dapat mempertebal keimanan kita." jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020).

 

Pengalaman Berbeda

Ilustrasi Masjid (Istimewa)
Ilustrasi Masjid (Istimewa)

Co-Founder dan CEO WIR Group, Michael Budi mengatakan, pemanfaatan teknologi semakin melekat dan nyata dalam kehidupan sehari-hari dan pengalaman interaksi yang berbeda menjadi bagian terpenting di masa kini dan masa depan.

WIR Group sebagai salah satu perusahaan terdepan dalam inovasi teknologi AR, VR, AI yang telah melayani di lebih dari 20 negara akan terus berkomitmen untuk memberikan solusi untuk kehidupan manusia khususnya di Indonesia.

Co-Founder dan CEO Cakap, Tommy Yunus, menambahkan, Cakap ingin mendekatkan masyarakat dengan materi positif dan bermanfaat melalui dakwah eksklusif dengan didukung oleh teknologi yang Cakap kembangkan, sehingga masyarakat dapat bertemu, berbicara, dan berinteraksi secara langsung dengan ustadz dan ulama setiap hari selama bulan suci Ramadan.

Awadah Dakwah telah dapat diakses melalui aplikasi Cakap dan tersedia secara gratis bagi para pengguna Cakap yang kini telah mencapai 400.000 pengguna. Selama bulan Ramadhan Awadah Dakwah akan terus hadir selama 30 hari berturut turut sehingga bisa diakses dimana saja selama bulan Ramadhan.

Beberapa Pendakwah yang mengisi sesi dakwah melalui platform Awadah Dakwah adalah Habib Ali Bahar, DR KH Lukman Hakim, KH Syarif Rahmat, KH Fathir Hambali, Gus Yusron, KH Syaifullah Amin, Ustadz Masrukhin, Ustadz Romdhoni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lady Gaga Konfirmasi BLACKPINK Muncul di Album Barunya

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lady Gaga mengkonfirmasi adanya BLACKPINK di dalam album barunya. Selain BLACKPINK ada juga Ariana Grande yang ikut mengisi album tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Susi Pudjiastuti Ungkap Alasan Tak Dipilih Jokowi Jadi Menteri Lagi

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, aktif di Twitter maupun Instagram. Susi Pudjiastuti kerap berbagi aktivitas dari mengunjungi sejumlah daerah, memasak di rumah, hingga melayani pertanyaan warganet.

Cara perempuan kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965, ini menjawab bervariasi, dari menulis pernyataan serius, bercanda, hingga hanya membubuhkan emotikon sebagai respons.

Yang bikin geger jagat maya, baru-baru ini, Susi Pudjiastuti merespons pertanyaan warganet soal mengapa ia tak lagi dipilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI di Kabinet Kerja periode 2019-2024.

Maaf Ibu, Sekadar Bertanya

Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)
Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)

Di luar dugaan, pertanyaan sensitif ini dijawab oleh Susi Pudjiastuti. Begini kisahnya. Bertepatan dengan Hari Kartini, seorang warganet atas nama Dino Santana mencuit sambil menyenggol akun Twitter terverifikasi Susi Pudjiastuti.

"Maaf ibu sekadar bertanya, kenapa ibu tidak lagi masuk dalam kabinet?" tulis Dino Santana. Ia melanjutkan, "Tidak ditawari atau ditawari ibu tolak?"

Menghambat KKN?

Unggahan Susi Pudjiastuti. (Foto: Twitter @susipudjiastuti)
Unggahan Susi Pudjiastuti. (Foto: Twitter @susipudjiastuti)

Tak sekadar bertanya, Dino Santana menjelaskan asumsinya terkait tidak terpilihnya Susi Pudjiastuti untuk memperkuat periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi.

"Asumsi saya (maaf kalau salah), ibu tidak ditawari karena ibu keras terhadap pelanggaran oleh kapa lasing. Asing memberikan tekanan terhadap pemerintah, kehilangan duit investor, menghambat KKN di bea cukai," ujarnya, panjang.

Sekarang Gue Mengerti...

Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)
Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)

Pertanyaan ini dijawab Susi Pudjiastuti keesokan darinya. "Anda betul," jawab Susi, ringkas. Merespons jawaban Susi, Dino berterima kasih. "Terima kasih atas responsnya ibu. Sehat selalu ya, Ibu. Selamat Hari Kartini," balasnya.

Tangkapan layar percakapan Dino dan Susi diunggah ulang seorang warganet dan menjadi viral. Menyerai tangkapan layar itu, warganet ini menulis, "Alright, now I know (Baiklah, sekarang gue mengerti)."

Angkat Topi Buat Susi

Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)
Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)

Lebih dari 30 ribu orang mencuit ulang dan hampir 50 ribu orang menyukai cuitan ini. Ratusan warganet merespons percakapan Dino dan Susi. "Kebayang kalau Bu Susi ngespill semuanya. Hidup Bu Susi pasti jauh dari kata tenang," cetus orang warganet.

Yang lain menambahkan, "Tapi aku berpikir untuk Bu Susi leave itu tetap lebih baik. Jika memaksakan juga, keselamatan Bu Susi yang menjadi sasaran dan berdampak juga pada orang terdekatnya." Ada pula warganet yang angkat topi atas sikap legawa Susi Pudjiastuti. "Susi Pudjiastuti means totalitas, loyalitas, integritas. Hats off (angkat topi)," tulisnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fasilitas RS Lapangan Khusus COVID-19 di Kawasan Pasir Putih Ancol

Posted: 23 Apr 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 di kawasan Pasir Putih Ancol, Jakarta Utara, punya sejumlah fasilitas mumpuni. Fasilitas ini sangat membantu perawatan pasien COVID-19, sehingga mereka mendapatkan penanganan yang baik.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku, sangat mengapresiasi pendirian rumah sakit yang didirikan berkat kerjasama Yayasan Artha Graha Peduli. Rumah sakit ini mulai beroperasi sejak 24 Maret 2020.

"Terima kasih kepada Artha Graha Peduli yang telah memprakarsai RS Lapangan khusus COVID-19. Memang sudah banyak sekali perusahaan yang terlibat dan saya berharap keterlibatan seperti ini terus berlanjut karena Corona pun belum berakhir," ujarnya saat mengunjungi RS Lapangan Artha Graha Peduli di Jakarta, kemarin (22/4/2020).

Ia menyebut, rumah sakit yang berlokasi di lapangan dekat kawasan Ancol, Jakarta Utara, tepatnya Jalan Pasir Putih Raya Nomor 40 memiliki fasilitas lengkap.

Dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, fasilitas di rumah sakit lapangan khusus COVID-19 meliputi pemeriksaan rapid test, darah, ruang bedah, ruang isolasi, ruang perawatan biasa, serta gudang obat-obatan dan alat kesehatan.

Pemeriksaan yang Sudah Bagus

Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Terawan Agus Putranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kepala BNPB Doni Monardo berkunjung ke RS Lapangan COVID-19 Pasir Putih, Jakarta Utara, Rabu (22/4/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Terawan Agus Putranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kepala BNPB Doni Monardo berkunjung ke RS Lapangan COVID-19 Pasir Putih, Jakarta Utara, Rabu (22/4/2020). (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK)

Muhadjir melihat pemeriksaan yang dilakukan di RS Lapangan Artha Graha Peduli sudah sangat bagus. Setelah pasien diperiksa dengan rapid test dan hasilnya positif.

Selanjutnya, ada pemeriksaan lanjutan melalui PCR. Jika hasil PCR positif, maka pasien tersebut akan diisolasi dan diobservasi selama 14 hari.

"Secara prosedur pun sudah bagus dan ringkas karena dalam satu lokasi. Jadi, inilah sebetulnya yang disebut rumah sakit isolasi, karantina rumah sakit itu ya idealnya seperti ini," ucap Muhadjir.

Karantina RS sebagaimana diatur dalam Pasal 49 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 adalah rumah sakit isolasi yang tidak menerima pasien lain, selain untuk COVID-19. Seluruh penanganannya dilakukan di satu lokasi.

"Terutama di daerah, ini bisa jadi salah satu pilihan sebagai model pelayanan untuk penanggulangan COVID-19, terutama dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya kasus yang masif," pungkas Muhadjir.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: 27 Mahasiswa STT Bethel Petamburan Positif Corona

Posted: 22 Apr 2020 11:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah mahasiswa yang tinggal di asrama Sekolah Tinggi Teologi (STT) Bethel Petamburan terkonfirmasi terinfeksi virus Corona atau Covid-19. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto menyebut, ada 27 mahasiswa yang positif Corona. Mereka pun langsung dijemput oleh tim medis dan kepolisian ke Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Evakuasi mahasiswa di Gereja Bethel, ternyata ditemukan 27 lagi yang positif," kata Heru saat dikonfirmasi, Kamis (23/4/2020). 

Heru menjelaskan, dari 89 mahasiswa yang sebelumnya dinyatakan negatif, beberapa hari lalu kembali di lakukan pemeriksaan ulang dengan cara swab.

Dari hasil tes ulang tersebut, ternyata ditemukan 27 kasus postif Corona baru dari mahasiswa tersebut.

"Dari 89 yang negatif dan isolalasi minggu lalu, 4 hari lalu telah di lakukan pemeriksaan ulang dengan cara swab. Nah tes ulang ada yang positif lagi 27," jelasnya.

 

Jumlah Mahasiswa ODP

Sementara, untuk 67 mahasiswa lainnya yang dinyatakan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP), kini sedang menjalani isolasi secara mandiri.

"Sekarang 67 ODP dan masih isolasi," ujarnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Bagi-Bagi Proyek dalam Program Kartu Prakerja

Posted: 22 Apr 2020 11:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja merupakan inovasi dari pemerintah untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat. Sebelumnya, ada jenis belanja pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah dan masih berjalan hingga sekarang.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky, mengatakan bahwa pemerintah melakukan kontrak dengan lembaga pelatihan yang dibayar oleh APBN untuk menyelenggarakan pelatihan kepada masyarakat.

"Selama ini, dan masih dilakukan oleh berbagai Kementerian, adalah dimana pemerintah melakukan kontrak dengan lembaga pelatihan. Mereka dibayar oleh APBN untuk menyelenggarakan pelatihan pada masyarakat. Masyarakat tinggal daftar, bayar atau gratis. Tapi silabusnya, kurikulumnya, tenaga kerjanya, ditentukan pemerintah lewat proses lelang penunjukkan atau seleksi. Itu program adalah seperti BLK dll tersebar di berbagai K/L," kata Panji, Kamis (23/4/2020).

Kartu Prakerja, lanjut Panji, adalah inovasi atau perubahan cara untuk memberikan bantuan pelatihan, dimana dalam Kartu Prakerja bantuannya langsung diberikan kepada pengguna, atau peserta pelatihan, dan bukan kepada penyedia pelatihannya.

"Kartu Prakerja memberikan bantuannya bukan ke produsen atau lembaga pelatihannya, tapi ke peserta. Jadi kami tidak bisa lelang ke peserta karena mereka yang menentukan dan membelanjakan bantuannya," jelasnya.

Panji menganalogikan Kartu Prakerja ini seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dimana bantuan diberikan secara langsung kepada pemegang kartu, dan bisa dibelanjakan di toko atau warung yang menerima pembayaran dengan kartu tersebut.

Maka dari itu, kata Panji, tidak ada penunjukkan ke ataupun pengadaan barang dan jasa ke produsen di program Kartu Prakerja, dalam hal ini adalah platform digital dan lembaga penyedia pelatihan.

 

Kerja Sama dengan Semua Pihak

Calon Presiden petahana Joko Widodo saat memberikan pidato politiknya pada acara Festival Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3). Pada pidatonya Jokowi mengenalkan kartu prakerja bila terpilih. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Calon Presiden petahana Joko Widodo saat memberikan pidato politiknya pada acara Festival Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3). Pada pidatonya Jokowi mengenalkan kartu prakerja bila terpilih. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panji menjelaskan, pemerintah bekerja sama dengan semua pihak yang mampu menyediakan layanan pelatihan bagi masyarakat sesuai kriteria.

"Tapi, tidak ada perintah maupun istilahnya bagi bagi kontrak. Tidak ada. Karena masyarakat yang akan menentukan," tegas Panji.

Laku atau tidaknya produk, lanjut Panji, tergantung dengan performanya, mencakup produk pelatuhan itu sendiri, harganya, serta kualitasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, 7 Aksi Tantangan 'Cat Vs Dog Challenge' Ini Bikin Senyum Sendiri

Posted: 22 Apr 2020 11:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melakukan social distancing dan tetap berada di rumah selama beberapa minggu tentu saja membuat bantak orang bosan. Berbagai cara pun dilakukan untuk membunuh rasa bosan tersebut, mulai dari menonton serial televisi, membaca novel, memasak hingga mengikuti berbagai tantangan yang tengah menjadi trend.

Selama beberapa hari terakhir bermunculan tantangan di media sosial yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi. Mulai dari Until Tomorrow Challenge, Pillow Challenge hingga yang terbaru pass the brush challenge.

Rupanya, bukan hanya manusia saja yang bisa melakukan berbagai tantangan selama menjalani social distancing. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing pun bisa melakukan tantangan yang tengah viral. Tantangan tersebut bernama 'Cat Vs Dog Challenge' di mana kucing dan anjing peliharaan kamu diharuskan melawati beberapa hambatan berupa domino dari beberapa benda tanpa membuat benda tersebut terjatuh bahkan berserakan.

Tantangan 'Cat VS Dog Challenge' ini tengah ramai berbedar di media sosial. Aksi para kucing dan anjing ini pun sontak saja menjadi sorotan publik, karena tingkah mereka yang berusaha melewati hambatan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/4/2020) berikut ini beberapa aksi kucing dan anjing melakukan tantangan yang bisa membuat kamu ikut tersenyum.

1. Kelakuan masyarakat saat bosan di rumah dan ajak binatang peliharaannya ini benar-benar deh ya.

@captains_adventure

When u actually have 2 cats #petlife #golden #goldenretriever #cat #kitty #brothers #goodboy #dog

♬ Jaws Theme - Jaws

4. Anjing ini pun sempat terlihat kebingungan saat melihat beberapa barang yang menghalangi pintu.

5. Duh kasihan juga sampai terpeleset demi menghindari hambatan.

6. Kalau ini lincah-lincah semua ya.

7. Tertarik mengikuti kucing dan anjing peliharaan kamu melakukan tantangan ini?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

180 Ribu Orang Meninggal, WHO Peringatkan Krisis Corona COVID-19 Masih Panjang

Posted: 22 Apr 2020 11:52 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, krisis Virus Corona COVID-19 tidak akan berakhir dalam waktu dekat, dengan banyak negara yang baru dalam tahap awal krisis, dan angka kematian global yang telah melampaui 180.000.

Pimpinan WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengeluarkan peringatan serius, karena beberapa negara yang memutuskan untuk mencabut pembatasan lockdown. 

"Jangan salah: Kita masih harus menempuh jalan panjang. Virus Corona COVID-19 ini akan bersama kita untuk waktu yang lama," kaata Tedros mengatakan pada konferensi pers virtual.

Sebagian besar negara masih dalam tahap awal epidemi mereka. Beberapa yang terkena dampak awal pandemi Virus Corona COVID-19 juga sekarang mulai melihat kebangkitan dalam kasus, jelas Tedros Adhanom Ghebreyesus. 

 

Tak Hanya Darurat Kesehatan

Warga berjalan di sepanjang La Ramblas, Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown setelah negara berpenduduk 47 juta jiwa itu terdampak virus corona COVID-19 paling parah kedua di Eropa setelah Italia. (AP Photo/Emilio Morenatti)
Warga berjalan di sepanjang La Ramblas, Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown setelah negara berpenduduk 47 juta jiwa itu terdampak virus corona COVID-19 paling parah kedua di Eropa setelah Italia. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Tidak hanya keadaan darurat kesehatan, pandemi Virus Corona COVID-19 juga telah mengakibatkan ekonomi global, dengan bisnis-bisnis yang berjuang untuk bertahan hidup, jutaan orang yang kehilangan pekerjaan, dan jutaan lainnya menghadapi kelaparan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (23/4/2020)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah menandatangani perintah eksekutif yang menangguhkan penerbitan green card selama 60 hari, dengan pandangan tentang pengangguran yang meluas dan prospek pemilihannya dalam Pilpres AS 2020. 

Para pakar kesehatan di AS juga memperingatkan bahwa gelombang kedua Virus Corona COVID-19 bahkan akan lebih mematikan pada musim dingin, ketika beberapa negara bagian telah membuka kembali sebagian aktivitas bisnisnya.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Agama di Papua Mengganti Metode Cara Melihat Hilal

Posted: 22 Apr 2020 11:51 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura – Kementerian Agama Kantor wilayah Papua meniadakan tradisi melihat hilal secara berkelompok yang biasa dilakukan jelang ramadan.

Tahun lalu prosesi melihat hilal dilakukan di Pantai Lampu Satu Merauke. Tahun ini, proses melihat hilal akan dilakukan secara individu dan kasat mata.

Husnul Yaqin, dari Kementerian Agama Kantor wilayah Papua menuturkan di tengah pandemi Covid-19 membuat metode proses melihat hilal hanya dilakukan oleh 4 orang dengan kasat mata.

"Rencana akan dilakukan di Pantai Holtekamp Jayapura. Tidak lagi berkelompok dan kami tetap mematuhi aturan pencegahan corona, misalnya jaga jarak, pake masker dan lainnya," katanya, Kamis (23/4/2020).

Walau begitu, untuk menuju ke Pantai Holtekamp harus meminta ijin kepada pemerintah dalam hal ini Satgas Covid-19 Kota Jayapura atau kepolisian setempat. Ini berkaitan dengan waktu pembatasan sosial di tengah pandemi corona.

Kata Husnul, untuk menuju ke Holtekamp bisa saja dilakukan, karena masih siang hari, tapi untuk pulangnya, pasti banyak jalan yang sudah ditutup, karena pembatasan aktivitas warga.

"Pembatasan sosial di Kota Jayapura hanya diperbolehkan sampai pukul 18.00 WIT. Sementara perjalanan ke Holtekamp membutuhkan waktu lebih dari itu. Makanya, kami masih membicarakan kembali rencana ini," jelasnya.

Walau begitu, Husnul menyebutkan jika hari ini bulan terlihat 2 derajat di Jayapura Papua, maka untuk wilayah barat akan terlihat 4 -5 derajat.

"Semakin ke barat, maka bulan akan semakin besar dan ini menandakan puasa diperkirakan akan terjadi esok hari, Jumat (24/4/2020)," kata Husnul.

Saat pandemi corona COVID-19, warga Papua tetap bisa melaksanakan salat tarawih di rumah masing-masing, sesuai dengan maklumat yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Termasuk dalam melakukan silaturahmi di bulan ramadan, tetap dilakukan lewat teknologi yang saat ini serba canggih, bisa menggunakan sejumlah aplikasi, telepon atau media sosial lainnya," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Hari Quique Setien Latih Barcelona, Ini Torehannya

Posted: 22 Apr 2020 11:50 PM PDT

Barcelona - Pada 14 Januari 2020, Quique Setien resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona, menggantikan Ernesto Valverde.

Itu berarti, pelatih berusia 61 tahun itu telah menangani Barcelona selama 100 hari. Sayangnya, perjalanan Setien dengan tim terhenti di tengah jalan akibat berhentinya La Liga dan kompetisi Eropa imbas pandemi virus corona.

Setien mendarat di Camp Nou setelah Barcelona kalah di Supercopa de Espana. Catatan Setien dalam 100 hari ialah delapan kemenangan, satu imbang dan tiga kekalahan. 

Selama beberapa bulan pertama di klub, Setien mengalami situasi di mana ada beberapa pemain inti Barcelona yang cedera, di antaranya Ousmane Dembele, Arthur Melo, Jordi Alba, Neto, Luis Suarez, Sergi Roberto, dan Arturo Vidal.

Setien pun terpaksan mempromosikan beberapa pemain dari tim B, yakni Riqui Puig, Alex Collado, Inaki Pena, Ronald Araujo, Chumi, Rey Manaj, Abel Ruiz, dan Sergio Akieme.

Setelah virus corona merebak, Barcelona, seperti mayoritas klub sepak bola Eropa, menghentikan aktivitasnya. Namun, Setien tetap mengawasi skuatnya yang menjalani latihan mandiri di rumah masing-masing.

Berikut lima fakta perjalanan 100 hari Quique Setien di Barcelona, dikutip dari situs resmi klub, Rabu (22/4/2020).

Puncak Klasemen

Pelatih Real Betis Quique Setien memegang bola saat anak asuhnya melawan Villarreal CF pada pertandingan Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, 3 Februari 2018. Setien berpengalaman melatih Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan Real Betis. (Cristina Quicler/AFP)
Pelatih Real Betis Quique Setien memegang bola saat anak asuhnya melawan Villarreal CF pada pertandingan Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, 3 Februari 2018. Setien berpengalaman melatih Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan Real Betis. (Cristina Quicler/AFP)

1. Puncak Klasemen

Ketika Setien tiba di Camp Nou, Barcelona bersaing ketat dengan Real Madrid dalam memperebutkan posisi puncak klasemen. Pada waktu itu, kedua tim sama-sama mengantongi 40 poin, tapi Barcelona unggul selisih gol.

100 hari berlalu, Barcelona mampu mengambil jarak dua poin dari Real Madrid. Namun, Setien masih harus bekerja keras karena kompetisi belum tuntas.

2. Ball Possession

Sejak kedatangan Quique Setien, Barcelona meningkatkan persentase penguasaan bola dalam permainan berkat gaya permainan baru. Di semua kompetisi, ball posession Barcelona meningkat hingga 69,5%, tertinggi kedua di Eropa, setelah Manchester City (70,9%).

3. Memakai 21 pemain

Setien telah memakai 21 pemain semenjang melatih Barcelona. Dua nama yang absen ialah Luis Suárez dan Ousmane Dembele yang mengalami cedera.

Sebanyak 17 pemain yang diturunkan Setien berasal dari tim utama. Setien juga memanfaatkan pemain muda dari tim B, Ansu Fati, Alex Collado, Riqui Puig, dan Carles Pérez.

Pemain yang paling banyak digunakan adalah Antoine Griezmann dan Ivan Rakitic. Keduanya bermain di semua 12 pertandingan Barcelona di bawah Setien. Kemudian Lionel Messi, Marc-Andre Ter Stegen, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, dan Arthur, dengan 11 penampilan.

Catatan Kemenangan

Pelatih Barcelona, Quique Setien. (AFP/Lluis Gene)
Pelatih Barcelona, Quique Setien. (AFP/Lluis Gene)

4. Delapan kemenangan

Dari 12 pertandingan di bawah kendali Setien, Barcelona mencatatkan delapan kemenangan, satu imbang, dan tiga kali kalah.

Kemenangan terbesar ialah 5-0 melawan Leganes (Copa del Rey) dan Eibar (La Liga). Lionel Messi mencetak empat gol pada duel versus Eibar.

8. Pencetak gol

Delapan pemain berbeda telah mencetak gol pada pertandingan-pertandingan itu, yakni Lionel Messi (8 gol), Antoine Griezmann (5), Arthur, Clement Lenglet dan Ansu Fati (2) dan Sergi Roberto, Sergio Busquets, dan Frenkie De Jong dengan masing-masing satu gol.

Adapun assist, Messi menguasai dengan tujuh assist, diikuti oleh Nelson Semedo, Ivan Rakitic dan Arthuro Vidal dengan dua assist. Frenkie de Jong dan Jordi Alba dengan masing-masing menyumbang satu assist. Barcelona telah kebobolan 11 gol.

Sumber: Barcelona

Disadur dari Bola.com (Wiwig Prayugi/Wiwig Prayugi, published 22/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setop Hobi Nongkrong Demi Putus Rantai Penyebaran Corona

Posted: 22 Apr 2020 11:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo meminta kelompok milenial untuk setop sementara nongkrong untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 akibat virus Corona.

"Nongkrong melibatkan kerumunan sangat berbahaya. Interaksi menimbulkan Viral Loud di suatu ruangan atau tempat," kata Imam saat jumpoa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Dia menjelaskan, ketika berkumpul, potensi menyebarkan Viral Load Corona semakin besar. Viral Loud adalah jumlah virus dalam sampel, terutama darah seseorang atau cairan tubuh. Pengertian lain adalah, akumulasi percikan liur dalam jumlah besar.

"Saat kerumunan Viral Loud jadi ada percikan-percikan karena kita bicara teriak, nyanyi-nyanyi, tertawa terbahak-bahak, percikan itu akumulasi terkumpul di suatu ruangan," wanti Imam.

Sebelumnya, Covid-19 akibat virus Corona adalah penyakit menular melalui percikan liur atau droplet dari seseorang yang terinfeksi. Pericikan tersebut bila mengandung infeksi dan jika mengenai orang lain dapat berpotensi tinggi menularkan Covid-19.

"Viral Loud kumpulan percikan yang besar jika masuk tubuh ke anak muda. Dia akan tumbang. Kerumunan sangat bahaya, jadi hindarkan Viral Loud," Imam menandasi.

 

Sulit Jika Masih Nekat

Imam pun berpesan dan memohon kepada anak muda untuk saat ini sedapat mugkin menahan keinginan nongkrong. Sebab bila jika budaya nongkrong terus berlanjut, maka makin sulit memutus mata rantai virus corona.

"Mudah-mudahan ini pesan khusus anak muda yang saat ini saya tahu sering kali tidak tahan untuk bertemu temannya, tak tahan tidak kumpul. Tapi lihat apa yang akan terjadi kalau misalnya ini kita abaikan itu saja," Imam menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggaran Disunat Menkeu, BKPM Siap Tutup 9 Kantor Perwakilan Luar Negeri

Posted: 22 Apr 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, akan menarik perwakilan Indonesia di sembilan negara. Hal tersebut imbas dari pemotongan anggaran sebesar Rp 191,2 miliar yang dilakukan Kementerian Keuangan.

"Anggaran BKPM semula Rp 585,4 miliar, menjadi Rp 394 miliar, Setelah dipotong Rp 191,2 miliar," ujar Bahlil saat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Kamis (23/4).

"Kalau surat ini (pemotongan anggaran) yang akan dipakai Menkeu (Sri Mulyani), saya pastikan bahwa kantor perwakilan BKPM di 9 negara tidak menutup kemungkinan akan kita pulangkan," sambungnya.

Bahlil melanjutkan, pemulangan perwakilan terpaksa dilakukan karena anggaran BKPM hanya mampu membiayai operasional dalam negeri.

"Anggaran Rp394 triliun itu untuk membiayai operasional kantor, gaji dan kantor di luar negeri saja tidak cukup. Tapi sebagai pembantu presiden tetap taat apapun yang diputuskan oleh presiden," jelasnya.

 

Kirim Surat ke Menkeu

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meluncurkan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Senin (23/3/2020). (Athika/Liputan6.com)
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meluncurkan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Senin (23/3/2020). (Athika/Liputan6.com)

Terkait pemotongan anggaran yang cukup tinggi, BKPM telah mengirim surat kepada Sri Mulyani agar anggaran yang dipotong hanya Rp61 triliun. Surat tersebut dikirimkan pada 17 April 2020 lalu.

"Jadi kami sudah menyurati Menkeu agar kami mohon jangan dipotong Rp191 miliar tapi Rp61 miliar karena dampaknya nanti pada operasional dan kinerja," tandasnya.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Helmy Yahya Dorong Masyarakat Jadi Pengusaha dari Rumah selama WFH

Posted: 22 Apr 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya mengajak semua orang untuk dapat berpikir positif selama masa kerja di rumah atau work from home (WFH). Hal itu disebutnya merupakan kunci agar tetap produktif di tengah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

"Agar tetap positif, semuanya datang dari mindset. Kita tidak akan pernah menyelesaikan masalah dari mengeluh. Dengan memiliki mindset positif, kita selalu tahu bahwa dibalik musibah kadang-kadang ada peluang," imbuhnya dalam pesan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Helmy lantas mendorong para pekerja termasuk PNS untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin selama bekerja dari rumah. Selain mengerjakan pekerjaan kantor dan urusan rumah, mereka juga dapat berkegiatan positif untuk membantu orang-orang disekitarnya.

Misalnya, dengan mengajak untuk membuat usaha dan kegiatan sosial. Kegiatan positif ini dapat dilakukan namun tetap dengan memperhitungkan kebijakan social dan physical distancing.

Terkait dengan ajakan untuk berkegiatan positif tersebut, ia juga menggaungkan dan mengajak orang untuk berbisnis dari rumah atau yang dikenal dengan sebutan home entrepreneur. Dengan memiliki kemampuan entrepreneurship dan berbisnis, maka hal tersebut dapat menjadikan kita untuk berdikari.

"Salah satu alasan saya terus mendorong praktik entrepreneur adalah jika suatu negara ingin maju, maka harus banyak entrepreneur. Indonesia masih kekurangan jumlah entrepreneur dibandingkan dengan negara lainnya," ujar dia.

Peluang Bagi yang Kreatif

Ilustrasi Kerja dari Rumah (Foto: DarkWorkX/Pixabay)
Ilustrasi Kerja dari Rumah (Foto: DarkWorkX/Pixabay)

Dia menilai bahwa banyak sekali peluang yang bisa dilakukan disaat seperti ini bagi mereka yang kreatif, jeli, dan mampu bersyukur. Dengan melihat potensi yang dimiliki, kesempatan untuk berada di rumah dapat digunakan juga untuk belajar memanfaatkan peluang tersebut.

Mantan pembawa acara TV ini juga beranggapan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 maka akan hadir suatu fenomena yang dikenal dengan istilah new normal, dimana cara bekerja nantinya mungkin tidak akan sama lagi seperti sebelum adanya pandemi ini. Terlebih, virus corona belum diketahui kapan akan berakhir.

"Menurut saya, cari hal-hal positif yang bisa dibagikan dalam rangka untuk mengisi waktu. Saya tidak akan memanfaatkan waktu saya tidak boleh keluar rumah dengan hal-hal yang tidak bermanfaat," ungkap Helmy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan

Posted: 22 Apr 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak terasa puasa Ramadan sudah tinggal menunggu hitungan jam lagi. Banyak keseruan yang terjadi saat puasa Ramadan. Saking serunya puasa Ramadan, sampai banyak netizen yang membuat meme-meme lucu tentang puasa dan sahur.

Salah satu meme lucu puasa Ramadan adalah meme sahur orang jomblo. Banyak meme sahur orang jomblo yang berhasil membuat banyak orang ketawa sekaligus geregetan. Pasalnya, meme tersebut menyindir kalangan jomblo yang tidak diperhatikan saat sahur.

Kelucuan meme ini, nyatanya memang berhasil membuat banyak orang ketawa. Apalagi meme yang dibuat memang terjadi di kehidupan nyata dimana orang jomblo memang begitu kesepian saat sahur. Wajar saja, kalau meme sahur orang jomblo jadi viral di media sosial.

Penasaran kan bagaimana meme kocak sahur orang jomblo? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, meme kocak sahur orang jomblo, Kamis (23/4/2020).

1. Hayo siapa yang berharap dapat banyak chat bangunin sahur hayo.

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)
6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)

2. Nasib jomblo memang selalu menyedihkan.

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)
6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)

3. Dan terjadi lagi, kisah lama yang terulang kembali.

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)
6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)

4. Setidaknya masih ada yang bangunin, walaupun toa masjid sekalipun.

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)
6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: 1cak.com)

5. Cuma alarm hp yang mengerti para jomblo.

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/mommyvonzechs)
6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/mommyvonzechs)

6. Hp sudah ibarat pacar kesayangan yang selalu siap membangunkan sahur.

6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/veenuzi)
6 Meme Sahur Orang Jomblo Ini Kocak Sekaligus Bikin Geregetan (sumber: Instagram.com/veenuzi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Pandemi Usai, Menaker Imbau Dunia Usaha Panggil Kembali Pekerja yang di PHK

Posted: 22 Apr 2020 11:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona atau Covid-19 yang terus berkembang menyebabkan dampak yang begitu besar bagi sektor industri. Akibat kerugian yang diderita, perusahaan dengan terpaksa mengambil langkah pengurangan karyawan. Kementerian Ketenagakerjaan mencatat, terdapat lebih dari 2 juta tenaga kerja yang terkena aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah kembali mewanti-wanti dunia usaha agar keputusan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi pilihan terakhir dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

"PHK itu langkah pamungkas, langkah terpaksa ketika langkah lain tak mungkin lagi. Tapi kalau masih mungkin meniadakan lembur, mengurangi shift dan jam kerja, merumahkan bergilir dengan separo gaji, ya dicoba dululah langkah itu," demikian ujar Menaker.

Ida Fauziyah mengimbau agar pengusaha nantinya mengajak kembali pekerja/buruh yang di-PHK dan dirumahkan akibat Covid ini.

"Jangan lupa, kalau bisnis sudah jalan lagi, sudah ada rejeki, anak-anak yang di PHK harus jadi prioritas dipanggil lagi. Kan sudah saling kenal. Tidak usah men-training lagi. Sudah seperti keluarga saja selama ini," sambung Ida dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (22/4).

 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

"Ekonomi kita upayakan tetap berputar. Maka Proyek Strategis Nasional (PSN) harus tetap jalan. Karena industri industri itu terkait dengan hajat hidup orang banyak. Namun tentu beroperasinya sesuai protokol Covid di tempat kerja. Kami tetap awasi standar K3-nya dengan ketat sekali. Salus populi suprema lex esto (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi). Ini saya ingatkan lagi, ya," lanjutnya.

Menaker Ida mengungkapkan data terbaru Kemnaker per-21 April 2020. Jumlah pekerja total ada 2.084.593 pekerja dari sektor formal dan informal dari 116.370 perusahaan yang terdampak Covid-19

Rinciannya jumlah perusahaan dan pekerja formal yang dirumahkan adalah 1.304.777 dari 43.690 perusahaan. Sedangkan yang di-PHK adalah dari 41.236 perusahaan dengan jumlah pekerja sebanyak 241.431 orang.

"Sektor informal juga terpukul karena kehilangan 538.385 pekerja dari 31.444 perusahaan atau UMKM," tutur Menaker.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartu Prakerja Hanya Tingkatkan Kemampuan, Bukan Jaminan Dapat Kerja

Posted: 22 Apr 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja tidak menjamin masyarakat bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Sebab, program ini dirancang untuk peningkatan kemampuan dasar dalam bekerja.

Asisten Deputi Ketenagakerjaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Yulius mengatakan, Kartu Prakerja fokus untuk meningkatkan kemampuan para penerima manfaat. Maka peluang mereka untuk diserap industri semakin tinggi. Mengingat saat ini terdapat gap 50 persen antara kemampuan masyarakat dengan yang dibutuhkan industri dalam negeri.

"Tujuannya, meningkatkan skill. Dan antara supply dan demand ada mismatch 50 persen. Keahlian masyarakat tidak cocok dengan yang dibutuhkan industiri. Banyak keahlian yang tidak bisa penuhi oleh masyarakat pekerja yang sesuai dengan kebutuhan industri," jelas dia dalam video conference di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Dia menyebut salah satu alasan kenapa program Kartu Prakerja ini tidak langsung dirancang untuk menyerap tenaga kerja, karena memang bukan kapasitasnya. Sebab, daya serap tenaga kerja itu adalah fungsi dari investasi. Artinya semakin tinggi investasi maka daya serap semakin tinggi.

"Jadi lapangan kerja ditentukan investasi bukan pelatihan. Nah tentunya kalau investasi naik, kebutuhan tenaga kerja naik tapi kualifikasi masyarakat tidak memadai tidak sesuai kebutuhan pasar, maka akan diisi masyarakat luar," jelas dia.

 

2 Metode

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)
Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)

Oleh karena itu, dalam hal ini pemerintah merancang dua metode. Pertama adalah untuk bekal pelatihan kepada peserta penerima manfaat program Kartu Prakerja, dan kedua adalah mengandalkan mitra platform digital yang sudah bekerjasama dengan beberapa industri.

"Jadi metode kedua ini, ketika industri sudah bekerjasama dengan lembaga pelatihan dan serap tenaga kerja, setelah itu mereka diberi bantuan Kartu Prakerja dengan jaminan, harapan, mereka sudah ada slot di industri tersebut," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Kenaikan Jumlah Pasien Corona Covid-19 Selama Dua Pekan PSBB Jakarta

Posted: 22 Apr 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Jumat (10/4/2020) sampai Kamis (23/4/2020). Penerapan PSBB dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Namun rupanya penerapan PSBB selama dua pekan belum efektif menekan angka kasus positif virus corona Covid-19 di DKI Jakarta. Berdasarkan data milik Pemprov DKI Jakarta, jumlah kasus positif terus bertambah, bahkan beberapa kali angkanya naik hingga 100 kasus lebih per hari. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memutuskan memperpanjang pelaksanaan PSBB selama 28 hari ke depan, terhitung mulai 24 April 2020 hingga 22 Mei 2020.

"Kecepatannya relatif tetap. Dan memang di berbagai belahan dunia pula yang mengalami masalah yang sama, semua membutuhkan waktu untuk ini bisa selesai," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (23/4/2020).

Berikut data kasus positif virus corona Covid-19 berdasarkan website corona.jakarta.go.id grafiknya meningkat:

10 April: terdapat 1.810 kasus positif Covid-19

11 April: bertambah 93 menjadi 1.903

12 April: bertambah 179 menjadi 2.082

13 April: bertambah 160 menjadi 2.242

14 April: bertambah 107 menjadi 2.349

15 April: bertambah 98 menjadi 2.447

16 April: bertambah 223 menjadi 2.670

17 April: bertambah 153 menjadi 2.823

18 April: bertambah 79 menjadi 2.902

19 April: bertambah 131 menjadi 3.033

20 April: bertambah 79 menjadi 3.112

21 April: bertambah 167 menjadi 3.279

22 April: bertambah 120 menjadi 3.399

23 April: bertambah 107 menjadi 3.506

Kemudian untuk data jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Jakarta hingga Kamis (23/4/2020) telah mencapai 292 pasien. Sedangkan pada 22 April 2020 ada penambahan 5 pasien.

Selain itu untuk data yang meninggal akibat virus corona Covid-19 hingga Kamis (23/4/2020) mencapai 316 pasien.

 

Pelanggar PSBB Akan Ditindak Tegas

Anggota kepolisian bersama polisi satwa berpatroli keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Basewedan pun menegaskan patroli keamanan baik oleh Satpol PP, TNI, hingga Polri akan ditingkatkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Anggota kepolisian bersama polisi satwa berpatroli keamanan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Basewedan pun menegaskan patroli keamanan baik oleh Satpol PP, TNI, hingga Polri akan ditingkatkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Perpanjangan pelaksanaan PSBB akan dilakukan mulai besok Jumat (24/4/2020). Penerapan ini lebih panjang bila dibandingkan dengan pelaksanaan PSBB sebelumnya yang berlangsung selama dua pekan atau 14 hari.

Anies mengharapkan semua pihak dapat meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan perpanjangan PSBB. Sebab fase adanya imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat sudah berlangsung pada 10-23 April 2020.

Untuk penindakan tersebut Pemprov DKI Jakarta berkoordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya ataupun Kodam Jaya.

"Ke depan fase imbauan, edukasi sudah selesai sekarang adalah fase penegakan. Karena itu, di hari-hari ke depan, semua yang melanggar tidak akan diberi peringatan lagi, tapi langsung ditindak," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris Diminta Halangi Niat Pangeran Salman Beli Newcastle United

Posted: 22 Apr 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Istanbul - Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman dikabarkan semakin dekat menjadi pemilik klub Liga Inggris, Newcastle United. Dia bakal membeli saham klub tersebut hingga 80 persen.

Nantinya, saham yang dimiliki Pangeran Salman di Newcastle United, klub yang sudah 4 kali juara Liga Inggris, akan beratas nama Kepala Pendanaan Investasi Publik Arab Saudi, Yasir Al-Rumayyan, yang memimpin konsorsium.

Mereka sepakat pembelian 80 persen saham Newcastle United ini berada di angka 300 juta pound sterling atau setara dengan Rp 5,8 triliun.

Namun, seseorang bernama Hatice Cengiz meminta para petinggi Liga Inggris menghentikan niat Mohammed Bin Salman menjadi pemilik Newcastle United. Cengiz merupakan tunangan dari jurnalis asal Arab, Jamal Khashoggi, yang tewas dibunuh di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

Pangeran Salman diduga terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, jurnalis yang melakukan kritik pedas kepada kerajaan Arab Saudi. Selain Cengiz, penolakan juga terlontar dari Organisasi pembela HAM, Amnesty International, bahkan sudah mengirimkan surat kepada Kepala Eksekutif Premier League, Richard Masters, melalui Direktur Amnesty Internasional Inggris, Kate Allen.

Pada kesempatan tersebut, Allen memperingatkan jika citra Liga Inggris bisa terdampak akibat dugaan pelanggaran HAM di Arab Saudi.

 

 

Perbaiki Reputasi

Mohammed bin Salman ditunjuk jadi putra Mahkota Arab Saudi (Foto:Hassan Ammar/AP)
Mohammed bin Salman ditunjuk jadi putra Mahkota Arab Saudi (Foto:Hassan Ammar/AP)

Seperti diberitakan The Sun, Cengiz beranggapan kalau Pangeran Salman membeli Newcastle United hanya untuk memperbaiki reputasinya. Dia menilai namanya sudah rusak karena kasus pembunuhan kepada seorang jurnalis.

"Otoritas Inggris dan Premier League seharusnya tak mengizinkan seseorang seperti Bin Salman, yang belum menghadapi pertanggungjawaban atas pembunuhan tunangan saya, untuk terlibat dalam olahraga di Inggris. Itu akan sangat menodai reputasi Premier League dan Inggris," kata Cengiz.

"PBB dan CIA menyimpulkan jika Bin Salman yang memerintahkan pembunuhan terhadap Jamal. Saya sangat mendesak pemerintah Inggris dan Premier League untuk campur tangan dan menghentikan pembelian Newcastle United," ujar Cengiz menambahkan.

 

Jika Membeli Newcastle United

Nantinya jika jadi membeli Newcastle United, dalam struktur organisasi, Al-Rumayyan bakal menjadi Direktur Utama Newcastle United. Al-Rumayyan merupakan orang yang sangat dipercaya oleh Pangeran Salman.

Nantinya, Pangeran Salman bakal bekerja sama dengan para pemegang saham lainnya, Amanda Staveley dan Jamie Reuben, yang masing-masing memiliki 10 persen saham di klub The Magpies.

pabila pembelian klub berjalan mulus, maka berakhir pula 13 tahun kepemilikan Newcastle dari tangan Mike Ashley. Saat ini The Magpies mengalami kesulitan finansial untuk membayar gaji para pemain dan karyawannya di tengah pandemi virus corona (covid-19).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipuji Jago Masak dan Cari Duit, Prilly Latuconsina Disindir Ibunya soal Jodoh

Posted: 22 Apr 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dapur menjadi tempat favorit Prilly Latuconsina selama menjalani karantina di rumah. Memasak untuk anggota keluarga menjadi hal paling disukainya, sambil mengasah lagi kemampuannya dalam mengolah makanan.

Momen tersebut dibagikan Prilly Latuconsina melalui kanal YouTube-nya, Diary Prilly, saat masak terong balado dan juga cumi goreng tepung untuk disajikan anggota keluarganya.

Pujian didapatkan Prilly Latuconsina dari ibunya, Ully Djulita, yang menilai masakan putrinya sangat enak untuk disantap.

"Enak banget," kata Ully saat menyantap cumi goreng tepung buatan Prilly Latuconsina, yang diunggah di kanal YouTube-nya, Rabu (22/4/2020).

Idola Lelaki

Prilly Latuconsina (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina (Instagram/prillylatuconsina96)

Bahkan kata Ully Djulita, Prilly Latuconsina adalah tipe wanita idaman setiap pria. Tak hanya cantik dan pintar, putrinya juga pandai memasak.

"Idola para laki-laki," kata Ully.

Disindir Ibunya

Prilly Latuconsina (Adrian Putra/Fimela.com)
Prilly Latuconsina (Adrian Putra/Fimela.com)

Meski awalnya memuji, namun sang bunda akhirnya menyindir Prilly Latuconsina. Di balik kemampuan yang ia miliki, Prilly Latuconsina tak pandai mencari pasangan.

"Masak bisa, nyari duit bisa, tinggal cari pacar aja nih enggak bisa," canda sang ibu.

Dibalas Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina. (Adrian Putra/Fimela.com)
Prilly Latuconsina. (Adrian Putra/Fimela.com)

Mendengar ucapan ibunya, Prilly Latuconsina hanya bisa tertawa. Ia akan mempersembahkan semua kemampuan yang ia miliki untuk suaminya kelak.

"Ini semua kupersembahkan buat suamiku nanti," katanya seraya bercanda.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Banyak Berjasa Sejak Wan-Bissaka Gabung ke MU

Posted: 22 Apr 2020 11:35 PM PDT

Manchester - Aaron Wan-Bissaka mengungkapkan Ole Gunnar Solskjaer berperan besar dalam perkembangan kariernya di Manchester United (MU).

Wan-Bissaka adalah salah satu dari tiga pemain yang bergabung dengan MU di musim panas yang lalu. Ia direkrut dari Crystal Palace dengan mahar transfer yang cukup tinggi, yakni 50 juta pound sterling.

Namun bek muda itu dengan cepat menjadi pujaan baru di Old Trafford. Ia menunjukkan performa yang sangat apik di sisi kanan pertahanan MU sehingga ia disebut-sebut sebagai salah satu bek kanan terbaik di Inggris saat ini.

Wan-Bissaka menyebut bahwa ia bisa bermain dengan baik berkat arahan dari tim pelatih MU. "Sejak saya datang ke United, para tim pelatih sudah bekerja dengan sangat baik bersama saya," ujar Wan-Bissaka di situs resmi MU.

Wan-Bissaka menyebut bahwa tim pelatih MU mampu menganalisa dengan baik karakter permainannya.

Untuk itu mereka tahu apa yang baik dan kurang dari dirinya sehingga mereka membantu Wan-Bissaka untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

"Mereka benar-benar profesional di bidangnya dan mereka menghadirkan perbedaan dalam permainan saya. Setiap persen perkembangan saya di sini sangat berharga untuk didapatkan dan saya benar-benar antusias untuk mengembangkan permainan saya."

Peran Solskjaer

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memberikan instruksi kepada Aaron Wan-Bissaka pada laga Premier League di Stadion St Mary's, Southampton, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AP/Mark Kerton)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memberikan instruksi kepada Aaron Wan-Bissaka pada laga Premier League di Stadion St Mary's, Southampton, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AP/Mark Kerton)

Wan-Bissaka juga membeberkan bahwa Solskjaer memberikan andil yang besar dalam perkembangannya. Ia menyebut sang manajer banyak memberikannya pandangan agar bisa meningkatkan permainannya.

"Manajer memainkan peran besar dalam perkembangan saya. Sejak hari pertama saya di United, saya melihat Ole adalah manajer yang mengetahui apa yang ia inginkan. Anda bisa melihat apa intensinya untuk tim ini, di mana ia ingin semua pemain untuk berkembang."

"Ia memberikan pegangan bagi kami untuk berkembang dan saya rasa itulah yang kami butuhkan yaitu manajer yang mendorong saya untuk terus berkembang."

"Secara pribadi, ia meminta saya untuk lebih sering maju ke depan dengan percaya diri sembari mengekspresikan diri saya. Sebelum Lockdown, saya rasa aspek serangan saya mulai berkembang dan saya yakin saya masih bisa lebih baik lagi." ujarnya.

Sumber: Situs MU

Disadur dari Bola.net (published 23/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Masa Kecil Amanda Manopo, Bukti Cantik Sedari Dulu

Posted: 22 Apr 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amanda Manopo namanya tidak asing lagi di dunia hiburan. Gadis 20 tahun ini namanya mulai dikenal sejak bermain dalam sinetron Mermaid In Love sebagai Ariel pada 2016 silam. Berkat kelihaiannya dalam bermain peran, mantan kekasih Chris Laurent ini sudah membintangi sejumlah judul film, FTV dan sinetron.

Menjadi publik figur, tak heran jika kehidupan wanita kelahiran 1999 ini selalu mendapat sorotan. Tak hanya karier, asmara ataupun kehidupan keluarganya saja, namun juga potret masa kecilnya. Tumbuh menjadi wanita cantik, tak sedikit warganet yang penasaran dengan potret masa kecil bungsu 2 bersaudara ini.

Enggak banyak yang tahu, Amanda Manopo semasa kecil punya wajah yang menggemaskan dengan pipi tembamnya. Melihat potret masa kecil aktris sekaligus model ini, tak sedikit warganet yang memberi komentar bahwa kecantikannya sudah terlihat sejak masih kecil.

Jadi, penasaran kan dengan potret masa kecil Amanda Manopo? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret masa kecil Amanda Manopo, Kamis (23/4/2020). 

1. Ini dia potret Amanda Manopo semasa kecil, wanita berdarah Manado-Spanyol ini terlihat menggemaskan dengan pipi tembamnya.

Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//man_da1999
Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//man_da1999

2. Khas dengan rambut panjang, semasa kecil mantan kekasih Chris Laurent ini pernah punya rambut bob yang menawan ya.

Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Brilio)
Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Brilio)

3. Memiliki rambut panjang yang indah dan hitam pekat, wanita kelahiran 1999 ini pernah menjadi bintang iklan shampo.

Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//man_da1999
Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//man_da1999

4. Semasa kecil, pemeran Ariel di sinetron Mermaid In Love ini punya rambut berponi yang menggemaskan.

Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//man_da1999
Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//man_da1999

5. Potret lawas Amanda dan sang kakak, pemeran film Bisikan Iblis ini masih terlihat polos tanpa riasan makeup.

Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//hennymanopolugue/
Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//hennymanopolugue/

6. Ini dia potret keluarga Amanda Manopo. Saat itu, aktris sekaligus model menginjak usia 13 tahun.

Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//hennymanopolugue/
Potret Masa Kecil Amanda Manopo (Sumber: Instagram//hennymanopolugue/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pos Pengecekan Bakal Ada 21 Titik di Sidoarjo Saat PSBB

Posted: 22 Apr 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan di Sidoarjo terdiri dari polisi lalu lintas, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan akan bertugas di 21 titik pengecekan atau check point menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo Kompol Eko Iskandar mengatakan, 21 titik tersebut akan berisi petugas gabungan.

"Ada yang dari polisi lalu lintas, TNI, Dishub, dan juga dari Dinas Kesehatan," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 22 April 2020.

Ia mengatakan, sebanyak 21 titik tersebut di antaranya adalah Waru, Tarik, Pondok Candra, dan juga Taman.

"Ada dua model titik, yakni di luar yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya dan juga yang ada di dalam Kota Sidoarjo," tutur dia.

Sedangkan untuk check point yang ada di dalam kota, di antaranya berada di pertigaan Maspion, Gedangan, dan Taman Pinang, Sidoarjo. "Nantinya check point tersebut melakukan beberapa kegiatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan masker dan juga pemantauan pengendara yang melintas," kata dia.

Kompol Eko mengatakan, untuk pengendara sepeda motor juga dilarang berboncengan, dan untuk kendaraan mobil harus diisi 50 persen dari kapasitas mobil. "Untuk ojek dalam jaringan bisa melayani pesanan antarbarang dan tidak mengangkut orang," tutur dia.

Polresta Sidoarjo Usul Pemberlakuan Jam Malam Saat PSBB

Selain itu, Kepolisian Resor Kota Sidoarjo mengusulkan pemberlakuan jam malam saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah setempat dalam waktu dekat, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan, pemberlakuan jam malam tersebut agar upaya memutus penyebaran COVID-19 berjalan efektif.

"Polresta Sidoarjo mengusulkan ada pemberlakuan jam malam hingga pukul 20.00 WIB. Artinya, aktivitas masyarakat sudah harus ditutup pada jam tersebut," ujar dia mengutip Antara.

Sumardji mengemukakan, tiga wilayah yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik saat ini bersiap-siap memberlakukan PSBB setelah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui usulan Gubernur Jatim.

"Pemberlakuan PSBB di tiga wilayah ini sangat perlu karena penyebaran virus corona yang terus meluas," katanya.

Dia menuturkan, pemberlakuan jam malam ini sangat diperlukan agar penerapan PSBB bisa lebih efektif, sehingga upaya memutus penyebaran virus corona juga bisa berhasil.

"Selain itu juga karena keterbatasan personel Polresta Sidoarjo, yakni sekitar 1.500 orang harus mengawasi hampir 2,5 juta penduduk di Sidoarjo," tutur dia.

Sementara terkait kegiatan di tempat-tempat ibadah, lanjut Kapolresta, polisi akan menyerahkan kebijakan itu kepada pemerintah kabupaten dan tokoh agama di Sidoarjo.

"Yang ada kaitannya dengan itu semua kami serahkan sepenuhnya kepada beliau-beliau untuk bisa memutuskan apa yang harus kami jalankan," ujar dia.

Ia mengatakan, pada saat penerapan PSBB nanti keleluasaan warga memang menjadi dibatasi, salah satunya warga harus selalu mengenakan masker saat keluar rumah.

"Aturan pelaksanaan PSBB sedang digodok dan akan keluar peraturan gubernur, disusul peraturan bupati. Dalam peraturan tersebut juga disertakan sanksi bagi masyarakat yang langar aturan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Kopi Diminta Kreatif Demi Bertahan Ditengah Corona

Posted: 22 Apr 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan industri kopi dalam negeri masih potensial di tengah pandemi Corona.

Kata Agus, Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar di dunia ke-4 setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Potensi ini bisa dikembangkan dengan mendukung industri lokal supaya bisa melakukan ekspor ke luar negeri.

"Perkembangan industri kopi dalam negeri sangat menjanjikan. Pada tahun 2019 saja, Indonesia memproduksi biji kopi sebanyak 730 ribu ton dengan nilai ekspor produk kopi olahan sebesar USD 610 juta. Ini potensi yang bagus," kata Agus dalam diskusi daring, Kamis (23/4/2020).

Agus melanjutkan, saat ini jumlah industri kecil dan menengah (IKM) produk kopi mencapai 1.200 unit lebih. Di samping itu, tingkat konsumsi kopi masyarakat Indonesia juga masih rendah. Jika produk kopi dikembangkan kualitas bisnisnya, maka industri kopi akan semakin tumbuh.

"Berdasarkan data, konsumsi kopi per kapita di Indonesia masih relatif sangat rendah, baru 1,4 kg per kapita," kata Agus.

Namun, tak dipungkiri wabah Corona menurunkan penjualan kopi mulai dari 50 persen hingga 90 persen. Oleh karenanya, perlu dikembangkan cara-cara kreatif agar industri kopi bisa bertahan.

 

Lebih Kreatif

Coffee Roaster menunjukkan biji kopi robusta yang telah disangrai atau diroasting di Mula Kopi Nusantara, BSD, Tangerang Selatan,  Selasa (25/02/2020). Proses roasting akan mengalami perubahan mulai dari pengurangan kadar air,  berat dan ukuran hingga perubahan warna. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Coffee Roaster menunjukkan biji kopi robusta yang telah disangrai atau diroasting di Mula Kopi Nusantara, BSD, Tangerang Selatan, Selasa (25/02/2020). Proses roasting akan mengalami perubahan mulai dari pengurangan kadar air, berat dan ukuran hingga perubahan warna. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menyatakan pemerintah akan terus mendukung industri kopi ini melalui insentif yang diberikan. Industri kopi akan didorong agar bisa kreatif mengelola bisnis kopi meskipun di tengah pandemi Corona sekalipun.

"Di saat pandemi ini, kopi juga bisa jadi salah satu potensi untuk mendorong usaha anak bangsa, at the same time. Jadi kita cari potensi apa yang ada saat ini biar dapat lebih didayagunakan," kata Wishnutama.

Wishnu juga mendorong agar industri kopi bisa lebih kreatif agar tak hanya bisa bertahan di tengah pandemi namun digandrungi karena memiliki keunikan dan keistimewaan.

"Saat ini ada banyak waktu yang bisa dimanfaatkan pegiat kopi untuk belajar membuat kopi yang enak, yang stand out dan berbeda dari yang lain, yang menjadi ciri khas supaya industri berkembang," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Eks Kepala DPKAD Pemkot Bandung di Kasus RTH

Posted: 22 Apr 2020 11:30 PM PDT

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Eks Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung Herry Nurhayat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Herry diperiksa sebagai tersangka untuk melengkapi berkas kasus dugaan korupsi pengadaan RTH di Pemkot Bandung pada 2012. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Riyadi Ingin Berhijrah, Buang Minuman Beralkohol Miliknya

Posted: 22 Apr 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendekati bulan Ramadan 2020, Didi Riyadi membuat satu keputusan besar dalam hidupnya. Ia mantap untuk berhijah. 

Hal ini diungkapkan Didi Riyadi dalam sejumlah unggahannya di Instagram miliknya, baru-baru ini. Yang terbaru, adalah unggahan bertanggal Rabu (22/4/2020). 

Didi Riyadi membagikan video saat dirinya membuang minuman beralkohol miliknya. 

 

 

 

Buang Alkohol

Didi Riyadi (Instagram/ didiriyadi_official)
Didi Riyadi (Instagram/ didiriyadi_official)

Pada video ini, Didi menunjukkan momen ketika dirinya membuang semua botol-botol minuman beralkohol miliknya. Padahal, semuanya masih berisi penuh.

Tak Perlu Malu

Didi Riyadi (Instagram/didiriyadi_official)
Didi Riyadi (Instagram/didiriyadi_official)

"Yang penting berusaha bijak menyikapi apa itu hijrah. Buat gue sih mulai dari yang simple aja dulu. Besar hati dan enggak perlu malu akan kekurangan lo dan buka hati untuk Tuhan. Itu aja dulu," tulis Didi pada caption video postingannya. 

Ingin Lebih Baik

Di video lain, Didi menceritakan soal keputusannya ini.

"Ya ini Ramadan 2020 adalah, buat gue secara pribadi momen yang spesial untuk gue meng-upgrade diri gue sendiri menjadi, at least menjadi Didi Riyadi yang lebih baik lagi dari yang dulu-dulu or dari yang kemarin-kemarin," ungkap Didi pada sebuah postingan videonya di Instagram belum lama ini.

Diberi Semangat

Tentu saja keputusan Didi itu mendapat dukungan dan pujian dari sederet netizen. Mereka juga memberi semangat untuknya. 

"Ketika engkau sudah berada dijalan yg benar menuju Allah, maka berlarilah. Jika sulit bagimu, maka berlarilah kecil. Jika kamu lelah, berjalanlah. Jika itupun tidak mampu, merangkaklah. Namun, jangan pernah berbalik arah dan berhenti... Semangat om," kata seorang warganet.

"Bismillah ...insyallah diberi kemudahan dalam proses hijrah aaminn," timpal yang lain. 

 

(Kapanlagi.com/ gtr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Konvoi Motor Sport Terobos Penjagaan Polantas Saat PSBB

Posted: 22 Apr 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pengemudi sepeda motor sport kebut-kebutan di ruas jalan saat ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Aksi tersebut terekam kamera dan viral di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Tekankan Pentingnya Vaksin Terjangkau dalam Kemitraan ASEAN-AS Hadapi COVID-19

Posted: 22 Apr 2020 11:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kerja sama yang saat ini tengah digiatkan ASEAN dan Amerika Serikat dalam menghadapi pandemi Virus Corona COVID-19, membuat Indonesia juga menekankan pentingnya beberapa hal.

Yang pertama dan terutama adalah, pentingnya kemitraan strategis ASEAN dan AS dapat betul-betul berfungsi dan bermanfaat terutama selama pandemi.

"Kita tekankan bahwa walaupun masing-masing negara menghadapi tantangan yang berat, di dalam negeri, di negara masing-masing, namun jika bersatu dan saling membantu tentu beban tersebut akan lebih ringan," ujar Menlu Retno. 

"Hal lain yang kita sampaiakan adalah ajakan untuk mengesampingkan perbedaan dan fokus pada upaya menghadapi pandemik dan dampak sosial ekonomi dari COVID-19," sambung Retno.

Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan kerja sama yang bersifat jangka pendek untuk memenuhi kekurangan-kekurangan yang masih terus dihadapi terkait kelengkapan alat medis dan obat-obatan.

"Dalam konteks ini, Indonesia menyerukan pentingnya innovative cooperation atau kerjasama yang inovatif," tambahnya kemudian. 

Hal lain untuk kerjasama yang bersifat jangka pendek adalah menekankan pentingnya bekerja sama dalam pengembangan vaksin.

"Dan apabila vaksin sudah ada maka Indonesia secara konsisten menekankan pentingnya aksesibilitas vaksin bagi negara berkembang dan least developed country (LDCs) dengan harga terjangkau," tegas Menlu Retno. 

Kerja Sama Jangka Panjang

Telekonferensi oleh Menlu Retno bersama dengan 11 negara lain dalam membahas pandemi Virus Corona COVID-19. (Twitter/@Menlu_RI)
Telekonferensi oleh Menlu Retno bersama dengan 11 negara lain dalam membahas pandemi Virus Corona COVID-19. (Twitter/@Menlu_RI)

Sedangkan untuk kerja sama jangka panjang, Indonesia menekankan bahwa kerja sama di masa depan harus berfokus pada resiliensi sistem kesehatan melalui pengembangan region wide disease control structure. 

Tak hanya itu, Menlu Retno juga menyampaikan hal terkait realokasi US Aid Fund di bawah program IGNITE dan PROSPECT.

IGNITE adalah Inclusive Growth in Asean Through Innovation, Trade and E-commerce. Ini adalah kerjasama teknis untuk badan-badan ASEAN di bidang fasilitasi perdagangan, ekonomi digital, sains teknologi dan inovasi.

Program ini juga mendorong  kerjasama yang bersifat cross-cutting terkait pengembangan UMKM sampai pengarusutamaan gender.

Sedangkan PROSPECT adalah Partnership for Regional Optimization within the Political Security and Socio-Cultural Community. Program kerja sama ini berbentuk dukungan untuk menangani tantangan yang sifatnya transnasional secara lebih baik. 

Hal lain dalam intervensi Indonesia adalah menekankan mengenai pentingnya strong collective and coordinated global leadership yang menghasilkan kepemimpinan dunia yang kuat, kolektif dan terkoordinasi.

"Karena kita meyakini bahwa hanya dengan kepemimpinan global yang kuat, bersama dan terkoordinasi kita akan dapat mengatasi pandemi ini dan dampaknya secara sosio-ekonomi dengan lebih baik," tutup Menlu Retno. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Salahi Aturan Jika Ubah Pilkada Jadi Pemilu Tak Langsung

Posted: 22 Apr 2020 11:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin mengatakan jangan ada pihak yang mengarahkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak jadi pemlu tidak langsung dengan alasan pandemi Covid-19.

"Penyelenggara pemilu, DPR dan pemerintah sudah sepakat dengan penundaan, jadi tidak ada alasan kembali ke DPRD pemilihannya. Dan kami berharap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) mengatur penundaan tidak mengubah sistem pemilihan," kata Ujang Komaruddin di Jakarta, Senin, 20 April 2020. 

Menurutnya jika penyelenggaraan Pilkada diubah menjadi pemilihan tidak langsung malah akan menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena pemilu sudah ditetapkan dipilih langsung oleh rakyat.

"Meskipun Perppu misalnya terbit mengatur tidak langsung itu tetap menyalahi, kalau mengubah sistem pemilu itu ada prosesnya tidak ujug-ujug. Saya masih percaya Perppu akan terbit sesuai usulan yang sudah muncul kemarin, bukan sesuatu yang ekstrem dengan mengubah sistem," kata dia.

Gelombang Protes

Jika mengubah sistem pemilu secara tiba-tiba, kata dia, akan menyebabkan gelombang protes dari masyarakat. Terlebih saat ini semua sedang disibukkan dengan wabah Corona.

"Sudah protes wabah, malah ditambah protes sistem pemilu. Usulan penundaan kan kesepakatan penyelenggara, DPR dan Kemendagri yang notabene adalah pemerintah. Jadi Perppu nantinya tidak akan jauh dari usulan, ketiganya sepakat mengusulkan hari pemilihan ditunda pada Desember 2020," ucapnya.

Bukan hanya jangan menghembuskan opini mengubah sistem pemilu, Ujang juga berharap wabah Corona atau Covid-19 tidak dimanfaatkan untuk mendongkrak elektabilias.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Soe Hok Gie Arief Budiman Meninggal Dunia

Posted: 22 Apr 2020 11:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia akademisi berduka. Arief Budiman, kakak aktivis  Soe Hok Gie, yang juga Guru Besar di Universitas Melbourne, Australia meninggal dunia. Kabar itu disampaikan akademisi dan Sosiolog Ariel Heryanto.

"Selamat jalan, kawan lama dan rekan sejawat, Arief Budiman, Terima kasih atas apa yang telah engkau sumbangkan ke Indonesia," kata Ariel lewat akun Twitternya pada Kamis, (23/4/2020).

Sementara, Peneliti Human Rights Watch Andreas Harsono mengatakan Arief Budiman selama ini memang sedang sakit Parkinson.

"Arief cendekiawan publik, dulu mengajar di Univ Kristen Satya Wacana dan Universitas Melbourne," kata Andreas lewat akun Twitternya.

Sosiolog Daniel Dhakidae juga membenarkan kabar meninggalnya aktivis 66 itu.

Arief Budiman (lahir di Jakarta3 Januari 1939 – meninggal di Salatiga dilahirkan dengan nama Soe Hok Djin, adalah seorang aktivis demonstran Angkatan '66 bersama dengan adiknya, Soe Hok Gie. Kini Arief mengajar sebagai Guru Besar di Universitas MelbourneAustralia. Ia juga banyak terlibat dalam bidang budaya di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Resmi Umumkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Ditunda Tahun Depan

Posted: 22 Apr 2020 11:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang rencananya dilaksanakan pada 20 Oktober 2020 di Papua ditunda hingga Oktober 2021. Hal itu disampaikannya setelah melakukan rapat terbatas (Ratas) virtual dengan Presiden Joko Widodo, di Lantai 9 Kemenpora, Jakarta, Kamis (23/4) pagi. 

"Saya baru saja mengikuti Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dengan agenda tunggal yakni pembahasan tentang kelanjutan Pekan Olahraga Nasional (PON)XX Papua yang direncanakan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," kata Menpora saat video conference bersama awak media.

Keputusan itu lanjut Menpora, usai Presiden mendapatkan beberapa masukan dan laporan dari Menko PMK dan Menpora tentang kondisi terakhir persiapan pelaksanaan PON. Terutama terkait kondisi venue, pekerjaan lain yang sudah selesai dan belum, penginapan, pengadaan peralatan, kesiapan kontingen hingga kesiapan panitia besar penyelenggara PON.

"Atas pertimbangan, laporan dan beberapa masukan itu Presiden memutuskan pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI yang sedianya akan dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," lanjutnya.

Menurut Menpora ditetapkannya PON pada Oktober 2021 karena teragendanya beberapa kegiatan olahraga yang dilaksanakan di tahun depan.

"Kami mulai April 2021 sudah ada kegiatan kemudian Mei-Juni, ada Piala Dunia kemudian Juli ada Asean School Games, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo yang tadinya juga 2020 ini tapi ditunda menjadi Juli dan Agustus 2021. Ada juga Islamic Solidarity Games, ada Haornas ada World Beach Games (tentative), Popnas dan Peparnas" kata Menpora.

"Waktu yang ada adalah bulan Oktober 2021 disitu kita usulkan untuk pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI dan akhirnya disetujui Presiden dan beliau memutuskan Bulan Oktober karena bulan November kita sudah ada SEA Games kembali, Asean Youth Games, MotoGP Mandalika dan Asean Para Games 2021," tambah Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan beberapa pejabat Eselon I,II Kemenpora.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Presenter Olahraga Intan Saumadina Pakai Topi Pantai, Memesona

Posted: 22 Apr 2020 11:25 PM PDT

Dikenal luas sebagai pembawa acara olahraga terutama sepak bola, Intan Saumadina awalnya merintis karier sebagai seorang model. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)
Dikenal luas sebagai pembawa acara olahraga terutama sepak bola, Intan Saumadina awalnya merintis karier sebagai seorang model. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)

Dikenal luas sebagai pembawa acara olahraga terutama sepak bola, Intan Saumadina awalnya merintis karier sebagai seorang model. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)

Tak hanya sebagai pembawa acara sepak bola saja, namun Intan juga sudah akrab dengan si kulit bundar. Ia pun sering kali mendapatkan julukan sebagai bidadari tribun. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)
Tak hanya sebagai pembawa acara sepak bola saja, namun Intan juga sudah akrab dengan si kulit bundar. Ia pun sering kali mendapatkan julukan sebagai bidadari tribun. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)

Tak hanya sebagai pembawa acara sepak bola saja, namun Intan juga sudah akrab dengan si kulit bundar. Ia pun sering kali mendapatkan julukan sebagai bidadari tribun. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)

Memiliki badan yang langsing dan ideal, perempuan 26 tahun ini selalu rutin olahraga untuk menjaga penampilannya. Ia juga selalu menerapkan pola hidup sehat. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)
Memiliki badan yang langsing dan ideal, perempuan 26 tahun ini selalu rutin olahraga untuk menjaga penampilannya. Ia juga selalu menerapkan pola hidup sehat. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)

Memiliki badan yang langsing dan ideal, perempuan 26 tahun ini selalu rutin olahraga untuk menjaga penampilannya. Ia juga selalu menerapkan pola hidup sehat. (Liputan6.com/IG/@intansaumadina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Sigap Antisipasi Dampak Covid-19

Posted: 22 Apr 2020 11:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah Covid-19 yang melanda dunia melahirkan kekhawatiran masyarakat, tak terkecuali Indonesia. Tidak hanya ketakutan akan kesehatan mereka, namun juga urusan perut mareka dan keluarganya. Gejala ini ini dibaca dengan cermat oleh Menteri Pertanian; Syahrul Yasin Limpo, sehingga dalam setiap kesempatan selalu dipesankan,"Pertanian tidak boleh berhenti".

Dalam kesempatan yang berbeda ketika menetapkan duta petani millenial dan duta petani andalan awal April lalu pesan yang sama juga disampaikan, "Pertanian harus terus bergerak, maju, mandiri, modern, dan mampu menyediakan pangan bagai 267 juta penduduk Indonesia" ujar Syahrul

Pada saat membuka Seminar "Meraup Untung Bisnis Pangan Petani Milenial di Tengah Pandemi Covid-19" Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Momon Rusmono mengatakan bahwa Kementerian Pertanian telah menyiapkan langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi dampak Covid-19. Langkah pertama adalah, "memastikan semua komponen (stakeholders) pertanian harus tetap bekerja keras dan komitmen dalam rangka menyediakan pangan bagi 267 jt rakyat", ungkapnya.

Hal ini dipertegas oleh Kepala Badan penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, dalam paparanya pada seminar ini bahwa langkah ini akan dikonkritkan dengan, "mempercepat program bantuan sarana produksi seperti alat dan mesin pertanian, benih/bibit, pupuk, pakan ternak, obat hewan/vaksin dan sarana produksi lainnya"'.

Sedangkah langkah kedua adalah, "menjaga keseimbangan suppaly dan demand bahan pangan serta stabilisasi harga pangan", ungkap Momon lagi. Secara operasional, langkah ini dilakukan dengan cara mengakselerasi produksi pertanian, khususnya melalui kegiatan padat karya dengan mempekerjakan para tenaga kerja yang kehilangan penghasilan akibat dampak ekonomi dari pandemi Covid-19.

Langkah ketiga; "melakukan kerjasama dan harmonisasi dengan seluruh stakeholders, termasuk yang diluar Kementerian Pertanian, sebab masalah pertanian masalah bersama, tidak cukup hanya diselesaikan oleh insan pertanian", tambahnya lagi. Sehingga secara riil langkah ini dilakukan dengan mendorong kelancaran distribusi bahan pangan pokok.

Dalam jangka pendek, Dedi Nursyamsi menambahkan "Kementerian Pertanian telah melakukan langkah cepat dengan turut Penyediaan bahan pangan pokok utamanya beras dan jagung", ungkapnya serius.

Selanjutnya adalah, "mempeecepat ekspor komoditas strategis dalam mendukung keberlanjutan ekonomi", tambahnya lagi. Tidak lupa juga "turut mensosialisasikan kepada petani dan petugas terkait penanganan/pencegahan Covid-19, pengembangan pasar tani di Provinsi, dan mendukung terhadap eksistensi UMKM dan usaha ekonomi informal di sektor pertanian", ungkapnya lagi.

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian; Bustanul Arifin Caya, mendukung langkah-langkah ini, "Dalam kondisi pandemi Covid seperti ini, memang garda terdepan adalah teman-teman tenaga kesehatan, namun pertanian juga sangat penting, sebab semua butuh makan", ungkap Bustanul. "Kita tetap akan menjadi pejuang pertanian, bahkan dengan elearning kita akan terus bergerak dengan lebih modern", ungkapnya lagi penuh optimis.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: