Rabu, 29 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Fakta Ibnu Sina, Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Dunia

Posted: 29 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fakta Ibnu Sina atau yang juga dikenal dengan Avicenna, mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Ibnu Sina merupakan salah satu tokoh muslim yang memiliki julukan Bapak Kedokteran Dunia dan Bapak Kedokteran Modern. Salah satu fakta Ibnu Sina yang lainnya adalah Ibnu Sina juga merupakan penulis yang sangat produktif.

Sebelum membahas lebih dalam tentang fakta Ibnu Sina, kita akan membahas sedikit mengenai latar belakangnya. Ibnu Sina lahir di Afshona, yaitu salah satu daerah di Uzbekistan. Ibnu Sina lahir pada tahun 370 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 980 Masehi. Salah satu fakta Ibnu Sina, memiliki nama lengkap Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hassan Ali bin Sina. Ibnu Sina wafat pada tahun 428 Hijriah atau 1037 tahun Masehi. Ibnu Sina wafat di Hamedan yang merupakan kota di barat laut Iran.

Fakta Ibnu Sina yang akan kita bahas di bawah ini, sedikit banyak dapat menambah wawasan kita, terutama menyadarkan kita bahwa sangat banyak tokoh-tokoh muslim yang sangat di perhitungkan pada berbagai bidang keilmuan, bahkan tidak sedikit pemikiran-pemikiran tokoh muslim tersebut memberi sumbangsih terhadap perkembangan pengetahuan modern yang ada saat ini.

Jadi, apa sajakah fakta Ibnu Sina tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum beberapa fakta Ibnu Sina yang baik untuk dijadikan bahan pengetahuan baru tentang salah satu tokoh muslim yang sangat berpengaruh di dunia, Kamis (30/4/2020).

1. Memiliki minat belajar tinggi sejak masih kecil

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar

Keluarga besar dari Ibnu Sina umumnya bekerja pada pemerintahan di masa itu, termasuk ayah dari Ibnu Sina. Namun, ayah dari Ibnu Sina juga merupakan seorang pendidik diluar pekerjaan utamanya sebagai pegawai pemerintahan. Pada masa itu tidak banyak orang yang mengenyam pendidikan yang cukup tinggi, dan biasnya orang dengan tingkat pendidikan tinggi lebih banyak dari orang-orang di lingkup pemerintahan.

Hal tersebut cukup menjadi keuntungan dari Ibnu Sina kecil, karena lingkungan keluarganya memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Ibnu Sina belajar Al-Quran dan sastra dari ayahnya. Ayah dari Ibnu Sina bahkan juga mendatangkan guru Al-Quran, tujuannya agar Ibnu Sina belajar lebih dalam mengenai Al-Quran dan membantu Ibnu Sina dalam menghafal Al-Quran. Itulah mengapa pada saat Ibnu Sina berusia 10 tahun, dirinya sudah mampu menghafal Al-Quran.

Ibnu Sina, selain mempelajarai sastra dan Al-Quran, dirinya juga mempelajari bidang keilmuan lainnya, seperti matematika, geometri, fikih, sains, dan kedokteran. Saat anak-anak, bahkan dirinya telah belajar ilmu tafsir, ushuluddin, dan tasawuf. Itulah mengapa, tidak heran jika Ibnu Sina saat masih belia, dia sudah lebih cerdas dibandingkan anak-anak seusianya.

2. Memberi sumbangsih tidak hanya pada ilmu kedokteran

Tips Menata Buku di Rumah (Sumber: Pixabay)
Tips Menata Buku di Rumah (Sumber: Pixabay)

Memang, selama ini Ibnu Sina dikenal sebagai salah satu tokoh muslim yang memberi banyak sumbangsih terhadap dunia kedokteran. Namun, selain pada dunia kedokteran, Ibnu Sina juga menciptakan banyak karya yang menjadi sebuah sumbangsih bagi banyak ilmu lainnya. Beberapa karya Ibnu Sina tersebut diantaranya pada ilmu filsafat, alkimia, geologi, teologi Islam, astronomi, psikologi, matematika, logika, fisika, hingga karya-karya dibidang sastra, seperti karya puisi.

Tetapi, Ibnu Sina sebenarnya lebih banyak menelurkan karya pada bidang ilmu filsafat jika dibandingkan dengan ilmu kedokteran. Hal ini terlihat dari karya yang telah dia buat. Pada bidang kedokteran, yang dia buat sebanyak 40 karya, sedangkan pada bidang filsafat, Ibnu Sina mengeluarkan sekitar 150 karya. Dan karya filsafat yang dibuat oleh Ibnu Sina memang merupakan buah dari pemikiran dan kecerdasan selama hidupnya.

3. Menyembuhkan penyakit Raja Bukhara saat usia 18 tahun

Bukhara, Uzbekistan | unsplash.com
Bukhara, Uzbekistan | unsplash.com

Pada saat Ibnu Sina berusia 18 tahun, dirinya mampu menyembuhkan penyakit yang diderita oleh Raja Bukhara yang bernama Nuh bin Mansur. Pada waktu itu, penyakit dari Nuh bin Mansur sedang dalam keadaan yang sangat parah, dan bahkan tidak ada satupun dokter yang mampu menyembuhkannya. Dan saat itu, disaat kemampuan Ibnu Sina dalam mengobati penyakit sudah mulai terkenal ke seantero negeri, maka dirinya diundang ke istana Nuh bin Mansur, dan sang raja akhirnya sembuh dengan perawatan dari Ibnu Sina.

Setelah Ibnu Sina berhasil menyembuhkan sang raja, hubungan keduanya menjadia semakin dekat. Sang raja yang memiliki koleksi buku yang sangat lengkap di perpustakaannya, memberikan akses bagi Ibnu Sina agar dapat mengunjungi perpustakaan tersebut dengan mudah. Dengan kemudahan tersebut, Ibnu Sina meandapatkan ilmu baru dan semakin memperluas wawasan terhadap bidang keilmuan lainnya.

4. Mendapat gelar pada bidang filsafat

Ibnu Sina, ilmuan muslim terkemuka di sekitar tahun 1000 Masehi yang banyak berkontribusi di bidang kedokteran.
Ibnu Sina, ilmuan muslim terkemuka di sekitar tahun 1000 Masehi yang banyak berkontribusi di bidang kedokteran.

Pengakuan terhadap Ibnu Sina dapat dilihat dari beberapa gelar yang diberikan oleh orang-orang kepada dirinya, salah satunya di bidang filsafat. Pada bidang filsafat, Ibnu Sina mendapat gelar asy-Syaikh ar-Rais atau yang memilki arti Guru Para Raja. Karena di bidang filsafat, Ibnu Sina memiliki cara pikir mengenai keagamaan yang sangat mendalam. Pemahaman Ibnu Sina terhadap keagamaan tersebut, sangat berpengaruh terhadap cara pandang filsafatnya.

Salah satu pemikiran dari Ibnu Sina yaitu meyakini bahwa alam diciptakan secara emanasi atau maksudnya adalah memancar dari Tuhan. Ibnu Sina juga mengemukakan pemikiran filsafat tentang jiwa (an-nafs), serta tentang kenabian. Ibnu Sina memiliki pendapat bahwa nabi merupakan manusia terunggul dan nabi merupakan pilihan Tuhan. Seorang filsuf hanya dapat menerima ilham, namun nabi dapat menerima wahyu. Itulah mengapa, ajaran yang dibawa oleh nabi haruslah menjadi pedoman bagi kehidupan manusia.

5. Menciptakan karya yang berkontribusi besar di bidang kedokteran

Photo Unsplash
Photo Unsplash

Salah satu alasan mengapa Ibnu Sina dijuluki sebagai Bapak Kedokteran, karena dirinya membuat sebuah karya yang dijuluki karya agung dengan judul Al-Qanun fi at-Tibb. Buku ini memiliki beberapa isi pokok bahasan. Yang pertama memiliki isi mengenai definisi ilmu kedokteran yang disertai dengan penjelasan detail mengenai organ dari tubuh manusia. Selanjutnya pada pokok bahasan kedua, menjelaskan tentang jenis-jenis obat dan berbagai hal yang yang berkaitan dengan obat-obatan. Dan pada pokok bahasan yang ketiga, membahas mengenai penyakit yang diderita oleh penduduk Khwarezmia, yang di dalamnya dijelaskan pula sebab, gejala, dan cara mengobati penyakit tersebut.

Pada pokok bahasan yang keempat, menjelaskan tentang beberapa jenis penyakit yang masih ada hingga saat ini. Dan pada pokok bahasan kelima dibahas beberapa hal yang menjelaskan mengenai obat-obatan dan cara meraciknya.

Sangat banyak hal yang bisa dibahas mengenai fakta Ibnu Sina. Namun, beberapa hal diatas merupakan alasan utama, mengapa nama besar Ibnu Sina masih abadi di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Covid-19 BUMN Salurkan Bantuan ke 120 Rumah Sakit di Jawa Barat

Posted: 29 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat kembali menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Kali ini bantuan penanganan virus corona (Covid-19) tersebut akan disalurkan kepada 120 Rumah Sakit (RS) di Jawa Barat melalui Pemprov Jawa Barat.

Bantuan yang disalurkan merupakan perlengkapan medis dengan total jumlah 26.695 yang terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan lainnya seperti baju APD 2.933 buah, protective helmet 933 buah, goggle glass 364 buah, sepatu bot 452 buah, sarung tangan medis 2.148 pasang, masker medis 18.455 buah, hand sanitizer 1.150 liter, rapid test 225 buah, disinfektan 25 liter, dan wastafel portabel 10 buah.

Bantuan tersebut disalurkan oleh 13 BUMN wilayah Jawa Barat, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai koordinator, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Jasa Raharja (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pos Indonesia (Persero), PT Jaminan Kredit Indonesia (Persero), PT Kimia Farma (Persero) Tbk.

Kemudian, PT Jasa Tirta II, PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bank Nasional Indonesia (Persero), PT Bank Republik Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

Kepala Divisi Kemitraan dan Penggalangan Bantuan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Dani Ramadhan, menyatakan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat.

Ia mengaku seluruh bantuan yang diterima sangat dibutuhkan selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Untuk bantuan peralatan medis, kami akan memprioritaskan penyalurannya ke rumah sakit-rumah sakit rujukan yang ada di wilayah Jawa Barat. Tak hanya rumah sakit, puskesmas dan klinik juga membutuhkannya. Para tenaga medis ini belum mendapat bantuan APD yang memadai," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/4/2020).

Masa Darurat Ekonomi

Satgas Covid-19 BUMN Salurkan Bantuan ke 120 Rumah Sakit di Jawa Barat
Satgas Covid-19 BUMN Salurkan Bantuan ke 120 Rumah Sakit di Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam arahannya menyampaikan bahwa perjuangan melawan pandemi corona masih panjang dan saat ini sedang memasuki masa darurat kesehatan.

Tetapi, lanjutnya, ke depan akan menemui masa darurat ekonomi dimana saat ini saja masyarakat di Jawa Barat yang telah kehilangan mata pencahariannya meningkat secara signifikan, sehingga mereka pun butuh bantuan.

"Pemerintah telah berupaya membantu tetapi tentu dengan kapasitas terbatas. Oleh karena itu, kami juga menunggu dan berharap bantuan dari BUMN untuk melanjutkan perjuangan ini memasuki fase selanjutnya, yaitu darurat ekonomi, untuk dapat membantu masyarakat terdampak yang mulai kekurangan bahan pangan," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ingat, Batas Lapor SPT Jatuh pada 30 April

Posted: 29 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Pajak Kemenkeu akan menutup masa pelaporan SPT hari ini atau tanggal 30 April 2020. Wajib pajak yang belum melapor, dapat melapor melalui online saat PSBB Pandemi Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ari Lasso Respons Tantangan Ariel NOAH untuk Potong Rambut Sendiri

Posted: 29 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ari Lasso ditantang Ariel NOAH untuk mencukur rambutnya sendiri. Tantangan itu dilontarkan vokalis band NOAH tersebut, lewat video yang diunggahnya di Instagram, saat Ariel mencukur rambutnya sendiri beberapa waktu lalu.

Terkait tantangan tersebut, Ari Lasso merespons. Melalui Instagramnya, Ari Lasso memang berkeinginan memotong rambutnya yang sudah mulai panjang. Apalagi sudah 4 bulan belakangan ini, tukang cukur langganannya tutup karena pandemi Corona Covid-19.

"Sudah 4 bulan nggak ketemu gunting. Nggak bisa cukur karena langganan tutup semua. Ehhh ditantang cukur sendiri sama Boriel @arielnoah," tulis Ari Lasso dalam keterangan foto unggahannya, Rabu (29/4/2020).

Tanya ke Warganet

Foto Instagram
Foto Instagram

Pelantu "Hampa" itu pun meminta saran kepada warganet, apakah harus menjawab tantangan Ariel Noah atau tidak.

"Menurut kalian layak diladenin nggak sih tantangannya? Saya orang yang nggak bisa ditantang," tulisnya.

Demokrasi.

Dewa 19 Grand Final Indonesian Idol 2020, Senin (24/2/2020). (Adrian Putra/Fimela.com)
Dewa 19 Grand Final Indonesian Idol 2020, Senin (24/2/2020). (Adrian Putra/Fimela.com)

Apa yang dilakukan Ari Lasso semata-mata untuk menjalani demokrasi yang berjalan di negeri ini. Ia juga tak mau memaksakan kehendak sendiri dan langsung menjawab tantangan Ariel NOAH.

"Tapi keputusan di tangan kalian. Karena ini negara demokrasi, tidak ada paksaan," ujar Ari Lasso.

Dikomentari Ariel NOAH

Potret Transformasi Ari Lasso (sumber: instagram/@ari_lasso)
Potret Transformasi Ari Lasso (sumber: instagram/@ari_lasso)

Sejumlah selebriti nampak mengomentari unggahan Ari Lasso termasuk si penantang sendiri, Ariel NOAH.

"Hajar kotz. Gampang kok, kalau salah potong langsung cukur," tulis Judika.

"πŸ€ͺ repost ahhhhhhhh," tulis Ariel NOAH.

"plissss jgn poni kramat yg dipotongπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ˜œπŸ˜œπŸ˜œ," tulis Audy Item.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Streaming Hooq Tutup Layanan Hari Ini

Posted: 29 Apr 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi streaming video Hooq akhirnya mengumumkan perpisahan. Setelah lima tahun kehadirannya, Hooq menghentikan layanannya pada hari ini, Kamis (30/4/2020).

Ucapan selamat tinggal ini diumumkan Hooq melalui laman resmi sekaligus akun media sosial Twitter resminya @HOOQ_ID dan akun Twitter Hooq di negara lain seperti Filipina dan Thailand. Hooq juga berhenti beroperasi di India dan Singapura.

"30 April 2020, kami pamit. Kami semua di Hooq mengucapkan terima kasih atas kebersamaan Anda selama 5 tahun terakhir," kata Hooq dalam salam perpisahannya yang diunggah di akun Twitter.

Hooq menyebut, keputusan untuk menutup layanannya adalah hal berat namun harus diambil.

Aplikasi streaming video Hooq beroperasi di lima negara di atas dengan total jumlah pelanggan mencapai 80 juta.

Ajukan Likuidasi

HOOQ dan IM3 Ooredoo Jalin Kemitraan Strategis. Kredit: IM3 Ooredoo
HOOQ dan IM3 Ooredoo Jalin Kemitraan Strategis. Kredit: IM3 Ooredoo

Sebelumnya pada bulan Maret, Hooq mengajukan likuidasi pada para krediturnya. Informasi ini diketahui dari pengumuman perusahaan beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Business Times, Senin (30/3/2020), likuidasi ini diajukan sebab tantangan layanan over-the-top video saat ini sudah jauh meningkat dari beberapa tahun lalu.

"Penyedia konten lokal dan global terus bertumbuh, biaya produksi konten tetap tinggi, dan kemampuan konsumen di pasar berkembang untuk membayar lebih di tengah layanan yang makin banyak," tutur perusahaan.

Hooq sendiri mengaku kesulitan bersaing di tengah kompetisi tersebut. Perusahaan mengatakan tidak mampu tumbuh secara memadai, termasuk kesulitan menutup biaya konten dan operasi platform yang berkelanjutan.

Sulit Bersaing dan Tak Terima Pendanaan dari Investor

Grab berkolaborasi dengan HOOQ hadirkan layanan on-demand dalam aplikasi
Grab berkolaborasi dengan HOOQ hadirkan layanan on-demand dalam aplikasi

Pada sisi lain, perusahaan mengatakan sudah tidak lagi menerima pendanaan dari investor lama maupun bar. Oleh sebab itu, Singtel sebagai pemilik saham terbanyak mengajukan likuidasi.

Kendati demikian, perusahaan telko itu mengatakan likuidasi ini tidak memiliki dampak pada bisnis perusahan. Sebagai bagian dari keputusan ini, perusahaan akan bertemu dengan pemilik saham dan kreditur pada 13 April.

Keputusan ini disebut mengagetkan sebab beberapa bulan lalu Head of Localization Hooq Yvan Hennecart mengatakan berencana untuk menambah konten lokal di platformnya dan ada 100 judul orisinal untuk 2020.

Hooq saat ini dilaporkan sudah memiliki 80 juta pengguna yang tersebar di India, Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Bertambah, Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Jadi 840 Orang

Posted: 29 Apr 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad), Brigjen TNI M Saleh Mustafa mengatakan, kembali ada penambahan pasien rawat inap di Rumah Sakit Darurat Wisman Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2020).

Per pukul 10.00 WIB hari ini, total jumlah pasien rawat inap mencapai 840 orang.

"Ada penambahan 40 orang dari pemutakhiran sebelumnya," kata M Saleh melalui keterangan tertulis, Kamis (30/4/2020).

Di mengatakan, sejumlah 739 orang merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau Corona.

"Sementara 45 adalah PDP, 56 adalah ODP," paparnya.

Dari jumlah itu, persentase pasien laki-laki masih mendominasi. Sejumlah 499 orang di antaranya merupakan pasien laki-laki, sementara 341 orang lainnya pasien perempuan.

695 Orang Sudah Keluar

Saleh menyebutkan, pasien bukan rawat inap adalah 215 orang. Sementara 695 orang mereka yang sudah keluar dari rumah sakit, baik keluar karena dirujuk maupun memang sudah sembuh ataupun meninggal dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah Ingin Jangkauan Tes COVID-19 Lebih Luas dengan Alat PCR

Posted: 29 Apr 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap pekan ini ada alat polymerase chain reaction (PCR) yang didatangkan untuk melakukan tes PCR lewat drive thru. Dengan begitu jangkauan tes Corona COVID-19 menjadi lebih luas.

"Saya berharap minggu ini terdapat alat PCR yang memungkinkan melakukan test PCR lewat drive thru. Sehingga kita bisa melakukan penjangkauan lebih luas seperti rapid test. Kalau alatnya minggu ini datang, kita bisa melakukan penjangkauan hasil tracing yang dinyatakan positif sehingga perlindungan kepada masyarakat diharapkan lebih baik dan presisi," ujar Khofifah Indar Parawansa, seperti dikutip Rabu, 29 April 2020.

Pemprov Jatim terus menyiapkan dan meningkatkan ketersediaan bed isolasi di rumah sakit, jumlah tenaga kesehatan hingga kapasitas layanan laboratorium saat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya Raya yaitu Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan sebagian Kabupaten Gresik.

"Alhamdulilah, hingga saat ini kami terus melakukan peningkatan jumlah fasilitas medis yang dibutuhkan dalam penanganan covid-19 di Jatim. Fasilitas ini mencakup jumlah bed di RS, jumlah tenaga kesehatan hingga kapasitas laboratorium untuk melakukan swab test," tutur dia.

Khofifah Indar Parawansa menuturkan, untuk perkembangan bed rumah sakit  hingga, 28 April 2020, jumlah bed observasi 3.044. 

Untuk pengembangan ruang isolasi tekanan negatif jumlahnya 551, ruang isolasi tanpa tekanan negatif sebanyak 829, dan ruang isolasi tekanan negatif tanpa ventilator jumlahnya 597.

"Khusus untuk ruang isolasi tekanan negaif dengan ventilator juga meningkat dari awalnya 77 menjadi 117. Sehingga total tambahan bed mulai tanggal 14 hingga 27 April 2020 mencapai 507 bed isolasi baru," urai Khofifah.

Tenaga Kesehatan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

 

Terkait kesiapan tenaga kesehatan di Jatim, lanjut Khofifah, saat ini sudah terdapat 192 dokter spesialis paru, 382 dokter  spesialis penyakit dalam, 15 dokter spesialis. MK (Mikrobiologi Klinik), 142 dokter spesialis PK (Patologi Klinik), 266 dokter spesialis. anastesi dan 1.396 dokter umum. 

Selain itu, untuk kekuatan kapasitas laboratorium di Jatim terdapat empat tambahan Laboratorium Baru yaitu di RSUD Dr. Soetomo, RS. Universitas Brawijaya, BBLK dan BPOM Surabaya. Sehingga, total lab yang bisa melakukan swab test dengan PCR kit ini totalnya adalah 6 laboratorium.

"Allhamdulillah lewat ikhtiar yang terus menerus pada 26 April 2020 kemarin kita mendapatkan tambahan reagen sebanyak 41.000 PCR kit. Dengan adanya tambahan PCR kit ini dan dukungan 6 lab maka kapasitas Lab di Jatim kini mampu meningkatkan kapasitasnya dari sebelumnya 366 test per hari naik menjadi 1102 test per hari," ungkapnya. 

 

Saksikan Video di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Corona COVID-19 Singapura Tembus 15 Ribu, Angka Kematian Cuma 0,08 Persen

Posted: 29 Apr 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Kasus Virus Corona (COVID-19) di Singapura sudah menembus 15 ribu kasus. Jumlah itu tercapai setelah kemarin ada penambahan kasus sebanyak 690 kasus. 

Berdasarkan info Kementerian Kesehatan Singapura, Rabu (30/4/2020), total ada 15.641 kasus Corona di Singapura. Lonjakan kasus di Singapura berasal dari klaster asrama-asrama pekerja asing.

Kemarin, 660 kasus berasal dari klaster tersebut. Di hari yang sama, penularan di kalangan masyarakat tercatat rendah, yakni 11 orang saja. 

Pemerintah Singapura sedang tes Virus Corona massal di lokasi asrama pekerja. Mayoritas pasien positif hanya menderita penyakit ringan. 

Secara jumlah, kasus di Singapura memang yang tertinggi di Asia Tenggara. Hanya saja, tingkat kematiannya sangatlah rendah, yakni 14 orang atau tidak sampai 1 persen. 

Persentase kematian di Singapura adalah 0,08 persen. Angka itu jauh dibanding Indonesia yang punya persentase kematian 8 persen. Itu pun belum termasuk ribuan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dengan gejala corona. 

Pemerintah Singapura berkata penularan di kalangan masyarakat telah menurun dari rata-rata 25 kasus per hari menjadi 17 pasien per hari. Untuk penularan di asrama pekerja asing, ada peningkatan dari 18 kasus per hari, menadi 29 kasus per hari. 

Kemarin, ada 63 pasien Virus Corona yang dipulangkan oleh rumah sakit Singapura. Sisa 1.714 kasus masih dirawat dengan kondisi stabil dan membaik, 22 pasien dirawat intensif, dan sisa 12 ribu pasien diisolasi di fasilitas kesehatan. 

Ada 566 WNA Kena Kasus Corona di Indonesia

Menlu Retno Marsudi di acara dialog perdamaian dengan wanita Afganistan. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com
Menlu Retno Marsudi di acara dialog perdamaian dengan wanita Afganistan. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

 Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, hingga saat ini ada 15 warga negara asing (WNA) yang meninggal dunia akibat Corona COVID-19 di Indonesia.

"Ada 15 orang warga asing yang meninggal," ujar Retno saat menyampaikan pernyataan pers bersama awak media lewat sambungan video pada Rabu kemarin. 

Meski demikian, dia tak memaparkan lebih jauh dari negara mana saja dan berapa rata-rata usia dari pasien meninggal tersebut. Retno juga menyampaikan, hingga saat ini ada sekitar 566 kasus Corona COVID-19 WNA yang ada di Indonesia.

"Sejauh ini ada 566 kasus Corona COVID-19 WNA di Indonesia. 98 orang masih dinyatakan positif, 307 ODP, 144 sembuh," jelas Retno.

Sementara itu pada 17 April 2020 dalam pernyataan pers, Retno pernah menyampaikan soal keamanan WNI selama pandemi Corona COVID-19 di Indonesia.

"Soal keamanan bagi warga negara asing (WNA) di Indonesia beberapa waktu lalu telah disampaikan oleh wakil menlu RI, kepada duta besar berbagai negara dan organisasi internasional yang ada di Jakarta," ujar Retno.

"Dalam pertemuan itu, kita sampaikan bahwa Indonesia sebagai host country akan terus memberikan fasilitas dan pelayanan dalam menghadapi Corona COVID-19," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kematian Anak Gajah di Aceh Masih Misteri

Posted: 29 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Penyebab kematian seekor anak gajah di Desa Gampong Baroh, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, masih menjadi misteri. Bangkai anak gajah itu sebelumnya ditemukan pada Rabu (29/4/2020).

"Ada seekor anak gajah yang mati, kita bersama Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) dan kepolisian sudah melihat langsung bangkai gajah tersebut di lokasi," kata Camat Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Ag Suhadi, Rabu malam.

Ia menuturkan, seekor anak gajah yang mati tersebut diketahui berjenis kelamin jantan dengan usia diperkirakan sekitar satu tahun.

Ag Suhadi menegaskan saat ini penyebab kematian seekor anak gajah tersebut belum diketahui secara pasti dan masih dalam penyelidikan BKSDA Aceh.

Kasus tersebut juga sedang dilakukan penyelidikan oleh kepolisian di Kabupaten Aceh Jaya, untuk memastikan penyebab kematian satwa yang dilindungi tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 2 BKSDA Aceh, Hadi Sofyan yang dihubungi terpisah mengatakan pihaknya sudah turun ke lokasi seekor anak gajah yang mati di Kabupaten Aceh Jaya.

Ia mengaku masih menunggu hasil autopsi yang dilakukan petugas di lapangan, sehingga mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Rumah Saja, Meisya Siregar Anggap Tak Beda dengan Hewan di Kebun Binatang

Posted: 29 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari dua bulan lamanya masyarakat Indonesia menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tak bisa keluar rumah dengan bebas. Itu sangat dirasakan, termasuk oleh Meisya Siregar dan keluarga.

Bahkan, bisa dikatakan sudah mati gaya untuk melakukan berbagai hal di rumah. Untuk itu, Meisya Siregar membebaskan anak-anaknya tidur di mana mereka suka.

Meisya Siregar mengunggah foto kedua anaknya tidur di kolong meja dalam akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (29/4/2020).

 

Bebas

Meisya Siregar (Foto: Instagram/@meisya_siregar)
Meisya Siregar (Foto: Instagram/@meisya_siregar)

"Boleh boleh ...Bobo lah dimana kalian suka.Mo di kolong meja, kolong buffet, kolong tempat tidur ..., bebasin aja !!!" tulisnya untuk keterangan foto.

 

Tak Beda dengan Hewan di Kebon Binatang

Tak lagi bebas keluar rumah, Meisya Siregar mengibaratkan layaknya hewan-hewan yang ada dalam kandang.

"Bener juga lho, sekarang ini kita ga beda sama binatang2 yang ada di kebon binatang 😩 Di dlm kandang ga bisa kemana2 ...," tambahnya. 

Merasa Bersalah

Merasakan terkurung di dalam rumah, Meisya Siregar merasa bersalah dengan binatang-binatang tersebut. "Jadi feeling guilty ga sih dulu kita sering ke kebon binatang😭😭😭," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Corona Covid-19 Rusak Rekor 75 Tahun MotoGP Belanda

Posted: 29 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Assen - Penyelenggara MotoGP Belanda mengutarakan penyesalan besar setelah kehilangan rekor sebagai satu-satunya ajang yang selalu hadir pada kejuaraan dunia. Namun, mereka bisa menerima karena kesulitan yang dihadapi dunia.

Bersama seri Jerman dan Finlandia, Belanda tidak akan menggelar balapan MotoGP musim ini karena pandemi virus Corona.

Operator kompetisi memutuskan membatalkan tiga ajang itu, menyusul keputusan sebelumnya terkait Qatar, karena kesulitan menentukan waktu.

Masih ada rencana 12 balapan untuk MotoGP 2020, plus empat yang belum ditentukan waktunya yakni di Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya.

Musim 2020 seharusnya menjadi perayaan 90 kali penyelenggaraan balapan di Belanda. Pertama kali digelar sejak 1925, Sirkuit Assen hanya absen menggelar balapan ketika terjadi Perang Dunia II (1939-1945).

Assen juga sebelumnya tercatat selalu masuk kalender kejuaraan dunia balap motor sejak 1949.

Pernyataan Resmi MotoGP Belanda

MotoGP_Sirkuit Assen_Belanda (Bola.com/Adreanus Titus)
MotoGP_Sirkuit Assen_Belanda (Bola.com/Adreanus Titus)

'Sayangnya, karena perkembangan terakhir dan konsekuensi dari krisis Corona, balapan Assen ke-90 akan ditunda hingga Juni 2021. Tentu saja, penyelengggara Sircuit Assen sangat kecewa, tetapi itu adalah keputusan yang masuk akal selama masa-masa yang tidak pasti ini.'

'Kesehatan para penggemar dan semua pihak lain yang terlibat adalah prioritas utama kami. Kami melihat ke masa depan dengan harapan menjadikan balapan 2021 lebih spektakuler dan belum terjadi sebelumnya. Tiket yang sudah dibeli akan tetap berlaku.'

'Memindahkan ajang juga berarti balapan ke-90 tidak akan terjadi pada tanggal yang direncanakan untuk pertama kalinya dalam 75 tahun.'

'Sejak 1925, dengan pengecualian Perang Dunia, balapan di Belanda selalu ada di kalender. Tidak memiliki balapan pada tahun 2020 adalah jeda menyedihkan dalam sejarah panjang kami yang indah dan mashyur. Situasi ini tidak terbayangkan beberapa bulan lalu.'

Cahaya Pasti Datang Lagi

'Balapan Assen adalah satu-satunya Grand Prix yang selalu ada di kejuaraan dunia. Tahun lalu sebanyak 165 ribu penggemar motorsport merayakan ajang selama tiga hari berturut-turut. Dengan 105 ribu pengunjung pada hari balapan, kami menjadi balapan terbesar di dunia tahun lalu. Namun kini Assen tidak ada di kalender tahun ini.'

'Dalam beberapa hari terakhir, kami telah menerima banyak reaksi yang menghangatkan hati dari penggemar, dari Belanda dan luar negeri. Itu sangat memotivasi kami. Sungguh luar biasa melihat dan mendengar betapa dalamnya balapan Belanda berada di hati penggemar motorsport. Penggemar dari seluruh dunia, tua dan muda, dari tribun utama ke Taluds, dari Groningen ke Maastricht, dari hewan pesta hingga pakar nyata olahraga, dari Rossi hingga Marquez.'

'Satu hal yang pasti: sejarah selalu dibuat di balapan Assen. 'Merasa Bebas di Assen' tertulis di poster dan video kami. Kebebasan ini diambil dari kita tahun ini oleh krisis Corona. Tapi kami akan kembali! Gambar monumen di Assen menunjukkan hal ini dengan jelas: kalaupun keadaan gelap, cahaya pasti selalu datang lagi.'

"Kami akan membuat sejarah lagi pada tahun 2021. Dan kami akan melakukannya dengan Anda! Sampai jumpa di Assen!'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pegawai BNPB Terindikasi Positif Corona saat Rapid Test

Posted: 29 Apr 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 502 pegawai Badan Nasional Penanggulagan Bencana (BNPB) melakukan tes cepat atau rapid test virus Corona Covid-19. Tes ini dilakukan karena BNPB merupakan garda terdepan dalam penanggulangan wabah Corona ini.

Hasilnya, 6 orang terindikasi positif Corona saat tes cepat. Kepala Bagian SDM BNPB Kheriawan Roum mengatakan ke 6 orang tersebut kemudian dilakukan tes swab untuk memastikan apakah mereka benar-benar positif Corona.

"Hasilnya 6 orang positif Corona, kita kirim untuk tes swab ke RS Tarakan untuk memastikan. Rapid test ini kan untuk mengukur antibodi, tidak pasti Covid-19 sebelum keluar hasil tes swabnya," kata Kheriawan kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Keenam orang tersebut, kata dia, tidak sakit dan tidak bergejala. Sehingga mereka diminta untuk isolasi mandiri di rumah, serta tidak bertemu dengan keluarga.

"Mereka wajib isolasi mandiri dan tidak berkomunikasi dengan keluarga. Dinas kesehatan juga memantau," ujar dia.

Tes Keluarga

Selain pegawai BNPB yg terindikasi positif, kata Kheriawan, keluarga mereka juga dilakukan tes untuk mengetahui apakah tertular atau tida.

"Keluarga juga dites. Seandainya sakit parah harus di bawa ke rumah sakit. Selama sehat, jelas dia tidak boleh kemana-mana dulu," ujar dia.

Rapid test ini dilakukan di halaman kantor BNPB Jakarta. Kheriawan mengatakan, rapid test ini sebagi screening untuk pegawai BNPB yang merupakan garda terdepan dalam penanggulangan Corona.

"Kita lakukan protokol kesehatan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Minta Daerah Proaktif Perhatikan Ketersediaan Pangan Selama Pandemi Covid-19

Posted: 29 Apr 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi IV DPR mengapresiasi peringatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam rapat terbatas virtual, Selasa, 28 April 2020 yang menyebutkan adanya kelangkaan komoditas pangan di beberapa daerah di Indonesia.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Hasan Aminuddin menyebut, apa yang dikatakan Presiden Jokowi mesti diindahkan oleh semua.

"Apa yang disampaikan Presiden Jokowi harus jadi perhatian semua pihak. Apalagi sekarang (Indonesia) mengalami situasi wabah virus Covid-19. Terjaminnya stok pangan itu penting, jangan sampai lengah," ujar Hasan Aminuddin melalui keterangan tertulisnya, Rabu (29/4/2020).

Meskipun begitu, Hasan mengimbau supaya stabilitas ketersediaan pangan tidak hanya menjadi perhatian pemerintah pusat. Hasan mengajak, pemerintah daerah juga turut proaktif melakukan hal itu.

"Proaktif maksudnya, pemerintah daerah juga benar-benar memantau bagaimana stok pangan di wilayahnya selama wabah virus Covid-19 dan bulan puasa sampai Lebaran nanti," ucap Hasan.

Apalagi sekarang, lanjut dia, beberapa daerah di Indonesia diketahui telah mulai memasuki masa panen raya yang diperkirakan hingga bulan Mei.

"Jadi selain dipantau pemerintah pusat, pihak daerah juga aktif menyampaikan kekurangan bahan pangannya. Kini telah masa panen raya. Daerah terdekat bisa koordinasi kebutuhan pangan sehingga bisa dipasok dari wilayah yang panen raya," ujar Hasan.

Lebih lanjut Hasan mengungkapkan, masa panen raya yang sudah mulai berlangsung diyakini dapat menutupi kebutuhan pasokan bahan pangan secara nasional.

Defisit Bahan Pangan

Beras dijual di pasar induk cipinang, Jakarta, Kamis (13/12). Direktur Pasar Induk Beras Cipinang Arief Prasetyo Adi memastikan, ketersediaan stok beras di pasar masih dalam kategori aman jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Beras dijual di pasar induk cipinang, Jakarta, Kamis (13/12). Direktur Pasar Induk Beras Cipinang Arief Prasetyo Adi memastikan, ketersediaan stok beras di pasar masih dalam kategori aman jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Jokowi membeberkan dalam laporan diterimanya justru terjadi defisit bahan pangan di beberapa daerah, antara lain untuk stok beras, jagung, aneka cabai, bawang merah serta gula.

Presiden Jokowi meminta dilaksanakannya pendistribusian yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan pokok dari daerah surplus komoditas ke wilayah yang mengalami defisit.

Padahal pada Minggu lalu, 26 April 2020, Mentan Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan pangan, khususnya beras, hingga Mei mendatang masih aman terkendali.

Hal ini dilihat dari ketersediaan beras pada bulan Februari lalu yang mencapai tiga setengah juta ton. Sementara perkiraan produksi dari Februari hingga Mei mencapai 12,4 juta ton.

"Kalau begitu ada produksi 14 juta, ada ketersediaan yang di Bulog dan penggilingan ya kurang lebih jadi 15 juta lah," ungkap Syahrul melalui video conference.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Timnas Prancis Sarankan Pogba Lebih Baik Pindah ke Real Madrid

Posted: 29 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Eks timnas Prancis, Cristophe Dugarry menilai Real Madrid harus memboyong Paul Pogba dari Manchester United. Ia pun mengungkapkan penilaiannya terhadap gelandang berusia 27 tahun tersebut.

"Bagi Saya, dia ideal karena apa yang akan dia bawa untuk Real Madrid," kata Dugarry seperti dilansir Sportsmole.

Nama Pogba tidak pernah absen dari rumor. Kali ini, ia disebut akan pindah dari MU lantaran sudah habis masa keemasannya.

Dua klub rumornya tertarik memboyong Pogba yakni Juventus dan Real Madrid. Masing-masing klub pun punya faktor yang membuat Pogba tertarik.

Juventus adalah klub yang mendongkrak nama Pogba usai ia gagal di periode pertamanya bersama MU. Pogba bermain bagi Juventus pada 2012/13-2015/16 dan mempersembahkan sejumlah trofi.

Di bawah asuhan Antonio Conte, Pogba meraih total delapan trofi. Keberhasilan itu pula yang membuat MU memulangkannya pada awal musim 2016/17.

Di sisi Real Madrid, pelatih Zinedine Zidane kabarnya menyukai permainan Pogba. Koneksi Prancis diprediksi akan membuat Pogba kembali menemukan sentuhan emasnya.

 

Faktor Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (AFP/Matthias Balk)
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (AFP/Matthias Balk)

Dugarry pun sepakat dengan anggapan tersebut. Ia menilai, Zidane akan kembali membangkitkan kualitas Pogba.

"Mengetahui Zidane menyukai permainan Pogba, tidak ada alasan lagi untuk menunggu satu musim lagi,'" kata Dugarry.

Gelandang yang Menua

Selain faktor Zidane, Dugarry menganggap Real Madrid membutuhkan Pogba untuk meremajakan lini tengah mereka. Saat ini, Dugarry menilai lini tengah Madrid diisi gelandang gaek seperti Luka Modric (34).

"Kita telah melihat gelandang mereka mulai sedikit menua. Lini tengah mereka berjuang untuk menembus pertahanan lawan dan memberi umpan," katanya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasikan 6 Tol Baru di 2019, Aset Jasa Marga Naik Jadi Rp 99,68 Triliun

Posted: 29 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mampu menggandakan bisnisnya dengan panjang tol beroperasi mencapai hampir dua kali lipat dari 2016.

Pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru ini menyumbang total aset dari sisi Hak Pengusahaan Jalan Tol yang mencapai Rp 99,68 triliun atau meningkat sebesar 20,94 persen dari 2018.

Menurut siaran pers laporan tahunan Jasa Marga yang diterbitkan Kamis (30/4/2020), perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,21 triliun.

Jasa Marga juga dapat menjaga pertumbuhan EBITDA tahun lalu yang mencapai nilai Rp 6,88 triliun atau tumbuh sebesar 14,26 persen dari 2018, sedangkan untuk margin EBITDA sebesar 62,65 persen.

Dari sisi pendapatan usaha di luar konstruksi tercatat sebesar Rp 10,98 triliun, tumbuh 12,26 persen dari 2018, dengan kontribusi dari pendapatan tol senilai Rp 10,13 triliun atau naik 12,11 persen dari 2018. Sementara pendapatan usaha lain Rp 853,47 miliar, naik 14,08 persen dari tahun sebelumnya.

Jasa Marga juga terus konsisten melakukan ekspansi guna menjaga pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Total 6 jalan tol baru sepanjang 161,58 km berhasil dioperasikan oleh perusahaan pelat merah tersebut pada 2019.

Dengan begitu, hingga akhir 2019 Jasa Marga berhasil mengoperasikan total 1.162 km jalan tol.

Daftar Tol Baru Jasa Marga

Penampakan Tol Gempol Pasuruan Seksi II. (Dok Jasa Marga)
Penampakan Tol Gempol Pasuruan Seksi II. (Dok Jasa Marga)

Adapun 6 jalan tol baru yang beroperasi di 2019 antara lain:

1. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi VII (Sei Rampah - Tebing Tinggi) sepanjang 9,26 km

2. Pandaan-Malang Seksi I-IV (Pandaan-Pakis) sepanjang 35,38 km

3. Gempol-Pandaan Tahap II (Pandaan IC-Pandaan) sepanjang 1,56 km

4. Kunciran-Serpong sepanjang 11,14 km

5. Jakarta-Cikampek II Elevated sepanjang 38,00 km

6. Balikpapan-Samarinda Seksi II-IV (Samboja-Simpang Jembatan Mahkota 2) sepanjang 66,24 km.

Lewat pengoperasian tersebut, Jasa Marga turut menyumbang pencapaian bisnis jalan tol dengan mengoperasikan jalan tol pertama di Ibu Kota Negara (IKN) baru yang sekaligus jalan tol pertama di Pulau Kalimantan, yakni Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Kehadiran jalan tol tersebut dipercaya akan memangkas perjalanan yang sebelumnya tiga jam menjadi satu jam, sehingga akan memperlancar konektivitas dua kota kegiatan ekonomi bisnis Balikpapan dan Samarinda yang saling melengkapi, pengembangan kawasan industri, serta mempercepat akses masuk ke kawasan inti wilayah IKN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Jangan Menyulut Kekecauan jika Tak Ingin Ikut Terbakar

Posted: 29 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab mengatakan, apabila kita tak mampu memadamkan api kebakaran, maka hindarilah jika tak ingin ikut terbakar. 

Api diibaratkan Quraish Shihab sebagai kekacauan. Menurutnya api dapat membinasakan tanpa memilih siapa korbannya.

Quraish menjelaskan, api juga mampu menyilaukan pandangan penyulutnya hingga tak hanya membakar rumah tetangganya, tapi juga rumahnya sendiri.

"Untuk itu Allah mengingatkan hindarilah kekacauan yang akibatnya tidak hanya pada pendurhaka," ucapnya.

Quraish Shihab juga berkata,"Nabi berpesan akan terjadi kekacauan. Yang berbaring menghadapinya lebih baik daripada yang duduk. Yang duduk lebih baik dari pada yang berjalan."

"Dan yang berjalan lebih baik dari pada penyulutnya. Karena itu kita harus hindari kekacauan," ungkap Quraish Shihab di akhir renungannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Unik di Negara Ini Bikin Geleng Kepala, Ada Pernikahan Manusia dan Hewan

Posted: 29 Apr 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di seluruh dunia, terdapat beragam budaya dan suku bangsa yang sangat heterogen. Hal inilah salah satu penyebab yang melatarbelakangi adanya perbedaan aturan dan hukum yang berlaku di antar negara berbeda-beda.

Tak hanya itu, norma dan hal-hal yang kadang kita anggap lazim bisa jadi merupakan hal yang aneh bagi negara lain. Hal ini pun bisa berlaku sebaiknya. 

Misalkan saja aturan berlalu lintas, meski sama-sama memiliki jalan raya, namun tentu setiap negara memiliki aturan dan kebijakan yang sedikit berbeda. Maka jangan kaget ketika anda sedang berada di negara Inggris dan ada tank yang melintas begitu saja dikendarai oleh warga sipil. Di negara ini, ada aturan yang memerbolehkan warga negaranya untuk mengenarai tank di jalan raya.

Selain itu, masih ada banyak hal-hal tak lazim yang dianggap biasa di beberapa negara di bawah ini. Apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (30/4/2020).

1. Pernikahan manusia dengan hewan

Pernikahan manusia dan hewan di India. (Sumber: Daily Bhaskar)
Pernikahan manusia dan hewan di India. (Sumber: Daily Bhaskar)

Terdengar cukup aneh dan tak lazim bukan? Tentu saja pernikahan antar manusia dan hewan masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Hal ini karena pernikahan adalah sebuah hal yang sakral dan normalnya dilakukan untuk mengikat hubungan antar dua manusia.

Namun, dilansir dari Daily Bhaskar, di negara India pernikahan antara manusia dan hewan sudah bukanlah hal yang aneh. Di negara ini telah beberapa kali terjadi pernikahan antara hewan dan manusia. Hewan peliharaan yang dipilih biasanya adalah anjing, monyet, hingga katak.

2. Tank diperbolehkan untuk dikendarai di jalanan umum.

Ilustrasi Tank. (Liputan6.com/JohanTallo)
Ilustrasi Tank. (Liputan6.com/JohanTallo)

Pernahkah anda melihat tank dikendarai di jalanan umum? Tentu saja hal ini merupakan pemandangan yang tak lazim terutama di Indonesia. Pastinya anda hanya dapat melihat tank ketika di museum atau sedang ada pawai oleh ABRI.

Namun, hal berbeda terjadi di Inggris. Ada aturan yang memperbolehkan warga negaranya untuk memiliki tank secara pribadi dan diperbolehkan pula untuk dikendarai di jalanan umum. Bahkan, karena adanya aturan ini, ada pula orang-orang yang memiliki usaha persewaan tank untuk rekreasi.

3. Aturan legal untuk jual beli organ

Poster jual beli organ dalam manusia di Iran. (Sumber: Los Angeles Times)
Poster jual beli organ dalam manusia di Iran. (Sumber: Los Angeles Times)

Ketika di negara lain, praktek jual beli organ mungkin bisa dikenakan hukum pidana. Namun berbeda halnya dengan negara Iran. Di negara timur tengah ini, penjualan organ tubuh manusia seperti ginjal dan lain sebagainya memiliki legalitas hukum.

Maka dari itu, jika anda berkunjung ke Iran, jangan heran jika mendapati berbagai poster atau pengumuman seperti foto di atas. Banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi dan menawarkan untuk menjual organ tubuhnya melalui poster dan selebaran.

4. Kota yang mewajibkan untuk bertelanjang badan

Ilustrasi pantai. (AP Photo/Rick Rycroft)
Ilustrasi pantai. (AP Photo/Rick Rycroft)

Dalam mengunjungi tempat wisata tentunya ada sejumlah aturan yang harus di patuhi. Salah satunya adalah penggunaan pakaian. Meski berada di pantai, tentu saja anda diwajibkan untuk tetap kenakan baju ketika berjemur di bawah terik matahari. 

Namun berbeda halnya dengan kota Cap d'Agde di Prancis. Di kota ini, para wisatawan diwajibkan untuk menanggalkan pakaian karena lokasi ini dikhususkan bagi para nudist. Jika ragu-ragu dan tak mau telanjang, maka anda bisa terusir dari kota ini.

5. Denda atas kegiatan mengunyah dan menjual permen karet

Merlion Park, Singapura. (dok. Graham-H/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Merlion Park, Singapura. (dok. Graham-H/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Dikenal sebagai negara dengan ribuan larangan, ternyata Singapura pun melarang warganya untuk mengonsumsi permen karet. Tak main-main, negara bersimbol singa ini pun mengenakan denda yang cukup tinggi bagi siapapun yang berani melanggar.

Hal ini dikarenakan permen karet sering kali menjadi masalah bagi kebersihan ruang publik. Maka dari itu, penjualan permen karet pun dilarang di negara ini. Hukuman untuk menjual permen karet di Singapura sendiri adalah denda sebesar 100.000 SGD (sekitar 1,1 miliar rupiah) atau 2 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Bertani On Cloud, Kementan Minta Produksi Pangan Tidak Berhenti Selama Pandemi

Posted: 29 Apr 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), meminta agar produksi pangan tidak berhenti selama pandemi Covid-19. Sebab, pangan bisa menjadi salah satu solusi melawan Covid-19, selain pendekatan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi, saat membuka Bertani on Cloud 'Membuat Nugget Ayam', Kamis (30/04/2020) yang prakteknya disampaikan Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batu.

Menurut Dedi Nursyamsi, di masa pandemi Covid-19, ada 2 solusi yang bisa dilakukan bersama-sama. Pertama pendekatan medis agar kita selalu sehat, dan kedua pendekatan pangan.

"Pendekatan pangan tidak kalah penting dari kesehatan. Karena dalam situasi dan kondisi apa pun, pangan tidak boleh bersoal. Apalagi dalam kondisi seperti pandemi Covid-19 sekarang. Oleh karena itu, seluruh insan pertanian di mana pun berada, Kementerian Pertanian punya tugas menyediakan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Dengan demikian, Dedi Nursyamsi meminta proses produksi pangan dan pertanian tidak berhenti. Karena, hanya pertanian yang bisa menyediakan pangan. Artinya, seluruh aktivitas pertanian dari hulu sampai hilir harus terus berjalan.

"Termasuk aktivitas melatih petani, penyuluh, praktisi pertanian, serta UMKM, tidak boleh berhenti. Karenanya saya sangat mengapresiasi pelatihan Bertani on Cloud ini. Apalagi proses platihan ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu. Seluruh insan BPPSDMP, penyuluh, widyaiswara, tidak boleh berhenti memberikan penyuluhan. Banyak yang bisa dilakukan, seperti halnya hari ini kita menggelar pelatihan membuat nugget," tuturnya.

Ditambahkannya, pengolahan daging ayam segar menjadi nugget memberikan nilai luar biasa bagi peternak dan UMKM. Dedi menjelaskan, pembuatan nugget ayam adalah salah satu bentuk pelatihan pengolahan hasil panen. Hal ini menjadi penting lantaran harga ayam di tingkat peternak sempat anjlok. Bahkan sampai harga 6000-8000/kilogram.

Oleh karena itu, pengolahan nugget ayam bisa menjadi solusi. Karena nugget bisa disimpan lama. Bisa juga dibikin olahan lain seperti sosis, bakso dan lainnya. Tidak haya meningkatan nilai tambah, tapi juga nilai jual sehingga peluang pendapatan bisa semakin tingi.

"Pandemi ini bukan hanya merontokkan kesehatan, tapi juga ekonomi. Juga merontokkan jalur distribusi, sehingga ayam sulit didistribusikan. Tapi alhamdulillah hal itu bisa diselesaikan dan harga live bird bisa naik kembali," paparnya.

Sementara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak petani untuk turut terus mengembangkan kemampuan dan memanfaatkan teknologi. Sebab, dalam masa seperti ini pelatihan yang memanfaatkan teknologi seperti Bertani on Cloud tetap bisa berlangsung.

"Dengan memanfaatkan teknologi, kita membuka peluang buat generasi milenial untuk masuk dalam sektor pertanian. Banyak hal yang bisa mereka lakukan untuk turut mengangkat pertanian, mulai dari pengolahan hasil panen hingga membuat start up yang bisa mendukung penjualan hasil panen," papar Menteri Syahrul.

Oleh karena itu, kegiatan Bertani on Cloud akan terus berlangsung dengan tema-tema dan pelatihan yang lebih beragam dan diperluakan dalam masa pandemi Covid-19. Karena kegiatan ini bisa membantu petani dan generasi untuk ingin memaksimalkan hasil panen.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu PDP Covid-19 di Poso Meninggal Dunia

Posted: 29 Apr 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Poso - Satu pasien berstatus PDP Covid-19 di Kabupaten Poso pada Rabu malam (29/4/2020) meninggal dunia di RSUD Poso. Pasien tersebut terindikasi Covid-19 berdasarkan pemeriksaan tim dokter yang menangani.

PDP yang meninggal dunia tersebut adalah perempuan berusia 18 tahun yang merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Tentena dan telah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Poso sejak Selasa 28 April lalu.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, dr Marwan, meski rapid tes si pasien menyatakan negatif, tim dokter tetap memasukkannya sebagai PDP lantaran hasil foto rontgen thorax memperlihatkan ada indikasi covid-19, terlebih pasien tersebut juga punya riwayat perjalanan dari Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu daerah pandemi virus itu.

"Yang bersangkutan meninggal dunia sekitar pukul 22.30 Wita. Pasien tersebut marupakan salah satu PDP yang baru ditetapkan kemarin," jelas dr Marwan, Rabu (29/4/2020) malam.

Sampel swab pasien tersebut menurut Marwan belum sempat diambil oleh tim dokter karena kondisinya turus menurun sejak dirawat di RSUD Poso.

"Sejak masuk di rumah sakit kondisinya sudah menurun, panas tinggi dan sesak napas," kata dia.

Penanganan jenazah pasien yang baru dua hari dirawat di RSUD Poso itu sendiri akan menggunakan prosedur Covid-19. Hingga Rabu malam tim gugus tugas Covid-19 Poso dan pihak rumah sakit masih melakukan persiapan pemakaman.

Kasus PDP yang meninggal dunia itu merupakan kasus pertama yang terjadi di Kabupaten Poso.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tips Merawat Kendaraan Saat Mulai Bosan di Rumah Saja

Posted: 29 Apr 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Covid-19 saat ini masih terus berlangsung. Dengan begitu, banyak masyarakat yang masih tinggal di rumah, dan mungkin sudah merasa sangat bosan.

Jika sudah begitu, harus ada kegiatan yang bermanfaat, dan salah satunya merawat kendaraan kesayangan. Berikut, tips merawat mobil di rumah saja ala Daihatsu:

1. Merawat aki

Caranya, dengan memanaskan mobil paling tidak satu sampai dua kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar tiga persen dari kapasitasnya setiap hari.

Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

2. Wiper

Merawat wiper, dapat diangkat apabila mobil di parkir di area terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun, pemilik mobil tidak perlu mengangkat wiper apabila mobil diparkir di garasi rumah yang teduh.

3. Area Parkir

Parkir kendaraan di garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak di parkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung, karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan kusam.

Pastikan juga, lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

4. Tekanan angin

Saat mobil tidak digunakan, tekanan angin pada ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama terlebih di garasi berlantai keramik. Sahabat dapat menambahkan tekanan angin paling tidak ditambah sekitar lima persen dari tekanan angin normalnya.

Selain itu, bisa juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju dan mundur sedikit, paling tidak seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

5. Transmisi dan rem tangan

Transmisi dan rem tangan juga tidak luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

6. Kebersihan mobil

Menjaga kebersihan mobil, dapat dilakukan dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan, setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPRD DKI: Penundaan Bansos Berpotensi Timbulkan Masalah Sosial Baru

Posted: 29 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengritik langkah Pemerintah Provinsi DKI yang menunda sementara distribusi bantuan sosial (Bansos) selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua. Mujiyono menyarankan, distribusi tetap dijalankan terhadap penerima tepat sasaran.

Dia menuturkan, proses akurasi data penerima Bansos tidak tepat jika dijadikan alasan penundaan distribusi. Sebab, hal itu justru menimbulkan masalah sosial baru.

"Penundaan Bansos berpotensi menimbulkan masalah sosial baru, sebaiknya tetap didistribusikan saja untuk yang sudah tepat sasaran," kata Mujiyono, Kamis (30/4/2020).

Dia merujuk pernyataan Gubernur DKI Anies Baswedan bahwa kekeliruan data penerima Bansos sebesar 1,6 persen atau 19 ribu dari target jumlah penerima Bansos sebesar 1,2 juta kepala keluarga. Jumlah itu seharusnya bisa dievaluasi saat distribusi PSBB pertama berjalan.

Lagi pula, kata Ketua Komisi bidang pemerintahan tersebut, sangat disayangkan jumlah penerima tepat sasaran yang besar, namun tertunda menerima Bansos karena persentase kekeliruan.

"Kan diluar 19.000 ada yang tepat sasaran, masa mengorbankan yang 98,4 persen," ujarnya.

"Harusnya sejak awal distribusi Bansos sambil berjalan evaluasi data, kan waktu 16 hari waktu yang cukup sehingga pas tahap berikutnya sudah terjadi peningkatan perbaikan data penerima. Kalau masih ada lagi yang belum tepat sasaran, yang di tahap selanjutnya diperbaiki lagi," imbuh Mujiyono.

Sebelumnya, Kepala Divisi Perkulakan, Retail dan Distribusi Perumda Pasar Jaya, Edison Sembiring, sebagai pihak penyalur Bansos, mengatakan bahwa penundaan ini masih menunggu data valid yang akan diberikan oleh Dinas Sosial.

Jika pada tahap PSBB pertama jumlah penerima Bansos sebanyak 1,2 juta kepala keluarga, menurut Edison jumlah Bansos tahap kedua dimungkinkan bertambah.

"Kemungkinan bertambah jumlah penerima Bansos dan juga jenis isi paket. Kita selesai (distribusi) sesuai daftar kelurahan dan RW pada hari Sabtu tanggal 25 April," kata Edison kepada merdeka.com, Selasa (28/4/2020).

Dia menambahkan, pelaksanaan distribusi Bansos tahap kedua masih belum dipastikan. Sebab, saat ini Pasar Jaya berada dalam posisi menunggu instruksi Pemprov DKI.

"Iya. Supaya di Bansos tahap 2 ini lebih akurat semuanya," ujarnya.

 

Kembalikan Paket Bantuan

Berdasarkan data yang dipublikasikan Pemprov melalui corona.jakarta.go.id target penerima Bansos PSBB tahap pertama sebagai dampak penanganan Covid-19 sebanyak 1,2 juta kepala keluarga.

Bentuk Bansos berupa kebutuhan pokok yakni beras 5 kg 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter, 1 pouch, biskuit 2 bungkus, serta masker kain 2 pcs, sabun mandi 2 batang.

Distribusi dijadwalkan 9 hingga 24 April. Namun proses distribusi tidak sesuai jadwal, dan ditemukan tidak tepat sasaran. Gubernur DKI Jakarta Anies Jakarta mengakui masih ada kekeliruan mengenai pendataan tersebut.

"Nah bagian kita adalah mengoreksinya terus-menerus. Dari 1,2 juta orang, ketemu 1, 2, 3 (yang tidak tepat sasaran), pasti. Jadi tidak usah ditutup-tutupi, itu faktanya. Tapi yang penting adalah begitu ada kekeliruan, koreksi, koreksi, koreksi dan ini bagian dari kita juga meningkatkan kualitas data," ujar Anies, Rabu (22/4/2020).

Dia mengatakan Pemprov akan memaksimalkan perangkat RT RW untuk pendataan warga penerima Bansos. Menurut Anies, jumlah penerima akan bertambah seiring dampak ekonomi dan sosial Covid-19.

Anies pun menyampaikan terima kasih bagi warga yang telah mengembalikan paket bantuan karena merasa tidak berhak menerima Bansos.

"Dan kami berterima kasih, banyak dari masyarakat yang tidak seharusnya menerima, ketika menerima dikembalikan. Dan sekarang malah sudah SOP-nya untuk para RW. Apabila tahu ini keluarga yang mampu, maka mereka bisa tidak harus mengantarkan, tapi membuat berita acara karena ini keluarga yang cukup mampu," jelasnya.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langkah Great Eastern Life Lindungi Nasabah di Tengah Pandemi Corona

Posted: 29 Apr 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - [Great Eastern Life](Great Eastern Life Indonesia "") Indonesia meluncurkan inovasi terbaru untuk nasabahnya. Inovasi tersebut adalah GEMA-Great Eastern Mobile Assistance, layanan nasabah melalui aplikasi chat Whatsapp. Layanan ini dihadirkan untuk meningkatkan akses nasabah terhadap berbagai layanan asuransi Great Eastern Life Indonesia.

Saat ini, masyarakat Indonesia mulai terbiasa dengan cara baru untuk berkomunikasi selama pandemi Corona Covid-19. Aplikasi komunikasi seperti Whatsapp semakin diandalkan untuk menghapus jarak dan tetap terhuhubung agar hubungan profesional dan pribadi tetap terjaga baik.

Berdasarkan data Indonesia Digital 2020, penggunaan aplikasi chat Whatsapp berada di peringkat pertama untuk aplikasi mobile berdasarkan pengguna aktif1.

Direktur [Great Eastern Life](Great Eastern Life Indonesia "") Nina Ong menjelaskan, peluncuran layanan nasabah melalui Whatsapp ini merupakan komitmen Great Eastern Life Indonesia untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi para nasabahnya.

"Layanan ini bisa dioptimalkan nasabah atau calon nasabah untuk mendapatkan informasi mengenai perlindungan asuransi dari Great Eastern Life Indonesia, terutama di masa ketika orang memiliki keterbatasan mobilitas saat pandemi Corona." tutur Nina Ong dalam keterangan tertulis, Kamis (30/4/2020).

Melalui layanan ini, nasabah bisa menanyakan berbagai hal mengenai polis asuransi yang dimiliki, notifikasi, layanan klaim serta informasi promo. GEMA dapat diakses melalui nomor 0811 956 3800 dan beroperasi hari Senin-Jumat jam 09.00 – 18.00 dan khusus selama masa pandemi Covid-19, GEMA akan beroperasi dari jam 09.00 – 16.30 WIB.

 

Kebijakan Khusus

Selama masa pandemi, Great Eastern Life Indonesia memang memberlakukan sejumlah kebijakan khusus. Nina menegaskan, kesehatan dan keselamatan seluruh nasabah dan karyawan merupakan prioritas utama.

"Kami telah meluncurkan program inisiatif COVID-19 Customer Care Fund untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap risiko infeksi Covid-19 bagi para nasabah kami," kata dia. 

"Kami juga mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan menutup sementara layanan tatap muka Customer Contact Center, mulai Jumat, 27 Maret 2020 sampai pemberitahuan selanjutnya." tutupnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Terbitkan Perppu Penundaan Pilkada 2020

Posted: 29 Apr 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta menerbitkan Peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) sebagai dasar hukum penundaan Pilkada 2020. Sebab, belum ada payung hukum yang jelas soal tahapan Pilkada 2020 yang sudah ditunda hampir dua bulan.

"Kita perlu pastikan supaya landasannya ke depan tidak dipermasalahkan dan landasan ke depan untuk dilanjutkan pilkada ini seperti apa itu harus kokoh dalam perppu yang kita harapkan keluar dalam waktu dekat ini," kata Peneliti Network for Democracy and Electoral Integrity, Hadar Nafis Gumay dalam diskusi virtual, Rabu (29/4/2020).

Menurut Hadar, undang-undang Pilkada belum mengatur jelas tentang penundaan Pilkada secara nasional. Penundaan Pilkada juga masih menimbulkan perdebatan lantaran KPU RI belum punya landasan hukum kuat untuk menunda Pilkada secara nasional. Maka dari itu, diterbitkannya perppu bisa menjadi solusi.

"Makanya salah satu materi yang diusulkan dala Perppu adalah tentang penundaan yang sifatnya nasional secara keseluruhan," kata Hadar.

Agar KPU Bisa Susun Aturan

Dia melanjutkan, Perppu Penundaan Pilkada 2020 juga diperlukan agar KPU bisa menyusun peraturan KPU mengenai tahapan Pilkada. Menurutnya, KPU masih perlu menyusun PKPU tentang kampanye, PKPU soal pemungutan penghitungan suara, serta PKPU soal rekapitulasi dan penetapan hasil.

"Jadi setelah Perppu ini dikeluarkan KPU akan segera untuk melakukan kegiatan yang lebih pasti," kata Mantan Komisioner KPU itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Traveling Usai Pandemi, Wisatawan Indonesia Bakal Lebih Perhatian pada 2 Hal Berikut

Posted: 29 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sudah kangen traveling? Minat bepergian begitu membuncah setelah lama dikarantina di rumah masing-masing. Kekangenan itu juga terbaca lewat hasil survei cepat MarkPlus's pre-Industry Roundtable yang menyebut 54 persen responden di Indonesia ingin traveling pada tahun ini dengan syarat pandemi sudah berlalu. 

Hasil survei juga mengungkapkan destinasi yang paling diminati oleh para pelancong usai pandemi adalah wisata domestik, baik wisata kota maupun kembali ke alam. Dan, 59 persen dari responden memilih bepergian dengan keluarga. Temuan itu sesuai dengan prediksi banyak pihak bahwa wisata domestik bakal pulih lebih dulu setelah pandemi.

Namun, terjadi perubahan perilaku para calon traveler tersebut. Sebanyak 73 persen lebih memperhatikan kesehatan dan keamanan saat hendak berkunjung ke suatu tempat. Itu pula yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya dalam diskusi virtual Indonesia Professional Organizer Society (IPOS) BAKUSAPA B2B Virtual Forum, pada Rabu, 29 April 2020.

Ia memperkirakan pasca-pandemi Covid-19 akan terjadi paradigma dan tren berwisata baru yang lebih mengarah pada kesehatan dan kenyamanan pada berbagai sektor mulai dari atraksi, akomodasi, preferensi produk, transportasi, hingga label higienis.

"Seperti dari sisi atraksi, wisatawan akan lebih memilih dan fokus pada atraksi wisata yang memperhatikan physical distancing atau social distancing serta memperhatikan kapasitas daya tampung, di Italia sudah melakukan bagaimana penerapan social distancing di area pantai," kata Nia dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 29 April 2020.

Dari sisi transportasi, umumnya sebelum wabah terjadi wisatawan tidak terlalu memperhatikan jumlah, lama transit, harga penerbangan, hingga harga penyeberangan menggunakan ferry. Namun pasca-pandemi diprediksi terdapat perubahan, wisatawan akan lebih memperhatikan waktu lama transit dan jika perlu penerbangan langsung.

"Contoh lain di Batam dan Bintan, kenyamanan, sanitasi, dan higienitas di kapal ferry juga menjadi perhatian. Terlebih ferry menjadi salah satu moda transportasi untuk bisa membawa wisatawan Singapura. Contoh lainnya, maskapai Emirates yang melakukan rapid test kepada seluruh calon penumpangnya," katanya.

Preferensi Akomodasi

Ilustrasi./Copyright unsplash.com
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Terkait preferensi produk, lanjut Nia, sebelumnya wisatawan mencari atraksi yang sedang ramai dan viral, serta posisinya dekat atau bahkan di perkotaan. Nantinya tren itu berubah ke arah kesehatan, aktivitas outdoor yang memiliki udara sejuk, self-driving, dan private tour.

Tren baru juga akan tampak di sisi akomodasi, dulu wisatawan memikiran harga. Nantinya, harga sudah tidak lagi terlalu diperhatikan yang jadi perhatian adalah higienitas, sanitasi, dan keamanan.

"Untuk tipe akomodasinya seperti vila, resor, atau bahkan yang dekat dengan bandara/ferry terminal, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan akan mudah diakses," terangnya.

Terakhir adalah label higienitas. "Hal ini sudah kami koordinasikan dengan Kementerian Kesehatan dan ini menjadi pekerjaan rumah Kemenparekraf untuk memberikan panduan sebagai pedoman yang dapat disosialisasikan," sambung dia.

Secara terpisah, Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan teknologi dan media digital memberi cara baru dalam rutinitas dan kehidupan yang akan menjadi "New Normal". Ia menegaskan dukungan Indonesia untuk memasukkan pariwisata digital ke Rencana Strategis Pariwisata ASEAN 2016-2025.

"Pandemi ini akan membawa kita pada kondisi "New Normal". Di samping mendorong pentingnya standar kesehatan dan kebersihan bagi para profesional pariwisata, melalui pertemuan virtual ini, kita ditunjukkan bagaimana teknologi dan media digital membawa kita pada rutinitas dan cara hidup yang baru. Ini yang akan segera kita alami dalam industri pariwisata kita," ujar Angela dalam Special Meeting of the ASEAN Tourism Ministers (M-ATM) on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Rabu, 29 April 2020.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pesona Erika Choperena, Istri Antoine Griezmann yang Jarang Tersorot

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Jakarta - Striker Barcelona, Antoine Griezmann, memiliki kisah asmara yang romantis dan klasik dengan sang istri, Erika Choperena. Butuh waktu 1,5 tahun bagi Griezmann untuk mendapatkan hati sang istri.

Pertemuan pertama Antoine Griezmann dan Choperena terjadi di Universitas San Sebastian, Spanyol, pada 2010. Saat itu, Griezmann masih membela Real Sociedad sementara Choperena sedang melanjutkan studi.

Griezmann menyebutkan dalam buku autobiografinya, mereka resmi berpacaran pada 27 Desember 2011.

Pemain berpaspor Prancis itu lalu menikahi Choperena pada 2017 di Palcio de Galiana, Toledo, Spanyol. Dari hubungan ini, mereka dikarunia dua orang anak, Mia Griezmann dan Amaro Griezmann.

Erica Choperena yang berprofesi sebagai psikolog ini tidak terlalu aktif di Instagram. Ia lebih sering mengunggah foto kedua anaknya dan Griezmann.

Meski begitu, ada beberapa unggahan yang menampilkan pesona wanita berusia 30 tahun ini. Berikut Bola.com lampirkan potret istri Antoine Griezmann yang jarang tersorot.

1. Erika Choperena dan Griezmann Mulai Berpacaran Sejak Desember 2011

 
 
 
View this post on Instagram

... dans ma vie Γ  l'improviste ... #madrid #viajesdeenergia

A post shared by EriKA Choperena (@eri_chope) on

3. Erika Choperena Sering Menghindari Paparazzi

 
 
 
View this post on Instagram

Pile Γ  l heure pour les huitiΓ¨mes de finale. Allez les bleus πŸ’™! @paul_hewitt #paulhewitt #getAnchored #ad

A post shared by EriKA Choperena (@eri_chope) on

4. Erika Choperena Ketika Bergaya di Depan Kamera

 
 
 
View this post on Instagram

¡Planazo pre-cine! #enbuenacompaΓ±Γ­a

A post shared by EriKA Choperena (@eri_chope) on

5. Gaya Erika Choperena dengan Kacamata

 
 
 
View this post on Instagram

Shine your light ✨

A post shared by EriKA Choperena (@eri_chope) on

6. Erika Choperena dengan Pakaian Santai

 
 
 
View this post on Instagram

El que a buen Γ‘rbol se arrima... πŸŒ΄πŸŒ΄πŸ˜… #39*

A post shared by EriKA Choperena (@eri_chope) on

7. Pose Erika Choperena dengan Jaket Kulit Merah Maroon

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto / Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajarkan Anak Puasa di Bulan Ramadan, Ini Tips dari Dokter

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orangtua yang akan mengajarkan anaknya berpuasa di bulan Ramadan bisa memulainya secara bertahap.

Dokter Cut Nurul Hafifah, spesialis anak konsultan nutrisi metabolik mengatakan, orangtua bisa mulai mengajak anak untuk puasa makanan padat terlebih dahulu.

"Izinkan mereka tetap minum air untuk menghindari kekurangan cairan, terutama bila cuaca panas," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Jakarta dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com dikutip Kamis (30/4/2020).

Untuk waktu berpuasa, mulailah ajari anak secara bertahap. Orangtua bisa mengajak anak untuk melakukannya selama 6 jam terlebih dahulu seperti dari bangun pagi hingga pukul 12.00 WIB.

"Dengan pola seperti ini, anak belajar menahan lapar dari makanan yang sehari-hari dimakan," Nurul menambahkan.

Kemudian, pada tahap berikutnya, orangtua bisa mengajari anak untuk menahan haus. Nurul menjelaskan bahwa pada umumnya, anak masih bisa menoleransi tidak minum air selama 2 sampai 4 jam ketika berlatih puasa.

Pastikan Nutrisi Tercukupi

Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Pastikan juga mereka mendapatkan asupan nutrisi yang cukup meski sedang berpuasa. Hal ini karena anak masih perlu tumbuh dan berkembang. Di sini, orangtua bisa memberikan makanan bergizi pada saat sahur dan berbuka.

"Anda dapat memberikan makanan yang mengenyangkan pada saat sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Hindari memberikan makanan yang mengandung gula sederhana, seperti makanan ringan yang manis," kata Nurul.

Selain itu, berikan juga susu sebagai sumber zat gizi lengkap untuk anak saat sahur dan berbuka.

"Jangan lupa semangati mereka dan ucapkan kata-kata pujian ketika mereka sedang berpuasa dan berhasil menahan lapar dan haus. Awasi tanda bahaya dehidrasi dan hipoglikemia," ujarnya.

Apabila anak tidak sanggup melanjutkan, segera hentikan puasa. Nurul mengatakan, jika sudah saatnya, meskipun perlahan, anak akan terbiasa berpuasa di bulan Ramadan.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyi Lagu Nabi Muhammad, Warganet Doakan Arsy Hermansyah Jadi Anak Salihah

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putri Anang Hermansyah dan Ashanty, Arsy Hermansyah dengan percaya diri menyanyikan lagu religi. Dalam video tersebut, Arsy terlihat mengenakan jilbab berwarna kuning dan duduk sembari bernyanyi.

"Arsy tengah beraksi," tulis Ashanty dalam keterangan video yang diunggah pada Rabu (29/4/2020) ini.

Dalam video singkat tersebut, Arsy menyanyikan secara live lagu tentang Nabi Muhammad. Ia terlihat sangat bersemangat dan ceria. 

"Muhammad, Muhammad, you're my angel. Muhammad, Muhammad you're my hero. Muhammad, Muhammad, teladanku," ujar Arsy.

 

Tuai pujian

Arsy ingin pakai jilbab, banjir pujian netizen. (Sumber: Instagram/@queenarsy)
Arsy ingin pakai jilbab, banjir pujian netizen. (Sumber: Instagram/@queenarsy)

Unggahan Ashanty ini menuai banyak pujian dari netizen. Mereka meninggalkan pujian untuk Arsy di kolom komentar unggahan tersebut. 

Banyak dari netizen yang memuji betapa salihah anak ketiga Anang Hermansyah ini. Tak sedikit pula yang merasa gemas saat menyaksikan aksi bernyanyi Arsy ini.

"Masya Allah anak salihah," tulis salah satu netizen.

"Masyaallah kakak arsy keren.. Sholehah selalu ya nak, bahagiakan ayah bunda dan keluarga di dunia dan akhirat😍," tulis ichaa_safiraa.

"Semoga jd anak soleha yaa arsyyyy❣️❣️," tulis betyyyy_cantiq.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik 12 Persen, Uang Beredar di Maret 2020 Capai Rp 6.440,5 Triliun

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia melaporkan terjadi peningkatan likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luar (M2) pada bulan Maret 2020. Saat ini posisi M2 tercatat Rp 6.440,5 triliun.

Terjadi pertumbuhan sebesar 12,1 persen (yoy) dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 7,9 persen (yoy).

"Posisi M2 tercatat Rp6.440,5 triliun pada Maret 2020 atau tumbuh 12,1 persen (yoy)," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Wijanarko dalam keterangan pers, Jakarta, Kamis (30/4).

Onny melanjutkan akselerasi pertumbuhan M2 disebabkan oleh peningkatan seluruh komponennya. Baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham.

Pertumbuhan uang beredar dalam arti sempit (M1) meningkat dari bulan sebelumnya. Pada bulan Februari 2020 tercatat pertumbuhan M1 sebesar 8,6 persen (yoy). Lalu terjadi peninkatan di Maret 2020 sebesar 15,4 persen (yoy). Peningkatan ini disebabkan oleh pertumbuhah giro rupiah.

"Ini disebabkan oleh pertumbuhan giro rupiah," kata Onny.

Uang Kuasi

Tumpukan uang kertas pecahan rupiah di ruang penyimpanan uang
Tumpukan uang kertas pecahan rupiah di ruang penyimpanan uang

Sementara itu, pertumbuhan uang kuasi pada Maret 2020 meningkat, dari 7,5 persen (yoy) pada Februari 2020 menjadi 10,8 persen (yoy). Peningkatan ini terjadi pada pertumbuhan surat berharga selain saham, dari 34,7 persen (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 44,6 persen (yoy) pada Maret 2020.

Peningkatan M2 pada Maret 2020 disebabkan oleh peningkatan aktiva luar negeri bersih, ekspansi operasi keuangan pemerintah, dan realisasi kredit. Pertumbuhan aktiva luar negeri bersih pada Maret 2020 sebesar 13,9 persen (yoy). Lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada Februari 2020 sebesar 9,9 persen (yoy).

Pertumbuhan tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat meningkat. Dari 11,9 persen (yoy) pada Februari 2020 menjadi 14,5 persen (yoy) pada Maret 2020.

Selain itu, penyaluran kredit pada Maret 2020 meningkat sebesar 7,2 persen (yoy). Lebih tinggi dari pertumbuhan bulan Februari 2020 sebesar 5,5 persen (yoy).

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Churros dan Baked Potatoes, Nikmat untuk Berbuka Puasa

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hai, sahabat Liputan6.com. Pusing memikirkan menu apa lagi untuk berbuka puasa hari ini? Untuk inspirasimu berbuka puasa, kali ini kami menyiapkan dua menu yang bisa kamu coba sore ini.

Kedua menu ini cukup gampang membuatnya. Selain itu, rasanya juga enak dan manis. Cepat buat ini untuk menu berbuka, dijamin kamu pasti suka.

Seperti dikutip dari Instagram @Indriaazis, berikut dua resep berbuka puasa yang mudah kamu praktikkan di rumah sendiri.

Resep CHURROS

- tepung terigu 150gr

- air 250 ml

- mentega 50gr

- garam 1/2 sdt

- gula 1 sdm

- telur 2 butir

- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Masak air, gula, garam, mentega sampai mendidih. Lalu masukkan tepung terigu masak sampai kalis matikan kompor biarkan adonan agak hangat.

2. Tambahkan telur ke dalam adonan mixer hingga lembut.

3. Siapkan 2 plastik segitiga, plastik satu untuk adonan churros plastik satu lagi spuit bintang, masukkan plastik adonan ke dalam plastik spuit ,adonan siap digoreng dengan minyak panas api sedang.

4. Goreng hingga kecokelatan, sajikan dengan selai cokelat atau taburan gula halus atau bubuk kayu manis yang di-mix dengan gula palem.

Selamat mencoba!

Bakep Potatoes

Baked Potatoes ini nikmat dan cocok untuk berbuka puasa.
Baked Potatoes ini nikmat dan cocok untuk berbuka puasa.

Satu lagi menu pilihan yang bisa kamu coba, yakni baked potatoes.

Bahan:

4 buah kentang besar, cuci bersih,kukus sampai matang, tidak usah lepas kulit

4 buah sosis keju mozzarella

Peterseli

Alumunium foil secukupnya

Dressing sauce :

1 sdm saos keju

2 sdm saos bolognaise

2 sdm mayonaise

1 sdt bubuk cabe (bila suka pedas, opsional)

2 sdm saos tomat, campur semua saos jadi satu

Cara membuat :

1. Panaskan oven dengan suhu 180°

2. Kentang yang sudah dikukus dibelah, potong tengahnya biar terbuka, lalu bungkus dengan aluminium foil seperti permen, ujungnya diputar-putar supaya tidak mudah lepas.

3. Isi kentang dengan sosis, lalu beri dressing sauce, paruti keju mozzarella, terakhir taburi peterseli, masukkan oven kira-kira 20 menit

4. Angkat, sajikan selagi panas.

 

Selamat mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkonfirmasi, Gim Baru Ubisoft Berjudul Assassin's Creed Valhalla

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ubisoft akhirnya secara resmi mengungkap seri gim Assassin's Creed terbaru mereka, yakni Assassin's Creed Valhalla.

Lewat platform YouTube, studio gim itu melakukan live streaming bersama dengan ilustrator kenamaan Kode Abdo (BossLogic).

Pada live streaming berdurai 7 jam lebih itu, Ubisoft dan BossLogic mengungkap sedikit latar cerita gim Assassin's Creed Valhalla tersebut.

Dalam live streaming itu, Ubisoft juga mengungkap tanggal kapan trailer resmi seri gim Assassin's Creed ini dirilis.

Dikutip dari The Verge, Kamis (30/4/2020), trailer resmi Assassin's Creed Valhalla akan meluncur di internet pada 30 April jam 22.00 WIB.

 

Konfirmasi Rumor yang Beredar

Dengan peluncuran trailer ini, Ubisoft mengonfirmasi rumor yang sudah lama beredar di internet.

Sebelumnya, bocoran informasi seri Assassin's Creed baru ini sempat muncul di dalam gim The Division 2.

Informasi, seri Assassin's Creed Odyssey adalah seri gim buatan Ubisoft terkini yang dirilis Ubisoft pada 2018.

Pada gim ini, gamer disajikan alur cerita era Yunani kuno saat perang Peloponnesia antara Athena dan Sparta berlangsung.

Di gim ini, kamu dapat berperan sebagai salah satu dari dua karakter utamanya, yakni Alexios dan Kassandra.

(Ysl/Why)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Dapur Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Inul Daratista merupakan salah satu artis populer di Tanah Air. Mengawali kariernya sebagai penyanyi dangdut di daerah, wanita asal Pasuruan ini semakin dikenal masyarakat lewat lagu Goyang Inul pada 2003 silam. Sejak saat itu kariernya sebagai pedangdut kian eksis hingga kini. 

Selain dikenal sebagai pedangdut, Inul Daratista kini juga merambah sebagai seorang pebisnis. Kesuksesan yang diraih Inul Daratista tentu tidak mudah didapatkan. Istri Adam Suseno ini bahkan melewati jalan terjal untuk berada di titik ini.

Berkat kerja kerasnya, kini pemilik nama asli Ainur Rokhimah tersebut punya kehidupan yang berkecukupan. Diketahui, Inul bersama suami dan anaknya tinggal di hunian mewah bak istana. Setiap ruangan di rumahnya tersebut terbilang mewah. Salah satu ruangan yang mencuri perhatian adalah dapur.

Sebagai seorang yang gemar memasak, pedangdut Inul Daratista mendesain dapurnya senyaman mungkin. Bahkan dapur di rumah wanita 41 tahun tersebut tampak selalu rapi dan berisi banyak peralatan memasak. Berikut potret dapur Inul Daratista yang bernuansa cokelat dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/4/2020).

1. Dapur di rumah Inul Daratista tampak luas dan mewah, ada lampu gantung elegan.

6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (sumber: Instagram/@inul.d)
6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (sumber: Instagram/@inul.d)

2. Sebagai orang yang punya hobi memasak, Inul kerap menghabiskan waktu di dapur.

6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)
6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)

3. Selain elegan, pedangdut cantik ini punya peralatan masak yang banyak.

6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)
6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)

4. Selain didominasi warna cokelat dan putih, perabotan di dapur Inul terbilang mewah.

6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)
6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)

5. Menurut Inul desain dapur harus secantik mungkin agar ia betah memasak.

6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)
6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: YouTube/Inul Daratista Official)

6. Dapur Inul menyimpan berbagai perabotan makan yang lengkap. Ia juga menyusunnya dengan rapi dan bersih.

6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: Kapanlagi)
6 Potret Dapur di Rumah Inul Daratista, Elegan dan Bernuansa Cokelat (Sumber: Kapanlagi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Sumber Energi Ramah Lingkungan di Weining China

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan orang-orang bekerja di pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)
Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan orang-orang bekerja di pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan orang-orang bekerja di pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan panel-panel fotovoltaik di pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)
Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan panel-panel fotovoltaik di pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan panel-panel fotovoltaik di pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan instalasi tenaga angin di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)
Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan instalasi tenaga angin di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan instalasi tenaga angin di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 26 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan instalasi tenaga angin di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 27 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)
Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan instalasi tenaga angin di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 27 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

Foto yang diabadikan dari udara menunjukkan instalasi tenaga angin di wilayah Weining, Provinsi Guizhou, China, 27 April 2020. (Xinhua/Tao Liang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kali Krukut Meluap, Kawasan Petogogan Banjir

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang terjadi sejak siang membuat banjir di wilayah Petogogan Jakarta Selatan. Banjir akibat meluapnya kali Krukut , akibatnya sebagian warga mengungsi, mereka juga khawatir terjadinya banjir susulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Sambung Zaskia Gotik Dapat Ancaman Penculikan

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan nama Sirajuddin Mahmud jadi menjadi sorotan publik. Ini terjadi setelah ia diketahui berpacaran dengan Zaskia Gotik, lalu menikahinya pada pekan lalu.

Banyak media yang mengulik tentang kehidupan suami Zaskia Gotik itu, termasuk pekerjaannya sebagai seorang pengusaha. Hal ini, rupanya berdampak buruk bagi anaknya, Aqila.

Menurut mantan istri Sirajuddin Mahmud, Imel Putri Cahyati, anak semata wayangnya sempat mendapat ancaman penculikan dari orang tak dikenal. Keadaan ini membuat sang ibu merasa sangat khawatir.

"Anak aku ada ancaman segala macam kan kita jadi worry apalagi kalau menyangkut anak, saya pasti keras," kata Imel Putri Cahyati saat dikutip dari tayangan Cumi-Cumi, Kamis (30/4/2020).

 

Mengingatkan

Imel Putri Cahyati
Imel Putri Cahyati

Tak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anaknya, mantan bintang sinetron itu pun mengingatkan sang mantan suami untuk lebih menjaga privasi. Terutama bila menyangkut soal harta kekayaan.

"Kemarin juga saya sempat keras sama papanya saya bilang jangan terlalu mengekspose anak karena ini lagi bahaya," paparnya.

"Bahayanya apa, perbincangan orang nih kamu kaya raya betul, anakmu nanti yang gimana. Maksud saya seperti itu. Saya khawatir aja sih sama anak," sambung wanita berhijab ini.

Tak Ingin Komentar Banyak

Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)
Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)

Sementara itu, Imel Putri Cahyati tak mau berkomentar lebih jauh mengenai pernikahan mantan suaminya bersama Zaskia Gotik. Sebab, ia merasa sudah tak memiliki kapasitas lagi untuk ikut campur di dalamnya.

"Apalagi saya sebagai mantan kan enggak berhak apa apa. Begitu juga nanti kalau saya punya suami nanti beliau sudah enggak punya hak apa-apa," tuturnya.

Pernikahan

Zaskia Gotik menikah dengan Sirajuddin Mahmud pada 22 April 2020 di Cikarang, Jawa Barat. Keduanya menikah secara siri terlebih dahulu karena sedang terjadi pandemi corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Meme Kocak Godaan Saat Puasa

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika menjalani ibadah puasa tentu tak sedikit orang yang mengalami godaan. Terlebih lagi di saat siang hari dan saat menjelang berbuka puasa.

Tak sedikit yang mengaku merasakan berbagai godaan ketika melihat benda-benda yang sekilas terlihat seperti makanan.  

Artikel tentang deretan godaan yang kerap dialami orang saat puasa menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak-zodiak yang dikatakan paling jago merangkai kata.

Sementara itu artikel tentang deretan hal yang bisa membatalkan puasa selain makan dan minum menjadi artikel terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Meme Godaan yang Dialami Saat Puasa, Bikin Tak Sabar Berbuka

foto: berbagai sumber
foto: berbagai sumber

Saat ini seluruh umat muslim di dunia tengah menjalani ibadah di bulan suci Ramadan. Meski harus dilalui di tengah pandemi virus Corona Covid-19, namun semangat untuk menjalani ibadah di bulan ini tentu tak luntur.

Di bulan Ramadan, keteguhan iman seorang muslim diuji lewat ibadah puasa yang dijalani. Ya, tak bisa dipungkiri setiap orang tentu mengalami yang namanya godaan ketika berpuasa.

Selengkapnya…

2. 5 Zodiak yang Paling Jago Merangkai Kata, Bikin Tersipu Malu

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Huy Phan.
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Huy Phan.

Setiap individu memiliki cara sendiri untuk mengekspesikan diri, salah satunya dengan berpuisi. Tentu sudah sangat langka bukan menemukan orang yang bisa berpuisi? Namun, beberapa zodiak dikenal bisa berpuisi, tanpa menulis puisi, mereka puitis. Mereka ingin mengekspresikan diri dengan cara yang paling indah.

Selengkapnya…

3. Selain Makan dan Minum, Ini 5 Hal Lain yang Bisa Membatalkan Puasa

Ilustrasi Membaca Doa Credit: shutterstock.com
Ilustrasi Membaca Doa Credit: shutterstock.com

Ketika menjalani ibadah puasa semua orang tentu ingin menjalaninya dengan benar dan mendapatkan pahala. Oleh karena itu, sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk seseorang yang sedang berpuasa menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadan, ternyata ada beberapa perbuatan yang membuat puasa kita batal. Maka ada baiknya kita memahami hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa. Berikut ulasannya.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Kedai Kopi di Tarakan Tetap Gaji Karyawan Meski Sepi Pembeli

Posted: 29 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tarakan - Sejak merebaknya Covid-19, sektor ekonomi adalah sektor paling terpukul di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Sektor UMKM yang paling terdampak di kota itu adalah kedai kopi yang sepi dari pengunjung.

Salah satu contohnya adalah Kedai Kopi Lagaligo. Terletak di Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Gunung Lingkas, kedai ini pada hari biasa ramai dikunjungi penikmat kopi. Kondisi itu berubah drastis seiring Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tarakan.

Kerugian pun sangat dirasakan oleh pemiliknya, Herman, yang harus memutar otak agar operasional kedai tetap berjalan. Apalagi dia memiliki sejumlah karyawan.

"Kalau dari omzet penjualan itu pasti sangat berpengaruh ya, apa lagi masyarakat kebanyakan di rumah saat ada virus Corona ini, sehingga mengalami penurunan dan itu mencapai 50 persen," kata Herman saat ditemui di kedainya, Selasa (29/4/2020) malam.

Dia mengaku, pada hari normal mampu meraup rata-rata omzet penjualannya sampai Rp 2,5 juta perhari. Namun kini, berjuang untuk menutupi biaya operasional saja sudah kelimpungan.

Kendati demikian, Herman terus berusaha dan pantang menyerah, agar pendapatan kedai kopi miliknya tetap ada untuk memenuhi gaji karyawan. Usaha harus tetap jalan, meski banyak pembatasan saat penerapan PSBB.

"Saya ada karyawan empat orang yang bekerja di sini, kalau tutup bagaimana nasib mereka sehingga kita berusaha untuk bertahan ditengah Covid-19 ini," tegasnya.

Kedai Tutup Lebih Cepat

Tetap beroperasi saat penerapan PSBB di Kota Tarakan, kedai kopi berjuang agar karyawan bisa mendapatkan penghasilan. (foto: Siti Hardiani)
Tetap beroperasi saat penerapan PSBB di Kota Tarakan, kedai kopi berjuang agar karyawan bisa mendapatkan penghasilan. (foto: Siti Hardiani)

Kedai kopi yang kerap kali mengandalkan layanan di tempat itu kini harus gigit jari lantaran PSBB telah diterapkan. Pemerintah pun membatasi jam operasional baik pemilik restoran, rumah makan, pusat kuliner dan kafe yang harus tutup pukul 21.00 WITA.

Itupun hanya melayani pembelian melalui layanan pesan online, antar, atau pembelian bungkus hingga dilarang melayani pembelian di tempat. Pembatasan itu telah dilakukan sejak 8 April hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Di hari biasa, Herman mengaku berjualan mulai dari pagi hingga tengah malam.

"Sekarang pukul 09.00 malam itu kita sudah tutup, petugas selalu patroli kan setiap malam kalau masih ada yang berkumpul dibubarkan," ungkapnya

Adanya pandemi Covid-19, membuat pergerakan masyarakat terbatas. Sebagai pelaku usaha, Herman harus pintar mensiasati agar bisnisnya tetap berjalan, salah satunya dengan mengubah pelayanan.

"Kita berupaya bagaimana caranya bisa menarik pelanggan, dengan gencar melakukan promosi melalui media sosial, kemudian juga kita buka layanan pengantaran gratis," katanya.

Tidak ada lagi kursi dan meja di depan kedai kopi terbuat dari kontainer itu. Padahal biasanya, ada 10 pasang kursi dan meja disediakan untuk pembeli yang ingin minum di tempat.

Kini, hanya terlihat ada tiga orang yang datang memesan kopi dan membawanya pulang. Herman, berharap agar Covid-19 ini segera berakhir dan ekonomi kembali pulih.

Simaj juga video pilihan berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona 30 April: 3,1 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, Kematian Tertinggi dari AS

Posted: 29 Apr 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 3.193.886 kasus. 972.719 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Spanyol, yang mencapai 132.929 dan kini disusul AS dengan  120.720 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.039.909.

Saat ini, Spanyol, Italia, Prancis dan Inggris tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Kamis, (30/4/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Spanyol, yang mencapai 236.899 kasus. 

Kasus infeksi terbesar ketiga tercatat di Italia, yang mencapai 203.591 kasus dengan 71.252 orang pulih. Lalu 166.543 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2 di Prancis, dengan 49.118 orang pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Inggris kini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 166.441 kasus dan dengan 857 pasien pulih.

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tercatat 227.638 Jiwa

Li Xiang, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memeriksa hasil pengujian di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, 22 Februari 2020.  (Xinhua/Xiao Yijiu)
Li Xiang, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memeriksa hasil pengujian di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, 22 Februari 2020. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 227.638 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 185 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess. Sementara menurut www.worldometers.info/coronavirus/#countries sudah mencapai 210 negara.

Angka kematian paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 60.967 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya berada di Italia yang mencatat 27.682 jiwa, lalu kini disusul Inggris yang mencapai 26.097 jiwa. 

Sementara Spanyol kini mencatat 24.275 kematian, lalu Prancis dengan 24.087 korban jiwa.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Mesin Gol Lazio Ngotot Tetap Ingin Latihan

Posted: 29 Apr 2020 08:55 PM PDT

Roma - Striker Lazio, Ciro Immobile siap mengambil risiko untuk melanjutkan latihan selama pandemi virus corona.

Immobile mengaku alasannya ingin kembali beraktivitas di lapangan bukan karena timnya sedang di papan atas klasemen Serie A dan ingin segera memulai kompetisi.

"Kami hanya ingin kembali melakukan pekerjaan kami. Saya ingin kembali berlatih bukan karena Lazio berada di urutan kedua, tetapi saya rindu melakukan apa yang saya sukai dan profesi saya," kata Immobile kepada Lazio Style Radio, dikutip dari Football Italia.

Pemerintah Italia akan melonggarkan lockdown yang memungkinkan beberapa tempat umum kembali dibuka setelah 4 Mei. Pemerintah menetapkan social distancing ketika warga kembali beraktivitas misalnya joging di taman. Namun, pemerintah belum memberikan keleluasaan untuk atlet kembali ke tempat latihan mereka.

"Saya tidak mencoba untuk menimbulkan masalah. Saya hanya meminta kejelasan sebagai warga negara Italia. Saya menunggu berita kapan saya bisa kembali bekerja. Kami hanya ingin kembali melakukan pekerjaan kami," ucapnya.

Pemain berusia 30 tahun itu pun berharap segera ada kejelasan kapan Serie A bergulir lagi.

"Kami siap bermain pada musim panas. Semua pemain lain dari klub berbeda yang saya ajak bicara merasakan hal yang sama. Bagaimana mungkin saya bisa berlari di taman-taman, tetapi tidak di tempat latihan di mana ada jaminan jarak sosial dalam keselamatan?" ujar pemain bernomor punggung 7 di Lazio itu.

Nasib Serie A

3. Ciro Immobile (Lazio) - Ciro Immobile menjelma menjadi predator di kotak penalti pada Serie A musim ini. Ia tampil ganas dengan 27 gol dalam 26 pertandingan bersama Lazio sekaligus membuka peluang meraih scudeto. (AFP/Filippo Monteforte)
3. Ciro Immobile (Lazio) - Ciro Immobile menjelma menjadi predator di kotak penalti pada Serie A musim ini. Ia tampil ganas dengan 27 gol dalam 26 pertandingan bersama Lazio sekaligus membuka peluang meraih scudeto. (AFP/Filippo Monteforte)

Warga Italia sudah tujuh minggu dalam situasi lockdown.  

"Kami memasak, berolahraga bersama, dan menonton acara TV. Kami menonton serial  Casa de Papel (Money Heist) dalam satu hari, sekarang kami nonton The Witcher dan saya mencoba membuat istri saya menonton Romanzo Criminale," katanya.

Di sisi lain, nasib kelanjutan Serie A semakin gelap. Kabar terbaru, Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, menegaskan, meski klub bisa kembali berlatih, tidak ada jaminan kompetisi dilanjutkan.

Ia bahkan sudah membuka wacana Seria A dan turunannya dihentikan secara total karena belum ada protokol yang menjamin keselamatan, bila pertandingan sepak bola digelar kembali meski tanpa penonton.

Sumber: Football Italia

Disadur dari Bola.com (Wiwig Prayugi/Wiwig Prayugi, published 30/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Razia PSBB, Wagub Sumatera Barat Cegat Bus Antar Kota

Posted: 29 Apr 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Sumatera Barat ikut melakukan razia dalam rangka PSBB dan ikut mencegat bus antar kota. Bus diminta putar balik kembali ke Jambi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kamar Baru Betrand Peto Putra Ruben Onsu, Miliki Desain Unik

Posted: 29 Apr 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga presenter Ruben Onsu diketahui baru saja pindah ke rumah baru. Ia pun membagikan bagaimana potret rumah baru melalui channel YouTube The Onsu Family.

Tak hanya rumah barunya saja yang jadi sorotan netizen, akan tetapi kamar Betrand Peto juga berhasil curi perhatian netizen. Pada video terbaru di channel YouTube The Onsu Family, terlihat Sarwendah bersama putra putrinya memperlihatkan kamar tidur Betrand yang masih terlihat sedikit berantakan. Pada video tersebut istri Ruben Onsu ini juga terlihat tengah menata kamar yang didekorasi sendiri oleh sang putra.

Salah satu yang menjadi fokus netizen ialah bentuk kasur tingkat serta lemari sepatu yang berada di kamar tersebut. Ruben juga mengungkapkan jika beberapa furnitur yang ada di kamar tersebut merupakan permintaan pribadi Betrand Peto.

Meski begitu, tak sedikit pula netizen yang menganggap jika kamar dari pelantun lagu Sahabat Kecil ini terlihat sederhana. Ruben pun turut menjelaskan mengenai kamar dari putra angkatnya pada akhir video yang diunggah pada channel YouTube The Onsu Family.

Penasaran bagaimana penampilan kamar baru putra Ruben Onsu ini? Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube, The Onsu Family, berikut ini beberapa potret kamar baru Betrand Peto, Kamis (30/4/2020).

1. Ini dia kasur tingkat yang dipilih oleh Betrand Peto.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

2. Betrand pun mendapatkan ide memiliki kasur tingkat setelah menonton sebuah film.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

3. Ada pula lemari kayu berwarna senada dengan kasur tingkat yang digunakan untuk menyimpan beberapa mainan dan sepatu.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

4. Pada bagian bawah kasur bisa digunakan sebagai tempat bermain.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

5. Berbeda dengan kamar dari Thalia dan Thania, kamar Betrand Peto pun memiliki balkon pribadi.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

6. Ada pula lemari pakaian dengan desain yang cukup unik.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

7. Menariknya, pada meja belajar terdapat sebuah celengan berbentuk ayam sebagai tempat Betrand untuk menabung.

Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)
Kamar Betrand Peto (Sumber: YouTube/ The Onsu Family)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Jabar Rencanakan PSBB Tingkat Provinsi

Posted: 29 Apr 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 17 kepala daerah di Jawa Barat sepakat untuk mengajukan PSBB Tingkat Provinsi Jabar ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI). Rencana itu dilayangkan saat rapat koordinasi antara 17 wali kota dan bupati yang belum memberlakukan PSBB bersama Gubernur Ridwan Kamil kemarin.

Pengajuan PSBB ke Kemenkes itu akan dilayangkan langsung oleh Kamil sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat. Kamil mengaku bahwa PSBB tingkat provinsi merupakan kebutuhan di Jawa Barat.

"Saya simpulkan bahwa kita menyepakati PSBB Provinsi. Menjadi kebutuhan, juga memudahkan birokrasi, sehingga cukup satu surat dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Provinsi (Jabar). Maka seluruh kota dan kabupaten yang hadir sekarang, bisa menggunakan dasar hukum dari surat Gugus Tugas ke Kemenkes itu untuk dijadikan dasar pelaksanaan PSBB di wilayah masing-masing," kata Kamil dalam keterangan resminya di Bandung, ditulis Kamis, 30 April 2020.

Apabila pengajuan tersebut disetujui akhir pekan ini, maka sebut Kamil, PSBB Tingkat Provinsi Jawa Barat rencananya akan mulai diberlakukan pada Rabu, 6 Mei 2020. Alasannya, proses persetujuan PSBB oleh Kementerian Kesehatan biasanya diberikan pada Sabtu sebelumnya.

 

Sosialisasi Melalui Media Massa dan Perangkat Desa

Kamil meminta kepada 17 wali kota dan bupati yang hendak menyelenggarakan PSBB, agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga tanggal 5 Mei 2020. Medium sosialisasi ini ucap Kamil, dapat dilakukan di media massa, RT atau RW di wilayahnya masing-masing.

Nantinya, ada beberapa kabupaten/kota yang akan melaksanakan PSBB secara parsial berdasarkan penyebaran COVID-19 di wilayahnya, diantaranya Kabupaten Cianjur.

"Kami setuju untuk PSBB. Tapi (wilayah) Cianjur Selatan peta (persebaran) masih hijau. Jadi, kami menyetujui (PSBB Provinsi), tapi Cianjur kemungkinan parsial hanya Cianjur Utara," kata Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman dalam rapat koordinasi tersebut.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun setuju untuk penerapan PSBB skala provinsi. Namun, dia berpendapat penerapan PSBB harus diikuti dengan pengetatan aturan larangan mudik, khususnya bagi perantau yang berasal dari zona merah.

"Kami setuju dengan PSBB ini. Namun, kami berpendapat dengan tren penurunan (kasus positif COVID-19), bukan berarti PSBB itu berhasil atau tidak. Yang perlu harus kita waspadai adalah perantau yang berasal dari zona merah. Jadi, harus diperketat lagi yang pulang kampung dari zona merah," ujar Herdiat.

Sementara, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, pihaknya setuju dengan penerapan PSBB yang akan diajukan melalui surat Gugus Tugas Percepatan Penanggulan COVID-19 Jabar apabila hal itu efektif menurunkan kasus positif COVID-19. Terlebih, banyak kasus positif COVID-19 di Majalengka merupakan imported case atau berasal dari luar Majalengka.

"Apabila bisa menurunkan kasus positif (COVID-19) kami sangat setuju dengan PSBB. Karena kasus positif di Majalengka banyak yang imported case," kata Karna. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Diskon Harga Aubameyang

Posted: 29 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal ingin menjual penyerang andalan mereka Pierre-Emerick Aubameyang dengan harga 30 juta poundsterling (sekitar Rp 569 miliar) pada musim panas nanti.

Penyerang asal Gabon tersebut telah memasuki tahun terakhir kontraknya bersama Arsenal dan telah beberapa kali menolak penawaran The Gunners untuk kontrak baru.

Menurut The Sun, Manajer The Gunners, Mikel Arteta, tidak rela kehilangan penyerang utamanya tahun depan dengan gratis. Alhasil, sang pemain harus dijual pada musim panas nanti.

Pemain berusia 30 tahun tersebut didatangkan dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer 60 juta poundsterling (sekitar Rp1,13 triliun) pada 2018. Ia sangat tajam bersama Arsenal dengan torehan 61 gol dalam 97 pertandingan di semua kompetisi.

Dengan Senang Hati

(AFP Photo/Oli Scarff)
(AFP Photo/Oli Scarff)

Manajemen Arsenal dikabarkan dengan senang hati melepas Aubameyang setengah harga saat pandemi virus corona mengacaukan finansial klub-klub sepak bola menjelang bursa transfer pemain.

Arsenal juga terancam tidak akan mampu menembus Liga Champions selama empat musim berturut-turut, yang dapat memengaruhi pemasukan klub London tersebut.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Perkasa, Rupiah Bergerak Mendekati 15.000 per Dolar AS

Posted: 29 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Rupiah terus bergerak mendekati 15.000 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Rabu (29/4/2020), rupiah dibuka di angka 15.162 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.295 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus bergerak menguat ke 15.020 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.020 per dolar AS hingga 15.162 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 8,32 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.157 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.415 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen cukup positif pagi ini di pasar keuangan global.

"Sentimen positif dipicu oleh laporan kemajuan pengujian obat dari Gilead Sciences dan The Fed yang masih mendukung suku bunga acuan dekat nol," ujar Ariston dikutip dari Antara, Kamis (30/4/2020).

Sentimen positif lainnya, lanjut Ariston, yaitu harga minyak mentah yang menguat dan laporan laba perusahaan teknologi besar AS yang bagus seperti Facebook dan Microsoft.

Prediksi Pergerakan Rupiah

Teller menghitung mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pelonggaran kebijakan lockdown di beberapa negara pandemi dan data indeks aktivitas manufaktur China yang bertumbuh di April, juga menjadi sentimen positif bagi nilai tukar.

Menurut Ariston, sentimen positif tersebut memberikan indikasi awal ke pasar bahwa ekonomi global mulai pulih.

"Tapi pasar tetap waspada dengan perkembangan wabah dan dampak negatif ke perekonomian," katanya.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp15.150 per dolar AS hingga Rp15.450 per dolar AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Teten Luncurkan Program Pelatihan E-learning untuk Koperasi dan UKM

Posted: 29 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program pelatihan e-learning untuk koperasi dan UKM agar dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka meskipun pandemi Corona tengah mewabah.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, pelatihan yang biasanya dilakukan tatap muka digeser dengan metode e-learning demi menjaga protokol kesehatan untuk mencegah Corona.

"Materi pelatihan ini harus disusun dengan kebutuhan saat ini UMKM menghadapi masalah besar karena Covid-19. Pelatihan kita harus digeser jadi online supaya menjaga protokol Covid-19," kata Teten membuka peluncuran program e-learning, Kamis (30/4/2020).

Lanjut Teten, nanti akan tersedia beragam pelatihan yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Contohnya, di tengah pandemi, produksi alat kesehatan meningkat, sehingga nanti materi pelatihan bisa disesuaikan dengan potensi bisnis baru tersebut.

"Nah, pelatihan ini nanti diarahkan supaya mereka bisa banting setir untuk bisa bisnis baru seperti pelatihan bikin APD, hand sanitizer, minuman herbal dan lainnya," kata Teten.

 

Kunjungi edu.kukm.id

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi keterangan saat konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Teten menyatakan pihaknya bertekad membawa produk-produk UMKM masuk ke dalam rantai pasok global (global value chain). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi keterangan saat konferensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Teten menyatakan pihaknya bertekad membawa produk-produk UMKM masuk ke dalam rantai pasok global (global value chain). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk koperasi dan UKM yang hendak mengakses materi e-learning bisa mengunjungi situs web edu.kukm.id. Tersedia berbagai modul pelatihan dan video tata cara yang dapat dipelajari dan dimanfaatkan.

Sementara sebelumnya, Kemenkop UKM juga sudah menggelontorkan beragam stimulus untuk membantu UMKM bertahan hidup, mulai dari relaksasi pembiayaan hingga pembebasan pajak sementara. Bahkan, untuk UMKM yang tidak mendapatkan permintaan pasar akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial (bansos).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Suap dan Gratifikasi Rp 46 Miliar Nurhadi Lewat 3 Saksi

Posted: 29 Apr 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menjerat mantan Sekretaris MA Nurhadi.

Untuk mendalami hal tersebut, tim penyidik rencananya menjadwalkan pemeriksaan kepada tiga orang saksi. Mereka adalah Hari Purwanto selaku pimpinan KJJP Hari Utomo dan Rekan, Diastuti Herfini seorang ibu rumah tangga, dan Notaris bernama Musa Daulay.

"Ketiganya akan dimintai keterangan untuk tersangka HS (Hiendra Soenjoto)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (30/4/2020).

Dalam kasus ini, Hiendra Soenjoto dijerat sebagai tersangka pemberi suap terhadap mantan Sekretaris MA Nurhadi.

Nurhadi, melalui menantunya, Rezky Herbiono, diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi. Pertama, perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

 

Keterlibatan Menantu Nurhadi

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Ketiganya kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) lantaran kerap mangkir saat dipanggil baik sebagai saksi maupun tersangka. Meski demikian, ketiganya tengah mengajukan gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Pilu Angel Lelga, Hanya Bisa Saksikan Pemakaman Ayah lewat Video Call

Posted: 29 Apr 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Angel Lelga mendapat kabar duka bertubi-tubi pada Rabu (29/4/2020) kemarin. Ayahnya, Michael Jonathan, meninggal dunia pada tanggal tersebut.

Tak hanya itu, Angel Lelga tak bisa mengantar sang ayah ke peristirahatan terakhirnya. Pasalnya, sang ayah berada di luar Jakarta, sementara wabah Corona membuat penerbangan untuk penumpang tidak beroperasi. 

Karena hal ini, Angel Lelga akhirnya hanya bisa menyaksikan pemakaman sang ayah lewat video call. 

 

 

Sedih

(Instagram/angellelga via Dream.co.id)
(Instagram/angellelga via Dream.co.id)

Angel Lelga mengunggah momen ini dalam Insta Stories-nya. Dalam cuplikan foto tersebut, kesedihan Angel beserta keluarga terlihat jelas.

Cari Tiket Pesawat

Angel Lelga. (dok. Instagram @angellelga/https://www.instagram.com/p/B8PuRV3hXQH//Adhita Diansyavira)
Angel Lelga. (dok. Instagram @angellelga/https://www.instagram.com/p/B8PuRV3hXQH//Adhita Diansyavira)

"Tidak ada yg bisa kami lakukan Pa karena keadaan covid begini, segala upaya sudah saya usaha mencari penerbangan," tulis Angel dalam unggahan tersebut.

Pemilik Pesawat Pribadi

Mantan istri Vicky Prasetyo itu bahkan sempat menghubungi pemilik pesawat pribadi untuk bisa mengantarkannya ke rumah orangtuanya. Namun hasilnya nihil. 

"Saya menghubungi pemilik pesawat pribadi tapi memang tidak bisa," kata Angel.

Kirim Doa

Kini, ia hanya bisa mengirim doa untuk sang ayah. "Sebagai anak-anak papa hanya bisa mendoakan dan ikhlaskan kepergian papa," ungkapnya.

"Sayang papa Al-fatihah papa sudah tenang di surga," katanya lagi.

 

(Dream.co.id/ Nur Ulfa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Lini Depan MU Lebih Tajam, Ini Saran Berbatov untuk Anthony Martial

Posted: 29 Apr 2020 08:35 PM PDT

Manchester - Dimitar Berbatov memberikan saran kepada Anthony Martial. Berba ingin striker Manchester United (MU) itu lebih percaya diri di kotak penalti lawan dan menjelma menjadi finisher ulung.

Dua tahun terakhir, performa Martial di MU menjadi sorotan. Pemain asal Prancis itu kerap mendapatkan kritikan karena penampilannya yang inkonsisten dari waktu ke waktu.

Namun mulai musim ini, performa Martial cenderung mulai stabil setelah diplot menjadi striker tengah oleh Ole Gunnar Solskjaer. Hasilnya juga cukup memuaskan, di mana Martial musim ini sudah mengemas 16 gol dan lima assist bagi Setan Merah.

Berbatov percaya bahwa penyerang 24 tahun itu masih bisa lebih baik lagi. "Kuncinya adalah ia harus lebih percaya diri," ujar Berbatov kepada talkSPORT.

Berbatov percaya bahwa Martial tidak boleh cepat patah arang jika ia kesulitan menembus pertahanan lawan.

Berbatov menyebut sang striker harus menunjukkan mental baja agar bisa menambah pundi-pundi golnya di MU.

"Untuk kasusnya Martial, ia harus terus berusaha untuk mencetak gol. Sebuah gol akan memberikannya kepercayaan diri yang besar, terutama untuk seorang striker seperti dirinya."

 

 

Hindari Cedera

4. Anthony Martial (Manchester United) - Permainan gemilang Martial bersama AS Monaco membuat Manchester United kepincut dengan penyerang asal Prancis ini. Manchester United memboyong Martial ketika pemain ini berusia 19 tahun pada September 2015 dengan harga 58 juta poundsterling. (AFP/Paul Ellis)
4. Anthony Martial (Manchester United) - Permainan gemilang Martial bersama AS Monaco membuat Manchester United kepincut dengan penyerang asal Prancis ini. Manchester United memboyong Martial ketika pemain ini berusia 19 tahun pada September 2015 dengan harga 58 juta poundsterling. (AFP/Paul Ellis)

Berbatov juga mengingatkan agar Martial juga harus menjaga kondisi tubuhnya. Ia menilai jika sang striker rentan terkena cedera, maka akan sulit membangun momentum yang bagus.

"Seperti pemain-pemain lainnya, hal terpenting untuknya saat ini adalah tetap fit. Ia harus tahu kapan untuk bekerja keras dan kapan harus sedikit santai saat berlatih."

"Dalam satu musim ia memainkan banyak sekali pertandingan sehingga ia harus pintar membagi energinya. Ia harus sebisa mungkin menghindari untuk terkena cedera." ujarnya.

Sumber asli: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 29/4/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Karyawan Pabrik Rokok Diisolasi di Hotel

Posted: 29 Apr 2020 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 163 karyawan pabrik rokok di Surabaya, Jawa Timur saat ini telah diambil sampel swabnya oleh tenaga medis untuk diperiksa dengan metode PCR di laboratorium. Hasil pemeriksaan dengan metode PCR itu diperkirakan keluar paling lambat dalam dua hari ini.

Hal tersebut dilakukan usai dua karyawan pabrik rokok di Surabaya meninggal dunia akibat Corona COVID-19. Tim tracing juga sudah menjalankan rapid test (tes cepat Covid-19) terhadap 323 orang karyawan lain di pabrik itu. Hasilnya, 100 orang di antaranya reaktif atau positif  saat rapid test.

"Tadi malam (Selasa 28 April) jumlah yang dilaporkan 63 orang yang positif rapid test, sore ini (Rabu) ada tambahan menjadi 100 orang. Semuanya sudah diisolasi di hotel yang disediakan perusahaan," tutur Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, Rabu, 29 April 2020, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur.

Belum diketahui dari mana dua orang karyawan pabrik rokok yang meninggal itu terjangkit COVID-19. "Ini sedang di-tracing lebih lanjut," kata Joni.

Selain itu, manajemen perusahaan juga sudah menutup sementara komplek pabrik tersebut. Joni mengatakan, hasil dari koordinasi dengan pimpinan perusahaan rokok tersebut dan pelacakan sedang berjalan, ada sekitar 500 orang karyawan diliburkan.

"Hasil dari koordinasinya dengan pimpinan PT Sampoerna dan tracing saat ini sedang berjalan. Kira-kira ada 500 orang di pabrik itu (yang berpotensi tertular)," ujar Joni.

"Manajemen sudah menutup sementara kompleks itu. Dan karyawannya juga diliburkan," Joni menambahkan. 

Joni juga membenarkan, ada dua orang karyawan perusahaan rokok itu meninggal pada 18 April 2020. Berdasarkan hasil tes PCR, kedua karyawan itu terjangkit COVID-19.

Tim Tracing Gugus Tugas COVID-19 Jatim menindaklanjuti temuan itu dan sudah menetapkan sembilan orang karyawan di kompleks pabrik itu sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). "Sembilan orang ini sudah menjalani perawatan di rumah sakit," ujar dia.

2 Karyawan Perusahaan Rokok Terpapar COVID-19, Rapid Test hingga Swab Digelar

Sebelumnya,  Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jawa Timur (Jatim) Joni Wahyuhadi menyampaikan ada dua karyawan perusahaan rokok meninggal dunia akibat terinfeksi COVID-19. Ada sebanyak 163 orang lainnya menunggu hasil tes polymerase chain reaction (PCR).

"Hari ini kami tindak lanjuti. Di sana ada dua orang positif dirawat di rumah sakit. Dua-duanya meninggal," tuturnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/4/2020). 

Joni mengatakan, pihaknya telah melakukan tracing atau pelacakan terhadap seluruh karyawan di perusahaan rokok tersebut. Sudah ada 163 orang yang telah menjalani swab.

"InsyaAllah satu dua hari ini sudah keluar hasilnya. Kemudian ada 63 orang yang sudah kami lakukan rapid test, hasilnya reaktif. Mereka sudah diisolasi," ujarnya.

Dia memastikan, terhadap 63 orang yang sudah dinyatakan positif rapid test di RSUD dr Soetomo, Tim RSUD dr Soetomo akan menerapkan swab di ruang isolasi tempat mereka berada untuk dites secara PCR.

"Mulai besok, termasuk yang diisolasi, akan kami kontrol. Mereka datang satu-satu, diisolasi, dan besok ada tenaga medis yang kita tempatkan di ruang isolasi itu. Karena mereka ini tanpa gejala," ujarnya.

Selain yang sudah menjalani swab dan sudah menjalani rapid test, hasil tracing terhadap dua orang yang meninggal positif Covid-19, ada sembilan orang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP). "Sembilan orang itu sudah masuk rumah sakit sebagai PDP," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Pandemi Covid-19, Kemendikbud Tiadakan Upacara Hardiknas

Posted: 29 Apr 2020 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku panitia peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020 mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.

Dalam pedoman tersebut, Kemendikbud meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang umumnya dilakukan satuan pendidikan, kantor Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, serta perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pemberitahuan ini disampaikan melalui surat yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020.

"Kemendikbud menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Tahun 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. Hal ini kita lakukan tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara," kata Sekretaris Jenderal Kemendikud, Ainun Na'im melalui keterangan tertulis, Rabu (29/04/2020).

Sekjen Kemendikbud mengimbau instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera secara virtual melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dari rumah ataupun tempat tinggal masing-masing.

Selain itu, Kemendikbud juga mengimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

"Kita tetap perhatikan anjuran Bapak Presiden untuk melakukan pembatasan sosial dan jaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Ainun.

 

Melakukan Beragam Aktivitas

Adapun demikian, untuk memperingati dan memeriahkan Hardiknas Tahun 2020 insan pendidikan dapat melakukan beragam aktivitas/kegiatan kreatif yang menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami juga mengajak insan pendidikan untuk dapat menyaksikan program peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yang diberi judul sesuai tema, yakni Belajar dari Covid-19 di TVRI pada hari Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 WIB," paparnya.

Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, jelas Ainun disusun dengan memerhatikan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 sebagai Bencana Nasional.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisakah Menggugat China ke Pengadilan Soal Pandemi Virus Corona COVID-19?

Posted: 29 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Presiden Donald Trump menyampaikan hendak menuntut China, atas kerugian yang diderita oleh AS akibat penyebaran pandemi Corona COVID-19.

Sebuah koran di Jerman pun melakukan kalkulasi kerugian yang diderita negaranya. Di Inggris juga ada pihak yang mengungkap hal senada.

Bahkan, di AS Jaksa Agung negara bagian Missouri telah mendaftarkan gugatan ke Pengadilan setempat.

Seorang pengamat sekaligus Guru Besar Hukum Internasional UI dan rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Hikmahanto Juwana pun membagikan pandangannya terkait masalah ini. 

Menurutnya, permasalahan utama dalam mendapat ganti kerugian yang diderita adalah ke mana gugatan itu dilayangkan, apa yang menjadi dasar gugatan dan apakah putusan dapat dieksekusi.

Bila gugatan dilayangkan ke pengadilan di suatu negara maka pemerintah China, akan mudah mematahkannya dengan alasan pemerintah China memiliki kekebalan (immunity) di lembaga peradilan nasional.

Bila diajukan ke Mahkamah Internasional (International Court of Justice) atau arbitrase internasional seperti Permanent Court of Arbitration, maka China harus menyatakan persetujuan terlebih dahulu untuk menjadi pihak yang digugat.

"Tentu pemerintah China tidak akan memberikan persetujuan tersebut. Intinya membawa pemerintah China ke lembaga peradilan maupun arbitrase nasional maupun internasional akan sia-sia, sekalipun yang mengajukan adalah pemerintah suatu negara," ungkapnya. 

Menurutnya, walaupun ada lembaga peradilan yang menyatakan berwenang untuk mengadili, isu berikutnya adalah apa yang menjadi dasar gugatan.

Dasar yang digunakan oleh banyak pihak adalah tidak transparannya pemerintah China diawal penyebaran COVID-19.

 

Tak Mudah Tuntut China

Ilustrasi bendera Republik Rakyat China (AP/Mark Schiefelbein)
Ilustrasi bendera Republik Rakyat China (AP/Mark Schiefelbein)

Dalam hukum pihak yang menggugat wajib membuktikan apa yang didalilkan.

Tentu ini tidak akan mudah bagi siapapun yang menggugat China karena pemerintah China akan tidak memberi akses kepada siapapun untuk mendapatkan bukti-bukti yang diperlukan dari negara China.

Kalaulah ada suatu pengadilan yang memutuskan China bersalah dan mewajibkan pembayaran ganti rugi, permasalahan berikutnya adalan bagaimana putusan tersebut dieksekusi. Satu hal yang pasti pemerintah China tidak akan dengan sukarela menjalankan putusan.

Putusan dari lembaga peradilan hanyalah 'menang' diatas kertas. Untuk benar-benar merasakan kemenangan tersebut perlu untuk dijalankan atau dieksekusi.

"Memang terdapat aset-aset China yang tersebar di berbagai negara. Namun saat dieksekusi akan dihalangi dengan alasan aset tersebut memiliki kekebalan (bila berkaitan dengan aset kedutaan besar) atau aset tersebut bukan milik pemerintah China, melainkan BUMN China atau swasta asal China," demikian menurut pandangan Hikmahanto. 

Menuntut ganti rugi dari negara yang dianggap bertanggung jawab atas suatu tindakan yang dilakukan bukanlah hal baru.

Pasca Perang Dunia Kedua, misalnya, banyak pihak yang menuntut ganti rugi atas tindakan penjajahan. Namun proses ganti rugi ini tidak dilakukan melalui lembaga peradilan, namun melalui proses di luar lembaga peradilan.

Menurutnya, proses seperti ini harus dimulai dari kesadaran negara yang memunculakan kerugian. Negara tersebut kemudian menyepakati dengan negara yang dirugikan bentuk-bentuk ganti kerugian.

"Pasca-Perang Dunia Kedua ini yang dikenal dengan sebutan pampasan perang. Dalam konteks COVID-19, tentu pemerintah China bisa memberikan pampasan bagi negara-negara terdampak," jelasnya kemudian.

Biaya Fantastis

Dalam lawatannya ke Indonesia pada 2-3 Oktober 2013, Presiden Xi Jinping mengusulkan konsep Jalur Sutra Maritim Abad ke-21 atau 21st Century Maritime Silk Road
Dalam lawatannya ke Indonesia pada 2-3 Oktober 2013, Presiden Xi Jinping mengusulkan konsep Jalur Sutra Maritim Abad ke-21 atau 21st Century Maritime Silk Road

"Bila dikalkulasi tentu biaya yang harus dikeluarkan akan sangat fantastis. Sepertinya pemerintah China tidak akan melakukan opsi ini," papar Hikmahanto lagi. 

Namun pemerintah China dapat melakukan tiga hal penting sebagai respons dari suara-suara yang menuntut ganti rugi tanpa memberikan pampasan.

Pertama, China tidak akan mengambil keuntungan dari bencana dunia ini. Baik keuntungan ekonomi dan finansial, politik maupun sosial.

Kedua, China sedapat mungkin memberi bantuan kepada negara-negara terdampak dalam bentuk apapun untuk meringankan kerugian oleh banyak negara.

Terkahir, China harus memperbaiki 'imej'-nya di mata dunia bahwa ia bukanlah negara yang hendak mendominasi dunia dengan kekuatan finansial dan militernya.

Tiga hal ini tentunya didasarkan pada kesadaran China untuk bertanggung jawab.

"Namun bila pemerintah China tetap bersikukuh tersebarnya pandemi COVID-19 bukan karena kegagalan penanganan dini olehnya maka suara dunia untuk mendapatkan kompensasi akan terkubur," tutupnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: