Sabtu, 04 April 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kisah Perawat Diserang Pasien Corona Covid-19 yang Menolak Dirawat Ini Bikin Haru

Posted: 04 Apr 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri jika tim medis merupakan ujung tombak dalam memerangi virus Corona Covid-19. Para dokter dan perawat kini tengah berjuang merawat dan menyembuhkan pasien yang terjangkit virus asal Kota Wuhan, China tersebut.

Mulai mewabah ke berbagai negara, berbagai cerita tim medis dalam menghadapi pasien yang terjangkit pun bermunculan. Mulai dari perjuangan mereka kekurangan alat pelindung diri atau APD, berkurangnya stok masker hingga jam kerja yang begitu panjang dari biasanya. 

Salah satu kisah haru itu pun dibagikan oleh seorang perawat di China. Tak hanya kewalahan menangani pasien corona yang terus berdatangan, perawat ini pun terkadang terpaksa mengalami perlakuan tak menyenangkan dari orang yang ia rawat.

Perawat wanita itu mengalami luka dan lebam di wajahnya setelah mendapat serangan dari pasien. Hal tersebut lantaran sang pasien bersikeras tak ingin dirawat padahal dikeathui dirinya positif Corona Covid-19.

Lukai Wajah Perawat

Perjuangan tim medis rawat pasien Corona Covid-19. (Sumber: World of Buzz)
Perjuangan tim medis rawat pasien Corona Covid-19. (Sumber: World of Buzz)

Di tengah situasi melawan Corona Covid-19, tim medis menjadi garda depan yang langsung berkontak dengan virus pandemi tersebut. Tak hanya mempertaruhkan kesehatan merea sendiri, tim medis juga harus menerima beragam perlakuan dari pasiennya.

Seperti yang dialami oleh perawat wanita asal China ini. Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Minggu (5/4/2020) pasien Corona Covid-19 yang berusia 47 tahun di Guangzhou, China menolak untuk bekerja sama dengan prosedur perawatan dan menyerang seorang perawat yang merawatnya.

Pasien pria yang diketahui bernama Okonkwonwoye Chika Patrick, berasal dari Nigeria yang memasuki Guangzhou pada 20 Maret dan dinyatakan positif Corona Covid-19. Dia dirawat di rumah sakit untuk perawatan pada 23 Maret 2020 dan masih berstatus positif saat ini.

Dari foto yang beredar, sang perawat mengalami luka di wajahnya. Tampak pula lebam di beberapa titik di wajahnya.

Kini Pasien Diawasi Polisi

Ilustrasi polisi. (iStockphoto)
Ilustrasi polisi. (iStockphoto)

Pada 1 April 2020, Biro Keamanan Umum Kota Guangzhou menerima peringatan yang mengatakan bahwa seorang pasien di bangsal isolasi Rumah Sakit Rakyat No.8 Guangzhou tidak bekerja sama dengan prosedur perawatan dan melukai seorang perawat.

Mendapatkan kabar tersebut, polisi kemduian membuka kasus kriminal untuk menyelidiki masalah itu sementara rumah sakit telah memperkuat keamanan di bangsal isolasi.

Pasien tersebut pun menjalani isolasi dan perawatan di bawah pengawasan polisi. Ketika perawatan selesai, polisi akan segera mengambil tindakan dan menghukum pasien yang sudah menajdi tersangka sesuai dengan hukum dan peraturan dari Pencegahan dan Perawatan Hukum Penyakit Menular, Hukum Pidana dan Hukum Administrasi Keluar dan Masuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Daun Kelor, Efektif Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Selama ini masyarakat Indonesia mengenal daun kelor sebagai tanaman penangkal gangguan mistis. Namun, daun kelor juga diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang sangat bermanfaat pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini.

Seperti diketahui, dengan kekebalan tubuh baik, potensi terpapar virus corona bisa makin kecil.

Selama ini masyarakat juga memanfaatkan daun kelor sebagai bahan makanan sehari.

Dilansir dari WHO, mengonsumsi daun kelor membantu perkembangan tubuh dan menjadi bahan obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.

Daun kelor kaya akan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Selain itu, kandungan polifenol dalam daun kelor memiliki sifat melawan kanker dan dapat mengurangi risiko seperti penyakit jantung dan diabetes.

Daun kelor bisa dikonsumsi secara mentah, diolah menjadi teh, hingga menjadi masakan sayur bening. Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori.

WHO sampai menjuliki daun kelor sebagai miracle tree karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi yang dimiliki daun kelor, membuat manfaat tanaman ini selalu diminati pencinta herbal.

Tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah terpapar COVID-19, daun kelor memiliki beberapa manfaat lagi bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya, dirangkum Bola.com dari berbagai sumber:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Agen Antioksidan

Antioksidan, Amunisi untuk Melawan Penyakit Kronis
Antioksidan, Amunisi untuk Melawan Penyakit Kronis

1. Agen antioksidan

Daun kelor memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sifat antioksidan yang tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh lebih kuat sehingga mampu menangkal berbagai penyakit, seperti serangan penyakit kronis.

Mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan risiko terjangkit penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

2. Mengatasi stres

Kandungan asam amino tripofan yang ada dalam daun kelor berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika Anda mengalami stres, otomatis imunitas tubuh turun.

3. Agen Antibakteri

Selain memiliki sifat antioksida, daun kelor juga memiliki sifat antibakteri. Sifat antibakteri yang ada dalam daun kelor mampu menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya yang ada dalam tubuh.

Mikroorganisme yang berkembang dalam tubuh mampu merusak jaringan dalam tubuh dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

4. Mengatasi peradangan

Mengonsumsi daun kelor mampu meredakan peradangan yang ada di dala tubuh. Kandungan isotiosianat yang berperan sebagai zat antiinflamasi.

Mengatur Kadar Kolesterol

Ilustrasi kolesterol tinggi. (andriano cz/shutterstock)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (andriano cz/shutterstock)

5. Mengatur kadar kolesterol

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada dalam daun kelor juga berperan sebagai menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

6. Mengatasi diabetes

Daun kelor dipercaya mampu atasi diabetes karena kandungan insulin alami yang ada di dalamnya. Mengonsumsi daun kelor bisa mencegah penyakit gula dan mengurangi kadar gula dalam darah menjadi stabil.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain berguna untuk mengatasi stres, kandungan asam amino pada daun kelor juga berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor berfungsi efektif memperbaiki segala kerusakan pada jaringan tubuh dan proses pertumbuhan.

Rutin mengonsumsi daun kelor, Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari risiko terjangkit berbagai penyakit.

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Dapat Token Listrik Gratis Program PLN Dampak Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Corona COVID-19 saat ini sedang menjadi perhatian utama pemerintah. Beberapa kebijakan di Indonesia mengalami perubahan akibat semakin meluasnya wabah ini. Salah satunya membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu.  

Kebijakan dampak corona ini dikeluarkan mengingat saat ini sebagian besar aktivitas bekerja dan belajar berasal dari rumah. PT PLN (Persero) pun membebaskan tagihan listrik untuk golongan 450 VA selama tiga bulan ke depan. Selain itu, PLN juga memberikan diskon 50 persen untuk tagihan listrik pada golongan 900 VA subsidi.

Adapun jumlah diskon listrik yang didapatkan pelanggan dihitung dari pemakaian tertinggi selama 3 bulan sebelumnya. Untuk 450 VA akan mendapat listrik sebesar pemakaian tertinggi, sementara golongan 900 VA mendapatkan sebagiannya selama tiga bulan ke depan.

Kebijakan PLN memberikan pembebasan dan diskon biaya tarif listrik menuai antusiasme masyarakat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas cara mudah dapat token listrik gratis program PLN dampak corona COVID-19, Minggu (5/4/2020)

 

 

1. Melalui aplikasi WhatsApp

Jangan sampai waktu liburan Anda berbarengan dengan jatuh tempo tagihan listrik dan liburan Anda malah diisi rasa was-was karena takut listrik diputus.
Jangan sampai waktu liburan Anda berbarengan dengan jatuh tempo tagihan listrik dan liburan Anda malah diisi rasa was-was karena takut listrik diputus.

Pengguna listrik token golongan 450 VA dan 900 VA bisa mendapatkan kode voucher salah satunya melalui aplikasi WhatsApp. Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, Darmawan menjelaskan, pihak konsumen cukup mengkontak 08122123123 untuk bisa memperoleh diskon atau voucher gratis tersebut.

"Di situ ketik apa saja, langsung akan mendapatkan balasan dari PLN kemudian dimasukan ID pelanggan. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter untuk dapatkan gratis atau diskon," terangnya dalam sesi teleconference, Jumat (3/4/2020).

 Berikut langkah-langkah token listrik gratis melalui WhatsApp: 

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Kirim pesan WhatsApp ke 08122-123-123. Tunggu balasan dari PLN dan ikuti petunjuk.

3. Salah satunya masukkan ID Pelanggan. Tulis ID pelanggan ke pesan tersebut. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter 

3. Tunggu sebentar, token gratis akan muncul. 

4. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

2. Situs PLN

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain via WhatsApp, pelanggan juga bisa mengakses situs resmi pln.co.id. Berikut langkah-langkah mudah dapatkan token listrik gratis melalui situs resmi PLN. 

1. Buka situs resmi pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

 

Dihitung dari Pemakaian Tertinggi

Adapun diskon listrik yang didapatkan akan dihitung dari pemakaian tertinggi selama tiga bulan sebelumnya. Untuk daya 450 VA, akan mendapatkan listrik sebesar pemakaian tertinggi. Sedangkan, daya 900 VA akan mendapatkan sebagiannya selama tiga bulan mendatang. 

"Pengguna listrik token golongan 450 VA dan 900 VA bisa mendapatkan kode voucher salah satunya melalui aplikasi WhatsApp," papar Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo.

Pelanggan Rumah Tangga Pascabayar

Petugas PLN memasang listrik di rumah warga di Desa Parauto, Nabire, Papua Barat. (Vina A. Muliana/Liputan6.com)Petugas PLN memasang listrik di rumah warga di Desa Parauto, Nabire, Papua. (Vina A. Muliana/Liputan6.com)
Petugas PLN memasang listrik di rumah warga di Desa Parauto, Nabire, Papua Barat. (Vina A. Muliana/Liputan6.com)Petugas PLN memasang listrik di rumah warga di Desa Parauto, Nabire, Papua. (Vina A. Muliana/Liputan6.com)

Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihan listriknya pada bulan April, Mei dan Juni.

Untuk diskon tarif listrik pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

 

Tidak Semua Pelanggan Dapat Diskon

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendati demikian, tak semua pelanggan listrik 900 VA bisa mendapatkan diskon 50%.  Hanya untuk yang bersubsidi yang mendapat diskon ini. 

"Sekali lagi saya tekankan, bahwa 900 VA ini untuk yang R1 khusus yang bersubsidi," ungkap Dermawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (2/4/2020).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 5 April 2020: Pasien Positif Corona di Jakarta Capai 1.143 Orang

Posted: 04 Apr 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Jakarta terus meningkat setiap harinya. Berdasarkan update data dari website corona.jakarta.go.id yang diakses Liputan6.com pada Minggu (5/4/2020) pukul 11.06 WIB, jumlah kasus positif mencapai 1.143 orang.

Dalam website tersebut dituliskan jumlah pasien corona Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 58 orang, dan meninggal 111 orang.

Sementara pasien yang masih mendapatkan perawatan berjumlah 728 orang dan isolasi mandiri sebanyak 246 orang. Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil tes corona sebanyak 739 kasus.

Kemudian sebanyak 698 kasus yang telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya, dan sisanya 448 belum diketahui.

698 kasus virus corona yang telah diketahui tersebut tersebar di lima kota administrasi di DKI Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2.092 Kasus Positif di Indonesia

Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Jumlah pasien positif Covid-19 akibat infeksi virus Corona semakin bertambah. Juru bicara pemerintah dalam penanganan Corona Achmad Yurianto kembali menyampaikan update terbaru terkait wabah tersebut.

Sampai Sabtu (4/4/2020), ada penambahan kasus positif Corona sebanyak 106 orang. Oleh karena itu, sampai dengan hari ini, jumlah kasus positif Corona Covid-19 ada 2.092 orang.

"Pada hari ini kami melakukan pendataan dan merekap seluruh data. Kita prihatin masih ada penambahan kasus untuk konfirmasi positif bertambah 106 kasus total 2.092 kasus konfirmasi positif dengan pemeriksaan molekuler," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

Penambahan kasus Corona terhitung sejak pukul 12.00 WIB pada Jumat, 3 April 2020 hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspadai Hujan Disertai Petir pada Siang Hari di Surabaya

Posted: 04 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur akan alami hujan disertai petir pada Minggu (5/4/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, sebagian besar wilayah di Surabaya akan alami hujan disertai petir pada pukul 13.00 WIB. Pada pukul 16.00 dan 19.00 WIB, Surabaya akan hujan lokal. Sedangkan pukul 22.00 WIB akan berawan.

Suhu berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 80-95 persen. Pada pukul 10.00 WIB, Surabaya berawan dengan suhu 30 derajat celsius.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini cuaca tiga harian Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Pada siang hingga sore hari waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk.

Kemudian di Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan dan Sampang.

Sedangkan malam hari di Kabupaten Kediri, Kota Kediri dan Lumajang. Dini hari di Ngawi, Ponorogo, Trenggalek dan Lumajang.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jatim Masuk Musim Pancaroba pada April

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo, mencatat pada April ini wilayah Jawa Timur mulai masuk masa pancaroba atau peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan saat masa pancaroba ini masih banyak turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu 4 April 2020.

"Masih banyak ditemui hujan dengan intensitas ringan sampai lebat, tetapi hanya bersifat lokal," katanya, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, pada saat pancaroba, kondisi arah angin cenderung variabel atau berubah-ubah dengan kecepatan antara 5 sampai dengan 30 kilometer per jam.

"Namun demikian, masih perlu diwaspadai adanya potensi cuaca ekstrim yang menyebabkan terjadinya banjir, angin kencang sesaat, hujan es, dan juga tidak menutup kemungkinan terjadi angin puting beliung akibat terjadi perubahan cuaca secara mendadak," katanya di Sidoarjo.

Ia mengatakan, di sejumlah wilayah di Jawa Timur juga masih sering terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai lebat. "Seperti pada hari ini hujan terjadi di sejumlah wilayah pada sore hingga malam hari," katanya.

Di antara wilayah yang mengalami hujan tersebut adalah Kota Surabaya, Gresik, Pamekasan, Sumenep, Madiun, dan juga Trenggalek.

"Selain itu juga terjadi di Ponorogo, Jombang, Mojokerto, Kediri dan Tulungagung," katanya.

BMKG Juanda juga menginformasikan prakiraan cuaca setiap harinya melalui kanal laman, grup whatsapp, dan juga saluran lainnya.

"Termasuk juga kepada maskapai penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Ini Cara Latihan Gelandang MU Melalui Online

Posted: 04 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mengalami hal yang sama seperti klub lain selama pandemi virus corona covid-19. Setan Merah, sebutan MU, harus berlatih sendiri selama di rumah.

Tim pelatih yang diketuai Ole Gunnar Solskjaer telah membuat program latihan individu untuk menjaga kebugaran pada pemain MU. Program ini penting dilakukan untuk menghadapi Liga Inggris yang dijadwalkan kembali diputar pada 30 April 2020.

Setan Merah pun menerapkan latihan secara on line. Hal itu diungkapkan oleh Renato Pinheiro, pelatih fisik yang bekerja sama dengan Profesor Cameron. Pinheiro ditugaskan untuk mengawal latihan gelandang MU, Fred secara online.

"Saya telah menghubungi Tulio Horta, pelatih fisik yang bekerja langsung dengan Fred secara online. Dan saya memahami apa yang telah dia lakukan. Rekomendasi saya itu persis, dan sama halnya seperti latihan fisik Fred sekarang."

"Mereka (Fred dan Tulio) sudah menjaga volume dan intensitas latihan yang cukup tinggi. Itu sangat baik untuk menjaga fisik gelandang MU," kata Pinheiro, seperti dikutip dari Manchester Evening News.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Biokimia Olahraga

Fred. (AFP/Oli Scarff)
Fred. (AFP/Oli Scarff)

Fred sendiri memang sudah sejak setahun bekerja sama dengan Profesor Cameron, yang berbasis di Laboratorium Biokimia Protein di Rio de Janeiro. Mereka bekerja sama untuk menjaga daya tahan tubuh dari Fred.

"Kami berada di ambang selesai untuk mengatur evaluasi biokimia olahraga kami berikutnya untuk Fred. Dan minggu ini kami akan mengatur jadwal kami," ujar Pinheiro.

"Semuanya diharapkan akan selesai dengan baik. Semua ini memanfaatkan waktu kompetisi yang sedang ditunda, dan Fred sekarang tinggal menunggu bagaimana hasilnya," ucapnya menambahkan.

 

Sesuai dengan Pola Latihan

Lebih lanjut, Pinheiro menegaskan, program latihan fisik untuk MU bersama Tulio memang sangat sesuai dengan standard latihan Setan Merah, yang diterapkan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

"Karena saya sendiri seorang pelatih fisik, saya dan Tulio memiliki latar belakang yang sama dalam setiap sesi latihan. Jadi kami menyetujui sebagian besar dan segala hal tentang apa yang perlu ditingkatkan dari seorang atlet sepakbola."

"Teknik-teknik yang kami gunakan dalam latihan fisik agak keras, jadi rasanya tidak ada masalah dengan itu. Fred ada di tangan orang yang sangat bagus," ujarnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Punya Anak di Usia 89 Tahun, Intip Hangatnya Kebersamaan Mantan Bos F1 dan Istri

Posted: 04 Apr 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari mantan bos Formula 1 (F1), Bernie Ecclestone. Ia mengungkapkan akan menjadi ayah untuk keempat kalinya di usia 89 tahun pada Juli mendatang.

Dilansir dari Daily Mail, Minggu (5/4/2020), Bernie akan menyambut putra pertamanya yang juga jadi buah hati pertama dirinya dengan sang istri, Fabiana Flosi yang kini berusia 44 tahun.

Momen ini hanya beberapa bulan sebelum Bernie genap berusia 90 tahun pada Oktober. Sebelumnya, Bernie telah memiliki tiga orang anak yakni Deborah Ecclestone, Tamara Ecclestone, dan Petra Ecclestone.

 
Mantan bos F1, Bernie Ecclestone dan sang istri, Fabiana Flosi. (dok. Instagram @fabianaecclestone/https://www.instagram.com/p/B8is4T-DO8x/Putu Elmira)
Mantan bos F1, Bernie Ecclestone dan sang istri, Fabiana Flosi. (dok. Instagram @fabianaecclestone/https://www.instagram.com/p/B8is4T-DO8x/Putu Elmira)

Kakek dari enam cucu ini menyampaikan ia tak terpengaruh dengan menjadi orangtua di usia lanjut. Bernie menambahkan, ia tidak melihat ada perbedaan antara usia 89 dan 29 tahun.

Sementara, mantan bos F1 dan Fabiana terlihat kerap bersama dalam berbagai kesempatan. Adapun potret hangatnya kebersamaan mereka dibagikan melalui akun Instagram Fabiana.

Salah satunya potret yang dibagikan di Hari Valentine, 14 Februari 2020 lalu. Bernie dan Fabiana saling berpelukan dan tersenyum bahagia.

"Selamat Hari Valentine ❤ cinta kita semakin besar setiap hari. Cinta kamu ❤ @bernieecclestoneofficial," tulis istri Bernie Ecclestone itu dalam kolom keterangan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Merayakan Tahun Baru Bersama

Mantan bos F1, Bernie Ecclestone dan sang istri, Fabiana Flosi. (dok. Instagram @fabianaecclestone/https://www.instagram.com/p/B6v8lQMDS3j/Putu Elmira)
Mantan bos F1, Bernie Ecclestone dan sang istri, Fabiana Flosi. (dok. Instagram @fabianaecclestone/https://www.instagram.com/p/B6v8lQMDS3j/Putu Elmira)

Momen kebersamaan Bernie Ecclestone dan Fabiana Flosi juga tampak dari kesempatan lain. Seperti ketika mereka berpose di Hotel Olden yang berada di Gstaad, Swiss.

Keduanya kala itu berada di tengah-tengah restoran yang berdekorasi mewah. Pada bagian plafon juga terlihat ada banyak balon-balon warna-warni dan tambahan hiasan bernuansa emas di sisi pinggir.

Fabiana tampil dalam balutan blazer dan inner putih dipadu dengan celana panjang putih dengan garis merah di sisi pinggir. Sedangkan Bernie mengenakan setelan serba hitam.

Keduanya saling merangkul dan tersenyum ke arah kamera. "Foto terakhir di tahun ini di @hotelolden. Selamat tahun baru," tulis Fabiana dalam keterangan potret.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Motif Teror Serangan Pisau di Prancis Saat Corona COVID-19 Sedang Diselidiki

Posted: 04 Apr 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Paris- Tersangka penusukan di selatan Kota Lyon, Prancis dilaporkan telah ditangkap oleh polisi terdekat dari lokasi kejadian, tak lama setelah serangan itu.

Menurut laporan, tersangka belum bisa teridentifikasi oleh jaksa. Tersangka dikatakan mengaku sebagai orang Sudan dan dilahirkan pada tahun 1987, namun ia tidak memiliki dokumen terkait dirinya.

Ada korban lain yang mengalami luka - luka, menurut jaksa. Namun ia tidak dapat mengkonfirmasi laporan media Prancis bahwa ada 7 korban lainnya, yang diantaranya 3 dalam kondisi kritis.

Evaluasi apakah serangan itu dimotivasi oleh terorisme sedang diproses oleh pihak otoritas, namun belum adanya pemberlakuan proses formal.

Tetapi, Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner mengatakan dalam kunjungannya ke kota: "Seorang pria memulai aksi teroris."

Castaner mengatakan, Kejaksaan Nasional Anti Teror Prancis akan menyelidiki apakah penyerang bertindak sendiri atau memiliki sokongan.

Penduduk kota sedang berada pada pemberlakuan Lockdown karena Virus Corona COVID-19, seperti kota dan wilayah lain di seluruh Perancis. Kantor pihak otoritas juga mengatakan bahwa para korban sedang berbelanja makanan akhir pekan di jalan yang memiliki toko roti dan pedagang grosir.

Seperti di seluruh Perancis, pembatasan jarak 2 meter antara individu adalah himbauan yang diberikan untuk warga, demikian seperti dikutip dari Time, Minggu, (5/4/2020). 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Penusukan Tewaskan 2 Korban dan Beberapa Lainnya Luka - Luka

Pengunjung mengantre di luar Pyramid, pintu masuk utama menuju museum Louvre, di Paris, Rabu (4/3/2020). Louvre di Paris, museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, kembali dibuka setelah pegawai yang khawatir dengan penularan virus corona setuju kembali masuk kerja. (Philippe LOPEZ/AFP)
Pengunjung mengantre di luar Pyramid, pintu masuk utama menuju museum Louvre, di Paris, Rabu (4/3/2020). Louvre di Paris, museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, kembali dibuka setelah pegawai yang khawatir dengan penularan virus corona setuju kembali masuk kerja. (Philippe LOPEZ/AFP)

Jaksa penuntut mengatakan, penusukan yang terjadi di  selatan kota Lyon, Perancis itu menewaskan 2 orang dan melukai beberapa orang sekitar lainnya, yang keluar untuk berbelanja. 

Serangan itu terjadi pada pukul 11:00 waktu setempat di jalan komersial di Romans-sur-Isere, kata Kantor kejaksaan anti-terorisme mengatakan kepada The Associated Press. 

Pelaku penusukan itu pertama kali menyerang seorang warga Rumania yang baru saja meninggalkan rumahnya dengan pasangan dan putranya, menurut media. 

Setelah itu, laporan juga mengatakan bahwa pelaku penusukan sempat memasuki toko tembakau/rokok, dan menyerang penjual tembakau/rokok dan 2 pelanggan, dan kemudian pergi ke toko tukang daging setempat. Di toko roti terdekat, beberapa pembeli dan pengunjung toko juga berlindung saat kejadian. 

Dalam beberapa bulan terkahir, dikatakan telah ada sejumlah serangan penusukan di Perancis.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan, Cocok untuk Kekebalan Tubuh

Posted: 04 Apr 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat rumput laut untuk kesehatan berkaitan dengan kandungan nutrisinya yang melimpah. Beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral hingga antioksidan bisa kamu temukan dalam makanan laut ini. Rumput laut juga rendah kalori. 

Ada beberapa jenis rumput laut, seperti Nori, Sea lettuce, Kelp, Kombu, Arame, Wakame, Dulse, Chlorella, Agar-agar dan karagenan, hingga Spirulina. Semuanya dapat dikonsumsi baik saat masih segar, dikeringkan, dimasak, hingga diolah menjadi suplemen bubuk.

Manfaat rumput laut untuk kesehatan bersifat umum untuk segala jenisnya. Baik rumput laut merah, hijau, coklat ataupun hitam. Rumput laut paling sering dijadikan menu makanan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina. Variasi yang dilimiki rumput laut dapat memudahkan kamu untuk memasukkan rumput laut ke dalam berbagai resep makanan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/4/2020) tentang manfaat rumput laut

Kaya Nutrisi dan Membantu Menurunkan Berat Badan

ilustrasi menimbang berat badan/copyright By aslysun (Shutterstock)
ilustrasi menimbang berat badan/copyright By aslysun (Shutterstock)

Kaya Nutrisi

Manfaat rumput laut dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Secara umum, setiap jenis rumput laut dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral tanpa menambah banyak kalori.

Sebuah studi dalam Journal of Applied Phycology menunjukkan bahwa berbagai jenis rumput laut mengandung nutrisi bermanfaat, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, besi, dan yodium.

Kandungan protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda pada makanan laut ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Rumput laut juga mengandung antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Bahkan, pada sebuah studi menemukan bahwa 2,4 mcg atau 100% RDI vitamin B12 didapat hanya dalam 4 gram rumput laut nori.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sedang dalam program diet, juga bisa mendapatkan manfaat rumput laut ini. Kandungan serat dan fucoidan, sejenis sulfat polisakarida yang terdapat dalam rumput laut diketahui dapat meningkatkan pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak.

Serat membantu seseorang merasa kenyang, tetapi mengandung sangat sedikit atau bahkan tidak ada kalori. Menurut penelitian di Marine Drugs, sejumlah besar serat makanan menunda pengosongan perut. Akibatnya, perut mungkin tidak mengirim sinyal kelaparan ke otak untuk waktu yang lebih lama, yang dapat membantu mencegah makan berlebihan.

Meringankan Diabetes dan Menurunkan Risiko Kanker Tertentu

Meringankan Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)
Meringankan Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Meringankan Diabetes

Manfaat rumput laut selanjutnya adalah untuk meringankan diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang bisa didapat dari sayur, buah, dan rumput laut, dapat membantu memperbaiki kadar gula darah.

Jumlah serat yang tinggi membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar. Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

Sebuah studi delapan minggu pada 60 orang Jepang mengungkapkan bahwa fucoxanthin, suatu zat dalam rumput laut coklat, dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Studi ini juga mencatat peningkatan tambahan kadar gula darah pada mereka yang memiliki kecenderungan genetik terhadap resistensi insulin, yang biasanya menyertai diabetes tipe 2.

Terlebih lagi, zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat mencegah lonjakan gula darah pada hewan setelah mereka diberi makan makanan tinggi gula. Diperkirakan bahwa alginat dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Beberapa penelitian hewan lainnya telah melaporkan peningkatan kontrol gula darah ketika ekstrak rumput laut ditambahkan ke makanan.

Menurunkan Risiko Kanker Tertentu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rumput laut yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara. Serat larut yang ditemukan dalam rumput laut juga dipercaya dapat membantu menekan perkembangan kanker usus besar. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

Bantu Meningkatkan Fungsi Tiroid dan Sistem Kekebalan Tubuh

Kanker Tiroid - KlikDokter.com (CHAIYARAT/Shutterstock)
Kanker Tiroid - KlikDokter.com (CHAIYARAT/Shutterstock)

Bantu Meningkatkan Fungsi Tiroid

Manfaat rumput laut untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan fungsi tiroid. Tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut.

Asupan makanan yang direkomendasikan untuk yodium adalah 150 mcg per hari. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah terkonsentrasi dari laut.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Food and Drug Analysis, kombu adalah sumber yodium terkaya dari jenis rumput laut, diikuti oleh wakame dan nori. Bubuk rumput laut juga merupakan sumber yang signifikan. Jenis rumput laut dan lokasi penanamannya dapat mengubah kandungan yodium.

Rata-rata kandungan yodium per 1 gram dari jenis-jenis rumput laut ini adalah Nori 37 mcg per gram, Wakame: 139 mcg per gram, dan Kombu: 2523 mcg per gram.

Rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin, yang digunakan bersama yodium untuk membuat dua hormon kunci yang membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan baik.

Rumput laut adalah salah satu sumber terbaik yodium. Hanya satu sendok teh (3,5 gram) rumput laut kering dapat mengandung 59 kali asupan makanan yang direkomendasikan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat rumput laut juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-alergenik dalam rumput laut memiliki kemampuan untuk melawan berbagai virus, seperti herpes dan HIV.

Hal ini juga dapat menghalangi berbagai virus tersebut masuk ke dalam sel tubuh. Walaupun begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efeknya pada manusia.

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Usus

Usus / Sumber: iStockphoto
Usus / Sumber: iStockphoto

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga dapat dijaga dengan konsumsi rumput laut. Manfaat rumput laut satu ini berkaitan dengan kandungan serat larut air yang baik, mengandung asam lemak omerga-3 serta antioksidan.

Seperti yang dicatat dalam sebuah penelitian, makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh. Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan unsur-unsur ini, yang dapat mengakibatkan penurunan total kolesterol hingga 18 persen.

Selain itu, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat rumput laut selanjutnya adalah untuk meingkatkan kesehatan usus. Bakteri di usus memainkan peran penting dalam memecah makanan dan mendukung pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan dan alga bisa menjadi makanan yang ideal untuk usus.

Sebuah studi dalam Journal of Applied Phycology melaporkan bahwa ganggang cenderung mengandung jumlah serat yang tinggi, yang dapat membentuk 23-64 persen dari berat kering ganggang.

Serat ini dapat membantu memberi makan bakteri usus. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Menambahkan ganggang ke dalam makanan mungkin merupakan cara sederhana untuk memberi tubuh banyak serat prebiotik yang sehat bagi usus, yang pada perannya dapat membantu mengatasi masalah seperti sembelit atau diare.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suasana Pemakaman Wakil Jaksa Agung Arminsyah

Posted: 04 Apr 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Almarhum Wakil Jaksa Agung Arminsyah dimakamkan di TPU Pedongkelan, Cengkareng, Jakarta Barat Minggu (5/4) pagi. Almarhum dimakamkan disebelah makam sang Ibunda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Work from Home di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi satu di antara imbauan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran virus corona penyebab COVID-19 di berbagai daerah.

Berbagai perusahaan telah menerapkan sistem ini setelah pemerintah memberikan imbauan agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah.

Hal itu berkaitan dengan imbauan lain, yakni agar masyarakat melakukan karantina mandiri.

Pada awalnya, instruksi bekerja dari rumah (WFH) terdengar menyenangkan. Anda tak perlu ke kantor dan menghadapi macet di jalanan, bisa sambil beraktivitas lain di rumah, dan sebagainya.

Hal itu terutama dialami kalangan pekerja kantoran. Namun, bagi mereka yang selama ini bekerja secara remote atau berstatus freelancer, kemungkinan tak banyak terpengaruh dengan instruksi tersebut.

Di sisi lain, ada pula yang tetap menjalankan pekerjaan dengan dedikasi seperti biasa, sehingga bisa jadi Anda lupa dan tak sempat untuk sekadar istirahat, atau merenggangkan badan.

Seiring perpanjangan masa darurat bencana pandemi COVID-19 hingga 29 Mei 2020, instruksi bekerja dari rumah juga diperpanjang.

Anda harus mulai berhati-hati dengan efek samping yang bisa Anda alami dengan rutinitas baru bekerja dari rumah (WFH) ini.

Seperti dilansir dari Huffpost, hal-hal ini bisa terjadi pada tubuh selama Anda bekerja dari rumah sesuai instruksi di masa pandemi virus corona seperti sekarang.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Nyeri Leher dan Bahu

Ilustrasi Nyeri Leher
Ilustrasi Nyeri Leher

1. Nyeri pada leher dan bahu

Jika leher dan bahu Anda mulai terasa sakit dan nyeri, ubahlah cara berduduk Anda ketika menghadap komputer atau laptop.

Meletakan posisi layar yang sejajar dengan mata dan siku tangan Anda membentuk sudut 90 derajat sangat membantu mengurangi nyeri pada leher dan bahu. Jika menggunakan laptop, mungkin Anda dapat meletakKan laptop pada tumpukan buku agar layar tetap sejajar dengan mata.

Solusi yang lain, perhatikan kembali tata letak ruangan Anda bekerja dan mencari tahu hal apa yang dapat menyebabkan munculnya nyeri leher dan bahu.

Hindari pula mengerjakan tugas Anda yang ada pada laptop dengan cara duduk di sofa, karena hal tersebut dapat menambah parah sakit atau nyeri punggung yang Anda alami.

Lakukan peregangan sesekali dan melakukan aktivitas fisik lainnya untuk menjauhi leher yang kaku akibat tidak banyaknya akvitas fisik yang dilakukan.

2. Mata menjadi lelah

Ketika Anda menatap layar laptop atau komputer terlalu lama, hal tersebut menyebabkan mata Anda bekerja lebih keras dari biasanya.

Hal ini dapat menyebabkan sakit atau ketegangan pada mata, yang biasanya ditandai dengan sakit kepala, penglihatan yang kabur, mata kering, nyeri leher, dan juga nyeri bahu.

Solusi dari masalah ini adalah, carilah cahaya alami seperti cahaya matahri. Anda juga bisa mengistirahatkan mata Anda.

Satu di antara caranya adalah dengan metode 20-20-20 yang dianjurkan oleh American Optometric Association, yaitu Anda dapat beristirahat 20 detik, melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6,096 M), dilakukan setiap 20 menit sekali.

Selain itu Anda juga dapat bekerja di dekat jendela agar selalu mendapat cahaya alami dari matahari, dan usahakan posisi Anda membelakangi cahaya tersebut agar tidak terlalu terpapar oleh cahaya layar laptop atau komputer.

Kram Kaki

Kram Kaki, Nyeri Pengganggu Tidur
Kram Kaki, Nyeri Pengganggu Tidur

3. Kram pada kaki

Kram pada kaki dapat menandakan bahwa sirkulasi darah yang mengalir pada tubuh tidak mengalir dengan lancar. Hal tersebut terjadi karena Anda bekerja dengan posisi yang tidak benar.

Kaki yang mengalami kram juga menandakan bahwa otot-otot yang berada pada tubuh, khususnya kaki, tidak teraliri darah dengan lancar dan semestinya. 

Solusinya, atur ketinggian kursi Anda dan usahakan kaki dapat menyentuh tanah dengan rata. Hal tersebut dapat membuat aliran darah menjadi lancar dan meminimalisasi terjadinya kram pada kaki.

4. Pinggul Kaku

Usahakan Anda duduk dengan nyaman dan tempatkan pinggul pada posisi yang benar. Jangan duduk dengan pinggul yang terlalu tegap dan juga jangan duduk dalam keadaan pinggul terlalu bungkuk.

Jika Anda duduk terlalu tegap dan melakukannya dalam waktu yang cukup lama. Hal itu dapat mengakibatkan pinggul Anda menjadi lebih kaku sehingga mengakibatkan rasa sakit.

Solusinya, bersandarlah pada kursi, jika memiliki kursi yang fleksibel akan sangat membantu posisi duduk, jika akan duduk di satu tempat dengan waktu yang cukup lama.

5. Pergelangan tangan sakit

Ketika Anda melakukan pekerjaan menggunakan laptop atau komputer, dan tangan Anda tidak membentuk sudut 90 derajat ketika melakukannya, lama- kelamaan yang akan terjadi adalah Anda akan merasakan sakit pada pergelangan tangan.

Solusinya, jaga pergelangan Anda agar tetap lurus, tidak terlalu miring ke kanan atau ke kiri, dan usahakan tangan Anda membentuk sudut 90 derajat saat melakukan pekerjaan di depan laptop atau komputer.

Sumber : Huffpost

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi IKM Otomotif di Tengah Corona, Jualan Turun hingga Prediksi Kerugian

Posted: 04 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan terus berupaya mendampingi dan mendukung keberlangsungan industri kecil menengah (IKM) dalam menghadapi dampak dari pandemi COVID-19 di Indonesia. Salah satunya di sektor otomotif, yang kontribusinya cukup besar bagi pertumbuhan industri di Indonesia.

Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin mengidentifikasi tantangan yang dihadapi IKM di segala sektor.

"Kami sudah membuat matriksnya, apa yang dibutuhkan oleh setiap IKM di Indonesia. Kami identifikasi," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Dari data yang dihimpun Kemenperin, IKM komponen dan suku cadang otomotif pendukung masih tetap berproduksi, meskipun sebagian besar mengalami penurunan permintaan dari vendor, Agen Pemegang Merek (APM), hingga pelanggan, di mana tingkat ketergantungannya sangat tinggi.

"Sebagai contoh, apabila Honda dan Yamaha berhenti produksi, potensi kerugian sekitar Rp 2 miliar untuk IKM anggota APEK (Asosiasi Pengusaha Engineering Karawang)," papar Dirjen IKMA.

Salah satu IKM yang bersiap mengantisipasi dampak dari penyebaran COVID-19 yakni PT Gading Toolsindo, di mana mereka memprediksi bahwa jika terjadi lockdown selama dua minggu, maka usaha mereka akan mengalami kerugian Rp 570 juta.

Sedangkan, jika lockdown terjadi selama satu bulan, maka kerugian yang dialami mencapai Rp 1,3 miliar dengan beban bunga kredit Rp 480 juta.

Sementara itu, data menunjukkan bahwa untuk akses distribusi dan pengiriman masih bisa berjalan sepanjang jalur tol nasional (Jakarta-Cikampek dan Pantura) masih tetap dapat dilalui.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Kendala

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengajak para jurnalis otomotif, blogger dan komunitas untuk melihat langsung proses perakitan Xpander di Bekasi.(Yurike/Liputan6.com)
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengajak para jurnalis otomotif, blogger dan komunitas untuk melihat langsung proses perakitan Xpander di Bekasi.(Yurike/Liputan6.com)

Adapun beberapa kendala yang dihadapi IKM komponen dan suku cadang di antaranya harga bahan baku yang lebih mahal, karena pengaruh kurs dolar.

Kemudian, langkanya ketersediaan masker dan penyanitasi tangan, serta mahalnya termometer infra merah dan peralatan semprot disinfektan, mengingat peralatan tersebut dibutuhkan untuk menjalankan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan produksi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Terkait imbauan pemerintah tentang bekerja dari rumah atau work form home (WFH), pada karyawan non produksi sebagian belum dapat melaksanakannya, karena keterbatasan fasilitas seperti tidak tersedianya komputer jinjing atau laptop di rumah.

"Namun, telah dilakukan beberapa upaya dalam rangka mendukung jarak fisik. Kemudian, untuk penundaan pembayaran kredit/pinjaman dan subsidi gaji karyawan akan kami usulkan," kata Gati.

Gati menambahkan, beberapa IKM Komponen otomotif yang tergabung dalam Perkumpulan Industri Kecil-Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) Indonesia telah memiliki jaringan pemasok dari luar negeri, seperti PT Eran Tekniktama yang memiliki jaringan pemasok mesin pembuat masker dari China.

IKM tersebut berharap dapat mengantongi izin impor mesin dari China untuk proses produksi membuat masker, untuk kemudian hasilnya didonasikan untuk masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Wajibkan Penumpang Transportasi Umum di Jakarta Pakai Masker

Posted: 04 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan memo tentang penggunaan masker di transportasi umum. Surat itu ditujukan kepada Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Dirut PT MRT, dan Dirut PT LRT.

Dalam memo dengan nomor 03/memo/04042020 yang dikeluarkan pada 4 April 2020 ini, Anies menginstruksikan soal kebijakan penggunaan masker dalam transportasi umum di DKI Jakarta.

"Harap buat kebijakan untuk mewajibkan semua penumpang menggunakan masker. Bila tanpa masker maka tidak diijinkan untuk naik kendaraan umum," berikut isi memo tersebut, seperti dikutip pada Minggu (5/4/2020).

Dalam memo itu juga disebutkan agar PT Tranportasi Jakarta, PT MRT, dan PT LRT mensosialisasikan kebijakan penggunaan masker tersebut kepada seluruh penumpang atau warga secara masif di semua stasiun, halte, bus, gerbong kereta, dan lain-lain.

"Sosialisasi dilakukan mulai Senin, 6 April 2020 dan penegakan mulai dilaksanakan Minggu 12 April 2020," demikian isi memo.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tak Layani Penumpang Tanpa Masker

Sejumlah penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). Penumpang dengan gejala demam tinggi dilarang masuk dan menggunakan MRT sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). Penumpang dengan gejala demam tinggi dilarang masuk dan menggunakan MRT sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sayfrin Liputo menyebut, pihaknya akan menjalani kebijakan Gubernur DKI seperti tertuang dalam memo. Dia menyebut, sanksi bagi penumpang yang tak menggunakan masker saat naik transportasi umum adalah tidak akan dilayani.

"Sanksinya, tidak akan dilayani," kata Syafrin saat dikonfirmasi, Minggu (5/4/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI: WNI Positif Corona COVID-19 di Singapura Bertambah 1, Total 37 Orang

Posted: 04 Apr 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Singapura- KBRI Singapura menyampaikan bahwa 1 WNI dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona Baru penyebab COVID-19 di Singapura, menurut pengumuman yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Singapura pada 3 April 2020. 

KBRI Singapura pada 4 April 2020 melaporkan bahwa total WNI yang dinyatakan positif Virus Corona jenis baru atau COVID-19 di Singapura saat ini telah mencapai 37 orang. 

Dari 37 WNI tersebut, KBRI Singapura mengatakan bahwa 5 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit, dengan 2 orang yang meninggal dunia, serta 30 orang masih dalam perawatan. 

Dari 30 orang tersebut, sebanyak 29 orang dilaporkan dalam keadaan stabil dan 1 orang sedang dalam perawatan di ICU. 

Berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut, KBRI Singapura mengatakan akan terus melakukan pemantauan secara dekat, demikian menurut KBRI Singapura dalam siaran pers yang dimuat Liputan6.com, Minggu, (5/4/2020). 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Imbauan KBRI Singapura

Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)
Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

KBRI Singapura juga mengatakan bahwa mereka kembali mengingatkan seluruh WNI yang berada di Singapura agar waspada karena status DORSCON Oranye masih berlaku di negara itu. 

Pemerintah Singapura juga dikatakan akan memberlakukan pengetatan kebijakan mulai 7 April 2020 mendatang, dalam upaya untuk memutus rantai transmisi lokal Virus Corona COVID-19 di negara itu, yaitu dengan menutup seluruh tempat kerja kecuali tempat dengan pelayanan esensial seperti supermarket dan layanan pesan antar, serta pihak-pihak yang terkait dengan rantai pasokan global.

Pemberlakukan itu juga dikatakan akan termasuk menghentikan seluruh kegiatan sosial dan kegiatan publik lainnya. 

KBRI Singapura juga mengatakan bahwa mereka berharap agar aturan dan imbauan dari Pemerintah Singapura dalam penanganan penyebaran Virus Corona jenis baru atau COVID-19 dapat diikuti oleh seluruh WNI yang berada di negara tersebut, yang diantaranya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan, tidak bepergian keluar rumah dengan alasan yang tidak mendesak, dan segera menemui dokter bila mengalami simtomatik.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Penampilan 6 Pemain Sinetron 'Si Entong' Dulu dan Kini, Bikin Pangling

Posted: 04 Apr 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta sinetron Tanah Air, tentu masih ingat dengan sinetron Si Entong. Sinetron yang mengisahkan Abu Nawas dari Tanah Betawi ini merupakan salah satu tontonan favorit anak-anak era 2005 hingga 2009 silam.

Sinetron Indonesia yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta ini masih begitu melekat di ingatan masyarakat. Terlebih lagi para pemainnya yang sebagian besar diperankan oleh anak-anak. 

Sinetron yang tayang sekitar 15 tahun lalu ini diperankan oleh Fachri Muhammad sebagai Si Entong dan kawan-kawannya. Seiring berjalannya waktu, para pemain sinetron tersebut pun juga berubah. Mulai dari penampilan hingga aktivitas mereka kini. Hingga kini, salah satu pemainnya yakni Fachri Muhammad masih eksis di industri hiburan.

Berikut ini potret 6 pemain sinetron Si Entong dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (5/4/2020).

1. Fachri Muhammad hingga kini masih sering muncul di layar kaca dengan membintangi sinetron maupun film.

Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:
Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:

2. Pemeran Ipeh, Rana Chyntia semakin cantik dan disebut-sebut mirip aktris Korea, Park Shin-hye.

Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:
Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:

3. Pemeran Siti memang sudah jarang muncul di layar kaca. Nisrina Nadhifah Rahman kini lebih aktif sebagai aktivis.

Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:
Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:

4. Sosok Mamet juga masih menghiasi layar kaca. Ia dikabarkan sedang mendalami menjadi pembuat film.

Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:
Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:

5. Bocah imut Ucup, kini sudah berubah menjadi cowok tampan. Syahravi kini berfokus di dunia musik.

Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:
Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:

6. Ibu Si Entong, Mpok Fatimah yang diperankan oleh Rheina Maryana semakin cantik dan awet muda.

Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:
Penampilan terbaru 6 pemain sinetron 'Si Entong'. (Sumber:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 : Deretan Ilustrasi yang Gambarkan Perjuangan Tenaga Medis Saat Pandemi Corona

Posted: 04 Apr 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tenaga medis nampaknya menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi virus Corona Covid-19 yang telah mewabah di seluruh negara.

Hal ini membuat seniman asal Iran Alireza Pakdel (39) membuat ilustrasi yang merekfleksikan kenyataan pahit dari para tenaga medis yang mengorbankan diri untuk merawat pasien Covid-19.

Artikel tentang deretan ilustrasi yang gambarkan beratnya tugas tenaga medis saat pandemi Corona menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang bayi kembar yang baru lahir diberi nama Corona dan Covid.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang efek buruk tidur dengan perut lapar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pilu, 8 Ilustrasi Ini Gambarkan Beratnya Tugas Tenaga Medis Saat Pandemi Virus Corona

Doc: Instagram.com/alirezapakdel_artist
Doc: Instagram.com/alirezapakdel_artist

Tak ada yang menyangka tahun 2020 bisa menjadi begitu berat karena virus Corona (Covid-19). Pandemi ini mendorong semua orang untuk tinggal di rumah. Semua bioskop, pusat kebugara, dan tempat-tempat keramaian ditutup.

Di sisi lain, rumah sakit di seluruh dunia dipenuhi pasien virus Corona. Ini menjadi masa-masa yang berat bagi para tenaga medis karena mereka lah garda depan dalam menghadapi penyakit ini.

Selengkapnya…

2. Lahir di Tengah Masa Karantina, Bayi Kembar Diberi Nama Corona dan Covid

Doc: Indian News Outlet NDTV
Doc: Indian News Outlet NDTV

Sepasang bayi kembar laki-laki dan perempuan di India diberi nama Corona dan Covid. Bayi kembar tersebut lahir saat karantina dan lockdown diberlakukan di India akibat virus Corona.

Corona dan Covid lahir di Dr BR Ambedkar Memorial Hospital pada 27 Maret lalu. Preeti dan Vinay Verma, kedua orangtua dari bayi-bayi itu yang berasal dari Chhattisgarh mengaku bahwa nama-nama itu dipilih sebagai lambang kemenangan atas kesulitan seperti dilaporkan oleh Indian News Outlet NDTV.

Selengkapnya…

3. Jangan Tidur dengan Perut Lapar, Ini 4 Efek Buruknya

Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)
Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)

Banyak yang berpikir bahwa tidur dengan perut yang lapar bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Tapi penelitian telah membuktikan sebaliknya dan malah menemukan efek buruk dari tidur dengan perut lapar.

Melansir dari Brightside, ini dia sebabnya.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bikin Semangat, Penghuni Apartemen Beri Tepuk Tangan Penghormatan untuk Tim Medis Virus Corona

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penghuni sebuah apartemen di Manila, Filipina, memberikan tepuk tangan penghormatan setiap hari, kepada tetangga mereka yang bertugas menangani covid-19. Sebuah solidaritas dan dukungan yang memunculkan semangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Wastafel Portabel akan Hadir di Titik Keramaian Bandung

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Demi mencegah virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menempatkan sejumlah wastafel portabel di sejumlah titik keramaian seperti pasar tradisional dan terminal.

Sebanyak 12 unit wastafel di antaranya merupakan hasil kolaborasi lewat Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina.

Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, bantuan CSR dari Pertamina ini selaras dengan program Pemkot Bandung untuk menempatkan wastafel portabel di sejumlah titik. Hal ini sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. Karena salah satu cara ampuh mencegah Covid-19 yaitu menjaga kebersihan melalui tertib mencuci tangan.

"Rencananya ini akan dipasang 5 unit di pasar tradisional, 3 unit di taman-taman, 2 unit di terminal, dan masing-masing 1 unit di Balaikota dan Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian," ucap Oded dalam keterangan resminya Bandung, Jumat, 3 April 2020.

Oded berharap dengan ketersediaan wastafel portabel ini masyarakat menjadi lebih sadar untuk semakin waspada dalam menghadapi pandemi virus corona. Sehingga, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini bisa terlaksana secara cepat.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Penerapan PHBS

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menerima CSR dari PT Pertamina Persero berupa 12 unit tempat cuci tangan (wastafel portable) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Bandung, Jumat (3/4/2020). (sumber foto : Humas Pemkot Bandung)
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menerima CSR dari PT Pertamina Persero berupa 12 unit tempat cuci tangan (wastafel portable) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Bandung, Jumat (3/4/2020). (sumber foto : Humas Pemkot Bandung)

Oded mengaku menaruh harapan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini tidak hanya ketika merebaknya virus corona. Namun, bisa terus berlanjut dalam kesehariannya ketika situasi kembali normal.

"Saya berharap adanya program pemasangan wastafel di beberapa titik keramaian, bisa bermanfaat panjang. Artinya bisa di pakai jangka panjang dalam rangka menerapkan PHBS," ujar Oded.

Sementara itu dicuplik dalam siaran pers Pemkot Bandung, Sales Area Manager Retail Pertamina Bandung, Sylvia G. Yuvenna berharap, pemberian wastafel ini menjadi bentuk partisipasi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Setelah semua wastafel terpasang, Sylvia berharap seluruh pihak yang menggunakannya dan menjaganya agar wastafel bisa digunakan dalam jangka waltu yang lama.

"Kami menyediakan 12 tempat cuci tangan untuk Kota Bandung, 2 dari Pertamina Lubricants dan 10 dari Pertamian Persero. Jadi kami menyediakan tempat cuci tangan ini sebagai bagian dari CSR Pertamina dan sejalan dengan program Pemkot Bandung," kata Sylvia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakek Pemain NBA Meninggal Akibat Virus Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sacramento- Kabar duka datang dari pemain NBA Kyle Guy. Kakek pemain Sacramento Kings itu meninggal dunia pada Jumat (3/4/2020) malam waktu Amerika Serikat akibat terjangkit virus corona Covid-19.

Guy mengumumkan sendiri kepergian kakeknya di Instagram pada Sabtu (4/4/2020) waktu setempat. Guy sengaja mengungkapkan kepergian kakeknya agar masyarakat semakin sadar akan bahayanya virus corona Covid-19.

"Tadi malam kakek saya meninggal untuk berada bersama Tuhan. Virus corona Covid-19 telah menghancurkan banyak keluarga. Saya mendesak dan meminta Anda semua untuk menganggap ini serius," tulis Guy di Instagram.

"Virus corona Covid-19 mengambil kakek saya tadi malam. Kematian adalah pil yang sulit untuk ditelan. Tanggapi ini dengan serius & tetap aman," lanjut Guy.

Guy juga menceritakan pengalaman indahnya semasa kecil bersama mendiang kakeknya. Rupanya kakek Guy memiliki impian untuk menjadi manajernya jika berhasil menembus NBA.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Main Dua Kali

Pemain NBA Kyle Guy bersama Kakeknya (Dok Pribadi)
Pemain NBA Kyle Guy bersama Kakeknya (Dok Pribadi)

Impain kakek Guy melihat cucunya main di NBA sudah terwujud. Guy merupakan rookie di NBA 2019-2020. Guy masuk NBA setelah dipilih New York Knicks pada draft putaran kedua tahun lalu.

Guy baru tampil dua kali di NBA bersama Kings. Dia dikontrak dua arah dan lebih banyak bermain di G-League bersama Stockton Kings. Guy memiliki rata-rata 21 poin dari 37 laga di G-League.

Semakin Parah

Virus corona di Amerika Serikat semakin parah saja. Negeri Paman Sam kini menjadi negara dengan jumlah korban positif terbanyak di dunia. Sudah lebih dari 100.000 orang terjangkit Covid-19 di sana.

Korban jiwa akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat juga semakin bertambah. Bahkan pada hari Jumat ada hampir 1.500 orang tewas dalam 24 jam di Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Purwarupa qPCR Test Kit untuk Covid-19 Rampung Jadi Sorotan

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita yang menyebutkan purwarupa qPCR test kit Covid-19 buatan Indonesia rampung, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (4/04/2020).

Tak hanya itu, reaksi warganet saat lihat orang asing tiba-tiba muncul di Zoom, dan iPhone 8 masih bisa menyala setelah tenggelam selama 2 bulan jadi artikel paling populer kemarin.

Lebih lengkapnya simak berita paling populer berikut ini.

1.Purwarupa qPCR Test Kit untuk Covid-19 Buatan Indonesia Rampung

Purwarupa (prototipe) qPCR test kit Covid-19 buatan Indonesia telah tersedia dan teruji mampu mendeteksi virus SARS-CoV-2.

Proses perancangan dan pengujian laboratorium akurasi test kit bernama NUSANTARA TFRIC-19 itu selesai pada Jumat (4/4/2020).

Test kit ini dikembangkan oleh tech startup lokal Nusantics yang merupakan bagian dari Gugus Tugas/Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) di bawah naungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Warganet Kaget Orang Asing Muncul Tiba-Tiba di Zoom, Apa yang Terjadi?

Zoom tidak dimungkiri tengah menjadi aplikasi video conference yang kini banyak digunakan. Meroketnya aplikasi ini tidak lepas dari imbauan untuk melakukan aktivitas di rumah.

Nah, sama seperti aplikasi populer lain, Zoom yang tengah naik daun tidak luput dari aksi hacker atau pihak tidak bertanggung jawab.

Salah satu yang baru-baru ini sempat menarik perhatian banyak orang adalah munculnya orang asing dalam sebuah video conference. Aksi ini dilaporkan terjadi di banyak negara, tak terkecuali Indonesia.

Baca Selengkapnya di Sini

3. 2 Bulan Tenggelam di Sungai, iPhone 8 Wanita Ini Masih Nyala Saat Ditemukan

Kemampuan smartphone untuk dapat bertahan dalam berbagai kondisi memang sangat beragam, dan cukup mengejutkan. Ambil contoh iPhone.

Walau Apple tidak merancang khusus tiap iPhone bisa bertahan saat tenggalam di air dalam waktu lama, nyatanya ada saja kasus yang membuktikan hal sebaliknya.

Baru-baru ini, pengguna iPhone bernama Thayse Bussolo-Vieira harus merelakan smartphone miliknya jatuh ke dalam sungai saat sedang memberi makan angsa di sungai Thames pada Februari lalu.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Siapkan Tempat Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyiapkan tempat pemakaman jenazah pasien Corona Covid-19. Sebidang lahan yang bakal di jadikan tempat pemakaman tersebut didapat dari sumbangan Perhutani. 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu, 4 April 2020. Khofifah enggan menyebutkan lokasi tersebut secara pasti karena sebagai antisipasi penolakan warga yang terjadi di beberapa daerah.

"Kami sudah mendapatkan sebidang lahan dari Perhutani untuk dijadikan tempat pemulasaraan jenazah," kata Khofifah. 

Saat dikonfirmasi lebih lanjut mengenai tempat pemakaman jenazah Covid-19, Khofifah tidak mengatakan di mana tepatnya karena untuk keamanan.

"Paling aman kita minta area Perhutani, kita sudah dapat. kalau nanti kita sampaikan belum apa-apa nanti ada hal yang tidak kita harapkan. Saya rasa lebih baik cukup menyampaikan bahwa kita di support oleh Perhutani area untuk pemakaman dari jenazah Covid-19," ujar Khofifah. 

Berdasarkan peta sebaran Corona Covid-19 di Jawa Timur, pukul 17.00 WIB, per 4 April 2020, terdapat 14 orang yang meninggal dunia. Pasien itu berasal dari Surabaya enam orang, Kabupaten Sidoarjo dua orang, Kabupaten Kediri dua orang, Kabupaten Malang satu orang, Magetan satu orang, Gresik satu orang dan Pamekasan satu orang. 

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Update Corona COVID-19 di Jatim pada 4 April 2020

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kunjungan kerja ke Bandara Internasional Juanda. (Foto: Instagram Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kunjungan kerja ke Bandara Internasional Juanda. (Foto: Instagram Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyatakan, total pasien positif Corona Covid-19 masih 152 orang. Pada Sabtu pekan ini tidak ada penambahan pasien baru positif COVID-19.

"Alhamdulillah, hari ini tidak ada penambahan pasien positif Covid-19, totalnya masih tetap 152," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu, 4 April 2020.

Khofifah mengatakan, pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim mencapai 780 orang, sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) terkait Corona COVID-19 sebanyak 10.116.

"Alhamdulillah, ada tambahan pasien sembuh dua orang. Satu dari Blitar dan satu dari Surabaya, jadi totalnya 30 orang atau setara dengan 19,74 persen," ujarnya.

Selain itu ada kabar duka juga yang disampaikan oleh Khofifah. Ada penambahan tiga orang yang meninggal dunia.

"Tiga pasien yang meninggal dunia yaitu dua dari Surabaya dan satu dari Kediri, jadi totalnya 14 orang atau setara dengan 9,21 persen," ucapnya. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ashraf Sinclair Sebut Liburan Paling Romantis dengan BCL di Negara Ini

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ashraf Sinclair berpulang pada Selasa, 18 Februari 2020, jelang subuh akibat serangan jantung. Kepergian Ashraf Sinclair mendukakan BCL, dan putranya, Noah Aidan Sinclair.

Semasa hidupnya, Ashraf Sinclair dikenal baik, santun, sekaligus kepala keluarga yang meneduhkan. Ia meninggalkan banyak kenangan manis bagi BCL dan Noah Aidan Sinclair.

Seperti diketahui, Ashraf Sinclair dan BCL sering berlibur ke luar negeri baik berdua maupun bareng putra mereka. Ashraf Sinclair sempat menyebut momen paling romantis bareng BCL di sebuah negara.

Tersesat di Santorini

Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)
Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)

Dalam sesi wawancara khusus tahun 2017, kami mengajukan sederet pertanyaan di secarik kertas lalu memberikannya kepada Ashraf Sinclair. Salah satunya, kami bertanya apa momen paling romantis yang pernah dilewati bareng pasangan?

Bintang sinetron Catatan Hati Seorang Istri dan Cinta Yang Hilang menjawab, "Tersesat berdua di lorong-lorong kecil sewaktu berada di Santorini, Yunani." Momen liburan Ashraf Sinclair dan BCL ke Yunani terjadi pada semester pertama 2015.

Momen di Bulan Mei 2015

Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)
Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)

Bintang film The Real Pocong dan Bayi Gaib sempat mengabadikan momen paling romantis seumur hidup itu dalam sebuah foto lalu diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya, pada Mei 2015.

Foto itu memperlihatkan Ashraf Sinclair dan BCL kompak mengenakan atasan oversized warna broken white. BCL bersandar di tembok dan tersenyum bahagia, sementara Ashraf Sinclair memegangi kamera untuk melakukan swafoto berdua.

Yunani Negeri Impian

Ashraf Sinclair dan BCL. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)
Ashraf Sinclair dan BCL. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)

Menyertai foto itu, aktor bernama lengkap Ashraf Daniel Mohamad Sinclair memberi keterangan singkat, "Lost on a little street.... (Tersesat di jalanan sempit)." Momen romantis ini disukai lebih dari 11 ribu orang.

Yunani sendiri merupakan negeri impian bagi Ashraf Sinclair. Dua hari sebelumnya, aktor kelahiran Inggris, 18 September 1979, ini mengunggah foto kuil di Parthenon berlatar langit biru nan cerah. Menilik status teksnya, Ashraf Sinclair tampak tak mampu menutupi kebahagiaan sekaligus kekagumannya pada bangunan bersejarah ini.

Menakjubkan Hingga Kehabisan Kata

Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)
Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @ashrafsinclair)

"It has always been a dream of mine to come and see the Parthenon (Selalu menjadi mimpiku untuk mengunjungi dan menyaksikan Parthenon)," Ashraf Sinclair bercerita. "Ever since I studies the history of Architecture and read about the amazing marvels of this building (Bahkan sejak aku belajar arsitektur sejarah dan membaca betapa menakjubkannya bangunan ini)," ia menyambung.

Mengakhiri status teksnya, Ashraf Sinclair menulis, "I am speechless and at awe standing at its presence #greece #Athens #Parthenon #acropolis (Aku kehabisan kata dan begitu terkagum-kagum atas kehadirannya)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Didemo Warga, 300 Orang Jalani Rapid Test di Balai Kota dan Gedung Sate

Posted: 04 Apr 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Pelaksanaan rapid test atau uji cepat virus Corona Covid-19 akhirnya digelar Pemerintah Kota Bandung, Sabtu (4/4/2020). Bertempat di Balai Kota Bandung dan Gedung Sate, rapid test berkonsep drive-thru itu berjalan lancar.

Sebelumnya, pada Kamis, 2 April 2020 lalu, kegiatan tes masif pemeriksaan Corona digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Namun kegiatan itu batal dilakukan lantaran warga menolak pemeriksaan cek darah karena dianggap kurangnya sosialisasi.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan bahwa pihaknya telah menerima 2.800 alat RDT atau Rapid Diagnostic Test dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 2.100 alat di antaranya menggunakan konsep drive-thru.

"Hari ini kita di Kota Bandung tepatnya di Balai Kota dan Gedung Sate sedang melaksanakan rapid test hari ini 300 orang. Alat-alatnya diberikan oleh bantuan dari Pak Gubernur (Ridwan Kamil) ke Kota Bandung," ujar Oded, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Oded, tidak semua alat tes tersebut dipakai dengan konsep drive-thru. Ada sekitar 700 alat RDT dibagikan ke rumah sakit.

Ia pun mengatakan, pemilihan Balai Kota dan Gedung Sate sebagai lokasi rapid test secara drive-thru ini karena berbagai alasan. Antara lain mempertimbangkan ruang terbuka dan lokasi presentatif. Selain itu, lokasinya jauh dari pemukiman warga sehingga aman untuk menghindari kerumunan massa yang banyak.

Pelaksanaan rapid test ini mendapat apresiasi dari warga Bandung. Johan, warga yang berprofesi sebagai manager marketing salah satu perusahaan properti, mengaku sangat terbantu dengan adanya rapid test ini.

Ia mengikuti rapid test karena risiko pekerjaannya yang banyak berinteraksi dengan orang lain. Hal ini lantas mendorong kesadaran Johan untuk melakukan tes.

"Sebetulnya kekhawatiran ini selain pada diri sendiri juga kepada keluarga. Takutnya dampaknya itu karena pekerjaan saya yang sering berinteraksi dengan orang banyak, takut dampak jadi kena menular ke keluarga. Jadi sedari dini saya lakukan tes," ucap Johan.

 

Butuh 300 Ribu Alat di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek kegiatan rapid test di Gedung Sate, Sabtu (4/4/2020). (Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek kegiatan rapid test di Gedung Sate, Sabtu (4/4/2020). (Humas Jabar)

Terpisah, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Kota Bandung merupakan salah satu penerima bantuan alat rapid test virus terbanyak di Jabar. 

Dia mengakui Jabar perlu melakukan 100-300 ribu tes untuk mengetahui peta persebaran Covid-19 secara lebih akurat. Namun karena jumlah alat terbatas, tes masif ini dilakukan secara bertahap.

"Jadi kita bagikan dulu semampu kita. Sudah ada 60 ribu alat tes dibagikan ke seluruh Jawa Barat, salah satu yang terbesar adalah Kota Bandung," ujarnya.

Ia pun berharap, peta sebaran Covid-19 dari hasil tes masif oleh Pemprov Jabar secara merata di seluruh kabupaten/kota bisa diketahui maksimal dua pekan ke depan agar memaksimalkan pemetaan virus Corona.

"Saya berharap tidak lebih dari 14 hari ke depan semuanya sudah selesai sehingga kita bisa punya peta. Memang kita setiap hari menghadapi berita buruk, tapi harus dihadapi. Inilah kesiapan Jawa Barat. Semakin banyak tes, semakin kita bisa memetakan persebaran," kata mantan wali kota Bandung itu.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Dokter Berstatus PDP Corona di Jakarta Meninggal Dunia Pagi Ini

Posted: 04 Apr 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menerpa tenaga medis Indonesia di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Dua orang dokter meninggal dunia diduga karena terpapar Covid-19.

Keduanya atas nama dr Wahyu Hidayat spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) dan drg Anna Herlin Ratnasari.

"Innalilahi wa Innailaihi Rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah pada tanggal 5 April 2020 pukul 02.50 di RSUD Pasar Minggu drg Anna Herlina Ratnasari," kata Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Halik Malik kepada Liputan6.com, Minggu (5/4/2020).

Sementara dr Wahyu Hidayat, lanjut Halik, meninggal pada pagi ini pukul 06.13 WIB.

"Semoga diampuni dosanya dan diterima arwahnya di sisi Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan. Aamiin," harap Halik.

Halik menyebut, keduanya merupakan pasien dalam pemantauan atau PDP virus corona Covid-19.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Terpapar dari Pasien Corona

Halik dan para sejawat dokter menduga, bahwa keduanya terinfeksi virus corona dari pasien.

"Sejawat menduga demikian (terinfeksi dari pasien), hasil swab yang kelamaan hasilnya harus dicari solusinya, PCR kit yang lebih cepat bisa digunakan sebagai alternatif konfirmasi Covid positif," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UGM dan ITS Prediksi Akhir Corona Covid-19 di Indonesia, Ini Penjelasannya

Posted: 04 Apr 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan dunia kini tengah menghadapi wabah Corona Covid-19 yang menjadi kekhawatiran banyak orang. Wabah yang berasal dari Kota Wuhan, China, ini mulai menyebar dan menjangkiti ribuan orang sejak pertengahan Januari 2020.

Di Indonesia, Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama Corona Covid-19 pada Senin (2/3/2020) lalu bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam jumpa pers. Hingga kini Indonesia masih terus berupaya menekan angka penyebaran virus pandemi ini di Tanah Air. 

Sejumlah langkah dan arahan pun diterbitkan oleh pemerintah pusat. Mulai dari isolasi mandiri di rumah, menjaga ketat pintu akses masuk ke Indonesia serta membangun rumah sakit darurat untuk merawat pasien positif Corona Covid-19. Selain itu pemerintah juga mengimbau masyarkat untuk tidak berpergian ke luar kota, termasuk mudik.

Tak hanya aparat pemerintah dan tenaga medis, sejumlah ahli akademik dari kampus ternama di Tanah Air pun ikut ambil bagian untuk menangani virus ini. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Berbagai kajian dan penjelasan dari pakar tersebut pun menjelaskan puncak pandemi Corona Covid-19 hingga prediksi masa akhir Corona Covid-19 di Indonesia.

Perkiraan Puncak Pandemi Corona COVID-19 oleh ITS

Kepala Pusat Kajian Kebijakan Publik Bisnis dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PKKPBI ITS) Arman Hakim Nasution. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kepala Pusat Kajian Kebijakan Publik Bisnis dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PKKPBI ITS) Arman Hakim Nasution. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kepala Pusat Kajian Kebijakan Publik Bisnis dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PKKPBI ITS), Arman Hakim Nasution mengatakan, berdasarkan data yang telah diolah dari Command Centre BUMN diperkirakan puncak pandemi Covid-19 akan terjadi di minggu pertama dan kedua pada Mei 2020.

Arman Hakim Nasution yang merupakan dosen Departemen Manajemen Bisnis ini merekomendasikan dua poin penting. Di dalam poin pertama terdapat tiga usulan. Usulan pertama adalah mempersiapkan rumah sakit beserta tenaga medisnya untuk menampung pasien positif Covid-19 nantinya. Lalu mengubah fungsi lahan terbuka perkantoran milik pemerintah yang berdekatan dengan rumah sakit menjadi Unit Gawat Darurat (UGD) sementara.

"Hal ini untuk mencegah terjadinya keterbatasan ruang perawatan bagi pasien," ucapnya Minggu, 29 Maret 2020.

"Adapun UGD tersebut akan menggunakan ruang isolasi modular atau yang bisa dibongkar pasang," lanjutnya.

Usulan kedua, mengintegrasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan rumah sakit milik swasta. Integrasi ini menggunakan sistem Bawah Kendali Operasi (BKO) yang bertujuan untuk mengontrol dan mendistribusikan sumber daya kesehatan, seperti obat-obatan, ambulans, tenaga kesehatan, serta Alat Pelindung Diri (APD) di setiap rumah sakit di Jawa Timur.

Usulan yang ketiga adalah membentuk pusat komando penanganan Covid-19 berskala provinsi. Pusat komando ini berfungsi untuk mengintegrasikan kebutuhan medis dari Pemerintah Pusat kepada Pemprov Jawa Timur dan melakukan pemantauan jumlah tenaga medis beserta pasien positif Covid-19 di setiap daerah.

"Pusat komando ini akan menggunakan sistem informasi terpadu yang mengadopsi Command Center milik BUMN di Jakarta," jelas Arman Hakim Nasution.

Poin Penting Kedua oleh ITS

Selain mempersiapkan rumah sakit beserta tenaga medisnya, lanjut Arman, Pemprov Jawa Timur juga harus memastikan persediaan APD untuk tenaga medis dan ventilator bagi setiap pasien positif Covid-19. Menurut Arman, ITS telah berusaha untuk memberikan kontribusi berupa desain bentuk fasilitas ruang isolasi modular. Selain itu, ITS juga memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) yang dirancang oleh Departemen Desain Produk Industri (Despro) ITS sebanyak 300 unit produksi per hari. 

Sama halnya dengan APD, ITS juga sudah mempersiapkan purwarupa ventilator yang akan diuji oleh tim dokter dari Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Jika lolos tes uji tersebut, ITS akan melakukan produksi massal dengan melibatkan beberapa industri yang berkaitan. 

Dosen yang juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Business Analytic and Strategy (BAS) ini juga berharap kepada Pemprov Jawa Timur untuk segera mengkaji rekomendasi yang diberikan ITS supaya dapat segera dilaksanakan demi mempersiapkan puncak pandemi Covid-19 nantinya. 

"Intinya jangan terlalu lama dalam bertindak, segera lakukan langkah darurat karena ini saatnya kita bersatu menghadapi Covid-19," tandasnya.

Pakar UGM Prediksi Corona COVID-19 Selesai Akhir Mei

Guru Besar Statistik UGM Dedi Rosadi (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)
Guru Besar Statistik UGM Dedi Rosadi (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Senada dengan ITS, kampus UGM juga memprediksi bahwa Corona Covid-19 akan selasai pada akhir Mei 2020. Data tersebut dihimpun berdasarkan hasil dari sejumlah pakar matematika.

Pakar statistika UGM dan alumni FMIPA UGM menyampaikan hasil prediksi optimis terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia, dikutip dari web resmi Universitas Gadjah Mada oleh Liputan6.com, Minggu (5/4/2020).

"Dari hasil analisis pandemi Covid-19 akan berakhir pada 29 Mei 2020 dengan minimum total penderita positif sekitar 6.174 kasus. Dengan intervensi pemerintah, total penderita corona positif minimum di sekitar 6.200 di akhir pandemi pada akhir Mei 2020,"papar Guru Besar Statistika UGM, Prof.Dr.rer.nat Dedi Rosadi,S.Si., M.Sc., saat konferensi pers secara daring, Rabu (1/4/2020).

Guru Besar Statistika UGM Dedi Rosadi bersama dengan Heribertus Joko, alumnus FMIPA UGM, dan Fidelis I Diponegoro, alumnus PPRA Lemhanas RI membuat prediksi pemodelan matematika untuk memproyeksikan kasus Corona COVID-19 di Indonesia. Model probabilistik ini berdasarkan pada data nyata atau probabilistic data driven model (PPDM).

Dari hasil analisis yang dikembangkannya, ia memperkirakan penambahan maksimum total penderita Corona COVID-19 berada di kisaran minggu kedua, yakni 7 sampai 11 April 2020. Penambahan berkisar 740 sampai 800 pasien per empat hari dan diperkirakan akan mengalami penurunan setelahnya. 

"Ini adalah proyeksi untuk skenario ideal, ketika indikator seperti kebijakan pemerintah untuk pengaturan berhasil dan tidak terjadi jumlah pemudik yang signifikan," ujar Dedi, Rabu (1/4/2020).

 

Model Teori Antrean

Ia menjelaskan model dasar yang digunakan adalah model teori antrean. Prediksi yang dikemukakan tersebut berdasarkan data pasien per 26 Maret 2020 dan diasumsikan telah dilakukan intervensi ketat dari pemerintah sejak minggu ketiga Maret 2020. 

Model tersebut mengasumsikan proses orang datang ke rumah sakit sebagai pasien positif Corona Covid-19 yang mengikuti proses antrean Markovian. Setelah dilakukan pencocokan model terhadap data total penderita Covid-19 positif, maka Dedi dan tim mampu menjelaskan fenomena penting berdasarkan model yang mereka gunakan. 

"Kami menyarankan untuk tidak melakukan ritual mudik lebaran dan kegiatan tarawih di masjid selama Ramadan, serta intervensi ketat oleh pemerintah melalui karantina wilayah dan isolasi diri ketat harus dilakukan sampai pandemi Corona COVID-19 benar-benar berakhir awal Juni 2020," kata Dedi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hubungan Golongan Darah dan Kerentanan Terpapar Virus Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Belum lama ini ada informasi yang mengaitkan golongan darah dengan kerentanan seseorang terinfeksi virus corona penyebab Corona COVID-19.

Informasi tersebut menyita perhatian masyarakat, yang memang sedang haus informasi seputar virus corona.

Informasi tersebut berisikan, golongan A lebih berisiko terinfeksi virus corona, dan orang dengan golongan darah O dianggap lebih kebal terhadap virus ini.

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan di China.

Informasi yang beredar itu membuat orang yang memiliki golongan A menjadi khawatir.  Akan tetapi, orang yang memiliki golongan O juga harus memiliki kewaspadaan agar tidak terinfeksi virus corona.

Dalam konteks pandemi virus corona, golongan darah O disebut memiliki risiko kematian lebih rendah dibandingkan dengan kelompok non-O. Sebaliknya, golongan darah A memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok non-A.

Penelitian tersebut mengambil pola golongan darah para pasien dan membandingkan dengan populasi masyarakat yang sehat di daerah setempat.

Meski begitu, studi ini masih awal dan memerlukan penelitian lebih dalam lagi. Penelitian mengenai risiko terkena COVID-19 berdasarkan golongan darah baru dilakukan satu kali dan hanya pada sebagian kecil penderita.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Terlalu Dini

Masih terlalu dini untuk menyatakan orang dengan golongan darah A memang lebih rentan terinfeksi virus corona dibandingkan orang dengan golongan darah O. Kerentanan seseorang terhadap infeksi virus apa pun dipengaruhi oleh kekuatan daya tahan tubuh.

Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah, akan mudah terinfeksi virus corona. Golongan yang memiliki daya tahan tubuh rendah, seperti bayi, balita, lansia, ibu hamil, ibu menyusui.

Para ahli menambahkan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan beberapa hubungan antara golongan darah dan penyakit seperti flu perut, serta risiko stroke, dan gangguan kognitif.

Itulah mengapa, pemilik golongan darah apa pun tetap perlu melakukan tindakan pencegahan terhadap paparan virus corona secara maksimal.

Hasul Penelitian

Penelitian yang dilakukan sebanyak 2.173 pasien. Dengan persentase sebagai berikut:

  • Golongan darah A adalah 38 persen
  • Golongan darah B adalah 26 persen
  • Golongan darah AB adalah 10 persen
  • Golongan darah O adalah 25 persen

Penelitian ini dilakukan terhadap pasien yang terinfeksi virus corona di Wuhan dan Shenzen, China.

Apa pun golongan darah Anda, lakukanlah tindakan pencegahan secara maksimal, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Kenakan masker bila sedang sakit, serta tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin.

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usir Serangga Hanya dengan Mentimun

Posted: 04 Apr 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mentimun adalah salah satu makanan atau lalapan sebagai pelenngkap makanan. Selain itu, ternyata mentimun mempunyai kegunaan lain, yaitu untuk mengusir semut.

Daripada menggunakan bahan kimia yang keras untuk mengusir serangga, cobalah beberapa solusi bahan alami.

Melansir laman lifehack, Minggu (5/4/2020), Blog tentang rumah Apartment Therapy menyajikan beberapa tips untuk mengusir semut dengan mentimun.

Saat musim panas mendekat, semut berkumpul di dapur untuk mencari remah-remah makanan. Semut akan takut oleh mentimun.

Irisan mentimun bekerja paling baik ketika ditempatkan di dekat celah atau daerah lain di mana semut dapat memasuki rumah.

Anda tentu saja perlu mengganti mentimun sesering mungkin saat rusak, dan mungkin ingin meletakkannya di atas kertas lilin atau sesuatu yang lain agar tidak menempel pada permukaan.

Reporter : Tiara Sekarini

 

Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih pada Tangan

Bawang putih. (iStockphoto)
Bawang putih. (iStockphoto)

Memasak adalah sesuatu yang menyenangkan dan bawang putih adalah salah satu bumbu yang sangat dibutuhkan.

Bawang putih membuat cita rasa makanan semakin enak, tetapi juga dapat meninggalkana bau yang mengganggu setelah Anda mengolah bawang putih menjadi masakan, terutama baunya akan tertinggal di tangan.

Untungnya, ada cara untuk menghilangkan bau yang tertinggal di tangan  dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, berikut caranya.

Garam dan lemon

Campurkan beberapa jus lemon dengan sedikit garam dan gosokkan ke tangan yang basah. Asam sitrat dalam lemon dan pengelupasan dari garam dapat  menghilangkan bau. Jangan mencoba ini jika Anda memiliki kulit yang luka atau sangat sensitif.

Stainless steel

Kedengarannya aneh, tetapi benar-benar berhasil. Bawang putih mengandung molekul belerang, dari mana bau itu berasal. Tetapi, ketika Anda menyentuh baja tahan karat, molekul-molekul ini malah memindahkannya. Dengan menggunakan  batang 'sabun' stainless steel, seperti penggosok wol stainless steel hingga panci bersih. Cukup sentuh dan selesai.

Baking Soda

Baking soda adalah penyerap super, jadi jika baru saja menyentuh bawang putih, baking soda  adalah pilihan yang baik.

Campurkan satu sendok makan soda kue dengan sedikit air sampai terbentuk pasta. Kemudian, gosokkan ke seluruh tangan  dan bilas.

Pasta gigi atau obat kumur Aroma mint

Dalam pasta gigi atau obat kumur keduanya sempurna untuk menutupi aroma bawang putih yang kuat di tangan.

Alkohol dalam obat kumur adalah zat sehingga akan menutup pori-pori di tangan dan mudah-mudahan menghentikan baunya.

Dengan pasta gigi, karena sedikit abrasif itu akan terkelupas mempengaruhi sel-sel kulit, dan sifat basa akan bereaksi dengan allicin dalam bawang putih dan memecah senyawanya.

Gosokkan pasta gigi dan bilas, atau masukkan sedikit obat kumur di telapak tangan a dan gosokkan tangan Anda.

Pastikan juga selalu menggunakan air dingin saat mencuci tangan setelah memasak dengan bawang putih. Air hangat akan membuka pori-pori, yang hanya akan mendorong bau lebih dalam. Jelas bukan yang Anda inginkan setelah makan romantis.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Adil Pemain Liga Inggris Dikritik Soal Gaji Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Danny Rose merasa pesepak bola di Liga Inggris diperlakukan tidak adil oleh masyarakat selama pandemi virus corona covid-19. Bek Newcastle United itu percaya para pemain sangat peduli dengan lingkungan di masa sulit seperti sekarang.

Inggris menjadi salah satu negara Eropa yang paling terdampak pandemi virus corona covid-19. Sedikitnya 42 ribu telah terinfeksi dan menewaskan 4313 orang.

Akibatnya seluruh kegiatan olahraga termasuk sepak bola berhenti sejak sebulan lalu. Termasuk Liga Inggris yang ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Menariknya, pemain Liga Inggris menjadi salah satu yang disorot dalam situasi sekarang. Mereka dianggap tak peduli dengan keadaan dan hanya mementingkan diri sendiri.

Apalagi sejumlah klub Inggris lebih memilih untuk merumahkan karyawannya ketimbang mengurangi gaji pemain. Hal ini pun mendapat kecaman semua pihak di tengah situasi sulit akibat pandemi virus corona covid-19.

 

Komentar Rose

Bek Tottenham Hotspsur, Danny Rose berusaha merebut bola yang dibawa penyerang Liverpool, Mohamed Salah pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (11/1/2020). Liverpool menang 1-0 atas Tottenham. (AP Photo/Matt Dunham)
Bek Tottenham Hotspsur, Danny Rose berusaha merebut bola yang dibawa penyerang Liverpool, Mohamed Salah pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (11/1/2020). Liverpool menang 1-0 atas Tottenham. (AP Photo/Matt Dunham)

"Saya pikir sangat aneh jika ada orang di luar sepak bola berbicara apa yang harus kami lakukan sekarang. Itu sangat tidak perlu," ujar Rose seperti dilansir Evening Standard.

"Jujur saya dan pesepak bola lain takkan keberatan jika dipotong gaji untuk didonasikan pada tenaga medis. Namun omongan di luar sana sudah berlebihan," kata Rose menambahkan.

"Saya sudah berbicara dengan kapten Liverpool Jordan Henderson soal hal ini. Tinggal tunggu saja hasilnya," ucap Rose.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Pasien ODP dan PDP RS Darurat Wisma Atlet Negatif Corona Boleh Pulang

Posted: 04 Apr 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Darurat Virus Corona Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta telah merawat 524 pasien per Sabtu 4 Maret 2020. Terdapat 261 pasien positif corona, 185 orang dalam pemantauan (ODP), dan 78 pasien dalam pengawasan (PDP) di RS Darurat tersebut.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 pasien dengan kategori ODP dan PDP sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing setelah dinyatakan negatif virus corona Covid-19.

"20 ODP dan PDP sudah diizinkan pulang ke rumah karena dinyatakan negatif Covid-19," kata Wapangkogasgabpad Brigjen TNI M Saleh Mustafa dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/4/2020).

Beberapa orang di antaranya adalah Rizki Zonika (29 tahun) dan Rahman Okta Fikri (33 tahun) pasien PDP Covid-19. Mereka masuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pada tanggal 26 maret 2020 lalu.

"Tepatnya pada tanggal 4 April 2020, sangat gembira setelah dua kali melakukan tes, mereka dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke rumahnya. Berkat kegigihannya ingin sembuh dan yakin mereka dapat melawan penyakit tersebut," kata dia.

M Saleh mengatakan, kesembuhan mereka dipengaruhi beberapa faktor psikologis seperti semangat, berpikir positif, yakin, serta tidak mudah menyerah.

"Begitu juga dengan Budi P Wibowo (40 tahun) dan Tomi Eka Putra (23 tahun) yang merupakan ODP Covid-19 saat kami temui menyampaikan terlihat sangat gembira setelah dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke rumah setelah dirawat dan diisolasi di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran dari tanggal 26 Maret 2020," ungkapnya.

M Saleh mengatakan, keduanya menyebut fasilitas RS Darurat Virus Corona Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran begitu menunjang. Begitu pun ihwal akomodasi yang semuanya terjamin.

"Sebanyak tiga kali dalam sehari mereka diberikan makanan serta pelayanan selama di RS Darurat Wisma Atlet sangat bagus dan terjamin," ungkapnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Berpikir Positif

Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2019). RS Darurat Penanganan COVID-19 hampir 100 persen rampung. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas memeriksa alat pendukung perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2019). RS Darurat Penanganan COVID-19 hampir 100 persen rampung. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

M Saleh juga mengatakan, sebelum kembali Budi memberikan pesan, yakni seseorang yang terinfeksi baik itu ODP dan PDP hendaknya memiliki pola pikir yang kuat untuk sembuh dan dapat mengendalikan dirinya serta tetap semangat pantang menyerah lawan Covid-19.

"Budi mengakhiri ceritanya sambil mengepalkan tangan berucap 'tetap semangat'. Dan 16 pasien lainya juga sudah diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing," tutup M Saleh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Covid-19, Ini Tata Cara Isolasi Mandiri dari Kementerian Kesehatan RI

Posted: 04 Apr 2020 08:35 PM PDT

Jakarta - Seseorang yang dinyatakan positif atau masih terduga (suspect) Corona COVID-19 diminta melakukan Isolasi mandiri (self isolation) dengan tata cara benar.

Langkah isolasi diri yang dijalani dengan disiplin sangat efektif untuk mencegah penyakit tersebut menyebar luas di tengah masyarakat.

Selain itu, isolasi mandiri perlu dijalankan supaya ruang isolasi di rumah sakit bisa digunakan oleh orang-orang dengan kondisi penyakit yang lebih parah dan butuh penanganan intensif.

Isolasi mandiri bertujuan juga untuk meminimalisasi kegiatan di luar. Patuhi peraturan tersebut dan tidak keluar rumah jika tidak penting.

Melakukan isolasi mandiri dipercaya mampu menekan angka penyebaran yang makin naik.

Ada beberapa tata cara atau protokol yang memberi panduan pada Anda bagaimana melakuka isolasi mandiri dengan benar.

Pastikan kamar atau ruangan isolasi Anda memiliki ventilasi udara yang baik dan tetap berada di dalam ruangan tersebut dengan pintu tertutup.

Mengisolasi diri telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular Pasal 5 ayat 1B.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda dilakukan dalam upaya isolasi mandiri sesuai protokol Kementerian Kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Protokol Isolasi Mandiri

  1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas pakai di tempat yang ditentukan.
  2. Jika sakit (ada gejala demam, flu, dan batuk), tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.
  3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.
  4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak satu meter dari anggota keluarga.
  5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk, dan sesak napas.
  6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan lakukan etika batuk dan bersin.
  7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan disinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (kurang lebih 15-30 menit).
  8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sumber: Kemenkes RI

 

#amandirumah

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Stefano Cugurra Teco Pantau Latihan Pemain Bali United dari Rumah

Posted: 04 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Bali United saat ini menerapkan pola latihan di rumah masing-masing selama pandemi virus corona covid-19 masih berlangsung. Alhasil, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco hanya menaruh kepercayaan kepada para pemainnya.

Untuk memantau anak asuhnya berlatih, Teco meminta para pemain Bali United mengirimkan video latihan sebagai bukti. Video tersebut harus dikirim kepada pelatih fisik, Yogie Nugraha.

"Ya, pemain memang ada tugas untuk melakukan latihan sendiri saat libur. Para pemaim akan berkoordinasi dengan pelatih fisik Coach Yogie Nugraha dengan mengirimkan video latihan selama libur ini."

"Itu yang selalu dilakukan selama libur latihan. Saya yakin pemain tetap menjaga kondisinya selama libur," ujar Teco menambahkan, dikutip dari situs resmi klub.

Teco merupakan pelatih yang membawa Bali United menjuarai Shopee Liga 1 2019. Setahun sebelumnya, dia juga membawa Persija menjadi juara.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Rindu Kerja di Lapangan

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, pelatih asal Brazil ini juga mengakui bila dirinya sudah cukup rindu untuk kembali ke lapangan hijau. Selain itu ia juga mengungkapkan bila berat badannya selama tinggal dirumah tidak mengalami perubahan.

"Pastinya saya sangat rindu untuk latihan lagi. Kami sudah cukup lama libur latihan dan pastinya ingin bisa beraktivitas normal lagi seperti sebelumnya. Mengenai berat badan saya, tidak ada perubahan dan masih normal seperti sebelumnya," kata Teco.

 

Klasemen Shopee Liga 1 2020

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan, Melawan Infeksi Bakteri

Posted: 04 Apr 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah duku untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang tinggi. Buah yang biasanya tumbuh subur sepanjang bulan februari hingga april ini memiliki ukuran kecil seperti bola bekel. Buahnya diselimuti oleh kulit tipis yang mudah dikupas dan berwarna kuning. 

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah duku yang memiliki nama ilmiah Lansium parasiticum ini mengandung berbagai macam nutrisi yang memberikan manfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram buah duku memiliki berbagai kandungan makronutrien, mineral hingga antioksidan.

Kandungan makronutrien dalam 100 gram buah duku yaitu, Air: 82.0 g, Energi: 63 Kal, Protein: 1.0 g, Lemak: 0.2 g, Karbohidrat: 16.1 g, dan Serat: 4.3 g. Sedangkan kandungan mineral yang terdapat dalam 100 gram duku diantaranya Kalsium: 18 mg, Fosfor: 9 mg, Besi: 0.9 mg, Natrium: 2 mg, Kalium: 149.0 mg, Tembaga: 0.09 mg, Seng: 0.2 mg, Thiamin: 0.05 mg, Riboflavin: 0.15 mg, Niacin: 1.5 mg, dan Vitamin C: 9 mg.

Manfaat buah duku untuk kesehatan tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya. Jangan sampai salah mengenalinya sebagai buah langsat atau kokoksan karena bentuknya mirip.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/4/2020) tentang manfaat buah duku untuk kesehatan

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Manfaat buah duku untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satu masalah pencernaan yang kerap kali terjadi adalah sembelit. Masalah pencernaan ini biasanya terjadi karena asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

Salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat yang dimiliki buah duku. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Sumber Vitamin B

Manfaat buah duku juga bisa didapatkan dari kandungan vitamin B yang melimpah. Buah yang satu ini memang mengandung beragam vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, hingga niacin.

Vitamin B dari buah duku dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Imunitas / SUmber: iStock
Meningkatkan Imunitas / SUmber: iStock

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat buah duku dengan kandungan vitamin C ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Oleh karena itu, jika kamu sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Kaya Antioksidan

Manfaat buah duku juga dikenal sebagai sumber antioksidan alami, seperti polifenol. Sebuah studi menyebutkan bahwa buah duku memiliki kandungan antioksidan yang mirip dengan buah pisang dan pepaya.

Antioksidan tersebut dapat membantu tubuh memecah radikal bebas yang biasanya merusak sel, menyebabkan penyakit, dan mempercepat penuaan.

Sebagai Obat Malaria

Buah duku. (dok. Instagram @bibit_buah_subur_makmur/https://www.instagram.com/p/BmhhcWEgZ1-/Asnida Riani)
Buah duku. (dok. Instagram @bibit_buah_subur_makmur/https://www.instagram.com/p/BmhhcWEgZ1-/Asnida Riani)

Manfaat buah duku tidak hanya dapat diambil dari daging buahnya. Kulit dan daun buah duku juga dapat dijadikan obat-obatan.

Pada penelitian yang membahas mengenai manfaat buah duku, ekstrak kulit dan daun pohon duku berpotensi sebagai obat malaria. Kandungan yang ada di ekstrak kulit buah duku dapat melawan strain parasit penyebab malaria.

Melawan Infeksi Bakteri

Selain untuk mengobati malaria, manfaat buah duku yang didapatkan dari ekstrak kulit dan bijinya adalah untuk melawan infeksi bakteri atau jamur.

Sebuah studi melaporkan bahwa kulit dan biji buah duku memiliki sifat antibakteri. Kulit dan biji buah duku yang dikeringkan akan menghasilkan asam lansionat yang dapat melawan infeksi beberapa jenis jamur, salah satunya Candida albican.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Pusat Karantina dan Perawatan Virus COVID-19 di Malaysia

Posted: 04 Apr 2020 08:30 PM PDT

Sudut ruangan Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di MAEPS, Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). Fasilitas tersebut digunakan untuk menampung sekitar 600 pasien COVID-19
Sudut ruangan Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di MAEPS, Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). Fasilitas tersebut digunakan untuk menampung sekitar 600 pasien COVID-19

Sudut ruangan Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di MAEPS, Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). Fasilitas tersebut digunakan untuk menampung sekitar 600 pasien COVID-19

Sudut ruangan Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di MAEPS, Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). Fasilitas tersebut digunakan untuk menampung sekitar 600 pasien COVID-19
Sudut ruangan Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di MAEPS, Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). Fasilitas tersebut digunakan untuk menampung sekitar 600 pasien COVID-19

Sudut ruangan Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di MAEPS, Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). Fasilitas tersebut digunakan untuk menampung sekitar 600 pasien COVID-19

Sejumlah wartawan bekerja di Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) di Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020).  (Xinhua/Chong Voon Chung)
Sejumlah wartawan bekerja di Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) di Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). (Xinhua/Chong Voon Chung)

Sejumlah wartawan bekerja di Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) di Serdang, Selangor, Malaysia (3/4/2020). (Xinhua/Chong Voon Chung)

Ruang tunggu pasien Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) di Serdang, Malaysia (3/4/2020).  (Xinhua/Chong Voon Chung)
Ruang tunggu pasien Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) di Serdang, Malaysia (3/4/2020). (Xinhua/Chong Voon Chung)

Ruang tunggu pasien Pusat Karantina dan Perawatan COVID-19 Risiko Rendah di Malaysia Agro Exposition Park Serdang (MAEPS) di Serdang, Malaysia (3/4/2020). (Xinhua/Chong Voon Chung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 12 April 2020, Penumpang Tak Pakai Masker Dilarang Naik MRT dan Transjakarta

Posted: 04 Apr 2020 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Upaya mencegah penularan virus Corona atau Covid-19 di moda transportasi umum, PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Transportasi Jakarta mengharuskan penumpang menggunakan masker saat akan menggunakan fasilitas transportasi umum tersebut. Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 April 2020.

Adapun, aturan ini menindaklanjuti Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 tahun 2020 tentang Penggunaan Masker untuk Mencegah Penularan Coronavirus Disease (COVID-19).

"Sejalan dengan seruan tersebut, PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau seluruh calon penumpang agar senantiasa menggunakan masker ketika akan memasuki stasiun dan menggunakan layanan MRT Jakarta," ujar Muhammad Kamaluddin, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta dalam keterangan tertulis, Minggu (5/4/2020).

Sementara untuk Transjakarta, aturan tersebut diwajibkan sehingga jika ada penumpang yang tidak mematuhi maka tidak akan diperbolehkan naik ke dalam bus.

"Bagi pelanggan yang tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan memasuki halte maupun menggunakan bus," demikian tertulis dalam keterangan resmi PT Transjakarta.

MRT dan Transjakarta sama-sama menyarankan penggunaan masker kain pribadi untuk digunakan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sosialisasi

Pengguna moda transportasi Transjakarta menanti kedatangan bus dengan tetap menjaga jarak aman di Halte Monas, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pengguna moda transportasi Transjakarta menanti kedatangan bus dengan tetap menjaga jarak aman di Halte Monas, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk MRT, sosialisasi diberlakukan mulai dari tanggal 6 April hingga 11 April 2020 dan efektif pada 12 April 2020. Sedangkan untuk Transjakarta, kebijakan tersebut efektif berlaku pada 12 April 2020.

Selain itu, MRT dan Transjakarta mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan jika tidak ada kondisi darurat. Hal ini demi mencegah penularan virus yang lebih luas.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) juga terus mengajak seluruh penumpang untuk bersama-sama cegah penyebaran virus corona COVID-19 dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri, tetap mengutamakan berkegiatan di rumah, berpergian hanya untuk kebutuhan medesak, serta menerapkan jarak fisik (physical distancing) dalam kegiatan sehari-hari," demikian dikutip dari keterangan resmi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBNU Jatim Ajak Umat Muslim untuk Istighotsah Kubro Online pada 8 April 2020

Posted: 04 Apr 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur mengajak umat Muslim di Indonesia untuk Istighotsah Kubro Online bersama 19 Kiai sepuh pada Kamis,  8 April 2020.

Sekretaris PWNU Jatim Prof Ahmad Muzakki menuturkan, kegiatan Istighotsah Kubro ini dilakukan online dan disiarkan on air oleh TV lokal Jawa Timur seiring imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik. Langkah ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19. Kegiatan ini digelar pada Kamis, 8 April 2020 pukul 19.30-21.00 WIB.

"Kegiatan ini untuk memperkuat imun booster dalam menghadapi COVID-19. Biasanya istighotsah dilakukan secara fisik bertemu langsung di tempat besar dihadiri umat, sekarang ada physical distancing jadi online dan disiarkan langsung oleh TV lokal," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (5/4/2020).

Ia mengatakan, ada tiga titik tempat penyelenggaraan Istighotsah Kubro Online yaitu di kantor pusat PBNU Jatim, dan ada 11 kiai. Kemudian di Gedung Negara Grahadi ada Forkopimda dan dipimpin Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Lalu di Pesantren tertua Lirboyo Kediri dan dipimpin delapan kiai. Kegiatan Istighotsah Kubro Online bersama 19 kiai sepuh antara lain KH Miftachul Akhyar, KH Anwar Manshur, KH Zainuddin Djazuli, KH Nurul Huda Djazuli, KH Ubaidilah Faqih, KH Idris Hamid, dan KH Kafabihi Mahrus.

 

Selanjutnya

Lalu ada KH Abdul Adhim Kholili, KH Fuad Mun'im Djazuli, KH Hasan Mulawakili Alalah, KH Kholil As'ad Syamsul Arifin, KH Nawawi Abd Jalil, KH Agoes Ali Masyuhri, KH Masbukhin Faqih, KH Marzuki Mustamar, KH Zubair Muntashor, KH Anwar Iskandar, KH Zuhri Zaini, dan KH Matin Djawahir.

"Istighotsah Kubro online ini disiarkan secara on air oleh tv lokal di Jatim ada TV9 hingga Batu TV. Dan streaming oleh akun yang ada di Pemprov Jatim dan youtube PBNU. Diimbau masyarakat di rumah masing-masing istghotsah dan dipimpin kiai. Di televisi juga ada teksnya nanti," kata dia

Ia mengharapkan dengan istghotsah ini memberikan ketenangan, kesabaran, tawakal dan tidak stres. Selain itu, orang dalam pemantauan (ODP) juga makin menurun dan memperkuat daya tahan tubuh. "Ini sebagai pelengkap protokol kesehatan, SOP COVID-19," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa M 4,9 Guncang Lumajang Jatim, Terasa hingga Bali dan Lombok

Posted: 04 Apr 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,9 itu terjadi pada Minggu (5/4/2020) pukul 07:15:24 WIB tadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya melaporkan, titik gempa berada di 100 km barat daya Lumajang atau pada koordinat 9.02 LS - 113.04 BT.

Gempa dengan kedalaman 60 km itu dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Timur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) yang beragam, antara lain Lumajang III MMI, Malang III MMI, Jember III MMI, dan Banyuwangi III MMI.

 

Terasa hingga Bali dan NTB

Gempa juga terasa hingga di luar wilayah Jawa Timur, seperti Kuta III MMI, Denpasar III MMI, Jimbaran II MMI, Mataram II MMI, dan Lombok Utara II MMI.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan resmi terkait dampak gempa tersebut.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Ducati Ledek Honda yang Ketergantungan Pada Marc Marquez

Posted: 04 Apr 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti meledek rival timnya di MotoGP, Repsol Honda Team, yang sudah sangat ketergantungan kepada pembalap andalannya, Marc Marquez.

Sejak menjalani debut di 2013, Marc Marquez bersama Honda menjadi juara dunia MotoGP hingga enam kali. Bahkan, dalam empat tahun terakhir, dia tidak terbendung dalam perburuan gelar juara dunia.

Hingga saat ini, dari 127 balapan, Marc Marquez telah mencatatkan 56 kemenangan. Bahkan, Dani Pedrosa hingga Jorge Lorenzo tidak mampu menyaingi kehebatan pembalap berusia 27 tahun tersebut.

"Ini adalah keputusan tak terduga dan berani yang dibuat Honda dengan mempertahankan satu-satunya pembalap yang bisa memberi mereka jaminan kemenangan di MotoGP," kata Paolo Ciabatti, dilansir dari Motorsport-Total.

Honda memang tidak pernah menggusur posisi Marquez sebagai pembalap utama sejak menjuarai MotoGP pada debutnya di tahun 2013. Bahkan, pada 2020, Honda memilih adiknya Marquez, Alex Marquez untuk menganti posisi yang ditinggalkan Jorge Lorenzo.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sindir Bos Honda

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjuarai MotoGP Prancis 2019 setelah menjadi yang tercepat. (AFP/Jean-Francois Monier)
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjuarai MotoGP Prancis 2019 setelah menjadi yang tercepat. (AFP/Jean-Francois Monier)

Selanjutnya, Paolo Ciabatti juga menyindir manajer Repsol Honda Team, Alberto Puig yang menyebut kalau pabrikan asal Jepang tersebut selalu menciptakan bibit juara. Namun kenyataannya, menurut Ciabatti, hanya ada Marc Marquez sejak 2013.

"Saya tahu kalau Alberto Puig akan membawakan kisah Mick Doohan (legenda MotoGP])," katanya.

"Namun kenyataannya adalah bahwa tanpa Marquez pada 2013 mereka tidak akan memenangkan kejuaraan, itu fakta," ucap Ciabatti melanjutkan.

 

Selalu Marquez

Sebelumnya, Ciabatti juga pernah menyebut bahwa Honda terlalu memprioritaskan Marquez dalam pengembangan motor balapnya.

"Saya kira, Marquez telah dihujani emas oleh sebuah perusahaan yang mengembangkan motor untuknya tanpa memikirkan pembalap lain," kata Ciabatti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teror Serangan Pisau di Prancis, 2 Orang Tewas dan 5 Terluka

Posted: 04 Apr 2020 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Romans-sur-Isere - Dua orang tewas dan lima lainnya luka-luka dalam serangan pisau di Prancis tenggara, Sabtu 4 April 2020 waktu setempat.

Menteri dalam negeri Prancis menggambarkan peristiwa itu sebagai insiden teroris, demikian seperti dikutip dari BBC (5/4/2020).

Saksi mata mengatakan, penyerang memasuki toko tembakau di kota Romans-sur-Isère, dekat Grenoble, dan menikam pemilik dan pelanggan toko.

Dia kemudian pergi ke toko tukang daging terdekat dan menyerang lebih banyak orang.

Seorang tersangka, yang digambarkan di media Prancis sebagai lelaki berusia 33 tahun dari Sudan, telah ditangkap.

Pada saat penangkapannya, penyerang "ditemukan berlutut di trotoar berdoa dalam bahasa Arab," kata jaksa penuntut.

Pria itu tidak diketahui oleh polisi atau badan intelijen, situs web berita France Bleu melaporkan.

Motif untuk serangan itu masih belum jelas, tetapi Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner mengatakan dalam kunjungannya ke kota: "Seorang pria memulai aksi teroris."

Castaner mengatakan, Kejaksaan Nasional Anti Teror Prancis akan menyelidiki apakah penyerang bertindak sendiri atau memiliki sokongan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kejaksaan: Pelaku Berniat Melakukan Intimidasi Teror

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Dalam sebuah pernyataan, kantor kejaksaan mengatakan penyelidikan awal menunjukkan penyerang memiliki "jalur pembunuhan yang bertujuan untuk secara serius mengganggu ketertiban umum dengan intimidasi atau teror."

Selama pencarian di rumah tersangka, "dokumen tulisan tangan dengan konotasi keagamaan ditemukan," katanya.

Jaksa mengatakan mereka melakukan penangkapan terhadap orang kedua pada hari Sabtu yang, menurut France Bleu, tinggal bersama penyerang.

Dua dari yang terluka dikatakan dalam kondisi kritis.

Presiden Emmanuel Macron menggambarkan serangan itu sebagai insiden "keji" yang selanjutnya membuat sedih sebuah negara yang sudah mengalami cobaan berat.

"Simpatiku untuk para korban serangan Romawi-sur-Isère - yang terluka, keluarga mereka," tweetnya.

Macron berjanji bahwa "cahaya akan dicurahkan" pada kejahatan.

Prancis saat ini tengah lockdown karena pandemi virus corona. Orang-orang hanya diperbolehkan membeli kebutuhan pokok atau untuk berolahraga.

Negara ini telah siaga tinggi sejak 2015, ketika Paris dilanda serangkaian serangan yang dikaitkan dengan kelompok ISIS.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Duka, Pasien Covid-19 di Kota Jayapura Meninggal Dunia

Posted: 04 Apr 2020 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Seorang pasien corona covid-19 di Kota Jayapura meninggal dunia pada Sabtu malam (4/4/2020). Pasien tersebut berumur 70 tahun dan dirawat pada salah satu rumah sakit di Kota Jayapura.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru menyebutkan status pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang dilakukan dengan menggunakan rapid test.

"Almarhum masih menunggu hasil kedua untuk uji sampel di laboratorium yang rencananya keluar Minggu siang ini," jelasnya, Minggu (5/4/2020).    

Rustan yang juga Wakil Wali Kota Jayapura menyebutkan pasien ini akan dimakamkan sesuai prosedur pemakaman pasien covid-19 dan hanya diantar ke pemakaman oleh sejumlah tim medis.

"Kami berharap tak ada penolakan tehadap pemakaman pasien yang sudah meninggal ini. Pasien akan dimakamkan di pemakaman Buper Waena yang telah disediakan Pemkot Jayapura khusus untuk pasien covis-19," katanya.

Hingga Sabtu (4/4/2020) malam, jumlah pasien positif covid-19 di Kota Jayapura mencapai 9 orang. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 21 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1.261 orang. Dengan kesembuhan pasien covid-19 berjumlah 1 orang.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyebutkan belum meningkatkan status Kota Jayapura dari siaga darurat covid-19, menjadi tanggap darurat covid-19, pasca satu orang pasien covid-19 di Kota Jayapura meninggal dunia.

Benhur menyebutkan, dampak dengan adanya perubahan status ini harus dipikirkan secara matang, terutama untuk pelaku ekonomi di Kota Jayapura.

"Saya masih terus menerima masukan terkait peningkatan status covid-19 di Kota Jayapura hingga 7 April mendatang. Besok kami akan rapatkan kembali, bagaimana untuk peningkatan status covid-19 di Kota Jayapura," kata Benhur.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Shah Rukh Khan Jadikan Kantornya untuk Karantina Warga Terdampak Corona

Posted: 04 Apr 2020 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus corona COVID-19 yang menyebar sejak akhir 2019 lalu masih membuat dunia kalut. Hingga hari ini, virus yang muncul pertama kali di Wuhan ini sudah meluas ke berbagai negara, termasuk di India. 

Sebagai penanganan pandemi Virus Corona, pemerintah India menerapkan kebijakan karantina wilayah atau lockdown sejak 23 Maret 2020 lalu. Bertambahnya jumlah pasien Corona  Covid-19 di Negeri India ini membuat beberapa seleb Bollywood melakukan aksi bantu lawan Corona Covid-19.

Termasuk artis Bollywood ternama Shah Rukh Khan. Dilansir dari Pinkvilla, Shah Rukh Khan memberikan bantuan ke beberapa kota sekaligus lewat yayasan-yayasan yang telah ia tunjuk. Dan terbaru, ia mengubah kantor pribadinya sebagai tempat karantina masyarakat yang terdampak tanpa dipungut biaya alias gratis.

Bersama Gauri Khan, Shah Rukh mengubah kantornya dan mengisi bangunan 4 lantai tersebut dengan semua keperluan bagi masyarakat yang dikarantina. Kantor itu nantinya diperuntukkan bagi perempuan, orang tua dan anak-anak.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas jadikan kantor untuk karantina pasien virus Corona Covid-19, Minggu (5/4/2020)

 

1. Kantor untuk Karantina Pasien Virus Corona

AbRam Khan, Putra Bungsu Shah Rukh Khan (Sumber: Instagram/
AbRam Khan, Putra Bungsu Shah Rukh Khan (Sumber: Instagram/

Dilansir dari Firstpost, pemaran film 'My Name Is Khan' mengambil bantuan dari perusahaannya - Kolkata Knight Riders, Red Chillies Entertainment, Meer Foundation dan Red Chillies VFX - untuk memberikan dukungan kepada pemerintah India. 

Bersama istrinya Gauri Khan, Shahrukh mengubah kantornya dan mengisi bangunan 4 lantai tersebut dengan semua keperluan bagi masyarakat yang dikarantina. Kantor itu nantinya diperuntukkan bagi perempuan, orang tua dan anak-anak.

Tak hanya itu, tempat karantina bagi masyarakat yang terdampak virus Corona Covid-19 ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

 

2. Beri Bantuan APD dan Memasok Makanan

Pasangan Shah Rukh Khan dan Gauri Khan
Pasangan Shah Rukh Khan dan Gauri Khan

Tak hanya itu saja, dilansir dari Deadline aktor 54 tahun ini juga sudah memberikan memberikan bantuan ke beberapa kota sekaligus lewat yayasan-yayasan yang telah ia tunjuk.

Melalui PM Cares dan Dana Bantuan CM (Maharasthra), ia membantu memasok 50.000 item peralatan APD untuk petugas kesehatan. Ia juga membantu menyediakan makanan sehari-hari setidaknya selama satu bulan untuk lebih dari 5.500 keluarga di kota Mumbai. 

 

3. Pemerintah Mumbai Berterima Kasih

Aktor Bollywood, Shahrukh Khan memberi salam kepada para fans yang berkumpul dari balkon rumahnya di Mumbai, Kamis (2/11). Bagi warga India, datang ke kediaman SRK pada ulang tahunnya sudah menjadi tradisi penggemar. (Sujit Jaiswal/AFP Photo)
Aktor Bollywood, Shahrukh Khan memberi salam kepada para fans yang berkumpul dari balkon rumahnya di Mumbai, Kamis (2/11). Bagi warga India, datang ke kediaman SRK pada ulang tahunnya sudah menjadi tradisi penggemar. (Sujit Jaiswal/AFP Photo)

Bantuan yang diberikan oleh Shah Rukh Khan ini diterima dengan baik oleh Pemerintah Kota Mumbai. Mereka pun berterima kasih karena SRK sudah melakukan hal mulia kala India sedang lockdown total.

"Kami berterima kasih kepada @iamsrk & @gaurikhan karena telah menawarkan bangunan 4 lantai kantor pribadi mereka untuk memperluas kapasitas ruangan karantina dengan berbagai kebutuhan untuk anak-anak, perempuan dan orang tua," tulis akun resmi Pemerintah Mumbai di Twitter, @mymbc.

Postingan dari @mymbc tersebut kemudian diunggah ulang oleh akun resmi perusahaan milik SRK, @redchilliesent. Mereka mengajak semua orang untuk tetap saling mendukung di masa yang berat ini.

"Dukungan membuat semua orang lebih kuat. Dan dalam perjuangan kita melawan Covid-19, kita harus saling mendukung sebagai kesatuan dalam masyarakat. Mari saling membantu satu sama lain, dan memenangkan pertarungan ini bersama-sama," tulis admin @redchilliesent.

4. Sempat Dituding Tak Keluarkan Donasi Untuk Corona

Shah Rukh Khan (Instagram/ iamsrk)
Shah Rukh Khan (Instagram/ iamsrk)

Sebelumnya, Shah Rukh Khan dikritik netizen karena dianggap tak memberikan bantuan untuk mengatasi wabah virus corona di India. Hal ini terjadi karena aktor tersebut tak mengumumkan sumbangannya ke publik terkait seperti selebriti India lainnya. 

Kendati demikian, sang aktor tak membalas tudingan tersebut dengan emosi, melainkan menunjukkan bukti nyata bahwa ia pun turun tangan menghadapi wabah ini.

5. Mengajak untuk Saling Tolong Menolong

Shah Rukh Khan (Instagram/ iamsrk)
Shah Rukh Khan (Instagram/ iamsrk)

Dari laman Twitternya, ia juga mengajak masyarakat India untuk saling tolong menolong. Ia juga mengungkapkan bahwa India daa semua orang India adalah satu keluarga.

 "Pada masa ini penting untuk membuat semua orang di sekitar Anda bekerja tanpa lelah untuk Anda .. tidak ada hubungannya dengan Anda .. mungkin bahkan tidak diketahui oleh Anda ... untuk merasa mereka tidak sendirian dan sendirian. Mari kita pastikan kita semua melakukan sedikit demi menjaga satu sama lain. India dan semua orang India adalah Satu Keluarga. " tulis aktor 54 tahun ini di laman Twitternya pada 2 April 2020 lalu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Dele Alli Agar Betah Jalani Karantina Diri Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 08:10 PM PDT

London - Dele Alli terpaksa menjauh sementara dari ingar bingar lapangan. Premier League musim ini sedang ditunda hingga 30 April 2020 akibat pandemi virus corona yang terjadi di Eropa, termasuk Inggris Raya.

Penundaan laga Premier League dimulai pada 13 Maret 2020 setelah manajer Arsenal, Mikel Arteta dan pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, positif terjangkit COVID-19.

Dele Alli dan para pemain lain lalu diminta menjalani karantina diri mandiri, sama halnya warga di Inggris lainnya.

Kebijakan ini diambil untuk mengurangi penyebaran virus corona di Inggris. Penyebaran COVID-19 di Inggris cukup masih tinggi, bahkan Perdana Menteri Inggris, Borin Johnson, dan Pangeran Charles, juga terjangkiti.

Selama menjalani karantina, Dele Alli melakukan beberapa kegiatan agar tidak bosan. Satu di antara kegiatan winger Timnas Inggris ini adalah berlatih.

Ia tetap menjaga tubuhnya tetap prima dan siap bertanding ketika kompetisi kembali dimulai.

Sejauh ini, pemain berusia 23 tahun itu baru mencetak delapan gol dan tiga assit dalam 22 pertandingan.

Selain berlatih, Dele Alli juga melakukan aktivitas lain agar tak bosan menjalani karantina diri.

Berikut tiga bintang pemain Tottenham Hostspur itu untuk mengusir kebosanan di rumah yang dilansir dari akun Instagram @dele:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Mengerjai Teman Wanitanya

(Glyn KIRK / AFP)
(Glyn KIRK / AFP)

Dele Alli membuat video prank dengan teman wanitanya, Sofia Kupresanin, yang diunggah di Instagram. Dalam video tersebut Alli berulang kali melihat botol air.

Merasa curiga, Kupresanin mencoba melakukan aksi serupa. Namun, saat ia melihatnya dari dekat, Alli menekan botol tersebut dan air pun keluar membasahi muka. Alli seperti tak berdosa, tertawa dan berlari.

 
 
 
View this post on Instagram

Old but gold

A post shared by Dele (@dele) on

Pemain Gim Online

(AFP/Glyn Kirk)
(AFP/Glyn Kirk)

Dele Alli adalah penggemar gim online Fortnite. Ia pernah menang dalam permainan tersebut melawan rekan satu timnya, Son Heung-min dan Raheem Sterling.

Selain itu, Alli juga menggemari Playstasion dan pernah diajak duel oleh penyerang Chelsea, Tammy Abraham, di gim FIFA.

Menonton Flim

(AP Photo/Matt Dunham)
(AP Photo/Matt Dunham)

Dele Alli memiliki ruangan menonton film di rumah pribadinya. Saat pandemi virus corona, ia sempat memutar film The Lion King.

Bahkan ia sempat menirukan satu di antara adegan dengan mengangkat anjingnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Turns out Uno loves The Lion King as much as I do 😂🦁 This is my #MyFirstStream on @disneyplusuk. What will yours be? #ad

A post shared by Dele (@dele) on

Sumber: Instagram

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permenkes PSBB Juga Atur Pembatasan Moda Transportasi Umum, Ini Lengkapnya

Posted: 04 Apr 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Guna terus mengatasi pandemi Virus Corona atau Covid-19, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 ini mengatur tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam Permenkes tersebut, juga diatur tentang pembatasan moda transportasi. Tepatnya pada pada ayat (1) huruf e, dengan pengecualian pembatasan untuk:

a) moda transpotasi penumpang baik umum atau pribadi dengan memperhatikan jumlah penumpang dan menjaga jarak antar penumpang; dan

b) moda transpotasi barang dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk.

Pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan dikecualikan untuk kegiatan aspek pertahanan dan keamanan dalam rangka menegakkan kedaulatan negara, dan mempertahankan keutuhan wilayah, dengan tetap memperhatikan pembatasan kerumunan orang serta berpedoman kepada protokol dan peraturan perundang-undangan.

"Pemerintah Daerah dalam melaksanakan PSBB harus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk aparat penegak hukum, pihak keamanan, penanggungjawab fasilitas kesehatan, dan instansi logistik setempat," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi, seperti disitat dari News Liputan6.com, Sabtu (4/4/2020).

Baik Gubernur atau Bupati dan Walikota juga disebut dapat mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya kepada Menteri Kesehatan. Wilayah yang dapat diusulkan untuk PSBB adalah wilayah dimana terjadi jumlah kasus atau jumlah kematian akibat penyakit, dalam hal ini Covid-19, menyebar signifikan dan cepat ke beberapa wilayah.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tak Ada Larangan Mudik, Pemerintah Tetap Kaji Pembatasan Penumpang Angkutan Umum

Pemerintah tidak melarang masyarakat mudik Lebaran atau Idul Fitri 2020 di tengah pandemi Corona (Covid-19). Namun untuk tetap mencegah perluasan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini ke daerah-daerah di Indonesia, pemerintah akan membatasi jumlah pemudik yang menggunakan angkutan massal, sebagai protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Dijelaskan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pembatasan ini nantinya akan dilakukan di sejumlah angkutan massal baik kereta dan juga bus. Kapasitas ketersediaan kursi di dalam kendaraan akan dipangkas hingga 50 persen.

Luhut mencontohkan, untuk kendaraan bus yang memiliki kapasitas sebanyak 40 kursi, hanya diperbolehkan untuk menjual sebanyak 20 kursi saja. Dengan demikian operator bus tetap diwajibkan untuk memberlakukan jaga jarak atau physical distancing.

"Akan tetapi ini berdampak ke harga angkutan karena bisa 1 bus kapasitas 40 cuma 20 jadi harga bisa melonjak," kata dia di Jakarta, seperti disitat dari Bisnis Liputan6.com.

Kendati begitu, rencana pembatasan ini masih akan terus dibahas di sejumlah kementerian terkait. Mengingat pemerintah ingin agar pelaksanaan mudik tahun ini tetap berjalan aman tanpa mengurangi risiko keselamatan dan kesehatan pemudik.

"Teknis di lapangan akan segera diputuskan dengan kementerian terkait," tandas dia.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yasonna: Hanya Orang Tumpul Rasa Kemanusiaan Tak Terima Pembebasan Napi

Posted: 04 Apr 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly mengatakan, hanya orang yang tumpul rasa kemanusiaannya yang tidak mau membebaskan narapidana (napi) dari lembaga pemasyarakatan (Lapas) dengan kondisi kelebihan kapasitas di tengah pandemi virus corona Covid-19.

"Saya mengatakan, hanya orang yang sudah tumpul rasa kemanusiaannya dan tidak menghayati sila kedua Pancasila yang tidak menerima pembebasan napi di lapas 'over' kapasitas," kata Yasonna melalui pesan singkat di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Dilansir Antara, pernyataan Yasonna itu merespons sejumlah pihak yang tidak seruju terhadap rencana pemerintah untuk membebaskan narapidana di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Yasonna sendiri sudah menandatangani Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 pada 30 Maret 2020.

Pembebasan itu diberikan kepada 30 ribu narapidana dan anak. Kebijakan itu juga diklaim dapat menghemat anggaran negara untuk kebutuhan warga binaan pemasyarakatan hingga Rp 260 miliar.

"Ini sesuai anjuran Komisi Tinggi PBB untuk HAM, dan sub-komite PBB Anti-Penyiksaan," ungkap Yasonna.

Bahkan, menurut Yasonna, kritik tersebut lebih banyak berimajinasi dan memprovokasi. "Yang tidak enak itu, ada yang tanpa fakta, tanpa data, langsung berimajinasi, memprovokasi, dan berhalusinasi membuat komentar di media sosial," katanya.

Menurut ppolitikus senior PDIP itu, negara-negara di dunia juga telah merespons imbauan PBB tersebut, contohnya Iran membebaskan 95 ribu orang termasuk mengampuni 10 ribu tahanan dan Brazil membebaskan 34 ribu narapidana.

"Sekedar untuk tahu kondisi lapas penghuni laki-laki dan penghuni perempuan, 'it's against humanity'," tegas Yasonna.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kritik Wacana Pembebasan Napi Korupsi

Ilustrasi Napi di Penjara
Ilustrasi Napi di Penjara

Salah satu pihak yang memprotes kebijakan terkait pembebasan napi itu adalah Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait kemungkinan pembebasan napi kasus korupsi yang telah berusia di atas 60 tahun yang telah menjalani 2/3 masa tahanannya dapat dibebaskan melalui revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012.

Menurut data ICW, jumlah narapidana korupsi juga tidak sebanding dengan narapidana kejahatan lainnya. Data Kemenkumham pada 2018 menyebutkan bahwa jumlah narapidana seluruh Indonesia mencapai 248.690 orang dan 4.552 orang diantaranya adalah narapidana korupsi.

Artinya narapidana kasus korupsi hanya 1,8 persen dari total narapidana yang ada di lembaga pemasyarakatan.

Yasonna sendiri sudah membantah hal tersebut dengan menyatakan napi pidana khusus juga dipertimbangkan dikeluarkan dari lapas/rutan, Permenkumham 10/2020 dan Kepmenkumham Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tidak boleh menabrak peraturan PP 99/2012.

Narapidana kasus narkotika masa pidana 5-10 tahun dan telah menjalani dua per tiga masa pidananya sekitar 15.482. Narapidana tindak pidana korupsi yang berusia 60 tahun ke atas, yang telah menjalani pidana dua per tiga masa pidana sebanyak 300 orang.

Untuk narapidana kasus narkotika hanya yang masa tahanan 5-10 tahun sehingga bandar narkoba yang umumnya dihukum di atas 10 tahun tidak termasuk yang menerima pembebasan.

Sedangkan narapidana kasus korupsi yang berumur di atas 60 tahun dan sudah menjalani dua per tiga masa tahanan berdasar pertimbangan imun tubuh lemah. Revisi PP 99/2012 itu pun dikatakannya baru usulan dan belum dilakukan pembahasan

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Sorotan, Klub Liga Inggris Diminta Kompak Hadapi Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Chris Wilder meminta semua pelaku sepak bola Inggris kompak menghadapi dampak pandemi virus corona covid-19. Manajer Sheffield United itu percaya seluruh pihak harus menahan diri agar tidak terjadi konflik.

Inggris menjadi salah satu negara Eropa yang paling terdampak pandemi virus corona covid-19. Sedikitnya 42 ribu telah terinfeksi dan menewaskan 4313 orang.

Akibatnya seluruh kegiatan olahraga termasuk sepak bola berhenti sejak sebulan lalu. Termasuk laga uji coba timnas Inggris yang dibatalkan hingga waktu yang belum ditentukan.

Menariknya, pemain Liga Inggris menjadi salah satu yang disorot dalam situasi sekarang. Mereka dianggap tak peduli dengan keadaan dan hanya mementingkan diri sendiri.

Apalagi sejumlah klub Inggris lebih memilih untuk merumahkan karyawannya ketimbang mengurangi gaji pemain. Hal ini pun mendapat kecaman semua pihak di tengah situasi sulit akibat pandemi virus corona covid-19.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Komentar Wilder

Logo Liga Inggris
Logo Liga Inggris

"Sejak dulu hingga sekarang pesepak bola selalu dalam sorotan. Kami punya konsekuensi besar untuk selalu melakukan hal yang benar," kata Wilder seperti dilansir Evening Standard.

"Tapi saya yakin manajer, pemain, dan operator Liga Inggris akan mengambil keputusan tepat. Seperti yang sudah dilakukan selama ini," katanya menambahkan.

"Hanya yang saya sayangkan klub seperti bergerak sendiri untuk mengeluarkan pernyataan. Padahal sebagai industri kami harus kompak dari level atas hingga bawah."

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AP II Siapkan Akses Informasi Travel Advisory bagi Masyarakat di Tengah Pandemi Corona

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP IIsecara berkala menyampaikan berbagai informasi terkait dengan COVID-19 agar masyarakat pengguna pesawat dapat mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan perjalanan.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan informasi terkait COVID-19 sangat dinamis dan cukup banyak yang berpengaruh langsung terhadap sektor penerbangan termasuk bandara-bandara di bawah perseroan.

Sehingga, lanjut Muhammad Awaluddin, sangat penting menyampaikan secepat mungkin informasi terbaru itu kepada traveler dan masyarakat.

"Berbagai informasi atau kebijakan dari maskapai, pemerintah Indonesia dan negara lain, khususnya yang berdampak pada layanan atau penerbangan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II, akan selalu kami perbarui di seluruh media komunikasi kami miliki," jelas dia dalam keterangannya, Minggu (5/3/2020).

Informasi-informasi tersebut dapat diakses oleh traveler atau pengunjung bandara melalui situs resmi perseroan www.angkasapura2.co.id dan aplikasi mobile app Indonesia Airports di iOS serta Android, ditambah dengan contact center 138, serta akun instragram dan twitter dari masing-masing bandara yang dikelola AP II.

Adapun di website dan aplikasi mobile app Indonesia Airports, PT Angkasa Pura II menyiapkan pop up link yang memuat informasi mengenai kebijakan terkini, anjuran perjalanan (travel advisory) hingga upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di 19 bandara perseroan.

Pop up link di website berbentuk floating bar yang terletak di paling atas halaman. Sementara itu, pop up link di aplikasi mobile app Indonesia Airports dapat dijumpai sesaat setelah kita membuka aplikasi di smartphone.

"Agar traveler dan masyarakat mudah serta cepat mengetahui kebijakan yang baru dirilis, kami membuat pop up link di website dan aplikasi mobile app Indonesia Airports yang berisikan kebijakan terbaru, travel advisory dan informasi penting lainnya yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Kami berharap ini dapat membantu traveler mempersiapkan segala sesuatunya," jelas Muhammad Awaluddin.

 

 

Kelola 19 Bandara

Anjuran Perjalanan AP II. Dok AP II
Anjuran Perjalanan AP II. Dok AP II

Adapun bentuk penyampaian secara cepat informasi dan kebijakan terkait COVID-19 ini merupakan salah satu hal yang utama bagi AP II guna menghilangkan kebingungan bagi traveler dan masyarakat.

"Kami berupaya agar traveler di 19 bandara PT Angkasa Pura II dapat mendapat informasi yang cepat, tepat dan berasal dari sumber yang jelas untuk menghapus keragu-raguan atau kebingungan terkait perjalanan mereka," ujar Muhammad Awaluddin.

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang).

Kemudian Depati Amir (Pangkal Pinang), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Internasional Banyuwangi, Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Silangit (Tapanuli Utara), Kualanamu (Deli Serdang) dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Kangen Jalan-Jalan? Wisata Virtual Dulu, Yuk

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dampak virus corona Covid-19 sangat terasa dalam kehidupan kita sehari-hari, Sejumlah anjuran dan kebijakan seperti Physical distancing membuat sebagian orang mulai merasa jenuh, apalagi bagi yang terbiasa jalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah.

Untuk itu, kita bisa mencarikan kegiatan menyenangkan agar merasa betah selama isolasi mandiri sekaligus mengusir rasa bosan, terutama buat Anda yang suka traveling dan menjelajahi tempat-tempat wisata yang menarik. Salah satunya dengan liburan secara virtual atau wisata virtual. Tidak keluar rumah bukan berarti kita tidak bisa jalan-jalan.

Ada berbagai tempat wisata di Indonesia maupun di luar negeri yang menyediakan fasilitas bagi para wisatawan yang ingin menikmati pengalaman wisata secara virtual. Selain museum, para pelancong virtual juga dapat menikmati suasana di kebun binatang, dan tempat-tempat wisata populer lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 tempat wisata virtual yang menarik untuk dikunjungi di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

1. Museum Nasional

Beragam museum di Indonesia juga bisa Anda akses lewat dunia maya. Salah satunya Museum Nasional atau Museum Gajah di Jakarta. Museum ini menyimpan lebih dari 100 ribu koleksi peninggalan bersejarah. Koleksinya meliputi arca, batik, patung, karya seni, prasasti, dan lain-lain.

Museum ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk mendalami peradaban, sistem sosial, seni, budaya, agama, dan pemerintahan Indonesia pada zaman dahulu kala. Kalau ingun berkunjung secara virtual, Anda bisa ke sini: https://artsandculture.google.com/partner/museum-nasional-indonesia

2. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang merupakan ikon Kota Jakarta. Pada tiap sudut halaman luar yang mengelilingi monumen terdapat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia.

Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Buat lebih lengkapnya, Anda bisa melakukan wisata virtual Monas di: https://artsandculture.google.com/entity/national-monument/m03q7hs

3, Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia atau National Gallery merupakan tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara. Galeri yang berlokasi di kawasan Jakarta Pusat ini menyimpan,menghimpun dan memamerkan karya seni rupa seperti lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni kriya dan seni instalasi. Mereka memliki sekitar 1.785 koleksi karya seniman Indonesia dan mancanegara.

Ada karya-karya Raden Saleh, Hendra Gunawan, Affandi, S. Sudjojono, Basoeki Abdullah, ,Popo Iskandar,serta sejumlah seniman dari Rusia, Jerman, Ukraina), Prancis, China, India, Kuba, Peru, Vietnam dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Anda lihat lewat wisata virtual di http://galeri-nasional.or.id/.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Museum Terbesar di Dunia

Pengunjung mengantre di luar Pyramid, pintu masuk utama menuju museum Louvre, di Paris, Rabu (4/3/2020). Louvre di Paris, museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, kembali dibuka setelah pegawai yang khawatir dengan penularan virus corona setuju kembali masuk kerja. (Philippe LOPEZ/AFP)
Pengunjung mengantre di luar Pyramid, pintu masuk utama menuju museum Louvre, di Paris, Rabu (4/3/2020). Louvre di Paris, museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, kembali dibuka setelah pegawai yang khawatir dengan penularan virus corona setuju kembali masuk kerja. (Philippe LOPEZ/AFP)

4. Balai Konservasi Borobudur

Balai Konservasi Peninggalan Borobudur merupakan lembaga khusus yang menangani Candi Borobudur yang sudah selesai dipugar memerlukan perawatan, pengamatan dan penelitian berkelanjutan. Pada 2012, lembaga ini kembali berubah nama menjadi Balai Konservasi Borobudur dan berfungsi sebagai pusat konservasi dan pemugaran cagar budaya seluruh Indonesia di samping menangani Warisan Dunia (World Heritage) Candi Borobudur.

Kalau ingin melihat Candii Borobudur tapi tak bisa datang langsung ke Magelang, Jawa Tengah, Anda bisa merasakan tur virtual di: https://artsandculture.google.com/entity/borobudur-temple-compounds/m0805zhg atau http://borobudurvirtual.id/

5. Agung Rai Museum of Art

Museum Seni Agung Rai atau Agung Rai Museum of Art (ARMA) merupakan salah satu museum seni rupa di Bali yang menyimpan berbagai koleksi lukisan yang berasal dari para pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Museum yang diresmikan pada 1996 ini didesain dengan gaya arsitektur tradisional Bali dengan dominasi material lokal. Selain sebagai museum seni lukis, museum yan berlokasi di Ubud, Gianyar, Bali ini juga menampilkan pertunjukan tari dan teater serta pameran dari seniman karya masyarakat Bali, Indonesia dan seniman asing.

Pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan karya di bengkel budaya dan melihat koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan. Anda bisa merasakan wisaat virtual dari museum ini di https://artsandculture.google.com/partner/arma-museum.

6. Louvre Museum

Selain Indonesia, banyak negara yang juga menawarkan wisata virtual. Salah satunya Prancis yang mempunyai museum paling terkenal di dunia, Louvre.  Bukan hanya sebagai salah satu museum seni terbesar di dunia dan rumah bagi lukisan fenomenal Monalisa, Louvre juga landmark penting dan bersejarah bagi Prancis.

Saat wabah corona sampai di Prancis, tak lama kemudian Louvre ditutup untuk sementara. Dengan adanya wisata virtual setidaknya kita tetap bisa mengunjungi museum yang sangat terkenal ini. Temukan secara virtual pameran-pameran, galeri, lukisan, sampai barang antik di sini. Anda tinggal klik di : https://www.louvre.fr/en

7. British Museum

British Museum atau The British Museum dikenal dengan koleksi patung-patung Parthenon yang bisa dilihat virtual. Museum yang berada di London, Inggris, ini adalah salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia.

Koleksi permanennya berjumlah lebih dari 8 juta benda dan merupakan salah satu koleksi dengan jumlah terbesar dan terlengkap di dunia. Koleksi-koleksi itu berasal dari seluruh benua, yang memberikan gambaran dan dokumentasi sejarah kebuayaan manusia dari awal tercipta hingga masa kini.

Banyak koleksi dengan kata kunci seperti keinginan, cinta, identitas, kematian dan lainnya yang digambarkan dalam koleksi museum yang bisa kita lihat di:  https://www.britishmuseum.org/.

Akses Live Cam

Wisata Virtual di Georgia Aquarium di Georgia, AS. (dok.Instagram @georgiaaquarium/https://www.instagram.com/p/BvO-5h2DnKP/Henry)
Wisata Virtual di Georgia Aquarium di Georgia, AS. (dok.Instagram @georgiaaquarium/https://www.instagram.com/p/BvO-5h2DnKP/Henry)

8. Hermitage Museum

Museum Hermitage atau Hermitage atau disebut juga The State Hermitage Museum merupakan salah satu museum terbesar dan tertua di dunia yang berlokasi di St. Petersburg, Rusia. Museum yang mempunyai aula mewah dan memesona ini memuat koleksi seperti seni Eropa Barat dengan karya-karya Leonardo da Vinci, Auguste Rodin, Pablo Picasso, Henri Matisse, Paul Gogen, Paul Gogen, Paul Sean, Paul Sean.

Anda juiga bisa menikmati pameran berbagai koleksi menarik dari Yunani kuno, Mesir, dan Roma, serta koleksi perhiasan besar. Jumlah total karya milik koleksi Hermitage melebihi 3 juta item. Semuanya bisa Anda lihat di: https://pano.hermitagemuseum.org/3d/html/pwoaen/main/#node338

9. Houston Zoo

Bagi yang suka pergi ke kebun binatang, saat pandemi corona masih belum berlalu Anda masih bisa melihat langsung aksi sejumlah hewan. Salah satunya di Houston Zoo yang berada di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Kebun binatang ini memiliki akses live cam yang bisa mempermudah kita melihat kegiatan para hewan.

Setidaknya ada 6 cam yang bisa diakses, yaitu gajah, jerapah, gorila, hingga simpanse. Namun untuk mengunjungi kebun binatang ini secara virtual diberikan waktu yang terbatas, yaitu pukul 7 pagi hingga 7 malam waktu setempat. Anda bisa mengunjungi Houston Zoo di https://www.houstonzoo.org/explore/webcams/..

10. Georgia Aquarium

Selain hewan d darat, wisata hewan dunia air juga memberikan akses virtual di tengah wabah COVID-19. Salah satunya di Georgia Aquarium di Atlanta, Georgia, AS.

Di sana, pengunjung bisa menyaksikan tenangnya air habitat paus tersebut sembari melihat paus beluga berenang ke sana dan kemari. Namun jika pengunjung lebih tertarik untuk melihat siaran lain, bisa pilih untuk melihat siaran piranha, berang-berang laut, ubur-ubur, penguin Afrika dan terumbu karang yang dipenuhi beberapa ikan kecil.

Menariknya, live cam di sini terus bergerak setiap beberapa menit sekali sehingga para pengunjung bisa melihat keseluruhan aktivitas hewan. Penasaran? Klik saja di https://www.georgiaaquarium.org/webcam/beluga-whale-webcam/.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moto G8 Power Lite Meluncur dengan 3 Kamera Belakang

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Motorola akhirnya mengumumkan Moto G8 Power Lite. Sebelumnya, perusahaan mengumumkan kehadiran Moto G8 Power pada Februari lalu.

Dilansir GSM Arena, Minggu (5/4/2020), Motorola Moto G8 Power Lite memiliki layar Max Vision IPS 6,5 inci dengan rasio aspek 20:9. Layarnya memiliki resolusi HD+ dan notch di bagian atas untuk kamera selfie 8MP.

Selain itu juga terdapat tiga kamera belakang yang didesain secara vertikal. Masing-masing memiliki resolusi 16MP, 2MP macro, dan 2MP depth sensor.

Spesifikasi lainnya termasuk chipset Helio P35, baterai 5.000mAh, RAM 4GB, Android 9 Pie, dan memori internal 64GB. Motorola menyediakan slor kartu microSD dengan kapasitas penyimpanan maksimal 256GB.

Smartphone ini hadir dalam dua varian warna, turquoise dan biru. Jerman dan Meksiko akan menjadi pasar pertama Moto G8 Power Lite. Peluncuran di pasar-pasar lain termasuk Asia dan Australia akan digelar dalam beberapa pekan ke depan.

Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harga Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31. Dok: Samsung Electronics Indonesia
Samsung Galaxy M31. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Para vendor smartphone terus menyiapkan dan merilis produk baru. Selain Motorola, vendor lain yang meluncurkan smartphone terbarunya adalah Samsung.

Samsung Electronics Indonesia baru saja memperkenalkan Galaxy M31, yang hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh dan empat kamera belakang.

Dilengkapi layar Super AMOLED 6,4 inci, smartphone ini kian memaksimalkan sisi hiburan berkat kehadiran speaker surround sound effect berteknologi Dolby Atmos.

Untuk mendukung aktivitas harian pengguna, Samsung Galaxy M31 dipersenjatai RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi hingga 512GB, serta didukung sistem operasi Android 10.

Harga rekomendasi ritel Galaxy M31 adalah Rp 3.699.000.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Pemkab Banyuwangi Gerakkan Ekonomi Warga saat Corona COVID-19

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program pembagian kupon makan gratis kepada pekerja informal terdampak wabah virus corona (COVID-19) oleh Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, dapat menggerakkan ekonomi warung rakyat serta membuat pekerja yang mengandalkan pendapatan harian terbantu, karena turunnya pendapatan mereka.

Wajiono, salah seorang pemilik Warung Wajiek Banyuwangi, Jawa Timur mengatakan sejak berlakunya anjuran physical distancing, omzet warungnya merosot tajam, dan bahkan saat COVID-19 mewabah, ia kerap menutup usahanya.

"Biasanya bisa jual 350 bungkus sehari, sekarang sehari tidak sampai 100 bungkus, bahkan saya sempat tutup daripada merugi. Alhamdulillah, dengan pesanan program kupon makan ini bisa membantu warung saya," katanya di Banyuwangi, Sabtu, 4 April 2020, dilansir dari Antara.

Senada juga disampaikan oleh Bambang Hermawan, pemilik Warung Ijo, yang juga dilibatkan oleh Pemkab Banyuwangi dalam program kupon makan gratis.

"Omzet memang turun hingga 60 persen, tapi kami tetap harus bersyukur. Alhamdulillah, sekarang kami dapat pesanan program kupon makan ini," ujarnya di Banyuwangi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

1.500 Kupon

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan koordinasi online secara berkala ke kepala SD, SMP, dan SMA/SMK.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan koordinasi online secara berkala ke kepala SD, SMP, dan SMA/SMK.

Sementara itu, pengemudi ojek, Suwarsidi, sebagai penerima manfaat program pembagian kupon makan gratis ini, mengaku bisa mengurangi pengeluaran harian.

"Order ojek sangat sepi sudah sebulan ini, orang takut keluar rumah. Kerja seharian, tidak dapat Rp100.000. Padahal, dulu selalu lebih. Jadi, program ini mengurangi pengeluaran harian," katanya.

Program jaring pengaman sosial untuk warga terdampak corona ini, Pemkab Banyuwangi membagi kupon makan untuk pekerja informal, seperti ojek, pengemudi becak, PKL ultramikro, dan pengemudi angkutan kota.

Program yang diuji coba ini menyebarkan 1.500 kupon makan di enam warung rakyat dan selanjutnya akan diperluas dengan target melibatkan lebih dari 500 warung rakyat dan menjangkau ribuan pekerja informal.

Mereka akan diberi kupon makan mingguan yang disalurkan secara bertahap, dan eksekusi program tetap memerhatikan protokol pencegahan, seperti makanan wajib dibawa pulang dan jam pengambilan diatur agar tidak menimbulkan kerumunan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FDA Izinkan Ilmuwan Uji Coba Plasma Darah Penyintas Covid-19

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari Johns Hopkins University akhirnya memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) untuk melakukan tes plasma darah dari orang yang sembuh dari Covid-19. Plasma darah ini akan untuk membantu melindungi para pahlawan di garda terdepan dalam memerangi virus corona, virus penyebab penyakit Covid-19.

"Harapannya dengan transfusi plasma darah bisa mendorong sistem imun petugas medis dan garda depan penanganan Covid-19 (misalnya pengantar pasien hingga sampai di rumah sakit) atau yang paling berisiko tinggi terpapar virus," ujar para peneliti, kepada NYPost.

Para penyintas atau sebutan bagi yang sembuh dari Covid-19 dipercaya membawa antibodi yang dapat melawan penyakit ini.

"Kemampuan yang dibawa saat percobaan profilaksis akan memberitahu kita apakah plasmanya efektif melindungi para tenaga medis dari Covid-19," ujar Arturo Casadevall, ahli penyakit infeksi menular dari Johns Hopkins.

Para ilmuwan berharap penanganan yang sama bisa digunakan sebagai terapi preventif (pencegahan) bagi pasien Covid-19 yang sedang sakit.

Menurut John Hopkins, Casadevall telah mengumpulkan tim medis dan ilmuwan dari seluruh negara dan jejaring rumah sakit dan bank darah yang bisa mengumpulkan, mengisolasi, dan memproses plasma darah dari para penyintas covid-19.

"Dr. Casadevall dan para koleganya dari John Hopkins dan partner di seluruh dunia sedang bekerja dengan kreativitas dan gigih dalam menghadapi penyakit ini," ujar presiden John Hopkins, Ronald J.Daniels kepada NYPost.

Arturo dan partnernya bekerja dengan mencerminkan komitmen John Hopkins untuk berkolaborasi dan menemukan hal yang bisa membantu umat manusia.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Seluruh dunia berkolaborasi

Ilustrasi plasma darah (iStock)
Ilustrasi plasma darah (iStock)

Menurut John Hopkins, Casadevall telah mengumpulkan tim medis dan ilmuwan dari seluruh negara dan jejaring rumah sakit dan bank darah yang bisa mengumpulkan, mengisolasi, dan memproses plasma darah dari para penyintas covid-19.

"Dr. Casadevall dan para koleganya dari John Hopkins dan partner di seluruh dunia sedang bekerja dengan kreativitas dan gigih dalam menghadapi penyakit ini," ujar presiden John Hopkins, Ronald J.Daniels kepada NYPost.

Arturo dan partnernya bekerja dengan mencerminkan komitmen John Hopkins untuk berkolaborasi dan menemukan hal yang bisa membantu umat manusia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Aksi DJ Memainkan Musik di Balkon Apartemen

Posted: 04 Apr 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang DJ dari Miami menghibur tetangganya yang sedang melakukan isolasi diri. Ia menaruh peralatan DJ-nya di balkon dan memainkannya seolah-olah sedang berada di klub malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: