Sabtu, 05 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Menterinya Kembali Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Begini Reaksi Presiden Jokowi

Posted: 05 Dec 2020 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan setelah Menteri Sosial Juliari Batubara ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus korupsi dana bantuan sosial Covid-19. Bagaimana reaksi Jokowi?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Juliari Ditangkap KPK, Jokowi: Saya Sudah Ingatkan Jangan Korupsi

Posted: 05 Dec 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghormati proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penetapan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara sebagai tersangka kasus dugaan korupsi bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

"Kita hormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK. Dan perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi," kata Jokowidi Istana Bogor, Minggu (6/12/2020).

Jokowi mengaku sudah sering mengingatkan para pembantunya dan kepala daerah agar berhati-hati dalam menggunakan anggaran negara, apalagi terkait dana bansos. Menurut Jokowi, dana bansos sangat dibutuhkan rakyat dalam kondisi krisis seperti saat ini.

"Berulang kali saya meningatkan ke semua pejabat negara baik itu menteri, bupati, wali kota dan semua pejabat, hati-hati dalam gunakan uang APBD provinsi dan APBN, itu uang rakyat. Apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan Covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat," katanya.

Mantan Gubernur DKI jakarta itu menegaskan tidak akan melindungi siapapin yang terlibat korupsi. Dia menegaskan, pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi, dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional," ucap Jokowi menandaskan.

3 Kali Diperingatkan KPK

Ketua KPK Firli Bahuri menggelar konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) atas kasus dugaan suap bansos penanganan covid-19 Kementerian Sosial, di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020) dini hari. Kasus ini menjerat Mensos Juliari Batubara jadi tersangka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ketua KPK Firli Bahuri menggelar konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) atas kasus dugaan suap bansos penanganan covid-19 Kementerian Sosial, di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020) dini hari. Kasus ini menjerat Mensos Juliari Batubara jadi tersangka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Ketua KPK Komjen Firli Bahuri menyebut pihaknya sudah mendeteksi adanya tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"KPK sudah mendeteksi adanya korupsi sejak awal pandemi, dan betul hari ini kita bisa mengungkap terjadi tindak pidana korupsi di dalam hal pengadaan barang dan jasa terkait bantuan sosial," ujar Firli soal kasus yang menjerat Mensos Juliari Batubara di Gedung Penunjang KPK, Minggu (6/12/2020).

KPK sendiri setidaknya telah telah tiga kali menerbitkan surat edaran mengimbau Pemerintah bersikap transparan dalam penggunaan anggaran terkait Covid-19.

"Melalui 3 surat edaran KPK mengimbau kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah agar transparan dengan mempublikasikan kepada masyarakat terkait realokasi dan penggunaan anggaran dalam penanganan Covid-19, penyelenggaraan bantuan sosial (bansos), pengadaan barang dan jasa, hingga pengelolaan hibah dari masyarakat," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Jumat (14/8/2020).

Meski sudah tiga kali menerbitkan surat edaran pencegahan korupsi saat pandemi Covid-19, namun hal tersebut tak diindahkan Menteri Sosial Juliari Batubara. Juliari dijerat KPK sebagai tersangka.

Selain Juliari KPK juga menjerat Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebagai pejabat pembuat komitmen di Kemensos. Dua orang lainnya sebagai pemberi yakni Ardian IM dan Harry Sidabuke. Keduanya dari pihak swasta

Mensos Juliari ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap bantuan sosial corona Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020. Juliari diduga menerima fee sebesar Rp 10 ribu perpaket sembako dari nilai Rp 300 ribu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Terpendam Calon Bupati Kendal Menyebut Juliari Batubara

Posted: 05 Dec 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Kendal - Sebelum Menteri Sosial Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka korupsi Bantuan Sosial (Bansos) oleh KPK, namanya sudah disebut-sebut dan langsung ngetop di daerah Kendal. Namanya disebut karena diduga ikut memuluskan kampanye calon nomor urut 3 Tino Indro Wardono dengan program Bansos itu.

Tino Indro Wardono juga sudah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu Kendal sebab dalam sebuah rekaman , Tino mengancam akan mencoret warga yang tak memilih dirinya dari daftar penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Menurut Susanto, pelapor dari Relawan Kendal (Rekan) dan Koalisi Masyarakat Kendal Kawal Pilkada Berintegritas (KMKKPB), Tino sudah menyebut nama Presiden Jokowi, PDIP dan Juliari Batubara.

"Ini sudah kampanye tidak sehat, catut-catut nama pejabat Negara yang seharusnya netral," kata Susanto, akhir November 2020.

Bawaslu yang menerima pengaduan menyatakan masih akan meneliti dan mendalami rekaman suara yang dikatakan merupakan suara dari Tino Indro Wardono dan menyebut nama Mensos Juliari Batubara.

"Kita sudah terima aduan laporannya. Tapi kita harus meneliti dan mendalami dulu isi rekaman suaranya, termasuk mengkaji aspek pelanggaran yang ada di dalamnya", kata Komisioner Bawaslu Jawa Tengah Rofiudin di kantornya.

 

Mencoret Bukan Pemilih PDIP

Menteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial COVID-19 di Kementerian Sosial usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemensos. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Menteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial COVID-19 di Kementerian Sosial usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemensos. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, rekaman suara yang diduga Tino tersebar di masyarakat Kendal. Ia mengancam akan mencoret warga yang tak memilihnya dari daftar penerima BST.

"Itu PKH (Program Keluarga Harapan) maupun BST, bahwa mereka dapat karena dari Pusat, dari Pak Jokowi berarti kalau mereka dapat harus milih nomor 3. Kalau tidak milih nomor 3, kita tahu kita coret kita ganti, Pak," demikian yang terdengar dalam salah bagian rekamannya.

Disampaikan juga bahwa Kementerian Sosial (Kemensos) akan menambah jumlah BST di Kendal jika yang menang adalah paslon yang diusung PDIP.

"Tahap awal ini Pak Kemensos, TA (tenaga ahli)-nya beliau bilang, ini kalau Bupatinya dari PDIP, mau ditambahi terus," katanya.

Tino sendiri tak mau mengomentari polemic itu. Ia mengaku hendak membahas bersama tim suksesnya.

"Nanti saja ya, mas, ini kita masih bahas bareng tim sukses", kata Tino.

Pilkada Kendal tahun 2020 diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni paslon nomor urut 1 Dico Ganinduto-Windu Suko Basuki yang diusung Golkar, Demokrat, PAN, PKS, Perindo.

Pasangan nomor urut 2 Ali Nurudin-Yekti Handayani yang diusung PKB, Partai Gerindra, dan Partai NasDem; serta paslon nomor urut tiga Tino Indro Wardono-Muh Mustamsikin yang diusung PDIP dan PPP. Ini bagian dari Pilkada serentak yang digelar tepat pada hari antikorupsi, 9 Desember 2020.

Simak video rekaman calon Bupati Kendal menyebut Juliari Batubara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prilly Latuconsina Punya Sabun Mewah dan Deodoran Mahal, Berapa Harganya?

Posted: 05 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Sebagai figur publik, Prilly Latuconsina tidak main-main dalam menjaga penampilan. Selain selalu terlihat modis, penampilannya juga ditunjang dengan perawatan tubuh dan wajah.

Prilly bahkan rela merogoh kocek dalam untuk membeli produk kecantikan. Hal itu diketahui dari akun Instagram @fashion.prillylatuconsina yang membongkar koleksi bodycare milik aktris film dan sinetron itu.

Di salah satu unggahan pada 30 November 2020, Prilly Latuconsina terlihat sedang menuang sabun mandinya ke spons. Menurut penelusuran akun tersebut, Prilly memakai Terre de Lumiere Gentle Shower Gel dari brand L'occitane.

Harga satu botol sabun produksi Prancis itu dibanderol sekitar Rp355 ribu.Di laman resminya, sabun itu dituliskan punya kandungan minyak lavender essensial organik yang memiliki efek relaksasi. Bukan itu saja, Prilly juga punya banyak produk perawtan tubuh dari brand yang sama.

Selanjutnya, ada Loccitane Lavender Foaming Bath seharga Rp495 ribu. Berbeda dari shower gel, foaming bath memiliki tekstur lebih cair dan lembut saat digunakan untuk merawat kulit.Koleksi bodycare Prilly Latuconsina langsung menuai komentar publik.

Mereka terperangah melihat harga sabun yang mahal.  "Pasti wanginya tahan 1 bulan," tulis seorang warganet.  "Sabun Batang lepboy aing menangis," komentar warganet lainnya.

Tak hanya sabun yang harganya cukup bikin melongo, perlengkapan kecantikan Prilly Latuconsina juga bernilai cukup mahal. Salah satunya adalah deodoran.

Deodoran Prilly

Koleksi Sabun Mewah dan Deodoran Mahal Prilly Latuconsina, Berapa Harganya? (dok.Instagram @fashion.prillylatuconsina/https://www.instagram.com/p/CIE-86kgdLQ/Henry)
Koleksi Sabun Mewah dan Deodoran Mahal Prilly Latuconsina, Berapa Harganya? (dok.Instagram @fashion.prillylatuconsina/https://www.instagram.com/p/CIE-86kgdLQ/Henry)

Biasanya orang menggunakan deodoran yang harganya mulai dari belasan ribu. sampai puluhan ribu rupiah. Namun beda dengan deodoran yang digunakan Prilly.

Deodoran bermerek 'Crystal" ini dibanderol ratusan ribu rupiah seperti yang terlihat dalam akun Instagram @fashion.Prillylatuconsina. "@prillylatuconsina96 using #Crystal " Mineral Deodorant Stick" IDR 180,000.00 - IDR 199,000.00," tulis akun tersebut.

Unggahan ini langsung mencuri perhatian warganet saat mengetahui harga deodoran milik wanita berusia 24 tahun tersebut.

"Deodorant nya ajah crystal dan harganya hampir 200k???????? apalah gw yg cuma pake rexona," tulis akun @ajengprillvers_31. "uwaw deodorantnya," timpal akun ikarhyyy mengomentari deodoran yang dipakai Prilly Latuconsina.

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ibu dan Anak di Sinetron, Ini 7 Potret Artis Amanda Manopo Bareng Fara Shakila

Posted: 05 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu sinetron yang kini masih menjadi perbincangan hangat ialah sinetron Ikatan Cinta. Selain alur cerita yang menarik, sinetron tersebut dimainkan oleh aktor dan aktris ternama seperti Amanda Manopo, Arya Saloka dan sederet selebriti lainnya. Masih tergolong sinetron baru, para penggemar setia menanti keberlanjutan tiap episodenya. 

Sosok yang tak kalah mencuri perhatian warganet ialah artis cilik Fara Shakila yang berperan sebagai Reyna. Dalam sinetron Ikatan Cinta, ia menjadi anak dari Amanda Manopo. Chemistry yang dibangun keduanya saat memerankan peran ibu dan anak itu berhasil membuat para penggemar gemas.

Saat berperan sebagai ibu dan anak, akting Amanda Manopo dan Fara Shakila tampak begitu totalitas. Keduanya terlihat kompak di berbagai kesempatan. Bahkan di luar syuting, mereka tampak selalu bersama. Meski belum menikah, kekasih Billy Syahputra ini disebut sudah cocok jadi ibu dari artis cilik Fara Shakila.

Hubungan keduanya tampak begitu akrab di balik layar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut potret kebersamaan Amanda Manopo dan Fara Shakila, Minggu (6/12/2020).

1. Berperan sebagai ibu dan anak, chemistry keduanya tak perlu diragukan lagi.

Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/  farashakila2015)
Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/ farashakila2015)

2. Di sela-sela istirahat syuting, Amanda Manopo dan Fara Shakila tampak selalu bersama.

Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/  farashakila2015)
Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/ farashakila2015)

3. Meski hanya berakting, keduanya tampak totalitas memerankan ibu dan anak.

Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/  farashakilaofficial04)
Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/ farashakilaofficial04)

4. Bak keluarga bahagia, Fara tak lupa mengabadikan momennya saat syuting bersama Amanda Manopo dan Arya Saloka

Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/aryasaloka_fc)
Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/aryasaloka_fc)

5. Momen kedekatan Amanda Manopo dan Fara Shakila, terlihat bak ibu kandung.

Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/destianaputri_012)
Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/destianaputri_012)

6. Meski belum menikah, wanita 21 ini sudah cocok jadi ibu muda saat menemani Fara Shakila.

Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/  farashakila2015)
Amanda Manopo dan Fara Shakila (Sumber: Instagram/ farashakila2015)

7. Untuk menghilangkan bosan menunggu syuting, begini momen saat Amanda Manopo main bareng Fara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Festival Olahraga Ekstrem Proryv Digelar di Moskow

Posted: 05 Dec 2020 09:30 PM PST

Sejumlah olahragawan yang mengendarai sepeda motor tampil dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)
Sejumlah olahragawan yang mengendarai sepeda motor tampil dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

Sejumlah olahragawan yang mengendarai sepeda motor tampil dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

Seorang olahragawan yang mengendarai sepeda motor tampil dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)
Seorang olahragawan yang mengendarai sepeda motor tampil dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

Seorang olahragawan yang mengendarai sepeda motor tampil dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

Sejumlah partisipan memamerkan atraksi dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)
Sejumlah partisipan memamerkan atraksi dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

Sejumlah partisipan memamerkan atraksi dalam festival olahraga ekstrem Proryv (Breakthrough) di Moskow, Rusia, pada 5 Desember 2020. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

Poster
Poster

Poster

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool vs Wolverhampton: Demi Terus Tempel Tottenham

Posted: 05 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akhirnya tampil di depan pendukung usai menjadi juara. Sebanyak 2.000 orang hadir saat pasukan Jurgen Klopp menghadapi Wolverhampton Wanderers di Anfield, Minggu (6/12/2020) atau Senin dini hari WIB.

Suporter Liga Inggris bisa datang ke stadion dan menyemangati langsung tim kesayangan menyusul pelonggaran peraturan pemerintah menghadapi pandemi Covid-19.

Kehadiran mereka pun bakal menambah semangat Jordan Henderson dan kawan-kawan untuk menaklukkan lawan. Terlebih Liverpool punya dua misi di partai nanti.

Klub Merseyside itu ingin memperpanjang rekor impresif di rumah sendiri. Mereka tercatat tidak pernah kalah dalam 64 laga terakhir di Anfield.

Dengan melakukannya, Liverpool ingin terus menempel Tottenham Hotspur yang memuncaki klasemen pada pekan ke-10. Sejauh ini The Reds hanya kalah produktivitas gol dari Spurs.

Perkiraan Pemain

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Liverpool (4-2-3-1): Kelleher; N Williams, Fabinho, Matip, Robertson; Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane; Jota

Wolverhampton Wanderers (4-2-3-1): Patricio; Semedo, Boly, Coady, Marcal; Dendoncker, Moutinho; Traore, Podence, Neto; Silva

5 Pertemuan Terakhir

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)
Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Waktu-Ajang-Laga-Skor

24/01/20 Liga Inggris Wolverhampton vs Liverpool 1-2

29/12/19 Liga Inggris Liverpool vs Wolverhampton 1-0

12/05/19 Liga Inggris Liverpool vs Wolverhampton 2-0

08/01/19 Piala FA Wolverhampton vs Liverpool 2-1

22/12/18 Liga Inggris Wolverhampton vs Liverpool 0-2

Saksikan Video Liga Inggris Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Daya Saing, Kemenperin Terapkan Industri Hijau dan Circular Economy

Posted: 05 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peningkatan produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19 saat ini.

Namun, upaya memacu kapasitas tersebut juga memerlukan inisiatif dalam menjaga lingkungan perusahaan, untuk itu perlu adanya penguasaan teknologi dan manajemen penanggulangan pencemaran industri.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dimana industri harus mengedepankan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan memberi manfaat bagi masyarakat.

Selaras dengan kebijakan tersebut, pada hari Jum'at, 4 Desember 2020, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) di Semarang sebagai salah satu unit satuan kerja di bawah Kementerian Perindustrian untuk melihat perannya dalam mendukung penerapan industri hijau.

Pada kesempatan tersebut, Sigit menyampaikan komitmen dari unit satuan kerja Kementerian Perindustrian dalam mewujudkan standar industri hijau.

"Kemenperin terus berkomitmen dalam mengedepankan aspek lingkungan pada industri. Untuk itu Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri didirikan pada tahun 1962 dengan tujuan untuk melayani masyarakat industri sekaligus sebagai problem solving dibidang jasa teknologi pencegahan pencemaran industri," kata Sigit, dikutip Minggu (6/12/2020).

Adapun upaya-upaya penerapan circular economy dalam pengelolaan industri akan terus didorong untuk menerapkan ekonomi berkelanjutan, misalnya melalui implementasi konsep 5R, yaitu Reduce, Reuse, Recycle, Recovery dan Repair. Dengan begitu, diharapkan material mentah dapat digunakan berkali-kali dalam berbagai daur hidup produk, sehinga ekstraksi bahan mentah dari alam bisa lebih efektif dan efisien.

"Selain itu, pendekatan circular economy juga akan mengurangi timbulan limbah yang dihasilkan, karena sebisa mungkin limbah yang dihasilkan akan diolah lagi menjadi produk dan sekaligus bisa memberi nilai tambah secara ekonomi," tutur Sigit.

Dalam kunjungan kerja tersebut, juga dilaksanakan penyerahan pekerjaan IPAL BBTPPI kepada 3 (tiga) industri serta penyerahan SPPT SNI kepada 10 (sepuluh) industri oleh Sekjen Kemenperin. Melalui penyerahan IPAL dan SPPT SNI tersebut, industri diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya sekaligus dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Selain itu dengan memiliki IPAL dan SPPT SNI, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar dan produktivitas industri, sehingga dapat berkontribusi bagi pertumbuhan PMI (Purchasing Management Index), khususnya pada sektor manufaktur.

Selanjutnya BBTPPI perlu membuat standar-standar IPAL untuk berbagai jenis kategori pada industri, sehingga dapat dijadikan rujukan oleh industri dalam pengolahan limbahnya.

"Perlu dipikirkan model IPAL untuk pengelolaan limbah Kawasan Industri tertentu, seperti di Batang akan ada Kawasan Industri Apparel seluas 400 Ha. Kemenperin melalui BPPI harus bisa merancang IPAL untuk pengolahan limbahnya yang sustainable. Dengan demikian, kasus citarum maupun bengawan solo tidak akan terulang," terang Sigit.

Pengembangan Inovasi Teknologi

Penggunaan robot di industri manufaktur (dok: Universal Robot)
Penggunaan robot di industri manufaktur (dok: Universal Robot)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Doddy Rahadi, mengamanatkan bahwa seluruh Satuan Kerja dibawah BSKJI harus aktif mengembangkan inovasi teknologi dalam penyelesaian permasalahan-permasalahan industri maupun meningkatkan daya saing.

"Satuan Kerja di lingkungan BPPI harus cepat berinovasi dan berkontribusi untuk mengantisipasi perkembangan kebutuhan industri, khususnya dalam meningkatkan daya saing serta mendukung kebijakan circular economy. Hal ini sejalan dengan penerapan konsep industri hijau yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian," kata Doddy.

Dalam kunjungan kerja tersebut turut hadir Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi Kementerian Perindustrian, Masrokhan. Dalam sambutannya, Masrokhan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri Semarang yang dinilai memiliki komitmen dalam melakukan program transformasi digital dibidang pencegahan pencemaran industri di instansinya.

"Sejak dicanangkan peta jalan Making Indonesia 4.0 pada tanggal 4 April 2018 secara nasional, unit satuan Kerja Kementerian Perindustrian terus berlomba dalam mengimplementasikan strategi penerapannya. Khususnya di BBTPPI Semarang saya melihat telah mengembangkan Digital Center Jasa Layanan, sistem pemantauan limbah berbasis IoT, serta inovasi-inovasi digital dibidang teknologi pencegahan pencemaran industri. Inovasi tersebut harus didukung karena telah terbukti meningkatkan daya saing industri serta mendukung circular economy," jelas Masrokhan.

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Jadwal dan Link Live Streaming MAMA 2020 di Vidio, Minggu 6 Desember 2020

Posted: 05 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mnet Asian Music Awards alias MAMA 2020 akan kembali digelar. Pada Minggu, (6/12/2020) ajang tahunan prestisius di jagat K-Pop ini dapat disaksikan melalui platform streaming Vidio pukul 16.00 WIB.

Berbeda dari sebelumnya, MAMA 2020 akan dihelat secara virtual akibat pandemi Covid-19 yang masih belum mereda. Ini merupakan pertama kalinya bagi festival musik yang hadir sejak 1999 tersebut.

Kendati demikian, MAMA 2020 akan tetap menyuguhkan hiburan berkelas seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Menandai hari jadinya yang ke-12, pihak penyelenggara mengusung tema New-Topia tahun ini.

Konsep tersebut diharapkan dapat membuat para penggemar K-Pop di seluruh dunia tetap dapat terhubung dengan musik.

Selebriti top seperti GOT7, IZ*ONE, Mamamoo, Monsta X, NCT, Seventeen, Tomorrow X Together, Treasure, Twice, hingga BTS akan memeriahkan MAMA 2020.

Song Joong Ki Kembali Jadi Host

Sebelum menikah dengan Song Hye Kyo, Song Joong Ki sempat bermain dalam film Battleship Island. Di film tersebut, ia mengeluarkan seluruh kemampuan aktingnya. (Foto: Soompi.com)
Sebelum menikah dengan Song Hye Kyo, Song Joong Ki sempat bermain dalam film Battleship Island. Di film tersebut, ia mengeluarkan seluruh kemampuan aktingnya. (Foto: Soompi.com)

Song Joong Ki akhirnya kembali memandu MAMA 2020. Ini bukan yang pertama bagi aktor 35 tahun itu. Sebelumnya, ia pernah menjadi pembawa acara di MAMA 2012, 2017, dan 2018.

Sementara Park Seo Joon, Lee Jung Jae, Uhm Jung Hwa, Im Soo Jung, dan sederet selebriti papan atas Korea Selatan lainnya juga akan hadir sebagai pembaca nominasi.

Nominasi MAMA 2020

MAMA 2020 tetap akan digelar meski terjadi pandemi. Simak bocoran keseruannya berikut ini.
MAMA 2020 tetap akan digelar meski terjadi pandemi. Simak bocoran keseruannya berikut ini.

Nominasi MAMA 2020 juga telah diumumkan kepada publik di penghujung Oktober lalu, tepatnya pada Kamis (29/10/2020). Voting telah ditutup pada 5 Desember 2020, yakni satu sebelum acara digelar.

Ada 18 kategori yang dinominasikan, mulai dari Song of the Year, Worldwide Fan Choice, Artist of the Year, hingga Best Collaboration. Karya yang masuk dalam penilaian adalah yang dirilis dalam rentang waktu 24 Oktober 2019 hingga 29 Oktober 2020. 

Link Live Streaming MAMA 2020 di Vidio

Minggu, 6 Desember 2020

Event: MAMA 2020

Pukul: 16.00 WIB

Live streaming: Vidio

Tak sabar ingin melihat penampilan para idol K-Pop? Jangan lewatkan live streaming MAMA 2020 yang dapat disaksikan melalui platform Vidio.

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Vidio dan langganan paket Premier Platinum untuk dapat menyaksikan tayangan berkualitas lainnya.

Khusus pengguna baru, pakai kode voucher VIDIODESEMBER dan dapatkan harga spesial Premier Platinum Rp 15 ribu untuk 30 hari.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Menteri Jadi Tersangka KPK, Muhammadiyah: Presiden Perlu Evaluasi Kinerja Menteri

Posted: 05 Dec 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang  menangkap beberapa pejabat negara dalam beberapa hari terakhir. Dua diantaranya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, serta yang terbaru, Menteri Sosial Juliari Batubara.

"Setelah selama satu tahun bekerja, KPK yang sejak awal pembentukan diragukan kemandirian dan keberaniannya mulai menunjukkan kinerja yang memberikan harapan kepada masyarakat," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti dikutip dati akun Facebook-nya, Minggu (6/12/2020).

Mu'ti menyatakan, OTT dua menteri Kabinet Jokowi merupakan pembuktian bahwa KPK adalah lembaga yang mandiri dan tidak bisa didikte oleh berbagai kepentingan baik Presiden maupun partai politik. Publik, kata dia, menunggu gebrakan KPK berikutnya.

"Ada sinyalemen di masyarakat, kementerian lain juga bisa tercium semerbak korupsi," sambungnya.

Dia menambahkan, kasus dua menteri Kabinet Indonesia Maju yang menjadi tersangka memiliki dua makna. Pertama, keterbukaan dan pembuktian Presiden yang tidak melindungi siapapun yang terbukti bersalah.

"Kedua, Presiden perlu melakukan evaluasi dan langkah serius terhadap integritas dan kinerja para menteri," ujarnya.

Beban Rakyat

Mu'ti menambahkan, dalam satu tahun pemerintahan, menurut penilaian publik terdapat menteri yang kinerjanya di bawah standar, mis-match, dan di antaranya under capacity, jabatan menteri terkait langsung dengan pelayanan dan pertanggungjawaban publik bagi kepentingan rakyat.

"Kasihan nasib rakyat yang semakin berat beban, baik karena pandemi, maupun berbagai persoalan hidup mereka karena negara tidak sungguh-sungguh hadir memecahkan masalah dan mengangkat nasib mayoritas rakyat bawah. Posisi di pemerintahan melekat dengan kewajiban konstitusi dan hajat hidup rakyat yang harus dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toples Kekhawatiran, Cara Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Meredam Tekanan

Posted: 05 Dec 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Orangtua dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) acap kali merasa khawatir tentang perkembangan anaknya. Kekhawatiran itu biasanya terkait dengan bagaimana kehidupan anaknya di masa depan dan kekhawatiran lainnya.

Berbagai kekhawatiran yang menumpuk dalam benak orangtua akan menimbulkan masalah tekanan mental tersendiri jika tidak ditangani dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredam kekhawatiran itu adalah dengan meluapkan kekhawatiran dengan metode yang disebut "Toples Kekhawatiran."

Menurut praktisi terapi bermain untuk ABK, Grace Melia, toples kekhawatiran dapat dibuat dengan menggunakan alat-alat sederhana yaitu pensil dan kertas putih saja.

"Saya ajak teman-teman gambar toples di atas kertas, terus anggaplah toples itu sebagai tempat kita menulis dan membuang kekhawatiran kita," ujar Grace dalam webinar Konekin, ditulis pada Sabtu (5/12/2020).

Toples tersebut berfungsi sebagai tempat sampah untuk membuang kekhawatiran. Jadi orangtua tahu bahwa kekhawatirannya sudah berada di tempat lain bukan di kepalanya lagi.

Tentukan Satu Waktu

Ia menambahkan, kekhawatiran yang dituliskan adalah kekhawatiran yang benar-benar dirasakan, seperti khawatir tentang komunikasi anak di masa depan, khawatir bagaimana sekolah anak, pekerjaannya, kemandiriannya, dan lain-lain.

"Tapi ingat, kita hanya boleh menulis kekhawatiran itu satu hari satu kali saja. Jadi jika kita sudah mengisi toples di pagi hari, kalau masih ada kekhawatiran kita harus tunggu besok pagi lagi untuk menuliskan."

Hal ini dilakukan supaya melatih orangtua dalam mengelola kekhawatiran, kata Grace.

"Karena kalau kita tidak mengelola kekhawatiran, lama-lama kita habis sendiri. Habis energi kita, habis pikiran kita untuk merasakan kekhawatiran itu."

Jika kekhawatiran tidak dikelola dengan baik maka pikiran-pikiran tersebut akan berdampak pada fisik. Dapat berupa pusing, jantung berdebar-debar, dan gejala lainnya.

Penulisan kekhawatiran pun lebih baik dilakukan langsung dengan tulisan tangan agar pelepasan kekhawatiran terasa lebih nyata, tutup Grace.

 

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemensos Buka Pintu Lebar untuk KPK Usut Kasus Korupsi Bansos

Posted: 05 Dec 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai tersangka kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

KPK sudah menetapkan lima orang tersangka. Lima orang tersangka antara lain, tiga orang diduga penerima yakni Menteri Sosial Juliari P Batubara, Matheus Joko Santoso sebagai pejabat pembuat komitmen di Kemensos dan Adi Wahyono. Dua orang lainnya sebagai pemberi yakni Ardian IM dan Harry Sidabuke. Keduanya dari pihak swasta.

Kendati begitu, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan akan bekerjasama dan membuka akses penuh kepada KPK agar proses penanganan kasus korupsi bansos di lingkungan Kementerian Sosial bisa terselesaikan.

"Kami akan bekerja sama dan membuka akses penuh terhadap berbagai informasi yang diperlukan guna proses hukum yang sudah berjalan. Hal ini tentu sebagai bentuk keseriusan kami dan dukungan penuh Kementerian sosial dalam upaya untuk pemberantasan korupsi," kata Hartono dalam Konferensi Pers: Sekretaris Jenderal Kemensos, Minggu (6/12/2020).

Selanjutnya, Hartono mengatakan selain prihatin dan sangat terpukul atas kejadian yang menimpa Kementerian Sosial. Pihaknya akan terus berupaya untuk terus bekerja keras melaksanakan tugas khususnya dalam menyalurkan bansos di tengah pandemi covid-19.

"Hampir 9 bulan terakhir ini kami dan jajaran Kementerian sosial seluruh para Dirjen Kepala Badan tentu inspektur jenderal tanpa mengenal lelah untuk memastikan bansos tersalurkan atau disalurkan secara cepat, dan kemudian secara tepat sasaran dan kami berusaha terus mematuhi prinsip prinsip akuntabilitas," jelasnya.

 

Selesaikan Bansos

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyalurkan langsung Bantuan Sosial Sembako (BSS) ke warga di tiga titik di wilayah DKI Jakarta.
Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyalurkan langsung Bantuan Sosial Sembako (BSS) ke warga di tiga titik di wilayah DKI Jakarta.

Sebelumnya, kata Hartono pihaknya telah meminta aparat pengawasan dari pemerintah baik yang ada di Kementerian Sosial yaitu Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial maupun Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan juga aparat penegak hukum untuk melakukan pendampingan, pengawalan, dan pengawasan atas pengelolaan anggaran bantuan sosial.

"Karena kami mengelola anggaran 2020 sangat besar kami bekerja sama meminta pengawas pendampingan maupun aparat penegak hukum," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya beserta seluruh jajaran di Kementerian sosial akan terus bekerja keras untuk melaksanakan dan menyelesaikan program-program, baik program reguler dan program yang secara khusus atau non reguler dari sisa kegiatan Kemensos di tahun 2020.

Adapun dalam OTT ini, KPK menemukan pecahan mata uang rupiah dan asing. Yakni Rp 11,9 miliar, USD 171,085 dan 23.000 dolar Singapura, yang diperoleh dari 5 tersangka kasus korupsi Bansos.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi soal Menteri Korupsi: Hati-Hati Gunakan APBD-APBN, Itu Uang Rakyat

Posted: 05 Dec 2020 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku telah mengingatkan kepada menteri dan pejabat di Kabinet Indonesia Maju untuk tidak korupsi. Bahkan, kata dia, peringatan itu disampaikannya sejak awal pelantikan. 

"Saya menyampaikan, sudah sejak awal kepada menteri Kabinet Indonesia Maju jangan korupsi. Sudah sejak awal," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, (6/12/2020).

Tak hanya kepada menteri, dia pun mengaku telah mengingatkan seluruh pejabat negara untuk berhati-hati menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta APBN.

"Saya mengingatkan ke semua pejabat negara, baik itu menteri, gubernur, wali kota, bupati, semua pejabat untuk hati-hati dalam menggunakan uang APBD kabupaten, kota, provinsi dan APBN. Itu uang rakyat," tutur Jokowi.

 

Tak Akan Lindungi

Presiden Jokowi mengatakan menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK terkait penetapan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka. Hal tersebut disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (6/12/2020).

"Kita hormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK dan perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi!" kata Presiden Jokowi.

 

Presiden juga menegaskan tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional," ucap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Juliari Batubara Tersangka Korupsi Bansos Covid-19, Warganet Tagih Janji Hukum Mati ke KPK

Posted: 05 Dec 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mensos Juliari Batubara resmi ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi bansos Covid-19 oleh KPK. Berita mengenai mensos sontak menjadi sorotan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, Minggu (6/12/2020), lini masa Twitter diramaikan dengan berbagai respons warganet mengenai kasus dugaan korupsi bansos Covid-19 yang menyeret nama Mensos Juliari Batubara.

Banyak warganet mengingatkan bahkan menagih janji ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan menjerat koruptor anggaran penanganan pandemi Covid-19 dituntut dengan hukuman mati.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa korupsi terkait dana bansos COVID-19, bisa dituntut hukuman mati.

"Jangan pernah berpikir, coba-coba atau berani korupsi dana bansos," kata Firli.

"KPK pasti akan mengambil opsi tuntutan hukuman mati seperti tertuang pada ayat 2 pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang berbunyi dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan," tambahnya.

Firli mengatakan, pandemi Covid-19 memenuhi unsur "dalam keadaan tertentu" sesuai sesuai ayat 2 pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Warganet Tagih Janji

Hingga kini lini masa Twitter diramaikan dengan komentar warganet yang menagih janji Ketua KPK Firli Bahuri yang menghukum mati koruptor bansos Covid-19.

"Ayoo kpk ktanya yg korupsi dana covid d hukum mati, tepatin janji janji mu di depan rakyat indonesia @KPK_RI Bansos Mensos PDIP," kata akun @helmiiazis.

"Sesuai janji KPK siapa yg berani korupsi dana bansos wajib mati!!! Kita lihat bagaimana hasilnya hukum dinegara kita dipertaruhkan?! #HukumMati #Mensos," tulis akun @Bram00859408.

"Jendral mestinya pantang tidak menepati janji," sahut akun @QomaruddinHasan.

"Jokowi janji menggigit keras, sdh kelewatan nih mensos klu sdh terbukti hukum mati sajalah," komentar akun @paido_tk.

"MENAGIH JANJI! Korupsi bansos COVID19 diHUKUM MATI!" kata akun @vitta.dewi.

"Tunaikan hukuman mati!!!" sahut akun @ovalia_sugito.

Saking banyaknya perbincangan mengenai Mensos Juliari Batubara yang menjadi tersangka korupsi bansos Covid-19, kata kunci Mensos pun berada di jajaran trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia.

Ketua KPK Sudah Mengingatkan Agar Tak Bermain dengan Dana Bansos

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri menyebut pihaknya sudah mendeteksi tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial (bansos) sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"KPK sudah mendeteksi adanya korupsi sejak awal pandemi, dan betul hari ini kita bisa mengungkap terjadi tindak pidana korupsi di dalam hal pengadaan barang dan jasa terkait bantuan sosial," ujar Firli di Gedung Penunjang KPK, Minggu (6/12/2020).

Firli menyebut, KPK sudah beberapa kali mengingatkan agar tak bermain-main dengan dana bansos. Bahkan, Firli sempat menyebut jika ada ancaman mati bagi pihak yang berani menyalahgunakan dana bansos.

"Sejak awal KPK, sejak pandemi Covid-19 itu melanda Indonesia, tentu pemerintah sangat concern terhadap penyelamatan jiwa manusia, makanya langkah penyelamatan tersebut digelontorkan oleh pemerintah," kata Firli.

KPK sendiri setidaknya telah telah tiga kali menerbitkan surat edaran mengimbau Pemerintah untuk bersikap transparan dalam penggunaan anggaran terkait Covid-19.

"Melalui 3 surat edaran KPK mengimbau kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah agar transparan dengan mempublikasikan kepada masyarakat terkait realokasi dan penggunaan anggaran dalam penanganan Covid-19, penyelenggaraan bantuan sosial (bansos), pengadaan barang dan jasa, hingga pengelolaan hibah dari masyarakat," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Jumat (14/8/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Sejumlah Wilayah di Kota Pahlawan Banjir Akibat Hujan Deras pada 5 Desember

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Surabaya, Jawa Timur terendam banjir karena hujan deras pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, Irvan Widyanto menuturkan, hujan deras yang terjadi sebabkan genangan di Rungkut, Tenggilis, Mejoyo, Gayungan dan Dukuh Pakis. "Sebagian timur dan selatan (wilayah Surabaya-red)," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Ia menambahkan, hujan cukup lebat disertai sedikit angin pada Sabtu, 5 Desember 2020. "Hari ini belum bisa dikatakan ekstrem," ujar dia.

Artikel hujan lebat, wilayah di Surabaya ini terendam banjir menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu, (6/12/2020):

1.Hujan Lebat, Wilayah di Surabaya Ini Terendam Banjir

Sejumlah wilayah di Surabaya, Jawa Timur terendam banjir karena hujan deras pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, Irvan Widyanto menuturkan, hujan deras yang terjadi sebabkan genangan di Rungkut, Tenggilis, Mejoyo, Gayungan dan Dukuh Pakis. "Sebagian timur dan selatan (wilayah Surabaya-red)," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Ia menambahkan, hujan cukup lebat disertai sedikit angin pada Sabtu, 5 Desember 2020. "Hari ini belum bisa dikatakan ekstrem," ujar dia.

Berita selengkapnya baca di sini

2.4 Hal Terkait Warga di Gresik Terpaksa Bawa Jenazah Melalui Sungai

Media sosial diramaikan video yang menunjukkan warga mengantarkan jenazah melalui sungai karena tidak ada jembatan. Hal itu terjadi di Dusun Gorenkanlor, Desa Cermenlerek, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jenazah yang ada di dalam video yang ramai di media sosial adalah Nenek Kasti yang juga warga Kedamean, Gresik, Jawa Timur. Ia tutup usia karena sakit pada Rabu, 2 Desember 2020.

Kejadian tersebut disesalkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Apalagi kejadian jenazah yang diseberangkan melalui sungai pernah terjadi pada 2019. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Gresik Reza Pahlevi menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Nenek Kasti Warga Dusun Gorekanlor, Desa Cermenlerek, Kecamatan Kedamean Gresik, Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 4 Desember 2020

 Pasien positif Corona COVID-19 bertambah 31 orang di Surabaya, Jawa Timur. Total kasus positif COVID-19 di Jawa Timur mencapai  17.044 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 32 orang menjadi 15.755 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah satu orang menjadi 1.214.

Secara persentase konfirmasi COVID-19 per 4 Desember 2020 dengan rincian konfirmasi pasien sembuh mencapai 92,44 persen atau setara 15.755, konfirmasi meninggal 1.214 atau setara 7,12 persen dan konfirmasi dalam perawatan sebanyak 75 atau setara 0,44 persen. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Sabtu, 5 Desember 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Gejala Penyakit Jantung Secara Umum, Tak Boleh Diabaikan

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit jantung perlu diwaspadai sedini mungkin. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit jantung adalah sebutan untuk beberapa kondisi abnormal pada jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung bisa meliputi penyakit arteri korona, penyakit arteri periferal, aritmia, penyakit katup jantung, dan penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bisa dialami siapa saja baik tua, muda, wanita, pria, dan ras apapun. Gejala penyakit jantung terkadang kerap diabaikan. 

Ada serangkaian gejala penyakit jantung yang biasanya bisa dirasakan. Gejala penyakit jantung ini bisa muncul mulai dari fase awal hingga fase kronis. Jika Anda berisiko terkena penyakit jantung, penting mengenali gejala penyakit jantung.

Jenis penyakit jantung yang berbeda dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit jantung yang berbeda pula. Namun, ada sejumlah gejala penyakit jantung secara umum yang bisa dikenali.

Berikut gejala penyakit jantung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(6/12/2020).

Gejala penyakit jantung

Sumber: Freepik
Sumber: Freepik

Nyeri dada

Kebanyakan orang yang memiliki masalah jantung mengalami semacam nyeri dada atau ketidaknyamanan. Nyeri dada adalah tanda umum serangan jantung. Nyeri juga bisa berupa sesak dada atau merasa seperti diremas.

Terkadang ketidaknyamanan ini bisa terlihat buruk selama beberapa menit dan kemudian hilang. Kadang pula rasa tidak nyaman datang kembali berjam-jam atau bahkan sehari kemudian. Ini semua bisa menjadi pertanda otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen.

Sesak napas

Sesak napas adalah salah satu gejala penyakit jantung secara umum. Ini karena pernapasan dan jantung memompa darah secara terkait. Jantung memompa darah sehingga dapat bersirkulasi ke jaringan serta mendapatkan oksigen dari paru-paru. Jika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, seseorang bisa merasa sesak napas.

Gejala penyakit jantung

Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)

Rasa nyeri menjalar ke bagian lain

Rasa sakit dan sesak juga dapat menjalar di area lain dari tubuh. Kebanyakan orang mengaitkan serangan jantung dengan rasa sakit yang turun di lengan kiri. Itu bisa terjadi, tetapi rasa sakit juga bisa muncul di lokasi lain, termasuk perut atas, bahu, punggung, leher, gigi atau rahang.

Berkeringat tanpa sebab

Berkeringat lebih dari biasanya terutama jika tidak berolahraga atau aktif bisa menjadi tanda peringatan dini masalah jantung. Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak upaya dari jantung. Ini membuat tubuh lebih berkeringat untuk menjaga suhu tubuh selama menghasilkan tenaga ekstra. Jika mengalami keringat dingin atau kulit lembab sepanjang hari, segera hubungi dokter.

Gejala penyakit jantung

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash

Kelelahan

Jika tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, ini bisa menjadi tanda adanya masalah jantung.

Kelelahan yang ekstrim atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

Kaki bengkak

Kaki bengkak bisa jadipertanda bahwa jantung tidak memompa darah seefektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, yang dapat menyebabkan bengkak.

Gejala penyakit jantung

Ilustrasi kesehatan jantung (sumber: pixabay)
Ilustrasi kesehatan jantung (sumber: pixabay)

Jantung berdebar

Jantung berdebar dapat berkisar dari merasa seperti jantung berdetak kencang hingga mengalami perubahan irama jantung yang bisa terasa seperti jantung berdebar-debar.

Irama jantung tidak normal

Jantung dan tubuh mengandalkan detak yang konsisten dan mantap untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Jika irama keluar dari ritme, ini bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Jika Anda merasa jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, beri tahu dokter segera.

Perubahan ritme jantung tidak boleh diabaikan, karena begitu jantung secara konsisten keluar dari ritme, itu memerlukan intervensi medis untuk kembali ke ritme. Jika jantung berdebar disertai pusing, tekanan dada, nyeri dada, atau pingsan, itu bisa menjadi konfirmasi bahwa serangan jantung sedang terjadi.

Gejala penyakit jantung

ilustrasi sakit kepala/pexels
ilustrasi sakit kepala/pexels

Sakit kepala, pusing atau pening

Sakit kepala ringan dan pusing dapat terjadi seringkali merupakan gejala penyakit jantung. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka merasa akan pingsan jika mereka mencoba berdiri atau memaksakan diri. Sensasi ini tentu bukan perasaan yang normal dan tidak boleh diabaikan jika mengalaminya.

Sakit Tenggorokan atau Rahang

Dengan sendirinya, sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar, ini disebabkan oleh masalah otot, flu, atau masalah sinus. Namun jika Anda mengalami nyeri atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar hingga ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda masalah jantung bahkan serangan jantung.

Gejala penyakit jantung

ilustrasi tidur/pexels
ilustrasi tidur/pexels

Mendengkur

Mendengkur sedikit adalah hal yang wajar saat tidur. Tapi dengkuran yang luar biasa keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea. Sleep apnea memberi tekanan ekstra pada jantung. Kondisi ini kerap dikaitkan dengan gejala penyakit jantung.

Batuk yang tak kunjung sembuh

Dalam banyak kasus, ini bukanlah pertanda masalah jantung. Tetapi jika Anda menderita penyakit jantung atau tahu adanya risiko, perhatikan kemungkinannya.

Jika Anda mengalami batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi permintaan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Pemain Tottenham vs Arsenal di Liga Inggris: Gelisah Menanti Harry Kane

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur berkeringat menunggu kabar kondisi striker andalan Harry Kane pada duel Liga Inggris melawan Arsenal, Minggu (6/12/2020). Di luar itu, tuan rumah tidak memiliki kekhawatiran besar.

Kane terkena cedera otot sehingga absen saat Tottenham menghadapi LASK di Liga Europa pada pertengahan pekan.

Meski manajer Jose Mourinho yakin anak asuhnya bakal fit, Kane tetap perlu lolos pemeriksaan akhir dulu untuk bermain.

Selain Kane, tanda tanya juga muncul terkait kondisi Toby Alderweireld, Sergio Reguilon, dan Carlos Vinicius. Sementara Erik Lamela pasti absen.

Di kubu lawan, Pablo Mari dan Calum Chambers kembali tampil usai lama absen. Thomas Partey juga dilaporkan sudah berlatih.

Satu-satunya nama yang pasti menghilang di kubu Arsenal adalah Nicolas Pepe. Dia menjalani sanksi disiplin usai terkena kartu merah.

Perkiraan Pemain

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Aurier, Alderweireld, Dier, Reguilon; Sissoko, Hojbjerg; Son, Ndombele, Bergwijn; Kane

Arsenal (3-4-3): Leno; Holding, Gabriel, Tierney; Bellerin, Ceballos, Elneny, Saka; Willian, Lacazette, Aubameyang

5 Pertemuan Terakhir

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Waktu-Ajang-Laga-Skor

12/07/20 Liga Inggris Tottenham vs Arsenal 2-1

01/09/19 Liga Inggris Arsenal vs Tottenham 2-2

02/03/19 Liga Inggris Tottenham vs Arsenal 1-1

20/12/18 Piala Liga Inggris Arsenal vs Tottenham 0-2

02/12/18 Liga Inggris Arsenal vs Tottenham 4-2

 

Saksikan Video Liga Inggris Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gitanjali Rao, Pembesut Aplikasi Anti Cyber Bullying Jadi Kid of The Year Majalah Time di Usia 15 Tahun

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gadis 15 tahun Gitanjali Rao dinobatkan menjadi Kid of The Year versi Majalah Time. Gitanjali Rao merupakan seorang ilmuwan sekaligus inovator cilik yang menggunakan teknologi untuk melawan berbagai isu seperti kontaminasi air bersih, kecanduan obat, hingga cyber bullying.

Gitanjali Rao juga ingin membentuk komunitas global inovator muda untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di dunia, menggunakan teknologi.

Dalam wawancara bersama Angelina Jolie, Gitanjali Rao mengatakan, kecintaannya pada sains bermula dari keinginannya membuat orang lain bahagia. Hal itu kemudian berkembang menjadi bagaimana membawa hal positif bagi lingkungan tempat tinggalnya.

"Saya mulai berpikir bagaimana kita bisa menggunakan sains dan teknologi untuk membuat perubahan," kata Gitanjali Rao, dikutip dari Time, Minggu (6/12/2020).

Hal pertama yang ingin diteliti oleh Gitanjali adalah molekul silinder yang terbuat dari atom karbon yang sensitif terhadap perubahan kimia. Salah satu kegunaannya adalah bisa mendeteksi bahan kimia di dalam air.

Gitanjali Rao kemudian bercerita mengenai inovasi terbarunya, yakni sebuah layanan untuk membantu mencegah cyber-bullying.

Menurut Gitanjali Rao, layanan tersebut adalah sebuah aplikasi dan ekstensi Chrome bernama Kindly. Aplikasi tersebut mampu mendeteksi gejala awal perundungan siber. Aplikasi ini berbasis teknologi kecerdasan buatan.

Gunakan Teknologi AI

Gitanjali Rao, bocah sekolah yang meraih penghargaan America's top young scientist atau ilmuwan muda top AS. (discoveryeducation.com)
Gitanjali Rao, bocah sekolah yang meraih penghargaan America's top young scientist atau ilmuwan muda top AS. (discoveryeducation.com)

"Saya mulai membuat kode dalam beberapa kata yang dianggap sebagai perundungan. Lalu, mesin mengambil kata-kata itu dan mengidentifikasi serupa," kata Gitanjali Rao.

Ia melanjutkan, ketika pengguna mengetik kata atau frasa dan mesin mengenalinya sebagai kata yang berpotensi ke cyber bullying, mesin akan memberikan opsi bagi pengguna untuk mengubahnya.

"Tujuannya bukan untuk menghukum. Sebagai remaja saya tahu remaja terkadang ingin mengamuk. Mesin ini memberi kesempatan untuk memikirkan kembali apa yang ingin kita katakan, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan di lain waktu," tuturnya.

Melalui penelusuran, aplikasi Kindly tersedia di Google Play. Aplikasi ini kemudian dipasang pada smartphone remaja.

Alih-alih merasa diawasi, menurut Gitanjali Rao, aplikasi ini justru memberikan kesempatan bagi para remaja untuk belajar dari kesalahan mereka.

Gitanjali Rao pun berbicara bahwa siapapun bisa menjadi ilmuwan. "Aneh bagi saya bahwa banyak orang menetapkan peran dari jenis kelamin, usia, atau warna kulit. Tujuan saya tidak hanya membuat perangkat untuk memecahkan masalah tetapi menginsipirasi orang lain melakukan hal yang sama," katanya.

Siapapun Bisa Jadi Ilmuwan dan Inovator

Gitanjali Rao menekankan, jika dirinya bisa maka orang lain juga bisa melakukan hal yang sama.

Gadis yang juga hobi membuat kue ini memiliki sebuah sesi inovasi, yakni sesi berbagi pengalaman dengan banyak orang lainnya.

Pada sesi ini, Gitanjali Rao mengajak orang lain untuk mengamati, bertukar pikiran meneliti, membangun, dan mengkomunikasikan penelitian atau inovasi apa yang tengah dibuat.

Kini, Gitanjali Rao juga bermitra dengan sekolah pedesaan dan anak perempuan di organisasi STEM dan museum seluruh dunia. Ia juga bekerja sama dengan organisasi yang lebih besar seperti grup Shanghai International Youth Science and Technology group and the Royal Academy of Engineering di London dan menjalankan workshop mengenai inovasi.

Menurutnya, total sudah ada 30.000 siswa yang dimentorinya dalam hal inovasi dan teknologi.

Deteksi Parasit di Dalam Air

Ilustrasi air, sungai. (Sumber: Unsplash)
Ilustrasi air, sungai. (Sumber: Unsplash)

Gitanjali Rao juga tengah mengerjakan upaya untuk mendeteksi bio-kontaminan atau sejenis parasit di air. Ia berharap apa yang dikerjakannya bisa membantu orang-orang di negara berkembang untuk mendeteksi kebersihan air.

Tidak hanya itu, dia juga mengerjakan produk yang membantu mendiagnosis kecanduan opioid berdasarkan produksi protein dari gen reseptor opioid. Karena ketertarikannya, Gitanjali Rao mengaku ingin mempelajari lebih lanjut mengenai genetika.

Gadis yang suka membaca berita pop-culture dari MIT Tech Review. Dari sanalah ia mengaku mendapat banyak inspirasi mengenai inovasi teknologi.

Di tengah karantina akibat pandemi Covid-19, Gitanjali Rao juga mengaku senang membuat kue.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Cinta: Penuh Ujian

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Cinta periode 5 - 11 Desember 2020 selengkapnya

5 of Wands

Hasrat dan gairah yang besar menghasilkan energi besar yang bisa menguntungkan namun bisa juga menghancurkan. Kartu tarot 5 of Wands menyarankan adanya kebijakan mengelola energi supaya tidak terjadi "kebakaran" ke depannya.

Kehidupan cintamu dalam minggu ini penuh ujian. Potensi konflik cukup besar. Jaga selalu kesadaran supaya tidak terjadi kehilangan yang lebih besar.

Jomlo

Berdamailah dengan dirimu. Sadari setiap perbuatan dan kesalahan supaya bisa lebih dewasa.

PDKT

Tidak untuk memaksakan diri. Jalani prosesmu dengan sabar dan penuh pemahaman.

 

 

Pacaran dan Menikah

Pacaran

Potensi konflik yang cukup besar. Kendalikan emosimu! Bicarakan masalahmu dengan komunikasi yang baik, jaga pikiran dan hatimu.

Menikah

Dibutuhkan energi yang cukup besar untuk mengatasi masalah yang hadir dalam minggu ini. Kerjasamalah dengan pasangan.

Saran Cinta

Tarot 3 of Cups
Tarot 3 of Cups

3 of Cups

Bahagia berasal dari hati. Kendalikan emosi dan pikiran. Jangan sampai lingkungan sekitar memicu konflik. Cobalah memahami pasangan dengan lebih baik. Melihatlah dari sudut pandangnya juga supaya lebih bisa tercipta keharmonisan.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19 Jadi Peluang Pauline Angelia Buka Bisnis Cemilan Sehat

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona covid-19 memang membawa musibah, tapi juga mendatangkan peluang dan kesempatan. Salah satunya Pauline Angelia (21) perempuan asal Tangerang yang memilih untuk menjual cemilan vegan yang nikmat, affordable, dan juga sustainable, dengan brand "Vegan Basket".

"Saya mulai Vegan Basket ini waktu pandemi kira-kira Juli 2020, pertama kali buat ini berawal dari saya sendiri, karena suka ada penyakit masalah pencernaan dan setelah coba diet vegan itu ternyata lebih membantu masalah pencernaan saya," kata Pauline kepada Liputan6.com, Minggu (6/12/2020).

Pauline bercerita ia sempat kesulitan mencari cemilan sehat untuk yang vegan, selain itu meskipun ada harganya terhitung cukup mahal. Oleh karena itu ia berusaha membuatnya sendiri dan akhirnya berhasil membuat resep yang tidak hanya cocok untuk vegan tapi yang non vegan juga menyukainya.

Dirinya memulai usaha dengan modal Rp 10 juta untuk membuat vegan mini muffins, loaves, dan cookies. Dengan range harga Rp 30.000 hingga 55.000, hal ini membuktikan kalau enak tidak selalu mahal.

"Vegan Basket juga ingin menjadi bagian dari solusi, maka itu selain menyajikan snack vegan yang sehat dan nikmat, kami hadir sebagai bisnis lokal yang sustainable dengan gerakan plastic-free," ujarnya.

Tak hanya menjual secara online, Vegan Basket juga bisa dibeli di Everplate. Dirinya bekerjasama dengan Green Grills dengan menitipkan Vegan Basket buatannya. Sehingga ia tidak perlu membayar sewa, melainkan dirinya membagi hasil dari penjualan vegan basket dengan Green Girls.

Saat ini Vegan Basket banyak di pesan di daerah Jakarta dan Tangerang, namun Pauline juga pernah menerima pesanan dari Karawang. Namun yang dipesan terbatas pada cookies yang kering saja agar lebih tahan lama dibanding vegan basket varian yang basah.

Pauline menjelaskan Vegan Basket buatannya 100 persen terbuat dari tumbuhan. Ia menegaskan tidak memakai susu, butter, dan telur. Jika dibandingkan dengan cemilan vegan lainnya mereka mengganti mentega dengan margarin.

"Kalau kita alternatifnya tidak pakai margarin dan tidak pakai pengawet, kita juga tidak pakai pewarna dan perasa buatan," ujarnya.

Hal itu bertujuan agar orang yang non vegan bisa menikmati Vegan Basket buatannya. Menurut Pauline tidak semua makanan vegan itu hambar dan tidak enak apalagi mahal, hal itu dibuktikan dengan vegan basketnya yang murah dan enak.

"Banyak yang bilang mahal, jadi saya buatnya dengan bahan yang premium tapi harganya murah. Untuk orang yang non vegan juga bisa enjoy, karena testimoni dari pelanggan bilang teksturnya mirip dengan yang non vegan dan lainnya tidak terasa tepungnya," jelasnya.

Lanjutnya, untuk omzet sendiri dalam seminggu ia mampu menghasilkan Rp 1 juta sudah termasuk penjualan yang Pre Order untuk Muffins dan Loaves. Sedangkan dalam sebulan ia bisa menghasilkan hingga Rp 4 juta per bulan.

Untuk varian Vegan basketnya ada cookies vegan vanilla almond dan choco chips cookies. Sementara untuk varian muffins dan Loaves ada varian banana, strawberry, dan chocolate. Hanya saja yang paling best seller adalah chocochips cookies dan banana muffins.

 

Give Away

Meskipun penjualan masih belum stabil karena adanya pandemi, Pauline mengaku terus mendorong dalam sisi marketingnya dengan meningkatkan iklan promosi dan mengadakan give away yang bertujuan agar produknya lebih dikenal publik.

"Kita saat ini kencengin di iklan promosi, karena kita percaya produknya emang suka dan bagus pasti kedepannya juga dilancarkan, terutama dari marketingnya bagaimana orang bisa tahu produk kita. Saat ini okusin ke marketingnya, terakhir kita mengadakan giveaway," ujarnya.

Perempuan asal Tangerang ini belum berpikir untuk memiliki toko offline, karena dirinya ingin memfokuskan berjualan secara online. Lantaran ia berpikir usaha online saat ini sedang berkembang pesat, maka dari itu Pauline memanfaatkan peluang tersebut.

Namun jika dirinya berkesempatan mendapatkan free pemakaian kitchen dari Everplate, tentu saja kesempatan itu akan ia manfaatkan sebaik mungkin.

"Tertarik, saya selama Kerjasama dengan everplate, dari sistemnya dan dapurnya memang menarik sekali, kalau dikasih kesempatan untuk mencoba di everolate kita akan lakukan," katanya.

Demikian Pauline berpesan kepada generasi cuan, dalam berbisnis itu tidak gampang dan juga sulit yang terpenting ada kemauan dan percaya dengan jasa atau produk yang dijual. Jika memang bagus maka lanjutkan hingga berhasil.

"Asal kita percaya dengan produk kita dan pantang menyerah pasti bisa akhirnya untuk sukses," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Covid-19 Kota Bandung Perketat Pengawasan Kegiatan Masyarakat, Apa Saja?

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M. Danial menginstruksikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meningkatkan pengawasan selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional. Pengawasan dilakukan untuk mencegah kerumunan warga yang berpotensi memudahkan penyebaran virus corona.

Selain pengawasan, Oded juga meminta Satgas Covid-19 dari tingkat kota sampai ke level kelurahan agar tak segan menindak pelanggaran. Menurutnya, kedisiplinan dalam protokol kesehatan sudah tidak bisa ditawar lagi.

"Kalau satgas sekarang tetap berjalan, bidang-bidang tetap evaluasi dan ke lapangan. Bahkan lebih ditingkatkan lagi utamanya dari sisi disiplinnya," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (5/12/2020).

Oded mengatakan, mulai pekan ini pembatasan di sejumlah sektor kembali berlaku di Kota Bandung sebagai tanggapan penanganan atas level kewasadaan yang memasuki zona merah. Aturan PSBB proporsional terbaru ini tertera melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 73 Tahun 2020.

Oded menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk menutup sejumlah ruas jalan. Seperti beberapa hari lalu, penutupan sudah diawali di Jalan Dipati Ukur yang kerap terjadi kerumunan.

"Jalan-jalan yang kemarin pernah ditutup akan ditutup kembali. Kemarin juga saya sudah instruksikan kepada Pak Wakil dan Pak Sekda untuk menutup di Dipati Ukur karena di situ terlalu bermasalah kerumunan orang tidak terkendali," ungkapnya.

Di masa PSBB proporsional kali ini, Oded kembali membatasi beberapa aktivitas di sejumlah tempat. Seperti mal, toko modern, kafe, restoran, tempat ibadah, tempat wisata, gedung pertemuan dan beberapa acara kemasyarakatan lainnya.

"Di antaranya, aktivitas ekonomi yang sebelumnya kapasitas 50 persen sekarang menjadi 30 persen. Batas operasional yang tadinya pukul 21.00 WIB sekarang menjadi pukul 20.00 WIB," ujarnya.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iyut Bing Slamet Sudah 16 Tahun Konsumsi Sabu

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi terus mendalami kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat Iyut Bing Slamet. Dari pemeriksaannya, mantan artis cilik yang juga adik kandung Adi Bing Slamet, mengaku sudah menggunakan sabu sejak 16 tahun lalu.

Namun pemilik nama asli Ratna Fairuz Albar, tak mengkonsumsinya setiap hari. Bila ada uang berlebih, wanita yang sempat menelurkan album religi berjudul Ku Bersyukur menggunakannya untuk membeli sabu.

"Yang bersangkutan dari pengakuannya memakai(narkoba) dari tahun 2004, dan ini masih sementara kita kembangkan lagi," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budi Sartono saat jumpa pers di Mapolresta Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020).

Sempat Berhenti

Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Iyut Bing Slamet sempat berhenti beberapa kali setelah dirinya sempat terjerat narkoba pada 2011. Ternyata hal itu tak membuat dirinya jera, dan kembali mengkonsumsi narkoba golongan satu.

"Yang pasti bersangkutan dari tahun 2004 iya memakai putus sambung, putus sambung dia memakai tergantung kondisi keuangan," jelas Budi.

Tersangka

Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Saat penangkapan, polisi menemukan barang bukti berupa satu clip plastik sabu bekas pakai. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Saat penangkapan, polisi menemukan barang bukti berupa satu clip plastik sabu bekas pakai. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Berbekal barang bukti dan hasil test urine positif metafetamin alias sabu, Iyut Bing Slamet kini ditetapkan sebagai tersangka. Kini polisi tengah mengejar orang yang memesok sabu kepada wanita 52 tahun itu.

"Kasus penyalahgunaan narkotika tersangka atas nama IBS (Iyut)," ujar Budi.

Penangkapan dan Barang Bukti

Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Iyut Bing Slamet ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres etro Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020). Dalam penangkapan tersebut polisi berjasil mengamankan klip sabu bekas pakai lengkap beserta alat isapnya dari kediamannya di kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat.

"Didalam rumah tersebut ditemukan satu set alat hisap sabu, dua buah korek gas , satu buah plastik klip bening bekas narkotika," kata Budi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penemuan Bayi di Serambi Masjid

Posted: 05 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bayi perempuan ditemukan seorang warga di serambi sebuah masjid. penemuan ini mengegerkan Masyarakat Madiun Jawa Timur. Bayi ditemuan oleh seorang warga saat akan salat subuh. Kini bayi perempuantersebut dirawat di RSUD Madiun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy Jadi Ad Interim Mensos

Posted: 05 Dec 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk melaksanakan tugas Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara. Juliari dinonaktifkan setelah menjadi tersangka kasus korupsi bansos Covid-19 yang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi. 

"Untuk sementara saya akan tunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, (6/12/2020).

Jokowi juga menyampaikan, menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK terkait penetapan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka.

"Kita hormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK dan perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi!" kata Jokowi.

Dia menegaskan pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi baik untuk APBN maupun APBD provinsi, kabupaten, dan kota.

"Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat," tegas Jokowi soal korupsi Mensos Juliari Batubara.

 

Tak Akan Lindungi Koruptor

Jokowi memastikan tidak akan melindungi orang yang terlibat korupsi. Selain itu, lanjut dia, pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional," ucap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perubahan Arab Saudi, Pria-Wanita Nongkrong di Kafe hingga Wisata Dibuka

Posted: 05 Dec 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Riyadh - Ketika mengunjungi Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir, Nic Robertson dari CNN International menceritakan perubahan yang ia amati. 

Robertson mengunjungi pusat kota Riyadh, Arab Saudi pada 2018 lalu dan mengobrol dengan orang-orang di kafe luar ruangan yang hampir kosong di sore hari.

Ia juga menyebutkan, mulanya, otoritas setempat yang berada di jalan-jalan akan mengingatkan warga setempat untuk melaksanakan salat ketika waktu pelaksanaan ibadah tiba.

Sebelumnya, hal ini akan memicu reaksi langsung, dengan orang-orang yang mematuhi perintah mereka.

Namun kini, menurut Robertson, praktik tersebut baru-baru ini telah berjalan berbeda. Ia menyebutkan, bahwa kebijakan konservatif di Arab Saudi telah melonggar. 

Robertson menceritakan bagaimana sejumlah kafe luar ruangan di Arab Saudi tampak dipenuhi oleh pengunjung pria maupun wanita yang bertemu dengan rekan-rekan mereka, adapun yang berbelanja, mengobrol, dan menikmati waktu luang. 

Seorang perancang busana berusia 20 tahun, Mounira Al-Qwait, menyampaikan kepada Robertson arti pelonggaran aturan tersebut dalam perspektifnya. 

"Kami lebih bersenang-senang sekarang .. pergi keluar untuk nonton film, pergi ke luar restoran dan bertemu dengan teman-teman," kata Mounira. 

Sementara itu, seorang guru taman kanak-kanak berusia 42 tahun, bernama Tutu, dalam tanggapannya mengatakan kepada Robertson bahwa dirinya menyukai rasa "kebebasan" dan "lebih banyak energi".

"Sekarang hidup kami sebagai warga Arab Saudi benar-benar berubah," ungkap Tutu.

"Sebenarnya dari semua keputusan yang diambil oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Semua warga Arab Saudi sekarang senang dengan semua perubahan ini," lanjutnya. 

Pada  21-22 November, Arab Saudi menjadi tuan rumah untuk pertemuan KTT G20. Robertson pun mengunjungi negara tersebut untuk meliput acara itu. 

"Saya melihat banyaknya pujian yang datang untuk Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed al Jadaan pada timnya dari kalangan muda," imbuh Robertson. 

Selain itu, Robertson juga menggambarkan bagaimana kantor menteri tersebut, yang berlokasi di  Riyadh - kompleks bangunan futuristik yang dihiasi dengan dengan air mancur dan fasilitas pejalan kaki terbuka dan lapang - terasa lebih seperti Dubai daripada Riyadh, demikian seperti dikutip dari CNN, Minggu (6/12/2020).

Perubahan dalam Pemberdayaan Karyawan

Pandangan dari udara menunjukkan suasana Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, 24 Mei 2020. Masjidil Haram dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. (AFP)
Pandangan dari udara menunjukkan suasana Masjidil Haram di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, 24 Mei 2020. Masjidil Haram dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. (AFP)

Robertson juga menyebut perubahan di Arab Saudi, dengan sejumlah para perempuan yang kini telah melakukan aktivitas pekerjaan mereka di perkantoran, yang digabung dengan para pekerja pria.

Talia (27 tahun), adalah salah satu warga yang berkesempatan merasakan pengalaman tersebut. 

Besar di Riyadh dengan ibunya, Talia lulus dari salah satu universitas di di London dan Beirut sebelum kembali ke Arab Saudi pada tahun 2017 ketika reformasi dimulai.

"Itu terjadi seperti mingguan, hampir setiap hari, seperti ada pengumuman baru tentang berita yang datang dan itu sangat menarik," katanya kepada Robertson. 

Talia saat ini telah bekerja di Arab Saudi dengan dibawah naungan seorang CEO perempuan. 

"Kami memiliki putra mahkota yang masih muda dan negara yang banyak dihuni oleh kalangan muda - seperti 70% populasinya berusia di bawah 30 tahun - jadi saya merasa reformasi sedang dilakukan oleh kami untuk kami, jadi tidak mungkin kami akan meninggalkan negara ini" imbuh Talia. 

Robertson memaparkan, bahwa salah satu alasan utama perubahan praktik sosial di Arab Saudi terjadi dengan melibatkan keputusan MBS dalam memiliki perbedaan pendapat dari kalangan ulama yang telah melahirkan generasi ortodoksi, yang menghasilkan Osama Bin Laden, al Qaeda, dan hampir semua pembajak serangan 11 September 2001.

Ayah MBS, Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud membutuhkan waktu 30 tahun untuk menaklukkan empat wilayah yang berbeda secara geografis di Arab Saudi - Asir di selatan, Al-Ahsa di timur, Hijaz di barat, dan Najd di tengah - dan mendirikan Kerajaan Arab Saudi pada 23 September, 1932.

Namun, Robertson mengatakan, MBS membutuhkan waktu hanya kurang dari lima tahun untuk merubah negara kerajaan tersebut dengan cara yang belum dilakukan oleh pendahulunya.

"Visinya untuk mengubah Arab Saudi pada tahun 2030 menuntut ekonomi yang beragam dan pemberdayaan kalangan muda," sebut Robertson.

Pembukaan Luas pada Sektor Wisata

Sejumlah jemaah saling jaga jarak saat melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram saat melakukan rangkaian ibadah haji di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020).  Karena pandemi COVID-19, pemerintah Saudi hanya membolehkan sekitar 10.000 orang. (Saudi Media Ministry via AP)
Sejumlah jemaah saling jaga jarak saat melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram saat melakukan rangkaian ibadah haji di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Karena pandemi COVID-19, pemerintah Saudi hanya membolehkan sekitar 10.000 orang. (Saudi Media Ministry via AP)

Pada 2019, MBS mengumumkan bahwa Arab Saudi membuka pintunya untuk pariwisata sebagai bagian dari visinya untuk mediversifikasi ekonomi yang begantung pada perminyakan negara itu pada tahun 2030.

Di luar dari dugaan, hal itu mengalami kemajuan yang luar biasa pada 2020, menurut Robertson. 

Ketika perbatasan ditutup oleh Arab Saudi karena pandemi COVID-19, warga di negara tersebut bepergian untuk berlibur di halaman belakang rumah mereka.

"Wilayah-wilayah di negara itu (Arab Saudi) begitu beragam, serta besarnya luas, bahkan penduduk lokal pun mungkin dapat merasa bahwa mereka sedang beristirahat jauh dari rumah," kata Robertson.

Robertson menyoroti situs wisata yang berlokasi jauh dari wilayah Najd, dimana terdapat pesisir Hejaz yang merupakan rumah bagi situs-situs suci Islam Mekah dan Madinah.

Ia juga menceritakan keindahan pemandangan di Hejaz, di mana jendela-jendela dan ata-atap rumah memungkinkan angin laut yang sejuk bertiup melalui ruangan dan halaman dalam. 

Sementara di wilayah selatan, terdapat puncak gunung Asir yang bersalju pada musim dingin, yang memberikan nuansa seperti pegunungan Alpen. 

Di baguan timur dimana gurun bertemu Teluk Persia, kebun kurma berkembang biak di atas minyak kerajaan.Tapi suguhan terbaik untuk memikat turis adalah Hegra.

Adapun situs wisata lainnya, yaitu Hegra, yang juga kadang dikenal sebagai Mada'in Salih, atau Al-Ḥijr di wilayah Hejaz bagian barat.

Situs tersebut dihuni pada abad pertama Era Umum oleh kaum Nabatean yang mengukir bangunan-bangunan besar dan meninggalkan tulisan-tulisan. Situs ini juga merupakan pesaing wisata situs Petra di Yordania, yang juga dibangun oleh Nabatean.

Sementara Petra telah menarik ribuan wisatawan setiap tahun, Hegra kini masih belum ramai dikunjungi.

Namun, Robertson meyebutkan, hal itu tentunya masih dapat segera berubah, jika janji MBS dalam perubahan bertahan lebih lama, seperti yang diyakini oleh banyak kalangan muda di Arab Saudi.

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi soal Mensos Juliari Batubara: Saya Tidak Akan Melindungi yang Terlibat Korupsi

Posted: 05 Dec 2020 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK terkait penetapan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka. Hal tersebut disampaikannya di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (6/12/2020).

"Kita hormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK dan perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi!" kata Presiden Jokowi.

Dia juga menegaskan pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi baik untuk APBN maupun APBD provinsi, kabupaten, dan kota.

"Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat," tegas Presiden.

Presiden juga menegaskan tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan pemerintah akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional," ucap Jokowi.

 

Korupsi Bansos

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Mensos Juliari Batubara menjadi tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19. Bukan hanya Juliari, dua Menteri Sosial Republik Indonesia sebelumnya juga tersandung kasus korupsi. 

Pada Minggu (6/12/2020) dini hari, Juliari menyerahkan diri paska dinyatakan sebagai tersangka.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri, mengatakan, Menteri Sosial Juliari Batubara menerima fee sebesar Rp 10 ribu tiap paket bansos Covid-19. Sementara nilai dari per paket bansos itu sendiri adalah Rp 300 ribu.

Firli menyebut pihaknya sudah mendeteksi tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial (bansos) sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"KPK sudah mendeteksi adanya korupsi sejak awal pandemi, dan betul hari ini kita bisa mengungkap terjadi tindak pidana korupsi di dalam hal pengadaan barang dan jasa terkait bantuan sosial," ujar Firli di Gedung Penunjang KPK, Minggu (6/12/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kabar Menaker Ida Fauziyah Setelah Terinfeksi Covid-19

Posted: 05 Dec 2020 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah terkonfirmasi positif Covid-19 hari Kamis (3/12). Bagaimana kabarnya saat ini?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Motif Politik di Balik Penangkapan 2 Menteri Jokowi? Ini Kata KPK

Posted: 05 Dec 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap dan menjerat dua menteri Jokowi-Maruf Amin sebagai tersangka. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Apakah ada motif politik dalam penangkapan kedua menteri tersebut?

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, pihaknya tidak pandang bulu dalam bekerja. Dia menyebut, setiap warga negara adalah sama di mata hukum.

"Di hadapan hukum, setiap warga adalah sama, baik itu bupati, wali kota ataupun menteri adalah setiap orang sebagai subyek hukum," ujar Ghufron kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (6/11/2020).

Ghufron mengatakan, KPK dibentuk untuk memberantas tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh penyelenggara negara. Menurut dia, siapapun penyelengara negara yang tak patuh hukum, akan dijerat.

"Pembentukan KPK adalah wujud komitmen bangsa Indonesia untuk membersihkan korupsi, karena disadari korupsi menjauhkan pembangunan dari pencapaian tujuan besar negara yaitu adil dan makmur. Karena itu KPK berkomitmen untuk amanah terhadap tugas tersebut," kata dia.

 

Harapan

Ghufron berharap, tak ada lagi pihak yang berani bermain-main dengan jabatan atau merugikan keuangan negara. Sebab, dia memastikan akan menjerat siapa saja yang tak mengindahkan upaya pencegahan yang sudah dilakukan pihaknya.

"Kami berharap ini adalah yang terakhir, jangan ada lagi yang masih melakukan korupsi karena KPK akan menegakkan hukum secara tegas," kata Ghufron.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kehadiran Vaksin COVID-19 Bisa Pulihkan Iklim Investasi

Posted: 05 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pemerintah Indonesia dalam menghadirkan vaksin COVID-19 untuk masyarakat disambut positif oleh banyak kalangan, termasuk para investor.

Vaksin diharapkan mampu menekan angka penularan virus korona sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan memulihkan iklim investasi di Indonesia.

"Dengan adanya vaksin, penyebaran virus dapat dikendalikan dan diharapkan berkurang. Dengan menurunnya tingkat penularan, maka aktivitas ekonomi dapat meningkat dan kembali mendekati normal. Industri manajemen aset diharapkan akan kembali pulih," ujar Ridwan Soetedja, Presiden Direktur PT Panin Asset Management, Minggu (6/12/2020).

Saat ini,  PT Panin Asset Management merupakan salah satu perusahaan manajemen investasi terkemuka.

Dikatakan pria yang pernah menjabat sebagai Presiden Direktur di PT CIMB-Principal Asset Management ini, pemulihan ekonomi juga akan berbanding lurus dengan perbaikan pada sistem kesehatan. Sehingga ketika ekonomi pulih maka dunia kesehatan akan dapat lebih siap untuk menangani masyarakat yang terjangkit COVID-19.

"Kami harap vaksin ini dapat mengembalikan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia ke titik mendekati normal. Kami sungguh menantikan pendistribusian vaksin COVID-19," tambah Ridwan.

Bagi sebagian besar investor, vaksin COVID-19 diungkapkannya merupakan sebuah harapan untuk dapat memulihkan dunia investasi. 

"Optimisme investor pun kami yakini akan meningkat. Jika optimisme investor meningkat, otomatis mereka akan lebih berani mengambil keputusan dalam berinvestasi," pungkas Ridwan.

Kehadiran Vaksin Corona Covid-19 Diharapkan Bisa Pulihkan Roda Ekonomi

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Indonesia masih berjuang keras melawan pandemi Corona Covid-19. Percepatan pengobatan, perawatan dan pencegahan virus terus dilakukan, salah satunya dengan mendorong pengadaan vaksin Corona Covid-19.

Selain menjadi harapan sehat dan kebalnya imunitas dalam menghalau virus Corona Covid-19, kehadiran vaksin turut menjadi harapan masyarakat agar kondisi finansial mereka segera pulih, baik itu bagi pekerja maupun pengusaha.

Aditya Santosa, salah satu pilot yang mengabdi di maskapai nasional, berharap pemerintah dapat segera mendistribusikan vaksin agar industri penerbangan, tempatnya bernaung, dapat kembali seperti sediakala.

"Saya yakin, optimis, kalau vaksin sudah ditemukan, sudah disertifikasi, didistribusi nantinya bisa kembali memulihkan transportasi udara dan roda perekonomian Indonesia," ujar Adit dalam Dialog Rabu Utama Siang bertajuk Vaksin: Harapan Kembali Produktif, Rabu (2/12/2020).

Untuk sekarang, Adit belum bisa berharap banyak pada mata pencaharian aslinya. Jika mengandalkan jadwal terbang, Adit hanya bisa pergi 3 bulan sekali. Ditambah, pendapatannya dipotong 30 persen.

"Saya coba wirausaha, jualan lewat online shop. Lumayan ada hasilnya, karena banyak waktu luang," katanya.

Setali tiga uang dengan Adit, Priscilla Renny, pengusaha batik Rumah Batik Maranatha Lasem di Rembang, Jawa Tengah memimpikan hal yang sama.

Hingga saat ini, Renny masih bertahan menjalankan bisnisnya meski harus tertatih. Pekerjanya masuk dengan jam yang terbatas, pendapatannya anjlok hingga 70 persen.

"10 hari kerja, mohon maaf, seminggu libur, supaya tidak terlalu over pengeluaran keuangannya, cashflownya bisa tetap terjaga," kata Renny.

Beruntung, kesempatan menjajakan produk secara daring terbuka lebar dan membuatnya tetap produktif, meski nilainya tentu jauh lebih kecil, bahkan minus.

"Saya sangat menunggu itu. Dari vaksin itu, itu yang membuat kami bersemangat. Kami bisa berkumpul lagi, bermasyarakat lagi. Saya sangat mendukung dan yakin pemerintah akan memberikan vaksin untuk kita semua," ujar Renny.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Apes, Mobil Pria Ini Nabrak Tembok Padahal Baru Sehari Keluar Dealer

Posted: 05 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membeli mobil baru tentu merupakan salah satu momen paling bahagia dalam hidup seseorang. Tentunya, dalam memperlakukan barang baru, seseorang akan lebih berhati-hati dan jangan sampai ada goresan sedikitpun. Namun, sebagai manusia, tentu kita tidak akan pernah tahu kapan kejadian sial akan menimpa kita.

Maka dari itu, yang bisa dilakukan manusia hanyalah membuat langkah antisipasi jikalau keadaan tersebut terjadi. 

Baru-baru ini, kejadian apes tengah dialami oleh seorang pria yang mengemudikan mobil barunya dengan buruk. Baru saja ia membeli dan hendak mengeluarkan mobil tersebut dari dealer, namun pria malang tersebut malah menabrakkan mobilnya hingga penyok ke tembok.

Pria ini lantas mengubah momen bahagia menjadi momen mengerikan hanya dalam sekejap mata. Seperti apakah kisahnya? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (6/12/2020).

 

Mobil baru menabrak tembok

Bernasib Sial, Mobil Pria Ini Nabrak Tembok Padahal Baru Sehari Keluar Dealer. (Sumber: YouTube/BMC HD Videos)
Bernasib Sial, Mobil Pria Ini Nabrak Tembok Padahal Baru Sehari Keluar Dealer. (Sumber: YouTube/BMC HD Videos)

Dilansir dari Odditycentral pada Minggu (6/12/2020), diketahu bahwa pria asal India tersebut mengemudikan mobil barunya keluar dealer dengan penuh semangat. Namun, beberapa detik kemudian, kejadian nahas menimpanya. Ia menabrak tembok pagar dealer sehingga mobil barunya pun mengeluarkan airbag dan penyok di bagian depannya.

Dalam video tersebut, bahkan nampak bahwa mobil yang dikendarai oleh pria yang tak diketahui identitasnya ini masih dalam kondisi belum ditempeli plat mobil dan bagian jok pun masih berplastik.

 

Respon warganet

Bernasib Sial, Mobil Pria Ini Nabrak Tembok Padahal Baru Sehari Keluar Dealer. (Sumber: YouTube/BMC HD Videos)
Bernasib Sial, Mobil Pria Ini Nabrak Tembok Padahal Baru Sehari Keluar Dealer. (Sumber: YouTube/BMC HD Videos)

Kisah pria malang tersebut pun viral di kalangan warganet. Ada yang merasa bahwa video tersebut settingan, namun ada pula yang merasa bahwa video tersebut benar-benar terjadi karena menilik respon dari orang-orang disekitar kejadian yang nampak amat terkejut ketika kejadian itu terjadi.

Namun, ada pula warganet yang merasakan hal yang berbeda. "Wah mantap, selamat Anda telah berhasil membuktikan bahwa airbagnya berfungsi dengan baik," tulis @Joe James.

"Untungnya pria ini baru test-drive di showroom saja, coba kalau di jalan raya, berapa banyak orang malang yang akan dicelakainya," tulis @Snowden12

"Aku benar-benar merasa kasihan terhadap pemilik mobil. Pasti rasanya benar-benar seperti momen yang buruk untuknya. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Namun, tenang saja kawan, kesalahan biasa terjadi. Jangan terlalu khawatir dan memikirkannya. Cobalah untuk move on," tulis @Praakesh

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Juliari Batubara Dekat dengan Keluarga dan Pernah Terpilih Jadi Sosok Inovatif

Posted: 05 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara sebagai tersangka kasus korupsi dana bantuan sosial (Bansos) Covid-19. Juliari diduga telah menerima suap sebesar Rp 17 miliar dari fee rekanan proyek Bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

Juliari Batubara memilih untuk menyerahkan diri usai namanya diumumkan sebagai tersangka. Juliari mendatangi Gedung KPK, Minggu (6/12/2020) dini hari tadi.  Berita ini memang cukup mengejutkan karena sebelumnya ia pernah mendapatkan berbagai penghargaan. Bahkan baru-baru ini, dilansir dari kanal News Liputan6.com, Juliari P Batubara mendapatkan penghargaan sebagai menteri terpopuler di media sosial dalam ajang Apresiasi Humas Indonesia (AHI) 2020.

Juliari juga mendapat penghargaan Dedikasi dan Pengabdian Tanpa Batas dalam kategori 'Sosok Inovatif Peningkatan Kesejahteraan Melalui Program Jaring Pengaman Sosial'. Penghargaan tersebut didapatkan Mensos dalam ajang Gatra Awards 2020 yang digelar pada 1 Desember 2020.

Pada saat penganugerahan predikat terpuji sebagai sosok inspiratif dalam penanganan dampak pandemi tersebut, pihak Majalah Gatra mengatakan Mensos Juliari banyak melakukan inovasi dan terobosan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui jaring pengamanan sosial di tengah suasana pendemi.

Mensos Juliari sendiri dalam kesempatan tersebut mengatakan, capaian Kemensos tentu saja tidak lepas dari komitmen, kerja keras, dan respons cepat dari seluruh jajarannya.

Pada Juli lalu, Juliari Batubara juga pernah mengusulkan harga jual rokok Rp100 ribu per bungkus.  Menurutnya, itu untuk mencegah anak-anak membeli rokok. Selain itu juga bisa menjadi tambahan pemasukan bagi pemerintah dari cukai.

"Kalau bisa rokok harganya mahal. Satu bungkus minimal 100 ribu. Negara juga dapat cukai lumayan," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara dalam Webinar Hari Anak Nasional 2020, seperti dilansir dari laman JPNN, 21 Juli 2020.

Momen Bersama Keluarga

Mensos Juliari Batubara saat liburan bersama keluarga. foto: Instagram @juliaribatubara
Mensos Juliari Batubara saat liburan bersama keluarga. foto: Instagram @juliaribatubara

Juliari menambahkan, perokok anak masih menjadi masalah di Indonesia. Anak-anak di Indonesia beranggapan orang merokok menunjukkan pertanda telah dewasa. Katanya, seharusnya proses pembelian rokok dipersulit. Salah satunya dengan menaikan harga per bungkus rokok. Tujuannya, agar tidak mudah diakses oleh anak-anak.

Disadarinya, usulan itu bisa berdampak pemerintah mendapat protes dari para petani tembakau yang menanam bahan utama pembuatan rokok. Namun demikian, lanjut Juliari, harus diketahui bahwa kebanyakan produksi rokok di Indonesia saat ini banyak yang menggunakan tembakau impor.

Di tengah kesibukannya bertugas, pemilik nama lengkap Juliari Peter Batubara ini tetap mengutamakan keluarganya. Dalam kehidupan pribadinya, Juliari merupakan sosok suami dan ayah yang baik bagi kedua anaknya. Hal itu bisa dilihat dalam sejumlah unggahan di akun Instagramnya yang kini sudah digembok atau di setting menjadi privat.

Di sela-sela kesibukannya, Juliari Batubara bahkan selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan anak-anaknya, Jilian dan James. Momen-momen hangat Juliari bersama anak pun ia unggah melalui media sosial, seperti saat mendampingi anaknya belajar, berangkat ke sekolah dan liburan di dalam dan luar negeri.

Mekanisme Pembatasan Sosial Berskala Besar

Infografis Mekanisme Pembatasan Sosial Berskala Besar (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Mekanisme Pembatasan Sosial Berskala Besar (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Tersiksanya Menjadi Suami di Atas Kertas, Minggu 6 Desember 2020

Posted: 05 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa Kisah Nyata Spesial ditayangkan setiap siang. FTV Indosiar ini hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Anda bisa menyaksikan tayangan favorit Indosiar ini dengan drama memikat.

Jangan lupa penayangannya juga bisa disaksikan via live streaming Indosiar dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK soal Mensos Juliari Batubara: Bolak-Balik Diingatkan, Tapi Dianggap Persahabatan

Posted: 05 Dec 2020 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nurul Ghufron memastikan KPK sudah berkali-kali mengingatkan agar tak menyalahgunakan bantuan sosial (bansos) terkait pandemi Covid-19 dan imbauan tersebut dihiraukan Menteri Sosial Juliari Batubara.

"Sudah bolak-balik kita ingat kan, tapi dianggap persahabatan kali," ujar Ghufron kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (6/12/2020).

Ghufron enggan menyebut detail kapan pihaknya memantau Juliari dalam mengatur bansos untuk masyarakat terdampak Covid-19. Namun, dia memastikan sudah mendatangi langsung Kemensos sebagai upaya pencegahan.

"Kan sudah mantau langsung ke Kemensos, bahkan beberapa kali ceramah," kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Komjen Firli Bahuri menyebut pihaknya sudah mendeteksi adanya tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"KPK sudah mendeteksi adanya korupsi sejak awal pandemi, dan betul hari ini kita bisa mengungkap terjadi tindak pidana korupsi di dalam hal pengadaan barang dan jasa terkait bantuan sosial," ujar Firli soal kasus yang menjerat Mensos Juliari Batubara di Gedung Penunjang KPK, Minggu (6/12/2020).

 

3 Kali Keluarkan Surat Imbauan

KPK sendiri setidaknya telah telah tiga kali menerbitkan surat edaran mengimbau Pemerintah bersikap transparan dalam penggunaan anggaran terkait Covid-19.

"Melalui 3 surat edaran KPK mengimbau kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah agar transparan dengan mempublikasikan kepada masyarakat terkait realokasi dan penggunaan anggaran dalam penanganan Covid-19, penyelenggaraan bantuan sosial (bansos), pengadaan barang dan jasa, hingga pengelolaan hibah dari masyarakat," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Jumat (14/8/2020).

Meski sudah tiga kali menerbitkan surat edaran pencegahan korupsi saat pandemi Covid-19, namun hal tersebut tak diindahkan Menteri Sosial Juliari Batubara. Juliari dijerat KPK sebagai tersangka.

Selain Juliari KPK juga menjerat Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebagai pejabat pembuat komitmen di Kemensos. Dua orang lainnya sebagai pemberi yakni Ardian IM dan Harry Sidabuke. Keduanya dari pihak swasta

Mensos Juliari ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap bantuan sosial corona Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020. Juliari diduga menerima fee sebesar Rp 10 ribu perpaket sembako dari nilai Rp 300 ribu.

 

Fee untuk Juliari Batubara

Ketua KPK Komjen Firli Bahuri mengatakan, penerimaaan suap terhadap Juliari bermula dari pengadaan bansos penanganan Covid-19 berupa paket sembako di Kementerian Sosial dengan nilai sekitar Rp 5,9 triliun untuk total 272 kontrak dan dilaksanakan dengan dua periode. Untuk memuluskan itu, Juliari menerima fee dari tiap-tiap paket bansos.

"Untuk fee tiap paket bansos di sepakati oleh MJS dan AW sebesar Rp 10 ribu perpaket sembako dari nilai Rp 300 ribu perpakat bansos," ujar Firli di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Firli menyebut, pada pelaksanaan paket bansos sembako periode pertama, Juliari diduga telah menerima fee sebesar Rp 8,2 miliar dari total uang Rp 12 miliar yang diterima oleh Matheus. Uang untuk Juliari diberikan Matheus melalui Adi Wahyono.

Menurut Firli, pemberian uang tersebut dikelola oleh seseorang bernama Eko dan Shelvy N selaku Sekretaris di Kemensos yang juga orang kepercayaan Juliari. Uang itu digunakan untuk membayar berbagai keperluan pribadi Juliari.

Sementara untuk periode kedua pelaksanaan paket bansos ini terkumpul fee dari Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020 sekitar Rp 8,8 milir. Firli menduga uang tersebut juga akan dipergunakan untuk keperluan Juliari.

Kasus ini diungkap melalui operasi tangkapn tangan pada 5 Desember 2020 dini hari di beberapa tempat di Jakarta. Tim penindakan KPK mengamankan uang dengan jumlah sekitar Rp14,5 miliar dalam berbagai pecahan mata uang yaitu sekitar Rp11, 9 miliar, sekitar 171,085 dolar AS (setara Rp2,420 miliar) dan sekitar 23.000 dolar Singapura (setara Rp243 juta).

Mensos Juliari Batubara, Matheus Joko Santoso, dan Adi Wahyono, sebagai penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 huruf (i) UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sementara Ardian I M dan Harry Sidabuke pihak swasta yang berperan sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdampak Pandemi, Pasar Konstruksi Diprediksi Mulai Tumbuh di Kuartal III 2021

Posted: 05 Dec 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasar konstruksi diharapkan untuk kembali tumbuh pada pertengahan 2021 dengan pemulihan secara bertahap mulai kuartal ketiga 2021, setelah penurunan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Pasar yang sedang menuju pemulihan ekonomi mungkin akan melambat sampai masalah kesehatan teratasi.

Hal ini disampaikan oleh BCI Asia yang menyelenggarakan acara BCI Breakfast Briefing Webinar 2020 pada Kamis 3 Desember 2020 yang dihadiri oleh 200 peserta dari berbagai institusi dan perusahaan industri konstruksi dalam dan luar negeri.

Pada acara tersebut dirilis laporan tahunan BCI Indonesia Construction Market Outlook 2021 yang berjudul Preparing for Tomorrow – Indonesia's 2021 Construction Market Recovery Outlook.

Pietter Sanjaya, General Manager Emerging Market BCI Asia, menyatakan bahwa kondisi pasar konstruksi memerlukan resilience dari para pelaku konstruksi. Untuk dapat bertahan dalam kondisi yang sulit diperlukan navigasi dan arahan yang terpercaya agar bisnis khususnya pada industri konstruksi dapat mengambil keputusan tepat dan dapat melalui kondisi yang sulit sebagai pemenang.

"Meskipun pemulihan pasar konstruksi akan berjalan lambat namun masih ada peluang pada proyek pembangunan gedung yang mulai konstruksi di tahun 2021. Pembangunan gedung diperkirakan tumbuh Rp 197,80 triliun pada tahun 2021 yang didukung oleh pertumbuhan pada sektor Perumahan dan Industri yang akan terus menjadi sektor unggulan dalam pemulihan perekonomian" kata BCI Economics Client Service Manager Prita Ananda, dikutip Minggu (6/12/2020).

Kategori residensial diperkirakan akan mencapai nilai konstruksi Rp 52,46 triliun atau naik 48,71% pada tahun 2021. Proyek apartemen yang tertunda akan menjadi prioritas untuk dimulai kembali. Tren positif menunjukkan dengan menguatnya penjualan pasar perumahan yang tertunda, tren proyek perumahan baru akan terus berlanjut dan permintaan kota-kota terintegrasi pasca wabah pandemi akan meningkat.

Sektor Industri diperkirakan meningkat pada 2021 dengan nilai konstruksi mencapai Rp 16,76 triliun atau naik 48,13%. Ada beberapa sektor pendorong eskalasi ini, seperti pertumbuhan permintaan gudang dari FMCG, e-commerce & retailer online, dan logistik pihak ketiga, serta pemerintah yang proaktif mempersiapkan berbagai kawasan industri baru untuk menarik lebih banyak investasi.

Pada webinar tersebut juga disampaikan sentimen pelaku konstruksi terhadap kondisi pasar konstruksi Indonesia 2021 berdasarkan hasil sentiment survey yang dilakukan oleh BCI Economics terhadap 350 responden yang terdiri dari developer, arsitek & konsultan, kontraktor, dan sub-kontraktor di Indonesia.

"Para pelaku konstruksi masih optimis kondisi pasar konstruksi akan membaik pada 2021 dengan prioritas proyek yang akan mereka kerjakan tahun depan adalah pada proyek tahap desain dan tahap konstruksi. Restrukturisasi kredit dan pengurangan pajak adalah dua inisiatif pemerintah yang dinilai efektif oleh pelaku konstruksi untuk pemulihan", pungkas Prita Ananda.

Dalam acara tersebut, juga hadir pembicara tamu Albert Luhur, Executive Director PT. Summarecon Agung Tbk. dan Dendi Ramdani, Department Head of Industry & Regional Research, Office of Chief Economist, Bank Mandiri.

Albert Luhur memaparkan mengenai strategi dan optimisme developer Summarecon Agung di tahun 2021 yang fokus pada penjualan landed house dan pengembangan township baru. Summarecon Agung adalah salah satu developer terkemuka di Indonesia yang juga telah meraih BCI Top 10 Awards sebagai Top 10 Developers berturut-turut sejak 2011.

Dendi Ramdani memaparkan mengenai outlook ekonomi dan konstruksi 2021 di tengah pandemic COVID-19 dengan katalis positif seperti penemuan vaksin, stimulus fiscal yang efektif dan harga komoditas yang membaik, di sisi lain perlu adanya perhatian pada faktor risiko seperti confidence konsumen dan pebisnis yang lambat pulih, dan slow recovery ekonomi global.

BCI Economics sebagai divisi construction market intelligence dari BCI Asia, secara rutin merilis laporan tahunan Indonesia Construction Market Outlook yang dapat digunakan untuk membantu pebisnis dan pelaku konstruksi dalam pengambilan keputusan budgeting dan strategic planning di pasar konstruksi.

Laporan ini menggambarkan pergerakan pasar dalam satu tahun, perkembangan konstruksi terkini. dan aktivitas konstruksi menurut sektor dan wilayah di Indonesia.

Sektor kontruksi meliputi residential retail, office, hospitality, industrial, education, health, infrastructure, transport, dan utilities. Laporan ini dibuat berdasarkan data proyek konstruksi yang dilaporkan oleh tim riset BCI Asia setiap hari di database real-time BCI Asia.

BCI Asia adalah bagian dari BCI Media Group, penyedia layanan informasi proyek konstruksi dan bangunan global dengan 21 kantor di 10 negara dan melaporkan proyek konstruksi di 14 negara di Asia Tenggara, Australia & New Zealand, dan Amerika Serikat.

Kementerian PUPR Latih 1.186 Tenaga Kerja Konstruksi Siap Kerja

Pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek pembangunan konstruksi LRT dan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (17/11/2020). Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal tahun menurunkan konsumsi dan utilitas industri baja konstruksi dan baja ringan konstruksi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek pembangunan konstruksi LRT dan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (17/11/2020). Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal tahun menurunkan konsumsi dan utilitas industri baja konstruksi dan baja ringan konstruksi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia termasuk sektor konstruksi yang merupakan visi dari program kerja Presiden Jokowi.

Untuk itu Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR selaku pembina jasa konstruksi meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tenaga kerja konstruksi terhadap regulasi pemilihan penyediaan jasa konstruksi.

Para tenaga kerja konstruksi selain handal kemampuan pekerjaan di lapangan, juga wajib mengetahui aturan dan standar terkait sistem manajemen keselamatan konstruksi dan memahami penggunaan teknologi Beton Pracetak dan Prategang, dan tenaga ahli teknis desain jalan yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Kesadaran dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja konstruksi harus terus dilakukan dan di dukungan oleh industri konstruksi dengan menggunakan metode Link and Match dengan cara memadupadankan dan menghubungkan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelaksanaan Bimtek dan pelatihan yang akan dilaksanakan agar menjadi solusi terhadap kebutuhan peningkatan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri konstruksi," ungkap Direktur Komptensi dan Produktivtas Konstruksi Nanang Handoyo di Jakarta, Senin (9/11/2020).

Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta menginisiasi penandatanganan kerjasama dengan PT Indonesia Pondasi Jaya dalam menyepakati pendayagunaan peserta hasil pelatihan agar dapat langsung bekerja di industri konstruksi.

"Dukungan nyata telah ditunjukan oleh PT. Indonesia Pondasi Jaya yang turut berperan dalam mewujudkan program pembangunan sumber daya manusia dengan mempekerjaan para peserta yang mengikuti dalam kegiatan ini untuk terjun langsung ke lapangan dalam penyelenggaraan jasa konstruksi," ujar Nanang.

Lebih lanjut dia mengharapkan peran dari stakeholder dan para asosiasi/BUMN/BUMD dan para penyedia jasa konstruksi untuk turut mempekerjakan para tenaga kerja konstruksi yang telat mengikuti pelatihan dan bimtek ini ke dalam penyelenggaraan konstruksi di lapangan.

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini sebanyak 1.186 orang peserta yang terdiri dari 236 orang peserta Bimbingan Teknis Memahami Pemilihan Konstruksi dari asosiasi Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) dan Direktorat Pengembangan Jasa Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi.

Kemudian, 300 orang peserta Bimbingan Teknis Memahami Pemilihan Konstruksi dari Asosiasi Ahli Keselamatan dan kesehatan Kerja Konstruksi Indonesia (A2K4-Indonesia), 630 orang peserta Bimbingan Teknis Pracetak dan Prategang dari Asosiasi Ikatan Beton Pracetak dan Prategang, dan 20 orang peserta Pelatihan Ahli Teknik Desain Jalan yang berasal dari Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) dan Ikatan Instruktur dan Asesor Pelatihan Konstruksi Indonesia (IALKI). 

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Juliari Batubara, 2 Menteri Sosial Ini Juga Tersandung Kasus Korupsi

Posted: 05 Dec 2020 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Mensos Juliari Batubara menjadi tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19. Bukan hanya Juliari, dua Menteri Sosial Republik Indonesia sebelumnya juga tersandung kasus korupsi. 

Pada Minggu (6/12/2020) dini hari, Juliari menyerahkan diri paska dinyatakan sebagai tersangka.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri, mengatakan, Menteri Sosial Juliari Batubara menerima fee sebesar Rp 10 ribu tiap paket bansos Covid-19. Sementara nilai dari per paket bansos itu sendiri adalah Rp 300 ribu.

Firli menyebut pihaknya sudah mendeteksi tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial (bansos) sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"KPK sudah mendeteksi adanya korupsi sejak awal pandemi, dan betul hari ini kita bisa mengungkap terjadi tindak pidana korupsi di dalam hal pengadaan barang dan jasa terkait bantuan sosial," ujar Firli di Gedung Penunjang KPK, Minggu (6/12/2020).

Berikut ini daftar Menteri Sosial yang tersandung kasus korupsi menurut catatan Liputan6.com:

 

Bachtiar Chamsyah

Dilansir dari laman KPK, Bachtiar Chamsyah terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan mesin jahit yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2004 dan APBN tahun anggaran 2006, pengadaan sapi potong yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2004, serta pengadaan sarung tahun 2006 hingga 2008 yang dananya bersumber dari Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).

Menteri Sosial RI yang menjabat sejak tahun 2001 hingga 2009 ini, ditahan oleh penyidik KPK sejak 5 Agustus 2010.

Kemudian, pada 15 Maret 2011, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa selama 1 tahun 8 bulan dan denda sebesar Rp 50 juta subsidair pidana kurungan selama 3 bulan.

 

Idrus Marham

Selanjutnya, Idrus Marham. Ia divonis 3 tahun penjara oleh majelis hakim Tipikor Jakarta, lantaran terbukti menerima Rp 2,25 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo, pemegang saham Blackgold Natural Resources (BNR) melalui mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih terkait proyek PLTU Riau-1.

"Menjatuhkan pidana 3 tahun penjara, pidana denda Rp 150 juta dengan ketentuan apabila tidak membayar denda maka diganti dengan pidana 2 bulan kurungan," ucap Ketua Majelis Hakim Yanto, Selasa (23/4/2019).

Dalam kasusnya, Idrus Marham dianggap turut aktif membantu serta menjembatani antara Eni dan Kotjo agar mendapatkan uang.

(Fifiyanti Abdurahman)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Resmi Mengaspal, Versi Bensin Juga Ada

Posted: 05 Dec 2020 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) resmi meluncurkan model baru dari Eclipse Cross Plug-in hybrid (PHEV) dan model bensin di Jepang. Mobil ini mendapatkan desain ulang dan memperkuat dedikasi dan investasi jenama berlambang tiga berlian untuk teknologi PHEV.

Eclipse Cross, mendapatkan desain yang lebih aerodinamis dan bergaya. Bahkan, untuk pertama kali model ini menggabungkan sistem 4WD motor ganda dari Outlander PHEV.

"Kami bertujuan untuk menyediakan produk-produk menarik yang juga menawarkan ketenangan pikiran kepada pelanggan di seluruh dunia, dengan meningkatkan teknologi ramah lingkungan khas Mitsubishi Motors, juga membawa teknologi 4WD kami ke tingkat berikutnya," jelas Takao Kato, CEO MMC, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Dengan kekuatan sebagai pionir teknologi PHEV dan keahlian 4WD yang dibangun melalui pengalaman reli, telah menanamkan esensi Mitsubishi dalam model yang telah desain ulang ini.

"Eclipse Cross baru adalah mitra ideal bagi pengemudi yang ingin berbuat lebih banyak dengan mobil mereka, dan mencari tantangan baru. Di Mitsubishi Motors, kami juga berkomitmen untuk membantu mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dengan menerapkan teknologi EV dan PHEV kami ke penggunaan yang lebih luas. Pada 2030, kami akan meningkatkan proporsi kendaraan berlistrik dalam total penjualan menjadi 50 persen, dengan fokus pada PHEV seperti model baru ini." tegasnya.

Spesifikasi

Mitsubishi Eclipse Cross dipersenjatai dengan satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2,4 liter, yang memungkinkan akselerasi cepat, senyap, namun bertenaga unik untuk kendaraan listrik bersama dengan penanganan yang gesit namun stabil.

Baterai penggeraknya 13,8 kWh dengan jangkauan serba listrik 57,3 km (Mode WLTC), memungkinkan pengemudian listrik murni untuk sebagian besar perjalanan sehari-hari.

Terdapat tiga mode penggerak, mode EV menggerakkan dengan motor listrik menggunakan tenaga dari baterai penggerak. Mode Hybrid Seri menggunakan mesin bensin untuk menghasilkan tenaga untuk motor listrik yang menggerakkan kendaraan, dan Mode Hibrid Paralel menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan kendaraan berbantuan.

 

 

Infografis Pilihan:

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkap Juliari Batubara, KPK Sudah Deteksi Korupsi Bansos Sejak Awal Pandemi Covid-19

Posted: 05 Dec 2020 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri menyebut pihaknya sudah mendeteksi tindak pidana korupsi terkait bantuan sosial (bansos) sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"KPK sudah mendeteksi adanya korupsi sejak awal pandemi, dan betul hari ini kita bisa mengungkap terjadi tindak pidana korupsi di dalam hal pengadaan barang dan jasa terkait bantuan sosial," ujar Firli di Gedung Penunjang KPK, Minggu (6/12/2020).

Firli menyebut, KPK sudah beberapa kali mengingatkan agar tak bermain-main dengan dana bansos. Bahkan, Firli sempat menyebut jika ada ancaman mati bagi pihak yang berani menyalahgunakan dana bansos.

"Sejak awal KPK, sejak pandemi Covid-19 itu melanda Indonesia, tentu pemerintah sangat concern terhadap penyelamatan jiwa manusia, makanya langkah penyelamatan tersebut digelontorkan oleh pemerintah," kata Firli.

KPK sendiri setidaknya telah telah tiga kali menerbitkan surat edaran mengimbau Pemerintah untuk bersikap transparan dalam penggunaan anggaran terkait Covid-19.

"Melalui 3 surat edaran KPK mengimbau kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah agar transparan dengan mempublikasikan kepada masyarakat terkait realokasi dan penggunaan anggaran dalam penanganan Covid-19, penyelenggaraan bantuan sosial (bansos), pengadaan barang dan jasa, hingga pengelolaan hibah dari masyarakat," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding, Jumat (14/8/2020).

Ipi menegaskan, KPK turut memantau realisasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 untuk mencegah terjadinya korupsi. Hal itu dilakukan oleh tim yang dibentuk pada Kedeputian Pencegahan yang bekerja bersama gugus tugas di tingkat pusat maupun daerah.

"Dari hasil analisis terkait proporsi, alokasi sumber dana dan belanja, serta pemanfaatan anggaran, KPK memberikan rekomendasi agar potensi penyalahgunaan anggaran untuk kepentingan di luar penanganan Covid-19 atau belanja di luar perencanaan dan kebutuhan, dapat dihindari," kata Ipi.

 

Kasus Mensos Juliari Batubara

Meski sudah tiga kali menerbitkan surat edaran pencegahan korupsi saat pandemi Covid-19, namun hal tersebut tak diindahkan Menteri Sosial Juliari Batubara. Juliari dijerat KPK sebagai tersangka.

Selain Juliari KPK menjerat Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebagai pejabat pembuat komitmen di Kemensos. Dua orang lainnya sebagai pemberi yakni Ardian IM dan Harry Sidabuke. Keduanya dari pihak swasta

Mensos Juliari ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap bantuan sosial corona Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020. Juliari diduga menerima fee sebesar Rp 10 ribu perpaket sembako dari nilai Rp 300 ribu.

Ketua KPK Komjen Firli Bahuri mengatakan, penerimaaan suap terhadap Juliari bermula dari pengadaan bansos penanganan Covid-19 berupa paket sembako di Kementerian Sosial dengan nilai sekitar Rp 5,9 triliun untuk total 272 kontrak dan dilaksanakan dengan dua periode. Untuk memuluskan itu, Juliari menerima fee dari tiap-tiap paket bansos.

"Untuk fee tiap paket bansos di sepakati oleh MJS dan AW sebesar Rp 10 ribu perpaket sembako dari nilai Rp 300 ribu perpakat bansos," ujar Firli di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Firli menyebut, pada pelaksanaan paket bansos sembako periode pertama, Juliari diduga telah menerima fee sebesar Rp 8,2 miliar dari total uang Rp 12 miliar yang diterima oleh Matheus. Uang untuk Juliari diberikan Matheus melalui Adi Wahyono.

Menurut Firli, pemberian uang tersebut dikelola oleh seseorang bernama Eko dan Shelvy N selaku Sekretaris di Kemensos yang juga orang kepercayaan Juliari. Uang itu digunakan untuk membayar berbagai keperluan pribadi Juliari.

Sementara untuk periode kedua pelaksanaan paket bansos ini terkumpul fee dari Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020 sekitar Rp 8,8 milir. Firli menduga uang tersebut juga akan dipergunakan untuk keperluan Juliari.

Kasus ini diungkap melalui operasi tangkapn tangan pada 5 Desember 2020 dini hari di beberapa tempat di Jakarta. Tim penindakan KPK mengamankan uang dengan jumlah sekitar Rp14,5 miliar dalam berbagai pecahan mata uang yaitu sekitar Rp11, 9 miliar, sekitar 171,085 dolar AS (setara Rp2,420 miliar) dan sekitar 23.000 dolar Singapura (setara Rp243 juta).

Mensos Juliari Batubara, Matheus Joko Santoso, dan Adi Wahyono, sebagai penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 huruf (i) UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sementara Ardian I M dan Harry Sidabuke pihak swasta yang berperan sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Kebetulan yang Hasilkan Potret Super Keren

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini tak sedikit orang yang mengabadikan suatu momen menggunakan kamera baik kamera ponsel maupun kamera profesional. Momen yang dipotret tersebut pun akan menjadi kenang-kenangan.

Tak melulu disengaja, rupanya ada pula foto yang dipotret dalam suatu momen yang kebetulan.

Namun jangan salah, momen-momen kebetulan itu justru tak sedikit yang malah menghasilan foto keren loh.

Tak percaya? Contohnya saja seperti deretan foto yang diambil oleh fotografer bernama Edas Wong ini. 

Artikel tentang bikin takjub, tujuh momen kebetulan ini justru hasilkan potret yang keren menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang disenangi banyak orang, empat zodiak ini memiliki kepribadian paling menarik.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang viral video wanita temukan hal tak biasa di dalam kamar mandi rumahnya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bikin Takjub, 7 Momen Kebetulan Ini Justru Hasilkan Potret yang Keren

foto: IG/@edaswong
foto: IG/@edaswong

Dia menjepret foto-foto tersebut dalam momen yang kebetulan dan justru menghasilkan potret yang keren dan buat kita takjub.

Selengkapnya...

2. Disenangi Banyak Orang, 4 Zodiak Ini Memiliki Kepribadian Paling Menarik

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Memiliki kepribadian menarik tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi seseorang. Pasalnya dengan memiliki kepribadian yang menarik akan membuat seseorang disenangi oleh banyak orang.

Tentu menjadi hal yang menyenangkan jika bisa disenangi dan dikelilingi oleh banyak teman. Namun untuk bisa memiliki kepribadian yang menarik tentu bukanlah hal yang mudah.

Tapi setidaknya ada beberapa orang dengan zodiak tertentu yang dikatakan terlahir dengan kepribadian yang menarik. Tak heran kehadirannya akan selalu disenangi oleh banyak orang.

Selengkapnya...

3. Viral Video Wanita Temukan Hal Tak Biasa di Dalam Kamar Mandi Rumahnya

foto: Tiktok @user166226334577
foto: Tiktok @user166226334577

Sebuah video yang menunjukkan seorang wanita menemukan hal tak biasa di dalam kamar mandi rumahnya menjadi viral. Pasalnya, dalam video tersebut wanita itu menemukan begitu banyak uang di tempat tak terduga di dalam kamar mandi rumahnya.

Rupanya uang tersebut disimpan oleh sang suami. Ya, alih-alih menyimpannya di bank sang suami justru meletakkan tumpukan uang dengan pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu di belakang kloset duduk.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Alasan Twitter Matikan Fitur Balasan Thread

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Twitter memutuskan untuk menghentikan fitur balasan thread karena tanggapan pengguna atas fitur ini tidak seperti yang diharapkan.

Berita ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (5/12/2020) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari lima fitur Android terbaru yang bakal hadir pada akhir 2020.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Twitter Matikan Fitur Balasan Thread, Ini Penyebabnya

Selama beberapa waktu terakhir, Twitter bereksperimen dengan fitur balasan thread.

Fitur balasan thread memungkinkan pengguna untuk membaca cuitan balasan dari sebuah utasan dengan lebih mudah, sehingga interaksi yang terjalin lebih gampang diikuti oleh para pengguna lain.

Namun, Twitter memutuskan untuk menghentikan fitur balasan thread karena tanggapan pengguna atas fitur ini tidak seperti yang diharapkan.

Baca selengkapnya di sini

2. 5 Fitur Baru Android yang Segera Hadir di Akhir 2020

Google berencana merilis lima fitur baru Android dalam beberapa minggu mendatang. Kelima fitur Android yang dimaksud adalah penyempurnaan pada navigasi Peta, emoji Gboard, Voice Access, audiobook Google Play, dan Nearby Share file sharing.

Tidak hanya itu, dikutip dari The Verge, Sabtu (5/12/2020), Google juga menyediakan Android Auto di 36 negara pasarnya.

Berikut adalah 5 fitur baru yang akan hadir di Android dalam beberapa minggu mendatang.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Intip Penampilan Redmi 9 Lunar Gold yang Baru Hadir di Indonesia

Tampak belakang Redmi 9 Lunar Gold. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)
Tampak belakang Redmi 9 Lunar Gold. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Redmi 9 resmi kedatangan warna baru. Xiaomi menuturkan varian warna baru bernama Lunar Gold ini melengkapi deretan Redmi 9 yang sebelumnya sudah dirilis di Indonesia.

Varian anyar Redmi 9 ini juga sudah dijual sejak 23 November 2020 di seluruh saluran penjualan, bersama varian lain yang sudah tersedia. Xiaomi sendiri membanderol perangkat ini dengan harga mulai Rp 1.799.000.

Menyusul kehadirannya di Indonesia, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan melihat lebih dekat varian baru ini. Secara keseluruhan, varian warna baru ini tidak berbeda dari Redmi 9 yang sudah diperkenalkan sebelumnya.

Baca selengkapnya di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Head to Head Tottenham vs Arsenal: Jose Mourinho Jadi Faktor

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, London - Jose Mourinho bisa memainkan faktor penting saat Tottenham Hotspur menjamu Arsenal pada Derby London Utara di Liga Inggris, Minggu (6/12/2020).

Juga sempat menangani Chelsea, Mourinho memiliki rekor impresif menghadapi The Gunners. Dia tidak pernah kalah di 10 laga kandang pada seluruh kompetisi.

Torehan tersebut jelas menambah semangat Tottenham untuk mengalahkan musuh bebuyutan. Terlebih bakal ada 2.000 pendukung yang bakal hadir di stadion.

Terlebih performa Arsenal musim ini sangat inkonsisten. Meski kerap berjaya di Liga Europa, pasukan Mikel Arteta cuma sekali menang di enam partai terakhir Liga Inggris.

Timpangnya kinerja kedua klub terlihat di klasemen. Tottenham memuncaki klasemen hingga pekan ke-10. Spurs unggul delapan angka dari Arsenal yang terdampar di peringkat 14.

5 Pertemuan Terakhir

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)
Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Waktu-Ajang-Laga-Skor

12/07/20 Liga Inggris Tottenham vs Arsenal 2-1

01/09/19 Liga Inggris Arsenal vs Tottenham 2-2

02/03/19 Liga Inggris Tottenham vs Arsenal 1-1

20/12/18 Piala Liga Inggris Arsenal vs Tottenham 0-2

02/12/18 Liga Inggris Arsenal vs Tottenham 4-2

 

Perkiraan Pemain

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris; Aurier, Alderweireld, Dier, Reguilon; Sissoko, Hojbjerg; Son, Ndombele, Bergwijn; Kane

Arsenal (3-4-3): Leno; Holding, Gabriel, Tierney; Bellerin, Ceballos, Elneny, Saka; Willian, Lacazette, Aubameyang

Saksikan Video Liga Inggris Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Kota Solo Bakal Terapkan Lockdown

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan terkait Kota Solo yang akan dilockdown mulai Desember hingga awal tahun depan. Pesan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai isinya sebagai berikut:

"Sudah baca berita terakhir?⁣ Kota Surakarta, lockdown tidak hanya Pasar Gede nya, ya..⁣Melainkan pemerintah Kota Surakarta juga menetapkan lockdown per 10 Desember - 20 Januari 2021.⁣"

Selain banyak dibagikan di aplikasi percakapan, kabar ini juga ramai dibicarakan di media sosial.

Lalu benarkah Kota Solo akan lockdown pada 10 Desember 2020 hingga 20 Januari 2021?

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kota Solo, Ahyani. Ia membantah Kota Solo akan dilockdown dalam waktu dekat.

"Itu hoaks. Tidak benar Solo lockdown," ujar Ahyani saat dihubungi Cek Fakta Liputan6.com, Sabtu (5/12/2020).

"Saat ini Pemkot Solo masih akan membahas lebih detail untuk Surat Edaran Walikota terbaru yang berisi tentang penanggulangan dan penanganan covid-19," ujarnya menambahkan.

Ia juga berharap masyarakat tidak begitu saja percaya dengan kabar yang ada. "Kita harus lebih berhati-hati dalam menerima kabar soal Kota Solo," ujarnya.

Selain itu pada akun media sosialnya, Pemkot Solo juga telah membantah isi pesan berantai tersebut.

Selain itu ada juga artikel dari Solopos.com berjudul "Kabar Solo Lockdown Dipastikan Hoaks, Cek Faktanya!" yang tayang 5 Desember 2020. Berikut isinya:

"Solopos.com, SOLO – Jagad media sosial dibuat geger dengan beredarnya informasi Kota Solo yang rencananya melakukan karantina wilayah atau lockdown per 10 Desember 2020 hingga 20 Januari 2021.

Kabar tersebut menyebar cepat dan diteruskan berkali-kali melalui aplikasi Whatsapp. Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, buka suara. Dia memastikan kabar tersebut tidak benar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak memiliki rencana lockdoown, melainkan pengetatan kegiatan masyarakat. Selain itu, Pemkot bakal menambah durasi hukuman bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Paling ya iseng di media sosial [medsos]. Intinya kan kami hanya pengetatan saja, pembatasan kegiatan masyarakat," kata dia, dihubungi Solopos.com, Sabtu (5/12/2020).

Pengetatan tersebut seperti yang tertuang di Surat Edaran (SE) No.067/2969.1 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Solo.

"Sudah berjalan pengetatannya. Soal hajatan itu, kerumunan dan sebagainya. Kemudian peningkatan sanksinya. Pembahasan dilakukan Kamis (3/12/2020) lalu. SE terbaru belum ada karena SE yang kemarin batasnya sampai 10 Desember. Makanya, kami sampaikan pemberlakuan sanksi membersihkan parit seharian itu baru per 10 Desember. Detailnya baru dimasukkan di SE berikutnya. Jadi sebenarnya tidak banyak perubahan," jelas Ahyani.

Benteng VastenburgAhyani menyebut hoaks soal Solo lockdown bisa jadi muncul lantaran kebijakan Pemkot yang tengah menyiapkan rumah karantina di Beteng Vastenburg. Rumah kaarantina itu nantinya dipakai mengisolasi para pemudik saat momen libur panjang Natal dan Tahun Baru. Mereka wajib menjalani karantina selama dua pekan.

Diberitakan sebelumnya, rumah karantina di Beteng Vastenburg tidak akan senyaman di Dalem Joyokusuman, Grha Wisata, maupun Dalem Priyosuhartan. Fasilitas di rumah karantina Nataru hanya sekadarnya, dengan bunk bed layaknya barak.

"Grha Wisata dipakai Asrama Brimob, begitu pula Dalem Joyokusuman. Sedangkan Dalem Priyosuhartan digunakan untuk karantina mandiri tenaga kesehatan yang membutuhkan," ucap Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, belum lama ini.

Pemkot bakal meminjam tenda dan bunk bed dari Polresta maupun Kodim 0735/Solo. Rancangan rumah karantina itu tengah dibahas bersama sejumlah instansi terkait."

Kesimpulan:

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Pesan berantai yang menyebut Kota Solo akan dilockdown mulai 10 Desember 2020 hingga 20 Januari 2021 adalah hoaks.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Artis Giorgino Abraham dan Lorenzo, Kompak Bak Anak Kembar

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Giorgino Abraham tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Terjun di dunia entertainment sejak remaja, kiprahnya di dunia peran pun tak perlu diragukan lagi. Sejumlah judul film dan sinetron sudah ia bintangi.

Tak hanya soal karier saja, kehidupan pribadinya juga tak lepas dari sorotan. Tak terkecuali kedekatannya dengan sang adik. Seperti diketahui, mantan kekasih Irish Bella ini memiliki seorang adik laki-laki bernama Lorenzo Abraham. Lorenzo Abraham juga mengikuti jejak sang kakak yang terjun di dunia hiburan. 

Bahkan keduanya pernah membintangi judul sinetron yang sama, yakni Rahmat Cinta dan berperan sebagai Enzo. Selain itu, Giorgino dan Lorenzo juga dikenal sebagai kakak adik selebriti yang kompak. Meski memiliki kesibukan masing-masing, Giorgino dan Lorenzo kerap menghabiskan waktu bersama. Terpaut usia tiga tahun, keduanya tampak begitu dekat dan kompak.

Sama-sama berparas tampan, tak sedikit warganet yang mengatakan wajah kakak adik ini terlihat mirip. Apalagi kini Giorgino Abraham yang memiliki gaya rambut gondorng sama dengan sang adik, keduanya bak anak kembar. Berikut 6 potret artis kompak Giorgino Abraham dan Lorenzo, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (6/12/2020).

1. Kakak beradik ini terpaut usia yang tidak begitu jauh, yaitu hanya tiga tahun.

Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)
Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)

2. Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham juga sama-sama terjun di dunia entertainment.

Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)
Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)

3. Meski memiliki kesibukan masing-masing, kakak adik ini menyempatkan waktu liburan dengan keluarga.

Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)
Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)

4. Keduanya juga dikenal selalu kompak di berbagai kesempatan, ini momen Giorgiono dan Lorenzo main sepak bola bersama.

Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)
Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)

5. Punya paras yang mirip, tak salah jika warganet sering menyebut dua pesinetron ini bak anak kembar.

Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)
Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)

6. Selain punya paras mirip, keduanya juga punya gaya penampilan yang sama.

Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)
Giorgino Abraham dan Lorenzo Abraham (Sumber: Instagram/lorenzoabraham)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Sebulan Menikmati Zona Hijau Covid-19, Gorontalo Utara Kembali Memerah

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Baru sebulan berhasil menekan tingkat penyebaran Kasus Covid-19 hingga mencapai zona hijau, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) kembali masuk pada zona merah Covid-19.

Hal terungkap setelah lima orang warga dinyatakan positif Covid-19 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gorontalo. Penambahan kasus tersebut kembali menambah jumlah kasus positif di Kabupaten Gorut.

Kepala Dinas Kesehatan Gorut Rizal Yusuf Kune mengungkapkan, total pasien positif Covid-19 di Gorut hingga kini berjumlah 342 Orang, 4 diantaranya meninggal dunia, 333 orang sudah dinyatakan sembuh dan lima orang saat ini sementara diisolasi.

"Lima Positif baru ini merupakan hasil tracking dari gugus tugas, mereka merupakan tenaga pengajar di SMA, yang tersebar di beberapa kecamatan," kata Rizal kepada Liputan6.com.

"Mereka sedang menjalani isolasi di hotel yang ada di Kota Gorontalo," sambung Kadis.

Rizal menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah menyediakan tempat isolasi di Rumah Sakit ZUS Gorut, namun oleh kebijakan pihak pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk tempat isolasi harus terpusat di Hotel.

"Karena tempat isolasi dipusatkan di sana, maka kami langsung mengantar kelima orang tersebut untuk melakukan isolasi," ucap Rizal.

Selain itu Kata Rizal, Covid-19 hingga saat ini masih tetap ada, sehingga kata dia, untuk memutuskan mata rantai penyebarannya butuh kerjasama dan kepatuhan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti membiasakan menggunakan masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan.

"Intinya protokol kesehatan. Zona hijau tidak bertahan lama ketika hal ini kita langgar," Rizal menandaskan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: IDI Jakarta Minta PSBB Kembali Diperketat

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Petugas Satpol PP berkeliling memberikan imbauan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat lantaran tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas Satpol PP berkeliling memberikan imbauan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat lantaran tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas Satpol PP berkeliling memberikan imbauan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat lantaran tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga beraktivitas pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga beraktivitas pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga beraktivitas pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Aktivitas warga pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)
Aktivitas warga pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Aktivitas warga pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga beraktivitas pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)
Warga beraktivitas pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga beraktivitas pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Aktivitas warga pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)
Aktivitas warga pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

Aktivitas warga pada masa PSBB transisi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta meminta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali diperketat untuk mengantisipasi tren kasus Covid-19 yang terus melonjak di Ibu Kota (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Masih Bisa Ubah Daftar Vaksin yang Bakal Digunakan Indonesia

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah hingga saat ini sudah menetapkan sejumlah vaksin corona Covid-19 yang bakal digunakan untuk vaksinasi masyarakat.

Terkait hal ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sewaktu-waktu bisa merubah kembali 6 jenis vaksin yang telah ditentukan. Hal itu tertuang dalam Dalam keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/38ca 2020 yang resmi ditetapkan 3 Desember 2020

Dalam poin keempat dalam putusan itu disebutkan bahwa Menteri dapat melakukan perubahan jenis vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

Serta keputusan tersebut juga memperhatikan pertimbangan Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, jika ada perubahan jenis vaksin yang hendak digunakan.

Adapun isi Diktum KESATU "Menetapkan jenis vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Perwcro), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm). Moderna, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd., sebagai jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia," bunyi keputusan Menkes, yang dilansri oleh Liputan6.com, Minggu (6/12/2020).

Demikian pengadaan vaksin itu telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 1229).

Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 79 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengadaan Vaksin dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 1266).

Daftar 6 Vaksin Corona Covid-19 yang Bakal Digunakan Indonesia

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Kabar gembira mengenai perkembangan rencana vaksin di Indonesia. Pemerintah hingga saat ini sudah menetapkan sejumlah vaksin corona Covid-19 yang bakal digunakan untuk vaksinasi masyarakat.

Hal ini dipastikan dengan telah ditandatanganinya Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Virus Diesease 2019 (Covid-19).

Dalam keputusan yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tersebut menetapkan enam jenis vaksin Corona Virus Diesease 2019 (Covid-19) yang dapat digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia.

Keenam vaksin tersebut adalah :

1. Vaksin produksi PT Bio Farma (Persero),

2. Vaksin Astrazeneca,

3. Vaksin China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm),

4. Vaksin Moderna,

5. Vaksin PFizer Inc and BioNTech, dan

6. Sinovac Biotech Ltd.

Keenam vaksin tersebut saat ini masih dalam tahap pelaksanaan uji klinik tahap ketiga atau telah selesai uji klinik tahap ketiga.

Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selanjutnya, Menteri Kesehatan dapat mengubah jenis vaksin Covid-19 dalam daftar tersebut berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional.

Sedangkan pengadaan vaksin untuk vaksinasi program akan dilakukan oleh Menteri Kesehatan. Untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi mandiri akan dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Keputusan penggunaan enam vaksin Covid-19 ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu pada 3 Desember 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iyut Bing Slamet Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Iyut Bing Slamet ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Adik kandung Adi Bing Slamet itu ditangkap di kediamannya di kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat Kamis (3/12/2020).

Setelah menjalani tes urin, pemilik nama asli Ratna Fairuz Albar dinyatakan positif metamfetamin atau sabu. Dari hasil tersebut, polisi menetapkannya pelantun Ku Bersyukur sebagai tersangka.

"Penyalahgunaan narkotika yang salah satu penyalahgunaannya adalah tersangka atas nama IBS," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono saat jumpa pers di Mapolresta Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020).

Barang Bukti

Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tak hanya itu, penetapan tersangka juga merujuk dari barang bukti yang ditemukan pihak kepolisian saat menggeledah kediaman Iyut Bing Slamet. Polisi berhasil menemukan alat bong atau alat isap sabu serta klip sisa narkoba bekas pakai.

"Di dalam rumah tersebut ditemukan satu set alat isap sabu, dua buah korek gas , satu buah plastik klip bening bekas narkotika," kata Budi lagi.

Membeli Sabu

Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Mantan artis cilik, Ratna Fairuz Albar atau Iyut Bing Slamet dihadirkan dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Mapolres Jakarta Selatan, Sabtu (5/12/2020). Polisi menangkap Iyut Bing Slamet pada Kamis, 3 Desember 2020 malam di rumahnya di kawasan Johar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menurut pengakuannya saat diperiksa polisi, Iyut Bing Slamet membeli barang haram tersebut untuk dikonsumsi sendiri. Saat ini polisi tengah mengejar orang yag memasok sabu kepada mantan artis cilik itu.

"Dibelinya 0,7 gram dan habis pakai. Maka dari itu, yang bersangkutan kita kenakan pasal pengguna. Sementara kita ngejar penjualnya," kata Budi.

Ancaman Hukuman

instagram @iyut.bing7
instagram @iyut.bing7

Atas perbuatannya Iyut terancam hukuman paling bert selama 12 tahun dan denda Rp 8 Miliar. "Kita kenakan Pasal 127 ayat 1 UU No 3/2009 sebagai pengguna narkotika," kata Budi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Presiden Kesal Peningkatan Jumlah Penderita Covid-19

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi kesal dan mengingatkan provinsi Jawa Tengah dan DKI Jakarta dimana angka penderita Covid-19 meningkat tajam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Virtual Tour dan Staycation Bisa Jadi Pilihan

Posted: 05 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persiapan libur Natal dan Tahun Baru 2021, virtual tour dan staycation bisa menjadi pilihan keluarga di tengah pandemi COVID-19.

Pilihan dua kegiatan itu guna meminimalisirkan potensi penularan Virus Corona di perayaan Natal 2020 dan saat Tahun Baru 2021.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, pilihan kegiatan virtual tour dan staycation memungkinkan masyarakat untuk berlibur saat Natal dan Tahun Baru 2021 tanpa menimbulkan kerumunan.

"Ada beberapa alternatif kegiatan lainnya yang dapat dipilih dalam mengisi masa libur Natal dan Tahun Baru 2021. Seperti virtual tour ke tempat-tempat wisata dan lainnya. Atau bisa juga memilih untuk staycation (stay vacation)," kata Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Meski begitu, pelaksanaan virtual tour dan staycation harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Saya tetap ingatkan kepada masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan," pesan Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Libur Panjang dan Cuti Bersama Harus Disertai Protokol Kesehatan

Warga di depan papan himbauan pencegahan penyebaran Covid-19 di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya terus mengampanyekan pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga di depan papan himbauan pencegahan penyebaran Covid-19 di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya terus mengampanyekan pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk libur akhir tahun dan cuti bersama terdapat perubahan dari Surat Keputusan Cuti Bersama dan Libur Akhir Tahun sebelumnya. Semula cuti bersama tanggal 24, 28, 29, 30 dan 31 Desember menjadi 24 Desember sebagai cuti bersama Hari Raya Natal dan 31 Desember sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

Sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, secara teknis pengurangan libur, ada tiga hari yaitu 28, 29, 30 Desember yang merupakan hari masuk kerja biasa. Keputusan bersama ini ditetapkan Pemerintah.

"Intinya, cuti bersama tetap dilaksanakan, hanya harus disertai kampanye masif mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Kita terus menjaga kesiapsiagaan," terang Menko Muhadjir Effendy usai Rapat Tingkat Menteri, Selasa (1/12/2020) sore.

"Bagi kepala daerah agar benar-benar mempersiapkan layanan kesehatan selama masa libur panjang akhir tahun nanti."

Presiden Joko Widodo memberi arahan agar hari libur akhir tahun 2020 dipertimbangkan kembali dan tidak terlalu panjang. Hal itu guna mengendalikan mobilitas masyarakat ke luar daerah dalam rangka menekan penyebaran COVID-19.

Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020

Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus Pagi : KPK Tetapkan Mensos Tersangka Korupsi

Posted: 05 Dec 2020 07:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fokus Pagi menyajikan berita-berita utama di antaranya, KPK Tetapkan Mensos Tersangka Korupsi, Keranda Jenazah Dihanyutkan Di Sungai, Harimau Berkeliaran Di Permukiman, Ibu Yang Akan Melahirkan Terjebak Kemacetan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 6 Desember: 3.434 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet

Posted: 05 Dec 2020 07:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 3.434 Pasien Covid-19 menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet pada Minggu (6/12/2020) pagi. Jumlah tersebut merupakan akumulasi pasien dari empat tower yang disediakan sebagai tempat isolasi.

Berdasarkan data yang diriis oleh Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan I), ada 2.576 pasien Covid-19 yang masih menjalani isolasi di tower 4, 6 dan 7. Dengan rincian 1.274 pasien pria dan 1.302 pasien wanita.

"Semula 2.516 orang, kemudian berkurang bertambah 60 orang," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian, Minggu.

Sementara itu, pasien Covid-19 yang masih dirawat di tower 5 ada 858 orang dengan rincian 467 pasien pria dan 391 pasien wanita. 

"Pasien rawat inap 858 orang yang semula 790 orang, bertambah 68 orang," ucap Aris.

 

Data Sejak Maret 2020

Sementara itu, berdasarkan data rekapitulasi sejak 23 Maret hingga 6 Desember 2020, tercatat 29.852 orang yang terdaftar sebagai pasien di tower 4, 6 dan 7. Rinciannya, pasien rujuk ke rumah sakit lain 499 orang, pasien sembuh 26.768 orang, dan 9 pasien meninggal.

Kemudian, data rekapitulasi Tower 5 sejak 15 September hingga 6 Desember 2020 menunjukkan 19.635 pasien yang dirawat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17.755 pasien dinyatakan sembuh, 2 pasien dirujuk ke rumah sakit.

Kogabwilhan I juga melaporkan perkembangan pasien di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Di rumah sakit dadakan tersebut terdapat 328 pasien yang menjalani rawat ini. Jumlah itu terdiri dari 328 pasien terkonfirmasi positif dan nihil pasien suspek.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: