Senin, 14 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


2.267 WNI Positif Corona COVID-19 di Luar Negeri, 1.549 Orang Dinyatakan Pulih

Posted: 14 Dec 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan bahwa terdapat tambahan WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Korea Selatan, Vatikan, dan Taiwan.

Adapun tambahan WNI yang sembuh dari COVID-19 di Korea Selatan dan Taiwan.

"Tambahan WNI terkonfirmasi COVID-19 di Korea Selatan, Vatikan, dan Taiwan, dan sembuh Korea Selatan dan Taiwan," tulis @Kemlu_RI di Twitter

Dalam data pada Selasa (15/12/2020) per pukul 08.00 WIB itu, total WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di luar negeri kini sebanyak 2.267, 1.549 dinyatakan sembuh, 161 telah meninggal dunia dan 557 dalam perawatan.

Di Taiwan, 130 WNI tercatat positif mengalami COVID-19, dengan 24 orang dinyatakan sembuh, dan 106 lainnya masih dalam perawatan. 

Sementara di Vatikan, 20 WNI tercatat positif COVID-19, 18 di antaranya telah dinyatakan pulih dan 2 orang lain sedang menjalani perawatan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

84 WNI Positif COVID-19 di Korea Selatan

Sepasang kekasih mengenakan masker saat bersepeda  di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, 7 Maret 2020. Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Korea Selatan sebanyak 7.755 orang terinfeksi, 60 meninggal, dan 288 sembuh. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sepasang kekasih mengenakan masker saat bersepeda di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, 7 Maret 2020. Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Korea Selatan sebanyak 7.755 orang terinfeksi, 60 meninggal, dan 288 sembuh. (AP Photo/Ahn Young-joon)

84 WNI di Korea Selatan positif COVID-19, dengan 65 orang telah pulih dan 19 orang lainnya yang dalam perawatan. 

Dikutip dari Channel News Asia, Korea Selatan telah melaporkan 880 kasus baru Virus Corona COVID-19 pada Selasa (15/12/2020), menurut Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA).

Diketahui bahwa negara tersebut kini sedang menghadapi kenaikan kasus COVID-19, pada besar jumlah yang belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Jumlah kasus tambahan terbaru itu pun naik dari 718 yang dilaporkan pada 14 Desember, sehari setelah rekor lonjakan infeksi harian tercatat sebanyak 1.030.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Positif COVID-19 Meningkat di Surabaya

Posted: 14 Dec 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur meningkat pada pertengahan Desember 2020.  Tercatat pasien konfirmasi dalam perawatan COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur mencapai 111 orang pada 14 Desember 2020.

Padahal pada 1 Desember 2020, pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 76 orang di Surabaya, Jawa Timur.

Adapun pasien positif Corona COVID-19 bertambah 60 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, 14 Desember 2020. Total kasus positif Corona COVID-19 mencapai 17.431.

Sementara itu, pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah 37 orang di Surabaya. Total pasien sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 16.093 orang.Di satu sisi, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah satu orang menjadi 1.227 orang. Demikian mengutip dari lawancovid-19.surabaya.go.id.

Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto menuturkan, kasus COVID-19 masih terkendali meski ada kenaikan. Ia juga mengingatkan warga Surabaya jangan teledor dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

"Masih bisa dikendalikan. Perhatian khususnya warga tolong jangan teledor," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/12/2020).

Pihaknya melihat ada indikasi penurunan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah warga.

"Kalau kami perhatikan kedisiplinan warga mulai menurun sekarang. Makanya, kami imbau kepada para pelaku usaha, tempat kerja, dan tempat ibadah untuk mengefektifkan kembali satgas mandiri masing-masing demi memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Surabaya," ujar dia.

Kepala BPB Linmas Surabaya ini jugapernah  mengimbau kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan selalu rutin cuci tangan. Sebab, akhir-akhir ini warga sudah mulai bersosialisasi dan kumpul-kumpul antar sesama.

"Ketika kumpul-kumpul itu pasti ada makan-makan yang kemudian melepas masker. Ketika melepas masker itu mereka kemudian keenakan ngobrol sehingga terkadang sampai lupa waktu. Nah, begini ini yang harus diantisipasi juga," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tiga Alasan COVID-19 Menular dengan Cepat

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Dia menuturkan, dalam bersosialisasi sehari-hari, terkadang hal-hal sepele bisa menjadi perantara penyebaran COVID-19. Bahkan, kebiasaan-kebiasaan yang dianggap normal, justru bisa menjadi faktor penyebaran COVID-19 dengan cepat. 

Setidaknya, ada tiga alasan utama kenapa COVID-19 dapat menular dengan cepat. "Kita sering mengentengkan hal-hal sepele seperti ini, 'mereka rekan kerjaku, jadi aku bisa membicarakan tanpa masker', kemudian ada pula 'mereka kan teman-teman dekatku, jadi aku bisa berbincang-bincang tanpa pakai masker', dan ada pula 'mereka kerabatku, jadi aku bisa mengobrol tanpa pakai masker'. Nah, jangan sampai kita melakukan tiga kesalahan fatal di atas, pakai selalu maskermu, dan jaga dirimu serta orang-orang di sekitarmu," ujar dia.

Selain itu, Pelaksana Tugas Kepala Bakesbang Pol Surabaya ini juga menjelaskan bahwa untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, harus menghindari 3C, yaitu closed spaces atau ruang tertutup dengan ventilasi rendah, crowded place atau tempat yang padat orang atau kerumunan, dan close contact setting atau kontak dekat seperti percakapan jarak dekat.

Disamping itu, harus juga memerhatikan VDJ, yaitu ventilasi, durasi, dan jarak. Semakin faktor VDJ dijaga, maka semakin rendah risiko penyebaran Covid-19. Sebaliknya, saat ketiga faktor VDJ overlap, maka risiko penyebarannya sangat tinggi. "Jadi, ayo hindari 3C dan harus memperhatikan VDJ," imbuhnya. 

Ia pun kembali mengingatkan kepada semua pihak, terutama warga Kota Surabaya untuk tidak kendor menjaga dan mentaati protokol kesehatan yang sudah dilakukan sejak awal pandemi. 

"Tidak boleh kendor dalam menjaga protokol kesehatan. Menurut kami, vaksin terbaik adalah perubahan perilaku dengan biasakan yang tidak biasa, dengan cara itu, Insya Allah COVID-19 di Surabaya akan segera selesai," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Video Dinosaurus Triceratops Muncul di Magetan, Ini Fakta di Baliknya

Posted: 14 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan adanya seekor hewan purba dinosurus. Pada video yang beredar di medis sosial, Senin (14/12/2020) terlihat seekor dinosaurus Triceratops yang tengah turun dari atas truk.

Tak hanya itu saja, dalam video yang beredar juga memperlihatkan beberapa orang termasuk anggota TNI yang tengah berusaha 'menjinakan' dinosaurus tersebut. Pasalnya di video yang beredar di lini masa media sosial tersebut, sang dinosurus terlihat masih hidup dan tengah memberontak dari tali yang diikatkan.

Video yang memperlihatkan dinosaurus triceratops yang diunggah oleh akun Twitter @PengendaliiApi pada Senin (14/12/2020) ini pun sukses mencuri perhatian netizen. Bahkan, video berdurasi 30 detik tersebut telah ditonton lebih dari 700 ribu kali oleh para netizen.

Fakta sebenarnya.

Video viral (Sumber: Twitter/Magetanbanget)
Video viral (Sumber: Twitter/Magetanbanget)

Video mengenai adanya dinosaurus Triceratops ini menjadi sorotan netizen di lini masa media sosial. Melalui akun Twitter @PengendaliiApi, Senin (14/12/2020) video mengenai diturunkannya dinosaurus Triceratops dari atas truk dengan caption "Alhamdulillah piaraan baru udah nyampe" ini telah ditonton lebih dari 700 ribu kali.

Rupanya, kejadian adanya dinosaurus tersebut diketahui terjadi di Magetan, Jawa Timur. Tepatnya di Mojosemi Forest Park yang berada di Jalan Raya Sarangan, Semorosewu, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Akun Twitter @magetanbanget, juga mengunggah video sang dinosaurus pada senin (14/12/2020).

Mojosemi Forest Park sendiri merupakan sebuah tempat wisata alam yang menyediakan berbagai area rekreasi, camping hingga koleksi robot dinosaurus. Adanya dinosaurus Triceratop yang beredar di media sosial pun diyakini salah satu tambahan robot dinosaurus di Mojosemi Forest Park tersebut.

Wahana Dinosaurus

Video viral (Sumber: Twitter/Magetanbanget)
Video viral (Sumber: Twitter/Magetanbanget)

Akun Instagram resmi @mojosemiforestpark juga memperlihatkan video dinosaurus Triceratops tengah diturunkan dari atas truk. Tak hanya Triceratops saja, akan tetapi dalam wahana dinosurus yang terdapat di mojosemi juga terdapat T-Rex serta dinosaurus berleher panjang, Brachiosaurus.

Triceratops merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang memiliki panjang mencapai 9 meter dan tinggi sekitar 3,8 meter. Berat dari Triceratops diperkirakan mencapai 6,5 ton. Fosil dinosaurus ini pun pertama kali ditemukan pada periode Campanian atau sekitar 83,6 hingga 72,1 juta tahun lalu.

Respons Netizen

Beredarnya video yang memperlihatkan dinosaurus tengah turun dari atas truk ini pun berhasil mencuri perhatian netizen. Tak sedikit pula netizen yang penasaran akan keaslian dari video tersebut. Namun netizen yang mengetahui jika dinosaurus tersebut merupakan sebuah 'atraksi' juga memuji atas aksi orang-orang yang terlibat.

"Dimohon dengan sangat jangan sampai ini masuk ke group WhatsApp. Apalagi sampe nyebar ke group wa emak.Bisa2 dibilang "Tanda akhir zaman, ada hewan aneh yang bermunculan"" tulis akun @Oi_Njik.

"Itu dinosaurus triceratops. Tapi itu cuma kostum doang, dalamnya ada orang. Trik marketing, tapi bagus bgt buat edukasi si kecilnya bund"" ujar akun @Luckyhaha_.

"Kayak abis beli sapi di pasar ..." tulis akun @MangkokMie.

.salut ama bapak petugas, ada waktu buat ngeladenin gimmick beginian" ujar akun @indro_ordni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengisi BBM Tanpa Berkerumun Saat Liburan Akhir Tahun Lewat Pertashop di Tol Trans Jawa, Cek Titik-Titiknya

Posted: 14 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta- Selama libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah tetap melayani sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan Pertamina adalah membuka pertashop di sejumlah titik Tol Trans Jawa.

Bukan tanpa alasan Tol Trans Jawa menjadi prioritas utama distribusi BBM selama libur Natal dan Tahun Baru ini. Berdasarkan libur Idul Adha dan libur panjang akhir pekan pada tahun ini, pengisian BBM di SPBU sepanjang Tol Trans Jawa meningkat sampai 200 persen.

"Sementara kendaraan yang mengisi BBM di kota hanya sekitar 10 sampai 20 persen, artinya kebanyakan kendaraan mengisi BBM di tol," ujar Pjs. Unit Manager Communication, Relations And CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah, Arya Yusa Dwicandra, dalam jumpa pers virtual, Selasa (15/12/2020).

Menurut Arya, penerapan pertashop di sepanjang Tol Trans Jawa juga menjadi cara Satgas Natal dan Tahun Baru Pertamina untuk mengurangi kerumunan orang. Para pemilik kendaraan tidak perlu antre saat mengisi BBM di SPBU karena bisa memanfaatkan pertashop yang berada di titik-titik non-rest area.

Berikut titik pertashop milik Pertamina di Tol Trans Jawa,

Tol Pejagan-Pemalang

1. Km 252 (satu unit)

2. Km 275 (satu unit)

3. Km 294 (satu unit)

Tol Pemalang-Batang

5. Km 338 (satu unit)

Tol Semarang-Solo

6. Km 456 (dua unit)

Sementara, untuk SPBU ada tujuh titik reguler dan sekaligus rest area, meliputi, Tol Pejagan-Pemalang Km 260, Tol Semarang-Batang Km 360, Km 379, dan Km 389, Tol Tembalang-Ungaran Km 429, dan Tol Salatiga-Kertosono dua titik di Km 519.

"Dengan keberadaan pertashop Pertamina di Tol Trans Jawa selain di titik rest area, pemilik kendaraan juga semakin dipermudah dalam mendapatkan BBM tanpa harus keluar dari tol," ucapnya.

 

Prediksi Kenaikan Konsumsi BBM dan Elpiji

Melalui 7 Terminal BBM yaitu Integrated Terminal Semarang dan Cilacap, Fuel Terminal Boyolali, Tegal, Maos, Lomanis serta Rewulu, Pertamina menyalurkan kebutuhan BBM di Regional Jawa Bagian Tengah. Sementara untuk kebutuhan LPG, Pertamina di Regional JBT mengakomodasi melalui Depot LPG Cilacap serta Depot milik Opsico di Kota Semarang.

Selama periode Satgas Natal dan Tahun Baru, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY.

Untuk wilayah Jawa Tengah, Pertamina memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar delapan persen untuk BBM jenis Gasoline, yakni dari rata-rata harian normal sebesar 10.200 kiloliter menjadi 11.000 kiloliter per hari.

Sedangkan untuk LPG PSO, diprediksi akan naik sebesar 10 persen dari rataan harian normal 3.480 Metric Ton (MT) menjadi 3.820 MT perhari dan elpiji NPSO akan naik 12 persen yaitu dari 262 MT menjadi 282 MT per hari.

Untuk wilayah DIY, Pertamina memperkirakan terjadi kenaikan sebesar enam persen untuk BBM jenis Gasoline, dari rata-rata harian normal sebesar 1.510 kiloliter menjadi 1.600 kiloliter per hari.

Sedangkan untuk LPG PSO diprediksi naik sebesar 10 persen dari rata-rata harian normal 380 Metric Ton (MT) menjadi 420 MT perhari dan elpiji NPSO akan naik sembilan persen yaitu dari 61 MT menjadi 66 MT per hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibrahimovic: AC Milan Harus Berani Kejar Scudetto

Posted: 14 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic mengatakan timnya harus bisa menargetkan juara Liga Italia. Ibra pun siap menjadi tulang punggung agar impian itu terwujud.

"Tim ini harus punya keberanian bermimpi memenangkan gelar juara. Kami punya jalan panjang yang menanti di depan," ujar Ibrahimovic seperti dilansir Football Italia.

AC Milan masih memuncaki Liga Italia dengan 27 poin. Dari 11 pertandingan, Rossoneri mengantongi 8 kemenangan dan 3 imbang.

Catatan impresif itu membuat AC Milan mengoleksi 27 poin. Tim asuhan Stefano Pioli itu pun diunggulkan untuk merebut scudetto.

Ibrahimovic sendiri berperan cukup krusial dalam capaian itu. Meski telah berusia 39 tahun, Ibra masih subur dengan catatan 11 gol dari 10 pertandingan di musim ini.

"Tim ini lapar dan gigih. Kami inginkan lebih," kata Ibrahimovic.

 

Jangan Menyerah

Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan membuka tangan untuk memeluk rekan setimnya di penghujung pertandingan sepak bola Serie A antara Inter Milan dan AC Milan di Stadion San Siro, di Milan, Italia, Sabtu, 17 Oktober 2020. Ibrahimovic mencetak kedua gol terseb
Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan membuka tangan untuk memeluk rekan setimnya di penghujung pertandingan sepak bola Serie A antara Inter Milan dan AC Milan di Stadion San Siro, di Milan, Italia, Sabtu, 17 Oktober 2020. Ibrahimovic mencetak kedua gol terseb

Lebih lanjut, Ibra pun mengakui masih bersemangat untuk meraih trofi. Pemain asal Swedia itu menilai, ambisi itulah yang membuat rekan-rekannya termotivasi untuk tidak neyerah.

"Saya kira saya bisa menularkan karisma saya kepada rekan setim. Saya selalu ingi berlatih karena saya merasa lebih baik," katanya.

"Saya katakan kepada orang-orang yang seumuran dengan saya untuk percaya kepada diri sendiri dan jangan menyerah," ujarnya mengakhiri.

Klasemen Liga Italia

 

 

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Mila Buka Suara, Sempat Bahas Pernikahan dengan Mischa Chandrawinata sebelum Putus Cinta

Posted: 14 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jessica Mila pacaran dengan Mischa Chandrawinata sekitar empat tahun. Hubungan bintang film Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan dengan Mischa Chandrawinata akhirnya kandas.

Jessica Mila menyatakan, sang mantan pria yang baik sekaligus menyenangkan. Sebelum putus, bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala bahkan sempat membahas rencana nikah.

Klarifikasi Jessica Mila putus cinta terekam dalam video "Putusnya Hubungan Jessica Mila Dengan Mischa Menjadi Pendewasaan Diri" di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Senin (14/12/2020).

 

Ngomongin Pernikahan

Jessica Mila dalam konten Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)
Jessica Mila dalam konten Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)

"Karena pada saat itu kita hubungannya seserius itu. Kita sudah mengarah, sudah sempat ngomongin kalau kita menikah bagaimana dan lain-lain. Jadi pasti sedih banget," beri tahu Jessica Mila.

Terungkap pula bahwa usai putus cinta Mischa Chandrawinata depresi lalu menyepi di Bali. Sekitar dua minggu ia "menghilang"  nyaris tak terlacak orang-orang terdekatnya.

Saat Kita Pisah

Jessica Mila. (Foto: Instagram @jscmila)
Jessica Mila. (Foto: Instagram @jscmila)

Di mana Jessica Mila saat Mischa Chandrawinata depresi? "Aku enggak tahu sih, yang pasti aku di Jakarta saja dan waktu itu enggak tahu kenapa mungkin aku enggak merasakan apa yang Mischa rasakan pada saat kita pisah," katanya.

Bukan berarti Jessica Mila tidak sedih putus dari Mischa Chandrawinata. Ia telah melewati beragam kehilangan sebelum putus cinta. Termasuk ditinggal mati orang terkasih. Banyaknya referensi kehilangan menguatkannya.

 

Beberapa Kali Kehilangan

Jessica Mila. (Foto: Instagram @jscmila)
Jessica Mila. (Foto: Instagram @jscmila)

"Aku enggak tahu mungkin karena aku sudah mengalami beberapa kali kehilangan orang yang dekat banget sama aku dan kehilangannya tuh meninggal. Aku sudah enggak bisa ketemu lagi," ia memaparkan.

"Jadi aku tuh, merasa setelah melewati proses itu, aku tahu semua orang yang Tuhan percayakan ke kita mau itu keluarga, teman, pacar, itu juga Tuhan bisa ambil kapan pun. Kalau memang Tuhan mau," Jessica Mila menambahkan. 

Mischa Baik Banget...

Jessica Mila. (Foto: Instagram @jscmila)
Jessica Mila. (Foto: Instagram @jscmila)

Tak mau menyalahkan diri sendiri dan mantan, Jessica Mila menyerahkan percintaan serta hidupnya kepada Sang Khalik. Ia tahu, Tuhan akan memberikan yang terbaik sesuai waktuNya. Lantas seperti apa Mischa Chandrawinata di mata Jessica Mila kini?

"Mischa baik banget, mungkin itu salah satu hubungan yang dari awal tuh aku pikirin banget supaya hubungan kita tetap di dalam Tuhan terus. Karena aku tahu kita tujuannya serius dan aku enggak pengin salah pilih pasangan hidup," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Mulai Jual Mi 10T dan Mi 10T Pro Pada 15 Desember 2020

Posted: 14 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah membuka pre-order pada 10-14 Desember lalu, Xiaomi kini memulai penjualan perdana perangkat Mi 10T dan Mi 10T Pro.

Mengutip keterangan Xiaomi, penjualan perdana Mi 10T dan Mi 10T Pro akan dilakukan pada hari ini, 15 Desember 2020. Xiaomi membuka penjualan perdana Mi 10T dan Mi 10T Pro mulai pukul 12.00 WIB di JD.id dan Mi.com.

Penjualan langsung juga dibuka di Mi Store pada hari dan jam yang sama dengan opsi warna Lunar Silver dan Cosmic Black.

Harga yang ditawarkan untuk Mi 10T Rp 5,999 juta dan Mi 10T Pro Rp 6,999 juta.

Pada penjualan perdana, Xiaomi menawarkan voucher senilai Rp 100.000, perpanjangan masa garansi perbaikan layar 2 tahun, dan kesempatan mendapatkan fast charge power bank 10.000mAh 18W untuk 3.000 transaksi pertama.

Sekadar informasi, penjualan Mi 10T series melalui jalur pre-order diklaim mencapai 5.000 pesanan.

Tentang Mi 10T dan Mi 10T Pro

Tampilan Mi 10T yang baru saja diperkenalkan. (Sumber: Xiaomi)
Tampilan Mi 10T yang baru saja diperkenalkan. (Sumber: Xiaomi)

Untuk diketahui, Mi 10T Pro dan Mi 10T memang menggunakan high-end chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 865.

Sementara untuk kamera, Mi 10T Pro memang hadir dengan lensa utama beresolusi 108MP, lebih besar dari Mi 10T yang beresolusi 64MP.

"Lalu, smartphone ini memiliki refresh rate 144Hz yang menawarkan pengalaman entertainment sangat mulus," tutur Alvin menjelaskan.

Bisa Sesuaikan Refresh Rate Layar

Isi boks penjualan Xiaomi Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)
Isi boks penjualan Xiaomi Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Kemampuan ini turut ditunjang teknologi AdaptiveSync yang memungkinkan perangkat mengatur refresh rate secara otomatis tergantung aktivitas pengguna.

Layar Mi 10T Pro dan Mi 10T memiliki teknologi TrueColor untuk menghasilkan warna yang lebih akurat. Serupa dengan seri Xiaomi sebelumnya, perangkat ini sudah menerima sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light.

Kemampuan smartphone ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dan sudah didukung fitur fast charging 33W. Ada pula teknologi Middle Tab yang dibenamkan Xiaomi untuk membuat waktu pengisian daya lebih singkat.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPU Evaluasi Pelaksanaan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Bagaimana Hasilnya?

Posted: 14 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meski sempat dikhawatirkan banyak pihak, menurut Menkopolhukam, Mendagri, dan Ketua KPU Pusat penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember lalu dinilai sukses dan tidak menimbulkan klaster penyebaran Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Bogor Penuhi Panggilan Polda Jabar Terkait Acara Rizieq Shihab di Megamendung

Posted: 14 Dec 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Bupati Bogor Ade Yasin memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 terkait kerumunan di Megamendung pada acara Rizieq Shihab.

Ade hadir di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (15/12/2020). Orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu hadir menggunakan pakaian dan kerudung berwarna merah.

"Tadi (pemeriksaan) berlangsung mulai jam 10.00 WIB, sekarang kita tunggu saja, yang bersangkutan masih memberikan keterangan terhadap penyidik sesuai dengan undangan hari ini," kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Selasa.

Ketika datang ke Polda Jawa Barat, Ade tak berkomentar apapun soal kasus kerumunan di acara yang melibatkan Rizieq Shihab itu.

Selain Ade, Erdi mengatakan polisi mengundang sejumlah ahli untuk diminta keterangannya terkait kasus kerumunan di Megamendung pada Jumat 13 November 2020 lalu.

"Ada beberapa, di antaranya ahli dari epidemiologi, dan hukum dari salah satu universitas terkemuka di Jawa Barat," kata Erdi.

Sebelumnya, Ade Yasin juga telah dijadwalkan untuk memberi klarifikasi terkait kasus yang menyeret nama Rizieq Shihab itu pada Jumat 20 November lalu. Namun pada saat itu Ade Yasin masih dinyatakan positif Covid-19 sehingga proses pemeriksaan dijadwalkan ulang.

 

Bakal Periksa Ridwan Kamil Besok

Erdi mengatakan pihaknya juga bakal melakukan pemeriksaan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rabu 16 Desember 2020.

Namun, dia mengaku pihaknya belum menerima konfirmasi kehadiran pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

"Mudah-mudahan besok sesuai harapan dan waktunya yang bersangkutan (Ridwan Kamil) hadir, tapi itu kita belum terkonfirmasi secara utuh," kata Erdi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serbu, Banjir Potongan Harga di Festival Diskon Nasional BUMN

Posted: 14 Dec 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN menyelenggarakan Festival Diskon Nasional (FDN) pada 16-31 Desember 2020 mendatang. Festival ini melibatkan empat Bank Himbara, 24 BUMN dan afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5 ribu merchant konvensional, 211 ribu merchant UMKM, dan lima perusahaan fintech.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting berharap, festival ini bisa mendongkrak animo masyarakat untuk berbelanja produk lokal.

"Tujuan diselenggarakannya festival ini untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit, sebab UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19," ujar Loto saat konferensi pers virtual, Selasa (15/12). 

Loto mengatakan, festival ini menawarkan berbagai diskon menarik dari berbagai produk-produk dalam negeri yang berkualitas. Dia yakin, acara ini bisa membantu pemerintah menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) karena jumlah pelaku UMKM lebih dari 60 juta orang.

"Sektor ini menjadi salah satu penggerak utama perekonomian dengan jumlah pelaku tercatat melebihi angka 60 juta, diharapkan menjadi pemicu kebangkitan sektor UMKM untuk pemulihan ekonomi Indonesia" ujar Loto yang juga merupakan Ketua Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN.

Selain itu, festival dengan tema 'Beli Satu Tumbuh Seribu' ini menjadi acara yang diandalkan dari rangkaian kampanye #BanggaBuatanIndonesia (BBI) yang diselenggarakan pemerintah untuk meningkatkan konsumsi produk dalam negeri.

BBI sendiri merupakan sinergi berbagai kementerian yang dikoordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN dan Perusahaan-perusahaan BUMN yang dikoordinir Bank Mandiri.

"Dengan mengusung tema itu, kami ingin membuka wawasan masyarakat bahwa setiap transaksi mereka di FDN 2020, akan menghasilkan efek bola salju besar. Soalnya mereka telah mendukung keberlangsungan hidup lebih dari satu UMKM di situasi sulit seperti ini," ujarnya.

Berbagai rangkaian kegiatan diadakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta menawarkan pengalaman belanja yang unik dan menguntungkan. Mulai dari Talkshow, Workshop, Fashion Showcase, Flash Sale, Live Shopping, Lelang, dan Virtual Concert.

Sementara itu, penjualan produk dilakukan secara daring maupun luring. Masyarakat bisa mengunjungi website www.festivaldiskonnasional.com untuk melihat informasi produk, diskon yang ditawarkan, dan informasi mengenai UMKM, merchant lokal atau BUMN yang berpartisipasi dalam festival ini. Loto berharap, seluruh rangkaian acara tersebut bisa meningkatkan transaksi belanja masyarakat.

"Saya berharap ada dampak post-event yang signifikan, saya ingin merchant lokal berkualitas akan semakin dikenal. Semoga transaksi belanja menjadi meningkat sesudah event ini berakhir," tutup Loto.   

Reporter: Rifa Yusya Adilah 

Sumber: Merdeka.com

BUMN Indonesia Bisa Kalahkan Temasek, Ini Caranya

Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah Indonesia menyebutkan bahwa valuasi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa mengalahkan holding perusahaan negara lain seperti Temasek yang dimiliki oleh Pemerintah Singapura.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, agar BUMN Indonesia bisa mengalahkan valuasi Temasek adalah dengan cara semua BUMN yang ada melantai di bursa saham (IPO). Dengan demikian, menurutnya bukan tidak mungkin nilainya akan lebih besar dari Temasek.

"Jika kita IPO perusahaan milik negara ini menjadi dua kali lipat, maka secara teoritis kita akan mendapatkan nilai pasar Rp 4.800 triliun atau dengan nilai tukar saat ini sekitar USD 380 miliar. Jadi sebenarnya sedikit lebih besar dari Temasek," ujar Budi dalam acara US-Indonesia Investment Summit ke-8, Jumat (11/12/2020).

Budi menambahkan, dalam pengelolaan aset negara, pemerintah perlu untuk melibatkan sektor swasta. Dalam hematnya, nilai aset dan pendapatan BUMN saat ini tercatat lebih besar dari milik pemerintah Indonesia sendiri.

"Jadi jika presiden ingin memindahkan perusahaan dalam PDB, dia tidak bisa begitu saja mendorong Kementerian untuk melakukannya. Ia perlu melibatkan sektor swasta," kata Budi.

Saat ini BUMN memiliki total aset sekitar Rp 8.400 triliun lebih dan pendapatan sebelum pandemi COVID-19 mencapai Rp 2.400 triliun setahun.

"Sekarang BUMN punya 140 perusahaan, total asetnya sekitar Rp 8.400 triliun jadi sebenarnya lebih besar dari aset pemerintah Indonesia, dan total pendapatan yang terakhir saya lihat sekitar Rp 2.400 triliun, juga sama dengan pendapatan pemerintah," sebut Budi. 

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nilai Impor November 2020 Tercatat USD 12,66 Miliar, Mayoritas Barang Konsumsi

Posted: 14 Dec 2020 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor November 2020 mencapai USD 12,66 miliar. Angka ini naik 17,40 persen dibanding Oktober 2020. Rinciannya, impor migas mengalami kenaikan 0,59 persen menjadi USD 1,08 miliar. Sedangkan impor nonmigas naik 19,27 persen menjadi USD 11,58 miliar.

"Nilai impor pada bulan November yang sebesar USD 12,66 miliar ini naik 17,4 persen dibandingkan posisi bulan lalu," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam video konferensi rilis Data Ekspor-Impor, Selasa (15/12/2020).

Sedangkan jika dilihat secara tahunan atau year on year (yoy), impor mengalami penurunan sebesar 17,46 persen. Untuk Migas mengalami penurunan 49,16 persen dan nonmigas penurunannya 12,33 persen.

Adapun impor Indonesia menurut penggunaan barang, Suhariyanto memaparkan bahwa seluruhnya mengalami pertumbuhan positif secara bulanan. Untuk konsumsi, kenaikannya 25,52 persen atau USD 1,30 miliar.

"Komoditas utama yang kita impor untuk barang konsumsi ini yang pertama adalah garlic dari Tiongkok, kemudian ada boneless of bovine animals dalam bentuk frozen yang kita impor dari India, kemudian juga ada obat-obatan dari India, kemudian ada impor buah apel segar dari Tiongkok, dan satu lagi adalah laser system dari Singapura," jelas dia.

Kemudian untuk bahan baku atau penolong, kenaikannya 13,02 persen atau USD 8,93 miliar, barang modal naik 2,43 persen atau USD 2,43 miliar. "Barang modal yang diimpor adalah mesin-mesin dari China. Kenaikan impor modal diharapkan bisa berpengaruh positif bagi pertumbuhan PMTB di kuartal IV ini," ujarnya.

Secara total, impor Indonesia menurut penggunaan barang mengalami kenaikan 17,40 persen atau USD 12,66 miliar.

Berdasarkan kode HS, kenaikan impor berasal dari komoditas mesin dan perlengkapan elektrik, logam mulia, perhiasan, dan permata, mesin dan peralatan mekanis, dan lainnya. Sedangkan yang turun adalah gula dan kembang gula, bahan bakar mineral, binatang hidup, dan lainnya.

Berdasarkan negara asal impor, penurunan impor nonmigas terjadi dari China mencapai USD 1,09 miliar, Jepang USD 226 juta, Hong Kong USD 124,6 juta, Kanada USD 92,7 juta, dan Taiwan USD 84,9 juta.

Sebaliknya, peningkatan impor terjadi dari Ukraina sebesar USD 76,9 juta, Singapura USD 65,7 juta, Malaysia USD 49,4 juta, Hungaria USD 49 juta, dan Uni Emirat Arab USD 27,4 juta

Secara kumulatif, kinerja impor Januari-November 2020 sebesar USD 127,13 miliar atau terkoreksi 18,91 persen dari USD 156,77 miliar pada Januari-November 2019.

Neraca Perdagangan November 2020 Surplus USD 2,61 Miliar

Aktivitas bongkar muat peti kemas  di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (4/12/2020). Perbaikan kinerja ekspor dari Kuartal II sebesar minus 11,7 persen menjadi minus 10,8 persen di Kuartal III dan kuartal IV menjdi pijakan untuk perbaikan ditahun 2021. (merdeka.com/Imam Buhori)
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (4/12/2020). Perbaikan kinerja ekspor dari Kuartal II sebesar minus 11,7 persen menjadi minus 10,8 persen di Kuartal III dan kuartal IV menjdi pijakan untuk perbaikan ditahun 2021. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada November 2020 surplus sebesar USD 2,61 miliar.

Surplus tersebut terjadi akibat nilai ekspor tercatat lebih tinggi sebesar USD 15,28 miliar sedangkan posisi nilai impor sebesar USD 12,66 miliar.

"Surplus ini menggembirakan karena surplus ini terjadi karena ada kenaikan ekspor yang meningkat baik month to month (mtm). sementara impornya juga meningkat 17,4 persen secara mtm meskipun secara yoy (year on year) masih mengalami penurunan, ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam video konferensi,Selasa (15/12/2020).

Perbaikan ekspor ini ditunjang oleh naiknya permintaan dan juga kenaikan harga komoditas andalan, terutama batubara dan kelapa sawit.

Adapun komoditas penyumbang surplus terbesar pada bulan November ini adalah lemak dan minyak hewan nabati, kemudian bahan bakar serta besi dan baja.

Sementara menurut negaranya, Amerika Serikat (AS) menjadi terbesar yang terbesar yakni surplus mencapai USD 948,7 juta. Di mana ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 1,6 miliar dan impor USD 657 juta.

Kemudian surplus lainnya juga terjadi dengan India sebesar USD 603,8 juta dan Filipina sebesar USD 523,4 juta. Sebaliknya ada beberapa negara yang masih mengalami defisit pada Oktober 2020.

Di mana dengan Tiongkok defisit sebesar USD 572,6 juta. Kemudian Hongkong defisit USD 198,0 juta. Selanjutnya defisit neraca perdagangan juga terjadi kepada Australia, yakni tercatat sebesar USD 142,6 juta.

Secara keseluruhan, BPS mencatat untuk neraca perdagangan dari Januari sampai November 2020 mengalami surplus USD 19,66 miliar.

"Posisi ini jauh lebih menggembirakan kalau kita bandingkan surplus kita pada Januari-November 2019 lalu yang defisit USD 3,59 miliar," pungkas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Sebut Industri Fintech Makin Moncer di 2021

Posted: 14 Dec 2020 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi tahun 2021 pertumbuhan industri peer to Peer Lending (P2PL) atau industri fintech pertumbuhannya masih tinggi, meskipun pertumbuhannya tidak sebesar periode 2017-2019.

Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Fintech OJK Munawar Kasan, mengatakan tren P2PL beberapa perkembangan industri P2PL di tahun 2020 akan tetap berlangsung di tahun depa.

Perkembangan industri akan lebih banyak dipengaruhi oleh kondisi perekonomian rencana implementasi perubahan POJK terkait industri P2PL dan perkembangan ekosistem.

"Ke depan memang kami melihat pertumbuhan industri ini masih akan terus tinggi dibandingkan industri yang lain tapi tentu saja pertumbuhannya tidak sebesar periode 2017 sampai 2019," kata Munawar dalam webinar Menatap Masa Depan Fintech dan UMKM 2021, Selasa (15/12/2020).

Ia menyebut, pertumbuhan industri P2PL akumulasi penyaluran sampai Oktober 2020 hanya tumbuh sekitar 24 persen dibanding akumulasi penyaluran tahun lalu 2019. Artinya memang tidak terlalu tinggi  pertumbuhannya dibandingkan periode sebelumnya.

"24 persen  kalau dilihat dari industri lain tentu tinggi tapi kalau melihat tren history-nya memang tidak terlalu tinggi," katanya.

Kemudian ke depan akan ada tren penambahan modal di industri P2PL untuk memenuhi ketentuan ekuitas.

Selanjutnya dari sisi jumlah penyelenggara, OJK sampai saat ini memberlakukan moratorium. Jumlah penyelenggara P2PL relatif stabil kemungkinan ada penambahan penyelenggara baru jika moratorium dicabut dan adanya potensi pencabutan tanda terdaftar atau berizin.

"Hingga 7 Desember 2020 sudah ada 152 perusahaan fintech, kalau kita bandingkan di tahun 2019 atau akhir tahun lalu jumlah industri fintech 164 sekarang 152 perusahaan alias dalam periode 1 tahun ini ada 12 yang izinnya dicabut atau dibatalkan," ungkapnya.

 

Alasan Pencabutan

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk
Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Dijelaskannya, banyak hal yang menjadi faktor. Misalnya ada yang secara sukarela menyerahkan tanda terdaftar ini karena menganggap bisnisnya tidak jalan lalu ada juga yang dikembalikan tidak sesuai harapan, ada juga yang memang tidak bisa memenuhi persyaratan-persyaratan OJK.

Ke depan Munawar kuga melihat ekosistem P2PL akan mengeksplorasi ekosistem baru dan kolaborasi dalam ekosistem digital terus dipicu karena potensi masih sangat besar yang bisa menumbuhkan industri ini terus bertahan ke depan.

Selanjutnya, akan ada tren kolaborasi antar penyelenggara, dalam menggali ekosistem dan saling memanfaatkan potensi akan ada kolaborasi antar penyelenggara dalam bentuk Co-lending dan referrot.

"Serta kerjasama dengan bank jumlah penyelenggara berizin akan bertambah dan kerjasama dengan perbankan dalam penyaluran pinjaman akan makin besar," ujarnya.

Namun kerjasama dengan perbankan sebagai lender memang dibatasi oleh OJK, lantaran ada ketentuannya yang memang untuk fintech-fintech yang sudah berizin.

"Sementara sekarang yang berizin baru 36 tapi ke depan yang berizin nambah terus artinya yang akan kerjasama dengan perbankan akan semakin menambah," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengerin Single Terbaru dari Mahen Berjudul Cinta Selesai yang Bisa Kalian Tonton Video Klipnya di Vidio

Posted: 14 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di penghujung tahun ini banyak sekali musisi tanah air yang merilis single terbarunya. Salah satunya adalah Mahen. Ia merupakan musisi Indonesia yang menjadi viral sejak kemunculannya. Penyanyi kelahiran 17 Desember 1996 ini, mendadak viral saat meluncurkan single 'Pura-pura Lupa'.

Mahen pun di akhir tahun ini kembali merilis lagu terbarunya yang berjudul 'Cinta Selesai'. Ia memang dikenal dengan ciri khas lagu melownya yang selalu menggambarkan tentang kehidupan percintaannya.

Lagu ini sendiri bercerita tentang bagaimana cara ihklas untuk melepaskan seseorang yang kita cintai tanpa mementingkan ego sendiri. Liriknya pun dibuat sangat mudah dipahami, namun memiliki makna yang begitu mendalam.

Selain itu, musiknya pun dibuat sangat catchy membuat sangat pas didengar ketika patah hati dan serasa ingin memutarnya berulang-ulang. Konsep video klipnya pun dibuat semenarik mungkin, membuat kita akan terbawa suasana ketika menontonnya.

Nah, lagu ini cocok banget didengar buat kalian yang sedang galau. Buat yang mau dengerin lagu Mahen terbaru langsung aja tonton video di bawah ini atau kalian bisa juga mengunjungi kanal Indo Semar Records yang tersedia di platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Kota Depok Gelar Rapat Pleno Pilkada 2020

Posted: 14 Dec 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Depok - Usai melakukan perhitungan suara pada tingkat kecamatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, menggelar rapat pleno terbuka penghitungan suara Pilkada 2020 di tingkat kota.

Sejumlah pejabat daerah mulai dari Polrestro Depok, Kejaksaan Negeri Depok, Kodim 0508/Depok, DPRD Kota Depok, hingga perwakilan Pemerintah Kota Depok menghadiri rapat tersebut.

Rapat Pleno terkait Pilkada 2020 itu dibuka sejak pukul 10.00 WIB, Selasa (15/12/2020).

Perwakilan yang ingin masuk mengikuti rapat pleno diwajibkan untuk menjalani rapid test. Hal itu dilakukan KPU Kota Depok guna memastikan pelaksanaan rapat dan yang mengikuti rapat pleno steril dari Covid-19.

Ketua PPK Kecamatan Bojongsari, Saefuddin Al Curugi mengatakan, rapat pleno dilakukan guna mengetahui dan menghitung jumlah suara Pilkada 2020 yang dihimpun di tiap kecamatan dan dilakukan penghitungan di tingkat kota. Namun, untuk mengikuti rapat peserta wajib melakukan rapid test.

"Iya saya perwakilan Kecamatan Bojongsari telah melakukan rapid test," ujar Saefuddin.

 

Soal Penerapan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman mengklaim penyelenggaraan Pilkada 2020 berjalan dengan lancar meskipun ada kekhawatiran dari sejumlah pihak terkait penularan Covid-19.

Arief menuturkan kekhawatiran-kekhawatiran terkait Pilkada 2020 ini muncul sejak awal pandemi Covid-19. Meskipun demikian, Arief menyebut kekhawatiran itu tak cukup signifikan hingga Pilkada rampung digelar.

Arief mengaku pihak KPU tak bisa menghindari adanya petugas yang tertular Covid-19. Meskipun demikian, penularan itu belum bisa dipastikan terkait dengan Pilkada 2020 atau bukan.

"Saya tidak bisa menghindari ada penyelenggara yang terkena juga, reaktif juga. Tetapi kita kan tidak bisa pastikan apakah yang bersangkutan reaktif atau terkena Covid karena tahapan pilkada. Jangan-jangan karena aktivitas di luar pilkada itu," ujar Arief, di Yogyakarta, Senin (14/12/2020).

Arief menambahkan penyelenggaraan Pilkada 2020 terhitung baik dan mampu menerapkan protokol kesehatan. Arief menilai baik parpol, panitia penyelenggara maupun pemilih mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Proses kampanye juga dipatuhi (oleh parpol dan paslon) karena berdasarkan pengalaman saat pendaftaran calon yang banyak kerumunan kemudian kita perketat semua, kampanye berjalan dengan baik," kata Arief.

"Kedatangan mereka (pemilih) tidak berkerumun dalam jam yang sama. Jadi mereka mematuhi rentang waktu yang sudah kita atur datang per jam. Itu yang menjadi faktor tidak terjadinya kerumunan dan bisa meminimalisir penyebaran Covid," pungkas Arief. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vaksin Sputnik V Ampuh 91,4 Persen, Harga Tak Sampai Rp 141 Ribu

Posted: 14 Dec 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Gamaleya Center di Rusia mengumumkan p terbaru bahwa vaksin Sputnik V ampuh 91,4 persen untuk melawan COVID-19. Hasil ini berdasarkan analisis data terbaru yang melibatkan 22.714 relawan.

Vaksin Sputnik V disebut ampuh 100 persen melawan kasus COVID-19 yang parah. Dilaporkan tak ada kasus COVID-19 yang parah di kelompok relawan yang menerima vaksin.

Evaluasi ini dilakukan 21 hari setelah relawan menerima dosis vaksin pertama. Ada 17.032 relawan yang mendapat vaksin Sputnik V dan 5.682 yang mendapat vaksin plasebo.

Mengutip data terbaru situs Sputnik V, Selasa (15/12/2020), kelompok yang mendapat vaksin Sputnik V mencatat ada 16 yang terinfeksi COVID-19 atau 0,094 persen. Sementara, kelompok relawan yang hanya mendapat vaksin plasebo tercatat ada 62 orang yang terinfeksi. 

Direktur Gamaleya Center Alexander Gintsburgh yakin mayoritas rakyat Rusia bisa divaksinasi pada 2021 

"Saya percaya kita dapat memvaksinasi mayoritas populasi Rusia di 2021 sehingga secara signifikan mengurangi skala pandemi dan menciptakan imunitas jangka panjang terhadap infeksi corona pada jumlah signifikan dari populasi Rusia," ujar Ginstburg.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Harganya

Perawat bersiap menyuntikkan vaksin corona Sputnik V di tengah pandemi yang berlangsung di sebuah klinik di Moskow, Sabtu (5/12/2020). Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pihak berwenang memulai vaksinasi massal untuk orang-orang berisiko tinggi tertular Covid-19. (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)
Perawat bersiap menyuntikkan vaksin corona Sputnik V di tengah pandemi yang berlangsung di sebuah klinik di Moskow, Sabtu (5/12/2020). Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pihak berwenang memulai vaksinasi massal untuk orang-orang berisiko tinggi tertular Covid-19. (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

Pihak Sputnik V berkata harga vaksinnya per dosis tidak sampai US$ 10 untuk pasar internasional.

Sputnik V butuh dua dosis vaksin, sehingga harganya diperkirakan kurang dari Rp 280 ribu (US$ 20).

Dengan demikian, harga vaksin Sputnik V lebih murah dari vaksin Sinovac yang butuh sekitar Rp 400 ribu untuk dua dosis. 

Vaksin Sputnik V juga disebut mudah didistribusi. Seperti diketahui, ada vaksin yang lebih sulit didistribusi seperti Pfizer yang butuh suhu yang sangat dingin.

(US$ 1 = Rp 14.156)

Siap Kerja Sama

Ilustrasi vaksin COVID-19 Rusia Sputnik-V (AFP)
Ilustrasi vaksin COVID-19 Rusia Sputnik-V (AFP)

Menteri Kesehetan Federasi Rusia, Mikhail Murashko, menyambut baik data efikasi Sputnik V.

Analisis efikasi vaksin ini merupakan tahap ketiga dan mencapai 91,4 persen. Pada dua tahap sebelumnya, efikasi mencapai 92 persen (20 kasus) dan 91,4 persen (39 kasus).

Ia berharap lembaga internasional mendorong agar Sputnik V bisa digunakan berbagai negara agar ada vaksinasi global.

"Dalam hal ini, memastikan akses setara ke vaksin yang efektif dan aman, termasuk vaksin Sputnik V, kepada semua orang di tiap negara seharusnya menjadi tujuan lembaga luar negeri dan organisasi internasional," ujar Menteri Murashko.

CEO Russian Direct Investment Fund, Kirill Dmitriev, berkata pihaknya siap untuk bekerja sama dengan negara lain.

"Data yang didapat ini akan menjadi landasasan laporan yang akan dipakai untuk menyerahkan pendaftaran-pendaftaran untuk percepatan registrasi vaksi nRusia di negara-negara lain," ujar Dmitriev.

Infografis COVID-19:

Infografis Yuk, Waspadai 7 Gejala Ringan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk, Waspadai 7 Gejala Ringan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ulang Tahun Natasha Wilona, Dapat Kejutan dari Pemain 'Anak Band'

Posted: 14 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik dan berbakat, Natasha Wilona baru saja genap berusia 22 tahun pada Selasa (15/12/2020). Di momen ulang tahunnya itu, ia mendapat kejutan dari keluarga dan para sahabat. Tak hanya itu, rekan satu sinetron Anak Band juga turut memeriahkan kejutan ulang tahun Natasha Wilona.

Para pemain sinetron Anak Band telah menyiapkan pesta untuk wanita berdarah Tionghoa-Indonesia ini. Momen kejutan itu juga telah ia bagikan di akun Instagram pribadi. Dari unggahannya terlihat acara ulang tahun begitu meriah.

Meski berlangsung di dalam rumah, momen ulang tahun mantan kekasih Verrell Bramasta ini tetap penuh dengan kebahagiaan. Natasha Wilona disambut hangat oleh para sahabat, mendapatkan pelukan, beberapa kue ulang tahun, dan ucapan sekaligus doa.

Kira-kira bagaimana kejutan ulang pemeran Cahaya dalam sinetron Anak Band ini? Berikut 6 momen kejutan ulang tahun Natasha Wilona, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/12/2020).

1. Natasha Wilona memasuki ruangan yang sudah ada keluarga dan rekan-rekannya dengan mata ditutup.

Natasha Wilona (Sumber: Instagram/erdin.werdrayana)
Natasha Wilona (Sumber: Instagram/erdin.werdrayana)

2. Melihat kejutan ini, wanta kelahiran 15 Desember 1998 tersebut mengeluarkan ekspresi bahagia serta terkejut.

Natasha Wilona (Sumber: Instagram/wilona_nw)
Natasha Wilona (Sumber: Instagram/wilona_nw)

3. Kue ulang tahun Natasha Wilona yang berbentuk kastil pun berhasil curi perhatian.

Natasha Wilona (Sumber: Instagram/wilona_nw)
Natasha Wilona (Sumber: Instagram/wilona_nw)

4. Para pemain sinetron Anak Band juga turut memeriahkan kejutan ulang tahun Natasha Wilona.

Natasha Wilona (Sumber: Instagram/anakband.team)
Natasha Wilona (Sumber: Instagram/anakband.team)

5. Momen bahagia aktris cantik ini dan para pemain Anak Band saat berfoto bersama.

Natasha Wilona (Sumber: Instagram/anakbandsctv_real)
Natasha Wilona (Sumber: Instagram/anakbandsctv_real)

6. Meskipun tidak terlalu mewah, ruangan terlihat apik dengan dekorasi balon.

Natasha Wilona (Sumber: Instagram/anakbandsctv_real)
Natasha Wilona (Sumber: Instagram/anakbandsctv_real)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BCA Kolaborasi dengan AIA Perluas Pasar Asuransi

Posted: 14 Dec 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan PT AIA Financial (AIA) memperluas pasar asuransi di Indonesia.

Upaya kolaborasi ini didasarkan pada risiko penyakit kritis masih menjadi sebuah ancaman besar bagi masyarakat. Di Indonesia, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 70 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit kritis yang tidak menular.

Peluasan pasar ini melalui produk asuransi kesehatan Maxi Protection Plus (Maxi Plus).

Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman mengatakan, pihaknya mencoba memahami kekhawatiran masyarakat terhadap penyakit kritis tidak menular yang cukup besar. Terlebih biaya perawatan penyakit tersebut mahal, sehingga BCA bersama AIA berkolaborasi merancang produk Maxi Plus yang merupakan asuransi jiwa dengan perlindungan komprehensif dengan berbagai asuransi tambahan yang memberikan perlindungan terhadap penyakit kritis dan perawatan rumah sakit.

"Melalui kerjasama BCA dan AIA, kami ingin memberikan kemudahan akses bagi mayarakat Indonesia untuk mendapatkan solusi perlindungankesehatan dari Maxi Plus dengan memanfaatkan layanan kovensional dan layanan digital dari BCA dan AIA," ungkapnya di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Sementara itu, Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy menambahkan, solusi proteksi juga perencanaan keuangan saat ini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Seiring meningkatnya kesadaran berasuransi, masyarakat juga mulai menyiapkan proteksi yang menyeluruh termasuk terhadap risiko penyakit kritis.

"Terutama melihat faktor gaya hidup yang kurang sehat menjadi pemicu timbulnya penyakit kritis. Bersama dengan BCA, AIA terus berupaya meluncurkan inovasi untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik," tambahnya.

Maxi Plus dirancang untuk memenuhi kebutuhan proteksi kesehatan menyeluruh dengan perlindungan sejak tahap awal penyakit kritis hingga tahap kronis, manfaat dana bulanan (dijamin) jika terkena penyakit kritis – melalui riders AIA Vital Care. Maxi Plus juga dilengkapi dengan pilihan riders Premier Hospital and Surgical Extra (PHS Extra) yang memberikan proteksi kesehatan berbagai penyakit termasuk manfaat rawat jalan untuk penyakit tropis (Demam Berdarah, Tipus, Cikungunya, dan Malaria).

 

Kelebihan Lainnya

AIA luncurkan DigiBuy/dok. AIA
AIA luncurkan DigiBuy/dok. AIA

Kelebihan lainnya adalah memberikan nilai proteksi yang tinggi dan maksimal dengan total limit hingga Rp 65 miliar. PHS Extra menjamin kenyamanan selama perawatan seperti fasilitas privasi kamar dengan 1 tempat tidur dan 1 Kamar Mandi di dalam, Layanan Premier Hospital Network di Singapura, manfaat pendampingan dokter ahli, & rehabilitasi penyakit kritis, serta manfaat lainnya yang menunjang dalam pemulihan kesehatan.

Merujuk pada riset yang dilakukan AIA yakni AIA Segmentation Study 2019, sebanyak 68 persen masyarakat Indonesia khawatir tidak mampu menanggung biaya perawatan untuk penyakit kritis dan sebanyak 69 persen masyarakat khawatir akan penurunan standar hidup jika terdiagnosa penyakit kritis karena biaya pengobatan yang tinggi.

Sementara menurut survey BPS tahun 2016, persiapan biaya kesehatan belum menjadi prioritas utama pengeluaran per bulan di masyarakat Indonesia, porsi biaya kesehatan hanya mencapai 2,40 persen dari penghasilan. Padahal idealnya, porsi biaya kesehatan yang perlu disiapkan adalah minimal 10 persen dari penghasilan. Oleh karena itu Maxi Plus hadir untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia akan proteksi kesehatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor November 2020 Capai USD 15,28 Miliar, Tertinggi Sejak Oktober 2018

Posted: 14 Dec 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekspor Indonesia pada November 2020 naik 6,36 persen dibanding bulan sebelumnya Oktober 2020. Ekspor November 2020 tercatat USD 15,28 miliar,  sedangkan bulan sebelumnya USD 14,36 miliar.

"Pada November 2020 total nilai ekspor Indonesia adalah USD 15,28 miliar. Angka ekspor ini sangat bagus dan menggembirakan karena kalau bandingkan posisi ekspor November ke Oktober lalu naik 6,36 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto, dalam video conference di Kantornya, Jakarta, Senin (16/10/2020).

Sementara jika dibandingkan periode Okotober tahun lalu nilai ekspor Indonesia naik 9,54 persen. Di mana, pada Oktober 2019 nilai ekspor Indonesia sebesar USD 13,94 miliar menjadi USD 15,28 miliar pada November 2020.

Bahkan, ujar Suhariyanto, nilai ekspor bulan ini menjadi yang tertinggi sejak Oktober 2018. "Saat itu kita ketahui pada Oktober 2018 tercatat total ekspor mencapai USD 15,91 miliar. Jadi ini capaian ini menjadi yang tertinggi jika ditarik ke belakang," jelasnya.

Peningkatan ekspor November 2020 ini terjadi karena sektor nonmigas mengalami kenaikan sebesar 5,56 persen. Rinciannya dari posisi USD 13,7 miliar di Oktober 2020 menjadi USD 14,51 miliar pada November 2020.

Menurut sektor, secara keseluruhan ekspor menunjukkan perkembangan yang menggembirakan karena tumbuh positif. Ekspor pertanian pada November 2020 tercatat USD 0,45 miliar atau tumbuh mencapai 6,33 persen dari bulan sebelumnya.

Lalu, industri pengolahan pada bulan November juga tumbuh positif sebesar 2,95 persen atau tercatat USD 12,12 miliar. Selanjutnya sektor lain mengalami kenaikan yakni pertambangan dan lainnya mencapai USD1,95 miliar atau sebesar 25,08 persen.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Neraca Perdagangan November 2020 Surplus USD 2,61 Miliar

Sejumlah truk masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (4/12/2020). Deputi Bidang Perekonomian Setkab Satya Bhakti Parikesit menyampaikan upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi pemerintah telah mengeluarkan stimulus di sektor perdagangan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah truk masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (4/12/2020). Deputi Bidang Perekonomian Setkab Satya Bhakti Parikesit menyampaikan upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi pemerintah telah mengeluarkan stimulus di sektor perdagangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada November 2020 surplus sebesar USD 2,61 miliar.

Surplus tersebut terjadi akibat nilai ekspor tercatat lebih tinggi sebesar USD 15,28 miliar sedangkan posisi nilai impor sebesar USD 12,66 miliar.

"Surplus ini menggembirakan karena surplus ini terjadi karena ada kenaikan ekspor yang meningkat baik month to month (mtm). sementara impornya juga meningkat 17,4 persen secara mtm meskipun secara yoy (year on year) masih mengalami penurunan, ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam video konferensi,Selasa (15/12/2020).

Perbaikan ekspor ini ditunjang oleh naiknya permintaan dan juga kenaikan harga komoditas andalan, terutama batubara dan kelapa sawit.

Adapun komoditas penyumbang surplus terbesar pada bulan November ini adalah lemak dan minyak hewan nabati, kemudian bahan bakar serta besi dan baja.

Sementara menurut negaranya, Amerika Serikat (AS) menjadi terbesar yang terbesar yakni surplus mencapai USD 948,7 juta. Di mana ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 1,6 miliar dan impor USD 657 juta.

Kemudian surplus lainnya juga terjadi dengan India sebesar USD 603,8 juta dan Filipina sebesar USD 523,4 juta. Sebaliknya ada beberapa negara yang masih mengalami defisit pada Oktober 2020.

Di mana dengan Tiongkok defisit sebesar USD 572,6 juta. Kemudian Hongkong defisit USD 198,0 juta. Selanjutnya defisit neraca perdagangan juga terjadi kepada Australia, yakni tercatat sebesar USD 142,6 juta.

Secara keseluruhan, BPS mencatat untuk neraca perdagangan dari Januari sampai November 2020 mengalami surplus USD 19,66 miliar.

"Posisi ini jauh lebih menggembirakan kalau kita bandingkan surplus kita pada Januari-November 2019 lalu yang defisit USD 3,59 miliar," pungkas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rizieq Shihab Tak Mau Diperiksa soal Megamendung, Polisi: Tak Masalah

Posted: 14 Dec 2020 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes CH Patoppoi mengatakan pimpinan FPI Rizieq Shihab enggan memberikan keterangan saat diperiksa penyidik terkait kasus kerumunan di Megamendung, Bogor.

Meski begitu, kata dia, Rizieq yang masih berstatus saksi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung itu tidak menolak ketika didatangi penyidik yang hendak melakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Senin 14 Desember 2020.

"Rizieq tetap diperiksa didampingi penasihat hukumnya. Tapi saat ditanya, bersediakah saudara diperiksa? Jawaban yang bersangkutan tidak bersedia memberikan keterangan untuk kasus Megamendung," kata Patoppoi di Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Selasa (15/12/2020).

Menurut Patoppoi, Rizieq enggan diperiksa karena pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu tengah fokus terhadap kasus yang ditangani Polda Metro Jaya.

Rizieq Shihab saat ini ditahan Polda Metro Jaya setelah ditetapkan sebagai tersangka akibat kasus pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta.

"Berita acara tetap ditandatangani oleh MRS (Rizieq), dan penasihat hukumnya," ujar Patoppoi.

 

Hal Biasa

Patoppoi mengatakan penolakan untuk memberikan keterangan merupakan hal yang biasa terjadi dalam proses penyidikan.

Namun, dia memastikan, kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Megamendung, Bogor, pada Jumat 13 November 2020 itu tetap berjalan sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"Itu hal yang biasa dan tidak masalah, karena itu hak yang diperiksa, penyidikan tetap jalan terus," kata Patoppoi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Wisma di Riau 6 Orang Tewas

Posted: 14 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebakarn terjadi di sebuah Wisma di Indragiri Riaumenewaskan 6 orang. Diduga para korban terjebak di suatu tempat di wisma tersebut. Polisi memasang garis polisi dan melakukan penyelidikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Wisatawan Wajib Tes Swab PCR 2 Hari Sebelum ke Bali

Posted: 14 Dec 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Covid-19 di Bali masih belum terkendali, tetapi minat wisatawan untuk datang ke Pulau Dewata tetap tinggi. Salah satunya terlihat dari laporan pandangan mata di terminal penyeberangan Sanur menuju Nusa Penida yang diunggah akun Instagram @info_denpasar, Selasa pagi.

Untuk menekan timbulnya klaster baru karena imbas liburan akhir tahun, pemerintah memutuskan untuk mengetatkan pembatasan di lima provinsi yang dianggap memiliki jumlah kasus Covid-19 tertinggi di Indonesia. Kelima provinsi itu meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 pada Senin, 14 Desember 2020, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta implementasi pengetatan dapat dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. "Jumlah angka positif dan angka kematian terus meningkat pasca-libur di delapan dan 20 provinsi, setelah sebelumnya trennya menurun," kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/12/2020), dikutip dari Antara.

Khusus untuk wilayah Bali, Luhut mewajibkan semua wisatawan melakukan tes PCR dua hari sebelum penerbangan ke Bali. "Serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali," katanya.

Arahan Luhut kemudian dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 2021 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali yang ditandatangani Gubernur Bali Wayan Koster pada 15 Desember 2020. 

Salah satu poin dalam surat edarat itu memuat aturan bahwa wisatawan yang melakukan perjalanan via udara, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji swab PCR paling lama 2x24 jam sebelum keberangkatan. Wisatawan juga wajib mengisi e-HAC Indonesia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Aturan Pelancong via Darat dan Laut

Ilustrasi traveling ke Bali | unsplash.com/@rubenhutabarat
Ilustrasi traveling ke Bali | unsplash.com/@rubenhutabarat

Dalam surat edaran tersebut juga mewajibkan pelancong yang memakai kendaraan pribadi masuk ke Bali wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji rapid test antigen paling lama 2x24 jam sebelum keberangkatan. Aturan tersebut berlaku juga bagi wisatawan yang masuk via laut.

Surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR dan Rapid Test Antigen itu berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan. Wisatawan yang berangkat dari Bali juga bisa kembali menggunakan surat keterangan negatif Covid-19 bila hendak kembali dalam jangka waktu 14 hari ke depan.

Selama libur Natal dan Akhir Tahun Baru 2020, pemerintah juga melarang segala kegiatan yang mengundang kerumunan orang. Segala bentuk pesta baik yang digelar di dalam maupun di luar ruangan dilarang keras. Warga juga dilarang menggunakan kembang api, petasan, dan sejenisnya. Mereka juga dilarang mabuk minuman keras.

Aturan tersebut berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. 

Dilema Libur Panjang

Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Yaris GR Edisi Penghormatan Khusus untuk Para Pejuang Corona Covid-19

Posted: 14 Dec 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota U.K. memperkenalkan Toyota Yaris GR edisi khusus sebagai bentuk penghormatan para pejuang yang melawan pandemi Corona Covid-19. Bagian eksterior hot hatch ini dirancang oleh Alice Goodlife, anak sekolah berumur 16 tahun sebagai bagian dari kontes desain livery mobil reli Toyota. 

Dilansir Carscoops, bagian yang paling mencolok dari Toyota Yaris GR ini adalah wajahnya yang menggunakan masker medis dengan gambar tali yang melinggar di bagian spion.

Bagian atap bernuansa warna-warni seperti pelangi dan pada bagian samping terdapat gambar perawat, guru, pekerja konstruksi, penjaga toko, dan polisi. Bunga daffodils yang merupakan bunga resmi Wales juga ikut menghiasi mobil edisi khusus ini.

Alice Goodlife selaku desainer Toyota Yaris GR ini sempat merasakan kecewa akibat Wales Rally GB dibatalkan tahun ini. Padahal kota Wales menjadi sumber inspirasi livery ini.

Toyota GR Yaris Segera Jejaki Asia Tenggara, Ini Negara Pertama yang Disinggahi

Toyota GR Yaris dikabarkan akan menjejakkan roda di kawasan Asia Tenggara dalam waktu dekat. Thailand disebut-sebut menjadi negara pertama yang bakal disinggahi.

Hal itu diperkuat dengan penampilan perdana Toyota GR Yaris di Thailand International Motor Expo 2020.

Tidak cuma diperkenalkan, mengutip dari Headlightmag, hot-hatchback itu akan didistribusikan kepada konsumennya mulai 2021.

Menurut sumber yang sama, harga Toyota GR Yaris bisa mencapai THB2,7 jutaan atau Rp1,2 miliaran.

Banderol ini 4 kali lipat lebih mahal dari varian tertinggi Toyota yaris di Thailand, THB679.000, setara Rp318 jutaan (Kurs THB1= Rp468).

Tapi, Toyota GR Yaris adalah produk yang spesial. Mobil ini dirancang oleh Gazoo Racing, divisi sport Toyota di ajang World Rally Championship (WRC). Karena itu, spesifikasi yang ditawarkan juga tak main-main. 

Untuk urusan performa, Toyota GR Yaris dibekali mesin 3-silinder DOHC 1.600 cc turbocharger. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 261 hp dengan torsi maksimum mencapai 360 Nm.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi.

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Mengintip Uji Coba Toyota Yaris Menaklukkan Medan Reli]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Gerak Cepat Tangani Tumpahan Minyak Akibat Tenggelamnya Kapal King Richard X di Batu Ampar

Posted: 14 Dec 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) langsung bergerak cepat menangani tumpahan minyak akibat tenggelamnya kapal keruk King Richard X di perairan Batu Ampar. Penanganan tersebut dengan melakukan  oil boom di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub Ahmad menjelaskan, pasca insiden tenggelamnya kapal keruk atau Trailing Suction Hopper Dredger (TSHD) King Richard X di perairan sekitar area berlabuh jangkar Batu Ampar, tim reaksi cepat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), langsung bergerak cepat dengan melakukan penggelaran oil boom di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

Langkah ini harus segera dilakukan guna mengantisipasi pencemaran minyak di laut lebih luas, mengingat lokasi Batam berhadapan langsung dengan Singapura, penanganan harus komprehensif termasuk untuk salvage kapal TSHD King Richard X, sehingga tumpahan minyak dapat dilokasir dan tertangani dengan baik.

"Setelah mendapat laporan kami langsung bergerak cepat melakukan penggelaran oil boom oleh KN. Trisula P.111 dari Pangkalan PLP Tanjung Uban, KSOP Khusus Batam dan dibantu oleh owner kapal THSD King Richard X. Untuk mengantisipasi pencemaran minyak lebih luas kami mengerahkan 4 armada yakni, KN. Trisula P. 111, KN. Rantos P.210, KN.Kalimasadha P.115 serta ditambah Armada Kapal Patroli dari KSOP Khusus Batam," kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Selasa (15/12/2020).

Dijelaskan Ahmad, selain melakukan penggelaran oil boom, kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam juga langsung meminta VTS Batam untuk membuat NTM (Notices To Marines). Selain itu, untuk mengantisipasi kecelakaan kapal pihaknya juga telah meminta owner kapal untuk memasang penanda pada lokasi tenggelamnya kapal.

"Kami juga telah mendapat laporan pihak agen atau owner kapal sudah menyurati ke Disnav Kelas I Tanjung Pinang untuk dibuatkan rambu penanda untuk kerangka kapal tersebut dan juga sudah memberikan surat ke KSOP Khusus Batam," ujar Ahmad.

Sebelumnya dilaporkan Kapal Keruk Trailing Suction Hopper Dredger (TSHD) King Richard X berbendera Indonesia tenggelam di perairan sekitar area berlabuh jangkar Batu Ampar pada posisi 01° 09' 30'' N/ 103° 56' 48 E pada Minggu (13/12) pada pukul 23.00 s.d. 24.00 WIB.

Saat kejadian kapal ini dalam posisi labuh jangkar sejak Maret 2018 dengan diawaki 4 (empag) orang crew kapal sebagai pengawas. Saat kejadian kapal semula mengalami kebocoran yang menyebabkan kapal miring 5 derajat.

Setelah kemiringan 12 derajat, 4 (empat) orang crew kapal langsung dievakuasi oleh KRI Beladau untuk kemudian dimintai keterangan.

 

Penyelidikan

Kemenhub bergerak cepat melakukan penggelaran oil boom di sekitar lokasi tenggelamnya kapal keruk King Richard X di perairan sekitar area berlabuh jangkar Batu Ampar. (Foto: Kemenhub)
Kemenhub bergerak cepat melakukan penggelaran oil boom di sekitar lokasi tenggelamnya kapal keruk King Richard X di perairan sekitar area berlabuh jangkar Batu Ampar. (Foto: Kemenhub)

Lanjut Ahmad, saat ini pihaknya bersama pihak terkait masih melakukan pemeriksaan dan peyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab tenggelamnya kapal TSHD King Richard X.

"Akibat kejadian ini dilaporkan tidak ada korban jiwa, saat ini masih dilakukan penyelidikan dengan meminta keterangan crew kapal mengenai penyebab tenggelamnya kapal tersebut," sebut Ahmad.

Ahmad berharap kapal dapat segera dievakuasi sehingga tidak membahayakan alur lalu lintas pelayaran. Pihaknya juga mengapresiasi kesigapan personil di lapangan yang telah terlibat dalam operasi ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencoblosan Usai, Satgas Covid-19 di Riau Temukan Klaster Pilkada?

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2020 dikhawatirkan membuat lonjakan Covid-19 di Riau. Sebagai tindak lanjut, Satgas masing-masing kabupaten dan kota tengah melakukan tracing.

Untuk sementara, Satgas Covid-19 di Riau menyatakan belum ada ditemukan klaster pilkada di Bumi Lancang Kuning. Ini juga sejalan dengan data dari Satgas Covid-19 Nasional yang merilis penurunan kasus konfirmasi di Riau pada 14 Desember.

Per 14 Desember itu, kasus konfirmasi baru di Riau ada 78 kasus. Angka ini berbeda jauh dari hari sebelumnya karena di Riau ada 118 kasus konfirmasi baru.

Namun, Juru bicara Satgas Covid-19 di Riau, dr Indra Yovi, menyebut masyarakat harus tetap waspada karena masa inkubasi virus corona ada 14 hari.

"Imbas pilkada pada peningkatan Covid-19 belum ada, untuk hari pencoblosan masih ditunggu karena masih tracing," kata Yovi di Pekanbaru.

Jika dalam 14 hari kedepan terhitung dari 9 Desember ada kenaikan kasus baru, tegas Yovi, berarti ada yang salah dalam penerapan protokol kesehatan saat pemungutan suara.

"Kalau hasil tracingnya nanti menunjukkan peningkatan, berarti ini ada yang salah lagi," imbuh Yovi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Berjalan Sesuai Protokol Kesehatan

Kapolda Riau Irjen Agung memberikan bingkisan kepada petugas TPS karena telah menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/M Syukur)
Kapolda Riau Irjen Agung memberikan bingkisan kepada petugas TPS karena telah menerapkan protokol kesehatan. (Liputan6.com/M Syukur)

Sebelumnya, Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menyatakan pemungutan suara di ribuan TPS berjalan dengan sesuai protokol kesehatan. Hal itu dipastikannya setelah meninjau sejumlah TPS.

Agung menjelaskan, personel Polri di TPS memakai alat pelindung diri dari Covid-19. Sebut saja misalnya memakai masker, sarung tangan, kaca pelindung wajah dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya di TPS.

"Protokol kesehatan berjalan dengan baik, seluruh petugas KPPS dan pengamanan menggunakan APD," kata Agung.

Agung menjelaskan, petugas KPPS dan pengamanan Polri serta instansi lainnya menjaga kerumunan dengan baik. Setiap warga yang ingin mencoblos dibuat berjarak.

"Misalnya saat saya memantau TPS di Rokan Hulu, petugas menjaga jarak agar terpenuhi, begitu juga dengan pemakaian APD," kata Agung.

Terpisah, ahli epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, menyarankan Satgas Covid-19 di kabupaten kota Riau melakukan swab massal usai pemungutan suara. Dia khawatir ada klaster baru dalam pelaksanaan pilkada.

Selain itu, Wildan juga menyarankan swab massal menjelang libur Natal dan tahun baru. Dia menyebut hal ini perlu dilakukan karena 80 persen orang terkonfirmasi Covid-19, tidak ada gejala.

"Untuk mendiagnosanya hanya dengan test antigen (PCR) dan isolasi, itu adalah upaya memutus rantai penularan," kata Wildan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komedian Chris Rock Ungkap Dirinya Miliki Disabilitas

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komedian asal US, Chris Rock membagikan kisahnya mengenai disabilitas yang ia alami sebagai orang dewasa.

Rock yang saat ini berusia 55 tahun mengungkapkan kepada The Hollywood Reporter tentang gangguan belajar nonverbal (NVLD) dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupannya sehari-hari.

Ia telah melakukan terapi selama tujuh jam seminggu sejak seorang teman menyarankan bahwa dia mungkin menderita sindrom Asperger--gangguan neurobiologi yang termasuk dalam spektrum austism.

Rock menjalani sembilan jam tes kognitif dan akhirnya didiagnosis dengan Non-Verbal Learning Disorder (NVLD), yang membuatnya sulit untuk memahami sinyal nonverbal.

"Yang saya mengerti hanyalah kata-katanya," kata Rock, dikutip dari Today.

Pada wawancaranya dengan The Hollywood Reporter, Rock menjelaskan bahwa dia dapat mengambil sesuatu terlalu harfiah dan memiliki pemikiran semua atau tidak sama sekali.

"Ngomong-ngomong, semua itu sangat bagus untuk menulis lelucon namun tidak bagus untuk hubungan satu lawan satu," tambahnya. "Setiap kali seseorang menanggapi saya dengan cara yang negatif, saya akan berpikir, mereka menanggapi sesuatu yang berkaitan dengan siapa saya. Sekarang, saya menyadari bahwa itu adalah saya."

 

 

Apa itu NVLD/NLD?

"Anak-anak dengan NLD sangat verbal, dan mungkin tidak memiliki masalah akademis sampai mereka naik ke kelas atas di sekolah," jelas University of Michigan.

"Seringkali masalah terbesar mereka adalah dengan keterampilan sosial. NLD sangat mirip dengan Sindrom Asperger. Mungkin saja diagnosis sindrom Asperger dan NLD hanya 'memberikan perspektif yang berbeda tentang kelompok individu yang heterogen, namun tumpang tindih, yang berbagi setidaknya beberapa aspek umum. '"

Melalui terapi, Rock telah mengungkapkan dan memahami trauma masa kecilnya bersamaan dengan diagnosis baru.

"Saya pikir saya benar-benar menghadapinya, dan kenyataannya saya tidak pernah menghadapinya," katanya.

Ia mengakui bahwa bisa menertawakan masa kecilnya tidak berarti dia sudah melupakannya. "Kenyataannya adalah rasa sakit dan ketakutan yang membawa saya dan saya mengalaminya setiap hari."

Rock juga memperkenalkan aktivitas baru pada rutinitas latihannya yaitu, berenang. Ia memanfaatkan kolam renang yang sebelumnya tidak digunakan untuk meningkatkan rejimen kebugaran barunya.

"Tahukah kamu betapa sulitnya bagi orang dewasa untuk belajar berenang? Kamu tidak perlu takut mati," katanya. "Suatu hari, orang ini berkata kepada saya, 'Oke, kamu akan menyelam ke kedalaman dan berenang ke sisi lain,' dan saya seperti, 'Apakah kamu gila?' Tapi kemudian saya terjun ke ujung yang dalam, dan saya berenang ke sisi lain, dan itu adalah metafora untuk apa yang telah saya coba lakukan selama ini. "

 

(Vania Accalia)

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSUI Depok Layani Pasien JKN-KIS BPJS Kesehatan

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Depok Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) yang berlokasi di Depok, Jawa Barat kini resmi melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan.

Sebagai penyedia Fasilitas Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan, RSUI telah menerima pasien dengan jaminan BPJS Kesehatan untuk layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap, hingga rawat jalan.

Direktur Utama RSUI Astusti Giantini menerangkan, penandatanganan kerjasama RSUI dengan BPJS Kesehatan sudah dilakukan pada 4 November 2020. Kesepakatan ditandatangani oleh Astuti dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok Elisa Adam.

Serangkaian persiapan RSUI menerima pasien JKN-KIS juga sudah selesai.

"Setelah melalui berbagai proses, mulai dari akreditasi rumah sakit sebagai syarat wajib untuk melayani program JKN-KIS, penandatanganan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, persiapan final serta kesiapan alur dan sistem telah dilakukan," terang Astuti dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Selasa (15/12/2020).

"Akhirnya, RSUI dapat melayani pasien dengan jaminan BPJS Kesehatan."

RSUI Beri Layanan JKN-KIS Sesuai Sistem Rujukan

Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran peserta kelas I BPJS Kesehatan naik 2 kali lipat yang semula Rp 80.000 jadi Rp 160.000 per bulan untuk JKN kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp110.000 per bulan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran peserta kelas I BPJS Kesehatan naik 2 kali lipat yang semula Rp 80.000 jadi Rp 160.000 per bulan untuk JKN kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp110.000 per bulan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Resmi dibukanya akses pelayanan BPJS Kesehatan, RSUI berkomitmen menjaga mutu pelayanan bagi peserta JKN. RSUI memberikan pelayanan JKN sesuai ketentuan BPJS Kesehatan dengan sistem rujukan berjenjang.

Berikut ini tata cara pelaksanaan sistem rujukan berjenjang pasien JKN-KIS:

1. Sistem rujukan pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang sesuai kebutuhan medis, yaitu:

a. Dimulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama.

b. Jika diperlukan pelayanan lanjutan oleh spesialis, maka pasien dapat dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat kedua.

c. Pelayanan kesehatan tingkat kedua di faskes sekunder hanya dapat diberikan atas rujukan dari faskes primer.

d. Pelayanan kesehatan tingkat ketiga di faskes tersier hanya dapat diberikan atas rujukan dari faskes sekunder dan faskes primer.

2. Pelayanan kesehatan di faskes primer yang dapat dirujuk langsung ke faskes tersier hanya untuk kasus yang sudah ditegakkan diagnosis dan rencana terapi  merupakan pelayanan berulang dan hanya tersedia di faskes tersier.

3. Ketentuan pelayanan rujukan berjenjang dapat dikecualikan dalam kondisi:

a. terjadi keadaan gawat darurat; Kondisi kegawatdaruratan mengikuti ketentuan yang berlaku

b. bencana; Kriteria bencana ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan atau Pemerintah Daerah

c. kekhususan permasalahan kesehatan pasien; untuk kasus yang sudah ditegakkan rencana terapinya dan terapi tersebut hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan lanjutan

d. pertimbangan geografis; dan

e. pertimbangan ketersediaan fasilitas

Sistem Rujukan JKN-KIS

4. Pelayanan oleh bidan dan perawat

a. Dalam keadaan tertentu, bidan atau perawat dapat memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

b. Bidan dan perawat hanya dapat melakukan rujukan ke dokter dan/atau dokter gigi pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama. Kecuali dalam kondisi gawat darurat dan kekhususan permasalahan kesehatan pasien, yaitu kondisi di luar kompetensi dokter dan/atau dokter gigi pemberipelayanan kesehatan tingkat pertama.

5. Rujukan Parsial

a. Rujukan parsial adalah pengiriman pasien atau spesimen ke pemberi pelayanan kesehatan lain dalam rangka menegakkan diagnosis atau pemberian terapi, yang satu rangkaian perawatan pasien di Faskes tersebut.

b. Rujukan parsial dapat berupa:

1) pengiriman pasien untuk dilakukan pemeriksaan penunjang atau tindakan

2) pengiriman spesimen untuk pemeriksaan penunjang

c. Apabila pasien tersebut adalah pasien rujukan parsial, maka penjaminan pasien dilakukan oleh fasilitas kesehatan perujuk.

Beri Kemudahan Akses Peserta JKN

Pegawai melayani peserta BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Kota Tangerang, Rabu (7/1/2020). Iuran BPJS Kesehatan resmi naik per hari ini untuk kelas I menjadi sebesar Rp150.000 per orang per bulan dan Rp100.000 per orang per bulan untuk kelas II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pegawai melayani peserta BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Kota Tangerang, Rabu (7/1/2020). Iuran BPJS Kesehatan resmi naik per hari ini untuk kelas I menjadi sebesar Rp150.000 per orang per bulan dan Rp100.000 per orang per bulan untuk kelas II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

RSUI merasa gembira dengan diberlakukannya program Jaminan Kesehatan Nasional, sehingga turut memberikan kontribusi pada program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

"Semoga, adanya kerjasama yang terjalin bersama BPJS Kesehatan, RSUI dapat meningkatkan kepuasan peserta sekaligus menjadikan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan RSUI," tambah Astuti.

Kerjasama RSUI dengan BPJS Kesehatan juga diharapkan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan dan dapat memberikan kemudahan aksesabilitas bagi masyarakat peserta program JKN. (Baca sebelumnya: Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RSUI Kini Siap Layani Warga Depok dengan JKN-KIS)

"Tentunya, untuk mendapat penanganan dan perawatan yang optimal," tutup Astuti.

Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kucing Ini Dapat Kejutan Ulang Tahun dari Pemiliknya, Bikin Warganet Iri

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video menunjukkan seekor kucing mendapat kejutan pesta ulang tahun menjadi perbincangan viral. Layaknya manusia, kucing tersebut bahkan mendapat kue tart dan meniup lilin.  

Tak sedikit individu yang memutuskan untuk memelihara kucing di rumahnya. Selain lucu dan menggemaskan, terkadang kucing bisa menjadi teman saat keadaan sedang sepi.

Seringkali tingkahnya yang tak terduga membuat pemiliknya terhibur. Karenanya, wajar saja jika hewan berbulu yang satu ini kerap dianggap sebagai anak sendiri oleh pemiliknya. Mulai dari diajak berbicara, bermain, hingga tidur bersama.

Bahkan beberapa pemilik rela membuat momen ulang tahun untuk hewan yang satu ini. Seperti momen ulang tahun kucing yang terjadi beberapa waktu lalu dan viral di media sosial.

Pergi ke acara ulang tahun kucing teman

Seekor Kucing Dapat Kejutan Ulang Tahun, Warganet: Kalah Sama Kucing.
Seekor Kucing Dapat Kejutan Ulang Tahun, Warganet: Kalah Sama Kucing.

Sebuah video TikTok yang diunggah akun @sineat_in dengan keterangan "Ma, izin ke acara ultah kucing temen yah."

Seperti beruntung, seekor kucing berwarna abu-abu kehitaman itu mendapat kejutan ulang tahun dari sahabat pemiliknya.

Dalam videonya, kucing tersebut tampak mendapatkan kue tart layaknya manusia saat ulang tahun. Selain itu, kucing yang diketahui bernama Emma ini juga mendapat makanan kaleng kesukaannya lengkap dengan dua lilin menyala di atasnya. 

@sineat_in

"Ma izin ke acara ultah kucing temen yah " ##catslovers ##birthdayparty ##fypdongahh

♬ Stuck In The Middle - Tai Verdes

Menyanyikan lagu happy birthday lengkap dengan tiup lilin

Seekor Kucing Dapat Kejutan Ulang Tahun, Warganet: Kalah Sama Kucing.
Seekor Kucing Dapat Kejutan Ulang Tahun, Warganet: Kalah Sama Kucing.

Acara tersebut semakin meriah saat Emma dinyanyikan lagu happy birthday oleh teman-teman majikannya dan kucing lainnya.

Terlihat pula balon-balon yang dipasang di beberapa sudut ruangan sehingga menambah suasana ulang tahun semakin terasa.

Tak lama setelahnya, Emma menyantap makanan yang dihidangkan khusus untuknya dengan lahap. Begitu pula dengan pemilik kucing dan teman-temannya yang turut makan layaknya di restoran saat sedang merayakan ulang tahun.

Respons Warganet

Seekor Kucing Dapat Kejutan Ulang Tahun, Warganet: Kalah Sama Kucing.
Seekor Kucing Dapat Kejutan Ulang Tahun, Warganet: Kalah Sama Kucing.

Video yang diunggah pada Minggu (13/12/2020), ini berhasil mencuri perhatian dan mengundang warganet untuk berkomentar.

Hingga Senin siang (14/12/2020), video tersebut telah ditonton lebih dari 1,1 juta kali, disukai lebih dari 156 ribu, dan mendapat empat ribu komentar.

Tak sedikit yang terhibur dengan acara ulang tahun Emma, tetapi ada pula yang merasa iri dengan kucing itu karena ulang tahunnya dirayakan begitu meriah.

"Kucing aja dirayain ultahnya, masa gua kaga sih," tulis crybaby_n

"Kalah ultah gue sama kucing, ultah gue nggak semeriah itu woi," tulis nggii

"Para undangan disuguhkan wiskas dan meo," tulis _notforyoupage_

"Dulu gue juga pernah rayain ultah kucing gue sampe benar-benar teman-teman gue bawa kado dan kadonya ada sabun, alat tulis sama wafer," tulis ayufajar

"Merasa gagal jadi manusia," tulis lalapodipsi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaim Keliru soal Vaksin Covid-19: Hoaks IDI Tolak Vaksinasi hingga Sebabkan Mandul

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1,2 juta vaksin covid-19 buatan Sinovac sudah tiba di Indonesia. Vaksin covid-19 ini sudah diuji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020.

Sejak tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Minggu (6/12/2020), ada banyak hoaks soal vaksin covid-19 yang bertebaran di media sosial.

Berikut ini, Cek Fakta Liputan6.com merangkum hoaks seputar vaksin covid-19.

1. Hoaks IDI Tolak Vaksinasi Covid-19

Beredar di media sosial kabar penolakan IDI pada vaksin covid-19. Kabar itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya adalah akun bernama Faradillh Dillah. Dia mengunggahnya di Facebook pada Minggu (13/12/2020.

Dalam postingannya ia mengunggah tangkapan layar berita berjudul "IDI Menolak Menjadi yang Pertama Disuntik Vaksin, Beranikah Para Menteri Menggantikannya?"

Selain itu ia menambahkan narasi, "IDI aja tolak apa lage kt masyarakat 😅🤣😂# nga mau .."

Aada juga postingan serupa yang diunggah akun Stefanus Kurnianto N. Ia memposting di Facebook dengan narasi:

"IDI tegas tolak divaksin yg pertama▶ausy tolak pake vaksin buatan sendiri▶️vaksin sinovac blm lolos uji klinis n ga dipake di negaranya sendiri. Rkyt tegas minta presiden n mentri2nya yg wajib divaksin duluan,jgn mo jd klinci percobaan"

Lalu benarkah IDI menolak menjadi yang pertama divaksinasi covid-19?

Baca selengkapnya di sini.

 

2. Klaim China Pulih dari Covid-19 Tanpa Vaksin

Tidak benar China Pulih dari Covid-19 Tanpa Vaksin. (Facebook)
Tidak benar China Pulih dari Covid-19 Tanpa Vaksin. (Facebook)

Segelintir warganet mengunggah sebuah narasi yang mengklaim China bisa terbebas dari virus corona covid-19 tanpa vaksin. Netizen menyebut tidak ada media yang memberitakan klaim tersebut.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah narasi dengan klaim China bisa terbebas dari virus corona covid-19 tanpa vaksin adalah Nell Age. Dia mengunggah klaim itu pada 30 November 2020.

Begini narasinya:

"WHY DID CHINA RECOVER WITHOUT A VACCINE? AND WHY DOESN'T ANYBODY TALK ABOUT IT?"

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Mengapa China bisa kembali pulih tanpa vaksin? Dan mengapa tidak ada orang yang bicara tentang itu?"

Sejak diunggah di media sosial, narasi itu sudah dibagikan 180 kali dan mendapat 22 komentar dari warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah klaim yang mengatakan China terbebas dari covid-19 tanpa vaksin?

Baca selengkapnya di sini.

 

3. Klaim Foto Keluarga Penemu Vaksin Covid-19 di Tahun 1970

Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

Warga Facebook banyak mengunggah foto keluarga yang diklaim sebagai keluarga penemu vaksin covid-19 yang dipasarkan oleh Pfizer. Disebutkan kalau keluarga itu merupakan imigran Turki di Jerman.

Salah satu pengguna Facebook yang mengunggah foto dengan klaim keluarga penemu vaksin covid-19 adalah Ramen Das. Dia mengunggah foto itu pada 9 Desember 2020.

Begini narasinya:

"Pada gambar di bawah, Anda melihat sebuah keluarga imigran Turki di Jerman, pada tahun 1970. Anak laki-laki berkemeja kuning dan tanpa sepatu adalah ahli biologi bernama Ugur Sahin, 55.

Dia bersama dengan istrinya yang berkewarganegaraan Turki Ozlem Tureci, 53, mengembangkan vaksin Covid-19 yang dipasarkan oleh Pfizer".

Lalu, benarkah klaim foto itu merupakan keluarga penemu vaksin covid-19 yang dikembangkan Pfizer?

Baca selengkapnya di sini.

 

4. Klaim Vaksin Covid-19 Bikin Wanita Mandul

Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V untuk melawan virus corona di sebuah klinik di Moskow, Sabtu (5/12/2020). Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pihak berwenang memulai vaksinasi massal untuk orang-orang berisiko tinggi tertular Covid-19. (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)
Seorang perawat menunjukkan vaksin Sputnik V untuk melawan virus corona di sebuah klinik di Moskow, Sabtu (5/12/2020). Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pihak berwenang memulai vaksinasi massal untuk orang-orang berisiko tinggi tertular Covid-19. (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

Di Twitter, muncul isu kalau vaksin virus corona covid-19 punya dampak buruk untuk wanita. Disebutkan vaksin covid-19 bisa membuat wanita menjadi mandul.

Salah satu akun Twitter yang mengklaim vaksin covid-19 bisa menyebabkan wanita mandul adalah @FineTunedFoto. Dia mengunggah klaim tersebut pada 8 Desember 2020.

Begini narasinya:

"Head of Pfizer Research: Covid Vaccine is Female Sterilization".

Akun itu juga mengunggah foto sebuah artikel dengan narasi sebagai berikut:

"Ketua Tim Peneliti Pfizer: Vaksin Covid-19 Dapat Menyebabkan Kemandulan bagi Perempuan

Vaksin tersebut mengandung protein Spike yang disebut sebagai syncytin-1, dan berperan penting dalam pembentukan plasenta bagi perempuan.

Jika vaksin ditujukan untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh manusia terhadap protein Spike, maka vaksin juga akan mempengaruhi sistem daya tahan tubuh perempuan untuk menyerang syncytin-1, yang akan menyebabkan kemandulan bagi perempuan dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan."

Baca selengkapnya di sini.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Unik Kompetisi Sepak Bola Eropa Musim Ini Tampil di Liga Europa

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Nyon - Tim papan atas identik dengan Liga Champions. Tapi tidak pada pada kompetisi sepak bola Eropa musim ini. Para pimpinan klasemen lima negara top justru tampil di ajang kelas dua Liga Europa.

Dimulai dari panggung domestik terpopuler di dunia Liga Inggris. Bukan Liverpool atau Manchester City yang menguasai posisi teratas.

Adalah Tottenham Hotspur yang menduduki peringkat pertama. Pasukan Jose Mourinho memimpin produktivitas gol atas juara bertahan The Reds.

Pindah ke Liga Spanyol, tidak terlihat sosok Real Madrid dan Barcelona di puncak. Real Sociedad menduduki urutan pertama juga berkat keunggulan gol dari Atletico Madrid.

Hal sama hadir di Liga Italia. Penguasa sembilan tahun terakhir Juventus sedang kesulitan. AC Milan memanfaatkan situasi untuk menyelinap ke atas.

Leverkusen dan Lille

Pemain Hoffenheim Christoph Baumgartner (kiri) mencetak gol ke gawang Bayer Leverkusen pada pertandingan Bundesliga di Leverkusen, Jerman, 13 Desember 2020. Bayer Leverkusen menggeser Bayern Munchen dari puncak klesemen usai mengalahkan Hoffenheim dengan skor 4-1. (THILO SCHMUELGEN/POOL/AFP)
Pemain Hoffenheim Christoph Baumgartner (kiri) mencetak gol ke gawang Bayer Leverkusen pada pertandingan Bundesliga di Leverkusen, Jerman, 13 Desember 2020. Bayer Leverkusen menggeser Bayern Munchen dari puncak klesemen usai mengalahkan Hoffenheim dengan skor 4-1. (THILO SCHMUELGEN/POOL/AFP)

Di Bundesliga, raksasa Bayern Munchen juga belakangan tengah terpeleset. Bayer Leverkusen menggunakan kesempatan dan menorehkan keunggulan satu angka dari sang juara bertahan.

Fenomena serupa hadir di Paris Saint-Germain (PSG) yang tengah menempati peringkat tiga. Anak asuh Thomas Tuchel harus rela melihat posisi puncak dikuasai Olympique Lyon.

Ketahui Nasib

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Europa. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Europa. (AFP/Valery Hache)

Kelima pimpinan klasemen lima negara top itu baru saja mengetahui perjalanan di Liga Europa. Simak lawan mereka di halaman berikut:

 

Rintangan di Liga Europa

ilustrasi liga europa (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga europa (Liputan6.com/Abdillah)

Wolfsberger vs Tottenham Hotspur

Real Sociedad vs Manchester United

Red Star Belgrade vs AC Milan

Lille vs Ajax Amsterdam

Young Boys vs Bayer Leverkusen

Saksikan Video Liga Europa Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Rotasi Pekerjaan di Dalam Perusahaan, Tingkatkan Produktivitas

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan perlu diketahui, terutama bagi pemilik sebuah bisnis maupun orang-orang yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut.

Rotasi pekerjaan sendiri merupakan sebuah strategi, di mana pekerjaan karyawan akan ditukar. Akan tetapi, tentunya masih dalam suatu perusahaan atau divisi yang sama. Para karyawan akan diberi tugas baru dalam jangka waktu tertentu sebelum akhirnya kembali ke posisi awal mereka.

Diharapkan, akan didapatkan beragam manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan, baik dari segi pengalaman maupun keterampilan yang merupakan dampak dari diberinya tanggung jawab baru.

Adapun rotasi pekerjaan dimaksudkan untuk meningkatkan fleksibilitas, keterlibatan dan retensi karyawan. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan tersebut, Selasa (15/12/2020).

Manfaat Rotasi Pekerjaan di Dalam Perusahaan

Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/fauxels
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/fauxels

1. Memberi Suasana Kerja Baru

Manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan tidak lain bisa memberi suasana yang baru bagi para karyawan. Baik dari lokasi kerja yang baru atau bahkan rekan kerja baru di dalam sebuah departemen atau lokasi.

Ternyata, memberi suasana baru tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi karyawan. Dengan memberi suasana kerja yang baru, sedikit banyak bisa menciptakan semangat kerja yang baru. Hal ini layaknya konsep karyawan yang baru masuk kerja, di mana mereka akan senantiasa memberi performa terbaiknya pada perusahaan.

Tentunya, rotasi pekerjaan tersebut akan lebih maksimal lagi jika posisi dan suasana dari divisi kerja yang ditawarkan jauh lebih baik. Hal tersebut akan memicu semangat kerja karyawan hingga memberikan kinerja yang lebih optimal dan akhirnya meningkatkan produktivitas perusahaan.

 

2. Proses Penyaluran Minat Karyawan

Dengan proses rotasi pekerajaan, maka karyawan dapat memperoleh kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Sebagai contoh, perusahaan bisa memindahkan staf bagian keuangan ke bagian purchasing (pembelian).

Meski dari kemampuan yang dibutuhkan berbeda, namun bukan tidak mungkin karyawan dapat lebih optimal dalam berkerja. Tapi hal ini tidak lepas dari latar belakang pendidikan yang diampu karyawan sebelumnya.

Mengingat, dalam sebuah perusahaan, karyawan belum tentu menempati posisi sesuai latar belakang pendidikan. Dengan adanya sistem rotasi pekerjaan, maka potensi menentukan posisi karyawan berdasarkan kemampuan serta latar belakang pendidikannya semakin terbuka lebar.

Manfaat Rotasi Pekerjaan di Dalam Perusahaan

Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina
Ilustrasi Bekerja di Kantor Credit: pexels.com/Christina

3. Mengurangi Kebosanan

Tidak dapat dipungkiri, jika salah satu manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan yaitu mampu mengurangi rasa bosan yang dirasakan karyawan. Adanya rotasi pekerjaan bisa membantu atasi stress dan dampak psikologis lainnya pada karyawan.

Dengan dipindahnya seorang karyawan ke divisi lainnya yang kemudian melakukan tugas baru, maka rasa bosan bisa disingkirkan. Adanya hal ini bisa memberi dampak positif pada sisi psikologis karyawan sepenuhnya, dan lagi-lagi tujuannya agar kinerjanya semakin optimal.

 

4. Memudahkan Identifikasi Posisi dalam Perusahaan

Maksudnya, manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan bisa mempermudah mengidentifikasi mana posisi yang paling sesuai untuk karyawan. Tujuannya tidak lain agar karyawan bisa menghasilkan pekerjaan yang jauh lebih optimal.

Hal tersebut mengingat konsep The Right Man, On The Right Place. Di mana, jika kondisi dan tugas yang diterima karaywan sesuai kemampuan, otomatis pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Jika menerapkan hal tersebut, bukan tidak mungkin tercapainya operasional perusahaan yang efektif dan efisien.

Manfaat Rotasi Pekerjaan di Dalam Perusahaan

Ilustrasi Mencari Lowongan Pekerjaan Credit: pexels.com/Ekaterina
Ilustrasi Mencari Lowongan Pekerjaan Credit: pexels.com/Ekaterina

5. Proses Pengembangan Karyawan

Praktik rotasi pekerjaan yang tepat dan sesuai kebutuhan baik bagi karyawan atau perusahaan, juga membantu karyawan lebih berkembang. Sebagai contoh, apabila karyawan menempati posisi yang dirasa tepat dengan latar belakang kemampuannya. Tentu hal tersebut akan mendorong kinerja karyawan jauh lebih baik serta akan memberi hasil kerja yang lebih berkualitas.

Secara tidak langsung, karyawan akan semakin berkembang dan potensi yang dimiliki bisa dieksplor dengan baik bagi kemajuan dan keuntungan perusahaan. Pada akhirnya, karyawan bisa menjadi aset terbaik bagi perusahaan.

 

6. Menekan Risiko Turnover

Ternyata, salah satu cara terbaik dalam menekan turnover yang terjadi pada karyawan adalah melakukan rotasi karyawan. Pasalnya banyak karyawan yang pindah perusahaan karena bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja. Selain itu, banyak kasus karyawan yang mengundurkan diri karena posisi kerjanya saat ini tidak sesuai kemampuan yang dimiliki.

Maka, dengan rotasi pekerajaan bisa memberi kesempatan baru karyawan untuk bekerja sesuai latar belakang serta pengalamannya. Secara tidak langsung, karyawan merasa didengar oleh perusahaan dan akan meningkatkan rasa memiliki terhadap perusahaan.

Manfaat Rotasi Pekerjaan di Dalam Perusahaan

Ilustrasi melamar kerja (Foto: Unsplash.com/ Raw Pixel)
Ilustrasi melamar kerja (Foto: Unsplash.com/ Raw Pixel)

7. Rencana Cadangan Saat Karyawan Resign

Tidak bisa dipungkiri, meski sudah dilakukan berbagai cara untuk mempertahankan karyawan, namun dengan berbagai faktor masih membuat karyawan memutuskan keluar dari perusahaan. Maka, salah satu manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan bisa menjadi rencana cadangan, jika sewaktu-waktu ada posisi kerja yang kosong.

Sebab, perusahaan sudah memahami jika ada beberapa karyawan yang mampu mengerjakan pekerjaan lain yang tidak sesuai posisi aslinya. Hal ini juga berguna untuk mengulur waktu perusahaan dalam mencari karyawan baru yang sesuai.

 

8. Tingkatkan Produktivitas

Pada akhirnya, manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan tujuannya untuk meningkatkan produktivitas. Pasalnya, karyawan yang pindah ke divisi lain sering merasa tertantang dan ingin membuktikan kemampuannya untuk melakukan tugas yang diberikan atasan barunya.

Tentu hal ini memicu rasa tanggung jawab dan dedikasi yang semakin optimal pada pekerjaannya, hingga berdampak pada produktivitas perusahaan yang jadi lebih maksimal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Messi dan Ronaldo Masuk Ballon d'Or Dream Team 2020

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo patut berbangga. Keduanya masuk dalam Ballon d'Or Dream Team 2020 dan disandingkan dengan beberapa legenda sepak bola lain seperti Pele dan Maradonna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 10 Video Paling Trending di YouTube Indonesia Tahun 2020

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - YouTube Indonesia mengumumkan video trending teratas atau top trending video tahun 2020.

YouTube menilai, pada tahun 2020 ini banyak hal yang tidak terduga, tantangan, dan perubahan.

Adapun 10 video trending teratas YouTube mulai dari film pendek, web series dan mukbang untuk menghibur masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah selama pandemi.

Namun di antara video trending teratas Indonesia, ada juga video iklan layanan masyarakat yang memberikan informasi mengenai Covid-19.

Video Paling Trending di YouTube Indonesia 2020

Ilustrasi Youtube
Ilustrasi Youtube

Berikut adalah ke-10 video trending teratas di YouTube Indonesia sepanjang 2020 ini (urutan tidak berdasarkan peringkat). Apa saja?

1. Ayo Jaga Keluarga dan Bangsa Indonesia dengan Mencegah Penularan Covid-19 dari channel Kementerian Kesehatan

2. Nasip si Bisu, Exstrim Lucu The Series dari channel Kemekel TV

3. Film Pendek Tilik (2018) dari channel Ravacana Films

4. Akhirnya jebak semua cacing besar alaska, langsung peringkat 1 di seluruh dunia!!!! dari channel Frost Diamond

5. ASMR Rainbow Desserts 무지개 먹방 팝핑보바, 보석젤리, 별사탕 먹방 Popping Boba, Jelly, Gummy, Mukbang No Talking Eating dari channel Hongyu ASMR 홍유

Video Paling Trending di YouTube Indonesia 2020 (2)

Ilustrasi Youtube (Liputan6.com/Sangaji)
Ilustrasi Youtube (Liputan6.com/Sangaji)

6. Syekh Ali Jaber, Saya Pasrah, Deddy Corbuzier Podcast dari channel Deddy Corbuzier

7. Tiara - Waktu yang salah (Fiersa Besari) - Spekta Show Top 6 - Indonesian Idol 2020 dari channel Indonesian Idol

8. Pak Saeful ketika dicukurin dibersihin ganteng banget, cocok jadi model dari channel RianTV

9. WormsZone.io 001 Slither Snake Top 01 /Best World Record Snake Epic WormsZoneio #04 dari channel BiGet Master

10. Cuma 5 Menit! Makan bakso lava sebesar kepala paling brutal di dunia!! | #cimoryspicychallenge dari channel Tanboy Kun

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Ngaku Suka Kalina Ocktaranny Saat Masih Menjadi Istri Deddy Corbuzier

Posted: 14 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vicky Prasetyo tengah menjalin asmara dengan Kalina Ocktaranny. Bahkan keduanya berencana untuk naik pelaminan pada 21 Februari 2021 mendatang.

Dijelaskan mantan suami Angel Lelga, dirinya sudah sejak lama menyimpan rasa terhadap terhadap Kalina Ocktaranny. Ia mengaku mengagumi janda satu anak itu saat masih menjadi istri Deddy Corbuzier.

"Waktu aku menyukai dia (Kalina Ocktaranny), maaf, dia masih seorang istri Deddy Corbuzier, kan. Iya, aku udah bilang, waktu dia masih jadi istri Deddy Corbuzier, aku sudah mencintai dia. Bukan mencintai, mengagumi," ujar Vicky Prasetyo di kanal YouTube Rio Motret dikutip Senin (14/12/2020).

Alasan Suka

Prewedding Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny (Sumber: Instagram/vickyprasetyo777)
Prewedding Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny (Sumber: Instagram/vickyprasetyo777)

Alasan Vicky Prasetyo menyukai Kalina Ocktaranny, bahwa kekasihnya itu mirip salah satu tokoh dalam serial mandarin, Pai Su Chen, yang merupakan sosok siluman ular putih.

"Gue senang sama dia karena dia kayak Pai Su Chen (tokoh siluman ular putih dalam film White Snake Legend). Kalina tingginya ada, gue suka perempuan yang mukanya oriental, tegas," ungkap Vicky.

Pai Su Chen

Prewedding Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny (Sumber: Instagram/vickyprasetyo777)
Prewedding Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny (Sumber: Instagram/vickyprasetyo777)

Vicky Prasetyo sejak kecil mengaku sering menonton serial tersebut. Oleh karenannya ia mengaku senang akhirnya bisa dekat dengan wanita idamannya yang sebentar lagi akan menjadi istrinya.

"Karena dari kecil dulu tontonan aku, tiap sore nonton Pai Su Chen mulu. Jadi di otak aku kayak gitu. Ya kayak gini ini, (idaman) banget. Mau aku bikinin foto yang besar nanti di rumah," kata Vicky.

Penurut

Prewedding Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny (Sumber: Instagram/vickyprasetyo777)
Prewedding Vicky Prasetyo dengan Kalina Ocktaranny (Sumber: Instagram/vickyprasetyo777)

Tak hanya mengagumi kecantikannya, Vicky Prasetyo juga menyukai sifat Kalina yang penurut. Ia yakin bahwa Kalina akan menjadi pelabuhan terakhir cintanya.

"Dia nurut, sih. Kan aku, maaf ya, beradaptasi dengan wanita bukan satu dua, semua banyaklah, mau dari profesi apa pun. Tapi, saat sama Kalina, ada keyakinan aku bahwa dia terakhir sama aku," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Elon Musk Pertimbangkan Papua Sebagai Lokasi Peluncuran SpaceX

Posted: 14 Dec 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Indonesia Joko Widodo menawarkan miliarder Elon Musk dan SpaceX miliknya untuk berinvestasi di Papua.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (15/12/2020) Jokowi, melakukan percakapan telepon dengan Elon Musk pada Jumat, 11 Desember untuk membahas kemungkinan kemitraan dengan Tesla, perusahaan kendaraan listrik milik miliarder itu.

"Presiden Joko Widodo juga mengundang Musk untuk mempertimbangkan Indonesia sebagai landasan peluncuran SpaceX," demikian pernyataan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Indonesia saat ini sedang membangun situs peluncuran roket pertama di Pulau Biak di provinsi paling timur Papua.

Situs yang akan digunakan untuk meluncurkan roket antariksa tak berawak berukuran kecil itu diharapkan selesai pada 2024.

SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk, saat ini meluncurkan roketnya dari empat fasilitas AS.

Indonesia, rumah bagi deposit besar tembaga, nikel dan timah, sudah melakukan pembicaraan dengan Tesla tentang kemungkinan kemitraan baterai listrik.

Elon Musk bahkan memuji deposit nikel Indonesia dalam tweet-nya pada Juli 2020. Nikel adalah komponen kunci dalam baterai lithium-ion yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan listrik.

Bulan lalu, Jokowi mengirim salah satu anggota kabinet paling seniornya, Menteri Urusan Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan Musk dan investor Amerika lainnya.

Pertemuan dengan Musk dibatalkan setelah miliarder itu dinyatakan positif COVID-19. Kini Musk telah pulih.

Menurut pernyataan kementerian, setelah percakapan telepon dengan Jokowi pada Jumat kemarin, Elon Musk setuju untuk mengirim tim ke Indonesia pada Januari 2021 untuk melihat peluang investasi.

Indonesia bertujuan untuk menjadi produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia dan berharap untuk beralih dari mengekspor bahan kimia dan mineral ke produsen baterai di negara lain untuk memproduksi unit baterai.

Indonesia juga memberikan insentif kepada pembuat mobil asing yang ingin memproduksi kendaraan listriknya di Indonesia.

Promosikan UU Cipta Kerja

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan hadir secara virtual untuk menjadi keynote speaker dalam Platform Virtual The 9th Indonesia EBTKE CONEX 2020.
Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan hadir secara virtual untuk menjadi keynote speaker dalam Platform Virtual The 9th Indonesia EBTKE CONEX 2020.

Setelah mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja pada Oktober 2020, Presiden Jokowi langsung merencanakan tim tingkat tinggi untuk mempromosikan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law yang menyederhanakan peraturan berbisnis di Indonesia.

Dalam wawancara, Menteri Luhut menjelaskan bahwa akan ada pertemuan dengan Bank Dunia dan pengelola dana AS, untuk membahas Omnibus Law dan proyek lingkungan Indonesia. 

Berkaitan dengan pertemuan dengan Tesla, Luhut enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan bahwa ada peluang bagus bagi perusahaan yang ingin berinvestasi, dalam pengolahan nikel Indonesia, untuk tujuan pemangkasan biaya. 

Untuk diketahui sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk pernah mengatakan bahwa dia berencana menawarkan kontrak raksasa dalam jangka waktu panjang selama nikel ditambang dengan cara yang efisien dan peduli terhadap lingkungan.

Luhut pun menegaskan, Indonesia bisa membuat rantai pasokan aki ramah lingkungan dalam tujuh hingga 8 tahun dengan menyalakan smelter dengan sumber energi terbarukan. Sehingga bisa menjual aki ramah lingkungan untuk mobil di pasar Eropa pada 2030.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegawai Positif Covid-19, Pelayanan di Kantor Disdukcapil Tangsel Ditutup

Posted: 14 Dec 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Ada seorang pegawai yang positif Covid-19, kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang Selatan, ditutup sementara. Penutupan di kantor yang berada di Jalan Raya Cilenggang, Kecamatan Serpong, Tangsel itu dilakukan selama tiga hari.

"Kita tutup sementara kantor dan layanan adminduk di kantor sampai tiga hari ke depan. Sementara layanan di mal dan online tetap berjalan," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Tangsel, Dedi Budiawan dikonfirmasi, Selasa (15/12/2020).

Penutupan sementara kantor dan layanan adminduk di kantor Cilenggang, lantaran adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini diketahui saat Dinas Dukcapil melakukan tes terkait Covid-19 terhadap pegawainya.

"Dari situ kami lakukan rapid tes terhadap seluruh pegawai. 4 reaktif dan dilanjut swab dan hasilnya negatif. Jadi hanya satu pegawai back office kami saja yang positif," tutur Dedi.

 

Buka Jumat Nanti

Dia pun meminta masyarakat Tangsel yang sedang mengurus adminduk untuk memahami kondisi tersebut. Dia memastikan operasional layanan adminduk dibuka kembali pada Jumat, 18 Desember 2020.

"Untuk yang sudah mendaftar hari ini dan dua hari ke depan, bisa datang kembali ke kantor disdukcapil pada hari Jumat atau Senin depan. Untuk layanan online, mall, kecamatan itu tidak ada hambatan, yang tidak kontak langsung dengan kita masih dibuka layanannya," kata Dedi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes: Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Kalau Bisa Pakai Bahasa Daerah

Posted: 14 Dec 2020 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menekankan pentingnya sosialisasi program vaksinasi Covid-19 agar masyarakat betul-betul paham manfaat dari vaksin. Aparat dinas kesehatan serta petugas puskesmas diminta tidak menggunakan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti dalam mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19.

"Kalau bisa bersifat local wisdom, bahasa-bahasa daerah yang bisa disampaikan ke masyarakat, akan lebih baik," kata Sekjen Kemenkes Oscar Primadi dikutip dari siaran persnya, Selasa (15/12/2020).

Menurut dia, Kemenkes telah membuat buku panduan yang dapat digunakan petugas puskesmas dalam mensosialisasikan tentang vaksin dan vaksinasi kepada masyarakat. Pemerintah ingin program vaksinasi Covid-19 dapat dimengerti masyarakat mulai dari tahapan, hingga manfaat kesehatan dari vaksin.

Misalnya, menjelaskan bahwa pemerintah melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kehalalan vaksin Covid-19. Kemudian, menyampaikan bahwa vaksin yang disuntikkan terjamin keamanan dan keefektifannya.

"Semuanya itu betul-betul dipersiapkan secara dini oleh pemerintah. Dan tentunya akan memberikan pemahaman bagi teman-teman di daerah," jelas Oscar.

Tantangan

Vaksin Corona Covid-19 Sinovac. Foto: Muchlis Jr - Sekretariat Presiden
Vaksin Corona Covid-19 Sinovac. Foto: Muchlis Jr - Sekretariat Presiden

Kendati begitu, dia mengakui ada tantangan yang harus dihadapi pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nasional kelak. Hal ini dikarenakan Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki tempat-tempat yang memiliki akses tidak mudah.

Sehingga, tenaga kesehatan butuh upaya yang besar untuk menjangkau daerah terpencil. Tantangan lainnya yakni, jaringan cold chain atau rantai dingin.

"Karena untuk mendistribusikan vaksin harus menggunakan perlakuan khusus," ujar Oscar.

Seperti diketahui, pemerintah telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac, China. Vaksin yang baru tiba ini merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis. Vaksin Covid-19 Sinovac ini berjenis SARS-CoV-2 yang telah diinaktivasi.

Sebelum disuntikkan ke masyarakat, vaksin harus terlebih dahulu melalui beberapa tahapan dan harus mengantongi izin Emergency Use of Authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hal ini guna menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lippo Mall Puri Dijual Senilai Rp 3,5 Triliun

Posted: 14 Dec 2020 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir tahun, kinerja PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) makin kuat dengan dukungan penambahan kas baru setelah perusahaan tersebut menyelesaikan transaksi penjualan Lippo Mall Puri, pusat perbelanjaan milik perseroan, dengan nilai transaksi sebesar Rp 3,5 triliun.

Transaksi akuisisi tersebut direstui oleh para unitholders Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) yang memberikan suara mendukung akuisisi Lippo Mall Puri dari LPKR. Hal ini menandai tonggak penting bagi LPKR dan LMIRT yang mana LPKR tercatat memiliki kepemilikan sebesar 33 persen.

"Uang tunai yang diperoleh Lippo Karawaci dari transaksi ini akan memberikan tambahan fleksibilitas keuangan bagi LPKR untuk melanjutkan lintasan pertumbuhannya," papar CEO LPKR John Riady, dalam keterangan tertulis, Selasa (15/12/2020).

John menambahkan, langkah selanjutnya untuk menyelesaikan penjualan adalah agar LMIRT menyelesaikan rights issue dalam beberapa minggu mendatang. Rights issue juga disetujui oleh unitholders LMIRT.

Dana hasil rights issue, ditambah dana yang sudah dijamin melalui pinjaman bank dan vendor financing, akan memastikan pendanaan untuk akuisisi tersebut ada.

"LPKR akan tetap menjadi pembeli siaga dari rights issue dan bersedia meningkatkan kepemilikannya di REIT untuk mendukung transaksi ini jika diperlukan," jelas John.

Tim manajemen baru LPKR, disampaikan John, terus bekerja keras agar meraih pencapaian yang telah ditetapkan sebagai bagian dari rencana transformasi Perusahaan.

Penjualan Lippo Mall Puri sendiri merupakan inisiatif utama dari tim manajemen baru karena akan menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3,5 triliun dari penjualan dan membantu memberikan kontribusi untuk mendanai penyelesaian proyek yang ada dan peluncuran pembangunan perumahan tapak yang terjangkau di masa depan.

Di antara inisiatif utama lainnya yang telah dipenuhi oleh manajemen dalam waktu kurang dari dua tahun adalah penyelesaian hampir semua proyek lama, perbaikan neraca melalui rights issue dan pembiayaan kembali obligasi, dan penguatan fungsi manajemen dan tata kelola.

Selain itu, bisnis properti telah diremajakan dengan penjualan pemasaran yang kuat lebih dari Rp 2,5 triliun pada 2020, dan target Rp3,5 triliun pada tahun 2021.

Sebagai catatan, LPKR merupakan perusahaan real estate terintegrasi terkemuka di Indonesia dengan total aset USD 4,0 miliar pada 30 September 2020. Bisnis inti meliputi pengembangan perumahan perkotaan, mal, dan perawatan kesehatan. Juga, secara aktif terlibat dalam pengembangan terintegrasi, perhotelan, pengembangan dan pengelolaan kota mandiri, serta layanan manajemen aset.

Saat ini, LPKR telah hadir di 40 kota, dan merupakan pengembang properti terkemuka di Indonesia dengan 1.416 ha landbank yang siap untuk dikembangkan. LPKR juga memiliki saham kepemilikan di Lippo Malls Indonesia Retail Trust, REIT yang terdaftar di Singapura dengan aset kelolaan sebesar USD 1,6 miliar pada 30 September 2020.

Selama Pandemi, 80 Persen Pendapatan Lippo Karawaci dari Rumah Sakit dan Hotel

Lippo Karawaci
Lippo Karawaci

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menggenjot bisnis dari lini usaha yang memberikan pendapatan berulang (recurring income) seperti rumah sakit, mal dan hotel selama wabah pandemi Covid-19.

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, ketiga lini bisnis yang mengandalkan recurring income tersebut memberikan porsi pendapatan terbesar selama masa pandemi saat ini.

"Total recurring income dari Lippo Karawaci itu sekitar 80 persen dari total pendapatan kita. Jadi cukup tinggi rasionya," jelasnya dalam sesi Public Expose LPKR secara virtual, Senin (14/12/2020).

John Riady memaparkan, sektor bisnis rumah sakit yang dijalankan PT Siloam International Hospital Tbk jadi yang paling utama dalam hal pendapatan berulang. Dia menyatakan, pendapatan Siloam dalam 5-6 tahun terakhir menunjukan pertumbuhan di atas 12 persen.

"Kalau kita lihat rumah sakit, total traffic atau revenue sudah berhasil untuk rebound. Jadi meskipun sempat turun di bulan-bulan April dan Mei, di Q3 ini sudah kembali. Bahkan ada rumah sakit yang sudah melampaui," ungkapnya.

Untuk sektor bisnis mal, ia mengutarakan, itu sempat mengalami masa yang sangat berat saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Jakarta dan kota besar lainnya. Namun kini, hampir 95 persen dari total tenant yang bernaung di bawah LPKR telah buka kembali.

"Kita percaya, semoga dengan traffic yang akan terus kembali di dalam bulan-bulan ke depan ini, tenant kami sebagian besar akan survive, dan tetap kinerja mal kita akan berjalan baik," kata John Riady.

Sama halnya dengan hotel. Walaupun selama periode April-Juni 2020 sangat lambat bisnisnya, namun dalam bulan-bulan terakhir ini sudah kembali didorong oleh tren business staycation, dan juga beberapa bisnis yang bersifat business to business (B2B).

"Jadi ada beberapa hotel kami yang keseluruhannya disewa oleh beberapa bisnis sebagai bagian dari penanggulangan Covid-19 dan lain-lain. Kita melihat itu jadi satu tren yang baik," tutur John Riady.

"Kami percaya bahwa bagian bisnis kami yang recurring ini sudah rebound, dan di dalam bulan-bulan ke depan ini akan semakin membaik," tandasnya. 

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua-Laskar FPI Diperiksa Lagi Terkait Kerumunan Petamburan dan Kasus Rizieq Shihab

Posted: 14 Dec 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kedua tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di kediaman Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shabri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Hal itu dikabarkan pengacara FPI Aziz Yanuar. Dia mengatakan, pemeriksaan simpatisan Rizieq Shihab itu masih berlangsung, sejak keduanya memenuhi panggilan penyidik pada Senin 14 Desember.

"Masih belangsung (pemeriksaan)," kata Aziz saat dikonfirmasi Merdeka, Selasa (15/12/2020).

Aziz menyampaikan, kedua melanjutkan pemeriksaan kembali setelah istirahat pada pukul 02.00 WIB tadi.

"Makanya dini hari tadi istirahat, karena baik dari keduanya maupun penyidik butuh istirahat," ujar Aziz.

Pada pemeriksaan kemarin ini, Aziz menyebut, Ahmad Shabri Lubis mendapat 63 pertanyaan sedangkan Maman 62 pertanyaan. Dia membenarkan dari seluruh pertanyaan, ada sekitar 40 pertanyaan yang tidak dijawab, lantaran tidak mengetahui keterangan yang ditanyakan oleh penyidik.

"Karena memang tidak tahu," kata Aziz.

Aziz menambahkan, kedua klienya masih akan jalani pemeriksaan untuk perbaikan materi di berita acara pemeriksaan (BAP) sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. Keduanya juga akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus penghasutan dan melawan petugas atas tersangka Rizieq Shihab.

"Masih semuanya (pemeriksaan sebagai tersangka dan saksi)," kata Aziz.

Rizieq Shihab disangkakan dengan pasal berlapis yaitu Pasal 93 tentang UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Lalu, Rizieq juga dikenai dugaan penghasutan di muka umum sebagaimana dimaksud Pasal 160 KUHP jo Pasal 216 KUHP. Dengan ancaman pidana penjara maksimal enam penjara.

 

Kata Polisi

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan kedua tersangka yakni Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shabri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Mamandilakuka sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, usai menyerahkan diri pada Senin 14 Desember 2020.

"Sementara pemeriksaan masih berlanjut. Nanti kita tunggu hasilnya (pemeriksaan) seperti apa," jelas Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (14/12).

Keduanya pun telah menjalani rangkaitan tes kesehatan yang menjadi aturan protiokol kesehatan sebelum dilakukan pemeriksaan.

"Sudah dilakukan prokses, kita lakukan swab test antigen hasilnya negatif. Kemudian dilanjtkan pemeriksaan pada kedua orang itu," kata Yusri.

Sebelumnya, Shabri Lubis dan Maman ikut terlibat dalam acara kegiatan Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq di Petamburan, Jakarta, beberapa hari lalu. Sobri Lubis saat itu bertugas sebagai penanggung jawab acara, sedangkan Maman bertugas sebagai penanggung jawab bidang keamanan.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Ingin Bangun Kebijakan Ekonomi Digital yang Tak Mengekang

Posted: 14 Dec 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rudy Salahuddin, menyatakan bahwa pemerintah tengah menyusun lanskap ekonomi digital pasca masa pandemi Covid-19.

Transformasi digital yang banyak dilakukan masyarakat dan pelaku usaha saat ini merupakan suatu peluang besar. Dan pemerintah ingin membentuk kebijakan ekonomi digital yang bersifat tak mengekang.

"Ini harus dibungkus dengan regulasi yang tidak mengekang, tapi sifatnya hanya jadi pedoman atau pagar sehingga ekosistem ekonomi digital dapat tumbuh sehat," ujar Rudy dalam sesi webinar, Selasa (15/12/2020).

Rudy mengatakan, jika pemerintah terlalu kaku dengan sebuah regulasi, maka itu berpotensi menyebabkan pertumbuhannya jadi tidak berjalan baik.

"Misal level of playing field tidak terjadi kalau kita terlalu mengatur offline dengan online dan sebagainya. Kolaborasi harusnya dihidupkan, sehingga dengan kolaborasi online dan offline atau luar negeri dengan dalam negeri, jadi ekosistem baik yang akhirnya jadi jalan keluar untuk ekosistem ekonomi digital kita," imbuhnya.

Lebih lanjut, Rudy juga mengutip hasil studi milik Google, Temasek dan Bain, dimana pada 2020 ini Indonesia jadi negara dengan nilai transaksi ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara, sebesar USD 44 miliar.

Disebutkannya, bahkan pada 2025 Indonesia diprediksi mampu mencapai angka transaksi ekonomi digital hingga USD 124 miliar.

Studi dari Google, Temasek dan Bain juga memaparkan, jumlah konsumen baru pasca pandemi Covid-19 yang memanfaatkan ekonomi digital bakal meningkat 37 persen. Dimana 93 persen dari jumlah tersebut menyatakan tetap akan memanfaatkan ekonomi digital meski wabah pandemi telah usai.

"Ini perlu kita siasati bersama, dengan mungkin nanti membuat aplikasi atau ekosistem ekonomi digital menjadi lebih baik lagi, lebih nyaman lagi. Jadi aspek pemanfaatan ini yang harus kita dorong bersama," pungkas Rudy.

BI Beberkan 5 Alasan Pentingnya Pengembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Model mencoba QR Code melalui dompet digital Go-Pay saat peluncuran kerja sama strategis pemberdayaan ekonomi umat berbasis digital di Jakarta (16/7/2019). Gojek, Go-Pay, dan NU Care-LazisNU menjalin kerja sama untuk pembayaran zakat, infaq, dan sedekah secara nontunai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Model mencoba QR Code melalui dompet digital Go-Pay saat peluncuran kerja sama strategis pemberdayaan ekonomi umat berbasis digital di Jakarta (16/7/2019). Gojek, Go-Pay, dan NU Care-LazisNU menjalin kerja sama untuk pembayaran zakat, infaq, dan sedekah secara nontunai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) sebagai lembaga otoritas moneter sekaligus regulator di bidang sistem pembayaran, menyambut baik berbagai upaya untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia.

Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI, Bandoe Widiarto menyebutkan setidaknya ada lima hal yang menjadikan pentingnya ekonomi digital untuk dikembangkan di Indonesia. Pertama, yakni merujuk pada tren digitalisasi utamanya selama pandemi covid-19.

"Jadi semua kegiatan ekonomi itu dimulai dari rumah. Mulai dari belanja dari rumah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, ini mengakibatkan keberadaan digitalisasi sangat penting," ujar Bandoe dalam webinar #BangunResolusi Talks: Digitalisasi Keuangan Dalam Meningkatkan Perekonomian, Kamis (3/12/2020).

Kedua, lanjut dia, BI melihat bahwa potensi ekonomi digital di Indonesia juga sangat besar dan merembet pada digitalisasi perbankan. Termasuk berkembangnya fintech dan layanan transaksi keuangan digital lainnya.

"Ini menunjukkan bahwa potensi indonesia sungguh sangat besar untuk dikembangkan," kata Bandoe.

Dari sisi pemerintah, Bandoe menilai pemerintah cukup serius dalam pengembangan digitalisasi. Hal ini tercermin dari besarnya anggaran yang dialokasikan untuk Palapa Ring dan program pengembangan internet lainnya.

"Kita melihat juga dari sisi pemerintah ada anggaran cukup besar akan ada Palapa ring, kemudian ada program-program untuk pengembangan internet. Ini merupakan peluang peluang yang sangat besar untuk dikembangkan," kata dia.

Selanjutnya, Bandoe mencatat inklusi keuangan di Indonesia telah mencapai 76 persen di tahun 2019, dan ada rencana untuk dinaikkan menjadi 90 persen di 2024.

"Inilah sebenarnya peluang-peluang yang yang menjadikan ekonomi digital untuk bisa dikembangkan di Indonesia. Ini adalah catatan-catatan penting mengenai ekonomi digital," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komnas HAM Upayakan Investigasi Penembakan 6 Laskar FPI Selesai dalam Sebulan

Posted: 14 Dec 2020 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komnas HAM menyatakan, penuntasan fakta dugaan pelanggaran HAM terkait kematian enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI), diupayakan selesai dalam waktu satu bulan. Target itu sangat mungkin jika keterangan dibutuhkan cepat didapatkan.

"Kami upayakan dalam waktu sebulan ini selesai. Semoga semua pihak siap ketika dimintai keterangan tambahan," ujar Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dalam keterangannya, Selasa (15/12/2020).

Beka menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan kendala. Dua orang yang dipanggil pada Senin 14 Desember 2020, yakni Dirut Jasa Marga Subakti Syukur dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, sangat kooperatif. Mereka datang sesuai jadwal panggilan Komnas HAM.

"Sampai saat ini belum ada (kendala). Kami apresiasi terhadap keterbukaan kawan-kawan dalam memberi data dan informasi yang dibutuhkan Komnas," jelas Beka.

Terlebih, lanjut Beka, Kapolda Irjen Fadil juga mempersilakan kepada tim Komnas HAM untuk mendapatkan informasi apa pun, termasuk barang bukti dimiliki kepolisian terkait kasus ini.

"Pak Kapolda sepakat untuk tindak lanjutnya. Artinya Kalau ada barang bukti, alat bukti yang dibutuhkan oleh Komnas, akan segera ditindaklanjuti. Minggu ini akan cari waktu bersama sehingga kami bisa melihat apa saja tambahan alat bukti yang dimiliki oleh oleh kepolisian," lanjut Beka.

Akan Panggil Pihak FPI

Sekretaris Umum FPI Munarman (kanan) memberikan keterangan terkait aksi penyerangan terhadap polisi oleh Laskar FPI di Petamburan III, Jakarta, Senin (7/12/2020). Polisi menembak mati enam orang yang mengawal rombongan Rizieq Shihab. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sekretaris Umum FPI Munarman (kanan) memberikan keterangan terkait aksi penyerangan terhadap polisi oleh Laskar FPI di Petamburan III, Jakarta, Senin (7/12/2020). Polisi menembak mati enam orang yang mengawal rombongan Rizieq Shihab. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Beka juga tidak menutup peluang akan kembali dipanggilnya Fadil, untuk memberi keterangan. Namun hal itu menunggu hasil pemeriksaan lanjutan yang dilakukan pihaknya.

"Ada pemeriksaan. Baik itu nanti dihadiri oleh kapolda langsung maupun jajarannya, tergantung dari kebutuhan Komnas HAM," ungkap Beka.

Beka juga menyatakan, tidak menutup kemungkinan pemeriksaan akan dilakukan tim Komnas HAM terhadap elemen Front Pembela Islam (FPI). Dia menjelaskan, hal itu dilakukan berdasarkan pengembangan hasil keterangan yang dimiliki Komnas HAM saat ini.

"Tentu saja (FPI diperiksa). Kami akan melihat keterangan lebih detail dari Polda Metro Jaya hari ini. Terus membandingkan informasi yang sudah diinformasikan oleh FPI. Kalau memang dibutuhkan keterangan tambahan dari kawan FPI tentu kami akan memanggil," tandas Beka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Pasangan Pengantin Asal Bekasi Ini Menikah dengan Mahar Ikan Cupang

Posted: 14 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jika pada umumnya mahar adalah uang tunai, seperangkat alat sholat, hingga perhiasan emas, kini dengan semakin berkembangnya zaman, bermunculan para pengantin yang memilih mahar unik untuk pernikahannya.

Setelah beberapa saat lalu ada pasangan yang menikah dengan mahar sandal jepit, kali ini, pasangan asal Bekasi, Jawa Barat ini menikah dengan mahar sepasang ikan cupang.

Tak main-main, ikan cupang yang digunakan sebagai mahar yakni sepasang ikan cupang jenis Marble Bluerim yang kini tengah digandrungi dan dibanderol dengan harga Rp 2,5 Juta per ekor.

Seperti apakah kisahnya? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (15/12/2020).

Mahar sepasang ikan cupang

Diketahui bahwa identitas pasangan pengantin viral ini yakni Rizki Muhammad dan Indri yang merupakan warga Pangkalan Dua, Kelurahan Sumur Batu, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dengan disaksikan oleh para saksi beserta keluarga serta kerabat, Rizki meminang kekasihnya tercinta pada Sabtu (12/12/2020) dengan mahar sepasang ikan cupang Bluerim yang dibanderol harganya Rp 2,5 Juta per ekor. 

Pasangan asal Bekasi ini sebelumnya memang memiliki hobi budidaya ikan cupang. Bahkan, mahar ini pun telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari-H pernikahan.

Respon warganet

Viral Pasangan Pengantin Asal Bekasi Ini Menikah Dengan Mahar Ikan Cupang. (Sumber: Instagram/apandi_ahmad)
Viral Pasangan Pengantin Asal Bekasi Ini Menikah Dengan Mahar Ikan Cupang. (Sumber: Instagram/apandi_ahmad)

Kabar tentang pernikahan Rizki Muhammad dan Indri ini pun lantas viral di kalangan warganet karena banyak yang merasa tak habis pikir dengan mahar ikan cupang yang mereka pilih. Banyak yang beranggapan meski mahal, ikan cupang tetap tidak lazim.

"Ga taunya harga ikan cupang yang selangit," tulis akun @febrianakeke.

"Ikan asin sekalian biar pada paham setelah menikah ikan apa aja bakal kalah sama ikan asin," tulis akun @okilarasssi.

"Fix bluerim sepair sama aja cincin mas 5gram," tulis akun @mele.endriyan.

"Terus kalo nanti ikannya mati gimana?" tulis akun @tyaraagustina1208.

"Dulu kebanyakan mahar itu seperangkat alat shalat, uang, emas dsb. Makin hari kok makin aneh2 aja yaa mahar. Yang sandal jepit lah, uang seribu rupiah lah dsb," tulis akun @berliana.ley.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Hadapi Barcelona di 16 Besar Liga Champions, Neymar Kirim Pesan ke Messi

Posted: 14 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi bila Neymar berniat kembali memperkuat Barcelona. Pemain asal Brasil itu bahkan tidak malu-malu menyampaikan keinginannya tersebut dan berharap itu bisa jadi kenyataan.

Neymar meninggalkan Barcelona pada tahun 2017 lalu. Dia diboyong ke Paris Saint Germain (PSG) dengan nilai transfer fantastis sebesar 222 juta euro, rekor yang belum terpecahkan hingga kini.  

Namun Neymar ternyata tidak kerasan di Paris. Setelah beberapa musim memperkuat PSG, pemain yang pernah memperkuat Santos tersebut berniat pindah dan kembali ke Barcelona. Ya, Neymar mendambakan bisa bermain lagi bersama penyerang sekaligus ikon Blaugrana, Lionel Messi.

Sayang, hingga saat ini Neymar masih 'terjebak' di PSG. Negosiasi yang terjalin musim lalu kandas. 

Dalam situasi ini, Neymar mendapat kesempatan untuk reuni dengan Messi setelah hasil drawing babak 16 besar Liga Champions mempertemukaan PSG dan Barcelona. Meski keduanya bakal bertemu sebagai lawan pada pertandingan nanti, Neymar tetap menyambutnya dengan antusias. 

"Sampai bertemu temanku," tulis Neymar kepada Messi melalui akun Twitter-nya. 

 

Musuh Lama

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Terlepas dari itu, pertemuan PSG dan Barcelona merupakan salah satu duel paling dinantikan pada babak 16 besar Liga Champions 2020 nanti. Pasalnya, kedua tim dihuni oleh penyerang-penyerang hebat yang memungkinkan pertarungan bakal diwarnai permainan yang indah dan bertabur gol. 

"Kami sudah sering bertemu Barcelona," kata Direktur Olahraga PSG, Leonardo kepada situs UEFA.

"Apa yang bisa Anda lakukan? Tim ini punya tradisi yang hebat. Tidak mudah menghadapi mereka di babak 16 besar, tapi selalu seperti itu di Liga Champions," beber Leonardo menambahkan. 

"Untuk melangkah lebih jauh, saat Anda memiliki tujuan yang ambisius, Anda harus menghadapi tim sekaliber itu. Jadi, itulah kenapa kami harus bertemu laga besar lagi di 16 besar Liga Champions."

 

 

Jadwal Pertandingan

PSG melaju ke 16 besar Liga Champions 2020 sebagai juara grup H. Sementara Barcelona berstatus runner up grup G. Leg pertama akan berlangsung 16 Februari 2021 dan leg kedua 10 Maret 2021. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Perdagangan November 2020 Surplus USD 2,61 Miliar

Posted: 14 Dec 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan pada November 2020 surplus sebesar USD 2,61 miliar.

Surplus tersebut terjadi akibat nilai ekspor tercatat lebih tinggi sebesar USD 15,28 miliar sedangkan posisi nilai impor sebesar USD 12,66 miliar.

"Surplus ini menggembirakan karena surplus ini terjadi karena ada kenaikan ekspor yang meningkat baik month to month (mtm). sementara impornya juga meningkat 17,4 persen secara mtm meskipun secara yoy (year on year) masih mengalami penurunan, ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam video konferensi,Selasa (15/12/2020).

Perbaikan ekspor ini ditunjang oleh naiknya permintaan dan juga kenaikan harga komoditas andalan, terutama batubara dan kelapa sawit.

Adapun komoditas penyumbang surplus terbesar pada bulan November ini adalah lemak dan minyak hewan nabati, kemudian bahan bakar serta besi dan baja.

Sementara menurut negaranya, Amerika Serikat (AS) menjadi terbesar yang terbesar yakni surplus mencapai USD 948,7 juta. Di mana ekspor Indonesia ke AS mencapai USD 1,6 miliar dan impor USD 657 juta.

Kemudian surplus lainnya juga terjadi dengan India sebesar USD 603,8 juta dan Filipina sebesar USD 523,4 juta. Sebaliknya ada beberapa negara yang masih mengalami defisit pada Oktober 2020.

Di mana dengan Tiongkok defisit sebesar USD 572,6 juta. Kemudian Hongkong defisit USD 198,0 juta. Selanjutnya defisit neraca perdagangan juga terjadi kepada Australia, yakni tercatat sebesar USD 142,6 juta.

Secara keseluruhan, BPS mencatat untuk neraca perdagangan dari Januari sampai November 2020 mengalami surplus USD 19,66 miliar.

"Posisi ini jauh lebih menggembirakan kalau kita bandingkan surplus kita pada Januari-November 2019 lalu yang defisit USD 3,59 miliar," pungkas dia.

Neraca Perdagangan November 2020 Diprediksi Surplus USD 3,11 Miliar

(Foto:@Pelindo III)
(Foto:@Pelindo III)

Neraca perdagangan November 2020 diperkirakan surplus USD 3,11 miliar. Lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat surplus USD 3,61 miliar.

"Penurunan surplus perdagangan dipengaruhi oleh laju impor bulanan tercatat naik 6,89 persen mtm (month to month). Sementara ekspor diperkirakan tumbuh 1,89 persen mtm," ujar Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Liputan6.com, Selasa (15/12/2020).

Secara laju tahunan, ekspor diperkirakan sebesar 4,95 persen yoy (year on year). Hal ini, kata Josua, ditopang oleh kenaikan harga komoditas ekspor Indonesia. Seperti CPO tercatat naik 14,45 persen mtm, batu bara tercatat naik 9,15 persen mtm, dan karet alam tercatat naik 1,90 persen mtm.

Peningkatan harga komoditas ekspor juga didukung oleh peningkatan volume ekspor. Terindikasi oleh tren peningkatan aktivitas manufaktur dari negara mitra dagang utama Indonesia seperti AS, Tiongkok dan Jepang. Sementara itu, impor diperkirakan tercatat -24,85 persen yoy.

"Laju bulanan kinerja impor meningkat sejalan dengan peningkatan impor non-migas sejalan dengan aktivitas manufaktur domestik yang masuk dalam fase ekspansi pada bulan November," kata Josua,

Selain itu, Josua menilai impor migas juga berpotensi meningkat sejalan dengan peningkatan harga minyak mentah sebesar 5,06 persen mtm.

Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona

Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru 19 Persen UMKM yang Dapat Pembiayaan Perbankan

Posted: 14 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan upaya literasi keuangan terhadap Fintech bagi UMKM sangat diperlukan untuk menambah akses pembiayaan untuk UMKM.

"UMKM yang baru mendapatkan pembiayaan perbankan baru hanya sekitar 19,4 persen jadi sangat rendah, hal ini disebabkan oleh kurangnya literasi pembiayaan UMKM," kata Hanung dalam webinar Menatap Masa Depan Fintech dan UMKM 2021, Selasa (15/12/2020).

Menurut dia, pemerintah belum memberikan pendampingan karena kurangnya literasi keuangan terhadap fintech lending, maka diperlukan kemitraan offtaker, atau aggregator untuk membangun literasi tersebut.

Selanjutnya, seperti yang diketahui bersama pandemi covid-19 telah berdampak luas terhadap perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Berdasarkan data dari BPS ekonomi Indonesia di kuartal III tahun 2020 kontraksi minus 3,4 persen. Bahkan ancaman Resesi tidak dapat terhindarkan di Indonesia.

Namun demikian dengan asumsi resiko yang mempengaruhi outlook ke depan dapat dikendalikan, seperti menurunnya eskalasi covid-19, ketersediaan vaksin dan menurunnya geopolitik internasional dan cukup efektifnya stimulus yang diberikan pemerintah.

"Maka pemerintah optimis target pertumbuhan kembali ke 5 persen  pada tahun 2024 akan tercapai," jelasnya.

Di sisi lain Kementerian Koperasi dan UKM, sudah mendeteksi UMKM yang terdampak covid-19 dari sisi yaitu supply dan demand, namun tidak sedikit juga UMKM dapat bertahan bahkan tumbuh ditengah pandemi.

Inovasi

Ilustrasi UMKM. Dok: Tokopedia
Ilustrasi UMKM. Dok: Tokopedia

Siapakah mereka? mereka yang bertahan adalah orang yang melakukan inovasi dengan beradaptasi terhadap perubahan perilaku konsumen dan masuk ekosistem digital. Menurut survei dari world bank menunjukkan 42 persen dari UMKM Indonesia menggunakan sosial media atau digital platform dalam merespon pandemic covid-19.

"Survei Mckinsey Juni 2020 menunjukkan kenaikan penjualan e-commerce sebesar 26 persen dan terdapat 3,1 juta transaksi per hari Selama pandemi covid-19," ujarnya.

Tidak hanya itu, ternyata UMKM mampu melakukan adaptasi dengan merubah kategori produk, sebanyak 40 persen dari UMKM telah merubah kategori produksi menjadi home care, makanan dan Kesehatan, bahkan dalam market ini pelaku UMKM telah menjual lebih dari 1 kategori.

Maka itulah adaptasi dari UMKM terhadap pandemi, perkembangan-perkembangan yang diharapkan peningkatan semua unsur dalam finansial teknologi menunjukkan peningkatan literasi keuangan.

"Tingkat literasi keuangan digital Indonesia saat ini baru mencapai 35,5 persen tapi progresnya cukup baik. Finansial teknologi sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM dalam memudahkan UMKM khusus yang tidak memiliki persyaratan cukup untuk mengakses pembiayaan perbankan dalam mengakses pembiayaan modal kerja," pungkasnya.   

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aya Ibrahim Kembali Merilis lagu Terbaru Berjudul Drakor- yang Bisa Kalian Dengerin Lewat Vidio

Posted: 14 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aya Ibrahim merupakan seorang Youtuber terkenal tanah air karena dikenal dengan konten-konten menariknya. Ia sering meng-upload berbagai macam konten seperti cover lagu hingga prank.

Baru-baru ini ia pun merilis sebuah single yang berjudul 'Drakor'. Eits, tapi jangan salah lagu ini bukan menggambarkan kisah-kisah drama korea atau seseorang pecinta drakor. Kreatifitas Aya Ibrahim memang tidak perlu diragukan lagi, 'Drakor' sendiri dibuatnya merupakan sebuah plesetan 'Drama Kopo Area'. Kopo sendiri merupakan nama sebuah daerah di Bandung yang merupakan tempat tinggal Aya Ibrahim

"Drakor itu singkatan dari Drama Kopo Area, bukan Drama Korea. Karena saya tinggal di jalan Kopo area Bandung. Bar agak nyeleneh, jadi kita kasih judul Drakor," kata Youtuber yang memiliki jumlah subscriber 2juta lebih ini.

Lagu ini sendiri sebenarnya menceritakan tentang seseorang yang ingin mengungkapkan isi hatinya terhadap orang yang ia cintainya. Liriknya pun dibuat sangat mudah dipahami sehingga penyampaian pesan di lagu ini akan mudah diterima oleh para pendengarnya.

Nah, buat kalian yang lagi PDKT cocok banget nih lagu ini didengerin bareng gebetan kamu. Buat yang mau dengerin lagunya langsung aja tonton video dibawah ini atau kalian bisa mengunjungi kanal SMD Records yang tersedia di platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Minta Pemilik Pusat Perbelanjaan Beri Keringanan Biaya Sewa ke Tenant

Posted: 14 Dec 2020 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa pemerintah memutuskan untuk melarang kerumunan dan perayaan pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tempat umum. Keputusan ini sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

Luhut meminta implementasi pengetatan dapat dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. "Jumlah angka positif dan angka kematian terus meningkat pasca libur di delapan dan 20 provinsi, setelah sebelumnya trennya menurun," kata Luhut dikutip dari Antara, Selasa (15/12/2020).

Luhut pun meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengetatkan kebijakan karyawan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) hingga 75 persen.

"Saya juga minta Pak Gubernur untuk meneruskan kebijakan membatasi jam operasional hingga pukul 19:00 dan membatasi jumlah orang berkumpul di tempat makan, mal, dan tempat hiburan," pintanya.

Di sisi lain, agar kebijakan tersebut tidak membebani penyewa tempat usaha di mal, Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), meminta kepada pemilik pusat perbelanjaan melalui Gubernur DKI Jakarta agar memberikan keringanan rental dan service charge kepada para tenant (penyewa).

"Skema keringanan penyewaan dan service charge (biaya layanan) agar disetujui bersama antar pusat perbelanjaan dan tenant. Contoh di antaranya pro rate, bagi hasil, atau skema lainnya," ujarnya.

 

Di Luar Jakarta

Kepadatan kendaraan di Jembatan Curug, Jakarta Timur menuju Jalan Tol Cikampek, arah Jakarta-Karawang, Kamis (5/5/2016) pagi. (Liputan6.com/Andi Muhyiddin)
Kepadatan kendaraan di Jembatan Curug, Jakarta Timur menuju Jalan Tol Cikampek, arah Jakarta-Karawang, Kamis (5/5/2016) pagi. (Liputan6.com/Andi Muhyiddin)

Selain di Provinsi DKI Jakarta, arahan serupa juga disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Arahan tersebut antara lain optimalisasi pemanfaatan isolasi terpusat, memperkuat operasi yustisi untuk memastikan pelaksanaan isolasi terpusat dan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

"Pemerintah daerah saya minta juga mengetatkan pembatasan sosial berdasarkan konteks urban dan suburban atau rural," katanya.

Sementara dalam konteks urban atau perkotaan, lanjut Luhut, pemerintah daerah diminta untuk mengetatkan implementasi Work From Home (WFH) dan pembatasan jam operasi tempat makan, hiburan, mal sampai pukul 20:00. Sedangkan di wilayah pedesaan, pemerintah daerah diminta untuk memperkuat implementasi pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas.

Terakhir, untuk wilayah Provinsi Bali dan lainnya, Luhut berpesan agar ada pengetatan protokol kesehatan di rest area, hotel, dan tempat wisata.

"Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Raih Peringkat 12 dalam Daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021

Posted: 14 Dec 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di peringkat 12 di daftar Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2021 versi The Muslim 500. Jokowi naik peringkat dari sebelumnya yang berada di peringkat 13. 

Di daftar ini, Jokowi bersanding dengan tokoh-tokoh di Timur Tengah seperti Pangeran Mohammed bin Zayed Al-Nahyan dari Uni Emirat Arab hingga Raja Salman dari Arab Saudi.

Pada profilnya, Jokowi disebut memiliki latar sebagai "politisi bersih". Budaya blusukan juga disorot oleh The Muslim 500.

Jokowi dipuji sebagai "pemimpin jujur" yang mengawal suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta.

Meski demikian, The Muslim 500 menyorot respons Jokowi yang lambat saat pandemi COVID-19. Jokowi disebut awalnya khawatir tentang ekonomi sehingga berbagai tindakan terlambat.

Peringkat 1 ditempati oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Berikut daftar 15 besar muslim berpengaruh di dunia versi The Muslim 500:

10 Besar

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Source: AP Photo/Burhan Ozbilici)
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Source: AP Photo/Burhan Ozbilici)

1. Presiden Recep Tayyip Erdogan (Turki)

2. Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud (Arab Saudi)

3. Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei (Iran)

4. Raja Abdullah II bin Al-Hussein (Yordania )

5. Sheikh Muhammad Taqi Usmani (Pakistan)

6. Raja Mohammed VI (Maroko)

7. Pangeran Mohammed bin Zayed Al-Nahyan (Uni Emirat Arab)

8. Ayatollah Sayyid Ali Hussein Sistani (Iran)

9. Habib Umar bin Hafiz (Yaman)

10. Salman Al-Ouda (Arab Saudi)

Selanjutnya

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat KTT ASEAN Khusus Tentang COVID-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (14/4/2020). Jokowi mengajak negara-negara ASEAN bersinergi melawan COVID-19. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat KTT ASEAN Khusus Tentang COVID-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (14/4/2020). Jokowi mengajak negara-negara ASEAN bersinergi melawan COVID-19. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

11. Emir Tamim bin Hamid Al-Thani (Qatar)

12. Presiden Joko Widodo (Indonesia)

13. Sheikh Dr. Ahmad Muhammad Al-Tayyeb (Mesir)

14. Sheikh Abdullah bin Bayyah (Uni Emirat Arab)

15. Perdana Menteri Imran Khan (Pakistan)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Punya Surat Swab Test Bebas COVID-19 Sebelum ke Bali

Posted: 14 Dec 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Bali memberlakukan wajib tes usap atau swab test COVID-19 bagi pelaku perjalanan dari dalam negeri, yang akan masuk ke wilayah tersebut. Hal ini demi menyambut libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021.

Sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, dan Bali pada Senin, 14 Desember 2020, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Bali dan provinsi lainnya memerketat protokol kesehatan di rest area, hotel, dan tempat wisata.

"Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali," kata Luhut seperti dikutip dari laman resmi Kemenko Marves pada Selasa (15/12/2020).

Untuk mengatur mekanismenya, Luhut meminta agar Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto; Kepala BNPB, Doni Monardo; dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, segera mengatur prosedurnya.

"Saya minta hari ini SOP untuk penggunaan rapid tes antigen segera diselesaikan," kata Luhut dalam rapat virtual tersebut.

 

 

Surat Edaran Gubernur Bali

Ilustrasi traveling ke Bali | unsplash.com/@rubenhutabarat
Ilustrasi traveling ke Bali | unsplash.com/@rubenhutabarat

Arahan Luhut tersebut disambut dengan dikeluarkannya Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 tahun 2020 yang ditanda tangani oleh Gubernur Bali Wayan Koster pada 15 Desember 2020.

Edaran ini mulai berlaku sejak tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.

Salah satu isi dari surat edaran tersebut adalah mengenai ketentuan yang harus diikuti Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang akan memasuki wilayah Bali:

  1. bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing, serta tunduk dan patuh terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku;
  2. bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, dan mengisi e-HAC Indonesia;
  3. bagi yang melakukan perjalanan memakai kendaraan pribadi melalui transportasi darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji Rapid Test Antigen paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  4. surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR dan hasil negatif uji Rapid Test Antigen berlaku selama 14 (empat belas) hari sejak diterbitkan
  5. selama masih berada di Bali wajib memiliki surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR atau hasil negatif uji Rapid Test Antigen yang masih berlaku.
  6. bagi PPDN yang berangkat dari Bali, surat keterangan hasil negatif uji swab berbasis PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku dapat digunakan untuk perjalanan kembali ke Bali

Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas

Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Libur Panjang Akhir Tahun 2020 Akan Dipangkas. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketinggalan Lihat Hujan Meteor Geminid? Lihat di Sini

Posted: 14 Dec 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Senin 14 Desember 2020 adalah hari terjadinya peristiwa hujan meteor Geminid. Peristiwa tersebut disebut sebagai yang terbesar dan paling terang di dunia. 

Di Indonesia, hujan meteor Geminid terjadi saat siang menjelang sore hari. Namun di beberapa negara, hujan meteor Geminid terjadi saat malam hari dan lebih mudah untuk diamati.

Para astronom menganggap hujan meteor Geminid sebagai peristiwa hujan meteor paling terang tahun ini. Mereka cepat, cerah dan penuh warna, yang dapat ditonton secara serentak dan bahkan dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Dikutip dari Esquireme, Selasa (15/12/2020), Geminid berusia sekitar 200 tahun, dan mencapai puncak tahunan mereka pada 13 dan 14 Desember. 

Hujan Meteor Geminid ini terjadi setiap tahun saat asteroid 3200 Phaethon melewati matahari. Saat terbang melewati Bumi, gravitasi menarik bagian bidang puing-puing asteroid dan kita melihat meteor yang lebih kecil terbakar di atmosfer.

Untuk Anda yang melewatkan peristiwa angkasa indah tersebut, dapat menyaksikannya pada video di bawah ini:

 

Hujan Meteor Geminid di Indonesia

Hujan meteor geminid di Krevo, Belarus. (Sergei GAPON / AFP)
Hujan meteor geminid di Krevo, Belarus. (Sergei GAPON / AFP)

Menurut Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN, Hujan Meteor Geminid merupakan hujan meteor yang titik radian atau titik asal munculnya meteor berada di konstelasi rasi bintang Gemini.

"Hujan Meteor Geminid dapat disaksikan sejak pukul 20.00 WIB pada 13 Desember hingga pukul 05.00 WIB pada 14 Desember dengan intensitas berkisar 86 hingga 107 meteor per jam untuk wilayah Indonesia dan ketinggian titik radian ketika kulminasi bervariasi mulai 45 derajat (Pulau Rote) hingga 62 derajat (Pulau Weh)," jelas Pussainsa LAPAN di akun instagramnya yang dikutip Senin (7/12/2020).

Lokasi terbaik untuk bisa mengamati Hujan Meteor Geminid adalah tempat yang bebas polusi cahaya dan cuaca yang cerah. Diperkirakan, kemarin ada 86 hingga 107 meteor per jam menghujani wilayah Indonesia.

 

Reporter: Ruben Irwandi

 

Infografis Negara Asgardia

Asgardia, Negara di Luar Angkasa
Asgardia, Negara di Luar Angkasa

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Johnny Depp Suka Koleksi Boneka Barbie Lho!

Posted: 14 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak kenal dengan aktor satu ini. Dengan parasnya yang ganteng dan memesona, aktor Johnny Deep selalu menjadi daya tarik disetiap film yang ia mainkan. Selain jago akting, Johnny Deep pernah menjadi gitaris musik bergenre metal saat menjadi auditional dalam konser Marlyn Manson.

Aktor yang dikenal sebagai Jack Sparow pada Film Pirates Caribian ini ternyata memiliki hobi yang unik. Berbeda dengan latar belakangnya yang 'cowok' banget, Johnny Deep ternyata mengoleksi Boneka Barbie. Wow!

Johnny Depp dengan koleksi boneka barbie. (foto: The Sun)
Johnny Depp dengan koleksi boneka barbie. (foto: The Sun)

Hobinya tersebut dimulai sejak Johnny Depp suka bermain dengan anak perempuannya. Sebagai Ayah, menurut Johnny islan menemani sang anak saat bermain. Setelah itu, ia mulai ketagihan untuk mengoleksi boneka barbie. 

Koleksi Johnny Depp sempat diprotes oleh sang anak yang menyuruh Johnny Depp untuk berhenti mengoleksi boneka tersebut. 

Johnny Depp
Johnny Depp

Namun, alasan aktor tampan itu mengoleksi boneka Barbie adalah untuk membantunya memerankan tokoh dalam sebuah film. Menirukan suara saat bermain boneka Barbie bisa menjadi salah satu cara agar Johnny Depp tampil maksimal dalam sebuah karakter. 

Barbie Johnny Depp
Barbie Johnny Depp

Bisa dibilang hal itulah yang membawa Johnny ke peran-peran yang unik dan mungkin aktor lain tidak bisa memerankannya. Mulai dari Pirates Carribean sebagai Kapten Jack Sparrow, Charlie and the Chocolate Factory, Alice in Wonderland, hingga Dark Shadows.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui update berita unik dan menarik, kamu bisa klik https://awake.kapanlagi.com/ ya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: