Kamis, 24 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Akibat COVID-19, Ratu Elizabeth Rayakan Hari Natal Terpisah dari Keluarga

Posted: 24 Dec 2020 09:41 PM PST

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II akan merefleksikan kesulitan di masa pandemi dalam pidato Natal nanti, saat dia dan Duke of Edinburgh menghabiskan hari spesial itu terpisah dari keluarga mereka.

Keduanya akan merayakan Natal di Kastil Windsor, bukan di Sandringham seperti tradisi biasanya.

Keluarga Kerajaan biasanya menghabiskan hari bersama, tetapi tidak akan saling berkunjung tahun ini karena adanya batasan.

Ratu Elizabeth juga kabarnya tak akan menghadiri kebaktian gereja saat Natal yang biasa dilakukannya. Sebagai gantinya, ia beribadah secara pribadi untuk menghindari keramaian.

Pidato Hari Natalnya akan disiarkan pada pukul 15.00 waktu setempat, demikian dikutip dari laman BBC, Jumat (25/12/2020).

Ratu Elizabeth II (94) dan Pangeran Philip (99) tinggal di Kastil Windsor selama pandemi COVID-19, dengan staf rumah tangga dalam jumlah kecil.

Ini dianggap pertama kalinya pasangan itu tidak menghabiskan Natal di rumah mereka di Sandringham sejak pertengahan 1980-an.

Natal yang tenang di rumah tanpa kunjungan keluarga.

Itulah Natal 2020 dan Keluarga Kerajaan Inggris pun mengikuti pembatasan seperti orang di seluruh negeri.

Anggota Keluarga Kerajaan lainnya berada di rumah mereka. Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall ada di Gloucestershire: the Cambridges di Norfolk.

Untuk Ratu Elizabeth, tidak akan ada tamasya Natal yang normal dilakukan, meskipun dia diharapkan bisa berbagi momen ibadah Natal kapel pribadi di dalam kastil.

Tidak ada rincian tentang pidato Natalnya yang dipublikasikan sebelumnya, tetapi fokus siarannya pasti akan seputar pandemi COVID-19.

Pidato Natal Tahun Lalu

Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)
Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Pidato Ratu Elizabeth II akan menandai akhir tahun yang membuatnya selama tujuh bulan -- Maret hingga Oktober -- tanpa melakukan pertemuan publik di luar kediaman kerajaan.

Selama waktu itu, putranya Pangeran Charles terjangkit Virus Corona COVID-19 dan menunjukkan gejala ringan.

Sumber istana juga mengatakan kepada BBC bahwa Duke of Cambridge dinyatakan positif pada April 2020 - meskipun Istana Kensington menolak berkomentar secara resmi.

Pidato Natal akan menjadi penampilan ketiga Ratu di televisi tahun ini. Merupakan hal tak biasa bagi monarki, karena biasanya lebih dari itu.

Pada bulan April, ketika gelombang pertama pandemi membuat orang-orang di seluruh negeri diminta untuk tinggal di rumah, dia bersumpah bahwa Inggris "akan berhasil" dalam memerangi Virus Corona COVID-19.

Dalam pesannya, dia meratapi "rasa perpisahan yang menyakitkan dari orang yang mereka cintai", bahwa jarak sosial jadi penyebabnya - tetapi mengatakan itu adalah "hal yang benar untuk dilakukan".

Dalam pidato Natal tahun lalu, dia menggambarkan 2019 sebagai debat politik yang intens tentang Brexit dan sejumlah peristiwa pribadi yang memengaruhi Keluarga Kerajaan. Dia mengatakan jalannya tidak pernah "mulus", etapi "langkah kecil" bisa menyembuhkan perpecahan. Pesan tahun ini akan disiarkan di BBC dan ITV.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Manfaat Buah Semangka, Baik untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Kesuburan

Posted: 24 Dec 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat buah semangka yang tersembunyi. Tidak hanya dari daging buahnya, tetapi kulit semangkanya juga. Manfaat ini berasal dari vitamin, mineral, likopen, kolin, citrullin, antioksidan, dan antiinflamasinya.

Tidak hanya itu, buah semangka memiliki kandungan air sebesar 91 persen. Air dalam buah semangka sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh manusia. Hal ini pula yang membuat manfaat buah semangka dapat menjaga kesehatan, kecantikan, dan kesuburan.

Meski demikian, untuk bisa merasakan manfaat buah semangka maka porsi konsumsinya harus dibatasi. Menurut American Cancer Society, mengonsumsi lebih dari 30 mg likopen setiap hari berpotensi menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung.

Untuk bisa lebih memahaminya, simak penjelasan manfaat buah semangka ini. Berikut Liputan6.com ulas dari berbagai sumber, Jumat (25/12/2020).

Manfaat Buah Semangka yang Tersembunyi

Ilustrasi Tekanan Darah Tinggi | Credit: freepik.com
Ilustrasi Tekanan Darah Tinggi | Credit: freepik.com

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah semangka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini didapat karena tingginya antioksidan yang disebut glutathione di dalam semangka. Jenis antioksidan ini dapat melawan infeksi.

Selain itu, semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi, likopen, dan vitamin C. Sebagai antioksidan, likopen juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya berasal dari daging buahnya. Manfaat buah semangka bisa didapat kulitnya juga. Kulit buah semangka bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa suplemen ekstrak buah semangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas. Kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

Caranya, bekukan irisan semangka beserta kulitnya sebelum dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah sembari memberikan sensasi kesegaran saat cuaca sedang panas-panasnya.

Manfaat Buah Semangka yang Tersembunyi

Ilustrasi jantung | Sumber : Freepik
Ilustrasi jantung | Sumber : Freepik

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah semangka dapat menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian di Purdue University, manfaat ini didapat karena tingginya kadar likopen yang sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka dapat membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah semangka juga baik untuk kecantikan. Manfaat buah semangka ini berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang dimilikinya.

Vitamin dalam buah semangka dapat menjaga kesehatan kulit agar tidak kering dan kusam karena kemampuannya menghidrasi. Selain itu, ada kandungan likopen juga yang akan bertindak seperti tabir surya dari dalam tubuh dan melindungi kulit dari sengatan matahari.

 

Manfaat Buah Semangka yang Tersembunyi

Ilustrasi dehidrasi | Sumber: Unsplash
Ilustrasi dehidrasi | Sumber: Unsplash

Mencegah Dehidrasi

Buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sebesar 91 persen sehingga dipercaya mampu menggantikan cairan dalam tubuh. Jika cairan tubuh bisa terpenuhi, maka manfaat buah semangka akan menghindarkan tubuh dari masalah dehidrasi.

Menurut sebuah penelitian, semangka bantu atasi hidrasi seluruh tubuh. Seorang Ahli Nutrisi dan Diet dari Academyy of Nutrition and Dietetics, Chicago, Anggela Lemond mengatakan bahwa 20 hingga 30 persen dari kebutuhan cairan kita melalui diet kita sendiri, dan buah seperti semangka sangat membantu.

Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Semangka memiliki senyawa likopen di dalamnya. Likopen merupakan penghambat berbagai proses inflamasi dan juga berfungsi sebagai antioksidan. Tidak heran jika manfaat buah semangka mampu menetralisir radikal bebas dengan antiinflamasinya.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal medis Shock pada 2006, semangka juga mengandung kolin yang dapat membantu menjaga peradangan kronis. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi dapat membantu kekebalan tubuh.

Manfaat Buah Semangka yang Tersembunyi

Ilustrasi kanker | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi kanker | Andrea Piacquadio dari Pexels

Meningkatkan Kebugaran

Kulit buah semangka memiliki kandungan Citrulline, dapat meningkatkan kebugaran saat berolahraga. Ini disebabkan karena secara utuh dapat membantu sintesis nitrat oksida dan meningkatkan aliran glukosa dalam otot rangka.

Sehingga manfaat buah semangka dapat mengatasi masalah kelelahan otot. Termasuk membuat tingkat stres pada atlet cenderung menurun.

Sebuah studi dari Universidad Politectica de Cartagena di Spanyol menguji manfaat semangka terhadap nyeri otot pasca olahraga. Hasilnya, baik jus semangka alami maupun yang diperkaya dengan tambahan citrulline memberikan efek perubahan pada laju detak jantung dan tingkat nyeri otot yang semakin menurun

Mencegah Kanker

Mirip buah-buahan dan sayuran lain, semangka dapat membantu mengurangi risiko kanker. Manfaat buah semangka ini berasal dari sifat antioksidan yang ada di dalamnya.

Menurut National Cancer Institute, kandungan likopen di dalam semangka telah dikaitkan dapat mengurangi proliferasi sel kanker prostat. Untuk bisa merasakan manfaatnya dengan benar, perhatikan porsi konsumsinya juga.

Menyuburkan Kandungan

Senyawa asam folat tinggi dalam buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab ada manfaat buah semangka yang dapat menyuburkan kandungan dan mencegah terjadinya cacat fisik dan juga saraf pada bayi.

Manfaat tersebut bisa lebih maksimal jika buah semangka diolah menjadi jus lebih dulu. Mengolahnya menjadi jus akan membuat nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh. Jika perlu pisahkan bijinya terlebih dahulu.

Manfaat Buah Semangka yang Tersembunyi

Ilustrasi Nyeri Pada Tubuh | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Nyeri Pada Tubuh | Credit: pexels.com/pixabay

Menurunkan Risiko Penyakit

Manfaat buah semangka dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat tersebut didapat apabila buah semangka dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Porsi sewajarnya tidak akan menimbulkan efek samping.

Namun, jika mengonsumsi banyak semangka setiap hari, maka risiko mengalami masalah kesehatan akan terjadi. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi likopen atau kalium tidak berdampak baik bagi tubuh.

Menurut American Cancer Society, mengonsumsi lebih dari 30 mg likopen setiap hari berpotensi menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung. Orang dengan hiperkalemia serius atau terlalu banyak kalium dalam darah tidak dianjurkan mengonsumsi lebih dari satu cangkir semangka sehari, yang mengandung 140 mg kalium.

Menurut National Institutes of Health, hiperkalemia dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan masalah kardiovaskular lainnya serta kontrol otot yang berkurang.

Mengurangi Nyeri Otot

Menurut sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, minum jus semangka sebelum latihan bagi atlet secara intens dapat membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung pada hari berikutnya.

Manfaat buah semangka ini dapat dikaitkan dengan asam amino pada semangka, yaitu citrulline dan arginine yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Mengolah menjadi jus hanya ditujukan agar nutrisi lebih cepat diserap tubuh.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa citrulline semangka juga dapat meningkatkan kinerja atletik.

Partisipan studi yang menggunakan suplemen citrulline melihat adanya peningkatan kinerja dengan produksi daya yang lebih banyak dalam latihan intensitas tinggi seperti bersepeda dan berlari.

Manfaat Buah Semangka yang Tersembunyi

Ilustrasi Sperma | Via: istimewa
Ilustrasi Sperma | Via: istimewa

Meningkatkan Libido

Beberapa penelitian menunjukkan kulit semangka dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Walaupun memang kulit semangka bukanlah viagra atau obat kuat alami.

Asam amino yang khas pada buah semangka yaitu Citrulline lebih banyak terdapat pada bagian kulit daripada daging buah. Tidak heran manfaat buah semangka memang mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido, seperti cara kerja obat kuat atau viagra.

Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah memakannya bersama dengan jus lemon atau dengan memberikan bubuk cabai di atas kulit semangka. Kedua bahan tersebut juga baik untuk kesehatan jantung.

Meningkatkan Produksi Sperma

Buah semangka dikenal memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat yang baik untuk pembentukan materi genetik. Manfaat buah semangka ini sangat baik untuk memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma, dan juga meningkatkan kemampuan gerak sperma.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah semangka secara rutin, terutama jika bagi yang ingin memiliki cairan sperma berkualitas, ingin meningkatkan vitalitas yang berhubungan dengan organ seksual lebih maksimal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Produksi Seharusnya Bisa Atasi Kenaikan Harga Pangan di Setiap Akhir Tahun

Posted: 24 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyoroti kenaikan harga pangan seperti cabai, bawang dan telur ayam yang selalu terjadi setiap musim Natal dan Tahun Baru (Nataru). Perlu adanya tindakan yang kongkrit agar harga pangan tak selalu naik di akhir tahun.

Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri menilai, pemerintah seharusnya melakukan pemetaan wilayah produksi pangan. Sehingga distribusi komoditas pangan bisa sesuai dengan kebutuhan konsumsi dan jumlah produksi. Dengan catatan, data angka tersebut harus tepat sasaran.

"Harusnya lebih diperkuat pemetaan wilayah produksi dulu, agar kita bisa mengetahui yang paling penting harus dilakukan pemerintah adalah mengetahui berapa jumlah konsumsi dan berapa jumlah produksi. Dan datanya tidak ngawur ya," ujar Abdullah kepada Liputan6.com, Jumat (25/12/2020).

Menurut dia, bank data terkait kebutuhan pangan tersebut semustinya bisa dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Abdullah menyatakan, BPS merupakan satu-satunya instansi yang paling valid untuk mengelola bank data tersebut.

"Data ini Kemendag enggak boleh keluarin data, Kementan enggak boleh keluarin data, Ikappi enggak boleh ngeluarin data. Yang boleh ngeluarin data hanya BPS," tegasnya.

Sebab, ia mengatakan, jika setiap instansi pemerintah mengeluarkan data pangan sesuai versinya masing-masing, maka aksi saling klaim sepihak akan terus terjadi.

"Lebih baik satu-satunya lembaga yang ditunjuk untuk melakukan pendataan ya BPS," imbuh Abdullah.

PBB: Harga Pangan Dunia Naik Pesat, Rekor Tertinggi di Periode Enam Tahun Terakhir

Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran, Jakarta, Senin  (21/12/2020). Meski harga di petani cenderung turun akibat pandemi, tetapi hal ini diperkirakan bakal mengurangi pasokan dan memicu kenaikan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran, Jakarta, Senin (21/12/2020). Meski harga di petani cenderung turun akibat pandemi, tetapi hal ini diperkirakan bakal mengurangi pasokan dan memicu kenaikan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, harga bahan pangan yang paling banyak diperdagangkan secara global naik secara keseluruhan, demikian menurut laporan dari Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia FAO. Kondisi tersebut dinilai bisa menekan sejumlah negara yang tengah kekurangan.

Menurut FAO, situasi itu mampu memberikan tekanan ekstra khususnya pada 45 negara yang membutuhkan bantuan pangan dari luar untuk memberi makan populasi mereka.

Mengutip laman DW Indonesia, Jumat (4/12/2020), indeks Harga Pangan FAO rata-rata berada di 105 poin selama satu bulan, naik 3,9 persen dari Oktober dan 6,5 persen dari tahun sebelumnya.

"Kenaikan bulanan ini adalah yang paling tajam sejak Juli 2012, menempatkan indeksnya pada level tertinggi sejak Desember 2014," kata badan pangan PBB yang berbasis di Roma itu.

Dalam daftar kenaikan bahan pangan tersebut, yang paling besar terjadi pada indeks harga minyak nabati. Melonjak 14,5 persen karena rendahnya stok minyak sawit.

Selain itu, indeks harga sereal juga dilporkan naik 2,5 persen dari Oktober - membuat harganya hampir 20 persen lebih tinggi dibanding tahun 2019 lalu.

Harga ekspor gandum naik, antara lain karena berkurangnya prospek panen di Argentina, begitu pula harga jagung, dengan ekspektasi produksi yang lebih rendah di AS dan Ukraina dan pembelian besar-besaran oleh Cina, kata FAO.

Indeks harga gula naik 3,3 persen dari bulan sebelumnya di tengah "meningkatnya ekspektasi penurunan produksi global" karena cuaca buruk yang membuat prospek panen yang lebih lemah di Uni Eropa, Rusia dan Thailand.

Harga susu juga naik 0,9 persen mendekati level tertinggi selama 18 bulan, sebagian karena ledakan penjualan di Eropa akibat pandemi corona. Harga daging naik 0,9 persen dari Oktober, tetapi telah mengalami penurunan secara signifikan pada tahun lalu, kata laporan itu.

Kenaikan harga merupakan beban tambahan bagi mereka yang mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi virus corona, yang menurut FAO terbukti menjadi "pendorong penting tingkat kerawanan pangan global".

"Pandemi memperburuk dan mengintensifkan kondisi yang sudah rapuh yang disebabkan oleh konflik, hama dan guncangan cuaca, termasuk badai baru-baru ini di Amerika Tengah dan banjir di Afrika," kata FAO. Selanjutnya disebutkan, "45 negara, 34 di antaranya di Afrika, terus membutuhkan bantuan eksternal untuk makanan".

Laporan FAO juga mencatat risiko curah hujan di atas rata-rata di Afrika Selatan dan Asia Timur, sementara sebagian Asia dan Afrika Timur curah hujan diperkirakan berkurang dan merupakan "kondisi yang dapat mengakibatkan guncangan produksi yang merugikan".

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Mahasiswa ITS Beri Kado Saham untuk Sang Kekasih Saat Wisuda

Posted: 24 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini memberi saham sebagai mahar pernikahan sudah menjadi pilihan bagi pasangan yang menikah. Pemberian saham pun kian berkembang. Bahkan saat ini saham juga dijadikan kado.

Hal ini dilakukan salah satu mahasiswa pasca sarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, Rico Bayu Wiranata. Rico memberikan hadiah saham kepada sang kekasih Ayuningtyas saat wisuda.

Rico mengaku kado saham itu tidak direncanakan. Namun, ia ingin memberikan hadiah spesial dan bermakna bagi sang kekasih. Ia ingin memberikan sesuatu yang masih bernilai 5-10 tahun mendatang.

"Tidak terencana juga. Hadiah wisuda biasanya bunga, coklat. Misalkan 5-10 tahun, itu bagaimana. Kalau saham 5-10 tahun bisa makin tinggi beda dengan coklat dan bunga," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Jumat, (25/12/2020).

Rico menceritakan, dirinya beli saham ketika pasar saham sedang koreksi. Ia memilih saham-saham berkapitalisasi besar untuk dibeli saat pasar saham Indonesia merosot karena pandemi COVID-19. Rico membeli saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kepada sang kekasih.

"Saham BBRI buttom September 3.090, beli 12 lot atau 1.200 lembar, sekarang harganya 4.300. Nilai dari saham itu tinggi dan lebih berarti dari bunga dan coklat. Itu ide dasarnya," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Beri Kejutan untuk Sang Kekasih

Ilustrasi Investasi Reksadana Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Investasi Reksadana Credit: pexels.com/pixabay

Rico menceritakan pemberian kado saham saat wisuda sebagai kejutan untuk sang kekasih. Sebelumnya ia sempat bilang tidak dapat menghadiri wisuda online sang kekasih di rumah karena sibuk bekerja.

"Wisuda online di rumah Kediri. Saya tidak bilang-bilang dan sibuk lagi thesis. Tapi saya bikin surat konfirmasi saham dari perusahan sekuritas, print A2 dan diberi figura. Pacar saya terkejut karena tidak menyangka bakalan datang wisuda online dan dikasih saham," kata mahasiswa Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS.

Rico juga berinisiatif mengenalkan saham kepada sang kekasih dengan mengajak ikut sekolah pasar modal (SPM) di Surabaya pada Oktober 2019. Lewat sekolah pasar modal itu, sang kekasih makin mengenal investasi saham.

Rico mengaku dirinya memberikan literasi  mengenai keuangan dan saham kepada sang kekasih sehingga dapat lebih memahami saham. Rico menuturkan, kalau sang kekasih juga antusias untuk investasi saham. Sang kekasih kuliah di jurusan keuangan tetapi baru mengetahui dasar mengenai saham dan belum berani untuk investasi.

"Saya anjurkan untuk membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Dari situ mulai nabung saham sampai sekarang," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Alasan Sutradara Doctor Strange Mundur dari Film Kedua

Posted: 24 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness merupakan salah satu karya terbaru Marvel yang sedang ditunggu-tunggu oleh para pecinta pahlawan super di seluruh dunia.

Namun, mungkin belum terlalu banyak yang menyadari bahwa Doctor Strange in the Multiverse of Madness tak lagi digarap oleh sutradara dari film pertama, Scott Derrickson.

Alhasil, Marvel pun mencari pengganti Scott Derrickson untuk menggarap sekuel Doctor Strange ini. Hingga akhirnya, bergabunglah Sam Raimi, sutradara yang pernah mengerjakan trilogi Spider-Man yang dibintangi Tobey Maguire.

 

Akhirnya Ungkap Alasan

Sutradara Scott Derrickson berbicara tentang Doctor Strange di San Diego Comic Con International 2016. (Foto Gage Skidmore via Wikimedia Commons)
Sutradara Scott Derrickson berbicara tentang Doctor Strange di San Diego Comic Con International 2016. (Foto Gage Skidmore via Wikimedia Commons)

Lama berselang, akhirnya Scott Derrickson membeberkan alasannya mundur dari film kedua Doctor Strange. Melalui media sosial, ia pun menyampaikannya meski tak terlalu blak-blakan.

"Saya telah membuat beberapa pilihan kreatif yang sulit tahun ini. Tapi saya bersumpah setelah membuat The Day the Earth Stood Still (2008) bahwa saya tidak akan pernah lagi membuat film yang idenya dari orang lain, dan saya berpegang teguh pada itu," ujar Scott Derrickson di Twitter.

 

Menyiratkan Perbedaan Pendapat

Benedict Cumberbatch dalam Doctor Strange. (Marvel / Disney)
Benedict Cumberbatch dalam Doctor Strange. (Marvel / Disney)

Selain memegang teguh prinsipnya, Scott juga menyiratkan bahwa selama ini dirinya produser Marvel memiliki perbedaan dalam segi kreativitas.

"Menurut saya bukan tugas produser untuk secara membabi buta mendukung semua yang diinginkan sutradara. Menurut saya, sangat penting bagi produser dan sutradara untuk membuat film yang sama," tulisnya lagi.

 

Tangan yang Tepat

Ketika ada seorang penggemar yang mengaku sangat merindukan bisa melihat Scott menggarap Doctor Strange 2, sang sutradara menyebut sosok Sam Raimi adalah pilihan yang tepat.

"Multiverse of Madness ada di tangan yang sempurna bersama Sam Raimi," ujar Scott.

Batal Jadi Film Horor

Sebelumnya, Scott Derrickson mengumumkan berpisah dengan Marvel Studios karena adanya perbedaan kreatif untuk penggarapan Doctor Strange di Multiverse of Madness.

Banyak pihak menduga keputusan ini terkait dbatalkannya ide Scott Derrickson yang awalnya ingin membuat konsep film kedua Doctor Strange bernuansa horor.

Marvel sendiri memilih untuk menjadikan film ini bertema multiverse alias jagat majemuk seperti yang ada dalam film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah! AC Milan Penguasa Tahun 2020 usai Raih Poin Terbanyak

Posted: 24 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - AC Milan menjadi salah satu tim yang paling menonjol penampilannya di tahun 2020. Klub berjuluk Rossoneri itu tercatat sebagai tim dengan jumlah poin terbanyak.

Menurut laporan Football Italia, AC Milan mendominasi tahun 2020 dengan 79 poin dari 35 pertandingan. Catatan tersebut mendongkrak kepercayaan diri pemain dan fans mereka.

Performa AC Milan di musim 2020/21 tengah mengundang sorotan. Bagaimana tidak, mereka menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga Italia.

Zlatan Ibrahimovic dkk. menang 10 kali dan imbang 4 kali. Mereka pun kini duduk di puncak klasemen dengan koleksi 34 poin.

Capaian tersebut membuat AC Milan berada di garis depan dalam bursa juara Liga Italia musim ini. Hingga pekan ke-14, mereka bersaing dengan rival sekota, Inter yang menempati peringkat kedua.

 

Torehkan Rekor

Para pemain AC Milan merayakan kemenangan mereka melawan Lazio setelah pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (24/12/2020). AC Milan menang dramatis atas Lazio dengan skor 3-2. (AP Photo / Luca Bruno)
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan mereka melawan Lazio setelah pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (24/12/2020). AC Milan menang dramatis atas Lazio dengan skor 3-2. (AP Photo / Luca Bruno)

Di sisi lain, Milan juga menyamai rekor Barcelona yang mampu mencetak dua gol atau lebih di 15 pertandingan beruntun dalam satu kalender musim. Itu terjadi setelah mereka mengalahkan Lazio 3-2 di pekan ke-14.

Sebelumnya, rekor ini dipegang Barcelona pada musim 1948. Raksasa Spanyol tersebut ketika itu mencetak dua gol di 18 laga beruntun.

Jadwal Liga Italia

Minggu 3 Januari 2021

18.30 WIB, Inter Milan vs Crotone

21.00 WIB, Atalanta vs Sassuolo

21.00 WIB, Cagliari vs Napoli

21.00 WIB, Fiorentina vs Bologna

21.00 WIB, Genoa vs Lazio

21.00 WIB, Parma vs Torino

21.00 WIB, AS Roma vs Sampdoria

21.00 WIB, Spezia vs Verona

Senin 4 Januari 2021

00.00 WIB, Benevento vs AC Milan

02.45 WIB, Juventus vs Udinese

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Gariz Luis, Polisi yang Viral saat Penangkapan Ferdian Paleka

Posted: 24 Dec 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada awal 2020 ini, sempat ramai kasus YouTuber Ferdian Paleka yang memberikan prank berupa makanan isi sampah ke transpuan beredar ke media sosial. YouTuber asal Bandung ini pun harus berurusan dengan kepolisian, bahkan, sempat terjadi aksi kejar-kejaran karena ia mencoba untuk melarikan diri.

Meski demikian, akhirnya Ferdian Paleka pun berhasil tertangkap berkat kerjasama dari Polrestabes Bandung dan Polda Jawa Barat. Informasi tertangkapnya Ferdian ini pertama kali diketahui dari akun Instagram seorang anggota kepolisian yakni Muhammad Gariz Luis.

Selain postingannya yang viral akibat berhasil menangkap Ferdian Paleka, sosok dari polisi yang akrab disapa Gariz Luis ini pun juga turut viral karena parasnya yang tampan. Akibatnya, Gariz Luis pun sempat menjadi idola bagi para warganet.

Namun, nampaknya kali ini warganet harus kembali merayakan Hari Patah Hati Nasional karena Gariz Luis telah resmi menyandang status sebagai suami orang. Pada Kamis (24/12/2020), Gariz Luis mengumumkan berita pernikahannya dengan sang kekasih yakni Alissa Nasution.

"Jika setiap doa dikabulkan dengan cepat maka kamu tidak akan pernah tau bagaimana nikmatnya merayu Tuhan. Alhamdulillah," tulis Gariz Luis di akun Instagramnya pada Kamis (24/12/2020).

Seperti apakah potret pernikahan Gariz Luis? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (25/12/2020).

 

 

1. Gariz Luis merupakan seorang polisi yang sempat viral beberapa waktu lalu setelah menangkap YouTuber Ferdian Paleka.

Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)
Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)

2. Memiliki wajah yang tampan, Gariz Luis pun sempat menjadi idola warganet.

Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)
Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)

3. Kabar terbarunya, kini pria bernama lengkap Muhammad Gariz Luis Ma'luf ini telah menikah.

Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)
Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)

4. Ia mengumumkan kabar pernikahannya di akun media sosialnya pada Kamis (24/12/2020)

Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)
Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)

5. Gariz Luis dan sang kekasih yang bernama Alissa Nasution ini telah berpacaran cukup lama.

Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)
Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)

6. Dua sejoli ini menikah di Puri Setiabudhi, Bandung dengan mengusung adat Mandailing.

Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)
Potret pernikahan Gariz Luis, polisi viral yang tangkap Ferdian Paleka. (Sumber: Instagram/garizluis37)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Film Layar Lebar Indonesia: Keluarga Cemara Dibintangi Nirina Zubir, Tayang Jumat 25 Desember 2020 Pukul 12.30 WIB

Posted: 24 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Layar Lebar Indonesia di SCTV hadir Jumat (25/12/2020) siang. Keluarga Cemara, tajuk film bioskop ini hadir mulai pukul 12.30 WIB.

Drama yang menyajikan kisah menyentuh ini dibintang Nirina Zubir.

Anda bisa menyaksikannya via live streaming SCTV dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Memburuk, 180 Ribu Orang di Guangdong China Disuntik Vaksin COVID-19

Posted: 24 Dec 2020 09:19 PM PST

Liputan6.com, Guangdong - Mengingat situasi epidemi yang memburuk di seluruh dunia, Guangdong di China telah secara resmi mulai memberikan vaksin Virus Corona COVID-19. Prioritas untuk orang-orang yang bekerja di lingkungan-lingkungan berisiko tinggi.

Menurut otoritas kesehatan provinsi itu pada Kamis 24 Desember 2020, sekitar 180 ribu orang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 di Provinsi Guangdong, China Selatan, sepanjang tahun ini.

Berikut ini kelompok prioritas utama yang menerima vaksin COVID-19 di Guangdong:

  • Para pekerja di sektor logistik
  • Para pekerja bea cukai
  • Para pekerja transportasi umum
  • Petugas kesehatan garis depan berada 

Sejauh ini tidak ada efek samping dari proses vaksinasi COVID-19 tersebut.

"Hingga 22 Desember, 180 ribu orang di Provinsi Guangdong telah divaksinasi. Tidak ada efek samping serius yang pernah terjadi. Vaksinasi secara umum berjalan lancar dan teratur," kata Duan Yufei, Direktur Komisi Kesehatan Provinsi Guangdong pada sebuah konferensi pers seperti dikutip dari VOA Indonesia yang dikutip Jumat (25/12/2020).

 

Penggunaan Vaksin COVID-19 Dilacak

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Penggunaan vaksin dilacak mulai dari pengiriman hingga saat disuntikkan ke tubuh manusia, menurut otoritas kesehatan provinsi itu.

Sejumlah pejabat di China mengatakan, warga biasa yang berencana untuk bekerja atau belajar di luar negeri akan ditawari vaksin itu lebih cepat. Para pejabat itu juga mengingatkan bahwa mereka yang telah mendapat vaksin COVID-19 untuk terus melakukan tindakan pencegahan.

Secara total, 15 jenis vaksin telah memasuki uji klinis di China, dan lima di antaranya sedang dalam tahap tiga. Para ahli mengatakan China saat ini menggelar uji coba vaksin paling banyak, memimpin dunia dalam penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19. [ab/uh]

INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin COVID-19 ke warganya

INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya (Liputan6.com / Triyasni)
INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin Covid-19 ke warganya (Liputan6.com / Triyasni)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbeda dengan Mutasi Sebelumnya, Varian Baru Corona COVID-19 di Inggris Dapat Menyebar Lebih Cepat

Posted: 24 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mutasi virus COVID-19 bukan hal pertama yang terjadi di dunia. Sebelum penemuan COVID-19 varian Inggris sempat ditemukan juga mutasi D614G.

Menurut Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D. mutasi virus D614G tidak terbukti meningkatkan penularan lebih cepat, keparahan, dan tingkat kematian.

"Bedanya, yang sekarang ini kalau dilihat dari data, penyebarannya memang lebih cepat dan salah satu yang dipengaruhi varian Inggris ini dia menyerang bagian receptor binding domain (RBD)," ujar Bambang dalam konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kamis (24/12/2020).

Ini berbeda dengan mutasi sebelumnya, karena D614G tidak menyerang RBD. Secara sederhana, RBD adalah domain pengikat reseptor yang terletak di protein lonjakan virus corona yang memungkinkannya berlabuh ke reseptor tubuh untuk masuk ke dalam sel dan menyebabkan infeksi.

Dampak dari adanya varian baru COVID-19 ini adalah pada pemeriksaan PCR, lanjut Bambang. Varian baru COVID-19 memengaruhi kinerja beberapa tes PCR diagnostik yang menggunakan target gen s (spike) sehingga dapat terjadi gangguan akurasi.

Akibat Cepatnya Penularan

Kecepatan penularan COVID-19 varian baru ini ditandai dengan kenaikan kasus di Inggris. Dari data Kementerian Riset dan Teknologi Nasional saat ini penular di Inggris akan menularkan virus ke lebih dari satu orang.

"Artinya, kalau satu orang membawa virus maka dia akan menyebarkan ke lebih dari satu orang. Padahal target kita kan harus satu orang atau tidak ada yang tertular."

Inggris Tenggara menjadi titik yang paling terdampak virus varian baru. Akibatnya, di wilayah tersebut terjadi peningkatan kasus yang jauh lebih cepat dibandingkan kasus nasional se-Inggris.

"Jadi varian ini memang menyebabkan terjadinya peningkatan kasus harian lebih cepat."

Dari sampel-sampel positif yang telah diperiksa pada awal Desember di Inggris, ternyata mayoritasnya (60 persen) sudah mengandung COVID-19 varian baru.

"Varian baru ini harus benar-benar diwaspadai," pungkas Bambang.

Infografis 6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Koordinasi dengan Daerah Pastikan Kesiapan Distribusi Vaksin Covid-19

Posted: 24 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi vaksin Covid-19 berjalan dengan lancar. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan secara umum kesiapan daerah sudah cukup baik.

"Untuk distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi pada tingkat penularan yang tinggi," kata Wiku dalam keterangannya, Jumat (25/12/2020).

Terkait uji klinis vaksin Sinovac, Wiku menyebut saat ini tengah berlangsung dilakukan Universitas Padjajaran dan PT Bio Farma. Uji klinis ini dilakukan untuk melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi.

Hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya ermergency use of authorization (EUA).

"Sementara terkait vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman, adalah kandidat vaksin yang akan digunakan mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," ucapnya.

Pemerintah menargetkan, setelah lulus uji klinis dan praklinis, izin edar vaksin dapat dikeluarkan tahun 2021. "Bibit vaksin Merah Putih berpotensi akan diserahkan oleh Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman kepada PT Bio Farma pada triwulan pertama tahun 2021," jelas Wiku.

Edukasi pentingnya vaksin

Pasien melakukan pendaftaran saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pasien melakukan pendaftaran saat simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Pemkot Depok menggelar simulasi vaksin COVID-19 dalam rangka persiapan vaksinasi yang rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain itu, lanjut Wiku, pemerintah saat ini tengah gencar mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi dalam mengatasi pandemi Covid-19 agar kekebalan komunitas atau herd Immunity semakin mudah tercapai.

"Pemerintah juga memastikan bahwa vaksin yang nanti digunakan aman, berkhasiat minim efek samping dan tentunya halal," kata dia.

Dia mengatakan, untuk masyarakat yang menolak, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sanksi.

"Agar masyarakat patuh dan ikut serta dalam program vaksinasi, agar tercapai herd immunity," tandas Wiku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal, Lakukan Perawatan dengan Tepat

Posted: 24 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah dengan kekenyalan sempurna adalah tanda kulit yang sehat. Untuk bisa menjaga dan menjadikannya demikian, cara membuat kulit wajah menjadi kenyal patut disimak dan dipraktikkan kemudian.

Kulit wajah yang kenyal menandakan kondisi elastisitas kulit yang baik. Elastisitas yang baik akan membuat kulit nampak lebih muda karena terhindar dari masalah penuaan dini.

Nah, cara membuat kulit wajah menjadi kenyal ini bekerja dengan menghidrasi kulit secara alami. Menggunakan bahan alami dan serangkaian perawatan tepat.

Berbagai rangkaian cara membuat kulit wajah menjadi kenyal ini tidak hanya bekerja demikian. Akan tetapi, turut membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, melindungi dari bakteri, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat kulit wajah menjadi kenyal dari berbagai sumber, Jumat (24/12/2020).

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Ilustrasi mentimun | Angele J dari Pexels
Ilustrasi mentimun | Angele J dari Pexels

Mentimun

Mentimun memiliki efek mendinginkan pada kulit. Air mentimun mampu meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan membuatnya menjadi nampak kenyal.

Selain menghidrasi, mentimun dapat mengurangi peradangan, menenangkan kulit terbakar, meningkatkan penampilan keriput, dan mencerahkan kulit.

Cuci bersih mentimun. Haluskan mentimun dan ambil ekstraknya. Oleskan dengan bola kapas, biarkan mengering, dan bawa tidur di malam hari. Sleeping mask timun ini cocok untuk semua jenis kulit.

Susu

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit, memiliki kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid), dan vitamin. Hal ini yang membuatnya bisa menghidrasi kulit dan menjadikan lebih kenyal.

Asam laktat pada susu berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu kamu mencerahkan kulit.

Cara menerapkannya bisa dengan mencelupkan kain lap bersih di susu dingin. Lalu usapkan pada kulit wajah selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat.

Semangka

Semangka kaya akan air yang bisa membantu menghidrasi kulit. Tak hanya dimakan, semangka juga bisa menjadi sleeping mask untuk menutrisi wajah. Semangka mengandung likopen yang membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain bikin kenyal, semangka juga dapat membuat kulit lebih cerah dan glowing.

Haluskan semangka berdaging merah dan saring jusnya. Dengan bola kapas, oleskan air semangka di wajah dan biarkan mengering sebelum tidur. Bilas dengan air bersih keesokan paginya. Sleeping mask semangaka ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Gula Kelapa

Scrub gula kelapa adalah obat rumah mudah dapat membantu mengobati kulit kering dan membuatnya lebih kenyal. Gula membantu pengelupasan kulit secara mendalam. Sementara minyak kelapa membantu kulit tetap segar dan terhidrasi sepanjang waktu.

Ambil ¼ cangkir gula coklat dan menambahkan beberapa minyak kelapa untuk itu. Tambahkan jus lemon dan campurkan bersama-sama. Menerapkan scrub ini pada kulit kering. Lalu gosok dengan baik dan cuci dengan air. 

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Ilustrasi Minyak Zaitun | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Minyak Zaitun | Credit: pexels.com/pixabay

Petroleum Jelly

Petroleum jelly biasa dipakai untuk mengatasi kulit kering. Bahan ini bekerja dengan baik untuk mengunci kelembapan.

Tidak heran jika digunakan secara rutin, hidrasi kulit terjaga dengan baik dan membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal.

Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Meski tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak esensial yang memiliki jumlah antioksidan dan vitamin tinggi. Menggunakannya di wajah akan membuat kulit lebih mudah terhidrasi, segar, dan lebih kenyal.

Ambil sedikit minyak zaitun dan menerapkannya pada kulit wajah sebelum pergi mandi. Tunggu 30 menit dan kemudian bilas.

Bisa juga menerapkannya sedikit minyak zaitun pada kulit bersisik sebelum menerapkan pelembab rutin atau krim. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Yoghurt

Yogurt dan madu memiliki asam laktat yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan membuatnya lebih kenyal. Yoghurt bekerja dengan membunuh semua bakteri yang menyebabkan kekeringan pada kulit.

Ambil setengah cangkir yogurt dan tambahkan madu. Campurkan bahan dan terapkan pada kulit wajah. Diamkan untuk beberapa waktu dan cuci dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Ilustrasi Teh Hijau | Credit: pexels.com/fotografi
Ilustrasi Teh Hijau | Credit: pexels.com/fotografi

Teh Hijau

Teh hijau bisa dipakai untuk mengatasi kulit kering dan menjadikannya lebih kenyal. Tak hanya mengandalkan teh hijau, tetapi teh hijau bisa dipadukan dengan beberapa bahan pilihan. Misalnya saja seperti minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender.

Kombinasikan teh hijau dengan salah satu minyak essensial tersebut, kemudian rasakan manfaatnya. Bukan hanya dapat menenangkan kulit kering dan menjadikannya kenyal. Ramuan ini bisa digunakan untuk iritasi dan menjaga kelembapan kulit sepanjang waktu.

Minyak Almond

Minyak almond termasuk bahan alami yang bisa dipakai untuk kecantikan.  Salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering dan mengenyalkannya. Cukup oleskan minyak pada kulit kering bersisik dan pijat dengan lembut.

Bisa juga dengan menambahkan aloe vera atau lidah buaya untuk hasil yang lebih baik dan cepat. Campurkan satu sendok teh aloe vera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air putih.

Madu

Menggunakan masker beeswax dan madu dapat membantu melembabkan kulit kering dan menjadikannya menjadi kenyal. Kedua bahan ini mengandung antimikroba, antioksidan, dan sifat-sifat humektan.

Ambil beberapa beeswax, madu, dan minyak zaitun. Sekarang Lelehkan beeswax dan mencampurnya dengan madu dan minyak zaitun. Oleskan campuran pada kulit dan mencuci dengan air setelah beberapa saat.

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Ilustrasi minyak kelapa | Unsplash
Ilustrasi minyak kelapa | Unsplash

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa diandalkan untuk menghidrasi kulit dan menjadikannya lebih kenyal. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan asam lemaknya. Banyak asam lemak yang bisa ditemukan dalam minyak kelapa.

Mengambil beberapa minyak kelapa dan oleskan pada kulit. Tunggu setidaknya satu jam dan cuci dengan air dingin. Bisa juga dengan memanaskan sedikit minyak kelapa dan minyak zaitun. Lalu pijat cuci dengan air.

Air Mawar

Air mawar bersama dengan ekstrak botani lainnya efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Air mawar juga memiliki efek menenangkan pada kulit dan menjaga kekenyalannya. Aplikasi topikal ekstrak chamomile juga memiliki efek anti-inflamasi pada kulit.

Tambahkan satu sendok teh teh chamomile yang baru diseduh (bisa diganti dengan 2-3 tetes minyak chamomile) ke satu sendok makan air mawar. Bisa juga menambahkan sejumput kunyit. Oleskan campuran ke wajah dengan bola kapas sebelum tidur.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya bisa membantu mengatasi kulit kering, bersisik, gatal iritasi, dan pecah-pecah.

Tidak heran jika dengan manfaat demikian, kulit wajah bisa menjadi lebih kenyal karena kelembapannya terjaga dengan baik. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian.

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Ilustrasi Bubuk Kunyit | Credit: pixabay.com/SteveBuissine
Ilustrasi Bubuk Kunyit | Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Kunyit

Kunyit memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, bekerja sebagai antioksidan kuat yang mengurangi jerawat dan photoaging.

Susu mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan tekstur kenyal dan kekencangan kulit. Sleeping mask kunyit dan susu cocok untuk kulit berjerawat.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dalam satu sendok makan susu murni. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah seperti mengoleskan toner. B

iarkan hingga benar-benar kering sebelum tidur. Penting diperhatikan, kunyit bisa meninggalkan noda di baju atau seperai. Jadi pastikan untuk menggunakan seprai atau baju yang sudah siap untuk ternoda.

Alpukat

Alpukat tak hanya buah yang bergizi dan lezat. Alpukat pun bisa dipakai untuk membuat kulit wajah menjadi kenyal karena hidrasinya terjaga. Terdapat pula kandungan asam lemak dan vitamin tinggi di dalamnya.

Ambil satu tumbuk alpukat dan menambahkan beberapa susu dan madu. Campur semua bahan bersama-sama. Oleskan masker ini pada kulit. Diamkan selama satu jam dan cuci dengan air dingin.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah bahan hydrating yang bisa membantu menjaga kelembapan dan menjadikannya lebih kenyal. Manfaat ini dipengaruhi asam malat dalam cuka sari apel.

Ambil ½ cangkir cuka sari apel dan menambahkannya ke ember yang berisi air. Sekarang rendam kaki dan kaki dalam air selama 15 menit. Tunggu beberapa waktu dan mencuci dengan air dingin.

Cara Membuat Kulit Wajah Menjadi Kenyal

Ilustrasi serum | Pexels
Ilustrasi serum | Pexels

Perawatan Tepat

Pembersih yang lembut, toner yang menghidrasi, dan serum asam hialuronat adalah tiga hal yang harus ada dalam rutinitas perawatan kulit harian. Perawatan ini yang akan menjadikan kulit wajah nampak lebih kenyal.

Apabila berada di negara dengan suhu dingin, ganti produk perawatan bertekstur lotion dengan tekstur yang lebih pekat seperti krim, balm dan oil. Apabila berada di negara bercuaca panas dan tropis, cobalah produk perawatan kulit bertekstur ringan seperti gel dan lotion yang tidak lengket.

Menurut Dr. Sapna Palep dari Spring Street Dermatology di New York City, jangan lupa untuk rutin melalukan perawatan ekfoliasi atau pembersihan sisa-sisa kotoran dan kulit mati. 

Hal ini dapat mencerahkan dan membuat pori-pori wajah terhindar dari penyumbatan. Perawatan wajah ekstra dengan teknik mikrodermabrasi di klinik kecantikan terpercaya juga bisa dilakukan.

Hindari Face Oil untuk Wajah Berjerawat

Untuk pemilik kulit berminyak, sensitif, dan berjerawat hindari produk perawatan wajah dengan tekstur minyak. Menghindarinya akan menjaga kulit menjadi lebih kenyal karena dapat terhidrasi dengan baik.

Dilansir dari laman klikdokter.com, seseorang yang memiliki kulit berjerawat harus sangat berhati-hati untuk tidak menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung  alkohol, minyak, atau petrolium jelly.

Gunakan Serum Asam Hyaluronic

Lebih baik mulai gunakan serum wajah dengan kandungan asam hyaluronic baik untuk diaplikasikan pada pagi dan malam hari. Trik yang satu ini dapat memberikan peningkatan hidrasi dan menjadikannya lebih kenyal.

Manfaat ini berasal dari kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan kulit dengan sempurna. Mulailah dengan mengoleskan serum berkandungan asam hyaluronic secara rutin.

Lakukan Perawatan di Malam Hari

Pantang untuk langsung tidur di malam hari, tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu. Lakukan terlebih dahulu rangkaian perawatan kecantikan wajah.

Agar wajah terhidrasi dengan baik dan mampu menjadikannya lebih kenyal, gunakan juga sheet mask atau sleeping mask di akhir ritual perawatan

Menurut ahli bedah plastik okulofasial dan pendiri epi.logic skincare, Chaneve Jeanniton, MD, FACS, fokus utama perawatan kecantikan wajah di malam hari harus pada perbaikan kulit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Menggemaskan 2 Anjing Peliharaan Joe Biden dalam Video Natal

Posted: 24 Dec 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anjing peliharaan Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, sepertinya tak ingin ketinggalan semangat libur Natal, kendati pandemi corona COVID-19 masih berlangsung. Dua anjing dari jenis German Shepherds ini sendiri bernama Champ dan Major.

Dalam sebuah video yang dibagikan di akun Twitter resmi Biden, Champ dan Major memperlihatkan tingkah menggemaskan diiringi lagu khas NatalWe Wish You A Merry Christmas. Klip tersebut juga disertai keterangan, "Tak peduli bagaimana Anda merayakannya tahun ini, Champ dan Major mengucapkan, 'Selamat Natal'."

Istri Biden, Jill Biden, juga membagikan rekaman gambar tersebut dengan menuliskan, "Pesan Natal yang sangat spesial dari Champ dan Major."

Video tersebut dimulai dengan memperlihatkan Champ duduk dengan nyaman di tempat tidurnya di bawah pohon Natal. Sementara, di sampingnya terdapat beberapa boneka Santa.

Anjing itu bahkan memiliki gelas bertuliskan "Pembantu Sinterklas" di sebelahnya. Versi lambat dari lagu Natal klasik diputar di latar belakang video tersebut, sampai Major muncul dan mengubah lantunan tembang jadi versi rock and roll.

Tak seperti rekannya, Major, anjing asal tempat penampungan pertama yang bakal ikut tinggal di Gedung Putih, sama sekali tak damai. Ia terlihat mengguncang boneka Santa saat berlari menuruni tangga sambil mengejar bola yang dilemparkan menuju Champ.

Video meriah itu berganti-ganti antara dua anjing peliharaan Biden sampai mereka berdua muncul di bawah pohon Natal.

 

Sedang Cedera

Anjing peliharaan Joe Biden, Champ dan Major, muncul dalam video Natal 2020. (dok. tangkapan layar Twitter @JoeBiden)
Anjing peliharaan Joe Biden, Champ dan Major, muncul dalam video Natal 2020. (dok. tangkapan layar Twitter @JoeBiden)

Pada saat video bernuansa Natal itu dibagikan, Champ dan Biden sedang mengalami cedera di kaki. Insiden ini terjadi saat keduanya bermain bersama pada akhir November. Champ pun diberikan sepatu bot untuk proses penyembuhan.

Ketika sedang menceritakan kejadian itu pada CNN yang dilansir Jumat (25/12/2020), Biden mengatakan bahwa itu bukan cerita yang menarik. "Yang terjadi adalah saya keluar dari kamar mandi. Saya merebut bola yang dijatuhkan di depan saya, dan ketika ingin meraihnya, tiba-tiba Champ mengejar," cerita pria 78 tahun tersebut.

"Saat itu saya sedang bercanda dengan mengejarnya (Champ) dan meraih ekornya, ia kemudian tergelincir di atas karpet. Saya pun ikut tersandung karpet tersebut. Itulah yang terjadi. Oh ya ampun, itu bukan cerita yang menarik," imbuhnya. (Melia Setiawati)

Infografis Cara Cuci Tangan yang Benar

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mandalika SAG Tak Jadi Pakai Jasa Dimas Ekky, Ini Dia Penggantinya

Posted: 24 Dec 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Mandalika SAG Team memutuskan tidak memakai jasa Dimas Ekky sebagai pembalapnya di Moto2 2021. Posisi Dimas Ekky digantikan Bo Bendsneyder.

Bendsneyder dianggap cocok menjadi pembalap tim Pertamina Mandalika SAG. Team Principal, Edu Perales mengatakan bahwa pihaknya sudah mengincar Bendsneyder cukup lama. Demikian seperti dikutip dari siaran pers SAG Racing Team.

"Bo adalah pembalap luar biasa yang telah kami ikuti selama beberapa waktu. Seluruh tim sangat senang dengan kedatangannya karena kami yakin dia akan mencapai hasil yang luar biasa yang akan membuat tim tetap di level teratas," kata Perales.

Lalu dikemanakan Dimas Ekky? Presiden Mandalika Racing team, Rapsel Ali mengatakan bahwa Dimas Ekky akan disiapkan untuk CEV Moto2 sebelum benar-benar bertarung di kelas Moto2.

"Kami juga mempersiapkan Dimas Ekky untuk CEV Moto2 agar siap untuk pertarungan Moto2 di masa depan seperti yang disarankan Dorna dan kami akan mengisi tempat pengganti dan wild card kami di musim 2021 dengan Dimas," kata Rapsel Ali.

 

Pembalap Keturunan Surabaya

Rapsel melanjutkan bahwa pihaknya menyambut dengan suka cita bergabungnya Bendsneyder. Prestasi pembalap keturunan Surabaya itu dianggap bisa meningkatkan kepercayaan diri tim.

"Kami sangat senang bisa bergabung dengan Bo untuk memperkuat tim dan mencapai tujuan kami bersama. Prestasi sebelumnya benar-benar meningkatkan kepercayaan diri kami dan kami juga ingin mengucapkan Selamat Bergabung Mas BO!" kata Rapsel.

Sumber: Otosia.com

INFOGRAFIS Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

iNFOGRAFIS Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi (Liputan6.com/Abdillah)
iNFOGRAFIS Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Jangan Kendor Promosikan Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi Indonesia Strategic and Economic Action Institution, Ronny P Sasmita, meminta kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk segera menyiapkan strategi khusus untuk mendongkrak sektor pariwisata nasional di tengah pandemi Covid-19. Langkah ini agar pariwisata nasional bisa langsung tancap gas setelah situasi mulai membaik.

"Di saat pergerakan turis, baik nusantara maupun asing mulai tidak lagi dibatasi, maka sektor pariwisata Indonesia harus berada dalam keadaan siap tempur," kata Ronny dalam pesan tertulis, Sabtu (25/12/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 bukan alasan bagi Sandiaga Uno untuk berhenti berinovasi dalam membangkitkan sektor pariwisata. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan gencar melakukan promosi.

"Di saat situasi masih dalam pembatasan pergerakan, Sandi harus tetap memanfaatkannya untuk promosi, rencana event, dan perbaikan kapasitas destinasi-destinasi andalan nasional," imbuhnya.

Namun, Ronny mencermati, titik berangkat ekonomi dan pariwisata nasional saat ini tidak sama lagi dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karenanya, Sandi pun dinilai harus menyiapkan langkah-langkah baru.

"Untuk itu, Sandi harus menyiapkan strategi-strategi khusus yang fokus ke hal-hal seperti promosi, branding, dan sales di satu sisi. Lalu penyiapan destinasi-destinasi di sisi lain, mulai dari keandalan amenitas, infrastruktur konektifitas, dan kehandalan destinasi di sisi lain, ungkapnya.

Tak hanya itu, ia menambahkan, Sandiaga Uno pun diajak untuk mendukung penuh fokus besar tersebut, baik dari sisi regulasi maupun dari sisi insentif atau disentif.

"Jika tidak cepat dan tepat, maka sektor pariwisata nasional akan membutuhkan waktu lama untuk pulih, yang berarti juga akan semakin jauh dari target yang diimpikan pemerintah," ujar Ronny.

Harapan dan Doa Wishnutama Usai Sandiaga Uno Dilantik sebagai Menparekraf

Wishnutama dan Sandiaga Uno (dok. Instagram @wishnutama/https://www.instagram.com/p/CJI7z_ug7Hc/)
Wishnutama dan Sandiaga Uno (dok. Instagram @wishnutama/https://www.instagram.com/p/CJI7z_ug7Hc/)

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu, 23 Desember 2020. Sandi menggantikan posisi Wishnutama yang sebelumnya menjabat Menparekraf periode 2019--2020.

Wishnutama terlihat membagikan potret saat prosesi serah terima jabatan (sertijab) yang menampilkan dirinya bersebelahan dengan Sandiaga Uno. Keduanya kompak berpose dengan melambaikan satu tangan dan tersenyum ke arah kamera.

Bersamaan dengan potret itu, Wishnutama turut menyertakan harapan dan doanya untuk Sandi. "Semoga sahabat saya mas @sandiuno sukses dalam menjalankan amanah dan tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif," tulis Tama.

Ia melanjutkan, telah lama ia sangat mengagumi prestasi hebat dan semangat Sandi. Tama pun yakin bakal ada deretan inovasi lewat kepemimpinan Sandi sebagai Menparekraf.

"Dibawah kepemimpinan Menparekraf mas @sandiuno saya yakin @kemenparekraf.ri akan banyak inovasi dan terobosan agar pariwisata dan ekonomi kreatif dapat segera bangkit dan jauh lebih baik dari sebelumnya," lanjutnya.

"Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin YRA," demikian tutup Wishnutama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Misterius Reno5 Terima Sertifikat TKDN, Segera Rilis di Indonesia

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah smartphone misterius milik Oppo mendapatkan sertifikat TKDN dari Indonesia. Smartphone ini memiliki kode CPH 2145 dan digadang-gadang hadir sebagai sebuah varian lain dari Reno5.

Sebelumnya, Oppo Indonesia memastikan, Reno5 versi Pro tidak akan dipasarkan di Indonesia. Oppo menjanjikan kehadiran varian lain yang menggantikan Reno5 Pro series untuk pasar Indonsia.

Perangkat misterius Reno5 yang mendapatkan sertifikat TKDN baik di laman sertifikasi postel Ditjen SDPPI dan P3DN Kemenperin ini didaftarkan pada 15 Desember 2020.

Reno5 CPH 2145 memiliki nilai TKDN sebesar 31,85 persen.

Masih sulit diterka Reno5 versi apa yang akan diboyong Oppo ke Tanah Air. Pasalnya, pencarian spesifik mengenai perangkat CPH 2145 tidak membuahkan hasil pada tipe smartphone baru Oppo.

Kemungkinan Reno5 F

Perangkat Reno5 misterius mendapatkan sertifikat TKDN, tanda kalau perangkat ini segera rilis di Indonesia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Perangkat Reno5 misterius mendapatkan sertifikat TKDN, tanda kalau perangkat ini segera rilis di Indonesia (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dengan begitu, tidak diketahui perangkat Reno5 versi apa yang dijanjikan Oppo untuk para konsumennya di Indonesia.

Namun berdasarkan pengalaman beberapa waktu belakangan ini, Oppo kerap menghadirkan varian Reno F sebagai versi paling terjangkau dari seri Reno. Misalnya saat Oppo menghadirkan Reno2 F dan Reno4F.

Sekadar informasi, Oppo akan memperkenalkan Reno5 di Indonesia pada Januari 2021. Lini seri Reno adalah perangkat menengah atas Oppo yang fokus pada desain dan kemampuan kamera untuk perekaman video.

Seri Reno milik Oppo hadir untuk menyasar anak muda yang sangat aktif di media sosial dan kreatif menghasilkan hal-hal baru.

Tentang Reno5

Reno5 (Foto: Oppo Indonesia)
Reno5 (Foto: Oppo Indonesia)

Bicara Reno5, spesifikasi Reno5 yang sudah terkonfirmasi antara lain dukungan quad camera AI 64MP, single punch hole screen alias layar dengan lubang untuk menempatkan kamera, serta software ColorOS 11 yang ditingkatkan.

Fitur-fitur lain yang diusung mulai dari perekaman video AI Color Portrait, AI Monochrome Video, dan terbaru ada AI Live Video.

Dari segi tampilan luar, perangkat ini hadir dengan dua opsi warna yakni Fantasy Silver dan Starry Black.

Reno5 hadir dengan bobot cukup ringan, yakni 171 gram dan ketebalan berbeda untuk kedua warna, yakni 7,7mm untuk Starry Black dan 7,8mm untuk Fantasy Silver.

Perangkat ini hadir dengan dukungan port USB Type C. Sejauh ini belum diketahui kapasitas baterai yang dibenamkan dan dukungan pengisian daya cepat pada Reno5. Reno5 juga masih didukung dengan jack audio 3,5mm.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyentuh Hati, Ucapan Cinta Kasih Natal Ramaikan Media Sosial

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Desember menjadi bulan di mana umat Kristiani antusias dengan kemeriahan dan suka cita Natal. Memang Hari Natal menjadi momen yang paling dinantikan oleh penduduk yang memperingati lahirnya Yesus Kristus.

Sayangnya, perayaan Natal tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Bagaimana tidak, perayaan Natal tahun ini dijalani di tengah pandemi Corona Covid-19.

Namun, kemeriahan perayaan Natal sangat terasa di jejaring sosial. Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, Jumat (25/12/2020), lini masa Twitter dibanjiri dengan berbagai ucapan Natal untuk keluarga, teman-teman dan tokoh di Tanah Air. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi mengucapkan Natal bagi seluruh umat Kristiani di seluruh Indonesia.

"Hari Natal tahun ini tidak seperti tahun-tahun lalu ketika keceriaan dan keriaan akhir tahun menyelimuti kehidupan negeri kita. Pandemi telah mengubah banyak hal dan memberi banyak pelajaran. Semoga kedamaian, keselamatan, dan keberkahan senantiasa mengiringi langkah kita semua," tulis Jokowi.

 

 

 

Ucapan Hari Natal dari Tokoh di Indonesia

Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)
Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram @susipudjiastuti115)

Selain Presiden Jokowi, tokoh Indonesia lainnya seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti juga ikut memeriahkan perayaan Hari Natal dengan twit di lini masa.

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta Selamat Merayakan Hari Natal kepada seluruh umat Kristiani di Jakarta. Terima kasih kepada semua jemaat gereja yang merayakan Natal dengan mengutamakan protokol kesehatan, mencegah penularan, dan melindungi sesama," tulis Anies Baswedan dalam akun Twitter-nya @aniesbaswedan.

Melalui akunnya @susipudjiastuti, Susi Pudjiastuti mengucapkan selamat Hari Natal bagi masyarakat yang merayakannya. 

"Selamat merayakan Hari Natal, semoga kedamaian dan kebahagiaan bersama kita semua," kata Susi Pudjiastuti.

Ucapan dari Warganet

Ilustrasi Natal (pixabay.com)
Ilustrasi Natal (pixabay.com)

Tak lupa, warganet biasa juga meramaikan lini masa Twitter dengan berbagai twit ucapan selamat Hari Natal.

"Selamat Natal. God Bless all my friends," tulis akun @Learnfx01.

"Selamat merayakan natal from our family to yours," kata akun @mochilalalai.

"Have a wonderful Christmas. Selamat Natal fams and friends," ucapan akun @ricobatmanlussy.

"Selamat hari Natal bagi yang merayakan!!! Merry Christmas!! Hope you get to eat a lot of good foods and spend it with your loved ones! Take care and stay safe always," tulis akun @sarrahashby.

Saking banyaknya ucapan selamat Hari Natal yang membanjiri lini masa Twitter, kata kunci "Selamat Natal" bahkan bertengger di trending topic Twitter kawasan Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dunia Es dan Salju Harbin Resmi Dibuka

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Wang Jianwei)
Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Wang Jianwei)

Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Wang Jianwei)

Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Xie Jianfei)
Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Xie Jianfei)

Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Xie Jianfei)

Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Xie Jianfei)
Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Xie Jianfei)

Foto dari udara ini menunjukkan pemandangan Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Xie Jianfei)

Para turis bermain di Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Wang Jianwei)
Para turis bermain di Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Wang Jianwei)

Para turis bermain di Dunia Es dan Salju Harbin di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, pada 24 Desember 2020. Ajang Dunia Es dan Salju Harbin ke-22 dibuka untuk umum pada Kamis (24/12). (Xinhua/Wang Jianwei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditalak Tiga Kali oleh Suami, Jane Shalimar: Alhamdulillah Sehat Wal'afiat

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Jane Shalimar dengan Arsya Wijaya dikabarkan kandas di tengah jalan. Jane Shalimar disebut sudah hampir sebulan tak pulang ke rumah suaminya di kawasan Bandung, Jawa Barat. Terkait hal itu bintang sinetron Padamu Aku Bersimpuh akhirnya buka suara.

Melalui akun Instagram Story-nya, ibunda Muhammad Zarno menuliskan kalau kondisinya saat ini baik-baik saja. Tak hanya itu, ia juga mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang selama ini perhatian dengannya.

"Thank u for all your concern... sampai saat ini keadaan ku alhamdulillah sehat wal'afiat," tulis Jane Shalimat, Jumat (25/12/2020).

Bersama Keluarga di Jakarta

Jane Shalimar dan Kekasih (Sumber: Instagram//janeshalimar_1/)
Jane Shalimar dan Kekasih (Sumber: Instagram//janeshalimar_1/)

Wanita 40 tahun itu juga menjelaskan kalau saat ini ia berada bersama keluarga besarnya di Jakarta. Meskipun ia tak membeberkan alasan mengapa dirinya pergi dari rumah suaminya.

"Alive and weel bersama keluarga tercinta dirumah, di Jakarta," tulis Jane Shalimar.

Doa Jane Shalimar

Aktris Jane Shalimar saat menjadi bintang tamu dalam acara Dear Haters di Liputan6.com, SCTV Tower, Jakarta, Kamis (2/11). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)
Aktris Jane Shalimar saat menjadi bintang tamu dalam acara Dear Haters di Liputan6.com, SCTV Tower, Jakarta, Kamis (2/11). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Di penghujung tulisannya, Jane Shalimar meminta doa agar semua masalah yang tengah dihadapinya bisa cepat diselesaikan. Ia berharap semuanya baik-baik saja tanpa permasalahan.

"Mohon doanya agar semua permasalahan bisa cepat selesai dan berjalan dengan baik," tulis Jane Shalimar.

Cerai Secara Agama

Jane Shalimar dan suami (Sumber: Instagram/janeshalimar_1)
Jane Shalimar dan suami (Sumber: Instagram/janeshalimar_1)

Jane Shalimar dikabarkan telah resmi bercerai secara agama dengan Arsya Wijaya. Hal itu disampaikan oleh kuasa hukumnya, Ramdhan Alamsyah, setelah Jane Shalimar ditalak sebanyak tiga kali oleh suaminya.

"Saudara Cecep (Arsya Wijaya) sebagai suami sudah melontarkan talak tiga kali pada klien kita. Tentunya ini sudah menjadi putus hubungan suami istri antara Jane Shalimar dengan saudara cecep secara Islam," tuturnya Ramdhan Alamsyah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di awal Musim Jadi Pesakitan, Striker MU Bangkit Berkat Mantra dari Solskjaer

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Striker Manchester United (MU), Anthony Martial menjadi salah satu pemain yang merasakan sentuhan emas Ole Gunnar Solskjaer. Sempat terpuruk di awal musim, striker asal Prancis itu mulai memberi kontribusi signifikan bagi MU.

Salah satunya tampak saat ia menyumbang satu gol dan dua asis di laga melawan Everton dan Leeds United. Solskjaer pun membeberkan caranya mendongkrak penampilan Martial.

Menurut manajer asal Norwegia itu, penampilan Martial yang sempat menurun karena ia terlalu memikirkan kritik di awal musim. Selain itu, Martial juga mendapat kartu merah saat MU digulung Tottenham Hotspur 1-6

"Mungkin kepercayaan dirinya sedikit terkikis karena apa yang terjadi di awal musim dan kartu merah," kata Solskjaer seperti dilansir Manchester Evening News

"Dia juga mendapat banyak kritik. Tetapi, Martial akan selalu lebih baik," ujarnya menambahkan.

 

Berikan Kepercayaan

Manajer Manchester United atau MU Ole Gunnar Solskjaer sebelum pertandingan Liga Inggris lawan Sheffield United di stadion Bramall Lane di Sheffield, Inggris, Kamis, 17 Desember 2020. (AP Photo / Rui Vieira, Pool )
Manajer Manchester United atau MU Ole Gunnar Solskjaer sebelum pertandingan Liga Inggris lawan Sheffield United di stadion Bramall Lane di Sheffield, Inggris, Kamis, 17 Desember 2020. (AP Photo / Rui Vieira, Pool )

Solskjaer mengatakan, solusi yang ia berikan kepada Martial adalah dengan tetap memberinya kepercayaan. Terbukti, mantan striker AS Monaco itu kini menjelma menjadi salah satu andalan MU di lini depan.

"Martial telah berkontribusi signifikan akhir-akhir ini, asis, gol. Dia bertambah fit," ujar Solskjaer.

"Dia tahu, saya selalu percaya kepadanya. Statistik berlarinya saat laga melawan Leeds membuatnya punya standar baru. Itu yang saya ingin lihat darinya," katanya mengakhiri.

MU saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara Liga Inggris. Setan Merah mengoleksi 26 poin dari 13 pertandingan.

Jadwal Liga Inggris

Sabtu 26 Desember 2020

19.30 WIB, Leicester City vs Manchester United

22.00 WIB, Aston Villa vs Crystal Palace

22.00 WIB, Fulham vs Southampton

 

Minggu 27 Desember 2020

00.30 WIB, Arsenal vs Chelsea

03.00 WIB, Manchester City vs Newcastle United

03.00 WIB, Sheffield United vs Everton

19.00 WIB, Leeds United vs Burnley

21.15 WIB, West Ham United vs Brighton Albion

23.30 WIB, Liverpool vs West Bromwich

 

Senin 28 Desember 2020

02.15 WIB, Wolverhampton vs Tottenham Hotspur

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harmoni Pantai Menye dan Kopi dalam Pengasingan

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Perempuan bernama Anna Brones dalam artikelnya di sebuah situs yang khusus mengulas tentang budaya minum kopi di dunia, pernah menulis tentang kaitan antara kopi dan buku. Dia membuka tulisannya dengan mengutip puisi dari RM Engelhardt.

"A smoke, a book, a cup of coffee. These are the little things that get us through this sometimes weary world and all the rainy days," demikian potongan yang dapat ditemukan dalam buku sang penyair dari benua Amerika berjudul The Resurrection Waltz itu.

Ada hubungan antara kopi dan buku yang melampaui batas-batas perasaan yang disebut oleh Anna sebagai sesuatu yang "nyaman", ketika seseorang mengangkat secangkir kopi, sementara, tangan yang lainnya membalik halaman buku yang sedang ia baca. Ya, mungkin tidak semua orang sependapat, tetapi, itu adalah momen —eksklusif, bahkan, untuk dijadikan sampul sebuah buku, mungkin gambar dengan aktivitas seperti itu akan sangat estetik.

Namun, apakah secangkir kopi bisa melangkaui bintalak-bintalak yang jauh lebih dalam dari sebatas hari berhujan yang sedang membalut dunia yang terkadang melelahkan seperti kata Engelhardt? Sepertinya ini akan jauh lebih serius, dan akan lebih lekat dengan dunia seorang lelaki beserta setumpuk misteri dari kesunyian yang disimpan oleh mereka.

"Ada saatnya dalam hidupmu, engkau ingin sendiri saja bersama angin, menceritakan seluruh rahasia, lalu meneteskan air mata."

Tidak terbayangkan rasanya andai di dalam kutipan di atas, rupanya Bung Karno telah lupa menaruh kalimat kunci di dalam perasingan tadi. Akan menjadi "Ada saatnya dalam hidupmu, engkau ingin sendiri saja bersama angin serta 'secangkir kopi', menceritakan seluruh rahasia, lalu meneteskan air mata."

Namun, itu hanya lanturan, maka, lupakan saja. Tapi, terlepas di mana saja seseorang ingin menyesap secangkir kopi sembari menjatuhkan diri ke dalam ruang-ruang kecil yang disebut kontemplasi, tidak ada salahnya datang ke Tanah Gayo, tempat seseorang akan diberi sepaket lengkap dari momen estetis ketika menikmati secangkir kopi sambil menceritakan semuanya kepada mayapada atau membisikkan sesuatu kepada udara, di antara ngarai dan Lut Tawar, sesaat sebelum senja kembali ke tetirah.

Tempat yang dimaksud adalah Pantai Menye. Lupakan dulu bahwa salah satu destinasi wisata di ujung timur kawasan Danau Laut Tawar, Kampung Lenong Bulan Dua (LB 2), Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, itu cocok untuk menjadi tempat di mana para keluarga berkumpul sambil menikmati panorama yang ada, karena, seorang teman pernah berkata:

"Jika ada yang bertanya di manakah tempat terakhir di bumi ini yang ingin aku kunjungi sambil menyesap secangkir kopi, sementara, itu adalah kesempatan terakhir sebelum aku mati, jawabanku adalah Menye."

Menikmati Kesendirian

Seorang pengunjung sedang mencicipi kopi di kafe Seladang, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh (Liputan6.com/Rino Abonita)
Seorang pengunjung sedang mencicipi kopi di kafe Seladang, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh (Liputan6.com/Rino Abonita)

Jujur, yang barusan sebenarnya merupakan pengakuan yang cukup mengejutkan dari seorang lelaki yang tidak terlalu menyukai kesunyian apabila dilihat dari kebiasaannya yang suka meriung di kafe-kafe tengah kota bersama teman-teman berkumpulnya. Tentang obsesinya terhadap persinggahan terakhir di bumi dengan pilihan Pantai Menye tadi dapat dilihat dari kalimat yang ia lontarkan selanjutnya:

"Di sana, aku hanya ingin sendiri saja, menatap permukaan air yang jernih dan tenang, menikmati pucuk-pucuk pegunungan serta perpohonan dari atas bukit, atau membiarkan udara di antara tubuhku, kemudian, waktu, serta seluruh kepenatan ini akan lesap bersama sesapan terakhir dari kopiku."

Kata-kata tersebut mengingatkan penulis tentang seorang lelaki bernama Gembel, yang dapat ditemukan dalam tulisan berjudul Ode untuk Secangkir Kopi. Lelaki bernama asli Sadikin itu juga mendambakan sebuah pengalaman minum kopi yang tak lazim, di mana meminum kopi baginya adalah pengayaan spiritual, sebuah ritual tritunggal, antara manusia, kopi, dan jiwa.

"Yang belum itu, justru aku berpikir, enggak ada kedai kopi, yang dia (pengunjung) bisa bilang, aku kepingin ngopi hari ini, dan aku enggak ingin ngomong sama siapa pun," demikian, Gembel.

Daripada menerka-nerka motivasi apa yang terkandung di balik keinginan yang terlampau lekat dengan hal-hal berbau sentimentil seperti itu, ada baiknya langsung saja ke Pantai Menye. Dengan catatan, Anda harus datang sendiri, dan dengan catatan tambahan, Anda adalah seorang penyendiri yang akut, atau seseorang yang melihat dunia dengan standar seseorang yang seperti itu.

Namun, terjebak pada keyakinan yang sentimentil seperti itu tidak terlalu baik juga. Di satu sisi, efek yang muncul akibat aktivitas meminum kopi agaknya tidak berimbas pada keterkaitan antara interaksi memori dengan emosi sehingga suasana hati peminumnya akan terbawa lantas dengan tanpa sadar meneteskan air mata, wallahualam.

Toh, seperti yang telah disinggung, sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Dataran Tinggi Gayo, Pantai Menye cocok untuk menjadi tempat di mana para keluarga berkumpul sambil menikmati panorama, selain juga romantis bagi para pasangan kekasih terutama mereka yang telah menikah, jadi, datanglah ke sana, baik sendirian, berpasangan, maupun bersama keluarga, dan jangan lupa genggam cangkir kopimu, karena di sana adalah Gayo.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unik! Lomba Lari Sinterklas Digelar di Rusia

Posted: 24 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratusan Sinterklas beradu kecepatan berlari sambut perayaan natal. Lomba unik ini digelar di Rusia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Turki, Muslim Berpengaruh Nomor 1 Ucapkan Selamat Natal Pada Dunia

Posted: 24 Dec 2020 08:58 PM PST

Liputan6.com, Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan beberapa waktu lalu mendapat gelar Muslim Berpengaruh Nomor 1 Dunia. Kali ini ia menunjukan indahnya toleransi dengan memberikan ucapan selamat Natal bagi umat Kristen dunia. 

Pada pernyataan resmi, Erdogan mengingatkan bahwa Turki memiliki kekayaan sejarah dan budaya sejak zaman dahulu. Ia pun meminta semua pihak bisa makin solid di Turki.

"Saya dengan sepenuh hati memberi selamat kepada warga Kristen pada saat Natal," ujar Presiden Erdogan seperti dikutip Daily Sabah, Jumat (25/12/2020).

Ia menyebut Turki selama ribuan tahun merupakan rumah dari peradaban kuno yang saling menyayangi dan menghormati tanpa pandang agama, ras, atau sekte.

"Kami, sebagai anggota peradaban yang unik ini, menanggap perbedaan budaya di kawasan kita sebagai kekayaan tanpa tandingan dan bagian langka dari mosaik peradaban kita," lanjutnya.

Erdogan memberikan ucapan Natal kepada semua sekte dan gereja Kristen di Turki serta dunia. Harapannya, umat Kristen dapat memperkuat solidaritas di Turki.

"Dengan perasaan dan pemikiran ini, saya sekali lagi memberi selamat kepada semua warga Kristen dan seluruh dunia Kristiani saat hari Natal dan mengharapkan mereka kedamaian, kegembiaraan, dan kebaikan," pungkasnya.

Erdogan Peringkat 1 Muslim Berpengaruh Dunia 2021

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul, Minggu (19/7/2020). Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke bangunan kuno tersebut beberapa hari sebelum diselenggarakannya salat pertama usai Hagia Sofia diubah menjadi Masjid. (HO/TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE/AFP)
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul, Minggu (19/7/2020). Erdogan melakukan kunjungan mendadak ke bangunan kuno tersebut beberapa hari sebelum diselenggarakannya salat pertama usai Hagia Sofia diubah menjadi Masjid. (HO/TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE/AFP)

Tahun ini, Presiden Erdogan mendapat peringkat 1 di daftar Muslim Berpengaruh Dunia versi The Muslim 500. Ia mengalahkan peringkat Raja Salman dari Arab Saudi hingga Imam Besar Al-Azhar. 

Berikut daftar Muslim berpengaruh 2021:  

1. Presiden Recep Tayyip Erdogan - presiden Turki

2. Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud - raja Arab Saudi

3. Ayatullah Agung Hajj Sayyid Ali Khamenei - pemimpin tertinggi Iran

4. Raja Abdullah II bin Al-Hussein - raja Yordania

5. Sheikh Muhammad Taqi Usmani - pakar hukum dan keuangan Islam di Pakistan, tahun lalu di peringkat satu

6. Raja Mohammed VI - raja Maroko

7. Pangeran Mohammed bin Zayed Al-Nahyan - putra mahkota Uni Emirat Arab

8. Ayatullah Agung Sayyid Ali Hussein Sistani - salah satu ulama syiah paling berpengaruh di Iran dan dunia

9. Habib Umar bin Hafiz - ulama Yaman, keturunan Nabi Muhammad SAW

10. Salman Al-Ouda - ulama dan pendidik di Arab Saudi

Presiden Jokowi Juga Masuk Daftar Muslim Berpengaruh Dunia

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

11. Emir Tamim bin Hamid Al-Thani - pemimpin Qatar

12. Presiden Joko Widodo - presiden Indonesia

13. Sheikh Dr. Ahmad Muhammad Al-Tayyeb - Imam Besar Masjid Al-Azhar di Mesir

14. Sheikh Abdullah bin Bayyah - ketua Dewan Fatwa Uni Emirat Arab dan Presiden Forum for Promoting Peace in Muslim Societies

15. Perdana Menteri Imran Khan - pemimpin Pakistan

16. Presiden Muhammadu Buhari - pemimpin Nigeria

17. Ali Gomaa - mantan Mufti Agung Mesir

18. KH Said Aqil Siradj - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Indonesia

19. Sultan Muhammadu Sa'adu Abubakar III - sultan Sokoto, pemimpin spiritual umat Muslim di Nigeria

20. Seyyed Hasan Nasralllah - Sekretaris Jenderal Partai Hizbullah di Lebanon

Pangeran Saudi

Putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman. (Foto: Bandar al-Jaloud / Istana Kerajaan Saudi / AFP)
Putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman. (Foto: Bandar al-Jaloud / Istana Kerajaan Saudi / AFP)

21. Sheikh Habib Ali Zain Al Abideen Al-Jifri - Direktur Jendral Tabah Foundation Uni Emirat Arab, keturunan Ali bin Abi Thalib

22. Sheikh Hamza Yusuf Hanson - pendidikan dan co-founder Zayuna College di Berkeley, California

23. Pangeran Mohammed bin Salman - putra mahkota Kerajaan Arab Saudi

24. Sheikh Ahmad Tijani bin Ali Cisse - pemimpin Tijaniyya Sufi Order, kelompok Sufi terbesar di barat Afrika

25. Sheikha Munira Qubeysi - pemimpin Qubeysi Movement di Suriah yang merupakan gerakan wanita Muslim terbesar di dunia, ia dianggap wanita Muslim paling berpengaruh di dunia

26. Sheikh Abdul-Aziz ibn Abdullah Aal Al-Sheikh - Mufti Agung di Kerajaan Arab Saudi

27. Maulana Mahmood Madani - Sekretaris Jendral Jamiat Ulema-e-Hind (JUH) di India

28. Sheikh Mustafa Hosny - ustadz terkenal di televisi Mesir

29. Sheikh Usama Al-Sayyid Al-Azhari - cendekiawan di Universitas Al-Azhar, ia juga mengajarkan Hadis, Logika, dan Hukum Islam di Riwaq Al-Atrak di Kairo

30. Shah Karim Al-Hussayni (Aga Khan) - pemimpin sekte Syiah bernama Nizari Ismaili, keturunan Ali bin Abi Thalib

Yusuf bin Qardawi dan Habib Luthfi

Foto: Fajar Eko/ Liputan6.com
Foto: Fajar Eko/ Liputan6.com

31. Yusuf Al Qaradawi - ulama Mesir yang pernah 30 tahun diasingkan, pemimpin intelektual dari Ikhwanul Muslimin

32. Habib Luthfi bin Yahya - ulama Indonesia, ketua MUI Jawa Tengah

33. Sheikh Abdul-Malik Al-Houthi - pemimpin gerakan Houthi di Yaman

34. Sheikh Mahmud Effendi - ulama Turki

35. Maulana Tariq Jameel - ulama Pakistan, anggota Tablighi Jamaat

36. Moez Masoud - ustadz terkenal di Mesir serta dunia barat

37. Presiden Halimah Yacob - presiden Singapura

38. Sheikh Rached Ghannaouchi - cendekiawan dan politisi Tunisia

39. Sheikh Muhammad Al-Yacoubi - ulama Suriah, bukunya yang menentang ISIS berjudul Refuting ISIS tersedia dalam delapan bahasa, saat ini ia berada di Maroko karena menentang pemerintah Suriah

40. Prof. Seyyed Hossein Nasr - profesor Islamic Studies di George Washington University, ia telah menulis lebih dari 50 buku

Mohamed Salah

MOHAMED SALAH TOP SKOR PEKAN KE-14: Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, melakukan selebrasi bersujud usai mencetak gol ke gawang Crytal Palace (19/12/2020). Mohamed Salah menjadi top skor sementara Liga Inggris dengan torehan 13 gol. (AFP/Justin Setterfield/pool)
MOHAMED SALAH TOP SKOR PEKAN KE-14: Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, melakukan selebrasi bersujud usai mencetak gol ke gawang Crytal Palace (19/12/2020). Mohamed Salah menjadi top skor sementara Liga Inggris dengan torehan 13 gol. (AFP/Justin Setterfield/pool)

41. Sheikh Uthman Taha - penulis kaligrafi masyhur di Kerajaan Arab Saudi

42. Mohamed Salah - atlet Mesir, pemain di Liverpool FC

43. Sheikh Muqtada Sadr - ulama dan politisi Irak, ia adalah putra dari Ayatullah Agung Mohammad Sadiq Al-Sadr dan menantu Ayatullah Agung Muhammad Baqir Al-Sadr

44. Presiden Mahmoud Abbas - pemimpin Palestina

45. Maulana Nazur Rahman - Amir dari Tablighi Jamaaat di Pakistan

46. Dr. Aref Ali Nayed - cendekiawan Libya, berperan dalam Tim Stabilitasi Libya pada 2011

47. Dr. Timothy Winter (Abdal-Hakim Winter) - cendekiawan di Inggris, dikenal pula sebagai Sheikh Abdal Hakim Murad

48. Sheikh Ibrahim Salih - pemimpin majelis fatwa tertinggi di Nigeria

49. Dr. Mohamed Bechari - politisi kelahiran Maroko, ia aktif memberdayakan komunitas Islam di Prancis dan Eropa

50. Amr Khaled - ustadz dan aktivis sosial dari Mesir

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Dikira Kakak, Ini 6 Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot

Posted: 24 Dec 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Hanggini tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Artis berusia 21 tahun ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air sejak 2007. 13 Tahun terjun ke industri hiburan, artis dengan nama lengkap Hanggini Purinda Retto ini mulai dikenal luas sejak menjadi pembawa acara Koki Cilik.

Pada hari ibu 22 Desember lalu, Hanggini mengunggah potret kebersamaannya dengan ibunda. Paras ibunda yang awet muda sukses menyita perhatian publik karena sang ibunda dikira kakak artis berparas manis ini. 

Melalui akun Instagram pribadinya, Hanggini cukup seing mengunggah potret sang ibunda ataupun kebersamaannya bareng ibunda. Sang ibunda, Trinil Moerby juga kerap mengunggah momen manis dirinya saat bersama pemeran Ann dalam film Geez dan Ann ini.

Tak sedikit warganet yang membubuhkan komentar karena kedunya terlihat bak kakak adik. Menilik dari laman Instagram pribadi Hanggini dan ibunda, keduanya selalu kompak dalam berbagai momen.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kebersamaan Hanggini dan ibunda bak kakak adik, Jumat (25/12/2020).

1. Memiliki paras yang awet muda, tak heran jika ibu dan anak ini kerap disebut warganet bak kakak adik

Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)
Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)

2. Penampilan ibunda Hanggini yang stylish juga sukses mencuri perhatian.

Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)
Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)

3. Bahkan ibu dan anak ini tak jarang mengunggah potret kocak keduanya. Kebersamaan Hanggini dan ibunda sukses buat gemas ya.

Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/trinilmoerby)
Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/trinilmoerby)

4. Baik Hanggini maupun Ibunda memang kerap mengunggah kebersamaan keduanya dalam berbagai momen.

Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)
Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)

5. Bahkan keduanya bak saudara kembar saat tertawa. Tak heran jika warganet selalu dibuat salah fokus saat ibu dan anak unggah foto bersama.

Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)
Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)

6. Ibunda Hanggini, Trinil Moerby kerap disebut Hanggini versi hijab oleh warganet.

Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)
Kebersamaan Hanggini dan Ibunda yang Jarang Tersorot. (Sumber: Instagram.com/hanggini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor di Lembang Bandung, 1 Orang Tertimbun Masih Dalam Pencarian

Posted: 24 Dec 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Lembang - Pencarian seorang warga yang menjadi korban longsor di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, masih belum membuahkan hasil. Hingga Jumat siang (25/12/2020), tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung masih melakukan pencarian.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, tanah longsor yang terjadi setelah hujan lebat pada Kamis malam (24/12) menyebabkan empat orang di desa itu tertimbun longsor dan tiga orang di antaranya sudah berhasil dievakuasi.

"Hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap satu korban bernama Dedi Rohendi (43)," kata Deden.

Deden mengatakan, upaya pencarian dilakukan dalam radius 300 meter dari lokasi tanah longsor dan hingga pukul 09.00 WIB upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, tiga warga yang sudah dievakuasi dari tempat tanah longsor sudah mendapat pertolongan medis di Puskesmas Jayagiri.

Ia juga mengatakan bahwa bencana tanah longsor di Lembang yang terjadi di Desa Jayagiri pada Kamis (24/12) pukul 19.30 WIB menyebabkan dua rumah warga rusak berat.

"Penyebab bencana intensitas hujan tinggi berdurasi lama, kondisi rumah dekat dengan tebing," kata Duddy.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Minta ASN Depok Tak Bepergian Keluar Daerah Saat Libur Akhir Tahun

Posted: 24 Dec 2020 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Depok telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 800/614-Huk/BKPSDM terkait pengaturan cuti bersama. Selain itu, Pemkot Depok mengeluarkan SE Wali Kota Nomor 800/16-Huk/BKPSDM mengenai pembatasan bepergian ke luar daerah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Mohammad Idris mengatakan, ASN Kota Depok bersama keluarga diminta untuk tidak bepergian keluar daerah selama libur panjang. Selain itu, Pemerintah Kota Depok memperketat pemberian izin cuti bagi Aparatur Sipil Negeri (ASN) selama libur Natal dan Tahun Baru 2021.

"Kami minta Kepala Perangkat Daerah melakukan pengaturan secara ketat, selektif, dan akuntabel terhadap pemberian cuti, di luar cuti bersama. Yakni dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan dan kepentingan ASN," ujar Idris, Jumat (25/12/2020).

Idris meminta, Perangkat Daerah maupun ASN tidak melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018, tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Untuk itu, Kepala Perangkat Daerah diminta untuk memastikan pegawainya mengikuti ketentuan dalam SE yang telah dikeluarkan. Kedua SE yang dikeluarkan Pemkot Depok ini berlaku sampai dengan tanggal 8 Januari 2021.

"Apabila terdapat ASN yang melanggar, dapat diberikan hukuman disiplin. Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, tentang Disiplin PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," tegas Idris.

Pertimbangan bila mendesak

Kadinkes, Novarita saat mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memantau simulasi vaksin di Puskesmas Tapos. (Foto:Liputan6/Dicky Agung Prihanto)
Kadinkes, Novarita saat mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memantau simulasi vaksin di Puskesmas Tapos. (Foto:Liputan6/Dicky Agung Prihanto)

Idris mengungkapkan,apabila ada keperluan untuk bepergian ke luar daerah karena mendesak, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Hal tersebut meliputi mempertimbangkan peta zonasi risiko penyebaran Covid-19, peraturan dan kebijakan pemerintah daerah asal, dan tujuan perjalanan mengenai pembatasan keluar masuk orang.

"Selain kriteria, persyaratan, dan protokol perjalanan yang diterapkan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan," tandas Idris.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Anak Kedua, Ini 6 Potret Baby Bump Whulandary Herman

Posted: 24 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perasaan berdebar sekaligus bahagia tengah menyelimuti keluarga Whulandary Herman dan Nik Ibrahim. Pasangan yang menikah pada 2018 ini, kini tengah menanti kelahiran buah hati kedua mereka.

Sejak menikah dengan Nik Ibrahim, juara Puteri Indonesia 2013 ini ikut tinggal di negara asal suami di Malaysia. Saat ini, ia pun tengah berdebar karena menanti kelahiran anak kedua di tengah pandemi Corona Covid-19 di perantauan.

Meski demikian, Whulandary mengaku tak sabar ingin segera bertemu dengan anak keduanya ini. Wanita kelahiran  Pariaman, 26 Juni 1989 ini pun seringkali mengunggah potret perutnya yang semakin membuncit di akun Instagramnya.

Seperti apakah potret baby bump Whulandary Herman? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (25/12/2020).

1. Menantikan kelahiran anak kedua, Whulandary Herman tetap mendokumentasikan perjalanan kehamilannya.

Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)
Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)

2. Wanita kelahiran Pariaman, 26 Juni 1989 ini kerap mengunggah aktivitasnya sehari-hari bersama perut buncitnya.

Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)
Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)

3. Meski tengah berada di perantauan, namun Whulandary cukup tenang karena sang suami selalu siaga mendampingi.

Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)
Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)

4. Memasuki trimester terakhir kehamilan, juara Puteri Indonesia 2013 ini tetap nampak menawan.

Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)
Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)

5. Sebelumnya, Whulandary Herman sudah memiliki seorang putra yang lahir pada tahun 2019 dan diberi nama Nik Zayn Nik Ibrahim.

Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)
Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)

6. Potret kebersamaan keluarga Whulandary Herman dan Nik Ibrahim di Malaysia.

Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)
Potret Baby Bump Whulandary Herman. (Sumber: Instagram/whulandary)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Negara di Amerika Latin Mulai Vaksinasi COVID-19, Perawat yang Pertama

Posted: 24 Dec 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perawat Meksiko menjadi orang pertama di Amerika Latin yang menerima suntikan vaksin Virus Corona COVID-19, ketika negaranya memulai program vaksinasi pada Kamis, 24 Desember 2020.

Meksiko telah menerima pengiriman di awal sebanyak 3.000 dosis vaksin AS-Jerman yaitu Pfizer-BioNTech.

Negara ini memiliki salah satu angka kematian akibat pandemi tertinggi di dunia, di belakang AS, Brasil, dan India, demikian dikutip dari laman BBC, Jumat (25/12/2020).

Beberapa waktu kemudian pada Kamis, Chile dan Kosta Rika juga menyuntikkan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech.

Argentina juga berencana untuk memulai inokulasi dalam beberapa hari ke depan tetapi telah memilih vaksin Sputnik V yang diproduksi Rusia untuk tahap awal, dengan pengiriman 300.000 dosis tiba di ibu kota Buenos Aires pada Kamis pagi.

Brasil, yang telah mencatat jumlah kematian tertinggi di wilayah tersebut, baru akan mulai vaksinasi pertengahan Februari. Meskipun terjadi lonjakan jumlah kasus baru-baru ini.

Presiden Jair Bolsonaro mengatakan dia tidak berencana untuk disuntik. Dia yakin telah mengembangkan kekebalan terhadap virus corona saat dia dinyatakan positif awal tahun ini.

Di Meksiko, María Irene Ramirez (59) kepala unit perawatan intensif di Rumah Sakit Ruben Leñero di Mexico City, adalah orang pertama yang menjadi sukarelawan untuk divaksinasi.

"Kami takut, tapi kami harus terus maju dan saya ingin tetap berada di garis terdepan," katanya menurut surat kabar El Universal.

3.000 dosis vaksin COVID-19 pertama - dari 34 juta yang dibeli - tiba di Meksiko pada Rabu dari Belgia, tempat mereka diproduksi.

Rekaman peluncuran disiarkan selama konferensi pers pagi hari yang disiarkan televisi oleh Presiden Andrés Manuel López Obrador.

 

Target Akhir Kuartal Pertama

Pekerja mengenakan alat pelindung diri saat mengubur korban meninggal akibat virus corona COVID-19 di pabrik semen No. 13 di Tijuana, Baja California, Meksiko, 21 April 2020. (Photo by Guillermo Arias/AFP)
Pekerja mengenakan alat pelindung diri saat mengubur korban meninggal akibat virus corona COVID-19 di pabrik semen No. 13 di Tijuana, Baja California, Meksiko, 21 April 2020. (Photo by Guillermo Arias/AFP)

Pemerintah Meksiko mengatakan, ingin memvaksinasi semua petugas kesehatan yang memerangi pandemi pada akhir kuartal pertama 2021.

Negara ini telah mencatat lebih dari 1,3 juta infeksi sejauh ini, dengan setidaknya 120.000 kematian terkait Covid, menurut universitas Johns Hopkins.

Chile telah memiliki hampir 600.000 kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 16.300 kematian; Kosta Rika - hampir 163.000 kasus dan lebih dari 2.000 kematian; dan Argentina - hampir 1,6 juta kasus dan lebih dari 42.300 kematian.

Presiden Chile, Sebastian Piñera, menggambarkan dimulainya program imunisasi virus corona nasional negaranya sebagai momen harapan dan kegembiraan.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Tangani 443 Kasus Hoaks Selama 2020

Posted: 24 Dec 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 443 kasus hoaks dan hate speech telah ditangani Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sepanjang 2020. 

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menyebut, dari 443 kasus 14 di antaranya sudah tuntas hingga ke tingkat pengadilan.

"Dari itu ada 14 kasus (hoaks) dilakukan penyidikan hingga tuntas sampai ke pengadilan," kata Fadil dikutip dari merdeka.com, Jumat (25/12/2020).

Selain itu, Fadil menambahkan pihaknya juga menemukan 1.448 akun yang menyebarkan hoaks dan hate speech. Kini, ribuan akun tersebut telah di-take down.

"1.448 akun media sosial telah dilakukan take down," ucap Fadil.

Polda Metro Jaya mencatat, sepanjang 2020 telah menangani 1.042 kasus siber. Angka ini menurun dibanding pada 2019 lalu, yang mencapai 1.100 kasus.

"Jumlah kasus yang ditangani Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengalami penurunan, dari 1.100 kasus pada tahun 2019 menjadi 1.042 kasus pada tahun 2020. Terjadi penurunan sebanyak 58 kasus atau menurun 5 persen," demikian data Polda Metro Jaya.

Dari total jumlah kasus tersebut, Polda Metro Jaya menyelesaikan 711 kasus pada tahun 2020. Sedangkan penyelesaian kasus siber pada 2019 mencapai 710 kasus. Tingkat penyelesaian kasus pada 2020 meningkat 3 persen dibandingkan dengan pada 2019.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana Whisnu Sakti Buana Jabat Plt Wali Kota Surabaya Selama Dua Bulan

Posted: 24 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengaku masih belum bisa membahas mengenai progam kerja di Pemerintahan Kota Surabaya

"Saya belum bisa bicara tentang program karena surat juga baru terima sore tadi, saya juga sudah koordinasi dengan Pak Sekda dan mungkin rapat internal juga akan bisa kita gelar besok siang atau sore. Pak Sekda juga masih di luar kota tapi besok pagi sudah meluncur balik ke Surabaya," tutur dia di Gereja Katolik Redemtor Mundi Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur, ditulis Jumat, (25/12/2020).

Whisnu mengatakan, karena situasi serba mendadak sehingga  kembali mengakui tidak tahu. Hal ini karena berita yang diterima Tri Rismaharini (Risma) masih bisa merangkap jabatan Menteri Sosial (Mensos) dan Wali Kota Surabaya. 

"Karena beritanya Bu Risma bisa merangkap maka saya masih tenang-tenang saja kemarin. Karena suratnya baru saya terima sore tadi, ya apapun harus kita laksanakan yang prinsipnya saya akan tetap menjalankan apa yang sudah digariskan dan sudah dikerjakan Bu Risma ke depan sampai dua bulan masa akhir jabatan nanti," tutur dia. 

Dikonfirmasi apakah selama dua bulan terakhir ini akan menjalankan program pribadi, Whisnu mengatakan bakal mellihat dulu situasinya.

"Kalau definitif itu urusan lain, mau definitif atau tidak itu yang penting bagi saya roda pemerintah Kota Surabaya harus terus berjalan untuk kepentingan rakyat Surabaya, prinsipnya seperti itu," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tidak Ada Perayaan Malam Tahun Baru

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Disinggung mengenai protokol kesehatan (Prokes) libur Natal dan tahun baru, Whisnu mengatakan sudah menghubungi ajudan Kapolrestabes Surabaya.

"Mungkin besok saya bisa ketemu beliau dan kita akan berkumpul dengan Forkopimda. Dari hasil kesepakatan kemarin Bu Wali juga sudah sepakat untuk urusan perayaan malam Natal dan Tahun Baru. Seperti apa dan itu yang akan kita laksanakan," ucapnya. 

Whisnu mengungkapkan, prinsipnya sesuai dengan Maklumat Kapolri, tidak ada perayaan malam tahun baru khususnya, iring-iringan konvoi dan sebagainya juga dilarang. "Selanjutnya pesta kembang api juga kita larang, mengundang kerumunan," ujar dia. 

Whisnu berkelakar, mungkin pesta kembang api di dalam rumah diperbolehkan karena tidak menimbulkan kerumunan banyak orang tapi ada risiko.

"Itu tidak mengundang kerumunan, intermezzo lah. Jadi kemarin itu kesepakatannya adalah kita mengawasi jangan sampai ada penjualan kembang api untuk menghindari itu semua. Kita kerjasama dengan Polrestabes Surabaya dan TNI dan juga dari Pak Danrem juga hadir," ucapnya.

Whisnu mengatakan, dirinya sebenarnya janjian bertemu dengan Sekda pada Jumat 25 Desember 2020. Akan tetapi, dia juga tidak tahu apakah Sekda dengan asisten atau dengan siapa yang bisa bertemu dengannya. 

"Karena sebenarnya ini hari libur tapi situasinya mendesak semua seperti ini. Suratnya juga baru turun sore tadi seperti ini. Yang penting kita siap untuk menjalankan apa yang sudah ditetapkan kebijakannya Bu Risma, kita tidak akan terus membuat yang aneh-aneh," ujarnya. 

Ditanya apakah sudah ada komunikasi dengan Risma, Whisnu mengaku belum melakukan karena surat penunjukan dirinya sebagai Plt Wali Kota Surabaya baru Kamis sore diterima.

"Kami masih mencoba menghubungi Bu Risma, mau koordinasi mau seperti apa karena mulai dari Sekda, asisten, dan kepala-kepala dinas saya kontak tapi belum bisa sambung. Insya Allah mulai besok kita bisa berkoordinasi dengan detail, mau seperti apa sehingga ke depan tidak ada hal-hal yang salah. Yang penting apa yang kita selesaikan dalam dua bulan ini, akan kita selesaikan," ucap Whisnu. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai dan Bawang Selalu Naik saat Natal dan Tahun Baru, Apa Sebabnya?

Posted: 24 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memprediksi harga sejumlah bahan pangan seperti produk cabai dan bawang akan terus meninggi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021.

Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri menilai, kenaikan harga pangan ini merupakan anomalitas yang kerap terjadi setiap periode Natal dan Tahun Baru, yang diakuinya sulit untuk diprediksi.

"Jadi kayak cabai, bawang, ayam, telur, daging sapi, itu memang agak sulit saya prediksi. Dari tahun ke tahun harga enggak pernah kunjung selesai," kata Abdullah kepada Liputan6.com, Jumat (25/12/2020).

Menurut dia, fenomena ini terjadi lantaran pemerintah belum melakukan pemetaan wilayah produksi. Jika konsep ini diterapkan, pemerintah seharusnya sudah bisa memetakan jumlah produksi komoditas pangan dari suatu daerah setiap kuartal atau per tahun.

"Contoh, penghasil cabai rawit atau cabai merah keriting katakanlah penghasilannya di Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Probolinggo, dan seterusnya. Harusnya sudah bisa dipetakan, oh bulan ini kita akan fokus pada pemetaan cabai di wilayah itu," ungkapnya.

"Kalau bulan-bulan tertentu karena musim penghujan tinggi, maka kita subsidi petani cabai untuk mereka menanam cabai," dia menambahkan.

Melalui pemetaan wilayah produksi, Abdullah mengatakan, tiap instansi pemerintah yang mengurusi soal pangan seperti Kementerian Pertania dan Kementerian Perdagangan jadi tidak kelimpungan. Selain itu, pemerintah juga akan lebih mudah mendistribusikan hasil produksi pangan sehingga harganya terjaga.

"Ini harus dikontrol, jadi enggak mandiri petani mau nanam (apa) terserah, enggak nanam terserah. Giliran panen raya cabai dibuang-buang. Giliran enggak ada harga jadi tinggi," tukas Abdullah.

La Nina Bikin Harga Cabai Tembus Rp 71 Ribu per Kg Jelang Natal dan Tahun Baru

Permintaan yang banyak untuk cabai di awal ramadan membuat harga cabai mengalami kenaikan, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (19/6/2015). Harga Cabai Rawit naik dari harga Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu/kg. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Permintaan yang banyak untuk cabai di awal ramadan membuat harga cabai mengalami kenaikan, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (19/6/2015). Harga Cabai Rawit naik dari harga Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu/kg. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) melaporkan, sejumlah harga bahan pangan mengalami kenaikan jelang musim Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021. Kenaikan harga ini turut terjadi pada beberapa komoditas dasar seperti cabai dan bawang.

Ketua Umum Ikappi Abdullah Mansuri mengatakan, kenaikan harga ini terjadi terutama akibat faktor cuaca ekstrem imbas La Nina, yang menyebabkan hujan deras tiada henti di daerah penghasil.

"Pertama soal produksi, itu karena La Nina, karena hujan deras di beberapa daerah penghasil," kata Abdullah kepada Liputan6.com, Rabu (23/12/2020).

Menurut catatannya per Rabu (23/12/2020) hari ini, komoditas cabai seperti Cabai merah besar TW naik dari Rp 70 ribu menjadi Rp 70.900-71 ribu. Kemudian cabai rawit merah dari Rp 61 ribu ke Rp 61.500, dan cabai merah keriting dari Rp 66 ribu ke Rp 67 ribu.

Sementara komoditas bawang merah secara harga mengalami peningkatan dari Rp 33 ribu menjadi Rp 33.500, dan bawang putih dari Rp 29.500 ke Rp 30 ribu.

Abdullah menjelaskan, kenaikan ini terjadi karena produk cabai dan bawang seret pasokan. Sebab, produksinya tidak begitu banyak, namun permintaan makin meningkat jelang libur Nataru ini.

"Produksinya enggak begitu banyak. Tetapi harga terus tinggi, permintaan sudah tinggi. Bawang juga begitu. Stoknya ada tetapi memang permintaan cukup tinggi tetapi mau tidak mau harga naik," ujar dia.

Faktor berikutnya yang turut mengakibatkan harga cabai dan bawang naik yakni psikologi pasar. Abdullah menyatakan, pedagang kerap memainkan harga begitu permintaan terus meningkat.

"Psikologi pasar tuh begitu permintaannya tinggi, maka harganya dinaikan. Kalau saya sebut bulan panennya pedagang lah," tukas Abdullah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Merendam Kawasan Cikutra

Posted: 24 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wilayah lain di Kota Bandung yang dilanda banjir selain Pasteur adalah Cikutra. Banjir diwilayah ini merendam jalan-jalan utama dan membuat lalu lintas tersendat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shandy Aulia Mensyukuri Makna Natal, Tak Ingin Identik dengan Pesta dan Perayaan Besar

Posted: 24 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Natal di tahun 2020 identik dengan kesedihan. Banyak orang merayakan Natal dengan suasana sederhana dan terbatas karena pandemi Covid-19. Bagi Shandy Aulia, Natal tahun ini tetap menyimpan makna.

Tak mau menyalahkan keadaan di tengah wabah, Shandy Aulia mengajak orang lain untuk memaknai Natal dengan rasa syukur. Hal itu pula yang ia terapkan kepada diri sendiri dan keluarga kecilnya. Sebab, kata Shandy Aulia, Natal memberi banyak kebahagiaan.

Di tengah pandemi, Shandy Aulia tak merayakan Natal dengan suasana gegap gempita. Ia juga tak mau Natal selalu dikaitkan dengan suasana pesta dan perayaan besar. 

 

 

 

 

Kumpul Keluarga

Shandy Aulia (ist/ Munady Widjaja)
Shandy Aulia (ist/ Munady Widjaja)

"Natal kan bukan masalah pesta-pesta, yang penting kita bisa kumpul bersama keluarga," kata Shandy Aulia saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Shandy Aulia merasa menghabiskan Natal dengan keluarga sebagai berkah terindah yang patut disyukuri.

 

 

Ucap Syukur

Shandy Aulia mesra bersama suami (Instagram/shandyaulia)
Shandy Aulia mesra bersama suami (Instagram/shandyaulia)

Banyaknya hal yang terjadi karena pandemi Covid-19 membuat Shandy Aulia lebih bijaksana dalam memaknai Natal. Tak perlu bermewah-mewah, ia mengisyaratkan hal lain yang jauh lebih penting.

"Kita bisa berdoa di rumah saja sudah mengucap syukur lah sekarang," kata ibu satu anak ini menjelaskan.

 

 

 

Maknai Positif

(Adrian Putra/Fimela.com)
(Adrian Putra/Fimela.com)

Bintang film Eiffel Im In Love ini meminta agar masyarakat, khususnya yang merayakan Natal, tetap berpikir positif atas segala pemberian Tuhan. "Kita tuh butuh mengucap syukur saja sekarang," dia menegaskan.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Tengok Cara Cristiano Ronaldo Merayakan Natal Bersama Keluarga

Posted: 24 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo merayakan Natal 2020 bersama keluarganya. Itu terlihat dari unggahan bintang Juventus tersebut di akun twitternya @cristiano.

Dalam foto yang dibagikan, Ronaldo dan kekasihnya, Georgina Rodriguez kompak mengenakan kaus hijau. Ronaldo memadukannya dengan celana putih panjang dengan corak polkadot.

Sementara, Georgina tampak mengenakan rok pendek berwarna merah. Keempat anak Ronaldo juga punya gaya masing-masing.

Cristiano Ronaldo Jr yang paling tua mengenakan kaus merah dengan bando rusa. Ia juga memakai celana panjang kotak-kotak dengan sneakers Nike.

Sementara itu, dua putri Ronaldo tampak mengenakan setelan yang sama. Mereka memakai bando sinterklas dan baju merah dengan kerah putih.

Di saat yang sama, putra Ronaldo lainnya memakai kaus hijau dengan celana bergaris putih-merah. Di belakang mereka, pohon cemara berdiri dengan ornamen lampu khas Natal.

 

Libur Kompetisi

Georgina Rodriguez bersama Cristiano Ronaldo usai meraih Juventus meraih trofi Juara Italia Serie A di stadion Allianz di Turin pada Mei 2019. (AFP/Marco Bertorello)
Georgina Rodriguez bersama Cristiano Ronaldo usai meraih Juventus meraih trofi Juara Italia Serie A di stadion Allianz di Turin pada Mei 2019. (AFP/Marco Bertorello)

Liga Italia sendiri saat ini sedang libur hingga tahun baru. Ronaldo baru akan kembali merumput pada Senin (4/1/2021) bersama Juventus.

CR7 kemungkinan besar akan tampil saat Juventus menjamu Udinese. Bianconeri membidik kemenangan di laga itu usai kalah 0-3 dari Fiorentina di pekan sebelumnya.

Foto Ronaldo

Cristiano Ronaldo merayakan Natal bersama keluarganya (Twitter @cristiano)
Cristiano Ronaldo merayakan Natal bersama keluarganya (Twitter @cristiano)

Saksikan Video Cristiano Ronaldo di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Ucapan Selamat Natal dari para Menteri Ekonomi, Terselip Imbauan 3M

Posted: 24 Dec 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah menteri bidang ekonomi di Kabinet Indonesia Maju mengucapkan selamat Hari Raya Natal yang jatuh pada hari ini, Jumat 25 Desember 2020. Ucapan tersebut disampaikan lewat akun media sosial resmi milik masing-masing.

Tak hanya sekedar mengucapkan selamat Natal 2020, menteri-menteri ekonomi tersebut juga kompak mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman virus corona (Covid-19) yang terus mengintai.

Seperti diutarakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang coba menarik makna dari perayaan hari Natal tahun ini yang berbeda akibat pandemi Covid-19.

"Inilah saat yang hikmad untuk berterima kasih kepada Tuhan Sang Pencipta atas keluarga tercinta, kesehatan dan keselamatan, jiwa yang bertahan dalam menghadapi cobaan, serta kasih sayang teman, sahabat, dan handai taulan," tulis Sri Mulyani melalui akun resmi Instagram @smindrawati, Jumat (25/12/2020).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Sri Mulyani pun mengajak seluruh netizen untuk saling menguatkan agar tetap tegar berjuang melawan Covid-19. Tak lupa, ia pun meminta seluruh warga agar senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan dengan menerapkan prinsip 3M.

"Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan melindungi diri dengan menerapkan 3 M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak). Sertakan juga doa dan harapan agar tahun 2021 menjadi tahun penuh kebaikan bagimu, keluarga, dan Indonesia."

"Selamat Natal 2020 dan Selamat Menyambut Tahun Baru 2021! Sri Mulyani Indrawati dan keluarga," tulisnya.

 

Erick Thohir dan Airlangga Hartarto

Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir membahas perlindungan tenaga kesehatan dari paparan COVID-19 dalam pertemuan dengan IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir membahas perlindungan tenaga kesehatan dari paparan COVID-19 dalam pertemuan dengan IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

Senada, Menteri BUMN Erick Thohir juga menganjurkan netizen dan masyarakat untuk selalu menerapka prinsip 3M dalam perayaan Natal tahun 2020 ini.

"Selamat merayakan Hari Raya Natal bagi teman-teman yang merayakan. Jangan lupa tetap jaga 3M nya yaa," ungkap akun resmi Instagram @erickthohir.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga tak luput menyampaikan Hari Raya Natal 2020 melalui akun resmi Instagram @airlanggahartarto_official. Menurut dia, perayaan Natal tahun ini bisa jadi momentum untuk mempererat persaudaraan, kepedulian, solidaritas, dan kerukunan masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang bersatu.

"Bagi seluruh masyarakat Indonesia, saya juga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2021. Di tahun mendatang, insya Allah pemulihan ekonomi Indonesia akan mampu berjalan lebih baik dalam menggerakkan dan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia secara adil dan merata," tuturnya.

"Jangan lupa untuk selalu disiplin protokol kesehatan, laksanakan 3M, dan hindari kerumunan demi keselamatan kita semua. Salam," imbuh Airlangga Hartarto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nomor Telepon Istrinya Muncul di Sinetron, Curhatan Suami Ini Bikin Kasihan

Posted: 24 Dec 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sinetron Ikatan Cinta sejak menayangkan episode pertama telah berhasil mencuri perhatian para penontonnya. Tayangan yang dibintangi oleh Arya Saloka, Amanda Manopo, Glenca Chysara dan Ivan Sanders ini sukses membuat para penonton hanyut dalam emosi.

Bahkan ada yang saking turut merasakan cerita yang ada di sinetron tersebut, para penonton khususnya para ibu-ibu melampiaskannya dengan cara yang kocak. Mulai dari emosi memukul televisi hingga mengirim dm ke artis di media sosial.

Namun rupanya tak hanya apra artisnya saja yang mengalami hal tersebut. Seorang pengguna Facebook dengan nama akun Jambul, membagikan cerita yang dialaminya. Lewat akun Facebook tersebut, ia curhat jika nomor telepon istrinya sempat muncul di salah satu adegan sinetron Ikatan Cinta.

Sontak banyak orang asing yang menghubungi nomor WhatsApp istrinya tersebut. Dalam keterangannya, hampir setiap menit nomor sang istri tak berhenti berbunyi lantaran dichat banyak orang yang penasaran.

Nomor Istrinya Muncul di Sinetron

Nomor telepon istrinya muncul di Ikatan Cinta, mendadak diserang netizen. (Sumber: Facebook/Jambul)
Nomor telepon istrinya muncul di Ikatan Cinta, mendadak diserang netizen. (Sumber: Facebook/Jambul)

Dilansir dari akun Facebook Jambul oleh Liputan6.com, Jumat (25/12//2020) pria ini baru saja membagikan curhatannya dengan mengunggah sejumlah foto. Ia menceritakan jika ia ingin mencari nomor kontak produser sinetron Ikatan Cinta. 

Bukan tanpa alasan, ia menunjukkan foto dimana nomor telepon sang istri muncul di salah satu adegan di sinetron tersebut dengan nama Aldebaran. Sontak banyak penonton yang berhasil mengambil fotonya dan menghubungi nomor tersebut. 

"gara2 nomernya istriku keluar dibuat Aldibaren. Sekarang telepon enggak pernah berhenti ditelpon penggemarnya Aldebaran yang enggak kenal waktu. Minta tolong kalau ada yang tau (nomor kru sinetron). Terimakasih banyak sebelumnya" tulsinya pada postingan Rabu (23/12/2020).

Diserbu Penggemar

Nomor telepon istrinya muncul di Ikatan Cinta, mendadak diserang netizen. (Sumber: Facebook/Jambul)
Nomor telepon istrinya muncul di Ikatan Cinta, mendadak diserang netizen. (Sumber: Facebook/Jambul)

Dalam unggahannya, pemilik akun Facebook Jambul itu juga menyertakan beberapa foto tangkapan layar WhatsApp di telepon istrinya. Tampak chat dari orang tak dikenal menyerbu nomor tersebut.

Dalam waktu dua menit tanpa jeda banyak chat WhatsApp yang masuk ke nomor tersebut. Ada yang mengajak kenalan hingga mengira jika nomor tersebut adalah nomor asli aktor Arya Saloka.

Tentunya unggahan tersebut langsung ramai diperbincagkan netizen. Sebagian besar netizen merasa kasihan namun juga ada yang tak berhenti tertawa.

"Kok bisa pake nomer beneran, nomernya orang lagi" tulis komentar @welewelewel.

"Tapi mungkin acak nomer ga sii, nomor random ternyata beneran ada yang punya" timpal @hubiyaa.

"Buset 2 menit pesan banyak banget yg masuk" imbuh Denny Ardiansyah.

"Selamat pagi, dan selamat beraktivita.. Udah kyk ucapan selamat datang dari kasir aj" tambah netizen lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Natal 2020, Polisi Amankan Gereja di Jakarta

Posted: 24 Dec 2020 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengamankan sejumlah gereja di Jakarta pada momen perayaan Natal 2020, Jumat (25/12/2020).

Seperti halnya yang dilakukan jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Selatan yang melakukan pengamanan di Gereja Katolik ST Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan. Selain mengamankan, polisi juga mengimbau jemaat agar menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19.

"Polri Sat Lantas Jaksel melakukan Pengamanan dan melakukan Himbauan Protokol Kesehatan di Gereja Katolik ST. Stefanus Cilandak Jaksel dalam rangka Operasi Kepolisian Lilin Jaya 2020," tulis akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, Jumat (25/12/2020).

Hal sama juga dilakukan oleh jejaran Polres Jakarta Utara yang mengamankan Gereja Katedral Jakarta Pusat.

"Polri Sat Lantas Jakpus melakukan Pengamanan dan melakukan Himbauan Protokol Kesehatan di Gereja Katedral Jakarta Pusat dalam rangka Operasi Kepolisian Lilin Jaya 2020," tulisnya.

Selain mengamankan gereja, polisi juga turut membagikan bantuan kepada masyarakat di Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Polri Sat Lantas Jakut melakukan kegiatan Pembagian Bansos, Leaflet & Himbauan Protokol Kesehatan kepada masyarakat di Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara dalam rangka Operasi Kepolisian Lilin Jaya 2020," tulis TMC Polda Metro Jaya.

136 gereja mendapatkan pengamanan prioritas

Suasana misa malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Selasa (24/12/2019). Jemaat tampak khidmat dalam mengikuti prosesi ibadah tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana misa malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Selasa (24/12/2019). Jemaat tampak khidmat dalam mengikuti prosesi ibadah tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelummya, Polda Metro Jaya menerjunkan personel operasi pengamanan Hari Raya Natal 2020 di 1.635 gereja yang ada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, terdapat 136 gereja yang mendapatkan pengamanan prioritas pada perayaan Natal tahun ini.

"Malam ini baru saja disampaikan Pak Kapolda, beberapa tempat 1.635 gereja yang kita amankan, ada beberapa gereja menjadi skala prioritas, ada sekitar 136 prioritas gereja," ujar Yusri di Jakarta, Kamis (24/12/2020).

Dia menjelaskan, 136 tempat ibadah umat kristiani itu mendapatkan skala prioritas lantaran termasuk kategori gereja besar. Hal ini dilihat dari jumlah jemaat yang melakukan peribadatan di gereja tersebut.

"Misalnya gereja itu memang gereja besar, tetapi sudah ada aturan dari Kementerian Agama, dari pemerintah provinsi, dan teman-teman saudara dari gereja sudah mengerti yang biasanya 2.000 mereka menerima jemaat cuma 200," papar Yusri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Aku Terjebak Menikah dengan Lelaki yang Salah, Jumat 25 Desember 2020

Posted: 24 Dec 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial seperti biasa ditayangkan setiap hari. FTV Indosiar ini hadir mulai pukul 11.30 WIB.

Drama penuh hikmah apa yang disajikan di layar Indosiar pada episode Jumat (25/12/2020) siang ini?

Anda bisa menyaksikan episode tersebut via live streaming Indosiar dengan klik tautan ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Normalisasi dan Penguatan Tanggul Kali Bekasi dengan Anggaran 4,7 Triliun Rupiah

Posted: 24 Dec 2020 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Pusat melalui PUPR akan melakukan normalisasi dan penguatan tanggul Kali Bekasi dengan alokasi anggaran sebesar 4,7 Triliun Rupiah.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi 8 DPR-RI Nur Azizah Tamhid dalam pertemuannya dengan warga Perumahan Villa Jatirasa, Rabu (23/12/2020).

"Sudah ada alokasi anggaran 4,7 Triliun untuk normalisasi dan penguatan tanggul Kali Bekasi, kami mohon agar masyarakat turut mengawasi dan mendoakan pekerjaan ini agar terlaksana dengan baik," kata Nur Azizah.

Terkait bencana banjir di Kota Bekasi, Nur juga sudah meninjau ke lokasi di Perumahan Villa Jatirasa, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih pada Rabu (23/12/2020).

Didampingi Nur Mahmudi Isma'il saat ke lokasi, selain mendengar aspirasi dari warga Nur Azizah juga meninjau rumah Pak Amran dekat kantor RW 12 yang hancur akibat terdampak banjir. Masih berdekatan dengan Hari Ibu, dia juga memberikan bantuan kepada 4 orang ibu yang rumahnya hancur akibat banjir 1 Januari 2020 dan 25 Oktober 2020 lalu.

"Saya turut prihatin. Saya berharap para ibu terus meningkat rasa syukur, perbanyak berdzikir dan berdoa agar istiqomah beribadah, beramal sholeh pada akhir hayat mencapai Husnul Khotimah. Selain itu, Ibu-ibu diharapkan tetap mau turut aktif bermasyarakat agar dapat membimbing masyarakat dan para pemuda untuk lebih giat belajar, disiplin bekerja, kreatif dan produktif, bertekad untuk mandiri, pantang menganggur, mengemis, apalagi mengganggu orang lain, sebagaimana yang dicontohkan Pak Amran yang kreatif mengubah sampah sebagai sumber masalah menjadi berkah," ujar politisi dari Fraksi PKS ini.

"Saya juga berterimakasih kepada para kader POSYANDU dan PKK, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, masih aktif melaksanakan berbagai kegiatan termasuk melakukan pengecekan kesehatan warganya meski dengan cara sweeping / datang ke rumah ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini," ucap Nur Azizah.

Nur Azizah mengaku diinformasikan oleh Anggota DPRD Kota Bekasi, Latu Har Hary bahwa ada kondisi rumah warga yang memprihatinkan akibat banjir lalu sehingga berinisiatif untuk meninjau langsung lokasi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir lalu.

Pemerintah Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat hendaknya berusaha serta bahu membahu bersama masyarakat untuk memperbaiki rumah tidak layak huni warga tidak mampu, terutama akibat Banjir.

Rencananya, akan dilakukan advokasi proposal bantuan perbaikan rumah bagi korban banjir yang kurang mampu kepada berbagai sumber yang memungkinkan.

"Pulang dari sini, akan saya coba perjuangan sebagai sinergitas antara Program Rutilahu dari Pemerintah Pusat dan juga bantuan yang bisa diberikan oleh Pemerintah Kota Bekasi, melalui Dinas Terkait. Semoga Bapak Wali Kota, bisa memberikan bantuan bagi warga yang memang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah kota," ujar Latu Har Hary, Anggota DPRD Kota Bekasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memahami Arti Syahadat, Penerapan, Keutamaan, dan Konsekuensi Pengucapannya

Posted: 24 Dec 2020 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kalimat syahadat adalah bagian dari rukun Islam yang pertama selain salat, zakat, puasa, dan haji. Tidak sekadar kalimat biasa karena arti syahadat adalah bentuk ketauhidan dan keimanan yang sesungguhnya.

Arti syahadat dari kalimat "Asyhaduan Laa Ilaaha ill Allah, wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullah" ada dua. Bersaksi tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Kalimat tauhid ini memiliki banyak sekali keutamaan jika dimaknai dari arti syahadat sesungguhnya. Keutamaan ikrar ini bisa didapat jika penerapan dalam kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan dengan kesungguhan.

Berikut Liputan6.com ulas arti syahadat, penerapan, keutamaan, dan konsekuensi pengucapannya dari berbagai sumber

Kalimat Syahadat

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

"Asyhaduan Laa Ilaaha ill Allah, wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullah"

Kalimat syahadat tersebut terdiri dari dua kalimat yang memiliki pemaknaan berbeda. Jika dikulik dari asal kata dan bahasanya akan merujuk pada bentuk kesaksian.

Berasal dari bahasa Arab, yakni syahida yang artinya telah bersaksi. Secara harfiah, arti syahadat adalah memberi kesaksian dan memberi pengakuan.

Syahadat terdiri dari dua kalimat persaksian yang disebut dengan Syahadatain, yaitu:

1. Ayshadu An-la ilaha illallah yang artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah,

2. Wa Ayshadu Anna Muhammada Rasulullah yang artinya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

(Hamid Ahmad At-Thahir, 2010).

Arti Syahadat

Secara sederhananya, arti syahadat adalah kesaksian dan pengakuan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Dalam arti syahadat ini, ada pemaknaan yang perlu diketahui umat Islam.

Syahadat adalah kalimat tauhid yang menjadi pondasi pertama seseorang menjadi Muslim. Ikrar syahadat membuat seorang muslim bersedia menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak sekadar pengucapan, bersyahadat membuat seseorang harus melakukan kesaksian dan pengakuan tersebut dengan perbuatan yang nyata. Berdasarkan arti syahadat maka, beribadah kepada Allah SWT, menjauhi larangannya, dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW perlu dilakukan.

Penerapan Arti Syahadat

Ilustrasi Al-Qur'an | Freepik
Ilustrasi Al-Qur'an | Freepik

Beriman dan bertaqwa kepada Allah, menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangannya, menyembah hanya kepada Allah tanpa menyekutukannya sedikitpun dengan sesuatu apapun merupakan bentuk dan implementasi terhadap kalimat tauhid.

Selalu mengikuti sunnah Nabi, ittiba', tidak taklid atau ikut-ikutan dalam mengerjakan suatu amalan ibadah, terlebih lagi menjauhi segala perbuatan bid'ah apapun bentuknya sebagai bentuk utama dari penerapan sekaligus konsekuensi terhadap kalimat syahadat.

Makna kata Muhammad Rasulullah menuntut kesediaan menjadikan Rasullullah sebagai teladan, sehingga bernilai disisi Allah. Kalimat ini menjadikan seorang muslim memiliki rasa cinta, ridho dengan segala yang dicontohkan dari segi amal, perkataan dan semua tingkah laku beliau. (Ummu Yasmin, 2004:48).

Pengucapan Kalimat Syahadat

Pernyataan kalimat Syahadat dengan lisan paling tidak diucapkan satu kali seumur hidup sebagai pernyataan awal bagi pemeluk agama Islam. Rukun imam yang paling fundamental yang diajarkan oleh Allah adalah keesaan Allah (Tauhid).

Hal ini diekspresikan dalam kalimat syahadat pertama yang berbunyi laa ilaha illallah, yang berarti "tidak ada tuhan selain Allah." Ekspesi iman ini membedakan orang Muslim sejati denga orang kafir (yang tidak beriman).

Hal ini penting sekali karena ekspresi itu membebaskan konsep tauhid (keesaan Allah) dari semua ketidaksucian dan menjadikannya suci, sederhana, dan terlepas dari setiap bahaya syirik. (Begum 'Aisyah Bawany, 1994:17).

Keutamaan Membaca Kalimat Syahadat

Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com
Ilustrasi Al-Qur'an | Credit: freepik.com

Jaminan Masuk Surga

Membaca kalimat syahadat dapat membawa kita menjadi penghuni surga. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

"Barang siapa yang akhir perkataannya sebelum menginggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga." (HR. Abu daud)

Delapan Kunci Pintu Surga

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: "Barang siapa mengucapkan: "Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembah yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan bersaksi bahwa Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya dan bersaksi pula bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya", maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki." (HR. Muslim)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang senantiasa membaca dan mengucapkan kalimat syahadat maka dapat menjadi penghuni surga dengan cara masuk melalui salah satu dari delapan pintu surga yang kita sukai.

Menumbuhkan Sifat Tawakal

Tawakal merupakan kepercayaan hati terhadap Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Seseorang yang tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT.

Maka jiwanya akan selalu tenang dan tidak bingung jika menemukan berbagai macam masalah yang di hadapi, karena kita sudah menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

Seseorang yang berdzikir setiap hari mengucap kalimat syahadat maka akan tumbuh sifat tawakal di dalam dirinya.

Kebaikan Paling Utama

Pada suatu kisah, Abu dzar pernah bertanya pada Rasulullah : "Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat menjauhkanku dari neraka."

Kemudian Nabi Muhammad bersabda, "Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapat sepuluh yang semisal."

Lalu Abu dzar berkata, "Wahai Rasulullah apakah kalimat laa ilaaha illallah merupakan kebaikan? Rasulullah bersabda "Kalimat itu merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan."

Dzikir Paling Utama

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang wajib di jalani kaum muslim dan muslimin, hal tersebut di anjurkan agar kita senantiasa mengingat Allah dalam keadaan apapun. Ada berbagai macam bacaan dzikir yang dapat kita baca, namun kalimat syahdat menjadi bacaan dzikir yang paling utama di mata Allah SWT.

Konsekuensi Penting Arti Syahadat

1. Membenarkan segala apa yang Nabi Muhammad kabarkan, tanpa ada keraguan sama sekali.

2. Menjalankan setiap yang di perintahkan oleh Allah dan Nabi Muhammad, tanpa menolaknya sama sekali.

3. Meninggalkan setiap perkara yang dilarang oleh Allah dan Nabi Muhammad, tanpa menentangnya sama sekali.

4. Tidak mendahulukan perkataan manusia dibanding dengan perkataan Nabi Muhammad serta firman Allah.

5. Tidak membuat bid'ah dalam agama yang tidak diajarkan baik kaitannya dengan akidah (keyakinan), perkataan, dan perbuatan oleh Nabi Muhammad.

6. Tidak meyakini bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam punya kemampuan rububiyah atau punya kemampuan seperti yang Allah lakukan, yaitu mencipta, memberi rezeki dan mengabulkan doa. Nabi Muhammad SAW hanyalah 'abdun wa Rasul atau hamba dan utusan Allah. Namun Beliau adalah utusan Allah yang tidak boleh dilecehkan.

7. Menghormati perkataan Nabi Muhammad. Contohnya kita tidak boleh menyebar hadits-hadits palsu dan membuat-buatnya dengan maksud-maksud tertentu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-detik Banjir Melanda Kawasan Jalan Pasteur Bandung

Posted: 24 Dec 2020 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Pasteur Kota Bandung dilanda banjir. Banjir akibat buruknya sistem drainase. Bandung merendam kendaraan, bahkan kendaraan ada yang nyaris tenggelam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misa Natal 2020 di Katedral Jakarta Berjalan Lancar dan Khidmat

Posted: 24 Dec 2020 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah misa Hari Raya Natal 2020 di Gereja Katedral Jakarta berjalan lancar dan khidmat, meski digelar secara terbatas karena pandemi Covid-19. Adapun ibadah Misa di Katedral berlangsung mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (25/12/2020).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com melalui Youtube Komsos Katedral Jakarta, prosesi misa dipimpin oleh Romo Yohanes Maryana SJ. Ibadat dan perayaan Natal di Katedral tahun ini dilakukan secara online dan offline.

Hal ini guna membatasi jumlah umat yang datang ke gereja dan mencegah penularan Covid-19.

Dalam ibadah secara tatap muka, jumlahnya dibatasi yakni hanya 20 persen atau 309 kursi dari total kapasitas gereja.

Mereka juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker dari rumah hingga ke tempat ibadah serta menjaga jarak aman. Selain itu, waktu pelaksanaan misa Natal dibatasi.

Jika sebelum pandemi Covid-19 pelaksanaan misa sampai dua jam, kini hanya maksimal satu jam. Pengurangan waktu misa Natal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kita juga memastikan para pelayan peribadatan bebas Covid-19 dengan tes yang ada," kata Sekjen Keuskupan Agung Jakarta, Romo Vincentius Adi Prasojo di di Media Center Graha BNPB, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Jokowi Ucapkan Selamat Natal

Umat Kristiani mengikuti misa Natal di Gereja Immanuel, Jakarta, Kamis (24/12/2020). Misa Natal di Gereja Immanuel digelar dengan membatasi jumlah jemaat menjadi sebanyak 50 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Umat Kristiani mengikuti misa Natal di Gereja Immanuel, Jakarta, Kamis (24/12/2020). Misa Natal di Gereja Immanuel digelar dengan membatasi jumlah jemaat menjadi sebanyak 50 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Natal 2020 kepada umat Kristiani. Jokowi menyadari bahwa perayaan Natal tahun ini berbeda dari sebelumnya karena di tengah pandemi Covid-19.

"Hari Natal tahun ini tidak seperti tahun-tahun lalu ketika keceriaan dan keriaan akhir tahun menyelimuti kehidupan negeri kita," ujar Jokowi melalui akun twitternya @jokowi, Jumat (25/12/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan sejumlah negara lainnya memberikan banyak pelajaran baru. Kendati begitu, Jokowi berharap Hari Natal 2020 dapat memberikan kedamaian untuk masyarakat.

"Semoga kedamaian, keselamatan, dan keberkahan senantiasa mengiringi langkah kita semua," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK dan Rombongan Temui Presiden Ashraf Ghani, Cari Solusi Konflik Afganistan

Posted: 24 Dec 2020 08:07 PM PST

Liputan6.com, Kabul - Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) masih melanjutkan kunjungannya di Afganistan, untuk membantu perdamaian antara pemerintah setempat dan Taliban. Ia dan rombongan mendatangi Istana Kepresidenan di Kabul

Kunjungan itu berlangsung pada Kamis, 24 Desember 2012. Jusuf Kalla ditemani delegasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

"Presiden Ashraf Ghani yang didampingi Tim Juru Runding Perdamaian mengharapkan Jusuf Kalla bisa menjadi mediator perundingan pemerintah Afghanistan dan Taliban demi terciptanya Perdamaian di Afghanistan," ujar keterangan dari staf Jusuf Kalla, Kamis (25/12/2020). 

Sebelumnya, juru bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah, menjelaskan bahwa kunjungan ini juga membahas isu kemanusiaan dan ekonomi. Selain bertemu Presiden Ashraf, menurut rencana JK juga akan bertemu Kepala Konsil Rekonsiliasi Afghanistan Abdullah Abdullah, Menteri Luar Negeri Mohammad Haneef Atmar dan Menteri Urusan Haji.

Di pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sebetulnya sudah bergerak untuk membantu perdamaian di Afganistan. Ia menitikberatkan pada peran perempuan untuk membantu perdamaian. Hingga kini, pemerintah Afganistan dan Taliban masih cekcok terkait masalah kekuasaan.

Afganistan Minta JK Jadi Mediator Perdamaian dengan Taliban

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu Menteri Agama dan Haji Republik Islam Afghanistan, Mohammad Qasim Halimi di Istana Presiden Afganistan Char Chinar Palace di Kabul, Rabu (23/12/2020). (Ist)
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu Menteri Agama dan Haji Republik Islam Afghanistan, Mohammad Qasim Halimi di Istana Presiden Afganistan Char Chinar Palace di Kabul, Rabu (23/12/2020). (Ist)

Pemerintah Afganistan meminta mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) beserta ulama di Indonesia menjadi mediator perdamaian atas konflik kekerasan di negaranya yang melibatkan faksi Taliban. Mediasi rencananya dilakukan di Jakarta dalam bentuk dialog.

Hal ini disampaikan Menteri Agama dan Haji Republik Islam Afganistan, Mohammad Qasim Halimi saat berdialog dengan JK di Istana Presiden Afganistan Char Chinar Palace di Kabul, Rabu 23 Desember 2020. 

"Kita ingin Pak JK dan ulama Indonesia memfasilitasi dialog ulama Afganistan dan ulama Taliban untuk mengakhiri konflik," ujar Qasim.

Qasim menjelaskan, konflik dengan faksi Taliban terjadi akibat adanya perbedaan pandangan dalam mencari model pemerintahan Islam yang cocok bagi Afganistan. Namun, Qasim tak ingin konflik ini berlarut-larut sehingga memberikan dampak buruk bagi negara dan 32 juta penduduknya.

"Kami ingin semua itu diakhiri dan kami ingin mendiskusikan untuk segera menentukan bentuk pemerintahan yang cocok," ucapnya.

 

Ajak Taliban Berdialog

Jusuf Kalla beserta rombongan tiba di Afganistan dan dijemput helikopter militer. (Istimewa)
Jusuf Kalla beserta rombongan tiba di Afganistan dan dijemput helikopter militer. (Istimewa)

JK yang merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan kesediaannya menjadi mediator perdamaian antara Afghanistan dengan faksi Taliban. Dia mengaku terus berkomitmen mengajak pihak-pihak yang berkonflik di Afghanistan untuk mengakhiri aksi kekerasan.

JK pun mengajak ulama-ulama di Indonesia untuk membujuk Taliban agar bersedia berdialog dengan Pemerintah Afghanistan. JK juga akan segera berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan melapor ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenai permintaan Afghanistan.

"Saya juga akan segera melaporkan ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk berkordinasi, bagaimana pun program perdamaian ini adalah gagasan dari Pemerintah RI," kata JK.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Kebetulan, Ini Alasan COVID-19 Varian Baru Pertama Kali Ditemukan di Inggris

Posted: 24 Dec 2020 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta COVID-19 pada dasarnya adalah virus yang cepat menular. Belum usai masalah COVID-19 tersebut, dunia kembali khawatir dengan ditemukannya varian baru virus Corona COVID-19 baru di Inggris yang diklaim 70 persen lebih menular oleh National Health Service (NHS).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D. menyampaikan, varian baru COVID-19 pertama kali dilaporkan Inggris pada September 2020 dan per 13 Desember sudah lebih dari 1.100 kasus yang terdeteksi di Inggris Raya.

"Peningkatannya itu begitu cepat sehingga di Inggris bagian tenggara dari seluruh virus yang dilacak, 50 persennya adalah varian baru," ujar Bambang dalam konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kamis (24/12/2020).

Kemunculan varian baru COVID-19 bukan semata-mata karena kebetulan, tambah Bambang. Hal ini dikarenakan Inggris adalah salah satu negara yang memiliki monitoring, surveilans genomik, dan molekuler yang terbaik di dunia.

"Karena itu mereka bisa mendeteksi bahwa ada mutasi yang ternyata bisa menyebabkan penularan yang lebih cepat."

Inggris sudah melihat bahwa varian baru ini memang dapat menular lebih cepat namun belum ada bukti bahwa varian ini dapat menambah tingkat keparahan dan tingkat kematian.

"Tapi tetap, intinya kita harus hati-hati."

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jangan Lengah

Dengan adanya varian baru virus Corona COVID-19, Bambang mengimbau masyarakat untuk tidak boleh sedikit pun lengah dari penerapan protokol kesehatan.

Mengingat, sebelum adanya varian baru, COVID-19 yang selama ini dikenal pun pada dasarnya memiliki kemampuan cepat menular dan beradaptasi.

"SARS-Cov 2 adalah virus RNA yang tergolong paling besar dalam keluarga virus Corona. Yang perlu kita perhatikan, cara penularannya sangat mudah yaitu melalui droplet."

COVID-19 juga memiliki daya tular yang lebih tinggi ketimbang SARS. Pada tahun 2000 SARS menyebabkan beberapa negara terpaksa menghentikan kegiatan ekonominya. Namun, COVID-19 ini jauh lebih parah dari itu.

"Satu lagi, virus ini mudah beradaptasi dengan host. Karena mudah beradaptasi maka terjadilah mutasi."

Mutasi tersebut terjadi mulanya dari orang ke orang, berkembang menjadi dari satu etnis ke etnis lain, dan akhirnya dari satu wilayah ke wilayah lain.

"Jadi kalau dilihat, begitu mudahnya penyebaran ini," pungkas Bambang.

 

 

Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat COVID-19

Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat Salurkan 9,3 Miliar bagi Pelaku UMKM di Penghujung 2020

Posted: 24 Dec 2020 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat menyalurkan bantuan permodalan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat sebesar 9,3 miliar rupiah di penghujung tahun 2020.

Melalui Program Kemitraan (PK), Pertamina berkomitmen mendukung UMKM untuk bangkit di masa pemulihan akibat terdampak pandemi Covid-19. Penyerahan dana pinjaman modal kemitraan ini secara simbolis dilakukan dengan penandatanganan akad kredit yang dilaksanakan di beberapa kota di 3 provinsi yakni Serang, Jakarta Selatan, Purwakarta, Bandung, dan Cirebon pada 22 – 24 Desember 2020 pekan ini.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa Program Kemitraan ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM agar dapat bangkit dari dampak pandemi sehingga menjadi penggerak perekonomian di wilayah masing-masing.

"Di akhir Desember 2020 ini, Pertamina Regional Jawa Bagian Barat menyalurkan dana kemitraan sebesar 9,32 milyar kepada 73 mitra di wilayah Banten, DKI, dan Jawa Barat. Pertamina berharap dapat membantu UMKM yang terdampak pandemi untuk dapat bangkit," ujar Eko.

Ke-73 mitra binaan ini merupakan UMKM yang bergerak di berbagai macam bidang usaha, seperti makanan dan minuman / kuliner (culinary), katering, kerajinan (craft) dan produk kreatif, busana dan aksesoris (fashion), budidaya jamur, gula aren, kopi, perdagangan, serta konveksi dan industri pakaian. Selain itu, terdapat juga pangkalan LPG melalui program Pinky Movement, serta dukungan permodalan bagi pelaku usaha bengkel Enduro.

"Selain mendukung pemulihan UMKM yang terdampak pandemi, dengan Program Kemitraan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil UMKM binaan Pertamina menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga dapat menggerakkan perekonomian di sekitar wilayah operasi Pertamina," tutur Eko.

Ditambahkannya, selain UMKM yang bergerak di berbagai bidang usaha di atas, Pertamina juga memberikan pinjaman modal bagi pangkalan LPG dan UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG Non-subsidi agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan menjual dan/atau menggunakan LPG Non-subsidi yakni BrightGas melalui program Pinky Movement ; serta bantuan pinjaman modal bagi bengkel yang terafiliasi dengan Enduro, produk pelumas Pertamina.

"Dengan semakin banyaknya pangkalan LPG yang bergabung dalam program Pinky Movement dan menyediakan produk BrightGas, diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah ke atas untuk menggunakan produk LPG Non-subsidi sehingga produk LPG subsidi dapat lebih tepat sasaran. Pertamina juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang telah semakin banyak beralih menggunakan BrightGas untuk usaha mereka," tambah Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR III.

Anwar (54 tahun), salah satu mitra binaan dari Kabupaten Lebak, Banten dengan usaha UMKM Gula Aren Semut Harirang Mitra Mandala menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang telah memberikan bantuan pinjaman modal usaha yang akan digunakan untuk pengembangan produk.

"Terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan bantuan pinjaman modal untuk pengembangan usaha kami. Mudah-mudahan usaha kami bisa lebih maju dan berkontribusi bagi perkembangan ekonomi, khususnya menambah ekspor dari wilayah Banten," ungkap Anwar.

Untuk informasi persyaratan dan prosedur Program Kemitraan (PK) Pertamina dapat diakses melalui laman https://pertamina.com/id/program-kemitraan dan Call Center Pertamina 135.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Preman Dilempar Tabung Gas 12 Kg

Posted: 24 Dec 2020 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terekam kamera CCTV aksi apes preman dilempar menggunakan tabung gas 12 kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat Daftar Bandara yang Layani Rapid Test Antigen Beserta Biayanya

Posted: 24 Dec 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi lonjakan kasus virus corona baru saat dan setelah periode libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah daerah memperbarui dokumen syarat masuk ke wilayah masing-masing. Beberapa di antaranya wajib menyertakan hasil negatif uji rapid test antigen.

Berkaca pada kebijakan itu, sederet bandar udara (bandara) di berbagai daerah pun menyediakan layanan tes COVID-19 tersebut. Berikut daftarnya beserta biaya yang mesti Anda keluarkan untuk menikmati layanan tersebut.

Bandara Soekarno Hatta

Berdasarkan informasi di akun Instagram resmi, pihak bandara menginformasikan bahwa layanan tes COVID-19, termasuk rapid test antigen, tersedia di Airport Health Center di Terminal 2 dan Terminal 3 yang beroperasi setiap hari selama 24 jam.

Rapid test antigen sendiri dibanderol Rp200 ribu. Hasil pemeriksaan akan keluar 15 menit atau sesuai kondisi antrean. Karenanya, bagi penumpang yang hendak melakukan tes COVID-19, disarankan untuk datang empat jam sebelum keberangkatan.

Supaya tak terlalu antre, Anda juga bisa melakukan pemesanan layanan pre-order. Caranya, registrasi atau log in ke laman Travelation. Kemudian, pilih fiitur Health, klik Airport Healt Center. Pilih waktu dan lokasi tes. Klik Search dan pilih layanan tes COVID-19.

Masukkan nomor penerbangan dan biodata sesuai permintaan. Setelah selesai, pilih Reserve. Setelahnya, Anda tinggal datang ke lokasi bandara di waktu yang telah dipilih untuk melakukan tes COVID-19 tersebut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (dok. Biro Humas dan Komunikasi Publik Kemenparekraf/Dinny Mutiah)
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (dok. Biro Humas dan Komunikasi Publik Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Layanan rapid test antigen di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berlokasi di area Ex-Gedung Wisti Sabha, dekat terminal keberangkatan domestik. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul 07.00--19.00 WITA.

Menurut unggahan akun Instagram resmi, biaya yang dikenakan adalah Rp170 ribu dengan hasil pemeriksaan keluar dalam waktu kurang lebih 15 menit. Selain penumpang pesawat, tes ini juga bisa dilakukan masyarakat umum.

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Biaya rapid test antigen dibanerol Rp170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam satu jam. Selain mengutamakan penumpang, layanan ini juga dapat dinikmati masyarakat umum. Pihaknya hanya mengimbau tes dilakukan H-1 atau setidaknya tiga jam sebelum keberangkatan.

Bandara Internasional Yogyakarta

Suasana di ruang tunggu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Rabu (11/11/2020). Bandara yang melayani sekitar 20 juta penumpang per tahun dibalut dengan warna cat oleh AkzoNobel Decorative Paints Indonesia dan AkzoNobel Performance Coatings Indonesia. (Liputan6.com/Pool)
Suasana di ruang tunggu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Rabu (11/11/2020). Bandara yang melayani sekitar 20 juta penumpang per tahun dibalut dengan warna cat oleh AkzoNobel Decorative Paints Indonesia dan AkzoNobel Performance Coatings Indonesia. (Liputan6.com/Pool)

Berlokasi di lantai mezzanine sisi timur penghubung gedung Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pihaknya menyediakan layanan tes rapid test antigen dengan biaya Rp170 ribu. Hasil pemeriksaan akan keluar sekitar 30 menit setelahnya.

Sebagai catatan, sejak Rabu, 24 Desember 2020, layanan rapid test antigen hanya berlaku bagi penumpang pesawat. Karenanya, harus menunjukkan KTP dan boarding pass saat melakukan pendaftaran. Layanan ini sendiri dibuka hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya.

Bandara Internasional Juanda Surabaya

Rapid test antigen dilayani setiap harinya di area pelataran parkir kendaraan roda empat Terminal 1 (T1) Bandara Internasional Juanda, Surabaya seharga Rp170 ribu. Jam layanannya tercatat pukul 07.00--15.00 WIB dan hasil dapat diambil kurang lebih 60 menit setelahnya, tergantung lama antrean.

Bandara Bandara Husein Sastranegara Bandung

Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Dok AP II
Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Dok AP II

Bandara Husein Sastranegara menyediakan layanan rapid test antigen seharga RP175 ribu dan hasilnya akan keluar sekitar 15 menit. Layanan tes COVID-19 ini berada di lantai dua, aksesnya di samping kanan hall depan bandara. Pemeriksaan dimulai pukul 07.00--17.00 WIB.

Bandara Kualanamu Medan

Dengan tarif Rp200 ribu, layanan rapid test antigen di Bandara Kualanamu, Medan, berada di di lantai mezzanine. Layanan ini beroperasi pukul 04.00--20.00 WIB dengan hasil keluar sekitar 15--30 menit setelahnya, tergantung antrean.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru

Layanan rapid test antigen pun tersedia di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, Riau dengan tarif Rp200 ribu. Layanan tersebut dibuka setiap hari pukul 06.00-- 19.00 WIB dengan hasilnya dapat diketahui sekitar 15 menit setelah pemeriksaan.

 

Infografis 6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Momen Kebetulan yang Bikin Takjub Saat Melihatnya

Posted: 24 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian individu akan memotret untuk mengabadikan momen yang terjadi. Tak jarang seseorang melakukannya agar bisa mengingat dan mengenang peristiwanya kapan saja.

Salah satu momen unik yang kerap diabadikan yaitu ketika menemukan hal-hal kebetulan di lingkungan sekitar kita. Momen tersebut tentu sangat langka.

Artikel tentang sepuluh potret momen kebetulan ini bikin takjub saat melihatnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kumpulan ucapan Hari Natal yang cocok dikirim ke orang terkasih.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang lima zodiak ini kecanduan banget media sosial.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Potret Momen Kebetulan Ini Bikin Takjub Saat Melihatnya

10 Potret Kebetulan yang Bikin Perut Geli Saat Melihatnya. Sumber: Reddit.
10 Potret Kebetulan yang Bikin Perut Geli Saat Melihatnya. Sumber: Reddit.

Pasalnya, tak mudah untuk menemukan momen yang tepat. Seperti 10 potret menarik di berikut ini yang terjadi secara kebetulan dan membuat geli perut saat melihatnya.

Selengkapnya...

2. Kumpulan Ucapan Hari Natal yang Cocok Dikirim ke Orang Terkasih

Ilustrasi Natal (pixabay.com)
Ilustrasi Natal (pixabay.com)

Umat Kristiani juga tentu telah melakukan persiapan untuk menyambut perayaan Natal esok hari. Mulai dari pohon Natal hingga dekorasi rumah yang akan menjadi tempat berkumpul keluarga.

Namun, tak lengkap rasanya jika tak mempersiapkan ucapan Natal untuk diberikan kepada sanak saudara dan kerabat. Ya, tentu banyak dari Anda yang tak berkesempatan bertemu semua kerabat dan teman yang merayakan Natal secara langsung.

Oleh karena itu, Anda bisa mengirimkan ucapan Natal melalui pesan singkat. Berikut kumpulan ucapan Natal yang bisa Anda pilih untuk dikirim ke orang terkasih.

Selengkapnya...

3. 5 Zodiak Ini Kecanduan Banget dengan Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial. KreditL Photo Mix from Pixabay
Ilustrasi Media Sosial. KreditL Photo Mix from Pixabay

Kecanduan terhadap aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, dan lainnya, bukanlah hal yang aneh. Generasi milenial saat ini terus-menerus mengecek dengan ponsel pintar mereka. Lama-kelamaan, ini menjadi sebuah kebiasaan.

Selain itu, orang-orang yang memeriksa ponsel mereka di pagi hari dapat disebut sebagai pecandu media sosial. Beberapa orang lebih kecanduan media sosial dan astrolog dapat menentukan kepribadian spesifik mereka.

Nah, berikut adalah zodiak teratas yang kecanduan media sosial.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pengumuman Konsol Gim Milik KFC Jadi Sorotan

Posted: 24 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Walau sempat hanya sebatas lelucon, KFC didukung dengan Cooler Master dan Intel berencana untuk meluncurkan konsol gaming bernama KFConsole.

Artikel soal penampakan KFConsole dan spesifikasi konsol gaming milik KFC tersebut menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Kamis (24/12/2020).

Selain itu, artikel tentang kabar Tri Indonesia dan Indosat Ooredoo merger, dan layanan baru di dalam aplikasi PeduliLindungi.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. KFC Rilis Konsol Gaming, Ingin Saingi PS5 dan Xbox Series X?

Siapa sih yang tidak kenal dengan waralaba ayam goreng paling terkenal di dunia, yakni KFC (Kentucky Fried Chicken).

Populer dengan beragam menu ayam gorengnya, siapa yang menyangka KFC berencana untuk meluncurkan sebuah konsol gim yang diberi nama KFConsole.

Sebelumnya, sehari setelah Sony mengungkap PlayStation 5 (PS5) pada Juni 2020, KFC menunggah sebuah video yang memperlihatkan bentuk KFConsole ini di media sosial.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Tri Indonesia dan Indosat Ooredoo Akan Merger?

CK Hutchison Holdings Ltd. Hong Kong (pemilik bisnis Tri Indonesia) dikabarkan tengah mendekati kesepakatan dengan QPSC Ooredoo Qatar (penguasa saham Indosat Ooredoo) untuk menggabungkan operasi telekomunikasi mereka di Asia Tenggara.

Kata seorang sumber yang terlibat dalam diskusi tertutup itu, CK Hutchison sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk menggabungkan bisnis telekomunikasi di Indonesia antara Tri Indonesia dengan Indosat Ooredoo.

Mengutip Bloomberg, Kamis (24/12/2020), Ooredoo memiliki sekitar 65 persen saham Indosat yang terdaftar di Jakarta. Kesepakatan akan melibatkan penawaran tunai dan saham.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Aplikasi PeduliLindungi Hadirkan Layanan Telemedis dari GrabHealth dan Good Doctor

Aplikasi pelacakan Covid-19 di Indonesia PeduliLindungi kini menghadirkan fitur layanan telemedis. Layanan ini hadir berkat kerja sama Kementerian Komunikasi Informatika dengan Good Doctor dan GrabHealth.

Keduanya menghadirkan layanan konsultasi jarak jauh dan pemeriksaan kesehatan mandiri untuk pengguna PeduliLindungi.

Para pengguna PeduliLindungi sudah bisa mengakses fitur layanan telemedis dari GrabHealth dan Good Doctor mulai 18 Desember 2020.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Boxing Day : Leicester City vs MU di Televisi

Posted: 24 Dec 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris tidak mengenal libur selama Natal dan Tahun Baru. Justru ada beberapa pertandingan seru yang tersaji.

Laga Leicester City melawan Manchester United akan menjadi pembuka pekan ke-15 Liga Inggris. Duel ini akan dimainkan di King Power Stadium, Sabtu (26/12/2020) malam WIB.

Leicester dan MU bersaing ketat di papan atas bersama Liverpool yang memuncaki klasemen. Leicester di posisi kedua dengan 27 poin, unggul satu angka dari Setan Merah yang setingkat di bawah.

Kedua klub terakhir bertemu pada laga penutup Liga Inggris musim lalu. Saat itu, MU mempermalukan Leicester dengan skor 2-0 di kandang.

Laga Liga Inggris lainnya yang jangan sampai dilewatkan adalah duel Arsenal melawan Chelsea. Lihat jadwal selengkapnya di halaman berikutnya.

 

Jadwal Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu 26 Desember 2020

19.30 WIB, Leicester City vs Manchester United (Mola TV)

22.00 WIB, Aston Villa vs Crystal Palace (Mola TV) 

22.00 WIB, Fulham vs Southampton (Mola TV)

Minggu 27 Desember 2020

00.30 WIB, Arsenal vs Chelsea (Mola TV)

03.00 WIB, Manchester City vs Newcastle United (Mola TV)

03.00 WIB, Sheffield United vs Everton (Mola TV)

 

Jadwal Selanjutnya

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Minggu, 27 Desember 2020

19.00 WIB, Leeds United vs Burnley (Mola TV)

21.15 WIB, West Ham United vs Brighton Albion (Mola TV)

23.30 WIB, Liverpool vs West Bromwich (Mola TV)

Senin 28 Desember 2020

02.15 WIB, Wolverhampton vs Tottenham Hotspur (Mola TV)

 

Klasemen Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
 

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: