Kamis, 03 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hendak Amankan Pilkada Serentak, 30 Polisi di Jateng Reaktif Covid-19

Posted: 03 Dec 2020 11:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 30 aparat kepolisian di Kota Semarang, Jawa Tengah yang akan bertugas mengamankan pemungutan suara Pilkada 2020 dinyatakan reaktif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan tes swab antigen.

"Dari 4.500 personel, 30 orang di antaranya dinyatakan reaktif. Paling banyak dari Semarang [Polrestabes]. Kalau yang di Polda [Jateng] kemarin ada 10 orang," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Iskandar F. Sutisna di Semarang, Kamis, 3 Desember 2020. 

Menurut Iskandar, personel yang dinyatakan reaktif Covid-19 akan langsung diminta menjalani pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Jika hasil tes dinyatakan positif Covid-19, mereka diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri. 

"Untuk pengawasan nanti kita minta dilakukan dengan ketat. Kapolres masing-masing kabupaten/kota harus bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan," tuturnya.

Aparat Jalani Rapid Test dan Swab Test

Lebih lanjut, Iskandar mengatakan total ada sekitar 14.000 aparat kepolisian di Jateng yang akan bertugas melakukan pengamanan saat pemungutan suara Pilkada 2020 pada 9 Desember nanti.

Para personel nantinya akan diminta untuk menjalani pemeriksaan Covid-19, baik secara rapid test maupun swab test.

"Jika nanti ada yang positif ya akan kita lakukan treatment sampai sembuh. Sehingga pada 9 Desember nanti bisa kembali bertugas dalam kondisi sehat untuk melakukan pengamanan Pilkada 2020. Tapi, kalau belum sembuh ya akan kita carikan pengganti," jelas Iskandar. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Siap Topang Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Lewat Keandalan Pasokan Listrik

Posted: 03 Dec 2020 11:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PLN Disjaya siap berkontribusi mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jakarta pada 2021, dengan menyediakan keandalan pasokan listrik

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan mengatakan, untuk pertumbuhan ekonomi khususnya di DKI Jakarta, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta siap menghadirkan keandalan listrik, untuk memenuhi kebutuhan energi pelanggan bisnis dan industri dari skala mikro sampai perusahaan besar.

"Stimulus untuk industri dan bisnis pun telah diluncurkan PLN saat pandemi Covid-19, yaitu diskon tambah daya listrik sebesar 75 persen untuk UMKM atau IKM serta diskon tarif listrik 30 persen +5 persen bagi pelanggan industri daya 200 kilo Volt Ampere (kVA)," kata Doddy, di Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Doddy mengungkapkan, pada 2020 listrik mengalami pertumbuhan negatif -4,95 persen secara akumulasi sampai Bulan Oktober dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, seluruhnya masih di atas skenario yang ditetapkaan saat pandemi.

"Kita harus terus bahu membahu bersama mendorong bangkitnya perekonomian dan kami siap menghardikan keandalan pasokan listrik sebagai penggerak," ujar Doddy.

Ekonom Senior dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Aviliani mengungkapkan, ekonomi nasional di tahun 2021 bisa tumbuh sebesar 3-3,5 persen dengan catatan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Khusus untuk ekonomi Jakarta diprediksi tumbuh lebih tinggi dari pertumbuhan nasional.

"Sedangkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan masih di atas nasional," tutur Aviliani.

PLN Perpanjang Diskon Tambah Daya Buat UKM hingga 31 Desember 2020

Petugas PLN berbincang dengan seorang ibu saat melakukan pencatatan meteran listrik di rumah warga kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Pengerahan petugas dilakukan untuk memastikan kesesuaian antara tagihan rekening listrik pelanggan dengan penggunaannya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas PLN berbincang dengan seorang ibu saat melakukan pencatatan meteran listrik di rumah warga kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Pengerahan petugas dilakukan untuk memastikan kesesuaian antara tagihan rekening listrik pelanggan dengan penggunaannya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT PLN (persero) kembali memperpanjang program "Super Merdeka" yang memberikan diskon tambah daya bagi UMKM dan IKM hingga 31 Desember 2020. Perpanjangan ini dilakukan melihat tingginya animo pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah.

"UMKM dan IKM yang mendaftar dari hari ke hari terus bertambah, antusiasmenya masih besar. Melihat itu, kita perpanjang lagi sampai 31 Desember 2020," tutur Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dikutip dari Antara, Kamis (3/12/2020).

Program ini memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif bisnis dan industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

"Melalui program ini kami ingin memberikan keringanan biaya tambah daya yang super ekonomis demi membantu dalam meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM ditengah pandemi," tambah Bob.

Di tengah pandemi Covid-19, UMKM dan IKM adalah tulang punggung kegiatan ekonomi, layanan Super Merdeka merupakan kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM dan IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya.

Infografis Keluhan Lonjakan Tagihan Rekening Listrik

Infografis Keluhan Lonjakan Tagihan Rekening Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keluhan Lonjakan Tagihan Rekening Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ivanka Trump Dituding Pakai Dana Pelantikan Presiden AS dari Pemilu 2016

Posted: 03 Dec 2020 11:05 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Nama Ivanka Trump, putri dan sekaligus penasihat presiden AS kini juga jadi pembahaan publik. Selain soal sang ayah, Donald Trump yang masih bersikeras tak menerima hasil Pemilu 2020 yang diungguli Joe Biden.

Kabarnya, Ivanka Trump dimintai keterangan di bawah sumpah pekan ini. Hal itu menjadi bagian dari gugatan perdata yang menuduh telah terjadinya penyalahgunaan dana nirlaba untuk pelantikan Donald Trump empat tahun lalu.

Dalam dokumen pengadilan yang diungkapkan Kantor Jaksa Distrik Columbia, Karl Racine, Selasa 2 Desember 2020, diketahui bahwa deposisi itu digelar pada hari Selasa.

Dalam gugatan hukum pada Januari 2020, Racine mengklaim bisnis real estat Donald Trump dan entitas lainnya telah menyalahgunakan dana nirlaba untuk memperkaya keluarga Trump.

Berdasarkan gugatan hukum itu, sebuah perusahaan nirlaba yang bebas pajak – yang disebut sebagai "58th Presidential Inaugural Committee" atau "Komite Pelantikan Kepresidenan ke 58", telah berkoordinasi dengan keluarga Trump untuk membayar lebih banyak bagi ruangan yang digunakan di Trump International Hotel di Washington DC.

"Aturan hukum di Distrik Columbia mewajibkan lembaga nirlaba untuk menggunakan dana mereka untuk tujuan publik yang harus diumumkan, bukan untuk menguntungkan individu atau perusahaan swasta," ujar Racine awal tahun ini.

Dalam gugatan hukumnya, Racine menuding bahwa dalam satu kasus, organisasi nirlaba itu membayar lebih dari $300 ribu untuk mengadakan resepsi pribadi di hotel Trump, untuk tiga anak tertua presiden, yaitu Donald Trump Jr, Ivanka dan Eric pada malam pelantikan 20 Januari 2017.

Tujuan Gugatan

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gugatan hukum itu berupaya mendapatkan kembali uang bernilai $1 juta yang diduga telah disalurkan secara langsung pada bisnis keluarga Trump.

Juru bicara Gedung Putih tidak memberi tanggapan atas permintaan tanggapan yang diajukan Reuters. Komite pelantikan mengatakan keuangannya telah diaudit secara independen, dan bahwa semua uang dibelanjakan secara sah.

Meskipun undang-undang dana kampanye membatasi jumlah sumbangan kampanye, panitia pelantikan dapat menerima sumbangan tak terbatas, termasuk dari perusahaan.

Menurut dokumen Komisi Pemilu Federal, dana senilai $107 juta yang dikumpulkan komite pelantikan Trump adalah dana pelantikan terbesar dalam sejarah. Komite pelantikan Trump diketuai oleh real estate dan investor Thomas Barrack.

Mantan tim kampanye Trump, Richard Gates, menjabat sebagai wakil ketua komite pelantikan. Gates adalah salah satu dari sejumlah mitra Trump yang dihukum dalam penyelidikan yang dilakukan mantan penasihat khusus Robert Mueller soal campur tangan Rusia dalam pilpres Amerika pada 2016. 

Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus COVID-19

Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Gerakan 3T dan Jurus Jitu Landaikan Kasus Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Minta Pemda Suntik Modal Bank Sulteng

Posted: 03 Dec 2020 11:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan kepala daerah selaku pemegang saham agar mengoptimalisasi dan mendorong pengembangan Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulawesi Tengah (Bank Sulteng)dengan ketahanan permodalan memadai.

"Melalui upaya penambahan modal sehingga aktivitas layanan berbasis teknologi, ITE yang terus dapat dikembangkan sehingga diharapkan dapat sejajar dengan bank umum konvensional lainnya," kata Kepala OJK Perwakilan Sulteng Gamal Abdul Kahar, seperti dikutip dari Antara, Jumat (4/12/2020).

Menurut dia, sektor perbankan memang memiliki peran yang sangat pending dalam mendukung perekonomian daerah, khususnya di Sulteng.

Namun, Bank Sulteng sebagai perpanjangan tangan Pemda dalam membantu penyaluran pembiayaan bagi masyarakat yang sejalan dengan visi BPD untuk menjadi bank terpercaya, sehat, maju dan berkembang berdaya saing, berteknologi tepat guna serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi ini.

"Kami menyadari masih banyak tantangan yang dihadapi BPD dalam perkembangannya di daerah mulai dari masalah permodalan, daya saing, kualitas pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM) hingga inovasi dan perkembangan produk yang keseluruhannya masih perlu ditingkatkan," ujar Gamal.

 

Kesadaran Pemegang Saham

Petugas saat bertugas di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas saat bertugas di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Meski begitu, paparnya, kesuksesan penerapan strategi tersebut akan bergantung pada kesadaran dan komitmen yang kuat dari pemegang saham dan pengelola BPD guna mentransformasikan diri menjadi 'champion' daerah sesungguhnya. Kinerja intermediasi sektor OJK, masih sejalan dengan perekonomian nasional.

Berdasarkan catatan Oktober 2020, total aset perbankan secara nasional tercatat sebesar Rp 9,075 triliun dengan pertumbuhan 8,74 persen. Selain itu, penghimpunan dana pihak ketiga sebesar Rp 6,620 triliun dan ini masih tumbuh di level tinggi sebesar 12,12 persen.

"Berbicara dukungan OJK terhadap pembangunan di Sulteng, pada Oktober lalu tetap menunjukkan pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya," ucap Gamal.

Sejalan dengan itu, katanya, peran perbankan di provinsi ini tetap berada di jalur yang positif dalam sektor riil di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi domestik dan global dengan total LDR mencapai 118,26 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasaki Ninja Terbaru Meluncur Tahun Depan, Intip Bocorannya

Posted: 03 Dec 2020 11:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti aturan yang berlaku terkait emisi gas buang, Kawasaki kabarnya siap meluncurkan Kawasaki Ninja 300 terbaru untuk pasar otomotif India. Meski belum ada informasi resmi terkait waktu peluncuran, motor sport full fairing tersebut kabarnya akan mulai dijual Maret atau April tahun depan.

Seperti dilansir Motorbeam, Jumat(4/12/2020), Kawasaki Ninja 300 akan mendapatkan harga lebih terjangkau karena peningkatan lokalisasi yang dilakukan pabrikan.

Jika sebelumnya panel bodi motor, rem, kabel, lampu depan dan ban telah bergantung pada komponen lokal, pabrikan otomotif asal Jepang ini mulai fokus pada komponen mesin.

Meski mengalami perubahan, tenaga dan torsi yang mampu dihasilkan masih sama dengan model sebelumnya. Menggunakan mesin 296cc parallel-twin, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 38 Tk pada 11.000 rpm dan torsi puncak 27 Nm pada 10.000 rpm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 6 kecepatan dan mendapatkan kopling assist serta slipper sebagai standar. Sesuai peraturan yang berlaku, bobot sepeda motor kemungkinan akan mengalami perubahan.

Meski menjadi model teranyar, Kawasaki Ninja 300 kabarnya tidak memiliki perubahan lain, karena suspensi dan perangkat pengereman yang digunakan sama seperti model sebelumnya.

Harga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, peluncuran Kawasaki Ninja 300 akan mendapatkan penurunan harga. Kemungkinan besar banderol yang akan didapatkan berkisar Rs. 2,50 lakh atau setara dengan Rp47,8 juta agar mampu bersaing.

Strategi ini akan serupa dengan apa yang dilakukan BMW dengan G 310 R menjadi pesaing Ninja 300, motor pabrikan Jerman ini menurunkan harga jualnya saat ini.

Selain itu, Kawasaki juga akan meluncurkan motor W175 tahun depan. Motor ini akan memiliki harga terjangkau untuk para bikers di India.

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Stafsus Edhy Prabowo Sebagai Saksi Kasus Suap Ekspor Benih Lobster

Posted: 03 Dec 2020 11:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus dugaan suap ekspor benih lobster atau benur dengan memanggil sejumlah saksi. Salah satu saksi yang dipanggil hari ini yakni Staf Khusus (Stafsus) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Putri Catur.

Selain Putri, KPK juga memeriksa empat saksi lainnya terdiri dari dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Kelautan dan Perikan, Dian Sukmawan dan Andika Anjaresta; kemudian seorang Mahasiswa, Esti Marina; serta Wiraswasta, Dalendra Kardina.

"Mereka dipanggil sebagai saksi untuk tersangka EP," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Jumat (4/12/2020).

Diketahui, KPK telah menetapkan tujuh tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan ekspor benih lobster.

Mereka adalah, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (EP); Stafsus Menteri Kelautan dan Perikanan, Safri (SAF) dan Andreau Pribadi Misata (APM).

Kemudian, Pengurus PT Aero Citra Kargo (ACK), Siswadi (SWD); Staf Istri Menteri Kelautan dan Perikanan, Ainul Faqih (AF); dan pihak swasta Amiril Mukminin (AM). Sementara satu tersangka pemberi suap yakni, Direktur PT DPP, Suharjito (SJT).

Rumah Edhy Prabowo Digeledah KPK

Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango (ketiga kiri) bersama petugas menunjukkan barang bukti terkait penetapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap calon eksportir benih lobster di Gedung KPK Jakarta, Rabu (25/11/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango (ketiga kiri) bersama petugas menunjukkan barang bukti terkait penetapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap calon eksportir benih lobster di Gedung KPK Jakarta, Rabu (25/11/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung menggeledah rumah dinas Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Rabu 2 Desember 2020. Penggeledahan berkaitan dengan penetapan perizinan ekspor benih losbter atau benur.

"Rabu (2/12/2020) tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan di Jalan Widya Chandra V Jakarta," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Ali mengatakan, saat menggeledah, penyidik menemukan delapan unit sepeda yang diduga berasal dari uang suap. Selain sepeda, tim penyidik menemukan uang dengan total Rp 4 miliar di rumah dinas Edhy Prabowo.

"Ditemukan dan diamankan antara lain sejumlah dokumen terkait perkara ini, BB elektronik dan 8 unit sepeda yang pembeliannya diduga berasal dari penerimaan uang suap. Ditemukan juga sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan mata uang asing dengan total senilai sekitar Rp 4 miliar," kata Ali.

Ali mengatakan, tim penyidik KPK bakal menganalisis temuan-temuan di rumah dinas Edhy Prabowo tersebut untuk kemudian disita dan dijadikan barang bukti dalam kasus ini.

"Tim penyidik akan menganalisa seluruh barang dan dokumen serta uang yang ditemukan dalam proses penggeledahan tsb untuk selanjutnya segera dilakukan penyitaan untuk menjadi barang bukti dalam perkara ini," kata Ali.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Bagikan Potret Jadul Saat SMP, Gayanya Bikin Salah Fokus

Posted: 03 Dec 2020 11:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kerap jadi perhatian lewat unggahan-unggahannya di akun Instagram pribadi. Salah satunya adalah potret jadul Ridwan Kamil ketika ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Potret itu menunjukkan Ridwan Kamil muda tengah berpose dengan tiga orang lainnya. Mereka terlihat berada di belakang sebuah mobil, kompak melihat ke arah kamera dan tak tersenyum.

Dalam potret jadul, suami Atalia Praratya ini tampak mengenakan kaus warna merah dengan gambar di bagian tengahnya. Atasan tersebut lantas dipadu dengan celana panjang bernuansa cokelat muda.

 

Potret jadul Ridwan Kamil saat masih duduk di bangku SMP. (Tangkapan Layar Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/CIReUh9HVI7/?hl=en)
Potret jadul Ridwan Kamil saat masih duduk di bangku SMP. (Tangkapan Layar Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/CIReUh9HVI7/?hl=en)

Sembari bersandar ke bagian belakang mobil, Ridwan Kamil sembari menekuk satu kaki dan satu tangan di pinggang. Rambutnya tertata rapi dengan potongan pendek.

Bukan Ridwan Kamil jika tidak menyertakan keterangan yang menarik nan jenaka. Begitu pula dengan potret kenangannya saat di bangku SMP tersebut.

"Zaman SMP. Zaman wajib hapal semua nama menteri kabinet, buku Lupus dan sinetron Return To Eden. Rambut mah udah gomplok dari dulunya. Tampangnya tuir-tuir mirip kepsek jika dibandingkan anak SMP zaman sekarang," tulis Ridwan Kamil.

Momen ini bukan kali pertama Ridwan Kamil berbagi potret di masa lalu lewat media sosial. Salah satunya saja ketika baru lulus usai menyelesaikan studinya di perguruan tinggi pada 1995 silam.

Lulus Kuliah

Potret Ridwan Kamil lulus kuliah pada 1995 silam. (dok. Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/By2QL6-AgO3/Putu Elmira)
Potret Ridwan Kamil lulus kuliah pada 1995 silam. (dok. Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/By2QL6-AgO3/Putu Elmira)

Pada Juni 2019 lalu, Ridwan Kamil sempat membagikan potret yang mengabadikan dirinya baru lulus kuliah. Ia meraih sarjana bidang Teknik Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1995 silam.

Dalam potret menampilkan Kang Emil, begitu ia akrab disapa mengenakan kemeja putih lengan panjang, dasi merah, dan memakai toga. Ia terlihat tersenyum dalam potret kelulusan tersebut.

"Tadi siang sambil silaturahim idul fitri juga berbicara tentang Visi Jabar Juara di forum rektorat dan para professor yang dahulu adalah dosen dan guru saya. Semoga kerjasama ini lancar. Foto: saat masih jomblo lulus itb tahun 1995," tulis Ridwan Kamil kala itu.

Infografis Pro Kontra Sekolah Dibuka di Luar Zona Hijau

Infografis Pro Kontra Sekolah Dibuka di Luar Zona Hijau. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pro Kontra Sekolah Dibuka di Luar Zona Hijau. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Makan Buah Kesemek, Yoghurt, dan Pisang Bersamaan Bisa Bahaya Bagi Tubuh?

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar informasi yang menyebutkan kalau makan buah kesemek dilanjutkan dengan yoghurt dan pisang akan menimbulkan racun. Diklaim juga, racun ini akan membuat seorang manusia meninggal dunia.

Salah satu, akun yang mengunggah klaim makan buah kesemek dilanjutkan dengan yoghurt dan pisang akan menimbulkan racun adalah Renu Kids. Dia mengunggah klaim itu pada 29 November 2020.

Begini narasi yang dia buat menggunakan Bahasa Thailand, yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi:

"Tolong dengarkan baik-baik dan beri tahu semua orang di rumah Anda, ini adalah musim kesemek saat ini. Jangan minum yoghurt dan makan pisang setelah makan kesemek karena beracun. Ini mengikuti berita bahwa seorang anak laki-laki meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit."

Lalu, benarkah klaim tersebut?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk menelusuri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Ahli Nutrisi KONI DKI Jakarta sekaligus asisten fasilitator Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia, Irtya Qiyamulail.

"Owalah, klaim ini seperti yang ada di grup-grup WhatsApp. Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau kombinasi yoghurt dan buah bisa menimbulkan racun," ucapnya.

Irtya melanjutkan, kombinasi ketiga jenis makanan ini bila dikonsumsi secara bersamaan malah bagus untuk kesehatan tubuh.

"Justru pada tahun 2017 dari jurnal internasional menyatakan bahwa kombinasi yoghurt dan buah justru malah menyehatkan karena masing-masing memiliki manfaat," katanya menegaskan.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel di AFP Fact Check dengan judul: "Eating persimmons with yoghurt and banana is not poisonous, health experts say". Artikel ini sudah dipublikasikan pada 18 November 2020.

Artikel ini mengambil penjelasan dari Dr. Kanitha Tananuwong, seorang profesor di Departemen Teknologi Pangan Universitas Chulalongkorn. Dia membantah klaim tersebut.

"Ini sama sekali tidak benar. Mereka tidak beracun. Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan kesemek dengan yoghurt dan pisang berbahaya bagi tubuh Anda," katanya.

Tidak hanya itu, AFP Fact Check juga memaparkan penjelasan dari seorang ilmuan medis khusus di Departemen Kesehatan Thailand, Pattira Yinglertratanakul. Dia juga tidak membenarkan klaim tersebut.

"Klaim itu salah. Saat ini tidak ada penelitian yang mendukung bahaya dari makan ketiga makanan ini secara bersama-sama, tapi sebenarnya mereka memperbaiki sistem pencernaan Anda. Namun, karena tingginya kadar gula, Anda harus makan hanya dalam jumlah yang sesuai," ujarnya.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Klaim makan buah kesemek dilanjutkan dengan minum susu asam (yoghurt) dan pisang akan menimbulkan racun merupakan informasi yang salah. Faktanya, ketiga makanan itu bisa memperbaiki sistem pencernaan manusia.

 

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Dorong Transformasi Digital dan Literasi Data Lewat Ajang Kompetisi

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 menimbulkan percepatan dalam proses transformasi digital yang dilakukan oleh organisasi bisnis dan pemerintahan.

Transformasi digital sangat erat hubungannya dengan data, semakin luasnya transformasi yang dilakukan oleh organisasi menyebabkan semakin besarnya volume data yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Dalam rangka mendorong literasi data kepada masyarakat luas, Bank BRI mengadakan kompetisi data science BRI Data Hackathon 2021 berhadiah total senilai Rp 450juta dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia secara daring.

Dalam kompetisi ini peserta diminta untuk menyelesaikan permasalahan bisnis menggunakan metode Machine Learning. Tidak tanggung - tanggung, inovasi Machine Learning terbaik dalam kompetisi ini akan mendapat hadiah uang tunai senilai 60 Juta Rupiah. BRI juga menyediakan hadiah hiburan lainnya bagi peserta yang tidak berhasil mencapai peringkat 1.

Hadiah hiburan yang disiapkan berupa uang tunai dengan total nilai 190 juta rupiah, dan beasiswa untuk mengikuti kelas Algoritma Data Science School dengan total nilai 200 Juta Rupiah.

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo mengungkapkan Bank BRI merupakan Bank terbesar di Indonesia yang telah melakukan transformasi digital secara luas, dan memanfaatkan data sebagai dasar pengambilan keputusan yang diambil oleh perusahaan.

Kesadaran yang tinggi akan pentingnya data-driven decision, dipadukan dengan semangat untuk terus berinovasi, dan ketulusan untuk mendukung pembangunan bangsa melalui literasi data mendorong BRI untuk mengadakan BRI Data Hackathon 2021.

"Saat ini data telah menjadi sumber kekayaan baru yang berharga bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan memanfaatkan data yang akurat, organisasi atau perusahaan dapat melakukan efisiensi anggaran dan mengambil kebijakan yang menguntungkan masyarakat luas.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknik analisis yang tepat organisasi bisnis dapat meningkatkan profit, dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen' ungkap Indra.

Ia menambahkan, kompetisi ini dapat diikuti dengan gratis tanpa pungutan biaya apapun, masyarakat dapat mendaftarkan diri atau membagikan informasi mengenai BRI Data Hackathon melalui website resmi yang dapat diakses di www.brihackathon.id. Pendaftaran dibuka pada tanggal 8 Desember 2020, dan akan ditutup pada tanggal 19 Februari 2021.

"Kami membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk bisa mengikuti kompetisi ini. Semoga dapat mendorong minat masyarakat akan pentingnya ilmu data dan mendorong literasi data pada masyarakat luas," tegas Indra.

BRI Hadirkan 400 UMKM dalam Brilian Preneur UMKM Export 2020

BRI memberikan bantuan ke UMKM dalam bentuk KUR.
BRI memberikan bantuan ke UMKM dalam bentuk KUR.

BRI kembali menggelar Briliant Preneur UMKM Export 2020 yang berlangsung pada 1-15 Desember 2020. Acara ini menghadirkan lebih dari 400 UMKM pilihan dari empat kategori berbeda yaitu Fashion, Accessories & Beauty, Home Decor & Craft, dan Food & Beverage.

"BRILIAN PRENEUR UMKM Export tujuan utamanya adalah supaya UMKM kita tidak hanya produknya diserap pasar domestic tapi juga bisa diserap pasar ekspor, dengan demikian akan banyak menyerap tenaga kerja dan bisa menjaga sustainability keberlangsungan masyarakat," kata Direktur Utama Bank BRI Sunarso dalam Konferensi Pers Daring UMKM EXPO(RT) Briliant Preneur 2020, Selasa (1/12/2020).

Dengan begitu jika produk UMKM di Indonesia banyak yang menggunakan dan mengkonsumsi, otomatis bisa membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi. Karena tidak hanya menjangkau pasar domestik namun juga pasar global.

Kata Sunarso data menunjukkan bahwa dari sisi entitas bisnis di Indonesia ternyata pelaku usaha di Indonesia itu 99 persen adalah UMKM hanya 1 persen yang non UMKM. Artinya kontribusi UMKM terhadap PDB itu 60,9 persen dan penyerapan tenaga kerja oleh UMKM itu sebesar 97 persen.

"Apabila produk UMKM banyak yang mengkonsumsi, dan yang mengkonsumsi itu tidak terbatas pada konsumen domestik, semakin banyak  kita mengkonsumsi produk UMKM baik domestic maupun ekpsor artinya akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan pemasukan (income)," katanya.

Oleh karena itu BRI mendorong dan mendukung agar produk-produk UMKM Indonesia bisa diminati oleh pasar global dengan mengadakan Briliant Preneur UMKM Export 2020, yang bertujuan untuk membantu mensejahterakan para pelaku UMKM di masa pandemi corona covid-19 untuk bangkit dan berkembang.

"Kita melihat fakta dan data bahwa 97 persen orang bekerja di UMKM ini cara mulia untuk kita berjuang berkomitmen untuk menumbuh kembangkan UMKM, khususnya dalam situasi wabah covid-19," pungkasnya. 

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Saat Membeli Air Galon Isi Ulang yang Rentan Pemalsuan

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat sebaiknya hati-hati dalam memilih atau membeli air galon isi ulang. Sebab bukan tidak mungkin, air galon isi ulang yang Anda konsumsi adalah palsu.

Seperti yang terjadi belum lama ini, Polres Magetan, Jawa Timur baru saja mengamankan dua tersangka yang diduga memalsukan galon isi ulang air mineral merek Aqua.

Kedua pelaku mengisi ulang air mineral merek Aqua dalam galon air isi ulang biasa, diduga tutup galon air isi ulang Aqua dapat mudah dicongkel dengan menggunakan alat yang dimodifikasi. Kedua pelaku memasarkan air mineral Aqua galon palsu itu ke toko - toko di kota Magetan dan Ngawi Jawa Timur.

Kepala Satuan Reskrim Polres Magetan AKP Ryan Wira Raja Pratama mengatakan kedua tersangka adalah EW (31) dan AS (27). Keduanya merupakan warga Kabupaten Ngawi.

"Keduanya diamankan petugas karena memalsukan air isi ulang galon merek Aqua dengan air isi ulang di depot biasa," kata AKP Ryan kepada Antara, Rabu (2/12/2020).

Modusnya

Galon Guna Ulang (Foto: Dok Danone-AQUA)
Galon Guna Ulang (Foto: Dok Danone-AQUA)

Menurut Ryan, aksi penipuan kedua tersangka terungkap setelah polisi mendapati laporan masyarakat. Kemudian polisi melakukan pengintaian kedua tersangka saat beraksi dan ditangkap di wilayah Kecamatan Karangrejo, Magetan.

Modus dari dua pemuda yang bekerja di sebuah distributor air mineral Ngawi tersebut adalah mengisi galon kosong Aqua dari konsumen dengan air di depot isi ulang biasa. Selanjutnya, tutup galon diganti dengan tutup merk Aqua asli yang ia bawa dari rumah.

 

Tersangka Tergiur Keuntungan yang Besar

Adapun tutup galon Aqua asli tersebut diperoleh tersangka dengan mengumpulkan sendiri. Ia membuka tutup galon Aqua dengan menggunakan kayu dan paku yang sudah dimodifikasi sehingga tutup galon Aqua tidak rusak.

Lebih lanjut AKP Ryan menjelaskan, aksi nekat tersebut dilakukan karena tergiur keuntungan yang besar. Tersangka melakukan isi ulang air depot isi ulang dengan membayar Rp 3000.

Kemudian tersangka menjual air mineral Aqua galon palsu tersebut seharga Rp 16.500 per satu galon atau untung Rp 13.500 per galon-nya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asrama Haji Donohudan Boyolali Jadi Fasilitas Isolasi Pasien Covid-19

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengizinkan Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali menjadi tempat isolasi warga yang positif COVID-19.

"Kalau saya oke saja. Donohudan itu memang kita siapin kok, oke saja kalau mau dipakai. Hotel ada, Donohudan juga ada, umpama Solo mau pakai, masuk nanti sore, gak usah lama-lama," kata Ganjar di Semarang, Kamis, dikutip Antara.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu memang mendorong seluruh kabupaten/kota untuk memiliki tempat isolasi terpusat untuk penanganan Covid-19, bahkan ditargetkan sebelum 9 Desember 2020 sudah siap.

Menurut Ganjar, dengan adanya tempat isolasi terpadu, maka masyarakat yang terpapar COVID-19 dapat lebih nyaman saat menjalani masa karantina, dapat beristirahat dengan tenang, terkontrol, serta selalu dalam pengawasan dokter.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Klaster Keluarga

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

"Memang lebih baik terpusat, daripada isolasi di rumah. Soalnya isolasi di rumah kalau tidak memenuhi syarat, justru menjadi klaster rumah tangga. Dan sekarang, klaster rumah tangga itu menjadi klaster tertinggi di Jateng," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan bahwa ruang isolasi rumah sakit telah penuh dan mengusulkan agar Asrama Haji Donohudan difungsikan untuk menampung pasien positif COVID-19.

Pemusatan tempat isolasi di Asrama Haji Donohudan itu lebih baik daripada isolasi mandiri di rumah masing-masing karena hal itu tidak bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan justru membahayakan anggota keluarga yang lain.(LHP)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Pameran Robot Pintar Internasional China 2020

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Pengunjung melihat robot patroli dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)
Pengunjung melihat robot patroli dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)

Pengunjung melihat robot patroli dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)

Robot tengah menggambar wajah dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)
Robot tengah menggambar wajah dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)

Robot tengah menggambar wajah dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)

Drone bertenaga hybrid dipamerkan dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran ini. (Xinhua/Deng Hua)
Drone bertenaga hybrid dipamerkan dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran ini. (Xinhua/Deng Hua)

Drone bertenaga hybrid dipamerkan dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran ini. (Xinhua/Deng Hua)

Kendaraan antiteror dipamerkan dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)
Kendaraan antiteror dipamerkan dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)

Kendaraan antiteror dipamerkan dalam Pameran Robot Pintar Internasional China (Foshan) 2020 di Foshan, Provinsi Guangdong, China, 3 Desember 2020. Produsen robot papan atas dari dalam dan luar negeri memamerkan produk, teknologi, dan solusi terbaru mereka selama gelaran tersebut. (Xinhua/Deng Hua)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal F1 GP Sakhir : Minus Lewis Hamilton

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Formula 1 atau F1 GP Sakhir bakal jadi kesempatan besar buat George Russell untuk unjuk kemampuan bersama Mercedes. Dia menggantikan Lewis Hamilton yang terpaksa absen karena positif Covid-19.

Lewis Hamilton dinyatakan positif Covid-19 sehari setelah memenangkan GP Bahrain di tempat sama, akhir pekan lalu. "Pada waktunya kami akan mengumumkan pembalap yang akan menggantikannya," bunyi pesan Mercedes.

Meski absen, status Hamilton sebagai juara dunia F1 2020 tidak terganggu. Dia sudah mengamankan titel ketujuh sepanjang karier lewat balapan di Turki.

Bahrain menjadi negara ketiga yang menggelar seri ganda F1 pada musim ini. Namun, tidak seperti Austria dan Hungaria, dilakukan modifikasi sirkuit sehingga trek yang digunakan nanti lebih pendek.

Persaingan F1 di dua seri terakhir akan tertuju kepada Valtteri Bottas (Mercedes) dan Max Verstappen (Red Bull Honda). Keduanya kini memperebutkan status runner-up.

 

Jadwal GP Sakhir

Ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)

Jumat, 4 Desember 2020

20.30 WIB-22.00 WIB: Kualifikasi 1

Sabtu, 5 Desember 2020

00.30-02.00 WIB: Kualifikasi 2

21.00-22.00 WIB: Kualifikasi 3

Minggu, 6 Desember 2020

00.00 WIB-01.00 WIB: Kualifikasi

Senin, 7 Desember 2020

00.10-02.10 WIB: Balapan

Klasemen

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton keluar dari mobilnya usai menjuarai balapan Formula 1 di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Bahrain, Minggu (29/11/2020). Lewis Hamilton akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini usai dinyatakan positif COVID-19. (Hamad Mohammed, Pool via AP, File)
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton keluar dari mobilnya usai menjuarai balapan Formula 1 di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Bahrain, Minggu (29/11/2020). Lewis Hamilton akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini usai dinyatakan positif COVID-19. (Hamad Mohammed, Pool via AP, File)

Posisi-Pembalap-Asal-Tim-Poin

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 332

2. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team 201

3. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing 189

4. Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team 102

5. Sergio Perez MEX BWT Racing Point F1 Team 100

6. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari 98

7. Lando Norris GBR McLaren F1 Team 86

8. Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team 85

9. Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing 85

10. Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda 71

11. Lance Stroll CAN BWT Racing Point F1 Team 59

12. Esteban Ocon FRA Renault F1 Team 42

13. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari 33

14. Daniil Kvyat RUS Scuderia AlphaTauri Honda 26

15. Nico Hulkenberg GER BWT Racing Point F1 Team 10

16. Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen 4

17. Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen 4

18. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team 2

19. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team 1

20. Nicholas Latifi CAN Williams Racing 0

21. George Russell GBR Williams Racing 0

Saksikan Video F1 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Line Rilis Fitur Folder Obrolan, Percakapan Bisa Dikelompokkan Sesuai Prioritas

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Line merilis fitur baru bernama Folder Obrolan. Fitur ini diklaim merupakan sebuah fitur multifungsi yang bermanfaat bagi pengguna di masa pandemi ini.

Lewat fitur Folder Obrolan, pengguna Line dapat mengatur chat di aplikasi ke dalam folder-folder khusus.

Fitur Folder Obrolan tersedia di Line Labs untuk pengguna Android dan iOS. Obrolan Line pun dapat tersortir sehingga bisa lebih rapi.

Fitur baru Line memungkinkan pengguna menyortir obrolan ke dalam berbagai folder pilihan. Mulai dari folder "Semua", "Teman", "Grup", "Akun Resmi", dan "Open Chat".

Pengguna Line pun akan bisa memprioritaskan mana obrolan yang akan mereka buka terlebih dahulu.

Cara Gunakan Fitur Folder Obrolan

Line menggulirkan fitur baru bernama Folder Obrolan, berikut cara penggunaannya. (Foto: Line Indonesia).
Line menggulirkan fitur baru bernama Folder Obrolan, berikut cara penggunaannya. (Foto: Line Indonesia).

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur Folder Obrolan di aplikasi Line:

1. Buka aplikasi Line

2. Masuk ke Setting

3. Pilih Line Labs

4. Cari fitur Chat Folder dan ceklis fitur tersebut melalui kotak di sebelahnya

5. Jika ingin berhenti menggunakan, ceklis kembali di kotak yang sama.

Perlu diingat, fitur ini tersedia untuk Line versi 10.19.0 ke atas di perangkat Android dan iOS.

Line pun menganjurkan pengguna memakai perangkat terbaru sehingga bisa mendapatkan fitur ini secara maksimal.

Line Developer Day 2020

CTO Line Euvin Park saat memberikan keynote speech di Line Developer Day 2020. (Foto. Line)
CTO Line Euvin Park saat memberikan keynote speech di Line Developer Day 2020. (Foto. Line)

Terlepas fitur baru di atas, pada akhir November 2020, Line menggelar konferensi pengembang tahunan perusahaan, Line Developer Day 2020. 

Konferensi tahunan ini menghadirkan perkembangan dan tantangan teknologi yang ada di Line. Konferensi ini digelar secara online mengingat kini dunia masih dalam pandemi Covid-19. 

CTO Line Euvin Park memberikan keynote speech dalam acara ini. Lewat penuturannya, Euvin berbagi informasi mengenai peningkatan pemakaian layanan Line, berikut fitur baru yang dihadirkan selama pandemi ini. 

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (25/11/2020), layanan yang meningkat penggunaannya adalah Video Call. Pemakaian layanan ini disebut meningkat hingga 235 persen pada Mei 2020 dibandingkan Februari 2020.

Euvin juga menuturkan Line telah menghadirkan dua layanan baru untuk meningkatan pengalaman pengguna dalam berkomunikasi, lewat fitur Watch Together dan Line Meeting.

Lewat Watch Together, pengguna dapat menonton video bersama-sama dengan teman-temannya di Line, sedangkan Line Meeting memudahkan pengguna melakukan rapat secara virtual.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Betrand Peto Dibilang Anak Pungut, Ruben Onsu Senggol Pengacara Minola Sebayang

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ruben Onsu marah besar. Suami Sarwendah meradang mengetahui Betrand Peto kembali dihina warganet. Amarah Ruben Onsu diluapkan di akun Instagram terverifikasinya, Kamis (3/12/2020).

Ia mengunggah potongan video remaja merokok sambil melontar caci maki buat Betrand Peto. Remaja yang belum diketahui identitasnya ini menyebut Betrand Peto anak pungut.

Video ini diunggah Ruben Onsu disertai status teks berisi peringatan keras dan menyenggol akun pengacara kondang Minola Sebayang. Kuat dugaan, makian warganet akan dibawa ke jalur hukum.

 

Setop Gunakan Kata Anak Pungut

Ruben Onsu dan keluarga. (Foto: Instagram @ruben_onsu)
Ruben Onsu dan keluarga. (Foto: Instagram @ruben_onsu)

"STOP menggunakan kata Anak pungut," tulis Ruben Onsu lalu menyematkan emotikon jempol terbalik. Ia mengingatkan banyak anak adopsi di luar sana yang tersinggung dengan istilah ini.

"Banyak juga anak adopsi yg pasti tidak akan terima dgn kata kasar ini, ini anak yg saya asuh bukan dipungut," cuitnya. Dulu, Ruben Onsu memilih diam. Kini ia merasa diam bukan jawaban.

Tidak Akan Saya Hapus

Unggahan Ruben Onsu. (Foto: Instagram @ruben_onsu)
Unggahan Ruben Onsu. (Foto: Instagram @ruben_onsu)

"Dulu kalau lihat video yang menghina saya hanya diam tapi ternyata diam tidak membuat kalian introspeksi ya. Nih saya upload ya, tidak akan saya hapus sampai yang bersangkutan menghubungi saya/management kami," paparnya.

Lebih lanjut, artis kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1983, ini minta bantuan warganet untuk melacak keberadaan remaja yang melontar hinaan untuk Betrand Peto.

 

Kesabaran Ada Batasnya Kawan

"Kesabaran ada batasnya kawan, yang tahu keberadaan orang ini mohon diinfo ya. Cc: @minola6000," Ruben Onsu mengakhiri. Wajar jika ia naik pitam mengingat, video ini berisi kata-kata kasar.

"Lo tahu Betrand kan? Hem, Betrand anak pungut gob**k. Ganteng apaan sih Betrand, gantengan juga gue to**l," cetus remaja ini lalu memukul ke arah kamera ponsel hingga berguncang. 

Parah Orang Di Video Ini

(Instagram/kevinaprilio)
(Instagram/kevinaprilio)

Hingga artikel ini disusun, video caci maki yang diunggah di akun Instagram Ruben Onsu telah ditonton lebih dari 2,5 juta kali. Lebih dari 31 ribu komentar membanjiri kolom. Sejumlah selebritas ikut kesal usai melihat video ini.

"Betrand bgt keren kok. Prestasi juga banyak. Parah sih orang di video ini," keluh Kevin Aprilio. "Kalau udah keciduk nangis. Mulut kaya sampah. Jangan kasi kendor koko," timpal Evi Masamba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Saat COVID-19 Turun, Akses Digital Naik

Posted: 03 Dec 2020 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelayanan BPJS Kesehatan di kantor cabang saat pandemi COVID-19 mengalami penurunan. Akan tetapi akses ke perangkat digital justru mengalami hal sebaliknya.

Hal ini disebabkan BPJS Kesehatan berupaya meminimalisirkan penularan Virus Corona dengan cara mengencarkan pelayanan secara digital.

Menurut Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Arief Syaefuddin, penurunan pada layanan BPJS Kesehatan di kantor cabang terkait urusan administrasi mulai terlihat sejak Februari 2020.

Pergerakan penurunan drastis terjadi pada Maret 2020 dengan 497.662 orang yang ke kantor cabang. Pada April 2020 juga menurun. Arief, mengatakan, hanya 113.786 peserta JKN yang melakukan pelayanan ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Walaupun begitu, melihat data grafik BPJS Kesehatan, sempat terjadi kenaikan kunjungan ke kantor cabang di bulan-bulan berikutnya.

Pada Juni 2020, misalnya, ada 326.490 kunjungan. Kemudian, naik menjadi 407.755 orang pada Juli 2020. Sayangnya, itu tak berlangsung lama.

Penurunan kembali terjadi pada Agustus yang 375.085 kunjungan, September 281.691 kunjungan, dan Oktober melorot ke 143.882 kunjungan.

"Kami rasakan mulai Februari-Maret kelihatan ada tren penurunan layanan. Orang sudah khawatir juga untuk datang langsung. Walaupun begitu, kami menggunakan momentum pandemi COVID-19 untuk bagaimana kami bisa mendorong layangan digital," kata Arief saat dialog Survei Kepuasan Peserta dan Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan, Kamis (3/12/2020).

"Kemudian kami juga mendorong untuk pemanfaatan call center informasi dan pengaduan. Layanan di kantor cabang BPJS Kesehatan untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS tetap disediakan, tapi dikurangi," Arieg menambahkan.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Layanan Care Center dan Digital BPJS Kesehatan

Warga menunjukkan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Kota Tangerang, Rabu (7/1/2020). Iuran BPJS Kesehatan resmi naik per hari ini untuk kelas I menjadi sebesar Rp150.000 dan Rp100.000 untuk kelas II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Warga menunjukkan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Kota Tangerang, Rabu (7/1/2020). Iuran BPJS Kesehatan resmi naik per hari ini untuk kelas I menjadi sebesar Rp150.000 dan Rp100.000 untuk kelas II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Yang paling menarik adalah peserta JKN-KIS makin memanfaatkan layanan care center selama pandemi COVID-19. Layanan di media sosial juga akses melalui aplikasi Mobile JKN juga mengalami peningkatan.

"Layanan yang dominan adalah call center. Sama satu lagi kita lihat di sini, media sosial dan pemberi layanan informasi dan pengaduan, termasuk mobile JKN dan Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit," ujar Arief.

"Ini sudah mulai meningkat. Artinya, orang kalau pengen tanya, enggak harus lagi ke kantor cabang. Sudah banyak mereka yang bertanya lewat akses digital ini."

Permintaan call center terlihat tinggi pada Agustus (99.679) dan September (110.420). Layanan di media sosial peningkatan tinggi pada September (30.846) dan Oktober (36.024). Penggunaan Mobile JKN tertinggi pada April (33.375) dan PIPP RS tertinggi pada September (17.904).

Melalui call center dan PIPP rumah sakit, pengaduan dapat disampaikan. Pengaduan yang ada bisa menjembatani kantor cabang BPJS Kesehatan yang berada di daerah masing-masing peserta.

"Sekarang banyak masuk dari rumah sakit menyampaikan pengaduan di rumah sakit. Meskipun saat itu tidak ada petugas kami, mereka bisa menggunakan aplikasi yang sudah kami siapkan (PIPP Rumah Sakit). Nanti pengaduan akan ditransfer ke kantor cabang daerahnya," lanjut Arief.

Adapun pemanfaatan layanan administratif, permintaan informasi, dan pengaduan melalui kanal digital lainnya, seperti aplikasi Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), hingga Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA).

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, berikut ini rincian layanan permintaan informasi peserta JKN-KIS selama pandemi COVID-19

Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tarik Ulur Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus : Banjir Tewaskan 3 Warga

Posted: 03 Dec 2020 10:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fokus edisi (4/12) mengangkat beberapa tema di antaranya, Banjir Tewaskan 3 Warga, Bencana Tanah Gerak Dan Longsor, Kompetisi Sepak Bola Berbuntut Kerumunan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSI Minta Menhub Turun Tangan Soal Penghapusan LRT Rute Velodrome-Dukuh Atas

Posted: 03 Dec 2020 10:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Eneng Malianasari berharap agar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartato turun tangan terkait penghapusan rute LRT Velodrome-Dukuh Atas.

Menurut dia, pembangunan LRT tersebut termasuk dalam proyek yang telah ditetapkan pada Perpres Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh Presiden Jokowi.

"Agar pembangunan berjalan sesuai target, kami berharap Pak Menko Perekonomian dan Pak Menteri Perhubungan bisa berperan lebih aktif untuk mengawal pembangunan LRT Jakarta," kata Eneng dalam keterangan tertulis, Jumat (4/12/2020).

Selain itu, dia juga menyayangkan Pemprov DKI Jakarta yang tidak menganggarkan pembangunan LRT rute Velodrome-Manggarai dalam APBD 2021. Rencananya rute tersebut dapat dioperasikan pada tahun 2024.

"Oleh karena itu, Kemenko Perekonomian dan Kementerian Perhubungan perlu segera turun tangan untuk memastikan Pemprov DKI mengalokasikan anggaran yang cukup di APBD 2021," ucapnya.

Kendati begitu, dia juga memahami adanya penurunan pendapat Pemprov DKI Jakarta akibat pandemi virus corona Covid-19. Namun, Eneng mengusulkan agar Pemprov DKI dapat melakukan pembiayaan melalui pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ataupun pinjaman lainnya.

"Misalnya dibiayai melalui pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), obligasi daerah, atau pinjaman bank. Pada intinya, pemerintah pusat tidak boleh tutup mata dan melakukan pembiaran terhadap persoalan ini," jelasnya.

 

Alasan Perubahan Rute

Dua rangkaian kereta LRT melintas dari dan menuju Stasiun Velodrome, Jakarta, Minggu (1/12/2019). Kereta LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading beroperasi secara komersial mulai hari ini (1/12) dengan tarif Rp5.000 flat untuk sekali perjalanan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Dua rangkaian kereta LRT melintas dari dan menuju Stasiun Velodrome, Jakarta, Minggu (1/12/2019). Kereta LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading beroperasi secara komersial mulai hari ini (1/12) dengan tarif Rp5.000 flat untuk sekali perjalanan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI rencananya mengubah rute LRT Pegangsaan 2-Velodrome-Manggarai-Dukuh Atas menjadi Pegangsaan 2-Velodrome-Klender.

Syafrin mengatakan perubahan tersebut untuk menghindari adanya penumpukan penumpang di kawasan Stasiun Manggarai yang rencananya dijadikan sebagai hub kereta api jarak jauh menggantikan Stasiun Gambir.

"Untuk itu kita juga perlu menyesuaikan rencana itu. Jaringan perkeretaapian adalah backbone dari transportasi. Tentu kita harus menyesuaikan rencana perkeretaapian daerah dengan nasional," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geledah Rumah Dinas Edhy Prabowo, KPK Temukan Dokumen terkait Kasus Ekspor Benur

Posted: 03 Dec 2020 10:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, mengofirmasi adanya penggeledahan oleh penyidik KPK di kediaman dinas tersangka Edhy Prabowo terkait kasus ekspor benih lobster. Menurut dia, penggeledahan dilakukan pada Kamis kemarin, hingga pukul 12 dini hari tadi.

"Ya benar, Kamis (3/12/2020) Tim Penyidik KPK melakukan penggeledahan di Kompleks Rumah Dinas DPR di Kalibata Jakarta Selatan," kata Ali saat dikonfirmasi, Jumat (4/12/2020).

Ali menyatakan, penggeledahan dilakukan untuk menemukan sejumlah barang bukti terkait kasus dugaan suap terkait penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur tahun anggaran 2020 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Adapun dalam penggeledahan telah ditemukan dan diamankan sejumlah dokumen dan barang elektronik yang terkait dengan perkara ini," jelas Ali.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan EdhyPrabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur tahun anggaran 2020 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

 

Jerat 6 Tersangka

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan, pada 5 November 2020, diduga terdapat transfer dari rekening Ahmad Bahtiar ke rekening salah satu bank atas nama Ainul Faqih selaku staf khusus istri menteri Edhy sebesar Rp 3,4 miliar yang diperuntukkan bagi keperluan EdhyPrabowo, istrinya Iis Rosyati Dewi, Syafri, dan Andreu Pribadi Misata.

Selain itu, Nawawi menyebut, sekitar Mei 2020, Edhy Prabowo juga diduga menerima sejumlah uang sebesar USD 100 ribu dari Direktur PT DPP Suharjito melalui Syafri dan Amiril Mukminin.

Kemudian, Syafri dan Andreu pada sekitar bulan Agustus 2020 menerima uang dengan total sebesar Rp 436 juta dari Ainul Faqih.

Dalam kasus ini KPK juga menjerat enam tersangka lainnya dalam kasus ini. Mereka adalah Safri (SAF) selaku Stafsus Menteri KKP, Siswadi (SWD) selaku Pengurus PT Aero Citra Kargo, Ainul Faqih (AF) selaku Staf istri Menteri KKP, dan Suharjito (SJT) selaku Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama (DPPP), Andreau Pribadi Misanta (APM) selaku Stafsus Menteri KKP, dan Amiril Mukminin (AM) selaku swasta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim SAR Gabungan Evakuasi 75 Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Posted: 03 Dec 2020 10:50 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, tim SAR gabungan telah mengevakuasi 75 warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 75 warga ini terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Iya benar. 75 warga tersebut kemarin siang hingga petang, kita ungsikan ke Masjid Nurul Huda di dusun kamar A," ujarnya, Jumat (4/12/2020). 

Ia menuturkan, 75 warga yang diungsikan dari rumah ke tempat yang lebih aman, menyusul ada banjir lahar dingin di sungai Besuk Lanang dan Besuk Lengkong, yang membawa material berupa batu, kayu dan lumpur vulkanik Gunung Semeru.

Dia mengatakan, dari hasil pantauan SRU yang mengamati dan menyisir di daerah terdampak, diketahui terjadi peningkatan aliran lahar dingin di sungai Besuk Lanang dan Besuk Lengkong. "Diduga hal ini disebabkan di daerah hulu atau puncak gunung Semeru telah terjadi hujan deras," ujar dia. 

Wayan menambahkan, dari pengamatan visual dapat diketahui derasnya aliran lahar dingin Gunung Semeru ini menimbulkan kepulan asap yang membumbung tinggi. 

"Selain mengevakusi 75 orang warga dusun Sumbersari, tim SAR gabungan juga berupaya membujuk para warga yang berada di sepanjang sungai Besuk Lanang agar mau dievakuasi. Namun, para warga menolak untuk dievakuasi ke posko utama," ujar dia. 

Sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis 3 Desember 2020, lahar dingin yang mengalir di sungai Besuk Lanang dan Besuk Lengkong terpantau menurun. Namun demikian, masih berpotensi bahaya apabila di daerah hulu kembali turun hujan deras.

"Sekitar pukul 17.20 WIB, turun hujan abu di daerah Curah Kobokan dengan ketebalan sekitar dua hingga tiga mm. Karenanya, warga dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan menggunakan masker," tutur dia. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tim SAR Berjaga di Posko Utama

Tim SAR gabungan telah mengevakuasi 75 warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.  (Foto: Dok Istimewa)
Tim SAR gabungan telah mengevakuasi 75 warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Dok Istimewa)

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, proses pemantauan dan evakuasi warga terdampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru ini, juga melibatkan sejumlah pihak, di antaranya KODIM 0821 Lumajang, Polres Lumajang, BPBD Lumajang, TAGANA, RAPI, ORARI, SAR OPA, Biting Rescue, Brandas Alas, RZ Jember, dan sejumlah organisasi relawan lainnya. 

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan senantiasa bersiaga di posko utama mengantisipasi jikalau ada perubahan aktivitas vulkanik gunung Semeru.

Selain personel, tim SAR juga menyiagakan kendaraan angkut jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam upaya evakuasi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat UU Cipta Kerja, Pengurusan Sertifikasi Halal Dipangkas Jadi 21 Hari

Posted: 03 Dec 2020 10:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) memberikan kepastian hukum mengenai proses penyelesaian sertifikasi halal. Jangka waktu sertifikasi untuk produk dalam negeri dan luar negeri dibatasi hanya 21 hari kerja.

"Dari sisi waktu Undang-Undang Cipta Kerja ini dibatasi betul menjadi 21 hari kerja," kata Sekretaris Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama, Lutfi Hamid, dalam acara Serap Aspirasi: Implementasi UU Cipta Kerja Sektor Industri, Perdagangan, Haji dan Umroh serta Jaminan Produk Halal Edisi Semarang, secara virtual, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Namun dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait jaminan produk halal diberikan waktu toleransi penyelesaian proses sertifikasi. Untuk produk dalam negeri diberi batas toleransi maksimal 10 hari kerja dan 15 hari kerja untuk produk luar negeri.

Tambahan waktu ini dinilai sudah cukup lantaran beberapa negara di ASEAN juga melakukan sertifikasi produk halal dalam waktu yang tidak lama. "Toleransi ini sangat cukup karena benchmark ini ada di Singapura, Malaysia, dan Singapura, artinya negara lain melakukan sertifikasi dengan cepat," kata Lutfi.

Sebelumnya, dalam Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, mengatur proses sertifikasi produk dalam negeri butuh 97 hari. Sedangkan untuk produk luar negeri selama 170 hari.

Di dalam undang-undang ini pun tidak mengatur sanksi bila proses sertifikasi menjadi molor dari batas waktu yang telah ditentukan. Maka, kata Lutfi, Undang-Undang Cipta Kerja memberikan kepastian hukum yang lebih terang dalam proses sertifikasi produk halal.

"Layanan sistem Jaminan Produk Halal dapat memberikan kepastian hukum, akuntabilitas dan keterukuran bagi para pelaku usaha dalam pengurusan sertifikat halal mengingat sertifikat halal dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini BPJPH," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

MUI Tak Lagi Dilibatkan dalam Sertifikasi Halal

Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sebelumnya, Lewat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi produk halal. Pengajuan sertifikasi produk halal pun tak lagi ditangani Majelis Ulama Indonesia (MUI), melainkan bisa dilakukan lembaga sertifikasi yang didirikan perguruan tinggi atau organisasi masyarakat.

Sekertaris (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) BPJHP, Kementerian Agama, Lutfi Hamid mengatakan undang-undang sapu jagat ini menjadikan MUI sebagai lembaga yang memberikan fatwa halal kepada produk.

"Undang-Undang Cipta Kerja ini tetap menjadikan MUI sebagai lembaga yang memberikan fatwa halalnya," kata Lutfi dalam acara Serap Aspirasi: Implementasi UU Cipta Kerja Sektor Industri, Perdagangan, Haji dan Umroh serta Jaminan Produk Halal Edisi Semarang, secara virtual, Jakarta, Jumat (4/12).

Lutfi menceritakan, di media sosial banyak tersebar informasi yang mendiskreditkan pemerintah karena mengeluarkan kebijakan ini. Pemerintahan dianggap hanya berorientasi kepada industri dan kepentingan pelaku usaha.

Sehingga mengabaikan aspek kehalalan produk dan menghilangkan substansi dari sertifikasi produk halal. Dia menegaskan dalam UU Cipta Kerja dan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tetap menjaga substansi kehalalan produk.

"Secara tegas, kami menolak atau memberikan jawaban bahwa jaminan produk halal dalam Undang-Undang Cipta Kerja atau penyusunan RPP ini tetap menjaga kehalalan produk," kata dia.

"Kita selalu menjunjung tinggi kehalalan produk," sambung dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benny Wenda Deklarasi Negara Papua, Polri Siap Tindak Tegas hingga Disebut Ilusi

Posted: 03 Dec 2020 10:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Benny Wenda yang mendeklarasikan pembentukan Pemerintah Sementara Papua Barat pada Selasa, 1 Desember 2020 lalu menjadi perhatian.

Benny Wenda yang merupakan Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), saat ini tengah berada di Inggris.

Usai melakukan deklarasi, Benny menyatakan, Papua tidak akan tunduk pada Pemerintahan Indonesia. Ia juga diangkat oleh ULMWP sebagai presiden sementara rakyat Papua.

Polri pun angkat bicara. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyatakan, pernyataan Benny Wenda tersebut adalah bentuk provokasi. Dia meyakini, tindakan Benny Wenda tersebut merupakan bagian dari propaganda di Papua.

"Benny Wenda itu sekarang di mana? di Inggris kan. Jadi yang menjadi pertanyaan apakah mungkin dia melakukan hal tersebut di Indonesia? Ini adalah salah satu bentuk provokasi, bentuk propaganda," jelas Awi di Gedung Mabes Polri saat jumpa pers, Rabu, 2 Desember 2020.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md juga angkat bicara. Ia mengatakan, negara Papua Barat yang dideklarasikan Benny Wenda pada 1 Desember lalu merupakan negara ilusi.

"Menurut kami, Benny Wenda ini membuat negara ilusi. Negara yang tidak ada dalam faktanya. Negara Papua Barat itu apa?" kata Mahfud.

Berikut beragam tanggapan terkait pernyataan Benny Wenda soal deklarasi negara Papua Barat dihimpun Liputan6.com:

 

Polri Sebut Bentuk Provokasi dan Propaganda

Kombes. Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum (Adrian Putra/bintang.com)
Kombes. Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum (Adrian Putra/bintang.com)

Polri merespons pernyataan Benny Wenda soal pembentukan pemerintahan Papua. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyatakan, pernyataan tersebut adalah bentuk provokasi.

Dia meyakini, tindakan Benny Wenda tersebut merupakan bagian dari propaganda di Papua.

"Benny Wenda itu sekarang di mana? di Inggris kan. Jadi yang menjadi pertanyaan apakah mungkin dia melakukan hal tersebut di Indonesia? Ini adalah salah satu bentuk provokasi, bentuk propaganda," jelas Awi di Gedung Mabes Polri saat jumpa pers, Rabu, 2 Desember 2020.

Awi memastikan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Provinsi Papua saat ini kondusif.

Meski 1 Desember diklaim sebagai hari jadi Organisasi Papua Merdeka (OPM), Awi membeberkan tidak ada gangguan apa pun di Bumi Cendrawasih tersebut.

"Di Papua, 1 Desember situasi pemerintahan berjalan lancar, tidak ada hal yang tidak diinginkan," tutur Awi.

Awi berharap, dengan adanya klaim sepihak Benny Wenda, tidak ada masyarakat Indonesia yang terprovokasi, khususnya kepada warga Papua.

Dia menuturkan, saat ini Papua dan Papua Barat adalah bagian dari Indonesia yang tidak terpisahkan.

"Kepada seluruh masyarakt Indonesia, khususnya yang di Papua untuk tidak terprovokasi dengan Benny Wenda. Papua maupun Papua Barat, masih sah di bawah NKRI, ini sudah final, tidak ditawar lagi," kata Awi.

 

Polri Siap Tindak Tegas Pengikut Deklarasi Benny Wenda

Ketua ULMWP Benny Wenda (kedua dari kiri) dan Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet (ketiga dari kiri) di kantor badan HAM PBB di Jenewa pada 25 Januari 2019 (kredit: ULMWP)
Ketua ULMWP Benny Wenda (kedua dari kiri) dan Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet (ketiga dari kiri) di kantor badan HAM PBB di Jenewa pada 25 Januari 2019 (kredit: ULMWP)

Wakapolri Komjen Gatot Edi menyampaikan perkembangan situasi di Papua usai deklarasi pembentukan pemerintahan sepihak oleh Benny Wenda. Menurut Gatot, situasi kemanan di Papua saat ini dipastikan aman terkendali.

"Masalah keamanan, kita mengetahui bahwa Papua adalah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap terjadi gangguan keamanan itu menjadi kewajiban bagi Polri, TNI, dan instansi terkait untuk menjaganya," kata Gatot dalam keteranga pers bersama Kemenko Polhukam, Kamis, 3 Desember 2020.

Karenanya, lanjut Gatot, jika ada yang mengikuti deklarasi Benny Wenda akan ditindak tegas oleh Polri. Sebab tidak ada siapa pun yang boleh mengganggu persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

"Jai bagi siapa yang mengikuti deklarasi itu, kita akan melakukan tindakan tegas, siapapun dia, kelompok apapun dia, kita tidak pandang bulu," jelas jenderal bintang tiga ini.

Gatot beralasan, pernyataan tegasnya dikeluarkan demi menjamin keutuhan Papua sebagai bagian dari Indonesia. Kemudian, unuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara hukum yang berdaulat.

"Jadi kita ingin menunjukkan bahwa negara kita ini adalah negara hukum dan Papua adalah Indonesia," Gatot menandasi.

 

Minta Ditindak Tegas

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan rumusan Pancasila terbentuk dari proses menerima dan menghormati perbedaan pandangan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan rumusan Pancasila terbentuk dari proses menerima dan menghormati perbedaan pandangan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung Pemerintah Republik Indonesia untuk menindak tegas Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda terkait pembentukan Pemerintah Sementara Papua Barat.

"Mendukung Pemerintah Republik Indonesia untuk mengambil tindakan tegas dan terukur, termasuk melalui langkah-langkah diplomatik dengan menggunakan alat negara dalam rangka menjaga marwah dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Bambang.

Bambang juga mengecam apa yang dilakukan oleh Benny Wenda tersebut.

"Dengan ini atas nama Pimpinan MPR Republik Indonesia menyatakan mengecam keras deklarasi yang dilakukan Benny Wenda, seorang warga negara asing yang melakukan gerakan makar dengan mengatasnamakan masyarakat Papua," kecam dia.

Menurut Bambang, apa yang dilakukan Benny hanyalah klaim sepihak dan tak mendapatkan dukungan dari rakyat Papua. Hal itu tentu saja tak sejalan dengan hukum internasional.

"Termasuk juga tidak sesuai dengan konstitusi dan undang-undang Indonesia sebagai pemilik kedaulatan yang sah atas Papua. Fakta juga menunjukkan bahwa tidak semua rakyat Papua bahkan (tidak) mendukung Benny Wenda sebagai presiden," ucap Bambang.

Bambang menegaskan, segala bentuk pernyataan yang merongrong wilayah kedaulatan NKRI merupakan sikap yang mengingkari konstitusi.

"Bahwa menurut Pasal 106 KUHP, dengan masuk seluruh atau sebagian wilayah negara jatuh ke tangan musuh atau memisahkan sebagian dari wilayah negara diancam dengan pidana seumur hidup atau pidana penjara sementara selama-lamanya 20 tahun," terang dia.

Menurut Bambang apa yang dilakukan Benny Wenda bersama ULMWP untuk mendeklarasikan Pemerintahan Sementara Papua Barat menujukan sikap makar.

"Sudah sangat jelas merupakan perbuatan makar terhadap negara kesatuan Republik Indonesia," tegas Bambang.

 

Buat Negara Ilusi

Mahfud MD (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mahfud MD (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyatakan, negara Papua Barat yang dideklarasikan Benny Wenda pada 1 Desember lalu merupakan negara ilusi.

"Menurut kami, Benny Wenda ini membuat negara ilusi. Negara yang tidak ada dalam faktanya. Negara Papua Barat itu apa?" kata Mahfud.

Menurut Mahfud, suatu negara dapat berdiri memiliki tiga syarat, seperti wilayah, rakyat, serta pemerintahan dan pengakuan dari negara lain.

Sementara negara yang dideklarasikan Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) itu tak memiliki wilayah. Benny Wenda tak memiliki tanah yang dikuasai di Papua sejengkal pun.

"Negara itu syaratnya ada tiga, syarat itu ada rakyat yang dia kuasai, ada wilayah dia kuasai, kemudian ada pemerintah. Dia tidak ada. Rakyatnya siapa dia memberontak. Wilayahnya kita menguasai," kata Mahfud.

"Pemerintah siapa yang mengakui dia pemerintah, orang Papua sendiri tidak juga mengakui. Kemudian syarat lain adanya pengakuan dari negara lain," sambung dia.

Selain itu, negara juga mesti masuk dalam organisasi internasional. Soal dukungan, kata Mahfud Benny Wenda hanya didukung oleh negara kecil di Pasifik.

"Dia tidak ada yg mengakui. Memang didukung satu negara kecil di Pasifik, namanya Vanuatu. Tapi kecil itu dari pada ratusan negara besar, Vanuatu kan kecil dan tidak masuk juga ke organisasi internasional hanya disuarakan secara politik," sebut Mahfud Md.

 

Tegaskan Papua Bagian Indonesia

Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda saat berbicara dalam sebuah acara di Inggris. (Handout/United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)/AFP)
Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda saat berbicara dalam sebuah acara di Inggris. (Handout/United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)/AFP)

Mahfud Md juga menjelaskan mengapa negara bentukan Benny Wenda layak disebut negara ilusi. Pasalnya menurut Mahfud melalui Referendum 1959, Papua sudah final dan sah menjadi bagian dari Indonesia.

Referendum yang digelar pada November 1969 itu telah disahkan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Bahwa Papua itu sah bagian Indonesia. Karena itu tidak akan ada lagi, PBB tidak mungkin membuat keputusan dua kali dari hal yang sama atau terhadap hal yang sama. Papua itu sejak 69 tidak masuk dalam daftar Komite 24 PBB," jelas Mahfud.

Komite 24 merupakan daftar negara-negara yang dianggap memiliki peluang dan mandiri untuk merdeka.

"Kalau Timor-Timur (Timor Leste) memang ada, tetapi Papua tidak ada. Sejak 69 tidak masuk di komite 24 itu," katanya.

Lebih dari itu, kata Mahfud, Benny Wenda merupakan seorang narapidana. Ia sudah dijatuhi hukuman pidana di Indonesia selama 15 tahun atas tindakan kriminal. Namun Benny melarikan diri.

"Sehingga dia sekarang tidak punya kewarganegaraan, di Inggris dia tamu, di Indonesia dia sudah dicabut kewarganegaraannya," tegas Mahfud.

Divestasi Freeport, Apa manfaatnya untuk Papua?

Infografis: Divestasi Freeport, APa manfaatnya untuk Papua? (Dok Kementerian BUMN)
Infografis: Divestasi Freeport, APa manfaatnya untuk Papua? (Dok Kementerian BUMN)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Menggugah Selera

Posted: 03 Dec 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang letaknya berada Jawa Timur. Sebagai salah satu kota besar, keberagaman budaya masyarakat di dalamnya turut berpengaruh terhadap aneka macam makanan khas Surabaya. Tidak heran, jika kota ini sering dijadikan tujuan destinasi wisata terutama bagi pecinta kuliner.

Mencicipi aneka makanan khas Surabaya wajib tentunya, terutama saat mengunjungi Kota Pahlawan ini. Pasalnya, tidak mudah mendapatkan beberapa jenis makanan khas Surabaya di daerah lain. Meskipun ada, tentu rasanya tidak akan otentik seperti di lokasi aslinya.

Nah, jadi apa saja ragam makanan khas Surabaya? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber makanan khas Surabaya tersebut dan pastinya membuat lidah bergoyang, Jumat (4/12/2020).

Rujak Cingur dan Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen (sumber: merdeka.com)
Sate Klopo Ondomohen (sumber: merdeka.com)

1. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah rujak cingur. Makanan ini menjadi salah satu menu khas Jawa Timur yang sudah terkenal seantero negeri. Rujak cingur terdiri dari potongan cingur atau hidung sapi yang sudah melalui proses perebusan lama sehingga empuk dan kenyal.

Kemudian, cingur tersebut akan dicampur dengan sayur rebus dan irisan lontong. Rujak cingur umum disajikan dengan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur yang semakin menggugah selera.

Pedagang rujak cingur sangat banyak bertebaran di Kota Surabaya. Jadi, tidak perlu bingung apabila gagal mencicipinya di sela liburan.

 

2. Sate Klopo Ondomohen

Ketika berkunjung ke Kota Surabaya jangan lupa mencicipi lezatnya Sate Klopo Ondomohen yang populer dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Sate Klopo adalah salah satu makanan khas Surabaya yang terletak di Jalan Walikota Mustajab yang dulunya disebut dengan Jalan Ondomohen.

Jadi, jangan heran apabila di sepanjang jalan tersebut akan ditemui beberapa pilihan kedai yang menawarkan menu sate klopo. Sate Klopo dibuat dari daging berlumur parutan kelapa dan bumbu sebelum dibakar. Tidak heran jika sate ini jadi lebih gurih dan empuk.

Rawon Kalkulator dan Sate Lisidu

ilustrasi sate Credit: freepik.com
ilustrasi sate Credit: freepik.com

3. Rawon Kalkulator Taman Bungkul

Apabila mampir ke Taman Bungkul, wajib untuk mengunjungi salah satu warung tenda yang menyajikan makanan khas Surabaya, yaitu rawon.

Nama tempat ini sangat unik. Asal-usulnya, karena si penjual dapat menghitung cepat total harga makanan yang dipesan layaknya kalkulator yang bisa bekerja dalam hitungan detik saja.

 

4. Sate Lisidu

Salah satu makanan khas Surabaya yang berupa sate adalah Sate Lisidu. Sate ini sate terbuat dari ayam kampung dan dibentuk pipih. Bentuk pipih ini membuat bumbu kacang lumuran bumbu kacang semakin meresap ke dalam daging dan membuat rasa satenya lebih sedap.

Cara pengipasan saat membakar sate juga tidak sembarangan. Pengipasan dilakukan dari atas sampai bawah sehingga sisa arang tidak menempel di sate.

Sate Karak dan Tahu Tek

Tahu Tek kuliner tradisional Surabaya
Tahu Tek kuliner tradisional Surabaya

5. Sate Karak

Selain Sate Lisidu, ada juga makanan khas Surabaya yaitu Sate Karak. Sate ini sudah jarang ditemui di Surabaya. Sate Karak adalah sate yang terbuat dari usus kemudian disajikan dengan karak, semacam ketan hitam. Kemudian, hidangan ini ditaburi parutan kelapa yang membuat rasanya semakin unik. Jika penasaran rasanya, pedagang sate ini masih banyak di daerah Ampel.

 

6. Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya yang dahulu dijual dengan gerobak dorong. Nama Tahu Tek berasal dari bunyi "tek" ketika penjual memakai alat masak untuk menggoreng tahu atau memotong bahan. Tahu Tek umum disajikan dengan irisan lontong, kentang, telur goreng, serta tahu goreng. Agar semakin nikmat, tahu tek akan disiram bumbu petis, kecambah, serta dilengkapi kerupuk udang yang diuleg bersama kacang tanah.

Lontong Kupang dan Lontong Balap

Lontong Balap Garuda Pak Gendut (sumber: Youtube/jalan & jalan)
Lontong Balap Garuda Pak Gendut (sumber: Youtube/jalan & jalan)

7. Lontong Kupang

Lontong Kupang juga salah satu makanan khas Surabaya yang wajib dicoba. Kupang sendiri adalah sejenis kerang kecil-kecil yang direbus kemudian diberi siraman kuah kaldu gurih bersama perasan jeruk nipis dan sambal petis. Maka jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi rasa nikmat dari makanan khas Surabaya ini.

 

8. Lontong Balap

Kabarnya, asal-usul nama Lontong Balap berasal dari para penjualnya yang selalu berlari ketika memikul dagangannya yang berat hingga terlihat seperti sedang balapan. Lontong Balap sendiri adalah salah satu makanan khas Surabaya yang menghidangkan tahu goreng, lentho atau perkedel kacang hijau, rebusan taoge, kemudian disiram dengan kuah manis dan gurih. Rasa dari Lontong Balap semakin mantap saat dinikmati dengan sambal petis.

Pecel Semanggi dan Nasi Cumi

Pecel Semanggi atau Semanggi Suroboyo salah satu kuliner andalan Kota Surabaya. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)
Pecel Semanggi atau Semanggi Suroboyo salah satu kuliner andalan Kota Surabaya. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

9. Pecel Semanggi Suroboyo

Makanan khas Surabaya ini menghidangkan kukusan semanggi, sejenis tanaman paku yaitu clover kemudian dicampur dengan daun papaya serta tauge lalu disiram bumbu kacang yang gurih, manis, juga pedas.

Pecel Semanggi bisa dijumpai sekitar kawasan Masjid Al Akbar dan di Area Taman Bungkul. Pecel Semanggi umum dijajakan ibu-ibu yang duduk di pinggir jalan sejak pagi hingga sore.

 

10. Nasi Cumi Jalan Waspada

Makanan khas Surabaya ini sangat terkenal. Warung Nasi Cumi ini terletak di depan Pasar Atom di Jalan Waspada. Ada pilihan menu, yaitu Nasi Cumi Peyek, Nasi Cumi Campur, dan Nasi Cumi Komplit yang masing-masing menggunakan masakan cumi hitam khas Madura. Nasi Cumi buka selama 24 jam dan salah satu menu paling laris yaitu Nasi Cumi Komplit dengan isi cumi masak tinta, mie goreng, babat usus dan paru goreng, yang dilengkapi dengan sebutir telur dan tahu, serta gorengan peyek udang.

Es Krim dan Soto Ayam Ambengan

Soto Ambengan (Indonesiakaya.com)
Soto Ambengan (Indonesiakaya.com)

11. Es Krim Zangrandi

Outlet Es Krim Zangrandi terletak di Jalan Yos Sudarso, Embong Kaliasin dan berdekatan dengan Balai Pemuda serta Balai Kota Surabaya. Es Krim Zangrandi adalah outlet es krim favorit warga Surabaya yang berdiri sejak tahun 1933. Salah satu menu legendarisnya adalah Banana Split dan aneka rasa es krim yang dibuat dengan resep turun temurun.

 

12. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto ini sangat khas dengan kuah kental dan kaya rasa. Menu di sini yaitu Soto Daging dan Soto Ayam. Soto Ambengan Pak Sadi terletak di Jalan Ambengan, Ketabang, Genteng, Surabaya. Meski lokasinya cukup tersembunyi, tapi jangan heran jika outlet soto ini sangat ramai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alexa Traffic Rank dan 6 Mitos Tak Benar yang Pernah Menimpanya

Posted: 03 Dec 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia digital, Alexa Traffic Rank dikenal sebagai salah satu layanan untuk mengukur sebuah situs web populer atau tidak. Peringkat situs web ini berbasis pada perkiraan traffic serta keterlibatan pengunjung suatu situs web dalam tiga bulan terakhir.

Sistem peringkat oleh Alexa Traffic Rank diperkenalkan pertama kali pada 1998. Hingga kini, Alexa menjadi salah satu acuan para pengelola situs web di dunia termasuk Indonesia.

Seiring waktu, terdapat beragam informasi di kalangan pengguna internet yang tak jelas kebenarannya terkait sistem pemeringkatan Alexa Traffic Rank ini.

 

Apa Saja?

Bila kita melirik blog resmi Alexa, ada enam mitos yang pernah melanda Alexa Traffic Rank. Apa saja?

 

1. Hanya Ukur Traffic User yang Punya Toolbar Alexa

Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay
Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay

Isu mengenai pengguna internet yang diukur Alexa hanya mereka yang memiliki toolbar sistem tersebut, tak sesuai fakta.

Menurut Alexa, panel pengukuran mereka didasarkan pada sejumlah plugin dan ekstensi browser yang banyak dan beragam. Sedangkan Alexa Toolbar hanyalah satu dari berbagai ekstensi browser yang menyertakan data Alexa.

Namun, ada kelebihan bagi situs yang telah memasang kode Alexa Certify. Alexa akan langsung mengukur lalu lintas dari semua pengunjung ke situs web ini terlepas apakah pengunjung juga memasang ekstensinya atau tidak.

 

2. Hanya Ukur Pemasar Internet dan Pemilik Situs Web

Ilustrasi situs web, website, internet. Kredit: 200 Degrees via Pixabay
Ilustrasi situs web, website, internet. Kredit: 200 Degrees via Pixabay

Seperti halnya poin pertama, isu mengenai Alexa hanya mengukur pemasar internet dan pemilik situs web juga hanya mitos. Alexa memiliki panel traffic berdasarkan jutaan orang pengguna di lebih dari 25 ribu ekstensi browser berbeda.

3. Klaim Situs Web Bisa Pengaruhi Peringkat

Internet (sumber: Pixabay)
Internet (sumber: Pixabay)

Rumor seputar mengklaim situs web memengaruhi peringkat pun tidak benar. Langkah tersebut tak perlu bila ingin situs web diukur oleh Alexa.

Namun begitu, mengklaim situs web sambil memperbarui deskripsi dan informasi kontak secara teratur, memungkinkan pemilik situs mendapat peluang dikunjungi jutaan pengguna yang mengunjungi Alexa setiap bulan.

 

4. Pasang Widget Bisa Tingkatkan Peringkat

Lagi-lagi, memasang widget Alexa bukan solusi meningkatkan peringkat situs web. Kondisi ini hanya memungkinkan pemilik mempromosikan peringkat situs web mereka kepada pengunjung. Widget tidak digunakan untuk mengukur traffic.

5. Peringkat Naik Jika Traffic Meningkat Pada Hari Tertentu

Naiknya traffic pada hari tertentu juga tak berdampak pada peringkat secara langsung. Data Alexa Traffic Rank setiap hari diperbarui. Namun hanya berdasarkan pada pengunjung ke setiap situs web selama tiga bulan terakhir.

Nilai traffic suatu situs web dalam satu hari hanya berkontribusi sekitar 1/90 dari semua traffic yang diukur dalam rangka menentukan peringkat.

 

6. Membayar Alexa, Bisa Dapat Peringkat Lebih Baik

Membayar Alexa Rank untuk bisa mendapat peringkat tinggi hanya mitos. Alexa memang menawarkan beberapa layanan berbayar seperti Marketing Stack yang dapat membantu menemukan peluang meraih lebih banyak traffic. Namun, naiknya peringkat suatu situs web yang mengambil layanan itu, bukan dibantu secara langsung oleh pihak Alexa.

Bila pemilik memasang Kode Sertifikasi Alexa di situs web mereka, Alexa dapat langsung mengukur lalu lintas situs ketimbang memperkirakannya semata. Pengukuran secara langsung akan menghasilkan peringkat lebih akurat. Namun lebih akurat bukan berarti peringkatnya menjadi lebih baik. (Mochamad Wahyu Hidayat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden Wajibkan Warga AS Wajib Pakai Masker dalam 100 Hari Pertama Program Kerjanya

Posted: 03 Dec 2020 10:39 PM PST

Jakarta - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa dia berencana untuk mewajibkan orang Amerika mengenakan masker di gedung-gedung federal dan di sarana transportasi transportasi antarnegara bagian, termasuk bus, pesawat, dan kereta api, selama 100 hari pertama ia menjabat.

"Pada hari pertama saya dilantik, saya akan meminta masyarakat memakai masker selama 100 hari. Hanya 100 hari memakainya - tidak selamanya, hanya 100 hari. Dan saya pikir kita akan melihat pengurangan (kasus baru) yang signifikan," kata Joe Biden seperti dilansir DW, Jumat (4/12/2020). 

Setelah libur Hari Thanksgiving pekan lalu, kasus baru dan kematian melonjak di seluruh AS. Sekarang ada lebih dari 100.000 pasien yang dirawat di rumah sakit karena virus corona.

AS pun kembali melaporkan rekor tertinggi angka kasus baru virus corona, yakni lebih dari 210.000 kasus baru pada Kamis (03/12), serta 2.907 kematian.

Anthony Fauci Bakal Tetap Menjabat

Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS,  pergi setelah berbicara selama pengarahan harian Gugus Tugas Koronavirus Gedung Putih di Ruang Sidang James Brady di Gedung Putih 13 April 2020 di Washington, DC. (Alex Wong/AFP)
Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, pergi setelah berbicara selama pengarahan harian Gugus Tugas Koronavirus Gedung Putih di Ruang Sidang James Brady di Gedung Putih 13 April 2020 di Washington, DC. (Alex Wong/AFP)

Dalam wawancara yang sama, Biden mengatakan dia ingin ahli penyakit menular AS Dr. Anthony Fauci tetap sebagai kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular.

"Saya memintanya untuk tetap dalam posisi yang sama persis dengan yang dia miliki selama beberapa presiden terakhir, dan saya memintanya menjadi kepala penasihat medis untuk saya juga, dan menjadi bagian dari tim COVID," jelas Biden.

Biden juga mengatakan akan bersedia diinokulasi di depan umum untuk mensosialisasikan penggunaan vaksin. Inokulasi adalah kegiatan pemindahan mikroorganisme baik berupa bakteri maupun jamur dari tempat atau sumber asalnya ke medium baru.

"Penting untuk mengkomunikasikan kepada orang Amerika bahwa itu (vaksin) aman," kata Biden.

Mantan presiden Barack Obama, George W. Bush, dan Bill Clinton juga mengatakan mereka akan mendapatkan vaksin tersebut.

"Jika Anthony Fauci memberi tahu saya bahwa vaksin ini aman, dan dapat memvaksinasi..., mengimunisasi Anda dari tertular COVID, tentu saja saya akan menerimanya," kata Obama dalam siaran radio SiriusXM. "Saya mungkin akan menayangkannya di TV atau memfilmkannya, hanya agar orang tahu bahwa saya mempercayai sains, dan yang tidak saya percayai adalah tertular COVID."

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump berulang kali mengatakan vaksin akan segera tersedia untuk umum. Kandidat vaksin yang telah dikembangkan adalah dari Pfzier-BioNTech dan Moderna-NIH yang diharapkan bisa disetujui akhir bulan ini. AS berharap untuk dapat memvaksinasi 100 juta orang, hampir sepertiga dari total populasi, sampai akhir Februari 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekomendasi Buah Agar Tetap Fit di Musim Hujan

Posted: 03 Dec 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di musim hujan tubuh pasti memerlukan imun yang lebih banyak dan kuat. Mengkonsumsi buah salah satunya. Ini dia rekomendasi buah untuk tubuh tetap fit selama musim hujan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbauan Tim SAR dan PVMBG Usai Gunung Semeru Berstatus Waspada

Posted: 03 Dec 2020 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas Gunung Semeru semakin aktif usai mengalami erupsi pada Selasa, 1 Desember 2020. Statusnya pun berada pada level II atau waspada.

Tim Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM pun memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada.

Pada Rabu, 2 Desember 2020, Tim SAR gabungan menggelar observasi di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru. Observasi yang dilakukan di daerah dusun Curah Kobokan ini melibatkan 14 orang personel yang terbagi menjadi 4 SRU (Search and Rescue Unit).

Selama observasi, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan, di antaranya motor trail, APD (Alat Pelindung Diri) seperti helm dan sepatu safety, peralatan komunikasi dan medis, GPS, repeater portable dan peralatan pendukung lainnya.

"Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, tim SAR gabungan mengimbau agar warga tetap berada di daerah aman dan waspada jika terjadi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru," ujar Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya I Wayan Suyatna, Rabu, 2 Desember 2020.

Senada, (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM juga merekomendasikan masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif.

Berikut 4 imbauan Tim SAR dan PVMBG usai Gunung Semeru berstatus waspada dihimpun Liputan6.com:

 

Waspada Abu Vulkanik dan Lahar Dingin

Jalur pendakian Gunung Semeru ditutup sementara guna konservasi.
Jalur pendakian Gunung Semeru ditutup sementara guna konservasi.

Tim SAR gabungan menggelar observasi di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, pada Rabu 2 Desember 2020. Observasi yang dilakukan di daerah dusun Curah Kobokan ini melibatkan 14 orang personel yang terbagi menjadi 4 SRU (Search and Rescue Unit).

Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, berdasarkan hasil observasi tim SAR gabungan, sebagian daerah di Dusun Curah Kobokan, seperti di area hutan pinus dan area ladang milik warga telah tertutup abu vulkanik Gunung Semeru. Warga diminta waspada.

"Hamparan abu vulkanik Gunung Semeru ini kondisinya masih terasa panas meskipun para personel tim SAR gabungan yang ikut dalam observasi menggunakan sepatu safety yang cukup tebal," ujar Suyatna.

Selain kondisi tersebut, lanjut dia, masih terdapat lahar dingin yang mengalir di sungai Besuk Lengkong dengan ketinggian sekitar 25 cm. Namun demikian, kondisi ini masih dirasa aman.

"Kondisi cuaca di sekitar area observasi terpantau mendung pada siang hari dan hujan ringan di sore hari," kata Suyatna.

Suyatna memaparkan, selama observasi, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan, di antaranya motor trail, APD (Alat Pelindung Diri) seperti helm dan sepatu safety, peralatan komunikasi dan medis, GPS, repeater portable dan peralatan pendukung lainnya.

Observasi ini melibatkan personel gabungan dari tim Kantor SAR Surabaya, KODIM 0821 Lumajang, Polres Lumajang, BPBD kabupaten Lumajang, RAPI, ORARI, YSDF, SAR OPA, TAGANA Lumajang, PMI dan sejumlah personel relawan lainnya.

"Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, tim SAR gabungan mengimbau agar warga tetap berada di daerah aman dan waspada jika terjadi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru," jelas Suyatna.

 

Diimbau Tak Lakukan Aktivitas di Areal Kawah Aktif

Seorang warga memeriksa lahan pertanian yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur (3/12/2020). PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM merekomendasikan, masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer. (AFP/Juni Kriswanto)
Seorang warga memeriksa lahan pertanian yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur (3/12/2020). PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM merekomendasikan, masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer. (AFP/Juni Kriswanto)

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM merekomendasikan, masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 kilometer dan wilayah sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif.

Areal itu merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru, tepatnya di Kawah Jonggring Seloko sebagai alur luncuran awan panas.

Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani juga meminta masyarakat mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jonggring Seloko.

Berdasarkan pengamatan 2 Desember 2020 sampai pukul 24.00 WIB, Gunung Semeru di Lumajang, Malang, Jawa Timur, masih mengeluarkan awan panas guguran dan lava pijar.

"Pengamatan secara visual gunung terlihat jelas, terdapat kabut tetapi asap kawah nihil. Teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 2.500 meter. Gunung dominan tertutup kabut, teramati 10 kali guguran lava pijar jarak luncur kurang lebih 500-750 meter dari ujung lidah lava atau kurang lebih 250 meter dari kawah aktif arah Besuk Kobokan," ujar Kasbani dalam keterangan resminya, Kamis, 3 Desember 2020.

 

Waspada Awan Panas

Seorang warga memeriksa lahan pertanian yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur (3/12/2020). Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani juga meminta masyarakat mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jonggring Seloko. (AFP/Juni Kriswanto)
Seorang warga memeriksa lahan pertanian yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur (3/12/2020). Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani juga meminta masyarakat mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jonggring Seloko. (AFP/Juni Kriswanto)

Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani meminta masyarakat juga harus mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Kasbani menjelaskan, radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Gunung Semeru yang memiliki tipe strato dengan kubah lava, dengan puncak tertinggi Mahameru (3.676 mdpl) aktivitasnya tedapat di Kawah Jonggring Seloko. Letaknya di sebelah tenggara puncak Mahameru yang terbentuk sejak 1913.

"Letusan Gunung Semeru umumnya bertipe vulkanian dan strombolian, berupa penghancuran kubah atau lidah lava, serta pembentukan kubah lava atau lidah lava baru. Penghancuran kubah atau lidah lava mengakibatkan pembentukan awan panas guguran yang merupakan karakteristik dari Gunung Semeru," jelas Kasbani.

PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM menyebutkan berdasarkan pengamatan visual Gunung Semeru, menunjukkan adanya kenaikkan jumlah gempa guguran dan beberapa kali awan panas guguran.

Kenaikan ini diakibatkan oleh adanya ketidakstabilan kubah lava di bagian puncak. Dari kegempaan hingga 1 Desember 2020 pukul 06.00 WIB didominasi oleh gempa guguran dan beberapa kali gempa awan panas guguran.

 

(Fifiyanti Abdurahman)

Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru

Infografis Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Kampung Lalang Medan Rasakan Banjir Parah Setelah Hampir 20 Tahun

Posted: 03 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Medan Meluapnya air Sungai Sunggal yang menjadi pembatas antara Kabupaten Deli Serdang dengan Kota Medan, Sumatera Utara, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir. Ketinggian air mulai 50 Cem hingga 1 meter lebih.

Seorang warga Kampung Lalang, Medan, Dean Ramadhan mengatakan, banjir yang terjadi kali ini tergolong parah. Sebelumnya banjir setinggi kurang lebih 1 meter terakhir kali pernah terjadi pada 2001.

"Bisa dibilang, ini paling parah. Terhitung hampir 20 tahun lalu, ini paling parah," kata Dean, Jumat (4/12/2020).

Warga-warga yang rumahnya terendam banjir sudah mengevakuasi barang-barang. Air mulai naik sekitar pukul 03.00 WIB. Namun saat itu warga masih ada yang tetap berada di dalam rumah.

"Sekitar pukul 04.00 WIB, air langsung tinggi hingga satu meter lebih," kata warga lainnya, Yunika Amelia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dirikan Dapur Umum

Warga di Kampung Lalang, Medan, kebanjiran
Warga di Kampung Lalang, Medan, kebanjiran

Kepala Lingkungan (Keling) 3, Kelurahan Lalang, M Zakaria Nasution mengatakan, sebagian warga korban banjir juga sudah mendirikan posko dapur umum di dekat masjid yang berada di Gang Flamboyan, Kampung Lalang.

"Kita sudah mendirikan posko dan dapur umum. Banjir disebabkan tanggul di Sungai Sunggal jebol, dampaknya air meluap ke rumah warga," ucapnya.

Korban Meninggal Dunia

Pemukiman warga di Bantaran Sungai Deli terendam banjir
Pemukiman warga di Bantaran Sungai Deli terendam banjir

Berdasarkan data dari Badan Pengendali Bencana Daerah (BPBD) Medan, akibat bencana banjir kali ini, 6 orang hilang. 2 orang sudah ditemukan dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 4 orang lagi masih berstatus hilang dan belum ditemukan.

"Dari jumlah 6 orang tersebut hilang karena terseret arus banjir. Rinciannya, 5 orang dewasa dan 1 balita," kata Sekretaris BPBD Kota Medan, Nurly.

BPBD dan SAR masih melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir di sejumlah wilayah. Tim Reaksi Cepat BPBD Medan mengevakuasi warga di Kecamatan Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Maimun. dan Medan Sunggal.

Evakuasi Ratusan Jiwa

Tim SAR Gabungan evakuasi warga korban banjir
Tim SAR Gabungan evakuasi warga korban banjir

Disebutkan Nurly, dari 4 lokasi banjir itu, petugas telah berhasil mengevakuasi 186 jiwa. Dengan rincian anak-anak 50 jiwa, balita 38 jiwa, dewasa 67 jiwa, dan lansia 26 jiwa.

"Personel bergerak menyisir banjir di Kecamatan Medan Helvetia yang teimbas dari luapan Sungai Sunggal," sebutnya.

Sampai saat ini, data terkumpul terkait dampak banjir sudah merendam 2.773 rumah, 1983 KK dan 5.965 jiwa.

Data tersebut terangkum dari 7 Kecamatan dan 13 Kelurahan, antara lain Kecamatan Medan Maimun, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Baru, Medan Petisah, dan Medan Polonia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg

Posted: 03 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster.

KPK telah melakukan penyidikan kepada Edhy Prabowo dan istri sejak Mei 2020. Memang, kebijakan ekspor benih lobster sempat menuai pro dan kontra di era kepemimpinan Edhy Prabowo.

Ekspor kembali diperbolehkan, usai ditutup pada era Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Pembukaan izin ekspor ini tertuang lewat Peraturan Menteri KKP Nomor 12 Tahun 2020. Berdasarkan data PPATK, kerugian negara imbas penyelundupan benih lobster mencapai Rp 900 miliar.

Lobster sendiri memang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Lobster mutiara misalnya, harganya di pasaran mencapai Rp 1,5 juta per kilogram.

Berikut infografis harga benih dan lobster dewasa:

INFOGRAFIS

INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laura Meizani Putri Nikita Mirzani Panggil Ayah Kandungnya Om, Begini Ceritanya

Posted: 03 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani tiga kali menikah dan tiga kali pula cerai. Pernikahan pertama pemilik kanal YouTube Crazy Nikmir Real dikaruniai seorang putri bernama Laura Meizani Nasseru Asry atau Lolly.

Mantan suami pertama Nikita Mirzani terbilang misterius. Tidak pernah tersorot kamera pewarta hiburan bahkan, tak banyak yang tahu nama lengkapnya. Lolly buka suara.

Ia menjawab tudingan tak punya ayah kandung dari sejumlah pihak. Ini bermula ketika bintang film Comic 8 dan Mama Minta Pulsa membahas gunjingan bahwa Lolly tak punya ayah kandung.

 

Memang Jauh

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

"Punya. Tapi memang enggak suka ketemu, memang ya jauh. Pernah kok ketemu aku tapi memang ya gitu. Punya. Bukannya enggak punya, kan sudah cerai juga aku ikutnya ke Mama bukan ke Dad," kata Lolly.

Setelah genderang cerai ditabuh di pengadilan, Lolly ikut Nikita Mirzani. Dibesarkan orangtua tunggal tak membuat Lolly kecewa. Ia bangga Nikita Mirzani memainkan peran ganda sebagai ayah sekaligus ibu.

Bukan Bapak Kalian

Nikita Mirzani dan Laura Meizani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)
Nikita Mirzani dan Laura Meizani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)

"Itu kan bapak aku, bukan bapak kalian. It's oke. Aku juga kalau enggak ada bapak, it's oke. Aku siap menganggap Mama aku sebagai ayahku juga," Lolly menyambung.

Pengakuan Lolly ada dalam video "First Time, Anak Pertama Nikita Mirzani Mengungkapkan Apa Yang Sebenarnya Terjadi" di kanal YouTube Crazy Nikmir Real, Kamis (3/12/2020).

Ketemu Daddy Panggilnya Om

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Beberapa kali Lolly bertemu ayah kandungnya. Suasana canggung. Bahkan, saat belum diberi tahu bahwa itu ayah kandungnya, Lolly memanggil ayahnya Om.

"Waktu itu juga ketemu Daddy panggilnya Om-lah. Kan baru pertama kali ketemu Dad, pastinya aku dari kecil enggak pernah diurus sama Papa jadi aku panggilnya Om," cerita Lolly. 

Mimi Single

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Meski tak ada figur ayah di rumah, Lolly bisa menerima keadaan. Kehadiran Nikita Mirzani dirasa sudah cukup. "Cukup banget, bisa dibilang begitu. Aku cuma butuh Mimi sama adik-adik gitu doang," imbuhnya.

"Jadi kalau Mimi single ya it's oke. Kalau misalnya Mimi enggak cocok sama yang lain, ya sudah mendingan sendiri daripada Mimi suka disakiti akunya juga kan jadi enggak enak melihatnya," Lolly mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Pengguna iPhone 12 Keluhkan Masalah Baterai Boros saat Mode Standby

Posted: 03 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis iPhone 12 series dalam empat model, yang kini sudah bisa dibeli di sejumlah negara tertentu. Sayangnya, sebagian pengguna mengeluhkan masalah baterai boros pada seri smartphone terbaru iPhone 12 tersebut.

Sebelumnya, sejumlah pengguna awal iPhone 12 juga mengeluhkan sinyal di perangkat baru mereka. Masalah ini selesai, lalu disusul keluhan baru yakni hilangnya notifikasi pesan di iPhone 12.

Tidak hanya itu, beberapa pengguna juga mengeluhkan perangkat iPhone 12 mereka mengalami layar hijau.

Mengutip laman Gizchina, Jumat (4/12/2020), sejumlah pengguna iPhone 12 di Apple Community mengeluhkan baterai perangkat mereka cepat habis ketika ponsel dalam mode standby.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah pengguna iPhone 12 Pro pada akhir Oktober 2020, konsumsi daya ketika perangkat dalam mode standby adalah 4 persen per jam.

Lebih dari 1.000 Laporan

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menampilkan desain baja tahan karat tepi datar baru yang ditinggikan dan penutup depan Perisai Keramik untuk meningkatkan daya tahan. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Photo: Business Wire)
iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menampilkan desain baja tahan karat tepi datar baru yang ditinggikan dan penutup depan Perisai Keramik untuk meningkatkan daya tahan. Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Photo: Business Wire)

9to5Mac menyebut, ada lebih dari 1.000 laporan atas masalah baterai boros di iPhone 12 ini. Banyak pengguna yang mengeluhkan baterai turun antara 20-40 persen ketika perangkat dalam mode standby di malam hari.

"Saya perhatikan, ketika tidak ada aktivitas apa pun, baterai iPhone 12 Pro saya berkurang 4 persen lebih cepat dibandingkan iPhone 11 Pro saya sebelumnya. Saya mencoba menonaktifkan data 5G, tetapi tidak ada perubahan signifikan," kata seorang pengguna iPhone 12 Pro, dikutip dari Gizchina.

Perlu diingat, iPhone 12 merupakan seri iPhone pertama yang menggunakan jaringan 5G. Perangkat ini didukung chipset A14 Bionic. Dalam kondisi default, ketika pengguna memakai iPhone 12, perangkat akan langsung memasuki mode 5G.

Kendati demikian, data 5G yang menyala tidak akan mengurangi masa pakai baterai signifikan. Sayangnya, banyak pengguna menyadari, meski WiFi atau 5G tidak aktif, iPhone 12 akan segera kehabisan baterai ketika perangkat dalam mode siaga.

Berbagai Keluhan Lainnya

Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)
Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

Sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone 12 mengeluhkan hilangnya notifikasi SMS dan pesan. 

"Saya belum lama ini upgrade ke iPhone 12 dari iPhone 11 Max Pro. Saya sedang ngobrol di obrolan grup [group chat] bersama anak-anak, salah satu anak menggunakan Android. Ia mendatangi saya dan bertanya kenapa tidak membalas pesan di grup," kata pengguna tersebut, seperti dikutip dari MacRumors, Sabtu (14/11/2020).

Pengguna itu pun mengecek iPhone 12 miliknya dan menyadari bahwa ia tak menerima pesan apa pun di obrolan grup. Sang anak kemudian memperlihatkan perangkatnya dan benar saja, si anak mengirimkan pesan ke grup.

Kebanyakan pengguna yang mengeluh tidak mendapatkan notifikasi SMS dan pesan di grup chat. Namun, ada juga yang tidak bisa mengirimkan pesan pribadi.

"Saya juga mengalami masalah yang sama. Tampaknya masalah terjadi di obrolan grup, jika di dalamnya ada pengguna Android. Saya dan teman, baru saja bertukar pesan di iMessage dan tidak ada masalah dengan itu," kata pengguna lainnya.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Status Facebook Cowok saat Cari Pacar Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 03 Dec 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Media sosial saat ini mampu memudahkan untuk mencari pacar. Melalui media sosial inilah, baik cowok maupun cewek bisa bertemu orang baru dan memulai sebuah hubungan. Namun keberhasilan dari mencari pacar melalui status Facebook pun terkadang kecil.

Tentunya harus berusaha mencari yang memiliki kecocokan dan bisa nyambung obrolannya, meski belum pernah ketemu. Maka dari itu banyak pula yang mencari pacar dengan mengunggah sebuah status sambil menunjukan kebolehannya.

Seperti seorang netizen yang sedang mencari pacar melalui status Facebook. Status ini pun diunggah kembali oleh akun Instagram @receh.id, Kamis (3/12/2020). Unggahan ini pun viral dan sampai dikomentari oleh Anya Geraldine.

Berikut 7 status Facebook cowok saat cari pacar yang Liputan6.com kutip dari Instagram @receh.id, Jumat (4/12/2020).

1. Menggunakan media sosial untuk mencari pacar memang sudah banyak dilakukan orang.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

2. Namun terkadang, sedikit pula yang berhasil.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

3. Biasanya, karena ketidak kecocokan hingga karena enggak nyambung saat saling berkirim pesan.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

4. Terlihat dari pemuda ini pun memperlihatkan kebolehannya saat mencari pacar melalui status Facebook.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

5. Ia pun memamerkan segala macam kesukaannya agar dapat menarik perhatian.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

6. Bahkan Anya Geraldine pun sampai berkomentar dalam Instagram saat status ini diunggah ulang lho.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

7. Anya Geraldine pun mengomentari bahwa ia cari cowok yang enggak hobi selfie.

Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)
Status Facebook cowok cari pacar (Sumber: Instagram/receh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Jemput Paksa Eks Direktur Garuda Indonesia Hadinoto Soedigno

Posted: 03 Dec 2020 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjemput paksa Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia 2007-2012, Hadinoto Soedigno (HS).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, hal ini dilakukan lantaran yang bersangkutan kerap mangkir saat dipanggil.

Hadinoto telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus SAS dan Rolls-Royce PLC pada PT Garuda Indonesia.

"Jumat 4 Desember 2020, KPK telah jemput paksa HS selaku tersangka, HS sebelumnya telah dipanggil secara patut menurut hukum namun mangkir," kata Ali saat dikonfirmasi, Jumat (4/12/2020).

Ali mengatakan, KPK menjemput Hadinoto di kediamannya di daerah Jati Padang, Jakarta Selatan.

Diperiksa KPK

Ali menerangkan, HS langsung dibawa penyidik ke Gedung Merah Putih KPK untuk diiperiksa.

"Saat ini tersangka dilakukan pemeriksaan oleh penyidik," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Dengerin Single Terbaru dari Ifan Seventeen yang Berjudul Janji Hati

Posted: 03 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal dengan sosok musisi yang satu ini? Riefian Fajarsyah atau yang lebih dikenal dengan nama Ifan Seventeen merupakan seorang vokalis dari grup band ternama tanah air Seventeen.

Setelah tragedi dua tahun silam yang menimpa grup bandnya, Ifan Seventeen sempat vakum sesaat dari dunia musik. Kini pria asal Kalimantan itu telah kembali dalam industri musik tanah air yang telah membesarkan namanya.

Dengan semangatnya untuk perjuangan teman-temannya, Ifan Seventeen kembali merilis single terbarunya yang berjudul 'Janji Hati'. Ini juga merupakan debutnya sebagai penyanyi solo.

Nah, buat kalian yang udah ga sabar mau dengerin single Janji Hati bisa langsung tonton vidio di bawah ini. Atau kalian juga bisa dengerin lewat kanal AFE Records yang tersedia di platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT Telekomunikasi Indonesia Resmi Ganti Nama jadi Telkom Indonesia

Posted: 03 Dec 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang teknologi informasi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, atau yang populer dikenal dengan PT Telkom, kini secara resmi mengubah nama perusahaannya.

Mengutip laman Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia, Jumat (4/12/2020), perusahaan pelat merah ini mengubah namanya menjadi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

"Terhitung sejak tanggal 4 Desember 2020 PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan nama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk," demikian dikutip Liputan6.com.

Adapun, ketentuan pengubahan nama ini telah memperoleh persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan surat keputusan AHU-0032595.AH.01.02.Tahun 2019 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk tanggal 24 Juni 2019.

Kendati berubah, kode saham perusahaan ini tetap TLKM.

"Perdagangan efek PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di Bursa Efek Indonesia tetap menggunakan kode TLKM," demikian dikutip.

Telkom Dinobatkan Sebagai Best Leader Factory 2020

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraih peringkat pertama dalam Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2020 dengan nilai 92,44.
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraih peringkat pertama dalam Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2020 dengan nilai 92,44.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraih peringkat pertama dalam Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2020 dengan nilai 92,44. Dengan capaian total ini, Telkom mampu menyisihkan 26 finalis yang 60% di antaranya adalah BUMN, seperti Bank Mandiri, Pertamina, BRI, dan Sucofindo yang secara berurutan menguntit sebagai Top 5. Tak hanya itu saja, bahkan di sektor infrastruktur Telkom berada di posisi teratas, disusul PLN, Pelindo III, dan Jasa Marga. 

Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA berkolaborasi dengan NBO Indonesia, melibatkan tim juri dari tokoh yang sudah dikenal publik dengan baik seperti Amir Abdul Rachman (Former President Commisioner MNC Land), Elia Massa Manik (Former  CEO Pertamina), Josef Bataona (Former HR Director Unilever), Irham Dirmy (Wakil Komisi Aparatur Sipil Negara), dan Susanna Hartawan (Managing Director NBO Indonesia). 

Berdasarkan kriteria Vision Mission and Framework; Leadership Development Program, Program  Implementation and Execution; Leaders Born from Within, dan Business Impact, Telkom layak dinobatkan sebagai Best Leader Factory 2020. Hal ini karena Telkom dipandang memiliki pengelolaan talent yang  sistematis dan berkesinambungan, mendukung tujuan strategis perusahaan serta adanya komitmen  emosional para eksekutif dan manajemen senior perusahaan dalam pengembangan talent tersebut. 

"Terima kasih kepada penyelenggara dan tim juri yang telah memberikan apresiasi terhadap langkah  Telkom dalam pengelolaan human capital. Penghargaan ini tak hanya menjadi suatu apresiasi bagi kami,  tapi juga sebagai kalibrasi untuk mengetahui bahwa Telkom telah berada di jalur yang tepat khususnya  dalam mencetak leader terbaik masa depan bagi perusahaan," jelas Direktur Human Capital Management Telkom, Afriwandi di Jakarta (1/12). 

Dalam wawancaranya bersama Majalah SWA di Jakarta pekan lalu, Afriwandi mengatakan bahwa saat ini Telkom tengah bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang fokus pada tiga domain  bisnis, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services. Seiring dengan hal tersebut, Telkom membutuhkan transformasi dalam creating leaders yang mampu me-lead digital business. Untuk itu, Telkom merekrut anak-anak muda untuk dapat menyesuaikan dengan kapabilitas baru yang dibutuhkan. 

"Anak muda ini adalah modal Telkom untuk mencetak digital talent. Dari 25 ribu karyawan TelkomGroup,  sekitar 14.500 atau 58% di antaranya adalah anak muda," ungkap Afriwandi.

Tak hanya itu, Telkom juga diberi amanah oleh Kementerian BUMN untuk menjadi enabler digital capability untuk memenuhi kebutuhan talenta bagi BUMN lain. Hal ini sebagai upaya untuk menyukseskan salah satu prioritas Kementerian BUMN, yakni menyiapkan leader dan digital talent untuk Indonesia sehingga dapat bersaing dan sejajar dengan negara lain, khususnya dalam pengembangan dan pemasaran  teknologi digital. 

Setidaknya ada lima strategi yang diterapkan Telkom dalam mencetak talenta digital, antara lain talent acquisition dengan membangun talent dari dalam dan pro-hire dari luar; talent development mencakup  pengembangan leadership, professional competencies, dan fuctional competencies; career development di mana Telkom merekrut talenta berdasarkan kompetensi; performance management system yakni  melakukan review dan mengembangkan skill talenta Telkom yang dibutuhkan sesuai dengan  perkembangan; serta reward management yakni menyusun sistem remunerasi bagi karyawan. 

Terkait dengan pengembangan leadership, core values AKHLAK (Amanah – Kompeten – Harmonis – Loyal – Adaptif – Kolaboratif) menjadi landasan Telkom dalam mengembangkan aspek leadership seluruh karyawannya. Telkom merupakan BUMN pertama yang mengimplementasikan core values AKHLAK dan saat ini karyawan dari 85 BUMN juga mengikuti pelatihan di Telkom mengenai penerapan nilai-nilai tersebut.  

"Penghargaan ini tentunya memperkuat motivasi Telkom untuk melangkah dan berkarya lebih baik lagi.  Dengan workforce planning dan strategi yang tengah kami implementasikan, semoga Telkom dapat  mencetak digital talents dan digital leaders terbaik tidak hanya bagi perusahaan tapi bagi Indonesia  nantinya," tutup Afriwandi.

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kalinya, Angka Kematian Harian Akibat COVID-19 di AS Tembus 3.100

Posted: 03 Dec 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - AS mencatat lebih dari 3.100 kematian akibat COVID-19 dalam satu hari, menghapus rekor yang ditetapkan musim semi lalu. Sementara jumlah orang Amerika yang dirawat di rumah sakit karena Virus Corona jenis baru itu telah melampaui 100.000 untuk pertama kalinya.

Ditambah lagi, AS juga mulai mencatat 200.000 kasus per hari, menurut angka yang dirilis pada Kamis 3 Desember. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Jumat (4/12/2020). 

Ketiga tolok ukur secara keseluruhan menunjukkan sebuah negara tergelincir lebih dalam ke dalam krisis, dengan kemungkinan terburuk yang belum datang. Lonjakan kasus ini diperkirakan sebagian terjadi akibat Thanksgiving, ketika jutaan orang Amerika mengabaikan peringatan untuk tinggal di rumah dan merayakan hanya dengan anggota rumah tangga mereka.

Di seluruh AS, lonjakan itu telah membanjiri rumah sakit dan membuat perawat serta petugas perawatan kesehatan lainnya kekurangan tenaga hingga mengakibatkan kelelahan.

"Kenyataannya bulan Desember, Januari hingga Februari akan menjadi masa-masa sulit. Saya benar-benar yakin itu akan menjadi masa tersulit dalam sejarah kesehatan masyarakat bangsa ini," kata Dr Robert Redfield, kepala Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Dampak Liburan Thanksgiving

Petugas kesehatan mengambil sampel usap hidung dari pelancong di lokasi pengujian COVID-19 di Bandara Internasional Los Angeles, 23 November 2020. Menjelang Thanksgiving, Pusat Pengendalian Penyakit mengimbau agar orang Amerika tak bepergian di tengah lonjakan Covid-19 di AS. (AP Photo/Jae C. Hong)
Petugas kesehatan mengambil sampel usap hidung dari pelancong di lokasi pengujian COVID-19 di Bandara Internasional Los Angeles, 23 November 2020. Menjelang Thanksgiving, Pusat Pengendalian Penyakit mengimbau agar orang Amerika tak bepergian di tengah lonjakan Covid-19 di AS. (AP Photo/Jae C. Hong)

Otoritas kesehatan telah memperingatkan bahwa jumlah kasus COVID-19 dapat berfluktuasi dengan kuat sebelum dan setelah Thanksgiving.

Namun, angka kematian, rawat inap, dan kasus di AS terus meningkat selama berminggu-minggu, terkadang memecahkan rekor selama berhari-hari.

Secara nasional, Virus Corona COVID-19 menjadi penyebab utama 270.000 kematian dan sekitar 14 juta kasus infeksi yang dikonfirmasi.

AS mencatat telah 3.157 kematian pada hari Rabu, menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins. 

Angka ini lebih dari jumlah orang yang terbunuh pada insiden 9/11, dan itu menghancurkan rekor lama yakni 2.603, yang terjadi pada 15 April, ketika wilayah metropolitan New York menjadi pusat wabah di AS.

Jumlah orang di rumah sakit juga mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada hari Rabu, menurut Proyek Pelacakan COVID. Ini telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama sebulan terakhir.

Selain itu, jumlah infeksi baru yang dikonfirmasi naik lebih dari 200.000 pada Rabu untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu, menurut hitungan Johns Hopkins.

Infografis Virus Corona COVID-19:

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sembuh dari Covid-19, Mohammad Idris akan Ikut Debat Pilkada 2020 Depok

Posted: 03 Dec 2020 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calon Wali Kota Depok yang juga petahana Mohammad Idris dipastikan akan mengikuti debat ketiga di Pilkada 2020 Depok usai sembuh dari Covid-19.

"Pada debat tahap ketiga kali ini beliau (Mohammad Idris) akan mengikuti debat secara virtual," kata Tim Pemenangan pasangan calon nomor urut 02 Idris-Imam, Hafid Nasir, Jumat (4/12/2020).

Dia menuturkan, Mohammad Idris melakukan debat secara virtual karena diperbolehkan seusai peraturan KPU di Pilkada 2020.

"Tujuan lainnya guna pelaksanaan debat kandidat itu berjalan lancar, tidak mengkhawatirkan meskipun secara kesehatan Pak Idris dinyatakan layak dan hasil tesnya negatif," jelas Hafid.

Dia menegaskan, sebenarnya Mohammad Idris ingin secara langsung atau tatap muka. Namun, demi kemaslahatan bersama dan lancarnya debat Pilkada 2020 Depok, akhirnya memilih secara virtual.

"Kalau Pak Idris sih intinya ingin tampil tatap muka. Tapi kami akan mempertimbangkan kemaslahatan," kata Hafid.

 

Sembuh Covid-19

Setelah dirawat di RSUD Kota Depok, Wali Kota Depok, Mohammad Idris telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 akibat infeksi virus Corona.

Kondisinya terus membaik setelah dilakukan penanganan dari tim kesehatan. Idris melakukan penanganan masa penyembuhan sejak Rabu 25 November hingga Rabu 2 Desember 2020.

"Hasil tesnya negatif sehingga Pak Idris sudah diperbolehkan pulang," ujar Devi, Depok, Kamis (3/12/2020).

Devi mengungkapkan, saat Idris merasa sehat dan memang sudah waktunya melakukan pemeriksaan, tim dokter langsung melakukan tes kesehatan, salah satunya tes swab. Hasil tes swab menunjukkan Idris negatif Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY Yakin One-Fajri Menangkan Pilkada Klaten 2020

Posted: 03 Dec 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yakin paslon One Krisnata – Muhammad Fajri akan memenangkan Pilkada Kab. Klaten.

"Mereka berdua adalah pejuang. Masing-masing pernah bertanding dalam Pilkada, kalah tapi tidak patah. Ini mental pemenang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/12/2020).

AHY memuji visi paslon yang diusung Partai Demokrat tersebut, yakni memakmurkan bumi, dan mensejahterakan umat, yang kemudian diterjemahkan dalam misi yang disebut Panca Karsa: tata kelola pemerintahan; tata kelola perekonomian; pendidikan dan kesehatan; tata kelola pertanian; kemandirian pemuda, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Ini sejalan dengan platform Partai Demokrat yang mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, mengentaskan rakyat miskin dan melestarikan lingkungan," papar AHY.

Kedua paslon dan para kader diingatkan agar jangan lengah. "Kemenangan sejati kita ada di TPS. Jaga suara, jangan sampai jadi korban kecurangan," tegas AHY.

One Krisnata yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Klaten menjelaskan, bahwa ada 2.400 TPS dalam Pilkada nanti, naik dari Pilkada sebelumnya sebanyak 2.200 TPS. Saat ini ada 19 ribu relawan yang bergerak untuk paslon One-Fajri. 

 

Tantang Petahana

One-Fajri merupakan paslon nomor urut dua. Mereka menantang calon petahanan Bupati Sri Mulyani dan Ketua DPD II Partai Golkar Yoga Hardaya serta mantan ASN Kementerian PUPR Arif Budiyono dan mantan kepala desa Harjanta.

AHY mengingatkan bahwa Partai Demokrat ingin menang dan selamat. "Jangan sampai kita menang tapi tidak selamat, atau kita selamat tapi warga tidak selamat," kata AHY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Habis Akal, Sosok Wanita Ini Buat Program Khusus untuk Bantu Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi

Posted: 03 Dec 2020 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bangka Belitung tak hanya menyimpan pesona alam nan indah saja, namun terdapat pula sosok perempuan tangguh yang mencuri perhatian. Adalah Melati Erzaldi yang merupakan istri dari Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan. 

Nama Melati Erzaldi mencuat ketika menjabat sebagai Ketua TP PKK Babel, Ketua Dekranasda Babel sampai menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Babel. Mulai dari situ, wanita ini mendorong dan memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pariwisata, dan kesejahteraan masyarakat agar Babel selalu naik kelas.

Konsistensinya dalam berjuang untuk memberikan dorongan bagi para pelaku UMKM dan pariwisata ini membuat Melati Erzaldi berhasil mendapatkan berbagai penghargaan. Walaupun demikian, hal itu bertujuan untuk mensejahterakan Kepulauan Bangka Belitung. 

Untuk memuluskan program yang diberikan, Melati Erzaldi telah melaksanakan program kegiatan pembinaan, pendampingan, hingga pemasaran seperti pameran baik di dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, programnya tersebut mendirikan display-display dan galeri UMKM hingga menciptakan digital marketing atau market place khusus UMKM Bangka Belitung. Ia juga mendorong tumbuhnya para pelaku usaha UMKM baru termasuk kalangan muda melalui program UMKM. 

Salah satu program yang diembannya adalah temu pelaku UMKM. Dalam program ini, Melati Erzaldi mengumpulkan para pelaku UMKM di daerahnya untuk ajang silatuhrahmi dan mendengar keluh kesah dan secara langsung memberikan solusi dan masukan yang harus dilakukan. 

Menurutnya, dengan secara langsung berdiskusi dengan para pelaku UMKM, dirinya akan mengetahui tantangan yang dihadapi dalam menjalankan usaha. Bagi pelaku UMKM yang sukses, wadah silaturahmi ini juga digunakan untuk berbagi kiat dan usaha bagi pelaku UMKM yang masih merintis usahanya. Memang, Melati Erzaldi selalu berusaha menjadi wadah agar para pelaku UMKM selalu berproses dan dapat memetik buah manis dari usaha yang para pelaku UMKM rintis.

Dalam programnya tersebut, ia juga menggandeng 'Forum Kreatif Babel'. Forum tersebut merupakan komunitas anak muda milenial kreatif yang mempunyai keahlian di bidang masing-masing membantu memecahkan permasalahan pelaku UMKM dalam kegiatan Selasa Berdaya dan Kamis Sinergis.

Dengan slogan "Pantang Kendur Dorong UMKM", Melati Erzaldi semakin memfokuskan ketahanan UMKM terutama di masa pandemik Covid-19. 

Ia menganggap kelesuan ekonomi global yang melanda seluruh daerah akibat Covid-19 hanya bisa diatasi dengan menumbuhkembangkan UMKM di  masyarakat. Hal ini bercermin pada pengalaman beberapa krisis ekonomi yang melanda negeri ini, yang mana yang mampu bertahan adalah sektor usaha kecil dan menengah. 

Program kegiatan yang sebelumnya dijalankan tetap terus berlangsung dengan metode tatap muka secara online maupun pembatasan. Pihaknya juga mendorong pelaku UMKM bersikap adaptif dan melihat peluang-peluang yang justru dapat dimanfaatkan.

UMKM Jadi Solusi Perekonomian 

Berdasarkan rapat koordinasi tujuh kabupaten dan kota terdapat peningkatan aktivitas UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dicatat Dinas Koperasi dan UKM Babel dari tahun 2017 hingga tahun 2019 terjadi peningkatan kuantitas serta kualitas UMKM. 

Pada tahun 2017, tercatat 150.870 UMKM di Babel. Jumlah ini mengalami kenaikan pada tahun 2018 tercatat 150.948 jumlah UMKM di Babel dan 2019 tercatat 161.186 UMKM di Babel. Hasil ini menunjukkan bahwa upaya kerja sama untuk memperjuangkan UMKM yang dilakukan Melati Erzaldi membuahkan hasil yang luar biasa.

Resmi dilantik sebagai Ketua Kwarda (KaKwarda) pada tanggal 26 Januari 2018, beliau menerima amanah ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pembentukan karakter generasi muda di Bangka Belitung.

Atas dasar itulah, program kewirausahaan "One Gudep One Product" tercipta. Program ini diciptakan sebagai wadah dan inovasi agar masing-masing gugus depan, yaitu satuan terkecil dari gerakan Pramuka yang ada di sekolah-sekolah dapat berkreasi dan berinovasi menciptakan sebuah produk UMKM unggulan. 

Selain membangkitkan jiwa entrepreneur anggota Pramuka di sekolah, Melati Erzaldi ingin tetap mendorong UMKM Bangka Belitung untuk tetap eksis.

Selain program itu, Kwarda Babel melalui Pramuka peduli juga ikut terlibat aktif dalam Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pramuka sebagai garda terdepan terlibat aktif dalam memberikan bantuan sembako hasil produk lokal Babel, masker, face shield, instalasi alat cuci tangan, serta mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat agar terhindar dari Covid-19 ini.

Kwarda Babel juga menjadi pelopor untuk mengantisipasi krisis pangan dengan beberapa program ketahanan pangan seperti "Melati Tuk Ketapang", "Demonstration Plot", serta "Smart Eco Garden". Dalam program ini Pramuka menunjukkan kepada masyarakat bahwa dalam lahan terkecil sekalipun di halaman rumah. 

Masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam mencegah krisis pangan, terutama di daerah kepulauan seperti Bangka Belitung.

Melati Erzaldi bakal hadir di Inspirato membahas 'Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19, Pukul 13.00 – 14.00 Live Streaming di Liputan6, Jumat (4/12/2020).
Melati Erzaldi bakal hadir di Inspirato membahas 'Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19, Pukul 13.00 – 14.00 Live Streaming di Liputan6, Jumat (4/12/2020).

Dengan semua upaya yang diperjuangkan dan kolaborasi tanpa lelah yang diinisiasi oleh Melati Erzaldi ini bukan tidak mungkin jika UMKM dan pemuda di Negeri Serumpun Sebalai akan menguasai level nasional maupun internasional. Untuk saat ini, Melati Erzaldi hanya tahu bahwa tugasnya belum selesai dan perjuangan untuk menyejahterakan masyarakat Bangka Belitung masih harus terus diperjuangkan.

Nah, bagaimana cerita Melati Erzaldi membangun UMKM selama masa pandemi? Saksikan Inspirato Sharing Session 'Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19' Pukul 13.00 – 14.00 Live Streaming di Liputan6, Jumat (4/12/2020). 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Asimtomatik Covid-19 di Sragen Bisa Menggunakan Hak Pilihnya di Pilkada 2020

Posted: 03 Dec 2020 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen menfasilitasi pasien asimtomatik Covid-19 yang menjalani karantina di Technopark Sragen untuk tetap menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, 9 Desember 2020 mendatang.

Berdasarkan data dari corona.sragenkab.go.id per Rabu, 3 Desember kemarin siang, jumlah pasien asimtomatik sebanyak 268 orang. Para pasien tanpa gejala klinis ini mendiami ruang-ruang di zona merah Technopark.

"Informasi yang saya terima per Rabu pagi ini, ada empat TPS [penyangga] di Sragen Kulon yang ditunjuk untuk memfasilitasi penggunaan hak pilih bagi warga di Technopark, yakni TPS 19, TPS 21, TPS 22, dan TPS 23. Selain itu, juga ada tiga TPS di wilayah Kelurahan Sine yang juga menjadi TPS yang mengakomodasi warga Technopark, yakni TPS 1, TPS 5, dan TPS 6," ujar Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Sragen Kulon, Sri Indro Purnomo kepada Solopos.com dan Lurah Sragen Kulon Wibowo.

Untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti, warga di Technopark bisa menggunakan formulir A5 yang dikeluarkan KPU pada H-1 sebelum pencoblosan.

"Untuk teknis pencoblosannya ada petugas khusus di Technopark. Untuk menjaga penularan surat suara setelah dicoblos akan dibungkus plastik. Teknis ini belum disampaikan ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)," ujar Indro. 

Sementara itu, Ketua KPPS 19 Bangunsari, Sragen Kulon, Sigit mengaku pihaknya belum mendapatkan sosialisasi tentang penggunaan TPS 19 untuk mengakomodasi pemilih di Technopark. Dia memilih menunggu dari bimbingan teknis (bintek) yang akan diadakan di Balai Kelurahan Sragen Kulon pada Jumat (4/12/2020).

Seorang warga Bangunsari RT 001/RW 014, Sragen Kulon, Sartono, yang rumahnya digunakan sebagai TPS 19 pun belum mendapatkan penjelasan itu. Sartono membolehkan halaman rumahnya jadi TPS sepanjang ada disiplin protokol kesehatan.

Sartono tidak masalah bila TPS 19 menjadi TPS penyangga bagi pemilih Technopark selama teknis pemilihannya tetap dilakukan di Technopark.

"Kalau warga Technopark datang ke TPS ya warga jelas keberatan. Saya pun keberatan. Tetapi kalau ada petugas yang mengantar surat suara ke Tecnopark tidak apa-apa," ujarnya.

TPS Penyangga

Ketua KPU Sragen Minarso menyampaikan TPS penyangga bagi pemilih di Tecnopark itu sudah diinformasikan ke PPS.

"Namun, untuk data pemilih akan dimintakan ke Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen pada H-1 sebelum pemungutan suara agar data tidak keliru,"ujarnya. 

Dia membenarkan bila TPS penyangga itu ada di Sragen Kulon dan Sine dan petugas KPPS-nya memang ada tugas tambahan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan DKK. Yang menyerahkan surat suara ke pemilih itu petugas medis dengan memakai hazmat. Nanti di Technopark itu ada bilik suara di luar ruangan yang memungkinkan untuk pengawasan dari Bawaslu, saksi, dan pemantau. Setelah dicoblos surat suara diambil petugas medis dan diserahkan kepada KPPS yang bersangkutan di zona aman," ujarnya.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mantan Direktur RSUD di Pamekasan Meninggal Akibat Terpapar Corona COVID-19

Posted: 03 Dec 2020 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang dokter yang pernah menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Daerah, dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meninggal dunia. Usai dirawat di Rumah Sakit Moh. Noer Pamekasan, akibat positif COVID-19. Suasana haru, menyelimuti kedatangan jenazah.

Suasana haru, menyelimuti kedatangan jenazah Dr Sardjono Utomo, yang meninggal akibat positif COVID-19, saat tiba di halaman Rumah Sakit dr Slamet Martodirdjo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Mohammad Noer Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada Senin dini hari. 

Sebelum dibawa ke rumah duka, jenazah terlebih dulu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Martodirdjo, tempat almarhum pernah mengabdi sebagai dokter dan direktur rumah sakit.

Sejumlah rekan sejawat almarhum dan karyawan rumah sakit, memberikan penghormatan terakhir, dengan melaksanakan salat jenazah dan doa bersama.

"Beliau merupakan senior di sini, kita sudah melakukan proses penghormatan kepada Beliau, karena jasa-jasa Beliau di rumah sakit ini cukup besar, dan akan dimakamkan siang ini, jadi sebelumnya Beliau sakit sudah seminggu, cuma memang masuk ke perawatan itu kemarin sore, terus tadi malam meninggal," ujar dr. Saiful Hidayat, Humas RSUD dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan, seperti dikutip dari Liputan6, 3 Desember 2020.

Almarhum Dr Sardjono Utomo merupakan mantan Direktur Rumah Sakit Daerah Pamekasan, dan seorang dokter senior yang  dikenal sebagai sosok penyabar dan berdedikasi tinggi.

"Ini membuktikan bahwa beliau di usia yang cukup purna menurut hemat kami, masih tetap berpraktik dan tetap melaksanakan tugas kemanusiaan beliau, tetap mengobati banyak orang, banyak pasien di beberapa penjuru Madura secara umum dan khusus di Kabupaten Pamekasan," ungkap Raja'e, Wakil Bupati Pamekasan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik, Orang dengan Golongan Darah Ini Ternyata Lebih Jarang Kena Covid-19

Posted: 03 Dec 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh Covid-19. Risiko tinggi tersebut bisa karena beberapa hal seperti merokok, usia lanjut, obesitas, dan memiliki penyakit bawaan.

Menariknya, sebuah studi baru skala besar yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan bahwa risiko Anda tertular Covid berkurang jika Anda memiliki golongan darah tertentu. Lalu, golongan darah apakah yang paling 'kebal' dari serangan virus Corona?

Melansir dari BestLife, ini dia.

 

Golongan darah O, memberi perlindungan terhadap Covid

Ilustrasi Hemoglobin dalam darah Credit: pexels.com/Karolina
Ilustrasi Hemoglobin dalam darah Credit: pexels.com/Karolina

Para peneliti di Rumah Sakit St. Michael di Toronto, Kanada memeriksa hasil tes dari 225.556 warga Kanada yang telah dites Covid antara 15 Januari-30 Juni. Mereka melihat seberapa besar kemungkinan seorang pasien tertular Covid dan seberapa besar kemungkinan mereka menjadi sakit parah (atau bahkan tewas karenanya).

Hasilnya luar biasa. Dengan menyesuaikan demografi dan komorbiditas, risiko diagnosis Covid adalah 12 persen lebih rendah serta risiko kematian 13 persen lebih rendah untuk orang dengan golongan darah O. Ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki golongan darah A, AB, atau B yang mengidap Covid.

 

Golongan darah dengan Rh-negatif juga agak terlindungi dari Covid

Ilustrasi Tekanan Darah Credit: unsplash.com/Hush
Ilustrasi Tekanan Darah Credit: unsplash.com/Hush

Sebagaimana diketahui, selain golongan darah utama, juga terdapat penggolongan darah berdasarkan rhesus, yakni Rh-positif dan Rh-negatif. Saat peneliti mengklasifikasi lebih lanjut, ternyata mereka yang memiliki Rh-negatif dari golongan darah apapun juga "agak terlindungi" dari Covid.

"Status Rh-negatif tampaknya melindungi terhadap infeksi SARS-CoV-2," tulis peneliti dalam penelitian tersebut. Selain itu, "Rh-negatif juga memiliki risiko lebih rendah dari penyakit Covid atau kematian."

 

Golongan darah O-negatif paling kecil kemungkinan tertular Covid

Ilustrasi golongan darah. (US Navy/Public Domain)
Ilustrasi golongan darah. (US Navy/Public Domain)

Ternyata, jika seorang pasien O-negatif, mereka sangat terlindungi dari virus Corona, catat para penulis.

"Golongan darah Rh melindungi terhadap infeksi Covid, terutama bagi mereka yang O-negatif."

 

Golongan darah A lebih berisiko

Ilustrasi Hemoglobin / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Hemoglobin / Sumber: Pixabay

Penelitian sebelumnya pada bulan Maret dari Universitas Sains dan Teknologi Selatan di Shenzhen, China menemukan hal yang tak jauh berbeda. Para ilmuwan melacak golongan darah dari hampir 2.200 pasien Covid di rumah sakit China bersama dengan sekitar 27.000 orang yang tak memiliki Covid di area yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka dengan golongan darah A secara signifikan lebih mungkin tertular virus Corona dibanding dengan golongan darah lainnya.

 

Golongan darah O dan Rh-negatif mungkin sudah memiliki antibodi Covid

Ilustrasi Sel Darah Putih / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Sel Darah Putih / Sumber: Pixabay

Joel Ray, Md dari Rumah Sakit St. Michael mengatakan bahwa orang dengan golongan darah yang lebih resisten/kuat tersebut mungkin telah mengembangkan antibodi yang dapat mengenali aspek-aspek tertentu dari virus Corona dan oleh karena itu, lebih siap untuk melawannya.

"Studi kami selanjutnya secara khusus akan melihat antibodi semacam itu, dan apakah mereka menjelaskan efek perlindungannya," pungkas Ray kepada Reuters.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengoperasian Mobil Matik Tak Boleh Asal, Simak Panduannya

Posted: 03 Dec 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil matik alias bertransmisi otomatis saat ini makin digemari masyarakat. Sistem pengoperasiannya yang lebih mudah, hanya tinggal gas dan rem saja, menjadi alasan banyak pemilik kendaraan yang memilih sistem transmisi tersebut.

Selain itu, karena tidak memiliki pedal kopling seperti halnya transmisi manual, mobil matik tidak membuat kaki cepat lelah terlebih saat menerjang kemacetan.

Meski dianggap tidak merepotkan saat dikendarai, nyatanya masih banyak yang belum paham cara pengoperasian transmisi otomatis yang baik dan benar.

Dalam Virtual Journalist Workshop 2020 seputar Transmisi Otomatis, Aji Prima Barus Nurcahya selaku Training Development Section Head PT Astra Daihatsu Motor memberikan tips dan trik dalam pengoperasian transmisi otomatis.

Dirinya pun menjadikan produk-produk Daihatsu yang bertransmisi otomatis sebagai ilustrasinya. Menurutnya ada dua model tuas transmisi otomatis pada lini produk Daihatsu.

"Untuk model Terios (low SUV) dan Xenia (low MPV), tuas transmisinya terdiri atas P, R, N, D, 3, 2, L. Sementara model LCGC Sigra dan Ayla tuasnya; P, R, N, D4, 3,2," jelasnya belum lama ini.

Arti huruf dan angka di tuas transmisi

Lebih lanjut ia menjabarkan, tuas di posisi P, artinya untuk parkir. Tuas R untuk mundur, N: netral, D4: gigi berubah otomatis dari 1 hingga 4.

"Tuas 3: gigi 1, 2, dan 3 berubah otomatis. Tuas 2: gigi 1 dan 2 berubah otomatis. L: mengunci hanya di gigi 1 (gigi rendah)," tambahnya.

Pria ramah itu juga menyampaikan, ketika mobil berhenti di lampu merah, sebaiknya menempatkan tuas transmisi pada posisi N. Alasannya demi safety, supaya mobil tidak melaju dan menghindari menabrak mobil di depannya.

"Tuas di N lebih aman dibandingkan tuas di P. Karena kalau tuas di P, maka untuk pindah ke tuas D, harus melewati dua tuas sekaligus, yakni R dan N, sehingga mobil berpotensi mundur saat tuas di posisi R. Kami tidak rekomendasikan tuas di P kalau di lampu merah," jelasnya.

Gunakan Gigi Rendah

Demi keamanan dan keselamatan, Aji menyarankan agar menggunakan satu kaki saja yakni bagian kanan dalam pengoperasian gas dan rem.

Dan apabila ingin menyalip kendaraan di depan, ada beberapa faktor yang mesti perhatikan.

"Pertama, pastikan jarak aman dengan mobil yang akan disalip. Bisa pakai hitungan 3 detik menuju mobil yang hendak disalip. Kedua, melakukan kick down dengan cara memindahkan tuas transmisi D ke gigi 3. Dan ketiga, setelah mobil Anda sudah mendahului, maka pindahkan tuas kembali ke D," tuturnya.

Lalu ketika melintasi jalanan menurun, pindahkan tuas ke gigi rendah (2 atau L). "Tujuannnya supaya ada efek engine brake, selain rem untuk menahan laju kendaraan. Hal serupa juga di tanjakan, mainkan tuas di 2 atau L," kata Aji.

Kemudian, lanjut Aji, demi mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien, sebaiknya gunakan tuas D saat melaju. "Selain itu, kendarai mobil dengan kecepatan stabil di RPM 2.000-3.000," tandasnya.

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose Mahal Bella Hadid dengan Gaun Rp200 Ribuan Hasil Belanja Online

Posted: 03 Dec 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jadi supermodel tak membuat Bella Hadid absen dari kegiatan kian lumrah selama pandemi corona COVID-19, yakni belanja online. Lewat sebuah komentar di unggahan Instagram-nya, beberapa waktu lalu, hal ini diakui adik Gigi Hadid tersebut.

Kala itu, Bella tengah memperlihatkan tas seri Soho keluaran Michael Kors. "Saya dan tas @michaelkors Soho saya," tulis sang model sebagai keterangan foto.

Pemakaian tas berdesain ikonis itu pun dipadankan Bella dengan mini dress berpotongan dada rendah warna lime green. Warna yang kian kontras dan berpadan selaras dengan warna kulit gadis 24 tahun tersebut membuat warganet juga menuangkan perhatian pada gaun tersebut.

"Gaunnya itu, lho. Saya mau," tulis model bernama Aspen melalui kolom komentar. Bella pun membalas tanggapan tersebut dengan mengatakan ia membeli fit body dress tersebut secara daring.

Yang lebih mengejutkan, gaun yang terlihat mahal saat dipakai Bella itu ternyata berharga cukup ekonomis. "Saya membelinya secara online seharga 16.99 dolar Amerika (sekitar Rp240 ribu). Saya akan mencarikan tautannya untukmu," balas si model.

Melihat tanggapan tersebut, tak sedikit warganet yang meminta untuk dikirimkan tautan tersebut oleh Bella Hadid. Beberapa bahkan bertanya apakah Aspen telah mendapat tautan dari gaun hasil belanja online tersebut.

Boyong Tren Tahun 2000-an

Bella Hadid. (dok. Instagram @bellahadid/https://www.instagram.com/p/CIPL0mLBRxf/)
Bella Hadid. (dok. Instagram @bellahadid/https://www.instagram.com/p/CIPL0mLBRxf/)

Berbicara pilihan busana Bella Hadid belakangan ini, sang model tengah rajin memboyong tren mode era 2000-an. Berawal di perayaan pesta ulang tahun dengan teman-teman dekat di sebuah jet pribadi, pada pertengahan Oktober lalu.

Kala itu, Bella mengenakan tank top pink permen karet yang memamerkan bagian perutnya bersama celana biru dan sepatu kets New Balance. Di salah satu foto, ia tampak mengangkat bajunya, memamerkan rantai perut dan mengungkap tren du jour, yakni thong putih yang terbuka.

Sekilas, momen tersebut terlihat seperti diambil dari sesi pemotretan girl grup di awal tahun 2000-an dengan kesan serba berlebihan dan sangat noughties. Nuansanya jadi kian kentara dengan penambahan topi baseball kulit yang dipakai secara terbalik dan kacamata.

 

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Special Content: Proyek Bancakan Ekspor Benih Lobster, Sejahterakan Nelayan Tinggal Janji

Posted: 03 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh KPK di Bandara Soekarno-Hatta terkait kasus izin ekspor benih lobster pada 25 November lalu, terus jadi sorotan. Politisi Gerindra itu pun telah mengundurkan diri dari jabatannya di pemerintahan.

Dari hasil penyidikan KPK, Edhy Prabowo diduga menerima suap Rp 3,4 miliar dan juga USD 100.000 (Rp 1,4 miliar) dari Suharjito (Direktur PT DPP) terkait izin ekspor benih lobster atau benur. Tujuannya agar perusahaan Suharjito ditetapkan sebagai eksportir benih lobster melalui forwarder, PT Aero Citra Kargo (PT ACK).

PT ACK memonopoli forwarder ekspor benih lobster, karena mereka satu-satunya yang direstui Edhy Prabowo, sehingga sederet perusahaan eksportir benih lobster mesti memakai jasa PT ACK, yang memasang tarif Rp 1.800 per benih. PT ACK ditunjuk oleh Perkumpulan Pengusaha Lobster Indonesia (Pelobi), yang diduga berada di bawah komando tersangka lain dalam kasus ini, Andreau Pribadi, yang merupakan Staf Khusus Menteri KKP Edhy Prabowo. KPK mensinyalir Edhy Prabowo memiliki saham di ACK melalui nominee atau pinjam nama.

Berdasarkan keterangan pers Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, kasus ini dimulai saat Edhy menerbitkan Surat Keputusan Nomor 53/KEP MEN-KP/2020 tentang Tim Uji Tuntas (due diligence) Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster pada 14 Mei 2020. Edhy menunjuk dua staf khususnya, Andreau dan Safri, sebagai ketua dan wakil ketua pelaksana tim. Kedua bertugas memeriksa kelengkapan administrasi yang akan diajukan calon eksportir benur.

Pada Oktober lalu, Safri bertemu Direktur PT DPP Suharjito di lantai 16 kantor KPP. Dalam pertemuan itu disebutkan bahwa ekspor benih lobster hanya bisa dilakukan melalui PT ACK. Setelah terjadi kesepakatan, atas perintah Edhy, Tim Uji Tuntas memberikan hak ekspor benur kepada PT DPP. PT DPP mentransfer duit Rp 731.573.564 ke rekening PT ACK dengan pengiriman yang dilakukan sebanyak 10 kali.

Total ada 17 orang yang diamankan dan diperiksa KPK, termasuk Menteri KKP Edhy Prabowo dan istrinya yang juga merupakan anggota DPR, serta dua orang dirjen di KKP, serta sejumlah staf khusus Menteri Edhy, staf istri menteri Edhy, juga pengusaha. Dari 17 orang itu, KPK akhirnya menetapkan tujuh orang tersangka.

Pro-Kontra

Urusan ekspor benih lobster belakangan memicu pro dan kontra. Indonesia diketahui merupakan pemasok benih lobster untuk negara seperti Vietnam dam Filipina, yang merupakan negara pembudidaya lobster. Lalu, Vietnam dan Filipina menjual lobster yang siap konsumsi untuk pasar ekspor mereka.

Pada periode KKP sebelumnya yang dipimpin Susi Pudjiastuti, aturan ekspor benih lobster dilarang melalui Permen (Peraturan Menteri) KP nomor 56 tahun 2016. Dengan aturan itu, ternyata penyelundupan benur tetap marak.

Seperti dilansir The Conversation, dari Tahun 2015 sampai Juni 2019, terdapat 263 kasus penyelundupan benih lobster yang digagalkan pemerintah. Sebanyak 9.825.677 ekor benih lobster yang diperkirakan bernilai Rp 1,37 triliun berhasil diselamatkan.

Setelah Edhy Prabowo menggantikan Susi, aturan ekspor benih lobster itu direvisi dengan menerbitkan Permen No 12 Tahun 2020. Edhy mengklaim Permen KKP No 12/2020 yang terkait ekspor benih lobster menguntungkan bagi nelayan, pembudidaya, pelaku usaha, dan negara.

Legalisasi ekspor benih lobster diatur dalam Permen KP No 12/2020 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp), dan Rajungan (Portunus spp) di Wilayah Negara Republik Indonesia, yang ditetapkan pada 4 Mei 2020.

Selain itu, alasan mengeluarkan Permen 12 Tahun 2020 adalah karena KKP mengaku menerima keluh kesah ribuan nelayan penangkap lobster yang kehilangan mata pencaharian sejak terbitnya Permen KP 56/2016 pada periode kepemimpinan Susi Pudjiastuti di KKP. Dalam situs KKP pada 23 Juli lalu juga menyebut Permen 12 Tahun 2020 diterbitkan agar "Everybody happy" - nelayan, pembudi daya, eksportir dan negara mendapat keuntungan.

Edhy Prabowo sempat menyatakan, kesejahteraan nelayan yang selama ini hidupnya bergantung pada benih lobster juga menjadi alasan lain mengeluarkan Permen tersebut. Dia juga mengaku sudah mempertimbangkannya secara ilmiah, meski tidak menyebut lebih rinci.

Tapi, alasan itu kemudian pernah ditanggapi Susi dengan keheranan, karena menurutnya banyak sumber daya laut yang bisa diambil oleh nelayan, bukan hanya benih lobster, sehingga tidak mungkin nelayan tidak punya pekerjaan. Menurut Susi, hanya Indonesia, negara yang mengizinkan ekspor benih lobster.

Sejumlah negara seperti Australia, Filipina, Kuba, hingga Sri Lanka tidak mengambil benih lobster untuk diekspor. Malah, Australia melarang penangkapan lobster dengan jenis kelamin betina, supaya agar keberlanjutannya tetap terjaga. Di sisi lain, permintaan benih lobster terbanyak datang dari Vietnam.

Kala itu, Susi juga menyebut, apabila tidak bisa menangkap benih, nelayan masih boleh menangkap lobster yang setidaknya ukurannya mencapai 100 gram. Harga lobster ukuran konsumsi biasanya mencapai ratusan ribu rupiah, tergantung dari jenis dan ukurannya. Sementara harga benih lobster sendiri berada di kisaran Rp 5.000 sampai Rp 10.000, terbilang turun setelah keran ekspor benur dibuka Menteri KKP Edhy Prabowo.

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi, menilai ada dua kerugian besar bagi Indonesia jika melakukan ekspor benih lobster.

"Pertama, kerugian dari sisi kepentingan jangka pendek. Kalau benih lobster hilang, maka lobster (dewasanya) makin sulit didapat. Padahal, lobster itu memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi manakala diurus alamnya secara baik dan tidak dilakukan eksploitasi secara besar-besaran. Itu bisa dilihat dari nelayan Pangandaran dan Sukabumi saat ini sudah sulit mendapatkan lobster dewasa," kata Dedi kepada Liputan6.com.

Kedua, kata Dedi, Indonesia melakukan kesalahan dengan mengirim lobster ke Vietnam yang menjadi kompetitor dalam perdagangan perikanan laut. 

"Dampaknya adalah Vietnam oversupply dan kemudian mereka memiliki lobster dewasa yang semakin banyak. Akhirnya nilai ekspor lobster mereka ke Tiongkok semakin tinggi, sementara kita mengalami penurunan."

Kontroversi Permen KP No 12 Tahun 2020

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (tengah) digiring petugas usai rilis penetapan tersangka kasus dugaan suap penetapan calon eksportir benih lobster di Gedung KPK Jakarta, Kamis (26/11/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (tengah) digiring petugas usai rilis penetapan tersangka kasus dugaan suap penetapan calon eksportir benih lobster di Gedung KPK Jakarta, Kamis (26/11/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekretasi Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Susan Herawati, merasa ada keanehan ketika yang direvisi Menteri Edhy Prabowo adalah Permen lobster dan malah memperbolehkan ekspor benur.

"Ini yang jadi permasalahan, Permen sebelumnya direvisi dengan menjadi Permen nomor 12 tahun 2020 yang memperbolehkan ekspor benih. Kalau narasi yang dibangun bahwa ini untuk kepentingan nelayan tradisional, saya rasa tidak sepenuhnya benar-benar jujur," kata Susan ketika dihubungi Liputan6.com.

"Karena kan untuk lobster ada dua subjek, yang pertama penangkap lobster, yang kemarin teriak-teriak ketika dilarang menangkap dan mengekspor benih pada era Susi. Yang kedua, nelayan pembudidaya, yang notabene mendukung untuk tidak ada lagi ekspor. Kalau mau ekspor, mereka ingin dibenahi dulu tata kelolanya. Ini yang menarik, di Permen nomor 12 Tahun 2020, ada banyak catatan. Seperti, boleh ekspor, tapi syaratnya perusahaan eksportir harus pernah dua kali melakukan budi daya. Artinya, kalau sekali budi daya lobster memakan waktu setidaknya 6 bulan, maka kalau minimal dua kali, berarti baru setahun boleh melakukan ekspor."

Namun, penelurusan KIARA menemukan beberapa perusahaan yang belum satu tahun melakukan budi daya lobster, tapi malah sudah bisa ekspor. Susan meminta ada pengecekan lebih rinci dan ketat terhadap perusahaan-perusahaan yang belum memenuhi syarat untuk bisa ekspor benur.

KKP dituntut untuk lebih sungguh-sungguh dalam menegakkan aturan agar tidak terjadi manipulasi dokumen perusahaan eksportir. Susan pun menganggap alasan Edhy Prabowo menerbitkan Permen nomor 12 Tahun 2020 untuk kesejahteran nelayan, hanya pemanis.

"Ada aturan yang disusun, tapi pada saat bersamaan seperti pemanis saja. Kalau ngomongin keberlanjutan, ruang hidup, kedaulatan, itu pemanis saja. Di situ kemudian, Eddy terjebak. Kemudian ada monopoli dari pemilihan Cargo. Dia (Edhy Prabowo) menunjuk satu orang, dan harganya mahal sekali. Ini yang menjadi sengkuratnya masalah lobster ini."

Susan mengungkapkan, setelah melihat dinamika terakhir, publik seperti diperlihatkan wajah paling real bagaimana pengelolaan pesisir dan pulau-pulau kecil. Dia menilai pengelolaannya diserahkan kepada orang-orang yang menjadikan ruang laut sebagai komodifikasi.

"Jadi proyek bancakan segelintir orang. Ini belum lagi ngomongin partai politik tertentu ya, ada orang partai tertentu yang dapat banyak sekali kuota (ekspor benur)," beber Susan.

"(Permen KP No 12/2020) Itu yang diuntungkan ya oknum-oknum, partai politik, dan oligarki itu sendiri. Kalau ngomong untuk nelayan, itu bohong sih. Kecuali memang relasi yang kita lihat dari lobster ini, relasinya hanya sebatas, eksportir dengan buruh. Itu saja. Kalau ngomongin keuntungan, tidak bisa dilihat dari ekonomi saja. Kerugian yang ditimbulkan oleh penangkapan lobster besar-besaran ini, itu kerugiannya lebih banyak."

Kerugian Ekologi

Penangkapan lobster secara berlebihan dapat menyebabkan kerugian ekologi, di mana apabila lobsternya terlalu banyak diambil, tentu akan ada rantai makanan di laut yang terancam. Susan berpendapat, hal tersebut tidak dilihat oleh para pemangku kebijakan.

Sementara itu, sosok yang ditunjuk sementara menggantikan Edhy Prabowo di KKP, Luhut Binsar Panjaitan, terang-terangan menyebut tidak ada masalah dengan Permen KP nomor 12 Tahun 2020. Dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Luhut mengatakan sudah mengecek Permen tersebut dan menurutnya program itu semua hasilnya dinikmati rakyat.

Luhut hanya mengakui terdapat mekanisme yang keliru dalam pengangkutan benih bening lobster dari Indonesia ke negara tujuan ekspor. Hal ini membuat KKP kemudian memilih menghentikan sementara kebijakan ekspor benih lobster.

"Jadi, Pak Sekjen (KKP) dan tim sedang mengevaluasi, nanti Minggu depan dilaporkan ke saya. Kalau memang kita lihat bagus kita teruskan, karena sekali lagi tadi Pak Sekjen menyampaikan ke saya, itu memberikan manfaat ke nelayan di pesisir selatan. Di mana situ juga harus diperhatikan siklusnya, harus nebar sehingga jangan seperti over-fishing," ujar Luhut.

Peneliti Kebijakan Kelautan dan Perikanan Pusat Penelitian Politik LIPI, Anta Maulana Nasution, menilai, Permen KKP tersebut memberikan pembaharuan ke arah pengelolaan sumber daya lobster, namun untuk sisi kebijakan ekspornya, perlu dikaji ulang.

"Tidak perlu dicabut, kalau dicabut menurut saya jangan karena dengan Permen ini membawa pembaharuan untuk pengelolaan sumber daya lobster tetapi yang jadi masalah adalah kebijakan ekspor benurnya," terang Anta dalam diskusi LIPI Sapa Media #6, Senin (30/11/2020).

Anta berpendapat, Permen KP nomor 12 tahun 2020 bukan produk kebijakan yang buruk, sebab didalamnya diatur mengenai pengelolaan, budidaya, dan penangkapan lobster yang baik untuk nelayan. Yang harus dilakukan, menurut dia adalah revisi dan kajian ulang terkait ekspor benur di pasal 5 terkait eksportir.

"Saya setuju, tapi hilangkan monopoli harga, kargo, pengepul, pokoknya hilangkan dahulu semua monopoli dan oligarki, ini penyakit utamanya adalah monopoli, nelayan hanya dapat uang Rp 5 ribu, sedangkan ekspor dapat untung hingga ratusan ribu, ini kan monopoli," kata Anta.

Menurut Anta, jika monopoli dihilangkan maka nelayan lobster akan sejahtera, selain itu Pemerintah perlu untuk mengkaji ulang pasal-pasal yang tercantum dalam Peraturan Menteri Nomor 12 tahun 2020, khususnya pasal 5 terkait ekspor.

"Saya sangat mendorong revisi permen KKP Nomor 12 tahun 2020, mendorong untuk dievaluasi dan dikaji ulang bukan hanya di stop ekspor benur, tapi benar-benar dievaluasi secara keseluruhan, intinya kalau ingin mensejahterakan nelayan buatlah kebijakan yang mensejahterakan nelayan," pungkas Anta.

 

Lobster Komoditas Seksi

Benih lobster (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Benih lobster (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berdasarkan data BPS, setelah pemberlakukan Permen KP 12/2020 oleh Edhy Prabowo, ekspor benih lobster mencapai USD 15,16 juta untuk 6.024 kg benih selama September 2020. Angka ini meningkat dari Agustus 2020 yang hanya menyentuh USD 6,43 juta untuk 4.215 kg.

Bukan rahasia lagi bahwa krustasea atau udang-udangan jenis lobster merupakan komoditas yang sangat seksi. Dari jaman ke jaman, selain udang, lobster memiliki market demand yang sangat tinggi.

 

Permintaan terbanyak lobster yang siap dikonsumsi biasanya datang dari Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang. Ini mengapa ekspor benih lobster menjadi praktik yang diincar banyak pengusaha. Dari data yang dihimpun KIARA, terakhir saja ada 60 perusahaan yang terdaftar sebagai pengekspor benih lobster.

Namun, di awal setelah dikeluarkannya Permen KP nomor 12 Tahun 2020, baru ada 27 perusahaan yang mendapat kuota ekspor benih lobster. Menurut Susan Herawati, untuk satu perusahaan bisa mendapat kuota 20 sampai 25 juta benih lobster.

"Itu ada perusahaan milik Hashim Djojohadikusumo (Adik Prabowo). Ada milik Fahri Hamzah. Ada punya adiknya politikus siapa atau anaknya politikus siapa," ungkap Susan.

"Kalau kemarin kasusnya Edhy, ini baru monopoli kargo, dia kenakan biaya Rp 1.800 per benih. Nah Rp 1.800 dikali 25 juta benih lobster, berapa tuh? Jadi, untuk melihat kasus ini, jangan melihat OTT-nya. Rp 4,8 miliar itu kecil. Tapi, kemudian lihat rantainya, dari mulai keluar izin. Siapa-siapa yang dapat kuota berapa, nanti kan di ujungnya dilihat dari kargo. Kargonya yang main cukup besar, Rp 1.800 lho per lobster, taruh lah dia kenakan fee Rp 800 per lobster, Rp 1.000 untuk perputaran oknum-oknumnya, untuk izin ini, izin itu, berapa itu duit yang berputar di situ?"

Menurut analisa tim KIARA, terpublikasi dan terbongkarnya kasus suap ekspor benur ini tidak lain karena adanya persaingan bisnis antara perusahaan-perusahaan. Banyak masuknya orang politik ke bisnis ekspor benih lobster dinilai Susan menyulitkan perusahaan lain yang lebih dulu berkecimpung.

"Ini dulu ada perusahaan yang di periodenya Susi sakit hati karena dilarang total ekspor benih lobster, dan di periode ini melakukan lobi. Diubahlah aturan sama Menteri Eddy. Tapi, kok menterinya kenapa malah kasih izin (ekspor) paling banyak ke orang politik. Ya sekali lagi, ini persaingan bisnis seperti biasa, kalau saya analisa ya seperti itu," jelas Susan.

"Sedari awal sejak (Edhy Prabowo) terpilih, memang kami tahu bahwa dia 'Membuka menu'. Dia bilang akan memperbaiki Permen-Permen atau aturan yang bermasalah. Wah itu angin segar. Dan belum lagi di dalam timya dia sebenarnya, untuk tim ahli ya, ada yang pada periode sebelumnya sakit hati lah sama Susi. Saya tidak membela Susi ya. Saya merasa dua-duanya bermasalah. Sekarang, masuk ya dikasih ruang."

Susi pun ketika melarang ekspor benur lewat Permen KP nomor 56 tahun 2016 dinilai tidak menyiapkan dengan matang integrasi untuk para nelayan penangkap benih lobster dan para eksportir. Kala itu, aturan Susi juga memperoleh banyak sekali penolakan, terutama di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Ketika aturan ini dikeluarkan Susi, yang notabenenya betul-betul melarang (ekspor benur), hal itu tidak dibarengi dengan peralihan atau transisisi. Orang yang kemudian dilarang total mengekspor benih lobster, lalu negara ini memberikan apa untuk mereka yang penghidupannya hilang setelah aturan larangan tersebut. Susi tidak menyiapkan skema itu. Walaupun kemudian dia menyiapkan, itu tidak terlalu matang. Ini kan permasalahan perut," papar Susan.

Solusi Untuk Nelayan

Lobster hasil tangkapan nelayan pantai selatan Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Lobster hasil tangkapan nelayan pantai selatan Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Menurut Dedi Mulyadi, nelayan Indonesia sebenarnya melakukan budidaya lobster sendiri. Namun, mereka butuh subsidi dari pemerintah Indonesia.

"Nelayan kita ini terjebak dalam kepentingan jangka pendek. Dia harus dapat uang per hari. Dengan dibukanya ekspor lobster, maka beberapa nelayan mungkin di Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa mendapatkan uang tunai setiap hari, karena mendapatkan baby lobster itu mudah."

"Bagaimana caranya agar dikembangkan budidaya lobster oleh nelayan? Negara kan bisa memberikan subsidi bagi karyawan industri yang penghasilannya di bawah Rp 5 juta, disubsidi dulu juga para nelayan untuk memelihara lobster selama lobsternya belum dewasa."

Selain itu, lanjut Dedi, pemerintah juga bisa mendorong pihak swasta untuk berinvestasi dalam pengembangan lobster.

"Negara harus berperan dalam menjaga regulasi laut dan menjaga kelangsungan hidup nelayan. Bagaimana konservasi terjaga, ekosistem utuh, pengelolaan pembangunan sumber daya kelautan yang berkesinambungan berhasil, ya nelayannya harus diintervensi," ucap politisi Golkar tersebut.

"Kalau kita ekspor benih lobster, yang paling diuntungkan ya Vietnam. Mereka kompetitor kita dan dikirimin benih, dan bisa jualan lobster dewasa. Kemudian lobster itu di antaranya makannya ikan rucah, dan itu berada di perairan Indonesia, diambil juga oleh Vietnam lewat pencurian ikan menggunakan troll," ujarnya.

Butuh Tata Kelola Lebih Baik

Setali tiga uang, menurut Susan Herawati, nelayan Indonesia juga sesungguhnya mampu menjual lobster sampai ukuran yang lebih besar. Tapi, memang butuh tata kelola yang lebih baik. Para pembudidaya lobster bukan tidak bisa bertahan untuk tidak panen cepat, tapi mereka sudah terbiasa dengan pola cepat, karena kebutuhan ekonomi sehari-hari yang cukup tinggi.

"Negara harus menyiapkan satu skema lewat mekanisme koperasi nelayan misalnya, di situ ada bantuan program pemberdayaan. Di situ kemudian nelayan-nelayan pembudi daya ini diajak bekerjasama, menahan supaya tidak menjual lobster dalam ukuran yang lebih kecil. Bukan teknik budidayanya yang jadi masalah, tapi fasilitasnya. Mengubah kebiasaan. Mereka yang biasa panen cepat, menahan mereka untuk tak cepat panen dan menjual lobster yang masih kecil. Dan ini butuh modal yang lebih besar," ucap Susan.

"Kalau Luhut bilang ekspor saja, ya ekspor enak, mereka tidak butuh anggaran besar. Langsung saja jual murah dengan kondisi lobster seadanya. Urus lobster itu bukan kita tidak mampu, ini soal negara mau tidak. Soal political will-nya, mau enggak ngurusin begitu. Itu yang berat."

"Akan berbeda kalau kita hanya mengekspor benih atau mengekspor lobster yang siap dikonsumsi. Dengan mengekspor lobster siap konsumsi, kita akan menguasai teknologi dan kemampuan budidayanya dan memiliki posisi tawar lebih besar ketimbang ketika kita hanya dianggap sebagai ladangnya saja. Dan dari sisi penerimaan pajak, akan dirasakan sekali oleh negara," imbuhnya.

Susan menjelaskan, sebenarnya mekanisme koperasi bisa membantu nelayan pembudi daya lobster, setelah itu bisa diatur periode tebar benihnya agar perputaran siklus ekonominya tetap jalan. Jadi, nelayan pembudi daya lobster tidak panen dalam satu momen bersamaan.

"Bantuan kepada nelayan bisa berbentuk modal usaha di koperasi. Simpan pinjam untuk kapital pertama, karena untuk mengubah pola itu sepertinya butuh satu effort yang luar biasa. Karena biasanya mereka satu bulan dapat uang, ini perlu waktu lebih lama lagi. Ini yang kemudian harus dorong."

"Di sisi lain, teknologinya seperti fasilitas budidaya, mulai dari tempat-tempat untuk lobsternya dan yang lainnya. Tapi, sebenarnya yang paling dibutuhkan yakni menjadikan para nelayan ini lewat mekanisme koperasi sebagai eksportir lobster sesungguhnya. Itu yang perlu diajari ke nelayan, soal manajemen keuangan," pungkasnya.

INFOGRAFIS

INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Petani Sigi Lewati 3 Bencana Silih Berganti

Posted: 03 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Sigi - Kondisi sosial dan ekonomi petani di Sigi 2 tahun pascagempa dan likuefaksi belum benar-benar pulih. Perbaikan irigasi yang belum rampung, konversi pertanian sawah ke hortikultura, hingga pemasaran komoditas di tengah pandemi jadi tantangan petani untuk bangkit.

Senin sore itu (23/11/2020) Suharianto (56) terus mengitari lahan setengah hektare yang ditanaminya tomat di Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Dia menyibak setiap tanaman berusia 3 bulan itu. "Sudah usia penen soalnya. Sayang sekali kalau ada yang rusak," kata Suharianto sambil terus mengamati buah tomat yang sudah kekuning-kuningan.

Pesanan 100 peti tomat untuk dikirim ke Kalimantan menambah semangat petani penyintas bencana itu.  Kabar baik lainnya, harga tomat saat ini sedang bagus-bagusnya, yakni Rp3.500 sampai Rp4.000 per kilogram. Suharianto menghitung, dia bisa mendapat hingga Rp260.000 untuk setiap peti tomat berisi 65 kilogram.

"Sekarang ada 8.000 pohon yang saya tanam. Sampai selesai masa panen bisa menghasilkan sampai 10 ton. Ya Alhamdulillah harganya sedang naik. Sebelumnya, anjlok karena situasi pandemi," kata dia.

Musim panen di lahan yang disewanya lebih dari 2 tahun itu adalah ke-4 kalinya sejak dia bercocok tanam kembali usai gempa disusul likuefaksi yang meluluhlantakkan Desa Jono Oge termasuk rumah serta lahan sawah dan hortikultura miliknya seluas 3 hektare yang menjadi sumber ekonominya sejak tahun 1986.

Akibat bencana itu, lahan miliknya belum bisa digarap karena mengalami perubahan komposisi dan struktur yang diperparah dengan terhentinya pengairan Irigasi Gumbasa. Kini, lahan sewa setengah hektare itu menjadi penopang dirinya berserta istri dan 2 anaknya untuk bangkit dari keterpurukan.

Dua tahun lalu, Pak Santeng begitu sapaannya, bercerita, dia mulai bangkit dengan bantuan permodalan dari bank untuk menyewa lahan sawah yang tidak terurus karena berhentinya pasokan air dari irigasi gumbasa. Krisis air juga membuatnya urung bertani padi sawah dan memilih hortikultura dengan bantuan bibit donasi perusahaan pertanian.

"Dulu ini lahan sawah yang kering. Saya bayar lahan ini per tahunnya Rp4 juta. Sekarang mengandalkan sumber mata air alami. Sukarelawan banyak membantu saya waktu awal mulai menanam sampai pengadaan bibit," Suhariyanto mengenang.

Kini, di lahan sementaranya tersebut, Santeng tidak lagi sendiri menggarap pertanian hortikulturanya. Dia dibantu 9 orang penyitas bencana yang masih tinggal di Hunian Sementara (Huntara). Dia mengakui usaha bertaninya berkembang baik terutama dengan permintaan dari pasar luar Sulawesi Tengah yang selalu ada sepanjang tahun 2019.

Fase bangkit dari keterpurukan pascabencana alam yang dilakukan Suhariyanto itu kini harus berhadapan dengan bencana lainnya; pandemi Covid-19, yang membuat harga komoditas pertanian tidak menentu.

Dia mencontohkan, pada bulan September dan Oktober, 2020, dia dan petani lainnya merugi akibat harga tomat turun hingga hanya Rp25 ribu per peti yang berisi 65 kilogram. Pasalnya, panen yang melimpah hanya terserap di Kota Palu.

"Padahal, biasanya 50 persen hasil panen dari sini bisa dipasarkan di Kalimantan. Belum lagi untuk daerah Sulawesi Barat," katanya.

Menurunkan harga di tengah pengetatan akses keluar masuk ke daerah tujuan pemasaran, kata dia, juga menjadi solusi terburuk untuk meminimalisasi kerugian.

Meski begitu, bagi Suharianto, saat ini, bertani hortikultura masih menguntungkan ketimbang sawah di tengah krisis pengairan yang belum tuntas.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penurunan Ekonomi hingga Solusi Kala Pandemi

Suharianto (56 th), petani penyintas bencana di Kabupaten Sigi di lahan yang disewanya pascabencana, Senin (23/11/2020). Petani itu beralih ke tanaman hortikultura saat lahan sawah di sigi rusak dan Irigasi Gumbasa belum pulih. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Suharianto (56 th), petani penyintas bencana di Kabupaten Sigi di lahan yang disewanya pascabencana, Senin (23/11/2020). Petani itu beralih ke tanaman hortikultura saat lahan sawah di sigi rusak dan Irigasi Gumbasa belum pulih. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Situasi yang dialami Suhariyanto sendiri adalah hal jamak yang terjadi di Kabupaten Sigi pascagempa dan likuefaksi tahun 2018 lalu. Bencana ini berdampak signifikan pada kondisi pertanian dan petani di daerah itu terutama yang mengandalkan lahan sawah.

Berdasarkan survei Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah yang dirilis pada Juni, 2019, bencana tersebut berdampak langsung terhadap 5.510 petani di Sigi yang mengalami penurunan pendapatan yang signifikan dibanding dua daerah terdampak gempa lainnya seperti Palu dan Donggala.

Data itu juga menyebut dari 16.913 hektare lahan pertanian di Sigi, 6.611 hektare rusak akibat likuefaksi dan macetnya saluran irigasi.

 

Grafis perubahan pendapatan warga sebelum dan setelah bencana berdasarkan data BPTP Sulteng yang rilis Juni, 2019. (Grafis: Heri Susanto/ Liputan6.com).
Grafis perubahan pendapatan warga sebelum dan setelah bencana berdasarkan data BPTP Sulteng yang rilis Juni, 2019. (Grafis: Heri Susanto/ Liputan6.com).

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTH) Sulawesi Tengah, Trie Iriany Lamakampali mengungkapkan, saat ini upaya konversi tanaman di lahan-lahan sawah yang terbengkalai ke jenis tanaman yang adaptif dengan kondisi air yang minim terus diupayakan. Hal ini dilakukan di tengah perbaikan saluran Irigasi Gumbasa yang rusak, Hingga akhir tahun 2019, konversi ini baru menjangkau 1.000 hektare lahan.

"Tanaman hortikultura dan palawija kami dorong untuk menggantikan padi sawah. Harapannya para petani tetap bisa berpenghasilan," Kadis DPTH Sulawesi Tengah, Trie Iriany Lamakampali mengatakan, Senin (30/11/2020).

Mengatasi dampak pandemi, Trie mengatakan, sesuai intruksi Kementerian Pertanian, pihaknya secara berkala menggelar pasar tani agar produk pertanian bisa langsung diakses masyarakat sehingga meminimalisasi permainan harga tengkulak.

Solusi pemasaran di kala pandemi itu belum dirasakan signifikan dampaknya oleh Suharyanto dan sebagian besar petani di Sigi.

"Kami berharap solusi yang langsung dirasakan petani. Misalnya adanya koperasi atau pihak lain yang siap membeli hasil pertanian kami. Kalau hanya satu atau dua kali tidak ada dampaknya apalagi di situasi pandemi ini," Suharianto mengeluhkan.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI Tak Lagi Dilibatkan dalam Sertifikasi Halal, Ini Penjelasan Kemenag

Posted: 03 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lewat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi produk halal. Pengajuan sertifikasi produk halal pun tak lagi ditangani Majelis Ulama Indonesia (MUI), melainkan bisa dilakukan lembaga sertifikasi yang didirikan perguruan tinggi atau organisasi masyarakat.

Sekertaris (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) BPJHP, Kementerian Agama, Lutfi Hamid mengatakan undang-undang sapu jagat ini menjadikan MUI sebagai lembaga yang memberikan fatwa halal kepada produk.

"Undang-Undang Cipta Kerja ini tetap menjadikan MUI sebagai lembaga yang memberikan fatwa halalnya," kata Lutfi dalam acara Serap Aspirasi: Implementasi UU Cipta Kerja Sektor Industri, Perdagangan, Haji dan Umroh serta Jaminan Produk Halal Edisi Semarang, secara virtual, Jakarta, Jumat (4/12).

Lutfi menceritakan, di media sosial banyak tersebar informasi yang mendiskreditkan pemerintah karena mengeluarkan kebijakan ini. Pemerintahan dianggap hanya berorientasi kepada industri dan kepentingan pelaku usaha.

Sehingga mengabaikan aspek kehalalan produk dan menghilangkan substansi dari sertifikasi produk halal. Dia menegaskan dalam UU Cipta Kerja dan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tetap menjaga substansi kehalalan produk.

"Secara tegas, kami menolak atau memberikan jawaban bahwa jaminan produk halal dalam Undang-Undang Cipta Kerja atau penyusunan RPP ini tetap menjaga kehalalan produk," kata dia.

"Kita selalu menjunjung tinggi kehalalan produk," sambung dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani: Biaya Sertifikasi Halal UMKM Ditanggung Pemerintah 100 Persen

Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat produk UMKM dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI saat Launching Halal Park di Senayan Jakarta, Selasa (16/4). Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik didesain menjadi ekosistem bagi pelaku industri gaya hidup halal di Tanah Air. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyiapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur mengenai biaya sertifikasi halal bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Aturan ini merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja yang memutuskan menggratiskan sertifikasi halal bagi UMKM.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, ada dua tujuan atas rencana penerbitan PMK anyar ini. Yakni untuk mengurangi beban usaha bagi UMKM dan membantu pemulihan ekonomi UMKM syariah.

"Untuk sertifikasi halal sesuai dengan UU (Cipta Kerja) akan diberlakukan tarif Rp 0 Sehingga aturan tarif ini harus disampaikan pada pengguna jasa secara transparan. Jadi kami sedang menysus PMK sesuai omnibus law tentu saja," ujar dia dalam Webinar Strategis Nasional "Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia", Sabtu (24/10/2020).

Bendahara negara mengatakan, nantinya seluruh UMKM yang memiliki produk makanan dan minuman bisa memanfaatkan PMK anyar ini. Mengingat biaya pengajuan sertifikasi halal 100 persen akan ditanggung oleh pemerintah.

Maka dari itu, saat ini pemerintah tengah memperluas lembaga-lembaga sertifikasi halal UMKM untuk mempercepat dan memberikan kepastian dalam proses sertifikasi halal.

"Jadi, kita pasti akan lihat kesiapan halal oleh lembaga seperti apa pelaksanaannya. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan," tutup dia.

Infografis Protokol Kesehatan

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nita Thalia Siap Dicerai, Tetap Tagih Nafkah Lahir Batin dari Mantan Suaminya

Posted: 03 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Biduk rumah tangga penyanyi Nita Thalia dan Nurdin Ruditia terancam koyak. Saat ini, pengadilan agama sedang memproses permohonan gugatan perceraian yang didaftarkannya. Sekedar informasi, Nita Thalia dan Nurdin sudah hampir 20 tahun berumah tangga.

Nita Thalia mengakui jika gugatan perceraian terhadap Nurdin dilayangkannya karena memiliki sejumlah alasan. Yang paling kentara, ihwal kehadiran orang ketiga dalam bahtera pernikahan yang sudah menghadirkan satu anak itu.

Nita Thalia juga membenarkan mengenai kehadiran orang ketiga dalam pernikahannya bersama Nurdin. "Salah satunya itu (orang ketiga)," ujar istri Nurdin Raditia itu dilansir dari tayangan YouTube Beepdo, Kamis (3/12/2020).

 

 

 

 

 

Anak Jadi Penyemangat

Nita Thalia (Nurwahyunan/bintang.com)
Nita Thalia (Nurwahyunan/bintang.com)

Nita Thalia sendiri tidak menampik hatinya bersedih karena rumah tangganya selama 20 tahun ini harus berakhir. Namun ia bersyukur memiliki anak yang selalu memberikan semangat dan bisa membuatnya tetap bahagia.

 

Sabar dan Ikhlas

Nita Thalia (Sumber: Instagram/@nitatalia.real)
Nita Thalia (Sumber: Instagram/@nitatalia.real)

"Ya sedih, mana ada orang mendapat cobaan dan ujian itu enggak sedih. Aku lebih ke sabar dan ikhlas aja, mudah-mudahan selalu dikasih kekuatan, kesabaran. Yang jelas yang selalu menguatkan aku adalah anak, aku bersyukur banget ada anak aku di samping aku, jadi aku lebih semangat dan lebih bahagia," sambungnya.

 

Tagih Nafkah Lahir Batin

Nita Thalia (Deki Prayoga/Bintang.com)
Nita Thalia (Deki Prayoga/Bintang.com)

Kendati harus berpisah dari sang suami, Nita Thalia berharap Nurdin tetap mau mengurus dan memberikan perhatiannya kepada anaknya. Khususnya dari segi nafkah lahir dan batin.

"Penginnya setelah sidang selesai, setelah ketok palu, kita urus anak sama-sama, walau bagaimanapun anak butuh perhatian ibunya, butuh perhatiannya juga ayahnya. Butuh nafkah lahir batin juga dari ayahnya," sambung Nita Thalia.

 

4 Kali Gugat Cerai

Nita Thalia (Nurwahyunan/bintang.com)
Nita Thalia (Nurwahyunan/bintang.com)

Untuk diketahui, gugatan cerai yang dilayangkan Nita Thalia ini bukanlah yang pertama kalinya. Nita Thalia sebelumnya sempat menggugat cerai suaminya selama empat kali. Namun keempat gugatan itu dicabutnya karena alasan anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana Transfer Seret, 3 Peman Ini Bisa Dijual Barcelona

Posted: 03 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona belum tampil memuaskan hingga pekan ke-10 Liga Spanyol. Lionel Messi dkk. tertahan di peringkat ke-7 dengan koleksi 14 poin.

Torehan tersebut jelas bukan hal menggembirakan untuk klub sekelas Barcelona. Pelatih Ronald Koeman pun mau tak mau harus mencari cara meningkatkan performa timnya.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah memboyong pemain baru. Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum rumornya masuk dalam radar.

Sayangnya, pandemi covid-19 membuat Barcelona kesulitan keuangan. Alhasil, mereka harus menjual sejumlah pemain untuk menambah dana.

Seperti dilansir Sportskeeda, berikut tiga pemain yang berpotensi dijual Barcelona.

 

1. Junior Firpo

Bek anyar Barcelona Junior Firpo. (https://www.instagram.com/fcbarcelona)
Bek anyar Barcelona Junior Firpo. (https://www.instagram.com/fcbarcelona)

Firpo sebetulnya sempat digadang-gadang menjadi bintang masa depan Barcelona. Ia pertama kali debut saat Barcelona dikalahkan Real Betis 3-4 di musim 2018/19.

Sayangnya, prediksi publik terhadap karier Firpo sepertinya meleset. Ia belum dapat menggantikan Jordi Alba untuk posisi bek kiri.

Dalam dua musim terakhir, Firpo hanya tampil 27 kali. Melihat statistik tersebut, Firpo sepertinya akan dilepas Barcelona demi menambah pundi-pundi uang transfer.

2. Carles Alena

Carles Alena pemain La Masia yang menjanjikan di Barcelona (LLUIS GENE / AFP)
Carles Alena pemain La Masia yang menjanjikan di Barcelona (LLUIS GENE / AFP)

Sama dengan Firpo, Alena awalnya adalah salah satu pemain muda favorit fans. Ia dianggap bisa menjadi penerus Xavi Hernandez atau Andres Iniesta.

Namun turbulensi di internal Barcelona membuat karier Alena tak menentu. Ia pun sepertinya tak masuk rencana jangka panjang pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Di musim ini, Alena baru tampil satu kali. Sementara di musim lalu, ia malah dipinjamkan ke Real Betis.

3. Samuel Umtiti

Manchester United dikabarkan siap menebus klausul pelepasan bek Barcelona, Samuel Umtiti, dalam waktu dekat. (AFP/Gabriel Bouys)
Manchester United dikabarkan siap menebus klausul pelepasan bek Barcelona, Samuel Umtiti, dalam waktu dekat. (AFP/Gabriel Bouys)

Sempat menjadi tandem reguler Gerard Pique, karier Umtiti di Barcelona menukik karena faktor cedera.

Bek asal Prancis itu lebih sering absen karena harus menjalani perawatan. Alhasil, Koeman lebih banyak mengandalkan Clement Lenglet di jantung pertahanan.

Sejumlah klub Eropa dikabarkan siap meminang bek berusia 27 tahun tersebut. Selain Juventus, Everton juga rumornya memasukan Umtiti ke dalam radar mereka.

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Puluhan Kali Guguran Material dari Puncak Gunung Merapi

Posted: 03 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi masih menunjukan aktivitas vulkaniknya. Pos pemantauan gunung berapi mencatat puluhan longsoran material dari puncak Gunung Merapi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: