Kamis, 03 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Modalku Kolaborasi dengan idsMED Indonesia Perluas Akses Pendanaan Fasilitas Kesehatan

Posted: 03 Dec 2020 04:41 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) menandatangani kerja sama dengan PT IDS Medical Systems Indonesia (idsMED Indonesia). Kerja sama ini ditujukan untuk mempermudah fasilitas kesehatan melakukan pengadaan alat- alat kesehatan yang disediakan oleh idsMED Indonesia melalui fasilitas pinjaman dengan skema Invoice Financing.

Fasilitas pendanaan ini bisa didapatkan oleh Faskes di seluruh Indonesia yang sudah menjadi mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sistem pembayaran klaim BPJS Kesehatan kepada Faskes memiliki periode waktu tertentu yang sudah disesuaikan dengan regulasi. Di satu sisi, kebutuhan terhadap alat kesehatan harus tetap dipenuhi tanpa mengganggu kelancaran arus kas Faskes.

Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, kolaborasi dengan idsMED sebagai distributor alat kesehatan di Indonesia merupakan langkah yang tepat bagi Modalku untuk terus berkontribusi di industri kesehatan yang saat ini perlu didukung oleh berbagai pihak.

"Faskes memerlukan pergerakan yang cepat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, namun arus kas yang sehat juga menjadi faktor penting untuk menunjang kebutuhan tersebut." jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (3/12/2020).

Upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan perlu terus dilakukan, salah satunya dengan pengadaan alat kesehatan. idsMED telah bekerja sama dengan lebih dari 6.000 Faskes di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan. Melalui kolaborasi ini, Modalku bisa memperluas jangkauan pasarnya dan mendukung kelancaran perputaran arus kas di Faskes tersebut.

 

Inovasi Penting

Managing Director & SVP idsMED Indonesia Ramli Laukaban mengatakan, sebagai perusahaan yang sudah bergerak di industri kesehatan selama lebih dari 20 tahun, inovasi perlu dilakukan agar Faskes yang menjadi mitra bisa ikut berkembang. Alat kesehatan sangat diperlukan di Faskes guna memenuhi kebutuhan pasien dalam perawatan dan penanganan medis yang lebih baik.

"Inovasi dibidang pendanaan seperti yang diprakarsai oleh Modalku tidak kalah pentingnya dengan berbagai inovasi teknologi yang coba dibawakan oleh idsMED. Kolaborasi ini merupakan bentuk kerjasama natural antara dua organisasi yang berfokus pada inovasi." kata dia. 

Melalui pinjaman berskema Invoice Financing, Faskes dapat mengajukan pinjaman terhadap pembelian alat kesehatan di idsMED Indonesia dengan melampirkan bukti invoice BPJS Kesehatan yang telah terverifikasi. Faskes bisa mendapatkan fasilitas pinjaman hingga Rp 2 Miliar dengan jangka waktu pinjaman sampai dengan 90 hari.

Bunga yang ditawarkan secara umum adalah 1 persen per bulan yang akan disesuaikan dengan portofolio dan tingkat risiko masing- masing Faskes. Dokumen yang dibutuhkan ketika pengajuan juga lebih mudah, yaitu bukti legalitas Faskes, riwayat transaksi klaim dari BPJS, serta transaksi bank selama 6 bulan terakhir.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maju ke Pop Academy Indosiar Top 9, Tasya Semarang Diselamatkan Dewan Juri dengan Wildcard

Posted: 03 Dec 2020 04:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada drama menarik sebelum Pop Academy Indosiar memasuki Top 9, Kamis (3/12/2020) malam ini. Pada babak Top 12 Group 4 kompetisi Indosiar, Rabu (2/12/2020) malam kemarin menampilkan tiga academia yaitu Tasya (Semarang), Jessica (Jakarta) dan Gio (Ambon).

Konser dibuka dengan penampilan Tasya yang berduet dengan juara dua LIDA 2018 yakni Rara LIDA. Mereka membawakan lagu "Lagi Syantik", yang dipopulerkan Siti Badriah. Namun sayang upaya gadis asal Semarang ini belum berhasil memikat hati Dewan Juri. Menurut Soimah, penampilan Tasya malam tadi belum terlihat maksimal. "Ini kan lagu centil, tapi body language kamu nggak dapat, datar aja jadi yang nonton juga ga terkesima" sesal Soimah.

"Pacar Dunia Akhirat" menjadi lagu pilihan Jessica (Jakarta) yang dibawakan bersama Aulia DA. Jessica berhasil tuai pujian serta empat standing ovation dari Soimah, Armand Maulana, Rayi RAN dan Melly Goeslaw. Melly Goeslaw menyatakan kegembiraannya. "Kamu terlihat lepas banget malam ini. Kamu berhasil menyuguhkan hiburan yang menyenangkan dari awal hingga akhir," puji Melly.

Senada dengan Melly, Rayi RAN yang hadir sebagai Dewan Juri kompetisi menyanyi Indosiar semalam mengungkapkan kekagumannya. "Jessica jujur ya, kamu ini salah satu academia jagoan aku di Pop Academy,"  puji Rayi Ran sambil tersenyum.

 

Nasib Baik

Pop Academy, Top 12 Group 4 tayang Rabu (2/12/2020) mulai pukul 21.00 WIB live di Indosiar
Pop Academy, Top 12 Group 4 tayang Rabu (2/12/2020) mulai pukul 21.00 WIB live di Indosiar

Nasib baik juga berpihak pada academia pria satu-satunya di group 4 semalam. Gio (Ambon) berkolaborasi dengan Juara D'Star Fildan DA membawakan lagu "Sekuntum Mawar Merah".

Menghadirkan aransemen musik reggae, Gio meluluhkan hati Armand Maulana, Melly Goeslaw, Rayi RAN dan Maya Ratih untuk memberikan standing ovation. "Gio bagus banget kamu malam ini, saya seperti melihat konser berbayarbukan seperti kompetisi, kamu menguasai panggung" puji Armand Maulana.

Polling akhir menempatkan Jessica (Jakarta) di posisi teratas yang otomatis lolos ke babak Top 9 Pop Academy. Sementara Gio (Ambon) dan Taysa (Semarang) yang berada di dua posisi terendah kembali berupaya merebut perhatian Dewan Juri pada babak second chance yang diberikan.

 

Berbesar Hati

Pop Academy, Top 12 Group 4 tayang Rabu (2/12/2020) mulai pukul 21.00 WIB live di Indosiar
Pop Academy, Top 12 Group 4 tayang Rabu (2/12/2020) mulai pukul 21.00 WIB live di Indosiar

Tasya (Semarang) memilih lagu "Bilang Saja" untuk penampilan keduanya, sementara Gio (Ambon) dengan lagu "Surat Cinta Untuk Starla". Hasil akhir menentukan Gio (Ambon) memperoleh tiga suara dari Soimah, Maya Ratih dan Rayi RAN sementara Tasya (Semarang) harus berbesar hati hanya raih dua suara dari Melly Goeslaw dan Armand Maulana.

Dengan demikian Tasya (Semarang) harus menghentikan langkahnya dari babak Top 12 Pop Academy. Setelah melewati Babak Top 12, delapan academia telah memastikan diri kembali tampil bersaing di Top 9. Tersisa 1 tiket di Top 9 menjadi kesempatan bagi 4 academia yang sebelumnya tersingkir diantaranya Maria (Medan), Jessy (Manado), Martha (Jayapura) dan Tasya (Semarang) untuk meraih wildcard. Dewan Juri pun sepakat untuk menyelamatkan Tasya (Semarang), lewat wildcard untuk lolos ke babak selanjutnya yakni Top 9 Pop Academy.

Pada malam nanti, Gullit (Medan), Vien (Papua Barat) dan Waode (Baubau) yang tergabung dalam group1 akan kembali bersaing di Konser Show Top 9 Pop Academy live pukul 21.00 WIB. Pemirsa dapat mengirimkan dukungan sebanyak-banyaknya melalui aplikasi Lazada, atau vote melalui SMS ke 97288 dengan format: POPA (spasi) Nama Academia dengan tarif Rp 2,200/sms agar Academia favoritnya terus bertahan di panggung Pop Academy.

Info lebih lanjut dapat dilihat melalui:

- Instagram:@popacademyindosiar,

- TikTok: @popacademyindosiar,

- Facebook: Pop Academy Indosiar,

- Twitter:PopAcademy,

- Youtube: Pop Academy Indosiar, dan

- Website: Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Penyandang Disabilitas Internasional, 5 Anak Selebritas Ini Alami Autisme

Posted: 03 Dec 2020 04:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 3 Desember 2020 merupakan Hari Peringatan Disabilitas Internasional. Merupakan bentuk peringatan tentang hak-hak yang sama bagi umat manusia di seluruh dunia.

Hari di mana kesetaraan bagi para penyandang disabilitas untuk tetap bisa mendapatkan akses yang sama dan layak seperti kebanyakan orang lainnya.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah menetapkan 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992.

Hari Disabilitas Internasional juga bisa disebut sebagai International Day of People with Disability (IDPWD).

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja. Termasuk anak dari para pesohor dunia. Menyikapi kondisi ini, diperlukan dukungan dari orang tua, sebagai mana yang dilakukan sejumlah pesohor dunia ini.

Seperti dikutip dari laman dazzling.news, Kamis (3/12/2020), berikut ini 5 selebritas dunia yang memiliki anak penyandang disabilitas:

 

1. John Travolta dan Kelly Preston

(Instagram/johntravolta)
(Instagram/johntravolta)

John Travolta dan Kelly Preston adalah dua selebritas di industri Hollywood terkenal berkat berbagai film dan proyek luar biasa.

Namun sebaliknya, mereka mengalami cobaan ketika pada tahun 2009 putra tertua mereka Jett (16) meninggal, menderita Kawasaki disease dan autisme.

Kawasaki disease adalah penyakit peradangan yang bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang pada jantung.

 

2. Toni Braxton

Toni Braxton (HRIS PIZZELLO/AP)
Toni Braxton (HRIS PIZZELLO/AP)

Salah satu hal yang membuat banyak penggemar Toni Braxton kagum pada dirinya lantan Braxton merasa bangga dengan keberadaan putranya yaitu Diezel yang menderita autisme. Dengan keberadaan dan sikapnya, dia berhasil mengampanyekan salah satu suara dalam perjuangan untuk mendeteksi Autism Spectrum Disorder (ASD) secara dini.

Ia menyampaikan bahwa orangtua butuhkan untuk menghadapi situasi ini dan itu adalah salah satu cara terbaik untuk menyikapinya.

 

3. Sylvester Stallone

Beberapa aktor terkenal ini justru dianggap payah dalam berakting. Siapa saja mereka? (AFP)
Beberapa aktor terkenal ini justru dianggap payah dalam berakting. Siapa saja mereka? (AFP)

Sylvester Stallone juga harus menghadapi masalah autisme dengan putra keduanya, Seargeoh.

Aktor terkenal ini melakukan hal yang sama dan terus membangun kekuatan dengan dukungan untuk putranya, meski dalam ia juga terpukul saat putra tertuanya meninggal karena permasalahan jantung.

Lewat pengalaman ini, ia juga membangun kesadaran untuk melawan autisme yang pada anak dan mengampanyekan deteksi dini.

 

4. Jenny McCarthy

Aktris sekaligus model, Jenny McCarthy berpose di karpet merah Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Penampilan tak istimewa Jenny McCarthy mengenakan gaun berbahan PVC yang mengilap, kacamata hitam berikut wig biru. (Evan Agostini/Invision/AP)
Aktris sekaligus model, Jenny McCarthy berpose di karpet merah Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Penampilan tak istimewa Jenny McCarthy mengenakan gaun berbahan PVC yang mengilap, kacamata hitam berikut wig biru. (Evan Agostini/Invision/AP)

Aktris dan model Amerika, yang menjadi terkenal karena berpose untuk majalah konten dewasa, Jenny McCarthy memiliki seorang putra yang pada mulanya berkembang dan tumbuh secara normal.

Anak tersebut merupakan buah hati dengan mantan suaminya. Pada usia 15 bulan, berdasarkan pernyataannya sendiri, putranya mengalami reaksi negatif terhadap vaksin yang memicu autisme.

Hal ini memotivasi dia untuk menjadi aktivis dan mempertahankan idenya untuk tidak memvaksinasi anak-anak, meskipun ini berlawanan dengan ilmuwan.

 

5. Colin Farrell

Colin Farrell. (AP Images/Invision)
Colin Farrell. (AP Images/Invision)

Buah hati Colin Farrell lahir dengan kondisi yang dikenal sebagai sindrom Angelman.

Hal ini menyebabkan masalah epilepsi, kapasitas linguistik yang hampir nol, dan masalah keseimbangan dan pergerakan.

Namun, kondisi ini tidak menghalangi Colin untuk bertindak sebagai ayah yang patut dicontoh. Ia merawat anaknya berulang kali dengan bangga, tak malu sambil menggendongnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal soal Kabar Menaker Ida Fauziyah Positif Covid-19

Posted: 03 Dec 2020 04:34 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19.

Kabar itu dibenarkan oleh salah satu anggota Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Rintoko Al Muhtaj.

"Iya, benar Ida Fauziyah positif Covid-19," ujar Rintoko singkat saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (3/12/2020).

Sementara itu, Ida Fauziyah mengaku dirinya mengetahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR).

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada Liputan6.com.

Dia pun memastikan jika dirinya dalam kondisi sehat meski dinyatakan positif terinfeksi Corona Covid-19.

Berikut 4 hal terkait kabar Menaker Ida Fauziyah dinyatakan positif Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dibenarkan Biro Humas Kemnaker

Menteri Ketenagakerjaan Hj Ida Fauziyah saat menjadi keynote speaker dalam webinar Peluang dan Tantangan RUU Cipta Kerja yang diselenggarakan Injabar dan Universitas Padjajaran, Jumat (28/8/2020). (Ist)
Menteri Ketenagakerjaan Hj Ida Fauziyah saat menjadi keynote speaker dalam webinar Peluang dan Tantangan RUU Cipta Kerja yang diselenggarakan Injabar dan Universitas Padjajaran, Jumat (28/8/2020). (Ist)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah positif terinfeksi virus Corona Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu anggota Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Rintoko Al Muhtaj.

"Iya, benar Ida Fauziyah positif Covid-19," ujar Rintoko singkat saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (3/12/2020).

 

Tanpa Gejala

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Rapat tersebut membahas mengenai perlindungan Pemerintah terhadap ketahanan struktur ketenagakerjaan saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Rapat tersebut membahas mengenai perlindungan Pemerintah terhadap ketahanan struktur ketenagakerjaan saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Rintoko melanjutkan, Menaker Ida Fauziyah terkena Covid-19 tanpa gejala. Saat ini, menaker tidak sedang menjalani perawatan apapun.

Kondisi Menaker Ida Fauziyah saat ini baik-baik saja dan butuh istirahat untuk sementara.

"Iya, tanpa gejala. Enggak perawatan, kondisi baik, cuma butuh istirahat aja sementara," tandas Rintoko.

 

Kondisi Sehat dan Jalani Isolasi Mandiri

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Rapat tersebut membahas mengenai perlindungan Pemerintah terhadap ketahanan struktur ketenagakerjaan saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Rapat tersebut membahas mengenai perlindungan Pemerintah terhadap ketahanan struktur ketenagakerjaan saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menaker Ida Fauziyah mengaku mengetahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR).

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Ida memastikan saat ini dalam kondisi sehat, meski dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Saat ini, dia menjalani isolasi untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

"Alhamdulillah kondisi fisik saya baik. Sekarang saya melakukan isolasi untuk menghindari penularan," ucap Ida.

Namun, dia tidak mengungkap tengah melakukan isolasi mandiri di rumah sakit atau kediamannya.

 

Mohon Doa

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Saat ini, Ida tengah menjalani isolasi mandiri untuk mencegah penularan virus Corona ke orang-orang di sekitarnya. Dia pun meminta doa kepada masyarakat agar segera sembuh dari Covid-19.

"Sekarang saya melakukan isolasi untuk menghindari penularan. Mohon doanya semoga segera pulih," tutup Menaker Ida Fauziyah.

9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nagita Slavina Diam-diam Gemar Nonton Drama Korea Sambil Olahraga Tengah Malam

Posted: 03 Dec 2020 04:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memiliki kehidupan pribadi yang unik namun inspiratif. Kebanyakan vlog mereka berisi kehidupan sehari-hari yang tak hanya menghibur, tapi juga memuat hikmah yang bisa dipetik.

Selain di vlog Rans Entertainment, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kerap memperlihatkan kegiatan sehari-hari di medsos, termasuk lewat akun Instagram terverifikasi mereka.

Dalam unggahan terbaru di fitur Instagram Stories, Raffi Ahmad membeberkan hal yang jarang diketahui banyak orang seputar Nagita Slavina. Rupanya, Nagita Slavina memiliki kegemaran unik di rumah.

Tengah Malam

Nagita Slavina berolahraga sambil nonton drama Korea. (Instagram @raffinagita1717)
Nagita Slavina berolahraga sambil nonton drama Korea. (Instagram @raffinagita1717)

Selama berumah tangga, Nagita Slavina rupanya gemar berolahraga bahkan pada tengah malam. Raffi Ahmad membeberkannya melalui Instagram pada Kamis (3/12/2020).

 

Setiap Malam

Nagita Slavina berolahraga sambil nonton drama Korea. (Instagram @raffinagita1717)
Nagita Slavina berolahraga sambil nonton drama Korea. (Instagram @raffinagita1717)

"Gila, gila, malam-malam dia (Gigi) nonton Korea sambil olahraga, lo. Kamu tuh gila, lo," ceplos Raffi Ahmad sambil menyorotkan kamera ke arah Nagita yang sedang berolahraga menggunakan mesin treadmill.

 

Tanggapan Gigi

Mengetahui sang suami menyorot dirinya, Gigi malu-malu menanggapi. Ia mengaku selama ini sudah rutin melakukannya. "Apa, sih? Tiap malam juga gini, kali," celetuk Nagita Slavina.

 

Ungkapan Kagum Raffi

Mendengar tanggapan istri, Raffi Ahmad melontarkan kesan. Ia kagum kepada Gigi yang gemar berolahraga. Ketika Raffi Ahmad pulang kerja tengah malam pun Gigi masih melakukannya.

"Supaya apa sih maksudnya olahraga malam-malam gini? Supaya seksi gitu? Dia nonton Korea jam segini guys, gue pulang masih olahraga," lanjut Raffi Ahmad menggoda istrinya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valentino Rossi Ingin Pensiun dari MotoGP Tujuh Tahun Lalu, Faktor Ini Ubah Keputusannya

Posted: 03 Dec 2020 04:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi mengaku sudah berniat untuk pensiun dari MotoGP sejak 2013 lalu. Ini bisa terjadi kalau saja Yamaha tak menyerahkan tawaran kembali di tahun itu.

Rossi menjalani musim yang buruk pada 2011 dan 2012 bersama Ducati Corse. Rossi hanya mampu meraih podium sekali selama dua musim sehingga membuatnya frustrasi.

Padahal, Rossi berharap banyak dengan Ducati. Tim asal italia ini menjadi pabrikan berikutnya bagi Rossi yang sebelumnya tampil bersama Yamaha.

Bos Yamaha, Lin Jarvis berhasil amankan masa depan Rossi. Dia memberi tawaran pada Rossi untuk kembali hingga akhirnya selesai pada 2020.

Musim depan, Rossi akan membela Petronas Yamaha yang merupakan tim satelit.

 

Memori Indah

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020). Morbidelli menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 02,272 detik. (AP/Antonio Calanni)
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020). Morbidelli menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 42 menit 02,272 detik. (AP/Antonio Calanni)

Rossi mengaku memori terindahnya di MotoGP terjadi pada 2013. Saat itu, dia mendapatkan tawaran kembali ke Yamaha.

"Banyak memori indah. Sejak 2004, kami membawa tim dan kepala kru Jeremy Burgess kerja dengan Masao Furusawa. Tapi hal paling saya ingat saat Lin Jarvis bilang memberi saya kesempatan kembali," ujar Rossi.

"Karena itu, saya selalu berterimakasih kepadanya dan seluruh Yamaha. Soalnya saat itu saya putus asa, mungkin kalau tak ke Yamaha saya bahkan sudah berhenti balapan."

 

Bersaing

Valentino Rossi usai mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP 2020 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020). (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Valentino Rossi usai mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP 2020 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020). (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Kehadiran Rossi membuatnya kembali bersaing dengan Jorge Lorenzo. Saat itu persaingan meruncing di 2015 saat dia sikut-sikutan dengan Lorenzo dalam perebutan gelar juara MotoGP.

Kemenangan terakhir Valentino Rossi terjadi MotoGP Belanda pada 2017. Sejak saat itu dia sulit bersaing dan musim ini lebih banyak insiden.

 

Kenangan Podium Terakhir

 

Meski buruk, Rossi tetap menyenangi satu-satunya podium yang diraih di MotoGP Misano. Dia berhasil merebut podium tiga di belakang Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia.

"Saat itu Luca Marini dan Marco Bezzecchi juga finis satu dan dua di Moto2, jadi itu hari yang bagus buat akademi," ujarnya.

Klasemen MotoGP

Posisi-Nama-Asal Tim (Motor)-Poin 

1 . Joan Mir Team Suzuki Ecstar 171

2 . Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 158

3. Alex Rins Team Suzuki Ecstar 139

4. Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati Team 135

5. Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing 135

6.  Maverick Vinales Monster Energy Yamaha MotoGP 132

7. Jack Miller Pramac Racing 132

8. Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 127

9. Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 125

10. Takaaki Nakagami LCR Honda IDEMITSU 116

10. Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 100

11. Brad Binder Red Bull KTM Factory Racing 87

12. Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati Team 78

13. Johann Zarco Avintia Ducati 77

14. Alex Marquez Repsol Honda 74

15. Valentino Rossi Monster Energy Yamaha MotoGP 66

16. Francesco Bagnaia Pramac Racing 47

17. Aleix Espargaro Aprilia Racing Team Gresini 42

18. Cal Crutchlow LCR Honda Castrol 32

19. Stefan Bradl Repsol Honda 27

20. Iker Lecuona Red Bull KTM Tech3 27

21. Bradley Smith Aprilia Racing Team Gresini 12

22. Tito Rabat Avintia Ducati 10

23. Michele Pirro Pramac Racing 4

24. Lorenzo Savadori Aprilia Racing Team Gresini 0

25. Mika Kallio Red Bull KTM Tech3 0

26. Marc Marquez Repsol Honda 0

Jadwal MotoGP 2021

Waktu-Negara-Sirkuit

28 Maret 2021-Qatar-Losail International Circuit

11 April 2021-Argentina-Autodromo Termas de Rio Hondo

18 April-AS--Circuit of the Americas

2 Mei-Spanyol-Circuito de Jerez-Angel Nieto

16 Mei-Prancis-Circuit Bugatti

30 Mei-Italia-Mugello Circuit

6 Juni-Catalunya-Circuit de Barcelona-Catalunya

20 Juni-Jerman-Sachsenring

27 Juni-Belanda-TT Circuit Assen

11 Juli-Finlandia-Kymi Ring

TBD

15 Agustus-Austria-Red Bull Ring

29 Agustus-Inggris-Silverstone Circuit

12 September-Aragon-Motorland Aragon

19 September-San Marino-Misano World Circuit Marco Simoncelli

3 Oktober-Jepang-Twin Ring Motegi

10 Oktober-Thailand-Chang International Circuit

24 Oktober-Australia-Phillip Island Grand Prix Circuit

31 Oktober-Malaysia-Sepang International Circuit

14 November-Valencia-Circuit Ricardo Tormo

Saksikan Video Valentino Rossi di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faisal Basri Sebut Impor Garam hanya Permainan Politik Belaka

Posted: 03 Dec 2020 04:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Ekonom Senior INDEF, Faisal Basri menilai derasnya impor garam hanyalah permainan politik belaka. Terlihat dari peningkatan impor garam di tengah meningkatnya juga produksi garam dalam negeri. Sementara kebutuhan garam dalam negeri tetap stabil.

"Impor ini tidak sesuai dengan kebutuhan, artinya ada garam yang merembes," kata Faisal Basri dalam Webinar bertajuk Mampukah Indonesia Swasembada Garam?, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Faisal mengatakan pada tahun 2018 terjadi bagi-bagi kuota impor garam. Saat itu, keran impor yang dibuka mencapai 3,8 juta ton. Akibatnya kuota yang ada tidak terserap dan tidak terpakai semua.

"Airlanggan Hartarto, Menteri Perindustriannya, kuota yang diberikan sehingga produksi dari petani ini tidak terserap," kata dia.

Dia melanjutkan saat itu sempat terjadi ketegangan di antara para menteri. Susi Pudjiastuti yang kala itu menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pun menjadi bulan-bulanan menteri yang lainnya.

"Menteri-menteri mengeroyok Bu Susi. Pak Luhut, Pak Darmin ini sebut sumber masalahnya Bu Susi. Akhirnya Bu Susi-nya mental," kata dia.

 

Menteri Tak Sanggup

Petani memanen garam di Sidoarjo, Jawa Timur, 16 September 2019. Menurut petani, meningkatnya produksi garam saat musim kemarau dari lima ton menjadi delapan ton per minggu, mengakibatkan harga garam di tingkat petani tradisional untuk kualitas nomor satu menurun. (Juni Kriswanto/AFP)
Petani memanen garam di Sidoarjo, Jawa Timur, 16 September 2019. Menurut petani, meningkatnya produksi garam saat musim kemarau dari lima ton menjadi delapan ton per minggu, mengakibatkan harga garam di tingkat petani tradisional untuk kualitas nomor satu menurun. (Juni Kriswanto/AFP)

Tak hanya Susi, Faisal menyebut banyak menteri yang mental karena kasus impor garam. Salah satunya Mari Elka Pangestu yang sempat menjadi Menteri Perdagangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Jadi banyak menteri yang mental karena masalah impor garam ini, dulu Ibu Mari Pangestu juga mental," kata dia.

Sehingga menurut Faisal, masalah produksi garam di Indonesia bukan semata kemampuan petani memproduksi garam. Melainkan campur tangan politik yang ikut bermain demi kepentingan kelompok tertentu. Hal yang sama juga terjadi pada komoditas lainnya, seperti gula hingga benih lobster.

"Jadi persoalannya di politik, garam ini jadi komoditas untuk bagi-bagi rente dan ini yang tidak selesai-selesai," kata dia mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Acara Pernikahan Terdampak Cuaca Buruk, Sampai Diterjang Banjir

Posted: 03 Dec 2020 04:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan ini memang cukup banyak orang termasuk para selebriti yang menggelar acara pernikahan. Acara pernikahan ini tentunya menjadi salah satu acara paling spesial dari setiap mempelai.

Maka dari itu banyak diantaranya merencanakan acara pernikahan sedemikian rupa agar acara tersebut berjalan lancar. Namun bila sudah berhubungan dengan cuaca yang sulit diprediksi, tentu hanya bisa mengantisipasi.

 

Seperti halnya acara pernikahan yang viral dalam media sosial TikTok yang dibagikan oleh akun @novalsoleman. Acara pernikahan itu disebutkan diselenggarakan di Kota Ternate, Maluku Utara.

Sejak pagi cuaca sudah mendung hingga akhirnya tempat berlangsungnya acara pernikahan tersebut pun kebanjiran. Terlihat air mengalir sampai panggung pelaminan.

Tempat acara pernikahan kebanjiran

Saat ini memang sedang musim hujan, namun banyak orang pula yang menggelar acara pernikahan dalam beberapa waktu belakangan ini. Alhasil banyak diantaranya harus menyesuaikan tempat pernikahan agar acaranya berjalan lancar.

Namun, malang tak dapat dihindar. Seperti acara pernikahan salah satu pasangan di Kota Ternate yang tempat berlangsungnya acara terdampak cuaca buruk hingga kena banjir. Sontak momen tersebut viral di media sosial.

@novalsoleman

Tragedi yg terjadi😭

♬ Biarlah Semua Berlalu - Willy Anggawinata

Mempelai terlihat khawatir saat hujan mulai deras

Diketahui sejak awal acara berlangsung cuaca memang sudah mendung. Saat acara, mempelai terlihat khawatir sampai memperhatikan ke langit menyaksikan hujan yang sedang mengguyur.

Sampai pada akhirnya, saat tempat pernikahan kebanjiran, mempelai dan tamu undangan pun bubar.

@novalsoleman

Balas @ininama19

♬ Papi Chulo Koplo Version - DRXML

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Alot, Barito Resmi Lepas Bagus ke FC Utrecht

Posted: 03 Dec 2020 04:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Teka-teki nasib karier Bagus Kahfi ke FC Utrecht akhirnya terjawab. Setelah belakangan tidak mendapat restu Barito Putera, Bagus resmi dilepas ke Belanda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tukar Tambah Mobil Bekas, Suzuki Kasih Cashback Rp4 Juta

Posted: 03 Dec 2020 04:27 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil bekas (mobkas) memang masih cukup menggiurkan di Indonesia. Terbukti, beberapa agen pemegang merek (APM) juga membuat divisi tersendiri untuk jual beli mobkas, termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dengan Auto Value.

Bahkan, pabrikan berlambang huruf S ini memberikan extra cashback hingga Rp4 juta rupiah kepada pembeli XL7, all new Ertiga maupun SX4 S-Cross yang melakukan tukar tambah, hingga Desember 2020.

Dijelaskan Hendro Kaligis, Head of Business Development PT SIS, perpanjangan program ini merupakan salah satu apresiasi untuk pelanggan dalam rangka ulang tahun Suzuki Indonesia yang ke-50. Selain itu, Suzuki juga melihat minat konsumen yang mengikuti program ini cukup tinggi.

"Untuk itu, kami perpanjang programnya sampai 31 Desember 2020. Artinya masih ada kesempatan untuk mendapatkan extra cashback sampai dengan Rp4 juta hingga akhir tahun hanya dengan melakukan tukar tambah di Auto Value yang ada di Jabodetabek, Semarang, Cirebon, Surabaya, Jambi dan Bangka Belitung," ujar Hendro, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (3/12/2020).

Tingginya minat konsumen terhadap program ini terlihat dari banyaknya permintaan tukar tambah hingga mencapai 161 permintaan dan terus bertambah.

Dari angka tersebut, berdasarkan data dari mitra Auto Value, lebih dari 20 persen pelanggan adalah pengguna mobil merk lain yang ingin memiliki mobil Suzuki karena kualitasnya. Hal tersebut tetap bisa difasilitasi karena program tukar tambah ini menerima semua merk kendaraan (passenger car) dengan tahun produksi 2011–2019.

Ketentuan Pelat Nomor

Untuk program ini, ketentuan pelat nomor mobil lama yang bisa ditukarkan dengan mobil Suzuki adalah sebagai berikut:

- Pelat B untuk wilayah Jabodetabek

- Pelat L atau W atau N atau S untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya

- Pelat E untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya

- Pelat H atau K untuk wilayah Semarang dan sekitarnya

- Pelat BN untuk wilayah Bangka Belitung

- Pelat BH untuk wilayah Jambi

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doni Monardo: Harus Dibangun Jalur Evakuasi Warga di Gunung Semeru

Posted: 03 Dec 2020 04:26 AM PST

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mendorong pembuatan jalur evakuasi bagi warga dan ternak. Ini sebagai mitigasi ancaman guguran lahar panas dari aktivitas Gunung Semeru.

Doni menuturkan hal itu saat meninjau lokasi terdampak guguran lahar Gunung Semeru di Desa Supiturang, Dusun Curah Koboan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020).

Doni sudah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendukung pembangunan jalur evakuasi sebagai bagian dari pengurangan risiko bencana alam.

"Kami dari BNPB sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR," ujar Doni, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Selain jalur evakuasi bagi warga dan ternak di Gunung Semeru, Doni juga mendorong agar pembuatan jalur aliran lahar dapat dibangun kembali sehingga apabila terjadi guguran lahar tidak berdampak pada permukiman peduduk.

"Membangun sebuah jalur evakuasi yang bisa memudahkan masyarakat untuk menuju ke tempat yang aman, termasuk juga membangun kembali aliran lahar agar tidak mengarak ke permukiman penduduk," ujar dia.

Adapun jalur evakuasi tersebut menjadi penting, sebab hingga sejauh ini sudah ada rambu evakuasi, akan tetapi jalur evakuasi belum memadai.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pengerukan Jalur Aliran Lahar

Kepala BNPB Doni Monardo meninjau lokasi terdampak guguran lahar Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur pada Kamis, (3/12/2020). (Foto: Dok BNPB)
Kepala BNPB Doni Monardo meninjau lokasi terdampak guguran lahar Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur pada Kamis, (3/12/2020). (Foto: Dok BNPB)

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga melaporkan selain jalur evakuasi, pengerukan jalur aliran lahar juga harus menjadi prioritas.

Sebab, berdasarkan data yang dihimpun, ketebalan sedimentasi dari jalur aliran lahar sudah mencapai 15 meter sehingga pihaknya tidak ingin kemudian muncul permasalahan baru apabila terjadi aktivitas erupsi Gunung Semeru.

"Jalur evakuasinya harus dipastikan. Masyarakat harus terkonfirmasi. Tanda-tanda evakuasi harus dipasang di banyak titik," tutur Khofifah.

"Jalur aliran lahar. Ini sedimentasinya sudah sekitar 15 meter, jadi harus dikeruk. Sehingga kalau ada material gunung yang meluber, maka kita tidak berharap itu kemudian meluber ke permukiman penduduk," ia menambahkan.

Khofifah juga meminta agar layanan komunikasi terkait perkembangan informasi aktivitas Gunung Semeru dapat dilakukan dengan baik, agar kemudian tidak muncul ada kabar tidak benar yang dapat meresahkan warga.

"Ada komunikasi yang harus dipastikan sampai dengan benar dan cepat kepada masyarakat," kata Khofifah.

Gunung Semeru Keluarkan Guguran Lahar Panas

Seorang warga memeriksa lahan pertanian yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur (3/12/2020). (AFP/Juni Kriswanto)
Seorang warga memeriksa lahan pertanian yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Provinsi Jawa Timur (3/12/2020). (AFP/Juni Kriswanto)

Gunung Semeru mengeluarkan guguran lahar panas dari aktivitas vulkanik pada Sabtu dini hari, 28 November 2020.

Peristiwa tersebut telah berdampak pada 1.298 warga yang tinggal di 5 desa, 2 kecamatan di Kabupaten Lumajang.

Guna memberikan dukungan untuk percepatan penanganan erupsi Gunung Semeru, BNPB menyerahkan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai 500 juta.

Selain itu, BNPB juga memberikan dukungan lain untuk penanganan pengungsi berupa 3 unit tenda pengungsi, 1 unit flexibel tank, 5.000 swab tes antigen, 500 paket perlengkapan bayi, 1.200 tambahan gizi, 1.200 paket lauk pauk, 1.200 makanan siap saji, 4.000 masker kain, 950 matras, 1.480 selimut dan 12 unit lampu air garam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Zona Merah Lagi, Kota Tangerang Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19?

Posted: 03 Dec 2020 04:23 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Masuk lagi ke zona merah, Pemkot Tangerang mengklaim wilayahnya hampir memasuki gelombang ketiga virus Covid-19. Hal tersebut diutarakan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

"Kalau kita lihat sih trend sama nih. Ini saya lihatnya almost the third wave, hampir gelombang ketiga (covid-19)," kata Wali Kota di Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Kamis (3/12/2020).

Dia juga menyebutkan, bila diurut sejak awal pandemi, gelombang pertama terjadi pada awal tahun yakni di bulan Maret sampai Mei 2020. Kemudian gelombang kedua Covid-19 muncul setelah liburan panjang dan hari raya Lebaran 1441 H.

"Sekarang kasus liburan kemarin, maka pemerintah kan tidak melarang masyarakat untuk beraktivitas. Tapi yang penting penyakit ini adalah penyakit kerumunan, artinya antisipasi segala kerumunan dan laksanakan protokol dengan benar," papar Arief.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Terapkan Protokol Kesehatan

Makanya, Arief tak bosan meminta warganya, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, melakukan 3M, bila memang masih berkeinginan berpergian atau berkegiatan di luar ruangan.

"Kalau ada gejala-gejala sedikit, karena sekarang masih ada lonjakan, segera periksakan diri. Terus tingkatkan imun baik olahraga cukup, minum vitamin, dan makanan bergizi," imbau Arief.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang didapatkan dari situs resmi https://covid19.tangerangkota.go.id/, jumlah suspek dirawat menjadi 1.443 orang bertambah 22 orang dari hari sebelumnya.

Sehingga membuat total orang yang terkonfirmasi Covid-19 di Kota Tangerang berjumlah 3.039 orang, naik 52 orang dari hari sebelumnya. Kemudian, konfirmasi dirawat berjumlah 392 orang sementara, untuk orang yang berhasil sembuh dari Covid-19 berjumlah 2.568 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 Tembus 8.369, Satgas Sebut Akibat Masyarakat Abai Protokol Kesehatan

Posted: 03 Dec 2020 04:20 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus virus Corona atau Covid-19 bertambah 8.369 pada Kamis (3/12/2020). Angka ini menjadi rekor penambahan harian tertinggi selama pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 yang sangat tinggi ini disebabkan oleh masyarakat abai terhadap protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, berdasarkan pemantauan kedisiplinan protokol kesehatan pada 27 November 2020, tingkat kepatuhan masyarakat menurun.

"Hal ini bertepatan dengan libur panjang tanggal 8 Oktober sampai 1 November 2020. Tren penurunan tersebut terus menurun sampai pemantauan tanggal 27 November 2020. Di mana persentase kepatuhan untuk memakai masker ialah 59,32 persen. Sedangkan untuk menjaga jarak ialah 43,46 persen," katanya dalam konferensi pers, Kamis (3/12).

Wiku menyebut, penurunan persentase penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat dipicu libur panjang. Dia mengingatkan, jika masyarakat tetap lalai menjalankan protokol kesehatan maka kasus Covid-19 akan terus bertambah.

"Jika terus seperti ini maka sebanyak apa pun fasilitas tidak akan mampu menahan lonjakan yang terjadi," sambungnya.

Wiku menegaskan, protokol kesehatan merupakan kunci memutus rantai penularan Covid-19. Masyarakat, kata dia, harus membangun kesadaran untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Mohon masyarakat segera sadar bahwa langkah kecilnya mencuci tangan secara teratur dengan hanya memakai masker dengan benar bahkan usaha kecil menjaga jarak satu sama lain sangat berdampak pada kehidupan banyak umat manusia," tandas Wiku.

 

 

 

Kasus Baru Covid-19 Tembus 8.000 dalam Sehari, Papua Tertinggi

Tim medis menerima sampel Swab Test dari pihak Puskesmas di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta, Selasa (4/8/2020). Labkesda DKI yang berjejaring dengan 47 lab se-Jakarta dalam sehari mampu menguji hampir 10.000 spesimen Covid-19 dengan metode PCR. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Tim medis menerima sampel Swab Test dari pihak Puskesmas di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta, Selasa (4/8/2020). Labkesda DKI yang berjejaring dengan 47 lab se-Jakarta dalam sehari mampu menguji hampir 10.000 spesimen Covid-19 dengan metode PCR. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan terdapat 8.369 kasus baru virus Corona di Indonesia pada Kamis (3/12/2020). Dengan adanya penambahan kasus tersebut, total kasus Covid-19 di Tanah Air mencapai 577.887.

Penambahan kasus baru itu didapat dari pemeriksaan 62.397 spesimen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi ditemukan di Papua dengan jumlah 1.755.

Kemudian, Jawa Barat sebanyak 1.648 kasus baru Covid-19. Selanjutnya, penambahan tertinggi terjadi di DKI Jakarta dengan 1.153.

Penambahan tinggi selanjutnya ada di Jawa Tengah dengan 767 kasus baru Covid-19.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Giveaway yang Catut Nama Sule - Nathalie Holscher Banyak Makan Korban, Manajer Angkat Bicara

Posted: 03 Dec 2020 04:20 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sule dan Nathalie Holscher memberikan pengumuman penting terkait upaya penipuan yang mengatasnamakan keduanya, yang hingga saat ini masih sering terjadi. Imbauan ini dibuat dan diunggah oleh manajernya, Panji Komara di Instagram pada Rabu (2/12/2020), yang kemudian diunggah ulang ke Instagram Sule dan Nathalie.

Dalam unggahan itu, sang manajer menunjukkan sebuah contoh penipuan yang mengatasnamakan sahabat Andre Taulany dan Nathalie. Pelaku penipuan tersebut mengunggah pengumuman yang menyatakan Sule dan Nathalie Holscher membagi-bagikan uang tunai senilai Rp 100 Juta kepada para pemenang.

Namun pemenang yang terpilih harus mentransfer sejumlah uang sebagai syaratnya. Hal ini lah yang kemudian dibantah oleh ayah Rizky Febian ini.

 

Logika

Sule dan Nathalie Holscher Ingatkan Masyarakat untuk Hati-Hati terhadap Penipuan yang Mengatasnamakan Mereka. (instagram.com/nathalieholscher)
Sule dan Nathalie Holscher Ingatkan Masyarakat untuk Hati-Hati terhadap Penipuan yang Mengatasnamakan Mereka. (instagram.com/nathalieholscher)

"GUYS TOLONG BE SMART! PAKE LOGIKA NYA MANA ADA MAU BAGI-BAGI UANG TAPI MALAH MINTA TRANSFER UANG. DARI SINI SUDAH PAHAM ???" tulis manajer Sule.

 

Akun Terverifikasi

Sule dan Nathalie Holscher (Instagram/nathalieholscher)
Sule dan Nathalie Holscher (Instagram/nathalieholscher)

Lebih lanjut, sang manajer juga menyebut bahwa masyarakat seharusnya sudah bisa membedakan akun asli Sule dan Nathalie Holscher, dengan milik penipu tersebut.

Bila memang Sule dan Nathalie Holscer melakukan giveaway, tentunya akan diumumkan melalui akun terverifikasi mereka.

"DI INSTAGRAM JUGA KAN SUDAH BISA MEMBEDAKAN MANA AKUN ASLI DAN TIDAK DENGAN ADANYA VERIFIED, KALO ARTIS SAYA MEMBUAT GIVEAWAY PASTI AKAN DI POSTING DI AKUN MEREKA," sambungnya.

 

Tertipu

Sule - Nathalie Holscher (Foto: YouTube)
Sule - Nathalie Holscher (Foto: YouTube)

Nyatanya, hingga saat ini masih saja banyak masyarakat yang tertipu. Bahkan tidak sedikit yang telah menjadi korban hingga melakukan transfer sejumlah uang kepada si penipu.

"DAN ARTIS SAYA JUGA PERNAH POSTING BAHWA INI PENIPUAN TP MASIH AJA ORANG BANYAK BGT PADA DM NANYA-NANYA DAN SAMPAI KIRIM BUKTI MEREKA SUDAH TRANSFER YUK PINTER YUK YUK BISA YUK," tutup manajer Sule.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operator Resmi Pelabuhan Patimban Ditargetkan Mulai Bertugas April 2021

Posted: 03 Dec 2020 04:17 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan, operator resmi Pelabuhan Patimban yang jadi pemenang lelang akan mulai bertugas pada April 2021.

"Untuk kami sampaikan bahwa memang untuk sementara operator yang ditunjuk nantinya akan dikawal secara baik oleh panel dan juga dengan pengacara negara dari Kejaksaan, yang Insya Allah telah final pada bulan April (2021)," ujarnya di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (12/3/2020).

Budi Karya mengatakan, untuk sementara tugas operator Pelabuhan Patimban akan dipegang oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban selama triwulan pertama 2021.

Dalam pengoperasiannya, KSOP akan turut dibantu oleh tenaga profesional dari dalam dan luar negeri, termasuk pemegang merek otomotif dari Jepang.

"Sementara ini akan dikelola oleh KSOP. Tetapi KSOP didukung oleh para profesional Tanah Air dan dari asing. Jadi kemampuannya sama minimal dengan apa yang dilakukan (Pelabuhan) Tanjung Priok," tuturnya.

Pada tahap awal, Pelabuhan Patimban akan difokuskan untuk aktivitas ekspor dan impor produk otomotif. Khususnya yang datang dari kawasan industri di sekitar Karawang.

"Jadi bagi teman-teman dari perusahaan apakah dari Toyota, Daihatsu, yakin bahwa kompetensi yang diberikan oleh teman-teman yang kerja ini sama baiknya dengan apa yang dilakukan di Tanjung Priok," pungkasnya.

Pemprov Jabar Bakal Raup Cuan dari Keberadaan Pelabuhan Patimban

Konsep Pembangunan Pelabuhan Patimban oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Konsep Pembangunan Pelabuhan Patimban oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kehadiran Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang akan membuat Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dapat pemasukan cuan atau duit lebih.

Sebab, Uu menceritakan, sekitar 40 persen pendapatan dari pengiriman barang industri dari Jawa Barat selama ini dikirimkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga hak pemasukannya menjadi milik Pemprov DKI Jakarta.

"Kami juga yakin dengan berjalannya ekspor/impor atau keluar masuknya kendaraan, kami pun Pemprov mendapat retribusi. Yang selama ini produk-produk Jawa Barat yang hampir 40 persen selalu ke Jakarta, maka uangnya pun oleh Jakarta," ujarnya di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).

"Tapi insya Allah hari ini akan dimulai uangnya nanti akan masuk ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami akan dapat duit dari operasionalnya Patimban pada hari ini," dia menambahkan.

Selain itu, Uu mengutarakan, Pemprov Jabar saat ini juga tengah giat membangun kawasan metropolitan Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka). Secara desain, kota baru ini telah masuk dalam tahap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) perubahan.

"Dengan harapan dengan adanya (Bandara) Kertajati, dengan adanya (Pelabuhan) Patimban, dibantu dengan sarana-sarana yang lain Jawa Barat sekarang memiliki perkembangan ekonomi ketiga setelah Bandung Raya, kemudian Bodebek, kami yakin ini akan memberikan manfaat buat masyarakat," tuturnya.

Uu juga telah berbincang-bincang dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, bahwa masyarakat sekitar kini sudah menikmati berbagai megaproyek yang ada di Jawa Barat. Kondisi ini berbeda ketika dirinya berkeliling naik helikopter bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu, dimana pemukiman kumuh masih banyak tersebar.

"Tapi sekarang kelihatan kiri-kanan rumahnya sudah bagus-bagus. Karena memang mereka sudah dapat duit dari proyek yang ada di sini. Ini efek domino yang diharapkan oleh kami Pemerintah Provinsi Jawa Barat," tukas Uu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Denada saat Latihan Zumba, Jadi Instruktur di KBRI Singapura

Posted: 03 Dec 2020 04:15 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Zumba menjadi salah satu olahraga yang cukup digemari masyarakat terutama dikalangan wanita dan kaum milenial. Pasalnya, olahraga zumba sendiri masih berhubungan dengan musik dan tarian, sehingga membuat siapa saja merasa lebih energik saat melakukan zumba.

Bahkan, tak sedikit pula selebriti Tanah Air yang memilih zumba sebagai olahraga rutinnya. Bahkan, penyanyi Denada Tambunan berhasil mendapatkan sertifikat sebagai instruktur zumba.

Wanita yang saat ini tinggal di Singapura bersama buah hati tercinta, Aisha Aurum bahkan mengajar kelas zumba di KBRI Singapura. Denada sendiri memang telah menetap di Singapura untuk menemani sang putri tercinta berobat karena menderita penyakit kanker darah atau leukemia.

Menurut wanita kelahiran 19 Desember 1978, zumba menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Pasalnya olahraga satu ini mudah untuk dinikmati dan tak akan terasa seperti olahraga.

Denada sendiri cukup sering mengunggah foto maupun video saat tengah zumba di akun media sosial pribadinya. Bahkan, ia juga beberapa kali mengunggah foto bersama sang putri tercinta saat melakukan zumba.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @denadaindonesia, berikut ini beberapa potret Denada saat tengah latihan zumba, Kamis (3/12/2020).

1. Denada cukup sering mengunggah foto maupun video saat tengah zumba di media sosial.

Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)
Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)

2. Bahkan di tengah pandemi, wanita 41 tersebut tetap mengajar kelas zumba melalui video meeting.

Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)
Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)

3. Tak hanya mengajak untuk aktif bergerak saja, akan tetapi Denada juga kerap mengajak para netizen untuk hidup lebih sehat.

Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)
Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)

4. Meski menjadi single parent dan mengurus sang anak tercinta, Denada tetap terlihat bersemangat saat mengajar zumba.

Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)
Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)

5. Melalui unggahan terbarunya, Denada bahkan sempat berpikir untuk membuat video zumba di luar ruangan.

Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)
Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)

6. Tak selalu sendiri, sang putri tercinta rupanya juga menemani Denada saat melakukan zumba.

Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)
Denada (Sumber: Instagram/denadaindonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Produktivitas Usaha, Kemnaker Luncurkan Aplikasi SIPRONI

Posted: 03 Dec 2020 04:15 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Produktivitas Terkini (SIPRONI) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (03/12/20). Aplikasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara cepat kebutuhan peningkatan produktivitas setiap sektor usaha.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan, mengatakan dengan  mengukur tingkat produktivitas suatu perusahaan menggunakan SIPRONI, maka akan diperoleh gambaran kondisi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mewujudkan cita-cita pembangunan, serta dapat melihat sejauh mana kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Aplikasi SIPRONI dapat diakses melalui laman web produktivitas.kemnaker.go.id., saya berharap melalui sistem SIPRONI ini, Kemnaker dapat menyiapkan SDM yang berdaya saing dan produktif sebagai bagian dari peningkatan daya saing nasional, serta seiring dengan itu juga akan meningkatkan produktivitas nasional," kata Budi Hartawan.

Kata Budi, SIPRONI merupakan salah satu langkah upaya mendukung Gerakan Produktivitas Nasional (GPN), yang akan dilengkapi dengan pembentukan Forum Produktivitas Kerja (Productivity Community) untuk meningkatkan peran serta aktif Pemerintah (Pusat dan Daerah), Pelaku Usaha (Perusahaan dan Industri), Serikat Pekerja dan Akademisi di Indonesia.

Indonesia melalui Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) telah menginisiasi Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS).

Gerakan ini adalah upaya menggerakkan seluruh komponen bangsa yang dilakukan secara terencana, terstruktur, sistimatis dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan produktivitas nasional, kesejahteraan dan daya saing bangsa Indonesia.

"Implementasi tersebut akan dilakukan dengan teknologi, menggunakan aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Layanan Produktivitas Terkini (Siproni) yang hari ini kita launching," katanya.

 

Terobosan Baru

Pekerja  menyelesaikan produksi masker berkarakter di home industri Yesya Frita Indonesia, Kota Tangerang, Kamis (26/11/2020). Wapres Ma`ruf Amin menyebutkan  sektor usaha kecil menengah menjadi pendorong utama pemulihan ekonomi nasional selama masa pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja menyelesaikan produksi masker berkarakter di home industri Yesya Frita Indonesia, Kota Tangerang, Kamis (26/11/2020). Wapres Ma`ruf Amin menyebutkan sektor usaha kecil menengah menjadi pendorong utama pemulihan ekonomi nasional selama masa pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menurutnya, SIPRONI adalah terobosan yang diperlukan untuk mendongkrak produktivitas dan daya saing nasional. Berdasarkan data World Economic Forum (WEF) dalam The Global Competitiveness Report 2019, skor daya saing Indonesia pada tahun 2019 sebesar 64,6 dan menempati peringkat 50 dari 141 negara yang tercakup. 

Selain SIPRONI, dalam kesempatan yang sama juga diluncurkan Buku Produktivitas dan Daya Saing Indonesia (Jilid I). Buku Produktivitas dan Daya Saing Indonesia ini dapat diunduh secara gratis melalui link https://bit.ly/ BukuProduktivitasDayaSaingIndo nesia.

"Agar peningkatan produktivitas menjadi masif maka diperlukan data-data sektor ketenagakerjaan untuk dijadikan dasar dalam peningkatan produktivitas agar fokus pada area yang akan ditingkatkan. Data tersebut disediakan dalam bentuk buku jilid I hasil pengukuran produktivitas dan daya saing Indonesia," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima Tutup Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan 47 TA 2020

Posted: 03 Dec 2020 04:11 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara penutupan Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan XLVII Tahun Anggaran (TA) 2020. Kegiatan itu digelar Kamis (3/12/2020), bertempat di Ruang Hening, Gedung Soedirman, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Upacara sendiri digelar secara virtual, mennyesuaikan dengan situasi pandemi virus Corona atau Covid-9. Untuk di Mabes TNI, pelaksanaannya diwakili oleh empat Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI, sementara yang lainnya mengikuti lewat online di Sesko TNI Bandung, Jawa Barat.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, Sesko TNI menjadi kawah chandradimuka bagi kader-kader pemimpin TNI. Lulusan Sesko TNI hendaknya terus mengembangkan kemampuan diri, serta membangun sinergi dalam menyikapi dinamika lingkungan strategis.

"Semangat integratif ini harus terus dipelihara dan dijaga untuk memantapkan sinergi TNI-Polri sebagai pilar bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Saya ingin menyampaikan apresiasi atas partisipasi para perwira Polri di Sesko TNI," tutur Hadi dalam sambutannya.

Hadi juga mengingatkan bahwa spektrum tantangan TNI Polri ke depannya akan semakin kompleks. Di tengah pandemi yang membawa tekanan sosial ekonomi, muncul ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa melalui politik identitas dan diperkuat dengan luasnya penggunaan media sosial.

"TNI akan selalu mewaspadai bentuk ancaman lainnya seperti terorisme, separatis bersenjata, bencana alam, dan sebagainya. Sebagai alat utama pertahanan negara, tentunya TNI tidak akan tinggal diam saat persatuan dan kesatuan bangsa diganggu," jelas dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Butuh Sinergi

Berbagai tantangan tersebut, lanjut Hadi, membutuhkan pemahaman yang komprehensif serta model kepemimpinan integratif. Oleh sebab itu, diperlukan sinergi dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama dan cita-cita nasional dengan cara-cara yang efektif dan efisien.

"Bekal tersebut sudah para perwira dapatkan selama menempuh Pendidikan di Sesko TNI," Hadi menandaskan.

Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-47 Sesko TNI TA 2020 tersebut berlangsung selama tujuh bulan, diikuti oleh 170 Pamen Senior sebagai Pasis dari berbagai matra. Dengan rincian 74 Pasis Pamen TNI AD, 39 Pasis Pamen TNI AL, 36 Pasis Pamen TNI AU, 17 Pasis Pamen Polri, 1 Pasis Pamen AD Filipina, 1 Pasis Pamen AU India, 1 Pasis Pamen AU Pakistan, dan 1 Pasis Pamen AD Singapura.

Selain itu, Panglima TNI juga memberikan penghargaan kepada Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha yang berhasil menjadi Lulusan Terbaik Sesko TNI dan berhak memperoleh penghargaan dan trophy Wira Adi Nugraha.

Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha merupakan alumni Akademi Militer tahun 1997. Dia sebelumnya pernah bertugas sebagai Ajudan Wapres RI periode tahun 2018-2019.

Penghargaan juga diberikan kepada Kombes Ahmad Yusep sebagai Lulusan Terbaik dari Polri dan Kolonel Pnb Andreas A Dhewo sebagai Penulis Karya Tulis Terbaik.

Ketiga perwira peraih penghargaan ini sekaligus mewakili para mantan Pasis lainnya yang mengikuti acara penutupan pendidikan (Tupdik) di Sesko TNI Bandung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bukti Organ Tubuh Manusia Berevolusi Lebih Cepat

Posted: 03 Dec 2020 04:10 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mulai dari mata hingga tulang di kaki, organ tubuh manusia telah mulai berkembang dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari perkiraan para ilmuwan sebelumnya.

Perubahan ini adalah yang kita anggap remeh dan bahkan mungkin tidak kita sadari. Sebenarnya, itu adalah tanda yang menunjukkan bahwa manusia tidak berhenti berevolusi.

Bahkan otak manusia menyusut, yang menunjukkan transformasi yang signifikan dari sebelumnya.

Bright Side menggali lebih dalam untuk mencari tahu perubahan evolusi mana yang mulai ditunjukkan pada tubuh manusia:

 

1. Manusia memiliki arteri tambahan di lengan

Ilustrasi mengepal tangan (foto: Pixabay)
Ilustrasi mengepal tangan (foto: Pixabay)

Para ilmuwan melihat satu arteri di lengan yang mulai muncul pada orang dewasa di masa modern dibandingkan dengan orang dewasa dari akhir abad ke-19.

Arteri ini disebut "Median" dan dulunya adalah arteri yang memasok darah ke tangan dan lengan bawah bayi saat berada di dalam rahim, tetapi itu menghilang saat dewasa.

Namun, ada lebih dari beberapa kasus ketika arteri ketiga ini tidak hilang dan beberapa orang memiliki ketiganya.

 

2. Bayi dilahirkan tanpa gigi bungsu

Ilustrasi/copyright pixabay.com
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Tubuh kita menjadi lebih kecil, dibandingkan nenek moyang kita, dan bayi dilahirkan dengan kepala lebih kecil. Ini mungkin karena ukuran panggul pada wanita juga menjadi lebih kecil.

Ini adalah tanda lain dari evolusi mikro. Karena bayi terlahir dengan wajah yang lebih pendek dan rahang yang lebih kecil, berarti ruang untuk gigi lebih sedikit.

Jadi, semakin banyak bayi yang lahir tanpa gigi bungsu. Selain itu, beberapa bayi bahkan dilahirkan dengan tulang ekstra di tungkai dan kakinya.

 

3. Menjadi dewasa lebih cepat

Ilustrasi bayi (Image by Regina Petkovic from Pixabay)
Ilustrasi bayi (Image by Regina Petkovic from Pixabay)

Memiliki lebih banyak kekuatan atas pilihan kita adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada evolusi yang lebih cepat. Pilihan seperti menikah dan memiliki anak di kemudian hari, atau memilih untuk menikahi seseorang dari belahan bumi lain, dan lainnya, dapat memengaruhi kita lebih dari yang kita sadari.

Juga, orang dengan tubuh berukuran lebih kecil mulai menjadi dewasa lebih awal. Ini dianggap evolusi yang meluas karena konsekuensi dari penurunan angka kematian pada orang muda, yang semuanya berkat perawatan medis dan kebersihan yang lebih baik.

 

4. Otak manusia menyusut

Ilustrasi kesehatan otak (Photo by VSRao on Pixabay)
Ilustrasi kesehatan otak (Photo by VSRao on Pixabay)

Meski otak kita mulai menyusut, bukan berarti kita akan menjadi kurang pintar. Sebaliknya, ini dipandang sebagai keuntungan evolusioner.

Karena tubuh kita menjadi lebih kecil dibandingkan nenek moyang kita, itu berarti lebih sedikit ruang untuk otak.

Selain itu, otak yang lebih kecil menunjukkan bahwa ada peningkatan toleransi dan bahwa kita kurang agresif dibandingkan sebelumnya.

 

5. Minum susu bahkan setelah dewasa

Ilustrasi Susu Kedelai Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Susu Kedelai Credit: pexels.com/pixabay

Ribuan tahun yang lalu, orang tidak dapat minum susu setelah masa kanak-kanak, dan ini karena mereka tidak memiliki mutasi genetik yang memungkinkan mereka untuk minum susu mentah.

Enzim yang membantu bayi mencerna susu akan mati begitu mereka tumbuh menjadi dewasa dan ini berarti kebanyakan orang tidak toleran laktosa. Namun, saat ini, 35 persen orang di seluruh dunia (sebagian besar keturunan Eropa, Afrika, dan Eurasia) dapat minum susu, bahkan saat dewasa, tanpa sakit perut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Perjalanan Menaker Ida Fauziyah Sebelum Positif Corona Covid-19

Posted: 03 Dec 2020 04:04 AM PST

Liputan6.com, Jakarta -  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dinyatakan positif terinfeksi corona Covid-19. "Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada tim News Liputan6.com pada Kamis (3/12/2020).

Saat ini, Ida Fauziyah tengah menjalani isolasi mandiri untuk mencegah penularan virus corona baru ke orang-orang di sekitarnya. Ia pun meminta doa pada masyarakat agar segera sembuh dari Covid-19.

Belum diketahui bagaimana Ida bisa tertular virus SARS-CoV-2. Seperti beberapa pejabat negara lain, ia tentu harus menghadiri berbagai macam acara di sejumlah daerah di Indonesia selama masa pandemi.

Hal itu bisa diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadinya maupun Kemnaker. Dalam unggahan pada pada 24 November 2020, misalnya, saat Ida jadi keynote speaker dalam sebuah acara di Jakarta.

Sehari kemudian, masih di Jakarta, wanita kelahiran Mojokerto, Jawa Timur ini mengadakan Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI secara virtual. Lalu pada 27 November 2020, Ida memberi sambutan Musyawarah Nasional Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) Tahun 2020 melalui sambungan video.

Sehari kemudian, masih di Jakarta, Menaker mengisi acara webinar tentang UU Cipta Kerja. Di pekan sebelumnya, wanita kelahiran 51 tahun lalu itu juga mengisi beberapa acara webinar atau virtual di Jakarta. Baru pada 20 November, Menaker Ida mengisi acara di Bekasi, Jawa Barat.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Sempat Berkunjung ke NTT

Jejak Perjalanan Menaker Ida Fauziyah Sebelum Positif Corona Covid-19. (dok.Instagram @idafauziyahnu/https://www.instagram.com/p/CHmYNnWnDsz/Henry)
Jejak Perjalanan Menaker Ida Fauziyah Sebelum Positif Corona Covid-19. (dok.Instagram @idafauziyahnu/https://www.instagram.com/p/CHmYNnWnDsz/Henry)

Kalau ditelurusuri lagi, Menaker ternyata sempat mengadakan kunjungan kerja selama beberapa hari di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada 13 November, Ida tampak bertemu Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Kupang.

Keduanya terlihat duduk agak berjauhan dan Ida memakai masker, sedangkan Viktor tak mengenakan masker. Dalam foto-foto lainnya, Ida juga terlihat berkunjung ke beberapa tempat di Kupang.

Kemudian pada 14 November, ia menghadiri sebuah acara di Labuan Bajo, Flores. Di hari yang sama, Ida juga menghadiri pertemuan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia se-Labuan Bajo.

Dalam semua acara yang dihadirinya, wanita berhijab ini hampir selalu memakai masker berwarna putih. Ida Fauziyah juga mengunggah beberapa foto kunjungannya di NTT di akun Instagram pribadinya pada 15 November 2020.

Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Enggan Mengungsi, Warga di Zona Merah Gunung Ili Lewotolok: Bagaimana Ternak Kami?

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Lembata - Terkait aktivitas Gunung Ili Lewotolok yang masih bergejolak, tim gabungan yang berasal dari unsur TNI, Polri, Basarnas dari Kupang dan Maumere serta bantuan dan Pemda Lembata, kembali mengevakuasi warga di delapan desa di Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masuk dalam zona merah.

Koordinator Tim Evakuasi, Said Kopong, Kamis (3/12/2020) mengatakan, evakuasi itu dilakukan karena masih banyak warga yang belum mau dievakuasi dari kawasan zona merah itu.

"Pagi tadi kami kembali melakukan evakuasi warga di delapan desa. Seharusnya ada sembilan tetapi satu desa warganya sudah dievakuasi," katanya.

Said mengatakan, sudah dua desa dari delapan desa itu yang warganya dievakuasi. Jumlah warga yang sudah dievakuasi dari dua desa itu mencapai 22 orang dan langsung dibawa ke posko pengungsian. Dari 22 orang itu empat orang diantaranya yang lanjut usia, kemudian ada juga yang anak-anak dan ibu-ibu rumah tangga.

"Kita akan sisir delapan desa ini. Total masih ada 151 warga di kecamatan Ile Ape Timur yang belum dievakuasi karena," katanya.

Ia mengatakan, warga yang menolak untuk dievakuasi akan diberikan pengertian agar mau dievakuasi dari zona merah Gunung Ili Lewotolok.

Sementara itu, Theresia Ose, seorang warga Desa Todonara mengaku, dirinya sebenarnya menolak untuk dievakuasi. Tetapi karena sudah dipaksa, dia akhirnya bersedia ikut mengungsi bersama dua orang anaknya.

"Bagi kami suara gemuruh-gemuruh yang sering terjadi saat ini merupakan hal biasa. Kami bingung bagaimana dengan ternak-ternak kami siapa yang akan memberikan makan," ungkapnya.

Pantauan di zona merah Gunung Ili Lewotolok, suasana di desa sudah sepii, sudah banyak warga yang mengungsi. Namun lampu di halaman rumah warga tampak masih terpantau menyala.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-11: Tottenham Diuji Arsenal

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta- Tottenham Hotspur lagi-lagi bakal menghadapi pertandingan berat di Liga Inggris. Pasukan Jose Mourinho harus bertemu rival sekotanya yang lain Arsenal akhir pekan depan.

Spurs akan melakoni duel melawan tetangga secara beruntun. Sebelumnya mereka sukses mengimbangi Chelsea tanpa gol di pentas Liga Inggris.

Raihan satu angka tersebut cukup untuk membantu mereka bertahan di puncak klasemen sementara. Dengan raihan 21 poin, Tottenham unggul produktivitas gol atas Liverpool.

Harry Kane dan kawan-kawan menghadapi Arsenal yang cuma sekali berjaya di enam laga terakhir Liga Inggris. Meski buruk, The Gunners sempat mengejutkan Manchester United di Old Trafford awal bulan lalu. Spurs mesti mewaspadai ini jika tidak mau bernasib sama.

Selain laga tersebut, simak jadwal klub tenar lain Liga Inggris seperti Chelsea, Liverpool, serta duo Manchester di halaman berikut:

Jadwal

Sabtu, 5 Desember 2020

03.00 WIB: Aston Villa vs Newcastle United

19.30 WIB: Burnley vs Everton

22.00 WIB: Manchester City vs Fulham

Minggu, 6 Desember 2020

00.30 WIB: West Ham United vs Manchester United

03.00 WIB: Chelsea vs Leeds United

19.00 WIB: West Bromwich Albion vs Crystal Palace

21.15 WIB: Sheffield United vs Leicester City

23.30 WIB: Tottenham Hotspur vs Arsenal

Selanjutnya

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Senin, 7 Desember 2020

02.15 WIB: Liverpool vs Wolverhampton Wanderers

Selasa, 8 Desember 2020

03.00 WIB: Brighton & Hove Albion vs Southampton

Klasemen Liga Inggris

Saksikan Video Menarik Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hubungan Asmara Mulai Terasa Hambar, Coba 5 Topik Percakapan Ini Bersama Pasangan

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah Anda menjalin hubungan asmara jangka panjang dengan pasangan, terkadang Anda merasa seperti Anda telah membicarakan segalanya. Semua cerita konyol hidup Anda, impian Anda, dan bahkan apa yang Anda suka dan tidak suka.

Sekarang Anda merasa tidak ada lagi yang kreatif, menarik atau penting untuk dibicarakan. Keheningan bisa memekakkan telinga sehingga Anda memerlukan beberapa pembuka percakapan yang dapat membantu Anda.

Berikut ini beberapa topik pembicaraan yang dapat Anda coba.

 

1. Perdebatan yang sehat

ilustrasi pasangan menikah/Photo by Iamngakan eka from Pexels
ilustrasi pasangan menikah/Photo by Iamngakan eka from Pexels

Jika percakapan Anda mulai terasa kering, cobalah untuk memulai debat yang sehat. Temukan kutipan yang provokatif dan diskusikan interpretasi Anda yang terpisah.

Buang topik menyenangkan yang bisa Anda berdua debatkan. Jika Anda berdua sepakat tentang sesuatu, itu keren. Tetapi jika tidak, Anda mungkin bisa belajar sesuatu yang baru tentang satu sama lain.

 

2. Tanyakan tentang hari mereka

ilustrasi tangan pasangan/photo created by prostooleh - www.freepik.com
ilustrasi tangan pasangan/photo created by prostooleh - www.freepik.com

Ini adalah percakapan yang bisa Anda lakukan setiap hari. Jadi, jika Anda belum memiliki kebiasaan, pertimbangkan untuk berbagi suka dan duka setelah Anda menghabiskan waktu berpisah.

Bagaimana pekerjaan mereka, apa yang berjalan dengan baik, apa yang tidak - tanyakan semuanya. Mereka akan merasa senang karena Anda cukup peduli untuk mengetahui bagaimana hari mereka berlalu dan mereka juga akan mengenal hari Anda.

 

3. Rencanakan masa depan

Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Kaanoo
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Kaanoo

Apakah sudah lama sejak kalian berdua berbicara tentang masa depan satu sama lain? Bicarakan tentang apa yang ingin Anda lakukan di tahun depan, atau mungkin lima tahun.

Sertakan ke mana Anda ingin bepergian, di mana Anda melihat diri Anda bijaksana dalam karier, dll. Sangat menyenangkan untuk bermimpi dengan pasangan Anda dan membuat semua bersemangat.

 

4. Mainkan permainan pertanyaan

Ilustrasi pasangan cinta (Gambar oleh Andi Graf dari Pixabay)
Ilustrasi pasangan cinta (Gambar oleh Andi Graf dari Pixabay)

Ini permainan sederhana. Saling bertanya adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan lebih banyak hal dari satu sama lain.

Mulailah dengan pertanyaan yang dalam dan kelam dan jawablah sejujur ​​mungkin saat mereka mengajukan pertanyaan juga. Permainan pertanyaan memang menjadi menarik pada akhirnya dan Anda mendapatkan lebih banyak hal untuk diketahui satu sama lain.

 

5. Ekspresikan perasaan Anda

Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/ArtemBeliakin
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/ArtemBeliakin

Jika ada sesuatu di pikiran Anda yang sepertinya tidak beres, lebih baik bicarakan dengan pasangan Anda. Mengekspresikan perasaan Anda kepada pasangan akan membuat mereka mempelajari Anda lebih baik.

Mereka akan membalasnya jika ada sesuatu yang mengganggu mereka juga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Zona Merah Corona, Warga Luar Kota Diimbau Tak Kunjungi Bandung

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Bandung - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung Oded M. Danial meminta warga dari luar kota tidak datang ke Kota Bandung jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak. Mengingat masih dalam masa pandemi Corona COVID-19, sebaiknya bisa mempertimbangkan urgensi keperluannya untuk datang ke Kota Bandung.

Permintaan Oded itu terkait Kota Bandung yang kembali memasuki level kewaspadaan zona merah. Untuk itu, Oded mengimbau kepada seluruh warga kota untuk meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan

"Buat yang datang dari luar Kota Bandung juga diharapkan mempertimbangkannya matang-matang. Kalau memang tidak terlalu penting, jangan memaksakan diri," ujar Oded dalam keterangan resminya ditulis Rabu, 2 Desember 2020.

Oded juga meminta kepada seluruh kelompok masyarakat untuk lebih memerhatikan prioritasnya dalam beraktivitas. Warga Kota Bandung diimbau tidak keluar kota jika tidak dalam keperluan mendesak atau penting.

 

Kota Bandung Masuk Zona Merah COVID-19

Oded menyebutkan masyarakat diminta untuk menahan diri dan selektif dalam merencanakan seluruh aktivitasnya. Alasannya agar bisa mengurangi interaksi.

"Saat ini Kota Bandung sudah memasuki zona merah. Saya mengimbau warga untuk lebih waspada. Jangan anggap sepele karena Covid-19 masih ada di tengah-tengah kita," kata Oded.

Oded menyerukan agar masyarakat memperhatikan kondisi kekinian. Kendati beragam upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, namun kunci utama keberhasilan penanganan virus corona tetap memerlukan partisipasi masyarakat.

Kota Bandung kembali masuk zona Merah COVID-19 pada Senin (30/11/2020). Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung segera melakukan langkah perventif terkait level kewaspadaan zona merah. 

Berdasarkan Pusat data informasi covid-19 Kota Bandung merilis jumlah kasus kumulatif covid-19 hingga Senin kemarin mencapai 3.560 kasus dengan kasus harian mencapai 106 kasus. Kasus konfirmasi aktif 759 kasus dan kasus sembuh 2.688 serta kasus meninggal dunia 113 kasus. (Arie Nugraha) 

Infografis

Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gojek dan Grab Bakal Merger, Ini Tanggapan Kemenhub

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, belum mengetahui secara pasti terkait rencana merger antara Grab Holdings Inc. dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek).

Namun, pihaknya mengaku tak ingin terlalu mempermasalahkan terkait rencana merger antara dua decacorn penyedia jasa layanan transportasi online tersebut.

"Sampai saat ini belum ada kepastian rencana merger (Grab dan Gojek). Tapi saya rasa enggak terlalu mempermasalahkan," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Kamis (3/12/2020).

Mengingat, sambung Budi, Kemenhub sesuai ketentuan berlaku hanya bertindak sebagai regulator. Dimana lebih berfokus pada regulasi untuk tata kelola layanan transportasi baik yang daring maupun luring.

"Saya lebih konsen mengatur bisnis, jadi mereka harus comply (memenuhi) saja di regulasi kita," imbuh dia.

Kemudian, untuk potensi terjadinya praktik monopoli dari merger Grab dan Gojek dinilai berada di kewenangan KPPU. Apalagi, saat ini persaingan usaha di industri transportasi online Indonesia tidak tidak hanya di isi oleh dua decacorn tersebut.

"Kontrolnya (merger) nanti dari KPPU. Initinya kalau mereka merger masih ada maxim sebagai kompetitor," tegasnya.

Merdeka.com

 

Tanggapan KPPU

Ilustrasi Gojek dan Grab merger. Liputan6.com
Ilustrasi Gojek dan Grab merger. Liputan6.com

Sebelumnya, Juru Bicara yang juga Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Guntur Syahputra Saragih mengaku hingga saat ini belum bisa memberi keterangan lebih. Sebab, belum ada notifikasi atau pemberitahuan secara resmi terkait rencana merger antara dua decacorn itu.

"Untuk soal merger itukan sesuatu yang belum terjadi, sehingga kita tidak bisa berbicara lebih. Kita juga belum memperoleh notifikasi langsung baik dari pihak Grab ataupun Gojek," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Kamis (3/12).

Namun, terkait potensi terjadinya tindakan palanggaran monopoli dari merger itu, KPPU akan merujuk bagaimana pengaruhnya terhadap konsentrasi pasar, potensi dampak, serta potensi perilaku yang melanggar UU nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

"Karena KPPU juga diamanatkan untuk memberantas persaingan usaha secara tidak sehat, misalnya praktik monopoli. Jadi, tentu sesuai aturan perundang-undangan KKPU boleh menolak aktivitas merger jika memenuhi unsur monopoli atau perbuatan yang melawan hukum," tuturnya.

Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arti Surat Al-Kautsar Beserta Keutamaannya yang Perlu Diketahui

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Arti surat Al-Kautsar perlu kamu ketahui sebagai salah satu surat pendek yang sering dibaca saat salat, setelah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Kautsar hanya memiliki 3 ayat saja, maka dari itu disebut sebagai surat pendek.

Surat Al-Kautsar termasuk golongan surat Makiyah, yaitu surat yang diturunkan di Makkan kepada Nabi Muhammad SAW. Surat Al-Kautsar yang merupakan nama sungai di surga dan dapat pula diartikan nikmat yang banyak, diambil dari ayat pertama dari surat ini. Ada juga yang menyebut surat ini juga dinamakan surat An-Nahr, diambil dari ayat kedua.

Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah. Surat Al-Kautsar yang terdapat pada juz 30 bisa menjadi pilihan bagi imam saat salat berjamaah, baik fardhu maupun tarawih. Surat ini merupakan surat ke-108 dalam Al-Quran, dan terletak di antara surat Al-Ma'un dan surat Al-Kafirun.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020) tentang arti surat Al-Kautsar.

Arti Surat Al-Kautsar

Ilustrasi Al-Quran (Sumber: steemit.com)
Ilustrasi Al-Quran (Sumber: steemit.com)

Arti surat Al-Kautsar beserta bacaannya bisa kamu hafalkan dan baca setiap hari. Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah yang juga merupakan nama sungai. Berikut arti surat Al-Kautsar beserta bacaannya:

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

innaa a'tainaakal-kausar

Arti surat Al-Kautsar ayat 1:

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

fa salli lirabbika wan-har

Arti surat Al-Kautsar ayat 2:

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah."

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

inna syaani'aka huwal-abtar

Arti surat Al-Kautsar ayat 3:

"Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus."

Asbabun Nuzul Diturunkannya Surat Al-Kautsar

Setelah memahami arti surat Al-Kautsar, kamu mungkin juuga perlu mengenali sebab diturunkannya surat ini. sImam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu terkait asbabun nuzul surat Al Kautsar. Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, "Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?"

Maka Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat." Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar. "Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?"

Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku." Maka dikatakan, "Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu"." (HR. Ahmad; shahih)

Keutamaan Surat Al-Kautsar

Ilustrasi  Al-Qu'ran. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Al-Qu'ran. (Sumber: Pixabay)

Seorang Muslim yang senantiasa membaca surat Al-Kautsar setiap hari akan mendapatkan beberapa keutamaan. Keutamaan-keutamaan surat Al-Kautsar yaitu sebagai berikut.

Diberikan Nikmat oleh Allah SWT

Barangsiapa yang membaca surat Al-Kautsar maka akan ditambahkan nikmat hidup dan di akhiratnya kelak. Surat Al-Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah SAW. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga kelak.

Surat Al-Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak dengan sholat dan qurban. Yakni salat yang ikhlas karena Allah SWT dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

Dengan membaca surat Al-Kautsar setiap hari maka surat tersebut dapat dijadikan alat untuk pembuka rezeki. Sehingga rezeki yang didapatkan dari Allah SWT akan bertambah.

Keluarga Menjadi Harmonis

Dengan membaca dan mengamalkannya setelah melaksanakan sholat tahajud bersama pasangan, maka surat Al-Kautsar dapat membantu membuat hubungan antara suami istri dan keluarganya menjadi lebih harmonis, sakinah, mawadah dan warohmah.

Alat Ikhtiar Penyembuh Penyakit

Surat Al-Kautsar dapat dijadikan sebagai alat ikhtiar untuk meminta kesembuhan dari segala macam penyakit kepada Allah. Dengan membaca surat Al-Kautsar saat akan minum, insya Allah ikhtiar yang dilakukan akan membuahkan hasil.

Keutamaan Surat Al-Kautsar

Melunakkan Hati Seseorang

Dengan membaca surat Al-Kautsar sebanyak tiga kali, hati orang yang akan ditemui oleh seseorang yang membacanya maka akan melunakkan hati orang tersebut. Selain itu, bagi orang yang senantiasa membaca surat Al-Kautsar juga akan mendapatkan ketentraman dalam hati.

Membebaskan dari Kezaliman

Jika seorang Muslim sedang dizalimi orang lain kemudian ia membaca surat Al-Kautsar sebanyak 71 kali dengan hati yang ikhlas dan berserah diri kepada Allah SWT, maka ia akan terbebas dari kezaliman tersebut.

Membuka jalan untuk Terkabulnya Doa

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan, sebagai seorang Muslim yang baik untuk mendapatkan sesuatu yang sedang diinginkan selain dengan berusaha juga harus diiringi doa. Dengan berdoa dan mengamalkan surat Al-Kautsar saat terjadinya hujan disertai rasa ikhlas dari dalam hati, insya Allah doa yang dipanjatkan akan ditunjukkan titik terangnya oleh Allah dengan dikabulkan doa-doanya.

Sebagai Alarm Bangun Tidur

Seorang Muslim yang memiliki kebiasaan bangun siang atau kesulitan untuk bangun pagi, maka dapat mengamalkan surat Al-Kautsar dengan membacanya sebanyak 7 kali sebelum tidur di malam hari. Maka insya Allah ia akan mudah terbangun di pagi hari, terutama untuk melakukan sholat subuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Baper, FTV Suara Hati Istri Premier: Istri Hanya Untuk Tiga Bulan Tayang Kamis 3 Desember 2020, Live Streaming Indosiar di Sini

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta FTV Suara Hati Istri Premier salah satu tayangan favorit pemirsa.  Setiap malam FTV Indosiar ini tayang mulai pukul 19.00 WIB.

Jangan lewatkan tayangan Indosiar ini dengan judul yang bikin penasaran.

Anda bisa menyaksikan episode Suara Hati Istri Premier via live streaming Indosiar dengan klik tautan ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skema Cicilan Mobil Listrik Hyundai Ioniq, DP Bisa Nol Persen

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Langkah PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan dua mobil listrik sekaligus bisa dibilang berani. Kedua mobil tersebut adalah Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Kona Electric.

Perlu diketahui, Hyundai Ioniq Electric bisa dibilang sebagai mobil listrik termurah yang ada di Indonesia. Harganya berada di kisaran Rp600 jutaan atau Rp624,8 juta dengan status on the road Jakarta. Bagi yang berminat mobil listrik ini, salah satu pilihannya adalah melalui program cicilan.

Andalan Motor selaku dealer partner PT HMID memiliki program down payment (DP) atau uang muka 0% bagi konsumen yang ingin meminang Hyundai Ioniq Electric secara kredit. Tenor yang ditawarkan mencapai 5 tahun atau 60 bulan.

Jika mengambil DP nol persen, maka konsumen harus mengeluarkan jumlah uang yang sama setiap bulannya. Misalkan saja mengambil cicilan Hyundai Ioniq Electric dengan tenor 1 tahun, maka biaya yang dikeluarkan per bulan sebesar Rp57,7 jutaan.

 

 

Garansi 8 Tahun

Sementara itu, untuk program 2 tahun angsurannya mencapai Rp31,3 jutaan dan Rp22,5 jutaan untuk 3 tahun. Sedangkan di tenor 4 tahun, konsumen perlu mebayar cicilan sebesar Rp18,6 jutaan setiap bulannya, dan 5 tahun sejumlah Rp16,2 jutaan.

Meski bertransaksi secara kredit, konsumen Hyundai Ioniq masih bisa mendapatkan sejumlah fasilitas, seperti karpet, kaca film, dan garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 km. Selain itu, pembeli bisa mengisi daya baterai kendaraannya di seluruh dealer Hyundai.

Sumber: Otosia.com

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan

Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Harga Mati DISIPLIN Protokol Kesehatan (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak 6 Tips Sebelum Mempercayai Informasi Seputar Pandemi Covid-19

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com telah melakukan sejumlah informasi seputar pandemi Covid-19, hasil penelusuran tersebut tidak semua informasi tersebut benar.

Meski sebagian informasi seputar Covid-19 terbukti tidak benar. Namun, informasi tersebut pun masih tersebar. 

Agar tidak menjadi korban dari informasi seputar pandemi Covid-19 yang salah, kita harus lebih jeli sebelum mempercayainya.

Dilansir dari factcheckingday, berikut 6 tips sebelum mempercayai informasi seputar pandemi Covid-19:

1. Pelajari dasar-dasar penyakit

Apa gejalanya? Bagaimana penyebarannya? Penyakit apa yang mirip dengan itu? Semakin banyak informasi dasar yang Anda miliki tentang penyakit ini, semakin baik persiapan Anda untuk mengenali informasi yang salah secara online. Ketahuilah bahwa mungkin sedikit di awal. Lihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Organisasi Kesehatan Dunia untuk panduan.

2. Abaikan postingan yang mengatakan penyakit sudah direncanakan

Pada tahap awal, sulit untuk mengetahui di mana epidemi dimulai, terutama jika itu adalah penyakit baru. Di situlah teori konspirasi masuk. Dengan virus corona, beberapa orang menyatakan bahwa penyakit itu adalah senjata biologis, dibuat di laboratorium, atau direncanakan oleh seseorang yang berkuasa untuk menghasilkan uang. Tahan keinginan untuk membagikan klaim tak berdasar ini.

3. Verifikasi gambar dan video

Epidemi yang sedang berlangsung sudah matang untuk visual yang keluar dari konteks atau menyesatkan. Bersikaplah skeptis terhadap gambar atau video yang mengklaim menunjukkan orang yang terkena penyakit atau tanggapan pemerintah terhadapnya. Jika ragu, gunakan alat seperti Google Reverse Image Search, RevEye, dan InVid untuk menemukan konteks asli gambar atau video yang Anda lihat di media sosial. (Jika Anda dapat mengunggah foto ke Facebook, Anda dapat menggunakan alat ini.

 

 ** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita

 

Periksa dan Waspada

4. Periksa ulang nomor kasus, jumlah korban tewas dan tingkat kematian

Ini adalah angka yang digunakan pejabat untuk mengukur tingkat keparahan epidemi - dan jumlahnya berubah dari hari ke hari. Lingkungan itu memudahkan untuk mengeluarkan informasi lama keluar dari konteksnya, atau lebih buruk lagi, memalsukan angka. Untuk jumlah terverifikasi dari mereka yang terkena penyakit, lihat laporan situasi WHO. (Berikut beberapa contoh untuk virus corona 2019.)

5. Waspadai upaya untuk mengecilkan atau memperbesar ancaman penyakit

Epidemi sering kali dipolitisasi, dan beberapa orang akan menggunakan spin untuk menangkis kesalahan atau membuat kambing hitam. Waspadai klaim yang berupaya menjepit wabah pada satu politisi, partai, atau sekelompok orang, seperti Presiden Donald Trump yang salah menyalahkan Barack Obama atas batasan pengujian virus korona. Epidemi dapat memiliki sejumlah penyebab, dan menyalahkan tidak pernah sesederhana yang diinginkan para partisan.

6. Jangan membagikan metode pencegahan atau pengobatan tanpa berkonsultasi dengan sumber resmi

Ketika epidemi menyebar ke seluruh dunia, begitu pula posting media sosial yang meresepkan taktik untuk mencegah dan mengobati infeksi. Beberapa tipuan seperti minum pemutih untuk menyembuhkan virus corona mungkin berbahaya, sementara yang lain mungkin tidak berbahaya, tetapi hasil akhirnya sama: informasi yang salah. Untuk mengetahui cara yang pasti untuk melindungi diri Anda sendiri, cari panduan dari CDC, WHO dan otoritas kesehatan masyarakat setempat.

 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com  untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Guratan Indah di Balik Hening Pembatik Disabilitas

Posted: 03 Dec 2020 04:00 AM PST

Pembatik disabilitas berbincang pendiri Rumah Batik Palbatu, Budi Darmawan di Jakarta, Kamis (3/12/2020). Penyandang disabilitas dipercaya membuat kain batik sebagai upaya memberi kesempatan berkiprah dan berkarya dalam melestarikan budaya meski dalam keterbatasan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembatik disabilitas berbincang pendiri Rumah Batik Palbatu, Budi Darmawan di Jakarta, Kamis (3/12/2020). Penyandang disabilitas dipercaya membuat kain batik sebagai upaya memberi kesempatan berkiprah dan berkarya dalam melestarikan budaya meski dalam keterbatasan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas berbincang pendiri Rumah Batik Palbatu, Budi Darmawan di Jakarta, Kamis (3/12/2020). Penyandang disabilitas dipercaya membuat kain batik sebagai upaya memberi kesempatan berkiprah dan berkarya dalam melestarikan budaya meski dalam keterbatasan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas berbincang dengan isyarat di sela kegiatannya membuat batik di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Keindahan kain batik hasil guratan para pembatik disabilitas ini sangat diminati dan laris hingga ke kalangan pejabat. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembatik disabilitas berbincang dengan isyarat di sela kegiatannya membuat batik di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Keindahan kain batik hasil guratan para pembatik disabilitas ini sangat diminati dan laris hingga ke kalangan pejabat. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas berbincang dengan isyarat di sela kegiatannya membuat batik di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Keindahan kain batik hasil guratan para pembatik disabilitas ini sangat diminati dan laris hingga ke kalangan pejabat. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas saat mengucapkan selamat Hari Disabilitas melalui rekaman video di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Harga jual kain batik ini mulai dari Rp250 ribu hingga jutaan rupiah tergantung jenis serta kerumitan pembuatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembatik disabilitas saat mengucapkan selamat Hari Disabilitas melalui rekaman video di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Harga jual kain batik ini mulai dari Rp250 ribu hingga jutaan rupiah tergantung jenis serta kerumitan pembuatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas saat mengucapkan selamat Hari Disabilitas melalui rekaman video di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Harga jual kain batik ini mulai dari Rp250 ribu hingga jutaan rupiah tergantung jenis serta kerumitan pembuatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas saat menyelesaikan pembuatan pola atau corak sebelum diterapkan ke kain batik di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembatik disabilitas saat menyelesaikan pembuatan pola atau corak sebelum diterapkan ke kain batik di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas saat menyelesaikan pembuatan pola atau corak sebelum diterapkan ke kain batik di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas menyelesaikan karyanya di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Rumah Batik Palbatu mempercayakan kepada penyandang disabilitas binaannya untuk membuat kain batik, baik bercorak tradisional, temporer maupun perpaduan keduanya. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembatik disabilitas menyelesaikan karyanya di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Rumah Batik Palbatu mempercayakan kepada penyandang disabilitas binaannya untuk membuat kain batik, baik bercorak tradisional, temporer maupun perpaduan keduanya. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas menyelesaikan karyanya di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Rumah Batik Palbatu mempercayakan kepada penyandang disabilitas binaannya untuk membuat kain batik, baik bercorak tradisional, temporer maupun perpaduan keduanya. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas menyelesaikan karyanya di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Penyandang disabilitas dipercaya membuat kain batik sebagai upaya memberi kesempatan berkiprah dan berkarya dalam melestarikan budaya meski dalam keterbatasan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pembatik disabilitas menyelesaikan karyanya di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Penyandang disabilitas dipercaya membuat kain batik sebagai upaya memberi kesempatan berkiprah dan berkarya dalam melestarikan budaya meski dalam keterbatasan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pembatik disabilitas menyelesaikan karyanya di Rumah Batik Palbatu, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Penyandang disabilitas dipercaya membuat kain batik sebagai upaya memberi kesempatan berkiprah dan berkarya dalam melestarikan budaya meski dalam keterbatasan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Akting Keren Dylan Carr di Sinetron Dia Bukan Manusia Episode Kamis 3 Desember 2020, Ini Link Live Streaming SCTV-nya

Posted: 03 Dec 2020 03:55 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Dia Bukan Manusia salah satu sinetron SCTV terbaru. Drama garapan Sinemart ini menampilkan skenario yang ditulis Imam Tantowi.

Bukan hanya ada nama besar penulis, Dia Bukan Manusia memajang akting pesinetron top, sebut saja Dylan Carr

Penayangan Dia Bukan Manusia juga bisa disaksikan via live streaming SCTV dengan klik tautan ini.

Adegan sinetron Dia Bukan Manusia tayang perdana Senin (23/11/2020) pukul 19.00 WIB di SCTV (Dok Sinemart)
Adegan sinetron Dia Bukan Manusia tayang perdana Senin (23/11/2020) pukul 19.00 WIB di SCTV (Dok Sinemart)
Adegan sinetron Dia Bukan Manusia tayang perdana Senin (23/11/2020) pukul 19.00 WIB di SCTV (Dok Sinemart)
Adegan sinetron Dia Bukan Manusia tayang perdana Senin (23/11/2020) pukul 19.00 WIB di SCTV (Dok Sinemart)
Adegan sinetron Dia Bukan Manusia tayang perdana Senin (23/11/2020) pukul 19.00 WIB di SCTV (Dok Sinemart)
Adegan sinetron Dia Bukan Manusia tayang perdana Senin (23/11/2020) pukul 19.00 WIB di SCTV (Dok Sinemart)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah: Saat Ini Butuh Sistem Peringatan Dini bagi Warga di Lereng Gunung Semeru

Posted: 03 Dec 2020 03:55 AM PST

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Doni Monardo meninjau lokasi dampak bencana erupsi Gunung Semeru yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur Kamis (3/12/2020).

Ada dua lokasi yang dikunjungi antara lain Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Dusun Kajar, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Selain itu, kawasan jalur aliran lahar erupsi Gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

"Kedatangan kami ingin update dari seluruh proses mulai terjadinya erupsi hingga mitigasi yang harus kita lakukan terkait upaya perlindungan masyarakat di area kondisi rawan becana (KRB), proses evakuasinya, dan detail mitigasi dan dampak erupsi Gunung Semeru dengan mengunjungi pos pantau ini," ujar Khofifah, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Ia menuturkan, semua harus termitigasi secara detil terutama yang terkait potensi kebencanaannya sehingga dapat diantisipasi secara menyeluruh baik titik kumpul dan pengungsian, jalur evakuasi, saluran lahar sehingga masyarakat terlindungi.

Khofifah mengatakan, saat ini yang dibutuhkan sistem peringatan dini atau early warning system yang benar dan cepat bagi masyarakat kawasan lereng Gunung Semeru.

Khofifah menuturkan, dibutuhkan lebih banyak pihak yang mampu menyebarluaskan tentang peringatan dini erupsi. Akan tetapi, sumber informasi harus satu pintu agar tidak terjadi dispute.

Ia juga meminta agar radio komunitas dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) turut berperan aktif dalam penyebaran informasi terkait erupsi Gunung Semeru.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Perlu Pengerukan Jalur Aliran Lahar

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi terdampak Gunung Semeru, Kamis, (3/12/2020). (Foto: Dok Istimewa)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi terdampak Gunung Semeru, Kamis, (3/12/2020). (Foto: Dok Istimewa)

Pada saat rombongan meninjau kawasan jalur aliran lahar erupsi Gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, tampak sedimentasi material luapan erupsi Gunung Semeru sudah sangat menebal. Bahkan timbunan material di jalur aliran lahar itu sudah mencapai lebih 15 meter dari kondisi sebelum erupsi.

Padahal saat ini, potensi erupsi masih belum berhenti dan guguran awan panas masih terus berlangsung. Khofifah menuturkan, butuh pengerukan di lokasi tersebut agar jalur tetap bisa menjadi jalur aman untuk aliran lahar sehingga tidak sampai meluber ke perkampungan rumah warga.

"Untuk jalur aliran lahar di dusun Curah Kobokan ini ketebalan sedimentasi sudah mencapai lebih 15 meter, jadi harus dikeruk. Agar jika ada material dari erupsi gunung, tidak ada yang meluber ke perkampungan warga," ujar dia.

Khofifah menuturkan,  Kepala BNPB langsung berkoordinasi dengan Menteri PUPR dan tim TNI akan siap mendukung proses pengerukan. "Tetapi harus sangat waspada mengingat sedimentasi material gunung Semeru. Pengerukan ini penting supaya kanal saluran lahar tetap bisa mengalir," kata Khofifah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siasati 2020 yang Penuh Tantangan, Indonesia Paradise Property Ambil Langkah Efisensi

Posted: 03 Dec 2020 03:55 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 memberi dampak yang sangat besar tak hanya di sektor kesehatan tetapi juga sektor ekonomi. Banyak pengusaha terdampak dengan penurunan aktivitas. Tak hanya usaha kecil saja, perusahaan kelas kakap juga ikut terdampak. Salah satunya adalah perusahaan properti PT Indonesia Paradise Property Tbk (INPP). 

Perusahaan properti yang memiliki proyek di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bali ini mengalami penurunan pendapatan hingga 50,55 persen. "Di tahun 2020, perseroan menghadapi tantangan yang berat, di mana dunia dilanda oleh pandemi Covid-19. Khususnya sektor pariwisata menurun." jelas Direktur dari Indonesia Paradise Property Taufik, Kamis (3/12/2020).

Dalam kondisi pandemi seperti ini, sektor pariwisata memang terlihat menurun sebagai akibat atas keterlambatan proses mobilitas antar negara. Hal itu sejalan dengan upaya memitigasi risiko perluasan Covid-19. Proyek milik Indonesia Paradise Property memang kebanyakan berhubungan dengan sektor pariwisata yaitu hotel dan pusat perbelanjaan. 

Dengan penurunan tingkat kunjungan pariwisata tersebut maka pendapatan perusahaan pun juga mengalami penurunan. Terhitung pada periode 9 bulan di 2020, pendapatan perusahaan sebesar Rp 336 miliar. Jumlah tersebut menunjukkan penurunan sekitar 50,55 persen jika dibandingkan periode 9 bulan di 2019.

Melihat kondisi pandemi yang belum berakhir hingga saat ini, membuat Indonesia Paradise Property akan terus mengambil langkah efisensi yang sesuai dan bijaksana dalam mempertahankan seluruh operasional bisnis. Selain itu, Perseroan pun mengambil langkah yang strategis lainnya guna mempersiapkan riset untuk 2021.

Di samping strategi tersebut, Indonesia Paradise Property pun akan terus mengelola sumber daya secara lebih efisien. Mengarahkan SDM untuk memiliki ide-ide, inovasi, serta kreativitas yang cerdas guna menghasillkan kinerja yang sangat baik dan berkesinambungan. Alhasil nantinya dapat meraih pertumbuhan secara berkelanjutan.

 

 

Inisiatif

Salah satu proyek PT Indonesia Paradise Property Tbk (INPP). (theparadise-group.com)
Salah satu proyek PT Indonesia Paradise Property Tbk (INPP). (theparadise-group.com)

Berkaca dari tahun 2019 lalu, Indonesia Paradise Property memang selalu memberikan inisiatif yang strategis untuk perluasan bisnis yang diharapkan dapat terus bertumbuh dalam menghadapi ekonomi makro yang penuh tantangan seperti sekarang ini. Hal itu tentunya diiringi dengan langkah yang penuh percaya diri serta keyakinan akan keberhasilan yang diraih.

Sepanjang 2019, Indonesia Paradise Property menyiapkan berbagai strategi yang mencakup upaya mencapai kesempurnaan dalam menjalankan usahanya, meningkatkan kinerja keuangan, serta memperkuat dan mempertajam kemampuan SDM.

Indonesia Paradise Property telah menekankan kebijakan strategis di 2019, seperti memperkuat pondasi bisnis dan bergerak secara agresif untuk pertumbuhan yang pesat, mengembangkan unit bisnis dengan lebih optimal, serta melepaskan saham di PT Plaza Indonesia Realty Tbk. (PLIN) dan berinvestasi unit DIRE Simas Plaza Indonesia (XSPI).

Penerbitan unit DIRE Simas Plaza Indonesia tersebut bertujuan untuk investasi jangka panjang pada portofolio aset real estate maupun aset-aset lainnya. Yang selanjutnya dapat memberikan distribusi pendapatan secara stabil dan berkesinambungan. Sebagian hasil dari transaksi tersebut digunakan perseroan untuk membayar utang.

"Dengan demikian, utang Perseroan pada akhir tahun 2019 menjadi salah satu yang terendah di top 6 listed property entities di Indonesia dengan nilai rasio utang terhadap ekuitas sebesar 0,26 kali dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 0,6 kali," ujar Taufik.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Dana untuk Papua Besar Sekali, tetapi Dikorupsi Elitenya di Sana

Posted: 03 Dec 2020 03:52 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan pemerintah pusat mengucurkan dana untuk pembangunan Papua. Namun uang yang besar itu jarang dinikmati rakyat lantaran dikorupsi elite lokal.

"Kita pertama sudah menyiapkan Keppres yang sedang dipelajari agar pembangunan di Papua betul dirasakan rakyatnya, karena dana untuk Papua besar sekali, tetapi dikorupsi elitenya di sana," sebut Mahfud di Jakarta pada Kamis (3/12/2020).

Hal ini akhirnya membuat rakyat Papua sering tak merasakan besarnya kucuran dana dari Pemerintah Pusat. Oleh karenanya, menurut Mahfud, pihaknya tengah menyiapkan Keputusan Presiden untuk hal tersebut.

Dalam kasus ini, pendekatan yang diutamakan dalam membangun Papua, kata menteri yang juga pakar hukum itu ialah pendekatan kesejahteraan.

"Kita atur bagaimana caranya. Nah, dalam pendekatan kesejahteraan, dalam waktu dekat pemerintah tengah menyiapkan revisi UU Nomor 21 Tahun 2001 yang mencakup dua hal. Satu pembesaran atau perpanjangan pemberian dana Otsus (otonomi khusus) dari dua persen menjadi 2,25 persen," paparnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Dimekarkan

Kemudian pemekaran, dikatakan Mahfud, Papua akan dimekarkan wilayahnya supaya lebih banyak pihak yang mengurus. Sehingga diharapkan akan lebih teratur.

"Yang mengurus lebih banyak, lebih teratur, nanti akan dilakukan pemekaran yang semuanya itu yang nantinya mulai digarap secepatnya sesuai prosedur. Tujuan semua kesejahteraan bagi orang asli Papua (OAP). Itu sikap pemerintah, kebijakan pemerintah," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

33 Siswa dan Guru MAN 22 Jakarta Positif Covid-19 Usai Study Tour ke Yogyakarta

Posted: 03 Dec 2020 03:48 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Camat Palmerah, Jakarta Barat, Firmanudin mengkonfirmasi adanya 33 kasus positif Covid-19 dari klaster MAN 22 Jakarta. Hasil itu didapat dari tracing Puskesmas Kecamatan Palmerah selama sepekan terakhir.

Firmanudin mengatakan pihaknya mendapatkan kabar adanya satu guru di MAN 22 Jakarta yang dinyatakan reaktif Covid-19 saat guru itu menjalani uji swab antigen Jumat (27/11/2020) lalu.

"Dari pemeriksaan tersebut, kembali diperiksa dua guru yang mengalami gejala Covid-19. Hasilnya Sabtu (28/11/2020) dua guru dinyatakan positif Covid-19," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Firman menyebut, dari hasil tiga guru tersebut, tracing terus dilakukan pihak Puskesmas Kecamatan Palmerah. Minggu (30/11/2020) jumlah kasus positif semakin bertambah menjadi empat orang.

"Kemudian diperiksa lagi 13 orang. Hasilnya 10 positif Covid-19 dan tiga lainnya negatif," jelas Firmanudin.

Selanjutnya, pemeriksaan swab bertambah menjadi 23 orang pada Selasa (1/12/2020) dan hasilmya pada Kamis (3/12/2020) 16 orang dinyatakan positif Covid-19 sementara dua orang lainnya menunggu hasil.

"Sehingga saat ini total yang sudah ditracing yakni 43 orang. Dimana 33 orang diantaranya positif Covid-19 dan tiga orang lainnya menunggu hasil. Sementara tujuh lainnya dinyatakan negatif Covid-19," katanya.

Sampai saat ini, kata Firmanudin, tracing masih dilakukan pihak Puskesmas Palmerah. Meski demikian, ia menyebut beberapa siswa dan guru yang terkena tracing bukanlah warga Palmerah.

"Mereka masih warga Jakarta tapi di luar Palmerah. Sehingga ini masih terus koordinasi untuk tracing lanjutan," jelasnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Tertular Usai dari Yogyakarta

Firmanudin membenarkan bahwa para guru dan siswa itu tertular di luar sekolah, yakni saat tengah study tour di Yogyakarta.

"Study tour dilakukan 20 sampai 23 November 2020. Adapun dari hasil tracing tempat yang dikunjungi ialah Malioboro, Puncak Becici, Air Terjun Sri Getuk, dan sebuah restoran yang masih dicari tahu namanya," terangnya.

Namun demikian Firmanudin mengaku tidak tahu persis konsep study tour yang dimaksud. Sebab, MAN 22 Jakarta berada di bawah Departemen Agama yang bernaung dalam Kementerian Agama.

"Memang saat ini kan lagi Pandemi jadi sekolah tidak diperbolehkan kumpul-kumpul dulu. Nah tapi kalau sekolah ini dipegang Depag jadi bisa ditanyakan ke mereka," kata Firmanudin.

Saat ini pihak Kecamatan Palmerah dibantu Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekolah.

"Selain sekolah, pihak Kecamatan juga lakukan sterilisasi di rumah-rumah penjaga sekolah dan guru yang berada di Palmerah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Tertinggi Penambahan Sembuh Covid-19 pada 3 Desember 2020

Posted: 03 Dec 2020 03:47 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan, 3.673 orang dinyatakan sembuh dari virus Corona pada Kamis (3/12/2020). Secara kumulatif, jumlah pasien sembuh secara nasional menjadi 462.553 orang.

DKI Jakarta menjadi daerah yang pada hari ini menyumbang laporan pasien sembuh tertinggi. Tercatat sebanyak 973 pasien sembuh dilaporkan dari Jakarta. Penambahan ini membuat total pasien sembuh di provinsi ini mencapai 127.042 orang.

Kemudian diikuti oleh Jawa Timur dengan laporan pasien sembuh sebanyak 344 orang. Membuat total pasien sembuh dari Covid-19 di daerah ini sebanyak 55.604 orang.

Selanjutnya ada Jawa Tengah, provinsi ini melaporkan angka sembuh sebanyak 325 pasien. Sehingga total pasien sembuh di sana sebanyak 40.977 orang.

Sementara dari luar Jawa, Kalimantan Timur melaporkan pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 182 orang. Sehingga totalnya menjadi 17.338 orang. Kemudian diikuti oleh Riau 161 pasien, Sumatera Barat 150 pasien, dan Bali 125 pasien.

Kasus Baru Covid-19 Tembus 8.000 dalam Sehari, Papua Tertinggi

Petugas medis menunjukkan sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Selasa, (5/5/2020). Pemkot Bekasi melakukan tes swab secara massal setelah tiga penumpang KRL dari Bogor terdeteksi virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas medis menunjukkan sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Selasa, (5/5/2020). Pemkot Bekasi melakukan tes swab secara massal setelah tiga penumpang KRL dari Bogor terdeteksi virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan terdapat 8.369 kasus baru virus Corona di Indonesia pada Kamis (3/12/2020). Dengan adanya penambahan kasus tersebut, total kasus Covid-19 di Tanah Air mencapai 577.887.

Penambahan kasus baru itu didapat dari pemeriksaan 62.397 spesimen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi ditemukan di Papua dengan jumlah 1.755.

Kemudian, Jawa Barat sebanyak 1.648 kasus baru Covid-19. Selanjutnya, penambahan tertinggi terjadi di DKI Jakarta dengan 1.153.

Penambahan tinggi selanjutnya ada di Jawa Tengah dengan 767 kasus baru Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemerintah Buka Suara Terkait Gerakan Papua Barat Pimpinan Benny Wenda

Posted: 03 Dec 2020 03:47 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah pusat, MPR, beserta Polri menegaskan akan menindak tegas United Liberation Movement for West Papua pimpinan Benny Wenda, dan menganggap pembentukan sementara pemerintahan Papua Barat sebagai tindakan makar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Wisata Kuliner Bandung Malam Hari, Wajib Banget Dikunjungi

Posted: 03 Dec 2020 03:45 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Menikmati suasana Bandung di malam hari, paling asik sambil nongkrong dan kulineran. Apalagi wisata kuliner Bandung malam hari ada banyak sekali. Wisatawan yang baru pertama kali datang, wajib hukumnya menjelajah dan berpetualang.

Kota Kembang ini dikenal sebagai kawasan yang dikelilingi banyak pegunungan. Suasana malam harinya asri, sejuk, dan bikin tenang. Membuat wisata kuliner Bandung malam hari, semakin menyenangkan untuk dikunjungi.

Aneka wisata kuliner Bandung malam hari, mudah sekali ditemui di setiap sudut kotanya. Berbagai pilihan menu makanan legenda, populer, kekinian, ringan, dan bikin kenyang ada semua. Harga rata-rata kuliner yang ada, juga dibandrol sangat terjangkau untuk anak-anak muda.

Berikut Liputan6.com ulas wisata kuliner Bandung malam hari dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020).

Wisata Kuliner Bandung Malam Hari

Ilustrasi bebek | Kheng Tang dari Pexels
Ilustrasi bebek | Kheng Tang dari Pexels

Bebek Ali Borromeus

Bebek Ali Borromeus, atau sering juga disebut Bebek Borme. Ali merujuk pada nama sang pemilik warung, sementara Borromeus adalah nama rumah sakit yang menjadi penanda lokasi warung kaki lima ini.

Bebek Borromeus buka dari jam 5 sore hingga malam hari. Baru buka saja biasanya tempat ini sudah diserbu pembeli, dan akan bertambah ramai jika sudah memasuki jam makan malam.

Roti Bakar Madtari

Roti Bakar Madtari berada di Jalan Rangga Gading No 12 Bandung. Menu yang ditawarkan seperti roti bakar, aneka olahan pisang, dan Indomie. Semua dilengkapi dengan keju yang melimpah.

Madtari juga menyediakan minuman hangat yang pas buat menghangatkan udara Bandung yang dingin di malam hari. Di sini juga menyediakan shisha bagi kamu yang menyukai. Tempat ini juga tak pernah sepi pengunjung apalagi para pengunjung muda.

Wisata Kuliner Bandung Malam Hari

Ilustrasi Sate | (Photo by Nita Anggraeni Goenawan on Unsplash)
Ilustrasi Sate | (Photo by Nita Anggraeni Goenawan on Unsplash)

Sate Hadori

Sate Hadori Bandung berada di Jalan Stasiun Timur Bandung tak jauh dari Perkedel Bondon. Lokasinya dekat dengan pintu Stasiun Lama Bandung. Kuliner dengan bahan utama daging paha belakang kambing betina muda ini disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih nan lezat. Ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Sate Hadori ini ternyata begitu melegenda dan kerap disambangi para petinggi negara termasuk presiden. Sate Hadori telah dirintis sejak tahun 1940. Di sini pengunjung juga bisa melihat pengolahan sate mulai dari pemotongan daging, pembumbuan, hingga pembakaran.

Ronde Alkateri

Wisata kuliner malam tak lengkap dengan minuman hangat. Wedang Ronde Alkateri ini bisa sambangi di Jalan Alkateri Bandung saat malam hari. Lokasinya berada di dekat alun-alun Kota Bandung, cocok bagi Anda yang bersantai menikmati indahnya kota Bandung.

Ronde Alkateri terdiri dari perpaduan hangat jahe dan manisnya gula jawa, ditambah bulatan ronde hangat yang kenyal dengan isian kacang tanah yang gurih dan renyah di mulut. Ronde ini bahkan menjadi ronde paling legendaris di Bandung dengan banyak penggemar. Ronde Alkateri cocok untuk menemani bersantai di antara diginnya kota Bandung.

Wisata Kuliner Bandung Malam Hari

Ilustrasi nasi kuning
Ilustrasi nasi kuning

Nasi Kuning Pungkur

Jika biasanya nasi kuning disantap pada pagi hari untuk sarapan, di Bandung nasi kuning hadir sebagai kuliner malam. Nasi kuning pungkur buka mulai pukul 21.30 hingga 3 dinihari. Satu porsi nasi kuning pungkur bisa dinikmati mulai dari harga Rp 10.000.

Nasi kuning pungkur berbeda dengan nasi kuning lainnya. Satu porsi nasi kuning ini selain berisi irisan telor dadar, kering tempe, sambal, ditambah pelengkap gorengan yang dicampur bumbu kacang, seperti risol, bala-bala (bakwan), gehu (tahu isi), batagor dan lainnya.

Perkedel Bondon

Perkedel ini hanya hadir pada malam hari ini diibaratkan seperti kupu-kupu malam yang hanya keluar saat matahari telah tenggelam. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel kentang masih digoreng menggunakan tungku tradisional yang memberinya cita rasa khas.

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung. Satu perkedel sekarang dihargai seribu rupiah. Perkedel Bondon sangat nikmat disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambal terasi yang menggugah selera.

Wisata Kuliner Bandung Malam Hari

Ilustrasi nasi uduk | Istimewa
Ilustrasi nasi uduk | Istimewa

Nasi Uduk Cinta

Nasi uduk cinta berada di Jalan Doktor Rajiman No 97, Bandung. Tempat ini sangat ramai dikunjungi karena ayam bakar madunya yang terkenal nikmat dipadukan dengan nasi uduk.

Selain itu, pesona dari sambal yang kian menambah cita rasa pada makanan ini. Tidak hanya ayam, pengunjung pun bisa memesan cumi bakar madu, kol goreng, tahu, tempe dan masih banyak lagi, lho.

Warung Ceu'mar

Makanan khas Sunda dan dengan konsep prasmanan, ya Warung Ceu'mar namanya. Warung Ceu'mar ini terletak di Jalan Banceuy, tepatnya sebelum belokan ke Braga. Warung makan ini buka mulai jam 6 sore sampai jam 4 dini hari.

Warung Ceu'mar menawarkan nasi rames dengan berbagai pilihan sayur dan lauk pauk. Menu favorit tempat ini adalah Gulai Sapi dengan potongan-potongan daging yang empuk dan kuah gulai yang gurih dan nikmat.

 

Wisata Kuliner Bandung Malam Hari

Ilustrasi kafe | (Sumber Pexels)
Ilustrasi kafe | (Sumber Pexels)

The Stone Cafe

Kuliner malam di Bandung tentu tak lengkap tanpa bertandang ke kafe yang menyajikan pemandangan city lights. Dan kamu bisa berkunjung ke The Stone Cafe yang ada di daerah Dago Atas. Tak hanya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata, makanan di sini juga tak kalah nikmatnya.

Nasi Kalong

Sesuai namanya, rumah makan ini buka dari jam 19.00 sampai jam 03.00 dini hari. Nasi kalong merupakan nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah dan dimasak dengan campuran kluwek.

Nasi kemudian ditambahkan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa. Nasinya yang gurih dan enak ini bahkan tetap nikmat meski disantap tanpa lauk.

Nasi Kalong ini bisa dinikmati dengan lauk seperti Ayam Bakar Madu hingga aneka sambal menggoyang lidah. Nasi Kalong ini bertempat di Jalan RE Martadinata (Riau) No 102 Bandung, Jawa Barat.

Wisata Kuliner Bandung Lainnya

Ilustrasi seblak | (sumber: Unsplash)
Ilustrasi seblak | (sumber: Unsplash)

Seblak Oces

Selain batagor, cuanki, atau cilok, kuliner Bandung yang khas lainnya adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Kamu bisa mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur.

Ada 2 jenis seblak di sini yaitu seblak basah dan seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 12.000 tergantung dengan pilihan topping.

Kalpa Tree Cafe

Ingin menikmati udara Bandung yang sejuk sambil bersantai sejenak menikmati kopi nikmat? Coba saja datang ke Kalpa Tree Cafe yang ada di Jalan Kiputih, Ciumbuleit.

Di sini pemandangan utama nan instagramable yang ditawarkan adalah kolam renang yang terletak di tengah restoran. Bila kamu berkunjung ke sini, jangan lewatkan pula untuk memesan menu andalan seperti Nasi Goreng Kalpa.

D'Moners Home

Kafe ini nampaknya khusus diciptakan bagi pecinta karakter Doraemon. Tak hanya dipenuhi dengan boneka atau pernak-pernak si kucing lucu ini, namun desain ruangannya juga dirancang khusus seperti kamar Nobita.

Makanan yang disajikan pun dibentuk lucu dengan hiasan Doraemon di sana-sini. Wah, tentu saja sayang sekali jika kamu tidak memotretnya. Itulah sebabnya D'Moners Home jadi salah satu kafe hits di Bandung beberapa waktu belakangan ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tantangan Terberat Bangun Lingkungan Inklusif adalah Pola Pikir Negatif

Posted: 03 Dec 2020 03:45 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Di Hari Disabilitas Internasional 2020 ini berbagai inovasi dan peraturan telah dicanangkan oleh berbagai pihak. Namun, tak dapat dimungkiri pembangunan lingkungan inklusif masih memiliki tantangan-tantangan tersendiri.

Menurut Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat, tantangan terbesar dalam pembangunan lingkungan inklusif bagi penyandang disabilitas di Indonesia adalah hal-hal yang menyangkut pola pikir masyarakat.

"Ini menyangkut pola pikir kita semua agar memerhatikan penyandang disabilitas itu bukan berdasarkan belas kasihan, dengan ini tidak akan pernah terwujud masyarakat yang inklusif," ujar Hari dalam webinar Liputan6.com bertajuk "Percaya Diri Prestasi Tanpa Batas" Kamis (3/12/2020).

Ia menambahkan, di dalam masyarakat harus muncul pemahaman baru berupa penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak dasar penyandang disabilitas.

"Jadi orientasinya harus pada orientasi yang berbasis hak asasi manusia dan ini implikasinya luas sehingga pemerintah sudah meratifikasi hak-hak penyandang disabilitas di beberapa Peraturan Pemerintah."

Harus Jadi Bagian Kehidupan Sehari-Hari

Harry juga menyampaikan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019 yang berjumlah 28,62 juta orang atau 10,65 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Sedang, menurut data registrasi sensus sosial Kementerian Sosial yang dilakukan 40 persen penduduk dengan ekonomi terbawah, ada 1,3 juta penyandang disabilitas yang terdata.

Jumlah yang tak sedikit itu seharusnya mendorong masyarakat umum untuk tidak menutup mata terkait keberadaan penyandang disabilitas.

"Dalam konteks kehidupan di masyarakat, saya ingin menyampaikan bahwa keberadaan disabilitas harus menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari."

"Mereka memang mempunyai keterbatasan, tetapi dengan keterbatasan yang ada sebetulnya mereka tetap bisa melakukan berbagai aktivitas bersama masyarakat non disabilitas."

Di balik keterbatasan itu, lanjutnya, masyarakat bisa melihat potensi-potensi yang luar biasa dari para penyandang disabilitas terutama atlet dan seniman disabilitas.

"Mereka bisa bersaing, tidak ada alasan untuk kita menolak keberadaan mereka. Penyandang disabilitas seharusnya ditempatkan sebagai aset bangsa, sama-sama untuk memajukan Indonesia," pungkasnya.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stafsus Angkie Yudistia: Peraturan Tentang Disabilitas Telah Disahkan, Kini Waktunya Bersinergi

Posted: 03 Dec 2020 03:44 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam menciptakan lingkungan inklusif bagi penyandang disabilitas Presiden Joko Widodo sejak 2019 hingga 2020 telah mengesahkan 6 Peraturan Pemerintah dan 2 Peraturan Presiden.

Sebelumnya, masih banyak anggapan bahwa Indonesia belum ramah disabilitas. Menurut Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia hal ini disebabkan banyaknya hambatan yang belum terselesaikan walau telah ada Undang-Undangnya.

"Kenapa belum terealisasi? Karena belum ada peraturan turunan, makanya disahkanlah Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden," ujar Agkie dalam webinar Liputan6.com bertajuk Percaya Diri Prestasi Tanpa Batas Kamis (3/12/2020).

Setelah peraturan-peraturan itu disahkan, maka kini waktunya sinergi bersama antar kementerian, lembaga, masyarakat, komunitas, organisasi, dan LSM dijalankan, kata Angkie.

"Karena pemerintah juga tidak bisa bekerja sendirian. Kita butuh sinergi, kita butuh kolaborasi, sehingga dapat membentuk program yang tepat sasaran."

Harapan Angkie

Di Hari Disabilitas Internasional ini Angkie berharap semua pihak dapat bekerja sama dalam membangun lingkungan inklusif di Indonesia.

"Pemerintah sudah mengesahkan peraturan dan selanjutnya program-program perlu kita kawal bersama dan diimplementasikan oleh seluruh pemangku kepentingan."

Beberapa pemangku kepentingan yang belum memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas menjadi tantangan tersendiri menurut Angkie.

"Jadi kita memang membutuhkan sosialisasi sehingga membuat semua pemangku kepentingan itu mengerti dan paham bagaimana memperlakukan disabilitas."

Jika para pemangku kepentingan menyadari pentingnya pemberdayaan disabilitas maka Indonesia sebagai negara yang ramah disabilitas dapat terwujud.

Para penyandang disabilitas juga perlu dilibatkan dalam berkegiatan agar mereka bisa setara dengan masyarakat non disabilitas.

Salah satu upaya pemerintah dalam membangun lingkungan inklusi adalah pembentukan Komisi Nasional Disabilitas (KND). Ini adalah lembaga independen yang bertanggung jawab langsung kepada presiden.

"Lembaga ini bertujuan mengadvokasi program-program disabilitas bersama pemangku kepentingan dan kementerian terkait. Ini juga menjadi wadah bagi penyandang disabilitas untuk mengawal peraturan dan implementasinya," pungkasnya.

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Luncurkan Aplikasi SIPRONI, Ini Manfaat dan Faedahnya

Posted: 03 Dec 2020 03:43 AM PST

Liputan6.com, Bekasi Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Produktivitas Terkini (SIPRONI) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (03/12/20). Aplikasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara cepat kebutuhan peningkatan produktivitas setiap sektor usaha.

"Dengan mengukur tingkat produktivitas suatu perusahaan menggunakan SIPRONI, maka akan diperoleh gambaran kondisi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita dalam mewujudkan cita-cita pembangunan, serta dapat melihat sejauh mana kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi," kata Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan dalam acara Grand Launching SIPRONI di Bekasi.

Aplikasi SIPRONI dapat diakses melalui laman web produktivitas.kemnaker.go.id. Dirjen Budi Hartawan berharap berharap melalui sistem SIPRONI ini, Kemnaker dapat menyiapkan SDM yang berdaya saing dan produktif sebagai bagian dari peningkatan daya saing nasional.

"Serta seiring dengan itu juga akan meningkatkan produktivitas nasional," katanya.

Dirjen Budi Hartawan menambahkan, SIPRONI merupakan salah satu langkah upaya mendukung Gerakan Produktivitas Nasional (GPN), yang akan dilengkapi dengan pembentukan Forum Produktivitas Kerja (Productivity Community) untuk meningkatkan peran serta aktif Pemerintah (Pusat dan Daerah), Pelaku Usaha (Perusahaan dan Industri), Serikat Pekerja dan Akademisi di Indonesia.

Indonesia melalui Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) telah menginisiasi Gerakan Nasional Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing (GNP2DS). Gerakan ini adalah upaya menggerakkan seluruh komponen bangsa yang dilakukan secara terencana, terstruktur, sistematis dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan produktivitas nasional, kesejahteraan dan daya saing bangsa Indonesia.

"Implementasi tersebut akan dilakukan dengan teknologi, menggunakan aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Layanan Produktivitas Terkini (SIPRONI) yang hari ini kita launching," kata Dirjen Budi menambahkan.

 

Dongkrak Daya Saing Indonesia

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan dalam acara Grand Launching SIPRONI di Bekasi, pada hari Kamis (3/12).
Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan dalam acara Grand Launching SIPRONI di Bekasi, pada hari Kamis (3/12).

Menurutnya, SIPRONI adalah terobosan yang diperlukan untuk mendongkrak produktivitas dan daya saing nasional. Berdasarkan data World Economic Forum (WEF) dalam The Global Competitiveness Report 2019, skor daya saing Indonesia pada tahun 2019 sebesar 64,6 dan menempati peringkat 50 dari 141 negara yang tercakup.

Selain SIPRONI, dalam kesempatan yang sama juga diluncurkan Buku Produktivitas dan Daya Saing Indonesia (Jilid I). Buku Produktivitas dan Daya Saing Indonesia ini dapat diunduh secara gratis melalui link: https://bit.ly/BukuProduktivitasDayaSaingIndonesia

"Agar peningkatan produktivitas menjadi masif maka diperlukan data-data sektor ketenagakerjaan untuk dijadikan dasar dalam peningkatan produktivitas agar fokus pada area yang akan ditingkatkan. Data tersebut disediakan dalam bentuk buku jilid I hasil pengukuran produktivitas dan daya saing Indonesia," ujarnya.

 

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan dalam acara Grand Launching SIPRONI di Bekasi, pada hari Kamis (3/12).
Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan dalam acara Grand Launching SIPRONI di Bekasi, pada hari Kamis (3/12).

Staf Khusus Menaker, Dita Indah Sari, menambahkan, ada banyak aspek yang mempengaruhi peningkatan produktivitas, baik itu produktivitas pada perusahaan maupun pekerja/buruh. Dari sisi perusahaan, beberapa variabel yang mempengaruhi produktivitas di antaranya adalah regulasi yang baik, penerapan teknologi yang tepat guna, infrastruktur dan sebagainya.

Sedangkan dari sisi pekerja/buruh, beberapa variabel yang mempengaruhi produktivitas adalah penerapan K3 di lingkungan kerja serta kompetensi pekerja/buruh itu sendiri. Untuk itu, ia meminta manajemen HRD di perusahaan untuk menjadikan produktivitas pekerja ini sebagai aspek penting dalam meningkatkan produktivitas perusahaan.

"Inilah pentingnya manajemen HRD bisa menjadikan produktivitas ini sebagai ukuran memberikan tambahan insentif kepada pekerja," kata Dita Indah Sari.

Peluncuran aplikasi SIPRONI dan Buku Produktivitas dan Daya Saing Indonesia ini juga diisi dengan dialog bersama Ketua Tim Pokja LPN dan Menaker periode 1999-2000, Bomer Pasaribu. Turut hadir dalam acara ini Direktur Bina Produktivitas Kemnaker, Fahrurozi; Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Ateng Hartono; dan Kepala Disnakertrans Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Bakal Merger, Ini Tanggapan Gojek dan Grab

Posted: 03 Dec 2020 03:40 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gojek dan Grab dilaporkan akan melakukan penggabungan usaha (merger). Terkait hal ini, kedua belah pihak enggan menanggapi isu yang tengah beredar.

Kami tidak dapat menanggapi rumor yang beredar di pasar. Yang dapat kami sampaikan adalah fundamental bisnis Gojek semakin kuat termasuk di masa pandemi. Beberapa layanan kami bahkan telah mencatatkan kontribusi margin positif," tutur Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, dalan keterangannya kepada tim Tekno Liputan6.com, Kamis (3/12/2020).

"Kami terus memprioritaskan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna, dan mitra kami di seluruh tempat kami beroperasi," sambungnya.

Pihak Grab pun menyampaikan respons serupa. "Kami tidak berkomentar mengenai spekulasi yang beredar di pasar," kata juru bicara Grab Indonesia.

Isu Merger

Mengutip laman Bloomberg, sumber mengatakan Grab maupun Gojek mulai melunak dengan perbedaan pendapat, meskipun beberapa bagian dari perjanjian masih perlu dinegosiasikan terkait merger tersebut.

Detail akhir dari kesepakatan sedang dikerjakan oleh para pemimpin paling senior di kedua perusahaan, dengan partisipasi Masayoshi Son dari SoftBank Group Corp. dan investor utama Grab.

 

Pembagian Tugas

Sumber tersebut mengungkapkan, di bawah satu struktur dengan dukungan substansial, salah satu pendiri Grab yaitu Anthony Tan akan menjadi CEO dari entitas gabungan, sementara eksekutif Gojek akan menjalankan bisnis gabungan baru di Indonesia dengan merek Gojek.

"Kedua perusahaan tersebut dapat dijalankan secara terpisah untuk jangka waktu yang lama. Kombinasi itu pada akhirnya bertujuan untuk menjadi perusahaan publik," kata salah satu sumber.

Kesepakatan ini membutuhkan persetujuan regulasi, dan pemerintah kemungkinan memiliki kekhawatiran antitrust tentang penyatuan dua perusahaan ride-hailing tersebut.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPP Kemendagri Matangkan Rencana Pembangunan Kawasan Strategis Nasional

Posted: 03 Dec 2020 03:39 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengendalian Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2020. Rakor digelar untuk meninjau kembali kegiatan yang telah dilaksanakan Kementerian dan Lembaga yang dikoordinasikan oleh BNPP pada 2020. 

Rakor sekaligus menjadi sarana penajaman progam prioritas pengelolaan perbatasan negara pada 2021 ini diikuti kurang lebih 500 peserta dengan penerapkan protokol kesehatan di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu 2 Desember 2020. Para peserta yang tidak datang di tempat akan mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Selain itu untuk memastikan peningkatan efektivitas sekaligus melaksanakan percepatan pengelolaan perbatasan negara secara terpadu, dalam rangka memperkokoh tegaknya kedaulatan NKRI dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. 

Pelaksana Tugas Sekretaris BNPP Kemendagri Suhajar Diantoro dalam sambutannya memaparkan sejumlah rencana strategis mengenai pembangunan perbatasan negara. BNPP terus mematangkan rencana pembangunan kawasan strategis nasional tersebut yang diharapkan akan segera disetujui oleh Presiden sehingga dapat dikerjakan pada 2021. 

"Kami sedang menyusun rencana induk tahap akhir perbatasan negara, targetnya selesai dalam satu minggu ke depan. Kita berharap akan ditandatangani dan akan menjadi pedoman mengelola pembangunan di perbatasan negara dari tahun 2020 sampai tahun 2024," ujar Suhajar. 

Dia juga menyampaikan perkembangan serta rencana manajemen pengelolaan lalu lintas orang dan barang di Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, diharapkan dapat menjadi sentra ekonomi baru dan mendatangkan kesejahteraan bagi warga sekitar dan masyarkat secara luas. 

"Sampai 2024 kita merancang ada 24 PLBN dan anggaran 2021 masih terkonsentrasi untuk Covid-19 serta pemulihan ekonomi. Seluruh kekuatan negara dialokasikan untuk penanganan Covid-19 karena keselamatan rakyat adalah kepentingan tertinggi," ungkap Suhajar. 

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Arif Rahman Hakim menyampaikan dukungannya dalam pembangunan wilayah perbatasan di penjuru Tanah Air. 

Hingga saat ini Kemenkop UKM telah melaksanakan pengembangan koperasi dan usaha kecil dan menengah di wilayah perbatasan dan terpencil di seluruh penjuru Indonesia. "Kami mendukung dan siap bersinergi untuk pembangunan wilayah perbatasan. Pada 2020 sampai 2024 ini pengembangan Koperasi dan UKM akan diteruskan di wilayah perbatasan," kata Arif.

 

Dukung Pengembangan Wilayah

Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf Dadang Rizki Ratman juga mendukung pengembanga wilayah perbatasan, khususnya pada sektor pariwisata. Menurut dia, pengembangan pariwisata di wilayah perbatasan harus lebih memerhatikan masyarakat sekitar yang bertindak sebagai pelaku usaha untuk mendukung kegiatan wisata. 

"Dalam pemasaran dan pengembangan destinasi wisata di daerah harus memerhatikan 3A di antaranya akses transportasi, kemudian atraksinya apa, wisata alam, budaya, buatan. Selanjutnya, amenitas (fasilitas pendukung) seperti sarana prasarana, bagaimana apakah ada listrik, air minum, dan lain-lain. Dari kesemua hal itu apa dulu yang harus disiapkan? Menurut saya, SDM lebih penting, kita punya tempat bagus , tapi kalau SDM tidak mengelola, sayang," ujar Dadang. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Gunawan turut mendukung pembangunan wilayah perbatasan, khususnya dalam hal pembangunan kawasan ekonomi. Kementan berharap dengan rencana pengembangan ini dapat menjadikan wilayah perbatasan di penjuru Tanah Air sebagai lumbung pangan dan ekonomi bagi bangsa Indonesia.

Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan Frida Adiati juga memberikan dukungannya melalui berbagai program kinerja Kemendag pada Tahun Anggaran 2020, di antaranya melalui pembangunan sarana perdagangan berupa pasar rakyat dan gudang non-SRG. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skema Inclusive Closed Loop Dipandang Mampu Sejahterakan Petani Sawit

Posted: 03 Dec 2020 03:39 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penduduk di dunia diperkirakan akan mencapai 9,8 miliar pada 2050. Peningkatan jumlah penduduk ini berpotensi mendongkrak kebutuhan akan minyak nabati hingga 200 juta ton setiap tahun. Minyak nabati yang salah satunya sati kelapa sawit ini untuk kebutuhan pangan, energi dan juga barang kebutuhan sehari-hari.

Chairman Sinar Mas Agribusiness & Food Franky Oesman Widjaja menjelaskan, minyak kelapa sawit dapat menjadi solusi jangka panjang karena produktivitasnya yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. "Dengan lahan yang lebih sedikit, mampu menghasilkan minyak nabati yang lebih banyak," Franky dalam keterangan tertulis, Kamis (3/12/2020).

Franky menambahkan pengembangannya melalui skema Inclusive Closed Loop yang tidak saja meningkatkan produksi secara berkelanjutan, namun juga meningkatkan kesejahteraan para petani, dan mengurangi pelepasan emisi. Skema ini telah dijalankan oleh perusahaan yang tergabung di dalam Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture (PISAgro) dan telah menjangkau hingga satu juta petani pada awal tahun 2000.

"Hasilnya, produktivitas mereka meningkat antara 40 sampai 76 persen, sementara pendapatan bertambah antara 50 hingga 200 persen, bergantung pada jenis komoditasnya," kata dia. 

Melalui kemitraan lintas pihak, petani benar-benar mendapatkan pendampingan penuh dari perusahaan. Franky optimistis komoditas minyak sawit dapat berkontribusi mengantarkan Indonesia menjadi ekonomi ke tujuh dunia terbesar dari segi GDP di tahun 2030, sebagaimana analisis sejumlah lembaga seperti Dana Moneter Internasional (IMF), McKinsey dan Price Waterhouse.

 

Peremajaan

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)
Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Lebih lanjut, Franky mengatakan, petani kecil yang mengelola hingga 41 persen dari total 16,38 juta hektar perkebunan kelapa sawit, adalah kelompok yang paling rentan dalam rantai nilai. Produktivitasnya rendah, rata-rata 2 hingga 3 ton per hektar per tahun, jauh tertinggal dibandingkan standar industri yang 5 hingga 6 ton per hektar per tahun.

"Pohon kelapa sawit di Indonesia saat ini banyak yang sudah tua, dan banyak pula yang tidak memakai benih bersertifikat sehingga perlu peremajaan," ujarnya.

Pemerintah Indonesia telah mempromosikan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk mengganti tanaman sawit yang sudah tidak produktif agar roduktivitasnya sesuai standar industri, dengan skema inclusive closed loop.

"Dengan model kemitraan ini, petani kecil mendapatkan bimbingan praktek budidaya pertanian yang baik dan ramah lingkungan, benih unggul bersertifikat, teknologi tepat guna, literasi keuangan, akses pendanaan berikut jaminan penyerapan hasil produksi oleh perusahaan pendamping (off-taker) yang berlangsung di bawah naungan koperasi," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Petani Jepang Kendalikan Hama di Kebun Apel: Pelihara Burung Hantu

Posted: 03 Dec 2020 03:35 AM PST

Liputan6.com, Tokyo - Tikus di ladang Jepang, merupakan hama yang memiliki dampak serius bagi keuntungan pemilik kebun apel jika dibiarkan. Selama berabad-abad, kebanyakan petani di Jepang mengandalkan burung hantu sebagai pengendali jumlah vole, hewan kecil seperti tikus yang hidup di sawah dan dekat sungai ke tingkat yang dapat diatur.

Peneliti menunjukkan penggunaan burung hantu sebagai predator malam ternyata sangat efisien.

Burung hantu Ural, membuat sarang mereka di kebun dengan populasi hewan pengerat yang tinggi untuk waktu yang lama. Tetapi, petani apel Jepang itu adalah orang pertama yang memberitahukan mengenai efek menguntungkan dari predator bersayap malam pada kebun mereka, dan secara aktifnya itu untuk mencoba menggunakannya sebagai sarana yang alami atas pengendalian hama.

Dilansir dari Odditycentral, Rabu (2/12/2020), selain mengizinkan burung hantu membuat sarangnya di cekungan pepohonan, mereka juga memasang rumah pohon buatan agar burung hantu tidak menetap di properti milik mereka. Merekapun menyadari burung hantu itu menurunkan populasi tikus secara signifikan, maka dari itu berarti pohon yang sehat memiliki keuntungan lebih besar.

Buah-buahan adalah bisnis yang besar di Jepang, maka dari itu petani tidak boleh kehilangan sebagian besar produksinya yang diakibatkan rusak karena di gerogoti. Dengan menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya itu tidak selalu menjadi pilihan, terutama pada pertanian organik, begitu banyak pemilik kebun yang mengendalikan burung Ural (dinamakan menurut Pegunungan Ural, di Rusia) untuk mengawasi vole.

Penggunaan Burung Hantu Bukan Hanya di Negara Jepang Saja

ilustrasi perempuan di kebun teh/Photo by kudung setiawan on Unsplash
ilustrasi perempuan di kebun teh/Photo by kudung setiawan on Unsplash

Meskipun penggunaan burung hantu telah menjadi sebuah tradisi di Jepang, selama bertahun-tahun efisiensi burung ini sebagai alat pengendalian hama yang telah dikonfirmasi oleh penelitian modern. Dalam sebuah studi pada tahun 2018, tim ilmuwan asal Jepang menghitung efek dari pengendalian hama burung hantu Ural yang berkembang biak di kebun apel, dan menemukan bahwa predator pada malam hari, dapat mengurangi populasi tikus di wilayah yang sebagai tempat perkembangbiakan mereka yang diperkirakan sebesar 63%, dibandingkan dengan kebun yang tidak memiliki aktivitas burung hantu Ural tersebut.

"Karena burung hantu Ural, berkembang biak dengan memberikan efek pengendalian hama yang signifikan di dalam wilayah perkembangbiakan mereka, pengenalan kembali pasangan burung hantu Ural yang berkembang biak di dalam kebun akan berkontribusi pada pengendalian hama hewan pengerat," studi menyimpulkan.

"Mempromosikan reproduksi raptor asli di area pertanian dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan pengelolaan hama yang terpadu sekaligus menjaga keanekaragaman hayati yang regional," lanjutnya.

Sekor burung hantu dapat memburu hingga 10 tikus dalam semalam, dan saat burung itu masuk dalam masa berkembang biasa, ia akan memiliki keefektifan yang meningkat. Penggunaan burung hantu tidak hanya di Jepang saja, faktanya kebun anggur dan buah-buahan di Amerika juga telah menggunakannya selama beberapa dekade.

Tetapi, burung hantu bukanlah satu-satunya yang bisa menggantikan pestisida. Di Thailand juga mereka menggunakan kawanan besar bebek yang lapar untuk membersihkan persawahan mereka dari serangan hama.

 

Reporter : Romanauli Debora

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piringan Hitam Berisi 70 Lagu Musisi Indonesia untuk Ingatkan Cuci Tangan dengan Benar

Posted: 03 Dec 2020 03:32 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan #20DetikCuciCorona telah mengajak musisi Indonesia mendonasikan lagu berdurasi 20 detik sejak awal pandemi corona COVID-19. Karya tersebut bermaksud menemani masyarakat cuci tangan tanpa berhitung guna mencegah transmisi virus SARS-CoV-2.

Berdasarkan keterangan resmi pada Liputan6.com, Kamis (3/12/2020), setelah dikumpulkan dalam playlist di beberapa platform digital, total 70 lagu ini pun dikonversi ke dalam piringan hitam atau vinyl. Bentuk karya itu telah diserahkan secara simbolis pada Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, tokoh budaya, seperti Rhoma Irama, dan beberapa museum di Indonesia.

Hal ini dilakukan agar niat baik dari anak bangsa untuk mengedukasi publik secara sederhana dan menyenangkan dapat diteruskan. Musik sendiri dinilai sebagai medium komunikasi secara lebih efektif. 

"Salah satu cara mengedukasi masyarakat Indonesia adalah dengan menyentuh rasa mereka. Salah satunya lewat musik," kata Dhani Hargo, salah satu inisiator gerakan #20DetikCuciCorona. Menurutnya, musik membuat pesan-pesan rumit jadi lebih sederhana, membumi, dan menyenangkan.

Hal ini pun dibenarkan perwakilan Irama Nusantara, Renovan Reza. Ia mengatakan bahwa musik pasti ada di mana-mana. Juga, merupakan media sosialisasi paling efektif pada masyarakat karena bisa menyentuh semua lapisan.

Selanjutnya, Hargo menjelaskan, koversi karya guna mendorong cuci tangan dengan benar dalam bentuk vinyl ini bermaksud mengenang kontribusi para musisi dan seluruh pihak secara lebih lama, di mana ia mengklaim akan terjaga lebih dari 100 tahun. Penyimpanan dan pengarsipan karya jadi penting, mengingat situasi pandemi bisa berulang dalam jangka waktu tertentu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Gerakan Kolaboratif

Ilustrasi piringan hitam atau vinyl. (Photo by Jace & Afsoon on Unsplash)
Ilustrasi piringan hitam atau vinyl. (Photo by Jace & Afsoon on Unsplash)

Seluruh rangkaian kampanye sosial yang dijalankan sejak April lalu ini memang dilakukan secara kolaboratif. Arya Gumilar, salah satu inisator gerakan #20DetikCuciCorona, menjelaskan bahwa gerakan ini murni berangkat dari semangat gotong-royong yang dimiliki masyarakat Indonesia.

"Gerakan ini turut dibantu musisi Tanah Air, komunitas-komunitas daerah, dapat megatron gratis dari pengusaha daerah, video yang direkam supir truk, logo gerakan yang dibuat pengusaha seprai, mbah Budi, sampai produksi vinyl disponsori SAC Indonesia dan BAYK. Bahkan, cetak cover-nya digratiskan Sribu printing," jelas Arya.

"Terima kasih telah diberi kepercayaan (untuk meneruskan semangat perjuangan Gerakan #20DetikCuciCorona). Semoga seluruh masyarakat yang memang sering mendengarkan musik dan lagu jadi lebih mudah untuk memahami dan mempraktikkan cara cuci tangan dengan baik sehingga dapat terhindar dari virus corona," tutup Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito.

9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari COVID-19

Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemandangan Warna-warni Danau Garam di Kota Yuncheng

Posted: 03 Dec 2020 03:30 AM PST

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)
Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)
Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)
Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)
Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

Foto dari udara yang diabadikan pada 3 Desember 2020 ini menunjukkan pemandangan danau garam di Kota Yuncheng, Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Yang Chenguang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Junior Roberts dan Hanggini saat Screening ‘Geez dan Ann’

Posted: 03 Dec 2020 03:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Tentunya sudah banyak yang menunggu agar film Geez And Ann tayang di bioskop. Film tersebut diadaptasi dari novel karya Nadhifa Allya Tsana (Rintik Sedu) yang sukses membuat para pembaca terbawa perasaan dengan kisah antara Geez dan Ann. Dalam film tersebut, Geez dan Ann diperankan oleh Junior Roberts dan Hanggini.

Nama Junior Roberts dan Hanggini tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dua artis Indonesia sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air dan membintangi ragam judul film layar lebar hingga FTV. Junior Roberts sudah aktif di industri hiburan Tanah Air sejak 2017, sementara Hanggini terjun sejak 2007 dan mengawali kariernya sebagai pembawa acara Koki Cilik.

Film Geez dan Ann merupakan film pertama yang mempertemukan Junior Roberts dan Hanggini. Kabarnya dua artis Indonesia ini juga terlibat cinta lokasi dan kerap habiskan waktu bersama. Kebersamaan dua bintang film Geez dan Ann ini sukses menyita perhatian dan membuat penonton baper.

Pada 2 November 2020 lalu, Junior Roberts dan Hanggini menghadiri acara screening film Geez dan Ann. Kabarnya film yang menceritakan tentang kisah cinta Geez dan Ann ini batal tayang di bioskop dan  akan tayang eksklusif di Netflix pada awal  2021 mendatang.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang momen Junior Roberts dan Hanggini saat hadiri screening film Geez dan Ann, Kamis (3/12/2020).

1. Ini adalah momen Junior Roberts dan Hanggini saat screening film Geez dan Ann bareng penulis novel Geez dan Ann, Nadhifa Allya Tsana.

Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/ntsana)
Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/ntsana)

2. Terlibat dalam satu judul film, tak sedikit warganet yang mendoakan keduanya agar berjodoh.

Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/ntsana)
Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/ntsana)

3. Walaupun screening film dilakukan di tengah pandemi, namun keseruan dan kekompakan antar pemain tetap terpancar.

Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/ntsana)
Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/ntsana)

4. Begini kekompakan dan keseruan para pemain Geez dan Ann setelah screening film telah berakhir.

Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/geezdanann_update)
Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/geezdanann_update)

5.Seluruh pemain Geez dan Ann mengabadikan momen screening film tersebut dalam story Instagram masing-masing.

Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/davinaakaramoy)
Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/davinaakaramoy)

6. Tentunya warganet dan penikmat film sudah tidak sabar untuk menunggu film Geez dan Ann ini segera tayang.

Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/juniorroberts)
Momen Junior Roberts dan Hanggini saat Screening 'Geez And Ann'. (Sumber: Instagram.com/juniorroberts)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Rincian Bantuan Untuk Tenaga Pendidikan Islam Non PNS

Posted: 03 Dec 2020 03:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menggelontorkan Rp 1,1 triliun lebih untuk membantu Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Islam Non PNS melalui Bantuan Subsidi Upah (BSU).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aburizal Bakrie Pulangkan Kado Ultah dari Nia Ramadhani

Posted: 03 Dec 2020 03:30 AM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aburizal Bakrie, merayakan ulang tahunnya ke-74 pada 15 November 2020 lalu. Keluarga besarnya, termasuk Nia Ramadhani, menggelar pesta di Bali.

Istri Ardi Bakrie, ini memberi kejutan untuk sang mertua. Ia meminta asistennya untuk mendesain sebuah selimut bergambarkan wajah anak-anaknya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini begitu senang mendapatkan hadiah spesial dari anak dan menantunya. Hal itu diceritakan Nia Ramadhani di kanal YouTube Nyonya Boss, yang tayang pada 30 November 2020 lalu.

Kado Spesial dari Istri

Aburizal Bakrie (Foto: YouTube)
Aburizal Bakrie (Foto: YouTube)

Tak hanya anak dan menantu yang memberikan Aburizal Bakrie kado istimewa. Sang istri, Tatty Murnitriati juga tak mau kalah.

Ia memberikan sebuah foto yang terbingkai dalam frame. Tak lupa dengan kata-kata indahnya.

Dibacakan

Aburizal Bakrie - Nia Ramadhani (Foto: YouTube)
Aburizal Bakrie - Nia Ramadhani (Foto: YouTube)

Saat mendapatkan kado tersebut, Aburizal Bakrie langsung membacakan pesan yang ada di balik frame.

"Selamat ulang tahun ke 47, eh 74. Semoga tambah muda ya, selalu menjadi muda bersama. You make our love stronger," setelah itu Aburizal langsung memeluk sang istri.

Sempat Dikembalikan

Nia Ramadhani pun mengenang beberapa tahun lalu, saat kado ulang tahun untuk sang mertua dikembalikan. Tentu saja, Nia sempat shock.

Ini Alasannya

Bukan karena kadonya murahan atau tak disukai pria yang aktif di Partai Golkar ini. Melainkan Nia tak menyematkan kartu ucapan dalam kadonya.

"Setiap tahun, kalau bapak terima kado dia enggak mau kalau enggak ada kartu. Waktu beberapa tahun lalu hah dibalikin lagi? Gue harus ada kartu ucapan dan tulisan," kenangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: