Jumat, 25 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tiongkok Investigasi Alibaba, Jack Ma Dilarang ke Luar Negeri

Posted: 25 Dec 2020 10:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - E-commerce raksasa Tiongkok Alibaba diinvestigasi terkait dugaan praktik monopoli. Pemerintah pun mengimbau Jack Ma, sang pendiri Alibaba, untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Seorang sumber dalam laporan yang dikutip dari Bloomberg, Sabtu (26/12/2020) bahkan menyebut, Jack Ma menghilang dari publik sejak Ant Financial gagal menawarkan saham perdananya ke publik (IPO).

"Jack Ma, salah satu pendiri Alibaba dan Ant yang flamboyan, menghilang dari pandangan publik sejak penawaran umum perdana (IPO) Ant bata,l bulan lalu. Ma juga disarankan pemerintah untuk tetap tinggal di Tiongkok" kata seorang sumber Bloomberg yang tidak disebut namanya.

Kendati tak muncul di publik, sumber tersebut mengatakan, Jack Ma tidak diambang kehancuran pribadi.

"Teguran yang sangat terbuka dianggap merupakan peringatan bahwa pemerintah kehilangan kesabaran atas kekuatan besar para penguasa teknologi, yang dianggap sebagai ancaman terhadap stabilitas politik dan keuangan Tiongkok," kata sumber tersebut.

Sekadar informasi, sebelumnya anak usaha Alibaba Group, Ant Financial, direncanakan akan IPO di dua bursa, yakni Hong Kong dan Shanghai.

Investigasi Karena Dugaan Monopoli

Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel
Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel "Disrupting Development" Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). Jack Ma mengatakan "pebisnis tak punya rasa takut, kompetitor yang seharusnya takut".Liputan6.com/Angga Yuniar

Sayangnya rencana tersebut batal dilakukan. Menurut seorang analis, hal ini karena pemerintah Tiongkok berupaya menahan perkembangan perusahaan yang sudah sangat besar dan kuat.

Namun ada yang menyebut, kegagalan IPO itu terjadi karena kritik Jack Ma pada pemerintah, ketika di konferensi teknologi keuangan.

Jack Ma saat itu mengatakan, sektor perbankan yang kepemilikannya didominasi pemerintah Tiongkok mirip dengan pegadaian. Sektor perbankan menurut Jack Ma juga kurang inovasi.

Pemerintah Tiongkok pun melakukan investigasi terhadap Alibaba terkait dugaan praktik monopoli.

Dalam hal ini, Alibaba dituding memaksa seller di layanan e-commerce-nya untuk memilih menjual barang mereka secara ekslusif di Alibaba dan tidak boleh jualan di platform pesaing, seperti JD.com dan Pinduoduo.

Kata Alibaba

Seorang wanita berlari di depan kantor pusat Alibaba di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, Rabu (5/2/2020). Pemerintah Hangzhou memberlakukan pembatasan pergerakan bagi warganya menyusul mewabahnya virus corona. (NOEL CELIS/AFP)
Seorang wanita berlari di depan kantor pusat Alibaba di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, Rabu (5/2/2020). Pemerintah Hangzhou memberlakukan pembatasan pergerakan bagi warganya menyusul mewabahnya virus corona. (NOEL CELIS/AFP)

"Hari ini, Alibaba Group telah menerima surat pemberitahuan dari otoritas Tiongkok soal penyelidikan yang dilakukan terhadap perusahaan terkait Undang-Undang Anti-Monopoli," ucap perwakilan Alibaba.

Dia juga mengatakan, "Perusahaan akan secara aktif bekerja sama dengan regulator dalam usaha penyelidikan tersebut berlangsung."

Sayang, hingga kini Jack Ma sendiri belum muncul ke publik untuk memberikan pernyataan soal dugaan aksi monopoli yang dilayangkan kepada perusahaan miliknya.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permudah Tes Covid-19, Kemenkes Distribusikan 10 Mobil Laboratorium

Posted: 25 Dec 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menempatkan sejumlah Laboratorium Bergerak BSL (Bio Safety Level)-2 ke 10 provinsi di Indonesia. Hal tersebut guna menyediakan fasilitas surveilance yakni tracing hingga treatment untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Ketua Tim Inovasi, Keri Lestari menyatakan mobil lab tersebut mengatasi keterbatasan fasilitas laboratorium BS-2 di sejumlah daerah.

"Dengan fasilitas ini, kapasitas test di daerah akan meningkat sekaligus menjadi fasilitas untuk pelacakan kontak erat (trace), setelah dilakukan pelacakan, mereka yang terpapar positif virus," kata Keri dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/12/2020).

Kata dia, bila terdapat warga yang tidak bergejala dapat melakukan isolasi mandiri dengan pendampingan oleh tenaga kesehatan secara online melalui aplikasi Indonesia Test Trace dan Isolation (InaTTI) yang terintegrasi dengan system lab di mobil lab surveilance ini.

Lanjut dia, mobil tersebut telah memenuhi standar BSL-2 yang ditetapkan oleh WHO dan Kementerian Kesehatan. Yakni mulai dari fasilitas Biosafety cabinet Level II A2 yang mencegah virus menginfeksi penguji, ruang laboratorium bertekanan negatif, hingga pemasangan HEPA Filter untuk mencegah virus yang mencemari lingkungan.

"Dan telah disertifikasi oleh World Bio Haz Tec dan memiliki surat Keterangan Rancang Bangun (SKRB) dari Kementerian Perhubungan untuk jaminan keamanan dan kelayakan rancangan kendaraan," ucapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Mendukung Program Vaksinasi

Keri menyatakan laboratorium itu juga tidak sebatas untuk pendeteksian Covid-19. Namun alat di dalamnya dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit infeksi lain seperti TBC.

"Jika saat vaksinasi masal diberlakukan, mobil ini multi fungsi sebagai mobil untuk membawa vaksin untuk mendukung program vaksinasi di seluruh pelosok negri," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Disuntik Vaksin Covid-19

Posted: 25 Dec 2020 10:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Putra mahkota kerajaan Arab Saudi Pangeran Muhammed Bin Salman menerima vaksin Covid-19 hari Jumat (25/12). Penyuntikan vaksin ini disiarkan stasiun televisi setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Thailand akan Buat Akhir Pekan Lebih Panjang pada 2021 demi Pariwisata

Posted: 25 Dec 2020 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai negara berupaya untuk terus berupaya agar kunjungan wisatawan domestik terus meningkat, salah satunya Thailand. Negara tersebut berencana untuk membuat akhir pekan lebih panjang pada 2021 dan memerkenalkan travel bubble setelah April 2021.

Menteri Pariwisata dan Olahraga, Phiphat Ratchakitprakarn, mengatakan setiap bulan di tahun mendatang bisa memiliki akhir pekan yang lebih panjang. Karena turis lokal terus menjadi fokus utama, setidaknya untuk kuartal pertama 2021, seperti dilansir dari laman The Thaiger, Sabtu (26/12/2020).

Selain itu, satu  juta kamar akan ditambahkan ke skema stimulus perjalanan domestik, yang pada satu titik terancam akan dibatalkan oleh pemerintah, di tengah laporan bahwa kebijakan itu telah disalahgunakan.

Selanjutnya, Kabinet akan bertemu pada 29 Desember 2020 untuk membahas kampanye stimulus baru bagi pelancong berusia 55 tahun ke atas. Skema 5 miliar baht ditujukan untuk membantu operator tur yang kesulitan.

Terlepas dari semua langkah stimulus yang ditujukan untuk pasar lokal, Phiphat mengakui wisatawan internasional masih penting untuk kelangsungan pariwisata Thailand. Namun, dia mengatakan rencana kedatangan mereka masih harus menunggu sampai Covid-19 dikendalikan pihak Kerajaan.

Karantina Wilayah

Ilustrasi Thailand (dok.unsplash/ Yap Chin Kuan)
Ilustrasi Thailand (dok.unsplash/ Yap Chin Kuan)

"Kementerian ingin sektor swasta memikirkan kemungkinan rencana untuk turis asing yang dapat dilaksanakan tahun depan setelah Thailand mengendalikan wabah baru-baru ini. Saya yakin kita masih memiliki kesempatan untuk melihat tahun yang indah ke depan," kata dia.

Dia menambahkan bahwa setelah kuartal pertama 2021, pemerintah dapat memulai kembali pembicaraan tentang pengaturan travel bubble dengan negara lain. Meskipun 56 negara dapat memasuki Thailand dengan basis "bebas visa", karantina wajib selama 14 hari.

Banyaknya permintaan dari berbagai hotel di Thailand, Phiphat mengatakan akan mengajukan proposal karantina wilayah ke satuan tugas Covid-19 pemerintah pada awal 2021. Selama ini karantina selama 14 hari dinilai sebagai penghalang terbesar upaya untuk menghidupkan kembali pariwisata di negara tersebut.

Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020

Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Dilema Libur Panjang Akhir Tahun 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmirandah Lahirkan Anak Pertama Secara Caesar, Ini 6 Momen Persalinannya

Posted: 25 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan oleh pasangan selebriti Asmirandah dan Jonas Rivanno. Tepat pada Hari Natal, 25 Desember 2020, aktris berusia 31 tahun ini melahirkan anak pertamanya yang berjenis kemalim perempuan. 

Pasangan yang menikah pada 2013 lalu itu memberikan mana buah hati kecilnya Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Keterangan itu diketahui langsung oleh Asmirandah dan Jonas lewat Instagram masing-masing. 

"Segala kemuliaan bagi Tuhan karena kasih karunia-Nya yang sempurna. Hari ini tanggal 25 Desember 2020, putri pertama kami lahir. Selamat datang,Chloe Emmanuelle Van Wattimena (yang berarti Dia yang bersinar karena Tuhan bersamanya). 3,34 kg 48 cm" tulis Asmirandah pada Jumat (25/12/2020) di Instagramnya.

Selain itu pasangan yang menanti 7 tahun untuk memiliki momongan tersebut juga mengunggah beberapa momen persalinan. Tampak perjuangan Asmirandah melahirkan anak pertamanya lewat proses caesar.

Berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 momen haru persalinan Asmirandah yang ditemani dengan sang suami lewat proses caesar dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (26/12/2020).

1. Asmirandah melahirkan anak pertamanya tepat di Hari Natal, 25 Desember 2020 di Rumah Sakit Ibu anak Bunda Menteng, Jakarta Pusat.

Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)
Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

2. Tangis dan suasana penuh haru pun mewarnai proses persalinan yang dilakukan secara caesar itu.

Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@jonas.rivanno)
Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@jonas.rivanno)

3. Asmirandah melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Chloe Emmanuelle Van Wattimena.

Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@jonas.rivanno)
Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@jonas.rivanno)

4. Meski sudah mendekap buah hatinya, aktris kelahiran 1989 itu masih menangis sebagai ungkapan bahagianya.

Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)
Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

5. Momen skin to skin Jonas Rivanno dengan bayi perempuannya yang sudah lama dinanti.

Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@jonas.rivanno)
Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@jonas.rivanno)

6. Raut bahagia pasangan ini terpancar jelas dalam bidikan kamera Bukaan Momen. Keduanya juga tak berhenti bersyukur dan mengucap terima kasih kepada netizen yang mendoakannya.

Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)
Perjuangan Asmirandah saat melahirkan anak pertamanya. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Covid-19, Suami Zaskia Gotik Jalani Isolasi Mandiri

Posted: 25 Dec 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sirajuddin Mahmud, suami Zaskia Gotik, terpapar virus Covid-19. Hal ini disampaikan ayah dua anak itu melalui akun Instagram terverifikasinya, Jumat (25/12/2020).

Mantan suami Imel Putri Cahyati ini menduga dirinya terpapar Covid-19 karena tertular dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Setelah melaksanakan tes PCR hari Rabu kemarin, saya dinyatakan positif terpapar virus Corona yang kemungkinan besar, saya tertular dari orang tanpa gejala," terangnya.

Isolasi Mandiri

[Foto: Instagram Sirajuddin Mahmud]
[Foto: Instagram Sirajuddin Mahmud]

Setelah dinyatakan positif, Sirajuddin Mahmud harus menjalani isolasi mandiri. Sebab, ia tak mendapat kamar perawatan di rumah sakit.

"Setelah kita kena, tidak ada rumah sakit menerima pasien Covid-19 karena full. Jadi harus isolasi di rumah dengan keterbatasan obat-obatan," tuturnya.

Batasi Bertemu dengan Orang Lain

Potret Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud resmi menikah. (Sumber: Instagram/zaskia_gotix)
Potret Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud resmi menikah. (Sumber: Instagram/zaskia_gotix)

Ia mengingatkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar dan membatasi pertemuan dengan orang lain. Sebab, virus Covid-19 sangat cepat menular.

"Jangan pernah ketemu orang yang kita tidak tahu kesehatannya. Apalagi satu kendaraan, apalagi satu rumah dengan orang asing yang tidak tahu kesehatannya sekali pun itu teman dekat kita, karena kita enggak tahu dari mana dia, habis ketemu siapa," Sirajuddin Mahmud mengimbau.

Patuhi Protokol Kesehatan

Ia juga tak bosan mengajak masyarakat menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada. "Ingat pakai masker dan sering-sering cuci tangan, jaga jarak, jauhi kerumunan dan jangan pernah ketemu orang-orang yang kita enggak tahu," tutupnya," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Sore: Penjual Martabak yang Tak Berhenti Berusaha Mengantarkannya jadi Chef Beken, Sabtu Siang Ini

Posted: 25 Dec 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Sore tayang setiap hari. FTV Indosiar ini hadir mulai puku 13.30 WIB.

Seperti biasa di layar Indosiar akan hadir drama memikat penuh hikmah di setiap episodenya.

Penayangan FTV ini bisa disaksikan via live streaming Indosiar dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA : Los Angeles Lakers Raih Kemenangan Perdana

Posted: 25 Dec 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers sukses meraih kemenangan atas Dallas Mavericks 138-115 di laga NBA spesial Natal 2020 di Staples Center, Sabtu (26/12/2020). Ini adalah kemenangan pertama LA Lakers musim ini.

Sebelumnya, LA Lakers dipermalukan rival sekotanya, Los Angeles Clippers, pada laga pembuka NBA 2020-2021, Selasa (22/12/2020).Sang juara bertahan pada laga tersebut kalah 109-106.

Duel Dallas Mavericks vs LA Lakers merupakan laga kedua musim reguler Wilayah Barat NBA 2020-2021. juga Mavericks kalah di laga pertamanya. Mavericks tak berdaya saat bersua Phoenix Suns.

Lawan Dallas Mavericks, Anthony Davis dan LeBron James menjadi kunci kemenangan LA Lakers. LeBron James mencetak double-double dengan rincian 22 poin, 10 assists, dan tujuh rebound. Sedangkan Anthony Davis sukses mencetak 28 poin, lima assist, dan delapan rebound.

Di sisi lain, pemain terbaik Mavericks adalah Luka Doncic yang mencetak 27 poin, tujuh assist, dan empat rebound.

Jimmy Butler Cedera

Pemain Heat Jimmy Butler melakukan dunk saat melawan Bucks di semifinal wilayah timur NBA (AP)
Pemain Heat Jimmy Butler melakukan dunk saat melawan Bucks di semifinal wilayah timur NBA (AP)

Sebelumnya, Miami Heat menaklukkan New Orleans Pelicans 111-98 dalam laga lanjutan NBA. Padahal, bintang mereka Jimmy Butler tidak bisa tampil penuh di American Airlines Arena, Florida, Amerika Serikat.

Butler hanya bermain 11 menit di dua kuarter awal sebelum dipaksa menepi di paruh kedua karena cedera pergelangan kaki, demikian catatan laman resmi NBA.

Tampil Meyakinkan

Pemain Los Angeles Lakers LeBron James melawan pertahanan Miami Heat saat mencoba memasukkan bola ke keranjang pada Gim 6 Final NBA di Lake Buena Vista, Florida, Senin (12/10/2020). (AP Photo / John) Raoux)
Pemain Los Angeles Lakers LeBron James melawan pertahanan Miami Heat saat mencoba memasukkan bola ke keranjang pada Gim 6 Final NBA di Lake Buena Vista, Florida, Senin (12/10/2020). (AP Photo / John) Raoux)

Pelicans sempat memulai laga dengan meyakinkan dan memimpin jauh 17-9 lewat lemparan dua angka Steven Adams di pertengahan kuarter pertama. Heat mampu bangkit mengejar ketertinggalan bahkan berbalik memimpin 29-26 kala menutup kuarter pertama lewat tripoin Robinson.

Heat melesat di kuarter kedua dan jump shot Avery Bradley mampu membawa mereka unggul dengan marjin 20 poin dalam kedudukan 52-32 pada sisa waktu enam menit 54 detik.

Kebangkitan

Kendati terpangkas Heat tetap unggul 66-53 ketika mereka memasuki kuarter ketiga tanpa sang bintang, Butler.

Perlahan tapi pasti Pelicans memangkas jarak ketertinggalan mereka dari Heat yang hanya menyisakan sembilan poin saja ketika Ingram menutup kuarter ketiga dengan melesakkan tripoin untuk membuat skor jadi 79-88.

Sayangnya, momentum kebangkitan Pelicans mampu diredam oleh Heat yang merengkuh 23 poin tambahan di kuarter pemungkas untuk memastikan kemenangan 111-98 atas tamunya.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanam Jagung, Petani Jember Raup Untung di Akhir Tahun

Posted: 25 Dec 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jember dikenal sebagai salah satu Kabupaten sentra jagung di Jawa Timur. Kabupaten ini mempunyai luasan panen jagung tertinggi pada bulan Desember yakni sekitar 12.000 hektar yang mayoritas lahan pertanaman tersebut berada di lahan sawah yang sebelumnya di tanamani padi.

Menteri Pertanian Syahtul Yasin Limpo saat penanaman jagung sekaligus meresmikan Food Estate di Desa Umbul Pabal Kecamatan Umbu Rato Nggai Barat, Sumba Tengah beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa di beberapa sentra penghasil jagung, produktivitas mencapai sekitar 8-9 ton per hektar.

"Rata-rata produktivitas jagung lokal saat ini memang masih sekitar 6,4 ton per hektar. Kita sama-sama berusaha agar peran penting komoditas jagung dapat meningkatkkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produksi dan pendapatan petani," kata Mentan SYL.

Pola tanam padi-padi-palawija masih diterapkan oleh petani di Jember sehingga diharapkan minimal akan diperoleh dua keuntungan, yaitu tanah sawah akan mengalami kering sempurna sehingga memberikan aerasi yang baik bagi tanah dan menyehatkan bagi padi untuk berikunya serta harga yang lebih baik karena panen di luar masa panen raya.

Ali, salah satu petani di Jember, saat diwawancara hari Kamis (24/12) mengungkapkan saat ini petani jagung di Jember merasakan nikmatnya menjadi petani jagung, karena begitu mudahnya menjual jagung dan memperoleh harga yang baik. "Rata-rata petani di Jember menjual jagung dalam bentuk tongkol kering, ini karena kami ingin mempercepat kegiatan panen dan pasca panen, untuk mempersiapkan kembali sawah bekas tanaman jagung untuk pertanaman padi," ujarnya

Diungkapkan Ali saat ini harga jual jagung tongkol kering per kg sudah mencapai Rp. 2.000 sampai Rp. 2.100. Dengan rata-rata biaya produksi per hektar Rp. 15 juta dan hasil produksi rata-rata 15 ton, maka petani memperoleh hasil dari kegiatan budidayanya sekitar Rp 15 juta per hektar.

Bila hasil produksi di akumulasi dalam satu kabupaten, maka selama bulan Desember 2020, Kabupaten Jember mensuplai sekitar 180.000 ton jagung tongkolan kering atau bila dikonversi menjadi jagung pipilan kering dengan kadar air 17 persen sekitar 90.000 ton.

Berkah Bagi Petani

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Kementan, Gatut Sumbogodjati  di Gunung Kidul, Jawa Tengah. Dok Kementan
Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan, Kementan, Gatut Sumbogodjati di Gunung Kidul, Jawa Tengah. Dok Kementan

Di tempat terpisah, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Kementan Gatut Sumbogodjati mengatakan meski di luar masa panen raya, panen jagung sedang berlangsung di beberapa wilayah, tentunya akan menjadi berkah tersendiri bagi petani, karena akan memperoleh harga yang lebih baik dibandingkan saat masa panen raya.

Gatut menegaskan sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam meningkatkan produksi jagung dan kesejahteraan petani. Kementan terus berkomitmen menyalurkan bantuan untuk budidaya dan penanganan pasca panen. Hal ini salah satunya guna memastikan produksi jagung cukup sesuai kebutuhan bulanan."Luas tanam kita tingkatkan, tapi produktivitas juga harus bagus. Dalam keadaan apapun pertanian kita harus tangguh. Produksi pangan hingga saat ini dan ke depan aman," ucapnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menyampaikan bahwa beberapa sentra produksi jagung saat ini sudah bisa mencapai target produktivitas 8 hingga 9 ton per hektar. Peningkatan produktivitas dapat menjamin tercukupinya kebutuhan jagung.

"Kementan jamin produksi jagung, biasanya musim tanam sama mengikuti musim padi. Pola tanam bisa monokultur, bisa tumpangsari, bisa tumpang sisip, pergiliran tanam atau pola lain. Jagung ditanam di lahan sawah, lahan kering, tadah hujan maupun integrasi dengan tanaman kelapa sawit dan lainnya, terpenting tersedia air bisa ditanam jagung," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Hari Relawan adalah Peringatan Hari Keikhlasan

Posted: 25 Dec 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, peringatan Hari Relawan merupakan peringatan hari keikhlasan yang merupakan sifat yang dibutuhkan terutama pada saat pandemi Covid-19.

"Hari Relawan itu adalah hari di mana kita memperingati bagaimana suatu pekerjaan atau masalah kita dapat selesaikan dengan bahu-membahu, saling membantu tanpa pamrih," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Peringatan Hari Relawan Nasional atau PMI, kata JK, bertepatan dengan hari bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam.

"Hari ini menandai bakti relawan kepada masyarakat dalam kondisi darurat," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang telah mengabdikan dirinya untuk kemanusiaan melalui PMI.

"Hari relawan adalah hari keikhlasan, karena tanpa keikhlasan tidak mungkin kita menjadi relawan. Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dalam setiap masalah yang kita hadapi," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kontribusi Donor Darah

Selain kepada relawan PMI, JK juga mengapresiasi kontribusi donor darah masyarakat di PMI.

Menurut dia mereka yang telah mendermakan darahnya di PMI juga merupakan relawan. Terlebih dalam kondisi darurat, derma darah sangat dibutuhkan untuk menolong sesama.

"Semua pendonor adalah relawan PMI. Puluhan juta pendonor telah bekerja di PMI baik sebagai relawan, donor darah, dan juga tugas-tugas lainnya," kata Jusuf Kalla.

 

Reporter: Genan Kasah/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentukan Tersangka, Polisi Segera Gelar Perkara Kecelakaan Maut Pasar Minggu

Posted: 25 Dec 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya segera melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka kasus kecelakaan maut yang menewaskan seorang pengendara sepeda motor.

Mobil yang dikemudikan oleh polisi Aiptu CH menabrak sejumlah pengendara sepeda motor di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta, pada Jumat 25 Desember 2020.

"Nanti akan tetapkan tersangka siapa berdasarkan dari gelar perkara. Jadi nanti kita akan lakukan gelar perkara dulu setelah olah TKP ini," kata Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar di lokasi kecelakaan, Sabtu (26/12/2020).

Fahri menerangkan, pihaknya kembali melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk ketiga kali pada pagi tadi. Kali ini, kepolisian melibatkan melibatkan Traffic Accident Analysis (TAA). Menurut dia, nantinya hasil olah TKP diselarakan dengan barang bukti yang telah dikumpulkan oleh pihak kepolisian.

"Semua rangkaian kejadian itu akan kita lakukan penyelidikan sehingga nanti siapa tersangkannya berdasarkan dari alat bukti yang kita kumpulkan termsuk barang bukti dari hasil olah TKP," ucap dia.

Adapun, barang bukti tersebut antara lain keterangan dari lima orang saksi dan rekaman CCTV.

"Sebanyak lima orang sudah kita lakukan pemeriksaan termasuk satu orang yang terlibat laka lantasnya. dan juga kita sudah meminta rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi," kata Fahri soal kecelakaan maut tersebut.

 

Kata Saksi

Sebelumnya, seorang ibu muda tewas setelah menjadi korban kecelakaan mobil yang dikendarai oleh anggota polisi. Peristiwa maut itu terjadi di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta, Jumat 25 Desember 2020.

Tak hanya ibu muda yang menjadi korban, pengendara motor lain juga terluka parah.

Saksi mata Syarif, menyebutkan, kecelakaan maut ini diduga kuat dipicu oleh pertengkaran antara seorang pengendara mobil yang dikendarai anggota polisi dengan pengendara mobil lain.

Mereka diduga saling kejar di jalanan hingga kecelakaan maut pun terjadi. Menurut pengakuan Syarif, yang juga salah satu korban insiden, kecelakaan diduga dipicu oleh cekcok mulut antara polisi yang mengendarai mobil minibus bernomor polisi B 2159 SIJ dengan seorang pengendara mobil lainnya di depan SMA 28 Pasar Minggu yang berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi kecelakaan maut.

Syarif mengaku, dirinya sudah melihat keributan itu sejak dari depan SMA 28 Pasar Minggu hingga kemudian keduanya saling ngebut dan kejar-kejaran dengan kecepatan tinggi. Menjelang tiba di lokasi kejadian, mobil anggota polisi tersebut kehilangan kendali menabrak pembatas jalan hingga mobil loncat dan berpindah ke jalur lawan arah. Dan langsung menabrak dua pengendara motor.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Pasar Minggu Iptu Supriyatno mengonfirmasi bahwa mobil tersebut dikendarai oleh anggota polisi.

"Informasinya seperti itu (ditabrak mobil polisi). Lebih jelasnya ke Laka. Di TKP pelaku sudah gak ada," kata Supriyatno saat dikonfirmasi, Jumat (25/12/2020).

Ada tiga sepeda motor yang menjadi korban kecelakaan. Salah satu pengendara langsung meninggal di lokasi kejadian.

Untuk korban luka-luka, dikatakan Supriyatno langsung dilarikan ke Rumah Sakit Prikasih Pondok Labu. Sementara pelaku diamankan ke Polsek Pasar Minggu.

"Yang luka langsung dibawa ke RS Prikasih Pondok Labu. Info anaknya kerja di sana," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perketat Akses, Turki Minta Wisatawan Tunjukkan Hasil Negatif Tes Corona COVID-19

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Turki memberlakukan langkah pencegahan penyebaran virus Corona penyebab COVID-19 dengan meminta pelancong internasional menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 untuk bisa masuk ke negaranya. Aturan tersebut mulai berlaku pada Senin (28/12/2020) hingga Maret 2021.

Melalui unggahan di Twitter pada Jumat kemarin, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan, para pelancong harus menunjukkan bukti negatif tes PCR yang dilakukan setidaknya dalam waktu 72 jam terakhir sebelum melakukan penerbangan intenasional ke Turki.

Aturan tersebut juga berlaku bagi kedatangan melalui darat maupun laut mulai Rabu (30/12/2020). Para pelancong harus menjalani karantina di lokasi kedatangan apabila mereka tidak memiliki hasil negatif tes PCR.

Sementara para pelancong yang berasal dari Inggris, Denmark, dan Afrika Selatan dalam 10 hari terakhir perlu menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 dan harus menjalani karantina setidaknya tujuh hari setelah tes kedua.

 

Sebelumnya Tak Berlakukan Aturan Hasil Tes PCR

Sebelumnya Turki tidak memberlakukan aturan tersebut bagi pelancong atau turis yang akan memasuki negaranya, melansir AP.

Turki tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat infeksi parah di dunia. Jumlah kasus positif harian di Turki mencapai 22 ribu per minggu. Berdasarkan data WHO per Sabtu, 26 Desember 2020, kasus akumulasi COVID-19 di Turki capai 1.286.374.

Pemerintah Turki juga tengah mengupayakan vaksin COVID-19 bagi penduduk negara tersebut. Rencananya sejumlah tiga juta dosis vaksin Corona yang dikembangkan Sinovac, China, akan tiba di Turki pada Senin depan. 

Infografis

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Globalisasi adalah Suatu Proses yang Mendunia, Ketahui Dampaknya

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Globalisasi adalah kata serapan dari Globalization. Secara bahasa, global memiliki arti mendunia, sedangkan –ization memiliki makna merujuk kepada suatu proses. Jadi globalisasi secara bahasa dapat juga diartikan sebagai suatu proses yang mendunia.

Globalisasi dipengaruhi oleh berbagai perkembangan yang terjadi di suatu negara maupun di dunia internasional. Hal ini dapat berpengaruh pada keseluruhan manusia yang berada di suatu wilayah, bahkan di seluruh dunia. 

Globalisasi adalah proses sesuatu yang mendunia bisa berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi. Globalisasi terjadi karena banyak faktor, bisa karena kemajuan teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/12/2020) tentang globalisasi adalah.

Globalisasi adalah

Globalisasi (Sumber: Pixabay)
Globalisasi (Sumber: Pixabay)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Secara harfiah arti globalisasi adalah proses sesuatu yang mendunia bisa berupa informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi.

Menurut Profesor Sosiologi Selo Soemardjan, globalisasi adalah proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antara masyarakat yang ada di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

Ciri-ciri globalisasi adalah perubahan kemajuan dan perkembangan teknologi, pasar dan produksi ekonomi negara yang saling bergantung, meningkatnya masalah bersama, dan adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya.

Faktor penyebab globalisasi dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disebabkan karena dorongan dari dalam negara sendiri, sedangkan faktor eksternal terjadi karena pengaruh dari negara lain atau perkembangan dunia luar.

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-ciri globalisasi adalah sebagai berikut:

Perubahan kemajuan dan perkembangan teknologi di segala aspek. Dahulu jika kita akan berkomunikasi dengan seseorang membutuhkan waktu yang lama dimulai dari mengirim surat kemudian beralih menjadi telegram dan berkembang menjadi sebuah handphone. Dengan adanya perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya.

Globalisasi juga bisa ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar, contohnya dengan kemajuan teknologi saat ini yang mampu membuat kita menjadi lebih efisien. Adanya ojek online juga bisa menjadi salah satu tandanya globalisasi yang ada di Indonesia.

Pasar dan produksi ekonomi negara yang saling bergantung. Kerjasama ekonomi antar negara di dunai juga merupakan ciri-ciri globalisasi. Kesepakatan perdagangan internasional ini mengakibtkan proses globalisasi terjadi terus menerus tanpa henti.

Pasar dan produksi ekonomi di tiap negara menjadi saling bergantung akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi World Trade Organization (WTO).

Meningkatnya masalah bersama. Meningkatnya masalah bersama adalah ciri-ciri globalisasi. Misalnya meningkatnya masalah bersama pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain. Dalam hal ini, masalah ini harus diselesaikan secara bersamaan tidak hanya satu negara saja yang mampu menyelesaikannya.

Contohnya seperti, masalah kerusakan lingkungan alam berupa pencemaran limbah industri pada laut,atau pemanasan global yang mempunyai dampak buruk bagi seluruh kehidupan makhluk di bumi

Adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya tanpa disadari. Ciri-ciri globalisasi selanjutnya ialah adanya aktifitas interaksi dan pertukaran budaya tanpa disadari. Pertukaran budaya menjadi contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari yang sangat mudah ditemukan. Kemajuan teknologi ini membuat interaksi antar masyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Sebagai contoh, kegemaran generasi muda terhadap budaya-budaya asing seperti K-Pop dan budaya hip hop dari barat. Contoh hal lainnya dengan pertukaran pelajar antar negara yang membuat saling mengerti budaya negara yang satu dengan yang lainnya.

Faktor Penyebab Globalisasi

Ilustrasi Teknologi. Kredit: Freepik
Ilustrasi Teknologi. Kredit: Freepik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, faktor penyebab globalisasi dibagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal disebabkan karena dorongan dari dalam negara sendiri, sedangkan faktor eksternal terjadi karena pengaruh dari negara lain atau perkembangan dunia luar.

Faktor Penyebab Globalisasi Eksternal:

- Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

- Perdagangan Bebas

- Kemudahaan Migrasi

- Kerjasama Atau Hubungan Antar Negara

- Peran Lembaga Internasional

- Perkembangan HAM

Faktor Penyebab Globalisasi Internal:

- Perkembangan Cara Berpikir dan Pendidikan Masyarakat

- Ketergantungan Terhadap Negara Lain

- Kebebasan Pers atau Media

Dampak Globalisasi

Setelah mengenali berbagai faktor penyebab globalisasi, kamu tentunya juga perlu mengetahui apa saja dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. Globalisasi dapat menimbulkan berbagai dampak, baik itu positif maupun negatif.

Bagi kehidupan masyarakat dampak globalisasi adalah sebagai berikut:

Dampak Positif Globalisasi

- Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan kehidupan.

- Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.

- Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat.

Dampak Negatif Globalisasi

- Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan lain sebagainya.

- Mudahnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.

- Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara

- Maraknya penyelundupan barang-barang illegal

Dampak globalisasi memang bisa dirasakan dari berbagai bidang. Globalisasi juga memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan lainnya, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan lain-lain.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris 26 Desember 2020 : Leicester City vs MU di Televisi

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris tidak libur selama Natal dan Tahun Baru. Sebaliknya, kompetisi di Negeri Ratu Elizabeth tersebut bakal menggelar sejumlah pertandingan seru.

Laga Leicester City kontra Manchester United adalah salah satunya. Laga pekan ke-15 Liga Inggris ini akan dimainkan di King Power Stadium, Sabtu (26/12/2020) malam WIB.

Leicester kini di posisi kedua klasemen dengan 27 poin. Pasukan Brendan Rodgers hanya unggul satu poin dari MU.

Kedua klub terakhir bertemu pada laga penutup Liga Inggris musim lalu. MU menang 2-0 di kandang

Laga Liga Inggris lainnya yang jangan sampai dilewatkan adalah duel Arsenal kontra Chelsea. Lihat jadwal selengkapnya di halaman berikutnya.

 

Jadwal Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu 26 Desember 2020

19.30 WIB, Leicester City vs Manchester United (Mola TV)

22.00 WIB, Aston Villa vs Crystal Palace (Mola TV)

22.00 WIB, Fulham vs Southampton (Mola TV)

Minggu 27 Desember 2020

00.30 WIB, Arsenal vs Chelsea (Mola TV)

03.00 WIB, Manchester City vs Newcastle United (Mola TV)

03.00 WIB, Sheffield United vs Everton (Mola TV)

 

 

Jadwal Selanjutnya

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Minggu, 27 Desember 2020

19.00 WIB, Leeds United vs Burnley (Mola TV)

21.15 WIB, West Ham United vs Brighton Albion (Mola TV)

23.30 WIB, Liverpool vs West Bromwich (Mola TV)

Senin 28 Desember 2020

02.15 WIB, Wolverhampton vs Tottenham Hotspur (Mola TV)

 

Klasemen Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
 

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Tak Sesuai Bidang, Menteri Baru Jokowi Ini Dinilai Pilihan yang Tepat

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dirombaknya jajaran menteri kabinet Indonesia Maju beberapa waktu lalu, dinilai menjadi game changer bagi pemulihan ekonomi pasca covid-19, utamanya di tahun 2021.

Ekonom Senior, Piter Abdullah mengatakan bahwa menteri mestinya bisa bertindak sebagai manajer. Pernyataannya ini menjawab tanda tanya yang mencuat di publik terkait beberapa nama menteri baru yang dinilai tak memiliki kesesuaian latar belakang.

Sebut Saja Budi Gunadi Sadikin (BGS) yang didapuk menjadi menteri kesehatan, menggantikan Terawan. BGS yang sempat jadi wakil menteri BUMN ini, merupakan seorang bankir handal. Menanggapi ini, Piter justru berharap BGS bisa saja menjadi pilihan yang tepat.

"Yang dibutuhkan memang seorang menteri. Bukan dokter," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (26/12/2020).

"Kita pernah memilih dokter yang sangat bagus untuk menjadi menteri. Dan ternyata gagal, karena beliau bukan seorang manajer. Sementara peran seorang menteri lebih seperti seorang manajer," sambung Piter.

Sejauh ini, Piter menyebutkan hanya penunjukkan M Lutfi yang dinilainya tepat, yakni sebagai menteri perdagangan. Diketahui, Lutfi juga pernah menjadi menteri perdagangan pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono - Boediono (2014).

"Hanya Lutfi yang dirasa cukup tepat. Sandi (Sandiaga Uno) masih lumayan. Perlu pembuktian. Saya kira ini akan jadi tantangan buat Sandi," kata dia.

Sandi sendiri merupakan sosok pengusaha sukses. Ia ditunjuk sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf), menggantikan Wishnutama.

Demikian pula bagi Tri Rismaharini yang mengisi kursi menteri sosial, menggantikan Juliari Batubara, juga memiliki tantangan serupa. Ketegasan dan integritasnya selama ini, disebut Piter bisa menjadikannya sosok yang tepat sebagai menteri.

Sementara untuk menteri KP, diisi oleh Sakti Wahyu Trenggono, menggantikan Edhy Prabowo. Piter tak memungkiri jika siapapun yang menjadi menteri KP akan selalu dibandingkan dengan SUsi Pudjiasturti.

"Bu Susi sudah menetapkan standard yang sangat tinggi untuk seorang menteri KP. Sekarang terpulang kepada Pak Wahyu. Saya sendiri agak pesimis," ujar dia.

Optimisme Pengusaha pada 6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Budi Gunadi Sadikin jadi Menteri Kesehatan Baru menggantikan Terawan Agus Putranto di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa, 22 Desember 2020. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev & Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Budi Gunadi Sadikin jadi Menteri Kesehatan Baru menggantikan Terawan Agus Putranto di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa, 22 Desember 2020. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev & Muchlis Jr)

Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta menyambut baik reshuffle yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Reshuffle ini dinilai menjadi kebutuhan yang mendesak disamping untuk mengisi dua kursi menteri yang kosong akibat terjerat kasus korupsi juga untuk penyegaran menghadapi tantangan ekonomi tahun 2021.

Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengaku optimis karena dari enam wajah baru yang masuk Kabinet Indonesia Maju, empat diantaranya memiliki latar belakang profesional. Sehingga diharapkan mampu menggairahkan pasar ekonomi sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Dia mencontohkan, penunjukan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, sangat tepat dan mumpuni karena memiliki pengalaman bisnis dan jaringan internasional. Ketika menjabat Menteri Perdagangan era SBY Lutfi terbukti mampu mengendalikan harga pokok pangan disaat lebaran.

"Diharapkan Mendag M Lutfi dapat meningkatkan pasar ekspor, meningkatkan pemakaian produk dalam negeri, bersama kementerian pertanian mengendalikan harga pokok pangan, mengurangi ketergantungan impor dan pelayanan izin ekspor dan impor yang lebih baik serta revitalisasi pasar rakyat," katanya di Jakarta, Selasa (22/12).

Kemudian penunjukan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan mampu menyusun strategi industri pariwisata ditengah pandemi dan paska pandemi ke depan. Sehingga arus wisatawan asing ke depan dapat mencapai target untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata.

"Juga mengangkat UMKM dari sisi industri kreatif, selama ini pak Sandiaga Uno melalui OK OCE sudah banyak melakukan program industri kreatif,ini menjadi peluang untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia," katanya.

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga berlatar belakang pengusaha,pernah menjadi Dirut Inalum,Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN,

Sementara itu, Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan strategi mengendalikan pandemi Covid-19. Termasuk program vaksinasi yang akan dimulai tahun depan.

Dia menyebut vaksinasi sangat strategis harus dipersiapkan secara cermat dan profesional dengan koordinasi lintas kementerian dan pemerintah daerah. Shingga mampu mematikan dan penularan Covid-19 dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy S21 Ultra Terkonfirmasi Bakal Hadir dengan S Pen

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S21 Ultra bakal hadir dengan dukungan S Pen. Pena digital S Pen merupakan fitur khas yang selama ini hanya ada di smartphone Galaxy seri Note.

Kepastian tentang Galaxy S21 Ultra bakal didukung S Pen ini pertama ditemukan Android Authority dalam laporan pengujian smartphone model SMG998B.

Temuan ini memberikan kejelasan mengenai pernyataan dari Presiden Samsung Mobile TM Roh yang mengatakan, Galaxy S21 bakal menghadirkan sejumlah fitur paling disukai dari Galaxy Note.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (26/12/2020), laporan pengujian FCC secara eksplisit menjelaskan bahwa perangkat yang tengah diuji (Galaxy S21 Ultra) dapat mendukung S Pen. Baik dalam mode hover ataupun click.

"Perangkat yang tengah diuji mendukung stylus (S Pen). Perangkat yang diuji bisa beroperasi dengan S Pen dalam dua mode kopling induktif berdasarkan deteksi gerakan S Pen, yaitu Hover dan Click. S Pen beroperasi dalam kisaran 0,53-0.6MHz," demikian bunyi dokumen pengujian dari FCC.

Dukungan Wireless Power Transfer

Samsung Galaxy S10 Plus bisa mengisi daya baterai Galaxy Buds. Liputan6.com/Andina Librianty
Samsung Galaxy S10 Plus bisa mengisi daya baterai Galaxy Buds. Liputan6.com/Andina Librianty

Laporan FCC tersebut juga mengkonfirmasi adanya kemampuan wireless power transfer pada Galaxy S21 Ultra. Fitur ini sudah ada di flagship smartphone Samsung seri sebelumnya, dan bakal bisa dipakai untuk mengisi daya earphone Galaxy Buds Pro. Galaxy S21 juga akan didukung fitur WiFi 6E.

Sebelumnya pada minggu lalu, TM Roh mengatakan, Samsung berencana untuk menghadirkan lebih banyak kemampuan melalui dukungan ultra-wideband (UWB) pada 2021, dengan bantuan dari mitra. Salah satunya menggunakan UWB untuk menemukan objek atau hewan peliharaan.

Hal lain yang juga mungkin bisa dilakukan dengan pemanfaatan UWB adalah membuka pintu otomatis atau mempersonalisasi mobil.

Galaxy S21 sendiri rencananya bakal diluncurkan lebih cepat dibandingkan seri Galaxy S20 lalu. Samsung dikabarkan akan merilis perangkat ini pada 14 Januari 2021.

 

Bocoran Spesifikasi Galaxy S21

Jelang tanggal penggumuman tersebut, sejumlah bocoran informasi tentang ketiga seri Galaxy S21 pun semakin ramai muncul di internet.

Salah satunya adalah soal spesifikasi varian paling premium seri penerus Galaxy S20, yaitu Galaxy S21 Ultra.

Dilansir Winfuture Senin (21/12/2020), Galaxy S21 Ultra hadir dengan paduan bodi kaca Corning Gorilla Glass Victus dan metal.

Galaxy S21 Ultra disebut-sebut akan hadir dengan layar Infinity-O-Edge Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci, dan beresolusi WQHD+.

Disebutkan pula Galaxy S21 Ultra ini akan hadir dengan fitur Adaptive Refresh Rate, dimana refresh rate layar ponsel akan berubah secara otomatis dari 1 hingga 120Hz.

Tak hanya itu, panel layar Galaxy S21 Ultra ini juga sudah mendukung stylus S-Pen seperti Galaxy Note.

(Tin/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Porak-poranda Usai Ledakan di Nashville

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Seorang anggota penegak hukum berjalan melewati kerusakan akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan tersebut juga melukai tiga orang yang langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. (AP Photo/Mark Humphrey)
Seorang anggota penegak hukum berjalan melewati kerusakan akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan tersebut juga melukai tiga orang yang langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. (AP Photo/Mark Humphrey)

Seorang anggota penegak hukum berjalan melewati kerusakan akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan tersebut juga melukai tiga orang yang langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. (AP Photo/Mark Humphrey)

Polisi menutup area yang rusak akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Saat meledak kota tersebut sebagian besar sepi karena masih dini hari dan merupakan libur Hari Raya Natal. (Terry Wyatt/Getty Images/AFP)
Polisi menutup area yang rusak akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Saat meledak kota tersebut sebagian besar sepi karena masih dini hari dan merupakan libur Hari Raya Natal. (Terry Wyatt/Getty Images/AFP)

Polisi menutup area yang rusak akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Saat meledak kota tersebut sebagian besar sepi karena masih dini hari dan merupakan libur Hari Raya Natal. (Terry Wyatt/Getty Images/AFP)

Kaca jendela yang pecah berserakan di dekat lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Menurut laporan dari pihak berwajib Nashville, ledakan ini diyakini sebagai tindakan yang disengaja. (AP Photo/Mark Humphrey)
Kaca jendela yang pecah berserakan di dekat lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Menurut laporan dari pihak berwajib Nashville, ledakan ini diyakini sebagai tindakan yang disengaja. (AP Photo/Mark Humphrey)

Kaca jendela yang pecah berserakan di dekat lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Menurut laporan dari pihak berwajib Nashville, ledakan ini diyakini sebagai tindakan yang disengaja. (AP Photo/Mark Humphrey)

Jendela-jendela pecah dan pipa air yang rusak menyemprot di sebuah gedung dekat lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Tim khusus telah diterjunkan untuk melakukan investigasi di lokasi ledakan. (AP Photo/Mark Humphrey)
Jendela-jendela pecah dan pipa air yang rusak menyemprot di sebuah gedung dekat lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Tim khusus telah diterjunkan untuk melakukan investigasi di lokasi ledakan. (AP Photo/Mark Humphrey)

Jendela-jendela pecah dan pipa air yang rusak menyemprot di sebuah gedung dekat lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Tim khusus telah diterjunkan untuk melakukan investigasi di lokasi ledakan. (AP Photo/Mark Humphrey)

Kondisi jendela sebuah bangunan yang pecah akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan keras yang mengguncang di hari Natal membuat bangunan-bangunan di sekitarnya mengalami kerusakan. (Andrew Nelles/The Tennessean via AP)
Kondisi jendela sebuah bangunan yang pecah akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan keras yang mengguncang di hari Natal membuat bangunan-bangunan di sekitarnya mengalami kerusakan. (Andrew Nelles/The Tennessean via AP)

Kondisi jendela sebuah bangunan yang pecah akibat ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan keras yang mengguncang di hari Natal membuat bangunan-bangunan di sekitarnya mengalami kerusakan. (Andrew Nelles/The Tennessean via AP)

Foto dari Twitter Departemen Pemadam Kebakaran Nashville terlihat kerusakan di jalan setelah ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan tersebut juga melukai tiga orang yang langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. (HO/ Nashville Fire Department / AFP)
Foto dari Twitter Departemen Pemadam Kebakaran Nashville terlihat kerusakan di jalan setelah ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan tersebut juga melukai tiga orang yang langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. (HO/ Nashville Fire Department / AFP)

Foto dari Twitter Departemen Pemadam Kebakaran Nashville terlihat kerusakan di jalan setelah ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Jumat (25/12/2020). Ledakan tersebut juga melukai tiga orang yang langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. (HO/ Nashville Fire Department / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmirandah Komitmen Beri ASI Eksklusif, Dokter Ingatkan Jonas Rivanno 3 Hal Ini

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asmirandah melahirkan bayi perempuan dengan bobot 3,34 kg dan panjang 48 cm di RSIA Bunda Jakarta. Asmirandah melahirkan lewat bedah cesar. Bayinya dinamai Chloe Emmanuelle Van Wattimena.

Hari yang sama, Jumat (25/12/2020), Jonas Rivanno menggelar konferensi pers virtual. Ia menyampaikan kabar bahagia soal keberhasilan program bayi tabung dan komitmen sang istri memberikan ASI eksklusif.

Terkait persiapan menjadi ayah siaga, Jonas Rivanno bilang, "Banyak teman saya bilang: siap-siap jadi ayah. Ujung-ujungnya buat aku pribadi tidak akan pernah siap untuk hal ini." Ia menambahkan, "(Tapi) saya akan selalu belajar dan enggak akan pernah puas."

 

Diharapkan Berikan ASI

Asmirandah. (Foto: Instagram @asmirandah89)
Asmirandah. (Foto: Instagram @asmirandah89)

Terkait persiapan jadi ayah siaga, dr. Merry Amelia P.S., SpOG dari klinik Morula IVF yang mengawal kehamilan Asmirandah mengingatkan Jonas Rivanno tiga hal. Pertama, dukungan suami terkait komitmen memberi ASI ekslusif bisa dilakukan dengan memotivasi atau menyemangati istri sejak hamil.

"Karena sebisa mungkin seorang ibu jika tidak ada masalah, diharapkan dapat memberikan asi eksklusif," terang Merry ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com via percakapan ponsel.

Pijat Laktasi

dr. Merry Amelia P.S., SpOG. (Foto: Morula IVF Jakarta)
dr. Merry Amelia P.S., SpOG. (Foto: Morula IVF Jakarta)

Kedua, mendapat ASI eksklusif pada enam bulan pertama adalah hak setiap bayi. "(Ketiga, pada fase menyusui), suami dapat membantu melakukan pijat laktasi (pihat oksitosin)," ia menyarankan.

Membahas rencana menambah momongan, Merry mendukung dengan catatan paling tidak jarak kehamilan dengan kelahiran anak pertama sekitar 18 bulan. Selain itu, memperhatikan kondisi sang ibu.

 

Fokus Menyusui dan Membesarkan

Asmirandah dan Jonas Rivano. (Foto: Wayan Diananto)
Asmirandah dan Jonas Rivano. (Foto: Wayan Diananto)

"Yang penting Asmirandah saat ini fokus menyusui serta membesarkan anak agar tumbuh kembang optimal. Setelah setahun, kita evaluasi kesiapan rahim dan mental untuk program hamil lagi," pungkasnya.

Asmirandah beroleh momongan lewat program bayi tabung di klinik IVF Morula Jakarta. Menjalani program bayi tabung di tengah pandemi Covid-19, ia merasa aman dan nyaman karena klinik menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Swab Test PCR untuk Istri

Asmirandah melahirkan (Instagram/asmirandah89)
Asmirandah melahirkan (Instagram/asmirandah89)

"Dilakukan screening ketat dan berlapis seperti pemeriksaan swab test PCR untuk istri sebelum memulai program IVF, penggunaan APD sesuai standar untuk tim dokter dan perawat saat melayani pasien," Jonas Rivanno menjelaskan.

"Ada pula penyemprotan desinfektan secara rutin terhadap semua fasilitas klinik Morula IVF Indonesia, disediakan masker dan hand sanitizer di setiap sudut ruangan dan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masker Songket Sumsel Jadi Peluang Rezeki di Masa Pandemi Covid-19

Posted: 25 Dec 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Wabah Covid-19 yang menyebar di seluruh Indonesia, tidak hanya mengancam kesehatan saja. Namun juga berdampak besar pada perekonomian di seluruh sektor, yang mengalami penurunan drastis.

Hal ini juga yang dialami Hazura (46), pemilik usaha Indah Songket dan Sovenir yang berlokasi di Jalan Sultan Mansyur Kelurahan 32 Ilir Palembang Sumsel.

Usahanya yang dirintis secara mandiri selama lima tahun terakhir, turut berdampak di saat pandemi Covid-19. Penjualan produknya seperti kain songket, jumputan hingga sovenir untuk pesta pun, sulit terjual.

"Sebelum pandemi Covid-19, lumayan (penjualan) karena banyak event. Kalau sekarang tidak ada event, karena produk yang banyak laku terjual saat mengikuti event pameran," ucapnya kepada Liputan6.com, Jumat (25/12/2020).

Namun Hazura tidak berputus asa. Dia melihat peluang besar di masa pandemi Covid-19, yaitu penggunaan masker yang sangat dibutuhkan. Terlebih masker wajib digunakan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) cegah Covid-19.

Peluang usaha inilah yang dikembangkannya Hazura, dengan memproduksi masker kain berbahan songket dan jumputan khas Sumsel.

"Karena produksinya banyak, saya menggandeng lima orang penjahit yang sudah mahir menjahit," katanya.

Para penjahit tersebut juga terbantu dengan banyaknya orderan masker kain. Karena mereka juga terkena dampak wabah Covid-19, sehingga tidak ada orderan jahitan di awal pandemi Covid-19.

Dalam tiga hari saja, para penjahit bisa memproduksi sekitar 1.000 lembar masker kain songket. Pemesan masker kain tersebut juga banyak dilakukan oleh para warga Sumsel dan di luar Sumsel, untuk kembali dijual di pasaran.

 

Membludak Orderan Masker

Hazura, pemilik usaha Indah Songket dan Sovenir di Palembang Sumsel memproduksi beragam jenis produk songket (Liputan6.com / Nefri Inge)
Hazura, pemilik usaha Indah Songket dan Sovenir di Palembang Sumsel memproduksi beragam jenis produk songket (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Membludaknya orderan masker kain dimulai dari bulan Maret 2020 hingga Oktober 2020. Kalau sekarang sudah normal, orderan memang tidak sebanyak di awal pandemi. Tapi masih produksi jika ada yang pesan," ucapnya.

Untuk satu lembar masker kain songket jenis printing dan jumputan dihargai sebesar Rp10.000. Dia juga memproduksi masker kain biasa seharga Rp7.000 per lembar dan Rp50.000 per lembar untuk jenis kain songket khusus.

Langkah lainnya untuk mendongrak penjualan produknya, Hazura pun mengikuti program Binaan UMKM dari PT Pupuk Sriwijaya (Pusri).

"Baru satu tahun masuk ke program binaan PT Pusri. Pendampingannya sangat bagus dan saya jadi punya pangsa pasar lagi seperti sebelum pandemi Covid-19," ucapnya.

UMKM Pendampingan Pusri

Peresmian Rumah BUMN Sumsel oleh PT Pusri di Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)
Peresmian Rumah BUMN Sumsel oleh PT Pusri di Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Beragam produk Indah Songket dan Sovenir ini juga, dipajang di Rumah BUMN Sumsel yang terletak di kawasan Sekojo Palembang Sumsel.

Direktur Umum (Dirut) PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh menuturkan, pendampingan UMKM Sumsel ini, akan dibarengi dengan promosi dan memperkuat jaringan pasarnya.

"Kita akan kolaborasi dengan semua stakeholder, bahkan dengan Kementrian Koperasi. Apa yang menjadi ciri khas Sumsel akan kita damping, seperti pempek, songket, jumputan dan lainnya," katanya usai meresmikan Rumah BUMN Sumsel.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prancis Laporkan Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona COVID-19 dari Inggris

Posted: 25 Dec 2020 09:59 PM PST

Liputan6.com, Paris - Prancis telah mengonfirmasi kasus pertama varian baru virus corona yang lebih menular yang baru-baru ini diidentifikasi di Inggris.

Kementerian kesehatan mengatakan orang itu adalah warga negara Prancis di kota pusat Tours yang telah tiba dari London pada 19 Desember 2020.

Kementerian mengatakan dia asimptomatik, dan saat ini mengisolasi diri di rumah.

Kemunculan varian baru virus corona di Inggris memicu pembatasan perjalanan di Eropa, termasuk salah satunya dari dan ke Inggris.

Prancis menutup perbatasannya tetapi mengakhiri larangannya pada Rabu 23 Desember 2020, mewajibkan orang-orang menyerahkan hasil tes negatif sebelum bepergian.

Tentang Kasus Pertama Strain Baru Virus Corona di Prancis

Orang-orang berjalan dengan mengenakan masker dan membawa tas belanjaan di Regent Street, setelah pelonggaran pembatasan virus corona COVID-19 menyusul berakhirnya kebijakan penguncian nasional atau lockdown kedua di Inggris, di London, Sabtu (5/12/2020). (AP Photo/Alberto Pezzali)
Orang-orang berjalan dengan mengenakan masker dan membawa tas belanjaan di Regent Street, setelah pelonggaran pembatasan virus corona COVID-19 menyusul berakhirnya kebijakan penguncian nasional atau lockdown kedua di Inggris, di London, Sabtu (5/12/2020). (AP Photo/Alberto Pezzali)

Kasus itu dikonfirmasi setelah sang pria diuji di rumah sakit pada 21 Desember, kata kementerian kesehatan Prancis.

Orang yang terinfeksi, warga negara Prancis yang tinggal di Inggris, merasa baik-baik saja, tambahnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Negara-negara lain juga telah melaporkan kasus varian baru: pada Jumat 25 Desember, Jepang mengkonfirmasi lima infeksi pada penumpang yang semuanya tiba dari Inggris, sementara kasus di Denmark, Australia dan Belanda dilaporkan sebelumnya.

Pekan lalu, Prancis mencabut penguncian nasionalnya, tetapi pemerintah mengatakan tingkat infeksi belum cukup turun untuk pelonggaran lebih lanjut.

Ini berarti teater dan bioskop tetap tutup seperti halnya bar dan restoran. Jam malam nasional juga berlaku mulai pukul 20.00 hingga 06.00. Jam malam dicabut untuk malam Natal --tetapi akan tetap untuk malam tahun baru.

Prancis telah melaporkan lebih dari 2,5 juta infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi sejak awal wabah, dengan lebih dari 62.000 kematian.

Tentang Strain Baru Virus Corona yang Bermula di Prancis

Orang-orang berjalan dengan mengenakan masker dan membawa tas belanjaan di Regent Street, setelah pelonggaran pembatasan virus corona COVID-19 menyusul berakhirnya kebijakan penguncian nasional atau lockdown kedua di Inggris, di London, Sabtu (5/12/2020). (AP Photo/Alberto Pezzali)
Orang-orang berjalan dengan mengenakan masker dan membawa tas belanjaan di Regent Street, setelah pelonggaran pembatasan virus corona COVID-19 menyusul berakhirnya kebijakan penguncian nasional atau lockdown kedua di Inggris, di London, Sabtu (5/12/2020). (AP Photo/Alberto Pezzali)

Varian baru yang pertama kali terdeteksi di Inggris pada bulan September disalahkan karena kenaikan tajam dalam tingkat tes positif dalam beberapa minggu terakhir di London, timur Inggris dan Tenggara.

Sekitar dua pertiga orang yang menguji positif di area ini dapat memiliki varian baru - tetapi ini hanya perkiraan, kata Kantor Statistik Nasional (ONS).

Namun, tidak ada bukti bahwa varian baru lebih berbahaya, dan vaksin terkemuka yang dikembangkan dalam beberapa bulan terakhir masih harus berfungsi, kata para ahli.

Lebih dari 40 negara melarang semua kedatangan Inggris awal bulan ini.

Penerbangan dari Inggris ditangguhkan ke wilayah di seluruh dunia termasuk Spanyol, India, dan Hong Kong.

Ratusan orang terdampar selama berjam-jam sebagai akibat dari trotoar perjalanan.

Arab Saudi, Oman dan Kuwait melangkah lebih jauh, menutup perbatasan mereka sepenuhnya selama seminggu.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kembali Olah TKP Kecelakaan Maut yang Tewaskan Ibu Muda di Pasar Minggu

Posted: 25 Dec 2020 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali mengecek lokasi kecelakaan maut yang menewaskan seorang pengendara sepeda motor.

Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mempimpin langsung olah tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Sabtu (26/12/2020).

Kepolisian menelaah ruas jalan di TKP kecelakaan yang sudah ditandai dengan cat semprot warna putih. Ada simbol panah, simbol lingkaran, dan gambar tubuh manusia.

"Sekarang lagi olah TKP yang ketiga kali dengan melibatkan Traffic Accident Analysis (TAA)," ujar Sambodo, Sabtu (26/12/2020).

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menambahkan, kepolisian masih mengumpulkan bukti-bukti untuk mencari tersangka dalam kasus ini. Selain olah TKP, Fahri menjelaskan, kepolisian telah memeriksa sejumlah saksi dan juga memutar kembali rekaman CCTV.

"Sebanyak lima orang sudah kita lakukan pemeriksaan termasuk satu orang yang terlibat laka lantasnya. dan juga kita sudah meminta rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi," kata Fahri di lokasi kecelakaan maut tersebut.

 

Penabrak Seorang Polisi

Sebelumnya, seorang ibu muda tewas setelah menjadi korban kecelakaan mobil yang dikendarai oleh anggota polisi. Peristiwa maut itu terjadi di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta, Jumat 25 Desember 2020.

Tak hanya ibu muda yang menjadi korban, pengendara motor lain juga terluka parah.

Saksi mata Syarif, menyebutkan, kecelakaan maut ini diduga kuat dipicu oleh pertengkaran antara seorang pengendara mobil yang dikendarai anggota polisi dengan pengendara mobil lain.

Mereka diduga saling kejar di jalanan hingga kecelakaan maut pun terjadi. Menurut pengakuan Syarif, yang juga salah satu korban insiden, kecelakaan diduga dipicu oleh cekcok mulut antara polisi yang mengendarai mobil minibus bernomor polisi B 2159 SIJ dengan seorang pengendara mobil lainnya di depan SMA 28 Pasar Minggu yang berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi kecelakaan maut.

Syarif mengaku, sudah melihat keributan itu sejak dari depan SMA 28 Pasar Minggu hingga kemudian keduanya saling ngebut dan kejar-kejaran dengan kecepatan tinggi. Menjelang tiba di lokasi kejadian, mobil anggota polisi tersebut kehilangan kendali menabrak pembatas jalan hingga mobil loncat dan berpindah ke jalur lawan arah. Dan langsung menabrak dua pengendara motor.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Pasar Minggu Iptu Supriyatno mengonfirmasi bahwa mobil tersebut dikendarai oleh anggota polisi.

"Informasinya seperti itu (ditabrak mobil polisi). Lebih jelasnya ke Laka. Di TKP pelaku sudah enggak ada," kata Supriyatno saat dikonfirmasi, Jumat (25/12/2020).

Ada tiga sepeda motor yang menjadi korban kecelakaan. Salah satu pengendara langsung meninggal di lokasi kejadian.

Untuk korban luka-luka, dikatakan Supriyatno langsung dilarikan ke Rumah Sakit Prikasih Pondok Labu. Sementara pelaku diamankan ke Polsek Pasar Minggu.

"Yang luka langsung dibawa ke RS Prikasih Pondok Labu. Info anaknya kerja di sana," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larang Batik Air Terbang ke Pontianak, Gubernur Kalbar: Mau Protes dan Marah Silakan

Posted: 25 Dec 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji melarang Batik Air terbang ke Pontianak. Hal ini menyusul ditemukannya lima penumpang Batik Air yang positif Covid-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sutarmidji mengaku tak mendapatkan respon memuaskan saat melakukan koordinasi dengan pihak Angkasa Pura dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Sehingga pihaknya memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Bati Air berupa larangan terbang dengan membawa penumpang selama 10 hari menuju Pontianak (Ptk). Berlaku sejak 28 Desember hingga 6 Januari 2021.

"Kita sudah koordinasi ke Angkasa Pura, dengan KKP Bandara, semua lepas tanggung jawab. Untuk itu kita putuskan maskapai yang bersangkutan tidak boleh bawa penumpang ke Pontianak selama 10 hari. Kalau dari Ptk silakan," kata Sutarmidji dilansir dari laman Facebook miliknya, Sabtu (26/12/2020).

Lebih lanjut, Sutarmidji tak keberatan jika kementerian perhubungan (kemenhub) memprotes keputusannya tersebut. Sutarmidji menjelaskan, langkah yang ia ambil ini sebagai salah satu komitmennya sebagai ketua satgas covid-19 di daerah setempat.

"Dirjend Perhubungan Udara mau protes dan marah silakan, berarti mereka koordinasinya tidak baik dengan Angkasa pura dan KKP," kata dia.

Sutarmidji meminta agar Kemenhub segera melakukan koordinasi untuk mengatasi permasalahan seperti ini. "Jangan sampai Kemenhub justru jadi biang penyebaran Covid-19," pungkas dia.

Batik Air Dilarang Terbang ke Pontianak, Penumpang Bisa Ajukan Refund Tiket

Batik Air Buka Rute Baru dari Samarinda
Batik Air Buka Rute Baru dari Samarinda

Maskapai Batik Air mendapatkan sanksi berupa larangan terbang ke Pontianak. Hal ini menyusul ditemukannya lima penumpang Batik Air yang dinyatakan positif covid-19.

Sanksi tersebut berdasarkan surat Nomor 553/665/Dishub-D yang dikeluarkan pada 25 Desember 2020. Sanksi ini berupa larangan terbang dengan membawa penumpang selama 10 hari, berlaku sejak 28 Desember hingga 6 Januari 2021.

Sehubungan dengan hal ini, Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, bagi penumpang yang ingin melakukan refund tetap akan dilayani.

"Jika ada calon penumpang yang refund, kami layani," ujar dia kepada Liputan6.com, Sabtu (26/12/2020).

Sebelumnya, Danang menjelaskan, penerbangan Batik Air dengan kode ID-6220 pada Senin 22 Desember 2020 dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Supadio telah dijalankan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Pemeriksaan tersebut meliputi penyerahan surat keterangan hasil uji kesehatan Covid-19 dari instansi kesehatan yang ditunjukkan penumpang kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kemudian KKP memeriksa dan mengesahkan dari surat keterangan tersebut.

Lalu pemeriksaan keamanan pertama oleh petugas aviation security pengelola bandar udara. Kemudian pemeriksaan keamanan kedua oleh petugas aviation security pengelola bandar udara.

"Dengan demikian, instansi-instansi tersebut telah melakukan pengecekan semua persyaratan termasuk dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara. Operator penerbangan atau maskapai bertugas mengangkut penumpang yang sudah memenuhi ketentuan dimaksud ke kota tujuan," jelas Danang.

Dengan demikian, apabila ada penumpang yang bermasalah atau yang melanggar dan tidak memenuhi ketentuan, Danang mengatakan bahwa itu bukan kesengajaan dari maskapai. 

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidoarjo Berlakukan Jam Malam Mulai 29 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021

Posted: 25 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mulai 29 Desember 2020-2 Januari 2021, Polres Sidoarjo akan memberlakukan jam malam untuk meminimalkan angka penyebaran kasus COVID-19 di kabupaten setempat.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji di Sidoarjo, menjelaskan bahwa jam malam mulai pukul 22.00 sampai pukul 04.00 WIB, Jumat, 25 Desember 2020.

Terkait dengan aktivitas warga yang akan keluar maupun masuk ke Sidoarjo, Kapolresta menegaskan tidak akan ada pembatasan dan tidak perlu membawa surat seperti saat penerapan PSBB lalu, dilansir dari Antara.

"Pengetatan ini hanya mencakup aktivitas berkerumun yang biasanya terjadi pada malam pergantian tahun baru," katanya dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, dalam pengamanan Natal dan tahun baru, pihaknya menyiapkan tujuh pos pengamanan, yakni ada di perempatan Alun-Alun Sidoarjo, Gereja Santo Paulus Gedangan, Simpang Tiga Geluran Taman, Pasar Krian, bekas Kantor Perhubungan Balongbendo, dan dua pos di rest area Tol Sidoarjo.  

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pos Pelayanan

Check point PSBB di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Check point PSBB di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain itu, juga dua pos pelayanan di area Terminal Bungurasih Waru dan di bundaran Taman Pinang Indah Sidoarjo. Khusus di Pos Pelayanan Taman Pinang, lanjut dia, telah dibangun kafe berlantai dua yang menyajikan minuman khas kopi.

Pos Pelayanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Polresta Sidoarjo tersebut ada di sebelah selatan bundaran Taman Pinang Indah.

"Pos ini dapat dimanfaatkan masyarakat umum untuk beristirahat sejenak. Silakan nikmati sajian aneka macam kopi, dan dapat duduk istirahat di lantai sambil menikmati pemandangan Kota Delta," kata Kombes Pol. Sumardji.

Satlantas Polresta Sidoarjo sengaja mendesain secara khusus Pos Pelayanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Taman Pinang Indah ini agar warga Sidoarjo tidak bepergian keluar kota mencari hiburan. Namun, mereka dapat menikmati suasana khas kafe yang dilengkapi rooftop sambil melihat suasana sekitar.

"Kami berharap agar fungsi pos pelayanan dan pos pengamanan sebagai tempat menjaga kamtibmas selama Natal dan tahun baru tetap berjalan," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Lawan Leicester, Maguire Ingin Beri Kado Natal untuk Fans

Posted: 25 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United mencetak 11 gol dalam tiga pertandingan terakhir di semua kompetisi. MU menghancurkan Leeds United 6-2 dalam lanjutan Liga Inggris pada akhir pekan lalu.

Setelah itu, MU menang 2-0 atas Everton di perempat final Piala Liga pada pertengahan pekan ini. Laga berikutnya, Setan Merah menghadapi Leicester City pada pekan ke-15 Liga Inggris, Sabtu (26/12/2020) malam WIB.

Saat ini, Leicester di posisi kedua klasemen dengan 27 poin, satu poin di atas MU. Kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur membuat laga melawan Setan Merah sangat dinanti.

Kapten Manchester United Harry Maguire berharap dia dan rekan-rekannya dapat melanjutkan catatan kemenangan ini. Nantinya, kemenangan itu akan menjadi kado Natal untuk fans MU di seluruh dunia.

 

Komentar Harry Maguire

2. Harry Maguire (87 juta euro) - Harry Maguire menjadi bek tengah termahal sepanjang sejarah transfer Manchester United. Pemain asal Inggris ini dibeli Manchester United dengan harga 87 juta euro dari Leicester City. (AFP/ Oli Scarff)
2. Harry Maguire (87 juta euro) - Harry Maguire menjadi bek tengah termahal sepanjang sejarah transfer Manchester United. Pemain asal Inggris ini dibeli Manchester United dengan harga 87 juta euro dari Leicester City. (AFP/ Oli Scarff)

"Mereka memulai dengan sangat baik seperti yang mereka lakukan musim lalu. Mereka adalah tim hebat dengan pemain hebat dan manajer hebat," kata Maguire di situs resmi MU.

"Saya sepenuhnya berharap mereka berada di sana menantang lagi untuk empat besar. Mereka mendapatkan hasil yang bagus melawan Spurs, saya berharap mereka pergi ke sana dan mendapatkan hasil. Secara taktis mereka sangat bagus dan ini akan menjadi tantangan yang berat, tetapi ini adalah tantangan yang kami nantikan dan kami tangani dengan percaya diri."

Pertemuan Musim Lalu

Bek Manchester United, Luke Shaw, menghadang pemain Leicester City, James Maddison, pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (3/2). Manchester United menang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)
Bek Manchester United, Luke Shaw, menghadang pemain Leicester City, James Maddison, pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (3/2). Manchester United menang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)

Pada pertemuan musim lalu, MU menang 2-0 di kandang Leicester. Hasil itu menempatkan MU finis di posisi ketiga dan lolos ke Liga Champions.

"Musim lalu itu adalah pertandingan besar, final," ucap Maguire. "Kami perlu mendapatkan hasil di sana dan kami berhasil melakukannya, dan kami perlu memperlakukan pertandingan ini di Boxing Day seperti yang kami lakukan pada pertandingan musim lalu."

"Begitulah seharusnya setiap pertandingan, kami tidak boleh kehilangan poin. Kami ingin pergi ke sana, menjadi positif dan memenangkan pertandingan. Tapi yang pasti kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit karena mereka adalah tim top," ucap mantan pemain Leicester itu menambahkan.

 

 

3 Poin Penting

Pemain baru MU, Harry Maguire tampil gemilang di laga lawan Chelsea, Minggu (11/8). (Oli SCARFF / AFP)
Pemain baru MU, Harry Maguire tampil gemilang di laga lawan Chelsea, Minggu (11/8). (Oli SCARFF / AFP)

"Sangat penting untuk terus menang dan menjaga penghitungan poin Anda sendiri. Anda bisa menjadi yang terdepan dalam hal melihat hasil orang lain dan Anda hanya perlu menjaga diri sendiri," ujar Maguire.

"Jika Anda terus memenangkan pertandingan dan menempatkan tiga poin di atas meja, maka Anda akan berada di sana atau di sekitarnya."

"Kami tidak terbawa suasana seperti yang saya katakan. Kami meraih kemenangan besar [melawan Leeds] tetapi ada banyak peningkatan. Kami perlu memastikan bahwa kami menantang di akhir musim. Itulah yang harus kita tuju," pungkas bek berusia 27 tahun itu.

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Modus Penipuan Lewat WhatsApp, Ada yang Mengaku Salah Input Nomor

Posted: 25 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penipuan melalui media sosial belakangan sering terjadi. Banyak orang sering mendapat pesan tidak jelas dengan iming-iming sebuah hadiah yang menggiurkan.

Dari banyaknya penipuan, banyak dari kasusnya yang meminta sebuah kode dari korban. Asalkan kode ini tidak dikirimkan, tentunya pengambilalihan data atau akun WhatsApp itu sendiri akan aman. 

Banyak modus yang dilakukan, mulai dari salah input nomor hingga mengaku seorang dokter. Semakin canggihnya teknologi, tentunya harus semakin waspada.

Berikut 6 chat modus penipun melalui WhatsApp yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Sabtu (26/12/2020).

1. Begini chat modus penipuan yang mengaku salah input nomor

Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/EdiMahaMG)
Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/EdiMahaMG)

2. Selain itu, ada pula yang mengaku sebagai seorang dokter

Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/raisa6690kg)
Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/raisa6690kg)

3. Netizen mengeluh di Twitter lalu ada oknum yang mengaku dari bank untuk membantu masalahnya ternyata penipu

Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/lelegunss)
Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/lelegunss)

4. Begini kejadiannya kalau sebelumnya tertipu untuk mengirim kode OTP, akun WhatsApp terbajak dan oknum akan mengirim pesan ke kontak untuk meminta uang

Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/my_hachii)
Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/my_hachii)

5. Modusnya kebanyakan menggunakan bahasa Thailand, padahal itu adalah pesan yang bisa membajak akun WhatsApp

Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/HDikdaya)
Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/HDikdaya)

6. Paling sering modus penipuan diawali dengan sebuah hadiah uang

Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/novitazenn)
Chat modus penipuan melalui WhatsApp (Sumber: Twitter/novitazenn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Matinya Panda Tertua di Dunia di Kebun Binatang China dalam Usia 38 Tahun

Posted: 25 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seekor panda tertua di dunia, Xinxing, meninggal dunia di Kebun Binatang Chongqing, China barat daya. Kabar kematian binatang yang merayakan ulang tahun ke-38 pada 16 Agustus 2020 itu mengundang perhatian publik.

Panda Xinxing telah meninggal karena kegagalan organ ganda pada usia 38 tahun empat bulan. Pihak kebun binatang mengumumkan pada Senin lalu, dilansir dari The Hindu, Sabtu (26/12/2020).

Xinxing mulai menunjukkan gejala kantuk dan kehilangan nafsu makan pada 21 Oktober 2020, menurut laporan Xinhua. Kondisi Xinxing memburuk dalam beberapa hari kemudian dan dia mengalami sesak napas, batuk dan perut kembung, kata pejabat Kebun Binatang Chongqing.

Para ahli dari beberapa institusi medis berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkannya. Namun, binatang itu akhirnya meninggal pada 8 Desember 2020.

Analisis anatomi dan patologis menunjukkan bahwa usia tua dan kegagalan multiorgan menyebabkan gangguan pencernaan dan hipoproteinemia pada tubuh mamalia. Ini menyebabkan infeksi di saluran pencernaan dan pernapasan yang menyebabkan kematian.

Profil Xinxing

Panda raksasa Xinxing menikmati kue ulang tahun spesialnya di Kebun Binatang Chongqing di Kota Chongqing, China pada 16 Agustus 2020.
Panda raksasa Xinxing menikmati kue ulang tahun spesialnya di Kebun Binatang Chongqing di Kota Chongqing, China pada 16 Agustus 2020.

Xinxing lahir pada 1982 di alam liar Kabupaten Baoxing di provinsi Sichuan, di mana pendeta Katolik Prancis, ahli zoologi dan ahli botani Armand David menemukan spesies tersebut pada tahun 1869. Usianya setara dengan lebih dari 110 tahun manusia.

Tidak lebih dari 30 panda raksasa di seluruh dunia yang hidup lebih dari 30 tahun, menurut Yin Yanqiang, direktur teknis kebun binatang. Panda tersebut pun memiliki berat badan yang sangat terjaga, yaitu antara 95-100 kilogram.

Untuk menjaga kesehatannya tetap prima, pihak Kebun Binatang Chongqing adalah secara khusus membuat resep agar Xinxing bisa makan lebih banyak dalam satu hari. Namun, dengan proporsi yang lebih sedikit setiap kali makan.

Dibawa ke Kebun Binatang Chongqing ketika dia berusia sekitar satu tahun, mamalia itu adalah ibu dari keluarga besar dengan lebih dari 150 panda pada akhir tahun lalu. Keturunannya tersebar di seluruh China dan di negara dan wilayah lain termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Jepang.

8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nirina Zubir Masih Positif Covid-19, Ernest Cokelat dan Anak-Anak Sudah Pulih

Posted: 25 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ernest Cokelat, suami Nirina Zubir berbagi kabar tentang kondisi terkini dirinya dan keluarga yang tepapar Covid-19. Ia membawa kabar yang membahagiakan.

Ernest Cokelat mengatakan bahwa dirinya dan anak-anak telah dinyatakan negatif dari paparan Covid-19. Itu diketahui seteah mereka kembali melakukan tes swab setelah 15 hari isolasi mandiri.

"Kabar baik nya adalah saya dan anak anak @hii_itszi dan @elzo.enerzi sudah negatif dari virus corona #terimakasihtuhan," ucap Ernest Cokelat di Instagramnya pada Jumat (26/12/2020).

Nirina Masih Positif

[Foto: Instagram Ernest Cokelat]
[Foto: Instagram Ernest Cokelat]

Kendati demikian, Nirina Zubir masih terinveksi virus. Untuk itu, bintang Get Married ini harus melanjutkan masa isolasinya sampai dinyatakan negatif.

"Tetap semangat ya maw @nirinazubir_ , teman teman semua doakan istriku yg masih positif #covid_19 ya," tuturnya.

Tampak foto di mana Nirina Zubir berinteraksi dengan keduanya anaknya dengan pembatas pintu kaca. Ia memperlihatkan senyuman kepada buah hatinya itu.

Masih Isolasi

Nirina Zubir (Instagram/nirinazubir_)
Nirina Zubir (Instagram/nirinazubir_)

Nirina Zubir masih menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya, di ruangan yang cukup aman karena terpisah dari keluarga.

"Menjalani isolasi mandiri disalah satu ruangan di rumah kami yg cukup terpisah dari rumah utama kami. Tentunya dengan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah Indonesia tentang isolasi mandiri dirumah," ungkapnya.

Harapan

Terakhir, Ernest Cokelat yakin bahwa sang istri akan segera pulih. "Untuk istriku sayang, aku yakin kamu akan lebih sehat lagi setelah bbrp hari ini, lop u much much much. Sayang kamu mamaw," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Film Layar Lebar Indonesia: Kulari ke Pantai, Tayang Sabtu 26 Desember 2020 Pukul 12.30 WIB

Posted: 25 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Layar Lebar Indonesia hadir kembali akhir pekan ini. SCTV menayangkannya mulai pukul 12.30 WIB.

Drama keluarga ini diproduseri Mira Lesmana dan disutradarai Riri Riza.

Anda bisa menyaksikannya Sabtu (26/12/2020) siang via live streaming SCTV dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Rizieq Shihab Tersangka Tunggal Kasus Kerumunan Megamendung

Posted: 25 Dec 2020 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi hanya menetapkan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Hal itu berdasarkan hasil gelar perkara di Polda Jawa Barat pada 17 Desember lalu.

"Iya (tersangka tunggal)," tutur Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Andi menyebut, penyidik mempertimbangkan penetapan tersangka Rizieq Shihab berdasarkan sejumlah alat bukti. Kesimpulannya, Rizieq Shihab bertanggung jawab atas terjadinya kerumunan di Megamendung yang berujung pada pelanggaran protokol kesehatan.

"Keterangan saksi, ahli, dan bukti petunjuk," jelas dia.

Sebagai tersangka, lanjut dia, penyidik pastinya akan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Rizieq Shihab atas dugaan tindak pidana tersebut. Namun belum ditentukan kapan hal itu dilaksanakan penyidik.

"Belum dijadwalkan," Andi menandaskan.

 

Penetapan Tersangka Rizieq Shihab

Sebelumnya, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kembali ditetapkan menjadi tersangka. Kali ini, dia menjadi tersangka terkait kasus kerumunan di Megamendung, Jawa Barat."Iya betul (Rizieq Shihab ditetapkan menjadi tersangka kasus kerumunan Megamendung)," kata Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, status tersangka untuk Rizieq Shihab ini sudah ditetapkan sejak penyidik memeriksa dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang menyebabkan kerumunan di Megamendung.

"Jadi dalam kasus kerumunan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di Megamendung yang bersangkutan sudah ditetapkan tersangka oleh penyidik Polda Jawa Barat," jelas Andi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ledakan Besar Saat Natal, Puluhan Bangunan di Nashville Rusak

Posted: 25 Dec 2020 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kota Nashville di Amerika Serikat dikejutkan ledakan besar Jumat (25/12) pagi saat warga setempat merayakan Natal. Sedikitnya 3 orang terluka akibat ledakan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Ide Makanan untuk Vegetarian Saat Rayakan Natal

Posted: 25 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda vegetarian?. Nah, Anda memiliki banyak sekali pilihan untuk makan malam yang menyenangkan di malam Natal.

Vegan memiliki banyak pilihan dalam memilih bahan-bahannya. Dari makanan pembuka hingga makanan penutup, ada hidangan vegetarian yang tak terhitung banyaknya untuk perayaan Natal.

Melansir dari magforwoman, berikut adalah beberapa ide makanan yang menarik untuk makan malam Natal pecinta vegetarian.

1. Makanan pembuka untuk memulai

Makanan pembuka adalah suatu keharusan untuk menikmati makan malam. Bayam dan selai mentimun mudah disiapkan dan merupakan hidangan pembuka yang sangat lezat.

Yang Anda butuhkan hanyalah adas segar, bumbu serbaguna pilihan Anda, sedikit daun bawang, garam, dan merica. Jamur yang diisi dengan tahu dan rempah-rempah adalah makanan pembuka lainnya yang tidak hanya menggugah selera tetapi juga bergizi.

Jamur putih diisi dengan tahu dan tumis bawang bombay, seledri, bawang putih, timi, serpihan ragi, dan peterseli.

Cobalah keju cottage panggang yang direndam dengan pasta mint dan ketumbar dengan saus barbekyu di atasnya dengan sedikit capsicum merah, hijau, dan kuning.

2. Minuman

Makan malam Natal harus memiliki sesuatu yang menyenangkan bersama keluarga. Santan mete adalah minuman yang bagus untuk semua kelompok umur. Masukkan sedikit kacang mete, air kelapa, ekstrak vanili, dan kurma ke dalam blender.

Minuman Anda sudah siap! Kurma dan kocok buah kering adalah minuman enak lainnya yang bisa  disajikan baik dingin atau hangat.

Dalam blender, campurkan kacang mete, kurma, almond, satu atau dua buah ara, dan susu. Tambahkan gula jika perlu. Ini minuman sehat dan enak untuk keluarga Anda.

3. Sup sebelum hidangan utama

Ilustrasi vegetarian. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi vegetarian. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Ada banyak variasi sup vegan yang bisa dibuat seseorang. Sup kacang polong dan ubi jalar memang memakan waktu, tetapi para vegetarian akan menyukainya. Ubi jalar dan potongan kering harus dimasak dengan api kecil selama satu jam dengan bawang merah dan bawang putih. Kemudian campuran tersebut akan diblender dengan menggunakan blender tangan dan ditambahkan garam dan merica.

Sup sejenis lainnya adalah Spiced squash bisque. Ini adalah sup yang sangat sehat dan enak jika menyukai makanan pedas. Sup ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, kapulaga, pala, jinten, dan cayenee yang dicampur dengan kaldu sayuran dan labu yang diblender.

4. Salad dan hidangan utama

Salad quinoa sangat cocok dengan persiapan kubis isi quinoa. Untuk salad, masak quinoa dalam panci presto dan tambahkan jeruk nipis dan mint ke dalamnya bersama dengan daun kemangi dan bayam segar. Hal terbaik tentang salad ini adalah bumbu apa pun cocok dengannya. Kubis isian adalah resep sepanjang masa untuk Natal tetapi alih-alih nasi, isilah kubis dengan quinoa yang dimasak, keju cottage, dan ubi panggang.

Kombinasi bagus lainnya adalah salad kentang panggang dengan banyak bawang bombay, seledri, dan capsicum dengan roti enchilada cabai hijau yang cantik. Anda bisa mengisi enchilada dengan keju krim kedelai karena cocok dengan lapisan atas cabai pedas.

5. Makanan penutup

vegetarian | pexels.com/@bulbfish
vegetarian | pexels.com/@bulbfish

Bombe Es krim adalah campuran antara kue, selai, kenari, dan pistachio yang indah, dan es krim. Semua ini akan didinginkan dan dimakan dengan dituangi cokelat.

Makanan penutup menarik lainnya adalah truffle cokelat yang kenyal. Yang Anda butuhkan hanyalah krim keju, kacang-kacangan, keripik cokelat, kelapa parut, dan kulit almond. Itu sangat mudah disiapkan dan disukai semua orang.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tesla Pernah Hampir Jatuh ke Tangan Apple

Posted: 25 Dec 2020 09:09 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Tesla disebut-sebut pernah berada di ujung tanduk. Hal itu disampaikan bos besar Tesla, Elon Musk.

Bahkan, Musk menyebut dirinya pernah menawarkan Tesla kepada Apple lantaran kondisinya yang begitu sulit.

Dilansir dari Autoevolution, Musk bahkan menawarkan Tesla dengan harga murah, hanya sepersepuluh dari nilainya saat ini.

Tapi Bos Apple, Tim Cook mengabaikannya. "Selama hari-hari tergelap program Model 3, saya menghubungi Tim Cook untuk membahas kemungkinan Apple membeli Tesla (untuk 1/10 dari nilai kami saat ini). Dia menolak mengikuti pertemuan," kata Musk.

Pada cuitan Twitter Elon Musk, dia pernah mengungkapkan bahwa antara pertengahan tahun 2017 dan pertengahan 2019, Tesla menghadapi perjuangan berat. Bahkan hampir mengajukan kebangkrutan dalam waktu 10 bulan.

Ketika menghadapi masalah itu, Musk mengakui mungkin bisa membuat pengajuan ke Cook dan Apple. Tapi rupanya itu tidak berjalan dengan rencana.

 

Mundur ke tahun 2013, sebelum penawaran itu, rupanya Apple sudah pernah ingin membeli Tesla. Negosiasi dilaporkan tidak berjalan lancar dan menemui jalan buntu.

 

Syarat Berat

Apple memberikan syarat yang terasa cukup berat. Apple ingin Elon Musk keluar dari perusahaan, sebagai prasayarat agar Tesla bisa dibeli Apple.

Kini Apple sedang menyiapkan mobil listrik sendiri. Bahkan, versi prototipe Apple Car itu disebut sudah menjalani pengujian.

Apple Car disebut akan meluncur setidaknya pada 2024 atau 2025. Tapi belakangan, Apple Car diyakini bisa meluncur pada akhir 2021.

Sumber: Otosia.com

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satpol PP Tutup Sementara 366 Restoran dan Kafe Selama PSBB Transisi Jilid Dua

Posted: 25 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah melakukan penindakan dengan menutup sementara sebanyak ratusan kafe dan restoran yang melanggar protokol kesehatan selama pelaksanaan PSBB masa transisi jilid dua, atau sejak 12 Oktober 2020.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin menyatakan penutupan sementara kafe ataupun restoran tersebut dilakukan selama 1x24 jam.

"Data sementara dari 12 Oktober sampai 25 Desember 2020 sebanyak 366 kafe ataupun restoran ditutup sementara dan 21 lainnya dikenakan denda administrasi," kata Arifin dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/12/2020).

Kata dia, hingga saat ini denda administrasi tersebut telah terkumpul sebesar Rp 133 juta. Kemudian, pihaknya juga melakukan penutupan sementara kepada 115 perkantoran, tempat usaha, hingga industri.

Lalu, 21 perkantoran, tempat usaha, hingga industri pun dikenakan denda administrasi sebesar Rp 98 juta.

"Sedangkan untuk penindakan warga yang tidak menggunakan masker sebanyak 93.752 orang. Ada 3.471 di antaranya dikenakan denda administrasi dengan total Rp 542 juta," ucapnya.

Sementara itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jakarta Selatan menutup tiga tempat usaha makan dan minum di Kecamatan Tebet, karena melanggar Seruan Gubernur (Sergub) No 17 Tahun 2020.

"Tiga tempat usaha ini melanggar aturan jam buka usaha, sesuai Sergub dibatasi hingga pukul 19.00 WIB," kata Wakil Camat Tebet, Iwan K Santoso di Jakarta, Jumat (25/12).

Dia menyebutkan, ketiga tempat usaha, yakni kedai kopi, kafe lingkup, dan tempat makan emperan di sekitar Balai Sudirman. Ketiganya diberi sanksi penutupan selama 1x24 jam. Ketiga tempat usaha tersebut kedapatan petugas yang tengah berpatroli, melanggar Sergub No 17 Tahun 2020 pada Kamis (24/12/2020) sesuai masa berlakunya seruan tersebut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Pembatasan Jam Operasional

Sergub 17/2020 berisi tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam pencegahan Covid-19 pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Sergub tersebut tidak hanya mengatur pengetatan 3M di rumah, tapi juga membatasi jam operasional kantor, pusat perbelanjaan hingga tempat makan.

Dalam Sergub tersebut, pada 24-27 Desember 2020 serta 31 Desember 2020 sampai dengan 3 Januari 2021, kegiatan usaha seperti restoran, pusat perbelanjaan, dan kafe diharapkan dapat berhenti beroperasi pada pukul 19.00 WIB.

Iwan menegaskan, pihak kecamatan sudah mensosialisasikan kepada para pemilik usaha agar mematuhi aturan yang sudah di keluarkan oleh Pemda DKI, mulai dari seruan gubernur maupun instruksi gubernur.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Tes COVID-19 GeNose Berbasis Embusan Napas dari UGM Resmi Kantongi Izin Edar Kemenkes

Posted: 25 Dec 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Alat tes COVID-19 berbasis embusan napas buatan tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan RI. Nomor edar AKD 20401022883 dari Kementerian kesehatan untuk GeNose C19 terbit pada Kamis, 24 Desember 2020.

Alat deteksi CCOVID-19 yang diberi nama GeNose itu kini siap dipasarkan.

"Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan luar biasa dari banyak pihak, GeNose C19 secara resmi mendapatkan izin edar untuk mulai dapat pengakuan oleh regulator, yakni Kemenkes dalam membantu penanganan COVID-19 melalui skrining cepat," kata Ketua tim pengembang GeNose Prof Kuwat Triyana melalui pernyataan tertulis, dilansir Antara.

Setelah izin edar diperolah, Kuwat mengatakan, timnya akan menyerahkan GeNose C19 hasil produksi massal batch pertama yang didanai Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kemenristek/BRIN untuk didistribusikan. Kuwat berharap, produk GeNose dengan jumlah terbatas itu mampu memberi dampak maksimal.

Sejumlah 100 unit batch pertama yang akan dilepas, Kuwat berharap bisa melakukan 120 tes per alat atau total 12 ribu orang per hari. Angka tersebut didapat dengan estimasi setiap tes memerlukan 3 menit termasuk pengambilan napas.

"Sehingga satu jam dapat mengetes 20 orang dan bila efektif alat bekerja selama 6 jam," kata dia.

 

Hasil Didapat Sekitar 2 Menit

Hasil tes juga didapat sangat cepat, yakni sektar 2 menit tanpa memerlukan reagen atau bahan kimia lain. Pengambilan sampel tes berupa embusan napas juga dirasanya lebih nyaman dibanding dengan cara usap atau swab.

Harapan untuk bisa mengetes hingga 12 ribu orang per hari menurut Kuwat bisa diwujudkan jika GeNose C19 didistribusikan tepat sasaran seperti di bandara, stasiun kereta, dan tempat keramaian lain termasuk rumah sakit, dan BNPB yang dapat bergerak mendekati suspek COVID-19.

Saat ini, pengadaan GeNose C19 tidak memungkinkan untuk keperluan pribadi.

Infografis

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ziarah Makam di Peringatan 16 Tahun Tsunami Aceh

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Orang-orang berdoa saat melakukan ziarah pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020).  Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Orang-orang berdoa saat melakukan ziarah pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Orang-orang berdoa saat melakukan ziarah pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria berdoa saat melakukan ziarah pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020).  Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang pria berdoa saat melakukan ziarah pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria berdoa saat melakukan ziarah pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang perempuan berdoa saat peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020).  Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang perempuan berdoa saat peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang perempuan berdoa saat peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria membaca Alquran pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020).  Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang pria membaca Alquran pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria membaca Alquran pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang perempuan menaburkan kelopak bunga pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020).  Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang perempuan menaburkan kelopak bunga pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang perempuan menaburkan kelopak bunga pada peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Orang-orang berdoa saat peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020).  Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Orang-orang berdoa saat peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Orang-orang berdoa saat peringatan 16 tahun gempa bumi dan tsunami Aceh di sebuah kuburan massal di Siron, Sabtu (26/12/2020). Peringatan di tengah pandemi COVID-19 itu tetap berlangsung secara sederhana melalui kegiatan ziarah kubur. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City vs Newcastle : Peluang The Citizens Kejar Raihan MU

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester City akan menjamu Newcastle United pada laga Boxing Day 2020 Minggu dini hari WIB (27/12/2020). Skuat asuhan Pep Guardiola berharap bisa memenangkan laga agar bisa masuk posisi lima besar.

Saat ini Manchester City berada di peringkat delapan klasemen sementara Liga Inggris. Mengingat performa terakhir mereka, City berpotensi memenangkan laga ini.

Statistik terakhir menunjukkan City memenangkan empat dari lima pertemuan terakhir mereka melawan The Magpies. Selain itu, tren penampilan De Bruyne dkk juga terlihat lebih stabil di mana mereka belum terkalahkan di lima laga terakhir.

Sementara Newcastle belum meraih satupun kemenangan di tiga laga terakhir mereka. Situasi The Magpies juga semakin buruk karena sejumlah pemain kunci mereka seperti Allan Saint-Maximin, Fabian Schar dan Jamaal Lascelles yang harus absen karena terkena Covud-19.

Kabar menggembirakan datang pada Manchester City jelang laga nanti. Striker andalan mereka, Sergio Aguero, bisa kembali merumput setelah sering absen di musim ini karena cedera.

Ketat

Gelandang Newcastle United, Matt Ritchie (kanan) dan bek Manchester City, Kyle Walker melompat saat berebut bola pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang telak 5-0 atas tamunya Newcastle United. (LEE SMITH / POOL / AFP)
Gelandang Newcastle United, Matt Ritchie (kanan) dan bek Manchester City, Kyle Walker melompat saat berebut bola pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang telak 5-0 atas tamunya Newcastle United. (LEE SMITH / POOL / AFP)

Meski demikian, pertandingan pekan ke-15 Liga Inggris ini diprediksi akan berjalan ketat. Karena kedua tim sama-sama butuh poin di laga ini.

Satu penghalang di laga ini adalah faktor kelelahan, karena kedua tim sama-sama bermain di perempat final Carabao Cup di tengah pekan kemarin.

Perkiraan Susunan Pemain

Para pemain Manchester City merayakan gol pembuka yang dicetak rekannya ke gawang Newcastle United pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang telak 5-0 atas tamunya Newcastle United. (Lee Smith/Pool via AP)
Para pemain Manchester City merayakan gol pembuka yang dicetak rekannya ke gawang Newcastle United pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang telak 5-0 atas tamunya Newcastle United. (Lee Smith/Pool via AP)

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Cancelo, Dias, Stones, Walker; Gundogan, Fernandinho; Sterling, De Bruyne, Torres; Aguero

Newcastle (4-4-2): Darlow; Lewis, Clark, Fernandes, Yedlin; Almiron, Hayden, Shelvey, Ritchie; Wilson, Joelinyton

Head to Head

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus (kiri) mencetak gol pembuka untuk timnya ke gawang Newcastle United pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang telak 5-0 atas tamunya Newcastle United. (Michael Regan/Pool via AP)
Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus (kiri) mencetak gol pembuka untuk timnya ke gawang Newcastle United pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Manchester City menang telak 5-0 atas tamunya Newcastle United. (Michael Regan/Pool via AP)

09/07/20 Manchester City 5 - 0 Newcastle United (EPL)

29/06/20 Newcastle United 0 - 2 Manchester City (FA)

30/11/19 Newcastle United 2 - 2 Manchester City

30/01/19 Newcastle United 2 - 1 Manchester City (EPL)

01/09/18 Manchester City 2 - 1 Newcastle United (EPL)

Pertandingan Terakhir

Lima Pertandingan Terakhir Manchester City

10/12/20 Manchester City 3 - 0 Marseille (UCL)

13/12/20 Manchester United 0 - 0 Manchester City (EPL)

16/12/20 Manchester City 1 - 1 West Brom (EPL)

19/12/20 Southampton 0 - 1 Manchester City (EPL)

23/12/20 Arsenal 1 - 4 Manchester City (CC)

 

Lima Pertandingan Terakhir Newcastle (M-M-K-S-K)

28/11/20 Crystal Palace 0 - 2 Newcastle United (EPL)

12/12/20 Newcastle United 2 - 1 West Brom (EPL)

17/12/20 Leeds United 5 - 2 Newcastle United (EPL)

20/12/20 Newcastle United 1 - 1 Fulham (EPL)

23/12/20 Brentford 1 - 0 Newcastle United

Klasemen Liga Inggris

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Dampak Buruk Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari, Jangan Anggap Sepele

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dampak buruk sikat gigi hanya sekali sehari  dapat menimbulkan berbagai masalah pada rongga mulut. Tidak hanya itu, kesehatan gigi juga merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai pintu masuknya makanan ke tubuh kebersihan dan kesehatan rongga mulut benar-benar arus diperhatikan. Menyikat gigi secara rutin adalah cara sederhana dan efektif dalam menjaga kebersihan dan mencegah timbulnya berbagai masalah pada gigi dan rongga mulut ini. 

Dampak buruk sikat gigi hanya sekali sehari dapat menyebabkan penumpukkan plak dan bakteri di mulut dan berujung bau mulut, gigi rusak, serta penyakit gusi. Jadi, kamu tidak bisa hanya menyikat gigi di pagi hari saja, atau di malam hari saja sebelum tidur. Kamu harus menerapkan keduanya agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/12/2020) tentang dampak buruk sikat gigi hanya sekali sehari.

Penumpukan Plak dan Karang Gigi

Karang dan plak gigi yang harus selalu dibersihkan. (Image: res.cloudinary.com)
Karang dan plak gigi yang harus selalu dibersihkan. (Image: res.cloudinary.com)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dampak buruk sikat gigi hanya sekali sehari yang pertama adalah terjadinya penumpukan plak dan karang gigi.

Setiap kamu mengonsumsi suatu makanan atau minuman, jutaan bakteri akan masuk dan menempel di antara gigi dan gusi. Bakteri tersebut meninggalkan lapisan lengket yang disebut plak. Jika tidak segera dibersihkan, maka plak tersebut lama-kelamaan akan mengeras membentuk karang gigi. Bila sudah seperti ini, hanya perawatan dokter gigi yang dapat mengatasinya.

Jika kamu hanya menyikat gigi sehari sekali, penumpukkan plak dan bakteri bisa terjadi di mulut dan berujung bau mulut, gigi rusak, serta penyakit gusi. Penumpukkan bakteri di mulut akibat gula juga bisa menyebabkan munculnya plak. Bakteri pada plak menimbulkan asam yang menyerang email gigi hingga rusak dan bisa menyebabkan lubang di gigi.

Gigi Berlubang

Ilustrasi Sakit Gigi Credit: unsplash.com/EnginA
Ilustrasi Sakit Gigi Credit: unsplash.com/EnginA

Dampak buruk sikat gigi hanya sekali hari yang berikutnya adalah gigi berlubang. Plak merupakan lapisan lengket mengandung bakteri yang melapisi gigi dan dapat menembus enamel pelindung gigi, serta menyerang lapisan yang lebih rentan di bawahnya.

Bakteri di dalam plak tersebut menciptakan asam yang menyebabkan kerusakan gigi atau gigi berlubang. Jika kamu tidak segera mengatasinya, maka kondisi ini dapat menyebabkan infeksi, bahkan kehilangan gigi.

Radang Gusi

Selain gigi berlubang, dampak buruk sikat gigi sekali sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan gusi. Hal ini menyebabkan gusi menjadi bengkak dan berwarna merah serta tak jarang membuatnya jadi berdarah. Kondisi ini disebut dengan gingivitis, yaitu salah satu bentuk penyakit gusi.

Masalah ini bisa berujung lebih parah jika kamu mengabaikannya. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada gusi sehingga bisa berdampak pada jaringan dan tulang di sekitar mulut. Lebih lanjut, hal ini juga bisa membuat gigi menjadi tanggal.

 

Periodontitis

Periodontitis
Periodontitis

Gingivitis yang tidak segera diatasi dapat berkembang dan bertambah parah. Plak dapat menyebar ke bawah garis gusi dan mengiritasi gusi. Kondisi ini dapat menyebabkan respons peradangan kronis di mulut. 

Saat periodontitis berkembang, kantung gusi menjadi lebih dalam dan lebih banyak jaringan gusi serta tulang yang keropos. Kondisi ini merupakan infeksi yang memengaruhi tulang penopang gigi. Jika dibiarkan, maka periodontitis dapat menyebabkan hilangnya gigi. 

Bau Mulut

ilustrai bau mulut/pexels
ilustrai bau mulut/pexels

Dampak buruk sikat gigi sekal sehari berikutnya adalah bau mulut. Hal ini disebabkan oleh penumpukan partikel sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Bakteri yang ada pada mulut dapat menghasilkan gas sulfur sehingga bisa menyebabkan bau mulut.

Selain itu, bau mulut juga akan meningkat jika kamu menderita sakit gigi atau penyakit gusi yang diakibatkan oleh penumpukan bakteri ini. Tentu kondisi ini akan menurunkan kepercayaan diri, terutama saat bertemu orang lain.  

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Ilustrasi gigi putih bersih. (purewow.com).
Ilustrasi gigi putih bersih. (purewow.com).

Menurut American Dental Association, merawat dan membersihkan gigi sebaiknya dilakukan setiap hari secara rutin. Sikatlah gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Tidak hanya membuat gigi menjadi putih, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari juga bisa mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan halus, apalagi jika Anda memiliki gigi sensitif. Selain itu, gunakan pasta gigi mengandung fluoride yang berfungsi untuk memperkuat gigi dan mencegah timbulnya kerusakan gigi. Usahakan menyikat gigi setidaknya selama dua menit untuk memastikan plak dan sisa makanan sudah hilang.

Hal yang tak kalah penting adalah lakukan kunjungan secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Rutinitas ini berguna untuk mencegah dan mendeteksi adanya masalah-masalah gigi, sehingga dapat diatasi sedini mungkin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batik Air Dilarang Terbang ke Pontianak, Penumpang Bisa Ajukan Refund Tiket

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Batik Air mendapatkan sanksi berupa larangan terbang ke Pontianak. Hal ini menyusul ditemukannya lima penumpang Batik Air yang dinyatakan positif covid-19.

Sanksi tersebut berdasarkan surat Nomor 553/665/Dishub-D yang dikeluarkan pada 25 Desember 2020. Sanksi ini berupa larangan terbang dengan membawa penumpang selama 10 hari, berlaku sejak 28 Desember hingga 6 Januari 2021.

Sehubungan dengan hal ini, Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, bagi penumpang yang ingin melakukan refund tetap akan dilayani.

"Jika ada calon penumpang yang refund, kami layani," ujar dia kepada Liputan6.com, Sabtu (26/12/2020).

Sebelumnya, Danang menjelaskan, penerbangan Batik Air dengan kode ID-6220 pada Senin 22 Desember 2020 dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Supadio telah dijalankan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Pemeriksaan tersebut meliputi penyerahan surat keterangan hasil uji kesehatan Covid-19 dari instansi kesehatan yang ditunjukkan penumpang kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kemudian KKP memeriksa dan mengesahkan dari surat keterangan tersebut.

Lalu pemeriksaan keamanan pertama oleh petugas aviation security pengelola bandar udara. Kemudian pemeriksaan keamanan kedua oleh petugas aviation security pengelola bandar udara.

"Dengan demikian, instansi-instansi tersebut telah melakukan pengecekan semua persyaratan termasuk dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara. Operator penerbangan atau maskapai bertugas mengangkut penumpang yang sudah memenuhi ketentuan dimaksud ke kota tujuan," jelas Danang.

Dengan demikian, apabila ada penumpang yang bermasalah atau yang melanggar dan tidak memenuhi ketentuan, Danang mengatakan bahwa itu bukan kesengajaan dari maskapai.

Penumpang Positif Covid-19, AirAsia dan Batik Air Dilarang Terbang ke Pontianak

Pesawat Batik Air di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. (Gideon/Liputan6.com)
Pesawat Batik Air di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. (Gideon/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pemberian sanksi larangan terbang bagi AirAsia dan Batik Air akibat penumpang teridentifikasi positif Covid-19 menuju Pontianak dinilai tak relevan.

Sanksi tersebut berdasarkan surat Nomor 553/665/Dishub-D yang dikeluarkan pada 25 Desember 2020. Sanksi ini berupa larangan terbang dengan membawa penumpang selama 10 hari, berlaku sejak 28 Desember hingga 6 Januari 2021.

"Dapat kami sampaikan bahwa maskapai AirAsia dan Batik tidak seharusnya mendapatkan sanksi larangan terbang akibat penumpang teridentifikasi positif Covid-19 menuju Pontianak atas surat Gubernur Kalimantan Barat," kata Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Menurut dia, maskapai maupun bandara tidak memiliki tanggung jawab atas pemeriksaan calon penumpang terhadap status kesehatan dan Covid-19.

"Petugas KKP dibawah kemenkes yang memiliki tanggung jawab atas prosedur tersebut," lanjut Denon.

Asosiasi Penerbangan Nasional INACA pun meminta agar Pemerintah Pusat mempertimbangkan sikap Pemerintah Daerah tersebut karena sanksi tersebut dinilai tidak relevan dan tidak fair bagi operator Penerbangan dan Operator Bandara.

"Kita sama-sama memahami bahwa izin penerbangan ke suatu daerah kewenangan tersebut berada di Kementerian Perhubungan. Mohon agar Pemerintah dapat mangambil sikap atas pemberlakuan hal tersebut," tutup dia. 

Penjelasan Batik Air Soal 5 Penumpang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Bandara Supadio

Batik Air terbang melalui Yogyakarya International Airport. (Dok Lion Air Group)
Batik Air terbang melalui Yogyakarya International Airport. (Dok Lion Air Group)

Batik Air, maskapai penerbangan dari Lion Air Group, memastikan telah menjalankan operasional sesuai aspek keselamatan, keamanan dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan. Hal tersebut menanggapi ditemukannya 5 penumpang perkonfirmasi positif Covid-19 di Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, penerbangan Batik Air dengan kode ID-6220 pada Senin 22 Desember 2020 dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Supadio telah dijalankan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Sebagaimana ketentuan persyaratan perjalanan udara, para penumpang yang akan bepergian menggunakan pesawat telah menjalani pemeriksaan uji kesehatan di instansi kesehatan dan telah ditandatangani oleh medis. Dalam hal ini, Batik Air tidak melakukan uji kesehatan kepada setiap tamu.

Pada setiap operasional yang telah berjalan sebelumnya dan pada masa waspada pandemi Covid-19, bahwa setiap penumpang yang dinyatakan layak terbang dan dapat masuk ke dalam kabin pesawat udara untuk melakukan perjalanan udara sudah melalui rangkaian pemeriksaan dokumen, barang bawaan dan lainnya di bandar udara keberangkatan.

Pemeriksaan tersebut meliputi penumpang menyerahkan surat keterangan hasil uji kesehatan Covid-19 dari instansi kesehatan yang ditunjukkan penumpang kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kemudian KKP memeriksa dan mengesahkan dari surat keterangan tersebut.

Lalu pemeriksaan keamanan pertama oleh petugas aviation security pengelola bandar udara dan kemudian Pemeriksaan keamanan kedua oleh petugas aviation security pengelola bandar udara.

"Dengan demikian, instansi-instansi tersebut telah melakukan pengecekan semua persyaratan termasuk dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara. Operator penerbangan atau maskapai bertugas mengangkut penumpang yang sudah memenuhi ketentuan dimaksud ke kota tujuan," jelas Danang dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2020).

"Apabila ada penumpang yang bermasalah atau yang melanggar dan tidak memenuhi ketentuan, maka itu bukan kesengajaan dari maskapai," tambah dia.

Batik Air mewajibkan kepada setiap penumpang bahwa berdasarkan prosedur layanan penerbangan, untuk selalu memberikan informasi secara rinci sesuai keadaan sebenarnya kepada petugas layanan darat jika sedang hamil, sakit berat menular atau tidak menular atau memiliki kondisi khusus yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kenyamanan penumpang lain saat melakukan perjalanan udara.

Untuk beberapa keadaan tertentu mewajibkan setiap tamu mempunyai surat izin medis sebelum penerbangan dengan menunjukkan dan melampirkan surat keterangan kelaikan terbang dari Kantor Kesehatan Pelabuhan serta menandatangai surat pernyataan. Hal ini sesuai ketentuan pengangkutan penumpang dalam keadaan sakit. 

Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas

Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Posisi 3 Korban Meninggal dalam Kebakaran Indekos di Sukoharjo

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Sukoharjo - Aparat kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran rumah indekos di wilayah Gembongan RT 003/RW 004, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jumata (25/12/2020) pagi.

Peristiwa yang terjadi pukul 07.00 WIB itu menakibatkan tiga orang penghuni indekos meninggal dunia. Dugaan sementara penyebab kebakaran itu karena ada penghuni yang memanasi mesin sepeda motor.

Pantauan Solopos.com di lokasi hingga pukul 09.51 WIB, api sudah padam. Menurut keterangan saksi, Tri Wiyoto, tiga orang yang meninggal dunia terdiri atas dua perempuan dan satu laki-laki.

Dua korban perempuan yang meninggal teridentifikasi berinisial YL, 20, dan DA, 19. Sedangkan korban meninggal laki-laki belum diketahui identitasnya. Penghuni indekos lain ada tiga orang yang selamat dan sedang mendapat perawatan medis.

Dua jenazah korban berada di lantai I, sedangkan satu jenazah korban lainnya di lantai II. Korban merupakan penghuni indekos.

Salah satu sukarelawan di lokasi, Luthfi Ahmad Rifai, mengungkapkan posisi ketiga korban kebakaran indekos saat kejadian berdasarkan informasi yang ia himpun.

 

Sempat Berusaha Selamatkan Diri

Korban laki-laki sempat berusaha menyelamatkan diri saat rumah indekos itu mulai terbakar pada pukul 07.00 WIB. Namun, kobaran api sudah membesar dan menyambar wajah serta tangannya.

"Korban laki-laki yang semula berada di lantai atas lari ke bawah lewat tangga. Tapi di depan ada kobaran api. Ia berusaha loncat tapi terjepit sepeda onthel, akhirnya jatuh," jelas Luthfi, dikutip Solopos.com.

Menurut informasi, korban laki-laki dan salah satu korban perempuan merupakan pasangan kekasih dan sudah bertunangan. Satu korban lainnya, seorang perempuan yang juga meninggal, sedang mandi saat kejadian dan terjebak di kamar mandi.

Dugaan penyebab kebakaran rumah indekos di Gembongan, Kartasura, itu masih simpang siur dan masih diselidiki. Ada saksi yang menyebut api berasal dari lantai I. Namun, ada juga yang menyebut dari lantai II.

Aparat kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran rumah indekos tersebut. Dugaan awal penyebab kebakaran itu karena ada penghuni yang memanasi mesin sepeda motor.

Belum semua korban yang meninggal teridentifikasi. Hanya dua korban perempuan yang diketahui berinisial YL, 20, dan DA, 19. Sedangkan korban meninggal belum diketahui identitasnya. Penghuni indekos lain ada tiga orang yang selamat dan sedang mendapat perawatan medis.

Hingga berita ini diunggah, petugas dan sukarelawan tengah berusaha mengevakuasi jenazah ketiga korban. Dua jenazah korban berada di lantai I, sedangkan satu jenazah korban lainnya di lantai II. Korban merupakan penghuni indekos.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alibaba Diperiksa Pemerintah Tiongkok, Kenapa?

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Alibaba, raksasa e-commerce asal Tiongkok milik Jack Ma ini sedang tersandung masalah terkait dugaan praktik monopoli oleh pemerintah dan regulator keuangan Tiongkok.

Sebelumnya, Ant Financial, anak usaha Alibaba Group direncanakan akan mencatatkan saham perdana (Initial Public Offering, IPO) mereka di dua bursa, yaitu Hong Kong dan Shanghai.

Akan tetapi, rencana IPO tersebut harus batal dilakukan. Analis berpendapat, itu merupakan upaya otoritas Tiongkok untuk menahan perkembangan perusahaan yang sudah sangat pesat dan kuat.

Namun lainnya meyakini, hal tersebut terjadi karena kritik Jack Ma kepada pemerintah Tiongkok saat di konferensi teknologi keuangan.

Jack Ma mengatakan, sektor perbankan yang kepemilikannya didominasi oleh pemerintah Tiongkok sebagai pegadaian. Selain itu, sektor tersebut juga kurang inovasi.

Dikutip dari Techcrunch, Sabtu (26/12/2020), regulator keuangan Tiongkok sedang melakukan penyelidikan terhadap Alibaba terkait kebijakan "memilih satu dari dua."

Maksudnya, seller di platform e-commerce tersebut dipaksa untuk menjual barang mereka secara eksklusif di Alibaba, tidak boleh di pesaing mereka, seperti JD.com dan Pinduoduo.

 

Tanggapan Alibaba Group

"Hari ini, Alibaba Group telah menerima surat pemberitahuan dari otoritas Tiongkok soal penyelidikan yang dilakukan terhadap perusahaan terkait Undang-Undang Anti-Monopoli," ucap perwakilan Alibaba.

Dia juga mengatakan, "Perusahaan akan secara aktif bekerja sama dengan regulator dalam usaha penyelidikan tersebut berlangsung."

Sayang, hingga kini Jack Ma sendiri belum muncul ke publik untuk memberikan pernyataan soal dugaan aksi monopoli yang dilayangkan kepada perusahaan miliknya.

Kekayaan Jack Ma Diprediksi Bertambah Terkait IPO

Dalam IPO-nya, Ant Group menawarkan 41,76 lembar saham atau 2,5 persen dari total sahamnya di Hongkong.

Pasalnya IPO Ant Group berhasil menggalang dana hingga USD 35 miliar. Demikian dikutip dari Forbes, Rabu (28/10/2020).

Sekadar informasi, jika nilai sahamnya di Ant Group ditambah dengan kepemilikan Jack Ma atas Group Alibaba total nilai kekayaannya akan berjumlah USD 68 miliar atau setara Rp 995,5 triliun.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaleidoskop 2020: Teka-teki Lucu hingga Foto-Foto Kocak yang Cuma Bisa Terjadi di Indonesia

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahun akan segera berganti. Sepanjang tahun 2020 kanal Citizen6, Liputan6.com telah menampilkan banyak berita-berita lucu dan kocak yang bikin para pembaca terhibur.

Tak hanya berupa foto-foto kocak yang bikin siapa saja ngakak melihatnya. Ada pula berbagai chat-chat serta teka-teki lucu yang sangat menghibur. Semuanya akan terangkum dalam Kaleidoskop 2020.

Berikut ini, Citizen6-Liputan6.com telah merangkum beberapa artikel kocak dalam kaleidoskop 2020. Artikel-artikel tersebut akan membahas tentang deretan artikel kocak dalam kurun waktu satu tahun. Artikel-artikel tersebut akan membahas tentang dereta teka-teki, chat hingga foto-foto kocak.

1. Teka-teki Lucu dan Jawabannya Ini Memang Receh Tapi Bisa Buat Hiburan Saat Jenuh

Teka-teki Lucu (sumber: Pixabay)
Teka-teki Lucu (sumber: Pixabay)

Kamu pasti pernah merasakan momen saat berkumpul dengan teman-temanmu tapi mereka asyik dengan gadget masing-masing? Kualitas kebersamaanmu akan berkurang seiring dengan teman-temanmu yang memiliki dunia sendiri di gadgetnya.

Namun ada berbagai cara untuk memecah momen tak mengenakkan seperti ini. Salah satunya melalui teka-teki lucu. Memang melontarkan humor teka-teki lucu akan terkesan receh dan garing, namun cara ini dapat menghibur orang-orang di sekitarmu. Teka-teki lucu dan jawabannya ini juga dapat memancing perhatian mereka agar tidak terus berkutat pada gadgetnya. Banyak teka-teki lucu yang dibuat untuk menghibur dan mengasah kreativitas seseorang.

Selengkapnya…

2. 5 Chat Kocak Orang Saat Ngeles, Kelewat Cerdas

foto: berbagai sumber
foto: berbagai sumber

Di era modern ini sebagian besar orang memilih berkomunikasi dengan chatting melalui aplikasi pesan singkat. Tentunya hal ini memudahkan kita untuk membalas pesan dalam waktu yang sangat singkat.

Meski terlihat jauh lebih praktis dan mudah, bukan berarti tak ada masalah saat berkomunikasi melalui perangkat digital ini. Tak jarang justru terjadi kesalahpahaman saat chatting dengan lawan bicara.

Selengkapnya…

3. 10 Cara Konyol Orang Indonesia Saat Atasi Masalah, Kocak tapi Bisa Ditiru

Meski Bikin Ngakak, Kreatifnya Orang Indonesia Saat Selesaikan Masalah Bisa Kamu Tiru
Meski Bikin Ngakak, Kreatifnya Orang Indonesia Saat Selesaikan Masalah Bisa Kamu Tiru

Setiap individu pastinya memiliki daya kreativitas untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah apapun. Itulah yang membuat seseorang menjadi lebih unik. Nah, orang Indonesia sendiri juga punya berbagai macam akal untuk menyelesaikan masalah dalam situasi apapun.

Ide kreatifnya orang Indonesia ini bisa menjadi ciri khas yang menarik, meski di sisi lain juga bikin ketawa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ide-ide kreatif sekaligus menarik ala orang Indonesia. Selain menarik, ide kreatif ini juga bikin ngakak dan bisa kamu ikuti.

Selengkapnya…

4. Kumpulan Chat Nyeleneh Emak-Emak ke Anak, Gaul Banget

Foto: twitter/@oviazn
Foto: twitter/@oviazn

Mengirim pesan singkat tentu kerap kita lakukan setiap hari. Tak hanya kepada teman dan rekan kerja, kalian juga tentu sering saling mengirim pesan dengan orangtua terutama ibu, kan?

Ada begitu banyak perbincangan yang orang lakukan dengan ibu mereka melalui chat. Perbincangan tersebut mulai dari hal yang sangat penting hingga sekedar gurauan.

Selengkapnya…

5. Foto-Foto Kocak Ini Hanya Bisa Terjadi di Indonesia

(Foto: Brilio.net)
(Foto: Brilio.net)

Masyarakat Indonesia bisa dibilang memiliki ciri khas yang kreatif. Ada hal-hal tertentu yang sebenarnya hanya bisa terjadi dan dilakukan di Indonesia saja.

Meskipun tindakan yang dilakukan oleh masyarakat kita banyak di antaranya lucu dan mengundang tawa. Namun, ada juga tindakan kecil namun berarti, yang tak akan kamu temukan di negara mana pun.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Wajah Mulus Dewi Perssik Usai Sembuh dari Covid-19, Banjir Doa Para Artis

Posted: 25 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dewi Perssik tidak menyangka pertambahan usianya tahun ini dirayakan dengan perjuangan melawan infeksi Covid-19. Rabu (16/12/2020), ia ulang tahun ke-35. Siapa sangka Dewi Perssik positif Covid-19.

Karenanya ia menghilang dari layar kaca maupun YouTube sekitar sebulan. Dipertanyakan banyak pihak, Dewi Perssik yang sempat positif Covid-19 mengunggah fakta mengejutkan.

Di akun Instagram terverifikasinya, istri Angga Wijaya mengunggah tiga foto. Dua di antaranya menampilkan wajah bintang sinetron Mimpi Manis penuh bercak merah.

 

20 Persen

Dewi Perssik (Instagram/dewiperssikreal)
Dewi Perssik (Instagram/dewiperssikreal)

Rupanya, Dewi Perssik terinfeksi Covid-19. Ia menjalani perawatan intensif sekitar sebulan. "Aku sudah cek dua kali negatif alhamdulillah. dan skrg sudah sembuh dan recovery," tulis Dewi Perssik bersama foto itu.

"Jadi timbul kemerahan ini adalah salah satu yg timbul dari mereka yg terkena covid sekitar 20 persen. Nah ini jadi bahan renungan buat kita semua dan teguran buatku juga untuk menggugurkan dosa2ku," imbuhnya, pada 24 Desember 2020.

Bercak di Wajah Gejala Ringan

Unggahan Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)
Unggahan Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)

Dewi Perssik mengingatkan khalayak Covid-19 itu nyata. Ia menyebut bercak merah di wajah adalah gejala ringan. Yang lebih berbahaya, orang tanpa gejala yang bisa menularkan virus ke yang lain.

Keesokan harinya, Dewi Perssik memamerkan wajahnya yang mulus. Dewi Perssik mengunggah foto memakai kemeja kotak-kotak biru rilisan rumah mode Balenciaga.

 

Berbagai Ujian Hidup...

Dewi Perssik (Instagram/dewiperssikreal)
Dewi Perssik (Instagram/dewiperssikreal)

Pelantun "Diam-diam" dan "Hikayat Cintaku" membiarkan rambutnya tergerai. Wajahnya tersenyum sembari memejamkan mata. Bersama foto ini, Dewi Perssik melantun sebuah harapan.

"Semoga dengan berbagai ujian hidup yang aku hadapi dan bertambahnya usia bisa membawaku jadi orang yang bermanfaat, dan makin banyak karya yg aku hadirkan, amin," ia menukas. 

Back in Power

Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)
Dewi Perssik. (Foto: Instagram @dewiperssikreal)

"Terima kasih doa dan supportnya teman2, sehat semua amin yarobbal alamin," pungkas pedangdut bernama asli Dewi Murya Agung. Wajah ayu Dewi Perssik kebanjiran doa para artis.

"Kak sehat bahagia semangat kembali berkarya," sahut Jenita Janet di kolom komentar. "Semangat and back in power," cuap Marcelino Lefrandt. "Alhamdulilah dah sehat," imbuh desainer Hengky Kawilarang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Natal Ratu Elizabeth di Tengah Pandemi COVID-19: Kamu Tidak Sendirian

Posted: 25 Dec 2020 08:58 PM PST

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II menggunakan pidato Hari Natal untuk meyakinkan siapa pun yang berjuang tanpa teman dan keluarga tahun ini bahwa mereka "tidak sendiri".

Dia mengatakan apa yang diinginkan banyak orang "untuk Natal adalah pelukan sederhana." Menurutnya, bahkan di malam-malam tergelap masih ada harapan di fajar baru.

Ratu Elizabeth yang tahun itu berusia 94 memuji tindakan kebaikan, dengan mengatakan pandemi "membawa kami lebih dekat" meski menyebabkan kesulitan.

Ratu, seperti banyak orang lainnya, menghabiskan hari Natal dengan kondisi terpisah dari keluarganya.

"Hebatnya, tahun yang selalu memisahkan orang, dalam banyak hal, membawa kita lebih dekat," katanya dalam siaran itu, menambahkan bahwa Keluarga Kerajaan telah "terinspirasi" oleh orang-orang yang menjadi sukarelawan di komunitas mereka.

"Di Inggris dan di seluruh dunia, orang-orang dengan luar biasa menghadapi tantangan tahun ini, dan saya sangat bangga dan tersentuh oleh semangat yang tenang dan gigih ini."

Dia menyesalkan bahwa "orang-orang dari semua agama tidak dapat berkumpul seperti yang mereka inginkan untuk festival mereka", tetapi berkata "kita perlu hidup untuk terus berjalan".

Ratu Elizabeth menyoroti perayaan Diwali bulan lalu di Windsor - di mana dia menghabiskan Natal bersama Duke of Edinburgh untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

"Tentu saja bagi banyak orang, saat-saat di tahun ini akan diwarnai dengan kesedihan - beberapa berduka atas kehilangan orang yang mereka sayangi dan yang lainnya kehilangan teman dan anggota keluarga."

"Jika Anda termasuk di antara mereka, Anda tidak sendiri, dan biarkan saya meyakinkan Anda tentang pikiran dan doa saya."

Dia mengucapkan terima kasih khusus kepada anak muda, kepada pekerja di garis depan.

"Kami terus terinspirasi oleh kebaikan orang asing dan mendapatkan kenyamanan bahwa bahkan di malam paling gelap pun masih ada harapan di fajar baru," Ratu Elizabeth.

Natal Secara Terpisah

Ratu Elizabeth II dan sang suami Pangeran Philip (Neil Hall/Pool via AP)
Ratu Elizabeth II dan sang suami Pangeran Philip (Neil Hall/Pool via AP)

Keluarga Kerajaan biasanya menghabiskan hari bersama, tetapi tidak akan saling berkunjung tahun ini karena adanya batasan.

Ratu Elizabeth juga tak menghadiri kebaktian gereja saat Natal yang biasa dilakukannya. Sebagai gantinya, ia beribadah secara pribadi untuk menghindari keramaian.

Ratu Elizabeth II (94) dan Pangeran Philip (99) tinggal di Kastil Windsor selama pandemi COVID-19, dengan staf rumah tangga dalam jumlah kecil.

Ini dianggap pertama kalinya pasangan itu tidak menghabiskan Natal di rumah mereka di Sandringham sejak pertengahan 1980-an.

Natal yang tenang di rumah tanpa kunjungan keluarga.

Itulah Natal 2020 dan Keluarga Kerajaan Inggris pun mengikuti pembatasan seperti orang di seluruh negeri.

Anggota Keluarga Kerajaan lainnya berada di rumah mereka. Pangeran Wales dan Duchess of Cornwall ada di Gloucestershire: the Cambridges di Norfolk.

Untuk Ratu Elizabeth, tidak akan ada tamasya Natal yang normal dilakukan, meskipun dia diharapkan bisa berbagi momen ibadah Natal kapel pribadi di dalam kastil.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Depok Larang Warganya Berkerumunan pada Perayaan Tahun Baru

Posted: 25 Dec 2020 08:47 PM PST

Liputan6.com, Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris melarang kegiatan yang mengundang kerumunan pada perayaan Tahun Baru 2021 dan hanya dapat dilakukan oleh keluarga inti dan tidak boleh berkelompok.

"Warga Kota Depok tidak diperkenankan melakukan perayaan kegiatan malam pergantian tahun baru 2020-2021 yang berpotensi menimbulkan kerumunan atau keramaian," katanya di Depok, Jawa Barat, Sabtu (26/12/2020).

Ia mengatakan, keputusan tersebut sesuai dengan imbauan Satgas Penanganan Covid-19 dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok yang telah mengambil kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Wali Kota Depok.

"Kota Depok berada pada zona risiko tinggi atau zona merah, bahkan dalam dua minggu berturut-turut, karena kondisi kasus masih terus meningkat dan hampir di semua daerah," katanya seperti dikutip Antara.

Menurut Wali Kota, strategi yang digunakan adalah dengan menguatkan kembali Kampung Siaga Covid-19, meningkatkan kapasitas tes, meningkatkan kapasitas ruang isolasi rumah sakit dan tempat khusus isolasi, serta meningkatkan penegakan hukum secara terintegrasi dengan TNI/Polri dalam penerapan protokol kesehatan.

Untuk itu, kata dia, perlu penguatan program yang dijalankan selama ini dengan menggugah kembali melalui warga Depok dengan Gerakan 2I3M (Iman, Imun, dan Memakai Masker, Mencuci Tangan Dengan Sabun, Menjaga Jarak).

"Karena kunci keberhasilan kita keluar dari pandemi Covid-19 ini sangat tergantung dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sosial, serta yang paling utama pertolongan Allah SWT Tuhan Yang Maha Menolong," kata Mohammad Idris.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Jumlah Kasus Aktif

Satgas Covid-19 Kota Depok dalam rilisnya menyatakan, hingga Jumat (25/12/2020) 2020, kasus positif Covid-19 bertambah 140 kasus dalam satu hari, dengan jumlah kasus konfirmasi aktif sebanyak 3.362 kasus.

Kasus mayoritas berasal dari klaster keluarga dan komunitas, di samping klaster perkantoran. Dalam rilis juga disebutkan total pasien sembuh bertambah 131 orang sehingga total seluruhnya 12.019 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Indonesia Masuk 10 Negara Dengan Kasus Penistaan Agama Terbanyak

Posted: 25 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Deplu AS menambahkan Nigeria ke daftar negara yang mendapat perhatian khusus dalam kebebasan beragama. Sedangkan Indonesia bertahan di pengawasan khusus atau special watch list. Komisi Kebebasan Beragama Internasional AS atau USCIRF kembali menyoroti UU penistaan agama yang memberatkan minoritas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sirajuddin Mahmud Suami Zaskia Gotik Positif Covid-19, Ini 3 Faktanya

Posted: 25 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan datang dari keluarga pedangdut Zaskia Gotik. Lewat video di Instagram, sang suami pelantun lagu '1000 Alasan' yakni Sirajuddin Mahmud menyampaikan kabar jika dirinya terpapar virus Covid-19.

Dalam video unggahannya, Sirajuddin Mahmud Sabang menyampaikan jika dirinya menduga bisa terpapar virus Corona lantaran tertular orang tanpa gejala (OTG). Tampak dalam video ia memakai masker dan terbaring di kasur. 

"patuhi protokol kesehatan secara ketat gaesss" tulisnya pada Jumat (26/12/2020).

Suami Zaskia Gotik yang baru saja dikaruniai buah hati ini juga menyampaikan dan mengingatkan masyarakat untuk tak menyepelekan virus tersebut. Sebab, virus Covid-19 dapat menular dengan cepat apabila imunitas tubuh sedang tidak baik.

1. Dirinya Positif Covid-19

Lewat Instagram pribadinya, Sirajuddin Mahmud beri pesan usai positif Covid-19. (Sumber: Instagram/@sirajuddinmahmudsabang)
Lewat Instagram pribadinya, Sirajuddin Mahmud beri pesan usai positif Covid-19. (Sumber: Instagram/@sirajuddinmahmudsabang)

Kabar suami Zaskia Gotik positif terpapar Covid-19, terungkap dari unggahan video Sirajuddin Mahmud di Instagram. Tampak Sirajuddin yang memakai masker mengabarkan jika dirinya positif Covid-19.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Setelah melaksanakan tes PCR hari Rabu kemarin saya dinyatakan positif terpapar Virus Corona. Yang kemungkinan besar saya tertular oramg yang tanpa gejala (OTG)," kata Sirajuddin yang dilansir oleh Liputan6.com, Sabtu (26/12/2020) dari Instagram pribadinya.

"Virus ini nyata cepat menularnya. Kata kuncinya yang perlu diingat, jangan pernah ketemu orang yang kita tidak tahu kesehatannya," tutur ayah dua anak ini.

2. Isolasi Mandiri

Lewat Instagram pribadinya, Sirajuddin Mahmud beri pesan usai positif Covid-19. (Sumber: Instagram/@sirajuddinmahmudsabang)
Lewat Instagram pribadinya, Sirajuddin Mahmud beri pesan usai positif Covid-19. (Sumber: Instagram/@sirajuddinmahmudsabang)

Ia melanjutkan untuk berhati-hati dan tidak menerima orang asing yang tak tahu kondisi kesehatannya untuk datang ke rumah ataupun berkendara bersama.

"Apalagi satu kendaraan, apalagi satu rumah dengan orang asing yang tidak tahu kesehatannya sekalipun itu teman dekat kita, karena kita enggak tahu dari mana dia, habis ketemu siapa. Virus ini sangat cepat menularnya," sambungnya.

Pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini juga mengungkapkan dirinya tidak kebagian ruang perawatan. Alhasil Sirajuddin Mahmud terpaksa harus menjalani karantina mandiri di rumah. Ia berharap keadaannya segera membaik seperti sebelumnya.

"Karena setelah kita kena, tidak ada rumah sakit menerima pasien covid-19 karena full. Jadi harus isolasi di rumah dengan keterbatasan obat-obatan," tuturnya.

3. Minta untuk Jaga Protokol Kesehatan

Terakhir, ia mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

"Jadi jaga diri kalian dan keluarga kalian, pakai masker sering-sering cuci tangan jaga jarak jauhi kerumunan, dan jangan pernah ketemu orang orang yang engga tahu. Semoga bermanfaat," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Buddha Air Terbang Salah Tujuan Saat Bawa 69 Penumpang

Posted: 25 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penumpang pesawat tak menyangka mendarat di tempat yang bukan tujuan mereka. Namun, hal itu terjadi pada 69 penumpang maskapai penerbangan Buddha Air, baru-baru ini.

Dilansir dari Kathmandu Post, Sabtu, 26 Desember 2020, para penumpang naik ATR 72 Buddha Air pada Jumat sore, mereka menuju ke Janakpur. Tetapi ketika mereka mendarat, mereka justru berada di Pokhara, Nepal.

Buddha Air mengaku mengalami penyimpangan serius. Birendra Bahadur Basnet, direktur pelaksana operator, mengatakan bahwa mereka telah membentuk komite untuk menyelidiki insiden tersebut.

Sejak maskapai penerbangan domestik melanjutkan layanan pada 21 September 2020 setelah hampir enam bulan tidak ada penerbangan karena pandemi. Pesawat terbang hampir penuh ke semua tujuan.

Pada Jumat pekan lalu, ada banyak kesibukan di terminal domestik di bandara Kathmandu. Saat itu sore yang berangin dan cuaca tidak terlalu mendukung untuk penerbangan, beberapa telah ditunda.

 

Kronologi

Ilustrasi penumpang pesawat (Dok.Unsplash)
Ilustrasi penumpang pesawat (Dok.Unsplash)

Penerbangan Buddha Air U4505 diizinkan untuk lepas landas menuju bandara Janakpur. Penumpang dibawa masuk dan pesawat lepas landas, dengan perkiraan waktu kedatangan di Janakpur pada pukul 15:15 waktu setempat. Namun saat mendarat, ia justru mendarat di Pokhara alih-alih bandara tujuan yang berjarak 255 kilometer.

Sesuai laporan awal, karena masalah cuaca, penerbangan ke Pokhara diizinkan hingga jam tiga sore di bawah aturan penerbangan visual (VFR). VFR adalah seperangkat peraturan di mana pilot mengoperasikan pesawat dalam kondisi cuaca yang secara umum cukup jelas untuk memungkinkan pilot melihat ke mana arah pesawat.

"Cuaca menyebabkan penundaan penerbangan dan untuk mengimbangi waktu terbang, pejabat Buddha Air memutuskan untuk terbang ke Pokhara terlebih dahulu," kata seorang pejabat di perusahaan penerbangan tersebut.  Oleh karena itu, nomor penerbangan diubah. "Perbedaan jadwal penerbangan antara Janakpur dan Pokhara adalah 15 hingga 20 menit," kata pejabat itu.

Semuanya dalam urutan yang benar tetapi staf darat dan pramugari gagal memberi tahu kapten dan co-pilot penerbangan bahwa nomor penerbangan telah diubah, menurut pejabat itu. "Pramugari itu membuat pengumuman dalam penerbangan bahwa ia menuju ke Janakpur," kata pejabat itu.

Tapi tidak ada yang bisa dilakukan penumpang, karena pesawat sudah mengudara dan menuju ke tujuannya — Pokhara. "Ada miskomunikasi antara staf lapangan dan pilot," kata pejabat itu. Sementara itu, pilot terbang juga tidak melihat manifes penumpang.

Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat

Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Strategi Tekan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacar Chelsea Islan Positif Covid-19, Terpisah dari Keluarga saat Perayaan Natal

Posted: 25 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Natal tahun ini bakal diingat oleh Rob Clinton Kardinal, kekasih Chelsea Islan, selamanya. Untuk kali pertama, ia menjalani perayaan Natal 2020 dengan suasana berbeda, yakni terpisah dari keluarga. Rob Clinton harus menghindari kontak dengan keluarga besarnya.

Rob Clinton mengonfirmasi dirinya terpapar Covid-19. Melalui akun Instagram terverifikasinya, ia mengutarakan saat ini menjalani isolasi mandiri. Covid-19 membuatnya tak bisa merayakan Natal seperti biasa.

"Merry Christmas everyone! Meskipun natal kali ini sangat berbeda karena gw POSITIF dan harus isolasi mandiri, tidak bisa berkumpul bersama keluarga," tulis Rob Clinton, Jumat (25/12/2020), mengonfirmasi status positif Covid-19.

 

Tetap Bersyukur

Rob Clinton (Instagram/robclintonkardinal)
Rob Clinton (Instagram/robclintonkardinal)

Masih melalui Instagram, Rob Clinton bersyukur mendapat perhatian dari keluarga besar serta orang-orang terdekat selama menjalani isolasi mandiri. Dengan suntikan semangat dan perhatian begitu besar, ia merasa nyaman selama berjuang melawan Covid-19.

 

 

Kasih Sayang Keluarga

(Instagram/robclintonkardinal)
(Instagram/robclintonkardinal)

"Tapi tetap bersyukur karena meskipun tidak bisa bertemu langsung secara fisik. Kasih sayang dan perhatian mereka tidak ada tandinganya," cuit Rob Clinton.

"Happy birthday Jesus, love you guys, merry Christmas and please for everyone out there #Celebratecarefully stay safe and healthy GBU All#covid_19 #christmas," ia menyambung.

Dukungan Chelsea Islan

(Instagram/chelseaislan)
(Instagram/chelseaislan)

Di kolom komentar, tampak dukungan dari sang kekasih. Ia menyemangati Rob Clinton agar cepat pulih. "GOD be with you always. Our prayers are with you. You are stronger than you think.We love you! Have faith," tulis Chelsea Islan dengan menyematkan emotikon hati merah.

Thank You My Christmas

(Instagram/robclintonkardinal)
(Instagram/robclintonkardinal)

Keduanya saling mendoakan. Rob Clinton membalas dukungan Chelsea Islan dengan komentar manis. "@chelseaislan Thank you my Christmas, i love you GBU always," balasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Arsenal vs Chelsea di Liga Inggris 27 Desember: Laga Terakhir Mikel Arteta?

Posted: 25 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, London - Arsenal akan menjamu rival sekotanya, Chelsea dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (27/12/2020) dinihari WIB. Kemenangan wajib dipetik Arsenal jika tak ingin terus terpuruk di papan bawah.

Sialnya, kepercayaan diri para pemain Arsenal sedang tak bagus. Pierre Emerick-Aubameyang dkk tak pernah menang dalam empat laga terakhir.

Mereka bahkan harus takluk dari tim yang di atas kertas kualitasnya tak lebih unggul. Salah satu kekalahan itu diderita dari Burnley dengan skor tipis 0-1.

Posisi Arteta selaku manajer pun kini di ujung tanduk. Tak sedikit fans Arsenal yang meminta manajemen mendepak pria asal Spanyol tersebut.

Arteta sendiri tak menampik kekalahan beruntun itu adalah tanggungjawabnya.

"Saya kira saya sudah jelas bahwa ketika kami kalah itu menjadi tanggungjawab saya untuk memperbaikinya," kata Arteta seperti dilansir Football.London.

Menghadapi Chelsea, Arsenal tidak akan diperkuat Gabriel Martinelli. Striker asal Brasil itu cedera saat Arsenal kalah 1-4 dari Manchester City di Piala Liga.

Selain itu, Arsenal juga kemungkinan tampil tanpa Aubameyang. Kondisi bomber asal Gabon itu masih dalam pemantauan setelah cedera betis.

 

Chelsea Sedikit Lebih Baik

Arsenal vs Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)
Arsenal vs Chelsea (Liputan6.com/Abdillah)

Di sisi lain, kondisi Chelsea sedikit lebih baik. Namun demikian, performa pasukan frank Lampard belum mengesankan.

Terbukti di tabel klasemen, Chelsea masih berada di posisi kelima dengan 25 poin. The Blues tertinggal enam poin dari Liverpool di posisi puncak.

Chelsea sendiri tak akan diperkuat Hakim Ziyech. Gelandang asal Maroko itu masih harus absen karena cedera.

Selain itu kondisi Ben Chilweell dan Reece James juga masih meragukan. Sebelumnya, kedua pemain menderita cedera engkel dan lutut.

Berikut prediksi susunan pemain Arsenal vs Chelsea

Prediksi Susunan Pemain

Arsenal (3-4-3): Leno; Holding, Gabriel, Tierney; Maitland-Niles, Elneny, Xhaka, Saka; Willian, Lacazette, Pepe.

Manajer: Mikel Arteta

Chelsea (4-3-3): Mendy; Azpilicueta, Zouma, Silva, Emerson; Mount, Jorginho, Kante; Werner, Abraham, Pulisic.

Manajer: Frank Lampard

Data dan Statistik

Lima pertandingan terakhir Arsenal

Dundalk 2-4 Arsenal

Arsenal 0-1 Burnley

Arsenal 1-1 Southampton

Everton 2-1 Arsenal

Arsenal 1-4 Manchester City

 

Lima pertandingan terakhir Chelsea

Chelsea 3-2 Leeds United

Chelsea 1-1 Krasnodar

Everton 1-0 Chelsea

Wolverhampton 2-1 Chelsea

Chelsea 3-0 West Ham United

 

Lima Duel Terakhir Arsenal vs Chelsea

Arsenal 2-1 Chelsea

Chelsea 2-2 Arsenal

Arsenal 1-2 Chelsea

Chelsea 4-1 Arsenal

Arsenal 2-0 Chelsea

 

Saksikan Video Liga Inggris Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas: Kesiapan Daerah Distribusikan Vaksin Covid-19 Sudah Cukup Baik

Posted: 25 Dec 2020 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyatakan secara umum kesiapan daerah untuk memastikan distribusi vaksin Covid-19 sudah cukup baik.

"Pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan distribusi vaksin Covid-19 berjalan dengan lancar," ujar Wiku dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Untuk distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi pada tingkat penularan yang tinggi.

Terkait uji klinis vaksin Sinovac saat ini tengah berlangsung dilakukan di Universitas Padjajaran dan PT Bio Farma, lanjut dia, yang dilakukan melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi.

Hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya ermergency use of authorization (EUA).

Sementara terkait vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman, adalah kandidat vaksin yang akan digunakan mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Ditargetkan, setelah lulus uji klinis dan praklinis, diharapkan izin edar dapat dikeluarkan tahun 2021.

"Bibit vaksin Merah Putih berpotensi akan diserahkan oleh Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman kepada PT Bio Farma pada triwulan pertama tahun 2021," kata Wiku.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Vaksin Dipastikan Aman

Pemerintah saat ini tengah gencar mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi dalam mengatasi pandemi Covid-19 agar kekebalan komunitas atau herd immunity semakin mudah tercapai.

"Pemerintah juga memastikan bahwa vaksin yang nanti digunakan aman, berkhasiat minim efek samping dan tentunya halal," kata dia.

Untuk masyarakat yang menolak, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sanksi agar masyarakat patuh dan ikut serta dalam program vaksinasi, agar tercapai herd immunity.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: