Senin, 28 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


OJK: Total Aset Keuangan Syariah Capai Rp 1.741,87 Triliun di Oktober 2020

Posted: 28 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total aset keuangan syariah hingga per Oktober 2020 telah mencapai Rp1.741.87 triliun. Angka tersebut naik sekitar 21,18 persen dari periode sama tahun lalu.

"Ini tidak termasuk saham Syariah di mana tahun 2019 itu hanya 13,84 persen," kata dia dalam acara Sharia Business & Academic Sinergy, yang digelar virtual, Selasa (29/12/2020).

Dia merincikan untuk industri perbankan syariah mencapai Rp585,34 triliun, industri keuangan non bank (IKNB) syariah Rp112,16 triliun, dan pasar modal syariah mencapai sebesar Rp1.044,38 triliun.

Meski begitu, pangsa keuangan syariah masih tecatat kecil yakni hanya 9,79 persen. Padahal cita-cita atau target dari dulu mestinya bisa mencapai 20 persen.

"Ini adalah hal yang menjadi catatan kita bagaimana kita bisa menggenjot ini menjadi lebih besar lagi ke depan," sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mencatat, total aset keuangan syariah di Tanah Air telah mencapai Rp1.710,16 triliun hingga September 2020. Di mana total aset tersebut tidak termasuk saham syariah, dengan market share mencapai sebesar 9,69 persen.

Adapun aset keuangan syariah tersebut meliputi aset perbankan syariah yaitu sebesar Rp575,85 triliun, industri keuangan bukan bank syariah sebesar Rp111,44 triliun dan pasar modal syariah sebesar Rp1.022,87 triliun.

"Selama tiga dasawarsa terakhir sejak berdirinya bank syariah pertama di Republik Indonesia yaitu pada tahun 1992, keuangan syariah berkembang cukup mengesankan," katanya dalam acara Sharia Business & Academic Sinergy, yang digelar virtual, Selasa (29/12).

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Perkembangan Keuangan Syariah Harus Dibarengi dengan Permintaan Sektor Riil

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas, Friderica Widyasari Dewi, mencermati perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Menurut peningkatan keuangan syariah harus dibarengi dengan permintaan dari sektor riil.

"Percuma kalau sektor keuangan maju tapi tidak ada permintaan dari sektor riilnya," kata Friderica dalam sesi webinar, Jumat (18/12/2020).

Namun, ia mengapresiasi langkah pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia (BI) yang mendorong pertumbuhan ekonomi syariah berbasis Halal Value Chain. Kehadiran produk-produk halal seperti baju dan hijab hingga wisata halal dinilainya akan semakin meningkatkan demand keuangan syariah.

Lebih lanjut, Friderica menceritakan sedikit pengalamannya saat menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis Bursa Efek Indonesia (BEI). Dia mengatakan, produk ekonomi syariah dalam bentuk saham dulu sulit melakukan penetrasi selama 10 tahun lalu.

"Jadi dulu kalau kita bicara pasar modal di Indonesia itu agak susah penetrasinya. Kita ingat dulu pernah ada satu masa jumlah investor kita mandek di 250 ribu orang. Itu enggak berubah-ubah, mungkin satu dasawarsa enggak berubah," ungkapnya.

"Kemudian kebetulan saya bertugas sebagai Direktur Pengembangan Bisnis, kita roadshow dari Aceh sampai ujung timur Indonesia. Kita lihat problem yang harus diselesaikan adalah isu mengenai halal atau tidaknya, syariah atau tidaknya investasi di pasar modal Indonesia," tambahnya.

Oleh karenanya, BEI kemudian mengajak Dewan Syariah Nasuional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) untuk menerbitkan fatwa Nomor 80 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.

"Kita terus kerja nih, brokernya gimana? Broker diciptakan sistem online trading syariah. Kemudian sentral kustodinya sudah dapat fatwa nomor 124. Saham-sahamnya sudah ada pilihan saham masuk daftar syariah," tuturnya.

"Jadi dipastikan kalau dari hulu ke hilir seseorang ingin memastikan investasinya syariah, itu sudah bisa," tandas Friderica.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Covid-19, Aa Gym Imbau Orang yang Sempat Dekat dengannya Segera Jalani Swab Test

Posted: 28 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang baik datang dari pendakwah kondang, Aa Gym. Diketahui bahwa Aa Gym positif terpapar virus Corona Covid-19.

Hal itu semula diketahui melalui unggahan di  Instagram Aa Gym pada Selasa (29/12/2020). Dari hasil tes swab yang dilakukan beberapa waktu lalu, hasilnya menunjukkan bahwa pemilik nama asli Abdullah Gymnastiar itu positif Covid-19.

Kendati demikian, Aa Gym mengatakan bahwa kondisinya saat ini bisa dibilang baik-baik saja. Tidak menunjukkan gejala yang berat.

 

Kondisi

Abdullah Gimnastiar atau Aa Gym. (Kukuh Saokani/Liputan6.com)
Abdullah Gimnastiar atau Aa Gym. (Kukuh Saokani/Liputan6.com)

"Kondisi Aa sekarang secara umum hanya batuk kendalanya, ini bagus tidak ada sesak, tidak ada pusing yang berlebihan, hanya pagi ini agak sedikit pusing karena semalam baru sampai jam 11- jam setengah 12 malam, jadi tidurnya sangat sedikit," kata dia.

Mengimbau

Aa Gym. (Instagram @aagym)
Aa Gym. (Instagram @aagym)

Di samping itu, Aa Gym tetap mengimbau kepada semua orang yang sempat berinteraksi secara langsung dengannya, untuk menjalani swab test.

"Dan siapa yang pernah dekat sekali sama Aa ada baiknya di-swab juga ya, yang pernah dekat," ujarnya.

 

Baru Terpapar?

Aa Gym. (Instagram @aagym)
Aa Gym. (Instagram @aagym)

Terlepas dari itu, Aa Gym menduga ia terpapar Covid-19 di beberapa waktu terakhir. Pasalnya, rentang waktu dari swab test yang menunjukkan hasil Positif Covid-19 dengan rapid test terakhir di hari Sabtu yang menunjukkan hasil non-reaktif, tidak terlalu jauh.

"Walaupun katanya ini baru kenanya ya. Karena kalau Sabtu saja masih non-reaktif. Aa juga kurang paham," jelasnya.

Doa

Tak lupa, Aa Gym juga meminta doa dari masyarakat agar ia segera diberikan kesembuhan.

"Kepada temen-temen, mohon Aa didoakan ya. Karena doa itu bisa menjadi jalan berubahnya dari satu takdir ke takdir oleh Allah yang menguasai takdir," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koeman Pastikan Barcelona Belanja Pemain di Bursa Transfer, Boyong Gelandang Liverpool?

Posted: 28 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman memastikan timnya akan belanja pemain di bursa transfer Januari. Namun ia enggan menyebut nama yang menjadi target Barcelona.

"Belum pasti, jadi saya tidak ingin berbicara soal individu. Tugas kami adalah menyiapkan diri dan ketika ada presiden baru, kita bisa beraksi," kata Koeman seperti dilansir Football Espana.

Jalan Barcelona di musim ini kurang mulus setelah kalah empat kali dari 14 pertandingan. Akibatnya, Lionel Messi dkk tertinggal dalam perburuan gelar juara Liga Spanyol.

Mereka menempati peringkat kelima dengan 24 poin. Blaugrana terpaut delapan poin dari Atletico Madrid dan Real Madrid di peringkat pertama dan kedua.

Koeman mengatakan, masih ada beberapa sektor yang butuh perbaikan. Maka dari itu, Barcelona perlu berbelanja pemain baru.

"Kita berbicara soal yang berkaitan dengan tim, sektor yang bisa kami perbaiki," kata Koeman.

 

Incar Gelandang Liverpool?

Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Wolverhampton Wanderers pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (7/12/2020). Liverpool menang telak atas Wolverhampton 4-0. (AP photo/Jon Super, Pool)
Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Wolverhampton Wanderers pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (7/12/2020). Liverpool menang telak atas Wolverhampton 4-0. (AP photo/Jon Super, Pool)

Sejauh ini, Barcelona dikaitkan dengan gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum. Kebetulan, sang pemain adalah mantan anak asuh Koeman di timnas Belanda.

Wijnaldum diketahui tinggal menyisakan satu musim kontrak dengan Liverpool. Pihak The Reds sendiri rumornya ingin mempertahankan gelandang yang diboyong dari Newcastle United tersebut.

Jadwal Liga Spanyol

Selasa 29 Desember 2020

23.00 WIB, Sevilla vs Villarreal

Rabu 30 Desember 2020

01.15 WIB, Barcelona vs Eibar

03.30 WIB, Cadiz vs Real Valladolid

03.30 WIB, Levante vs Real Betis

23.30 WIB, Granada vs Valencia

Kamis 31 Desember 2020

01.15 WIB, Atletico Madrid vs Getafe

01.15 WIB, Celta Vigo vs Huesca

03.30 WIB, Elche vs Real Madrid

20.00 WIB, Athletic Bilbao vs Real Sociedad

22.15 WIB, Osasuna vs Deportivo Alaves

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Varian Baru Oppo Reno5 Bakal Hadir dengan Pengisian Baterai 30W

Posted: 28 Dec 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo dilaporkan sedang menyiapkan varian baru Reno5. Informasi mengenai smartphone Oppo ini juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Selasa (29/12/2020), smartphone ini kemungkinan akan menjadi varian kelima dari Reno5. Oppo pada bulan lalu merilis tiga varian Reno5 dalam dua acara berbeda.

Oppo pun dilaporkan sedang menyiapkan varian keempat untuk pasar global. Bocoran yang kali ini muncul disebut sebagai varian kelima dari Reno5.

Berdasarkan informasi yang ada, smartphone tersebut telah mendapatkan restu dari regulator Tiongkok, China Compulsory Certification (3C). Nama yang akan diusung kemungkinan adalah Reno5 Lite, dan akan mendukung pengisian baterai 30W VOOC.

Pada data 3C, smartphone Oppo tersebut memiliki nama kode PELM00. Sementara itu, belum ada konfirmasi mengenai nama resminya.

Smartphone Misterius Reno5 Terima Sertifikat TKDN

Oppo Reno5 Starry Black (Foto: Oppo Indonesia)
Oppo Reno5 Starry Black (Foto: Oppo Indonesia)

Beberapa hari lalu, sebuah smartphone misterius milik Oppo mendapatkan sertifikat TKDN dari Indonesia. Smartphone ini memiliki kode CPH 2145 dan digadang-gadang hadir sebagai sebuah varian lain dari Reno5.

Sebelumnya, Oppo Indonesia memastikan bahwa  Reno5 versi Pro tidak akan dipasarkan di Indonesia. Oppo menjanjikan kehadiran varian lain yang menggantikan Reno5 Pro series untuk pasar Indonsia.

Rincian TKDN

Perangkat misterius Reno5 yang mendapatkan sertifikat TKDN baik di laman sertifikasi postel Ditjen SDPPI dan P3DN Kemenperin ini, didaftarkan pada 15 Desember 2020.

Reno5 CPH 2145 memiliki nilai TKDN sebesar 31,85 persen.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkenalkan Wakilnya, Menkumham: Jaga Integritas dan Bekerja Jujur

Posted: 28 Dec 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly memperkenalkan wakilnya yang baru ditunjuk Presiden Joko Widodo alias Jokowi beberapa waktu lalu, Edward Omar Sharif Hiariej.

Yasonna memperkenalkan Edward Omar Sharif Hiariej saat memberikan sambutan dalam acara 'Perkenalan Wamenkumham, Penyerahan SK CPNS, dan Serah Terima Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenkumham, Selasa (29/12/2020).

"Pada kesempatan ini saya memperkenalkan partner kerja baru saya, yaitu Prof Dr Edward Omar Sharif Hiariej, SH, M Hum sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM," ujar Yasonna dalam sambutannya.

Menurut Yasonna, Edward Omar bukan sosok asing baginya. Pria yang kerap disapa Yasonna dengan sebutan Eddy ini merupakan teman diskusinya dalam membahas persoalan hukum, khususnya dalam hal pembentukan regulasi.

"Saya sangat berharap Pak Wamen membantu saya, khususnya dalam hal pembentukan regulasi yang menjadi core business Kemenkumham. Pembentukan regulasi menjadi isu strategis yang harus bersama-sama kita sukseskan karena tuntutan publik akan adanya produk hukum yang berkualitas sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi," kata Menkumham.

Yasonna yakin, pilihan Jokowi terhadap Edward Omar Sharif Hiariej untuk membantunya di Kementerian Hukum dan HAM adalah tepat. Di mata Yasonna, Edward Omar merupakan sosok yang sangat paham kaidah hukum dan penerapannya dalam regulasi.

Pada kesempatan yang sama, Yasonna juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada perwakilan CPNS Kemenkumham 2019. Kepada mereka, Yasonna mengingatkan untuk betul-betul menjaga integritas dalam melaksanakan pekerjaan sebagai abdi negara dan menjauhi penggunaan narkoba.

"SK ini adalah bukti otentik sekaligus kontrak pengabdian kepada bangsa dan negara. Banyak masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan dan keberuntungan menjadi ASN seperti kalian. Kalian telah terpilih di antara banyak pilihan, jangan sia-siakan," ucap Menkumham Yasonna.

Harapan untuk Edward Omar Sharif Hiariej

Ahli Hukum Pidana Edward Omar Sharif Hiariej di sidang ke-14 Ahok.
Ahli Hukum Pidana Edward Omar Sharif Hiariej di sidang ke-14 Ahok.

Terhadap Edward Omar dan jajaran Kemenkumham lainnya, Yasonna meminta untuk tetap menjaga integritas dan bekerja dengan jujur. Selain itu, Yasonna juga mengingatkan jajarannya akan bahaya penggunaan narkoba.

"Jaga integritas, bekerjalah dengan jujur, hati dan pikiran yang bersih dan positif. Jaga sikap serta perilaku. Secerdas apapun manusia, dia tidak akan menjadi apa-apa kalau tidak mempunyai sikap dan sopan santun yang baik. Juga jangan sekali-sekali bermain dengan narkoba. Sekali mencaoba, kalian telah menggali liang kubur untuk diri sendiri," kata Yasonna.

Selain itu, Yasonna juga melaksanakan serah terima jabatan kepada sejumlah pimpinan tinggi yang baru dilantik. Ia mengingatkan bahwa para pimpinan tinggi dituntut memperlihatkan kinerja yang lebih dari biasa.

"Para pimpinan tinggi adalah panutan, role model bagi bawahan masing-masing dan lingkungan sekitar. Lakukan yang terbaik, keluarkan semua potensi yang ada karena kemajuan Kemenkumham ada di tangain kita semua," pungkas Yasonna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cekcok soal Ganja di Dekat Pos Pengamanan di Tambora, 2 Pemuda Diamankan Polisi

Posted: 28 Dec 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tiga pemuda kedapatan cekcok di dekat Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Tambora, Jakarta Barat. Kapolsek Tambora Kompol Mohammad Faruk Rozi menjelaskan pihaknya langsung mendatangi ketiganya dan memeriksa para pemuda tersebut.

Saat digeledah, ketiganya membawa senjata tajam.

"Saat dilakukan penggeledahan ketiga pemuda tersebut kedapatan membawa senjata tajam jenis pisau golok, pisau lipat gagang warna coklat dan pisau lipat gagang hitam yang disimpan di tas milik masing-masing pelaku," urai Faruk Rozi saat dikonfirmasi, Selasa (29/12/2020).

Faruk menjelaskan kejadian tersebut bermula saat dirinya sedang melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru di pos pengamanan TM Season City, Tambora, Jakarta Barat bersama anggotanya.

"Seketika anggota piket buser yang sedang melaksanakan Pam Nataru melihat ada tiga orang pemuda mengendarai sepeda motor jenis Yamaha Nouvo berboncengan, tidak lama kemudian kendaraan yang dinaikin tersebut tiba-tiba terjatuh tidak jauh dari lokasi pos Pam Nataru," bebernya.

Tak lama pihaknya bergegas menolong mereka, namun saat dihampiri ketiga pemuda itu terlibat cekcok. Anggotanya segera membawa ketiga pemuda yang masing-masing berinisial SS alias JY (29), AMJ alias AL (31) dan IM alias IN (31) ke pos.

Dari hasil penggeledahan SS alias JY (29) kedapatan membawa dua buah senjata tajam yang disimpan dalam tas selempang warna merah.

"Di antaranya sebuah golok dan sebuah pisau lipat gagang warna coklat dan untuk AMJ als AL (31) ditemukan sebuah tas warna coklat dan saat dikonfirmasi yang bersangkutan mengakui bahwa pisau yang ditemukan pada pelaku IM alias IN (31) di saku celana kanan adalah miliknya," papar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Transaksi Ganja

Sementara Kanit Reskrim Polsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, AKP Suparmin menjelaskan ketiganya terlibat perselisihan lantaran masalah transaksi narkoba yang tak sesuai ketentuan. Di mana AMJ telah membayar ganja yang telah dipesan sebesar Rp 6 juta kepada SS.

"Namun setelah dilakukan pembayaran tersebut ternyata SS tidak memberikan ganja yang dipesan oleh AMJ," paparnya.

Kemudian AMJ mencari SS hingga ditemui di Banjir Kanal, Jakarta Barat.

Setelah AMJ meminta bantuan IM untuk membawa SS dengan cara dibonceng di tengah dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

"Namun saat dibonceng SS berteriak minta tolong dan mengaku dianiaya hingga sepeda motor yang dikemudikan oleh AMJ jatuh tidak jauh dari Posko Lilin Jaya 2020 Polsek Tambora, Polres Metro Jakarta Barat," jelas Suparmin.

Menurut Suparmin, atas kejadian tersebut ketiganya dibawa ke kantor Polsek Metro Tambora Jakarta Barat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Guna mempertanggungjawabkan atas perbuatannya pelaku dikenakan tanpa izin membawa senjata tajam sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat RI Nomor 12 tahun 1951," beber dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

COVID-19 per 29 Desember 2020 Menginfeksi 81,2 Juta Orang di Dunia, India Masuk 5 Besar

Posted: 28 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Per Selasa 29 Desember 2020, infeksi Virus Corona COVID-19 di dunia telah mencapai 81.260.603 kasus. Dengan angka kematian 1.774.130. Sementara 45.969.222 orang dilaporkan sembuh menurut data yang dikutip dari COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU).

Berdasarkan data tersebut, Amerika Serikat masih menduduki peringkat infeksi COVID-19 terbanyak di dunia. Dengan kasus menembus 19.300.726 US.

India menjadi satu-satunya dari Asia dalam lima besar negara dengan kasus COVID-19 terbanyak sedunia. Kasusnya mencapai 10.207.871 India.

Posisi berikutnya ditempati Brasil, Rusia dan Prancis.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Bagaimana dengan Infeksi COVID-19 di Indonesia?

Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Sementara itu, dari total infeksi COVID-29 dunia 81.260.603, berikut ini posisi Indonesia:

  1. 19.300.726 AS
  2. 10.207.871 India
  3. 7.504.833 Brasil
  4. 3.047.335 Rusia
  5. 2.619.616 Prancis
  6. 2,336,688 Inggris Raya
  7. 2.162.775 Turki
  8. 2.056.277 Italia
  9. 1.879.413 Spanyol
  10. 1.672.643 Jerman
  11. 1.603.807 Kolombia
  12. 1.590.513 Argentina
  13. 1.389.430 Meksiko
  14. 1.261.010 Polandia
  15. 1.206.373 Iran
  16. 1.061.074 Ukraina
  17. 1.011.871 Afrika Selatan
  18. 1.007.657 Peru
  19. 781.467 Belanda
  20. 719.219 Indonesia

Menurut data dari COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU), Indonesia menyumbang 719.219 kasus infeksi COVID-19 dan menempati urutan ke-20.

Berdasarkan daftar tersebut ada empat negara di Asia, yakni India, Turki, iran, dan Indonesia di urutan 20 besar negara dengan infeksi terbanyak COVID-19.

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarwendah Geram Fotonya Digunakan Tanpa Izin untuk Meledek Daerah Tertentu

Posted: 28 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sarwendah istri Ruben Onsu belum lama ini dibuat geram oleh orang tak bertanggung jawab. Salah satu fotonya digunakan sembarangan tanpa izin untuk sebuah video meme yang bersifat meledek orang dari daerah tertentu.

Mengintip unggahan akun gosip Lambe Turah, video meme yang melibatkan foto Sarwendah tersebut pertama kali muncul di TikTok. Isinya adalah perbandingan para wanita dari setiap wilayah dengan foto yang berbeda-beda.

Pada awal video, terlihat foto Melody eks JKT48 ditampilkan seolah mewakili wanita Jakarta. Lalu foto wanita-wanita lain untuk Aceh, Takengon, dan Malaysia. Ketika masuk ke tahap punchline terakhir, foto Sarwendah saat menyamar sebagai orang gila di konten YouTube MOP Channel, dipajang seolah mewakili wanita Medan.

Teguran Sarwendah

Sarwendah (instagram/sarwendah29)
Sarwendah (instagram/sarwendah29)

Setelah mengetahuinya, tentu saja Sarwendah tak tinggal diam. Sarwendah langsung membuka akun TikTok untuk berkomentar di video itu.

Isinya

Isi meme tak bertanggung jawab yang melibatkan Sarwendah. (Sumber: Instagram @lambe_turah)
Isi meme tak bertanggung jawab yang melibatkan Sarwendah. (Sumber: Instagram @lambe_turah)

"Hi, semoga kamu sehat selalu ya. Memakai foto saya tanpa izin dan ada unsur menghina dan kebetulan saya berasal dari Jambi," tulis Sarwendah menggunakan akun TikTok di komentar video tersebut.

Banjir Dukungan

Sarwendah menyamar jadi orang gila (Diary Sarwendah/MOP Channel Youtube)
Sarwendah menyamar jadi orang gila (Diary Sarwendah/MOP Channel Youtube)

Tentu saja sikap Sarwendah ini mendapat dukungan dari para penggemar Sarwendah. Banyak yang berharap agar pembuat video bisa ditindak secara tegas karena sudah membuat konten yang bersifat menghina suatu daerah sekaligus sosok Sarwendah.

Kekeliruan Pembuat Meme

Selain membela Sarwendah, banyak juga penggemar maupun warganet yang menganggap pembuat meme tersebut membuat sejumlah kekeliruan.

"Nggak tahu dia kalau Raline Shah itu dari Medan," tulis @darmav66.

"Btw, Melody bukan dari Jakarta woy. Dari Bandung dia, ngaco infonya," kata @aoi.chan24.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Jenis Penelitian Kualitatif yang Umum Digunakan, Ketahui Perbedaannya

Posted: 28 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penelitian adalah pendekatan ilmiah untuk mengkaji masalah dengan menemukan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Jenis penelitian kualitatif adalah salah satu metode penelitian yang kerap digunakan tanpa perhitungan.

Jenis penelitian kualitatif menggunakan data yang berdasar pada argumen. Argumen dalam data kualitatif bisa direpresentasikan dalam bentuk kata-kata dan kalimat, bukan angka sehingga tidak bisa dihitung.

Untuk bisa membuat argumen saat menggunakan jenis penelitian kualitatif peneliti dapat mengumpulkan hasil wawancara, analisis dokumen, diskusi hingga transkip observasi. Bisa juga melampirkan data kualitatif berupa foto maupun sebuah rekaman video.

Berikut Liputan6.com ulas jenis penelitian kualitatif dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

Jenis Penelitian Kualitatif

Ilustrasi penelitian | Credit: pexels.com/Startup
Ilustrasi penelitian | Credit: pexels.com/Startup

Dasar (Basic Research)

Jenis penelitian ini bertujuan mengetahui sesuatu yang dibuktikan dalam bentuk riset tanpa memerhatikan manfaat bagi masyarakat. Penelitian ini dikerjakan tanpa memikirkan ujung praktis. Itulah mengapa penelitian ini tidak untuk digunakan khalayak umum.

Fokus utama jenis penelitian adalah kontinuitas dan integritas dari ilmu dan filosofi. Penelitian ini tidak memikirkan ada atau tidaknya hubungan dengan kejadian dalam masyarakat. Bahkan jalan pemikiran peneliti jenis ini bisa jadi tanpa memikirkan sudut pandang suatu penelitian.

Hasil penelitian dasar ini berupa pengetahuan umum dan pengertiannya mengenai kaidah-kaidah suatu disiplin ilmu. Penelitian dasar, umumnya bisa memecahkan masalah tanpa ada pertimbangan efek sosial, ekonomi atau masyarakat.

Etnografi

Penelitian ini digunakan untuk mengungkap makna sosio-kultural dengan cara mempelajari pola hidup dan interaksi antar-kelompok sosio-kultural (culture-sharing group) tertentu di sebuah ruang atau konteks yang spesifik.

Etnografi menggunakab dua dasar konsep sebagai landasan penelitian, yaitu aspek budaya (antropologi) dan bahasa (linguistik). Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji bentuk dan fungsi bahasa dalam budaya dalam kehidupan masyarakat. Menginterpretasikan dalam kelompok sosial, sistem yang dijalankan, dan interaksi di dalamnya.

Jenis Penelitian Kualitatif

Ilustrasi wawancara | Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.
Ilustrasi wawancara | Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Terapan (Applied Research)

Pada jenis penelitian ini hasil hasilnya bukan berupa ilmu baru, namun condong pada aplikasi baru yang merupakan penerapan dari ilmu murni.

Peneliti yang menggunakan jenis ini, memiliki ciri-ciri yaitu mengaplikasikan penemuan jenis penelitian dasar. Tujuannya untuk keperluan praktis dalam bidang-bidang tertentu. Biasanya seorang peneliti terapan punya keinginan supaya hasil penelitiannya bermanfaat dan berguna bagi khalayak umum.

Studi Kasus

Penelitian studi kasus adalah penelitian berdasar kejadian yang sudah terjadi. Penelitian ini mempelajari interaksi antar variabel satu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari bagaimana suatu kejadian bisa terjadi secara sistematis pada kurun waktu yang cukup lama.

Studi kasus merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan sebuah program, kegiatan, peristiwa, dan kelompok dalam keadaan tertentu. Penelitian ini secara kasar digunakan untuk mengamati latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi.

Jenis Penelitian Kualitatif

Ilustrasi penelitian | Vlada Karpovich dari Pexels
Ilustrasi penelitian | Vlada Karpovich dari Pexels

Evaluasi (Evaluation Research)

Selanjutnya, penelitian ini dilakukan setelah ada penelitian lain dan dilaksanakan dalam bentuk penelitian baru. Penelitian ini adalah jenis turunan dari penelitian terapan. Tujuan jenis penelitian ini sebagai evaluasi pada sebuah keberhasilan, manfaat, kegunaan, sumbangan, serta kelayakan suatu program, produk, atau kegiatan tertentu, yang pada akhirnya bisa mendapatkan perbaikan agar hasilnya lebih baik.

Tindakan

Penelitian tindakan mempraktikkan ilmu dalam tindakan nyata agar mengetahui respon pada situasi di lapangan. Penelitian ini tujuannya untuk memperbaiki proses dan memahami bagaimana praktik pendidikan yang baik, professional, serta dapat meningkatkan hasil dari kegiatan.

Naratif

Jenis penelitian naratif adalah jenis penelitian yang dijabarkan langsung secara lisan dengan mengatakan atau menceritakan mengenai isi penelitian. Penelitian ini dikumpulkan dengan cara diskusi, percakapan, atau wawancara.

Singkatnya, pengalaman individu akan diceritakan kepada peneliti, dan kemudian akan diceritakan kembali dengan susunan kata-kata sang peneliti.

Jenis Penelitian Kualitatif

Ilustrasi penelitian | Burst dari Pexels
Ilustrasi penelitian | Burst dari Pexels

Historis

Jenis penelitian kualitatif historis lebih menekankan pada masalah sejarah. Fokusnya ada pada peristiwa yang sudah berlalu dan direkonstruksi lagi dengan sumber data dan saksi yang masih ada sampai saat ini.

Sumber data dari penelitian historis adalah dari catatan sejarah, artifak, laporan verbal, dan saksi yang dapat dipertanggungjawabkan. Sederhananya, melihat suatu fenomena perkembangan berdasarkan pergeseran waktu.

Eksplorasi

Penelitian eksplorasi adalah jenis penelitian yang tujuannya menemukan ilmu pengetahuan baru atau terapan, serta masalah-masalah baru dalam bidang pendidikan.

Contohnya, sebuah penelitian dengan hasil sebuah profil atau kriteria pemimpin yang efektif dalam manajemen sekolah. Bisa juga berupa penelitian mengenai metode atau prosedur baru untuk belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan untuk peserta didik.

Jenis Penelitian Kualitatif

Ilustrasi berkas | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi berkas | Andrea Piacquadio dari Pexels

Deskriptif

Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis.

Jenis penelitian ini dapat menjawab pertanyaan apa, di mana, kapan dan bagaimana, tetapi tidak untuk pertanyaan mengapa. Tidak seperti dalam penelitian eksperimental, peneliti tidak mengontrol atau memanipulasi variabel apa pun, tetapi hanya mengamati dan mengukurnya.

Verifikasi

Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan menguji kebenaran ilmu-ilmu di dalam bidang pendidikan yang sudah ada, seperti konsep, prinsip, prosedur, dalil maupun praktek pendidikan.

Data penelitian yang sudah didapatkan akan digunakan sebagai dasar pembuktian informasi atau masalah-masalah dalam pendidikan yang mungkin sedang diragukan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kunci Sukses Ciptakan SDM Keuangan Syariah yang Unggul

Posted: 28 Dec 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada empat kunci sukses dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di sektor ekonomi keuangan syariah. Salah satu kunci tersebut adalah strategi edukasi keuangan syariah.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, grand strategy edukasi keuangan syariah harus sejalan dengan masterplan pengembangan ekonomi keuangan syariah. Baik secara nasional yang sudah dirumuskan dalam Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) maupun di masing-masing lembaga.

Dia menyebut, di BI pengembangan literasi edukasi itu merupakan salah satu dari tiga pilar pengembangan ekonomi keuangan syariah. Di mana pilar pertama adalah bagaimana turut serta mengembangkan ekonomi keuangan syariah dalam menciptakan halal value chain di dalam sektor sektor unggulan.

Pilar kedua adalah pengembangan keuangan syariah baik keuangan komersial melalui bank dan lembaga keuangan maupun juga keuangan sosial seperti zakat. Dan pilar ketiga yakni edukasi, riset, dan literasi.

"Ini sudah ada masterplan ekonomi keuangan syariah secara nasional maupun di Bank Indonesia juga sudah ada. Sehingga grand strategi edukasi literasi riset di bidang keuangan syariah harus sebagai bagian tidak terpisahkan dari masterplan itu itu adalah kata kunci yang pertama," kata dia dalam acara Sharia Business & Academic Sinergy, yang digelar virtual, Selasa (29/12).

 

Kunci Kedua

Nasabah memanfaatkan layanan digital bank melalui layanan Mandiri Syariah Mobile di Jakarta, Rabu (8/7/2020). Mandiri Syariah juga mengoptimalkan metode pembayaran digital tanpa uang tunai sebagai upaya untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di Era New Normal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nasabah memanfaatkan layanan digital bank melalui layanan Mandiri Syariah Mobile di Jakarta, Rabu (8/7/2020). Mandiri Syariah juga mengoptimalkan metode pembayaran digital tanpa uang tunai sebagai upaya untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di Era New Normal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perry mengatakan, kunci kedua untuk ciptakan SDM unggul di sektor ekonomi keuangan syariah yakni dengan adalah link and match. Bagaimana pihaknya akan terus berupaya mengembangkan edukasi literasi ekonomi keuangan syariah yang betul-betul terintegrasi link and match dengan user.

Dia memandang, link ini menjadi penting bagaimana pemerintah dan BI akan mengembangkan edukasi ekonomi keuangan syariah di kampus-kampus, juga kampanye-kampanye, sosialisasi terintegrasi dengan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Memang disinilah tantangannya bagaimana pengembangan kurikulum misalnya di perguruan tinggi maupun juga di high-level SMA di berbagai bidang itu tentu saja teori menjadi sangat penting kaidah-kaidah hukum menjadi penting. Tapi bagaimana itu aplikasinya baik di bidang pengembangan ekonomi maupun di dalam keuangan syariah," sebutnya.

 

Kunci Ketiga dan Keempat

Petugas melayani nasabah di Bank Mandiri Syariah di Jakarta, Kamis (14/7). Sejumlah bank syariah mengaku siap menjadi bank persepsi, Jakarta, Kamis (14/7). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melayani nasabah di Bank Mandiri Syariah di Jakarta, Kamis (14/7). Sejumlah bank syariah mengaku siap menjadi bank persepsi, Jakarta, Kamis (14/7). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya kunci ketiga yakni mengenai kecakupan. Di mana dalam hal ini BI melakukan kecakupan dalam riset dan assesmen di bidang ekonomi keuangan syariah dengan kolaborasi bersama kementerian lembaga. Penerapan riset menjadi penting di dalam publikasi

Kemudian yang kedua cakupannya adalah mengenai lembaga dan infrastrukturnya. Baik yang mencakup perguruan tinggi dan lembaga, riset lembaga sertifikasi profesi, asosiasi, dan otoritas. Dan cakupan terakhir adalah edukasi. "Edukasi ada formalnya di perguruan tinggi baik mengenai kurikulumnya maupun vokasi dan profesinya," katanya.

Kunci terakhir adalah sinergi atau jamaah. Perry memandang dalam menciptakan SDM unggul di bidang ekonomi keuangan syariah perlu dukungan bersama-sama, atau tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri.

"Jamaah ini adalah kerja kita bersama enggak bisa dilakukan oleh BI saja tidak bisa dilakukan oleh Kementerian Agama saja. Sinergi jamaah ini yang harus kita lakukan," tandasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Perindustrian Kembangkan Fesyen Muslim Lewat Kompetisi MOFP

Posted: 28 Dec 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka terus berupaya mengembangkan potensi desainer fesyen muda Indonesia yang sangat besar.

Ini demi memberikan wadah dan panggung sebagai sarana pengembangan serta promosi diri. Salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi desain fesyen muslim Modest Fashion Project (MOFP).

Puncak kegiatan Kompetisi MOFP 2020 dilaksanakan pada tanggal 21 November 2020 melalui acara bertajuk Inagurasi Modest Fashion Project 2020 yang disiarkan langsung melalui akun Youtube Kementerian Perindustrian RI.

Selain fashion show penjurian grand final Kompetisi MOFP 2020, Inagurasi MOFP 2020 juga menampilkan fashion show para desainer finalis MOFP 2019 yang telah dibina oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI melalui program pembinaan coaching fashion business.

"Kompetisi MOFP merupakan kompetisi yang kami selenggarakan untuk memberikan wadah dan panggung bagi para desainer fesyen muslim. Kami menyadari bahwa dalam pengembangan industri fesyen muslim, peran desainer sangat penting untuk memberikan warna serta inovasi baru dalam pengembangan produk fesyen muslim diIndonesia," terang Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih.

Dirjen IKMA menjelaskan, "Sudah banyak desainer fesyen Indonesia yang telah mendunia, dan diharapkan para desainer kompetisi MOFP kelak akan menjadi desainer fesyen yang juga dapat berkarya di kancah dunia mempromosikan potensi industri fesyen Indonesia," ujarnya.

 

Industri fesyen dunia

Fesyen muslim
Fesyen muslim

Gati menerangkan perkembangan jumlah umat muslim dunia menjadi salah satu pemicu utama yang mendorong pertumbuhan industri fesyen muslim.

The State Global Islamic Ecomony Report 2020/2021 yang baru saja dirilis, melaporkan konsumsi fesyen muslim dunia tahun 2019 diperkirakan mencapai USD 277 Miliar.

Pada 2020, diperkirakan konsumsi fesyen muslim dunia menurun akibat pandemi covid-19 sebesar 2,9 persen menjadi USD 268 Miliar dan angka konsumsi fesyen muslim diprediksi kembalipulih pada tahun 2021.

Dampak pandemi covid-19 juga berimbas pada angka proyeksi konsumsi fesyen muslim dunia pada tahun 2024 yang menurun menjadi USD 311 Miliar dimana sebelum masa pandemi angka konsumsi fesyen muslim dunia pada tahun 2024 diproyeksikan akan mencapai USD 402 Miliar.

Sementara konsumsi fesyen muslim Indonesia sendiri pada tahun 2019 adalah senilai US$ 16 Milyar, terbesar kelima didunia setelah Iran, Turki, Saudi Arabia dan Pakistan.

Hal ini menunjukkan bahwa peluang pasar fesyen muslim global maupun domestik sangat besar dan harus diisi oleh industri fesyen muslim Indonesia.

Menurutnya pengembangan fesyen muslim Indonesia juga mempunyai prestasi di dunia internasional. Berdasarkan The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fesyen muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

"Hal ini menunjukkan peluang Indonesia untuk dapat berada pada urutan pertama dan menjadi salah satu pusat fesyen muslim dunia," terang Gati.

Industri fesyen muslim yang merupakan bagian dari industri pakaian jadi memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional.

Berdasarkan data PusdatinK emenperin, kinerja ekspor industri pakaian jadi sepanjang tahun 2019 mencapai USD 8,3 miliar dan pada periode bulan Januari hingga September tahun 2020 ekspor industri pakaian jadi telah mencapai angka USD 5,36 miliar.

Industri fesyen merupakan salah satu sektor industri penopang ekonomi nasional dan harus terus dipertahankan serta ditingkatkan kinerjanya.

Industri pakaian jadi juga sangat erat hubungannya dengan sektor industri tekstil. Berdasarkan data Pusdatin Kemenperin pula, kontribusi sektor Industri Tekstil dan Pakaian jadi menyumbang sebesar 6,75 persen pada kontribusi PDB Industri Pengolahan Non-Migas di Triwulan III tahun 2020.

Melihat segala potensi dan keunggulan sektor industri fesyen muslim di Indonesia makapada kesempatan tersebut, Gati juga mengajak para desainer, pemerintah, pelaku industri, market place, akademisi serta seluruh stakeholder terkait untuk dapat bersama-sama memaksimalkan potensi dan terus mempromosikan dan memperkenalkan industri fesyen muslim Indonesia.

"Saya harap teman-teman desainer di masa yang akan datang akan terus mengeluarkan ide, inovasi dan karya kreatif yang dapat memberikan pengaruh positif pada perkembangan industri fesyen muslim nasional," ujar Gati.

Di akhir acara Inagurasi MOFP, diumumkan para pemenang Kompetisi MOFP2020 yang berhak mendapatkan hadiah berupa piala, piagam serta uang tunai dengantotal Rp 75 juta bagi pemenang Juara I, II, III dan Favorit.

Meskipun demikian, seluruh finalis MOFP 2020 yang berjumlah 20 orang akan mendapatkan program pembinaanwirausaha baru di bidang fesyen muslim.

Diharapkan Kompetisi ini dapat dijadikan batu loncatan bagi teman-teman sekalian para desainer fesyen untuk dapat menjadi seorang wirausaha baru di bidang fesyen muslim yang berkualitas dan berdaya saing.

Infografis Manfaat Detoks Kopi

Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak

Posted: 28 Dec 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk dikulik. Termasuk kehidupan penyanyi Ari Lasso yang memiliki 5 orang anak. Ya, buah cintanya dengan Vita Dessy melahirkan Aura Rivanya Maharani, Abraham Bernard Lasso, Audra Anandira Lasso, Alessandra Lasso, Michael Bernard Lasso.

Kini anak sulung Ari Lasso mulai mencuri perhatian publik. Anak sulung penyanyi lagu Hampa ini akan berulang tahun ke-22 pada 12 Maret 2021 nanti. Putri cantik Ari Lasso ini mulai disebut sang ayah di berbagai kesempatan seperti saat menjadi juri Indonesian Idol pada Senin (28/12/2020).

Ari Lasso menyebut ingin menikahkan Aura Rivanya Maharani dengan mengundang Judika sebagai penyanyi di babak showcase Indonesian Idol kemarin. Pernyataan Ari Lasso ini membuat publik penasaran akan potret kedekatan pria berusia 47 tahun dengan Aura.

Penasaran kan dengan potret keakraban Ari Lasso dengan anak sulungnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari @auravya dan @ari_lasso, potret keakraban Ari Lasso dengan Aura Rivanya Maharani, Selasa (29/12/2020).

1. Ini dia Aura Rivanya Maharani, anak sulung Ari Lasso yang beranjak dewasa.

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)
6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)

2. Saat ini Aura sudah berusia 21 tahun dan kehidupannya mulai tersorot publik.

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)
6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)

3. Kakak dari 4 adik ini memang terkenal usil seperti mengganggu orang tuanya saat berfoto.

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)
6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)

4. Saat momen Aura wisuda, Ari Lasso ikut hadir menghantarkan anaknya melepas status mahasiswi.

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)
6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)

5. Ari Lasso memang terkenal sebagai penyanyi yang dekat dengan anak-anaknya.

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)
6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/auravya)

6. Saat momen ulang tahun istri Ari Lasso, Vita Dessy, keluarga besar hadir dan ikut merayakan.

6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/ari_lasso)
6 Potret Keakraban Ari Lasso dengan Anak Sulungnya, Selalu Kompak (sumber: Instagram.com/ari_lasso)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepincut Motor Bekas Honda BeAT 2020, Simak Bocoran Harganya

Posted: 28 Dec 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - All New Honda BeAT mendapatkan pembaruan yang signifikan pada awal 2020. Belum sampai 1 tahun, Honda BeAT 2020 sudah bisa diburu di pasaran motor bekas.

Motor bekas Honda BeAT yang dibanderol mulai Rp12 jutaan di wilayah DKI Jakarta, tentu menggiurkan bagi pemburu motor bekas. Harga barunya kini berada di kisaran Rp 16,45 juta – Rp 17,25 juta berstatus on the road Jakarta.

Selisih antara Rp 2-4 jutaan dari harga baru tentu cukup terasa untuk skutik. Umurnya juga tergolong muda, seharusnya tidak terlalu banyak perbaikan yang harus dilakukan.

Berdasarkan pemantauan Oto.com, paling banyak motor bekas BeAT di Ibu Kota baru berjalan sekitar 9.000 km. Alias kalau dibagi sekitar 25 km sehari selama 11 bulan. Wajar. Bahkan jika mau teliti dan sabar mencari, masih ada BeAT sangat gres baru berjalan 2.000 km. Artinya garansi servis kedua pun belum digunakan. Sangat menarik bukan?

 

Usia Muda

Motor-motor di usia segitu rasanya kita tak harus khawatir soal kesehatan mesin dan teknis lain. Kondisi boleh dibilang seperti motor baru. Mungkin pun kalau ada, hanya berupa kecacatan minor. Seperti gores atau kondisi bodi kusam sebab dipakai harian. Rasanya masih oke. Atau kemungkinan lain ada bekas tabrakan atau banjir. Baiknya teliti sebelum membeli.

Untuk memastikan, pemeriksaan awal bisa dimulai dari posisi bodi dan rangka presisi. Kalau bekas kecelakaan berat, biasanya ada saja las yang tidak rapi, atau bahkan membuat peletakkan panel tidak rapat. CVT, rem, serta komponen fast moving juga baiknya dicek. Agar memastikan siap disiksa harian.

Jangan Kredit

Perlu dicatat, daya tarik unit bekas ini bukan ditujukan pada konsumen kredit. Sebab kalau mau mencicil ditambah biaya peminjaman alias bunga, jatuhnya tak terlalu jauh. Lebih baik membeli unit baru sekalian. Toh paling selisih angsuran berkisar puluhan sampai ratusan ribu Rupiah. Beda saat beli tunai, keuntungan itu baru bakal terasa.

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 RPP Cipta Kerja Paling Banyak Direspon Publik, Pemberdayaan UMKM Paling Populer

Posted: 28 Dec 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah membentuk Tim Serap Aspirasi (TSA) untuk melakukan sosialisasi dan serap aspirasi publik terkait Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) UU Cipta Kerja.

Adapun aksi TSA itu dilakukan melalui webinar, bertemu langsung dengan aspirator, serta membuka akses bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya terhadap RPP dan RPPres.

Aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada TSA tidak terlepas dari draf RPP yang sudah diunggah ke dalam website resmi UU Cipta Kerja. Sampai dengan 25 Desember 2020, 28 draf RPP sudah diunggah ke website.

Ketua TSA Franky Sibarani menyatakan pihaknya akan terus menampung aspirasi masyarakat dan memberikan rekomendasi terhadap pembuatan RPP dan RPPres sebagai peraturan turunan UU Cipta Kerja.

"Sehingga semangat reformasi dan kemudahan berusaha yang merupakan elemen utama dari UU Cipta Kerja bisa tertuang secara jelas dalam RPP dan RPPres," kata Franky dalam keterangannya, Selasa (29/12/2020).

Beberapa pihak yang telah memberikan aspirasinya antara lain dari Forum Kyai Kampung, PP Muhammadiyah, SAS Institute, UIN Syarif Hidayatullah, KPPOD, CorrDev Universitas Kristen Satya Wacana,Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), REI Institute, CSIS, Asosiasi UPK Nasional, dan elemen lainnya.

TSA mencatat RPP Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan KUMKM mendapatkan masukan dan aspirasi terbanyak. Menyusul kemudian RPP Lembaga Pengelola Investasi, dan RPP Penataan Ruang.

 

Daftar RPP

Suasana Rapat Paripurna pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Fraksi Partai Demokrat dan PKS menolak pengesahan, sementara tujuh fraksi lainnya menyetujui RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Suasana Rapat Paripurna pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Fraksi Partai Demokrat dan PKS menolak pengesahan, sementara tujuh fraksi lainnya menyetujui RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berikut daftar 10 RPP Cipta Kerja yang Terbanyak Menjaring Aspirasi Publik:

1. RPP Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan KUMKM 70 poin aspirasi

2. RPP Lembaga Pengelola Investasi 62 poin aspirasi

3. RPP Penataan Ruang 58 poin aspirasi

4. RPP Pengelolaan Lingkungan Hidup 56 poin aspirasi

5. RPP Perizinan Berusaha di Daerah 48 poin aspirasi

6. RPP PKWT, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, serta Pemutusan Hubungan Kerja 42 poin aspirasi

7. RPP Pajak Daerah dan Retribusi Daerah untuk Mendukung Kemudahan Berusaha 38 poin aspirasi

8. RPP PUPR 28 poin aspirasi

9. RPP Sektor Kehutanan 25 poin aspirasi

10. RPP Sektor Transportasi 19 poin aspirasi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Makanan untuk Beri Semangat, Kiriman Wanita Ini Malah Ditolak Sang Pacar

Posted: 28 Dec 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan tentunya akan memberikan perhatian-perhatian sederhana untuk sang pacar. Walaupun hanya perhatian sederhana, tak sedikit pasangan yang merasa bahagia dengan perhatian tersebut. Namun tak sedikit pula pasangan yang merasa hal tersebut berlebihan.

Setiap momen manis antara pasangan sejoli tak jarang diunggah di laman media sosial masing-masing. Selain momen-momen atau cerita bahagia, biasanya tak sedikit wanita yang juga membagikan cerita sedih atau masalah yang saat itu tengah dialaminya.

Belum lama ini viral di TikTok seorang wanita yang membagikan cerita saat kiriman makanannya ditolak sang pacar. Niat ingin memberi semangat untuk sang pacar, pesanan makanan yang sampai malah ditolak dan dikembalikan oleh sang pacar.

Video yang diunggah pada 14 Oktober 2020 ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali dan menuai ragam komentar dari warganet. Tentunya sikap pria yang tidak bisa menghargai usaha kekasihnya ini membuat tak sedikit warganet merasa kesal.

Video tentang kisah wanita yang pesanannya ditolak sang pacar ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @shierlyelv pada Selasa, (29/12/2020).

Kiriman Makanan Ditolak Sang Pacar

Kiriman Makanan Ditolak Sang Pacar. (Sumber: TikTok/ @shierlyelv)
Kiriman Makanan Ditolak Sang Pacar. (Sumber: TikTok/ @shierlyelv)

Setiap wanita tentunya akan berusaha memberikan semangat untuk sang pacar walaupun hanya dengan hal sederhana. Namun, saat ini tak sedikit cowok yang tidak bisa menghargai usaha yang dilakukan sang kekasih. Biasanya jika mengalami hal mengecewakan, setiap wanita akan menumpahkan dan membagikan cerita tersebut di media sosial.

Terkadang menghargai hal kecil saja bisa membuat hubungan yang terjalin menjadi lebih hangat dan semakin harmonis. Namun jika hal kecil saja tidak bisa dihargai, hubungan yang dijalin harus segera diakhiri. Pasalnya jika hubungan tersebut terus dijalani, akan membuat salah satu pihak akan terus sakit hati karena merasa tidak pernah dihargai.

Seperti yang belum lama ini viral di TikTok, seorang wanita pemilik akun TikTok @shierlyelv mengunggah cerita saat ia mengirim makanan untuk memberi semangat sang kekasih, tetapi malah ditolak. Sang pacar menolak saat pesanan makanan tersebut telah sampai di tempat kediamannya.

@shierlyelv

Ada yg pernah rasain juga?😭 #1111ShopeeHaul #viral2020 #fypdonggg #foryouthis #xyzbcap #samasamanyaman #tiktoksong #tiktoksedih

♬ Kamu & Kenangan - Original Soundtrack Habibie & Ainun 3 - Maudy Ayunda

Dalam video tersebut, sang pemilik akun TikTok @shierlyelv memperlihatkan tentang orderan di aplikasi online dan screenshot chat saat sang pacar menolak kirimannya. Saat ditolak oleh sang pacar, driver makanan online tersebut terlihat sangat bingung karena pesanan makanan tersebut malah dikembalikan dan tidak diterima.

"Ada yg pernah rasain ga sih lu grabfoodin pacar lu buat semangatin dia kerja, tapi ditolak?" tulis sang pemilik akun pada video yang diunggahnya.

Terlihat juga dalam video tersebut, balasan cowok tersebut saat menolak kiriman dari sang pacar. Cowok tersebut seakan tak ingin diperhatikan, dan menurutnya tidak perlu untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, terlihat juga kalau pemilik akun @shierlyelv tak bisa menahan kesedihan dan kekecewaannya.

Komentar Warganet

Kiriman Makanan Ditolak Sang Pacar. (Sumber: TikTok/ @shierlyelv)
Kiriman Makanan Ditolak Sang Pacar. (Sumber: TikTok/ @shierlyelv)

Video yang diunggah pda 14 Oktober 2020 ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan ragam respon dari wargnet. 2 ribu komentar dibubuhkan warganet di kolom komentar, tak sedikit warganet yang juga membagikan cerita serupa dan memberi semangat dan masukan untuk pemilik akun @shierlyelv ini. Bahkan video tersebut sudah dibagikan lebih dari 800 kali dan mendapatkan 36 ribu likes dari pengguna TikTok.

"Laki kaya gitu dipertahanin? Mending tuker tambah sama cheesecake kak, kaka bahagiain diri sendiri aja habis ini, jangan nangis lagi ya." Tulis CallmeS.

"Kasih aja ke tukang gojeknya mba dan putusin cowonya. Semangat." Timpal Cvs.Classy.

"Definisi cowo tidak bisa diharapkan." Imbuh oyen.

"Kata ibu "apapun pemberian orang, terima dulu, suka atau tidak urusan belakang. Itu salah satu cara menghargai org."" Komentar Riend Shaoran.

"Mirip mirip kisah gue wkwkwk bedanya gue yg anter sendiri dan doi malah marah, kadang hidup tuh selucu itu emg." Tambah Jee.

"Jangan sedihh, cowonya ga bersyukur dapet cewe kayak kamu." Kata Capri bae disertai dengan emot sedih.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 10 Pria Paling Tampan Dunia 2020, Jungkook BTS Tergeser dari Posisi Puncak

Posted: 28 Dec 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - TC Candler baru saja mengeluarkan daftar 100 pria paling tampan 2020 pada Senin malam, 28 Desember 2020. Pada 2019, Jungkook BTS berhak menyandang julukan tersebut. Namun, posisinya di tahun ini tergeser oleh pria asal Swedia.

Dalam menentukan peringkat, TC Candler menegaskan mereka tidak semata menentukan berdasarkan popularitas. Sebelum mengeluarkan daftar tersebut, mereka juga menyebarkan nominasi profil yang tidak terbatas pada kebangsaan, ras, maupun usia.

Siapa saja yang menempati peringkat 10 besar daftar pria paling tampan dunia tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Felix Kjellberg

Posisi pertama ditempati oleh YouTuber, Felix Kjellberg. Pria asal Swedia yang dikenal sebagai PewDiePie ini memiliki pengikut hingga 108 juta subscriber. Melalui akun YouTube-nya bernama PewDiePie ini, ia kerap mengunggah konten permainan video, hingga mengomentari konten komedi seperti review meme, LWIAY, dan PEW News.

2. Kim Tae-Hyung (V BTS)

Posisi kedua ditempati oleh penyanyi sekaligus penulis lagu, Kim Tae-Hyung, atau yang lebih dikenal V. Personel BTS ini pada 2017 menempati posisi pria paling tampan di dunia. Akun Instagram-nya bernama @taehyung.bighitentertainment ini sudah diikuti lebih dari 8 juta akun. Ia kerap menampilkan foto selfie dan bersama teman-teman dari anggota BTS di akun miliknya.

3. Chris Hemsworth

Posisi ketiga ditempati pemeran Thor, Chris Hemsworth. Pria Australia ini masuk ke dalam wall of fame pada daftar pria paling tampan tersebut.

4. Jungkook BTS

Jeon Jeong-guk, lebih dikenal Jungkook ini merupakan personel boyband Korea Selatan, BTS. Ia sempat menjadi pria paling tampan dalam daftar yang dikeluarkan pada tahun lalu.

5. Henry Cavill

Henry William Dalgliesh Cavill atau yang dikenal Henry Cavill, merupakan aktor asal Britania Raya. Popularitasnya meroket sejak berperan sebagai Superman.

Melalui akun Instagram-nya bernama @henrycavill, seringkali ia mengunggah foto ataupun video film yang sedang ia mainkan. Seperti film yang terakhir ia unggah berjudul "witcher" serial Netflix.

6. Jason Derulo

Jason Derulo atau yang lebih dikenal sebagai Jason, ini merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, aktor, dan juga penari berkebangsaan asal Amerika Serikat. Kariernya dalam bermusik semakin cerah, karena Jason sempat berhasil menempati lagu miliknya di posisi 1 di US dan UK dengan judul "Whatcha Say".

7. Xiao Zhan

Xiao Zhan atau yang juga dikenal sebagai Sean Xiao, merupakan seorang aktor dan penyanyi yang berasal dari China. Ia dikenal dalam peran dramanya berjudul "Oh! My Emperor" dan "The Untamed", selain itu Sean juga dikenal sebagai salah satu anggota dari grup X NINE. Ia sempat didapuk sebagai pria tertampan 2020 versi Top Global World yang belakangan dihapus.

8. Jason Momoa

Jason Momoa di Oscar 2019. (MARK RALSTON / AFP)
Jason Momoa di Oscar 2019. (MARK RALSTON / AFP)

Joseph Jason Namakaeha Momoa atau yang lebih dikenal sebagai Jason Momoa merupakan seorang model, aktor, sutradara, penulis, dan produser berkebangsaan Amerika Serikat. Jason dikenal melalui serial 'Game Of Thrones' sebagai Khal Drogo. Selain itu, ia juga membintangi 'Conan the Barbarian'.

9. Timothee Chalamet

Timothée Hal Chalamet atau yang dikenal sebagai Timothee Chalamet merupakan seorang aktor asal Amerika Serikat. Ayahnya keturunan Prancis dan ibunya keturunan Amerika Serikat sehingga ia memiliki dua kewarganegaraan. Ia dikenal sebagai aktor dalam serial televisi Homeland.

10. Paing Takhon

Paing Takhon yang merupakan aktor berasal dari Myanmar. Seringkali ia memainkan peran film-film nya yang berjudul Bad Boy 2, Midnight Traveller, Thaman Kyar. (Melia Setiawati)

 

Tips Liburan di Rumah Aja

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Coba, 5 Tips Menjaga Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru sudah di depan mata. Sudahkah Anda menyusun resolusi baru? Sejujurnya, menyusun resolusi merupakan hal yang mudah, yang sulit adalah menjalankannya.

Sebagian individu menganggap bahwa tahun baru berarti saatnya menyusun resolusi baru. Pasalnya, resolusi diartikan sebagai 'awal baru' untuk diri agar lebih dari sebelumnya.

Mulai dari menurunkan berat badan, mencapai karir impian, hingga mampu mengatur keuangan secara maksimal. Agar tak sia-sia, Anda perlu melakukan beberapa hal supaya resolusi tahun baru bisa tercapai.

Nah, berikut tips menyusun resolusi tahun baru yang tepat agar target dan harapan bisa terwujud di tahun 2021.

1. Fokus pada satu hal

Ilustrasi Fokus dan Bekerja Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Fokus dan Bekerja Credit: pexels.com/pixabay

Meskipun memiliki daftar resolusi yang panjang, Anda perlu fokus pada satu tujuan. Menurut Richard Wiseman, seorang profesor psikologi di Universitas Hertfordshire, menyarankan agar Anda hanya memilih satu dan memfokuskan energi pada hal tersebut daripada menyebarkannya ke beberapa tujuan yang berbeda.

Mengambil dan menjalankan beberapa resolusi secara bersamaan dapat menjadi hal yang sulit. Pasalnya, membangun pola perilaku baru membutuhkan waktu dan upaya yang lebih. Memfokuskan diri pada suatu tujuan tertentu membuat resolusi jauh lebih tercapai.

2. Buat rencana dengan detail

Ilustrasi Menulis Buku Diary Credit: pexels.com/Kaboompics
Ilustrasi Menulis Buku Diary Credit: pexels.com/Kaboompics

Memilih resolusi dengan bijak dan membuat perencanaan ekstensif adalah bagian penting untuk mencapai tujuan apa pun.

Para ahli menyarankan agar Anda mengetahui cara menangani perubahan perilaku yang besar, termasuk langkah-langkah yang akan Anda ambil, mengapa Anda ingin melakukannya, dan cara-cara agar Anda tetap pada jalurnya.

Dengan membuat rencana secara detail, hal tersebut dapat membantu Anda tetap berpegang pada tujuan. Pasalnya, jika Anda ingin mencapai tujuan tanpa rencana apa pun, Anda bisa saja menyerah saat berhadapan dengan rintangan yang datang. 

Anda dapat memulai dengan menulis tujuan, membuat daftar hal-hal yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, dan mencatat segala rintangan yang mungkin menghalangi jalan Anda.

3. Mulai dengan langkah kecil

Pastikan bangun pagi Anda makin semangat dengan 5 Langkah
Pastikan bangun pagi Anda makin semangat dengan 5 Langkah

Mengambil terlalu banyak dan terlalu cepat adalah alasan umum mengapa begitu banyak resolusi tahunan yang gagal. Pasalnya, mengubah perilaku normal secara radikal adalah cara yang tepat untuk menggagalkan semua rencana Anda.

Sebaliknya, fokuslah pada langkah-langkah kecil yang dapat membantu Anda mencapai tujuan yang lebih besar.

Meskipun tampak lambat, perubahan kecil secara bertahap ini memudahkan Anda untuk tetap berpegang pada kebiasaan baru yang sehat dan meningkatkan kemungkinan keberhasilan yang panjang.

4. Hindari mengulangi kegagalan di masa lalu

Ilustrasi. Kegagalann (sumber. Huffingtonpost.co.uk)
Ilustrasi. Kegagalann (sumber. Huffingtonpost.co.uk)

Strategi lain agar resolusi Anda tercapai adalah dengan tidak membuat resolusi yang sama dari tahun ke tahun.

Namun, jika Anda memang memilih untuk mencapai tujuan yang sama di masa lalu, coba untuk mengevaluasi hasil Anda sebelumnya.

5. Ingat, perubahan adalah proses

Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

Kebiasaan tidak sehat atau tidak diinginkan yang Anda coba ubah mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Jadi, bagaimana Anda bisa berharap untuk mengubahnya hanya dalam hitungan hari, minggu, atau bulan?

Pahami bahwa bekerja menuju resolusi Anda adalah sebuah proses. Bahkan ketika melangkah ke arah yang salah, Anda dapat memulai kembali. Hal ini mungkin membutuhkan waktu yang lama dari yang Anda inginkan, tetapi ingatlah bahwa ini bukanlah perlombaan menuju finish.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Hoaks Catut Nama Dokter: Ada yang 2 Kali Terseret Informasi Palsu

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi covid-19 belum reda. Hal ini sejalan lurus dengan hoaks atau informasi palsu, bahkan ada yang mencatut nama dokter di Indonesia.

Berikut ini Cek Fakta Liputan6.com merangkum hoaks yang mencatut nama dokter. Bahkan, nama dr Siti Fadillah, yang merupakan spesialis jantung sekaligus eks Menteri Kesehatan, dua kali terseret hoaks.

1. Klaim Tulisan dr Siti Fadillah soal Pengobatan Covid-19

Beredar sebuah pesan berantai mencatut nama mantan Menteri Kesehatan sekaligus dokter jantung, dr Siti Fadillah. Pesan berantai itu membahas tujuh cara pengobatan covid- 19.

Disebutkan dalam narasi yang mengklaim cara penanganan covid-19 dari dr Siti Fadillah, istirahat selama tujuh hari sangat ampuh mengobati penyakit ini.

Begini narasi yang beredar:

"Tulisan dr Siti Fadillah, dokter jantung dan mantan mentri kesehatan

 Menurut saya cara pengobatan Covid-19:

Pertama kita harus tahu bahwa batuk bukan penyakit utama, demam bukan penyakit utama, tapi itu hanya reaksi tubuh terhadap perlawanan infeksi atau lainnya, termasuk sakit tenggorokan. 

Kalau kita beli obat flu, isinya adalah pereda nyeri tenggorokan, pereda batuk kering, pereda demam, ada pengencer dahak juga kadang kadang

Dari sini kita belajar, untuk penyembuhan flu diobati sesuai dengan gejala sakitnya apa.

Katakanlah Covid-19 gejala sakitnya adalah radang tenggorokan, batuk kering, demam, sesak nafas

Maka pengobatan nya adalah :

1. Istirahat Total ( ini wajib apapun jenis sakit flu nya, karena virus dilawan oleh antibodi ). Benar-benar istirahat sampai fit, bukan sampai badan terasa enakan. Harus sampai fit, bisa 7 hari istirahatnya.

2. Suplai vitamin dengan dosis double, kalau saya biasanya kena flu minum Farmaton Vit 2x sehari, Ester C 1000 mg 2x sehari, Madu 5 sendok, Habbats Cair 5 kapsul, Zaitun 3 sendok.

3. Jika sesak nafas ( karena semua jenis flu yang menyerang manusia memang menyebabkan atau dibarengi sesak nafas, apalagi untuk orang yang punya asma seperti saya). Jadi tidak usah heran kalau Covid-19 katanya bikin sesak nafas, karena semua flu memang begitu.

Nah lanjut lagi, kalau sudah sesak nafas, pengobatan yang mujarab adalah dengan alat uap Nebulizer + obat Ventolin cair + cairan infus ( bisa dilakukan sendiri di rumah, sangat mudah dan tidak berbahaya ). Diuapi sehari 3x sampai hilang sesak nafasnya, biasanya 1-3 hari hilang sesaknya seiring dengan semakin membaiknya kondisi tubuh.

3. Jika batuk ada dahaknya, dengan diuapi ikutan sembuh batuknya, masalahnya dahak akan keluar banyak dan pasti membuat iritasi tenggorokan, sehingga membuat sakit tenggorokan.

4. Sakit tenggorokan diobati dengan Metyl Predynoasolon dan pereda nyeri nya Asam MaFenamat, biasanya 1 sampai 3x minum sudah sembuh.

5. Kalau demam tinggal panasnya diturunkan dengan Paracetamol ( perlu diingat demam di sini berhubungan dengan infeksi, biasanya infeksi di tenggorokan atau radang tenggorokan). Kalau tidak ada radang tenggorokan yang parah, biasanya tidak akan demam.

6. Hindari makan buah yang bergetah seperti melon, nanas, semangka. Makan buah Jeruk saja, jeruk itu bagus.

7. Selama pengobatan ini, istirahat total dengan mengisolasi diri. Tidak usah mikir kerjaan, tidak usah mikir lain-lain ( ini yang akan bantu buat percepat sembuhnya).

Coba dipelajari cara penyembuhan diatas, apakah perlu kalian ke rumah sakit kalau cuma sakit flu?

Tidak kasihan kah dengan para dokter, tenaga medis dan pasien sakit berat lainnya?🍊🍊🍊🍊🍊🍊🍊

🆘 * SPANYOL telah mengumumkan perpanjangan darurat hingga (Maret 2021). *

🆘 * Inggris - mengumumkan penguncian (satu bulan). *

🆘 * PRANCIS - (2 minggu) *

🆘 * JERMAN - (4 minggu) *

🆘 * ITALIA - juga akan segera menyusul. *

😱 *

SEMUA negara ini telah mengonfirmasi bahwa GELOMBANG KEDUA lebih mematikan daripada yang pertama. *

😷 *

Jadi kita harus sangat berhati-hati dan TERUS SEMUA PENCEGAHAN. * 🆘😷🆘

🧚🏻‍♂️💚🧚🏻‍♂️ * Harap juga menjadi komunikator ALERT di antara semua teman dan keluarga. *

😷 * SELAMATKAN SEMUA ORANG DARI GELOMBANG KEDUA. *

*

Kami tidak dapat mengambil FASE PENGUNCIAN ke-2 SEBAGAI JIKA TIDAK ADA. *

😱 * Ya, sejarah memberi tahu kita bahwa (gelombang kedua) lebih berbahaya daripada gelombang pertama, seperti yang terjadi pada 1917 hingga 1919 dengan flu Spanyol. Jutaan orang tewas. *

🧚🏻‍♂️💚🧚🏻‍♂️ * Lindungi diri Anda dan keluarga Anda. *

Tetap aman, COVID-19 🙏🏻

* JANGAN menyimpan informasi ini hanya untuk diri Anda sendiri, berikan kepada semua keluarga dan teman Anda. * 🧚🏻‍♂️💚🧚🏻‍♂️"

Baca selengkapnya soal klaim dokter Siti Fadillah di sini.

 

2. Klaim Pesan soal Asal-usul Eks Menkes Siti Fadilah Supari

Gambar Tangkapan Layar Kabar Tentang Eks Menkes Siti Fadilah Supari
Gambar Tangkapan Layar Kabar Tentang Eks Menkes Siti Fadilah Supari

Sebuah pesan berantai berisi asal usul mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari beredar di media sosial. Pesan tersebut disebarkan oleh akun Facebook Muhammad Kalono pada 28 Mei 2020.

Berikut narasinya:

Mengenal asa-usul SITI FADILLAH SUPARI,Harimau Solo yang Menggagalkan Bisnis Vaksin WHO Bernilai Ribuan Triliun

*Siti Fadillah Supari* dijuluki pemantik revolisi oleh majalah Economist, dan Karni Ilyas menjulukinya Harimau; Lebih baik menjadi Harimau sehari ketimbang menjadi kambing seumur hidup.

Siti Fadilah Supari puteri Syahlan Rosyidi, dalam dunia pergerakan sejak kemerdekaan hingga era Orba di kenal sebagai KH Syahlan Rosyidi - tokoh Masyumi yng tinggal di Solo, kawasan Keprabon. Pada 1955, Syahlan Rosyidi muda adalah anggota DPRD Surakarta dari Fraksi Masyumi.

Syahlan Rosyidi berasal dari Tempursari, Ngawen - Klaten, satu kawasan dengan asal Mbah Sutardjo Surjoguritno tokoh PDI (PDIP). Semasa orde lama Syahlan Rosyidi anggota DPRD GR dari Muhammadiyah sejak dibubarkannya Masyumi.

Selanjutnya semasa Orba, Syahlan menjadi anggota MPR RI dari Golkar, sebagaimana juga diperankan Cak Nur dan Gus Dur. Juga menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan Ketua MUI pada sekitar 1985.

Pernah suatu hari pada Oktober 1965, rumah Syahlan disambangi massa PKI kota Solo. Waktu itu ia sedang di luar rumah/kota, dan dihadapi sendiri oleh Siti Fadilah Supari yang masih kuliah tingkat satu Fakultas Kedokteran UGM. Sambil berkacak pinggang, gadis lincah dan cerdas dizaman itu menantang : Kamu berani sama wanita, saya dan adik-adik saya. Arep ngopo kowe... mrene?

Sementara anak-anak kost yang umumnya para pelajar PGAA Negeri Solo (eks Mambaul Ulum, selatan Masjid Agung Solo)disuruh bersembunyi, masa bubar. Memang saat itu PKI menjadi kekuatan politik yng dominan di Eks Karesidenan Surakarta. Menunjuk pasca pembubaran PKI, massa ini berlindung dibalik slogan Hidup Bung Karno, Ganyang Nekolim. Bila Anda tidak menjawab salam Hidup Bung Karno, pasti bogem mentah akan melayang ..

Fadilah Supari mewarisi jiwa juang Syahlan Rosyidi dan ibunya yng macan betina Masyumi Solo Hj. Syarifah Muhtarom - seangkatan dengan Ustadz Bakri Royani, KH Amir Ma'shum Klaten, H. Baruszama Harsono.

Syahlan Rosyidi seangkatan dengan KH Muhammad Asngad, KH Ali Darokah, Pak Zar (KH Imam Zarkasyi), dan KH Ghozali - Jamsaren.

Semasa menjabat Menkes, Siti Fadillah berhasil "meloloskan" pendirian tiga fakultas Kedokteran di Universitas- universitas Muhammadiyah Surakarta, Jakarta dan Malang.

Konten yang disebarkan akun Facebook Muhammad Kalono telah 1.100 kali dibagikan dan mendapat 677 komentar warganet.

Baca selengkapnya di sini.

 

 

3. Klaim Informasi Pendaftaran Relawan Tenaga Kesehatan Covid-19 Melalui Dokter Irna

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna.

Informasi pendaftaran relawan tenaga kesehatan untuk pasien Covid-19 melalui Dokter Irna beredar melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasinya:

"Yth Bapak/Ibu,Mohon ijin...🙏🙏🙏Bisakah mencarikan volunteer tenaga kesehatan untuk merawat pasien covid 19 di wisma atlit jakarta yg akan dibuka senin ini? Apabila ada bisa hubungi saya... terimakasih...

Dr. Irna+6281212729543Kemenkes

(Batas usia 40 thn maksimal)

Gaji Rp.6,3 juta dapet mes

Ini link pendaftarannya👇http://tiny.cc/Volunteer_COVID19

Teman2 mhn bantuannya share ini ya.. saat ini yg mendaftar masih 140an org. Sementara kebutuhannya 800 org. Terima kasih. 🙏🏻🙏🏻"

Baca selengkapnya di sini.

 

4. Klaim Pesan Berantai Mencatut Nama IDI

Gambar Tangkapan Layar Pesan Berantai yang Mencatut Nama IDI
Gambar Tangkapan Layar Pesan Berantai yang Mencatut Nama IDI

Sebuah pesan berantai yang mencatut nama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beredar di media sosial. Pesan tersebut diunggah akun Facebook Rahma Raffi pada 18 Juni 2017 lalu.

Dalam pesan tersebut terdapat narasi bagaimana cara menyembuhkan penyakit dan manfaat mengonsumsi buah. Berikut isinya:

"WA dari IDI**(IKATAN DOKTER INDONESIA)*

Buat Saudarakuini untuk Mengingatkan kembali jangan malas baca,Cara Penyembuhan Penyakit dengan buah buahan/sayur-mayur yang ada di sekitar kita :

01.Wanita dilarangmenarik barangbeban, wanita harusmendorong.

02.Jalan 50 langkahmemperbaiki tulangtubuh, menaiki 20anak tanggamemperbaiki tulanglutut.

03.Kopi tidak disarankanbagi WANITA, karenadapat menyebabkanOsteoporosis danmempercepatmenopause.

04.Rebus 10 helai daunSalam dengan 2 gelasair, minum tiap hariselama 12 hari untukmenurunkan kolestroldan darah tinggi.

05.Penyebab darah tinggiadalah kekurangankalium. Semangka, Timun adalah sumberKalium (disarankanSemangka Kuning).

06.Jus pear + stroberi 4buah menaikkan dayatahan tubuh.

07.Anggur hitamMenguatkan Jantung,Anggur Hijaumelangsingkan Tubuh,Anggur Merahmelebarkan Pembuluhdarah (agar tdktersumbat / antiKolestrol).

08.Labu kuning baikuntuk mempertajamdaya ingat anak, dimakan wanita hamillebih baik.Untuk priaDewasa, Pumpkinberguna untukmenghasilkan Spermaberkualitas.

09.Pisang untuk yangsering kram danKesemutan.

10.Manggis paling baikuntuk tulang.

11.PaprikamenyembuhkanDiabetes, Sakit Tulangdan anti Kanker.

12.Apel + buncis di juicebersama dapatmenjadi obatPankreas/Diabetes.

13.Makan sayuran hijauSiang hari anti Stroke.

14.Sayur memastikanProtein tidak menjadiKanker.

15.Sayur memastikanKarbo tidak menjadiDiabetes

*Panduan Kesehatan*01.Sering makan lalutidur bisa kena KankerLambung karena Magtidak dapat istirahat

02.Hanya boleh makanEmpat butir telur perminggu, selebihnya tdkbaik

03.Pantat AyammengandungKarsinogen (PenyebabKanker), janganmakan Pantat Ayam

04.Makan buahseharusnya Beforemeal, bukan After Meal

05.Saat Haid janganminum teh apalagi tehhijau, sebaiknyamakan sesuatu yangbisa Nambah Darah

06.Jangan terlalu banyakminum susu kacang,jangan pake telur dangula

07.Makan Tomatsebaiknya After Meal,jangan perut Kosong

08.Tiap pagi bangun tidurminum Segelas airputih bisa cegah batuempedu

09.3 jam sebelum tidurjangan makan lagi,bisa gemuk

10.Jangan minum tehsusu atau (teh tarik /buble tea) karenatinggi Kalori tinggiLemak tidak Bergizidan bisa Darah TinggiKencing Manis

11.Jangan makan Rotiyang baru keluar darioven

12.Charger HP jangandekat tempat tidur,harus berjarak 30 cmlebih dari posisi tidur.

13.Tiap hari minum air8-10 gelas untukhindari kankerKantong Kemih

14.Siang hari harusbanyak minum airPutih, malam hariharus sedikit minumAir putih.

15.Minum kopi janganmelebih dua cangkirper hari, bisamenyebabkanInsomnia dan penyakitMag ( Lambung ).

16.Jangan makanmakanan yang tinggiLemak karena butuh5~7 jam pencernaan,mengakibatkan darahterpusat padapencernaan danmengakibatkanngantuk krn otakkekurangan supplyDarah.

17.Setelah jam Lima sorejangan makan banyakKarena Tubuh kitatidak butuh banyakKalori

18.Sepuluh jenismakanan sehata.Ikan laut dalam,b.Pisang,c.Jeruk balid.Roti full Gandum,e.Sayur Bayam,f. Bawang Putih, g.Pumpkin,h.Susu low Fat,i. Daging ayam,y.Buah Cherry

19.Kurang tidur bikin otaktumpul, biasakan tidursiang bisa awet muda.

Air lemon Panas bisa menolong anda seumur hidupLemon Panas membunuh Sel Kanker.Terimakasih.Selesai baca ini tolong Forward/WA lagi, karena bisa berguna bagi orang lain.

Semoga Bermanfaat untuk kita semua dan orang lain," tulis akun Facebook Rahma Raffi."

Baca selengkapnya di sini.

 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korupsi Sektor Dana Desa Jadi Tren di Sulsel Sepanjang Tahun 2020

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Lembaga Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi merilis tren korupsi yang terjadi di Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tahun 2020. Sepanjang 2020, korupsi terbanyak menggerogoti tiga sektor masing-masing sektor infrastruktur sebanyak 25 perkara, korupsi dana desa 19 perkara, dan sektor pendidikan sebanyak 10 perkara.

Khusus perkara korupsi sektor dana desa tahun 2020 di Sulsel telah menyebabkan total kerugian keuangan negara senilai Rp4,5 miliar. Modus operandinya diantaranya mark up, laporan fiktif, dan tidak sesuai dengan peruntukkan.

"Tren korupsi dana desa tahun 2019 sempat mencapai 27 perkara," kata Kadir dalam rilis akhir tahun 2019 ACC Sulawesi di Makassar, Senin (28/12/2020).

Dari angka tren korupsi sektor dana desa yang terjadi di Sulsel pada tahun 2020, terbanyak didominasi terjadi di Kabupaten Kepulauan Selayar yakni tercatat sebanyak 3 perkara. Kemudian menyusul Kabupaten Luwu Timur yang tercatat ada 2 perkara.

"Tahun sebelumnya yakni tahun 2019, korupsi dana desa didominasi terjadi di Kabupaten Gowa yakni tercatat sebanyak 4 perkara. Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Enrekang berada pada urutan kedua yakni tercatat 3 perkara," terang Kadir.

Tak hanya itu, daerah lainnya yang ada di Sulsel juga tercatat berkontribusi dalam menambah rentetan jumlah kasus korupsi di sektor dana desa pada tahun 2020.

Kabupaten Kepulauan Selayar tercatat ada 2 kasus korupsi dana desa yang sedang berproses di tingkat Kejaksaan maupun Kepolisian. Selanjutnya 2 kasus di Kabupaten Luwu Timur, 1 kasus di Kabupaten Soppeng, 1 kasus di Kabupaten Sinjai, dan di Kabupaten Gowa tercatat ada 1 kasus.

Kemudian, di Kabupaten Luwu Utara juga tercatat 1 kasus, Kabupaten Maros ada 1 kasus, Kabupaten Bantaeng 1 kasus, Kabupaten Wajo 1 kasus dan Kabupaten Barru juga tercatat 1 kasus.

"Sebaran korupsi dana desa tahun 2020 di Sulsel itu berjumlah 12 kasus," jelas Kadir.

Dengan melihat tren angka korupsi sektor dana desa yang terjadi di Sulsel pada tahun 2020, ACC Sulawesi memberikan rekomendasi baik untuk Kepala Daerah maupun Kepala Desa.

"Meminimalisir angka korupsi dana desa, maka Kepala Daerah harus segera mengevaluasi dan memonitoring penggunaan dana desa dan ADD serta Kepala Desa diminta menggunakan dana desa maupun ADD dengan berpedoman pada prinsip transparansi dan akuntabilitas," Kadir menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Wanita dengan Gangguan Pendengaran Jadi Pramugari di Mesir

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nourhan Saad, 22, dan Hajer Jamal, 25, menjadi pramugari pertama dengan gangguan pendengaran yang bekerja di dunia penerbangan di Arab pada penerbangan 5 November dari Kairo ke Khartoum.

Saad dan Jamal terpilih oleh Humanitarian Flights, bagian inisiatif penerbangan untuk pengalaman unik yang meningkatkan kesadaran terkait hak-hak penyandang disabilitas di dunia dan Timur Tengah. Sebelumnya, penerbangan dengan tujuan sama pada Desember tahun lalu juga tellah menampilkan seorang pramugari dengan Down Syndrome. Kedua penerbangan tersebut dilakukan menjelang Hari Penyandang Disabilitas Internasional, dilansir dari al-monitor.

Saad dan Jamal menerima pelatihan dengan awak pramugari reguler dari Sudanese Badr Airlines dan saat penerbangan lepas landas dari Bandara Internasional Kairo, mereka memberikan sambutan yang unik bagi para penumpang dengan membawakan lagu "Helwa Ya Baladi" oleh Dalida dalam bahasa isyarat.

Reda Abdel Aziz, direktur regional dari International Center for Disability Sciences (ICDS) yang berbasis di Kairo, sekaligus salah satu sponsor Humanitarian Flights, mengatakan bahwa penerbangan yang kedua yang sukses dari inisiatif tersebut mencerminkan minat besar negara Mesir terhadap hak penyandang disabilitas.

Samar Abdel Aziz, direktur eksekutif ICDS dan koordinator internasional Humanitarian Flights mengatakan bahwa penerbangan pada 5 November itu adalah yang pertama di Arab. Ia mengatakan kru mengiriminya telegram terima kasih yang ditujukan kepada Presiden Abdel Fattah al-Sisi atas upaya advokasi hak-hak penyandang disabilitas dan meningkatkan kehidupan mereka sejak ia menjabat di Mesir. Fattah mendeklarasikan tahun 2018 sebagai tahun bagi penyandang disabilitas.

Othman al-Ahmar, direktur pemasaran, penjualan dan hubungan masyarakat di Badr Airlines, mengatakan ICDS bekerja sama dengan Badr Airlines untuk mengembangkan gagasan tersebut. Ahmar menambahkan bahwa Badr Airlines mengoperasikan penerbangan tersebut untuk menghormati dan menghargai para penyandang disabilitas.

 

Impian sejak kecil

Saad, yang lulus dari Ain Shams University, mengatakan "Saya menderita gangguan pendengaran. Saya mempelajari tentang kompetisi Humanitarian Flights melalui Facebook, mendaftar dan diterima. Perjalanan itu adalah kejutan yang menyenangkan dan saya senang saya dipilih untuk pengalaman ini."

"Bekerja sebagai pramugari telah menjadi impian masa kecil saya sejak saya pergi umrah ke Arab Saudi bersama ibu saya dan saya melihat pramugari beraksi di pesawat," tambahnya.

Ia mengakui penerbangan tersebut sebagai kesempatan untuk mewujudkan impiannya. Ia juga telah melakukan yang terbaik untuk memenuhi semua standar profesional dan upayanya tersebut membuahkan keberhasilan. Ia mengatakan telah dilatih sebelumnya di Cairo International Airport, oleh Badr Airlines dan ICDS tentang cara menangani penumpang.

"Saya berkomunikasi dengan penumpang di pesawat dan mereka sangat senang dengan Jamal dan saya. Hanya seorang penumpang Sudan yang keberatan ketika dia mengetahui saya tuli dan menolak untuk berbicara dengan saya. Tetapi ketika dia diberitahu tentang proyek tersebut, dia sangat senang bekerja sama. Impian saya menjadi kenyataan dengan penerbangan ini dan sejak kami mendarat, saya mencari pekerjaan tetap sebagai pramugari."

Jamal, lulusan Al-Alsun College yang sekarang belajar di Higher Institute of Dramatic Arts mengatakan, "Saya dihubungi oleh ICDS untuk mendaftar untuk berpartisipasi dalam Penerbangan Kemanusiaan dan saya terpilih. Perjalanan itu indah dan saya senang menjadi bagiannya."

"Saya selalu ingin menjadi aktris atau pembawa acara televisi. Saya telah bermain dalam dua drama dan film. Saya telah membawakan "Tahya Misr" dalam bahasa isyarat dan juga lagu-lagu lainnya. Saya berharap suatu hari saya bisa tampil bersama bintang-bintang seperti Adel Imam dan Mohamed Sobhi."

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalin, Bus Listrik Higer yang Mampu Tempuh 300 Km Sekali Isi Ulang Daya

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 tidak menyurutkan upaya penyediaan bus listrik sebagai kendaraan umum ramah lingkungan, mengingat keberadaannya yang dapat menekan emisi gas rumah kaca dan mengurangi kebutuhan konsumsi bahan bakar fosil.

PT Higer Maju Indonesia (HMI), Eksklusif Distributor dan Manufakturing untuk Produk Bus Higer di Indonesia, memperkenalkan bus listrik Higer dengan keunggulan utamanya yakni kapasitas baterai 385 kilo watt hours (kWh) yang menunjang daya jelajah hingga 300 kilometer dengan lama pengisian ulang baterai sekitar 3-4 jam.

"Bus listrik Higer hadir di Indonesia dan siap mendukung TransJakarta dalam pengadaan kendaraan umum ramah lingkungan. Bus listrik Higer sangat efisien dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan jauh diatas kompetitor lainnya. Dengan kapasitas besar ini, maka dapat mencapai jarak tempuh lebih jauh, dengan pengisian daya baterai yang lebih singkat," jelas Direktur Utama PT Higer Maju Indonesia Antonius R Ismanto dalam acara peluncuran bus listrik Higer di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Walaupun baterai yang dimilikinya besar, berat kosong bus hanya 13 ton. Berat kosong ini sama dengan berat bus kompetitor lain yang kapasitas baterainya lebih kecil. Hal ini mendukung torsi bus listrik Higer lebih besar dari bus konvensional yang beredar di Indonesia, yakni menghasilkan tenaga 145 KW dengan torsi maksimal 3.300 Nm. Kapasitas bus listrik Higer mencapai 34 penumpang duduk.

Higer merupakan perusahaan bus asal China yang sudah melakukan ekspor Bus Higer ke lebih dari 100 negara di mancanegara seperti di Asia, Timur Tengah, Afrika, Rusia, Eropa Timur dan Amerika. Bahkan pada 2015, Bus Higer China mendapatkan penghargaan 'China Top Brand' untuk kategori produk bebas inspeksi nasional. Higer Maju Indonesia ditunjuk untuk memberikan layanan purnajual baik dari segi servis dan component part.

Antonius menambahkan bus listrik Higer pun telah mengikuti pengujian oleh TransJakarta selama dua pekan terakhir, juga bus ini sudah lulus uji type ( SUT ) dari Menteri Perindustrian. Bus listrik Higer sangat tepat untuk mendukung rencana pemerintah mempercepat pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang telah dituangkan melalui Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019. KBLBB yang digunakan boleh produk dari mana saja, sepanjang kualitas KBLBB benar-benar bagus, efisien dalam penggunaan baterai, mempunyai teknologi terkini, dan juga mengedepankan aspek keselamatan.

"Penyediaan bus listrik Higer di Indonesia ini sejalan dengan visi pemerintah untuk kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan yang bebas polusi gas buang atau Zero Emission dan bebas polusi suara karena bus listrik Higer berjalan dengan senyap," kata Antonius.

 

Perawatan Ringan

Bus listrik Higer yang akan digunakan Transjakarta
Bus listrik Higer yang akan digunakan Transjakarta

Menurut Antonius, bus listrik Higer hanya memerlukan perawatan yang lebih rendah dan ringan. Dengan demikian, bus lebih produktif karena bisa dioperasikan lebih maksimal. Waktu yang diperlukan untuk perawatan lebih singkat. "Selain itu limbah suku cadang jauh lebih sedikit," kata Antonius.

Komisaris yang juga Founder PT Higer Maju Indonesia Untung W Ismanto menjelaskan, bus listrik Higer mempunyai spesifikasi teknis yang sangat baik. Misalnya, sumbu roda menggunakan Axle merek ZF dari Jerman yang menyebabkan bus listrik Higer rendah perawatan (low maintainance), berjalan dengan senyap dengan tingkat kebisingan yang rendah

"Dengan menggunakan Axle ZF, bus dapat dikonfigurasi menjadi Low Entry, di mana lantai dasar bus rata atau lower deck. Sumbu roda depan independent dan mengurangi Body Roll pada kendaraan. Kami menggunakan teknologi dari Jerman karena layanan purna jualnya sangat didukung oleh ZF Jerman. Dengan demikian kelancaran operasional dan perawatan kendaraan menjadi terjamin," ujar Untung.

Untuk pengereman dan suspensi, Higer menggunakan WABCO yang memungkinkan saat pengereman tidak terjadi hentakan. WABCO yang berkantor pusat di Bern, Swiss, adalah perusahaan spesialisasi untuk pengereman dan suspensi kendaraan komersial seperti bus dan truk. WABCO memiliki 260 lokasi yang tersebar di 41 negara. Power Steering dari Bosch. Bosch berdiri tahun 1886, merupakan perusahaan asal Jerman yang besar di berbagai bidang otomotif dan industri lainnya.

"Spesifikasi bus listrik Higer diharapkan sudah mengikuti semua standar yang telah ditentukan oleh Transjakarta, seperti ukuran dan dimensi sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini karena sejak awal pembuatan selalu berkoordinasi dengan tim teknis TransJakarta. Kami siap mendukung TransJakarta untuk pengadaan bus listrik yang efisien," jelas Untung.

TransJakarta memerlukan bus listrik ramah lingkungan, yang efisien sekaligus mengutamakan keselamatan. Adapun proyek bus listrik TransJakarta akan dimulai pada September 2021. TransJakarta mengharapkan setidaknya tahun depan ada 100 unit yang sudah memakai energi ramah lingkungan tersebut. Saat ini TransJakarta masih melakukan uji coba bus listrik dari sejumlah produsen termasuk bus listrik Higer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Umumkan Kehadiran MIUI 12.5

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi ternyata tidak hanya memperkenalkan Mi 11 dalam event yang baru saja digelar. Perusahaan asal Tiongkok turut mengumumkan kehadiran MIUI 12.5 ke publik.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (29/12/2020), Xiaomi mengatakan MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah peningkatan besar-besaran, meski nama yang digunakan tidak jauh berbeda dari versi saat ini, yakni MIUI 12.

MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah peningkatan yang membuatnya tampil lebih segar dan memiliki efek transisi lebih mulus. Dari sisi performa, Xiaomi juga menjanjikan pemakaian memori dan daya yang lebih ringan ketimbang pendahulunya.

Pada MIUI 12.5, aplikasi bawaan pun dibuat lebih ringkas, sehingga tidak banyak bloatware yang disertakan. Nantinya, aplikasi bawaan yang tersedia haya kamera, telepon, galeri, SMS dan browser.

Serupa dengan MIUI 11 dan MIUI 12, fitur dynamic wallpaper kembali dihadirkan pada versi terbaru ini. Fungsi kustomisasi juga dibuat lebih beragam ditambah nada notifikasi kini disesuaikan dengan empat suara berbeda.

Dari sisi keamanan, Xiaomi turut melakukan sejumlah peningkatan pada MIUI 12.5. Kini, pengguna dapat mencegah aplikasi mengakses lokasi mereka, data privat, hingga akses ke clipboard termasuk tidak menyimpan password atau informasi sensitif lainnya.

Saat ini, ada lebih dari 21 tipe smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan akses closed beta, tapi terbatas untuk pengguna di Tiongkok. Kabarnya, MIUI 12.5 juga akan hadir untuk lini Mi 10, Redmi K30, Redmi Note 7, dan Mi 9.

Xiaomi Mi 11 Resmi Diumumkan, Jadi Ponsel Pertama Pakai Snapdragon 888

Xiaomi Mi 11. (Doc: Xiaomi)
Xiaomi Mi 11. (Doc: Xiaomi)

Di sisi lain, Xiaomi akhirnya resmi mengumumkan smartphone premium teranyarnya, yakni Mi 11.

Tampil sebagai ponsel pertama di dunia yang memakai prosesor Snapdragon 888, Xiaomi Mi 11 dilengkapi dengan teknologi layar terbaik milik perusahaan.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (29/12/2020), Mi 11 mengusung panel layar AMOLED 6,81 inci beresolusi QHD+ dan refresh rate 120Hz.

Tak hanya itu, perusahaan asal Tiongkok itu juga menyematkan teknologi touch sampling 480Hz, dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Mi 11 memiliki layar melengkung di kedua sisi ponsel, dan di bawah panel tersebut perusahaan sudah menggunakan teknologi pemindai sidik jari optik terbaru milik Goodix.

Disebutkan, teknologi sensor sidik jari optik yang baru milik Goodix ini mampu memantau detak jantung pengguna.

Untuk mendukung performa super cepat Snapdragon 888, Xiaomi sudah melengkapi Mi 11 ini dengan opsi RAM 8GB dan memori 128/256GB atau RAM 12GB dan penyimpanan 256GB.

Sayangnya, perusahaan tidak menyertakan slot microSD sehingga kamu tidak bisa menambah kapasitas memori penyimpanan di Mi 11.

Kamera dan Baterai Mi 11

Xiaomi Mi 11. (Doc: Xiaomi)
Xiaomi Mi 11. (Doc: Xiaomi)

Soal kamera, Mi 11 hadir dengan kamera utama bersensor 108MP, 13MP (ultrawide), dan 5MP (makro). Untuk keperluan selfie, Xiaomi sudah menyediakan sensor 20MP.

Smartphone ini dilengkapi baterai berkapasitas 4.600mAh yang sudah mendukung kemampuan fast charging 55w (kabel), 50w (nirkabel), dan reverse charging sebesar 10W.

Xiaomi mengklaim, kemampuan fast charging ponsel akan berfungsi dengan semua adaptor Quick Charge 4+, Quick Charge 3+, dan Power Delivery 3.0. Yup, Xiaomi akhirnya memutuskan untuk tidak menyertakan charger di boks penjualannya.

Fitur lain di Xiaomi Mi 11, termasuk speaker stereo Harman Kardon, kemampuan Night Mode yang lebih baik, konektivitas dual 5G (di jaringan Sub-6 GHz), dukungan Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, NFC, dan masih banyak lagi.

Saat ini, pre-order Mi 11 sudah dimulai dan akan dijual perdana pada 1 Januari 2021 dengan harga mulai dari Rp 8,6 juta hingga Rp 10 juta untuk spesifikasi paling tinggi.

Xiaomi Mi 11 hadir dalam enam warna berbeda, antara lain Black, White, Blue, Khaki Vegan Leather, Purple Leather, dan Special Edition dengan tanda tangan Lei Jun di bodi belakangnya.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes: RS Kewalahan bila Pasien COVID-19 Terus Bertambah

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Abdul Kadir menegaskan, kapasitas tempat tidur COVID-19 di atas 70 persen akan membuat rumah sakit kewalahan. Terutama apabila ada penambahan pasien sedikit saja.

Saat ini, kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit seluruh Indonesia secara nasional mencapai 64,10 persen. Namun, ada beberapa provinsi dengan kapasitas tempat tidur di atas rata-rata nasional, seperti Banten sudah mencapai 85 persen dan DKI Jakarta 84 persen.

"Dari provinsi dengan kapasitas tempat tidur di atas 70 persen, peningkatan (pasien COVID-19) sedikit saja bisa membuat rumah sakit kewalahan," tegas Kadir saat temu media di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (28/12/2020) sore.

"Kondisi ini akan berdampak pada rumah sakit penuh dan kemungkinan pasien tidak bisa dirawat. Artinya, kerja tenaga kesehatan juga bisa capek dan kelelahan."

Ketika rumah sakit sudah penuh pasien COVID-19, dampak yang terjadi selanjutnya, pelayanan menjadi tidak otpimal.

"Akibatnya, kematian pasien COVID-19 menjadi tinggi," lanjut Kadir.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Penambahan Tempat Tidur Pasien COVID-19

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19 dan tempat tidur yang penuh, Kemenkes sudah mengirimkan surat edaran kepada pimpinan daerah dan direktur rumah sakit di seluruh Indonesia, terutama rumah sakit yang menangani COVID-19 untuk melakukan penambahan tempat tidur.

"Surat edaran kepada dinas kesehatan dan direktur rumah sakit sudah kami kirimkan. Isi suratnya, untuk melakukan penambahan tempat tidur sebesar 30-40 persen dari kapasitas tempat tidur semula," jelas Kadir.

"Penambahan tempa tidur ini, kami harapkan menyasar pada ruang isolasi dan ICU pasien COVID-19."

Khusus 34 rumah sakit vertikal yang dikelola Kemenkes mampu melakukan penambahan tempat tidur.

"Rumah sakit vertikal di bawah Kemenkes, kapasitas tempat tidur sekarang 1.297 tempat tidur. Jumlah ini bisa diharapkan dapat optimal digunakan di seluruh daerah, baik kabupaten dan provinsi," kata Kadir.

"Di rumah sakit vertikal wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mampu melakukan penambahan tempat tidur sebanyak 497 tempat tidur."

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pengetatan Protokol Kesehatan di Pusat Perbelanjaan Pyongyang

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Petugas berpakaian APD melakukan penyemprotan cairan desinfektan di dalam Pyongyang Department Store No. 1, di Pyongyang, Korea Utara (28/12/2020). Protokol kesehatan diterapkan dengan melakukan desinfektan, pemeriksaan suhu tubuh hingga memakai masker. (AFP/Kim Won Jin)
Petugas berpakaian APD melakukan penyemprotan cairan desinfektan di dalam Pyongyang Department Store No. 1, di Pyongyang, Korea Utara (28/12/2020). Protokol kesehatan diterapkan dengan melakukan desinfektan, pemeriksaan suhu tubuh hingga memakai masker. (AFP/Kim Won Jin)

Petugas berpakaian APD melakukan penyemprotan cairan desinfektan di dalam Pyongyang Department Store No. 1, di Pyongyang, Korea Utara (28/12/2020). Protokol kesehatan diterapkan dengan melakukan desinfektan, pemeriksaan suhu tubuh hingga memakai masker. (AFP/Kim Won Jin)

Petugas melakukan penyemprotan cairan desinfetan pada tangga eskalator di Pyongyang Department Store No. 1, di Pyongyang, Korea Utara, Senin (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)
Petugas melakukan penyemprotan cairan desinfetan pada tangga eskalator di Pyongyang Department Store No. 1, di Pyongyang, Korea Utara, Senin (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)

Petugas melakukan penyemprotan cairan desinfetan pada tangga eskalator di Pyongyang Department Store No. 1, di Pyongyang, Korea Utara, Senin (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)

Sejumlah petugas berpakaian APD melakukan penyemprotan desinfektan pada lantai Pyongyang Department Store No1, di Pyongyang, Korea Utara, Senin (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)
Sejumlah petugas berpakaian APD melakukan penyemprotan desinfektan pada lantai Pyongyang Department Store No1, di Pyongyang, Korea Utara, Senin (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)

Sejumlah petugas berpakaian APD melakukan penyemprotan desinfektan pada lantai Pyongyang Department Store No1, di Pyongyang, Korea Utara, Senin (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)

Petugas memakai masker dan sarung tangan menata produk yang dijual di Pyongyang Department Store No. 1 saat penerapan standar protokol kesehatan di Pyongyang, Korea Utara (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)
Petugas memakai masker dan sarung tangan menata produk yang dijual di Pyongyang Department Store No. 1 saat penerapan standar protokol kesehatan di Pyongyang, Korea Utara (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)

Petugas memakai masker dan sarung tangan menata produk yang dijual di Pyongyang Department Store No. 1 saat penerapan standar protokol kesehatan di Pyongyang, Korea Utara (28/12/2020). (AFP/Kim Won Jin)

Petugas menyemprotkan sanitizer ke pengunjung di dalam Pyongyang Department Store No. 1, Korea Utara (28/12/2020). Meski Korea Utara melaporkan nol kasus Covid-19, pemerintahan Pyongyang tetap menerapkan standar protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (AFP/Kim Won Jin)
Petugas menyemprotkan sanitizer ke pengunjung di dalam Pyongyang Department Store No. 1, Korea Utara (28/12/2020). Meski Korea Utara melaporkan nol kasus Covid-19, pemerintahan Pyongyang tetap menerapkan standar protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (AFP/Kim Won Jin)

Petugas menyemprotkan sanitizer ke pengunjung di dalam Pyongyang Department Store No. 1, Korea Utara (28/12/2020). Meski Korea Utara melaporkan nol kasus Covid-19, pemerintahan Pyongyang tetap menerapkan standar protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (AFP/Kim Won Jin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inka Christie Kenang Persahabatannya dengan Nike Ardilla Sejak Kecil, Sering Naik Pohon Jambu

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Nike Ardilla hingga saat ini masih tetap melegenda di dunia hiburan Tanah Air. Salah satu hal mengenai dirinya yang diketahui, adalah persahabatan Nike Ardilla dengan Inka Christie.

Persahabatan keduanya itu terjalin sejak keduanya masih sangat kecil. Inka Christie dan Nike Ardilla mengikuti kelas vokal yang sama.

Oleh karenanya, begitu banyak kenangan bersama sang pelantun Bintang Kehidupan yang hingga kini masih melekat kuat di ingatan Inka Christie. Hal itu kemudian dibagikan Inka Christie saat menggelar konferensi pers secara virtual pada Senin (28/12/2020).

 

Naik Pohon Jambu

Inka Christie Duet Bareng Nike Ardilla untuk Lagu Cinta Kita. (instagram.com/musicastudios)
Inka Christie Duet Bareng Nike Ardilla untuk Lagu Cinta Kita. (instagram.com/musicastudios)

"Dari kecil kita main bareng, itu tidak pernah terlupakan. Kalau kita habis latihan nyanyi bareng, kita pulangnya ke rumah almarhumah. Nike itu dari kecil seneng banget biji jambu. Inka lebih tomboi waktu kecil, jadi Inka naik (pohon) ambil jambu, Inka makan jambunya, Nike makan bijinya," kata Inka Christie.

Satu Paket

Inka Christie. (Liputan6.com/Instagram/@inka_christie99)
Inka Christie. (Liputan6.com/Instagram/@inka_christie99)

Persahabatan keduanya itu terus berlanjut hingga mereka beranjak menjadi penyanyi profesional. Bahkan saking dekatnya, Nike Ardilla kerap meminta kepada panitia yang mengundangnya untuk menyanyi, agar mengundang juga Inka Christie sepaket dengannya.

"Waktu kita show ke mana-mana itu kayak paket, kalau Nike show, dia minta paket sama Inka, padahal panitianya nggak minta Inka. Tapi Nike request," beber Inka Christie.

 

Pemberi

Tak hanya itu saja, yang juga tak pernah dilupakan oleh Inka Christie adalah sifat murah hati sang sahabat.

"Yang nggak pernah Inka lupain, Nike itu kan suka ngemil, dia sifatnya pemberi, jadi kalau lihat di kamar Inka enggak ada makanan, dia selalu kasih," tutup Inka Christie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Nekat Asisten Rumah Tangga Buang Bayi ke Bak Sampah Terekam CCTV

Posted: 28 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim Resmob Polrestabes dan Polsek Semarang berhasil menangkap seorang asisten rumah tangga yang tega membuang bayinya ke bak sampah. Aksi pelaku sempat terekam kamera pengawas di salah satu rumah warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Karantina COVID-19, Ratusan Tamu Asal Inggris Kabur dari Resor Ski di Swiss

Posted: 28 Dec 2020 08:58 PM PST

Jenewa - Mutasi baru Virus Corona COVID-19 yang konon lebih cepat menular dan terdeteksi di Inggris membuat warga negara dari Negeri Ratu Elizabeth menjadi sorotan. Ke mana pun mereka pergi, ragam pencegahan atau bahkan pencekalan dialami.

Di Swiss, seperti dikutip dari DW Indonesia, Selasa (29/12/2020), ratusan tamu asal Inggris harus menjalani karantina sebelum bebas menikmati masa liburan di negeri tersebut. Kendati demikian, kabar terkini menyebut banyak dari mereka yang kabur dari tempat isolasi.

Ratusan tamu asal Inggris yang dikarantina terkait adanya varian baru Virus Corona COVID-19 yang lebih menular telah melarikan diri dari resor ski Verbier, Swiss. Beberapa dari mereka ditemukan berada di negara tetangga Prancis, menurut keterangan pihak berwenang Swiss pada Minggu 27 Desember.

Verbier, desa pegunungan yang terletak di kawasan Kota Bagnes di Canton Valais, adalah tempat bermain ski yang populer bagi turis Inggris.

Pergi Saat Hari Masih Gelap

Juru bicara Kota Bagnes, Jean-Marc Sandoz, mengatakan pihak berwenang Swiss telah mengidentifikasi 420 tamu dari Inggris yang telah diperintahkan untuk dikarantina sebelum Natal.

"Sekitar 50 orang segera melarikan diri, dan dari 370 orang yang tersisa, hanya ditemukan kurang dari 12 orang yang masih bertahan di sana pada hari Minggu," kata Sandoz, menambahkan bahwa beberapa tamu telah muncul kembali di Prancis.

"Banyak dari mereka tinggal di karantina selama sehari sebelum mereka pergi tanpa pemberitahuan saat hari masih gelap," katanya.

Menurut media lokal, pelaku bisnis perhotelan mulai mencurigai "kepergian diam-diam" mereka karena panggilan ke ruang karantina COVID-19 "berulang kali tidak dijawab" dan makanan yang tersisa di depan kamar "belum disentuh."

"Itu adalah minggu terburuk yang pernah kami alami," kata Sandoz kepada surat kabar Sonntags Zeitung, menyebutnya sebagai "situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Sandoz mengatakan, Kota Bagnes merasa ditinggalkan baik oleh pemerintah federal dan daerah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Orang Swiss Pahami Frustrasi Orang Inggris

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

Sandoz mengecam keputusan Swiss yang secara tergesa-gesa memberlakukan persyaratan karantina bagi orang-orang yang datang dari Inggris.

"Kami memahami kemarahan mereka," katanya. Pada 20 Desember, Swiss memblokir semua penerbangan dari Inggris dan Afrika Selatan sehubungan dengan dideteksinya varian baru Virus Corona COVID-19 yang ditemukan di negara-negara tersebut.

Sehari kemudian, otoritas Swiss memerintahkan semua orang yang telah tiba sejak 14 Desember untuk dikarantina secara selama 10 hari sejak tanggal kedatangan mereka.

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barcelona vs Eibar : King Messi Absen, Sihir Lord Braithwaite Dinanti

Posted: 28 Dec 2020 08:56 PM PST

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona bakal menghadapi Eibar pada pekan ke-16 Liga Spanyol di Camp Nou, Rabu (30/12/2020). Barca tak akan diperkuat Lionel Messi yang memperpanjang liburannya di Rosario, Argentina.

Barcelona sendiri berkilah Messi sedang mengintensifkan pemulihan cedera di engkel kanan. Namun ini bertepatan dengan bakal bergantinya tahun.

Tanpa Messi, Barcelona bakal berharap kepada pemain lain. Salah satu yang diharapkan bisa memberi dampak besar yaitu Martin Braithwaite.

Striker asal Denmark ini bakal dipasang sebagai starter dan ujung tombak Barcelona. Performa Braithwaite di Barcelona musim ini tak mengecewakan.

"Messi alami masalah engkel jadi kami beri dia dua hari libur. Dokter bilang seminggu tanpa latihan bakal membuatnya baik-baik saja," ujar Koeman seperti dikutip Marca.

 

Tahun Berat

Pemain Barcelona, Martin Braithwaite, melepaskan tendangan ke gawang Real Sociedad pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Kamis (17/12/2020). Barcelona menang dengan skor 2-1. (AP/Joan Monfort)
Pemain Barcelona, Martin Braithwaite, melepaskan tendangan ke gawang Real Sociedad pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Kamis (17/12/2020). Barcelona menang dengan skor 2-1. (AP/Joan Monfort)

Duel melawan Eibar bakal menjadi laga terakhir Barcelona di 2020. Koeman sedikit refleksi dengan apa yang terjadi di tahun ini.

"Awal 2020 begitu hening sebagai pelatih timnas Belanda, saya lalu alami masalah jantung, covid-19...." ujarnya.

"Saya senang ada di Barcelona, tapi ini tempat yang sulit karena segala hal dibicarakan. Semuanya tergantung hasil dari tim. Semoga tahun depan lebih baik dalam hal virus corona dan klub."

 

Dembele Pulih

Penyerang Barcelona, Martin Braithwaite (kiri) berebut bola dengan bek Ferencvaros, Abraham Frimpong pada matchday kelima Grup G Liga Champions di Puskas Arena, Kamis (3/12/2020) dinihari WIB. Barcelona berhasil meraih kemenangan 3-0 di kandang Ferencvaros. (Attila KISBENEDEK / AFP)
Penyerang Barcelona, Martin Braithwaite (kiri) berebut bola dengan bek Ferencvaros, Abraham Frimpong pada matchday kelima Grup G Liga Champions di Puskas Arena, Kamis (3/12/2020) dinihari WIB. Barcelona berhasil meraih kemenangan 3-0 di kandang Ferencvaros. (Attila KISBENEDEK / AFP)

Di luar Messi yang absen, Barcelona juga dapatkan kabar Dembele sudah pulih. Meski begitu, Koeman masih belum bisa memastikan bakal langsung memainkan Dembele atau tidak.

"Kami akan mengumumkan skuat, tapi Dembele memang sedang bagus. Dia sudah berlatih dengan tim untuk beberapa saat. Secara teori, dia akan masuk dalam skuat," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Eibar Jose Luis Mendilibar tetap khawatirkan penampilan Barcelona meski tak diperkuat Messi. Dia malah menilai Barcelona akan main sebagai tim.

"Tentu berita baik Messi tidak main karena dia pemain terbaik di dunia. Namun ini juga memberi pemain lain lebih banyak kebebasan dan main sebagai tim," ujarnya.

 

Rekor Pertemuan

 

22/02/20 LAL Barcelona 5 - 0 Eibar

19/10/19 LAL Eibar 0 - 3 Barcelona

19/05/19 LAL Eibar 2 - 2 Barcelona

14/01/19 LAL Barcelona 3 - 0 Eibar

17/02/18 LAL Eibar 0 - 2 Barcelona

 

Prediksi Susunan Pemain:

 

Barcelona (4-2-3-1): Ter Stegen; Dest, Araujo, Lenglet, Junior; Busquets, De Jong; Pedri, Coutinho, Griezmann; Braithwaite

Eibar (4-4-2): Dmitrovic; Pozo, Burgos, Bigas, Arbilla; Leon, Edu, Diop, Gil; Kike, Quique

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Ular Masuk ke Rumah saat Ibu Mengasuh Bayi, Bikin Deg-Degan

Posted: 28 Dec 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ular menjadi salah satu reptil yang banyak ditakuti orang. Karena ular memiliki bisa yang mematikan, melihat ular secara tiba-tiba tentu akan bikit kaget dan langsung lari menyelamatkan diri.

Seperti halnya saat ular tiba-tiba muncul memasuki rumah. Terlihat dalam sebuah rekaman CCTV yang diunggah dalam media sosial TikTok @hiuphm2 seorang netizen Vietnam. Dalam rekaman CCTV yang diunggah tersebut, terlihat bahwa ular besar masuk dari pintu dan mendekati ibu yang sedang mengasuh bayi.

Biasanya ular yang berukuran besar tidak memiliki bisa beracun. Namun secar tiba-tiba melihatnya tentu membuat takut. Video tersebut sampai saat ini telah viral dan banyak dibagikan ulang oleh media sosial netizen Indonesia.

Hingga sampai saat ini telah mendapat 400 ribu like dari netizen. Berikut ulasan video ular masuk ke rumah yang Liputan6.com kutip dari TikTok @hiuphm2, Selasa (29/12/2020).

Seekor ular besar tiba-tiba masuk ke dalam rumah

Ular masuk ke rumah (Sumber: TikTok/hiuphm2)
Ular masuk ke rumah (Sumber: TikTok/hiuphm2)

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @hiuphm2, Sabtu (26/12/2020) terlihat bahwa seekor ular besar tiba-tiba masuk ke dalam rumah melalui pintu masuk. Saat ular tersebut masuk, penghuni rumah pun terlihat tidak menyadarinya. 

Terlihat bahwa ada seeorang ibu yang mengasuh anak dan sedang tidur santai. Situasi seperti ini tentu sangat berbahaya, dimana pintu rumah terbuka lebar dan seekor hewan berbahaya bisa masuk sembarangan. 

Usai menyadari ada ular masuk, ibu ini pun langsung bawa lari anaknya

Ular tersebut pun mendekati ibu yang sedang mengasuk anak. Terlihat bahwa posisi ular sudah sangat dekat, untungnya sang ibu pun menyadari dan langsung menggendong anaknya lalu kabur. 

Usai ibu dan anak tersebut pergi, ular tersebut pun berbalik arah dan meninggalkan rumah tersebut. Video berdurasi singkat ini cukup membuat para warganet turut merasa deg-degan. 

@hiuphm2

Pé na tổ chảng zậy mà bà chị k thấy 😱😱 Tý nữa thì toang 🥴🥴#tiktok #khoanhkhaccuocsong #huhon #sohai

♬ Oh No - Kreepa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Jumlah Pasien Meningkat, Ruang Isolasi COVID-19 RSUD Sidoarjo Penuh

Posted: 28 Dec 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 205 tempat tidur pasien terpapar COVID-19 di ruang isolasi Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur tidak bisa menampung pasien karena terisi penuh.

Direktur RSUD Sidoarjo Atok Irawan menuturkan, untuk sementara pihaknya belum bisa menerima pasien COVID-19. "Kami juga melaporkan ke Satuan Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo soal ini," ucapnya.

Ia mengemukakan sejak pertengahan November 2020, pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD Sidoarjo terus meningkat.

"Awalnya di bulan September sempat mengalami penurunan. Namun, di bulan Desember ini terus mengalami kenaikan secara signifikan," ujar dia, dilansir dari Antara.

Artikel jumlah pasien meningkat, ruang isolasi COVID-19 RSUD Sidoarjo penuh menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Selasa, (29/12/2/2020):

1.Jumlah Pasien Meningkat, Ruang Isolasi COVID-19 RSUD Sidoarjo Penuh

 Sebanyak 205 tempat tidur pasien terpapar COVID-19 di ruang isolasi Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur tidak bisa menampung pasien karena terisi penuh.

Direktur RSUD Sidoarjo Atok Irawan menuturkan, untuk sementara pihaknya belum bisa menerima pasien COVID-19. "Kami juga melaporkan ke Satuan Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo soal ini," ucapnya.

Ia mengemukakan sejak pertengahan November 2020, pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD Sidoarjo terus meningkat.

"Awalnya di bulan September sempat mengalami penurunan. Namun, di bulan Desember ini terus mengalami kenaikan secara signifikan," ujar dia, dilansir dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Cegah Penyebaran COVID-19, Pemkab Magetan Batasi Jumlah Wisatawan di Telaga Sarangan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur membatasi jumlah wisatawan hingga 50 persen yang berkunjung ke objek wisata Telaga Sarangan selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Hal ini untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Joko Trihono menuturkan, selama liburan akhir tahun ini jumlah wisatawan yang datang ke Telaga Sarangan dibatasi hingga 50 persen dari kapasitas.

"Okupansi Telaga Sarangan untuk masa "peak season" bisa mencapai 20.000 orang. Pada liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini dibatasi hanya 10.000 orang atau 50 persennya," tutur Joko Trihono, ditulis Senin, 28 Desember 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Pemkab Nganjuk Tutup Sementara Empat Tempat Wisata Saat Libur Tahun Baru, Mana Saja?

Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur menutup sementara empat lokasi wisata selama Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19 di Nganjuk.

"Atas perintah Bupati agar tutup empat objek wisata di Nganjuk, yakni Taman Rekreasi Anjuk Ladang, Taman Wisata Goa Margotresno, Air Terjun Roro Kuning, dan Air Terjun Sedudo," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Nganjuk dr Hendriyanto di Nganjuk, ditulis Senin, 28 Desember 2020.

Kebijakan itu langsung diinstruksikan oleh Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat kepada Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olah Raga dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 di Nganjuk.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilangkan Warna Gelap pada Ketiak dengan 4 Bahan Ini

Posted: 28 Dec 2020 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu permasalahan wanita adalah memiliki warna ketiak yang gelap. Hal itu bisa membuat malu kapan saja dan di mana saja. Perlu beberapa cara untuk bisa menghilangkan warna gelap pada ketiak.

Permasalahan tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa bahan yang bisa ditemukan di rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk pergi ke dokter kulit.

Melansir Times of India, Selasa (29/12/2020), setidaknya ada 5 bahan yang dinilai mampu membantu Anda menyelesaikan permasalahan warna ketiak yang gelap.

1. Soda kue

Mungkin saja Anda memiliki stok soda kue di dapur. Soda kue ini dinilai sebagai salah satu bahan yang baik untuk menghilangkan warna gelap di ketiak. Anda cukup mencampurkan soda kue dengan air.

Kemudian, campuran soda kue yang kental tersebut dan oleskan di ketiak Anda yang berwarna gelap. Selain mengoleskan, Anda perlu sedikit menggosoknya. Setelah beberapa menit, bersihkanlah.

2. Minyak kelapa

Selain soda kue, minyak kelapa juga dipercaya untuk menghilangkan warna gelap yang ada pada ketiak. Minyak kelapa memang bahan alami untuk pencerah kulit.

Di dalam minyak kelapa mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Anda cukup memijat ketiak Anda setiap hari menggunakan minyak kelapa dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu baru dibersihkan.

 

 

3. Minyak zaitun

ilustrasi minyak/copyright unsplash.com/Roberta Sorge
ilustrasi minyak/copyright unsplash.com/Roberta Sorge

Di zaman kuno, wanita biasa menggunakan minyak zaitun untuk meningkatkan dan perawatan kecantikan. Hal itu pula masih jadi tradisi hingga saat ini.

Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan satu sendok makan gula merah. Aplikasikan ke ketiak Anda dan gosok perlahan selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

4. Lemon

Selain ketiga bahan di atas, lemon juga ternyata dinilai sebagai bahan pemutih alami. Anda bisa menggosok setengah lemon di area ketiak yang gelap. Lakukanlah setiap hari selama 2-3 menit maka Anda akan menemukan perubahannya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi BBM Jenis Pertamax di Sulawesi Naik 40 Persen di Periode Natal 2020

Posted: 28 Dec 2020 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Masa Libur Natal tahun ini, konsumsi BBM berkualitas Pertamina mengalami peningkatan yang signifikan di wilayah Sulawesi. Peningkatan tersebut terjadi pada BBM jenis Pertamax yang tembus diangka 46 persen pada 23 Desember dan sebesar 40 persen pada 24 Desember dibandingkan konsumsi normal harian.

Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, tingginya kebutuhan pemudik pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik.

"Pada libur panjang Natal ini, selain konsumsi Pertamax di Sulawesi yang meningkat dibandingkan konsumsi normal harian, pada H-1 Perayaan Natal 24 Desember, peningkatan konsumsi juga terjadi pada BBM jenis Pertalite sebesar 31 persen, Pertamax Turbo naik di atas 5 persen dan Dexlite naik signifikan hingga tembus di atas 70 persen,"ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020).

Selain itu, Laode menjelaskan beberapa titik wisata di Sulawesi mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan untuk produk BBM Berkualitas.

"Di Toraja konsumsi Pertamax mengalami peningkatan signifikan hingga naik 72 persen dibandingkan normal, bahkan di Sulawesi Utara yang banyak juga destinasi wisatanya, konsumsi Pertamax naik diatas normal selama masa libur natal dari tanggal 23 – 25 Desember yang sampai tembus kenaikan konsumsi hingga 94 persen atau hampir 2x lipat dari konsumsi harian biasanya. Untuk Pertamax Turbo bahkan naik 129 persen dari konsumsi normal," tambahnya.

Lebih lanjut Laode menambahkan bahwa tren ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian untuk mudik ke kampung halaman ataupun berlibur bersama keluarga yang menempuh penjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima.

Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal.

"Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,"terangnya.

Kata Pelanggan

Maulana salah satu pelanggaan yang ditemui di SPBU 7491802 Jalan Poros Makale Rantepao Toraja mengatakan untuk perjalanan jauh ia memilih Pertamax dikarenakan mesin menjadi lebih dingin bahkan lebih irit.

"Untuk perjalanan jauh saya pakai Pertamax, rasanya lebih bertenaga dan irit jadi kami tidak khawatir selama di perjalanan. Alhamdulillah mobil freed saya ini belum ada kendala berarti selama memakai Pertamax," ujarnya.

Hal Senada juga diungkapkan Adi Putra Mokoginta, salah satu konsumen yang ditemui setelah mengisi Pertamax ke mobil Toyota Agya di SPBU 7195103 Jl Piere Tandean, Kota Manado, ia bahkan menganjurkan masyarakat lain yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan Pertamax untuk performa mesin lebih maksimal.

"Saya anjurkan untuk mengisi Pertamax, karna mobil semakin irit dan tarikan semakin enteng," ungkap pria yang juga ketua komunitas Toyota Agya Club Manado ini.

 

Kesiapsiagaan Pertamina

Papan petunjuk BBM yang berada di SPBU, Jakarta, Kamis (5/1). Penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Pertalite merupakan kebijakan korporasi Pertamina. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Papan petunjuk BBM yang berada di SPBU, Jakarta, Kamis (5/1). Penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Pertalite merupakan kebijakan korporasi Pertamina. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada masa Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Sulawesi sejak awal Desember hingga pertengahan Januari menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata dan memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Pertamina menyiagakan 1 unit Mobile Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong di daerah Toraja dan menyiagakan Motor Kemasan (PDS) sebanyak 22 titik yang tersebar di Sulawesi.

Sampai dengan 31 Desember 2020, masyarakat pun mendapatkan potongan harga bensin lebih hemat Rp250 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biaya Perawatan Covid-19 dan Karantina WNA yang Masuk Indonesia Ditanggung Pribadi

Posted: 28 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menutup pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia mulai 1 hingga 14 Januari 2021, menyusul munculnya varian baru virus Corona atau Covid-19.

Kebijakan ini dikecualikan untuk pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas.

Kemudian, WNA yang memiliki izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas serta pemegang kartu izin tinggal terbatas (KITAS) dan kartu izin tinggal tetap (KITAP). Mereka masih diperbolehkan masuk ke Indonesia namun dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Salah satunya, mereka harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR di negara asal yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan. Setibanya di Indonesia, WNA dilakukan tes ulang RT-PCR dan menjalani karantina 5 hari.

Adapun biaya karantina untuk para WNA ditanggung pribadi. Hal ini sesuai Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 4 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang dalam Masa Pandemi Covid-19.

"Bagi WNA di tempat akomodasi karantina dengan biaya mandiri (hotel/penginapan) yang telah mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan," demikian bunyi Surat Edaran dikutip Liputan6.com, Selasa (29/12/2020).

Jika tes RT-PCR menunjukkan hasil positif, biaya perawatan WNA juga akan ditanggung secara mandiri. Jika hasilnya negatif Covid-19, WNA dapat melanjutkan perjalanan.

Kebijakan ini diambil dalam rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Senin, 28 Desember 2020. Pemerintah meyakini varian baru virus corona ini memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

"Saat ini telah muncul pemberitaan mengenai strain baru virus Covid-19 yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin sore.

Update Corona per 28 Desember

Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengikuti tes usap (swab test) COVID-19 di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Senin (19/10/2020). Pemprov DKI dan DPRD DKI Jakarta berencana mengatur sanksi denda Rp 5juta bagi warga yang menolak rapid test maupun swab test atau tes PCR (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebanyak 5.854 orang terkonfirmasi positif Corona Covid-19 di Indonesia pada Senin (28/12/2020). Dengan demikian, total konfirmasi positif Covid-19 menjadi 719.219 orang.

Kemudian kasus sembuh bertambah 6.302 orang. Jadi, total akumulatif ada 589.978 pasien Corona Covid-19 di Indonesia sudah berhasil sembuh dan dinyatakan negatif.

Sementara itu, kasus meninggal dunia ada 215 orang. Sehingga, ada 21.452 pasien Corona Covid-19 yang meninggal dunia di Indonesia.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 27 Desember 2020 pukul 12.00 WIB hingga Senin 28 Desember pukul 12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daniel Radcliffe Disebut Bakal Jadi Harry Potter Lagi di Film Kesembilan

Posted: 28 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah hampir satu dekade lamanya kita melihat Daniel Radcliffe di layar lebar sebagai Harry Potter. Sejak itulah fans berharap agar sang aktor bisa kembali sebagai sang penyihir.

Namun kabar terbaru yang disampaikan wegotthiscovered.com, orang dalam bernama Daniel Richtman mengklaim di situs Patreon bahwa Daniel Radcliffe akan kembali di masa depan sebagai Harry Potter.

Tak hanya Daniel Radcliffe, sumber tersebut juga mengklaim bahwa para pemain film Harry Potter lainnya sedang dalam pendekatan untuk tampil kembali di sekuel mendatang.

Terkendala Kondisi

Panampilan Daniel Radcliffe yang kikuk menjadi pesulap di teaser trailer film Now You See Me 2.  (AFP/Bintang.com)
Panampilan Daniel Radcliffe yang kikuk menjadi pesulap di teaser trailer film Now You See Me 2. (AFP/Bintang.com)

Namun begitu, kembalinya Daniel Radcliffe dan para aktor tak bisa dimunculkan begitu cepat. Pasalnya, kondisi pandemi ini menimbulkan kendala bagi pihak studio untuk bisa segera melakukannya.

 

Film Baru

Memastikan dan kesal sendiri karena sebenarnya Harry Potter nggak miliki mata yang sama dengan ibunya di dalam film. (Warner Bros.)
Memastikan dan kesal sendiri karena sebenarnya Harry Potter nggak miliki mata yang sama dengan ibunya di dalam film. (Warner Bros.)

Selain itu, disebutkan juga bahwa pihak studio juga sedang membuat satu film misterius yang akan secara khusus menampilkan Daniel dan aktor-aktor film Harry Potter lainnya.

 

Versi Novel

Sebelum dirilisnya film kedelapan, Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2, penulis novel aslinya, J.K. Rowling, sempat membuat novel penutup berjudul sama pada 2007. Setelah itu, ia masih belum melanjutkan lagi kisah Harry Potter.

Fantastic Beasts

Kini, pihak studio film, Warner Bros., sedang berfokus menggarap Fantastic Beasts dan film-film spinoff yang melibatkan J.K. Rowling. Terakhir kali, film yang dirilis adalah Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Tempat Wisata di Kaliurang yang Instagramable, Alamnya Indah dan Menyejukkan

Posted: 28 Dec 2020 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kaliurang sebagai wilayah utara Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi alternatif liburan yang dekat dari kota. Walaupun tidak memiliki daerah pantai seperti di wilayah selatan yaitu Gunung Kidul dan Bantul, Sleman menawarkan keelokan Gunung Merapi.

Berlokasi di dekat Gunung Merapi, membuat wisata Kaliurang memiliki hawa yang sejuk. Tidak heran banyak objek wisata yang menawarkan keindahan pemandangan alam dan aktivitas outbound.

Tempat wisata di Kaliurang cocok buat kamu yang ingin mendapatkan suasana dan foto yang indah. Jika Gunungkidul terkenal dengan beragam pantai yang memiliki keindahan masing-masing, Sleman terkenal dengan beragam destinasi untuk berfoto yang menyejukkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020) tentang tempat wisata di Kaliurang.

Tempat Wisata di Kaliurang

The Lost World Castle (Wikipedia)
The Lost World Castle (Wikipedia)

The World Landmark Merapi Park Jogja

Tempat wisata di Kaliurang pertama yang wajib dikunjungi adalah The World Landmark Merapi Park. Di sini kamu bisa melihat beberapa landmark dari seluruh dunia. Bagi kamu yang gemar mengambil foto selfie, tempat ini adalah tempat yang cocok buatmu. Tempat wisata di Sleman satu ini cocok untuk liburan keluarga.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang menarik dari bangunan landmark seperti Menara Eiffel, Kincir Angin seperti di Belanda, Pagoda Thailand, jam raksasa Big Ben London, Menara Pisa Italia dan sebagainya. Peta wisata Jogja ini berlokasi di Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

The Lost World Castle

Daerah sekitar Gunung Merapi memang memiliki banyak sekali destinasi sebagai tempat wisata di Kaliurang. Salah satunya adalah The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Tempat wisata di Sleman satu ini tidak kalah Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram kamu.

Kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga dan memiliki pesan begitu unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

Tempat Wisata di Kaliurang

Wisata Gunung Merapi masih menjadi pilihan banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang akhir pekan kemarin. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.
Wisata Gunung Merapi masih menjadi pilihan banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang akhir pekan kemarin. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Stonehenge Cangkringan

Tempat wisata di Kaliurang kekinian berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Stonehenge Cangkringan. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehenge di Inggris.

Deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput bisa menjadi pemandangan yang unik. Apalagi dengan cuaca yang sejuk. Tempat wisata di Kaliurang ini bisa dijadikan tempat berfoto bersama teman-teman dan keluarga.

Lava Tour Merapi

Jika kamu ingin berkeliling melihat pemandangan Gunung Merapi, mengikuti tur dengan Jeep Lava Tour Merapi menjadi pilihan tepat. Kamu bisa menyewa jeep bersama teman-teman ataupun keluarga dan berjalan-jalan di sekitar merapi.

Dalam tour Merapi nanti kamu akan berkeliling ke beberapa tempat seperti ke bunker kaliadem, Tlogo Putri dan lain-lain.

Tempat Wisata di Kaliurang

Museum Gunung Merapi 

Tempat wisata di Kaliurang yang juga terletak di sekitaran Gunung Merapi adalah Museum Gunung Merapi. Selain bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, kamu juga bisa mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung yang sangat ikonik ini. Dengan begitu, tentunya tempat ini juga cocok untuk wisata kelaurga untuk menambah wawasan kamu dan anak-anak.

Museum yang berlokasi di Jalan Kaliurang Km. 22, Pakem, Kabupaten Sleman ini bisa menjadi alternative lainnya di sekitaran Gunung Merapi, terutama jika kamu ingin berwisata edukasi dan penasaran dengan informasi Gunung Merapi.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan tempat wisata di Kaliurang yang cukup populer. Di museum ini, kamu bisa berkeliling ke berbagai ruangan, mulai dari Ruang Gamelan hingga Guwo Selo Giri yang berisikan lukisan tokoh-tokoh Mataram.

Selain di bagian indoor, kamu juga akan berkunjung ke museum outdoornya yang bernama ruangan Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa. Bagi wisatawan yang ingin ke sini bisa berkunjung langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Kaliurang barat, Desa Pakembinangun, kecamatan Pakem.

Tempat Wisata di Kaliurang

sumber : IG @pesona_klangon
sumber : IG @pesona_klangon

Bukit Klangon

Menikmati pemandangan dengan hamparan awan tentu memanjakan mata. Beberapa bukit di Jogja banyak yang bisa dikunjungi untuk menikmati hamparan kapas putih tersebut. Bukit Klangon sebagai salah satu tempat wisata di Kaliurang menyajikan pemandangan yang sangat indah.

Gardu pandang di Bukit Klangon bisa jadi tujuan kamu selanjutnya. Di tempat ini terdapat spot foto yang keren berlatar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri merupakan tempat wisata di Kaliurang yang sangat indah. Embung atau kolam yang di dalamnya terdapat beberapa bebek air mainan ini memberikan kesejukan tersendiri bagi kamu yang mengunjunginya.

Selain itu, di Tlogo Putri terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya. Tidak hanya pemandangan dan permainannya saja yang menarik, tetapi udara di sini juga sejuk. Kamu dan keluarga pun bisa berkeliling sambil jalan santai di area tempat wisata.

Desa Wisata Ledok Sambi

Tempat wisata di Kaliurang selanjutnya adalah Ledok Sambi. Ledok Sambi adalah kawasan pedesaan yang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di sini, termasuk pilihan penginapannya.

Daya tarik Ledok Sambi ada pada pemandangan sawah hijau terhampar luas, udara yang sejuk dan suasana yang tenang dan mengesankan. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas outbound, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan lain-lain. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemlu Minta WNI Tunda Kunjungan ke Luar Negeri Terkait Mutasi Baru COVID-19

Posted: 28 Dec 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) mengimbau agar seluruh warga negara Indonesia untuk sedia kala menaati peraturan yang telah disampaikan oleh pemerintah, terkait upaya menanggulangi penyebaran Corona COVID-19.

Termasuk salah satunya yaitu menunda kunjungan keluar negeri yang dirasa tidak terlalu penting, di tengah mutasi COVID-19.

"Imbauan yang disampaikan oleh pemerintah bagi WNI yaitu mempertimbangkan perjalanan ke luar negeri secara matang," ujar Cecep Herawan selaku Sekretaris Jendral Kementerian Luar Negeri dalam acara yang diselenggarakan oleh Satgas COVID-19 secara virtual.

"Meskipun, perwakilan kita di luar negeri akan senantiasa selalu membantu, namun alangkah baiknya jika kita menunda kepentingan yang tak terlalu mendesak tersebut," tambahnya.

Selain itu, Cecep Herawan juga menyampaikan pesan kepada warga negara asing yang hendak berkunjung ke Indonesia di tengah situasi seperti ini.

"Kepada WNA untuk senantiasa membuka informasi yang tersedia di situs Kementerian Luar Negeri RI. Sebab, ada banyak ketentuan dan regulasi yang mesti diikuti jika hendak berkunjung ke Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melarang masuknya Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia untuk sementara. Keputusan diambil karena ada mutasi COVID-19 yang lebih cepat menular.

"Saat ini telah muncul pemberitaan mengenai mutasi COVID-19 yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat," ujar Menlu Retno Marsudi pada konferensi pers, Senin (28/12/2020).

Alhasil, WNA dari seluruh negara dilarang masuk dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021.

Ada pengecualian dari aturan tersebut, yakni WNA yang punya jabatan. Mereka masih boleh masuk dengan "protokol ketat."

"Penutupan sementara perjalanan WNA ke Indonesia dikecualikan bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri ke atas dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat," jelas Menlu Retno.

 

WNI Tidak Dilarang Pulang ke Indonesia

Menlu Retno Marsudi dalam press briefing bersama dengan awak media pada Kamis (17/9/2020). (Dok: Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi dalam press briefing bersama dengan awak media pada Kamis (17/9/2020). (Dok: Kemlu RI)

Indonesia akan melarang total masuknya Warga Negara Asing (WNA) mulai 1 Januari 2020. Aturan itu dibuat setelah ada mutasi COVID-19 yang lebih menular. Namun, WNI masih boleh pulang.

"Sesuai UU no 6 tahun 2011 pasal 14, warga indonesia tetap diizinkan kembali ke Indonesia," ujar Menlu Retno Marsudi.

Aturan bagi WNI adalah harus melampirkan hasil RT-PCR yang berlaku 2x24 jam. Setelah sampai di Indonesia, WNI tetap harus kembali melakukan tes serupa.

WNI yang hasil tesnya negatif akan dikarantina selama lima hari. Begitu masa karantina berakhir, maka WNI akan dites lagi.

"Apabila hasil negatif, maka diperkenankan melanjutkan perjalanan," ujar Menlu Retno.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Macet Puncak Bogor, Menhub Budi Karya Ingin Hotel Punya Armada Bus Sendiri

Posted: 28 Dec 2020 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak diminati warga Jakarta saat musim libur. Menteri Perhubungan (menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, hal ini antara lain ditunjang pesatnya pembangunan di kawasan tersebut.

Budi mengatakan, meningkatnya jumlah pengunjung ini menjadi beban tersendiri bagi kawasan Puncak, utamanya dari sisi transportasi.

"Pembangunan yang dilakukan oleh berbagai pihak membuat daya tarik dan demand ini bertambah banyak dan tentu dampaknya sering terjadi suatu kemacetan yang kronis di setiap akhir pekan, libur panjang," kata menhub Budi Karya dalam Webinar - Puncak, Mengapa Diminati Meski Macet Menanti, Selasa (29/12/2020).

Budi Karya pun ingin agar ada solusi jangka panjang untuk mengatasi persoalan kemacetan di kawasan Puncak Bogor. Sebab, yang selama ini dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (kemenhub) bersama dengan pemangku kepentingan terkait hanya melakukan solusi jangka pendek.

"Kita inginkan ada suatu narasi yang lebih komprehensif, yang satu sisi tetap beri layanan pada masyarakat, tetapi kita beri solusi pada masyarakat," kata menhub.

Menhub pun memberikan solusi jangka panjang dengan transportasi massal. Kemenhub pun sudah menghadirkan subsidi bus. Hotel-hotel juga disarankan untuk bisa menyediakan bus sebagai akomodasi utama.

Dengan adanya transportasi massal seperti bus ini maka pengunjung atau wisatawan tidak perlu membawa kendaraan pribadi menuju Puncak Bogor.

"Kita sarankan hotel-hotel itu juga memiliki bus agar pengunjung tidak gunakan mobil. Bahkan kita berpikir bahwa bila mungkin kita ORT, Otonomus Rapid Transit, satu kereta dengan menggunakan ban, bukan metal, sehingga kapasitasnya besar," lanjut Budi.

Bisnis Perhotelan dan Wisata di Bogor Menjerit Dampak Kebijakan Rapid Test Antigen

Sejumlah pedagang asongan menawarkan dagangan kepada pengendara di jalan tol Jagorawi yang sedang menanti waktu buka tutup jalur menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah pedagang asongan menawarkan dagangan kepada pengendara di jalan tol Jagorawi yang sedang menanti waktu buka tutup jalur menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, momentum liburan Natal dan Tahun Baru 2021 kali ini benar-benar membuat pelaku usaha perhotelan dan wisata kembali mengalami tekanan berat.

Bagaimana tidak, libur panjang yang diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan justru saat ini terus menurun ke titik terendah setelah setiap tamu yang akan menginap maupun berwisata diwajibkan menyertakan hasil rapid test antigen negatif Covid-19.

Kebijakan rapid test antigen itu membuat wisatawan terbebani biaya sehingga akhirnya ramai-ramai membatalkan reservasi momen libur akhir tahun ini.

"Iya betul, kemungkinan seperti itu. Tapi bagaimana lagi kita pelaku usaha harus patuh dengan aturan yg dikeluarkan pemerintah," ujar Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto, Sabtu (26/12/2020).

Tingkat hunian atau okupansi hotel di Kabupaten Bogor sempat menggeliat kembali pada Juli-Oktober 2020 saat pemerintah setempat memberikan kelonggaran pada sektor ekonomi yang tidak dikecualikan. Sebelumnya, sektor perhotelan di Kabupaten Bogor terpuruk pada April-Mei lantaran penutupan sementara akibat pandemi Covid-19.

Disaat bisnis perhotelan dan pariwisata mulai menggeliat, okupansi hotel memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kembali merosot tajam dampak kebijakan rapid test antigen.

"Libur Natal (okupansi) turun drastis mencapai 70-80 persen. Untuk booking malam tahun baru juga masih sedikit, karena ada yang cancel," terangnya.

Marketing Communication Manager Royal Safari Garden, Dian Sagita mengaku okupansi pada libur panjang Nataru tahun ini menurun drastis. Sampai hari ini, tingkat pesanan kamar untuk malam pergantian tahun di Hotel Royal Safari Garden baru mencapai 25 persen.

"Sepi, masih 25 persen. Itu juga banyak yang pindah buat Januari," kata Dian.

Tak hanya perhotelan, objek wisata pun demikian. Salah satunya adalah Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Cisarua, Bogor. Tingkat kunjungan wisatawan ke kebun binatang yang berada di kawasan Puncak itu menurun hingga 50 persen.

"Perbandingan libur Natal tahun lalu dengan tahun ini turun drastis. Keluhannya pasti semua sama," ujar Humas Taman Safari Indonesia Yulius Suprihardo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penerbangan di Bandara Haneda Tokyo Setelah Temuan Varian Baru Covid-19

Posted: 28 Dec 2020 08:30 PM PST

Orang-orang beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris.  (AP Photo/Koji Sasahara)
Orang-orang beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris. (AP Photo/Koji Sasahara)

Orang-orang beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris. (AP Photo/Koji Sasahara)

Ground staff bekerja di lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)
Ground staff bekerja di lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Ground staff bekerja di lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda sepi akibat pandemi virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris.  (AP Photo/Koji Sasahara)
Lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda sepi akibat pandemi virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris. (AP Photo/Koji Sasahara)

Lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda sepi akibat pandemi virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris. (AP Photo/Koji Sasahara)

Orang-orang yang mengenakan masker beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)
Orang-orang yang mengenakan masker beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Orang-orang yang mengenakan masker beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Suasana lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi akibat pandemi virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris.  (AP Photo/Koji Sasahara)
Suasana lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi akibat pandemi virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris. (AP Photo/Koji Sasahara)

Suasana lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi akibat pandemi virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Saat ini Jepang sudah mencatat delapan kasus terkait varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Inggris. (AP Photo/Koji Sasahara)

Seorang pria melewati papan informasi penerbangan di Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)
Seorang pria melewati papan informasi penerbangan di Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Seorang pria melewati papan informasi penerbangan di Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhammad Rizki Targetkan Ikut SEA Games 2021

Posted: 28 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Atlet Kickboxing Muhammad Rizki Nurohman memasang target tinggi di tahun 2021. Pria yang miliki nama panggung Baday Kingdom itu ingin masuk skuat Timnas Kickboxing Indonesia di SEA Games Hanoi, Vietnam 2021.

Persiapan serius dilakukan Rizki agar bisa menembus SEA Games 2021. Pada akhir tahun 2020 ini, Rizki mengikuti KX-1 Kickboxing Championship 2020 yang digelar di Karno's Studio Film Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (27/12/2020) malam.

Di ajang tersebut, Rizki yang ang tergabung padai Adonara Fighting Camp Brebes menang angka atas Ade Mulyono dari Han Acadeny Solo. Dalam pertarungan tiga ronde itu, Baday Kingdom tampil begitu agresif dan sempat membuat Ade Mulyono kewalahan.

Pengidola jawara dunia K-1, Connor McGregor ini memang berambisi menjadi kickboxer amatir dan profesional yang mampu membawa nama harum bangsa dan negara. Apalagi, kedua orang tuanya memberikan dukungan penuh.

"Saya akan berusaha bisa menembus skuat Timnas Kickboxing Indonesia yang akan tampil pada SEA Games Hanoi, Vietnam 2021. Itu menjadi target sekaligus mewujudkan impian ayah yang ingin saya bisa membawa nama harum bangsa dan negara melalui olahraga kickboxing," tutup Baday Kingdom.

Darah Petarung

Darah petarung memang benar-benar mengalir dalam tubuh Muhammad Rizki Nurohman. Faktanya, sejak kecil dia sudah menekuni olahraga beladiri dengan bergabung dalam Perguruan Pencaksilat Setia Hati Teratai (PSHT). Kini, dia beralih ke olahraga beladiri kickboxing mengikuti jejak ayahnya, Abdul Rahman.

"Tadinya, saya latihan pencak silat karena memang senang olahraga beladiri. Lalu, saya menekuni olah raga kickboxing saat berusia 14 tahun untuk mengikuti jejak ayah yang kebetulan mantan atlet kickboxing," kata Muhammad Rizki Nurohman di Jakarta, Senin (28/12/2020).

Bagi Muhammad Rizki Nurohman menekuni olahraga kickboxing sangat menantang. Dan, dia sangat paham dengan risiko yang bakal dihadapinya dalam setiap pertandingan.

"Kickboxing itu olahraga yang sangat menantang dan penuh sportivitas. Risiko cedera dalam setiap pertandingan selalu ada. Namun, kita bisa meminimalisasinya dengan menjalani latihan persiapan yang cukup," jelasnya.

Prestasi

Tidak salah memang Muhammad Rizki Nurohman memilih karier di kickboxing. Kini, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Abdul Rahman dan Ade Ragil sudah mencatak rekor pertandingan 12 kali kemenangan dan sekali kalah.

Biodata

Nama: Muhammad Rizki Nurohman

Nama Ring : Baday Kingdom

Lahir: Brebes, Jawa Tengah, 18 Agustus 2002

Sasana: Adonara Fighting Camp

Pelatih: Antas - Kardi dan Billy

Beladiri Dasar: Pencak silat (PSHT)

Idola atlet lokal: Ahong Rudi Gunawan

Idola atlet luar: Conor McGregor

Rekor: 12 kali menang sekali kalah

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Pernah Dijenguk Orangtua, Adik Sherina Munaf Lulus Kuliah dengan Nilai Cum Laude

Posted: 28 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sherina Munaf memiliki seorang adik perempuan yang tengah berkuliah di Boston University bernama Maura Munaf. Tiga tahun di sana, adik ipar Baskara Mahendra ini menunjukkan prestasinya.

Kabar bahagia ini disampaikan sang ayah, Triawan Munaf di akun Instagram terverifikasi miliknya, Sabtu (26/12/2020).

Mantan personel grup musik Giant Step ini menjelaskan bahwa putrinya mendapat nilai yang sempurna.

Cum Laude

Triawan Munaf (Foto: Instagram/@triawanmunaf)
Triawan Munaf (Foto: Instagram/@triawanmunaf)

Tentu saja sebagai seorang ayah, Triawan Munaf bangga dengan Maura. Hal itu diungkapkannya dalam keterangan.

"Finally.Very happy and proud of you, Maura.Boston University,B.S. in Film & Television, Minor in Advertising, Summa Cum Laude. 🏵👩🏻‍🎓," tulisnya.

Terkenang

Triawan Munaf (Foto: Instagram/@triawanmunaf)
Triawan Munaf (Foto: Instagram/@triawanmunaf)

Maura, merupakan sosok wanita yang mandiri. Hal itu sangat diingat Triawan.

"Masih ingat rasanya baru kemarin.

15 Oktober 2017 kamu kami hantar hanya sampai Gate Terminal 2, pergi sendiri menarik-narik kopor di negeri orang. Mencari akomodasi dll. dan tinggal di asrama dengan 3 orang mahasiswi lain yang kamu baru kenal dalam SATU KAMAR selama satu tahun lebih," lanjutnya.

Belum Pernah Dijenguk

Meski tak pernah dijenguk oleh kedua orangtua, adik ipar Baskara Mahendra ini tak sekalipun bersedih.

"Dan sampai hari ini, tiga tahun sudah berlalu. Maafkan karena satu kalipun Ayah-Ibu belum sempat menjengukmu disana. Tau-tau kuliah kamu sudah selesai. Alhamdulillah, semuanya lancar.I love you, Maura.❤️," sambungnya.

Banjir Ucapan

Kebanggaan bukan saja milik Triawan Munaf, tapi juga selebritas Tanah Air lainnya. Mereka salut dengan keberhasilan Maura.

"Maura yang keren dan cantik ini.. Selamat dan Gemilang selalu untuk masa depan mu❤️," tulis Happy Salma.

"Proud Ayah... & Congratulation Maura 💙," timpal Yuni Shara.

"Waahh...Congratulations To The Proud Parents Kang @triawanmunaf @ Mba @lukiariani ... and All The Best To Dear @mayzurstla 🙏🏽👩🏻‍🎓😍🥰👍🏼👏🏼🙏🏽," tambah Ruth Sahanaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Aman Staycation di Kota Sendiri

Posted: 28 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kondisi pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Ini dia tips aman staycation di kota sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekosistem Gojek Bantu Pelaku Usaha Perempuan selama Pandemi Covid-19

Posted: 28 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laporan terbaru dari UN Women yang bekerja sama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek menyatakan platform digital untuk pelaku usaha telah membantu usaha mikro dan kecil (UMK) milik perempuan untuk bertahan dan bertumbuh selama pandemi Covid-19.

Menurut laporan bertajuk "Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19" tersebut, lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital, seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi.

Secara khusus, penggunaan platform digital membantu sebagian besar usaha yang telah berdiri lebih dari 1 tahun untuk bertahan dan 30-40 persen dari usaha yang belum lama dirintis untuk berkembang.

Laporan ini juga mendapati bahwa 82 persen pelaku usaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital seperti GoBiz, Selly, dan MokaPOS.

"Temuan studi independen ini sejalan dengan apa yang telah diadvokasi Gojek melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek, yaitu untuk menjadi mitra pertumbuhan untuk 900.000 mitra usaha kami yang 96 persen di antaranya merupakan UMKM," ujar Nila Marita, Chief Corporate Affairs, Gojek.

Melengkapi laporan di atas, penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, menyatakan 42 persen mitra mitra usaha GoFood adalah perempuan dan 27 persen di antaranya merupakan ibu rumah tangga.

Metode

Penelitian UN Women menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan analisis Big Data. Pengumpulan data kuantitatif berlangsung antara 14 hingga 27 Oktober 2020.

Survei dibagikan kepada 8.000 pelaku usaha yang terdaftar di GoBiz dan dipilih secara acak. Setelah menghilangkan tanggapan parsial dan entri lain yang tidak relevan, angka itu mengerucut menjadi 2.168 tanggapan yang dianalisis.

Sementara data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara virtual yang dilakukan pada sampel yang terdiri dari 40 perempuan dan laki-laki pemilik UMK yang tinggal di daerah perkotaan atau pinggiran kota di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa Saksi Kasus Penembakan 6 Laskar FPI dari Rest Area KM 50

Posted: 28 Dec 2020 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi kembali menjadwalkan pemeriksaan terkait kasus penembakan enam Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek. Untuk hari ini, saksi yang diperiksa berasal dari tempat kejadian perkara (TKP) KM 50.

"Pemeriksaan satu orang saksi tambahan di TKP rest area KM 50," tutur Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, Selasa (29/12/2020).

Andi mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan keterangan saksi dan barang bukti hingga penyidik menilai keseluruhannya tercukupi. Namun sejauh ini belum diketahui kapan gelar perkara dilakukan.

"Belum," jelas dia.

Dengan pemerikaan saksi hari ini, total sudah ada 83 saksi yang diperiksa terkait kasus penembakan enam Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek.

"83 saksi," Andi menandaskan.

Komnas HAM telah memaparkan mengenai sejumlah temuan di lapangan dalam kasus penembakan enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM menemukan tujuh butir proyektil dan empat butir selongsong dari tempat kejadian perkara (TKP) penembakan laskar.

Nantinya seluruh barang bukti tersebut akan diuji balistik dan dicocokkan dengan senjata yang ditembakkan kepada enam anggota laskar FPI.

Komnas HAM menegaskan, belum ada kesimpulan apapun atas hasil penyelidikan kasus penembakan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

"Kami belum pernah mengambil kesimpulan apapun. Jadi kalau ada berita begitu kami pastikan itu hoaks. Ahli dan forensik saja belum kami lakukan," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

6 Orang Meninggal Dunia

Choirul menyebut, sejauh ini Komnas HAM baru mengumpulkan sejumlah keterangan saksi dan barang bukti saja mengenai penembakan laskar FPI. Masih ada tahapan yang perlu dilakukan sebelum kesimpulan investigasi diambil.

"Jadi kecepatan kami menemukan ini semua. Karena sifat kehati-hatian kami, seperti ini ada earphone entah berhubungan atau tidak, kami ambil. Ini kami lakukan sebelum ada informasi di publik jadi kami menelusuri, apapun yang kita dapat kita dapat," jelas dia.

"Banyak proses ini yang belum tentu nyambung tapi kita ambil sebelum informasi ada di publik. Ini yang membutuhkan informasi lebih lanjut," lanjut Choirul.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan polisi, terjadi peristiwa penyerangan laskar FPI terhadap aparat kepolisian di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek pada hari Senin, 7 Desember 2020, pukul 00.30 WIB.

Petugas yang merasa keselamatan jiwanya terancam langsung mengambil tindakan tegas dan terukur sehingga enam orang pengawal Rizieq Shihab meninggal dunia, sementara empat orang lainnya melarikan diri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Kembali Menguat ke 14.152 per Dolar AS

Posted: 28 Dec 2020 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (29/12/2020), rupiah dibuka di angka 14.147 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.155 per dolar AS. Namun menjelang siang rupiah berada di 14.152 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.145 per dolar AS hingga 14.152 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 2,08 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.169 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.184 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Persoalan Macet di Puncak Bogor Seperti Gunung Es

Posted: 28 Dec 2020 08:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, persoalan kemacetan yang terjadi di kawasan Puncak Bogor Jawa Barat ibarat gunung es. Kemacetan merupakan puncak dari gunung es tersebut.

"Jadi Puncak itu ibarat gunung es, persoalan transportasi hanyalah puncak gunung es dari masalah yang terlihat selama ini," ujar dia dalam Webinar "Puncak, Mengapa Diminati Meski Macet Menanti" Selasa (29/12/2020).

Budi mengatakan, kompleksnya permasalahan di kawasan Puncak tidak bisa diselesaikan hanya dari sisi transportasi. Untuk itu, bersama dengan semua pemangku kepentingan, Menhub ingin memastikan kawasan Puncak dapat dijaga kelestariannya, meskipun semakin hari jumlah pengunjung semakin banyak.

"Kita hadir bersama semua pemangku kepentingan untuk menjadikan Puncak yang tidak hanya ramah bagi pengunjung dan masyarakat puncak. Tapi bagaimana secara holistik Puncak bagian dari Bopunjur (Bogor-Puncak-Cianjur) menjadi daerah yang harus kita selesaikan secara alami. Bagaimana mereka tetap asri, lestari, tapi bagaimana kita mengendalikan Puncak itu secara lebih holistik," ujar Budi Karya.

Adapun beberapa kebijakan yang dilakukan Kementerian Perhubungan (kemenhub) bersama stakeholder selama ini masih bersifat jangka pendek, seperti skenario buka-tutup jalan, pemberlakuan satu arah, dan rekayasa 2-1.

"Kita inginkan ada suatu narasi yang lebih komprehensif, yang satu sisi tetap memberikan layanan kepada masyarakat, tapi kita (juga) memberikan solusi bagi masyarakat," ucapnya.

Dampak Syarat Rapid Test Antigen Jika ke Bogor, Hotel hingga Kebun Raya Sepi

Sejumlah kendaraan berhenti di jalan tol Jagorawi menanti waktu buka tutup jalur menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). Akhir pekan beriringan dengan libur panjang dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi-lokasi wiisata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah kendaraan berhenti di jalan tol Jagorawi menanti waktu buka tutup jalur menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). Akhir pekan beriringan dengan libur panjang dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi-lokasi wiisata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, kebijakan membawa hasil rapid test antigen negatif Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah saat libur panjang Natal dan Tahun Baru rupanya memiliki dampak bagi sejumlah tempat wisata di beberapa daerah.

Misalnya di daerah Bogor, Jawa Barat. Para pelaku usaha hotel dan tempat wisata di daerah tersebut harus berlapang dada lantaran wisatawan membatalkan reservasi mereka karena kewajiban membawa hasil rapid test antigen negatif Covid-19.

Kebijakan rapid test antigen itu membuat wisatawan terbebani biaya sehingga akhirnya ramai-ramai membatalkan reservasi momen libur akhir tahun ini.

"Iya betul, kemungkinan seperti itu. Tapi bagaimana lagi kita pelaku usaha harus patuh dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah," ujar Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto, Sabtu, 26 Desember 2020.

Selain itu, sepinya pengunjung juga dirasakan di Kebun Raya Bogor mulai Kamis, 24 Desember 2020. Menurut Humas Pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) Zainal Arifin, pengunjung Kebun Raya Bogor pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, sekitar 3.000 hingga 4.000 orang.

"Pada hari Sabtu kemarin pengunjung hanya sekitar 2.000 orang, turun sekitar 30 persen hingga 40 persen," kata Zainal Arifin.

Berikut dampak yang dirasakan di kawasan Bogor, Jawa Barat dengan adanya kebijakan membawa hasil rapid test antigen negatif Covid-19 saat berwisata dihimpun Liputan6.com:

Pengunjung Hotel Merosot Tajam

Libur panjang yang diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan justru saat ini terus menurun ke titik terendah setelah setiap tamu yang akan menginap maupun berwisata diwajibkan menyertakan hasil rapid test antigen negatif Covid-19.

Kebijakan rapid test antigen itu membuat wisatawan terbebani biaya, sehingga akhirnya ramai-ramai membatalkan reservasi momen libur akhir tahun ini.

"Iya betul, kemungkinan seperti itu. Tapi bagaimana lagi kita pelaku usaha harus patuh dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah," ujar Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Boboy Ruswanto, Sabtu, 26 Desember 2020.

Tingkat hunian atau okupansi hotel di Kabupaten Bogor sempat menggeliat kembali pada Juli-Oktober 2020 saat pemerintah setempat memberikan kelonggaran pada sektor ekonomi yang tidak dikecualikan. Sebelumnya, sektor perhotelan di Kabupaten Bogor terpuruk pada April-Mei lantaran penutupan sementara akibat pandemi Covid-19.

Disaat bisnis perhotelan dan pariwisata mulai menggeliat, okupansi hotel memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kembali merosot tajam dampak kebijakan rapid test antigen.

"Libur Natal (okupansi) turun drastis mencapai 70-80 persen. Untuk booking malam tahun baru juga masih sedikit, karena ada yang cancel," jelas Ruswanto.

Senada, Marketing Communication Manager Royal Safari Garden, Dian Sagita mengaku okupansi pada libur panjang Nataru tahun ini menurun drastis.

Sampai hari ini, Sabtu, 26 Desember 2020, tingkat pesanan kamar untuk malam pergantian tahun di Hotel Royal Safari Garden baru mencapai 25 persen.

"Sepi, masih 25 persen. Itu juga banyak yang pindah buat Januari," kata Dian.

Taman Safari Sepi

Tak hanya perhotelan, objek wisata pun demikian. Salah satunya adalah Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Cisarua, Bogor.

Tingkat kunjungan wisatawan ke kebun binatang yang berada di kawasan Puncak itu menurun hingga 50 persen.

"Perbandingan libur natal tahun lalu dengan tahun ini turun drastis. Keluhannya pasti semua sama," ujar Humas Taman Safari Indonesia Yulius Suprihardo.

Pengunjung Kebun Raya Bogor Menurun

Wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menurun akibat diterapkan bebas Covid-19, mulai Kamis, 24 Desember 2020.

Humas Pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) Zainal Arifin mengatakan pengunjung Kebun Raya Bogor pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, sekitar 3.000 hingga 4.000 orang.

"Pada hari Sabtu kemarin pengunjung hanya sekitar 2.000 orang, turun sekitar 30 persen hingga 40 persen," kata Zainal Arifin.

Zainal menjelaskan penerapan aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR negatif, diberlakukan bagi pengunjung dari luar Bogor, sedangkan pengunjung dari Kota Bogor dan Kabupaten Bogor wajib memperlihatkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk memastikan domisilinya di Bogor.

Sejak diberlakukannya aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR negatif, mulai Kamis, 24 Desember 2020, kata Zainal, sudah ratusan orang yang batal mengunjungi Kebun Raya Bogor karena tidak diizinkan masuk.

Pengelola Kebun Raya Bogor membuka dua pintu masuk untuk pengunjung pada akhir pekan dan hari besar nasional, yakni pintu utama atau pintu I di Jalan H Juanda serta pintu III di Jalan Raya Pajajaran.

Zainal menjelaskan di pintu masuk penjagaan terhadap pengunjung dilakukan oleh petugas tiket, Satpam Kebun Raya Bogor, serta diawasi oleh petugas dari Satpol PP Kota Bogor.

Bahkan, pada hari pertama diberlakukannya aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR yang negatif, juga ada pengawasan dari petugas Kepolisian.

"Pada hari pertama diberlakukan aturan ini, Wali Kota Bogor meninjau langsung ke Kebun Raya Bogor," ucap Zainal.

Menurut Zainal, penerapan aturan wajib memperlihatkan hasil tes cepat antigen atau hasil tes usap PCR yang negatif berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bogor Nomor 440.45-911 tahun 2020, serta Surat Edaran Satgas Covid-19 Kota Bogor Nomor 01/STPC.BGR/XII Tahun 2020.

"Sasarannya, untuk mencegah penyebaran virus corona. Pengelola Kebun Raya Bogor mendukung langkah Pemerintah Kota Bogor dalam mencegah penyebaran Covid-19 selama liburan Nataru tahun 2020," jelas Zainal.

Pengelola Kebun Raya Bogor, kata dia, berharap pandemi Covid-19 bisa segera berakhir, sehingga kondisinya bisa normal kembali.

Ratusan Wisatawan ke Puncak Diputarbalik

Ratusan wisatawan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, diminta putar balik karena tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19 antigen, setelah terjaring petugas di Bundaran Lampu Gentur-By Pass Cianjur.

Kabag Ops Polres Cianjur AKP Alan mengatakan, penyekatan dilakukan Polres Cianjur bersama Gugus Tugas sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya saat libur panjang akhir tahun, dimana pendatang atau wisatawan wajib membawa surat bebas Covid-19 antigen.

"Sebagian besar yang dipulangkan kembali ke daerah masing-masing adalah pendatang dan wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Puncak-Cipanas. Jumlahnya lebih dari 100 orang yang terjaring di Bundaran Lampu Gentur," ujar Alan dikutip dari Antara, Minggu, 27 Desember 2020.

Penyekatan juga dilakukan di sejumlah titik mulai dari pintu masuk Cianjur dari Bandung Barat, Jalur Cianjur-Sukabumi tepatnya di Jalan Raya Gekbrong dan perbatasan Bogor-Cianjur tepatnya di Kawasan Puncak Pass. Mereka yang tidak mengantongi surat bebas Covid-19 antigen, dikembalikan ke kota asalnya masing-masing.

Ia menuturkan, penyekatan akan dilakukan hingga malam pergantian tahun, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya dan upaya meningkatkan kesadaran warga dalam menerapkan protokol kesehatan serta antisipasi terjadinya kerumunan menjelang pergantian tahun.

"Kami juga akan membubarkan setiap kerumunan yang terjadi, kalau masih ada yang membandel akan dikenakan sanksi tegas. Kami imbau bagi pengendara dari luar kota akan diizinkan berlibur di wilayah Cianjur, dengan catatan membawa surat bebas Covid-19 antigen," tegas Alan.

Sementara puluhan pengendara roda empat bernopol luar kota seperti Bandung yang melintas di Jalur By Pass Cianjur, memilih balik kanan ketika melihat penyekatan yang dilakukan petugas gabungan. Bahkan hal yang sama terlihat di kawasan Puncak Pass dan perbatasan Bandung Barat-Cianjur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT Pertamina Lubricants Hadirkan Promo Pelumas Pertamina Fastron Bagi Konsumen Dipergantian Tahun

Posted: 28 Dec 2020 08:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk terus mendukung menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi, PT Pertamina Lubricants tetap berkomitmen memberikan yang terbaik bagi konsumennya dengan menyelenggarakan program 'Pergantian Tahun 2020' untuk produk pelumas Pertamina Fastron Series. Pertamina Fastron merupakan pelumas terbaik dari PT Pertamina Lubricants yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan Lamborghini juga menggunakan pelumas Pertamina Fastron untuk kegiatan-kegiatan balapnya.

Program Pergantian Tahun 2020 ini mengusung tagline 'Ganti Tahun – Ganti Keberuntunganmu!'. Semangat dari tagline tersebut diharapkan Pertamina Fastron dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena hadir dengan kualitas terbaik dengan harga yang lebih ekonomis sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi dan memberikan benefit yang optimal sehingga mempermudah kegiatan konsumen dalam mencari rezeki.

Produk yang ikut dalam program ini adalah seluruh produk Pertamina Fastron Series dengan line-up sebagai berikut: Pertamina Fastron Platinum Racing, Pertamina Fastron Platinum, Pertamina Fastron Gold, Pertamina Fastron Techno, Pertamina Fastron Diesel, dan Pertamina Fastron Ecogreen.

Diselenggarakan mulai dari tanggal 23 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021, konsumen bisa dengan mudah mendapatkan promo ini dengan 3 cara ini:

  1. Setiap service dan ganti pelumas menggunakan Fastron Series, konsumen akan mendapatkan diskon senilai Rp. 100.000
  2. Produk Pertamina Fastron varian apa saja
  3. Konsumen dapat cek dan datang ke bengkel terdekat yang menyediakan promosi ini melalui https://ptm.id/bengkelpromogantitahun2020

"Sudah menjadi komitmen PT Pertamina Lubricants untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya pada pergantian tahun ini, kami mengadakan program Pergantian Tahun 2020 untuk memberikan produk terbaik dari PT Pertamina Lubricants dengan harga yang lebih ekonomis, sehingga mempermudah masyarakat dalam mencari rezeki dan membuat roda perekonomian terus berputar", ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Ageng Griyono.

Untuk informasi detail mengenai program promo ini ayo follow akun Instagram, Facebook dan Twitter @officialfastron ya!

Bingung varian pelumas apa yang cocok dengan mobil Anda? Tinggal coba fitur Mix & Match yang ada di aplikasi Dr. Lube. Melalui link drlube.pertaminalubricants.com, coba fiturnya dan temukan solusi pelumas untuk kendaraan Anda!

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun, Sering Disepelekan

Posted: 28 Dec 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memahami penyebab sistem kekebalan tubuh menurun akan membuat seseorang lebih mudah mempertahankan antibodinya. Tanpa antibodi yang baik, tubuh akan lebih rentan dengan serangan patogen berbahaya seperti virus, bakteri, kuman, dan parasit.

Sistem kekebalan tubuh yang ada pada garda terdepan perlindungan adalah sel darah putih. Sel darah putih bekerja dengan memakan dan menghancurkan mikroorganisme berbahaya. Maka dari itu untuk bisa mempertahankan sel darah putih dalam tubuh sebagai antibodi, penyebab sistem kekebalan tubuh menurun harus dihindari.

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun ada banyak sekali. Tidak hanya dipengaruhi konsumsi obat, tetapi pola hidup tidak sehat juga berisiko menurunkan fungsi sistem imun. Mulai dari stres, depresi, kurang nutrisi, dehidrasi, rokok, alkohol, duduk lama, dan masih banyak lagi.

Agar bisa lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas penyebab sistem kekebalan tubuh menurun dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020).

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Ilustrasi dehidrasi | Pexels
Ilustrasi dehidrasi | Pexels

Kekurangan Asupan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Pada dasarnya, berbagai makanan seimbang seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber gandum utuh dapat mendukung sistem kekebalan.

Makanan ini dapat memberikan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang penting bagi tubuh. Vitamin C, ginseng, hingga bunga Echinacea merupakan asupan nutrisi yang dapat meningkatkannya.

Vitamin C paling banyak adalah dari buah dan sayuran. Jika sudah sangat lemah, sumplemen untuk memenuhi asupan vitamin C tubuh bisa dijadikan pilihannya. Ginseng pun mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan antioksidannya.

Dehidrasi

Kurang konsumsi cairan sampai menyebabkan dehidrasi kerap kali disepelekan. Padahal dehidrasi termasuk penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Hampir 60 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan lembap, hingga untuk menghindari penyakit.

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bernapas merupakan hal yang normal. Dehidrasi terjadi ketika cairan yang hilang tidak tergantikan.

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Ilustrasi stres | Sumber: Freepik
concept_176420-10937.jpg

Stres

Stres merupakan kondisi yang lebih sering dialami oleh pekerja dan pelajar. Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun yang satu ini pun sering disepelekan.

Sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejala stres. Hampir semua orang mungkin pernah merasakan stres.

Berbagai gejala yang dirasakan saat stres tersebut dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan.

Kurang Bergerak

Kurang bergerak adalah kebiasaan buruk. Meski cenderung identik dengan sifat malas, kurang bergerak terkadang sudah menjadi tuntutan bagi sebagian orang.

Meski nyaman dan tidak terlalu melelahkan, kurang bergerak adalah penyebab sistem kekebalan tubuh menurun yang sering disepelekan. Padahal naik turun tangga dan berjalan di lorong sudah bisa dijadikan solusi praktis jika mau.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dan terkadang dapat membahayakan kesehatan.

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Ilustrasi kurang tidur | Sumber: Freepik
Ilustrasi kurang tidur | Sumber: Freepik

Kurang Tidur

Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur merupakan penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Kurang tidur biasanya dipengaruhi penggunaan gawai berlebihan dan pikiran yang melantur ke mana-mana.

Saat sedang tidur, umumnya sel-sel dalam darah turut melawan infeksi dengan bekerja menjaga tubuh. Jadi, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit.

Depresi

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan lebih dari 300 juta orang dari berbagai kelompok usia mengalami depresi. Tak sekadar menyebabkan gangguan mental, depresi ternyata juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik lantaran membuat daya tahan tubuh menurun.

Secara medis, depresi diartikan sebagai gangguan suasana hati yang ditandai dengan adanya perasa sedih, kehilangan minat untuk melakukan hal yang biasanya disukai, dan rasa lelah atau kehilangan energi secara berkelanjutan. Kondisi ini juga dapat disertai dengan adanya perasaan rendah diri, penurunan konsentrasi, rasa tidak berharga, selalu merasa bersalah, gangguan nafsu makan serta pola tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University mendapatkan hasil bahwa orang dengan tingkat stres yang tinggi dan mengalami depresi memiliki respons peradangan yang berbeda. Peneliti mengaku, mekanisme terjadinya hal itu masih belum diketahui pasti hingga saat ini.

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Ilustrasi asap rokok | dok. Pascal Unsplash
Ilustrasi asap rokok | dok. Pascal Unsplash

Paparan Zat Berbahaya

Data Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada 2015 menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga penduduk Indonesia memiliki kebiasaan merokok. Padahal kebiasaan ini termasuk penyebab sistem kekebalan tubuh menurun, loh.

Tar adalah senyawa kimia yang terkumpul dari asap hasil pembakaran rokok. Jumlah konsentrasi tar pada rokok dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

- Tinggi apabila mengandung 25 mg tar

- Sedang apabila mengandung 15–20 mg tar

- Rendah apabila mengandung 7 mg tar

Saat asap rokok yang mengandung tar masuk ke dalam saluran saluran pernapasan, tubuh akan mengalami berbagai rangsangan yang dapat memicu terjadinya penurunan sistem kekebalan tubuh.

Tar yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan. Kata lain yang mendasarinya, paparan tar membuat pengisap asap rokok lebih mudah terserang penyakit karena infeksi.

Alkohol

Istilah yang sering digunakan untuk penyalahgunaan alkohol adalah alkoholisme. Bahaya alkohol bagi kesehatan sangat beragam. Salah satunya menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun dan meningkatkan risiko infeksi.

Selain itu, akan timbul masalah umum seperti gangguan kejiwaan hingga berbagai kerusakan organ internal tubuh. Organ internal ini meliputi hati, jantung, pankreas, dan sistem pencernaan. Bahkan, sering mengonsumsi alkohol dihubungkan dengan munculnya kanker di tubuh manusia. 

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Ilustrasi Obat | Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Obat | Credit: pexels.com/pixabay

Antibiotik

Antibiotik merupakan kelompok obat yang dikenal untuk mengatasi masalah infeksi bakteri. Beberapa di antaranya digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, dan pneumonia tertentu.

Meski demikian, infeksi karena virus tidak bisa diselesaikan dengan konsumsi antibiotik. Infeksi virus dimisalkan seperti pilek dan flu. Bukan tanpa edek samping, konsumsi antibiotik justru dapat menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antibiotik dapat melemahkan kemampuan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Dalam satu studi berbasis laboratorium pada tikus, para peneliti di Case Western Reserve University menemukan, antibiotik dapat menghancurkan bakteri baik yang bekerja pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi jamur.

Olahraga Berlebihan

Aktivitas olahraga memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menciptakan kondisi yang sehat dan bugar. Namun aktivitas olahraga ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Olahraga yang dilakukan secara berlebihan, dapat menyebabkan sindrom overtraining. Sindrom ini dapat melemahkan tubuh sekaligus sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih rentan terserang berbagai penyakit.

Bukan hanya itu, sindrom overtraining juga dapat mengakibatkan peningkatan stres dan perubahan hormon pada tubuh. Maka dari itu, kebiasaan buruk ini harus dihindari agar tubuh bisa lebih sehat dan stabil, serta bebas dari penularan penyakit karena infeksi virus berbahaya.

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Ilustrasi sinar matahari | Sumber foto: unsplash.com/Maxime Bhm.
Ilustrasi sinar matahari | Sumber foto: unsplash.com/Maxime Bhm.

Duduk Lama

Duduk terlalu lama hampir mirip dengan kebiasaan kurang bergerak. Kebiasaan ini dapat menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun karena pengaruh metabolisme.

Ketika seseorang duduk terlalu lama, proses metabolisme tubuh akan melambat. Proses metabolisme yang terganggu ini mengakibatkan makanan yang dikonsumsi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terserap tubuh.

Padahal nutrisi sangat dibutuhkan tubuh dalam proses pembentukan sistem imun. Saat sistem imun melemah, virus dan bakteri akan lebih mudah masuk dalam tubuh.

Kurang Sinar Matahari

Berjemur di bawah matahari pagi memang menjadi salah satu anjuran kesehatan untuk menjaga tubuh dari paparan infeksi berbahaya. Berjemur di pagi hari secara rutin membuat kebutuhaan vitamin D pada tubuh bisa tercukupi dengan baik.

Jika kebutuhan vitamin D tidak tercukupi, risiko penurunan sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Hal ini dikarenakan vitamin D merupakan kandungan nutrisi yang sangat berperan untuk mengaktifkan kembali daya tahan tubuh.

Meski kekurangan bisa menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun, tetapi paparan sinar matahari berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Jadi jangan asal dan perhatikan betul porsinya.

Berdasarkan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, berjemur di bawah sinar matahari idealnya dilakukan selama 15 menit setiap 2-3 kali dalam seminggu. Cara ini dapat membuat kebutuhan vitamin D dapat tercukupi dengan baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Klaim Selamatkan Keuangan Negara Rp 592 Triliun dalam 1 Tahun

Posted: 28 Dec 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut lembaga antikorupsi yang kini dia pimpin telah menyelematkan potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp 592 triliun. Potensi kerugian keuangan negara ini didapat dari hasil pencegahan yang dilakukan KPK.

"Hasil dari pencegahan yang dilakukan KPK telah menyelamatkan potensi kerugian negara selama satu tahun kami bekerja mencapai Rp 592 triliun, jauh melebihi 5 tahun kinerja periode sebelumnya yang mencapai Rp 63,4 triliun," ujar Ghufron dalam keterangannya, Selasa (29/12/2020).

Pernyataan Ghufron ini sekaligus menanggapi kritikan yang kerap dilayangkan Indonesia Corruption Watch (ICW). ICW kerap mengkritik KPK yang mengedepankan pencegahan di banding penindakan.

Ghufron berterimakasih atas kritikan yang kerap dilayangkan ICW. Namun menurut Ghufron, ICW kerap mengkritik lantaran tak bisa menerima semua rasa. Menurut Ghufron, ICW hanya bisa menikmati rasa manis, tanpa bisa menerima rasa asin.

"ICW tidak bisa menerima yang berasin-asin, maunya yang manis-manis saja, karena kalau asin naik tensi darahnya. Dalam pandangan ICW, KPK adalah Komisi Penangkap Koruptor, hanya ketika menangkap saja KPK dianggap bekerja dan berprestasi. KPK tidak dinilai kalau mencegah apalagi mengedukasi masyarakat untuk sadar dan tidak berperilaku korup itu dianggap bukan KPK," kata Ghufron.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Kedepankan Pencegahan

Ghufron meyakini masyarakat lainnya bisa menerima keberadaan KPK kini yang lebih mengedepankan pencegahan daripada penindakan. Ghufron memastikan, mengedapankan pencegahan bukan berarti melupakan penindakan.

"Rakyat Indonesia orang yang sehat sehingga baik yang manis, asin, maupun kecut harus dilahap. KPK itu didirikan oleh negara dan didanai untuk mencegah dan menindak. Karena itu KPK harus menindak kala ada tipikor, namun sebelum terjadinya tipikornya KPK juga harus mencegah dan menyadarkan penyelenggara negara dan masyarakat untuk tidak korup," kata Ghufron.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Drama Korea He Is Psychometric Lewat Vidio, Kemampuan Membaca Kenangan di Masa Lalu

Posted: 28 Dec 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta drakor serial bergenre romance ini jangan sampai Anda lewatkan. He Is Psychometric merupakan sebuah drama Korea yang dirilis pada tahun 2019. Serial ini menyajikan drama percintaan yang dibalut kemampuan supranatural yang dimiliki seseorang.

Drama Korea sendiri memang banyak menyajikan tema sesuatu yang diluar nalar manusia. Sehingga drama tersebut sangat menarik untuk diikuti. Serial yang dirilis di tvN ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris ternama yaitu, Park Jin-young dan Shin Ye-eun.

Seperti yang kita tahu Park Jin-young sendiri merupakan salah satu member grup papan atas GOT7. Sedangkan, Shin Ye-eun merupakan aktris yang melakukan debutnya di layar kaca dengan sempurna saat membintangi serial A-TEEN.

Kehadiran mereka tentu membuat serial ini semakin menarik untuk ditonton. Selain itu, drama Korea ini juga mendapatkan sambutan yang sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah rating di IMDb yang memiliki jumlah skor 7.8/10.

Tidak hanya itu, ada beberapa alasan menarik yang bikin Anda wajib nonton drama He Is Psychometric ini. Mari simak bersama ulasannya berikut ini.

Alur cerita yang keren

Serial ini bercerita tentang seseorang bernama Lee An (Park Jin-young) yang memiliki kemampuan khusus yaitu mampu membaca masa lalu seseorang hanya dengan menyentuhnya setelah ia mengalami insiden di waktu kecil.

Ia mengalami insiden kebakaran di rumahnya saat kecil dan harus kehilangan kedua orang tuanya. Saat itu ia akhirnya tinggal bersama Kang Sung Mo (Kim Kwon) sampai akhirnya menjadi dewasa.

Pada suatu hari Lee An bertemu dengan wanita bernama Yoon Jae-in (Shin Ye-eun). Jae In merupakan siswa baru yang pindah ke sekolah Lee An. Awalnya mereka tidak berteman akrab karena kesan pertama yang buruk. 

Kemudian mereka akhirnya menjadi akrab setelah keduanya terlibat dalam penyelesaian kasus di sekolah. Berkat itu juga nama Lee An dibersihkan dari sekolahnya sementara Jae In tidak jadi dikeluarkan dari sekolah.

Shin Ye-eun memulai debut serial televisi dalam drama ini

Shin Ye-eun memang merupakan aktris pendatang baru yang memulai karir aktingnya dalam serial A-TEEN. Serial tersebut merupakan sebuah web drama yang tayang pada tahun 2018 silam.

Meski bermain dalam drama korea, namun Shin Ye-eun baru memulai debutnya dalam membintangi sebuah serial televisi dalam He Is Psychometric ini. Namun, bukan berarti mengecewakan, ia berhasil menunjukan totalitas penampilannya sebagai karakter utama wanita dalam serial ini.

Totalitas Jinyoung dalam membintangi perannya

Kemampuan berakting Jinyoung GOT7 memang tidak perlu diragukan lagi dalam sebuah serial. Pada drama korea He Is Psychometric ia berhasil menunjukan totalitasnya dalam serial tersebut.

Hal ini lantaran, pada waktu itu sempat heboh perubahan tubuh yang dilakukan oleh Jiyoung demi mendapatkan badan yang ideal demi lebih menghidupkan karakter yang ia mainkan. Banyak pula saat itu netizen yang membuat meme lucu sebagai apresiasi kepadanya.

Dibuat oleh sutradara ternama Kim Byung-soo

Peran seorang sutradara dalam sebuah drama memang menjadi penentu menarik tidaknya alur cerita yang tersaji. Apalagi untuk drama He Is Psychometric yang punya genre fantasi ini. Tapi usut punya usut ternyata sang sutradara tidak lain adalah Kim Byung Soo yang sudah sangat berpengalaman dalam mengarahkan drama populer yang juga bergenre fantasi.

Beberapa drama genre fantasi sebelumnya yang pernah ia sutradarai ialah Nine: 9 Times Time Travel (2013), Hwayugi atau A Korean Odyssey (2017-2018), The Bride of Habaek (2017) dan Queen In Hyun's Man (2012). Melihat pengalamannya ini, sudah tentu drama yang baru rilis ini tak akan kalah menarik.

Nah, itu dia beberapa alasan menarik yang buat Anda wajib nonton serial yang satu ini. Buat yang mau nonton He Is Psychometric, drama ini bisa disaksikan di platform streaming Vidio. Yuk, segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk nonton drakor seru lainnya!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurang Produktif, Program Subsidi Gaji Diminta Dievaluasi

Posted: 28 Dec 2020 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah saat ini telah menggelontorkan berbagai stimulus kepada masyarakat untuk bisa bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19

Namun sayangnya, stimulus pemerintah khusus bagi para pekerja di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) saat pandemi misalnya, tak mampu membuat pekerja makin produktif. Bantuan tunai dari pemerintah hanya sanggup membuat pekerja yang dirumahkan untuk bertahan hidup.

Dosen Ekonomi dari Perbanas Institute sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah Redjalam menyoroti program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) di Kemnaker.

Bahkan Piter menyebut, Kemnaker menjadi salah satu kementerian yang track record kinerjanya menjadi yang paling banyak disorot terutama saat pandemi. Ia pun berharap, ke depan akan ada perbaikan seluruh program dari Kemnaker terutama bagi pekerja yang terdampak.

"Kemarin ada reshuffle kabinet, kabarnya akan ada lagi tahun depan. Kami berharap, kementerian-kementerian yang kinerjanya tidak baik menjadi pertimbangan. Tentu pilihannya kembali pada Presiden Jokowi sendiri," ucap Piter kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Ia menegaskan, tujuan JPS berupa program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) untuk penciptaan wirausaha dan padat karya dalam mengurangi dampak pandemi, justru tak terdengar progress-nya hingga kini. Bahkan minim sosialisasi dan pencapaiannya.

"Padahal tujuannya (JPS) baik menciptakan peluang usaha baru bagi pengangguran, tapi sayang eksekusinya sepertinya tidak seperti yang diharapkan. Kemnaker lebih fokus pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji Rp 600 ribu per bulan. Beberapa program saya rasa perlu dievaluasi," katanya.

Program penciptaan wirausaha itu bertujuan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan, seolah menjadi janji manis kepada banyaknya pengangguran yang tercipta saat pandemi.

 

Pola Pendampingan

Penjual tahu dengan pakaian seperti pekerja kantoran menata dagangannya di pabrik tahu kawasan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (14/12/2020). Ide ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa pekerja industri rumahan juga bisa bekerja dengan rapih dan bersih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penjual tahu dengan pakaian seperti pekerja kantoran menata dagangannya di pabrik tahu kawasan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (14/12/2020). Ide ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa pekerja industri rumahan juga bisa bekerja dengan rapih dan bersih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Piter mengapresiasi segala upaya bantuan dari pemerintah, hanya saja banyak yang tak tepat sasaran di lapangan. Sehingga, ikhtiar dan modal besar pemerintah menjadi sia-sia dan tak berfaedah.

Sama dengan upaya kembali menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi, memang tidaklah mudah kata Piter. Akan tetapi upaya pemerintah masih bisa dilakukan dengan mencari pola pendampingan sehingga pekerja yang menganggur, tetap mampu menciptakan peluang usaha di kondisi yang sulit di tengah pandemi.

Ia menyarankan, agar stimulus di Kemnaker bisa terfokus. Karena selama ini terlalu banyak, sehingga overlapping dan tak tepat sasaran. "Begini, pemerintah kan sudah punya Kartu Prakerja, juga dari Kementerian Pendidikan pelatihan nonformal yang nilainya hampir triliunan, juga ada Balai Latihan Kerja (BLK) di Kemnaker ini mau dibuat macam-macam lagi?," imbuhnya.

Piter meminta agar program stimulus ketenagakerjaan dibuat fokus, supaya mengembangkan sistem agar bisa memanfaatkan teknologi digital, sehingga persoalan data bisa cepat teratasi.

"Pemerintah jadi tahu penyaluran bantuan seperti apa, dan bisa diberikan dengan cepat dan tepat. Jadi bukan bikin program ini program itu, namun eksekusinya minus," kritiknya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: