Minggu, 20 Desember 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi dan Bayang-Bayang Reshufle Menteri di Rabu Pon

Posted: 20 Dec 2020 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Isu Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle (perombakan) kabinet kembali mengemuka. Jokowi sendiri sudah lama mengancam akan melakukan reshuffle kabinet di tengah pandemi Covid-19.

Kala itu, dalam sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 18 Juni 2020, Jokowi geram kepada para menterinya lantaran kinerja mereka di masa krisis biasa-biasa saja.

Namun, hingga kini, belum ada langkah eksekusi dari Jokowi merombak kabinet. Istana saat itu mengklaim kinerja menteri sudah mulai membaik setelah ditegur Jokowi sehingga reshuffle tak lagi dibutuhkan. Selang beberapa bulan, dua menteri Jokowi justru menjadi tersangka korupsi.

Adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terjerat operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada lagi, Menteri Sosial Juliari Batubara menjadi tersangka dugaan suap bantuan sosial (bansos). Adapun Edhy merupakan kader Partai Gerindra sementara Juliari merupakan rekan separtai Jokowi di PDI Perjuangan.

Kosongnya dua kursi menteri ini membuat isu reshuffle kabinet kembali mencuat. Terlebih, Jokowi sendiri sangat fokus terhadap realiasasi anggaran untuk bansos. Sejumlah nama potensial disebut-sebut akan mengisi dua posisi tersebut.

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut empat nama kader PDIP yang dinilai mumpuni untuk menempati kursi Menteri Sosial. Salah satunya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

"Nama-nama seperti Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, Eriko Sotarduga Sitorus, Sukur Nababan dan Komarudin Watubun saya nilai sebagai figur yang potensial menjadi Mensos," ujar Basarah, Sabtu 19 Desember 2020.

Risma mengaku menunggu titah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait tawaran untuk menjadi Mensos. Kendati begitu, sejatinya, Risma siap menggantikan Juliari jika diperintahkan Megawati.

"Siapa pun yang ngomong, kalau saya mendapat perintah Bu Mega. Bu Risma kamu jalani, aku baru jalan," kata Risma, Rabu 16 Desember 2020.

Sementara itu, nama-nama kader Gerindra yang dikabarkan segera menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP antara lain, Sandiaga Uno, Sufmi Dasco, Fadil Zon dan Ahmad Muzani. Sufmi Dasco mengatakan tak menguasai bidang Kelautan dan Perikanan sehingga tak mungkin dirinya menggantikan posisi Edhy.

"Saya tidak menguasai bidang kelautan dan perikanan tersebut. Sehingga tidak mungkin saya menjalankan sesuatu yang tidak dikuasai dengan baik," ucap Dasco kepada wartawan, Rabu 16 Desember 2020.

Menurut dia, di internal Gerindra juga tidak ada pembahasan terkait pengganti Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy menuturkan Gerindra tidak mengusulkan nama pengganti Menteri KKP kepada Jokowi.

 

 

Dua Kali Reshuffle di Rabu Pon

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Rapat kabinet paripurna perdana tersebut  mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan  belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Rapat kabinet paripurna perdana tersebut mendengarkan arahan Presiden dan membahas anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Belajar dari jejak sebelumnya, Jokowi yang merupakan orang Jawa tulen kerap melakukan reshuffle pada Rabu antara Pon atau Pahing. Reshuffle pertama kali terjadi pada Rabu 12 Agustus 2015, sebelum kabinet periode pertamanya berusia setahun. Berdasarkan penanggalan Jawa, tanggal tersebut adalah Rabu Pon.

Dalam reshuffle pertama ini, ada enam menteri yang diganti. Tiga diantaranya yakni, Luhut Binsar Pandjaitan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno sebagai Menko Polhukam, Darmin Nasution menggantikan menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian, dan Rizal Ramli menggantikan Indroyono Soesilo sebagai Menko Kemaritiman.

Setahun setelah reshuffle jilid I berjalan, Jokowi kembali merombak Kabinet Kerja besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, ada 12 menteri dibongkar pasang. Saat itu, Jokowi memasukkan kader Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional ke jajaran Kabinet Kerja. Kedua partai yang dulunya adalah anggota Koalisi Merah Putih (KMP) masing-masing mendapat 1 kursi menteri.

Demi mencarikan slot untuk kader Golkar dan PAN, Jokowi mendepak menteri dari Partai Hanura, Menteri Perinduatrian Saleh Husin diganti politikus Golkar Airlangga Hartarto. Lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi Yudy Chrisnandi yang digeser oleh politikus PAN, Asman Abnur.

Jokowi juga memasukkan Sri Mulyani Indrawati yang sedang menjabat Direktur Bank Dunia ke kabinet sebagai Menteri Keuangan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mendepak Anies Baswedan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Para menteri yang masuk kabinet pada reshuffle jilid II ini dilantik pada 27 Juli 2016, yang mana merupakan Rabu Pon.

Reshuffle Kabinet Kerja masih berlanjut. Jokowi secara resmi mengumumkan komposisi Kabinet Kerja Jilid III pada 17 Januari 2018. Perombakan kabinet lagi-lagi terjadi pada hari Rabu, namun berdasarkan tanggal Jawa, kali ini jatuh pada pasaran Pahing.

Selanjutnya, susunan kabinet kerja kembali dirombak Jokowi pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.  Saat itu, yang diganti adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang saat itu dijabat Asman Abnur. Posisi Asman kemudian diisi oleh Syafruddin yang saat itu menjabat Wakapolri.

Rabu Pon terdekat yakni jatuh pada 23 Desember 2020. Akan kah reshufle kembali terjadi di Rabu Pon pekan ini? Pastinya, soal reshuffle, wewenang dan segala keputusan sepenuhnya ada di tangan Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Titi Kamal Berniat Tinggal di Bali Selama Pandemi Covid-19

Posted: 20 Dec 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak artis Ibu Kota yang memutuskan hijrah ke Bali. Sebut saja Jessica Iskandar hingga Ashanty. Titi Kamal, rupanya juga tertarik untuk tinggal di Bali.

Niatnya ini ia tuangkan dalam akun Instagram pribadinya belum lama ini. Pemilik nama asli Kurniaty Kamalia ini mengungkap alasan mengapa ingin menetap sementara di Pulau Dewata.

"Kok jd gamau pulang ya. Mau tinggal di Bali sementara, banyak tempat menyendiri yg jauh dari kerumunan," tulis istri Christian Sugiono ini sebagai keterangan.

Menyatu dengan Alam

[Foto: Instagram Titi Kamal]
[Foto: Instagram Titi Kamal]

Di Bali juga masih banyak alam terbuka yang bisa dinikmati. "Ada tempat outdoor menyatu dengan alam. Laut, air terjun, hutan, sawah, dll #anakpantai," sambung Titi Kamal.

Bersama keterangan itu, bintang film Mendadak Dangdut ini memperlihatkan foto dirinya di pinggir pantai yang nampak sepi. Wajahnya terlihat sangat bahagia.

Respons

(Adrian Putra/Fimela.com)
(Adrian Putra/Fimela.com)

Warganet pun setuju bahwa Bali merupakan wilayah yang nyaman untuk tinggal. "Bersahabat dgn alam memang hal yg plg mendamaikan jiwa, dr alam kita byk belajar byk hal," kata salah satu warganet.

"Yoi betul kak tinggal dibali aja lebih nyaman dan nanti kita bs ketemu deh," tambah yang lainnya.

Road Trip

Sementara itu Titi Kamal dan keluarga memang diketahui sedang melakukan road trip sejak awal Desember 2020. Sebelum ke Bali, mereka telah singgah ke berbagai provinsi seperti, Jawa Tengah, juga Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua OJK Wimboh Santoso: Jangan Tergiur Investasi Berbunga Tinggi, Itu Pasti Ilegal

Posted: 20 Dec 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meminta masyarakat agar tidak mudah tergiur oleh lembaga investasi yang menjanjikan adanya imbal hasil yang sangat tinggi. Menurut Wimboh, lembaga tersebut sudah bisa dipastikan ilegal atau tidak mengantongi izin dari regulator.

"OJK terus mengingatkan agar masyarakat untuk tidak tergoda investasi dengan pendapatan atau bunga tinggi di luar kebiasaan. Itu ciri dari lembaga yang ilegal," ujar dia saat meresmikan Kantor OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Senin (21/12/2020).

Wimboh menjelaskan, biasanya nilai bunga investasi yang ditawarkan oleh lembaga illegal ini melebihi bunga deposito. Sehingga akan menarik minat masyarakat untuk berlomba-lomba segera menyetorkan dananya.

"Biasanya kalau (bunga) deposito itu 5 persen. Nah ini 15 persen untuk menarik minat masyarakat, sehingga harus kita waspadai," paparnya.

Oleh karena itu, dia mendorong setiap masyarakat untuk berani melapor apabila mencium indikasi adanya praktik kegiatan investasi ilegal. "Karena praktik investasi telah merugikan masyarakat sendiri," terangnya.

OJK selaku regulator telah membentuk Satgas Waspada Investasi untuk memerangi lembaga investasi bodong di tanah air. "Dimana ada tiga belas anggota, dari kepolisian, kejaksaan, dan stakeholders lainnya," ungkapnya.

 

Satgas Waspada Investasi

Sebelumnya, Satgas Waspada Investasi (SWI) memblokir 206 fintech ilegal dan 154 entitas yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin. Kegiatan usaha tidak berizin otoritas berwenang ini berpotensi merugikan masyarakat.

Dari hasil temuan tersebut, SWI terus meningkatkan upaya penindakan fintech peer to peer lending ilegal. Termasuk juga penawaran investasi dari entitas yang tidak berizin melalui peningkatan patroli siber (cyber patrol).

"Patroli siber terus kami gencarkan agar bisa menemukan dan memblokir fintech lending ilegal dan penawaran investasi ilegal sebelum bisa diakses dan memakan korban di masyarakat," kata Ketua SWI Tongam L Tobing.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

EASA Sebut Jenis Boeing 737 MAX yang Pernah Jatuh di Indonesia Sudah Aman Terbang

Posted: 20 Dec 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala badan keselamatan penerbangan Eropa, EASA, mengatakan kepada BBC bahwa dia "yakin" Boeing 737 MAX sekarang aman untuk terbang.

Direktur Eksekutif Patrick Ky mengatakan, organisasinya "tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat" dalam peninjauannya terhadap pesawat dan analisisnya terhadap perubahan desain yang dibuat oleh pabrikan.

Pesawat itu sempat dilarang terbang pada Maret 2019.

Penangguhan itu setelah terlibat dalam dua kecelakaan dahsyat dari Boeing 737 MAX, di mana total 346 orang tewas, demikian dikutip dari laman BBC, Senin (21/12/2020).

Sudah diizinkan untuk melanjutkan penerbangan di AS dan Brasil. EASA berharap dapat memberikan izin untuk kembali beroperasi di Eropa pada pertengahan Januari 2021.

Kecelakaan pertama pesawat terjadi pada Oktober 2018, ketika sebuah jet Lion Air jatuh di laut lepas Indonesia.

Perangkat Lunak Baru

Yang kedua melibatkan versi Ethiopian Airlines yang jatuh tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, hanya empat bulan kemudian.

Keduanya dikaitkan dengan perangkat lunak kontrol penerbangan yang cacat, yang menjadi aktif pada waktu yang salah dan mendorong pesawat melakukan penyelaman yang dahsyat.

Sejak kecelakaan Ethiopia, EASA telah melakukan peninjauan root-and-branch dari desain Boeing 737 MAX, secara independen dari proses serupa yang dilakukan oleh regulator AS, Federal Aviation Administration (FAA).

Kajian tersebut, kata Ky, melampaui penyebab langsung dari dua kecelakaan dan modifikasi yang diusulkan oleh Boeing.

"Kami melangkah lebih jauh dan meninjau semua kontrol penerbangan, semua mesin pesawat", jelasnya.

Tujuannya adalah untuk melihat apa pun yang dapat menyebabkan kegagalan kritis.

Untuk kembali berfungsi, pesawat yang ada sekarang harus dilengkapi dengan perangkat lunak komputer baru, serta menjalani perubahan pada kabel dan instrumentasi kokpit.

Pilot harus menjalani pelatihan wajib, dan setiap pesawat harus menjalani uji terbang untuk memastikan perubahan telah dilakukan dengan benar.

Regulator AS Sependapat

Ilustrasi pesawat Boeing 737 MAX (AFP Photo)
Ilustrasi pesawat Boeing 737 MAX (AFP Photo)

Regulator AS telah menetapkan kondisi serupa. Sehingga, Ky menegaskan, "Kami sangat yakin bahwa sekarang ini adalah pesawat yang sangat aman."

Sebagian besar pekerjaan sertifikasi keselamatan awal pada 737 Max dilakukan oleh FAA, dan hanya didukung oleh EASA di bawah ketentuan perjanjian internasional yang telah lama ada.

Tetapi FAA sekarang menghadapi kritik keras karena mengizinkan pesawat yang tampaknya cacat untuk digunakan, Ky mengatakan di masa depan, hal-hal akan dilakukan secara berbeda.

"Yang pasti ada hikmah dari hal ini yang akan memicu aksi-aksi baru dari pihak kami," jelasnya.

Secara khusus, jika EASA bukan otoritas utama yang melaksanakan pekerjaan keselamatan, EASA akan memeriksa keputusan orang lain dengan lebih cermat.

"Kami akan melakukan penilaian keamanan kami sendiri, yang akan menjadi jauh lebih komprehensif daripada sebelumnya", katanya.

Tapi apakah regulator kehilangan kredibilitas dan kepercayaan publik sejak bencana?

"Saya harap tidak," kata Ky. "Saya pikir kami telah membuat banyak kemajuan dalam menilai apa yang salah dan apa yang bisa diperbaiki."

"Saya berharap masyarakat mempercayai kami ketika kami mengatakan kami yakin, bahwa pesawat itu aman untuk terbang".

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Mobil Terlaris Sepanjang November 2020, Pasar Mulai Bergairah

Posted: 20 Dec 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Turunnya daya beli menjadi salah satu dampak pandemi Corona Covid-19 yang terjadi saat ini. Beberapa sektor industri akhirnya mengalami dampak negatif, tak terkecuali penjualan mobil.

Meski demikian, penjualan mobil di bulan November 2020 nyatanya mengalami peningkatan cukup baik. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil wholesale (pabrik ke dealer) mencapai 53.844 unit.

Penjualan tersebut mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan Oktober 2020. Tercatat torehan angka yang mampu dicapai sepanjang bulan kesepuluh tahun ini hanya 49.043 unit.

Dari data tersebut, mobil penumpang paling laris sepanjang November 2020 dipegang Honda Brio dengan penjualan 4.671 unit. Selanjutnya terdapat Toyota Avanza dengan pencapaian 3.888 unit.

Berhasil masuk tiga besar, Toyota Kijang Innova mampu mencapai penjualan 3.453 unit. Berikutnya terdapat Toyota Rush dengan raihan angka 2.845 unit.

Posisi kelima masih ditempati mobil pabrikan Jepang, Mitsubishi Xpander. Sepanjang November 2020, penjualan yang berhasil diraih mencapai 2.579 unit.

10 model yang menjadi mobil terlaris sepanjang November 2020, semuanya dimiliki pabrikan Jepang, berikut daftarnya :

Mobil Terlaris Berdasarkan Penjualan Wholesale November 2020 :

1. Honda Brio : 4.671 unit

2. Toyota Avanza: 3.888 unit

3. Toyota Kijang Innova: 3.453 unit

4. Toyota Rush: 2.845 unit

5. Mitsubishi Xpander: 2.579 unit

 

Selanjutnya

6. Mitsubishi L300: 2.344 unit

7. Honda HR-V: 1.677 unit

8. Toyota Calya: 1.507 unit

9. Toyota Fortuner: 1.218 unit

10. Mitsubishi Pajero Sport: 1.096 unit

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PTI Beri Penghargaan bagi 4 Penyandang Disabilitas Tuli Berprestasi

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) Myra Winarko memberikan empat penghargaan bagi difabel tangguh Indonesia di berbagai bidang.

Empat penghargaan itu diberikan pada empat penyandang tuli yaitu:

- Ali yang memiliki keahlian di bidang usaha kue,

- Lies di bidang tata rias wajah,

- Salsa di bidang seni tari, dan

- Nadia di bidang olahraga bela diri taekwondo.

Dalam sambutannya, Myra mengatakan bahwa setiap penyandang disabilitas memiliki hak mendapatkan informasi, pendidikan, dan hak atas pekerjaan.

"Hal ini telah menjadi bagian dari konvensi hak disabilitas yang telah diratifikasi negara melalui Undang-Undang nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas," kata Myra dalam video sambutannya, Sabtu (19/12/2020).

Ia menambahkan, PTI sendiri memiliki visi dan misi memajukan kehidupan masyarakat yang paling termarjinalkan secara ekonomi. Baik dari sisi pendidikan, sosial, hingga pembangunan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kami bertekad untuk meruntuhkan dinding-dinding pembatas antara kaum difabel dan non difabel sehingga kita bisa bersama-sama memberikan sumbangsih pembangunan perekonomian UMKM Indonesia."

Myra juga berpesan pada seluruh penyandang disabilitas untuk tidak pernah menyerah dan berkecil hati. Ia juga meminta masyarakat disabilitas untuk terus berusaha dan bekerja keras sampai cita-cita tercapai.

"Kalian tidak berdiri sendiri, kami bersama seluruh jajaran pemerintahan akan selalu bersama kalian. Ingatlah bahwa Tuhan selalu ada dalam kehidupan kita."

Cerita Salah Satu Penerima Penghargaan

Salah satu penyandang tuli yang mendapatkan penghargaan dari PTI adalah Ali, remaja laki-laki yang mahir membuat beraneka ragam kue itu kini aktif berjualan melalui aplikasi WhatsApp.

"Saat ini saya aktif berjualan dan mempromosikan kue buatan saya melalui WhatsApp," kata Ali melalui juru bahasa isyarat.

Sebelumnya, ia mendapatkan pelatihan membuat kue dari PTI. Menurutnya, pelatihan tersebut sangat bermanfaat baginya.

Ali menyadari bahwa masih banyak penyandang disabilitas yang kesulitan mencari pekerjaan. Maka dari itu, memiliki keahlian memasak dan mencoba membuat produk yang enak menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan.

"Saya ingin teman-teman percaya diri, banyak masyarakat pikir tulu tidak bisa melakukan apa-apa padahal itu tidak benar."

Ia mengimbau seluruh penyandang tuli untuk menunjukkan pada dunia bahwa mereka mampu berkarya. Karena setiap penyandang tuli memiliki kemampuan masing-masing, tutupnya.

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Sebut Aturan Pemerintah Soal Pengendalian Covid-19 Saling Bertabrakan

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan berbagai peraturan yang dibuat oleh Pemerintah terkait pengendalian covid-19 di Indonesia saling bertabrakan dan tidak konsisten.

Agus bercerita sebelumnya pada Februari 2020 dirinya sudah menghubungi Dirjen Perhubungan Udara dan juga Menteri Perhubungan untuk meminta menutup sementara Bandara Sam Ratulangi, Ngurah Rai dan Cengkareng dari penerbangan charter maupun schedule dari dan ke Cina.

"Tapi jawabannya jangan, karena 40 persen turis kita dari Cina (Kata Menhub), Saya cukup kaget ya sudahlah saya kan bukan pengambil keputusan paling tidak saya sudah ingatkan dan itu terbukti kira-kira Maret kita dapat informasi kalau Indonesia ada yang tertular covid-19," kata Agus Pambagio dalam Webinar Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Setelah itu barulah muncul berbagai peraturan-peraturan yang diterbitkan berkaitan dengan pengendalian pandemi covid-19, seperti peraturan yang mengatur PSBB, transportasi dan lainnya yang hasilnya malah bersifat ambigu.

"Peraturan-peraturan yang diterbitkan Kementerian Perhubungan dan kementerian lainnya supaya berhati-hati, karena banyak banget peraturan yang bertabrakan karena ada kata 'Tetapi/kecuali' dalam peraturan itu sehingga terjadi polemik yang berkepanjangan," ujarnya.

Agus mengatakan pada awal pandemi covid-19 di Indonesia, dirinya menyarankan untuk dilakukan lockdown seperti negara lain, hanya saja pemerintah hanya menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun PSBB hanya diberlakukan di beberapa daerah saja.

"Dari awal saya setuju soal lockdown tapi khususnya hanya Jawa saja karena 60 persen populasi kita di Jawa dan yang kena pertama ada di Depok, tetapi juga tidak jalan terus sih ya sudah saya sih kalau lockdown siapa yang nanti yang membiayai kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Kemudian kebijakan lainnya pada saat lebaran dikeluarkan  terkait larangan mudik, namun muncul surat edaran lain yang bertabrakan lagi, sehingga inkonsistensi dari peraturan perundang-undangan itu jelas sekali.

"Pemeriksaan-pemeriksaan di pos-pos masuk keluar Jakarta dan seterusnya di lepas, nah hal-hal semacam ini seharusnya tidak terjadi tetapi saya selalu katakan semua peraturan-peraturan itu harus sinkron, harus sesuai dengan semua aturan-aturan yang ada di aturan undang-undang nomor 12 tahun 2011," pungkasnya.   

MTI: Penyebaran Covid-19 di Kendaraan Pribadi Lebih Tinggi Dibanding Transportasi Umum

Kendaraan antre menunggu dibukanya jalur menuju kawasan Puncak dan sekitarnya di pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Libur panjang dimanfaatkan warga Ibu Kota untuk mengisi liburan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kendaraan antre menunggu dibukanya jalur menuju kawasan Puncak dan sekitarnya di pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Libur panjang dimanfaatkan warga Ibu Kota untuk mengisi liburan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono mengatakan tingkat penularan virus covid-19 di kendaraan pribadi cukup tinggi dibanding sektor transportasi umum yang telah menerapkan protokol Kesehatan.

"Memang untuk angkutan kendaraan darat bagi kendaraan pribadi tidak diterapkan pengendalian protokol Kesehatan, berbeda seperti penerbangan pelayaran maupun angkutan bus yang sudah terakreditasi," kata Agus dalam Webinar Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Menurutnya kendaraan pribadi seperti kendaraan sewa dan lain-lain yang saat ini melakukan perjalanan darat luar biasa bisa impor virus covid-19, karena potensi transmisi lokal kendaraan-kendaraan itu memiliki karakteristik yang khusus door to door.

"Ini yang perlu untuk dipantau mungkin jalan keluarnya bagaimana karena ini persoalannya menjadi penting," tegasnya.

Sementara di satu sisi Pemerintah kabupaten daerah yang menjadi tujuan wisata seperti Bali dan lain-lainnya memiliki kemampuan yang sangat terbatas dalam mengelola pengendalian covid-19.

"Oleh karena itu seperti di Jakarta ada suatu kebijakan orang-orang jangan keluar biarlah berdatangan dari luar, tapi kami semua tidak boleh keluar ini salah satu kebijakan," ujarnya.

Itulah salah satu keprihatinan dalam impor virus covid-19 yang terjadi pada perjalanan darat secara jarak jauh oleh kendaraan pribadi atau sewa yang tampaknya muncul transmisi lokal yang menimbulkan kerumunan dan kerumunan berpotensi penyebaran covid-19.

"Tentu ke depan MTI bersama-sama dengan stakeholder terkait mengambil alih peran aktif untuk memberikan satu sikap, sebaiknya harus bagaimana pemerintah ini kebijakan pemerintah yang membingungkan publik bikin puyeng dengan rapid antigen dan vaksin, dan sebagainya," pungkasnya. 

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pria asal Prancis Berendam di Dalam Es Demi Kumpulkan Dana bagi Penderita Kanker

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Seorang pria memasukkan es batu saat Romain Vandendorpe mencoba memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis, 19 Desember 2020. Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)
Seorang pria memasukkan es batu saat Romain Vandendorpe mencoba memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis, 19 Desember 2020. Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Seorang pria memasukkan es batu saat Romain Vandendorpe mencoba memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis, 19 Desember 2020. Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Pria Prancis, Romain Vandendorpe terlihat usai memecahkan rekor dunia di Wattrelos pada 19 Desember 2020. Romain Vandendorpe mencetak rekor dunia dengan duduk di dalam kabin es batu untuk waktu yang lama, demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)
Pria Prancis, Romain Vandendorpe terlihat usai memecahkan rekor dunia di Wattrelos pada 19 Desember 2020. Romain Vandendorpe mencetak rekor dunia dengan duduk di dalam kabin es batu untuk waktu yang lama, demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Pria Prancis, Romain Vandendorpe terlihat usai memecahkan rekor dunia di Wattrelos pada 19 Desember 2020. Romain Vandendorpe mencetak rekor dunia dengan duduk di dalam kabin es batu untuk waktu yang lama, demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Seorang pria memasukkan es batu saat Romain Vandendorpe mencoba memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis, 19 Desember 2020. Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)
Seorang pria memasukkan es batu saat Romain Vandendorpe mencoba memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis, 19 Desember 2020. Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Seorang pria memasukkan es batu saat Romain Vandendorpe mencoba memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis, 19 Desember 2020. Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Pria Prancis, Romain Vandendorpe dikeluarkan dari es batu setelah memecahkan rekor dunia di Wattrelos pada 19 Desember 2020. Vandendorpe mencetak rekor dunia dengan duduk di dalam kabin es batu untuk waktu yang lama, demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)
Pria Prancis, Romain Vandendorpe dikeluarkan dari es batu setelah memecahkan rekor dunia di Wattrelos pada 19 Desember 2020. Vandendorpe mencetak rekor dunia dengan duduk di dalam kabin es batu untuk waktu yang lama, demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Pria Prancis, Romain Vandendorpe dikeluarkan dari es batu setelah memecahkan rekor dunia di Wattrelos pada 19 Desember 2020. Vandendorpe mencetak rekor dunia dengan duduk di dalam kabin es batu untuk waktu yang lama, demi mengumpulkan dana bagi anak-anak penderita kanker. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Orang-orang mengeluarkan Romain Vandendorpe usai memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis utara, 19 Desember 2020. Romain Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)
Orang-orang mengeluarkan Romain Vandendorpe usai memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis utara, 19 Desember 2020. Romain Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

Orang-orang mengeluarkan Romain Vandendorpe usai memecahkan rekor dunia di Wattrelos, Prancis utara, 19 Desember 2020. Romain Vandendorpe di dalam es di kabin kaca transparan selama 2 jam, 35 menit dan 43 detik, memecahkan rekor sebelumnya yakni 40 menit di kota Wattrelos. (FRANCOIS LO PRESTI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kezia Sirait, Peserta Indonesian Idol Spesial Seasion yang Curi Perhatian

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ajang pencarian bakat Indonesian Idol memang kerap mencuri perhatian netizen. Pasalnya, tak sedikit para peserta yang menunjukkan kebolehan teknik bernyanyi yang mumpuni.

Kebolehan para peserta dalam bernyanyi ini pun tak hanya mencuri perhatian masyarakat saja akan tetapi para dewan juri. Salah satu peserta Indonesian Idol Spesial Seasion yang mencuri perhatian ialah Kezia Sirait.

Pasalnya, wajah Kezia Sirait sudah tak asing lagi di layar kaca. Sebelum mengikuti ajang Indonesian Idol, Kezia juga juga diketahui pernah mengikuti ajang The Next Boy/Girl Band musim pertama. Bahkan dalam ajang tersebut ia berhasil meraih juara kedua dan debut bersama dengan grup Soulsisterts.

Dalam babak showcase di Indonesian Idol, wanita yang juga akrab disapa Key B ini berhasil mendapatkan standing ovation dari para dewan juri. Kemampuan bernyanyi Key B sukses mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Bukan hanya kualitas bernyanyi Kezia saja yang mencuri perhatian publik. Akan tetapi gaya penampilan Kezia juga tak luput dari sorotan. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @keibieh, berikut ini beberapa potret Kezia Sirait yang curi perhatian netizen di ajang Indonesian Idol Spesial Seasion, Senin (21/12/2020).

1. Key B sendiri kerap membagikan momen saat dirinya mengikuti ajang pencarian bakat di akun Instagram pribadinya.

Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)
Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)

2. Penampilan Kezia di ajang showcase pun sukses mencuri perhatian netizen.

Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)
Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)

3. Kezia sendiri cukup aktif mengunggah berbagai kegiatan di media sosial.

Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)
Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)

4. Bahkan, dirinya kerap mengunggah video saat melakukan cover lagu.

Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)
Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)

5. Tak hanya kualitas suaranya yang jadi sorotan, akan tetapi penampilan Kezia juga berhasil mencuri perhatian publik.

Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)
Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)

6. Ia bahkan pernah mewarnai rambutnya menjadi pirang dan membuat penampilan terlihat semakin menawan.

Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)
Kezia Sirait (Sumber: Instagram/keibieh)

7. Ini dia salah satu video cover lagu yang dilakukan oleh Kezia Sirait.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Semeru Erupsi Tak Menerus, Berapa Jarak Aman?

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan aktivitas vulkanik Gunung Api Semeru, Jawa Timur masih tinggi. Status gunung api pada Level II atau Waspada mengalami erupsi tidak menerus.

Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani, erupsi yang dihasilkan gunung api berketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl) yaitu eksplosif dan efusif, menghasilkan aliran lava ke arah lereng selatan dan tenggara, serta lontaran batuan pijar di sekitar kawah puncak.

"Namun ini hal biasa, apalagi pada gunung api yang berada pada level di atas normal. Gunung Semeru statusnya masih tetap di level II (Waspada)," ujar Kasbani kepada Liputan6.com, ditulis di Bandung, Sabtu, 19 Desember 2020.

Kasbani mengatakan berdasarkan pantauan sehari terakhir, secara visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah nihil dengan cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut, timur dan selatan.

Kasbani menyebutkan rekaman seismograf pada 18 Desember 2020 tercatat Gunung Api Semeru terjadi 12 kali gempa letusan atau erupsi, 11 kali gempa guguran, 10 kali gempa hembusan, enamkali gempa tremor harmonik, dua kali gempa vulkanik dalam, tiga kali gempa tektonik lokal, empat kali gempa tektonik jauh dan sekali getaran banjir.

"Aktivitas vulkanik Gunung Semeru memang masih relatif tinggi, seperti yang ditunjukkan oleh data visual maupun instrument. Gempa vulkanik bisa terkait denga peretakan batuan di kedalaman yang mengindikasikan adanya suplai magma dari dalam," jelas Kasbani.

 

Jarak Aman

Masih tingginya aktivitas vulkanik Gunung Api Semeru, PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM mengingatkan kembali kepada masyarakat, pengunjung, wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak empat Kilometer arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

Masyarakat juga harus mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Radius dan jarak rekomendasi ini ungkap Kasbani, akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

"Masyarakat agar menjauhi pula atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi. Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan," sebut Kasbani.

Kasbani menambahkan ancaman lahar yang harus diwaspadai yaitu di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru. Mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk.

Untuk keselamatan jalur penerbangan (VONA) masih berwarna oranye yang diterbitkan pada tanggal 13 Desember 2020, pukul 05.45 WIB. Pada waktu itu, abu vulkanik teramati dengan ketinggian 4.176 mdpl atau sekitar 500 meter di atas puncak.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Ucapkan Salam Saat Buat Video Tugas Sekolah, Aksi Lucu Bocah Ini Viral

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Video seorang bocah salah mengucapkan salam saat membuat video tugas sekolah menjadi viral di media sosial. Dengan wajah polosnya, bocah tersebut mengucapkan salam yang justru membuat siapa saja tertawa melihatnya.

Video yang viral itu awalnya diunggah oleh akun Tiktok @camz_ariek. Pada video itu terlihat seorang bocah laki-laki mengenakan peci dan sarung. Dirinya menghadap ke kamera dan hendak membuat sebuah video.

Pada awal video terdengar salah seorang keluarga menyuruhnya untuk memberikan salam. Namun sungguh tak diduga, ucapan salam yang diucapkan justru membuat keluarganya tertawa.

Salah Mengucapkan Salam

foto: Tiktok @camz_ariek
foto: Tiktok @camz_ariek

Dalam video memang terlihat jelas bocah laki-laki itu nampak sangat grogi. Saking groginya dia pun salah mengucapkan salam.

"Assallamualaikum warahmatullahi hirrohmanirrohim," ucap bocah itu.

Buat Keluarga Tertawa

foto: Tiktok @camz_ariek
foto: Tiktok @camz_ariek

Sontak saja sang perekam video dan juga keluarga yang lain tertawa melihat aksi polosnya itu. 

"Sampek salah bilang salam," tulis keterangan video tersebut. 

Komentar Kocak Warganet

Video itu pun langsung mencuri perhatian warganet dan telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali. Tak sedikit yang memberikan komentar kocaknya. 

"Colab ya bund, salam dan bismillah," tulis akun @medusaaash. 

"Salamnya colab sama bismillah," komentar @sipaaanr. 

"Salah tingkah dia gaes dividioin makanya jadi typo ngomong salam hahaha," timpal akun @anaknyaibutura.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Review Xiaomi Mi Watch: Smartwatch Murah dengan Fitur Lengkap nan Stylish

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi menutup 2020 dengan memperkenalkan salah satu produk ekosistem terbaru mereka di pasar Tanah Air, yakni Mi Watch.

Walau dibanderol harga Rp 1,6 jutaan, Xiaomi menyematkan berbagai fitur yang sangat canggih bagi para "penggila" olahraga, harga kompetitif, dan desain premium.

Dengan berbagai hal yang ditawarkan, apakah Mi Watch ini mampu bersaing dengan smartwatch lain buatan Apple, Realme, Samsung, dan Huawei yang sudah ada di pasaran saat ini?

Tanpa panjang lebar, simak review Xiaomi Mi Watch yang menyambangi meja redaksi Tekno Liputan6.com.

Desain

Tidak seperti kebanyakan smartwatch murah saat ini yang mirip dengan Apple Watch--berbentuk kotak--dan terlihat modern, Mi Watch justru mengambil konsep desain klasik.

Yup, jika dilihat sepintas Mi Watch ini mengadopsi bentuk jam tangan analog dengan bodi bulat berukuran 46mm. Bagi kamu yang memiliki pergelangan tangan ramping, jam baru milik Xiaomi ini akan sedikit terasa lebih besar.

Soal desain, Mi Watch menawarkan bentuk yang elegan dan stylish karena mengombinasikan bodi jam klasik dengan tampilan muka digital. Hanya memiliki berat 32 gram, Mi Watch sangat nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari hingga saat tidur sekalipun.

Xiaomi Mi Watch sendiri tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu black, navy blue, dan beige. Sayangnya, saat ini perusahaan hanya menyediakan warna black dan navy blue saja di situs resmi Mi.com.

Pilihan warna smartwatch baru milik Xiaomi tersebut kurang sesuai selera? Jangan khawatir, karena perusahaan sudah menyediakan 6 pilihan strap (tali jam) bagi kamu yang ingin tampil trendi.

Jika diperhatikan, Mi Watch hadir dengan dua buah tombol. Tombol atas dipakai untuk ke menu utama aplikasi, dan tombol bawahnya untuk shortcut latihan atau olahraga.

Adapun tombol kedua itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik itu jenis olahraga di luar dan di dalam ruangan. Secara default, Xiaomi menyajikan 17 jenis pilihan olahraga.

Berhubung sudah dilengkapi sertifikasi 5ATM (kedalaman air 50 meter), kamu tidak perlu khawatir akan hujan atau dipakai untuk berenang--asal bukan di lautan.

Dengan kemampuan ini, Mi Watch dapat dipakai dalam berbagai situasi baik itu untuk sehari-hari ataupun saat berolahraga tanpa khawatir jam pintar rusak karena keringat.

 

Display

Mi Watch hadir dengan layar AMOLED 1,39 inci yang sudah dilapisi kaca berbahan tempered glass sehingga mampu bertahan dari berbagai goresan dan benturan.

Berdasarkan pengalaman selama memakai jam pintar milik Xiaomi ini, layar sentuh Mi Watch sangat responsif dengan panel layar yang cukup terang dibandingkan perangkat di kelasnya.

Kami juga tidak mengalami masalah saat melihat tampilan di layar smartwatch meskipun sedang berada di luar ruangan dan di bawah matahari.

Hal ini dibantu dengan fitur auto brightness yang disertakan Xiaomi di dalam smartwatch, sehingga cahaya di layar dapat redup atau terang tergantung dari kondisi sekeliling.

Fitur menarik lainnya yang juga Xiaomi hadir di dalam Mi Watch adalah always-on display. Saat pengujian, kami merasa baterai smartwatch tidak terlalu cepat terkuras.

 

Baterai

Mi Watch sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 420mAh, dan diklaim mampu bertahan hingga 16 hari lamanya.

Selama satu minggu pemakaian, baterai smartwatch yang berkapasitas full sudah habis setengahnya--di charge hingga full pada Selasa 15 Desember 2020.

Tergantung dari seberapa intens smartwatch dipakai, bukan hal yang tidak mungkin kamu harus mengisi baterai pada hari kesembilan atau sepuluh.

Mengingat fitur always-on display selama pengujian Mi Watch ini dinyalakan, masa pakai baterai selama hari ke-7 dengan sisa kapasitas 43 persen ini cukup mengesankan.

 

Fitur Mi Watch

Hadir sebagai smartwatch dengan fitur kebugaran terlengkap di pasaran saat ini, Xiaomi sudah menyediakan 117 pilihan mode olahraga, dangan 17 modusnya bisa langsung digunakan.

Kamu dapat memilih jenis olahraga, seperti lari di luar ruangan, berenang di kolam renang, tracking, treadmill, bersepeda di dalam ruangan, yoga, hingga lari lintas alam sekalipun.

Seperti fitness tracker lainnya, kamu akan mendapatkan semua data dari mode olahraga tersebut di smartwatch atau smartphone lewat aplikasi Xiaomi Wear.

Data-data ini dapat dipakai untuk menganalisis berapa kalori yang dibakar, seberapa stabil pernapasan, dan kondisi detak jatung ketika atau setelah selesai latihan.

Untuk memakai jenis latihan di smartwatch pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu tekan tombol Sport di jam pintar untuk memunculkan app drawer, dan tap jenis olahraga yang diinginkan.

Nanti, GPS di dalam smartwatch akan mendeteksi semua jenis aktivitas dan melacak pergerakan kamu cukup akurat--saat berolahraga di luar ruangan.

Fitur pendeteksi dan pencatat detak jantung di dalam jam pintar pun cukup akurat. Namun, fitur ini membutuhkan sedikit waktu untuk mencatat perubahan atau interval detak jatung saat berolahraga.

Selain itu, Mi Watch ini juga sudah dilengkapi dengan fitur sleep tracking (pendeteksi tidur) yang cukup lengkap, seperti Deep Sleep, Light Sleep, REM (Rapid Eye Movement), dan Awake.

Selama pemakaian, kami mendapati pelacakan tidur Mi Watch ini cukup akurat dalam hal mendeteksi pola tidur yang berbeda. Xiaomi juga menyajikan skor agar memudahkan pengguna untuk mengetahui lebih baik bagaimana pola tidur kamu.

Kemampuan Mi Watch pun tak sebatas dari fitur-fitur di atas. Fitur lainnya adalah fitur smartwatch untuk melacak tingkat stres dan energi kamu sehari-hari dengan informasi yang sangat lengkap dan informatif.

Xiaomi juga sudah melengkapi smartwatch barunya ini dengan kompas, barometer (untuk mengukur tekanan udara), dan SpO2 untuk mencatat kadar oksigen di dalam darah.

Pengguna juga akan mendapati fitur notifikasi untuk panggilan masuk dan pesan, alarm, stopwatch, pengendali musik, lampu senter, dan timer telah terpasang di Mi Watch.

 

Sofware

Agar bisa menggunakan Mi Watch, kamu haru menginstal aplikasi Xiaomi Wear (Android) atau Xiaomi Wear Lite (iPhone). Proses pairing pun cukup sederhana, dan tetap terkoneksi dengan stabil berkat Bluetooth 5.0

Xiaomi Wear sendiri dibagi dalam tiga bagian, seperti informasi kesehatan, kendali perangkat, dan profile pengguna.

Kamu juga dapat mengaktifkan notifikasi dan mengunduh beragam tampilan jam digital. Sayangnya, aplikasi ini tidak memberikan pengguna untuk mengubah informasi profil.

 

Kesimpulan

Dengan banderol Rp 1,6 jutaan, Mi Watch merupakan smartwatch terbaik dan paling lengkap fiturnya dari merek jam pintar buatan perusahaan lainnya.

Selain menawarkan layar AMOLED dan daya tahan baterai mengesankan, Mi Watch juga menyediakan beragam jenis olahraga yang lengkap.

Namun, apa yang membuat Mi Watch ini beda dari smartwatch lainnya? Dari sekian banyak hal, kami merasa jam pintar ini unggul dalam hal desain klasik, elegan, dan jarang diadopsi oleh perusahaan lainnya.

Memang smartwatch milik Samsung, Apple, atau Oppo menawarkan fitur tambahan lainnya, tetapi tentunya harga jam pintar buatan mereka jauh lebih mahal ketimbang milik Xiaomi ini.

Tampil sebagai smartwatch anyar di pasaran saat ini, Xiaomi berhasil menawarkan sebuah produk yang kaya akan fitur kesehatan dengan banderol harga terjangkau.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Wanita Myanmar Menjadi Anjing karena Durhaka kepada Ibunya

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video sedang viral di Myanmar. Disebutkan dalam video ada seorang wanita berubah menjadi anjing karena durhaka sama ibunya.

Akun Facebook atas nama Dua Pertandingan Cinta mengunggah video dengan klaim wanita berubah menjadi anjing karena durhaka sama ibunya pada 14 Desember 2020. Video itu menjadi viral setelah disaksikan hampir 200 ribu kali.

Dalam unggahan video berdurasi 6 menit 14 detik tersebut, ada sosok yang diklaim sebagai anjing jelmaan seorang wanita. Video tersebut juga terdapat narasi yang menjelaskan tentang klaim tersebut.

Begini narasinya:

"Ini terjadi di Labutta (kota di Myanmar). Kisah nyata seorang wanita yang berubah dari manusia menjadi seekor anjing.

Namanya Ma Khin Hla dan usianya sekitar 16-17 tahun. Dia adalah seorang gadis Buddhis muda dengan karakter yang sangat liar dan kasar. Dia adalah anak tunggal tetapi tidak menghormati orang tuanya. Dia selalu meneriaki orang tuanya. Karena itu, dia menghadapi peristiwa yang sangat tragis dalam hidupnya.

Dia mengeluh kepada orangtuanya karena tidak memasak makan malamnya ketika mereka pulang dari biara setelah berpuasa. Dia menyebut ibunya 'jalang'. Kemudian dia pingsan. Ketika dia sadar, dia tidak lagi hidup sebagai manusia, tetapi sebagai seekor anjing. Meskipun manusia, dia bersandar pada posisi merangkak seperti anjing."

Di akhir video, sang narator menyebut kejadian ini terjadi pada tahun 2002.

Lalu, benarkah klaim yang menyebut wanita berubah menjadi anjing karena durhaka sama ibunya terjadi di Myanmar pada 2002?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk meneluri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar berupa gambar anjing yang berada di video tersebut. Kemudian, tangkapan layar itu ditelusuri menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Image.

Sesuai hasil penelusuran, foto tersebut ditemukan di situs CBC dalam artikel berjudul: "Art installation explores curious and complex relationship between humans and animals". Artikel ini dipublikasikan pada 26 September 2018.

Rupanya, gambar anjing dalam klaim wanita Myanmar dikutuk menjadi anjing oleh ibunya merupakan bagian dari Vancouver Biennale, beberapa patung hewan hibrida yang dibuat oleh seniman Australia, Patricia Piccinini.

Perhatikan gambar di bawah ini:

 

Tangkapan layar yang diklaim sebagai wanita berubah menjadi anjing karena dikutuk ibunya (kiri) dan foto dari hasil karya seni seniman Australia, Patricia Piccinini yang ditemukan di situs CBC (kanan).
Tangkapan layar yang diklaim sebagai wanita berubah menjadi anjing karena dikutuk ibunya (kiri) dan foto dari hasil karya seni seniman Australia, Patricia Piccinini yang ditemukan di situs CBC (kanan).

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan artikel berjudul: "This image shows an art installation by an Australian artist". Dalam artikelnya, AFP Fact Check mengambil penjelasan dari manajer Piccinini, Roger Moll.

Roger Moll memastikan kalau foto anjing yang beredar di Myanmar itu milik Piccinini. Disebutkan oleh Roger Moll, agennya sangat marah karena karya pribadi berjudul 'The Young Family' dijadikan bahan untuk penipuan.

"Patricia tidak mendukung penggunaan foto-foto karyanya yang tidak sah, terutama dalam jenis penipuan konyol ini," kata Moll kepada AFP Fact Check melalui email pada 17 Desember 2020.

 

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Video dengan klaim wanita di Myanmar dikutuk menjadi anjing karena durhaka sama ibunya adalah hoaks. Klaim ini termasuk dalam kategori palsu.

Faktanya, foto anjing yang berada diklaim tersebut merupakan karya seni dari seniman asal Austalia, Patricia Piccinini.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Aksi Heroik Pria Selamatkan Bocah Hanyut di Sungai

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksi heroik dilakukan oleh seorang pria ketika ada bocah hanyut di sungai. Beruntungnya pria itu berhasil membawa bocah itu ke pinggir sungai dan selamat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Catat, Deretan Ucapan Menyentuh Hati di Hari Ibu

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari Ibu segera tiba, alangkah baiknya jika mengucapkan dan mendoakan Ibu kita dengan kata-kata yang baik dan indah. Berikut adalah beberapa deretan kalimat indah untuk Ibunda kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikat Sassuolo, Pioli Lega AC Milan Kembali ke Jalur Kemenangan

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Milan - Pelatih AC Milan, Stefano Pioli puas usai timnya menang 2-1 atas Sassuolo dalam lanjutan Liga Italia, Senin (21/12/2020) dinihari WIB. Pasalnya, hasil itu mengembalikan AC Milan ke jalur kemenangan usai imbang di dua laga terakhir.

"Ada saat di mana beberapa pertandingan lebih penting daripada yang lainnya," kata Pioli seperti dilansir Reuters.

AC Milan menang berkat gol cepat Rafael Leao saat pertandingan belum berumur satu menit. Pada menit ke-26 giliran Alexis Saelemaekers yang menambah keuggulan Rossoneri lewat golnya.

Sementara itu, satu gol hiburan Sassuolo dicetak Domico Berardi di menit ke-89. Tambahan tiga poin membuat AC Milan bertahan di puncak klasemen.

"Kami tidak puas dengan hasil imbang di dua laga terakhir. Kami selalu menargetkan kemenangan," kata Pioli.

"Pertandingan ini membawa beban dari sisi mental. Kami ingin menang dan hasil ini memberikan kami kepuasan," ujarnya.

 

 

Harapkan Fans Hadir

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Bodoe/Glimt pada pertandingan Liga Europa di Stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (24/9/2020). AC Milan menang tipis atas  Bodoe/Glimt 3-2. (AP Photo/Luca Bruno)
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Bodoe/Glimt pada pertandingan Liga Europa di Stadion San Siro di Milan, Italia, Kamis (24/9/2020). AC Milan menang tipis atas Bodoe/Glimt 3-2. (AP Photo/Luca Bruno)

Lebih lanjut, Pioli juga buka suara soal ketiadaan fans yang sudah berlangsung lama. Menurutnya, ia sangat berharap fans bisa kembali hadir langsung ke stadion.

"Pada awalnya, ketiadaan pemain membuat kami bertumbuh. Tetapi jika merkea ada di sini, kami akan melesat," kata Pioli.

"Kami ingin memberikan mereka keuasan saat hidup terasa tidak normal," ujarnya mengakhiri.

Hasil Liga Italia

Sabtu 19 Desember 2020

Fiorentina 1-1 Verona

 

Minggu 20 Desember 2020

Sampdoria 3-1 Crotone

Parma 0-4 Juventus

Torino 1-1 Bologna

Benevento 2-0 Genoa

Cagliari 1-1 Udinese

Inter Milan 2-1 Spezia

Sassuolo 1-2 AC Milan

 

Senin 21 Desember 2020

Atalanta 4-1 AS Roma

Lazio 2-0 Napoli

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebahagiaan Vanessa Angel Rayakan Ulang Tahun di Luar Penjara

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vanessa Angel tengah merayakan ulang tahunnya yang jatuh pada hari ini, Senin (21/12/2020). Istri Bibi Ardiansyah ini akhirnya bisa berulang tahun di rumah bersama keluarga tercinta.

Seperti diketahui, Vanessa Angel mendapat asimilasi Covid-19 sehingga bisa menjalani masa tahanan di rumah. Ia keluar dari Lapas Pondok Bambu Jakarta Timur sejak Jumat, 18 Desember 2020.

Lewat akun Instagram, bintang FTV ini pun mengurai rasa syukur dan bahagia karena bisa merayakan momen spesial bersama suami dan anak tercinta, Gala Sky Ardiansyah.

"Terima kasih atas kadonya ya tuhan aku bisa ngerayain ulang tahunku yg ke 27 bareng suami & bisa mengASIhi anakku gala lagi," tulisnya sebagai keterangan.

Bersama dengan itu dia mengunggah video kebersamaannya dengan sang buah hati. Gala tampak tak mau jauh dari pelukan ibundanya.

Berterima Kasih

[Foto: Instagram Vanessa Angel]
[Foto: Instagram Vanessa Angel]

Masih dalam unggahan yang sama, Vanessa Angel mengucapkan terima kasih kepada semoa kerabat terutama suaminya yang selalu ada di sisinya dalam keadaan suka maupun duka.

"Dan terima kasih yg terspesiale untuk mas @bibliss untuk segala upaya, keringet & pengorbanannya untuk keluarga ini semoga tuhan selalu menjaga langkahmu mas," ia mengakhiri.

Sementara dalam Instagram Stories-nya, ia bahagia diberi kado berupa tas mewah oleh Bibi Ardiansyah. Saking bahagianya, ia sampai loncat memeluk sang suami. 

Respons

[Foto: Instagram Vanessa Angel]
[Foto: Instagram Vanessa Angel]

Rekan selebritas dan warganet pun mengucapkan selamat ulang tahun dan mendoakan kebaikan Vanessa Angel.

"Happy birthdaaaay sayang! Bahagia & sehat sll," kata Naysilla Mirdad.

"HBD @vanessaangelofficial all the besssstt," ucap Ussy Sulistiawaty.

Asimilasi

Asimilasi Vanessa Angel tertuang pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 .

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau Pelaku Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru, Satgas COVID-19 Bentuk Pos Pengamanan Terpadu

Posted: 20 Dec 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk memantau para pelaku perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2021, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 membentuk Pos Pengamanan Terpadu. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No. 3 tahun 2020, yang diteken Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo tertanggal 19 Desember 2020.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, kerjasama Satgas COVID-19 dengan kementerian/lembaga dan TNI-Polri juga bertujuan mengurangi penularan virus Corona.

"Satgas dibantu dengan otoritas transportasi dan didukung kementerian/lembaga maupun TNI-Polri akan memastikan regulasi ini bisa berjalan efektif," ujar Wiku sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (20/12/2020) malam.

"Sehingga tujuan mencegah dan mengurangi penularan COVID-19 bisa tercapai.

Pemantauan, pengendalian, dan evaluasi perjalanan libur akhir tahun, Natal dan Tahun Baru 2021 dalam surat edaran Satgas COVID-19 secara rinci tertulis:

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah yang dibantu otoritas penyelenggara transportasi umum bersama-sama menyelenggarakan pengendalian perjalanan orang dan transportasi umum yang aman COVID-19 dengan membentuk Pos Pengamanan Terpadu;

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Instansi Berwenang Berhak Menghentikan Perjalanan Orang

Sejumlah kendaraan berhenti di jalan tol Jagorawi menanti waktu buka tutup jalur menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). Akhir pekan beriringan dengan libur panjang dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi-lokasi wiisata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah kendaraan berhenti di jalan tol Jagorawi menanti waktu buka tutup jalur menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020). Akhir pekan beriringan dengan libur panjang dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi-lokasi wiisata. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Otoritas, pengelola, dan penyelnggara transportasi umum menugaskan pengawasan selama penyelenggaraan operasional transportasi umum;

Kementerian/lembaga, TNI/Polri, dan pemerintah daerah berhak menghentikan dan/atau melakukan perjalanan orang atas dasar Surat Edaran ini, dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan; dan

Instansi berwenang (kementerian/lembaga, TNI, Polri, dan pemerintah daerah) melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan COVID-19 dan penegakan hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Protokol Kesehatan Bagi Pelaku Perjalanan

Sejumlah truk yang akan menyeberang memasuki Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (19/5/2020). Penyeberangan hanya diizinkan bagi calon penumpang yang mengantongi dokumen bebas virus corona COVID-19, sedangkan untuk kendaraan hanya angkutan logistik. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah truk yang akan menyeberang memasuki Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (19/5/2020). Penyeberangan hanya diizinkan bagi calon penumpang yang mengantongi dokumen bebas virus corona COVID-19, sedangkan untuk kendaraan hanya angkutan logistik. (merdeka.com/Imam Buhori)

Surat Edaran No. 3 Tahun 2020, yang berlaku sejak 19 Desember hingga 8 Januari 2021 khususnya berisi kewajiban menjalankan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan di dalam maupun luar negeri.

Wiku menjelaskan, kewajiban protokol kesehatan pelaku perjalanan orang selama libur Natal dan Tahun Baru 2021.

"Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker,menjaga jarak dan hindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer," jelas Wiku.

"Pengetatan protokol kesehatan sepanjang perjalanan yang perlu dilakukan berupa penggunaan masker wajib secara benar menutupi hidung dan mulut dengan jenis masker kain 3 lapis atau masker medis.

Pelaku perjalanan juga tidak diperkenankan makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, kecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat untuk keselamatan dan kesehatannya.

Selain itu, pelaku perjalanan ke Pulau Bali menggunakan moda transportasi udara, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 7 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam pulau Jawa (antar Provinsi/Kab/Kota), pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara dan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Infografis Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021

Infografis Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI: Ada Maskapai Langgar Protokol Kesehatan, Tingkat Keterisian 100 Persen

Posted: 20 Dec 2020 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) masih menemukan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan di moda transportasi penerbangan udara. Di mana masih ada maskapai yang mengisi ketersediaan tempat duduk mencapai 100 persen.

"Kita juga menemukan ada beberapa pelanggaran maskapai tertentu yang 100 persen terisi, tetapi tidak ada sanksi dari regulator. Karena aturannya hanya 70 persen (keterisian), tapi isinya 100 persen," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam diskusi Mudik Natal dan tahun Baru 2021 di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Atas temuan itu, YLKI langsung bertindak melaporkan langsung kepada direktur utama maskapai terkait. Namun setelah laporan itu diterima, manajemen maskapai mengakui. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 sangat sulit dan berdampak pada sektor penerbangan.

"Ketika saya menerima pengaduan itu saya sampaikan ke dirut, dirutnya mengatakan ya memang kondisinya sulit kalau bisa Mas Tulus meminta agar ketentuan 100 persen itu direvisi saja ini tidak ada standarnya," kata dia menceritakan.

Tulus mengatakan, jika berkaca di penerbangan luar negeri memang tidak ada standar tingkat keterisian selama pandemi Covid-19. Hanya saja dengan catat, maskapai atau pesawat tersebut harus memiliki tekologi hebat yang bisa memfilter virus bakteri per 3 menit sekali.

"Saya juga tidak tahu apakah memang ini ada standarnya atau tidak. Tetapi kalau melihat maskapai atau pesawat itu katanya punya teknologi hebat mungkin dipertimbangkan," kata dia.

Dia menambahkan, selain moda transportasi udara pelanggaran protokol kesehatan juga masih ditemukan di darat. YLKI secara langsung menerima terdapat salah satu rangkaian kereta api yang di isi kapasitas 100 persen.

"Kereta api ini juga perlu pengawasan baik di kereta api. Di terminal bus di kabin bus dilakukan pengawasan ketat, sehingga mematuhi ketentuan-ketentuan yang ditentukan oleh pemerintah," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Gunakan Surat Rapid Test Palsu, Penumpang Lion Air ini Gagal Terbang

Lion Air (Dok: Istimewa)
Lion Air (Dok: Istimewa)

Empat calon penumpang maskapai Lion Air (JT O971) tujuan Batam–Medan gagal berangkat Sabtu (19/12/2020) pagi. Mereka kepadatan oleh Petugas Satgas Covid-19 mengunakan surat keterangan rapid test palsu.

Kadis Ops Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo megatakan, empat calon penumpang tersebut terungkap saat petugas Bandara Hang Nadim Batam melakukan pemeriksaan surat keterangan hasil rapid test milik penumpang di terminal keberangkatan.

"Kecurigaan muncul saat petugas memeriksa surat yang ditunjukkan oleh calon penumpang. Penumpang tersebut membawa surat diduga palsu dengan mengatasnamakan RS Graha Hermine Batam," kata Kadis Ops Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo, melaui saluran telepon selurnya, (19/12/2020).

Lebih lanjut Wardoyo menyebutkan bahwa setelah dikonfirmasi ke RS yang bersangkutan dan datang ke bandara ternyata surat keterangan rapid test tersebut tidak terdaftar di RS Graha Hermine Batam.

Keempat penumpang dijadwalkan akan berangkat sekitar pukul 09.00 WIB dengan kode penerbangan JT 0971 Batam tujuan Kualanamu Medan.

Akhurnya, Tim Satuan tugas Covid 19 Bandara membatalkan penerbangan keempat calon penumpang tersebut. Atas perbutanya keempat calon penumpang di bawa ke Polsek Batuaji untuk penyelidikan lebih lanjut.

Saat ini, tim Satgas Bandara sudah memiliki contoh format surat keterangan rapid test yang resmi dikeluarkan oleh klinik maupun rumah sakit yang membuka layanan rapid test, baik KKP maupun Satgas Covid Bandara Hang Nadim dalam hal ini TNI AU dan lainnya, " Kata Wardoyo.

"Saya titip pesan ke semua calon penumpang, ikuti aturan yang berlaku. Jangan coba-coba melanggar aturan protokol kesehatan dari pemerintah di masa pandemi ini," Kata Wardoyo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rajin Memerangi Kelaparan, Striker MU Raih Penghargaan Khusus

Posted: 20 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kegigihan striker Manchester United atau MU, Marcus Rashford dalam memperjuangkan nasib anak-anak yang kelaparan telah mendapat perhatian luas. Dan berkat upayanya tersebut, pemain asal Inggris itu juga mendapatkan pernghargaan dari salah satu media terbesar di negaranya, BBC.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, Rashford menerima penghargaan khusus pada acara Sport Personality award BBC pada Minggu malam, (20/12/2020). Meski penilaian didasarkan pada pencapaian atau prestasi yang sudah dicapai, panelis sepakat memberi penghargaan atas dedikasi Rashford. 

Rashford hadir setelah memperkuat MU saat mengalahkan Leeds United 6-2. Pemain berusia 23 tahun itu tampak elegan saat menerima penghargaan dengan balutan jas formal berwarna hitam. 

Rashford selama ini memang dikenal sangat aktif memperjuangkan nasib masyarakat kurang mampu. Kiprahnya semakin terlihat saat beberapa waktu lalu, Rashford mengirimkan surat terbuka kepada pemerintah Inggris untuk mencabut keputusan menghapus makanan gratis bagi anak sekolah selama pandemi virus Covid-19. Menurutnya, kebijakan ini enyengsarakan anak-anak kurang mampu.  

Gerakan ini akhirnya membuat lebih dari 1,3 juta anak-anak di Inggris kembali mendapatkan kupon makan gratis selama musim panas. Sementara itu, November lalu, berkat gerakan Rashford pemerintah menyiapkan paket senilai 400 juta pound sterling bagi keluarga yang kurang mampu. 

 

Sambutan Rashford

Pemain Manchester United Marcus Rashford berebut bola dengan pemain Chelsea Antonio Rudiger pada semifinal Piala FA di Wembley Stadium, London, Inggris, Minggu (19/7/2020). Chelsea sukses mengamankan tiket final Piala FA usai mengalahkan Manchester United 3-1. (Andy Rain, Pool via AP)
Pemain Manchester United Marcus Rashford berebut bola dengan pemain Chelsea Antonio Rudiger pada semifinal Piala FA di Wembley Stadium, London, Inggris, Minggu (19/7/2020). Chelsea sukses mengamankan tiket final Piala FA usai mengalahkan Manchester United 3-1. (Andy Rain, Pool via AP)

"Saat masih anak-anak saya percaya kalau saya selalu berada 50 meter di belakang orang-orang dalam menjalani lomba 100 meter," katanya. "Selalu lebih sulit bagi mereka untuk melakukan hal-hal dasar seperti makan makanan yang benar atau mengikuti pelatihan dan itu adalah situasi mimpi buruk." 

"Saat saya tiba ke tempat yang selama ini ingin saya tuju, saya mengatakan pastikan Anda membuat perbedaan untuk generasi berikutnya," beber Rahsford dalam sambutannya. 

 

Liverpool Juga Dapat

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, merayakan trofi juara Premier league 2019-2020 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Prosesi angkat trofi juara ini dilakukan usai pertandingan Liverpool melawan Chelsea. (AFP/Laurence Griffiths/pool)
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, merayakan trofi juara Premier league 2019-2020 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Prosesi angkat trofi juara ini dilakukan usai pertandingan Liverpool melawan Chelsea. (AFP/Laurence Griffiths/pool)

Sementara itu, penghargaan yang sama juga diterima oleh Liverpool setelah sukses mengakhiri penantian panjang 30 tahun menjadi juara Liga Inggris pada musim 2019/2020. Pelatih The Reds, Jurgen Klopp dan Jordan Handerson hadir untuk menerima penghargaan dari BBC tersebut.

 

Dimenangkan Hamilton

Pada kesempatan yang sama, Jurgen Klopp juga dinobatkan sebagai pelatih terbaik tahun ini. Sedangkan penghargaan paling bergengsi dari ajang ini berhasil dimenangkan pembalap Formula 1, Lewis Hamilton. Ini kali kedua pembalap Mercedes itu meraih penghargaan BBC Sport Personality.

Hamilton dianggap sebagai atlet tersukses di Inggris setelah musim ini berhasil mencatatkan 67 kemenangan dan merebut gelar juara dunia F1 untuk kali ketujuh. Hamilton kini menyamai rekor yang dicatatkan oleh manatn pembalap Ferrari, Michael Shcumacher.  

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Diabaikan, Kenali Gejalanya

Posted: 20 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyebab anyang-anyangan tak boleh diabaikan. Anyang-anyangan merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa sakit atau tidak nyaman saat buang air kecil. Penyebab anyang-anyangan bisa dipicu oleh berbagai kondisi.

Dalam istilah medis, anyang-anyangan disebut dengan disuria. Disuria digambarkan dengan gejala nyeri, tidak nyaman, atau rasa terbakar saat buang air kecil. Penyebab anyang-anyangan lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria. Pada pria, ini lebih sering terjadi pada pria yang lebih tua.

Pada wanita, infeksi saluran kemih adalah penyebab anyang-anyangan yang paling umum. Pada pria, uretritis dan kondisi prostat tertentu sering menjadi penyebab anyang-anyangan. Penyebab anyang-anyangan biasanya berkaitan dengan masalah kandung kemih atau bagian tubuh terdekat.

Berikut penyebab anyang-anyangan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Medical News Today, Senin (21/12/2020).

Penyebab anyang-anyangan

Ilustrasi Foto Kebelet Kencing atau Buang Air Kecil (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Kebelet Kencing atau Buang Air Kecil (iStockphoto)

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri berlebih menumpuk di suatu tempat di saluran kemih. Bagian tubuh ini mengalir dari ginjal ke kandung kemih ke uretra, yang membawa urin ke luar tubuh. Ini merupakan penyebab anyang-anyangan yang paling sering terjadi.

Seseorang dengan ISK mungkin mengalami gejala lain, seperti sering buang air kecil, buang air kecil keruh atau bernoda darah, demam, urin berbau busuk, dan nyeri di bagian samping dan punggung.

Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia, gonore, dan herpes, semuanya dapat memengaruhi saluran kemih dan menyebabkan nyeri saat buang air kecil. Gejala dapat bervariasi sesuai dengan jenis IMS. Misalnya, herpes biasanya menyebabkan lesi seperti lepuh pada alat kelamin.

Penyebab anyang-anyangan

Penyebab anyang-anyangan (sumber: pixabay)
Penyebab anyang-anyangan (sumber: pixabay)

Infeksi prostat

Infeksi bakteri jangka pendek dapat menyebabkan infeksi prostat atau prostatitis. Peradangan kronis dari kondisi lain, seperti IMS, juga dapat menyebabkan prostatitis. Infeksi prostat dapat menjadi penyebab anyang-anyangan.

Infeksi prostat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil, nyeri di kandung kemih, testis, dan penis, kesulitan ejakulasi dan ejakulasi yang menyakitkan, dan sering buang air kecil, terutama di malam hari.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah kumpulan bahan, seperti kalsium atau asam urat, yang menumpuk dan membentuk batu yang mengeras di dalam dan sekitar ginjal. Terkadang, batu ginjal akan menempel di dekat area tempat urin masuk ke kandung kemih. Ini bisa menjadi penyebab anyang-anyangan.

Selain disuria, batu ginjal dapat menyebabkan gejala seperti nyeri di bagian samping dan punggung, urin berwarna merah muda atau coklat, urin keruh, mual, muntah, rasa sakit yang berubah intens, demam, panas dingin, dan sering buang air kecil dalam jumlah kecil.

Penyebab anyang-anyangan

Penyebab anyang-anyangan Credit: pexels.com/Olenka
Penyebab anyang-anyangan Credit: pexels.com/Olenka

Kista ovarium

Sama seperti batu ginjal, kista ovarium adalah contoh bagaimana sesuatu di luar kandung kemih dapat menekannya dan menyebabkan anyang-anyangan. Kista ovarium dapat berkembang di satu atau kedua ovarium, yang terletak di kedua sisi kandung kemih.

Gejala kista ovarium yang perlu diperhatikan adalah perdarahan vagina yang tidak biasa, nyeri panggul, kesulitan mengenali bahwa kandung kemih kosong setelah buang air kecil, periode yang menyakitkan, nyeri payudara, dan sakit di punggung bawah.

Sistitis interstisial

Sistitis interstisial dikenal sebagai sindrom nyeri kandung kemih. Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan iritasi kronis pada kandung kemih yang berlangsung selama 6 minggu atau lebih tanpa adanya infeksi yang mendasarinya.

Sistitis interstisial juga dapat menyebabkan gejala tekanan di area kandung kemih, nyeri saat berhubungan, nyeri di vulva atau vagina, nyeri di skrotum, dan sering buang air kecil tetapi menghasilkan sedikit urin.

Penyebab anyang-anyangan

Ilustrasi vagina (iStockphoto
Ilustrasi vagina (iStockphoto

Sensitivitas kimia

Terkadang, bahan kimia yang berada di luar tubuh, seperti wewangian, dapat mengiritasi jaringan tubuh. Saat seseorang buang air kecil, iritasi ini mungkin lebih terasa, dan rasa sakit bisa terjadi.

Produk yang dapat menyebabkan sensitivitas bahan kimia meliputi douches, sabun, kertas toilet beraroma, pelumas vagina, dan pelumas vagina. Gejala yang timbul akibat kondisi ini meliputi pembengkakan, kemerahan, gatal, dan iritasi pada kulit di sekitar alat kelamin.

Infeksi atau iritasi vagina

Infeksi atau iritasi vagina juga dikenal sebagai vaginitis atau vaginosis dapat terjadi karena pertumbuhan bakteri atau jamur yang berlebihan. IMS yang disebut trikomoniasis juga dapat menyebabkan infeksi vagina.

Gejala terkait infeksi vagina meliputi keputihan yang berbau busuk atau tidak biasa, iritasi vagina, nyeri saat berhubungan dan perdarahan vagina, yang biasanya ringan.

Penyebab anyang-anyangan

Ilustrasi Obat-Obatan Credit: unsplash.com/freestocks
Ilustrasi Obat-Obatan Credit: unsplash.com/freestocks

Pengobatan tertentu

Beberapa obat, termasuk yang diresepkan dokter untuk mengobati kanker kandung kemih, dapat mengiritasi dan mengobarkan jaringan kandung kemih. Ini seringkali dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

Jika seseorang telah memulai pengobatan baru dan mulai merasakan sakit saat buang air kecil, mereka harus menghubungi dokternya dan menanyakan apakah gejalanya mungkin merupakan efek samping obat tersebut. Gejala tambahan bervariasi berdasarkan jenis pengobatan.

Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih terjadi ketika sel kanker mulai berkembang di kandung kemih. Anyang-anyangan memang bukan gejala awal dari kondisi ini. Namun, kondisi yang berkembang bisa menyebabkan anyang-anyangan.

Gejala lain yang mungkin dari kanker kandung kemih meliputi sering buang air kecil, mengalami kesulitan buang air kecil atau mengeluarkan aliran urin yang lemah, nyeri punggung bawah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, kaki bengkak, dan sakit tulang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Beri Rapid Test Gratis untuk Pengguna Transportasi Darat

Posted: 20 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kini Pemerintah memperketat aturan keluar-masuk Jakarta dengan memberlakukan ketentuan wajib rapid test antigen terlebih dahulu untuk meminimalisir penyebaran covid-19.

Ketua Bidang Advokasi MTI Djoko Setijowarno mengusulkan agar Pemerintah memberikan bantuan berupa rapid test gratis untuk pengguna transportasi darat, sebab rapid test antigen terbilang cukup mahal untuk kalangan masyarakat menengah bawah.

"Sebaiknya pemerintah dilihat lagi kalau untuk pesawat penerapan rapid test antigen mungkin bisa, tapi kalau untuk transportasi darat dalam rangka untuk memberikan menaikkan penggunanya dan menjamin kesehatannya alangkah lebih baiknya penempatan tenaga kesehatan dan pembeli pemberian bantuan dengan rapid test," jelas Djoko dalam Webinar Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Menurut Djoko keputusan Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk melakukan rapid test antigen untuk transportasi darat dinilai tergesa-gesa atau dadakan. Sehingga menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

Walaupun adanya rapid test antigen tujuan Pemerintah baik yakni untuk mengerem orang agar tidak orang bepergian, namun dengan cara mendadak seperti ini memang agak kesulitan termasuk Djoko yang biasa melakukan rapid test ketika bepergian ke berbagai kota.

"Ketika diterapkannya rapid test antigen saya kaget karena saya punya rapid test, sejak akhir Juli sudah bergerak mobilisasi menggunakan rapid test. Tapi bukannya kita tidak mau untuk menggunakan rapid test antigen cuman untuk mengurusnya ini agak susah," ungkapnya.

Kata Djoko jika menggunakan swab dirinya harus menunggu hasil minimal 1x24 jam dengan tarif Rp 1,2 juta, dan jika ingin harga swab murah sekitar Rp 900 ribu maka waktu tunggunya  terbilang lama sekitar 3 hari, padahal dirinya harus bergerak cepat dalam melakukan aktivitas.

Oleh karena itu Djoko lebih sering menggunakan rapid test dibanding Swab dan sekarang pemerintah mewajibkan masyarakat untuk rapid test antigen ketika bepergian, itu memang menyulitkan bagi pribadi yang mobilitasnya tinggi.

"Sedangkan dengan rapid test bisa kembali lagi berangkat keliling ke kota-kota alhamdulilah. Tapi bagaimana halnya dengan rapid test antigen tidak terbiasa. Ini menjadi kendala, makanya kebijakan ini sebaiknya jauh-jauh hari sehingga tidak merugikan banyak pihak," pungkasnya. 

Naik Kereta Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen Negatif Mulai 22 Desember 2020

Calon penumpang antre untuk rapid test COVID-19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (26/10/2020). Memasuki libur panjang, jumlah penumpang kereta jarak jauh mengalami lonjakan sehingga terjadi antrean panjang rapid test yang menjadi syarat wajib pengguna jasa KAI. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Calon penumpang antre untuk rapid test COVID-19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (26/10/2020). Memasuki libur panjang, jumlah penumpang kereta jarak jauh mengalami lonjakan sehingga terjadi antrean panjang rapid test yang menjadi syarat wajib pengguna jasa KAI. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi akan mewajibkan penumpang menunjukkan hasil rapid test antigen negatif sebagai syarat naik kereta api di Pulau Jawa. Kebijakan ini akan berlaku besok, Selasa 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

"KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api," ujar EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Dadan menjelaskan, setiap pelanggan KA wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol Kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). Pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

"Sedangkan untuk perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Sumatera, pelanggan diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antibodi Non Reaktif atau Tes PCR Negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-14). Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia dibawah 12 tahun," katanya.

Setiap pelanggan KA Jarak Jauh juga harus berada dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Selama dalam perjalanan, pelanggan diharuskan menggunakan Face Shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.

Adapun, KAI sendiri menyediakan layanan rapid test antigen di stasiun dengan harga Rp 105.000, terhitung mulai Senin, 21 Desember 2020. Layanan ini tersedia melalui Sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup.

"Pada tahap awal, layanan tersebut tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi," kata Dadan.

Proses pelayanan rapid test antigen sendiri memakan waktu lebih lama dibanding rapid test antibodi, sehingga calon pelanggan diimbau menyiapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut. Masyakarat yang ingin menggunakan layanan rapid test antigen di stasiun, diimbau untuk melakukannya H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan.

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api," ujar Dadan.

Dadan menambahkan, layanan ini merupakan alternatif yang KAI hadirkan untuk kemudahan calon pelanggan yang akan naik kereta api. Selain di stasiun, calon pelanggan juga bisa menggunakan hasil Rapid Tes Antigen dari rumah sakit atau klinik yang terpercaya.

"Kami juga mengingatkan kepada para pelanggan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan," tutup Dadan.   

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI: Indonesia Jadi Juara Angka Positif Covid-19 di Asia

Posted: 20 Dec 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sangat tidak maksimal. Hal itu terlihat sejak pertama kali diumumkan kasus positif covid-19 pada Maret hingga akhir 2020 jumlah positif terus meningkat.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menjelaskan, pemerintah terus membuat kebijakan yang saling tarik menarik antara kesehatan ekonomi. Hasilnya tidak ada yang maksimal. Jumlah positif Corona Covid-19 terus meningkat tetapi ekonomi juga resesi.  

"Akhirnya seperti sekarang, ekonomi kita resesi kemudian Covid juga menjadi juara di level Asia," kata Tulus Abadi, dalam diskusi Mudik Natal dan tahun Baru 2021 di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Dia mengungkapkan, berdasarkan data temuan pada empat hari lalu total kasus positif di Indonesia sudah menembus 624.429 orang. Dengan rasio kematian mencapai 3 persen, atau tertinggi juga di Asia.

"Ini ada sesuatu yang mesti dipertanyakan dengan tegas terkait dengan politik penanganan pandemi sampai dengan detik ini maunya seperti apa?" kata dia.

 

Kasus Positif Covid-19

Tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap di zona merah Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/11/2020). Total kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia hari ini mencapai angka 502.110 usai penambahan harian sebanyak 4.442. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap di zona merah Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (23/11/2020). Total kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia hari ini mencapai angka 502.110 usai penambahan harian sebanyak 4.442. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Untuk diketahui, berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 664.930 orang. 6.982 Kasus baru Covid-19 ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 48.134 spesimen dari 28.837 orang.

Pasien yang meninggal karena Covid-19 juga bertambah. Kementerian Kesehatan menyebut, pasien meninggal akibat Covid-19 kini menembus 19.880 orang. Bertambah 221 dari data kemarin yang masih 19.659 orang.

Selain itu, pasien sembuh dari Covid-19 juga bertambah, yakni sebanyak 5.551 dari data kemarin yang masih 536.260 orang. Total kumulatif kasus sembuh dari Covid-19 mencapai 541.811 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh telah menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak dua kali atau lebih dan hasilnya negatif.

Sementara pasien yang tengah menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 103.239 orang. Angka ini meningkat dari data kemarin yang masih 102.029 orang.

Pemerintah juga masih memantau 66.702 orang suspek Covid-19 di Indonesia. Jumlah ini meningkat dari data kemarin yang masih 64.071 suspek Covid-19.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Terkini 11 Negara Cekal Akses Masuk dari Inggris Akibat Strain Baru Virus Corona

Posted: 20 Dec 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak negara telah melarang perjalanan dari Inggris dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan tindakan penahanan yang lebih kuat, karena pemerintah Inggris memperingatkan bahwa jenis baru virus corona yang sangat menular itu saat ini berstatus "di luar kendali".

Mengutip laman Channel News Asia, Senin (21/12/2020), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan penularan strain baru telah memaksa pemerintahnya untuk melakukan penguncian di sebagian besar wilayah Inggris selama periode Natal.

"Sayangnya strain baru itu di luar kendali. Kami harus mengendalikannya," Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan kepada Sky News.

Para ilmuwan pertama kali menemukan varian baru - yang mereka yakini 70 persen lebih mudah menular - pada pasien pada bulan September. 

Unit Kesehatan Masyarakat Inggris memberi tahu pemerintah pada hari Jumat ketika pemodelan mengungkapkan keseriusan penuh dari jenis baru tersebut.

Berikut adalah sejumlah negara yang langsung mengeluarkan kebijakan untuk menangguhkan penerbangan dari Inggris usai dilaporkannya Virus Corona jenis baru tersebut:

1. Belanda

Gambar tengkorak direkatkan ke lampu lalu lintas di Dam Square yang hampir kosong dengan latar belakang Istana Kerajaan di Amsterdam, Selasa (15/12/2020). Pemerintah Belanda melakukan lockdown paling ketat selama lima pekan mulai dari Selasa (15/12) hingga 19 Januari 2021. (AP Photo/Peter Dejong)
Gambar tengkorak direkatkan ke lampu lalu lintas di Dam Square yang hampir kosong dengan latar belakang Istana Kerajaan di Amsterdam, Selasa (15/12/2020). Pemerintah Belanda melakukan lockdown paling ketat selama lima pekan mulai dari Selasa (15/12) hingga 19 Januari 2021. (AP Photo/Peter Dejong)

Negara-negara di Benua Eropa telah mulai memberlakukan larangan perjalanan dari Inggris setelah melaporkan varian virus corona yang lebih menular dan "di luar kendali".

Mereka adalah Irlandia, Jerman, Prancis, Italia, Belanda, dan Belgia yang semuanya menghentikan penerbangan. Langkah-langkahnya bervariasi dan awalnya berjangka pendek tetapi aturan yang diberlakukan oleh Prancis juga memengaruhi alur pengiriman barang.

Pertemuan yang digelar oleh Uni Eropa pada Senin pagi akan membahas tanggapan yang lebih terkoordinasi.

Secara khusus Belanda telah mengatakan akan melarang semua penerbangan penumpang dari Inggris hingga 1 Januari.

Kemudian pada hari Minggu (20/12) dikatakan juga akan melarang penumpang feri yang datang dari Inggris, meskipun pengiriman akan dilanjutkan.

Negara itu telah melaporkan peningkatan harian dengan lebih dari 13.000 kasus - rekor baru, meskipun langkah-langkah penguncian yang keras diterapkan pada 14 Desember. 

2. Prancis

Warga berjalan melewati seseorang yang berpakaian Sinterklas di luar sebuah pasar swalayan di Paris, Prancis, 25 November 2020. Kebijakan karantina wilayah (lockdown) virus corona COVID-19 secara nasional dapat dicabut pada 15 Desember jika kondisi kesehatan di negara itu membaik. (Xinhua/Gao Jing)
Warga berjalan melewati seseorang yang berpakaian Sinterklas di luar sebuah pasar swalayan di Paris, Prancis, 25 November 2020. Kebijakan karantina wilayah (lockdown) virus corona COVID-19 secara nasional dapat dicabut pada 15 Desember jika kondisi kesehatan di negara itu membaik. (Xinhua/Gao Jing)

Prancis memutuskan untuk menangguhkan semua tautan perjalanan, termasuk truk barang, dengan Inggris selama 48 jam dari tengah malam pada Minggu (23:00 GMT).

Ribuan truk bergerak antar negara setiap hari.

Menanggapi larangan Prancis, pihak Eurotunnel mengatakan akan menangguhkan akses ke terminal Folkestone-nya dari pukul 22:00 GMT untuk lalu lintas menuju Calais. Orang yang telah memesan tiket untuk bepergian pada hari Senin bisa mendapatkan pengembalian uang. 

Sementara itu, kereta masih akan beroperasi dari Calais ke Folkestone.

Terminal feri di Dover sekarang ditutup untuk semua lalu lintas yang disertai meninggalkan Inggris hingga pemberitahuan lebih lanjut karena pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah Prancis.

Masalah pengiriman telah menjadi masalah yang sangat mendesak sehingga Johnson akan memimpin pertemuan tanggap darurat (COBRA) tentang masalah tersebut pada Senin (21/12).

3. Irlandia

Bendera Negara Irlandia
Bendera Negara Irlandia

Di Irlandia, yang memiliki lalu lintas penumpang yang signifikan dengan Inggris pada tahun ini, pemerintahnya mengumumkan bahwa penerbangan yang datang dari Inggris, Wales dan Skotlandia akan dilarang selama 48 jam setidaknya dari tengah malam, dan "demi kepentingan kesehatan masyarakatnya sendiri serta masyarakat di Inggris.

Pemerintah menyampaikan bahwa terlepas dari apa pun kebangsaannya, mereka tidak boleh melakukan perjalanan ke Irlandia, melalui udara atau laut.

Namun, Penyeberangan feri untuk barang akan tetap dilanjutkan.

4. Jerman

Orang-orang melewati zona pejalan kaki utama di Frankfurt, Jerman, Senin (14/12/2020). Mulai 16 Desember 2020, hampir sebagian besar toko-toko di Jerman tidak boleh beroperasi sampai 10 Januari 2021 menyusul pengetatan aturan untuk mengendalikan penyebaran virus corona. (AP Photo/Michael Probst)
Orang-orang melewati zona pejalan kaki utama di Frankfurt, Jerman, Senin (14/12/2020). Mulai 16 Desember 2020, hampir sebagian besar toko-toko di Jerman tidak boleh beroperasi sampai 10 Januari 2021 menyusul pengetatan aturan untuk mengendalikan penyebaran virus corona. (AP Photo/Michael Probst)

Di Jerman, perintah dari kementerian transportasi mengatakan pesawat dari Inggris tidak akan diizinkan mendarat setelah tengah malam pada hari Minggu, meskipun kargo akan menjadi pengecualian dalam hal ini. 

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan varian jenis corona baru di Inggris belum terdeteksi di Jerman.

5. Belgia

Orang-orang memakai masker saat berjalan di Brussel, Belgia, Rabu (12/8/2020). Penggunaan masker menjadi wajib di tempat umum di Brussel karena kasus Covid-19 naik ke tingkat kewaspadaan yang menempatkan kota itu di antara yang paling parah terkena dampak corona di Eropa. (François WALSCHAERTS/AFP)
Orang-orang memakai masker saat berjalan di Brussel, Belgia, Rabu (12/8/2020). Penggunaan masker menjadi wajib di tempat umum di Brussel karena kasus Covid-19 naik ke tingkat kewaspadaan yang menempatkan kota itu di antara yang paling parah terkena dampak corona di Eropa. (François WALSCHAERTS/AFP)

Belgia menangguhkan penerbangan dan kedatangan kereta api dari Inggris mulai tengah malam pada hari Minggu selama setidaknya 24 jam sebagai "tindakan pencegahan".

6. Italia

Orang-orang memakai masker untuk mengekang penyebaran virus corona COVID-19 saat berjalan di Roma, Italia, Senin  (14/12/2020). Kasus COVID-19 di Italia mencapai 1.855.737 kasus, 65.011 orang meninggal dunia, dan 1.115.617 orang sembuh. (Cecilia Fabiano/LaPresse via AP)
Orang-orang memakai masker untuk mengekang penyebaran virus corona COVID-19 saat berjalan di Roma, Italia, Senin (14/12/2020). Kasus COVID-19 di Italia mencapai 1.855.737 kasus, 65.011 orang meninggal dunia, dan 1.115.617 orang sembuh. (Cecilia Fabiano/LaPresse via AP)

Italia memblokir semua penerbangan dari Inggris hingga 6 Januari.

Kementerian kesehatan setempat melaporkan pada hari Minggu bahwa kasus pertama varian baru Inggris juga telah terdeteksi di Italia. Saat ini, pasien diisolasi di Roma.

7. Austria

Sebuah sepeda terparkir di jalan sepi di Innsbruck, Austria, Selasa (17/11/2020). Pemerintah Austria telah memberlakukan pengetatan aturan covid-19 yang mencakup penutupan sekolah dan toko-toko nonesensial hingga 6 Desember 2020, seiring gelombang kedua virus corona. (AP/Matthias Schrader)
Sebuah sepeda terparkir di jalan sepi di Innsbruck, Austria, Selasa (17/11/2020). Pemerintah Austria telah memberlakukan pengetatan aturan covid-19 yang mencakup penutupan sekolah dan toko-toko nonesensial hingga 6 Desember 2020, seiring gelombang kedua virus corona. (AP/Matthias Schrader)

Austria juga ikut melarang penerbangan dari Inggris sebagai bentuk tindakan pencegahan.

8. Bulgaria

Ilustrasi bendera Bulgaria (AFP)
Ilustrasi bendera Bulgaria (AFP)

Bulgaria telah menangguhkan penerbangan ke dan dari Inggris mulai tengah malam tetapi, tidak seperti tindakan jangka pendek di banyak negara lain, larangannya berlaku hingga 31 Januari.

9. Turki

Turis yang mengenakan masker untuk melindungi dari penyebaran virus corona berjalan di kota Ayvalik di Laut Aegea, Turki, Rabu (9/9/2020). Turki telah mewajibkan penggunaan masker di semua lokasi selain di rumah, menyusul lonjakan jumlah infeksi COVID-19. (AP Photo/Emrah Gurel)
Turis yang mengenakan masker untuk melindungi dari penyebaran virus corona berjalan di kota Ayvalik di Laut Aegea, Turki, Rabu (9/9/2020). Turki telah mewajibkan penggunaan masker di semua lokasi selain di rumah, menyusul lonjakan jumlah infeksi COVID-19. (AP Photo/Emrah Gurel)

Atas temuan jenis strain terbaru dari Virus Corona ini, Turki telah melarang sementara semua penerbangan dari Inggris.

10. Swiss

Bendera Swiss
Bendera Swiss

Sama halnya seperti negara lain, Swiss juga menghentikan semua penerbangan dari Inggris sebagai tindakan pencegahan. 

11. Arab Saudi

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)
Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Yang terkini, Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan semua penerbangan internasional selama seminggu. Hal ini dapat diperpanjang, di tengah meningkatnya kekhawatiran atas jenis baru COVID-19, demikian disebutkan dalam sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dikutip dari laman gulfnews, Senin (21/12/2020), larangan itu juga berlaku untuk masuknya warga dunia ke Arab Saudi melalui pelabuhan darat dan laut, kata sumber itu.

"Prosedur ini akan ditinjau berdasarkan perkembangan terkait pandemi, dan apa yang diterima dari Kementerian Kesehatan," kata sumber itu dalam sebuah pernyataan.

Selengkapnya di sini

Infografis Mutasi Virus Corona

Infografis Mutasi Virus Corona Lebih Jinak, Bisa Berubah Ganas di Indonesia? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mutasi Virus Corona Lebih Jinak, Bisa Berubah Ganas di Indonesia? (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Stasiun KA di Surabaya Ini Sediakan Layanan Rapid Test Antigen, Cek Harganya

Posted: 20 Dec 2020 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan layanan rapid test antigen. Hal ini seiring pelanggan KA jarak jauh di Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta api mulai 22 Desember 2020-8 Januari 2021.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menuturkan, PT KAI Daop 8 Surabaya mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini untuk mencegah penyebaran COVID-19 melalui moda transportasi kereta api.

Penunjukkan hasil rapid test antigen yang negatif ini sesuai dengan Surat Edaran  Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Th 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan layanan rapid test antigen di Stasiun Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi mulai Senin, 21 Desember 2020. Harga rapid test antigen Rp 105.000.

"Layanan ini tersedia melalui sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup," ujar Suprapto, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Imbauan kepada Masyarakat

PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan diskon tiket dalam rangka hari ulang tahun ke-75 (Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)
PT KAI Daop 8 Surabaya memberikan diskon tiket dalam rangka hari ulang tahun ke-75 (Foto: Dok PT KAI Daop 8 Surabaya)

Pada tahal awal, layanan ini terdapat di wilayah Daop 8 Surabaya di Surabaya Gubeng dan Pasar Turi. KAI Daop 8 Surabaya mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan layanan rapid test antigen di stasiun untuk melakukannya H-1 perjalanan.

Hal ini untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan pada hari keberangkatan. Mengingat proses layanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama ketimbang rapid test antibody.

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api," kata Suprapto.

Suprapto menambahkan, layanan ini merupakan alternatif yang KAI hadirkan untuk kemudahan calon pelanggan yang akan naik kereta api. Selain di stasiun, calon pelanggan juga bisa menggunakan hasil rapid test antigen dari rumah sakit atau klinik yang terpercaya.

"Kami juga mengingatkan kepada para pelanggan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan,"  ujar Suprapto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungan Wisman via Transportasi Udara Jeblok 78 Persen Selama Pandemi

Posted: 20 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono mengatakan selama pandemi covid-19 berlangsung dari Maret-Desember 2020 tercatat penurunan wisatawan mancanegara (Wisman) di berbagai sektor transportasi, salah satunya untuk transportasi penerbangan turun hingga 78 persen.

"Kalau kita melihat dari via penerbangan di 16 bandara utama ada penurunan 78 persen wisman kalau di laut di 5 pelabuhan utama terjadi penurunan 83 persen, dan kedatangan via darat 5 pintu utama ada penurunan hampir 74 persen," kata  Agus dalam Webinar Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Data tersebut berdasarkan hasil pengamatan data lapangan yang menunjukkan secara umum wisman itu takut terhadap lemahnya pengendalian transmisi lokal, baik diluar area maupun di dalam area penerbangan, pelayaran, dan Perkeretaapian atau angkutan umum lainnya yang telah menjalankan protokol kesehatan.

"Jadi yang ditakuti adalah terutama transmisi lokal karena ini tidak bisa dikendalikan, jadi di transmisi lokal plus di simpul-simpul transportasi di kegiatan ekonomi lokal ini yang memang menjadi takut bagi wisatawan datang ke Indonesia," katanya.

Kendati begitu, apapun yang terjadi kata Agus sektor transportasi harus bangkit. Meskipun penyebaran covid-19 masih belum terkendali. Dirinya menyebut penyebaran covid-19 yang penularannya kecil di moda pesawat, kapal, dan angkutan umum perkeretaapian dan bis yang telah menjalankan protokol Kesehatan.

Sementara yang cukup sedang penularannya terjadi di kawasan intermoda atau antarmoda atau multimoda ini penularannya sedang, tetapi secara umum sudah ada pantauan penerapan protokol kesehatan.

"Selanjutnya antar zona di dalam antar zona itu terjadi potensi impor covid-19 terutama perjalanan dari zona tinggi ke zona rendah atau sebaliknya, ini berdampak jadi transmisi lokal yang memang belum bisa dipisahkan antara dari zona tinggi ke rendah atau sebaliknya," ujarnya.

Lanjutnya, walaupun korban covid-19 tidak turun justru semakin membumbung naik beberapa fakta lapangan menyebutkan memang untuk angkutan kendaraan darat seperti kendaraan pribadi tidak diterapkan pengendalian protokol Kesehatan dengan baik, dibanding transportasi umum lainnya yang sudah terakreditasi.

"Kendaraan pribadi seperti kendaraan sewa dan lain-lain yang saat ini melakukan perjalanan darat, ini luar biasa selain impor covid-19,  tetapi juga nanti potensi transmisi lokal karena kendaraan-kendaraan itu memiliki karakteristik yang khusus door to door ini yang perlu untuk dipantau mungkin jalan keluarnya bagaimana karena ini persoalannya menjadi penting," pungkasnya.   

Kunjungan Turis Asing Capai 158,2 Ribu Orang di Oktober 2020, Terbanyak Timor Leste

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang dicatat oleh BPS – Badan Pusat Statistik sudah menembus angka 15,8 juta orang.
Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang dicatat oleh BPS – Badan Pusat Statistik sudah menembus angka 15,8 juta orang.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing pada Oktober 2020 mencapai 158,2 ribu orang. Jika dibandingkan dengan September 2020, secara bulanan atau month to month (mtm) ini terjadi kenaikan 4,57 persen.

Meski demikian, Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, angka tersebut masih jauh dibanding jumlah kunjungan wisman pada periode sama tahun sebelumnya.

"Kalau dibandingkan tahun lalu dimana kondisinya masih normal, ini secara tahunan (year on year) masih minus 88,25 persen. Beberapa negara masih melakukan pengetatan akibat pandemi Corona Covid-19, sehingga wisman masih berpikir-pikir untuk mau berlibur," ujarnya dalam sesi teleconference, Selasa (1/12/2020).

Secara jumlah kunjungan turis asing menurut pintu masuk, sebagian besar masih masuk melalui darat sebesar 99,7 ribu orang dari 158,2 ribu orang, atau 63 persen dari total kunjungan. Kedua melalui laut sebesar 45,7 ribu wisman atau sekitar 29 persen, sementara via udara hanya 8 persen atau 12,8 ribu wisman saja.

"Secara total wisman yang masuk ke Indonesia di bulan Oktober 2020 berjumlah 158,2 ribu wisman. Memang masih jauh dari kondisi normal di tahun 2019," sambung Setianto.

Menurut kebangsaaan, sebagian besar turis asing di Oktober 2020 merupakan pelintas batas dari negara tetangga, Timor Leste. Jumlahnya mencapai 82,8 ribu orang, atau sekitar 52,3 persen.

Selain Timor Leste, wisman terbanyak kedua yang berkunjung ke Indonesia berasal dari Malaysia, yakni sebanyak 46 ribu orang atau 29,1 persen. Kemudian China sebanyak 6.700 wisman atau hanya 4,2 persen.

"Kalau kita lihat year on year, Timor Leste ini masih minus 8,07 persen. Kalau kita lihat negara lain seperti Jerman, Selandia Baru dan Australia, ini hampir 100 persen penurunannya secara year on year," ujar Setianto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Vidio Original Series I Hear(t) You Episode 3: Cara Unik Adhisty Zara Beri Nomor Ponsel ke Junior Roberts

Posted: 20 Dec 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vidio original series I Hear(t) You memasuki episode keempat pada Sabtu, (19/12/2020) kemarin. Serial yang menyandingkan nama Junior Roberts dan Adhisty Zara itu semakin seru saja untuk diikuti.

Bila di tayangan sebelumnya masih berfokus pada pengenalan karakter Junior Roberts sebagai Mario, maka episode I Hear(t) You kali ini mulai sedikit menguak kehidupan Adhisty Zara yang memerankan tokoh Rona.

Mario masih berusaha membantu Kevin (Justin Adiwinata) untuk mendapatkan hati Rona. Namun yang menjadi masalah, ia sama sekali tidak bisa mendengarkan isi pikiran gadis itu. Sulit baginya untuk mengetahui suasana hati dan jalan pikiran Rona.

Hal itu justru membuat Mario semakin penasaran akan kehidupan Rona yang misterius. Seusai sekolah, diam-diam ia menguntit Rona dengan sepedanya. Tetapi Rona sadar jika Mario tengah membuntutinya dari belakang.

Mario pun mengejar laju sepeda Rona yang semakin kencang. Ada sesuatu yang ingin ia utarakan. Seakan tahu apa yang ingin dilakukan Mario, tiba-tiba saja Rona mengatakan bahwa dirinya sedang terburu-buru.

Kemana kah sebenarnya Rona pergi? Mampu kah Mario mengungkap sisi lain Rona di episode I Hear(t) You kali ini?

Syarat dari Rona: Satu Pot, Satu Angka

Adhisty Zara dengan Junior Roberts (Sumber: Instagram/zaraadhsty)
Adhisty Zara dengan Junior Roberts (Sumber: Instagram/zaraadhsty)

Kalimat yang terlontar dari mulut Rona membuat rasa penasaran Mario semakin tak terbendung. Mario terus mengayuh sepedanya mengikuti Rona, ia berhenti di sebuah tempat yang dipenuhi tanaman hias dan pepohonan.

Tampak dua orang wanita sedang berbicara dengan Rona, seperti menanyakan suatu jenis tanaman. Namun pohon yang mereka cari tidak ada, keduanya pun bergegas pergi. Dari situ, diketahui bahwa Rona ternyata menjual tanaman hias.

Tanpa basa-basi, Mario langsung mengatakan tujuan datang ke sana, yaitu meminta nomor ponsel untuk diberikan kepada Kevin. Sayangnya, tak akan mudah bagi Kevin untuk mendapatkan nomor tersebut.

Sebab, ada syarat dari Rona yang harus ia penuhi. Untuk setiap angka di nomor ponsel tersebut, setidaknya Kevin harus membeli satu tanaman hias. Itu berarti, Kevin mesti membeli 11 pohon yang dijual oleh Rona

Sanggupkah ia memenuhi syarat ini?

Nomor Ponsel Acak

Episode perdana Vidio original series I Hear(t) You dapat disaksikan melalui platform Vidio pada Sabtu, (12/12/2020). (Dok. Vidio)
Episode perdana Vidio original series I Hear(t) You dapat disaksikan melalui platform Vidio pada Sabtu, (12/12/2020). (Dok. Vidio)

Kevin dan Mario akhirnya membuka jasa ramal di sekolah untuk mendapatkan uang. Mereka pun berhasil memenuhi syarat dari Rona.

Ada 12 pot tanaman hias yang mesti dibeli Mario, itu karena nomor ponsel Rona ternyata bukan berjumlah 11 angka. Mario begitu terkejut ketika melihat secarik kertas yang disodorkan Rona.

Seolah ingin menantang Mario yang menganggap dirinya bisa 'meramal' orang, Rona sengaja memberikan nomor dengan deretan angka tidak berurutan.

Mampukah Mario merangkai 12 angka yang diberikan secara acak oleh Rona? Temukan jawabannya dengan menonton episode ketiga original series I Hear(t) You di platform streaming Vidio. 

Jangan lupa untuk download aplikasi Vidio dan langganan paket Premier Platinum, supaya tak ketinggalan episode terbaru I Hear(t) You yang tayang setiap hari Rabu dan Sabtu.

Khusus pengguna baru, pakai kode voucher VIDIODESEMBER jika ingin berlangganan paket Premier Platinum seharga Rp 15 ribu untuk masa aktif 30 hari.

Saksikan trailer I Hear(t) You berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Varian Baru COVID-19 di Inggris Lebih Menular, 27 Dubes Uni Eropa Gelar Pertemuan

Posted: 20 Dec 2020 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Duta besar Uni Eropa mengadakan pertemuan krisis di Brussels, Belgia, pada Senin (21/12/2020) waktu setempat. Pertemuan itu membahas tentang pembatasan perjalanan ke Inggris usai ditemukannya varian atau strain baru Virus Corona COVID-19.

Dikutip dari South China Morning Post dan AFP, munculnya Virus Corona COVID-19 jenis baru di Inggris itu dilaporkan lebih sangat menular.

Beberapa negara Uni Eropa - Austria, Belgia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, dan Belanda - telah mengumumkan penangguhan penerbangan, dan perjalanan darat seperti kereta api serta perjalanan laut dengan kapal feri, dengan Inggris.

Larangan itu pun akan berlangsung dalam satu atau dua hari, sebagai upaya pencegahan sementara dari ancaman penyebaran Virus Corona COVID-19 jenis baru.

Menurut seorang pejabat Uni Eropa, perwakilan duta besar dari 27 negara akan bertemu di bawah mekanisme atau respons krisis politik terintegrasi yang dirancang untuk bereaksi cepat terhadap krisis.

Mereka akan melihat langkah-langkah termasuk larangan penerbangan dan penggunaan pengujian PCR bagi mereka yang datang dari Inggris.

Selain itu, pertemuan itu juga terjadi setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa pihaknya memberlakukan lockdown yang ketat di London dan sebagian besar Inggris tenggara karena varian virus baru tersebut. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Varian Baru COVID-19 di Inggris Bisa Sampai 70 Persen Lebih Menular

Pemandangan Piccadilly Circus di London, Inggris (18/3/2020). PM Inggris Boris Johnson pada Rabu (18/3) mengatakan seluruh sekolah akan ditutup mulai Jumat (20/3) setelah otoritas kesehatan mengonfirmasi total 2.626 kasus infeksi COVID-19 dan 104 kematian akibat penyakit tersebut. (Xinhua/Tim Irelan
Pemandangan Piccadilly Circus di London, Inggris (18/3/2020). PM Inggris Boris Johnson pada Rabu (18/3) mengatakan seluruh sekolah akan ditutup mulai Jumat (20/3) setelah otoritas kesehatan mengonfirmasi total 2.626 kasus infeksi COVID-19 dan 104 kematian akibat penyakit tersebut. (Xinhua/Tim Irelan

PM Johnson menyebutkan, bahwa varian baru COVID-19 itu bisa sampai 70 persen lebih menular. 

Berdasarkan data awal, hal itu telah menjadi ketegangan umum di ibu kota dan jumlah kasus meningkat meskipun pembatasan telah ditingkatkan.

Namun, di sisi lain, ia dan pejabat kesehatan pemerintah mengatakan tidak ada indikasi bahwa varian baru itu lebih mematikan atau kebal terhadap vaksin yang mulai digunakan.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan pihaknya sedang menganalisis data Inggris untuk melihat apakah angka infeksi yang tak terkendali di negara tersebut adalah hasil dari penularan yang lebih kuat.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sediakan Tes Rapid Antigen di Stasiun, KAI Patok Harga Rp 105 Ribu

Posted: 20 Dec 2020 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyediakan layanan tes rapid Antigen untuk penumpang kereta jarak jauh di beberapa stasiun mulai 21 Desember 2020.

Executive Vice President Corporate Secretary PT KAI Dadan Rudiansyah menyatakan, pada tahap awal tes tersebut dibuka di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Kiaracondong.

Lalu ada pula di Stasiun Cirebon Prujakan, Tegal, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi.

"Sebagai peningkatan pelayanan KAI kepada para calon pelanggan, mulai Senin 21 Desember 2020, KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen di stasiun dengan harga Rp105.000," kata Dadan dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Dia mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan tes rapid antigen dapat meluangkan waktu lebih. Sebab proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapid tes antibodi.

"Masyakarat yang ingin menggunakan layanan Rapid Test Antigen di Stasiun, diimbau untuk melakukannya H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan," ucapnya.

Sementara itu, Dandan menyatakan pihaknya akan mulai menerapkan hasil tes rapid antigen sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh pada 22 Desember 2020.

Kata dia, pelanggan kereta jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test nntigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Mulai 22 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021, pelanggan KA jarak jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta api," jelas dia.

Edaran Satgas Covid-19

Sebelumnya, Satgas Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo ini menjelaskan protokol yang harus dilakukan jika ingin bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku," demikian dikutip dari SE Nomor 3/2020, Minggu (20/12/2020).

SE tersebut menjelaskan, bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan menuju Bali, baik menggunakan transportasi udara, darat atau laut harus membawa surat keterangan bebas dari virus Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transportasi Umum di Jakarta Beroperasi Sampai Jam 20.00 di Malam Natal dan Tahun Baru

Posted: 20 Dec 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerbitkan Surat Keputusan (SK) Nomor 219 Tahun 2020 tentang Pengendalian Waktu Operasional Transportasi Umum pada Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Surat Keputusan ini ditandatangi sejak 17 Desember 2020 lalu dan berlaku hingga 8 Januari 2021.

Dalam Surat Keputusan disebutkan waktu operasional transportasi umum, seperti Transjakarta, Angkutan Umum Reguler, Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Raya Terpadu (LRT) dimulai pukul 05.00 sampai 20.00 WIB. Sedangkan Angkutan Perairan seperti kapal beroperasi mulai pukul 05.00 sampai 18.00 WIB.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pembatasan waktu operasional transportasi ini untuk mencegah terjadinya klaster baru Covid-19 saat Natal 2020 dan tahun baru 2021.

"Sebisa mungkin kita membantu pemerintah dalam mengurangi potensi menyebarnya wabah Covid-19 di DKI Jakarta dengan mengeluarkan SK Dishub Nomor 219 Tahun 2020 ini," kata Syafrin melalui keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

SK Nomor 219 Tahun 2020 juga menyebutkan semua fasilitas penunjang yang meliputi terminal bus dalam kota, stasiun MRT, stasiun LRT, dermaga atau pelabuhan dan halte bus dapat menyesuaikan dengan pengaturan waktu operasional transportasi umum.

"Untuk KRL Jabodetabek, waktu operasionalnya disesuaikan dengan pola operasional KRL," tandas dia.

Pemprov DKI Jakarta memutuskan kembali memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 3 Januari 2021. Masa pemberlakuan PSBB transisi seharusnya berakhir hari ini, Senin (21/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan kebijakan untuk memperpanjang PSBB transisi ini diambil berdasarkan pertimbangan laju peningkatan kasus Covid-19.

Hingga Minggu (20/12), kasus Covid-19 di DKI Jakarta menembus 163.111, bertambah 1.592 dari data Sabtu (19/12) yang masih 161.519. Bahkan, kata Widyastuti, persentase peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menunjukkan tren kenaikan selama empat pekan terakhir.

Per 20 Desember 2020, kasus konfirmasi positif di Jakarta mencapai 163.111 atau meningkat 13,3 persen dibandingkan dua pekan sebelumnya dari 143.961 kasus pada 6 Desember.

"Kami mencatat bahwa kenaikan persentase kasus terkonfirmasi positif signifikan mulai terjadi sejak pertengahan bulan November dan kini stabil di angka 13 persen," ungkap Widyastuti melalui siaran pers, Senin (21/12).

 

 

Keterpakaian tempat Tidur Meningkat

Penumpang turun dari kereta Moda Raya Terpadu (MRT) MH Thamrin-Blok M di Jakarta, Rabu (14/10/2020). Setelah menghentikan layanan operasional karena unjuk rasa, PT MRT Jakarta pada hari ini, Rabu (13/10), kembali beroperasi secara normal. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penumpang turun dari kereta Moda Raya Terpadu (MRT) MH Thamrin-Blok M di Jakarta, Rabu (14/10/2020). Setelah menghentikan layanan operasional karena unjuk rasa, PT MRT Jakarta pada hari ini, Rabu (13/10), kembali beroperasi secara normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sementara itu, keterpakaian tempat tidur isolasi harian (ruang rawat inap) maupun ruang ICU di 98 RS rujukan Covid-19 di DKI Jakarta meningkat selama sebulan terakhir. Data 20 Desember 2020, 5.691 dari 6.663 tempat tidur ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 sudah terisi.

"Artinya, kapasitasnya sudah mencapai 85 persen. Begitu juga kondisi Ruang ICU di mana tempat tidur ICU sudah terisi 722 dari 907sehingga persentasinya 80 persen," jelas dia.

Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 55 Tahun 2020 untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU. Melalui instruksi tersebut, Pemprov DKI Jakarta menargetkan menambah tempat tidur ruang isolasi menjadi 7.171 dan ICU sebanyak 1.020 di RS Rujukan Covid-19 Jakarta khususnya RSUD.

Selain karena pertimbangan laju peningkatan kasus Covid-19 dan keterpakaian tempat tidur ruang isolasi dan ICU RS rujukan Covid-19, kebijakan memperpanjang PSBB transisi untuk mengantisipasi penularan selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Sekaligus merupakan langkah antisipasi lonjakan kasus akibat libur Natal dan Tahun Baru," ujarnya. 

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saturnus dan Jupiter Bakal Tampak Seperti Planet Kembar Pada 21 Januari 2020

Posted: 20 Dec 2020 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada malam ini, Senin 21 Desember 2020, Jupiter dan Saturnus akan tampak bersatu dan terlihat sebagai sebuah bola putih di langit.

Peristiwa langka ini dinamakan sebagai Konjungsi Agung (The Great Conjunction) antara Jupiter dan Saturnus.

Mengutip keterangan di Instagram Pusat Sains Antariksa Lapan, @pussainsa_lapan, Senin (21/12/2020), Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus merupakan konjungsi planet Jupiter dan Saturnus, di mana kedua planet paling berdekatan di langit.

Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus bisa dibilang sebagai peristiwa langka, karena terjadi setiap 19,6 tahun sekali. Peristiwa sebelumnya terjadi pada 30 Mei 2000 dan akan terjadi lagi pada 5 November 2040, 10 April 2060, dan 15 Maret 2020.

"Puncak fenomena ini sebenarnya terjadi pada 22 Desember 2020 pukul 01.18 WIB. Akan tetapi, karena kedua planet raksasa ini sama-sama di bawah ufuk, maka fenomena ini bisa disaksikan pada malam sebelumnya, 21 Desember 2020 pukul 18.30 WIB," kata Lapan dalam akun Instagram tersebut.

Untuk menyaksikan Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus, kamu bisa melihat ke langit barat daya sesaat setelah matahari terbenam.

Bakal Terlihat Sangat Terang

Mulai 20 Januari 2016, planet Merkurius, Venus, Mars, Saturnus dan Jupiter terlihat bersamaan dari bumi. Simak juga tips menyaksikannya!
Mulai 20 Januari 2016, planet Merkurius, Venus, Mars, Saturnus dan Jupiter terlihat bersamaan dari bumi. Simak juga tips menyaksikannya!

Jupiter bakal tampak lebih terang dari bintang mana pun di langit. Sementara, Saturnus sedikit lebih redup, tetapi memiliki cahaya keemasan yang dapat dikenali.

"Planet-planet akan mempertahankan kecerahan yang konsisten, bukan berkedip seperti bintang," kata Lapan dalam unggahan.

Perlu diketahui, sebenarnya jarak asli antara Jupiter dan Saturnus sangatlah jauh. Jarak keduanya lebih dari empat kali jarak Bumi dan Matahari.

Namun, dari mata pengamat di Bumi, apalagi dengan mata telanjang, keduanya bisa terlihat seperti satu titik terang di langit.

Konjungsi Terdekat Sejak 1623

Potret Jupiter Terbaru. Dok: time.com
Potret Jupiter Terbaru. Dok: time.com

"Saat konjungsi, Jupiter dan Saturnus berjarak 0,1 derajat atau seperlima dari diameter bulan purnama, jika dilihat dari Bumi," kata Lapan.

Uniknya lagi, kedekatan antar kedua planet raksasa itu cukup istimewa. Pasalnya, peristiwa ini menjadi konjungsi Jupiter-Saturnus terdekat sejak tahun 1623.

Tahun 1623 adalah 13 tahun setelah Galileo membuat teleskop pertama. Dengan dekatnya kedua planet hingga bisa dilihat dengan mata telanjang, Jupiter dan Saturnus akan tampak seperti planet kembar.

(Tin/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI Berlakukan Syarat Tes Rapid Antigen untuk Perjalanan Kereta Jarak Jauh Jawa

Posted: 20 Dec 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT KAI akan mulai menerapkan hasil tes rapid antigen Covid-19 sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh Pulau Jawa yang berlaku 22 Desember 2020.

Executive Vice President Corporate Secretary PT KAI, Dadan Rudiansyah, mengatakan hal ini sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Th 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Lalu berdasarkan Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

"Mulai 22 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021, pelanggan KA jarak jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta api," kata Dadan dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).

Dia menjelaskan, pelanggan kereta jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Kemudian untuk perjalanan di Pulau Sumatera diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antibodi non reaktif atau tes PCR negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

"Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA jarak jauh dengan usia di bawah 12 tahun," jelas dia.

 

Surat Edaran Satgas Covid-19

Sebelumnya, Satgas Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo ini menjelaskan protokol yang harus dilakukan jika ingin bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku," demikian dikutip dari SE Nomor 3/2020, Minggu (20/12/2020).

SE tersebut menjelaskan, bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan menuju Bali, baik menggunakan transportasi udara, darat atau laut harus membawa surat keterangan bebas dari virus Covid-19.

Bagi mereka yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, maka wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 7 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi Kartu Kewaspasaan Kesehatan atau e-HAC Indonesia.

Sedangkan mereka yang menggunakan moda transportasi darat atau laut, baik pribadi maupun umum, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Disebutkan juga, pengisian e-HAC Indonesia bersifat wajib bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi umum maupun pribadi, terkecuali bagi moda transportasi kereta api, agar mengetahui tidak positif Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Kasual BCL Saat Traveling di Masa Pandemi Covid-19

Posted: 20 Dec 2020 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 menimbulkan perubahan di berbagai hal, termasuk protokol kesehatan yang harus dijalankan bagi mereka yang traveling. Salah satu yang bepergian adalah penyanyi Bunga Citra Lestari atau akrab disapa BCL.

Hal ini terlihat dari unggahan yang dibagikannya melalui akun Instagram pribadi. BCL mengunggah potret berpose berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 20 Desember 2020.

"Traveling during pandemic (Bepergian selama pandemi)," tulis BCL singkat dalam kolom keterangan potret.

Berlatar counter check-in maskapai penerbangan, pelantun Karena Kucinta Kau ini tampak santai dalam balutan inner warna hitam. Atasan itu kemudian dipadukan dengan legging bernuansa gelap.

Gaya kasual BCL lantas turut dibalut jaket parka yang telah dilengkapi hoodie. Ibu satu anak ini juga terlihat mengenakan sepatu warna pink dan membawa tas dari rumah mode ternama dunia, Hermes.

Dalam perjalanan kali ini, BCL memilih untuk menggerai rambut sebahunya. Tak ketinggalan, ia juga mengenakan alat pelindung diri, seperti masker dan face shield.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Curi Perhatian

Tampilan kasual BCL saat traveling di masa pandemi Covid-19. (Tangkapan Layar Instagram @bclsinclair/https://www.instagram.com/p/CJATwZVl8sA/)
Tampilan kasual BCL saat traveling di masa pandemi Covid-19. (Tangkapan Layar Instagram @bclsinclair/https://www.instagram.com/p/CJATwZVl8sA/)

Unggahan BCL tersebut dibanjiri oleh sederet komentar. Tak terkecuali dari keluarga tercinta, seperti sang adik ipar yang juga seorang penyanyi asal Malaysia, Yuna.

"be safe love u (hati-hati sayang kamu)" tulis Yuna sembari menyertakan red heart emoji.

Ada pula dari penulis Asma Nadia. "Safe trip Adinda," tulisnya dalam kolom komentar.

Selain itu, tak sedikit pula warganet yang menuliskan komentar mereka. Sejak diunggah pada 20 Desember lalu, potret BCL juga telah mendapat lebih dari 550 ribu likes.

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Modal Besar, Bank Syariah Indonesia Diharap Percepat Pemulihan Ekonomi

Posted: 20 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mendukung penuh hadirnya Bank Syariah Indonesia untuk memperkuat industri perbankan syariah Indonesia.

Menurut Ace, penggabungan ketiga bank ini diharapkan dapat memperkuat perekonomian nasional. Politikus Golkar ini menyebut peran dan kontribusi PT Bank Syariah Indonesia Tbk., sangat ditunggu, apalagi dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

"Sudah saatnya potensi ekonomi umat Islam disatukan dalam satu kekuatan ekonomi agar kita dapat segera memulihkan perekonomian di saat pandemi dan pasca-pandemi," ujar Ace dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Ace menilai, langkah merger bank-bank syariah yang bernaung dalam Bank Himbara dengan membentuk Bank Syariah Indonesia merupakan langkah yang tepat. Menurutnya, merger bank Himbara Syariah ke dalam satu bank syariah akan membuat Bank Syariah Indonesia menjadi bank syariah terbesar di Indonesia.

Nantinya, Bank Syariah Indonesia akan mampu memiliki jangkauan pasar yang lebih besar kepada masyarakat Indonesia. Luasnya daya jangkau bank ini akan membantu upaya pemerintah menaikkan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat, khususnya dalam hal keuangan syariah.

"Merger ini menjadikan Bank Syariah Indonesia ini akan menjadi bank syariah yang terbesar di Indonesia, disertai dengan modal yang besar pula, memiliki jangkauan pasar yang lebih besar kepada masyarakat muslim Indonesia, sehingga diharapkan dapat melayani gairah masyarakat muslim Indonesia untuk mempercayakan layanan perbankannya ke Bank Syariah Indonesia," ujar Ace.

Layanan perbankan syariah dengan cakupan modal besar dan sasaran yang lebih merata, lanjut Ace, diharap juga diikuti dengan langkah mobilisasi dan investasi tabungan untuk pembangunan perekonomian dengan cara yang adil. Apabila hal tersebut terjadi, keuntungan yang adil dapat dijamin bagi semua pihak.

Menurut Ace, mobilisasi investasi syariah yang adil merupakan hal penting karena Islam secara tegas melarang penimbunan tabungan, dan menganjurkan penggunaan sumber dana secara produktif dalam rangka mencapai tujuan sosial-ekonomi Islam.

"Dalam hal ini, bank syariah melakukannya tidak dengan prinsip bunga (riba), melainkan dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariat Islam, terutama mudharabah (bagi hasil) dan wadiah (titipan)," kata Ace.

Ace menambahkan, keberadaan Bank Syariah Indonesia tentu juga harus diiringi dengan layanan yang lebih merata dan memanfaatkan IT atau teknologi digital. Sehingga, hal ini akan mempermudah Bank Syariah Indonesia dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Bank Syariah Indonesia harus menjadi pioneer terdepan dalam menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam memobilisasi investasi keuangan, serta berkontribusi membangun bangsa Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim," tandas Ace.

Muhammadiyah Pertimbangkan Tarik Dana dari Bank Syariah Indonesia, Mengapa?

Tumpukan uang kertas pecahan rupiah di ruang penyimpanan uang
Tumpukan uang kertas pecahan rupiah di ruang penyimpanan uang

Ketua Bidang Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas menyampaikan pertimbangan penarikan dana Muhammadiyah di bank syariah hasil merger, Bank Syariah Indonesia.

Gagasan tersebut muncul melihat komposisi Komisaris, Direksi dan DPS Bank Syariah Indonesia hasil merger yang baru diumumkan maka mungkin Muhammadiyah sebaiknya melakukan pengkajian tentang hal tersebut.

"Mungkin sudah waktunya bagi Muhammadiyah untuk tidak lagi perlu mendukung Bank Syariah Indonesia milik negara tersebut sehingga mungkin sudah waktunya bagi Muhammadiyah untuk menarik dan mengalihkan semua dana yang ditempatkannnya di bank tersebut," ujar Anwar dalam keterangannya, Jumat (18/12/2020).

Anwar menjelaskan, hal ini perlu dipikirkan oleh Muhammadiyah karena Bank Syariah Indonesia ini sudah menjadi sebuah bank syariah milik negara yang besar dan kuat, dimana bank ini akan menjadi 10 bank syariah terbesar di dunia.

Anwar juga mengungkapkan pertimbangan untuk mengalihkan seluruh pembiayaan ke Bank Syariah Indonesia kepada bank baru yang menjadi mitranya, apakah itu bank negara syariah yang tidak ikut merger atau Bank Pembangunan Daerah (BPD) Syariah atau BPD yang memiliki unit syariah serta kepada bank-bank umum syariah atau bank-bank umum yang memiliki unit syariahnya.

"Mengingat, Muhammadiyah punya komitmen untuk memajukan ekonomi umat termasuk memajukan bank-bank milik umat apakah itu bank umum syariah atau BPRS-BPRS milik umat," tandasnya.

Untuk itu, Anwar mengusulkan, sebaiknya PP Muhammadiyah membentuk satu tim khusus yang diisi oleh para ahli keuangan, para banker dan mantan-mantan banker serta mantan regulator untuk mempersiapkan penarikan dan pemindahan dana tersebut. Dirinya berharap, tim ini dapat segera dibentuk oleh PP Muhammadiyah.

"Karena salah satu misi ekonomi Muhammadiyah adalah bagaimana muhammadiyah lewat kerjasamanya dengan berbagai mitranya mau secara aktif membantu tujuan dan cita-cita muhammadiyah untuk memberdayakan ekonomi umat atau rakyat serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," jelas Anwar. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil 4 Anggota DPRD Jawa Barat Terkait Suap Proyek di Indramayu

Posted: 20 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa empat anggota DPRD Jawa Barat dalam kasus dugaan suap proyek di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Indramayu.

Keempat legislator tersebut yakni Dadang Kurniawan, Eryani Sulam, Lina Ruslinawati, dan Hasbullah Rahmad. Renacananya, mereka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan anggota DPRD Jawa Barat periode 2014-2019 Abdul Rozaq Muslim (ARM).

"Keempatnya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ARM," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Selain keempat orang tersebut, tim penyidik juga berencana memeriksa Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Indramayu Suryono.

"Saksi Suryono akan diperiksa untuk tersangka ARM," kata Ali.

KPK menetapkan tersangka baru dalam kasus suap yang menjerat mantan Bupati Indramayu Supendi. Tersangka baru tersebut yakni anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2014-2019 Abdul Rozaq Muslim (ARM).

Abdul Rozaq disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Penetapan Abdul Rozaq sebagai tersangka merupakan pengembangan perkara yang menjerat mantan Bupati Indramayu Supendi, Kadis PUPR Indramayu Omarsyah, Kabid Jalan di Dinas PUPR Indramayu Wempy Triyono, dan seorang swasta bernama Carsa.

Awal Mula Kasus

Kasus ini bermula saat Carsa ingin mendapatkan proyek di Pemkab Indramayu. Kemudian Abdul Rozaq sebagai anggota DPRD berusaha memperjuangkan bantuan provinsi, supaya bantuan provinsi tersebut bisa menjadi anggaran proyek yang akan dikerjakan Carsa.

Carsa menjanjikan fee 5 persen kepada Abdul Rozaq bila mendapatkan pekerjaan tersebut. Pada 2016, Abdul Rozaq menjanjikan bantuan provinsi tahun 2017 di Kabupaten Indramayu yang akan diberikan kepada Carsa.

Atas bantuan Abdul Rozaq, Carsa mendapat sejumlah proyek di Dinas Bina Marga Kabupaten Indramayu di tahun 2017, yang nilainya sekitar Rp 22 miliar.

Atas bantuan Abdul Rozaq dalam perolehan proyek, Abdul Rozaq diduga menerima sejumlah dana sebesar Rp 8.582.500.000 yang pemberiannya dilakukan dengan cara transfer ke rekening atas nama orang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Elly Sugigi, Ini 6 Artis Tanah Air yang Pernah Menikah Lebih dari 3 Kali

Posted: 20 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari selebriti Elly Sugigi atau akrab disapa Mpok Elly. Wanita yang memiliki nama asli Elly Suhari ini diketahui telah resmi menikah dengan kekasihnya Irwan Aher yang digelar di Lampung.

Dalam foto-foto yang beredar, pasangan baru ini tampil kompak dengan busana pengantin berwarna putih. Digelar di salah satu house wedding, pernikahannya ini merupakan pernikahan kelima baginya.

Banyak didoakan agar langgeng dan menjadi yang terakhir, rupanya tak hanya Elly Sugigi saja artis Tanah Air yang menikah lebih dari 3 kali. Beberapa penyanyi,  aktor hingga presenter juga diketahui pernah beberapa kali membina rumah tangga.

Berikut ini 6 artis Tanah Air yang pernah menikah lebih dari 3 kali selain Elly Sugigi, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (21/12/2020).

1. Vicky Prasetyo

Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@vickyprasetyo777)
Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@vickyprasetyo777)

Aktor, presenter sekaligus komedian Vicky Prasetyo sempat mengakui pernah menikah lebih dari 10 kali. Menurut penuturannya, pria yang siap menikah kembali dengan Kalina Ocktaranny tersebut menyebut pernah menikah sampai 24 kali.

Pernikahan yang dilakukan oleh Vicky itu ada yang digelar secara resmi diakui negara, namun ada juga yang dilakukan secara agama atau siri.

2. Andika Mahesa Ex Kangen Band

Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@babang_andikamahesa)
Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@babang_andikamahesa)

Pria yang tenar dengan sebutan 'Babang Tamvan', Andhika Mahesa juga pernah menikah lebih dari tiga kali. Lebih tepatnya ia pernah menikah dan cerai sebanyak empat kali.

Pertama, ia menikah dengan Ade Bunga Niari dan hanya bertahan sekitar dua tahun. Lalu menikah lagi dengan Anggie April Lestari secara siri dan cerai. Pernikahan ketiganya terjadi bersama dengan Nadine dan hanya berjalan dengan sangat singkat yakni dua bulan.

Meski berkali-kali kandas membina biduk rumah tangga, Andhika kembali menikah dengan Chairunnisa alias Caca namun berakhir dengan perceraian juga.

3. Nunung

Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@nunung63.official)
Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@nunung63.official)

Komedian Nunung diketahui pernah menikah sebanyak empat kali. Terhitung sejak 1980 sampai 2009 wanita berusia 57 tahun ini sudah menikah tiga kali, namun semua pernikahannya kandas di tengah jalan.

Pernikahannya yang keempat dengan Iyan Sambiran yang merupakan manajernya sendiri pada 2012 hingga kini masih awet.

4. Angel Lelga

Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@angellelga)
Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@angellelga)

Seperti diketahui, Angel Lelga sudah menikah sebanyak empat kali. Tiga di antaranya menikah siri. Pertama dengan Raja Dangdut, Rhoma Irama, pada 2003 silam. Lalu menikah dengan Muhammad Rusli pada 2005 yang hanya bertahan satu tahun.

Terakhir, Angel Lelga menikah sah secara negara dengan Vicky Prasetyo yang digelar pada 2018 dan berujung perceraian pada 13 Desember 2019 lalu.

5. Anggun

Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@anggun_cipta)
Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@anggun_cipta)

Sempat gagal membina rumah tangga sebanyak tiga kali. Kini pernikahan keempat Anggun C. Sasmi dengan Christian Kretschmar kini jauh dari gosip miring. Selain menggeluti dunia musik seperti Anggun, lelaki berusia setengah abad ini merupakan seorang fotografer.

Pasangan Anggun C Sasmi dan sang suami, Christian Kretschmar, kurang lebih berjarak 6 tahun. Chris lahir di tahun 1968, sementara pelantun lagu Mimpi itu lahir pada 1974.

6. Rhoma Irama

Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@rhoma_official)
Deretan artis yang pernah menikah lebih dari 3 kali. (Sumber: Instagram/@rhoma_official)

Rhoma Irama selain dikenal sebagai 'Raja Dangdut' juga dikenal karena kharismanya di atas panggung. Selain menajdi penyanyi, dirinya juga seorang aktor senior. Kabarnya sang raja dangdut ini iketahui setidaknya pernah menikah secara resmi hingga siri dengan 7 wanita cantik. 

Sosok tersebut bernama Titiek, Veronica Agustina, Ricca Rachim, Marwah Ali, Ayu Soraya, Gita Andini Saputri dan yang terakhir, Angel Lelga. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sejarah, Rafael Leao Cetak Gol Tercepat di Liga Italia

Posted: 20 Dec 2020 08:30 PM PST

Penyerang AC Milan, Rafael Leao (tengah) berselebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Durasi waktu yang dibutuhkan Leao untuk mencetak gol tersebut adalah 6,7 detik. (AFP/Alberto Pizzoli)
Penyerang AC Milan, Rafael Leao (tengah) berselebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Durasi waktu yang dibutuhkan Leao untuk mencetak gol tersebut adalah 6,7 detik. (AFP/Alberto Pizzoli)

Penyerang AC Milan, Rafael Leao (tengah) berselebrasi dengan rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Durasi waktu yang dibutuhkan Leao untuk mencetak gol tersebut adalah 6,7 detik. (AFP/Alberto Pizzoli)

Penyerang AC Milan, Rafael Leao (kiri) berebut bola dengan bek Sassuolo Marlon pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Rafael Leao berhasil mencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Italia. (AFP/Alberto Pizzoli)
Penyerang AC Milan, Rafael Leao (kiri) berebut bola dengan bek Sassuolo Marlon pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Rafael Leao berhasil mencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Italia. (AFP/Alberto Pizzoli)

Penyerang AC Milan, Rafael Leao (kiri) berebut bola dengan bek Sassuolo Marlon pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Rafael Leao berhasil mencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Italia. (AFP/Alberto Pizzoli)

Penyerang AC Milan, Rafael Leao berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Rekor sebelumnya dimiliki striker Piacenza Paolo Poggi yang mencetak gol dalam waktu 8 detik pada 2001. (Spada/LaPresse via AP)
Penyerang AC Milan, Rafael Leao berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Rekor sebelumnya dimiliki striker Piacenza Paolo Poggi yang mencetak gol dalam waktu 8 detik pada 2001. (Spada/LaPresse via AP)

Penyerang AC Milan, Rafael Leao berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). Rekor sebelumnya dimiliki striker Piacenza Paolo Poggi yang mencetak gol dalam waktu 8 detik pada 2001. (Spada/LaPresse via AP)

Gelandang AC Milan, Jens Petter Hauge mengontrol bola saat bertanding melawan Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). AC Milan menang atas Sassuolo 2-1. (AFP/Alberto Pizzoli)
Gelandang AC Milan, Jens Petter Hauge mengontrol bola saat bertanding melawan Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). AC Milan menang atas Sassuolo 2-1. (AFP/Alberto Pizzoli)

Gelandang AC Milan, Jens Petter Hauge mengontrol bola saat bertanding melawan Sassuolo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). AC Milan menang atas Sassuolo 2-1. (AFP/Alberto Pizzoli)

Gelandang AC Milan, Brahim Diaz membawa bola dari kawalan bek Sassuolo Marlon pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). (AFP/Alberto Pizzoli)
Gelandang AC Milan, Brahim Diaz membawa bola dari kawalan bek Sassuolo Marlon pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). (AFP/Alberto Pizzoli)

Gelandang AC Milan, Brahim Diaz membawa bola dari kawalan bek Sassuolo Marlon pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di di stadion Mapei (20/12/2020). (AFP/Alberto Pizzoli)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris : McTominay Sebut MU Layak Hajar Leeds 6-2

Posted: 20 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Gelandang Manchester United (MU), Scott McTominay menjadi bintang dengan mencetak dua gol saat timnya menggilas Leeds United 6-2 di Liga Inggris, Mingu (20/12/2020) malam WIB. McTominay merasa, timnya memang layak menang dengan skor telak itu.

"Saya merasa ini pertandingan bagus bagi saya. Saya terbiasa bermain dengan energi tinggi dan tempo tinggi. Bagi kami sebagai tim, kami benar-benar bermain baik dan enam gol itu sangat layak," katanya seperti dilansir Manchester Evening News.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Old Trafford itu, McTominay menyumbang dua gol masing-masing di menit kedua dan ketiga. Sisanya, gol-gol MU lahir dari aksi Bruno Fernandes (20', 70'). Daniel James (52', 66') dan Victor Lindelof (37').

Sebelum pertandingan ini, rekor MU di kandang tidak terlalu bagus. Dari empat laga kandang terakhir di Liga Inggris McTominay dkk. cuma satu kali menang.

Menghadapi Leeds, MU pun bertekad memupus catatan buruk itu. Namun menurut McTominay, Leeds sejatinya bukan lawan mudah untuk ditaklukkan.

"Semua tahu, Leeds adalah tim yang luar biasa dengan pelatih hebat. Kami telah menganalisa banyak video mereka. Manajer lalu percaya kami untuk bermain dan kami membayar lunas itu," katanya.

 

Lebih Fokus

Bruno Fernandes mencetak gol keenam timnya dari tendangan penalti pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Leeds United di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu 20 Desember 2020. (Clive Brunskill / Pool via AP )
Bruno Fernandes mencetak gol keenam timnya dari tendangan penalti pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Leeds United di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu 20 Desember 2020. (Clive Brunskill / Pool via AP )

McTominay menambahkan, musim lalu MU tampil inkonsisten. Namun di musim ini, gelandang asal Skotlandia itu merasa MU bermain lebih fokus.

"Setiap pertandingan adalah final bagi klub ini. Musim lalu, kami terlalu inkonsisten. Kami memulai pertandingan dengan pikiran yang tidak tepat," katanya.

"Teatpi musim ini, kami sangat fokus di setiap pertandingan dan hari ini kami menunjukkan itu," ujarnya mengakhiri.

Hasil Liga Inggris

Brighton and Hove Albion 1 - 1 Sheffield United

Tottenham Hotspur 0 - 2 Leicester City

Manchester United 6 - 2 Leeds United

West Bromwich Albion 0 - 3 Aston Villa

SAksikan Video MU di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Covid-19 Kian Mewabah, Nirina Zubir Wanti-Wanti Masyarakat soal Liburan Akhir Tahun

Posted: 20 Dec 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nirina Zubir telah merasakan langsung betapa menularnya virus Corona. Ia beserta keluarganya positif Covid-19, dan kini menjalani karantina mandiri di rumah. 

Pada Sabtu (19/12/2020), bintang Get Married ini membagikan sebuah video bersama keluarganya. Isinya, menjelaskan kondisi mereka terkini. 

"Kami diisolasi mandiri di rumah dengan sudah melapor ke RT, kelurahan, dan kami dipantau oleh dokter dari Jakarta Barat. Dan setiap kali kami keadaannya makin membaik," tutur Ernest Syarif, suami Nirina.

Momen liburan menjelang akhir tahun 2020, juga menjadi sorotan bagi mantan VJ MTV tersebut

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Imbauan Nirina

Nirina Zubir, pemain film 'Insya Allah 2'. (Fotografer: Bambang E. Ros, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)
Nirina Zubir, pemain film 'Insya Allah 2'. (Fotografer: Bambang E. Ros, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Nirina menyadari, ia tak bisa melarang orang untuk pergi liburan. Yang bisa ia lakukan, adalah sekadar mengingatkan. 

"Basically kita mau ngasih tahu, Covid-19 ini menyerangnya sudah semakin dekat. Jadi buat Anda-Anda yang mau liburan, mungkin susah untuk Nirina bilang 'Jangan liburan'," tuturnya. 

Jaga Protokol

Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/ernestsyarif)
Nirina Zubir dan Ernest Syarif (Sumber: Instagram/ernestsyarif)

Ernest menimpali dengan pesan agar publik tetap berhati-hati. "Tetap jaga protokol kesehatan," tuturnya.

Nirina menyambung, "Perhatikan lingkungan dan kalau mungkin lagi di luar kota, stay in the villa, stay in the hotel."

Jaga Jesehatan

Ernest juga mewanti-wanti agar imunitas tubuh selalu dijaga dengan asupan makanan yang bergizi. "Karena kita enggak tahu, bisa jadi orang yang kita sayangi, orang yang dekat dengan kita bisa kena. Kita bisa sehat, tapi orang lain tidak sehat," kata dia. 

 

Figur Publik Terinfeksi Corona

Bulan Desember ini, sejumlah figur publik di Tanah Air dinyatakan positif Covid-19. Pada hari yang sama dengan Nirina dan Ernest, Pevita Pearce mengungkap bahwa ia juga positif. Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur juga terserang penyakit serupa. 

Selanjutnya, Dinda Kanyadewi juga mengabarkan bahwa ia sempat berjuang melawan penyakit ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Kebijakan Rapid Test Antigen Bikin Bingung Masyarakat

Posted: 20 Dec 2020 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai langkah pemerintah mengeluarkan aturan wajib melaksanakan rapid test antigen bagi warga yang ingin bepergian di ke dan di Pulau Jawa menimbulkan kebingungan.

"Semuanya itu ujung-ujung dari inkonsistensi yang ambigu dan banyak kalimat atau kata "kecuali" dan kata lainnya yang juga tidak ada sanksinya, ketika kita dihimbau orang Indonesia itu tidak bisa dihimbau tapi harus diberi sanksi karena peraturannya tidak ada kecuali di undang-undang 6 tahun 2018," kata Agus Pambagio dalam Webinar Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, pemerintah jangan hanya menghimbau dan mewajibkan peraturan terkait rapid test antigen atau PCR dan tes lainnya. Melainkan pemerintah harus memberikan sanksi kepada masyarakat yang memang tidak mematuhi prokol Kesehatan saat bepergian.

Jangan sampai nanti terjadi lonjakan kasus Covid-19 lagi di masa liburan Natal dan Tahun baru 2020-2021. Selain itu, Agus mengingatkan kepada pemerintah agar benar dalam membuat peraturan supaya tidak terjadi inkonsistensi yang membuat masyarakat bingung.

Misalnya pada kebijakan PSBB saja tidak ada sanksi yang benar-benar terlaksana, menurutnya masyarakat Indonesia dari awal memang dilepas disuruh menjaga diri sendiri saja.

"Di tengah itu isu vaksin terus digembar-gemborkan mulai dari bulan Mei kalau tidak salah 3 bulan vaksin akan selesai, tidak ada sejarah di dunia ini yang vaksinnya bisa selesai dalam waktu dekat mungkin itu vaksin panu," ujarnya.

Agus menegaskan bahwa strategi pembuatan vaksin itu untuk kepentingan multi-billion dollar, yang mana dalam percaturan dunia industri farmasi dan persenjataan itu adalah dua industri yang berpengaruh untuk di lobi demi kepentingan bisnis, politik dan sebagainya.

Demikian ia menegaskan agar dalam membuat suatu kebijakan dan peraturan Pemerintah bisa merujuk pada undang-undang nomor 12 tahun 2018 tentang karantina Kesehatan, lantaran dalam aturan tersebut dituliskan sanksi.

"Menurut saya pemerintah tidak membuat peraturan-peraturan kalau memang tidak ada saksinya, orang kita kalau mau disiplin harus diberi sanksi," pungkasnya.

Wajib Rapid Test Antigen Mulai 19 Desember 2020 untuk Keluar Masuk Pulau Jawa, Kecuali Perjalanan Rutin Jabodetabek

Penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (17/12/2020). Pemerintah mewajibkan penumpang semua moda transportasi yang masuk dan keluar Jakarta untuk melakukan rapid test antigen mulai 18 Desember 2020 - 8 Januari 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (17/12/2020). Pemerintah mewajibkan penumpang semua moda transportasi yang masuk dan keluar Jakarta untuk melakukan rapid test antigen mulai 18 Desember 2020 - 8 Januari 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, jelang libur Natal dan Tahun Baru, Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 kembali mengetatkan protokol kesehatan perjalanan demi mencegah penularan COVID-19. Tak hanya penerapan protokol kesehatan 3M (makai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), melainkan juga wajib memiliki surat hasil negatif rapid test antigen atau PCR. 

Ketentuan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Rahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

 

Dalam poin Protokol nomor 3c surat edaran yang ditandatangai Kepala BNPB/Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo pada 19 Desember 2020 itu tertulis:

"Untuk perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antar Provinsi/Kabupaten/Kota), pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara dan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan."

Syarat mengantongi hasil rapid test antigen negatif berlaku bagi pelaku perjalanan menggunakan moda transportasi darat baik pribadi maupun umum. Kemudian pengisian e-HAC Indonesia bersifat wajib bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi umum maupun pribadi, terkecuali bagi moda transportasi kereta api.

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen

Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Keluar-Masuk Ibu Kota Wajib Rapid Test Antigen. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Razia Cafe, Satpol PP Depok Temukan 51 Wanita Penghibur Jual Miras

Posted: 20 Dec 2020 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kota Depok menggelar razia di sejumlah cafe dalam operasi minuman beralkohol jelang Natal dan Tahun Baru. Dari enam cafe, pihaknya menyita 111 miras dari berbagai merek.

"Sebanyak 111 Miras dari berbagai merek diamankan dan dibawa Satpol PP Kota Depok sebagai penyitaan karena melanggar Perda Kota Depok," kata Sekretaris Satpol PP Kota Depok Ferry Birowo, Senin (21/12/2020).

Selain miras, pihaknya juga mendapati puluhan wanita penghibur dari sejumlah cafe yang kedapatan menjual miras.

"Ada 51 wanita penghibur dan 25 orang pria yang kami amankan," ujar Ferry.

Meski demikian, dia menuturkan puluhan wanita tersebut hanya didata mengingat razia kali ini adalah soal minuman beralkohol. Semua dilakukan Satpol PP kota Depok bersama aparat gabungan.

"51 wanita penghibur kami data karena kami hanya melakukan operasi Miras," kata Ferry.

 

Razia Lainnya

Satpol PP Kota Depok memang tengah gencar melakukan razia miras. Pada Sabtu kemarin, juga mengamankan ratusan botol.

"Kami melakukan operasi gabungan dan mengamankan 874 botol miras siap edar," kata Sekretaris Satpol PP Kota Depok, Ferry Birowo, Sabtu (19/12/2020).

Dia mengatakan, operasi miras yang dilakukan pihaknya dilaksanakan di sejumlah tempat di Kota Depok. Terdapat beberapa titik potensi terjadi peredaran miras yang kerap meresahkan masyarakat.

Adapun ratusan botol miras yang diamankan datang dari berbagai merek.

Dia menilai, maraknya peredaran miras di Kota Depok bertentangan Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang ketertiban umum dan Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol. "Semuanya kami sita karena bertentangan dengan perda di Kota Depok," ucap Ferry.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Lapor Temukan Kasus Strain Baru Virus Corona yang Menular Cepat

Posted: 20 Dec 2020 08:21 PM PST

Sydney - Pemerintah New South Wales (NSW) di Australia mengatakan warga yang pulang dari luar negeri telah membawa Virus Corona yang bermutasi.

Tetapi jenis baru ini bukan yang ditemukan di kawasan Northern Beach yang menjadi wabah Virus Corona dan menyebabkan pembatasan aturan diberlakukan di kawasan Greater Sydney.

"Ada pasangan dari Inggris yang pulang dengan dua virus yang bermutasi ini," ujar Kerry Chant, Chief Health Officer di NSW seperti dikutip dari ABC Indonesia, Senin (21/12/2020).

"Harus saya jelaskan klaster di Avalaon tidak memiliki jenis virus yang bermutasi ini."Sebelumnya, badan kesehatan dunia, WHO, mengatakan kepada BBC jika satu kasus dari virus corona yang bermutasi terdeteksi di Australia.

Epidemiolog WHO, Maria Van Kerkhove mengatakan Virus Corona jenis baru itu juga terdeteksi di Belanda dan Denmark.

Pencekalan untuk Inggris

Beberapa negara Uni Eropa melarang penerbangan dari Inggris untuk menghentikan penyebaran jenis baru Virus Corona yang sekarang sudah menyebar di Inggris selatan.

Prancis, Jerman, Belanda, Belgia, Austria dan Italia telah mengumumkan pembatasan perjalanan dari Inggris.

Pembatasan diumumkan beberapa jam setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan masa berbelanja dan kumpul-kumpul menjelang Natal dilarang di Inggris bagian selatan, setelah ada peningkatan penularan karena jenis varian baru COVID-19.

 

Negara Tetangga Inggris Melarang Perjalanan

Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson (AFP Photo)
Perdana menteri baru Inggris Boris Johnson (AFP Photo)

PM Johnson segera menerapkan pembatasan Tahap Empat di Inggris selatan, sehingga mempengaruhi jutaan warga di sana.

Kantor Perdana Menteri Prancis mengatakan negaranya telah melarang perjalanan apapun dari Inggris selama 48 jam mulai hari Minggu malam.

Pemerintah Jerman juga mengumumkan larangan penerbangan dari Inggris sebagai reaksi atas adanya varian baru tersebut, setidaknya berlaku sampai 31 Desember.

Mulai hari Minggu malam, Jerman mengatakan seluruh penerbangan dari Inggris kecuali penerbangan barang, tidak lagi diizinkan untuk mendarat di Jerman.

"Mutasi virus ini belum ditemukan di Jerman," kata Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn.

"Tetapi tentu saja kami melihat laporan dari Inggris ini sebagai hal serius."

Hari Senin ini, PM Johnson akan menggelar pertemuan darurat untuk membahas perjalanan internasional, terutama terkait dengan pengiriman barang dari dan ke Inggris.

Menteri Perhubungan Inggris, Grant Shapps menyarankan agar warga Inggris, terutama sopir truk untuk tidak bepergian ke pelabuhan di kawasan Kent di Inggris selatan.

Pembatasan perjalanan ini terjadi di masa-masa yang sulit bagi banyak perusahaan Inggris, yang sekarang sedang berusaha memperbanyak cadangan barang-barang menjelang tanggal 31 Desember.

Tanggal 1 Januari 2021, Inggris secara resmi memisahkan diri dari Uni Eropa sehingga akan ada perubahan aturan berkenaan dengan sistem pabean.

 

Kecepatan menyebar 70 Persen Lebih Tinggi

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Hari Sabtu, PM Johnson jika varian baru COVID-19 cepat menyebar, dengan kecepatan 70 persen lebih tinggi dibandingkan varian yang ada menyebabkan meningkatnya kasus di London dan Inggris selatan selama beberapa pekan terakhir.

Namun dia menekankan 'tidak ada bukti bahwa varian ini lebih berbahaya atau lebih menimbulkan sakit yang parah' dan juga tidak berpengaruh atas vaksin yang sudah ada sejauh ini.

Jerman yang sekarang menjadi Presiden Uni Eropa juga menyerukan pertemuan darurat hari Senin ini untuk mengkoordinir langkah upaya mengatasi adanya jenis varian baru virus yang bisa mempengaruhi 27 negara anggota Uni Eropa.

Belanda membatalkan penerbangan dari Inggris sampai akhir Desember, sementara Belgia melarang penerbangan selama 24 jam sejak Minggu malam, serta menghentikan perjalanan kereta api dari Inggris termasuk Eurostar.

Austria dan Italia mengatakan akan melarang penerbangan dari Inggris namun belum mengatakan dengan jelas kapan hal tersebut akan mulai diberlakukan.

Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza mengatakan perintah larangan penerbangan dari Inggris sudah ditandatangani hari Minggu dan membatasi siapa saja yang berada di Inggris selama 14 hari untuk masuk ke Italia.

Larangan penerbangan akan berlaku sampai 6 Januari.

"Varian COVID yang baru-baru ini ditemukan di London memang mengkhawatirkan dan ini perlu diselidiki oleh para ilmuwan kami," kata Speranza.Republik Ceko juga menerapkan pembatasan lebih ketat berkenaan dengan pergerakan orang dari Inggris.

Jaringan kereta kecepatan tinggi Eurostar menghentikan layanan dari London, Brussels dan Amsterdam mulai hari Senin, namun jalur London-Paris masih beroperasi.

Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo hari Minggu mengatakan dia menerbitkan larangan penerbangan selama 24 jam sebagai tindakan berjaga-jaga.

"Ada banyak pertanyaan mengenai mutasi baru ini," katanya sambil menambahkan bahwa dia berharap adanya kejelasan tambahan hari Selasa.

Selain Eropa, Israel juga mengatakan melarang penerbangan dari Inggris, Denmark, dan Afrika Selatan, tiga negara yang melaporkan adanya mutasi baru COVID-19.

Infografis Perang Global Melawan Corona

Infografis Perang Global Melawan Corona (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Perang Global Melawan Corona (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul Varian Baru Virus Corona di Inggris, Arab Saudi Tutup Semua Akses Masuk

Posted: 20 Dec 2020 08:21 PM PST

Liputan6.com, Arab Saudi - Arab Saudi menutup semua akses masuk di tengah meningkatnya kekhawatiran akan varian baru Virus Corona yang ditemukan di Inggris beberapa waktu lalu.

Sumber resmi Kementerian Dalam Negeri Saudi, mengatakan, setelah menangguhkan semua penerbangan internasional selama satu minggu, larangan yang sama berlaku juga bagi siapa saja yang akan masuk ke Arab Saudi melalui jalur darat dan laut.

"Prosedur ini akan ditinjau berdasarkan perkembangan terkait pandemi Virus Corona, dan apa yang diterima dari Kementerian Kesehatan," kata sumber tersebut dalam sebuah pernyataan dikutip dari situs Gulf News pada Senin, 21 Desember 2020.

Sebelum Arab Saudi, sejumlah negara di Eropa telah memerlakukan pembatasan dan menghentikan penerbangan dari dan ke Inggris, di tengah kekhawatiran penyebaran strain baru Virus Corona.

Sementara itu, penerbangan internasional yang saat ini berada di wilayah Arab Saudi, disebut akan dibebaskan dan diizinkan terbang.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Saudi, larangan masuk tidak berlaku untuk pergerakan barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara-negara yang diketahui tidak ditemukannya mutasi Virus Corona

 

Berikut Isi Pernyataan Terkait Arab Saudi Menutup Akses Masuk karena Varian Baru Virus Corona

Sejumlah perawat disiagakan selama penyuntikan vaksin virus Covid-19 secara massal di pusat vaksinasi yang diawasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (17/12/2020). (AFP/Fayez Nureldine)
Sejumlah perawat disiagakan selama penyuntikan vaksin virus Covid-19 secara massal di pusat vaksinasi yang diawasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (17/12/2020). (AFP/Fayez Nureldine)

Berikut isi dari pernyataan tersebut;

Berdasarkan apa yang dikemukakan Kementerian Kesehatan mengenai penyebaran varian baru Virus Corona penyebab COVID-19 di sejumlah negara, hingga informasi tentang sifat virus ini menjadi jelas, dan keinginan untuk segera dilakukan, langkah-langkah guna melindungi kesehatan warga dan penduduk serta memastikan keselamatan mereka, pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah memutuskan untuk mengambil tindakan pencegahan sebagai berikut;

Pertama, menangguhkan semua penerbangan internasional untuk wisatawan---kecuali bila terjadi kasus luar biasa---sementara untuk jangka waktu satu minggu, yang dapat diperpanjang untuk minggu berikutnya, dengan pengecualian penerbangan asing yang saat ini berada di wilayah Kerajaan, sehingga mereka diizinkan untuk pergi.

Kedua, menangguhkan hal serupa melalui darat dan laut untuk sementara waktu, yaitu selama satu minggu, yang juga dapat diperpanjang tergantung kondisi.

Ketiga, setiap orang yang kembali dari salah satu negara Eropa atau negara mana pun yang kasus aktif COVID-19 masih tinggi, sebagaimana ditentukan oleh Kementerian Kesehatan pada 8 Desember 2020, harus mematuhi hal-hal berikut ini;

1. Karantina di rumah selama dua minggu, dimulai dari tanggal kedatangan di Arab Saudi.

2. Melakukan pemeriksaan COVID-19 selama masa karantina, dengan pemeriksaan ulang setiap lima hari.

Keempat, siapa pun yang kembali dari atau melewati negara Eropa atau negara mana pun yang masih terjadi pandemi COVID-19 selama tiga bulan terakhir, harus menjalani tes Virus Corona.

 

Gegara Varian Baru Virus Corona, Kuwait pun Bersiap Menutup Pintu Masuk

Orang-orang mengantre untuk menjalani tes COVID-19 di pusat tes COVID-19 lantatur (drive-thru) di Kegubernuran Farwaniya, Kuwait, 18 November 2020. Total kasus COVID-19 di Kuwait menjadi 138.337 dan kematian menjadi 857. (Xinhua/Asad)
Orang-orang mengantre untuk menjalani tes COVID-19 di pusat tes COVID-19 lantatur (drive-thru) di Kegubernuran Farwaniya, Kuwait, 18 November 2020. Total kasus COVID-19 di Kuwait menjadi 138.337 dan kematian menjadi 857. (Xinhua/Asad)

Kuwait telah melarang penerbangan yang datang dari Inggris setelah menempatkannya pada daftar negara berisiko tinggi di tengah kekhawatiran atas varian baru Virus Corona.

Larangan itu muncul setelah pemerintah Inggris mengumumkan ditemukannya strain baru Virus Corona penyebab COVID-19 baru yang disebut 70 persen menyebar lebih cepat.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengumumkan bahwa varian baru Virus Corona telah menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah orang yang terinfeksi di negara itu.

Pemerintah Inggris juga meningkatkan pembatasan COVID-19 di London dan daerah sekitarnya, yang secara otomatis membatalkan rencana perayaan Natal bagi jutaan orang di negara itu.

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Perahu Rumah Tangga yang Hancur karena Suami Manja,

Posted: 20 Dec 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial tayang setiap siang. FTV Indosiar ini bisa disaksikan mulai pukul 11.30 WIB.

Di setiap episodenya disajikan drama penuh hikmah di layar Indosiar.

Anda juga bisa menyaksikannya via live streaming Indosiar dengan klik tautan ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Resmikan Gedung Baru Regional 8 Provinsi Bali dan Nusa Tenggara

Posted: 20 Dec 2020 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Kantor OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara pada hari ini, Senin (21/12). Peresmian Kantor anyar OJK ini dilakukan secara hybrid dengan protokol kesehatan Covid-19, dihadiri juga oleh Gubernur Bali Wayan Koster dan Pimpinan beserta jajaran Komisi XI DPR RI l.

Bos OJK mengatakan, keberadaan kantor ini, diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara sekitarnya. Sekaligus juga sebagai upaya memperkuat peran lembaga ini dalam mengawasi sektor jasa keuangan dan menggerakkan perekonomian di kedua provinsi yang termasyur akan pariwisatanya.

"Dengan segala hormat, mohon doa restu semoga gedung ini bisa memberi manfaat bukan saja bagi OJK namun juga masyarakat Bali dan Nusa Tenggara sekitarnya. Selain itu, juga diharapkan dapat memperkuat pengawasan serta tugas dna fungsi OJK lainnya sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan mengucapkan terimakasih dan Bismillah gedung ini diresmikan," ujar dia.

Wimboh menambahkan, peran Kantor OJK di daerah juga harus menjadi pusat literasi dan inklusi keuangan. "Sehingga masyarakat akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan keuangan yang murah dan menguntungkan," imbuh dia.

Sementara itu, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengungkapkan bahwa proses pengerjaan gedung anyar ini memakan sebanyak empat bulan. "Dari perencanaan, penataan ini butuh waktu 4 bulan, terimakasih kepada para konsultan dan dari PT Graha Insan Mandiri yang telah membantu penyelesaiannya," jelasnya.

Dia menyebut, gedung OJK Regional 8 yang baru diresmikan ini terdiri dari tiga lantai. Dimana untuk lantai satu diperuntukkan bagi pusat gerai bagi pelaku usaha dan masyarakat. "Seperti ada pelayanan untuk edukasi, perlindungan bagi konsumen dan lain sebagainya," terangnya.

Di lantai lainnya, gedung ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang untuk memperkuat fungsi dan tugas OJK. "Diantaranya ruang rapat, ruang serbaguna, dan lainnya," ungkapnya.

Terakhir, untuk meningkatkan literasi keuangan gedung anyar ini juga telah dilengkapi dengan perpustakaan digital. Untuk itu, dia berharap kehadiran gedung ini tidak hanya akan memperkuat fungsi dan tugas OJK, namun juga akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

"Demikian kiranya laporan peresmian gedung ini kami sampaikan," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Dampak Pandemi ke Lembaga Keuangan Nonbank Berlanjut, OJK Perbarui Aturan

Ilustrasi OJK
Ilustrasi OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merubah Peraturan OJK  Nomor 14/POJK.05/2020 Tentang Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non Bank menjadi POJK Nomor 58/POJK.05/2020.

Dilansir dari POJK Nomor 58/POJK.05/2020, Jumat (18/12/2020) diubahnya POJK ini pandemi COVID-19 diproyeksikan masih terus memberikan dampak negatif bagi debitur dan lembaga jasa keuangan non bank sampai dengan tahun 2022.

Adapun pokok-pokok pengaturan dalam Perubahan POJK 14/2020, antara lain penambahan subjek pengaturan dalam POJK yaitu lembaga keuangan mikro dan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, yang ditambah dari POJK 14/2020.

Kemudian jenis relaksasi yang ditambah dalam POJK mencakup mekanisme komunikasi perusahaan perasuransian, yaitu pelaksanaan rapat dewan komisaris perusahaan perasuransian dan pemasaran produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) dilakukan melalui tatap muka langsung secara fisik atau melalui media video conference.

Lalu, alokasi biaya pengembangan dan pelatihan pegawai perusahaan pembiayaan dan perusahaan pembiayaan syariah dapat kurang dari batasan minimum sebesar 2,5 persen dari anggaran sumber daya manusia.

Sementara itu, kegiatan usaha pembiayaan modal kerja dengan cara fasilitas modal usaha harus memenuhi persyaratan nilai pembiayaan untuk setiap Debitur paling banyak sebesar 10M; memiliki agunan berupa kendaraan bermotor, tanah, bangunan, dan/atau alat berat (tidak berlaku untuk pembiayaan < Rp25 juta).

Serta dilakukan pengecekan terhadap kelayakan Debitur melalui lembaga pengelola informasi perkreditan yang telah memperoleh izin usaha dari OJK; dan dilakukan analisis kelayakan kemampuan pembayaran Debitur.

Sementara untuk relaksasi penerbitan surat berharga berupa efek bersifat utang yang tidak melalui penawaran umum oleh perusahaan pembiayaan dan perusahaan pembiayaan syariah harus memenuhi ketentuan.

"Antara lain melaporkan kepada OJK paling lambat 2 bulan sebelum penerbitan; memiliki ekuitas lebih dari Rp 100 miliar; dan melakukan pemeringkatan atas surat berharga untuk penerbitan dengan nilai kurang dari Rp 100 miliar," bunyi  POJK Nomor 58 tahun 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Jadwalkan Ulang Pemanggilan Haikal Hassan Terkait Mimpi Bertemu Rasulullah

Posted: 20 Dec 2020 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menjadwal ulang pemanggilan Sekjen Habib Rizieq Center Haikal Hassan Baras terkait pelaporan terkait dugaan berita bohong dengan bercerita bertemu dengan Rasulullah SAW pada saat proses pemakaman 5 anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).

"Tadi kami undang klarifikasi, tapi ada pengacara sampaikan ada kegiatan (di) Solo jadi tidak bisa penuhi undangan maka akan kami jadwalkan lagi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Habib Rizieq Shihab Center itu dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Umum Forum Pejuang Islam Gus Rofi'i yang mempersoalkan isi ceramah saat prosesi pemakaman lima anggota Laskar Khusus Front Pembela Islam (FPI). 

"Saya laporkan ke Polda Metro Jaya pada Senin kemarin (14 Desember 2020)," kata dia saat dihubungi, Rabu (16/12/2020).

Gus Rofi'i menyebutkan, saat itu Haikal Hassan mengaku mimpi bertemu dengan Rasulullah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Menurut dia, ceramahnya berpotensi menimbulkan kegaduhan.

"Kita itu tidak ngerti wajahnya Rasulullah, suaranya Rasulullah, dia bilang Rasulullah datang membisiki. Nah ini dusta itu, nah tolong lah untuk yang begini janganlah disampaikan kepada umat apalagi itu disiarkan secara nasional," papar dia.

"Lalu beralasan mimpi didatangi Rasulullah untuk begini untuk begitu, kalau untuk sesuatu yang positif sih mendingan gitu kan, tapi kalau motifnya untuk melawan negara misalnya memanfaatkan isu tadi itu waduh, bahaya sekali itu," kata dia.

 

Perlu Pembuktian

Orator Aliansi Umat Islam Bela Tauhid Ustad Haikal Hassan di tengah-tengah massa di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Orator Aliansi Umat Islam Bela Tauhid Ustad Haikal Hassan di tengah-tengah massa di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Gus Rofi'i mengaku khawatir, hal serupa bisa saja ditiru oleh orang lain. Karena itu, Gus Rofi'i menilai perlu melibatkan pihak kepolisian untuk membuktikan ceramahnya tersebut.

"Kalau ini tidak saya laporkan, saya khawatir nanti ada orang seperti Haikal Hassan itu gitu loh. Yang berbicara demi kepentingan politik, kepentingan kelompoknya," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia 2020, Kalahkan Lisa Blackpink

Posted: 20 Dec 2020 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lesty Kejora merupakan penyanyi dangdut jebolan ajang D'Academy musim 1 Indosiar yang digelar 2014. Kini 6 tahun berselang, Lesty semakin meroket saja namanya sebagai penyanyi dangdut hits. Tak hanya bersuara merdu, perempuan 21 tahun ini juga berhasil menjadi peringkat 5 wanita tercantik di dunia 2020 versi Top Beauty World.

Top Beauty World merupakan situs dari Amerika Serikat yang kerap membuat peringkat wanita tercantik dunia di setiap tahunnya. Kini, Top Beauty World baru saja merilis 100 nama wanita tercantik di dunia pada Minggu (20/12/2020). Lesty Kejora yang namanya kini sedang naik daun termasuk di dalam daftar wanita tercantik 2020.

Wanita kelahiran 5 Agustus 1999 berhasil menjadi wanita tercantik nomor 5 di dunia. Ia bahkan mengalahkan Lisa Blackpink yang berada di urutan ke-11. Prestasi Lesty tersebut membuat warganet heboh dengan ramai mengomentari postingan Top Beauty World saat mengunggah foto pacar Rizky Billar dengan keterangan menjadi nomor 5 wanita tercantik di dunia.

Keberhasilan Lesty masuk dalam daftar wanita tercantik di dunia ini membuat banyak orang penasaran dengan fakta-fakta terkait Top Beauty World. Berikut Liputan6.com rangkum dari Twitter @dtopbeautyworld, fakta Lesty Kejora masuk wanita tercantik di dunia 2020, Senin (21/12/2020).

1. Lesty Kejora jadi peringkat ke-5

Lesty Kejora (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Lesty Kejora (Sumber: Instagram/@lestykejora)

Lesty Kejora mengejutkan warganet Indonesia karena berhasil masuk dalam jajaran wanita tercantik di dunia 2020 versi Top Beauty World. Ia berhasil menempati posisi ke-5 dengan disebut miliki Golden Face. Lesty berhasil meraih 9.148 poin. Lesty hanya selisih 20 points saja dari peringkat pertama Handi Ercel dari Turki dengan 9.168 poin.

Keberhasilan Lesty masuk 5 besar wanita tercantik di dunia juga menimbulkan rasa penasara dengan penilaian yang diberikan Top Beauty World. Adapun penilaian Top Beauty World didasarkan pada 3 standar yang ditetapkan yakni 50% ratio face, 30% votes dan 20% global beauty.

5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)
5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)

2. 1 dari 3 wakil Indonesia

5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)
5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)

Tak hanya Lesty Kejora yang berhasil masuk dalam jajaran 100 wanita tercantik di dunia 2020 versi Top Beauty World. Ada dua nama wanita lainnya yakni Natasha Wilona dan Raisa Andriana. Natasha Wilona berhasil mendapatkan 7.225 poin dengan posisi 46.

Untuk Raisa Andriana, ia berhasil mendapatkan 6.098 poin dan menduduki posisi 84 poin. Hadirnya 3 wanita Indonesia di peringkat wanita tercantik dunia 2020 versi Top Beauty World nyatanya membuat warganet bangga dengan prestasi yang ditorehkan para selebritas Indonesia yang diakui dunia.

5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)
5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)

3. Satu-satunya perempuan berhijab

5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)
5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)

Lesty Kejora berhasil menembus peringkat ke-5 sebagai wanita tercantik di dunia 2020 versi Top Beauty World. Fakta lain yang mengejutkan, Lesty menjadi satu-satunya perempuan berhijab dari 100 nama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Kecantikan Lesty yang tampil berhijab juga diberi julukan Golden Face oleh Top Beauty World. Dengan berhasil menjadi satu-satunya wanita berhijab, menjadi bukti bahwa penilaian Top Beauty World memang objektif berdasarkan 3 standar yakni ratio face, votes dan global beauty.

4. Kalahkan Lisa Blackpink

5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)
5 Fakta Lesty Kejora Jadi Wanita Tercantik Ke-5 di Dunia, Kalahkan Lisa Blackpink (sumber: Twitter.com/dtopbeautyworld)

Fakta mengejutkan lainnya terkait wanita tercantik di dunia versi Top Beauty World yakni Lesty Kejora berhasil berada di posisi tertinggi dibandingkan Lisa Blackpink. Ya, pemilik nama asli Lalisa Manoban ini hanya mendapatkan 8.997 poin dan berada di posisi 11.

Tak hanya Lisa Blackpink, Lesty Kejora juga mengalahkan wanita-wanita top dunia seperti Rihanna, Taylor Swift hingga Angelina Jolie. Prestasi berhasil masuk 5 besar Lesty Kejora pun membuat warganet bangga dengan pelantun lagu Egois tersebut.

5. Reaksi warganet heboh

Keberhasilan Lesty Kejora menembus peringkat ke-5 wanita tercantik di dunia 2020 membuat netizen heboh. Banyak yang tak menyangka, Lesty yang namanya memang sedang meroket berada di posisi 5 mengungguli Lisa, Rihanna bahkan Angelina Jolie.

Netizen pun mengutarakan pendapatnya melalui balasan di akun Twitter @dtopbeautyworld. Berikut dirangkum beberapa reaksi netizen menanggapi Lesty Kejora berhasil menjadi peringkat ke-5 wanita tercantik di dunia versi Top Beauty World.

"Aku pribadi bangga sih Lesti ada di urutan ke lima. Tanpa perlu bandingin dia sama artis2 lain, dia juga cantik. Agak gimana aja ketika ada yang banding2in. Kaya... C'mon. Be supportive napa sama representative dari negaranya," tulis akun Twitter @makemeronan.

"Lesti Kejora Juara DA Indonesia 1, pemenang penghargaan Anugerah Musik Indonesia tahun 2017, 2019, 2020. Tampil AXN All stars Asia 2020 ini membawakan lagu Kulepas dengan Ikhlas diiringi alat musik tradisional. Smiling face with 3 heartsSmiling face with heart-shaped eyes Selamat Lesti sukses selalu," tulis akun Twitter @yeli2596.

"Bangga banget sebagai warga negara indonesia... satu2nya wanita berhijab di akui dunia... wanita yang cantik nya luar dalam jiwa dan raga nya... selamat yaa dede lesti... semoga orang2 hal ini bisa menutup mulut orang2 yg iri dan kotor hatinya... love u," tulis akun Twitter @CNurwinda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Lilin 2020, Polda Metro Jaya Libatkan 8.179 Personel Gabungan

Posted: 20 Dec 2020 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya melangsungkan Operasi Lilin 2020 yang dimulai pada Senin (21/12/2020) menjelang pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, dalam Operasi Lilin 2020 ini melibatkan lebih dari 8 ribu personle gabungan dari sejumlah unsur.

"Kekuatan Ops (Operasi) Lilin sebanyak 8.179 personel gabungan dari TNI 600, Polri 7.054 dan Pemda 525, Pospam 90, Pospam dari DKI 61. Di wilayah Polda Jaya 29 Pospam, Pos pelayanan 30. Di DKI Jakarta ada 7 dan di luar DKI baik Depok, Tangerang, Bekasi ada 23," tutur Yusri di Jakarta.

Menurut dia, Polda Metro Jaya bersama aparat gabungan lainnya akan ada 1.558 gereja yang bakal diberikan pengamanan.

316 gereja di antaranya mendapatkan pengamanan prioritas lantaran sebuah gereja yang cukup besar dan berdekatan dengan masjid.

"Gereja diamankan 1.558. Gereja 316 jadi atensi pengamanan karena gereja besar dan dekat masjid, dan lain-lain, jadi pengamanan lebih dari gereja lain," kata Yusri.

 

Berbeda Dari Operasi Sebelumnya

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengatakan, Operasi Lilin 2020 akan begitu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru pada 2020 ini juga akan menjalankan operasi kemanusiaan. Polisi dalam hal ini turut menyediakan sejumlah pelayanan guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Suasana Ops Lilin tahun ini akan sangat berbeda. Kami PMJ akan laksanakan Ops Lilin plus Ops kemanusiaan berupa pelayanan-pelayanan guna mengendalikan atau memutus mata rantai Covid-19. Sekaligus bakti sosial guna meringankan masyarakat," kata Fadil.

Dirinya berharap agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan semestinya.

"Ops Lilin 2020 untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru semoga Nataru tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar, dan tidak lupa tentunya kita semua masih suasana pandemi. Prokes terus dikedepankan," jelas Fadil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Wapres ke PNS: Korupsi Perlambat Pertumbuhan Ekonomi

Posted: 20 Dec 2020 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'aruf Amin mengatakan, reformasi birokrasi menjadi salah satu agenda pemerintah yang harus diwujudkan. Keberhasilan reformasi birokrasi, salah satunya, didukung oleh integritas aparatur negara dalam menjalankan tugasnya.

Dirinya mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Sipil Negara (PNS) untuk mematuhi ukuran integritas ASN, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.

"Pertama, kejujuran. Pegang kuat sebagai satu nilai dasar yang harus dimiliki, diyakini dan diimplementasi dalam pelaksanaan tugas," ujar Ma'aruf dalam tayangan virtual Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM 2020, Senin (21/12/2020).

Yang kedua ialah kepatuhan terhadap Undang-Undang. Sikap ini, jelas Ma'aruf, harus didukung dengan moral dan tanggung jawab yang baik.

Lalu ketiga ialah kemampuan bekerja sama. "Tingkatkan kerja kolaboratif dan profesional untuk menghasilkan kinerja terbaik," ujarnya.

Keempat, pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Ma'aruf mengimbau agar para ASN memberikan layanan terbaik mereka dan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau kelompok.

Jika integritas ini ditegakkan, maka korupdi yang merugikan negara bisa dicegah.

"Integritas lembaga maupun aparat harus dijaga dan ditegakkan sebagai formula mencegah terjadinya korupsi yang merugikan negara karena dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi, menurunkan daya saing dan investasi, meningkatkan kemiskinan serta ketimpangan pendapatan," jelasnya.

Wapres Ma'ruf Amin Ajak PNS Terus Gali Inovasi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Biro Pers Sekretariat Wapres)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Biro Pers Sekretariat Wapres)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menginisiasi ajang Anugerah ASN 2020 pada Senin, 14 Desember 2020. Penghargaan ini diberikan kepada PNS untuk tiga kategori, antara lain PNS Inspiratif, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dan The Future Leader.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan Anugerah ASN 2020. Ia berpesan kepada seluruh PNS agar secara aktif untuk terus melakukan inovasi, menggali gagasan baru yang kreatif, mencari model bisnis yang memiliki nilai tambah, dan mengelola cara kerja baru yang berkelanjutan (continuous improvement).

"Dalam alam kompetisi yang ketat, hanya birokrasi dan ASN yang bekerja secara inovatif yang akan mampu bersaing dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannta di Anugerah ASN 2020, Senin (14/12/2020).

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa didukung oleh SDM yang unggul dan berkualitas, sehat, berdaya saing, dan berakhlak mulia. SDM unggul salah satunya berasal dari PNS yang mengemban tugas sebagai perencana, pelaksana, serta pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

Hal ini membuat PNS memiliki peran strategis dalam mengantarkan Indonesia menuju birokrasi berkelas dunia. Untuk itu, ia mengutarakan, Anugerah ASN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mendorong PNS terus berinovasi dan membuktikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan bangsa.

"Saya harapkan kepada seluruh penerima penghargaan agar terus menginspirasi dan berinovasi memberikan karya-karya terbaiknya kepada bangsa dan negara," kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin juga berpesan, praktik-praktik terbaik harus ditemukan dan digali untuk dapat dijadikan standar kompetensi dan layanan yang dapat diaplikasikan secara regional maupun nasional. Itu dilakukan melalui transfer pengetahuan dan berbagi pengalaman.

"Pusat-pusat keunggulan dan inovasi birokrasi harus terus dikembangkan oleh PNS untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia," imbuh Ma'ruf Amin.

Infografis Deret Panjang Anggota DPR & DPRD Terjerat Korupsi

Infografis Deret Panjang Anggota DPR & DPRD Terjerat Korupsi. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Deret Panjang Anggota DPR & DPRD Terjerat Korupsi. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lesti Kejora Masuk Daftar Wanita Tercantik 2020, Satu-satunya yang Berhijab di 20 Besar

Posted: 20 Dec 2020 08:05 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Lesti Kejora kembali mencuri perhatian setelah sebuah lembaga survei Top Beauty World mengumumkan daftar 100 wanita tercantik 2020. Ia menempati posisi lima besar di bawah Im Yoona alias Yoona SNSD yang berada di urutan ke-4.

Penyanyi dangdut itu juga menjadi satu-satunya perempuan berhijab dalam posisi 20 besar wanita tercantik 2020. Panitia mengunggah foto Lesti yang mengenakan jilbab putih dibalut outer warna merah.

Dalam keterangan yang tertera pada chanel Youtube Top Beauty World, panitia menyebut lebih dari 800 perempuan menjadi nominasi sebagai perempuan tercantik 2020. Nominasi dipilih melalui skema cantik yang disusun oleh tiga ahli di bidang bedah plastik dunia.

Ada tiga kategori penilaian, yakni rasio wajah, suara pemilih, dan standar kecantikan global yang di antaranya meliputi, tubuh, karisma, kepintaran, dan aksi sosial. Persentase terbesar adalah rasio wajah dengan 50 persen, sementara suara pemilih dan standar global masing-masing hanya 30 persen dan 20 persen.

Masing-masing nominasi kemudian diberi poin. Khusus Lesty, ia disebut sebagai Golden Face dengan perolehan 9.148 poin. Di atasnya berturut-turut ada aktris dan penyanyi Korea Selatan Im Yoona, model asal Hungaria Barbara Palvin, dan aktris India Deepika Padukone.

Sementara, posisi pertama diduduki Hande Ercel. Model dan aktris asal Turki tersebut bukan sekadar cantik, tetapi juga bertalenta. Terbukti lewat gelar sebagai aktris terbaik dalam beberapa ajang penghargaan.

Atas penghargaan yang diraih Lesti, sejumlah warganet mendukungnya. Beberapa berterima kasih atas keterpilihan perempuan kelahiran 5 Agustus 1999 dalam daftar wanita tercantik tersebut.

"Lesti is a beautiful girl from outside and inside, native to Indonesia. Has a natural face, is innocent, is not made up, she has a polite and sincere attitude, is accomplished and multitalent ... Thank you TB World for choosing Lesti ...," tulis salah seorang warganet.

 

Daftar 20 Wanita Tercantik Sedunia

Sumber penghasilan Lesty Kejora, ada dari bisnis kosmetik. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Sumber penghasilan Lesty Kejora, ada dari bisnis kosmetik. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

Berikut adalah daftar lengkap 20 perempuan tercantik versi Top Beauty World:

1. Hande Ercel

2. Deepika Padukone

3. Barbara Palvin

4. Im Yoona

5. Lesti Kejora

6. Alexandra Daddario

7. Emilia Clarke

8. Chou Tzuyu

9. Xujiaq Kiki

10. Aishwarya Rai Bachan

11. Liza Manoban

12. Liza Soberano

13. Emma Watson

14. Zendaya

15. Lauren Jauregui

16. Selena Gomez

17. Jennie Kim

18. Miranda Kerr

19. Liu Yuxin

20. Angelina Jolie

Jaga Iman, Aman, Imun

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: